Rabu, 29 Agustus 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Jadwal Final Sepak Bola Asian Games 2018 Putra

Posted: 29 Aug 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cabang olahraga sepak bola putra Asian Games 2018 sudah sampai ke tahap akhir. Babak final akan digelar Sabtu (1/9/2018). Dua tim Asia Timur akan saling berduel di final, Jepang dengan Korea Selatan.

Jepang lolos ke partai puncak usai menang 1-0 atas Uni Emirat Arab di babak semifinal. Gol tunggal Jepang dibuat oleh Ayase Ueda di menit 78. 

Adapun Korsela melenggang ke final Asian Games 2018 berkat kemenangan meyakinkan 3-1 atas Vietnam. Lee Seung-woo jadi bintang kemenangan Korsel dengan dua golnya.

Korsel sangat berambisi menjuarai cabor sepakbola putra Asian Games 2018. Bintang Korsel Son Heung-min ingin merebtu emas agar terhindar dari wajib militer.

Jepang sendiri turun dengan komposisi pemain muda. Mereka sama sekali tak membawa pemain senior walau diperbolehkan menyertakan tiga pemain di atas usia 23.

 * Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Jadwal Final 1 September 2018

ilustrasi

Jadwal Final 1 September 2018

19.30 WIB Korsel vs Jepang

Perebutan Tempat Ketiga 1 September 2018

16.00 WIB Vietnam vs UEA

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kadis Sumber Daya Air DKI Tersangka, Pemprov Beri Pendampingan

Posted: 29 Aug 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemprov DKI akan mendampingi Kepala Dinas Sumber Daya Air Teguh Hendarwan yang ditetapkan sebagai tersangka kasus perusakan. Kepala Biro Hukum DKI Jakarta Yayan Yuhanah mengatakan, pihaknya siap memberi pendampingan hukum dengan membantu memberikan data-data yang dibutuhkan.

"Kemarin kita bilang kita siap saja Pak Teguh kalau memang minta didampingi kita siap. Kemarin ketika prosesnya kan Biro Hukum termasuk yang diperiksa juga," ujar Yayan saat dihubungi, Kamis (30/8/2018).

Namun, pendampingan itu tidak berupa penyediaan pengacara. Sebab, menurut Yayan, Biro Hukum DKI hanya bisa menyediakan pengacara untuk kasus-kasus perdata dan tata usaha negara, sedangkan kasus yang menjerat Teguh merupakan kasus pidana.

"Menemani, memberi support, lalu kalau diperbolehkan sama penyidiknya kita bisa mendampingi. Tapi bukan selaku pengacara kita, hanya pendampingan," tuturnya

Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya menetapkan, Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Teguh Hendrawan sebagai tersangka. Hal itu dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono.

Teguh Hendrawan ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus seperti yang diatur dalam Pasal 170 KUHP. "Iya betul (ditetapkan sebagai tersangka)," ujar Argo kepada merdeka.com, Rabu (29/8/2018).

Meskipun demikian, Argo tak menjelaskan secara detail kasus tersebut. Teguh ditetapkan sebagai tersangka perusakan dan masuk ke pekarangan orang lain dengan Pasal 170 KUHP. Kepala Dinas SDA itu disebut memasang plang di atas lahan yang diklaim milik warga bernama Felix Tirtawidjaja.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Ikuti Aturan Hukum

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Pemprov DKI dan Teguh akan mengikuti semua kententuan hukum.

"Jadi saya sudah konsultasi dengan ibu Plt BKD ketentuannya nanti ada dokumen resmi yang menjelaskan semua peraturan perundangan apa hak dan kewajiban ASN yang mengalami perkara seperti ini," ucapnya.

Pemprov DKI, lanjut Anies, memastikan ikut memberikan bantuan hukum untuk Teguh. "Tentu. Bahkan pas pemeriksaan teguh udah lapor ke saya sejak Minggu lalu, bantuan hukum saat proses pemeriksaan biro hukum pun ikut," katanya.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fasilitas LRT Jakarta Juga Ramah untuk Penyandang Disabilitas

Posted: 29 Aug 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Light Rail Transit atau kereta ringan terpadu Jakarta atau LRT Jakarta dipastikan ramah dan layak bagi penyandang disabilitas.

Seluruh fasilitas yang dibangun memperhitungkan kebutuhan masyarakat, termasuk para penyandang disabilitas. 

"Kami ingin pembangunan fasilitas transportasi modern ini bisa dinikmati seluruh masyarakat, tanpa terkecuali penumpang berkebutuhan khusus" ungkap Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Zulfikri di Jakarta, Kamis (30/8/2018).

Zulfikri mengatakan, fasilitas modern yang disediakan LRT Jakarta, antara lain eskalator, lift untuk penumpang berkebutuhan khusus, ramp, CCTV, ruang medis, guiding block untuk menuntun jalan penumpang tunanetra, toilet bagi difabel, serta kursi prioritas di peron maupun di dalam kereta.

Selain itu, nanti terdapat petugas pelayanan di stasiun yang akan membantu penyandang disabilitas untuk naik dan turun kereta. 

Zulfikri menerangkan, penyediaan sarana dan prasarana ramah penyandang disabilitas tersebut merupakan upaya pemerintah memenuhi haknya sesuai Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

Oleh karena itu, pihaknya akan terus membenahi dan menambah fasilitas bagi penyandang disabilitas sebelum akhirnya moda transportasi modern tersebut diresmikan pada 2019. 

Merujuk data Bappenas, ujar Zulfikri, jumlah penyandang disabilitas di Indonesia, diperkirakan sekitar 15 persen dari jumlah penduduk, yakni 36 juta jiwa. Adapun di Jakarta, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta, pada 2015 tercatat jumlah penyandang disabilitas di Ibu Kota mencapai 6.003 jiwa.

"Hal ini juga menjadi perhatian kami. Karena itu, pemenuhan fasilitas bagi penyandang disabilitas akan dilakukan di seluruh stasiun LRT," ujar dia. 

 

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

Uji Coba Terbatas

LRT Velodrome (Dok Kementerian Perhubungan)

 

Sementara itu, saat ini LRT Jakarta koridor 1 fase 1 tengah telah dioperasionalkan secara terbatas. Operasional dalam rangka uji coba LRT antara Stasiun Velodrome hingga Stasiun Mall Kelapa Gading tersebut berlangsung selama 30 hari kalender, dimulai 21 Agustus hingga 20 September 2018. 

Operasional terbatas yang dimaksud adalah penumpang yang diangkut merupakan undangan dan bukan masyarakat umum. Penumpang tidak dikenakan tarif alias gratis. Selama masa uji coba, hanya satu train set yang digunakan untuk bolak balik antara Stasiun Velodrome menuju Stasiun Kelapa Gading sejauh 4,7 kilometer tersebut. 

"Ada lima stasiun yang dilalui, yakni Stasiun Velodrome, Stasiun Pacuan Kuda, Stasiun Pulomas, Stasiun Kelapa Gading Boulevard, dan Stasiun Mall Kelapa Gading. Kelima stasiun tersebut hingga saat ini masih dalam proses pembangunan," tutur Zulfikri. 

"LRT Jakarta ini akan terus dievaluasi sampai dinyatakan laik dioperasionalkan untuk umum. PT Jakarta Propertindo wajib menyelesaikan seluruh pekerjaan pembangunan LRT setelah pelaksanaan uji coba pengoperasian," kata dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keluarga Masih Tertutup soal Penyebab Meninggalnya Faldy Albar

Posted: 29 Aug 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Faldy Albar, anak kandung musikus gaek Achmad Albar, meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (29/8/2018). Jenazah Faldy kini sedang disemayamkan di rumah duka di kawasan Cinere, Depok, Jawa Barat, Kamis (30/8/2018).

Keluarga dan para pelayat mulai memadati rumah duka. Fachri Albar, yang kini tengah menjalani rehabilitasi di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO), juga tampak hadir setelah meminta izin RSKO untuk melayat Faldy Albar

Dari pantauan Liputan6.com, hingga kini pihak keluarga dan kerabat belum ada yang bersedia angkat bicara mengenai penyebab meninggalnya Faldy Albar. Fachri Albar juga bungkam saat ditanya perihal meninggalnya sang adik.

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

 

Simak juga video berikut ini:

Tak Diizinkan Meliput

Suasana duka di rumah Achmad Albar setelah Faldy Albar meninggal dunia. (Koleksi Istimewa)

Awak media yang meliput juga tidak diperkenankan masuk ke dalam rumah duka. Mereka hanya boleh berada di sebuah tenda yang terletak di luar rumah. Tenda tersebut memang disediakan khusus oleh keluarga untuk wartawan.

Meninggal Muda

Anak ketiga Achmad Albar, Faldy Akbar, diketahui meninggal dunia.

Faldy Albar merupakan anak Achmad Albar dari pernikahannya dengan Rini S Bono. Faldy Albar meninggal di usia 34 tahun.

Rencananya jenazah Faldy akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Kamis (30/8/2018) siang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tersandung Krisis Rohingya, Aung San Suu Kyi Tetap 'Pegang' Nobel Perdamaian

Posted: 29 Aug 2018 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Napyidaw - Komite Nobel di Norwegia belum lama ini memastikan Aung San Suu Kyi tidak akan kehilangan nobel perdamaian yang diraihnya, meski PBB baru saja menyatakan bahwa militer Myanmar melakukan pembunuhan massal terhadap Rohingya.

Pada Senin 27 Agustus, penyelidik PBB mengatakan militer Myanmar melakukan pembunuhan dan pemerkosaan dengan "niat genosida". Ditambahkan bahwa panglima tertinggi dan lima jenderal harus dituntut atas kejahatan berat di bawah hukum internasional.

Dikutip dari The Guardian pada Kamis (30/8/2018), Aung San Suu Kyi, yang memimpin pemerintahan Myanmar dan memenangkan Nobel Perdamaian pada tahun 1991 --untuk kampanye demokrasi-- dikritik dunia karena gagal menentang praktik penindasan di Negara Bagian Rakhine.

Sejak operasi dimulai setahun yang lalu, puluhan ribu Rohingya dilaporkan meninggal dan 700.000 lainnya telah melarikan diri. Sebagian besar tinggal di kamp-kamp pengungsi di negara tetangga Bangladesh.

Olav Njoelstad, sekretaris Komite Nobel Norwegia, mengatakan pada hari Senin, "Penting untuk diingat bahwa hadiah Nobel, baik dalam bidang fisika, sastra atau perdamaian, diberikan untuk beberapa upaya atau pencapaian berharga dari masa lalu."

"Aung San Suu Kyi memenangkan hadiah Nobel untuk perjuangannya demi demokrasi dan kebebasan hingga 1991, tahun ketika dia dianugerahi hadiah," lanjut Njoelstad menjelaskan.

Aturan yang mengatur pemberian Nobel tidak memungkinkan untuk ditarik kembali, termasuk pada kasus yang menyinggung Aung San Suu Kyi, katanya lagi.

Komite Nobel Norwegia terdiri dari panel lima warga terpilih Norwegia, sebagian besar merupakan mantan politisi dan akademisi setempat, yang mencerminkan kekuatan berbeda di parlemen Norwegia.

Pada 2017, ketua komite, Berit Reiss-Andersen, juga mengatakan tidak akan menghapus penghargaan itu, menyusul kritik sebelumnya terhadap peran Aung San Suu Kyi dalam krisis Rohingya.

"Kami tidak melakukannya. Bukan tugas kami untuk mengawasi atau menyensor apa yang dilakukan seorang pemenang setelah hadiah dimenangkan," kata Reiss-Andersen.

"Para pemenang harus menjaga reputasi mereka sendiri," lanjutnya menegaskan.

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Aung San Suu Kyi Didesak Bertanggung Jawab

Seorang pengungsi Rohingya menaiki tangga di perbukitan yang berada di Kamp Pengungsi Kutupalong, Bangladesh, 28 April 2018. Bangunan-bangunan pengungsian berdiri di atas tanah berlumpur yang sangat minim pepohonan. (AP Photo / A.M. Ahad)

Laporan tim pencari fakta PBB untuk Myanmar menyebut bahwa pemerintah sipil, yang secara de facto dipimpin oleh Aung San Suu Kyi, turut bertanggungjawab atas krisis kemanusiaan yang menimpa kelompok etnis dan agama minoritas, termasuk Rohingya, di negara itu.

Pemerintah sipil, kata laporan itu, "telah gagal menyuarakan penentangan atas peristiwa yang terjadi, menyebarkan 'narasi palsu', mengawasi penghancuran bukti di negara bagian Rakhine dan menghalangi penyelidikan independen."

"Melalui tindakan dan kelalaian mereka, pihak pemerintah sipil telah berkontribusi terhadap kejahatan keji tersebut," tambah laporan TPF Myanmar.

"Aung San Suu Kyi tidak menggunakan posisi de facto-nya sebagai kepala pemerintahan, dan tak juga menggunakan moralitasnya, untuk membendung atau mencegah peristiwa yang terjadi di Rakhine."

"Pemerintah dan Tatmadaw (militer Myanmar) telah mengembangkan iklim di mana pidato kebencian tumbuh subur, pelanggaran hak asasi manusia dilegitimasikan, serta hasutan untuk diskriminasi dan kekerasan justru difasilitasi."

Juru bicara pemerintah dan militer Myanmar disebut belum memberikan komentar ketika dimintai keterangan oleh berbagai media asing.

Sebelumnya, para pemimpin Myanmar telah mengutarakan dalih dengan menegaskan secara pribadi kepada pejabat asing yang mempertanyakan krisis Rohingya bahwa Naypyidaw tidak mengontrol para jenderal militer atau tindakan mereka.

Namun, secara publik, pemerintah sipil mengatakan bahwa mereka memiliki hubungan yang baik dengan angkatan bersenjata (Tatmadaw), berkomitmen untuk memukimkan kembali ratusan ribu orang muslim Rohingya yang melarikan diri setelah tindakan keras militer, dan bekerja untuk memperbaiki kondisi kemanusiaan di negara bagian Rakhine.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sukses di Asian Games 2018, Palembang Berpeluang Gelar Event Besar

Posted: 29 Aug 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Vice President International Canoe Federation (ICF) Thomas Konietzko memuji Kota Palembang, Sumatera Selatan, setelah sukses menggelar lomba dayung Asian Games 2018. Menurutnya, Palembang berpeluang menggelar kegiatan besar lainnya.

"Venue dayung di kota ini sangat baik. Banyak atlet memuji dan berkeinginan kembali berlomba dalam event besar lainnya," kata Vice President ICF Thomas Konietzko didampingi Venue Press Center Manager Asian Games 2018 Brata T Hardjosubroto, di Palembang, Kamis. 

Menurut Thomas Konietzko, pihaknya akan mendorong pelaksanaan lomba dayung, terutama nomor kano/kayak internasional digelar di Bumi Sriwijaya ini.

Dengan seringnya perlombaan dayung berskala internasional digelar di kota ini, diharapkan cabang olahraga tersebut bisa berkembang dengan baik di Indonesia dan negara kawasan Asia lainnya.

"Kano selama ini didominasi Eropa, dalam Olimpiade akan datang kami ingin menyaksikan muncul atlet Asia yang berlomba di ajang olahraga terbesar di dunia itu dan menjadi juara," ujarnya.

Dia menjelaskan, lomba dayung yang digelar di Palembang merupakan salah satu dari 10 cabang olahraga Asian Games yang digelar di kota ini.

Kesuksesan panitia pelaksana Asian Games 2018 Indonesia (Inasgoc) menggelar cabang olahraga dayung di Palembang bisa menjadi alasan untuk membawa berbagai perlombaan dayung internasional ke daerah ini, ujar Thomas. (Ant)

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deddy Corbuzier Merasa Tak Cocok dengan Atlet Taekwondo Ini, Kenapa?

Posted: 29 Aug 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nama Defia Rosmaniar mulai dikenal publik sejak meraih medali emas di Asian Games 2018 di cabang taekwondo. Dari situ ia kerap menjadi bintang tamu, salah satunya acara yang dipandu Deddy Corbuzier.

Seperti biasa, Deddy Corbuzier selalu berpose dengan hampir semua bintang tamu yang hadir di acaranya, tak terkecuali Defia Rosmaniar.

Dan foto tersebut diunggah di akun Instagram Deddy Corbuzier, baru-baru ini. Tampak Defia mengenakan seragam taekwondo dan keduanya tersenyum ke arah kamera.

Namun, dalam keterangan foto Deddy Corbuzier mengaku dirinya tak cocok dengan Defia Rosmaniar, kenapa?

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

Seram

Deddy Corbuzier (Foto: Instagram)

Bukan lantaran Defia Rosmaniar tak cantik, atau adanya perbedaan keyakinan, sehingga Deddy Corbuzier merasa tak cocok dengannya.

"@defiarosmaniar itu cantik.. Tapi jago berantem.. Jadi buat saya ga cocok jadi Istri (Serem) tapi pantas di hitam putih..," tulisnya sebagai keterangan foto yang disukai lebih dari 115 ribu pengguna Instagram.

 

Positif

Deddy Corbuzier © KapamLagi.com®/Bayu Herdianto

Deddy Corbuzier pun berharap pernyataannya tersebut tak membuat warganet langsung nyinyir. Ia justru mengajak publik untuk selalu positif dalam berpikir.

"Ambil yang positif dalam hidup.. Singkirkan yang negatif..," pungkas mantan suami Kalina Ocktaranny tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hikayat Kelengkeng Jomblo dari Gua Sunyaragi Cirebon

Posted: 29 Aug 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Cirebon - Taman Air Gua Sunyaragi merupakan salah satu situs peninggalan bersejarah Cirebon. Berusia sekitar 400 tahun, situs bersejarah itu jadi salah satu primadona objek wisata yang dikunjungi wisatawan. Pengunjung bisa menikmati kemegahan puluhan gua karya para leluhur Cirebon.

Seluruh gua yang ada di situs tersebut memiliki sejarah dan makna filosofi. Namun, ada satu yang tak kalah menarik dari gua-gua yang ada di dalam situs ini.

Itu adalah pohon klengkeng. Pohon tersebut disinyalir memiliki usia yang sama dengan berdirinya Gua Sunyaragi Cirebon.

Pohon tersebut berdiri sendiri di samping situs Tiongkok Gua Sunyaragi Cirebon. Yang menarik, pohon tersebut di bagian bawahnya sudah keropos dan tinggal kulitnya. Namun, jika menengadah ke atas, batang pohon masih kokoh dan dedaunannya juga rindang.

"Kami topang bawahnya dengan beton agar tidak tumbang karena pohon ini saksi bisu perkembangan sejarah Cirebon di Gua Sunyaragi," kata pengelola Gua Sunyaragi Cirebon Jajat Sudrajat, Kamis (30/8/2018).

Menurut dia, pohon kelengkeng tersebut menjadi salah satu ikon Gua Sunyaragi. Bahkan, belakangan pohon tersebut mendapat julukan Klengkeng Jomblo. Tidak sedikit pengunjung berfoto dan menjadikan batang pohon yang keropos sebagai latar belakangnya.

"Katanya pohon klengkeng itu bisa berbuah bila ditanam lebih dari satu pohon. Tetapi di sini hanya ada satu, dan suka dibilang klengkeng lanang," sebut dia.

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

Keunikan

Pohon Klengkeng di Gua Sunyaragi Cirebon belakangan mendapat julukan pohon jomblo karena berdiri sendiri dan tak berbuah. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Dia menjelaskan, keunikan pohon tersebut terletak pada bentuknya yang berkelok-kelok, serta batang pohon tinggal kulit di bawahnya, tapi di atasnya masih utuh.

Berdasarkan catatan, pohon tersebut sudah ada sejak tahun 1604. Dia menyebutkan, dahulu terdapat empat pohon yang ditanam di Gua Sunyaragi. Namun, dua di antaranya terpaksa ditebang karena berpotensi mengganggu atau merusak situs bersejarah yang ada di Gua Sunyaragi.

"Pohon gambir, tanjung, karena berdiri di atas Gua Langse dan Kamar Panembahan terpaksa ditebang. Dan satu lagi pohon atau bambu kuning yang daun mudanya menjadi makanan panda," kata Jajat Sudrajat.

Keunikan lain dari pohon tersebut adalah sepanjang tahun daun pohon klengkeng jomblo tidak pernah kering, walaupun kemarau panjang. Kemudian pohon itu pun tidak pernah berbuah sejak pertama kali ditanam pada beberapa abad lalu.

Dua dahan pohon klengkeng jomblo telah dipotong setelah diijinkan Sultan Sepuh XIII Pangeran Raja Adipati Maulana Pakuningrat sebagai upaya penyelamatan pohon yang sudah berusia ratusan itu. Alasan pemotongan adalah kekhawatiran bebannya berat. Apalagi bagian bawah pohon tinggal kulit.

"Maka, bagian dahan yang ke utara dan barat dipotong dan ditopang dengan beton yang dimodifikasi bentuknya seperti pohon," ungkapnya.

Dia menjelaskan, keberadaan pohon klengkeng ini menyiratkan sebagai tempat para pembesar atau bangsawan. Selain itu, buahnya pun khas buah kerajaan, sehingga tidak sembarang orang bisa menikmatinya.

"Simbol bahwa ciri kekuasaan atau pemerintah itu hanya satu," kata Jajat.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Penampakan 300 Penyu yang Mati di Perairan Meksiko

Posted: 29 Aug 2018 09:30 PM PDT

Bangkai penyu laut yang mati di parairan dekat Puerto Escondido, Meksiko, (28/8).  Otoritas Meksiko akan mengungkap siapa yang harus bertanggung jawab atas kematian ratusan penyu laut langka ini. (AP Photo/Jose Ignacio Santiago Martinez)

Bangkai penyu laut yang mati di parairan dekat Puerto Escondido, Meksiko, (28/8). Otoritas Meksiko akan mengungkap siapa yang harus bertanggung jawab atas kematian ratusan penyu laut langka ini. (AP Photo/Jose Ignacio Santiago Martinez)

Bangkai penyu laut yang mati di parairan dekat Puerto Escondido, Meksiko, (28/8). Kantor perlindungan lingkungan mengatakan sekitar 300 penyu laut telah mati terjebak di dalam jaring ikan ilegal yang terlantar. (AP Photo/Jose Ignacio Santiago Martinez)

Bangkai penyu laut yang mati di parairan dekat Puerto Escondido, Meksiko, (28/8). Kantor perlindungan lingkungan mengatakan sekitar 300 penyu laut telah mati terjebak di dalam jaring ikan ilegal yang terlantar. (AP Photo/Jose Ignacio Santiago Martinez)

Bangkai penyu laut yang mati di parairan dekat Puerto Escondido, Meksiko, (28/8).  Otoritas Meksiko akan mengungkap siapa yang harus bertanggung jawab atas kematian ratusan penyu laut langka ini. (AP Photo/Jose Ignacio Santiago Martinez)

Bangkai penyu laut yang mati di parairan dekat Puerto Escondido, Meksiko, (28/8). Otoritas Meksiko akan mengungkap siapa yang harus bertanggung jawab atas kematian ratusan penyu laut langka ini. (AP Photo/Jose Ignacio Santiago Martinez)

Bangkai penyu laut yang mati di parairan dekat Puerto Escondido, Meksiko, (28/8). Kantor perlindungan lingkungan mengatakan sekitar 300 penyu laut telah mati terjebak di dalam jaring ikan ilegal yang terlantar. (AP Photo/Jose Ignacio Santiago Martinez)

Bangkai penyu laut yang mati di parairan dekat Puerto Escondido, Meksiko, (28/8). Kantor perlindungan lingkungan mengatakan sekitar 300 penyu laut telah mati terjebak di dalam jaring ikan ilegal yang terlantar. (AP Photo/Jose Ignacio Santiago Martinez)

Bangkai penyu laut yang mati di parairan dekat Puerto Escondido, Meksiko, (28/8).  Otoritas Meksiko akan mengungkap siapa yang harus bertanggung jawab atas kematian ratusan penyu laut langka ini. (AP Photo/Jose Ignacio Santiago Martinez)

Bangkai penyu laut yang mati di parairan dekat Puerto Escondido, Meksiko, (28/8). Otoritas Meksiko akan mengungkap siapa yang harus bertanggung jawab atas kematian ratusan penyu laut langka ini. (AP Photo/Jose Ignacio Santiago Martinez)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ibu Tiri Aniaya Bocah SD hingga Penuh Luka Sayatan

Posted: 29 Aug 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang anak kelas 1 SD menjadi korban penganiayaan ibu tirinya, tubuhnya penuh luka lebam dan sayatan. Kasus ini terungkap saat gurunya memergoki korban sering murung dan menyendiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

iPhone Baru di Tahun Depan Tak Lagi Adopsi 3D Touch?

Posted: 29 Aug 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - iPhone terbaru yang bakal meluncur pada 2019, dilaporkan tak akan lagi mengadopsi fitur 3D Touch.

Informasi tersebut berasal dari catatan investor yang terkuak dari MacRumors pada Rabu (29/8/2018). 

Sekadar informasi, fitur 3D Touch ini sebetulnya dikabarkan akan lebih dulu absen pada salah satu varian iPhone baru di 2018 (ukuran layar 6,1 inci dengan LCD).

Namun tampaknya, ketiga iPhone teranyar yang meluncur pada tahun ini tetap dilengkapi dengan 3D Touch.

Tidak dijelaskan soal alasan mengapa iPhone 2019 bakal absen dengan 3D Touch. Yang  pasti, catatan investor tersebut menegaskan kalau hal tersebut masih dalam rencana dan belum diputuskan oleh perusahaan.

Sekadar kilas balik, 3D Touch sendiri adalah teknologi yang membuat layar iPhone dapat mengenali tingkat tekanan.

Artinya, pengguna bisa melakukan berbagai hal berbeda tergantung dari seberapa keras mereka menekan layar. Semakin keras dan lama layar ditekan, akan menghasilkan efek berbeda dibandingkan tekanan layar biasa.

Beragam tekanan yang dirasakan layar bisa dikatakan seperti shortcut atau jalan pintas yang bisa digunakan oleh pengguna.

Jadi misalnya, jika pengguna ingin mendapatkan petunjuk arah ke rumah, cukup tekan selama beberapa waktu (long-pressing) aplikasi Maps di homescreen.

 

Membaca Pikiran Pengguna

Melalui kehadiran teknologi tersebut, layar iPhone dapat mengenali tingkat tekanan dan menghasilkan efek berbeda.

SVP Software Engineering di Apple, Craig Federighi, pun menggambarkan fitur 3D Touch itu seperti 'pembaca pikiran'.

"Hal ini dimulai dari ide bahwa Anda ingin bisa mendeteksi kekuatan di sebuah perangkat yang tipis. Maksudnya, Anda pikir Anda ingin mendeteksi kekuatan, tapi sesungguhnya apa yang Anda ingin lakukan adalah merasakan tujuan. Jadi Anda mencoba membaca pikiran," jelas Federighi.

Untuk bisa menghadirkan fitur 3D Touch, katanya, itu bukan perkara mudah. Ada banyak rintangan dari sisi teknis, mengingat apa yang dilihat oleh sensor di dalam ponsel dipengaruhi oleh apa yang dilakukan (tekanan) oleh jari-jari pengguna.

"Ada pengguna yang mungkin menggunakan jempolnya dan jarinya yang lain, dengan emosi berbeda. Hal-hal itu tidak mengubah tujuan, tapi apa yang mereka lakukan mempengaruhi apa yang dilihat oleh sensor yang ada di dalam ponsel. Jadi ada banyak kendala teknisnya," tutur Federighi, seperti dilansir Business Insider.

Catat, Ini Tanggal Peluncuran iPhone Terbaru

Varian warna iPhone 2018. (Doc: 9to5Mac)

Tak terasa, September sudah di depan mata. Ini artinya, iPhone terbaru siap kembali diperkenalkan oleh Apple.

Memang, biasanya perusahaan selalu memperkenalkan varian iPhone teranyarnya pada September setiap tahunnya.

Pada tahun lalu misalnya, iPhone X, iPhone 8, dan iPhone 8 Plus, meluncur pada 13 September 2017. 

Dan kini, berdasarkan informasi yang diungkap dari stasiun radio Prancis Europe 1 via MacRumors, Selasa (28/8/2018), debut iPhone edisi 2018 dilaporkan akan berlangsung pada 12 September 2018.

Europe 1 menyebut informasi tersebut didapat dari dua sumber kredibel, yang sayangnya tidak diungkap siapa.

Informasi lebih lanjut membeberkan kalau peluncuran iPhone terbaru ini akan dilangsungkan di markas Apple, tepatnya di auditorium Steve Jobs Theater. Acara peluncuran sendiri akan dimulai pukul 10.00 pagi waktu setempat.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mentan Ajak Wisudawan STTP Bogor Bangun Pertanian Indonesia

Posted: 29 Aug 2018 09:23 PM PDT

Liputan6.com, Bogor Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, hadir dalam acara wisuda Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Bogor pada Rabu (29/8/2018). Dalam sambutannya, pria yang biasa disapa Amran mengajak sarjana bidang pertanian untuk tidak ragu menjadi petani, pengusaha bidang pertanian, dan mengembangkan ilmu yang dimiliki untuk pertanian Indonesia. 

"Setelah lulus, coba mencari lahan satu hektare, di sana bisa tanam padi terbaik, pelihara ikan dan bebek terbaik, sehingga menjadi percontohan bagi petani sekitar dan bisa dikembangkan. Jadilah mandiri, bekerja, dan memanfaatkan ilmu yang sudah didapat," ujar Amran.

Ia mengingatkan bahwa bidang pertanian sangat menjanjikan di masa depan. Kebutuhan akan produk-produk pertanian termasuk pangan akan terus bertambah di masa datang. Bahkan, banyak konglomerat yang berjaya lahir dari bidang pertanian.

Amran menambahkan, konsistensi dan dedikasi di bidang pertanian itu paralel dengan perjalanan hidupnya. Sejak kecil ia sudah dididik bekerja keras mulai menjual batu gunung, memelihara beberapa ekor sapi, menjadi pegawai di PTPN, menjadi pengusaha, hingga akhirnya menteri pertanian.

"Pahitnya kehidupan di masa itu menjadi tempaan untuk menjadi seorang yang kuat, optimis, dan pantang menyerah. Hingga akhirnya menjadi Menteri," ucap Amran.

Dirinya tak ingin generasi penerus pertanian hilang dan gengsi untuk turuh ke sawah. Amran pun menyempatkan diri untuk berdialog dengan beberapa wisudawan dan memberikan bantuan empat unit hand tractor sebagai modal bekerja wisudawan yang dipilihnya.

"Janganlah cari kerja ke luar negeri atau merasa cukup dengan hanya jadi pegawai, sebaliknya mari kita bangun dan kembangkan pertanian tanah air tercinta sebagai negara agraris dan subur ini," kata dia.

Dalam kunjungan dadakan tersebut, Amran memang sengaja memberikan kejutan kepada para wisudawan, orangtua wisudawan, serta pejabat dan dosen yang hadir. Awalnya, wisuda tersebut hanya dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Kementan Syukur Iwantoro, tetapi begitu diberitahu bahwa ada acara tersebut Amran secara spontan bersemangat untuk hadir dan memberikan motivasi.

Sebelumnya, Amran sempat mengunjungi stand pameran produk olahan pertanian organik hasil karya para mahasiswa. Didampingi Sekjen Kementan, Kapusdik BPPSDMP, dan Ketua STPP, ia juga berfoto dengan para wisudawan dan dosen.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian PUPR Imbau Masyarakat Palembang Jaga Kebersihan Sungai

Posted: 29 Aug 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) membangun infrastruktur pengendali banjir di Palembang untuk mengurangi banjir akibat melimpasnya Sungai Bendung yang bermuara di Sungai Musi

Sungai Bendung tercatat sering melimpas dan mengakibatkan genangan seluas 285 hektar karena pada saat musim hujan terjadi arus balik (backwater) dari Sungai Musi.

Dalam peninjauannya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menekankan, pendekatan non-struktural seperti kebiasaan masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai juga berperan penting dalam pengurangan risiko banjir. 

"BBWS sebagai water manager harus bertindak apabila ada orang yang buang sampah sembarangan ke sungai. Upaya lainnya setidaknya dengan menyediakan tempat sampah di pinggiran sungai," tegas dia dalam keterangan tertulis, Kamis (30/8/2018). 

Untuk mengatasi masalah sampah di Sungai Bendung, Kementerian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Sumatera VIII, Ditjen Sumber Daya Air, akan melibatkan pihak TNI untuk mewujudkan Sungai Bendung yang bersih dari sampah. 

Sementara itu, upaya mengurangi banjir dilakukan dengan cara mempercepat aliran Sungai Bendung dengan normalisasi kali dan pembangunan pompa banjir di Hilir Sungai Bendung yang dilengkapi dengan kolam retensi dan pintu air otomatis yang dikerjakan oleh BBWS Sumatera VIII. Normalisasi Sungai Bendung dilakukan sepanjang 5,5 Km melalui perkuatan tebing sungai.

Kolam retensi yang dibangun di muara Sungai Bendung seluas 1 hektar dengan kapasitas 50.000 m3 digunakan sebagai tampungan air pada musim hujan. 

Kolam dilengkapi enam pompa berkapasitas masing-masing 6 ribu liter per detik dan bangunan rumah pompa dan genset. Fungsi pompa banjir ini adalah memompa air dari Sungai Bendung menuju Sungai Musi pada saat tinggi muka air Sungai Musi lebih tinggi dari Sungai Bendung. 

 

 

Pembangunan Kolam dan Pompa Pengendali Banjir

Kementerian PUPR bangun infrastruktur pengendali banjir di Sungai Musi (Foto: Dok Kementerian PUPR)

Lokasi pembangunan kolam dan pompa pengendali banjir berada di Jalan Aligatmir, Kecamatan Ilir Timur III, Kota Palembang.

Dengan berbagai upaya struktural (pembangunan fisik) tersebut diharapkan mengurangi risiko banjir akibat luapan Sungai Bendung. 

Selain itu, ada normalisasi, pembangunan kolam retensi dan stasiun pompa, luas genangan eksisting banjir dari sekitar 285 hektar akan berkurang menjadi 46 ha.

Lama waktu genangan juga lebih singkat dari 16 jam dengan ketinggian genangan 30-70 cm, menjadi 3 jam dengan tinggi genangan 10-20 cm (banjir yang dapat tereduksi 84 persen).

Pekerjaan pembangunan pompa tersebut dilakukan oleh PT SAC Nusantara-PT Basuki Rahmanta Putra lewat Kerjasama Operasi (KSO) dengan nilai kontrak Rp 239,98 miliar melalui sistem tahun jamak selama empat tahun anggaran sejak 2015 dan akan selesai akhir 2018.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lee Jong Suk Siap Gelar Fan Meeting di Indonesia, Catat Tanggalnya

Posted: 29 Aug 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabar gembira untuk pencinta drama Korea School 2013, Pinocchio, atau Doctor Stranger di Tanah Air. Para penonton akhirnya bisa bertemu langsung dengan aktor kecintaan mereka, Lee Jong Suk.

Lee Jong Suk rencananya akan menyapa penggemarnya di Indonesia lewat fan meeting bertajuk "Crank Up". Kabar bahagia ini dikonfirmasi langsung oleh Yes24 melalui akun Twitter resmi mereka, Rabu (29/8/2018).

Fan meeting Lee Jong Suk ini dijadwalkan bakal berlangsung pada 3 November 2018. Sayangnya, Yes24 belum memberikan info lebih lanjut terkait lokasi acara.

"[KONFIRMASI] Lee Jong Suk fan meeting tour 2018 "Crank Up" di Jakarta, Indonesia pada Sabtu, 3 November 2018. Tetap bersama kami untuk info lebih lanjut!" tulis Yes24.

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

 

Simak video menarik di bawah ini:

Keliling Asia dan Amerika

Lee Jong (Foto: instagram.com/jongsuk0206)

Belum lama ini, agensi yang menaungi Lee Jong Suk, YNK Entertainment, juga sempat mengumumkan negara mana saja yang akan disambangi aktor 28 tahun itu. Rangkaian tur fan meeeting Lee Jong Suk dimulai dari Tokyo kemudian berlanjut ke Osaka, Seoul, Taiwan, Thailand, termasuk Indonesia.

Selain Asia, Lee Jong Suk juga berencana menggelar jumpa penggemar di Los Angeles dan New York. Dengan begini, Lee Jong Suk akan jadi aktor Korea Selatan pertama yang mengadakan fan meeting di Amerika Utara.

Perpisahan

Lee Jong Suk (Foto: Koreboo.com)

Acara ini memberikan waktu bagi Lee Jong Suk untuk kilas balik kariernya sebagai aktor. Ia memulai kariernya dalam drama Prosecutor Princess pada 2010 silam.

Lee Jong Suk semakin dikenal setelah dirinya berperan sebagai seorang komposer berbakat, Han Tae Sun dalam drama Secret Garden. Namanya melejit berkat perannya sebagai Go Nam Soon di drama School 2013 bareng Kim Woo Bin.

Fan meeting ini sekaligus sebagai perpisahan Lee Jong Suk dengan para penggemarnya sebelum ia masuk wajib militer pada 2019.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

9 Jurus Pemerintah Percepat Pengembangan Destinasi Prioritas

Posted: 29 Aug 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Rapat Koordinasi Pemerintah Pusat, Pemda, dan Bank Indonesia (Rakorpusda) BI yang digelar di Yogyakarta, Rabu (29/8/2018) menegaskan, pariwisata sebagai pilihan tepat untuk memperkuat ekonomi nasional. Pariwisata dianggap mampu meningkatkan cadangan devisa yang terus tergerus sejak Februari tahun ini.

Hal tersebut juga diungkapkan Gubernur BI Perry Warjiyo yang hadir dalam pertemuan tersebut. Perry mengatakan, pariwisata merupakan sektor yang diyakini mampu menekan defisit neraca transaksi berjalan (current account deficit) di Indonesia.

"Diperlukan akselerasi dan sinergi kebijakan antara pemangku kepentingan. Potensi ke depan sangat besar untuk menyumbang devisa. Dengan mendorong pariwisata, bisa menurunkan defisit transaksi berjalan dan memperkuat ketahanan ekonomi ke depan," kata Perry Warjiyo, menurut informasi resmi yang diterima Liputan6.com.

Diperlukan sinergi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, OJK dan BI dalam mengembangkan pariwisata dengan menggunakan rumus 3A, yaitu aksesibilitas, atraksi, dan amenitas. Rumus 3A ini juga harus didukung oleh promosi dan pelaku usaha.

Untuk mendorong pengembangan destinasi prioritas sebagai salah satu cara meningkatkan devisa, Rakorpusda mengeluarkan sembilan strategi kebijakan untuk mempercepat pengembangan destinasi wisata prioritas, seperti Danau Toba, Kepulauan Riau, Borobudur-Joglosemar, Bromo Tengger Semeru, Mandalika, Labuan Bajo, dan Banyuwangi.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

9 Kebijakan

Yang pertama, penetapan strategi pencapaian kinerja pariwisata melalui peningkatan aksesibilitas, keragaman atraksi, kualitas amenitas, didukung oleh penguatan promosi, dan peningkatan kapasitas pelaku pariwisata (3A2P).

Kedua, penguatan data dan informasi pariwisata melalui penetapan nomenklatur klasifikasi jenis usaha yang termasuk dalam bidang pariwisata.

Ketiga, peningkatan akses pembiayaan bagi kegiatan usaha di sektor pariwisata melalui penetapan ketentuan umum penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Keempat, penerapan intensifikasi layanan sistem pembayaran dan ekonomi digital serta ekosistemnya di semua destinasi wisata.

Kelima, penguatan sinergi promosi destinasi pariwisata antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan Bank Indonesia.

Keenam, Penguatan akses atau konektivitas darat dan udara menuju destinasi wisata.

Ketujuh, pengembangan atraksi yang terintegrasi di destinasi wisata, antara lain paket wisata Borobudur-Joglosemar, dan paket wisata Bali-Banyuwangi.

Peningkatan Kualitas SDM

Secara administrasi, Paradise Bar berlokasi di jalan Binongko, Labuan Bajo, Pulau Komodo, yang masuk dalam daerah Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. (Liputan6.com/ Ahmad Ibo)

Kedelapan, peningkatan amenitas di destinasi wisata, melalui percepatan penyelesaian penataan area Kampung Ujung di Labuan Bajo dan penyelesaian proses sertifikasi lahan untuk pembangunan fasilitas pendukung di sekitar Danau Toba. Selanjutnya, peningkatan manajemen penanganan sampah dan limbah, serta penyediaan fasilitas air bersih pada wilayah-wilayah destinasi wisata.

Kesembilan, peningkatan kualitas SDM dan usaha pariwisata melalui pendidikan vokasi kepada pekerja di sektor pariwisata.

Rakorpusda sendiri digelar sebagai tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo untuk memperkuat sinergi dalam mendukung pariwisata yang akan memperkuat ekonomi negara. Acara ini dihadiri oleh Menkomaritim Luhut Binsar Panjaitan didampingi oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Ketua Dewan Komisaris Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso dan Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Berpeluang Tambah Emas di Cabor Kurash Asian Games 2018

Posted: 29 Aug 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hari terakhir cabang olahraga bela diri kurash Asian Games  2018 memperebutkan dua medali emas mulai siang hingga malam hari ini, Kamis (30/8/2018).

Laga yang digelar di Jakarta Convention Centre (JCC) Assembly Hall, Jakarta, tersebut, akan mempertandingkan dua kelas, yakni kelas -78 kg putri dan +90 kg putra. 

Di kelas -78 kg putri, Indonesia akan menurunkan Szalsza Maulida dan Marcelina, sementara di kelas +90 putra Putu Adesta Wiradamungga dan Muhammad Dhifa Alfais.

Hingga hari kedua kemarin, Rabu (29/8/2018), kontingen Uzbekistan masih memimpin perolehan medali dengan 4 emas, 1 perak dan 4 perunggu. Di tempat kedua Iran 1 emas, 1 perak dan 2 perunggu, serta tempat ketiga India dengan 1 perak dan 1 perunggu.

Sementara Indonesia masih mengoleksi 1 perunggu yang diraih melalui Najmu Khasani Shifa dari kelas -63 kg putri.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Tambah Medali

Apa seruan Presiden Jokowi bagi rakyat Indonesia untuk menyongsong kemenangan di Asian Games 2018?

Pada hari terakhir, Indonesia berharap masih dapat menambah pundi-pundi medali dari empat atlet yang turun hari ini untuk melengkapi raihan perunggu yang telah diraih pada hari sebelumnya.

"Kami berharap pada hari terakhir masih bisa menambah medali, meski tidak mudah, mengingat negara lain juga memiliki tekad yang sama," kata pelatih Kurash Indonesia, Deni Zulpendri.

Cabang olahraga bela diri kurash berasal dari Uzbekistan dan sudah cukup lama berkembang di kawasan Asia Tengah, khususnya di negara-negara pecahan Uni Soviet seperti Uzbekistan, Turkmenistan, Tajikistan, Kyrgistan, dan Kazakhstan.

Di Indonesia, olahraga yang memiliki kesamaan dengan judo tersebut, baru diperkenalkan pada 2015 dan terus berkembang hingga kini yang sudah memiliki induk organisasi di 15 provinsi di Tanah Air. (Ant)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ada Prabowo di Instagram Jokowi, Warganet Heboh

Posted: 29 Aug 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto menjadi buah bibir warganet. Bahkan Prabowo muncul di akun Instagram Jokowi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Madu Asal Indonesia Mendunia Lewat Penghargaan TOP Brand

Posted: 29 Aug 2018 09:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah, salah satunya produksi madu. Madu yang dimiliki negeri Indonesia juga merupakan kualitas terbaik dari alam. Tidak heran brand madu asal Indonesia mendapatkan hati masyarakat dunia. Seperti brand madu Indonesia PT Madurasa Unggulan Nusantara terus meningkatkan kualitas produk madu unggulan Madurasa untuk pasar lokal dan internasional.

Salah satunya lewat penghargaan Top Brand Award yang diraih selama 10 tahun berturut-turut sejak 2009 hingga 2018. TOP Brand adalah penghargaan yang diberikan kepada merek-merek terbaik dari hasil riset terhadap konsumen Indonesia. Penghargaan ini menambah rangkaian sertifikasi standar nasional dan internasional untuk menjamin mutu dan kualitas produksi madu lokal yang sudah diekspor ke berbagai negara.

Dengan potensi pasar ekspor yang luar biasa, perusahaan terus berusaha untuk memenuhi ekspektasi konsumen melalui peningkatan kualitas, baik dari standarisasi mutu madu yang digunakan, pembaruan teknologi dan mesin-mesin produksi, peningkatan distribusi, hingga melengkapi standar mutu produk internasional.

"Selain memenuhi kebutuhan pasar lokal, produk Madurasa saat ini juga tersedia di berbagai negara Asia dan Afrika. Diantaranya Malaysia, Dubai, Arab Saudi dan beberapa negara di Afrika. Ke depannya, kami sedang mencoba merambah ke pasar Eropa dan Amerika," kata Irwandi GM Sales PT Madurasa Unggulan Nusantara seperti pada rilis yang diterima Liputan6.com, Jumat (31/8/2018).

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

Teknologi pembuatan madu

Berikut penghargaan TOP Brand yang diterima Madurasa agar semakin dikenal dunia. (Foto: Dok. Madurasa)

Saat ini, PT Madurasa Unggulan Nusantara menjadi satu-satunya produsen madu di Indonesia dengan sertifikat Sistem Manajemen Mutu, Sistem Manajemen Keamanan Pangan, Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik, dan Sertifikat Halal. 

"Madurasa secara berkelanjutan terus meningkatkan teknologi di pabrik Madurasa untuk menghasilkan madu berkualitas yang memenuhi standar pasar lokal dan internasional," kata Nugroho Widiasto Marketing Manager PT Madurasa Unggulan Nusantara.

 

Kandungan alami pada madu untuk tubuh

Berikut penghargaan TOP Brand yang diterima Madurasa agar semakin dikenal dunia. (Foto: Dok. Madurasa)

Nugroho menambahkan, bahwa bahan baku Madurasa didapatkan dari hasil budidaya lebah madu yang dilakukan di berbagai wilayah di Indonesia. Melalui seleksi yang ketat, menghasilkan bahan baku dari peternakan milik sendiri di Wonogiri, dan sebagian lainnya bermitra dengan para peternak madu yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Madu dikenal memiliki berbagai macam vitamin dan mineral dengan khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain meningkatkan daya tahan tubuh dan sumber energi untuk pembangkit stamina, madu juga sudah dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan, kecantikan dan obat untuk berbagai macam penyakit.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Minim Ubahan, Pesanan New Honda HR-V Tembus 1.700 Unit

Posted: 29 Aug 2018 09:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi meluncurkan new Honda HR-V di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, beberapa waktu lalu. Namun, penyegaran salah satu model SUV andalan dari pabrikan berlambang huruf H ini terbilang sedikit, hanya bagian eksterior dan interior saja.

Meskipun begitu, new Honda HR-V ternyata masih cukup menjadi magnet bagi pencinta roda empat di Tanah Air. Hal tersebut terbukti dari pencapaian surat pemesanan kendaraan (SPK) selama kurang lebih satu bulan.

"SPK sampai hari ini sudah 1.700-an unit. Untuk di GIIAS kemarin sekitar 1.600-an unit," ujar Marketing and After Sales Service Director PT HPM, Jonfis Fandy, di sela-sela media test drive new Honda HR-V di Alam Sutera, Tangerang Selatan, Rabu (29/8/2018).

Lanjut pria ramah ini, dari total jumlah SPK selama di gelaran otomotif tahunan tersebut, sebanyak 35 persen konsumen memilih varian baru, yaitu Honda HR-V 1,5 E CVT Special Edition.

"Dengan varian baru (Honda HR-V 1,5 E CVT Special Edition), memang pergeseran dari konsumen untuk varian 1,8 Prestige. Tapi, memang belum kita hitung berapa persen pergeserannya," tambah Jonfis.

Sementara itu, untuk pengiriman saat ini memang sudah dilakukan secara bertahap, dan sudah sekitar setengah pemesan yang telah mendapatkan unit new Honda HR-V.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Selanjutnya

Untuk diketahui, new Honda HR-V 1,5L E Special Edition CVT merupakan tipe baru yang sudah mengadopsi lampu depan LED DRL, dan juga fog lamp LED.

Sedangkan untuk interiornya, dilengkapi new sport pedal pad yang didominasi dengan desain jok berbahan kulit, door lining, shift knob, dan steering wheel. Sistem hiburan dengan layar sentuh 8 inci floating touchscreen display audio dengan format musik seperti radio FM/AM, MP3 atau WMA, iphone dan android, USB port, AUX-in port, bluetooth, dan mirroring yang kompetibel dengan android.

Harganya, Honda HR-V 1,5L E Special Edition CVT dibanderol Rp 329,5 juta.

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bimtek Ekowisata Edukasi Pemandu Interpretasi Tentang Penguasaan Sumber Daya Destinasi

Posted: 29 Aug 2018 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Banyuwangi Kementerian Pariwisata (Kemenpar) benar-benar fokus menggarap Ekowisata Hutan (Pemandu Interprestasi) untuk Pariwisata Indonesia. Buktinya, kementerian di bawah komando Arief Yahya itu menggali dengan dalam apa saja yang harus dilakukan oleh Pengelola Hutan di Seluruh Indonesia dalam perhelatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Ekowisata Hutan (Pemandu Interpretasi) di Hotel Santika, Banyuwangi, pada 28-30 Agustus 2018.

Fasilitator interprestasi yang dihadirkan Kemenpar merupakan ahli di bidangnya. Asisten Deputi Pengembangan Wisata Alam dan Buatan Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kemenpar menghadirkan Wiwien Wiyonoputri.

Dalam paparannya, Wiwien menjelaskan kepada seluruh peserta yang mayoritas disii oleh para pengelola kawasan lindung seperti Taman Nasional dan Taman Wisata Alam bahwa mereka harus pandai dalam menceritakan keistimewaan kawasan yang dikelolanya.

"Harus bisa mengenali apa keistimewaan kawasannya, mana yang penting diusung menjadi tema interpretasi yang kemudian digali dan dikuasai pengetahuannya untuk diceritakan kepada pengunjung," ujarnya.

Wiwien melanjutkan, dengan terbatasnya waktu pengunjung di suatu kawasan dan banyaknya sumber daya yang dimiliki kawasan lindung, tidak mungkin seorang pemandu interpretasi menceritakan semua hal kepada wisatawan. Jadi, sebaiknya mereka mengutamakan bagian yang menjadi keistimewaan kawasan kelolaannya.

Guna dapat menyampaikan penjelasan secara menarik dan efektif, Pemandu Interpretasi tidak hanya harus paham dan menguasai sumber daya destinasi. Namun, juga paham akan tamu atau audiensnya, serta teknik-teknik interpretasi.

Para peserta Bimtek menyimak dengan semangat penjelasan dari Wiwien tersebut. Mereka semua paham betul bahwa pariwisata saat ini merupakan sektor unggulan untuk menyejahterakan rakyat. 

Adapun peserta yang hadir adalah pengelola-pengelola dan praktisi. Beberapa yang hadir antara lain Perhutani, TNBB Baluran (Situbondo), Alas Purwo (Banyuwangi), Meru Betiri (Banyuwangi/Jember), Taman Wisata Alam Kawah Ijen (Banyuwangi dan Bondowoso), dan Bromo Tengger Semeru.

Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kemenpar, Rizki Handayani, mengatakan bahwa ekowisata merupakan salah satu kegiatan pariwisata berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam, pemberdayaan sosial budaya ekonomi masyarakat lokal, serta pembelajaran dan pendidikan.

"Jadi kita harus menjaganya bersama-sama untuk pariwisata berkelanjutan, ini butuh kerja sama semua pihak. Bapak Menteri Pariwisata Arief Yahya sering mengatakan bahwa ini perlu kerja sama unsur penthahelix, yakni akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah, dan media," ucapnya.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, menambahkan bahwa potensi yang dimiliki Taman Nasional di sekitar Jawa Timur memang sangat besar. Taman-taman Nasional tersebut merupakan ekowisata sekaligus prototype bagi beberapa wilayah di Indonesia lainnya. Lima taman nasional itu diantaranya adalah Baluran (Situbondo), Alas Purwo (Banyuwangi), Meru Betiri (Banyuwangi/Jember), Taman Wisata Alam Kawah Ijen (Banyuwangi dan Bondowoso), serta Bromo Tengger-Semeru yang berada di wilayah Pasuruan, Malang, Lumajang, hingga Probolinggo.

"Posisi Banyuwangi sebenarnya menciptakan cross selling antara Bali dan Jawa Timur. Jadi, sudah sangat tepat menggelar Bimtek di Banyuwangi karena kemajuan ekowisata di Jawa Timur juga nantinya akan berdampak terhadap daerah lainnya," kata dia.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Syarat Jemaah Haji Bisa Pulang Lebih Dulu

Posted: 29 Aug 2018 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jemaah haji Indonesia dapat mengajukan percepatan pulang ke Tanah Air dengan memisahkan diri dari kelompok terbangnya, atau disebut tanazul. Tanazul dapat dilakukan di antaranya karena alasan kondisi kesehatan.

Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Bandara Arab Saudi Arsyad Hidayat mengatakan, salah satu syarat utama tanazul adalah adanya surat keterangan layak terbang yang dibuktikan dengan Formulir Informasi Medis Penumpang (MEDIF).

Dia mengatakan, MEDIF dikeluarkan Rumah Sakit Arab Saudi atau dokter penerbangan maskapai Garuda Indonesia. Setelah itu, kata Arsyad, harus ada kursi kosong untuk anggota jemaah haji tanazul yang akan terbang ke Tanah Air.

"Satu kursi untuk anggota jemaah yang diperbolehkan duduk dan delapan kursi di Saudi Arabia Airlines atau sembilan kursi di Garuda Indonesia bila anggota jemaah harus dibaringkan," ujar Arsyad, seperti dilansir Antara, Kamis (30/8/2018).

Agar anggota jemaah terkait bisa ditanazulkan, lanjut dia, yang bersangkutan pertama mengajukan surat permohonan dari kloter ke tim tanazul.

Kemudian, kata Arsyad, Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) akan memastikan kelayakan terbang bagi anggota jemaah terkait.

"Selanjutnya, pasien layak terbang akan mendapatkan MEDIF, sehingga bisa ditindaklanjuti ke bagian Pelayanan Kedatangan dan Kepulangan Jemaah di daerah kerja terkait," ucap Arsyad.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: 

Bisa Berangkat Cepat

Banjir pujian untuk petugas haji Indonesia. (www.kemenag.go.id)

Arsyad mengatakan, bagi jemaah yang ditetapkan tanazul akan berangkat dari Bandara King Abdul Aziz Jeddah atau Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz Madinah. Sebelum terbang, jemaah terkait akan diperiksa petugas kesehatan Daerah Kerja Bandara terlebih dahulu.

"Selanjutnya, pendampingan pasien juga harus diperhatikan," kata Arsyad.

Jemaah tanazul, kata dia, harus sudah memenuhi rukun haji, wajib haji, membayar denda (dam), dan pembadalan jika dibadalkan hajinya.

"Dengan kata lain, segala persyaratan menjadi haji sudah terpenuhi sehingga bisa dipercepat kepulangannya. Sementara itu, proses penarikan paspor bagi jemaah yang tanazul tidak dapat dilakukan mendadak, tapi perlu proses," tegas Arsyad.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

#WowoSayangWiwi Ramaikan Momen Pelukan Jokowi dan Prabowo

Posted: 29 Aug 2018 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ada momen istimewa saat pertandingan final cabang olahraga pencak silat Asian Games yang digelar di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia, kemarin.

Alasannya, atlet pencak silat Hanifan Yudani merangkul Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo bersamaan usai menyabet medali emas.

Hal itu menarik, mengingat Jokowi dan Prabowo merupakan rival dalam Pemilihan Presiden 2019 mendatang.

Terlebih, aroma kompetisi sudah mulai dilancarkan masing-masing kubu, sehingga momen berpelukan itu begitu membekas.

Peristiwa itu pun tak luput dari perbincangan warganet. Momen tersebut banyak diapresiasi warganet. Pujian untuk kedua tokoh nasional itu pun ramai dicuitkan di lini masa Twitter Indonesia.

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, Kamis (30/8/2018), topik pembicaraan mengenai keduanya masih ramai dibicarakan hingga sekarang.

Terbaru, ada tagar #WowoSayangWiwi berhasil masuk dalam trending topic Indonesia.

Sesuai namanya, tagar ini membahas mengenai momen kebersamaan Jokowi dan Prabowo yang juga terjadi di Asian Games 2018.

Ada foto yang menggambarkan keduanya sedang berjalan dan terlihat seakan bergandengan sambil saling berbincang. 

Berawal dari foto itu, tagar #WowoSayangWiwi pun ramai muncul di linimasa Twitter. Meski kebanyakan berupa guyonan, tak ada salahnya untuk mengetahui kicauan sejumlah warganet yang sudah dihimpun berikut ini. 

Foto Pelukan Jokowi-Prabowo Kantongi 1 Juta Likes di Instagram

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Prabowo Subianto berbincang saat menyaksikan pencak silat Asian Games 2018 di Jakarta, Rabu (29/8). (Liputan6.com/HO/Biro Pers Setpres)

Jokowi juga memasang foto pelukan itu di akun Instagram resminya, @jokowi. Hingga berita ini tayang, foto tersebut sudah mengantongi lebih dari 1 juta likes di Instagram, tepatnya 1.042.910 likes.

"Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah, sore tadi. Begitu dinyatakan sebagai peraih medali emas kelas C setelah menundukkan Nguyen Thai Linh asal Vietnam, pesilat putra Hanifan Yudani Kusumah merayakan kemenangannya dengan berlari keliling arena lalu naik ke tribun penonton tempat saya duduk bersama Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia, Bapak Prabowo Subianto," tulis Jokowi sebagai keterangan foto.

"Kami bertiga -- Hanifan, saya dan Pak Prabowo -- pun berpelukan dalam selubung merah putih. Selamat untuk Hanifan, seluruh atlet pencak silat Indonesia, pelatih dan jajaran pengurus, yang mempersembahkan 14 medali emas untuk kontingen Indonesia di Asian Games 2018," Jokowi melanjutkan.

 

Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah, sore tadi. Begitu dinyatakan sebagai peraih medali emas kelas C setelah menundukkan Nguyen Thai Linh asal Vietnam, pesilat putra Hanifan Yudani Kusumah merayakan kemenangannya dengan berlari keliling arena lalu naik ke tribun penonton tempat saya duduk bersama Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia, Bapak Prabowo Subianto. Kami bertiga -- Hanifan, saya dan Pak Prabowo -- pun berpelukan dalam selubung merah putih. Selamat untuk Hanifan, seluruh atlet pencak silat Indonesia, pelatih dan jajaran pengurus, yang mempersembahkan 14 medali emas untuk kontingen Indonesia di Asian Games 2018. Dengan perolehan medali 30 emas, 22 perak, dan 35 perunggu sampai hari ini, Indonesia berada di posisi keempat -- sebuah pencapaian baru yang menjadi sejarah bagi dunia olahraga negeri ini.

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

Foto tersebut juga disambut hangat oleh para pengikut akun @jokowi. Kebanyakan mengungkapkan rasa kekagumannya di kolom komentar.

Tak sedikit pula warganet yang mengutarakan harapan agar foto ini bisa menjadi simbol perdamaian yang utuh bagi Indonesia.

 "Selalu akur nga usah ada perselisihan," tulis @antho_sang_perantau.

"indah dalam kedamaian.." ujar @nano4458. 

"Subhanallah.. jd bersatu ye politik akhirnya Krn olahraga... Pencaksilat Ok…," sahut @intan_103.

"Nyaman banget liat nya....😳😳😘," kata @hendra_gabe.

"tetaplah selalu damai indonesiaku," tulis @anghangtuah825.

Momen Epik, Jokowi-Prabowo Berpelukan di Final Pencak Silat

Presiden Joko Widodo bersama Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Prabowo Subianto usai mengalungkan medali kepada atlet di final pencak silat Asian Games 2018, Jakarta Jakarta, Rabu (29/8). (Merdeka.com/Imam Buhori)

 

Momen pelukan antara Jokowi dengan Prabowo diapresiasi oleh warganet Indonesia. Keduanya selama ini dianggap merupakan tokoh politik yang berseberangan. 

Pujian untuk Jokowi dan Prabowo pun dicuitkan oleh warganet di lini masa Twitter Indonesia.

Ada yang menganggap pelukan keduanya sebagai moment of the day, ada juga yang menyebut kekompakan Jokowi dan Prabowo saat nonton pencak silat bersama-sama sebagai hal yang manis.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi dan Kelompok Anti-Imigran Dicurigai 'Kongkalikong' Memicu Kerusuhan Jerman

Posted: 29 Aug 2018 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Chemnitz - Bocornya surat perintah penangkapan kepada kelompok sayap kanan disebut meningkatkan kecurigaan meluas tentang hubungan antara polisi Jerman dan demonstran xenofobia (anti-imigran).

Pihak berwenang telah mengkonfirmasi laporan kebocoran setelah surat perintah penangkapan --yang berisi nama lengkap tersangka utama dalam pembunuhan seorang pria berusia 35 tahun, yang memicu protes anti-imigran di kota Chemnitz-- diunggah ke media sosial oleh Lutz Bachmann, anggota pendiri kelompok sayap kanan, Pegida.

Dikutip dari The Guardian pada Kamis (30/8/2018), bocoran surat penangkapan itu merujuk pada seorang pria asal Iral berusia 22 tahun, yang namanya disamarkan.

Polisi di Chemnitz dikabarkan kewalahan mengatasi kerusuhan karena tidak cukup siap terhadap aksi protes balasan oleh sayap kanan pada Minggu 26 Agustus, menyusul penusukan terhadap Daniel H --warga negara Jerman-- yang nama keluarganya belum dirilis ke publik.

Keputusan penundaan tersebut adalah untuk menghindari ledakan protes lebih besar, di mana penelusuran terhadap nama keluarga bisa menguak asal-usul korban penusukan, yang diyakini kuat mengandung sentimen terhadap isu xenofobia.

Demonstrasi besar-besaran selama selama dua hari itu diikuti oleh sekitar 6.000 orang, termasuk di dalamnya 1.500 orang pro-sayap kanan yang anti-imigran, dengan dengan cepat berubah menjadi aksi kekerasan yang tidak terkendali.

Banyak pihak sayap kanan Jerman memburu orang-orang asing di jalanan, seraya beberapa di antaranya berteriak: "Untuk setiap orang Jerman yang gugur, orang asing harus enyah!"

Teriakan yang terkesan patriotik itu disebut mengingatkan pada adegan semitisme di era NAZI.

Seorang juru bicara polisi mengkonfirmasi keaslian surat perintah penangkapan kepada media Jerman. "Dokumen itu benar adanya," katanya. "Kami telah mendorong penyelidikan yudisial ... mengenai pelanggaran rahasia resmi."

Foto surat perintah penangkapan dengan cepat beredar secara online, khususnya melalui grup WhatsApp dari gerakan sayap kanan Pro Chemnitz, yang terlibat dalam demonstrasi awal pada hari Minggu.

Martin Dulig, wakil perdana menteri negara bagian Saxony, menyebut kebocoran itu memalukan. "Untuk mendengar bahwa surat perintah penangkapan mungkin dibocorkan oleh polisi ke lingkaran ekstrimis kanan, berarti bahwa kita memiliki masalah besar untuk ditangani," kata politisi Partai Sosial Demokratik.

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

 

Simak video pilihan berikut:

Tudingan Terhadap Polisi

Bendera Jerman (AFP PHOTO via capitalfm.co.ke)

Pekan lalu, polisi dituduh membela demonstran Pegida --sayap kanan-- setelah secara sepihak menghalang-halangi tim peliput dari kantor berita nasional Jerman ZDF, merekam demonstrasi di Dresden selama 45 menit.

Selain itu, polisi juga dituduh berbohong atas klaim 'meremehkan' jumlah massa yang akan menghadiri demonstrasi Chemnitz.

Selain itu, pada Rabu 29 Agustus, polisi juga dituding telah mengetahui rencana protes tandingan oleh kelompok sayap kanan, yang di dalamnya disusupi oleh pendukung Neo-NAZI, pendukung klub sepak bola, hingga para penggiat bela diri.

Adapun ketika demonstrasi pecah, dan semakin terkendali, polisi setempat hanya mengerahkan tidak lebih dari 591 perwira, di mana kemudian dituding mengesankan bahwa aksi protes tersebut berada di luar kendali.

Saat ini kondisi kota Chemnitz telah berangsung-angsur kondusif sejak Selasa 28 Agustus. Tetapi, perdana menteri negara bagian Saxony, Michael Krestchmer, mengatakan bahwa ada kemungkinan para demonstran membangun momentum untuk kembali melancarkan aksi protes.

Meski begitu, Krestchmer memastikan pasukan keamanan akan bersiaga penuh untuk menghadapi kemungkinan demonstrasi lanjutan di Chemnitz.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kesulitan Cari Lawan Uji Coba, Persib Cari Alternatif Lain

Posted: 29 Aug 2018 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Rencana Persib Bandung menggelar uji coba sebagai persiapan sebelum menghadapi Arema FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, Kamis (13/9/2018) terancam batal. Sebagai antisipasi skuat Maung Bandung berniat menjalani melakukan game internal.

Pelatih Persib Bandung, Roberto Carlos Mario Gomez mengatakan tidak ada lawan yang cocok untuk uji coba. Selain itu, jadwal mepet juga menjadi alasan. Bahkan wacana Persib bertandang ke markas tim lainpun tidak dapat terealisasasi.

"Minggu ini kita rencananya ada game internal jika kita tidak punya lawan. It's okay (Tidak apa-apa) kita masih bisa latihan," kata Gomez, Kamis (30/8/2018).

Gomez mengatakan sampai saat ini staf pelatih dan manajemen masih berusaha mencari lawan ideal untuk kembali mengasah mental bertanding anak asuhnya.

Tim dari Liga 1 dan luar negeri menjadi pertimbangan dan kemungkinan besar laga eksepisi itu akan dilakukan pekan depan.

"Yang penting harus ada friendly game karena itu sangat penting setelah kita libur panjang."

"Kita ingin coba bersama tim Liga 1 mungkin juga tim dari luar Indonesia dan itu akan baik untuk tim. Tapi jika itu tidak terlaksana saya pikir game internal sudah cukup," katanya.

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

 

 

Bakal Hadapi Lawan Berat

Para pemain Persib Bandung berlatih di bawah asuhan Mario Gomez (Foto: Kukuh Saokani/Liputan6.com)

September bisa dibilang sebagai ujian bagi Persib. Empat tim besar yaitu Arema FC (13 September), Borneo FC (17 September), Persija Jakarta (23 September) dan Madura United (29 September) secara bergantian akan menghadang tim kesayangan bobotoh itu.

Gomez mengingatkan Bojan Malisic dan kawan-kawan agar tetap fokus sehingga mampu bermain maksimal agar bisa mempertahankan posisi di puncak klasemen.

"Harus hati-hati jangan sampai posisi puncak klasemen lepas dari tangan kita. Berada di puncak tidaklah mudah, banyak rintangan," katanya. (Kukuh Saokani / Bandung)

Saksikan juga video menarik di bawah ini: 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Perubahan Drastis Toilet Rusak Jadi Rumah Mewah

Posted: 29 Aug 2018 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ditangan seorang arsitek kebangsaan Inggris, sebuah toilet umum yang tak layak pakai malah disulapnya menjadi rumah mewah. Ialah Laura Jane Clark yang niatnya sempat ditertawakan orang-orang terdekat karena mau mengubah toilet kumuh dan rusak menjadi rumah yang layak huni.

Bermodal biaya Rp 1 Miliar, perombakan drastis dari toilet tersebut menjadi rumah mewah memakan waktu berbulan-bulan. Hasilnya justru bikin takjub banyak orang.

Artikel tentang perubahan drastis toilet kumuh jadi rumah mewah menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel kedua terpopuler yakni tiga kota di dunia yang binasa karena jadi sumber maksiat. Sedangkan artikel tentang aksi lucu Kevin yang diam-diam intip Jonatan Christie tanding menempati ketiga terpopuler.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Keren, Begini Perubahan Drastis Toilet Rusak Jadi Rumah Mewah

(Foto rangkuman dari Brilio.net)

Jangan selalu melihat suatu hal dengan sebelah mata. Kalau sudah mendapat campur tangan dari para ahli, hal jelek sekalipun bisa berubah drastis menjadi menakjubkan.

Sekilas kamu pasti gak berminat untuk lihat gambar ruang toilet ini. Selain berantakan, kumuh dan rusak, toilet ini sepertinya sudah tak layak pakai hingga tidak digunakan lagi. Namun di tangan arsitek asal Inggris ini, toilet kumuh dan rusak itu jadi tempat yang bikin kamu takjub.

Selengkapnya..

2. Penuh Maksiat, Tiga Kota di Dunia Binasa karena Bencana

Sebuah tengkorak tergeletak di tengah bangunan yang hancur di daerah perumahan di Kota Tua Mosul, Irak (13/3). Bangunan dan isi kota ini hancur akibat perang melawan ISIS. (AFP/Ahmad Al-Rubaye)

Perbuatan maksiat tidak hanya dianggap buruk oleh manusia, tetapi juga dilarang oleh agama. Perbuatan terlarang itu menyebabkan hilangnya moral dan etika manusia.

Karena kemaksiatan dan perbuatan tercela sudah terlampau banyak dilakukan masyarakat, sejumlah kota ini mendapat bencana sebagai bentuk hukuman dari tuhan.

Selengkapnya..

3. Diam-Diam Ngintip Jonatan Christie Tanding, Aksi Lucu Kevin Viral

Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie saat melawan pemain Chinese Taipei, Chou Tienchen di final bulutangkis perseorangan Asian Games 2018 di Istora GBK, Jakarta, Selasa (28/8). Jonatan Christie unggul 2-1. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Atlet bulu tangkis Indonesia, Jonatan Christie dan Kevin Sanjaya memang tengah menjadi perbincangan viral. Keduanya berhasil meraih medali emas cabang olahraga bulu tangkis tunggal putra dan ganda putra di Asian Games 2018.

Kini apa pun yang dilakukan Jonatan Christie dan Kevin tentu menjadi sorotan banyak pasang mata. Seperti tingkah laku Kevin yang satu ini. Kevin tertangkap kamera sedang mengintip Jonatan yang tengah bertanding melawan Nishimoto Kenta, Senin (27/8/2018).

Selengkapnya..

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah dan BI Terus Berupaya Tekan Defisit Transaksi Berjalan

Posted: 29 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, perang dagang yang tengah terjadi saat ini harus dilihat dari sisi positif.

Sebab, akibat perang dagang tersebut Indonesia berpikir untuk lebih selektif  impor dan menggenjot ekspor komoditas. Luhut mengatakan, salah satu kebijakan yang segera diberlakukan untuk menekan impor yaitu pencampuran CPO ke solar sebanyak 20 persen (B20). Kebijakan tersebut akan mulai berlaku pada 1 September 2018.

"Trade war ini buat kita lakukan jadi bersih-bersih. Salah satunya kenapa dari dulu tidak fokus dengan biodiesel. Kalau nanti tanggal 1 diimplementasikan, petani (sawit) yang 1,1 juta orang itu akan lebih baik. Produksi kelapa sawit sebesar 36 juta, bisa 60 juta-70 juta ton per tahun karena ada program replanting," ujar dia di Yogyakarta, Kamis (30/8/2018).

Selain menekan impor, lanjut dia, kebijakan ini juga akan memperbaiki harga jual CPO Indonesia. Jika saat ini CPO dihargai USD 350 per ton, diprediksi bisa naik hingga dua kali lipat.

"Ini bisa naik dari USD 350, kemudian USD 600 ke USD 750. Dari mengurangi impor minyak mentah dengan biodiesel, kita bisa hemat USD 2 miliar, tahun depan USD 8 miliar. Tahun ini kita ganti 1,2 juta ton, tahun depan  6 juta ton," kata dia.

Tak hanya itu, lanjut Luhut, saat ini pemerintah bersama BI juga terus berupaya menekan defisit transaksi berjalan atau current account defisit (CAD). Oleh sebab itu, berharap segala upaya yang tengah dilakukan pemerintah ini mendapatkan dukungan dari masyarakat dan pengusaha.

"Dari penanganan CAD, tahun lalu kita USD 17 miliar dari PDB, tahun ini mungkin USD 25 miliar. Tapi tahun depan mungkin hampir tidak ada, jadi nol. Menteri keuangan pengen turun di bawah 1 persen dan positif dalam beberapa tahun ke depan. Jadi kalau ada yang nyinyir, saya juga tidak mengerti," ujar dia.

 

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

 

Sektor Pariwisata Jadi Jalan Cepat Turunkan Defisit Transaksi Berjalan

Suasana kawasan wisata Pantai Amed di Bali, Selasa (5/12). Erupsi Gunung Agung membuat sektor pariwisata di Pulau Dewata, terutama wilayah Amed sepi dari wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) menyatakan pariwisata bisa menjadi sektor yang paling cepat menurunkan defisit transaksi berjalan atau current account deficit (CAD).

Sebab, selain menciptakan lapangan kerja dan menumbuhkan kegiatan usaha, pariwisata juga mampu menghasilkan devisa dengan cepat.

Gubernur Bank Indonesia (BI,) Perry Warjiyo mengatakan, sebenarnya asalkan tidak melebihi tiga persen dari produk domestik bruto, CAD juga merupakan hal yang tidak perlu dikhawatirkan.

"Untuk Indonesia, sepanjang tidak melebihi 3 persen dari PDB itu masih aman. Kemarin memang di kuartal I 2018 2,1 persen dan kuartal II 3 persen dari PDB," ujar dia di Yogyakarta, Kamis 30 Agustus 2018.

Namun demikian, lanjut dia, BI dan pemerintah tetap ingin agar CAD ini menurun, bahkan hingga transaksi berjalan bisa surplus. Untuk mencapai hal tersebut, pemerintah telah mengeluarkan sejumlah kebijakan, salah satunya dengan B20 untuk menekan impor BBM.

"Kita ingin turunkan lebih cepat, lebih aman, karena kondisi global sekarang tidak stabil. Makan ya sejumlah langkah konkret sedang dan akan dilakukan, seperti B20 yang hanya kurangi impor tapi ekspor minyak sawit juga didorong. Tahun ini mengurangin impor BBM bisa hemat USD 2,2 miliar. Oleh kerana itu CAD akan lebih turun dan aman," kata dia.

Namun demikian, kata Perry, agar CAD bisa turun dengan cepat, pengembangan sektor pariwisataharus segera didorong. Ini telah dibuktikan oleh Thailand di mana negara tersebut tidak pernah mengalami defisit pada transaksi berjalannya lantaran sektor pariwisatanya mampu menyumbang devisa yang besar.

‎"Kenapa pariwisata kita harus genjot? Saya bandingkan dengan Thailand itu 2017 devisa dari pariwisatanya USD 62 miliar. Oleh karena itu kenapa mereka suplus CAD USD 48,1 miliar, karena dari pariwisata. Itu kenapa kita genjot (pariwisata) karenanya itu bisa cepat turunkan CAD dan ke depan mengarah ke nol," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Manfaat Pelukan seperti yang Dilakukan Jokowi dan Prabowo di Asian Games 2018

Posted: 29 Aug 2018 09:00 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Sebuah momen manis terjadi di Asian Games 2018 ketika pesilat putra Indonesia Hanifan Yudani Kusumah mengajak dua tokoh bangsa Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia Prabowo Subianto berpelukan usai merebut medali emas ke-13 dari cabang pencak silat Asian Games 2018 setelah mengalahkan Nguyen Thai Linh dari Vietnam 3-2 pada kelas C putra 55-60 kg di Padepokan Pencak Silat TMII, Jakarta, Rabu (29/8). Pelukan tersebut seakan meredam suasana politik di Indonesia untuk sesaat.

Keduanya memang dikenal sebagai rival politik yang akan beradu strategi di Pilpres 2019 nanti. Namun, pelukan dari Hanif saat Asian Games 2018 seakan menjadi pertanda persatuan Indonesia yang sesungguhnya.

Tak hanya meredam situasi politik, pelukan juga memiliki manfaat untuk kesehatan walau hanya sesaat. Melansir dari Health.com pada Kamis (30/8/2018), berikut ini empat manfaat yang didapatkan dari berpelukan, seperti yang dilakukan Hanif, Jokowi dan Prabowo saat Asian Games 2018.

1. Memberikan dukungan

Pelukan tidak hanya membawa kita lebih dekat pada orang lain secara harfiah, hal itu juga memicu pelepasan oksitosin, zat kimia yang terkait dengan perilaku ikatan.

"studi menunjukkan bahwa orang merasa lebih baik dan lebih terhubung dengan pasangan mereka ketika sering memeluk atau menyentuh," kata Terri Orbuch, seorang ahli hubungan.

"Ketika kita secara fisik terhubung melalui pelukan, itu membuat kita merasa secara emosional dan psikologis terhubung dengan orang lain, itu menenangkan kita dan menunjukkan dukungan," tambahnya.

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

 

Manfaat bagi Kesehatan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Prabowo Subianto memeluk atlet pencak silat peraih emas Asian Games 2018 Hanifan Yudani di Jakarta, Rabu (29/8). (Liputan6.com/HO/Biro Pers Setpres)

2. Menurunkan tekanan darah

Oksitosin juga mempengaruhi kesehatan. Sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Biological Psychology menemukan, pelukan antara wanita dan pasangannya terkait dengan tekanan darah yang lebih rendah.

3. Meredakan stres

Para peneliti dari Jurusan Medis di Universitas Wisconsin- Madison meneliti sekelompok gadis usia 7 sampai 12 tahun dalam situasi yang penuh tekanan. Mereka diminta memberikan pidato spontan, atau memecahkan masalah matematika di depan orang asing.

Anak-anak yang menerima pelukan atau panggilan telepon dari ibu mereka setelah pengalam tersebut, memiliki tingkat hormon stres kortisol yang lebih rendah.

4. Menurunkan risiko infeksi

Studi 2014 dari Universitas Carnegie Mellon menemukan, orang yang stres (cenderung sakit) memiliki risiko infeksi yang lebih rendah dari virus flu, jika mereka memiliki dukungan sosial dan menerima lebih sering pelukan.

Jadi, jangan remehkan pelukan. Tak hanya persatuan, pelukan juga berguna bagi kesehatan.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Melihat Aksi Skateboard Menegangkan di Asian Games Festival 2018

Posted: 29 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Perhelatan olahraga akbar se Asia, Asian Games 2018 tidak hanya menyuguhkan pertandingan demi pertandingan. Beberapa zona hiburan juga disediakan untuk pengunjung yang ingin merasakan atmosfer pesta olahraga tersebut. Salah satunya zona Kaka di Asian Games Festival.

Anda dapat menyaksikan atraksi skateboard di mini ramp. Mini ramp skateboard yang berada di Zona Kaka ini dibuat oleh Rising Boy Project dan SMOY Studio. Jinggam yang merupakan salah satu seniman mural dari SMOY Studio memaparkan visual mural yang didesainnya di mini ramp skateboard Asian Games Festival.

"Jadi bagian kami dalam hal ini membantu visual mural, yang memang SMOY studio sendiri diminta untuk menampilkan visual yang berkaitan dengan penyelenggaraan Asian Games, tujuan dibuatnya mini ramp skate ini kan memang salah satunya memperkenalkan kepada masyarakat terhadap budaya skateboard," kata Jinggam seperti pada rilis yang diterima Liputan6.com, Jumat (8/30/2018).

Selain mendesain visual mural dari mini ramp, SMOY Studio juga memberikan atraksi dalam mini ramp di Asian Games Festival ini. Selain live mural, dalam mini ramp ini pengunjung dapat melihat atraksi skateboard dan coaching clinic atau edukasi cara bermain skateboarding dari Satria Vijie dari Rising Boy Project dan skateboarder lainnya.

"SMOY Studio juga memperlihatkan live mural, jadi proses pembuatan mural yang masyarakat bisa lihat. Performance dan coaching clinic juga dipersiapkan secara khusus, yaitu dengan menampilkan aksi pro-skateboarding dalam batas waktu yang telah ditentukan atau time limit," kata Satria. 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

Skateboarder Indonesia, Jason Dennis Lijnzaat melakukan gerakan trik pada final taman putra Asian Games 2018 di arena roller sport Jakabaring, Palembang, Rabu (29/8). Jason meraih medali perak dengan mengumpulkan 68,33 poin. (AP/Vincent Thian)

Teknik-teknik dasar bermain skateboard

Ketika ditanyai tentang kesan-kesannya membuat mini ramp di Asian Fest, program ini memang didedikasikan untuk mendukung para atlet yang bertanding di Asian Games. Tujuan pembuatan mini ramp ini juga  untuk menarik pengunjung dan menjadi tempat foto, hingga atraksi skateboard ini semakin viral.

"Senang pastinya karena dapat memberikan support ke teman-teman kita juga yang sedang bertanding di Asian Games, dan turut memperkenalkan olahraga skateboard ke khalayak umum. Proses pembuatan mini ramp skateboard ini awalnya kita bikin 3D nya dulu, lalu kita coba aplikasikan ke alat-alat teknisnya, sekitar dua minggu," tambah Satria.

Coaching clinic yang diberikan pun seperti teknik-teknik dasar dalam olahraga skateboard. Selain mengajarkan teknik-teknik skateboard, Satria turut memberikan atraksi olahraga pro-skateboarding. Menurutnya, air trick termasuk trik skateboard yang lumayan sulit karena untuk bisa terbang perlu banyak latihan skate.

 

Animo masyarakat akan cabang olahraga skateboard

Dua atlet Indonesia, Jason Dennis Lijnzaat dan Pevi Permana Putra, melenggang ke final nomor park putra cabang olahraga skateboard Asian Games 2018, Selasa (28/8/2018). (PB Perserosi)

"Teknik–teknik dasar skateboarding yang kita ajarkan seperti menjaga keseimbangan dan teknik meluncur. Atraksi pro-skateboarding yang kita perlihatkan di sini lebih ke air trick karena khalayak umum lebih senang liat atraksi yang terbang-terbang," kata Satria. 

Terlihat animo pengunjung mini ramp skateboard pun kian besar. Satri berharap untuk cabang olahraga skateboard tentunya menjadi lebih dikenal masyarakat dan ia dapat menyumbang medali emas ketika mewakilkan Indonesia.

"Sebagian dari pengunjung sangat senang melihat keseruan atraksi kita ya, mereka tertarik banget untuk turut mencoba olahraga skateboard ini. Mohon doanya ya teman-teman," tutup Satria.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menkes Apresiasi Atlet Indonesia Lampaui Target Asian Games 2018

Posted: 29 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tiga hari jelang berakhirnya pelaksanaan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Djuwita Farid Moeloek mengapresiasi keberhasilan para atlet Indonesia meraih medali emas. Tim Indonesia melampaui pencapaian medali yang ditargetkan pemerintah.

"Indonesia bisa artinya atlet kita berhasil jika dilakukan dengan baik bisa mencapai bahkan melampaui target. Kita hanya terus motivasi agar menjadi negara kuat," ujar Menkes Nila di sela peninjauan kemajuan pelayanan kesehatan di Teluk Bintuni, Papua Barat. Rabu 29 Agustus 2018.

Menkes Nila juga memuji kesigapan tim medis Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan sejumlah pihak dalam memberikan pelayanan.

"Kita dari Kementerian Kesehatan punya tugas memberi dukungan pelayanan kesehatan. Dalam olahraga pasti ada kemungkinan cedera. Seperti yg terjadi pada atlet bulutangkis Antonius Ginting kemudian atlet paralayang patah tulang di Bogor yang langsung dibawa ke Jakarta. Itu semua diatasi cepat dan baik oleh petugas medis bersema segenap pihak termasuk tim Kementerian Kesehatan. Saya sangat apresiasi dan berterima kasih," tutur istri mantan Menteri Kesehatan Farid A. Moeloek ini.

Hingga Rabu malam 29 Agustus, kontingen Indonesia mengumpulkan total 88 medali yang terdiri dari 30 medali emas, 22 perunggu, dan 36 perak. Hasil ini membawa Indonesia menempati peringkat keempat klasemen sementara perolehan medali.

Pencapaian Indonesia di Asian Games 2018 sejauh ini sudah melebihi target. Awalnya, kontingen Merah Putih hanya ditarget 16 medali emas dengan posisi sepuluh besar.

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

Harapan Masyarakat Papua Barat

Presiden Joko Widodo bersama Ketua Umum IPSI Prabowo Subianto, Menteri PANRB Syafruddin, dan atlet pencak silat peraih medali melakukan hormat usai pengalungan medali Asian Games 2018 di Jakarta Jakarta, Rabu (29/8). (Merdeka.com/Imam Buhori)

Keberhasilan Indonesian di ajang Asian Games 2018 turut diapresiasi Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan.

"Luar biasa Indonesia telah meraih lebih dari 24 emas dan masuk sepuluh besar. Itu doa sekaligus harapan kita masyarakat Papua Barat," kata Dominggus Mandacan saat mendampingi kunjungan kerja Menteri Kesehatan Nila D.F. Moeloek di Teluk Bintuni.

Pawai Obor

Direktur SDM dan Umum Askrindo Firman Berahima membawa api obor Asian Games 2018 dengan berlari sejauh 500 meter melalui rute RSPAD Gatot Subroto - Hotel Borobudur Jakarta, Kamis (16/8).(Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, Papua Barat merupakan salah satu dari 54 tempat yang disinggahi pawai obor Asian Games 2018. Saat itu, Gubernur Papua Barat ikut menyambut sekaligus mengarak obor Asian Games bersama ratusan masyarakat setempat.

Dominggus Mandacan secara khusus berterima kasih kepada panitia pelaksana Asian Games (INASGOC) karena memilih Papua Barat, terutama Raja Ampat serta Sorong menjadi bagian kemeriahan Asian Games ke-18 tahun ini. Kedatangan kirab obor Asian Games 2018 di kedua wilayah tersebut memotivasi seluruh atlet lokal semakin berprestasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Datang Melayat Adik, Fachri Albar Memilih Bungkam

Posted: 29 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Duka tengah menyelimuti keluarga besar Achmad Albar. Anak ketiganya, Faldy Albar, meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo Menteng, Jakarta Pusat, Rabu ( 29/8/2018) sore.

Jenazah Faldy pun kini tengah disemayamkan di rumah duka di kawasan Cinere, Depok, Jawa Barat, Kamis (30/8/2018). Pantauan Liputan6.com di lokasi, tampak para pelayat mulai berdatangan.

Di antara banyak pelayat, terdapat kakak Faldy, Fachri Albar, yang tengah menjalani rehabilitasi narkoba di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur, Jakarta Timur.

Bersama istrinya Renata Kusmanto, Fachri Albar datang melihat terakhir kalinya sang adik sebelum dimakamkan. Tak sedikit pun kata yang keluar dari mulut Fachri Albar, setibanya di rumah duka.

Selain Fachri Albar, bassist God Bless, Donny Fattah, terlihat datang ke rumah duka. Sama seperti Fachri Albar, Donny Fattah juga langsung masuk ke rumah duka tanpa mengucapkan apa pun.

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

 

Simak juga video berikut ini:

Berita Duka Cita

Anak ketiga Achmad Albar, Faldy Akbar, diketahui meninggal dunia.

Kabar meninggalnya Faldy Albar kali pertama diumumkan oleh akun Instagram resmi milik God Bless.

"Berita duka cita..Innalillahi wa inna ilaihi rojiun...Telah berpulang, Faldy Albar, putra ke-3 dari Achmad Albar sore ini (29/08) di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta..Rencananya jenazah akan disemayamkan di rumah duka, Jl. Kedondong No.220 blok A, Cinere, dan akan dimakamkan di TPU Tanah Kusir, besok Kamis (30/08) pukul 21.00WIB...Kami segenap Management God Bless mengucapkan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya..Semoga almarhum mendapat tempat yang sejuk di sisiNya. Amin," tulis akun @godblessrocks

Usia 34 Tahun

Suasana duka di rumah Achmad Albar setelah Faldy Albar meninggal dunia. (Koleksi Istimewa)

Faldy Albar merupakan anak Achmad Albar dari pernikahannya dengan Rini S Bono. Faldy Albar meninggal di usia 34 tahun dan hingga berita ini diturunkan belum ada pihak keluarga yang memberikan keterangan tentang penyebab meninggalnya Faldy Albar.

Rencananya jenazah Faldy Albar akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Kamis (30/8/2018) siang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

The Power of Pelukan Hanifan untuk Indonesia

Posted: 29 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Salah satu momen yang menyita perhatian masyarakat saat pesilat Indonesia, Hanifan Yudani Kusumah, memeluk Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Aksi ini spontan membuat baper masyarakat Indonesia.

Hanifan mememeluk kedua calon presiden di Pemilu 2019 itu usai memenangkan babak final kelas c putra 55-60 kilogram. Ia mengalahkan pesilat Vietnam, Tha Linh Nguyen, di Padepokan Pencak Silat, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Rabu, 29 Agustus 2018.

Sebelum masuk Pelatnas, Hanifan bergabung di Perguruan Silat Tadjimalela di Bandung, Jawa Barat. Aksinya itu mendapat tanggapan positif dari tempat ia berlatih.

"Itu menunjukkan bahwa olahraga, khususnya pencak silat, bisa mengubah persepsi masyarakat. Bahwa pak Jokowi dan pak Prabowo itu enggak ada apa-apa. Baik-baik aja," kata Humas Perguruan Tadjimalela Bandung, Agvi Firdaus.

Agvi menyaksikan pertandingan babak final itu di televisi. Ia mengaku terkejut dengan aksi Hanifan seusai meraih medali emas.

"Enggak nyangka sih, kaget bisa gitu. Bisa memeluk Pak Jokowi dan Pak Prabowo," katanya. 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

Simak video pilihan berikut ini:

 

Gen Biologis Pesilat

Pesilat Indonesia Hanifan Yundani Kusumah melakukan selebrasi kemenangan saat final pertandingan pencak silat Asian Games 2018 di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Rabu (29/8). (merdeka.com/Imam Bukhori)

Hanifan adalah salah satu atlet pencak silat yang mumpuni. Talentanya dalam bela diri menurun dari kedua orang tuanya yang juga atlet pencak silat.

Dani Wisnu, ayah Hanifan, merupakan pesilat tingkat dunia. Ia sempat menjadi pelatih di pelatnas sebagai persiapan Indonesia Bangkit 2005. Sedangkan ibunya, Dewi Yanti Kosasih, (40) adalah mantan pesilat putri Jawa Barat. Pada masa jayanya, sang ibu sering mengharumkan dunia persilatan dengan sederet prestasi. Di antaranya Kejuaraan Dunia Kuala Lumpur 1989, Kejuaraan Dunia Belanda 1991, SEA Games Singapura 1993, dan Thailand Open 1992.

Dalam keseharian, Hanifan adalah orang yang supel. Ia juga ceria dan ringan tangan.

"Kalau orang Sunda nyebutnya cengos. Ya asyik-lah anaknya," kata Agvi.

Pihaknya juga mengaku bersyukur dengan prestasi Hanifan di Asian Games. Diharapkan prestasi Hanifan dapat memotivasi pesilat lain khususnya dari Perguruan Silat Tadjimalela itu sendiri umumnya para pesilat di Indonesia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Balita Disiksa hingga Tewas karena Menangis Terus

Posted: 29 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang bapak tega membunuh anaknya yang masih balita.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gitar Milik Menteri Ketenagakerjaan Laku Rp 1 Miliar di Konser Amal NTB

Posted: 29 Aug 2018 08:57 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gitar milik Menteri Ketenagakerjaan, M. Hanif Dhakiri, laku Rp 1 Miliar dalam acara Konser Amal untuk NTB yang digelar oleh stasiun TV Indosiar, Rabu (29/8/2018). Ia bersama grup musiknya, Elek Yo Band, menjadi salah satu bintang tamu di acara itu.

Di awal lelang, Hanif berinisiatif agar seluruh personil Elek Yo Band membubuhkan tanda tangan di gitar tersebut.

"Jika ada tanda tangan seluruh personel, semoga harganya menjadi mahal," ujarnya.

Para personel pun langsung membubuhkan tanda tangannya. 

 

Awalnya, gitar akustik itu dibuka dengan penawaran awal Rp 100 juta. Anggota band ini terdiri dari Menteri Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf dan Koordinator Staff Khusus Presiden Teten Masduki serta Menaker Hanif Dhakiri.

Pada penawaran awal, ada peserta lelang membuka harga Rp 100 juta. Lalu, ada yang meningkatkan penawaran menjadi Rp 150 juta. Menjelang lelang ditutup, tiba-tiba Co-Chair Mayapada Foundation, Jonathan Tahir, mengangkat tangan dan membuka harga Rp 1 miliar.

"Mewakili Tahir Foundation, kami sangat peduli dengan nasib saudara-saudara kita di NTB dan membeli gitar ini Rp 1 miliar," ucapnya.

Hanif pun tampak bahagia mendengar gitarnya laku dengan harga semahal itu. Ia memberikan apresiasinya untuk Jonathan.

"Terima kasih kepada Pak Jonathan Tahir dan Tahir Foundation yang memberi bantuan Rp 1 miliar melalui gitar saya," kata dia.

Usai lelang, Hanif mengaku kaget dengan hasil lelang tersebut.

"Saya deg-degan dengan hasil lelang tersebut. Hampir tak percaya. Alhamdulillah, gitar itu bisa membantu korban gempa NTB. Semoga memberi barokah," ujarnya.

Sebagai musisi, tentu Hanif tak hanya mengoleksi satu gitar. Namun, gitar akustik warna coklat muda merek Seagull itu merupakan gitar kesayangan. Hanif selalu menggunakannya untuk mengarang lagu, pentas, bikin vlog, atau sekadar main saat bersantai.

Dalam acara tersebut, Elek Yo Band tampil membawakan empat lagu, yaitu Sekuntum Mawar Merah (Rhoma Irama), Kutak Bisa (Slank), Rumah Kita (God Bless), dan Don't Forget to Remember (Bee Gaes). Penampilan keempat lagu tersebut laku dengan lelang Rp 10 miliar yang dimenangkan secara gabungan antara Grab, Intiland, Bank Panin, Mayapada & Hanson.

Selain Hanif, sejumlah menteri juga melelang barang koleksinya. Retno Marsudi melelang vas bunga seharga Rp 150 juta, Budi Karya melelang kain tenun khas NTB yang laku Rp 150 juta, Puan Maharani melelang jaket Asian Games dengan harga Rp 200 juta. Tak ketinggalan, pakaian dan raket sejumlah atlet Indonesia yang digunakan dalam meraih medali dalam Asian Games 2018 juga ikut dilelang.

Acara konser amal untuk NTB malam itu berhasil mengumpulkan donasi Rp 16.575.886.044. Angka tersebut termasuk seluruh perolehan iklan acara yang seluruhnya diperuntukkan untuk penangan gempa NTB.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal Peraih Emas Asian Games 2018 dari Cabang Pencak Silat: Abdul Malik

Posted: 29 Aug 2018 08:57 PM PDT

Jakarta - Kontingen pencak silat Indonesia tak terbendung di Asian Games 2018. Abdul Malik menggenapi kegemilangan Indonesia dengan menyabet emas dari kelas B 50-55 kg putra. Total, Indonesia sudah mendulang delapan emas dari pencak silat.

Medali emas diraih Abdul Malik setelah menundukkan pesilat Malaysia, Muhammaf Faizul M. Nasir. Abdul membukukan kemenangan telak 5-0. Medali perunggu menjadi milik pesilat Filipina, Dines Dumaan dan atlet Laos, Bo Thammavongsa.

Kemenangan Abdul Malik memastikan Indonesia menyapu bersih medali emas dari pencak silat sepanjang Senin ini. Bahkan, Indonesia masih punya kesempatan menambah beberapa medali emas lagi pada Rabu (29/8/2018).

Dengan tambahan dari Abdul Malik, pundi-pundi emas Indonesia di Asian Games 2018 kini menjadi 20 keping.

Tunaikan Nazar Mulia usai Raih Medali Emas

Abdul Malik tak henti-hentinya mengucap syukur setelah menyabet medali emas di cabang olahraga pencak silat Asian Games 2018. Kemenangan itu membuka jalan Abdul untuk mewujudkan niat mulianya.

Medali emas menjadi milik Abdul Malik setelah menang 5-0 atas pesilat Malaysia, Muhammad Faizul M Nasir, di final tarung putra kelas B 50-55 kg di Padepokan Pencak Silat, TMII, Jakarta Timur, Senin (27/8/2018). Bonus besar sudah menanti pesilat asal Manado itu.

Pemerintah sudah berjanji akan menggelontorkan bonus senilai Rp 1,5 miliar untuk para penyumbang medali emas Asian Games 2018, termasuk Abdul Malik. Sang pesilat mengaku sudah punya rencana khusus untuk uang bonus tersebut.

Rencana Abdul sangat mulia. Dia ingin mengubah nasib keluarganya dan membangun masjid di tiga daerah di Sulawesi Selatan.

"Saya mendedikasikan kemenangan ini buat keluarga dan buat adik-adik saya. Saya ingin mengubah nasib keluarga saya," ujarnya setelah pertandingan.

Soal masjid, dia sudah memilih di daerah mana saja masjid impiannya akan dibangun. "Sebelum bertanding di Asian Games saya sudah punya niat yang pasti ingin membangun masjid jika berhasil meraih emas. Saya ingin membangun masjid di tiga daerah di Sulawesi Utara, yaitu di Bitung, Tondano, dan Manembo-Nembo," kata Abdul Malik.

Data Lengkap Abdul Malik

Nama lengkap: Abdul Malik

Postur: 165 cm/54 Kg

Nomor pencak silat: Kelas B Putra 50 Kg - 55 Kg

Perjalanan laga hingga raih medali emas:

Kualifikasi: Vs Nguyen Dinh Tuan (Vie) 3-1

Perempat final: Vs Cheni Sobri (Tha) 5-0

Semifinal: Vs Thammavongsa Bo (Lao) 5-0

Final: Vs M. Faizul Nasir (Mas) 5-0

Panggilan: Malik

Hobi: Bernyanyi

Pendidikan: Pendidikan dasar Melatih Pencak Silat (Universitas Negeri Manado)

Klub pencak silat: Perguruan Perinas AsadPelatih: Kifli Lamsu (Sejak 2008)

Riwayat cedera: Dia menderita cedera hamstring pada tahun 2013.

Mamulai Karier: Dia mulai berlatih pencak silat pada usia 11 pada tahun 2008.

Ambisi: Meraih medali Emas di Ajang Asian Games 2018.

Prestasi olahraga yang paling berkesan: Memenangkan emas di Pertandingan Universitas ASEAN 2016 di Bedok, Singapura.

Tokoh inspirasi: Eka Yulianto (Praktisi pencak silat dari Indonesia)

Orang paling berpengaruh dalam karier olahraga: Keluarga

Ritual jelang bertanding: Mendengarkan Musik

Moto Hidup: "Tenang, bersabarlah dan jangan membuat kesalahan sekecil apa pun."

Sumber: Bola.com

 

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komentar Son Heung-min tentang Kemenangan Besar Tottenham atas Manchester United

Posted: 29 Aug 2018 08:55 PM PDT

Jakarta - Jadwal pertandingan padat yang harus dijalani serta target tinggi yang harus dicapai Timnas Korea Selatan U-23 di Asian Games 2018 tetap tak mampu mengenyahkan pikiran Son Heung-min terhadap klubnya, Tottenham Hotspur.

Biar bagaimana pun dan di mana pun, semisal seperti sekarang di Indonesia dan bersama Timnas Korea Selatan U-23 di Asian Games 2018, Son Heung-min mengaku terus memantau kiprah klubnya itu.

Kemenangan telak 3-0 yang dicatatkan Tottenham atas Manchester United di Stadion Old Trafford (28/8/2018), sudah pasti tak luput dari pantauan pemain 26 tahun itu.

"Saya tidak menonton, tapi saya melihat hasilnya di pagi hari dan sangat senang. Walau saya di sini, saya masih memperhatikan rekan-rekan saya. Saya sangat-sangat senang," ujar Son Heung-min seusai Korsel mengalahkan Vietnam di semifinal Asian Games 2018 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu (29/8/2018).

Son Heung-min menambahkan, nanti bila sudah selesai tugas bersama Timnas Korea Selatan U-23, dia tidak akan mengambil libur. Dia siap untuk langsung berjibaku bersama rekan-rekannya di Spurs.

"Tentu saja saya sangat siap untuk bermain lagi setelah pulang dari Indonesia. Meski mungkin saya tidak dimainkan, saya siap mengambil setiap kesempatan yang diberikan. Spurs itu tim saya dan saya selalu siap untuk klub," kata Son.

Namun, Son buru-buru menegaskan fokus terbesarnya sekarang ini tetap bersama the Taeguk Warriors. Apalagi tinggal selangkah lagi Korsel mempertahankan gelar juara atau meraih medali emas di Asian Games.

"Saya datang untuk medali emas. Tidak ada yang lain," tegas Son Heung-min. (Fitri Apriani)

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

CdM Indonesia Yakin Pencak Silat Dipertandingkan di Asian Games 2022

Posted: 29 Aug 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komandan Kontingen (Chef de Mission/CdM) Indonesia dalam Asian Games 2018 Komjen Pol. Syafruddin meyakini cabang pencak silat akan dipertandingkan pada Asian Games 2022 di Hangzhou, Tiongkok.

"Sudah ada harapan dan titik terang, sudah ada pembicaraan antara Dewan Olimpiade Asia (OCA) dan Komite Olimpiade Indonesia (KOI). Kita tunggu beberapa hari lagi," kata Syafruddin dalam jumpa pers di Pusat Layanan Media (Main Press Center) Asian Games 2018 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Rabu (29/8/2018), seperti dikutip dari Antara.

Syafruddin mengatakan cabang lain yang juga masih diperjuangkan Indonesia agar tetap dipertandingkan dalam Asian Games 2022 adalah panjat tebing.

"Pencak silat itu aturannya sangat terkendali melalui media elektronik berupa rekaman pertandingan. Saya mengikuti pertandingan pencak silat selama empat hari, semua terekam. Jika ada peserta yang protes, kami hanya perlu memutar lagi videonya," kata pria yang juga kini menjabat menteri pemberdayaan aparatur negara dan reformasi birokrasi itu.

Mantan Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia itu berharap pencak silat dapat menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Olimpiade.

"Apa yang telah dicapai pada cabang non-Olimpiade, seluruh pemangku kepentingan harus berjuang agar cabang non-Olimpiade masuk Olimpiade. Ada 52 negara yang mempunyai pengurus cabang pencak silat, kenapa tidak pencak silat masuk Olimpiade?" ujarnya.

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

14 Medali Emas

Pasangan pesilat Indonesia peraih medali emas, Ayu Sidan Wilantari dan Ni Made Dwiyanti membentangkan bendera merah putih usai penyerahan medali nomor seni ganda putri di Padepokan Pencak Silat TMII, Jakarta, Rabu (29/8). (Merdeka.com/Imam Buhori)

Pada cabang pencak silat Asian Games 2018, Indonesia meraih 14 medali emas dan satu medali perunggu. Indonesia hanya kehilangan peluang medali emas cabang pencak silat di nomor tanding putra kelas F (70-75kg) dan tanding putra kelas J (90-95kg).

Kontingen Indonesia, hingga pukul 20.00 WIB, telah mengumpulkan total 88 medali dengan rincian 30 medali emas, 22 medali perak, dan 36 medali perunggu.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BI Ingin Ekspor Kopi Bantu Tekan Defisit Transaksi Berjalan

Posted: 29 Aug 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta - Bank Indonesia (BI) membantu pengembangan potensi kopi di Desa Sidoharjo, Kulon Progo, Yogyakarta melalui Program Sosial BI. Hal ini dalam rangka dorong ekspor kopi Indonesia, khususnya yang dihasilkan di desa tersebut.

Deputi Gubernur BI, Erwin Rijanto mengatakan, pengembangan kopi sebagai komoditas unggulan harus dapat digunakan untuk menangkap peluang pasar dalam negeri maupun luar negeri. 

Dia menuturkan, sumbangan industri kopi terhadap perekonomian di Tanah Air tidak hanya terbatas pada produksi kopi, tetapi juga dari sisi tenaga kerja, sektor perdagangan maupun jasa. 

"Indonesia sebagai salah satu penghasil kopi terbesar di dunia, kiranya harus terus menjaga mutu dan kualitas produksi sehingga industri kopi sebegai penopang ekonomi di daerah," ujar dia di Yogyakarta, Kamis (30/8/2018).

Direktur Departemen Komunikasi BI Arbonas Hutabarat ‎mengatakan, dalam program ini, pihaknya memberikan dukungan infrastruktur irigasi untuk lahan tanam kopi di desa tersebut.

Selain itu, BI juga memberikan bantuan mesin produksi olahan kopi seperti alat pengupas kulit kopi (pulper), coffe grader, coffe grinder, coffe roaster, coffe brewing dan sealer pedal.

"Kami juga memberikan pelatihan kepada petani supaya mereka bisa melakukan produksi sesuai dengan ilmu perkopian. Harapan kami nanti program ini bisa direplikasi di tempat lain di daerah sini. Kalau ini berhasil, produksi kopi meningkat dan bisa memberikan kontribusi bagi perbaikan current account defisit (CAD) kalau kopinya bisa diekspor," kata dia.

Arbonas mengungkapkan, kopi merupakan salah satu komoditas unggulan Indonesia yang harus ditingkatkan ekspornya. Hal ini akan sejalan dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan penerimaan devisa dan menekan CAD.

"Kita salah satu penghasil kopi terbesar di dunia, kita ada Aceh, NTT, Papua, Jawa. Kalau semua terintergrasi dan terakumulasi tentunya ekspor kita akan lebih baik lagi. Dan saya percaya kita bisa tingkatkan ekspor komoditas kopi. (Selain kopi untuk tekan CAD) Mungkin karet, teh," ujar dia.

 

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

 

 

Sektor Pariwisata Jadi Jalan Cepat Tekan Defisit Transaksi Berjalan

Suasana kawasan wisata Pantai Amed di Bali, Selasa (5/12). Erupsi Gunung Agung membuat sektor pariwisata di Pulau Dewata, terutama wilayah Amed sepi dari wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) menyatakan pariwisata bisa menjadi sektor yang paling cepat menurunkan defisit transaksi berjalan atau current account deficit (CAD). Sebab, selain menciptakan lapangan kerja dan menumbuhkan kegiatan usaha, pariwisata juga mampu menghasilkan devisa dengan cepat.

Gubernur Bank Indonesia (BI,) Perry Warjiyo mengatakan, sebenarnya asalkan tidak melebihi tiga persen dari produk domestik bruto, CAD juga merupakan hal yang tidak perlu dikhawatirkan.

"Untuk Indonesia, sepanjang tidak melebihi 3 persen dari PDB itu masih aman. Kemarin memang di kuartal I 2018 2,1 persen dan kuartal II 3 persen dari PDB," ujar dia di Yogyakarta, Kamis 30 Agustus 2018.

Namun demikian, lanjut dia, BI dan pemerintah tetap ingin agar CAD ini menurun, bahkan hingga transaksi berjalan bisa surplus. Untuk mencapai hal tersebut, pemerintah telah mengeluarkan sejumlah kebijakan, salah satunya dengan B20 untuk menekan impor BBM.

"Kita ingin turunkan lebih cepat, lebih aman, karena kondisi global sekarang tidak stabil. Makan ya sejumlah langkah konkret sedang dan akan dilakukan, seperti B20 yang hanya kurangi impor tapi ekspor minyak sawit juga didorong. Tahun ini mengurangin impor BBM bisa hemat USD 2,2 miliar. Oleh kerana itu CAD akan lebih turun dan aman," kata dia.

Namun demikian, kata Perry, agar CAD bisa turun dengan cepat, pengembangan sektor pariwisata harus segera didorong. Ini telah dibuktikan oleh Thailand di mana negara tersebut tidak pernah mengalami defisit pada transaksi berjalannya lantaran sektor pariwisatanya mampu menyumbang devisa yang besar.

‎"Kenapa pariwisata kita harus genjot? Saya bandingkan dengan Thailand itu 2017 devisa dari pariwisatanya USD 62 miliar. Oleh karena itu kenapa mereka suplus CAD USD 48,1 miliar, karena dari pariwisata. Itu kenapa kita genjot (pariwisata) karenanya itu bisa cepat turunkan CAD dan ke depan mengarah ke nol," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Periksa Suami Inneke Koesherawati Terkait Suap Fasilitas Mewah Lapas

Posted: 29 Aug 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan Fahmi Darmawansyah dalam kasus dugaan suap perizinan dan fasilitas mewah di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat.

Fahmi yang merupakan suami dari aktris Inneke Koesherawati ini akan diperiksa sebagai saksi untuk melengkapi berkas penyidikan mantan Kalapas Sukamiskin Wahid Husen.

"Saksi Fahmi Darmawansyah akan diperiksa untuk tersangka WH (Wahid Husen)," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Kamis (30/8/2018).

Selain Fahmi, penyidik KPK juga akan memeriksa narapidana Lapas Sukamiskin bernama Andri Rahmat. Andri yang merupakan tahanan pendamping (tamping) Fahmi ini akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Wahid Husen.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Suap Perizinan

Sebelumnya, KPK mengungkap adanya suap peizinan dan fasilitas mewah di Lapas Sukamiskin dalam operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Kalapas Sukamiskin Wahid Husen.

Dalam operasi senyap itu KPK menemukan ada sel mewah yang memiliki pendingin udara, pemanas air, kulkas hingga toilet duduk. Sel tersebut diketahui dihuni oleh Fahmi Darmawansyah selaku narapidana kasus suap proyek pengadaan satelit monitoring di Badan Keamanan Laut (Bakamla).

Wahid dan Fahmi pun dijadikan tersangka dalam kasus ini bersama dua orang lainnya. Yakni Andri yang merupakan tahanan pendamping Fahmi serta Hendry Saputra selaku orang kepercayaan Wahid.

Wahid diduga menerima suap berupa uang Rp 279.920.000 dan USD 1.400 serta dua mobil jenis Mitsubishi Pajero dan Mitsubishi Triton Exceed yang kini sudah diamankan pihak KPK. Wahid pun sudah mengakui penerimaan suap tersebut.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lihat Salman Khan Ganti Popok Bayi, Rani Mukerji: Cepat Menikah

Posted: 29 Aug 2018 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Mumbai- Rani Mukerji sangat dekat dengan Salman Khan. Keduanya beberapa kali terlihat mesra di film, termasuk Har Dil Jo Pyur (2000).

Wajar saja, Rani Mukerji dan Salman Khan terkadang terlibat pembicaraan seru. Apalagi, saat Rani Mukerji dan Salman Khan tampil di acara yang sama.

Seperti yang terjadi bari-baru ini, Salman Khan dan Rani Mukerji berada di panggung Dus Ka Dum. Tak hanya berdua, acara itu juga dihadiri Shahrukh Khan.

Namun kehebohan terjadi ketika Rani Mukerji berkomentar tentang status Salman Khan. Rani Mukerji menyarankan Salman Khan segera menikah, seperti diwartakan Hindustan Times, Rabu (29/8/2018).

 

*Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Lucu

Salman Khan (Newsx)

Semua itu terjadi setelah sebuah permainan dilakukan artis ternama Bollywood. Di sana, Salman Khan ternyata diminta mengganti popok bayi.

Sebagai ganti bayi, Salman Khan melakukannya terhadap boneka.

Menggemaskan

Salman Khan (Newsx)

Salman Khan yang belum terbiasa tampak lucu. Rani Mukerji tertawa melihat kerepotan Salman Khan mengganti popok.

Meski begitu, hasilnya terlihat sempurna. Salman Khan bisa mengganti popok bayi.

Hebat

Rani Mukerji (Instagram/_ranimukerji)

Rani Mukerji memuji kemampuan mengganti popok yang dilakukan Salman Khan. Padahal, sang aktor masih melajang.

Akhirnya, Rani Mukerji berkomentar, "Lebih baik, kau segera menikah. Sudah saatnya kan?"

Rindu

Rani Mukerji (Instagram/_ranimukerji)

Mendengar ucapan Rani Mukerji, Salman Khan hanya tertawa. Rani Mukerji juga menyebutkan dirinya bahagia bisa sepanggung dengan Salman Khan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Terima Kunjungan Presiden Namibia di Istana Bogor

Posted: 29 Aug 2018 08:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi menerima kedatangan Presiden Namibia Hage Gottfried Geingob di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (30/8/2018). Presiden Hage Gottfried tiba pukul 10.00 WIB.

Ia mengenakan setelah jas hitam lengkap dengan dasi kotak-kotak hitam putih, sedangkan Jokowi memakai setelan jas biru dengan dasi merah.

Setiba di halaman depan Istana Kepresidenan Bogor, Jokowi mengajak Hage Gottfried menuju lokasi upacara penyambutan tamu negara. Sesaat kemudian, keduanya memeriksa kesiapan pasukan pengamanan presiden yang tergabung dalam grup marching band.

Selanjutnya, Jokowi mengajak Hage Gottfried menyalami satu per satu menteri kabinet kerja. Mereka adalah Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono.

Usai bersalaman, Jokowi dan Hage Gottfried melakukan veranda talk di teras belakang Istama Kepresidenan Bogor. Dilanjutkan dengan penanaman pohon kayu ulin atau kayu besi. Jokowi dan Hage Gottfried terlihat sangat antusias saat menanam pohon.

Reporter: Titin Supriyatin

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemesraan Jokowi dan Prabowo: Semuanya untuk Indonesia

Posted: 29 Aug 2018 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Prabowo Subianto menunjukkan kemesraan saat atlet pencak silat Indonesia Hanifan Yudani Kusumah meraih medali emas Asian Games 2018.

Mereka saling berpelukan merayakan kemenangan Indonesia dan sejenak melupakan rivalitas politik dalam Pilpres 2019.

Dalam akun Instagramnya, Jokowi mengunggah video dengan caption "Semua untuk Indonesia ...".

Dalam video itu, Jokowi dan Prabowo serta atlet pencak silat peraih medali emas lainnya, Wewey Wita bersama-sama mengungkapkan apa yang diraih Indonesia dalam Asian Games 2018 adalah untuk Indonesia.

 

Semuanya untuk Indonesia ...

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

Selain itu, Jokowi juga mengunggah foto saat berpelukan bersama Prabowo dan Hanifan saat merayakan kemenangan Indonesia dalam cabang olahraga Pencak Silat. Jokowi menulis:

"Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah, sore tadi. Begitu dinyatakan sebagai peraih medali emas kelas C setelah menundukkan Nguyen Thai Linh asal Vietnam, pesilat putra Hanifan Yudani Kusumah merayakan kemenangannya dengan berlari keliling arena lalu naik ke tribun penonton tempat saya duduk bersama Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia, Bapak Prabowo Subianto.

Kami bertiga -- Hanifan, saya dan Pak Prabowo -- pun berpelukan dalam selubung merah putih.

Selamat untuk Hanifan, seluruh atlet pencak silat Indonesia, pelatih dan jajaran pengurus, yang mempersembahkan 14 medali emas untuk kontingen Indonesia di Asian Games 2018.

Dengan perolehan medali 30 emas, 22 perak, dan 35 perunggu sampai hari ini, Indonesia berada di posisi keempat -- sebuah pencapaian baru yang menjadi sejarah bagi dunia olahraga negeri ini."

Alasan Hanifan

Atlet Pencak Silat Hanifan Yudani Kusumah mengungkap alasan di balik aksinya memeluk dua rival politik, Jokowi dan Prabowo Subianto usai partai final Pencak Silat Asian Games 2019. Peraih medali emas di partai tunggal putra ini, mengatakan pelukan itu bermakna persatuan.

"Pelukan tadi spontan, sensasinya terharu, Indonesia harus saling menghargai, banyak di sosmed kan saling mencerca Prabowo-Jokowi," ujar Hanifan di Padepokan Pencak Silat, TMII, Jakarta Timur, Rabu (29/8/2018).

Dia pun berharap, melalui Pencak Silat, tak hanya Prabowo dan Jokowi, persatuan antara pendukung Jokowi dan Prabowo juga harus dieratkan. "Makanya dengan pencak silat, budaya bangsa Indonesia saya memperat silaturahmi kita," ucap dia. 

Hanifan berharap, lewat olahraga, Indonesia bisa terus senantiasa rukun tak diwarnai perpecahan antar masyarakat.

"Pencak Silat yang khas Indonesia saya akan mempertahankan itu (kerukunan), bahwa Indonesia negara aman tentram dan damai," kata dia.

Karenanya, dia berpesan untuk Pilpres 2019, Indonesia bisa menjaga rasa sportif dalam berkontestasi seperti laiknya pertandingan olahraga.

"Jadi kita harus clear, junjung sportivitas, jangan terus terpecah belah. Pak Jokowi dan Pak Prabowo sama-sama orang hebat untuk Indonesia," Hanifan memungkasi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kopi Dilarang Dijual di Seluruh Sekolah di Korea Selatan

Posted: 29 Aug 2018 08:32 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Pemerintah Korea Selatan segera menetapkan larangan penjualan kopi di seluruh sekolah, guna mempromosikan gaya hidup sehat di kalangan siswa dan pengajar.

Semua mesin penjual otomatis dan kios makanan ringan di sekolah dasar dan menengah akan menghentikan penjualan berbagai produk kopi pada 14 September, menurut Kementerian Keamanan Pangan dan Obat-obatan setempat.

"Revisi ini bertujuan untuk menciptakan kebiasaan makan yang sehat di kalangan anak-anak dan remaja," kata seorang pejabat kementerian, menurut laporan di Korea Times.

"Kami akan memastikan kopi dilarang di sekolah tanpa gagal," kata pengumuman itu sebagaimana dikutip dari The Guardian, Kamis (30/8/2018).

Larangan penjualan kopi di sekolah adalah bagian dari kampanye yang lebih luas oleh pejabat setempat, untuk mengurangi konsumsi makanan dan minuman tinggi kalori atau kafein.

Selain itu, larangan terkait juga sebagai tindak lanjut terhadap laporan media mengenai beberapa siswa yang menderita palpitasi jantung setelah minum kopi. Menurut catatan pihak berwenang, kondisi tersebut memicu pusing, peningkatan detak jantung, gangguan tidur dan rasa gugup berlebih.

Banyak siswa mengonsumsi kopi atau minuman energi untuk tetap terjaga, sebagai upaya belajar giat dalam meraih nilai unggul di sekolah Korea Selatan, yang terkenal sangat kompetitif.

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Konsumen Kopi Terbesar di Asia

Ilustrasi Korea Selatan (iStock)

Menurut riset pasar oleh Euromonitor baru-baru ini, masyarakat Korea Selatan minum rata-rata 181 cangkir kopi per tahun. Temuan tersebut merupakan angka tertinggi dibandingkan konsumsi serupa di negara-negara Asia lainnya.

Paket-paket kopi instan bergengsi, seperti merek Milky misalnya, menjadi populer sejak dekade 1950-an, bertepatan dengan kedatangan ribuan pasukan AS yang membawa budaya ngopi ke Negeri Ginseng.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, posisi kopi instan mulai bersaing ketat dengan kafe-kafe trendi, yang bertebaran di hampir setiap jalan di banyak kota di Korea Selatan.

Di Seoul, ibu kota dan kota terbesar setempat, diketahui terdapat lebih dari 18 ribu kedai kopi pada akhir 2016, melebihi jumlah toko serbaada yang bertahun-tahun menjadi pemandangan lumrah di sana.

Sebelumnya, pemerintah Korea Selatan telah melakukan pembatasan pada penjualan minuman energi, larangan iklan makanan cepat saji di televisi, serta pengetatan izin promosi makanan ringan bergula di area yang mudah terjangkau anak-anak di bawah umur.

Seluruh larangan di atas merupakan bagian dari obsesi pemerintah Korea Selatan dalam mengatasi peningkatan risiko obesitas di kalangan pelajar.

Disebutkan bahwa 17 persen siswa sekolah dasar dan menengah mengalami obesitas yang mengkhawatirkan pada 2016. Hal itu naik sekitar 12 persen dari satu dekade sebelumnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Festival Pacu Jalur 2018 Sajikan Beragam Budaya Melayu

Posted: 29 Aug 2018 08:31 PM PDT

Liputan6.com, Kuansing Salah satu festival tertua di Indonesia, Festival Pacu Jalur di Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, resmi dimulai pada Rabu (29/8/2018). Kegiatan yang akan berlangsung hingga 1 September 2018 ini berpusat di Lapangan Limuno, Teluk Kuantan.

Berbagai atraksi budaya Melayu khas Kuansing pun dipertunjukkan, salah satunya Tari Sombah Carano. Sombah Carano adalah tarian untuk menyambut tamu. Tarian ini menampilkan sejumlah penari pria membawa pedang dan perisai. Mereka bergerak layaknya menjaga suasana.

Tak lama, masuk para penari wanita. Setelah melenggak lenggok dengan gemulai, para penari wanita ini kemudian menghampiri para tamu undangan.

Adapun tamu yang hadir di antaranya Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman, Bupati Kuantan H Mursini, dan Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural Esthy Reko Astuty. Menurut Esthy Reko Astuty, Kuantan Singingi dan Riau sangat beruntung karena memiliki budaya Melayu.

"Kebudayaan Melayu sangat dekat dan erat dengan negara-negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura. Ini keuntungan. Sebab, dengan atraksi-atraksi terbaik wisatawan mancanegara bisa datang," ujarnya.

Esthy juga memuji Festival Pacu Jalur yang mampu masuk dalam Calendar of Events Kementerian Pariwisata.

"Masuk dalam Calendar of Events Kementerian Pariwisata tidak mudah. Sebab, harus melewati kurasi terlebih dahulu. Tahun depan, kurasi akan lebih diperketat karena melibatkan kurator-kurator andal. Tapi dengan pelaksanaan yang baik, apalagi Festival Pacu Jalur sudah berusia ratusan tahun, saya yakin event ini akan masuk Calendar of Event 2019," ucapnya.

Dalam pembukaan Festival Pacu Jalur 2018, budaya melayu sangat menonjol. Selain Tarian Sombah Carano, ada juga penampilan Tari Manyokok. YaituTarian ini menceritakan tentang kegiatan masyarakat dalam mencari ikan. 

Selain itu, ada juga aksi lempar pantun khas Melayu. Lempar pantun sudah diawali sejak Gubernur Riau dan Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural hendak menuju tribun kehormatan dan saat tamu-tamu undangan memberikan sambutan.

Acara pembukaan ditutup dengan aksi Tarian Rakyat Kolosal. Tarian ini menceritakan kehidupan sehari-hari. Menariknya, pada akhir penampilan seluruh tamu undangan diajak menarik bersama di lapangan.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, ikut menyambut baik pelaksanaan Festival Pacu Jalur 2018.

"Ini budaya tua. Pelaksanaannya pun keren. Setiap tahun selalu dipenuhi pengunjung. Pacu Jalur adalah salah satu festival terbaik di Indonesia," kata dia.

Hanya saja, Arief mengingatkan agar aksesibilitas menuju Kuansing ditingkatkan.

"Karena akses menjadi salah satu kunci untuk mendatangkan wisatawan. Semakin mudah lokasinya dijangkau, akan semakin banyak wisatawan yang hadir," ujarnya.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Mengerikan di Balik 4 Hasil Foto Rontgen, Bikin Ngilu

Posted: 29 Aug 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hasil rontgen atau bisa juga disebut x-ray dianggap penting dalam dunia kedokteran. Pemeriksaan ini dilakukan untuk memeriksa bagian tubuh manusia tanpa perlu dilakukan pembedahan terlebih dahulu.

Selain memberikan informasi penting, dokter juga sangat terbantu dengan hasil rontgen untuk memberikan diagnosis atau keputusan terhadap kondisi pasien.

Hasil sinar rontgen ternyata juga bisa digunakan untuk mengidentifikasi masuknya benda-benda asing yang masuk pada anggota tubuh kita.

Seperti yang dialami orang-orang ini, masuknya benda tajam pada tubuh mereka bisa telihat jelas dalam hasil foto rontgen. Sebagian besar di antaranya justru bikin kita ngilu dan lemas.

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

1. Kelewang tertancap di wajah

(Foto: © Merdeka)

AF (18) pelajar kelas 12 SMK di Pamulang, mengalami kritis setelah senjata tajam jenis kelewang tertancap di wajahnya, saat terlibat tawuran antar pelajar di Jalan Raya Puspiptek, kecamatan Setu, Tangerang Selatan, Selasa (31/7).

Akibat senjata tajam yang menancap di wajah, dia akhirnya harus dilarikan ke RS Hermina, Serpong. Namun akhirnya dirujuk ke RSCM guna mendapatkan perawatan lebih baik. Saat dirontgen, terlihat jelas benda tersebut tertancap di wajahnya. 

Sayangnya setelah 11 hari dirawat intensif di RSCM, korban menghembuskan napas terakhir pada Selasa (7/7/2018).

2. Gunting tertinggal di rahim

(Foto: Merdeka)

Nasib nahas menimpa Anne, wanita asal Lyon, Prancis. Dia harus menahan sakit luar biasa pada perutnya setelah lima bulan menjalani operasi di rahim.

Ternyata rasa sakit itu diakibatkan oleh sebuah gunting operasi yang tertinggal di rahimnya. Hal ini baru diketahui pada 16 Februari 2011 lalu dari hasil foto rontgen. Anne pun akhirnya harus melakukan operasi kembali untuk mengangkat gunting tersebut. Rasa sakit yang dialami Anne terjadi karena ujung gunting melukai perut bagian dalam ketika dia terbatuk.

3. Pisau tembus kepala

(Foto: Merdeka)

Beberapa waktu lalu, peristiwa mengerikan terjadi pada Ren Hanzhi (13). Saat remaja asal Tiongkok ini mengupas apel dia tersandung dan terjatuh. Akibatnya pisau yang digunakan menembus kepalanya sedalam 20 cm.

Beruntung Ren bisa diselamatkan, meskipun foto rontagen cukup menyeramkan. Pisau tersebut juga tidak sampai mengenai otak Ren hanya menembus bagian samping kepalanya. Dokter berhasil mengeluarkan pisau itu dari kepala sang remaja.

4. Paku tertancap di kepala

(Foto:  Merdeka)

Seorang warga Korea Selatan selalu mengalami sakit kepala sepanjang waktu. Dia kemudian memutuskan untuk periksa ke dokter. Dokter menyarankan foto rontgen dan diketahui penyebab sakit kepala yang tidak hilang itu akibat sebuah paku tertancap di dalam kepala.

Hasil foto ini keluar pada tahun 2004. Pasien ini beruntung hanya mengalami sakit kepala, karena hal serupa bisa membunuh seseorang. Tidak diketahui bagaimana paku tersebut bisa tertancap di kepala. Sang pasien hanya mengatakan bahwa paku tersebut mungkin tertancap empat tahun sebelumnya.

Reporter:

Desi Aditia Ningrum

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian PANRB Gandeng Korsel buat Perkuat Kualitas PNS

Posted: 29 Aug 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah RI dan Republik Korea (Korea Selatan/Korsel) berkomitmen memperkuat hubungan dan kerja sama bilateral di bidang reformasi birokrasi

Adapun bentuk kerja sama itu antara lain dalam Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau yang sering disebut e-Government, manajemen sumber daya manusia (SDM) dan peningkatan kapasitas Aparatur Sipil Negara (ASN) atau disebut pegawai negeri sipil (PNS).

Duta Besar Republik Korea untuk Indonesia, Kim Chang-Beom, menyatakan pemerintah Korea Selatan bertekad terus mengembangkan kerja sama di bidang SPBE dengan mengalokasikan tambahan anggaran untuk bidang tersebut.

"Saya juga menyampaikan apresiasi terhadap kebijakan dan upaya Pemerintah RI terhadap proses perdamaian di Semenanjung Korea. Proses ke arah perdamaian terus berjalan dan saat ini setidaknya tercermin dalam partisipasi bersama kedua Korea (Selatan dan Utara) pada Asian Games ke-18 di Jakarta dan Palembang," ujar dia dalam keterangan tertulis, Kamis (30/8/2018).

Penguatan kerja sama akan ditandai dengan penandatanganan MoU antara Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin dengan Menteri Manajemen Personalia Republik Korea, serta dengan Menteri Dalam Negeri dan Keamanan Republik Korea pada saat kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Korea Selatan pada awal September nanti. 

Penandatanganan MoU setidaknya menyangkut  bidang SPBE (MoU on Cooperation in the Establishment and Operation of E-Government Cooperation Center) dan bidang SDM ASN (MoU on Cooperation in the Field of Human Resource Management. 

"Saya mengharapkan agar nantinya kesepakatan kerja sama tersebut dapat ditindaklanjuti secara konkrit di tingkat teknis, sehingga program kerja sama bisa berjalan dengan baik" tegas Syafruddin. 

Dia menyampaikan, komitmen Pemerintah RI pada penguatan kerja sama di berbagai bidang dengan Korea Selatan juga termasuk dalam bidang ekonomi, khususnya terhadap investasi Negeri Ginseng di Indonesia. 

 

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

 

 

Kementerian PANRB Evaluasi Pelayanan Publik di 56 Kementerian dan Lembaga

Pemkot Tangerang mengembangkan seratusan aplikasi smart city untuk pelayanan publik.

Sebelumnya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) akan melakukan evaluasi terhadap unit kerja pelayanan publik di 56 kementerian/lembaga (K/L), jauh lebih banyak dibanding tahun lalu yang hanya tiga K/L saja.

"Evaluasi dilakukan agar terjadi perbaikan berkelanjutan. Selain itu, untuk menjamin terwujudnya harapan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang baik," ujar Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa saat Sosialisasi dan Pendampingan Persiapan Evaluasi Pelayanan Publik pada Kementerian dan Lembaga Tahun 2018 di Jakarta, Senin 20 Agustus 2018.

Dikatakan, sesuai amanat UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, terdapat enam aspek pelayanan publik yang merupakan pilar penyangga penyelenggaraan pelayanan publik yang berkualitas. Keenam aspek tersebut meliputi kebijakan pelayanan publik, profesionalisme sumber daya manusia, sarana dan prasarana, sistem informasi pelayanan publik, mekanisme konsultasi dan pengaduan, serta inovasi pelayanan publik.

Aspek kebijakan pelayanan merupakan aturan, mekanisme atau sebuah proses yang dijalankan organisasi yang mencerminkan visi, misi, komitmen, itikad, dan perilaku organisasi sebagai upaya dalam mencapai kualitas pelayanan tertentu sesuai tujuan pemberian pelayanan publik.

Sementara itu, profesionalisme sumber daya manusia adalah standar kualifikasi, capaian kualitas dan kinerja personel pemberi layanan publik yang dibangun oleh institusi penyelenggara pelayanan publik untuk memberikan pelayanan prima.

Selanjutnya, aspek sarana dan prasarana yang menjadi pendukung pemberian pelayanan publik baik berupa fasilitas, tempat maupun perlengkaan tertentu yang menunjang pelayanan publik yang diberikan.

Aspek keempat, sistem informasi pelayanan publik, yakni rangkaian kegiatan yang meliputi penyimpanan dan pengelolaan informasi serta mekanisme penyampaian informasi dari penyelenggara kepada masyarakat dan sebaliknya.

Terkait konsultasi dan pengaduan merupakan pelayanan mekanisme interaktif antara pemberi dan pengguna layanan untuk menyelesaikan persoalan atas pelayanan tertentu serta penyampaian keluhan atas pelayanan yang diberikan yang tidak sesuai dengan standar pelayanan. Atau, pengabaian kewajiban dan pelanggaran larangan oleh penyelenggara.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Sedih, Ini 6 Alasan Kenapa Kegagalan Baik untuk Anda

Posted: 29 Aug 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setiap kejadian dalam hidup memang tidak dapat diprediksi. Kegagalan menjadi salah satu hal yang tidak dapat diperkirakan kapan terjadinya. Tak heran jika kegagalan juga menjadi hal yang dihindari banyak orang.

Meski berbagai kegagalan terjadi dalam hidup Anda, jangan khawatir. Anda tidak perlu bersedih. Seperti dikutip dari Boldsky pada Kamis (30/8/2018), kegagalan yang Anda hadapi sebenarnya memiliki manfaat yang cukup baik. Apa saja?

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

1. Memahami sesuatu yang baru

Penasaran mengapa sampai sekarang Anda masih juga gagal mencapai tujuan? Mungkin beberapa hal di bawah ini dapat menjadi alasannya. (Foto: iStockphoto)

Ketika Anda menghadapi kegagalan, sadarilah jika Anda sebenarnya menemukan hal baru. Anda menjadi paham trik baru untuk terhindar dari kegagalan berikutnya.

2. Sumber motivasi

Kegagalan akan membuat Anda berusaha lebih keras untuk mencapai tujuan Anda. Kegagalan juga bisa memberikan perasaan dan gairah batin untuk melakukan lebih banyak hal.

3. Memberikan pemikiran realitas

Kegagalan dalam hal apapun sebenarnya menyadarkan Anda pada sebuah realitas. Anda harus siap dengan hal tersebut. Kegagalan akan menunjukkan kenyataan dalam dunia dan membuat sudut pandang Anda menjadi lebih luas.

4. Menjadi Anda tidak menghakimi

Berikut enam alasan cinta pertama berujung pada kegagalan dan tidak bahagia. (Foto: iStockphoto)

Jika Anda gagal, Anda akan cenderung lebih rendah hati Ini karena Anda paham bagaimana rasanya gagal. Efek gagal akan membuat Anda berhenti menghakimi orang lain dan memahami setiap masalah yang dihadapi orang lain adalah berbeda-beda.

5. Memberikan keberanian

Kegagalan akan membuat Anda begitu aman sehingga memberi kekuatan batin dan keberanian untuk menghadapi apapun yang berat.

6. Tidak akan mengulangi

Kegagalan akan mengajarkan untuk selalu mengingat kesalahan yang Anda buat. Sehingga Anda tidak akan pernah mengulanginya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penutupan Asian Games 2018 Bakal Beri Kejutan

Posted: 29 Aug 2018 08:30 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Dibuka dengan megah, penutupan Asian Games 2018 juga akan memberikan kejutan bagi para penontonnya. Acara penutupan ini juga akan digelar di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Minggu, 2 September 2018.

Berbeda dengan upacara pembukaannya yang diisi oleh para penyanyi Indonesia, upacara penutupan Asian Games 2018 juga akan diisi oleh musikus luar negeri. Dalam poster yang sudah dirilis di laman resmi asiangames2018.id, boyband asal Korea Selatan Super Junior dan iKon, serta musikus India Siddharth Slathia juga akan memeriahkan acara.

Selain itu, tentunya acara tersebut tidak lengkap tanpa penampil asal Indonesia. Beberapa musikua Indonesia yang terlibat antara lain Bunga Citra Lestari, Isyana Sarasvati, Denada, Bams, RAN, dan GIGI.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari News Liputan6.com, upacara penutupan Asian Games 2018 akan mengusung konsep "terima kasih" kepada para atlet dan pelatih yang berjuang, serta relawan yang membantu pelaksanaan ajang olahraga terbesar kedua di dunia ini.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

 

 

Peringkat keempat

Para perenang China tampil pada nomor beregu cabang renang indah Asian Games XVIII di Stadion Aquatic Senayan, Jakarta, Rabu (29/8/2018). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Di minggu terakhir Asian Games 2018, Indonesia masih menempati peringkat empat dengan meraih 30 medali emas, 22 medali perak, dan 37 medali perunggu.

Cabang olahraga pencak silat menjadi yang paling banyak menyumbangkan medali emas, yakni 14 medali.

"Selamat kepada teman baik saya, sahabat saya, Pak Prabowo Subianto selaku Ketua IPSI sekaligus mengomandani pencak silat dan sukses di Asian Games," ujar Jokowi kepada wartawan usai menyaksikan laga final di Padepokan Pencak Silat di TMII, Jakarta Timur, Rabu.

Simak juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Syafruddin Optimistis Indonesia Tambah 3 Medali Emas di Asian Games 2018

Posted: 29 Aug 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komandan Kontingen (Chef de Mission/CdM) Indonesia dalam Asian Games 2018 Komjen Pol Syafruddin optimistis kontingen tuan rumah masih mampu menambah dua sampai tiga medali emas hingga hari terakhir pertandingan pada Sabtu (1/9/2018).

"Kami berharap masih dapat menambah dua hingga tiga medali emas pada cabang bridge, perahu naga, dan kami mengharapkan kejutan datang olahraga seperti polo air," kata Syafruddin dalam jumpa pers di Pusat Layanan Media (MPC) Asian Games, JCC Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (29/8/2018), seperti dikutip dari Antara.

"Cabang tenis yang sebelumnya tidak diperhitungkan dapat memberikan kejutan medali emas," kata dia.

Kontingen Indonesia, menurut Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi itu, telah melebihi target dengan menempati peringkat keempat.

"Sampai pukul 18.00 WIB, kontingen Indonesia telah mengoleksi 87 medali dengan rincian 30 emas, 22 perak, dan 35 perunggu. Itu adalah prestasi membanggakan dan sedikit mengejutkan bagi kita. Pada beberapa dekade terakhir, kontingen Indonesia dalam Asian Games ada pada posisi di luar 10 besar," ucap mantan Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri) itu.

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

Kejutan

Pesilat Indonesia Hanifan Yundani Kusumah melakukan selebrasi kemenangan saat final pertandingan pencak silat Asian Games 2018 di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Rabu (29/8). (merdeka.com/Imam Bukhori)

Kontingen Indonesia dalam Asian Games 2018 membuat kejutan di sejumlah cabang olahraga, seperti tenis dengan satu emas, balap sepeda dua emas, bulu tangkis dua medali emas, dan panjat tebing yang menyumbang tiga medali emas.

Syafruddin mengatakan perolehan medali emas kontingen Indonesia dalam Asian Games ke-18 itu merupakan hasil pemusatan latihan dan keikutsertaan uji coba atlet-atlet nasional dalam berbagai kejuaraan internasional, seperti Asian Games 2014, SEA Games 2017, dan kejuaraan-kejuaraan tunggal cabang olahraga.

"Kami meminta terus dukungan masyarakat sampai hari terakhir perjuangan kami. Saya terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan yang selama ini selalu memberikan dukungan kepada para atlet," katanya.

Pencak Silat

Cabang pencak silat, kata Syafruddin, menjadi cabang yang paling banyak menyumbang medali emas bagi kontingen Indonesia dengan total 14 medali emas dan satu medali perunggu.

Kontingen Indonesia, hingga Rabu pukul 20.00 WIB, telah mengumpulkan total 88 medali dengan rincian 30 medali emas, 22 medali perak, dan 36 medali perunggu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengembang Apartemen K2 Park Janji Pembangunan Tetap Jalan

Posted: 29 Aug 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pihak pengelola apartemen K2 Park memastikan bahwa pihaknya berkomitmen untuk membangun proyek sesuai dengan rencana. Namun memang diakui pembangunan tersebut molor dari waktu yang dijanjikan kepada konsumen.

Presiden Direktur PT Prioritas Land Indonesia (PLI) Marcellus Chandra mengatakan, perusahaan dalam waktu dekat ini akan mendapat investor untuk membangun apartemen yang sudah groundbreaking tersebut.

Dipastikan pada September nanti akan ada kucuran dana dari investor untuk melanjutkan pembangunan Apartemen K2 Park. Namun menurutnya, ada beberapa konsumen yang tak sabar.

"Ada segelintir pembeli yang tidak sabar. Padahal kami sudah di tahap finishing," jelas Marcellus saat ditemui Liputan6.com, pada Rabu (29/8/2018).

Ia menyebut, sebelum ada investor tersebut, perusahaan sempat ada kesulitan dalam cash flow, apalagi perbankan sudah mengerem peminjaman untuk properti karena perekonomian memang sedang sulit. Dampaknya, Prioritas Land Indonesia kesulitan membangun K2 Park. 

Marcellus pun berjanji pembangunan K2 Park akan lancar seperti proyek yang lain yang telah dibangun oleh perusahaan. Contohnya Majestic Point Serpong yang terbangun lancar. Maka dari itu, Marcellus meminta pembeli bersabar sedikit lagi dalam pembangunan K2 Park.

Menurut General Manager Prioritas Land Indonesia Sammy Maramis, tidak semua pembeli protes. Ia menyebut masih ada yang memiliki kepercayaan pada PT PLI. 

"Kita ada grup customer K2 Park, itu dukung semua. 50 orang ada. Yang frontal (protes) ini paling 10 orang," jelasnya.

"Konsumen wajar kecewa, kami juga mengakui sebagai developer memiliki kesalahan pada progres belum ada sampai saat ini. Tapi bukan berarti kami tidak melaksanakan apa-apa," ucapnya.

Sammy menyebut, hanya ada segelintir orang pembeli apartemen yang bersikap terlalu mendesak. "Dia enggak tahu itu merugikan semua pihak. Bahkan, ada konsumen yang tidak setuju dengan apa yang dilakukan para (oknum) customer itu," ucapnya.

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

Terkait Refund

Foto pembangunan apartemen K2 Park. (Dok: Istimewa)

Pihak PT PLI menegaskan memiliki iktikad baik, dan sudah lanjut membangun karena mereka sudah memiliki investor dari China. Namun, pembeli yang ingin refund harus mengacu pada Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB).

Selain itu, pihak PT PLI menyebut bila ada keterlambatan penyerahan unit setelah grace period akan tetap dilakukan ganti rugi. Hal itu sesuai dengan PPJB.

"Mau refund ada syarat ketentuannya, terlambat ada syarat dan ketentuannya, begitu pun developer bila terlambat menyerahkan ada juga sanksinya."

Pihak PT PLI pun tidak setuju bila disebut berbohong. "Kami mengaku kita salah, kita terlambat, tapi jangan sebut kita penipu, jangan mengancam, atau bikin berita buruk, bukan begitu caranya," ucap Semmy.

Konsumen Protes

Foto pembangunan apartemen K2 Park di Serpong. Senin, 21 Agustus 2018. Dok: Istimewa

Sebelumnya konsumen apartemen K2 Park di Serpong sedang mencari kepastian. Pasalnya, uang mereka sudah masuk untuk membayar apartemen, tetapi pembangunan mangkrak.

"Sekarang masih belum ada tanda-tanda (pembangunan). Tidak ada kejelasannya," ucap Joelfin, pembeli K2 Park sejak Februari 2014, saat berbincang dengan Liputan6.com, Selasa (21/8/2018).

Ia menunjukkan dokumen yang menjelaskan tanggal serah terima harusnya Desember 2018, tetapi kondisi pembangunan terpantau masih jauh dari harapan.

Karena masalah kejelasan, dia pun disarankan oleh sebuah agen properti untuk setop pembayaran pada 13 Januari 2017, dua hari setelah tanda tangan Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB). Joelfin menyebut ada sekitar 140 orang yang akhirnya berhenti bayar dan ada yang sudah melunasi.

Sekitar 20 pembeli pun sudah ada yang berencana membawa hal ini ke meja hijau dan sedang dalam tahap pengumpulan berkas. Joeflin dan pembeli lain terus berusaha mencari pengembalian uang (refund) serta kepastian mengenai apartemen.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: