Sabtu, 18 Agustus 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Asian Games: Pertama Kali, Sepak Takraw Gunakan Teknologi Canggih

Posted: 18 Aug 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Asian Games cabang olahraga sepak takraw bakal berlangsung mulai Minggu (19/8/2018). Sebanyak 15 negara bakal berebut meraih gelar medali emas.

Tahun ini, untuk pertama kalinya sejak 50 tahun, sepak takraw berjalan resmi menggunakan teknologi "Challenge" dengan kamera pengawas laga pada perhelatan Asian Games 2018, yang bertujuan menjamin kualitas pertandingan.

"Pranata baru ini diharapkan menjadi sebuah terobosan baru dalam perkembangan olahraga ini, dan ini akan menjadi pertama di dunia yang akan disiarkan secara langsung," ujar Presiden Asian Sepaktakraw Federation (ASTAF) Dato Abdul Kadir bin Kader di Palembang, Minggu.

Dato Abdul Kadir menjelaskan, pranata "Challenge" ini akan memberikan kesempatan kepada pelatih dan manager tim untuk memberikan protes apabila terdapat hal-hal yang dianggap merugikan saat pertandingan berlangsung.

Caranya dengan melakukan panggilan "Challenge" guna mengetahui apakah bola masuk atau tidak atau bola berada di garis baseline depan atau belakang dengan menggunakan teknologi kamera pengawas selama Asian Games.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Bantuan Juru Ahli

Dalam menilai keabsahannya, akan dibantu oleh juru ahli yang netral untuk menentukan keputusan dengan melihat rekaman gambar dan bukan melalui keputusan wasit.

Untuk mendukung penerapan pranata ini, ASTAF akan menggunakan sebanyak 24 kamera yang tersebar di setiap sudut arena dengan kecepatan mencapai 100 frame per detik dan dibantu pula dengan teknologi canggih lainnya yang akan dipakai dalam menunjang pranata tersebut.

 

Lebih Adil

Penerapan pranata tersebut diharapkan nantinya pertandingan sepak takraw akan lebih terbuka dan adil, serta menjunjung semangat "fair play" di lapangan dan mencegah sejumlah insiden protes penentuan masuk atau tidaknya bola tidak terulang kembali.

Dengan itu diharapkan semua pihak dapat menerima keputusan yang dibuat dengan melihat kejadian yang sebenarnya melalui pranata yang diterapkan tersebut. (Ant)

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gomez: Upacara Pembukaan Asian Games 2018 Kelas Dunia

Posted: 18 Aug 2018 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Pelatih Persib, Mario Gomez tak ketinggalan untuk menyaksikan upacara pembukaan Asian Games 2018. Pelatih asal Argentina itu pun kagum dengan acara yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (18/8/2018).

Upacara pembukaan Asian Games 2018 memang berjalan sangat megah dan meriah. Selain defile kontingen, upacara ini juga diisi ragam tarian dan penampilan menarik dari artis terbaik tanah air.

Tak heran upacara pembukaan Asian Games 2018 pun menjadi hiburan tersendiri bagi yang menyaksikannya. Baik yang datang langsung ke SUGBK atau menonton dari layar kaca.

"Saya menonton hingga selesai dan sangat menikmatinya. Sungguh sangat luar biasa," kata Gomez seperti dilansir laman resmi Persib.

"Saya pikir ini salah satu pesta pembukaan yang terbaik di dunia. Pertunjukan yang ada sangat berkelas," katanya menambahkan.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Jadi Motivasi

Penari membawakan tarian tradisional dari berbagai daerah saat pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8). (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Eks asisten pelatih Valencia itu pun berharap meriahnya upacara pembukaan Asian Games 2018 bisa berdampak untuk atlet Indonesia.

"Saya melihat sesuatu bertaraf dunia semalam. Sekarang saatnya untuk para atlet menunjukkan diri ke tingkat dunia," ujar Gomez.

"Mereka harus yakin karena bermain di rumah sendiri. Indonesia pasti berprestasi di Asian Games 2018," ucap Gomez.

Bangga Indonesia

Penari membawakan drama kolosal masa kejayaan Majapahit saat pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8). (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Gomez yang juga pernah tinggal di Malaysia juga ingin masyarakat Indonesia semakin cinta dengan negaranya.

"Seharusnya mereka bahagia karena negara ini begitu kaya khususnya kesenian dan kebudayaannya," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Bulu Tangkis Beregu Putri Asian Games 2018 Indonesia Vs Hong Kong

Posted: 18 Aug 2018 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tim beregu putri bulu tangkis Indonesia akan turun bertanding di Asian Games 2018 hari ini, Minggu (19/8/2018). Ujian pertama tim beregu putri bulutangkis Indonesia adalah Hong Kong. 

Sesuai hasil undian Asian Games di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (16/8/2018), tim putri Indonesia ada di pool atas, bersama Hong Kong, Jepang, India dan Korea.

Pertandingan beregu bulu tangkis di Asian Games 2018 akan dilangsungkan pada 19-22 Agustus 2018 di Istora Senayan, Jakarta.

Laga bulu tangkis beregu putri Asian Games 2018 ini bisa disaksikan melalui live streaming mulai pukul 14.00 WIB.

Dapatkan link live streaming beregu putri bulu tangkis Asian Games 2018 antara Indonesia melawan Taiwan di halaman berikut:

 

Link

banner heboh persiapan Asian Games (Liputan6.com/Triyasni)

Untuk link Live Streaming SCTV Bulu tangkis Beregu Putri Indonesia vs Hong Kong di Sepak Bola Asian Games 2018 silakan klik di sini....

Daftar Pemain

Beregu Putri:

1. Fitriani

2. Gregoria Mariska Tunjung

3. Ruselli Hartawan

4. Greysia Polii

5. Apriyani Rahayu

6. Della Destiara Haris

7. Rizki Amelia Pradipta

8. Ni Ketut Mahadewi Istarani

9. Liliyana Natsir

10. Debby Susanto

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Freeport Keruk 210 Kg Emas dalam Sehari

Posted: 18 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Tembagapura PT Freeport Indonesia tengah menyiapkan transisi produksi dari Tambang Grasberg Open Pit ke tambang bawah tanah. Kapasitas produksi tambang Freeport saat ini sekitar 210 ribu ore per hari.

Produksi akhir Freeport ore inilah yang kemudian akan diolah menjadi konsentrat. Konsentrat ini kemudian diekspor dan sebagian dikirim ke smelter di Gresik, Jawa Timur.

Senior Manager Mill Concentrating PT Freeport Indonesia, Eko Purnomo menjelaskan jika dalam konsentrat tersebut memiliki kandungan tembaga, emas dan perak. Hanya tiga komoditas ini yang memiliki nilai ekonomis.

Adapun tiap galian ore yang dilakukan Freeport memiliki total kandungan emas 210 kg. "Jadi setiap hari kita mampu produksi ore itu sekitar 210 ribu ton dengan kapasitas terpasang kita 240 ribu ton. Di setiap 1 ton ore itu ada kandungan emas sekitar 1 gram," kata dia di Tembagapura, Minggu (19/8/2018).

Dari 210 ribu ton ore yang diproduksi sehari, hanya menghasilkan sekitar 6.000 ton konsentrat. Konsentrat ini yang kemudian dikapalkan dan menjadi produk akhir dari Freeport.

Untuk pengapalan, dari 6.000 ton hasil konsentrat, 40 persen dikirim ke smelter di Gresik dan sisanya masuk ke pasar ekspor.

Smelter yang berlokasi di Gresik hanya mampu memisahkan kandungan tembaga untuk kemudian masuk proses hilirisasi. Sementara kandungan emas dan perak akan diekspor ke Jepang.

Tidak hanya itu, selain konsentrat, produk lain dari Freeport adalah limbah tambang yang dinamakan Tailing. Tailing ini saat ini dialirkan melalui sungai yang memiliki muara di laut. Tailing buangan Freeport sebenarnya masih memiliki kandungan emas.

"Jadi setiap 1 ton tailing yang kita buang itu memiliki kandungan emas 0,1 persen," tegasnya.

Disinilah yang menyebabkan banyak penambang-penambang liar pada sungai yang dialiri buangan tailing Freeport. Per hari perusahaan ini membuang sekitar 240-250 ribu ton tailing. 

 

 

* Update Terkini Asian Games 2018. Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini

Freeport Jamin Tak Ada PHK Karyawan Saat Tambang Grasberg Tutup di 2019

Tambang Grasberg PT Freeport Indonesia. Foto: Liputan6.com/Ilyas Istianur P

PT Freeport Indonesia akan mengakhiri aktifitas penambangan di tambang Open Pit Grasberg pada 2019. Bahkan diperkirakan pada akhir 2018, cadangan di tambang ini sudah habis. Feeport pun akan bertransisi ke tambang bawah tanah.

Memang, dalam masa transisi ini produksi Freeport akan menurun. Namun hal itu hanya bersifat sementara. Karena cadangan ore di dalam tambang Grasberg bawah tanah saat ini mencapai 1,9 miliar ton.

Kepala Teknik Tambang PT Freeport Indonesia Zulkifli Lambali mengatakan, sebenarnya masa transisi sudah dilakukan sejak 2017. Hanya saja, proses itu membutuhkan waktu 1-2 tahun.

Dia juga menegaskan dalam masa transisi ini tidak akan mengurangi karyawannya. Saat ini, pekerja organik Freeport yang masih menambang di Grasberg Open Pit sebanyak 426 orang.

"Orang-orang ini nantinya akan kita training untuk bisa bekerja di underground. Jadi tidak akan ada pengurangan SDM kita," tegaa Zulfikri di Grasberg, Tembagapura, Sabtu (18/8/2018).

Dengan cadangan yang mencapai 1,9 miliar juta ton tersebut, dikatakan Zulfikri akan membutuhkan SDM yang cukup besar. Saat ini pegawai Freeport sendiri mencapai lebih dari 28 ribu orang, dimana sekitar 12 ribu orang bekerja di tambang bawah tanah.

Dijelaskannya, saat ini produksi Freeport sebesar 75 juta ton per tahun. Tahun depan, saat transisi, produksi akan anjlok ke 45 juta ton dengan tambang yang berproduksi yaitu tambang Big Gossn dan Deep Ore Zone (DOZ).

Saat berbarengan, Freeport juga tengah membangun fasilitas penambangan di bawah tanah untuk berproduksi di tambang Grasberg Block Cave dan Deep Mill Level Zone (DMLZ).

Dengan prediksi dua tambang ini bisa berproduksi tahun depan maka produksi pada 2020 akan menjadi 58 juta ton per tahun. 

Kemudian naik di 2021 menjadi 68 juta ton per tahun dan pada 2022 akan kembali berproduksi dengan kapasitas seperti saat ini, yaitu 75 juta ton per tahun.

"Karena di GBC itu cadangan kita ada sekitar 936 juta ton di GBC dan 430 juta di DMLZ," tambah doa.

Jika tambang Grasberg Open Pit nanti tak lagi beroperasi, Freeport ingin menjadikan lokasi ini sebagai wisata tambang dan pusat penelitian. 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berkah Idul Adha, Anggota Polisi Ini 'Nyambi' Jualan Domba Garut

Posted: 18 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Garut - Sebuah laken hitam, topi khas yang biasa dipakai peternak domba Garut, Jawa Barat, tampak melingkar di kepalanya. Dengan santai dan riang, beberapa kali penjual domba ini, hilir mudik mengamati deretan domba kurban dagangannya.

Begitulah polah, Aripin (34) penjual domba musiman Idul Adha yang mangkal di sekitar bahu jalan pertigaan Pasir Muncang, Kecamatan Tarogong Kaler, Garut, Jawa Barat.

Sejatinya, ia adalah anggota polisi aktif yang bertugas di Polres Garut, tetapi sejak 2007 lalu, di sela-sela waktu luangnya. Anggota berpangkat Brigadir Kepala (Bripka) ini, rajin berjualan hewan kurban menjelang datangnya momen Idul Adha.

"Saya paling jualan sepekan sebelum lebaran sampai tasrek (11,12,13 Zulhijah)," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di lokasi jualannya, Sabtu, 18 Agustus 2018.

Bagi dia, momen Idul Adha memberikan berkah ganda yang bisa digunakan meraih keuntungan. Selain mampu menjual hewan peliharaannya dalam jumlah banyak, dia juga bisa mengasah naluri bisnisnya yang diperoleh secara otodidak itu.

"Kebetulan ayah peternak domba, jadi hitung-hitung bantu menjual lah," ujar dia bangga, bisa membantu orangtuanya.

Meskipun hanya 10 hari, sebuah kesempatan yang terbilang singkat saat musim panen jualan domba berlangsung, tetapi dia bersyukur mampu menjual hingga 30 ekor domba Garut. "Paling banyak masih didominasi pembeli lokal, tapi kadang dari luar (kota) juga ada," kata dia.

Bagi masyarakat, domba Garut adalah hewan ikon, rasanya sulit memisahkan identitas hewan yang satu ini dari kebiasaan masyarakat kota Intan. Tak ayal, musim Idul Adha datang, panen jualan domba pun ikut dirasakan.

Selain melayani penjualan ritel secara langsung di tempat, Ipin, panggilan akrab teman-teman anggota polres Garut kepada dirinya, mengaku siap melayani pembelian melalui online.

"Kadang ada yang pesan, namun tidak bisa datang ke sini, ya kami layani diantar ke lokasi, asal masih sekitar Garut kota, kami siap antar," papar dia sambil tersenyum ramah.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Pola Ternak 'Ngagaduh'

Deretan domba  Garut jelang Idul Adha (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Ipin mengaku, selain menjual hewan kurban hasil ternak bapaknya, ia selalu menyimpan ternak domba di beberapa peternak domba binaannya. "Istilahnya ngagaduh, nanti hasil keuntungannya dibagi dua dengan peternak," kata dia.

Ia sengaja memilih domba bakalan berusia di atas satu tahun, selanjutnya hewan herbivora itu dititip di beberapa peternak hingga satu tahun ke depan, atau tepat saat musim kurban berlangsung.

"Tapi kadang ada juga yang hanya beberapa bulan, asal sudah memenuhi syarat kurban kita jual," ungkapnya.

Untuk mendapatkan domba bakalan pilihan, tak jarang ia harus turun langsung ke petani, termasuk beberapa pasar domba tradisional di Garut. "Ada pasar Wanaraja, ada pasar Bayongbong, yang penting bibit bagus harga terjangkau," kata dia.

Dengan pola seperti itu, ia mengaku keuntungan yang diperolehnya cukup besar dari satu ekor domba yang dijual. "Kadang beli bakalan Rp 1,5 juta, kita jual Rp 2,5 juta, lumayan lah," ujarnya sambil tersenyum.

Ia berharap di tengah harga seekor sapi yang terus meroket, kehadiran domba Garut, bisa menjadi alternatif bagi masyarakat yang ingin berkurban.

Prioritas Melayani Masyarakat

Efan, membantu  Bripka  Saripin menjual domba 9Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Dibesarkan dalam keluarga yang taat beragama, Ipin kecil memang bercita-cita menjadi seorang polisi tulen, Korp Bhayangkara seakan menjadi prioritas dalam benak hidupnya.

"Makanya kalau ada panggilan mendadak piket, saya tinggalin saja jualan (domba) gantian sama adik saya," kata dia.

Baginya melayani masyarakat dengan baju seragam cokelat, adalah pilihan hidup, sehingga terkadang jualan domba pun harus ia sampingkan.

"Kadang sama adik, atau jika adik saya juga masuk, ya ayah yang gantikan (jualan)," ujar dia sambil mengenalkan Efan Mustakim, sang adik, pegawai honorer Dinas Pergubungan Garut.

Setali mata uang, Efan mengaku berjualan domba saat momen Idul Adha adalah kesempatan emas untuk menjual sebanyak mungkin domba peliharaannya.

Selain harganya yang terbilang terjangkau berkisar Rp 2,5 sampai Rp 4,5 juta per ekor, juga mampu memberikan keuntungan yang cukup menggiurkan. "Lumayan sambil ngisi waktu jika kosong piket," kata dia.

Meskipun minat warga terhadap domba masih tinggi, tetapi sesekali ia pun menawarkan sapi dan kerbau sebagai hewan pilihan warga. "Ada sekitar beberapa sapi dan kerbau yang kami siapkan," ungkap dia.

Bahkan, ia tak sungkan mengajak para abdi negara dan masyarakat lainnya yang belum berkurban, untuk segera melaksanakan kurban. "Mumpung masih ada waktu, yang butuh hewan kurban tolong kabari, kami siap melayani," ujar dia sambil tersenyum.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Alasan untuk Melirik All New Honda Brio

Posted: 18 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - All new Honda Brio diperkenalkan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 lalu. Perubahannya terbilang cukup signifikan pada bagian eksterior. Honda mengklaim ubahan tersebut menyesuaikan dengan masukan dari konsumen maupun calon konsumen di Indonesia. Kalau mempertimbangkan untuk meminang Brio baru, bisa lihat lima alasan ini.

1. Dimensi

Dimensi jadi salah satu nilai penting yang dibawa pada Brio terbaru. Tak cuma dari bodi yang lebih panjang, jarak sumbu roda juga direnggangkan. Hasilnya kabin lebih lapang, baris kedua dan bagasi lebih lega. Ini menjadi nilai lebih bagi keluarga kecil yang ingin membeli Brio. Pasalnya, keluarga kecil juga jadi target pasar Brio, selain dari kawula muda. Kereta dorong bayi dan koper besar bisa muat di bagasi.

2. Desain

Sejak kelahirannya di 2012 silam, desain Brio tak banyak berubah. Nah, pada generasi baru Brio, punya desain lebih segar. Memang, kembali ke selera masing-masing, tapi dari wajahnya yang mirip sang kakak Mobilio, Brio bisa dibilang sebagai mobil baru. Desain kaca belakang besar yang mirip Civic Wonder berganti tailgate biasa dengan ukuran kaca disesuaikan.

3. Kualitas

Mayoritas kualitas ditingkatkan. Diklaim kadar Noise, harshness, dan vibration sudah lebih baik. Jok juga lebih tebal dan empuk, khususnya pada Brio Satya. Pada varian RS headrest sudah bisa diatur, tak lagi menyatu dengan kursi. Untuk Satya cuma baris belakang yang headrestnya bisa diatur. Berbicara Satya, pada generasi baru Brio ini perbedaannya tak signifikan dengan RS. Jadi meski masuk LCGC, kualitas Honda Brio Satya masih bisa dibanggakan.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

4. Nama

Nama Brio sudah sangat tersohor di Indonesia. Apalagi ditambah nama besar Honda, dengan jaringan dealer yang menyebar luas. Nama itu, jadi jaminan kalau Brio terbaru masih layak dipinang. Besar kemungkinan nasibnya serupa dengan Brio lawas, Jazz dan HR-V, yang harga jual kembalinya masih terbilang tinggi.

5. Irit

Mesin dan transmisi all new Brio memang tak berubah dari model lawas. Tapi pasti ada penyesuaian. Pihak manufaktur mengklaim, efisiensi bahan bakar masih jadi unggulan Brio, meski bobotnya keseluruhan sudah bertambah karena rangka dan bodi yang bertambah panjang. Kombinasi mesin 1,2 liter i-VTEC berdaya 90 PS dengan transmisi CVT khas Honda, sudah terbukti bisa menawarkan efisiensi.

Sumber: Oto.com 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rekor MURI Makan 17.818 Geblek Berhasil Terpecahkan di Yogyakarta

Posted: 18 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Angkasa Pura I (Persero) bersama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) atau Indonesia Re dan PT Kliring Berjangka Indonesia atau KBI bersinergi melaksanakan puncak perayaan Program BUMN Hadir Untuk Negeri di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan menggelar sejumlah kegiatan yang berpusat di Alun-Alun Utara, Yogyakarta, Minggu (19/8) pagi.

Rangkaian kegiatan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-73 RI ini diselenggarakan dalam berbagai kegiatan seperti Jalan Sehat 5K, Bazaar UMKM Binaan BUMN, Bakti sosial berupa bersih-bersih lingkungan di sekitar Keraton, Kuliner Gratis, Donor Darah & Pemeriksaan Kesehatan Gratis, Hiburan serta Pemecahan Rekor MURI Makan 17.818 Geblek yang melibatkan lebih dari 3.500 peserta.

Perayaan puncak BUMN Hadir Untuk Negeri di Provinsi DIY diawali pelepasan sebanyak 3.500 peserta Jalan Sehat 5K oleh Direktur Utama Angkasa Pura I & PIC BHUN Provinsi DIY Faik Fahmi didampingi Direktur Teknik Garuda Indonesia I Wayan Susena, Direktur Pengembangan, Manajemen Risiko dan Kepatuhan Indonesia Re Adi Pramana, Direktur Utama KBI Fajar Wibhiyadi, Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti dan Sekretaris Daerah Provinsi DIY Gatot Saptadi.

Peserta Jalan Sehat 5K kemudian diiringi oleh Prajuri Bregodo, arak-arakan kuda serta andong berjalan melewati rute-rute jalan utama seperti Jl. Ahmad Dahlan, Jl. Nyai Ahmad Dahlan, Jl. Ngasem, Jl. Polowijan, Jl. Tamanan, Jl. Ngadisungan, Alun-alun Kidul, Langenastran Lor, Jl. Gamelan, Jl. Mantrigawen Lor, Jl. Brigjen Katamso, Jl. Panembahan Senopati dan kembali ke Alun-alun Utara sepanjang 5 Km.

"Angkasa Pura I bersinergi dengan Garuda Indonesia, Indonesia Re dan Kliring Berjangka Indonesia untuk mensukseskan Program BUMN Hadir Untuk Negeri di Provinsi DIY. Kegiatan ini merupakan salah satu komitmen kami sebagai BUMN untuk meningkatkan kesejahteraan serta memupuk rasa kebanggaan berbangsa, bertanah air kepada seluruh masyarakat di pelosok negeri,"ujar Direktur Utama Angkasa Pura I & PIC BHUN Provinsi DIY, Faik Fahmi.

Pecahkan Rekor MURI Makan Massal 17.818 Geblek

Momentum pelaksanaan puncak kegiatan BHUN di Provinsi DIY dimanfaatkan oleh Angkasa Pura I, Garuda Indonesia, Indonesia Re dan Kliring Berjangka Indonesia untuk mempromosikan makanan asal Kulon Progo, Geblek melalui pemecahan Rekor MURI. Geblek merupakan salah satu makanan kahs dari Kulon Progo yang terbuat dari bahan seperti tepung tapioka, bawang putih dan garam. Makanan ini biasa disajikan bersama Tempe Benguk.

"Kami sangat bangga dapat mencatatkan rekor MURI melalui kegiatan makan sebanyak 17.818 Geblek dengan melibatkan lebih dari 3.500 peserta di Provinsi DIY. Melalui kegiatan ini kami sebagai BUMN berharap dapat lebih mempromosikan Geblek sebagai salah satu ikon kuliner asal Kulon Progo di tingkat nasional maupun dunia," tambah Faik Fahmi.

Pemilihan Geblek sendiri sebagai makanan yang disiapkan dalam pemecahan Rekor MURI merupakan komitmen Angkasa Pura I bersama Garuda Indonesia, Indonesia Re dan KBI untuk mempersiapkan peningkatan ekonomi & pariwisata di Kabupaten Kulon Progo menjelang hadirnya Bandara Internasional Yogyakarta.

Rangkaian BHUN di Provinsi DIY

Pada pelaksanaan BHUN 2018 di Provinsi DIY Angkasa Pura I, bersama Garuda Indonesia, Indonesia Re, dan KBI telah menjalankan serangkaian kegiatan diantaranya Siswa Mengenai Nusantara (SMN). Pada kegiatan ini Angkasa Pura I, bersama Garuda Indonesia, Indonesia Re, dan KBI berhasil menyeleksi 23 Siswa berprestasi dari SMA/SMK/SLB sederajat, 2 guru teladan dan 2 guru pendamping siswa berkebutuhan khusus Provinsi D.I. Yogyakarta untuk mengikuti program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2018 ke Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Angkasa Pura I, Garuda Indonesia, Indonesia Re, dan KBI juga menerima 23 Siswa berprestasi SMA/SMK/SLB sederajat, 2 guru teladan dan 3 guru pendamping siswa berkebutuhan khusus asal Provinsi Kalteng yang telah diseleksi dan dikirimkan oleh Askrindo dan Danareksa sebagai PIC pelaksanaan SMN di Provinsi Kalteng. Para siswa/i kemudian dibekali pengetahuan mengenai BUMN, budaya, sejarah, serta penguatan karakter melalui Bela Negara bersama TNI AU Adisutjipto di Provinsi DIY.

Pada tanggal 17 Agustus 2018 bertempat di Balai Desa Palihan, Kabupaten Kulon Progo melaksanakan upacara bendera dengan melibatkan perwakilan dari Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, perwakilan seluruh BUMN di Provinsi DIY, Siswa Mengenal Nusantara asal Provinsi Kalteng, serta perwakilan warga dari 5 Desa di Kulon Progo yaitu Desa Palihan, Glagah, Panjatan, Jangkaran dan Kebonrejo.

Angkasa Pura I bersama Garuda Indonesia, Indonesia Re dan KBI juga memeriahkan suasana HUT RI ke-73 dengan berbagai hiburan & perlombaan bersama masyarakat. Beberapa perlombaan yang dilaksanakan seperti, Panjat Pinang untuk orang dewasa dan anak-anak, balap bakiak dewasa dan ibu-ibu, balap sarung, balap gelinding ban, gigit koin semangka, tarik tambang, dan lomba makan kerupuk.

Sebagai bentuk tanggung jawab sosial kepada masyarakat di Kulon Progo, Angkasa Pura I bersama Garuda Indonesia, Indonesia Re dan KBI juga turut memberikan bantuan pemenuhan kebutuhan masyarakat di Kabupaten Kulon Progo. Adapun bentuk bantuannya yaitu bantuan elektrifikasi kepada 100 rumah & sebanyak 70 sarana MCK di 10 desa, bantuan penyediaan sarana air bersih di 2 desa untuk 4 KK, perbaikan sarana dan prasarana di 2 Sekolah Dasar, pemberian beasiswa untuk 30 siswa, dan pembuatan rumah taman baca di Kabupaten Sleman dan Kulon Progo.

Pada tanggal 18 Agustus 2018 juga dilaksanakan kegiatan Pasar Murah yang dilaksanakan secara serentak di 15 Desa di Kecamatan Temon, Kulun Progo. Pada Kegiatan ini dilakukan penjualan sebanyak 3.500 paket senilai Rp 100.000,- yang terdiri dari beras 5 Kg, minyak goreng 1 liter, tepung 1 Kg dan gula pasir 1 Kg dengan harga yang lebih murah yaitu Rp 25.000,-. Adapaun hasil penjualan paket sembako senilai Rp. 87.500.000,- kemudian disumbangkan untuk pembangunan rumah ibadah yang membutuhkan di daerah Kulon Progo.

"Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan Pemerintah Provinsi DIY, Pemerintah Daerah Kulon Progo, serta seluruh elemen masyarakat yang telah membantu terselenggara dan suksesnya pelaksanaan BUMN Hadir Untuk Negeri di Provinsi DIY. Kami berharap kehadiran kami disini dapat membangun pemahaman mengenai peran BUMN sebagai agen pembangunan serta berperan aktif dalam peningkatan kesejahteraan bangsa melalui kerja nyata yang berdampak langsung," jelas Faik.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asian Games 2018: Pemain Tenis Indonesia Jangan Jadi Kelinci

Posted: 18 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cabang olahraga tenis akan mulai bertanding di Asian Games 2018 pada Minggu (19/8/2018). Jelang berlaga, manajer tim tenis Indonesia, Deddy Prasetyo meminta para pemainnya jangan ciut nyali menghadapi pemain dengan level lebih tinggi.

"Tenis itu olahraga yang sulit diprediksi. Peringkat satu pun bisa kalah. Kita sudah kasih arahan, jangan memikirkan reputasi lawan. Lakukan yang terbaik," ujar Deddy dalam jumpa pers di venue tenis, Jakabaring, Palembang. 

Tim tenis Indonesia akan menurunkan 12 atlet pada cabang tenis di Asian Games 2018 kali ini. Dari jumlah tersebut, atlet-atlet Indonesia mendapat predikat unggulan di nomor ganda.

Pada nomor ganda putri, Indonesia menempati unggulan ke-6 lewat pasangan Beatrice Gumulya/Jessie Rompies. Sementara, untuk ganda putra, Justin Barki/Christopher Rungkat mendapatkan predikat unggulan ke-7.

Indonesia menempatkan Christopher Rungkat/Aldila Sutiaji di posisi unggulan ke-11.

 * Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Target Perunggu

(Foto: Pixabay) Ilustrasi bola tenis.

Deddy menambahkan, tim tenis menargetkan meraih satu medali perunggu pada cabang tenis di Asian Games 2018. Ia pun tak mematok pasangan mana yang harus menyumbang medali.

"Kita tidak tahu darimana kita akan mendapat medali perunggu. Lakukan saja yang terbaik, nanti hasilnya terlihat di pertandingan," ujar Deddy.

Jangan Jadi Kelinci

(Foto: Pixabay) Ilustrasi bola tenis.

Sementara itu, Direktur Teknik tim tenis Indonesia, Frank van Fraayenhoven meminta para pemain tidak minder. Dirinya menegaskan, para pemain tak boleh menjadi kelinci.

"Saya selalu menganalogikan seperti pemburu dan kelinci. Kalau jadi kelinci, kita yang akan dimakan. Maka, jadilah pemburu. Jangan terpukau dengan ranking lawan," kata Frank.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rio Reifan Resmi Nikahi Henny Mona

Posted: 18 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Keinginan Rio Reifan, usai menjalani hukuman atas kasus penyalahgunaan narkoba untuk menikah terwujud. Tepat Sabtu (18/8/2018), Ia mempersunting kekasihnya, Henny Mona.

Saat menjalani prosesi ijab kabul, Rio Reifan tampak tegang. Sementara, Henny justru terlihat santai.

Sebelum ijab kabul, Henny pun sempat menangis ketika membaca surat yang ditujukan untuk ibu dan kakaknya. Pengusaha ini meminta izin restu agar pernikahannya dengan Rio Reifan berjalan lancar.

"Saya terima nikah dan kawinnya Henny Yuliyanah binti almarhum Haji Soewardi dengan mas kawinnya tersebut tunai," kata Rio Reifan mantap yang langsung disahkan oleh kedua saksi yakni kakak laki-laki dari Rio dan Henny.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Maskawin Berlian

Rio Reifan dan kekasihnya, Henny Moana

Rio Reifan memberikan maskawin untuk Henny Mona berupa seperangkat alat salat, uang sebesar Rp. 1.882.018 dan emas berlian seberat 6,6 gram.

 

Numpang Hidup?

Rio Reifan dan Henny Mona

Saat masih berpacaran, warganet sempat berkomentar bila Rio ingin menikahi Henny demi menumpang hidup. Namun dengan tegas Rio membantah tudingan tersebut.

"Saya juga masih punya uang simpanan kok, lumayan lah. Seperti pernikahan ini, segala macam juga memang kita urus berdua semua," tegas Rio pertengahan Juli lalu.(Abs/kapanlagi.com)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pangeran-Putri Georgia Mengaku Suka Makanan Pedas dan Keramahan Warga Indonesia

Posted: 18 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pasangan suami-istri Pangeran Juan Bagration-Mukhrani dan Putri Kristine Bagration-Mukhrani dari Georgia, berplesiran ke Indonesia adalah pengalaman untuk pertama kali. Dan seperti kata orang, pengalaman pertama-lah yang justru paling meninggalkan kesan.

"Kami sangat suka Indonesia," kata Pangeran Juan dalam wawancara bersama Liputan6.com, Jumat, 17 Agustus 2018.

Mengunjungi Manado, Tomohon, Bali, dan Jakarta dalam dua pekan terakhir, Putri Kristine mengaku bahwa perjalanan itu sangat fantastis.

"Kami mengunjungi banyak tempat di Indonesia, seperti Manado, Tomohon, yang merupakan tempat-tempat yang indah. Kami juga menghadiri Tomohon International Flower Festival (di Sulawesi Utara), sangat indah. Kami juga pergi ke Bali. Pulau yang sangat indah. Ubud rasanya seperti, tempat yang terasa tua (tradisional), terasa Indonesianya," kata Putri Kristine.

Tak sekedar lokasi, Pangeran Juan dan Putri Kristine juga mengapresiasi keramah-tamahan warga Indonesia di tempat-tempat yang mereka kunjungi, yang menjadikan hal tersebut sebagai nilai tambah bagi turisme Tanah Air.

"Betapa baik dan ramah orang-orang Indonesia," jelas Putri Kristine, yang juga mengatakan, "di sini (Indonesia) punya atmosfer yang damai dibanding kebanyakan negara lain di dunia secara umum."

Bagi Putri Kristine, keramahan masyarakat Indonesia mengingatkannya akan sikap orang-orang Georgia, yang mana keduanya "memiliki akar mendalam tentang keramah-tamahan yang sangat tertanam kuat di dalam budaya kita."

Suka Makanan Pedas

Sementara itu, Pangeran Juan menggarisbawahi pengalamannya mencicipi kuliner Indonesia, yang menurutnya "sangat berbeda dengan makanan Eropa".

"Tapi (masakan Indonesia) sangat enak, kami sangat menikmatinya. Makanan-makanan berempah dan pedas yang sangat kami suka. Ya, sangat spesial, sangat hebat, sangat beragam," kata Pangeran Juan dari Georgia.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Simak video pilihan berikut:

Potensi Turisme Indonesia Sangat Besar

Putri Kristine Bagration-Mukhrani dan Pangeran Juan Bagration-Mukhrani dari Georgia di Jakarta (17/8/2018) (Istimewa / Liputan6.com)

Putri Kristine mengatakan bahwa turisme di Indonesia punya potensi yang besar di masa depan. Oleh karenanya, ia menganjurkan agar pemerintah RI bisa "memberikan informasi yang mumpuni tentang turisme Indonesia kepada orang-orang Georgia."

Kristine sendiri menyarankan agar "warga di negara kami (Georgia) bisa berkunjung ke Indonesia."

Menimpali sang istri, Pangeran Juan mengatakan, "Pengalaman saya sejauh ini sangat hebat. Menurut saya Indonesia merupakan destinasi yang sangat menakjubkan dan saya sangat merekomendasikannya (untuk berkunjung)."

Namun, sang pangeran dan putri merasa bahwa informasi dan kampanye mengenai pariwisata Indonesia belum gencar hingga ke banyak telinga calon turis mancanegara.

Oleh karenanya, Putri Kristine mengatakan bahwa "Perlu ada jembatan budaya yang harus kita ciptakan demi menghubungkan warga kedua negara, dan informasi (tentang Indonesia) yang mudah diakses."

Mengucapkan HUT RI ke-73

Dalam kesempatan yang sama, Pangeran Juan Bagration-Mukhrani dan Putri Kristine Bagration-Mukhrani pun memberikan ucapan selamat kepada rakyat Indonesia dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-73 RI yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2018.

"Kami mendoakan yang terbaik bagi seluruh rakyat Indonesia hari ini," kata Pangeran Juan.

Menambahkan pernyataan sang suami, Putri Kristine mengatakan, "Saya mengharapkan semua yang terbaik bagi rakyat dan pemerintah Indonesia."

Pangeran Juan dan Putri Kristine juga berharap agar hubungan antara Georgia dan Indonesia dalam berbagai aspek, seperti ekonomi, sosial, budaya, hubungan antar masyarakat dan pariwisata dapat terus berkembang pada masa-masa mendatang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Potret Perbedaan Asian Games Tahun 1962 dan 2018 di Indonesia

Posted: 18 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Asian Games 2018 telah resmi dimulai pada tanggal 18 Agustus kemarin hingga 2 September 2018 mendatang. Kalian semua tentu tahu bahwa Indonesia menjadi tuan rumah dari pesta olahraga terbesar se-Asia tersebut. Nyatanya ini merupakan kali kedua Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games sejak 56 tahun lalu.

Ya, tahun 1962 Indonesia pernah menjadi tuan rumah Asian Games untuk pertama kalinya. Saat itu sekiranya 17 negara turut serta dalam perhelatan tersebut dengan diikuti oleh lebih dari 1.460 atlet dari 15 cabang olahraga.

Sama seperti sekarang, berbagai persiapan juga dilakukan oleh pemerintah Indonesia dalam penyelenggaraan Asian Games 1962 dengan salah satu upayanya yaitu membangun Stadion Utama Gelora Bung Karno atau SUGBK.

Kini dengan bangga Indonesia kembali menjadi tuang rumah Asian Games. 56 tahun berlalu, tentu ada perbedaan baik pada persiapan maupun segala hal terkait Asian Games. Tak sedikit perbedaan tersebut cukup berbeda jauh. Lantas seperti apa potret perbedaan Asian Games tahun 1962 dengan tahun 2018 ini?

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Perbedaan yang Paling Mencolok Salah Satunya adalah SUGBK

perbedaan asian games 1962 dan 2018 (foto: Twitter @giewahyudi/brilio)

Begini Perbandingan Logo Asian Games Tahun 1962 vs 2018

perbedaan asian games 1962 dan 2018 (foto: Twitter @giewahyudi/brilio)

Tahun 1962 Tagline Asian Games adalah "Madju Terus", Sedangkan Sekarang "Energy of Asia"

perbedaan asian games 1962 dan 2018 (foto: Twitter @giewahyudi/brilio)

Nah, Kalau Ini Perbandingan Desain Medalinya

perbedaan asian games 1962 dan 2018 (foto: Twitter @giewahyudi/brilio)

Perbandingan Tiket Acara Pembukaan Asian Games 1962 dan 2018

perbedaan asian games 1962 dan 2018 (foto: Twitter @giewahyudi/brilio)

Reporter: Nisa Akmala

Sumber: Brilio.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komitmen dengan Keamanan Pengguna, DANA Dukung Deklarasi Data Kependudukan

Posted: 18 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dompet digital DANA, kembali menegaskan komitmen untuk melindungi keamanan dan kerahasiaan data penggunanya.

Komitmen ini ditunjukkan dengan dukungan dan keikutsertaan DANA dalam Deklarasi Menjaga Kedaulatan Data Kependudukan Indonesia.

Deklarasi diikrarkan bersama oleh Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri beserta lembaga pengguna data kependudukan, baik lembaga pemerintah, BUMN, maupun swasta, di Balai Sudirman Jakarta.

Keterlibatan DANA dalam deklarasi yang dikumandangkan di tengah acara pencanangan pemanfaatan data kependudukan tersebut juga menjadi wujud keseriusan DANA dalam menghadirkan layanan berkualitas dan tepercaya bagi penggunanya.

Melalui keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com, Minggu (19/8/2018), CEO DANA Vincent Iswara mengatakan kebijakan pemerintah untuk memberikan konektivitas pemanfaatan data kependudukan kepada dunia usaha berdampak signifikan terhadap melajunya roda bisnis yang dijalankan.

"Melalui kerja sama yang terbangun antara DANA dan Ditjen Dukcapil, verifikasi data pengguna kini dapat dilakukan dengan cepat, akurat, dan terjamin keamanannya, sehingga validasi layanan pun dapat berlangsung lebih cepat," kata Vincent.

Vincent lebih lanjut mengatakan, kedua belah pihak, yaitu perusahaan penyedia layanan maupun masyarakat pemilik data sebagai konsumen sama-sama mendapat jaminan keamanan, dan dapat terhindar dari potensi penyalahgunaan data yang bisa menimbulkan kerugian materiil maupun imateriil.

Bagi DANA, kerja sama pemanfaatan data kependudukan milik Ditjen Dukcapil membuat proses jadi lebih mudah dan lancar.

Selain itu, kerja sama ini juga menghindarkan dari pemalsuan data oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab pada saat verifikasi data, yang dapat berdampak pada kinerja bisnis.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Data Pengguna Aman

Tampilan aplikasi dompet digital DANA (liputan6.com/Agustinus M.Damar)

Sementara bagi masyarakat yang menjadi pengguna, DANA bisa memberikan jaminan perlindungan keamanan data personal yang mereka sampaikan kepada DANA pada saat verifikasi untuk validasi layanan.

Dengan menjadi pengguna DANA, masyarakat tidak perlu khawatir akan terjadinya penyalahgunaan data personal mereka karena dalam melakukan verifikasi, DANA tidak mengambil data dari Ditjen Dukcapil.

"Kerja sama dengan Ditjen Dukcapil menjadi salah satu garansi terselenggaranya verifikasi serta validasi layanan DANA yang tidak saja cepat dan akurat, tapi juga terjamin keamanannya," tutur Vincent.

 

Verifikasi Mudah

Seorang wanita menunjukkan layanan DANA di Jakarta, Rabu(21/3). DANA, Dompet Digital Indonesia merupakan sebuah layanan dari perusahaan rintisan (start up) di bidang teknologi finansial. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Proses verifikasi data dan validasi layanan berlangsung sangat efisien. Pelanggan cukup memasukkan Nomor Induk Kependudukan dan nomor Kartu Keluarga, selanjutnya DANA tinggal melakukan verifikasi menggunakan sistem yang dibangun bersama dengan Ditjen Dukcapil untuk mendapatkan konfirmasi apakah data yang dicek akurat atau tidak.

"Salah satu kunci utama bagi pelaku usaha rintisan di kancah teknologi finansial agar bisnisnya terus berkembang, kokoh, dan kompetitif adalah memiliki kredibilitas dan reputasi yang tepercaya. Untuk itu, menjaga kepercayaan dari pengguna maupun regulator senantiasa menjadi prioritas utama kami," terang Vincent.

Vincent menambahkan, kerja sama pemanfaatan data kependudukan dengan Ditjen Dukcapil serta keterlibatan DANA dalam mendukung Deklarasi Menjaga Kedaulatan Data Kependudukan menjadi upaya strategis yang wajib dilakukan DANA.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terungkap, Ini Stuntman Jokowi saat Terbang Naik Moge

Posted: 18 Aug 2018 09:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aksi Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengendarai sepeda motor dalam pembukaan Asian Games 2018 memukau masyarakat. Seperti layaknya film, ada stuntman atau pemeran pengganti yang ditunjuk saat adegan sepeda motor gede (moge) yang dikendarai Jokowi terbang.

Adalah Suddum So. Pemilik akun instragram @saddum ini merupakan stuntman yang dipercaya menggantikan Jokowi dalam melakukan aksi ekstrem. 

"I'm stunts from Thailand. I dream to go play stunts around the world," tulis Suddum di profil akun instagramnya.

Ia juga sempat mengunggah foto saat menjadi stuntman Jokowi. Dalam foto itu, terlihat Suddum mengendari sepeda motor yang tengah melayang di udara.

 

Behind the scenes 🕶🕶🕶

A post shared by Suddum So (@saddum) on

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rahasia di Balik Kostum Ajaib Tari Ratoh Jaroe di Pembukaan Asian Games 2018

Posted: 18 Aug 2018 09:54 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pembukaan Asian Games 2018 diawali dengan Tari asal Aceh, Ratoh Jaroe di SUGBK, Jakarta, Sabtu (18/8). Sebanyak 1.600 penari dari 18 SMA se-DKI yang disorot dari atas terlihat memakai kostum warna keabuan dengan topi warna emas. 

Namun saat penonton tengah asyik menikmati tarian di babak awal pembukaan Asian Games 2018, dengan formasi yang terlihat indah dilihat dari atas, tiba-tiba dalam hitungan detik beberapa penari sudah berganti baju menjadi orange. Membuat orang bertanya-tanya bagaimana secepat itu para penari dapat berganti baju?

Kejutan seru tak hanya berhenti di situ belum terjawab pertanyaan pertama, para penari pengisi Pembukaan Asian Games 2018 berganti baju lagi menjadi ungu. Tak heran seluruh mata pun semakin takjub. Ternyata kostum dan koreografi tari ini merupakan karya Deni Malik.  

Ternyata ada rahasia di balik kecepatan pergantian kostum tersebut. Sebuah video viral pada hari Minggu (19/8/2018) yang memperlihatkan bagaimana satu buah kostum dapat berubah menjadi 5 warna yang berbeda dengan cepat.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Rahasia di balik kostum indah tari Ratoeh Jaroe

Penari menampilkan tari Ratoeh Jaroe dari Aceh pada pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, (18/8). Nyanyian tari yang berjudul Assalamualaikum itu menandai dimulainya upacara pembukaan Asian Games. (Liputan6.com/ Fery Pradolo)

Ternyata dalam satu buah kostum terdapat 5 lapisan busana dengan warna yang berbeda. Keseluruhan bagian memiliki perekat di beberapa bagian ujung busana sehingga mudah dilepas dan direkatkan kembali.

Rahasia di balik kostum indah tari Ratoeh Jaroe

Para penari menampilkan tari Ratoeh Jaroe dari Aceh pada pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, (18/8). Indonesia menyambut kedatangan dunia di Tanah Air dengan tarian khas Aceh arahan Denny Malik. (Liputan6.com/ Fery Pradolo)

Tak heran dalam hitungan detik 1.600 penari dari 18 SMA se-DKI ini dapat dengan mudah mengganti kostum dengan warna yang berbeda. Semua hal betul-betul diperkirakan dengan sempurna oleh Deni Malik sang penata kostum dan koreografi tari. Bravo!

Penari menampilkan tari Ratoeh Jaroe dari Aceh pada pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (18/8). Tari yang dibawakan secara massal membuat penonton yang hadir riuh bertepuk tangan. (Liputan6.com/ Fery Pradolo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Gempa 6,5 SR Guncang Lombok

Posted: 18 Aug 2018 09:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gempa bumi masih terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pada Minggu (19/8/2018) pukul 11.10 WIB, gempa kembali menggoyang Lombok.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Mengintip Tempat Duduk Para Musisi di MTV VMA 2018

Posted: 18 Aug 2018 09:53 PM PDT

Deretan tempat duduk disertai foto para musisi dan tamu berjejer rapi jelang ajang MTV Video Music Awards (MTV VMA) 2018 di Radio City Music Hall, New York, 17 Agustus 2018. MTV VMA 2018 akan berlangsung 20 Agustus mendatang. (AFP/Angela Weiss)

Deretan tempat duduk disertai foto para musisi dan tamu berjejer rapi jelang ajang MTV Video Music Awards (MTV VMA) 2018 di Radio City Music Hall, New York, 17 Agustus 2018. MTV VMA 2018 akan berlangsung 20 Agustus mendatang. (AFP/Angela Weiss)

Foto penyanyi Shawn Mendes dan rapper cantik Cardi B tertempel di tempat duduk untuk ajang MTV Video Music Awards (MTV VMA) 2018 di Radio City Music Hall, New York, 17 Agustus 2018. MTV VMA 2018 akan berlangsung 20 Agustus mendatang. (AFP/Angela Weiss)

Foto penyanyi Shawn Mendes dan rapper cantik Cardi B tertempel di tempat duduk untuk ajang MTV Video Music Awards (MTV VMA) 2018 di Radio City Music Hall, New York, 17 Agustus 2018. MTV VMA 2018 akan berlangsung 20 Agustus mendatang. (AFP/Angela Weiss)

Deretan tempat duduk disertai foto para musisi dan tamu berjejer rapi jelang ajang MTV Video Music Awards (MTV VMA) 2018 di Radio City Music Hall, New York, 17 Agustus 2018. MTV VMA 2018 akan berlangsung 20 Agustus mendatang. (AFP/Angela Weiss)

Deretan tempat duduk disertai foto para musisi dan tamu berjejer rapi jelang ajang MTV Video Music Awards (MTV VMA) 2018 di Radio City Music Hall, New York, 17 Agustus 2018. MTV VMA 2018 akan berlangsung 20 Agustus mendatang. (AFP/Angela Weiss)

Foto penyanyi rap Nicki Minaj dan Ariana Grande tertempel di tempat duduk untuk ajang MTV Video Music Awards (MTV VMA) 2018 di Radio City Music Hall, New York, 17 Agustus 2018. MTV VMA 2018 akan berlangsung 20 Agustus mendatang. (AFP/Angela Weiss)

Foto penyanyi rap Nicki Minaj dan Ariana Grande tertempel di tempat duduk untuk ajang MTV Video Music Awards (MTV VMA) 2018 di Radio City Music Hall, New York, 17 Agustus 2018. MTV VMA 2018 akan berlangsung 20 Agustus mendatang. (AFP/Angela Weiss)

Deretan tempat duduk disertai foto para musisi dan tamu berjejer rapi jelang ajang MTV Video Music Awards (MTV VMA) 2018 di Radio City Music Hall, New York, 17 Agustus 2018. MTV VMA 2018 akan berlangsung 20 Agustus mendatang. (AFP/Angela Weiss)

Deretan tempat duduk disertai foto para musisi dan tamu berjejer rapi jelang ajang MTV Video Music Awards (MTV VMA) 2018 di Radio City Music Hall, New York, 17 Agustus 2018. MTV VMA 2018 akan berlangsung 20 Agustus mendatang. (AFP/Angela Weiss)

Suasana persiapan untuk ajang bergengsi MTV Video Music Awards (MTV VMA) 2018 di Radio City Music Hall, New York, 17 Agustus 2018. MTV VMA 2018 akan berlangsung 20 Agustus mendatang. (AFP/Angela Weiss)

Suasana persiapan untuk ajang bergengsi MTV Video Music Awards (MTV VMA) 2018 di Radio City Music Hall, New York, 17 Agustus 2018. MTV VMA 2018 akan berlangsung 20 Agustus mendatang. (AFP/Angela Weiss)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies Baswedan: Pembukaan Asian Games 2018 Jadi Kebanggaan Indonesia

Posted: 18 Aug 2018 09:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan rasa bangganya atas kemeriahan acara pembukaan Asian Games 2018 di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Sabtu 18 Agustus. 

"Tadi pagi saya bertemu, ada pertemuan dengan gubernur dari Korea dan mereka menyampaikan rasa hormatnya, salut atas acara tadi malam. Kita semua bersyukur, kita semua bangga bahwa acara berjalan dengan baik dan panggung pagelaran kemarin memesona sekali. Secara sebagai bangsa kita bangga sekali," tutur Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Minggu (19/8/2018).

Anies menyebut, salah satu performa dalam acara pembukaan Asian Games 2018 yang membuatnya berbangga adalah Tari Saman. Dia kemudian juga menyampaikan rasa bangganya terhadap ribuan siswa Jakarta yang turut andil menjadi bagian dalam acara tersebut.

"Mereka berlatih berbulan-bulan, setiap hari agar bisa perform. Kita menyaksikan tadi malam dua jam, tapi di belakang itu ada proses latihan yang berbulan-bulan. Ini pelajaran penting buat bangsa kita," jelas dia.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Sukses Tak Datang Kebetulan

Bagi Anies, opening ceremony Asian Games 2018 menunjukkan kesuksesan tidak datang secara kebetulan. Ada persiapan matang dan kerja keras di baliknya.

"Keluarga nonton tapi di tempat lain. Saya nonton bersama official-official lainnya," Anies menandaskan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Belum Main di Tim Utama Lechia Gdansk, Egy Curahkan Isi Hati

Posted: 18 Aug 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Gdansk - Egy Maulana Vikri mencurahkan isi hatinya belum bermain untuk Lechia Gdanks. Namun bintang timnas Indonesia U-19 itu percaya debutnya di tim utama masih terbuka lebar.

Egy didatangkan Lechia pada musim panas ini. Kedatangannya menghebohkan tanah air mengingat ia masih berusia 18 tahun.

Sayangnya Egy tidak langsung mendapat tempat di tim utama. Ia justru bermain di tim cadangan yang berkompetisi di kasta keempat.

Meski demikian kualitas Egy tak menurun. Sejauh ini ia sudah mencetak tiga gol dalam dua laga.

Itu sebabnya Egy yakin bakal segera masuk ke tim utama untuk klub Polandia tersebut.

 

 

Komentar Egy

Pesepakbola, Egy Maulana Vikri saat mengikuti latihan bersama Timnas Indonesia U-23 di Lapangan A Senayan, Jakarta, Sabti (17/3). Latihan ini persiapan uji tanding melawan Singapura pada 21 Maret mendatang. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

"Saya pikir tim cadangan Lechia juga tak kalah bagus. Mereka punya banyak pemain berbakat," ujar Egy seperti dilansir Sportowefakty.

"Tim ini sangat membantu saya dan memberikan instruksi bagaimana saya harus bermain di lapangan. Saya senang karena penampilan saya mulai memberikan hasil," kata Egy menambahkan.

"Untuk menembus tim utama harus selangkah demi selangkah. Sekarang saya hanya memberikan yang terbaik dimanapun saya bermain."

Siap Bermain

Egy Maulana Vikri saat mengikuti latihan bersama Timnas Indonesia U-23 di Lapangan A Senayan, Jakarta, Sabti (17/3). Egy juga tidak dapat bermain saat Lechia Gdansk melawan Lech Poznan di liga Polandia Ekstraklasa. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Egy mengaku latihan di Eropa sangat berbeda ketimbang di Indonesia. Itu sebabnya ia terus bekerja keras agar bisa menembus tim utama.

"Saya siap bermain di tim utama saat pelatih sudah memberikan lampu hijau. Dia yang tahu kebutuhan tim," ujar Egy.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Rahasia Ganti Baju Tarian Ratoh Jaroe di Opening Asian Games

Posted: 18 Aug 2018 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pembukaan Asian Games 2018 diawali dengan Tari asal Aceh, Ratoh Jaroe di SUGBK, Jakarta, Sabtu (18/8). 1.600 penari dari 18 SMA se-DKI yang disorot dari atas terlihat memakai kostum warna keabuan dengan topi warna emas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hadir untuk Negeri, Angkasa Pura I Gelar Pasar Murah Serentak di 15 Desa di Kulon Progo

Posted: 18 Aug 2018 09:42 PM PDT

 

Liputan6.com, Kulon Progo PT Angkasa Pura I (Persero) bersama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) atau Indonesia Re dan PT Kliring Berjangka Indonesia atau KBI melaksanakan kegiatan Pasar Murah serentak di 15 Desa di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sabtu (18/8) pagi. Kegiatan Pasar Murah ini merupakan salah satu rangkaian BUMN Hadir Untuk Negeri di Provinsi DIY yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN.

"Kegiatan Pasar Murah ini merupakan komitmen bersama antara Angkasa Pura I, Garuda Indonesia, Indonesia Re dan KBI untuk membantu memenuhi kebutuhan pokok dengan harga murah bagi warga di 15 desa di Kecamatan Temon, Kulon Progo. Adapun total paket yang dijual yaitu sebanyak 3.500 paket," ujar Direktur Pengembangan Usaha Angkasa Pura I, Sardjono Jhony Tjitrokusumo.

Pada kegiatan Pasar Murah ini, masyarakat di 15 Desa Kecamatan Temon, Kulon Progo dapat membeli paket sembako murah senilai Rp. 100.000,- dengan harga per paket hanya Rp. 25.000.-. Adapun paket yang dijual terdiri dari beras 5 kg, minyak goreng 1 liter, tepung 1 Kg dan gula pasir 1 kg. Seluruh hasil penjualan paket sembako murah senilai Rp. 87.500.000,- disumbangkan secara langsung oleh Angkasa Pura I, Garuda Indonesia, Indonesia Re dan KBI untuk membantu pembangunan sarana ibadah di Kabupaten Kulon Progo.

"Melalui berbagai rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri di Provinsi DIY kami harap dapat membangun pemahaman mengenai peran BUMN sebagai agen pembangunan serta berperan aktif dalam peningkatan kesejahteraan bangsa melalui kerja nyata yang berdampak langsung khususnya bagi masyarakat di Kabupaten Kulon Progo menjelang hadirnya Bandara Internasional Yogyakarta," tambah Jhony.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Sheila Majid Kembali ke Yogyakarta

Posted: 18 Aug 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta - Sheila Majid menjadi salah satu penampil di Prambanan Jazz 2018 yang digelar di pelataran Candi Prambanan, Yogyakarta, pada 17, 18 dan 19 Agustus 2018.

Sheila Majid tampil bersama Rio Febrian dan Marcel Siahaan. Mereka berkolaborasi bersama Tohpati membawakan lagu-lagu hits sepanjang masa. 

Sheila Majid membawakan lagu-lagu terbaiknya seperti: "Cinta Jangan Kau Pergi", "Sinaran", "Antara Anyer dan Jakarta" dan "Warna Warna".

"Saya kembali ke Yogyakarta setelah tahun 1988. Kalian (penonton) sudah pada lahir?," tanya Sheila Majid di atas panggung.

Alasan ke Yogyakarta

Bukan cuma tertarik menyanyi di Prambanan Jazz 2018 yang membuat Sheila Majid kembali ke Yogyakarta. Diva pop asal Malaysia ini juga punya misi khusus datang ke Kota Pelajar.

Rupanya, setelah 30 tahun, Sheila Majid memutuskan untuk kembali ke Yogyakarta karena keinginannya melihat lokasi yang dipakai syuting film Ada Apa Dengan Cinta? 2.

Kunjungi Lokasi Syuting

(Andy Masela/Bintang.com)

"Saya langsung suka Yogyakarta begitu lihat filmnya. Bagus sekali ceritanya," kata Sheila Majid.

Meski perhelatan Prambanan Jazz 2018 hanya berlangsung tiga hari, Sheila Majid mengaku akan menetap lebih lama di Yogyakarta. Rupanya, ia akan mengunjungi beberapa tempat yang dijadikan lokasi syuting film yang dibintangi Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra itu. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asian Games 2018: Timnas Putri Indonesia Sangat Mewaspadai Taiwan

Posted: 18 Aug 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Palembang - Timnas putri Indonesia akan bertemu Taiwan pada laga kedua Grup A cabang sepak bola Asian Games 2018 di Stadion Jakabaring, Minggu (19/8/2018). Pelatih timnas putri, Satia Bagja menilai calon lawannya itu punya determinasi tinggi.

Pasalnya, Taiwan hanya kalah tipis 1-2 dari Korea Selatan yang punya kualitas di atas mereka. "Itu tidak main-main kalah tipis seperti itu. Berarti determinasi main mereka tinggi," kata Satia.

Seperti diketahui, Taiwan kalah 1-2 pada laga pembuka Grup A, Kamis (16/8/2018). Kekalahan itu membuat mereka berada di peringkat ketiga grup.

Di sisi lain, timnas putri Indonesia untuk sementara menempati posisi puncak. Ini terjadi berkat kemenangan telak 6-0 atas Maladewa di pertandingan pertama.

Satia mengatakan, Taiwan punya cara bermain yang mirip dengan Vietnam dan Thailand. Ia pun meminta para pemainnya untuk tak membuat kesalahan saat bermain melawan Taiwan.

"Kita mesti konsentrasi dari awal. Saya bilang kalau susah buang bola, out kan saja. Yang penting kan tidak kebobolan," ujar Satia.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Ingin Menang

Pelatih timnas putri Indonesia, Satia Bagja senang timnya bisa menang di laga perdana Asian Games 2018. (Liputan6.com/ Luthfie Febrianto)

Secara peringkat, Taiwan berada di peringkat 40 dunia. Di saat bersamaan, timnas putri Indonesia berada di peringkat 77 dunia.

Meski lawan unggul kualitas, Satia tak ragu mematok kemenangan di pertandingan kedua ini. Pasalnya, timnas putri Indonesia bisa langsung lolos ke fase selanjutnya jika menang atas Taiwan.

"Kalau kita sudah gini penginnya menang. Karena kita sudah berdarah-darah nih di persiapan," ujar Satia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selangkah Lagi, Lindswell Kwok Sabet Medali Emas Asian Games 2018

Posted: 18 Aug 2018 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Atlet wushu Indonesia, Lindswell Kwok selangkah lagi mendulang medali emas pertama untuk Indonesia di Asian Games. Dia meraih poin tertinggi di nomor taijiquan.

Lindswell mencatatkan total nilai yang nyaris sempurna pada ajang Asian Games yang berlangsung di JIEXpo, hari ini. Untuk menempatkan diri di posisi teratas, dia meraih poin hingga 9,75.

Dia unggul 0,04 poin dari pewushu Hong Kong, Mok Uen Ying Juanita. Mok harus puas di urutan kedua.

Posisi ketiga diraih pewushu Vietnam, Tran Thi Khanh Ly yang mencatatkan total poin 9,68.

Bagi Lindswell, pesaing terberatnya di nomor Taijiquan adalah atlet Jepang. Penentuan medali emas di nomor ini bakal berlangsung pada Senin (20/8/2018).

Bila kembali mencatatkan poin tertinggi, Lindswell bakal meraih medali emas di Asian Games untuk pertama kalinya.

Cabor wushu Indonesia sudah mencatat medali Asian Games 2018. Sebelumnya, pewushu putra, Marvelo Edgar Xavier di nomor cangquan putra di JIExpo - Hall B, Minggu (19/8/2018) meraih medali perak.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Gempa Goyang Lombok dengan Jeda 4 Menit

Posted: 18 Aug 2018 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dua gempa bumi menggoyang Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (19/8/2018). Gempa tersebut terjadi hanya berselang empat menit.

Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa pertama terjadi pada pukul 11.06 WIB dengan magnitudo 5,4 dan kedalaman 10 km. Gempa pertama ini berada pada 8,29 Lintang Selatan, 116,62 Bujur Timur, tepatnya pada 25 km Timur Laut Lombok Timur, NTB.

Sementara, gempa kedua terjadi pukul 11.10 WIB dengan magnitudo 6,5. Kedalaman gempa tercatat 10 Km.

Pusat gempa kedua ini berada pada 8,24 Lintang Selatan, 116,66 Bujur Timur. Tepatnya pada 32 km Timur Laut Lombok Timur, NTB.

BMKG tidak menyatakan kedua gempa Lombok tersebut berpotensi terjadinya tsunami.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

50 Atlet Bersaing di Nomor Trap Menembak Asian Games 2018

Posted: 18 Aug 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Palembang - Penembak Indonesia bakal bersaing dengan 50 atlet lainnya pada nomor trap cabor Menembak di Asian Games 2018. Mereka harus bersaing untuk mendapatkan poin tertinggi pada kualifikasi hari pertama nomor trap di Jakabaring Sport City, Palembang, Minggu (19/8/2018).

Nomor trap putri cabor menembak Asian Games 2018 dimulai pada pukul 08.00 WIB yang diikuti oleh 20 atlet, sedangkan untuk putra diikuti oleh 30 atlet dimulai pada pukul 09.00 WIB.

Pada kualifikasi hari pertama, setiap penembak mendapat kesempatan mendapat poin tertinggi dengan berbekal 75 peluru yang dibagi dalam tiga putaran. Kemudian pada kualifikasi hari kedua penembak mendapat kesempatan 50 kali menembak.

Nomor trap cukup menantang karena digelar di luar ruangan. Matahari Palembang yang terik sejak pagi bisa menjadi keuntungan bagi tuan rumah Indonesia, yang sudah terbiasa dengan iklim tropis.

Persaingan cukup sengit terlihat pada putaran pertama nomor trap putri. Untuk sementara, atlet Chinese Taipei Wanyu Liu berada pada peringkat 1 dengan 24 poin, diikuti oleh Y. Nakayama dari Jepang, Seema Tomar dari India, Kitcharoen dari Tailand dan Geeeun Kang dari Korea Selatan, yang masing-masing sama mendapat 23 poin.

 

 

Penembak Indonesia

Petembak putri, Elaheh Ahmadi yang jadi andalan Iran di Asian Games 2018 (Twitter/Persian Gulf)

Sementara itu, penembak Indonesia Sarmunah dan Sylvia Silimang berada pada peringkat 14 dan 15 dengan poin masing-masing 19 dan 17.

Nomor trap putri akan mencari poin paling tinggi dari dua hari kualifikasi untuk memperebutkan emas. Sedangkan untuk putra, babak kualifikasi akan mencari enam besar untuk melaju ke babak final.

Cabang menembak pada Minggu ini juga mempertandingkan dua nomor yang memperebutkan medali emas, yakni nomor beregu campuran 10 meter air rifle dan 10 meter air pistol. Pertadingan akan berlangsung dari babak kualifikasi hingga final dalam satu hari.

Nomor 10 meter air rifle mixed diikuti oleh 58 atlet dari 29 negara, sedangkan 10 meter air pistol mixed akan diikuti oleh 54 atlet dari 27 negara.

Nomor beregu campuran 10 meter air rifle sesuai jadwal akan dipertadingkan paling awal, babak kualifikasi akan dimulai pukul 09.00 WIB untuk mencari lima besar dan babak final akan dilangsungkan pukul 13.00 WIB.

Kemudian untuk nomor 10 meter air pistol mixed akan dipertadingkan pukul 11.00 WIB yang dimulai dengan tahap kualifikasi untuk mencari delapan besar.

Air Pistol Mix

Babak final untuk nomor 10 meter air pistol mixed akan digelar pada pukul 16.20 WIB.Tim Indonesia untuk nomor 10 meter air rifle mixed akan menurunkan Monica Daryanti dan M. Naufal Mahardika.

Sementara itu, untuk nomor 10 meter air pistol mixed akan menurunkan Talitha J. Almira dan Deny Pratama.

"Pesaing berat akan datang dari negara-negara Asia yang terkenal dengan olahraga ini, seperti China, Korea dan India," kata Manajer Menembak Timnas Indonesia, Sarozawato Zai seperti dikutip antara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Jokowi Naik Moge di Pembukaan Asian Games 2018 Mirip Tom Cruise

Posted: 18 Aug 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perhelatan Asian Games 2018 resmi dimulai setelah upacara pembukaan dilangsungkan pada Sabtu (18/8/2018). Acara ini dibuka dengan aksi Presiden Jokowi menaiki motor gede alias moge.

Dengan mengenakan setelan jas rapi dan helm hitam, Jokowi menaiki moge ke lokasi upacara pembukaan Asian Games 2018. Dalam video yang ditampilkan salah satu stasiun televisi swasta, Jokowi mengendarai sendiri moge tersebut melewati jalanan ibu kota menembus kemacetan.

Di belakangnya terlihat kawanan polisi dan paspampres mengikutinya. Jokowi dan moge-nya kemudian sampai ke tempat di mana upacara pembukaan Asian Games 2018 berlangsung yakni Gelora Bung Karno (GBK).

Aksi keren Jokowi mengendarai moge pun sukses membuat publik terkagum-kagum dan tidak henti melontarkan pujian, termasuk komika Pandji Pragiwaksono.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Simak video menarik di bawah ini:

Adegan Mission Impossible

Aksi Jokowi naik moge di upacara pembukaan Asian Games 2018, curi perhatian. [foto: twitter/pandji]

Pandji pun mengomentari aksi Jokowi dengan motor gedenya itu seperti adegan dalam film Mission Impossible yang dibintangi Tom Cruise. Gaya Jokowi pun tidak kalah keren dengan yang dilakukan Tom Cruise dalam film tersebut.

"Keren gila produksinya Jokowi dalam Mission : Impossible, I Cant Be Late For The Ceremony," tulis Pandji di akun Twitter pribadinya.

Pasalnya, ada satu adegan di mana Jokowi melakukan standing dengan moge tersebut. Saat hendak masuk ke venue pun, ayah tiga anak itu mengendarai moge dengan kecepatan cukup tinggi.

 

Motor Paspampres

Aksi Jokowi naik moge di upacara pembukaan Asian Games 2018. [foto: instagram/jokowi]

Motor yang dikendarai Jokowi tersebut rupanya adalah kendaraan paspampres. Lewat Instagram pribadinya, Jokowi dengan bangga memamerkan aksinya naik moge yang membuat dirinya tiba di lokasi acara tepat waktu.

"Siapa yang menerbangkan sepeda motor Paspampres, meliuk-liuk di tengah kemacetan, mengerem mendadak dengan gaya stoppie, dan sampai tepat waktu ke Stadion Utama Gelora Bung Karno, semalam? Hehehe," katanya.

 

Jadi Tuan Rumah Lagi

Presiden Jokowi dalam acara pembukaan Asian Games 2018. (Vidio.com)

Di sisi lain, Jokowi tidak kuasa menyembunyikan kebahagiaannya karena Indonesia bisa kembali menjadi tuan rumah bagi perhelatan akbar olahraga se-Asia ini. Setelah pertama kalinya pada 1962 silam.

"Ini penantian Indonesia selama 56 tahun untuk kembali menjadi tuan rumah pesta olahraga bangsa-bangsa Asia setelah Asian Games di Jakarta di tahun 1962. Kita bangga dengan kedatangan tamu-tamu istimewa dari 45 negara," lanjut Jokowi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kinerja Sektor Pertanian Wujud Implementasi Agenda Prioritas Nawacita

Posted: 18 Aug 2018 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintahan Jokowi-JK melalui visinya yang tertuang dalam NawaCita, menaruh komitmen besar dan perhatian serius pada sektor pertanian, yaitu mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik terutama sektor pertanian, dan dititikberatkan pada upaya mewujudkan Kedaulatan Pangan dan Kesejahteraan Petani.

Tantangan mewujudkan NawaCita tersebut dijawab secara nyata oleh kinerja Kementerian Pertanian (Kementan) yang tercermin dalam hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) terkait pertumbuhan ekonomi Triwulan II Tahun 2018 yang menyatakan kontribusi pertanian pada laju partumbuhan produk domestic bruto (PDB) mencapai 13,63 %, artinya berada diposisi teratas kedua setelah industri pengolahan.

Fakta tersebut mengindikasikan bahwa sektor pertanian merupakan salah satu penggerak utama dalam pengembangan ekonomi rakyat Indonesia. Data yang diterbitkan BPS mencatat seluruh lapangan usaha tumbuh positif sepanjang kuartal II 2018.

Namun pertumbuhan tertinggi ditempati sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan dengan angka pertumbuhan 9,93% dibandingkan kuartal pertama 2018. Hal itu dipicu oleh meningkatnya produksi seiring berlangsungnya masa panen raya untuk beberapa komoditas di beberapa subsektor seperti hortikultura dan perkebunan dengan pertumbuhan masing-masing sebesar 22,86% dan 26,73%.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Viva Yoga Mulyadi, meyakini bahwa pengembangan sektor pertanian saat ini didukung dengan program yang digulirkan Kementan paling rasional menjadi sektor terkuat dalam mendukung terwujudnya agenda prioritas NawaCita pemerintahan Jokowi - JK.

"Banyak persoalan mendasar di sektor pertanian yang dapat dibereskan, cukup jelas kok ada hasilnya" ungkap Viva Yoga, Sabtu (18/8)

Kebijakan strategis Kementerian Pertanian yang jelas mengarah pada terjemahan program NawaCita adalah meningkatkan produksi komoditas strategis yang menguasai hajat hidup masyarakat Indonesia. Menurut Viva Yoga, kinerja Kementerian Pertanian yang saat ini dipimpin oleh Amran Sulaiman baik dari segi infrastruktur maupun produksi pangan memiliki keselarasan antara visi misi Pemerintahan Jokowi-JK.

"Misalnya saja, keseriusan membenahi infrastruktur irigasi, hingga mulai mengarah ke pemanfaatan teknologi pertanian, keberhasilan juga terlihat dengan adanya peningkatan produksi pangan, ini perlu didukung dan diapresiasi," terang Viva Yoga.

Wujud NawaCita dalam Kinerja 4 Tahun Sektor Pertanian

 

 

Pertanian Indonesia

Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Kementerian Pertanian, Ketut Kariyasa mengatakan jelang Empat tahun pemerintahan Jokowi dan JK, bidang pertanian telah memberikan dampak yang signifikan terkait peningkatan produksi yang berdampak bagi kesejahteraan petani. Bahkan peningkatan produksi pertanian ditengah pertumbuhan penduduk Indonesia saat ini di klaim yang paling tertinggi dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.

"Peningkatan produksi pertanian sebagai dasar mewujudkan ketahanan pangan menunjukan progres yang sangat signifikan, bahkan pertambahan penduduk yang cukup besar tidak membuat ketahanan pangan kendor, yang terjadi malah produksi padi dan jagung meningkat, begitupun komoditas strategis lainnya" ungkap Kariyasa.

Peningkatan Produksi tersebut secara langsung menjawab tantangan pemenuhan kebutuhan pangan di tengah pertumbuhan penduduk Indonesia. Badan Pusat Statistik (BPS) memproyeksi penduduk Indonesia di tahun 2018 berjumlah 265 juta jiwa, meningkat 12,8 juta jiwa dibanding tahun 2014. Artinya, setiap tahun terjadi pertambahan penduduk mencapai 3,2 juta jiwa atau tumbuh 1,27 persen per tahun.

Tentang hal ini, secara makro berimbas pada kebutuhan pangan pokok yang tentu meningkat dan harus tersedia sepanjang waktu. Faktanya, berdasarkan data pertumbuhan penduduk di atas, kebutuhan konsumsi beras 2014-2018 bertambah 1,7 juta ton. Jumlah ini setara dengan produksi 2,82 juta ton Gabah Kering Giling (GKG).

Namun demikian, berkat berbagai program pembangunan pertanian saat ini, produksi pangan justru mengalami kenaikan. Merujuk data BPS, produksi 75,36 juta ton GKG naik 6,37 persen dibandingkan tahun 2014 yang hanya 70,84 juta ton. Produksi padi di tahun 2016 pun terjadi kenaikan yakni 79.35 juta ton dan tahun 2017 juga terjadi kenaikan sebesar 81,16 juta ton meningkat 14,42%.

Peningkatan juga terjadi pada komoditas jagung, dimana pada tahun 2017 produksi jagung mencapai 29,86 juta ton dan naik 52,17% dibandingkan tahun 2014. Begitupun dengan komoditas bawang merah, pada tahun 2017 produksi komoditas ini mencapai 1,47 juta ton dan naik sebesar 18,79% dibanding tahun 2014. Demikian juga dengan komoditas cabai pada tahun 2017 produksinya mencapai 2,38 juta ton dan meningkat sebesar 27,09% dibanding tahun 2014.

Peningkatan produksi juga terjadi di bidang protein hewani. Produksi daging sapi pada tahun 2017 sebesar 531,8 ribu ton dan meningkat sebesar 6,85% dibanding tahun 2014. Produksi daging ayam juga meningkat menjadi 2,26 juta ton pada tahun 2017 dan meningkat 16,40% dibanding tahun 2014. Produksi telur juga tidak mau ketinggalan, meningkat menjadi 2,11 juta ton pada tahun 2017 dan meningkat 20,21% dibanding tahun 2014.

Lebih lanjut Kariyasa mengungkapkan kinerja sektor pertanian Era Jokowi-JK tidak hanya sebatas peningkatan produksi berbagai komoditas pangan strtagis, tetapi juga menghasilkan karya besar lainnya seperti peningkatan ekspor dan investasi pertanian. Ekspor pertanian di tahun 2017 mecapai Rp441 triliun, naik 24 persen dibandingkan 2016 yang hanya Rp355 triliun. Begitupun dalam hal Investasi pertanian yang mencapai Rp45,90 triliun di Tahun 2017, atau naik 14 persen per tahun dari tahun 2013 hingga 2017.

"Ditengah lesunya ekspor Indonesia, justru volume dan nilai ekspor sektor pertanian meningkat dan Indonesia mengalami surplus dalam perdagangan produk pertanian, begitupun pertumbuhan investasi pertanian, ini menjadi catatan penting dalam sejarah" ungkap Kariyasa.

Dampak berbagai kinerja pertanian juga terlihat dari menenurunnya jumlah penduduk miskin secara Nasional. Pada Maret 2015 penduduk miskin di Indonesia masih sebesar 11,22%, pada Maret 2017 turun menjadi 10,64%. Sampai September 2017, penduduk miskin di Indonesia masih di angka 10,12% (26,58 juta jiwa), namun pada Maret tahun ini angka penduduk miskin berhasil ditekan hingga menembus angka satu digit, yaitu 9,82% (25,96 juta jiwa).

Kinerja pertanian juga berdampak positif pada Nilai Tukar Usaha Pertanian (NUTP) pertanian sempit (tidak termasuk perikanan) dari tahun ke tahun sebagai salah satu indikator kesejahteraan petani. Pada tahun 2014 NTUP sebesar 106,05; pada tahun 2015 dan 2016 meningkat masing-masing menjadi 107,44 dan 109,84. Pada tahun 2017 NTUP kembali membaik menjadi 110,03. Bahkan pada tahun 2018, sampai bulan dengan Juni NTUP mengalami peningkatan yang sangat tajam dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, yaitu menjadi 111,47.

Dengan memperhatikan berbagai capaian sektor pertanian tersebut, Kariyasa mengungkapkan akan sangat tidak mendasar apabila ada pihak yang menilai program yang dijalankan Kementan saat ini tidak sejalan dengan upaya mewujudkan kemandirian dan kedaulatan pangan dari NawaCita yang diusung oleh Pemerintahan Jokowi-JK.

"Sejalan dengan semangat NawaCita, Kementan akan terus berupaya mengenjot produksi pertanian dalam penyediaan pangan ke depan untuk mewujudkan kedaulatan pangan yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan petani dan pendapatan yang lebih merata di wilayah perdesaan" ungkap Kariyasa.

Disamping peningkatan produksi berbagai komoditas pangan, Kementan juga akan terus berkomitmen menggulirkan program trobosan yang sejalan dengan nafas Nawacita seperti membangun sektor pertanian pada wilayah perbatasan ataupun memperluas jangkauan program #Bekerja (Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera) sebagai upaya menekan angka kemiskinan penduduk Indonesia terutama di desa yang mayoritas penduduknya berprofesi sebagai petani.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Shinta Bachir Siap Dinikahi Duda Tiga Anak

Posted: 18 Aug 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lama hidup sendiri, akhirnya Shinta Bachir bertemu jodoh lagi. Dan rencananya, ia menikah pada November mendatang.

Shinta Bachir pun tanpa ragu menceritakan calon suaminya pada awak media. Ia bertemu pria 45 tahun itu kala dirinya tengah sarapan di sebuah restoran di Makassar.

"Saya kenalnya pas lagi sarapan. Katanya kalau kenalan di tempat makan jodoh ya. Dia itu temannya teman saya," terang Shinta Bachir, di kawasan Ampera, Jakarta Selatan, Sabtu (18/8/2018).

Sebelumnya, Shinta Bachir telah mengetahui kalau pria tersebut adalah duda. "Saya nyeletuk, 'Duda cocoknya sama janda'. Ya udah, akhirnya kenal, dan dekat." 

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Pengusaha

Shinta Bachir (Nurwahyunan/bintang.com)

Diketahui, calon suami Shinta Bachir berstatus duda dengan tiga anak, dari pernikahan sebelumnya.

"Dia duda, saya janda. Dia bawa tiga anak, saya satu anak. Ya enggak papa, banyak anak banyak rezeki," ujar wanita 32 tahun ini.

 

Sudah Kenal Keluarga

Shinta Bachir © Kapanlagi/Abbas Aditya

Meski baru sebulan kenal, Shinta Bachir sudah mantap untuk melepas status jandanya dengan menikah dengan pria yang bekerja di pemerintahan ini. Bukan tanpa alasan, ia yakin menikah tahun ini.

"Niat dia, keseriusan dia, dan dia memang penginnya cepat nikah. Biasanya cowok kalau kenal kan kenal saja, kalau ini langsung. Dia nunjukin ini kerjaan aku, orangtua aku. Biasanya kalau di Jakarta banyak bagusnya di depan, belakangnya ribet. Kalau dia sampai kampung kelahirannya semuanya tahu. Dia juga sudah saya bawa ke kampung saya, semua sudah tahu," tutur wanita yang sebelum berhijab kerap tampil seksi.(Abs/kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kaki Pegal, Jemaah Calon Haji Bisa Coba Cara Ini

Posted: 18 Aug 2018 09:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menjalani ibadah haji membutuhkan kondisi fisik yang prima. Perjalanan panjang dimulai dari Tanah Air ke Tanah Suci, lalu berkeliling Kakbah untuk tawaf, berlari-lari kecil, melontar jumrah, kemudian puncaknya adalah ibadah wukuf di Arafah.

Niat yang begitu besar untuk melaksanakan perintah Allah SWT dan mengharap ridho-Nya tentu akan jadi penyemangat beribadah yang tak ada habisnya.

Dalam kondisi tertentu, ada kalanya kaki jemaah calon haji terasa sangat pegal, nyeri, bahkan hingga kulitnya mengelupas dan berdarah.

Untuk mengatasi masalah tersebut ada beberapa trik yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan mengangkat kaki ke atas saat sudah berada di kamar.

Sandarkan kaki di tembok dan luruskan. Kemudian tarik tumit hingga terasa sampai otot betis tertarik. Lakukan selama sekitar 5 detik kemudian lepaskan.

Tarik lagi tumit, lakukan hingga 8 sampai 10 hitungan. Saat melakukannya, jemaah calon haji usahakan untuk mengatur napas dan membaca istigfar memohon kesehatan.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Gunakan Krim Pereda Nyeri

Selama beberapa waktu, bus salawat pengangkut jemaah calon haji akan dihentikan. (www.kemenag.go.id)

Anda juga bisa menggunakan krim pereda nyeri atau koyo. Diamkan selama semalaman. Untuk mempercepat pemulihan fisik, jangan lupa konsumsi vitamin B1, B6 dan B12 atau sering disebut B kompleks.

Lakukan peregangan ringan saat pagi hari saat bangun tidur atau sebelum beraktivitas. Latihan pernapasan seperti yoga sebelum tidur untuk bisa membantu meredakan nyeri dan pegal.

Pastikan juga minum banyak air putih dan konsumsi buah. Hindari minum air putih dingin atau es. Lebih baik minum air zam-zam yang telah disediakan di tiap sudut Masjidil Haram.

 

Reporter : Mutia

Sumber  : Dream.co.id

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Sepak Bola Asian Games 2018, Minggu 19 Agustus

Posted: 18 Aug 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah dihebohkan dengan opening ceremony yang spektakuler, Asian Games 2018 akan kembali menghadirkan pertarungan sengit di dalam lapangan. Dari cabang olahraga sepak bola putra, ada enam pertandingan yang digelar Minggu (19//8/2018).

Beberapa tim harus melakoni laga hidup-mati. Salah satunya adalah Thailand. Mereka menghadapi misi berat harus menang dari Uzbekistan jika ingin lolos ke putaran selanjutnya.

Thailand baru mendapat dua poin. Perolehan point Thailand bisa disalik Bangladesh atau Qatar yang mengoleksi satu angka.

Uzbekistan sendiri sudah pasti lolos sebagai juara Grup B. Uzbekistan kemungkinan akan turun dengan pemain lapis kedua.

Sementara itu Jepang dan Vietnam akan saling sikut berebut gelar juara Grup D Asian Games 2018. Kedua tim selalu menang dalam dua laga awal sehingga telah mengamankan tiket ke babak selanjutnya.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Jadwal Asian Games 2018:

ilustrasi

16.00 WIB

Pakestan vs Nepal

Jepang vs Vietnam

Bangladesh vs Qatar

 

19.00 WIB

Ilustrasi

19.00 WIB

Thailand vs Uzbekistan

Timor Leste vs Suriah

UEA vs Tiongkok

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Dampak Asian Games 2018 ke Ekonomi RI

Posted: 18 Aug 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pesta olahraga terbesar di Asia, Asian Games 2018 telah resmi dibuka. Sebagai tuan rumah, banyak keuntungan yang akan didapatkan oleh Indonesia dari ajang ini, salah satunya dari sisi ekonomi. 

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan,‎ output perekonomian DKI Jakarta saat menjelang dan pelaksanaan Asian Games ‎bertambah sekitar Rp 40,6 triliun. Angka ini diraih dari kegiatan kontruksi persiapan saran dan prasarana senilai Rp 18,5 triliun, kegiatan opersional penyelenggaraan Rp 20,9 triliun dan kegiatan pengunjung domestik mancanegara Rp 1,2 triliun. 

Sedangkan untuk output perekonomian Palembang‎ bertambah sebesar Rp 11,1 triliun. Ini terdiri dari kegiatan konstruksi persiapan prasaranan dan sarana Rp 9 triliun, kegiatan operasional penyelenggaraan Rp 1,6 triliun dan kegiatan domestik dan mancanegara negara sebesar Rp 439 miliar. 

"Kenapa jadi penting? karena akan muncul pentas olahraga baru, infrastruktur baru. Sejarah 1962 kita punya kompleks olahraga Senayan, kalau tidak jadi tuan rumah belum tentu punya. Berikutnya adalah eknomi apakah pariwisata, kesepakatan kerja, kesepakatan usaha, promosi wilayah Jakarta dan Palembang," ujar dia beberapa waktu lalu di Jakarta, seperti ditulis Minggu (19/8/2018).

Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta, Sarman Simanjorang menyatakan, sektor mendapatkan dampak positif dari Asian Games yaitu transportasi, pariwisata, jasa, makan, minuman dan hiburan.‎Selain itu, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) juga kecipratan manfaat ekonomi Asian Games 2018, melalui pembuatan dan penjualan pernak pernik Asian Games. ‎

"Koordinasi antara negara sudah berjalan booking hotel, transportasi, guide tempat wisata," papar dia.  

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Geliat Ekonomi

Kontingen Indonesia melintas saat pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Sabtu (18/8). Asian Games 2018 diikuti 45 negara. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Menurut Sarman, geliat ekonomi akan terus meningkat, setelah‎ Asian Games 2018 resmi dimulai pada 18 Agustus 2018. Pasalnya, Indonesia khususnya wilayah yang terdapat venue pertandingan Asian Games akan terus kedatangan turis baik lokal maupun manca negara. 

"Mulai minggu terakhir peningkatam ekonomi dirasakan, transportasi meningkat, hunian, hotel sudah full, merchandise Asian Games ‎laris terjual," ungkap dia. Gelaran pesta olahraga ini juga mendapatkan dukungan dari konfederasi buruh.

Presiden KSPI Said Iqbal, menegaskan masyarakat buruh mendukung jalannya Asian Games yang tertib dan damai. "Kehormatan bagi Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games. Nilai yang baik tecermin dari suksesnya pelaksanaan Asian Games. Indonesia harus juara," tutur Said Iqbal belum lama ini di Jakarta.

Asian Games 2018 berlangsung 18 Agustus-2 September. Sebanyak 45 negara peserta berjuang menjadi yang terbaik dengan mengikuti 40 cabang olahraga yang dipertandingkan.   

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gempa dengan Magnitudo 6,5 Goyang Lombok

Posted: 18 Aug 2018 09:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bumi masih terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pada Minggu (19/8/2018) pukul 11.10 WIB, gempa kembali menggoyang Lombok.

Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut bermagnitudo 6,5. Kedalaman gempa tercatat 10 Km.

Pusat gempa berada pada 8,24 Lintang Selatan, 116,66 Bujur Timur. Tepatnya pada 32 km Timur Laut Lombok Timur, NTB.

BMKG belum menyatakan gempa Lombok tersebut berpotensi terjadinya tsunami.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asian Games 2018: Voli Pantai Putra Indonesia Menang Mudah Lawan Afghanistan

Posted: 18 Aug 2018 09:09 PM PDT

Liputan6.com, Palembang - Timnas voli pantai putra Indonesia masih terlalu tangguh bagi pasangan Afghanistan. Adik Chandra/Muhammad Asyhifa sukses melibas pasangan Afghanistan, Mohammad Asifi/Mohib Ahmadi dalam pertandingan di arena voli pantai, Palembang, Minggu (19/8/2018) dalam partai perdana di Asian Games 2018.

Kualitas pasangan Afghanistan terlihat memang berada di bawah Adik/Asyhifa. Di set pertama, tim asuhan Koko Prasetyo ini menang telak 21-8.

Kegemilangan tersebut berlanjut di set kedua cabor voli Asian Games 2018. Adik/Asyhifa kali ini hanya memberi jatah pasangan Afghanistan untuk mencetak 7 poin. Mereka pun menang 21-7.

"Alhamdulillah. Ini awal yang baik, kita mendapatkan lawan yang lebih lemah dari kita, sehingga kita bisa tahu kelemahan kita untuk pertandingan ke depan," ujar Adik Chandra usai pertandingan.

Usai melawan Afghanistan, Adik/Asyhifa bakal memiliki waktu istirahat satu hari. Pada pertandingan kedua, mereka akan melawan Oman, Selasa (21/8/2018).

"Oman ada di atas Taiwan dan Afghanistan," ujar Adik.

 

 

Masih Unggul

Adik menambahkan, tim Indonesia masih punya catatan positif saat berduel dengan Oman. Meskipun, dia mengakui Oman adalah tim yang tangguh.

"Terakhir ketemu itu dua tahun lalu di Thailand. Kita masih menang terus lawan Oman," ujar Adik.

"Oman tim yang berasal dari Arab. Kalau kita tidak 'bunuh' sekalian, mereka bisa berbahaya," kata Adik mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Instalasi Bambu di Bundaran HI Diserbu Warga

Posted: 18 Aug 2018 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Instalasi Bambu yang menghiasi kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) diserbu para warga atau pengunjung car free day (CFD). Mereka beramai-ramai berswafoto di depan karya seni bambu itu.

"Unik nih bentuknya. Makanya saya foto di sini," ujar Feri, seorang pengunjung CFD, di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (19/8/2018).

Feri tak sendiri, ada puluhan warga lainnya yang turut berfoto. Bahkan, ada sejumlah warga yang baru mengetahui adanya karya seni ini saat berkunjung ke Bundaran HI.

"Baru lihat ini. Saya kira patung apa gitu, enggak tahunya bambu," ucap Didi warga asal Duren Sawit.

Menurutnya, instalasi bambu itu menambah indah kawasan Bundara HI. "Ya bagus lah, jadi bagus aja," tambah Didi.

Pemprov DKI Jakarta terus mempercantik Kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), satu di antaranya dengan menempatkan instalasi bambu, sebuah karya seni karya Joko Avianto untuk menyambut Asian Games 2018.

"Bulan Oktober 2015 kami menyelenggarakan Frankfurt Book Fair dan salah satu yang ditunjukkan di sana adalah karya bambu dari Pak Joko, Mas Joko ini. Lalu saya minta Mas Joko untuk membuat instalasi di Jakarta," kata Gubernur DKI Anies Baswedan di Velodrome.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Bernilai Tinggi

Instalasi Bambu yang menghiasi kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) diserbu para warga atau pengunjung car free day (CFD). (Liputan6.com/Hanz Jimenez Salim)

Anies mengatakan bambu sering diremehkan. Oleh karena itu, ia ingin menunjukkan bahwa bambu adalah benda bernilai tinggi.

"Bambu sering dianggap tak bernilai. Kami ingin tunjukkan di tanah yang paling mahal di Indonesia, Bundaran HI di situ, dipasang instalasi dengan material paling murah di Indonesia. Lewat kreativitas tangan Pak Joko, material yang tak bernilai itu jadi karya seni yang tak ternilai. Itu pesan yang ingin disampaikan," jelas Anies Baswedan.

Instalasi seni itu, menurut Anies, sengaja dipilih dari bambu dengan harapan agar masyarakat tahu kelebihan-kelebihan bambu.

"Sengaja dipasang untuk ucapan selamat datang dan disiapkan hari ini karena nanti dilewati torch relay obor Asian Games dan warga bisa lihat. Saya anjurkan hari Minggu lihat ini. Bambu biasanya kita menyaksikan bambu posisinya lurus, sekarang ditekuk-tekuk sampai bentuknya seperti bunga matahari. Harapannya jadi inspirasi ke seluruh Indonesia bahwa bambu itu bisa dipakai untuk banyak ekspresi seni," Anies memungkasi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sekjen PBB Gagas Kirim Pasukan Pelindung Warga Palestina dari Israel

Posted: 18 Aug 2018 09:04 PM PDT

Liputan6.com, New York - Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, dalam sebuah laporan baru, mengajukan sejumlah opsi untuk melindungi warga sipil Palestina yang hidup di bawah pendudukan Israel.

Opsi itu berkisar dari membentuk pasukan militer atau polisi bersenjata, mengerahkan pemantau sipil, atau meningkatkan kehadiran PBB di lapangan. Demikian seperti dikutip dari The Globe and Mail, Minggu (19/8/2018).

Guterres menekankan dalam laporan yang beredar Jumat 17 Agustus malam bahwa setiap opsi akan membutuhkan kerja sama antara Israel dan Palestina.

Tetapi prospek untuk mendapatkan persetujuan Israel, serta rencana pengerahan pasukan PBB seperti yang digagas oleh Guterres, dinilai sulit untuk dicapai.

Opsi terbaru yang diajukan oleh Guterres merupakan tindak lanjut atas sidang Majelis Umum PBB pada Juni 2018 dalam merespons rangkaian kekerasan di Jalur Gaza dan "penggunaan kekuatan yang berlebihan" dari pihak Israel.

Sidang itu menghasilkan sebuah resolusi yang disetujui oleh 120 negara, berisi sikap Majelis Umum PBB yang mengutuk langkah Israel menggunakan "kekuatan yang berlebihan" terhadap warga Palestina di Gaza dan mengajukan rekomendasi mengenai "mekanisme perlindungan internasional" bagi warga sipil terdampak konflik dan yang berstatus rentan.

Dalam laporan 14-halaman, sang sekjen mengatakan, "kombinasi atas lebih dari 50 tahun pendudukan militer Israel, ancaman keamanan konstan, lembaga politik yang lemah dan proses perdamaian yang menemui jalan buntu, memberikan tantangan perlindungan yang sangat kompleks secara politik, secara hukum, dan praktis."

Guterres menekankan bahwa solusi ideal untuk melindungi warga sipil Palestina adalah tetap melalui penyelesaian politik atas konflik Israel-Palestina yang telah berusia puluhan tahun.

Namun, sampai itu tercapai sepenuhnya, Guterres meminta 193 negara di Majelis Umum untuk mengeksplorasi "semua tindakan praktis dan layak yang secara signifikan akan meningkatkan perlindungan penduduk Palestina," menambahkan bahwa tindakan tersebut "juga akan meningkatkan keamanan warga sipil Israel."

Terkait hal itu, Guterres berfokus pada empat opsi:

1. Kehadiran PBB di lapangan

Guterres mengatakan bahwa "pakar hak asasi manusia, politik, dan berbagai koordinator PBB dapat memperkuat kapabilitas PBB untuk melakukan pencegahan konflik Palestina-Israel di lapangan."

Cara itu dilakukan dengan "meningkatkan visibilitas organisasi (PBB) serta menunjukkan perhatian dan komitmen komunitas internasional untuk melindungi warga sipil Palestina."

Warga melihat puing-puing bangunan yang hancur akibat serangan udara Israel di Kota Gaza, Palestina, (9/8). Tentara Israel kembali membombardir Gaza sebagai aksi balasan terhadap serangan militan Hamas. (AP Photo/Khalil Hamra)

2. Tambahan Sumber Daya dan Akses bagi Kesejahteraan Warga Sipil

Guterres mengatakan bahwa perlu bagi PBB untuk melakukan "perluasan program-program bantuan kemanusiaan dan pembangunan yang efektif dalam menangani kebutuhan Palestina."

Namun dia mengatakan, dari sekitar rancangan anggaran US$ 540 juta untuk pelayanan dasar dan dukungan bagi 1,9 juta warga Palestina yang rentan, hanya 24,5 persen yang baru terpenuhi saat ini.

Dalam laporannya, Guterres mengkritik pemotongan besar dalam pendanaan untuk lembaga pengungsi Palestina, UNRWA, yang ia nilai "telah menciptakan lingkungan sosio-ekonomi yang semakin rumit dan putus asa." Itu merujuk pada langkah Amerika Serikat yang memotong sekitar US$ 300 juta dalam pendanaan untuk UNRWA awal tahun ini, mengakibatkan kekurangan anggaran PBB sebesar US$ 217 juta.

Dua remaja berada di puing-puing bangunan yang hancur akibat serangan udara Israel di Kota Gaza, Palestina, (9/8). Israel dan Hamas telah berperang tiga kali sejak Hamas menguasai Gaza pada 2007. (AP Photo/Khalil Hamra)

3. Pengerahan Pemantau Sipil yang Berdedikasi

Gutteres juga mengajukan opsi ketiga untuk mengerahkan pemantau sipil yang berdedikasi di lapangan, dengan mandat untuk "melaporkan perlindungan warga sipil Palestina dan kesejahteraan mereka."

"Hal itu akan sangat relevan di daerah-daerah sensitif seperti pos-pos pemeriksaan, pagar Gaza, dan daerah-daerah dekat permukiman," kata Guterres.

Asap tebal terlihat dari ledakan serangan Israel ke sebuah gedung pusat budaya Said al-Mis'hal di Kota Gaza, Palestina, (9/8). Israel mengerahkan lebih dari 140 serangan udara yang menargetkan posisi militan Hamas di Gaza. (AP Photo/Khalil Hamra)

Dia juga mengatakan bahwa para pemantau sipil itu bisa menyediakan "mediasi lokal" pertama kali di lapangan, jika terjadi konflik di wilayah-wilayah rentan.

4. Memberikan Perlindungan Fisik.

Mungkin yang paling signifikan adalah opsi keempat ini, Guterres mengatakan bahwa PBB dapat "menyediakan pasukan militer atau polisi bersenjata, jika diberi mandat oleh Dewan Keamanan."

Itu dilakukan untuk "mencegah dan, jika perlu, memastikan keselamatan penduduk sipil." Sebagai alternatif, Guterres mengatakan bahwa sekelompok negara-negara juga dapat beroperasi di bawah mandat misi PBB untuk memberikan perlindungan fisik kepada warga sipil Palestina.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Simak video pilihan berikut:

Sekjen PBB Mengkritik Perluasan Permukiman Israel

Pelayat membawa jasad paramedis Palestina Abdullah al-Qutati di Rafah, Jalur Gaza, Sabtu (11/8). Pemuda 21 tahun itu meninggal setelah ditembak tentara Israel. (AP Photo/Khalil Hamra)

Dalam laporan yang sama, Sekjen PBB Antonio Guterres juga mengkritik tajam perluasan permukiman Israel, dengan mengatakan bahwa bangunan itu "terus berlanjut berkembang dan merupakan pelanggaran mencolok di bawah hukum internasional."

Dia juga mengatakan, tingginya jumlah korban Palestina, termasuk anak-anak, sejak rangkaian protes mingguan di pagar Gaza sejak 30 Maret "mencerminkan tren mengkhawatirkan penggunaan kekuatan mematikan oleh pasukan keamanan Israel terhadap individu yang mungkin tidak menimbulkan ancaman serius."

Pengunjuk rasa wanita Palestina menembakkan batu menggunakan ketapel ke arah tentara Israel saat bentrok di Khan Younis, perbatasan Gaza, Jumat (10/8). (AP Photo/Adel Hana)

Kendati demikian, Guterres juga mengkritik "peluncuran roket, mortir dan alat pembakar dari Gaza oleh Hamas dan militan Palestina lainnya terhadap Israel" serta pembangunan terowongan ke Israel, dengan mengatakan bahwa tindakan itu mengancam kehidupan orang Israel dan Palestina.

Dia menambahkan bahwa "hasutan, retorika provokatif dan pemuliaan serangan teror oleh faksi politik-militan Palestina justru menjadikan konflik semakin abadi, menumbuhkan kecurigaan dan mengurangi harapan untuk dialog yang konstruktif."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wushu Sumbang Medali Pertama untuk Indonesia di Asian Games 2018

Posted: 18 Aug 2018 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kontingen Indonesia meraih medali pertama di Asian Games 2018. Cabang olahraga wushu menyumbang medali perak.

Medali pertama Indonesia di Asian Games diraih oleh Marvelo Edgar Xavier di nomor cangquan putra, Minggu (19/8/2018). Dia berhasil mengumpulkan total poin, 9,72.

Edgar hanya kalah tipis dari wakil Tiongkok yang meraih medali emas, Sun Peiyuan. Edgar hanya kalah 0,3 angka dari Peiyuan.

Adapun medali perunggu diraih atlet asal Taiwan Tsai Tsemin. Atlet berusia 23 tahun itu juga menempel ketat dengan total nilai 9,70.

Pertandingan wushu digelar di JIEcpo-hal B, Kemayoran, Jakarta. Di cabor ini, tim wushu Indonesia menurunkan enam atlet sanda (tarung) dan tujuh atlet taolu (seni).

Kans Indonesia meraih medali emas Asian Games di cabor wushu terbuka lebar. Indonesia memiliki Lindswell Kwok yang tampil di nomor taolu taijijian dan taolu taijiquan.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komunitas Vespa Makassar Arak Bendera Merah Putih 73 Meter

Posted: 18 Aug 2018 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Makassar - Berbagai kegiatan unik dilakukan kelompok masyarakat di Sulsel dalam rangka memeriahkan perayaan HUT ke-73 RI. Di antaranya yang dilakukan komunitas motor vespa di Makassar ini. Mereka membentangkan bendera merah putih yang panjangnya 73 meter disesuaikan dengan usia kemerdekaan RI saat ini.

"Kainnya kami beli sendiri dan juga jahit sendiri. Sejak jauh hari kami sudah sediakan," kata Tante Cia (47), salah seorang pengendara motor vespa yang tergabung dalam kelompok Scooter Makassar Bersatu (SMB), Jumat (17/8/2018).

Bendera merah putih yang panjangnya 73 meter tersebut, diarak membentang berkeliling Kota Makassar pada perayaan HUT ke-73 RI kali ini. Kata dia, tujuannya untuk menumbuhkan semangat masyarakat agar terus menjaga rasa kecintaannya kepada tanah air Indonesia dan menghargai perjuangan para Pahlawan terdahulu dalam merebut kemerdekaan.

"Kegiatan unik yang kami lakukan selain ikut memeriahkan perayaan kemerdekaan, juga mengajak masyarakat Makassar khususnya untuk tetap menjaga rasa kecintaan kepada negara yang kita cinta bersama," terang Cia.

Ia mengakui antusias masyarakat dalam menyaksikan pengarakan bendera merah putih sepanjang 73 meter tersebut cukup tinggi. Bahkan sempat memacetkan ruas jalan karena para pengguna jalan berhenti di tengah jalan hanya demi menyaksikan kegiatan unik tersebut.

"Kami minta maaf sebelumnya karena sempat memacetkan jalan. Karena pengguna jalan yang berlawanan arah berhenti di tengah jalan karena ingin menyaksikan arak-arakan bendera merah putih yang kami lakukan," tutur Cia.

Bendera merah putih yang membentang sepanjang 73 meter diarak berkeliling di jalan-jalan protokoler yang ada di Makassar. Diantaranya melintasi Jalan Urip Sumoharjo Makassar dan Jalan Jenderal Sudirman Makassar atau melintas di depan Monumen Nasional Pembebasan Irian Barat yang dikenal oleh masyarakat Makassar dengan nama Monumen Mandala.

"Kita harap kegiatan unik ini dapat terus telestarikan pada perayaan HUT RI tahun depannya. Insya Allah," Cia menandaskan.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perebutan Medali di Asian Games 2018 Dimulai Hari Ini

Posted: 18 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ussai digekar upacara pembukaan Sabtu (18/8/2018) malam, perburuan medali emas Asian Games 2018 mulai berlangsung pada Minggu (19/8/2018). Ada beberapa medali emas yang bisa direbut.

Pada pertandingan hari pertama, tercatat ada enam cabang olahraga yang langsung menyediakan medali emas untuk diperebutkan para atlet yang berlaga, masing-masing wushu, anggar, gulat, taekwondo, renang, dan menembak. 

Secara keseluruhan dari enam cabang olahraga itu ada sebanyak 21 keping emas, dengan terbanyak berasal dari renang sejumlah tujuh keping, gulat (5), taekwondo (4), anggar (2), menembak (2), dan wushu (1).

Kecuali menembak yang dilombakan di komplek Jakabaring Sport City Palembang, Sumatera Selatan, lima cabang olahraga lainnya dimainkan di arena yang beraumumkan INASGOC, medali emas pertama diperkirakan muncul dari cabang olahraga wushu yang melombakan nomor changquan putra mulai pukul 09.00WIB dan langsung menentukan pemenangnya.

Sementara dari cabang olahraga gulat mempertandingkan nomor gaya bebas kategori putra di kelas 57 kg, 65 kg, 74 kg, 86 kg, dan 97 kg.

Kemudian dari cabang olahraga taekwondo juga ada empat keping emas yang disediakan pada nomor poomsae (seni kerapian jurus), masing-masing individual putra-putri dan berebu putra-putri.

Pelatih gulat Indonesia Buyamin mengatakan, peluang anak asuhnya untuk bisa menembus zona medali sangat berat, namun tidak menutup kemungkinan mereka bisa membuat kejutan.

"Untuk bisa bersaing di zona medali, kemampuan pegulat Indonesia masih belum cukup, mengingat persaingan di tingkat Asia sangat berat. Level atlet kita memang masih di tingkat Asia Tenggara, itu pun harus berjibaku dengan kekuatan pegulat Vietnam, Thailand dan Myanmar. Sedangkan di tingkat Asia, belum ada sejarah pegulat nasional bisa masuk dalam zona medali," kata Buyamin.

Menurut ia, pada ajang Asian Games 2018 ini, persaingan meraih medali akan diperebutkan pegulat dari India, Iran, Korea Selatan, China dan sejumlah negara pecahan Uni Soviet.

"Bermain di rumah sendiri, semoga anak-anak punya motivasi lebih dan bisa membuat kejutan," tambahnya.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Berat Raih medali

Logo Asian Games 2018 resmi diluncurkan pada peringatan Haornas ke-32.

Sementara dari cabang olahraga anggar yang menyediakan dua medali emas pada pertandingan pertama, yakni nomor epee (degen) putra dan sabre (sabel) putri, langkah atlet Indonesia juga bakal mendapat sandungan dari para pesaingnya.

Sama halnya dengan gulat, Indonesia masih kalah kelas dari atlet anggar negara lain di Asia, terutama Korea Selatan. Oleh karena itu, cabang olahraga anggar juga tidak dibebani target medali emas pada Asian Games 2018.

"Target pribadi saya bisa masuk empat besar, tapi itu tidak mudah. Lawan dari Korea Selatan sangat tangguh dan merupakan juara Olimpiade 2016," kata Diah Permatasari, satu-satunya atlet anggar Indonesia yang pernah berlaga di Olimpiade 2012 London.

Manajer tim anggar Indonesia Muslimin yang dihubungi terpisah menambahkan bahwa seluruh atlet sudah menjalani persiapan yang maksimal, termasuk menjalani pemusatan latihan dan latih tanding di Korea Selatan sebelum tampil di Asian Games.

"Kami memang tidak dibebani medali, jadi mudah-mudahan hal ini bisa membuat para atlet bisa bertanding lepas. Kita ingin membuat kejutan, meskipun peluangnya sangat berat," ujar pria yang juga Ketua Pengprov Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (Ikasi) Kalimantan Timur itu.

Dari cabang olahraga menembak yang dilombakan di komplek Jakabaring Sport City, Palembang, dua medali emas diperebutkan pada hari pertama perlombaan, yakni nomor 10 meter air rifle beregu campuran dan 10 meter air pistol beregu campuran.

Manajer tim menembak Indonesia Sarozawato Zai menuturkan, dua nomor tersebut merupakan nomor favorit sehingga banyak atlet yang ambil bagian.

Pada nomor 10 meter air rifle, misalnya, tuan rumah Indonesia menurunkan pasangan Monica Daryanti dan M Naufal Mahardika, sementara untuk nomor 10 meter air pistol mengandalkan Talitha J Almira dan Deny Pratama, tetapi mereka tidak ditarget medali.

"Pesaing berat akan datang dari negara-negara Asia yang terkenal memiliki petembak dengan reputasi kelas dunia, seperti dari China, Korea dan India," katanya.

Renang Aquatik

Perebutan medali emas yang tidak kalah sengit dan menarik perhatian penonton bakal berlangsung dari arena kolam renang Aquatic Center GBK Jakarta, karena ada tujuh medali emas yang diperebutkan pada nomor final yang berlangsung Minggu petang hingga malam hari.

Ketujuh nomor final itu meliputi 1.500 meter gaya bebas putri, 200 meter gaya bebas putra, 200 meter gaya punggung putri, 100 meter gaya punggung putri, 100 meter gaya dada putri, 200 meter gaya kupu-kupu putra, dan 4x100 meter gaya bebas estafet putri.

Dari cabang aquatik ini, atlet asal China dan Jepang yang lebih difavoritkan mendominasi perlombaan, karena kedua negara tersebut memiliki perenang-perenang kelas dunia. Selain ada juga perenang dari Kazakhstan yang mengancam.

China, misalnya, akan mengandalkan juara Olimpiade, Sun Yang, di nomor gaya bebas dan juara dunia Xu Jiayu di gaya punggung. Sedangkan Jepang memiliki Kosuke Hagino yang meraih medali emas 200 meter gaya bebas pada Asian Games 2014.

Pada nomor gaya punggung, tuan rumah bertumpu pada I Gede Siman Sudartawa, yang selama beberapa bulan (juga bersama perenang pelatnas lainnya) menjalani pemusatan latihan intensif di Australia dan Amerika Serikat.

Mantan perenang nasional Elsa Manora Nasution menyebut para perenang Indonesia membutuhkan mujizat untuk bisa meraih medali emas pada Asian Games 2018.

"Saya tahu banget perjuangan mereka (perenang Indonesia) dalam mempersiapkan diri, tapi untuk bisa menang atau mendapatkan emas itu sebagai mukjizat aja kali ya," kata Elsa saat ditemui Antara di Bandara Silangit, Siborongborong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, awal Agustus lalu. (Ant)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Manfaat, Jangan Dilarang Anak Bermain Tanah

Posted: 18 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebagian orangtua melarang anak bermain tanah. Padahal, bermain tanah dapat meningkatan kekebalan tubuhnya. 

Penelitian yang dilakukan ilmuwan University of Chicago di bidang microbial ecosystems mengungkapkan bahwa mencegah anak bermain tanah justru mengganggu sistem imunitas anak.

Jack Gilbert, penulis penelitian, mengatakan dalam buku Dirt Is Good: The Advantage of Germs for Your Child's Developing Immune System, mengatakan bahwa 'langkah pencegahan' yang biasa dilakukan orangtua terhadap anak ini justru memicu berbagai macam alergi seperti asma dan penyakit kulit eksema. Membuat tubuh justru menjadi hiper-sensitif terhadap benda bubuk yang halus.

"Kamu memiliki sel prajurit kecil di tubuh yang disebut neutrofil, dan ketika sel-sel ini menghabiskan banyak waktu untuk mencari sesuatu untuk bisa dilakukan, mereka berubah menjadi pemarah dan proinflamasi," jelasnya.

 "Ketika akhirnya mereka melihat sesuatu yang asing, seperti serbuk sari, mereka menjadi eksplosif. Mereka menjadi reaktif, dan itulah yang memicu asma dan eksim, bahkan alergi makanan."

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

Alasan

Dengan kata lain, sel-sel neutrofil ini seperti anak-anak yang butuh bermain dan punya banyak energi untuk dihabiskan. Mereka ingin mengenal sesuatu dari luar tubuh, dan ketika mereka justru 'tidak boleh bermain', reaksi yang ditunjukkan ketika melihat benda asing justru berlebihan.

Jack Gilbert menghubungkan dengan beberapa penelitian lama tentang bakteri di sekitar anak yang justru bisa menguatkan kekebalan tubuh, seperti tak sengaja menjatuhkan dot dan dimasukkan kembali ke mulut, dijilati anjing peliharaan, memegang hewan dan lain sebagainya.

Sama halnya dengan bermain tanah, meski ada banyak bakteri di tanah, namun justru bisa memberi manfaat menguatkan kekebalan tubuh anak, selain melatih motorik halus anak terhadap benda.

Mencuci tangan memang kebiasaan baik dan sehat yang perlu dibangun sejak kecil, namun bukan berarti bisa menghentikan anak untuk mengenali benda-benda di sekitarnya. Biarkan anak puas dulu bermain, atau ingatkan sesekali jika kelewat batas.

Setelah bermain, baru ajak anak untuk mencuci tangan dengan sabun biasa, bukan dengan sabun anti-bakteri atau hand sanitizer.

 

Penulis: Febi Anindyakirana

Sumber: Vemale.com

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Angkasa Pura II Siap Berikan Pelayanan Terbaik Saat Asian Games 2018

Posted: 18 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Peran penting akan dimainkan Bandara International Soekarno Hatta Jakarta dan Sultan Badaruddin Palembang. Bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II, akan menyambut peserta dan wisatawan yang akan memeriahkan pesta olahraga terbesar di Asia ini.

Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, bandara adalah First Impression buat wisatawan mancanegara.

"Bandara adalah tempat pertama wisatawan menginjakkan kaki. Di sinilah impresi pertama didapat. Jika bandara ramah, asyik, keren, juga menyenangkan, maka wajah Indonesia juga akan berseri. Apalagi jika digital friendly," katanya.

"Semakin digital semakin personal, Bandara itu titik sentuh pertama wisatawan dengan Kita. Biasanya disebut moments of truth. untuk itu di bandara pertu moment of truth, sehingga bisa menghadirikan kesan pertama bagi wisatawan. Smart, adalah kesan pertama yang diinginkan Kemenpar. Maka dari itu pelayanan dan pusat Informasi harus menggunakan Teknologi Digital," ujarnya.

Begitupun sebaliknya. Jika cemberut, dan tidak bersahabat, maka seperti itulah persepsi terhadap Wonderful Indonesia.

Namun, Menpar yakin semangat Indonesia Incorporated akan membuat wajah Indonesia semakin ramah.

"Dengan spirit Indonesia Incorporated, KemenBUMN, juga PT AP II, kita siap menyambut para tamu Asian Games. Apalagi sport tourism itu dengan sangat menawan," paparnya.

Kesiapan juga disampaikan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Awaluddin. Diperkirakan sebanyak 170 ribu wisatawan akan datang saat Asian Games.

"Angkasa Pura II, khususnya Bandara Internasional Soekarno-Hatta, merupakan gerbang utama para kontingen untuk memasuki wilayah Indonesia, maka dari itu menjadi tugas kami untuk memberikan pelayanan prima bagi kontingen dari negara-negara peserta Asian Games 2018 yang mendarat di bandara ini," ujar Awaluddin.

AP II sendiri, lanjut Awaluddin, sudah melakukan berbagai persiapan. Mulai dari posko siaga Asian Games 2018 dan sports corner di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Lalu bagi wisatawan yang ingin mencari informasi lebih lanjut, AP 2 juga meluncurkan layanan asisten virtual Travel Asisstance System Angkasa pura II atau TASYA.

"Layanan asisten virtual TASYA merupakan layanan berbasis teknologi kecerdasan buatan dan bisa diakses melalui tiga platform media sosial yakni Line: @angkasapura2, Facebook Messenger: @airport138, Telegram: @angkasapura2Bot, dan juga melalui Website Angkasa Pura II. Juga bisa melalui mengunduh aplikasi Indonesia Airport Apps serta dapat juga ditemui di E-Kiosk yang ada di Bandara Soekarno-Hatta.

Terbaru, bandara terbesar di Indonesia itu, menghadirkan Airport Digital Lounge di Terminal 2 dan Terminal 3 CGK. Airport Digital Lounge merupakan pusat layanan terintegrasi dari PT Angkasa Pura II (Persero), yang memadukan kemudahan layanan informasi bandara dengan teknologi digital terkini (state of the art technology).

"Dilengkapi dengan layanan self check-in, flight Information, virtual assistant via chatbot, coworking space, e-wayfinding, official merchandise store serta layanan reservasi akomodasi, pengguna jasa dapat mendapatkan pengalaman perjalanan yang menyenangkan. Petugas kami siap membantu Anda dengan pelayanan yang ramah, cepat, dan efektif," ujar Awaluddin.

Untuk memenuhi kebutuhan informasi wisata para wisatawan saat Asian Games 2018, PT Angkasa Pura II (Persero) bekerjasama dengan kementerian pariwisata dan juga stakeholder lainnya mempersiapkan rute-rute destinasi wisata Indonesia. AP II juga menyiapkan Tourist Information Center di Bandara Soekarno-Hatta serta di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II. Hal itu untuk memberikan informasi pariwisata kepada para customer.

Selain itu AP II juga menyiapkan booth-booth leaflet pariwisata serta fasilitas layanan digital di terminal seperti Digitalway-Finding Kiosk, Statistic map, Wayfinding; juga penambahan Interface Asian Games ke 18 pada Indonesia Airports Mobile Apps.

Sebagai bentuk kesiapan dalam memberikan pelayanan terbaik di bandara, AP II juga telah meresmikan sejumlah fasilitas-fasilitas baru, diantaranya adalah Chatbot Contact Center (Tasya), Airport Digital Lounge (DILO), Digital Airport Hotel, Airport Operation Control Center (AOCC), dan Wi-Shock, fasilitas layanan wifi berkecapat tinggi di bandara. Fasilitas-fasilitas ini diresmikan secara langsung oleh Menteri BUMN, Rini Soemarno, dalam seminar Airport Of The Future.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Timnas Basket Putri Bidik Kemenangan Perdana di Asian Games 2018

Posted: 18 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tim nasional bola basket putri Indonesia akan kembali turun bertanding di penyisihan Grup X Asian Games 2018 di Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (19/8/2018). Kazakhstan akan jadi ujian selanjutnya.

Tim besutan Arif Gunarto itu bakal memburu kemenangan perdana saat meladeni Kazakhstan dalam laga yang dijadwalkan diawali dengan lemparan pemula pada pukul 18.30 WIB. 

Laga kontra Kazakhstan merupakan salah satu dari dua pertandingan yang dibidik berakhir dengan kemenangan oleh Arif, demikian dikatakannya selepas Indonesia menelan kekalahan telak 40-108 di tangan Korea, Rabu (15/8) lalu.

Salah satu penggawa basket putri Indonesia, Natasha Debby Christaline, sempat menyatakan optimisme ia dan rekan-rekannya bisa mengalahkan Kazakhstan, serta ingin mempersembahkan kemenangan sebagai hadiah untuk peringatan kemerdekaan Indonesia ke-73.

Laga Indonesia melawan Kazakhstan merupakan pertandingan keempat yang dilangsung dalam penyisihan bola basket Asian Games 2018, Minggu, yang seluruhnya merupakan nomor putri.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Laga Pertama

Pemain Timnas Basket Putri Indonesia, Gabriel Sophia (tengah) saat melawan tim unifikasi Korea pada laga perdana Grup A Asian Games 2018. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pertandingan pertama yang dijadwalkan dimulai pukul 10.00 WIB mempertemukan pemuncak klasemen sementara Grup X, Chinese Taipei, menghadapi India. Jika berhasil menang Taipei bakal memastikan langkah mereka ke fase gugur.

Kemudian pertandingan kedua, yang dijadwalkan mulai pukul 12.30 WIB, menyajikan laga antara Jepang melawan Mongolia. Jepang yang sudah meraih satu kemenangan dan menelan satu kekalahan, harus mewaspadai barisan penembak tripoin Mongolia.

Selanjutnya, pertandingan ketiga, Thailand kontra Hong Kong dijadwalkan dimulai pukul 16.00 WIB. Kedua tim sama-sama memburu kemenangan pertama, lantaran Hong Kong sudah menelan dua kekalahan dan Thailand sekali.

Berikut jadwal pertandingan bola basket putri di Hall Basket GBK, Minggu.

10.00 WIB (Grup X) Chinese Taipei vs India 12.30 WIB (Grup Y) Jepang vs Mongolia 16.00 WIB (Grup Y) Thailand vs Hong Kong 18.30 WIB (Grup X) Indonesia vs Kazakhstan. (Ant)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi dapat Julukan Presiden Hipster dari Masyarakat Korea Selatan

Posted: 18 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aksi Presiden RI Joko Widodo dalam pembukaan Asian Games 2018, Sabtu (18/8/2018) kemarin malam mendapat banyak sanjungan dari berbagai kalangan. Dalam pembukaan acara Asian Games 2018 ini tampak Presiden Jokowi mengendarai sepeda motor berwarna hitam menuju Stadion Gelora Bung Karno.

Dalam video yang ditampilkan, sepanjang perjalanan ke Gelora Bung Karno, Joko Widodo menunjukkan atraksi-atraksi mencengangkan. Aksi mengendarai sepeda motor yang diperlihatkannya pada pembukaan Asian Games 2018 ini menarik perhatian bukan cuma warganet Indonesia, tetapi sampai ke Korea Selatan.

Portal berita Korea Selatan, insight.co.kr, ini memuat berita Jokowi yang mengendarai motor yang diberi judul "Presiden hipster!".

Tak hanya portal berita tersebut yang mendadak jadi perbincangan masyarakat Korea Selatan. Karena aksi Jokowi ini juga Indonesia sempat menjadi trending di berbagai media sosial.

Nomor Satu

Jokowi (Twitter/banyakcakapkau)

Seperti pada situs Naver alias Google-nya Korea Selatan, Indonesia juga sempat menjadi trending topik di urutan pertama. Banyak warganet Korea Selatan di Twitter memuji aksi Jokowi dan rangkaian upacara pembukaan Asian Games 2018.

 

Sukses

Aksi Jokowi naik moge di upacara pembukaan Asian Games 2018. [foto: instagram/jokowi]

Kesuksesan pembukaan Asian games 2018 ini juga membuat Jokowi bersyukur. Hal tersebut ia ungkapkan dalam unggahan baru-baru ini di Instagram pribadinya. Jokowi mengungkapkan kebanggaannya dapat menyambut beberapa negara yang datang ke Indonesia dan sambutan meriah dari masyarakat Indonesia.

"Yang jelas, saya dan kita semua menyambut gembira, bahwa acara pembukaan Asian Games 2018, di Stadion Utama GBK tadi malam berlangsung meriah dan lancar. Ini penantian Indonesia selama 56 tahun untuk kembali menjadi tuan rumah pesta olahraga bangsa- bangsa Asia setelah Asian Games di Jakarta di tahun 1962," tulisnya dalam keterangan unggahan tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Curhat Pilu Pria yang Batal Menikah Setelah 5 Tahun Pacaran

Posted: 18 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ketika menjalin hubungan dengan kekasih, kalian tentu ingin berjalan dengan awet hingga naik pelaminan bukan? Sayangnya tak semua hubungan kekasih bisa berjalan mulus.

Contohnya saja seperti yang dialami pria yang baru-baru ini menjadi viral di Facebook. Bagaimana tidak, dirinya harus menerima kenyataan pahit lantaran gagal menikah setelah berpacaran selama 5 tahun. Apalagi hal tersebut karena sang kekasih dikatakan selingkuh dengan pria lain.

Artikel tentang curhat pilu pria yang batal menikah setelah 5 tahun pacaran menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel kedua terpopuler, yakni tentang tulisan-tulisan kocak di jaket driver ojol. Sedangkan artikel 5 fakta menarik Asian Games di Indonesia menempati artikel ketiga terpopuler.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Curhat Pilu Pria yang Batal Menikah Setelah 5 Tahun Pacaran

(Foto: Irwan Sfri/Facebook)

Hubungan yang langgeng dan awet pasti diinginkan banyak pasangan. Namun sayang, seiring berjalannya waktu, hubungan tersebut bisa putus karena beragam faktor. Hingga akhirnya tak sampai pada jenjang yang serius.

Inilah yang dialami seorang pria yang kisah cintanya viral belakangan ini di jejaring sosial. Akun Facebook Irwan Sfri membagikan ceritanya pilu seorang pemuda, setelah menjalani asmara dengan kekasihnya sampai lima tahun.

Selengkapnya...

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

2. Menghibur dan Bikin Salut, Tulisan-Tulisan Kocak di Jaket Driver Ojol

(Foto: dramaojol.id/Instagram)

Ojek online memang dianggap membantu masyarakat untuk bertransportasi. Di samping pekerjaan mereka mengantarkan penumpang sampai tujuan dengan selamat. Ada banyak kisah lucu hingga haru tentang pengemudi ojek online.

Untuk menghibur dan membuat nyaman penumpang biasanya ojek online sampai rela menyediakan sejumlah hal. Termasuk menuliskan hal kocak di jaket mereka yang tak jarang dipotret oleh penumpang mereka.

Selengkapnya...

3. Jadi Tuan Rumah, Ini 5 Fakta Menarik Asian Games 2018 di Indonesia

Pemandangan menakjubkan saat pesta kembang api dalam pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8). (Bola.com/Iqbal Ichsan)

Semarak Asian Games ke-18 kini dirasakan oleh masyarakat Indonesia. Dimulainya Asian Games 2018 dengan Indoensia sebagai tuan rumah tentu harus disukseskan, bersama dukungan dari masyarakat.

Gelaran empat tahunan tersebut, melibatkan partisipasi 12 ribu lebih atlet dari 46 negara untuk bertanding pada 58 cabang olahraga. Terlebih lagi Asian Games tahun ini juga memiliki sejumlah fakta menarik yang tak boleh sampai dilewatkan.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Hujan Deras di India, Ribuan Jiwa Melayang

Posted: 18 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ribuan orang meninggal dunia akibat hujan deras yang melanda India selama Juni hingga September. Derasnya hujan sebabkan banjir dan tanah longsor.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketombean? Kenali Jenisnya dan Atasi dengan Cara Ini

Posted: 18 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dari banyak masalah rambut yang ada, ketombe menjadi problematika yang paling banyak dialami baik pria dan juga wanita. Ketombe tak hanya akan membuat kulit terasa gatal saja, tapi juga dapat mempengaruhi penampilan Anda.

Untuk mengatasinya, perlu diketahui terlebih dahulu jenis ketombe yang Anda miliki agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat. Lalu apa saja jenis ketombe yang ada dan bagaimana cara mengatasinya? Simak berikut ini.

1. Ketombe akibat kulit kepala kering

Memiliki kulit kepala yang kering juga bisa menyebabkan ketombe pada kepala Anda. Jika ini menjadi penyebabnya, pastikan untuk mencari formula sampo yang ringan sehingga tidak mengikis minyak alami pada kulit kepala Anda.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Jenis ketombe

Ilustrasi rambut (iStockphoto)

2. Ketombe akibat jamur

Jamur pada kulit kepala atau yang dikenal dengan Malassezia globosa akan memproduksi asam oleat yang dapat meningkatkan produksi sl kulit pada kulit kepala. Untuk mengetahuinya, coba lihat ketombe yang dimiliki. Jika berwarna putih kekuningan dan disertai rasa gatal, itu tandanya Anda mengalami ketombe yang diakibatkan oleh jamur. Dalam hal ini, penanganan ahli seperti dokter kulit mampu menuntaskan masalah ketombe Anda.

3. Ketombe akibat kotoran di kulit kepala

Biasanya ini terjadi bagi Anda yang gemar menggunakan produk styling. Produk tersebut akan meninggalkan residu apabila tidak tuntas membersihkannya. Jadi pastikan untuk rutin cuci rambut agar residu produk styling luruh sempurna

Jenis ketombe

Ilustrasi rambut (iStockphoto)

4. Ketombe akibat psoriasis

Kondisi ini membuat membentuk kulit menjadi kronis yang diakibatkan oleh sistem imun yang menyerang jaringan kulit sehar. Produksi sel kulit akan meningkat sebelum kulut mati mengelupas dan membentuk lapisan baru yang terasa gatal dan kemerahan. Untuk mengatasinya, penggunaan sampo dengan kandungan Salicylic acid dan zinc dapat menjadi solusi tepat untuk Anda.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seperti Apa Serunya Wisata Kuliner Jadul Bersama Veteran RI

Posted: 18 Aug 2018 08:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang senang melakukan wisata kuliner, Tangerang City Mall baru saja menggelar Rame-Rame Jajan Kuliner Nostalgia pada Sabtu (18/8/2018). Acara ini dibuat dengan mengangkat nuansa jadul, terlihat dari pengisi acara, seperti Orkes Tresnawara Djogja, Kabaret Tiga Dekade, Komunitas VW, hingga veteran yang didatangkan dari Markas Cabang LVRI.

Kesempatan ini juga dijadikan sebagai momen untuk mengapresiasi para pejuang yang telah membela dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Wisata kuliner Rame-Rame Jajan Kuliner Nostalgia merupakan acara tahunan yang kali ini memasuki usianya yang ketujuh.

Tema yang berbeda diangkat setiap tahunnya dan kali ini, Tangerang City Mall ingin ikut memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia. Ada lebih dari 60 jajanan dihadirkan di acara wisata kuliner ini, mulai dari pecel madiun, empal gentong, hingga surabi Solo.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Rame-Rame Jajan Kuliner Nostalgia di Tangcity Mall

Senang melakukan wisata kuliner? Coba datang ke Rame-Rame Jajan Kuliner Nostalgia bersama para veteran di Tangcity Mall.

Anda yang membawa anak-anak ke acara ini tidak hanya bisa melakukan wisata kuliner saja, namun juga ada permainan anak-anak. Menariknya lagi, nanti di tanggal 24, 31, Agustus, dan 7 September 2018 akan ada "Nobar Layar Tantjap" yang memutarkan film klasik.

Rame-Rame Jajan Kuliner Nostalgia di Tangcity Mall

Senang melakukan wisata kuliner? Coba datang ke Rame-Rame Jajan Kuliner Nostalgia bersama para veteran di Tangcity Mall.

Para pengunjung juga bisa menjumpai wahana terbaru di Indonesia, Human Claw Machine, mobil gowes, dan becak mini untuk mengelilingi area acara Rame-Rame Jajan Kuliner Nostalgia. Apa yang paling Anda senangi dari melakukan wisata kuliner?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemuda Muhammadiyah Galang Dana untuk Korban Gempa Lombok di CFD

Posted: 18 Aug 2018 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aksi galang dana untuk membantu korban bencana gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), kembali digelar. Kali ini, giliran dari Pemuda Muhammadiyah wilayah Tanah Abang yang menggalang dana saat car free day (CFD) di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta.

"Kami menghimpun dana melalui Muhamamadiyah untuk pengungsi di Lombok," kata koordinator aksi, Yusuf Maulana di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (19/8/2018).

Ia berharap nantinya dana hasil aksi ini dapat membantu meringankan korban gempa di Lombok, NTB. Menurutnya, bantuan yang akan dikirim tidak hanya berupa uang tunai saja, tetapi bisa berupa bahan makanan, obat-obatan, dan yang lainnya.

"Bisa selimut dan pakaian. Makanya kami mengajak semua untuk memberikan rasa kepedulian dengan bentuk bantuan untuk saudara kita di sana," ucap dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Crutchlow Jagokan Marquez Juara MotoGP 2018

Posted: 18 Aug 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Spielberg - Cal Crutchlow melihat Marc Marquez masih menjadi lawan terkuat di ajang MotoGP musim ini. Bahkan Crutchlow percaya Marquwz masih menjadi kandidat untuk meraih gelar juara dunia untuk kelima kalinya di kelas utama.

"Banyak orang bertanya tentang pertanyaan itu, tapi jika saya tahu pasti, saya akan menjadi peramal. Sejauh ini saya melihat Marquez telah membuktikan masih menjadi pebalap terkuat, namun kejuaraan ini masih panjang," kata Crutchlow seperti dikutip dari Tuttomotoriweb.

Tak aneh jika Crutchlow menjagokan Marquez sebagai kandidat juara dunia MotoGP musim ini. Pembalap Repsol Honda itu saat ini masih menduduki peringkat teratas dengan raihan 201 poin.

Marquez unggul 59 poin dari musuh bebuyutannya Valentino Rossi dan 71 angka dari Jorge Lorenzo. Sementara itu, berbicara mengenai Lorenzo, Crutchlow masih tak menyangka dengan keputusannya untuk bergabung bersama tim Honda pada MotoGP 2019 mendatang.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Komentari Lorenzo

Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso, mulai khawatir dengan kebangkitan rekan setimnya, Jorge Lorenzo di Moto GP 2018. (AFP/lluis Gene)

Crutchlow memprediksi Lorenzo bakal mengalami kejutan besar saat tiba di pabrikan Jepang. "Lorenzo akan mengalami kejutan terbesar dalam hidupnya ketika dia sampai di Honda. Dia tinggal di dunia mimpi dan saya mengatakan kepadanya bahwa dia harus bekerja lebih keras pada bisepsnya," tutur Crutchlow.

"Pada saat ini RC213V merupakan motor paling efektif untuk membelokkan di kejuaraan MotoGP. Jadi, Anda harus bertanya kepada Márquez dan Pedrosa betapa sulitnya mendorong Honda. Selama bertahun-tahun, Anda akan melihat bagaimana keadaannya," Crutchlow mengakhiri.

(David Permana)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Atlet Wushu Indonesia Sumbang Medali Pertama Asian Games

Posted: 18 Aug 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia merebut medali pertama di Asian Games 2018. Cabang olahraga wushu sukses menyumbang medali perak.

Medali pertama Indonesia di Asian Games diraih Marvelo Edgar Xavier di nomor cangquan putra, Minggu (19/8/2018). Dia berhasil mengumpulkan total poin, 9,72.

Edgar hanya kalah tipis dari wakil Tiongkok yang meraih medali emas, Sun Peiyuan. Edgar hanya kalah 0,3 angka dari Peiyuan.

Adapun medali perunggu diraih atlet asal Taiwan Tsai Tsemin. Atlet berusia 23 tahun itu juga menempel ketat dengan total nilai 9,70.

Pertandingan wushu digelar di JIEcpo-hal B, Kemayoran, Jakarta. Di cabor ini, tim wushu Indonesia menurunkan enam atlet sanda (tarung) dan tujuh atlet taolu (seni).

Kans Indonesia meraih medali emas Asian Games di cabor wushu terbuka lebar. Indonesia memiliki Lindswell Kwok yang tampil di nomor taolu taijijian dan taolu taijiquan.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Putin Pamer Kemampuan Berdansa di Pernikahan Menlu Austria

Posted: 18 Aug 2018 08:42 PM PDT

Konvoi kendaraan yang membawa Presiden Rusia Vladimir Putin dalam perjalan menuju pesta pernikahan Menteri Luar Negeri Austria, Karin Kneissl dengan pengusaha Wolfgang Meilinger di desa Gamlitz, Austria selatan, Sabtu (18/8). (AP Photo/Ronald Zak)

Konvoi kendaraan yang membawa Presiden Rusia Vladimir Putin dalam perjalan menuju pesta pernikahan Menteri Luar Negeri Austria, Karin Kneissl dengan pengusaha Wolfgang Meilinger di desa Gamlitz, Austria selatan, Sabtu (18/8). (AP Photo/Ronald Zak)

Presiden Rusia, Vladimir Putin memberikan buket bunga saat menghadiri pesta pernikahan Menteri Luar Negeri Austria, Karin Kneissl dengan pengusaha Wolfgang Meilinger di Gamlitz, Sabtu (18/8). (Alexei Druzhinin, Sputnik, Kremlin Pool via AP)

Presiden Rusia, Vladimir Putin memberikan buket bunga saat menghadiri pesta pernikahan Menteri Luar Negeri Austria, Karin Kneissl dengan pengusaha Wolfgang Meilinger di Gamlitz, Sabtu (18/8). (Alexei Druzhinin, Sputnik, Kremlin Pool via AP)

Presiden Rusia, Vladimir Putin memamerkan kemampuan berdansa ketika menghadiri pesta pernikahan Menteri Luar Negeri Austria, Karin Kneissl dengan pengusaha Wolfgang Meilinger di Gamlitz, Austria selatan, Sabtu (18/8). (Roland Schlager/pool Photo via AP)

Presiden Rusia, Vladimir Putin memamerkan kemampuan berdansa ketika menghadiri pesta pernikahan Menteri Luar Negeri Austria, Karin Kneissl dengan pengusaha Wolfgang Meilinger di Gamlitz, Austria selatan, Sabtu (18/8). (Roland Schlager/pool Photo via AP)

Presiden Rusia, Vladimir Putin berdansa dengan Menteri Luar Negeri Austria, Karin Kneissl pada pesta pernikahan sang Menlu dengan pengusaha Wolfgang Meilinger di Gamlitz, Austria selatan, Sabtu (18/8). (Alexei Druzhinin, Sputnik, Kremlin Pool via AP)

Presiden Rusia, Vladimir Putin berdansa dengan Menteri Luar Negeri Austria, Karin Kneissl pada pesta pernikahan sang Menlu dengan pengusaha Wolfgang Meilinger di Gamlitz, Austria selatan, Sabtu (18/8). (Alexei Druzhinin, Sputnik, Kremlin Pool via AP)

Presiden Rusia, Vladimir Putin memamerkan kemampuan berdansa ketika menghadiri pesta pernikahan Menteri Luar Negeri Austria, Karin Kneissl dengan pengusaha Wolfgang Meilinger di Gamlitz, Sabtu (18/8). (Alexei Druzhinin, Sputnik, Kremlin Pool via AP)

Presiden Rusia, Vladimir Putin memamerkan kemampuan berdansa ketika menghadiri pesta pernikahan Menteri Luar Negeri Austria, Karin Kneissl dengan pengusaha Wolfgang Meilinger di Gamlitz, Sabtu (18/8). (Alexei Druzhinin, Sputnik, Kremlin Pool via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: