Jumat, 03 Agustus 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


MotoGP: Movistar Yamaha Cari Pembalap Penguji di Eropa

Posted: 03 Aug 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Tokyo - Manajer tim Movistar Yamaha, Massimo Meregalli, mengungkapkan bahwa perusahaan akan memiliki tim penguji motor MotoGP, yang berbasis di Eropa pada 2019. Pernyataan itu disampaikan setelah mendapatkan persetujuan dari pabrikan Jepang.

Sejauh ini, ada dua pembalap yang dikabarkan masuk radar Yamaha sebagai pembalap penguji untuk motor MotoGP. Mereka adalah Jonas Folger dan Bradley Smith.

"Kami akan memiliki tim penguji berbasis di Eropa. Itu adalah sesuatu yang baru saja disetujui, tetapi kami akan tahu lebih banyak nanti," kata Meregalli kepada wartawan di Sirkuit Brno seperti dikutip dari Bikesport, Sabtu (4/8/2018).

Kabar ini seperti mimpi yang menjadi kenyataan. Pasalnya, sejak lama Valentino Rossi mendesak kepada tim Yamaha untuk membentuk tim penguji motor M1 seperti yang dimiliki Honda ( Stefan Bradl), Ducati (Casey Stoner, Michele Pirro), dan KTM (Mika Kalillo).

Permintaan Rossi kepada tim Yamaha bukan tanpa alasan mengingat Nakasuga sudah tak muda lagi. Apalagi pembalap Jepang itu sudah jarang melakukan tes MotoGP di Eropa.

Pembalap Jepang

Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi. (TIZIANA FABI / AFP)

"Kami hanya punya Nakasuga di Jepang. Dia sudah berusia 37 tahun dan tak pernah menggelar tes di Eropa," kata Rossi, tahun lalu.

Yamaha tentunya berharap dengan keberadaan tim penguji yang berbasis di Eropa, dapat mendongkrak motor M1 untuk tampil kompetitif di lintasan balap MotoGP.

Keteteran

Pasalnya sejauh ini, baik Rossi maupun Maverick Vinales masih keteteran menandingi performa motor RC213V, yang dikendarai Marc Marquez. Yamaha tidak ingin semakin tertinggal dari Honda. (David Permana)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berakting di Sebelum Iblis Menjemput, Pevita Pearce Sempat Gugup

Posted: 03 Aug 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bila biasanya Pevita Pearce dikenal lewat peran-perannya di film drama, kini ia tampil dengan satu hal baru. Bersama Chelsea Islan, ia melakoni adegan penuh cipratan darah dalam film terbarunya, Sebelum Iblis Menjemput.  

Tak heran bahwa bagi Pevita Pearce, film garapan Timo Tjahjanto dengan rumah produksi Sky Media, Legacy Pictures ini adalah sebuah pengalaman baru.

"Ini sesuatu yang baru buat aku karena sebelumnya dari drama ke horor, di awal ada rasa nervous tapi juga excited penasaran karakter ini nguliknya kayak gimana," tutur Pevita Pearce saat ditemui di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (3/8/2018).

Adik Keenan Pearce ini mengatakan bahwa aktingnya di film ini dibantu oleh lawan mainnya, Ruth Marini. Semua ia lakukan karena Ruth merupakan salah satu seniman yang sudah apik di bidangnya. Dan di film ini Ruth yang dikenal sebagai pemain teater juga menjadi acting coach.

Segila Apa?

Pevita Pearce

"Prosesnya juga dibantu Mbak Ruth untuk pendalaman karakternya mau dibawa segila apa. Memang dari yang aku lihat dan jalani drama dan horor itu teknisnya berbeda. Mungkin kalau drama dari yang emosionalnya dalam ke mata, kalau horor atau action itu dari eksternal baru diisi dalamnya," tutur Pevita Pearce tentang film yang sebagus Pengabdi Setan ini.

Tayang 9 Agustus

Sebelum Iblis Menjemput (Instagram/ sebelumiblismenjemput)

Sebelum Iblis Menjemput menceritakan pengalaman Alfie (Chelsea Islan) seorang perempuan muda yang dihantui masa lalunya yang kelam. Ketika ayahnya yang terasingkan (Ray Sahetapy) koma karena gejala penyakit misterius, dia memutuskan mendatangi vila keluarga yang kerap didatangi ayahnya.

Di sana, Alfie berusaha mencari tahu apa yang terjadi dengan orangtuanya, terutama sang ibu yang dulu meninggal secara janggal. Ia juga bertemu dengan Maya ( Pevita Pearce) saudari tirinya yang mempunyai agenda tersendiri. Di vila ini mereka semua akan menguak rahasia sang ayah yang mengerikan.

Tak hanya Pevita Pearce dan Chelsea Islan, namun ada beberapa nama yang juga ikut meramaikan Sebelum Iblis Menjemput, seperti Samo Rafael, Ruth Marini, dan Karina Suwandi, Ray Sahetappy dan Kinaryosih.

Sebelum Iblis Menjemput akan tayang pada 9 Agustus 2018. (Syifa Ismalia/ Bintang.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gerilya Prabowo dan AHY Jelang Pilpres 2019

Posted: 03 Aug 2018 09:38 PM PDT

Fokus, Jakarta - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Jumat malam, 3 Agustus 2018, menggelar pertemuan tertutup dengan sejumlah tokoh politikdi Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan. Pertemuan tersebut dihadiri oleh, antara lain Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan dan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Sabtu (4/8/2018), usai pertemuan, Prabowo mengaku terus berkomunikasi dengan berbagai pihak terkait pencalonannya sebagai presiden dalam Pemilu 2019.

Menurut Ketua DPD DKI Gerindra Muhammad Taufik, Prabowo akan mendeklarasikan pencalonannya sebagai capres, Senin, 6 Agustus mendatang.

Di tempat terpisah, Komandan Satuan Tugas Bersama Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), yang disebut-sebut sebagai calon kuat cawapres pendamping Prabowo, mulai mencoba menjaring suara pemilih muda dalam Pilpres 2019 mendatang.

Putra sulung Mantan Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono(SBY) ini menyampaikan orasi politik berjudul muda adalah kekuataan di depan ribuan pemuda di sebuah bioskop di kawasan Jakarta Pusat.

Dalam orasinya, AHY meminta generasi muda memberi kesempatan kepada pada yang muda untuk bisa memimpin negara. (Galuh Garmabrata)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buka Rakernas ITB 2018, JK Minta Universitas Kerja Sama dengan Dunia Usaha

Posted: 03 Aug 2018 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka acara rapat Kerja Nasional (Rakernas) IA ITB 2018 di Hotel Imperial Aryaduta, Makassar. Dihadapan 300 alumni dan Rektor ITB Kadarsah Suryadi, JK meminta agar universitas bisa bekerjasama dengan dunia usaha.

"Seharusnya universitas harus kerjasama dengan dunia usaha," kata JK di Makassar, Sabtu (4/8/2018).

Walaupun pihak kampus sering menandatangani nota Kesepahaman (MOU) dengan para pengusaha, JK menilai MOU tersebut kurang berdampak pada mahasiswa. Karena itu, dia meminta universitas harus membuka lahan usaha.

"Karena dengan usaha kadang-kadang lebih cepat penemuannya dari pada universitas," papar JK.

Tidak hanya itu, JK juga meminta kepada para alumni ITB dan Kadarsah agar menerapkan ekonomi dan teknologi dengan seimbang. Dia menilai di era industri 4.0 ini tidak melulu menggunakan robotik.

Sebab, jika hanya mengandalkan robotik, tidak ada konsumen yang akan membeli produk tersebut.

"Kita tidak bisa hanya begitu kita masuk revolusi ke empat, maka semuanya harus automation, harus robotik, tentu tidak. Tetapi pertanyaannya, apabila industri semua punya automation, bekerja robot, dan siapa konsumennya? Siapa yang mendapat pendapatannya? Siapa yang membeli?" ungkap JK.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nikita Mirzani Dilaporkan Dipo Latief, Pengacara: Enggak Logis

Posted: 03 Aug 2018 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nikita Mirzani disebut-sebut telah melakukan tindak penganiayaan terhadap Dipo Latief. Hal tersebut berdasarkan laporan Dipo Latief kepada Polres Jakarta Selatan.

Jumat (3/8/2018), Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan, AKBP Stefanus Tamuntuan, kepada Liputan6.com membenarkan adanya laporan dari Dipo Latief terhadap Nikita Mirzani terkait penganiayaan.

"Iya benar, benar. Sementara yang kita tangani laporannya Dipo atas Nikita Mirzani, tuduhannya penganiayaan," ungkapnya.

Namun saat hal ini ditanyakan kepada pihak Nikita Mirzani melalui kuasa hukumnya, Fachmi Bachmid, ia tidak memberikan jawaban pasti. Sang pengacara malah mengatakan bahwa tuduhan itu tidak logis.

Tidak Logis

Nikita Mirzani

"Nggak ada. Nggak logis. Gini loh jadi bagaimana seorang wanita menganiaya laki-laki gitu apa yang dianiaya nggak jelas juga isinya," kata Fachmi Bachmid.

 

Surat Panggilan

Nikita Mirzani

Ia juga mengatakan bahwa hingga saat ini pihaknya tidak menerima surat panggilan apapun dari kepolisian.

"Nggak ada panggilan, dan nggak logis gitu loh Nikita perempuan menganiaya laki-laki," sambungnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MUFG Tingkatkan Investasi di Bank Danamon

Posted: 03 Aug 2018 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - MUFG Bank (Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ) mengumumkan telah meningkatkan investasi di PT Bank Danamon Indonesia Tbk menjadi 40 persen sehingga jadi pengendali saham perseroan.

MUFG Bank akuisisi secara langsung dan tidak langsung saham tambahan sebanyak 20,1 persen milik Asia Financial Indonesia Pte Ltd dan entitas terafiliasi lainnya.

Aksi korporasi ini sebagai bagian dari tahap dua dari transaksi yang diajukan seperti yang diumumkan pada 26 Desember 2017.

Saham tambahan sebesar 20,1 persen di Bank Danamon diperoleh berdasarkan penilaian Danamon dengan harga Rp 8.921 per saham (USD 0,62). Jumlah investasi sekitar Rp 17,18 triliun atau sekitar USD 1,19 miliar. Demikian mengutip keterangan tertulis, Sabtu (4/8/2018).

Harga tersebut berdasarkan pada price book value pada kuartal II 2018 dari dua kali dengan penyesuaian tertentu yang diterapkan. Setelah tahap kedua, AFI anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Fullerton Financial Holdings Pte Ltd akan tetap jadi pemegang saham pengendali di Bank Danamon dengan kepemilikan saham sebesar 33,8 persen.

MUFG Bank Regional Executive for Asia, Takayoshi Futae menuturkan, penyelesaian tahap 2 dari kerja sama strategis antara MUFG Bank dan Bank Danamon merupakan tonggak penting dan menambah momentum bagi upaya perseroan yang sedang berlangsung untuk eksplorasi sinergi bersama.

"Kami telah melakukan beberapa diksusi mendalam dan produktif dengan Danamon sejak bergabung sebagai mitra usaha pada bulan Desember dan kami yakin bahwa akan muncul berbagai ranah kolaborasi bisnis yang dapat kami kerjakan bersama," kata dia.

"Lebih penting lagi, penyelesaian Tahap 2 ini memberi kami dorongan bahwa komitmen MUFG Bank untuk berkontribusi pada ekonomi Indonesia diterima dengan baik oleh para pemangku kepentingan dan regulator kami, dan kami merasa sangat terhormat serta berterima kasih atas kepercayaan dan dukungan mereka," tambah Futae.

 

Transaksi Saham Bank Danamon Capai Rp 16,3 Triliun di Pasar Nego

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN).

Sebelumnya, transaksi saham mencapai Rp 23 triliun menjelang akhir pekan ini. Lonjakan transaksi saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) itu didorong ada transaksi saham PT Bank Danamon Tbk (BDMN) di pasar negosiasi pada Jumat 3 Agustus 2018.

Berdasarkan data RTI, saham PT Bank Danamon Tbk turun 0,50 persen ke posisi 6.592 per saham di pasar negosiasi. Total frekuensi perdagangan saham empat kali. Nilai transaksi harian saham Rp 16,3 triliun.

Di pasar negosiasi, saham BDMN tercatat di posisi tertinggi 8.921 dan terendah 6.592. Kemungkinan transaksi tersebut dibantu PT Mandiri Sekuritas dan PT Credit Suisse Sekuritas.

Transaksi saham tersebut masing-masing mencapai Rp 16,4 triliun dan Rp 16,2 triliun di kedua perusahaan sekuritas itu.

Di pasar regular, saham BDMN naik 1,14 persen ke posisi Rp 6.650 per saham. Saham PT Bank Danamon Tbk ditransaksikan di level tertinggi 6.850 dan terendah 6.400 per saham. Total frekuensi perdagangan saham sekitar 1.554 kali.

Kemungkinan transaksi tersebut berkaitan dengan investasi MUFG Bank yang meningkatkan saham di PT Bank Danamon Indonesia menjadi 40 persen.

MUFG Bank akuisisi secara langsung dan tidak langsung saham tambahan sebesar 20,1 persen milik Asia Financial (Indonesia) Pte Ltd dan entitas terafiliasi lainnya. Ini sebagai bagian dari tahap dua dari transaksi yang diajukan. Demikian mengutip dari keterangan tertulis Selasa 31 Juli 2018.

MUFG Bank berencana menyelesaikan pengambilalihan atas 20,1 persen kepemilikan saham tambahan sesegera mungkin sesuai dengan peraturan dan prasyarat penyelesaian yang biasa diterapkan dalam transaksi serupa. Para pemegang saham disarankan berhati-hati ketika memperdagangkan sahamnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bio Farma Berkomitmen Produksi Vaksin Halal

Posted: 03 Aug 2018 09:30 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Direktur Utama PT Bio Farma Rahman Roestan menyampaikan komitmen perusahaannya yang memberikan perhatian pada produksi vaksin halal.

"Biofarma concern terhadap penerapan Undang-Undang JPH. Kami sendiri sudah menyiapkan dokumen-dokumen produk yang dapat didaftarkan," kata Rahman di Jakarta, Jumat.

Dia mengatakan Bio Farma secara bertahap mendaftarkan sertifikasi halal untuk produk vaksin yang diproduksi sendiri.

Rahman menekankan proses sertifikasi halal tersebut dilakukan bertahap karena masih ada beberapa komponen vaksin yang diimpor dan membutuhkan dokumen bahan baku dari negara lain tersebut.

"Sudah ada yang masuk di daftarkan. Sekali lagi ini bertahap, tidak mudah dan tidak bisa cepat karena sangat kompleks," kata Rahman.

Saat ini, dia menjelaskan, Bio Farma sedang melakukan riset pengembangan untuk memproduksi vaksin MR yang ditargetkan selesai bertahap pada 2020 dan 2024.

Rahman menerangkan riset yang dilakukan Bio Farma dalam memproduksi vaksin MR dengan menghindari unsur nonhalal yang berasal dari material hewan.

"Kami concern terhadap isu halal dengan menggunakan bahan-bahan yang nonanimal Origin," kata Rahman.

Dia menjelaskan isu kehalalan di negara-negara anggota Organisasi Kerja sama Islam (OKI) lainnya tidak seperti di Indonesia .

"Kehalalan produk di negara-negara OKI itu wajib penerapannya baru kepada makanan dan minuman, belum kepada vaksin dan obat," kata dia.

Rahman menjelaskan dari 57 negara anggota OKI hanya tujuh negara yang memiliki pabrik vaksin. Dari ketujuh negara tersebut, hanya Indonesia yang produk vaksin dasarnya diakui oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

"Itulah kenapa negara-negara OKI memberikan kepercayaan kepada Indonesia sebagai Center of Excellence untuk vaksin dan biotek. Karena memang di negara-negara OKI baru Indonesia yang vaksin imunisasi dasarnya sudah diakui WHO, bahkan kita sudah diminta ke Saudi Arabia untuk transfer teknologi," jelas dia. (Antara/Aditya Ramadhan)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming O Channel Bali United Vs PSIS di Liga 1

Posted: 03 Aug 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Gianyar - Bali United akan menjamu PSIS Semarang dalam lanjutan kompetisi GO-Jek Liga 1 2018 di Stadion Kapten Dipta, Gianyar, Bali, Sabtu (4/8/2018) sore WIB.

PSIS sekarang menduduki peringkat ke-16 atau zona degragasi. Tim berjulukan Laskar Mahesa Jenar ini mengoleksi 20 poin dari 18 pertandingan Liga 1 2018.

Melawat ke markas Bali United, PSIS bertekad mencuri poin. PSIS ingin segera keluar dari zona degradasi, tapi tidak akan mudah membawa pulang poin di kandang Serdadu Tridatu.

Bali United sekarang menempati posisi kesembilan klasemen sementara. Tim asuhan Widodo C. Putro itu mendulang 26 poin dari 18 laga dan berambisi merangkak ke papan atas.

Laga Bali United kontra PSIS nanti sore akan disiarkan langsung O Channel. Selain itu, pertandingan juga dapat disaksikan live streaming di Vidio.com.

Link Live Streaming

Untuk link live streaming Bali United vs PSIS Semarang, silakan klik di sini...

Prediksi Susunan Pemain

Bali United (4-4-2): Wawan Hendrawan; Andhika Wijaya, Mohammadou N'Diaye, Agus Nova, Novan Setya Sasongko; Fadhil Sausu, Taufiq, Brwa Nouri, Nick Van Der Velden; Ilija Spasojevic, Melvin Platje.

PSIS Semarang (4-3-3): Jandia Eka Putra; Safrudin Tahar, Petar Planic, Haudi Abdillah, Akbar Riansyah; Ibrahim Conteh, Bayu Nugroho, M Yunus; Hari Nur Yulianto, Abou Bakr Al-Mel, Komarudin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gara-Gara Drama Korea, Christi Colondam Melahirkan 24 Jam

Posted: 03 Aug 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah cukup lama lebih fokus menjadi presenter, Christi Colondam kembali ke bidang tarik suara. Kekasih Ade Govinda ini melahirkan single terbarunya bertajuk "24 Jam".

Lagu ini rilis setelah setahun lalu merilis lagu terakhirnya yakni "Cintamu di Aku". Lagu "24 Jam" ini bercerita tentang seorang wanita yang sedang menanti kepastian dari pujaan hatinya.

"Ceritanya itu tentang seseorang yang lagi jatuh cinta banget, lagi berbunga-bunga tapi sampai sekarang kok dia kayak masih belum dikasih kepastian sama seseorang yang didambakannya itu," kata Christi Colondam saat mampir ke redaksi Liputan6.com, Kamis (2/8/2018).

Menurut Christi Colondam, lagu ciptaan Nadya Fattira ini berbeda dari single-single sebelumnya. Dengan musik yang kekinian, lagu "24 Jam" ini cocok dinikmati di kala santai.

 

Unsur K-Pop

Christi Colondam [foto: instagram.com/christicolondam]

Menariknya, di lagu "24 Jam" ini juga Christi Colondam menambahkan unsur musik K-Pop. Karena kecintaannya pada drama Korea, Christi lantas mencoba mengaplikasikan di karya terbarunya ini.

"Sekarang-sekarang ini aku lagi suka sama drama Korea. Banyak referensi K-Pop," ujar penyanyi yang mengidolakan IU ini. Bukan cuma lagu, videoklip "24 Jam" juga terinspirasi dari video musik beberapa artis Korea.

"Gara-gara aku suka drama Korea kan. Dan memang videoklip artis Korea tuh bagus-bagus banget dan mereka benar-benar matang konsepnya. Dan kita coba ambil inspirasi dari sana. Aku suka banget sama videoklip aku euy," tambahnya.

 

Pengalaman Pribadi?

Christi Colondam (Febio Hernanto/Bintang.com)

Cerita soal wanita yang menanti kepastian, Christi Colondam ternyata juga pernah merasakan hal yang sama.

"Kalau pengalaman pribadi sih ya pasti pernah mengalami itu dan kayaknya sampai sekarang masih banyak yang digantungin, di-PHP-in, dibaper-baperin tapi habis itu mundur lagi. Kan jadi penasaran ya. Tapi kebetulan aku sih yang selalu PHP-in orang," katanya seraya tertawa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Stunting, LIPI Dorong Pemanfaatan Pangan Lokal

Posted: 03 Aug 2018 09:19 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Upaya pencegahan stunting sekarang ini memang menjadi perhatian berbagai pihak, termasuk Kepala Staf Kepresidenan RI, Moeldoko serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy. Dari sini, keduanya pun tertarik mengunjungi LIPI untuk melihat hasil penelitian pangan fungsional dalam upaya mencegah stunting.

Utamanya berupa produk pangan yang diharapkan dapat berpartisipasi dalam penurunan angka stunting di Indonesia, dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang tersedia di Indonesia. Saat berkunjung ke LIPI, khususnya PPTTG pada Jumat, 3 Agustus 2018, Kepala Staf Kepresidenan RI dan Mendikbud langsung disambut oleh Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko beserta jajaran di bawahnya.

Kepala LIPI berharap bahwa kunjungan Kepala Staf Kepresidenan RI bersama Mendikbud semakin memperkuat usaha mencegah persoalan stunting di negeri ini. Selain itu, juga mendukung upaya LIPI yang terus mendorong agar persoalan stunting dapat teratasi dengan baik melalui pendekatan teknologi pangan.

"Pencegahan stunting menjadi salah satu komitmen kami. Ini bisa ditunjukkan dengan pengembangan teknologi pangan fungsional berbasis bahan baku lokal. Salah satunya adalah produk Banana Bar yang telah dicicipi oleh Presiden Jokowi beberapa waktu lalu," kata Handoko.

Untuk diketahui bahwa Banana Bar (Pro Barz) merupakan salah satu produk pangan fungsional yang dihasilkan oleh PPTTG LIPI. Pada 4 Juli 2018 lalu, produk ini sempat dicicipi oleh Presiden RI, Joko Widodo dan Presiden Bank Dunia, Jim Yong Kim dalam kunjungannya di Bogor, Jawa Barat. "Selain Banana Bar, kami juga menghasilkan produk lainnya seperti Banana Flake, Mie Non Gandum, dan produk lainnya yang merupakan produk pangan fungsional. Kami berharap berbagai produk itu mampu membantu dalam penanganan stunting di Indonesia," tutur Pramono Nugroho, Kepala PPTTG LIPI.

Dijelaskan Pramono, pengembangan pangan fungsional sengaja memanfaatkan potensi sumber daya alam lokal, sehingga memudahkan dalam proses produksinya, khususnya bagi usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang bermitra dan memanfaatkan teknologi LIPI. "Kami mendorong UMKM dan masyarakat setempatlah yang menjadi sasaran teknologi pangan fungsional LIPI ini agar produk pangan terjangkau dengan mudah. Hasilnya adalah masyarakat mendapat asupan pangan yang bergizi tinggi dan upaya pencegahan stunting bisa berjalan dengan baik," pungkasnya.

Sementara itu beralih ke kunjungan Kepala Staf Kepresidenan RI beserta Mendikbud, kunjungan kali ini melihat berbagai proses pembuatan produk pangan fungsional yang ada di PPTTG LIPI. Proses produksi yang dilihat adalah proses pembuatan Banana Bar, Banana Flake, Mie Non Gandum, serta Jus Mix Aloevera. Selain itu, juga akan mengunjungi beberapa pilot plant, antara lain Bakery (Food Bar dan Bafle), Buah dan Sayur, dan Mie Non Gandum.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Laga Community Shield, Guardiola Nantikan Duel dengan Sarri

Posted: 03 Aug 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, London - Manchester City akan melakoni pertandingan Community Shield melawan Chelsea, Minggu (5/8/2018) di Stadion Wemble, London. Manajer Manchester City, Pep Guardiola tak sabar berduel dengan Maurizio Sarri.

Seperti diketahui, Sarri ditunjuk sebagai pelatih anyar Chelsea. Sarri menggantikan kompatriotnya, Antonio Conte, yang dipecat manajemen The Blues.

Guardiola memuji Sarri, sebagai pelatih yang menerapkan permainan indah. Pelatih asal Spanyol ini bahkan siap mempelajari gaya bermain Chelsea polesan Sarri.

"Saya senang dia (Sarri) ada di sini, di Liga Inggris. Saya akan belajar banyak untuk melihat timnya bermain setiap akhir pekan," ungkap Guardiola, seperti dilansir Sky.

"Saya melihat tiga pertandingan. Dia mampu melakukannya, tim dalam waktu singkat bermain seperti yang ia inginkan," jelas mantan pelatih Barcelona ini.

Bidik Trofi Pertama

Pelatih baru Chelsea, Maurizio Sarri berpose dengan jersey tim usai konferensi pers di Stamford Bridge di London (18/7). Pria Italia 59 ini resmi menjadi manajer Chelsea selama tiga musim. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)

Pertemuan antara Manchester City kontra Chelsea diyakini Guardiola akan berjalan menarik. Sarri tentu ingin merebut trofi pertamanya untuk menimbulkan kesan bagus, namun, Guardiola tidak akan membiarkan.

"Menurut saya itu akan menjadi pertandingan bagus, Chelsea selalu merupakan rival besar. Antonio (Conte) pelatih bagus, Maurizio akan demikian pula. Gaya bermain akan menjadi sempurna untuk sepak bola Inggris," terang Guardiola.

Chelsea Vs Manchester City

Pertemuan antara Manchester City kontra Chelsea di Community Shield tak lain karena The Citizens berstatus juara Liga Inggris musim lalu, sedangkan The Blues merebut trofi Piala FA.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenag Desak Penyedia Pemondokan Haji Patuhi Kontrak

Posted: 03 Aug 2018 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Penyelenggara Haji Luar Negeri Kementerian Agama Sri Ilham Lubis, mendesak majmuah atau organisasi penyedia pemondokan mematuhi kontrak yang disepakati. Desakan ini muncul karena ada temuan kurangnya pelayanan kepada jemaah calon haji.

"Kami mengingatkan kembali isi dari kontrak itu, jadi kalau mereka tidak bisa menepati kewajibannya sesuai kontrak itu, maka kita akan memberikan sanksi. Sanksinya berupa denda," ujar Sri di Kantor Daker Madinah, Kamis 2 Agustus 2018.

Selain dugaan pelanggaran kontrak, Sri juga melayangkan keluhan mengenai beberapa hotel yang tak mengizinkan mesin pemanas makanan katering untuk jemaah calon haji di hotel mereka.

"Rupanya memang kurang koordinasi antara penyedia katering dengan hotel. Padahal, setelah diteliti, ternyata yang dibutuhkan hanya surat izin operasional dapur," ucapnya.

Izin tersebut, tambah Sri, harus diurus pihak katering dan hotel agar makanan untuk jemaah dapat lolos dari pemeriksaan otoritas kesehatan dan keselamatan Arab Saudi. Masalah koordinasi pihak hotel dan katering ini sempat membuat makanan jemaah calon haji terlambat datang.

"Insya Allah setelah ini tidak ada permasalahan lagi," kata Sri.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Masalah Penempatan Jemaah Calon Haji

Petugas sedang mengecek para calhaj yang kategori risti di Asrama Haji Donohudan Boyolali.(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Selain itu, Sri menyebut adanya pelanggaran kontrak lain yang mengemuka, yaitu soal penempatan jemaah calon haji. Akibatnya, kata dia, jemaah dari beberapa kloter tertahan di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz.

Para jemaah, kata dia, sempat harus menunggu lebih dari sejam karena belum mendapat kepastian akan ditempatkan di hotel mana di Madinah. Selain tak mengizinkan penghangat makanan masuk hotel dan menyalahi kontrak penempatan, majmuah juga dianggap lalai menyediakan air minum.

"Kewajiban mereka harus dilaksanakan. Kalau tidak, mereka harus siap menerima sanksi sesuai isi kontrak," tegas Sri.

Sri berjanji pihaknya akan melakukan evaluasi kinerja penyedia layanan di Madinah tersebut dalam waktu dekat. Hasil evaluasi itu, kata dia, nantinya bakal dijadikan landasan pemberian sanksi.

 

Laporan jurnalis Dream, Maulana Kautsar, dari Tanah Suci

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cinta Tak Direstui, Pria India Nekat Akhiri Hidup

Posted: 03 Aug 2018 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Memang kisah cinta orang tak selalu semulus yang kita kira. Perasaan cinta memang juga tak pernah bisa ditebak, walaupun mungkin saja jatuh hati kepada seseorang itu menyenangkan, tapi keluarga bisa jadi halangan.

Jangan saja karena cinta terhalang restu orangtua, kita langsung mengambil pilihan buruk seperti mengakhiri hidup. seperti yang dialami oleh pemuda asal India satu ini. 

Melansir dari laman Hindustan Times, seorang pemuda bernama Atul Lokhande nekat menembak kepalanya sendiri hingga meninggal di depan rumah kekasihnya di Bhopal, India. Insiden mengerikan ini terjadi pada Selasa, 03 Juli 2018 pukul 21.30 waktu setempat.

Semua berawal ketika Atul menjalin asmara dengan seorang gadis yang bekerja di sebuah bank. Jalinan asmara itu sendiri telah berlangsung selama 13 tahun namun tak pernah mendapat restu dari orang tua si gadis.

Ingin membuktikan bahwa cintanya serius, Atul yang bekerja sebagai politisi muda di kota setempat lantas berkunjung ke rumah si gadis dan mengakhiri hidupnya di sana.

 

Syarat dari ayah sang gadis

Bunuh diri (ilustrasi).

Aksi nekat mengakhiri hidup sendiri rupanya merupakan salah satu syarat dari ayah si gadis kepada Atul jika ia ingin menikahi anaknya. Kalau memang Atul sungguh-sungguh dengan putrinya, syaratnya adalah ia harus bunuh diri. Jika dalam aksi bunuh dirinya ia berhasil diselamatkan, ia baru boleh menikahi putrinya.

Sayang, saat mencoba bunuh diri dengan menembak kepalanya, Atul tidak bisa diselamatkan. Ia dinyatakan meninggal dunia oleh dokter.

Sebelum melakukan aksinya, Atul meminta semua orang tidak menyalahkan apalagi menuntut ayah si gadis. Ia mengatakan bahwa aksinya ini murni keinginannya sendiri.

Reporter

Rohmitriasih

Sumber: Vemale.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

GenPI Kepri Makin Eksis Lewat Pasar Bintan Betuah

Posted: 03 Aug 2018 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Kepulauan Riau (Kepri) bakal makin eksis. Makin keren. Sebab, mereka akan segera meluncurkan Destinasi Digital baru. Namanya Pasar Bintan Betuah. Rencananya, pasar ini akan diluncurkan Minggu (12/8). Lokasinya di Gang Swadaya, Kampung Jeropet, RT 4 RW 2, Kelurahan Kawal, Kecamatan Gunung Kijang.

Menjadi momen spesial, konsep matang pun dipersiapkan. Menurut Ketua GenPI Kepri Nunung Sulistiyanto, GenPI Bintan telah mempersiapkan berbagai keseruan untuk memeriahkan launching Pasar Bintan Betuah.

"Sudah pasti seru nanti. Apalagi ini merupakan Destinasi Digital kedua yang Kepri miliki. Semua akan all out untuk memberika suguhan menarik di Pasar Bintan Betuah," kata Nunung, Jumat (3/8).

Acara launching akan dimeriahkan dengan berbagai suguhan budaya. Suguhan ini semakin mempertegas nuansa kearifan lokal yang akan di tonjolkan Pasar Bintan Betuah. Dari mulai tarian tradisional, musik tradisional, hingga akrobatik dari pencak silat akan menghibur wisatawan yang datang.

"Ini merupakan salah satu bentuk aktivasi offline dari GenPI Bintan sekaligus mendukung program Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Dimana kemenpar telah menetapkan untuk membangun 100 Destinasi Digital baru diseluruh Indonesia," kata Nunung.

Konsep destinasinya pun menarik. Di destinasi ini wisatawan dapat memetik dan mencicipi sendiri buah rambutan yang ada di pasar. Bagi wisatawan yang hobi memancing, destinasi digital ini menyediakan kolam pancing yang dapat dinikmati saat berkunjung. Ada ikan nila, ikan gabus, ikan mujair, ikan gurami, ikan bawal, ikan mas, ikan sepat yang terdapat di kolam pancingan.

Selain itu berbagai spot foto terbaik juga siap menyambut wisatawan. Beragam kuliner juga siap hadir melengkapi destinasi ini. Semuanya dijamin lezat, apalagi kulinernya merupakan hasil dari masyarakat sekitar. Hal ini merupakan salah satu bentuk dukungan GenPI untuk mengangkat perekonomian masyarakat.

"Nanti yang dijajakan bukan hanya kuliner, beragam kerajinan hasil dari masyarakat sekitar juga ada disana. Makanya jangan sampai tidak mampir ke Pasar Bintan Betuah kalau datang ke Bintan," ujar Nunung.

Menpar pun mengapresiasi performa positif yang ditampilkan oleh GenPI Kepri, khususnya GenPI Bintan. Dengan membuka Destinasi Digital baru akan semakin mendorong peningkatan pariwisata di Kepri. Sekaligus mendorong pengembangan perekonomian masyarakat sekitar. Dengan menyediakan wadah bagi masyarakat sekitar untuk berjualan, sekaligus memasarkannya melalui media sosial.

"Berikan manfaat ekonomi sebesar besarnya bagi masyarakat sekitar. Media value yang kini berperan penting di era digital akan otomatis menjadi milik GenPI, karena GenPI lah yang telah mengorkestrasi ini semua," ujar Menteri asal Banyuwangi tersebut.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelukis Jalanan di Paris Semakin Terdesak oleh Pertumbuhan Industri Restoran

Posted: 03 Aug 2018 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Paris - Seniman lukis di distrik wisata Montmartre, telah lama dikenal mampu memukau para turis yang berkunjung ke Paris, Prancis, karena piawai melukis beragam potret dengan cepat. 

Tapi sekarang, para pelukis jalanan tersebut mengancam akan mengemasi alat-alat lukisnya dan pindah ke lokasi lain di ibu kota Perancis itu. Mereka menuduh para pebisnis restoran mengambil lahan tempat mereka melukis.

"Susah sekali untuk melukis sekarang. Hampir tidak mungkin," kata Midani M'Barki, pelukis berusia 70 tahun, sebagaimana dikutip di VOA Indonesia pada Jumat (3/8/2018).

"Sekarang kami bekerja di saluran air. Apakah hal yang normal untuk menempatkan para seniman di saluran air," lanjutnya. 

Maestro seni rupa dunia, termasuk seniman Perancis-Belanda Kees van Dongen dan pelukis Spanyol Pablo Picasso, diketahui telah mendatangi kawasan tersebut sejak akhir Abad ke-19.

Sekitar 300 orang seniman berbagi lahan dalam total 140 petak berukuran masing-masing satu meter persegi, yang mayoritas bermarkas di Place du Tertre, yang dipayungi oleh bayangan bangunan legendaris Sacre Coeur.

Beberapa tahun terakhir, para pelukis tersebut merasa terdesak oleh ekspansi kafe-kafe luar ruang yang merebut "lahan dagang" mereka, membuat kegiatan berkunjung ke alun-alun tidak lagi memperhatikan keberadaan para seniman jalanan. 

 

Simak video pilihan berikut:

 

 

Unjuk Rasa Pelukis Jalanan

Lansekap kota Paris dari atap gedung pencakar langit

Para seniman tersebut dikabarkan membuang kuas-kuas lukis mereka pada bulan lalu, sebagai bentuk unjuk rasa terhadap rencana tata ruang yang baru.

Mereka melakukan demo tersebut hampir seharian penuh di depan balai kota setempat, dan mendesak petinggi kota melakukan mediasi, guna mencari jalan keluar terbaik. 

Dijelaskan dalam tata ruang baru tersebut, bahwa sekitar 80 persen lahan diserahkan untuk pengelolaan industri restoran, yang umumnya berbentuk kafe luar ruang. Hal ini mau tidak mau membuat "area dagang" para senimen terdesak mengumpul ke bagian alun-alun kota. 

M'Barki yang sudah melukis di alun-alun tersebut selama 50 tahun mengatakan, para seniman mempertimbangkan untuk pindah ke tempat lain.

"Bila ini terus berlanjut, kami akan pindah ke alun-alun lain di kaki bukit," katanya. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

55 Desa di Sumsel Berpotensi Terjadi Kebakaran Hutan Saat Asian Games

Posted: 03 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Palembang - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Sumatera Selatan (Sumsel) menjadi salah satu ancaman bagi perhelatan Asian Games 2018 di Palembang beberapa pekan lagi. Bahkan, ada puluhan yang diperkirakan sebagai kawasan rawan karhutla saat musim kemarau.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, mereka sudah memprediksi kemungkinan ancaman gangguan dan hambatan jelang Asian Games 2018. Salah satunya asap yang disumbangkan dari karhutla di Sumsel.

Beberapa instansi terkait seperti TNI, Polri, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) sudah bekerja keras untuk mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan di Sumsel.

"Ada 55 desa di Sumsel yang berpotensi kebakaran hutan dan menyumbang asap. Kita sebarkan anggota TNI dan Polri, bahkan mereka tidur di kawasan permukiman warga, untuk memantau dan mengantisipasi jika terjadi karhutla,""ucapnya usai membuka Apel Gelar Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan Sumsel di halaman Griya Agung Sumsel, Jumat, 3 Agustus 2018.

Lahan gambut yang mudah terbakar di Sumsel, diantisipasi dengan menggelar operasi udara Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC). Badai Siklon yang terjadi di Filipina juga dimanfaatkan untuk menjadikan hujan di Sumsel.

TMC yang menghasilkan hujan buatan sudah dilakukan pada tanggal 30 Juli 2018 dan membentuk hujan sebanyak dua kali. Awan yang mendung juga dimanfaatkan untuk penyemaian Natrium Clorida (NaCl) untuk menjadi hujan.

"Kita semaksimal mungkin agar tidak ada karhutla dan asap. Kalau ada potensi asap, personel akan terjun langsung kesana. Jika lahan gambut kering dan ada sinyal terjadi karhutla, akan segera kita basahi dengan Sambonesia," katanya.

Personel pencegahan karhutla yang diterjunkan yaitu 200 anggota TNI dan 200 anggota Brimob di wilayah yang dicurigai berpotensi menimbulkan asap.

Managing Director APP Sinar Mas G.Sulistyanto mengatakan, pemantauan kawasan berpotensi karhutla dilihat dari Fire Weather Index (FWI), apakah ada titik merah yang harus diwaspadai hostpot atau titik panas.

"Yang merah kita lakukan pembasahan, biasanya di lahan gambut. Di wilayah konsesi APP Sinar Mas dan radius lima meter di luar konsesi terus kita jaga. Di luar kawasan itu, kebakaran hutan dan lahan tanggung jawab bersama," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Antisipasi Karhutla Sumsel

Managing Director APP Sinar Mas G.Sulistiyanto. (Liputan6.com/Nefri Inge)

APP Sinar Mas juga membuat Memorandum of Understanding (MoU) dengan 94 perusahaan di Sumsel, untuk berkomitmen dan bersama-sama menyetujui fakta integritas agar menjaga tidak terjadi karhutla.

Untuk pemadaman di luar konsesi sudah dilakukan tim APP Sinar Mas sebanyak 34 kali, yaitu di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Ogan Ilir (OI) dan Musi Banyuasin (Muba). APP Sinar Mas juga menginvestasi Rp 170 miliar untuk edukasi, pengadaan menara, dan pos pemantauan karhutla.

"Khusus untuk penjagaan Asian Games 2018, APP Sinar Mas sudah menggelontorkan Rp 50 miliar. Personel pencegah karhutla juga ada sebanyak 810 orang Regu Pemadam Kebakaran (RPK), 534 orang Masyarakat Peduli Api (MPA)," ujarnya.

Mereka juga menyiapkan alat komunikasi khusus, drone sebanyak 10 unit, 4 helikopter Super Puma bermuatan 4.000 liter untuk Kabupaten Muba dan OKI.

Sebagai produsen kertas terbesar di Indonesia, APP Sinar Mas juga akan memperluas lahan produksinya di Kabupaten OKI Sumsel. APP Sinar Mas juga berpotensi menjadi pabrik besar di dunia.

"Hutan Tanaman Industri (HTI) adalah bahan baku kertas. Kalau sampai terbakar, kita akan kehilangan bahan baku dan devisa ekspor, perusahaan pastinya akan rugi. Kita akan menjaga secara maksimal seluruh lahan HTI," ungkapnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banyak Calon Haji yang Dirawat Gara-Gara Hal Ini

Posted: 03 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak calon haji yang dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia Makkah karena malas minum air, sehingga mengalami kendala kesehatan, kata Direktur KKHI Makkah Nirwan Satria.

"Mayoritas yang dirawat adalah karena sesak nafas, kurang minum, dan malas makan. Ketika datang ke UGD, jemaah dalam keadaan lemah dan kami tangani," kata Nirwan di Makkah, Kamis.

Dia mengatakan calhaj Indonesia banyak yang berisiko kesehatan tinggi (risti), sehingga harus bisa menjaga kesehatannya. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah dengan rajin minum, makan tepat waktu, dan mengurangi aktivitas yang tidak penting.

Khusus untuk minum, dia mengatakan calhaj membutuhkan banyak cairan karena di Arab Saudi memiliki cuaca yang panas dan kering, sehingga hidrasi diri menjadi penting.

Dengan kebugaran yang baik, kata dia, calhaj bisa mempersiapkan fisik untuk amalan ibadah haji berdiam diri atau wukuf di Arafah. Amalan tersebut tergolong berat karena jemaah calon haji harus tinggal di tenda dengan bentang alam padang tandus yang panas dan kering.

"Karena haji itu wukuf di Padang Arafah, maka kita siapkan fisik untuk menyambut wukuf pada saatnya nanti," kata dia.

Pada suhu yang tergolong ekstrem di Saudi, kata Nirwan mengingatkan, jemaah agar menggunakan alat pelindung diri (APD) standar.

"Siang hari bisa 46 derajat Celsius. Sehingga kita melindungi jemaah dengan membagikan alat pelindung diri. Tim promotif preventif (TPP) kita ada di garda depan untuk mengingatkan jemaah agar menggunakan alat-alat, seperti masker, payung, semprotan wajah, sehingga jemaah kita tidak kekurangan cairan," katanya.

Temperatur panas, kata dia, bisa memicu jemaah terkena dehidrasi, sehingga bisa mengalami kejang panas atau heatstroke, kesadaran berkurang, berbicara sendiri, bahkan kehilangan kesadaran.

Untuk menangani itu, Nirwan mengatakan rekan calhaj lain bisa membantu penderita membaringkan jemaah, melonggarkan pakaian dan menyiram tubuh korban dengan air dingin sebanyak-banyaknya. Penting juga untuk menghindarkan calhaj bersangkutan dari sengatan matahari secara langsung dan membawanya ke tempat teduh. (Antara/Anom Prihantoro)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asian Games 2018: Ribuan Warga Palembang Antusias Sambut Kirab Obor

Posted: 03 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Palembang - Ribuan warga Palembang berkumpul di pinggir jalan di kawasan Jakabaring Sport City, tepatnya di Jalan KH Bastari, Palembang, Sabtu (4/8) pagi, untuk menyambut Kirab Obor Asian Games XVIII.

Sejak pukul 07.00 WIB, terpantau warga mulai berkerumun di sejumlah titik kawasan Jakabaring Sport City, mulai dari murid sekolah, hingga komunitas motor Pos Indonesia.

Obor Asian Games yang sudah tiba di Palembang, Jumat (3/8), akan dibawa melintasi jalan-jalan protokol. Kegiatan dimulai dari Jakabaring Sport City dari pagi hingga finis di Benteng Kuto Besak di perkirakan pukul 15.00 WIB.

Obor Asian Games 2018 keliling beberapa kota di Indonesia sejak 15 Juli 2018 setelah dikirim dari India. Kota pertama yang menjadi tujuan adalah Yogyakarta karena api obor yang berasal dari negara India digabung dengan api Merapen Yogyakarta.

Setelah dari Yogyakarta diarak ke kota di Indonesia Bagian Timur dan Sumatera dan tiba di Palembang 4 Agustus 2018. Setelah obor tiba di Palembang, dibawa oleh 51 penerjun TNI AU dan diterjunkan ke Jakabaring Sport City (JSC). (Ant)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Persipura vs Barito Putera: Demi Kejar Persib

Posted: 03 Aug 2018 09:00 PM PDT

Jakarta - Barito Putera akan mencoba untuk membuat kejutan dengan membidik tiga poin saat bertandang ke markas Persipura pada pekan ke-19 Gojek Liga 1 bersama Bukalapak yang digelar di Stadion Mandala, Jayapura, Sabtu (4/8/2018) sore WIT. Misi ini tentu tak akan mudah diwujudkan karena Persipura pun membidik target yang sama.

Barito Putera membutuhkan tiga poin demi bisa kembali ke puncak klasemen sementara Liga 1 2018 yang kini ditempati oleh Persib Bandung. Sementara bagi tim tuan rumah, kemenangan tentu bisa mendongkrak posisi mereka untuk kembali ke papan atas. Selain itu, Persipura juga baru meraih satu kemenangan dalam lima laga terakhir.

"Kami percaya bisa meraih kemenangan. Namun, kami juga menyadari bahwa pertandingan ini bukan sesuatu yang mudah dilewati mengingat Barito Putera adalah tim yang sangat bagus saat ini," ujar pelatih Persipura, Amilton Silva.

"Kami menjalani rangkaian persiapan dengan bekerja keras. Kami harus mengakhiri pertandingan ini dengan kemenangan. Tidak ada target lain, termasuk bermain imbang," lanjut pelatih asal Brasil itu.

Sementara itu, pelatih Barito Putera, Jacksen F Tiago, merupakan sosok yang cukup mengenal Persipura. Jacksen selama beberapa tahun pernah menangani tim berjulukan Mutiara Hitam itu dan bahkan membawa mereka menjadi juara. Namun, Jacksen pun mengingatkan anak-anak asuhnya untuk mewaspadai Persipura ketika bermain di Stadion Mandala yang terkenal angker untuk tim tamu.

"Persipura merupakan tim terbaik yang ada di Persipura karena mereka memiliki segudang pengalaman. Meski saat ini mereka ada di papan tengah, mereka tetap merupakan tim yang kuat," tegas mantan pelatih Persipura itu.

Bukan hanya Jacksen Tiago yang akan menjalani reuni di Stadion Mandala. Striker anyar Barito Putera, Marcel Sacramento, juga kembali ke Jayapura dengan warna jersey yang berbeda setelah dilepas oleh Persipura di tengah musim ini. Momen ini tentu menjadi kesempatan bagi Marcel untuk membuktikan kepada klub yang baru saja melepaskannya itu bahwa dirinya merupakan pemain yang berkualitas.

Prakiraan Susunan Pemain

Persipura (4-3-3): Dede Sulaiman (kiper); Yustinus Pae, Yohanis Tjoe, Ricardo Salampesy, Boas Artururi (belakang); Imanuel Wanggai, Ian Louis Kabes, Muhammad Tahir (tengah); Boaz Solossa, Hilton Moreira, Gunansar Mandowen (depan)

Pelatih: Amilton Silva

Barito Putera (4-5-1): Aditya Harlan (kiper); Rony Beroperay, Aaron Evans, Dandi Maulana, Nazar Nurzaidin (belakang); Rafli Syahril, Douglas Packer, Mathias Cordova, Paulo Sitanggang, Rizky Rizaldi Pora (tengah);Marcel Sacramento (depan)

Pelatih: Jacksen F. Tiago

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gagal Main Bareng, Salman Khan Kesal dengan Priyanka Chopra

Posted: 03 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Mumbai: Salman Khan dan Priyanka Chopra seharusnya bersatu di film terbaru, Bharat. Di film garapan Ali Abbas Zahar ini dua artis Bollywood paling populer saat ini telah dinanti penggemar.

Sejak awal akan membuat film, Ali Abbas Zafar sempat menyebutkan ingin sahabatnya, Priyanka Chopra ikut terlibat.

Rencana itu juga disambut baik oleh Salman Khan. Sang aktor memang telah terlebih dahulu menyetujui ikut tergabung dalam Bharat.

Film ini menjadi proyek selanjutnya Salman Khan setelah Tiger Zinda Hai. Sayangnya, Priyanka Chopra mundur dari Bhaarat.

Kesal

Salman Khan (Newsx)

Sebuah kabar menyebutkan, Salman Khan kesal dengan kabar tersebut. Ia telah mengharapkan bisa satu layar dengan Priyanka Chopra, seperti diwartakan Times of India, Jumat (3/8/2018).

Tak Benar

Priyanka Chopra (Instagram/priyankadaily/People Magazine)

Namun kabar itu tak benar. Ibunda Priyanka CHopra sendiri yang membantah isu itu. Mewakili Priyanka Chopra, ia mengatakan, Salman Khan sama sekalu tak marah.

"Kalian hanya mengada-ada. Salman tak marah kepada Priyanka Chopra," sebut ibu Priyanka Chopra.

Pengganti

Katrina Kaif (ZeeNews)

Pengganti Priyanka Chopra telah terpilih. Asalah Katrina Kaih, artis cantik Bollywood yang akan beradu akting dengan Salman Khan di Bharat.

Telah Biasa

Salman Khan dan Katrina Kaif dalam Tiger Zinda Hai (ZeeNews)

Katrina Kaif pun telah beberapa kali menjadi lawan main Salman Khan. Sebelumnya, Katrina Kaif sukses bermain Tiger Zinda Hai bersama Salman Khan.

Jadi, membangun chesmitry bukan masalah bagi Katrina Kaif atau Salman Khan. Bahkan, keduanya juga sempat menjalin kasih. Sayangnya, kisah cinta mereka harus kandas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Huawei Mate 20 Dipastikan Bakal Hadir di Indonesia

Posted: 03 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Huawei diyakini akan mengumumkan flagship smartphone baru, Mate 20, pada Oktober 2018.

Setelah sempat absen merilis flagship smartphone secara resmi di Indonesia pada tahun lalu, Huawei kini membuktikan komitmennya dengan menghadirkan produk barunya, termasuk Mate 20, setelah sebelumnya merilis P20 Pro.

Deputy Country Director Huawei Device Indonesia, Lo Khing Seng, mengungkapkan bahwa Huawei akan memboyong Mate 20 ke Indonesia. Namun, ia tidak memberikan rincian waktu peluncurannya.

Kehadiran Mate 20, kata Khing Sheng, merupakan bentuk komitmen Huawei yaitu menghadirkan smartphone yang dirilis secara global di Indonesia.

Ia pun mengatakan bahwa strategi Huawei adalah berusaha agar smartphone baru yang diumumkan dapat dirilis dengan cepat di Indonesia, termasuk soal kehadiran Mate 20.

"Kalau dari strategi tadi, seharusnya iya (Mate 20 hadir di Indonesia), saya juga memang ingin merilisnya di Indonesia," ungkap Khing Sheng dalam sesi wawancara dengan sejumlah media di kantor Huawei di Jakarta, Jumat (3/8/2018).

Keinginan Huawei menghadirkan Mate 20 bukan hanya karena produk baru, tapi segala inovasi yang ada di dalamnya. Ia pun memberikan bocoran bahwa ada inovasi besar terkait Artificial Intelligence (AI) di dalam Mate 20.

"Ada sesuatu yang besar soal AI di dalam Mate 20, sebuah terobosan," tuturnya. Sayang, Khing Sheng, enggan merinci terbosan AI yang diungkapkannya.

Sebelum menghadirkan Mate 20 di Indonesia, salah satu "pekerjaan rumah " Huawei adalah menentukan konsumen yang tepat bagi smartphone tersebut.

Khing Seng tak ingin ada "perebutan" konsumen antara seri flagship, P20 Pro dan Mate 20, di Indonesia nantinya.

"Kami pasti masukkan (Mate 20), tapi kita juga akan membedakan konsumennya, mana yang untuk seri P dan Mate. Itu harus dapat dibedakan dengan baik," tandas Khing Seng.

Huawei Kejar Posisi 3 Besar di Pasar Smartphone Indonesia

Huawei Mate 10. (Foto: Huawei)

Huawei membidik posisi tiga besar di pasar smartphone Indonesia dalam waktu maksimal dua tahun lagi.

Perusahaan meyakini bisa mencapai target tersebut dengan didukung jajaran produk terbaik dan strategi jitu.

Target ini diungkapkan oleh Deputy Country Director Huawei Device Indonesia, Lo Khing Seng.

"Ambisi kami dalam jangka waktu menengah ini adalah bisa mengejar posisi nomor tiga di Indonesia, tapi untuk target tahun ini saya belum bisa sebut angkanya," tutur Lo Khing Seng, dalam sesi wawancara dengan sejumlah media di kantor Huawei di Jakarta, Jumat (3/8/2018).

Untuk mencapai target tersebut bukan perkara mudah bagi Huawei, mengingat perusahaan masih memiliki pangsa pasar yang kecil di Indonesia.

Namun, King Sheng mengklaim Huawei terus menunjukkan pertumbuhan.

Berdasarkan data perusahaan riset International Data Corporation (IDC) dan Canalys, per kuartal IV 2017 dan I 2018, Huawei belum berada dalam posisi lima besar pasar smartphone Indonesia

Kendati demikian, King Sheng optimistis Huawei dapat merealisasikan ambisinya di Indonesia dengan adanya pertumbuhan pada tahun ini.

Menurutnya, pasar Huawei di Indonesia pada semester I 2018 mengalami pertumbuhan single digit dibandingkan semester II 2017.

Selain itu, secara global per kuartal II 2018, perusahaan merupakan vendor smartphone nomor dua di dunia.

 

Jalur Distribusi Online dan Offline

Sejumlah gambar promosi Huawei Mate 10 muncul di internet, bersamaan dengan spesifikasinya (Foto: Phone Arena)

Huawei juga akan terus meningkatkan penjualan melalui penguatan jalur distribusi online dan offline, agar bisa semakin menjangkau lebih banyak konsumen di Tanah Air.

King Sheng yakin untuk mencapai posisi puncak, maka perusahaan akan memperkuat upayanya di berbagai jalur, mulai dari penjualan, pelayanan, komunikasi dengan konsumen, hingga merilis smartphone baru tidak lama setelah peluncuran global.

Terlepas dari target pangsa pasar, kontribusi Indonesia dibandingkan negara-negara Asia Tenggara lain untuk total penjualan smartphone Huawei masih kecil. Malaysia saat ini merupakan pasar terbesar Huawei di Asia Tenggara.

"Malaysia merupakan paling besar di Asia Tenggara yang memberikan kontribusi. Di Malaysia, yang paling laris justru produk premium dan kami juga akan berusaha keras mengenalkan produk-produk kami, termasuk yang premium di Indonesia," pungkas King Sheng.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Produk Ilegal Asal Malaysia Banjiri Pare-Pare

Posted: 03 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pelabuhan Nusantara di Pare-Pare dipenuhi oleh produk ilegal dari Malaysia. Barang-barang ini lolos dari pemeriksaan petugas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hati-Hati Jangan Gunakan Minyak Kelapa Secara Berlebihan. Ini Risikonya

Posted: 03 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah survei yang diterbitkan oleh The New York Times, minyak kelapa ternyata tidak lebih baik daripada mentega, hamburger, pizza, atau bir sekalipun. The New York Times melakukan survei kepada sebanyak 672 ahli gizi dan lebih dari 2.000 peserta di mana mereka memiliki keyakinan tentang makanan sehat dan makanan tidak sehat.

Beberapa makanan, seperti kale, minyak zaitun, quinoa, hummus, telur, dan almond diberi acungan jempol oleh para ahli gizi. Sedangkan granola, jus jeruk, dan minyak kelapa justru dianggap sebagai jenis makanan yang buruk, seperti dilansir dari stylecaster.com, Sabtu (4/8/2018).

Bagaimana dengan minyak kelapa? Sekitar 72% orang biasa percaya bahwa minyak kelapa dapat membantu menurunkan berat badan, sedangkan hanya 37% ahli gizi yang percaya terhadap hal ini.

Kekurangan minyak kelapa jika digunakan setiap hari

Ilustrasi Foto Minyak Kelapa

Survei lainnya membandingkan nilai gizi antara minyak kelapa dan granola. Sebanyak 71% orang biasa dan 28% ahli gizi percaya bahwa minyak kelapa menduduki peringkat kedua sebagai bahan makanan paling bergizi, sebuah kesalahan persepsi bagi kebanyakan ahli gizi lainnya.

Kekurangan minyak kelapa jika digunakan setiap hari

Ilustrasi Foto Minyak Kelapa

Namun, bukan berarti Anda harus benar-benar menyerah menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa dapat menjadi alternatif yang lebih sehat ketika Anda ingin memasak dan tidak mengubah rasa dari makanan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Timnas Indonesia U-16 Vs Timor Leste: Kejar Juara Grup A

Posted: 03 Aug 2018 08:45 PM PDT

Jakarta - Timnas Indonesia U-16 wajib menjaga konsistensi demi meraih juara grup A Piala AFF U-16. Menyisakan dua laga, Timnas Indonesia U-16 salah satunya wajib kalahkan Timor Leste di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Sabtu (4/8/2018).

Kemenangan di matchday keempat Grup A Piala AFF U-16 2018 yang bakal disiarkan langsung dan ekslusif di Indosiar ini bakal meloloskan Timnas Indonesia U-16 ke semifinal.

Usai kemenangan sensasional 4-2 atas Vietnam, Tim Garuda Muda berpeluang besar mengunci posisi pemuncak klasemen. Tapi tentu dengan catatan tak tersandung di dua laga sisa penyisihan.

Di atas kertas, Indonesia jelas lebih diunggulkan dengan kemenangan dalam tiga laga terakhir secara beruntun.Bandingkan saja dengan Timor Leste yang telah tumbang dua kali dan baru menang sekali.

Meski begitu,pelatih Timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini tak mau anggap enteng Timor Leste. Dia khawatir Timor Leste tampil mengejutkan kalau diremehkan.

"Saya melihat mereka bermain sebagai sebuah tim dan beberapa pemain memiliki ostur dan skill bagus. Kami tetap perlu mewaspadai mereka sebagai sebuah tim," kata Fakhri seperti dikutip Bola.com.

Selain catatan terbaru di turnamen ini, Tim Merah-Putih juga lebih unggul dalam pertemuan di Piala AFF U-16. Dua kali mereka bertemu pada edisi 2010 dan 2011, Indonesia menang sekali dan satu laga lagi berakhir imbang.

Motivasi tinggi diusung oleh Timnas Indonesia U-16 untuk segera mengunci tiket semifinal. Dengan kemenangan di laga ini, mereka bisa menyiapkan laga semifinal dengan lebih tenang.

Pertaruhan Hidup dan Mati

Piala AFF U-16 Indonesia Vs Timor Leste (Bola.com/Grafis: Adreanus Titus /Foto: Aditya Wany)

Di sisi lain, Timor Leste bakal menjalani laga hidup-mati. Kekalahan dari Indonesia bakal membuat mereka tersingkir karena baru mengoleksi tiga poin saja dan menyisakan satu pertandingan.

Timor Leste juga punya modal yang cukup apik untuk menaikkan kepercayaan diri jelang laga ini. Mereka baru saja menang 2-1 atas Kamboja pada Kamis (2/8/2018).

"Bagi kami, kemenangan ini memberi kami peluang untuk lolos ke babak berikutnya. Kami akan berusaha untuk bisa imbangi Indonesia di pertandingan nanti, walau saya tahu itu berat," ujar Joao Araujo, pelatih Timnas Timor Leste U-16.

Joao menuturkan bahwa timnya tidak akan bermain bertahan meski tidak diunggulkan. Dia merasa permainan seperti itu justru menjadi blunder karena pemain bertahan tidak siap seperti saat kalah 0-4 dari Vietnam (31/7/2018).

"Menurut saya, kalau main bertahan seperti saat kami hadapi Vietnam, para pemain kami akan lebih capek dan itu membuat kami gampang kebobolan. Jadi, kami akan bermain normal saja supaya bisa imbangi Indonesia," tegasnya.

Komposisi Pemain

Timnas Indonesia U-16 membidik dua uji coba menjelang Piala AFF U-16 2018. (Bola.com/Zaidan Nazarul)

Prakiraan Susunan Pemain

Indonesia (4-3-3): Ernando Ari Sutaryadi (Kiper); Nur Rahman, Komang Teguh, M. Yuda, M. Supriadi (Belakang); David Maulana, Brylian Negiehta, Andre Oktaviansyah (Tengah); Fajar Fathur, Rendy Juliansyah, Bagus Kahfi (Depan)

Pelatih: Fakhri Husaini

Timor Leste (4-2-3-1): Marcio Dores (Kiper); Jaimito Costa, Juvito Moniz, Neldinho Costa, Kay Gusmao (Belakang); Jacinto da Silva, Aldo Amaral; Osorio da Costa, Joel Gomes, Oscar Dos Santos (tengah); Alto da Cruz (Depan)

Pelatih: Joao Araujo

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Laporan Data Pekerjaan AS Dorong Harga Emas Naik

Posted: 03 Aug 2018 08:41 PM PDT

Liputan6.com, n Harga emas naik 1 persen setelah jatuh ke level terendah dalam 17 bulan. Harga emas terdorong laporan data pekerjaan Amerika Serikat (AS) yang lebih rendah dari perkiraan dan pelemahan Dolar Amerika Serikat (AS).

Melansir laman Reuters, Sabtu (4/8/2018), harga emas di pasar spot naik 0,60 persen menjadi USD 1,214.79 per ounce. Sebelumnya harga emas sempat jatuh ke posisi USD 1.204, terendah sejak 15 Maret 2017.    

Sementara harga emas berjangka AS ditutup naik 0,3 persen ke posisi USD 1.223,20 per ounce.

"Saya pikir itu hanya sementara saja. Ini karena data pekerjaan dan memberi tahu Anda bahwa pasar pekerjaan mungkin tidak aktif," kata Ahli Strategi Pasar Senior RJO Futures, Phillip Streible.    

Dolar melemah setelah data pertumbuhan pekerjaan AS menunjukkan pelambatan lebih dari harapan pada Juli.    

 

Dolar dan Logam Mulia Lain

Sebelumnya, dolar menguat ke level tertinggi dalam dua minggu terhadap keranjang mata uang utama dan mencapai posisi puncak dalam 14 bulan terhadap Yuan. Mata uang Yuan kemudian menguat setelah bank sentral mengambil kebijakan pengetatan.

Adapun secara mingguan, harga emas di pasar spot turun 0,3 persen, penurunan mingguan ketujuh dalam delapan tahun terakhir.

Adapun harga logam mulia lainnya, perak naik 0,7 persen menjadi USD 15,41 per ounce. Namun harga ini tetap berada di jalur penutupan mingguan lebih rendah untuk pekan ke delapan.

Sementara harga Platinum naik 0,8 persen menjadi USD 828,99 per ounce, dan naik 0,4 persen secara mingguan, terkuat sejak akhir Mei.

Harga Palladium merosot 0,1 persen menjadi USD 910,75 per ounce, dan turun 0,8 persen secara mingguan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menanti Aksi Musisi Dunia di Hodgepodge Superfest 2018

Posted: 03 Aug 2018 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Generasi milenial pecinta musik, bersiaplah untuk gelaran festival musik multigenre, Hodgepodge Superfest 2018. Festival musik hasil kolaborasi Supermusic dan Java Festival Production, yang akan berlangsung di Allianz Ecopark, Ancol, Jakarta, pada 1-2 September 2018 mendatang. 

Seperti namanya, "Hodgepodge" yang memiliki arti 'campur aduk', festival ini tidak hanya menghadirkan satu jenis musik seperti konser pada umumnya. Hodgepodge Superfest 2018 menggabungkan banyak musisi dan genre dari domestik dan mancanegara. Di Hodgepodge Superfest 2018, penonton bisa menikmati performance british rock band asal London The Libertines, menggila bersama band pop-punk dari Amerika Serikat All Time Low, seru-seruan ngerap bersama Little Yachty asal Atlanta, atau bergoyang dengan iringan Gallant, musisi beraliran R&B dan dance electronic.

Sejumlah musisi lainnya yang akan menyemarakkan panggung Hodgepodge Superfest 2018 adalah August Alsina, Russ, Lemaitre, Day Wave, Cloud Nothings, Tayla Parx, Sundara Karma, Vancouver Sleep Clinic, Swim Deep, Park Hotel, Kid Francescoli, dan Didirri.

Tak cuma nama-nama beken di skena musik internasional, musisi-musisi dalam negeri juga akan unjuk gigi. Beberapa nama populer antara lain The Brandals, Tomorrow People Ensemble x Ekka Annash, The S.I.G.I.T, The Trees & The Wild, The Barefood, Soft Animal, Onar serta masih banyak lagi.

   

 

Festival Pertama

Festival musik multigenre, Hodgepodge Superfest 2018. 

Ajang bergensi Hodgepodge Superfest 2018 bisa dibilang sebagai festival musik pertama yang berani menggabungkan berbagai genre dalam satu event di Tanah Air. Tak cuma menonton musik, para pengunjung juga bisa menikmati suasana outdoor sambil nongkrong bersama orang-orang kesayangan di akhir pekan. 

"Supermusic sebagai media musictainment paling up to date bagi generasi millennial, berpartisipasi dalam pelaksanaan Hodgepodge Superfest 2018, A Brand New International Music Festival in Town. Melalui acara ini Supermusic berupaya memberikan kontribusi terbaik untuk perkembangan musik Indonesia" ujar Vicky Setiawan, selaku perwakilan dari Supermusic dalam keterangan tertulisnya.

"Ini adalah kebanggan bagi kami untuk dapat berkolaborasi dengan Supermusic, menghadirkan festival musik dengan konsep baru dan fresh. Kami mengundang para penggemar musik sambil menikmati suasana festival dengan pengalaman yang unik." Ujar Dewi Gontha, selaku Presiden Direktur PT. Java Festival Production.

"Kami seneng banget dan enggak sabar manggung di Hodgepodge Superfest 2018. Konsepnya keren, karena ada banyak band dengan genre yang beda-beda. Tapi kami juga enggak sabar untuk nonton The Libertines manggung. Ini band yang sejak zaman kuliah gue idolakan dan bikin The S.I.G.I.T jadi nge-band," kata Rekti Yoewono, vokalis The S.I.G.I.T.

 

Lima Kota

The Trees & The Wild (Foto: SRM Band Management/srmbands.com)

Untuk menyemarakkan dan mensukseskan Hodgepodge Superfest 2018, Supermusic akan menggelar Road To Hodgepodge Superfest 2018 di lima (5) kota besar di Indonesia yakni Surabaya (Grand City Mall) pada 4 Agustus 2018, Yogyakarta (J-Walk) pada 11 Agustus 2018, Tangerang (Summarecon Mall Serpong) pada 17 Agustus 2018, Jakarta (Cilandak Town Square) pada 18 Agustus 2018 serta Bandung (Ciwalk) pada 25 Agustus 2018. 

Selain di kota-kota besar, Road To Hodgepodge akan hadir pula di Lampung, Samarinda, Palangkaraya, Makassar, DKI Jakarta, Bekasi, Depok, Bogor, Semarang dan Malang. Untuk info, penawaran menarik khusus untuk member serta jadwalnya bisa dilihat melalui website resmi superfest.supermusic.id.

Tiket Early Bird Hodgepodge Superfest 2018 sudah bisa dibeli sejak 30 Juni 2018 melalui website resmi atau datang langsung ke kantor Java Festival Production di Simprug Gallery Blok A1. Harga tiket festival untuk daily pass Rp 499.000,- sedangkan untuk two daily pass seharga Rp 845.000,- .

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Legenda Real Madrid Bakal Pensiun Musim Depan?

Posted: 03 Aug 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Legenda Real Madrid, Iker Casillas mengisyaratkan untuk mundur dari lapangan hijau. Namun dia ingin menghabiskan kontraknya dulu di Porto.

Casillas merupakan produk asli Akademi Real Madrid. Dia memulai kariernya di tim senior Real Madrid mulai tahun 1998.

Sejak itu perannya tak tergantikan di bawah mistar gawang. Ia sukses menyumbang 19 gelar di Santiago Bernabeu.

Sayangnya hubungan Casillas dengan Real Madrid memburuk tahun 2015. Ayah Casillas mengklaim kepergiannya karena dipaksa Presiden klub, Florentino Perez.

Casillas pun akhirnya memilih bergabung ke FC Porto. Dan hingga sekarang ia belum mau membuka cerita di balik kepergiannya.

Komentar Casillas

Mantan kiper timnas Spanyol, Iker Casillas melambaikan tangan di samping trofi Piala Dunia 2018 sebelum laga pembuka di stadion Luzhniki, Kamis (14/6). Trofi itu memiliki tinggi 36 centimeter dan berat 6,175 kg dengan 18 karat emas. (AFP/Mladen ANTONOV)

"Saya menghabiskan sebagian besar waktu di Real Madrid. Mereka adalah klub terbaik sepanjang sejarah," ujar Casillas seperti dilansir Football Espana.

"Tetapi saya pindah ke Portugal dan bergabung ke tim besar seperti Porto. Jadi saya sangat bahagia," ujarnya.

"Saya ingin mengakhiri karier di Porto setelah kontrak habis."

Karier Casillas

Kiper FC Porto, Iker Casillas menyapa pemain Liverpool, Alberto Moreno dan James Milner seusai leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Stadion Anfield, Selasa (6/3). Liverpool melaju ke perempat final dengan bermain imbang tanpa gol. (PAUL ELLIS/AFP)

Sejak bergabung ke Porto, Casillas telah bermain dalam 114 laga di semua kompetisi. Musim lalu ia membawa Porto meraih gelar liga.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PDIP Ungkap Faktor Penyebab Lamanya Pengumuman Nama Cawapres Jokowi

Posted: 03 Aug 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Uji materi Undang-Undang Pemilu yang mengatur tentang masa jabatan presiden dan wakil presiden di Mahkamah Konstitusi, disebut sebagai salah faktor yang mempengaruhi penentuan calon wakil presiden Jokowi.

Ketua DPP PDIP Andreas Hugo Pareira mengatakan, faktor itulah yang menyebabkan, kenapa pengumuman cawapres Jokowi agak lama.

"Ada faktor Jusuf Kalla (JK). Kalau seandainya tidak berkaitan dengan Pak JK sebagai wapres dan kemudian tidak terkendala dengan pembatasan (gugatan uji materi), jauh lebih mudah diputuskan dari awal," ucap Andreas dalam diskusi di Gado-Gado Boplo, Jakarta, Sabtu (4/8/2018).

Faktor lainnya, kata Andreas, adalah masukan-masukan dari partai politik koalisi soal nama cawapres Jokowi, baik yang mengusung ketua umum parpolnya atau orang yang diunggulkan.

"Banyak yang menghendaki pimpinan partai atau orang yang dijagokannya ingin mendampingi Jokowi," jelas Andreas.

 

Seperti Pilpres 2014

Bagaimanapun, lanjut dia, lambatnya pengumuman nama cawapres Jokowi merupakan hal biasa.

"Ini sama dengan Pilpres (2014) lalu. Ketika nama Jokowi muncul, dan cawapres itu terakhir. Dari pandangan saya itu biasa saja," pungkasnya.

Uji materi Undang-Undang Pemilu yang mengatur tentang masa jabatan presiden dan wakil presiden itu sendiri hingga saat ini belum diputuskan oleh Mahkamah Konstitusi, dimana dalam uji materi itu, Wapres Jusuf Kalla melibatkan diri sebagai pihak terkait,

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tubuh Istri Berubah Gendut, Pierce Brosnan: Ia Tetap yang Paling Cantik

Posted: 03 Aug 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles: Cinta Pierce Brosnan terhadap sang istri, Keely Shaye tak berubah. Wanita yang dinikahinya 2001 silam itu tetap menjadi salah satu orang yang paling ia cintai sepanjang hidupnya.

Meski keritikan pedas kerap kali menghantui istri Pierce Brosnan. Alasannya, Keely Shaye dianggap tak bisa menjaga tubuhnya.

Kini, istri Pierce Brosnan memang terlihat lebih berisi. Akhirnya, Keely Shaye menjadi target haters dan warganet yang melakukan bullying.

Tak ada yang memahami perasaan Pierce Brosnan. Sang aktor merupakan pria yang setia. Ia menyebut istrinya sebagai malaikat, diwartakan The Sun, Jumat (3/8/2018).

Bertekuk Lutut

Pierce Brosnan. (AFP/Matt Winkelmeyer / GETTY IMAGES NORTH AMERICA)

Pierce Brosnan menyebutkan sang istri mampu membuatnya bertekuk lutut. Meski 25 tahun telah bersama, perasaan itu tak pernah hilang. Bahkan, terus bertambah.

"Ia yang mampu membuatku bertekuk lutut," sebut Pierce Brosnan dalam sebuah wawancara sambil tertawa.

Kangen

Pierce Brosnan mencintai istrinya, Keely Shaye Smith dengan sepenuh hati. Cinta yang menerima apa adanya, baik dan buruk, kekurangan dan kelebihan pasangan masing-masing. (Bintang/EPA)

Saat Pierce Brosnan tengah syuting jauh dari rumah, ia akan sangat merindukan sang istri. Pierce Brosnan sampai membelikan tiket pesawat agar Keely bisa menyusulnya.

Tak Tahan

Pierce Brosnan (AP Files)

"D imanapun aku berada, aku akan selalu merindukannya. Aku selalu mengirimkannya tiket, agar ia bisa menyusulku. Aku ingin selalu bersamanya," kata Pierce Brosnan.

Tak Pernah Berpaling

Pierce Brosnan (AP Files)

Pierce Brosnan selalu dikelilingi wanita cantik di lokasi syuting. Apalagi, saat berakting menjadi James Bond. Namun, Pierce Brosnan tak pernah berpaling. Ia selalu memikirkan sang istri.

"Tak ada wanita yang paling cantik di dunia selain istriku," ungkap Pierce Brosnan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Hari Ini: Ini Keterangan dari Komodo National Park Terkait Kebakaran Gili Lawa

Posted: 03 Aug 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gili Lawa atau Gili Lawa Darat tengah menjadi perbincangan hangat. Pasalnya, salah satu pulau di Kawasan Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur yang ramai dikunjungi wisatawan karena keindahan alamnya tengah mendapatkan musibah. Sejak dikabarkan terbakar Rabu (1/8/2018) malam, sampai saat ini, Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur masih dalam penyelidikan untuk mencari penyebabnya.

Banyak kabar simpang siur mengenai penyebab terjadinya kebakaran di Gili Lawa, mulai dari adanya wisatawan yang membawa obor, kembang api untuk melakukan sesi foto pre wedding, hingga rokok. Berita ini berhasil masuk dalam jajaran top 3 artikel kanal Lifestyle Liputan6.com bersama dua artikel lainnya. Yuk kita simak berita selengkapnya.

Ini Keterangan dari Komodo National Park Terkait Kebakaran Gili Lawa

Ada beberapa poin yang disampaikan melalui siaran pers tersebut, salah satunya adalah pemberitahuan bahwa untuk sementara Gili Lawa ditutup sampai batas waktu yang belum ditentukan. Masyarakat dan pengunjung dihimbau untuk mengikuti peraturan yang berlaku dan etika berwisata di Taman Nasional Komodo. Simak selengkapnya di sini.

5 Hal yang Harus Anda Ketahui Tentang Pasangan Sebelum Menikah

Ilustrasi pasangan bahagia (iStockphoto)

Menikah adalah tentang tumbuh bersama seumur hidup. Tentu Anda ingin mengenal pasangan dengan baik sebelum memutuskan untuk menikah dengannya, bukan?

Jika Anda bukan penganut kelompok yang memutuskan untuk lebih mengenal pasangan setelah menikah, berikut ini adalah beberapa hal yang harus diketahui tentang pasangan sebelum menikah. Penasaran apa saja? Simak selengkapnya di sini.

Pesona Menakjubkan Gili Lawa yang Diabadikan Para Traveler

Berada di Nusa Tenggara Timur, Taman Wisata Nasional Komodo sebenarnya memiliki beberapa destinasi yang wajib Anda kunjungi. Terdapat Pantai Pink dengan pancaran pasir alami bernuansa pink, dan yang paling legendaris adalah Gili Lawa yang merupakan pulau kecil tak berpenghuni di area utara Pulau Komodo. Simak artikel selengkapnya di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Puncak Ibadah Haji, Panitia Haji Perhatikan Armina

Posted: 03 Aug 2018 08:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang puncak pelaksanaan haji, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi akan memperhatikan pelaksanaan ibadah saat Armina.

Setelah tiba di Makkah, jemaah akan menghadapi puncak haji, yaitu berwukuf di Arafah, mabit di Muzdalifah, dan melontar jumrah di Mina.

"Tiga prosesi tersebut akan menjadi perhatian utama," ujar Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Nizar Ali di Makkah, Jumat 3 Agustus 2018.

Menurut Nizar, pada musim haji kali ini, petugas tidak akan terkonsentrasi di satu titik. Dia menjabarkan, petugas dari Daerah Kerja (Daker) Bandara, Makkah, dan Madinah akan disebar ke sejumlah pos agar bisa lebih menjangkau jemaah yang perlu pertolongan dan kelelahan.

"Sekarang menjadi kesatuan. Armina tidak lagi dibebani kepada satu daerah kerja. Semuanya harus turun nanti," ucapnya.

Pada tahun lalu, menurut Nizar, petugas haji mengalami kendala menyisir jemaah yang kelelahan saat jumrah aqabah setelah mabit di Muzdalifah.

Dia mengatakan, banyak jemaah yang duduk di bawah terik matahari, sedangkan tim kesehatan akan dipusatkan di tenda Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) untuk menangani jemaah sakit.

"Tahun ini akan ada tim penyisir jemaah. Mereka berasal dari personel perlindungan jamaah (linjam) dan kesehatan. Tim pertolongan pertama pada jemaah haji (P3JH) juga akan diturunkan," papar Nizar.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Katering Tak Berhenti

Ribuan jemaah haji melakukan sujud saat salat zuhur di luar masjid Namirah di Kota Arafah, Arab Saudi (31/8). Menurut hikayat setempat, masjid ini merupakan salah satu saksi pertama kali Rasulullah melaksanakan ibadah haji. (AP Photo / Khalil Hamra)

Sementara itu, Nizar juga menegaskan jika pelayanan katering tidak boleh berhenti. Petugas, kata dia, akan mengawasi produksi dan distribusi makanan jemaah. Hal ini merupakan komitmen pelayanan haji tahun ini untuk memberikan makan kepada jemaah sebanyak 40 kali.

"Dapur akan disiapkan di Arafah dan Mina," jelas Nizar.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pelayanan tenda di Armina pada 2017 merupakan indeks kepuasan terendah. Nilainya sebesar 75,55 persen atau turun 1,75 poin dibandingkan 2016.

 

Laporan jurnalis Dream, Maulana Kautsar, dari Tanah Suci

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lagu-Lagu Hits Clean Bandit yang Akan Dinyanyikan saat Konser di Jakarta

Posted: 03 Aug 2018 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Grup musik elektronik Clean Bandit asal Inggris, bakal datang ke Jakarta. Mereka siap tampil dalam konser BOLD XPRERIENCE - Clean Bandit Live in Jakarta - I Miss You Tour 2018. Acaranya siap digelar pada Senin, 20 Agustus 2018 di The Kasablanka Hall – Mall Kota Kasablanka, Jakarta, pukul 20.00 WIB.

BOLD XPRERIENCE - Clean Bandit Live in Jakarta - I Miss You Tour 2018 dipromotori oleh Otello Asia. Akun resmi Instagram @otelloasia bisa diikuti untuk mendapatkan kejutan seru! Kesempatan terbatas istimewa ini hanya untuk penggemar Clean Bandit di Indonesia.

Clean Bandit beranggotakan Grace Chatto pada cello dan vokal, serta dua bersaudara Jack Patterson pada bass gitar, keyboard, vokal, piano dan juga Luke Patterson pada drum dan perkusi. Grup ini dibentuk pada saat mereka masih duduk di univeritas pada 2008 sampai lulus tahun 2012.

Sudah siap bertemu dengan Clean Bandit di Jakarta nanti? Tiket dapat diperoleh dengan cara pembelian online melalui situs resmi www.otelloasia.com atau id.bookmyshow.com/cleanbanditjkt dan https://neo.loket.com/widget/cleanbandit.

 

Lagu-Lagu yang Wajib Diingat

Berikut lagu-lagu Clean Bandit yang wajib diingat dan dihafal sambil sing-along saat konserClean Bandit di Jakarta Jakarta nanti.

• Rather Be

Clean Bandit terkenal di panggung hiburan dunia berkat single lagu "Rather Be" yang dinyanyikan bersama Jess Glynne yang berhasil memasuki tangga lagu dunia Billboard Hot 100 Singles dan berhasil meraih posisi di peringkat ke-10 dan meraih penghargaan Grammy Award dengan predikat kategori "Best Dance Recording".

• Real Love

Lagu yang berjudul "Real Love" ini masih dinyanyikan bersama Jess Glynne yang melejit setelah lagu "Rather Be", olah vokal Jess Glynne sangat istimewa pada lagu ini dan mencapai posisi teratas di urutan ke-2 di tanggal lagu di UK Charts.

• Tears

Single lagu "Tears" yang dinyanyikan bersama Louisa Johnson sukses mendapat perhatian dunia dari Clean Bandit. Lagu ini langsung naik di tangga lagu chart dunia termasuk di UK Charts meraih posisi tertinggi di urutan ke-5 setelah Clean Bandit tampil menyanyikan lagu ini di acara Britain's Got Talent.

• Rockabye

Clean Bandit selalu berhasil melahirkan lagu-lagu hits andalan yang sangat populer di Radio hingga masuk tangga lagu / Radio Charts dunia, seperti "Rockabye" yang dinyayikan bersama Anne Marie & Sean Paul yang mana lagu tersebut dinominasikan sebagai Top Dance/ Electronicartist/Electronic song di ajang penghargaan musik dunia seperti Brit Awards, MTV Europe MusicAwards, dan Teen Choice Awards.

• Symphony

Single lagu "Symphony" yang dinyanyikan bersama penyanyi Swedia, Zarra Larsson, menjadi lagu hits di beberapa negara di dunia, termasuk menjadi di UK. Lagu ini mendapat peringkat teratas di urutan pertama di Inggris.

• I Miss You

Lagu yang berjudul "I Miss You" dinyanyikan bersama Julia Michaels yang mana lagu ini menjadi tema tajuk konsernya di tahun 2018 termasuk tajuk Konsernya di Jakarta. "I Miss You" sukses di tangga lagu Dance di dunia termasuk di Belanda telah meraih posisi teratas di urutan pertama Dutch Dance Top 30.

• Solo

Pada bulan Mei 2018 yang lalu, Clean Bandit merilis single terbaru berjudul "Solo" duet bersama Demi Lovato. Sebulan setelah masa pemutaran di radio-radio di seluruh dunia, lagu ini masuk sepuluh besar lagu hits di daratan Eropa termasuk di urutan Top 10 di UK Charts.

Konser BOLD XPRERIENCE - Clean Bandit Live in Jakarta - I Miss You Tour 2018. (Otello Asia)

Tiket

Sysan Ibrahim selaku CEO dari Otello Asia, mengatakan, "Lagu-lagu Clean Bandit sangat luar biasa populer di kalangan anak muda, tidak hanya di Indonesia bahkan sangat terkenal di dunia berkat lagu-lagu yang dirilisnya langsung hits dan populer dengan penampilannya yang selalu tampil dengan talenta vokal penyanyi 'featuring' yang berbeda-beda dan menjadi ciri khas dari Clean Bandit," ujar melalui siaran pers yang diterima Liputan6.com.

"Semoga fans yang berada di Indonesia bisa senang dapat bertemu dengan Clean Bandit untuk sing-along di konsernya nanti yang hanya tinggal 2 minggu lagi, saya ucapkan terima kasih kepada Bold Xperience yang telah mendukung konser Clean Bandit di Jakarta kali ini. Semoga Xperince-nya di konsernya nanti menjadi pengalaman yang sangat istimewa bersama Clean Bandit, kami mempunyai program khusus bagi pelajar promo untuk tiket konsernya," ia melanjutkan.

Untuk membeli tiketnya secara online, dapat diperoleh di situs resmi www.otelloasia.com atau id.bookmyshow.com/cleanbanditjkt dan https://neo.loket.com/widget/cleanbandit.

Harga tiket konser BOLD XPERIENCE - Clean Bandit Live in Jakarta – I Miss You Tour 2018:

Festival Gold (standing) : Rp. 1.000.000.

Festival Silver (standing) : Rp. 800.000.

Festival Silver (student Promo) : Rp. 640.000.-

*) Harga tiket belum termasuk pajak 15% dan admin tiket.

*)Student Promo berlaku bagi pelajar yang mempunyai Kartu Pelajar resmi yang masih berlaku.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP Ceko, Balapan 5 Agustus 2018

Posted: 03 Aug 2018 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Brno - Ajang MotoGP 2018 telah memasuki paruh kedua musim ini. Pertarungan paruh kedua berlangsung di Sirkuit Brno, MotoGP Republik Ceko, Minggu (5/8/2018).

Tahun lalu, pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, memenangi balapan MotoGP Republik Ceko. Kali ini, Marquez kembali menjadi unggulan terdepan di Sirkuit Brno.

Sekarang, pembalap berjulukan The Baby Alien masih memuncaki klasemen sementara MotoGP 2018. Marquez mengoleksi 165 poin dan unggul 46 poin atas Valentino Rossi, pesaing terdekatnya.

Pembalap asal Spanyol itu menyandang status sebagai juara paruh musim MotoGP 2018. Kini Marquez tentu bertekad melanjutkan dominasinya di ajang balap kuda besi ini.

Hari ini (4/8/2018), kualifikasi MotoGP Ceko akan berlangsung. Sementara balapan digelar besok (5/8/2018) pada pukul 19.00 WIB. Berikut jadwalnya.

Jadwal MotoGP Ceko

Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi mengaspal di Sirkuti Brno, MotoGP Republik Ceko 2017. (Michal Cizek / AFP)

Jumat (3/8/2018)

14:55 - 15:40 Latihan Bebas

17:00 - 18:00 Jumpa Pers Pabrikan

19:05 - 19:50 Latihan Bebas Kedua

Sabtu (4/8/2018)

14:55 - 15:40 Latihan Bebas Ketiga

18:30 - 19:00 Latihan Bebas Keempat

19:10 - 19:25 Kualifikasi Pertama

19:35 - 19:50 Kualifikasi Kedua

22:00 Jumpa Pers

Minggu (5/8/2018)

14:40 - 15:00 Pemanasan

19:00 Balapan

14:55 - 15:40 Latihan Bebas Ketiga

Klasemen Sementara

Klasemen MotoGP 2018

1. Marc Marquez (Repsol Honda) 165

2. Valentino Rossi (Movistar Yamaha) 119

3. Maverick Vinales (Movistar Yamaha) 109

4. Andrea Dovizioso (Ducati) 88

5. Johann Zarco (Yamaha Tech 3) 88

6. Jorge Lorenzo (Ducati) 85

7. Danilo Petrucci (Pramac Racing) 84

8. Cal Crutchlow (LCR Honda) 79

9. Andrea Iannone (Suzuki) 75

10. Jack Miller (Pramac Racing) 57

11. Alex Rins (Suzuki) 53

12. Dani Pedrosa (Repsol Honda) 49

13. Alvaro Bautista (Angel Nieto Team) 44

14. Pol Espargaro (KTM) 32

15. Tito Rabat (Avintia Racing) 30

16. Hafizh Syahrin (Yamaha Tech 3) 22

17. Franco Morbidelli (Marc VDS) 19

18. Aleix Espargaro (Aprilia) 16

19. Bradley Smith (KTM) 13

20. Scott Redding (Aprilia) 12

21. Takaaki Nakagami (LCR Honda) 10

22. Mika Kalilo (KTM) 6

23. Karel Abraham (Angel Nieto Team) 4

24. Thomas Luthi (Marc VDS) -

25 Stefan Bradl (Marc VDDS) -

26. Xavier Simeon (Ducati) -

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Mafia Ganja di Wamena Berhasil Dibekuk Yonif 756/WMS

Posted: 03 Aug 2018 08:15 PM PDT

Barang bukti ditunjukkan saat sweeping di jalan lintas Wamena-Karubaga-Puncak Jaya, Papua, (3/8). Selain kurir ganja, Apianus Logo merupakan bandar ganja yang memiliki ladang ganja sendiri di kampungnya 45 km dari kota Wamena. (Liputan6.com/HO/Dispenad)

Barang bukti ditunjukkan saat sweeping di jalan lintas Wamena-Karubaga-Puncak Jaya, Papua, (3/8). Selain kurir ganja, Apianus Logo merupakan bandar ganja yang memiliki ladang ganja sendiri di kampungnya 45 km dari kota Wamena. (Liputan6.com/HO/Dispenad)

Yonif Raider 756/WMS menyerahkan pelaku pengedar ganja dan barang bukti ke Kapolres Jayawijaya AKBP Yan Reba (3/8). Mereka berhasil mengamankan Sajam, atribut/bendera Bintang Kejora, Miras dan 95, 20 gram ganja kering siap edar. (Liputan6.com/HO/Dispenad)

Yonif Raider 756/WMS menyerahkan pelaku pengedar ganja dan barang bukti ke Kapolres Jayawijaya AKBP Yan Reba (3/8). Mereka berhasil mengamankan Sajam, atribut/bendera Bintang Kejora, Miras dan 95, 20 gram ganja kering siap edar. (Liputan6.com/HO/Dispenad)

Prajurit Yonif R 756/WMS membawa pohon ganja di ladang seluas kurang lebih 30x50 meter di Kampung Kurulu, Papua, Jumat (3/8). Prajurit berhasil mencabut 39 batang ganja siap panen dan 119 batang bibit ganja siap tanam. (Liputan6.com/HO/Dispenad)

Prajurit Yonif R 756/WMS membawa pohon ganja di ladang seluas kurang lebih 30x50 meter di Kampung Kurulu, Papua, Jumat (3/8). Prajurit berhasil mencabut 39 batang ganja siap panen dan 119 batang bibit ganja siap tanam. (Liputan6.com/HO/Dispenad)

Prajurit Yonif R 756/WMS membawa pohon ganja di Kampung Kurulu, Papua, (3/8). Yonif R 756/WMS mendapatkan informasi dari warga, tokoh agama yang resah terhadap maraknya peredaran Miras, Narkoba, Sajam yang bebas masuk ke Wamena. (Liputan6.com/HO/Dispenad)

Prajurit Yonif R 756/WMS membawa pohon ganja di Kampung Kurulu, Papua, (3/8). Yonif R 756/WMS mendapatkan informasi dari warga, tokoh agama yang resah terhadap maraknya peredaran Miras, Narkoba, Sajam yang bebas masuk ke Wamena. (Liputan6.com/HO/Dispenad)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemasan Premium Lexus ES Ada di GIIAS 2018

Posted: 03 Aug 2018 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Tangerang - Lexus meluncurkan sedan premium The Entirely New Lexus ES di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, yang berlangsung di ICE BSD, Tangerang. Kehadiran generasi ketujuh sedan Lexus ES ini ditujukan untuk menjadi pilihan yang kompetitif di pasar luxury medium sedan.

Hadirnya Lexus ES pada GIIAS tahun ini merupakan peluncuran yang pertama kalinya di Asia Tenggara.

Dengan tampilan baru, full model change, membuat ES tampak lebih modern dan sophisticated. Lexus ES yang bermesin Hybrid Electric Drive ini dilengkapi dengan mode driving performance.

"Kehadiran The Entirely New Lexus ES memberikan value baru bagi para pelanggan luxury sedan Lexus. Dengan menghadirkan sedan Hybrid Electric Vehicle yang menawarkan ultimate comfort dan penyempurnaan driving performance, kami yakin Lexus ES ini akan mendapat tanggapan positif dari para luxury sedan enthusiast," kata General Manager Lexus Indonesia Adrian Tirtadjaja, Jumat (3/8/2018).

Lexus ES dilengkapi dengan craftmanship tingkat tinggi yang tidak ditemukan di segmennya.

Craftmanship terlihat pada setir kemudi yang terbuat dari kayu Shimamoku yang diproses melalui tujuh tahapan dalam 38 hari, dan mendapatkan 67 treatments, hingga akhirnya layak digunakan sebagai elemen setir Lexus ES.

Menurut Adrian, semua yang dihadirkan oleh Lexus ES merupakan tranformasi dari prinsip experience amazing, yakni mengubah function into emotion, performance into passion, dan technology into imagination. 

"Pengendara Lexus ES akan merasakan emotional attachment dan transformasi excitement berkendara yang unik," tutupnya.

 

Perubahan Signifikan

Tampil dengan banyak perubahan, The Entirely New Lexus ES, memiliki desain yang lebih berani tersirat dari sudut yang edgy, pelek 18" yang gagah, serta tampilan spindle grille vertical yang kesannya provocative elegance.

Ruang kemudi juga di desain dengan pendekatan human-centered sehingga akan sangat nyaman dikemudikan.

Pertama di kelasnya, speedometer Lexus ES dapat diproyeksikan ke kaca depan mobil sehingga pengemudi dapat lebih fokus berkendara, istilahnya head up display.

Pada bagian interior, Lexus ES memiliki ruang kaki yang lega dan dilengkapi dengan electric reclining seat yang terdapat di kursi belakang, seat heater and cooler, yang dibalut semi-aniline leather.

"Sedan ES terbaru ini telah dilengkapi berbagai macam kelebihan yaitu dengan legroom terluas, fungsi postur duduk yang nyaman di kursi belakang dengan reclining seat, maximum quietness di cabin," ujar Adrian.

Sistem multimedia Lexus juga sudah dilengkapi dengan 12.3" Center Screen Display dan 17 Mark Levinson Pure Play speakers. Dengan baterai Hybrid Electric Drive yang lebih kecil juga menjadikan ruangan bagasi lebih lebar dan mampu menampung dua tas golf di dalamnya.

Untuk paket seperti ini, Lexus ES dipasarkan dengan harga Rp 1,15 miliar (OTR Jakarta).

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Domba Batur, 'Shaun the Sheep' Banjarnegara di Dieng Culture Festival 2018

Posted: 03 Aug 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Banjarnegara - Gelaran akbar Dieng Culture Festival ke-9 secara resmi dimulai pada Jumat, 3 Agustus 2018. Stan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), desa wisata hingga keragaman hayati Dieng tersaji dalam pameran yang mengawali rangkaian acara hingga 5 Agustus mendatang.

Ada yang menarik di pameran ini. Hewan lucu nan menggemaskan khas Dieng turut dipamerkan. Namanya, domba Batur. Hewan yang secara turun temurun diternak oleh masyarakat di dataran tinggi Dieng.

Bulunya putih tebal, mirip dengan moyangnya, domba Merino. Domba Batur adalah persilangan domba Merino dengan domba lokal ekor tipis yang memunculkan karakteristik unik dan berbeda dari moyangnya.

Sekilas lalu, bentuk dan penampakan domba Batur, Dieng mengingatkan kita pada sosok kartun yang populer di kalangan balita dan anak usia SD, Shaun the Sheep. Ia cocok sebagai penghasil daging dan tentu juga, wol.

Dipamerkannya domba Batur di Dieng Culture Festival 2018 bukannya tanpa maksud. Banjarnegara hendak merintis desa-desa wisata baru dengan karakteristik khasnya. Salah satunya desa-desa di Kecamatan Batur, sebagai tempat awal perkembangbiakan domba Batur.

Panitia pameran Desa Wisata Banjarnegara (Dewitara) Dimas mengatakan, keberadaan DCF yang telah mendunia ini dimanfaatkan betul. Ribuan pengunjung yang hadir adalah pasar potensial untuk memperkenalkan potensi lain, di luar Dieng yang telah terlebih dahulu populer.

Para pengelola desa wisata menampilkan keunggulan desa wisata masing-masing pada pameran itu. Stan-stan dihias dengan benda-benda yang menyimbolkan identitas desa wisata mereka. Pun dengan yang memiliki kekayaan hayati dan plasma nutfah.

"Ini juga untuk mempromosikan desa-desa wisata di Banjarnegara dalam Dieng Culture Festival," ucapnya, Jumat, 3 Agustus 2018.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Kampanye Pelestarian Domba Batur di Dieng Culture Festival 2018

Pameran hari pertama, bersamaan dengan pembukaan rangkaian Dieng Culture Festival. (Liputan6.com/Muhamad Ridlo).

Keberadaan domba Batur di gelaran yang berpuncak pada ruwat atau pemotongan rambut anak gimbal ini rupanya juga menjadi agenda khusus Dinas Pertanian dan Perikanan Banjarnegara. Selain sebagai kembanggaan, rupanya, dinas berupaya menjaga populasi domba Batur yang kian menyusut.

Pendataan terakhir pada 2017, jumlah populasi domba Batur di Banjarnegara berkisar 8.000 ekor. Jumlah ini menurun separuh dari jumlah domba Batur pada periode 2012 yang mencapai kisaran 16 ribuan ekor.

"Dalam waktu lima tahun terjadi penurunan populasi domba Batur kurang lebih 50 persen," Kepala Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Perikanan Banjarnegar, Herrina Indri Hastuti mengungkapkan.

Penyelamatan domba Batur dari ancaman kepunahan amat diperlukan mengingat hewan ternak telah ditasbihkan sebagai kekayaan hayati Indonesia, dengan Keputusan Menteri Pertanian Nomor 2916/Kpts/OT.140/6/2011. Ia menjadi warna baru untuk domba lokal Nusantara.

Herrina mengklaim, secara ekonomi, ternak domba Batur juga sangat bernilai. Sebab, kecepatan tumbuh domba Batur jauh di atas domba biasa. Di usia dua tahun, bobot domba Batur bisa mencapai 150 kilogram.

"Di usia dua tahun domba ini lebih besar. Bobotnya bisa mencapai 150 kilogram," dia menjelaskan.

Namun, kemungkinan lantaran hanya cocok dipelihara di dataran tinggi dan berhawa sejuk, domba Batur tak cepat populer, seperti hewan satu rumpun lainnya, misalnya domba Garut.

Sebab itu, Dinas Pertanian memiliki kepentingan untuk memamerkan domba Batur. Peternak dilibatkan untuk mamamerkan domba Batur dalam Festival Domba Batur. Diharapkan bakal banyak warga yang tertarik memelihara hewan penurut ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Super Kocak, Begini Nikahan Anti-Mainstream yang Cuman Ada di Indonesia

Posted: 03 Aug 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pernikahan merupakan jenjang hubungan yang serius dari suatu pasangan. Selain menghubungkan dua keluarga besar, pernikahan kerap kali diadakan dalam bentuk pesta sambil mengundang banyak tamu.

Tentu sudah pasti pesta pernikahan dibuat sebaik mungkin untuk menjamu tamu. Di lain sisi, kadangkala ada hal yang tak terduga menjelang pesta pernikahan atau saat diselenggarakan.

Entah karena lokasi pesta, bentuk undangan, hingga riasan kedua mempelai pengantin yang justru bikin heran banyak orang. Dikutip dari berbagai sumber, berikut rangkuman potret pesta nikahan anti-mainstream.

1. Pakai peta gim GTA gereget banget

(Foto: Kementrian Humor Indonesia)

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

2. Gemesnya, undangan via online

(Foto: Kementrian Humor Indonesia)

3. Duh gak takut ketabrak kereta apa ya?

(Foto: Kementrian Humor Indonesia)

4. Mas fotografernya berdedikasi banget

(Foto: Kementrian Humor Indonesia)

5. Cakep pengantinnya

(Foto: Awreceh.id/ Instagram)

6. Inget nih bedanya

(Foto: Kementrian Humor Indonesia)

7. Nikahan drive thru

(Foto: Kapanlagi.com)

8. Tema pernikahan: pahlwan bertopeng

(Foto: Awreceh.id/Instagram)

9. Bikin tamu kabur

(Foto: Awreceh.id/Instagram)

10. Truk dan mobil juga ikut jadi tamu undangan

resepsi pernikahan unik ((Foto Instagram.com/soloinfo))

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Jenis Pemasaran Konten untuk Mempromosikan Bisnis Anda

Posted: 03 Aug 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemasaran konten adalah bentuk pemasaran tidak langsung yang memanfaatkan cara orang mencari dan berbagi informasi di internet. Ini melibatkan penciptaan materi online, biasanya melalui tulisan, visual, atau video yang terkait dengan merek Anda.

Di dunia internet, pemasaran konten dapat merangsang minat pada merek Anda, menyampaikan kabar tentang bisnis Anda, dan mengembangkan hubungan dengan pelanggan saat ini atau pelanggan masa depan.

Untuk mengembangkan strategi konten yang efektif, coba 5 jenis pemasaran konten ini, seperti dikutip dari Laruno.id.

1. Video

Ketika menyangkut pemasaran konten, video bukan untuk membuat iklan atau komersial. Anggap saja sebagai cara untuk menunjukkan siapa orang di belakang perusahaan, atau untuk menanggapi secara langsung masalah dan pertanyaan pelanggan.

Dengan membuat video yang menunjukkan sisi pribadi dari bisnis, Anda menciptakan hubungan dengan pelanggan Anda dan juga memberikan mereka nasihat, wawasan, atau humor yang berharga. Video juga mudah dibagikan dan memberikan jeda dari konten tertulis.

Tempat untuk mengunggah video antara lain halaman web, posting blog, media sosial, platform video (YouTube) dan e-mail.

2. Infografis

Ilustrasi Miliarder (Liputan6.com/Deisy)

Infografis sangat populer karena mudah dibaca dan dipahami. Karena infografis memuat informasi tunggal yang mandiri, mereka juga dapat dihubungkan atau dibagikan dengan cepat. Untuk memastikan bahwa infografis Anda memasarkan perusahaan Anda, tandai dengan nama bisnis Anda, media sosial, atau tautan ke situs web Anda di mana pelanggan yang tertarik dapat belajar tentang isinya.

Tempat untuk infografis: posting blog, media sosial, atau halaman web.

3. Kertas putih

Kertas putih adalah laporan resmi yang menjelaskan masalah atau memberikan informasi secara detail. Ketika Anda membuat kertas putih sebagai bentuk pemasaran konten, Anda menetapkan diri Anda sebagai seorang ahli, sambil menanggapi pertanyaan pelanggan.

Kertas putih bisa mengenai topik apa saja yang berkaitan dengan industri Anda. Mereka sangat berguna untuk bisnis yang bekerja di bidang yang lebih menuntut secara teknis, memberikan kesempatan untuk mempelajari topik yang menarik minat audiens Anda.

Tempat untuk menggunakan kertas putih: unduhan gratis, brosur online, halaman web, situs web industri.

4. Wawancara

Begini caranya mendapatkan tawaran gaji tinggi saat wawancara kerja.

Wawancara dapat dilakukan dengan sejumlah orang termasuk pelanggan setia, pemimpin industri, atau karyawan Anda sendiri. Wawancara dapat memberikan konten yang menarik. Ketika Anda mewawancarai klien, Anda memberi mereka imbalan untuk kesetiaan dan menunjukkan bagaimana Anda menghargai pengalaman mereka.

Mewawancarai para pemimpin di industri juga memperlebar audiensi Anda, menciptakan peluang untuk menambah reputasi Anda sendiri.

Tempat untuk mengunggah wawancara: e-mail, posting blog, video, media sosial, posting tamu

5. Penelitian

Tulisan studi atau survei baik milik Anda atau orang lain, memberikan informasi berharga yang menarik bagi pelanggan Anda. Menulis atau berbicara tentang penelitian baru tidak hanya menetapkan Anda sebagai pakar industri, tetapi juga dapat menambahkan istilah penelusuran berharga ke situs web atau platform media sosial Anda, memungkinkan orang-orang yang tertarik untuk menemukan Anda di internet.

Jika Anda melakukan penelitian sendiri, Anda juga dapat menggunakan hasil Anda untuk menyiarkannya ke wartawan atau platform media lainnya, yang meningkatkan eksposur merek Anda. Jika Anda menulis tentang penelitian orang lain, Anda harus selalu menautkan ke sumber aslinya.

Tempat untuk memberitahu penelitian: posting blog, posting tamu, video, e-mail, media sosial, halaman web, bios perusahaan atau siaran pers.

Semoga Bermanfaat.

GRATIS... Pelatihan 365 hari bersama Tung Desem Waringin yang bisa merevolusi bisnis, marketing, sales, karier, kehidupan, kesehatan, kebahagiaan, dan keuangan, bahkan percintaan dengan materi terbaru seharga Rp 2.997.000.

Khusus untuk 97 orang pembaca Liputan6.com hari ini jadi gratis.

Daftar sekarang juga, klik di sini untuk daftar

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ambisius Rebut Pasar Timur Tengah, Kabupaten Bandung Garap Wisata Halal

Posted: 03 Aug 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabupaten Bandung punya banyak destinasi wisata hits yang kini mulai dilirik wisatawan mancanegara. Selain Kawah Putih, Kawah Rengganis, dan Situ Patengan, kabupaten yang banyak terkenal dengan stroberinya ini kini punya Orhid Forest, Green Forest, dan bahkan mulai bermunculan atraksi wisata Glamping seiring dengan gencarnya promosi Nomadic Tourism yang dicanangkan Kementerian Pariwisata.

Banyak bermunculannya atraksi nomadic tourism membuat Kabupaten Banndung optimis bisa menggaet lebih banyak turis mancanegara. Kadispar Kabupaten Bandung Agus Firman Zaelani, saat ditemui Liputan6.com di sela-sela acara pertemuan bersama Biro Komunikasi Publik dan Forum Wartawa Pariwisata di Rancabali beberapa waktu lalu mengatakan, Kabupaten Bandung punya keinginan besar merebut pasar pariwisata Timur Tengah.

 

Tidak Mengiblat Aceh dan NTB

Foto: Liputan6.com/ Ahmad Ibo

Sejalan dengan ambisi tersebut, Dispar Kabupaten Bandung telah menyiapkan strategi pariwisata halal. Bekerjasama dengan lembaga kajian Pusat Halal Salman, Kabupaten Bandung telah menyiapkan formula tersendiri untuk mengembangkan wisata halal.

"Jadi kajian nanti itu membuat rekomendasi, termasuk mau ke arah mana pariwisata halal ini. Kita tidak mengiblat ke Aceh dan NTB, kita minta rekomendasi dari pusat kajian yang kita buat," ungkap Agus Firman.

 

Rebut Pasar Timur Tengah

Lebih jauh Agus Firman mengatakan, pemetaan pariwisata halal Kabupaten Bandung sedang berjalan hingga saat ini, dengan target merebut pasar wisata Timur Tengah.

"Wisman Timur Tengah memang sedikit, tapi mereka belanjanya banyak, spending mereka besar. Sejauh ini baru wisman Malaysia dan Singapura saja yang masuk," kata Agus Firman.

 

Simak juga video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Persib Vs Sriwijaya FC: Tak Terpancing Konflik

Posted: 03 Aug 2018 08:00 PM PDT

Jakarta - Persib Bandung bakal berusaha untuk menjaga tren positif saat menjamu Sriwijaya FC, Sabtu (4/8/2018) sore di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung. Laga di pekan ke-19 Gojek Liga 1 bersama Bukalapak yang ditayangkan Indosiar ini diyakini bakal berjalan seru.

Pelatih Persib, Mario Gomez mengaku tak mau terpancing dengan konflik yang sedang dihadapi Sriwijaya FC. Dia menilai Sriwijaya FC tetap lawan yang berat buat Sriwijaya FC yang kini dilatih Subangkit.

"Kami tahu Sriwijaya punya beberapa problem, tapi mereka tetap tim yang kuat. Jadi pertandingan nanti tetap akan menjadi pertandingan yang sulit bagi kami," ujar Gomez seperti dikutip Bola.com.

Persib ingin mengamankan tiga poin di laga ini, apalagi laga ini berlangsung di kandang sendiri. Momentum untuk menjaga posisi di peringkat pertama klasemen Liga 1 juga jadi bidikan di laga nanti.

"Kami akan bermain dengan 12 pemain karena bobotoh itu akan membantu kami lewat dukungan mereka di tribune. Kami punya lini pertahanan yang bagus, peluang untuk memenangi laga amat terbuka," pelatih berusia 61 tahun ini.

Momentum Kebangkitan Laskar Wong Kito

Sayap Kanan Persib Bandung, Supardi, beraksi pada laga Liga 1 di Stadion GBLA Bandung, Jawa Barat, Sabtu (15/4/2017). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Pelatih Sriwijaya FC, Subangkit, memastikan timnya harus bekerja keras menghadapi Persib Bandung. Tim berjulukan Maung Bandung tersebut saat ini ada di puncak klasemen sementara Liga 1 2018.

Arsitek berusia 58 tahun ini tak menganggap timnya akan mudah mengalahkan Persib meski tuan rumah tidak diperkuat beberapa pemain andalannya seperti Bojan Malisic, Hariono, dan Ezechiel N'Douassel yang terkena hukuman larangan bermain.

"Saya kira tanpa mereka, Persib tetap tim bagus. Kalau tidak ada Bojan masih ada Indra. Ezechiel tidak main, masih ada Jonathan Bauman dan Patrich Wanggai. Mereka masih punya banyak pilihan. Persib itu tim yang kuat disetiap lini depan, tengah, dan depan. Di sayap juga mereka kuat ada Gozali Siregar dkk," ungkap Subangkit dalam jumpa pers sebelum laga di Graha Persib, Jalan Sulanjana Kota Bandung, Jumat (3/8/2018).

Namun, Subangkit berharap anak asuhnya tidak patah semangat. Sebaliknya, tetap menunjukkan permainan terbaiknya sebab peluang untuk meraih poin di kota kembang masih terbuka lebar.

"Sepanjang bola bundar segala kemungkinan bisa terjadi. Kami datang ke Bandung dengan target setidaknya bisa mencuri skor imbang," katanya.

Apalagi, lanjut Subangkit, timnya baru saja meraih hasil positif setelah berhasil mengalahkan Borneo FC di laga yang telah digelar di Stadion H Agus Salim, Padang, Minggu (29/7/2018) dengan skor 1-0.

"Setelah kemenangan atas Borneo, mentalitas bertanding para pemain mulai pulih. Mereka mulai move on, melupakan masalah-masalah yang lalu. Menjadi modal berharga bagi kami untuk menghadapi Persib. Kami bertekad mengambil poin di Bandung sebagai momentum kebangkitan Sriwijaya," ujar Subangkit yang sempat menukangi Mitra Kukar itu.

Dalam laga ini Laskar Wong Kito tidak diperkuat Alberto Goncalves dan Zulfiandi yang tengah fokus menjalani pelatnas Timnas Indonesia U-23 Asian Games 2018.

Komposisi Pemain

Gelandang Arema FC, Esteban Vizcarra, duel udara dengan bek PS TNI, Facundo Talin, pada laga Liga 1 di Stadion Pakansari, Bogor, Senin (3/7/2017). Kedua klub bermain imbang 0-0. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Prakiraan Susunan Pemain:

Persib (4-4-2): M. Natshir (Kiper); Supardi Nasir, Victor Igbonefo, Indra Mustafa, Ardi Idrus (Belakang); Ghozali Siregar, Oh Inkyun, Dedi Kusnandar Agung Mulyadi (Tengah); Jonathan Bauman, Patrich Wanggai (Depan)

Pelatih: Mario Gomez

Sriwijaya FC (4-3-3): Teja Paku Alam (Kiper); Ahmad Faris, Goran Ganchev, Alan Hendrique, Zalnando (Belakang); Nur Iskandar, Abimanyu, Yuu Hyun-koo (Tengah); Yogi Rahadian, Esteban Vizcarra, Manuchekhr Dzhalilov (Depan).

Pelatih: Subangkit

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seluruh Arena Asian Games 2018 di Jabar Sudah Siap Dipakai

Posted: 03 Aug 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa menegaskan arena lima cabang olahraga yang akan digunakan pada ajang Asian Games 2018 di Jawa Barat sudah 100 persen. Kelima venue tersebut siap digunakan menggelar pertandingan tingkat internasional tersebut.

"Alhamdulillah untuk sepak bola, perkembangannya sudah 100 persen. Sekarang lebih bagaimana keindahannya ditata. Empat arena untuk sepakbola sudah beres, termasuk untuk tempat latihannya," kata Iwa Karniwa, di Bandung, Jumat. 

Menurut dia, empat arena di Jawa Barat akan digunakan untuk cabang olahraga sepakbola Asian Games 2018, yakni Stadion Si Jalak Harupat di Kabupaten Bandung, Pakansari di Kabupaten Bogor, Patriot di Kabupaten Bekasi, dan Stadion Wibawamukti di Kabupaten Karawang.

Sedangkan untuk cabang olahraga balap sepeda atau road race, kata Iwa, rute sepanjang 145 kilometer yang melintasi Purwakarta, Subang, dan Karawang, sudah siap 100 persen.

"Untuk pengaturan lalu lintas tinggal dilakukan saat pertandingan berjalan. Selama ini Kapolda Jabar sudah mengatur jam untuk pertandingan, digunakan selama tiga jam. Namun tiga jam sebelum dan sesudahnya juga sudah diatur," katanya.

Menurut dia, untuk cabang olahraga paragliding akan diselenggarakan di Puncak di Kabupaten Bogor dan persiapannya juga sudah 100 persen kemudian untuk jalan aksesnya pun sudah bisa digunakan dengan nyaman pada saat pertandingan.

"Lalu untuk persiapan untuk cabang olahraga Kano Slalom di Bendung Rentang di Kabupaten Majalengka juga sudah mencapai 100 persen. Termasuk persiapan mobilisasi atlet dan official, serta pemeriahan oleh berbagai produk unggulan UMKM," kata Iwa.

 

Perbaikan Jalan

Apa seruan Presiden Jokowi bagi rakyat Indonesia untuk menyongsong kemenangan di Asian Games 2018?

Dia menambahkan perbaikan jalan di Subang untuk cabang olahraga Sepeda Gunung sudah mencapai 100 persen. Perbaikan jalan aksesnya dilakukan menggunakan dana CSR dari Bank BJB.

"Jadi secara keseluruhan untuk persiapan Asian Games di Jawa Barat, alhamdulillah selesai 100 persen. Sekarang tinggal persiapan api obor Asian Games. Tadi juga pagi sudah rapat untuk persiapannya di Kota Bandung, termasuk Gedung Sate, dan ada beberapa kabupaten kota lain ikut terlibat," ujarnya.

Lebih lanjut Iwa mengatakan di bawah koordinasi Dinas Pariwisata dan Budaya Jawa Barat, rencana perjalanan api obor Asian Games 2018 berjalan baik dan dikoordinasikan bersama Inasgoc dan sejumlah sponsor. (Ant)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketahui, 7 Penyebab Puting Payudara Gatal dan Kering

Posted: 03 Aug 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Payudara merupakan salah satu bagian tubuh wanita yang penting untuk diperhatikan dan dijaga kesehatannya.

Saat mengalami suatu gejala tertentu pada bagian payudara mungkin tidak sedikit yang  khawatir dan bertanya-tanya apa penyebabnya. Salah satunya mungkin ada yang pernah mengalami puting susu pada payudara terasa gatal dan kering.

Sebagian besar wanita tentu akan bertanya apa penyebab puting susu terasa gatal dan kering. Mungkin saja hal itu disebabkan oleh perubahan hormon yang tidak menentu pada wanita atau karena tubuh yang kurang hidrasi.

Namun bila puting semakin terasa gatal dan diikuti gejala lainnya hingga bertambah buruk, bisa jadi disebabkan oleh hal yang lebih mengkhawatirkan seperti kanker payudara. Bila keadaan bertambah buruk, disarankan untuk segera menemui Dokter atau ahli medis lainnya.

Melansir dari laman Web MD Jumat (3/8/2018), berikut beberapa kemungkinan yang dapat menyebabkan puting susu pada payudara terasa gatal dan kering.

1. Cuaca kering

Cuaca dingin dan kering dapat menyebabkan rasa gatal di seluruh tubuh termasuk di payudara dan puting. Hal itu biasanya membuat puting menjadi kering hingga mengelupas. Bila cuaca menjadi penyebabnya, disarankan untuk mandi dengan air hangat atau air dengan suhu ruangan dibawah 10 menit. Kemudian, bagian payudara atau puting yang kering sebaiknya dioleskan dengan krim atau salep pelembab.

2. Eksim

Eksim dapat menyebabkan ruam berkerak pada puting dan bagian payudara lainnya. Bila penyebab gatal pada puting dikarenakan eksim maka sebaiknya gunakan pelembab tebal dengan kandungan ceramide, yaitu bahan lilin yang dapat membantu menyembuhkan kulit. Krim steroid topikal seperti hidrokortison pun dapat membantu pembengkakan dan gatal. Bila semakin terasa gatal dan kering, sebaiknya segera konsultasi pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.

3. Sabun mandi

Bahan kimia yang terkandung dalam sabun dapat menjadi penyebab ruam dan kering pada puting payudara bila tidak sesuai dengan kulit Anda. Sebaiknya, gunakan sabun dan pembersih yang hipoalergik, tidak beraroma, dan bebas peawarna. Selanjutnya Anda akan mengetahui apakah sabun mandi yang menjadi penyebabnya atau tidak.

 

4. Pakaian dalam atau bra

Ilustrasi Bra (iStockphoto)

 

Payudara dan puting dapat bereaksi terhadap bahan elastis atau pewarna yang digunakan untuk membuat bra atau pakaian dalam. Dermatitis kontak dapat menyebabkan kemerahan dan gatal pada area kulit yang menyentuh kain, sehingga dapat menyebabkan puting terasa gatal.

5. Kehamilan

Perubahan hormon dan peregangan pada kulit yang terjadi selama kehamilan dapat menyebakan payudara dan puting membesar. Unutk membantu mengurangi rasa gatal pada puting dapat menggunakan minyak kelapa atau salep lanolin yang dioleskan pada puting.

6. Radiasi

Radiasi membunuh sel-sel kulit dan menyebabkan kekeringan, rasa terbakar, dan gatal saat kulit terkelupas. Minumlah banyak cairan dan gunakan pakaian longgar dan lembut. Selain itu, Dokter Anda juga dapat meresepkan kortikosteroid untuk digosokkan pada kulit.

7. Tumor jinak

Terkadang Tumor nonkanker di duktus payudara dapat menyebabkan puting menjadi gatal dan berkrusta. Anda mungkin merasakan benjolan kecil atau melihat keluarnya cairan yang jelas atau berdarah dari puting. Untuk memastikannya, sebaiknya konsultasikan pada dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Penulis: Jihan Khalda Fairuz

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PBB Gelar Perundingan Damai Terkait Perang Yaman pada 6 September 2018

Posted: 03 Aug 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Sana'a - Utusan khusus PBB untuk Yaman, Martin Griffiths, berencana mengundang pihak-pihak yang terlibat dalam peperangan di Yaman untuk datang ke Jenewa pada September tahun ini. Mereka akan diminta untuk duduk bersama dalam satu meja guna membahas kerangka kerja pembicaraan perdamaian.

"Solusi politik untuk mengakhiri perang di Yaman sudah tersedia dan (PBB) mendesak negara-negara kuat di dunia untuk mendukung terselenggaranya perundingan perdamaian," kata Griffiths, seperti dikutip dari VOA Indonesia, Jumat (3/8/2018).

Griffiths menambahkan, pembicaraan pada 6 September nanti akan memberi kesempatan kepada pihak-pihak yang bertikai untuk membahas kerangka kerja perundingan, langkah-langkah yang relevan untuk membangun kepercayaan, serta rencana khusus untuk memajukan proses itu.

Pengumuman tersebut disampaikan hanya beberapa jam setelah koalisi pimpinan Arab Saudi melancarkan serangan udara terhadap kota pelabuhan Hodeida yang dikuasai pemberontak, Kamis 2 Agustus. Insiden ini menewaskan sedikitnya 28 orang dan melukai sedikitnya 70 orang.

Serangan udara itu terjadi di dekat rumah sakit umum utama kota tersebut, yang terletak di dekat pasar ikan ternama, ujar para pejabat medis Yaman.

Upaya terakhir pembicaraan perdamaian Yaman gagal pada 2016. Perang proksi antara Arab Saudi dan Iran meletus di negara konflik tersebut sejak 2015, ketika koalisi militer yang dipimpin Arab Saudi ikut campur dalam memulihkan pemerintah dan memukul mundur pemberontak Houthi yang didukung Iran.

Perang itu menewaskan lebih dari 10 ribu orang dan membuat jutaan orang di ambang kelaparan.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

Demi Dialog Damai PBB, UEA Tunda Operasi Militer di Hodeidah Yaman

Warga Yaman memeriksa kerusakan yang terjadi akibat serangan udara di kompleks kepresidenan, di Sanaa, Yaman (7/5). Akibat serangan ini sedikitnya enam orang tewas dan sekitar 30 orang terluka. (AP Photo/Hani Mohammed)

Sementara itu, Uni Emirat Arab menunda operasi militer melawan pemberontak Houthi di Hodeidah, Yaman, demi membuka jalan bagi upaya diplomasi PBB yang hendak membuka dialog damai seputar konflik bersenjata di kota tersebut.

Dalam serangkaian twit, Menteri Luar Negeri UEA Anwar Gargash mengatakan pada Minggu 1 Juli 2018 bahwa jeda itu ditujukan untuk mengejar perundingan demi penarikan mundur tanpa syarat pemberontak Houthi dari Hodeidah.

Tetapi, Gargash memperingatkan, jika perundingan itu gagal, tindakan militer penuh tetap bisa dilakukan oleh UEA.

"Kami menyambut upaya berkelanjutan Utusan Khusus PBB Martin Griffiths, untuk membuka perundingan penarikan Houthi tanpa syarat dari kota dan pelabuhan Hodeiah," twit Gargash seperti dikutip dari Al Jazeera, Senin 2 Juli 2018.

"Kami telah menghentikan kampanye kami untuk memungkinkan cukup waktu agar opsi ini sepenuhnya dieksplorasi. Kami berharap dia akan berhasil."

Gargash mengatakan, penundaan operasi telah berlaku sejak 23 Juni 2018.

Sejak itu, pasukan koalisi UEA-Arab-Yaman ditarik hingga ke perimeter Hodeidah demi menunggu hasil kunjungan Utusan PBB Martin Griffiths ke Sana'a, ibu kota Yaman yang tengah dikuasai oleh Houthi.

Berbicara kepada Radio PBB pada hari Jumat, Griffiths mengatakan bahwa Dewan Keamanan PBB akan bertemu pekan ini untuk membahas kemajuan pembicaraan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Lagi, Kasus Perkelahian Gladiator Anak SD

Posted: 03 Aug 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aksi perkelahian ala gladiator terjadi lagi, kali ini dilakukan dua anak SD di Temanggung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lima Kepribadian Isyana Sarasvati Muncul di Video Terbaru

Posted: 03 Aug 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Isyana Sarasvati belum lama ini merilis single terbarunya yang berjudul "Winter Song". Selain itu, musik video lagu ini pun sudah dapat dinikmati oleh para penikmat musik Tanah Air.

Dalam video yang telah ditonton lebih dari 700 ribu kali ini, wanita kelahiran tahun 1993 tersebut mengungkapkan bahwa terdapat lima karakter dirinya yang diperlihatkan dalam video klip tersebut.

"Lima karakter ini yang paling membentuk Isyana, ada si jenaka, si calm, si tegas, si depresi, dan si amarah," ujar Isyana Sarasvati saat menghadiri peluncuran acara lipstik Oriflame di kawasan Menteng, Jakarta Selatan, Kamis (2/8/2018) kemarin.

Lirik lagu "Winter Song" ini mengisahkan tentang seseorang yang mengalami keterpurukan dalam hidup, namun tidak tahu harus berbuat apa. Lima karakter dirinya dalam lagu tersebut diharapkan Isyana Sarasvati bisa menginspirasi banyak orang untuk bangkit kembali dari kesedihan.

Terpuruk

Isyana Sarasvati (Instagram/isyanasarasvati)

"Ceritanya seseorang yang sudah terpuruk, sudah enggak bisa move on dari orang ini. Tapi bagaimana dia bisa move on dan lanjutin hidup, akhirnya dia mencoba mengenali diri dia lagi," ungkapnya.

Swedia

Isyana Sarasvati (Nurwahyunan/bintang.com)

Lagu "Winter Song" ini dibuat oleh Isyana Sarasvati pada 2017 lalu saat berada di Swedia. "Winter Song" merupakan daftar lagu dari album Isyana yang bertajuk Paradox. Album dengan label Sony Music Entertainment itu dirilis pada September 2017 lalu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menegangkan, Smartphone dan Powerbank Meledak Sekaligus di Pesawat

Posted: 03 Aug 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Peristiwa mencekam terjadi saat sebuah pesawat di Spanyol lepas landas. Ryanair yang hendak terbang dari Barcelona ke Ibiza dilaporkan melakukan pendaratan darurat karena ada smartphone dan powerbank yang tiba-tiba meledak.

Dikutip dari Fox News, Sabtu (4/8/2018), ledakan terjadi tidak lama setelah pesawat mengudara. Akibat peristiwa itu, para penumpang cepat-cepat keluar dari pesawat begitu kembali mendarat.

Beruntung, tak ada penumpang yang terluka berat dan memerlukan bantuan medis lebih lanjut.

Kendati demikian, beberapa penumpang dikatakan menderita luka bakar ringan usai meluncur keluar.

Sejumlah penumpang pun sempat mengabadikan peristiwa tersebut lewat video yang tersebar di internet.

Usai seluruh penumpang keluar, mereka segera dipindahkan ke terminal lain untuk naik penerbangan selanjutnya.

Adapun penumpang yang membawa perangkat meledak itu disebut berasal dari Selandia Baru. Dari penelurusan otoritas terkait, smartphone itu meledak saat sedang diisi dengan powerbank.

"Seluruh penumpang berhasil dievakuasi dengan selamat dan kru kabin sudah mengambil alih perangkat itu," tutur perwakilan Ryanair. Sayangnya, tidak diungkap jenis smartphone dan powerbank yang meledak tersebut.

Ponsel Meledak, Anak Ini Kehilangan Jari dan Penglihatan

Ilustrasi isi daya baterai ponsel.

Terlepas dari kasus di atas, ada juga kasus ponsel meledak yang menjadi sorotan dunia. Seorang anak laki-laki, Meng Jisu, kehilangan satu jari dan penglihatan mata kanan akibat ponsel yang sedang dipegangnya meledak pada Rabu (31/1/2018).

Saat itu, ponsel buatan Tiongkok merek Hua Tang VT-V59 tersebut berada dalam posisi pengisian daya.

Dikutip dari Daily Mail, Minggu (4/2/2018), Jisu ditemukan tidak sadarkan diri dan bersimbah darah setelah ponselnya tiba-tiba meledak ketika sedang dicas di rumahnya.

Ledakan tersebut tampaknya cukup besar sehingga mengakibatkan jari telunjuknya putus dan kehilangan penglihatan di mata kanan.

Beruntung, nyawa bocah yang berasal dari Provinsi Guangxi, Tiongkok ini berhasil diselamatkan setelah menjalani operasi selama lima jam. Menurut laporan media setempat, Jisu sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit.

Kebutaan yang dialami Jisu disebabkan potongan plastik tajam yang melayang ke wajahnya atau tepatnya mengenai bola mata kanannya.

Pasca Insiden

Ponsel meledak yang menelan korban seorang remaja putri (kredit: metro)

Sejumlah gambar x-ray memperlihatkan telapak tangan Jisu dan sejumlah bagian lain tangan kanannya terluka parah akibat ledakan tersebut.

Kakak perempun Jisu kepada platform video Tiongkok, Pear Video, mengatakan, mendengar letusan yang keras dan kaget ketika melibat adiknya berlumur darah. Jisu kemudian ditemukan tidak sadarkan diri di tempat kejadian.

Dokter Lan Tianbing dari Rumah Sakit setempat, mengatakan jari telunjuk yang putus tidak dibawa ke sana. Melihat kondisi dan hasil pemeriksaan pasiennya, Tianbing menilai, jari tersebut tidak bisa disambung kembali.

Guangxi News melaporkan, Jisu menjalani operasi selama lima jam untuk membuang serpihan plastik yang melekat di tangan dan matanya. Para dokter juga melakukan cangkok kulit pada lengan kanan bagian bawahnya.

Dokter memperkirakan, 98 persen kondisi tangan Jisu akan kembali berfungsi normal di masa depan. 

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usung Tema The Spirit of Pluralism, Bulfest 2018 Resmi Digelar

Posted: 03 Aug 2018 07:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Festival Buleleng 2018 (Bulfest 2018) resmi dibuka, Kamis (2/8). Pembukaan berlangsung megah. Acaranya dimulai pukul 17.00 WITA. Tema yang diangkat adalah 'The Spirit of Pluralism'.

Pembukaan diawali 33 penari yang membawakan Tarian Purwaka Santi. Aksi mereka langsung memukau ribuan penonton di Tugu Singa Ambara Raja.

Dilanjutkan dengan Tarian Kreasi Rang-Rang dari Sanggar Shanti Budaya. Aksinya tidak kalah heboh. Tarian kontemporer ini menyajikan gabungan seni tari dan seni bela diri yang diperagakan penari anak-anak dan dewasa.

Pembukaan Bulfest 2018 dihadiri Gubernur Bali Made Mangku Pastika, Gubernur Bali Terpilih I Wayan Koster, Wakil Gubernur Terpilih Tjokorda Oka Artha Ardana, Ketua Calendar of Event (CoE) Kementerian Pariwisata Esthy Reeko Astuty, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana dan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto.

Esthy mengatakan, Buleleng merupakan wilayah yang sangat terkenal dengan kekuatan budayanya. Sehingga untuk atraksi, Buleleng sudah sangat kuat.

"Bila bicara 3A (Aksesibilitas, Amenitas dan Atraksi), Buleleng sudah kuat dalam atraksi. salah satunya Bulfest 2018 ini. Tinggal memperkuat Amenitas dan Aksesibilitasnya. Tapi saya sudah melihat langsung Buleleng sudah mulai memperkuat infrastrukturnya," ujar Esthy.

Tak jauh dari panggung utama, area pameran kuliner dan pameran kerajinan juga tidak kalah rame. Sejak sore hari, nampak banyak sekali yang asik menikmati aneka jenis kuliner khas Buleleng.

"Selain wisata budaya, Buleleng juga kuat wisata kulinernya. Tadi di Pameran Kuliner ada sekitar 50-60 jenis kuliner yang dimiliki Buleleng," kata Esthy.

Tidak hanya itu, lanjut Esthy, Buleleng juga memiliki banyak Daerah Tujuan Wisata (DTW). Menurutnya, bila DTW itu terus dipromosikan, Buleleng akan menjadi daerah yang sangat bisa diandalkan untuk mendatangkan wisatawan mancanegara (wisman).

Semakin malam, semakin banyak penonton yang datang. Pengunjung kali ini disuguhkan dengan penampilan paduan suara dari Harmoni Den Bukit dan Paduan Suara SMA Bali Mandara. Dilanjutkan dengan aksi band lokal Tamba Ning Gita dan Dorayaki Band yang membuat suasana Bulfest 2018 makin meriah.

Sebagai penampilan akhir, Lolot Band mampu memberikan hiburan yang membuat penonton tidak beranjak dari tempatnya hingga selesai.

Hari pertama Bulfest 2018 ini tidak hanya berlangsung di Tugu Singa Ambara Raja. Ada 3 zona yang secara bersamaan memberikan hiburan. Di zona B, ada pertunjukan Angklung Mebarung. Sementara di Zona C, ada penampilan Joged Mebarung.

Bupati Buleleng Agus Suradnyana menjelaskan, memasuki tahun keenam penyelenggaraannya, Bulfest sudah menjadi festival yang diperhitungkan di tingkat nasional. Terbukti, Bulfest masuk agenda Calendar of Event Kementerian Pariwisata RI tahun 2018.

"Bulfest tahun lalu menjadi festival terfavorit ketiga nasional. Ini menandakan kita berada pada trek yang benar untuk mengembangkan potensi kesenian dan kebudayaan yang ada di Kabupaten Buleleng," jelasnya.

Bupati Agus menambahkan, pada ajang Bulfest setiap tahunnya terus memliki tema yang spesifik. Seperti pada tahun 2018 Bulfest mengambil tema The Spirit of Pluralism atau Semangat Keberagaman. Kesenian dari seluruh etnis digali dan Pemkab Buleleng mengajak seluruh masyarakat Buleleng yang sangat beragam untuk bersama membangun Kabupaten Buleleng.

"Setiap tahunnya kita menampilkan hal-hal yang spesifik. Seperti tahun ini kita mengangkat keberagaman dimana kita mengajak seluruh masyarakat Buleleng untuk membangun daerah," tambahnya.

Masa depan pariwisata Buleleng sendiri dijamin bakal maju pesat. Pasalnya, Gubernur Terpilih I Wayan Koster menyampaikan, pembangunan aksesibilitas ke Buleleng akan menjadi salah satu program prioritasnya.

"Kita sudah mulai membangun jalan shortcut dari Denpasar ke Buleleng yang akan selesai pada 2020. Dengan adanya jalan shortcut ini, orang tidak akan lagi menempuh perjalanan 4 jam dari Denpasar dengan kondisi jalan berkelok-kelok yang memabukkan," ungkap Wayan Koster.

Gubernur yang juga kelahiran Buleleng ini menambahkan, pembangunan bandara di Buleleng yang sudah dirintis, akan dia percepat realisasinya. Menurutnya, dengan memiliki bandara sendiri, wisatawan yang ke Buleleng dan sekitarnya akan meningkat tajam.

"Bandara yang sudah dirintis akan kita percepat. Ini agar sektor pariwisata di Buleleng akan ikut terbang tinggi. Selain itu, kita juga segera memiliki Fakultas Kedokteran. Fakultas Kedokteran ini berbeda dengan yang di Denpasar. Fakultas Kedokteran di Buleleng akan berbasis pariwisata juga," pungkasnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menjelaskan, pengembangan infrstruktur di kawasan Bali Utara saat ini mutlak dibutuhkan. Dengan berbagai keungulan yang dimiliki oleh Pulau Dewata ini, pemerataan ini akan terwujud sehingga tercipta keseimbangan diberbagai wilayah di Pulau Dewata. Kepadatan tidak lagi bertumpu di zona selatan.

"Pengembangan kawasan Utara Bali itu bagus. Penambahan bandara baru dan akses tol di kawasan utara tentu akan semakin memudahkan mobilitas wisatawan. Dampak positifnya jelas adanya sebaran ekonomi yang lebih merata," ujar Menpar Arief Yahya.

Menurutnya, keseimbangan pembangunan di kawasan Utara dan Selatan Pulau Bali ini harus dilakukan. Kalau melihat kapasitas di Selatan dinilai padat, maka yang perlu dilakukan membagi kepadatannya.

"Kalau ini dilakukan, kawasan di Utara pasti akan tumbuh. Sebab, destinasi di Bali Utara juga sangat eksotis termasuk di Buleleng," pungkasnya.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gunung Anak Krakatau Erupsi, Warga Dilarang Mendekat Radius 2 Kilometer

Posted: 03 Aug 2018 07:57 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Material letusan Gunung Anak Krakatau (GAK) jatuh hingga radius lebih dari satu kilometer.

Tak hanya itu, getaran gempa tremor dan suara letusan strombolin juga masih terasa dan terdengar jelas, yang menandakan aktifnya Gunung Anak Krakatau.

Meski demikian, petugas pos pantau Gunung Anak Krakatau Pasauran, Banten, Deni Mardiono mengatakan, masih ada wisatawan yang mendarat di Pulau Anak Krakatau.

Dia pun mengimbau agar masyarakat maupun wisatawan tidak mendekat dalam radius dua kilometer dari Gunung Anak Krakatau.

"Mempertimbangkan bahwa energi seismik dalam grafik RSAM meningkat secara signifikan, yang ditunjukan oleh tremor overscale yang menerus," ujar Deni, Sabtu (4/8/2018).

Meski jarak aman radius dua kilometer sudah dikeluarkan, namun untuk penerbangan dan pelayaran dinyatakan masih dalam batas aman.

"Rekomendasi ini sesuai dengan radius kawasan rawan bencana III, untuk bahaya lontaran dalam Peta Kawasan Rawan Bencana Gunungapi Krakatau," jelasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ozil Mundur dari Timnas Jerman, Muller: Tidak Ada Rasisme

Posted: 03 Aug 2018 07:45 PM PDT

Liputan6.com, Munich - Thomas Muller buka suara terkait mundurnya Mesut Ozil dari timnas Jerman. Ia menyebut masalah yang menyangkut Ozil terlalu dibesar-besarkan media.

Ozil memutuskan mundur dari Tim Panser bulan lalu. Dia merasa menjadi korban rasisme oleh Federasi Sepak Bola Jerman (DFB), suporter, dan politisi Jerman.

Meski pernah membawa Jerman juara, namun Ozil kerap jadi kambing hitam saat tim itu terpuruk. Ozil mengklaim hal ini terjadi karena dia merupakan keturunan Turki.

"Semua diskusi ini dikompori oleh pihak luar. Memang benar aktornya memang petinggi DFB dan pemain itu sendiri," kata Muller seperti dilansir Soccerway.

"Namun debat semakin memanas karena peran media. Mereka selalu menanyakan hal yang sama sehingga medianya laku," kata Muller menambahkan.

 

 

Penjualan Meningkat

Gelandang timnas Jerman, Mesut Oezil, memutuskan pensiun dari pentas internasional, Minggu (22/7/2018). (AFP/Luis Acosta)

Muller juga percaya sebenarnya semua pihak tak ingin masalah Ozil membesar. Terlebih sampai menganggu keutuhan timnas.

"Hingga sekarang media masih terus bertanya. Saya yakin karena penjualannya meningkat," kata Muller.

"Bagi kami pemain sebenarnya isu rasisme tidak terlalu berlebihan. Namun memang kita harus melawannya."

Tak Ada Rasisme

Gelandang timnas Jerman, Mesut Ozil bereaksi setelah kalah dari Korea Selatan pada pertandingan Grup F di Kazan Arena, Rusia, Rabu (27/6). Jerman selaku juara bertahan Piala Dunia gagal lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018. (Luis Acosta / AFP)

Pemain Bayern Munchen itu pun berharap masalah Ozil tak perlu dibahas lagi pada musim yang baru.

"Kita harus berkonsentrasi lagi pada sepak bola sekarang. Di timnas saya percaya juga tidak ada rasisme," kata Muller.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Salat Jumat di Awal Musim Haji, Sejumlah Pintu Masjidil Haram Dibuka

Posted: 03 Aug 2018 07:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jemaah calon haji dari berbagai negara memadati kawasan Masjidil Haram di Makkah guna menjalankan ibadah salat Jumat berjamaah, Jumat 3 Agustus 2018 kemarin, termasuk dari Indonesia.

Sejumlah pintu masuk Masjidil Haram yang pada hari biasa ditutup, kini dibuka untuk memudahkan jemaah salat Jumat.

Salah satunya akses pintu ke Mas'a (tempat sa'i) di lantai dua dari arah terminal Syib Amir, yang biasanya memiliki akses terbatas.

Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Makkah Endang Jumali, meminta jemaah calon haji Indonesia pandai-pandai memilih waktu jika ingin melaksanakan salat Jumat di Haram.

Ia dan pemangku kepentingan lain mengimbau agar jemaah calon haji datang lebih awal ke Masjidil Haram, jika ingin salat Jumat di salah satu tempat paling sakral bagi umat Islam itu.

"Datang lebih awal tentu akan memudahkan jemaah untuk mendapatkan tempat yang diinginkan di Masjidil Haram," ujar Endang, seperti dilansir Antara, Sabtu (4/8/2018).

Dia juga meminta jemaah calon haji untuk tidak tergesa-gesa pulang demi menghindari kepadatan yang penuh sesak di pintu keluar.

Sebaiknya, kata Endang, ketika ingin pulang ke hotel, jemaah calon haji menunggu agak longgar, sehingga terhindar dari risiko bahaya berdesak-desakan.

Khutbah di Masjidil Haram biasanya disampaikan dengan bahasa Arab. Kendati demikian, tersedia khutbah versi bahasa Indonesia dan lainnya yang bisa disimak secara langsung lewat saluran radio lokal.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Datang Lebih Awal

Umat muslim melakukan tawaf keliling Kabah selama menjalani ibadah umrah di Masjidil Haram, Mekkah, 4 Mei 2018. Banyak umat muslim yang menyambut bulan Ramadan dengan menjalankan ibadah umrah ke tanah suci. (AP Photo/Amr Nabil)

Selain dari Indonesia, ada pula jemaah calon haji yang berasal dari Bangladesh, India, Afghanistan, Turki, Iran, Kirgistan, dan lainnya. Semuanya bisa dikenali lewat atribut yang mereka pakai.

Mereka berduyun-duyun memadati Masjidil Haram sejak pukul 10.00 Waktu Arab Saudi (WAS), bahkan lebih awal lagi meskipun waktu zuhur baru akan jatuh pada pukul 12.27 WAS.

Pertimbangan jemaah yang datang lebih awal di masjid terbesar di dunia itu demi menghindari kepadatan yang lebih sesak lagi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: