Jumat, 10 Agustus 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Penembakan di Kanada Tewaskan 4 Orang, 2 di Antaranya Anggota Polisi

Posted: 10 Aug 2018 10:52 PM PDT

Liputan6.com, Fredericton - Penembakan terjadi di Fredericton, New Brunswick, bagian timur Kanada pada Jumat 10 Agustus 2018. Kepolisian setempat mengatakan, empat orang dilaporkan meninggal dunia, dua di antaranya adalah anggota polisi.

Kasus penembakan ini dikonfimasi oleh polisi wilayah Fredericton, New Brunswick, Kanada melalui cuitan di akun Twitter.

Dikutip dari laman BBC, Sabtu (11/8/2018), hingga saat ini otoritas setempat belum menyebutkan identitas pelaku serta motif dari insiden penembakan tersebut.

"Belasungkawa yang terdalam kami sampaikan kepada keluarga dari anggota kepolisian Fredericton yang meninggal, Lawrence Robert (45) dan Sara Mae Helen Burns (43) serta korban lainnya dalam penembakan pagi ini," tulis @CityFredPolice.

Atas insiden ini, polisi mengimbau masyarakat setempat untuk tinggal di dalam rumah dan tidak melakukan aktivitas di luar apabila tidak di perlukan.

Sementara itu, menurut laporan dari seorang reporter TV lokal ada empat kali tembakan yang terjadi di lokasi tersebut.

Nick Moore, seorang wartawan dari CTV Atlantic menggambarkan keadaan di lokasi kejadian sebagai peristiwa darurat yang harus segera ditindaklanjuti.

Fredericton adalah ibu kota dari provinsi New Burnswick dengan total penduduk mencapai 56 ribu jiwa. Undang-undang mengenai kepemilikan senjata api di Kanada sebenarnya telah diperketat, bahkan lebih baik dari Amerika Serikat.

Tetapi, dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir jumlah penembakan kian meningkat. Dalam catatan kepolisian Kanada, sangat jarang ada petugas keamanan yang tewas saat menjalankan tugas.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Penembakan di Toronto

Ilustrasi Foto Penembakan (iStockphoto)

Sebelumnya, kasus penembakan di Kanada juga terjadi pada Juli lalu. Pihak berwenang Kanada mengidentifikasi tersangka penembakan mematikan pada Minggu, 22 Juli 2018 di Toronto. Mereka menyebutkan identitas pelaku adalah pria bernama Faisal Hussain yang berusia 29 tahun.

Seperti dikutip dari CNN, the Ontario Special Investigations Unit (SIU) atau Unit Investigasi Khusus Ontario mengatakan mereka merilis identitas pelaku karena "status luar biasa" atas insiden tragis tersebut.

SIU mengatakan, pemeriksaan post-mortem pada terduga penembak itu dijadwalkan berlangsung pada Selasa.

Menurut SIU, pria bersenjata itu diburu oleh petugas ke Bowden Street usai penembakan yang terjadi pada Minggu, 22 Juli malam sesaat setelah pukul 22.00.

Baku tembak kemudian terjadi dan si pelaku melarikan diri lagi. Namun, dia ditemukan tewas sekitar 100 meter dari Bowden Street di Danforth Avenue.

Salah satu saksi di tempat kejadian menggambarkan pelaku penembakan sebagai pria kulit putih berusia 30-an yang mengenakan pakaian hitam.

Sementara itu, dikutip dari New York Post, sumber-sumber penegak hukum mengatakan bahwa pelaku penembakan terobsesi tokoh superhero Batman.

"...Orang itu memiliki sejarah sebagai emotionally disturbed person (EDP) -- orang yang terganggu secara emosional -- sejak sekolah menengah," kata sumber itu tentang sosok Faisal Hussain yang lahir di Kanada dan keturunan Timur Tengah.

Saat di sekolah menengah ia dikenal kerap menyimpan gambar orang yang terbunuh, kata sumber itu menambahkan. Dia sebelumnya pernah ditangkap dua kali; satu kali terkait perampokan bersenjata dan lainnya atas kepemilikan pistol imitasi.

"Aksinya tak mengarah ke terorisme. Lebih kepada aksi gila", sumber itu menjelaskan.

"Dia memiliki ketertarikan dengan film Batman 'The Dark Knight', meskipun tidak jelas apakah itu ada hubungannya dengan insiden penembakan."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP Austria 2018, Kualifikasi dan Balapan

Posted: 10 Aug 2018 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Spielberg - Agenda hari pertama MotoGP Austria 2018 di Sirkuit Red Bull Ring telah selesai dilakukan, Jumat (10/8/2018). Kini, para pembalap bersiap untuk melakoni sesi kualifikasi untuk mendapatkan posisi terbaik saat memulai balapan.

Sebelumnya, FP1 dan FP2 MotoGP Austria dikuasai dua pembalap yang berbeda. Pada FP1, pembalap Ducati, Andrea Dovizioso tampil sebagai yang tercepat. Ia mencatatkan waktu 1 menit 23,830 detik, unggul 0,215 detik atas rekan setimnya, Jorge Lorenzo.

Pada FP2 yang diganggu hujan, giliran pembalap Repsol Honda, Marc Marquez yang mamerkan kehebatannya. Catatan waktunya adalah 1 menit 33,995 detik, unggul 0,543 detik atas pembalap Aprilia, Scott Redding.

Pada Sabtu (11/8/2018), agenda MotoGP Austria adalah FP3, FP4, dan berlanjut hingga sesi kualifikasi. Jika kondisi cuaca masih tak menentu, sulit untuk menebak siapa pembalap yang akan merebut pole position pada kualifikasi.

 

Jadwal MotoGP Austria

Sabtu, 11 Agustus

14.55-15.40 WIB: FP3

18.30-19.00 WIB: FP4

19.10-19.25 WIB: Q1

19.35-19.50 WIB: Q2

Minggu, 12 Agustus

14.40-15.00 WIB: Pemanasan

19.00 WIB: Balapan

Klasemen MotoGP 2018

1. Marc Marquez - 181

2. Valentino Rossi - 132

3. Andrea Dovizioso - 113

4. Maverick Vinales - 109

5. Jorge Lorenzo - 105

6. Johann Zarco - 97

7. Danilo Petrucci - 94

8. Cal Crutchlow - 90

9. Andrea Iannone - 81

10. Jack Miller - 61

11. Alex Rins - 58

12. Dani Pedrosa - 57

13. Alvaro Bautista - 51

14. Pol Espargaro - 32

15. Tito Rabat - 30

16. Hafizh Syahrin - 24

17. Franco Morbidelli - 22

18. Aleix Espargaro - 17

19. Bradley Smith - 13

20. Scott Redding - 12

21. Takaaki Nakagami - 10

22. Mika Kallio - 6

23. Karel Abraham - 4

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Restoran di Lampung Diserbu Ojek Online, Ada Apa?

Posted: 10 Aug 2018 10:40 PM PDT

Fokus, Bandar Lampung - Karena salah paham, seorang pemuda yang berprofesi sebagai ojek online dianiaya pekerja restoran. Korban dikeroyok hingga harus mendapatkan perawatan di rumah sakit.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Sabtu (11/8/2018), ratusan pengemudi ojek daring, Jumat malam, 10 Agustus kemarin, mengepung sebuah rumah makan di Jalan Teuku Umar, Kedaton, Bandar Lampung.

Pengepungan tersebut buntut dari pengeroyokan yang dilakukan oleh seorang pegawai restoran yang mengajak rekan-rekannya terhadap seorang pengemudi ojek online. Akibat peristiwa itu, sang pengemudi dilarikan ke rumah sakit karena luka penganiayaan.

Mengetahui adanya pengepungan oleh para pengemudi ojek online, polisi segera meredam aksi massa agar tidak meluas dan berujung anarkis.

Penganiayaan diduga dipicu hal sepele karena kesalahpahaman. Korban yang merupakan pengemudi ojek online dipukul oleh pelaku. Tak terima dianiaya, dia kembali mendatangi restoran untuk meminta pertanggungjawaban bersama sang ayah. Namun, pelaku justru mengajak rekan-rekannya untuk mengeroyok korban. (Galuh Garmabrata)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pegawai Restoran Waralaba Ruben Onsu Diduga Aniaya Pengojek

Posted: 10 Aug 2018 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabar kurang mengenakkan datang dari Ruben Onsu. Salah satu pegawai restoran Geprek Bensu milik Ruben Onsu di Lampung, diduga menganiaya seorang ojek online.

Kabar yang berembus, ojek online berinisial L itu tengah melakukan order di gerai Geprek Bensu. Ketika menunggu pesanan, pengemudi ojek online itu beradu tatapan mata dengan salah seorang pegawai restoran waralaba Ruben Onsu tersebut.

Alih-alih menanyakan maksud dari sorotan mata karyawan restoran milik Ruben Onsu itu, sang pengojek online justru mendapat bogem mentah di bagian matanya.

Meski begitu, pengojek L tetap melanjutkan pemesanan dan mengantarkannya ke rumah konsumen. Tak lama berselang korban L kembali ke gerai Geprek Bensu untuk menanyakan kejelasan kasus ini.

Namun keduanya malah terlibat perkelahian. Pengojek L pun pulang dan menceritakan kejadian tersebut kepada ayahnya. Keduanya kembali ke gerai Geprek Bensu, dan malah dikeroyok beberapa oknum karyawan lainnya. 

Permintaan Maaf

Ruben Onsu. (Instagram/rubenonsu)

Mengetahui kabar tersebut, Ruben Onsu mengaku terkejut. Melalui akun Instagram pribadinya, Ruben Onsu meminta maaf dan berjanji untuk menyelesaikan kasus ini sebaik-baiknya.

"Sebelum nya saya memohon maaf yg sebesar2 nya dan sangat amat menyesal kan kejadian ini terjadi, pulang Live KDI tadi malam saya sudah tidak buka instagram lagi dan saya baru tahu pagi ini . Terkait dengan peristiwa pegawai geprek bensu lampung yg melakukan pemukulan pada tukang gojek bersama ini kami ingin melakukan klarifikasi," tulis Ruben Onsu seperti dilansir Liputan6.com, Sabtu (11/8/2018).

Sebelum nya saya memohon maaf yg sebesar2 nya dan sangat amat menyesal kan kejadian ini terjadi, pulang Live KDI tadi malam saya sudah tidak buka instagram lagi dan saya baru tahu pagi ini . Terkait dengan peristiwa pegawai geprek bensu lampung yg melakukan pemukulan pada tukang gojek bersama ini kami ingin melakukan klarifikasi sebagai berikut : 1. Pertama tama kami mengutuk setiap perbuatan anarkis dan kekerasan yg dilakukan oleh "oknum" yg bekerja di @geprek_bensu_lampung , karena kami membenci tindakan anarkis dan kekerasan yg dilakukan oleh siapapun. 2. Kami akan mempelajari masalah yg melibatkan "oknum" tersebut dan akan segera mengambil tindakan tegas diantaranya melakukan pemecatan 3. Kami dengan segala rendah hati memohon maaf kepada korban pemukulan dan keluarga nya juga memohon maaf kepada gojek Indonesia atas perbuatan tidak terpuji yg dilakukan "oknum" karyawan Geprek Bensu Lampung. 4. Perbuatan yg dilakukan oleh "oknum" karyawan tersebut adalah perbuatan pribadi yg terkait dgn masalah pribadinya dan tidak terkait dan sangkut pautnya dgn Geprek Bensu. 5. kami meminta karyawan kami mengklarifikasi ttg masalah ini kalau ini murni masalah pribadi, dan bertanggung jawab dgn apa yg sudah dibuat kepada korban 6.Saya selaku owner dari Geprek Bensu pusat akan bertanggung jawab semua pembiayaan rumah sakit saat ini sampai selesai 7.Kami juga mendukung jika korban mengambil tindakan hukum atas pelaku kekerasan tersebut Demikian klarifikasi yg kami berikan atas kekurangan dan kesalahan yg ada saya juga mohon maaf kepada semua pihak . Ruben Onsu

A post shared by Ruben Onsu (@ruben_onsu) on

Kecam Kekerasan

Ruben Onsu.

"Pertama tama kami mengutuk setiap perbuatan anarkis dan kekerasan yg dilakukan oleh "oknum" yg bekerja di @geprek_bensu_lampung , karena kami membenci tindakan anarkis dan kekerasan yg dilakukan oleh siapapun," imbuh Ruben Onsu.

"Dan kami akan mempelajari masalah yg melibatkan "oknum" tersebut dan akan segera mengambil tindakan tegas diantaranya melakukan pemecatan."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Cara Unik Warga Seantero Eropa Atasi Cuaca Panas Ekstrem

Posted: 10 Aug 2018 10:32 PM PDT

Liputan6.com, Paris - Baik turis mancanegara maupun warga lokal di Benua Eropa merasakan sengatan matahari yang luar biasa selama cuaca panas musim ini. Tapi tidak semua orang sengsara dengan suhu tinggi tersebut.

Ketika orang-orang di seluruh Eropa menemukan berbagai cara untuk menyejukkan diri, salah satu kebun binatang di Praha, Republik Ceko memberikan makanan istimewa kepada hewan peliharaannya untuk membantu mengatasi panas: es buah beku.

"Kami menyiapkan 'es lilin' spesial di mana kami memasukkan buah ke dalam air dalam sebuah wadah, membekukannya, dan menggantung dua blok es itu di kandang," ujar petugas kebun binatang.

Seekor gorila dataran rendah, Richard, sedang menjilati es krim di Kebun Binatang Praha, Republik Ceko, Senin (6/8). Pengelola bonbin memberikan es krim dari buah-buahan agar binatangnya tidak tersiksa selama gelombang panas. (AP/Petr David Josek)

Sedangkan di Paris minggu ini, penduduk dan wisatawan menghadapi cuaca panas yang terik dengan suhu mencapai hampir 40 derajat Celcius. Air mancur menjadi salah satu "obat" untuk menyejukkan diri.

Orang-orang mendinginkan badan di air mancur saat gelombang panas menyapu seluruh Eropa utara di Nice, Prancis, Selasa (31/7). Sebagian wilayah Prancis telah menjadi daerah waspada tinggi karena meningkatnya gelombang panas. (AFP/VALERY HACHE)

"Kita tidak begitu terbiasa dengan cuaca panas ini, tetapi Trocadero adalah tempat yang sangat baik untuk bersantai, mendinginkan badan sebelum pergi dan melakukan sesuatu yang lain," kata Sarah Cole, seorang turis, sebagaimana dikutip dari VOA Indonesia, Jumat (10/8/2018).

"Sulit tetapi kota ini tetap indah, jadi kami masih senang berada di sini walaupun kepanasan," ujar Lorenzo, turis Italia.

Portugal dan Spanyol juga dilanda panas, sementara temperatur terus meningkat. Untuk menyejukkan diri, penduduk kota Amora --di luar Lisbon-- pergi ke pantai.

"Suhu sangat tinggi, tetapi kami berhasil melawannya dengan datang ke sini, ke pantai. Airnya sejuk ketika dinikmati saat cuaca panas," ujar David Neves, warga Verdizela, Portugal.

"Memang benar ini musim panas, bahkan terlalu panas, kita sampai tidak bisa bernapas," imbuh Ana Silva warga Portugal lainnya.

Warga Australia menghabiskan waktunya di pantai Bondi Sydney selama gelombang panas yang melanda wilayah Australia, (20/11/2015). Badan Meteorologi Australia mencatat suhu mencapai lebih dari 40 derajat celsius dan akan meningkat. (REUTERS/Jason Reed)

Tetapi cuaca panas tahun ini menguntungkan para petani dan produsen anggur di Jerman. Panen mereka tidak hanya jatuh lebih awal, tetapi hasilnya juga lebih besar, yang artinya mereka jadi lebih untung.

"Tahun ini kami sudah memanen pada awal Agustus, artinya Federweisser (anggur muda) akan dijual di toko pada hari Jumat, atau di tempat-tempat di mana kami menyajikannya. Itu luar biasa, pasar menunggu anggur kami," kata seorang petani anggur Mathias Wolf.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

Cuaca Mencapai 41,1 Derajat Celsius di Jepang, 77 Orang Tewas

Gelombang Panas di Jepang, Heatstroke Tewaskan Puluhan Orang? (Kyodo-News-Agency)

Ibu kota Negeri Matahari Terbit masih dilanda cuaca panas ekstrem, dengan suhu paling tinggi tercatat menyentuh 41,1 derajat Celsius pada Senin, 23 Juli 2018, sekitar pukul 02.16 siang waktu setempat.

Dikutip dari Straits Times, Selasa 24 Juli, kondisi tidak biasa itu tercatat paling lama terjadi di Distrik Kumagaya, Prefektur Saitama, yang masih merupakan bagian dari wilayah megapolitan Tokyo. Suhu tinggi ini mengalahkan rekor cuaca panas ekstrem sebelumnya, yakni 41 derajat Celsius, yang terjadi pada Agustus 2013.

Menurut otoritas Jepang, setidaknya 77 orang, sebagian besar orangtua, dikabarkan meninggal, termasuk seorang murid yang jatuh pingsan sepulang dari sekolah Minggu.

Selain itu, lebih dari 30 ribu orang dilarikan ke rumah sakit karena kelelahan akut, dan mengalami gejala stroke, pasca-terkena paparan cuaca panas ekstrem yang terjadi hampir seminggu terakhir.

Cuaca panas tersebut juga dilaporkan kian memperumit distribusi bantuan ke wilayah barat Jepang, yang dua minggu lalu dilanda banjir bandang dan tanah longsor.  Bencana itu setidaknya menewaskan 222 korban jiwa, serta membuat ribuan orang mengungsi dari rumah mereka.

Sementara itu, hitung-hitungan dampak bencana oleh stasiun televisi NHK menunjukkan bahwa rata-rata 38 warga Tokyo meninggal karena cuaca panas ekstrem bulan ini, dengan 21 kasus di antaranya terjadi antara Jumat dan Minggu.

Prakiraan cuaca menyebut Tokyo dan sekitarnya akan mengalami sedikit penurunan suhu dalam beberapa hari ke depan.

Salah seorang pejabat Badan Meteorologi Jepang (JMA), Motoaki Tatekawa, mengatakan kepada wartawan pada Senin, 23 Juli 2018, bahwa sebagian wilayah di Jepang akan terus mengalami suhu di atas 35 derajat Celsius hingga awal Agustus.

Hal ini, menurut JMA, disebabkan oleh dua sistem bertekanan tinggi yang memampatkan udara hangat ke tanah, serupa dengan dua lapisan awan tebal yang menutupi kepulauan Jepang.

JMA telah mengeluarkan imbauan dan panduan menyelamatkan diri dari cuaca panas ekstrem ke seluruh wilayah Jepang, kecuali bagian utara Pulau Hokkaido.

Masyarakat juga dianjurkan untuk minum lebih banyak air, dan mengambil langkah-langkah yang memadai dalam menghadapi cuaca panas ekstrem.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ronaldo Dukung Gelandang Juventus Pindah Klub Portugal

Posted: 10 Aug 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Turin - Nasib Stefano Sturaro di Juventus masih belum jelas. Terbaru ia disarankan untuk pindah ke eks klub Cristiano Ronaldo, Sporting CP.

Sturaro sempat digadang sebagai 'Next Gennaro Gattuso' dengan penampilannya yang lugas di lini pertahanan selama membela Genoa. Pada musim perdananya di Juventus, ia masih menunjukkan kualitas yang sama.

Sayangnya, penampilannya terus menurun dan membuatnya kehilangan tempat di skuat inti. Pada musim kemarin saja, ia hanya mendapatkan kesempatan bermain sebanyak 19 kali di semua kompetisi.

Pada bursa transfer kali ini, Sturaro cukup sering dikaitkan dengan klub Premier League, Watford. Sayangnya proses kepindahannya batal lantaran bursa transfer Inggris telah ditutup.

 

Masih Laku

Stefano Sturaro (AFP/Olivier Morin)

Walaupun demikian, pemain berumur 27 tahun itu tidak sepi peminat. Menurut kabar yang beredar, Sturaro saat ini sedang diminati oleh salah satu klub raksasa Portugal, Sporting CP.

Perpindahan Sturaro ke Sporting pun diyakini akan sukses dengan pengaruh dari Ronaldo. Dilansir dari Goal, peraih Ballon D'Or lima kali itu beserta agennya, Jorge Mendes, dikabarkan sedang mengupayakan kepindahan sang gelandang ke Portugal.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketemu Anak Ashanty, Nissa Sabyan Gambus Grogi

Posted: 10 Aug 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Grup Sabyan Gambus yang semakin populer sejak terjun di dunia musik Indonesia, tak hanya memiliki fans dari kalangan biasa. Kalangan selebritas Indonesia pun ikut mengidolakan mereka. Salah satunya adalah putri Anang dan Ashanty, Arsy, yang ternyata kerap mendengarkan lagu-lagu Sabyan Gambus.

Beberapa waktu lalu, Nissa dan beberapa personil Sabyan Gambus diundang ke rumah Anang agar memberikan kejutan untuk Arsy. Pada kesempatan itu, Arsy dan Nissa berkolaborasi menyanyikan tiga lagu dari Sabyan Gambus. Ditemui di Kawasan Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Jumat (10/8/2018) Nissa mengaku senang bisa bertemu dengan Arsy yang lucu dan menggemaskan.

"Kemarin lucu ya gemes, ya seneng ternyata Arsy suka lagu-lagu sholawat. Kami dihubungi untuk beri kejutan buat Arsy," kata Nissa yang merupakan vokalis Sabyan Gambus.

Arsy memang menjadi salah satu anak artis yang populer. Tingkah lucunya sering diunggah oleh keluarga Anang Hermansyah dan selalu menarik untuk dikomentari warganet. Nissa pun mengaku tak tahan untuk menggoda Arsy yang lucu dan menggemaskan.

Ingin Cubit

Putri pasangan Anang Hermansyah dan Ashanty, Arsy Addara Musicia Nurhermansyah baru saja merayakan ulang tahun ke-2 nya. Ultah berlangsung di Rumah Yatim kawasan Kemang dihadiri oleh para selebriti beserta anak-anaknya. (Nurwahyunan/Bintang.com)

"Grogi ada, lebih ke gemes pengin cubit, pengin gigit," ucap Nissa.

Sebelum Arsy, Nissa pun sempat bertemu dengan Aurel Hermansyah. Dalam kesempatan itu, Nissa didandani oleh Aurel dengan gaya yang berbeda dengan dandannya sehari-hari.

"Beda ya, karena merasa mimpi didandanin sama artis. Biasanya ngeliat kak Aurel di TV, ini dateng ke rumah, cantik kan, puas banget," ujar Nissa.

 

Tak Diduga

Berikut tiga tutorial hijab ala Nissa Sabyan yang bisa Anda coba untuk sehari-hari. (Foto: Nissa_sabyan)

Menjadi idola anak muda masa kini bukan sesuatu yang diduga oleh Sabyan Gambus. Nissa sendiri sadar bahwa kepopuleran yang ia dapatkan bersama Sabyan Gambus saat ini bisa saja membuat mereka jumawa dan terserang star syndrome. Hal inilah yang ditakutkan Nissa cs. Untuk itu, Nissa cs berusaha untuk selalu rendah diri dan tak merasa sebagai seorang artis.

"Itu (star syndrome) salah satu yang paling kami takutkan. Makannga kami minta bantuan teman-teman, kalau kami sombong cubit kami. Tegur aja, insha Allah kami intropeksi diri," tandas Nissa. (Matias Purwanto/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Raja Salman Berduka Atas Gempa di Lombok

Posted: 10 Aug 2018 10:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud menyampaikan rasa duka cita mendalam untuk Indonesia atas terjadinya bencana gempa Lombok yang mengakibatkan banyak korban tewas.

Hal itu disampaikan dalam keterangan pers Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Riyadh, yang diterima di Jakarta, Sabtu (11/8/2018).

"Atas nama pribadi dan atas nama seluruh rakyat Arab Saudi, Khadimul Haramain as-Syarifain, Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman bin Abdulaziz Al Saud menyampaikan duka mendalam atas musibah gempa bumi di Lombok," demikian pernyataan dari pemerintah Arab Saudi.

Duta Besar RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh membalas ungkapan bela sungkawa Raja Salman dan mengapresiasi rasa simpati pemerintah Arab Saudi terhadap Indonesia.

"Atas nama Pemerintah RI dan seluruh rakyat Indonesia, kami haturkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas kawat duka cita Raja Salman, Putra Mahkota, para pejabat tinggi Saudi, dan seluruh rakyat Kerajaan Arab Saudi," ungkap Dubes Agus Maftuh seperti dikutip Antara.

Gempa terbesar yang melanda Pulau Lombok dan sekitarnya terjadi pada Minggu (5/8/2018), dengan kekuatan 7,0 Skala Richter (SR). Episentrum gempanya berada di 18 kilometer Barat Laut Lombok Timur atau pada lereng Utara Timur Laut Gunung Rinjani, dengan kedalaman 15 kilometer.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapten MU Nilai Kritik Pada Luke Shaw Tak Adil

Posted: 10 Aug 2018 10:22 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Paul Pogba kesal dengan kritik yang datang pada bek MU, Luke Shaw. Gelandang asal Prancis itu percaya Shaw punya kualitas bagus sebagai pemain.

Pada dini hari tadi Manchester United (MU) melakoni laga perdana mereka di Liga Inggris. Menjamu tim kuda hitam Leicester City, Setan Merah mampu menang dengan skor tipis 2-1.

Kemenangan dini hari tadi ini memiliki kesan tersendiri bagi Luke Shaw. Bek setan merah ini untuk pertama kalinya dalam karier seniornya berhasil mencetak gol.

"Shaw adalah pemain yang selalu bekerja keras di sesi latihan kami," ujar Pogba di halaman resmi MU.

"Orang-orang mengkritik Shaw dan dia tidak memiliki banyak kesempatan untuk bermain di musim lalu."

"Namun setiap kali ia bermain, ia selalu menunjukKan permainan yang bagus dan saya rasa dia pantas mendapatkan rasa hormat dari orang-orang dan mereka seharusnya senang dengan penampilannya."

 

Tidak Adil

Bek Manchester United, Luke Shaw, menyundul bola saat melawan Leicester City pada laga Premier League di Stadion Old Trafford, Jumat (10/8/2018). Manchester United menang 2-1 atas Leicester City. (AP/Jon Super)

Pogba juga menyebut bahwa Shaw selama ini diperlakukan tidak adil dengan kritikan-kritikan yang masuk pada sang bek.

"Coba Anda lihat statistiknya dan lihat juga permainannya. Lihatlah aspek-aspek itu dan jangan mengkritiknya hanya karena bentuk badannya atau apapun itu."

"Anda bisa lihat bagaimana karakternya hari ini. Dia melakukan pekerjaan yang luar biasa dan ia membantu banyak tim ini untuk menang."

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Glenn Fredly Bakal Rombak Lagu Yovie Widianto dalam Konser Tanda Mata

Posted: 10 Aug 2018 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Glenn Fredly menggelar kembali konser Tanda Mata yang kali ini dibuat sebagai bentuk penghormatannya kepada komposer Yovie Widianto. Konser ini meyusul setelah edisi pertama ditujukan untuk Ruth Shanaya pada September 2016 dan yang kedua untuk Slank pada September 2017.

"Dia (Yovie) sangat produktif dan memberikan inspirasi besar. Jadi ya saya pikir tahun ini apresiasi itu diberikan untuk merayakan karya Yovie Widianto," kata Glenn Fredly di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, Jumat (10/8/2018).

Dalam konser bertema Tanda Mata Glenn Fredly untuk Yovie Widianto, sebanyak 15 lagu terbaik milik Yovie akan dikurasi dan diaransemen ulang menjadi sesuatu yang berbeda.

"Persiapan dan nyusun setlist dari sekitar empat bulan yang lalu. Ini bakalan menyenangkan dan seru karena menerjemahkan karya Yovie," kata Glenn Fredly.

Tamu Spesial

Penyanyi Glenn Fredly memberi keterangan saat konferensi pers Konser Tanda Mata Glenn Fredly, Jakarta, Jumat (10/8). Konser tersebut akan digelar pada 30 September 2018 di Ciputra Artpreneur, Jakarta. (Liputaqn6.com/Faizal Fanani)

Rencananya konser akan digelar di Ciputra Artpreneur, Jakarta, pada 30 September 2018. Yovie sendiri hanya akan menjadi tamu spesial di acara tersebut.

"Nantinya Yovie datang dan tinggal duduk melihat karyanya diinterpreatasikan dalam sebuah cerita," kata Glenn.

Sementara itu Yovie Widianto mengaku tersanjung Karyanya diapresiasi Glenn dalam konser Tanda Mata.

Merasa Dihargai

Musisi Yovie Widianto memberi keterangan saat konferensi pers Konser Tanda Mata Glenn Fredly, Jakarta, Jumat (10/8). Konser tersebut merupakan sebuah penghargaan bagi ekosistem musisi. (Liputaqn6.com/Faizal Fanani)

"Merupakan penghargaan yang sangat besar bagi saya pribadi. Saya merasa terharu, dan merasa dihargai oleh Glenn dan teman-teman musisi yang terlibat. Karena ini adalah bentuk apresiasi yang lain daripada yang lain. Yang belum pernah saya dapatkan," kata Yovie.

Bagi yang berminat melihat konser Tanda Mata Glenn Fredly untuk Yovie Widianto, panitia acara menyediakan tiket dalam beberapa kategori yang dijual dengan harga normal sejak 6 Agustus 2018, yaitu Bronze senilai Rp 600 ribu, Silver Rp 1 juta, Gold Rp 1,5 juta, Platinum Rp 2 juta, Platinum plus Rp 2,5 juta, dan titanium Rp 3 juta. (Dadan Deva/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Tawa Ceria Anak Rohingya Bermain di Kamp Pengungsian

Posted: 10 Aug 2018 10:15 PM PDT

Anak-anak pengungsi Rohingya bermain ayunan di taman bermain di kamp pengungsi Thangkhali, dekat Cox's Bazar, Bangladesh, Kamis (9/8). (Ed JONES/AFP)

Anak-anak pengungsi Rohingya bermain ayunan di taman bermain di kamp pengungsi Thangkhali, dekat Cox's Bazar, Bangladesh, Kamis (9/8). (Ed JONES/AFP)

Anak-anak pengungsi Rohingya bergelantungan di tiang besi saat bermain di taman bermain kamp pengungsi Thangkhali, dekat Cox's Bazar, Bangladesh, Kamis (9/8). (Ed JONES/AFP)

Anak-anak pengungsi Rohingya bergelantungan di tiang besi saat bermain di taman bermain kamp pengungsi Thangkhali, dekat Cox's Bazar, Bangladesh, Kamis (9/8). (Ed JONES/AFP)

Anak-anak pengungsi Rohingya bergelantungan di tiang besi saat bermain di taman bermain kamp pengungsi Thangkhali, dekat Cox's Bazar, Bangladesh, Kamis (9/8). (Ed JONES/AFP)

Anak-anak pengungsi Rohingya bergelantungan di tiang besi saat bermain di taman bermain kamp pengungsi Thangkhali, dekat Cox's Bazar, Bangladesh, Kamis (9/8). (Ed JONES/AFP)

Anak-anak pengungsi Rohingya bergelantungan di tiang besi saat bermain di taman bermain kamp pengungsi Thangkhali, dekat Cox's Bazar, Bangladesh, Kamis (9/8). (Ed JONES/AFP)

Anak-anak pengungsi Rohingya bergelantungan di tiang besi saat bermain di taman bermain kamp pengungsi Thangkhali, dekat Cox's Bazar, Bangladesh, Kamis (9/8). (Ed JONES/AFP)

Anak-anak pengungsi Rohingya bergelantungan di tali saat bermain di taman bermain kamp pengungsi Thangkhali, dekat Cox's Bazar, Bangladesh, Kamis (9/8). (Ed JONES/AFP)

Anak-anak pengungsi Rohingya bergelantungan di tali saat bermain di taman bermain kamp pengungsi Thangkhali, dekat Cox's Bazar, Bangladesh, Kamis (9/8). (Ed JONES/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak Disukai Fans Juventus, Apa Komentar Bonucci?

Posted: 10 Aug 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Turin - Leonardo Bonucci kembali ke Juventus setelah musim lalu secara mengejutkan memilih hijrah ke AC Milan. Kepindahan Bonucci ke Milan memicu kemarahan fans Juve. Apalagi, ada banyak isu yang menjadi latar transfernya ke Milan.

Situasi makin keruh usai Milan berjumpa Juventus pada laga Serie A pada 1 April 2018 lalu. Laga di gelar di Allianz Stadium.

Saat itu, Juventus unggul lebih dulu lewat gol Paulo Dybala pada menit kedelapan. Tapi, Milan menyamakan skor di menit ke-28.

Pencetak gol dari Milan adalah Bonucci, usai menyambar umpan Hakan Calhanoglu. Bonucci lantas melakukan selebrasi di hadapan para fans Juventus.

Selebrasi gol yang dilakukan Bonucci membuat fans Juve marah. Meskipun, pada akhirnya Juve sukses memetik kemenangan dengan skor 3-1 dari gol Juan Cuadrado dan Sami Khedira. Stigma pengkhianat pun melekat pada diri Bonucci. Setelah momen selebrasi tesebut, fans Juve begitu kesal pada Bonucci.

 

Komentar Bonucci

Bek Juventus, Leonardo Bonucci. (AFP/Marco Bertorello)

Bahkan, ketika Juve resmi mendatangkan pemain 31 tahun dari Milan, tak ada sambutan meraih untuknya. Walaupun, Bonucci punya riwayat pernah memberi gelar scudetto untuk Si Nyonya Tua.

Atas momen krusial tersebut, Bonucci akhirnya menyampaikan pembelaannya. Bonucci mengaku tidak sering mencetak gol dan karena itu dia selalu ingin melakukan selebrasi ketika kesempatan itu datang.

"Saya tidak sering mendapatkan peluang untuk mencetak gol," kata Bonucci.

"Saya terkadang juga mengkritik pemain lain ketika saya melihatnya tidak merayakan golnya. Sebab, ketika itu Anda sedang bermain untuk jersey yang Anda pakai. Saya harap, saya bisa memberi rasa gembira pada fans," ujar eks pemain Genoa.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Andalkan Aditif dari Amerika, Pelumas Ini Rambah Indonesia Timur

Posted: 10 Aug 2018 10:08 PM PDT

Liputan6.com, Tangerang - Pelumas atau oli kendaraan memiliki peran yang cukup penting untuk menjaga performa mesin tetap prima. Jadi, dalam memilih oli untuk mobil atau motor kesayangan, sebaiknya pilih yang berkualitas.

Hal tersebut cukup disadari betul oleh PT Timurraya Karya Mandiri selaku produsen pelumas Deltalube. Bahkan, mengikuti Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, perusahaan yang sudah memulai bisnisnya di Indonesia sejak 1989 membawa pelumas dengan teknologi terkini.

Dijelaskan, pelumas Deltalube ini memiliki ciri khas warna merah. Selain itu, oli mesin ini juga menggunakan aditif dengan ikatan film yang mampu melindungi seluruh komponen mesin kendaraan.

"Kandungan aditif ini, merupakan hak cipta kami. Dengan perpaduan base oil lokal dan bahan aditif impor, membuat produk ini mampu melapisi seluruh komponen mesin," ujar Kaston Naibaho, Branch Manager Deltalube Jakarta, saat ditemui di booth GIIAS 2018, ICE, BSD City, Tangerang, Banten.

Untuk produk yang dibawa Deltalube, antara lain Deltalube Adventure 731 Super SAE 20w50, Adventure Ultra SAE 15w40, Daily 757 Premium SAE 10w30 Motorcycle, Daily 757 Premium SAE 10w30, Daily 757 Premium SAE 10w40, dan Daily 757 Premium SAE 10w40 Motorcycle.

Selain itu, Deltalube juga membawa pelumas Gear Oil 790 SAE 90, Gear Oil 790 SAE 140, ATF 799, Multipurpose 757 SAE 40, Multipurpose 757 SAE 30, dan Multipurpose 757 SAE 40 Motorcycle.

harganya, pelumas ini dibanderol mulai Rp 49.500 hingga Rp 529.000.

Selanjutnya

Selain dipasarkan untuk berbagai daerah di Pulau Jawa, Deltalube ini juga sudah dipasarkan juga di bagian Indonesia Timur. Pasar ini, menjadi cukup potensial untuk dikembangkan, karena memang belum banyak merek yang beredar.

Untuk kota yang sudah tersedia, seperti Kupang (Nusa Tenggara Timur), hingga Sorong dan Jayapura, Propinsi Papua.

"Dengan begitu tidak ada lagi hambatan bagi para pengguna kendaraan bermotor di Indonesia untuk bisa menggunakan pelumas dari Deltalube," tutup Kaston.

 

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mobil Berbahan Bakar Fosil Mulai Usang

Posted: 10 Aug 2018 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tren kendaraan bertenaga listrik terus berkembang di berbagai belahan dunia. Itu dibuktikan lewat penjualan yang terus bertambah setiap tahunnya.

Saat ini, mobil konvensional yang mengkonsumsi bahan bakar fosil masih mendominasi. Meski begitu, bukan tidak mungkin posisinya bakal tergusur oleh kendaraan bertenaga listrik di masa mendatang.

Indonesia merupakan salah satu pasar otomotif yang seksi. Tak heran jika kampanye mengenai kendaraan bertenaga listrik kerap dilakoni para pelaku industri otomotif.

Kampanye terbaru bisa dilihat di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 yang berlangsung 2-12 Agustus 2018 di ICE, BSD City, Tangerang, Banten. Walaupun masih banyak mobil baru dengan teknologi konvensional diluncurkan, sejumlah mobil bertenaga listrik turut unjuk gigi.

Selain berjualan, pameran berskala internasional itu dijadikan panggung oleh agen pemegang merek (APM) untuk memperkenalkan teknologi mereka, lewat kendaraan dengan teknologi hybrid, plug-in hybrid, hidrogen, ataupun pure electric.

Ya, kendaraan listrik memang digadang-gadang untuk menggantikan mobil berbahan bakar fosil yang mulai usang. Mobil listrik dianggap lebih hemat biaya operasional dan rendah emisi dibanding mobil konvensional.

Tidak cuma itu, mobil listrik diharapkan mengurangi konsumsi Bahan Bakar Minyak yang ketersediaannya semakin berkurang. Tentunya semakin ssdikit mengunakan BBM berarti menekan pencemaran udara akibat emisi gas buang.

Pemerintah sendiri turut mendorong peralihan dari mobil konvensional ke yang bertenaga listrik. Pemerintah menargetkan penjualan mobil listrik mencapai 20 persen dari total nasional pada 2025

Sementara itu, penjualan kendaraan listrik dari tahun ke tahun terus meningkat. Secara total, penjualan mobil listrik di seluruh dunia mencapai 3 juta unit per tahun.

Cina menjadi Negara dengan pertumbuhan mobil listrik dan hybrid tercepat di dunia. Tahun lalu penjualan kendaraan listrik di Negeri Tiongkok lebih dari 700 ribu atau lebih dari setengah penjualan mobil di Indonesia tiap tahunnya.

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hiruk Pikuk di Posko Induk Bencana Gempa Lombok Utara

Posted: 10 Aug 2018 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Mataram - Gempa susulan tersebut membuat suasana panik di Rumah Sakit Lapangan Tanjung, sekaligus Posko Induk Bencana Gempa Kabupaten Lombok Utara. Tembok Koramil Tanjung yang dijadikan dapur umum roboh sepanjang tiga meter.

Badan Meteorologi, Geofisika, dan Klimatologi (BMKG) mengimbau masyarakat yang berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), agar tetap waspada terhadap gempa susulan.

"Kami mengharapkan masyarakat tenang, namun tetap waspada. Karena masih ada gempa susulan seperti tadi (6,2 SR)," kata Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, dilansir Antara, Kamis, 9 Agustus 2018.

Maka itu, dia mengimbau kepada masyarakat agar menghindari bangunan rusak ataupun tebing dan dataran tinggi yang berpotensi longsor. "Jadi masyarakat sebaiknya menjauhi bangunan yang kondisinya rusak, begitu juga dengan tebing-tebing," ujarnya.

Menurut analisa BMKG, gempa susulan masih terdeteksi di Pulau Lombok. Meskipun sifatnya fluktuatif, Dwikorita menyatakan potensi tsunami sudah tidak muncul lagi.

"Sekarang itu isunya sudah geser, tidak ada tsunami. Tsunami itu bisa terjadi saat baru gempa," ucapnya.

Gempa susulan yang kembali terjadi pada Kamis siang, pukul 13.25 Wita, terdeteksi dengan amplitudo 6,2 SR. Gempa yang tergolong tektonik itu terpusat di 6 km Barat Laut Lombok Utara dengan kedalaman 12 km.

 

 

Utara Paling Rawan

Tim SAR mencari korban yang tertimbun reruntuhan bangunan Masjid Jamiul Jamaah di Bangsal, Lombok Utara, Rabu (8/8). Berdasarkan kesaksian warga, diduga puluhan korban yang sedang melaksanakan pengajian tertimbun bangunan masjid. (AP/Tatan Syuflana)

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan wilayah Lombok khususnya bagian timur dan utara masuk dalam kawasan rawan terjadi gempa bumi dengan potensi goncangan mencapai 7-8 Modified Mercalli Intensity (MMI).

"Dari hasil peta kawasan bencana yang kami terbitkan itu Lombok dan sekitarnya, terutama utara, rentan bencana gempa bumi kategori menengah," ujar Kepala PVMBG Bandung, Kasbani.

Ia mengatakan gempa yang terjadi di Lombok disebabkan patahan aktif Flores Back Arc di lereng utara Gunung Rinjani dengan titik pusat berada di daratan. Akibat gempa tersebut, 91 orang meninggal dunia dan ratusan bangunan rusak.

Berdasarkan peta geologi, dataran Pulau Lombok tersusun oleh endapan kuarter berupa dominan batuan rombakan gunung api muda yang telah mengalami pelapukan.

Batuan rombakan gunung api muda yang telah mengalami pelapukan pada umumnya bersifat urai, lepas, belum kompak. Hal itu memperkuat goncangan sehingga rawan terhadap gempa bumi.

"Terutama daerah-daerah tersusun dari batuan vulkanik, tentunya banyak rekahan-rekahan. Ini patahannya tidak satu, karena kelompok sesar naik ada di situ," kata dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tiga Selebritas yang Mirip dengan Dian Sastrowardoyo, Siapa Saja?

Posted: 10 Aug 2018 10:01 PM PDT

Jakarta Sosok Dian Sastrowardoyo merupakan sosok inspiratif dengan segudang talenta. Memiliki paras cantik khas Indonesia, Dian Sastrowardoyo ternyata memiliki wajah yang mirip dengan beberapa artis ternama Indonesia.

Pernah merasa artis perempuan Indonesia mirip satu sama lain? Lihat saja kemiripan wajah antara Dian Sastrowardoyo, Sigi Wimala, Chelsea Islan, dan Raisa. Tampak kembar jika dilihat sekilas, lantaran mereka memiliki garis wajah yang sama. Mata lebar, hidung tinggi, deretan gigi yang rapi, dan senyum yang sama-sama memesona.

Terutama Dian Sastrowardoyo dan Sigi Wimala. Diperhatikan di foto ini, mereka tampak seperti saudara kembar. Fitur wajah mereka saat tersenyum nyaris sama persis! Seolah membuktikan mantan Gadis Sampul memiliki jenis wajah serupa.

Photo: Instagram

Lalu, lihat foto Dian dengan Chelsea Island dan Raisa ini. Memang tidak semirip foto bersama Sigi. Tapi air muka yang ditunjukkan tiga perempuan ini sebelas dua belas. Sama-sama cantik, sama-sama memancarkan pesona kecantikan Indonesia. Coba, siapa lagi artis perempuan lainnya yang memiliki garis wajah serupa Dian Sastrowardoyo?

Photo: InstagramPhoto: Instagram

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengapa Ada Keriput di Ujung Jari?

Posted: 10 Aug 2018 10:00 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Terkadang kita menemukan ujung jari di bagian telapak tangan dalam kondisi keriput misalnya usai berenang atau bersentuhan dengan air. Bagaimana ini bisa terjadi?

Kondisi ini sebenarnya terjadi karena sistem saraf mengirimkan pesan ke pembuluh darah untuk menjadi lebih sempit. Pembuluh darah yang menyempit mengurangi volume pada bagian ujung jari, menyebabkan lipatan kulit yang longgar sehingga terbentuklah keriput.

Namun, para ilmuwan masih belum sepenuhnya memahami mengapa jari-jari berkerut ketika terkena air atau suhu dingin.

Sebuah penelitian kecil pada 2013 menemukan bahwa lebih mudah untuk menggenggam benda-benda di dalam air dengan jari-jari yang keriput, yang berarti bahwa fenomena itu mungkin merupakan perubahan evolusioner yang membantu manusia beradaptasi dengan kondisi basah.

Namun, sebuah studi 2014 menemukan hasil yang bertentangan dan menyimpulkan bahwa kerutan jari karena paparan air tidak mempengaruhi seberapa baik manusia dapat menangani benda basah atau kering.

Merendam tangan dalam air adalah penyebab paling umum jari menjadi keriput. Namun ada beberapa penyebab lain kerutan atau kerutan pada kulit di jari tangan, salah satunya dehidrasi. Dehidrasi bisa memengaruhi kulit, membuatnya terasa kering dan dingin. Kulit di ujung jari mungkin terlihat layu.

Siap berisiko

Orang dewasa yang lebih tua, anak-anak dan bayi memiliki risiko lebih tinggi mengalami dehidrasi dibandingkan kelompok lain. Orang-orang mungkin lebih berisiko mengalami dehidrasi jika berada dalam cuaca panas, tidak sehat atau jika mereka telah berolahraga.

Muntah dan diare juga bisa menyebabkan dehidrasi. Siapa pun yang mengalami gejala-gejala ini mungkin perlu mengganti elektrolit yang hilang dengan produk rehidrasi oral over-the-counter (OTC). Seorang apoteker dapat memberi saran tentang produk mana yang akan digunakan.

Penyebab lainnya ujung jari tangan mengkerut adalah penyakit raynaud, yakni kepekaan ekstrem terhadap dingin. Kondisi ini mempengaruhi pembuluh darah kecil yang memasok darah ke ekstremitas tubuh, termasuk jari tangan dan kaki.

Gejala utama penyakit raynaud adalah jari-jari berubah menjadi putih atau biru dalam dingin, mati rasa, dan kesemutan. Kulit di ujung jari juga terlihat berkerut, berkerut. Stres juga bisa memicu gejala.

Tidak ada obat untuk penyakit ini, tetapi seseorang dengan kondisi ini perlu mengurangi tingkat stres dan memastikan tubuh mereka tidak terlalu dingin. Untuk manajemen gejala, orang dapat menggunakan calcium channel blocker.

Selain itu, eksim juga bisa menjadi penyebab jari mengkerut. Eksim adalah suatu kondisi yang menyebabkan peradangan kulit, ruam, gatal-gatal, dan kemerahan.

Dermatitis atopik adalah bentuk eksim dalam jangka panjang yang menyebabkan kulit kering dan merah yang menimbulkan gatal atau bengkak. Masalah kulit ini umumnya terjadi tangan dan jari-jari, punggung lutut, dan di dalam siku.

Penyebab lainnya jari mengekrut adalah diabetes. Penderita diabetes mungkin lebih berisiko mengalami beberapa masalah kulit yang disebabkan infeksi bakteri, infeksi jamur.

Infeksi bakteri dan jamur dapat mempengaruhi kulit di sekitar kuku dan di antara jari-jari. Infeksi bakteri sering menyebabkan kulit menjadi merah, bengkak, dan mungkin berkerut.

Sementara infeksi jamur biasanya menyebabkan gatal dan kemerahan. Demikian seperti dilansir Medical News Today. (Antara/Lia Wanadriani Santosa)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sabyan Gambus Gelar Lelang Demi Korban Gempa Lombok

Posted: 10 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ini, bencana gempa Lombok menjadi sorotan masyarakat Indonesia dan seluruh dunia. Gempa bumi yang terjadi selama beberapa hari di Lombok, Nusa Tenggara Barat ini, mengakibatkan puluhan warga meninggal. Sementara ratusan lainnya harus mengungsi karena tak lagi memiliki tempat tinggal.

Seluruh mata masyarakat Indonesia pun tertuju ke Lombok untuk memberikan perhatian dan bantuan. Grup musik Sabyan Gambus pun tak ketinggalan ikut berkontribusi menyalurkan bantuan untuk korban gempa Lombok. Bekerja sama dengan Dauky Fashion Hijab, Sabyan Gambus melakukan lelang pakaian yang hasilnya bakal disumbangkan untuk korban gempa Lombok.

"Penggalangan dana itu untuk lombok bersama Dauky. Jadi ada baju, jaket, sepatu yang kami tanda tangani lalu dilelang di situsnya Dauky. Nanti semua hasilnya kami sumbangkan ke Lombok," ungkap Nissa Sabyan saat launching website Dauky di Kawasan Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Jumat (10/8/2018).

Ditanya soal target hasil lelang yang disumbangkan, Nissa mengaku tak mau bicara masalah angka. Menurutnya, berapapun angka rupiah yang akan disumbangkan bukanlah hal utama. Satu yang terpenting, dirinya bersaman Sabyan Gambus ikhlas memberikan bantuan kepada korban gempa Lombok.

Ikhlas

Sabyan Gambus © instagram/nissa_sabyan

"Berapanya kami gak tahu. Yang penting kami ikhlas membantu," ucap Nissa.

Sama seperti yang lainnya, Nissa mengaku sedih dan prihatin ketika mendengar kabar tentang gempa Lombok yang memakan banyak korban.

Terlebih, Sabyan Gambus memiliki teman di Lombok yang juga terkena bencana. Selain memberikan bantuan berupa barang, Sabyan Gambus diwakili oleh Nissa memberikan doa dan harapan untuk warga Lombok yang terkena musibah.

Sedih

Sabyan Gambus © instagram/nissa_sabyan

"Kami cukup sedih ya, karena di sana ada teman kita juga. Kita sempat tanya2 sama temen disana. Semoga ke depannya masih baik-baik aja," tandasnya.(Matias Purwanto/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Sriwijaya FC Vs Madura United: Waspadai Laskar Sape Kerap

Posted: 10 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Palembang - Sriwijaya FC akan menjamu Madura United pada pekan ke-20 Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak di Stadion Agus Salim, Padang, Sabtu (11/8/2018). Tuan rumah mewaspadai tren positif Laskar Sape Kerap.

"Catatan enam kali tanpa terkalahkan sudah menunjukkan bagaimana kualitas MU. Mereka punya kekuatan di lini tengah dan depan, nama-nama beken seperti Greg Nwokolo dan Zah Rahan harus terus diwaspadai, begitu juga pergerakan Slamet Nurcahyo dari second line yang sering membahayakan. Dalam kondisi terbaik, mereka tim yang sulit untuk dikalahkan," ujar pelatih Sriwijaya FC, Subangkit.

Sriwijaya FC ingin bangkit setelah eksodus besar-besaran pemain kunci pada bursa transfer paruh musim membuat peforma Zalnando dan kawan-kawan menurun. Apalagi di partai terakhir, Laskar Wong Kito takluk 0-1 dari Persib

"Sebelumnya kami selalu punya masalah di persiapan, namun kali ini kami telah melakukan empat kali latihan dan rasanya cukup bagi pemain untuk memahami taktik yang saya inginkan," kata mantan pelatih Persekabpas Pasuruan itu.

Sriwijaya FC tanpa lima pemain saat berhadapan dengan Madura United. Subangkit percaya pemain pengganti dapat bermain dengan baik.

"Kami memang kembali harus kehilangan pemain, setelah Alberto Goncalves dan Zulfiandi ke Timnas Indonesia Asian Games 2018, kemudian Yogi Rahadian dan Nur Ichsan yang cedera, kini Marckho Meraudje juga izin tak bertanding karena keperluan keluarga. Namun, saya sangat percaya motivasi pemain lainnya sangat tinggi dan siap memberikan yang terbaik," imbuh Subangkit.

Misi Madura United

Madura United vs Sriwijaya FC (indonesiansc.com)

Madura United juga tengah oke. Dalam enam partai terakhir, Zah Rahan Krangar dan kawan-kawan tidak terkalahkan.

"Madura United sudah siap. Semua pemain semangat untuk memberikan poin sempurna. Madura United bagus itu yang membuat kami lebih optimis menjalani pertandingan besok," ujar pelatih Madura United, Gomes de Oliveira.

"Apalagi pemain baru sudah bisa beradaptasi dengan pemain lainnya. Kuncinya konsentrasi. Bermain di Padang kesempatan besar untuk meraih poin. Tetapi semua pemain tetap kita waspadai," tuturnya.

Perkiraan Susunan Pemain

Sriwijaya FC (4-2-3-1): Teja Paku Alam (Kiper); Goran Gancev, Alan Henrique, Mohamadou Al Hadji, Ahmad Faris (Belakang): Zalnando, Yu Hyun-koo, Syahrian Abimanyu, Nur Iskandar, Esteban Viscarra (Tengah); Manucechr Dzalilov (Depan)

Pelatih: Subangkit

Madura United (4-3-3): Satria Tama (Kiper); Beny Wahyudi, Fabiano Beltrame, Guntur Ariyadi, Andik Rendika Rama (Belakang); Asep Berlian, Zah Rahan, Slamet Nurcahyo (Tengah); Milad Zeneyedpour, Mamadou Samassa, Greg Nwokolo (Depan)

Pelatih: Gomes de Oliveira

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asian Games 2018: Pelatih Timnas Taiwan Minta Rumput Stadion Patriot Diperpendek

Posted: 10 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih timnas Taiwan U-23 Wushung Pen berharap rumput Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, yang menjadi salah satu venue cabang sepak bola Asian Games 2018, diperpendek. Hal ini agar para pemain lebih mudah mengendalikan bola.

"Rumput lapangan lebih panjang dari perkiraan kami. Kami berharap rumput bisa lebih pendek agar bola dapat dikendalikan dengan baik," ujar Wushung Pen usai laga melawan Palestina dalam pertandingan cabang olahraga sepak bola putra Asian Games 2018 Grup A di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (11/8/2018).

Meski demikian, dia tidak ingin menjadikan faktor non-teknis, seperti kondisi rumput atau cuaca dan sejenisnya sebagai alasan untuk tidak tampil maksimal di Asian Games 2018.

Bagi Wushung Pen, persiapan tim meliputi aspek-aspek vital seperti teknik dan strategi bermain jadi faktor utama menentukan berhasil atau tidaknya suatu laga dimenangkan.

"Kami lebih fokus ke tim sendiri," tutur dia.

Imbang

Laga timnas Palestina U-23 melawan timnas U-23 Taiwan berakhir dengan skor imbang 0-0. Pada laga tersebut, timnas U-23 Palestina mendapatkan dukungan meriah dari ratusan masyarakat yang hadir di stadion.

Pelatih Palestina Ayman Sandouqa mengucapkan terima kasih atas dukungan tersebut. "Kami mengucapkan terima kasih banyak. Semoga di laga berikutnya kami bisa memberikan kemenangan seperti yang diharapkan," kata Ayman.

Hong Kong

Hasil tersebut membuat Palestina dan Taiwan untuk sementara sama-sama berada di posisi kedua klasemen Grup A. Sementara puncak klasemen Grup A diduduki timnas U-23 Hong Kong setelah mengalahkan Laos 3-1 di laga perdananya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Promo Merdeka, KAI Jual Tiket KA Hanya Rp 73 Ribu per Kursi

Posted: 10 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - KAI menghadirkan program 'Promo Merdeka dalam rangka peringati HUT ke-73 RI. Program tersebut dengan memberikan tarif spesial untuk kereta api komersial kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi jarak jauh dan menengah.

Direktur Utama PT KAI (Persero) Edi Sukmoro mengaku, promo ini diberikan selama tujuh hari yakni pada tanggal 13, 14, 15, 27, 28, 29, dan 30 Agustus 2018.

Pada kesempatan ini, KAI menyediakan 1.708 seat tarif Promo Merdeka per hari. Artinya, selama tujuh hari tempo promo, KAI menyediakan total 11.956 seat dengan tarif spesial.

"Adapun pemesanan/pembelian tiket promo dapat dilakukan mulai tanggal 12 Agustus 2018 melalui aplikasi KAI Access yang tersedia di smartphone yang berbasis Android atau iOS selama persediaan masih ada," kata Edi, Sabtu (11/8/2018).

Beberapa poin yang perlu diperhatikan oleh calon penumpang KA adalah tiket Promo Merdeka ini dapat dibatalkan dan diubah jadwal. Namun tiket promo ini tidak dapat digabung dengan program reduksi atau diskon lainnya.

Selain itu, tarif Promo Merdeka tidak berlaku parsial, contohnya, tiket promo KA Argo Bromo Anggrek dengan tarif Rp73.000,- adalah untuk relasi terpanjang, yakni Surabaya Pasarturi - Gambir. Jadi jika Anda hendak turun di stasiun yang lebih dekat, tarifnya tetap Rp 73.000.

"Program promo ini merupakan bentuk apresiasi KAI terhadap pelanggan setia kereta api. Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan promo tersebut untuk bepergian menggunakan moda transportasi KA," tambah Edi.

 

 

Berikut Daftar KA yang Dapatkan Tarif Promo Merdeka

Penumpang kereta api Senja Utama tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (23/6). Pihak KAI memperkirakan arus balik Idul Fitri 1439 Hijriyah masih akan berlangsung hingga tanggal 26 Juni mendatang. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Berikut daftar KA-KA yang mendapatkan tarif promo Merdeka:

1 Argo Bromo Anggrek, jurusan Surabaya Pasar Turi-Gambi

2 Purwojaya, jurusan Cilacap-Gambir

3 Cirebon Ekspres, jurusan Cirebon-Gambir

4 Argojati, jurusan Cirebon-Gambir

5 Tegal Bahari, jurusan Tegal-Gambir

6 Argo Sindoro, jurusan Semarang Tawang-Gambir

7 Argo Lawu, jurusan Solo Balapan-Gambir Eksekutif

8 Harina, jurusan Surabaya Pasar Turi-Bandung

9 Lodaya, jurusan Solo Balapan-Bandung

10 Ciremai Ekspres, jurusan Semarang Tawang-Bandung

11 Singasari, jurusan Blitar-Pasar Senen Ekonomi

12 Gumarang, jurusan Surabaya Pasar Turi-Pasar Senen

13 Tawangjaya, jurusan Semarang Poncol-Pasar Senen

14 Fajar Utama Yogya, jurusan Yogyakarta-Pasar Senen

15 Sawunggalih, jurusan Kutoarjo-Pasar Senen

16 Malioboro Ekspres, jurusan Yogyakarta-Malang

17 Mutiara Timur, jurusan Banyuwangi Baru-Surabaya Gubeng

18 Sindang Marga, jurusan Kertapati-Lubuklinggau

19 Sriwijaya, jurusan Kertapati-Tanjung Karang

20 Sribilah, jurusan Medan-Rantau Prapat Eksekutif

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Samsung Galaxy Note 9 Resmi Diluncurkan

Posted: 10 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Samsung Electronics Co. meluncurkan smartphone terbaru, Galaxy Note 9 yang akan tersedia dalam bulan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siap Jadi Penerbit Gim, Skyegrid Gandeng Developer Gim Lokal

Posted: 10 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seperti diwartakan sebelumnya, Skyegrid baru saja meluncurkan solusi berupa platform gim streaming berbasis cloud. Tidak sampai di situ, startup ini juga berencana merambah bidang publisher gim.

Sebagai langkah awal, Skyegrid mendukung Digital Happiness, studio gim asal Bandung. Studio tersebut dikenal sebagai pengembang gim horor berjudul Dreadout yang rilis pada pertengahan 2014.

"Kami sangat senang dan menyambut baik kehadiran Skyegrid yang mempunyai mimpi dan semangat sama dengan Digital Happiness, yakni memajukan industri gim lokal Indonesia," tutur Co-founder Digital Happiness Dito dalam keterangan resmi yang diterima Sabtu (11/8/2018).

Senada dengan Dito, CEO Sykegrid Rolly Edward menuturkan Skyegrid siap mendukung ekosistem gim lokal sepenuhnya. Karena itu, pihaknya membuka ruang untuk para pengembang gim lokal yang ingin memasarkan karyanya melalui platform ini.

"Dari awal, mimpi saya Skyegrid bisa menjadi publisher gim lokal. Saya ingin merangkul developer lokal sebanyak-banyaknya untuk menaruh gim-nya di Skyegrid, agar dapat dimainkan gamer dari luar Indonesia," tutur Rolly.

Oleh sebab itu, Rolly menuturkan Skyegrid tidak hanya dapat dimainkan oleh gamer yang berada di seluruh Indonesia. Saat ini, platform Skyegrid sudah dapat dimainkan di sejumlah negara tetangga, seperti Singapura, Malaysia, dan Brunei Darussalam.

"Di sinilah, para pengembang gim lokal bisa unjuk gigi. Kami akan membantu mereka semaksimal mungkin untuk memasarkan karya atau gim-nya ke luar Indonesia agar karyanya lebih dikenal gamer internasional dan laris terjual," tuturnya.

Skyegrid Tawarkan Platform Cloud Gaming

Skyegrid. Dok: Tommy Kurnia/Liputan6.com

Sekadar informasi Skyegrid merupakan startup asal Indonesia ini meluncurkan solusi platform gim streaming berbasis cloud atau Cloud Gaming.

Lewat platform ini, gamer bisa bermain Fortnite, Assasin's Creed Origin, atau Far Cry 5 tanpa harus menggunakan laptop atau perangkat khusus gaming lainnya.

Gim-gim di atas membutuhkan perangkat dengan kemampuan grafis yang tinggi. Lantas, bagaimana kalau kamu tidak memiliki laptop gaming yang mumpuni untuk bermain gim triple A?

Skyegrid punya jawabannya. Startup asal Indonesia ini meluncurkan solusi platform gim streaming berbasis Cloud atau Cloud Gaming.

Platform ini memungkinkan siapapun untuk bermain gim triple A menggunakan perangkat apapun, tanpa harus pakai laptop gaming berspesifikasi tinggi yang harganya juga selangit.

Laptop berbasis Windows, MacBook, iMac, hingga smartphone Android bisa dipakai main gim triple A dengan platform Skyegrid. Hal ini menjadikan Skyegrid sebagai platform cloud gaming Android pertama di Indonesia.

"Selama ini untuk main gim triple A, kita butuh konsol gim seperti PlayStation, Xbox, atau PC berspesifikasi tinggi tetapi tidak semua orang mampu membelinya. Inilah alasan kehadihan solusi bernama Skyegrid," kata CEO Skyegrid, Rolly Edward saat meluncurkan Skyegrid di Jakarta, Kamis (10/8/2018).

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sarri Gembira Chelsea Dapatkan Kovacic dan Kepa

Posted: 10 Aug 2018 09:58 PM PDT

Liputan6.com, London - Maurizio Sarri sangat senang dengan aktivitas transfer Chelsea di bursa transfer musim panas. Apalagi The Blues sukses mendapatkan Kepa Arrizabalaga dan Mateo Kovacic dan kehilangan Thibaut Courtois.

Courtois menjadi andalan Chelsea dalam empat tahun terakhir. Kiper asal Belgia itu sudah membantu The Blues meraih empat gelar juara.

Namun kini Courtois telah pergi. Ia meninggalkan Stamford Bridge dan pindah ke Santiago Bernabeu untuk memperkuat Real Madrid.

Courtois kabarnya dilepas seharga 35 juta pounds. Transfer itu melibatkan Mateo Kovacic, yang dilepas ke Chelsea dengan status pinjaman.

Setelah itu, The Blues memproyeksikan Arrizabalaga untuk menjadi kiper nomor satu mereka. Sarri kemudian mengungkapkan bahwa Ia sebenarnya ingin Courtois bertahan. Sebab ia merupakan salah satu kiper terbaik di dunia saat ini.

"Saya sangat senang untuk keduanya. Situasi Courtois sudah jelas," ujarnya seperti dilansir Sportsmole.

"Ia ingin pergi ke Madrid, jadi kami kehilangan salah satu kiper paling penting di dunia sekarang," katanya.

 

2 Pemain Baru

Pelatih Arsenal Unai Emery (kiri) dan Pelatih Chelsea Maurizio Sarri saling menyapa sebelum pertandingan International Champions Cup (ICC) di Stadion Aviva di Dublin (1/8). Arsenal menang atas Chelsea lewat adu penalti 6-5. (AFP Photo/Paul Faith)

Namun manajer asal Italia ini menegaskan ia senang dengan kehadiran Arrizabalaga dan Kovacic. Ia menyebut meski keduanya masih muda, mereka akan sangat berguna bagi skuat Chelsea.

"Kami membeli penjaga gawang muda, saya pikir salah satu yang paling penting di antara kiper muda di Eropa. Saya sangat senang," ujar Sarri.

"Saya sangat senang dengan Kovacic. Ia memiliki karakteristik untuk kami. Saya sangat senang dan saya pikir sekarang skuat sudah komplit," ujarnya.

"Kovacic adalah pemain yang sangat teknis. Ia bisa bermain di antara garis lawan. Bagi kami itu bisa sangat penting."

Arrizabalaga dan Kovacic bisa jadi akan langsung menjalani laga perdananya pada akhir pekan ini melawan Huddersfield.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Main Bareng Mahasiswa IKJ di Indonesia Kita, Cak Lontong Mesti Ngalah

Posted: 10 Aug 2018 09:56 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tampilan Cak Lontong dan Akbar kali ini di Panggung Indonesia Kita ke-29 tak seperti penampilan sebelum-sebelumnya yang kerap memakan waktu panjang dalam dialog-dialognya. Meski sebenarnya para penonton setia panggung ini tidak keberatan, tapi waktu yang panjang ini juga disediakan untuk para pemain muda unjuk diri.

Rupanya kesempatan berekspresi lebih banyak disediakan untuk para mahasiswa Institut Kesenian Jakarta yang juga meramaikan lakon bertajuk Brigade Orgil ini. Cak Lontong dan Akbar mesti mengalah.

Penampilan seniman-seniman muda ini rasanya sudah jadi, artinya sudah tampak profesional. Namun improvisasinya belum terasa kentara. Istilahnya 'text book' masih mengikuti skrip. Tidak salah, tapi terasa tidak rileks karena pada dasarnya panggung ini dibenak penonton adalah panggung lelucon. Tentu saja dibanding Cak Lontong, Akbar, Marwoto, Mucle, Ence Bagus mereka masih tampak terasa ada jenjangnya.

Maklum, para amatiran ini baru pertama tampil bersama para profesional. "Kerjasama ini merupakan kegiatan yang pertama kali dilakukan oleh Fakultas Seni Pertunjukan-IKJ dengan melibatkan sejumlah seniman profesional,"ujar Dekan Fakultas Seni PertunjukanIKJ Lusiati KD, M.Sn.

Lusiati berharap agar kegiatan ini bisa menjadi ajang pembelajaran bagi Mahasiswa FSP-IKJ dalam menyiapkan para mahasiswa ini menjadi seniman profesional. "Kami, panggung Indonesia Kita, merasa terhormat diakui oleh lembaga pendidikan setingkat perguruan tinggi seperti IKJ,"ujar produser kegiatan ini Butet Kartaredjasa.

 

Tiga Kali

Brigade Orgil merupakan lakon kocak penuh ironi yang menggambarkan sebuah zaman ketika yang gila dan tidak gila telah sulit dibedakan. Bakal dipentaskan tiga kali, lakon Brigade Orgil akan tampil pada Jumat, 10 Agustus 2018 - Pukul 20.00 WIB, Sabtu, 11 Agustus 2018 - Pukul 14.00 WIB dan Pukul 20.00 WIB.

Venue : Graha Bhakti Budaya Taman Ismail Marzuki, Jl. Cikini Raya 73, Jakarta.

Tim Kreatif : Butet Kartaredjasa, Agus Noor, Djaduk Ferianto; Gandung Bondowoso

Naskah ; Sutradara : Agus Noor

Pengatur Laku : Joseph GintingS

Penata Musik : Jalu Pratidina & Anusirwan

Penata Tari : Hanny Herlina

Pemusik & Penari : FSP Institut Kesenian Jakarta.

Artistik : Ong Hari Wahyu

Pendukung : Cak Lontong, Akbar, Marwoto, Mucle Katulistiwa, Nungki Kusumastuti, Inayah Wahid, Nyak Ina Raseuki (Ubiet), Bedu, Ence Bagus, Bowo GP, Joseph GintingS dan Mahasiswa FSP IKJ.

HTM Brigade Orgil: PLATINUM Rp. 750.000 VVIP Rp. 500.000 VIP Rp. 300.000 BALKON Rp. 150.000

Reservasi Tiket: www.kayan.co.idwww.blibli.com

Informasi: Kayan Production & Communications0856-9342-7788 / 0895-3720-14902 / 0813-1163-0001

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PKS Tuntut Andi Arief Minta Maaf Soal Tudingan Mahar Rp 500 M

Posted: 10 Aug 2018 09:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wasekjen Partai Demokrat Andi Arief mengungkap adanya mahar politik di balik kesepakatan parpol koalisi pendukung Prabowo Subianto menjadikan Sandiaga Uno sebagai cawapres. Juru bicara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Muda bidang Ekonomi, Muhammad Kholid menegaskan PKS akan bertabayun dan menuntut permintaan maaf dari Wasekjen Partai Demokrat Andi Arief ataus tudingannya itu.

Jika tidak ada permintaan maaf, PKS akan melaporkan Andi Arief atas tuduhan fitnah. "Iya kalau tidak ada permintaan maaf dan klarifikasi, ini secara pribadi kan?" kata Kholid di Restoran Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (11/8/2018).

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Roy Suryo menegaskan, secara institusi partai, masalah tudingan Andi Arief kepada PAN dan PKS sudah selesai. "Saya selaku Wakil Ketua Umum Partai Demokrat mengatakan secara institusi klir," ungkapnya.

Meski demikian, Roy menyebut permasalah Andi Arief bersifat pribadi. Sehingga Demokrat mempersilakan jika PAN dan PKS ingin menempuh jalur hukum atas tudingan mahar Rp 500 miliar tersebut.

Tudingan Andi Arief

Politikus Partai Demokrat Andi Arief menyebut Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai Jenderal Kardus. Adanya mahar politik Rp 500 miliar menjadi alasan geramnya Partai Demokrat terhadap Prabowo.

Andi meyakini Prabowo telah melakukan politik transaksional sebesar Rp 500 miliar agar wakil gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menjadi calon wakil presidennya. "Saya Andi Arief tidak pernah membuat isu dalam karir politik saya," kata dia saat menjawab keabsahan kabar mahar tersebut di Rumah Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Jalan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (9/8/2018).

Andi menegaskan sebutan Jenderal Kardus pantas melekat pada Prabowo lantaran langkahnya yang tak cakap dalam memperhitungkan harmonisasi koalisi.

"Pertama Demokrat itu dalam posisi diajak oleh Jenderal Prabowo untuk berkoalisi. Diajak ya, kita tidak pernah menawarkan siapa-siapa walau Pak Prabowo menawarkan AHY untuk jadi wakilnya," tegas Andi.

"Tapi hari ini kami mendengar justru sebaliknya. Ada politik transaksional yang sangat mengejutkan. Itu membuat saya menyebutnya jadi jendral kardus, jendral yang gak mau mikir," tegas dia lagi.

Andi Arief secara gamblang menuding Prabowo menerima lobi-lobi politik, di luar sepengetahuan Partai Demokrat. Karenanya, secara pribadi Andi merasa partainya telah diselingkuhi oleh sang jenderal.

"Kami memberi sarat kepada Pak Prabowo agar dihitung matang untuk mencapai kemenangan. Kami tidak pernah bertemu dengan partai manapun, kecuali PAN dan PKS. Kita tidak pernah berselingkuh," jelas dia.

Kendati demikian, Andi masih menyambut baik itikad Prabowo yang mau menyambangi Ketum Demokrat SBY. Hal itu disebut Andi masih dalam koridor dukungan penuh partainya menjadikan Prabowo calon presiden.

"Kami sebetulnya ingin mendorong Pak Prabowo utuk menjadi presiden. Orang yang didorong itu harus punya komitmen yang kuat. Jadi saat ini kami masih bersama Pak Prabowo. Saya kira itu saja," pungkas Andi Arief.

 

Reporter: Renald Ghiffari 

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Real Madrid Lepas Bek Kiri ke Klub Rival

Posted: 10 Aug 2018 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Real Madrid resmi meminjamkan Theo Hernandez ke Real Sociedad. Ia dianggap kurang berkembang selama di Santiago Bernabeu.

Hernandez baru bergabung dengan Real Madrid pada musim 2017/18 yang lalu. Madrid membeli pemain asal Prancis itu dari Atletico Madrid dengan harga yang cukup mahal yakni 30 juta euro.

Tapi, musim perdana Hernandez bersama Madrid tidak berjalan mulus. Hernandez sulit bermain di tim utama Madrid. Di posisi bek kiri, Hernandez harus bersaing dengan Marcelo yang konsisten jadi pilihan utama.

Karena itu, Hernandez pun meminta untuk pindah pada musim 2018/19 demi mendapat kesempatan bermain secara reguler. Real Sociedad jadi klub yang menampung pemain 20 tahun dengan status pinjaman.

"Real Madrid dana Real Sociedad telah mencapai kesepakatan tentang transfer Theo Hernandez untuk musim depan, hingga 30 Juli 2019," tulis situs resmi Real Madrid.

 

Hanya Dipinjamkan

Aksi pemain Real Madrid, Theo Hernandez berusaha keluar dari kepungan para pemain Leganes pada perempat final Copa del Rey di Santiago Bernabeu stadium, Madrid, (24/1/2018). Leganes menang 2-1. (AP/Francisco Seco)

Real Madrid tentu saja tidak ingin melepas Hernandez secara permanen. Karena itu, tidak ada opsi pembelian permanen di akhir masa peminjaman. Hernandez harus kembali ke Madrid musim depan.

Pasalnya, Madrid bakal mengandalkan dia di masa depan. Apalagi, belakangan Madrid diterpa isu bakal ditinggalkan oleh Marcelo yang sedang dirayu oleh Cristiano Ronaldo agar bersedia pindah ke Juventus.

Hernandez diprediksi bakal jadi andalan Sociedad di sektor bek kiri. Pelatih Asier Garitano akan lebih memilih Theo Hernandez daripada De La Bella di posisi bek kiri. Jadi, Hernandez bisa debut pada laga perdana Sociedad di La Liga pada 19 Agustus lawan Villarreal.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar Sriwijaya FC Vs Madura United di Liga 1

Posted: 10 Aug 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sriwijaya FC akan menjamu Madura United di H. Agus Salim, Padang, Sabtu (11/8/2018) dalam lanjutan kompetisi GO Jek Liga 1 2018 bersama Bukalapak.

Laskar Wong Kito tidak mau larut dalam kekalahan sebelumnya dari Persib Bandung. Namun, meski bermain kandang, Sriwijaya FC harus mengungsi ke Padang, karena Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring, Palembang, akan dipakai untuk Asian Games 2018.

Madura United juga bukan lawan yang mudah bagi Sriwijaya FC. Madura United dalam enam pertandingan terakhir tidak terkalahkan di Liga 1.

Di sisi lain, Madura United Tengah mengejar catatan positif di Gojek Liga 1 bersama Bukalapak. Madura United ingin menempel Persib di klasemen, yang kemarin baru dikalahkan Mitra Kukar.

Laga sengit ini akan berlangsung pukul 15.30 WIB dan disiarkan secara langsung oleh Indosiar. Berikut link live streaming laga Sriwijaya FC vs Madura United.

Link Live Streaming

Saksikan pertandingan Sriwijaya FC vs Madura United melalui live streaming Indosiar hanya di sini...

Prediksi Starter

Prakiraan Susunan Pemain

Sriwijaya FC (4-2-3-1): Teja Paku Alam (Kiper); Goran Gancev, Alan Henrique, Mohamadou Al Hadji, Ahmad Faris (Belakang): Zalnando, Yu Hyun-koo, Syahrian Abimanyu, Nur Iskandar, Esteban Viscarra (Tengah); Manucechr Dzalilov (Depan)

Pelatih: Subangkit

Madura United (4-3-3): Satria Tama (Kiper); Beny Wahyudi, Fabiano Beltrame, Guntur Ariyadi, Andik Rendika Rama (Belakang); Asep Berlian, Zah Rahan, Slamet Nurcahyo (Tengah); Milad Zeneyedpour, Mamadou Samassa, Greg Nwokolo (Depan)

Pelatih: Gomes de Oliveira

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Bermodal Ketapel, Wanita Palestina Lawan Tentara Israel di Perbatasan Gaza

Posted: 10 Aug 2018 09:45 PM PDT

Pengunjuk rasa wanita Palestina membawa ban untuk dibakar saat bentrokan dengan tentara Israel di Khan Younis, perbatasan Gaza, Jumat (10/8). (AP Photo/Adel Hana)

Pengunjuk rasa wanita Palestina membawa ban untuk dibakar saat bentrokan dengan tentara Israel di Khan Younis, perbatasan Gaza, Jumat (10/8). (AP Photo/Adel Hana)

Pengunjuk rasa wanita Palestina menembakkan batu menggunakan ketapel ke arah tentara Israel saat bentrok di Khan Younis, perbatasan Gaza, Jumat (10/8). Dua warga Palestina, termasuk seorang medis, tewas oleh tembakan tentara Israel. (SAID KHATIB/AFP)

Pengunjuk rasa wanita Palestina menembakkan batu menggunakan ketapel ke arah tentara Israel saat bentrok di Khan Younis, perbatasan Gaza, Jumat (10/8). Dua warga Palestina, termasuk seorang medis, tewas oleh tembakan tentara Israel. (SAID KHATIB/AFP)

Pengunjuk rasa wanita Palestina menembakkan batu menggunakan ketapel ke arah tentara Israel saat bentrok di Khan Younis, perbatasan Gaza, Jumat (10/8). (AP Photo/Adel Hana)

Pengunjuk rasa wanita Palestina menembakkan batu menggunakan ketapel ke arah tentara Israel saat bentrok di Khan Younis, perbatasan Gaza, Jumat (10/8). (AP Photo/Adel Hana)

Pengunjuk rasa wanita Palestina memegang ketapel di tengah asap hitam saat terjadi bentrok antara warga dengan tentara Israel di Khan Younis, perbatasan Gaza, Jumat (10/8). (AP Photo/Adel Hana)

Pengunjuk rasa wanita Palestina memegang ketapel di tengah asap hitam saat terjadi bentrok antara warga dengan tentara Israel di Khan Younis, perbatasan Gaza, Jumat (10/8). (AP Photo/Adel Hana)

Pengunjuk rasa wanita Palestina menembakkan batu menggunakan ketapel ke arah tentara Israel saat bentrok di Khan Younis, perbatasan Gaza, Jumat (10/8). (AP Photo/Adel Hana)

Pengunjuk rasa wanita Palestina menembakkan batu menggunakan ketapel ke arah tentara Israel saat bentrok di Khan Younis, perbatasan Gaza, Jumat (10/8). (AP Photo/Adel Hana)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gaya Makeup Karakter Instagram yang Unik, Mau Coba?

Posted: 10 Aug 2018 09:41 PM PDT

 

Jakarta Makeup layaknya sebuah karya seni yang memutuhkan keahlian kusus untuk menciptakan suatu kreasi makeup yang unik. Kali ini, ada tren makeup terbaru yang beda dari biasanya, dan tentunya jadi viral di kalangan warganet. 

Terlihat memang super unik dan antimainstream, gaya makeup ini dinilai sangat kreatif sehingga wajah bisa dilihat seperti ada postingan Instagram yang sangat menarik perhatian.

Gaya makeup ini sukses bikin takjub dan mampu membuat banyak orang terkesan dengan hasil karya art makeup ini. Belum lagi pemilihan warna dan gambar yang dibuat dibeberapa objek wajah ini sangat cantik dan detail banget.

Pasti pada penasaran kan bagaimana penampilan art yang dibuat unik dengan gambar seperti postingan Instagram? Yuk, kita lihat sederet fotonya di bawah ini.

Sederet potret dengan makeup unik seperti ada

 

A post shared by James Charles (@jamescharles) on

 

A post shared by KEILIDH•CASHELL (@keilidhmua) on

Banyak menyita perhatian, gaya makeup super unik ini memang sedang hits banget dikalangan para makeup artis luar negeri. Jika biasanya art makeup dibuat bergambar tentang karakter tokoh, kini dibuat makeup dengan gambar logo Instagram.

Makeup yang tetap dibuat full dengan polesan flawless, kini ditambah bentuk logo Instagram dengan bentuk dan kombinasi yang unik seakan-akan seperti postingan foto yang menarik.

Belum banyak yang mencoba art makeup seperti ini, tetapi akan sangat menarik jika mencoba membuat makeup super unik dan nyentrik. Buat Anda yang suka gaya makeup antimainstream, nggak ada salahnya mencoba.

Sumber: Bintang.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Malam Puncak Docs By The Sea 2018, Film Dokumenter Indonesia Terbanyak Diminati

Posted: 10 Aug 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Kuta, Bali - Gelaran Docs By The Sea 2018 telah sukses diselenggarakan lembaga nirlaba In-Docs bersama Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Acara ini menjadi pembuktian bagi para sineas dokumenter Asia Tenggara di mata para penggiat industri film dokumenter internasional yang infrastrukturnya jauh lebih terbangun.

Digelar di Hotel The Patra Kuta, Bali, sejak 2 hingga 9 Agustus 2018, Docs By The Sea 2018 memiliki sesi pitching forum yang berlangsung pada 7 hingga 9 Agustus. Di situ, para sineas dokumenter Asia Tenggara berpeluang mendapat dukungan penuh dari beberapa penggiat (decision maker) di seluruh dunia.

Hari terakhir Docs By The Sea 2018 yang berlangsung Kamis (9/8/2018) malam, diisi oleh pengumuman judul-judul film dokumenter yang menjadi pilihan para decision maker beberapa negara di luar Asia Tenggara. Tujuannya adalah agar film-film terpilih bisa didukung secara maksimal dalam berbagai hal.

Tribeca Film Institute dan In-Docs mengumumkan pemenang melalui kompetisi The If/Then Shorts. Tak disangka, film-film dokumenter karya Indonesia menjadi yang paling banyak diminati oleh para penggiat industri film dokumenter internasional.

Berikut adalah daftar pemenang dan kategori dukungan yang diberikan kepada proyek terpilih di malam puncak Docs By The Sea 2018.

 

Gelaran Docs By The Sea 2018 yang digelar 2-9 Agustus di Hotel The Patra, Kuta, Bali. (Dokumen: In-Docs/Docs By The Sea)

The If/Then Shorts

Gelaran Docs By The Sea 2018 yang digelar 2-9 Agustus di Hotel The Patra, Kuta, Bali. (Dokumen: In-Docs/Docs By The Sea)

Melalui tema The If/Then Shorts, empat film terpilih berikut ini akan memperoleh dukungan pendanaan dari In-Docs untuk menyelesaikan proyek filmnya, serta mentorship dan distribusi dari Tribeca Film Institute.

1. Bullet-Laced DreamsSutradara: Cha Escala, Kristoffer Brugada, Filipina

2. The Songbirds of AcehSutradara: Aminda Faradilla, Malaysia

3. How Far I'll GoSutradara: Ucu Agustin, Indonesia

4. Diary of CattleSutradara: David Darmadi, Lidia Afrilita, Indonesia

Selain keempat film di atas, beberapa film pendek dokumenter juga terpilih untuk masuk ke dalam program serial dokumenter Witness dari jaringan Al Jazeera. Film tersebut adalah Touch the Color yang disutradarai oleh Baby Ruth dari Filipina.

Deretan Pemenang Docs By The Sea 2018 Lainnya

Gelaran Docs By The Sea 2018 yang digelar 2-9 Agustus di Hotel The Patra, Kuta, Bali. (Dokumen: In-Docs/Docs By The Sea)

Berbagai proyek film terpilih lain turut memperoleh berbagai dukungan dari pelaku industri film dokumenter internasional.

1. IDFA Prize

Satu proyek film akan terpilih untuk menghadiri IDFAcademy dan IDFA Forum selama perhelatan International Documentary Film Festival Amsterdam 2018.

Film yang terpilih yaitu Under the Stars dengan sutradara Venice Atienza dari Filipina.

2. Dok Leipzig Prize

Proyek film terpilih di sini akan hadir sebagai co-production market di Dok Leipzig 2018. Film yang terpilih yaitu Miss Universe in Jail karya sutradara Max Canlas dari Filipina.

Satu proyek lagi akan terpilih untuk berpartisipasi pada work-in-progress forum di Dok Leipzig 2018, yaitu An Elegy to Forgetting karya sutradara Kristoffer Brugada, Filipina.

3. AIDC Prize

Satu proyek akan terpilih untuk melakukan pitching di Australian International Documentary Conference 2019 yaitu Sculpting the Giant karya sutradara Rheza Arden Wiguna dan Banu Wirandoko, Indonesia.

Satu proyek film akan terpilih hadir pada Australian International Documentary Conference 2019, yaitu Help is on the Way? karya sutradara Ismail Fahmi Lubish, Indonesia.

4. Docs Port Incheon Prize

Tiga proyek terpilih akan mengikuti pitching forum di Docs Port Incheon, Korea Selatan, 2018 yaitu:

The Songbirds of Aceh karya sutradara: Aminda Faradilla, Malaysia

Touch the Color karya sutradara: Baby Ruth, Filipina

Press Play: How to Expose the Truth karya sutradara: Jayson Bernard Santos, Filipina

5. Current Time TV's Best Pitch Award

Satu proyek film akan memperoleh USD 3 ribu cash prize dan dibeli Current Time TV, yaitu Don't Talk About Freedom karya sutradara: Gerry Apiryan, Indonesia.

6. Tokyo Docs Prize

Satu proyek film terpilih akan mengikuti pitching di Tokyo Docs 2018 yaitu How Far I'll Go karya sutradara: Ucu Agustin, Indonesia.

7. Docs By The Sea Co-Production Fund

Tiga belas proyek film akan menerima dukungan mentorship, pendanaan dan distribusi dari GO-JEK, Bekraf dan In-Docs yaitu:

Sculpting the Giant. Sutradara: Rheza Arden Wiguna, Banu Wirandoko (Indonesia)

The Flame. Sutradara: Arfan Sabran (Indonesia)

Don't Talk About Freedom. Sutradara: Gerry Apiryan (Indonesia)

The Songbirds of Aceh. Sutradara: Aminda Faradilla (Malaysia)

Rato and I. Sutradara: Ray Nayoan (Indonesia)

You and I. Sutradara: Fanny Chotimah (Indonesia)

A Boarding School. Sutradara: Shalahuddin Siregar (Indonesia)

My Big Sumba Family. Sutradara: Tonny Trimarsanto (Indonesia)

The Other Half. Sutradara: Wahyu Utami Wati (Indonesia)

The Plastic Bag Journey. Sutradara: Gugun Junaedi, Lutfi Wahyudyanti (Indonesia)

Nchay Looking for Haven. Sutradara: Andi Hutagalung (Indonesia)

Help is on the Way?. Sutradara: Ismail Fahmi Lubish (Indonesia)

How Far I'll Go. Sutradara: Ucu Agustin (Indonesia)

Sekilas Docs By The Sea

Gelaran Docs By The Sea 2018 yang digelar 2-9 Agustus di Hotel The Patra, Kuta, Bali. (Dokumen: In-Docs/Docs By The Sea)

Docs By The Sea 2018 merupakan salah satu upaya Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) dan In-Docs dalam rangka membangun ekosistem film dokumenter Indonesia dan Asia Tenggara.

Kegiatan ini diikuti oleh 31 proyek dokumenter dari 11 negara. Sebelum pengumuman pemenang, peserta terlebih dahulu mengikuti berbagai materi yaitu storytelling lab, editing lab, master class, pitching exercise dan pitching forum.

Berbagai kegiatan tersebut dimaksudkan untuk memberikan penguatan masing-masing peserta dalam mempresentasikan proyek mereka dalam meyakinkan para investor dunia.

"Saya sangat senang melihat bagaimana semua peserta mengalami peningkatan yang luar biasa setelah mengikuti berbagai kegiatan yang diberikan selama Docs By The Sea 2018. Ini membuat lebih banyak lagi proyek film dokumenter yang mendapatkan dukungan dari target semula," jelas Amelia Hapsari selaku Direktur In-Docs, pada malam puncak.

Dalam keterangannya kepada para pewarta sehari setelah malam puncak, Amelia Hapsari menyampaikan, "Saya harap dengan adanya Docs By The Sea 2018, film dokumenter bisa lebih maju lagi. Acara selanjutnya bakal digelar dua tahun lagi."

Gelaran Docs By The Sea 2018 yang digelar 2-9 Agustus di Hotel The Patra, Kuta, Bali. (Dokumen: In-Docs/Docs By The Sea)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Tahun Setop, SIA Buka Lagi Penerbangan Legendaris ke New York Nonstop

Posted: 10 Aug 2018 09:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Singapore Airlines (SIA) kembali meluncurkan penerbangan Singapura-New York sekaligus jadi yang terpanjang di dunia akhir Oktober 2018. Rute ini sempat disetop pada tahun 2013 karena usia pesawat sudah tujuh tahun.

Kini Singapore Airlines kembali melayani penerbangan nonstop Singapura-New York menggunakan Airbus A350-900 ULR (ultra-long-race) paling gres. Dengan penerbangan tanpa transit ini, kita bisa menghemat waktu perjalanan kurang lebih lima jam.

"Setelah menunggu sejak 2013 akhirnya SIA jadi yang pertama beli produk Airbus terbaru ini. Biasanya ke New York 24-25 jam menjadi 18 jam 45 menit. Hemat sampai 5 jam," ujar Manager Public Relations Singapore Airlines Glory Henriette saat berbincang dengan liputan6.com di Gandaria City, Jumat (11/8/2018).

Jika dalam rute penerbangan nonstop sebelumnya tidak tersedia kelas ekonomi, kini pesawat dikonfigurasi dengan dua kelas. Sebanyak 67 kursi untuk Business Class dan 94 kursi Premium Economy Class.

Lebih nyaman dan Lebih canggih

Singapore Airlines-BCA Travel Fair 2018 kembali digelar di Gandaria City, 10-12 Agustus 2018 (Liputan6.com/Novi Nadya)

 

"Sebelumnya tidak ada kelas ekonomi tapi selalu penuh. Sekarang kami sediakan Premium Economy Class, di atasnya ekonomi karena memang lebih canggih dan nyaman," lanjut Glory Henriette.

Penerbangan dengan jarak tempuh 16.700 km diklaim menjadi lebih nyaman dengan dengan kursi ergonomis yang disesuaikan dengan kontur tubuh. Serta jendela yang lebih besar dengan sistem buka-tutup otomatis.

"Desain kursi ergonomis bikin enggak mudah capek. Bisa lihat pemandangan dengan jendela yang lebih besar. Nanti jendela akan mengatur sendiri buka-tutupnya saat cahaya datang. Dan lighting yang dibikin anti-jetlag," jelasnya lagi.

Selain itu, A350-900 ULR juga mempunyai langit-langit yang lebih tinggi, badan pesawat lebih lebar, dan struktur mekanis pesawat yang terbuat dari komposit karbon menghasilkan kualitas udara lebih baik. Sebab ketinggian kabin dan tingkat lembapan membuatnya lebih optimal.

Jadwal Terbang

Singapore Airlines-BCA Travel Fair 2018 kembali digelar di Gandaria City, 10-12 Agustus 2018 (Liputan6.com/Novi Nadya)

Penerbangan akan diluncurkan pada 11 Oktober 2018 menuju Bandara Internasional Newark Liberty. Rencananya rute ini menyediakan tiga kali penerbangan dalam seminggu.

Berangkat setiap hari Senin, Kamis, dan Sabtu. Layanan penerbangan harian akan dimulai pada 18 Oktober setelah pesawat A350-900 ULR ditambahkan dalam jaringan layanan penerbangan.

Tiket mulai tersedia untuk dijual progresif di berbagai pemesanan mulai 31 Mei 2018. Anda juga bisa memesannya di Singapore Airlines-BCA Travel Fair yang berlangsung hingga Minggu (12/8/2018).

Untuk diketahui, SIA pernah melayani rute Singapura-Newark hingga tahun 2013. Layanan tersebut ditangguhkan setelah pesawat digunakan selama tujuh tahun, Airbus A340-500s dikembalikan ke Airbus.

"Singapore Airlines bangga dapat selalu berinovasi untuk kenyamanan perjalanan terbaik. Kami senang jadi maskapai terdepan dengan teknologi terbaru," tutup CEO Singapore Airlines Mr Goh Choon Phong.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nyanyian Ubiet di Panggung Indonesia Kita Lakon Brigade Orgil

Posted: 10 Aug 2018 09:36 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Nama Nyak Ina Raseuki atau yang sering dipanggil Ubiet sudah tak asing lagi bagi kita para penggemar musik. Seniman yang pernah mendalami ilmu vokal di Institut Kesenian Jakarta (IKJ) ini ikut tampil dalam gelaran panggung Indonesia Kita berlakon Brigade Orgil di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jumat-Sabtu (10-11/8/2018).

Meski lagu-lagu yang dinyanyikannya tanpa lirik, nada yang disuarakannya secara spontan alias improvisasi terdengar sungguh indah berbalut irama etnis yang ditampilkan dalam gelaran yang sebagian besar dikerjakan bersama para mahasiswa dan dosen IKJ. Liukan suara vokalnya jelas terdengar sudah terlatih puluhan tahun. Mungkin tak banyak yang bisa menandinginya. Maka tanpa lirik pun, irama vokal itu tetap menjadi sebuah lagu yang enak didengar bahkan menjadi 'soundtrack' lakon teater kali ini.

Ubiet, memang jago improvisasi, dia juga ahli di bidang etnomusikologi. Dia pernah meraih gelar doktor di bidang ini di Univesity of Wisconsin-Madison, Amerika Serikat. Dan dia pernah mengajar pula di Sekolah Pascasarjana IKJ.

Selama empat puluhan tahun ia bekerjasama dengan beragam pemusik dengan lintas genre serta terlibat dalam bermacam pementasan, rekaman, baik itu musik klasik, pop, jazz, atau musik tradisional Nusantara. Tak heran sebuah album musik populer Archipelago (Warner Music Indonesia, 200) pernah dibuatnya. Juga sebuah album musik baru Music for Solo Performer" Ubiet Sings Tony Prabowo (Musikita, Jakarta, 2006) juga pernah dilahirkannya. Yang ini merupakan album interpretasi musik keroncong Ubiet dan Kroncong Tenggara (demajors, Jakarta, 2007/2013).

Ada juga sebuah album musik duo bersama Dian HP, nyanyian berdasarkan puisi dua penyair Indonesia bertajuk "Komposisi Delapan Cinta" (demajors, Jakarta, 2011). dan tentu saja masih banyak proyek musik lain yang digarapnya. Yang jelas, sebagai musisi, Ubiet tak hanya berpengetahuan luas, tapi sanggup memadukan semua ilmunya itu dalam balutan musik yang indah.

 

Tiga Kali

Brigade Orgil merupakan lakon kocak penuh ironi yang menggambarkan sebuah zaman ketika yang gila dan tidak gila telah sulit dibedakan. Bakal dipentaskan tiga kali, lakon Brigade Orgil akan tampil pada Jumat, 10 Agustus 2018 - Pukul 20.00 WIB, Sabtu, 11 Agustus 2018 - Pukul 14.00 WIB dan Pukul 20.00 WIB.

Venue : Graha Bhakti Budaya Taman Ismail Marzuki, Jl. Cikini Raya 73, Jakarta.

Tim Kreatif : Butet Kartaredjasa, Agus Noor, Djaduk Ferianto; Gandung Bondowoso

Naskah ; Sutradara : Agus Noor

Pengatur Laku : Joseph GintingS

Penata Musik : Jalu Pratidina & Anusirwan

Penata Tari : Hanny Herlina

Pemusik & Penari : FSP Institut Kesenian Jakarta.

Artistik : Ong Hari Wahyu

Pendukung : Cak Lontong, Akbar, Marwoto, Mucle Katulistiwa, Nungki Kusumastuti, Inayah Wahid, Nyak Ina Raseuki (Ubiet), Bedu, Ence Bagus, Bowo GP, Joseph GintingS dan Mahasiswa FSP IKJ.

HTM Brigade Orgil: PLATINUM Rp. 750.000 VVIP Rp. 500.000 VIP Rp. 300.000 BALKON Rp. 150.000

Reservasi Tiket: www.kayan.co.idwww.blibli.com

Informasi: Kayan Production & Communications0856-9342-7788 / 0895-3720-14902 / 0813-1163-0001

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Potret Cantiknya Istri Cawapres Jokowi

Posted: 10 Aug 2018 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Momen capres dan cawapres pada kemarin (10/8/2018) menjadi sorotan publik Indonesia. Nama Jokowi dan Prabowo kembali bersanding dalam pusaran Pilpres 2019 mendatang.

Di samping itu, pilihan mereka dalam menentukan cawapres turut menuai perhatian. Kubu Jokowi telah menentukan KH Ma'ruf Amin sebagai cawapresnya. Keputusan itu sebenarnya terbilang mengejutkan, setelah nama Mahmud MD terlebih lagi telah mencuat di publik.

Rupanya terpilihnya Ma'ruf Amin turut membuat sang istri, Wury Estu Handayani bangga. memang belum banyak orang yang tahu siapa sosok dari istri Ketua MUI itu. Berikut rangkuman lima potret Wury Estu Handayani.

Artikel tentang lima potret cantiknya istri cawapres Jokowi menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel empat alasan Ustaz Abdul Somad yang menolak menjadi cawapres Abdul Somad, pada artikel kedua terpopuler. Sementara itu, artikel tentang tujuh pesona sekretaris pribadi Prabowo menjadi yang paling terpopuler ketiga.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 5 Potret Cantiknya Istri Cawapres Jokowi, Senyumnya Bikin Adem

Mendaftarkan diri sebagai presiden dan wakil bersama Ma'ruf Amin, Jokowi tampil muda dengan ala anak milenial.

Terpilihnya Ma'ruf Amin sebagai cawapres Jokowi tentu jadi kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri bagi sang istri, Wury Estu Handayani. Seperti diketahui, Ma'ruf Amin menikah dengan wanita berhijab ini pada 2014. Wury dengan Ma'ruf Amin memiliki selisih usia 30 tahun lebih muda darinya.

Penasaran dengan sosok Wury? Berikut potret istri Ma'ruf Amin, cawapres Jokowi 2019 yang dirangkum dari akun Facebook Wury Estu Handayani.

Selengkapnya..

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

2. Menolak Jadi Cawapres, Ustaz Somad Berikan 4 Alasan

Ustaz Abdul Somad (Instagram/@ustadzabdulsomad)

Pilpres 2019 sepertinya menyajikan kejutan besar bagi masyarakat Indonesia. Jokowi menggandeng Ma'ruf Amin sebagai cawapresnya, sedangkan kubu Prabowo memutuskan Sandiaga Uno menjadi calon wakilnya.

Sebelum deklarasi ini disampaikan ke publik, sejumlah pihak yang digadang-gadang menjadi calon wakil presiden sempat bikin heboh publik. Dari pihak Prabowo sebelumnya telah tercatat nama Ustaz Abdul Somad sebagai kandidat cawapres. Walaupun ditolak, Ustaz Somad memberikan sejumlah pernyataan terkait hal tersebut.

Selengkapnya..

3. 7 Pesona Ridwan Dhani, Sekretaris Pribadi Prabowo yang Bikin Meleleh

(Foto: @BanyuSadewa/twitter.com)

Publik Tanah Air kini tengah diramaikan dengan perbincangan capres dan cawapres yang akan maju pada Pilpres 2019 mendatang. Prabowo resmi mendeklarasikan nama Sandiaga Uno yang akan mendampinginya dalam pemilihan pemimpin RI lima tahun sekali tersebut.

Di tengah kesibukan Prabowo sebagai politisi, rupanya ada sekretaris pribadinya yang menarik perhatian. Dia adalah Ridwan Dhani Wirianata yang memiliki paras rupawan. Sosok pria ini muncul awalnya diunggah oleh selebtwit dengan akun bernama @BanyuSadewa.

Selengkapnya..

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bonucci: Ronaldo Bikin Juventus Selevel Real Madrid

Posted: 10 Aug 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Turin - Leonardo Bonucci sangat senang Cristiano Ronaldo bergabung ke Juventus. Ia yakin klub raksasa Italia itu sudah selevel dengan Real Madrid.

Ronaldo, sama seperti Bonucci, bergabung ke Juventus pada musim 2018/19. Bedanya, Ronaldo baru pertama kali bermain di klub asal Turin. Sementara, ini adalah kesempatan kedua bagi Bonucci di Juve.

Kedatangan Ronaldo disebut akan membuat level permainan Juve meningkat. Meski sudah berusia 33 tahun, kapten timnas Portugal dinilai masih sangat kompetitif dan bisa memberi efek yang masih untuk Juve.

Juventus mendatangkan Ronaldo dengan mahar senilai 100 juta euro dari Real Madrid. Eks pemain Sporting CP mendapatkan gaji sebesar 30 juta euro dalam satu musim, paling mahal dibanding pemain Serie A lain.

Menurut Bonucci, sebelum Ronaldo datang, Juve belum selevel Madrid. Pemain 31 tahun membuat analogi, Juventus memulai laga melawan Real Madrid dengan ketinggalan 1-0. Tapi, Ronaldo membuat Juve memulai laga lawan Madrid dengan skor 0-0.

 

Komentar Bonucci

Suporter Juventus membawa spanduk saat menyambut kedatangan pemain baru Juventus Cristiano Ronaldo untuk menjalani tes medis di pusat layanan kesehatan Juventus (J-Medical) di Turin, Italia, (16/7). (AFP Photo/Miguel Medina)

"Apakah Juve lebih kuat setelah Ronaldo bergabung?," ujar Bonucci.

"Jika melihat apa yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya, bersama dengan Ronaldo di pihak Juventus, setidaknya kami tidak lagi memulai laga melawan Real Madrid dengan ketinggalan 1-0," kata eks pemain Milan itu menambahkan.

Ronaldo tidak dimungkiri adalah pemain terbaik dunia. Lima gelar Ballon d'Or jadi salah satu bukti bahwa Ronaldo adalah yang terbaik. Dan, menurut Bonucci, itu telah menginspirasi para pemain Juve.

"Latihan bersama Ronaldo membuat semua pemain termotivasi, Ronaldo sama sekali tidak menurunkan intensitasnya. Dia selalu fokus dan itu memungkinkan kami untuk meningkatkan level Juve dan skuat kami," kata Bonucci.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Konser untuk Lombok Berhasil Galang Dana Hingga Rp 2 Miliar

Posted: 10 Aug 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kurang lebih 200 artis, penyanyi, dan seniman ikut meramaikan acara konser Kemanusiaan untuk gempa Lombok yang digelar di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan, Kamis (9/8/2018). Konser yang digalang oleh Komunitas Biduan, Musisi, dan Seniman ini berhasil mengumpulkan dana sekitar Rp 2 miliar.

Hal tersebut disampaikan oleh Glenn Fredly di akun Instagramnya, Jumat ini. Glenn Fredly menyampaikan ungkapan terima kasihnya untuk bantuan dari para relawan yang ikut memberikan kontribusi untuk penggalangan dana korban gempa Lombok.

"Terimakasih atas bantuan teman-teman, jumlah bantuan dana terkumpul 2 milyar lebih.. Kalian hebat untuk kemanusiaan!," tulis Glenn Fredly di unggahannya baru-baru ini.

Nantinya hasil dari penggalangan dana akan disumbangkan kepada korban gempa Lombok dan sekitarnya.

Permintaan Maaf

Glenn Fredly (Instagram/glennfredly309)

Glenn Feedly juga mengungkapkan permintaan maafnya untuk yang hadir pada malam acara tersebut, karena dirinya tidak bisa tampil malam itu. Walaupun tidak tampil, Glenn fredly tetap berharap bantuan untuk Lombok tetap berjalan dengan lancar.

"Terakhir saya mohon maaf tidak jadi tampil semalam dikarenakan waktu acara yang sudah lewat jam dari yang sudah disepakati bersama dengan pihak Citos, aturan itu harus saya & teman-teman penyelenggara hormati demi kerjasama kedepan dan juga semalam saya dalam keadaan kondisi kurang fit.. TAPI yang paling penting bantuan untuk LOMBOK tercapai.. Jangan lelah dukung untuk kemanusiaan dengan ketulusan," ungkapnya.

 

Elek Yo Band

Para menteri yang tergabung dalam grup band Elek Yo Band tampil pada acara malam amal penggalangan dana untuk korban gempa Lombok di Jakarta, Kamis (9/8). Mereka tampil dalam konser Kemanusiaan Untuk Lombok. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Konser yang digelar di Citos, Jakarta Selatan Kamis (9/8/2018) kemarin malam dimeriahkan oleh menteri kabinet kerja lewat Elek Yo Band dan juga Najwa Shihab yang menjadi pemandu acara tersebut. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menhub Budi dan Menteri Rini Cek Kesiapan Bandara Sambut Asian Games

Posted: 10 Aug 2018 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau langsung penyambutan delegasi dan official Asian Games 2018 melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Empat bandara di bawah PT Angkasa Pura II yaitu Bandara Palembang, Soekarno-Hatta, Halim Perdana Kusumah dan Kertajati dipastikan siap menyambut delegasi dari 45 negara peserta Asian Games.

"Dilaporkan dari sisi infrastruktur seluruhnya sudah siap, baik di Soekarno-Hatta dan Palembang. Terutama Garuda Indonesia yang merupakan armada utama untuk melayani seluruh delegasi ke Soetta dan Palembang," ucap Ketua Satgas Asian Games Bandara Soekarno-Hatta, Agus Haryadi, di posko utama Asian Games 2018, Tangerang, Sabtu (11/8/2018).

Persiapan penyambutan delegasi tamu Asian games 2018 ini, lanjut dia, telah dilakukan pihaknya sejak H-10 atau sekitar 8 Agustus 2018. Penyambutan itu masih terus dilakukan penyempurnaan.

Pada praktiknya, Agus menuturkan, penyambutan kedatangan atlet mulai dari bandara hingga tiba di hotel tujuan para delegasi dan atlet telah disiapkan sehingga tidak menyatu dengan alur penumpang reguler.

"Secara keseluruhan penyambutan delegasi Asian Games di terminal 2 dan 3. Flownya sudah kami atur sedemikian rupa agar para delegasi ini bisa cepat bergerak menuju bus untuk menuju venue dan hotel mereka," kata Agus.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi PT Angkasa Pura II yang telah berusaha keras dalam meningkatkan pelayanan terhadap delegasi Asian Games 2018 di semua bandara yang dikelolanya.

"Saya apresiasi AP II dalam mengkordinir ini dengan baik ke seluruh stake holder di bandara termasuk TNI dan Polri. Saya pinta bandara-bandara melayani delegasi dan official Asian Games ini bekerja dengan baik dalam memberikan servicenya," kata dia.

 

Reporter: Kirom

Sumber: Merdeka.com

 

Menteri Yasonna: Bandara Soetta Siap Terima 17.194 Kontingen Asian Games

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)

Sebelumnya, Ketua Inasgoc Erick Tohir dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) di Kota Tangerang. Yasonna memastikan Bandara Soetta sudah siap menerima 17.194 kontingen Asian Games 2018.

"Hasil sidak kami hari ini di Terminal 3 Bandara Soetta, secara keseluruhan dipastikan bandara ini sudah siap menerima para tamu Asian Games," tutur Menteri Yasonna, Kamis 2 Agustus 2018.

Hasil tersebut setelah pihaknya bersama Inasgoc, mengecek alur kedatangan dan keberangkatan yang akan dilalui official dan atlet Asian Games. Seperti di pintu pemeriksaan atau x-Ray, lanjut ke area konter Imigrasi.

"Tadi kami lihat untuk area konter Imigrasi akan diaktifkan 32 kedatangan dan 32 kepulangan. Itu di luar untuk WNI akan ada konter sendiri atau auto gate, jadi tidak akan tabrakan," ungkap Yasonna.

Lanjut ke area akreditasi, nantinya para official dan atlet akan divalidasi ulang identitas. Sebab, Inasgoc dari jauh hari sudah memegang data 17.194 peserta dari masing-masing negara.

Barulah para peserta Asian Games ini diarahkan keluar pintu Terminal 3 dengan dibuatkan jalur khusus 'Asian Games Line'. Dengan begitu, tidak tercampur dengan pengunjung atau calon penumpang Bandara Soekarno Hatta lainnya.

"Barulah disambut dengan bus yang sudah disiapkan untuk mengangkut para peserta (Asian Games) ini," kata Yasonna.

Yasonna mengaku semua sudah sesuai dengan alur yang direncanakan sebelumnya. Sehingga, bandara yang dijadikan sebagai beranda terdepan dan terakhir dipastikan sudah siap menerima para tamu.

"Itu teorinya, tapi semua kesuksesan akan terlaksana dengan baik bila ada kordinasi yang baik antar semua pihak," ujar Yasonna.

Yasonna pun menyoroti kekompakan Komunitas Bandara Soekarno-Hatta (Kombata) dalam persiapan Asian Games ini. "Kompak banget, tadi saja apel gelar pasukan yang datang 970 personel," ujarnya.

Mulai dari Imigrasi, APII, Karantina, Basarnas, Avsec, security gabungan, TNI/POLRI, dan para maskapai penerbangan. "Saya dapat bocoran, tiap hari itu total yang bertugas ada 10 ribu orang di Bandara ini, jadi kami tambah yakin persiapan di Soekarno-Hatta akan semakin baik," Yasonna memungkas.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga 1, Siaran Langsung Sabtu 11 Agustus

Posted: 10 Aug 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah laga seru Gojek Liga 1 Bersama Bukalapak akan berlangsung pada Sabtu (11/8/2018). Ada tiga pertandingan menarik yang digelar.

 

Dimulai dari Sriwijaya FC melawan Madura United. Tim tamu butuh kemenangan guna mengejar Persib Bandung di singgasana Liga 1. Duel Sriwijaya vs Madura United bakal digelar di Stadion Haji Agus Salim.

Selain itu juga ada duel antara Arema FC vs Borneo FC. Pertandingan dua tim papan tengah ini bakal mulai kick off pukul 18.30.

Lalu ada pertandingan antara PS Tira vs Persipura Jayapura. Kemenangan jadi harga mati bagi tuan rumah. PS Tira saat ini terjebak di papan bawah klasemen Liga 1, tepatnya di posisi 17 dengan koleksi 18 poin.

Jadwal Liga 1

Sriwijaya FC (Liputan6.com / Fajar Abrori)

15.30 WIB: Sriwijaya FC vs Madura United (Indosiar)

18.30 WIB: Arema FC vs Borneo FC (O Channel)

18.30 WIB: PS Tira vs Persipura Jayapura

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PKS Klaim Dukungan ke Prabowo-Sandi Tetap Sesuai Ijtimak Ulama

Posted: 10 Aug 2018 09:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi mengusung Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden di Pilpres 2019. PKS mengklaim pasangan Prabowo-Sandi tetap sesuai dengan hasil rekomendasi ijtimak ulama GNPF.

Forum Ijtimak Ulama GNPF dan tokoh nasional merekomendasikan dua paket capres-cawapres di Pilpres 2019, yakni Prabowo dipasangkan dengan Ustaz Abdul Salim dan Prabowo dengan Salim Segaf Al-Jufri.

Juru bicara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Muda bidang Ekonomi, Muhammad Kholid mengatakan meski dua nama cawapres tidak dipilih, tetapi sebagian masukan ijtimak ulama GNPF tetap terpenuhi. Yaitu mengusung Prabowo sebagai capres.

"Jadi gini, kalau dikatakan ini tidak sesuai ini tidak sepenuhnya benar karena di ijtimak ulama putusannya adalah Prabowo masuk di situ," kata Kholid di Restoran Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (11/8/2018).

Kholid menuturkan, PKS mengungkapkan alasan tidak menolak Sandiaga karena tidak masuk dalam rekomendasi ijtimak ulama GNPF. Menurutnya, Sandiaga sosok yang merepresentasikan dan diterima umat Islam.

"Nah sosok Sandi bisa kita terima karena waktu di DKI Jakarta didukung oleh umat. Masuk dalam masyarakat pelayan Jakarta saat itu dan itu direkomendasikan di samping kita juga sudah mengusulkan," ungkapnya.

 

Sosok Kuasai Ekonomi

PKS juga menilai Prabowo membutuhkan sosok calon pendamping yang menguasai bidang ekonomi. Sosok itu ada di diri Sandiaga. Selain itu, nama Sandiaga juga dianggap menjadi titik temu atas alotnya perdebatan cawapres antara Gerindra, Demokrat, PAN dan PKS.

"Kita lihat sosok Prabowo-Sandi diperlukan mengatasi permasalahan ekonomi," ia memungkasi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asian Games 2018: Hong Kong Berambisi Jegal Timnas Indonesia U-23

Posted: 10 Aug 2018 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Hong Kong berambisi mengalahkan Timnas Indonesia U-23 pada Grup A cabang sepak bola pria Asian Games 2018. Ini demi meraih poin maksimal klasemen.

"Kami tahu Indonesia adalah tim kuat. Pada babak terakhir, kami akan bertemu. Kami akan fokus mendapatkan poin maksimal sebelum menghadapi Indonesia," kata pelatih tim nasional Hongkong Kwok Kar Lok Kenneth.

Hal itu diungkapkan Kwok kepada sejumlah wartawan usai Hong Kong mengalahkan Laos 3-1 dalam laga pertama Grup A Asian Games di Stadion Patriot Chandrabaga Kota Bekasi, Jumat (10/8/2018), seperti dikutip dari Antara.

Menurutnya, hasil itu menjadi awal yang baik bagi Hong Kong untuk mengarungi pertandingan berikutnya. Sebab, mereka akan menghadapi Palestina, Taiwan, dan Indonesia.

Tiga poin perdana Hong Kong ini dipercaya bisa membuat Lau Hok Ming dan kawan-kawan lebih percaya diri untuk menghadapi laga Asian Games berikutnya.

Lawan Berat

Pelatih Timnas Indonesia U-23. Luis Milla (kedua kiri) memberi arahan kepada anak asuhnya. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Kwok mengatakan Indonesia menjadi tim yang paling berat dihadapi timnya. "Kita semua tahu tuan rumah pasti didukung oleh penonton yang banyak," ujarnya.

Namun, situasi itu dipastikan tidak akan berdampak pada merosotnya mental pemain untuk melaju hingga final Asian Games.

Puas

Kwok mengaku puas dengan penampilan timnya dalam laga perdana menghadapi Laos. "Kami senang pertandingan pertama ini bisa menang atas Laos dan membawa 3 poin klasemen," ujarnya.

"Kami punya banyak kesempatan menang dalam laga berikutnya karena persiapan tim optimal."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gunung Argopuro Terlarang bagi Pendaki Sejak 10 Agustus

Posted: 10 Aug 2018 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Malang - Para pendaki yang hendak menggelar upacara bendera untuk peringatan hari kemerdekaan pada 17 Agustus di puncak Gunung Argopuro lebih baik mengurungkan niatnya. Sebab, gunung ini ditutup sementara untuk aktivitas pendakian sampai batas waktu tak ditentukan.

Balai Besar Konservasi dan Sumber Daya Alam (BB KSDA) Jawa Timur pengelola kawasan Gunung Argopuro mengumumkan pendakian ditutup mulai 10 Agustus 2018. Pertimbangannya, masuk musim kemarau banyak penumpukan sabana kering yang rawan terbakar.

"Sabana kering mudah terbakar, apalagi jika ada kelalaian pendaki, seperti puntung rokok," kata Kepala BB KSDA Jawa Timur, Nandang Prihadi dikonfirmasi di Malang, Jumat, 10 Agustus 2018.

Musim kemarau ini menyebabkan suhu dingin ekstrem saat malam hari kerap dirasakan di puncak gunung. Sebaliknya, siang hari sabana kering layaknya jadi tumpukan bahan bakar yang mudah tersulut jika matahari terik menyengat. Penutupan pendakian itu sebagai langkah antisipasi.

Gunung yang juga berstatus Suaka Margasatwa Dataran Tinggi Yang bisa menyulitkan pendaki jika ada kebakaran. Sepanjang tahun ini memang belum pernah terjadi kebakaran. Terakhir kebakaran pada 2015 lalu, saat itu beberapa pendaki sempat terjebak di antara kobaran api.

"Pendaki sulit cari tempat berlindung jika ada kebakaran, maka antisipasinya tutup sementara. Saat peringatan kemerdekaan gunung masih ditutup untuk pendakian," ujar Nandang.

Gunung Argopuro secara administrasi masuk wilayah kabupaten Probolinggo, Situbondo, Bondowoso dan Jember, Jawa Timur. Tiap bulan ada 300 – 500 pendaki mengajukan izin pendakian ke gunung setinggi 2.745 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu.

"Kalau nanti cuaca sudah mulai basah, pendakian akan dibuka lagi. Semoga saja status penutupan pendakian dicabut pada September nanti," kata Nandang.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pendiri Partai Demokrat: Jokowi-Ma'ruf Amin Pasangan Terbaik

Posted: 10 Aug 2018 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pasangan Joko Widodo atau Jokowi dan Ma'ruf Amin telah mendaftarkan diri sebagai kandidat capres-cawapres 2019 ke KPU. Relawan Jokowi (ReJo) menilai pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin merupakan pasangan yang sangat ideal.

Pasangan ini jelas menunjukkan duet Capres-Cawapres  yang nasionalis dan relegius, kecepatan kerja dan keteduhan kebangsaan.

"Kami yakin pasangan ini akan membawa kemakmuran bagi seluruh rakyat Indonesia," kata Ketua umum ReJo HM Darmizal MS di Jakarta Pusat, Sabtu (11/8/2018).

Pendiri Partai Demokrat ini menambahkan, Jokowi sebagai petahana bersama koalisinta telah membuat kajian yang konprehensif, menyeluruh, dan sangat berhati-hati saat menentukan pililhan cawapres kepada Ma'ruf Amin.

"Track record Ma'ruf Amin selama ini dikenal bagus di masyarakat. Sebagai ulama saya yakin Jokowi-Ma'ruf Amin akan menjadi pemenang dalam Pilpres 2019 nanti," jelasnya seperti dilansir Antara.

Ia menegaskan, Jokowi dengan segudang pengalamannya mulai dari Walikota, Gubernur DKI, dan Presiden bersama parpol pengusung tidak salah pilih untuk kepemimpinannya di periode kedua ini. 

"Ma'ruf Amin punya daya pikat tersendiri di kalangan umat Islam dan tokoh-tokoh agama lainnya. Insyaallah pasangan Jokowi dan Ma'ruf Amin adalah pasangan terbaik dan mampu melanjutkan program-program pembangunan yang sudah dilakukan Pak Jokowi bersama Pak Jusuf Kalla di periode pertama," Darmizal memungkasi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sah, Penyelam Wanita Indonesia Cetak Rekor Dunia

Posted: 10 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Manado - Penyelaman massal wanita dalam rangka pemecahan rekor MURI di Kawasan Mega Mas, telah selesai dilakukan. Hampir seribu peserta mengikuti kegiatan ini yang berlangsung pagi ini, Sabtu (11/8/2018) sejak pukul 09.00 dan berakhir pukul 10.00 WIB.

Penyelaman dipimpin langsung oleh Ketua Wanita Selam Indonesia (Wasi), Tri Suswati Tito Karnavian. Mengenakan baju selam berwarna merah muda, Tri Suswati turun lebih dulu diikuti oleh para peserta lainnya.

Tri Suswati turun dari tangga pertama. Sementara ratusan penyelam lain, mengikuti dari 20 tangga lainnya yang disediakan oleb panitia penyelenggara.

Penyelaman massal wanita (Liputan6.com / Marco Tampubolon)

Setelah menunggu sekitar 15 menit, penyelaman pun segera dimulai. Satu per satu penyelam kemudian mengempiskan BCD dan turun ke dasar laut. Mereka kemudian berlutut mengikuti garis penanda yang ada.

Cuaca cerah saat penyelaman berlangsung. Suhu air berkisar 30 derajat Celcius. Visibility yang awalnya jernih mulai keruh saat para penyelam tiba di dasar laut. Kondisi ini diakibatkan pasir yang naik terkena fin penyelam.

Posisi para penyelam menghadap ke laut lepas. Sementara bendera Merah Putih terpanjang (500 meter) dibentangkan di barisan paling depan.

Menggunakan scuter bawah air, Tri Suswati lalu mengecek barisan. Setelah 30 menit di dasar laut, para penyelam lalu mengakhiri penyelaman dan naik ke darat. Dalam jumpa pers yang digelar sehari sebelum acara, Tri Suswati selaku ketua Wasi menyebut jumlah penyelam mencapai 930 orang. Tidak hanya dari Indonesia, penyelaman massal ini juga diikuti warga Singapura.

 

Rekor Dunia

Penyelaman massal wanita (Liputan6.com / Marco Tampubolon)

 Jaya Suprana, pendiri Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI), menolak menyebut penyelaman massal ini sebagai rekor terbanyak di Indonesia. Sebab menurutnya, selama ini belum ada penyelaman massal wanita sebanyak itu yang pernah berlangsung di dunia.

"Jadi ini adalah rekor dunia. Karena belum ada wanita sebanyak ini yang melakukan penyelaman sebanyak ini di planet bumi," ujarnya di atas panggung.

"Jadi yang tadi sempat kesel, kok rekornya ditolak jangan salah paham. Ini bukan hanya rekor Indonesia tapi rekor dunia. Karena itulah dengan bangga, Museum Rekor Dunia Indonesia dengan bangga, memberikan penghargaan rekor dunia," ia menambahkan.

Jaya kemudian menyerahkan plakat rekor MURI kepada Ketua Wasi, Tri Suswati yang disambut tepuk tangan para peserta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Beda Gaya Manajer Manchester United dan Leicester City Semangati Pemain

Posted: 10 Aug 2018 09:00 PM PDT

Manajer Leicester City Claude Puel (kanan) yang berdekatan dengan Manajer Manchester United Jose Mourinho (tengah) bereaksi atas keputusan wasit selama pertandingan Premier League Inggris di Old Trafford, Manchester, Jumat (10/8). (AP Photo/Jon Super)

Manajer Leicester City Claude Puel (kanan) yang berdekatan dengan Manajer Manchester United Jose Mourinho (tengah) bereaksi atas keputusan wasit selama pertandingan Premier League Inggris di Old Trafford, Manchester, Jumat (10/8). (AP Photo/Jon Super)

Manajer Manchester United Jose Mourinho bereaksi dengan frustrasi saat timnya menghadapi Leicester City dalam Premier League Inggris di Old Trafford, Manchester, Inggris, Jumat (10/8). (AP Photo/Jon Super)

Manajer Manchester United Jose Mourinho bereaksi dengan frustrasi saat timnya menghadapi Leicester City dalam Premier League Inggris di Old Trafford, Manchester, Inggris, Jumat (10/8). (AP Photo/Jon Super)

Tingkah Manajer Manchester United Jose Mourinho saat timnya menghadapi Leicester City dalam Premier League Inggris di Old Trafford, Manchester, Inggris, Jumat (10/8). (AP Photo/Jon Super)

Tingkah Manajer Manchester United Jose Mourinho saat timnya menghadapi Leicester City dalam Premier League Inggris di Old Trafford, Manchester, Inggris, Jumat (10/8). (AP Photo/Jon Super)

Ekspresi Manajer Leicester City Claude Puel saat menyaksikan timnya melawan Manchester United dalam Premier League Inggris di Old Trafford, Manchester, Inggris, Jumat (10/8). (AP Photo/Jon Super)

Ekspresi Manajer Leicester City Claude Puel saat menyaksikan timnya melawan Manchester United dalam Premier League Inggris di Old Trafford, Manchester, Inggris, Jumat (10/8). (AP Photo/Jon Super)

Ekspresi Manajer Leicester City Claude Puel saat menyaksikan timnya melawan Manchester United dalam Premier League Inggris di Old Trafford, Manchester, Inggris, Jumat (10/8). (AP Photo/Jon Super)

Ekspresi Manajer Leicester City Claude Puel saat menyaksikan timnya melawan Manchester United dalam Premier League Inggris di Old Trafford, Manchester, Inggris, Jumat (10/8). (AP Photo/Jon Super)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Bagikan 1.000 Lampu Tenaga Surya di Yahukimo

Posted: 10 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 1.000 paket Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) yang saat ini masih berada di gudang transit di Sentani, Papua, akan dibagikan kepada masyarakat pedalaman di Kabupaten Yahukimo, Papua, mulai hari ini.

"Paket LTSHE ini nantinya akan dikirim dari Sentani menuju Yahukimo menggunakan pesawat caravan, dengan sekali angkut sekitar 100 paket yang dibongkar terlebih dahulu (dari kardus) untuk menghemat tempat di pesawat," ujar Staf Ahli Menteri ESDM Bidang Ekonomi Sumber Daya Alam, Dadan Kusdiana dalam keterangannya, Sabtu (11/8/2018).

Dadan mengungkapkan, Yahukimo mendapat prioritas pembagian LTSHE karena merupakan daerah 4T yakni daerah tertinggal, terdepan, terluar dan juga daerah transmigrasi.

"Sulitnya medan di Yahukimo menyebabkan listrik PLN belum menjangkau wilayah tersebut, disinilah peran Pemerintah untuk melakukan pra-elektrifikasi melalui pembagian LTSHE ini," kata Dadan.

Hadi M.Djuraid, Staf Khusus Menteri ESDM Bidang Komunikasi Publik, lebih lanjut menjelaskan kriteria lain untuk penerima LTSHE ini yakni wilayah tersebut belum dialiri listrik selama 3-5 tahun. 

"Kita tidak akan membiarkan daerah tersebut gelap, sampai nantinya PLN masuk wilayah tersebut," tegas Hadi.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan membagikan lebih dari 1.000 Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE).

Program pembagian lampu ini telah dimulai sejak 2017. Ini dilakukan sebagai upaya pra elektrifikasi untuk daerah-daerah yang belum tersentuh listrik PLN. 

 

Target Kementerian ESDM

Petugas memasang Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) di rumah penduduk di desa terpencil Papua. Pada 2017 Kementrian ESDM telah membagikan paket LTSHE untuk 79.564 rumah di 1.027 desa.  (Liputan6.com/HO/Hadi M Djuraid)

Pada 2018, Kementerian ESDM memiliki target untuk menerangi 167.064 rumah yang tersebar di 15 provinsi atau 1.259 desa.

LTSHE yang dibagikan memiliki tiga mode kecerahan. Yakni kecerahan maksimal, sedang, dan redup. Di mode penerangan maksimal, lampu ini dapat menyala selama 5 jam. Untuk mode sedang bisa bertahan selama 11 jam. 

Sedangkan untuk mode redup dapat menyala hingga 47 jam nonstop. Setiap paket juga dilengkapi dengan barcode, jadi nanti sudah terdata, terverifikasi dan sudah dibagi sesuai dengan daerahnya, tidak boleh ditukar dan dialihkan.

Sebelum pemasangan, warga akan terlebih dahulu mendapatkan penjelasan berupa sosialisasi cara pakai LTSHE ini. LTSHE yang dibagikan bergaransi nyala 3 tahun.

Apabila ada permasalahan ataupun kerusakan, tim service center disiapkan di tiap distrik untuk segera memberikan penanganan. 

"Garansinya garansi nyala 3 tahun, kalau ada keluhan kita jemput bola melalui service center di tiap distrik. Sebelumnya juga ada sosialisasi terlebih dahulu, namun terkadang ada kendala dari segi bahasa, jadi kita libatkan juga tokoh masyarakat untuk ikut sosialisasi," ungkap Sekretaris Direktorat Jenderal EBTKE Kementerian ESDM Wawan Supriatna pada kesempatan tersebut.

Kementerian ESDM menargetkan program LTSHE pada 2017-2019 dapat menyalurkan 400.000 LTSHE kepada sekitar 2.500 desa yang sebelumnya belum menikmati listrik sama sekali.

Isi paket LTSHE terdiri dari:

1)  1 (satu) buah panel Photovoltaik, 20 Watt peak (Wp);

2)  4 (empat) buah lampu LED, @ 3 Watt beserta baterai lithium;

3)  4 (empat) buah kabel, @ 5 meter;

4)  2(dua) buah hub;

5)  1 (satu) buah USB untuk charger HP; dan

6)  Tiang penyangga aluminium, 1 meter.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lezatnya Jangkrik Sehatkan Usus

Posted: 10 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang menganggap makan serangga hal yang menjijikkan. Faktanya dii Gunungkidul, Yogyakarta sudah menjadikan jangkrik goreng sebagai salah satu olahan. Dan ternyata, beberapa ilmuwan menemukan manfaat kesehatan mengonsumsi jangkrik .

Dilansir New York Post pada Sabtu (11/8/2018), sebuah uji klinis dari University of Wisconsin, Madison, AS mengkonsumsi jangkrik bisa memberi manfaat pada kesehatan usus serta mengurangi peradangan di tubuh.

"Ada banyak hal menarik tentang serangga yang bisa dimakan saat ini," ujar Valerie Stull, lulusan doktoral dari Unibersitas Wisconsin - Madison Nelson Institute untuk studi lingkungan yang merupakan penulis studi tersebut.

"Ini mendapatkan daya tarik di Eropa dan Amerika Serikat, sebagai sumber protein ramah lingkungan yang berkelanjutan, dibandingkan dengan lemak tradisional," tambahnya.

Studi yang dipublikasikan di Scientific Reports Journal ini meneliti 20 orang dewasa yang sehat, berusia 18 hingga 48 tahun selama enam minggu untuk melihat efek makan bubuk jangkrik.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

 

Meningkatkan Kesehatan Usus

Selama masa percobaan, peneliti mengumpulkan sampel darah dan tinja dari para peserta, serta menjawab kuesioner gastrointestinal sebelum penelitian.

Para peneliti menemukan para peserta tidak melaporkan adanya perubahan gastrointestinal yang signifikan. Ada juga peningkatan enzim metabolik yang terkait dengan kesehatan usus, serta kelimpahan bakteri baik dalam usus.

Mereka juga menemukan adanya penurunan TNF-alpha, protein inflamasi dalam darah yang terkait dengan depresi dan kanker.

Studi ini menunjukkan keuntungan potensial mengkonsumsi jangkrik sebagai sumber protein. Para peneliti mengakui hasil tersebut perlu direplikasi pada skala yang lebih besar.

Hal tersebut untuk menentukan komponen serangga, yang mungkin berkontribusi pada kesehatan usus.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seksinya Kardashian - Jenner Bersaudara di Ulang Tahun Kylie Jenner ke-21

Posted: 10 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Kylie Jenner tidak dapat menyembunyikan kebahagiaannya karena pada Jumat (10/8/2018) ini dirinya resmi menginjak usia 21 tahun. Adik Kim Kardashian itu pun merayakan momen pertambahan usianya dengan pesta yang meriah.

Dilansir dari ET Online, pesta ulang tahun Kylie Jenner yang digelar pada Kamis (9/8/2018) malam itu dihadiri keluarga, kekasih serta segelintir selebritas kenamaan. Di antaranya Bella Hadid, Nicki Minaj, The Weeknd dan masih banyak lagi.

Namun tampaknya pesta itu bukan hanya milik Kylie Jenner. Pasalnya, keempat saudara Kylie yakni Kourtney, Kim, Khloe dan Kendall benar-benar tampil memukau.

Kim Kardashian, datang mengenakan mini dress ketat warna pink yang bolong di bagian tengah untuk memamerkan perut rampingnya. Keseksian istri Kanye West itu masih tak terkalahkan.

Boneka Barbie

Kylie Jenner dan keempat saudaranya. [foto: instagram/kyliejenner]

Kourtney tampil dengan mini dress warna ungu yang memiliki bagian dada sangat rendah serta anting berbentuk lingkaran besar. Khloe memilih crop top, celana panjang dan outer warna silver yang berkilau.

Kendall mengenakan tube dress hitam yang memamerkan kedua kaki jenjangnya. Sementara Kylie Jenner mengenakan gaun satin warna pink yang seksi. "Sekumpulan orang keren. Kami berumur 21 hari ini," tulis Kylie di Instagram pribadinya.

Rambutnya dicat pirang dan ditambah dengan extension sehingga lebih panjang. Ia memadukan gaun seksi tersebut dengan sepatu hak tinggi bertali. Persis seperti boneka Barbie.

 

Undang Caitlyn Jenner

Caitlyn Jenner (AFP)

Ada pemandangan menarik di ulang tahun Kylie Jenner malam itu. Tampak sosok Caitlyn Jenner juga hadir di sana. Seperti diketahui, Caitlyn adalah ayah kandung Kylie Jenner yang dulunya bernama Bruce Jenner dan kini bertransformasi menjadi seorang wanita.

Dalam video yang beredar di media sosial, Caitlyn Jenner berdiri seorang diri di tengah kemeriahan pesta. Namun diketahui kalau dirinya malam itu datang ditemani kekasih wanitanya, Sophia Hutchins.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usia 21 Tahun, Mahasiswa Ini Kantongi Rp 800 Juta dari Jualan Online di Bukalapak

Posted: 10 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Medan - Sukses dalam berbisnis tak lagi memandang usia. Banyak pengusaha muda yang berhasil 'memetik buah manis' berkat usaha yang dirintisnya. Salah satunya adalah Kolaliandri Ginting yang mampu meraup keuntungan sekitar Rp 800 juta selama berjualan onine di Bukalapak.

Mahasiswa 21 tahun ini mengaku berjualan online di Bukalapak sejak 2016. Produk yang ia tawarkan adalah mesin pertanian, namun salah satu produk andalannya adalah mesin cuci sepeda motor-mobil portabel yang ia rakit sendiri.

Ia menjelaskan, mesin cuci sepeda motor-mobil portabel yang ia rakit adalah buatan China. Kemudian, ia modifikasi dengan manambahkan selang sepanjang 5 meter, adaptor, gun sprayer, dan komponen dalam negeri lainnya.

"Saya jualan online sudah dua tahun. Produk yang jadi andalan di lapak saya adalah mesin cuci sepeda motor-mobil portabel yang saya rakit sendiri. Semua berawal dari 'the power of kepepet'," ujar pemuda yang akrab disapa Andri ini kepada Tekno Liputan6.com, Jumat sore (10/8/2018) di Medan, Sumatera Utara.

Yang mengejutkan adalah dari hasil selama jualan online, ia mengaku telah mengantongi keuntungan sekitar Rp 800 juta dengan rata-rata penjualan 500 unit mesin cuci sepeda motor-mobil portabel per minggu. Padahal, ia memulai bisnis hanya untuk modal berkencan dengan kekasihnya.

"Saya jualan online sebenarnya cuma untuk modal berkencan. Kan malu kalau harus berbohong sama orangtua, pura-pura minta uang untuk biaya kuliah tapi nyatanya dipakai untuk pacaran. Dan ternyata, lama kelamaan hasilnya sangat menguntungkan hingga menghasilkan profit sekitar Rp 800 juta," ungkap Andri bersemangat.

Pria kelahiran 29 Desember 1997 ini bahkan dengan percaya diri menargetkan profit pada tahun ini hingga Rp 1 miliar, dan pada tahun berikutnya menargetkan keuntungan Rp 2 miliar.

"Dari hasil keuntungan yang saya peroleh, saya bisa traveling ke beberapa tempat wisata kekinian di Indonesia dan sejumlah negara. September nanti saya juga akan memberangkatkan kedua orangtua ke Holy Land," ucapnya dengan bangga.

Terinspirasi dari Soekarno

Kolaliandri Ginting, pemuda Medan yang sukses jualan online di Bukalapak. Liputan6.com/Iskandar

Andri pun memberikan masukan kepada generasi milenial yang ingin sukses seperti dirinya. Ia mengatakan, jangan ragu untuk berbisnis online dan jangan gengsi untuk menerima masukan dari orang lain yang lebih berpengalaman.

"Jalanin aja dulu, semua pasti akan ketemu jalannya. Dan yang terpenting, belajar banyak tentang bisnis dan mau menerima masukan dari orang lain," tuturnya.

Ia bahkan mengaku terinspirasi oleh beberapa pesan yang disampaikan oleh Presiden RI pertama Soekarno, yang salah satunya adalah kita harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

"Pada packaging produk, saya tulis beberapa quote dari Presiden Soekarno yang memantik rasa nasionalisme kita. Tujuannya adalah agar rasa nasionalisme pelanggan kian tinggi dan semakin cinta dengan produk dalam negeri," ucap Andri menambahkan.

 

Jiwa Pebisnis Mengakar dari Orangtua

Kolaliandri Ginting, pemuda Medan yang sukses jualan online di Bukalapak. Dok: Bukalapak

Sebelum memulai bisnis, Andri sering disuruh orangtua membeli spare part mesin pertanian. Kebetulan, orangtuanya memiliki toko mesin pertanian di Kabupaten Karo.

"Dari situ saya bisa memahami spare part mesin pertanian, sampai akhirnya terinspirasi membuat karya handmade," ungkapnya.

Andri bergabung di Bukalapak semenjak mulai kuliah atau tepatnya pada 2016. Saat ini, mahasiswa Universitas Sumatera Utara tersebut memiliki enam karyawan, terdiri dari tiga spesialis produksi dan tiga marketing.

Bukalapak sendiri memiliki fitur-fitur yang membantu pelapak seperti Andri untuk meningkatkan penjualan. Andri mengaku menggunakan fitur Pelapak Premium agar lebih mudah menerapkan iklan pay per click (PPC).

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Astronom Temukan Planet Raksasa yang Tak Mengorbit Bintang

Posted: 10 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, New Mexico - Astronom menemukan satu planet di luar tata surya kita yang berukuran 12 kali lebih besar dari Jupiter. Bukan ukurannya saja yang membuat astronom terpana, tetapi juga karena planet itu tidak mengorbit bintang apa pun.

Disebut planet 'nakal' karena planet baru itu tidak mengelilingi bintang, melainkan berputar di sekitar pusat galaksi di ruang antar-bintang. Demikian seperti dikutip dari VOA Indonesia, Sabtu (11/8/2018).

Menurut astronom, hanya ada beberapa planet 'nakal' ditemukan hingga saat ini. Mereka mengatakan, meskipun benda-benda langit seperti itu langka, mungkin ada banyak planet semacam itu di alam semesta yang belum ditemukan.

Massa planet yang baru ditemukan itu sebenarnya telah diketahui pada 2016, tetapi keliru diidentifikasi sebagai planet kerdil berwarna coklat.

Menurut penelitian baru yang terbit dalam Astrophysical Journal, objek itu kini dianggap sebagai planet yang berdiri sendiri, dengan medan magnet yang sangat kuat.

Planet itu kini diberi nama SIMP J01365663 + 0933473.

Astronom mengatakan medan magnet planet baru itu disebut lebih dari 200 kali lebih kuat dari medan magnet Jupiter. Mereka mengatakan, medan magnetnya yang kuat kemungkinan menyebabkan planet itu terdeteksi oleh teleskop radio besar di New Mexico yang dikenal sebagai Karl G Jansky Very Large Array (VLA), National Science Foundation.

Planet itu diperkirakan berumur 200 juta tahun dan berjarak 20 tahun cahaya dari Bumi.

 

Simak video pilihan berikut:

Satelit Baru NASA Mulai Cari Planet Baru

Roket United Launch Alliance Atlas (ULA) V siap diluncurkan dari Cape Canaveral Air Force Station, Florida, Amerika Serikat, Kamis (1/3). GOES-S adalah satelit kedua yang merevolusi peramalan bencana alam. (Ben Smegelsky/NASA via AP)

Pada April 2018, NASA bersama SpaceX dilaporkan telah menjalin kerja sama meluncurkan misi terbaru.

Dalam misi ini, dua badan antariksa tersebut berupaya untuk mencari planet lain yang dapat mendukung kehidupan.

Terkini, misi tersebut sudah memulai tahap awal pencarian. Satelit yang diberi nama Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) ini diketahui sudah melakukan pengumpulan data yang dilakukan sejak 25 Juli.

Nantinya, TESS akan mulai mengirimkan data ke Bumi pada Agustus 2018. Setelah itu, hasil observasi baru akan dikirimkan setiap 13,5 hari setelah misi dimulai.

"Saya sangat bersemangat pemburu planet kami sudah siap menyisir halaman belakang tata surya untuk mencari dunia baru," tutur direktur divisi astrofisika NASA Paul Hertz seperti dikutip dari Space.com, Selasa 31 Juli 2018.

Hertz menuturkan dirinya sangat optimistis dengan misi ini mengingat ada kemungkinan begitu banyak planet di alam semesta ini.

"Saya menantikan dunia aneh dan fantastis yang dapat kita temukan," tuturnya.

Sekadar informasi, TESS meluncur pada 18 Apil ke orbit Bumi dan menjalani sejumlah uji coba sebelum benar-benar siap digunakan.

TESS sendiri didesain untuk melanjutkan misi dari teleskop ikonik NASA, Kepler.

Cara kerja TESS mirip dengan Kepler, yakni mencari secercah cahaya dari planet yang mengitari sebuah bintang.

Namun, satelit ini akan mempelajari wilayah yang lebih luas selama dua tahun, berbeda dari Kepler yang hanya memantau sebagian kecil langit.

Selama misinya, TESS akan fokus pada 200 ribu bintang yang paling terang di langit. Instrumen yang ada di satelit ini, menurut NASA, diperkirakan dapat menemukan sekitar 1.600 exoplanet baru, termasuk yang berukuran mirip Bumi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Bayi Lahir Satu Jam Setelah Gempa Lombok

Posted: 10 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Rumah sakit darurat yang didirikan di Tanjung, Lombok, Nusa Tenggara Barat masih merawat pasien korban gempa. Gempa berkekuatan 7,0sr menghantam Lombok pada hari Minggu.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: