Rabu, 08 Agustus 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Courtois Jadi Pemain ke-45 Berkostum Real Madrid dan Atletico

Posted: 08 Aug 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Real Madrid akhirnya mendapatkan Thibaut Courtois dari Chelsea. Kiper timnas Belgia tersebut diboyong ke Santiago Bernaebu dengan mahar sebesar 35 juta euro atau sekitar Rp 585,5 miliar.

Tak hanya itu, Real Madrid juga harus menyerahkan Mateo Kovacic ke Chelsea. Gelandang asal Kroasia itu pindah ke Stamford Bridge dengan status pinjaman selama semusim.

"Chelsea dan Real Madrid telah mencapai kesepakatan soal transfer permanen Thibaut Courtois," demikian bunyi rilis resmi The Blues melalui laman resminya.

"Mateo Kovacic bergabung dengan The Blues untuk satu musim pinjaman," bunyi rilis itu selanjutnya.

Real Madrid juga sudah mengumumkan bergabungnya kiper berusia 26 tahun itu. "Real Madrid dan Chelsea telah menyepakati transfer Thibaut Courtois, yang akan terhubung dengan klub untuk enam musim ke depan," tulis Madrid dalam rilis resminya.

Dua Klub

Thibaut Courtois pernah dipinjamkan Chelsea ke Atletico Madrid. Kini, Courtois memperkuat Real Madrid. (AFP/Glyn Kirk)

Dengan demikian, Courtois menjadi pemain ke-45 yang pernah memperkuat Real Madrid dan Atletico Madrid. Courtois pernah dipinjamkan Chelsea selama tiga musim ke Atletico saat didatangkan dari Genk pada 2011 lalu.

Pemain pertama yang meninggalkan Atletico dan memilih bergabung dengan Real Madrid adalah Joaquin Carucho Astray pada 1916. Setelah itu ada Jose Maria Cabo, Jaime Lazcano, dan Andres Ariestegui.

Saul Niguez dianggap tidak cukup baik untuk Real Madrid sebelum tiba di Estadio Vicente Calderon. Sementara Alvaro Morata memiliki hubungan dengan Atletico sebelum bergabung dengan akademi Real Madrid.

Raul Gonzalez

Pemain Atletico yang kemudian bersiar bersama Real Madrid adalah Raul Gonzalez. Raul merupakan anggota akademi Atletico.

Namun, Raul dinilai tidak cukup berbakat. Pindah ke Real Madrid, Raul justru menjadi salah satu pencetak gol terbesar yang dimiliki klub raksasa Spanyol itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Piala AFF U-16, Antrean Tiket Indonesia Vs Malaysia Membludak

Posted: 08 Aug 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Duel Timnas Indonesia U-16 kontra Malaysia bakal berlangsung di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Kamis (9/8/2018).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rahasia Mencekam di Balik Syuting Film Sebelum Iblis Menjemput

Posted: 08 Aug 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Medan - Melakoni peran di film bergenre horor yang berjudul Sebelum Iblis Menjemput, merupakan hal baru bagi Karina Suwandi dan Chelsea Islan. Apalagi keduanya harus berakting di sebuah vila tua yang tidak lagi ditempati lebih dari 40 tahun.

"Ini film horor pertama saya dan sebelum syuting memang benar-benar belum terbayang ini akan seperti apa dan ketika diperjelas jalan cerita filmnya akhirnya tertarik dan tidak mungkin menolak," kata Karina Suwandi di sela-sela acara meet and greet pemain film Sebelum Iblis Menjemput di Ringroad City Walks Medan, Sumatera Utara, Rabu (8/8/2018).

Setelah membaca skrip, Karina Suwandi yang awalnya merasa takut dengan cerita film Sebelum Iblis Menjemput, kemudian tertarik untuk memerankan salah satu karakter yaitu Laksmi.

"Awalnya merasa kok seram ya, kemudian setelah terus dibaca dan didalami memang ini benar-benar berbeda dari film horor yang ada," tuturnya.

Kengerian semakin menjadi ketika Karina dan pemain lain datang langsung ke lokasi syuting yang merupakan sebuah vila tua di Puncak.

"Kita syuting Sebelum Iblis Menjemput di vila yang sudah 40 tahun tidak ditinggali, dan itu merupakan hal yang benar-benar menantang. Cukup mencekam pertama kali masuk ke dalam villa tersebut. Ada perasaan 'Wow' karena kondisinya sudah benar-benar tua," terang Karina Suwandi.

"Kita sudah mempersiapkan sejak lama dan cukup banyak latihan yang dilakukan sehingga kita merasa siap untuk berperan di film ini," ucapnya.

Horor Pertama

Dua pemain film Sebelum Iblis Menjemput, Chelsea Islan dan Karina Suwandi (Liputan6.com/Reza Efendi)

Hal yang sama juga dikatakan oleh Chelsea Islan. Walau film yang disutradarai Timo Tjahjanto tersebut merupakan film horor pertamanya, namun Chelsea tidak mengalami kendala.

"Ini horor pertama saya dan selama syuting tidak ada kendala yang terjadi. Saya benar-benar fokus berkarya dan fokus memerankan karakter Alfie di film tersebut," tutur Chelsea Islan.

"Di film ini menggambarkan cerita yang memang kita tidak tahu sebelumnya. Yang akan kita tonton ini adalah sebuah film yang membuat kita merasa ada sosok yang seperti ini atau ada yang percaya dengan sesuatu hal," imbuhnya.

Standar Film Horor

Adegan film Sebelum Iblis Menjemput (Instagram/ sebelumiblismenjemput)

Selain itu, Chelsea Islan menilai film Sebelum Iblis Menjemput bisa menjadi standar bagi film horor Indonesia untuk kembali merajai box office. Sebelum Iblis Menjemput merupakan film bergenre horor hasil produksi dari Sky Media bekerja sama dengan Legacy Pictures dan Ideate Media.

Film yang akan tayang serentak di bioskop pada 9 Agustus 2018 ini dibintangi oleh Chelsea Islan, Pevita Pearce, Samo Rafael, Hadijah Shahab, Ruth Marini, Karina Suwandi, Ray Sahetapy, dan Clara Bernadeth.

Cerita Misteri

Film Sebelum Iblis Menjemput (Instagram/ sebelumiblismenjemput)

Berlokasi di Jakarta dan Puncak Bogor, film Sebelum Iblis Menjemput menceritakan pengalaman Alfie (Chelsea Islan) yang dihantui masa lalunya. Ketika ayahnya, Lesmana (Ray Sahetapy) terasingkan koma karena gejala penyakit misterius, Alfie memutuskan untuk mendatangi vila yang suka didatangi ayahnya.

Di sana Alfie berusaha mencari tahu apa yang terjadi pada ibunya yang dulu meninggal secara janggal. Di sana ia bertemu Maya (Pevita Pearce) yang merupakan saudari tirinya.

Di vila tersebut mereka menguak rahasia mengerikan Lesmana. Namun semua itu membawa mereka ke nasib yang lebih mengerikan dari kematian. (Reza Efendi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Upaya Pemerintah Genjot Cadangan Minyak RI

Posted: 08 Aug 2018 10:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah berupaya meningkatkan cadangan minyak dan gas bumi (migas), di Indonesia dengan mempercepat penunjukan pengelola blok migas‎ yang habis masa kontraknya pada periode 2018 sampai 2021.

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengatakan, saat ini cadangan minyak terbukti nasional mencapai 3,2 miliar sampai 3,3 ‎miliar barel atau hanya 0,2 persen dari total cadangan dunia.

"Jumlah itu hanya 0,2 persen dari total proven reserve dunia cuma 0,2 persen. Nah kalau kita katakan 0,2 persen itu kita adalah negara kaya minyak silahkan kita mengartikan sendiri," kata Arcandra, di Jakarta, Kamis (9/8/2018).

Menurut Arcandra, pemerintah saat ini tidak tinggal diam menghadapi kondisi cadangan minyak Indonesia yang masih terbilang kecil. Dengan menggalakkan kegiatan ekplorasi cekungan potensi migas yang belum tergarap dengan cepat.

‎"Nah untuk itu, apakah kita berdiam diri untuk 0,2 persen, tentu tidak. harus ada usaha-usaha kita agar cekungan-cekungan yang belum dieksplorasi secepatnya dilakukan dieksplorasi," tutur dia.

Selain menggalakan eksplorasi pemerintah juga mempercepat penetapan operator, blok migas yang hampir habis masa kontraknya pada periode 2018 sampai 2021. Dengan menerapkan program kontrak kerja pasti untuk menggenjot investasi dalam memproduksi migas di blok tersebut.

"Apa usaha kita?. Nah, kontrak-kontrak yang berakhir dari 2018-2021 ini, itu ada program baru yang kami tawarkan yang dinamakan form working komitmen kerja pasti yang sebelumnya belum ada. Jadi kalau ada perusahaan yang melanjutkan atau mendapatkan kontrak baru pengelolaan dari blok terminasi. Nah kita mewajibkan untuk mengajukan berapa komitmen kerja pasti yang bisa digunakan untuk menekan produksi dan juga melakukan eksplorasi di luar blok yang mereka kehendaki," papar dia.

RI Bisa Kantongi USD 2 Miliar dari Komitmen Kerja Pengelolaan Migas

Ilustrasi tambang migas (iStockPhoto)

Pemerintah melalui Kementerian ESDM per Agustus 2018 ini menyatakan telah menerima komitmen kerja pasti pengelolaan blok atau Wilayah kerja (WK) migas dari pihak kontraktor sebesar USD 1,1 miliar.

Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Amien Sunaryadi mengatakan, angka pasti yang telah pemerintah terima hingga saat ini dari kontraktor migas adalah USD 642 juta.

"Beberapa hari lalu sudah terkumpul USD 642 juta. Kemudian minggu lalu terkumpul USD 500 juta, tapi belum tanda tangan. Jadi pada Agustus ini total sudah USD 1,1 miliar dolar," sebut dia di Mess Hall Lapangan Muara Badak, Kalimantan Timur, Rabu (8/8/2018).

Dia melanjutkan, penerimaan dana tersebut akan digunakan untuk meningkatkan produksi migas nasional jangka panjang, yakni dengan melakukan eksplorasi besar-besaran atau giant discovery sumber daya migas baru.

"Ini yang bisa dipakai untuk eksplorasi di wilayah kerja maupun di wilayah terbuka, terutama seismik. Kami yakin, itu memberikan kesempatan negara, terutama lewat eksplorasi terbuka di wilayah seismik, untuk giant discovery," ujar dia.

Lebih lanjut, dia pun menjelaskan, komitmen kerja pasti tersebut merupakan sebuah perjanjian antara pihak kontraktor dan pemerintah untuk melaksanakan eksplorasi. 

Bila janji itu tak dipenuhi pengelola hingga tenggat batas waktu, ia menambahkan, SKK Migas akan kembali menagih sesuai besaran awal dan memasukan pendapatan ke dalam kas negara.

"Kalau hasil eksplorasinya bagus, hasil eksplorasi itu bisa diusulkan untuk menjadi wilayah kerja sang kontraktor," ungkap dia.

Amien menghitung, nominal USD 1,1 miliar yang negara telah terima lewat komitmen kerja pasti itu bisa terus bertambah jika ada kontrak baru yang ditandatangani. Yakni hingga mencapai USD 2 miliar pada akhir 2018.

"Paling tidak, diharapkan sampai akhir tahun nanti terkumpul USD 2 miliar. Tapi saat ini yang sudah pasti USD 642 juta, dan masih ada USD 500 juta sudah agree tapi belum tanda tangan," ujar dia.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Politikus Golkar Sebut JK Tidak Ngotot Soal MK yang Belum Berikan Putusan

Posted: 08 Aug 2018 10:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK tidak terlalu ngotot soal putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait uji materi masa jabatan capres dan cawapres yang diajukan Perindo.

Hal itu disampaikan Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily usai bertemu JK di rumah dinasnya, Jalan Dipenogoro, Jakarta Pusat, Kamis (9/8).

"Pak JK mengatakan bahwa beliau tidak akan ngotot soal MK tersebut. Karena sudah tidak ada waktu lagi untuk membahas," kata Ace.

Dia pun tidak mau membeberkan terkait JK yang sudah legowo lantaran tidak akan maju di Pilpres 2019. "Itu tergambar (legowo). Itu bisa tanya langsung pak JK," ungkap Ace.

Sebelumnya, perihal gugatan itu, JK menyatakan, menunggu putusan dari MK. Sebab, dia mengaku siap maju lagi di Pilpres 2019.

"Tergantung keputusan MK, tidak tahu kapan," kata JK.

Dia berharap, MK dapat memutuskan permohonan yang diajukan Partai Perindo sebelum penutupan pendaftaran capres-cawapres. Dia berharap, pada 10 Agustus 2018, MK sudah memutuskan permohonan tersebut.

"Tetapi sebut saja tanggal 10. Kita harap seperti itu, kita harap jam 10 pagilah. Tanggal 10 jam 12 malam," kata JK sambil berseloroh.

 

Tidak Terlalu Berharap

Wakil Presiden, Jusuf Kalla bersiap membuka bedah buku Sofjan Wanandi dan Tujuh Presiden di Jakarta, Rabu (23/5). Dalam sambutannya, JK mengatakan, Sofjan Wanandi memiliki jaringan yang sangat luas dan dikenal baik. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Namun, JK mengaku tidak terlalu berharap akan kembali maju di Pilpres 2019 sebagai pendamping Presiden Joko Widodo.

"Tapi itu sangat tergantung kepada Pak Jokowi bagaimana penilaian akhir situasi seperti ini," ungkap JK.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

 

Saksikan tayangan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies: Sandi Maju Cawapres Prabowo Setelah Saya Menolak

Posted: 08 Aug 2018 10:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku sudah bicara empat mata dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno terkait Pilpres 2019.

"Sudahlah (bicara dengan Sandi), sudah pasti," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Kamis (9/8/2018).

Anies Baswedan mengatakan, awalnya Prabowo ingin agar dirinya menjadi cawapres. Namun, Anies menolak.

"Betul, sesudah saya menyampaikan tidak (maju), baru Pak Sandi," ucap dia.

Anies enggan memberitahu apa saja pembicaraannya dengan Sandiaga. Ia juga tak mau bekomentar banyak soal kabar Sandiaga menjadi cawapres Prabowo Subianto. "Saya enggak komen dulu," ujar Anies.

Mantan Mendikbud itu mengklaim, dia mengetahui sejak awal kabar duet Prabowo-Sandiaga. Namun, karena belum deklarasi, ia enggan membicarakannya.

"Sampai semuanya final dulu baru kita bicarakan. Saya tahu tentu tahu dari awal saya tahu," kata Anies Baswedan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Pelatih dan Remaja Korban Gua Thailand Resmi Dapat Kewarganegaraan

Posted: 08 Aug 2018 10:20 PM PDT

Salah seorang remaja, Mongkol Boonpiam menerima kartu identitas sebagai warga negara Thailand di distrik Mae Sai, Rabu (8/8). Korban gua Thailand tersebut selama ini hidup tanpa memiliki status kewarganegaraan (Chiang Rai Public Relations Office via AP)

Salah seorang remaja, Mongkol Boonpiam menerima kartu identitas sebagai warga negara Thailand di distrik Mae Sai, Rabu (8/8). Korban gua Thailand tersebut selama ini hidup tanpa memiliki status kewarganegaraan (Chiang Rai Public Relations Office via AP)

Salah seorang remaja, Pornchai Kamluang menerima kartu identitas sebagai warga negara Thailand di distrik Mae Sai, Rabu (8/8). Korban gua Thailand tersebut selama ini hidup tanpa memiliki status kewarganegaraan (Chiang Rai Public Relations Office via AP)

Salah seorang remaja, Pornchai Kamluang menerima kartu identitas sebagai warga negara Thailand di distrik Mae Sai, Rabu (8/8). Korban gua Thailand tersebut selama ini hidup tanpa memiliki status kewarganegaraan (Chiang Rai Public Relations Office via AP)

Salah seorang remaja, Adul Samon menerima kartu identitas sebagai warga negara Thailand di distrik Mae Sai, Rabu (8/8). Korban gua Thailand tersebut selama ini hidup tanpa memiliki status kewarganegaraan. (Chiang Rai Public Relations Office via AP)

Salah seorang remaja, Adul Samon menerima kartu identitas sebagai warga negara Thailand di distrik Mae Sai, Rabu (8/8). Korban gua Thailand tersebut selama ini hidup tanpa memiliki status kewarganegaraan. (Chiang Rai Public Relations Office via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Syuting Adegan Diserang Hiu, Aktris The Meg Menderita

Posted: 08 Aug 2018 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Proses syuting film The Meg tampaknya akan sulit dilupakan oleh aktris Li Bingbing. Khususnya, adegan saat ia berada dalam tabung pengaman dan diserang oleh sang hiu purba.

Dilansir dari Comicbook, Kamis (9/8/2018), Li Bingbing mengatakan adegan di The Meg tersebut sangat berat untuknya.

Terutama karena ia benar-benar masuk dalam tabung pengaman dan menyelam di bawah air.

"Bolak-balik, bolak-balik, aku harus terjun ke air lalu naik lagi. Aku harus berpura-pura oksigenku bocor. Aku harus berhenti bernapas dan bekerja sekitar enam meter di bawah air. Kamu bahkan tak dapat bergerak," tutur pemeran Suyin di The Meg ini.

Tak Jago Berenang

The Meg (Warner Bros)

Yang lebih membuatnya menderita, ia sebenarnya tak begitu jago berenang.

"Aku bukan perenang yang andal, dan ini membuatku sedikit kesulitan karena aku harus bekerja di bawah air. Dan [airnya] sangat dingin! Ini benar-benar masalah besar untukku," tutur wanita yang masih terlihat cantik di usia 45 tahun ini.

 

Tak Takut kepada Hiu

Li Bingbing dan Jason Statham dalam The Meg (Daniel Smith/ Warner Bros)

Namun ada satu kesamaan antara Li Bingbing dengan karakter ahli biota laut yang ia mainkan ini. Seperti tokoh Suyin yang begitu mengenal perangai hiu, ia mengaku tak takut kepada predator laut tersebut.

"Aku punya pengalaman saat snorkeling, aku melihat hiu berenang di bawahku. Tapi aman saja, mereka tidak naik dan mengganggumu. Mereka tidak naik dan menggigitmu," tutur aktris Tiongkok yang ikut bermain dalam Resident Evil: Retribution dan Transformers: Age of Extinction ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Ingin Tekor, MU Hanya Ingin Pinjam Boateng

Posted: 08 Aug 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) belum menyerah mengejar tanda tangan bek Bayern Munchen, Jerome Boateng. Setan Merah bahkan rela memilih opsi pinjaman demi mendapatkan bek asal Jerman tersebut.

Seperti dilansir Sky Sports, Boateng menjadi target utama Manajer MU, Jose Mourinho pada bursa transfer musim panas ini. Namun Mourinho enggan merogoh kocek dalam untuk bek berusia 29 tahun tersebut.

MU sebetulnya mematok salah satu dari tiga nama untuk didatangkan pada bursa transfer kali ini. Selain Boateng, MU juga mengincar Harry Maguire (Leicester City), dan Yerry Mina (Barcelona.

Namun Maguire dan Mina tampaknya tidak dilepas oleh klub masing-masing. Alhasil, MU pun memusatkan perhatian mereka kepada Boateng.

 

Sering Cedera

Manajer Manchester United asal Portugal, Jose Mourinho. (AFP/Christof Stache)

MU boleh saja menilai Boateng sebagai sosok yang pas di lini belakang mereka. Namun Mourinho tampaknya harus memerhatikan fakor cedera mantan bek Manchester City tersebut.

Ya, dalam beberapa musim, Boateng selalu diterpa cedera parah. Dalam tiga musim sejak 2016, Boateng telah absen di 27 pertandingan karena cedera.

MU tentu tak ingin keputusan mendatangkan Boateng menjadi bumerang. Alih-alih merasakan tajinya di lapangan, MU malah harus membayar biaya medis untuk pengobatan Boateng.

Statistik Boateng

Hertha Berlin

2006/07: 11 main, 0 gol

Hamburg SV

2007/08 - 2009/10: 113 main, 1 gol

Manchester City

2010/11: 24 main, o gol

Bayern Munchen

2011/12 - 2017/18: 258 main, 8 gol

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Membuat Klepon yang Mudah dan Lezat, Isi Gula Merah dan Berbagai Varian Lainnya

Posted: 08 Aug 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Berbicara tentang jajanan pasar tradisional khas Indonesia memang tidak akan ada habisnya. Kudapan khas yang kerap kali dijual di pasar akan selalu punya banyak peminat. Bahkan, di era media sosial dan teknologi, jajanan pasar justru makin lestari keberadaanya.

Dari berbagai macam jajanan pasar tradisional khas Indonesia seperti; bikang, onde-onde, lumpia, tahu isi, pisang goreng, apem, cenil, risoles, cucur, dadar gulung, dan masih banyak lainnya, ada jajanan pasar tradisional nggak kalah populer dengan jajanan-jajanan yang sudah disebutkan tadi, ialah klepon.

Klepon, salah satu dari sekian ribu macam jajanan pasar tradisional yang ada di Indonesia yang siap memanjakan lidah Anda dengan rasanya yang manis legit. Makanan ini terbuat dari tepung beras ketan yang diberi pewarna hijau atau putih, kemudian diisi dengan gula merah lalu dibentuk bola-bola kecil yang direbus dalam air mendidih. Terakhir kemudian dibaluri dengan parutan kelapa. Klepon tidak hanya ditemui di Indonesia saja, bahkan Malaysia, Brunai, dan Singapura juga ada.

Penamaan klepon sendiri hanya di daerah Jawa. Di daerah Sumatra dan Malaysia, klepon lebih dikenal dengan sebutan Onde-onde. Padahal jika di Jawa, onde-onde merupakan jajanan yang terbuat dari tepung beras berisi adonan kacang hijau yang dibaluri biji wijen dan kemudian digoreng. Karena perbedaan penamaan itulah terkadang sering terjadi kesalahpahaman dan kerancuan ketika menyebut dan mengartikan onde-onde.

Kita memang lebih terbiasa melihat klepon yang berwarna hijau, namun kini seiring dengan perkembangan jaman dan agar klepon tidak tergerus, maka sudah banyak penjual yang menjual klepon dengan warna lainnya atau dibuat warna-warni bisa juga disebut klepon pelangi. Bahkan isinya kini tidak lagi hanya gula merah, ada yang diisi dengan coklat, strawberry, nanas, dan masih banyak lagi.

Harga klepon memang murah, maka tak jarang jika banyak orang yang memilih membeli daripada membuatnya. Tapi tidak ada salahnya mencoba membuat klepon sendiri di rumah. Berikut cara membuat klepon seperti yang dilansir Liputan6.com pada Rabu (8/8/2018) dari Merdeka.com.

Kue Klepon. foto: tokomesin.com

Cara membuat klepon

Berikut cara membuat klepon lengkap dengan bahan dan juga lengkah-langkahnya.

Bahan:

  1. Tepung beras ketan 250 g
  2. Tepung beras 50 g
  3. Air mineral 1350 ml
  4. Daun pandan secukupnya
  5. Garam 1 sdt
  6. Kelapa buah, parut kemudian kukus
  7. Gula merah secukupnya, sisir halus
  8. Gula pasir 3 sdm

 

Cara membuat klepon:

Siapkan wadah bersih untuk menguleni adonan.

Daun pandan yang sudah dibersihkan kemudian blender dengan 200 ml untuk dijadikan pewarna alami. Sisihkan.

Masukkan tepung beras ketan, tepung beras, dan garam. Aduk hingga tercampur sempurna.Tuang sedikit demi sedikit air pewarna, tuang sambil terus diaduk.Kemudian tuang sedikit demi sedikit air mineral 150 ml, tuang sambil terus diaduk. Jika adonan dirasa sudah cukup kental maka tidak perlu ditambahi air. Aduk hingga adonan hingga mencapai kekentalan yang pas untuk kemudian dibentuk dan diisi dengan gula merah.

  1. Ambil sedikit adonan, pipihkan, dan beri sedikit gula merah yang sudah disisir sebelumnya. Tidak usah terlalu banyak agar nanti ketika direbus tidak meluber keluar.
  2. Bentuk adonan menjadi bola-bola.
  3. Ulangi poin 6 dan 7 hingga adonan habis.
  4. Rebus 1 L air, tunggu hingga mendidih.
  5. Masukkan klepon yang sudah dibentuk. Tunggu hingga klepon mengapung.
  6. Sembari menunggu klepon matang, siapkan parutan kelapa. Campur parutan kelapa dengan gula pasir dan garam secukupnya. Sisihkan.
  7. Tiriskan klepon yang sudah mengapung. Lalu gulingkan atau taburi klepon dengan parutan kelapa.
  8. Klepon siap disajikan. Lebih enak dimakan selagi masih hangat.
Ilustrasi klepon

Cara membuat klepon dari ubi ungu

Berikut cara membuat klepon ubi ungu lengkap dengan bahan dan juga lengkah-langkahnya.

Bahan:

  1. Tepung ketan 100 g
  2. Ubi ungu 300 g, kukus kemudian haluskan
  3. Gula merah 75 g, sisir halus
  4. Gula halus 25 g
  5. Garam sdt
  6. Air 1200 ml
  7. Kelapa butir, parut, kukus

 

Cara membuat klepon ubi ungu:

  1. Siapkan wadah bersih untuk menguleni adonan.
  2. Campurkan ubi yang sudah dihaluskan, tepung ketan, gula halus, dan garam. Campur hingga rata dan tercampur sempurna.
  3. Tuang air sedikit demi sedikit sembari adonan terus diuleni. Jika kekentalan adonan dirasa sudah cukup, maka tidak perlu ditambah air lagi.
  4. Ambil sedikit adonan, pipihkan, dan beri sedikit gula merah yang sudah disisir sebelumnya. Tidak usah terlalu banyak agar nanti ketika direbus tidak meluber keluar.
  5. Bentuk adonan menjadi bola-bola.
  6. Ulangi poin 4 dan 5 hingga adonan habis.
  7. Rebus 1 L air, tunggu hingga mendidih.
  8. Masukkan klepon yang sudah dibentuk. Tunggu hingga klepon mengapung.
  9. Sembari menunggu klepon matang, siapkan parutan kelapa. Campur parutan kelapa dengan gula pasir dan garam secukupnya. Sisihkan.
  10. Tiriskan klepon yang sudah mengapung. Lalu gulingkan atau taburi klepon dengan parutan kelapa.
  11. Klepon siap disajikan. Lebih enak dimakan selagi masih hangat.
Klepon janda. (Sumber Foto: verieka37/Instagram)

Cara membuat klepon singkong

Berikut cara membuat klepon singkong lengkap dengan bahan dan juga lengkah-langkahnya.

Bahan:

  1. Singkong 500 g, parut
  2. Tepung ketan 75 g
  3. Air hangat 85 ml
  4. Gula merah 125 g, sisir halus
  5. Garam sdt
  6. Kelapa butir, parut, kukus
  7. Air 1200 ml

 

Cara membuat klapon singkong:

  1. Singkong yang sudah diparut, kemudian peras tanpa menggunakan air agar air pada singkong habis.
  2. Campurkan singkong yang sudah diparut, tepung ketan, dan garam. Campur hingga rata dan tercampur sempurna.
  3. Tuang air sedikit demi sedikit sembari adonan terus diuleni. Jika kekentalan adonan dirasa sudah cukup, maka tidak perlu ditambah air lagi.
  4. Ambil sedikit adonan, pipihkan, dan beri sedikit gula merah yang sudah disisir sebelumnya. Tidak usah terlalu banyak agar nanti ketika direbus tidak meluber keluar.
  5. Bentuk adonan menjadi bola-bola.
  6. Ulangi poin 4 dan 5 hingga adonan habis.
  7. Rebus 1 L air, tunggu hingga mendidih.
  8. Masukkan klepon yang sudah dibentuk. Tunggu hingga klepon mengapung.
  9. Sembari menunggu klepon matang, siapkan parutan kelapa. Campur parutan kelapa dengan gula pasir dan garam secukupnya. Sisihkan.Tiriskan klepon yang sudah mengapung. Lalu gulingkan atau taburi klepon dengan parutan kelapa.
  10. Klepon siap disajikan. Lebih enak dimakan selagi masih hangat.
Tekstur kenyal dan berisikan gula merah cair, menambah sensasi kelezatan klepon (Sumber foto: tastemade.com)

Cara membuat klepon labu kuning

Berikut cara membuat klepon labu kuning lengkap dengan bahan dan juga lengkah-langkahnya.

Bahan:

  1. Labu kuning 175 g, kukus lalu haluskan
  2. Tepung ketan 100 g
  3. Gula merah 75 g, sisir halus
  4. Garam sdt
  5. Kelapa butir, parut, kukus
  6. Air 1200 ml

 

Cara membuat klepon labu kuning:

  1. Siapkan wadah bersih untuk menguleni adonan.
  2. Campurkan labu kuning yang sudah dihaluskan, tepung ketan, dan garam. Campur hingga rata dan tercampur sempurna.
  3. Tuang air sedikit demi sedikit sembari adonan terus diuleni. Jika kekentalan adonan dirasa sudah cukup, maka tidak perlu ditambah air lagi.
  4. Ambil sedikit adonan, pipihkan, dan beri sedikit gula merah yang sudah disisir sebelumnya. Tidak usah terlalu banyak agar nanti ketika direbus tidak meluber keluar.
  5. Bentuk adonan menjadi bola-bola.
  6. Ulangi poin 4 dan 5 hingga adonan habis.
  7. Rebus 1 L air, tunggu hingga mendidih.
  8. Masukkan klepon yang sudah dibentuk. Tunggu hingga klepon mengapung.
  9. Sembari menunggu klepon matang, siapkan parutan kelapa. Campur parutan kelapa dengan gula pasir dan garam secukupnya. Sisihkan.
  10. Tiriskan klepon yang sudah mengapung. Lalu gulingkan atau taburi klepon dengan parutan kelapa.
  11. Klepon siap disajikan. Lebih enak dimakan selagi masih hangat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PLN Siapkan Pengamanan Listrik Berlapis di Asian Games 2018

Posted: 08 Aug 2018 10:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) memastikan pasokan listrik saat Asian Games 2018 aman, baik di Jakarta maupun di Palembang.

Bahkan, PLN memasang pengamanan jaringan berlapis demi mensukseskan acara ini. Direktur Bisnis Regional Jawa bagian Barat, Haryanto WS menuturkan, jaringan berlapis ini khususnya di veneu-veneu Asian Games. Lapisan pengamanan ini mukai dari 3 hingga 5 lapis.

"Bahkan beberapa lokasi prioritas sampai lima lapis, ada jaringan, genset, ups dan sebagainya," kata Haryanto usal menggelar Apel Kesiapan Asian Games 2018 di Halaman Monas, Jakarta, Kamis (9/8/2018).

Untuk menjaga pasokan listrik Asian Games 2018, PLN menyiapkan personil hingga 3.500 orang untuk Jakarta dan Palembang. Khusus di Jakarta, personil yang disiapkan sebanyak 2.500 orang.

Para personil ini dilengkapi dengam berbagai peralatan lengkap mulai daro rompi hingga power bank raksasa yang bisa dimanfaatkan sebagai backup listrik sementara.

Haryanto menambahkan, saat Asian Games 2018, PLN mendapat permintaan tambahan listrik mencapai 40 Mega Watt (MW). Angka ini menurut dia lebih tinggi dua kali lipat dari hariannya.

"Sementara untuk kapasitas Jawa Bali itu 35 ribu MW, saat Asian Games 2018 perkiraan beban puncak 25 ribu MW, jadi ada cadangan 10 ribu MW," ujar dia. (Yas)

 

Begini Kesiapan PLN Pasok Listrik Asian Games 2018

Petugas PLN Distribusi Jawa Barat memeriksa jaringan kabel saat pelaksanaan Apel Kesiapan Pasokan Listrik dan Petugas di Stadion Pakansari, Bogor, Selasa (7/8). Kegiatan itu untuk menyambut kesiapan PLN jelang Asian Games 2018. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Sebelumnya, PT PLN (Persero) siap memenuhi kebutuhan listrik gelaran Asian Games 2018. Hal ini sebagai wujud dukungan dari BUMN tersebut‎ dalam menyukseskan ajang olahraga terbesar se-Asia ini.

General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya Ikhsan Asaad mengatakan, kesiapan PLN dalam memasok listrik bagi Asian Games dimulai dari gelaran Invitation Tournament sebagai test eventgabungan delapan cabang olahraga pada 8-15 Februari 2018.

Simulasi Asian Games bertajuk Invitation Tournament tersebut diadakan untuk memastikan kesiapan panitia dan instansi-instansi pendukung perhelatan olahraga akbar antarnegara-n‎egara se-Asia ini.

"Persiapannya kian solid untuk mendukung acara Invitation Tournament yang diadakan ‎di venue-venuewilayah Jakarta," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu 7 Februari 2018.

Ikhsan mengungkapkan, dengan total dana investasi sebesar Rp 250 miliar, PLN Distribusi Jakarta Raya siap ‎mengamankan pasokan listrik di seluruh venue yang digunakan delapan cabang olahraga tersebut, di antaranya panahan yang akan diadakan di Lapangan Panahan GBK.

Kemudian atletik di Stadion Utama GBK, basket di Istora Senayan GBK, voli di Tennis Indoor GBK, pencak silat di Padepokan TMII, serta ‎Taekwondo, angkat besi, dan Tinju di JIExpo Kemayoran.

Bukan hanya di venue, lanjut dia, PLN D‎isjaya juga memastikan pasokan listrik tersedia dan digunakan sesuai dengan kebutuhan masing-m‎asing lokasi Athlete Village.

‎"PLN Disjaya sangat siap menghadapi perhelatan Invitation Tournament Asian Games 2018, selain seluruh infrastruktur sudah berfungsi dengan baik untuk pasokan listrik utama, disiapkan pasokan listrik pendukung melalui 36 UPS dan 21 unit genset yang didukung 3.000 personel PLN Disjaya siaga 24 jam selama Invitation Tournament berlangsung," kata dia.‎‎

‎Selain itu, bentuk dukungan penuh PLN Disjaya dalam ajang bergengsi ini adalah dengan menyediakan sarana prasarana kelistrikan berupa Powerbank-Express Power Service dan Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) di setiap venue bagi para masyarakat yang membutuhkan listrik selama event‎berlangsung.‎

"Selama berlangsungnya Asian Games 2018 diharapkan bagi seluruh masyarakat Jakarta, khususnya pengelola gedung perkantoran swasta maupun pemerintah, hotel, dan mal untuk memeriahkan perhelatan akbar yang baru diadakan setelah 50 tahun terakhir di Jakarta ini, dengan meningkatkan pencahayaan lampu gedung dan membuat atmosfer Kota Jakarta menjadi kian b‎enderang," tandas dia.‎

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Airlangga Sebut Ketum Parpol akan Bertemu Jokowi Matangkan Cawapres

Posted: 08 Aug 2018 10:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Partai koalisi Joko Widodo atau Jokowi terus menguatkan barisan untuk menghadapi Pilpres 2019. Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan, parpol koalisi akan menggelar pertemuan bersama Jokowi.

"Ya memang akan direncanakan akan melakukan pertemuan (bertemu Jokowi). Mengenai pertemuan akan dijadwalkan," kata Airlangga usai bertemu Wapres Jusuf Kalla di rumah dinas wapres, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Kamis (9/8/2018).

Rencana pertemuan tersebut pun dibenarkan oleh Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily. Dia menjelaskan pertemuan tersebut akan membahas soal siapa cawapres Jokowi. Nama Airlangga pun muncul kembali untuk jadi cawapres Jokowi. Karena itu Ace meminta kepada publik agar segera sabar.

"Kan masih ada pembicaraan dengan ketua partai politik nanti malam. Jadi ya kita tunggu saja," papar dia.

Dia pun menjelaskan masih ada peluang untuk menenentukan siapa cawapres yang pantas untuk Jokowi. Salah satunya nama Airlangga yang berpeluang untuk jadi cawapres.

"Selama janur kuning belum melengkung masih ada peluang," kata Ace.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Jokowi Daftar Besok

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, pihaknya akan mendaftarkan calon presiden Joko Widodo (Jokowi) ke KPU sebelum salat Jumat 10 Agustus 2018.

"Sesuai arahan bapak Presiden Jokowi rencananya kami akan mendaftarkan pada hari Jumat 10 Agustus sebelum Jumatan," ucap Hasto di Rumah Cemara, Jakarta, Kamis (9/8/2018).

Dia menuturkan, pendaftaran akan dilakukan secara sederhana. Mengingat masih dalam keadaan duka terhadap apa yang terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

"Tidak ada pengerahan yang besar," ungkap Hasto.

Sementara, pihaknya juga masih mempersiapkan deklarasi calon wakil presiden pendamping Jokowi.

"Ya nantinya perlu beberapa hal persiapan-persiapan dulu, untuk mengumumkan. Dan kembali ini ranah Presiden dan Ketua Umum partai," jelas Hasto.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Gempa Lombok, Layanan BPJS dan KTP Mulai Dibuka

Posted: 08 Aug 2018 10:13 PM PDT

Patroli Indosiar, Jakarta Usai gempa Lombok, petugas mulai melakukan pemulihan layanan publik yang sempat lumpuh selama empat hari terakhir. Pelayanan seperti klaim BPJS dan pengurusan KTP dilakukan secara darurat.  

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Kamis (9/8/2018), pelayanan dilakukan di dalam tenda di depan kantor bupati Lombok Utara.

Bupati Lombok telah memutuskan pelayanan publik akan kembali aktif mulai kami pagi.  

Gempar berkekuatan 7,0 SR yang terjadi pada Minggu malam, 5 Agustus kemarin membuat hampir seluruh aktivitas masyarakat Lombok Utara lumpuh total.

Banyak tempat tinggal warga yang hancur dan kini sebagian besar warga harus hidup di pengungsian. Begitu pun fasilitas pelayanan umum juga hancur berantakan. (Karlina Sintia Dewi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sandiaga Uno Bantah Mundur sebagai Wagub DKI

Posted: 08 Aug 2018 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sandiaga Uno mengatakan dirinya belum mengundurkan diri sebagai Wakil Gubernur DKI. Ia juga menjelaskan dirinya masih menjalankan tugasnya sebagai wakil gubernur.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingin Pindah Klub, Depay Beri Isyarat ke AC Milan?

Posted: 08 Aug 2018 10:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bintang Olympique Lyon, Memphis Depay, seperti memberi isyarat kepada AC Milan. Ini setelah Depay mengatakan ingin pindah klub.

Seperti diketahui, Depay bergabung dengan Lyon pada Januari 2017 lalu. Lyon kemudian membeli Depay secara permanen pada musim 2017/18 dengan harga 16 juta euro dari Manchester United.

Pemain asal Belanda mampu tampil apik untuk Lyon musim lalu. Bermain pada 36 laga di Ligue 1, Depay menyumbangkan 19 gol untuk Lyon. Dia juga membawa timnya di posisi ketiga klasemen dan bermain di Liga Champions musim ini.

Depay secara terbuka mengaku ingin pindah dari Lyon. Pemain asal Belanda punya keinginan bermain di klub yang lebih besar. Meskipun, dia juga tetap fokus dengan Lyon pada musim 2018/19 yang segera dimulai.

Kode untuk Milan?

Aksi Pemain Lyon, Memphis Depay (kanan) merayakan golnya ke gawang Everton pada laga grup E Europe League di Groupama Stadium, Lyon, (2/11/2017). Everton kalah 0-3. (AP/Laurent Cipriani)

Nama Memphis Depay kerap dikaitkan dengan Milan. Meskipun peluang ke Milan kini mengecil, tapi belum tertutup sama sekali. Apalagi, Milan akan melepas dua penyerang Andre Silva dan Nikola Kalinic. Bakal ada ruang untuk Depay di Milan.

"Saya senang dengan kondisi di Lyon. Tapi, sudah barang tentu saya ingin pindah ke klub yang lebih besar. Tapi, saya tidak bisa mengatakan kapan itu akan terjadi," kata Depay.

"Jika memang saya harus bertahan, atau ketika Ligue 1 dimulai, maka saya akan memberikan 100 persen kemampuan untuk Lyon," tegas Depay.

Sempat Meredup di MU

Nama Depay besar ketika bermain untuk PSG. Pada musim 2014/15, dia sukses menjadi top skor Eredivisie dengan 22 gol. Saat itulah, United yang dilatih oleh Louis van Gaal membeli Depay. Tapi, karirnya surut bersama United.

"Jika Anda bertanya pada semua pemain, maka mereka pasti ingin bermain klub dan liga-liga besar. Jika klub besar datang pada saya, saya harus bicara dengan mereka dan juga Lyon."

"Saya bahagia di Lyon dan saya senang kami punya pemain berkualitas di sini," tandas Depay.

Sumber: bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Makan Bareng Wapres JK Siang Ini

Posted: 08 Aug 2018 10:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jelang dua hari penutupan pendaftaran capres-cawapres, Presiden Joko Widodo menyambangi Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Wapres, Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (9/10). Jokowi dijadwalkan akan makan siang bareng JK.

Jokowi hadir sekitar pukul 11.36 WIB dengan mengenakan mobil boogy. Kedatangan Jokowi pun ditunggu JK. Sekitar lima menit JK menunggu Jokowi.

"Macet di jalan. Maklum ganjil-genap. Kan, RI 1," seloroh JK kepada awak media sambil menunggu Jokowi di Kantor Wapres, Jalan Merdeka Utara, Kamis (9/10).

JK sebelumnya sedang menggelar rapat dewan pengarah reformasi birokrasi nasional dengan beberapa menteri. Rapat belum selesai, JK izin meninggalkan rapat sebentar untuk menemui Jokowi.

Sebelumnya, 6 Februari 2018 Jokowi juga sempat menyambangi JK. Dalam pertemuan tersebut JK dan Jokowi gelar makan siang.

Keduanya melakukan makan siang bersama yang berlangsung kurang lebih satu setengah jam.

Jusuf Kalla menceritakan agenda tersebut dilakukan mendadak atas permintaan Jokowi satu jam sebelum makan siang. Lalu, JK pun langsung menghubungi sang istri, Mufidah Jusuf Kalla, untuk mengirimkan makanan.

Bekal yang dihidangkan beragam mulai dari rendang, ikan asin Makassar, udang Makassar serta tidak ketinggalan kerupuk dan ayam.

Reporter: Intan Umbari Prihatin 

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rashida Tlaib, Wanita Muslim Pertama dalam Sejarah Anggota Kongres AS

Posted: 08 Aug 2018 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Washington DC - Mantan perwakilan negara bagian Michigan, Rashida Tlaib, akan menjadi wanita muslim pertama di Amerika Serikat (AS) yang terpilih sebagai anggota Kongres, setelah dia memenangi jajak pendapat Demokrat dalam mid term election atau pemilihan anggota Kongres tengah periode untuk mewakili distrik 13 di daerah asalnya.

Bertarung di medan penuh kandidat yang berlomba-lomba menggantikan John Conyers Jr, yang bertugas sejak 1965 hingga pensiun tahun lalu, menyusul klaim pelecehan seksual, Tlaib berhasil meraih 33,6 persen suara pada kampanye akar rumput yang kuat, di mana ia turut mengumpulkan lebih dari US$ 1 juta, atau setara Rp 14,4 miliar.

Dikutip dari Independent.co.uk pada Kamis (9/8/2018), tidak ada kandidat Partai Republik yang bertarung di kursi tersebut, sehingga Tlaib memasuki Kongres tanpa perlawanan berarti pada pemilihan khusus, 6 November mendatang, ketika dia akan secara resmi menggantikan Conyers.

Pesaing terdekat sang wanita muslim adalah Ketua Dewan Detroit, Brenda Jones, yang meskipun mendapat pengakuan nama yang lebih luas dan beberapa dukungan terkemuka, hanya mampu meraih 28,5 persen suara.

Tlaib, putri dari keluarga imigran Palestina, lahir di Detroit pada 1976, di mana ayahnya bekerja di perusahaan otomotif Ford. Dia belajar politik di Wayne State University dan kemudian melanjutkan ke jenjang pascasarjana di bidang hukum hingga lulus pada 2004.

Pada Selasa malam, dia mengatakan bahwa harinya telah penuh dengan perasaan emosial, yang digambarkannya kepada The Detroit News sebagai "kekacauan bahagia".

"Terutama bertemu pemilih dan berbicara dengan mereka, yang mengaku merasa terinspirasi," katanya sebelum jajak pendapat publik ditutup.

"Seorang penduduk mengatakan dia senang saya berani maju, dan mereka terang-terangan akan memilih saya. Sungguh menakjubkan berinteraksi dengan banyak keluarga di lokasi jajak pendapat. Saya merasa sangat didukung," lanjut kandidat wanita muslim  yang tengah menjadi sorotan publik AS itu.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

 

Wanita Muslim Kedua di Pemerintahan AS

Ribuan bunga dirangkai membentuk kata

Sebelumnya, Tlaib diketahui menempati salah satu kursi di Dewan Perwakilan Michigan, di mana hal tersebut berasal dari kemenangannya pada 2008 silam.

Ia disebut sebagai wanita muslim kedua yang mengabdikan diri di Badan Legislatif Negeri Paman Sam, setelah Jamilah Nasheed di parlemen negara bagian Missouri.

Distrik Kongres ke-13 yang akan diwakilinya mencakup wilayah selatan Detroit di daerah Wayne County. Setelah garis batas diatur ulang pada 2012, Distrik 13 adalah satu-satunya wilayah kongres yang sepenuhnya berada dalam satu wilayah.

Kemenangan Tlaib terjadi di tengah apa yang dianggap sebagai peningkatan besar pada isu Islamophobia di seluruh AS, setelah pemilihan Donald Trump pada 2016, yang kemudian berkaitan dengan permusahan terhadap problematika imigrasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Kisah Pilu Gempa Lombok, Korban Bertahan Hidup Usai Tertimbun Bangunan

Posted: 08 Aug 2018 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bencana alam seperti gempa memang kerap menimbulkan berbagai kerugian dan korban nyawa. Dampak dari guncangan gempa mengakibatkan bangunan menjadi ambruk sampai menimpa warga.

Orang-orang beruntung mungkin akan selamat, tapi tak sedikit justru mengalami hal sebaliknya. Namun, di antara korban-korban gempa yang tertimpa puing bangunan, ada pula yang masih bertahan hidup, hingga baru bisa diselamatkan beberapa hari kemudian.

Dirangkum dari Merdeka.com, begini kisah para korban gempa yang selamat setelah tertimbuh puing-puing bangunan.

1. Selamat di bawah reruntuhan masjid

(Foto: Merdeka)

Tim SAR terus mengevakuasi korban hingga mencari di bawah puing bangunan. Usaha tak sia-sia, mereka menemukan seorang pria dan langsung menyelamatkan. Pria tersebut langsung dibawa ke lapangan.

Rekaman penyelamatan ini diunggah oleh akun Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB. Dia mengatakan korban saat itu sedang salat isya berjemaah. Tiba-tiba, gempa dengan kekuatan 7 SR mengguncang sehingga bangunan masjid roboh dan langsung menimpa jemaah di bawahnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

2. Terkubur puing selama dua hari

(Foto: Merdeka)

Nadia Revanala (21), ditemukan tim penyelamat dalam kondisi selamat setelah dua hari tertimbun puing bangunan pascagempa di NTB dan sekitarnya, Selasa (7/8/2018). Wanita tersebut merupakan warga Dusun Karang, Desa Pemenang Timur, Kecamatan Pemenang, Tanjung, Lombok Utara, NTB.

Tim yang menyelamatkannya berasal dari tim siaga bencana AMNT bersama anggota TNI. "Korban berhasil diselamatkan tim setelah tertimbun reruntuhan gempa selama dua hari dua malam," dikutip dari Antara.

Nadia berhasil diselamatkan setelah para tetangga mendengar tangisan minta tolong di bangunan runtuh. Mereka langsung meminta bantuan tim penyelamat untuk mengeluarkan dia.

3. Selamat dari reruntuhan karena cahaya ponsel

(Foto: Merdeka)

Wanita bernama Nisa Karya menjadi salah satu korban gempa 6,4 SR yang mengguncang Pidie Jaya, Pidie, Bireuen, dan sebagian wilayah Aceh lainnya. Saat gempa terjadi, suasana sangat gelap, dan dia sedang tertidur pulas. Lalu tiba-tiba terdengar gemuruh dan bangunan ambruk. Tubuhnya terhimpit di antara puing-puing bangunan.

Saat hari mulai terang, dia melihat cahaya dari luar. Secara perlahan dia dekati cahaya tersebut dan berusaha keluar. Cahaya tersebut bersumber dari ponsel yang menyala. Cahaya inilah yang meneranginya selama empat jam tertimpa sejak pukul 05.03 WIB sampai 09.00 WIB.

Berkat cahaya ponsel ini, tim penyelamat berdatangan untuk menyelamatkan Nisa.

4. Bayi empat bulan selamat dari reruntuhan

Ilustrasi lidah bayi (iStockphoto)

Seorang bayi 4 bulan bernama Sonit Awal berhasil diselamatkan dari reruntuhan puing-puing bangunan di Bhaktapur Nepal oleh tim penyelamat, 26 April 2015. Saat itu, Nepal diguncang gempa berkekuatan 7,9 SR dan menewaskan 5 ribu orang.

Reporter:

Fellyanda Suci Agiesta

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Imbas Gempa, Pariwisata Lombok Berpotensi Kehilangan Rp 1,4 Triliun

Posted: 08 Aug 2018 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pasca-gempa yang terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Tim Tourism Crisis Centre Kementerian Pariwisata masih memantau dan memastikan wisman yang berada di kawasan wisata tersebut dalam keadaan aman.

Ketua Tourism Crisis Centre Kementerian Pariwisata, Guntur Sakti, menurut informasi yang diterima Liputan6.com, Rabu (8/8/2018), masih bertahan di kepulauan Gili. Berdasarkan hasil penyisiran di tiga Gili, beberapa orang yang masih bertahan adalah pemilik properti dan peralatan diving, sebagian lagi masih menunggu charter helikopter menuju ke Bali.

 

Layanan Terbaik

Tak hanya Gili Trawangan, kini Lombok juga terkenal dengan Pantai Mawun yang garis pantainya melengkung mirip tapal kuda.

Untuk mengantisipasi wisman yang membutuhkan bantuan dan layanan, Kadispar Provinsi NTB telah menyiapkan tempat menginap di kantor Kadispar. Bahkan food truck Poltekpar disediakan di halaman kanntor Kadispar tersebut.

Hingga kemarin, terhitung 15 negara yang mengeluarkan travel advice ke Lombok, antara lain Prancis, Selandia Baru, Inggris, Siprus, Luxemburg, Belgia, Jerman, Kanada, Tiongkok, Australia, Amerika Serikat, Singapura, Malaysia, Brasil, dan Swiss. Hal ini tentunya memberi dampak langsung pada pariwisata Indonesia, khususnya jumlah kunjungan wisman.

 

Kehilangan Rp 1,4 Triliun

Menteri Pariwisata Arief Yahya telah menghitung sementara imbas dari gempa bumi ini yaitu sekitar 100 ribuan wisman.

"Begini, perbandingan jumlah wisman Bali dan Lombok itu lima banding satu, jika di Bali setahun dibulatkan 5 juta, di Lombok 1 juta. Lalu masa bencana di Bali lebih lama, dibandingkan Lombok, perbandingan dua banding satu. Maka jika di Bali 2017 lalu berdampak 1 juta kunjungan, di Lombok satu banding 10 nya, atau 10 persennya, 100 ribuan," kata Arief Yahya.

Penurunan jumlah wisman ini tentunya juga memberi dampak ekonomis. Dengan asumsi satu wisman mendapat USD 1.000 per kunjungan, penurunan bisa mencapai USD 100 juta atau sekitar Rp 1,4 triliun. Jumlah ini belum ditambah kunjungan wisnus dengan spendingnya sekitar Rp 850 ribu per kunjungan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Timnas Indonesia U-23 Jersey Baru di Asian Games 2018

Posted: 08 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 akan menggunakan seragam alias jersey baru di ajang Asian Games 2018. Jersey ini baru saja dirilis oleh Komite Olimpiade Indonesia (KOI) bekerja sama dengan Li Ning.

Untuk jersey kandang berwarna merah. Sedangkan untuk seragam tandang coraknya putih.

Li Ning, yang merupakan produsen peralatan olahraga dari Tiongkok, menjalin kerja sama dengan KOI untuk memasok busana, termasuk seragam tanding Tim Indonesia di Asian Games 2018. Timnas Indonesia U-23 yang punya ikatan dengan Nike, terpaksa mengalah. Skuat besutan Luis Milla Aspas ini akan memakai seragam yang diproduksi Li Ning.

KOI telah berkirim surat kepada PSSI terkait penggunaan seragam Timnas Indonesia U-23 ini di Asian Games 2018 yang bernomor 243/UMM-KOI/VII/2018. Isinya adalah surat pemberitahuan dari KOI terkait desain seragam tanding Timnas Indonesia U-23 di Asian Games 2018.

"Sehubungan dengan penyediaan baju tanding oleh sponsor Tim Indonesia yaitu Li Ning, maka bersama ini Komite Olimpiade Indonesia (KOI) mengirinkam desain baju tanding untuk sepak bola," tulis surat KOI bertandatangan Plt Sekjen, Hellen Sarita de Lima.

Digunakan lawan Taiwan

Penggunaan seragam ini untuk Timnas Indonesia U-23 hanya sebatas di perhelatan multi cabang atau di bawah KOI. Selebihnya, tim berjuluk Garuda Muda itu bakal memakai jersey dari apparel kerja sama dengan PSSI.

Artinya, seragam ini sudah akan digunakan Timnas Indonesia U-23 saat berhadapan dengan Taiwan di laga pertama Grup A Asian Games 2018. Laga ini digelar di Stadion Patriot, Bekasi.

Berikut penampakan jersey kandang dan tandang timnas Indonesia U-23 di Asian Games:

Jersey Kandang

Jersey kandang Li Ning Timnas Indonesia U-23 untuk Asian Games 2018. (istimewa)

Jersey Tandang

Jersey tandang Li Ning Timnas Indonesia U-23 untuk Asian Games 2018. (istimewa)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Pasutri Australia Selamatkan Diri dari Gempa Lombok

Posted: 08 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Lombok, Nusa Tenggara Barat Demi berjuang menyelamatkan diri dari ancaman tsunami akibat gempa Lombok, pasangan suami istri asal Australia harus berjalan melewati mayat. Gempa berkekuatan 7 SR pada Minggu, 5 Agustus 2018 menimbulkan kepanikan bagi Gillian dan Michael Harvey yang sedang berlibur di Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Ada kepanikan luar biasa di pantai usai gempa Lombok karena orang-orang takut akan adanya kemungkinan tsunami. Gempa susulan mulai terasa terjadi.

"Kemudian seseorang berkata, ada peringatan tsunami akibat gempa dan semua orang berlari ke tempat yang lebih tinggi. Satu-satunya masalah untuk mencapai bukit adalah kami harus berjalan melalui bangunan dan melewati semua orang yang tewas. Itu mengerikan," cerita Gillian, sebagaimana dikutip dari ABC News, Kamis (9/8/2018).

Mereka menghabiskan malam itu tidur di alam terbuka di bukit tertinggi. Keesokan paginya, sambil menggendong kedua putri mereka, Sophie (4) dan Chloe (1), Gillian dan suami berada di antara ribuan orang yang menunggu di pantai.

Mereka menunggu lima jam di bawah sinar matahari saat pertolongan perahu tiba.

"Perahu-perahu kecil itu sangat berbahaya. Orang-orang yang panik karena gempa saling berebut naik. Buat menyelamatkan diri mereka sendiri," ujar Gillian.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

Memohon agar bisa naik feri

Para turis berdiri di dek kapal saat dievakuasi dari Gili Trawangan ke Pelabuhan Bangsal, Lombok Utara, NTB, Selasa (7/8). Ribuan turis asing dievakuasi dari Gili Trawangan setelah gempa Lombok. (ADEK BERRY/AFP)

Ketika perahu terus berdatangan, Gillian dan suami memutuskan tidak naik perahu. Perahu kecil itu tidak aman untuk membawa kedua balitanya menyelamatkan diri.

"Perahu tampak seperti akan oleng dengan jumlah orang yang penuh," Gillian melanjutkan.

Ketika feri yang lebih besar tiba, Gillian memohon kepada seorang anggota staf untuk membolehkan mereka naik bersama dua anak. Setiap beberapa menit sekali, ia terus memohon agar diizinkan naik feri.

"Setelah 30 menit dalam keadaan panas, petugas feri itu akhirnya berkata, 'Aku berjanji akan membantu Anda'. Kata-kata itu tidak akan pernah aku lupakan. Aku menangis lega," cerita Gillian.

Masih terguncang

Turis asing menunggu untuk diberangkatkan ke Bali usai dievakuasi dari Gili Trawangan ke Pelabuhan Bangsal, Lombok Utara, NTB, Selasa (7/8). Gempa 7 skala Richter mengguncang Lombok dan menewaskan 91 orang. (ADEK BERRY/AFP)

Kini, Gillian dan keluarganya menuju Bali. Ia tak tahu apa yang harus dilakukan sekarang selama sisa perjalanan mereka.

"Kami sangat terguncang dan bingung. Tidak tahu apa yang harus dilakukan sekarang," ungkap Gillian

Dua anak Gillian juga masih takut dan gemetar. Anaknya yang berumur 4 tahun terus membicarakan soal gempa yang dialami waktu di Gili Trawangan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga 1 2018: Papan Atas Masih Ketat

Posted: 08 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sepekan memasuki libur Asian Games 2018, persaingan di klasemen Liga 1 2018. Selisih poin masing-masing tim di liga yang disiarkan langsung dan eksklusif di Indosiar ini sangat tipis.

Persib Bandung, di puncak klasemen Liga 1 2018 saat ini, memang unggul lima poin dari dua pesaing terdekat mereka: PSM Makassar dan Madura United. Namun, di bawahnya, rata-rata tim hanya berselisih satu poin dengan tim di bawahnya.

Poin PSM dan Madura United, misalnya, yang berada di posisi kedua dan ketiga, sangat berpotensi disalip oleh Persija Jakarta, Bali United FC, PS Barito, dan Bhayangkara FC, karena hanya berselisih satu poin.

Persaingan ketat terjadi di papan bawah klasemen. PSIS Semaranga, yang berada di batas akhir zona degradasi, bahkan masih sangat mungkin menyalip Perseru Serui dan Mitra Kukar.

Berikut selengkapnya klasemen Liga 1 2018:

 

Klasemen Liga 1

 

 

Klasemen sementara Go-Jek Liga 1 hingga pekan 19. __ #GoJekLiga1 #Liga1KitaSatu

A post shared by Go-Jek Liga 1 (@liga1match) on

Jadwal Liga 1 Pekan Ke-20

Jumat, 10 Agustus

13.30 WIB, Perseru vs Bali United

15.30 WIB, Mitra Kukar vs Persib

15.30 WIB, Persela vs PSM

Sabtu, 11 Agustus

15.30 WIB, Sriwijaya FC vs Madura United

18.30 WIB, Arema FC vs Borneo FC

18.30 WIB, PS Tira vs Persipura

Minggu, 12 Agustus

15.30 WIB, Persija vs PSMS

15.30 WIB, Barito Putera vs Persebaya

18.30 WIB, PSIS vs Bhayangkara FC

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Caddy Cantik Korban Pembunuhan Sadis Masih Hidup Saat Dibakar Manajer Hotel

Posted: 08 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Blora - Pembunuhan caddy cantik secara sadis di kawasan hutan di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, mengungkap kejahatan lain tujuh tahun lalu. Pelakunya sama, cara membunuhnya juga sama. Bukan penjahat jalanan atau orang kasar, tapi seorang manajer hotel berbintang di Semarang.

Saat dibakar, Ferin Diah Anjani yang menjadi korban ternyata masih hidup. Hasil autopsi jenazah korban menemukan gumpalan asap di tenggorokan Ferin. Menurut Kapolres Blora AKBP Saptono, gumpalan asap itu menunjukkan bahwa korban masih bernafas, sehingga asap tersedot oleh korban.

"Pengakuan pelaku pembunuhan karena motif ekonomi. Dia mengambil barang milik korban," kata Kapolres.

Sementara itu, pertemuan Kristian Ari Wibowo dengan Ferin berlangsung selama empat jam saja, dimulai pukul 19.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB. Nyaris tengah malam, Kristian sudah membekap Ferin dengan bantal.

"Langsung kabur ke Blora, menggunakan mobil Jazz. Sampai Blora jam 02.00 dini hari, korban langsung disiram bensin di sekujur tubuhnya dan dibakar," kata Kapolres.

Setelah ditangkap, Kristian dicecar dengan berbagai pertanyaan. Ketelatenan berbuah berkah. Kasus pembunuhan pada 2011 akhirnya terungkap.

"Tahun 2011 ada kejadian hampir sama. Ditemukan jenazah perempuan di wilayah Todanan, Blora. Dengan teknik interogasi yang telaten, akhirnya pelaku ini mengaku bahwa dia juga pelakunya," kata AKBP  Saptono.

Pembunuhan Ferin Diah Anjani, caddy cantik menjadi petunjuk pengungkapan kejahatan lain. Memang tak ada kejahatan yang sempurna, cepat atau lambat, akan terungkap. 

Simak video pilihan menarik berikut di bawah ini :

 

Korban Fantasi Seks

Kapolres Blora AKBP Saptono menjelaskan alur penyelidikan yang mengungkap pembunuhan caddy cantik. (foto: Liputan6.com / felek wahyu)

Bondage Dominance Sado-Masochism, lebih dikenal dengan BDSM, adalah fantasi seksual yang lekat dengan kekerasan. Fantasi itu melibatkan peran budak dan penguasa. Inilah yang mendorong dibunuhnya caddy cantik Ferin Diah Anjani oleh Kristian Ari Wibowo dan berujung perampokan.

Diawali dengan hubungan badan yang melibatkan fantasi seks nyeleneh itulah, Kristian yang kesehariannya bekerja sebagai Front Office Manager Hotel Chanti Semarang akhirnya membunuh Ferin.

"Awalnya di-WA, ia mau diajak berfantasi. Jadi, saya siapkan lakban untuk mengikat tangan dan kakinya," tutur Kristian di Mapolres Blora, Rabu, 8 Agustus 2018.

Ketika tangannya diikat lakban, Ferin masih menurut dan tak memberontak. Namun, ketika kakinya diikat lakban, caddy cantik itu mulai memberontak. Kristian kemudian panik.

"Tangan saya digigit. Karena dia teriak, saya takut didengar orang, jadinya saya cekik dan dekap hidungnya pakai bantal," kata Kristian.

Ferin yang jadi teman kencannya hari itu meninggal. Kristian meyakini itu karena dilihatnya kakinya sudah pucat dan kaku, juga tak ada suara ngorok.

"Tubuhnya lalu saya bungkus dengan selimut hotel," kata Kristian.

Setelah dibungkus, Kristian menyeret jenazah caddy cantik dan dimasukkan ke dalam mobil. Tak dijelaskan bagaimana ia keluar kamar tanpa diketahui orang lain dengan membawa jasad Ferin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anak Konglomerat, Inilah Fakta Menarik tentang Dipo Latief Suami Nikita Mirzani

Posted: 08 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dipo Latief menjadi sosok yang disorot media entertainment Tanah Air, belakangan ini. Itu karena Nikita Mirzani berseteru dengan suami sirinya tersebut. 

Apalagi, setelah Nikita Mirzani mengajukan gugatan cerai sekaligus sidang itsbat atau pencatatan pernikahan, ternyata diam-diam Dipo Latief mengajukan laporan ke polisi.

Tidak tanggung-tanggung, dalam laporan di Polres Jakarta Selatan, Dipo Latief mengaku telah terjadi KDRT atau Kekerasan Dalam Rumah Tangga, yang diduga dilakukan Nikita Mirzani kepada dirinya.

Menikah diam-diam tak diketahui media, pasangan ini jadi buah bibir. Dipo Latief kini menjadi pusaran pemberitaan media hiburan. Jauh sebelum menikah siri dengan Nikita Mirzani Dipo Latief sesungguhnya aktif sebagai pengusaha. 

Inilah fakta menarik lainnya tentang Dipo Latief.

Anak Konglomerat

Nikita Mirzani dan Dipo Latief. (Instagram/nikitamirzanimawardi_17)

Ahmad Dipo Ditiro, begitulah nama lengkap Dipo Latief. Suami Nikita Mirzani ini adalah anak kedua dari empat bersaudara. Ayahandanya Abdul Latief, sosok konglomerat di zaman Orde Baru. Di era pemerintahan Presiden Soeharto, Abdul Latief pernah menjabat sebagai menteri.

Gurita bisnis ayahanda Dipo Latief adalah departement store besar dengan brand Pasaraya dan bidang lain. Termasuk hotel, yaitu The Ambhara Hotel.

ALatief Corporation yang didirikan Abdul Latief juga dikelola oleh Dipo Latief dan kakaknya, Medina Latief Harjani. Itulah mengapa Dipo dikenal juga sebagai pengusaha, yang turut mengurus bisnis ayahnya, Pasaraya, yang berdiri tegak di kawasan Blok M, sejak era tahun 1980-an.

Anak Mantan Bos Televisi

Nikita Mirzani dan Dipo Latief. (Instagram/nikitamirzanimawardi_17)

Dipo Latief lahir di Jakarta, 9 Januari 1973. Mengutip dari Wikipedia, tercatat Dipo Latief pernah menjabat sebagai Presiden Direktur/CEO dan Komisaris pada PT Tata Disantara serta PT Pasaraya International Hedonisarana, anak perusahaan Holding Company, ALatief Corporation.

Bersama kakaknya, Medina Latief, Dipo bahu membahu mengembangkan bisnis yang didirikan ayahandanya. Sebenarnya bukan hanya Pasaraya, Abdul Latief juga dikenal sebagai pemilik stasiun televisi Lativi. Di era awal tahun 2000-an, Lativi menjadi salah satu stasiun televisi yang kondang. 

Hingga akhirnya Lativi tutup dan dilepas Abdul Latief. Jadi belasan tahun lalu, Dipo Latief dikenal juga sebagai anak bos televisi.

Nikah dengan Nikita Mirzani

Nikita Mirzani dan Dipo Latief

Sebuah sumber yang dekat dengan Dipo Latief mengisahkan, pertemuan Dipo Latief dan Nikita Mirzani terjadi tahun 2017. Setelah itu pasangan yang dimabuk asmara ini jadi menjalin hubungan intens. 

Versi Nikita Mirzani, dia seperti terpaksa menikah dengan Dipo Latief. "Dianya yang ngajak, tadinya Niki pikir pacaran-pacaran aja," kata Nikita Mirzani di Jakarta, beberapa waktu lalu. 

Dipo Latief menikah siri dengan Nikita Mirzani 18 Februari 2018 di Jakarta. Saat itu, Dipo Latief tak langsung membawa istri barunya ke lingkungan keluarga besarnya. Agaknya, inilah pangkal berembusnya isu, Nikita Mirzani tak direstui mertua. 

Dekat dengan Anak Tiri

Nikita Mirzani dan Dipo Latief

Saat menikah dengan Nikita Mirzani, Dipo Latief berstatus duda tiga anak. Sementara publik pun sudah tahu Nikita Mirzani adalah janda dengan dua anak dari dua suami berbeda. 

Uniknya, anak-anak Nikita Mirzani, kata seorang sumber, cukup dekat dengan Dipo Latief. Misalnya Laura atau Loli, anak sulung Nikita yang memiliki kedekatan dengan Dipo Latief. "Dipo sayang juga dengan anaknya Nikita," kata sang sumber.

Nikita Mirzani diketahui sempat diisukan melakukan kekerasan fisik pada Loli. Bahkan ini sempat membuat Arist Merdeka Sirait, ketua Komnas Perlindungan anak angkat bicara, beberapa waktu lalu. Belakangan isu itu dibantah Nikita.

Lulusan Luar Negeri

Nikita Mirzani dan Dipo Latief.

Sebagai anak pengusaha besar, Dipo Latief beruntung karena bisa sekolah sampai strata tinggi dan ditempuh di luar negeri. Pria bertubuh sedang dan berdahi lebar ini menyandang gelar MBA, Financial Management, dari San Francisco Management Science (1999 – 2000).

Seperti kakaknya, Medina Latief Harjani, sama-sama jebolan sekolah di Amerika Serikat. Abdul Latief jelas memperhatikan pendidikan anak-anaknya. Dan, tentu menginginkan tongkat estafet bisnis diteruskan ke mereka. Dan memang kendali bisnis sekarang dipegang Medina dan dibantu Dipo. 

Dipo Latief mempunyai ibu sambung yaitu Donna Louisa. Ia adalah mantan model dan presenter Lativi, yang usianya jauh di bawah Abdul Latief dinikahi ayahanda Dipo, di tahun 2003. Dari pernikahan ayahanya itu, Dipo punya adik tiri bernama Nagara. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mau Test Drive Mobil Terbaru di GIIAS 2018, Lihat Deretan Unitnya

Posted: 08 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Tangerang - Bagi Anda yang sedang mencari mobil baru, Anda bisa menjajal berbagai mobil baru yang dirilis di GIIAS 2018. Sebaiknya manfaatkan waktu ini dengan baik. Anda bisa bertanya langsung kepada tenaga penjual soal fitur yang dimiliki.

Jika Anda berminat untuk test drive langsung, caranya mudah. Cukup datangi booth APM yang Anda incar unitnya. Daftarkan data diri pada tenaga penjual di sana. Setelah itu, Anda diarahkan ke lokasi test drive dan didampingi pihak terkait. Siapkan pula SIM A yang masih berlaku. Lewat test drive, agaknya Anda masih bisa merasakan impresi berkendara dengan unit yang diincar.

Nah, berikut daftar merek mobil yang bisa Anda coba selama GIIAS 2018 berlangsung. Misalnya saja BMW, MINI, Mazda, Mercedes-Benz, Isuzu, Hyundai, DFSK, Chevrolet, Wuling, dan VW. Untuk barang baru seperti Hyundai H-1 dan Santa Fe paling anyar pun tersedia unit test-nya. Kemudian Chevrolet Spark facelift juga ada. Disusul Nissan Terra yang masih hangat, tersedia pula. Yang paling beda sendiri, BMW i8 juga bisa Anda coba. BMW sangat antusias mengedukasi calon konsumen soal kendaraan plug-in hybrid.

Unit yang masih banyak diminati untuk dicoba, ada beberapa varian Xpander, new Ertiga, dan DFSK Glory 580. Sementara unit lain yang cukup banyak diminati seperti Pajero Sport 4x2 Dakar, Daihatsu Terios, Toyota Rush, Yaris, Datsun Cross, Wuling Confero S, dan Cortez 1.8. Sedikitnya tersedia 19 unit kendaraan yang bisa dicoba di belakang hall 10. Dan ada beberapa unit di belakang hall 6.

Saat mencoba unit test drive, baiknya Anda juga mencoba mobil dari kompetitor yang masih satu jenis (segmen sama). Jadi Anda bisa membandingkan sensasi berkendara sendiri. Selain melihat data spefisikasi, rasakan sendiri mana yang paling sesuai.

 

Selanjutnya

Lahan arena pengujian memang terbatas. Cenderung lebih ke pengetesan akselerasi lurus dengan jarak pendek, radius putar dengan U turn, kenyamanan bantingan suspensi dengan sejumlah polisi tidur dan tes memarkir kendaraan. Anda juga bisa melakukan riset data spesifikasi kendaraan di oto.com, sebelum berkunjung ke GIIAS. Jadi, sesampainya di pameran, Anda sudah pegang data. Selamat mencoba!

Sumber: Oto.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jual Saham Bank Danamon, Temasek Raup Dana Rp 17,8 Triliun

Posted: 08 Aug 2018 09:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Temasek lewat anak usahanya yaitu Asia Financial (Indonesia) Pte Ltd melaporkan penjualan sahamnya di PT Bank Danamon Tbk (BDMN). Penjualan saham oleh anak perusahaan tersebut dilakukan pada 3 Agustus 2018.

Mengutip keterbukaan informasi yang disampaikan kepada Bursa Efek Indonesia (BEI), yang ditulis Kamis (9/8/2018), Temasek  sebelumnya memiliki secara tidak langsung terhadap jumlah keseluruhan 5,16 saham yang dimiliki oleh beberapa anak perusahaan, mewakili sekitar 53,9 persen dari seluruh saham yang ditempatkan.

Temasek melalui anak usahanya menjual 1,92 miliar saham kepada MUFG Bank. Harga penjualan saham Bank Danamon Rp 8.921. Jadi total dana yang diraup sekitar Rp 17,18 triliun.

Penjualan saham oleh anak perusahaan Temasek antara lain oleh Asia Financial (Indonesia) Pte Ltd sebesar 1,83 miliar saham dan penjualan atas seluruh saham yang dimiliki oleh Fullerton Financial Holdings Pte Ltd dan Angelica Investment Pte Ltd dalam PT Guna Dharma sebesar 95,84 juta saham.

Jadi usai penjualan saham Bank Danamon, Temasek masih jadi pengendali saham. Total kepemilikan saham Temasek di Bank Danamon sebesar 33,8 persen.

 

MUFG Tingkatkan Investasi di Bank Danamon

Ilustrasi Bank Danamon (Foto: Istimewa)

Sebelumnya, MUFG Bank (Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ) mengumumkan telah meningkatkan investasi di PT Bank Danamon Indonesia Tbk menjadi 40 persen sehingga jadi pengendali saham perseroan.

MUFG Bank akuisisi secara langsung dan tidak langsung saham tambahan sebanyak 20,1 persen milik Asia Financial Indonesia Pte Ltd dan entitas terafiliasi lainnya.

Aksi korporasi ini sebagai bagian dari tahap dua dari transaksi yang diajukan seperti yang diumumkan pada 26 Desember 2017.

Saham tambahan sebesar 20,1 persen di Bank Danamon diperoleh berdasarkan penilaian Danamon dengan harga Rp 8.921 per saham (USD 0,62). Jumlah investasi sekitar Rp 17,18 triliun atau sekitar USD 1,19 miliar. Demikian mengutip keterangan tertulis, Sabtu (4/8/2018).

Harga tersebut berdasarkan pada price book value pada kuartal II 2018 dari dua kali dengan penyesuaian tertentu yang diterapkan. Setelah tahap kedua, AFI anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Fullerton Financial Holdings Pte Ltd akan tetap jadi pemegang saham pengendali di Bank Danamon dengan kepemilikan saham sebesar 33,8 persen.

MUFG Bank Regional Executive for Asia, Takayoshi Futae menuturkan, penyelesaian tahap 2 dari kerja sama strategis antara MUFG Bank dan Bank Danamon merupakan tonggak penting dan menambah momentum bagi upaya perseroan yang sedang berlangsung untuk eksplorasi sinergi bersama.

"Kami telah melakukan beberapa diksusi mendalam dan produktif dengan Danamon sejak bergabung sebagai mitra usaha pada bulan Desember dan kami yakin bahwa akan muncul berbagai ranah kolaborasi bisnis yang dapat kami kerjakan bersama," kata dia.

"Lebih penting lagi, penyelesaian Tahap 2 ini memberi kami dorongan bahwa komitmen MUFG Bank untuk berkontribusi pada ekonomi Indonesia diterima dengan baik oleh para pemangku kepentingan dan regulator kami, dan kami merasa sangat terhormat serta berterima kasih atas kepercayaan dan dukungan mereka," tambah Futae.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Minus Golkar, Para Sekjen Parpol Koalisi Jokowi Kumpul di Rumah Cemara

Posted: 08 Aug 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Para Sekretaris Jenderal partai politik pendukung Jokowi, hari ini, Kamis (9/8/2018) menggelar pertemuan tertutup di Rumah Cemara, Jakarta Pusat.

Sekjen PKB Abdul Kadir Karding mengatakan, pertemuan dimulai sekitar pukul 09.00 WIB sampai kurang lebih pukul 10.20 WIB. Dalam pertemuan itu tidak tampak kehadiran Sekjen Golkar.

"Semua hadir kecuali Golkar, izin ada acara partai," ucap Karding, Kamis (9/8/2018).

Dia menuturkan, yang dibincangkan adalah dalam suasana santai dan membahas persiapan pendaftaran untuk capres dan cawapres di KPU.

"Ya membahas masalah persiapan pendaftaran," ungkap Karding.

Meski demikian, dia tak menepis soal adanya masukan Pengurus Besar Nadhlatul Ulama yang menyatakan akan mencabut dukungan, jika bukan orang NU yang dipilih jadi Cawapres Jokowi.

"Ya salah satunya didiskusikan," tegas Karding.

Saat ditanya apakah nama Cawapres Jokowi sudah di tangan para Sekjen? Dia menegaskan.

"Masih di tangan Presiden," dia memungkasi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liga Inggris: Lawan Leicester, MU Wajib Menang

Posted: 08 Aug 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Manchester United (MU) akan bertemu Leicester City di laga Liga Inggris musim ini, akhir pekan nanti. Hadapi laga penting ini, bintang MU Alexis Sanchez menegaskan timnya wajib menang.

Musim ini MU sudah membenahi timnya. Mereka mencoba merekrut pemain-pemain baru.

Beberapa pemain yang sudah datang ke MU adalah gelandang Fred, kemudian bek Diogo Dalot, dan kiper veteran yakni Lee Grant.

Manajer MU, Jose Mourinho, juga sudah membawa timnya menjalani latihan pra-musim. Skuat MU juga sudah menjalani sejumlah pertandingan uji coba.

Akan tetapi rencana Mourinho bisa dibilang cukup berantakan. Pasalnya tak semua pemain MU bisa gabung latihan pra-musim itu.

Ada pemain yang absen karena masih liburan usai bermain di Piala Dunia 2018. Ada juga pemain yang kemudian tak bisa ikut latihan secara penuh karena alasan keluarga.

Penuh Kendala

Alexis Sanchez (Twitter)

Sanchez mengakui bahwa persiapan timnya menghadapi kompetisi musim ini penuh kendala. Akan tetapi ia mewajibkan rekan-rekannya untuk meraih kemenangan, termasuk di laga perdana lawan Leicester di matchday 1 EPL akhir pekan ini di Old Trafford.

"Ini selalu pertandingan yang sulit melawan Leicester tetapi setiap pertandingan sulit di Liga Inggris. Kami hanya berharap bahwa kami dapat memberikan penjelasan yang baik tentang diri kami pada hari pertama," serunya seperti dilansir Sky Sports.

Harus Menang

Striker Manchester United, Alexis Sanchez, terjatuh saat berebut bola dengan pemain Liverpool pada laga ICC 2018 di Stadion Ann Arbor, Michigan, Minggu (29/7/2018). Liverpool menang 4-1 atas Manchester United. (AP/Carlos Osorio)

"Kami mungkin tidak dapat mengandalkan semua orang yang telah bermain di Piala Dunia, tetapi semua orang yang menjalani sesi pra-musim secara penuh sangat tertarik dan bersemangat untuk bermain dan semoga kami akan berada dalam kondisi yang baik," ujar Sanchez.

"Ini adalah pertandingan yang harus dimenangkan, tetapi dengan Manchester United Anda berkewajiban untuk menang di setiap pertemuan yang Anda hadapi, kami harus membuktikan bahwa kami adalah salah satu klub terbesar yang ada di panggung dunia. Kami memiliki beberapa pemain berkualitas dan mari harap kami benar-benar dapat menunjukkan itu pada hari Jumat," tandasnya.

 

Sumber: bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Legalisasi Aborsi, Massa Pro dan Kontra Turun ke Jalanan Argentina

Posted: 08 Aug 2018 09:45 PM PDT

Massa pro (kanan) dan kontra legalisasi aborsi (kiri) berkumpul di Alun-Alun Dos Congresos, Buenos Aires, Argentina, Rabu (8/8). Senat Argentina menggelar pemungutan suara terkait RUU yang akan melegalkan aborsi. (IVAN PISARENKO/AFP)

Massa pro (kanan) dan kontra legalisasi aborsi (kiri) berkumpul di Alun-Alun Dos Congresos, Buenos Aires, Argentina, Rabu (8/8). Senat Argentina menggelar pemungutan suara terkait RUU yang akan melegalkan aborsi. (IVAN PISARENKO/AFP)

Para aktivis yang menentang legalisasi aborsi berdemonstrasi di luar Kongres Nasional di Buenos Aires, Argentina, Rabu (8/8). Senat Argentina menggelar pemungutan suara terkait RUU yang akan melegalkan aborsi. (Alberto RAGGIO/AFP)

Para aktivis yang menentang legalisasi aborsi berdemonstrasi di luar Kongres Nasional di Buenos Aires, Argentina, Rabu (8/8). Senat Argentina menggelar pemungutan suara terkait RUU yang akan melegalkan aborsi. (Alberto RAGGIO/AFP)

Para aktivis yang menentang legalisasi aborsi berdemonstrasi di luar Kongres Nasional di Buenos Aires, Argentina, Rabu (8/8). Senat Argentina menggelar pemungutan suara terkait RUU yang akan melegalkan aborsi. (AP Photo/Natacha Pisarenko)

Para aktivis yang menentang legalisasi aborsi berdemonstrasi di luar Kongres Nasional di Buenos Aires, Argentina, Rabu (8/8). Senat Argentina menggelar pemungutan suara terkait RUU yang akan melegalkan aborsi. (AP Photo/Natacha Pisarenko)

Para wanita menari saat mendukung protes dekriminalisasi aborsi di luar Kongres Nasional di Buenos Aires, Argentina, Rabu (8/8). Senat Argentina menggelar pemungutan suara terkait RUU yang akan melegalkan aborsi. (AP Photo/Natacha Pisarenko)

Para wanita menari saat mendukung protes dekriminalisasi aborsi di luar Kongres Nasional di Buenos Aires, Argentina, Rabu (8/8). Senat Argentina menggelar pemungutan suara terkait RUU yang akan melegalkan aborsi. (AP Photo/Natacha Pisarenko)

Aktivis pro legalisasi aborsi menempatkan lilin di luar Kongres Nasional di Buenos Aires, Argentina, Selasa (7/8). Senat Argentina menggelar pemungutan suara terkait RUU yang akan melegalkan aborsi. (AP Photo/Natacha Pisarenko)

Aktivis pro legalisasi aborsi menempatkan lilin di luar Kongres Nasional di Buenos Aires, Argentina, Selasa (7/8). Senat Argentina menggelar pemungutan suara terkait RUU yang akan melegalkan aborsi. (AP Photo/Natacha Pisarenko)

Senat Argentina jelang debat tentang UU dekriminalisasi aborsi di Buenos Aires, Argentina, Rabu (8/8). Parlemen Argentina menggelar pemungutan suara yang akan mendekriminalisasi aborsi hingga 14 minggu pertama kehamilan. (AP Photo/Natacha Pisarenko)

Senat Argentina jelang debat tentang UU dekriminalisasi aborsi di Buenos Aires, Argentina, Rabu (8/8). Parlemen Argentina menggelar pemungutan suara yang akan mendekriminalisasi aborsi hingga 14 minggu pertama kehamilan. (AP Photo/Natacha Pisarenko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Adik Prabowo Sebut Gerindra, PKS, dan PAN Solid, Bagaimana Demokrat?

Posted: 08 Aug 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo mengungkapkan tentang kondisi koalisi Prabowo Subianto. Dia menyebut ikatan koalisi tetap solid kendati diterpa isu keretakan.

"Bagus kok semua bagus saya lihat. Semua perkembangan bagus semua solid dan bagus. Dari koalisi kita solid kok dari Gerindra, PAN, PKS itu solid ya insyaAllah," kata Hashim di Balai Kota Jakarta, Kamis (9/8/2018).

Namun begitu, Hashim tidak menyebut nama Partai Demokrat. Hubungan partai yang dipimpin Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan Partai Gerindra sempat menegang setelah muncul cuitan dari petinggi Partai Demokrat soal 'Jenderal Kardus' yang merujuk kepada Prabowo Subianto.

Untuk menampik adanya keregangan, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo mengunjungi SBY di kediamannya, Mega Kuningan, Jakarta. Tampak hadir menemaninya, Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, Waketum Fadli Zon, dan Waketum Sugiono. Menyusul Anggota Dewan Pembina Gerindra Fuad Bawazier yang datang belakangan.

Usai melangsungkan pertemuan selama 40 menit, Prabowo buru-buru meninggalkan kediaman SBY. Tak ada satu pun statemen yang diberikan pihak Gerindra.

Namun, Ketua DPP Demokrat Ferdinand Hutahaean mengatakan pertemuan tersebut mengartikan bahwa hubungan dua belah pihak terjalin meski sempat memanas atas pernyataan Wasekjen Demokrat Andi Arief soal 'jenderal kardus' yang merujuk pada Prabowo.

"Pertemuan ini menjadi bukti bahwa koalisi masih ada dan tidak bubar mudah-mudahan berjalan baik," ucapnya di lokasi.

 

Pernyataan Pribadi

Politikus Demokrat Andi Arief. (Liputan6.com/M. Radityo)

Dia mengatakan pernyataan Andi Arief yang ditengarai merujuk kepada Prabowo Subianto itu bukan pernyataan resmi Partai Demokrat.

"Demokrat itu tentu kalau bicara diwakili ketua umum dan sekjen," ucap Ferdinand.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

 

 

Saksikan tayangan video menarik berikut ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kena Gempa Lombok, Rumah Zohri Rusak?

Posted: 08 Aug 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gempa Lombok mengguncang pulau Kombok, NTB. Rumah pelari cepat Indonesia, Lalu Muhamad Zohri juga ikut terguncang gempa. Apakah rumahnya roboh?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sektor Keuangan RI Telat Siapkan SDM dan Infrastruktur Hadapi Era Digital

Posted: 08 Aug 2018 09:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Arbitrase Pasar Modal Indonesia (BAPMI) membuka perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Kamis (9/8/2018).

Pada kesempatan tersebut, BAPMI sekaligus merayakan hari ulang tahun lembaga yang ke-16 tahun dengan membuka seminar bertemakan Tantangan dan Prospek Pengembangan Lembaga Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa di Sektor Jasa Keuangan Indonesia dalam Era Digital, e-Commerce dan Cross-Border Transaction.

Dalam sambutannya, Sekretaris Jenderal BAPMI Felix Soebagjo mengatakan, pertambahan usia ini sekaligus mewajibkan pihaknya untuk terus menyesuaikan diri dalam perkembangan zaman yang semakin terdigitalisasi.

"Ibarat seorang anak, maka usia BAPMI ini tengah menjelang masa kedewasaannya. Sehingga diharapkan, BAPMI dapat memantapkan posisinya dalam pengembangan pasar modal menjadi lebih baik lagi, sesuai perannya sebagai lembaga alternatif penyelesaian sengketa," ujar dia di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta.

Dia menuturkan, topik seminar yang diadakan tersebut terkesan mengawang-ngawang. Akan tetapi, ia menambahkan, kondisi itu sedang benar-benar terjadi serta menjadi persoalan yang riil dan kontekstual yang kini tengah dihadapi.

Dia pun melanjutkan, sektor keuangan nasional mau tidak mau harus bisa beradaptasi dan menghadapi segala tantangan era digital dan e-commerce agar ke depan dapat terus sustain.

"Mungkin, ini sudah kita prediksi sejak beberapa tahun lalu. Tapi kita lambat dalam mempersiapkan sumber daya manusia dan infrastruktur yang mestinya sudah dibangun dari jauh-jauh hari untuk menyongsong era tersebut," tutur Felix.

 

Menperin: Tahun Politik Jadi Tantangan Industri Pasar Modal

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto memberikan sambutan pada pembukaan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE BSD, Tangsel, Kamis (2/8). GIIAS 2018 mengambil tema Expand Ideas Beyond Mobility. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Sebelumnya, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto membuka perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu ini. Kehadiran Airlangga juga dalam rangka menghadiri musyawarah anggota tahunan Asosiasi Emiten Indonesia (AEI) 2018.

Setelah dibuka resmi tepat pukul 09.00 WIB, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 19,33 poin atau 0,33 persen menjadi 5.955,78.

Dalam sambutannya, Airlangga mengungkapkan, tantangan yang tengah dihadapi oleh Indonesia pada tahun ini dan tahun depan selain politik yaitu penguatan ekonomi. Salah satu faktor yang menentukan pertumbuhan ekonomi nasional adalah pasar modal.

"Tantangan kita salah satunya politik, tapi juga ada salah duanya yaitu masalah penguatan ekonomi. Salah satu outflow adalah melalui pasar modal, yang harus juga diperhatikan pasar modal. Karena dibandingkan tahun lalu dropnya cukup besar. Yang perlu diperhatikan tidak hanya market tapi juga institusi," ujar dia di BEI, Jakarta, Rabu 1 Agustus 2018.

Sementara itu, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Hoesen yang juga hadir menyatakan, dinamika politik di tahun politik ini mau tidak mau akan memberikan dampak pada ekonomi. Namun yang perlu diperhatikan yaitu bagaimana dinamika tersebut memberikan dampak yang positif.

"Pada 2018-2019 ini merupakan tahun poitik. Tahun depan kita masih menghadapi Pilpres dan Pileg. Kita tahu di mana dinamika politik memengaruhi seluruh elemen, termasuk ekonomi. Namun optimisme terhadap pertumbuhan harus menjadi peluang yang kita manfaatkan agar bisa menyambut kondisi dengan positif," kata dia.

‎Turut hadir pula Ketua Umum AEI Franciscus Welirang, Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna, Direktur Utama KSEI Friderica Widyasari.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jawaban Prabowo soal Sandiaga Uno jadi Cawapresnya

Posted: 08 Aug 2018 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sandiaga Uno muncul menjadi kandidat kuat mendampingi Prabowo Subianto dalam Pilpres 2019. Nama Sandiaga bersaing dengan AHY untuk menjadi pendamping Prabowo. Apa tanggapan Ketum Gerindra tersebut?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Merasa Difitnah, PKS Akan Bawa Cuitan Jenderal Kardus ke Ranah Hukum

Posted: 08 Aug 2018 09:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengatakan, pernyataan Wasekjen Partai Demokrat Andi Arief yang menyebut partainya menerima uang dari Sandiaga Uno terkait pencapresan merupakan fitnah keji.

Ketua DPP PKS Ledia Hanifa menegaskan, tudingan Andi Arief sangat serius karena menerima mahar politik dalam proses pencalonan presiden adalah tindakan pidana pemilu yang fatal.

"Pernyataan Andi Arief jelas fitnah keji. Ini tudingan tidak main-main yang memiliki konsekuensi hukum terhadap yang bersangkutan," ujar Ledia di Jakarta, dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis (9/8/2018).

Dia mengatakan, PKS siap untuk membawa cuitan fitnah Andi Arief ke ranah hukum.

Ledia menambahkan, sebagai petinggi partai politik yang sempat berkuasa di Indonesia, Andi Arief tidak selayaknya sembarangan melempar fitnah kepada institusi secara terbuka.

"Saya melihat tidak ada klarifikasi resmi dari partainya sehingga kami menyimpulkan ini juga merupakan sikap institusi partai tempat Andi Arief bernaung," papar Ledia.

Pernyataan Andi Arief

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Andi Arief menulis sejumlah kritikan keras terhadap Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto di akun Twitternya. Dalam cuitannya tersebut, dia membawa sejumlah partai politik, termasuk PKS.

Sejumlah twit Andi yang ditulis tadi Rabu malam 8 Agustus 2018 anatara lain berbunyi:

"Prabowo ternyata kardus, malam ini kami menolak kedatangan ke kuningan. bahkan keinginan dia menjelaskan lewat surat sudah tidak perlu lagi. Prabowo lebih menghargai uang ketimbang perjuangan, jenderal kardus."

Dilanjut dengan twit berikutnya.

"Jenderal kardus punya kualitas buruk, kemarin sore bertemu ketum Demokrat dengan janji manis perjuangan. belum dua puluh empat jam mentalnya jatuh ditubruk uang Sandi uno untuk mengentertain PAN dan PKS."

Andi mengaku kecewa terhadap Prabowo Subianto, yang dianggapnya tidak komitmen dengan ucapannya.

"Benar, saya dengar dan bisa dicek dalam karier politik saya bahwa saya tidak pernah bohong," kata Andi di Rumah Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Jalan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (9/8/2018) dini hari.

Menurut Andi, Prabowo sebagai calon presiden telah berselingkuh dan tak sejalan dengan kariernya sebagai mantan jenderal militer. Andi pun yakin, bahwa Prabowo telah melakukan politik transaksional dengan menerima suntikan dana segar sebesar Rp 500 miliar.

"Saya Andi Arief tidak pernah membuat isu dalam karier politik saya," kata dia saat menjawab keabsahan kabar mahar tersebut.

 

Saksikan video pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Daftar Capres ke KPU Besok Sebelum Salat Jumat

Posted: 08 Aug 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, pihaknya akan mendaftarkan calon presiden Joko Widodo (Jokowi) ke KPU sebelum salat Jumat 10 Agustus 2018.

"Sesuai arahan bapak Presiden Jokowi rencananya kami akan mendaftarkan pada hari Jumat 10 Agustus sebelum Jumatan," ucap Hasto di Rumah Cemara, Jakarta, Kamis (9/8/2018).

Dia menuturkan, pendaftaran akan dilakukan secara sederhana. Mengingat masih dalam keadaan duka terhadap apa yang terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

"Tidak ada pengerahan yang besar," ungkap Hasto.

Sementara, pihaknya juga masih mempersiapkan deklarasi calon wakil presiden pendamping Jokowi.

"Ya nantinya perlu beberapa hal persiapan-persiapan dulu, untuk mengumumkan. Dan kembali ini ranah Presiden dan Ketua Umum partai," jelas Hasto.

 

Deklarasi

Sementara itu, Sekjen PPP Arsul Sani, menegaskan, deklarasi bisa saja dilakukan malam ini atau besok pagi.

"Tempatnya ini masih kita koordinasikan. Kalau tidak nanti malam, ya besok," Arsul memungkasi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Showbiz: Gantung Bertahun-tahun, Ini Fakta di Balik Kasus Video Luna Maya - Cut Tari

Posted: 08 Aug 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sewindu lalu, publik Tanah Air dihebohkan dengan beredarnya dua buah video mesum. Bagaimana tidak, wajah-wajah dalam rekaman tak senonoh tersebut familiar di benak masyarakat.

Dua artis wanita papan atas, Luna Maya dan Cut Tari, terseret dalam pusaran kasus tersebut. Namun kasus ini lantas tergantung selama bertahun-tahun.

Proses praperadilan terhadap kasus ini kembali menarik perhatian pembaca kanal Showbiz Liputan6.com. Artikel mengenai kasus video Luna Maya dan Cut Tari ini, menjadi yang terpopuler sepanjang hari Rabu (8/8/2018) kemarin.

Selain artikel tersebut, dua berita terpopuler lain adalah yang menceritakan tentang istri Gilang Dirga dan istri Panji Trihatmodjo, Varsha Strauss.

Berikut Top 3 Showbiz Liputan6.com selengkapnya:

1. Begini 6 Fakta Kasus Video Luna Maya, Cut Tari dan Ariel NOAH

Proses praperadilan yang diajukan Lembaga Pengawas, Pengawalan, dan Penegakan Hukum Indonesia (LP3HI) atas status tersangka Luna Maya dan Cut Tari, telah ditolak hakim. Namun proses hukum tentang kasus ini, kadung menyulut kembali rasa penasaran publik.

Berikut 6 fakta kasus video Luna Maya dan Cut Tari.

 

2. Istri Gilang Dirga Curhat Tertipu Rp 134 Ribu

Gilang Dirga dan Adiezty Fersa [foto: instagram.com/adieztyfersa]

Adiezty Fersa, istri Gilang Dirga, kini tengah kesal. Pasalnya, ia baru menjadi korban penipuan. Jumlah kerugiannya memang tak besar, tapi ia tak mau diam saja.

Berikut artikel lengkapnya.

 

3. Jadi Menantu Bambang Trihatmodjo, Varsha Strauss Ganti Nama

Panji Trihatmodjo dan Versha Strauss. (Istimewa)

Setelah menikah dengan Panji Trihatmodjo pada pekan lalu, ada satu hal yang berubah dari Varsha Strauss. Wanita berambut pirang ini mengubah namanya dengan satu kata yang kental dengan nuansa Jawa.

Apa itu? Baca selengkapnya di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gerindra DKI: Sandiaga Uno Mundur dari Wagub Besok Pagi

Posted: 08 Aug 2018 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Sekretariat Bersama Gerindra PKS PAN M Taufik mengatakan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga sudah bersiap-siap maju sebagai cawapres mendampingi Prabowo Subianto.

"Iya kan kalau ngajuin surat pailit, kan siap-siap aja," kata Taufik saat dihubungi wartawan, Kamis (9/8/2018).

Ketua DPD Gerindra DKI itu mengatakan Sandiaga akan mengundurkan diri sebagai wakil gubernur besok pagi.

"Ya kalau mau nyapres kan musti mundur. Kalau mau daftar siang besok pagi mesti mundur," ucapnya.

Taufik menyebut kepastian apakah Sandi akan berduet dengan Prabowo baru akan diketahui malam ini, saat deklarasi di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara. Bila benar ia menjadi cawapres, maka pada Jumat pagi Sandi akan mundur dari DKI 2.

"Ya tergantung nanti malam (deklarasi) kalau dia cawapres ya mesti mundur kan pagi," kata Taufik.

Soal adanya kode PS-SU (Prabowo Subianto-Sandiaga Uno) yang beredar, Taufik menilai inisial itu sudah cocok. "Cakep enggak? Mantep banget tuh ya," tandasnya.

 

Ajukan Surat Tak Pailit

Wakil Gubernur DKi Jakarta Sandiaga Uno hampir dipastikan maju dalam Pilpres 2019. Sandiaga telah mengurus surat pernyataan tidak sedang dalam kondisi pailit sebagai syarat menjadi calon presiden dan wakil presiden 2019.

"Sampai detik ini baru yang mengajukan adalah Pak Prabowo, Pak Jokowi, dan Pak Sandiaga Uno," ujar Humas PN Jakpus Bagian Niaga, Jamaluddin Samosir, saat dikonfirmasi Liputan6.com di Jakarta, Kamis (9/8/2018).

Ketua Umum PPP Romahurmuziy‏ dalam akun Twitter-nya telah memberi kode siapa yang akan maju pada pilpres akan mengurus surat Pernyataan Tidak Sedang dalam Kondisi Pailit.

"Yg ontran2, biarkan sampe besok membereskan rumah tangganya. Nah, klo skrng ingin tahu siapa cawapres @jokowi, datangilah PN Jakarta Pusat. Ceklah siapa yg ngurus "Pernyataan Tidak Sedang dalam Kondisi Pailit". Krn persyaratan ini tdk sebentar ngurusnya, dan besok harus masuk," tulis pria yang akrab disapa Romi ini dalam akun @MRomahurmuziy.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Gempa Lombok, Aktivitas Publik Dilakukan di Tenda Darurat

Posted: 08 Aug 2018 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Lombok Pasca gempa warga Lombok masih trauma dan memilih tinggal di pengungsian karena khawatir gempa susulan. Sementara aktifitas pelayanan publik di Kabupaten Lombok terpaksa dilakukan di tenda darurat. Bantuan untuk korban bencana juga terus berdatangan.

Sementara itu kondisi rumah warga di Desa Selat, Kecamatan Naramada, Lombok Barat yang menjadi desa terparah terdampak gempa di Kabupaten Lombok Barat hancur lulu lantah.

Hingga saat ini ratusan warga masih tetap mengungsi dan berada di tenda darurat yang dibangun swadaya. Uluran tangan berupa makanan dan minuman sangat dibutuhkan warga. 

Simak berita selengkapnya di Liputan6 Siang SCTV, pukul 12.00 WIB. Anda juga dapat menyaksikan melalui live streaming, klik di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

China Siap Kalahkan Australia sebagai Donor Keuangan Terbesar di Kawasan Pasifik

Posted: 08 Aug 2018 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Beijing - Baru-baru ini, China disebut akan mengambil alih posisi Australia sebagai donor terbesar ke wilayah Pasifik, setelah menjanjikan bantuan senilai US$ 4 miliar (setara Rp 57,6 triliun) tahun lalu.

Selama ini, wilayah Pasifik --yang juga dikenal dengan nama Oceania-- mendapat donor terbesar dari Australia. Namun pada 2017, jumlah bantuan yang dijanjikan China disebut empat kali lipat dibandingkan kucuran dana dari Negeri Kanguru, demikian data dari lembaga think-tank Lowy Institute yang diterbitkan pada Rabu, 8 Agustus 2018.

Diketahui, Canberra menjanjikan bantuan senilai 815 juta dolar Australia (setara Rp 11,7 triliun) ke Pasifik pada tahun keuangan 2017-2018.

Dikutip dari The Guardian, Kamis (9/8/2018), sebagian besar dana dari Beijing dialokasikan untuk proyek infrastruktur di Papua Nugini.

Berita tentang besarnya dana bantuan dari Beijing muncul di tengah kegelisahan Australia terhadap meningkatnya pengaruh China di wilayah tersebut.

Hal itu sempat memicu pertikaian diplomatik awal tahun ini, setelah laporan bahwa sebuah pelabuhan yang didanai oleh pinjaman China di Vanuatu merupakan bagian dari upaya untuk membangun kehadiran militer di kawasan Pasifik.

Pada 2014, China adalah donor terbesar keempat ke wilayah Pasifik, di belakang Australia, AS, dan Selandia Baru. Namun kenaikan jumlah kucuran dana dari Beijing, dikombinasikan dengan pemotongan bantuan AS, menjadikannya sebagai donor terbesar saat ini.

Matthew Clarke, profesor pembangunan internasional di Deakin University, mengatakan pengaruh China "mungkin tak terelakkan", meskipun dia "terkejut itu terjadi begitu cepat".

Beijing tidak melaporkan pengeluaran bantuannya kepada OECD atau dalam dokumen anggarannya, yang berarti para peneliti di Lowy Institute harus menyisir pengumuman pemerintah dan dokumen keuangan sejak hampir 10 tahun.

Matthew Dornan, wakil direktur pusat pengembangan kebijakan di Australian National University, mengatakan karena bagaimana hal itu dilaporkan, janji bantuan China cenderung dibesar-besarkan, dan dia menduga tidak semua dari US$ 4 miliar dijanjikan akan berakhir mencapai Pasifik.

Australia tetap menjadi donor terbesar di kawasan itu dalam hal uang yang dibelanjakan, setelah mengirimkan bantuan US$ 6,58 miliar ke wilayah tersebut antara 2011 dan Juni 2017, dibandingkan dengan bantuan senilai US$ 1,26 miliar yang dikirim oleh China dari 2011 hingga Februari 2018.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

 

Kemungkinan Lunturnya Pengaruh Australia

Bendera Australia (iStockphoto via Google Images)

Secara keseluruhan, bantuan ke Pasifik menurun, menyusut 20 persen antara tahun 2011 dan 2016. Amerika Serikat, Uni Eropa, dan Prancis, semua donor penting sebelumnya, telah secara signifikan mengurangi bantuan mereka.

Pemerintah koalisi Australia telah membuat pemotongan bantuan senilai $ 11 miliar sejak mengambil alih kantor pada tahun 2013, membawa anggaran bantuan ke tingkat "paling murah hati" yang pernah ada. Bantuan ke Pasifik kini mencapai hampir sepertiga dari program bantuan Negeri Kanguru.

Menteri luar negeri Australia, Julie Bishop, berbicara kepada kantor berita ABC, membela bantuan yang dari pemerintahnya ke wilayah sebagai "rekor tertinggi" dalam satu dekade terakhir.

Dia mengaku tidak merasa khawatir terhadap kemungkinan penguatan pengaruh China di wilayah Pasifik.

"Kami menyambut baik peran yang dimainkan oleh semua donor, termasuk China, untuk mendukung pembangunan di Pasifik," kata Bishop. Dia menambahkan bahwa itu adalah donor penting "jangan memaksakan beban utang yang membebani pemerintah daerah."

Namun, Profesor Clarke memperingatkan bahwa jika China akan menjadi kekuatan dominan di kawasan itu, nilai-nilai yang dihargai oleh Australia bisa terkikis.

"Risiko lainnya adalah kedaulatan negara penerima dengan tingkat utang jangka panjang. China memberikan pinjaman lunak yang signifikan untuk membiayai infrastruktur," ujar Profesor Clarke.

Dia memperingatkan bahwa jika negara-negara Pasifik tidak dapat membayar kembali pinjaman mereka, kemungkinan ganti ruginya adalah harus memberikan tanah atau sumber daya ke China, seperti yang terjadi di Sri Lanka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Wukuf, Jemaah Haji Mesti Siapkan Fisik

Posted: 08 Aug 2018 09:30 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Madinah sudah kosong dari jemaah haji Indonesia. Seluruh jemaah telah bergeser ke Makkah bergabung dengan gelombang 2 yang tiba melalui Jeddah.

Meski demikian, masih ada 7 pasien yang dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah. Seluruh pasien merupakan pasien yang kembali dari rawatan di RS Arab Saudi.

"Hari ini 4 orang rencananya akan dievakuasi ke Makkah, sehingga yang masih dirawat di KKHI Madinah ada 3 orang", jelas Direktur KKHI Madinah dr. M. Yanuar, Sp.P. seperti dikutip dari keterangan pers di Jakarta, Kamis, (9/8/2018).

Ditambahkan, di RSAS Madinah saat ini masih ada 18 orang yang dirawat, dimana 6 orang diantaranya masih dirawat di ruang ICU dengan ventilator, serta 2 – 3 orang direncanakan kembali ke KKHI hari ini.

Di KKHI Makkah sampai dengan tanggal 7 Agustus 2018, telah merawat 219 pasien. Adapun jemaah yang masih dirawat inap di KKHI Makkah sebanyak 97 orang dan dirawat di RSAS di Makkah 64 jemaah.

Direktur KKHI Makkah dr. Nirwan Satria, Sp.An menyebutkan, pasien yang banyak dirawat adalah karena sesak, dementia, hipertensi dan ulkus diabetes.

"Ini tercetus karena kelelahan fisik dan kurang minum," jelasnya. Menjelang Wukuf yang akan dilaksanakan 2 pekan ke depan Nirwan mengimbau agar jemaah jangan banyak melakukan aktivitas yang tidak penting, banyak minum, dan makan tepat pada waktunya.

"Kalau beraktivitas pakai alat pelindung diri (APD)," tambahnya.

Nirwan mengingatkan, haji adalah wukuf. "Jaga kesehatan jelang wukuf. Kami sudah siapkan KKHI Makkah dengan lebih dari 200 tempat tidur dan dokter spesialis. Namun yang utama adalah jemaah harus mampu menjaga kesehatannya masing-masing. Gunakan APD dan ikuti anjuran kesehatan yang sudah disampaikan oleh Tim Promotif Preventif dan dokter Kloter," tambahnya.

Sementara itu Kepala Pusat Kesehatan Haji Eka Jusuf Singka menyatakan, Pemerintah Indonesia sangat peduli dengan kesehatan jemaah haji khususnya dalam melaksanakan wukuf sebagai puncak ibadah haji nanti.

"Kemenkes akan menyewa tenda khusus berukuran 15×20 meter untuk klinik jemaah haji lengkap dengan AC dan genset. Seluruh peralatan kesehatan dan obat-obatan akan dipersiapkan oleh PPIH kesehatan," tegas Eka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Marquez Waspadai 2 Rider Ducati di MotoGP Austria

Posted: 08 Aug 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Spielberg - Rider Repsol Honda Team, Marc Marquez sudah siap menghadapi MotoGP Austria, akhir pekan ini. Namun, dia mewaspadai kecepatan dua rider Ducati, Andrea Dovizioso dan Jorge Lorenzo.

Menurut Marquez, MotoGP Austria sangat cocok untuk motor Ducati. Red Bull Ring memiliki empat trek lurus yang sangat cocok untuk motor Ducati Desmosedici GP18.

Kecepatan Dovizioso dan Lorenzo sulit dilawan Marquez saat balapan di MotoGP Republik Ceko, pekan lalu. Marquez berada di peringkat ketiga, di belakang Lorenzo dan Dovizioso, yang keluar sebagai juara di Sirkuit Brno.

"Saya datang ke Austria setelah mendapat hasil tes yang bagus di Brno. Saya dan tim menemukan beberapa hal positif. Kami akan mencoba beberapa hal positif itu di Red Bull Ring dan melihat bagaimana semuanya bekerja," kata Marquez, seperti dikutip dari Crash.

"MotoGP Austria merupakan trek yang membuat Dovizioso dan Lorenzo kuat. Namun, kami juga kuat di sana tahun lalu jadi kami percaya diri hingga tikungan terakhir," ucapnya menambahkan.

Belum Menang di Austria

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez. (Twitter/Repsol Honda)

Marquez sendiri belum pernah menang di MotoGP Austria sejak pertama digelar pada 2016. Dalam dua tahun terakhir, Ducati selalu merajai Red Bull Ring.

Pada MotoGP 2017, Dovizioso menjadi yang tercepat. Dia unggul tipis 0,176 detik dari Marquez. Namun, Marquez percaya diri menantang Ducati pada 12 Agustus mendatang.

"Kami akan mencoba untuk menjadi cepat dari awal dan kemudian bertarung di depan. Sebenarnya, ini akan menjadi kali kedua balapan di Austria, setelah pengalaman luar biasa yang kami miliki dengan tes Toro Rosso F1, Juni lalu." ujar Marquez.

 

 

Jadwal MotoGP Austria

Jumat, 10 Agustus

14.55-15.40 WIB: FP1

19.05-19.50 WIB: FP2

Sabtu, 11 Agustus

14.55-15.40 WIB: FP3

18.30-19.00 WIB: FP4

19.10-19.25 WIB: Q1

19.35-19.50 WIB: Q2

Minggu, 12 Agustus

14.40-15.00 WIB: Pemanasan

19.00 WIB: Balapan

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kedapatan Curi Ponsel, Emak-Emak Diikat di Tiang Listrik

Posted: 08 Aug 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Gowa - Sebuah video berdurasi 27 detik tengah viral di media sosial sejak Rabu, 8 Agustus 2018. Video tersebut mempertontonkan seorang emak-emak diikat di tiang listrik dan menjadi tontonan warga. 

Penelusuran Liputan6.com, video tersebut direkam di depan Masjid Agung, Jalan Masjid Raya, Kelurahan Somba Opu, Kecamatan Sungguminasa, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

"Iya benar, kejadiannya kemarin pagi," kata Kapolres Gowa, AKBP Shinto Silitonga, Kamis (9/8/2018) pagi. 

Belakangan diketahui, emak-emak itu bernama Nurmi, ibu rumah tangga berusia 40 tahun. Ia kedapatan mencuri ponsel milik salah seorang pengantar jemaah haji saat kegiatan pemberangkatan calon jemaah haji Kabupaten Gowa kemarin.

"Jadi, prosesi pelepasan calon jemaah haji itu kan ramai, dia ambil kesempatan di situ," jelas Shinto.

Korbannya adalah seorang anak kecil berusia 11 tahun, berinisial NF. NF menyadari ponsel yang ia simpan di tasnya telah raib dibawa lari oleh Nurmi. 

"Pencuri," teriak NF, sambil menunjuk ke arah Nurmi yang sedang berlari berusaha meloloskan diri. 

Shinto mengatakan teriakan NF itu berhasil menarik perhatian warga yang berada di sekitar tempat tersebut. Warga pun kemudian beramai-ramai mengejar Nurmi. 

"Pelaku diamankan oleh warga di depan Masjid Agung. Mungkin warga tidak tega untuk memukul pelaku karena dia perempuan, makanya dia sempat diikat di tiang listrik," jelasnya. 

 

vidio:Emak-emak curi hp

Sempat Membantah

(Foto: stevepb/Pixabay) Ilustrasi Iphone.

Tak lama berselang, Nurmi kemudian dilepaskan oleh warga yang iba melihatnya diikat di tiang listrik. Nurmi lalu digelandang ke kantor polisi untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. 

Saat di Mapolres Gowa, Nurmi sempat membantah telah mencuri ponsel. Namun, bantahan Nurmi terpatahkan setelah ponsel yang ia curi sebelumnya berdering. 

"HP yang dia curi sempat dia sembunyikan di bawah meja SPKT, tapi telepon itu berdering pas anggota SPKT mengangkat telepon itu ternyata telepon itu adalah milik orang lain," kata Shinto. 

Nurmi tidak bisa mengelak lagi. Ia saat ini mendekam di dalam sel tahanan Mapolres Gowa untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

"Kita lakukan penahanan setelah korban kita minta untuk membuat laporan polisi," ujar Shinto. 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Korban Meninggal Gempa Lombok Menjadi 347 Orang

Posted: 08 Aug 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Akibat goncangan gempa 7,0 skala richter yang mengguncang Lombok Minggu malam, nyaris 90 persen rumah warga di kabupaten Lombok Utara hancur berantakan. Sementara jumlah korban meninggal dunia bertambah menjadi 347 orang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Pemecatan Pengemudi Ojek Online Tuai Perhatian

Posted: 08 Aug 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pengemudi Grab yang melakukan pemukulan kepada pejalan kaki ditindak tegas oleh penyedia transportasi online asal Malaysia tersebut.

Grab Indonesia mengaku menyesali tindak kekerasan yang dilakukan salah satu mitra pengemudi di Jakarta Timur. Sebagai tindak lanjut, mitra pengemudi itu pun resmi diberhentikan.

Berita ini menuai perhatian para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com. Informasi lain yang tak kalah menarik datang dari jaringan internet 4G di Indonesia.

Aplikasi penyedia deteksi kecepatan internet, nPerf, baru-baru ini menguji kecepatan 4G operator di Indonesia sebanyak 319 ribu kali.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Grab Pecat Pengemudi Pelaku Pemukulan Pejalan Kaki

Beberapa waktu lalu, sempat beredar video viral menampilkan seorang pengemudi GrabBike yang marah pada seorang pejalan kaki.

Pengemudi Grab Bike.

Alasannya, pejalan kaki tersebut menegur seorang mitra pengemudi karena mengendarai motornya melewati trotoar. Tak terima teguran tersebut, sang pengemudi wanita itu lantas menghampiri pejalan kaki.

Selain lewat kata-kata, kemarahan si pengemudi juga ditunjukkan dengan aksi pemukulan.

Baca selengkapnya di sini 

2. Adu Kecepatan Internet 4G di Indonesia, Siapa Paling Ngebut?

Saat ini setidaknya ada enam operator seluler di Indonesia yang menyediakan layanan internet 4G, yaitu Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, Hutchison 3 Indonesia, Smartfren Telecom, dan Bolt.

Ilustrasi Tower BTS (iStockPhoto)

Masing-masing dari mereka mengklaim memiliki layanan 4G yang cepat dan stabil. Lalu, siapa operator seluler di Indonesia yang memiliki layanan 4G paling ngebut?

Aplikasi penyedia deteksi kecepatan internet, nPerf, baru-baru ini menguji kecepatan 4G operator di Indonesia sebanyak 319 ribu kali antara awal Januari hingga akhir Juni 2018

Baca selengkapnya di sini 

3. 4 Misteri Alam yang Kini Berhasil Dipecahkan Para Ilmuwan

Para ilmuwan memiliki teori baru tentang misteri Segitiga Bermuda. (iStock)

Beberapa misteri alam di berbagai negara mulai terpecahkan. Namun, butuh waktu yang sangat lama untuk bisa memecahkan misteri-misteri tersebut.

Sebelum diusut, sudah banyak informasi dan teori-teori yang tak bertanggung jawab bertebaran di dunia maya.

Seperti dikutip Merdeka dari berbagai sumber, berikut misteri-misteri yang sudah berhasil terpecahkan oleh para ilmuwan.

Baca selengkapnya di sini 

(Isk/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi MC Pernikahan Baim Wong, Raffi Ahmad Dapat Bayaran Fantastis?

Posted: 08 Aug 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Baim Wong dan Paula Verhoeven berencana menikah pada 22 November 2018. Dua hari usai akad nikah, keduanya baru akan menggelar pesta pernikahannya pada 24 November 2018.

Menurut Baim Wong, untuk menyukseskan pernikahannya, ia mendapat banyak bantuan dari teman-temannya.

"Teman sudah banyak yang bantuin. Mereka baik semua sama saya," kata Baim Wong di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (8/8/2018) malam.

Salah satu teman Baim Wong dari kalangan artis adalah Raffi Ahmad. Rencananya, Baim Wong hendak menjadikan Raffi sebagai master of ceremony (MC) pernikahannya.

Bayaran Fantastis?

Baim Wong dan Paula Verhoeven

"Kemarin sudah telepon minta dia bantu MC katanya, bisa. Ditanya 'fee-nya berapa?' katanya 'Ah santai saja sama lo doang'. Gue bilang, 'Yang penting datang ya!" karena nih teman saya yang sering cancel nih," ujar Baim Wong.

"Raffi Ahmad awas ya kalau enggak jadi datang!" ucap Baim sambil menunjuk ke arah kamera seolah memperingatkan Raffi Ahmad.

Malu Sendiri

Raffi Ahmad (Febio Hernanto/bintang.com)

"Kalau enggak datang ya biarin saja, dia paling malu sendiri kan ini diliput banyak media," ucap Baim Wong saat ditanya jika Raffi tak menepati janjinya. (Dadan/Bintang.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

China Kenakan Tarif Impor 25 Persen untuk Produk AS

Posted: 08 Aug 2018 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Beijing - China umumkan rencana menerapkan tarif 25 persen untuk produk Amerika Serikat (AS) senilai USD 16 miliar.

Rencana itu kemungkinan berlaku pada 23 Agustus 2018. Tarif yang akan dikenakan untuk produk AS itu antara lain bahan kimia dan bahan bakar diesel.

Amerika Serikat dan China telah berulang kali berselisih dalam beberapa bulan terakhir soal perdagangan. Sejumlah ahli menilai, aksi balas AS dan China terkait perdagangan dapat menghancurkan. Demikian mengutip dari laman CNN Money, Kamis (9/8/2018).

Sebelumnya pada Selasa, Pemerintah AS di bawah pimpinan Presiden Donald Trump merilis daftar barang impor China senilai USD 16 miliar yang kena tarif 25 persen.

Tarif AS terbaru itu berlaku untuk 279 produk termasuk sepeda motor, speedometers, dan antenna.

Pemerintahan Trump telah menuduh China melakukan praktik perdagangan yang tidak tidak adil. Presiden Trump pun berjanji untuk menurunkan defisit perdagangan AS dengan Beijing.

Pada Juli, pemerintah AS memberlakukan tarif 25 persen untuk barang impor China senilai USD 34 miliar. Pemerintahan AS menuduh China telah menekan perdagangan dan membalas dengan memberlakukan tarif pada barang AS dalam jumlah yang sama.

Perdagangan dan jasa antara AS dan China mencapai USD 650 miliar per tahun. Nilai itersebut termasuk terbesar di dunia antara dua negara.

Akan tetapi, ekspor China jauh lebih besar ke AS daripada sebaliknya. Ini membuatnya menantang bagi negara untuk memukul balik terhadap tarif AS.

 

Hadapi Perang Dagang, China Sengaja Lemahkan Yuan

Ilustrasi mata uang yuan (iStock)

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan mata uang China, Yuan tercatat melemah sebesar 5 persen dalam dua bulan terakhir.

"Tiongkok itu ternyata tadinya tidak terlalu melemah, tapi dua bulan terakhir pelemahannya 5 persen, dua bulan terakhir masuk periode trade war (perang dagang)," ungkapnya saat ditemui di Kantornya, Jakarta, Rabu 25 Juli 2018.

Dia mengatakan, pelemahan Yuan ini merupakan bagian dari strategi China untuk menghadapi ancaman perang dagang dengan Amerika Serikat. "Jadi kelihatannya Tiongkok dalam menghadapi trade war itu mengambil langkah memang membiarkan mata uangnya melemah karena dia ingin supaya, saya kira supaya ekspornya lebih murah di mana-mana," jelas Darmin.

"Selain itu sebenarnya yang mereka lakukan adalah bank sentralnya menyalurkan dana ke dunia perbankan termasuk mengubah semacam giro wajib dalam jumlah yang cukup besar. Itu semua menunjukkan bahwa mereka memang secara sadar menginginkan mata uangnya melemah," imbuhnya.

Pelemahan mata uang regional terhadap dolar pun masih berjalan. Dia mengatakan faktor utama masih disebabkan oleh kebijakan moneter yang dijalankan Amerika Serikat.

"Kita melihat pelemahan mata uang di regional itu kan masih berjalan walaupun makin kecil-kecil perubahannya. Sebenarnya penyebabnya bukan langkah yang ditempuh Tiongkok, tapi bank sentral Amerika juga menjelaskan mereka akan firm untuk mendorong supaya istilah yang mereka pakai inflasinya meningkat. Artinya mereka akan menaikkan suku bunga," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rombongan Prabowo Pulang Tergesa-gesa dari Rumah SBY

Posted: 08 Aug 2018 09:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto buru-buru meninggalkan kediaman Susilo Bambang Yudhoyono di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan.

Prabowo sendiri menemui SBY hanya 40 menit. Prabowo datang pukul 09.50 WIB bersama petinggi partai Gerindra yaitu Fadli Zon, Ahmad Muzani, Sugiono dan Fuad Bawazier.

Prabowo dan rombongan pun, tampak tergesa-gesa meninggalkan rumah SBY sekitar pukul 10.30 WIB. Ketika ditanya wartawan, Prabowo hanya membua kaca jendela dan mengatakan masih musyawarah untuk menentukan cawapres.

"Masih musyawarah, musyawarah," kata Prabowo ketika meninggalkan kediaman SBY di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (9/8/2018).

Hal yang sama juga dilakukan Fadli Zon, dia langsung masuk ke dalam mobil tanpa mengatakan sepatah kata kepada awak media.

Kemudian, tiga mobil rombongan Prabowo  pun meluncur kencang meninggalkan kediaman SBY.

Deklarasi dengan Sandiaga

Prabowo beserta petinggi Gerindra bertemu SBY, menyusul kisruh pernyataan Wasekjen Demokrat Andi Arief yang menyindir Prabowo sebagai jenderal kerdus. Pertemuan Gerindra dan Demokrat yang seharusnya dilaksanakan tadi malam, justru batal. Andi dalam cuitannya di Twitter mengatakan Sandiaga Uno dipilih menjadi cawapres lantaran memberikan duit Rp 500 miliar kepada PAN dan PKS.

Pada pertemuan pagi ini Prabowo ditemani Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, Waketum Fadli Zon, dan Waketum Sugiono. Menyusul Anggota Dewan Pembina Gerindra Fuad Bawazier yang datang belakangan.

Selain itu, nama Sandiaga Uno telah terkonfirmasi sebagai cawapres. Prabowo-Sandiaga rencananya akan dideklarasikan siang ini. Hal itu dibenarkan Ketua DPD Gerindra Jawa Barat, Mulyadi. Dia mengatakan Sandiaga yang akhirnya dipilih oleh Gerindra bersama PAN dan PKS untuk maju sebagai capres dan cawapres.

"Hari ini Prabowo Subianto dan Wagub DKI," kata Mulyadi kepada merdeka.com, Kamis (9/8).

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Panggil Plt Kepala Pengamanan LP Sukamiskin terkait Suap Fasilitas Mewah

Posted: 08 Aug 2018 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil Plt Kepala Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Sukamiskin, Slamet Widodo. Dia akan dimintai keterangan sebagai saksi atas kasus dugaan suap pemberian fasilitas mewah di Lapas Sukamiskin.

"Saksi Slamet Widodo diperiksa untuk tersangka FD (Fahmi Dharmawansyah)," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK Kuningan Jakarta Selatan, Kamis (9/8/2018).

Selain Slamet, penyidik juga mengagendakan pemeriksaan tiga saksi lainnya dalam perkara yang menjerat Fahmi Darmawansyah. Ketiga saksi itu antara lain Kasi Kesehatan Lapas Sukamiskin Yogi Suhara, staf perawatan Lapas Sukamiskin Ficky Fikry, dan pihak swasta bernama Radian Azhar.

"Mereka juga diperiksa sebagai saksi untuk tersangka FD," sambung Febri.

Sebelumnya, KPK mengungkap adanya suap perizinan dan fasilitas mewah di Lapas Sukamiskin dalam operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Kalapas Sukamiskin Wahid Husen.

 

 

Suap Uang dan Mobil

Dalam operasi senyap itu, KPK menemukan ada sel mewah yang memiliki pendingin udara, pemanas air, kulkas, hingga toilet duduk. Sel tersebut diketahui dihuni oleh Fahmi Darmawansyah selaku narapidana kasus suap proyek pengadaan satelit monitoring di Badan Keamanan Laut (Bakamla).

Wahid dan Fahmi pun dijadikan tersangka dalam kasus ini bersama dua orang lainnya, yakni Andri yang merupakan tahanan pendamping Fahmi serta Hendry Saputra selaku orang kepercayaan Wahid.

Wahid Husen diduga menerima suap berupa uang Rp 279.920.000 dan USD 1.400 serta dua mobil jenis Mitsubishi Fortuner dan Mitsubishi Triton Exceed yang kini sudah diamankan pihak KPK.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Wukuf di Arafah, Ini Syarat Kesehatan bagi Jemaah Calon Haji

Posted: 08 Aug 2018 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Anggota jemaah calon haji yang sudah uzur atau mengalami gangguan kesehatan bisa tetap mengikuti safari wukuf di Padang Arafah dengan sejumlah persyaratan kesehatan. Hal ini disampaikan oleh Kepala Klinik Kesehatan Ibadah Indonesia Nirwan Satriya.

"Kriterianya sudah diatur," ujar Nirwan di Makkah, seperti dilansir Antara, Kamis (9/8/2018).

Dia mengatakan, terdapat acuan calon haji bisa disafari wukufkan, yaitu SK Kapuskes Haji No HK.02.07/1/1988/2017 tanggal 27 Agustus 2017 tentang Penetapan Kriteria Safari Wukuf.

Menurut Nirwan, sedikitnya ada tujuh syarat kesehatan calon haji bisa ikut safari wukuf.

"Kriteria calon haji bisa disafari wukufkan di antaranya pasien dalam tingkat kesadaran baik, sirkulasi darah atau hemodinamik stabil, kadar oksigen dalam darah merah (hemoglobin) cukup, tubuh dapat dipindah (transportable), dan tidak mengidap penyakit menular," ucapnya.

Selain itu, lanjut dia, penyakit pasien tidak dalam periode akut dan tidak dalam kondisi krisis hipertensi. Nirwan menegaskan, jika tujuh syarat itu bisa dipenuhi, maka Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) bisa memberikan rekomendasi agar calon haji itu bisa ikut safari wukuf.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Berikan Pelayanan Penuh

Jutaan jemaah haji mulai meninggalkan Mekah menuju Arafah untuk wukuf.

Sebelumnya, Kepala Bidang Bimbingan Ibadah Ali Zawawi mengatakan, Kementerian Agama berupaya melayani safari wukuf di Arafah bagi jemaah calon haji Indonesia, sehingga rukun hajinya terpenuhi.

"Safari wukuf biasanya menjadi pelayanan untuk calhaj uzur. Mereka akan mendapatkan fasilitas bus khusus, sehingga bisa tinggal di dalamnya guna melakukan wukuf," kata Ali.

Menurut dia, tim bimbingan ibadah atau bimbad akan fokus pada jemaah uzur yang memiliki banyak kendala dalam melakukan wukuf. Fasilitas safari wukuf, kata Ali, akan disesuaikan dengan jumlah calon haji yang mengikuti itu.

"Jumlah calon haji safari wukuf akan didiskusikan dengan tim kesehatan KKHI untuk memastikan peserta jemaah uzur," jelas Ali.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingin Punya Momongan, Begini Cara Unik Nadine Alexandra Latihan Ada Anak

Posted: 08 Aug 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nadine Alexandra telah resmi menjadi seorang istri dari pria asal India selama hampir satu bulan. Dirinya menggelar pernikahan di Bali pada 15 Juli 2018 lalu.

Walau belum lama menikah, Nadine Alexandra mengaku ingin segera memiliki momongan. Meski begitu, dirinya tak ngoyo. Semuanya ia serahkan kepada Yang Maha Kuasa.

"Pengin, tapi kita lihat saja karena semua orang bisa berencana, tapi Tuhan yang menentukan," kata Nadine Alexandra, usai press screening film Gentayangan di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (8/8/2018) malam.  

Sambil menunggu kehadiran buah hati, wanita berusia 27 tahun ini pun memiliki cara unik latihan agar tak kaku bila punya anak nanti.

 

Lewat Akting

Nadine Alexandra (Foto: Instagram)

Nadine Alexandra mengaku belajar banyak dari perannya sebagai seorang ibu di film maupun sinetron yang dibintanginya.

"Pasti semua peran yang kita mainkan dalam hidup ini adalah latihan," ujar Puteri Indonesia 2010 itu.

 

 Ogah Ungkap Sosok Suami

Nadine Alexandra (Foto: Instagram)

Nadine Alexandra sangat tertutup dengan sosok suaminya. Bahkan, kala pernikahan berlangsung tak ada kamera media yang menyorotnya.

"No comment. Karena ini bukan tentang hidup pribadi saya saja, tapi tentang hidup pribadi suami saya, dan saya ingin menghormati itu. Dia tidak memilih untuk hidup di depan kamera atau layar, jadi saya menghormati itu," pungkas Nadine Alexandra mengakhiri pembicaraan.(Dadan Reva/bintang.com)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: