Selasa, 14 Agustus 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Program BUMN Hadir untuk Negeri Akan Datang ke Pulon Progo untuk Upacara 17 Agustus

Posted: 14 Aug 2018 09:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Angkasa Pura I (Persero) bersama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) atau Indonesia Re, dan PT Kliring Berjangka Indonesia atau KBI akan melaksanakan Upacara Bendera Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 di Balai Desa Palihan, Kabupaten Kulon Progo, D.I. Yogyakarta. Upacara  Bendera HUT RI akan dilaksanakan tepat pada 17 Agustus 2018 dengan melibatkan perwakilan dari Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, perwakilan seluruh BUMN di Provinsi D.I. Yogyakarta, Siswa Mengenal Nusantara asal Provinsi Kalimantan Tengah, serta perwakilan warga dari lima desa di Kulon Progo.

Kegiatan yang berlokasi di dekat salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) Pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta tersebut merupakan salah satu rangkaian dari Program BUMN Hadir Untuk Negeri yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN.

"Pada pelaksanaan Program BUMN Hadir Untuk Negeri Tahun ini, Angkasa Pura I ditunjuk sebagai BUMN Koordinator/PIC untuk Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta bersama dengan Garuda Indonesia, Indonesia Re, dan KBI sebagai BUMN Co. PIC. Program BUMN Hadir Untuk Negeri ini merupakan komitmen kami sebagai BUMN untuk meningkatkan kesejahteraan serta memupuk rasa kebanggaan berbangsa, bertanah air kepada seluruh masyarakat di pelosok negeri," ujar Direktur Utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi.

Angkasa Pura I bersama Garuda Indonesia, Indonesia Re, dan KBI juga akan memeriahkan suasana HUT RI ke-73 dengan berbagai hiburan dan perlombaan bersama masyarakat. Beberapa perlombaan yang akan dilaksanakan, seperti Panjat Pinang, balap bakiak, balap gelinding ban, gigit koin semangka, tarik tambang, dan lomba makan kerupuk.

"Untuk panjat pinang, disediakan hadiah berupa 1 ekor sapi, sepeda motor, sepeda, serta berbagai hadiah menarik lainnya untuk memeriahkan HUT RI ke-73 bersama masyarakat di Kulon Progo," ucap Faik.

Sebagai bentuk tanggung jawab sosial kepada masyarakat di Kulon Progo, Angkasa Pura I bersama Garuda Indonesia, Indonesia R,e dan KBI juga akan memberikan bantuan pemenuhan kebutuhan masyakarat. Bantuan yang diberikan berupa elektrifikasi, sarana MCK, penyediaan sarana air bersih, perbaikan sarana dan prasarana di dua Sekolah Dasar, pemberian beasiswa, serta pembuatan rumah taman baca.

Keesokan harinya, akan dilaksanakan juga kegiatan Pasar Murah di beberapa titik desa di Kabupaten Kulon Progo. Dalam kegiatan tersebut, akan dilakukan penjualan paket sembako senilai Rp 100.000 dengan harga yang lebih murah, yaitu Rp 25.000 bagi warga yang kurang mampu. Adapaun hasil penjualan paket sembako akan disumbangkan untuk pembangunan rumah ibadah yang membutuhkan.

Sebagai puncak perayaan BUMN Hadir Untuk Negeri di Provinsi D.I. Yogyakarta, Angkasa Pura I, Garuda Indonesia, Indonesia Re, dan KBI akan menggelar kegiatan Jalan Sehat yang dipusatkan di Titik Nol Alu-Alun Utara Kota Yogyakarta dengan melibatkan 3.500 peserta pada 19 Agustus 2018. Kegiatan ini akan dimeriahkan dengan pameran UMKM mitra binaan BUMN, kuliner gratis, donor darah dan cek kesehatan gratis, pemecahan rekor MURI dengan makan geblek khas Kulonprogo, doorprize senilai jutaan rupiah, serta panggung hiburan dengan bintang tamu istimewa.

"Melalui berbagai rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri di Provinsi D.I. Yogyakarta, kami harap dapat membangun pemahaman mengenai peran BUMN sebagai agen pembangunan, serta berperan aktif dalam peningkatan kesejahteraan bangsa melalui kerja nyata yang berdampak langsung," kata Faik.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Adu Kreasi Kostum Daur Ulang di Festival Siswa Bolivia

Posted: 14 Aug 2018 09:33 PM PDT

Siswa mengenakan kostum dari kantong plastik susu sambil menari

Siswa mengenakan kostum dari kantong plastik susu sambil menari

Gadis-gadis mengenakan kostum yang terbuat dari kantong plastik susu saat memeriahkan di Bolivia, Selasa (14/8). Siswa sekolah San Roque membuat kostum dari bahan daur ulang untuk meningkatkan kesadaran pengelolaan limbah padat. (AP/Juan Karita)

Gadis-gadis mengenakan kostum yang terbuat dari kantong plastik susu saat memeriahkan di Bolivia, Selasa (14/8). Siswa sekolah San Roque membuat kostum dari bahan daur ulang untuk meningkatkan kesadaran pengelolaan limbah padat. (AP/Juan Karita)

Siswa mengenakan topeng dari wadah minyak goreng plastik sambil menari

Siswa mengenakan topeng dari wadah minyak goreng plastik sambil menari

Gadis-gadis mengenakan rok dari kantong plastik beras sambil menari

Gadis-gadis mengenakan rok dari kantong plastik beras sambil menari

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ranomi Kromowidjojo, Perenang Berdarah Jawa-Belanda yang Bangga RI Jadi Tuan Rumah Asian Games 2018

Posted: 14 Aug 2018 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mungkin banyak yang belum mengenal sosok Ranomi Kromowidjojo, atlet renang berdarah campuran Indonesia dan Belanda yang tiga kali menjuarai Olimpiade. Kemarin, Selasa 14 Agustus 2018, dia datang ke Indonesia untuk menjadi pembicara dalam Konferensi Pemuda Diaspora Indonesia atau Conference of Indonesia Diaspora Youth 2018 (CIDY-2018) di Jakarta.

Usai mengisi sesi pleno, perempuan kelahiran Sauwerd, Belanda, 20 Agustus 1990 itu berbincang mengenai banyak hal dengan awak media, terutama soal perhelatan Asian Games ke-18 tahun ini, yang akan digelar pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 di Jakarta dan Palembang.

Menurutnya, adalah sebuah kebanggaan tersendiri bahwa salah satu tanah nenek moyangnya bisa menjadi tuan rumah ajang pertandingan olahraga terbesar di Asia itu. Kendati demikian, gadis berusia 28 tahun ini tidak bisa menonton langsung jalannya permainan karena harus kembali ke negara asalnya. Apalagi dia ingin sekali menyaksikan jalannya laga renang.

"Saya ingin sekali menontonnya, terlebih pertandingan renang. Sayangnya, saya harus kembali ke Belanda hari ini. Tapi ketika berada di bandara (Soekarno-Hatta), saya melihat Jakarta sudah dipenuhi bendera (negara partisipan) dan segala sesuatu tentang Asian Games. Saya pikir ini sudah sangat indah karena Asian Games merupakan perhelatan akbar," kata Ranomi di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta.

Dia pun menyemangati atlet-atlet Tanah Air yang akan berlaga di Asian Games 2018 esok. Menurutnya, seluruh lapisan masyarakat di Indonesia akan mendukung para atlet tuan rumah sehingga mereka bisa mendapatkan energi positif dan melakukan yang terbaik demi mengharumkan bangsa.

"Olimpiade adalah yang terbesar, Asian Games juga besar. Jadi Indonesia pasti bangga bisa jadi tuan rumah event ini. Inilah saatnya mereka menunjukkan kemampuan mereka, karena mereka berada di kandang sendiri. Pastinya mereka tahu bahwa negara dan seluruh masyarakat mendukungnya. Saya harap mereka bisa memberikan energi, sehingga para atlet bisa melakukan yang terbaik," ucap perenang gaya bebas Belanda keturunan Jawa Suriname ini.

Ranomi Kromowidjojo sudah menggeluti dunia renang sejak usia 15 tahun. Dia pernah ikut pertandingan internasional untuk pertama kalinya dalam Kejuaraan Renang Eropa 2006 di Budapest, Hongaria, sebagai salah satu peserta estafet renang gaya bebas 4 x 100 meter. Saat itu, dia dan timnya menjadi yang terbaik kedua dan meraih medali senior internasional.

Pada tahun-tahun berikutnya, dia dan tim memperoleh gelar juara kedua --medali perak-- dalam kejuaraan dunia Melbourne 2007 di nomor 4 x 100 meter gaya bebas. Setelahnya, mereka berhasil menggaet medali emas dengan memecahkan rekor dunia di nomor yang sama pada Kejuaraan Eropa 2008.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

The Golden Girls

Ranomi Kromowidjojo (tengah) bakal kunjungi Indonesia. (FERENC ISZA / AFP)

Tak ingin berhenti di situ, Ranomi kembali unjuk gigi. Kali ini di Olimpiade Beijing 2008, Ranomi menjadi juara Olimpiade dengan medali emas di nomor 4 x 100 meter gaya bebas, sekali lagi bersama timnya, Inge Dekker, Femke Heemskerk, dan Marleen Veldhuis.

Dia dan timnya kembali membuat kejutan ketika menyabet juara di kejuaraan dunia 2009 di Roma, Italia. Karena itulah, dia dan rekan-rekannya dijuluki The Golden Girls. 

Nasib tak selalu mujur. Ranomi pernah dirawat di rumah sakit selama 9 hari karena virus meningitis. Akibatnya dia tidak bisa berlaga di Kejuaraan Eropa 2010.

Seolah tak patah arang, pada tahun yang sama dia kembali dan berhasil menyumbangkan emas pertama di nomor individu 50 meter dan 100 meter gaya bebas dalam kejuaraan dunia di Dubai.

Sampai di Olimpiade London 2012, Ranomi dan tim sebagai juara bertahan memasang target tiga medali emas di nomor 4 x 100 meter, 100 meter, dan 50 meter. Namun, di nomor 4 x 100 meter, dia dan tim tak mampu mempertahankan gelar juaranya dan harus puas dengan medali perak. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

[Tanya BPJS Kesehatan] Beda Fasilitas di Faskes Pertama dengan yang Lanjut?

Posted: 14 Aug 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pertanyaan

Apa perbedaan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dengan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL)?

 

Jawaban

Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) adalah fasilitas kesehatan yang berperan sebagai gatekeeper. Petugas kesehatan di FKTP mampu menangani 144 diagnosa penyakit yang diderita peserta JKN-KIS.

Selain untuk menangani keluhan penyakit, FKTP juga berfungsi sebagai pusat informasi dan edukasi bagi masyarakat tentang JKN-KIS. Selain itu berfungsi sebagai promotor penerapan pola hidup sehat.

Lokasi FKTP disesuaikan dengan lokasi tempat tinggal/domisili peserta JKN-KIS saat ini. Tujuannya agar mudah diakses kapanpun.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL)

Ilustrasi lorong rumah sakit (iStock)

Apabila peserta tidak dapat ditangani di FKTP, maka peserta tersebut akan dirujuk ke Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL).

Di FKRTL, peserta JKN-KIS akan mendapat penanganan yang lebih komprehensif sesuai dengan kebutuhan medisnya. Selama peserta mengikuti prosedur yang berlaku, serta tindakan medis yang dilakukan dokter berdasarkan indikasi medis yang jelas, maka biaya ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Biaya manfaat tersebut sudah mencakup administrasi, jasa dokter, obat, jasa pelayanan, dan tindakan medis lainnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

 

Salam,

 

Humas BPJS Kesehatan Kantor Pusat

 

 

Program Tanya BPJS Kesehatan tayang setiap Rabu pukul 11.30 berisi pertanyaan yang paling sering dilontarkan masyarakat lewat aneka media BPJS Kesehatan. Jawaban dari pertanyaan diberikan oleh Humas BPJS Kesehatan Kantor Pusat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penemuan Jenazah Korban Gempa Lombok dalam Posisi Duduk

Posted: 14 Aug 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Mataram - Tim Pencarian dan Pertolongan (SAR) gabungan menemukan satu korban gempa dalam keadaan meninggal dunia karena tertimbun longsoran di Dusun Dompo Indah, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Selasa, 14 Agustus 2018.

Kepala Badan SAR Nasional Marsdya TNI M. Syaugi mengatakan korban yang ditemukan tersebut bernama Muhiddin (33), warga Dusun Dompo Indah, Kecamatan Kayangan, yang tertimbun longsoran ketika gempa bumi berkekuatan 7 pada Skala Richter mengguncang Pulau Lombok pada 5 Agustus.

Posisi korban dari tebing rumahnya sekitar 20 meter dan terkubur longsoran sedalam dua meter. Lelaki itu ditemukan dalam posisi duduk sekitar pukul 10.34 Wita.

"Jenazah langsung diserahkan ke bapak dan ibunya yang hadir dan menyaksikan langsung proses evakuasi," kata Syaugi, yang didampingi Deputi Bidang Operasi dan Kesiapsiagaan Basarnas Mayjen TNI Nugroho, dan Kepala Kantor SAR Mataram selaku SMC I Nyoman Sidakarya, dilansir Antara.

Syaugi mengucapkan bela sungkawa kepada keluarga korban dan mohon didoakan agar empat korban yang masih dalam pencarian dapat segera ditemukan. Tiga korban hilang di antaranya bernama Lalu Hendra Ziriadi (33), dan kedua anak lelakinya, Lutfi (9) dan Fatih, yang berusia 1 tahun 7 bulan. Mereka diduga tertimbun longsoran di Dusun Dompo Indah.

Satu korban lain yang belum ditemukan adalah Saepul Bahri (30), warga Dusun Busur Timur, Desa Rempek, Kecamatan Gangga, Lombok Utara, yang juga diduga tertimbun longsoran.

Tim SAR gabungan dengan berkekuatan 99 personel dari unsur Basarnas, TNI, Polri dan potensi SAR, mengerahkan dua eskavator di lokasi longsor. Alat lain yang digunakan seperti tersebut lima unit alat penyembur air jenis alkon serta peralatan konvensional berupa cangkul dan sekop serta anjing pelacak milik Ditsatwa Polda NTB.

"Keselamatan tim juga penting. Saya melihat sendiri medannya. Tebing vertikal setinggi 30 sampai 50 meter persis di atas lokasi pencarian itu sangat berisiko longsor, mengingat adanya retakan-retakan besar di permukaan tebing," kata Syaugi.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Satgas Kesehatan Asian Games 2018 Ikuti Apel Bersama di Mabes TNI

Posted: 14 Aug 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Indonesia terus mematangkan persiapan menghadapi Asian Games 2018 yang bakal dilaksanakan di DKI Jakarta dan Palembang, Sumatera Selatan. Asian Games 2018 secara resmi akan berlangsung sejak 18 Agustus 2018 hingga 2 September 2018.

Wasekjen Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (Inasgoc), Dendi T Daniyanto mengatakan, pemerintah telah mempersiapkan secara optimal segala sarana dan prasarana demi memberikan yang terbaik kepada para kontingen luar negeri maupun dalam negeri.

"Pemerintah telah mewujudkan secara nyata dengan kesiapan secara keseluruhan baik di wilayah DKI Jakarta maupun Palembang, Sumatera Selatan," kata Dendi pada acara Apel Kesiapan Satgaskes TNI Asian Games di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (15/8).

"Semua pihak telah berperan dalam mendukung kegiatan tersebut, begitu pula pemerintah telah mempercayakan keterlibatan TNI-Polri dalam kegiatan Asian Games 2018," ujar Dendi.

Menurut Dendi, kesehatan sangat penting dalam penyelenggaraan Asian Games 2018. Hal itu untuk memberi pertolongan kepada para atlet yang bermasalah saat bertanding. 

"Yang dipersiapkan dukungannya dalam upaya mengantisipasi kejadian-kejadian yang membutuhkan tindakan dan penanganan medis secara cepat dan akurat dengan menggunakan peralatan yang sesuai prosedur kegawatdaruratan yang ada," ujarnya.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Kerahkan Peralatan Terbaik

Peralatan dan kendaraan medis yang akan digunakan pada Asian Games 2018 (Nur Habibie/Merdeka.com)

Pada apel kesiapan Satgaskes Asian Games 2018, TNI-Polri, mengerahkan personel-personel kesehatan yang telah teruji dan juga dilengkapi dengan aramada, ambulans darat, udara , berbagai tipe yang selalu siap melaksanakan evakuasi di berbagai medan yang ada.

"Dengan kesiapan kita hari ini, maka kita telah menunjukkan kepada negara-negara kawasan Asia bahwa Indonesia mampu menjadi tuan rumah penyelenggara Asian Games 2018 yang baik," ujarnya menambahkan.

Menurut Dendi, kesuksesan Asian Games 2018 ini tak terlepas dari unsur kepemerintahan dan semangat, loyalitas serta sinergitas masyarakat dengan TNI-Polri.

"Semangat dan loyalitas kita semua sinergitas TNI Polri yang hari ini kita tunjukkan dengan pengerahan personel kesehatan, baik kesehatan dari TNI AD, AL, AU maupun kesehatan kepolisian merupakan hal yang luar biasa menjadi contoh bagi kita semua dalam turut serta menyukseskan Asian Games 2018," ujar Dendi.

Saksikan juga video menarik lainnya di bawah ini:

Reporter: Nur Habibie/Merdeka.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manajer Palestina: Timnas Indonesia U-23 Punya Kekuatan Ekstra di Asian Games 2018

Posted: 14 Aug 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Palestina menyatakan timnas Indonesia U-23 dan Vietnam sebagai tim yang patut diwaspadai dalam perebutan medali Asian Games 2018 cabang olahraga sepak bola putra.

"Vietnam sudah banyak yang tahu kekuatannya, namun timnas Indonesia U-23 sebagai tuan rumah punya kekuatan ekstra," kata manajer timnas Palestina Islam Masharqa di Bekasi seperti dikutip dari Antara. Kekuatan tambahan yang dimaksud ialah

Kehadiran para pendukung timnas Indonesia U-23 yang memberikan motivasi langsung Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi.Ia mencontohkan laga perdana, Minggu (12/8/2018). Kehadiran 26.000 lebih pendukung di stadion mampu melecut motivasi Stefano Lilipaly dan kawan-kawan hingga menang telak 4-0 atas Taiwan.

"Saat kami menghadapi timnas Indonesia U-23, (Rabu, 15/8/2018), para pendukung Indonesia pasti akan hadir memberikan dukungan bagi pemain," ucapya.

Namun demikian, bukan berarti Palestina akan menyerah begitu saja di laga nanti. "Persiapan sudah dilakukan, latihan jelang pertandingan juga sudah dijalani, tinggal pertandingan nanti kami hadapi," ujar Masharqa.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Laga Penting

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Luis Milla, mempertingatkan pemainnya akan kekuatan Palestina U-23 yang dikenal memiliki kualitas fisik tangguh. (INASGOC/sup)

Masharqa mengatakan laga kontra Timnas Indonesia U-23 merupakan pertandingan penting. Pasalnya, laga ini bisa menjadi penentu mengamankan tiket menuju babak berikutnya.

Meski hubungan bilateral Indonesia dan Palestina cukup baik, di lapangan, Mashaqa menjanjikan para pemain akan bersikap profesional dengan memperlihatkan kemampuan terbaiknya.

"Kami harap dua tim yang akan lolos dari penyisihan Grup A adalah Palestina dan Indonesia. Kami ingin menjadi juara bersama-sama, karena kami bersaudara," imbuhnya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mudahkan Masyarakat soal Sektor Energi, Kementerian ESDM Rilis Contact Center 136

Posted: 14 Aug 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kementerian ESDM) memudahkan masyarakat mendapatkan informasi terkait sektor ESDM, dengan meluncurkan layanan Contact Center ESDM 136. Hal ini bentuk peningkatan pelayanan. 

Menteri ESDM, Ignasius Jonan menyatakan, contact center ESDM 136 disediakan untuk memudahkan masyarakat dalam berinteraksi dengan Kementerian ESDM.

Baik berupa pertanyaan, pemberian informasi, maupun pelaporan permasalahan terkait sektor ESDM yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

"Contact Center ESDM 136 merupakan fasilitas yang kami sediakan agar masyarakat semakin mudah dalam berinteraksi dengan Kementerian ESDM," kata Jonan, dalam peluncuran Contact Center ESDM 136, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (15/8/2018).

Jonan menambahkan, selain layanan melalui telepon ke ESDM 136, contact center ESDM juga mencakup layanan publik melalui Media Sosial seperti Twitter (@KementerianESDM), Facebook (Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral), Instagram (@kesdm), maupun Youtube (Kementerian ESDM).

Hal ini merupakan upaya Kementerian ESDM menjawab perkembangan zaman dalam melayani publik karena pelayanan informasi publik tidak saja lewat email, datang langsung, tetapi lewat telepon dan media sosial.

"Komunikasi publik, kita buka tidak hanya lewat email atau datang langsung, tetapi juga via telepon dan media sosial. Ini kita launching dan akan kita sempurnakan terus mengikuti perkembangan zaman," ujar dia.

Dengan peluncuran layanan baru ini, Jonan berharap Kementerian ESDM semakin baik dalam melayani masyarakat.

"Dengan Contact Center ESDM 136, saya harap Kementerian ESDM akan semakin baik dalam melayani masyarakat dan meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada Kementerian ESDM," tutur dia.

 

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

 

5 Hal Terkait Contact Center Kementerian ESDM

Ilustrasi tambang migas  (iStockPhoto)

Berikut lima hal penting terkait contact center ESDM 136:

Pertama, Contact Center ESDM 136 tidak menggantikan fungsi contact center PLN123, Pertamina 1500-000 dan PGN yang telah ada selama ini.

Ini justru akan memperkuat keberadaan contact center tersebut. Untuk keluhan dan pengaduan pelanggan Listrik, BBM, LPG tetap diutamakan melalui contact center ketiga BUMN tersebut.

Kedua, Contact Center ESDM 136 ini akan membantu penanganan pelayanan mayarakat terhadap ESDM seperti mulai dari pelayanan informasi publik, urusan perizinan ESDM, peraturan tentang ESDM maupun informasi terkait dengan bencana geologi.

Ketiga, untuk pertanyaan yang tidak bisa langsung terjawab saat itu juga, kami akan menjawab balik via email dan/atau telepon balik, sebagai bentuk pelayanan yang responsif.

Keempat, biaya yang dikenakan pada masyarakat jika menelpon ke Contact Center ESDM 136 adalah biaya lokal. Untuk masyarakat yang menelpon di luar area Jakarta maka tetap akan dikenakan biaya lokal, adapun biaya telepon Sambungan Langsung Jarak Jauh (SLJJ) akan ditanggung ESDM. 

Pembiayaan lokal perlu dibebankan untuk menghindari telepon iseng yang dapat mengganggu kinerja Contact Center ESDM 136. 

Khusus untuk pengguna Sampoerna Telekomunikasi Indonesia (STI), untuk sementara waktu jika menelepon dari luar Jakarta diharuskan menggunakan kode area 021 dan dibebaskan dari biaya telepon hingga periode tertentu.

Kelima, layanan Contact Center ESDM 136 ini ke depan akan ditingkatkan dengan aplikasi yang berbasis AI (Artificial Intelegence) yang saat ini masih dikembangkan.

Sebagai bentuk sinergitas Pemerintahan dan Badan Usaha, Infrastruktur IT dan sistem komunikasi Contact Center ESDM 136 ini didukung penuh oleh Iconplus (ICON+) yaitu anak perusahaan PT PLN (Persero) yang menangani penyediaan jaringan, jasa, dan content telekomunikasi.

Selain itu, terwujudnya Contact Center ESDM 136 ini juga didukung oleh Telkom, sebagai penyedia jasa nomor telepon 136, dan juga operator telekomunikasi lainnya, yakni Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooredoo, Smartfren, Tri Indonesia dan (STI).

"Kami ucapkan terimakasih kepada Iconplus (ICON+) dan para provider layanan telekomunikasi atas dukungannya selama ini membangun sistem ini. Terus kita kembangkan sesuai perkembangan zaman. Ini adalah bentuk support kepada sektor ESDM dalam meningkatkan layanan publik. Terimakasih," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terungkap, Delon dan Istri Sudah 10 Bulan Pisah Rumah

Posted: 14 Aug 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rumah tangga Delon Thamrin alias Delon Idol dan Yeslin Wang terancam bubar. Setelah tujuh tahun menikah, Yeslin menggugat cerai Delon di Pengadilan Negeri Jakarta Barat sejak 8 Agustus 2018.

Pengacara Yeslin Wang, Osner Johnson Sianipar, yang menangani perkara ini sejak Juli 2018, membenarkan kabar itu. Bahkan, ia juga membeberkan bahwa Delon dan Yeslin sudah pisah rumah selama 10 bulan.

"Awalnya biasa yang namanya rumah tangga pasti ada cekcok dan ribut-ribut. Apalagi pernikahannya sudah tujuh tahun, tapi akhirnya mereka pisah rumah pada Oktober 2017," Osner Johnson Sianipar menyampaikan saat dihubungi Liputan6.com via telepon, Rabu (15/8/2018).

Disampaikan juga oleh sang pengacara, bahwa Delon saat ini menempati rumahnya yang berlokasi di Jakarta Pusat, sementara Yeslin Wang menetap di wilayah Jakarta Timur.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Soal Anjing Peliharaan

Delon (Herman Zakharia/Liputan6.com)

Pernikahan Delon dan Yeslin Wang sudah terjalin sejak 20 Mei 2011. Sebelum kabar pisah rumah yang beredar tahun lalu, keduanya masih terlihat harmonis.

Namun, Delon sempat mengakui bahwa ia pisah rumah bukan karena masalah rumah tangga, melainkan hanya perkara anjing. Delon memiliki lima ekor anjing di apartemennya yang mengakibatkan dirinya sering ditegur oleh tetangga-tetangganya. Ia pun memutuskan untuk membagi dua anjing peliharaannya itu dengan sang istri.

Dimarahi Tetangga

Penyanyi Delon  (Liputan6.com/Herman Zakharia)

"Benaran enggak ada apa-apa (tidak bercerai), kan kemarin gue sudah jelasin. Kan gue ada anjing lima, tiga ikut dia karena gue tinggal di apartemen. Ya tiga ikut dia, dua di gue. Jadi kalau lima di apartemen diomelin sama tetangga," kilah Delon saat ditemui di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, 30 Juli 2018 lalu.

Selebihnya, ia menegaskan bahwa rumah tangganya baik-baik saja, "Enggak goyah, masih bersama. Baru ketemu minggu, sudah-lah entar gue foto," ucapnya berkilah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Irjen Idham Azis Gantikan Komjen Syafruddin? Ini Kata Mabes Polri

Posted: 14 Aug 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakapolri Komjen Syafruddin dilantik menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Kabar beredar, Kapolda Metro Irjen Idham Azis akan menggantikan Syafruddin sebagai wakapolri.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Mohammad Iqbal menyampaikan, sampai saat ini belum ada keputusan dari pimpinan Polri terkait sosok pengisi jabatan wakapolri. Untuk itu, kabar Idham Azis menjadi pengisi jabatan tersebut belum dapat dipastikan.

"Silakan saja ada yang berasumsi, menerka, dan lain-lain. Tapi definitif saya selaku jubir Polri mengatakan belum tahu siapa wakapolrinya. Kita serahkan saja ke Bapak Kapolri karena ini murni hak preogratif Kapolri," tutur Iqbal di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Rabu (15/8/2018).

Iqbal memprediksi bahwa penunjukan pengganti wakapolri tidak akan memakan waktu lama. Terlebih, secara prosedur pengangkatan wakapolri sendiri diambil dari perwira polisi bintang dua yakni Irjen dan tiga alias komjen.

"Kalau sudah bintang itu adalah tidak mengikuti mekanisme yang ada kepangkatan. Kalau pamen dari komisaris polisi ke kombes harus melewati tahapan-tahapan masa kepangkatan. Kalau sudah bintang seperti saya (bintang satu atau brigjen), apabila dibutuhkan intitusi demi kepentingan organisasi, masyarakat, bangsa dan negara, bisa dipercepat sehari, dua hari," Iqbal menandaskan.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Bamsoet Panggil Idham Wakapolri

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Idham Azis (tengah) dan jajaraannya menunjukkan barang bukti saat rilis hasil operasi miras di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (20/4). Jajaran Polda Metro Jaya berhasil menyita 39.834 botol miras. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Idham Aziz sempat terlihat hadir di acara pelantikan Syafruddin sebagai Menteri PAN RB di Istana Negara, Jakarta. Ia terlihat berbincang dengan sejumlah pejabat lainnya, antara lain Ketua DPR Bambang Soesatyo atau Bamsoet dan Anggota Komisi III DPR Ahmad Sahroni.

Dalam perbincangan itu, Bamsoet sempat berseloroh saat bertemu Idham Azis. Bamsoet memanggil Idham Aziz sebagai Wakapolri.

"Hei Pak Waka, main nyelonong aja," seloroh Bamsoet di pelataran samping Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/8/2018).

Idham Aziz yang sebelumnya tak mendengar panggilan politisi Partai Golkar itu memang tampak ingin segera masuk ke Istana Negara. Namun, Idham Azis langsung menghampiri Bamsoet setelah mendengar panggilan Ketua DPR itu.

"Oh siap Pak. Ini sedang mendampingi Kapolri," ucap Idham.

Idham pun langsung berbincang santai dengan Bamsoet dan Sahroni. Mereka juga berfoto bersama.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Rusuh, Pembukaan Ikea Pertama di India

Posted: 14 Aug 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Warga sangat antusias saat pembukaan gerai Ikea pertama di India. Mereka berdesak-desakan untuk masuk ke toko bangunan asal Swedia tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polri: Kami Bangga Syafruddin Jadi Menteri PAN-RB

Posted: 14 Aug 2018 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komjen Syafruddin resmi menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) setelah dilantik Presiden Jokowi. Polri menyambut baik pengangkatan mantan Wakapolri tersebut sebagai menteri Kabinet Kerja Jokowi-JK.

"Kami bersyukur dan (mengucapkan) selamat, Polri bangga putra terbaik Bhayangkara Polri dipilih sebagai menteri Kabinet Jokowi," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Mohammad Iqbal di kantornya, Jakarta, Rabu (15/8/2018).

Iqbal menuturkan, mekanisme telah dilakukan Syafruddin dengan mengajukan pengunduran diri atau pensiun dini sejak Selasa 14 Agustus kemarin. Surat tersebut telah disetujui oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan telah dikirimkan ke Presiden Jokowi.

Namun Iqbal mengaku tidak tahu persis apakah surat pengunduran diri itu dilayangkan Syafruddin sebelum atau sesudah ditunjuk sebagai menteri.

"Saya tidak paham teknis itu. Tapi yang jelas ada info bahwa beliau ditunjuk untuk jadi menteri di kabinet, dan kebetulan MenPANRB mengundurkan diri dan beliau ditunjuk menggantikannya. Otomatis untuk persyaratan itu beliau harus mengundurkan diri," tuturnya.

Dengan pengunduran diri tersebut, maka jabatan Wakapolri kosong. Iqbal yakin dalam waktu dekat Kapolri segera memilih sosok pendampingnya.

Dia enggan berspekulasi soal isu Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis yang bakal mengisi posisi tersebut. Namun yang pasti, jabatan Wakapolri akan diisi oleh perwira tinggi berpangkat Irjen atau Komjen.

"Kita serahkan saja ke Bapak Kapolri, karena ini murni hak prerogatif Kapolri," ucap Iqbal.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK: LHKPN Jokowi dan Prabowo Lengkap

Posted: 14 Aug 2018 09:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilaporkan dua bakal calon Presiden RI, Joko Widodo atau Jokowi dan Prabowo Subianto, sudah dinyatakan lengkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Saat ini pelaporan LHKPN atas nama calon Presiden Joko Widodo sudah terverifikasi lengkap. Prabowo lengkap dan telah diumumkan," ujar juru bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Rabu (15/8/2018).

Febri mengatakan, masyarakat nantinya bisa melihat harta kekayaan kedua bakal calon presiden di website: elkhkpn.kpk.go.id pada bagian e-announcement.

Selain LHKPN milik Jokowi dan Prabowo yang dinyatakan lengkap, KPK juga sudah memverifikasi LHKPN milik bakal calon wakil presiden Sandiaga Salahudin Uno. LHKPN milik Sandi sudah dinyatakan lengkap.

"Sandiaga lengkap dan Ma'ruf Amin masih proses," kata Febri.

  

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Popularitas Meredup, Britney Spears Kangen Baby One More Time

Posted: 14 Aug 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles: Britney Spears dikenal sebagai Princess of Pop. Di akhir 1990-an hingga awal 2000, Britney Spears sempat menjadi idola remaja di dunia.

Lagu "Baby One More Time" menjadi lagu yang mengantarkan Britney Spears berada di puncak popularitas.

Namun pada 2006, Britney Spears mulai menunjukkan gejala depresi. Bahkan, ada fakta mengejutkan terungkap, Britney Spears juga pernah kecanduan obat-obatan terlarang.

Dikutip People, Selasa (14/8/2018), karier Britney Spears meredup saat popularitasnya berada di puncak. Ia terkena masalah obat-obatan terlarang, bahkan ia berusaha menggunduli rambutnya karena stres.

 

Update Terkini Asian Games 2018: Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Rindu Baby One More Time

Britney Spears mengungkapkan perasaannya mengenai lagu

Dalam sebuah wawancara, Britney Spears menyebutkan bahwa ia merindukan "Baby One More Time". Ia merasa waktu cepat sekali berganti, seperti dilansir dari Entertainment Online, Selasa (14/8/2018).

Meski tak mengungkapkan secara langsung, Britney Spears seolah merindukan popularitasnya yang dulu.

Cepat Berlalu

Britney Spears. (AFP/Bintang.com)

"Aku tahu, itu adalah lagu yang sangat keren. Sangat berbeda. Dan aku juga menyukainya. Aku tak mengerti bagaimana sebuah lagu bisa diterima oleh penikmat musik," sebut Britney Spears.

Sangat Muda

Britney Spears di videoklip Baby One More Time (YouTube/@Britney Spears)

Britney Spears saat itu masih berusia 16 tahun. Mendadak, ia menjadi sangat terkenal. Ia mengakui itu adalah masa paling menyenangkan dalam hidupnya.

Kehidupan Britney Spears

Britney Spears (JASON MERRITT/GETTY IMAGES NORTH AMERICA/AFP)

"Ya, ya, ya! Aku sadar lagu itu mengubah kehidupanku. Saat itu, aku masih sangat muda sekali. Mendadak, boom. Semua berubah. Itu sangat menyenangkan dan hal paling gila dalam hidupku," Britney Spears menambahkan.

Britney Spears sempat mengembalikan kejayaannya. Pada 2013, Britney Spears merilis Britney Jean. Sayangnya, anjlok. Karya dari penyanyi yang disebut sebagai Princess of Pop itu terbilang memalukan, hanya terjual ribuan keping.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dubes: Indonesia Akan Jadi Negara Paling Dimanjakan Saudi saat Musim Haji

Posted: 14 Aug 2018 09:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Saudi memberikan apresiasi besar kepada Indonesia karena dianggap sebagai jemaah calon haji terdisiplin. Terlebih lagi, saat ini merupakan masa keemasan diplomatik antara Saudi dan Indonesia.

"Saya dan Dubes Saudi untuk Indonesia sepakat membentuk poros kerjasama Saunesia (Saudi-Indonesia) untuk meningkatkan hubungan bilateral kedua negara," ujar Duta Besar Indonesia untuk Saudi, Agus Maftuh Abegebriel, seperti dikutip dari laman www.kemenag.go.idRabu (15/8/2018).

Selain itu, Agus menjelaskan, Saudi akan membuat proyek besar yang disebut Thoriq Mecca atau Mecca Road.

"Proyek ini akan diselesaikan pada 2030, yang dapat menampung 5 juta jemaah haji sedunia dan saya meyakini Indonesia bakal menjadi negara yang paling dimanjakan Saudi," ucapnya.

Bahkan, menurut Agus, Saudi berharap Indonesia mau berbagi kemampuan manajerial pelayanan haji kepada negara-negara lainnya.

"Saudi sangat berharap Indonesia menularkan sharing manajerial haji karena memandang Indonesia sangat mampu untuk itu," tandas Agus.

Agus menyampaikan semua ini usai rapat koordinasi (rakor) antara Amirul Hajj dengan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi.

Rakor dihelat di Kantor Daker Makkah (baru) di kawasan Syisyah, Makkah, Minggu 12 Agustus siang waktu Arab Saudi (WAS).

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kelola Blok Rokan, Pertamina Setor PNBP Rp 11 Triliun ke Pemerintah

Posted: 14 Aug 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani mengatakan, pengelolaan Blok Rokan oleh PT Pertamina (Persero) memberi Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar USD 784 juta atau Rp 11,3 triliun. PNBP tersebut akan diserahkan oleh Pertamina kepada negara tahun ini.

"Mengenai Blok Rokan, Pertamina potensi estimasi yang akan masuk melalui PNBP sekitar USD 748 juta. Akan diterima di tahun 2018," ujar Askolani seperti ditulis Rabu (15/8/2018).

Setoran PNBP ini, kata Askolani merupakan pembayaran fee awal atau signature bonus yang dilakukan sebagai tanda keseriusan pengelolaan Blok Rokan.

"Pembayaran fee awalnya, istilahnya signature bonus akan disetorkan Pertamina pada tahun ini dalam bentuk PNBP," jelas Askolani.

Sebelumnya diberitakan, negara akan mendapat banyak manfaat atas keputusan menyerahkan pengelolaan Blok Minyak dan Gas (Migas) Rokan. Salah satu potensinya penerimaan negara sebesar Rp 825 triliun dari produksi blok Rokan.

Staf Khusus Menteri Energi Sumber Daya Mineral, Hadi Djuraid mengatakan, Pertamina menjanjikan bonus tanda tangan atas pengelolaan Blok Rokan sebesar USD 784 juta atau Rp 11,3 triliun.

Dengan begitu, pemerintah akan mendapatkan dana segar sebesar Rp 11,3 triliun dalam bentuk Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP).

"Ini bisa jadi PNBP terbesar selama ini dalam satu kali transaksi," kata Hadi, dikutip dari cuitan akun twitter @HadiMDjuraid, (1/8/2018).

Bonus tanda tangan adalah dana yang harus dibayarkan kontraktor ke pemerintah, sebelum kontrak ditandatangani. Ini untuk menunjukkan keseriusan sekaligus kesiapan kontraktor.

Hadi melanjutkan, potensi pendapatan negara dalam berbagai bentuk dari Blok Rokan, selama 20 tahun mencapai sekitar USD 57 miliar atau Rp 825 triliun. "Belum lagi multiplier effect yang amat signifikan bagi perekonomian," tambah dia.

 

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Produksi Blok Rokan

Ilustrasi tambang migas (iStockPhoto)

Rokan adalah blok onshore terbesar Indonesia. Rata-rata produksi 207,148 barel per hari, dengan cadangan hingga 1,5 miliar barel.

Tantangan pasca alih kelola adalah menjaga tingkat produksi, agar kontribusi Blok Rokan sebesar 26 persen dari total produksi migas nasional tetap terjaga, bahkan ditingkatkan.

Dengan mengelola Blok Rokan, kontribusi Pertamina terhadap produksi migas nasional akan melonjak hingga 60 persen.

Pada 2018, kontribusi Pertamina baru 36 persen dan 39 persen dalam porsi produsen minyak nasional pada 2019.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rekor Pertemuan Timnas Indonesia U-23 Vs Palestina: Ujian Sesungguhnya

Posted: 14 Aug 2018 09:15 PM PDT

Jakarta Timnas U-23 Indonesia bakal diujiPalestina U-23 pada laga lanjutan Grup A Asian Games 2018 yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabaga, Bekasi, Rabu (15/8/2018). Ini merupakan pertemuan kedua sepanjang sejarah.

Bagi Timnas U-23 Indonesia, laga melawan Pakistan U-23 menjadi pertandingan kedua di Asian Games 2018. Sebelumnya, pasukan Luis Milla berhasil meraih kemenangan meyakinkan dengan skor 4-0 melawan Chinese Taipei.

Dalam sejarah sepak bola internasional, Indonesia baru sekali bertemu melawan Palestina untuk klasifikasi timnas U-23. Pertemuan perdana kedua tim terjadi di Islamic Solidarity Games (ISG) 2013 yang berlangsung di Palembang, Sumatra Selatan.

Ketika itu, Garuda Muda menyerah dengan skor 1-2 dari Palestina. Hasil tersebut sudah cukup memberi gambaran kalau Indonesia sebenarnya punya peluang untuk bersaing.

Di level senior Timnas Indonesia baru bersua dua kali melawan negara yang baru menjadi resmi menjadi anggota FIFA pada 1998 itu. Yakni pada turnamen Al-Nakbah yang digelar di Palestina.

Timnas Indonesia yang dipersiapkan buat Piala AFF 2012  gagal melangkah ke babak final di turnamen Al-Nakbah setelah dipaksa takluk dari tuan rumah dengan skor 2-1.

Indonesia yang lolos ke babak semifinal sebagai runner-up terbaik penyisihan harus menghadapi tuan rumah Palestina yang didukung suporter fanatiknya. Tim asuhan Nilmaizar sempat unggul terlebih dahulu lewat sumbangan gol Irfan Bachdim pada menit ke-13.

Tertinggal satu gol, Palestina gencar melayangkan serangan. Petaka bagi Indonesia datang pada menit 39. Sebuah pelanggaran dari Wahyu Wijiastanto di dalam kotak penalti membuat wasit menunjuk titik putih. Abu Habib yang maju sebagai eksekutor berhasil menjalankan tugasnya dengan baik untuk menutup pertandingan babak pertama dengan skor 1-1.

Di babak kedua, Palestina yang berambisi meraih kemenangan terus memberikan ancaman ke pertahanan Indonesia.

Menit 66 kembali Palestina berhasil unggul. Sebuah kemelut di depan gawang Endra Prasetya berhasil dimaksimalkan oleh kapten tim Palestina untuk membawa timnya unggul.

Indonesia mencoba membalas dengan mengandalkan kecepatan Irfan Bachdim dan Samsul Arif di lini depan. Namun rapatnya pertahanan Palestina masih terlalu kokoh untuk di tembus kedua kalinya. Hingga pertandingan usai, skor 2-1 bertahan hingga pertandingan usai.

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Luis Milla, mempertingatkan pemainnya akan kekuatan Palestina U-23 yang dikenal memiliki kualitas fisik tangguh. (INASGOC/sup)

Sebelumnya pada pertemuan perdana, Timnas Indonesia yang dikapteni Bambang Pamungkas sukses menang dengan skor 4-1 atas Palestina di Stadion Manahan, Solo pada 22 Agustus 2011.

Khusus pentas Asian Games, laga nanti menjadi pertemuan pertama buat kedua tim.

Timnas Indonesia U-23 Indonesia baru melakoni satu laga dan kini menempati peringkat dua klasemen Grup A dengan tiga poin. Sementara Palestina yang sudah menjalani dua pertandingan berada di puncak klasemen dengan catatan empat angka.

Di laga terakhirnya kedua tim sama-sama memetik kemenangan, Timnas U-23 Indonesia maupun Palestina sama-sama memetik kemenangan. Indonesia melumat Taiwan 4-0, sementara Palestina yang sempat tertinggal lebih dulu akhirnya mampu mengalahkan Laos 2-1.

Pada edisi 2018, Palestina sendiri belum mampu memberikan penampilan terbaiknya. Meskipun Palestina belum terkalahkan dalam empat pertandingan terakhir.

Sementara itu, Timnas U-23 Indonesia pada pertandingan pertama masih memiliki masalah kesulitan dalam memecah kebuntuan. Meskipun pada akhirnya, Stefano Lilipaly dkk akhirnya mampu membongkar lini pertahanan Chinese Taipei dan mencetak empat gol pada babak kedua.

Ancaman Ketangguhan Fisik Palestina U-23

Gelandang Indonesia, Stefano Lilipaly, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Chinese Taipei pada laga Grup A Asian Games di Stadion Patriot, Bekasi, Minggu (12/8/2018). Indonesia menang 4-0 atas Chinese Taipei. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Pelatih Luis Milla sudah sedari awal memperingatkan tim asuhannya akan kekuatan Palestina U-23. Menurut Luis Milla, tim berjuluk The Redeemers itu dikenal memiliki kemampuan fisik yang tangguh dan juga rataan postur pemain yang tinggi-tinggi.

"Kami tahu Palestina datang dengan kekuatan U-23 dan secara fisik mereka sangat kuat. Saya rasa pertandingan nanti akan berlangsung sulit. Kami sudah melihat mereka bermain (melawan Laos U-23)," kata Luis Milla.

Meski demikian, Luis Milla tak ingin menganggap laga melawan Palestina U-23 berbeda dengan yang lainnya. Menurut dia, laga melawan Palestina U-23 sama sulitnya dengan laga-laga lainnya.

"Pertandingan sulit seperti ini juga akan kami hadapi di pertandingan lainnya," ucap pelatih asal Spanyol itu.

Pada pertandingan nanti, Luis Milla diprediksi masih akan memainkan skema permainan dari sektor sayap kiri dan kanan. Hal ini tentu saja akan membantu para penyerang Garuda Muda semisal Alberto Goncalves dan Stefano Lilipaly dalam menciptakan peluang dan mencetak go.

Sumber Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hai Wanita, Kenapa Pilih Menikah dengan Pria Lebih Muda?

Posted: 14 Aug 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang sedang menjalani hubungan, tentu Anda berharap jika hubungan yang dijalani berakhir dalam pernikahan. Namun kini pernikahan tidak terpaku pada usia. Di mana pria yang lebih muda bisa saja menikah dengan wanita yang lebih tua. Bahkan bisa dikatakan sebagai tren.

Namun apa yang membuat wanita dengan usia lebih tua memilih untuk menikah dengan pria yang lebih muda. Dilansir dari Boldsky pada Rabu (15/8/2018) terdapat lima alasan utama yang melatarbelakangi kenapa wanita lebih tua menikah dengan pria lebih muda.

1. Sudah mapan

Ini adalah alasan yang paling umum mengapa wanita lebih tua memilih menikah dengan pria lebih muda. Kurangnya pilihan pada pria di usia mereka membuat akhirnya wanita mencari pria yang lebih muda.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

2. Tanggung jawab

Ilustrasi (iStock)

Terkadang wanita dengan usia lebih tua memiliki kendali dalam pernikahan. Merasa lebih berpengalaman dan mampu menjadikan setiap harinya lebih baik. Pria yang lebih muda pun tidak akan keberatan jika pasangan mereka mengambil alih tanggung jawab atas pernikahan. Karena para pria ini akan belajar dari pasangannya. Ini membawa cara baru untuk saling memahami.

3. Awet muda

Wanita pun pada akhirnya masih merasakan jiwa mudanya ketika menikahi pria yang lebih muda. Mereka akan merasa memiliki hidup di usia muda dan mengalami kembali bersama pasangan. Terlebih, pria yang lebih muda memiliki jiwa yang begitu aktif yang mampu menciptakan gairah dalam hubungan. Ini menjadi cara wanita merasakan cinta yang tidak pernah miliki ssebelumnya Di mana ia bisa belajar mengenal dirinya sendiri bersama pasangannya yang lebih muda.

4. Intensitas seks

ilustrasi Foto Pernikahan (iStockphoto)

Pernikahan akan jauh lebih sulit saat mereka menua. Namun ketika ia menikahi pria yang lebih muda, kehidupan seks dalam pernikahan menjadi lebih mudah karena mereka memiliki banyak pengalaman. Wanita tahu seks seperti apa yang membuatnya dan pasangan bisa merasa senang. Dan yang pasti, pria lebih muda memiliki kekuatan lebih untuk memenuhi hasrat seks wanita.

5. Lebih optimis

Pria yang lebih muda biasanya memiliki pandangan hidup yang lebih positif. Ini membantu wanita untuk terhindar dari komplikasi dan menikmati cinta dengan pasangannya. Wanita pun tahu bahwa pria lebih muda pun bisa membantunya sukses tanpa masalah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pantauan Udara Pawai Obor Asian Games

Posted: 14 Aug 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Suasana pawai api obor Asian Games yang diarak keliling kota Bogor sepanjang 10 kilometer, Selasa siang tampak semarak. berbagai elemen mulai dari komunitas pelari, pengemudi daring hingga pelajar tampak menyambut kedatangan obor api.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Wakapolri Dilantik Presiden jadi Menteri PAN-RB

Posted: 14 Aug 2018 09:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Wakapolri Komjen Polisi Syafruddin menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Hal ini menyusul pemunduran diri Asman Abnur dari jabatan tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Presiden Jokowi Perintahkan Panglima TNI untuk Percepat Pemberian Bantuan ke Rinjani

Posted: 14 Aug 2018 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau biasa dipanggil Jokowi, mengatakan bahwa hingga saat ini masih terdapat beberapa wilayah di Lombok yang belum dapat dijangkau dan mendapatkan bantuan. Hal tersebut disebabkan lokasi terdampak gempa cukup luas dan medan yang dilalui sangat berat.

"Masih ada satu, dua, tiga desa yang belum (terjangkau) karena posisinya menuju ke puncak Gunung Rinjani yang tidak bisa dijangkau oleh motor apalagi mobil," ujarnya, saat di halaman RSUD Tanjung, Lombok Utara, pada Senin (13/8/2018).

Presiden Jokowi juga telah menginstruksikan jajaran terkait untuk segera menyelesaikan masalah tersebut. Terlebih lagi, menurut informasi yang diterimanya, saat ini masih terdapat beberapa rumah dan warga yang tertimpa longsor akibat gempa.

"Saya sudah perintahkan kepada Panglima TNI supaya diselesaikan masalah yang ada karena juga di sini sebenarnya standby empat heli yang bisa digunakan," ucap Jokowi.

Terkait masalah sanitasi, dirinya telah memastikan bantuan berupa 200 Mandi Cuci Kakus (MCK) portable dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan segera datang dan dipasang di sejumlah lokasi pengungsian.

"Yang baru terpasang 90, menuju ke sini 200 tapi itu pun masih tetap kurang sehingga akan terus dihitung kekurangannya berapa dan terus akan dikirim," kata Jokowi.

Terkait bantuan obat-obatan, ia juga memastikan telah terdistribusi dengan baik.

"Informasi yang saya terima masih dalam keadaan yang baik," ujarnya.

Saat memberikan keterangan kepada jurnalis tersebut, Jokowi tampak didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Gubernur Nusa Tenggara Barat Muhammad Zainul Majdi.

Sementara itu, Menteri Pariwisata, Arief Yahya, memantau perkembangan kondisi terkini di Lombok dari Tim Crisis Center Kementerian Pariwisata (Kemenpar) pada Selasa (14/8/2018). Dirinya tampak lega saat mengetahui kawasan Rinjani sudah masuk dalam tahap pemulihan. Pasalnya, menurut Arief, Rinjani merupakansalah satu destinasi alam yang menjadi andalan Lombok, NTB.

"Terima kasih, langkah percepatan me-recovery di kawasan Rinjani itu akan cepat menghidupkan pariwisata di sana," ucapnya.

Pada Rabu (15/8/2018), Tim Crisis Center Kemenpar memastikan keadaan dermaga Gili Trawangan dan Gili Air.

"Saat ini bersama Yon Zipurmar sedang mempercepat berfungsinya dermaga pariwisata di teluk Nare. Kami juga memastikan langkah recovery bersama industri pariwisata di Lombok. Mereka kompak dan tetap bersemangat untuk percepatan," kata Kepala Dinas Pariwisata NTB, Lalu M Faozal.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Obor Asian Games Tiba di TMII

Posted: 14 Aug 2018 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Obor Asian Games tiba di Taman Mini Indonesia Indah, beberapa kemacetan terjadi di simpang TMII akibat adanya buka tutup lalu lintas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Menteri PAN-RB, Komjen Syafruddin Ajukan Pensiun Dini Sejak Kemarin

Posted: 14 Aug 2018 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komjen Syafruddin rupanya telah mengajukan pengunduran diri atau pensiun dini sehari sebelum dilantik sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB). Pengunduran diri tersebut juga telah disetujui oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

"Mekanisme sudah dilakukan, kemarin Pak Wakapolri waktu itu (Syafruddin) sudah melayangkan surat pengunduran diri selaku anggota Polri," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Mohammad Iqbal di kantornya, Jakarta, Rabu (15/8/2018).

Dengan begitu, Iqbal melanjutkan, secara otomatis jabatan Wakapolri yang selama ini diemban tidak lagi melekat pada Syafruddin. Syafruddin juga dinyatakan pensiun dari institusi Polri.

"Sudah tidak jadi anggota Polri. Jadi pengunduran diri ini bahasanya adalah pensiun dini walaupun Beliau masa baktinya masih tersisa sampai bulan Mei tahun depan," katanya. Dengan begitu, Iqbal memastikan, tidak ada rangkap jabatan yang dilakukan Syafruddin di institusi pemerintahan.

"Pengunduran diri sudah disetujui Kapolri, Kapolri juga sudah mengirimkan surat pengunduran diri itu ke istana yaitu ke presiden," Iqbal menandaskan.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ribuan Mobil Laku di GIIAS 2018, Pasar Mobil Bekas Lesu?

Posted: 14 Aug 2018 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 menjadi kesempatan bagi para produsen untuk berjualan dengan menawarkan berbagai promo.

Hal tersebut tentunya memberikan daya tarik tersendiri, dimana ribuan mobil berhasil dipinang oleh para konsumen yang datang ke pameran itu. Banyaknya mobil baru yang keluar dalam satu waktu melalui gelaran tersebut ternyata turut memengaruhi penjualan mobil bekas, meskipun tak semua dealer mengalami.

Salah satunya seperti yang dialami Tridaya Mobilindo, dimana menurut Rusdi dari dealer mobil bekas tersebut bahwa pengaruhnya terasa tak hanya setelah gelaran berakhir, namun juga ketika menjelang GIIAS 2018. Permintaan terhadap mobil bekas dikatakannya mengalami penurunan, khususnya di daerah-daerah.

"Dampaknya sangat terasa, bahkan sebelum GIIAS juga sudah. Terutama harga mobil bekas jadi tidak stabil untuk beberapa jenis mobil," jelas Rusdi kepada Otosia, Senin (13/08/2018).

Sedangkan Mobil88 yang merupakan bagian dari Astra Group mengaku tak merasakan adanya dampak yang cukup signfikan. Dikatakan Halomoan Fischer selaku Presiden Direktur Mobil88 kepada Otosia, penjualan mobil bekas sebelum, selama dan sesudah GIIAS 2018 tetap dalam kondisi normal.

Kondisi yang sama juga dirasakan Bafar Car's Italiano yang menawarkan mobil mewah bekas seperti Mercedes-Benz dan sebagainya. Tak terjadi adanya pengurangan permintaan dari pasar atau pun gejolak harga jual mobil bekas.

Reporter : Hafid

Sumber: Otosia.com

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Jumlah Pengunjung dan Transaksi GIIAS 2018 Masih Dirahasiakan, Kenapa?

Sejumlah brand otomotif saling bersaing di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 yang digelar di ICE, BSD, Tangerang Selatan, 2-12 Agustus 2018.

Namun demikian, banyak yang menyebutkan GIIAS 2018 kini lebih sedikit pengunjung. Penyebab penurunan pengunjung kemungkinan karena harga tiket pada akhir pekan (weekends) sebesar Rp 100 ribu dan hari biasa (weekdays) masih sama Rp 50 ribu.

 

 

 

Tentu saja, akhir pekan kerap digunakan untuk keluarga pergi bersama. Artinya, jika satu keluarga berisikan empat anggota keluarga termasuk dua anak, maka mereka wajib merogoh kocek Rp 400 ribu sekali masuk pamean GIIAS 2018.

Akan tetapi, biaya itu belum termasuk biaya bensin, biaya tol, parkir mobil Rp 20 ribu (flat) dan motor Rp 10 ribu (flat), serta yang lainnya.

Menanggapi hal tersebut Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi angkat bicara. Kata dia, pameran GIIAS 2018 justru membuat lebih nyaman.

"Weekend tahun lalu 70 ribu, tahun ini 100 ribu. Tapi tahun lalu usia 2 tahun ke atas sudah langsung kena (biaya masuk). Kalau sekarang 7 tahun ke atas baru kena," ungkap Nangoi kepada wartawan.

Tak hanya itu, dengan harga tiket masuk lebih tinggi pada akhir pekan, maka hal itu membuat pengunjung di hari kerja cenderung lebih banyak dan merata.

"Karena kalau terlalu penuh juga tidak bagus, akhirnya tidak nyaman. Saya terima complain tahun lalu weekendnya terlalu banyak orang," tuturnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Potret Menakjubkan Pesawat Asing Ditemukan di Segitiga Bermuda

Posted: 14 Aug 2018 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Segitiga bermuda merupakan perairan yang terbilang mengerikan dan menyimpan banyak misteri. Mitos-mitos aneh kemunuculan mahluk asing seperti alien serta hilangnya pesawat dan kapal selalu erat kaitannya dengan segitiga bermuda.

Meski segitiga bermuda selalu dibayangi dengan misteri mencekam, namun penjelajah berani bernama Darrell Miklos justru penasaran ingin mengungkapnya.

Saat melakukan penyelaman di dasar laut bermuda, Darrell justru menemukan objek asing di dasar laut. Ia yakin bahwa objek tersebut merupakan kapal milik alien.

Artikel tentang tujuh potret menakjubkan pesawat asing menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel kedua terpopuler yakni masjid kokoh berusia tiga abad yang tetap kuat diguncang gempa. Sedangkan artikel viralnya rekaman video guru TK siksa murid menempati posisi ketiga terpopuler.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 7 Potret Menakjubkan Pesawat Asing yang Ditemukan di Segitiga Bermuda

(Foto: © Dailymail via Brilio.net)

Bicara soal segitiga bermudamemang selalu bikin bergidik. Pasalnya, tempat itu memang terkenal dengan banyaknya kasus kapal dan pesawat yang hilang.

Meskipun lekat kaitannya sebagai tempat menyeramkan, hal ini justru menarik perhatian Darrell Miklos untuk menjelajah perairan segitiga bermuda. Darrell menemukan objek asing di bawah segitiga bermuda yang merupakan bukti dari pendaratan alien. 

Selengkapnya..

2. Berusia 3 Abad, Masjid Kuno di Lombok Tetap Kokoh Meski Diguncang Gempa

Masjid Bayan Beleq (muhammad.mk/instagram.com)

Kawasan Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), mengalami rentetan gempa bumi. Getaran gempa pertama kali pada 29 Juli 2018, dengan kekuatan 6,4 SR. Yang terparah gempa pada 5 Agustus 2018 dengan kekuatan mencapai 7 SR.

Meski diguncang gempa sebanyak dua kali. Ada masjib berusia 300 tahun di NTB, yang tetap kokoh berdiri. masjid ini adalah Masjid Bayan Beleq. Ini merupakan masjid yang berada di Kampung Adat Bayan, Lombok Utara.

Selengkapnya...

3. Beredar Video Guru TK Siksa Muridnya, Warganet Geram

guru siksa murid tk (foto: facebook Ishak Rahman)

Tak hanya mengajar, guru juga seharusnya mengayomi anak-anak didik mereka. Sayangnya, kini banyak kekerasan yang dilakukan oleh guru kepada muridnya di sekolah.

Kekerasan yang dilakukan oleh guru kepada muridnya bahkan baru-baru ini kembali terjadi. Kali ini kekerasan tersebut terjadi di sebuah TK di Malaysia.

Selengkapnya..

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siswi SMP Buntok Alami Kesurupan Massal 2 Hari Berturut-turut

Posted: 14 Aug 2018 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Buntok - Siswi Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 (SMPN 1) Buntok, Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, kembali mengalami kesurupan massal. Kesurupan massal tersebut terjadi sekitar pukul 08.00 WIB.

"Pada hari sebelumnya, sebanyak 28 orang, dan hari ini jumlahnya lebih dari itu," kata salah seorang staf SMPN 1 Buntok, Fitriadi, Selasa, 14 Agustus 2018, dilansir Antara.

Sementara Kepala SMPN 1 Buntok, Syamsuddinoor, ketika dikonfirmasi mengatakan tidak mengetahui apakah hal ini benar kesurupan atau ada hal-hal lain. Meski begitu, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seluruh murid diperbolehkan beristirahat atau pulang ke rumah.

"Anak-anak yang kemarin mengalami kesurupan, hari ini tidak, " kata dia.

Ia berharap kejadian yang terjadi selama dua hari ini tidak terjadi lagi ke depannya.

Sementara, Ustaz Sibawaihi ketika diminta komentarnya mengatakan kesurupan massal merupakan pengaruh mahluk gaib seperti jin yang merasa terganggu. "Kemungkinan karena anak-anak masih labil seperti bercanda kelewatan, dan ribut dalam ruangan, otomatis mahkuk gaib terganggu," kata dia.

Maka itu, ia berpesan kepada siswa, khususnya yang beragama Islam, agar meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT, serta tidak meninggalkan salat lima waktu.

"Karena kesurupan itu lantaran pikiran kosong, dan untuk itulah isi jiwa, dan pikiran dengan banyak berzikir agar terhindar dari kesurupan," ucapnya.

Ia mengimbau para siswa pada saat sendiri atau ada masalah, jangan banyak melamun karena itu dapat membawa diri ke alam bawah sadar sehingga mudah terjadi halusinasi. Imbauan yang sama juga berlaku bagi kaum hawa.

Para siswi diminta mengendalikan perasaan dengan baik, apalagi saat sedang menstruasi, karena saat itu cenderung sensitif, dan diharapkan bisa menghadapi semua permasalahan hidup dengan sikap yang positif walau kenyataan tersebut pahit.

"Intinya untuk menghindari kesurupan tersebut dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain itu jangan berbuat keributan seperti teriak-teriak yang bisa mengganggu makhluk-makhluk gaib," ucap dia.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asian Games: Tiket Timnas Indonesia U-23 Vs Palestina Dijual Offline

Posted: 14 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Bekasi - Inasgoc mengantisipasi besarnya permintaan tiket pertandingan sepak bola putra Asian Games 2018 antara Timnas Indonesia U-23 dan Palestina. Karenanya, mereka pun menyiapkan tempat untuk membeli tiket secara offline.

Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Palestina pada matchday kedua Grup A sepak bola putra Asian Games 2018 di Stadion Patriot, Rabu (15/8/2018). Sebelumnya, Timnas U-23 telah meraih modal positif pada laga perdana dengan menaklukkan Taiwan.

Di laga itu, antusiasme masyarakat untuk menonton laga Timnas Indonesia U-23 terbilang besar. Dari kapasitas kurang lebih 30 ribu, penonton yang hadir di Stadion Patriot mencapai 26.504. Diprediksi lonjakan penonton akan terjadi saat Timnas U-23 melawan Palestina.

Karenanya, Inasgoc pun langsung berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk mengantisipasi hal itu, khususnya mitra khusus penjualan tiket, KiosTix. Selain online, tiket pun dijual secara offiline.

Pembelian tiket tersebut dapat dilakukan di dua tempat pada hari ini. Tempat pertama adalah Stadion Patriot. Lalu, tiket juga dijual di pintu 7 Gelora Bung Karno (GBK), Senayan. Kedua tempat itu sudah dibuka sejak pukul 08.00 WIB.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Bayar Kepercayaan Masyarakat

Ketua Umum Inasgoc, Erick Thohir. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

"Lonjakan tersebut menandakan bahwa Indonesia sudah benar-benar demam Asian Games. Kami berterima kasih kepada seluruh masyarakat yang begitu antusias mengikuti pertandingan di Asian Games, terutama sepak terjang Timnas sepak bola," kata Ketua Inasgoc, Erick Thohir.

"Sekarang saatnya kami membalas kepercayaan dan antusiasme masyarakat melalui ekspansi pelayanan secara offline," Erick yang juga Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) itu menambahkan.

Di sisi lain, Timnas U-23 mengincar kemenangan kedua setelah sebelumnya menghajar Taiwan empat gol tanpa balas. Empat gol itu dilesakkan Stefano Lilipaly di menit ke-67, ke-76, Alberto Goncalves ke-71, dan Muhammad Hargianto ke-90+3.

Sedangkan Palestina kini sedang memuncaki klasemen Grup A dengan koleksi empat poin. Sebelumnya, mereka bermain 0-0 melawan Taiwan dan menang 2-1 atas Laos. Melihat dari sepak terjang Palestina, anak asuh Luis Milla punya peluang besar untuk menang.

Klasemen Grup A

1. Palestina: 2 / 1 / 1 / 0 / 2 / 1 / +1 / 4

2. Indonesia: 1 / 1 / 0 / 0 / 4 / 0 / +4 / 3

3. Hong Kong: 1 / 1 / 0 / 0 / 3 / 1 / +2 / 3

4. Taiwan: 2 / 0 / 1 / 1 / 0 / 4 / -4 / 1

5. Laos: 2 / 0 / 0 / 2 / 2 / 5 / -3 / 0

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Idealnya, Ini Lama Waktu Prabowo Subianto Turunkan Berat Badan

Posted: 14 Aug 2018 09:00 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Usai menjalani pemeriksaan kesehatan, calon presiden pada Pilpres 2019 Prabowo Subianto diminta tim dokter menurunkan berat badan sekitar 5 kilogram (kg) agar proporsional. Menurut dokter spesialis gizi klinik Diana Sunardi butuh waktu sekitar 2,5 bulan untuk menurunkan berat badan 5 kg.

"Idealnya 10 minggu atau 0,5 kg per minggu," kata Diana yang tidak termasuk tim dokter yang memeriksa Prabowo saat dihubungi Health-Liputan6.com ditulis Rabu (15/8/2018).

Saat menurunkan berat badan, penting sekali mengatur makanan yang masuk ke tubuh. Caranya dengan mengurangi sumber lemak (termasuk minyak), gula dan tepung (karbohidrat sederhana). Perhatikan kecukupan protein serta memperbanyak makan buah dan sayur serta jangan lupa minum air putih seperti disampaikan Diana.

Staf pengajar di Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia - RS Ciptomangunkusumo ini juga mengingatkan bagi yang sedang menjalankan program penurunan berat badan untuk rajin berolahraga. Olahraga ringan seperti rutin jalan kaki sudah bisa membantu menurunkan berat badan.

"Biasanya, tidak akan berhasil tanpa olahraga," tuturnya.Selain mendukung kesuksesan penurunan berat badan, olahraga juga membuat postur tubuh jadi lebih baik.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

Keuntungan miliki berat badan normal

Ilustrasi berat badan normal (iStockphoto)

Kesukesan menurunkan berat badan tergantung pada niat dan motivasi seseorang. Berdasarkan pengalaman Diana sebagai dokter gizi klini bila seseorang memiliki niat dan motivasi besar untuk menurunkan berat badan biasanya berhasil.

Ketika berat badan normal sudah dicapai, beragam keuntungan bisa dirasakan oleh orang tersebut. Mulai dari penampilan yang lebih baik serta kesehatan jangka panjang.

"Dengan berat badan normal, maka risiko penyakit non infeksi seperti darah tinggi, kencing manis, dan stroke menurun," tandasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BI Bakal Naikkan Suku Bunga Acuan 25 Basis Poin

Posted: 14 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) diprediksi menaikkan suku bunga acuan atau BI 7 days reverse repo rate sekitar 25 basis poin menjadi 5,5 persen.

Hal tersebut untuk meredam volatilitas nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) imbas krisis Turki.

"Tekanan dari Turki cukup berat di pasar keuangan regional. Sejak akhir Juli, nilai tukar melemah, terutama lira, turun sekitar 23 persen. Peso Argentina sekitar 7,7 persen, dan Afrika Selatan sekitar 7,6 persen. Untuk jaga volatilitas sudah meningkat tiga hari ini, BI akan naikkan suku bunga acuan 25 basis poin," ujar Ekonom PT Bank Permata Tbk, Josua Pardede, saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (15/8/2018).

Ia menambahkan, kenaikan suku bunga acuan 25 basis poin menjadi 5,5 persen untuk meredakan volatilitas usai krisis Turki. Fundamental Turki kurang baik membuat investor global khawatir. Hal tersebut membuat persepsi sama terhadap negara berkembang yang mirip dengan Turki antara lain Meksiko, Afrika Selatan, India, Indonesia, dan Filipina.

Selain meredam volatilitas, menurut Josua, BI menaikkan suku bunga acuan untuk menekan pelebaran defisit transaksi berjalan. Pada kuartal II 2018, defisit transaksi berjalan tembus 3 persen terhadap produk domestik bruto (PDB).

Oleh karena itu, dengan menaikkan suku bunga acuan, diharapkan dapat membuat daya tarik Indonesia cukup tinggi. "Dana investor asing dari Jumat berkurang dengan kurang portofolio di negara berkembang sehingga membuat rupiah tertekan," kata Josua.

Meski demikian, kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia dapat mendorong kenaikan suku bunga kredit dan simpanan. Namun, Josua melihat, bank akan menaikkan suku bunga secara bertahap dan tidak sebesar kenaikan suku bunga acuan.

"Tren sudah kelihatan (kenaikan suku bunga). Bank sudah naikkan suku bunga secara bertahap," kata dia.

Ia menambahkan, menaikkan suku bunga acuan untuk menjaga volatilitas rupiah dan menciptakan kepercayaan.

Jika volatilitas rupiah dibiarkan akan membuat ongkos terhadap ekonomi menurut Josua akan lebih besar. Oleh karena itu, diharapkan likuiditas dalam domestik terkendali sehingga volatilitas terjaga.

"Dampak terhadap ekonomi agak panjang. Rupiah dibiarkan ongkos akan lebih besar. Ini jaga ekspektasi pelaku usaha. Kalau rupiah sentuh 14.500 maka tingkat konsumsi akan turun, pelaku usaha akan berbondong-bondong beli dolar hal itu harus diperhatikan," kata dia.

BI gelar pertemuan pada 14-15 Agustus 2018. Hasil pertemuan rapat dewan gubernur BI akan putuskan suku bunga acuan. Sebelumnya BI pertahankan suku bunga acuan atau 7 BI days reverse repo rate di posisis 5,25 persen pada pertemuan 19 Juli 2018.

 

 

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Pelemahan Rupiah Bikin Investasi Turun pada Kuartal II 2018

Petugas menunjukkan uang dolar AS di gerai penukaran mata uang di Ayu Masagung, Jakarta, Senin (13/8). Pada perdagangan jadwal pekan, senin (13/08). Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS menyentuh posisi tertingginya Rp 14.600. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Sebelumnya, realisasi investasi di kuartal II 2018 mengalami penurunan dibandingkan kuartal sebelumnya. Jika pada kuartal I 2018, investasi tercatat sebesar Rp 185,3 triliun, pada kuartal II hanya Rp 176,3 triliun atau turun 4,9 persen.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong mengatakan, penurunan ini akibat gejolak rupiah yang terjadi belakangan ini serta masuknya tahun politik. Hal ini yang membuat para investor menahan diri untuk menanamkan modalnya di Indonesia.

"Ini sikap wait and see yang terjadi memasuki tahun politik diamplifikasikan dengan gejokak rupiah dan pasar modal dunia khususnya di negara berkembang," ujar dia di Kantor BKPM, Jakarta, Senin, 14 Agustus 2018.

Namun demikian, kata Thomas, hal ini hanya bersifat sementara. Dia meyakini jika rupiah sudah kembali stabil, maka investor akan kembali gencar berinvestasi di Indonesia.

"Tapi saya cukup percaya diri ini hanya penundaan, hanya menunda. Berdampak signifikan di jangka pendek seperti kuartal ke kuartal. Makanya stabilitas rupiah ini penting. Kalau tidak stabil, mereka akan tunda terus sampai rupiah stabil pada ekuilibrium baru," kata dia.

Agar rupiah segera stabil, kata Thomas, maka BKPM mendukung langkah Bank Indonesia untuk kembali menaikkan kembali suku bunga acuannya. Hal tersebut. dinilai sangat diperlukan di tengah kondisi global dan internal seperti saat ini.‎‎

"Kami sangat mendukung langkah BI untuk menaikan suku bunga dan memperketat likuiditas guna menstabilkan rupiah. Kecuali kita bisa yakinkan pasar dan investor bahwa rupiah telah mencapai ekuilibrium baru. Karena kecenderungan investor untuk menunda itu kuat sekali," tandas dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perkuat Pasar Kendaraan Niaga, Mitsubishi Fuso Gandeng Media Agency Baru

Posted: 14 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dalam industri otomotif tanah air, eksistensi Mitsubishi Fuso di segmen kendaraan niaga tak perlu diragukan lagi.  Dibawah naungan PT Krama Yudha Tiga Berlian (KTB) Motors sebagai distributor resmi, penjualan Fuso selalu menjanjikan setiap tahunnya. Tahun 2018 ini pun, pihak KTB menargetkan penjualan yang lebih besar.

Demi mewujudkan goal tersebut, KTB menggandeng Leverate Media sebagai media agency buying terbaru. Leverate Media Asia merupakan lembaga media online dan offline independen global yang menjadi bagian dari Leverate Media Group. Agensi Media yang bermarkas pusat di Berlin, Jerman ini memiiki cabang di kota-kota besar di berbagai negara, antara lain di Jakarta, Singapura, Bangkok, New York, San Francisco, Little Rock, London, Paris, Munich, hingga Cologne.

Kerja sama dengan Leverate Media diharapkan mampu mencapai target Fuso agar mampu memimpin lebih jauh pasar kendaraan niaga di Indonesia, setelah pada 2017 kemarin sukses menguasai pasar sebesar 45%.

"Pada dasarnya performa penjualan Mitsubishi Fuso di tanah air selalu berada di posisi yang meyakinkan. Akan tetapi, untuk periode ini kami berusaha mendorong performa tersebut ke level yang lebih tinggi," kata Puja Hatigoran, Head of Public Relations Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation seperti dikutip dari Merdeka.com

 

Mitsubishi Fuso Fighter

Mitsubishi Fuso sendiri mulai masuk di pasar otomotif Indonesia sejak tahun 1970 di bawah bendera PT New Marwa sebagai distributor tunggal Mitsubishi Indonesia. Brand tersebut bermain di jenis kendaraan niaga kelas light medium. Lalu pada 1973, PT New Marwa resmi berganti nama menjadi PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) yang hingga sekarang sudah didukung oleh 229 jaringan dealer seluruh Indonesia.

Pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE BSD City, Tangerang Selatan (2-12 Agustus lalu), PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan Mitsubishi Fuso di Indonesia menampilkan enam truk andalan. Keenam truk itu diwakili dengan tiga model, yakni Mitsubishi Fuso Fighter, New Colt Diesel dan truk konsep The Super Great V Spider. 

 

Spider merefleksikan kesan multifungsi, andal, dan kendaraan kerja yang bertenaga, sekaligus menunjukkan profesionalisme Mitsubishi Fuso.

Super Great V Spider menjadi truk yang paling menarik perhatian pengunjung GIAAS 2018. Saking uniknya, konsep kendaraan terbaru dari KTB tersebut sukses membuat terpesona orang nomor satu Indonesia, Presiden Joko Widodo. 

Tampil out of the box, konsep truk baru Mitsubshi Fuso menyerupai laba-laba yang memiliki empat kaki di bagian kanan dan kiri. Jika dilihat sekilas, bentuknya memang menyerupai autobot di film sci-fi. Inovasi ini dinamakan Super Great V Spider yang menjadi kebangaan tersendiri bagi Mitsubishi Fuso.

Lewat tema yang diusung, yaitu Absolute Professional, Mitsubishi Fuso berusaha menampilkan profesionalisme dalam produk, layanan, dan komunikasi dengan menargetkan pangsa pasar 50%. Hal ini dilakukan untuk memperkuat dominasinya lewat produk yang ditampilkan.

Menarik untuk ditunggu bagaimana sepak terjang Mitsubishi Fuso selanjutnya dalam mendominasi kendaraan niaga di tanah air.

 

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NASA: Akibat Gempa, Permukaan Tanah Pulau Lombok Naik Sekitar 25 Cm

Posted: 14 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Lombok - Hampir sekitar 400 orang tewas, ratusan lainnya terluka, dan banyak bangunan serta infrastruktur hancur akibat gempa Lombok berkekuatan 7,0 SR pada 5 Agustus 2018 beserta ratusan lindu susulannya sepanjang pekan lalu.

Gempa tersebut juga terasa hingga Bali dan turut menghancurkan beberapa bangunan di Pulau Dewata.

Beberapa hari setelahnya, Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA, bekerja sama California Institute of Technology mengungkapkan fakta menarik menyusul lindu tersebut.

Kedua organisasi itu menjelaskan, gempa Lombok beserta ratusan lindu susulannya menyebabkan salah satu gugus pulau di Nusa Tenggara Barat itu naik sekitar 10 inci atau 25,4 cm. Demikian seperti dikutip dari media Inggris The Daily Express, Kamis (15/8/2018).

Mereka menggunakan citra satelit untuk membuat peta deformasi tanah untuk mengukur berbagai perubahan pulau itu usai gempa bumi terjadi.

Menjelaskan hasil temuan tersebut, NASA mengatakan dalam sebuah pernyataan, "Dari pola deformasi di peta, para ilmuwan telah menetapkan bahwa sesar gempa yang terletak di antara bagian barat laut Pulau Lombok telah menyebabkan pengangkatan permukaan tanah sebesar 10 inci (25,4 cm)."

NASA juga mencatat bahwa di tempat lain di Pulau Lombok, gempa telah menyebabkan permukaan tanah mengalami penurunan hingga kisaran 2-6 inci atau sekitar 5-15 cm.

NASA menganggap temuan ini memberikan sumbangsih signifikan, terlebih dalam hal untuk memprediksi gempa di masa depan dan bencana geologis lain, terkhusus, di area Lombok dan sekitarnya.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Simak video pilihan berikut:

Indonesia Termasuk dalam Ring of Fire

Indonesia Ring of Fire (Wikipedia)

Korban tewas terus meningkat sejak gempa melanda pada 5 Agustus. Hingga 14 Agustus, korban tewas mencapai angka kisaran 400 jiwa menurut Badan Penanggulangan Bencana Nasional RI (BNPB).

Mayoritas korban tewas disebabkan tertimpa runtuhan atap dan dinding.

Tim penyelamat terus mencari di antara puing-puing untuk menemukan korban gempa lainnya. Akan tetapi, usaha itu terhambat ratusan gempa susulan yang telah terjadi beberapa hari usai gempa primer 5 Agustus.

Ada lebih dari 500 gempa susulan, dan tiga gempa kuat hanya dalam waktu satu pekan.

Juru bicara BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, "Diperkirakan jumlah korban tewas akan terus bertambah karena masih ada korban yang diduga terkubur oleh tanah longsor dan bangunan runtuh, serta kematian yang belum tercatat."

Hampir 10 persen penduduk Lombok, 390 ribu orang, telah menjadi tunawisma dan tidak dapat kembali ke rumah setelah gempa.

Perwakilan Palang Merah Indonesia, "Banyak orang mengungsi, dan banyak yang bermigrasi ke daerah perbukitan dan pegunungan karena takut tsunami."

Ada sekitar 68 ribu rumah hancur, dan tiga kabupaten di utara Lombok belum menerima bantuan apa pun kata Nugroho.

Masa tanggap darurat telah diperpanjang - dan sekarang akan berlangsung selama tiga minggu yang berakhir pada 25 Agustus.

"Masa darurat adalah tiga pekan. Setelah tiga pekan, kami akan beralih ke proses pemulihan," kata Menteri Pariwisata Indonesia Arief Yahya di Jakarta, pekan lalu, seperti dikutip dari The Daily Express.

Namun, bagi sebagian orang di Pulau Lombok, bisnis tetap berjalan seperti biasa, sementara masjid dan pasar darurat sedang dibangun agar aktivitas sosial dapat kembali berjalan normal.

Lombok dan Bali adalah tujuan wisata yang populer, dan banyak wisatawan telah melarikan diri dari pulau-pulau setelah gempa besar.

Gempa bumi biasa terjadi di Indonesia karena tempatnya di cincin api atau Ring of Fire --busur gunung berapi berbentuk tapal kuda dan garis patahan lempeng bumi di Samudera Pasifik di mana sekitar 90 persen lindu di dunia terjadi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Presiden Bolivia Evo Morales Pamer Skill Main Bola di Paraguay

Posted: 14 Aug 2018 09:00 PM PDT

Presiden Bolivia Evo Morales menyapa anggota komunitas Bolivia sebelum bermain bola di Asunción, Paraguay, (14/8). Kedatangan Morales ke Paraguay untuk menghadiri pelantikan presiden terpilih Mario Abdo Benitez. (AFP Photo/Silvio Rojas)

Presiden Bolivia Evo Morales menyapa anggota komunitas Bolivia sebelum bermain bola di Asunción, Paraguay, (14/8). Kedatangan Morales ke Paraguay untuk menghadiri pelantikan presiden terpilih Mario Abdo Benitez. (AFP Photo/Silvio Rojas)

Presiden Bolivia Evo Morales menggiring bola saat pertandingan persahabatan melawan anggota komunitas Bolivia setempat selama kunjungannya di Asunción, Paraguay, (14/8). (AFP Photo/Silvio Rojas)

Presiden Bolivia Evo Morales menggiring bola saat pertandingan persahabatan melawan anggota komunitas Bolivia setempat selama kunjungannya di Asunción, Paraguay, (14/8). (AFP Photo/Silvio Rojas)

Presiden Bolivia Evo Morales mengontrol bola saat pertandingan persahabatan melawan anggota komunitas Bolivia setempat selama kunjungannya di Asunción, Paraguay, (14/8). (AFP Photo/Silvio Rojas)

Presiden Bolivia Evo Morales mengontrol bola saat pertandingan persahabatan melawan anggota komunitas Bolivia setempat selama kunjungannya di Asunción, Paraguay, (14/8). (AFP Photo/Silvio Rojas)

Aksi Presiden Bolivia Evo Morales melewati pemain anggota komunitas Bolivia setempat selama pertandingan persahabatan di Asunción, Paraguay, (14/8). (AFP Photo/Silvio Rojas)

Aksi Presiden Bolivia Evo Morales melewati pemain anggota komunitas Bolivia setempat selama pertandingan persahabatan di Asunción, Paraguay, (14/8). (AFP Photo/Silvio Rojas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal Hubungannya dengan Rio Haryanto, Yuki Kato: Gue Juga Bingung

Posted: 14 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Belakangan ini Yuki Kato kerap masuk pemberitaan karena disebut-sebut menjalin kasih dengan pembalap Rio Haryanto.

Rumor ini, berpangkal dari ucapan Imam Darto yang mengatakan bahwa Yuki Kato dan Rio adalah sepasang kekasih.

Dikonfirmasi mengenai hal itu, Yuki Kato mengatakan dengan tegas bahwa hubungannya dengan pembalap yang pernah merasakan ajang Formula 1 itu hanya sebatas pertemanan.

 "Jadi begini tentang berita yang kemari-kemarin itu di Insta Story saya pun sudah bilang hanya teman. Jadi ya sudah memang itu jawabannya. Tidak ada yang lebih tidak ada yang kurang," kata Yuki Kato ketika ditemui di kawasan Puri Kembangan, Jakarta Barat, Selasa (14/8/2018) malam.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Bingung

Gala premier film Avengers (Deki Prayoga/bintang.com)

Yuki mengaku juga bingung mengapa Imam Darto tiba-tiba berkata demikian. Padahal ia dan Rio hanya sebatas teman biasa.

"Sedeket apa ya, gue juga bingung kenapa tiba-tiba Darto ngomong itu. Makanya kayak cuma temen sih, biasa aja," ucapnya.

 

Ucap Syukur

Meski demikian, Yuki mengucap syukur jika nantinya hubungannya dengan Rio Haryanto berlanjut ke hubungan asmara. 

"Oh gitu? Alhamdulillah yaa hehe," ucapnya.

"Hahaha, enggak tau deh kalau untuk itu, saya enggak tau pokoknya itu Pak Darto asal jeplak aja, enggak ngerti kenapa padahal enggak tau ya saya sama dia cuma temen aja. Nggak ada apa-apa," ucap Yuki Kato. (Dadan Deva/ Bintang.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jembatan Genoa di Italia Ambruk, Puluhan Orang Tewas

Posted: 14 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jembatan layang di satu ruas jalan tol di dekat Genoa, Italia, ambruk dan menyebabkan mobil-mobil jatuh dari ketinggian 45 meter dan menewaskan puluhan orang, Selasa (14/08) sore waktu setempat.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Jalur Kirab Obor Asian Games 2018 di Google Maps

Posted: 14 Aug 2018 08:57 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Obor Asian Games 2018 mulai tiba di Jakarta setelah sebelumnya diarak di sejumlah daerah di Indonesia.

Sejumlah ruas jalanan di Jakarta pun akan menjadi lintasan bagi pelari pembawa obor Asian Games 2018. Rekayasa lalu lintas hingga penutupan jalan dipersiapkan guna melancarkan perjalanan obor menuju Balai Kota DKI Jakarta.

Tentunya, peristiwa kirab obor (torch relay) Asian Games ini jadi pemandangan langka dan tidak bisa disaksikan tiap tahun.

Kalau kamu ingin melihat dan mengabadikan momen langka kirab obor, kamu bisa mengetahui rute-rute yang dilewati pelari melalui aplikasi Google Maps.

Pantauan Tekno Liputan6.com, Rabu (15/8/2018), jika kita membuka aplikasi Google Maps, akan ada rute berwarna warni sebagai jalur kirab obor Asian Games 2018.

Rute tersebut berwarna campuran antara ungu, kuning, dan oranye sebagai warna khas Asian Games 2018.

Menurut rute kirab obor Asian Games 2018 yang tertera Google Maps, obor Asian Games akan mulai diarak dari Taman Margasatwa Ragunan dan melewati sejumlah jalan di Jakarta Selatan.

Obor Asian Games 2018 juga akan diarak lewat sejumlah jalan di Menteng hingga terakhir tiba di Balai Kota DKI Jakarta.

Jadi, untuk kamu yang ingin menyaksikan sekaligus mengabadikan kirab obor, jangan lupa pantau jalur obor Asian Games 2018 di Google Maps ya.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Aplikasi Meriahkan Asian Games 2018

Pebasket putra Indonesia, Andakara Prastawa Dhyaksa (kanan) berebut bola dengan pemain Korea, Ung Heo pada babak penyisihan Grup A Basket Putra Asian Games 2018 di Jakarta, Selasa (14/8). Indonesia kalah 65-104. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Kamu yang ingin menikmati Asian Games 2018 juga bisa mengunduh aplikasi resmi Asian Games 2018.

Pasalnya, Indonesia Asian Games Organizing Committee (Inasgoc) merilis aplikasi resmi Asian Games 2018. Aplikasi ini berisi beragam informasi tentang Asian Games ke-18, termasuk jadwal dan hasil pertandingan, serta perolehan medali.

Aplikasi Asian Games 2018

Aplikasi ini sudah tersedia di toko aplikasi Google Play dan App Store. Untuk perangkat Android, aplikasi ini memakan ruang penyimpanan sekira 56,5MB, sedangkan iOS 45,6MB.

Pantauan tim Tekno Liputan6.com, aplikasi Asian Games memiliki tampilan sederhana. Saat aplikasi ini dibuka, kamu akan langsung disambut dengan deretan berita singkat tentang pesta olahraga terbesar di Asia tersebut di halaman Home.

Pada bagian kiri terdapat sejumlah pilihan informasi, yaitu News, Photos, Videos, Results, Sport dan Schedule. Selain itu, juga ada informasi tentang Athletes, Partners dan Tickets.

Aplikasi Asian Games 2018

Juga ada opsi Settings berupa Push Notification yang bisa diaktifkan sendiri. Pengguna bisa mengaktifkan fitur ini jika ingin mendapatkan informasi langsung tentang pencapaian medali selama Asian Games berlangsung di Palembang dan Jakarta.

Tak Ada Jadwal Pertandingan per Negara

Legenda olahraga Indonesia, Ellyas Pical dan Sutiyono, saat pawai obor Asian Games 2018 di Bogor, Jawa Barat, Selasa (14/8/2018). Api obor yang datang dari Cianjur itu langsung diarak mengelilingi jalanan protokol Kota Bogor. (Bola.com/Reza Bachtiar)

Sayangnya, Aplikasi Asian Games ini tidak mencantumkan informasi jadwal pertandingan berdasarkan negara. Pantauan tim Tekno Liputan6.com, pada bagian Schedule hanya ditampilkan pertandingan berdasarkan hari dan jenis olahraga.

Aplikasi Asian Games 2018

Oleh sebab itu, banyak pengguna meminta jadwal pertandingan berdasarkan negara juga ditampilkan, sehingga mereka lebih mudah mengetahui olahraga yang dipertandingkan oleh perwakilan negara setiap hari.

Selain itu, semua informasi tentang Asian Games nyatanya tidak benar-benar ada di dalam aplikasi ini. Pasalnya, ketika menu Tickets di klik, pengguna justru diarahkan ke situs web Kios Tix untuk melakukan pembelian tiket.

Terlepas dari beberapa kekurangannya, aplikasi ini dapat mempermudah orang-orang mendapatkan berbagai informasi resmi tentang semua pertandingan olahraga di Asian Games.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua DPR Panggil Irjen Idham Azis dengan Sebutan Wakapolri

Posted: 14 Aug 2018 08:56 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nama Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis disebut-sebut bakal menggantikan Komjen Syafruddin sebagai Wakapolri. Sebab, Syafruddin saat ini telah ditunjuk sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) menggantikan Asman Abnur.

Idham Aziz pun sempat terlihat hadir di acara pelantikan Syafruddin sebagai Menteri PAN RB di Istana Negara, Jakarta. Ia terlihat berbincang dengan sejumlah pejabat lainnya, antara lain Ketua DPR Bambang Soesatyo atau Bamsoet dan Anggota Komisi III DPR Ahmad Sahroni.

Dalam perbincangan itu, Bamsoet sempat berseloroh saat bertemu Idham Azis. Bamsoet memanggil Idham Aziz sebagai Wakapolri.

"Hei Pak Waka, main nyelonong aja," seloroh Bamsoet di pelataran samping Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/8/2018).

Idham Aziz yang sebelumnya tak mendengar panggilan politisi Partai Golkar itu memang tampak ingin segera masuk ke Istana Negara. Namun, Idham Azis langsung menghampiri Bamsoet setelah mendengar panggilan Ketua DPR itu.

"Oh siap Pak. Ini sedang mendampingi Kapolri," ucap Idham.

Idham pun langsung berbincang santai dengan Bamsoet dan Sahroni. Mereka juga berfoto bersama.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Timnas Indonesia U-23 Vs Palestina: Awas Tersandung!

Posted: 14 Aug 2018 08:45 PM PDT

Jakarta Timnas U-23 Indonesia bakal diuji Palestina pada laga kedua penyisihan Grup A sepak bola putra Asian Games 2018 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (15/8/2018). Timnas akan mengubah strategi di laga kedua ini.

Palestina diprediksi menjadi lawan terkuat yang harus dihadapi Timnas U-23 Indonesia di Grup A Asian Games 2018. Itulah mengapa, pelatih Luis Milla mempersiapkan perubahan strategi.  

Dari persiapan yang dilakukan sehari sebelum pertandingan, Luis Milla menjajal Stefano Lilipaly dan Septian David Maulana sebagai dua pemain yang berada di lini serang, mengindikasikan strategi false nine ala Spanyol akan diterapkan Timnas Indonesia U-23 dalam pertandingan ini.

"Kami mengantisipasi kekuatan Palestina yang memang solid dan memiliki postur tubuh yang lebih tinggi dari pemain kami. Kemungkinan besar kami akan sedikit menunggu di tengah untuk menarik pemain Palestina lebih menyerang ke depan," ujar asisten pelatih Timnas U-23 Indonesia, Bima Sakti.

"Luis Milla berpikir jarak antarpertandingan begitu dekat, recovery pemain menjadi sangat penting seperti saat SEA Games. Semua pemain memiliki arti penting dan akan ada beberapa perubahan pemain. Yang pasti, pemain siap karena coach Luis akan melakukan banyak rotasi," lanjut Bima.

Beberapa perubahan pemain diperkirakan terjadi dalam starting line-up Timnas Indonesia U-23 menghadapi Palestina. Gavin Kwan Adsit dan Bagas Adi Nugroho diprediksi mengisi sisi sayap pertahanan, yang di pertandingan pertama ditempati Putu Gede Juni Antara dan Rezaldi Hehanussa.

Lini tengah akan dikawal Zulfiandi dan Hargianto, sementara Septian David, yang absen di laga pertama karena masih merasakan sakit pada kakinya, akan bermain lebih ke depan. Irfan Jaya dan Febri Hariyadi masih menjadi pilihan utama di sisi sayap penyerangan, serta Stefano Lilipaly akan menjadi striker bayangan.

Septian David, yang akan tampil pertama bersama Timnas U-23 Indonesia di Asian Games 2018 pada laga ini, mengaku siap menjalankan semua instruksi Luis Milla.

"Saya akan mengikuti instruksi coach Luis, terutama saya yang bermain di belakang striker, harus terus dekat dengan pemain itu agar tidak bingung mengalirkan bola," ujarnya.

Palestina Tak Cemaskan Tekanan Suporter Indonesia

Para pemain Palestina menyapa suporter usai mengalahkan Laos pada laga Grup A Asian Games di Stadion Patriot, Jawa Barat, Minggu (12/8/2018). Palestina menang 2-1 atas Laos. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Di sisi lain, sebelum menghadapi Timnas Indonesia U-23, Palestina sudah menjalani dua pertandingan Grup A Asian Games 2018. Palestina saat ini berada di puncak klasemen Grup A dengan empat poin setelah bermain imbang tanpa gol dengan Chinese Taipei dan menang 2-1 atas Laos.

Selain itu, Palestina juga mengalami masalah yang serius meski secara postur tubuh dan kekuatan fisik mereka memiliki keunggulan, yaitu dalam hal penyelesaian akhir.

Saat laga kontra Chinese Taipei, Palestina mencetak 38 tembakan dengan 19 tepat ke arah gawang, tetapi gagal mencetak satu pun gol. Ketika menghadapi Laos, Palestina mencetak 29 tembakan, delapan akurat ke arah gawang yang menghasilkan dua gol.

"Kami menghadapi masalah yang sama setelah dua pertandingan, yaitu banyaknya peluang yang tidak menjadi gol. Hal ini normal dalam pertandingan karena kami harus berusaha menggunakan setiap detik untuk bisa mencetak gol," ujar pelatih Palestina, Ayman Sandouqa.

Pada saat harus berusaha memaksimalkan peluang di pertandingan kontra Timnas Indonesia U-23, Palestina juga harus mengatasi tekanan di Stadion Patriot akan dipadati pendukung Indonesia. Namun, Palestina tak terlalu khawatir dengan hal itu.

"Kami tak ada masalah bermain di bawah tekanan penonton, karena kami pernah mengalaminya saat menghadapi Vietnam," ujar Ayman Sandouqa mengacu pada turnamen internasional yang dilakoni di Vietnam sebelum terjun di Asian Games 2018.

Perihal kekuatan Timnas Indonesia U-23, Ayman mengaku pihaknya tidak terlalu banyak mengetahui informasi soal tim tuan rumah. "Tentu mereka (Indonesia) akan bekerja keras dan memperlihatkan yang terbaik," ujarnya.

Prakiraan Susunan Pemain

Para pemain Indonesia merayakan kemenangan atas Chinese Taipei pada laga Grup A Asian Games di Stadion Patriot, Bekasi, Minggu (12/8/2018). Indonesia menang 4-0 atas Chinese Taipei. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Timnas Indonesia U-23 (4-2-1-3): Andritany Ardhiyasa (kiper); Gavin Kwan Adsit, Hansamu Yama Pranata, Ricky Fajrin, Bagas Adi Nugroho (belakang); Zulfiandi, Hargianto, Septian David Maulana (tengah); Irfan Jaya, Febri Hariyadi, Stefano Lilipaly (depan)

Pelatih: Luis Milla

Palestina (4-3-3): Rami Hamada (kiper); Michelmilad Termanini, Abdallatif Albahdari, Omar Alsharif, Yousef Alashhab (belakang); Mohammed Rashid, Mahmoud Abuwarda, Sameh Maraaba (tengah); Oday Dabbagh, Shehab Qumbor, Mohammed Obaid (depan)

Pelatih: Ayman Sandouqa

Sumber Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Warga Desa Oebela NTT, Tak Tersentuh Listrik Sejak Indonesia Merdeka

Posted: 14 Aug 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kehadiran Base Transceiver Station (BTS) Tenaga Surya milik PT Surya Energi Utama (SEI), anak usaha PT Len (Persero) kini memberi kehidupan di pulau terluar, Desa Oebela, Pulau Rote, Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pasalnya, dengan kehadiran Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut, warga Desa Oebela sekarang dapat berkomunikasi dan memutus keterbatasan untuk belajar di malam hari bagi anak-anak di sana.

"Dari dulu pakai lampu pelita atau diesel. Sapa ada diesel, dia pakai diesel. Baru 1 tahun ini pakai diesel, biasanya pakai pelita," tutur Batseba (45) warga Desa Oebela kepada Liputan6.com, Rabu (15/8/2018).

Batseba menggambarkan, kesulitanya ketika menggunakan pelita adalah saat angin bertiup kencang di desa. Warga desa kemudian, kata Meliana, harus siap menerima kondisi rumah kembali gelap di waktu-waktu tersebut.

"Ya nggak enaknya kalau ada angin kencang, dia (pelita) langsung mati," ujarnya.

Oleh karena itu, Batseba menjelaskan ia dan warga sangat senang atas kehadiran BTS Tenaga Surya. Ia berjanji akan merawatnya dan berpikir untuk membuka usaha karena sinyal komunikasi sudah dipermudah.

"Senang sekali, kita rawat supaya bisa ada terus. Supaya anak-anak juga bisa belajar tenang di malam hari," ungkapnya.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Pertama Kali Sejak RI Merdeka

Menteri BUMN Rini Soemarno resmikan BTS tenaga surya untuk sistem telekomunikasi pulau terluar di Pulau Rote, NTT (Foto:Liputan6.com/Bawono Y)

Pejabat Kepala Desa Oebela Simson M. Hanas mengatakan, kehadiran BTS Tenaga Surya menerangi ratusan rumah atau 2 dusun di sana. "Setelah ada program ini, kita dibantu berupa tenaga surya untuk 100 sekian rumah, jadi 2 dusun di rumah ini dapat tenaga surya," kata Simson.

Dulu, kata Simson, warga Desa Oebela terbiasa menggunakan diesel untuk kapasitas waktu selama 2 jam saja. Ini disebabkan, menurut dia, Solar sangat mahal.

"Hanya 2 jam dulu (diesel), karena solar mahal disini. 2 jam saja sudah pakai 2 liter, habis itu mati. 2 liter semalam itu dirasa sudah berat," ungkapnya.

Dengan BTS Tenaga Surya, Simson berujar, Desa Oebela bisa terang seharian. "Terang 24 jam full," ujarnya.

Simson menambahkan, biasanya warga perlu ke bukit sejauh 500-700 meter hanya untuk mencari sinyal untuk berkomunikasi. "Ada 1110 warga dengan 267 kepala keluarga (KK). Mereka tersebar di 8 dusun dan 16 rukun tetangga (RT). Hampir seluruh warganya belum teraliri listrik," kata dia.

Lebih lanjut Simson menambahkan, bahwa sejak RI merdeka hingga saat ini atau 73 tahun, Desa Oebela belum menggunakan listrik. Dengan sinyal yang 4 hari belakangan mulai terbangun, kata Simson bulan ini Desa Oebela akan kehadiran internet.

"Telkomsel baki sudah berfungsi 4 hari lalu. Dari merdeka belum pakai listrik, sistemnya 1 KK tanggung 2 liter disel per hari, begitu seterusnya, bergantian. Bulan ini katanya sudah ada internet, ditunggu saja," pungkas dia.

Sebagai informasi, Desa Oebela terdiri dari 8 dusun dan tidak semua dusun tercatat menggunakan disel. "Disel 8pk menerangi 44 rumah tangga KK. Di 2 dusun ada 49 kk, kalo di desa obela 267 KK. Disel ada sejak 2016," tandas Simson.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Sementara Liga Inggris: Liverpool Memimpin

Posted: 14 Aug 2018 08:45 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta - Liverpool langsung memimpin klasemen Liga Inggris 2018/2019. Keberhasilan pasukan Jurgen Klopp memimpin klasemen tak lain berkat penampilan apik mereka di pekan pertama Liga Inggris.

Liverpool tampil mengerikan setelah membantai West Ham 4-0. Gol-gol Liverpool diciptakan Mohamed Salah, Sadio Mane (2) dan Daniel Sturridge.

Transfer anyar Liverpool cukup memberi pengaruh terhadap permainan The Reds. Naby Keita yang diplot main di lini tengah begitu lincah dan efektif dalam bermain.

Begitu juga dengan kiper anyar Liverpool, Alisson Becker. Meski lawan West Ham, dia kuang teruji betul karena jarang mendapatkan gempuran berarti.

Tim papan atas lain seperti Chelsea, Manchester City dan Manchester United juga meraih kemenangan di pekan pertama Liga Inggris. Bagaimana posisi mereka di Liga Inggris?

 

Klasemen Liga Inggris

Para pemain Manchester City merayakan gol ke gawang Arsenal pada laga Premier League, di Emirates, Minggu (12/8/2018). (AFP/Ian Kington)

Lalu bagaimana posisi klub-klub papan atas di klasemen sementara? Berikut klasemen lengkap Liga Inggris:

Berikut klasemen Liga Inggris pekan ke-1 (soccerway)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mensos Idrus Marham Penuhi Panggilan KPK Jadi Saksi Suap PLTU Riau-1

Posted: 14 Aug 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Sosial (Mensos) Idrus Marham memenuhi panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mantan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar itu akan diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan suap PLTU Riau-1.

"Saya punya keyakinan bahwa mungkin dalam rangka untuk penjelasan saya sebelumnya. Tentunya substansinya belum tahu persis, nanti mungkin setelah ditanyakan penyidik bisa saya sampaikan," ujar Idrus saat tiba di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (15/8/2018).

Idrus mengaku, dirinya akan dimintai keterangan untuk melengkapi berkas penyidikan mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih dan pemilik Blackgold Natural Resources Limited Johanes B Kotjo. Ini merupakan pemeriksaan ketiga Idrus Marham dalam kasus ini.

Idrus menegaskan, dirinya akan terus menghadiri pemeriksaan demi kepentingan proses hukum.

"Sudah tiga kali, empat kali, beberapa kali kita akan hadir, ini karena bagaimana penghormatan proses hukum yang ada. Jadi kalau kita ini melihat negara ini maju ya kita harus menghormati hukum yang ada. Jangan ada intrik-intrik, enggak boleh," kata Idrus.

 

 

Dua Tersangka

Dalam kasus ini, KPK baru menetapkan mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih dan pengusaha Johanes B Kotjo selaku pemilik Blackgold Natural Resources Limited sebagai tersangka. Eni diduga menerima suap sebesar Rp 4,8 miliar dari Johanes secara bertahap.

Proyek PLTU Riau-I sendiri masuk dalam proyek 35 ribu Megawatt yang rencananya bakal digarap Blackgold, PT Samantaka Batubara, PT Pembangkit Jawa-Bali, PT PLN Batubara dan China Huadian Engineering Co. Ltd.

KPK sudah memeriksa sejumlah saksi dalam kasus dugaan suap ini, mereka di antaranya Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir, serta Direktur Utama PT Pembangkitan Jawa-Bali Investasi Gunawan Y Hariyanto. Kemudian Direktur Utama PT Pembangunan Jawa Bali (PJB) Iwan Agung Firstantara dan Direktur Utama PT Samantaka Batubara Rudi Herlambang.

Pemeriksaan terhadap mereka untuk mendalami kongkalikong PT Pembangkit Jawa Bali (PJB) dengan petinggi PT PLN terkait penunjukan langsung perusahaan Blackgold, PT Samantaka Batubara, PT Pembangkit Jawa-Bali, PT PLN Batubara dan China Huadian Engineering Co. Ltd menjadi satu konsorsium yang menggarap proyek tersebut.

Apalagi, dari balik jeruji besi, Eni Saragih sempat mengungkap peran Sofyan Basir dan Kotjo sampai PT PJB menguasai 51 persen asset. Nilai asset itu memungkinkan PT PJB menunjuk langsung Blackgold sebagai mitranya.

Pada Januari 2018, PJB, PLN Batu Bara, BlackGold, Samantaka, dan Huadian menandatangani Letter of Intent (LoI) atau surat perjanjian bisnis yang secara hukum tak mengikat para pihak. LoI diteken untuk mendapatkan Perjanjian Pembelian Tenaga Listrik (PPA) atas PLTU Riau-1. Samantaka rencananya akan menjadi pemasok batu bara untuk PLTU Riau-1.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Punya Anak Berkebutuhan Khusus, Agatha Suci Tetap Bersyukur

Posted: 14 Aug 2018 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi sosok ibu yang kuat, Agatha Suci tak bisa membendung air matanya saat menceritakan kondisi kedua anaknya yang memiliki kebutuhan khusus. Hidupnya sebagai seorang ibu yang memiliki dua anak berkebutuhan khusus tentu bukan hal yang mudah. 

Anak perempuan pertama Agatha Suci yang bernama Kahlia Adinda menyandang autism SPD (Sensory Processing Disorder). Sementara anak keduanya, Arsa Nuraga juga mengalami gangguan berbicara atau disebut delay speec

Walaupun demikian, ia tetap merasa beruntung menjadi seorang ibu dengan dua anak. Kondisi kedua anaknya yang spesial ini menurutnya merupakan "hadiah" dari Tuhan yang harus ia terima. 

"Benar-benar buy one get one. Tuhan ngasihnya tuh, 'Ya sudah ini dua-duanya ini gue kasih ke lo nih.' Mungkin gitu kali ya," ungkap Agatha Suci saat ditemui di kawasan Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (14/8/2018).

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Mencoba Menerima

Ultah Radio Cosmopolitan 90.4 FM ke 16 (Nurwahyunan/bintang.com)

Agatha Suci pun belajar mencoba menerima kondisi kedua buah hatinya ini. Ia juga tak mau menyalahkan siapapun soal kondisi kedua anaknya.

"Pokoknya sebenarnya kehidupan aku tuh dari awal punya anak tuh sudah lumayan struggle inilah, itulah. Walaupun begitu, bagiku yang namanya Pencipta enggak boleh disalahkan," tambahnya.

Mulai Banyak Kemajuan

Penyanyi Agatha Suci. (Liputan6.com/Herman Zakaria)

Namun sekarang ini, kedua anak Agatha Suci sudah mulai banyak kemajuan dan tumbuh kembang. Ibu dua anak ini mengungkapkan bahwa sang kakak mulai bisa berbicara satu atau dua kata. Begitu pula dengan sang adik yang mulai bisa berinteraksi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Otopsi Selesai, Jenazah Mahasiswi RI Tenggelam di Danau Jerman Siap Dipulangkan

Posted: 14 Aug 2018 08:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mahasiswi asal Indonesia dilaporkan tenggelam di Danau Trebgas Badesse, Bayreuth, Bavaria, Jerman pada 8 Agustus 2018. Ia ditemukan sehari kemudian dalam kondisi sudah meninggal dunia.

Jasad mahasiswi Indonesia berinisial SPDP yang tenggelam di sebuah danau di Jerman itu kemudian di otopsi. KJRI Frankfurt lewat rilisnya menyatakan benar pada 13 Agustus bahwa jenazah SPDP masih dalam proses otopsi.

Proses tersebut rampung sehari kemudian.

"Pada 14 Agustus KJRI Frankfurt sudah memperoleh notifikasi tertulis dari otoritas di Jerman bahwa otopsi sudah selesai, dan karena itu jenazah sudah dapat diserahterimakan pada hari ini 15 Agustus," kata Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan BHI Lalu Muhammad Iqbal dalam keterangan tertulisnya, Rabu (15/8/2018).

Sejauh ini pihak Kemlu sudah menerima permohonan resmi dari keluarga untuk bantuan pemulangan.

"Maka hari ini wakil KJRI akan mengambil jenazah dari Beyruth, mengurus sertifikat otopsi/kematian, melakukan pemulasaraan secara Islam dan menyiapkan proses pemulangan," tutur Lalu Iqbal.

Kendati demikian, pihak Kemlu belum dapat memastikan tanggal pemulangan jenazah mahasiswi berinisial SPDP itu. Sebab masih menunggu ketersediaan slot kargo dari penerbangan.

"KJRI telah mulai mengurus proses pemulangan tersebut," imbuhnya.

Sebelumnya, Duta Besar RI untuk Jerman Arief Havas Oegroseno juga menyatakan kepulangan jenazah korban ke Indonesia masih dalam proses.

"Secara umum kita masih perlu surat dari polisi Jerman karena korban meninggal tidak wajar," ujar Dubes Arief Havas Oegroseno kepada Liputan6.com, Selasa 14 Agustus 2018.

Berdasarkan keterangan yang diterima oleh Liputan6.com dari KJRI Frankfrut, Selasa 14 Agustus 2018, pada tanggal 10 dan 11 Agustus lalu pihak KJRI telah melakukan kunjungan ke Kota Bayreuth dan menemui pihak Kepolisian dan aparat lokal serta melakukan koordinasi dengan Kantor Catatan Sipil setempat terkait kematian mahasiswi berinisial SPDP itu.

Hal ini dimaksud untuk memperlancar proses penerbitan surat kematian. Selanjutnya, KJRI Frankfurt mengunjungi Apartemen SPDP dan menemui petugas Apartemen untuk mendapatkan segala dokumen yang diperlukan guna pengurusan surat kematian.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan juga video berikut ini:

Imbauan KJRI Frankfurt

Ilustrasi Foto Tenggelam (istockphoto)

Terkait kematian mahasiswi Indonesia di Danau Trebgas Badesse, Bayreuth, Bavaria, Jerman, KJRI Frankfurt mengimbau agar WNI tetap meningkatkan kewaspadaan dan menjaga diri ketika berada di tempat umum.

Selain itu, pihak di sana juga meminta warga Indonesia untuk mematuhi imbauan pihak keamanan dan aparat setempat dalam setiap kesempatan.

Selanjutnya untuk terus memantau keberadaan anggota keluarga dan selalu waspada terhadap keamanan pribadi dan anggota keluarga. Tak lupa untuk selalu membawa identitas diri pada saat bepergian.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Viral, Rekaman Ajaran Ratu Kerajaan Ubur-Ubur

Posted: 14 Aug 2018 08:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kerajaan Ubur-Ubur viral jadi pembicaraan di medsos. Sang pemimpin bahkan secara terang-terangan menyebarkan ajarannya melalui media sosial.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Palembang Meriahkan Asian Games 2018 dengan Festival Sriwijaya

Posted: 14 Aug 2018 08:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Palembang sambut Asian Games 2018 dengan menyiapkan berbagai pesta rakyat. Salah satunya, Festival Sriwijaya yang akan digelar pada 22 hingga 27 Agustus 2018 di Benteng Kuto Besak (BKB), Palembang.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, mengatakan bahwa Festival Sriwijaya adalah momentum untuk mempromosikan Palembang saat Asian Games. Ia menyebut, Asian Games 2018 di Palembang akan diserbu sekitar 50 ribu wisatawan mancanegara (wisman)

"Momentum tersebut harus dimanfaatkan. Palembang yang jadi role model sport tourism, harus bisa menyambut para wisatawan yang hadir dengan hospitality," ujarnya, Selasa (14/8/2018).

Arief menambahkan, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) juga memanfaatan event Asian Games untuk mendatangkan banyak wisatawan ke destinasi wisata di Indonesia.

"Momen Asian Games 2018 baik untuk melakukan promosi, baik oleh para pengusaha maupun destinasi wisata di Palembang. Momentum ini juga dimanfaatkan Kementerian Pariwisata untuk menarik wisatawan mancanegara datang ke Indonesia. Menurut data Kemenpar, jumlah wisman untuk kuliner dan belanja sebesar 30 hingga 40 persen," ucapnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Parawisata, Ni Wayan Giri Adnyani, mengatakan bahwa Festival Sriwijaya yang ke-27 ini akan bercerita tentang kebudayaan, pariwisata, dan pesta rakyat pada masa lampau.

"Selama Asian Games nanti kita ada dua festival yang digelar di Jakabaring dan BKB. Festival ini akan bercerita tentang kebudayaan, serta bagaimana perjalanan budaya yang akhirnya menjadi destinasi wisata," kata dia.

Rencananya, Festival Sriwijaya akan diikuti 17 kabupaten/kota di Sumatera Selatan. Mereka akan menyajikan tarian, drama musikal, lagu daerah, dan kuliner.

Tujuan festival ini adalah untuk untuk melestarikan nilai-nilai budaya, juga meningkatkan citra Sumatera Selatan sebagai daerah tujuan wisata. Harapannya, mampu meningkatkan pemerdayaan ekonomi kerakyatan serta menampilkan kreativitas daerah yang merefleksikan orisinalitas, kemandirian, dan kearifan lokal.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Calendar of Event Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuti, mengatakan bahwa Festival Sriwijaya 2018 akan dimulai dengan sebuah bioskop mobile yang akan menayangkan film-film pendidikan, budaya, dan pariwisata. Kemudian, diikuti oleh sebuah acara pembukaan yang diikuti oleh 17 kabupaten dan kota di Sumatera Selatan. Selanjutnya, akan ada lomba melukis, pameran, pentas seni.

Selain itu, akan ada panggung yang menampilkan pertunjukan musik etnik, parade musik jalanan, parade dul muluk, serta pertunjukan budaya dari kabupaten dan kota di Sumatera Selatan.

Pada sesi berikutnya, acara utama akan mencakup lokakarya dan diskusi tentang budaya Sumatera Selatan. Acara penutupan akan digelar pada hari terakhir, serta pagelaran budaya dari enam kabupaten dan kota di Sumatera Selatan.

"Khusus di Jakabaring, nanti ada acara outdoor dan perfomance setiap harinya dari pukul 17.00 WIB. Ada tarian massal, karena ada 4.000 tamu undangan yang hadir saat Asian Games tanggal 18 Agustus," ujar Esthy.

Selain menggelar festival, pemerintah juga akan menawarkan paket wisata, seperti tur kota tiga hari di Palembang dan perjalanan belanja empat hari.

"Kami support penuh pelaksanaan Asian Games di Palembang. Termasuk pada penyelengaran Festival Sriwijaya yang digagas Disbudpar Sumatera Selatan. Bahkan, untuk di sungai Musi nantinya akan ada festival perahu bidar hias dan permainan tradisional," ucap Esthy, yang juga Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural Kementerian Pariwisata.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ups, Ribuan Akun Instagram Diduga Telah Diretas Massal

Posted: 14 Aug 2018 08:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah akun Instagram diduga telah diretas secara massal. Menurut pengalaman seorang pengguna bernama Krista, akunnya yang punya 4.500 pengikut tiba-tiba saja logout dari aplikasi.

Saat mencoba masuk kembali ke akunnya, Krista menerima pesan mencengangkan, yakni username miliknya tidak ada.

Tak berapa lama, diapun menyadari foto, alamat email, dan nomor teleponnya berubah. Dia mencoba meminta untuk ganti sandi, akun email yang terhubung ke akunnya sudah diganti ke domain email Rusia yakni (.ru). Barulah Krista sadar, dia jadi korban peretasan.

Pengguna lainnya, yakni Megan, punya cerita serupa. Baru mau masuk ke akun IG, seluruh username, password, alamat email, dan akun Facebook-nya berubah.

Mereka hanya dua di antara ribuan pengguna Instagram yang kabarnya mengalami kasus serupa sejak awal bulan. Dalam 24 jam, di Twitter sudah ada lebih dari 100 laporan terkait peretasan akun Instagram ini.

Tidak hanya itu, menurut data platform analitik Talkwalter, lebih dari 5.000 cuitan dari 899 akun yang terkena peretasan Instagram dalam tujuh hari terakhir.

"Kami bekerja keras menghadirkan keamanan tinggi pada komunitas Instagram," kata seorang juru bicara Instagram sebagaimana dikutip dari Mashable, Rabu (15/8/2018).

"Ketika kami tahu ada akun yang telah disusupi, kami matikan akses ke akun tersebut. Orang-orang yang terkena dampak pun bisa melakukan proses remediasi sehingga mereka bisa mengatur kata sandi dan mengambil langkah lain yang diperlukan untuk mengamankan akun mereka," tutur juru bicara Instagram.

Bersifat Massal

Ilustrasi instagram. (Foto: pexels.com)

Tidak jelas bagaimana hacker mendapatkan akses ke akun-akun Instagram. Kemungkinan yang terjadi adalah peretasan secara massal.

Namun dalam laporannya, Mashable menyebut ada beberapa kesamaan antarkorban peretasan, misalnya avatar berubah ke karakter animasi film Disney dan Pixar, menghapus bios, dan alamat email baru berdomain Rusia (.ru).

Email dialihkan ke domain Rusia (.ru) (Foto: Mashable)

Dalam sebagian kasus, pengguna Instagram tidak memiliki otentikasi dua faktor yang dapat diaktifkan saat peretasan. Mereka yang pakai otentikasi dua faktor pun tidak terlindungi.

Seorang pengguna bernama Chris Woznicki yang mengaku mengaktifkan otentikasi dua faktor juga telah kehilangan akun Instagram-nya.

Tidak Hapus Foto Milik Korban

Ilustrasi Instagram (AP Photo/Marcio Jose Sanchez)

Tak seperti kasus peretasan akun lainnya, si hacker tidak mengunggah foto baru atau menghapus foto lama dari akun Instagram korbannya.

Hacker 'hanya' mengubah informasi kontak seperti email dan nomor telepon sehingga membuat pemilik akun sulit mendapatkan kembali akun miliknya.

Hal tersebut lantaran kebijakan keamanan Instagram membuat orang yang tidak memiliki email dan nomor telepon kesulitan mengakses akun. Bukan hanya itu, proses pemulihan akun pun sangat sulit dilakukan jika si peretas telah mengubah alamat email akun yang diretas.

"Saat saya melaporkannya, Instagram malah meminta aku untuk login ke email (peretas) dan mengubah password, itu sangat tidak mungkin dilakukan saat ini," ujar Woznicki.

Sekadar diketahui, peretasan akun Instagram bukanlah hal baru. Apalagi kini Instagram mengklaim punya lebih dari 1 miliar pengguna dan membuatnya jadi sasaran utama peretasan.

Tidak jelas pula apakah ada kebijakan tertentu dari perusahaan untuk menangani kasus ini. Instagram sendiri menolak memberikan data spesifik tentang berapa lama proses remediasi untuk mendapatkan kembali akun yang telah diretas.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mahfud MD: Jokowi Tidak Korupsi, Anak dan Keluarganya Tidak Ikut Proyek

Posted: 14 Aug 2018 08:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Meski tidak menjadi pendamping Joko Widodo atau Jokowi di Pilpres 2019, Mahfud Md tetap menghormati Jokowi sebagai pemimpin yang baik. Menurut mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu, Jokowi tidak terlibat korupsi.

"Secara pribadi Beliau (Jokowi) orangnya baik, secara pribadi Beliau tidak korupsi, anak-anaknya, keluarganya enggak ada ikut-ikut proyek," kata Mahfud Md di Indonesia Lawyer Club (ILC), Rabu, 14 Agustus 2018.

Mahfud lalu menceritakan bagaimana peran seorang Jokowi hadir dalam sebuah kasus yang melibatkan korban kejahatan.

Kasus tersebut sempat menjadi buah bibir di masyarakat lantaran anak yang menjadi korban begal malah menjadi tersangka pembunuhan pelaku begal. Padahal, anak itu terpaksa menghabisi pelaku untuk membela diri. 

"Setelah saya sampaikan ke Beliau, besoknya si anak ini bebas dan diberi penghargaan polisi. Ini bukti negara hadir," tegas Mahfud.

Kasus-kasus seperti ini, kata Mahfud, banyak terjadi di Indonesia, " Dan tidak semua diperhatikan, maka dibutuhkan orang seperti Jokowi."

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Berpeluang masuk Tim Sukses

Mantan ketua MK Mahfud MD (kiri) bersama Ketua KPK Agus Rahardjo (kanan) menjawab pertanyaan wartawan usai Halalbihalal Alumni KPK di Gedung KPK, Jakarta, Senin (25/6). (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Politikus PDIP Pramono Anung menyatakan, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD dan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Tuan Guru Bajang Muhammad Zainul Madji berpeluang masuk struktur tim pemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Ya, nama-nama yang memberikan dukungan kepada Pak Jokowi,tentunya nanti diakomodasi (masuk timses)," kata Pramono di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (13/8/2018).

Pramono mengatakan, hingga kini para Sekjen Parpol koalisi pendukung Jokowi masih menggodok nama-nama yang akan masuk dalam Tim Pemenangan. Termasuk juga membahas nama-nama yang akan menjadi Dewan Pengarah dan Dewan Pembina Tim Pemenangan.

"Sampai hari ini, nama-nama untuk dewan pengarah, ketua dewan pembina, memang sedang difinalkan," ucap Pram.

Sementara, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar berharap semua pihak yang mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin, bisa masuk ke dalam timses, termasuk Mahfud dan TGB.

"Ya, kita berharap masuk semua," kata Muhaimin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alat Penjernih Air untuk Korban Gempa Lombok

Posted: 14 Aug 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Tim Satgas Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk bencana gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat menyerahkan empat unit alat penjernih air kepada Universitas Mataram (Unram). Dengan alat tersebut diharapkan bisa membantu masyarakat yang terdampak gempa bisa memperoleh air bersih dengan mudah.

Penyerahan alat penjernih air tersebut diberikan secara simbolis oleh Ir. Mipi Ananta Kusuma dari Kelompok Keahlian Geodesi, Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian ITB kepada Ketua LPPM - Unram Muhammad Ali di Kampus Unram, Selasa, 14 Agustus 2018. Penyerahan juga didampingi oleh Prof. Ir. Suwardji, Wakil Rektor 4 bidang Kerja sama Unram.

Alat penjernih air tersebut merupakan karya Prof I Gede Wenten dari KK Perencanaan dan Pengembangan Proses Teknik Kimia, Fakultas Teknologi Industri ITB. Dari keempat alat tersebut, satu di antaranya berkapasitas 1.000 liter air. Tiga lainnya merupakan alat penjernih yang bisa dipakai dengan cara dipompa.

Ketua LPPM Unram Muhammad Ali mengatakan, pemberian alat penjernih air tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat terdampak, khususnya di wilayah pegunungan seperti Kabupaten Lombok Utara dan Timur. Saat ini, warga di wilayah tersebut tengah dilanda krisis air bersih.

Pihak Unram akan mendata lebih rinci daerah yang sangat butuh agar adil dan merata sebaran alatnya.

"Kami sangat berterima kasih sekali atas paket dan teknologi untuk air ini dan yang selanjutnya bagaimana paket teknologi untuk rumah tahan gempa darurat sangat kami butuhkan karena membangun perumahan penduduk dalan jangka waktu pendek sangat tidak mungkin," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.

Dia menerangkan, ada dua hal krusial di Lombok pasca-gempa sekarang. Pertama soal air, kedua rumah tinggal yang tahan gempa. Banyak masyarakat sekitar yang tinggal di tenda-tenda darurat seadanya. Ia berharap bersama ITB, dapat membuat teknologi untuk hunian sementara yang tahan gempa.

"Kami sudah berkoordinasi sejak minggu lalu dari teman-teman ITB yang sudah menawarkan berbagai teknologi untuk rumah darurat, itu yang paling penting mengenai dua hal itu. Kalau kesehatan dan hal lainnya, sudah ada yang menangani," ucapnya.

Sementara itu, Ir. Mipi menyampaikan dalam waktu dekat tim dari ITB akan membawa alat penjernih air berkapasitas 18.000 liter per jam. Namun, alat tersebut harus dibawa melalui jalur darat.

ITB telah membentuk tim satgas yang bertugas menyusun rencana dan aksi bantuan untuk korban gempa Lombok. Tim tersebut akan menilai kelayakan bangunan publik, melaksanakan program penyediaan fasilitas air minum, serta mempelajari potensi gempa ke depan.

Sekretaris LPPM-ITB bidang pengabdian pada masyarakat, Irwan Meilano mengatakan, tim Satgas ITB telah berangkat dan dibagi dalam beberapa gelombang. Tim ITB akan fokus terhadap rehabilitasi pasca-gempa sesuai bidang risetnya masing-masing.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fakhrurrozi Alami Pembekuan Darah di Kepala Meski Selamat dari Gempa

Posted: 14 Aug 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Mataram, Nusa Tenggara Barat Seorang anak korban gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), duduk terdiam di ranjang di dalam tenda luar RSUD Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Kota Mataram. Seluruh kepalanya berbalut perban putih dengan selang yang terpasang di belakang kepala. Selang itu mengalirkan darah dari dalam kepala si anak.

Kondisi Muhammad Fakhrurrozi yang selamat dari gempa Lombok pada Minggu, 5 Agustus 2018 terbilang pilu. Dia rupanya mengalami cedera kepala yang mengakibatkan pembekuan darah di kepala.

Gumpalan darah tersimpan kepala bagian belakang dan harus dikeluarkan. Fakhrurrozi yang menuntut ilmu di Pondok Pesantren Al-Aziziyah Kapek Gunung Sari, Lombok Barat menjalani operasi pada Kamis, 9 Agustus 2018 di RSUD Provinsi NTB.

Sartini, ibu Fakhrurrozi, menceritakan bagaimana upaya anaknya selamat dari gempa berkekuatan 7 SR.

"Pas gempa, dia lagi mau salat isya. Kondisi saat itu anak saya sedang sakit (lagi tidak enak badan). Dia kan ruangannya di lantai 3, jadi harus lari secepat mungkin sampai ke lantai 1 dan keluar gedung," tutur Sartini saat ditemui di RSUD Provinsi NTB, ditulis Rabu (15/8/2018).

Ketika berupaya lari, Fakhrurrozi tidak sempat mengenakan baju. Ia terus berlari. Suasana saat itu sangat panik, seluruh penghuni pondok pesantren berlari sekencang mungkin.

"Saat sampai di lantai 2. Lampu mati (listrik mati) karena gempa. Anak saya lari aja terus. Sesampainya di lantai dasar, dia pingsan. Sudah enggak inget apa-apa," ucap Sartini.

 

*Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Simak video menarik berikut ini:

Alami pembekuan darah

Fakhrurrozi kemungkinan terbentur saat berupaya selamatkan diri. (Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Sartini sempat mengira, anaknya dalam kondisi baik-baik saja karena selamat dari gempa. Namun, kesehatan Fakhrurrozi terus menurun dan belakang kepalanya keluar cairan.

"Dia sempat dirawat tiga hari di rumah sakit di Praya, Lombok Tengah. Setelah tiga hari itu kok ada (cairan) lengket di belakang kepala. Akhirnya, dia dirontgen, tapi dokter di sana enggak bisa memastikan kondisi anak saya," Sartini menambahkan.

Untuk pemeriksaan lebih lanjut, Fakhrurrozi dirujuk ke rumah sakit provinis, RSUD Provinsi NTB, Kota Mataram. Di RSUD Provinsi NTB, Fakhrurrozi dirontgen kembali dan ditemukan ada pembekuan darah di kepala.

"Hari ketiga pascagempa itu juga, dia dibawa ke sini (RSUD Provinsi NTB), lalu dirontgen lagi. Hasilnya keluar malam itu juga. Langsung tindak besoknya. Dia dioperasi di hari keempat," kata Sartini, yang tinggal di Lombok Tengah.

Benturan di kepala

Fakhrurrozi dirujuk ke RSUD Provinsi NTB untuk menjalani operasi. (Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Pembekuan darah di kepala Fakhrurrozi kemungkinan adanya benturan. Ia bisa saja terjatuh saat berlari menyelamatkan diri.

"Ternyata ada benturan. Saya pikir dia baik-baik saja. Enggak kenapa-kenapa. Padahal, dia enggak tertimpa apa pun. Dia terjatuh. Lihat saja, kakinya juga lecet-lecet," Sartini melanjutkan.

Melihat kondisi anaknya, Sartini mengaku tidak trauma. Ia berpikir positif, apa yang dialami anaknya menjadi pembelajaran berharga kelak.

"Trauma sih enggak, hanya saja kita kembali pasrah ke Yang Maha Kuasa. Ini (gempa) sebagai peringatan atau apa. Kita harus sabar, tawakal, dan ikhlas menerima cobaan ke depannya," ucap Sartini.

Harapan Sartini, anaknya dapat tumbuh lebih dewasa dan menjadi anak yang sabar dan kuat.

Pondok pesantren hancur

Kondisi RSUD Tanjung Lombok Utara yang mengalami kerusakan 90 persen akibat gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu, 5 Agustus 2018. (Foto: Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Walaupun Fakhrurrozi mengalami pembekuan darah, Sartini bersyukur anaknya selamat. Ada satu orang teman anaknya yang meninggal saking paniknya alami gempa.

"Ada yang jatuh dari lantai 2 demi menyelamatkan diri. Dia loncat, lalu meninggal seketika," ujar Sartini.

Kondisi pondok pesantren pun hancur, rata dengan tanah. Kalau pondok pesantren sudah diperbaiki, lanjut Sartini, dia tetap menyekolahkan anaknya di sana.

Saat ini, Sartini fokus pada perawatan anaknya. Ia belum bisa mengetahui, kapan anaknya sudah diizinkan pulang oleh dokter.

"Masih terasa sakit kepala. Dia juga belum bisa ngomong banyak. Dirawat sampai sembuh di sini. Tapai nanti kalau sudah pulang, dia tetap akan kontrol ke sini," Sartini menambahkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gaji Pertama Turun Desember, Pengumuman CPNS 2018 Diharapkan Keluar Cepat

Posted: 14 Aug 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Kepegawaian Negara (BKN) terus mengebut penyelesaian proses pengumuman calon pegawai negeri sipil 2018 (CPNS). Langkah tersebut agar tidak meleset dari target yang telah direncanakan.

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan mengatakan, dalam target rencana, gaji pertama CPNS harus diturunkan pada Desember 2018. Oleh karena itu, BKN mendorong agar proses seleksi CPNS 2018 harus segera dipercepat.

"Secara akuntabilitas, orang-orang yang nanti akan diterima sudah mendapat SK CPNS terhitung mulai Desember 2018, sehingga mereka bisa menerima gaji maksimal di bulan Desember," kata dia kepada Liputan6.com, Rabu (15/8/2018).

Hal tersebut, Mohammad Ridwan menambahkan, menjadi salah satu tantangan bagi BKN beserta tim Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) untuk lebih cepat dalam menyelesaikan segala proses perekrutan para abdi negara baru tersebut.

"Kalau SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) dan SKB (Seleksi Kompetensi Bidang) cuma diberi waktu dua minggu, ya sudah, proses berikutnya pengangkatan SK CPNS dan lain-lain sudah harus dilakukan segera," dia menjabarkan.

Oleh karena itu, dia memastikan, bahwa BKN dan tim bakal terus mengupayakan agar penerimaan CPNS bisa berlangsung sebelum Desember 2018.

"Ini juga yang jadi concern BKN. Karena semakin ke belakang, semakin terlambat kita memulainya, maka kita takut deadline Desember terlewati," tutur Ridwan.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Mau Ikut Seleksi CPNS 2018? Ini yang Harus Disiapkan

Peserta tes seleksi CPNS Kemenkumham mengecek no pendaftaran di gedung BKN, Jakarta, Senin (11/9). Pada 2017, tercatat 1.116.138 pelamar CPNS mendaftar di lingkungan Kemenkumham. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sistem penerimaan CPNS 2018 kini tengah dipersiapkan dengan perkiraan formasi antara 200 ribu-250 ribu posisi. Beberapa kuota khusus pun dipersiapkan, seperti untuk tenaga kesehatan dan pendidikan.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan menyampaikan, bentuk persyaratan untuk dapat mengikuti CPNS 2018 nanti akan disampaikan oleh masing-masing kementerian dan lembaga.

Dia menyarankan kepada para calon pelamar untuk memindai beberapa dokumen sedari dini sebelum mendaftarkan diri menjadi bakal aparatur sipil negara (ASN). 

"Pertama adalah scan ijazah, dan atau transkrip nilai. Kedua, foto. Tapi nanti foto ini ada petunjuk sendiri, karena katakan harus dengan KTP, dan sebagainya. Nanti ada petunjuknya di portal SSCN," ungkap dia kepada Liputan6.com.

Persiapan berikutnya, ia melanjutkan, adalah memindai Kartu Tanda Penduduk (KTP). Sebagai antisipasi, Ridwan juga mengimbau agar dokumen lain seperti Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran turut dipindai.

"Jadi intinya disiapkan saja semua dokumen yang dimiliki dalam bentuk digital, dalam artian di-scan, seperti Akta Kelahiran. Kemudian ijazah, kalau sudah S1 dari SD-SMP-SMA. Itu semua di-scan aja. Secara general, (kapasitasnya) harus di bawah 200 kb," urainya.

"Tentang persyaratan lain, termasuk TOEFL, silakan saja di-scan. Persyaratan lainnya itu tergantung dari masing-masing instansi sesuai dengan formasi," dia menambahkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tips Bertengkar Sehat agar Hubungan Semakin Rekat

Posted: 14 Aug 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bertengkar dengan pasangan adalah hal yang wajar. Nah, bagaimana sih tips bertengkar yang sehat agar hubungan semakin rekat? Simak beberapa tips berikut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: