Rabu, 01 Agustus 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Kematian Mengenaskan Pasutri di Cirebon Berawal dari Depresi

Posted: 01 Aug 2018 10:32 PM PDT

Liputan6.com, Cirebon - - Polisi terus menyelidiki motif dan penyebab kematian mengenaskan pasutri Elang Johar (68) dan Ratu Sureni (65), warga Desa Mertasinga, Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon pada Selasa, 31 Juli 2018 lalu.

Dari hasil penyelidikan sementara, penyebab pasutri yang tewas mengenaskan tersebut merupakan tindak pidana pembunuhan dan bunuh diri.

"Setelah EJ menghabisi istrinya kemudian EJ bunuh diri dengan menyayatkan benda silet urat nadi lengan sebelah kiri," kata Kasat Reskrim Polresta Cirebon AKP Rynaldi Nurwan, Kamis (2/8/2018).

Rynaldi mengungkapkan, penyebab utama perisitiwa mengenaskan tersebut berawal dari depresi yang diidap Elang Johar. Dari hasil penyelidikan, Elang Johar diduga depresi akibat penyakit prostat menahun yang dideritanya.

Dia mengatakan, dari hasil penyelidikan, Elang Johar pernah nekat mengambil alih setir mobil hingga nyaris kecelakaan. Saat itu, ia dalam perjalanan ke rumah sakit di Bandung bersama rekannya untuk berobat.

"Dari keterangan saksi-saksi dan kami amati yang bersangkutan sudah mengalami depresi berat," ujar dia.

Rynaldi mengatakan, Elang Johar menderita penyakit prostat selama 18 tahun. Akibatnya, Elang Johar mengalami gangguan pencernaan dan tidak bisa BAB dengan normal. Pihak rumah sakit harus menjahit bagian dubur Elang Johar, sehingga pembunuh istinya itu hanya bisa BAB melalui perut. 

"Itu dari hasil keterangan autopsi ya prostat membuat Elang Johar depresi berat," kata dia.

Barang Bukti

Polisi usai melakukan olah TKP tewasnya pasutri yang menggegerkan warga Cirebon. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Rynaldi mengatakan, kedua korban ditemukan sudah kehilangan nyawa di kamarnya. Dari hasil olah TKP, polisi mengamankan alat bukti berupa parang berada di kamar belakang dalam posisi ditiduri di bawah jasad Elang Johar.

Terdapat dua luka sayatan silet di lengan kiri dengan urat nadi terputus. Sementara, jasad Ratu Sureni berada di kamar depan. Terdapat luka di leher belakang, punggung, serta bagian belakang kepala.

Diduga kuat parang yang ditemukan di bawah jasad Elang Johar digunakan untuk menghabisi istrinya sendiri. "Parang atau golok ditemukan dengan posisi ditindihi oleh Elang Johar. Parang itu sempat dicuci olehnya, karena kondisi parang bersih," ujar Rynaldi.

Sebelumnya, penyebab kematian pasangan suami istri (pasutri) di Cirebon pada Selasa, 31 Juli 2018, yang menghebohkan warga setempat mulai tersibak. Kasatreskrim Polresta Cirebon, AKP Rynaldi, menyebut kematian mereka merupakan tindak pidana pembunuhan dan bunuh diri.

Rynaldi mengatakan pasangan suami istri, Elang Johar (68) dan Ratu Sureni (65) merupakan warga Desa Mertasinga, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon. Berdasarkan keterangan para saksi dan beberapa bukti yang diamankan, Elang Johar merupakan pelaku pembunuhan dalam kematian tragis pasutri tersebut.

Menurut polisi, Elang Johar membunuh istrinya saat berada di ruang tengah dengan membacokkan sebilah golok ke bagian leher dan pundak istrinya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Ajak Turki Terus Dukung UNRWA Bantu Pengungsi Palestina

Posted: 01 Aug 2018 10:31 PM PDT

Liputan6.com, Singapura - Indonesia mengajak Turki untuk menggalakkan dukungan kepada United Nations Relief and Works Agency (UNRWA) --Badan PBB Urusan Pengungsi dan Kemanusiaan untuk Palestina-- agar organisasi itu dapat terus melanjutkan program bantuan kemanusiaannya kepada rakyat Palestina.

Ajakan itu disampaikan oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu pada sela Pertemuan ASEAN dan Mitra Wicara ASEAN setingkat Menteri Luar Negeri di Singapura, Rabu 1 Agustus 2018.

"Saya menyampaikan kepada menteri luar negeri Turki, hal yang paling mendesak adalah bagaimana Indonesia dan Turki bisa terus memberikan bantuan dan dukungan kepada UNRWA agar organisasi itu dapat terus membantu pengungsi Palestina," ujar Retno dalam pernyataan yang dirilis oleh Kemlu RI, Kamis (2/8/2018).

Retno juga menjelaskan bahwa Indonesia mengapresiasi bentuk bantuan mandiri yang diberikan Turki kepada Palestina. Sebaliknya, Turki juga mengapresiasi peran Indonesia yang terus konsisten dalam membela kepentingan rakyat Palestina.

"Menlu Turki mengatakan kepada saya, 'tidak ada negara yang memiliki konsistensi yang sama seperti Indonesia dalam hal membela kepentingan rakyat Palestina'," jelas Retno.

Retno juga menuturkan bahwa Indonesia mengajak Turki bersama-sama untuk mendorong Organisasi Kerjasama Islam (OKI) agar dapat memberikan kontribusi lebih bagi Badan PBB Urusan Pengungsi dan Kemanusiaan untuk Palestina.

 

Simak video pilihan berikut:

Indonesia Beri Bantuan Rp 28,5 Miliar untuk Palestina

Ilustrasi Bendera Palestina (iStock)

Selain itu, Indonesia kembali meneguhkan komitmen untuk terus membantu perjuangan rakyat Palestina, melalui pemberian capacity building.

Pemerintah Indonesia memberikan komitmen bantuan senilai US$ 2 Juta atau setara dengan Rp 28,5 miliar untuk program capacity building, sesuai dengan kebutuhan rakyat Palestina, antara lain pertanian, kewirausahawan, pemberdayaan perempuan, teknologi informasi dan komunikasi, tata pemerintahan dan pendidikan.

Dikutip dari laman Kemlu.go.id, Minggu 1 Juli 2018, komitmen Indonesia tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi dalam pertemuan Conference on Cooperation among East Asian Countries for Palestinian Development (CEAPAD) III di Bangkok, Thailand, 27 Juni 2018.

Bantuan US$ 2 Juta tersebut akan disalurkan baik dalam kerangka Three-year Work Plan (2019-2021) CEAPAD, yang merupakan salah satu hasil pertemuan CEAPAD III ataupun modalitas lainnya.

Program tiga tahun CEAPAD secara khusus memuat usulan program peningkatan kapasitas sesuai dengan kebutuhan Palestina dan sumber daya dan kapasitas yang dimiliki oleh negara-negara peserta CEAPAD.

Bantuan tersebut merupakan kelanjutan bantuan capacity building yang terus diberikan oleh Indonesia kepada rakyat Palestina. Sejauh ini, Indonesia telah memberikan 169 program capacity building, melibatkan hampir 2.000 orang Palestina.

Saat ini, Indonesia sedang mempersiapkan bantuan tambahan berupa obat-obatan dan desalinasi air di Gaza.

Selain kerja sama penguatan kapasitas, dalam pertemuan CEAPAD III, Menlu Retno juga menekankan perlunya komunitas internasional untuk memberikan insentif kepada sektor bisnis.

"Insentif ini akan mendorong pembentukan lingkungan untuk pertumbuhan ekonomi Palestina yang mandiri" tegasnya. Indonesia telah menginisiasi pemberlakukan tarif 0 persen bagi beberapa produk Palestina pada 2018.

Sebelum Pertemuan CEAPAD dimulai, pada tanggal 26 Juni, Menlu RI telah melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Palestina.

"Pemerintah bersama rakyat Indonesia akan terus berjuang hingga rakyat Palestina memperoleh kemerdekaannya," sebut Menlu RI pada saat pertemuan dengan Menlu Palestina, Riad Maliki.

Menteri Luar Negeri Palestina, Riad Maliki menyampaikan penghargaan dan apresiasi rakyat Palestina terhadap komitmen Indonesia yang tidak pernah surut terhadap perjuangan rakyat Palestina.

Dalam pertemuan tersebut, Kedua Menlu membahas situasi terakhir di Gaza dan menjajaki opsi terbaik yang mungkin dilakukan untuk mendorong kembali proses perundingan damai Palestina-Israel ke depan.

"Negara-negara di luar Kawasan khususnya negara mayoritas Muslim harus dilibatkan dalam mendorong proses perdamaian Palestina-Israel," tegas Menlu Palestina.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cetak Banyak Gol di Piala AFF U-16 Bagus Kahfi Tak Kejar Top Scorer

Posted: 01 Aug 2018 10:30 PM PDT

Sidoardjo - Bagus Kahfi Alfikri tampil gemilang di Piala AFF U-16 2018. Andalan lini serang timnas Indonesia u-16 itu telah mencetak empat gol dari dua pertandingan.

Peluang untuk keluar sebagai pencetak gol terbanyak di Piala AFF U-16 2018 cukup besar mengingat masih ada lima laga lagi sampai final. Namun, Bagus enggan memikirkan hal tersebut.

"Saya tidak ada target menjadi top scorer. Saya hanya ingin menang saja, bermain bagus, dan memenangi pertandingan," kata pemain bernomor punggung 20 tersebut.

Bagi Bagus, kemenangan Timnas Indonesia U-16  jauh lebih penting dari hasil individu. Dia merasa apa yang dicapainya juga berkat kerja keras rekan-rekan satu tim yang ikut membantu melakukan serangan.

"Hasil ini tidak terlepas dari kerja sama tim dan tim pelatih yang berjuang mati-matian untuk memenangi pertandingan di Piala AFF U-162018. Semoga di pertandingan selanjutnya bisa diberi kemenangan lagi dan kami akan kerja keras lagi," imbuhnya.

 

99 Menit

Duel Myanmar vs Indonesia di penyisihan Grup A Piala AFF U-16 2018 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Selasa (31/7/2018). (Bola.com/Aditya Wany)

Dalam dua pertandingan, Bagus hanya membukukan 99 menit bermain saja. Namun, pemain yang bisa bermain sebagai striker dan pemain sayap itu mampu menunjukkan kualitas dengan kontribusi nyata untuk tim asuhan Fakhri Husaini itu.

Dibandingkan dengan rekan setimnya, Bagus punya selisih koleksi gol yang lebih besar. Dari 10 gol Timnas Indonesia U-16 hingga saat ini, enam di antaranya dicetak enam pemain yang berbeda, yaitu M. Supriadi, Sutan Zico, Komang Teguh, M. Fajar, Rendy Juliansyah, dan David Maulana.

Jadwal Indonesia

Kamis, 2 Agustus 2018

Vietnam U-16 Vs Timnas Indonesia U-16 (Pukul 19.00 WIB)

Sabtu, 4 Agustus 2018

Timnas Indonesia U-16 Vs Timor Leste (Pukul 19.00 WIB)

Senin, 6 Agustus 2018

Kamboja U-16 Vs Timnas Indonesia U-16 (Pukul 19.00 WIB)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Turis Ditemukan Tewas di Goa Tetes Lumajang

Posted: 01 Aug 2018 10:30 PM PDT

Patroli, Lumajang - Evakuasi atas jenazah dua turis di kawasan Wisata Goa Tetes, Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur, berlangsung alot. Sulitnya medan membuat petugas Tim SAR gabungan tak bisa bergegas.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Kamis (2/8/2018), butuh waktu dua jam untuk membawa para korban yang tewas di dasar jurang ke permukaan.

Kedua korban adalah Muhammad Santoso dan istrinya Mariati warga Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Kejadian yang menimpa suami istri itu diketahui setelah pengelola wisata curiga.

Dari catatan pengunjung, para korban masuk ke kawasan Wisata Goa Tetes pada hari Selasa. Namun, hingga sore belum juga kembali.

Pencarian dilakukan dan ditemukan sejumlah barang yang diduga milik para korban. Namun, karena cuaca berkabut pencarian dihentikan dan kembali berlanjut Rabu pagi.

Saat itulah kedua korban ditemukan tewas di dasar jurang.

"Kedalaman tebing ini kurang lebih 100 meter. Kendala kami adalah tebing ini bentuknya bergelombang dan memburuhkan waktu dua jam untuk proses evakuasi", kata Komandan Tim SAR Gabungan Peltu Sugiyono.

Selanjutnya, untuk kepentingan penyelidikan kedua jenazah turis itu dibawa ke Rumah Sakit Umum Dokter Haryoto Lumajang. (Rio Audhitama Sihombing) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saat Chrissy Teigen Belajar Gendong Bayi Ala Indonesia

Posted: 01 Aug 2018 10:30 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Model sekaligus istri penyanyi John Legend, Chrissy Teigen tak hanya sekadar berlibur di Bali. Dia bahkan mempelajari salah satu kebiasaan masyarakat setempat yang umum di berbagai wilayah Indonesia, yakni menggendong bayi menggunakan sebuah kain panjang.

Melalui akun Instagramnya, Teigen mengunggah foto dirinya menggendong sang buah hati di bagian depan tubuhnya menggunakan kain lurik. Cara ini umum dilakukan kaum ibu di Indonesia sejak masa lalu dan sebagian ibu masih mempraktikannya hingga kini. Namun, Teigen menulisnya sebagai khas masyarakat Bali.

"Belajar sedikit menggendong bayi ala masyarakat Bali," tulis dia.

Warganet memberikan respon atas unggahan Teigen. Pemilik akun @biancarijsdijk74 misalnya, yang menuliskan "Mama tahu yang terbaik", lalu @anndita24: "Inilah bagaimana para ibu di Indonesia menggendong bayi mereka".

Teigen bersama suami dan dua buah hati diketahui berada di Bali untuk berlibur sejak mereka Kamis (26/7). Ini bukan kali pertama mereka menginjakkan kaki di Pulau Dewata itu. Pada Juli 2017 mereka--saat itu Teigen masih mengandung anak keduanya--juga berlibur di Bali. (Antara/Lia Wanadriani Santosa)

Foto menggendong bayi

 

just being my sweet, peaceful self

Sebuah kiriman dibagikan oleh chrissy teigen (@chrissyteigen) pada

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

17 Startup Terpilih Ramaikan Plug and Play Indonesia Angkatan Ketiga

Posted: 01 Aug 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Akselerator startup GK-Plug and Play Indonesia kembali mengadakan tahap akselerasi startup terbaru dalam angkatan ketiga.

Kali ini, GK-Plug and Play mengangkat tema "The Uncovered Innovation" sebagai benang merah acara tersebut.

Dalam angkatan kali ini, ada 17 startup terpilih yang berhasil menembus tahap presentasi. Mereka pun berasal dari beragam sektor, mulai dari financial technology alias fintech, agrikultur, mobility, hingga energi.

Managing Director Plug and Play Indonesia Wesley Harjono, berkata 17 startup ini lolos dari seleksi 300 startup yang hendak mengikuti angkatan ketiga. Proses seleksi pun berlangsung selama beberapa bulan terakhir.

"Inovasi yang kami cari bukan sekadar terlihat menarik, tapi bagaimana benar-benar bisa bermanfaat untuk masyarakat Indonesia," kata Wesley di Fintech Space, Jakarta, Rabu (1/8/2018). 

Ragam inovasi dan solusi teknologi yang ditawarkan ke-17 startup ini juga diklaim bisa mengubah pola industri Tanah Air di masa depan.

Beberapa di antaranya bahkan menawarkan solusi terbilang unik, seperti solusi pengiriman vaksin dan darah ke daerah pinggir via drone, hingga teknologi Aerial Spectral Imagery yang mampu menyediakan informasi visual bagi sektor pertanian.

Menurut Wesley, kualitas dan tingkat kematangan startup di Indonesia kian meningkat dalam dua tahun terakhir. Hal tersebut dibuktikan dari peningkatan partisipasi startup di setiap angkatan. 

Dalam dua tahun terakhi pun, banyak sekali startup yang lahir untuk sektor-sektor tertentu yang dianggap 'memikat', seperti fintech, agrikultur, mobility, sustainability, hingga Internet of Things (IoT).

"Hal itu mengingat akan keberadaan negara Indonesia sebagai negara agraris sehingga banyak hal yang bisa dilakukan untuk membantu perkembangan di bidang pertanian," tutupnya.

Ia menambahkan, "Di sisi lain, Indonesia juga negara maritim di mana akses masih menjadi salah satu tantangannya. Kami berharap startup-startup ini dapat mengisi kekosongan-kekosongan yang saat ini masih terjadi."

17 Startup yang Berpartisipasi

Ilustrasi Startup (iStockPhoto)

Asura

Asura merupakan platform yang memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan asuransi yang sesuai dengan kebutuhannya.

Setelah pengguna memasukkan data, Asura kemudian melakukan analisa terhadap profil tersebut untuk memberikan rekomendasi produk asuransi yang tepat. Saat ini, Asura telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan Asuransi ternama di dunia. 

AeroEnvoy

AeroEnvoy mengirimkan berbagai suplai medis seperti darah dan vaksin melalui drone ke rumah sakit dan klinik di daerah pedesaan untuk memotong waktu pengiriman.

Tekno

Teknojek merupakan merupakan mobile application pertama yang bekerja dengan sistem pyramid scheme yaitu pengemudi dapat merekrut pengemudi lainnya untuk menjadi bagian dari jaringannya.

Bildeco

Bildeco merupaka e-Commerce bahan bangunan pertama di Indonesia yang menghubungkan pembeli dengan seluruh lini distribusi dari produsen bahan bangunan secara mudah, murah dan efisien.

Bildeco juga melayani berapa pun besarnya kebutuhan pengguna dengan harga yang kompetitif dan memastikan keaslian produk yang dibeli.

Bahasa.Ai

Bahasa.ai merupakan chatbot berbahasa Indonesia yang memanfaat teknologi kecerdasan buatan (AI).

Halofina

Halofina adalah asisten keuangan pribadi virtual yang dapat membantu penggunanya dalam mengelola keuangan dan investasi untuk mencapai tujuan keuangan penggunanya.

Di balik teknologi asisten virtual adalah pakar di dunia keuangan yang menentukan bagaimana strategi dan logika Halofina berjalan.

Gradana

Gradana.co.id memiliki visi untuk membantu masyarakat dalam memperoleh rumah hunian dengan skema pembayaran yang ringan.

Gradana.co.id merupakan portal yang mempertemukan pembeli dan pendana untuk kebutuhan cicilan uang muka (DP) rumah.

Merapi Tani

Merapi Tani menggunakan smart soil sensor technology, intelligence valve, dan analisis pertanian untuk membantu perusahaan yang bergerak di bidang pertanian  membuat keputusan yang lebih baik dalam mengoptimalkan perkebunan mereka.

Resync Technology

RESync adalah Platform Manajemen di bidang Energi yang menggunakan cloud computing, pengontrol real-time, dan analisis prediktif untuk memastikan reabilitas dan efisiensi untuk grid dan smart microgrid.

BLH Aqua

BLHAqua mengkhususkan diri dalam pengembangan teknologi efisiensi air. Produk pertama BLHAqua bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pertanian secara keseluruhan. Namun, teknologi tersebut akan dapat diterapkan pada industri lain dalam waktu dekat.

Berikutnya

Ilustrasi Startup (iStockPhoto)

Yousolar

Yousolar menciptakan menciptakan produk revolusioner berupa sistem baterai solar + PowerBlock TM yang merupakan catu daya utama ke rumah ataupun bisnis tanpa utility approval--atau bahkan utility connection. 

DataRobot

DataRobot memungkinkan para Business Analyst yang tidak memiliki pengetahuan tentang machine learning atau programming sekalipun untuk membangun analisis prediktif terhadap bisnisnya.

Ceres Imaging

Ceres Imaging adalah startup yang membantu petani mengoptimalkan aplikasi air dan pupuk mereka dengan aerial spectral imagery.

Adapun gambar multispectral dengan resolusi tersebut diambil dengan pesawat terbang-rendah dan diproses menggunakan pemrosesan gambar canggih dan teknk permodelan tanaman. 

Calty Farm

Kost-Kostan Ternak (Calty Farm) adalah aplikasi beternak online yang memudahkan penggunanya untuk beternak secara online melalui aplikasi mobile tanpa harus memiliki lahan, keterampilan, dan waktu untuk merawat hewan ternak berupa sapi perah kemudian hasil dari pemerahan akan ditampung oleh industri pengolahan susu.

Pijar Psikologi

Pijar Psikologi hadir sebagai sarana edukasi mengenai isu-isu kesehatan mental dan psikologi yang mudah diakses.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Semangat Petugas PPSU Bersihkan Trotoar Sambut Asian Games

Posted: 01 Aug 2018 10:30 PM PDT

Petugas PPSU membersihkan trotoar di Jalan Asia Afrika, Jakarta, Kamis (2/8). Trotoar yang di pakai para pedagang kaki lima ini di bersihkan guna jelang Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Petugas PPSU membersihkan trotoar di Jalan Asia Afrika, Jakarta, Kamis (2/8). Trotoar yang di pakai para pedagang kaki lima ini di bersihkan guna jelang Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Petugas PPSU membersihkan trotoar di Jalan Asia Afrika, Jakarta, Kamis (2/8). Trotoar yang di pakai para pedagang kaki lima ini di bersihkan guna jelang Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Petugas PPSU membersihkan trotoar di Jalan Asia Afrika, Jakarta, Kamis (2/8). Trotoar yang di pakai para pedagang kaki lima ini di bersihkan guna jelang Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Petugas PPSU wanita membersihkan trotoar di Jalan Asia Afrika, Jakarta, Kamis (2/8). Trotoar yang di pakai para pedagang kaki lima ini di bersihkan guna jelang Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Petugas PPSU wanita membersihkan trotoar di Jalan Asia Afrika, Jakarta, Kamis (2/8). Trotoar yang di pakai para pedagang kaki lima ini di bersihkan guna jelang Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Petugas PPSU bersiap membersihkan trotoar di Jalan Asia Afrika, Jakarta, Kamis (2/8). Trotoar yang di pakai para pedagang kaki lima ini di bersihkan guna jelang Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Petugas PPSU bersiap membersihkan trotoar di Jalan Asia Afrika, Jakarta, Kamis (2/8). Trotoar yang di pakai para pedagang kaki lima ini di bersihkan guna jelang Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Petugas PPSU membersihkan trotoar di Jalan Asia Afrika, Jakarta, Kamis (2/8). Trotoar yang di pakai para pedagang kaki lima ini di bersihkan guna jelang Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Petugas PPSU membersihkan trotoar di Jalan Asia Afrika, Jakarta, Kamis (2/8). Trotoar yang di pakai para pedagang kaki lima ini di bersihkan guna jelang Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. (Merdeka.com/Imam Buhori)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Korea Utara Kembalikan Jenazah Tentara AS

Posted: 01 Aug 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kim Jong Un menepati janjinya untuk mengembalikan sisa – sisa jasad pasukan Amerika Serikat yang tewas pada perang Korea

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masih Polos, Penampilan Nissa Sabyan Sebelum Terkenal Curi Perhatian

Posted: 01 Aug 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sosok Nissa Sabyan mendadak menjadi perbincangan hangat banyak orang beberapa waktu belakangan. Apa lagi kalau bukan karena lantunan selawatnya yang merdu.

Dalam waktu singkat, Nissa Sabyan langsung naik daun. Selain suara yang merdu, Nissa juga kini memiliki banyak penggemar karena wajahnya yang imut.

Kemana pun ia pergi, wajahnya selalu dibubuhi makeup meski tidak terlalu tebal. Sampai akhirnya baru-baru ini beredar foto Nissa Sabyan saat masih sekolah.

Dalam foto yang diunggah akun @nissa_syaban, tampak penyanyi 19 tahun itu mengenakan seragam batik serta kerudung putih dan tentunya tanpa makeup. "Pagiiii... Apa bedanya foto jaman dulu sama jaman now?" tanya akun tersebut di keterangan foto.

 

Tetap Imut

Nissa Sabyan saat maish sekolah [foto: instagram/nissa_syaban]

Meski begitu, tidak ada perbedaa berarti dengan penampilan Nissa Sabyan sekarang maupun dahulu. Menurut orang-orang, wajah Nissa tetap terlihat imut.

"Gak ada beda nya kak nissa emang imut dari duluuu..." ujar @teh_mangkok.io.

"Yang dulu mah imut yang sekarang lebih imut pake banget," sahut @ramdanmuhammad_17.

"Dahulu imut2.. sekarang imuuut bgt," @ari_albantani menimpali.

 

Tanpa Makeup

Nissa Sabyan [foto: instagram/nissa_sabyan]

Meski sudah terkenal, Nissa Sabyan sendiri tidak takut tampil tanpa makeup. Beberapa kali Nissa mengunggah fotonya dengan wajah polos tanpa sapuan makeup sedikit pun.

Salah satunya yakni foto ketika dirinya usai melakukan lari pagi. Semua orang memuji penampilan personel Sabyan Gambus tersebut.

"Kak Nissa cantik banget ihhhhh," ujar @nellyza_24. "Ohhh kk orang bandunggg, pantessss cakepp, meni geulisss pisannn," puji @zhraulia08.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bos Garuda: Kami Buka Rekrutmen Tiap Tahun, termasuk Pilot

Posted: 01 Aug 2018 10:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Pahala N Mansyuri, kembali angkat suara terkait rencana menggandeng personel TNI Angkatan Udara (AU) untuk turut menerbangkan pesawat komersial.

Dia menegaskan, pihaknya tidak hanya merangkul TNI AU saja, tetapi juga membuka lebar kesempatan bagi masyarakat umum.

"Kita setiap tahun pasti melakukan rekrutmen dan kita juga secara rutin melakukan rekrutmen. Kita punya website maupun situs rekrutmen garuda.co.id itu juga buka setiap saat untuk menerima para pencari kerja, termasuk juga para pilot untuk bisa apply ke sana," kata Pahala saat ditemui di Gedung Garuda Indonesia, Jakarta, Kamis (2/8/2018).

Pahala mengatakan, dalam rekrutmen tersebut pihaknya juga mempertimbangkan dari sisi pengalaman maupun tidak. "Jelas berbeda. kalau berpengalaman ada juga persyaratan jam terbang, disesuaikan," kata Pahala.

Sebelumnya, Direktur Utama Garuda Indonesia, Pahala N. Mansyuri, berencana menggandeng personel TNI Angkatan Udara (AU) untuk turut menerbangkan pesawat komersial milik PT Garuda Indonesia Tbk. Kerja sama ini ditegaskan Pahala bukan karena adanya ancaman mogok kerja yang dilancarkan serikat pekerja, termasuk pilot, beberapa waktu lalu.

"Tidak. Memang kita setiap tahun berusaha untuk meningkatkan tingkat produksi di Garuda Indonesia," ungkapnya ketika ditemui di Bandara Soekarno-Hatta, Banten, beberapa waktu lalu.

Pahala menegaskan, kerja sama tersebut dilakukan semata-mata untuk meningkatkan jumlah ketersediaan penerbang Garuda Indonesia. Ini juga sejalan dengan terus naiknya pertumbuhan penerbangan Garuda Indonesia yang berada di kisaran 11-12 persen setiap tahun.

"Ini yang tentunya upaya kita sebetulnya lebih diarahkan bahwa bagaimana kita meningkatkan produksi tersebut, khususnya pada periode-periode peak season, lebih khusus lagi tentunya bersamaan dengan adanya kebutuhan penerbangan haji," kata dia.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

 

Sekuritisasi Aset, Garuda Indonesia Raup Dana Rp 2 Triliun

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk melakukan pencatatan perdana produk Kontrak Investasi Kolektif Efek Beragun Aset (KIK EBA) GIAA01 di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa (31/07/2018).

Sebelumnya, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk melakukan pencatatan perdana produk Kontrak Investasi Kolektif Efek Beragun Aset (KIK EBA) GIAA01 di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa 31 Juli 2018.

KIK EBA GIAA01 merupakan instrumen sekuritisasi aset keuangan pertama di Indonesia yang menjadikan hak pendapatan atas penjualan tiket pesawat sebagai agunan. Pendapatan dari penjualan tiket yang diagunkan, yaitu rute penerbangan Jeddah dan Madinah.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno turut hadir dalam penerbitan KIK EBA di BEI tersebut. Rini pun mengapresiasi Sinergi BUMN yang turut mendukung pencatatan perdana KIK EBA GIAA01.

"Saya ucapkan selamat kepada seluruh jajaran manajemen Garuda Indonesia atas kerja kerasnya dalam penerbitan produk sekuritisasi GIAA01," ujar Rini.

Dalam pembentukan KIK EBA GIAA01 ini, PT Mandiri Manajemen Investasi bertindak sebagai Manajer Investasi, bersama dengan Maybank Indonesia sebagai Bank Kustodian. Sedangkan agen penjual untuk KIK EBA GIAA01 ini adalah PT Mandiri Sekuritas, PT Bahana Sekuritas, PT BNI Sekuritas, PT BCA Sekuritas, PT CGS-CIMB Sekuritas dan PT Danareksa Sekuritas.

Penawaran KIK EBA ini mendapatkan respons yang positif dari investor karena struktur produk dan imbal hasil yang cukup menarik. Produk investasi ini memiliki total nilai sebesar Rp 2 triliun yang terbagi menjadi dua kelas, yaitu kelas A dan kelas B.

KIK EBA GIAA01 kelas A dilakukan melalui penawaran umum kepada investor strategis dan dilakukan melalui pencatatan di BEI dan mendapat rating AA+ dari Pefindo dengan tingkat imbal hasil sebesar 9,75 persen, tenor 5 tahun (tanggal jatuh tempo 27 Juli 2023) dengan nilai mencapai Rp 1,8 triliun.

Sementara Untuk KIK EBA GIAA01 kelas B dilakukan melalui penawaran terbatas dengan nilai Rp 200 miliar untuk tenor sejenis dan tingkat imbal hasil yang tidak tetap.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sinopsis Sinetron SCTV Malaikat Cinta Episode Kamis 2 Agustus 2018: Pertunangan Gadis-Kaysan Dilanjutkan

Posted: 01 Aug 2018 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Episode ke-9 Malaikat Cinta, Dennis ketemu sama Kaysan. Keduanya diem-dieman. Dennis coba ngomong sama Kaysan, tapi Kaysan menghindari Dennis dan masuk ke kamar. Prambudi lihat itu dan melihat itu sebagai suatu kesempatan.  

Sementara itu, di Malaikat Cinta, Gadis lagi istirahat kepikiran sama Kaysan. Inaet semua kenangan sama Kaysan. Saat itu Dennis telepon. Dennis khawatir sama Gadis, tanya keadaan Gadis.

Gadis bilang dia baik-baik aja. Dennis mulai perhatian sama Gadis. Dan, Gadis agak heran dengan perhatian Dennis yang nggak biasa. Saat itu, terdengar suara ribut-ribut. Dennis lihat keluar dan kaget lihat dari jendela Imron dan Fifi, orang tua Gadis, ada di rumah Raharjo. 

 

Di dalam rumah Raharjo, Fifi dengan semangat cerita sebenarnya Gadis nggak kabur. Fifi minta rencana pertunangan Kaysan dan Gadis dilanjutkan. Raharjo bilang nggak ada lagi alasan buat nggak teruskan rencana pertunangan itu, toh semua sekarang sudah jelas.

Sementara, istri Rahardjo, Ratna tetap nggak mau karena sudah terlanjur malu. Raharjo dan Ratna berdebat, Ratna marah, membelakangi Raharjo. Dan, Raharjo sampai menahan emosi, memegangi dadanya, menahan sakit, seperti mau kena serangan jantung. Raharjo dibawa ke rumah sakit.

Apa yang terjadi di Malaikat Cinta selanjutnya...

Canggung

Adegan sinetron Malaikat Cinta (Sinemart)

Gadis mendekati Kaysan, keduanya jadi canggung satu sama lain. Gadis dengan sungguh-sungguh menawarkan bantuan kalau Kaysan butuh sesuatu, Gadis akan siap membantu. Namun Kaysan menolak dengan dingin.

Kaysan menghindari Gadis tapi Gadis tahan Kaysan. Pegang tangan Kaysan. Keduanya berpandangan. Gadis bilang kalau Kaysan nggak perlu jaim sama Gadis. Dan, Gadis akan selalu ada buat Kaysan. Apapun hubungan mereka ke depannya.

Gadis kelihatan tulus. Kaysan mendekatkan wajahnya ke Gadis. Gadis deg-degan didekati Kaysan. Sampai tiba-tiba Kaysan pegang kepala Gadis dan tanya, lo sehat? Mendingan jagain nyokap lo aja sana biar nggak bikin rusuh di rumah gue. Gadis manyun. Kaysan pergi, tapi dalam hati, Kaysan terharu dan tersentuh dengan perhatian Gadis.

Kaysan Cemburu

Adegan sinetron Malaikat Cinta (Sinemart)

Sementara Dennis termangu sendirian. Tiba-tiba ada orang yang menyodorkan secangkir kopi. Dennis mengangkat kepala dan melihat ternyata itu adalah Gadis. Lalu Gadis duduk di samping Dennis. Dennis tersenyum mengingat Gadis yang dulu suka membuatkannya kopi saat mereka masih di Surabaya.

Gadis tanya keadaan Dennis. Maka, Dennis curhat dia sedih. Dia takut ada apa-apa sama papanya, Raharjo. Belum lama dia kehilangan ibunya. Dia juga belum sempat mengenal Raharjo lebih jauh. Dennis tidak mau sampai ada apa-apa sama Raharjo. Gadis terdiam. Kepikiran hal yang sama.

Dennis dan Kaysan pasti sedih banget kalau sampai ada apa-apa sama Raharjo. Gadis mengusap-usap punggung Dennis menenangkannya. Dennis tersenyum memandangi Gadis, berterima kasih ke Gadis. Dennis saat itu, makin terpesona liat Gadis. Perasaan Dennis terlihat makin tumbuh ke Gadis.

Kaysan ternyata lihat itu. Kaysan jadi cemburu lagi dan kesal. Kaysan menghampiri Dennis dan Gadis.  Kaysan dengan dingin bilang kalau Raharjo mau ketemu sama Gadis. Lalu, Gadis beranjak pergi dari situ. 

Ratna Marah-marah

Adegan sinetron Malaikat Cinta (Sinemart)

Ratna marah-marah di depan koridor saat tahu suaminya, Raharjo mau ketemunya sama Gadis. Sebagai istrinya Raharjo, Ratna merasa dilangkahi. Larissa yang tenangkan, malah kena semprot sama Ratna. Imron jadi nggak enak hati, sementara Fifi jadi tersenyum senang kayak punya harapan.

Gadis  bicara sama Raharjo dengan ditemani Kaysan. Gadis minta maaf sama Raharjo karena dia dan keluarganya sudah banyak merepotkan Om Raharjo dan keluarga. Raharjo dengan lemah mengangguk pelan.

Raharjo bilang dia khawatir umurnya nggak panjang. Dia minta satu hal ke Gadis. Apapun yang terjadi, Gadis harus tetap bertunangan dengan anaknya.

Raharjo ingin menjadikan gadis menantu di rumahnya. Seperti janjinya pada Imron. Gadis diam. Ragu. Kebayang kesulitan yang akan dia hadapi. Tapi Raharjo meminta Gadis memenuhi keinginannya. Raharjo keluarkan cincin yang sudah ia siapkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

260 Kloter Jemaah Calon Haji Asal Indonesia Tiba di Tanah Suci, 19 Wafat

Posted: 01 Aug 2018 10:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jemaah calon haji Indonesia 2018 tergabung dalam 511 kelompok terbang (kloter) diberangkatkan pada 13 embarkasi. Dari keseluruhan jumlah tersebut, telah tiba 260 kloter di Arab Saudi.

Terdapat 104.806 jemaah calon haji dan 1.300 petugas pendamping yang tergabung di dalam 260 kloter tersebut. Dilansir dari laman www.kemenag.go.id, Kamis (2/8/2018), data sementara jemaah calon haji yang wafat tercatat mencapai 19 orang.

Para jemaah tersebut 16 diantaranya wafat di Madinah, 2 di Makkah, dan 1 orang wafat di Bandara Madinah. Menurut sumber dari Seksi Pelayanan Kedatangan dan Pemulangan Jemaah haji Daerah Kerja Airport, pada hari ke-16 ini, Rabu 1 Agustus 2018 sore, terdapat 16 kloter yang mendarat di Bandara King Abdul Aziz (KAA) Jeddah.

Hingga saat ini, jemaah calon haji gelombang kedua terus diberangkatkan dari Tanah Air. Mereka nantinya juga akan mendarat di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah.

Melalui surat edaran yang dikeluarkan Kementerian Agama bernomor B 3-004/FT.II.I/1/Hj.01/07/2018, isinya adalah agar seluruh jemaah calon haji yang berangkat pada gelombang kedua melaksanakan mandi sunnah dan memakai kain ihram sejak dari embarkasi.

Direktur Bina Haji Kemenag RI Khoirizi H Dasir mengingatkan, edaran yang diterima Media Center Haji (MCH) pada Selasa 31 Juli 2018 itu disampaikan demi kelancaran pergerakan jemaah setibanya di Bandara Jeddah.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

16 Kloter yang Sudah Tiba di Tanah Suci

Jemaah calon haji Indonesia diingatkan uang living cost bukan untuk belanja. (MCH Indonesia)

Berikut kloter yang sudah tiba di Tanah Suci:

1. SOC-47 dengan nomor penerbangan GA-6209;

2. JKS-45 dengan nomor penerbangan SV-5223;

3. SOC-48 dengan nomor penerbangan GA-6410;

4. BPN-4 dengan nomor penerbangan GA-4104;

5. JKS-46 dengan nomor penerbangan SV-5225;

6. PDG-14 dengan nomor penerbangan GA-3314;

7. JKS-47 dengan nomor penerbangan SV-5227;

8. SOC-49 dengan nomor penerbangan GA-6311;

9. JKS-48 dengan nomor penerbangan SV-5229;

10. PLM-11 dengan nomor penerbangan SV-5219;

11. SUB-42 dengan nomor penerbangan SV-52111;

12. LOP-10 dengan nomor penerbangan GA-5110;

13. SUB-43 dengan nomor penerbangan SV-5213;

14. JKG-33 dengan nomor penerbangan GA-7274;

15. BTH-13 dengan nomor penerbangan SV-5321; dan

16. MES-10 dengan nomor penerbangan GA-3110.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen AFF U-16 2018: Indonesia Ditempel Vietnam

Posted: 01 Aug 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia tampil gemilang di ajang Piala AFF U-16 2018. Memasuki matchday ketiga, timnas Indonesia U-16 sukses menduduki posisi puncak klasemen AFF U-16 2018 Grup A dengan enam poin.

Ini tak lepas dari dua kemenangan yang diraih timnas Indonesia U-16 di dua laga awal. Indonesia menghancurkan Filipina 8-0 dan menang 2-1 atas Myanmar di turnamen yang disiarkan di Indosiar ini.

Di klasemen AFF U-16 2018, Timnas Indonesia U-16 bersaing ketat dengan Vietnam yang juga mengoleksi enam poin. Hanya saja, timnas Indonesia unggul produktivitas gol ketimbang Vietnam.

Menariknya, kedua tim akan saling berhadapan di laga ketiga. Kamis (2/8), keduanya akan berhadapan di Stadion Gelora Delta Sidoardjo.

Sebelumnya, di dua laga Piala AFF U-16 Vietnam menang atas Kamboja 1-0 dan Timor Leste (4-0). Berikut klasemen AFF U-16 2018 Grup A.

Klasemen Piala AFF U-16

Group A

Pos Tim Main Menang Imbang Kalah Memasukan Kemasukan Selisih Gol Poin
1  Indonesia  2 2 0 0 10 1 +9 6
2  Vietnam 2 2 0 0 5 0 +5 6
3  Cambodia 2 1 0 1 5 2 +3 3
4  Myanmar 2 1 0 1 4 4 0 3
5  Timor-Leste 2 0 0 2 2 7 −5 0
6  Philippines 2 0 0 2 1 13 −12 0

Jadwal Indonesia

Kamis, 2 Agustus 2018

Vietnam U-16 Vs Timnas Indonesia U-16 (Pukul 19.00 WIB)

Sabtu, 4 Agustus 2018

Timnas Indonesia U-16 Vs Timor Leste (Pukul 19.00 WIB)

Senin, 6 Agustus 2018

Kamboja U-16 Vs Timnas Indonesia U-16 (Pukul 19.00 WIB)

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Nahas, Suami Bunuh Diri Usai Aniaya Istri

Posted: 01 Aug 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria putuskan bunuh diri setelah menganiaya istrinya sendiri. Peristiwa ini juga dipicu oleh masalah ekonomi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siap Gelar Penerimaan CPNS 2018, BKN Bakal Bertemu Tim Panselnas

Posted: 01 Aug 2018 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan menyampaikan kesiapan instasinya untuk menyelenggarakan penerimaan calon pegawai negeri sipil atau disebut penerimaan CPNS 2018 kepada tim besar Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS 2018, Kamis (2/8/2018).

BKN akan bertemu tim panselnas di Gedung Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan mengatakan, BKN akan memaparkan kesiapan dari BKN kepada tim besar Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS 2018 pada Kamis siang.

"Siang ini, kami akan memaparkan kesiapan BKN untuk pelaksanaan seleksi CPNS 2018 di hadapan Tim Besar Panselnas di Kementerian PANRB," tutur dia saat dihubungi Liputan6.com, Kamis.

Ridwan menambahkan, BKN telah mengantongi 90 titik lokasi untuk kepentingan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) untuk Computer Assisted Test (CAT). Namun, dia menekankan, jumlah tersebut masih tentatif mengikuti kebutuhan perkembangan yang ada.

"Saat ini, BKN sudah mengidentifikasi 90 titik lokasi pelaksanaan SKD CAT BKN. Jumlah ini masih akan berubah sesuai dengan kondisi di lapangan," ujar dia.

Meski demikian, Ridwan belum bisa memastikan kapan seleksi penerimaan CPNS 2018 dapat dilaksanakan secara serentak di Indonesia.

"Tentang kapan mulai pelaksanaan penerimaan CPNS, kami juga masih menunggu keputusan pemerintah," kata dia.

Senada, saat dikonfirmasi kepada Kepala Biro, Hukum, Komunikasi, dan Informasi Kementerian PANRB, Mudzakhir menuturkan, seleksi penerimaan CPNS 2018 masih dalam proses penggodokan. Mudzakhir berharap, secepatnya dapat segera mengumumkan proses seleksi tersebut.

"Masih dikonsolidasikan. Semuanya masih proses. Kita ingin juga secepatnya ya untuk dibagikan kepada teman-teman," ujar Mudzakhir.

Menteri PANRB: Waspadai Hoax Penerimaan CPNS

Menteri PANRB Asman Abnur (Dok Foto: Liputan6.com/Maulandy Rizky Bayu Kencana)

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur menegaskan, saat ini belum ada penerimaan CPNS 2018.

"Belum ada formasi. Kalau ada yang beredar, itu tidak benar," ujarnya  dikutip dari Kementerian PANRB, Selasa 24 Juli 2018.

Akhir-akhir ini tengah beredar informasi penerimaan CPNS 2018. Padahal hingga saat ini belum ada penetapan formasi CPNS. Informasi yang beredar di berbagai media sosial itu seolah-olah pemerintah akan membuka pendaftaran CPNS pada Juli 2018.

"Semua masih dalam proses," ujarnya.

Kepada masyarakat, Kementerian PANRB mengimbau untuk lebih cermat dan waspada serta tidak mudah percaya dengan berita-berita yang tidak jelas kebenarannya. Masyarakat bisa memantau melalui laman resmi Kementerian PANRB, yakni www.menpan.go.id.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Terkait dengan Iblis, Ilmuwan Pecahkan Misteri Kutukan Segitiga Bermuda

Posted: 01 Aug 2018 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Atlantik Utara - Para ilmuwan Inggris mengungkap teori baru mengenai Segitiga Bermuda. Menurut mereka, di wilayah perairan yang berada di Samudra Atlantik ini terdapat gelombang misterius setinggi 30 meter yang menyebabkan begitu banyak perahu tenggelam.

Segitiga Bermuda juga dijuluki sebagai Segitiga Iblis (Devil's Triangle) karena perairan ini memiliki banyak jalur pelayaran dan diklaim telah menelan korban lebih dari 1.000 jiwa selama 100 tahun terakhir.

Segitiga Bermuda membentang seluas 4 juta kilometer persegi di bagian barat Samudra Atlantik Utara, membentuk garis segitiga antara Bermuda, wilayah teritorial Britania Raya sebagai titik di sebelah utara, Puerto Riko, teritorial Amerika Serikat sebagai titik di sebelah selatan dan Miami, negara bagian Florida, Amerika Serikat, sebagai titik di sebelah barat.

Para ilmuwan memiliki teori baru tentang misteri Segitiga Bermuda. (iStock)

Namun, para ahli di University of Southampton, Inggris, percaya bahwa misteri itu dapat dijelaskan melalui fenomena alam yang dikenal sebagai "gelombang jahat", menurut laporan The Sun yang dikutip News.com.au, Kamis (2/8/2018).

Dalam sebuah film dokumenter berjudul The Bermuda Triangle Enigma, para ilmuwan dari kampus itu menggunakan simulator ruangan (indoor simulator) untuk menciptakan kembali gelombang tersebut.

Gelombang yang disebut "monster" itu--yang hanya berlangsung selama beberapa menit--pertama kali terdeteksi keberadaaannya oleh satelit pada 1997 di lepas pantai Afrika Selatan. Beberapa di antaranya bahkan memiliki tinggi 30 meter.

Tim peneliti membangun tiruan USS Cyclops, sebuah kapal besar yang hilang di Segitiga Bermuda pada 1918 dan menghilangkan 300 nyawa manusia.

Karena ukurannya yang tipis dan berbeda dengan aslinya, kapal tersebut dengan mudah terempas air selama simulasi.

Torpedo Bomber #28, pesawat utama Flight 19, yang lenyap pada Desember 1945 di lepas pantai Florida. (AP)

Dr Simon Boxall, seorang ilmuwan spesialis kelautan dan Bumi, mengatakan di sekitar Segitiga Bermuda bisa terlihat tiga badai besar yang datang secara bersamaan dari arah yang berbeda. Badai ini menciptakan kondisi sempurna untuk membentuk "gelombang jahat".

Dia yakin gelombang seperti itu dapat mematahkan perahu, misalnya Cyclops, menjadi dua.

"Ada badai di selatan dan utara, yang datang bersamaan. Jika ada tambahan dari Florida, itu bisa menjadi formasi gelombang mengerikan yang berpotensi mematikan," kata Dr Boxall.

"Gelombang ini sifatnya curam, tingginya lebih dari 30 meter. Semakin besar kapal, semakin banyak kerusakan yang terjadi. Jika Anda bisa membayangkan gelombang liar dengan puncak di kedua ujungnya, ini bisa mematahkan kapal menjadi dua bagian. Apabila hal itu terjadi, kapal bisa tenggelam dalam dua hingga tiga menit," pungkasnya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

Misteri dan Teori Segitiga Bermuda

Ilustrasi peta perairan Segitiga Naga disebut memiliki misteri serupa Segitiga Bermuda - AP

Misteri-misteri yang merebak tentang Segitiga Bermuda akhirnya bisa dijelaskan dengan teori gelombang setinggi 30 meter, tetapi mitos-mitos yang beredar tentang perairan misterius ini kemungkinan akan bertahan selamanya.

Akan tetapi, bagaimana semua dongeng dan legenda tentang Segitiga Bermuda dimulai?

Keanehan pertama kali dilaporkan pada 1950 oleh Edward Jones, yang menulis untuk Miami Herald, sebelum menjadi terkenal pada 1952 ketika George Sand menulis di majalah Fate tentang insiden-insiden tertentu yang terjadi di Segitiga Bermuda.

Salah satu insiden yang menghebohkan dunia adalah hilangnya lima pesawat Flight 19 secara misterius, pesawat yang digunakan untuk latihan mengebom torpedo. Pesawat milik Angkatan Laut Amerika Serikat ini lenyap dalam sebuah sesi pelatihan pada 1945.

Sejak saat itu, banyak kasus serupa terjadi. Selain pesawat, kapal laut pun turut dikabarkan menghilang secara tiba-tiba ketika melintasi Segitiga Bermuda. Oleh sebab itu, para peneliti dan ilmuwan terus berupaya menguak misteri dengan berbagai teori yang mereka lakukan.

Salah satunya adalah teori gas metana, senyawa yang terperangkap di dasar laut yang menyebabkan hilangnya sejumlah pesawat dan kapal. Gas ini, menurut ilmuwan, bisa meletus dan menurunkan kepadatan air sehingga kapal bisa tenggelam dengan mudah seperti batu. Bahkan pesawat yang terbang di atasnya bisa terbakar dan hancur berkeping-keping.

Teori lain mengungkapkan tentang "kabut elektronik", sebutan lain untuk badai dahsyat. "Kabut elektronik" akan muncul --entah dari mana-- dan menelan pesawat atau kapal dengan merusak elemennya. Dengan demikian, kapal atau pesawat akan lenyap tanpa jejak.

Teori ketiga melibatkan awan heksagonal dan bom udara. Ahli meteorologi menemukan awan heksagonal aneh yang mampu meledakkan angin hingga ke dasar lautan dengan kecepatan tinggi dan menciptakan gelombang setinggi 14 meter, merusak kapal hingga pesawat yang terperangkap di dalamnya.

Ilmuwan Australia, Dr Karl Kruszelnicki, juga menyebut bahwa gelombang besar menjadi penyebab hilangnya Flight 19, yang ia yakini jatuh di Segitiga Bermuda karena kesalahan manusia.

Sementara itu, tahun lalu sebuah pesawat yang membawa empat orang, termasuk seorang ibu dan dua anaknya, hilang ketika burung besi ini melintasi Segitiga Bermuda.

Jennifer Blumin beserta dua putranya yang masing-masing berusia 3 dan 4 tahun, dan pacarnya yang merupakan pilot pesawat, Nathan Ulrich, baru saja merayakan Hari Ibu di Puerto Rico. Mereka terbang ke Florida dengan pesawat twin-prop MU-2B.

Malangnya, pesawat yang mereka naiki dilaporkan lenyap dari radar sekitar 59 kilometer timur dari pulau Eleuthera di Bahama. Adapun komunikasi pesawat dengan menara bandara hilang pada jarak 7,3 kilometer dan kecepatan sekitar 555 km/jam, kata para pejabat.

Pencarian akhirnya dibatalkan dan jenazah mereka tak pernah ditemukan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebelum Jokowi, Paspampres Pastikan AMMDes Aman

Posted: 01 Aug 2018 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018 (GIIAS 2018) menjadi saksi peluncuran Alat Mekanis Multiguna Perdesaan (AMMDes). Usai peluncuran kendaraan niaga multiguna ini dicoba langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Sebelum dites oleh orang nomor satu Indonesia itu, Paspampres lebih dulu mastikan kendaraan itu dalam keadaan aman. Pantauan Liputan6.com, Paspampres yang mencoba AMMDes nampak beradaptasi dengan mudah. Ia dengan mudah mengoperasikan mobil dengan mesin 650cc tersebut.

"Gampang, kayak naik mobil biasa. Kalau bisa nyetir mobil pasti bisa," kata Paspampres saat ditanya Liputan6.com di area outdoor Hall 3, ICE BSD, Tangerang, Kamis (2/8/2018).

Sebagai informasi, AMMDes yang bakal dikendarai Jokowi merupakan kendaraan untuk aplikasi pemutih padi. Mobil berkelir putih itu dilengkapi mesin 650cc dengan 3 transmisi maju dan satu mundur.

Mobil yang mampu menampung dua orang ini memiliki dimensi panjang 358 cm, lebar 137 cm, dan tinggi 190 cm. Kabarnya, mobil ini dibanderol Rp 70 jutaan.

Jokowi 'Mencoba' Mobil Pedesaan: Nyaman Sekali

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencoba Alat Mekanis Multiguna Pedesaan atau yang akrab disebut sebagai mobil pedesaan pada pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE BSD, Tangerang, Kamis (2/8). (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Setelah resmi membuka gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo, langsung berkunjung ke booth mobil pedesaan, AMMDes. Saat mengujungi booth yang terletak di hall 3, ICE, BSD, Tangerang Selatan ini, Presiden didampingi Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Ketua Gaikindo Yohannes Nangoi, dan Sukiyat Pemilik Kiat Motor.

Selain melihat mobil yang bakal diperuntukan untuk mengangkut alat pertanian, pria yang akrab disapa Jokowi ini juga duduk dan merasakan kabin di dalam mobil tersebut.

 

"Kalau duduk merasa nyaman sekali," ucap Jokowi saat mencoba duduk di bangku penumpang mobil yang juga baru diresmikan oleh dirinya, Kamis (2/8/2018).

Setelah mengunjungi booth AMMDes, Jokowi juga sempat menaiki bus yang dibuat oleh beberapa karoseri yang menempati hall tersebut, salah satunya Laksana.

Untuk diketahui, pembentukan AMMDes ini sebelumnya dipelopori oleh PT Astra Otoparts Tbk melalui dua anak perusahaannya, PT Velasto Indonesia dan PT Ardendi Jaya Sentosa. Kedua anak usaha itu menandatangani nota kesepahaman dengan PT Kiat Inovasi Indonesia lewat konsep perusahaan patungan, sehingga terbentuk PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) dan PT Kiat Mahesa Wintor Distributor (KMWD).

Mobil pedesaan ini disebut memiliki dimensi panjang 341 cm, lebar 134 cm dan tinggi 194 cm, serta beratnya mencapai 800 kg. Daya angkut maksimum 700 kg pada jalan mendatar dan 500 kg pada jalan mendaki.

Sasis mobil ini memiliki radius putar hingga 4,0 meter dan jarak sumbu roda 190 cm dan kapasitas tangki bahan bakar 9,0 liter. Untuk jantung penggeraknya, AMMDes dipersenjatai dengan mesin Diesel. Unit tersebut mampu menghembuskan daya hingga 14 Tk atau berkapasitas 500-550 cc. Sedangkan untuk mesin bensinya, juga memiliki kapasitas yang sama.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelajar SMP di Deli Serdang Jadi Korban Pemerkosaan Pemuda Brutal

Posted: 01 Aug 2018 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Medan - Kepolisian memburu pelaku yang diduga memperkosa seorang remaja putri berusia 13 tahun, pelajar kelas 1 SMP di Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Selasa malam, 31 Juli 2018.

Korban berhasil selamat setelah ditolong seorang warga bernama Tia yang melintas di Jalan Suka Dame antara Desa Suka Dame dan Namo Rindang, Kecamatan Kutalimbaru, karena mendengar teriakan minta tolong.

Kapolsek Kutalimbaru AKP Martualesi Sitepu, Rabu, 1 Agustus 2018 mengatakan saat ini masih memburu pemerkosa yang juga melakukan tindakan kekerasan terhadap pelajar SMP tersebut.

"Kami meminta pelaku agar menyerahkan diri dalam waktu 1x24 jam. Apabila tidak ada niat baik akan diberikan tindakan tegas dan terukur," ujar AKP Martualesi, dilansir Antara.

Informasi diperoleh, sebelum kejadian sekitar pukul 16.00 WIB, korban meminta izin kepada ibunya untuk pergi ke warnet. Namun setelah ditunggu hingga malam hari, korban tak kunjung pulang ke rumah.

Pengakuan korban kepada petugas bahwa pelakunya berinisial RD (30), warga Dusun Al, Desa Bintang Meriah Dusun III, Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang.

Korban mengaku melawan saat diperkosa oleh pelaku. Korban ditemukan tergeletak dengan leher terluka akibat benda tajam.

Korban sempat dibawa ke Puskesmas Pancurbatu. Namun karena kondisinya semakin lemah, ia dirujuk ke RSUP Adam Malik Medan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Trailer Venom Tampilkan Monster Jahat Bernama Riot

Posted: 01 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Venom, rival besar Spider-Man di beberapa komik dan animasi, kini akan muncul dalam film yang rilis dua bulan lagi. Melihat trailer barunya, fans bisa mengetahui ukuran tubuh Venom yang tampak besar.

Selain itu, fans juga bisa melihat musuh utama Venom dalam trailer film ini, symbiote bernama Riot. Sementara Venom merupakan penjelmaan dari Eddie Brock (Tom Hardy), maka Riot adalah jelmaan Carlton Drake (Riz Ahmed).

Beberapa kelanjutan adegan laga yang ada di trailer sebelumnya turut ditampilkan. Efek visual Venom dalam trailer kedua ini pun lebih banyak. Fans juga sudah diperkenalkan dengan sisi antagonis dari karakter Carlton Drake. Setelah menjadi Riot pun, Drake lebih kejam ketimbang Venom.

Venom yang disebut sebagai karakter anti-hero, memiliki sisi baik tersendiri dalam film ini. Ia juga diperlihatkan banyak bicara dengan efek suara berat yang cukup menyeramkan.

Tagline Unik

Venom di film perdana. (Sony Pictures)

Di sepanjang trailer, terdapat sebuah tagline unik untuk film ini: "Dunia sudah punya cukup para pahlawan super."

Belum diketahui apakah tagline tersebut mengisyaratkan bahwa Spider-Man benar-benar ada di jagat cerita Venom, ataukah hanya sekadar tagline promosi.

 

Membawa ke Layar Lebar

Penampakan karakter Venom, musuh Spider-Man. (Sony Pictures)

Venom disebut sebagai salah satu karakter Marvel paling membingungkan, rumit, dan keras. Sony Pictures berusaha membawa sifat Venom tersebut ke layar lebar tanpa kehilangan esensinya.

Selain Tom Hardy dan Riz Ahmed, Venom juga turut dibintangi oleh Michelle Williams, Scott Haze, dan Reid Scott. Film ini siap tayang pada 5 Oktober 2018.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Pilu Wanita yang Umumkan Calon Suaminya Kabur Saat Pesta Pernikahan

Posted: 01 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pernikahan merupakan upacara penyatuan ikatan sakral yang seharusnya dihormati kedua belah pihak pasangan. Selain mempertemukan dua keluarga besar, pesta pernikahan biasanya juga pasti mengeluarkan uang tak sedikit.

Walaupun hal ini dianggap amat serius, tapi tak sedikit kasus dimana salah satu pihak mempelai melarikan diri. Entah karena paksaan, atau telah pindah ke lain hati.

Di antara banyaknya kasus seperti ini, kejadian yang dialami oleh wanita 24 tahun asal Thailand cukup membuat pilu banyak orang. Sambil menangung malu, Manow Jutathip Nimnual justru mengungkapkan berita sedih pada hari pernikahannya.

Dikutip dari Bangkok Post, Jutathip mengumumkan bahwa pengantin prianya tidak muncul di hari pernikahan mereka yang berlangsung pada 22 Juli lalu. Berita itu harus ia sampaikan dengan perasaan hancur dan sendu kepada ratusan tamu yang telah hadir.

 

 

 

 

 

 

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

Tak mampu membayar mahar

(Foto: Facebook / Manow Jutathip Nimnual)

Pasangan Juthathip yakni Phakin Junjerm yang empat tahun lebih muda darinya, diberitakan melarikan diri. Terbukti penantian Juthathip untuk mengucapkan janji suci dipelaminan bersama pria yang ia cintai, tak kunjung datang.

Pesta itu akhirnya kemudian dibubarkan dengan penyampaian permintaan maaf dari Juthathip di atas panggung. Padahal semuanya telah disiapkan dengan sempurna dan mewah.

Keluarga Juthathip menduga kuat bahwa calon suaminya mungkin saja memiliki wanita simpanan. Tapi di sisi lain, The Nation mewartakan bahwa orangtua Juthathip mulanya meminta uang tunai dan emas sebesar 200 ribu baht atau setara Rp 87 juta, untuk masing-masing mahar.

Ternyata calon pengantin pria menjelaskan bahwa ia tidak mampu membayar mas kawin sebesar itu. Sampai akhirnya angka mahar dikurangi menjadi 140 ribu baht senilai Rp 61 juta.

Keputusan itu kemudian disepakati, tapi mendekati hari pernikahan Phakin belum bisa memenuhi sisa kekurangannya.

Keluarga berusaha selamatkan wajah Juthathip

(Foto: Facebook / Manow Jutathip Nimnual)

Sebelum berita sedih itu disampaikan, pihak keluarga Juthathip sempat berupaya untuk menyelamatkannya dari rasa malu. Mereka pernah meminta kerabat Phakin untuk berpura-pura menjadi pengantin pria karena wajahnya mirip.

Sayangnya rencana itu tidak terjadi karena sang paman Phakin meminta besannya untuk  mau membayar uang 1 juta baht atau Rp 435 juta, supaya menuruti permintaan itu.

Di samping itu, juga terungkap oleh pamannya bahwa calon pengantin pria sebenarnya terpaksa menikahi Juthathip dan tidak benar-benar mencintainya.

Kisah cinta yang menyedihkan yang dialami Jutathip, akhirnya diunggahnya di Facebook pribadi hingga telah disaksikan lebih dari lima juta kali. Meski dirundung kecewa dan sedih, Jutathip mendapat banyak dukungan dari para netizen yang sebagian besar wanita.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Timnas Indonesia U-16 Vs Vietnam di Piala AFF U-16 2018

Posted: 01 Aug 2018 10:00 PM PDT

Jakarta - Timnas Indonesia U-16 tampil gemilang di dua laga awal Piala AFF U-16 2018. Setelah mengalahkan Myanmar dan Filipina, pada Kamis (2/8/2018) tim asuhan Fakhri Husaini bakal menjajal kekuatan Vietnam di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo.

Melawan Myanmar pada matchday kedua Grup A Piala AFF U-16 2018 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Selasa (31/7/2018), skuat Garuda Emas menang 2-1.

Pahlawan kemenangan Timnas Indonesia U-16 adalah Amiruddin Bagus Kahfi. Penyerang bernomor punggung 20 tahun itu memborong dua gol kemenangan tim besutan Fakhri Husaini itu di menit ke-8 dan 25.

Sebelumnya, Timnas Indonesia U-16 mencetak hasil mengesankan pada laga perdana melawan Filipina. Itu setelah mereka menghajar Filipina delapan gol tanpa balas. Berkat kemenangan itu, mereka pun memuncaki klasemen Grup A.

Kini, rintangan yang jauh lebih berat akan dihadapi Timnas U-16. Pasalnya, mereka akan menghadapi Vietnam pada Kamis (2/8/2018). Seperti Timnas U-16, Vietnam juga meraih hasil sempurna dalam dua laga, yakni menang 1-0 atas Kamboja dan 4-0 atas Timor Leste.

Simak jadwal Timnas Indonesia U-16 vs kontra Vietnam di Piala AFF U-16 2018 di bawah ini:

Jadwal Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF

Kamis, 2 Agustus 2018

Vietnam U-16 Vs Timnas Indonesia U-16 (Pukul 19.00 WIB)

Sabtu, 4 Agustus 2018

Timnas Indonesia U-16 Vs Timor Leste (Pukul 19.00 WIB)

Senin, 6 Agustus 2018

Kamboja U-16 Vs Timnas Indonesia U-16 (Pukul 19.00 WIB)

Klasemen Piala AFF

Group A

Pos Tim Main Menang Imbang Kalah Memasukan Kemasukan SG Poin
1  Indonesia  2 2 0 0 10 1 +9 6
2  Vietnam 2 2 0 0 5 0 +5 6
3  Cambodia 2 1 0 1 5 2 +3 3
4  Myanmar 2 1 0 1 4 4 0 3
5  Timor-Leste 2 0 0 2 2 7 −5 0
6  Philippines 2 0 0 2 1 13 −12 0

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ribuan Siswa SD di Palembang Vaksin Campak dan MR

Posted: 01 Aug 2018 10:00 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Ribuan siswa sekolah dasar di Kota Palembang pada hari ini menerima imunisasi MR measles rubella (MR) dan campak secara serentak.

Sekolah Dasar Negeri 109 Kecamatan Sako menjadi salah satu sekolah yang didatangi puskesmas setempat untuk pemberian imunisasi MR.

"Di sekolah ini tercatat 1.439 orang siswa yang akan divaksin," ucap Kepala Sekolah SDN 109 Toman Siregar, Rabu.

Dari jumlah tersebut, 50 persen di antaranya mengikuti kelas pagi dan sisanya masuk di kelas siang. Pemberian vaksin pada kelas pagi dimulai pada pukul 08.30 WIB, sementara pemberian vaksin untuk kelas siang pada pukul 13.00 WIB.

Untuk pemberian vaksin ini Toman menjelaskan, sebelumnya para wali siswa telah diberi edaran mengenai ini. Lewat edaran tersebut juga orang tua atau wali siswa dimintai izin bagi anaknya untuk penyuntikan vaksin MR.

"Semua kami kembalikan pada orangtua. Bila tidak setuju boleh tidak menyertakan anaknya dalam pemberian vaksin," ucap dia.

Selama pemberian imunisasi MR tercatat kurang dari satu persen siswa yang menolak pemberian vaksin. Selain itu, ada sekitar satu persen yang dinyatakan tidak bisa diberi vaksin karena pilek atau demam.

Vaksin Gratis

Meski tak menargetkan Surabaya bebas campak dan Rubella 100 persen, semua anak-anak wajib divaksin MR. (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

"Sebelum diberi vaksin tim kami melakukan screening kesehatan anak," ujar Koordinator Imunisasi Puskesmas Multi Wahana Sako Kenten di sela pemberian vaksin.

Menurut dia, program nasional ini membuka seluas-luasnya pemberian vaksin gratis bagi anak usia bayi hingga 15 tahun kurang sehari.

Di lain pihak Majelis Ulama Indonesia Provinsi Sumatera Selatan menyatakan pihaknya tidak dapat memberikan rekomendasi vaksin MR terkait sertifikasi halalnya vaksin MR ini.

"Rekomendasi MUI sudah jelas bahwa pemerintah punya kewajiban menyediakan vaksin yang halal,' ujars Sekretaris Umum MUI Sumsel Ayik Farid dijumpai di kantornya, Rabu.

Menurut dia, sebelumnya MUI telah mengeluarkan fatwa perihal bagaimana vaksin yang halal. MUI juga telah mengeluarkan rekomendasi.

"Dengan begini kita mewujudkan komitmen MUI menjaga umat dari barang yang haram," kata dia. (Antara/Feny Selly)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tahun Ini, JFC-17 Bakal Tampil Glamor

Posted: 01 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jember Fashion Carnival (JFC) 2018 bakal tampil lebih glamor. Tema yang akan diangkat adalah Asialight. Semangat Asian Games 2018 juga akan ditiupkan JFC ke-17 (JFC-17). Ribuan kostum plus pusaka nusantara, siap dirilis demi melegitimasi status terbaik dunia milik JFC.
 
"JFC-17 adalah event kelas dunia. Terbaik di dunia. Dan itu ada di Indonesia. Kami jelas bangga dengan kualitas yang selalu mereka tawarkan. Makanya, jangan sampai melewatkan JFC tahun ini," ungkap Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, Minggu (29/7).
 
JFC-17 akan digelar pada 7-12 Agustus 2018 di Jember, Jawa Timur. Event ini akan menyulap jalanan utama Kota Jember sepanjang 3,6 Kilometer sebagai catwalk. Akan ada ribuan kostum terbaik yang ditampilkan. Aneka kostum unik ini akan dikenakan oleh anak-anak hingga dewasa. 
 
"JFC tahun ini pasti sangat meriah. Ada banyak konsep baru yang ditampilkan. Kualitasnya pasti yang terbaik sesuai dengan status dunia milik mereka," ujarnya.
 
Asal tahu saja, Jember Fashion Carnival menempati peringkat tiga karnaval terbaik dunia. Aneka trofi dan penghargaan Best National Costume telah memenuhi loker mereka. Inspirasinya berasal dari berbagai daerah di tanah air. Deretan prestasinya antara lain Best National Costume Mister International 2010 di Indonesia melalui kostum Bali, Best National Costume Man Hunt International 2011 di South Korea (Toraja Karembau).
 
JFC juga memiliki status Best National Costume Mister Universe Model di Dominican Republic lewat kostum yang terinspirasi Papua, juga desain Borneo yang menyabet Best National Costume Miss Supranational 2014 di Polandia. Sedangkan konsep Lampung menjadi Best National Costume Miss International 2014 di Tokyo, Jepang, hingga Best National Costume Miss Grand International 2016 di Las Vegas, USA. Ada juga Toraja Tongkonan sebagai Best National Costume Miss Supranational 2015 di Polandia.
 
Dengan konsep Borobudur, JFC meraih predikat Best National Costume Miss Universe 2015 di Florida, USA. Hingga, Garuda  dengan status Top 5 National Costume Miss Universe 2016 di Filipina. 
 
"Prestasi mereka sebenarnya masih banyak lagi. Kualitas dan kreativitas inilah yang akan diterapkan dalam JFC-17. Kami juga memiliki agenda besar yang akan dibranding di sana," tegas Menpar lagi.
 
Menariknya, JFC-17 juga akan bersinergi dengan Asian Games 2018. Kostum terbaik karya Dynand Fariz dan JFC akan ditampilkan pada opening ceremony Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 18 Agustus, juga saat closing ceremony pada 2 September nanti.
 
"Asian Games pasti lebih semarak dengan kostum JFC dan karya Dynand Fariz. JFC akan dimanfaatkan untuk mempromosikan Asian Games. Sebab, media value-nya sangat besar. JFC ini selalu dikunjungi oleh berbagai media. Mereka juga datang dari berbagai negara. Kami yakin, gema Asian Games ini akan lebih kuat," kata Menpar.
 
Opening JFC-17 akan digelar 7 Agustus. Sehari berikutnya akan digelar Pets Carnival, disusul JFC Press Conference pada 11 Agustus. Ada juga Kids Carnival yang digelar 10 Agustus, disusul JFC Rhythm Artwear Carnival, dan Wonderful Archipelago Carnival Indonesia pada Minggu (12/8). Pada 9-12 Agustus, bergulir JFC International Exhibition.
 
"Rangkaian JFC-17 sendiri sangat panjang. Konsepnya beragam. Kami tetap sajikan yang terbaik, sebab JFC membidik peringkat pertama dunia. Makanya, beragam kreativitas dan inovasi ini terus dilakukan," ujar Presiden JFC Dynand Fariz.
 
Memiliki diversitas besar, JFC-17 akan menggelar international exhibition. Pameran ini akan menyajikan beragam benda pusaka dengan bahan baku meteorit. Beberapa pusaka meteorit yang bisa dinikmati wisatawan adalah Kujang, Pedang Garuda, hingga Pedang Naga yang diyakini ada kaitannya dengan Atlantis yang hilang.
 
Menggunakan bahan baku meteorit, beberapa pusaka memiliki berat dan panjang istimewa. Pusaka Kujang ini misalnya, memiliki berat 17 Kg dan panjang 145 Cm. Pusaka-pusaka tersebut menjadi warisan nusantara yang tidak ternilai harganya. Dynand melanjutkan, JFC-17 benar-benar tampil beda. Sajian karya seni dan budaya yang ditampilkan lebih berwarna.
 
"Pusaka-pusaka ini belum pernah dipamerkan di event manapun. Apa yang ditampilkan di JFC ini hanya sebagian kecil dari artefak nusantara yang ada. Untuk itu, ini moment yang cukup langka. Jadi pastikan datang ke JFC karena semuanya luar biasa," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sumsel Siap Bantu Jakarta Bersihkan Kali Item Jelang Asian Games 2018

Posted: 01 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gelaran laga Asian Games 2018 semakin dekat. Dua kota sebagai tuan rumah, yakni Jakarta dan Palembang, terus mengebut persiapan dan mempercantik diri. Baik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan maupun Gubernur Sumatera Selatan Alex Nurdin mengklaim kota mereka-lah yang paling siap menyambut Asian Games.

"Insyaallah siap 100 persen," kata Anies Baswedan di acara Mata Najwa, Rabu, 1 Agustus 2018 malam.

Alex Nurdin lantas menimpali, Palembang lebih dari siap dalam menyambut Asian Games 2018. "Kita lebih dari siap, lebih dari 100 persen," kata Alex.

Tak hanya soal kesiapan gelanggang dan transportasi. Alex mengatakan sungai-sungai dan penataan kota di Palembang juga sudah cantik.

Alex Noerdin pun menawarkan bantuan pada Pemprov DKI Jakarta untuk menjernihkan Kali Item di dekat Wisma Atlet, Kemayoran. Belakangan ini, Kali Item menjadi pusat perhatian hingga ke luar negeri jelang Asian Games 2018.

Anies yang mendengar tawaran dari Alex langsung menolak. Dia mengatakan tak mau Kali Item makin keruh. "Malah tambah keruh nanti, jamin tambah keruh," ucap Anies.

 

Takut Makin Keruh

Petugas Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta memasang waring di Kali Sentiong atau Kali Item, Tanjung Priok, Selasa (31/7). Pemprov DKI Jakarta menambah pemasangan waring sepanjang 100 m guna mengurangi bau tak sedap. (Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Mantan Mendikbud itu menyatakan Pemprov Sumatera Selatan sudah terbiasa berhadapan dengan sungai dan lingkungan yang bersih dan tidak ada pengalaman berhadapan dengan kali kotor di Jakarta. Itulah alasannya menolak bantuan Alex.

"Mereka tidak berpengalaman menghadapi sungai seperti (Kali Item) ini, berhadapannya dengan lingkungan yang bersih, nyaman, itu kurang menantang," ucap Anies. (Delvira Chaerani Hutabarat)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ramai Meme Ganjil Genap yang Bikin Geregetan

Posted: 01 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejak 1 Agustus 2018, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberlakukan kebijakan lalu lintas ganjil genap di sejumlah ruas jalan.

Hal inipun membuat reaksi beragam dari warganet. Ada yang setuju tetapi ada juga yang mengeluhkan berlakunya kebijakan ganjil genap justru membuat jalanan makin macet.

Ada pula warganet yang justru iseng membuat meme kocak tentang kebijakan ganjil genap yang baru berlaku dua hari ini.

Seperti apa, berikut adalah sejumlah meme tentang kebijakan ganjil genap yang beredar di internet.

1. Bolehkah ganti pelat?

Sebuah meme yang kocak tetapi juga menyindir ini seolah menegaskan, ada sejumlah pengguna kendaraan roda empat yang berpikiran untuk memiliki dua pelat nomor untuk mobilnya. Tujuannya tak lain adalah agar bisa melewati jalanan Jakarta. 

Meme ganjil genap (Foto: Instagram @rmoda.workshop)

2. Ganjil genap boleh diterapkan, asal...

Meme berikutnya menyebut kebijakan ganjil genap boleh saya diterapkan, asalkan jangan terlalu banyak gerbang tol yang ditutup. 

Meme ganjil genap (Foto: Twitter @hafi2008)

Ngeles

Polisi memberikan surat tilang kepada pengemudi mobil berpelat nomor genap di Jalan S Parman, Jakarta, Rabu (1/8). Polisi hari ini mulai memberlakukan sanksi tilang kepada pelanggar aturan di kawasan perluasan ganjil genap (Liputan6.com/Johan Tallo)

3. Tambahkan pelat nomor kendaraan

Meme lainnya yang juga lucu adalah saat seorang polisi memperingatkan kepada pengendara, bahwa hari itu hanya kendaraan berpelat genap yang boleh lewat.

Namun rupanya, si pengendara justru menjawab dengan menambahkan angka di pelat nomor kendaraannya. Hasilnya adalah nomor genap. 

Meme ganjil genap (Foto: Twitter @hafi2008)

 4. Selain pelat nomor, istri juga ganjil genap?

Ulah warganet yang satu ini sungguh nyeleneh. Dengan berlakunya kebijakan ganjil genap, orang harus punya dua kendaraan agar bisa lewat di jalan yang sama tiap hari.

Warganet yang satu ini malah membuat meme dua istri untuk ganjil genap. Jangan diikuti lho!

Meme ganjil genap (Foto: Instagram @kenzdenim)

Bayar Pajak Setengah

Kendaraan melintasi kawasan sistem ganjil genap di Jalan S Parman, Jakarta, Rabu (1/8). Pemprov DKI hari ini resmi memberlakukan sistem ganjil genap mulai pukul 06.00 WIB hingga 21.00 WIB setiap hari atau Senin hingga Minggu. (Liputan6.com/Johan Tallo)

5. Bayar pajak setengah

Ada-ada saja ulah warganet yang membuat meme berikut ini, menurutnya karena mobil hanya digunakan saat tanggal ganjil, ia meminta kebijaksanaan pemerintah untuk membayar pajaknya setengah saja. 

Meme ganjil genap (Foto: Instagram @bafarcarsitaliano)

6. Gara-gara ganjil genap

Warganet satu ini malah membuat meme kocak, menurutnya lebih baik membeli mobil bekas dibandingkan melanggar peraturan ganjil genap. 

Meme ganjil genap (Foto: Instagram @mobil88tebet)

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Nikita Mirzani Jalani Sidang Isbat dan Sidang Cerai

Posted: 01 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nikita Mirzani jalani sidang isbat di pengadilan agama Jakarta Selatan agar pernikahannya terdaftar dalam catatan sipil. Setelah itu, ia baru dapat mengajukan gugatan cerai.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Makin Stylish dengan Pilihan Denim Dress Berikut Ini

Posted: 01 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Denim tak selalu memberi kesan santai atau maskulin. Tapi, bahan denim mampu memberikan kesan santai sekaligus santai. Menginfusi denim ke dalam gaya busana harian tentu bukanlah hal yang sulit dilakukan. Bahkan, dengan denim Anda pun bisa sukses mencuri perhatian.

 

A post shared by Kensington Palace (@kensingtonroyal) on

 Hal tersebut terbukti dari penampilan Meghan Markle yang baru-baru ini terlihat chic dengan dress denim yang dikenakannya. Terkesan bold, dress denim ternyata bisa digunakan di ragam kesempatan. Penasaran inspirasi denim dress lainnya yang bisa menemani Anda di segala kesempatan? Simak berikut ini.

1. Aksi Ruffle

Simak inspirasi denim dress yang bisa jadi inspirasi tampilan gaya Anda. (Foto: StellaMcCartney)

Ruffle akan memberi kesan playful pada gaya Anda. Denim dress lansiran Stella McCartney ini bisa menjadi opsi busana yang tepat untuk menemani akhir pekan Anda.

2. Aksen Pita

Simak inspirasi denim dress yang bisa jadi inspirasi tampilan gaya Anda. (Foto: StellaMcCartney)

Aksen pita juga selalu berhasil memberi kesan feminin pada tampilan. Jika Anda sedang berencana untuk berlibur ke pantai, dress ini bisa jadi pilihan outfit menarik untuk Anda.

3. Back to classic

Simak inspirasi denim dress yang bisa jadi inspirasi tampilan gaya Anda. (Foto: StellaMcCartney)

Overall selalu menjadi opsi pas untuk tampil klasik. Padukan dengan kaos dan sepatu kets favorit untuk kembali membawa kenangan seru masa lalu lewat fashion.

4. Frayed Denim

Simak inspirasi denim dress yang bisa jadi inspirasi tampilan gaya Anda. (Foto: StellaMcCartney)

Denim tak selalu identik dengan warna biru saja. Namun, pilihan warna denim hitam bisa menjadi opsi tepat jika ingin digunakan untuk acara malam hari. Tambahkan aksesori yang berani agar gaya Anda semakin menarik.

5. Solid Dress

Simak inspirasi denim dress yang bisa jadi inspirasi tampilan gaya Anda. (Foto: StellaMcCartney)

Paduan beberapa warna menjadi aksi tersendiri dari gaun Anda. Tanpa perlu tambahan aksesori, dress ini sudah cukup dominan untuk tampil stylish dan menarik perhatian. Padukan dengan sepatu kitten heels, agar keseluruhan tampilan terlihat lebih chic.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Buka GIIAS 2018, Presiden Jokowi Jajal Mobil Pedesaan

Posted: 01 Aug 2018 09:56 PM PDT

Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi memberikan sambutan pada pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE BSD, Tangerang, Kamis (2/8). Adapun GIIAS 2018 mengambil tema Expand Ideas Beyond Mobility. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi memberikan sambutan pada pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE BSD, Tangerang, Kamis (2/8). Adapun GIIAS 2018 mengambil tema Expand Ideas Beyond Mobility. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto menerima cendera mata dari Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi pada pembukaan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE BSD, Tangerang, Kamis (2/8). (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto menerima cendera mata dari Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi pada pembukaan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE BSD, Tangerang, Kamis (2/8). (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto memberikan sambutan pada pembukaan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE BSD, Tangerang, Kamis (2/8). GIIAS 2018 mengambil tema Expand Ideas Beyond Mobility. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto memberikan sambutan pada pembukaan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE BSD, Tangerang, Kamis (2/8). GIIAS 2018 mengambil tema Expand Ideas Beyond Mobility. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Presiden Joko Widodo memberikan sambutan pada pembukaan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE BSD, Tangerang, Kamis (2/8). Ada 40 kendaraan baru dan konsep yang akan dirilis di panggung GIIAS 2018. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Presiden Joko Widodo memberikan sambutan pada pembukaan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE BSD, Tangerang, Kamis (2/8). Ada 40 kendaraan baru dan konsep yang akan dirilis di panggung GIIAS 2018. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Presiden Joko Widodo memberikan sambutan pada pembukaan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE BSD, Tangerang, Kamis (2/8). Ada 40 kendaraan baru dan konsep yang akan dirilis di panggung GIIAS 2018. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Presiden Joko Widodo memberikan sambutan pada pembukaan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE BSD, Tangerang, Kamis (2/8). Ada 40 kendaraan baru dan konsep yang akan dirilis di panggung GIIAS 2018. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto meninjau pameran seusai membuka Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE BSD, Tangerang, Kamis (2/8). (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto meninjau pameran seusai membuka Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE BSD, Tangerang, Kamis (2/8). (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Presiden Joko Widodo, Menperin Airlangga Hartarto dan Presdir PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto meninjau Alat Mekanis Multiguna Pedesaan alias mobil desa pada pembukaan GIIAS 2018 di ICE BSD, Tangerang, Kamis (2/8). (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Presiden Joko Widodo, Menperin Airlangga Hartarto dan Presdir PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto meninjau Alat Mekanis Multiguna Pedesaan alias mobil desa pada pembukaan GIIAS 2018 di ICE BSD, Tangerang, Kamis (2/8). (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Presiden Jokowi, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi meninjau pameran pada pembukaan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE BSD, Tangerang, Kamis (2/8).  (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Presiden Jokowi, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi meninjau pameran pada pembukaan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE BSD, Tangerang, Kamis (2/8). (Liputan6.com/Fery Pradolo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Terbitkan Perpres Rencana Induk Transportasi Jabodetabek

Posted: 01 Aug 2018 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2018 tentang Rencana Induk Transportasi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi Tahun 2018-2029.

Terbitnya aturan ini dengan pertimbangan bahwa sistem transportasi wilayah perkotaan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) sebagai bagian dari sistem transportasi nasional yang mempunyai peran yang strategis dalam mendukung pembangunan nasional.

Pemerintah memandang perlu perencanaan, pembangunan, pengembangan, pengelolaan, pengawasan, dan evaluasi sistem transportasi yang terintegrasi, efektif, efisien, dan terjangkau masyarakat. 

"Rencana Induk Transportasi Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi yang selanjutnya disebut RIT Jabodetabek ini tercantum dalam lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Presiden ini," bunyi Pasal 2 ayat 2 Perpres yang ditandatangani presiden 20 Juli 2018, seperti mengutip laman Sekretariat Kabinet, Kamis (2/8/2018).

RIT Jabodetabek, menurut Perpres ini, merupakan pedoman bagi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam perencanaan pembangunan, pengembangan, dan pengelolaan, serta pengawasan dan evaluasi transportasi di wilayah perkotaan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Pemerintahah Daerah sebagaimana dimaksud meliputi: pemprov DKI Jakarta, Pemprov Jawa Barat, Pemprov Banten, Pemkot Bogor, Pemkab Bogor, Pemkot Depok, Pemkot Tangerang, Pemkot Tangerang Selatan, Pemkab Tangerang, Pemkot Bekasi dan Pemkab Bekasi.

Pelaksanaan RIT Jabodetabek itu terdiri atas,  tahap I tahun 2018-2019, tahap II tahun 2020-2024 dan tahap III tahun 2025-2029.

 

Rencana Aksi dan Evaluasi

Ilustrasi transportasi Jabodetabek. (Merdeka.com/ Iqbal S. Nugroho)

Dalam Perpres menyebutkan jika setiap Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah sesuai dengan kewenangannya harus menyusun rencana aksi sebagai tindak lanjut pelaksanaan RIT Jabodetabek yang paling sedikit memuat, waktu pelaksanaan. pendanaan dan mekanisme penyelenggaraan.

"Penyusunan rencana aksi sebagaimana dimaksud harus berkoordinasi dengan Badan Pengelola Transportasi Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang, dan Bekasi, dan mengacu pada RIT Jabodetabek," bunyi Pasal 4 ayat (3) Perpres ini.

Pelaksanaan RIT Jabodetabek, menurut PP ini, dilakukan oleh Kementerian/Lembaga, dan/atau Pemerintah Daerah sesuai dengan kewenangannya, serta dapat melibatkan badan usaha.

Sedangkan Menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang transportasi, tegas Perpres ini, dapat memberikan fasilitasi teknis, pembiayaan, dan/atau manajemen berupa proses penyusunan studi kelayakan, rencana teknis, rencana teknis, dan pembangunan dalam rangka: a. peningkatan penyediaan pelayanan angkutan umum perkotaan; b. pengembangan serta peningkatan sarana dan prasarana; dan c. pelaksanaan manajemen permintaan lalu lintas.

"Dalam rangka pelaksanaan RIT Jabodetabek, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah mendukung proses kemudahan perizinan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," bunyi Pasal 6 Perpres ini.

Evaluasi

Menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang transportasi, menurut Perpres ini, melakukan evaluasi terhadap RIT Jabodetabek, yang dilakukan 1 kali dalam 5 tahun.

Aturan ini juga menegaskan, dalam hal evaluasi berupa rekomendasi untuk melakukan perubahan terhadap RIT Jabodetabek, menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang transportasi melaporkan hasil evaluasi tersebut kepada Presiden.

"Peraturan Presiden ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan," bunyi Pasal 14 Peraturan Presiden Nomr 55 Tahun 2016, yang telah diundangkan oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly pada 20 Juli 2018.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sarri Bakal Sering Mainkan Pemain Muda Chelsea

Posted: 01 Aug 2018 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Chelsea Maurizio Sarri, terkesan dengan penampilan pemain muda Callum Hudson-Odoi yang baru berusia 17 tahun. Eks arsitek Napoli berjanji akan memberikan kesempatan kepada Hudson-Odoi main di tim senior The Blues.

Hudson-Odoi sempat melakoni laga debutnya di Premier League pada bulan Januari kemarin, dan sempat tampil sekali lagi pada musim lalu. Ia juga memegang peranan penting dalam perjalanan Inggris di Piala Dunia U-17 beberapa waktu lalu. 

Baru-baru ini, ia sukses menarik perhatian penggemar dengan penampilannya dalam laga kontra Arsenal di International Champions Cup. Bahkan pergerakannya sampai membuat bek The Gunners, Hector Bellerin, menjatuhkannya di kotak penalti.

Penampilannya dalam laga melawan Arsenal itu membuat Sarri, yang baru menduduki kursi kepelatihan Chelsea bulan lalu, langsung terpikat kepadanya. Pria berumur 59 tahun itu mengatakan bahwa dirinya akan memberi tempat untuk Hudson-Odoi di tim utama.

"Hudson-Odoi adalah pemain yang sangat muda. Kami masih harus menunggu," ujar Sarri kepada wartawan usai pertandingan, seperti yang dikutip dari Goal.

"Di masa depan dia akan menjadi pemain yang sangat, sangat kuat pastinya. Dia akan tinggal bersama kami [di tim utama] di sepanjang musim," lanjutnya.

Morata

Pelatih baru Chelsea, Maurizio Sarri berpose dengan jersey tim usai konferensi pers di Stamford Bridge di London (18/7). Pria Italia 59 ini resmi menjadi manajer Chelsea selama tiga musim. AP Photo/Kirsty Wigglesworth)

Selain Hudson-Odoi, performa Alvaro Morata juga mencuri perhatian banyak orang. Tetapi bukan karena penampilan apik, namun karena kesulitannya dalam mencetak gol di sepanjang pertandingan.

Walaupun demikian, Sarri mengatakan bahwa dirinya tidak khawatir dengan kondisi Morata. Ia menganggap eks penggawa Juventus tersebut merasa letih setelah sesi latihan yang intens.

"Saya tidak tahu apakah ia memiliki kepercayaan diri yang rendah. Mungkin dirinya merasa berat dalam tiga hari terakhir, intens, jadi mungkin pada pertandingan ini dia sedikit kelelahan. Saya tidak khawatir dengan Morata," pungkasnya.

Setelah ini, Chelsea akan bertolak kembali ke Inggris untuk melakoni persiapan jelang laga Community Shield akhir pekan nanti. Pada pertandingan tersebut, mereka akan berhadapan dengan juara Premier League, Manchester City.

Sumber Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri Yasonna: Bandara Soetta Siap Terima 17.194 Kontingen Asian Games

Posted: 01 Aug 2018 09:47 PM PDT

Liputan6.com, Tangerang - Ketua Inasgoc Erick Tohir dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) di Kota Tangerang. Yasonna memastikan Bandara Soetta sudah siap menerima 17.194 kontingen Asian Games 2018.

"Hasil sidak kami hari ini di Terminal 3 Bandara Soetta, secara keseluruhan dipastikan bandara ini sudah siap menerima para tamu Asian Games," tutur Menteri Yasonna, Kamis (2/8/2018).

Hasil tersebut setelah pihaknya bersama Inasgoc, mengecek alur kedatangan dan keberangkatan yang akan dilalui official dan atlet Asian Games. Seperti di pintu pemeriksaan atau x-Ray, lanjut ke area konter Imigrasi.

"Tadi kami lihat untuk area konter Imigrasi akan diaktifkan 32 kedatangan dan 32 kepulangan. Itu di luar untuk WNI akan ada konter sendiri atau auto gate, jadi tidak akan tabrakan," ungkap Yasonna.

Lanjut ke area akreditasi, nantinya para official dan atlet akan divalidasi ulang identitas. Sebab, Inasgoc dari jauh hari sudah memegang data 17.194 peserta dari masing-masing negara.

Barulah para peserta Asian Games ini diarahkan keluar pintu Terminal 3 dengan dibuatkan jalur khusus 'Asian Games Line'. Dengan begitu, tidak tercampur dengan pengunjung atau calon penumpang Bandara Soekarno Hatta lainnya.

"Barulah disambut dengan bus yang sudah disiapkan untuk mengangkut para peserta (Asian Games) ini," kata Yasonna.

Yasonna mengaku semua sudah sesuai dengan alur yang direncanakan sebelumnya. Sehingga, bandara yang dijadikan sebagai beranda terdepan dan terakhir dipastikan sudah siap menerima para tamu.

"Itu teorinya, tapi semua kesuksesan akan terlaksana dengan baik bila ada kordinasi yang baik antar semua pihak," ujar Yasonna.

Kompak

Yasonna pun menyoroti kekompakan Komunitas Bandara Soekarno-Hatta (Kombata) dalam persiapan Asian Games ini. "Kompak banget, tadi saja apel gelar pasukan yang datang 970 personel," ujarnya.

Mulai dari Imigrasi, APII, Karantina, Basarnas, Avsec, security gabungan, TNI/POLRI, dan para maskapai penerbangan. "Saya dapat bocoran, tiap hari itu total yang bertugas ada 10 ribu orang di Bandara ini, jadi kami tambah yakin persiapan di Soekarno-Hatta akan semakin baik," Yasonna memungkas.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Adu Penalti, Juventus Berhasil Taklukkan MLS All Star

Posted: 01 Aug 2018 09:45 PM PDT

Suasana pertandingan antara Juventus melawan MLS All-Stars di Mercedes-Benz Stadion, Atlanta, Georgia (1/8). Juventus berhasil mengalahkan MLS All-Stars lewat drama adu penalti 5-3. (AFP Photo/Kevin C. Cox)

Suasana pertandingan antara Juventus melawan MLS All-Stars di Mercedes-Benz Stadion, Atlanta, Georgia (1/8). Juventus berhasil mengalahkan MLS All-Stars lewat drama adu penalti 5-3. (AFP Photo/Kevin C. Cox)

Bek  Juventus, Mattia De Sciglio melakukuan tendangan penalti saat bertanding melawan MLS All-Stars selama MLS All-Star Game 2018 di Mercedes-Benz Stadion, Atlanta, Georgia (1/8). Juventus menang 5-3. (AFP Photo/Kevin C. Cox)

Bek Juventus, Mattia De Sciglio melakukuan tendangan penalti saat bertanding melawan MLS All-Stars selama MLS All-Star Game 2018 di Mercedes-Benz Stadion, Atlanta, Georgia (1/8). Juventus menang 5-3. (AFP Photo/Kevin C. Cox)

Pemain Juventus, Stefano Beltrame berebut bola dengan pemain MLS All-Stars Michael Parkhurst saat bertanding pada MLS All-Star Game 2018 di Mercedes-Benz Stadion, Atlanta, Georgia (1/8). Juventus menang 5-3. (AFP Photo/Kevin C. Cox)

Pemain Juventus, Stefano Beltrame berebut bola dengan pemain MLS All-Stars Michael Parkhurst saat bertanding pada MLS All-Star Game 2018 di Mercedes-Benz Stadion, Atlanta, Georgia (1/8). Juventus menang 5-3. (AFP Photo/Kevin C. Cox)

Pemain MLS All-Stars Alberth Elis berebut bola dengan pemain Juventus Pietro Beruatto saat bertanding pada MLS All-Star Game 2018 di Mercedes-Benz Stadion, Atlanta, Georgia (1/8). Juventus menang 5-3. (AFP Photo/Kevin C. Cox)

Pemain MLS All-Stars Alberth Elis berebut bola dengan pemain Juventus Pietro Beruatto saat bertanding pada MLS All-Star Game 2018 di Mercedes-Benz Stadion, Atlanta, Georgia (1/8). Juventus menang 5-3. (AFP Photo/Kevin C. Cox)

Kiper MLS All-Stars Zack Steffen usai pertandingan melawan Juventus pada MLS All-Star Game 2018 di Mercedes-Benz Stadion, Atlanta, Georgia (1/8). Juventus berhasil mengalahkan MLS All-Stars lewat drama adu penalti 5-3. (AFP Photo/Kevin C. Cox)

Kiper MLS All-Stars Zack Steffen usai pertandingan melawan Juventus pada MLS All-Star Game 2018 di Mercedes-Benz Stadion, Atlanta, Georgia (1/8). Juventus berhasil mengalahkan MLS All-Stars lewat drama adu penalti 5-3. (AFP Photo/Kevin C. Cox)

Pemain Juventus berselebrasi setelah memenangkan pertandingan melawan MLS All-Stars selama MLS All-Star Game 2018 di Mercedes-Benz Stadion, Atlanta, Georgia (1/8). Juventus menang 5-3. (AFP Photo/Kevin C. Cox)

Pemain Juventus berselebrasi setelah memenangkan pertandingan melawan MLS All-Stars selama MLS All-Star Game 2018 di Mercedes-Benz Stadion, Atlanta, Georgia (1/8). Juventus menang 5-3. (AFP Photo/Kevin C. Cox)

Pemain MLS All-Stars Tyler Adams berebut bola dengan pemain Juventus Sami Khedira saat bertanding pada MLS All-Star Game 2018 di Mercedes-Benz Stadion, Atlanta, Georgia (1/8). Juventus menang 5-3. (AFP Photo/Kevin C. Cox)

Pemain MLS All-Stars Tyler Adams berebut bola dengan pemain Juventus Sami Khedira saat bertanding pada MLS All-Star Game 2018 di Mercedes-Benz Stadion, Atlanta, Georgia (1/8). Juventus menang 5-3. (AFP Photo/Kevin C. Cox)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hari ke-4 Usai Gempa, Kegiatan Sekolah di Lombok Terganggu

Posted: 01 Aug 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Lombok - Dahsyatnya gempa yang mengguncang di Lombok, Nusa Tenggara Barat, masih terlihat jelas sejumlah bangunan yang rusak parah, seperti sekolah dan rumah ibadah.

Kegiatan belajar mengajar belum tampak di SMP Negeri 3 Sambelia, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, di hari keempat pasca-gempa bumi.

Selain itu, warga mengaku senang terkait rencana bantuan uang perbaikan rumah sebesar 50 juta per unit oleh pemerintah.

Simak berita selengkapnya di Liputan6 Siang SCTV, Kamis (2/8/2018), di tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

JK Sebut Kemajuan Jakarta Tak Diimbangi Infrastruktur

Posted: 01 Aug 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menuturkan, infrastruktur penting bagi pembangunan negara. Hal itu disampaikan JK saat membuka lokakarya pembangunan insfratruktur melalui kerja sama pemerintah dengan badan usaha di Kantor Wapres, Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (2/8/2018).

"Masalah infrastruktur di Indonesia tentu masalah yang sangat penting. Tapi infrastruktur itu di mana pun penting. Di Amerika pun terjadi kelesuan ekonomi, maka yang dibangun infrastruktur," kata JK saat membuka lokakarya. 

Dia memberikan contoh kemacetan Jakarta yang tidak diimbangi dengan infrastruktur. Menurut dia, kemacetan adalah bentuk dari kemajuan negara, tetapi hal tersebut tidak diimbangi pembangunan. 

"Di negara-negara kita yang pembangunan infrastrukturnya mengalami kelambatan serta ciri-cirinya di Jakarta macet terus. Kemacetan itu adalah kemajuan, tapi tidak dilengkapi dengan infrastruktur itu contoh paling sederhana," papar JK. 

Kemudian, JK juga meminta pihak swasta juga bisa membantu infrastruktur di Indonesia. Dia meminta pihak swasta tidak tebang pilih dalam memilih proyek.  "Sehingga swasta harus ikut serta," kata JK.

Selanjutnya, Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Sri Adiningsih mengatakan acara tersebut diharapkan dapat mencari pola pembiayaan. Hal tersebut bertujuan agar pembangunan infrastruktur di Indonesia lebih baik. 

"Agar bisa menemukan pola pembiayaan yang baru sifatnya PPP ataupun semacam itu yang tak membebani APBN dan mendapat masukan dari berbagai stakeholder dari berbagai bidang, baik peraturan, bentuk kelembagaan ataupun penerapannya supaya efektif," ungkap Sri.

 

Reporter: Intan Umbari

Sumber: Merdeka.com

 

Infrastruktur Jadi Kunci Indonesia Hadapi Perang Dagang

Suasana sepi terlihat di proyek Light Rail Transit (LRT) Jabodebek lintas pelayanan dua rute Cawang-Dukuh Atas di kawasan Kuningan, Jakarta, Senin (18/6). Seluruh proyek infrastruktur masih ditinggal mudik para pekerja. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, dunia kini tengah sibuk mengantisipasi dampak dari sikap Amerika Serikat (AS) yang menarik bea masuk terhadap beberapa barang dari China. Negara Tirai Bambu pun membalas langkah AS.

Situasi perang dagang ini dinilai akan sangat mengganggu jalannya perekonomian global, khususnya bagi negara-negara berkembang seperti Indonesia.

Ekonom yang juga Senior Equity Strategist DBS Group Research, Joanne Goh Sore Chin, mengatakan infrastruktur merupakan kunci bagi Indonesia dan negara berkembang lainnya untuk bisa bertahan dari panasnya situasi ekonomi dunia tersebut.

"Jika suatu negara ingin sebuah kegiatan ekonomi bisa berlangsung 24 jam 7 hari sepekan, 30 hari sebulan, saya pikir modal utamanya adalah infrastruktur, yang mana dalam waktu dekat ini pemerintah Indonesia juga gencar melakukannya. Itu adalah salah satu moda utama," ucap dia di Marina Business Financial Centre Tower 3, Singapura, Kamis, 12 Juli 2018.

Faktor lainnya, ia menambahkan, adalah bagaimana negara bisa membenahi sektor-sektor bisnis seperti logistik dan transportasi.

Menurut dia, kegiatan bisnis tersebut bisa berjalan dengan baik bilamana infrastruktur yang tersedia pun bagus.

"Jadi, lagi-lagi infrastruktur adalah salah satu hal yang paling harus dipertimbangkan, karena pembangunan infrastruktur itu imbasnya akan berdampak untuk jangka panjang," kata dia.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Greysia Polii / Apriyani Rahayu Melenggang ke 8 Besar Kejuaraan Dunia

Posted: 01 Aug 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Nanjing - Greysia Polii/Apriyani Rahayu melaju ke babak delapan besar Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2018. Ganda putri Indonesia ini menyingkirkan pasangan Malaysia Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean.

Babak 16 besar Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis berlangsung di Nanjing Olympic Sports Centre, Tiongkok, Kamis (2/8/2018).

Greysia Polii/Apriyani Rahayu tanpa kesulitan menghadapi Chow Mei/Lee Meng. Peringkat enam dunia BWF ini menang mudah dalam dua set langsung.

Pada laga ini, Greysia Polii/Apriyani Rahayu menang 21-18 dan 21-13.

Di babak delapan besar Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2018, Greysia Polii/Apriyani Rahayu akan menghadapi pasangan asal Tiongkok, Chen Qingchen/Jia Yifan, yang merupakan unggulan pertama.

Target 1 Gelar

Ganda putri Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

PBSI hanya menargetkan satu gelar di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis tahun ini. Tahun lalu, Indonesia memenangkan satu gelar melalui ganda campuran, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

"Target kami satu gelar, harapannya bisa lebih dari satu. Kami tidak memfokuskan pasti dari ganda putra, bisa dari sektor mana saja. Tapi kalau peluang memang paling besar dari ganda putra, ganda campuran juga berpeluang, begitu juga ganda putri," kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Susi Susanti.

Jadwal Wakil Indonesia

Rizki Amelia Pradipta/Della Destiara Haris [8] vs [16] Chayanit Chaldchalam/Phataimas Meunwong (Thailand)

Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi Istarani [14] vs Shin Seung Chan (Korea Selatan)

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon [1] vs [10] Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov (Rusia)

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto [9] vs [5] Takeshi Kamura/Keigo Sonoda (Jepang)

Berry Angriawan/Hardianto [15] vs [7] Takuto Inoue/Yuki Kaneko (Jepang)

Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja [12] vs [1] Zheng Siwei/Huang Yaqjong (Tiongkok)

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti [13] vs [3] Tang Chun Man/Tse Ying Suet (Hong Kong)

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jessica Iskandar Tunggu Richard Kyle Nyatakan Cinta?

Posted: 01 Aug 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nama Jessica Iskandar dan Richard Kyle sedang jadi sorotan. Keduanya disebut-sebut memiliki hubungan lebih dari sekadar teman.

Kepada awak media, Jessica Iskandar membantah gosip tersebut. Ibu satu anak itu mengatakan bahwa saat ini hubungannya dengam Richard Kyle masih berstatus sebagai teman dekat.

Walau begitu, tak dimungkiri bahwa Jessica Iskandar menaruh rasa kagum pada sosok pria 30 tahun tersebut. Ia menilai Richard Kyle memiliki sifat dan kepribadian yang baik.

Dengan hubungan yang sudah terjalin sedekat itu, apakah tak ada keinginan di benak Jessica Iskandar untuk menjadi kekasih Richard Kyle?

Tunggu Richard Kyle

Richard Kyle, cowok yang dikabarkan dekat dengan Jessica Iskandar. (Foto: instagram.com/richo_kyle)

"Rencana serius? Kita berteman aja dulu. Kalau rencana, tanya cowoknya aja biar lebih jelas," ucapnya di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Rabu (1/8/2018).

Jawaban bintang film Dealova ini lantas membuat penasaran, apakah hingga detik ini pria kelahiran Australia itu belum mengutarakan perasaannya?

Terima Apa Adanya

(Instagram/musefoto)

"Ya, kan kita niatnya kan dari awal bertemen dulu," katanya sembari tersipu-sipu.

Pahitnya kisah cinta di masa lalu membuat Jessica Iskandar berhati-hati memilih pasangan.

"Kan belajar dari pengalaman yang dulu. Enggak mau jatuh untuk kedua kali. Jadi kalau bisa ya dia harus bisa nerima aku kan. Karena sekarang aku udah paketan. Sudah ada anak," tandasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Moeldoko Tawari Politikus Nasdem Syahrul Yasin Limpo Jabatan di KSP

Posted: 01 Aug 2018 09:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) dua periode, Syahrul Yasin Limpo akan masuk ke lingkaran Kantor Staf Kepresidenan (KSP). Informasi itu diungkapkan Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi Kantor Staf Presiden, Ali Mochtar Ngabalin.

"Tentu akan ditempatkan sesuai dengan pengalamannya, bidangnya, pengetahuannya. Jadi Pak Syahrul tidak dalam posisi menggantikan siapa-siapa di KSP," kata Ngabalin saat dihubungi merdeka.com, Kamis (2/8/2018).

Ia menyebut, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko yang meminta Syahrul untuk bergabung. Moeldoko mengirim surat tawaran jabatan kepada Syahrul melalui Ngabalin pada Rabu (1/8/2018) kemarin.

"Saya yang membawa surat dari Pak Moeldoko ke Makassar. Ya yang pasti surat itu sudah ada beberapa hari lalu," ujar dia.

Menurut Ngabalin, politikus Nasdem itu memiliki pengalaman serta ilmu yang sangat baik dalam pemerintahan. Syahrul mampu memegang tampuk kekuasaan di Sulawesi Selatan sejak 2008 sampai 2018.

 

Pertimbangan

Syahrul juga saat ini menjadi Komandan Komando Strategi NasDem (Kostranas). Hal itu yang menjadi pertimbangan Syahrul dianggap layak masuk ke KSP.

"Pak Syahrul kan orangnya cerdas, punya pengalaman yang panjang, punya perspektif ilmu pemerintahan baik pengalaman dan empirisnya itu kan sangat memenuhi persyaratan (untuk masuk ke KSP)," ujar Ngabalin.

Ngabalin berharap Syahrul segera berkomunikasi dengan para pimpiman Partai NasDem perihal tawaran jabatan dari KSP. Syahrul pernah menjadi kader Golkar sebelum akhirnya berlabuh di Nasdem. 

Semakin cepat ditanggapi tawaran tersebut, kata Ngabalin, maka akan semakin baik bagi pemerintah. "Jangan lama, kalau bisa secepatnya toh," kata dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wapres Mike Pence Terima 55 Bagian Jenazah Tentara AS dari Korea Utara

Posted: 01 Aug 2018 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Honolulu - Dalam sebuah upacara penyambutan emosional dan serius, bagian dari puluhan jasad tentara Amerika Serikat (AS) yang diduga korban Perang Korea telah dikawal perjalanannya dari Korea Utara ke Hawaii pada Rabu, 1 Agustus 2018.

Kepulangan 55 peti jenazah itu merupakan perwujudan salah satu komitmen hasil pertemuan antara Donald Trump dan Kim Jong-un pada 12 Juni lalu di Singapura.

Militer AS yakin tulang belulang itu adalah pasukan AS dan prajurit potensial dari negara-negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) lainnya, yang bertempur bersama atas nama Korea Selatan selama perang di Semenanjung Korea pada 1950-an.

Dikutip dari Time.com, Kamis (2/8/2018), analisis mendalam dan proses identifikasi akan segera dimulai pada pekan depan.

"Beberapa orang menyebut Perang Korea sebagai 'perang terlupakan.' Tetapi hari ini, kami membuktikan bahwa para pahlawan ini tidak pernah dilupakan," kata Wakil Presiden AS Mike Pence dalam sebuah upacara resmi di Honolulu, Rabu siang.

"Hari ini, anak-anak kita pulang," kata dia dengan nada emosional.

Satu peti jenazah didampingi oleh seorang anggota Marinir, pelaut, tentara, dan pilot. Masing-masing peti diangkat dengan perlahan memasuki sebuah hanggar besar di pangkalan militer AS di negara bagian Hawaii.

Wapres Pence menyambut kedatangan 55 peti jenazah dari Korea Utara itu seraya meletakkan tangan kanannya di dada kiri. Turut hadir mendampinginya, Komandan Komando Indo-pasifik Phil Davidson, yang sama-sama memberi salam hormat dengan khidmat.

Beberapa tamu yang diundang, menurut pengamatan media, terlihat menyeka air mata mereka selama prosesi penurunan seluruh peti jenazah dari dalam pesawat.

Menurut sejarah, 16 negara anggota PBB bergabung dengan pasukan AS atas nama Korea Selatan, selama berlangsungnya Perang Korea pada 1950-1953. Beberapa di antara mereka, termasuk Australia, Belgia, Prancis, dan Filipina, belum mendapatkan kembali jasad pasukannya yang gugur di medan pertempuran.

Menteri Pertahanan AS, Jim Mattis, mengatakan beberapa sisa jenazah pasukan terkait, kemungkinan benar-benar hilang, alias tidak bisa diidentifikasi sedikit pun.

Pekan lalu, ia mengatakan bahwa kembalinya sisa jenazah itu adalah langkah positif dari hasil pertemuan pemimpin AS dan Korea Utara. Namun, ini bukan jaminan bahwa tulang belulang di dalamnya adalah milik prajurit Negeri Paman Sam.

 

Simak video pilihan berikut:

Harapan Keluarga Korban Perang Korea

Pasukan PBB memeriksa peti mati tentara AS yang tewas dalam Perang Korea di Pangkalan Udara Osan, Pyeongtaek, Korea Selatan, Rabu (1/8). Jenazah tentara AS tersebut didatangkan dari Korea Utara beberapa waktu lalu. (Jung Yeon-je/Pool/AFP)

Korea Utara mulai menyerahkan bagian dari jasad prajurit Amerika Serikat sejak pekan lalu. Sebuah pesawat militer Negeri Paman Sam telah diterbangkan secara khusus untuk menjemput sekitar 55 peti jenazah.

Hanwell Kaakimaka, keponakan seorang prajurit AS bernama John Kaakimaka, berharap bahwa salah satu dari sisa jenazah yang dikirim tersebut adalah benar pamannya.

"Kami telah menonton berita, dan berharap paman saya berada di antara bagian jenazah itu," dia berharap.

Menurut Kaakimaka, pamannya merupakan seorang tentara yang berasal dari Honolulu. Saat berlangsungnya Perang Korea, ia menjabat sebagai kopral di Resimen Infantri ke-31 dari Divisi Infantri 7 Angkatan Darat AS. Dia hilang pada atau sekitar 2 Desember 1950.

Menurut penuturan cerita ayah Kaakimaka, sang paman terluka di medan perang, dan tengah berada dalam tenda perawatan ketika pasukan China --yang menjadi sekutu Korea Utara-- datang menyerang. Setelahnya, tidak terdengar lagi kabar tentangnya hingga saat ini.

Keluarga Kaakimaka memberikan contoh DNA sang prajurit ke lembaga catatan militer AS lebih dari satu dekade lalu, dan berharap otoritas terkait bisa menemukan kecocokannya.

Lembaga catatan militer, atau yang bernama resmi Defense POW/MIA Accounting Agency, memiliki wewenang untuk mengidentifikasi bagian dari jasad prajurit yang tewas dalam konflik masa lalu.

Proses identifikasi ini biasanya menggunakan tulang, gigi dan DNA untuk mengetahui kecocokan DNA dengan sisa barang yang ditemukan, seperti seragam, kalung nama, dan cincin nikah. Namun, Korea Utara hanya menyertakan sebuah tanda pengenal saja dalam salah satu dari 55 peti jenazah yang diserahkan pekan lalu.

Sebelum bagian dari jenazah itu ditempatkan di pesawat militer yang terbang menuju Hawaii, ratusan tentara AS dan Korea Selatan berkumpul di sebuah hanggar terbuka di pangkalan militer Osan untuk melakukan upacara pemulangan.

5.300 Tentara Meninggal di Korea Utara

Tentara Amerika Serikat (AS) memberi hormat kepada kendaraan yang mengangkut 55 jenazah tentara AS yang tewas dalam Perang Korea pada tahun 1950-1953 di Pangkalan Udara Osan, Pyeongtaek, Korea Selatan, Jumat (27/7). (Kim Hong-Ji/Pool Photo via AP)

Proses pemulangan jenazah tentara tersebut merupakan terobosan dari tertundanya selama bertahun-tahun, upaya mendapatkan hak atas prajurit AS dan Sekutu yang gugur di Perang Korea.

Sejauh ini terdapat 7.699 anggota militer AS yang terdaftar dari tidak terhitungnya jumlah tentara negara itu dengan Sekutu, yang terlibat dalam perang selama periode 195-53 di Semenanjung Korea.

Setidaknya 5.300 tentara diyakini telah meninggal di Korea Utara, sedangkan sisanya meninggal di Selatan tapi belum teridentifikasi penuh, mereka yang tewas dalam kecelakaan tempur udara dan laut, serta sejumlah jasad yang diyakini telah dibawa ke China.

Kembalinya sisa jasad tersebut adalah bagian dari kesepakatan yang dicapai selama pertemuan puncak antara Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, pada 12 Juni 2018, di Singapura.

Selama berlangsungnya KTT, Kim Jong-un juga setuju untuk "berkomitmen menuju denuklirisasi penuh di Semenanjung Korea", sebagai imbalan janji pencabutan sanksi oleh pemerintahan Donald Trump.

Di sisi lain, Presiden Trump kemudian menghentikan latihan militer tahunan dengan Korea Selatan, yang telah lama disebut Korea Utara sebagai latihan invasi.

Korea Utara juga menunjukkan komitmen berupa penghentian total uji coba senjata pemusnah, menutup situs uji coba nuklirnya, dan mulai membongkar fasilitas di lokasi peluncuran roketnya.

Akan tetapi, banyak ahli mengatakan apa yang dilakukan oleh Korea Utara bukanlah langkah serius, yang bisa menunjukkan negara itu tulus tentang denuklirisasi.

Beberapa ahli mengatakan bahwa Pyongyang kemungkinan ingin menggunakan "strategi timbali balik tawanan", untuk menjaga diplomasi dengan Amerika Serikat tetap hidup dan memenangi konsesi atasnya.

Para ahli mengatakan, Korea Utara menginginkan deklarasi berakhirnya Perang Korea sebagai bagian dari jaminan keamanan AS.

Gencatan senjata yang mengakhiri Perang Korea belum digantikan dengan perjanjian perdamaian, meninggalkan semenanjung itu dalam keadaan perang teknis. Korea Utara dengan gigih menyatakan bahwa senjata nuklirnya dimaksudkan untuk menetralkan dugaan rencana AS untuk menyerangnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelarian Singkat Pembunuh Mantan Kepala SMAN 1 Makassar

Posted: 01 Aug 2018 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Makassar - Tim Resmob Polda Sulawesi Selatan berhasil meringkus pelaku pembunuhan mantan Kepala Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Makassar Zakaruddin (57), yang melarikan diri ke Provinsi Sulawesi Barat, pada Rabu, 1 Agustus 2018.

"Penangkapan itu kurang dari sepekan," ujar Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Dicky Sondani di Makassar, dilansir Antara.

Ia mengatakan tersangka pembunuhan yakni Abd Nasir Umar alias Dado (58), warga Jalan Abdullah Dg Sirua, Makassar. Ia diamankan oleh anggota tim gabungan Resmob Polda Sulsel dan Resmob Polsek Panakkukang.

Dicky menyatakan antara pelaku dan korban pembunuhan masih memiliki hubungan kekerabatan karena masih bersaudara ipar. Hingga kini, baik polisi maupun kerabat dekat keduanya belum mengetahui motif pembunuhan itu.

"Pelaku masih dalam perjalanan ke Makassar dan motif pembunuhan itu sendiri belum kami ketahui. Nanti setelah interogasi, baru diketahui apa yang melatari pembunuhannya," katanya.

Dia mengungkapkan pembunuhan terjadi pada Sabtu, 28 Juli 2018, pukul 10.30 Wita. Korban Zakaruddin meninggal dunia setelah dianiaya menggunakan besi batangan yang dipukulkan ke kepalanya, kaki, tangan dan mukanya.

Selain membunuh iparnya, Nasir juga melukai dua keponakannya yakni Muh Ilham (24) dan Muh Reky (17). Keduanya kini mengalami luka-luka setelah dihantam besi batangan karena berusaha melerai.

"Kedua anak korban ini dipukul karena melerai perkelahian dan setelah kejadian baru melaporkan ke Polsek Panakkukang," ucapnya.

Berdasarkan informasi, Zakaruddin pernah menjabat Kepsek di SMAN 4 Makassar pada 2005-2006, Kepsek di SMAN 17 Makassar, dan Kepala SMAN 1 Makassar.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Teknik Pijat Ini Ampuh Lancarkan dan Perbanyak ASI

Posted: 01 Aug 2018 09:30 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Demi melancarkan dan meningkatkan produksi Air Susu Ibu (ASI), ibu menyusui tak hanya disarankan minum air putih dan istirahat cukup, melainkan juga melakukan pijat mandiri. 

"Namanya pijat oksitosin. Pijatan ini merangsang hormon oksitosin atau love hormone (hormon cinta) untuk memproduksi ASI. ASI yang keluar pun banyak," ujar Konsultan dan Dokter Spesialis Anak, Ariani Dewi Widodo dalam acara "Media Lunch Anmum #MumToMum dalam Rangka Pekan ASI 2018", di Jakarta, Kamis (2/8/2018).

Area punggung tulang belakang menjadi sasaran pijatan. Selain untuk memperlancar ASI, pijatan juga membuat ibu menyusui hilang stres. Ini memberikan ibu kenyamanan untuk bersiap kembali memberikan ASI buat si kecil.

 

Simak video menarik berikut ini:

Cara memijat

Untuk memperlancar ASI, ada pijat oksitosin yang bisa dilakukan. (Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Ariani mempraktikkan teknik pijat ini. Seorang peserta diminta duduk di kursi dengan posisi tubuh menghadap sandaran. Lengan memeluk sandaran kursi. Selanjutnya, si pemijat mulai menekan punggung tulang belakangnya.

"Pertama, cari bagian yang menonjol di punggung, dekat tengkuk. Dari titik yang menonjol, tarik (pijat) dengan jari ke bawah. Lalu tarik kedua jari ke bagian samping kiri-kanan tulang belakang," Ariani menjelaskan.

Lakukan dengan pasangan

Ariani mempraktikkan, pijat oksitosin untuk memperlancar ASI. (Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Untuk melakukan pijat oksitosin bisa dibantu oleh siapa saja, tapi Ariani menyarankan, pijat dilakukan pasangan.

"Sebenarnya justru direkomendasikan dilakukan dengan suami. Karena sentuhan pasangan kan beda. Ada sentuhan cinta dari suami," ungkap Ariani, yang berpraktik di RS Anak dan Bunda Harapan Kita, Jakarta.

Hasil dari pijatan membuat payudara yang sebelumnya tegang mampu melancarkan ASI.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga 1 2018: Persebaya Masih Belum Aman

Posted: 01 Aug 2018 09:30 PM PDT

Jakarta - Persebaya Surabaya masih bisa keluar dari zona aman di klasemen Liga 1 2018. Kekalahan 1-3 yang mereka dapat dari Perseru Serui, Selasa (31/7/2018), membuat posisi Bajol Ijo jadi riskan.

Dengan nilai 22, di klasemen Liga 1 2018, Persebaya kini hanya berselisih dua poin dari zona degradasi, yang ditempati PSIS Semarang.

Perseru Serui membuka keran golnya ke gawang Persebaya pada awal babak kedua. Tendangan penalti Osmar dos Santos membuat Cendrawasih Oranye unggul 1-0.

Pada menit ke-57, Perseru menggandakan skor menjadi 2-0. Kali ini, Silvio Escobar menempatkan namanya di papan skor liga yang disiarkan live dan eksklusif di Indosiar ini.

Persebaya sempat memperkecil skor melalui gol Rendi Irwan pada menit ke-83, namun gol Delvin Rumbino membuat Perseru mengakhiri laga dengan kemenangan 3-1. 

Dengan kemenangan ini, Perseru Serui berada di peringkat 14 klasemen Liga 1 2018 dengan raihan 22 poin, menggeser Persebaya yang berada satu setrip di bawah. 

Klasemen Liga 1

 

 

Klasemen sementara Go-Jek Liga 1 hingga pekan 18. __ #GoJekLiga1 #Liga1KitaSatu

A post shared by Go-Jek Liga 1 (@liga1match) on

 

Hasil Pekan Ke-18

 

Hasil pertandingan Go-Jek Liga 1 pekan 18. __ #GoJekLiga1 #Liga1KitaSatu

A post shared by Go-Jek Liga 1 (@liga1match) on

Jadwal Pertandingan

 Jumat (3/8/2018)

Persebaya Surabaya Vs Persela Lamongan

Bhayangkara FC Vs PSMS Medan

Madura United Vs PS TIRA

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Warganet Asia Tenggara Kian Banyak, Google Tambah Data Center Baru

Posted: 01 Aug 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Google menambah data center (pusat data) baru di Singapura, seiring semakin bertambahnya pengguna internet di kawasan Asia Tenggara.

Ini merupakan data center ketiga Google di negara tersebut, setelah yang kedua ditambahkan tiga tahun lalu.

Dikutip dari Tech Crunch, Kamis (2/8/2018), pengguna internet di kawasan Asia Tenggara saat ini diperkirakan telah melebihi 330 juta dari total lebih dari 650 juta populasi.

Masuk akal jika Google menambah data center baru, mengingat masih besarnya peluang pertumbuhan pengguna internet di kawasan Asia Tenggara.

Data center lokal tidak hanya dapat "menangani" wilayah di dekatnya. Karena itu, pusat data di Asia Tenggara pun bisa menampung trafik Amerika Serikat (AS).

Namun, penambahan lebih banyak kapasitas lokal dapat membantu berbagai layanan Google dan perusahaan-perusahaan lain yang menjalankan bisnis menggunakan layanan cloud Google, serta pengguna internet di kawasan tersebut.

Selain di Singapura, raksasa mesin pencari tersebut juga memiliki sebuah data center di Taiwan. Perusahaan dulu juga berencana menambah data center di Hong Kong, tapi terpaksa dibatalkan.

Adapun Google membuka data center pertamanya di Singapura pada 2011. Kemudian data center kedua ditambahkan pada tiga tahun lalu.

Yuk, Jelajahi Keindahan Ekosistem Leuser di Google Earth

Kawasan Ekosistem Leuser di Google Earth (Foto: Google Earth)

Terlepas dari data center baru, Google beberapa waktu lalu kembali menambah layanannya. Masyarakat Indonesia dan dunia kini dapat melihat keindahan Kawasan Ekosistem Leuser di fitur Voyager di Google Earth.

Foto dan video Kawasan Ekosistem Leuser ini dikumpulkan oleh Yayasan Hutan Alam dan Lingkungan Aceh (HAkA).

Kehadiran salah satu wilayah konservasi paling penting di dunia ini sekaligus merupakan upaya untuk melestarikan keindahannya.

Untuk melihat Kawasan Ekosistem Leuser ini, kamu cukup mengakses Google Earth dan melakukan pencarian dengan kata kunci The Leuser Ecosystem.

Setelahnya, akan muncul foto dan video tentang kawasan tersebut yang dilengkapi informasi pendukung. Semua cerita ini disajikan melalui Voyager, yakni koleksi berbagai cerita berdasarkan peta yang ditulis oleh para mitra Google Earth dan diperbarui setiap pekan.

Ekosistem Leuser di Google Earth

Kuta, orangutan Sumatera (Pongo abelii), dilepasliarkan ke habitat asli di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), Sumut. (Liputan6.com/Reza Efendi)

Di Google Earth sendiri telah tersedia hampir 400 cerita Voyager yang ditulis oleh mitra dari seluruh dunia. HAkA merupakan mitra Google Earth pertama dari Asia Tenggara yang menyumbangkan cerita mengenai Kawasan Ekosistem Leuser.

Kawasan Ekosistem Leuser ini memiliki luas lebih dari 2,6 juta hektar hutan hujan yang terdiri dari dataran rendah, rawa, padang rumput, dan hutan pegunungan di provinsi Aceh dan Sumatera Utara.

Google mengklaim memilih HAkA karena mempunyai nilai-nilai pendidikan, eksplorasi, dan petualangan seperti Google Earth.

Hal terpenting lainnya karena ekosistem Leuser adalah tempat terakhir di planet ini berisi gajah, harimau, badak, dan orangutan yang hidup berdampingan di alam liar.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Hari Kedua Ganjil Genap, Pengendara Masih Kena Tilang

Posted: 01 Aug 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemberlakuan perluasan area ganjil genap di jalan S Parman, Jakarta Barat, memasuki hari kedua.

Kurangnya sosialisasi membuat masih banyaknya pengendara yang ditilang lantaran masih melintasi jalan S Parman tidak sesuai dengan tanggal.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Showbiz: Apartemen Denada Hendak Dijual, Ayu Ting Ting Berminat Membeli?

Posted: 01 Aug 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebagai seorang ibu, Ayu Ting Ting tampaknya mengerti benar bagaimana perasaan Denada saat ini. Rasa empatinya ia tunjukkan lewat banyak hal.

Salah satu artikel yang memuat tentang ungkapan perhatian Ayu Ting Ting kepada Denada, menarik perhatian pembaca kanal Showbiz Liputan6.com. Alhasil, tulisan tersebut menjadi yang terpopuler sepanjang Rabu (1/8/2018) kemarin.

Selain tentang Ayu Ting Ting, artikel mengenai Justin Bieber dan kabar bahagia tentang Kahiyang Ayu juga masuk dalam Top 3 Showbiz Liputan6.com. Berikut selengkapnya:

1. Ayu Ting Ting Akan Beli Apartemen Denada?

Untuk membiayai pengobatan putrinya yang tak sedikit, Denada harus putar otak. Kabarnya, ia bahkan akan menjual apartemennya demi hal ini. Benarkah Ayu Ting Ting berniat membelinya? Berikut jawaban Ayu.

2. Justin Bieber Berikan Cincin Tunangan Hailey Baldwin Bekas Selena Gomez?

Justin Bieber - Hailey Baldwin. (instagram/justinbieber)

Meski telah bertunangan dengan Hailey Baldwin, Justin Bieber masih saja dikait-kaitkan dengan Selena Gomez. Bahkan ada sebuah media yang mengungkap bahwa cincin yang diberikan Justin Bieber sebenarnya akan diberikan kepada Selena Gomez.

Baca selengkapnya di sini.

3. Selamat, Kahiyang Ayu Melahirkan Bayi Perempuan

(Instagram/dierabachir)

Akhirnya Presiden Joko Widodo mendapatkan cucu keduanya dari sang putri semata wayang, Kahiyang Ayu. Orang nomor satu Indonesia ini ikut menunggui kelahiran bayi perempuan ini di Rumah Sakit YPK Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (1/8/2018) kemarin.

Jokowi pun mengungkapkan kebahagiaannya di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

WNI Diduga Terlibat Bom Bunuh Diri dengan Mobil di Filipina

Posted: 01 Aug 2018 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ledakan bom mobil di Filipina beberapa waktu lalu diduga melibatkan warga negara Indonesia (WNI). WNI tersebut diduga sebagai pengemudi mobil yang berisi bahan peledak.

Wakapolri Komjen Syafruddin menuturkan, pemerintah Indonesia melalui Polri dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) tengah berkoordinasi dengan otoritas Filipina.

"Iya, sedang dikoordinasikan. Pihak Polri dan BNPT sedang koordinasi dengan aparat Filipina," ujar Syafruddin saat ditemui di PTIK, Jakarta Selatan, Kamis (2/8/2018).

Hanya saja, jenderal bintang tiga itu belum menerima informasi terkait hasil koordinasi tersebut. "Saya belum dapat laporan, saya baru sampai dari Korut. Nanti saya cek," ucap Syafruddin.

Sebelumnya diberitakan, ledakan bom mobil di sebuah provinsi di selatan Filipina pada Selasa siang telah menewaskan 10 orang dari warga sipil, tentara, dan milisi.

Ledakan itu juga menghancurkan bagian barikade yang mengelilingi pos militer di Desa Colonia, Provinsi Pulau Basilan.

Dilansir dari beberapa media lokal Filipina, pengemudi yang tewas diduga WNI. Mobil tersebut diduga berisi bahan peledak. Hanya saja, otoritas setempat belum mengungkap identitas pelaku lebih detail.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Resmikan GIIAS 2018, Jokowi Minta Industri Otomotif RI Siap Hadapi Perubahan

Posted: 01 Aug 2018 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show ( GIIAS) 2018 di Indonesia Convention Exibition (ICE), BSD, Tangerang Selatan, Banten.

Jokowi yang mengenakan kemeja lengan panjang putih dan celana bahan putih ini meminta segenap pelaku industri otomotif dalam negeri untuk dan menyiapkan diri guna menghadapi berbagai perubahan yang terjadi di industri otomotif dunia.

"Karena kita ini bagian dari skala produksi, rantai produksi, juga branding juga sudah global. Karena (perkembangan) sudah mulai, tidak lama lagi tren itu masuk ke Indonesia," ujar dia, Kamis (2/8/2018).

Oleh karena itu, Mantan Wali Kota Solo ini mengharapkan, GIIAS 2018 dapat menjadi ajang diskusi dan promosi bagi produk-produk mobil Indonesia.

"Saya diberi tahu, 'Pak bisa lihat model-model mobil baru, Pak'. Memang ini pameran terbesar. Bukan hanya di Indonesia tapi juga internasional," ujar dia.

Turut hadir dalam pembukaan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia Eko Putro Sandjojo, Mensesneg Pratikno, serta Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi.

 

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

 

 

GIIAS 2018

GIIAS Surabaya berlangsung 20-24 September 2017 di Grand City Convex Surabaya. (Septian/Liputan6.com)

Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 mengangkat tema Beyond Mobility. Beyond Mobility diartikan sebagai sebuah gerakan evolusi kendaraan bermotor dari sebuah alat transportasi menjadi sebuah kontribusi yang dapat mendorong percepatan kualitas kehidupan manusia.

GIIAS 2018 akan menjadi momen peluncuran 40 model. Peluncuran tersebut meliputi model baru, baik mobil, kendaraan konsep, motor maupun produk industri pendukung lainnya. Yang menarik dari sebelumnya, ada 27 agen pemegang merek yang ikut, jumlahnya menyusut menjadi 25 partisipan, setelah Renault dan Porsche menarik diri.

Merek yang ambil bagian adalah Audi, BMW, Chevrolet, Daihatsu, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, VW, Wuling, serta dari commercial vehicle yakni FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, dan UD Trucks.

GIIAS 2018 menjadi momen deklarasi menuju emisi Euro4, yang kemudian berlanjut dengan pengenalan Alat Mekanik Multiguna Pedesaan (AMMDes), sebagai satu lagi pencapaian industri di Indonesia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi 'Mencoba' Mobil Pedesaan: Nyaman Sekali

Posted: 01 Aug 2018 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setelah resmi membuka gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo, langsung berkunjung ke booth mobil pedesaan, AMMDes. Saat mengujungi booth yang terletak di hall 3, ICE, BSD, Tangerang Selatan ini, Presiden didampingi Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Ketua Gaikindo Yohannes Nangoi, dan Sukiyat Pemilik Kiat Motor.

Selain melihat mobil yang bakal diperuntukan untuk mengangkut alat pertanian, pria yang akrab disapa Jokowi ini juga duduk dan merasakan kabin di dalam mobil tersebut.

"Kalau duduk merasa nyaman sekali," ucap Jokowi saat mencoba duduk di bangku penumpang mobil yang juga baru diresmikan oleh dirinya, Kamis (2/8/2018).

Setelah mengunjungi booth mobil pedesaan AMMDes, Jokowi juga sempat menaiki bus yang dibuat oleh beberapa karoseri yang menempati hall tersebut, salah satunya Laksana.

 

Spesifikasi AMMDes

Untuk diketahui, pembentukan mobil pedesaan, AMMDes, sebelumnya dipelopori oleh PT Astra Otoparts Tbk melalui dua anak perusahaannya, PT Velasto Indonesia dan PT Ardendi Jaya Sentosa. Kedua anak usaha itu menandatangani nota kesepahaman dengan PT Kiat Inovasi Indonesia lewat konsep perusahaan patungan, sehingga terbentuk PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) dan PT Kiat Mahesa Wintor Distributor (KMWD).

Mobil pedesaan ini disebut memiliki dimensi panjang 341 cm, lebar 134 cm dan tinggi 194 cm, serta beratnya mencapai 800 kg. Daya angkut maksimum 700 kg pada jalan mendatar dan 500 kg pada jalan mendaki.

Sasis mobil pedesaan memiliki radius putar hingga 4,0 meter dan jarak sumbu roda 190 cm dan kapasitas tangki bahan bakar 9,0 liter. Untuk jantung penggeraknya, AMMDes dipersenjatai dengan mesin Diesel. Unit tersebut mampu menghembuskan daya hingga 14 Tk atau berkapasitas 500-550 cc. Sedangkan untuk mesin bensinya, juga memiliki kapasitas yang sama.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bertaraf Dunia, Jakarta Internasional Equestrian Park Diresmikan

Posted: 01 Aug 2018 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Jakarta International Equestrian Park Pulomas (JIEPP) yang dulu dikenal sebagai pacuan kuda Pulomas, Jakarta Timur. Equestrian Park merupakan salah satu venue Asian Games 2018.

Saat memberikan sambutan, Anies mengatakan Equestrian Park merupakan venue kelas dunia yang dapat menampung hingga seribu penonton.

"Fasilitas luar biasa, saya nanya ke Pak Bambang (Presiden PT Pulomas) di Asia ada berapa, hanya ada tiga," kata Anies Baswedan pada Kamis (3/8/2018).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengharapkan nantinya venue berskala internasional ini dapat menghasilkan para atlet yang mumpuni. Tak hanya itu, Anies juga menginginkan lokasi ini sering digunakan sebagai penyelenggaraan olahraga.

"Bahwa adanya fasilitas ini muncul betul-betul dapat dimanfaatkan. Pulomas dapat merawat tempat ini kembangkan banyak event," ucapnya.

Untuk peresmiannya ditandai dengan pemencetaan tombol sirene. "Jakarta Internasional Equistran Park resmi dibuka," tuturnya.

Usai peresmian, Anies Baswedan langsung meninjau fasilitas yang ada di Equestrian Park. Mulai dari kandang kuda para atlet hingga lokasi pertandingan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

RI Ajak Pengusaha Turki Berinvestasi di Sektor Infrastruktur

Posted: 01 Aug 2018 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro mengajak para investor Turki untuk menanamkan modalnya di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Bambang‎ dalam Investment Opportunities in Indonesia pada acara Forum Promosi Investasi Indonesia-Istanbul yang diselenggarakan oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Istanbul, di Istanbul, Turki.

Bambang mengatakan, Pemerintah Indonesia saat ini tengah gencar mengembangkan skema Pembiayaan Investasi Non-Anggaran Pemerintah (PINA) sebagai upaya membangun infrastruktur.

Dia pun mengundang para investor Turki untuk berinvestasi di Indonesia. Hal ini mengingat keberhasilan Turki dalam mengelola investasi melalui skema Public-Private Partnership (PPP), seperti pembangunan bandar udara terbesar di dunia Istanbul New Airport yang memiliki enam runway dan daya tampung 500 pesawat.

"Turki merupakan salah satu negara yang berhasil mengimplementasikan skema PPP pada berbagai sektor infrastruktur, antara lain jembatan, jalan tol, hingga bandara," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (2/8/2018).

Dalam kunjungannya ke Turki, Bambang bersama rombongan juga mengunjungi Jembatan Yavuz Sultan Selim di Selat Bhosporus, serta berdiskusi dengan Direktur Investasi Infrastruktur IC Holding Murat Sogancioglu sebagai pemegang konsesi dari jembatan tersebut.

Jembatan Yavuz Sultan Selim ini merupakan hasil kerjasama Pemerintah Turki dengan pihak swasta melalui skema pembiayaan non-anggaran pemerintah.

Melalui kunjungan ke Turki, dia berharap investor Turki dapat menjadi mitra strategis Indonesia dalam pembangunan infrastruktur di dalam negeri baik melalui skema PPP maupun PINA.

"Turki diharapkan dapat menjadi mitra strategis Pemerintah Indonesia yang memiliki misi menjadi pusat ekonomi Islam dunia, termasuk di dalamnya peran ekonomi Islam dalam pembangunan infrastruktur," tandas dia.

Jaga Defisit Transaksi Berjalan, Indef Dukung Penundaan Proyek Infrastruktur

Pekerja usai mengecek kondisi rel kereta MRT di Stasiun Bundaran HI, Jakarta, Senin (25/6). Menurut Dirut PT MRT William Sabandar, saat ini sedang persiapan testing commissioning dan Maret 2019 akan mulai beroperasi. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Institute for Development of Economics and Finance (Indef) mendukung langkah pemerintah yang akan menunda sejumlah proyek infrastruktur. Penundaan tersebut untuuk menjaga defisit transaksi berjalan atau Current Account Deficit (CAD) pada 2018.

Ekonom Indef Bhima Yudhistira mengungkapkan, pengendalian impor bisa dimulai dengan menahan proyek infrastruktur pemerintah yang masih dalam tahap perencanaan atau yang tidak sesuai target.

"Misalnya, proyek pembangkit listrik 35 ribu MW (Mega Watt) yang awalnya didasarkan pada asumsi pertumbuhan ekonomi 7 persen. Saat ini ekonomi cuma tumbuh 5 persen, maka proyek pembangkit wajib dirasionalisasi," jelas dia kepada Liputan6.com, seperti dikutip Senin (30/7/2018).

Dia mengibaratkan, menunda pembangunan infrastruktur itu ibarat sekali tepuk tiga nyamuk kena semua. Pertama, ia menyampaikan, menahan pembangunan proyek beberapa infrastruktur artinya menyelamatkan rupiah.

"Pelemahan rupiah disumbang oleh naiknya impor besi baja hingga 39 persen dari Januari-Mei 2018. Nilainya enggak tanggung-tanggung, yaitu USD 4,2 miliar. Belum ditambah impor mesin peralatan listrik naik 28 persen nilainya USD 8,9 miliar. Itu sebagian digunakan untuk proyek infrastruktur," katanya.

Kedua, Bhima menambahkan, proyek infrastruktur didanai melalui utang dalam bentu valas. Menurut dia, kewajiban cicilan dan pembayaran bunga utang tiap tahunnya turut menguras devisa, sehingga harus direm dalam kondisi ekonomi melemah.

Adapun hal ketiga, ucapnya, yakni soal devisa tenaga kerja dari Tenaga Kerja Asing (TKA) yang bekerja di proyek infrastruktur. "Mereka mendapatkan uang yang akan dikonversi ke mata uang negara asalnya. Jadi, ada capital flight dari devisa TKA. Itu pun bisa dikurangi," katanya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Drama Adu Penalti, Arsenal Kalahkan Chelsea di ICC 2018

Posted: 01 Aug 2018 09:20 PM PDT

Penyerang Arsenal Alexandre Lacazette (tengah) berselebrasi usai mencetak gol penyama ke gawang Chelsea pada pertandingan ICC 2018 di Stadion Aviva di Dublin (1/8). Arsenal menang atas Chelsea lewat adu penalti 6-5. (AFP Photo/Paul Faith)

Penyerang Arsenal Alexandre Lacazette (tengah) berselebrasi usai mencetak gol penyama ke gawang Chelsea pada pertandingan ICC 2018 di Stadion Aviva di Dublin (1/8). Arsenal menang atas Chelsea lewat adu penalti 6-5. (AFP Photo/Paul Faith)

Bek Chelsea Antonio Rudiger (tengah) berselebrasi bersama rekannya usai mencetak gol ke gawang Arsenal pada pertandingan ICC 2018 di Stadion Aviva di Dublin (1/8). Arsenal menang atas Chelsea lewat adu penalti 6-5. (AFP Photo/Paul Faith)

Bek Chelsea Antonio Rudiger (tengah) berselebrasi bersama rekannya usai mencetak gol ke gawang Arsenal pada pertandingan ICC 2018 di Stadion Aviva di Dublin (1/8). Arsenal menang atas Chelsea lewat adu penalti 6-5. (AFP Photo/Paul Faith)

Pelatih Arsenal Unai Emery (kiri) dan Pelatih Chelsea Maurizio Sarri saling menyapa sebelum pertandingan International Champions Cup (ICC) di Stadion Aviva di Dublin (1/8). Arsenal menang atas Chelsea lewat adu penalti 6-5. (AFP Photo/Paul Faith)

Pelatih Arsenal Unai Emery (kiri) dan Pelatih Chelsea Maurizio Sarri saling menyapa sebelum pertandingan International Champions Cup (ICC) di Stadion Aviva di Dublin (1/8). Arsenal menang atas Chelsea lewat adu penalti 6-5. (AFP Photo/Paul Faith)

Gelandang Chelsea Ruben Loftus-Cheek menggiring bola dari kawalan gelandang Arsenal Reiss Nelson saat bertanding pada ICC 2018 di Stadion Aviva di Dublin (1/8). Arsenal menang atas Chelsea lewat adu penalti 6-5. (AFP Photo/Paul Faith)

Gelandang Chelsea Ruben Loftus-Cheek menggiring bola dari kawalan gelandang Arsenal Reiss Nelson saat bertanding pada ICC 2018 di Stadion Aviva di Dublin (1/8). Arsenal menang atas Chelsea lewat adu penalti 6-5. (AFP Photo/Paul Faith)

Bek Arsenal Sokratis Papastathopoulos berusaha mengontrol bola dari kawalan pemain Chelsea selama pertandingan International Champions Cup (ICC) di Stadion Aviva di Dublin (1/8). Arsenal menang atas Chelsea lewat adu penalti 6-5. (AFP Photo/Paul Faith)

Bek Arsenal Sokratis Papastathopoulos berusaha mengontrol bola dari kawalan pemain Chelsea selama pertandingan International Champions Cup (ICC) di Stadion Aviva di Dublin (1/8). Arsenal menang atas Chelsea lewat adu penalti 6-5. (AFP Photo/Paul Faith)

Gelandang Arsenal Henrikh Mkhitaryan menggiring bola dari kejaran tiga pemain Chelsea saat bertanding pada  International Champions Cup (ICC) di Stadion Aviva di Dublin (1/8). Arsenal menang atas Chelsea lewat adu penalti 6-5. (AFP Photo/Paul Faith)

Gelandang Arsenal Henrikh Mkhitaryan menggiring bola dari kejaran tiga pemain Chelsea saat bertanding pada International Champions Cup (ICC) di Stadion Aviva di Dublin (1/8). Arsenal menang atas Chelsea lewat adu penalti 6-5. (AFP Photo/Paul Faith)

Penyerang Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang berusaha melewati Bek Chelsea Cesar Azpilicueta saat bertanding pada  International Champions Cup (ICC) di Stadion Aviva di Dublin (1/8). Arsenal menang atas Chelsea lewat adu penalti 6-5. (AFP Photo/Paul Faith)

Penyerang Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang berusaha melewati Bek Chelsea Cesar Azpilicueta saat bertanding pada International Champions Cup (ICC) di Stadion Aviva di Dublin (1/8). Arsenal menang atas Chelsea lewat adu penalti 6-5. (AFP Photo/Paul Faith)

Gelandang Arsenal Matteo Guendouzi (kiri) merayakan dengan rekan satu timnya setelah mereka menang 6-5 dalam adu penalti selama pertandingan International Champions Cup (ICC) di Stadion Aviva di Dublin (1/8). (AFP Photo/Paul Faith)

Gelandang Arsenal Matteo Guendouzi (kiri) merayakan dengan rekan satu timnya setelah mereka menang 6-5 dalam adu penalti selama pertandingan International Champions Cup (ICC) di Stadion Aviva di Dublin (1/8). (AFP Photo/Paul Faith)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: