Minggu, 05 Agustus 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Maia Estianty Berpegangan Tangan dengan Sahabat Saat Gempa Lombok

Posted: 05 Aug 2018 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Belum lama ini, gempa berkekuatan 7 Magnitudo mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gempa tersebut terjadi pada Minggu (6/8/2018) sekitar pukul 19.46 WITA.

Gempa tersebut juga terasa sampai ke Pulau Dewata. Beberapa artis yang berada di Bali pun menceritakan kondisi mereka saat gempa terjadi. Salah satunya adalah Maia Estianty yang diketahui sedang berlibur bersama teman-temannya.

"Beautiful evening with my best friends," tulis Maia Estianty di unggahan terakhirnya.

Foto-foto terakhir yang diunggah Maia Estianty di Instagram pada Minggu (5/6/2018) pun ramai dikomentari warganet yang mengkhawatirkan keadaannya. Mereka berharap agar kondisi Maia Estianty baik-baik saja dan selamat dari bahaya gempa.

Kondisinya

Maia Estianty (Instagram/maiaestiantyreal)

Kekhawatiran warganet akhirnya membuat Maia Estianty mengabarkan kondisinya setelah gempa terjadi. Ibu tiga anak ini menyampaikan bahwa ia dan teman-temannya baik-baik saja, meskipun sempat panik saat gempa terjadi.

Doakan

Maia Estianty (Instagram/maiaestiantyreal)

"Banyak yg tanya, Bali aman atau tidak, doakan selalu aman. Walopun tadi sempat panik pegangan tangan berdua dengan sahabat di halaman villa di Ubud. 2x gempa, gempa pertama getaran 10 detik, getaran kedua sebentar, mudah2an tdk ada gempa lagi. Amin. Wish you all safe everywhere you are (semoga kalian aman dimanapun kalian berada)," tulis Maia Estianty di Instagram Stories-nya.

Pengalaman yang Sama

Nikita Mirzani (Adrian Putra/bintang.com)

Tak cuma Maia Estianty, Nikita Mirzani dan Ayudia Bing Slamet yang sedang berada di Pulau Dewata itu, juga turut menceritakan pengalaman yang sama ketika terjadi gempa. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menko PMK Ikut Tari Poco Poco untuk Pecahkan Rekor Dunia

Posted: 05 Aug 2018 10:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebagai penanda launching ASEAN Car Free Day dalam rangka HUT ASEAN ke 51 sekaligus menyambut pelaksanaan Asian Games 2018, pemerintah menggelar pemecahan rekor dunia tari poco-poco. Dalam kesempatan itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, pun mendampingi Presiden Joko Widodo.. 

Pemecahan rekor dunia Guiness 'Book of Word Record' untuk tari poco-poco dipusatkan di tugu Monas Jakarta. Presiden Joko Widodo sendiri memimpin secara langsung pemecahan rekor dunia tari poco-poco tersebut. Turut mendampingi Presiden, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menko PMK Puan Maharani, Menpora Imam Nachrawi, Menkes Nila F.Moeloek, Mensos Idrus Marham, Menko Maritim Luhut Panjaitan, Panglima TNI Jenderal Hadi Suyanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Guberbur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Pemecahan rekor dunia tersebut melibatkan sebanyak 65000 penari dan 1500 intruktur. Selain di Monas, pemecahan rekor dunia tari poco-poco di ASEAN Car Free Day kali ini berlangsung hingga jalan Sudirman-Thamrin. Di Monas, pemecahan rekor dunia tari poco-poco diawali dengan gladi resik sebanyak dua kali yang merupakan syarat dari Guiness World of Record. Setelah gladi resik, Ibu negara Iriana Joko Widodo dan Ibu Mufidah Kalla didampingi Menko Puan dan Menkes Nila F.Moeloek membunyikan sirene sebagai tanda dimulainya pemecahan rekor dunia tari poco-poco secara resmi.

Para peserta pemecahan rekor dunia tari poco-poco kemudian bernari selama 7 menit yang diaraan instruktur dari panggung utama.  Para penari itu terdiri dari berbagai lapisan masyarakat seperti TNI, Polri, Kementerian atau Lembaga, Siswa SLTA DKI, Guru Olahraga SLTA se-DKI, SKPD DKI, Mahasiswa DKI, DWP Kementerian atau Lembaga dan DWPP, FORMI DKI, Fitness Center dan Sanggar Senam, Perwakilan Lintas Agama dan Lingkungan RT/RW Perumahan yang dikoordinasikan oleh 1.500 instruktur.

Pemecahan rekor dunia tari poco-poco diinisiasi oleh pemerintah melalui Kemenpora dan Kemenkes. Pada kesempatan itu pula, diberikan sejumlah penghargaan diantara untuk pencipta lagu poco-poco Arie Sapullette dan penyanyi lagu poco-poco Yopie Latul. Termasuk penyelenggara pemecahan rekor dunia poco-poco dan pionir tari poco-poco. Selain menyambut HUT ASEAN ke 51 dan Asian Games 2018, pemecahan rekor dunia poco-poco bertujuan untuk kampanye sehat dan bugar. Kampanye ini dilakukan agar anak-anak generasi penerus bangsa dapat menjadi generasi yang aktif dan tidak malas bergerak.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Gratifikasi, Pegadaian Jalin Kerjasama dengan KPK

Posted: 05 Aug 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Pegadaian (Persero) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penandatanganan nota kesepahaman mengenai prinsip good corporolate governance (GCG). Melalui kerjasama ini Pegadaian berupaya memagari para pejabat dan karyawan dari upaya gratifikasi.

Direktur Utama Pegadaian Sunarso mengungkapkan, kerjasama ini menjadi salah satu upaya perseroan untuk membangun integritas yang merupakan salah satu corporate value Pegadaian maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Ini sejalan dengan transformasi yang sedang gencar dilakukan oleh Pegadaian, meliputi dua area penting yakni transformasi di area digital dan transformasi di area culture.

"Integritas inilah yang menjadi salah satu pilar nilai budaya kerja Pegadaian. Pegadaian selalu berkomitmen untuk selalu menyelenggarakan prinsip-prinsip GCG yaitu transparency, accountability, responsibility independency, dan fairness," kata Sunaryo di Kantor Pusat Pegadaian, Jakarta, Senin (6/8/2018).

Sunarso mengatakan, program pengendalian gratifikasi merupakan momentum dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat dan nasabah Pegadaian. Pada prinsipnya GCG dan implementasi program pengendalian gratifikasi akan diterapkan kepada seluruh jajaran Pegadaian hingga ke seluruh daerah.

Dalam kesempatan ini, Sunarso juga mengajak seluruh pimpinan unit kerja, baik direksi, seluruh pimpinan wilayah, hingga anak perusahaan untuk lebih meningkatkan kepercayaan publik dan memastikan sistem berjalan sesuai ketentuan.

Untuk itu, perusahaan berplat merah ini akan membangun pengawasan internal untuk memastikan implementasi program pengendalian gratifikasi dan prinsip-prinsip GCG.

"Tentunya ini memberikan semangat dan meningkatkan rasa percaya diri bagi kita semua bahwa apa yang kita telah laksanakan menjadi suatu hal yang memiliki komitmen terhadap pemberantasan korupsi dan pengendalian gratifikasi di bisnis keuangan," katanya.

 

Berantas Korupsi di Sektor Keuangan

Ilustrasi KPK. (Liputan6.com/Abdillah)

Sementara itu, Deputi Pencegahan KPK, Pahala Nainggolan mengatakan, komitmen bersama ini akan membantu KPK dalam upayanya mencegah dan memberantas korupsi di sektor keuangan.

Dia juga berharap penandatangan komitmen tersebut dapat meningkatkan prinsip GCG di seluruh cabang Pegadaian di Indonesia. "Prinsip GCG Pegadaian jika diterapkan akan membantu lebih baik industri keuangan," imbuhnya.

"Kamisangat selektif bukan karena tidak mau. Pada pengalaman kita selama ini MoU ditandatangani tidak ada yang berubah. Pegadaian ini sedang transformasi mari KPK mau ikut dan berkontribusi di program itu. Karena BUMN menjadi fokus dari KPK juga," tambah Nainggolan.

Reporter:Dwi Aditya Putra 

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Madrid Vs Juventus: Los Galacticos Telah Temukan Karakter

Posted: 05 Aug 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Julen Lopetegui tampak puas usai mendampingi Real Madrid menghajar Juventus 3-1 di International Champions Cup (ICC), di Amerik Serikat, Minggu (5/8) atau pagi WIB. Meski ini baru laga kedua pramusim Madrid, pelatih Real Madrid itu menggarisbawahi perkembangan permainan timnya.

Menurutnya saat ini permainan Real Madrid sudah menunjukkan perkembangan. Terutama setelah kalah melawan Manchester United (1-2) di laga pramusim pertama.

"Kami puas. Memang hal ini tak relevan di pramusim, tetapi kami tidak ingin kalah. Hari ini ada beberapa hal positif, tetapi selalu ada banyak hal yang bisa dikembangkan," ujar Lopetegui di situs resmi Real Madrid.

Mantan pelatih timnas Spanyol U-21 dan senior ini menambahkan, "Tim ini sudah memperlihatkan perkembangan melawan tim top."

Tapi, Lopetegui pun mengakui Juventus adalah lawan yang sulit dan karenanya kemenangan itu terasa berarti, khususnya dengan penampilan gemilang Marco Asensio. Dia pun percaya permainan Real Madrid masih bisa terus dikembangkan.

Menyesuaikan Diri

Bek Juventus Joao Cancelo berebut bola denganb bek Real Madrid Daniel Carvajal selama babak pertama pertandingan International Champions Cup (ICC) di Landover, Md (4/8). Madrid menang telak 3-1 atas Juventus. (AP Photo/Nick Wass)

Usai kekalahan melawan MU, Lopetegui menegaskan bahwa skuat Madrid masih berusaha menyesuaikan diri dengan konsep permainan baru yang dia rancang. Karenanya dia pun menilai di laga melawan Juve tadi sudah ada banyak perkembangan, khususnya karena Juve menurunkan skuat yang kuat.

"Kami kebobolan karena tidak beruntung, tetapi kemudian kami bermain dengan karakter kuat dan ketenangan untuk terus meyakini apa yang kami coba lakukan."

 

Mulai Menyatu

Lebih lanjut, Lopetegui menggarisbawahi bagaimana skuat Madrid mulai tampil menyatu. Dia tak ingin menyebut satu nama pemain terbaik, menurutnya Madrid bisa menang karena bermain sebagai tim.

"Mereka (Juventus) memiliki sembilan pemain utama, mereka lebih cepat, mereka sudah memainkan laga lebih banyak dan bermain dengan baik. Tetapi kami memainkan permainan yang hebat dan memenangkannya."

"Saya juga ingin menggarisbawahi permainan Lucas Vazquez, Javi Sanchez, Reguilon, Nacho, Llorente, Valverde, saya tak akan menunjuk satu pemain spesifik," sambung dia.

"Seluruh tim sudah bekerja sama dengan baik. Kami senang dengan pertandingan yang sudah diciptakan seluruh pemain kami."

Sumber: www.bola.netSaksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: 1000 Turis Asing dan Lokal di Evakuasi

Posted: 05 Aug 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta 1.000 orang turis asing dan domestik dievakuasi dari Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno di Lombok Utara. Tidak korban jiwa dari wisatawan disana. Evakuasi menggunakan 3 kapal.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Spesifikasi Viar Vintech 200, Sang Penantang Kawasaki W175

Posted: 05 Aug 2018 10:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Triangle Motorindo (Viar Indonesia) memanfaatkan ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 dengan menampilkan dua motor bergaya klasik atau retro terbaru yang disebut Vintech 200 dan 250.

Menurut Marketing Communication PT Triangle Motorindo Franky Osmond, Viar Vintech 200 dan 250 rencananya akan diluncurkan akhir 2018 mendatang.

"Kalau mau inden belum, tapi kami sudah open listing, nanti ketika udah siap produksi kami akan kabari," ujar Frangky saat ditemui Liputan6.com, di acara GIIAS 2018, ICE, BSD, Tangerang Selatan.

Frangky juga menyatakan, pada dasarnya kedua motor ini menggunakan basis mesin yang sama dengan trail Viar dan ada juga menggunakan silinder head model ATV Viar.

 

Spesifikasi Viar Vintech 200

Viar Vintech 200 dan 250 jadi motor terbaru yang dipamerkan di GIIAS 2018. (Herdi Muuhardi)

Dimensi

- Panjang x lebar x Tinggi : 1920 mm x 770 mm x 1080 mm

- Jarak sumbu roda : 1290 mm

- Jarak terendah ke tanah : 160 mm

- Berat kosong : 120 kg

- Kapasitas Bahan Bakar : 15 liter

Mesin

- Tipe mesin : 4 langkah, SOHC 2 Katup

- Kapasitas mesin : 198,8 cc

- Sistem pendingin mesin: Pendingin udara

- Sistem suplain bahan bakar : Karburator

- Diameter x langkah : 65.5 x 59

- Perbandingan Kompresi : 9,3 :1

- Tipe Kopling : Multi Wet Clutch

- Pola Perpindahin gigi : 1-N-2-3-4-5

- Sistem stars : Electric

- Sistem pelumas : Basah

- Kapasitas minyak pelumas : 1 liter

- Daya maksimum : 13,5 Kw/ 9000 Rpm

- Torsi Maksimum : 15 Nm/ 8000 Rpm

Rangka

- Tipe suspensi

Depan : Teleskopik

Belakang : Suspensi Ganda

- Tipe rem

Depan : Disc Brake

Belakang : Drum

- Ukuran ban

Depan : 90/90 R17

Belakang : 120/80 R17

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Proses Evakuasi Korban Gempa Lombok Terkendala Tandu dan Obat-Obatan

Posted: 05 Aug 2018 10:11 PM PDT

Patroli, Lombok - Gempa berkekuatan 7 skala Richter (SR) yang kembali mengguncang Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Minggu petang kemarin mengakibatkan korban meninggal hampir di lima kabupaten.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Senin (6/8/2018), dampak gempa terparah terjadi di Desa Pecinan, Kabupaten Lombok Utara. Namun, gempa juga dirasakan terjadi di wilayah Lombok Barat, Lombok Timur, Lombok Tengah, dan Kota Mataram.

Tim gabungan dari Basarnas, TNI, dan Polri, yang terus melakukan proses evakuasi korban, terkendala peralatan tandu dan obat-obatan yang terbatas.

Terlebih gelapnya malam karena minimnya penerangan, membuat petugas sulit mengevakuasi para korban gempa. Hingga saat ini, jumlah korban tewas mencapai 91 orang dan diperkirakan akan terus bertambah. Mengingat petugas gabungan belum seluruhnya mengevakuasi korban di lokasi reruntuhan.

Dampak gempa Lombok juga dirasakan di wilayah Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Seperti bangunan Mal Galeria di Kuta yang mengalami kerusakan cukup parah. Selain di Kuta, dampak gempa juga terasa di Kota Denpasar.

Satu orang dilaporkan tewas akibat tertimpa reruntuhan bangunan yang saat ini berada di RS Sanglah, Bali. Matahari Mal Duta Plaza yang berada di Jalan Sudirman Denpasar, Bali, juga mengalami kerusakan akibat gempa.

Hingga saat ini, petugas gabungan masih terus mengevakuasi korban untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman. (Rio Audhitama Sihombing)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Resmikan 2 Venue Asian Games 2018 di Pantai Ancol

Posted: 05 Aug 2018 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan dua venue olahraga di Pantai Ancol, Jakarta Utara, yaitu Indonesia National Sailing Center dan Jetski Indonesia Academy. Kedua venue tersebut akan digunakan pada perhelatan Asian Games 2018 mendatang.

"Dengan mengucap bismillahirahmanirrahim, dengan rahmat Tuhan yang Maha Esa, Indonesia National Sailing Center dan Jetski Indonesia Academy pada pagi hari ini saya resmikan," ujar dia di Pantai Ancol, Jakarta Utara, Senin (6/8/2018).

Jokowi mengatakan, saat ini secara keseluruhan venue untuk Asian Games telah siap untuk digunakan. Bahkan, venue-venue tersebut menjadi yang terbaik dibandingkan yang ada di negara lain.

"Kami telah melihat venue untuk berlayar, tadi untuk jetski. Saya melihat semuanya sangat bagus, sangat siap untuk dipakai nanti untuk Asian Games. Ya bagus ya. Tadi saya tanya, bertanya ke atlet, kayak jetski, tadi pak ini dibandingkan, dari negara mana pun kita terbaik venue tadi," kata dia.

Sebagai informasi, pembangunan venue layar dilakukan di atas lahan seluas 13.890 m2 dan venue jetski pada lahan seluas 27.034 m2.

Pembangunannya telah dimulai sejak Desember 2017 dengan nilai kontrak pembangunan kedua venue sebesar Rp 172,57 miliar.

 

Dermaga Permanen

Peselancar air berlatih di kawasan Pantai Ancol, Jakarta, Rabu (6/9). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, menetapkan pembangunan arena perahu layar berada di kawasan Ancol Timur di atas lahan seluas 2,8 hektar. Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Untuk venue jetski akan dilengkapi gedung dan dermaga permanen yang tidak banyak dimiliki oleh negara lain.

Pekerjaan di venue jetski mencakup bangunan kantin dan gudang, bangunan kantor, bangunan kantor pengelola, bangunan VIP, dermaga jetski, tribun permanen pertama di dunia untuk penonton berkapasitas 868 orang, dan pit stop.

Tantangan dalam membangun venue Jetski adalah dalam membangun dermaga dan pantai buatan yang menjadi salah satu persyaratan arena pertandingan (field of play) untuk jetski.

Selain itu dilakukan penataan kawasan, sehingga Pantai Ancol akan semakin tertata rapi.

Sementara untuk venue layar, akan dilengkapi Floating Breakwater sepanjang 220 meter, floating jetty, parkir kontainer berkapasitas 30 kontainer, slipway, area bilas dan tap air permanen, kantor porlasi, workshop, dan area parkir mobil.

Bangunan workshop tersebut akan berbentuk seperti hanggar dengan atap yang tinggi untuk menampung kapal layar yang tinggi berkapasitas 30 kapal.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Basarnas Evakuasi Ratusan Orang di Gili Trawangan Usai Gempa Lombok

Posted: 05 Aug 2018 10:03 PM PDT

Lombok - Setelah gempa Lombok pada Minggu, 5 Agustus 2018, malam, Badan SAR Nasional (Basarnas) melakukan evakuasi sekitar 700 orang yang berada di Gili Trawangan, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Melalui akun Twitter-nya yang dikutip Times Indonesia, Humas Basarnas menginformasikan pada Senin (6/8/2018) pagi proses evakuasi warga dan wisatawan di Gili Trawangan tengah berlangsung.

"Diperkirakan total ada 700 orang (WNA dan WNI) yang akan dievakuasi," tertulis di akun resmi @humas_basarnas pada pukul 5.39 WIB.

Proses evakuasi ratusan orang usai gempa Lombok tersebut dilakukan secara bertahap menggunakan perahu karet menuju kapal yang sudah disiapkan Basarnas.

Dari akun Twitter yang sama, kabar terbaru yang disampaikan hingga pukul 10.30 WIB, telah berhasil dievakuasi untuk gelombang ketiga sebanyak 70 orang, terdiri dari 64 WNI dan 6 WNA.

Gempa Lombok terjadi kembali pada Minggu (5/8/2018) dengan kekuatan 7 SR dan sudah menelan korban jiwa meninggal dunia hingga 82 orang sesuai rilis BPBD Lombok.

 

Baca berita menarik lainnya dari Times Indonesia di sini.

Libur Sekolah hingga Rabu

Pasien berada diluar rumah sakit saat gempa mengguncang Lombok Utara, NTB Minggu malam (5/8). BMKG menyatakan, potensi tsunami akibat gempa 7 SR, telah terdeteksi di Carik pada pukul 18.48 WIB. (AFP Photo/Rita Siswati)

Suasana kota Mataram kembali normal. Para pengungsi dadakan yang meninggalkan rumahnya menyusul gempa dahsyat berskala 7 SR di Lombok, Nusa Tenggara Barat, sudah kembali ke rumah masing masing.

Lapangan sepak bola Selagalas, lapangan Selaparang, taman taman sepanjang jalan Udayana juga sudah ditinggalkan warga yang bermalam.

Arus lalu lintas yang Minggu (5/8/2018) malam macet, kini sejak subuh sudah mulai lengang. Suasana kota tak seramai hari kerja sebelumnya.

Begitu pula anak anak sekolah tidak lagi memadati jalan. Mereka diliburkan hingga hari Rabu.

Keputusan libur sekolah itu disampaikan langsung oleh Gubernur NTB, TGB M Zainul Majdi. Ia menginstruksikan semua sekolah di Lombok Utara, Mataram, Lombok Timur, Lombok Barat dan Lombok Tengah untuk diliburkan.

"Saya juga instruksikan semua tenaga kesehatan di pulau Lombok untuk masuk dan bekerja, memastikan pelayanan kesehatan diberikan maksimal," tegas TGB dalam siaran persnya.

Ia juga meminta perangkat BPBD Pemda bersama TNI dan Polri, Badan SAR dan elemen masyarakat bekerja maksimal agar bisa menjangkau daerah yang diperkirakan paling terdampak yaitu Lombok Utara dan Lombok Timur.

"Sekali lagi, kami mohon doa dari seluruh masyarakat Indonesia," harapnya.

TGB bertekad akan memberikan pelayanan yang layak bagi para korban yang rumahnya hancur maupun rusak. Juga, pelayanan kedaruratan lain-lain untuk menunjang penghidupan pasca gempa hingga tercapainya pemulihan.

Pemerintah Provinsi NTB mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan menggunakan sumber informasi terpercaya resmi dari BMKG, BNPB, pemerintah daerah, kepolisian dan pihak berwenang lainnya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menko PMK Ajak Karyawan Kemendikbud Sebar Dukungan Asian Games 2018

Posted: 05 Aug 2018 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, mengajak para karyawan Kemendikbud untuk mendukung event olahraga terbesar kedua setelah olimpiade, Asian Games 2018. 

"Mari kita bergotong royong, turut menyukseskan Asian Games, mari kita ramaikan dan beri dukungan kepada atlet asal Indonesia agar mendapat medali," ujar Puan Maharani melalui sambutan singkat Menko PMK, Sabtu, (4/8).

Menko PMK pada kesempatan ini juga didapuk untuk melepas peserta jalan sehat Kemendikbud dalam rangka menyebarkan demam Asian Games 2018. Para peserta jalan sehat yang merupakan pelajar se-DKI Jakarta dan seluruh karyawan Kemendikbud berjumlah sekitar 5000 orang ini, diajak Menko PMK untuk berpartisipasi mensosialisasikan pesta olahraga se-Asia ini.

Terlebih karena memang tahun 2018 ini adalah kedua kalinya Indonesia menjadi tuan rumah setelah tahun 1962 lalu. Sebelum melepas jalan sehat, Menko PMK memperkenalkan maskot Asian Games 2018 yang bernama Atung, Bim bim, dan Kaka.

Acara jalan sehat adalah salah satu dari rangkaian kegiatan Kemendikbud sebagai dukungan suksesnya gelaran Asian Games yang akan resmi dimulai pada 18 Agustus 2018. Jalan sehat Kemendikbud menempuh rute sekitar 5 km dimulai dari halaman Kemendikbud, sekitar GBK, Jl. Jenderal Gatot Subroto, Jl. Jenderal Sudirman lalu kembali lagi ke halaman Kemendikbud. Menko PMK lalu mengikuti rombongan jalan santai dan bercengkerama dengan para peserta jalan sehat.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kronologi Penemuan Mengejutkan Gua Eksotis di Tuban

Posted: 05 Aug 2018 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Tuban - Sebuah gua ditemukan di lokasi area pertambangan batu kapur Dusun Krajan, Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur (Jatim). Gua tersebut ditemukan pemilik lahan Sudaryono (33), warga setempat.

Penemuan gua eksotis itu terjadi tidak sengaja. Saat itu, Sudaryono tengah menambang batu kapur secara tradisional di lokasi pada Kamis, 2 Agustus 2018, sekitar pukul 15.30 WIB.

Sudaryono menuturkan, dia sedang memotong batu kapur saat mendapati lubang kecil yang mengembuskan angin dari dalam. Penasaran, ia lalu membuat lubang lebih besar. Ukurannya dibuat agar orang dewasa bisa masuk ke dalamnya.

Usai membuat lubang, ia bersama penambang lainnya lalu turun mengecek kedalaman gua tersebut. Dengan menggunakan tangga dari bambu, ia masuk bergantian untuk mengecek kondisi di bawah.

"Awalnya saya menambang batu kapur seperti biasa. Tiba-tiba saat membelah batu kapur ada sebuah lubang. Kemudian, saya berusaha masuk, ternyata di dalam terdapat gua luas dan sangat indah," kata Sudaryono, di Tuban, Jumat, 3 Agustus 2018.

Di dalam, kata dia, terdapat stalagtit dan stalagmit yang sangat indah, menyatu dengan langit-langit gua. "Ada stalagtit dan stalagmit seperti menyala, kondisinya masih alami. Alasnya juga masih tanah liat," tuturnya ditemani warga lain.

Dari hasil identifikasi bersama warga lainnya, gua tersebut diperkirakan memiliki panjang sekira 250 meter. Rinciannya, dari titik pintu turun ke arah timur panjangnya 200 meter, sedangkan ke barat sekira 50 meter.

Menurut dua, ia bersama warga sekitar belum bisa menyusuri gua itu sepenuhnya. Namun, kata dia, diperkirakan masih ada ruang yang belum teridentifikasi.

"Sementara panjangnya gua sekira 250 meter, masih belum kita ketahui sepenuhnya," kata dia.

Baca berita menarik JawaPos.com lainnya di sini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gempa Lombok 7 SR Ramai Disorot Media Asing

Posted: 05 Aug 2018 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Lombok - Bencana gempa Lombok pada Minggu petang, 5 Agustus 2018, menarik perhatian global karena kekuatannya yang besar mencapai 7,0 Skala Richter, dan terjadi sepekan setelah gempa 6,4 SR mengguncang area yang sama.

Menurut laporan sementara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga Senin (6/8/2018), bencana gempa Lombok menyebabkan setidaknya 91 korban tewas, ratusan ribu orang mengungsi, dan ribuan bangunan rusak.

Situs berita Inggris The Guardian membuat lina masa khusus yang memberitakan perkembangan gempa Lombok dari waktu ke waktu. Pantuan terakhir Liputan6.com, portal tersebut mengabarkan tentang kemungkinan korban tewas yang terus bertambah dalam beberapa waktu ke depan, seiring masih berlanjutnya proses evakuasi.

Selain itu, The Guardian juga melaporkan tentang para turis, baik asing maupun lokal, yang berkumpul di bandara untuk berburu penerbangan tercepat untuk pulang ke daerah asalnya masing-masing.

Hampir serupa, situs berita asal Australia News.com.au mengabarkan gempa Lombok telah memaksa ratusan ribu orang mengungsi ke lokasi aman, guna menghindari rusaknya bangunan dan ancaman potensi tsunami. Selain itu, dikabarkan pula bahwa sejauh ini tidak ada catatan warga Negeri Kanguru menjadi korban di pulau wisata andalan Nusa Tenggara Barat tersebut.

Beberapa saat sebelum berita ini ditulis, tiga kantor berita kenamaan dunia, yakni BBC, CNN, dan Time, sama-sama mengabarkan bahwa korban tewas akibat bencana gempa Lombok telah menyentuh angka 91 prang pada Senin pagi.

Sementara itu, sudut pemberitaan menarik diangkat oleh situs Bustle.com, yang memuat beberapa saran tentang bagaimana cara memberikan bantuan kepada korban gempa Lombok. Situs berita yang berbasis di Amerika Serikat itu menyarankan khalayak untuk menyalurkan donasi melalui lembaga-lembaga kemanusiaan, seperti Oxfam dan PMI, yang disebutnya telah mengerahkan kru ke lokasi bencana.

 

Simak video pilihan berikut:

 

 

Sejauh Ini Tercatat 91 Korban Tewas

Korban gempa menjalani perawatan di bangsal darurat luar Rumah sakit Moh. Ruslan di Mataram, Senin (6/8). Aparat gabungan terus melakukan evakuasi dan penanganan darurat akibat bencana gempa bermagnitudo 7 yang mengguncang Lombok. (AFP/ADEK BERRY)

Di lain pihak, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat ada 91 orang meninggal dunia akibat gempa Lombok berkekuatan 7 SR. Dari data tersebut tidak ada warga negara asing atau WNA.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangan pers di Jakarta, Senin, 6 Agustus 2018, mengatakan wilayah terparah yang mengalami dampak gempa adalah Lombok Utara.

"Sebanyak 72 orang meninggal dunia, 64 orang luka. Lombok Tengah 2 orang meninggal dunia, Lombok Timur 2 orang, Lombok Barat 9 orang, Mataram 4 orang, dan Bali 2 orang," kata Sutopo.

"Seluruhnya adalah WNI, tidak ada warga negara asing," Sutopo menambahkan.

Jumlah korban yang saat ini dilansir merupakan data sementara. "Pendataan masih terus dilakukan," kata Sutopo.

Badan SAR Nasional Mataram mulai sejak malam telah melakukan evakuasi di beberapa lokasi gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Termasuk pula beberapa lokasi pariwisata yang dikunjungi para wisatawan lokal ataupun mancanegara.

Humas Basarnas Mataram Agus Hendra Sanjaya menyatakan, sejak pukul 03.00 Wita pihaknya telah mengerahkan tim untuk mengevakuasi korban di Gili Trawangan dan Gili Meno, Lombok Utara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sarapan Seru Bareng Orangutan di Singapore Zoo

Posted: 05 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebelum memulai hari sangat disarankan Anda untuk sarapan. Sarapan menjadi energi awal untuk memulai aktivitas Anda seharian. Namun pernahkah Anda membayangkan jika sarapan bersama primata? Ya, Anda bisa merasakan sensasi sarapan bersama orangutan di Singapore Zoo.

Singapore Zoo menyediakan program sarapan dengan pemandangan orangutan di restoran Ah Meng. Anda bisa menikmati sarapan di restoran ini pada pukul 09.00 hingga 10.30. Di sini disediakan beragam jenis makanan. Mulai dari sarapan ala orang barat hingga orang timur.

 

Sarapan Bareng Orangutan

Wisatawan mancanegara ramai mengunjungi Singapore Zoo. (6/8). Kebun binatang ini punya atraksi wisata sarapan bersama orangutan. (Liputan6.com/ Vincentia Dianawanti)

Ketika Anda sedang menyantap sarapan, Anda dihampiri oleh orangutan pada pukul 09.30. Biasanya, akan ada empat hingga enam orangutan yang akan ikut sarapan bersama Anda hingga pukul 10.00 di tempat yang telah disediakan khusus untuk orangutan.

Tak hanya sarapan bersama, Anda pun bisa berfoto bersama keluarga orangutan ini. Namun Anda harus bersabar untuk menunggu antrean foto yang mengular.

Ada beberapa aturan yang perlu Anda ketahui ketika hendak berfoto bersama orang utan di Ah Meng Restaurant. Anda tidak diperbolehkan untuk memegang dan memberi makan orangutan secara langsung. Orangutan ini telah disediakan makanan berupa tebu, jagung, dan kuaci.

 

Jasa Fotografer

Singapore Zoo merupakan salah satu destinasi wisata unik di Negeri Singa yang punya banyak atraksi wisata. (Liputan6.com/ Vincentia Dianawanti)

Tak perlu khawatir jika Anda tidak membawa kamera. Petugas di kebun binatang menyiapkan fotografer khusus untuk mengabadikan momen Anda bersama orang utan yang sedang sarapan. Anda perlu membayar sekitar 35 dollar untuk mendapatkan hasil foto dalam yang sudah dibingkai. Sementara, ada juga bisa mendapatkan foto dalam bentuk bola salju dengan harga 60 dollar.

Restoran Ah Meng sendiri didirikan pada 1970-an untuk menghormati orangutan bernama Ah Meng generasi pertama yang hidup pada 1982. Didirikannya restoran ini agar masyarakat Singapura dan mancanegara bisa mengenang orang utan Ah Meng yang begitu populer di masa lampau.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Minyak Indonesia Naik Jadi USD 70,68 per Barel

Posted: 05 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mentetapkan harga minyak mentah Indonesia (Indonesian Crude Price/ICP) pada Juli 2018 USD 70,68 per barel atau naik sebesar USD 0,32 barel dari bulan sebelumnya USD 70,36 per barel. ‎

Dikutip dari situs resmi Kementerian ESDM, di Jakarta, Senin (6/8/2018). ‎Kenaikan serupa terjadi pada minyak mentah Indonesia jenis Sumatera Light Crude (SLC) naik sebesar USD 1,32 per barel dari USD 70,73 per barel menjadi USD 72,05 per barel.

Tim Harga Minyak Mentah Indonesia menyatakan, naiknya ICP dipengaruhi permintaan minyak mentah di pasar internasional yang mengalami kenaikan. International Energy Agency (IEA) memperkirakan, pertumbuhan permintaan minyak mentah global tahun ini meningkat sebesar 1,4 juta barel per hari menjadi 99,1 juta barel per hari.

Sementara, Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) menyampaikan peningkatan pertumbuhan minyak mentah global pada 2018 disebabkan oleh peningkatan permintaan minyak dari anggota Organisation for Economic Co- operation and Development (OECD) dan Non OECD.

Peningkatan tersebut dibarengi dengan penurunan suplai minyak mentah dari anggota OPEC penghasil minyak seperti Iran, Libya, Angola dan Venezuela. Hal yang sama dilakukan oleh Amerika Serikat, negara tersebut menurunkan stok dan produksi minyak mentahnya di pasar global menjadi 241,2 juta barel atau turun 2,8 juta barel.

Khusus kawasan Asia Pasifik, peningkatan harga minyak mentah dipengaruhi oleh peningkatan pembangunan infrastruktur di Tiongkok yang menyebabkan peningkatan permintaan minyak mentah Tiongkok.

 

Pergerakan harga

Ilustrasi tambang migas  (iStockPhoto)

Berikut perkembangan harga minyak mentah utama di pasar internasional pada Juli 2018 dibandingkan Juni 2018L

- Dated Brent naik sebesar USD 0,02 per barel dari USD 74,33 per barel menjadi USD 74,35 per barel.

-  WTI (Nymex) naik sebesar USD 3,26 per barel dari USD 67,32 per barel menjadi USD 70,58 per barel.

- Basket OPEC naik sebesar USD 0,26 per barel dari USD 73,01 per barel menjadi USD 73,27 per barel.

Sedangkan untuk Brent (ICE), mengalami penurunan sebesar USD 0,99 per barel dari USD 75,94 per barel menjadi USD 74,95 per barel.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Basket Asian Games 2018: Urung Mundur, Filipina Tak Pasang Target

Posted: 05 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Manila - Filipina meralat keputusan untuk mundur dari cabang basket putra Asian Games 2018. Kini, mereka siap mengirim tim untuk bersaing di Grup B. Hal itu dipastikan Juru Bicara Presiden Filipina, Christopher Go.

Sebelumnya, Filipina sempat mengumumkan bahwa mereka tak akan mengirim tim basket putra di Asian Games 2018. Hal ini tak lepas dari hukuman yang diberikan Komisi Disiplin (FIBA) untuk tim basket putra Filipina.

Saat itu, terjadi perkelahian yang melibatkan para pemain Filipina pada Kualifikasi Piala Dunia FIBA 2019 Zona Asia melawan Australia. Buntutnya, FIBA menjatuhkan hukuman kepada 10 pemain, termasuk asisten pelatih Joseph Uichico dan pelatih kepala Vincent Reyes.

Federasi Basket Filipina (SBP) sempat melayangkan permintaan karena absen di Asian Games 2018. Namun, pernyataan berbeda diucapkan Go yang jadi jubir Presiden Rodrigo Duterte. Dalam wawancara dengan The Manila Times, ia menegaskan bahwa tim basket putra akan tetap tampil di Asian Games.

"Kami tak memiliki kewajiban untuk menang. Kami berkewajiban untuk terus berusaha dan melakukan yang terbaik yang bisa kami lakukan setiap hari. Ini adalah kebanggaan Filipina dan tidak ada yang menjatuhkan orang Filipina lebih dari apa yang terjadi di lapangan basket," kata Go.

Siap Berkompetisi

Keputusan ini diambil setelah beberapa petinggi SPB mengadakan pertemuan usai mendapatkan sanksi dari FIBA. Denda itu sendiri sebesar 250 ribu franc Swiss dan 10 ribu franc khusus untuk pelatih kepala. Konon, Reyes yang mendesak para pemainnya untuk berkelahi.

Dalam pertemuan itu, SBP juga mengumumkan bahwa tim akan dilatih Yeng Guiao dan Caloy Garcia sebagai asistennya. Adapun pemain yang bakal turun adalah Christian Standhardinger, Paul Lee, Stanley Pringle, Don Trollano, JP Erram, Paul Asi Taulava, Kadet Gila Kobe Paras dan Ricci Rivero, pemain Rain atau Shine Raymond Almazan, Beau Belga, Maverick Ahanmisi, Gabe Norwood, Chris Tiu dan James Yap.

"Kami ingin mengumumkan partisipasi di Asian Games dan itu adalah final. Email sudah dikirim dan mereka (OCA) menanggapi, memungkinkan kami untuk kembali masuk," timpal Ketua Komisaris Basket Filipina (PBA) Ricky Vargas.

 

Fase Grup Basket Putra

Grup A: Korsel, Mongolia, Indonesia, Thailand

Grup B: Iran, Filipina, Suriah, Uni Emirat Arab

Grup C: Jepang, Qatar, Taiwan, Hong Kong

Grup D: Tiongkok, Kazakhstan, Palestina

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Chiellini Sebut Ronaldo Beri Energi Kejut untuk Juventus

Posted: 05 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Turin - Bek sekaligus kapten Juventus, Giorgio Chiellini, memberi sambutan atas kedatangan Cristiano Ronaldo. Meski belum merasakan bermain bersama, Chiellini yakin Ronaldo akan membuat level permainan Juventus meningkat.

Chiellini saat ini tengah berada di Amerika Serikat (AS) bersama sebagian besar pemain Juventus. Mereka tampil di ajang tur pramusim International Champions Cup 2018.

Sementara itu, Ronaldo sendiri sudah berada di Italia. Dia berlatih dengan pemain Juventus yang tak ikut di tur pramusim.

"Ronaldo memberikan energi kejut bagi kami, yang memungkinkan Juve menaikkan level bermainnya," kata Chiellini, dikutip dari Express, Senin (6/8/2018).

Namun, kata Chiellini, bersama Ronaldo, Juventus tetap harus bekerja keras. "Kami tidak boleh merasa sudah mendatangkan Scudetto atau Liga Champions secara otomatis," Chiellini menegaskan.

Chiellini juga menyebut, Juventus menyambut kedatangan Ronaldo dengan sikap yang benar-benar sangat positif. "Dia memberi antusiasme kepada kami semua. Terlebih, kami memang butuh pemain seperti Ronaldo," ujarnya.

100 Juta Euro

Cristiano Ronaldo latihan perdana bersama Juventus (Twitter)

Ronaldo resmi menjadi bagian skuat Juventus pada bursa transfer musim panas 2018 setelah sembilan tahun membela Real Madrid. Manajemen Juve rela mengeluarkan 100 juta euro atau sekitra Rp 1,6 triliun demi menggaet pemain 33 tahun itu.

Selain Ronaldo, Juventus memanfaatkan jendela transfer untuk mendatangkan sejumlah pemain baru, seperti Joao Cancelo, Emre Can, dan Mattia Perin. Mereka juga membawa pulang Leonardo Bonucci dari AC Milan untuk memperkuat lini belakang.

Kalah dari Real Madrid

Juventus baru selesai menutup rangkaian tur pramusim ICC2018 dengan kekalahan dari Real Madrid, 1-3. Akhir pekan depan, Si Nyonya Tua akan melakoni partai pembuka Serie A dengan bertandang ke markas Chievo, 18 Agustus 2018.

(David Permana)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Cara Bantu Korban Gempa Lombok dari Jauh

Posted: 05 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membantu para korban gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat. Walau tidak bisa datang langsung membantu korban gempa, ada banyak hal yang bisa dilakukan dari tempat masing-masing untuk meringankan beban mereka yang baru saja menghadapi gempa 7 Skala Richter.

Psikolog Rukiana Hutagalung menyebutkan paling tidak ada tiga hal yang bisa dilakukan untuk membantu para korban gempa Lombok secara langsung dan tidak langsung.

1. Jangan sebarkan berita yang tidak benar

Di era media sosial seperti sekarang, ada banyak informasi yang didapat, pastikan saat menyebarkan berita tentang gempa, bukan hoaks. "Jangan menyebarkan berita yang justru akan menambah kecemasan, baik untuk korban langsung maupun orang lain," tutur wanita yang berpraktik di RSUD Prambanan ini dalam pesan teks dengan Health-Liputan6.com pada Senin (6/8/2018).

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

2. Jangan menyebarkan foto korban

Pasien dievakuasi keluar rumah sakit di Bali menyusul gempa Lombok, Senin (6/8). Gempa 7 pada skala richter yang berpusat di Lombok, menyebabkan kerusakan bangunan di berbagai lokasi di Bali dan mengakibatkan sejumlah warga terluka. (AP/Firdia Lisnawati)

Mungkin sudah ada yang mendapatkan foto-foto korban gempa Lombok. Namun, Uki menyarankan untuk tidak menyebarkan kembali foto tersebut. "Mereka sudah cukup menderita dan mereka bukan tontonan," tambahnya.

3. Kirim bantuan dari jauh

Beberapa pihak kini mulai mengumpulkan donasi, makanan dan pakaian untuk para korban gempa Lombok. Ini juga merupakan bentuk partisipasi membantu mereka dari jauh.

Bagi yang sedang di sekitar Lombok, bisa juga mendonorkan darah. "Salah satu pertolongan yang sering kali dibutuhkan adalah tindakan medisi seperti operasi dan itu butuh banyak pasokan darah," tutur wanita lulusan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Memilukan Kerusakan Akibat Gempa Lombok

Posted: 05 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gempa Lombok terjadi pada Minggu (5/8/2018), pukul 18.46 WIB dengan kekuatan 7 SR. Menurut BMKG, gempa bumi dangkal tersebut terjadi karena aktivitas Sesar Naik Flores akibat deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan naik. Daerah dengan kerusakan parah terjadi di Kabupaten Lombok Timur, Lombok Utara, dan Kota Mataram.

Guncangan gempa Lombok turut dirasakan di wilayah lain. Tak hanya NTB, gempa juga terasa sampai ke NTT, Bali, Situbondo, bahkan Malang. Berikut beberapa potret kerusakan akibat gempa Lombok tersebut.

1. Hingga berita ini diturunkan, 91 orang dikabarkan meninggal

Twitter/@be_abeng

2. Ratusan orang terluka dan ribuan rumah rusak

Twitter/@be_abeng

3. Di daerah Selat, Narmada, Lombok Barat, hampir 90% bangunan rata dengan tanah

Twitter/@be_abeng

4. BMKG menyatakan gempa 7SR tersebut merupakan gempa utama dari rangkaian gempa sebelumnya

Instagram/@darma_ids

5. Jembatan di Dusun Tampes, Kecamatan Kayangan, Lombok Utara rusak parah

twitter/@DMCDompetDhuafa

6. Reruntuhan bangunan berserakan di sekitar Islamic Center pascagempa

Instagram/@instalombok_

7. Sejumlah bangunan tinggi dan kokoh mengalami keretakan karena besarnya kekuatan gempa

Instagram/@instalombok_

Penulis: Aliftya Amarilisya

Sumber: Brilio.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Showbiz: Mahar Pernikahan Tasya Kamila Si Anak Gembala

Posted: 05 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mungkin banyak yang masih mengingat Tasya Kamila sebagai sosok gadis cilik imut berponi yang melantunkan lagu "Anak Gembala". Namun kini ia telah beranjak dewasa, bahkan baru saja melepas masa lajang bersama sang kekasih, Randi Bachtiar.

Tak heran, berita pernikahan Tasya Kamila menarik perhatian pembaca kanal Showbiz Liputan6.com sepanjang hari kemarin, Minggu (5/8/2018). Terutama, kisah mengenai mahar pernikahannya yang bernilai lebih dari Rp 84 juta.

Selain cerita tentang pernikahan Tasya Kamila, kisah Iis Dahlia pun masih populer di kalangan pembaca.

Berikut Top 3 kanal Showbiz Liputan6.com selengkapnya:

1. Tasya Kamila Resmi Dinikahi Randi Bachtiar dengan Maskawin Senilai Rp 84 Juta

Pernikahan Tasya Kamila dan Randi Bachtiar yang berlangsung di sebuah hotel mewah di daerah Kuningan Jakarta Selatan pada hari Minggu (5/8/2018) berlangsung khidmat. Radi memberi mahar berupa uang ribuan dolar Amerika kepada mempelai wanitanya.

Simak selengkapnya.  

2. Foto Bersama, Anak Iis Dahlia Dinilai Mirip Waode Sofia

Iis Dahlia (Adrian Putra/bintang.com)

Walau beberapa waktu lalu Iis Dahlia dan Waode Sofia telah tampil, dan bahkan menangis bersama di atas panggung, warganet ternyata tak cepat lupa dengan kontroversi antara keduanya. Buktinya adalah komentar dari warganet yang muncul saat Iis Dahlia mengunggah fotonya bersama sang putri di Instagram.

Seperti apa komentarnya? Cek di sini.

3. Air Mata Tasya Kamila di Hari Pernikahan

(Instagram/thebridestory)

Ijab kabul kerap menjadi momen yang penuh haru bagi sang mempelai. Hal ini pula yang dirasakan Tasya Kamila dalam pernikahannya.

Simak momen yang membuat Tasya menitikkan air mata di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: 4 Fakta Dahsyatnya Gempa Lombok

Posted: 05 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gempa 7 SR mengguncang Lombok, Minggu (5/8) malam. Gempa ini bahkan sempat menimbulkan peringatan tsunami. Ada beberapa fakta dibalik gempa 7 SR yang terjadi di Lombok

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

700 Wisatawan Korban Gempa 7 SR di Tiga Gili Lombok Utara Trauma

Posted: 05 Aug 2018 09:55 PM PDT

Patroli, NTB - Warga di Tiga Gili di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) dievakuasi ke kapal Basarnas dengan menggunakan speed boat, Senin pagi. Proses evakuasi dilakukan terhadap 700 warga dan wisatawan yang trauma akibat gempa berkekuatan 7 SR.

Terlebih kala BMKG sempat mengeluarkan peringatan dini tsunami setelah gempa terjadi.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Senin (6/8/2018), proses evakuasi menggunakan kapal milik SAR, Polairud Polda NTB, dan BPBD NTB. Dengan kapal tersebut, warga dibawa ke Pelabuhan Bangsal menuju pos pengungsian Lombok Utara.

Sesuai instruksi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), proses evakuasi dilakukan hingga seluruh warga dan wisatawan meninggalkan ketiga pulau tersebut. (Rio Audhitama Sihombing) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BNPB: Gempa Lombok Akibat Aktivitas Sesar Naik Flores

Posted: 05 Aug 2018 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Pusat Data Informasi (Pusdatin) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwonugroho mengatakan, penyebab gempa 7 SR di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, berjenis gempa dangkal. Episenter darat gempa berkedalaman 15 km pada 18 km barat laut.

"Jenis gempa dangkal ini akibat aktivitas Sesar Naik Flores (Flores Arch Thrust), dibangkitkan deformasi bantuan dengan mekanisme pergerakan naik," kata Sutopo di Kantor BNPB, Jakarta Timur, Senin (6/8/2018).

Sutopo menerangkan, pergerakan Sesar Naik Flores di Lombok Utara menyebabkan kerawanan gempa. Menurut dia, Flores hingga Lombok terdapat patahan atau sesar yang memanjang.

"Jadi patahan ini sebagai respon terhadap desakan Kontinen Australia. Sesar ini pernah dipetakan dalam Ekspedisi Marine Geology Rama oleh University California Santa Crus dan LIPI 1981," jelas dia.

Menurut pernyataan BMKG, lanjut Sutopo, gempa 7 SR yang terjadi Minggu 5 Agustus 2018, adalah gempa utama dalam rangkaian gempa sebelumnya, 29 Juli 2018.

Gempa ini sempat berpotensi tsunami, untuk Kabupaten Lombok Barat bagian utara, juga Kabupaten Lombok Timur bagian utara, dengan status waspada yang mana ketinggian ombak memcapai 50 cm.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Instruksi Jokowi untuk Tangani Korban Gempa Lombok

Posted: 05 Aug 2018 09:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan saat ini penanganan dampak gempa Lombok masih berlangsung.

Jokowi, telah memerintahkan Menko Polhukam Wiranto yang saat ini sudah berada di Lombok untuk memimpin koordinasi di lapangan, baik dengan BNPB, Basarnas, TNI, Polri, Kementerian Sosial, Kementerian Kesehatan, kementerian/lembaga lainnya serta pemerintah daerah.

Panglima TNI pun segera memberangkatkan kapal rumah sakit KRI dr Soeharso (990), ke wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat dari Surabaya dan diperkirakan tiba pada malam hari ini.

Selain itu, TNI juga memberangkatkan tambahan pasukan dan bantuan, khususnya bantuan kesehatan yaitu tenaga medis, obat-obatan, logistik, tenda dan alat komunikasi ke NTB.

"Fokus utama saat ini adalah pencarian, penyelamatan dan pertolongan kepada masyarakat yang terdampak gempa serta pemenuhan kebutuhan dasar mereka seperti makanan dan air bersih, selimut, tikar, tenda, juga trauma healing," tulis Jokowi dalam akun Facebooknya @Jokowi, Senin (6/8/2018).

BNPB mencatat korban meninggal dunia akibat gempa Lombok berkekuatan 7 SR sebanyak 91 orang.

"Ini data sementara, pendataan masih terus dilakukan," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangan pers di Jakarta, Senin (6/8/2018).

 

Wilayah Terparah

Dari data tersebut, wilayah yang paling parah terdampak gempa adalah Lombok Utara. Tercatat ada 72 orang meninggal dunia di wilayah ini, sementara korban luka-luka 64 orang.

"Penyebab meninggal karena luka tertimpa bangunan," kata Sutopo.

Sementara itu, di Lombok Tengah 2 orang meninggal dunia, Lombok Barat 9 orang, Mataram 4 orang, dan di Bali 2 orang. Sementara korban luka tercatat sebanyak 209 orang.

"Masa tanggap darurat diberlakukan sampai dengan tanggal 11 Agustus 2018," kata Sutopo.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kompensasi AirAsia buat Penumpang yang Batal Terbang Usai Gempa Lombok

Posted: 05 Aug 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - AirAsia menyatakan bahwa seluruh penerbangan dari dan menuju Lombok juga Bali beroperasi dengan normal menyusul terjadinya gempa bumi. Pada Minggu malam (5/8/2018) hingga Senin (6/8/2018) pagi, terjadi beberapa gempa.

Head of Communications PT Indonesia AirAsia, Baskoro Adiwiyono, menjelaskan, meskipun beroperasi normal, AirAsia tetap memberikan dua pilihan kompensasi kepada para penumpang yang membatalkan penerbangan.

"Kompensasi diberikan kepada penumpanng yang telah memesan tiket sebelum 5 Agustus 2018 dengan periode perjalanan dari 6 - 10 Agustus 2018," jelas dia dikutip dari keterangan tertulis, Senin (6/8/2018). 

Ia melanjutkan, penumpang dengan penerbangan ke Lombok atau Bali dari tanggal 6 - 10 Agustus dapat memilih salah satu dari pilihan layanan kompensasi berikut ini.

1. Ubah Jadwal (Move Flight)

Pengubahan jadwal penerbangan untuk rute yang sama dalam periode 14 hari dari jadwal keberangkatan semula tanpa dikenakan biaya tambahan dan bergantung pada ketersediaan kursi.

2. Akun Deposit (Credit Account)

Deposit senilai harga tiket pada akun AirAsia BIG Loyalty yang dapat digunakan untuk pembelian tiket AirAsia lainnya. Akun deposit ini berlaku 90 hari sejak diterbitkan.

Isi Formulir

Kementerian Hubungan telah memastikan Pesawat AirAsia jurusan Surabaya-Singapura mengalami hilang kontak.

Baskoro melanjutkan, penumpang yang ingin memilih Ubah Jadwal atau Akun Deposit dapat mengisi formulir e-form yang tersedia di support.airasia.com.

AirAsia mengimbau semua penumpang untuk memperbarui nomor telepon dan alamat email yang terdaftar di www.airasia.com agar dapat senantiasa dihubungi untuk mendapatkan informasi terkini terkait status penerbangan.

"Kami akan terus memantau situasi dengan seksama dan akan menginformasikan status penerbangan terkini kepada penumpang," tutur dia. 

"Penumpang juga disarankan untuk terus memantau www.airasia.com dan akun media sosial AirAsia untuk mengetahui perkembangan informasi lebih lanjut," tutur Baskoro.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga 1: Persija Gagal Kudeta PSM dan Madura

Posted: 05 Aug 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Malang - Persija Jakarta gagal memanfaatkan keterpurukan Arema FC pada pekan ke-19 Go-Jek Liga 1 bersama BukaLapak. Saat bertemu di Stadion Kanjuruhan, Minggu (6/8/2018), Persija hanya bisa mencuri satu poin.

Sebelum melawan Persija, Arema memang sedang dalam tren buruk. Hanya satu kemenangan yang didapat tim Singo Edan dalam lima laga terakhir. Itu yang membuat mereka merosot ke papan bawah klasemen.

Berbeda dengan Persija yang bermodal dua kemenangan beruntun, yakni atas Mitra Kukar dan Bhayangkara FC. Saat pertandingan, tim Macan Kemayoran pun unggul lebih dulu lewat gol Marko Simic di menit ke-68.

Sayang, keunggulan mereka harus sirna saat laga tinggal menyisakan waktu injury time. Ya, Makan Kanote sukses menyamakan skor buat Arema di menit ke-90. Dengan hasil itu, Persija pun gagal mengkudeta Madura United dan PSM Makassar yang duduk di urutan kedua serta ketiga klasemen.

Padahal, sebelumnya PSM juga hanya bisa bermain imbang 2-2 saat menjamu Perseru Serui. Alhasil, anak asuh Stefano Cugurra Teco masih bertahan di urutan keempat dengan koleksi 29 poin, terpaut satu angka dengan Madura United dan PSM. Sedangkan Arema tetap di posisi ke-13 dengan 24 poin.

 

Klasemen Liga 1

Persija Jakarta masih bertahan di urutan keempat klasemen Liga 1 2018. (Soccerway)

Hasil Liga 1

Minggu, 5 Agustus 2018

Persebaya 3-1 Persela

PSM 2-2 Perseru

Arema 1-1 Persija

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kiai NU Beri Jokowi Tenggat 2 Hari untuk Tunjuk Cak Imin sebagai Cawapres

Posted: 05 Aug 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kiai Nahdlatul Ulama (NU) memberi tenggat waktu dua hari bagi Jokowi untuk memutuskan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, sebagai cawapresnya. Batas waktu itu diungkapkan Mustayar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Najib Abdul Qodir.

"Memberi deadline kepada Jokowi dalam dua hari," kata Najib kepada wartawan, Senin (6/8/2018).

Dorongan agar Cak Imin menjadi cawapres Jokowi disampikan para kiai NU Sabtu (4/8/2018) malam. Sebanyak 95 kiai Nahdlatul Ulama (NU) dan Ketua Umum PBNU Kiai Said Agil Siraj sepakat mendorong Cak Imin sebagai cawapres Jokowi pada 2019 mendatang.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh juru bicara para kiai, Kiai Anwar Iskandar, setelah puluhan kiai pemilik pesantren besar di sejumlah daerah itu, mendatangi Said di kantor PBNU Jakarta Pusat.

"Para kiai dan PBNU menyepakati 'kalimatin wahidah wa shaffin wahidah' (satu bahasa dan satu barisan) mendukung dan mengawal Cak Imin menjadi cawapres," ujar Anwar.

Dukungan kepada Cak Imin diberikan karena memandang Pilpres bisa menjadi kesempatan emas untuk membangun dan membesarkan NU. Majunya Cak Imin sebagai cawapres Jokowi, membuka peluang untuk memperbaiki kondisi bangsa.

Jokowi sendiri menanggapi positif rekomendasi itu. Namun, ia belum menjawab tegas, bagaimana keputusan akhirnya.

Reporter: renald Ghiffari 

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Video Salat Saat Gempa Lombok Tuai Pujian Warganet

Posted: 05 Aug 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bumi yang melanda Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu 5 Agustus 2018 menyisakan duka bagi warganet Indonesia.

Kendati demikian, ada hal yang juga menarik perhatian warganet, yakni video yang memperlihatkan jemaah sedang salat saat gempa terjadi.

Pantauan Tekno Liputan6.com di linimasa jejaring sosial, ada dua video beredar. Pertama video yang memperlihatkan imam dan sejumlah jemaahnya tetap khusyuk salat isya, meskipun guncangan gempa terasa cukup kencang.

 

Disebut-sebut, video ini direkam di sebuah masjid di Bali. Bali sendiri ikut terdampak guncangan gempa berskala 7SR tersebut.

Video kedua adalah potongan rekaman CCTV yang menunjukkan jemaah salat isya di sebuah masjid lari berhamburan menyelamatkan diri saat gempa melanda Lombok.

Warganet pun mengunggah ulang video ini dengan berbagai pujian. Pengguna dengan akun @dinsahran mencuit, "Saat solat isya di salah sebuah masjid di Lombok semalam. Imam tetap meneruskan solat walaupun berdepan saat cemas dilanda gempa bumi kuat. MasyaAllah, moga Allah pelihara mereka."

Pengguna Twitter dengan akun @oryzasativasp pun menuturkan hal serupa. "Ini diambil pas gempa lombok di Masjid Agung Bali. Imamnya tetap stay solat aja. Subhanallah," tuturnya.

Demikian juga dengan pemilik akun @FirdaSyeban yang menuliskan dirinya terharu dan merinding melihat video imam dan sebagian jemaah yang tetap lanjut salat meski dilanda gempa.

Gempa Lombok

Gempa bumi berkekuatan 7 skala Richter (SR) mengguncang kawasan Lombok Utara, NTB, Minggu (5/8/2018) malam.

Akibatnya, warga yang berada di Lombok hingga sampai dengan Pulau Bali dapat merasakan gempa ini.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut gempa memiliki kedalaman 15 km. BMKG juga mengeluarkan peringatan tsunami untuk daerah Lombok.

Kejadian ini sontak menuai perhatian warganet di media sosial, terutama pengguna Twitter.

Berbagai ucapan dukacita dan doa untuk korban gempa pun mengalir deras di linimasa platfom realtime Twitter di Indonesia.

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, Lombok dan Berpotensi Tsunami menjadi trending topic di linimasa Twitter Indonesia.

Berikut adalah beberapa cuitan yang sudah dihimpun.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rasakan Gempa Lombok, Anak-Anak Nana Mirdad Menangis

Posted: 05 Aug 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gempa Lombok berkekuatan 7 Magnitudo yang terasa hingga Bali rupanya ikut membuat Nana Mirdad, Andrew White, dan anak-anaknya yang sedang berada di Bali panik.

Sampai-sampai, Nana Mirdad dan keluarga sempat berlarian ke luar rumah. Kejadian gempa Lombok tersebut disampaikan sendiri oleh Nana Mirdad melalui Instagram Story, Minggu (5/8/2018).

"Oh my god, ini gempa terbesar yang pernah kita rasain selama kita tinggal di Bali ya sayang ya?" Nana Mirdad mengatakan kepada anaknya dalam sebuah video singkat.

"Ini pada lari semua keluar, pada nangis anak-anak, di belakang semua juga," ucap Nana Mirdad menjelaskan situasi setelah gempa Lombok.

Kolam Renang

(Instagram/nanamirdad)

Dalam video di Instagram Story selanjutnya, Nana Mirdad juga menggambarkan besarnya gempa bumi dengan memperlihatkan kondisi kolam renang rumahnya. Di situ, terlihat bahwa air sampai membasahi hampir seluruh tepi kolam renang.

Memulihkan Diri

(Instagram/nanamirdad)

Nana Mirdad pun menyampaikan harapannya setelah gempa Lombok bersama foto kolam renang di Instagram Stories.

"Masih mencoba memulihkan diri dari guncangan tadi. Belum pernah mengalami gempa bumi sebesar itu sebelumnya... Berharap kami semua tetap aman malam ini...," tulisnya dalam bahasa Inggris.

Suami Nana, Andrew White, tampak terjaga setelah gempa bumi Lombok terasa hingga rumah mereka di Bali. "Tetap waspada setelah gempa," tulis Nana Mirdad sambil mengunggah video Andrew sedang duduk bersiaga serta sesekali menguap.

Diketahui, gempa Lombok merusak berbagai infrastruktur yang ada di Lombok dan Bali. Puluhan orang dikabarkan tewas akibat bencana alam ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Korps Marinir Kirim Pasukan Bantu Korban Gempa Lombok

Posted: 05 Aug 2018 09:38 PM PDT

Korps Marinir mengirim Satgas Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) Marinir dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (6/8). Sebanyak 200 personel ini akan membantu penanganan bencana gempa Lombok. (Liputan6.com/HO/Dispen Kormar)

Korps Marinir mengirim Satgas Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) Marinir dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (6/8). Sebanyak 200 personel ini akan membantu penanganan bencana gempa Lombok. (Liputan6.com/HO/Dispen Kormar)

Satgas Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) Marinir memasukkan logistik bantuan ke dalam pesawat angkut C-130 Hercules TNI Angkatan Udara menuju Lombok dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (6/8). (Liputan6.com/HO/Dispen Kormar)

Satgas Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) Marinir memasukkan logistik bantuan ke dalam pesawat angkut C-130 Hercules TNI Angkatan Udara menuju Lombok dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (6/8). (Liputan6.com/HO/Dispen Kormar)

Satgas Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) Marinir memasukkan logistik bantuan ke dalam pesawat angkut C-130 Hercules TNI Angkatan Udara menuju Lombok dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (6/8). (Liputan6.com/HO/Dispen Kormar)

Satgas Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) Marinir memasukkan logistik bantuan ke dalam pesawat angkut C-130 Hercules TNI Angkatan Udara menuju Lombok dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (6/8). (Liputan6.com/HO/Dispen Kormar)

Satgas Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) Marinir memasukkan logistik bantuan ke dalam pesawat angkut C-130 Hercules TNI Angkatan Udara menuju Lombok dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (6/8). (Liputan6.com/HO/Dispen Kormar)

Satgas Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) Marinir memasukkan logistik bantuan ke dalam pesawat angkut C-130 Hercules TNI Angkatan Udara menuju Lombok dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (6/8). (Liputan6.com/HO/Dispen Kormar)

Korps Marinir mengirim Satgas Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) Marinir dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (6/8). Sebanyak 200 personel ini akan membantu penanganan bencana gempa Lombok. (Liputan6.com/HO/Dispen Kormar)

Korps Marinir mengirim Satgas Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) Marinir dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (6/8). Sebanyak 200 personel ini akan membantu penanganan bencana gempa Lombok. (Liputan6.com/HO/Dispen Kormar)

Asops Panglima TNI Mayjen TNI Lodewyk Pusung memimpin pemberangkatan Satgas Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) Marinir menuju Lombok Utara, NTB, dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (6/8). (Liputan6.com/HO/Dispen Kormar)

Asops Panglima TNI Mayjen TNI Lodewyk Pusung memimpin pemberangkatan Satgas Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) Marinir menuju Lombok Utara, NTB, dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (6/8). (Liputan6.com/HO/Dispen Kormar)

Asops Panglima TNI Mayjen TNI Lodewyk Pusung melepas keberangkatan Satgas Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) Marinir menuju Lombok Utara, NTB, dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (6/8). (Liputan6.com/HO/Dispen Kormar)

Asops Panglima TNI Mayjen TNI Lodewyk Pusung melepas keberangkatan Satgas Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) Marinir menuju Lombok Utara, NTB, dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (6/8). (Liputan6.com/HO/Dispen Kormar)

Prajurit Satgas Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) Marinir diberangkatkan dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (6/8). Sebanyak 100 personel ini akan membantu penanganan bencana gempa Lombok. (Liputan6.com/HO/Dispen Kormar)

Prajurit Satgas Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) Marinir diberangkatkan dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (6/8). Sebanyak 100 personel ini akan membantu penanganan bencana gempa Lombok. (Liputan6.com/HO/Dispen Kormar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Gempa Lombok, Bali Process 2018 di Nusa Dua Tetap Berlangsung

Posted: 05 Aug 2018 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Nusa Dua - BMKG menyebut, gempa Lombok turut menyebabkan guncangan di Pulau Dewata, termasuk kawasan Nusa Dua, tempat terselenggaranya Bali Process Government and Business Forum (GABF) 2018 pada 6-7 Agustus 2018, yang diorganisir bersama serta dihadiri oleh Menteri Luar Negeri dan pebisnis dari Indonesia-Australia.

Puluhan delegasi dari berbagai negara juga hadir dalam forum tersebut. Kendati demikian, pihak Kementerian Luar Negeri RI mengatakan bahwa Bali Process 2018 akan tetap berlangsung, meski ancaman susulan gempa Lombok masih mungkin terjadi.

"Bali Process 2018 masih tetap sesuai rencana sampai saat ini. Persiapan terus dilakukan (oleh pengorganisir acara)," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir melalui pernyataan yang diumumkan via pesan singkat, seperti diterima Liputan6.com, Senin (6/8/2018).

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop, President Commissioner Emtek Eddy Kusnadi Sariaatmadja, dan Chairman Fortescue Metals Group Andrew Forrest akan menjadi tamu kunci pada Bali Process 2018.

GABF sendiri merupakan forum tahunan rutin yang dilaksanakan untuk memberantas permasalahan perdagangan manusia, perbudakan modern, serta mengeradikasi sejumlah isu turunannya itu akan dihadiri oleh sejumlah menteri dan pebisnis mancanegara.

Sejauh ini, menurut laporan resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), korban tewas akibat gempa Lombok tercatat sedikitnya 82 orang. 

 

Simak video pilihan berikut: 

 

 

Diikuti Delegasi Pemerintah dan Pebisnis Asing

4 Ketua Bali Process Government and Business Forum bertekad memberantas perbudakan modern. (Istimewa)

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop menjadi dua co-chair mewakili unsur pemerintah yang menghadiri Bali Process 2018.

Sementara itu, President Commisioner Emtek, Eddy Kusnadi Sariaatmadja dari Indonesia dan Chairman Fortescue Metals Group, Andrew Forrest dari Australia menjadi co-chair mewakili unsur pebisnis dalam forum tersebut.

Bali Process GABF akan terbagi menjadi dua sesi. Hari pertama, 6 Agustus, merupakan sesi diskusi bisnis forum, di mana Eddy Sariaamatdja dan Andrew Forrest bersama-sama akan menyampaikan pidato kunci dan co-chair diskusi.

Sementara hari kedua, 7 Agustus, merupakan sesi puncak Official Government & Business Forum, Menlu Retno dan Menlu Bishop akan menyampaikan pidato pembuka mewakili pemerintah Indonesia dan Australia.

Dalam kesempatan itu, Eddy Sariaatmadja akan memaparkan tentang pencapaian Bali Process tahun lalu hingga tahun ini, sedangkan Andrew Forest akan menyampaikan AAA Recommendations Bali Process.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hari ke-20 Kedatangan, Jemaah Calon Haji Wafat Capai 31 Orang

Posted: 05 Aug 2018 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Makkah - Hingga hari kedua puluh sejak kedatangan kali pertama jemaah haji di Tanah Suci, sebanyak 332 kloter atau 135.202 jemaah telah tiba. Dari angka itu, terdiri atas 133.542 jemaah dan 1.660 petugas.

Demikian informasi dari data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Daerah Kerja Bandara yang diterima Media Center Haji (MCH), Ahad (05/08) pukul 18.20 WAS.

Sementara jumlah jemaah wafat kini mencapai 31 orang. Berikut rinciannya yang dikutip dari Kemenag.go.id.

Madinah:

1. Sukardi Ratmo Diharjo (JKG-1) wafat pada 18 Juli 2018 di Masjid Nabawi (lalu dibawa di Klinik Kesehatan Haji/KKHI Madinah) disebabkan cardiac arrest pada usia 59.

2. Hadia Daeng Saming (UPG-05) wafat pada 20 Juli 2018 ; di Klinik Bandara AMMA disebabkan cardiac arrest pada usia 73 tahun;

3. Ade Akum Dachyudi (67) asal Kloter JKS-13; wafat pada 23 Juli 2018 di Masjid Nabawi (KKHI Madinah) disebabkan isheamic heart disease pada usia 67 tahun;

4. Sunarto Sueb Sahad (SOC-15) wafat pada 23 Juli 2018 di KKHI Madinah (perjalanan) disebabkan cardiovascular disease pada usia 57 tahun;

5. Siti Aminah Rasyip (SOC-05) wafat pada 23 Juli 2018 di KKHI Madinah (pemondokan) karena acute ischemic heart disease pada usia 57 tahun;

6. Sanusi Musthofa Khafid (SUB-06) wafat pada 25 Juli 2018 di KKHI Madinah (pemondokan) disebabkan other obstructive pulmonary disease pada usia 73 tahun;

7. Katio Abdul Majid Simanjutak (MES-02) wafat pada 25 Juli 2018 di RSAS disebabkan cardiac arrest pada usia 59 tahun;

8. Machyar Sahromi Muhammad Thaif (JKS-06) wafat pada 26 Juli 2018 di RSAS disebabkan acute myocardial infarokom pada usia 78 tahun;

9. Mohammad Sholeh bin Abu Bakar (SUB-23) wafat pada 27 Juli 2018 di KKHI Madinah (pemondokan) disebabkan ischeamic heart disease pada usia 74 tahun;

10. Nordiani Bahrani Kursani (BDJ-03) wafat pada 28 Juli 2018 di KKHI Madinah (pemondokan) disebabkan isheamic heart disease pada usia 53 tahun;

11. Widodo Karto Semito bin Jimin (JKS-35) wafat pada 29 Juli 2018 di RSAS disebabkan cardiac arrest pada usia 56 tahun;

12. Abdullah Noor bin Sidik (SOC-13) wafat pada 29 Juli 2018 di KKHI Madinah (pemondokan) disebabkan Cardiovascular Disease pada usia 72 tahun;

13. Rasnam Ponidjan (SUB-23) wafat 29 Juli 2018 di KKHI Madinah (pemondokan) disebabkan isheamic heart disease pada usia 64 tahun;

14. Adang Aliyudin Satibi (JKG-05) wafat 30 Juli 2018 pukul 09.15 disebabkan shock kardiogenic di RS King Fahd Madinah pada usia 61 tahun;

15. Ame Omon Jasan (JKS-31) wafat 30 Juli 2018 di KKHI Madinah (pemondokan) disebabkan cardiovascular diseases pada usia 55 tahun;

16. Dadang Abdullah (JKS-003) wafat 31 Juli 2018 pukul 08.41 WAS di RS King Fahd Madinah disebabkan shock hypovolemik pada usia 57 tahun;

17. Daklan Mustopa Kholil (JKS-38) wafat 31 Juli 2018 di KKHI Madinah (pemondokan) disebabkan cardiovascular diseases pada usia 58 tahun;

18. Sujatmin Siswo Taruno (SOC-26 ) wafat 1 Agustus 2018 pukul 02.00 WAS di KKHI Madinah disebabkan chronic obstructive pulmonary disease (COPD) pada usia 86 tahun;

19. Budi Riyanti Asmi (PLM-05) wafat 1 Agustus 2018 di Masjid Nabawi (KKHI Madinah) disebabkan circulatory diseases pada usia 54 tahun;

20. Tohet Kuris Jamil (PLM-03) wafat 2 Agustus 2018 di RSAS (KKHI Madinah) disebabkan cardiac arrest pada usia 69 tahun.

 

Makkah

Setiap musim haji tiba, bayak pekerja atau umal yang membawa koper calon jemaah haji dari bandara menuju bus, atau dari bus menuju kamar. (Liputan6.com/Taufiqurrohman)

1. Supriyati Teguh Adam (SOC-5) wafat 29 Juli 2018 pukul 23.30 WAS di KKHI Makkah disebabkan acute pulmonary lung disease pada usia 51 tahun;

2. Zainal Abidin Yusuf (UPG-04) wafat 29 Juli 2018 di RSAS disebabkan infectious and parasatic diseases pada usia 60 tahun.

3. Supiyah Ngadiman (JKG-11) wafat pada 2 agustus 2018 pkl 16.00 WAS di RSAS An Noor Makkah pada usia 65 tahun;

4. Jamiatun Waridin Suratman (SOC-52) wafat 2 Agustus 2018 pukul 13.30 WAS di Masjidil Haram Makkah pada usia 66 tahun;

5. Jene bin Sanusi Enon (JKS-11) wafat 2 Agustus 2018 pukul 19.25 WAS di RSAS An Noor Makkah pada usia 87 tahun;

6. Mukti Wibowo bin Martono (SOC-11) wafat di RSAS pada usia 69 tahun;

7. B Permata Uar bin Daing Matira (UPG-012) wafat di Masjidil Haram pada usia 58 tahun;

8. Busari bin Kasihan (SOC-004) wafat di RSAS pada usia 63 tahun;

9. Masriah binti Sejadi (SUB-046) wafat di RSAS pada usia 59 tahun;

10. Bainah Siregar binti Banua Siregar (MES-008) wafat di RSAS pada usia 72 tahun;

11. Arif Hidayat bin Padli (JKS-027) wafat di pemondokan pada usia 60 tahun.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Kementerian Agama akan menjamin badal haji jemaah yang meninggal sebelum proses haji. Nantinya keluarga dari jemaah yang meninggal akan mendapat sertfikat badal haji tersebut.

 

Saksikan tayangan video menarik berikut ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Proses Evakusi Korban Gempa dari 3 Gili di Lombok Utara

Posted: 05 Aug 2018 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan proses evakausi di Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno, Lombok Utara maish berlangsung hingga saat ini. Dia menyebut proses evakausi itu sangat bertahap paska gempa.

Sutopo juga menyebut tim Basarnas telah menambah jumlah kapal yang difungsikan untuk evakuasi.

"Ada warga negara asing (WNA) dan warga negara Indonesia (WNI). Basarnas menambah kapal besar yang didatangkan dari Bali," kata Sutopo di Jakarta, Senin (6/8/2018).

Dia menjelaskan proses evakuasi yang dilakukan di tiga lokasi wisata tersebut. Karena medan yang berpulau jadi wisatawan dievakuasi menggunakan perahu karet menuju kapal Basarnas.

 

Dibawa ke Daratan

Lanjut dia, korban yang telah dievakuasi pun langsung dibawa ke daratan. Sehingga tim Basarnas harus melakukan evakuasi secara bertahap.

"Jadi mereka dijemput dari tiga Gili tadi menggunakan perahu karet, kemudian dibawa ke kapal milik Basarnas. Jadi kapal Basarnas mondar-mandir untuk evakuasi," jelasnya.

Sebelumnya, Gempa 7 SR yang mengguncang Nusa Tenggara Barat pada Minggu 5 Agustus pukul 18.46 WIB memberikan dampak yang luas. Hingga Senin dini hari (6/8/2018) pukul 02.30 WIB tercatat 82 orang meninggal dunia akibat gempa, ratusan orang luka-luka dan ribuan rumah rusak. Ribuan warga mengungsi ke tempat yang aman.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kilauan Hijau Terlihat di Langit Saat Gempa Lombok, Meteor?

Posted: 05 Aug 2018 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kilauan hijau terlihat di langit saat gempa 7 SR mengguncang Lombok, Minggu, 5 Agustus 2018 pukul 18.46 Wita. Kilauan hijau itu keluar ke arah utara. Lantas, apakah kilauan cahaya tersebut adalah meteor?

Menurut Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin, benda misterius itu bukan benda ruang angkasa.

"Saya menduga tidak ada kaitannya karena tidak ada alasan fisisnya. Ketampakan meteor dan gempa tidak ada kaitannya," kata Thomas saat dihubungi Liputan6.com, Senin (6/8/2018).

Saat gempa Lombok terjadi, warga mengaku melihat kilauan cahaya berwarna hijau dari langit arah utara Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

"Saya lihat langit di arah utara keluar cahaya hijau, seperti petir menyambar," kata Mallias, warga Perumnas Mataram yang ketika gempa bumi terjadi berada di Perumahan Lingkar Asri Kota Mataram, Lombok, Minggu malam.

 

Hijau Terang

Begitu juga disampaikan Slamet Prabowo, bapak satu anak yang berhasil menyelamatkan anaknya yang sedang tidur lelap di kamar lantai dua rumahnya itu. Slamet mengaku melihat kilauan hijau dari langit arah utara.

"Apa mungkin itu, hijau terang bercahaya dari arah utara. Wallahu a'lam," kata Slamet dilansir Antara.

Mallias dan Slamet bersama warga lainnya di Perumahan Lingkar Asri Kota Mataram berhamburan keluar rumah ketika terjadi guncangan gempa Lombok tersebut. Bahkan, pascagempa terjadi, listrik dengan seketika padam.

 

Saksikan tayangan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Merokok di Sekitar Semburan Misterius dari Sumur Tengah Sawah di Ngawi

Posted: 05 Aug 2018 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Ngawi - Anggota Polres Ngawi mengambil sampel air beserta lumpur dari sumur pompa yang mengeluarkan semburan air di persawahan Desa Sidolaju, Kecamatan Widodaren, Ngawi, Jawa Timur, untuk diteliti.

"Kami mengambil sejumlah air yang keluar untuk barang bukti dan diteliti kandungannya apakah berbahaya atau tidak," ujar Kepala Satuan Reskrim Polres Ngawi AKP Maryoko kepada wartawan di Ngawi, Minggu, 5 Agustus 2018, dilansir Antara.

Menurut dia, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Ngawi terkait rencana penelitian tersebut.

Guna mengantisipasi kejadian berbahaya, polisi mengimbau warga yang menonton semburan air mancur tersebut untuk tidak menerobos garis polisi yang telah dipasang. Sebab, semburan tersebut kemungkinan mengandung gas yang berbahaya dan mudah terbakar.

"Jangan menyalakan rokok atau sumber api di sekitar lokasi semburan. Sebab, sangat dimungkinkan sumur mengandung gas yang mudah terbakar," kata dia.

Selain mengambil sampel, pihaknya juga berkoordinasi dengan lembaga terkait untuk menindaklanjuti kejadian semburan sumur di sawah tersebut.

Sementara, warga Desa Sidolaju, Slamet, mengatakan fenomena sumur pompa yang menyemburkan air sejatinya bukan hal aneh di area persawahan setempat. Tak jauh dari lokasi kejadian sumur yang semburkan air saat ini, pernah muncul semburan air yang diikuti oleh semburan gas dan api dari dalam sumur pada 2013 dan 2014.

"Dulu juga pernah ada kejadian sumur warga keluarkan api dan gas di tengah sawah pada beberapa tahun lalu," ungkap Slamet yang bekerja sebagai petani ini.

Sesuai data, pada 19 September 2013, terjadi semburan api dari sumur bor milik Salimun di area persawahan Desa Planglor, Kecamatan Kedunggalar. Sedangkan pada 8 September 2014, juga muncul semburan api dari sumur bor milik Karno di area persawahan Desa Sidolaju, Kecamatan Widodaren.

Sebelumnhya, sebuah sumur pompa di tengah area persawahan di Dusun Weru, Desa Sidolaju, Kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi, mengeluarkan semburan air hingga mengagetkan warga desa sekitar.

Sumur tersebut adalah milik Mujianto warga Desa Planglor, Kecamatan Kedunggalar, Kabupaten Ngawi, yang menyemburkan air bercampur lumpur setinggi 30 meter lebih hingga menyerupai air mancur.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesan Pertama Demi Lovato Usai Pemulihan Akibat Overdosis

Posted: 05 Aug 2018 09:30 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Hampir dua minggu setelah mengalami overdosis obat, Demi Lovato menyapa para pendukungnya melalui sebuah pesan. Dalam sebuah pernyataan panjang yang diposting pada Instagramnya, Minggu sore, bintang pop berusia 25 tahun itu buka suara untuk pertama kalinya.

"Saya selalu transparan tentang perjalanan saya dengan kecanduan," tulisnya. "Apa yang saya pelajari adalah bahwa penyakit ini bukanlah sesuatu yang menghilang atau memudar seiring berjalannya waktu. Ini adalah sesuatu yang harus terus saya atasi dan belum selesai."

Lovato bersyukur kepada Tuhan karena "membuat saya tetap hidup dan sehat," dan menyatakan kepada para penggemarnya bahwa "pikiran positif dan doa mereka telah membantu saya melalui masa sulit ini."

Pada Selasa pagi, 24 Juli, petugas medis darurat merespon rumah Lovato di Hollywood, tempat ia ditemukan tidak sadarkan diri setelah apa yang digambarkan oleh sumber sebagai pesta semalam suntuk. Dia diberi nalokson, penangkal opioid-overdosis, dan kemudian dibawa ke Cedars-Sinai Medical Center untuk perawatan lebih lanjut, demikian seperti disiarkan eonline.com. (Antara/Fitri Supratiwi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Eks Striker AC Milan Prediksi Dominasi Juventus

Posted: 05 Aug 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Turin - Mantan penyerang AC Milan, Antonio Cassano, memberikan penilaiannya mengenai peta persaingan di papan atas Serie A. Cassano menyatakan bahwa Juventus masih terlalu kuat untuk disaingi tim-tim lain di Italia.

Cassano tak membantah semua tim papan atas Italia sudah memperkuat diri dengan berbagai transfer musim panas ini. Namun Cassano menilai Juventus masih lebih unggul dan ia favoritkan untuk meraih Scudetto.

Cassano juga memberikan alasan mengapa Juventus bisa begitu dominan dalam beberapa tahun terakhir. Dia yakin I Bianconeri bukan hanya hebat di kompetisi domestik, tapi juga Eropa.

Menurutnya, Juventus dijalankan dengan baik oleh manajemen. Hal itu membuat pendapatan mereka menjadi paling tinggi dan bisa menjaga keunggulan dari tim-tim lain.

Menurut pengamatan Cassano, para rival Juventus di papan atas memang sudah memperkuat tim, tapi mereka juga harus kehilangan beberapa pemain penting. Menurut Cassano, Juventus seperti Usain Bolt yang menjadi penguasa lari jarak dekat.

Bisa Juara Semaunya

Para Pemain Juventus. (AFP Photo/Kevin C. Cox)

"Ada tim-tim seperti Inter Milan, Roma, atau lazio yang sudah memperkuat dir. Napoli juga sudah kehilangan satu pilar pada diri Pepe Reina. tapi Juve benar-benar berbeda. Mereka seperti Usain Bolt, dalam arti kalau dia mau berlari di lintasan balap, dia akan bisa menang kalau memang ingin menang," ujar Cassano kepada Il Mattino.

"Jika Juventus mau, mereka bisa menjadi juara Serier A pada februari dan kemudian fokus memikirkan Liga Champions. Saat ini Juventus sudah tiga atau empat tahun di depan tim-tim lain. Program mereka sepenuhnya berbeda dibanding tim-tim lain. Itu semua berkat ide, keputusan, dan penghasilan mereka," kata eks striker AS Roma ini.

Yang paling mengejutkan tentu saja adalah komentar Cassano soal comeback-nya ke lapangan hijau. Cassano sudah pensiun dari bermain selama kurang lebih dua tahun, tapi ia mengaku sudah siap kembali bermain di level tertinggi.

Siap Comeback

"Bologna, Sassuolo, Parma, Torino, juga ada Empoli dan Cagliari... Saya ingin bermain di tim yang dekat dengan kota Genoa, tempat tinggal saya karena saya tak bisa meninggalkan keluarga saya. Ada banyak hal yang memberikan perbedaan bagi seorang laki-laki, seperti mengantarkan anak ke sekolah misalnya."

"Anda ingat Matias Almeyda, gelandang Argentina yang pernah bermain bagi Parma dan Lazio? Dia berhenti selama dua tahun dan kemudian bermain lagi bagi River Plate, di liga yang sangat mengandalkan fisik. Jika saya punya kesempatan, saya selalu bisa membuat perbedaan. Saya berada dalam kondisi 110 persen, kepala dan tubuh saya sehat. Soal kaki, saya bisa bermain sampai usai 60 tahun!"

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saat Gempa Lombok, Andrew White: Rumah Berguncang dan Air Kolam Tumpah

Posted: 05 Aug 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Lombok - Andrew White dan keluarga saat ini masih bersiaga setelah gempa Lombok turut dirasakan di Bali. Tak hanya istrinya, Nana Mirdad, pesinetron yang kini menetap di Bali itu juga turut memperlihatkan kondisi rumah di Bali melalui media sosial.

Melalui Instagram Story, Andrew White memamerkan video singkat berupa rumahnya yang berantakan setelah gempa Lombok. Beberapa barang terlihat berjatuhan dan sedang dibereskan olehnya.

Tak sampai di situ, menantu penyanyi Jamal Mirdad ini juga mengungkapkan kegiatan apa yang sedang dilakukannya saat gempa Lombok tiba-tiba mengguncang rumahnya.

"Sedang makan malam bersama ibu dan ayah dannnn... Gempa bumi!! Kau bisa mendengar rumah berguncang dan air kolam tumpah," tulis Andrew White bersama video singkat suasana rumahnya saat gempa Lombok.

Berlarian

(Instagram/nanamirdad)

Nana Mirdad dan keluarga sempat berlarian ke luar rumah saat kejadian gempa Lombok tersebut, seperti disampaikannya melalui Instagram Story.

"Oh my God, ini gempa terbesar yang pernah kita rasain selama kita tinggal di Bali ya sayang ya?" Nana Mirdad mengatakan kepada anaknya dalam sebuah video singkat.

 

Menangis

(Instagram/nanamirdad)

"Ini pada lari semua keluar, pada nangis anak-anak, di belakang semua juga," ucap Nana Mirdad menjelaskan situasi setelah gempa Lombok.

Diketahui, gempa Lombok berkekuatan 7 magnitudo pada malam tadi (5/8/2018), merusak berbagai infrastruktur yang ada di Lombok dan Bali. Puluhan orang dikabarkan tewas akibat bencana alam ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: TNI Kirim Pasukan Kesehatan ke Lombok

Posted: 05 Aug 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tentara Nasional Indonesia (TNI) memberangkat 100 personel Satgas Kesehatan ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pasukan kesehatan ini akan membantu korban usai gempa 7 Skala Richter.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ratusan Wisatawan Korban Gempa Dievakuasi dari 3 Gili di Lombok Utara

Posted: 05 Aug 2018 09:29 PM PDT

Liputan6SCTV, Lombok Utara - Pascagempa Lombok, ratusan warga dan wisatawan di tiga Gili, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, dievakuasi.

Evakuasi ratusan warga tiga Gili, yakni Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno, Lombok Utara, NTB, mulai dilakukan Tim Basarnas, Senin, 6 Agustus pagi tadi.

Evakuasi terhadap kurang lebih 700  warga dan wisatawan di Tiga Gili dilakukan menggunakan Kapal SAR Polairud Polda NTB dan juga kapal milik BPBD NTB.

Simak berita selengkapnya di Liputan6 Siang SCTV, pukul 12.00 WIB. Anda juga dapat menyaksikan melalui live streaming, klik di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Caranya Menghadapi Kekasih yang Kerap Berbohong

Posted: 05 Aug 2018 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setiap pasangan kekasih yang menjalin sebuah hubungan asmara, pasti menginginkan semuanya berjalan lancar sesuai hingga sampai ke pelaminan. Namun, harapan tersebut seringkali menemui banyak hambatan selama prosesnya.

Salah satu hambatan yang biasa terjadi adalah ketika kekasih dengan sengaja mengkhianati kepercayaan Anda dengan berbohong. Menghadapi situasi tersebut tentu Anda akan merasa bingung. Sebab, salah-salah menyikapinya bukan tidak mungkin membuat hubungan tersebut menjadi kandas.

Memahami banyaknya kejadian semacam ini, berikut liputan6.com menghadirkan berbagai cara agar dapat menghadapi kekasih yang berbohong dengan tepat, seperti dikutip dari thisisinsider.com Senin (6/8/2018).

1. Konfirmasi rumor yang beredar

Dalam kebanyakan kasus, Anda tidak menjumpai pasangan berbohong secara kebetulan, melainkan dari rumor-rumor yang beredar melalui orang-orang di sekeliling Anda. Sebelum Anda naik pitam, ada baiknya untuk menanyakan kepada dia apakah rumor tersebut benar atau tidak.

Cara ini dapat membantu Anda untuk dapat mengerti kondisi yang ia alami dibalik kebohongan yang dilakukan sehingga mencegah Anda untuk bertindak membabi buta. Selain itu, pastikan rumor yang Anda percayai tersebut dilandasi oleh bukti yang kuat dan didapatkan dari orang terpercaya. "Bila tidak bukti, Anda akan terlihat sebagai orang yang sangat tidak percaya dan yang paling buruk, Anda akan memberikan peluang bagi pasangan untuk menutupi jejaknya secara lebih baik." Papar Sheri Meyers, seorang terapis hubungan cinta.

Hadapi pasangan yang berbohong

Ilustrasi Foto Bertengkar dengan Pasangan (iStockphoto)

2. Pastikan apa yang Anda inginkan dari situasi tersebut

Dihadapkan dengan situasi di mana pasangan membohongi Anda memang terkadang sulit untuk dapat menentukan sikap. Apakah kesalahannya tersebut dapat ditoleransi, atau justru Jika ini masalahnya, maka yang harus Anda lakukan adalah mengumpulkan informasi sehingga mendapatkan banyak referensi tentang keputusan apa yang akan Anda lakukan. 

 

Hadapi pasangan yang berbohong

Ilustrasi Foto Pasangan Bertengkar (iStockphoto)

3. Fokus pada detail-detail yang Anda butuhkan

Ketika ia mulai mengungkapkan apa yang terjadi, seringkali fakta-fakta di sekelilingnya menggoda Anda untuk beralih. Hal ini harus Anda antisipasi guna mencegah sakit hati menjadi semakin parah. Cukup fokus pada apa-apa yang ingin Anda ketahui dan abaikan hal yang lain.

4. Cari timing dan tempat yang pas untuk berbicara

Waktu dan tempat yang tepat tentu akan mempengaruhi bagaimana jalannya pembicaraan Anda berdua. Pastikan untuk bertemu pada waktu di mana masing-masing pihak sedang santai dan dalam keadaan tenang. Anda tidak disarankan untuk langsung menuju ke pokok masalah. Anda dapat membuka percakapan dengan basa-basi terlebih dahulu untuk mengurangi ketegangan yang ada.

(Kiki Novilia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ekonomi RI Tumbuh 5,27 Persen pada Kuartal II 2018

Posted: 05 Aug 2018 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan pertumbuhan ekonomi di kuartal II 2018 sebesar 5,27 persen. Angka ini jauh lebih tinggi jika dibandingkan periode sama tahun lalu hanya 5,01 persen.

"Pertumbuhan ini cukup bagus. Dan pendorong utamanya karena di triwulan II ini ada momen Ramadan dan Lebaran," kata Kepala BPS Suhariyanto di kantornya, Senin (6/8/2018).

Dia menjelaskan selain lebih tinggi jika dibandingkan periode sama 2017, angka ini juga lebih tinggi dibandigkan pertmbuhan ekonomi triwulan I 2018 yang saat itu 5,06 persen.

"Memang ini cukup bagus, namun kalau di 2018 ditargetkan sebesar 5,4 persen, ini masih belum capai target," tambah dia.

Realisasi pertumbuhan ekonomi di kuartal II 2018 ini di atas perkiraan ekonom. Pengamat Ekonomi ‎Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Bhima Yudhistira, mengatakan, pertumbuhan ekonomi pada kuartal II 2018 diprediksi berada pada kisaran 5,15 persen.

Salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi di kuartal II adalah pencairan tunjangan hari raya (THR) dan libur panjang Lebaran. Hal ini menjadi stimulus bagi konsumsi rumah tangga.

"Konsumsi rumah tangga memang terbantu besarnya kenaikan THR dan libur panjang. Serapan belanja pemerintah, khususnya belanja pegawai, juga menstimulus ekonomi nasional. Meskipun tantangannya kelas menengah masih menahan belanja untuk antisipasi kenaikan harga BBM nonsubsidi dan pangan di semester II," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com.

Sepanjang 2018

Pekerja menyelesaikan pembangunan gedung bertingkat di Jakarta, Senin (7/5). Badan Pusat Statistik (BPS) melansir pertumbuhan ekonomi kuartal 1 2018 mencapai 5,06%.(Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sebelumnya, Center of Reform on Economy (Core) Indonesia memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada semester I 2018 sebesar 5,1 persen. Sementara pertumbuhan ekonomi hingga akhir tahun 2018 hanya akan mencapai kisaran 5,2 persen.

"Dalam CORE Economic Outlook 2018 yang dirilis bulan November tahun lalu, CORE telah memprediksikan bahwa ekonomi Indonesia tahun ini hanya akan tumbuh 5,1 hingga 5,2 persen, lebih rendah dari target pemerintah sebesar 5,4 persen," ujar Direktur Eksekutif CORE Indonesia, Mohammad Faisal, dalam "CORE Mid-year Review 2018", di Hong Kong Cafe, Jakarta, Selasa (31/7/2018).

Dia menjelaskan, hingga semester I 2018, upaya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang Iebih tinggi pada 2018 mendapat tantangan yang semakin berat akibat meningkatnya tekanan eksternal.  

"Selain kenaikan harga minyak dan pelemahan nilai tukar rupiah akibat penaikan suku bunga acuan the Fed, perang dagang yang mengalami eskalasi akhir-akhir ini menjadi tantangan baru di tahun ini," kata dia.

Di dalam negeri, konsumsi swasta yang mengalami perlambatan selama hampir dua tahun sebenarnya sudah mulai menunjukkan tanda-tanda perbaikan pada kuartal kedua tahun ini. 

"Selama dua tahun (pertumbuhan konsumsi) di bawah 5 persen. Pada kuartal kedua lebih cepat dari kuartal I 2018, juga lebih cepat kuartal yang sama di tahun lalu," ujar dia.

Sejalan dengan membaiknya permintaan domestik, industri manufaktur juga mulai melakukan ekspansi signifikan sepanjang paruh pertama tahun ini. Meski demikian, dorongan pertumbuhan ekonomi dari dalam negeri tertahan oleh gejolak global.

"Dampaknya sudah terlihat dari kinerja neraca perdagangan kembali jatuh defisit di paruh pertama tahun ini, serta pergerakan nilai tukar rupiah yang semakin liar akhir-akhir ini," ujar dia.

Sementara itu, investasi yang menjadi salah satu motor pertumbuhan utama juga berpotensi melambat akibat tekanan eksternal dan ketidakpastian menjelang tahun politik.

Di sisi lain, pelemahan rupiah terhadap dolar Amerika Serikat dan kenaikan harga minyak memberikan efek positif terhadap penerimaan pemerintah.

"Windfall ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi melalui belanja yang lebih berkualitas dan pengelolaan risiko fiskal, termasuk di antaranya pengelolaan utang," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi ke Korban Gempa Lombok: Saudara Tak Sendiri, Kami Bersama Kalian

Posted: 05 Aug 2018 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan rasa dukanya kepada korban gempa Lombok. Gempa berkekuatan 7 SR mengguncang Lombok dan mengakibatkan 91 orang meninggal dunia.

"Atas nama pribadi dan seluruh rakyat Indonesia, saya menyampaikan dukacita yang mendalam atas korban yang meninggal dunia dalam musibah tersebut," kata Jokowi seperti dikutip dari laman Facebooknya, Senin (6/8/2018).

Selain itu, Jokowi juga meminta masyarakat Lombok dan warga di kawasan dampak bencana agar tetap tenang.

"Saudara-saudara tidak sendirian menghadapi cobaan ini. Kami bersama Anda semua," ucap Jokowi.

Dia pun meminta kepada Tuhan agar selalu melindungi. "Semoga Allah SWT senantiasa melindungi kita semua," ujar Jokowi.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat ada 91 orang meninggal dunia akibat gempa Lombok berkekuatan 7 SR. Dari data tersebut tidak ada warga negara asing atau WNA.

Lombok Utara Wilayah Terparah

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangan pers di Jakarta, Senin (6/8/2018), mengatakan wilayah terparah yang mengalami dampak gempa adalah Lombok Utara.

"Sebanyak 72 orang meninggal dunia, 64 orang terluka. Lombok Tengah dua orang meninggal dunia, Lombok Timur dua orang, Lombok Barat sembilan orang, Mataram empat orang, dan Bali dua orang," kata Sutopo.

"Seluruhnya adalah WNI, tidak ada warga negara asing," Sutopo menambahkan.

Jumlah korban yang saat ini dilansir merupakan datat sementara. "Pendataan masih terus dilakukan," kata Sutopo.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Daftar Gadget Berbahaya Bagi Anak Jadi Perhatian

Posted: 05 Aug 2018 09:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Artikel tentang deretan gadget yang tak aman untuk anak-anak menuai perhatian para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com.

Informasi lain yang juga menyedot perhatian datang dari doa untuk korban gempa Lombok ramai di Twitter, dan bocoran spesifikasi Xiaomi Mi Mix 3.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Catat, 5 Gadget Ini Dianggap Berbahaya untuk Anak-anak

Kegiatan ngabuburit saat ini lebih diisi dengan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan gadget seperti smartphone.

Gadget selalu dirancang untuk memudahkan kehidupan manusia. Patut diakui, peran gadget sangat membantu kehidupan kita sehari-hari.

Semakin derasnya arus informasi membuat banyak orang, termasuk kalangan keluarga, selalu mengikuti tren teknologi dengan membeli gadget terbaru.

Akan tetapi, tahukah kamu bahwa ada beberapa jenis gadget yang tak aman untuk anak-anak?

Baca selengkapnya di sini

 

2. Doa dan Dukungan untuk Korban Gempa Lombok Mengalir Deras di Twitter

Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)

Gempa bumi berkekuatan 7 Skala Richter (SR) mengguncang kawasan Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) malam ini, Minggu (5/8/2018).

Akibatnya, warga yang berada di Lombok hingga sampai dengan Pulau Bali dapat merasakan gempa ini.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut gempa memiliki kedalaman 15 km. BMKG juga mengeluarkan peringatan tsunami untuk daerah Lombok.

[Baca selengkapnya di sini](3610472 "")

3. Ini Bocoran Spesifikasi Xiaomi Mi Mix 3 yang Siap Dirilis 15 September

Kantor Xiaomi di Maofanglu Road, Beijing. Tempat Vice President International Xiaomi Hugo Barra beraktivitas. Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani

Xiaomi baru saja meluncurkan smartphone Android One terbarunya, yakni Mi A2 di Madrid, Spanyol.

Meski baru akan meluncur di akhir bulan Agustus 2018 di beberapa negara, perusahaan asal Tiongkok tersebut sudah mempersiapkan smartphone terbarunya, yakni Mi Mix 3.

Bakal menjadi smartphone flagship teranyar, Xiaomi menghadirkan spesifikasi dan desain premium ke dalam perangkat terbarunya ini.

Dari berbagai bocoran yang sudah ada saat ini, Xiaomi Mi Mix 3 tidak akan memiliki bezel di bagian bawah layar smartphone seperti seri Mi Mix sebelumnya.

Baca selengkapnya di sini

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bagaimana Nasib Penyandang Disabilitas Usai Gempa Lombok?

Posted: 05 Aug 2018 09:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gempa Lombok berkekuatan 7,0 Skala Ritcher telah menelan korban 91 orang. Salah satu kelompok yang rentan celaka dan membutuhkan prosedur evakuasi khusus adalah anak-anak, lansia, dan penyandang disabilitas.

Ketua Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni) NTB, Fitri pun akan memberi pendampingan khusus kepada para penyandang disabilitas dan anak-anak.

"Khusus tunanetra kan mobilitasnya terbatas, apalagi ini gempa besar. Kami akan mendata dan memberikan penanganan khusus," kata Fitri kepada Liputan6.com di Jakarta, Senin (6/8/2018).

Menurut Fitri, hingga saat ini dirinya baru mendata 11 orang tunanetra yang ada di pengungsian. Sementara 2 orang tunanetra lainnya sudah mengungsi ke tempat saudaranya.

"Sisanya masih di pengungsian di Gondang, Lombok Utara. Itu yang akan kami datangi," ujar dia.

Fitri mengatakan, para penyandang disabilitas itu akan di bawah ke rumahnya sebagai tempat penampungan sementara. Namun, jika mereka ingin tetap di pengungsian, pihaknya akan mendampingi dan memberikan keperluan sehari-hari.

"Setiap hari akan kita pantau, apa yang mereka butuhkan di sana," kata Fitri.

Selain penyandang disabilitas, Fitri juga fokus pada pendampingan anak-anak. Sebab mereka lah yang memiliki rasa trauma paling besar atas peristiwa gempa Lombok ini.

"Kami akan memberikan motivasi, menghibur mereka seperti membuat game dan lainnya," tandas Fitri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wabah Ebola Diduga Tewaskan 33 Orang Kongo

Posted: 05 Aug 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wabah virus Ebola di kawasan timur Republik Demokratik Kongo dipercaya telah menewaskan 33 orang, kata Kementerian Kesehatan setempat pada Sabtu.

Sebanyak 13 kasus demam disertai pendarahan dipastikan terjadi. Tiga di antara kasus itu telah menyebabkan kematian, demikian siaran tertulis Kementerian Kesehatan yang dikutip Reuters. Pernyataan itu menambahkan bahwa kasus Ebola juga diduga terdeteksi di Provinsi North Kivu dan Ituri.

Tiga kasus telah dipastikan positif terjadi di Beni, sebuah kota pusat perdagangan dengan populasi ratusan ribu yang terletak 30 km dari pusat wabah di Kota Mabaloko. Beni juga hanya berjarak 70 km dari perbatasan Uganda.

Menyebarnya wabah Ebola terbaru ini terjadi hanya satu pekan setelah pemerintahan Kongo menyatakan bahwa wabah di kawasan lain telah berhasil dikendalikan. Wabah Ebola di kawasan timur laut Kongo itu juga menewaskan 33 orang.

Otoritas kesehatan setempat mengaku tidak punya bukti adanya keterkaitan antara dua wabah Ebola tersebut.

Sejauh ini, 879 orang yang menjalin kontak dengan pasien Ebola telah berhasil diidentifikasi, kata Kementerian Kesehatan. Pelacakan terhadap orang-orang tersebut adalah pekerjaan yang sulit mengingat padatnya populasi dan situasi pergolakan keamanan di kawasan timur di mana banyak terdapat kelompok milisi bersenjata. (Antara/GM Nur Lintang)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ayudia Bing Slamet Sempat Pusing Saat Gempa Lombok

Posted: 05 Aug 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Lombok - Gempa bumi 7 SR yang mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Minggu (5/8/2018), rupanya turut dirasakan juga oleh Ayudia Bing Slamet.

Ayudia Bing Slamet yang sedang berada di Bali bersama keluarga pun mengungkapkan apa yang terjadi pada dirinya selama gempa Lombok berlangsung.

Kejadian tersebut disampaikan Ayudia Bing Slamet melalui sebuah tulisan yang diunggahnya melalui Instagram Story, Minggu (6/8/2018).

"Barusan gempa di Bali, besar banget. Tadi lagi di luar tadi sampe gak bisa berdiri dengan seimbang kemudian pusing," tulisnya dalam format video singkat.

Khawatir

(Instagram/ayudiac)

Mengetahui Ayudia Bing Slamet dan keluarga merasakan dampak gempa Lombok, warganet pun mengungkapkan kekhawatirannya melalui komentar di unggahan foto terbaru.

Stay Safe

(Instagram/ayudiac)

"Hatihati kak ayu dan keluarga di bali," tulis @penikmatpelangi.

"Semoga kalian gk knp2 ya di bali," @ndahe mengutarakan.

"Stay safe mama ncip sekala papi dido & teman2 di daerah bali-lombok," kata @diaryofmuggle.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Gempa Lombok, Kantor BI NTB dan Bali Tetap Beroperasi

Posted: 05 Aug 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kantor Bank Indonesia (BI) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Provinsi Bali tetap beroperasi pasca bencana gempa 7 skala richter (SR) yang terjadi pada Minggu (5/8/2018) sampai dengan Senin (6/8/2018) di wilayah tersebut.

"Pada pagi ini, kegiatan layanan Kantor BI Provinsi Bali beroperasi normal untuk kegiatan transaksi sistem pembayaran (non tunai) dan pengelolaan uang Rupiah (tunai). Sementara Kantor BI Provinsi NTB beroperasi untuk kegiatan transaksi sistem pembayaran (non tunai), sedangkan kegiatan perkasan dilakukan sesuai kebutuhan perbankan," demikian keterangan tertulis BI, Senin (6/8/2018).

BI juga menjelaskan bahwa BI akan terus memantau perkembangan yang terjadi dan melakukan pengkinian (update) informasi dalam hal kegiatan perkasan dapat beroperasi kembali secara normal. BI juga akan memastikan bahwa uang Rupiah tersedia dalam jumlah yang cukup untuk melayani kebutuhan masyarakat.

Berkoordinasi dengan perbankan dan lembaga terkait, BI akan senantiasa memantau perkembangan kondisi pasca gempa dan memastikan pelayanan transaksi di masyarakat dapat tetap berjalan dengan lancar dan aman.

"Segenap Anggota Dewan Gubernur dan keluarga besar Bank Indonesia menyampaikan keprihatinan dan duka cita yang mendalam atas terjadinya musibah tersebut," tutup BI.

Jokowi Pastikan Korban Gempa Lombok Ditangani dengan Cepat

Rumah hancur setelah diguncang gempa 7 SR di Lombok. (Istimewa)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan duka mendalam atas terjadinya gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Jokowi juga memastikan penanganan korban akibat gempa Lombok berjalan dengan cepat.‎

"Kemarin terjadi gempa lagi di Lombok, utamanya di Lombok Utara jam 18.46 menit. Tidak hanya di Lombok saja, tapi di juga barat terasa di Bali, di Jawa bagian timur juga merasakan juga gempa. Saya atas nama pribadi dan masyarakat Indonesia ucapkan duka yang mendalam saudara kita di NTB yang meninggal dalam gempa sore kemarin," ujar dia di Pedepokan Pencak Silat TMII, Jakarta Timur, Senin (6/8/2018).

Jokowi menyatakan, dia telah memerintahkan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto untuk berkoordinasi dengan seluruh jajaran guna menangani korban gempa Lombok.

"Tadi malam saya perintahkan pada Menko Polhukam untuk mengoordinasi seluruh jajaran terkait, baik BNPB, Polri, TNI, Kemsos, dan lainnya agar penanganan masa gempa bisa dilakukan secepatnya baik korban evaluasi ditangani, termasuk logistik," kata dia.

Selain itu, Jokowi juga meminta agar para turis yang tengah berlibur ke wilayah tersebut, termasuk Bali, mendapatkan pelayanan yang maksimal, khususnya untuk masalah penerbangan.

"Di dalamnya juga masa turis, saya pesan ke Menko dilakukan sebaik-baiknya, terutama dalam rangka jadwal penerbangan semalam banyak tertunda. Masalah logistik tadi pagi, tadi malam juga meluncur ke NTB, termasuk dokter-dokter meluncur semuanya," ungkap dia.

Bangunan Rusak

Gempa 7 SR di Lombok meluluhlantakkan rumah penduduk. (Istimewa)

Untuk bangunan yang rusak akibat gempa, Jokowi belum bisa memastikan apakah akan mendapatkan ganti rugi dari pemerintah atau tidak. Namun menurut dia, yang saat ini penting untuk dilakukan adalah memberikan bantuan yang dibutuhkan oleh para korban.

"Saya kira kita akan melihat di lapangan. Karena kemarin 5 (skala Richter), ini 7. Tapi kalau bantuan iya, jumlahnya belum," ungkap dia.

Terakhir, Jokowi menyatakan akan mencari waktu yang tepat untuk langsung datang ke NTB. Jokowi tidak ingin kedatangannya ke Lombok justru akan mengganggu proses penanganan yang tengah dilakukan.‎

"Sementara sudah saya persilakan ke Menko Polhukam. Kalau saya ke sana mengganggu konsentrasi aparat di lapangan. Saya cari waktu yang pas," tandas dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Real Madrid Temui Jalan Terjal Rekrut Striker Tajam Valencia

Posted: 05 Aug 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Rencana Real Madrid untuk menggaet Rodrigo Moreno tampaknya tidak akan mudah. Pasalnya, Valencia tak mau melepasnya dengan harga yang murah.

Real Madrid memang tak asing dengan sosok Moreno. Pasalnya sang pemain merupakan pemain didikan akademi Los Galacticos.

Moreno meninggalkan Real Madrid tahun 2010. Dia dijual ke Benfica dengan harga enam juta pound sterling (Rp 113 miliar).

Namun ia kembali ke Spanyol tahun 2015 bersama Valencia. Rodrigo pun menemukan performa terbaiknya musim lalu.

Ia mampu menyumbang 19 gol dari 44 laga di semua kompetisi. Pemain berusia 27 tahun itu juga ikut dalam skuat Spanyol di Piala Dunia 2018.

Komentar Pelatih

Bek Barcelona, Sergi Roberto, duel udara dengan striker Valencia, Rodrigo Moreno, pada laga leg kedua semifinal Copa del Rey di Stadion Mestalla, Kamis (8/2/2018). Barcelona menang 2-0 atas Valencia. (AP/Alberto Saiz)

"Klub telah memberikan harganya yakni 120 juta euro. Jadi siapapun yang mau harus membayarnya dengan nilai tersebut," kata pelatih Valencia, Marcelino seperti dilansir Soccerway.

"Jika ada klub yang mau membayarnya dan Rodrigo ingin pergi maka tidak ada yang bisa kami lakukan. Namun untuk sekarang kami akan memulai musim dengannya," ucapnya menambahkan.

"Yang jelas saya tidak mau memikirkan hal tersebut. Lagipula jika memang negosiasi berjalan lancar saya tidak bisa mengubahnya."

Performa Rodrigo

Striker Valencia, Rodrigo Moreno, mengontrol bola saat pertandingan melawan Sevilla pada laga La Liga Spanyol di Stadion Mestalla, Sabtu (21/10/2017). Valencia menang 4-0 atas Sevilla. (AFP/Jose Jordan)

Kontrak Rodrigo di Valencia akan habis tahun depan. Musim ini dia akan membantu Valencia di kompetisi domestik dan Liga Champions.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Liga 1 2018, Persebaya Libas Persela 3-1

Posted: 05 Aug 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Persebaya Surabaya berhasil melibas Persela Lamongan 3-1 dalam pertandingan Liga 1 2018. Persebaya memimpin sejak awal pertandingan hingga akhir.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komisi VIII DPR Desak BNPB Cepat Evakuasi Korban Gempa Lombok

Posted: 05 Aug 2018 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily mendesak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk segera melakukan penyisiran korban gempa Lombok yang masih terjebak reruntuhan bangunan. Sehingga para korban dapat segera ditangani para tenaga-tenaga medis.

"Komisi VIII mendesak kepada BNPB untuk segera turun ke daerah titik-titik utama bencana terutama di daerah Lombok Utara, Lombok Timur dan Kota Mataram memastikan dan melakukan penyisiran korban yang masih terjebak akibat reruntuhan gedung," kata Ace pada keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com di Jakarta, Senin (6/8/2018).

Politikus Golkar tersebut menginginkan agar pihak BNPB juga dapat memastikan ketersediaan kebutuhan dasar warga yang mengungsi di tempat-tempat pengungsian. Seperti halnya makan dan minum, obat-obatan hingga adanya dapur umum.

Lanjut dia, pihaknya juga menyarankan agar BNPB dapat secara cepat berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, seperti halnya Kementerian Sosial. "Berkoordinasi pula dengan Kementerian Kesehatan, Basarnas, Pemda NTB serta seluruh jajaran SKPD, TNI serta kepolisian untuk segera mengambil peran, tugas dan fungsi masing-masing agar menangani dengan cepat pasca gempa," ucapnya.

 

Rehabilitasi Infrastruktur

Tak hanya itu, Ace juga menyebut agar pemerintah dapat memastikan adanya rehabilitasi infrastruktur dasar yang hancur, terputus dan retak-retak akibat gempa. "Agar dapat mempermudah jalur transportasi evakuasi korban dan kembalinya aktivitas ekonomi," jelas Ace.

Sebelumnya, Gempa 7 SR yang mengguncang Nusa Tenggara Barat pada Minggu 5 Agustus pukul 18.46 WIB memberikan dampak yang luas. Hingga Senin dini hari (6/8/2018) pukul 02.30 WIB tercatat 82 orang meninggal dunia akibat gempa, ratusan orang luka-luka dan ribuan rumah rusak. Ribuan warga mengungsi ke tempat yang aman.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: