Minggu, 26 Agustus 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Gerindra Ancam Sanksi Kader Perkeruh Proses Pergantian Wagub DKI

Posted: 26 Aug 2018 09:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menginstruksikan kader partainya tidak meributkan siapa sosok pengganti Sandiaga Uno sebagai wakil gubernur DKI Jakarta.

Dia menegaskan, posisi tersebut akan diputuskan oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Terlebih, hari ini baru diagendakan oleh DPRD DKI Jakarta untuk pembacaan surat pengunduran diri Sandiaga.

"Polemik tidak sehat malah mengarah tarik menarik, bukan hanya sama kader Gerindra kan itu harus juga (melibatkan) Gerindra dan PKS," kata Dasco saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin (27/8/2018).

Karena hal itu, dia mengimbau agar para kader dapat menunggu keputusan dari pimpinan partai. Dasco juga menyatakan pihaknya akan memberikan sanksi tegas kepada kader yang memperkeruh wacana pengganti wagub DKI.

Kendati begitu, dia tidak menyatakan secara gamblang sanksi apa yang akan diberikan kepada para kader yang melanggar.

"Kalau masih begitu, masih bikin polemik-polemik yang kita anggap enggak kondusif, iya kita akan beri sanksi," papar dia.

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

Tak Perlu Jadi Polemik

Tak hanya itu, Dasco menyebut, Gerinda ataupun PKS memiliki aturan masing-masing mengenai permasalahan ini. Sehingga tidak perlu terjadi polemik antarpartai koalisi.

"Itu enggak menggangu tapi paling tidak itu enggak bagus di media, jadi iya bukan berpengaruh dalam hubunngan. Berpengaruh pada image koalisi nantinya, gimana katanya koalisi kok ribut ribut kaya gini itu sebenernaya masing masing partai sudah ada aturannya," jelasnya.

Sebelumnya, Sandiaga Uno telah menyatakan engundurkan diri dari posisi wakil gubernur DKI Jakarta guna mengikuti Pilpres 2019 mendampingi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Keduanya mendaftarkan diri sebagai pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden di KPU pusat pada, Jumat, 10 Agustus 2018.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Optimisme The Fed Bikin Rupiah Kembali ke Level 14.600 per Dolar AS

Posted: 26 Aug 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah pada perdagangan di awal pekan ini. Pidato dari Gubernur Bank Sentral AS atau the Federal Reserve (the Fed) menjadi penekan rupiah. 

Mengutip Bloomberg, Senin (27/8/2018), rupiah dibuka di angka 14.598 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.648 per dolar AS. Namun sesaat kemudian rupiah kembali melemah ke level 14.601 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.598 per dolar AS hingga 14.628 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 7,72 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.610 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan patokan Jumat lalu yang ada di angka 14.655 per dolar AS.

Kepala Riset Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra mengatakan, pidato Ketua The Fed Jerome Powell di Jackson Hole yang optimistis terkait outlook perekonomian di AS menopang dolar AS.

"Powell melihat laju inflasi masih tetap pada target yang diinginkan oleh The Fed yaitu dua persen," katanya dikutip dari Antara. 

Ia menambahkan The Fed juga menyatakan laju kenaikan suku bunga yang sudah dilakukan sejak Desember 2015 lalu tidak berubah, dengan catatan tidak ada perubahan yang signifikan terhadap perekonomian Amerka Serikat.

"Untuk tahun 2018 sendiri sudah terjadi dua kali kenaikan suku bunga The Fed dan akan terjadi dua kali lagi. Kenaikan terdekat diprediksi pada 27 September mendatang," katanya.

Ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih mengatakan mata uang kuat Asia, yakni yen Jepang dan dolar HongKong bergerak melemah terhadap dolar AS, situasi itu menjadi sentimen pelemahan bagi rupiah.

"Tetapi, kemungkinan rupiah dapat menguat meski tipis di tengah tidak adanya sentimen negatif dari dalam negeri," katanya.

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

Rupiah Melemah Bersama Mata Uang Lain

Petugas menunjukkan uang dolar AS di gerai penukaran mata uang di Ayu Masagung, Jakarta, Senin (13/8). Pada perdagangan jadwal pekan, senin (13/08). Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS menyentuh posisi tertingginya Rp 14.600. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Sebelumnya, Gubernur Bank Idnonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkapkan, kondisi pelemahan rupiah masih disebabkan oleh kondisi gejolak perekonomian dunia. Meski begitu, mata uang Garuda tersebut masih relatif terkendali apabila dibandingkan dengan negara-negara berkembang lainnya.

"Kalau kita lihat masalah stabilisasi nilai tukar jangan liat rupiah sendiri. Bandingkan dengan negara lain juga, gonjang-ganjingnya kan seluruh dunia kena," ujarnya pada 24 Agustus 2018. 

Dalam kondisi ini juga rupiah tidak serta merta hanya dilihat dari nominalnya saja, melainkan tingkat persentase depresiasi. Di mana depresiasi rupiah juga dinilai jauh lebih rendah dari negara-negara lain.

Dia menyebutkan, hingga hari ini rupiah terdepresiasi 7 persen. Lebih rendah dari Rupee India yang 9 persen, Rand Afrika Selatan sekitar 13,7 persen, dan Real Brasil yang 18,2 persen. "Bahkan (Peso) Argentina dan (Lira) Turki yang terdepresiasi hingga dekati 40 persen," imbuhnya.

Meski demikian, sejumlah langkah telah diambil oleh bank sentral untuk meredam pelemahan mata uang Garuda tersebut. Salah satunya dengan kebijakan moneter, menaikkan suku bunga acuan sebesar 25 basis points pada Rapat Dewan Gubernur (RDG) bulan Agustus.

"Dari BI menaikkan suku bunga acuan supaya terjadi inflow (arus dana asing masuk). Sekarang inflow sudah mulai kembali, pembelian SBN khususnya long term investor sudah mulai masuk. Kemudian eksportir menjual dolar-nya," jelasnya.

Di sisi lain, BI juga terus melanjutkan intevensi ganda yakni dipasar valuta asing (valas) maupun di pasar Surat Berharga Negara (SBN). "Selain itu swap rate juga kami permudah, percepat, dan murah. Setiap hari eksportir dan pengusaha bisa memastikan kebutuhan valas maupun Rupiah (ke BI)," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Rahasia Sukses Indonesia Kuasai Pencak Silat Asian Games 2018

Posted: 26 Aug 2018 09:45 PM PDT

Jakarta - Tim pencak silat Indonesia tampil luar biasa di Asian Games 2018. Dari 16 nomor yang dipertandingkan, Indonesia mengirim 14 wakil di final 14 nomor di antaranya.

Adapun, partai puncak pencak silat Asian Games 2018 digelar di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, 27 dan 29 Agustus 2018. Dari sembilan pesilat yang bertanding Minggu (26/8/2018), delapan di antaranya berhasil masuk final Asian Games 2018.

Kedelapan pesilat tersebut ialah Adi Putra Komang Harik (Kelas E Putra: 65 kg sampai 70 kg), Pratama Iqbal Candra (Kelas D Putra: 60 kg - 65 kg), Malik Abdul (Kelas B Putra: 50 kg - 55 kg), Wita Wewey (Kelas B Putri: 50 kg - 55 kg), Pamungkas Aji Bangkit (Kelas I Putra; 85 kg - 90 kg), Kamelia Pipiet (Kelas D Putri: 60 kg - 65 kg), Monita Sarah Tria (Kelas C Putri: 55 kg - 60 kg), dan Yudani Kusumah Hanifan (Keleas C Putra: 55 kg - 60 kg).

Adapun, enam nomor lainnya yang juga berkesempatan untuk memberikan medali emas ialah tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, regu putra, ganda putri, dan regu putri.

Senin (27/8), Puspa Arumsari dan ganda putra Yola Primadona dan Hendy sukses meraih medali emas. Peluang yang lain juga cukup besar.

Ketua Harian Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Edhy Prabowo blak-blakan soal keberhasilan pencak silat mengirimkan 14 wakil di babak final Asian Games 2018. Kehadiran tim psikolog dinilainya membuat para atlet dapat bertanding dengan tenang di ajang Asian Games 2018.

"Ini juga berkat dukungan tim psikolog. Alhamdulillah sangat membantu. Dengan bantuan psikolog kami bisa mendeteksi gelagat para atlet merasakan tekanan di luar normal. Setelah itu dilakukan pendekatan agar kondisi psikologisnya bisa kembali netral," ujar Edhy.

Momen Penting

Edhy menuturkan Asian Games 2018 merupakan momen penting bagi kami untuk bisa meraih sebanyak mungkin medali emas. "Kami berharap dukungannya," timpalnya lagi.

Bermula dengan target empat medali emas, pencak silat kini malah berpeluang menorehkan hingga 14 medali emas. Untuk mengejar itu, Edhy berjanji akan memotivasi para pesilat untuk berjuang semaksimal mungkin.

"Ini silat. Saya tidak bisa prediksi. Yang jelas pesan dari negara, akan kami lakukan," imbuh Edhy.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jamu Arema, Persib Tidak Ingin Terbagi Fokus

Posted: 26 Aug 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Pelatih Persib Bandung Roberto Mario Carlos Gomez mengatakan timnya akan fokus pada persiapan menjamu Arema FC pada pekan ke-21 Go-Jek Liga 1 2018 bersama Bukalapak. Laga ini akan digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), 13 September 2018.

Seperti diketahui, selama September nanti Persib akan menjalani empat laga sulit. Usai menjamu Arema, Maung Bandung akan bertandang ke Borneo FC serta dua laga kandang versus Persija Jakarta dan Madura United.

"Tentu kami sudah mempersiapkan rencana untuk beberapa pertandingan. Tetapi, konsentrasi utama kami yaitu pertandingan terdekat melawan Arema, dan tidak akan terbagi dengan beberapa pertandingan berikutnya," kata Gomez di Bandung seperti dikutip dari situs resmi Persib.

Sebelum melakoni laga menghadapi Singo Edan, Gomez pun berencana menggelar satu laga uji tanding untuk Persib. "Rencana friendly match memang sudah ada. Namun, pemilihan lawan nanti akan kita bicarakan setelah tim berlatih (Senin 27 Agustus). Yang pasti, kualitas lawan harus setara dengan kita," pungkas Gomez.

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

Eze dan Bow Kembali

Striker Persib Bandung, Ezechiel N'Douassel. (Bola.com/Nick Hanoatubun)

Jelang menghadapi Arema, Persib mendapatkan kabar baik. Ezechiel N'douassel bisa merumput lagi setelah menjalani dua kali larangan bermain oleh Komite Disiplin (Komdis) PSSI.

Sebelumnya, striker asal Chad itu tidak dapat bermain saat Persib menghadapi Sriwijaya FC dan Mitra Kukar. Jika ditotal, Eze absen membela Maung Bandung dalam tiga laga beruntun. Pemain bernomor punggung 10 ini urung bermain melawan PS Tira pada pekan ke-18 lalu akibat hukuman akumulasi kartu kuning.

Tak hanya Eze, gelandang lincah Febri Hariyadi juga dipastikan bisa merumput lagi bersama Maung Bandung. Bow --sapaan akrab Febri-- telah merampungkan agendanya bersama Timnas Indonesia U-23 di ajang Asian Games 2018. Praktis, kekuatan tim asuhan Mario Gomez ini kembali lengkap melawan Arema FC.

Jadwal Persib di September 2018

Kamis, 13 September 2018

Persib Bandung Vs Arema FC

Gelora Bandung Lautan Api | Gedebage, Bandung | 18.30 | Indosiar

Senin, 17 September 2018

Borneo FC Vs Persib Bandung

Segiri | Samarinda |18.30 | Indonesia

Minggu, 23 September 2018

Persib Bandung Vs Persija Jakarta

Gelora Bandung Lautan Api | Gedebage, Bandung | 18.30 | Indosiar

Sabtu, 29 September 2018

Persib Bandung Vs Madura United

Gelora Bandung Lautan Api | Gedebage, Bandung | 18.30 | Indosiar

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Detik-detik Penembakan Turnamen Video Game Florida

Posted: 26 Aug 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penembakan massal di sebuah arena turnamen video game fi Florida, Amerika Serikat Minggu (26/8) siang waktu setempat. Kejadian ini menewaskan 4 orang dan 10 orang lainnya terluka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sumbang Emas ke-13, Twitter Dibanjiri Ucapan Selamat untuk Puspa Arumsari

Posted: 26 Aug 2018 09:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia mendapat sumbangan emas dari pesilat Puspa Arumsari di ajang Asian Games 2018. Emas yang dipersembahkan oleh Puspa merupakan emas ke-13 bagi Indonesia.

Arum yang bertanding di Padepokan Pencak Silat TMII meraih total poin 467, unggul dari pesilat Singapura dan Filipina.

Atas kemenangan medali emas ke-13 bagi Indonesia, Puspa Arumsari pun banjir ucapan selamat dari warganet di linimasa Twitter.

Bahkan, nama Puspa Arumsari dikicaukan oleh banyak warganet di Twitter.

Pengguna Twitter dengan akun @ferizandra mengucap syukur atas medali emas yang diterima Puspa Arumsari.

Pengguna lain dengan akun @Ayaize menyebut, tidak tega melihat air mata Puspa Arumsari yang berlinang karena berhasil memenangi medali emas.

Demikian juga dengan pengguna Twitter @EHombings yang mengucap selamat untuk Puspa Arumsari.

Andalan Indonesia

Pesilat Indonesia, Puspa Arumsari, saat beraksi pada Asian Games di Arena Silat TMII, Jakarta, Senin (27/8/2018). Puspa meraih medali emas kelas seni kategori tunggal putri dengan nilai 467. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Puspa memang menjadi andalan Indonesia di Asian Games 2018. Maklum ia telah melakukan persiapan selama tiga tahun untuk menghadapi Asian Games 2018.

Tak hanya di dalam negeri, Puspa bersama pesilat timnas Indonesia lain juga melakukan try out ke luar negeri. Di antaranya ke Thailand, Vietnam, dan Belgia.

Puspa menjadi satu dari delapan pesilat Indonesia yang lolos final Asian Games 2018. Dua emas menjadi target silat dalam Asian Games 2018.

Berserah Diri Jadi Kunci Puspa Arumsari

Pesilat Indonesia, Puspa Arumsari berpose usai upacara penyerahan medali nomor seni tunggal putri Asian Games 2018 di Padepokan Pencak Silat, TMII, Senin (27/8). Puspa Arumsari mempersembahkan emas ke-13 untuk. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Puspa mempersembahkan medali emas ini untuk bangsa Indonesia yang baru saja berulang tahun ke-73 pada 17 Agustus lalu. Selain itu, pesilat berusia 25 tahun itu juga berterima kasih kepada keluarganya yang selalu mendukung kariernya di pencak silat Asian Games 2018.

"Luar biasa senang. Suatu kebanggaan. Ini hadiah untuk diri saya, orang tua, dan bangsa Indonesia, apalagi baru ulang tahun juga. Ini kado pertama untuk pencak silat untuk kalian semua," ujar Puspa.

Dominan di partai final, Puspa mengaku tidak banyak mengalami rintangan. Selama bertanding, Puspa berserah diri kepada Tuhan.

"Alhamdulillah tidak terlalu banyak kesulitan. Saya ikhlaskan semuanya, saya serahkan semuanya ke Allah SWT. Alhamdulillah nikmat sangat luar biasa," kata Puspa.

Dengan jumlah poin 467, Puspa jauh meninggalkan pesaingnya, Nurzuhairah Mohammad Yazid (Singapura, 445 poin) yang mendapatkan medali perak, dan Cherry May Regalado (Filipina, 444 poin), yang meraih medali perunggu Asian Games 2018.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemimpin ISIS Afghanistan Tewas Oleh Serangan Udara Koalisi AS

Posted: 26 Aug 2018 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Kabul - Pemimpin kelompok ISIS di Afghanistan dilaporkan tewas dalam serangan udara pada Sabtu, 25 Agustus 2018.

Abu Saad Erhabi --nama pemimpin tersebut-- dan 10 anggota lainnya dinyatakan tewas dalam operasi militer di provinsi timur Nangarhar, dekat perbatasan dengan Pakistan.

Dikutip dari BBC pada Senin (27/8/2018), Erhabi adalah pemimpin keempat ISIS Afghanistan (Islamic State of Iraq and the Levant–Khorasan Province), yang telah menjadi buronan sejak empat tahun silam.

Afiliasi kuat dengan ISIS diketahui telah aktif sejak 2014, mengklaim banyak serangan mematikan, termasuk sejumlah teror bom dalam beberapa waktu terakhir.

Kelompok militan tersebut terkadang dikenal sebagai Khorasan, yang merupakan nama bersejarah bagi kawasan Afghanistan dan sekitarnya ketika era keemasan Islam.

Direktorat Keamanan Nasional di Kabul mengatakan serangan yang menewaskan Erhabi adalah bagian dari operasi gabungan udara dan darat, yang dilakukan bersama pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS).

Para pejabat AS tidak mengkonfirmasi kabar terkait, tetapi mengatakan mereka telah melakukan serangan di daerah yang menargetkan "seorang pemimpin senior organisasi teroris yang diburu".

Pemimpin ISIS Afghanistan sebelumnya, Abu Sayed, tewas dalam serangan koalisi AS di markas kelompok itu di provinsi Kunar pada bulan Juli 2017.

Kelompok tersebut telah disalahkan atas sejumlah serangan di Afghanistan tahun ini, termasuk aksi bunuh diri di sebuah pusat pendidikan di ibu kota Kabul, yang menewaskan puluhan orang.

Adapun dari pihak ISIS Afghanistan, belum mengonfirmasi kabar tentang terbunuhnya Erhabi.

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

 

Simak video pilihan berikut:

Rekaman Suara al-Baghdadi

Pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi dikabarkan menderita luka serius setelah serangan militer Rusia 28 Mei 2017. Padahal sebelumnya, ia telah dinyatakan tewas oleh Kementerian Pertahanan Rusia. (Screengrab via AP)

Sementara itu, ISIS telah merilis apa yang mereka klaim sebagai pidato terbaru dari pemimpinnya, Abu Bakr al-Baghdadi, untuk pertama kalinya dalam hampir satu tahun.

Pada rekaman audio berdurasi 55 menit yang diunggah ke outlet media ISIS al-Furqan, seorang pria yang diklaim sebagai Abu Bakr al-Baghdadi, memanggil pengikutnya untuk bertarung di tengah serangkaian kekalahan organisasi teror itu.

Dalam pernyataan, pria itu mengucapkan selamat atas serangan terbaru di Kanada dan Eropa. Dia juga meminta para pengikut untuk menggunakan bom, pisau atau mobil untuk melakukan serangan. Demikian seperti dikutip dari The Independent, Kamis 23 Agustus.

Dia juga memberikan salam kepada muslim yang merayakan Idul Adha pekan ini, menunjukkan bahwa pesan itu mungkin saja baru direkam.

Selain itu, Baghdadi juga memperingatkan bahwa Provinsi Idlib di Suriah akan takluk saat Rusia dan pasukan pemerintah Suriah menyerangnya. Provinsi Idlib berada adalah wilayah terakhir yang masih dikuasai para pemberontak yang menentang pemerintahan Presiden Bashar al-Assad.

Ia juga meminta pengikutnya di Irak untuk melanjutkan serangan terhadap kelompok Syiah. Al-Baghdad juga mendesak warga Arab Saudi, Bahrain dan Yordania untuk menggulingkan penguasa mereka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Terbitkan Perpres Penanganan Dampak Sosial dalam Penyediaan Tanah untuk Pembangunan

Posted: 26 Aug 2018 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 62 Tahun 2018 tentang Penanganan Dampak Sosial Kemasyarakatan Dalam Rangka Penyediaan Tanah Untuk Pembangunan Nasional, pada 6 Agustus 2018.

Keluarnya perpres ini, dengan pertimbangan dalam penyediaan tanah untuk pembangunan nasional, seringkali terhambat keadaan, jika tanah yang telah dikuasai dan digunakan masyarakat dengan itikad baik dalam jangka waktu yang lama. Sebab itu pemerintah pemerintah memandang perlu dilakukan penanganan dampak sosial kemasyarakatan.

Dalam Perpres ini, pemerintah melakukan penanganan dampak sosial kemasyarakatan kepada masyarakat yang menguasai tanah yang digunakan untuk pembangunan nasional (proyek strategis nasional dan non proyek strategis nasional).

"Tanah sebagaimana dimaksud merupakan tanah negara atau tanah yang dimiliki oleh pemerintah, pemerintah daerah, badan usaha milik negara, atau badan usaha milik daerah," bunyi Pasal 3 ayat 2 perpres ini, mengutip laman Sekretariat Kabinet, Senin (27/8/2018).

Disebutkan bila masyarakat yang dimaksud, yang memiliki identitas atau keterangan kependudukan yang disahkan oleh kecamatan setempat. Kemudian tidak memiliki hak atas tanah yang dikuasainya.

Sementara penguasaan tanah oleh masyarakat sebagaimana dimaksud, memenuhi persyaratan, antara lain menguasai dan memanfaatkan tanah secara fisik paling singkat 10 (sepuluh) tahun secara terus-menerus.

Serta, menguasai dan memanfaatkan tanah dengan itikad baik secara terbuka, serta tidak diganggu gugat, diakui dan dibenarkan oleh pemilih hak atas tanah dan/atau lurah/kepala desa setempat.

"Masyarakat yang memenuhi persyaratan sebagaimana dimaksud diberikan santunan berupa uang atau relokasi," bunyi Pasal 6 Perpres ini.

Untuk itu, Perpres ini menugaskan kementerian/lembaga, pemerintah daerah, badan usaha milik negara, atau badan usaha milik daerah yang tanahnya akan digunakan untuk pembangunan nasional dan dikuasai oleh masyarakat menyusun dokumen rencana Penanganan Dampak Sosial Kemasyarakatan.

Dokumen sebagaimana dimaksud diserahkan kepada Gubernur, yang selanjutnya membentuk Tim Terpadu Penanganan Dampak Sosial Kemasyarakatan.

Selain memverifikasi dan melakukan validasi data atas bidang tanah yang dikuasasi masyarakat, menurut Perpres ini, Tim Terpadu juga bertugas menunjuk pihak independen untuk menghitung besaran nilai santunan, merekomendasikan besaran santunan, dan merekomendasikan daftar masyarakat yang berhak untuk mendapatkan santunan.

Ditegaskan dalam Perpres ini, besaran santunan dihitung berdasarkan penilaian pihak independen dengan memperhatikan biaya pembersihan segala sesuatu yang berada di atas tanah.

Kemudian mobilisasi, sewa rumah paling lama 12 bulan. Serta, tunjangan kehilangan pendapatan dari pemanfaatan tanah.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini

 

 

Penerima Santunan

Ilustrasi tanah.

Menurut Perpres ini, berdasarkan rekomendasi Tim Terpadu, gubernur menetapkan daftar masyarakat penerima santunan. Kemudian besaran nilai santunan dan mekanisme dan tata cara pemberian santunan.

"Berdasarkan penetapan gubernur sebagaimana dimaksud, kementerian/lembaga, pemerintah daerah, badan usaha milik negara, atau badan usaha milik daerah melaksanakan pemberian santunan kepada Masyarakat," bunyi Pasal 10 perpres ini.

Ditegaskan dalam Perpres ini, pemberian santunan yang berupa uang dapat diberikan dalam bentuk tunai atau melalui transaksi perbankan, dan pelaksanaan pemberian santunan dibantu oleh Tim Terpadu dan didukung aparat keamanan apabila diperlukan.

Terhadap tanah yang telah dilakukan pemberian santunan, menurut Perpres ini, dilakukan pengosongan oleh masyarakat paling lama 7 hari sejak diterimanya santunan.

Ketentuan lebih lanjut mengenai pelaksanaan Peraturan Presiden ini diatur dengan Peraturan Menteri yang membidangi penyelenggaraan urusan pertanahan, dan ditetapkan paling lama 30 (tiga puluh) hari sejak diundangkannya Peraturan Presiden ini.

"Peraturan Presiden ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan," bunyi Pasal 19 Peraturan Presiden Nomor 19, yang telah diundangkan oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly pada 10 Agustus 2018.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Kebakaran Hutan dan Lahan, Aparat Keamanan Laut Bagi-Bagi Masker

Posted: 26 Aug 2018 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Sambas - Personel Bakamla RI, pengawak Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Sambas turun ke jalan bersama puluhan anggota Pramuka Sakabahari Kabupaten Sambas untuk membagikan masker kepada para pengendara mobil dan motor yang melintas di area Kecamatan Pemangkat, Kabupaten Sambas, akhir pekan lalu.

Aksi yang dipimpin oleh Kepala SPKKL Sambas Arief Purwantono ini dilakukan menyusul adanya keterangan resmi Humas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada Kamis, 23 Agustus 2018 yang menginformasikan peningkatan jumlah titik panas seiring semakin meluasnya pengaruh musim kemarau di sejumlah wilayah di Indonesia hingga ke wilayah Sumatera bagian Selatan, Kalimantan, dan sebagian Sulawesi.

Menurut Deputi Bidang Klimatologi BMKG, Herizal, kondisi kering saat ini diikuti oleh kemunculan titik panas yang memicu kejadian kebakaran hutan dan lahan yang pada akhirnya menimbulkan asap dan penurunan kualitas udara.

Jumlah hotspot di Kalimantan Barat sendiri mengalami peningkatan 17,6 persen dibandingkan pekan lalu.

Melihat kondisi atmosfer dan cuaca yang relatif kering di area sekitar SPKKL Sambas, Arief bersama personel SPKKL Sambas lainnya, yaitu Nur Rachman dan Sukri mengajak serta 20 anak pramuka Sakabahari melakukan aksi spontanitas pembagian masker turun ke jalan.

"Sudah dua minggu ini di Kecamatan Pemangkat diselimuti kabut asap, dan semakin parah," kata Arief dalam keterangan resminya, Senin (27/8/2018).

"Untuk pencegahan ISPA, sebanyak seribu masker kami bagikan, sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat. Mereka berkendara dalam kondisi cuaca seperti ini tanpa masker, semoga sedikit yang kami lakukan bisa memberi manfaat untuk kesehatan masyarakat sekitar," dia menandaskan.

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar Badminton Asian Games: Indonesia Menuju Final

Posted: 26 Aug 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia masih menyisakan wakil-wakilnya di nomor perorangan badminton Asian Games 2018. Di babak semifinal tunggal dan ganda putra, setidaknya masih ada empat wakil yang akan berjuang menuju final.

Anthony Ginting dan Jonatan Christie akan mencoba peruntungan demi partai puncak badminton Asian Games 2018. Begitu juga di sektor ganda, pasangan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon dan Fajar Alfian/Rian Ardianto.

Tentu saja tidak akan mudah perjuangan mereka. Pasalnya, lawan-lawan yang dihadapi juga bukan sembarangan.

Namun, dengan dukungan militan dari suporter, bukan tak mungkin Jonatan dan kawan-kawan mampu menundukkan lawan-lawannya. Badminton sendiri mengemban target dua emas dari PB PBSI.

Live Streaming Indosiar Badminton Asian Games: Indonesia Menuju Final dapat Anda saksikan mulai pukul 12.30 WIB.

Dapatkan link Live Streaming Indosiarbadminton Asian Games 2018 di halaman selanjutnya.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini

Link Live Streaming

Untuk link Live Streaming Indosiar Badminton Asian Games silakan klik di sini.....

Susunan Pemain

Jonatan Christie vs Kenta Nishimoto

Chou Tien Chen vs Anthony Ginting

Fajar Alfian/Rian Ardianto vs Li Junhui/Liu Yuchen

Kevin Sanjaya/Marcus Gideon vs Lee Jhehuei/Lee Yang

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Live Streaming Indosiar Badminton Asian Games: Indonesia Menuju Final

Posted: 26 Aug 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Masih ada wakil-wakil Indonesia di nomor perorangan badminton Asian Games 2018. Di fase semifinal setidaknya masih ada empat wakil yang akan berjuang menuju final di nomor tunggal dan ganda putra.

Anthony Ginting dan Jonatan Christie akan mencoba peruntungan demi partai puncak badminton Asian Games 2018. Begitu juga di sektor ganda, pasangan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon dan Fajar Alfian/Rian Ardianto.

Tentu saja tidak akan mudah perjuangan mereka. Pasalnya, lawan-lawan yang dihadapi juga bukan sembarangan.

Namun, dengan dukungan militan dari suporter, bukan tak mungkin Jonatan dan kawan-kawan mampu menundukkan lawan-lawannya. Badminton sendiri mengemban target dua emas dari PB PBSI.

Live Streaming Indosiar Badminton Asian Games: Indonesia Menuju Final dapat Anda saksikan mulai pukul 12.30 WIB.

Dapatkan link Live Streaming Indosiarbadminton Asian Games 2018 di halaman selanjutnya.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini

Link Live Streaming

Untuk link Live Streaming Indosiar Badminton Asian Games silakan klik di sini.....

Susunan Pemain

Jonatan Christie vs Kenta Nishimoto

Chou Tien Chen vs Anthony Ginting

Fajar Alfian/Rian Ardianto vs Li Junhui/Liu Yuchen

Kevin Sanjaya/Marcus Gideon vs Lee Jhehuei/Lee Yang

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sidang Cerai Delon - Yeslin Wang Digelar Hari Ini

Posted: 26 Aug 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sidang cerai perdana Delon dan Yeslin Wang digelar Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Senin (27/8/2018). Seperti sidang cerai pada umumnya, hakim akan melakukan agenda panggilan penggugat dan tergugat.

Yeslin Wang dipastikan menghadiri sidang perceraian dengan Delon. Kabar ini diketahui dari kuasa hukum Yeslin Wang, Osner Johnson Sianipar.

"Hari ini sidangnya (cerai Delon - Yeslin) jam 11. Yeslin Wang bakal datang," ujar Osner Johnson Sianipar saat dihubungi, Senin (27/8/2018).

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

Pisah Rumah

Yeslin Wang dan Delon Thamrin. (Instagram/yeslinwang/delonthamrin)

Sebelumnya, Yeslin Wang sudah mendaftarkan perceraiannya terhadap Delon Thamrin ke Pengadilan Negeri Jakarta Barat pada 8 Agustus 2018 lalu.

Yeslin Wang berencana mengakhiri jalinan tujuh tahun rumah tangganya dengan Delon. Diketahui, keduanya sudah melakukan pisah rumah sejak Oktober 2017 lalu. (Syifa Ismalia/Bintang.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Smartphone Terbaru BlackBerry Key2 LE Dipastikan Melenggang di IFA Berlin

Posted: 26 Aug 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah BlackBerry Key2, BlackBerry kabarnya akan merilis perangkat baru. Menurut sejumlah kabar yang beredar di internet, smartphone terbaru dari perusahaan teknologi asal Kanada tersebut adalah Key2 LE.

Sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari GSM Arena, Senin (27/8/2018), Key2 LE kabarnya hadir untuk menyempurnakan Key2 yang hadir dengan harga lebih mahal.

Key2 LE disebut-sebut bakal memiliki spesifikasi hardware yang sama, fitur serupa, tetapi dengan harga yang jauh lebih murah ketimbang Key2.

Terbaru, BlackBerry mengkonfirmasi, perusahaan tengah mempersiapkan peluncuran BlackBerry Key2 LE pada IFA tahun ini di Berlin.

Menurut laporan, sebagian besar fitur pada Key2 akan tetap ada pada Key2. Peluncuran Key2 LE dilaporkan akan melenggang kurang dari seminggu lagi.

Mungkinkah BlackBerry Key2 LE akan kembali hadir dengan keyboard fisik?

Tentang BlackBerry Key2

Bodi belakang BlackBerry Key2 yang cukup mirip dengan BlackBerry KeyOne (Foto: Engadget/Chris Velazco)

Sebelumnya, perangkat BlackBerry yang diluncurkan adalah BlackBerry Key2. Perusahaan merilis BlackBerry Key2 di New York Amerika Serikat.

Perangkat besutan TCL ini mengusung desain serupa dengan pendahulunya, KeyOne, yakni dengan keyboard fisik yang dipadu dengan layar sentuh.

Dikutip dari Slash Gearsmartphone ini memiliki layar sentuh berukuran 4,5 inci. TCL menggunakan layar Gorilla Glass 3 yang membuatnya lebih tahan goresan.

BlackBerry Key2 memiliki keyboard yang lebih besar dan 20 persen lebih tinggi dari KeyOne.

Desain Menjanjikan Akurasi

Kamera ganda BlackBerry Key2 (Foto: The Verge/ Amelia Holowaty Krales)

Desain semacam ini menjanjikan akurasi yang lebih baik dan minim saltik (typo). Pemindai sidik jari juga masih diletakkan di keyboard.

Untuk kali pertama, smartphone hadir dengan dua kamera utama dan membuatnya menjadi perangkat BlackBerry pertama dengan lensa ganda. Kedua lensa kamera utama ini beresolusi 12MP.

Kehadiran dua kamera ini memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar dalam modus portrait dan lossless zoom. Fitur yang diberi nama Optical Superzoom ini diklaim memiliki white balance yang lebih baik dan autofocus lebih cepat.

Tak lupa, TCL juga menyertakan kemampuan image stabilization yang ditingkatan. Kamera smartphone ini juga mampu merekam video 4K HDR dengan kecepatan 30fps dan sudah terintegrasi dengan Google Lens.

Urusan selfie, BlackBerry Key2 hadir dengan kamera depan beresolusi 8MP dengan kemampuan perekaman video hingga 1.080 piksel. Perangkat ini masih memiliki jack audio 3,5mm dan mendukung Bluetooth 5.0.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alat Komunikasi Buatan China Ini Dipakai Pemadam Kebakaran hingga Bintang Film Fast and Furious

Posted: 26 Aug 2018 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Harbin - Alat komunikasi sekarang ini sudah beragam. Tak hanya berfungsi sebagai alat penghubung dari jarak yang jauh, kini fungsinya pun kian canggih.

Salah satu perusahaan komunikasi China , Hytera turut serta terjun dalam membuat produk di industri. Melalui sejumlah produk radio digital dan perangkat sejenisnya.

"Hytera adalah perusahaan produk mobile radio communications yang unggul di dunia komunikasi," ucap salah satu staf yang memandu tur ke kantor Hytera di Harbin, Sabtu 25 Agustus 2018.

Perangkat tersebut digunakan dari beragam sektor di China, bahkan di seluruh penjuru dunia. Contohnya untuk unit pemadam kebakaran, juga kepolisian hingga militer.

Bahkan bintang film Fast and Furious pun pernah menggunakan produk komunikasi digital yang bermarkas di Shenzen, China ini.

Produk Hytera yang digunakan bintang film Fast & Furious di kantor Hytera, Harbin, China. (Liptuan6.com/Tanti Yulianingsih)

Pada unit pemadam kebakaran, teknologi dari Hytera dipakai dengan memakai sambungan detektor asap.

"Perangkat Hytera untuk bidang ini digunakan melalui sensor asap. Keteka mendeteksi ada asap, maka akan tersambung ke unit Hytera yang digunakan tim pemadam kebakaran. Menampilkan tanda darurat berupa alarm, lalu gambar lokasi munculnya asap," ujar staf lainnya.

"Lalu pemadam kebakaran menggunakan radio komunikasi ini, yang sekaligus bisa memunculkan gambar yang bisa terlihat di layar markas pemadam kebakaran, sehingga petugas bisa memperkirakan bantuan tambahan untuk lokasi terdampak," imbuh dia.

Produk radio digital untuk pemadam kebakaran yang dipajang di kantor Hytera, Harbin, China. (Liputan6.com/Tanti Yulianingsih)

Sementara itu, produk Hytera lainnya yang digunakan di sektor kepolisian hingga militer, disebutkan kegunaannya sebagai alat penghubung para petugas yang berjaga di jalanan.

Produk untuk militer yang dipajang di kantor Hytera, Harbin, China. (Liputan6.com/Tanti Yulianingsih)

Pihak Hytera menyatakan tak akan berhenti berinovasi untuk menelurkan produk-produk barunya yang lebih baik, dari segi bentuk, fungsi maupun integrasinya. Selain terus berupaya mengembangkan strategi penjualan global tak hanya di China, menguatkan intergrasi dan hubungan bisnisnya dengan rekanan.

"Hytera akan terus fokus untuk pasar public safety, mengembangkan bisnis ke banyak sektor industri, dan selalu berkembang dengan rekanan. Setelah sukses melayani konsumen di China, Hytera akan berupaya merambah industri luar negeri melalui produk-produk terbaik, layanan dan superior value yang dapat diberikan kepada para pengguna," tutur CEO Hytera, Qingzhou Chen dalam sebuah pernyataan.

Saksikan juga video berikut ini:

 

Berkontribusi untuk Negara Peserta One Belt One Road

Salah satu produk radio digital di kantor Hytera, Harbin, China. (Liputan6.com/Tanti Yulianingsih)

Melalui kebijakan One Belt One Road, Hytera merambah seluruh penjuru dunia dengan pesat dan menjadi perusahaan China yang sukses. Produk-produk keluaran Hytera ternyata pun berkontribusi untuk sejumlah negara peserta One Belt One Road -- Indonesia, Filipina, Korea Selatan, Pakistan, India, Jepang, Laos.

Sebagai negara terbesar di ASEAN, Indonesia menjadi pioner di bidang Maritime Silk Road Abad ke-21. Berdasarkan hal itu dan strategi Global Maritime Axis, China-Indonesia memperdalam dan melebarkan sayapnya di berbagai bidang.

"Dari 2015-2016, Hytera membantu Angkatan Laut Indonesia membangun jaringan komunikasi untuk keamanan nasional. Melalui Hytera DMR digital radio, Angkatan Laut RI bisa menerima perintah dan menjalankan sistem dengan cepat dalam jangkauan yang luas melalui mode wireless," papar staf Hytera.

"Bahkan membantu untuk korban gempa Lombok," tuturnya lagi.

Di Filipina, Hytera berkontribusi untuk menyediakan unit bagi kepolisian setempat. Hal itu juga membantu aparat berkembang, bahkan rencananya akan dibuka unit penjualan di negara tersebut.

Kantor Hytera di Harbin, China. (Liputan6.com/Tanti Yulianingsih)

Kepolisian Pakistan juga menggunakan produk nirkabel Hytera untuk kendaraan operasionalnya. Unit tersebut membuat para petugas bisa berkomunikasi dengan lancar dan jelas meski berada di daerah pelosok.

Sementara di Korea Selatan, bekerja sama dengan Korea-Electric Power (KEPCO) dan Biro Kehutanan Chungcheongbuk-do. Layanan itu figunakan untuk mengirim data dengan cepat dan efisien menggunakan Tetra Modem, serta mengetahui posisi tim pemadam kebakaran hutan menggunakan layanan GPS.

Lalu di India, Hytera bekerja sama dengan India Japur Metro Railway Companu (JMRC) sejak 2015. Dengan menyediakan 20 radio kereta yang dirancang untuk para masinis.

Di Jepang, Hytera menyediakan produk untuk sektor petrokimia seperti JXTG Nippon Oil & Energy Corporation, Idemitsu Kosan, Nippon Soda dengan unit explosion-proof digital radio atau radio tahan ledakan.

Kantor Hytera, di Harbin, China. (Liputan6.com/Tanti Yulianingsih)

Sedangkan di Laos, Hytera digunakan untuk memantau pergerakan bendungan yang pernah jebol pada Juli 2018 dan menewaskan sejumlah orang. Unit tersebut berfungsi memberikan peringatan jika terjadi masalah pada bendungan.

Sejumlah negara lain seperti Kazakhstan, Rusia dan Arab Saudi serta banyak lainnya juga menggunakan produk-produk keluaran Hytera. Implementasi kebijakan One Belt One Road telah membuat perusahaan di China ini merambah mancanegara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menaker Hanif Dorong Mahasiwa Berani Menjadi Wirausaha

Posted: 26 Aug 2018 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M. Hanif Dhakiri mendorong mahasiswa responsif menghadapi perubahan dengan mengembangkan diri menjadi wiruasahawan setelah menyelesaikan studi di kampusnya.

Dorongan Menteri Hanif tersebut disampaikan saat memberikan kuliah tamu bertema "Peran Perguruan Tinggi dalam Menciptakan Masyakarat Berkeadaban yang Mandiri, Kreatif dan Berdaya Saing Global" selama 70 menit, di aula kampus Universitas Nurul Jadid (Unja), kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Minggu (26/8/2018).

"Agar memberikan konstribusi signifikan kepada masyarakat dan negara, mahasiswa dan para alumni hendaknya juga dibekali skill dan kompetensi untuk bisa bersaing di pasar kerja atau memulai wirausaha, " ujar Menaker Hanif.

Menaker Hanif mengatakan untuk memperbanyak jumlah wirausaha di kabupaten Probolinggo, maka investasi paling utama dari mahasiswa adalah memperkuat skill atau ketrampilan dan kompetensi. "Skill dan kompetensi diperlukan agar anak muda di Probolinggo, bisa melindungi dirinya dalam dunia yang penuh persaingan, " ujar Menaker Hanif.

Untuk itu Menaker Hanif mendorong mahasiswa UNJA, selain membangun tingkat responsive menghadapi perubahan juga mengembangkan diri di bidang kewirausahaan. Alasannya bidang kewirausahaan di Indonesia masih lembah.

Menteri Hanif mengungkapkan jumlah wirausaha di Indonesia baru mencapai 3,1 persen atau belum sampai 4 persen dari total jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 263 juta. Jumlah wirausaha Indonesia tersebut masih kalah dibandingkan Malaysia yang sudah mencapai 5 persen, Singapura 7 persen, maupun Jepang 9 persen. Padahal kalau mau makmur, jumlah pengusahanya harus ditingkatkan dan mahasiwa tidak berorientasi menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) usai menamatkan kuliah.

"Artinya ada PR (Pekerjaan Rumah-red) besar di republik ini yakni bagaimana anak-anak muda ini didorong bukan sekedar punya skill untuk bekerja. Tetapi yang penting bagaimana punya skill untuk menciptakan lapangan kerja sehingga anak-anak tak bergantung kepada lapangan kerja, " ujar Menaker Hanif.

Menteri Hanif mengatakan khususnya di kalangan anak muda, dua kunci utama untuk menjadi wirausaha adalah kreatif dan inovatif. "Kalau mau kreatif dan inovatif, harus keluar dari rutinitas agar perspektifnya berubah. Kalau terpaku rutinitas, maka sulit untuk kreatif dan berkembang, " katanya.

Menaker Hanif berharap mahasiswa Unja mampu melihat perkembangan jaman ke depan dengan menyesuaikan diri dan tidak bergantung kepada institusi. Kelebihan pendidikan pesantrean itu adalah karakter, akhlak dan adab, yang merupakan pondasi utama sebagai pribadi."Selebihnya ketrampilan, kompetensi maupun kreasi bisa dikembangkan melalui pribadi. Tetapi harus dorog juga kepada pribadi-pribadi yang haus ilmu pengetahuan dan meningkatkan kualitas diri, " ujar Menaker Hanif.

Menaker Hanif menambahkan setelah fokus membangun infrastruktur, pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla saat ini memprioritaskan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Selaras dengan program tersebut, Kemnaker telah merintis membangun Balai Latihan Kerja (BLK) pesantren di tahun 2017 sebanyak 50 titik, dan setahun berikutnya meningkat menjadi 75 titik.

"Tahun 2019, Presiden Jokowi langsung memerintahkan membangun 1000 titik BLK di 1000 pesantren. Saya pesan adik-adik di pesantren ini untuk terus memperkuat daya saing, " ujarnya.

Turut hadir Direktur Bina Kelembagaan Pelatihan Ditjen Binalattas Kemnaker Dudung Heriyadi, Bany Ariyanto mewakili Kabid Pelatihan Kerja dan Produktivitas Disnaker Kabupaten Probolinggo, Rektor Universitas Nurul Jadid KH. Abdul Hamid Wahid, Wakil Rektor I Hambali, Wakil Rektor II KH Najiburrahman Wahid, Wakil Rektor III M. Nur Fadli Hidayat, Pengasuh Pondok Pesantren KH M. Zuhri Zaini, Karo Kepesantrenan Faizin Syamweil, Karo Pendidikan Mahfudz Faqih, dan 1000 mahasiswa dan santri Nurul Jadid serta mitra desa di Kecamatan Pakuniran dan Gading, kabupaten Probolinggo.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yola Primadona / Hendy Sumbang Emas ke-14 Asian Games 2018 bagi Indonesia

Posted: 26 Aug 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pencak silat kembali menambah pundi-pundi medali Indonesia di ajang Asian Games 2018, Senin (27/8/2018). Yola Primadona / Hendy yang tampil di nomor seni ganda putra sukses menyumbang emas usai tampil gemilang di Padepokan Silat, TMII, Jakarta.

Emas itu didapat Yola Primadona / Hendy dari cabang pencak silat. Di nomor ganda putra, mereka menjadi yang terbaik di Asian Games 2018 dengan raihan 580 poin. 

Bagi Indonesia, ini emas ke-14 di Asian Games 2018. Sebelumnya, emas disumbang Defia Rosmaniar (taekwondo), Lindswell Kwok (wushu), Eko Yuli (angkat berat), dan Tiara Andini, Khoiful Mukhib (balap sepeda gunung), tim putra paralayang, Jafro Megawanto (paralayang individu), Aries Susanti (panjat tebing), tim dayung nomor ringan 8 putra, Christopher Rungkat/Aldila Sutjiadi (tenis), Aqsa Sutan Aswar (jetski), Rifki Ardiansyah (karate), dan Puspa Arumsari (pencak silat).

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Super Junior Bakal Meriahkan Penutupan Asian Games 2018

Posted: 26 Aug 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ajang olahraga Asian Games 2018 sangat ditunggu-tunggu, bukan saja oleh para atlet, tapi juga selebritas, salah satunya penyanyi asal Korea Selatan, Super Junior. Walau tak menonton secara langsung, antusias mereka begitu besar.

Super Junior pun berencana akan datang ke Indonesia pada 2 September mendatang, tepat di hari penutupan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta.

Bukan untuk menonton pertandingan terakhir Asian Games 2018, melainkan untuk mengisi acara penutusan ajang olahraga empat tahunan tersebut.

Kabar gembira ini diutarakan langsung oleh Super Junior D&E dalam sesi wawancara bersama KBS World Radio Indonesia pada Jumat (24/8/2018).

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

Antusias

Super Junior (Foto: Instagram/@kbsindonesian)

Rupanya, Super Junior tak dapat menutupi kegembiraan dan antusiasnya bakal hadir sebagai bintang di acara penutupan Asian Games 2018. Hal itu mereka ungkapkan saat siaran di KBS World Radio Indonesian.

"Mereka katanya sangat menanti-nanti tampil di closing karena mereka pengin banget bisa bertemu dengan para penggemar di Indonesia yang dicintai Super Junior. Jadi, mereka udah enggak sabar untuk bisa ke Indonesia," ujar Niken, penyiar radio tersebut menerjemahkan jawaban Eunhyuk.

 

Bakal Ganti Nama?

Super Junior (Foto: Instagram/@kbsindonesian)

Dalam wawancara dengan radio tersebut, Donghae dan Eunhyuk pun dibuatkan nama Indonesia oleh para penggemarnya. Dan Donghae memilih menjadi Dimas, sedangkan Eunhyuk berganti nama Eko.

Saat tampil di Indonesia nanti, apakah kedua personel Super Junior ini akan berganti nama? (Putu Elmira/bintang.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Yola / Hendy Sumbang Emas ke-14 dari Pencak Silat

Posted: 26 Aug 2018 09:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Atlet Indonesia berjaya di ajang Asian Games 2018. Senin (27/8), Yola Primadona / Hendy sukses menyumbang satu lagi medali emas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gairahkan Pasar Modal, BEI kembali Gelar Investor Summit 2018

Posted: 26 Aug 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka merayakan 41 Tahun Pasar Modal Indonesia, Bursa Efek Indonesia (BEI) kembali menggelar Investor Summit 2018 dengan mengusung tema Kemudahan Berinvestasi di Era Ekonomi Digital. Dalam acara Investor Summit 2018, sebanyak 65 perusahaan tercatat akan melakukan paparan kinerja perusahaan (public expose).

"Ekonomi digital memberikan dampak positif pada kemajuan pasar modal Indonesia. BEI didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan tema sistem pembayaran masa kini yang mendekatkan dengan investasi. Semoga dapat memberikan manfaat pada investor maupun stakeholder yang ada," tutur Direktur Utama Inarno Djayadi di Gedung BEI, Jakarta, Senin (27/8/2018).

Deputi Komisioner Pengawas Pasar Modal II Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Fakhri Hilmi mengatakan, acara Investor Summit diharapkan dapat menciptakan pola investasi yang ramah digunakan (user-friendly).

"Dari dulu kita sudah melakukan pameran, sosialisasi, mengeluarkan banyak biaya dengan hasil yang kita terima sekarang ini. Tapi kita perlu approach-approach yang lain yang mudah-mudahan bisa memberikan hasil yang lebih efektif. Kita perlu perkuat basis investor lokal kita," ujarnya.

Seminar Pasar Modal Investor Summit 2018 ini menghadirkan pembicara utama Presiden Direktur Bareksa.com Ady F. Pangerang, Head of Fintech Tokopedia Samuel Sentana, dan Head of Financial & Payment Services Buka Lapak dengan moderator Presenter dan Investor Pasar Modal Steny Agustaf.

Dengan semakin mudah dan cepatnya investasi di Pasar Modal diharapkan kedepannya dapat meningkatkan jumlah investor pasar modal berikut investor reksa dana yang per akhir Juli 2018 berjumlah 1.369.810 single investor identification Paparan Publik 65 Perusahaan.

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

8 Kota

Suasana kantor Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (10/11). Dari 538 saham yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia, 181 saham menguat, 39 saham melemah, 63 saham stagnan, dan sisanya belum diperdagangkan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dalam Investor Summit 2018 di Jakarta sebanyak 15 Perusahaan Tercatat memberikan perkembangan terkini terkait proses bisnis, kinerja dan rencana kerja di hari pertama, 25 Perusahaan Tercatat di hari kedua, dan 25 Perusahaan Tercatat di hari ketiga.

Investor Summit 2018 diadakan di 8 kota yang secara berurutan dari Indonesia bagian barat (Medan) menuju Indonesia Bagian Timur (Makassar) dan dikuti oleh total 91 Perusahaan Tercatat.

Target peserta terdiri atas Analis Perusahaan Efek, Manajer Investasi, Dana Pensiun dan Asuransi, Calon Investor seperti lbu Rumah Tangga, Wiraswasta, maupun Karyawan, Investor Pasar Modal baik investor saham maupun reksa dana, Mahasiswa dan pelajar, Masyarakat Umum, serta Media.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sontek 4 Rahasia Kecantikan Wanita Yunani

Posted: 26 Aug 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wanita Yunani memiliki kecantikan yang alami terlihat dari kulitnya yang sehat. Kecantikan wanit Yunani bahkan menjadi pedoman bagi sebagian besar wanita di dunia.

Mereka memiliki ritual kecantikan untuk merawat kulit sehari. Selan faktor genetik dengan bentuk wajah yang menarik, wanita Yunani memiliki kesadaran bahwa cantik berasal dari perawatan menggunakan bahan-bahan alami.

Bagi Anda yang ingin memiliki kecantikan layaknya wanita Yunani, berikut tipa rahasia kecantikan mereka seperti yang dilansir dari situs Boldsky.

1. Gunakan madu

Menggunakan madu untuk perawatan kulit merupakan rahasia kecantikan wanita Yunani. Mereka menggunakan facial wash dan body scrub berbahan dasar madu. Madu memberikan nutrisi yang baik untuk kulit serta mengangkat sel kulit mati, sehingga kulit terlihat cerah dan sehat seperti impian hampir semua wanita.

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

Mandi dengan bahan herbal

2. Mandi dengan bahan herbal

Menggunakan bahan-bahan herbal ketika mandi menjadi rahasia cantik wanita Yunani. Mereka biasanya berendam dengan daun-daunan yang berkhasiat untuk melembutkan dan melembapkan kulit. Perawatan menggunakan bahan alami ini juga menghambat munculnya permasalahan kulit.

 

Almond untuk perawatan rambut

Berikut empat rahasia cantik dari wanita Yunani. (Foto: iStockphoto)

3. Almond untuk perawatan rambut

Selain kulit, kecantikan alami wanita Yunani juga terlihat dari rambutnya. Mereka merawat rambut dengan baik menggunakan bahan natural seperti almond. Almond dapat menghidrasi rambut sehingga terlihat berkilau. Selain kandungan vitamin E dan K pada almond menguatkan rambut dari akarnya sehingga mengatasi permasalan rontok dan patah.

 

Yoghurt

Berikut empat rahasia cantik dari wanita Yunani. (Foto: iStockphoto)

4. Yogurt

Yunani merupakan salah satu negara dengan yogurt terbaik. Yogurt juga menjadi bahan ajaib dalam merawat kulit. Khususnya untuk permasalahan jerawat dan kulit terbakar akibat paparan sinar matahari. Yoghurt bisa dijadikan eksfoliator dan masker untuk membuat kulit lembap dan lembut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bocoran Motor Kustom Terbaru Jokowi

Posted: 26 Aug 2018 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) diketahui tengah menyiapkan satu motor kustom baru lagi. Kali ini orang nomor satu di Indonesia tersebut mempercayakan Katros Garage dalam penggarapan motor kustom berbasis Kawasaki W175 itu.

Berdasarkan video yang diunggah oleh Andi Akbar alias Atenx Katros, pemilik bengkel Katros Garage, motor bergaya klasik tersebut diubah menjadi tracker. Menariknya lagi, ada beberapa detail yang khusus dibuat untuk Presiden Jokowi.

Menurut penuturan Atenx pada video tersebut, ubahan yang dilakukan pada motor ini cukup banyak, mulai dari depan hingga belakang. Tengok saja sektor kaki-kaki yang terlihat lebih gambot dari Kawasaki W175 aslinya.

Untuk mengakomodasi ban yang jauh lebih besar, suspensi depan Kawasaki W175 diganti dengan dengan upside-down milik Yamaha Xabre. Sementara suspensi belakang menggunakan produk after-market.

Sektor body sebenarnya tidak mengalami ubahan yang terlalu banyak. Katros Garage tetap mempertahankan tangki dan cover samping asli Kawasaki W175 namun dicat ulang dengan warna hijau.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Jokowi menambah koleksi motor barunya, kali ini bergaya tracker. (Foto: IG @katrosgarage))

Selanjutnya

Motor kustom Jokowi digarap Katros Garage. (ist)

Komponen lain yang tak luput dari modifikasi ialah spakbor, lampu-lampu, jok, dan stang. Sementara itu, knalpot asli Kawasaki W175 diganti dengan Katros Muffler berbahan stainless steel.

Menariknya, seperti telah dijelaskan di awal, ada detail yang khusus dibuat untuk Presiden Jokowi, yaitu plat emboss. Akesori ini memuat nama Jokowi dan disematkan di tangki.

Sumber: Otosia.com

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Aksi Unik Relawan Pendukung Jokowi 2 Periode

Posted: 26 Aug 2018 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah memilih Ketua MUI KH Ma'ruf Amin sebagai pendampingnya dalam Pilpres 2019.

Untuk memenangkan Jokowi-Ma'ruf Amin, kini bursa Ketua Tim Kampanye pun telah dibuka. Sejumlah nama bahkan bahkan sempat mencuat kepermukaan.

Sebut saja mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo, presenter televisi Najwa Shihab hingga pengusaha Erick Thohir. Mereka dianggap bisa membawa Jokowi dua peroide jadi presiden.

Namun, keberadaan Tim Kampanye tak akan lengkap jika tidak ada suara para relawan pendukung yang akan memenangkan pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019.

Berikut ini para relawan yang menyatakan dukungannya kepada Jokowi dengan cara-cara unik:

1. GoJo Goes To Mahameru

Relawan Golkar Jokowi (GoJo) melakukan pendakian ke puncak Gunung Semeru, Mahameru, Kabupaten Malang, Jawa Timur. (Istimewa)

GoJo singkatan dari Relawan Golkar Jokowi. Saat memperingatai HUT ke-73 RI, 17 Agustus kemarin, sejumlah relawan mendaki puncak Gunung Semeru, Mahameru di Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Pendakian bertajuk 'GoJo Goes To Mahameru' tidak hanya semata-mata untuk jasmani dan rohani saja. Menurut Sekjen GoJo, Elang Hidayat di Jakarta, kegiatan tersebut sebagai bentuk dukungan kepemimpinan 2 periode Presiden Jokowi pada Pilpres 2019

"GoJo Goes To Mahameru adalah keinginan teman-teman relawan untuk mendukung penuh Partai Golkar dan Pak Jokowi maju kembali 2 periode," kata Ketua relawan GoJo Kebayoran Lama, Muhamad Kurniawan Kurniawan.

Menurutnya, semangat untuk mendukung Jokowi 2 periode karena dalam kepemimpinan Jokowi, pembangunan Infrastruktur di Indonesia sangat maju pesat.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

2. Cangkul Simbol Kerja Nyata Jokowi

Bakal calon presiden Joko Widodo atau Jokowi (kanan) dan KH Ma'ruf Amin (tengah) saat tiba di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Minggu (12/8). Jokowi mengenakan kemeja unik bertuliskan 'Bersih, Merakyat, Kerja Nyata'. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Cangkul diberikan para para petani oleh sejumlah relawan di Jawa Barat yang tergabung dalam Komunitas Indonesia Cinta Jokowi (KITA Jokowi).

Menurut Koordinator Nasional KITA Jokowi M. Ichya Halimudin, cangkul simbol bahwa Jokowi dekat dengan rakyat khususnya petani.

Bentuk dukungan tersebut diberikan karena Jokowi dianggap berhasil menyejahterakan rakyat dan petani lewat aksi kerja nyatanya. Selain itu di jaman era serba modern saat ini, Jokowi berani menegaskan, petani harus terorganisasi layaknya korporasi.

Acara deklarasi KITA Jokowi yang pertama di Bandung, dihadiri oleh ratusan petani dan tokoh muda, seperti Choky Sitohang, Arif Sitohang dan Ade Fahrurrozi serta anggota Komisi I DPR RI Arif Suditomo.

Tokoh muda tersebut kompak meminta agar Jokowi mesti di dukung di pemilu tahun depan karena punya integritas yang tinggi, bersih, dan beprestasi.

3. Biar Pakde Jokowi Saja (BPJS)

Dukungan untuk Jokowi-Ma'ruf Amin terus mengalir (Liputan6.com/ Nafiysul Qodar)

Nama yang cukup unik bukan? Koordinator BPJS Farhat Abbas mengatakan, tim relawan tersebut didirikan sebagai bentuk dukungan masyarakat yang menginginkan Jokowi menjadi presiden selama dua periode.

Mereka yang tergabung dalam relawan BPJS berasal dari kalangan ekonom hingga artis Tanah Air.

Anggota DPR Fraksi PDIP Masinton Pasaribu yang turut hadir mengapresiasi pembentukan BPJS.

Menurut dia, kemunculan kelompok-kelompok relawan ini menunjukkan bahwa antusias masyarakat kepemimpinan Jokowi sangat tinggi.

4. Ahoker Jadi Jokower

Massa pro Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang tergabung dalam Komunitas Bangsa Bersatu melakukan aksi di depan PN Jakarta Utara, Senin (26/2). Mereka mendukung peninjauan kembali (PK) dan meminta Ahok dibebaskan. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Tak bisa dpungkiri, Meski Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mendekam di penjara Mako Brimob Depok, pengikut setianya hingga kini terus memberikannya dukungan.

Dengan menamakan diri Ahokers, para pendukung mantan Gubernur DKI Jakarta Ahok ini mendeklarasikan Gerakan Jaga Indonesia di Gedung Joeang, Menteng, Jakarta Pusat.

Gerakan tersebut sekaligus guna mengawal kemenangan pasangan bakal calon presiden Joko Widodo atau Jokowi dan wakil presiden Ma'ruf Amin di Pilpres 2019.

Salah satu Ahoker yang hadir di acara tersebut adalah budayawan Eros Djarot. Eros memastikan Ahoker akan mendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf.

Dia juga menyatakan Ahoker tidak bakal golput di Pilpres 2019 dan menyebut menyebut Jokowi merupakan satu kesatuan dengan Ahok.

Sisca Rumondor, salah satu Ahoker lainnya menambahkan, Ahoker kini telah melebur dengan pendukung Jokowi.

"Sekarang kami juga relawan Jokowi, kita sudah melebur jadi Jokower. Di sini kami hadir, kami support Pak Jokowi," jelasnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Puspa Sumbang Emas ke-13 Asian Games 2018 bagi Indonesia

Posted: 26 Aug 2018 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Koleksi emas Indonesia pada Asian Games 2018 kembali bertambah. Puspa Arumsari menambah pundi medali tuan rumah lewat cabang olah raga pencak silat nomor seni tunggal putri.

Tampil di Padepokan Pencak Silat, TMII, Senin (27/8/2018), Puspa mampu meraih total poin 467. Ia mengungguli pesilat Singapura, Mohammad Yazid, dan pesilat Filipina, Cherry May. 

Puspa memang menjadi andalan Indonesia di Asian Games 2018. Maklum ia telah melakukan persiapan selama tiga tahun untuk menghadapi Asian Games 2018.

Tak hanya di dalam negeri, Puspa bersama pesilat timnas Indonesia lain juga melakukan try out ke luar negeri. Di antaranya ke Thailand, Vietnam, dan Belgia.

Puspa menjadi satu dari delapan pesilat Indonesia yang lolos final Asian Games 2018. Dua emas menjadi target silat dalam Asian Games 2018.

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

 

Kado HUT RI

Pesilat Indonesia, Puspa Arumsari, saat beraksi pada Asian Games di Arena Silat TMII, Jakarta, Senin (27/8/2018). Puspa meraih medali emas kelas seni kategori tunggal putri dengan nilai 467. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Puspa mempersembahkan emasnya untuk bangsa Indonesia yang baru saja berulang tahun ke-73 pada 17 Agustus lalu. Selain itu, pesilat berusia 25 tahun itu juga berterima kasih kepada keluarganya yang selalu mendukung kariernya di pencak silat Asian Games 2018.

"Luar biasa senang. Suatu kebanggaan. Ini hadiah untuk diri saya, orang tua, dan bangsa Indonesia, apalagi baru ulang tahun juga. Ini kado pertama pencak silat untuk kalian semua," ujar Puspa usai pengalungan medali.

 

 

Berserah Diri

Dominan di partai final, Puspa mengaku tidak banyak mengalami rintangan. Selama tampil, Puspa berserah diri kepada Tuhan.

"Alhamdulillah tidak terlalu banyak kesulitan. Saya ikhlaskan semuanya, saya serahkan semuanya ke Allah SWT. Alhamdulillah nikmat sangat luar biasa," kata Puspa.

Puspa ternyata tidak main-main mempersiapkan diri di Asian Games 2018. Apalagi, untuk pertama kalinya pencak silat dipertandingkan di perhelatan multi cabang itu.

"Untuk Asian Games 2018, (persiapan) 3-4 tahun," ujarnya.

Usai Puspa menggigit medali emas, Indonesia masih punya peluang meraih 13 emas lainnya di pencak silat. Hari ini, ada delapan nomor yang dipertandingkan dan Indonesia mengirimkan wakilnya di setiap nomor.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penembakan Massal di Kompetisi Gim di Florida, 3 Orang Tewas dan Belasan Terluka

Posted: 26 Aug 2018 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jacksonville - Dilaporkan sedikitnya tiga orang tewas ketika seorang pria bersenjata menembaki sebuah turnamen video gim di sebuah mal di Jacksonville, negara bagian Florida, Minggu sore.

Menurut sheriff setempat, Mike Williams, pelaku penembakan telah teridentifikasi bernama David Katz (24) yang berasal dari kota Baltimore.

Dikutip dari Time.com pada Senin (27/8/2018), Katz menembaki ruangan yang tengah diisi oleh kegiatan seri kejuaraan Madden NFL 19 dari Electronic Arts Sports (EA Sports), membuat dua peserta tewas dan setidaknya 11 orang lainnya terluka parah.

Laporan berita stasiun televisi lokal Twitch Tv menyebutkan setidaknya 12 tembakan terdengar saat meliput kompetisi gim tingkat nasional itu. Disebutkan pula bahwa suasana menjadi ricuh pada tembakan ketiga, di mana banyak orang berhamburan menyelamatkan diri.

Pelaku penembakan dilaporkan tewas bunuh diri, dan polisi mengkonfirmasi bahwa tidak ditemukan pelaku lain dalam serangan mematikan ini.

Kondisi di The Landing Mall, lokasi kompetisi gim digelar, dinyatakan kembali aman setelah enam jam penyusuran oleh tim SWAT, yang melakukan "pencarian metodis" di pusat perbelanjaan tersebut.

Dalam konferensi pers yang digelar pada Minggu malam, polisi mengatakan menerima laporan darurat via nomor 911 sekitar pukul 12.34, dan dua menit kemudian langsung mengepung lokasi insiden.

Sembilan korban penembakan diangkut ke rumah sakit daerah setempat, tujuh di antaranya mengalami luka tembak, kata polisi. Dua korban lainnya dirawat ringan ke klinik terdekat. Otoritas keamanan memastikan semua 11 korban berada dalam kondisi stabil saat ini.

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

 

Simak video pilihan berikut:

Motif Penembakan Belum Dikonfirmasi

Ilustrasi Foto Penembakan (iStockphoto)

Pihak berwenang mengatakan tersangka tunggal dalam penembakan itu tewas di tempat kejadian. Segera setelah insiden terjadi, polisi bekerja untuk memastikan bahwa tidak ada tersangka lain.

Sejauh ini, polisi belum bisa mengomentari tentang motif di balik aksi penembakan yang dilakukan oleh Katz. Namun, catatan terkini menyebut pelaku adalah salah satu peserta dalam kompetisi terkait yang menginap di suatu tempat lokal pada malam sebelumnya.

Penembak menggunakan satu pistol, yang saat ini sedang diselidiki polisi dengan bantuan Biro Alkohol, Tembakau, Senjata Api, dan Bahan Peledak (ATF). Tidak segera diketahui apakah pistol dibeli secara legal atau terdaftar atas nama Katz.

Di lain pihak, EA Sports sebagai penyelenggara kompetisi terkait menyatakan berduka, dan berjanji untuk berkoordinasi dengan pihak berwenang untuk mengumpulkan fakta.

Kompetisi yang digelar di Jacksonville itu adalah bagian dari seri pertandingan "Madden NFL 19 Championship Series", yang diselenggarakan oleh gabungan stasiun televisi ESPN, liga NFL, dan raksasa gim EA Sports.

Agenda pada hari Minggu itu merupakan babak kualifikasi untuk maju ke putaran 16 besar, yang akan diselenggarakan di Las Vegas pada Oktober mendatang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setya Novanto: Kasus E-KTP Belum Selesai

Posted: 26 Aug 2018 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Ketua DPR RI Setya Novanto alias Setnov menyatakan kasus korupsi e-KTP belum selesai. Menurut dia, masih banyak yang harus bertanggung jawab dalam perkara yang membuatnya di penjara selama 15 tahun itu.

"Soal e-KTP belum selesai," ujar Setnov saat tiba di Gedung KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (27/8/2018).

Setnov dipanggil ke Gedung KPK untuk diperiksa sebagai saksi terkai kasus dugaan suap PLTU Riau-1. Namun Setnov mengaku kedatangannya di lembaga antirasuah terkait dengan korupsi e-KTP.

Setnov mengatakan, penyidik KPK harus menuntaskan kasus korupsi e-KTP. Setnov mengisyaratkan keterlibatan mantan Mendagri Gamawan Fauzi dan pimpinan Badan Anggaran (Banggar) DPR Melchias Markus Mekeng.

"Yang penting soal e-KTP juga harus tuntas. Soal Mendagri yang memang punya peran, dia. Dan juga ketua Badan Anggaran (DPR) saat itu ya," kata Setya Novanto.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini

Vonis Setnov

Pada perkara korupsi e-KTP, Setya Novanto disebut memperkaya diri sendiri sebesar US$ 7,3 juta. Setnov juga memperkaya orang lain dan korporasi dalam proyek yang diduga merugikan negara hingga Rp 2,3 triliun.

Atas perbuatannya, Setnov divonis 15 tahun penjara denda Rp 500 juta subsider 3 bulan kurungan. Mantan Ketua Umum Partai Golkar itu wajib mengembalikan kerugian negara sebesar US$ 7,3 juta dikurangi Rp 5 miliar yang telah dikembalikan ke rekening KPK.

Hakim Pengadilan Tipikor juga mencabut hak politik Setya Novanto untuk tidak menduduki jabatan publik selama 5 tahun terhitung sejak dirinya usai menjalani masa pidana pokok.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yola Primadona / Hendy Sumbang Emas Ke-14 Indonesia di Asian Games 2018

Posted: 26 Aug 2018 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Atlet Indonesia berjaya di ajang Asian Games 2018. Senin (27/8/2018), Yola Primadona / Hendy sukses menyumbang satu lagi medali emas.

Emas itu didapat Yola Primadona / Hendy dari cabang pencak silat. Di nomor ganda putra, mereka menjadi yang terbaik di Asian Games 2018 dengan raihan 580 poin. 

Bagi Indonesia, ini emas ke-14 di Asian Games 2018. Sebelumnya, emas disumbang Defia Rosmaniar (taekwondo), Lindswell Kwok (wushu), Eko Yuli (angkat berat), dan Tiara Andini, Khoiful Mukhib (balap sepeda gunung), tim putra paralayang, Jafro Megawanto (paralayang individu), Arier Susanti (panjat tebing), tim dayung nomor ringan 8 putra, Christopher Rungkat/Aldila Sutjiadi (tenis), Aqsa Sutan Aswar  (jetski), Rifki Ardiansyah (karate), Puspa Arumsari (pencak silat).

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengintip Persiapan Pertemuan Akbar IMF-World Bank di Bali

Posted: 26 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Denpasar - Sebanyak kurang lebih 39 duta besar dan anggota korps diplomatik dari kedutaan besar negara-negara peserta IMF-World Bank Group Annual Meeting 2018 menghadiri acara Diplomatic Tour: Discovering Bali pada tanggal 24-25 Agustus 2018 dalam rangka kunjungan lokasi persiapan penyelenggaraan acara akbar yang akan dilaksanakan pada Oktober mendatang tersebut.

Acara tersebut terselenggara melalui inisiasi PT Angkasa Pura I (Persero) dan bekerja sama dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, serta Bank Indonesia.

Dalam rangkaian acara yang diselenggarakan selama dua hari tersebut, rombongan delegasi mengunjungi sejumlah lokasi yang diagendakan menjadi lokasi tempat pelaksanaan rapat tahunan negara-negara anggota IMF, serta beberapa lokasi wisata.

Rombongan delegasi tiba di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada Jumat, 24 Agustus disambut di Gedung VIP II oleh panitia penyelenggara.

Delegasi kemudian diarahkan menuju Hotel Westin di kawasan Nusa Dua, untuk menghadiri briefing tentang kesiapan Bali selaku tuan rumah penyelenggara. Kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke objek wisata Garuda Wisnu Kencana Cultural Park, sekaligus untuk mempromosikan objek pariwisata di Bali.

Malam harinya, rombongan delegasi menghadiri gala dinner di Hotel Intercontinental Bali Resort yang juga dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi, serta para tamu undangan dari unsur pemerintahan lainnya.

Dalam sambutannya, Menko Luhut menegaskan tentang kesiapan Indonesia, serta Bali khususnya, sebagai tuan rumah IMF-World Bank Group Annual Meeting 2018.

"Event ini akan menjadi forum terbesar dalam pembahasan ekonomi, keuangan dan pembangunan dalam level global. Saya menegaskan kepada Anda sekalian bahwa sebagai tuan rumah, kami siap untuk menyelenggarakan event ini," ucap Luhut dalam sambutannya.

"Dalam hal kesiapan, progres keseluruhan sudah mencapai tahap 85 persen per tanggal 31 Juli. 15 persen sisanya termasuk dalam penyelesaian tahap akhir dan kami yakin bahwa segala proses persiapan akan selesai pada awal bulan depan," Menko Luhut menambahkan.

Keamanan Bali Kondusif

Delegasi duta besar dan anggota korps diplomatik dari kedutaan besar negara-negara peserta IMF-World Bank (Dewi DIvianta/Liputan6.com)

Dalam sambutannya, Menko Luhut juga turut menyampaikan bahwa situasi keamanan dan kondisi alam di Bali kondusif untuk menggelar acara akbar tersebut, serta berharap kepada delegasi untuk membawa kabar baik ini kepada peserta rapat dari negara asalnya.

Menko Luhut juga berharap kepada para delegasi untuk membantu mempromosikan Indonesia sebagai negara tujuan wisata.

Pada hari kedua, para delegasi mengunjungi destinasi wisata kedua di Uluwatu untuk menyaksikan pertunjukan Tari Kecak, sebelum bertolak ke Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai untuk kembali ke Jakarta.

Sebelumnya, Menko Luhut dalam kunjungan ke Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada awal Agustus lalu, menegaskan bahwa pembangunan fasilitas pendukung di bandar udara akan selesai pada awal September.

Pada pertengahan Agustus lalu, verifikasi dan evaluasi tahap awal terkait perluasan apron telah selesai dilakukan, dengan hasil verifikasi fisik menyatakan bahwa perluasan apron telah sesuai dengan aturan yang ditetapkan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Potret Keseruan Presiden Jokowi Nonton Asian Games

Posted: 26 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebagai orang nomor satu di Indonesia, Presdien Jokowi memang selalu mendapat sorotan publik. Apalagi dalam ajang Asian Games kali ini Indonesia sebagai tuan rumah, pastinya akan menjadi perhatian warga dunia terutama di kawasan Asia.

Nama Jokowi turut menarik perhatian dalam pehelatan akbar empat tahunan ini. Tentu sebagai kepala negara Indonesia, Jokowi akan mendukung para atlet tanah air yang bertanding.

Momen kompetisi ini juga tak luput untuk disaksikan oleh Jokowi. Untuk memberikan dukungan secara langsung, Presiden Jokowi menghadiri langsung berbagai pertandingan.

Kehadiran Jokowi saat menyaksikan pertandingan di Asian Games, tertangkap kamera media. Ada lima potret di antaranya menunjukan betapa semangatnya Jokowi saat memberikan dukungan dan menikmati pertandingan yang berlansung.

Artikel tentang potret Jokowi menyaksikan Asian Games menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel kedua terpopuler yakni tentang rekaman cahaya misterius yang tertangkan kamera. Sedangkan artikel tentang tas branded mirip plastik kresek menempati posisi ketiga terpopuler.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 5 Potret Keseruan Presiden Jokowi Saat Nonton Pertandingan Asian Games

keseruan Presiden Jokowi nonton AG (Foto: liputan6.com)

Asian Games 2018 kini masih berlangsung. Para atlet Indonesia masih berjuang memberikan yang terbaik untuk negara. Nyatanya tak hanya masyarakat, Presiden Jokowi pun turut memberikan dukungan bagi para atlet bangsa yang tengah berjuang mengharumkan nama Indonesia.

Ya, Presiden Jokowi kerap terlihat menghadiri langsung berbagai pertandingan untuk mendukung atlet-atlet Indonesia yang sedang berlaga. Nyatanya seperti penonton lainnya, Presiden Jokowi selalu bersemangat menyaksikan pertandingan.

Selengkapnya..

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

2. VIDEO: Penampakan Cahaya Misterius Tertangkap Kamera Warga, Hantu?

Penampakan hantu di Filipina. (Screengrab video)

Sebuah formasi cahaya yang aneh terlihat di sebuah lokasi kecelakaan. Video yang diambil sekitar pukul 3 pagi waktu setempat menunjukkan cahaya besar melayang di udara.

Selengkapnya..

3. 4 Tas Branded Mirip Kresek Ini Berharga Fantastis, Kalian Berminat Beli?

tas branded seperti kresek (foto: instagram/@otakkanann)

Kini tas tak hanya sebagai kebutuhan tapi juga untuk melengkapi penampilan. Ya, saat ini telah banyak brand branded dunia yang memproduksi tas dengan berbagai model dan motif menarik. 

Namun tak jarang model-model tas branded dunia tersebut memiliki bentuk yang unik dan bikin kita tak habis pikir. Salah satunya saja bentuk tas yang mirip dengan tas kresek maupun tas belanja yang sering kita gunakan ke pasar..

Selengkapnya..

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal Lebih Dekat Gunung Legendaris, Anak Krakatau

Posted: 26 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Lampung sangat beruntung memiliki Gunung Anak Krakatau. Gunung ini adalah ikon dan kebanggaan masyarakat. Krakatau pernah mencuri perhatian dunia karena ledakan besarnya. Ledakan yang dirasakan disejumlah negara. Bisa dibayangkan serunya menjelajahi gunung yang berada di Selat Sunda itu.

Keseruan itulah yang ditawarkan di Lampung Krakatau Festival 2018. Trip Krakatau diadakan Sabtu (25/8).

Perjalanan diawali dari Elephant Park, Bandar Lampung, menuju Dermaga Bom Kalianda, Lampung Selatan, pukul 6.30 WIB. Rombongan dilepas Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Lampung, Budiharto.

Trip Krakatau kali ini diikuti sekitar 200 peserta. Mereka berasal dari berbagai latar belakang. Seperti perwakilan GenPI, media, komunitas, travel bloger, travel agen, Youtuber, Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Trans Lampung Utara, JPP Lampung, Bappeda Lampung, Adiatama Tour, dan lainnya.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Lampung Budiharto mengatakan, Trip Krakatau diadakan setiap tahun.

"Trip ini untuk memperingati letusan Gunung Krakatau tahun 1883 lalu. Setiap ada Festival Krakatau pasti ada kunjungan ke sana," tuturnya.

Dijelaskan Budiharto, dasyatnya letusan Gunung Krakatau saat itu, mampu mengubah iklim. Bahkan, mengelapkan dunia selama berhari hari. Debunya terasa hingga Benua Afrika.

"Saat itu ledakannya sangat dahsyat sekali. Dengan kunjungan kesana, kita bisa merasakan dasyatnya letusan itu. Ini juga pelajaran buat anak cucu kita agar mengetahui sejarah," katanya.

Letusan dahsyat itu, turut menghancurkan Gunung Krakatau. Namun, bertahun-tahun setelah itu, muncul gunung baru dibekas Gunung Krakatau. Gunung tersebut dikenal dengan nama Gunung Anak Krakatau. Dan tercatat sebagai salah satu gunung api yang sangat aktif di Indonesia.

"Nah ini juga suatu hal yang menarik untuk diperhatikan. Makanya dalam rombongan trip ini juga ada profesor Tukirin, juga beberapa ahli pemerhati vulkanologi. Kita berharap dapat ilmu yang berkaitan dengan Gunung Anak Krakatau," katanya.

Budiharto berharap, kunjungan ini bisa membuat masyarakat mendapatkan informasi yang benar terkait Gunung Anak Krakatau.

"Selain itu, kita berharap Gunung Anak Krakatau bisa menjadi tujuan wisata yang eksklusif. Dalam arti, harus memiliki izin tertentu. Di luar negeri, ada gunung berapi dinikmati oleh masyarakat. Saat ini Gunung Anak Krakatau berupa cagar alam. Hanya bisa untuk penelitian dan studi observasi berkaitan dengan vulkanologi. Tapi kita berharap di kemudian hari dapat berubah menjadi taman wisata alam," harapnya.

Tahun ini, Festival Krakatau memasuki tahun pelaksanaan ke-28. Kemasan event kali ini berbeda dengan yang sebelumnya. Sebab, penyelenggara memasukkan seminar internasional, ada juga musik jazz rock, kemudian kegiatan bekerja sama denga ICA, dan ASITA.

Menteri Pariwisata Arief Yahya, mengapresiasi Lampung Krakatau Festival. Menurutnya, gunung legendaris ini adalah daya tarik.

"Untuk itu, dibutuhkan atraksi yang bisa mendatangkan wisatawan. Atraksi tersebut diwadahi oleh Festival Krakatau. Dan festival ini punya potensi luar biasa untuk maju," paparnya.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dipeluk Mesra, Agnez Mo Pacaran dengan Produser Musik?

Posted: 26 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabar kedekatan Agnes Monica alias Agnez Mo dengan produser musik asal Michigan, Amerika Serikat, Jeff Kopchia, sudah bukan cerita baru.

Beberapa waktu lalu sempat beredar foto penampakan Agnez Mo di akun Instagram milik @crazybonz yang diketahui milik Jeff Kopchia.

Dalam foto yang ditandai berlokasi di Joshua Tree, California, AS itu, Tampak Jeff sedang memeluk tubuh Agnez Mo dari belakang.

Keduanya tampak mesra dan bahagia layaknya pasangan kekasih. Lokasi yang memiliki panorama indah, menambah suasana romantis di antara mereka berdua.

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

Belum Ada Konfirmasi

(Adrian Putra/Bintang.com)

Belum ada konfirmasi mengenai hubungan seperti apa yang terjalin antara Agnez Mo dan Jeff Kopchia. Namun yang jelas, mereka membuat heboh warganet Indonesia gara-gara foto tersebut.

Mendoakan

(Adrian Putra/Bintang.com)

Melihat komentar di Instagram Jeff, sebagian besar warganet Indonesia justru mendoakan agar keduanya bisa serius.

"Cocok sama yang ini nez,,,,,gue doain cepet naik pelaminan sama yang ini," kata @zenzen1886.

"Kak @agnezmo tercyduk ka bahagia selalu kak agnezz. Indonesia proud of you! ❤❤," tulis @tikapraatiwi.

A post shared by Heff (@crazybonz) on

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Garuda Indonesia Angkut 147 ton Bantuan Kemanusiaan ke Lombok

Posted: 26 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Maskapai Nasional Garuda Indonesia menyalurkan sedikitnya 147 ton angkutan kargo bantuan kemanusiaan untuk korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Penyaluran kebutuhan logistik melalui layanan kargo tersebut merupakan bagian dari komitmen Garuda Indonesia untuk mendukung masyarakat Lombok pasca gempa serta dalam upaya mendukung percepatan pemulihan Lombok untuk kembali sebagai destinasi wisata unggulan.

"Kami tentunya berharap dukungan bantuan ini kiranya dapat meringankan kondisi para korban gempa Lombok yang saat ini masih membutuhkan bantuan logistik," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala N Mansury dalam keterangannya, Senin (27/8/2018).

Pahala menegaskan, sehubungan dengan peristiwa gempa yang terjadi di Lombok, Garuda Indonesia bersama jajaran anak usaha terus berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan dalam memastikan kondisi operasional penerbangannya berjalan lancar.

Tidak hanya dengan memastikan kelancaran arus penumpang tetapi juga aspek operasional lainnya dalam mendukung kelancaran pasokan logistik bantuan terhadap masyarakat di Lombok.

 

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini

 

 

Potongan Harga

Pesawat Garuda Indonesia.(Hans Bahanan/Liputan6.com)

Sejalan dengan peningkatan pengiriman barang bantuan kargo menuju Lombok, Garuda Indonesia juga menyediakan potongan harga sebesar 50 persen untuk pengiriman barang bantuan bencana alam di Lombok tersebut dengan ketentuan yang berlaku.

Adapun pemberian potongan harga khusus tersebut berlaku sampai tanggal 31 Agustus 2018 mendatang.

Sebelumnya Garuda Indonesia bersinergi bersama Kementerian BUMN melalui program BUMN Peduli turut menyalurkan bantuan sembako yang disalurkan di sejumlah posko pengungsian di Lombok.

Selain itu, bersama-sama dengan BRI, Garuda Indonesia turut menerbangkan sedikitnya 25 tenaga medis yang berasal dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), untuk membantu proses penyuluhan kesehatan serta perawatan medis bagi para korban gempa Lombok.

Garuda Indonesia juga turut mendukung pengiriman logistik peralatan dan perlengkapan medis dalam membantu proses pemulihan para korban gempa Lombok tersebut. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Wow, Gaun Pernikahan Kimberly Ryder Mirip Kate Middleton

Posted: 26 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kimberly Rider berhasil memukau seluruh tamu undangan dengan gaun internasional yang disebut-sebut mirip dengan gaun pernikahan Kate Middleton dengan Pangeran William dari Inggris. Kim dan Kate memang sama-sama cantik ya?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menkes Nila Lakukan Senam Cicak di Medical Center Asian Games 2018

Posted: 26 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Palembang, Sumatra Selatan Menteri Kesehatan RI Nila F Moeloek berkesempatan melakukan 'Senam Cicak' di Medical Center Asian Games 2018 di Jakabaring Sport Center Palembang, Sumatra Selatan. Senam cicak merupakan salah satu gerakan peregangan,  yang dapat dilakukan di tempat dengan luas terbatas, dengan memanfaatkan tembok sebagai medianya.

Senam cicak tidak hanya untuk atlet Asian Games 2018 yang kelelahan, tapi juga seluruh panitia acara. Salah satu tenaga kesehatan, Mulyaningsih menjelaskan gerakan senam cicak.

"Gerakan senam ini bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dan mencegah kelelahan. Senam ini melemaskan otot, non syaraf," ujar Mulyaningsih kepada Menkes Nila, dikutip dari laman Sehat Negeriku Kementerian Kesehatan, Senin (27/8/2018).

Senam cicak memiliki empat gerakan utama. Gerakan pertama, berdiri membelakangi tembok, tubuh merapat ke tembok. Lalu gerakan bahu ke belakang, yang dirapatkan ke tembok. Lakukan gerakan senam sebanyak delapan kali hitungan.

 

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Simak video menarik berikut ini:

Gerakan senam cicak

Menkes Nila pantau Medical  Center Asian Games 2018 di Palembang, Sumatra Selatan. (Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI)

Mulyaningsih memaparkan, gerakan kedua, berdiri menghadap tembok, kedua telapak tangan diletakkan ke tembok dengan sejajar dada, siku tidak boleh ditekuk. Panggul digerakkan merapat ke tembok dan menjauh dari tembok.

Untuk gerakan ketiga dan keempat, posisi tubuh masih sama dengan gerakan kedua. Namun, fokus gerakkan adalah tubuh area paha hingga kaki.  

Tariklah kaki ke belakang, lakukan secara bergantian, baik kaki kiri dan kanan. Selanjutnya, ayunkan kaki ke samping kiri kanan bergantian.

"Yang tidak boleh dilupakan adalah atur pernapasan," pesan Mulyaningsih.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Napak Tilas Kemerdekaan RI, Huawei Gelar Lomba Foto Marathon

Posted: 26 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Meski sudah memasuki akhir Agustus 2018, beberapa perusahaan yang bergerak di bidang teknologi tetap turut memeriahkan hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-73, beberapa di antaranya seperti Grab, Smartfren, Huawei, dan juga Selular.

Pada kesempatan kali ini, Huawei dan Selular misalnya, baru saja menggelar acara Napak Tilas Kemerdekaan RI 2018. Acara tersebut diikuti oleh 130 peserta yang mengikuti lomba marathon di empat lokasi bersejarah di Jakarta.

Adapun lokasi tersebut meliputi Tugu Proklamasi (Cikini) kemudian menuju Gedung Joeang (Menteng), Perumusan Naskah Proklamasi (Menteng), dan Kebangkitan Nasional. 

Marathon pun dimulai dari Tugu Proklamasi kemudian menuju Gedung Joeang, Perumusan Naskah Proklamasi dan Kebangkitan Nasional setelah itu kembali lagi menuju Tugu Proklamasi.

"Kegiatan Napak Tilas Kemerdekaan merupakan komitmen kami dalam memperingati kemerdekaan RI ke73. Ini kami lakukan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat Indonesia mengenai sejarah bangsa Indonesia. Melalui kecanggihan kamera Huawei P20 Pro dan Nova 3i, masayarakat dapat mengabadikan momen di museum tersebut," ujar CEO Selular Network, Uday Rayana, dalam keterangannya.

Dalam acara ini pun, peserta juga menjajal kebolehan smartphone terbaru Huawei--P20 Pro dan Nova 3i--saat melakukan marathon. Mereka juga mengikuti lomba foto marathon dengan menggunakan kedua smartphone tersebut.

Sekadar informasi, baik Huawei P20 Pro dan Nova 3i mengandalkan kamera sebagai fitur unggulan.

Kedua smartphone Huawei ini disokong teknologi kecerdasan buatan pada kamera utama dan selfie.

"Huawei P20 Pro memiliki triple rear camera. Sementara Nova 3i didukung 4 kamera dengan kamera utama ganda dan dua kamera selfie. Dua smartphone ini sangat cocok mendukung kegiatan fotografi di museum tersebut. Melalui kegiatan ini kita mengedukasi masyarakat Indonesia tentang sejarah dan budaya, tak melulu soal produksi ponsel saja," papar Product Marketing Manager Huawei, Advent Jose.

 

 

Spesifikasi Huawei P20 Pro dan Nova 3i

Penampakan bodi depan Huawei Nova 3i. Liputan6.com/ Andina Librianty

Untuk informasi spesifikasi, Huawei Nova 3i memiliki empat kamera sebagai fitur unggulan.

Dua kamera utama beresolusi 16MP (color) dengan aperture F/2.2, PDAF dan 2 MP (color) dengan depth sensor dibubuhi di bagian belakang. 

Ada dua lagi hadir di bagian depan beresolusi 24MP Fusion Pixel f/2.0 dan 2MP Fixed Focal Length disertai depth sensor.

Baik kamera utama maupun kamera depan Huawei Nova 3i sudah didukung teknologi AI. Teknologi AI yang disematkan di kamera utama maupun selfie Huawei Nova 3i meliputi AI Scenery Recognition, AI Beauty Algorithm, HDR Pro, Low Light Solution, 3D Portrait Lighting dan AR Fun Selfies.

Teknologi AI ini memungkinkan Huawei Nova 3i mengenali sejumlah objek secara akurat seperti manusia, tanaman, makanan, kendaraan, hewan dan lainnya. Selain objek, latar belakangnya pun mampu dikenali secara akurat.

Sementara, Huawei P20 Pro disematkan triple camera dari Leica dengan jumlah piksel terbanyak yang pernah ada di dunia smartphone.

Lensa utama beresolusi 40MP RGB dengan aperture f/1.8 yang dilengkapi fitur Phase Detection Auto-Focus (PDAF).

Hadir pula lensa monokrom 20MP dengan aperture f/1.6 serta sensor 8MP yang disertai lensa telephoto dan aperture f/2.4. Sensor ISPs dari Leica mampu menyeimbangkan warna secara otomatis ketika pengambilan gambar.

Kamera utama P20 Pro ini disokong sensor tipe 1/1.7 terbaru yang mampu menyesuaikan pengambilan gambar dengan pencahayaan rendah atau pada malam hari.

Dikombinasikan dengan sensitivitas tinggi berkat ISO yang bisa disetel sampai 102400, setara dengan kamera profesional.

Adapun kamera selfie-nya ditunjang sensor 24MP dan aperture f/2.0, dilengkapi pula dengan teknologi modeling wajah 3D yang ditenagai teknologi AI.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menaker Targetkan Indonesia Juara Umum Kompetisi Keterampilan ASEAN 2018

Posted: 26 Aug 2018 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri berharap Indonesia menjadi juara umum pada kejuaraan ASEAN Skills Competition (ASC) ke-XII di Bangkok, Thailand, pada 31 Agustus - 2 September 2018.

"Dua tahun lalu kita jadi juara kedua dengan 13 emas. Saya ingin pada pelaksanaan tahun ini kita benar-benar bisa optimal melampaui target 15 emas. Walaupun tidak mudah saya ingin kita menjadi juara umum," kata Menaker Hanif saat memberikan arahan pada acara pelepasan 114 Delegasi Indonesia untuk ASC di Hotel Ciputra, Jakarta, Sabtu (25/8/2018).

Pada ASC 2016 di Malaysia, Indonesia meraih juara kedua dengan perolehan 13 emas, 2 perak, dan 7 perunggu. Untuk dapat memperbaiki pencapaian tersebut Menaker meminta Delegasi Indonesia bertanding dengan serius dan penuh kebanggaan.

"Kita bertanding membawa nama bangsa Indonesia. Kita harus meyakini kebesaran bangsa ini. Untuk itu, saya ingin berpesan kepada adik-adik sekalian untuk membuktikan bahwa Indonesia negara besar, negara yang pantas dihormati, dan negara yang pantas untuk dibanggakan," ujar Menaker Hanif.

Menaker Hanif juga mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah berkontribusi menyiapkan 44 kompetitor untuk mengikuti ASC ke-XII di Thailand.

"Tentu ini semua bisa berjalan karena sumbangsih banyak pihak. Untuk itu pada kesempatan ini saya ingin berterima kasih kepada para pakar, akademisi, Apindo, Kadin, perusahaan, para stakeholder yang sudah bersinergi bekerja keras bersama menyiapkan kader-kader terbaik bangsa untuk mengikuti ASC ke-12 di Bangkok, Thailand," ungkap Menaker Hanif.

Delegasi Indonesia pada ASC ke-XII ada 114 orang yang terdiri dari 1 Ketua Delegasi, 2 Technical Delegate, 1 Official Delegate, 35 Experts, 44 Competitor, 4 Team Leader, 5 Official Observer, dan 19 Tim Teknis/Sekretariat.

Pada ASC ke-XII, 44 kompetitor Indonesia akan mengikuti 22 kejuruan dari 26 kejuruan yang dipertandingkan. 22 kejuruan tersebut antara lain:(1) Welding(2) IT Software Solution for Business(3) Electronics(4) Web Design and Development(5) Electrical Installations(6) Bricklaying(7) Cabinet Making(8) Fashion Technology(9) Automobile Technology(10) Restaurant Service(11) Cooking(12) Mechatronics(13) Mechanical Engineering Desing-CAD(14) Graphic Design Technology(15) Refrigeration and Air Conditioning(16) IT Network Systems Administration(17) Beauty Therapy(18) Hair Dressing(19) Industrial Automation(20) Mobile Robotic(21) Joinery(22) Car Painting

ASC adalah kompetisi rutin yang diselenggarakan dua tahun sekali untuk mempromosikan perkembangan keterampilan pekerja muda dari negara ASEAN, meningkatkan daya saing negara ASEAN, dan meningkatkan persaudaraan di antara negara ASEAN.

ASC telah diselenggarakan sebanyak 11 kali dimana pada ASC keempat tahun 2002 dan ASC kesembilan pada tahun 2012, Indonesia mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan kompetisi ini.

Indonesia tercatat sekali menjadi juara umum pada ASC 2012, tiga kali juara kedua (2006, 2010, 2016), dan dua kali menjadi juara ketiga (2008 dan 2014).

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lolos 8 Besar Asian Games 2018, Tim Voli Putri Indonesia Tetap Fokus Hadapi Thailand

Posted: 26 Aug 2018 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pelatih tim bola voli putri Indonesia, Mohamad Ansori, puas melihat performa para pemainnya selama Asian Games 2018. Dia berharap pasukannya mampu melewati adangan tim voli putri Thailand pada laga terakhir babak penyisihan grup A. 

Voli putri Indonesia sudah pasti menembus perempat final Asian Games 2018 setelah menaklukkan Filipina 3-1, Sabtu (25/8/2018).

Dengan rekor 2-1, untuk sementara mereka menduduki posisi tiga klasemen sementara Grup A. Fajrina Nabila Amalia dan kawan-kawan tertinggal di belakang Jepang (2-1) dan Thailand (3-0).

Indonesia selanjutnya menghadapi Thailand pada partai terakhir, Senin (27/8/2018).

"Kita sudah tahu Thailand memiliki tim terbaik pada putaran grup. Namun melihat kekompakan dan stamina tim, minimal kita bisa mengimbangi permainan kalau tidak menang," kata Ansori, dilansir Antara.

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di sini

Tekad Pemain

Timnas voli putri Indonesia harus mengakui kekalahan dengan skor 0-3 dari Jepang pada pertandingan pertama Grup A Asian Games 2018. (INASGOC)

Semangat tinggi juga diperlihatkan pemain. Mereka berjanji mengeluarkan permainan terbaik pada pertandingan terakhir.

"Persiapan menghadapi Thailand, kami perbanyak latihan dengan target minimal bisa mengimbangi permainan," katanya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ibu Pembunuh Bayi Calista Divonis 4 Tahun, Pengacara Tak Terima

Posted: 26 Aug 2018 08:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pengadilan Negeri Karawang memvonis 4 tahun penjara kepada Sinta, terdakwa penganiayaan hingga tewas terhadap anaknya yang masih balita, Calista. Namun kuasa hukum Sinta mengajukan banding karena merasa kliennya itu tidak bersalah.

"Kami keberatan atas vonis majelis hakim pada sidang yang berlangsung Jumat di Pengadilan Negeri Karawang. Jadi kami akan mengajukan upaya hukum banding," kata Alex Safri Winando, kuasa hukum Sinta, di Karawang, Sabtu, 25 Agustus 2018.

Alex beralasan, Sinta tidak bersalah membunuh Calista, karena Calita itu anaknya sendiri. Alex mengatakan, Calista juga mengidap penyakit kejang-kejang sebelum dinyatakan meninggal dunia oleh RSUD Karawang.

Alex mengatakan, sebelum Calista dibawa ke RSUD Karawang, sudah lebih dulu menderita sakit mata sebelah kiri dan mengeluarkan air mata. Calista juga mengalami kejang-kejang selama tiga kali saat mendapat perawatan di RSUD Karawang.

"Jadi pendapat kami, penyakit itu yang menyebabkan Calista meninggal dunia. Selanjutnya, kami akan mengajukan upaya hukum banding atas vonis majeils hakim itu," ujarnya. 

Terkait vonis Sinta, Humas PN Karawang Diah Rahmawati mengatakanSinta terbukti bersalah melanggar Pasal 44 ayat (3) Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga. 

Dalam amar putusannya, majelis hakim menyatakan kalau Sinta sengaja melakukan kekerasan kepada Calista. Sinta dinilai telah melakukan kekerasan terhadap putri kandungnya di rumah Sudarja alias Dirja, di Kampung Iplik, RT 02 RW 12, Kelurahan Mekarjati, Kecamatan Karawang Barat, Karawang yang mengakibatkan Calista mengalami kejang-kejang. 

Meski sempat menjalani perawatan di RSUD Karawang, nyawa Calista tidak dapat tertolong. 

Sumber: Kriminologi.id

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Puspa Arumsari, Sabet Emas ke-13 Asian Games 2018

Posted: 26 Aug 2018 08:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Indonesia kembali menambah koleksi emas pada Asian Games 2018. Puspa Arumsari menambah pundi-pundi tuan rumah lewat cabang olahraga pencak silat nomor seni tunggal putri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Aksi Nekat Bandar Narkoba, Tantang Polisi Adu Silat hingga Bakar Rumah

Posted: 26 Aug 2018 08:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aksi nekat kerap dilakukan para bandar narkoba guna menghindari penangkapan aparat penegak hukum. Salah satunya adalah pembakaran rumah yang dilakukan Akbar Daeng Ampuh, otak pembakaran rumah di Jalan Tinumbu Lorong, Tallo, Makassar, Sulawesi Selatan, 6 Agustus 2018.

Dalam pembakaran rumah tersebut mengakibatkan satu keluarga yang berjumlah enam orang tewas. Akbar merupakan narapidana kasus narkoba dan pembunuhan yang sedang menjalani masa hukumannya di dalam penjara.

Bandar narkoba kelas kakap itu telah memiliki jaringan dan anak buahnya sendiri. Akbar menyuruh anak buahnya yang melakukan pembakaran terhadap rumah korban.

Korban yang bernama Fahri diketahui memiliki utang paket narkoba kepada Akbar Daeng sebanyak sembilan paket atau senilai dengan Rp 10 juta.

Aksi nekat Akbar bukanlah satu-satunya aksi nekat yang pernah dilakukan oleh para bandar narkoba. Penulusuran Kriminologi.id menemukan ada lima aksi nekat bandar narkoba lainnya khususnya dalam menghindari penangkapan aparat penegak hukum.

 

1. Tabrak Polisi

Suasana penggerebekan bandar narkoba Desa Maharlika, Taguig, selatan Manila (28/2). Penggerebekan dilakukan untuk menangkap lima pengedar narkoba, namun hanya dua yang ditangkap. (AFP Photo/Noel Celis)

Seorang buronan pengedar narkoba di Surabaya, Ifron Muchtarom nekat menabrak polisi yang sedang menghadangnya, 15 Februari 2018. Sebelumnya, sempat terjadi aksi kejar-kejaran antara Ifron dengan polisi. Polisi mendapatkan informasi bahwa akan terjadi transaksi narkoba jenis sabu-sabu di kawasan Jalan Kunti, Surabaya.

Ifron berusaha sekuat tenaga untuk melarikan diri dari kejaran polisi. Ifron juga tak segan menabrak kendaraan-kendaraan lain yang menghadangnya. Sebuah mobil dan beberapa motor menjadi korban Ifron selama pelariannya itu, termasuk sebuah motor polisi yang dikendarai oleh Bripka Yulianto.

Saat itu Bripka Yulianto berinisiatif untuk menghadang mobil Ifron, namun ternyata Ifron tidak berhenti dan justru menabrak Bripka Yulianto hingga terpental ke trotoar. Hingga akhirnya, masyarakat sekitar menjadi kesal dan bersama-sama mengepung dan merusak mobil Ifron. Saat itulah pelarian Ifron terhenti.

 

2. Teror Lapas

Ilustrasi: UU ITE menjerat banyak aktivis

Lembaga Pemasyarakatan atau Lapas Kelas IIA Gobah, Kota Pekanbaru, Riau pada 8 Juli 2018. Lapas tersebut dua kali diberondong tembakan oleh orang tidak dikenal, pertama pada pukul 03.30 dan tembakan kedua terjadi pada pukul 04.00. Insiden penembakan ini diduga berkaitan dengan temuan sabu-sabu di kantin lapas pada malam sebelumnya.

Seorang laki-laki berusaha menyelundupkan sabu-sabu ke dalam lapas. Bekerja sama dengan koki di lapas tersebut, dua paket kecil sabu-sabu disembunyikan di dalam roti. Selain itu, ada pemindahan narapidana narkoba dari Rumah Tahanan Kelas IIB Renggat ke Lapas Pekanbaru. Diduga kedua peristiwa ini menjadi pemicu terjadinya penembakan gelap terhadap Lapas Pekanbaru.

 

3. Todongkan Pistol ke Sipir Lapas

Seorang siswa SD di Makassar, Sulawesi Selatan berinisial RE diduga menjadi bandar narkoba jenis sabu-sabu. Kasus ini terungkap se...

Bandar narkoba kelas kakap yang mendekam di Lapas Pekanbaru, Satriadi bersama rekannya Nugroho menodongkan pistol ke arah sipir saat mencoba melarikan diri dari lapas tersebut, 22 November 2017. Satriadi dan rekannya juga memukul sipir dengan tongkat. Setelah melumpuhkan petugas, keduanya berhasil kabur dengan menaiki mobil yang telah menunggu di luar lapas.

Berdasarkan hasil penyelidikan, pistol yang dimiliki Satriadi didapat dari kerabat yang membesuknya di hari yang sama. Adik Satriadi yang bernama Hasby bersama dengan seorang perempuan bernama Resty Wahyuni diduga sebagai orang yang membawa pistol ke dalam lapas dan memberikannya pada Satriadi.

 

4. Tantang Polisi Adu Silat

Polisi masih memburu RE, seorang siswa Sekolah Dasar di Makassar, Sulawesi Selatan yang diduga menjadi bandar narkotika jenis sabu...

Tim Elang Satuan Reskrim Narkoba Polrestabes Makassar  menggagalkan peredaran satu paket sabu siap edar di Jalan Muh. Yamin Makassar pada Jumat 25 mei 2018. Awalnya, pihak kepolisian mencurigai gerak-gerik seorang buruh bernama Abdul Malik yang melintas di daerah tersebut.

Kecurigaan tersebut akhirnya mendorong polisi untuk menggeledah Abdul Malik. Akan tetapi saat digeledah, Abdul Malik justru memberontak dan berusaha melawan petugas. Tak hanya itu, Malik juga sempat menantang anggota polisi untuk beradu silat. Walaupun begitu, anggota polisi yang juga telah dibekali ilmu bela diri akhirnya bisa melumpuhkan Abdul Malik setelah 10 menit beradu bela diri.

 

5. Terobos Palang Pintu Tol

Tersangka bandar narkoba HUS yang berhasil diamankan BNN Jakarta, Rabu (9/9/2015). BNN berhasil menangkap HUS seorang bandar narkoba dengan aset Rp1,5 milar di kawasan Bandung. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Yudi dan Udin, dua bandar narkoba asal Ciledug, Tanggerang nekat menerobos palang pintu tol Pelabuhan Bakauheni dan blokade pemeriksaan petugas di Seaport Interdiction Pelabuhan Bakauheni, Selasa 24 Oktober 2017, untuk menghindari kejaran pihak kepolisian.

Aksi keduanya akhirnya terhenti di sebuah gang buntu di Desa Pasuruan Kecamatan Penengahan Lampung selatan. Keempat pelaku langsung berhamburan melarikan diri ke rumah-rumah penduduk. Yudi dan Udin berhasil ditangkap namun dua teman mereka berhasil lolos.

Dari keduanya polisi menyita barang bukti 3 Kilogram Sabu yang ternyata didapat dari narapidan Lapas Pekanbaru. Rencananya narkoba tersebut akan diedarkan ke wilayah Tanggerang dan Sekitarnya.

Reporter: Muhammad Rizqi Ghiffari

Sumber: Kriminologi.id

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Bisa Menikmati Bistik Legend, Ini Fasilitas Kereta Wisata Argo Muria Priority

Posted: 26 Aug 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pada pemberangkatan perdananya, penumpang Kereta Api (KA) Wisata Argo Muria Priority tujuan Gambir-Semarang mendapatkan suguhan sarapan istimewa yakni 'Bistik Legend', menu legendaris yang biasa disajikan PT KA Pariwisata.

Menurut pantauan Liputan6.com, menu sarapan ini sudah ditawarkan pramugari dan bisa didapatkan penumpang sejak kereta berangkat dari Stasiun Gambir, Jakarta, pukul 07.00 WIB.

Senior Supervisor Transport Operation PT KA Pariwisata menyampaikan, menu tersebut dinamai Bistik Legend sebab memang sudah terbilang legendaris di rangkaian kereta wisata yang pihaknya kelola.

"Kenapa Bistik Legend? Karena ini legenda, makanan favorit di atas kereta. Karena keterbatasan kelistrikan dan teknis, kita sajikannya pakai piring," jelas dia kepada Liputan6.com, Senin (27/8/2018).

Andry menjelaskan, penumpang diberi batasan sekali makan saja untuk bisa mendapatkan seporsi makanan berat tersebut. "Penumpang bisa ambil sendiri (secara prasmanan) atau minta tolong (kepada pramugari) untuk diambilkan," terangnya.

"Untuk pemberangkatan perdana ini, kami siapkan 7 menu, salah satunya bistik ini. Kalau untuk minum seperti kopi atau teh, penumpang bisa ambil sendiri di pantry, free flow," tambah dia.

Adapun seporsi Bistik Legend ini terbilang sangat mengenyangkan untuk sarapan pembuka. Itu lantaran penumpang diberikan satu potong daging combo lengkap dengan nasi, kentang, telur ceplok, dan sayurannya.

Selagi menyantap hidangan, penumpang juga diberi pilihan, apakah mau menikmati sajian pemandangan di sisi jendela kereta ataupun menonton film yang ditayangkan melalui satu tivi besar.

Bagi yang hendak menonton film, beberapa penumpang mungkin awalnya akan bertanya-tanya lantaran tayangan tak mengeluarkan suara ataupun menampilkan subtitle.

Sebab penumpang dianjurkan untuk memakai headset seperti di pesawat bila ingin menikmati sajian sinema tersebut.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini

 

Beroperasi Perdana, KA Pariwisata Gambir-Semarang Angkut 14 Penumpang

Argo Muria Priority merupakan kereta jurusan Gambir-Semarang yang diluncurkan PT KA Pariwisata. Foto: Liputan6.com/Maulandy

Sebanyak 14 penumpang tampak mengisi kursi pada pemberangkatan perdana Kereta Api (KA) Pariwisata Argo Muria Priority, dengan rute Stasiun Gambir, Jakarta, menuju Stasiun Semarang Tawang, Senin (27/8/2018). Para penumpang berada di gerbong prioritas.

Argo Muria Priority merupakan kereta jurusan Gambir-Semarang yang diluncurkan PT KA Pariwisata. Terdiri dari 9 rangkai gerbong, di mana terdapat satu gerbong prioritas yang menempel di ujung belakang kereta. Adapun total kursi yang tersedia pada gerbong prioritas di kereta Argo Muria yakni sebanyak 28 kursi.

Manager Humas PT KA Pariwisata Syarifah Safia mengatakan, jumlah penumpang pada pemberangkatan awal yang hanya separuhnya ini wajar. Sebab, hari Senin merupakan waktu di mana warga Jakarta baru memulai hari untuk bekerja.

"Penumpang di awal-awal hari kerja sih yang dari Jakarta memang enggak begitu (ramai). Tapi kalau nanti balik dari Semarang full, rata-rata penumpang yang mau pada kerja semua," ungkap dia kepada Liputan6.com.

Dia menambahkan, pemberangkatan dari Jakarta cenderung akan terisi penuh bila waktu sudah bergeser menuju akhir pekan. "Biasanya kereta prioritas ini akan full kalau Jumat sih," sambungnya.

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Inggris, Liverpool Salip Manchester City

Posted: 26 Aug 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Liverpool mengambil alih posisi puncak klasemen sementara Liga Inggris 2018-19 dari Manchester Citu. The Reds kini memiliki 9 poin, unggul 2 angka dari Manchester City.

Hasil itu tak lepas dari hasil yang diraih Liverpool dan City pada pekan ketiga Liga Inggris. Liverpool menang 1-0 atas Brighton & Hove Albion, sementara City hanya bermain imbang 1-1 melawan Wolverhampton Wanderers.

Tak Liverpool, City yang kini merosot ke peringkat empat juga dilewati Chelsea dan Watford. Chelsea mengoleksi 9 poin setelah menang 2-1 atas Newcastle United.

Poin yang sama juga dimiliki Watford. Skuat asuhan Javi Gracia ini meraih poin sempurna usai menang 2-1 atas Crystal Palace.

Meski sama-sama memiliki 9 poin, Liverpool lebih berhak berada di puncak klasemen sementara Liga Inggris. Sebab, Mohamed Salah dan kawan-kawan unggul produktivitas gol dari Chelsea dan Watford.

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

Klasemen Liga Inggris Pekan ke-3

Klasemen Liga Inggris 2018-19 pekan ketiga. (foto: soccerway.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berserah Diri, Kunci Puspa Arumsari Emas Asian Games 2018

Posted: 26 Aug 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia memulai babak final cabang olahraga (cabor) pencak silat Asian Games 2018 dengan meyakinkan. Bertanding di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Senin (27/8/2018), Puspa Arumsari berhasil meraih medali emas pada nomor seni tunggal putri.

Dengan jumlah poin 467, Puspa jauh meninggalkan pesaingnya, Nurzuhairah Mohammad Yazid (Singapura, 445 poin) yang mendapatkan medali perak, dan Cherry May Regalado (Filipina, 444 poin), yang meraih medali perunggu Asian Games 2018.

Puspa mempersembahkan medali emas ini untuk bangsa Indonesia yang baru saja berulang tahun ke-73 pada 17 Agustus lalu. Selain itu, pesilat berusia 25 tahun itu juga berterima kasih kepada keluarganya yang selalu mendukung kariernya di pencak silat Asian Games 2018.

"Luar biasa senang. Suatu kebanggaan. Ini hadiah untuk diri saya, orang tua, dan bangsa Indonesia, apalagi baru ulang tahun juga. Ini kado pertama untuk pencak silat untuk kalian semua," ujar Puspa.

 

 

Berserah Diri

Pesilat Indonesia, Puspa Arumsari tampil dalam final nomor seni tunggal putri Asian Games 2018 di Padepokan Pencak Silat, TMII, Senin (27/8). Puspa Arumsari mempersembahkan emas ke-13 untuk Indonesia lewat cabor pencak silat. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Dominan di partai final, Puspa mengaku tidak banyak mengalami rintangan. Selama bertanding, Puspa berserah diri kepada Tuhan.

"Alhamdulillah tidak terlalu banyak kesulitan. Saya ikhlaskan semuanya, saya serahkan semuanya ke Allah SWT. Alhamdulillah nikmat sangat luar biasa," kata Puspa.

Persiapan Panjang

Pesilat Indonesia, Puspa Arumsari tampil dalam final nomor seni tunggal putri Asian Games 2018 di Padepokan Pencak Silat, TMII, Senin (27/8). Puspa Arumsari mempersembahkan emas ke-13 untuk Indonesia lewat cabor pencak silat. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Puspa ternyata tidak main-main mempersiapkan diri di Asian Games 2018. Apalagi, untuk pertama kalinya pencak silat dipertandingkan di perhelatan multi cabang itu.

"Untuk Asian Games 2018, (persiapan) 3-4 tahun," ujarnya.

Usai Puspa menggigit medali emas, Indonesia masih punya peluang meraih 13 emas lainnya di pencak silat. Hari ini, ada delapan nomor yang dipertandingkan dan Indonesia mengirimkan wakilnya di setiap nomor.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Aqsa Sutan Aswar, Penyumbang Emas ke-12 Asian Games

Posted: 26 Aug 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ini dia sosok yang berhasil menyumbang mendali emas ke-12 di Asian Games 2018. Aqsa Sutan Aswar menjadi yang terbaik dari nomor endurance runabout open cabang olahraga jet ski Asian Games 2018 di Pantai Ancol.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ge Pamungkas Memang Ingin Menikah Sebelum Usia 30 Tahun

Posted: 26 Aug 2018 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komika Ge Pamungkas memutuskan untuk segera menikah. Meski baru berpacaran lima bulan, namun bintang film Jomblo itu sudah memantapkan hatinya kepada Anastasia Herzigova.

Keduanya pun telah melangsungkan lamaran di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (27/8/2018). Rencana pernikahan Ge Pamungkas dan Anastasia Herzigova diungkapkan Ernest Prakasa yang merupakan sahabat Ge.

"Dia memang sebenarnya tahun depan itu sudah kepala tiga bulan Januari. Targetnya mau nikah sebelum kepala tiga, jadi ya dari kemarin lagi pengin kejar deadline. Ketemu sama Kykku (sapaan Anastasia) yang memang kayak cocok banget, maksudnya klik banget," kata Ernest Prakasa usai acara lamaran Ge Pamungkas - Kykku.

"Dan Ge itu maniak main game, ternyata dapat pacar gamers juga, jadi ya nyambung banget. Happy for them," ucap Ernest Prakasa.

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

Mengimbangi

Ge Pamungkas dan Anastasia Herzigova (Instagram/gepamungkas)

Selain itu, Ernest menyebut Kykku sebagai salah satu wanita yang memahami Ge. Menurut Ernest, tak ada yang bisa mengimbangi sikap kekanak-kanakan Ge Pamungkas, selain Anastasia Herzigova.

Bahagia Bersama

Ge Pamungkas (Deki Prayoga/Bintang.com)

"Semoga bisa bahagia bareng-bareng karena si Ge ini anak bungsu terus Kykku itu anak sulung, jadi bisa ngemong-lah. Si Ge masih kayak bocah soalnya," seloroh Ernest. (Tyssa Madelina/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Richard Muljadi Ajukan Permohonan Rehabilitasi Narkoba

Posted: 26 Aug 2018 08:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kuasa Hukum Richard Muljadi, Hotma Sitompul mendatangi Gedung Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya. Ia berniat mengajukan rehabilitasi atas kliennya.

Richard ditangkap saat mengkonsumsi kokain di dalam toilet, di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Rabu 22 Agustus lalu.

"(Rehab?) Iya, iya.. itu kan syarat undang-undang juga, hak dari tersangka," kata Hotma di lokasi, Senin (27/8/2018).

Ia mengatakan, rehabilitasi ini sudah dibicarakan tim pengacara sejak pertama kali ketemu Richard.

"Ketemunya udah dari Kamis. Kalau itu sudah bicara dari kemarin-kemarin, tapi kan lihat faktanya dulu apa memenuhi syarat hukum atau tidak," ujarnya.

Hari ini, Hotma akan mengajukan permohonannya secara resmi. "Secara lisan sudah dibicarakan ini suratnya kita mau kasih ya," pungkasnya.

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesan Habibie ke Jokowi: Bangun SDM 

Posted: 26 Aug 2018 08:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi membesuk Presiden ketiga RI Bachruddin Jusuf Habibie. Habibie dirawat di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta sejak Jumat 24 Agustus karena sakit.

Jokowi menuturkan saat bertemu keduanya bercerita banyak hal. Habibie lebih banyak menyinggung soal pembangunan sumber daya manusia (SDM).

"Cerita mengenai SDM. Pembangunan sumber daya manusianya itu," jelas Jokowi di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Senin (27/8).

Menurut Jokowi, Habibie juga berpesan terkait orientasi pembangunan SDM.

"Pentingnya pembangunan sumber daya manusia," ucapnya.

Pesan Habibie ternyata sejalan dengan program pemerintah. Jokowi mengatakan, pembangunan SDM sudah menjadi konsen pemerintah saat ini dan tahun mendatang.

"Saya kira sudah menjadi konsen kita ke dapan kita akan masuk ke investasi sumber daya manusia," kata Jokowi.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tol Tangerang-Merak Jadi Lalu Lintas Atlet Pentathlon Asian Games

Posted: 26 Aug 2018 08:34 PM PDT

Liputan6.com, Tangerang - Jalur Tol Tangerang-Merak dicek kembali kelayakannya sebagai ruas jalan utama yang akan digunakan rombongan tim official Asian Games yang berasal dari sembilan negara dalam pelaksanaan pertandingan cabang olahraga pentathlon di Sekolah Adria Pratama Mulya, Tigaraksa, Tangerang.

PT Marga Mandalasakti (MMS) melakukan pengecekan terkait hal tersebut. Mengingat beberapa ruas jalan tol yang dikelolanya mengalami pelebaran jalan, salah satunya pada ruas di Gerbang Tol Cikupa, sehingga dikhawatirkan mengganggu perjalanan tamu negara.

Meski demikian, pihak MMS melalui Kepala Divisi Hukum & Humas PT Marga Mandalasakti, Indah Permanasari, memastikan hal tersebut tidak akan mengganggu. "Kita telah mempersiapkan petugas dan layanan jalan untuk memastikan tidak adanya hambatan," katanya, Senin (27/8/2018).

Beberapa pembangunan di ruas jalan tol pun dipastikan tidak kan mengganggu arus lalu lintas para kontingen Asian Games. Dalam mengurangi kemacetan, pihaknya juga melakukan pengarahan arus lalu lintas dengan penggunaan dua pintu tol jalur Tangerang-Merak.

 

3 Negara Telah Tiba

"Kita juga arahkan pengguna jalan tol untuk yang menuju lokasi pertandingan dari arah Jakarta dapat melalui Jalan Tol Tangerang-Merak dan keluar di Gerbang Tol Balaraja Timur, sedangkan dari arah Merak dapat keluar di Gerbang Tol Balaraja Barat," ungkapnya.

Sampai saat ini pun diketahui, telah tiga negara yang tiba di lokasi penginapan Hotel Amaris, Citra Raya, Panongan, Tangerang. Yakni, Kazakhstan, Indonesia dan Jepang. Sedangkan, untuk arus lalu lintas terus dilakukan sterilisasi ketika para kontingen tiba di lokasi penginapan secara satu per satu. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Teknologi untuk Cegah Kematian Bayi Baru Lahir Telah Hadir di Afrika

Posted: 26 Aug 2018 08:31 PM PDT

Liputan6.com, Lilongwe - Di seluruh dunia, 2,6 juta bayi meninggal sebulan setelah dilahirkan, menurut Organisasi Kesehatan Sedunia (WHO). Sebagian besar dari kematian itu terjadi di negara-negara berkembang dimana layanan kesehatan kurang memadai --seperti di Afrika.

Proyek NEST360° di Rice 360˚ Institute for Global Health di Houston berupaya mengurangi jumlah kematian bayi yang baru lahir di sub-Sahara Afrika. Kuncinya adalah menyediakan perangkat medis yang layak bagi rumah sakit di kawasan itu.

"Sulit sekali bekerja disana. Tapi itu juga menantang saya untuk bekerja keras menyediakan layanan kesehatan yang mudah diakses bagi mereka," kata Sonia Sosa, seorang fellow di Rice 360˚ Institute for Global Health yang bekerja magang di sebuah rumah sakit di Malawi, seperti dikutip dari VOA Indonesia, Senin (27/8/2018).

Sosa adalah satu dari beberapa fellow kesehatan global yang sedang mengembangkan beberapa perangkat teknologi, salah satunya Incubaby.

Incubaby pada dasarnya adalah boks bayi yang hangat seperti inkubator untuk membantu bayi-bayi paling rentan di rumah-rumah sakit di sub-Sahara Afrika, seperti Malawi.

"Bayi-bayi sangat kecil yang baru lahir kurang mendapat akses ke teknologi yang minimal sekalipun," kata Yvette Mirabal, dari Rice 360˚ Institute for Global Health.

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

 

Simak video pilihan berikut:

Membantu Penyebab Utama Kematian Bayi Baru Lahir

Ilustrasi bayi. (Foto: iStockphoto)

Sebanyak 17 teknologi telah diidentifikasi dan semua itu bisa membantu mengurangi penyebab utama kematian pada bayi baru lahir seperti pneumonia dan kelahiran prematur di Afrika.

"Para siswa kami mengembangkan sebuah solusi yang hanya membutuhkan biaya ratusan dolar saja, dan tidak hanya kuat dan hemat, tapi juga mudah dirawat dan diperbaiki apabila perlu," kata Yvette

Negara-negara seperti Malawi telah menerima sumbangan perangkat medis di masa lampau, tapi tidak selalu bermanfaat, kata Jack Wang, seorang fellow Rice 360˚ Institute for Global Health.

"Kebanyakan perangkatnya adalah sumbangan dari negara-negara maju, dan tidak cocok disana. Orang-orang menggunakannya dengan berbeda, meletakkannya di tempat yang tidak semestinya, dan kalau rusak, tidak ada suku cadang," kata Jack.

Perangkat-perangkat itu akhirnya hanya tertimbun debu dan menjadi tidak berguna karena tidak cocok dengan lingkungannya.

Karena itu, para periset juga berupaya mengembangkan teknologi yang bisa mengawasi suhu tubuh dan tingkat pernapasan bayi sekaligus terjangkau harganya dan awet.

"Di lingkungan yang keras, aliran listrik tidak konsisten, banyak debu, dan minim perawatan serta suku cadang," kata Jack Wang.

Dari ke-17 teknologi itu, sebagian tersedia secara komersial. Yang lainnya masih dalam tahap uji coba klinis atau prototipe awal. Tujuannya adalah mengembangkan semua teknologi itu, dan meluncurkannya pertama di Malawi, dan ke negara-negara lain yang membutuhkannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kontingen Asing Harapkan Toko Suvenir Asian Games 2018 di Wisma Atlet

Posted: 26 Aug 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Minimnya toko suvenir Asian Games ternyata membuat kontingen asing mengeluh. Mereka berharap akan ada toko suvenir yang dibuka di Wisma Atlet dalam sisa waktu tersisa ini.

Salah satu yang mengeluh adalah tim berkuda Jepang. Mereka mengaku kesulitan membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Padahal, waktu yang ada untuk membeli buah tangan cukup terbatas. Terlebih mereka hanya mondar-mandir dari Wisma Atlet Kemayoran ke Jakarta International Equestrian Park yang jaraknya tak terlalu jauh.

"Tidak ada toko souvenir di Wisma Atlet. Banyak ATM di sana, tapi kami tidak bisa membelanjakannya," ujar salah satu atlet asal Jepang, Oiwa Yoshiaki, seperti dilansir Antara.

"Saya mau beli oleh-oleh untuk teman di Jepang. Sayang sekali tidak ada toko," katanya menambahkan.

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

 

Ada di Venue Lain

Pekerja melintas di sekitar taman wisma atlet Asian Games 2018, Kemayoran, Jakarta, Minggu (4/2). Pembangunan rusun yang akan digunakan sebagai Wisma Atlet pada Asian Games 2018 telah dinyatakan selesai 100 persen. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Ya, toko suvenir yang menyediakan pernak-pernik Asian Games 2018 memang hanya ada di venue tertentu, seperti GBK. Selain itu toko juga ada di mal-mal yang tersebar di Jakarta.

"Saya juga ingin membeli t-shirt Asian Games, tapi tidak ada tempat yang menjualnya dan tidak perlu pergi lagi ke tempat lain," kata Oiwa.

"Kami hanya ke sini tanding, lalu kembali istirahat ke Wisma Atlet. Jadi kami perlu tempat untuk belanja," katanya mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tangisan Haru di Reuni Keluarga Dua Korea

Posted: 26 Aug 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Reuni keluarga Korea Utara dan Korea Selatan penuh rasa haru, lebih dari 300 warga Korsel melakukan perjalanan ke kawasan peristirahatan Gunung Kumgang di Korut untuk mengikuti pertemuan riga hari dengan kerabat yang lama tidak mereka jumpai.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: