Jumat, 17 Agustus 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Java Jive Siapkan Konser 25 Tahun Bermusik

Posted: 17 Aug 2018 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta - Tak terasa perjalanan Java Jive di panggung musik Indonesia menginjak usia 25 tahun. Band yang digawangi Capung (gitar), Noey (bas), Tony (keyboard), Edwin (gitar), Fatur (vokal), dan Danny (vokal) ini pun berkeinginan merayakannya dengan sesuatu yang istimewa.

Ditemui usai tampil di Prambanan Jazz 2018, Java Jive membocorkan rencana mereka menggelar konser besar.

"Jadi di bulan November 2018, Java Jive mau buat konser sebagai selebrasi. Kita sekarang lagi road to 25 tahun di industri musik," kata Fatur di pelataran Candi Prambanan, Yogyakarta, Jumat (17/8/2018) malam.

Fatur menjelaskan, akan memulai konser perayaan 25 tahun Java Jive di Bandung. "Dari Bandung dulu mulainya, baru nanti ke kota-kota besar. Lagi kita pikirin konsepnya," dia menguraikan.

 

 

 

 

 

Kolaborasi

Java Jive

Konser 25 tahun Java Jive, masih dituturkan Fatur, juga akan dibuat di sejumlah kota. Jika hal itu terealisasi, band yang dikenal lewat lagu "Gerangan Cinta" bakal menghadirkan aksi panggung bersama musisi lokal.

"Misal kalau kita (konser) di Yogya, mungkin kita bisa kolaborasi sama Letto atau string section-nya dari ISI," dia menerangkan.

 

 

 

 

Lagu Baru

Java Jive mengeluarkan single setelah sekian lama (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Selain konser, Java Jive juga mempersiapkan lagu baru yang juga diluncurkan bertepatan dengan 25 tahun bermusik.

"Kita mau buat boxset album Java Jive pertama sampai ketujuh plus dua DVD karaoke. Album ketujuh itu mini album ya, mengumpulkan lagu yang nggak sempat masuk album plus dua lagu baru," Fatur memungkasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cabor Sepak Takraw Gunakan Aplikasi Hasil Hitung Skor di Asian Games 2018

Posted: 17 Aug 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Asian Sepaktakraw Federation (ASTAF) baru memperkenalkan electronic-Score (E-Score) kepada para wasit cabang olahraga (cabor) Sepak Takraw Asian Games 2018. E-Score sendiri merupakan aplikasi terbaru untuk mempermudah mencatat dan melaporkan hasil hitung skor pertandingan.

Aplikasi ini baru diajarkan ke para wasit Sepak Takraw, dua hari sebelum laga pertama di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang dimulai.

Menurut Dato Abdul Hamil Bin Kadir, Presiden ASTAF, mereka sudah melakukan workshop pengenalan E-Score ke para wasit Sepak Takraw, Jumat (17/8/2018).

"Kita sudah buat workshop dengan menggunakan 10 unit tablet. Saya yakin sistem ini bisa memudahkan wasit," ujarnya di Palembang.

Jika ada kesalahan dalam input skor, ASTAF sudah menghadirkan dua orang tenaga engineering dari Singapore dan Filipina, untuk membantu proses input data tersebut.

Kesalahan dalam mengimpor data dari E-Score, mereka juga menyiapkan hingga delapan unit manual score board, yang bisa digunakan wasit.

Aplikasi terbaru ini, lanjutnya, sudah dilakukan kajian hampir satu tahun terakhir. Pihak Inasgoc juga sudah mendukung aplikasi ini, untuk beralih dari penggunaan kertas yang digunakam wasit untuk mencatat secara manual skor pertandingan.

"Kita buat aturan baru ini dan sudah dikenalkan ke semua wasit Sepak Takraw. Ini jadi solusi untuk Astaf di pertandingan antar bangsa dan di tingkat dunia," katanya.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Dilarang Bawa Rokok

Dato Abdul Hamil Bin Kadir, Presiden Asfat memperkenalkan e-Score yang akan digunakan dalam laga Sepaktakraw Asian Games 2018 (Liputan6.com/Nefri Inge)

ASTAF juga menerapkan peraturan pelarangan membawa rokok dan telepon genggam selama berada di gelanggang Sepak Takraw. Peraturan ini juga terkhusus untuk wasit, agar bisa fokus bekerja tanpa ada aktifitas yang mengganggu konsentrasi.

"Semua wasit yang berasal dari manapun, tidak boleh membawa rokok ke gelanggang Sepak Takraw. Itu bisa kena sanksi Rp 50 juta, termasuk juga pelarangan membawa telepon genggam," ucapnya.

Standar Internasional

Wasit cabor Sepak Takraw sendiri berasal dari Indonesia dan luar Indonesia. Untuk wasit di dalam negeri dihadirkan sebanyak 24 orang, dengan kualifikasi berstandar internasional.

Sedangkan wasit dari luar negeri sebanyak 32 orang, yang berasal dari negara Singapore, Malaysia, Pakistan, India, Thailand, Filiphina, Korea, Tiongkok, Vietnam, Laos, Myanmar dan Iran.

"Kenapa diberi 24 wasit Indonesia., karena kami yakin wasit Indonesia punya kemampuan lebih di Sepak Takraw," katanya. (Nefri Inge)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pembukaan Asian Games 2018, Pengendara Diimbau Menghindari Jalan Sekitar GBK

Posted: 17 Aug 2018 10:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pesta olahraga Asian Games ke-18 bakal resmi dibuka, Sabtu (18/8/2018). Terkait arus lalu lintas dan keamanan memang sudah sangat dipersiapkan oleh pihak terkait, seperti kepolisian.

Bahkan, saat apel persiapan pembukaan Asian Games 2018, yang dipimpin langsung oleh Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa, telah memberikan arahan kepada jajarannya. Bahkan, sempat menyebut juga jika bakal ada enam ruas jalan di sekitar Gelora Bung Karno (GBK) yang ditutup jelang proses opening ceremony.

Keenam ruas jalan tersebut, adalah pertigaan Pakubuwono-Hang Lekir hingga SPBU dekat Kampus Mustopo, Jalan Asia Afrika, Jalan Patal Senayan, Jalan Gatot Subroto, Jalan Pintu 1 GBK, dan Jalan Jenderal Sudirman.

Sehari sebelumnya, Kakorlantas yang juga didamping oleh Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Yusuf, telah meninjau langsung titik yang mengalami penutupan jalan. Dalam hal ini, untuk memudahkan para penonton dan tamu undangan untuk sampai ke tempat acara, penutupan sudah dilakukan sejak 10 pagi hingga selesainya acara sekitar jam 11 malam.

"Kami menyarankan masyarakat tidak berpergian ke arah GBK jika tidak ada kepentingan," ujar Royke.

Penutupan pertama, dilakukan di Jalan Hang Lekir. Dimana merupakan sekat terluar di wilayah Jakarta Selatan, dan di ruas jalan ini juga bakal dilakukan penyaringan kendaraan untuk para undangan dan atlet.

Lokasi kedua yang mengalami penutupan, yaitu perempatan Lapangan Tembak Senayan. Penyaringan akan dilakukan dari jalan layang Manggala untuk mengurangi beban di lapangan tembak.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Selanjutnya

Menurut Kakorlantas, kendaraan akan dialihkan ke flyover untuk ini mengurangi kepadatan di Pos Pol Palmerah. Selain itu, Gerbang Pemuda juga akan ditutup. Hanya atlet dan official yang boleh melintas. Kendaraan sebelumnya akan disaring di Sudirman agar tidak padat menuju Palmerah.

"Gerbang Pemuda ini akan menjadi titik krusial. Para undangan dan atlet akan masuk dari jalan ini, Lalu penutupan juga akan dilakukan di Patal Senayan yang mana kendaraan akan dialihkan ke Tentara Pelajar" tambah Kakorlantas.

Sementara itu, untuk para undangan dan penonton telah disiapkan kantong-kantong parkir di sekitar GBK. Dari kantong parkir tersebut, disediakan shuttle bus yang akan mengantar hingga pintu masuk GBK.

"Kantong parkir kita sediakan di Senayan city, lalu dekat lapangan golf. Untuk di daerah Sudirman, kita sarankan parkir di SCBD sehingga bisa langsung menyeberang di JPO depan gerbang Panahan Senayan," tegas Kakorlantas.

"Sebisa mungkin hindari ruas jalan yang akan ditutup. Cari rute alternatif jika tidak punya kepentingan di sekitar GBK," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MotoGP: Marquez Tidak Masalah Berduet dengan Lorenzo

Posted: 17 Aug 2018 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Cervera - Duel sengit Jorge Lorenzo dengan Marc Marquez hingga lap terakhir pada balapan Grand Prix Austria di Sirkuit Red Bull Ring, Minggu (12/8/2018), menjadi gambaran nyata betapa sengitnya persaingan perebutan gelar MotoGP musim ini. Apalagi, keduajuara dunia tersebut akan berada di tim yang sama, yakni Repsol Honda pada musim depan.

Lorenzo sepertinya ingin membuktikan bahwa Marquez bukan lawan yang sulit untuk dikalahkan. Bahkan dengan keberhasilan X-Fuera meraih podium pertama di Austria, sedikit menunda langkah The Baby Alien untuk mempercepat meraih status sebagai juara dunia MotoGP 2018.

Lalu bagaimana respon dari Marquez terkait kehadiran Lorenzo di pabrikan Jepang pada musim depan? Juara dunia empat kali MotoGP mengaku sudah bosan dengan pertanyaan seperti ini.

Sebab, Marquez mengklaim sudah berulang kali mengatakan setelah tim Honda memutuskan untuk mendatangkan Lorenzo, ia sangat senang dan tidak pernah menolak keputusan tersebut. Menurutnya, akan sangat menarik di satu tim terdapat dua juara dunia.

"Saya lebih suka memiliki rekan setim terbaik dan bertarung melawan Jorge dengan motor yang sama. Tidak akan ada alibi, pengemudi utama di paddock akan membuat Anda tumbuh besar. jika Jorge melawan saya, maka dia akan melakukannya dengan materi yang sama," kata Marquez dikutip dari Sportface, Sabtu (18/8/2018).

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Berkembang

Pembalap Ducati Jorge Lorenzo berselebrasi usai memenangkan balapan MotoGP Austria di Red Bull Ring, Minggu (12/8/2018). (AP Photo/Kerstin Joensson)

Marquez menambahkan banyak yang bertanya kepadanya mengapa tim Honda tidak memilih pembalap yang berada di bawah levelnya dan malah mempersulitnya. Namun, pembalap kelahiran Cervera, Spanyol, punya pandangan berbeda terkait hal ini.

Menurutnya, mendapatkan rekan setim yang kuat sangat penting untuk tumbuh dewasa. Apalagi, ia ingin terus berkembang sebagai seorang pembalap profesional.

"Jika saya memiliki rekan yang kuat, maka akan sangat menarik karena saya bisa bertempur di lintasan," ucapnya. "Tetapi, di luar jalur kami berharap tidak ada masalah."

"Dengan Jorge, saya berselisih di Jerez dan kami tidak berbicara satu sama lain untuk sementara waktu. Tapi, sekarang kami memiliki hubungan yang baik," pungkas Marquez. (David Permana)

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ancol Gelar Lomba Panjat Pinang, Satu Tiang Senilai 1,5 Juta Rupiah

Posted: 17 Aug 2018 10:10 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Taman Impian Jaya Ancol merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 dengan menggelar lomba panjat pinang kolosal. Jumlahnya lebih banyak dari tahun lalu yaitu 188 batang pohon pinang pada hari Sabtu.

Semua batang pohon akan memiliki beragam hadiah senilai Rp1,5 juta per batang. Lomba ini dapat diikuti mulai pukul 14.00 WIB di Pantai Carnaval. Masing-masing batang pohon akan diperbutkan oleh dua tim dengan jumlah empat orang per tim.

"Cara untuk mengikuti lomba massal ini, peserta hanya cukup melampirkan KTP dan struk pembelian tiket masuk Ancol tanggal 18 Agustus 2018," kata Hubungan Masyarakat Taman Impian Jaya Ancol, Rika Lestari dalam siaran pers diterima Antaranews di Jakarta, Sabtu.

Lomba akan semakin seru karena diiringi dengan penampilan Raja Dangdut Legendaris Rhoma Iama bersama Soneta Group, selain itu Konser Kemerdekaan HUT RI Ke-73 akan dikuti juga artis ibukota lainnya sperti Dewi Persik, Fitri Carlina, Jenita Janet dengan jebolan bintang D'Academy dan Liga Dangdut Indonesia.

Kemudian dari Bintang Pantura yakni Lestry DA, Filda DA, Reza DA, Irwan DA, Putri DA, Aulia DA, Weni DA, Ical DA, Selfy LIDA, Rara Lida, Ridwan LIDA, Nabila LIDA, Zega BP, serta Lady Gula-Gula.

Konser Kemerdekaan, akan ditayangkan secara LIVE di Indosiar pada hari Sabtu, 18 Agustus 2018 pukul 13.30 WIB.

"Tidak hanya itu, kemeriahan Hari Kemerdekaan juga akan berlangsung di Pantai Lagoon," kata Rika.

Pengunjung dapat mengikuti beragam lomba dan hiburan seperti tarik tambang, gebuk bantal, lari matras, balap karung berpasangan, bakiak pasir dan lomba makan kerupuk dapat diikuti oleh semua pengunjung mulai pukul 10.00 WIB pada tanggal 17-19 Agustus 2018.

Tidak ketinggalan akan ada parade spesial kemerdekaan Lagoon Seaside Carnival yang merupakan carnaval kostum kemerdekaan pada 19 Agustus 2018 dan juga pertunjukan Lagoon Sunset Music yang dapat dinikmati mulai pukul 16.00 WIB. (Antara/Susylo Asmalyah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Joni Gala, Bocah Pemanjat Tiang Bendera Tiba di Jakarta untuk Bertemu Jokowi

Posted: 17 Aug 2018 10:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Yohanes Andi Gala alias Joni Gala, bocah pemanjat tiang bendera di NTT tiba di Jakarta. Joni datang bersama kedua orangtuanya dan tiba di Bandara Soekarno-Hatta.

Tak banyak reaksi dari Joni saat tiba di Jakarta. Dia tampil polos dengan menggunakan seragam murid SMP, putih biru.

Joni adalah siswa SMP Silawan yang memanjat tiang bendera setinggi 20 meter untuk membenarkan tali pengikat bendera saat upacara Bendera memperingati HUT ke-73 RI di Pantai Mota'ain, Desa Silawan, Kabupaten Belu, NTT, Jumat 17 Agustus 2018 kemarin.

Rencananya, Joni Gala dan kedua orangtuanya akan ke Istana Negara untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi juga mengundang Joni Gala. Ini sebagai bentuk penghargaan kepada siswa SMP Negeri I Silawan itu.

"Saya akan panggil Joni Gala ke Jakarta, karena inilah sesungguhnya figur dan idola baru kita," tutur dia.

Menurut Imam, perjuangan Joni tidak jauh beda dengan para atlet Asian Games. Joni, berjuang menyelamatkan bendera merah putih. Sedangkan para atlet berjuang meraih prestasi di ajang olahraga.

 

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

 

Aksi Heroik

Video aksi heroik Joni yang memanjat tiang bendera viral di media sosial. Dia memanjat lantaran tali yang digunakan untuk mengibarkan sang saka Merah Putih tersangkut di bagian atas tiang bendera.

Dalam video itu digambarkan tengah berlangsung proses pengibaran bendera. Namun, saat sang saka Merah Putih akan dikibarkan di tiang bendera, tiba-tiba tali pemintas tak bergerak lantaran tersangkut di ujung tiang alias keluar dari as roda.

Tanpa pikir panjang, Joni tiba-tiba keluar dari barisan paduan suara acara tersebut. Dia kemudian memanjat tiang bendera yang cukup tinggi.

Joni menaiki tiang tanpa rasa takut sedikit pun. Kedua kakinya merekat erat tiang yang terbuat dari besi. Meski tiang terlihat bergoyang, dia tetap terus naik hingga mencapai puncak.

Usai membetulkan tali ke posisi semula, dia lantas turun dari tiang. Tepukan tangan bertalu-talu pun terdengar dari peserta upacara yang menyaksikan aksi heroik Joni.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harus Ganti Ban tapi Dana Terbatas, Begini Caranya

Posted: 17 Aug 2018 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta -a Seperti halnya manusia, ban ibaratnya sepatu yang digunakan untuk mengoptimalkan traksi dan kenyamanan saat Anda berlari. Tentu fungsi ini sangat penting untuk kendaraan.

Jika terjadi sesuatu pada ban, kempis atau bocor misalnya, mobil pun tak akan bisa berjalan. Maka, saat ban sudah mulai gundul, pemilik pun harus segera menggantinya.

Sebab, jika berkendara dengan kondisi ban yang sudah gundul akan berbahaya. Ban yang gundul akan kehilangan daya cengkeram dan mudah selip.

Idealnya, ban harus diganti semua meskipun yang mengalami kegundulan hanya satu. Tapi bagaimana jika dana yang ada tak mencukupi untuk membeli 4 ban? Mungkinkah hanya membeli setengahnya (2 ban) saja?

Mitos yang berkembang, sepasang ban baru sebaiknya dipasang di poros depan. Alasannya, ban depan merupakan poros kemudi (steering) sehingga kondisi ban yang ditempatkan di area ini harus punya grip atau daya cengkeram yang lebih baik.

Sayangnya, mitos tersebut kurang tepat meskipun tak sepenuhnya salah juga, seperti mengutip situs resmi Suzuki Indonesia.Pasalnya pergerakan arah mobil tidak sepenuhnya berasal dari arah kemudi, tapi juga bisa datang dari faktor lainnya, seperti perilaku mengemudi dan jalanan yang biasa dilewati.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Selanjutnya

Maka sebaiknya sepasang ban baru itu dipasang di poros belakang saja. Alasannya, bagian belakang mobil diibaratkan seperti kunci yang bertugas untuk menggigit jalanan saat mobil sedang bermanuver.

Jika kondisi ban belakang bagus, kemungkinan mobil sliding yang menyebabkan mobil hilang kendali bisa diminimalisir. Namun demikian, demi keselamatan alangkah baiknya jika menyediakan budget khusus untuk mengganti ban secara keseluruhan.

Seandainya memang harus diganti, ban vulkanisir bisa menjadi alternatif. Tapi ingat, pastikan membeli ban vulkanisir yang berkualitas tinggi dan dikerjakan oleh pabrik ternama dengan mesin modern.

Perlu diingat juga soal umur ban vulkanisisr hanya 2/3 kekuatan ban baru. Jadi alternatif ban vulkanisir pun hanya bersifat sementara.

Sumber: Otosia.com

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Lucunya Jan Ethes Temani Jokowi Upacara HUT ke-73 RI

Posted: 17 Aug 2018 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Cucu pertama Jokowi, Jan Ethes, memang selalu menjadi sorotan publik. Tingkahnya yang lucu tentu membuat publik gemas. Di momen peringatan HUT ke-73 RI di Istana Negara, Jakarta, Jumat (17/8/2018), Jan Ethes mampu membuat orang-orang di sekelilingnya terpukau karena sikapnya yang lucu dan enggak rewel selama menemani Jokowi.

Artikel tentang tingkah lucu Jan Ethes saat menemani Jokowi Upacara HUT ke-73 RI yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel kedua terpopuler, yakni alasan mengapa bendera Indonesia Merah Putih. Sedangkan artikel meme HUT ke-73 RI menempati artikel ketiga terpopuler.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Tingkah Lucu Jan Ethes Temani Jokowi Upacara HUT ke-73 RI Jadi Sorotan

Jokowi hadir di upacara Hari Kemerdekaan Indonesia dengan mengenakan baju adat Aceh, menggandeng Jan Ethes yang tampak santai.

Peringatan Hari Kemerdekaan RI memang identik dengan upacara bendera. Hal tersebut pun dilakukan para pemimpin di Tanah Air. HUT RI ke-73 kali ini, Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertindak sebagai pemimpin upacara perayaan HUT RI di Istana Merdeka, Jakarta.

Tak cuma orang-orang di pemerintahan yang menghadiri momen setahun sekali tersebut, rupanya keluarga Presiden ketujuh RI itu juga membawa keluarga besarnya ikut merayakan HUT RI di Istana Merdeka. Tak terkecuali cucu pertama Jokowi yang bernama Jan Ethes Srinarendra.

Selengkapnya...

 

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

2. Tak Banyak yang Tahu, Ini Alasan Mengapa Bendera Indonesia Merah Putih

Sejumlah karyawan menggelar upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka HUT ke 73 RI di Gedung OT Cengkareng, Jakarta, Jumat (17/8). Pengibaran bendera dilanjutkan dengan perlombaan antar karyawan. (Liputan6.com/HO/Iwan)

Tangga; 17 Agustus menjadi hari terpenting bagi bangsa Indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaan di atas penjajah. Bendera yang tak lupa sebagai simbol kenegaraan juga dikibarkan berserta pembacaan teks proklamasi.

Kini sudah 73 tahun lamanya momen bersejarah itu membawa Indonesia sebagai negara merdeka. Tapi, pernahkah kamu berpikir mengapa Indonesia memilih warna merah dan putih ya dalam bendera?

Selengkapnya...

3. Meme Kocak HUT ke-73 RI, Ngenes Tapi Bikin Ketawa Geli

Meme Hari Kemerdekaan RI

Pada Jumat (17/8/2018), masyarakat Tanah Air merayakan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-73. Perayaan HUT RI tentu bisa dilakukan dengan berbagai cara. Masyarakat biasanya akan menggelar upacara pengibaran bendera Merah Putih maupun membuat berbagai lomba khas 17 Agustusan.

Namun, euforia HUT RI tak hanya dirasakan masyarakat umum. Warganet juga turut memeriahkannya dengan berbagai meme kocak bertemakan Hari Kemerdekaan.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bersiap Takjub Lihat 3.500 Kostum Penari dari Rinaldy Yunardi di Asian Games

Posted: 17 Aug 2018 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Asian Games 2018, pesta olahraga terbesar se-Asia akan dibuka lewat opening ceremony yang megah pada Sabtu, (18/8/2018) di stadion utama Gelora Bung Karno (GBK). Sebagai tuan rumah, Indonesia berkesempatan mempromosikan kekayaan budayanya kepada seluruh negara di Asia dan dunia.

Salah satu persembahan yang akan ditampilkan dalam acara pembukaan yaitu tarian dari berbagai daerah di Indonesia yang akan dibawakan 3.500 orang. Desainer aksesori ternama yang mendunia Rinaldy Yunardi dipercaya untuk mendesain kostum semua penari.

Desainer yang akrab disapa Koh Yungyung ini mengungkapkan dirinya merancang kostum untuk tiga segmen dengan 55 desain di acara pembukaan Asian Games.

"Jadi saya membuat desain kostum untuk tiga segmen dalam acara pembukaan Asian Games. Ini menjadi suatu kehormatan bagi saya merancang kostum yang tetap mempertahankan kekayaan budaya Indonesia untuk dipromosikan di kancah internasional," kata Rinaldy Yunardi saat dihubungi via telepon pada Kamis (16/8/2018).

Tiga segmen tersebut adalam earth, fire, dan energy. Ketiga segmen ini mewakili Semangat Asia yang menjadi tema besar Asian Games 2018 di Indonesia ini.

Segmen pertama di pembukaan Asian Games

Segmen pertama yaitu earth lebih mengeksplorasi kekayaan bumi Indonesia. Berkolaborasi dengan koreaografer tanah air Eko Pece, Rinaldy tetap mempertahankan budaya dan busana nusantara dalam koleksi ini. Menggabungkan pakaian tradisional dari semua provinsi yang ada di tanah air sehingga menjadi sebuah koleksi yang istimewa.

Warna yang digunakan lebih bervariasi memperlihat warna-warni yang bumi negeri Indonesia. Rinaldy menggunakan kain-kain nusantara seperti batik dan tenun yang dimodifikasi dengan sentuhan yang modern dan elegan, tanpa meninggalkan nilai-nilai budayanya.

 

Segmen kedua dan ketiga pembukaan Asian Games

Sementara untuk segmen kedua yaitu Fire didominasi kostum berwarna merah. Warna merah berarti semangat perjuangan untuk Indonesia di ajang perhelatan olahraga internasional Asian Games ini.

Terakhir segmen yaitu Energy yang menggambarkan energi positif dan sportivitas dalam perlombaan. Busana ini juga mewakili semangat berjuang bersama dan bergotong royong yang juga merupakan budaya Indonesia. Energi positif ini diterjemahkan Rinaldy Yunardi dalam busana yang didominasi warna putih.

 

Penampilan para artis di pembukaan Asian Games

Selain merancang busana untuk 3.500 penari, Rinaldy Yunardy juga mendesain busana bagi para artis yang akan tampil di pembukaan Asian Games berkolaborasi dengan desainer kondang tanah air yaitu Didi Budiardjo seperti Rossa, Fatin, Anggun, dan GAC.

"Sebelumnya saya membawa nama Indonesia di kancah internasional lewat karya yang digunakan oleh aktris luar negeri. Namun kali ini saya lebih bangga lagi karena langsung membawa Indonesia untuk pertama kalinya di ajang olahraga bergengsi ini. Banyak tantangannya dan semua desain mulai dari persiapan hingga jadi sebuah desain membutuhkan waktu enam bulan," tutup Rinaldy Yunardi.

Madonna pakai headpiece desainer Indonesia Rinaldy A Yunardi di Met Gala 2018 (Instagram @madonna)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Empat Perusahaan BUMN Upacara Kemerdekaan RI ke-73 di Kulon Progo

Posted: 17 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Kulon Progo Sebanyak empat perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yaitu PT Angkasa Pura I (Persero), PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) atau Indonesia Re, dan PT Kliring Berjangka Indonesia atau KBI, melaksanakan Upacara Bendera Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 di Balai Desa Palihan, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jumat (17/8/2018). Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari Program BUMN Hadir Untuk Negeri yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN.

Adapun yang menjadi Inspektur Upacara adalah Direktur Utama Angkasa Pura I dan PIC BUMN Hadir Untuk Negeri Provinsi DIY, Faik Fahmi. Turut hadir dalam pelakasanaan upacara ini, Direktur Pengembangan Usaha Angkasa Pura I Sardjono Jhony Tjitrokusumo, Direktur Teknik Angkasa Pura I Lukman F. Laisa, Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala N Mansury, Direktur Utama Indonesia Re Frans Y Sahusilawane, Direktur Utama KBI Fajar Wibhiyadi, dan Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo.

"Pada pelaksanaan Program BUMN Hadir Untuk Negeri Tahun ini Angkasa Pura I ditunjuk sebagai BUMN Koordinator/PIC untuk Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta bersama dengan Garuda Indonesia, Indonesia Re, dan KBI sebagai BUMN Co. PIC. Program BUMN Hadir Untuk Negeri ini merupakan komitmen kami sebagai BUMN untuk meningkatkan kesejahteraan serta memupuk rasa kebanggaan berbangsa, bertanah air kepada seluruh masyarakat di pelosok negeri," ujar Faik.

Keempat BUMN tersebut juga memeriahkan suasana HUT RI ke-73 di Desa Palihan, Kecamatan Temon, Kulon Progo dengan berbagai hiburan dan perlombaan bersama masyarakat. Beberapa perlombaan yang dilaksanakan, yaitu Panjat Pinang, balap bakiak, balap sarung, balap gelinding ban, gigit koin semangka, tarik tambang, dan lomba makan kerupuk.

"Kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, perwakilan BUMN-BUMN di Provinsi DIY, serta masyakat di Kecamatan Temon yang telah hadir dan memeriahkan Program BUMN Hadir Untuk Negeri disini," ucap Faik.

Dalam kesempatan tersebut, Angkasa Pura I bersama Garuda Indonesia, Indonesia Re, dan KBI juga memberikan bantuan pemenuhan kebutuhan bagi masyarakat Kulon Progo. Penyerahan bantuan secara simbolis, yaitu bantuan elektrifikasi kepada 100 rumah, 70 sarana MCK di 10 desa, penyediaan sarana air bersih di dua desa untuk empat Kartu Keluarga, perbaikan sarana dan prasarana di dua Sekolah Dasar, pemberian beasiswa untuk 30 siswa, serta pembuatan rumah taman baca di Kabupaten Sleman dan Kulon Progo.

"Kami mengapresiasi atas berbagai bantuan pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana bagi masyarakat dan sekolah di Kabupaten Kulon Progo melalui Sinergi antara Angkasa Pura I, Garuda Indonesia, Indonesia Re, dan Kliring Berjangka Indonesia. Semoga Program BUMN Hadir Untuk Negeri ini dapat memberikan kebaikan dan dirasakan manfaatnya bagi masyarakat kami," ujar Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo.

Program BUMN Hadir Untuk Negeri dibuat oleh Kementerian BUMN untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

"Melalui berbagai rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri di Provinsi DIY kami harap dapat membangun pemahaman mengenai peran BUMN sebagai agen pembangunan serta berperan aktif dalam peningkatan kesejahteraan bangsa melalui kerja nyata yang berdampak langsung khususnya bagi masyarakat di Kabupaten Kulon Progo," ucap Faik.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Teror Buaya Menggagalkan Tradisi Upacara di Sungai

Posted: 17 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Medan - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke - 73 di Lingkungan IV, Kelurahan Aur, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara, berubah dari tradisi yang sudah berjalan. Teror buaya hingga berjumlah tiga ekor jadi penyebab.

Menurut Ketua Umum Perkumpulan Remaja Kampung Aur Syahbandar (Perkasa), Reza Anshori Chaniago, pihaknya memindahkan arena perlombaan permainan tradisional di pelataran halaman masjid Kampung Aur.

"Warga di sini masih takut, karena ada yang lihat buaya," kata Reza Anshori, Jumat 17 Agustus 2018.

Sejak didirikan pada tahun 1982, Sanggar Perkasa rutin menggelar upacara bendera dan perlombaan-perlombaan tradisional. Kemudian sejak tahun 2012 hingga 2017, upacara bendera dilakukan di Sungai Deli. Selama lima tahun digelar rutin, tiba-tiba dihentikan karena teror buaya.

"Keputusan rapat menyebutkan masih ada satu ekor buaya dengan ukuran satu badan manusia di perbatasan Sungai Babura dan Sungai Deli. Dari hasil rapat itu, kami sepakat tidak berkegiatan di sungai," kata Reza.

Pantauan Liputan6.com, meski digelar di halaman masjid, masyarakat Lingkungan IV, Kelurahan Aur, tetap antusias dan bersemangat dalam mengikuti berbagai perlombaan yang dilaksanakan. Beberapa perlombaan yang digelar seperti lomba terompah, balap sendal batok, lomba gundu di atas sendok, memasukkan paku dalam botol hingga makan kerupuk.

Meski diteror buaya, kegiatan mereka diharapkan jadi tradisi. Globalisasi budaya terus menggerus budaya lokal, sehingga kegiatan ini diharapkan mampu menjadi benteng.

"Setelah teror buaya itu hilang, dan mulai tenang, akan kami buat lagi di sungai," kata Reza.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Simak video menarik pilihan berikut di bawah:

 

Tetap Meriah

Meski dipindah di halaman masjid, kemeriahan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 tetap meriah. (foto: Liputan6.com/reza efendi)

Sebelumnya warga di pinggiran Sungai Deli menangkap seekor buaya berukuran 1 meter pada 17 Juli 2018.

Buaya ini ditangkap oleh seorang warga bernama Ishak dengan cara memancingnya menggunakan umpan bebek. Ishak menangkap buaya tersebut di Sungai Deli, tepatnya di Gang Nasional, Lingkungan 10, Kelurahan Sei Mati, Kecamatan Medan Maimun.

"Umpan saya lempar ke sungai, buaya itu langsung menerkamnya. Kemudian langsung saya tarik ke pinggir sungai, dan saya tangkap," kata Ishak.

Sebelum ditangkap, buaya itu sudah diintai lama dengan menyisir pinggiran Sungai Deli yang berada di kawasan Kelurahan Sei Mati selama dua minggu.

"Pernah kami coba tangkap menggunakan jaring, tapi gagal," ucapnya.

Ishak menyampaikan tekadnya untuk menangkap buaya lainnya yang diperkirakan ada dua ekor lagi. Sebab pada 6 Juni 2018 lalu, warga Jalan Bahagia, Gang Usaha II, Kelurahan Suka Raja, Medan Maimun, melihat tiga ekor buaya sedang berjemur di pinggir Sungai Deli.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Bisnis Online Bermodal Minim untuk Anak Milenial

Posted: 17 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan era digital sangat lekat dengan generasi milenial. Hal ini bisa dibuktikan dengan sosial media yang sebagian besar diramaikan oleh para generasi milenial, baik itu Twitter, Facebook, Path, hingga Instagram.

Sayangnya, kita selalu berada di posisi orang yang mengonsumsi teknologi, bukan orang yang memanfaatkan teknologi. Padahal, kemajuan teknologi yang dimanfaatkan dengan baik ini bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah yang jumlahnya tak bisa Anda bayangkan sebelumnya. Oleh karena itu, bagaimana kalau mulai sekarang Anda mencoba untuk menjalankan bisnis online?

Ada banyak ide bisnis online yang bisa dilakukan oleh para generasi milenial. Tapi kebanyakan membutuhkan dana modal yang cukup lumayan.

HaloMoney.co.id punya 10 rekomendasi ide bisnis online tanpa modal dana yang bisa dipilih. Anda cukup menyediakan laptop atau komputer, internet, dan pastinya skill atau kemampuan yang Anda kuasai. Ini rekomendasinya!

1. Jadi dropshipper

Ide bisnis online yang pertama adalah menjadi drophipper. Banyak orang yang menyamakan dropshipper dengan reseller. Padahal keduanya ini berbeda. Kalau Anda menjadi reseller, pastinya Anda butuh modal untuk membeli barang dagangan terlebih dahulu, tapi kalau Anda menjadi dropshipper, Anda tak perlu modal untuk membeli barang dagangan.

Sistemnya seperti ini, Anda menjual pakaian milik distributor kepada pembeli, nanti kalau pembeli jadi membeli pakaian tersebut dan sudah membayar kepadamu, pakaian tersebut akan dikirim oleh distributor atas nama dirimu kepada pembeli setelah Anda melakukan pembayaran kepada distributor. Jadi Anda tak perlu keluar modal terlebih dahulu untuk membeli pakaian tersebut. Untung yang didapat adalah dari selisih harga yang Anda cantumkan pada harga yang ada pada toko online-mu sendiri.

Baca juga: Kartu kredit syarat gaji kecil untuk para milenial

 

* Update Terkini Asian Games 2018. Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini

2. Jasa desain grafis

ilustrasi kerja (Ilustrasi: Pexels.com)

Buat yang suka mendesain, Anda bisa menjalankan ide bisnis online jasa desain grafis yang mengandalkan kreativitas, imajinasi, dan seni. Jasa desain grafis yang diberikan bisa berupa jasa pembuatan logo, banner, poster, kemasan, kartu nama, kartu undangan pernikahan, dan lain sebagainya. Ada banyak bukan jasa desain yang bisa Anda tawarkan?

Untuk menarik banyak minat pelanggan, Anda harus membuat portofolio terlebih dahulu agar calon pelanggan bisa melihat sejauh mana kemampuanmu mendesain. Unggah portofolio di Instagram pribadi agar banyak orang yang bisa melihat karyamu.

3. Jasa pembuatan website

Punya kemampuan membuat website? Manfaatkan kemampuanmu tersebut sebagai ide bisnis online untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Anda bisa menawarkan untuk membuat website e-commerce, toko online, atau perusahaan.

Skill membuat website memang terbilang cukup tinggi. Jika Anda belum terlalu mahir untuk mengambil proyek besar, Anda bisa memulai dari proyek kecil terlebih dahulu seperti jasa membuat blog seperti blogger atau wordpress yang lebih ringan dan mudah dioperasikan.

4. Jasa affiliate marketing

Cara mengejutkan dan simpel agar tubuhmu lebih produktif dari biasanya. (Sumber Foto: PureWow)

Pernah mendengar affiliate marketing? Affiliate marketing ini merupakan orang yang membantu mempromosikan sebuah produk atau jasa, bisa milik orang lain ataupun perusahaan ternama.

Caranya adalah dengan me-review, baik itu review lewat video atau tulisan melalui blog pribadi atau website serta sosial media milikmu. Nantinya, Anda bisa mendapatkan uang komisi dari hasil promosi tersebut.

5. Jual foto

Jika dijalani dengan tekun, hobi seseorang bisa menjadi ladang bisnis yang sangat menjanjikan. Contohnya saja hobi fotografi.

Jika Anda bisa membidik foto yang apik dan menarik, Anda bisa menjual hasil fotomu tersebut di beberapa website yang khusus menjual foto seperti shutterstock.com, istockphotos.com, dreamstime.com, dan lain sebagainya.

Usahakan untuk selalu mencaritahu foto apa yang banyak diinginkan dan dibutuhkan oleh masyarakat karena tingkat permintaannya pasti lebih tinggi.

Baca juga: Kartu kredit terbaik 2018 dari berbagai bank

6. Bisnis paket wisata

Awal tahun menjadi momen yang tepat untuk memulai hal-hal baru dan menantang. Salah satu yang bisa dilakukan adalah liburan yang memicu adrenalin. Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, cukup di Jakarta saja.

Bisnis travel di Indonesia memang sangat laku keras, baik itu yang menawarkan wisata dalam negeri maupun luar negeri. Biasanya agen travel akan menawarkan paket wisata 3 hari 2 malam atau 5 hari 4 malam sehingga harganya jadi lebih murah.

Nah, Anda bisa menjadikan bisnis travel ini sebagai ide bisnis online. Tawarkan paket wisata yang sesuai dengan tren atau yang sesuai dengan kepribadian calon pelanggan Anda. Gandeng beberapa perusahaan travel untuk dapat menjalankan bisnis paket wisata ini.

Itulah enam bisnis online modal ringan untuk para millennial. Bisnis ketujuh dan seterusnya dapat Anda baca di blog HaloMoney.co.id. Selalu gunakan HaloMoney.co.id untuk mengajukan kartu kredit, pinjaman tanpa agunan dan asuransi terbaik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asian Games 2018: Tak Ada Rival, Atlet Rowing Indonesia Siap Raih Emas

Posted: 17 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Atlet rowing Indonesia, Ardi Isadi, optimistis bisa meraih medali emas pada Asian Games 2018. Ia menyebut emas bisa didapat dari lomba di nomor 8+.

"Saya main di dua nomor, 4- dan 8+. Kalau di 4- lawan terberat saya mungkin Tiongkok. Kalau 8+ saya kira tidak ada yang saya takuti. Mungkin di situ berpeluang medali emas," kata Ardi ditemui usai latihan di Jakabaring Sport City, Palembang.

Ardi mengatakan, tim rowing Indonesia sudah menjalani pemusatan latihan selama tiga bulan di Belanda. Karena itu, ia mengaku tim rowing saat ini hanya tinggal fokus untuk mengejar target medali emas.

Terkait sarana rowing di Asian Games 2018, Ardi mengaku sejauh ini tidak ada kendala. "Perahunya sudah oke, dayungnya juga sudah oke. Kita tinggal kejar target saja," ujar Ardi.

Cabang rowing akan mulai bertanding di Asian Games 2018, Minggu, (19/8/2018). Cabang ini menjadi salah satu dari 10 cabang andalan Indonesia untuk meraih medali emas.

 

<p><em><strong>* Update Terkini <a href="https://www.liputan6.com/tag/asian-games-2018">Asian Games 2018</a> Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia <a href="https://www.liputan6.com/asian-games">di Sini</a>.</strong></em></p>

Raih Perunggu

Ardi Isadi sendiri tercatat merupakan peraih medali perunggu di Asian Games 2014. Ketika itu, ia berkompetisi di kelas ringan empat pendayung bersama rekannya, Tanzil Hadid, Muhad Yakin, dan Ihram.

Medali tersebut merupakan satu-satunya yang dipersembahkan cabang rowing pada Asian Games 2014. Meskipun, rowing saat itu turun di 14 nomor yang dilombakan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

HUT Ke-73 RI, Menlu Malaysia: Semoga Hubungan Akrab Malaysia-RI Kekal Utuh Selamanya

Posted: 17 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Malaysia adalah salah satu negara yang posisinya terdekat dengan Indonesia. Bahkan orang-orangnya berasal dari akar rumput yang sama, yakni bangsa Melayu. Tak heran banyak keturunan Indonesia yang kini tinggal di Malaysia atau sebaliknya. Sebagai negara tetangga, Malaysia sudah lama menjalin hubungan bilateral dengan Indoneisa.

Meski sempat mengalami "pasang-surut", namun Indonesia dan Malaysia tetap bisa memupuk kerja sama dan menciptakan keselarasan yang berguna bagi keduanya, bahkan di tingkat ASEAN.

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-73 Republik Indonesia, Malaysia melalui Menteri Luar Negerinya, Saifuddin Abdullah, menyampaikan ucapan selamat kepada pemerintah dan rakyat di Tanah Air. Pernyataan ini ia katakan dalam akun Twitter pribadinya @saifuddinabd.

"Selamat Ulang Tahun Ke-73 buat negara jiran serumpun Republik Indonesia. Moga hubungan akrab Malaysia-RI kekal utuh selamanya. Dirgahayu Republik Indonesia. #HUTRI73 @jokowi @Menlu_RI," tulis Saifuddin pada 17 Agustus 2018 pukul 23.20 waktu setempat.

Politikus dari Partai Keadilan Rakyat ini sebelumnya pernah melakukan lawatan perdananya ke Indonesia pada bulan lalu sejak dilantik menjadi menteri luar negeri Malaysia pada 2 Juli 2018. Saifuddin tiba di Jakarta pada Jumat, 20 Juli dan berada di Indonesia selama tiga hari hingga Senin, 23 Juli.

Dalam keterangan resmi yang diterima Liputan6.com, Sabtu 21 Juli, kedatangan Saifuddin merupakan kelanjutan dari kunjungan kenegaraan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Muhammad ke Istana Kepresidenan RI di Bogor, 29 Juni.

Selama di Indonesia, pria berusia 57 tahun itu telah bertatap muka dengan Presiden Jokowi, Menlu Retno Marsudi, para pelajar Malaysia yang sedang menempuh pendidikan di Indonesia, Ketua DPR, LSM, dan mengikuti diskusi bersama Centre for Strategic and International Studies(CSIS).

Dalam kunjungan tersebut, kedua negara membahas sejumlah isu penting yang menjadi fokus utama pemerintah Indonesia dan Malaysia meliputi Tenaga Kerja Indonesia (TKI), ekspor kelapa sawit, perbatasan kedua negara, serta beberapa aspek bilateral lain, kata pejabat Kementerian Luar Negeri RI saat memaparkan detail rencana agenda pertemuan kedua menteri.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan live streaming Asian Games 2018 di bawah ini:

Soal TKI di Malaysia

Menlu RI Retno Marsudi memberikan keterangan usai pertemuan trilateral di Gedung Agung Yogyakarta, Kamis (5/5). Indonesia, Malaysia dan Filipina menggelar pertemuan membahas keamanan maritim antara ketiga negara. (Boy Harjanto)

Kemenlu RI menjelaskan, Menlu Retno dan Menlu Saifuddin akan membahas teknis soal rencana Jokowi-Mahathir terkait upaya penguatan perlindungan TKI di Malaysia serta gagasan untuk memberikan akses pendidikan bagi anak-anak pekerja migran RI yang ikut merantau bersama orang tuanya ke Negeri Jiran.

"Soal TKI menjadi perhatian kedua menteri. Setiap tahunnya, jumlah TKI di Malaysia terus bertambah. Kehadiran pekerja migran kita di sana juga berkontribusi bagi perekonomian kedua negara," kata Denny Abdi, Direktur Asia Tenggara Kemlu RI, di Kemenlu, Rabu 18 Juli 2018.

"Bapak Jokowi dan Tun Mahathir juga telah mengungkapkan keinginan untuk memberikan akses pendidikan bagi anak Indonesia yang ikut bersama orangtuanya yang bekerja di Malaysia ... Soal teknisnya, akan dibahas lebih lanjut oleh menteri masing-masing negara," dia menambahkan.

Kelapa Sawit

Denny Abdi menjelaskan, isu seputar kelapa sawit juga akan menjadi agenda pembahasan dalam pertemuan Menlu Retno - Menlu Saifuddin.

"Indonesia dan Malaysia punya kepentingan bersama soal minyak kelapa sawit, di mana barang itu merupakan komoditas ekspor andalan kedua negara," kata Denny.

"Kedua menteri akan berupaya untuk menghapuskan polemik diskriminasi kelapa sawit dari sejumlah negara Uni Eropa," kata Direktur Asia Tenggara Kemenlu RI itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Paskibraka Nasional dari Lampung Raih Posisi Danpok Lagi

Posted: 17 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Satu lagi Paskibraka 2018 yang dapat mempertahankan posisi bergengsi yang pernah diraih sang senior tahun lalu.

Dia adalah Genta Lembang. Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang lolos ke tingkat nasional membawa nama provinsi Lampung.

Paskibraka yang dipercaya seluruh penghuni Desa Bahagia untuk menjadi Lurah, ditunjuk pelatih sebagai Komandan Kelompok (Danpok) 8 untuk tim Bangsa pada upacara penurunan bendera HUT ke-73 Republik Indonesia di Istana Negara, Jumat, 17 Agustus 2018.

Tahun lalu, Paskibraka 2017 dari Lampung, Muhammad Ridho Nur Sufi juga menjadi Danpok tapi untuk pasukan 17 pada upacara di sore hari.

Ridho yang datang ke Jakarta bersama teman-teman Paskibraka dari kelompok Merah Putih untuk ikut upacara di Istana Negara, mengaku, tidak kaget mengetahui Genta memperoleh posisi penting tersebut.

 

Paskibraka Lampung Raih Posisi Bergengsi Lagi

Menurut Genta, Hapkido Tidak Berbeda Jauh dari Paskibraka yang Juga Mengajarkan Pentingnya Arti Disiplin yang Harus Dia Miliki (Foto: M Fajri Erdyansyah)

Dia sudah menyangka bahkan sejak masih di Lampung lantaran juniornya itu punya keterampilan baris berbaris yang baik, dan punya sifat jiwa pantang menyerah.

"Genta orang yang mau terus belajar. Dia juga respek sama seniornya. Plus, orangnya sangat-sangat inisiatif," kata Ridho kepada Diary Paskibraka.

Genta, lanjut Ridho, diketahui juga sebagai junior yang banyak bertanya mengenai pelatihan di tingkat nasional. Setelah bertanya, Paskibraka yang juga atlet Hapkido itu melatihnya di rumah.

"Kebetulan kami satu kabupaten, jadi aku ikut melatih dia. Ridho juga kasih arahan kayak mana diklat di Cibubur itu," kata Ridho.

Ridho pun senang juniornya bisa meraih posisi yang lebih tinggi dari dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

JKT48 Tampil Menawan di Puncak Kirab Obor Asian Games 2018

Posted: 17 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Banyak pihak termasuk artis tenar yang terlibat dalam acara Asian Games 2018. Entah itu di momen pembukaan atau di sesi kirab obor atau api Asian Games 2018.

Salah satu artis itu adalah JKT48. Diketahui, idol yang terdiri dari sejumlah perempuan cantik dan imut ini menjadi pengisi acara di puncak obor Asian Games 2018. 

Aksi JKT48 meramaikan pelepasan puncak obor Asian Games 2018 atau Torch Relay Asian Games 2018 berlangsung di Jakarta, Sabtu (18/8/2018) pagi.

Sejak Sabtu pagi sejumlah warga masyarakat sudah berdatangan untuk menikmati acara. Termasuk masyarakat dari pinggiran Ibu Kota yang juga turut merasakan euforia Asian Games 2018

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan video berikut ini:

Dari Monas ke GBK

Girlband JKT48 saat tampil dalam acara puncak Kirab Obor Asian Games 2018 di Monas, Jakarta, Sabtu (18/8). Obor Asian Games 2018 diarak dari Monumen Nasional (Monas) menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Puncak acara Kirab Obor Asian Games 2018, adalah arak-arakan api obor di sepanjang jalan mulai dari Monumen Nasional (Monas) di Jakarta Pusat, menuju ke Gelora Bung Karno (GBK), Senayan.

Rutenya, melewati jalan Thamrin dan jalan Sudirman, dua jalan protokol di Jakarta. Acara ini Sabtu pagi dihadiri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

JKT48 Dielu-elukan

Girlband JKT48 saat tampil dalam acara puncak Kirab Obor Asian Games 2018 di Monas, Jakarta, Sabtu (18/8). Obor Asian Games 2018 diarak dari Monumen Nasional (Monas) menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Seperti biasa di mana ada JKT48 bakal ada kerumunan masyarakat. Idol yang diawaki sejumlah perempuan cantik ini memang memiliki banyak penggemar. 

 

Koreografi Khas

Girlband JKT48 saat tampil dalam acara puncak Kirab Obor Asian Games 2018 di Monas, Jakarta, Sabtu (18/8). Obor Asian Games 2018 diarak dari Monumen Nasional (Monas) menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pagi tadi, JKT48 mengenakan salah satu seragam panggungnya yang berwarna cokelat dengan motif khas brand dunia itu. Mereka menyanyi sejumlah hit dengan koreografi khas. JKT48 tampil enerjik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Warganet Meriahkan Pawai Obor Asian Games 2018

Posted: 17 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Obor Asian Games 2018 menjadi salah satu trending topic populer di Twitter.

Obor api abadi tersebut diarak secara estafet dari silang Monas menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno, pada hari ini, Sabtu (18/8/2018).

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menjadi pelari pertama yang membawa obor Asian Games dari atas panggung di Monas dan berlari sepanjang 100 meter.

Obor kemudian dibawa lari secara estafet oleh pejabat-pejabat lain. Dalam sambutannya, Anies mengaku bangga Jakarta bisa menjadi saksi sejarah Asian Games.

"Kita semua merasa bangga dan kita semua yang di Monas jadi saksi sejarah dan kita sambut bersama. Ini peristiwa yang tak mungkin kita alami dalam waktu dekat," kata Anies di Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (18/8/2018).

Adapun Obor Asian Games pada hari ini, dibawa melalui Silang Monas Barat Daya - Silang Monas Tenggara - Jl. Medan Merdeka Selatan - Jl. MH Thamrin - Bundaran HI - Jl. Jenderal Sudirman - Berputar di Bundaran Senayan - Jl. Gatot Subroto - Jl. Palmerah Timur - Jl. Gelora - Jl. Gerbang Pemuda - Putar Balik di bawah flyover Gerbang Pemuda - dan masuk melalui Pintu 10 GBK Senayan.

Pantauan Tekno Liputan6.com, banyak warganet memeriahkan kirab obor Asian Games 2018 tersebut. Berikut beberapa cuitan terkait obor Asian Games 2018:

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

7 Fakta Upacara Pembukaan Asian Games 2018 (I)

Ketua Inasgoc Erick Thohir saat menyalakan api obor Asian Games 2018 ke Presiden Joko Widodo sebelum upacara penurunan Bendera Merah Putih di Istana Negara Jakarta, Jumat (17/8). (Liputan6.com/Pool/Eko)

Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Upacara pembukaan Asian Games ke-18 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (19/8/2018).

Rencananya, Asian Games 2018 akan dibuka dengan pertunjukan kolosal sebagai bukti kepada dunia bahwa Indonesia adalah sebuah bangsa yang besar dan mampu menyelenggarakan sebuah event berskala Internasional.

Bagaimana kira-kira keseruan pesta pembukaan Asian Games 2018 yang digadang-gadang akan ditonton miliaran penonton di seluruh dunia? Beriktu beberapa fakta tentang acara tersebut:

1. Dimeriahkan musisi kebanggaan Indonesia

Upacara pembukaan Asian Games akan dimeriahkan oleh para musisi kebanggaan Indonesia, termasuk Anggun yang namanya sudah terkenal di kancah internasional. Tidak ketinggalan Raisa, Tulus, Via Vallen, Ariel NOAH, Rossa, Rian D'Masiv, Cakra Khan, Rinni Wulandari, Wizzy, Edo Kondologit, Putri Ayu, Fatin, GAC, dan Kamasean.

2. Panggung spektakuler

Para bintang akan tampil di atas panggung spektakuler dengan ukuran panjang 120 meter, lebar 30 meter, serta tinggi 26 meter.

Panggung akan menampilkan pemandangan gunung yang besar dan dilengkapi dengan berbagai tumbuhan ciri khas Indonesia, dibuat secara manual oleh perajin asal Bandung dan Jakarta.

3. Penampilan ribuan penari

Sekitar 5.000 penari akan menambah semarak pesta pembukaan. Mereka akan menampilkan tarian dari arahan koreografer andal, Denny Malik dan Eko Supriyanto.

Penari diambil dari para pendaftar dan melibatkan ragam usia untuk ikut serta dalam ajang multicabang olahraga se-Asia.

4. Ratusan pemusik

Panggung spektakuler diramaikan oleh ratusan pemusik di bawah arahan Addie MS dan Ronald Steven, seniman musik yang sudah tak asing lagi di Indonesia.

7 Fakta Upacara Pembukaan Asian Games 2018 (II)

Suporter Indonesia menampilkan koreografi bendera Merah Putih jelang menyaksikan laga Indonesia lawan Laos pada penyisihan Grup A Sepak Bola Asian Games 2018 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat (17/8). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

5. Sosok di belakang layar

Pesta pembukaan Asian Games melibatkan sosok-sosok yang hebat di bidangnya, antara lain Wishnutama sebagai direktur kreatif, Ronald Steven dan Addie MS sebagai penata musik, Eko Supriyanto dan Denny Malik sebagai koreografer, Dynand Fariz dan Rinaldy Yunardi sebagai penata busana.

6. Tiket menonton

Tiket untuk upacara pembukaan dibanderol dengan harga Rp 750.000 sampai Rp 5 juta. Namun, masyarakat Indonesia juga dapat menyaksikannya di seluruh stasiun televisi nasional.

7. Atlet legendaris pembawa obor

Obor Asian Games yang sudah diarak di berbagai penjuru negeri akan dibawa ke SUGBK saat upacara pembukaan. Ada enam atlet legendaris yang akan menyalakan obor ke kalderon saat pembukaan, namun siapa saja mereka dan bagaimana prosesnya masih menjadi rahasia sebagai kejutan kepada masyarakat Indonesia.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Fans Aretha Franklin Berkumpul di Walk of Fame

Posted: 17 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penggemar berbondong-bondong datang untuk memberikan penghormatan terakhir untuk Aretha Franklin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pevoli Cantik Bakal Jadi Pembawa Bendera Thailand di Asian Games 2018

Posted: 17 Aug 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kontingen Thailand menunjuk Pleumjit Thinkaow sebagai pembawa bendera dalam upacara pembukaan Asian Games 2018 petang nanti. Penunjukan ini terbilang istimewa karena Pleumjit menjadi atlet wanita pertama yang membawa bendera kontingen Thailang sejak 20 tahun terakhir.

Terakhir kali pembawa bendera Thailand dipercayakan pada atlet perempuan adalah tahun 1998. Tepatnya saat mereka menjadi tuan rumah di ajang yang sama.

Saat itu bendera Thailand dibawa oleh Raewadee Sritao. Dai adalah sprinter andalan Thailand.

"Saya senang bisa membawa bendera kontingen untuk Asian Games 2018. Apalagi ini adalah Asian Games terakhir saya," ujar Pleumjit seperti dilansir Bangkok Post.

"Sebagai atlet wanita saya tak menyangka bisa mendapat kepercayaan ini. Sungguh saya sangat bangga," kata pevoli cantik itu menambahkan.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Bidik Medali

Pleumjit Thinkaow akan menjadi pembawa bendera Thailand di opening ceremony Asian Games 2018. (AFP/ Mohd Rasfan)

Pleumjit pun berharap kepercayaan itu bisa membuat tim voli putri Thailand berprestasi di Asian Games 2018. Terlebih pada Asian Games 2014, mereka sukses meraih perunggu.

"Kami tahu kompetisi di Asian Games kali ini sangat ketat. Namun target kami adalah meraih medali," ujar Pleumjit yang juga kapten tim voli Thailand.

Di sisi lain, Ketua Kontingen Thailand, Thana Chaiprasit mengungkapkan alasan Pleumjit menjadi pembawa bendera di Asian Games kali ini.

Komentar CdM

Pekerja sedang merampungkan pengerjaan logo Asian Games 2018 di Bundaran HI, Jakarta, (17/8/2017), Asian Games mengambil tema Energy Of Asia dan akan dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

"Pleumjit adalah salah satu atlet terbaik Thailand. Dia telah memenangkan banyak gelar selama kariernya," ujar Thana.

"Selain itu ini adalah Asian Games terakhirnya. Jadwal bertandingnya juga memungkinkan kami untuk menunjuknya," kata Thana menambahkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Inggris: Tensi Panas Derbi London

Posted: 17 Aug 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, London - Derbi London akan memanaskan pekan kedua Liga Inggris 2018-19. Chelsea bakal menghadapi Arsenal di Stamford Bridge, London, Sabtu (18/8/2018) malam WIB.

Meski bermain di kandang, Chelsea sangat mewaspadai performa Arsenal pada pekan kedua Liga Inggris. The Gunners akan mencoba bangkit usai kalah 0-2 dari Manchester City pada pekan lalu.

Sementara itu, Chelsea memiliki modal positif untuk menjalani laga ini. Tim racikan Maurizio Sarri itu menang 3-0 atas tuan rumah Huddersfiel Town.

Menjamu Arsenal, Chelsea belum bisa diperkuat Cesc Fabregas. Gelandang asal Spanyol itu mempunyai masalah di lututnya."Saya berharap dia (Fabregas) bisa berada di lapangan pekan depan. Tidak ada yang terlalu serius, tapi dia mengalami cedera yang tidak biasa," kata Sarri.

Sarri mengisyaratkan akan menurunkan susunan pemain yang sama melawan Arsenal seperti saat menghadapi Huddersfield. Alvaro Morata akan menjadi ujung tombak The Blues pada laga nanti.

"Saya tidak mengkhawatirkan Morata. Dia hanya membutuhkan kepercayaan diri dan dia tetap pemain hebat," ucap mantan pelatih Napoli itu.

Perubahan Pemain

Reaksi Manajer Arsenal Unai Emery pada laga Liga Inggris melawan Arsenal di Emirates Stadium, Minggu (12/8/2018). (AP Photo/Tim Ireland)

Di kubu Arsenal, Manajer Unai Emery akan mengubah komposisi pemainnya usai dipermalukan Manchester City. Penyerang asal Prancis, Alexandre Lacazette, dan gelandang mungil asal Uruguay, Lucas Torreira, kemungkinan dimainkan di laga ini.

Torreira akan mendapat tugas mematikan lini tengah Chelsea dan melapis pemain belakang untuk meredam pergerakan Eden Hazard. "Dia bermain selama 15 sampai 20 menit melawan City dan saya rasa ini bagus. Saya ingin dia terus berkembang dan bisa terus bermain," ucap Emery.

Jadwal Lengkap Liga Inggris

Sabtu, 18 Agustus 2018 - 18.30

Cardiff City vs Newcastle United

Sabtu, 18 Agustus 2018 - 21.00

Everton vs Southampton

Leicester City vs Wolverhampton Wanderes

Tottenham Hotspur vs Fulham

West Ham United vs AFC Bournemouth

Sabtu, 18 Agustus 2018 - 23.30

Chelsea vs Arsenal

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Thailand Tunjuk Pevoli Cantik Sebagai Pembawa Bendera di Asian Games 2018

Posted: 17 Aug 2018 09:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kontingen Thailand menetapkan Pleumjit Thinkaow sebagai pembawa bendera dalam upacara pembukaan Asian Games 2018 Sabtu (18/8/2018). Pleumjit menorehkan sejarah sebagai atlet wanita pertama yang membawa bendera kontingen Thailan sejak 20 tahun terakhir.

Terakhir kali pembawa bendera Thailand dipercayakan pada atlet perempuan adalah tahun 1998. Tepatnya saat mereka menjadi tuan rumah di ajang yang sama.

Saat itu bendera Thailand dibawa oleh Raewadee Sritao. Dai adalah sprinter andalan Thailand.

"Saya senang bisa membawa bendera kontingen untuk Asian Games 2018. Apalagi ini adalah Asian Games terakhir saya," ujar Pleumjit seperti dilansir Bangkok Post.

"Sebagai atlet wanita saya tak menyangka bisa mendapat kepercayaan ini. Sungguh saya sangat bangga," kata pevoli cantik itu menambahkan.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Bidik Medali

Pleumjit Thinkaow akan menjadi pembawa bendera Thailand di opening ceremony Asian Games 2018. (AFP/ Toshifumi Kitamura)

Pleumjit pun berharap kepercayaan itu bisa membuat tim voli putri Thailand berprestasi di Asian Games 2018. Terlebih pada Asian Games 2014, mereka sukses meraih perunggu.

"Kami tahu kompetisi di Asian Games kali ini sangat ketat. Namun target kami adalah meraih medali," ujar Pleumjit yang juga kapten tim voli Thailand.

Di sisi lain, Ketua Kontingen Thailand, Thana Chaiprasit mengungkapkan alasan Pleumjit menjadi pembawa bendera di Asian Games kali ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenakan Pakaian Ihram, Nia Ramadhani Dibilang Mirip Bidadari

Posted: 17 Aug 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tahun ini Nia Ramadhani berkesempatan menunaikan rukun Islam yang kelima bersama sang suami, Ardi Bakrie. Sejak tiga hari lalu, mereka telah tiba di Tanah Suci untuk menunaikan ibadah tersebut.

Sebelum berhaji, Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie terlebih dahulu menunaikan umrah. Di sela-sela ibadah, pasangan yang menikah sejak 2010 silam ini berfoto di depan Kakbah bersama beberapa jemaah lainnya.

"Alhamdulillah baru selesai melaksanakan ibadah umroh bersama saudara2. Smga diterima Allah SWT. Amiin," tulis Ardi Bakrie sebagai keterangan foto di Instagramnya, Jumat (17/8/2018).

Dalam foto itu, Ardi Bakrie memperlihatkan senyum dalam balutan busana ihram, begitu juga dengan istrinya. Nia Ramadhani terlihat anggun dengan jilbab yang ia kenakan di Masjidil Haram, Makkah.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan video berikut ini:

Dipuji

[Foto: Instagram Ardi Bakrie]

Komentar warganet pun berhamburan datang.

"SubhanaAllah mb nia seperti melihat bidadari," ujar pengguna akun Instagram @bilal.malika.

"Masya allah. Mbak nia cantik apalagi kl berpakaian begini malah tambah semakin cantik," tulis @le.nny9016.

"Masya Allah nia makin cantik pakai hijab, smoga dapat hidayah untuk selalu menutup aurat," tambah @anisah.fia.

Sempat Dikritik

[Foto: Instagram]

Sementara itu, sebelumnya Nia Ramadhani sempat menuai protes dari sejumlah warganet. Tak seperti kebanyakan jemaah haji lainnya, Nia Ramadhani memilih tak mengenakan busana muslim ataupun hijab dalam perjalanan ke Tanah Suci.

Mengintip akun Instagram fanbase Nia Ramadhani, ibu dari tiga orang anak ini terlihat memakai busana kasual saat di bandara. Ia mengenakan kaus hitam berlengan pendek yang dipadukan dengan celana panjang berwarna senada.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dukung Asian Games, Pertamina Bangun Fasilitas Bowling Berskala Internasional

Posted: 17 Aug 2018 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Para atlet pelatnas boling Indonesia terlihat fokus dan rutin melakukan latihan dan uji coba di Gedung Bowling Center Jakabaring Sport City (JSC). Ditunjang mesin boling berteknologi tinggi, menjadi semangat tersendiri bagi para atlet nasional mencapai target perolehan emas dalam pesta olahraga Asian Games 2018.

Bowling Center JSC merupakan salah satu pusat boling terbaik dunia dengan infrastruktur dan sarana penunjang berstandar internasional. Semua peralatannya menggunakan mesin teknologi terbaru Xlii Edge dari American Machine and Foundry (AMF).

AMF merupakan penyedia peralatan boling terbesar dunia yang diakui keandalannya. Pengakuan atas kemutakhiran arena boling ini tecermin dari sertifikasi Asian Bowling Federation untuk level internasional serta Persatuan Boling Indonesia untuk tingkat nasional.

Pusat boling ini memiliki 40 lintasan dengan lapisan yang mulus sempurna, sehingga para atlet bisa memperoleh nilai terbaik. Semua fasilitas lintasan juga mesin boling telah terpasang sejak Januari 2018.

Infrastruktur Bowling Center tersebut merupakan sumbangan dari PT Pertamina (Persero) dengan nilai sebesar Rp 41 miliar. Sumbangan itu tidak hanya untuk peralatan dan mesin boling, tapi juga mesin pendingin serta instalasi kelistrikan.

Perseroan pun turut mendukung landscape rusunawa melalui bantuan sebesar Rp 1 miliar. Vice President Corporate Social Responsibility dan Small Medium Enterprise and Partnership Program Pertamina, Agus Mashud, mengatakan bahwa pemberian dana CSR Pertamina untuk pembangunan venue Bowling Center di JSC merupakan wujud komitmen perusahaan dalam menyukseskan pesta olahraga terbesar di Asia tahun ini.

"Diharapkan cabang olahraga boling dapat membawa nama harum Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018," ujarnya.

Selain membangun Bowling Center, Pertamina ikut ambil bagian dalam kirab obor (torch relay) Asian Games 2018 di 5 kota, yaitu Malang, Sorong, Makassar, Pekanbaru, dan Jakarta. Di Malang, atlet panahan nasional penyumbang medali pertama untuk Indonesia di Olimpiade Seoul pada 1988, Lilis Handayani, berlari membawa obor mewakili Pertamina.

Sebagai perusahaan negara dan salah satu official prestige partner Asian Games 2018, Pertamina terlibat dalam setiap tahapan perhelatan olahraga akbar regional ini. Kirab obor Asian Games 2018 akan mengelilingi kota-kota di Indonesia, dari Aceh sampai Papua, dengan total jarak tempuh 18 ribu kilometer.

Api obor Asian Games 2018 mulai diarak dari Kota Yogyakarta pada Kamis (19/8/2018) dan akan berakhir di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Di Jakarta, Pertamina menjadi pembawa obor Asian Games dengan diwakili Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia, Heru Setiawan, pada Sabtu (18/8/2018).

"Antusiasme warga menanti kedatangan obor api Asian Games diharapkan bisa menjadi energi bagi para atlet nasional yang akan berlaga mengharumkan nama bangsa," ucap Vice President Corporate Communication Pertamina, Adiatma Sardjito.

Ia menambahkan, nilai total bantuan Pertamina untuk perhelatan akbar tersebut sebesar Rp 117 miliar, termasuk dukungan berupa barang dan jasa.

"Pertamina berharap Asian Games 2018 akan berjalan lancar, sehingga akan mengharumkan nama baik Indonesia di mata internasional," kata Adiatma.

 

 

(Adv)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sandiaga Uno Terharu Jakarta Mampu Jadi Tuan Rumah Asian Games

Posted: 17 Aug 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bakal calon wakil presiden Sandiaga Uno mengaku terharu Pemprov DKI dapat membuktikan mampu mempersiapkan diri menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

Padahal, menurut Sandi, sejak awal Jakarta kerap diremehkan. "Saya terharu terus terang. DKI diragukan bisa siap, tapi DKI siap," kata Sandi di SMA Pangundi Luhur, Jaksel, Sabtu (18/8/2018).

Kurangnya deman Asian Games yang juga sempat dikritik, menurut Sandi terbantahkan dengan antusiame warga Jakarta saat ini.

"Masyarakat antusias. Luar biasa. Saya terharu, kita ternyata mampu menjadi bangsa kalau kita saling mendukung ini," katanya.

Sandiaga menyambut pesta olahraga Asian Games dengan melakukan pertandingan basket dengan tim basketnya. Tim itu sudah terbentuk sejak ia dibangku sekolah dasar. "Hobi basket, ini rutin setiap Sabtu," ucapnya.

Mantan Wagub DKI itu berencana menonton pembukaan dan pertandingan basket antara Indonesia melawan Thailand.

"Selasa cari tiket basket Indonesia Thailand. Insya Allah pembukaan Asian Games sukses semuanya dan menggunakan Asian Games ini meningkatkan prestasi olahraga kita," tuturnya.

"Kita tahu Korea Selatan waktu mengadakan Asian Games 86 itu menjadi salah satu pemicu mereka menjadi negara maju. Indonesia jangan sia-siakan kesempatan ini, Asian Games harus jadi pemersatu kita," tandas Sandi.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Penampilan Energik JKT48 Ramaikan Puncak Kirab Obor Asian Games 2018

Posted: 17 Aug 2018 09:30 PM PDT

Aksi para personel girlband JKT48 saat tampil dalam puncak Kirab Obor Asian Games 2018 di Monas, Jakarta, Sabtu (18/8). Obor Asian Games 2018 diarak dari Monumen Nasional (Monas) menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aksi para personel girlband JKT48 saat tampil dalam puncak Kirab Obor Asian Games 2018 di Monas, Jakarta, Sabtu (18/8). Obor Asian Games 2018 diarak dari Monumen Nasional (Monas) menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Girlband JKT48 saat tampil dalam acara puncak Kirab Obor Asian Games 2018 di Monas, Jakarta, Sabtu (18/8). Obor Asian Games 2018 diarak dari Monumen Nasional (Monas) menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Girlband JKT48 saat tampil dalam acara puncak Kirab Obor Asian Games 2018 di Monas, Jakarta, Sabtu (18/8). Obor Asian Games 2018 diarak dari Monumen Nasional (Monas) menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aksi para personel girlband JKT48 saat tampil dalam puncak Kirab Obor Asian Games 2018 di Monas, Jakarta, Sabtu (18/8). Obor Asian Games 2018 diarak dari Monumen Nasional (Monas) menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aksi para personel girlband JKT48 saat tampil dalam puncak Kirab Obor Asian Games 2018 di Monas, Jakarta, Sabtu (18/8). Obor Asian Games 2018 diarak dari Monumen Nasional (Monas) menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Girlband JKT48 saat tampil dalam acara puncak Kirab Obor Asian Games 2018 di Monas, Jakarta, Sabtu (18/8). Obor Asian Games 2018 diarak dari Monumen Nasional (Monas) menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Girlband JKT48 saat tampil dalam acara puncak Kirab Obor Asian Games 2018 di Monas, Jakarta, Sabtu (18/8). Obor Asian Games 2018 diarak dari Monumen Nasional (Monas) menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aksi para personel girlband JKT48 saat tampil dalam puncak Kirab Obor Asian Games 2018 di Monas, Jakarta, Sabtu (18/8). Obor Asian Games 2018 diarak dari Monumen Nasional (Monas) menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aksi para personel girlband JKT48 saat tampil dalam puncak Kirab Obor Asian Games 2018 di Monas, Jakarta, Sabtu (18/8). Obor Asian Games 2018 diarak dari Monumen Nasional (Monas) menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Girlband JKT48 saat tampil dalam acara puncak Kirab Obor Asian Games 2018 di Monas, Jakarta, Sabtu (18/8). Obor Asian Games 2018 diarak dari Monumen Nasional (Monas) menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Girlband JKT48 saat tampil dalam acara puncak Kirab Obor Asian Games 2018 di Monas, Jakarta, Sabtu (18/8). Obor Asian Games 2018 diarak dari Monumen Nasional (Monas) menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aksi para personel girlband JKT48 saat tampil dalam puncak Kirab Obor Asian Games 2018 di Monas, Jakarta, Sabtu (18/8). Obor Asian Games 2018 diarak dari Monumen Nasional (Monas) menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aksi para personel girlband JKT48 saat tampil dalam puncak Kirab Obor Asian Games 2018 di Monas, Jakarta, Sabtu (18/8). Obor Asian Games 2018 diarak dari Monumen Nasional (Monas) menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ribuan Penari dan Penyanyi Top Bakal Meriahkan Upacara Pembukaan Asian Games 2018

Posted: 17 Aug 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Upacara pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (19/8/2018). Dalam acara itu, Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc) akan mengerahkan 3.600 penari dalam upacara pembukaan pesta multi-cabang olahraga tertinggi di Asia itu.

Menurut penata tari, Denny Malik, upacara pembukaan Asian Games 2018 akan menampilkan pertunjukan Indonesia sebagai negara maritim sejak kerajaan Sriwijaya hingga kerajaan Majapahit.

"Salah satu segmen akan menunjukkan kekayaan alam laut Indonesia. Nusantara abad ke-7 dari Sriwijaya hingga Majapahit akan tergambarkan dalam pembukaan itu. Ada Gajah Mada sebagai pemersatu bangsa," kata Denny.

Denny mengatakan tarian-tarian yang ditampilkan dalam pembukaan Asian Games ke-18 merupakan tarian daerah dari 34 provinsi di Indonesia. "Lalu ditutup dengan tema kosmopolitan, 'Energy of Asia'. Dari masa lalu ke futuristis," katanya.

 

<p><em><strong>* Update Terkini <a href="https://www.liputan6.com/tag/asian-games-2018">Asian Games 2018</a> Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia <a href="https://www.liputan6.com/asian-games">di Sini</a>.</strong></em></p>

Seni Tari Termegah

Koreografer, Denny Malik, saat jumpa pers di Kantor Inasgoc, Senayan, Jakarta, Minggu (27/5/2018). Pembukaan Asian Games 2018 nanti akan menjadi Ajang kolaborasi Putra-Putri terbaik Bangsa Indonesia. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Indonesia, menurut Denny, punya kekayaan budaya seni tari termegah yang tidak dimiliki negara lain dan pantas untuk ditunjukkan dalam upacara pembukaan Asian Games 2018.

"Kita punya pertunjukkan kesenian budaya yang mendunia dan bisa ditonton semua negara, tidak kuno, tidak ketinggalan zaman," katanya.

Denny mengaku pelatihan 3.600 penari dalam upacara pembukaan Asian Games 2018 membutuhkan waktu lima bulan menyusul sejumlah pengisi acara merupakan siswa-siswi sekolah dasar dan sekolah menengah pertama.

Penyanyi Ternama

Selain tarian negara maritim, pembukaan Asian Games 2018 juga dimeriahkan sejumlah penyanyi Indonesia seperti Raisa, Ariel, Tulus, Kamasean, Fatin, GAC, Putri Ayu, Rian D'Masiv, Cakra Khan, Sheryl Sheinafia, Rossa, Wizzy, Rinni Wulandari, Edo Kondologit, Maruli Tampubolon dan Via Vallen.

Selain Denny, Eko Suprianto juga terlibat sebagai penata tari pembukaan Asian Games. Mereka akan didukung Addie MS dan Ronald Steven sebagai penata musik serta nominator Grammy Award Joey Alexander serta penyanyi internasional Anggu C. Sasmi.(Ant)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lagu Tema Asian Games 2018 Dinyanyikan dalam 6 Bahasa

Posted: 17 Aug 2018 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Lagu tema Asian Games 2018, "Meraih Bintang", tidak hanya menyedot perhatian masyarakat Indonesia. Lagu yang dinyanyikan penyanyi dangdut Via Vallen itu sudah ditonton lebih dari 23 juta kali.

Hingga saat ini, lagu tersebut sudah dinyanyikan dalam lima versi bahasa, yaitu Thailand dinyanyikan Janniene Weigel, versi Arab (Assel Omran), versi Mandarin (Jason Chen), versi India dinyanyikan (Siddharth Slathia), serta versi Korea (Kim Ji-hoon).

Janniene Weigel adalah seorang penyanyi dan aktris keturunan Thailand-Jerman. Dia memiliki karakter suara yang manis.

Sementara, formula yang sama digunakan penyanyi pop Taiwan berkebangsaan Amerika Serikat, Jason Chen. Bedanya, jika Janniene menggunakan bahasa Thailand setelah bait pertamanya yang berbahasa Inggris, maka Chen menggabungkan bahasa Inggris dan Mandarin dalam setiap bait secara bergantian.

Masih menggunakan aransemen musik yang diambil dari lagu aslinya, "Meraih Bintang" juga dinyanyikan dalam versi bahasa Arab oleh penyanyi Arab Saudi, Aseel Omran.

Namun, ketika jika Janniene dan Jason masih menggunakan bahasa Inggris di awal lagu dan mengubah judulnya menjadi "Reach of the Stars", maka penyanyi perempuan berusia 28 tahun ini mengubah keseluruhan lagu dengan bahasa Arab, sehingga judul lagunya menjadi "Alhalmi Haan".

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Sampaikan Pesan

Sejumlah artis membawakan lagu saat gelaran Harmoni Indonesia 2018 di Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (5/8). Acara ini bagian perayaan HUT RI ke-73 dan menyambut Asian Games 2018. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Respons positif dari sejumlah penyanyi negara lain untuk ikut membawakan "Meraih Bintang" dengan bahasanya masing-masing rasanya memang tak berlebihan. Pasalnya, sejak awal, Pay yang menciptakan lagu ini ingin lagu tersebut diperdengarkan ke seluruh masyarakat yang merayakan pesta olahraga terbesar di Benua Asia itu.

"Harapan saya masyarakat dan atlet dapat merasakan pesan dari lagu ini, dengan fokus dan sportivitas kita dapat "Meraih Bintang"," kata Pay.

Goyang Bersama

Sama seperti Pay, Via juga berharap lagu yang menceritakan tentang semangat dan sportivitas ini bisa memberikan energi lebih bukan hanya untuk para atlet, tapi juga seluruh masyarakat dalam menyongsong Asian Games 2018.

Menurut dia, perhelatan sekelas Asian Games 2018 membutuhkan lagu yang mampu menjadi benang merah pengikat masyarakat dan dia yakin musik dangdut adalah bahasa universal yang mampu menjangkau seluruh kalangan di Indonesia.

"Ayo Indonesia, kita goyang bersama di Asian Games 2018," kata Via Vallen.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prambanan Jazz 2018 Gelar Charity untuk Korban Gempa Lombok

Posted: 17 Aug 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta - Prambanan Jazz 2018 kembali digelar di pelataran Candi Prambanan, Yogyakarta, pada 17, 18 dan 19 Agustus 2018.

Memasuki tahun keempat penyelenggaraan, Prambanan Jazz 2018 menampilkan banyak kejutan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Termasuk menjadikan tagline Art, Experience and Masterpiece sebagai tema kejutan terbaru yang ditawarkan Prambanan Jazz 2018.

"Tahun ini dari segi line up (musisi), kami memastikan bakal ada yang berbeda dengan perhelatan sebelumnya. Aroma jazz makin kental karena jumlah penyanyi jazz yang tampil bakal lebih banyak dibanding musisi pop," kata promotor Anas Syahrul Alimi yang juga CEO Rajawali Indonesia Communication di Hotel Tentrem, Yogyakarta, Jumat (17/8/2018).

 

 

 

 

Charity untuk Korban Gempa Lombok

Pengisi acara Prambanan Jazz 2018

Di tengah perhelatan Prambanan Jazz 2018 yang memasuki tahun keempat ini, bersamaan dengan bencana gempa bumi yang melanda Lombok beberapa waktu lalu. Akibat gempa tersebut, ratusan orang tewas dan ribuan orang luka-luka.

Melihat hal ini, Prambanan Jazz 2018 pun menggelar charity untuk membantu korban terdampak gempa di sana.  

Anas Syahrul Alimi selaku CEO Rajawali Indonesia Communication dan Muhidin M Dahlan merilis sebuah karya buku berjudul "100 Konser Musik di Indonesia" yang mereka tulis bersama.

 

 

Donasi Penjualan Buku

Pengisi acara Prambanan Jazz 2018

Buku tersebut dijual dengan harga khusus kepada pengunjung Prambanan Jazz 2018. Cukup merogoh kocek Rp 100 ribu, para pengunjung bisa mendapatkan buku tersebut yang bisa didapatkan di Book Corner Prambanan Jazz Festival selama event ini dihelat.

"Untuk pengunjung Prambanan Jazz 2018 kami berikan special price 100 ribu rupiah, di mana harga normal dari buku ini adalah 200 ribu rupiah. Seluruh hasil penjualan buku tersebut akan kami donasikan kepada saudara kita yang terkena gempa di Lombok," terang Anas.

Masih tetap membawa mimpi besarnya, Prambanan Jazz 2018, festival yang dipromotori oleh Rajawali Indonesia Communication ini masih mensinergikan dua tema besar. Yaitu antara budaya warisan leluhur berupa mahakarya Candi Prambanan sebagai World Heritage, dan budaya populer dalam masyarakat Indonesia berupa mahakarya musik.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bandara Silangit Siap Sambut Penerbangan Langsung Internasional

Posted: 17 Aug 2018 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Silangit Bandara Internasional Silangit, Siborong-Borong, sudah sangat representatif baik dalam hal teknis maupun non teknis. Bandara ini pun telah siap menyambut direct flight internasional. 

Penerbangan langsung internasional pertama Bandara Silangit dilakukan maskapai Malindo Air pada Jumat (17/8/2018). Malindo ini menghubungkan Bandara Sultan Abdul Aziz Shah, Subang, Malaysia, dengan Bandara Silangit.

Selain rute tersebut, Silangit juga siap menyambut kehadiran AirAsia. Maskapai ini menghubungkan Silangit dengan Bandara Internasional Kuala Lumpur 2, Malaysia. Jadwal penerbangan ini akan dimulai 28 Oktober 2018.

"Secara menyeluruh, Bandara Silangit sudah siap mendukung direct flight untuk Malindo. Lalu, artinya juga siap menerima kehadiran AirAsia nanti. Kami tentu gembira karena bisa mendukung flight perdana Malindo secara lancar dan aman," ujar Executive General Manager Bandara Internasional Silangit, Eri Braliantoro, Jumat (17/8/2018).

Persiapan matang sudah dilakukan otoritas Bandara Silangit. Sehari jelang kedatangan Malindo Air, otoritas Bandara melakukan simulasi kedatangan dan keberangkatan wisatawan internasional. Berbagai piranti pendukung teknis maupun non-teknis diaktifkan. Hasilnya positif dan proses simulasi berjalan lancar.

"Kami mempersiapkan semuanya secara matang. Semua aspek dilihat. Pemeriksaan juga pengecekan dari sisi custom, immigration, dan quaratine semuanya clear. Dari sisi sistem, pengamanan, hingga X-Ray juga bagus. Sebab, kami memang didukung peralatan yang memadai," ucap Eri.

Guna meningkatkan efisiensi waktu, Bandara Silangit menerapkan fasilitas semi Baggage Handling System (BHS), khususnya untuk penerbangan internasional. Bandara Silangit juga memiliki fasilitas self check in atau check in mandiri. Digital banner juga sudah dipasang di banyak spot, sehingga wisatawan dapat melihat informasi dengan mudah.

Lebih lanjut, untuk menunjang mobilitas wisatawan, Bandara Silangit mejalankan konsep Flight Information Display System (FIDS). Sementara itu, guna enjamin akurasi, X-Ray baggage dan cabin telah terpasang di pintu kedatangan.

Eri menambahkan, pengecekan dari custom dan instansi terkait dilakukan secara berkala. Proses layanan gate internasional juga sesuai standard Level of Service milik Kementerian Perhubungan. Artinya, proses antre imigrasi hingga pengambilan bagasi bisa dilakukan lebih cepat.

"Bandara ini sudah siap melayani direct flight internasional secara reguler. Pengecekan sistem oleh Bea Cukai dan instansi lain sudah bagus. Penumpang datang hingga keluar ini bisa dilakukan lebih singkat. Semua masih sesuai regulasi standard dari Level of Service. Secara umum, pengembangan bandara ini sedang gencar. Akhir tahun ini semua pengembangan fisik akan selesai," kata Eri.

Bandara Silangit juga terus melakukan upgrade secara fisik. Kapasitas terminal akan terus dikatrol hingga 750 ribu penumpang per tahun. Saat ini, Bandara Silangit memiliki daya tampung 500 ribu wisatawan.

Namun, hingga akhir 2017 realisasi kunjungan baru 280 ribu wisatawan. Target 400 ribu sampai 450 ribu orang pun dibidik sepanjang 2018 ini.

"Bandara ini sudah sesuai fungsinya. Semua sistem sangat mendukung direct flight dari mancanegara. Sejak awal dibangun hingga menjadi bandara kelas menengah, perkembangannya sangat cepat sekali. Bukan hanya wisman, traffic untuk domestik juga sangat padat," ujar Direktur Utama Otorita Danau Toba (BPODT), Ari Prasetyo.

Pengembangan Bandara Silangit memang kompleks. Apron pesawat diperluas hingga bisa menampung parkir enam pesawat. Jumlah taxiway juga ditambah menjadi dua. Bandara ini memiliki runway 45 meter dan panjang 2.650 meter. Semua proyek ini ditarget selesai akhir tahun 2018.

Asisten Deputi Bidang Pemasaran I Regional II Kementerian Pariwisata, Sumarni, menyambut gembira perkembangan Bandara Silangit.

"Pengembangan bandara secara menyeluruh memang terus dilakukan. Progres dari Bandara Silangit ini sangat cepat. Pengembangannya cukup kompleks, mulai dari apron, taxiway, hingga terminalnya. Cara sangat ideal, apalagi tren pergerakan wisman sebelumnya sudah tinggi. Sebelum direct flight Malindo, wisman transit di Kualanamu bahkan Jakarta," ucapnya.

Kesiapan sekaligus jalannya pengembangan Bandara Silangit membuat Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya, merasa puas. Sebab, destinasi Danau Toba memiliki atraksi yang kuat.

"Kunjungan wisman ke Danau Toba akan terus naik. Danau Toba ini eksotis. Kami juga yakin jumlah maskapai yang membuka direct flight akan terus bertambah. Artinya, kesiapan bandara mutlak dibutuhkan," kata dia.

 

 

(*)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Kakek Sutar Tembus Kerumunan Jemaah Cium Hajar Aswad

Posted: 17 Aug 2018 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Impian umat Islam di antaranya adalah bisa menunaikan haji dan mencium Hajar Aswad. Apalagi, sampai bisa melaksanakan salat sunah di Hijr Ismail, tempat mustajab di sebelah Kakbah.

Itulah yang dialami calon haji bernama Sutar. Kakek berusia 78 tahun asal Tulung Agung, Jawa Timur, ini mengaku biasa saja saat melihat Kakbah. Sampai akhirnya, ia bisa memegang dan mencium Hajar Aswad.

"Alhamdulillah sudah pegang Kakbah dan menciumnya," ujar Sutar saat mendapat kunjungan Menteri Agama Lukman hakim Saifuddin di penginapannya, Senin, 13 Agustus 2018.

Sutar baru merasa terharu setelah salat di Hijir Ismail. Dia pun sampai menitikkan air mata. Bagi banyak orang, tak mudah untuk salat di tempat ini. Sebab, butuh tenaga ekstra karena harus menembus ratusan jemaah yang berkeliling melakukan tawaf.

Namun, tubuh yang mulai ringkih itu nyatanya mampu melaksanakan salat sunah di tempat yang menjadi idaman banyak orang ketika pergi haji.

Sutar mengaku bisa masuk ke area Hijir Ismail karena ditarik orang dan akhirnya bisa salat sunah di sana setelah dilindungi beberapa orang.

"Badannya besar-besar," ucap Satar.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Doa di Hijr Ismail dari Seorang Petani

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyapa jemaah calon haji Indonesia. (MCH Indonesia)

Merasa penasaran, Lukman yang mendengarkan kisah itu dengan khusyuk menanyakan doa yang dipanjatkan Sutar di Hijir Ismail itu.

"Minta saya sehat, minta niku pejah (meninggal) saya husnul khotimah. Semua anak saya bisa nyusul berhaji," tuturnya.

Dia mengaku sebenarnya bingung saat berada di Hijir Ismail. Sebab, jemaah haji begitu riuh melihat dirinya. Sutar pun tak menyia-nyiakan kesempatan itu untuk berdoa dan salat sunah.

"Saya doa dan salat di Hijir Ismail. Saya juga mencium Hajar Aswad," kata dia.

Sutar berangkat haji bersama sang istri. Pasangan ini sehari-hari bekerja sebagai petani. Ia mencangkul dan mencari rumput untuk sapi peliharaan. Sutar menabung untuk berhaji sejak delapan tahun silam.

"Hasil panen saya jual dan belikan sapi. Sapi sudah kelihatan besar saya jual. Uangnya buat makan dan nabung haji," ujar Mbah Sutar.

Pada kesempatan itu pula dia tak menyia-nyiakan pertemuan dengan Lukman. Dia meminta berfoto dengan sang menteri. "Tolong nanti kalau ada Pak Menteri saya difoto ya," kata Sutar lirih.

 

Laporan jurnalis Dream, Maulana Kautsar, dari Tanah Suci

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

75 Tahun Menikah, Pasangan Lansia Meninggal Sambil Berpelukan

Posted: 17 Aug 2018 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jeanette (96) dan Alexander Toczko (95), keduanya meninggal dalam keadaan berpelukan sambil berpegangan tangan di tempat tidur rumah mereka. Kejadian yang sempat heboh tiga tahun silam itu tentu membuat banyak orang terharu dengan kisah cinta pasutri tersebut. Bahkan, kisah mereka masing dikenang hingga sekarang.

Selama 75 tahun usia pernikahan mereka, Jeanette dan Alexander terus bersama. Sampai akhirnya Alexander mengalami patah pinggul dan hanya bisa berbaring di ranjangnya.

Di saat yang bersamaan, kondisi kesehatan Jeanette juga semakin memburuk. Namun kedunya pernah berniat untuk tutup usia di tempat tidur mereka dalam keadaan berpegangan dan berpelukan.

Permintaan itu benar terjadi, setelah Alexander menutup matanya pada 17 Juni 2015. Hanya dalam hitungan jam Jeanette kemudian menyusul kepergian suaminya. Momen terakhir kepergian mereka persis seperti apa yang mereka inginkan.

"Aku bilang ibuku bahwa dia (ayahku) telah meninggal. Ibuku hanya memeluknya," ujar Aimee Toczko-Cushman, putri dari pasangan tersebut dilansir dari Daily Mail.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

Bersama hingga akhir hayat

(Foto: 10 News KGTV)

Saat menyampaikan berita duka itu, sang ibu tidak melepaskan dirinya dari jasad suaminya. Sampai hari berikutnya, baru diketahui kedunya meninggal.

"Ibuku berkata 'lihat ini seperti yang kamu inginkan. Kamu meninggal dalam pelukanku dan aku mencintaimu, tunggu aku, aku akan segera ke sana," tutur Aimee sambil mengingat momen terakhir ibu dan ayahnya.

Kisah cinta mereka saling bertemu karena sama-sama sebagai anak dari imigran Polandia yang menetap di AS. Keduanya sudah saling menyukai satu sama lain, saat usia mereka belum genap sepuluh tahun.

Hubungan asmara mereka berlangsung lama hingga akhirnya keduanya memutuskan menikah pada tahun 1940. Dari pernikahan mereka yang berlangsung selama lebih dari tujuh dekade telah melahirkan lima anak dan sepuluh cucu. 

Kini jasad pasangan Toczko dimakamkan pada sebuah pemakaman nasional Miramar di San Diego.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Agar Nyaman Menyaksikan Opening Ceremony Asian Games 2018

Posted: 17 Aug 2018 09:04 PM PDT

Jakarta - Opening Ceremony Asian Games 2018 akan dibuka hari ini di Staion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Berbagai atraksi meriah pun disiapkan untuk menghibur masyarakat Indonesia.

Tiket Opening Ceremony Asian Games 2018 ke-19 itu, yakni 40 ribu di berbagai kategori, telah telah terjual habis. Itu artinya, komplek SUGBK bakal menjadi lautan manusia. 

Untuk itu, Bola.com merangkum apa saja yang perlu dipersiapkan oleh penonton, agar bisa menyaksikan pembukaan Asian Games 2018 dengan nyaman dan aman.

1. Naik kendaraan umum

Untuk menuju komplek SUGBK, akan lebih baik untuk naik kendaraan umum, bisa KRL, Transjakarta, atau ojek online. Pasalnya, apabila membawa kendaraan pribadi, akan cukup sulit untuk mencari area parkir.

Dinas Perhubungan DKI Jakarta bekerja sama dengan Kepolisian Daerah Metro Jaya akan menutup beberapa ruas jalan yaitu Jalan Asia Afrika, Jalan Gerbang Pemuda, Jalan Senayan, dan Jalan Sudirman jalur ke utara.

Masyarakat diharapkan datang dengan kendaraan umum, namun bagi yang membawa kendaraan pribadi, dapat memarkir kendaraannya di area Sudirman Central Business District (SCBD). Pintu masuk bagi penonton akan melalui pintu 5, 6 dan 7, sedangkan untuk VIP akan melalui pintu 1 dan 2.

Begini rekayasa lalu lintas untuk Opening Ceremony Asian Games 2018.

 

2. Membawa barang seperlunya

Pemeriksaan barang menggunakan xray di setiap pintu masuk SUGBK. (Bola.com/Wiwig Prayugi)

INASGOC memberlakukan pengamanan super ketat pada Asian Games 2018. Setiap orang yang masuk area SUGBK akan menjalani pemeriksaan, termasuk barang-barang bawaan.

Jadi, bawalah barang seperlunya supaya lebih ringkas dan memudahkan Anda saat mengantre masuk. Anda juga harus memperhatikan daftar barang-barang yang dilarang dibawa masuk. 

1. Kamera dan Alat Rekam

2. Senjata Api

3. Makanan dan minuman 

5. Rokok dan Rokok Elektronik 

6. Penembak Laser 

7. Alkohol

8. Pembuat suara gaduh

9. Kembang api dan bahan peledak

10. Hewan peliharaan 

11. Beling dan botol kaca

12. Benda beracun dan berbahaya

13. Pisau dan senjata tajam 

 

3. Datang Lebih Awal, Nikmati Aneka Gerai dan Kuliner di SUGBK

Food truck Asian Games 2018 di Komplek Stadion Utama Gelora Bung Karno. (Bola.com/Wiwig Prayugi)

INASGOC telah mengumumkan bahwa pintu masuk SUGBK untuk pembukaan Asian Games 2018 dibuka pukul 15.00 WIB. Sebaiknya, untuk menghindari antrean panjang, Anda datang lebih awal.

Untuk penukaran tiket dibuka mulai pukul 08.00-15.00 WIB di ticket box pintu 2, 3, 4, dan 7.

Di komplek SUGBK, ada banyak gerai, mulai merchandise, spot untuk foto yang instagramable, hingga gerai makanan.

3. Siapkan Wifi Router

Bagi Anda yang tak bisa hidup tanpa internet, siap-siap untuk mati gaya selama pembukaan Asian Games. Pasalnya, sinyal internet saat perhelatan besar di SUGBK bakal ngadat.

Salah satu trik, bisa mencoba menggunakan wifi router dari provider yang tidak banyak digunakan. Namun, terkadang hal itu juga tidak bisa menolong.

Namun, saat sudah masuk stadion, Anda dijamin bakal melupakan koneksi untuk menikmati sajian istimewa pada pembukaan Asian Games ke-18 itu.

4. Menggunakan baju yang nyaman

Berada seharian di SUGBK dalam cuaca yang panas bakal membuat Anda berkeringat. Disarankan untuk memakai baju yang nyaman, seperti kaos yang berbahan nyaman dan menyerap keringat.

Namun, jangan lupa membawa jaket karena pada malam hari tetap ada angin. Suhu udara di kawasan Senayan pada Sabtu (18/8/2018) diperkirakan mencapai 33 derajat pada siang hari dan malam hari berkisar 24 derajat.

5. Membawa obat-obatan

Jangan lupa membawa obat-obatan ringan, seperti obat pusing, minyak angin, atau sesuai dengan kebutuhan Anda. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Lokasi Pembukaan Asian Games

Posted: 17 Aug 2018 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Tito Karnavian meninjau persiapan keamanan Pembukaan Asian Games 2018. 

Pantauan di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, keduanya meninjau asia Asian Games menggunakan mobil golf atau mobil listrik sekitar pukul 10.30 WIB.

"Nanti ya. Mau meninjau dulu. Kalau mau ikut silahkan," ucap Tito kepada awak media, di lokasi, Sabtu (18/8/2018).

Sebelumnya, Tito mengatakan, Polri dan TNI menerjunkan ribuan personel guna mengamankan Asian Games 2018. Ini merupakan personel gabungan sampai ke tingkat polres.

"Personelnya hampir 8.000 personel TNI-Polri dan segenap unsur, kemudian kita juga punya cadangan kalau terjadi kontigensi. Semua wilayah juga saya perintahkan untuk mengamankan wilayah masing-masing termasuk di polda, polres lain yang ada di Jakarta mengamankan daerahnya masing-masing," kata Tito.

 

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Ribuan Orang dari Berbagai Negara Hadir

Dia mengatakan Polri tidak ingin main-main dengan pengamanan selama pagelaran Asian Games 2018. Sebab, ada ribuan orang dari berbagai negara yang diperkirakan hadir dalam ajang empat tahunan itu.

"Diperkirakan 20 ribu-30 ribu mungkin yang hadir di acara itu karena sebagian (petugas) akan dipakai untuk ornamen-ornamen termasuk dari panitia, kemudian nanti ada mobilisasi atlet dari Wisma Atlet Kemayoran mulai dari Sabtu siang sampai dengan sore menuju Gelora Bung Karno menggunakan bus. Nah, itu otomatis ada rekayasa lalin nantinya agar dampaknya akan menimbulkan kemacetan tempat itu," Tito menjelaskan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Opening Ceremony Asian Games 2018

Posted: 17 Aug 2018 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gong Asian Games 2018 akan ditabuh hari ini. Di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Opening Ceremony Asian Games 2018 dipastikan akan meriah digelar.

Berbagai atraksi dan hiburan spektakuler telah disiapkan panitia penyelenggara di Opening Ceremony Asian Games 2018. Tentu saja, acara ini akan melibatkan banyak orang karena bersifat kolosal.

Selain itu, defile atau parade atlet dari kontingen-kontingen peserta juga menjadi salah satu sisi menarik yang selalu ditunggu para penonton. Biasanya, masing-masing kontingen negara hadir dengan kekhasan masing-masing.

Hal lain yang dipastikan juga ditunggu adalah penyalahan api atau obor Asian Games. Penyalahan oboor ini juga menjadi pertanda dibukanya secara resmi Asian Games 2018.

Live Streaming Opening Ceremony Asian Games 2018 dimulai pukul 19.00 WIB.

Dapatkan link Live Streaming Opening Ceremony Asian Games 2018 di halaman selanjutnya.

Link Live Streaming

Untuk link Live Streaming Opening Ceremony Asian Games 2018 silakan klik di sini....

Susunan Acara

15.00 WIB: Pintu masuk SUGBK dibuka 

17.00 WIB: Preshow atau Pertujukan Awal (tidak disiarkan) 

18.00 WIB: Pintu SUGBK ditutup

19.00 WIB: Presiden Joko Widodo tiba di SUGBK, Pembukaan Acara 

19.45 WIB: Parade Atlet 

20.30 WIB: Protokol

20.45 WIB: Pertujukan 

22.00 WIB: Penutupan Acara 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Upacara Kemerdekaan ala Seniman yang Unik dan Menggetarkan

Posted: 17 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung Dalam beberapa tahun terakhir halaman Gedung Indonesia Menggugat, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Bandung, diramaikan dengan upacara bendera pada peringatan HUT Kemerdekaan RI.

Kegiatan memeringati HUT ke-73 RI dilangsungkan sebagai ungkapan kecintaan para seniman terhadap tanah air.

"Ini momen kebahagiaan yang luar biasa. Para seniman ketika berkumpul itu betul-betul mengekspresikan yang intinya marilah kita damai bersatu padu membangun bangsa ini untuk lebih maju," kata seniman Tisna Sanjaya yang bertindak selaku inspektur upacara, Jumat 17 Agustus 2018.

Sejumlah seniman Bandung terlibat sebagai petugas dan peserta upacara, antara lain perupa Abun Adira, penyair Matdon, Budi Dalton, pemusik Adew Habtsya dan Ferry Curtis.

Tisna mengungkapkan, tema yang diambil dari peringatan HUT RI kali ini mengenai perdamaian. "Yang disampaikan tahun ini perdamaian," tuturnya.

Penyikapan Tisna terkait perdamaian itu tak lepas dari suhu politik di tanah air belakangan ini.

"Karena sekarang terasa apalagi masuk capres sudah terbagi, terbelah menjadi beberapa kelompok. Jadi melalui situasi beragam latar belakang disiplin seni, kita bisa bersatu," ungkapnya.

Ekspresif

Sejumlah seniman Bandung menggelar upacara memeringati HUT ke-73 RI

Secara umum upacara para seniman ini tak ubahnya upacara bendera pada umumnya. Ada pengibaran bendera beserta nyanyian lagu kebangsaan Indonesia Raya, pembacaan teks proklamasi, pembacaan UUD 1945, pembacaan Pancasila dan pembacaan doa.

Yang membedakan hanya cara para petugas menjalankan fungsinya. Setelah pengibaran bendera dan mengheningkan cipta yang khidmat, iringan gitar dan suara Adew Habtsya, membawa peserta upacara menyanyikan Indonesia Raya. Sebagian besar petugas melakukan improvisasi ala seniman.

Misalnya perupa Tisna Sanjaya yang bersujud syukur usai memimpin prosesi mengheningkan cipta. Tisna dikawal Budi Dalton, Dedi Koral dan Priston Sahala.

Hal yang sama dilakukan ketika prosesi pengibaran bendera. Komunitas seni Kelompok Anak Rakyat (Lokra) menari yang membuat suasana upacara semakin terasa syahdu.

Sementara itu, yang tak kalah menarik adalah saat perupa Imam Suryantoko memimpin peserta upacara menyanyikan lagu-lagu kemerdekaan. Dengan gerakan ekspresif ia mengajak peserta upacara dengan semangat menyanyikan Hari Merdeka.

Sebagai penutup, dilakukan penghormatan kebesaran kepada arwah proklamator Sukarno-Hatta.

Selain dihadiri para seniman, upacara juga diikuti oleh para simpatisan baik warga sekitar maupun para pengguna jalan yang kebetulan melintasi Jalan Peristis Kemerdekaan Bandung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sejak Sang Putri SMA, Iis Dahlia Mewanti-wanti Hal Ini

Posted: 17 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Iis Dahlia sudah tak bisa mengawasi putrinya, Salshabila Juwita, selama 24 jam penuh. Selain karena putrinya kini sudah beranjak dewasa, anak pertama Iis Dahlia itu kian disibukkan dengan kuliah dan bisnis kuliner yang dijalaninya.

Agar gadis 20 tahun ini tak terjerumus hal yang menyesatkan, Iis Dahlia menanamkan ilmu agama kepada Salshabila. Terlebih saat ini pergaulan bebas anak remaja kian merajalela.

"Kalau kita sih orangtua lebih kepada pembekalan agama nomor satu. Jangan tinggal salat, karena itu yang akan menjadi rem kita untuk melakukan hal-hal negatif," ujar Iis Dahlia saat ditemui di kawasan Kapten P Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (16/8/2018).

Iis Dahlia menambahkan, ia mulai menanamkan ilmu agama semenjak Salshabila duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA). Sebab, pada usia itu, anak sudah mengerti betul mana yang salah dan benar.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Adab dan Sopan santun

Iis Dahlia (Adrian Putra/bintang.com)

"Ya kalau dulu ngebekalin dia itu, udah dulu waktu masih dari SMA kalau sekarang kan Salsa udah 20 tahun, udah mengerti mana yang boleh dilakukan, mana yang enggak," ujar Salshabila.

Selain menanamkan ilmu agama, Iis Dahlia juga mengajarkan adab yang baik kepada anaknya. Sebab sopan santun sangat diperlukan agar mudah beradaptasi dengan orang lain.

Attitude

Iis Dahlia dan Juwita Salshadilla (Instagram/isdadahlia)

"Sosialisasi sama lingkungan aja sih, dan saya selalu bilang ke dia bahwa saya akan bangga sama anak saya apabila anak saya punya karier yang bagus dan punya attitude yang bagus. Ketika kariernya bagus tapi attitude-nya enggak ada juga itu malah enggak baik dan kita sebagai orangtua merasa masih ada yang kurang dalam mendidik anak," kata Iis Dahlia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menikmati Layanan 4G Smartfren Sambil Bersepeda di Candi Plaosan

Posted: 17 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta - Smartfren terus menggebar layanan 4G untuk meningkatkan pengalaman penggunanya. Oleh sebab itu, cakupan layanannya pun terus ditingkatkan hingga wilayah pinggiran.

Salah satunya adalah wilayah sekitar Candi Plaosan yang berada di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Untuk mengetahui performanya, Smartfren pun menggelar uji coba sambil bersepeda mengelilingi wilayah sekitar candi.

Tim Tekno Liputan6.com berkesempatan untuk ikut menjajal layanan internet yang ditawarkan Smartfren di sekitar wilayah tersebut. Selama perjalanan, rombongan sempat singgah di beberapa tempat di desa Taji dan desa Bugisan, Prambanan, Klaten.

Ketika itu, kami memanfaatkan mifi Smartfren yang ikut berbarengan bersama melakukan perjalanan. Dari pengukuran yang dilakukan, kecepatan unduh dan unggah selama bersepada terbilang bervariasi.

Saat memulai perjalanan dengan titik awal Candi Plaosan, kecepatan unduh mencapai 20Mbps, sedangkan kecepatan unggah sekitar 2Mbps.

Sementara saat memasuki wilayah pemukiman, kecepatan unduh berkisar antara 0.64Mbps hingga 9,34Mbs dan kecepatan unggah antara 1Mbps hingga 3Mbps.

Meski kecepatan jaringan terbilang bervariasi, pengalaman penggunaan terbilang cukup lancar. Tidak ada kendala saat menerima pesan melalui aplikasi chatting, begitu pula saat membalasnya.

Saat dicoba untuk mengakses Instagram pun hasilnya terbilang baik. Di beberapa tempat singgah, kami sempat mengunggah gambar ke Instagram Stories dan hasilnya memuaskan, karena proses unggah berjalan cepat.

Menurut RNOM Central Java Smartfren, Wahyudiono, secara keseluruhan wilayah dalam Yogyakarta atau di dalam ring road sekitar 80 persen sudah tercakup 4G+. Begitu pula di daerah rural atau pinggiran, meski belum terlalu besar.

"Dari pengalaman menjajal bersepeda di desa sekitar Candi Plaosan, kira-kira 60 persen di antaranya sudah terjangkau 4G+ sedangkan sisanya dilayani 4G," tuturnya saat berbicara pada awak media di Yogyakarta, Rabu (15/8/2018).

Ia mengatakan, untuk di daerah pinggiran Smartfren memanfaatkan dua frekuensi yang dimilikinya, yakni 2.300Mhz (TDD) dan 850Mhz (FDD).

Berbekal keduanya, wilayah rural dapat terjangkau dengan coveraga umbrella, yakni memanfaatkan FDD untuk jangkauan luas, sedangkan kapasitas diserahkan TDD.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Mengenal 4G+ dari Smartfren

VP Technology Relations and Special Project Smartfren Munir Syahda Prabowo. Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar

Smartfren kian meneguhkan diri sebagai operator 4G dengan terus meningkatkan kemampuan layanannya. Salah satu yang dilakukan adalah dengan memanfaatkan teknologi 4G paling termutakhir.

Menurut VP Technology Relations and Special Project Smartfren, Munir Syahda Prabowo, teknologi terbaru yang diterapkan Smartfren ini membuat operator tersebut dapat menawarkan layanan jaringan dengan nama 4G+.

"Awal tahun ini, kami berhasil mengimplementasikan teknologi 4G paling mutakhir, setelah sebelumnya pada akhir 2017 kami mematikan layanan CDMA kami," tuturnya kepada awak media di Yogyakarta, Rabu (14/8/2018).

Kelebihan dari layanan 4G+ ini dibanding layanan 4G biasa adalah kemampuannya secara real time mengatur situasi dan kondisi jaringan. Dengan kata lain, aliran lalu lintas data yang diberikan pengguna dapat lebih baik.

Adapun implementasi teknologi yang diterapkan untuk kemampuan 4G+ ini mencakup massive carrier aggregation, Multi Input Multi Output Antenna (MIMO), Quadratur Amplitude Modulations (QAM), dan beam forming (8T8R).

"Teknologi itu mampu meningkatkan kecepatan dan stabilitas trafik data 4G LTE, melalui menggabungkan kanal frekuensi, memperbanyak I/O gate di tiap BTS, dan mengantarkan paket data secara lebih efektif dan efisien," tutur Munir menjelaskan.

Dapat Diakses dari Perangkat Tertentu

Menurut riset UCWeb, kebanyakan orang Indonesia mengonsumsi data hingga 500 MB (Ilustrasi)

Meski demikian, layanan 4G+ dari Smartfren ini tetap harus diakses dari perangkat yang sudah mendukung. Munir menjelaskan, layanan ini dapat diterima di perangkat yang sudah mendukung LTE Cat.9.

"Nantinya, di indikator jaringan perangkat akan muncul tulisan 4G+. Tapi patokan kami bukan soal kecepatan, tapi handset yang sudah mendukung 4G+ dapat menikmati layanan kami lebih baik dari sebelumnya," ujarnya.

Sekadar informasi, penerapan teknologi Massive MIMO sendiri sudah dilakukan Smartfren sejak Februari 2018. Penerapan teknologi ini disebut menjadi Smartfren mengantisipasi bertambahnya pelanggan.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gaji PNS Akan Naik di 2019, Honorer Minta Ikut Diperhatikan

Posted: 17 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sedang menyusun rencana terkait kenaikan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan pensiun rata-rata sebesar 5 persen. Kenaikan gaji PNS tersebut akan berlaku mulai 1 Januari 2019 dan atas rekomendasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPanRB).

Ketua Umum Forum Honorer Kategori 2 (FHK2I) Titi Purwaningsih mengatakan, pemerintah seharusnya juga memberi perhatian kepada tenaga honorer (k2). Sebab, tenaga honorer juga merupakan abdi negara.

"Kebijakan untuk kenaikan gaji ini memang semua bergantung dari pemerintah. Tapi di satu sisi, kita juga merasa kurang adil. Untuk PNS tampaknya selalu ada, seperti gaji ke-13, sertifikasi hingga kenaikan gaji, tapi untuk K2 kayaknya selalu sulit," jelas dia saat dihubungi Liputan6.com, Sabtu (18/8/2018).

Titi berharap Menteri PANRB yang baru bisa dapat memberikan perhatian pada tenaga honorer.  

"Menteri PanRB yang baru ini kan juga berasal dari koalisi pemerintah, ya kita harapkan ini bisa memberi perhatian pada honorer juga. Semoga aturan yang kini memang sedang digodok memberi ruang lebih bagi kami tenaga honorer," ujarnya.
 
Titi juga meminta agar pemerintah dapat merevisi undang-undang (UU) terkait Aparatur Sipil Negara (ASN) atau membuat formulasi baru bagi kepentingan tenaga honorer.
 
"Yang kami harapkan undang-undang ini bisa direvisi atau paling tidak dibuat formula baru untuk kami, karena kami sama berjasanya kepada negara. Harus ada dasar hukum yang jelas dulu, karena masalah honorer ini akan selesai dengan sendirinya jika peraturanya sudah jelas," tandasnya.
 
* Update Terkini Asian Games 2018. Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini

Kenaikan Gaji PNS Berlaku Mulai 1 Januari 2019

Ilustrasi PNS Naik Gaji

Pemerintah akan menaikkan gaji pegawai negeri sipil (PNS) sebesar 5 persen pada tahun depan. Kenaikan gaji PNS tersebut mulai berlaku pada 1 Januari 2019.

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Askolani mengungkapkan, kenaikan gaji tersebut akan diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP).‎ "Tentunya nanti ada PP-nya," ujar dia di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, seperti ditulis Jumat (17/8/2018).

Dia mengungkapkan, meski penerbitan payung hukumnya diperkirakan terlambat, namun gaji kenaikan gaji tersebut tetap akan berlaku sejak awal tahun.

‎"Tapi itu berlaku sejak januari 2019. Tapi bisa saja regulasinya akan sambil jalan. Kalau pun telat bulan 1 bulan 2 bulan, tapi kenaikan perhitungannya berlaku sejak Januari. Mudah-mudahan," ungkap dia.

Menurut Askolani, selama beberapa tahun terakhir, PNS memang tidak mendapatkan kenaikan gaji dan diganti dengan kenaikan tunjangan kinerja (tukin).

Oleh sebab itu, pada tahun depan pemerintah menaikkan gaji para abdi negara tersebut. "Artinya rata-rata 5 persen. Jadi itu untuk antisipasi kan selama ini kan gaji pokok enggak naik, beberapa tahun itu kita naikkan. Selama ini kan naik tukin-nya," tandas dia.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lagu Daerah Papua Meriahkan Peringatan HUT ke-73 Republik Indonesia di Mesir

Posted: 17 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Kairo - Sekalipun jauh dari Tanah Air, warga negara Indonesia yang berada di Mesir turut memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Republik Indonesia. Pelaksanaan upacara pengibaran Sang Saka Merah Putih pun khidmat dan semarak. Demikian bunyi pernyataan tertulis KBRI Kairo yang diterima Liputan6.com, Jumat, 17 Agustus 2018.

Selain pengibaran bendera, beberapa lagu daerah khas Indonesia turut digaungkan. Salah satunya ialah lagu daerah asal Papua, Yamko Rambe Yamko.

Upacara memperingati detik-detik Proklamasi digelar di halaman KBRI Kairo, Mesir, pada pukul 08.25 waktu setempat. Upacara ini dipimpin Kuasa Usaha Ad Interim, Abdurrahman Sabran. Selain staf KBRI, upacara juga diikuti oleh guru dan siswa Sekolah Indonesia Cairo (SIC), mahasiswa dan WNI yang tinggal di Negeri Piramida itu.

Kuasa Usaha Ad Interim, Abdurrahman Sabran, memimpin jalannya upacara peringatan HUT ke-73 Republik Indonesia. (KBRI Kairo)

Sementara satu peleton Paskibra yang bertugas mengibarkan bendera berasal dari gabungan pelajar Indonesia yang belajar di SIC dan Ma'had Al Azhar Mesir. Khusus untuk paduan suara, KBRI Kairo melibatkan puluhan pelajar dari SIC.

Selain lagu Yamko Rambe Yamko, tim paduan suara juga menyanyikan lagu daerah Ampar-Ampar Pisang dari Kalimantan Selatan. Sembari menyanyikan lagu daerah, para siswa SIC memainkan alat musik tradisional asal Jawa Barat, angklung. Alhasil, perpaduan bunyi angklung dengan dua lagu daerah yang dibawakan pun terdengar apik.

Para siswa SIC memainkan alat musik tradisional asal Jawa Barat, angklung. (KBRI Kairo)

Usai upacara, perayaan HUT RI dilanjutkan dengan acara tasyakuran. Sesi ini diisi dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang berbagai perlombaan yang digelar dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI.

Perlombaan yang digelar antara lain lomba bowling, bulu tangkis, sepak takraw, catur, tenis meja, serta permainan khas peringatan HUT RI, seperti tarik tambang dan balap karung.

Selain pemotongan tumpeng, acara tasyakuran juga diwarnai dengan doa bersama untuk para korban gempa Lombok.

"Semoga perayaan ini bisa menumbuhkan semangat bagi generasi muda kita di sini (Mesir) untuk menjaga kesatuan, keutuhan, dan keberagaman Indonesia di masa mendatang," kata Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) KBRI Kairo, Abdurrahman Sabran.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Arena Sepak Takraw Siap untuk Asian Games 2018

Posted: 17 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Isu kekhawatiran cabang olahraga Sepak Takraw Asian Games 2018 di Palembang bakal gagal dilaksanakan karena lapangannya belum tiba di stadiun ranua Jakabaring Sport City Palembang, akhirnya terbantah sudah.

Berkat bantuan President Asian Sepak Takraw Federation didukung kerja keras pihak Insgoc selalu berkoordinasi dengan panitia Asian Games yang ada di Sumatera Selatan, akhirnya arena pertandingan Sepak Takraw Asian Games 2018 di Palembang tengah malam tadi rampung atau selesai dipasang.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Glass Hair, Tren Rambut Terbaru Favorit Selebritas

Posted: 17 Aug 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tren kecantikan terus saja menghadirkan hal baru yang sayang jika terlewatkan. Setelah sebelumnya tren kecantikan Glass Skin dari Korea sukses membuat heboh para wanita, kini hadir tren terbaru yang berkaitan dengan kecantikan rambut yaitu Glass Hair.

Glass Hair sendiri merupakan tren rambut bob dengan kilau sempurna. Potongan rata pada rambut seketika menciptakan efek modern pada tampilan. Bahkan dengan kilau tersebut sukses menambah efek edgy pada tampilan.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Tren rambut glass hair

 

A post shared by Lucy Hale (@lucyhale) on

 Tren ini ternyata menjadi tren rambut yang digandrungi para selebritas dunia. Sebut saja Kim Kardashian, Lucy Hale, Jourdan Dunn, Olivia Culpo, Khloe Kardashian, dan Blac Chyna.

Kelebihan dari tren rambut ini ialah sangat praktis dan mudah ditata. Bahkan, untuk menambah kilau, selain rambut harus mendapatkan perawatan ekstra, cara praktis yng bisa dicoba adalah dengan mengaplikasikan glossing spray yang bisa diandalkan.

 

 

Back on this Selfie ting #BTS @maybelline @erinparsonsmakeup @lacyredway @elizabethsulcer

A post shared by Jourdan Dunn (@jourdandunn) on

Tren rambut Glass Hair

 

A post shared by Khloé (@khloekardashian) on

Bagi Anda yang sedang ingin tampil beda, gaya rambut ini sangat pas dan aman untuk dicoba.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jalan di Sekitar GBK Ditutup untuk Asian Games, Pengendara Kebingungan

Posted: 17 Aug 2018 08:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah ruas jalan di sekitar Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, ditutup atau dialihkan jelang pembukaan Asian Games, Sabtu (18/8/2018).

Penutupan dimulai sejak pukul 10.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB. Pengguna jalan pun kebingungan mencari jalan alternarif.

Salah satunya Reza, warga Bendungan Hilir. Dia mengatakan, adanya kebijakan ini membuatnya dilema. Di satu sisi ingin mendukung pemerintah dalam rangka mensukseskan Asian Games. Di sisi lain mengganggu aktivitas.

"Jujur penutupan ini membuat saya bingung antara setuju atau tidak," ujar dia kepada Liputan6.com.

Soalnya, jalan yang ditutup merupakan satu-satunya akses apabila menuju ke areal Kemang dan sekitarnya.

"Saya dari Bendungan Hilir (Benhil) mau ke Kemang harus lewat sini tidak ada jalan alternatif lain," ujar dia.

Beda halnya dengan Ahmad, pengemudi ojek online. Dia justru setuju. Selagi kebijakan ini berhubungan untuk menyukseskan Asian Games.

"Tidak apa untuk kepentingan Asian Games. Saya pribadi tidak terlalu berpengaruh. Walaupun memang menjemput penumpang agak sulit. Ya mau gimana lagi," ujar dia.

Pantauan di lapangan, Jalan Asia Afrika menuju ke Pintu 10 GBK sudah ditutup untuk umum menggunakan road barrier fiber.

Di areal tersebut juga terdapat sejumlah polisi berjaga dan mengatur lalulintas untuk memberikan pemahaman kepada pengguna jalan bahwa yang boleh melintas hanya kendaraan Asian Games dan VVIP.

 

5 Ruas Jalan Dialihkan

Kepala Korlantas, Brigjen Royke Lumowa, mengatakan ada lima ruas jalan yang akan dialihkan yaitu Jalan Hang Lekir dan Jalan Moestopo. Roy mengatakan pengendara yang akan mengarah ke Jalan Asia Afrika nantinya akan dialihkan ke arah Jalan Hang Tuah Raya.

Sementara di sisi barat area GBK, ada pengalihan pada Jalan Palmerah. Pengendara dari arah Manggala Wanabakti diluruskan ke arah Jalan Tentara Pelajar, Permata Hijau.

"Jadi, dari arah Manggala Wanabakti sudah tidak bisa ke kiri (menuju Jalan Asia Afrika) karena ini sudah area steril," ujarnya.

Selanjutnya, Jalan Patal Senayan akan ditutup meski bersifat fleksibel. Para tamu undangan atau warga setempat bisa melewati jalan tersebut.

"Nanti ada pertigaan yang keluarnya itu Jalan Asia Afrika itu ditutup total," imbuh Royke.

Terakhir, Jalan Sudirman atau Jalan Pintu I Senayan akan ditutup. Bagi pengendara dari arah Bundaran Senayan akan diarahkan lurus menuju Semanggi. Sementara pintu masuk FX Sudirman melalui Jalan Jenderal Sudirman dibuka untuk keluar masuk kendaraan dan pintu keluar melalui Jalan Pintu Senayan akan ditutup.

Royke mengimbau masyarakat menggunakan moda transportasi umum selama pemberlakuan pengalihan arus lalu lintas ataupun penutupan jalan sekitar GBK.

"Kami imbau seluruh warga yang akan melintasi ruas jalan tersebut menggunakan moda transportasi umum," ujar dia.

"Atau alternatifnya, pengendara pribadi menggunakan jalur tol," tandas Royke.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Anies Baswedan Awali Estafet Kirab Obor Asian Games 2018 dari Monas ke GBK

Posted: 17 Aug 2018 08:51 PM PDT

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberi sambutan sebelum acara puncak Kirab Obor Asian Games 2018 di Jakarta, Sabtu (18/8). Dalam sambutannya, Anies mengaku bangga Jakarta bisa menjadi saksi sejarah Asian Games. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberi sambutan sebelum acara puncak Kirab Obor Asian Games 2018 di Jakarta, Sabtu (18/8). Dalam sambutannya, Anies mengaku bangga Jakarta bisa menjadi saksi sejarah Asian Games. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberi sambutan sebelum acara puncak Kirab Obor Asian Games 2018 di Jakarta, Sabtu (18/8). Anies berharap warga menyimpan merchandise Asian Games sebagai kenang-kenangan dan bukti sejarah. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberi sambutan sebelum acara puncak Kirab Obor Asian Games 2018 di Jakarta, Sabtu (18/8). Anies berharap warga menyimpan merchandise Asian Games sebagai kenang-kenangan dan bukti sejarah. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melihat obor Asian Games 2018 di Jakarta, Sabtu (18/8). Anies menjadi pelari pertama yang membawa obor Asian Games 2018 dari Monas. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melihat obor Asian Games 2018 di Jakarta, Sabtu (18/8). Anies menjadi pelari pertama yang membawa obor Asian Games 2018 dari Monas. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membawa obor Asian Games 2018 di Jakarta, Sabtu (18/8). Anies berlari sepanjang 100 meter membawa obor Asian Games 2018. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membawa obor Asian Games 2018 di Jakarta, Sabtu (18/8). Anies berlari sepanjang 100 meter membawa obor Asian Games 2018. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membawa obor Asian Games 2018 di Jakarta, Sabtu (18/8). Setelah oleh Anies, obor kemudian dibawa lari secara estafet oleh pejabat-pejabat lain. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membawa obor Asian Games 2018 di Jakarta, Sabtu (18/8). Setelah oleh Anies, obor kemudian dibawa lari secara estafet oleh pejabat-pejabat lain. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berlari membawa obor Asian Games 2018 di Jakarta, Sabtu (18/8). Rute lari obor Asian Games 2018 kali ini dari Monas menuju Balai Kota DKI Jakarta kemudian dilanjutkan menuju ke GBK. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berlari membawa obor Asian Games 2018 di Jakarta, Sabtu (18/8). Rute lari obor Asian Games 2018 kali ini dari Monas menuju Balai Kota DKI Jakarta kemudian dilanjutkan menuju ke GBK. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Inggris: Chelsea dan Spurs Berpeluang Salip Liverpool

Posted: 17 Aug 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, London - Chelsea berpeluang menyalip Liverpool di puncak klasemen sementara Liga Inggris 2018-19. Meski sama-sama mengantongi 3 poin, The Blues saat ini menempati peringkat kedua karena kalah produktivitas gol dari Liverpool.

Di pekan pertama, Chelsea menang 3-0 atas Huddersfiel Town. Sedangkan Liverpool menang empat gol tanpa balas atas West Ham United.

Namun, tidak mudah bagi Chelsea untuk merebut posisi puncak klasemen. Sebab, skuat racikan Maurizio Sarri tersebut akan menghadapi Arsenal.

Meski akan bermain di kandang sendiri, Stamford Bridge, tak akan mudah bagi Chelsea untuk mengalahkan Arsenal. Apalagi, The Gunners ingin bangkit setelah menelan kekalahan 0-2 dari Manchester City pada pekan pertama.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Spurs

Peluang untuk menyalip Liverpool juga dimiliki Tottenham Hotspur. Bermain di kandang, Wembley Stadium, Sabtu (18/8/2018) Harry Kane dan kolega diprediksi tidak akan kesulitan mengatasi perlawanan Fulham.

Spurs saat ini menempati peringkat tujuh klasemen sementaran dengan 3 poin. Sedangkan Fulham di posisi 19 dengan 0 poin.

Sementara itu, Liverpool baru akan bermain Selasa (21/8/2018) pekan depan. The Reds akan menghadapi tuan rumah Crystal Palace.

Klasemen Liga Inggris

Klasemen Liga Inggris (Soccerway)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Timnas Sepak Bola Putri Kecewa Harus Pindah dari Wisma Atlet Asian Games

Posted: 17 Aug 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Palembang - Timnas putri Indonesia terpaksa angkat kaki dari perkampungan atlet (Athlete Village) di Jakabaring Sport City, Palembang, pada Asian Games 2018. Pelatih timnas putri Indonesia, Satia Bagja, pun mengeluhkan hal tersebut.

Seperti diketahui, timnas putri Indonesia terpaksa pindah ke hotel The Zuri Palembang dari perkampungan atlet. Kepindahan timnas itu terjadi usai kemenangan 6-0 melawan Maladewa pada laga pembuka Grup A Asian Games, Kamis (15/8/2018).

Ditemui dalam latihan di Stadion Atletik, Satia menyesalkan kepindahan ini. "Kalau di sini (perkampungan atlet) saya kontrolnya enak. Mereka ada di lantai tiga. Jujur saya senang di sini," ujar Satia.

Menurut Satya, pindah ke hotel membuat pengawasan kepada para pemainnya sedikit lebih sulit. Dengan fasilitas yang ada di hotel, Satia mengkhawatirkan para pemainnya kehilangan fokus untuk bertanding.

"Memang fasilitasnya (perkampungan atlet, red) kurang baik. AC-nya itu kurang dingin. Tetapi tidak ada TV itu bagus, maksud saya pemain menjadi fokus dan konsentrasi. Makanya mereka fit," ujar Satia.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Punya Atmosfer Kompetisi

Timnas Putri Indonesia menang telak atas Maladewa dalam laga perdana Asian Games 2018. (Liputan6.com/ Luthfie Febrianto)

Lebih lanjut, ada satu keuntungan menurut Satia jika timnas putri tetap menghuni perkampungan atlet. Menurut dia, suasana kompetisi menjadi lebih terjaga karena kehadiran atlet dari negara-negara peserta.

"Suasana kompetisi kelihatan. Makan tidak sembarangan, Mau keluar jauh. Masuk juga tidak boleh sembarangan. Ya, ada tidak bagusnya-lah kita keluar," kata Satia.

Pemulihan

300 Drone membuat formasi logo garuda pada acara Countdown Asian Games 2018 di Silang Monas, Jakarta, (18/8/2017), Asian Games 2018 memiliki tema Energy Of Asia. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Disinggung mengenai materi latihan, Satia mengaku latihan malam hanya untuk pemulihan setelah laga melawan Maladewa. Selain itu, ia juga ingin memberi gambaran singkat terkait laga melawan Taiwan.

"Kasih pengertian, karena lawannya ini kan peringkat ke-40 dunia," ujar Satia.

Timnas putri Indonesia akan berhadapan dengan Taiwan, Minggu (19/8/2018) di Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang. Jika menang di laga ini, timnas dipastikan akan lolos ke fase selanjutnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Megahnya Panggung Pembukaan Asian Games 2018 Bernuansa Gunung

Posted: 17 Aug 2018 08:42 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Asian Games ke-18 akan dibuka dengan pertunjukan kolosal sebagai bukti kepada dunia bahwa Indonesia adalah sebuah bangsa yang besar dan mampu menyelenggarakan sebuah event berskala internasional.

Sebuah panggung berukuran panjang 120 meter, lebar 30 meter, serta tinggi 26 meter dengan pemandangan gunung yang besar dilengkapi dengan berbagai tumbuhan ciri khas Indonesia yang cantik akan menjadi latar belakangnya.

Panggung yang dibuat secara manual oleh perajin asal Bandung dan Jakarta ini akan dipenuhi oleh total 4.000 penari arahan koreografer andal, Denny Malik dan Eko Supriyanto. Penari yang telah berlatih berbulan-bulan tersebut akan tampil energik dan elegan diiringi oleh ratusan pemusik di bawah arahan Addie MS dan Ronald Steven, seniman musik yang sudah tak asing lagi di Indonesia.

Upacara pembukaan dan penutupan yang disebut-sebut akan memberikan kejutan ini dapat dipastikan akan menjadi pertunjukan seni dan budaya yang menampilkan ragam budaya kebanggaan Indonesia, yang akan dimeriahkan oleh ribuan seniman. Mulai dari penari, musikus, seniman, dan akan dilangsungkan di arena Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Diperkirakan pembukaan akan disaksikan oleh miliaran penonton di seluruh dunia akan menampilkan musikus kebanggaan Indonesia. Seperti Anggun yang namanya sudah terkenal di kancah internasional, kemudian ada Raisa, Tulus, Edo Kondologit, Putri Ayu, Fatin, GAC, Kamasean, dan Via Vallen. Para artis tersebut akan tampil di atas sebuah panggung yang spektakuler, yang merupakan salah satu yang terbesar dan tertinggi dibandingkan acara sejenisnya.

Adapun manusia-manusia yang paling bertanggung jawab di balik pembukaan Asian Games: Wishnutama (Direktur Kreatif dan Departemen Seremonial), Ronald Steven (Pengarah Musik), Addie MS (Pengarah Musik), Eko Supriyanto (Koreografer), Denny Malik (Koregrafer), Dynand Fariz (Desain Busana), Rinaldy Yunardi (Desain busana)

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bahas Mantan, Kahitna dan RAN Bikin Heboh di Prambanan Jazz 2018 Hari Pertama

Posted: 17 Aug 2018 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta - Prambanan Jazz 2018 hari pertama, Jumat (17/8/2018) malam, ditutup dengan penampilan KahitRan. Didapuk sebagai penampil special show, kolaborasi band Kahitna dan RAN ini langsung menyihir penonton Prambanan Jazz 2018 yang didominasi generasi milenial.

KahitRan menyajikan penampilan romantis di atas panggung. Dengan 'amunisi' lagu-lagu cinta khas Kahitna dan RAN, penonton pun tak cuma dibuai dengan suasana melankolis. Tapi juga karaoke massal di pelataran Candi Prambanan, Yogyakarta, Jumat malam

KahitRan mengawali penampilan dengan menyanyikan lagu "Selamat Pagi", "Tentang Diriku" dan "Salamku Untuk Kekasihmu".

"Siapa yang ke sini (Prambanan Jazz) masih ingat-ingat mantan?," tanya Nino, personel RAN, menyapa di atas panggung.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan video berikut ini:

Bahas Mantan

KahitRan (Instagram/ @prambananjazz)

Mantan kekasih menjadi tema yang diangkat KahitRan. Lagu-lagu yang dibawakan di atas panggung sedikit banyak menyinggung tentang perasaan melihat mantan pacar punya kekasih baru dan ditinggal menikah.

Tema tersebut seolah jadi magnet untuk mendekatkan penonton dengan lagu-lagu yang dibawakan KahitRan seperti "Mantan Terindah" dan "Andai Dia Tahu".

"Giliran bahas mantan semua yang di sini teriak-teriak. Ada apa sih sama mantan?," celetuk Hedi Yunus, vokalis Kahitna, di atas panggung yang dipromotori Rajawali Indonesia Communication itu. 

Nuansa Merah Putih

KahitRan (Instagram/ @prambananjazz)

Di atas panggung, KahitRan tak hanya menyuguhkan lagu-lagu cinta yang menguras hati. Tampil bertepatan dengan perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73, mereka juga membawa semangat nasionalisme.

Hal itu diperlihatkan melalui dress code yang ditampilkan KahitRan. Nuansa merah putih begitu mencolok dalam penampilan masing-masing personel.

Semangat nasionalisme juga dibangkitkan KahitRan dengan mengajak penonton melanjutkan perjuangan mengawal kemerdekaan.

"Juga merdeka dari mantan dan (status) jomblo," sahut Mario Ginanjar, vokalis Kahitna lainnya, di atas panggung.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Imbau Penonton Pembukaan Asian Games Naik Kendaraan Umum

Posted: 17 Aug 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pembukaan Asian Games 2018 akan segera digelar di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta. Kepala Korlantas, Irjen Royke Lumowa, meminta penonton yang datang menggunakan kendaraan umum.

"Transportasi umum, untuk busway bisa masuk, bebas masuk di titik-titik penutupan (penutupan jalan saat pembukaan Asian Games), kecuali pintu I. Jadi, boleh banget," ucap Royke saat meninjau jalur penutupan di sekitar GBK, Jakarta, Sabtu (18/8/2018).

Meski menyediakan kantong-kantong parkir, dia mengimbau agar warga mau menggunakan transportasi umum.

"Kami sarankan dan menghimbau, agar masyarakat yang berlalu-lalang di sekitar GBK bisa menggunakan transportasi umum, berjalan kaki, atau diantar teman," jelas Royke.

Royke mengungkapkan pihaknya mengerahkan 600 personel untuk mengamankan area GBK jelang pembukaan Asian Games.

"Personel kami, polantas, sekitar 600 di GBK. Tapi di keseluruhan Jakarta 1.812 personel," pungkasnya.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Susunan Acara Opening Ceremony Asian Games 2018

Posted: 17 Aug 2018 08:30 PM PDT

 

Jakarta - Ajang bergengsi Asian Games 2018 akan dibuka hari ini. Di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Opening Ceremony Asian Games 2018 akan dibuka.

Bagi penonton yang sudah mengantongi tiket Opening Ceremony Asian Games 2018, catat baik-baik aturan yang sudah ditetapkan oleh panitia penyelanggara. Penonton baru bisa masuk saat pintu ke venue pembukaan di SUGBK dibuka pada pukul 15.00 WIB. 

Pihak penyelanggara Asian Games 2018, INASGOC, hanya memberikan waktu selama tiga jam jam bagi seluruh penonton untuk masuk ke SUGBK. Pintu masuk ke SUGBK bakal ditutup pada pukul 18.00 WIB. 

Sebaiknya, penonton jangan sampai terlambat. Jika lebih dari pukul 18.00 WIB, penonton dipastikan dilarang masuk. Apalagi pengamanan pembukaan sangat ketat karena bakal dihadiri Presiden Joko Widodo dan tamu-tamu negara. 

Selama pintu masuk dibuka, penonton akan disuguhi hiburan-hiburan, alias preshow. Preshow tepat dimulai pada pukul 17.00 WIB. 

Pengunjung dan penonton akan disuguhi pertunjukan awal selama sekitar dua jam. Pembukaan baru benar-benar dimulai saat Presiden tiba di venue, pada pukul 19.00 WIB. 

Bagi yang tidak bisa menyaksikan Upacara Pembukaan Asian Games 2018 secara langsung, Anda tak perlu berkecil hati. Seluruh rangkaian acara, kecuali preshow, bisa dinikmati dari layar kaca SCTV atau live streaming melalui Vidio.com. 

Berikut jadwal dan susunan acara pembukaan Opening Ceremony Asian Games 2018: 

 

 

Jadwal Pembukaan Asian Games 2018

15.00 WIB: Pintu masuk SUGBK dibuka 

17.00 WIB: Preshow atau Pertujukan Awal (tidak disiarkan) 

18.00 WIB: Pintu SUGBK ditutup

19.00 WIB: Presiden Joko Widodo tiba di SUGBK, Pembukaan Acara 

19.45 WIB: Parade Atlet 

20.30 WIB: Protokol

20.45 WIB: Pertujukan 

22.00 WIB: Penutupan Acara 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tarian Istimewa Denny Malik di Pembukaan Asian Games 2018

Posted: 17 Aug 2018 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pembukaan Asian Games 2018 diharapkan bakal menjadi acara spektakuler. Inasgoc atau panitia penyelenggara bersama creative director Wishnutama merancang acara pembukaan menjadi istimewa. Maklum, Asian Games 2018 memang bakal membuat Indonesia menjadi pusat perhatian dunia.

Sejumlah acara pun dirancang untuk pembukaan Asian Games 2018. Salah satu acara istimewa itu adalah tarian massal. Gerakan indah dengan koreografi itu dilakukan tak kurang oleh 5.000 penari.

Untuk itu, terpilihlah koreografer istimewa untuk merancang tarian sebagai sajian pembukaan Asian Games 2018. Koreografer tersebut adalah Denny Malik.

Di industri entertainment Tanah Air, Denny Malik juga dikenal sebagai penyanyi dan pesinetron di era tahun 1980-an dan 1990-an. Salah satu sinetron yang dimainkannya dan dikenang sampai saat ini adalah Melodi Cinta yang kondang dengan lagu tema "Sharmila".

Bagaimana sosok Denny Malik?

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan video berikut ini:

Model dan Penari

Denny Malik (Adrian Putra/bintang.com)

Di era tahun 1980-an, Denny Malik dikenal sebagai model dan penari Swara Mahardhika pimpinan Guruh Soekarnoputra. Denny sempat terlibat di pagelaran karya di akhir tahun 1980-an dengan judul "Jak Jak Jak Jakarta". 

 

Jalan Jalan Sore (JJS)

Denny Malik (Istimewa)

Lebih dari tiga dekade lalu, Denny Malik juga dikenal sebagai pelantun tembang pop JJS alias "Jalan Jalan Sore". Lirik lagu ciptaan Guruh Soekarnoputra itu menampilkan fenomena gaya hidup anak muda Jakarta yang gemar ngeceng alias mejeng di kawasan Melawai, Blok M, Jakarta Selatan.

Pengalaman Sebelumnya

Denny Malik (kiri) selaku koreografer melihat persiapan akhir tim tari Indonesia yang akan tampil pada upacara penutupan Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan, (29/9/2014). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sebelum menjadi koreaografer tarian di pembukaan Asian Games 2018, Denny Malik punya pengalaman serupa di ajang sedikit berbeda. Denny adalah koreografer tarian di acara pembukaan Sea Games 2011, Palembang, Sumatera Selatan. Kala itu karya Denny dipuji banyak pihak.

Ribuan Penari

Denny Malik ajak 561 mahasiswa cinta lingkungan

Pria asal Minangkabau ini dibantu 50 asisten untuk melatih tak kurang 5.000 penari untuk perhelatan bergengsi ini Sabtu malam nanti. Denny Malik bekerja sama dengan penari dan koreografer Eko Supriyanto.

Gerakan indah dan dinamis yang dirancang Denny Malik, salah satu inspirasinya adalah gerakan tarian daerah. Tarian nanti malam juga menampilkan wajah Indonesia sebagai negara maritim.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

1 komentar:

Amisha mengatakan...


Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut