Minggu, 12 Agustus 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Banjir Besar Terjang Lokasi Wisata di India, Puluhan Tewas dan 40.000 Orang Dievakuasi

Posted: 12 Aug 2018 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Kerala - Puluhan orang dilaporkan tewas, dan lebih dari 40.000 lainnya dievakuasi, menyusul banjir bandang yang "tidak pernah terjadi sebelumnya" melanda kawasan wisata di selatan India pada akhir pekan lalu.

"Setidaknya 37 orang tewas sejak hujan lebat muson pertama kali melanda negara bagian Kerala pada Rabu, 8 Agustus 2018," ujar P.H. Kurian, Komisaris Komisi Keselamatan setempat.

Wilayah yang dilanda bencana tersebut berada di pesisir Laut Malabar yang beriklim tropis, dan terkenal karena jaringan saluran air yang indah, demikian sebagaimana dikutip dari CNN pada Senin (13/8/2018).

Sekitar 40.000 orang lainnya yang tinggal di area dataran rendah kini telah dievakuasi ke 350 kamp pengungsi, karena hujan lebat menyebabkan tanah longsor dan aliran sungai meluap.

Hujan musim dingin diperkirakan akan terjadi di India sepanjang tahun ini. Namun setelah hari-hari hujan lebat yang tidak normal, pihak berwenang pada Jumat, 10 Agustus 2018, membuka pintu bendungan dalam upaya untuk mencegah kemungkinan banjir meluas.

"Negara kami berada di tengah-tengah bencana banjir yang belum pernah terjadi sebelumnya," jelas menteri utama Kerala Pinarayi Vijayan, dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat.

"Untuk pertama kalinya dalam sejarah, 27 bendungan di negara bagian Kerala harus dibuka. Tidak pernah sebelumnya kami menyaksikan bencana sebesar ini," menteri itu menambahkan.

Lebih dari 400 pekerja penyelamat dari Lembaga Tanggap Darurat Nasional (NDRF) telah dikerahkan untuk membantu upaya evakuasi, menurut Kementerian Dalam Negeri India.

Lebih banyak tentara, angkatan laut dan penjaga pantai juga telah dikirim untuk membantu.

Menurut Departemen Meteorologi India, meski hujan mulai reda dalam beberapa hari terakhir, namun badai besar diprediksi masih mungkin terjadi dalam seminggu ke depan.

Dikabarkan pula bahwa sejumlah wisatawan terperangkap banjir di Keral, termasuk 54 turis asing yang berhasil diselamatkan dari resor pribadi Plum Judy pada hari Jumat.

 

Simak video pilihan berikut:

Banjir Akibat Hujan Lebat Juga Melanda India Utara

Seorang wanita berjalan di koridor rumah sakit yang tergenang banjir di Nalanda Medical College Hospital, daerah Bihar, India, 29 Juli 2018. Rumah sakit itu digenangi air kotor dengan sejumlah ikan terlihat berenang memenuhi lantai. (AFP PHOTO)

Sementara itu, beberapa pekan sebelumnya, hujan badai lebat yang memicu banjir dan menyebabkan bangunan runtuh, telah menewaskan sedikitnya 49 orang di negara bagian Uttar Pradesh, India utara sejak Kamis 26 Juli 2018, kata pejabat setempat.

Korban tewas disebabkan oleh tertimbun reruntuhan bangunan. Sementara yang lainnya mati tenggelam, tersengat listrik atau tewas dalam kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh hujan, kata pejabat manajemen bencana India seperti dikutip dari Channel News Asia.

Hujan lebat juga menghantam New Delhi dan negara bagian Rajasthan di India barat yang populer di kalangan turis.

Menurut laporan badan meteorologi setempat, terjadi hujan dengan intensitas 11 cm selama 24 jam di Distrik Bharatpur, Rajasthan, pada Jumat 27 Juli 2018.

Hujan deras mengakibatkan Sungai Yamuna di New Delhi mencapai ketinggian bahaya 204 meter dan meningkat satu meter lagi pada Sabtu 28 Juli 2018.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jumlah Pengunjung dan Transaksi GIIAS 2018 Masih Dirahasiakan, Kenapa?

Posted: 12 Aug 2018 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Tangerang - Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 resmi berakhir, Minggu (12/8). Pihak penyelenggara pameran otomotif tahunan ini, mengklaim jumlah pengunjung dan transaksi sama seperti tahun lalu.

Namun, klaim dari pihak Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) ini tidak disertai data detail keduanya. Padahal, jika berkaca pada gelaran tahun lalu, data jumlah pengunjung maupun transaksi sementara bahkan sudah muncul saat closing ceremony, sehari sebelum gelaran yang berlangsung di ICE, BSD City, Tangerang, Banten tersebut.

Seperti tahun lalu, sehari sebelum penutupan, jumlah transaksi sementara sudah menembus angka 17 ribu unit, dan jumlah pengunjung mencapai 400 ribu orang. Dan saat pameran berakhir, angka tersebut bisa bertambah lebih tinggi.

Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi, menyinggung mengapa sejak tahun lalu GIIAS tidak mempublikasikan detail pengunjung dan transaksi.

Hal ini dikarenakan GIIAS bertujuan sebagai ajang yang memberikan informasi tentang perkembangan terkini dari industri otomotif Indonesia kepada masyarakat. Baik itu produk atau teknologi terbaru, dan Gaikindo ingin publikasi GIIAS juga menuju arah yang sama.

"Maka sejak penyelenggaraan GIIAS di tahun lalu untuk Gaikindo angka pengunjung maupun transaksi bukan merupakan tolak ukur keberhasilan sebuah pameran," jelas Nangoi dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Senin (13/8/2018).

"Kenyamanan pengunjung menjadi kepedulian utama Gaikindo. Dan kami lihat selama penyelenggaraan GIIAS 2018 pengunjung tetap terus memadati area pameran sejak pagi hingga malam dalam suasana yang lebih nyaman," tambahnya.

Meskipun begitu, nangoi juga tidak memungkiri bahwa transaksi juga terjadi sepanjang pelaksanaan GIIAS 2018.

"Namun bukan merupakan tujuan utama dari penyelenggaraan pameran," pungkasnya.

Harga Tiket Kemahalan?

Tahun ini, tiket untuk pasuk ke pameran otomotif berskala internasional ini memang mengalami kenaikan. Untuk harga tiket akhir pekan pada tahun lalu Rp 70 ribu, sedangkan tahun ini menjadi Rp 100 ribu.

Menanggapi hal tersebut Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi juga angkat bicara. Kata dia, pameran GIIAS 2018 justru membuat lebih nyaman.

"Weekend tahun lalu 70 ribu, tahun ini 100 ribu. Tapi tahun lalu usia dua tahun ke atas sudah langsung kena (biaya masuk). Kalau sekarang 7 tahun ke atas baru kena," ungkap Nangoi kepada wartawan.

Tak hanya itu, dengan harga tiket masuk lebih tinggi pada akhir pekan, maka hal itu membuat pengunjung di hari kerja cenderung lebih banyak dan merata.

"Karena kalau terlalu penuh juga tidak bagus, akhirnya tidak nyaman. Saya terima complain tahun lalu weekend-nya terlalu banyak orang," tuturnya.

Nangoi menyatakan, idealnya pengunjung GIIAS 2018 sekitar 25-30 ribu. Jika lebih dari itu, maka akan terlelu membludak.

Kata Nangoi, jikapun pengunjung kali ini berkurang maka hal itu karena GIIAS 2018 tak lagi berbarengan dengan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan yang jatuh pada 17 Agustus 2018.

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peneliti: Pakai Celana Boxer Bisa Tingkatkan Kualitas Sperma Pria

Posted: 12 Aug 2018 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Boxer atau celana pendek longgar menjadi salah satu barang wajib yang dimiliki para pria. Selain nyaman dipakai ketika berada di rumah, banyak pria menjadikan boxer sebagai pelapis sebelum mengenakan celana jeans. 

Penggunaan boxer ternyata sangat disarankan lo. Kenapa? Boxer ternyata memiliki manfaat besar terhadap kesehatan organ intim dan sistem reproduksi pria. 

Celana dalam pendek pria memang bisa dibedakan menjadi dua, celana ketat (brief) dan celana longgar (boxer). Dilansir dari Time.com, peneliti dari Harvard T.H. Chan School of Public Health menemukan bahwa pria yang sering memakai celana dalam longgar punya jumlah sperma lebih banyak dan kualitas sperma lebih baik dibanding pria yang suka pakai celana dalam ketat.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Human Reproduction melakukan analisis data dari 656 pria yang menjadi bagian dari pasangan yang melakukan treatment kesuburan di Massachusetts General Hospital antara tahun 2000-2017. Para pria menjawab pertanyaan tentang gaya hidup mereka, termasuk pilihan celana dalam yang biasa mereka pakai. Kemudian para peneliti mengambil sampel sperma masing-masing pria.

Setelah dibandingkan, sebanyak 53% pria yang sering memakai boxer punya 25% konsentrasi sperma lebih baik, 17% jumlah sperma lebih banyak dan 35% motilitas sperma lebih lincah dibanding pria yang memilih jenis celana dalam lainnya.

 

Kata Peneliti

Aliando Syarief bersama Adipati Dolken, dan Jefri Nichol tampil hanya pakai boxer di jalan raya (Foto: Instagram)

Penulis penelitian, Jorge Chavarro mengatakan, "Perbedaan temperatur memang tidak besar namun bahkan perbedaan kecil bisa memberikan efek besar terhadap perubahan kualitas dan produksi sperma."

Nah, ada baiknya kamu (pria) mulai mengurangi pemakain celana ketat dan beralih ke celana longgar atau boxer agar punya sperma sehat.

 

Reporter:

Endah Wijayanti

Sumber: Vemale.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Metode Penggandaan Kartu SIM Smartphone Terungkap, Ini Bahanyanya

Posted: 12 Aug 2018 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepolisian Floria, Amerika Serikat, menangkap seorang pembajak kartu SIM yang dituding mengambil keuntungan dari proses scamming kartu SIM yang dilakukan.

Mengutip laman Engadget, Senin (13/8/2018), penyerang yang ditangkap oleh polisi bernama Ricky Handschumacher. Dia ditangkap terkait dengan tindak pencurian uang besar-besaran, pencucian uang, dan mengakses komputer korban secara tidak sah.

Proses scamming dilakukan oleh Handschumacher dengan menipu dan mendapatkan akses ke kartu SIM korban dengan memanfaatkan sebuah kartu pintar yang menghubungkan perangkat seluler dengan akun pelanggan tertentu.

Lewat cara ini, penyerang bisa merebut kendali nomor telepon korban dari jarak jauh.

Hal ini jadi masalah besar lantaran si penyerang mengakses petukaran mata uang kripto melalui situs Amazon dengan kartu SIM yang dicurinya.

Handschumacher dan delapan orang lainnya ditangkap gara-gara membuat permintaan swap kartu SIM palsu dan kadang bernegosiasi dengan karyawan toko untuk mengikat layanan ke kartu SIM baru yang dikendalikan oleh para penyerangnya.

Hal ini membuat Handschumacher dan kelompoknya mudah merampok dompet virtual korban. Nah, jika sebuah akun memerlukan autentikasi dua faktor dengan pesan teks, anggota kelompok penyerang ini bisa melihat kode dan menggunakannya.

Bukti kejahatan kelompok ini pertama kali ditemukan di Michigan, saat seorang ibu mendengar putranya pura-pura jadi karyawan AT&T.

Temuan di negara bagian itu mengarah pada identifikasi Handschumacher dan gerombolannya yang memakai Telegram untuk berkomunikasi.

Raup Rp 6,8 Miliar Tiap Beraksi

Ilustrasi Kartu SIM (iStockPhoto)

Tidak jelas kejahatan ini sudah berapa lama dilakukan. Namun dalam satu kali serangan, sindikat ini bisa mencuri US$ 470 ribu atau setara Rp 6,8 miliar.

Parahnya atas dugaan kejahatan yang dilakukan, Handschumacher mengklaim tidak bersalah. Namun dia mengaku berpartisipasi dalam sindikat pencurian uang digital senilai US$ 100 ribu (setara Rp 1,4 miliar).

Terlepas dari kasus ini, penangkapan tersebut menunjukkan bahwa pembajakan SIM kini merupakan masalah besar di Amerika Serikat.

Hal ini juga menunjukkan bahwa autentikasi dua faktor menggunakan SMS tidak cukup aman karena rentan terhadap trik pembajakan SIM.

Untuk itu, lebih baik menggunakan aplikasi atau metode verifikasi lainnya untuk masuk ke sebuah akun.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menengok Karya Mengagumkan Schoemaker Bersaudara di Bandung

Posted: 12 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Pagi yang cerah di Bandung, pada akhir pekan kemarin, serombongan orang berjalan turun dari bus Bandros yang mereka tumpangi.

Kemudian, dengan ekspresi wajah yang riang, rombongan tadi berkumpul di depan gedung bergaya De Stijl, yang dikenal juga sebagai neoplasticism, sebuah gerakan artistik Belanda yang didirikan pada 1917.

Gedung yang hanya menggunakan garis lurus horizontal dan vertikal dan bentuk-bentuk persegi panjang itu sangat bersih. Lingkungannya pun luar biasa asri.

Sebaris untaian aksara di salah satu dinding bangunan tertera: Anno 1912. Itulah Paleis van de Legercommandant atau istana panglima tertinggi militer, kini lebih dikenal dengan Markas Kodam III Siliwangi yang terletak di Jalan Aceh, Bandung.

De Stijl, hanya salah satu dari berbagai aliran arsitektur dunia yang diaplikasikan pada bangunan-bangunan yang ada di kota ini. Beberapa aliran yang lain ada Romantik Klasik, Indische Empire Stijl, hingga aliran Art Deco.

Gedung Makodam ini memiliki desain tegak dan lurus khas militer rancangan dua bersaudara Schoemaker, Charles Prosper Wolff Schoemaker dan Richard Leonard Arnold Schoemaker. Keduanya tak lain adalah Guru Besar dari Technische Hogeschool (TH), sekarang Institut Teknologi Bandung (ITB).

Meneer Schoemaker, arsitek kenamaan di Hindia-Belanda pada awal abad ke-19, punya warisan arsitektur yang ditinggalkan. Sehingga membuat siapa pun yang mengunjungi Bandung akan terkagum-kagum.

Tak terkecuali rombongan Historical Trips, sebuah agensi tur sejarah. Mereka berkesempatan untuk mengunjungi gedung berusia satu abad itu.

Simak video pilihan berikut ini:

Pascakemerdekaan Menjadi Markas Kodam III Siliwangi

Ruang Sudirman, salah satu ruangan istimewa di Makodam III Siliwangi

Dalam kesempatan mengeksplorasi Makodam itu, Kepala Pelaksana Pembinaan Mental dan Sejarah Kodam III Siliwangi Mayor Infanteri Engkos Kosim yang memberi informasi sejarah bangunan.

Engkos berkata, Gedung Markas Kodam III Siliwangi didirikan pada tahun 1918 oleh arsitek Schoemaker bersaudara. Awalnya, bangunan didirikan sebagai rumah dinas petinggi militer Belanda.

Pascakemerdekaan Indonesia, bangunan ini kemudian menjadi markas bagi tentara Divisi I/Siliwangi yang saat itu merupakan gabungan dari Brigade I/Tirtayasa, Brigade II/Suryakancana, Brigade III/Kian Santang, Brigade IV/Guntur, dan Brigade V/Sunan Gunung Jati.

"Bangunan ini memiliki desain tegak lurus. Pembangunannya sendiri memakan waktu dua tahun lamanya," kata Engkos.

Berdasarkan catatan sejarah, pada awal abad ke-20 pemerintah Hindia Belanda menjadikan Kota Bandung sebagai pusat pemerintahan sekaligus pusat komando militer. Hal itulah yang melatari pembangunan gedung-gedung di Bandung sebagai pusat pemerintahan.

Saat ini, kata Engkos, bangunan itu memiliki beberapa ruangan. Ruang bina juang kodam atau yang diberi nama ruang Sudirman adalah yang paling menonjol di area ini.

Ruang Sudirman merupakan ruang khusus Makodam III Siliwangi yang mempunyai makna yang berkaitan nilai juang dan semangat pengabdian yang tulus dan suci bagi warga Kodam III Siliwangi.

"Ruang ini untuk memupuk, memelihara dan mengembangkan tradisi luhur yang ada dan hidup di tengah-tengah prajurit Siliwangi. Serta menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan pada satuan," papar Engkos seraya menambahkan, ruangan diresmikan oleh kepala staf TNI angkatan darat Jenderal TNI Wismoyo Arismunandar pada 20 Mei 1994.

"Dinamakan ruang Sudirman dengan harapan agar semua sikap, perilaku, pengabdian dan semangat juang dari panglima besar Jenderal Sudirman dapat diwarisi oleh setiap prajurit Siliwangi dalam mslaksanakan tugas," tuturnya.

Ruang Sudirman sendiri dibagi 4 ruangan. Pertama, ruang utama. Dari pantauan di lokasi, terdapat relief di aula utama gedung ini. Selain relief bergambarkan perjalanan hidup Sudirman, ada pula relief perjuangan Siliwangi. Ruangan ini digunakan untuk melaksanakan acara-acara tradisi Kodam seperti menerima laporan prajurit baru, serah terima jabatan pejabat, dan menerima tamu kehormatan.

Kedua, ruang pataka. Ruangan ini digunakan untuk menggugah semangat juang prajurit Siliwangi setelah melihat lebih dekat pataka sebagai simbol lambang-lambang kebanggaan dan kehormatan.

Selain ruang pataka, ada juga ruang kehormatan. Ruangan khusus ini sebagai kehormatan tertinggi bagi setiap prajurit Siliwangi yang telah mendarma bakti dirinya secara optimal bagi keharuman bangsa dan negara dengan prestasi yang gemilang.

Terakhir, terdapat ruang tamu VIP yang berfungsi untuk menerima tamu-tamu kehormatan. Ruang Sudirman masih terjaga dengan baik. Begitu pula dengan keseluruhan bangunan utama Kodam III Siliwangi.

Akan tetapi, masyarakat belum tentu bisa mendapatkan akses masuk ke bangunan cagar budaya ini. Hal itu dikarenakan protokoler lingkungan militer.

"Untuk acara kebesaran seperti ulang tahun kodam itu boleh. Tapi hari biasa tidak diperkenankan," kata Engkos.

Keluarga Keturunan Militer

Bangunan karya Schomaker bersaudara

Selama puluhan tahun, Schoemaker bersaudara telah meraih nama besar dalam pembangunan kota Bandung. Kedua arsitek ini memiliki peran besar dalam perancangan masterplan kota Bandung kuno.

Berdasarkan keterangan yang dinukil dari laman 4linkedarchitect, keluarga Schoemaker adalah keluarga keturunan militer. Kakak dan ayahnya adalah perwira tinggi pada angkatan darat kerajaan Belanda. Oleh karena itu, Schoemaker sempat menjalani pendidikan Akademi Militer di Breda, Belanda.

Seperti umumnya arsitek militer, Schoemaker awalnya menggarap dan merencanakan bangunan militer sesuai dengan standar dan model yang telah dibakukan pemerintah Kolonial Belanda.

Tapi kemudian, Wolff Schoemaker dan adiknya, Richard Schoemaker, ketika merancang istana panglima tertinggi militer (kini Markas Kodam III Siliwangi) mulai berani mengungkapkan gaya arsitektur yang lebih modern, yakni dengan memperkenalkan gaya arsitektur de stijl.

Schoemaker lebih memillih gaya arsitektur de stijl ketimbang model standar bangunan militer yang dinilainya membosankan dan terkesan kaku. Gaya arsitektur de stijl mulai berkembang di negeri Belanda pada masa usai Perang Dunia (PD) I dan banyak sekali memengaruhi gaya bangunan di Nusantara pada zaman itu.

Pada 1920-1938 Schoemaker mulai mengembangkan eksperimen arsitektur. Selain gaya arsitektur Indo-Europeeschen Architectuur Stijl yang mendominasi sebagian besar karya arsitekturnya, Wolff Schoemaker bersama Richard Schoemaker, Ir. Rood dan G. Hendriks dengan tekun mempelajari gaya dan karya arsitek Frank Lloyd Wright.

Dari hasil eksperimen itu, Wolff Schoemaker misalnya, mampu merancang Grand Hotel Preanger yang dibangun kembali pada 1929 dengan gaya arsitektur Wright.

Karena begitu banyaknya bangunan karya Wolff Schoemaker dan Richard Schoemaker di kota Bandung, maka tidak berlebihan bila maestro arsitek Belanda Dr. H. P. Berlage menyebut Bandung sebagai "Kotanya Schoemaker Bersaudara".

Karya Wolff Schoemaker paling terkenal adalah Jaarbeurs (Kologdam), Concordia (Gedung Merdeka), Grand Hotel Preanger, Gereja Bethel, Gereja katedral dan Villa Isola. Semuanya di Bandung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Emtek Group Siap Luaskan Kemeriahan Asian Games 2018

Posted: 12 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Asian Games 2018 telah bergulir sejak tanggal 10 Agustus 2018. Emtek Group sebagai Official Broadcaster telah menyiapkan aneka konten aktual dan interaktif yang dapat dinikmati seluruh masyarakat Indonesia.

Tak hanya melalui siaran televisi Free to Air, tetapi Emtek Group juga menyajikan konten Asian Games 2018 melalui TV berbayar, super apps (BBM), live streaming, hingga ulasan menarik dari berbagai dotcom naungan Emtek Group.

Pembukaan Asian Games 2018 baru digelar pada 18 Agustus 2018 mendatang. Namun eskalasi program Asian Games 2018 di SCTV dan Indosiar terus meningkat.

Mulai 1 Agustus 2018, Indosiar menyajikan rangkaian program seperti Euforia Asian Games 2018 yang tayang tiga kali sehari pukul 10.00 WIB, 15.30 WIB, dan 23.00 WIB.

Sementara tayangan live "Fokus Asian Games 2018" hadir melengkapi berita terkini setiap harinya mulai 13-17 Agustus 2018 pada pukul 11.00-11.30 WIB dan usai pembukaan Asian Games 2018 akan tayang pada pukul 03.30 WIB, 04.30 WIB, 10.30 WIB.

Lalu dilanjutkan dengan siaran langsung "Gempita Asian Games 2018" pukul 11.30-12.00 WIB dan akan tayang pukul 17.00-20.00 WIB setelah opening ceremony.

Program di SCTV

Api abadi Asian Games 2018 akan menginap di Gedung Sate. (Bola.com/Muhammad Ginanjar)

Sedangkan SCTV melengkapi kemeriahan dengan "Asian Games 2018 Update" yang tayang sejak 1 Agustus 2018 pukul 11.00 WIB, 16.00 WIB, dan 21.00 WIB.

Lalu ada program live bertajuk Gelora Asian Games 2018 yang hadir setiap hari pukul 15.00-15.30 WIB mulai hari ini. Lalu mulai tanggal 19 Agustus-2 September 2018 akan ditayangkan berbagai pertandingan live dari cabang olahraga pilihan terbaik pukul 12.30-17.00 WIB dan 01.30-03.00 WIB.

Ada pula program Liputan6 Terkini Asian Games yang mengudara sebanyak lima kali sehari yakni pukul 06.00 WIB, 09.00 WIB, 12.00 WIB, 17.00 WIB, 23.30 WIB.

Khusus Opening Ceremony Asian Games 2018, Emtek Group akan menyiarkan secara langsung melalui tiga TV teresterial yakni SCTV, Indosiar, dan O Channel. Selain itu sajian yang sama juga bisa diakses via live streaming di Vidio.com.

Komitmen Emtek

Emtek Group juga berkomitmen untuk kepentingan nasional dengan menyiarkan Asian Games 2018 melalui media yang bersinergi sebagai Emtek Broadcast Partner antara lain Metro TV, TV One, TVRI. Termasuk mengizinkan seluruh tv berbayar (pay tv) dan RRI sebagai Emtek Radio Partner untuk menayangkan pertandingan Asian Games 2018.

Dalam hal demi mematuhi dan memenuhi ketentuan hak siar dari Olympic Council of Asia (OCA), untuk menghindari penerimaan siaran di luar wilayah Indonesia (spill-over), siaran Asian Games 2018 yang didistribusikan melalui satelit untuk stasiun televisi tersebut tidak dapat diakses melalui satelit Palapa (encrypted), kecuali siaran langsung Opening dan Closing Ceremony Asian Games 2018.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Hoax tentang Penularan HIV/AIDS

Posted: 12 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hoax alias berita tidak benar bukan cuma menyerempet isu politik, tapi juga isu kesehatan, salah satunya tentang penularan HIV/AIDS.

Informasi yang simpang siur dapat membuat masyarakat kalang kabut karena tidak bisa membedakan mana fakta dan mana hoax.

Ini juga memperparah stigma terhadap Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) yang bisa mengalami diskriminasi sosial oleh masyarakat yang salah paham.

Hoax ini juga menghambat upaya tenaga medis dan aktivis yang ingin mengampanyekan pencegahan penyakit tersebut serta bagaimana cara merawat ODHA.

Dokter Adyana Esti, tenaga medis klinik Angsamerah Jakarta, dalam diskusi di Jakarta, Kamis, membeberkan deretan hoax seputar HIV/AIDS yang harus dipahami faktanya oleh masyarakat.

1. HIV/AIDS menular lewat penggunaan pisau cukur secara bergantian dalam keluarga atau di tempat potong rambut.

Faktanya, memakai pisau cukur bergantian dengan ODHA tidak akan menularkan virus. Sebab, virus mudah mati di udara bebas. Tetapi memakai pisau cukur bergantian tidak disarankan demi alasan kebersihan.

2. HIV/AIDS menular lewat penggunaan alat makan secara bergantian antara ODHA dengan orang sehat.

Faktanya, tidak. Selain karena virus mudah mati di udara bebas, virus dalam air liur tidak cukup banyak untuk ditularkan pada orang lain.

3. Virus HIV bisa ditularkan lewat makanan kaleng yang sudah diinjeksikan dengan darah yang mengandung virus.

Faktanya, salah. Virus HIV mudah mati di luar tubuh manusia. Selain itu, makanan kaleng juga melewati proses sterilisasi sehingga virus mudah mati.

 

Lewat ciuman

Cara Mengontrol Gejala HIV agar Tak Jadi AIDS (Klublu/Shutterstock)

4. Virus HIV menular lewat ciuman.

Faktanya, salah. Virus HIV tinggal di sel T, salah satu bagian sel darah putih manusia. Sel ini ada di semua cairan tubuh manusia dalam jumlah yang berbeda. Paling banyak ada di dalam darah, kemudian cairan vagina, cairan semen atau mani serta ASI.

Virus memang ada di air liur, air mata dan keringat tapi jumlahnya sangat sedikit sehingga tidak cukup untuk menularkan virus HIV.

5. Virus HIV dapat ditularkan lewat jarum terinfeksi yang ditancapkan di kursi bioskop.

Faktanya, virus HIV mudah mati di udara bebas dalam waktu kurang dari semenit. Tanpa inangnya, seperti darah, sperma, ASI dan cairan vagina, virus yang ada di udara bebas akan cepat mati.

6. HIV/AIDS bisa ditularkan melalui air kolam renang.

Faktanya, salah. Tak masalah berenang bersama ODHA karena virus HIV mudah mati di udara bebas, apalagi air kolam renang mengandung kaporit yang mempercepat matinya virus.

 

Pakaian bekas

Mengenal Tahapan AIDS dari Gejala HIV (Desinger491/Shutterstock)

7. HIV/AIDS bisa ditularkan lewat pakaian bekas.

Faktanya, salah. HIV/AIDS hanya bisa menular lewat kontak cairan tubuh seperti darah, cairan vagina, cairan mani dan ASI. Penularannya bisa lewat penggunaan jarum suntik yang tidak steril, hubungan seks tidak aman juga pemberian ASI dari ibu ke anak.

8. HIV/AIDS ditularkan lewat pembalut kewanitaan yang sudah terkontaminasi virus.

Faktanya, salah. Sebab, virus HIV akan mati di udara bebas dalam waktu kurang dari semenit.

9. Pemeriksaan darah untuk kolesterol dan diabetes oleh petugas keliling yang mencurigakan adalah untuk menyebarkan virus HIV.

Faktanya, salah. Jarum yang dipakai untuk pemeriksaan kolesterol dan diabetes tak punya lubang penyimpanan darah. Sehingga virus HIV bakal mati di udara bebas.

10. ARV (obat untuk ODHA) adalah bahan kimia yang bisa menyebabkan kerusakan hati. Lebih baik menggunakan obat herbal untuk merawat ODHA.

Faktanya, hingga saat ini obat yang paling tepat untuk HIV adalah ARV.

Esti menegaskan kontak sosial dengan ODHA seperti bersalaman, berpelukan sampai berciuman takkan menularkan virus HIV/AIDS. (Antara/Nanien Yuniar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sosok Korban Selamat Kecelakaan Pesawat Dimonim

Posted: 12 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang anak 12 tahun secara misterius selamat dari kecelakaan pesawat Dimonim PK-HVQ di Pegunungan Bintang, Papua.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sutradara Videoklip Taylor Swift Tuduh Personel BTS Operasi Plastik

Posted: 12 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Joseph Kahn baru-baru ini membuat para Army, sebutan bagi penggemar Bangtan Boys atau BTS, naik darah. Pasalnya, sutradara yang mengarahkan sejumlah videoklip ikonis Taylor Swift ini melayangkan tuduhan tentang V dkk.

Pada 9 Agustus lalu, ia menulis sebuah cuitan di Twitter pribadinya, yang menyertakan foto BTS.

"Mereka semua melakukan operasi plastik. Mereka semua memakai lipstik. Inilah penampakan orang-orang Asia Kaya yang Gila (Crazy Rich Asians)," tuturnya. Crazy Rich Asians sendiri adalah judul sebuah film yang menceritakan kehidupan orang Asia kaya, yang belakangan ramai diperbincangkan.

Tak berhenti sampai di situ, pria yang juga menggarap videoklip Britney Spears, Imagine Dragons dan Eminem ini kembali membagikan satu tweet lain yang ia kaitkan dengan cuitan soal BTS tadi. 

"Orang Amerika Keturunan Asia: STOP MEMBUAT PRIA KAMI JADI LEBIH FEMININ

Orang Asia: KAMU ENGGAK PAKAI LIPSTIK? KENAPA?"

 

Memancing Kemarahan Army

Terang saja cuitan ini mengundang kemarahan para penggemar BTS. Mereka langsung mengomentari cuitan Joseph Kahn yang di-retweet lebih dari 700 kali dan diberi lebih dari 2 ribu tanda suka.

Salah satu warganet menulis, "1. kamu memperlihatkan rasa tak percaya dirimu. 2. kamu sangat terlihat mencari perhatian dan kamu selalu berusaha agar menjadi sesuatu yang relevan. 3. Walau operasi plastik berkembang di Korea jangan gunakan foto grup yang jelas-jelas tak melakukannya, bisa dibuktikan lewat foto-foto lama."

"Ya kalau mereka mau melakukan operasi, mereka bisa kok, itu urusan mereka. Orang-orang harus memikirkan urusan mereka sendiri. Mungkin karena hidupmu terlalu membosankan? Aku enggak tahu," kata Army yang lain.

 

Balasan Joseph Kahn

Meski diserang kanan-kiri, Joseph Kahn ternyata tak juga bergeming. Ia tak menghapus cuitan yang menyeret nama BTS tersebut.

Ia bahkan mengunggah cuitan baru. Entah berniat mengejek atau bahkan meluruskan masalah, ia mengunggah sebuah foto band heavy metal Motley Crue dari tahun 80-an, dengan wajah penuh makeup.

"Kamu semua salah. Aku cinta BTS," tulis Joseph Kahn yang menyertai cuitan tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Cristiano Ronaldo Cetak Gol Pertama Untuk Juventus

Posted: 12 Aug 2018 10:00 PM PDT

Aksi Cristiano Ronaldo saat pertandingan persahabatan antara Juventus A dan tim B di Villar Perosa, Italia utara, (12/8). Ronaldo mencetak gol usai menerima umpan panjang yang dilepaskan Federico Bernardeschi. (AFP Photo/Isabella Bonotto)

Aksi Cristiano Ronaldo saat pertandingan persahabatan antara Juventus A dan tim B di Villar Perosa, Italia utara, (12/8). Ronaldo mencetak gol usai menerima umpan panjang yang dilepaskan Federico Bernardeschi. (AFP Photo/Isabella Bonotto)

Cristiano Ronaldo berusaha mengontrol bola saat pertandingan persahabatan antara Juventus A dan tim B di Villar Perosa, Italia utara, (12/8). Pertandingan dimenangkan tim utama Juventus dengan skor 5-0. (AP Photo/Antonio Calanni)

Cristiano Ronaldo berusaha mengontrol bola saat pertandingan persahabatan antara Juventus A dan tim B di Villar Perosa, Italia utara, (12/8). Pertandingan dimenangkan tim utama Juventus dengan skor 5-0. (AP Photo/Antonio Calanni)

Cristiano Ronaldo memberi selamat kepada rekannya Paulo Dybala usai mencetak gol pada pertandingan persahabatan antara Juventus A dan tim B di Villar Perosa, Italia utara, (12/8). (AFP Photo/Isabella Bonotto)

Cristiano Ronaldo memberi selamat kepada rekannya Paulo Dybala usai mencetak gol pada pertandingan persahabatan antara Juventus A dan tim B di Villar Perosa, Italia utara, (12/8). (AFP Photo/Isabella Bonotto)

Cristiano Ronaldo, Federico Bernardeshi, Rodrigo Bentancur dan Emre Can bersiap bermain pada pertandingan persahabatan antara Juventus A dan tim B di Villar Perosa, Italia utara, (12/8). (AP Photo/Antonio Calanni)

Cristiano Ronaldo, Federico Bernardeshi, Rodrigo Bentancur dan Emre Can bersiap bermain pada pertandingan persahabatan antara Juventus A dan tim B di Villar Perosa, Italia utara, (12/8). (AP Photo/Antonio Calanni)

Cristiano Ronaldo menendang bola saat pertandingan persahabatan antara Juventus A dan tim B di Villar Perosa, Italia utara, (12/8). Pertandingan dimenangkan tim utama Juventus dengan skor 5-0. (AP Photo/Antonio Calanni)

Cristiano Ronaldo menendang bola saat pertandingan persahabatan antara Juventus A dan tim B di Villar Perosa, Italia utara, (12/8). Pertandingan dimenangkan tim utama Juventus dengan skor 5-0. (AP Photo/Antonio Calanni)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asian Games 2018: Timnas Indonesia U-23 Peringkat Kedua

Posted: 12 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 sementara menempati peringkat kedua Grup A cabang sepak bola Asian Games 2018. Indonesia mengungguli Hongkong yang juga sama-sama memetik tiga poin.

Seperti diketahui, timnas Indonesia U-23 baru saja menang telak 4-0 atas Taiwan pada partai pertama Asian Games 2018, Minggu (12/8/2018). Bermain di Stadion Patriot, Timnas Indonesia sukses menang berkat gol Stefano Lilipaly (2 gol), Beto Goncalves, dan Muhammad Hargianto.

Hongkong berhak atas peringkat ketiga karena hanya menang 3-1 atas Laos. Mereka kalah selisih gol dari Beto dan kawan-kawan.

Pada pertandingan berikutnya, timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Palestina, Kamis (15/8/2018). Sementara, Hongkong akan menghadapi Taiwan.

 

 

Palestina di Puncak

Para pemain Palestina menyapa suporter usai mengalahkan Laos pada laga Grup A Asian Games di Stadion Patriot, Jawa Barat, Minggu (12/8/2018). Palestina menang 2-1 atas Laos. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Posisi puncak Grup A saat ini masih ditempati Palestina. Mereka mengoleksi empat poin setelah imbang melawan Taiwan dan menang 2-1 atas Laos.

Palestina bisa turun jika ditaklukkan Timnas Indonesia U-23 pada pertandingan Kamis (15/8/2018).

Berikut klasemen Grup A Asian Games 2018

Klasemen Asian Games 2018

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cicipi Sensasi Burger Mewah dan Terkini di Jakarta

Posted: 12 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi para pencinta burger, tentu tak boleh ketinggalan untuk mencicipi burger terbaru yang satu ini. Ya, Le Burger merupakan sebuat restoran burger yang kian menambah referensi kuliner Anda yang sayang jika terlewatkan.

Berada di Alila SCBD Jakarta, Le Burger memiliki keunikan tersendiri yang hadir melalui resep rahasia yang akan memberikan pengalaman tersendiri bagi Anda pecinta kuliner burger.

Le Burger memiliki konsep casual dining dan juga merupakan salah satu restoran di Asia dengan kurasi dari chef yang telah mendapat penghargaan Michellin starred Jean Geaorges bersama dengan sang anak Cedric dan juga chef ternama Luisa Fernanda Caicedo.

Cicipi Sensasi Burger Mewah dan Terkini di Jakarta

Cicipi Sensasi Burger Mewah dan Terkini di Jakarta

Kesan urban terasa kental lewat konsep interior bergaya industrial dan merupaka karya dari New York Based award winning Rockwell Group yang telah memiliki reputasi terpercaya sebagai global leader dalam bidang arsitektur dan desain dalan industri lifestyle hospitality.

Le Burger akan menjadi destinasi kuliner yang tepat bagi Anda yang sering merasa lapar di malam hari. Pasalnya, selama akhir pekan, restoran ini akan terus beroprasi hingga jam 5 pagi dini hari.

Cicipi Sensasi Burger Mewah dan Terkini di Jakarta

Cicipi Sensasi Burger Mewah dan Terkini di Jakarta

Sejumlah menu burger nikmat wajib untuk Anda cicipi, tersedia Truffle Burger dengan extra patty, Cheese Burger, Shrimp Burger dan ragam menu lainnya. Selain itu, menu pencuci mulutnya pun beragam mulai dari Banana Pudding, Banana Cake, Panacota, dan ice cream vanila yang sukses memuaskan palet Anda.

Dengan suasana nyaman dan sajian memuaskan, tentu Le Burger akan menjadi destinasi yang wajib Anda kunjungi.

 

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Lantik Kepala BPHN Kemenkumham Jadi Hakim Konstitusi

Posted: 12 Aug 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi mengangkat Enny Nurbaningsih sebagai hakim Mahkamah Konstitusi (MK). Enny sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kemenkumham. Enny akan menggantikan Maria Farida yang telah habis masa jabatannya sebagai Hakim Konstitusi.

Upacara pengangkatan ini digelar di Istana Negara, Jakarta pada Senin (13/8/2018).

Pengangkatan Enny Nurbaningsih sebagai Hakim Konstitusi berdasarkan surat Keputusan Presiden Nomor 134/P/2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Hakim MK. Surat itu dibacakan oleh Deputi Administrasi dan Aparatur Kementerian Sekretariat Negara, Cecep Sutiawan.

Enny mengucap sumpah jabatan sebagai Hakim MK disaksikan oleh Presiden Jokowi. Kemudian, Enny menandatangani berkas berita acara pengangkatan.

Sebelumnya, Hakim MK Maria Farida telah memasuki masa pensiun sejak 13 Agustus 2018. Dia merupakan hakim yang dipilih oleh Presiden.

Oleh karena itu, Jokowi mencari pengganti Maria melalui tim panitia seleksi hakim MK yang dipimpin mantan Hakim MK Harjono.

Tim Pansel menghasilkan tiga nama yakni Guru Besar Tata Negara Universitas Gadjah Mada yang juga Kepala BPHN Kemenkumham Enny Nurbaningsih, Profesor Hukum Tata Negara Universitas Islam Indonesia Ni'matul Huda, dan dosen senior Fakultas Hukum Universitas Padjajaran Susi Dwi Harijanti.

Nama kandidat itu dilaporkan Menteri Sekretaris Negara Pratikno kepada Presiden untuk dipilih. Kemudian Jokowi memilih Enny sebagai Hakim Konstitusi.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sentimen dari Turki Seret Rupiah Melemah hingga Tembus 14.614 per Dolar AS

Posted: 12 Aug 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bnergerak melemah tajam pada perdagangan di awal pekan ini. Sentimen dari Turki ikut menjadi pendorong pelemahan rupiah.

Mengutip Bloomberg, Senin (13/8/2018), rupiah dibuka di angka 14.579 per dolar AS, melemah tajam jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.478 per dolar AS. Tekanan terhadap rupiah cukup dalam sehingga menyentuh level 14.614 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.544 per dolar AS hingga 14.614 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 7,72 persen.

Berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.583 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan patokan pada Jumat lalu di angka 14.437 per dolar AS.

"Data ekonomi dalam negeri yang dinilai kurang baik menjadi salah satu faktor yang menekan rupiah terhadap dolar AS," kata Analis senior CSA Research Institute, Reza Priyambada.

BI mencatat defisit neraca transaksi berjalan pada triwulan II-2018 mencapai 8 miliar dolar AS atau tiga persen terhadap produk domestik bruto (PDB), lebih tinggi dari triwulan sebelumnya sebesar 5,7 miliar dolar AS atau 2,2 persen terhadap PDB.

Di sisi lain, lanjut dia, sentimen mengenai gejolak ekonomi Turki turut menjadi faktor yang membuat sejumlah mata uang di dunia, termasuk rupiah mengalami tekanan terhadap dolar AS.

"Diketahui, Turki memiliki banyak eksposure utang terhadap Eropa sehingga ketika ekonomi Turki di ambang krisis maka akan memengaruhi ekonomi Eropa dan dapat berdampak ke negara di kawasan Asia," katanya.

Turki Terancam Krisis

Petugas memperlihatkan uang pecahan dolar Amerika di salah satu gerai penukaran mata uang di Jakarta, Jumat (18/5). Pagi ini, nilai tukar rupiah melemah hingga sempat menyentuh ke Rp 14.130 per dolar Amerika Serikat (AS). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih mengatakan Turki terancam krisis keuangan, investor global fokus dengan kondisi ekonomi di Turki seiring dengan meningkatnya kontrol ekonomi dari Presiden Erdogan dan memburuknya hubungannya dengan Amerika Serikat.

"Nilai tukar lira Turki mencatatkan depresiasi tajam. Efek Turki ini dikawatirkan membuat mata uang dolar AS menguat dan sebaliknya `emerging markets` lain, termasuk rupiah akan melemah," katanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi PSIS Vs Bhayangkara FC: Laskar Mahesa Jenar Buru Poin Krusial

Posted: 12 Aug 2018 09:45 PM PDT

Jakarta PSIS Semarang akan bentrok dengan Bhayangkara FC pada pekan ke-20 Gojek Liga 1 bersama Bukalapak di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Senin (13/8/2018). Kemenangan jadi harga mati bagi tuan rumah.

Itu adalah satu-satunya cara untuk memperpanjang asa tim berjuluk Laskar Mahesa Jenar itu keluar dari zona degradasi.

Belum lagi, dua pesaing di zona degradasi, PS Tira dan PSMS Medan sama-sama meraih hasil positif pada pekan ke-20 ini. PS Tira menang 1-0 atas Persipura Jayapura, sedangkan PSMS menahan Persija Jakarta di Bantul.

Pelatih PSIS, Vincenzo Alberto Annese, menegaskan pentingnya mengalahkan pasukan The Guardians. Pelatih asal Italia itu menginginkan performa puncak pemain di pertandingan nanti untuk kembali ke tren positif di kandang.

"Kami perlu memenangi pertandingan ini untuk terus merangkak naik di klasemen sementara. Untuk itu, kami butuh tambahan tiga poin di pertandingan nanti," tegas Vincenzo Annese.

Menjamu Bhayangkara FC, PSIS tak diperkuat gelandang asal Sieraa Leone, Ibrahim Conteh. Dua nama, yakni M Wahyu dan Nerius Alom bakal mengisi posisi yang ditinggalkan pemain bernomor punggung 88 itu.

"Kami masih memiliki banyak opsi di lini tengah, tinggal bagaimana kesiapan pemain sebelum pertandingan. Saya berharap semua pemain bekerja keras, fokus, dan disiplin sepanjang pertandingan," kata Vincenzo.

Di kubu tim tamu, pelatih Simon McMenemmy, mengaku timnya dalam kondisi siap. Ia menilai jadwal Bhayangkara FC sebelum melawan PSIS cukup bersahabat karena memiliki jeda yang lumayan panjang.

Namun, pelatih asal Skotlandia itu memberi respek kepada PSIS karena memiliki potensi untuk menyulitkan. Terlebih, Bhayangkara FC mampu ditahan di kandang sendiri pada putaran pertama lalu.

"Jadwal baik dengan kami karena ada jeda yang sedikit panjang. Kami sudah berlatih keras setiap hari dan memperbaiki beberapa kekurangan yang ada," kata Simon.

 

Prakiraan Susunan Pemain

Prakiraan susunan pemain:

PSIS Semarang (4-4-2): Joko Ribowo (kiper); Frendi Saputra, Petar Planic, Haudi Abdillah, Safrudin Tahar (belakang); Hari Nur Yulianto, M Yunus, Nerius Alom, Bayu Nugroho (tengah); Bruno Silva, Abou Bakr (depan)

Pelatih: Vincenzo Annese

Bhayangkara FC (4-4-2): Wahyu Tri Nugroho (kiper); Dani Saputra, Jajang Mulyana, Vladimir Vujovic, Alsan Sanda (belakang); Le Yoo-jon, Adam Alis, Paulo Sergio, Sani Riski Fauzi (tengaj); Elio Martin, Marianus Wanewar (depan)

Pelatih: Simon McMenemy

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Wapres Jusuf Kalla Bersaksi di Sidang Jero Wacik

Posted: 12 Aug 2018 09:44 PM PDT

Wakil Presiden, Jusuf Kalla (membelakangi lensa) saat menjadi saksi pada sidang lanjutan pengajuan PK atas putusan kasasi kasus DOM dengan pemohon Jero Wacik di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (13/8). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Wakil Presiden, Jusuf Kalla (membelakangi lensa) saat menjadi saksi pada sidang lanjutan pengajuan PK atas putusan kasasi kasus DOM dengan pemohon Jero Wacik di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (13/8). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Mantan Menteri ESDM, Jero Wacik saat mengikuti sidang pengajuan Peninjauan Kembali atas putusan kasasi kasus dana operasional menteri (DOM) di PN Jakarta Pusat, Senin (13/8). Sidang mendengar kesaksian Wapres Jusuf Kalla. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Mantan Menteri ESDM, Jero Wacik saat mengikuti sidang pengajuan Peninjauan Kembali atas putusan kasasi kasus dana operasional menteri (DOM) di PN Jakarta Pusat, Senin (13/8). Sidang mendengar kesaksian Wapres Jusuf Kalla. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Wakil Presiden, Jusuf Kalla (tengah) menyalami Mantan Menteri ESDM, Jero Wacik usai menjadi saksi pada lanjutan sidang PK di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (13/8). Wapres Jusuf Kalla menjadi saksi meringankan. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Wakil Presiden, Jusuf Kalla (tengah) menyalami Mantan Menteri ESDM, Jero Wacik usai menjadi saksi pada lanjutan sidang PK di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (13/8). Wapres Jusuf Kalla menjadi saksi meringankan. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Wakil Presiden, Jusuf Kalla (kedua kanan) usai menjadi saksi yang meringankan pada sidang lanjutan pengajuan PK atas putusan kasasi kasus DOM dengan pemohon Jero Wacik di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (13/8). (Liputan6.com/HO)

Wakil Presiden, Jusuf Kalla (kedua kanan) usai menjadi saksi yang meringankan pada sidang lanjutan pengajuan PK atas putusan kasasi kasus DOM dengan pemohon Jero Wacik di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (13/8). (Liputan6.com/HO)

Wakil Presiden, Jusuf Kalla (tengah) meninggalkan ruang sidang usai menjadi saksi meringankan pada lanjutan pengajuan PK atas putusan kasasi kasus DOM dengan pemohon Jero Wacik di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (13/8). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Wakil Presiden, Jusuf Kalla (tengah) meninggalkan ruang sidang usai menjadi saksi meringankan pada lanjutan pengajuan PK atas putusan kasasi kasus DOM dengan pemohon Jero Wacik di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (13/8). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Tahun Berlalu, Suzuki Karimun Wagon R 7-Seater Tak Kunjung Lahir

Posted: 12 Aug 2018 09:44 PM PDT

Liputan6.com, Tangerang - Pasar mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC) versi tujuh penumpang memang sangat menggiurkan. Bahkan selama Januari-Juni 2018 wholesale sales (penjualan pabrik ke dealer) LCGC MPV tujuh penumpang mencapai 56.624 unit.

Angka tersebut tergolong sangat tinggi, karena segmen LCGC MPV didominasi dua model saja, yakni Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Sementara pencapaian Datsun Go+Panca yang bermain di kelas yang sama masih jauh dari dua kompetitornya tersebut.

Sebenarnya Suzuki berpeluang "mengganggu" duet Calya-Sigra lewat Karimun Wagon R 7-seater yang model konsepnya pernah ditampilkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013.

Artinya, sudah lima tahun berlalu namun LCGC MPV Suzuki ini belum juga lahir secara resmi. Bahkan, hingga pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 berakhir, Minggu (12/8/2018) urung muncul juga.

4W Head of Brand Development and Marketing Research PT SIS Harold Donnel mengatakan, hingga saat ini Suzuki masih menunggu babak baru peraturan LCGC.

"Masih wait and see. Jadi kami masih lihat dulu komposisi pasar gimana dengan LCGC atau LCEV," ujar Harold saat ditemui di acara GIIAS 2018 di ICE, BSD City, Tangerang, Banten.

Harold sendiri menyatakan, belum adanya LCGC MPV dari Suzuki merupakan bagian dari strategi Suzuki.

Namun begitu, dirinya tak menampik, bahwa pasar LCGC MPV cukup menggiurkan, karena sangat besar peminatnya. Akan tetapi di lain pihak, dia juga tak menepis banyaknya para pemain LCGC MPV dan perusahaan mobil yang menjual produk seharga LCGC MPV.

 

Fokus ke Karimun Wagon R

Hadirnya LCGC MPV milik Suzuki bisa saja terjadi. Namun karena berbagai faktor perusahaan asal Jepang itu belum mau berkomentar terlalu banyak.

Sebaliknya, di kelas LCGC Suzuki masih memiliki Karimun Wagon R. Hal ini pula menjadi fokus Suzuki untuk tetap bertahan di pasar otomotif Tanah Air.

"Karimun Wagon R memang awalnya cukup dominan sekarang struggling-lah. Kami fokus di satu produk itu dulu, kalau nanti bisa mengembangkan intensifikasi produk kami akan lakukan," kata Harold.

Seperti diketahui wholesale Suzuki Karimun Wagon R memang tergolong kecil. Bahkan jika melihat yang ada selama semester pertama di 2018 mereka hanya menjual 2.501 unit.

Angka ini lebih kecil dibandingkan Daihatsu Ayla, Toyota Agya, bahkan Honda Brio Satya.

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tanpa Label Besar, Simple Track Optimistis dengan Album Baru

Posted: 12 Aug 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dunia musik Indonesia kembali diramaikan oleh band-band baru yang bermunculan. Salah satunya adalah Simple Track band yang baru saja mengeluarkan album baru.

Berkiprah di dunia musik tentu saja membutuhkan modal besar. Dukungan modal dan jaringan yang luas membuat artis atau musikus yang tergabung di dalamnya lebih mudah menjangkau masyarakat. Namun tidak demikian halnya dengan Simple Track band.

Band asal kota Bogor ini sempat bergabung dengan label band indie hingga menghasilkan album. Simple Track yang beranggotakan Rania (vokal), Yopi (gitar), dan Hendri (drum), ini percaya diri berjalan dengan kaki sendiri.

"Kami putuskan untuk jalan sendiri dangan manajemen kami sendiri, yaitu NOTE Management. Kami memulai lagi dengan penuh semangat," kata Rania, dalam keterangannya kepada wartawan, belum lama ini.

 

Bebas

Simple Track band optimis dengan album baru

Pilihan ini membuat para personel Simple Track bisa lebih bebas menentukan arah musik. Mereka juga terlibat banyak dalam memilih strategi promosi.

"Selain berbaur dengan para musikus indie, kami juga membuat marchandise, mulai dari topi, stick drum, pic gitar, gelang, kaus, kalender, gantungan kunci, semua dengan logo Simple Track. Pokoknya semua peluang untuk promosi kami jalani deh," sebut Rania.

Rintangan

Simple Track band optimis dengan album baru

Selama dua tahun berdiri, Simple Track telah menghadapi berbagai rintangan. Mulai dari gesekan antarpersonel, pergantian formasi, hingga vakum selama enam bulan karena kehilangan salah satu personel yang meninggal dunia.

Saat ini, Rania dan kawan-kawan tengah menjalani proses promo untuk album terbaru mereka dengan hits single berjudul "Kamu". Lagu tersebut diproduser Bayu 7 Warna.

"Semoga Simple Track bisa meramaikan industri musik Tanah Air," pungkas Rania.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perkuat Pendidikan Islam, Menaker Dorong Orangtua Titipkan Anak di Pesantren

Posted: 12 Aug 2018 09:33 PM PDT

 

Liputan6.com, Bekasi Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri mendorong masyarakat ikut memperkuat pendidikan Islam dan memperkuat pondok pesantren. Karenanya, Menaker meminta agar para orangtua agar menitipkan pendidikan anak-anak kepada pondok pesantren.

"Jangan ragu-ragu dan khawatir dengan pesantren. Kita harus makmurkan pesantren untuk mendidik akhlak, karakter dan kemandirian anak-anak kita semua," ujar Menaker M. Hanif Dhakiri saat memberikan sambutan peringatan Haul ke-16 KH Muhammad Muhadjirin Amsar Addary Allah Yarham di Pondok Pesantren Annida Al Islamy Jl. KH Mas Mansur, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (12/8/2018).

Turut hadir Walikota Bekasi terpilih Rahmat Effendi, KH. Mahfudhz Asirun (Ponpes Al-Itqon), KH. Syarifudin Abdul Ghoni MA (Ponpes Al Hidayah, Jakarta Barat) dan KH Aiz Muhajirin (Annida Al-Islamy) serta 2000-an jemaah peserta Haul.

Menaker Hanif mengatakan harus dipastikan pesantren tetap tumbuh di Indonesia. Sebab, seiring pertumbuhan pesantren, maka Islam di Indonesia semakin kuat.

"Islam-nya pesantren, Islam yang bisa terus berdialog dan berjalan bersama-sama dengan nasionalisme. Itu yang penting," kata Menaker Hanif.

Dengan demikian, lanjut Menaker Hanif, maka anak-anak yang dididik di pesantren akan tumbuh menjadi pribadi yang taat, beriman, sekaligus cinta kepada NKRI tidak pernah hilang.

Menaker Hanif mengungkapkan untuk menghadapi tantangan di era persaingan saat ini, maka generasi muda Islam harus menyiapkan dua hal.

Pertama soal akhlak atau karakter sebagai dasar utama kepribadian. Karakter dibagi dua yakni karakter yang sifatnya moral, kejujuran terkait masalah moral. Kedua, karakter terkait kinerja. Misalnya kerja keras, disiplin, mandiri dan lain sebagainya.

"Keduanya harus dimiliki generasi muda Islam agar tumbuh menjadi pribadi yang taat, pribadi berakhlakul karimah tapi sanggup bersaing dalam dunia yang persaingan sekarang ini," kata Menaker Hanif.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Ekspresi Paus Fransiskus Saat Jubahnya Tertiup Angin

Posted: 12 Aug 2018 09:32 PM PDT

Paus Fransiskus menyampaikan berkatnya selama doa Angelus Hari Minggu setelah misa di alun-alun Santo Petrus, Vatikan Minggu (12/8). Jubah Paus berkali-kali diterbangkan angin saat berbicara di hadapan publik. (AFP PHOTO / FILIPPO MONTEFORTE)

Paus Fransiskus menyampaikan berkatnya selama doa Angelus Hari Minggu setelah misa di alun-alun Santo Petrus, Vatikan Minggu (12/8). Jubah Paus berkali-kali diterbangkan angin saat berbicara di hadapan publik. (AFP PHOTO / FILIPPO MONTEFORTE)

Angin kencang menerpa jubah Paus Fransiskus saat memberkati umat setelah misa pada pertemuan dengan para pemuda di Lapangan Santo Petrus, Vatikan, Minggu (12/8). Tiupan angin tersebut membuat wajah Paus tertutup jubah. (AFP PHOTO / FILIPPO MONTEFORTE)

Angin kencang menerpa jubah Paus Fransiskus saat memberkati umat setelah misa pada pertemuan dengan para pemuda di Lapangan Santo Petrus, Vatikan, Minggu (12/8). Tiupan angin tersebut membuat wajah Paus tertutup jubah. (AFP PHOTO / FILIPPO MONTEFORTE)

Embusan angin menyebabkan wajah Paus Fransiskus tertutup jubahnya sendiri saat memberkati umat setelah misa pada pertemuan dengan para pemuda di Lapangan Santo Petrus, Vatikan, Minggu (12/8). (AFP PHOTO / FILIPPO MONTEFORTE)

Embusan angin menyebabkan wajah Paus Fransiskus tertutup jubahnya sendiri saat memberkati umat setelah misa pada pertemuan dengan para pemuda di Lapangan Santo Petrus, Vatikan, Minggu (12/8). (AFP PHOTO / FILIPPO MONTEFORTE)

Embusan angin menyebabkan wajah Paus Fransiskus tertutup jubahnya sendiri saat memberkati umat setelah misa pada pertemuan dengan para pemuda di Lapangan Santo Petrus, Vatikan, Minggu (12/8). (AFP PHOTO / FILIPPO MONTEFORTE)

Embusan angin menyebabkan wajah Paus Fransiskus tertutup jubahnya sendiri saat memberkati umat setelah misa pada pertemuan dengan para pemuda di Lapangan Santo Petrus, Vatikan, Minggu (12/8). (AFP PHOTO / FILIPPO MONTEFORTE)

Paus Fransiskus menahan jubahnya yang diterpa angin saat memberkati umat setelah misa pada pertemuan dengan para pemuda di Lapangan Santo Petrus, Vatikan, Minggu (12/8). Tiupan angin membuat wajah Paus tertutup jubah. (AFP PHOTO / FILIPPO MONTEFORTE)

Paus Fransiskus menahan jubahnya yang diterpa angin saat memberkati umat setelah misa pada pertemuan dengan para pemuda di Lapangan Santo Petrus, Vatikan, Minggu (12/8). Tiupan angin membuat wajah Paus tertutup jubah. (AFP PHOTO / FILIPPO MONTEFORTE)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendagri: Pengganti Sandiaga sebagai Wagub DKI Ikuti UU Pilkada

Posted: 12 Aug 2018 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, pengganti Sandiaga Uno yang mundur sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta sudah diatur dalam UU Pilkada, yakni Pasal 176.

"Saya kira mekanismenya tetap berdasarkan UU Pilkada, di mana keputusannya melalui sidang paripurna DPRD," ucap Tjahjo Kumolo dalam keterangannya, di Jakarta, Senin (13/8/2018).

Kemudian, kata dia, parpol pengusung Anies Baswedan dan Sandiaga Uno mengajukan melalui fraksinya pada paripurna DPRD. Kemudian paripurna mengesahkan dan memutuskan pengusulan dari parpol pengusung.

Hal ini telah diatur dalam Pasal 24 dan Pasal 25 Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi, Kabupaten dan Kota.

Apa pun yang diputuskan DPRD kemudian disampaikan kepada Presiden melalui Mendagri untuk selanjutnya dikeluarkan keputusan presiden.

"Saya kira ini mekanisme yang sudah detail diatur dalam UU Pilkada," jelas Tjahjo.

Sehingga, segala sesuatunya diatur oleh DPRD.

"Yang menyiapkan adalah DPRD," ucap Tjahjo Kumolo.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Desain Smooking Room Unik yang Bikin Orang Kapok Merokok

Posted: 12 Aug 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kebiasaan merokok kerap dilakukan para pria. Untuk menghindari orang merokok di tempat umum, biasanya disediakan tempat khusus merokok atau yang biasa disebut smooking room maupun smooking area. Ya, kalian tentu sering melihat smooking room di tempat umum, bukan?

Baru-baru ini sebuah smooking room di bandara Bandung menjadi viral. Hal tersebut lantaran desainnya yang unik dan membuat siapapun yang kapok untuk merokok. Suasana ruangan merokok yang sangat sempit berkisar 2.5 x 1.5m. Desain dindingnya seperti tanah cokelat kemerahan. Ditambah lagi bagian langit-langit ada gambar orang menabur bunga. Tentunya banyak orang mengingatkan hal itu seperti pemakaman.

Artikel tentang desain unik ruangan merokok tersebut menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel unggahan seorang istri tentang hasil belanja senilai Rp 50 ribu yang viral pada artikel kedua terpopuler. Sementara itu, artikel tentang wanita yang buat 300 penerbangan di Jerman batal menjadi yang paling terpopuler ketiga.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Ngeri, Desain Smooking Room Ini Bikin Orang Kapok untuk Merokok

(Foto: ©  Dode Yogiswara/facebook)

Bagi sebagian besar orang merokok mungkin bisa jadi aktivitas untuk menghilangkan penat. Di Indonesia sendiri merokok sebenarnya kerap kali dilakukan di tempat umum. Tentu hal ini sebenarnya tidak baik untuk dilakukan.

Namun sejumlah tempat seperti stasiun dan pesawat, melarang para penumpangnya untuk merokok. Meski begitu biasanya disediakan tempat khusus untuk merokok. Uniknya, baru-baru ini salah satu bandara di Bandung cukup menuai perhatian publik karena ruang merokok yang mereka sediakan.

Selengkapnya…

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2. Unggah Hasil Belanja Senilai Rp 50 Ribu, Wanita Ini Jadi Viral

unggahan wanita soal belanjaan ini jadi viral (foto: facebook Raggiel'l Ockah)

Seorang istri tentu harus mampu mengelola keuangan dengan bijak. Hal ini tentu agar penghasilan keluarga mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari dan keperluan bersama. Hal ini biasanya membuat istri mampu memanfaatkan uang dengan lebih efisien dibanding dengan suami.

Ada baiknya istri mampu menekan pengeluaran semaksimal mungkin. Hal ini yang dilakukan oleh penggunak Facebook Raggiel'l Ockah. Pada akun Facebooknya dia menunjukkan perbandingan arti uang Rp 50 ribu bagi istri dan suami. Dalam unggahan tersebut, Raggiel mengatakan jika uang Rp 50.000 bagi istri bisa sangat berarti, berbeda bagi suami.

Selengkapnya…

3. Wanita Ini Buat 300 Penerbangan di Jerman Dibatalkan, Alasannya Sepele

Ilustrasi kursi pesawat (iStockphoto)

Sebanyak 300 lebih penerbangan di Bandara Munich, Jerman, harus dibatalkan lantaran ulah seorang penumpang. Hal ini lantaran seorang wanita membawa cairan melebihi batas bagasi pesawat di tas makeupnya.

Awalnya petugas keamanan bandara melarang wanita itu masuk ke ruang tunggu. Bukannya membuang barang tersebut, ia malah kembali loket check-in. 15 menit kemudian, dia kembali ke pos pemeriksaan dan entah bagaimana bisa lolos tanpa diperiksa.

Selengkapnya…

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bursa Asia Kompak Melemah Imbas Krisis Turki

Posted: 12 Aug 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Tokyo - Bursa saham Asia tergelincir pada perdagangan saham awal pekan ini. Tak hanya itu, sejumlah mata uang pun tertekan nahkan euro capai posisi terendah dalam satu tahun.

Hal itu lantaran mata uang Turki lira melemah berimbas ke mata uang Afrika Selatan rand dan mendorong permintaan aset investasi yang aman antara lain dolar Amerika Serikat, frans Swiss dan yen Jepang.

Krisis Turki pun menyeret indeks saham MSCI Asia Pasifik di luar Jepang turun 1,3 persen ke posisi terendah dalam lima minggu. Indeks saham Jepang Nikkei melemah 1,6 persen dan indeks saham acuan lainnya di bursa saham Asia tertekan.

Indeks saham S&P 500 futures melemah 0,4 persen. Imbal hasil surat berharga Amerika Serikat (AS) bertenor 10 tahun turun ke posisi 2,85 persen. Demikian mengutip laman Reuters, Senin (13/8/2018).

Indeks saham unggulan di China pun merosot 1,4 persen. Indeks saham Hong Kong Hang Seng tergelincir 1,6 persen seiring dolar Hong Kong juga tertekan. Euro pun melemah, diikuti lira Turki berada di posisi terendah di kisaran 7,2400.

 

 

Mata Uang Tertekan

Ilustrasi Foto Perdagangan Saham dan Bursa (iStockphoto)

Lira sedikit dapat dukungan saat Menteri Keuangan Turki Berat Albayrak mengatakan sedang susun rencana aksi untuk meredakan kekhawatiran investor. Pengawas perbankan pun batasi transaksi swap.

Mata uang Lira jatuh pada kekhawatiran atas Presiden Turki Tayyip Erdogan yang meningkatkan kontrol ekonomi dan memburuknya hubungan dengan Amerika Serikat (AS).

"Lira yang tertekan yang dimulai pada Mei sekarang terlihat pasti mendorong ekonomi Turki ke dalam resesi dan mungkin memicu krisis perbankan," ujar Ekonom Capital Economics, Andrew Kenningham.

Ia menambahkan, hal tersebut akan menjadi pukulan bagi aset emerging market atau negara berkembang.

Kenningham mencatat, produk domestik bruto (PDB) tahunan Turki sekitar USD 900 miliar atau hanya satu persen dari ekonomi global dan sedikit lebih kecil dari Belanda.

"Pasar saham Turki kurang dari dua persen dari ukuran pasar Inggris. Hanya 20 persen dipegang non-residen. Meski demikian, masalah Turki adalah angin lebih lanjut untuk euro dan bukan kabar baik untuk aset negara berkembang," ujar dia.

Terhadap dolar Amerika Serikat, euro sentuh posisi titik terendah sejak Juli 2017 di posisi USD 1,13700. Dolar Amerika Serikat (AS) melemah terhadap yen ke posisi 110,21. Akan tetapi, sedikit menguat terhadap sejumlah mata uang ke posisi 96,43.

Peso Argentina dan rand Afrika Selatan juga melemah terhadap dolar AS. "Risiko penularan terjadi di bank-bank Spanyol, Italia dan Prancis yang terkena utang mata uang asing Turki, Argentina, dan Afrika Selatan," tulis analis ANZ.

Di pasar komoditas, harga emas berada di posisi USD 1.208,21 per ounce. Sedangkan harga minyak Brent susut 14 sen menjadi USD 72,67 per barel. Sementara itu, minyak mentah AS naik dua sen menjadi USD 67,65.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MotoGP: Marquez Terima Kekalahan dengan Tangan Terbuka

Posted: 12 Aug 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Speilberg - Balapan paruh kedua MotoGP musim ini masih jadi misteri buat Marc Marquez. Dari dua balapan terakhir di Republik Ceko dan Austria, pembalap Repsol Honda ini selalu gagal berdiri gagah di podium pertama.

Marquez sebenarnya berpeluang mengamankan podium pertama di MotoGP Austria, Minggu (12/8/2018). Pasalnya, dia berhasil merebut pole position ke-49 sepanjang kariernya saat menjalani kualifikasi jelang balapan di Austria.

Marquez pun mencoba memacu kecepatan terbaiknya sejak awal balapan untuk menjaga jarak dari kejaran pembalap Ducati Corse: Andrea Dovizioso dan Jorge Lorenzo. Sayangnya, strategi pemilihan ban belakang keras menjadi penyebab dirinya kalah berduel dengan Lorenzo yang menggunakan ban medium di lap terakhir.

"Saya mulai dari awal untuk memacu kecepatan maksimal karena saya memiliki ban belakang keras yang memungkinkan untuk membuka celah dengan para pembalap lain. Pada satu saat saya pikir saya bisa," Marquez bercerita, seperti dikutip dari Motorsport, Senin (13/8/2018).

Marquez menambahkan, "Tapi kemudian, pembalap Ducati mulai mengejar saya karena seperti yang saya duga, ketika ban mengalami degradasi, perbedaannya terletak pada trek lurus. Lorenzo bisa menyalip saya."

Tidak Kecewa

Marc Marquez  (Vincent Jannink / ANP / AFP)

Kendati gagal podium, Marquez menegaskan dia tak kecewa dengan kekalahan itu. Pasalnya, dia masih menjaga keunggulan dari pesaing terdekatnya Valentino Rossi menjadi 59 poin yang finis di urutan keenam.

Sementara itu, Lorenzo yang memenangi balapan di Austria tertinggal 71 angka."Balapan ini saya nikmati. "Meskipun hanya berada di posisi kedua, saya telah memberikan segalanya," ujar Marquez.

Masih Teratas

Saat ini, Marquez, masih berada di posisi teratas klasemen MotoGP 2018. Total, dia meraih 201 poin.

"Saya menyadari bahwa mencoba untuk menang tidak mungkin tetapi kami meningkatkan keunggulan di kejuaraan dan saya sangat senang," ujarnya.

(David Permana)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Punya Legal Interest, Situs Web Prabowo dan Jokowi Bisa Dialihkan

Posted: 12 Aug 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kegiatan memperjualbelikan domain capres-cawapres untuk keuntungan semata bisa dianggap sebagai cyber squatting.

Apalagi, domain web prabowosandi.id dan jokowimaruf.id dibanderol hingga miliaran rupiah. Padahal, saat membeli sebuah domain.id di Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), hanya dibebankan biaya sebesar Rp 250 ribu.

Meski begitu, Ketua Umum PANDI Andi Budimansyah mengatakan, di PANDI pihaknya memiliki mekanisme dan panel untuk penyelesaian perselisihan nama domain.

"Setelah dia (pembuat domain capres-cawapres) membeli dan menjualnya untuk keuntungan, itu adalah sebuah iktikad yang kurang baik, tetapi di PANDI sesuai PP 82 kami memiliki mekanisme dan panel untuk penyelesaian perselisihan nama domain," kata Andi saat dihubungi Tekno Liputan6.com, Senin (13/8/2018).

Namun, menurut Andi, panel tersebut bersifat pasif. Artinya, panel baru mulai menyelesaikan perselisihan nama domain ketika mendapat laporan keberatan dari pihak yang memiliki kepentingan hukum atas domain Prabowo-Sandi atau Jokowi-Ma'ruf.

"Setelah mendapatkan laporan, panel akan menilai apakah pihak yang keberatan itu memiliki legal interest," katanya.

Pihak yang memiliki legal interest yang dimaksud, menurut Andi, bisa tim kampanye atau capres dan cawapres yang dimaksud.

Setelah perselisihan nama domain diselesaikan, PANDI bisa mengalihkan domain yang dimaksud ke pihak yang memiliki kepentingan hukum.

Proses Penyelesaian Pertikaian Nama Domain

Situs web Jokowi-Ma'ruf yang dijual Rp 2 miliar. (Foto: jokowimaruf.com)

"Sanksinya tidak ada, tapi domain yang dimaksud akan dialihkan ke yang punya kepentingan, karena kalau dihapus malah nanti bisa dipakai lagi untuk disalahgunakan," ujar Andi.

Menurut Andi, proses penyelesaian perselisihan nama domain bisa memakan waktu hingga tiga bulan.

"Karena harus diuji yang keberatan ini alasannya apa, siapa yang mengajukan, punya legal interest atau tidak, dan yang mengambil nama domain juga akan ditanya apa kepentingannya membuat nama domain yang dimaksud," kata Andi menjelaskan.

"Kalau memang si pembuat domain ini tidak memiliki kepentingan apa-apa, ya berarti hanya pedagang domain yang mencari keuntungan," tutur Andi.

Dia pun menyarankan kepada semua pihak untuk mendaftarkan nama domain segera sebelum mengumumkan sebuah ide. Tujuannya agar domain yang dimaksud tidak keburu diambil oleh pihak lain.

"Domain di era internet ini kan semakin penting, sehingga kalau punya ide segera didaftarkan," ujarnya.

Cyber Squatting

Ilustrasi Domain

Menurut Andi, membeli domain dari PANDI, kemudian menjualnya kembali dengan harga sangat tinggi bukanlah sebuah itikad yang baik dan disebut sebagai Cyber Squatter.

"Orang-orang ini (yang membuat dan menjual domain) tidak beriktikad baik. Mereka adalah orang yang mengambil sebuah domain, kemudian memperjualbelikan untuk kepentingannya sendiri, untuk mengambil keuntungan," lanjutnya.

Padahal, kata Andi, para pembuat domain ini bisa saja bukanlah orang yang memiliki legal interest dengan pasangan capres atau cawapres.

Sekadar diketahui, domain prabowosandi.id dan prabowosandi.com ditawarkan seharga Rp 1 miliar masing-masing. Sementara, domain jokowimaruf.id dan jokowimaruf.com dilego seharga Rp 2 miliar.

Padahal, menurut Andi, saat membeli domain .id dari PANDI, para pembeli hanya dikenai biaya biasa Rp 250 ribu.

Artinya, para pembuat domain berdasarkan pasangan capres-cawapres ini berupaya mengambil keuntungan dan memanfaatkan situasi politik yang ada.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Derby Romero Jadi Korban Tabrak Lari

Posted: 12 Aug 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Derby Romero baru saja mengalami kejadian yang tak menyenangkan di jalanan Jakarta. Bahkan, itu membuatnya marah.

Kala itu, Derby Romero berada di tengah kemacetan. Tiba-tiba mobilnya ditabrak oleh kendaraan lain.

Sialnya, pengendara mobil tersebut melarikan diri, tak bertanggung jawab atas perbuatannya. Itu yang membuat Derby Romero ngamuk.

Ia pun menumpahkan segala kekesalannya di Instagram Story, baru-baru ini. Derby Romero pun mengungkapkan nomor polisi mobil tersebut.

 

Minta Pertanggungjawaban

Eksklusif Derby Romero. (Foto: Bambang E. Ros/Bintang.com Digital Imaging: Nurman Abdul Hakim/Bintang.com Stylist: Indah Wulansari/Bintang.com MUA: @rezyandriati Lokasi: Aruba Resto)

Derby Romero pun menyebutkan nomor pelat mobil putih yang menabraknya dan minta pertanggungjawabannya.

"Coba buat yg barusan nabrak mobil gw saat macet dan kabur begitu saja di jl gaharu tolong bertanggung jawan atau kalau ada yg punya info mobil putih ber plat B1070KZN," tulisnya seperti dikutip kapanlagi.com.

 

Hobi Naik Motor

Derby Romero (Foto: Instagram)

Selain mobil, Derby Romero juga punya hobi mengendarai motor. Bahkan, tak jarang dirinya touring dengan kendaraan roda duanya tersebut.

Baru-baru ini, ia pun memamerkan motornya yang diparkir di depan Bunderan HI.(Wulan Noviarina/kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lupa Ditinggal Sang Kakek Selama 8 Jam di Mobil, Bayi 10 Bulan Meninggal

Posted: 12 Aug 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Majorca - Seorang bayi perempuan berumur 10 bulan dilaporkan meninggal di Majorca, Spanyol, setelah kakeknya meninggalkannya di kursi belakang mobil selama delapan jam, dalam suhu kabin hingga 30 derajat Celsius.

Polisi menanyai pria 56 tahun itu karena dicurigai melakukan pembunuhan, tetapi kemudian membebaskannya tanpa dakwaan, seraya menunggu pemeriksaan pengadilan yang sedang berlangsung.

Dikutip dari Independent.co.uk pada Minggu (12/8/2018), sang kakek mengatakan kepada petugas bahwa dia lupa tengah bersama cucunya ketika memarkirkan mobil pada Jumat 10 Agustus, sekitar pukul 7 waktu setempat.

Kepada polisi, ia mengaku memarkir mobilnya untuk membeli kopi, namun kemudian berpikir untuk menghabiskan beberapa waktu di sana.

Sang kakek mengaku kembali ke mobilnya sekitar pukul tiga waktu setempat.

Seorang dokter yang kebetulan lewat dan paramedis yang dipanggil ke tempat kejadian mencoba untuk menghidupkan kembali bayi, namun nahas, itu tidak dapat menyelamatkan nyawanya.

Menurut saksi mata, sang kakek terlihat sangat menyesal dan tidak berhenti menangis melihat cucunya meninggal.

Polisi mengonfirmasi pada Sabtu 11 Agustus, bahwa penyelidikan terhadap kematian bayi malang itu maish berlangsung, dan hakim lokal dikabarkan akan segera memutuskan apakah kasus tersebut akan berbuntut tuntutan hukum atau tidak.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Penyidikan Akan Terus Berlanjut

Tidak ada pelayanan khusus di dalam kabin mobil pengantar. (Herdi/Liputan6.com)

Bayi nahas itu disebut tertidur ketika sang kakek meninggalkannya di kursi belakang mobil di tepian jalan terbesar kedua di Majorca, Manacor.

Sang kakek sempat dilanda serangan kecemasan akut ketika tahu cucunya meninggal, sehingga harus dilarikan ke rumah sakit, sebelum ditanyai oleh polisi.

Belum diketahui ke mana sang kakek pergi setelah membeli kopi, dan karenanya penyidikan akan terus berjalan.

Laporan setempat mengatakan keluarga bayi malang tersebut berasal dari Son Macia, sebuah desa kecil dekat Manacor, yang memutuskan untuk menunda festival tahunan lokalnya setelah mengetahui tragedi itu.

Seorang kenalan dari kakek gadis itu mengatakan kepada sebuah surat kabar setempat: "Dia (terduga) orang yang sangat baik. Ini adalah tragedi yang mengerikan. Dia hancur. Dia sangat mencintai cucunya."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Gara-Gara Turis, Gereja 244 Tahun Hangus Terbakar

Posted: 12 Aug 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah gereja tua berusia 244 tahun di Rusia terbakar habis. Kebakaran diduga terjadi usai sekelompok turis melakukan kunjungan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 BUMN Resmikan Program Siswa Mengenal Nusantara 2018 di Yogyakarta dan Kalimantan Tengah

Posted: 12 Aug 2018 09:29 PM PDT

 

Liputan6.com, Yogyakarta Sebanyak enam perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melaksanakan pembukaan dan serah terima Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2018 Provinsi D.I. Yogyakarta dan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) pada Sabtu (11/8) malam lalu di Ruang Yudhistira, Mataram City Internasional Convention Center, Yogyakarta.

Enam BUMN terdiri dari PT Angkasa Pura I (Persero), PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, PT Reasuransi IndonesiaUtama (Persero) atau Indonesia Re, PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI), PT Asuransi Kredit Indonesia(Persero) atau Askrindo dan PT Danareksa (Persero). 

PT Angkasa Pura I, Garuda Indonesia, Indonesia Re, KBI dan Dinas Pendidikan, Pemuda & Olahraga Provinsi D.I. Yogyakarta melepas 23 Siswa berprestasi dari SMA/SMK/SLB sederajat, 2 guru teladan dan 2 guru pendamping siswa berkebutuhan khusus Provinsi D.I. Yogyakarta untuk mengikuti program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2018 ke Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Selama mengikuti Program SMN di Provinsi Kalteng, siswa asal Provinsi D.I. Yogyakarta akan diajak mengunjungi tempat-tempat bersejarah dan tempat wisata di kota Palangkaraya. Para siswa/i akan mengikuti pembelajaran mengenai Bela Negara bersama TNI, pelatihan mengenai E-Commerce, serta akan dibekali pelatihan rehabilitasi Orangutan bersama organisasi Borneo OrangutanSurvival Foundation (BOSF).

Pada program SMN 2018 ini, Angkasa Pura I sebagai BUMN Koordinator/PIC Provinsi D.I. Yogyakarta bersama Garuda Indonesia, Indonesia Re dan KBI sebagai BUMN CO. PIC menerima 23 Siswa berprestasi SMA/SMK/SLB sederajat, 2 guru teladan dan 3 guru pendamping siswa berkebutuhan khusus asal Provinsi Kalteng yang telah diseleksi dan dikirimkan oleh Askrindo dan Danareksa sebagai PIC pelaksanaan SMN di Provinsi Kalteng.

Para siswa/i diajak untuk mengenal BUMN PIC & CO. PIC Provinsi D.I. Yogyakarta, mengikuti pembelajaran mengenai Bela Negara bersama TNI AU Adisutjipto, mempelajari mengenai E-Commerce, mengikuti pelatihan penulisan jurnalistik serta mengunjungi tempat-tempat kebudayaan & bersejarah di Provinsi D.I. Yogyakarta.

Selain itu Angkasa Pura I, Indonesia Re, Garuda Indonesia dan KBI juga memberikan bantuan berupa buku bacaan kepada Perpustakaan SMA N 6 Yogyakarta dan Sanggar Anak Alam Yogyakarta. Para siswa SMN asal Provinsi Kalteng akan diajak pula berkontribusi terhadap pelestarian alam dan lingkungan hidup melalui pelepasan penyu di Pantai Pelangi, Kabupaten Bantul.

Direktur SDM & Umum Angkasa Pura I, Adi Nugroho mengatakan program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2018 terlaksana berkat adanya sinergi yang baik antar BUMN sekaligus komitmen bersama atas BUMN Hadir Untuk Negeri dalam aspek pendidikan bagi generasi muda.

"Melalui program SMN ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta serta kebanggaan dalam diri Siswa/i atas berbagai kekayaan budaya, alam, sejarah serta potensi-potensi daerah yang dimiliki oleh Indonesia dalam hal ini khususnya mengenai Provinsi D.I. Yogyakarta dan Provinsi Kalimantan Tengah," ujar Adi Nugroho.

 

Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2018

Kegiatan yang merupakan bagian dari BUMN Hadir Untuk Negeri ini dihadiri oleh Direktur SDM & Umum Angkasa Pura I Adi Nugroho, Direktur Utama KBI Fajar Wibhiyadi, Direktur KBI Agung Rihayanto, Direktur Danareksa Bondan Pristiwandana, General Reinsurance Customer Experience Management & Administration Division Head Indonesia Re Arie Surya Nugaraha, Genera lManager Garuda Indonesia Perwakilan Yogyakarta Jubi Prasetyo, Pimpinan Wilayah Jawa Tengah Askrindo I Putu Aprianto, General Manager Bandara Adisutjipto Yogyakarta Agus Pandu Purnama, Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Provinsi D.I. Yogyakarya Triwidiyatmoko dan Komandan Skadron Pendidikan (Danskadik) 104 Pangkalan TNI AU Adisutjipto Letkol Pnb. M. Sugiyanto.

"Semoga dengan kegiatan pertukaran antar siswa Provinsi D.I. Yogyakarta dan Provinsi Kalteng ini dapat menumbuhkan keakraban, rasa nasionalime yang tinggi serta menambah wawasan bagi para siswa," tambah Direktur Danareksa, Bondan Pristiwandana

Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Provinsi D.I. Yogyakarya Triwidiyatmoko mengapresiasi sinergi enam BUMN pada kegiatan SMN ini.

"SMN ini merupakan kegiatan yang sangat baik untuk generasi muda nusantara. Selamat menikmati kota Yogyakarta untuk para siswa/i asal Provinsi Kalteng. Selamat menjadi tamu yang baik kepada siswa/i Yogyakarta yang akan menuju Palangkaraya," ujar  Triwidiyatmoko.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

JK Akui Ditunjuk Jadi Dewan Penasihat Kampanye Jokowi-Ma’ruf

Posted: 12 Aug 2018 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) membenarkan dirinya ditunjuk sebagai ketua dewan penasihat kampanye pasangan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin. Hanya, keputusan tersebut belum resmi dia terima.

"Ya, saya mendengar, tapi saya belum diberikan resminya," kata JK usai jadi saksi sidang Peninjauan Kembali Jero Wacik di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (13/8/2018).

Sebagai dewan penasihat, kata JK, nantinya ia akan memberikan beberapa pandangan terkait kampanye yang akan disampaikan kepada pasangan Jokowi-Maruf Amin. Disinggung arah pandangan yang akan diberikan, JK masih enggan berkomentar.

"Ya nanti-lah kita lihat pandangan-pandangan seperti apa," ujar JK.

Hasil rapat bakal capres Jokowi dengan sembilan sekjen parpol koalisi merampungkan struktur tim pemenangan kampanye Pilpres 2019. Rapat tertutup itu juga memutuskan JK sebagai ketua tim dewan penasihat kampanye nasional bakal capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Pak JK jadi ketua tim dewan penasihat," kata Sekjen PKB Abdul Kadir Karding, di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (12/8/2018) malam.

Keputusan didapuknya JK sebagai ketua tim dewan penasihat kampanye nasional usai Jokowi bersama sembilan sekjen partai koalisi membahas hal tersebut selama hampir 60 menit. Namun, hasil dari rapat tersebut belum memberi mandat bahwa JK dipilih sebagai ketua tim kampanye nasional untuk Jokowi-Ma'ruf Amin.

Reporter: Yunita Amalia

Saksikan video pilihan dibawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Angkat Tema Asian Games, Jember Fashion Carnival 2018 Berlangsung Meriah

Posted: 12 Aug 2018 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Puncak acara Jember Fashion Carnival (JFC) 2018 yang berlangsung meriah mendapat pujian dari Menteri Pariwisata Arief Yahya. Mengususng tema "Asia Light", sajian karnaval sepanjang 3,6 km dengan melibatkan 2.500 peserta ini berhasil membius para penonton dan wisatawan yang hadir.

Terkait acara ini, Menteri Pariwisata Arief Yahya menurut informasi yang diterima Liputan6.com, Minggu (12/8/2018) mengatakan, tahun ini JFC sangat keren dan lebih bagus dari tahun sebelumnya, apalagi mengusung tema Asian Games. Hal ini menjadi trik bagus untuk meningkatkan kunjungan wisman, karena banyak juga delegasi dari luar Indonesia yang ikut serta.

 

Karnaval Terunik Dunia

Foto: Kementerian Pariwisata.

Lebih jauh Arief Yahya mengatakan, JFC merupakan garda terdepan bagi fashion carnaval di Indonesia, selain juga diperhitungkan di kancah internasional. Bahkan, JFC menempati posisi ke-4 sebagai karnaval terunik dunia setelah Mardi Grass di Amerika, Rio De Janeiro Brasil, dan The Fastnacht Jerman. Jember pun dinobatkan sebagai Kota Karnaval Terbaik Nasional 2017. Bahkan, kepopuleran JFC di Indonesia membuat pelaksanaan Jember Fashion Carnival 2018 ini menjadi trending topic nasional.

"Saat acara berlangsung JFC menjadi trending topic di social media, mengalahkan hashtag pilpres. Ini menjadi standar bagi berbagai karnaval di Indonesia," ungkap Arief Yahya.

Menurut Arief Yahya, keberhasilan JFC menjadi magnet bagi turis mancanegara mampu mendorong perkembangan pariwisata dan ekonomi masyarakat Jember.

"Ini bisa dilihat dengan penuhnya semua hotel yang ada di Jember saat perhelatan JFC. Bukan saja sektor perhotelan, tapi juga kuliner, suvenir, transportasi. Imbasnya, peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari pariwisata," kata Arief Yahya.

 

Menggaungkan Asian Games

Foto: Kementerian Pariwisata.

JFC 2018 sendiri menjadi meriah lantaran diikuti 10 defile yang merepresentasikan bangsa-bangsa di Asia, mulai dari Bian Lian (China), Babilonia Empire (Iraq), India, Kujang (Indonesia), Ottoman Empire (Turki), Saudi Arabia, Silla (Korea), Star, Thailand, dan Shogun (Jepang).

Terkait tema ini, Presiden Jember Fashion Carnival Dynand Fariz mengatakan, ini memang disesuaikan dengan perhelatan akbar Asian Games 2018.

"Kami ingin menambah gebrakan dari Asian Games 2018. Bukan hanya sekadar memeriahkan, tetapi memberikan kontribusi aktif untuk menggaungkan Asian Games," kata Dynand Fariz.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polytron Raih Dua Penghargaan Kualitas Pelayanan 2018

Posted: 12 Aug 2018 09:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Polytron meraih dua penghargaan atas kualitas pelayanan yaitu Service Quality Award 2018 untuk kategori Home Appliances dan Home Entertainment.

Terpercaya, handal dan memuaskan adalah simbol yang utama dalam kepuasan pelayanan terhadap pelanggan. Hal tersebut tentu saja dapat tercapai jika dilakukan dengan sunguh-sungguh. Belum lama ini di Jakarta,

Penghargaan yang diterima untuk kategori servis atau pelayanan ini adalah penghargaan tahunan yang diselenggarakan oleh majalah Marketing. Survei dilakukan dengan jumlah responden lebih dari 5000 orang yang tersebar di beberapa kota, yaitu Jakarta, Semarang, Surabaya dan Medan.

Chief Commercial Officer Polytron, Tekno Wibowo menyampaikan harapannya bahwa Polytron harus mampu bersaing di pasar dan harus memiliki daya saing kuat dengan memajukan pelayanan. "Tentu hal ini dapat tercapai jika didukung oleh sumber daya yang memiliki jiwa pelayanan dan infrastruktur yang mendukung," kata Tekno Wibowo dalam keterangan persnya. 

 Polytron selalu membenahi pelayanannya di segala bidang, mulai dari produk inovasi hingga after sales. Pada pelayanan after sales-nya kini telah mencapai lebih dari 60 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia.

Untuk layanan pendaftaran garansi dan permintaan kunjungan, Polytron juga memberikan kemudahan dengan membuka layanan melalui whatsap di nomor 085321005100. Jadinya, hal itu memudahkan konsumen untuk mendaftarkan garansinya dan berkomunikasi dengan tim teknisi.

Komitmen Polytron adalah memberikan pelayanan terbaik kepada setiap pelanggan, sehingga garansi lima tahun untuk TV LED makin diperluas. Saat ini layanan garansi lima tahun diberikan untuk televisi LED Polytron hingga berukuran 50 inci, yaitu mulai dari ukuran 20 inci, 22 inci, 24 inci, 32 inci, 39 inci, 43 inci, dan 50 inci.

Garansi ini meliputi garansi panel atau layar, garansi suku cadang, garansi jasa perbaikan, garansi remote control, dan garansi karena petir. Dan untuk produk tertentu, Polytron juga memberikan kemudahan dimana perbaikan ringan dapat ditunggu dengan waktu pengerjaan dan perbaikannya kisaran 30 - 60 menit.

Polytron sangat jeli melihat pasar AC di Indonesia, sehingga Polytron juga mengkampanyekan "Garansi Lebih Cepat Dingin atau Uang Kembali" hingga akhir tahun 2018 dalam program AC Neuva Ice. AC premium milik Polytron ini didesain sesuai dengan iklim tropis di Indonesia yang cenderung panas, karena dibekali teknologi High Efficiency Cooling Engine yang mampu mencapai suhu 18°C dalam waktu tujuh menit, yaitu proses pendinginan yang lebih cepat dari AC biasa.

Untuk penanganan AC secara umum, Polytron juga menerapkan layanan kunjungan kerumah dengan waktu 1 x 24 jam setelah pengaduan diterima, pelayanan ini diterapkan untuk wilayah tertentu di kota-kota besar di Indonesia.

Sedangkan untuk mesin cuci twin tube seri 'Primadona Samba', baru-baru ini Polytron juga melayangkan garansi tiga tahun untuk garansi komponen dan jasa perbaikannya.

 

 

(PR)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

70 Warga Negara Asing Sudah Diantar dari Gili-Gili ke Lombok

Posted: 12 Aug 2018 09:23 PM PDT

Liputan6.com, Lombok Pantauan Menteri Pariwisata, Arief Yahya, terhadap aktivitas Crisis Center Kementerian Pariwisata hingga Sabtu (11/9/2018) pukul 00.00 WIB atau 01.00 WITA, semakin memberikan kabar bahagia. Sejumlah 70 Warga Negara Asing (WNA) dari 19 negara yang telah dievakuasi sebelumnya sudah aman dan diantar dari Gili Gili ke Lombok.

"Memang masih ada 46 WNA yang memutuskan untuk tetap tinggal di Gili Gili atas keputusannya sendiri. Mereka memiliki dan menjaga properti miliknya, seperti vila, resort, resto, dive center, dan lainnya," ujarnya.

Adapun para WNA tersebut berasal dari Inggris (21), Australia (4), Swedia(3), Perancis (3), Amerika (2), Belanda (2), Jerman (2), Polandia, Finlandia, Austria, Tiongkok, Kanada, Spanyol, Afrika Selatan, Ukraina, dan Rusia.

Pihak Kemenpar bekerja sama dengan Polri dan TNI pun tetap memperhatikan keamanan di wilayah tiga Gili tersebut.

"Pengamanan seluruh amenitas dan objek vital di 3 Gili itu sudah dikawal oleh aparat pengamanan Polri dan TNI. Terima kasih Pak Kapolri dan Pak Panglima TNI, semoga mereka cepat recovery," ucap Arief.

Program pemulihan amenitas, menurut laporan Kadispar Provinsi NTB, Lalu M Faozal, juga sudah mulai dilaksanakan. Proses pemulihan diawali dengan fogging sampah.

Hotel-hotel di Lombok, lanjutnya, juga sudah mulai dibuka untuk para tamu pasca gempa. 

"Sembari merenovasi yang mengalami kerusakan kecil, sedang, yang rusak berat, sedang diverifikasi data oleh asuransi," kata Lalu.

Soal refund ticket pesawat bagi wisatawan yang reroute dan cancel penerbangan ke Lombok, juga sudah tertangani. Ketua Tim CC dan Karo Komblik Kemenpar, Guntur Sakti, mengatakan bahwa wisatawan yang membatalkan penerbangannya sudah mendapatkan penggantian, sesuai dengan peraturan Menteri Perhubungan dan maskapai.

"Tourist Information Center Bandara Lombok Praya (TIC LOP) juga tetap dibuka seperti biasa untuk memberikan layanan informasi kepariwisataan," ujarnya.

Sebagai informasi, tim SAR gabungan dari Basarnas, TNI, Polri, Kementerian ESDM, dan relawan masih menyisir dan melakukan evakuasi terhadap masyarakat korban gempa. Evakuasi korban terus dilakukan di warga.

Gubernur NTB, Muhammad Zainul Majdi, mengatakan bahwa dalam Ratas telah disepakati kalau proses rehabilitasi akan dimulai sambil proses tanggap darurat berjalan. Hal itu diawali dengan pembersihan bekas reruntuhan rumah mulai Senin (13/8/2018).

Masyarakat dapat memperoleh informasi lebih lanjut melalui Call Center Posko Tanggap Darurat Pulau Lombok di nomor 0853 3863 9789 dan 0859 6147 2837. Sementara itu, Call Center Pospenas POS Pendampingan Nasional BNPB melalui 0853 3365 6353.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebut Warganet Jelek, Rossa Mengaku Salah dan Minta Maaf

Posted: 12 Aug 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Adu mulut yang terjadi antara Rossa dan seorang warganet sempat heboh di Instagram. Berawal dari sebuah foto yang diunggahnya bersama Tasya Kamila, Rossa sempat disinggung sebagai 'Pendekawati' alias pendek oleh seorang warganet.

Tak tinggal diam, Rosa pun akhirnya membalas komentar tersebut dengan menyebut panggilan 'Jelekawati' alias jelek. Namun, tampaknya Rossa menyesal telah melakukan hal tersebut.

Lewat akun Instagramnya Rossa menggunggah sebuah permintaan maaf. Meski tak dimungkiri saat dia membalas komentar tersebut dia merasa jengkel karena disebut pendek.

Rossa pun tak menyangka komentar balasan dia terhadap warganet tersebut malah menjadi ramai. Dia pun merasa bersalah atas tindakannya tersebut.

 

Simak juga video berikut ini:

Jadikan Pelajaran

Rossa (Foto: Instagram/itsrossa910)

Bagi Rossa hal ini juga menjadi pembelajarannya untuk bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi. (Nur Ulfa/Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menag dan Rombongan Amirul Hajj Indonesia Tiba di Tanah Suci

Posted: 12 Aug 2018 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rombongan Amirul Hajj Indonesia yang dipimpin Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin tiba di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi, pada Sabtu, 11 Agustus 2018 sore waktu setempat.

Tak ingin menunggu, Lukman segera meninjau pelayanan dan penyambutan untuk jemaah calon haji dari kloter 83 Embarkasi Jakarta-Pondok Gede yang keluar melalui jalur fast track.

Lukman menilai pelayanan di Bandara Jeddah tahun ini tergolong lebih maju. "Kami saksikan pelayanannya sangat cepat dan kami berterima kasih atas kebijakan Kerajaan Arab Saudi tahun ini," ujar Lukman.

Ia juga menyempatkan menyapa para jemaah calon haji di bandara dan di bus yang hendak bertolak ke Makkah. Di dalam bus, Lukman menyampaikan keuntungan-keuntungan yang diterima jamaah tahun ini.

Tak lupa Lukman mendoakan kelancaran pelaksanaan ibadah haji para jemaah. Penghargaan juga diberikannya untuk para petugas haji Indonesia.

Lukman mengatakan, pelayanan haji sejauh ini berlangsung lancar. Kemenag belum menerima keluhan yang berarti dari jamaah.

" Ini berkat kerja keras para petugas. Mudah-mudahan lancar sampai akhir," jelas Lukman.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Perwakilan Amirul Hajj

Jemaah calon haji yang akan menjalani amalan tarwiyah harus mendapatkan izin dari Daker Makkah. (www.haji.dream.co.id)

Rombongan Amirul Hajj tahun ini kembali membawa sejumlah perwakilan dari ormas Islam. Antara lain Yahya Cholil Staquf dari PB Nahdlatul Ulama, Dadang Kahmad dari PP Muhammadiyah, Akhmad Sadeli Karim dari PB Mathla'ul Anwar, dan Ahmad B Muhammad Al Atas dari Daimi Rabithah Alawiyah.

Lalu ada pula Jeje Zainuddin dari Persis, Rusli Effendi dari Al Wasliyah, dan A Zaini Mawardi dari Jami'iyyah Ahlith Thoriqoh Mu'tabaroh Nahdliyah.

Selain itu, ikut serta juga Masjured Munawir dari Yayasan Pendidikan Islam Al Muttaqien dan Masduki Baidlowi dari MUI.

 

Laporan jurnalis Dream, Maulana Kautsar, dari Tanah Suci

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Timnas Indonesia U-23 Bekuk Taiwan, Evan Dimas: Jangan Cepat Puas

Posted: 12 Aug 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Bekasi - Timnas Indonesia U-23 meraih hasil sempurna pada laga perdana Grup A sepak bola putra Asian Games 2018. Melawan Taiwan di Stadion Patriot, Bekasi, Minggu (12/8/2018), Garuda Muda menang empat gol tanpa balas.

Awalnya, Timnas Indonesia U-23 harus mengakhiri babak pertama dengan hasil imbang tanpa gol. Meski mendominasi, begitu banyak peluang yang disia-siakan pemain seperti Stefano Lilipaly dan Alberto Goncalves yang memang fokus pada serangan.

Beruntung, mereka bisa memperbaiki penampilan di babak kedua. Hasilnya, empat gol didapat lewat Lilipaly di menit ke-67, ke-76, Beto ke-71, dan Muhammad Hargianto ke-90+3. Selain menyumbang dua gol, Lilipaly juga mencetak assist untuk gol Beto.

Berkat kemenangan ini, Timnas Indonesia U-23 menempel Palestina dari urutan kedua klasemen Grup A. Mereka hanya terpaut satu poin dari Palestina yang sudah meraih empat poin dan unggul selisih gol atas Hong Kong.

"Yang pasti Alhamdulillah ya. Tapi kami jangan cepat berpuas diri dulu, karena ini baru pertandingan pertama. Kami harus fokus pada pertandingan selanjutnya," ujar Evan Dimas yang bermain selama 67 menit sebelum digantikan Hargianto.

 

Perbaiki Kesalahan

Gelandang Timnas Indonesia, Evan Dimas, berusaha melewati pemain Taiwan pada laga Grup A Asian Games di Stadion Patriot, Jawa Barat, Minggu (12/8/2018). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Kemenangan itu tak lepas dari pergantian pemain yang dilakukan Luis Milla di babak kedua. Ia memasukkan Saddil Ramdani dan menarik Irfan Jaya. Terbukti, masuknya Saddil langsung mengubah ritme serangan Timnas U-23.

Selanjutnya, Timnas U-23 akan melakoni laga kedua Grup A dengan menghadapi Palestina di Stadion Patriot, Rabu (15/8/2018). Sejauh ini, Palestina juga belum terkalahkan setelah main 0-0 melawan Taiwan dan menang 2-1 atas Laos.

"Mungkin pelatih itu lebih tahu ya (soal apa yang harus diperbaiki saat melawan Palestina). Kalau untuk saya pribadi pastinya mengurangi kesalahan, khususnya foul di daerah sendiri," Evan Dimas menegaskan.

Klasemen Grup A

1. Palestina: 2 / 1 / 1 / 0 / 2 / 1 / +1 / 4

2. Indonesia: 1 / 1 / 0 / 0 / 4 / 0 / +4 / 3

3. Hong Kong: 1 / 1 / 0 / 0 / 3 / 1 / +2 / 3

4. Taiwan: 2 / 0 / 1 / 1 / 0 / 4 / -4 / 1

5. Laos: 2 / 0 / 0 / 2 / 2 / 5 / -3 / 0

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

ASDP Terapkan Pembayaran Nontunai untuk Pembelian Tiket Kapal

Posted: 12 Aug 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menerapkan sistem pembayaran nontunai dalam pembelian tiket Ferry dengan m‎enggunakan uang elektronik di Pelabuhak Merak, Bakauheni, Ketapang dan Gilimanuk mulai 15 Agustus 2018.

Dalam penerapan ini, ASDP bekerjasama dengan empat bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Hinbara), yaitu Bank Mandiri, BRI, BNI dan BTN.

Direktur Komersial ASDP Indonesia Ferry M Yusuf Hadi mengatakan, ‎layanan uang elektronik yang dapat digunakan adalah uang elektronik Brizzi dari BRI, Tap C‎ash dari BNI, E-Money dari Bank Mandiri, serta BLink dari BTN.

Untuk tahap awal, metode pembayaran ini berlaku bagi pengguna jasa pejalan kaki, kendaraan roda dua, dan kendaraan roda 4 kecil (golongan IV).

"Penerapan sistem pembayaran nontunai ini sebagai dukungan terhadap regulasi pemerintah terkait penyelenggaraan tiket angkutan penyeberangan secara elektronik atau Gerakan Nasional Nontunai (cashless)," ujar dia di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (13/8/2018).‎

Hadi mengungkapkan, penerapan sistem pembayaran nontunai ini sejalan dengan program transformasi digital yang t‎engah dilakukan ASDP. Hal ini bagian dari modernisasi industri penyeberangan di mana t‎erjadi perubahan yang signifikan, khususnya dalam pembelian tiket ferry yang sebelumnya d‎idominasi transaksi manual menjadi digital.

"Salah satu kebutuhan mendasar bagi ASDP adalah digitalisasi proses bisnis hampir di semua lini, termasuk penjualan tiket. Tentu kita butuh dukungan teknologi informasi yang kuat dalam menghadapi disruptive bisnis transportasi yang sedang menjadi tren, khususnya di transportasi darat, seperti halnya transportasi online. Hal inilah yang akhirnya mendorong ASDP untuk go-cashless secepatnya," lanjut dia.‎

 

Menambah Kenyamanan

Ilustrasi Foto Gesek Kartu Kredit (iStockphoto)

Dia menyatakan, pembayaran dengan uang elektronik memberikan kemudahan tidak hanya bagi pengguna jasa penyeberangan saja. Namun juga dapat dirasakan dari berbagai pihak yang berhubungan dengan alur bisnis perusahaan, baik dari operator pelayaran, Balai Pengeloka Transportasi Darat (BPTD), Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), Nahkoda, perusahaan asuransi, dan ASDP sendiri sebagai penggerak program uang elektronik tersebut. ‎

"Dengan metode pembayaran ini diharapkan dapat meminimalisir potensi kebocoran pendapatan penyeberangan, keakurasian manifest dan juga memudahkan pencatatan data transaksi keuangan menjadi lebih valid," tutur dia.‎‎

Penerapan layanan cashless diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan pengguna jasa dalam bertransaksi karena pembayaran akan lebih singkat dan transaksi dapat dilakukan dengan lebih aman.

Hingga Juni 2018, tercatat untuk jumlah penumpang pejalan kaki y‎ang dilayani ASDP mencapai 3.547.102 orang, roda dua mencapai 2.099.684 unit, dan roda ‎empat mencapai 1.122.688 unit. ‎

"Tentu kami menargetkan agar seluruh pengguna jasa kapal ferry, dapat menerapkan program cashless ini, sehingga dapat menikmati pembayaran tiket dengan lebih mudah, cepat, aman dan nyaman," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sambut Dirgahayu RI, Restoran Ini Sajikan Beragam Kuliner Nusantara

Posted: 12 Aug 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk memperingati HUT RI ke 73. Sebuah hotel berbintang di Jakarta, JW Marriott Hotel Jakarta pun turut memeriahkan hari Kemerdekaan Indonesia ke 73 dengan menggelar program AYO MAKAN. Ini menjadi bagian dari Indonesian Culinary Journery 2018 yang diselenggarakan Marriott International.

Di JW Marriott Hotel Jakarta sendiri akan menghadirkan ragam kuliner nusantara di Sailendra Restauran pada setiap Sabtu malam dan Minggu pada waktu brunch. Anda bisa mulai menikmati kuliner nusanara ini pada 11 Agustus hingga 9 September 2018.

Setiap minggunya, tim kuliner dari Sailendra Restaurant akan mengajak Anda menjelajahi kulier ke seluruh nusantara. Untuk itu, sajian kuliner yang disajikan pun akan berbeda setiap minggu sesuai dengan kuliner di wilayah yang diangkat dalam program ini.

 

Sajian dari lima daerah terbesar di Indonesia

JW Marriott Hotel Jakarta gelar AYO MAKAN semarakkan HUT RI ke 73 (Liputan6/Vinsensia Dianawanti)

Tim kuliner pun akan mengangkat kuliner dari lima wilayah terbesar di Indonesia. Di minggu pertama Anda akan mencicipi masakan Sumatra. Minggu kedua, sajian kuliner khas Jawa. Minggu ketiga akan disapa oleh sajian kuliner Bali & Lombok. Minggu keempat akan hadir sajian dari Kalimantan yang khas dengan makanan bakar. Dan Minggu kelima akan ditutup dengan makanan bercita rasa Sulawesi.

Tim Liputan6.com pun berkesempatan untuk mencicipi langsung masakan kuliner nusantara ini. Dari Sumatra, disajikan sate padang, pempek, dan bubur kampiun. Bubur kampiun sendiri terdiri dari bubur sumsum yang disajikan bersama ketan hitam, mutiara, dan pisang. Kemudian dari Jawa, disajikan gado-gado, bebek goreng kalasan, sup iga, dan nasi oncom. Sup iganya sendiri memiliki rasa lada yang cukup kuat.

Sementara kuliner dari Bali & Lombok disajikan Ebatan yang mirip seperti urap khas Lombok. Ini menjadi hidangan khas Sumbawa yang merupakan kampung halaman Executive Sous Chef Heri Purnama. Bedanya ebatan dan urap terletak pada jenis sayuran dan cara penyajiannya. Jika urap mencampur sayurnya dan kemudian bumbu kelapa. Sedangkan ebatan, dicampur dengan sistem layering di mana lapisan terbawah adalah campuran sayur, kemudian bumbu kelapa dan terakhir ditutup dengan sayur. Teknik ini dinilai akan membuat bumbu lebih tercampur merata.

Kemudian ikan bakar bumbu, ayam cincane, dan bubur pedas menjadi sajian khas Kalimantan. Terakhir, Anda akan disajikan kuliner khas Sulawesi berupa nasi cakalang, ayam rica-rica, dan klaapertaart sebagai hidangan penutup. Klaapertaart ini memiliki rasa yang begitu manis dengan tekstur gula pasir yang lembut.

 

Ragam potongan harga

JW Marriott Hotel Jakarta gelar AYO MAKAN semarakkan HUT RI ke 73 (Liputan6/pool/JW Marriott Hotel Jakarta)

Chef Heri Purnama bersama timnya akan menyajikan lebih dari 20 ragam makanan selama program ini berlangsung. Menurut Adeza Hamzah selaku Cluster Director of Marketing Communications of JW Marriott Hotel Jakarta & The Ritz Carlton Mega Kuningan, program AYO MAKAN menjadi program yang menyatukan berbagai hotel, koki, dan tamu di 32 merek properti Marriott di 10 kota di Indonesia.

"Program AYO MAKAN ini digelar oleh JW Marriott Hotel Jakarta untuk memeriahkan HUT RI ke 73. Semua hotel di bawah naungan Marriott International di Indonesia akan melaksanakan program ini secara serentak. Setiap hotelpun menyajikan hidangan Indonesia terbaiknya. JW Marriott Hotel Jakarta akan menggelar program ini di Sailendra Restaurant," ujar Adeza Hamzah.

Selain ragam kuliner nusantara, Sailendra Restaurant pun juga menawarkan ragam promosi untuk AYO MAKAN. Seperti potongan harga untuk kelompok sebanyak 19 orang sebesar 35 persen, 45 orang sebesar 40 persen, dan 73 orang sebesar 45 persen. Bagi Anda yang membawa serta anak Anda, Anda pun berkesempatan untuk mendapatkan potongan harga di Kidzania Jakarta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Terima Surat Kepercayaan dari 8 Dubes Luar Biasa

Posted: 12 Aug 2018 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menggelar upacara penerimaan surat kepercayaan dari delapan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) dari negara sahabat, designate resident dan designate non resident untuk Republik Indonesia. Acara ini digelar di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (13/8/2018).

Pantauan di lokasi, penyerahan surat kepercayaan tersebut diawali dengan prosesi kedatangan duta besar negara sahabat ke halaman depan Istana Merdeka. Perwakilan negara sahabat datang secara bergantian.

Prosesi kedatangan dipimpin langsung oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dengan membawa bendera dan menyanyikan lagu kebangsaan masing-masing negara.

Setelah itu, delapan duta besar tersebut menuju ruang tunggu di Istana Merdeka, sebelum menuju ruang kredensial untuk menyerahkan surat kepercayaan kepada Jokowi.

Setelah penyerahan surat selesai, para duta besar langsung diarahkan menuju beranda belakang Istana Merdeka atau veranda talk untuk beramah-tamah.

Pada kesempatan ini, Jokowi didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Penyerahan surat kepercayaan ini menandai dimulainya penugasan resmi dari para duta besar tersebut di Indonesia.

8 Duta Besar

Berikut delapan Duta Besar negara sahabat yang diterima Presiden Jokowi:

1. Ulugbek Rozukulov, Duta Besar LBBP Designate Resident Republik Uzbekistan untuk Republik Indonesia beserta spouse.

2. Songphol Sukchan, Duta Besar LBBP Designate Resident Kerajaan Thailand untuk Republik Indonesia beserta spouse.

3. Pham Vinh Quang, Duta Besar LBBP Designate Resident Republik Sosialis Vietnam untuk Republik Indonesia.

4. Dziunik Aghajanian, Duta Besar LBBP Designate Resident Republik Armenia untuk Republik Indonesia.

5. Abdul Salik Khan, Duta Besar LBBP Designate Resident Republik Islam Pakistan untuk Republik Indonesia beserta Spouse.

6. Lee Hiong Tan Wee, Duta Besar LBBP Designate Resident Republik Filipina untuk Republik Indonesia beserta Spouse.

7. David Goldwin Pollard, Duta Besar LBBP Designate Non Resident Republik Kooperatif Guyana untuk Republik Indonesia.

8. Stella Budiriganya, Duta Besar LBBP Designate Non Resident Republik Burundi untuk Republik Indonesia, berkedudukan di New Delhi, India.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Otak Penembakan Penjaringan yang Tewaskan Herdi Sibolga Ditangkap

Posted: 12 Aug 2018 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jajaran Subdit Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya berhasil menangkap otak pelaku pembunuhan terhadap Herdi Sibolga (45). Pria nahas itu tewas ditembak di kawasan Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara, beberapa waktu lalu.

"Iya benar (tersangka AX telah ditangkap)," kata Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Jerry Siagian, Senin (13/8/2018).

Ia masih enggan membeberkan kronologi atas penangkapan pelaku. Informasi lebih lanjut, kata dia, akan disampaikan dalam rilis kasus oleh Polda Metro Jaya.

"Hari ini jika enggak ada halangan nanti kita rilis," kata Jerry.

Sebelumnya, empat pelaku yang terlibat dalam penembakan Herdi Sibolga (45) berinisial AS (41), JS (36), PWT (32), dan SM (41)lebih dulu ditangkap. Pembunuhan sadis ini dilatarbelakangi pesaingan bisnis.

Peristiwa ini terjadi pada Jumat (20/7/2018) malam usai korban pulang kantor. Herdi yang merupakan karyawan salah satu perusahan yang mengurus perizinan kapal ditembak oleh orang tidak dikenal.

Setelah menembak, pelaku kabur dengan menggunakan sepeda motor. Dari pemeriksaan saksi-saksi, pelaku yang diduga dua orang tersebut salah satu pelaku yang dibonceng memiliki ciri-ciri rambut cepak. Selain itu, pihak kepolisian juga mengamankan barang bukti berupa selonsong peluru di lokasi kejadian.

Reporter: Ronald 

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Cara Olahraga Pengaruhi Kesehatan Kulit

Posted: 12 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Anda senang berolahraga? Ada yang merasakan olahraga membuat kulit wajahnya lebih bersinar, tapi ada juga yang mengeluh sejak olahraga wajahnya jadi berjerawat. Apakah olahraga memengaruhi kondisi kulit?

Beberapa Ahli Dermatologi berbicara tentang pengaruh olahraga ke kulit kita seperti dilansir Self, Senin (13/8/2018).

1. Kulit bercahaya itu nyata

Kulit bercahaya usai olahraga itu nyata. Apa sebabnya? Ketika denyut jantung meningkat, pembuluh darah mulai melebar (vasodilasi) untuk memompa lebih banyak darah ke seluruh tubuh Anda.

"Ketika Anda berolahraga, darah Anda memompa lebih banyak, yang meningkatkan sirkulasi oksigen dan nutrisi di seluruh tubuh Anda, termasuk kulit Anda dan pada akhirnya mengarah pada bersinar pasca-latihan," kata dokter kulit Yoon-Soo Cindy Bae, M.D., kepada Self.

Efeknya ini bertahan sekitar satu jam, tapi kalau terlalu panas dan berkeringat bisa memperburuk kondisi kulit.

Rajani Katta, M.D., profesor klinis dermatologi di University of Texas Houston McGovern Medical School, mengatakan ada penelitian menarik yang mengatakan bahwa olahraga mengubah jumlah kolagen di kulit. Kolagen ini yang menyediakan kerangka yang kuat, tapi fleksibel untuk kulit dan memberikan efek pantulan kembali.

"Dalam sebuah penelitian, mereka menempatkan orang dewasa yang tidak aktif dalam program bersepeda tiga bulan, dan setelah itu ada tingkat kolagen yang lebih tinggi di kulit."

Meski begitu, jangan menganggap olahragarutin akan menghilangkan kerutan. Meskipun olahraga terbukti bermanfaat untuk bagian tubuh lainnya, kulit adalah yang paling sedikit diteliti. Jadi, berolahragalah untuk mendapatkan kekuatan dan kesehatan mental dan kesenangan — dan jika kulit Anda terlihat lebih kencang, itu hanya bonus.

2. Terlalu panas dan berkeringat dapat memperburuk kondisi kulit

Anda yang berkulit sensitif perlu memperhatikan ini. Sebaiknya berolahraga jangan di tempat yang terlalu panas, atau masalah di kulit Anda semakin buruk.

Katta mengatakan kondisi terlalu panas dan berkeringat selama latihan dapat membuat mereka yang memiliki kulit sensitif tambah iritasi.

"Salah satu pemicu rosacea adalah suhu tubuh yang meningkat selama latihan. Anda perlu menjaga suhu tubuh tetap stabil," kata Katta.

Katta mencontohkan, Anda yang suka joging di luar rumah tengah hari sebaiknya berpindah tempat dengan joging di dalam ruangan, dengan menggunakan treadmill sambil menyalakan kipas angin, serta memakai handuk.

"Mereka dengan eksim juga harus mencoba untuk menjaga suhu tubuh inti rendah."

Bersihkan badan usai olahraga

Apabila Anda memiliki kulit sensitif, eksim, atau jerawat, penting juga untuk sesegera mungkin membersihkan badan setelah berolahraga. (Foto: iStockphoto)

3. Segera bersihkan badan usai olahraga

Apabila Anda memiliki kulit sensitif, eksim, atau jerawat, penting juga untuk sesegera mungkin membersihkan badan setelah berolahraga.

Berkeringat dengan riasan, duduk di mobil setelah gym tanpa mandi, dan tetap mengenakan bra olahraga berkeringat selama berjam-jam setelah kelas, dapat menyebabkan jerawat atau membuat kulit Anda gatal dan tidak nyaman.

Bae merekomendasikan mandi dengan mencuci dengan sabun yang bahannya lembut seperti Cetaphil Ultra Gentle Soothing Body Wash setelah latihan, untuk membersihkan keringat dan kotoran di kulit Anda sebelum menyumbat pori-pori atau mengiritasi.

Kalau Anda memiliki jerawat dan di tempat gym tidak tersedia shower atau wastafel, bawalah tisu dengan bahan utama asam salisilat atau benzoyl peroxide, seperti Proactiv Clear Zone Body Pads.

Bae juga merekomendasikan penggunaan perawatan retinoid seperti Differin Gel untuk mengobati jerawat dan mencegah jerawat di kemudian hari. Tisu berbahan aktif sebenarnya enggak masalah untuk kulit sensitif, tapi hentikan pemakaian jika membuat iritasi dan bicarakan ke dokter kulit sebelum menggunakan obat yang mengandung retinol.

Bae menyadari, berolahraga mungkin bisa memperburuk kondisi kulit. Namun bukan berarti Anda enggak boleh berolahraga. Berolahraga lebih bermanfaat untuk kesehatan ketimbang masalah kulit.

"Saya pendukung besar latihan, karena dapat membantu mengurangi stres, yang merupakan pemicu umum lain untuk kondisi kulit," kata Bae.

4. Berkeringat bikin jerawat makin buruk

Kondisi ini terjadi apabila Anda memiliki kebiasaan buruk sebelum dan sesudah berolahraga. Katta mengatakan, jadi bukan karena berolahraga, Anda berjerawat.

Apabila Anda memiliki kulit yang rentan jerawat, pastikan untuk membersihkan riasan Anda sebelum berolahraga. Atau, setidaknya, kenakan produk rias wajah yang tidak komsogenik (yang tidak akan menyumbat pori-pori). 

 

Saksikan juga video berikut ini:

Pengaruhi kulit kepala

Keramas setelah setiap olahraga tidak selalu memungkinkan.  (iStockphoto)

5. Pengaruh keringat ke kulit kepala

Keramas setelah setiap latihan tidak selalu memungkinkan. Tapi, tak keramas bisa menyebabkan ketombe muncul atau memburuk.

"Dengan tidak mencuci dengan benar, keringat dapat menyebabkan terbentuknya jamur dan kemudian mengarah pada perkembangan ketombe dan iritasi," kata Bae.

Ragi ini yang menyebabkan ketombe, malassezia furfur, tumbuh subur di kulit kepala berminyak.

6. Kulit paha ruam

Pelari tentu mengenal Thigh chafing alias selangkangan lecet. Paha yang sama-sama bergesekan bisa menyebabkan iritasi dan ruam. Sebaiknya Anda mengenakan celana pendek biker yang lebih panjang saat berlari.

Anda juga dapat menggunakan stik anti-gesekan seperti Body Glide Anti-Chafing Stick, yang akan meminimalkan gesekan dan juga melembapkan area tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Galaxy Note 9 Dibongkar, Ini Penampakan Jeroannya

Posted: 12 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Baru empat hari dirilis, sudah ada yang membongkar flagship smartphone Samsung Galaxy Note 9. Mereka yang melakukan pembongkaran terhadap Galaxy Note 9 adalah sejumlah orang dari Rusia.

Setelah dibongkar, orang-orang ini membandingkan komponen-komponen yang dipakai Samsung untuk Galaxy Note 9 dan pendahulunya, Galaxy Note 8.

Berdasarkan pengumuman yang dilakukan, Galaxy Note 9 diketahui mengusung kapasitas baterai yang lebih besar dibandingkan dengan Galaxy Note seri sebelumnya.

Oleh karena itu, model baterai baru ini sudah seharusnya lebih makan tempat dibandingkan baterai milik Note 8.

Penampakan Galaxy Note 9 saat dibongkar (Foto: GSM Arena)

Dari hasil pembongkaran, sebagaimana dikutip GSM Arena, Senin (13/8/2018), keduanya memiliki ukuran yang cukup serupa.

Namun, Samsung menerapkan sirkuit yang lain di Galaxy Note 9 untuk mengakomodasi baterai yang lebih besar.

Selanjutnya, dari pembongkaran juga diketahui tempat menyimpan S Pen di Galaxy Note 9 dibuat lebih kokoh sehingga kecil kemungkinan perangkat stylus ini mengalami kerusakan.

Perbandingan housing S Pen di Galaxy Note 9 dan Galaxy Note 8 (Foto: GSM Arena)

Selain itu, port USB-C nya lebih mudah diganti, juga lebih murah, lantaran seluruh motherboard atau papan sirkuit tak perlu dilepas saat ingin mengganti port USB tipe C.

Papan sirkuit Galaxy Note 9 pun lebih kecil dibandingkan milik Galaxy Note 9. Sementara secara ukuran, speaker Galaxy Note 9 lebih besar sehingga akan mampu menghasilkan suara yang lebih baik dan lebih kencang.

Teknologi untuk Atasi Panas

Samsung Galaxy Note 9. Liputan6.com/Agustinus Mario Damar

Hal menarik lainnya mengenai Galaxy Note 9 adalah konstruksi internal berupa lempeng tembaga besar yang dipakai untuk mengusir panas.

Sementara, lempeng tembaga di smartphone kelas flagship pada umumnya memiliki ukuran tipis.

Dengan tebalnya lempeng tembaga, artinya Galaxy Note 9 akan mudah meredam panas dari kinerja prosesornya. Pada gilirannya, kinerja berat pada smartphone pun tidak akan cepat membuat bodi panas.

Lempeng tembaga penahan panas di Galaxy Note 9 dan Galaxy Note 8 (Foto: GSM Arena)

Secara keseluruhan, bagian dalam Galaxy Note 9 sangat berbeda dengan Galaxy Note 8 kendati penampilan luarnya sangat mirip.

Selain itu, ada perbaikan yang lebih baik, termasuk biaya penggantian beberapa komponen yang lebih rendah jika dibandingkan dengan pendahulunya.

Komponen papan sirkuit di Galaxy Note 9 (Foto: GSM Arena)

Sayang, meskipun jadi keunggulan utama, layar lengsung milik Galaxy Note 9 tetap menjadi kelemahan utama sebab dibutuhkan biaya yang sangat mahal untuk melakukan penggatian layar saat smartphone pecah.

Spesifikasi Lengkap Galaxy Note 9

Tampak bagian bawah Samsung Galaxy Note 9. Liputan6.com/ Aditya Eka Prawira

Sebelumnya, Samsung meluncurkan smartphone terbarunya, Galaxy Note 9 di New York, Amerika Serikat.

Sebagai otak utama dari smartphone ini, Samsung membenamkan chipset Snapdragon 845 dengan dua opsi RAM, 6GB dan 8GB. Samsung menjanjikan pengalaman penggunaan yang mulus hingga kemampuan mengunduh yang lebih cepat.

Memiliki layar 6,4 inci, Galaxy Note 9 menjadi model smartphone Infinity Display terbesar dari Samsung saat ini. Samsung menghadirkan dua pilihan memori, yakni 128GB dan 512GB.

Sama seperti rumor yang beredar sebelumnya, Galaxy Note 9 mampu mendukung kapasitas memori hingga 1TB. Hal itu dimungkinkan dengan kombinasi antara perangkat varian memori internal 512GB yang ditambah microsD Samsung berukuran sama.

Kapasitas baterai juga menjadi perhatian Samsung untuk perangkat ini. Perusahaan asal Korea Selatan itu menjanjikan daya tahan seharian dengan baterai berkapasitas 4.000mAh.

Dari sektor kamera, Galaxy Note 9 memiliki kamera utama ganda yang masing-masing beresoluasi 12MP. Keduanya memiliki aperture berbeda, f/2.4 dan f/1.5, untuk menangkap gambar dalam beragam kondisi pencahayaan.

Tidak hanya itu, Samsung juga menyertakan kemampuan intelligent camera di Galaxy Note 9. Kamera utama perangkat ini mampu mengenali 20 scene berbeda dan melakukan pengaturan untuk mampu menghasilkan gambar terbaik.

Sementara kebutuhan selfie diserahkan pada kamera depan beresolusi 8MP dengan aperture f/1.7. Tidak lupa, S Pen turut memperbarui kemampuan S Pen yang kini dibekali dengan bluetooth.

Koneksi Samsung Dex untuk penggunaan layaknya komputer pun kian ditingkatkan. Kali ini, tidak diperlukan dock khusus seperti Samsung Dex sebelumnya, melainkan hanya adapter biasa yang dapat langsung dihubungkan ke monitor.

Galaxy Note 8 sudah menjalankan Android 8.1 Oreo. Samsung menghadirkan empat opsi warna untuk perangkat ini, yaitu Metallic Copper, Lavender Purple, Midnight Black, Ocean Blue.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kalahkan Taiwan, Evan Dimas Minta Timnas Indonesia U-23 Fokus Laga Selanjutnya

Posted: 12 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-23 meraih hasil sempurna pada laga perdana Grup A sepak bola putra Asian Games 2018. Melawan Taiwan di Stadion Patriot, Bekasi, Minggu (12/8/2018), Garuda Muda menang empat gol tanpa balas.

Awalnya, Timnas Indonesia U-23 harus mengakhiri babak pertama dengan hasil imbang tanpa gol. Meski mendominasi, begitu banyak peluang yang disia-siakan pemain seperti Stefano Lilipaly dan Alberto Goncalves yang memang fokus pada serangan.

Beruntung, mereka bisa memperbaiki penampilan di babak kedua. Hasilnya, empat gol didapat lewat Lilipaly di menit ke-67, ke-76, Beto ke-71, dan Muhammad Hargianto ke-90+3. Selain menyumbang dua gol, Lilipaly juga mencetak assist untuk gol Beto.

Berkat kemenangan ini, Timnas Indonesia U-23 menempel Palestina dari urutan kedua klasemen Grup A. Mereka hanya terpaut satu poin dari Palestina yang sudah meraih empat poin dan unggul selisih gol atas Hong Kong.

"Yang pasti Alhamdulillah ya. Tapi kami jangan cepat berpuas diri dulu, karena ini baru pertandingan pertama. Kami harus fokus pada pertandingan selanjutnya," ujar Evan Dimas yang bermain selama 67 menit sebelum digantikan Hargianto.

 

Perbaiki Kesalahan

Kemenangan itu tak lepas dari pergantian pemain yang dilakukan Luis Milla di babak kedua. Ia memasukkan Saddil Ramdani dan menarik Irfan Jaya. Terbukti, masuknya Saddil langsung mengubah ritme serangan Timnas U-23.

Selanjutnya, Timnas U-23 akan melakoni laga kedua Grup A dengan menghadapi Palestina di Stadion Patriot, Rabu (15/8/2018). Sejauh ini, Palestina juga belum terkalahkan setelah main 0-0 melawan Taiwan dan menang 2-1 atas Laos.

"Mungkin pelatih itu lebih tahu ya (soal apa yang harus diperbaiki saat melawan Palestina). Kalau untuk saya pribadi pastinya mengurangi kesalahan, khususnya foul di daerah sendiri," Evan Dimas menegaskan.

Klasemen Grup A

1. Palestina: 2 / 1 / 1 / 0 / 2 / 1 / +1 / 4

2. Indonesia: 1 / 1 / 0 / 0 / 4 / 0 / +4 / 3

3. Hong Kong: 1 / 1 / 0 / 0 / 3 / 1 / +2 / 3

4. Taiwan: 2 / 0 / 1 / 1 / 0 / 4 / -4 / 1

5. Laos: 2 / 0 / 0 / 2 / 2 / 5 / -3 / 0

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ahmad Heryawan Tarik Diri dari Pencalonan DPR

Posted: 12 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung Gubernur Jawa Barat dua periode, Ahmad Heryawan, menyatakan mundur dari pencalonan legislatif DPR RI pada Pileg 2019. Hal itu dibenarkan Sekretaris DPW PKS Jabar, Abdul Hadi Wijaya.

"Yang sudah terkonfirmasi penarikan Beliau dari pencalonan anggota Dewan. Tentang penugasan yang seperti ini ada tim khusus dan itu penanggung jawabnya ada di DPP PKS," kata Abdul Hadi saat dihubungi, Senin (13/8/2018).

Hadi mengatakan, keputusan pria yang karib disapa Aher itu untuk mundur sebagai caleg sudah disampaikan ke Komisi Pemilihan Umum per tanggal 31 Juli 2018.

Ketika ditanyakan amanah apa yang diberikan kepada Aher dari DPP PKS, Abdul Hadi mengatakan, tidak mengetahui tentang hal tersebut.

"Ya itu kan yang sama-sama belum kita tanya apa. Di kita sudah menjadi semacam kebiasaan yang seperti itu di level wilayahnya menunggu instruksi," ucapnya.

Namun, menyikapi kabar terkait munculnya nama Aher sebagai pengganti Sandiaga Uno di kursi Wakil Gubernur DKI Jakarta, Abdul Hadi menyatakan belum mengetahuinya. Sandiaga sendiri maju sebagai calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto.

"Kalau secara kapabilitas pasti beliau mumpuni. Namun, apakah penugasannya seperti apa saya tidak tahu ya," ujar Abdul Hadi.

Ia pun menegaskan tidak ada permintaan khusus dari PKS untuk mendampingi Anies Baswedan ke depan di Jakarta.

"Sama sekali tidak ada minta-minta atau lobi-lobi, yang ada memberi masukan lalu diperintahkan kita jalankan. Dengan begitu jadi enak, enggak ada beban ke depannya," jelasnya.

Selain itu, DPW PKS juga menyatakan siap menerima apa pun penugasan dari PKS pusat.

"Kami siap apa pun diperintahkan akan dijalankan," ujarnya.

Seperti diketahui, Aher diproyeksikan sebagai calon legislatif untuk DPR RI dari PKS. Mantan Gubernur Jawa Barat bertarung memperebutkan kursi DPR RI di daerah pemilihan (Dapil) Jabar II, Kabupaten Bandung.

Hal itu diketahui saat Ketua DPW PKS Jabar, Nur Supriyanto, saat mendaftarkan berkas bakal calon legislatif (Bacaleg) PKS di KPU Jabar pada Selasa (17/6/2018) lalu.

Sejauh ini, belum ada nama yang menggantikan Aher dalam Pileg 2019. Meski begitu, istri Aher, Netty Prasetyani, dan anak sulungnya, Khobbab Heryawan, tetap maju menjadi salah satu nama yang maju sebagai calon anggota dewan legislatif.

Aher pun sebelumnya masuk ke dalam bursa cawapres dari internal PKS. Namun, ia tidak terpilih setelah elite PKS bersama partai koalisinya memutuskan mengusung Prabowo-Sandiaga Uno sebagai pasangan calon presiden.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sekolah Darurat untuk Anak Korban Gempa Lombok Segera Disiapkan

Posted: 12 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Malang - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan segera menyiapkam sekolah darurat di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Agar anak -anak korban gempa bumi di daerah itu bisa kembali belajar meski di kelas-kelas darurat di dalam tenda penampungan sementara.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan, anak – anak korban gempa bumi di Lombok harus dipastikan tetap belajar. Serta ada trauma healing atau pemulihan trauma pada para siswa itu agar kembali nyaman belajar.

"Ruang kelas darurat juga segera disiapkan. Tentu juga ada pendampingan pemulihan trauma," kata Muhadjir usai menghadiri pidato kebangsaan PP Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Malang, Minggu, 12 Agustus 2018.

Total 534 sekolah di Lombok rusak ringan sampai berat di Lombok. Untuk jangka panjangnya, pembangunan sekolah rusak akan diurus Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Termasuk perbaikan rumah para guru yang turut rusak terdampak gempa bumi.

Muhadjir mengatakan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan harus memastikan siswa tetap belajar meski di kelas darurat. Selain menyiapkan kelas darurat, kebutuhan para siswa seperti buku dan seragam segera dikirim dari Jakarta.

"Bila perlu akan ada guru dari luar daerah untuk diperbantukan sementara, membantu para guru yang masih trauma mengajar," ujar Muhadjir.

Mata Pelajaran Bencana

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy (Liputan6.com/Zainul Arifin

Indonesia secara geografis berada di ujung pergerakan tiga lempeng dunia yakni eurasia, indo-australia dan pasifik. Menyebabkan gempa bumi berpotensi tak hanya terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Selain itu, banjir, gunung berapi, tsunami sampai longsor juga mengancam.

Meski demikian, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyebut pendidikan penanggulangan bencana sudah masuk kurikulum sekolah. Meski demikian, pemahaman tentang kebencanaan tak harus jadi mata pelajaran tersendiri.

"Sudah masuk di kurikulum sekolah dan kita prioritaskan di daerah rawan bencana," kata Muhajdir.

Kurikulum penanggulangan bencana diprioritaskan di daerah rawan bencana. Di daerah rawan, gedung sekolah juga sudah menerapkan bangunan antigempa seperti Yogjakarta, Nusa Tenggara Timur dan daerah lainnya. Meski penerapan kurikulum kebencanaan belum berjalan maksimal.

Muhadjir mencontohkan, di Jepang yang juga negara rawan bencana siswanya dilatih sejak dini bagaimana menghadapi situasi bencana. Tapi tak jadi pelajaran khusus tentang kebencanaan. Di Indonesia pun tak perlu memasukkan penanggulangan bencana sebagai mata pelajaran.

"Tak perlu dijadikan mata pelajaran. Kasihan siswa karena sekarang sudah terlalu banyak pelajaran," ujar Muhadjir.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Selebrasi Pemain Barcelona Raih Piala Super Spanyol

Posted: 12 Aug 2018 09:00 PM PDT

Gelandang Barcelona, Ousmane Dembele berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Sevilla dalam Piala Super Spanyol di Tangier, Maroko, (13/8). Barcelona meraih gelar ke-13 di Piala Super Spanyol terbanyak ketimbang tim lain. (AP Photo/Mosa'ab Elshamy)

Gelandang Barcelona, Ousmane Dembele berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Sevilla dalam Piala Super Spanyol di Tangier, Maroko, (13/8). Barcelona meraih gelar ke-13 di Piala Super Spanyol terbanyak ketimbang tim lain. (AP Photo/Mosa'ab Elshamy)

Penyerang Barcelona, Lionel Messi membawa Piala Super Spanyol usai mengalahkan Sevilla di Tangier, Maroko, (13/8). Barcelona meraih gelar ke-13 di Piala Super Spanyol terbanyak ketimbang tim lain. (AP Photo/Mosa'ab Elshamy)

Penyerang Barcelona, Lionel Messi membawa Piala Super Spanyol usai mengalahkan Sevilla di Tangier, Maroko, (13/8). Barcelona meraih gelar ke-13 di Piala Super Spanyol terbanyak ketimbang tim lain. (AP Photo/Mosa'ab Elshamy)

Gelandang Barcelona, Philippe Coutinho menggiring bola dari kawalan gelandang Sevilla pada pertandingan  Piala Super Spanyol di Tangier, Maroko, (13/8). Barcelona berhasil mengalahkan Sevilla dengan skor 2-1. (AP Photo/Mosa'ab Elshamy)

Gelandang Barcelona, Philippe Coutinho menggiring bola dari kawalan gelandang Sevilla pada pertandingan Piala Super Spanyol di Tangier, Maroko, (13/8). Barcelona berhasil mengalahkan Sevilla dengan skor 2-1. (AP Photo/Mosa'ab Elshamy)

Bek Barcelona, Gerard Pique berselebrasi bersama rekan-rekannya usai mencetak gol ke gawang Sevilla dalam pertandingan Piala Super Spanyol di Tangier, Maroko, (13/8). Barcelona berhasil mengalahkan Sevilla dengan skor 2-1. (AP Photo/Mosa'ab Elshamy)

Bek Barcelona, Gerard Pique berselebrasi bersama rekan-rekannya usai mencetak gol ke gawang Sevilla dalam pertandingan Piala Super Spanyol di Tangier, Maroko, (13/8). Barcelona berhasil mengalahkan Sevilla dengan skor 2-1. (AP Photo/Mosa'ab Elshamy)

Pemain Sevilla, Pablo Sarabia berselebrasi usai mencetak gol ke  gawang Barcelona pada pertandingan Piala Super Spanyol di Tangier, Maroko, (13/8). Barcelona berhasil mengalahkan Sevilla dengan skor 2-1. (AP Photo/Mosa'ab Elshamy)

Pemain Sevilla, Pablo Sarabia berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Barcelona pada pertandingan Piala Super Spanyol di Tangier, Maroko, (13/8). Barcelona berhasil mengalahkan Sevilla dengan skor 2-1. (AP Photo/Mosa'ab Elshamy)

Pemain Barcelona Lionel Messi, Luis Suarez dan Sergio Busquets melihat Piala Super Spanyol usai pertandingan melawan Sevilla di Tangier, Maroko, (13/8). Barcelona berhasil mengalahkan Sevilla dengan skor 2-1. (AP Photo/Mosa'ab Elshamy)

Pemain Barcelona Lionel Messi, Luis Suarez dan Sergio Busquets melihat Piala Super Spanyol usai pertandingan melawan Sevilla di Tangier, Maroko, (13/8). Barcelona berhasil mengalahkan Sevilla dengan skor 2-1. (AP Photo/Mosa'ab Elshamy)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PM Israel Ingin Gencatan Senjata dengan Hamas di Gaza

Posted: 12 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Tel Aviv - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menginginkan "gencatan senjata penuh" dengan Hamas, organisasi perjuangan kemerdekaan Palestina yang menjadi penguasa de facto Jalur Gaza, menyusul meruncingnya konflik antara kedua belah pihak selama beberapa waktu terakhir.

Hal itu disampaikan Netanyahu pada Minggu, 12 Agustus 2018, beberapa saat sebelum dia memulai rapat kabinet.

Menggarisbawahi meruncingnya konflik di area perbatasan Israel-Gaza, Netanyahu berkomentar, "Kita berada di tengah kampanye melawan teror (Hamas) di Gaza. Telah terjadi sejumlah aksi balas-membalas serangan, dan ini tidak akan berhenti."

Menyikapi hal tersebut, Netanyahu mengatakan, "Tuntutan kami jelas," ujarnya. Dia kemudian melanjutkan, "Gencatan senjata penuh (dengan Hamas)." Demikian seperti dikutip dari The Jerusalem Post, Senin (13/8/2018).

"Tujuan kami adalah untuk mengembalikan perdamaian bagi para penduduk di selatan (Israel) dan wilayah sekitarnya (yang berbatasan dengan Gaza). Tujuan ini akan digapai secara penuh," dia menambahkan.

Prakarsa gencatan senjata itu muncul setelah rangkaian aksi balas-membalas serangan udara terbaru yang dilakukan oleh Hamas dan Israel pada Rabu hingga Kamis, 8-9 Agustus 2018 --menewaskan tiga orang, termasuk seorang anak dan ibu hamil.

Lebih dari 150 titik di Gaza, Palestina, menjadi sasaran serangan udara militer Israel sejak Rabu malam, 8 Agustus 2018. Sementara...

Hamas mengklaim bahwa gencatan senjata itu telah dicapai pada pertengahan pekan lalu, berkat langkah diplomatik Mesir dan komunitas internasional. Kendati demikian, pihak Israel menyanggah telah menyepakati gencatan senjata dengan pihak Hamas yang dimediasi oleh Mesir pada pertengahan pekan lalu --hingga akhirnya hal tersebut benar-benar dibahas oleh kabinet Netanyahu pada 12 Agustus. Demikian seperti dikutip dari Haaretz.

Di tengah simpang-siur mengenai kabar gencatan senjata itu, sejak Kamis hingga akhir pekan ini, tak ada laporan mengenai serangan udara yang dilancarkan oleh Hamas maupun Israel --walaupun ada beberapa kabar mengenai drone Israeli Defense Forces (IDF) yang terbang di wilayah Gaza demi menyisir potensi "ancaman", menurut pihak IDF.

Meski tak ada serangan udara, demonstrasi rutin warga Gaza di perbatasan Israel per hari Jumat, tetap digelar. Menurut kabar, hal itu dilaksanakan sebagai bentuk protes atas serangan misil Israel pada Rabu malam lalu. Demonstrasi Jumat, 10 Agustus lalu menewaskan tiga pria Palestina dan sekitar 130 orang terluka.

Mereka yang meninggal dalam demonstrasi Jumat, 10 Agustus lalu menjadikan angka orang Palestina yang tewas bertambah hingga setidaknya 168 jiwa. Sebagian besar tewas akibat bentrokan berdarah "The Great March of Return" yang rutin digelar di perbatasan Gaza-Israel pada Jumat setiap pekan sejak Maret 2018. Sementara sisanya, tewas akibat serangan udara Israel.

Berbulan-bulan ketegangan akibat protes dan bentrokan di sepanjang perbatasan Gaza, telah menimbulkan kekhawatiran akan perang keempat antara Israel dengan Hamas Palestina --yang mana konflik bersenjata terbuka terjadi terakhir kali pada 2008.

 

Simak video pilihan berikut:

Upaya Diplomatik untuk Meredam Konflik

Pelayat membawa jasad paramedis Palestina Abdullah al-Qutati di Rafah, Jalur Gaza, Sabtu (11/8). Pemuda 21 tahun itu meninggal setelah ditembak tentara Israel. (AP Photo/Khalil Hamra)

Mesir dan PBB, sejauh ini terus mengejar upaya menuju gencatan senjata permanen, yang akan mencakup rekonsiliasi dari faksi Hamas dan Fatah (penguasa de facto Tepi Barat Palestina, atau Palestinian Authority, yang diakui internasional), serta paket ekonomi untuk rehabilitasi Gaza.

Negeri Piramida itu berharap untuk mengadakan pembicaraan terpisah pekan ini di Kairo dengan Hamas dan perwakilan Fatah sebagai bagian dari desakan untuk mempengaruhi Hamas untuk menyerahkan kendali atas Jalur Gaza kepada Otoritas Palestina.

Di lain pihak, Nickolay Mladenov, utusan PBB untuk konflik Timur Tengah yang telah berusaha untuk menegosiasikan gencatan senjata jangka panjang antara Israel dan Hamas, mengatakan "sangat khawatir" dan menyerukan kepada semua pihak untuk "melangkah mundur dari tepi jurang" --isyarat agar mereka menahan diri.

"Selama berbulan-bulan saya telah memperingatkan bahwa krisis kemanusiaan, keamanan dan politik di Gaza berisiko memicu konflik, dan menghancurkan yang tidak diinginkan," katanya dalam sebuah pernyataan.

"Upaya kolektif kami telah mencegah situasi meledak sampai sekarang. Jika eskalasi saat ini tidak segera berhenti, situasi dapat dengan cepat memburuk dengan konsekuensi yang menghancurkan bagi semua orang."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Istri Eza Gionino Sebut Rumah Tangganya Penuh Cobaan

Posted: 12 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hampir sebulan Eza Gionino dan Meiza Aulia alias Echa membangun rumah tangga. Echa masih tidak menyangka dirinya kini sudah memiliki status baru sebagai seorang istri.

"Alhamdulillah, masih ga nyangka sekarang sudah menikah dan menjadi seorang istri," kata Echa di Instagram pribadinya, Senin (13/8/2018).

Namun, pernikahan Eza Gionino dan Echa tidak seperti pasangan pengantin baru pada umumnya. Menurut Echa, rumah tangganya yang baru seumur jagung ini penuh perjuangan.

"Hari demi hari dilewati, perjuangan dan cobaan yang begitu besar hingga kesabaran," tulis istri Eza Gionino tersebut.

Konflik dengan Ibu

Meiza Aulia, Istri dari Eza Gionino. (Foto: instagram.com/ma_coritha)

Seperti diketahui, pernikahan ini diwarnai perseteruan antara Eza Gionino dengan ibundanya, Ruch Gaya. Ibunda Eza dengan tegas menyatakan tidak memberikan restu kepada putranya dan Echa.

Ibu tujuh anak itu merasa Echa bukanlah wanita yang tepat untuk Eza Gionino. Namun aktor 28 tahun itu tetap nekat menikahi Echa.

Ruch Gaya tak kuasa meluapkan kemarahannya setelah tahu putranya menikah diam-diam. "Sekarang saya bukan siapa-siapa lagi. Dan saya tidak menganggap dia anak saya lagi. Sampai mati pun tidak ada restu dari saya," katanya.

Istri Berbakti

Eza Gionino dan Echa resmi menikah [foto: instagram/ma_coritha]

Namun, hal ini tampaknya tidak menjadi beban tersendiri bagi Echa. Tentu saja karena ada Eza Gionino, pria baik yang membuat Echa terdorong untuk menjadi seorang istri yang berbakti.

"Ketulusan dan keikhlasan mu yang besar membuat aku semakin kagum, inshallah aku pasti akan menjadi istri yang baik dan berbakti denganmu ya syg," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Belum Sebulan, LRT Palembang Mogok 3 Kali

Posted: 12 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta LRT Palembang kembali jadi sorotan publik. Belum sebulan beroperasi, LRT Palembang sudah tiga kali mogok saat berjalan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga 1: MU Tempel Persib Bandung

Posted: 12 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Madura United (MU) menempel ketat Persib Bandung di tabel klasemen sementara Liga 1. Itu berkat kemenangan 2-1 atas Sriwijaya FC, Sabtu (11/8/2018) pada pekan ke-20 Liga 1.

Berkat kemenangan itu, MU mengoleksi 33 poin. Fabiano Beltrame dan kawan-kawan kini hanya tertinggal dua poin dari Persib yang ada di puncak klasemen Liga 1.

MU menang berkat gol Zah Rahan dan Mamadou Samassa. Sementara, gol hiburan Sriwijaya dicetak lewat Alan Henrique lewat titik penalti.

Namun demikian, MU tak boleh lengah. Pasalnya, mereka berpotensi disalip Bali United yang mengoleksi 32 poin dan duduk di peringkat ketiga.

 

 

Persija Turun

Persija Jakarta (Media Persija

Di sisi lain, Persija Jakarta harus rela turun ke peringkat keenam klasemen. Macan Kemayoran -julukan Persija- hanya meraih satu poin saat ditahan imbang PSMS Medan, 0-0.

Sementara itu, PS Tira, PSIS Semarang dan PSMS ternyata belum mampu keluar dari zona degradasi. Ketiganya berturut-turut ada di peringakt ke-16, 17, dan 18.

Berikut Klasemen Liga 1 pekan ke-20

Klasemen Liga 1 13 Agustus 2018

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: