Senin, 20 Agustus 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Kemkominfo Bakal Matikan Jaringan 2G Setelah 5G Hadir di Indonesia?

Posted: 20 Aug 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dua operator seluler terbesar di Indonesia yakni Telkomsel dan XL Axiata telah melakukan uji coba teknologi internet generasi kelima 5G.

Telkomsel menggelar uji coba 5G dengan menampilkan teknologi bus otonom dan sejumlah gim virtual reality di sekitar area Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) sepanjang perhelatan Asian Games 2018.

Sementara belum lama ini, XL Axiata menguji coba 5G untuk mendukung program smart city Pemprov DKI Jakarta dalam bentuk transportasi cerdas, pengelolaan air, sampah, dan kamera keamanan.

Tidak hanya itu, XL Axiata juga menjanjikan kehadiran internet cepat 5G untuk jaringan internet nirkabel di rumah dengan teknologi Wireless Gigabit (WiGig) dengan harga terjangkau.

Disebutkan, XL bakal bisa menjual internet berkecepatan 1Gbps berteknologi 5G per rumah dengan biaya Rp 100 ribu saja.

Lantas dengan kehadiran teknologi internet 5G di Indonesia di kemudian hari, bagaimana nasib jaringan 2G? Apakah pemerintah akan menghentikan jaringan 2G?

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyebut, ada kemungkinan pihaknya akan men-shut down jaringan 2G, namun semuanya tergantung hitung-hitungan biaya efektif yang dikorbankan untuk menyelenggarakan layanan 2G dibandingkan dengan layanan 5G.

"Begini, pada akhirnya kita akan menghitung berapa effective cost per Mb atau Gb. Sudah pasti, 2G lebih mahal. Kalau 2G sudah tidak ekonomis, pasti kita akan putuskan agar 2G di-shut down," kata Rudiantara ditemui di Kawasan Wisata Kota Tua Jakarta, baru-baru ini.

Belum Tentukan Kapan Matikan 2G

BTS 5G di Telkomsel 5G Experience Center. Liputan6.com/Jeko I.R.

Kendati demikian, pihak Kemkominfo belum menentukan kapan waktu jaringan 2G akan dihentikan.

"Waktunya kapan itu tinggal ke-ekonomiannya. Kalau sekarang lebih murah per Mb untuk data, hanya kan Indonesia belum 100 persen (menggunakan layanan) data," ucapnya.

Rudiantara mencontohkan, operator seluler Telkomsel dan XL Axiata misalnya, masih memiliki basis pelanggan 2G yang cukup banyak.

"Kayak Telkomsel atau XL, industri secara keseluruhan sudah data. 70-80 persennya XL kan (pelanggan layanan) data, nah begitu semua sudah pakai data, yang namanya 2G itu sudah tidak efisien," tuturnya menjelaskan.

Menteri yang karib disapa Chief RA ini menjelaskan, basis layanan 2G bukanlah Internet Protocol (IP) tetapi masih menggunakan teknologi lama, makanya untuk menghadirkan internet per Mb jadi lebih mahal.

"Tinggal tunggu waktunya, nanti 2G di-shut down, tetapi masih menunggu industri, karena kalau misalnya mahal untuk masyarakat, buat apa? Kecuali kalau masyarakat cuma mau SMS," katanya.

Penataan Jaringan 2G

Menkominfo Rudiantara didampingi Direktur / Chief Service Management XL Axiata Yessie D. Yosetya saat meninjau Network monitoring XL di Jakarta, Jumat (23/6). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sementara itu, Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D Yosetya mengatakan, XL selalu memperhatikan pengalaman pelanggan dalam menghadirkan layanan.

"Untuk darah yang 2G-nya rendah dan data tinggi, sudah mulai ditata untuk jadi data. Contohnya di beberapa daerah, lebih dari 15 ribu site kita 1.800 Mhz-nya sudah 15 Ghz. Artinya, 2G yang dilayani dengan frekuensi 1.800 Mhz sudah makin sedikit," kata Yessie.

Yessie juga menyebut, sudah ada ratusan kabupaten di Indonesia yang jaringan 2G-nya telah ditata.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bawakan Lagu Daerah di Booth Emtek GBK, Mocca Terbebani

Posted: 20 Aug 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Panggung Asian Fest, di booth Rest Lounge Emtek, Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Senin (20/8/2018), dimeriahkan oleh Mocca. Band asal Bandung ini tampil pukul 20.00 WIB di hadapan ratusan penonton.

Selain membawakan sederet lagu andalan, Mocca juga menyuguhkan penampilan spesial. Mereka membawakan lagu daerah berjudul "Manuk Dadali".

"Kita dukung terus para atlet yang berjuang mengharumkan nama bangsa. Karena Mocca dari Bandung, jadi saya akan bawain lagu dari kota Bandung. Aduh saya deg-degan mau bawain lagu daerah," ucap sang vokalis, Arina, di atas panggung.

Meski "Manuk Dadali" merupakan lagu asal tanah kelahiran mereka sendiri, namun butuh persiapan matang untuk membawakannya di atas panggung dalam format musik band.

Beban

Mocca Band (Foto: Zulfa Ayu Sundari)

"Dulu saya masih kecil suka mengikuti kompetisi nyanyi mewakili Jawa Barat. Itu tahun '89. Agak samar liriknya. Ini juga aransemen band ya. Jadi ada persiapan. Kita kumpul dulu di Bandung," jelas Arina.

"Bukan berat sih, tapi perlu waktu (untuk persiapan). Nyanyi latihan lagu Mocca saja jarang, apalagi itu. Jadi kayak ada beban," sambungnya.

Pada malam itu, sedikitnya Mocca membawakan 12 lagu hits mereka. Aksi panggung band beraliran pop jazz ini kemudian ditutup dengan manis oleh alunan "Teman Sejati".

Rest Lounge Emtek

Pekerja menanti giliran memasang logo Asian Games 2018 di Bundaran HI, Jakarta, (17/8/2017), Asian Games mengambil tema Energy Of Asia dan akan dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Sementara itu, booth Rest Lounge Emtek di Zona Atung SUGBK akan tetap ada selama perhelatan Asian Games 2018 berlangsung. Dalam booth tersebut, tersedia berbagai macam hiburan dan fasilitas yang bisa dinikmati para pengunjung.

Pengunjung bebas beristirahat dan menikmati segala fasilitas di dalam booth Rest Lounge Emtek. Syaratnya, pengunjung cukup menunjukkan aplikasi BBM (BlackBerry Messenger) serta pin pengguna di smart phone masing-masing.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: 8 Orang Pejalan Kaki Tewas Akibat Banjir Bandang

Posted: 20 Aug 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak delapan orang tewas saat sebuah banjir bandang membanjiri sebuah jalur yang biasanya dilewati para pejalan kaki.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Angkat Berat Asian Games 2018 di Vidio.com

Posted: 20 Aug 2018 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lifter putra andalan Indonesia, Eko Yuli Irawan, akan turun gelanggang pada ajang Asian Games 2018, Selasa (21/8/2018). Ia bakal tampil di kelas 62 kg putra.

Tidak ikutnya kontingen angkat besi Tiongkok di Asian Games 2018 membuat peluang Eko untuk meraih medali emas terbuka. Absennya Tiongkok karena tengah menjalani hukuman satu tahun tidak boleh tampil di kejuaraan apa pun di level internasional dari Federasi Angkat Besi Internasional (IWF) karena masalah doping.

Dengan demikian, kini tinggal Jepang dan Vietnam yang menjadi pesaing cukup kuat. Namun, lifter kelahiran Lampung, 24 Juli 1989 itu tidak ingin jemawa melihat potensi medali emas.

"Peluang tetap 50-50 untuk medali emas. Kalau hanya target medali, Insya Allah saya akan dapatkan. Tidak mungkin hanya karena Tiongkok tidak turun di Asian Games ini lantas saya otomatis dapat emas," ucap Eko.

Selain Eko Yuli, lifter Indonesia lainnya yang akan bertanding hari ini adalah Syarah Anggraini. Peraih medali perak dalam test event Asian Games 2018 ini akan turun di kelas 53 kg.

Live Streaming Angkat Berat Asian Games 2018 di Vidio.com dimulai pukul 14.00 WIB.

Dapatkn link Live Streaming Angkat Berat Asian Games 2018 di Vidio.com di halaman selanjutnya.

Link Live Streaming

Untuk link Live Streaming Angkat Berat Asian Games 2018 di Vidio.com silakan klik di sini....

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ditanya soal Rencana Menikah, Begini Reaksi Jessica Iskandar - Richard Kyle

Posted: 20 Aug 2018 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jessica Iskandar dan Richard Kyle kini makin lengket saja. Dalam premier film Mile 22 yang digelar di di XXI Plaza Senayan, Jakarta, Senin (20/8/2018) malam, mereka datang bersama.

Usai menonton film, Jessica Iskandar pun menemui media dengan menggandeng sang kekasih. 

Hanya, keduanya tampak masih malu-malu saat ditanya soal rencana menikah. "Ya kita lihat aja nanti," kata Richard Kyle. Demikian pula dengan Jessica Iskandar.

Wanita 30 tahun yang pernah merasakan pahitnya sebuah pernikahan ini tak bisa mengucap pasti apakah hubungannya dengan Richard Kyle bakal berlabuh di pelaminan. "Masa depan? Masa depan apaan?" ucap Jessica Iskandar seraya ketawa.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Bukan untuk Bersenang-senang Saja

Jessica Iskandar dan Richard Kyle [foto: instagram/richo_kyle]

Namun, Jessica Iskandar membantah bila hubungannya dengan Richard Kyle dianggap semata-mata hanya dibangun atas dasar kesenangan semata. Ia juga menaruh harap jika hubungannya bisa berlabuh ke pelaminan.

Harapan Jessica Iskandar

Jessica Iskandar

"Ya kalau berhubungan pastinya selalu ada tujuan, rencana, cuma kan kita kan manusia, Cuma bisa berdoa, berharap yang terbaik aja," kata Jessica Iskandar. (Dadan Deva/ Bintang.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani Buka Suara Soal Batal Masuk Tim Kampanye Jokowi

Posted: 20 Aug 2018 10:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati batal masuk dalam tim kampanye nasional Calon Presiden (Capres) Joko Widodo (Jokowi) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Ma'ruf Amin. Padahal nama Sri Mulyani telah masuk dalam struktur tim kampanye sebagai anggota dewan pengarah.

Sri Mulyani menyatakan, batalnya dia sebagai tim kampanye karena Presiden Jokowi ingin dirinya fokus untuk mengelola keuangan negara hingga akhir periode Kabinet Kerja. Terlebih di tengah kondisi perekonomian seperti saat ini.‎

"Ya Presiden melihat kepentingan lebih besar dari sisi perekonomian. Saya selama ini kan sudah menyampaikan saya fokus untuk mengelola keuangan negara. Dan situasi membutuhkan perhatian," ujar dia di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (21/8/2018).

Sri Mulyani juga enggan memberikan penjelasan lebih lanjut terkait keterlibatannya di tim tersebut nantinya. Menurutnya, dirinya hanya diminta fokus untuk mengelola Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Pokoknya saya mengatakan saya fokus di APBN dan itu sesuai dengan Presiden," tandas dia.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Jokowi Minta Fokus Urus APBN

Menteri Keuangan Sri Mulyani  memberi paparan dalam rapat kerja dengan Badan Anggaran (Banggar) DPR di Gedung Nusantara II DPR, Kamis (31/5). Rapat terkait penyampaian kerangka ekonomi makro dan pokok kebijakan dalam RAPBN 2019. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sebelumnya, Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan, Nufransa Wira Sakti  menuturkan, dengan kondisi ekonomi global yang sangat dinamis, pengelolaan APBN dan Keuangan Negara tentu membutuhkan perhatian penuh dari Menteri Keuangan.

"Presiden telah meminta agar Menkeu fokus pada tugas negara saat ini" kata Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan, Nufransa Wira Sakti saat dihubungi, Selasa (21/8/2018). 

Sehubungan dengan beredarnya daftar tim kampanye nasional Capres Joko Widodo dan cawapres KH Ma'ruf Amin, Frans menyatakan daftar terseut masih bersifat sementara."Kami memahami bahwa daftar tersebut masih belum ditetapkan dan masih bersifat sementara," tegasnya.

Untuk diketahui, Koalisi Indonesia Kerja menunjuk Sri Mulyani sebagai dewan pengarah tim kampanye nasional Jokowi-Ma'ruf Amin hal ini tertuang dalam surat keputusan Tim Kampanye Nasional No. 001/KPTS/JKW-MA/VIII/2018. Sekjen PKB Abdul Kadir Karding menjamin pelibatan Sri Mulyani tak akan mengganggu tugasnya sebagai menteri.

Karding menyebut Sri Mulyani juga telah bersedia menjadi dewan pengarah TKN Jokowi-Ma'ruf."Enggak. Enggak akan terganggu karena memang pekerjaannya cuma kumpul sebentar sehari sejam sudah laksanakan," kata Karding di Media Center TKN Jokowi-Ma'ruf di Jalan Cemara, Menteng, Jakarta, Senin (20/8/2018).

Tugas Sri Mulyani sebagai dewan pengarah TKN Jokowi-Ma'ruf, kata Karding, terbilang ringan dan tidak menyita banyak waktu. Sri Mulyani hanya memberikan pertimbangan dan masukan terhadap pelaksanaan tim kampanye Jokowi-Ma'ruf.

"Dalam praktek kerjanya nanti hanya berikan rekomendasi kebijakan-kebijakan. Jadi tidak akan sampai menguras energi pada fokus pemenangan," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ronaldo Hengkang, Markas Real Madrid Sepi Penonton

Posted: 20 Aug 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jumlah penonton yang hadir di Santiago Bernabeu menurun drastis. Bahkan saat Real Madrid menjamu Getafe, 19 Agustus lalu, jumlahnya bahkan tidak sampai 50 ribu orang. 

Menurut AS, penonton yang hadir saat Real Madrid mengalahkan Getafe 2-0 hanya 48,446 orang. Padahal kapasitas Santiago Bernabeu mampu menampung hingga 81.044 penonton. Ini berarti, jumlah penonton saat laga tersebut tidak sampai 60 persen dari total bangku.

Angkah merupakan jumlah penonton terendah Santiago Bernabeu dalam 10 tahun terakhir. Rekor terendah sebelumnya terjadi saat Real Madrid menjamu Mallorca pada 24 Mei 2009. Saat itu, jumlah penonton yang memadati Santiago Bernabeu hanya mencapai  44,270.

Bagi Real Madrid, angka ini sangat jarang terjadi. Bahkan pada laga perdana Real Madrid musim lalu, jumlah penonton di Santiago Bernabeu masih mencapai 61.739 orang.

Lalu apa penyebabnya? Sejauh ini, memang belum diketahui secara pasti. Namun kualitas lawan, Getafe, yang bukan berstatus tim unggulan di La Liga ditengarai jadi penyebabnya. 

Selain itu, jadwal kick off  pertandingan yang bergeser ke pukul 22.15 waktu setempat juga dianggap ikut mempengaruhi minat penonton yang datang ke Bernabeu. Sebab tidak banyak warga Spanyol yang suka tidur malam, terutama saat liburan musim panas tiba. Orang tua juga tidak mengizinkan anaknya datang menonton karena bakal tidur di atas pukul 01.00. 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

 

 

 

Kepergian Ronaldo

Gelandang Real Madrid, Gareth Bale (kiri) berselebrasi dengan rekannya Marco Asensio setelah mencetak gol ke gawang Getafe pada lanjutan La Liga Spanyol di stadion Santiago Bernabeu, Madrid, (19/8). Madrid menang 2-0 atas Getafe. (AP Photo/Andrea Comas)

Selain kedua faktor di atas, kepindahan Ronaldo juga dianggap ikut mempengaruhi minat orang-orang ke Santiago Bernabeu. Pemain asal Portugal itu memang sudah tidak berkostum Los Blancos karena memutuskan pindah ke Juventus pada musim ini. 

Sebelumnya, kehadiran Ronaldo menjadi magnet bagi Santiago Bernabeu. Tidak hanya para pendukung Real Madrid, turis yang kebetulan berada di Spanyol juga tidak jarang datang ke Santiago Bernabeu hanya untuk melihat mantan pemain Manchester United (MU) tersebut. 

Meski demikian, sepinya penonton di Santiago Bernabeu diyakini bakal berakhir. Apalagi liburan musim panas usai. Para suporter Real Madrid bakal kembali memadati Bernabeu.  

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia Salat Idul Adha Pagi Tadi

Posted: 20 Aug 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah sudah menetapkan jika Hari Raya Idul Adha jatuh pada Rabu, 22 Agustus 2018. Namun, Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) yang berlokasi di Masjid Al Fuqran Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat sudah melaksanakan salat Idul Adha 1439 H hari ini.

Salat dimulai pukul 07.07 WIB dipimpin oleh Imam Hsbullah Fachri dengan khatib Cholil Ridwan dan dihadiri ratusan orang jemaah.

Jemaah yang terlambat bahkan mengikuti salat Id gelombang kedua yang berlokasi di lantai 3 Masjid pada pukul 08.00 WIB.

Sebelum salat, pengurus Masjid DDII membacakan Maklumat DDII tertanggal 14 Agustus 2018 yang ditandatangani Ketua Umum Mohammad Siddik tentang hasil kajian dan ketetapan Majelis Fatwa DDI tahun 2006 mengenai alasan DDII melakukan salat Idul Adha pada 21 Agustus 2018.

"Alasan pertama yaitu Idul Adha adalah syiar internasional umat Islam yang tidak bisa dipisahkan dari Hari Raya Haji, yang rangkaian hari-harinya merupakan satu kesatuan," ujar Siddik yang dibacakan pengurus Masjid DDII, seperti dilansir Antara, Selasa (21/8/2018).

Kedua, lanjut dia, ciri khas hari raya Islam didahului oleh puasa. Jumat didahului oleh puasa Senin dan Kamis, Idul Fitri didahului oleh puasa Ramadan, dan Idul Adha puasa Arafah dengan janji pahala, pengampunan, penebusan, dan pengabulan doa

"Ketiga, Puasa Arafah berkaitan erat dengan konsep tempat, waktu, peristiwa dan nilai atau keutamaan. Keempat, perbedaan waktu Indonesia-Makkah tidak signifikan untuk dijadikan objek perbedaan dimana hari Arafah-nya masih mengalami malam dan siang yang sama," paparnya.

Kelima, sambung Siddik, isbat Ramadan dan Syawal patokannya adalah rukyat ahlul balad (Tanah Air) dan isbat Zulhijah patokannya adalah rukyat Tanah Suci.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: 

Alasan Lainnya

Petugas membersihkan koran usai salat id Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 H di kawasan Senen, Jakarta, Jumat (15/6). Banyaknya koran yang berserakan membuat petugas harus sigap membersihkan agar tidak mengotori jalan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Alasan keenam adalah mengingat posisi Hari Raya Haji sebagai hari raya internasional umat Islam yang diserukan oleh Syekhul Azhar (1975), Rabithah Alam Islami (1975), Konferensi Istambul Turki (1978) tentang perlunya mengikuti penentuan Mekkah al-Mukarramah sebagai kiblat penentuan hari wukuf dan Idul Adha

"Ketujuh, merujuk pada Maklumat Mahkamah Ulya KSA melalui putusan nomor 111 H pada 29/11/1439 tentang penetapan awal Zulhijah 1439 H, dimana waktu wukufnya jatuh pada Senin 20 Agustus 2018, maka dengan ini dipermaklumkan puasa hari Arafah jatuh pada Senin 20 Agustus 2018, pelaksanaan salat Idul Adhal DDII pada Selasa, 21 Agustus 2018 yang dipusatkan di Masjid Al Furqan, kompleks Pusdiklat Tambun, Setia Mekar Bekasi, dan Pusdiklat Musliman Center Cipayung Jakarta Timur," terang Siddik.

Kedelapan, kepada seluruh umat Islam diserukan untuk saling menjaga kesatuan dan persatuan, saling menghargai dan saling mengayomi, memperbanyak amal saleh dengan berkorban, infak, sedekah, silaturahmi.

Pengurus juga sudah mendapat hewan kurban berupa 518 ekor kambing serta 36 ekor sapi yang akan diberikan kepada korban bencana gempa bumi Lombok dan disalurkan ke luar negeri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ingin Seperti Barbie, Wanita Ini Potong Tulang Rusuk

Posted: 20 Aug 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang Ibu di Inggris rela memotong 6 tulang rusuknya agar bisa tampil seperti boneka barbie.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Telusuri Lokasi Prostitusi Atlet Asian Games Asal Jepang

Posted: 20 Aug 2018 10:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jajaran Polres Jakarta Selatan hingga kini masih mendalami kasus dugaan prostitusi empat atlet basket asal Jepang yang ikut Asian Games 2018. Lokasi prostitusi itu hingga kini masih misterius.

Terkait hal itu, Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Indra Jafar mengaku, pihaknya masih menelusuri hotel di bilangan Mahakam yang ditempati ofisial atlet dan wartawan dari berbagai media asing. Penelusuran itu dilakukan karena diduga empat atlet itu membawa para PSK tersebut ke kamar ofisial.

"Kita coba cek orang-orang yang tinggal di hotel itu, di hotel Mahakam itu kan cuma wartawan sama ofisial saja. Kalau dugaan mereka menggunakan kamar ofisial, sampai sekarang mereka tidak memberikan informasi," kata Indra saat dihubungi di Jakarta, Selasa (21/8/2018).

Namun, Indra mengaku kesulitan menyelidiki kasus tersebut karena polisi belum menerima ada laporam resmi kasus dugaan prostitusi para atlet, baik dari petugas INASGOC dan ofisial dari kontingen negara Jepang.

"Mereka belum laporan resmi ke kita. Enggak ada laporannya. Dari pihak ofisial pun belum ada laporan," katanya.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Restoran Jepang

Selain hotel, polisi juga masih menelusuri restoran makanan khas Jepang yang menjadi lokasi transaksi prostitusi antara calo yang diduga berperan sebagai muncikari dengan para atlet asal Jepang itu. Dugaan sementara, kegiatan prostitusi keempat atlet Jepang berawal saat makan di sebuah restoran makanan khas Jepang di kawasan Blok M, Jakarta Selatan.

"Iya itu yang kita cari itu restorannya. Karena restoran pun mungkin juga tak mengira kalau mereka ngobrol, tawar-menawar," katanya.

Lebih lanjut mantan Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Meteo Jaya menyampaikan, sejauh ini polisi belum menerima laporan dari pengelola restoran terkait dugaan prostitusi yang dilakukan para atlet dari negara Matahari Terbit itu.

"Itu katanya terus ditawarin kan (sama calo). Itu makanya kemarin kita klarifikasi enggak ada. Belum ada laporan itu," Indra memungkasi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pulih dari Cedera, Gelandang Persib Apresiasi Dukungan Bobotoh

Posted: 20 Aug 2018 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gelandang Persib Bandung, Kim Jeffrey Kurniawan, sudah mulai kembali membela timnya. Kim telah menjalani comeback usai mengalami cedera patah tulang fibula.

Ketika itu Kim turun ke lapangan saat Persib jumpa PSKC Cimahi di ajang Piala Indonesia belum lama ini. Laga itu sendiri dimenangkan Persib.

Kembali pulih, Kim sangat mengapresiasi dukungan Bobotoh selama dirinya menjalani pemulihan.

"Saya ingin ucapkan banyak terima kasih untuk semua Bobotoh yang sudah mendukung selama ini. Terus terang ini semua berkat dukungan kalian selama saya jalani pemulihan," ujar pemain andalan Persib ini.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Kerja Keras

Gelandang Persib Bandung, Kim Jeffrey Kurniawan. (Twitter/@KimKurniawan)

Kembali pulih tak lantas membuat Kim cepat berupuas diri. Ia mengaku akan terus berlatih dengan keras demi kembali ke skuat inti Maung Bandung.

Tak hanya itu, pemain naturalisasi asal Jerman tersebut mengemban misi lain di sisa musim 2018 ini. Kim bertekad untuk memberikan andil besar untuk kesuksesan Maung Bandung musim ini.

"Saya sudah kangen juga bisa bermain lagi secara penuh. Saya optimis tahun ini bisa memberikan yang terbaik untuk PERSIB, yaitu gelar juara liga (Go-Jek Liga 1) dan Piala Indonesia," kata Kim, seperti dilansir situs resmi klub.

Lawan Arema

Dia berharap bisa turun saat Persib menghadapi Arema FC pada laga lanjutan kompetisi Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak 2018. Laga ini akan berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), 13 September 2018.

Kim mengaku sudah siap secara mental dan fisik. "Lawan Arema jadi target berikutnya mudah-mudahan tercapai," kata pemain bernomor punggung 23 tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

[Cek Fakta] Pejabat Sosialisasi Miras di Era Jokowi?

Posted: 20 Aug 2018 10:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jelang Pemilihan Presiden 2019, atmosfer persaingan di antara kedua capres semakin kental. Kedua kubu pendukung semakin gencar menyerang dengan mencari-cari kesalahan capres lawan. Hal-hal yang terjadi pada masa lalu lawan pun akan diributkan kembali demi mempengaruhi opini masyarakat.

Sebagai petahana, Presiden RI Joko Widodo memiliki segudang aspek untuk dinilai. Berbagai kebijakan yang telah dikeluarkan Joko Widodo memberi ruang bagi para calon pemilih untuk membentuk opini.

Klaim

Sebuah tautan berita dengan judul "Astaghfirullah, Para Pejabat di Era Jokowi Sosialisasi Manfaat Miras" yang dimuat di situs suaranasional.com pada 19 September 2015 kembali ramai beredar di media sosial.

Dalam berita tersebut, terpampang gambar Joko Widodo bersama beberapa menteri dan tamu lainnya bersulang mengangkat gelas masing-masing.

Berita tersebut mengabarkan istana negara dan kantor-kantor menteri sudah bebas menyajikan minuman beralkohol yang disuplai dari minimarket terdekat. Dicantumkan juga kutipan yang berasal dari Ketua Progres 98 Faizal Assegaf. Faizal disebut mengakui bahwa ada tradisi baru di lingkungan pemerintahan yaitu tradisi minum miras.

"Tradisi mabuk alias teler berat akan menjadi budaya baru bagi pejabat negara dan hal itu mau ditularkan kepada rakyat," ungkap Faizal dalam berita itu. 

Dalam berita tersebut, Faizal disebut menyatakan PDIP merupakan penyokong utama yang gencar mengkampanyekan perdagangan miras secara legal di negeri ini.

Penelusuran Gambar

Cek Fakta - Foto Reuters

Dari hasil penelusuran, gambar Joko Widodo bersama para menteri yang sedang bersulang tersebut merupakan hasil foto Yuya Shino dari Reuters yang diunggah pada 24 Maret 2015.

Momen tersebut diambil saat Joko Widodo sedang menemui para pebisnis Jepang yang tergabung dalam Japan External Trade Organization (JETRO) di Tokyo, Selasa 24 Maret 2015. Kunjungan Jokowi selama 4 hari disertai misi mengajak para pebisnis Jepang giat berinvestasi di Indonesia.

Bantahan Faizal Assegaf

Ketua Progres 98 Faizal Assegaf melaporkan petinggi PKS ke Polda Metro (Nur Habibie/Merdeka.com)

Ketua Progres 98, Faizal Assegaf yang namanya dicatut membantah dirinya pernah memberikan pernyataan seperti tertulis dalam artikel tersebut.

"Hoax," tulisnya saat dikonfirmasi Liputan6.com melalui pesan singkat, Senin (20/8/2018).

Faizal menyatakan pihak lawan menjadikan berita hoaks untuk membungkan lawan politik mereka dengan aneka fitnah keji.

"Tapi saya yakin rakyat semakin cerdas untuk menilai dinamika kekinian," tuturnya.

Kabar serupa juga pernah menyebar pada 2016 lalu. Sebuah foto beredar di media sosial, yang menunjukkan foto mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok makan bersama bersama Kapolri Tito Karnavian dan politikus Maruarar Sirait.

Warganet fokus pada botol minuman berwarna hijau yang dikira sebagai minuman keras (miras).

"Biar foto yang berbicara. Atas ketidak adilan yang terjadi di Indonesia. Acara minum-minum MIRAS bersama. Akibat sering gaul sama Ahok. Hukum hanya tajam ke bawah. Tumpul ke atas," demikian keterangan foto yang ditulis Jack.

Ahok saat jamuan makannya bersama Kapolri Tito Karnavian dan politisi Maruarar Sirait.

Foto tersebut kontan menjadi perdebatan sengit para netizen. Banyak dari netizen yang kemudian menjelaskan jika minuman tersebut adalah air mineral produk asli Indonesia dengan merek Equil.

Kesimpulan

Berita dari suaranasional.com memelintir konteks dari penggunaan gambar Joko Widodo seolah-olah mendukung isi beritanya yang tidak valid. Tidak ditemukan artikel dengan kabar serupa di media lainnya ditambah bantahan dari Faizal Assegaf yang namanya dicatut. Dengan demikian, dapat disimpulkan berita tersebut adalah hoaks.

banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 53 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta@liputan6.com.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Safari Wukuf, Petugas Haji Layani Jemaah dengan Sepenuh Hati

Posted: 20 Aug 2018 10:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) memiliki tanggung jawab untuk membantu jemaah menunaikan wajib haji, terutama saat wukuf di Arafah. Bagi jemaah calon haji yang sehat, tentu wukuf di Arafah bukan suatu masalah.

Namun, bagi jemaah sakit, Kemenag bertugas melayani mereka dengan safari wukuf. Lalu bagaimana pelaksanaannya?

Direktur Pengelolaan Dana Haji dan Sistem Komputerisasi Haji Terpadu Kemenag, Ramadhan Harisman ikut menemani jemaah yang disafari wukufkan pada Senin 20 Agustus 2018.

"Alhamdulillah, pelaksanaan safari wukuf berjalan dengan baik, diikuti 71 jemaah diberangkatkan ke Arafah dari Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah," uja Ramadhan, seperti dilansir dari laman www.kemenag.go.id, Selasa (21/8/2018).

Menurut pantauannya, jemaah calon haji diberangkatkan dengan 10 bus yang telah dimodifikasi bagian interiornya.

"Dengan bus yang telah dimodifikasi mirip ambulans panjang, jemaah sakit diberangkatkan baik dalam posisi berbaring maupun duduk. Jemaah juga didampingi dokter dan paramedis serta pembimbing ibadah," paparnya.

Ramadhan mengatakan, para petugas kesehatan safari wukuf yang mendampingi di dalam bus secara reguler memantau kesehatan jemaah, memberikan tindakan medis, dan menyajikan makanan siang.

"Paramedis juga tak sungkan menyuapi jemaah agar mudah menikmati makanan," kata Ramadhan.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Tugas Pembimbing Ibadah

Ribuan umat muslim berkumpul di Bukit Jabal Rahmah saat mereka tiba di Arafah, sebelah tenggara dari kota suci Mekah Saudi, (20/8). Puncak ibadah haji ditandai dengan pelaksanaan wukuf di Arafah. (AFP Photo / Ahmad Al-Rubaye)

Sedangkan pembimbing ibadah, menurut Ramadhan, melakukan tugasnya untuk menuntun jemaah membaca talbiyah, berzikir, dan melakukan khutbah wukuf.

"Mereka juga menuntun setiap jemaah untuk tayamum dan melaksanakan sholat jamak taqdim dzuhur dan ashar di bus," ucapnya.

Lantas bagaimana kesan yang didapat Ramadhan setelah mengikuti kegiatan safari wukuf dari awal hingga akhir?

"Sungguh pengalaman batin luar biasa bagi saya bisa menyaksikan para petugas haji menjemput ridla Allah, melayani seluruh jemaah safari wukuf dengan hati," jelas Ramadhan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi: Penganiaya Pemuda Berkebutuhan Khusus Bukan Satpol PP

Posted: 20 Aug 2018 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Enam orang ditetapkan sebagai tersangka penganiayaan pemuda berkebutuhan khusus di kawasan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Kasubag Humas Polres Jakarta Pusat AKBP Suyatno mengatakan, para pelaku ini bukanlah anggota Satpol PP DKI Jakarta.

"Enggak ada Satpol PP. Warga," tutur Suyatno saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Selasa (21/8/2018).

Menurut dia, enam orang itu dibekuk tidak lama usai laporan soal penganiayaan tersebut diterima dan dilakukan olah TKP. Para tersangka ditangkap masih di sekitaran Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

"Sudah diamankan," jelas Suyatno.

Sementara itu, kakak korban, Sari, menuturkan bahwa adiknya diduga dipukuli petugas yang menjaga acara di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Usai penganiayaan itu, AAF menderita luka lebam di seluruh wajah, serta luka bekas sundutan rokok di tubuhnya.

"Adik saya habis dianiaya seperti binatang oleh petugas. Wajahnya lebam, sundutan di seluruh tubuh. Bahkan waktu saya ke sana masih ada tembakau," ujar Sari saat ditemui di Polres Jakarta Pusat, Senin 20 Agustus 2018.

 

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Awal Mula

Sari menceritakan, kejadian bermula saat AAF pergi dari rumah pada Jumat, 17 Agustus 2018 pagi. Biasanya, dia pergi tanpa pamit dan pada sore hari pulang kembali ke rumah di Jalan Cempaka Putih Utara.

Namun, hingga Jumat malam AAF belum juga pulang. Keluarga cemas lalu mencarinya ke sejumlah lokasi, termasuk ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Namun, hingga Jumat malam, AAF tak ditemukan.

Keesokan harinya, keluarga melanjutkan pencarian hingga ke Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya, Jalan Kembangan Raya, Jakarta Barat. Saat tiba di panti, petugas panti menyatakan bahwa AAF berada bersama mereka. Namun, sebelum AAF dipertemukan dengan keluarga, petugas menanyakan kondisi saat pergi dari rumah.

Pihak panti menerima AAF sudah dalam kondisi penuh luka ketika diserahkan petugas pengamanan di Lapangan Banteng.

Sari menambahkan, dari keterangan AAF, dia dipukuli karena diduga mencuri. Petugas mendapati uang Rp 2,4 juta dari kantong AAF.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

RUU Sumber Daya Air Bikin Harga Jual Produk Minuman Mahal

Posted: 20 Aug 2018 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pelaku industri menyampaikan keberatannya terhadap Rancangan Undang-Undang (RUU) Sumber Daya Air (SDA). Adanya RUU ini dinilai akan berdampak pada daya saing produk industri nantinya.

Perwakilan Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman (Gapmmi) Tri Junanto mengatakan, selama ini industri, khususnya minuman, telah melakukan pengelolaan air bersih secara mandiri. Dengan demikian, industri bisa memastikan jika kualitas dan keamanan dari air yang dijualnya.

Namun, jika pengelolaan air ini diambil alih oleh pemerintah melalui Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dirinya khawatir kualitas dan keamanan air yang dikelola tidak sesuai dengan standar industri.

"Bagi industri makanan dan minuman, ini juga bahaya. Berkaitan dengan food safety dan dampaknya akan seperti bola salju makin lama makin besar," ujar dia di Hotel Veranda, Jakarta, Selasa (21/8/2018).

Selain itu, dengan adanya kewajiban untuk menyisihkan 10 persen labanya untuk konservasi air, akan menambah biaya produksi. Pada akhirnya, harga jual produk menjadi semakin mahal dan menggerus daya saing produk lokal.

"Pasti biaya operasi kita naik. Ujung-ujungnya juga pasti harga jualnya naik," ungkap dia.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Ganggu Ketersediaan

Kementerian PUPR mengembangkan Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) Kota Bandar Lampung yang akan melayani 300 ribu  jiwa penduduk. (Dok Kementerian PUPR)

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani mengatakan, selama ini industri lebih banyak memanfaatkan air sungai, bukan dari dalam tanah. Oleh sebab itu tidak akan mengganggu ketersediaan air dalam tanah.

"Air baku itu sebagian besar perusahaan ngambil dari sungai, bukan ngebor. Jadi ada nilai ekonomi di situ yang dioptimalkan oleh pengusaha. Tentunya kami akan betul-betul menyuarakan permasalahan ini kepada pemerintah dan parlemen. Yang kami khawatirkan ini akan menyebabkan biaya yang lebih besar," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Perubahan Siklus Tidur Anda Seiring Bertambahnya Usia

Posted: 20 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siklus tidur Anda mungkin terasa sangat mudah di usia 20- an. Namun, bukan rahasia lagi jika seiring bertambahnya usia memasuki angka 30 dan 40-an, tidur menjadi tantangan tersendiri bagi banyak orang.

Seiring bertambahnya usia, struktur otak dan konektivitasnya berubah membuat Anda kesulitan mendapatkan tidur yang berkualitas. Dilansir dari furthermore.equinox.com, Senin (20/8/2018), berikut ini adalah perubahan siklus tidur Anda seiring bertambahnya usia.

1. Arsitektur tidur Anda bergeser

Usia memiliki dampak besar pada arsitektur tidur. Biasanya seseorang membutuhkan satu setengah jam untuk melalui empat tahap, yaitu gerakan mata non cepat tahap satu sampai tiga, hingga tidur.

Seiring bertambahnya usia, siklus 90 menit tersebut akan menjadi lebih pendek, Anda mulai menghabiskan lebih banyak waktu untuk tidur ringan. Intinya, hal ini akan membuat Anda kurang fokus di siang hari.

Jika Anda sedang mencari cara mencegah kantuk di siang hari, paparkan diri ke cahaya matahari pagi. Atau lakukan olahraga yang bisa membantu Anda lebih fokus dan mengusir keinginan untuk tidur di siang hari.

 

Perubahan siklus tidur seiring bertambahnya usia

Ilustrasi tidur (iStockphoto)

2. Anda membutuhkan kamar tidur yang lebih kedap suara

Seiring bertambahnya usia, Anda akan lebih memperhatikan hal-hal yang sebelumnya tidak pernah diperhatikan. Cobalah untuk menyumbat telinga dan masker mata untuk mengurangi gangguan yang ada.

3. Stres dan alkohol lebih mengganggu siklus tidur Anda

Gangguan tidur cenderung akan meningkat seiring bertambahnya usia, seperti stres dan konsumsi alkohol. Saat Anda mengonsumsi alkohol, siklus tidur akan terganggu, membuat tubuh sering terbangun di tengah malam.

Apa yang Anda lakukan di siang hari berkontribusi terhadap kualitas tidur di malam hari. Inilah mengapa untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik di malam hari, usahakan untuk tidak mengonsumsi alkohol di siang hari dan berlatih pernapasan sebelum tidur.

Perubahan siklus tidur seiring bertambahnya usia

Ilustrasi tidur tengkurap (iStockphoto)

4. Anda terbiasa kurang tidur

Beberapa penelitian menemukan bahwa orang dewasa yang mengalami kurang tidur memiliki kinerja yang lebih tinggi pada tes memori, perhatian, suasana hati, dan kognisi, daripada rekan-rekan mereka yang lebih muda. Alasannya masih belum jelas, mungkin karena seiring bertambahnya usia, Anda terbiasa menghabiskan waktu yang lebih sedikit untuk beristirahat.

Hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah tetap menjaga jam tidur. Orang dewasa membutuhkan waktu tidur selama 7 hingga 9 jam dalam sehari.

5. Anda memaksakan diri

Irama panel kontrol biologis, seperti melatonin dan kortisol yang membantu siklus tidur Anda juga akan berubah seiring bertambahnya usia. Jika Anda sudah merasa ngantuk di jam 9 malam, maka jangan coba-coba bertahan hingga jam 11 malam, ini akan membuat siklus tidur menjadi berantakan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Puncak Kemarau, PMI Siagakan Mobil Tangki Air Bersih

Posted: 20 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung Palang Merah Indonesia (PMI) menyiagakan mobil tangki air bersih untuk mengantisipasi kekeringan pada puncak musim kemarau yang telah dinyatakan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Mobil tangki berkapasitas 5000 liter itu akan menyalurkan air bersih dari dua bak raksasa di Markas PMI Kota Bandung ke wilayah yang memerlukannya.

Menurut juru bicara Markas PMI Kota Bandung Priyo Handoko, mobil tangki air bersih itu bersiaga 24 jam apabila terdapat permintaan pasokan air bersih. Sekarang ini kata Priyo, baru satu wilayah yang meminta dipasok air bersih terkait kemarau.

"Dan untuk sekarang ini, kita baru menerima laporan dan permintaan dari Kecamatan Mandalajati yang di daerah sana ternyata puncak kekeringannya sudah mulai terasa. Dan memang dalam bulan Agustus ini adalah puncak bencana kekeringan di Kota Bandung pada khususnya," ujar Priyo Handoko di Markas PMI, Bandung, Senin (20/8/2018). 

"Jadi untuk masyarakat Kota Bandung yang membutuhkan bantuan air bersih untuk meminimalisir kejadian kekeringan dapat langsung ke PMI atau ke PMI Kecamatan yang ada di wilayah masing-masing," lanjut Priyo. 

 

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Bandung Timur rawan kekeringan saat kemarau

Priyo menyebutkan, permintaan pasokan air bersih dari Kecamatan Mandalajati yaitu pada pertengahan bulan Juli. Priyo menjelaskan jumlah air bersih yang disalurkan ke wilayah tersebut mencapai 30 ribu liter.

Menurutnya, Kecamatan Mandalajati merupakan wilayah yang paling rentan mengalami kekeringan di Kota Bandung, selain wilayah Panyileukan dan Ujungberung. Ketiga wilayah tersebut jelas Priyo, merupakan langganan kekeringan dan membutuhkan pasokan air bersih saat memasuki musim kemarau.

"Pada tahun lalu saat memasuki musim kemarau, tiga daerah itu juga yang paling pertama meminta pendistribusian air bersih ke kita," ujar Priyo.

Sementara untuk wilayah lainnya kata Priyo, belum melayangkan permintaan pasokan air bersih ke PMI Kota Bandung. PMI Kota Bandung menyatakan wilayah Bandung Timur menjadi daerah rawan kekeringan saat memasuki musim kemarau.

Sebelumnya, Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (PSTA LAPAN) menyebutkan bulan Agustus 2018 ini merupakan puncak musim kemarau. Awal musim kemarau sendiri sudah terjadi pada bulan Juni 2018 lalu dan pertengahan bulan Agustus ini.

Musim kemarau terlihat dari aspek angin Monsun dari arah Timur atau Tenggara yang sudah seragam (homogen) terjadi di Selatan Indonesia. Selain angin Monsun, tingkat suhu dan aspek kekeringan di udara serta liputan awannya mennguatkan prakiraan puncak musim kemarau yang terjadi saat ini. (Arie Nugraha)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Atlet Indonesia Alami Cedera Saat Jajal Lintasan Kano Asian Games

Posted: 20 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Satu atlet Indonesia nomor kayak tunggal putra Dadan Agum Gumelar terkena cedera bahu saat menjajal lintasan tanding cabang olahraga kano slalom Asian Games 2018 di Bendungan Rintang Majalengka, Jawa Barat, Selasa (21/8/2018).

Dadan gagal melakukan manuver di gawang keempat menuju kelima. Dia tidak bisa mengendalikan arus yang kemudian membuat perahu kayaknya oleng dan terbalik.

Tim penyelamat sempat kesulitan membantu mengangkat Dadan karena arus yang cukup deras dengan ketinggian air bendungan mencapai 14 meter pada venue Kano Asian Games tersebut.

Akibat kejadian tersebut, Dadan mengalami cedera bahu kiri dan diputuskan dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Majalengka setelah mendapat pertolongan pertama dari tim medis di lokasi pertandingan.

Sementara itu, atlet Indonesia lainnya yang berkesempatan menjadi "forerunner" atau penjajal lintasan mampu menyelesaikan 18 gawang rintang dengan baik, yakni Agung Gunawan di nomor kayak tunggal putra dengan catatan waktu 246,71 detik dan atlet kayak tunggal putri Sarah Yusuf finis dalam waktu 255,4 detik.

 

Dimulai Hari Ini

Atlet Korea Selatan dan Korea Utara saat latihan kano bersama jelang Asian Games 2018 di Tangeum Lake International Rowing Center, Chungju, Korea Selatan, Selasa (31/7). (Jeon Heon-Kyun/Pool/AFP)Para atlet cabor Kano Asian Games 2018 akan mendapat pelayanan dan fasilitas sesuai dengan standar yang ditentukan. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Babak penyisihan kano slalom dimulai pada Selasa, di Bendungan Rintang Majalengka dengan mempertandingkan empat nomor, yakni kano tunggal putra, kayak tunggal putra, kano tunggal putri, dan kayak tunggal putri.

Total 80 atlet dari 14 negara mengikuti pertandingan ini, yakni China, Indonesia, India, Iran, Jepang, Kazakhstan, Kyrgistan, Republik Korea, Malaysia, Filipina, Thailand, Tajikistan, Chinese Taipei. (Ant)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nonton Asian Games, Jokowi Pakai Jaket Anak Motor Buatan Solo

Posted: 20 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo mendukung langsung para atlet yang bertanding di gelaran Asian Games 2018. Bahkan, Presiden yang akrab disapa Jokowi itu juga menonton langsung laga final cabor Wushu dan emas pun direbut Lindswell Kwok, di JIEXpo, Kemayoran, Jakarta, Senin (20/5/2018).

Namun ada yang menjadi sorotan ketika mantan walikota Surakarta itu menonton dan memberikan selamat kepada Lindswell Kwok.

Ya, itu karena gaya berpakaian Jokowi menggunakan jaket rider dengan warna merah mencolok. Seketika, melihat jaket merah ini pasti disangka brand luar.

Pasalnya, pada November 2016 Jokowi sempat berpidato menggunakan bomber jacket berwarna hijau lumut keluaran brand Spanyol, Zara.

Presiden Joko Widodo memberi semangat kepada atlet wushu Lindswell Kwok saat beraksi pada Asian Games 2018 di JIExpo, Jakarta, Senin, (20/8). Lindswell meraih medali emas setelah berhasil mengumpulkan poin tertinggi yaitu 19.50. (AP Photo/Aaron Favila)

Lantas jaket apa yang digunakan Jokowi saat menonton Asian Games 2018?

Ternyata jaket yang dikenakan Jokowi adalah brand Bulls Syndicate. Merek yang satu ini bukan dari Eropa atau Amerika, bahkan Jepang. Sebaliknya, Bulls Syndicate adalah merek lokal atau tepatnya berbasis di Solo, Jawa Tengah.

Brand ini memang menjual beraneka produk pakaian, mulai dari t-shirt, hoodie, jaket hingga topi. Kebanyakan, produk ini diperuntukkan bagi para rider atau penggemar motor.

Nah, Anda anak motor? sudahkah pakai brand buatan lokal?

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Gemar Pakai Jaket Motor

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengendarai motor Chopper saat blusukan di Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (8/4). Blusukan ini dalam rangka melakukan agenda kerja di Sukabumi. (Liputan6.com/Pool/Biro Pers Setpres)

Jokowi juga sempat menjadi perbincangan publik, khususnya para pengguna jejaring sosial usai melakukan touring dalam perjalanan ke Sukabumi untuk pelaksanaan program Padat Karya Tunai Desa (PKTD).

Selain perjalanan touringnya bersama komunitas roda dua tersebut, penampilan Jokowi juga tak luput dari sorotan.

Ya, penampilan Jokowi yang mengenakan jaket jeans dengan beberapa hiasan itu terlihat menarik dan unik. Jaket jeans itu diketahui karya Benhard Suryaningrat.

Pada bagian belakang jaket, tampak susunan tulisan Indonesia dengan berbagai motif yang mewakili budaya. Sedangkan pada bagian depan, ada peta Indonesia berwarna merah putih.

Tetapi siapa sangka, peta Indonesia pada bagian depan jaket ini menjadi sorotan. Seperti salah satu foto yang diunggah oleh akun Instagram @sr23_official, Jokowi disebut bangga memperlihatkan Indonesia terbelah hanya gara-gara jaketnya tidak terkancing.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Badminton Putri Asian Games 2018: Indonesia Vs Jepang di Indosiar

Posted: 20 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia sukses melaju ke semifinal dminto badminton Asian Games cabang banomor beregu putri. Hari ini, Gregoria Mariska dan kawan-kawan harus berjuang untuk merebut tiket ke final.

Sebelumnya, Indonesia tampil gemilang di permpat final mengalahkan Korea Selatan 3-1. Di semifinal, tim putri badminton Asian Games Indonesia akan menghadapi tim kuat Jepang.

Di sisi lain, Jepang sendiri lolos ke semifinal usai mengalahkan India. Dilihat dari rekam jejaknya, Jepang jelas bukan lawan sembarangan.

Tahun ini, mereka bergelar juara Piala Uber usai mengalahkan Thailand di final, Mei lalu. Namun, peluang Indonesia ke final tentu tetap besar.

Apalagi, Indonesia akan didukung penuh oleh puluhan ribu suporter yang pasti bakal memadati Istora GBK.

Saksikan Live Streaming Indosiar Badminton Putri Asian Games 2018: Indonesia Vs Jepang mulai pukul 12.00 WIB. Dapatkan link Live Streaming Indosiar Badminton Putri Asian Games 2018: Indonesia Vs Jepang di halaman selanjutnya.

 

Link Live Streaming

Untuk link Live Streaming Indosiar Badminton Putri Asian Games 2018: Indonesia Vs Jepang silakan klik di sini..... 

Susunan Pemain

Beregu Putri

Jepang vs Indonesia

Tunggal 1: Akane Yamaguchi vs Gregoria Mariska

Ganda 1: Yuki Fukushima/Sayaka Hirota vs Greysia Polii/Apriyani

Tunggal 2: Nozomi Okuhara vs Fitriani

Ganda 2: Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi vs Della/ Rizki

Tunggal 3: Ruselli vs Aya Ohori vs Ruselli

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bikin Iri, Bocah 7 Tahun Ini Raup Rp 160 Miliar dari Nge-vlog

Posted: 20 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Siapa sangka, seorang bocah berusia 7 tahun bisa mendulang uang ratusan miliar rupiah dari aktivitas nge-vlog.

Bocah yang dimaksud adalah Ryan, seorang vlogger cilik yang biasa melakukan unboxing dan mengulas mainan-mainan anak terbaru.

Ryan memiliki saluran sendiri bernama Ryan ToysReview di sebuah layanan video berbagi. Nah, berkat aktivitasnya sebagai vlogger, Ryan dinobatkan sebagai salah satu miliarder termuda.

Sebagaimana dikutip dari Business Insider, Selasa (21/8/2018), saluran Ryan ReviewToys yang dikelola oleh keluarga Ryan meraup USD 11 juta atau setara Rp 160 miliar setahun pada 2017.

Hal ini berdasarkan pada daftar seleb YouTube dengan penghasilan tertinggi pada 2017 versi Forbes.

Saat ini, saluran Ryan ToysReview telah memiliki 10 juta pelanggan, sehingga tarif iklannya per bulan bisa mencapai USD 1 juta atau setara Rp 14,5 miliar.

 

Nge-vlog Sejak Umur 4 Tahun

Vlogger cilik berusia 7 tahun ini meraup  pendapatan Rp 160 miliar per tahun (Foto: Guinness World Records Kids)

Selain saluran video milik Ryan, saluran lainnya yang juga meraup pendapatan Rp 160 miliar adalah Smosh, sebuah channel untuk video komedi.

Sebelumnya di tahun 2016, The Verge pernah membuat laporan tentang Ryan yang memulai saluran video vlog-nya pada Maret 2015.

Akun tersebut dibuat ketika Ryan yang saat itu berusia 4 tahun meminta orangtuanya untuk merekam aksi unboxing mainannya dan mengunggah ke layanan berbagi video.

Viral pada Juli 2015

Ilustrasi mainan anak-anak. (theartofsimple.net)

Selanjutnya, saluran Ryan ToysReview menjadi viral pada Juli 2015. Video yang dimaksud adalah saat Ryan membuka dan mengulas lebih dari 100 mainan mobil-mobilan Cars, film besutan Pixar. Kini, video tersebut telah disaksikan hingga 800 juta kali.

Kini saluran Ryan ToysReview tak hanya mengulas tentang mainan, tetapi juga produk camilan dan makanan untuk anak-anak.

Video ulasan Ryan biasanya menampilkan komentar jujur Ryan tentang produk yang diulasnya, ia juga tampak antusias membawakan vlog tersebut, tentu dengan panduan orangtua yang merekam aksi gemas Ryan.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Ketahuan Sewa PSK, Atlet Jepang Dipulangkan dari Asian Games 2018

Posted: 20 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Asian Games menjadi ajang yang ditunggu-tunggu bagi para atlet Asia untuk unjuk kebolehan. Tentunya mereka berlomba-lomba membawa medali demi mengharumkan nama bangsa. Namun sayang kejadian memalukan justru harus dialami oleh negara Jepang.

Empat atletnya harus dipulangkan lantaran ketahuan terlibat prostitusi. Mereka terbujuk calo di jalan untuk pergi ke hotel dengan wanita. Insiden tersebut terjadi tepat setelah mereka makan malam dan meninggalkan Kampung Atlet. Komite Dewan Olimpiade Jepang (JOC) pun meminta maaf atas insiden ini.

Artikel tentang 4 atlet Jepang yang dipulangkan dari Asian Games 2018 menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel kedua terpopuler yakni, bahayanya jika kita minum air putih berlebihan. Sedangkan artikel tentang rahasia di balik cara penari di pembukaan Asian Games berganti baju dengan kilat menempati artikel ketiga terpopuler.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Ketahuan Sewa PSK, 4 Atlet Jepang Dipulangkan dari Asian Games 2018

Pekerja menyelesaikan pemasangan logo Asian Games 2018 di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Rabu (16/8). Jelang peluncuran hitung mundur Asian Games 2018 pemasangan karakter cabang olahraga dipercepat. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Empat orang pemain basket Jepang telah dikirim pulang dari Asian Games 2018 karena diduga terlibat skandal prostitusi dengan membayar PSK. Keempatnya terlihat di "distrik merah" populer di Jakarta dalam seragam nasional mereka.

Komite Dewan Olimpiade Jepang (JOC) memutuskan untuk memulangkan keempat atlet itu sekaligus meminta maaf akan insiden memalukan tersebut. Menurut Yasuhiro Yamashita, chef de mission Jepang, skandal tersebut membuat dirinya malu, terlebih di ajang sebesar Asian Games 2018.

Selengkapnya…

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

2. Minum Air Putih Berlebihan Ternyata Berbahaya, Ini Penjelasan Ahli

Anak Bisa Terkena Batu Ginjal karena Kurangnya Asupan Cairan Padahal Anak Senang Bermain (Ilustrasi/iStockphoto)

Kondisi negara Indonesia yang tropis membuat kita rentan kehilangan cairan tubuh karena sering berkeringat. Tentu untuk mengembalikan cairan yang hilang, kita pasti disarankan untuk banyak minum air.

Terlebih lagi minum air mineral dianggap menyehatkan bagi tubuh. Memang tidak dapat dimungkiri, air memang sehat dan dibutuhkan oleh tubuh. Namun jika berlebihan, akan berakibat tidak bagus untuk tubuh kita.

Dikutip dari Shared, ketika kita minum banyak cairan hal yang terjadi dapat meningkatkan ketidakseimbangan kadar air dan menyebabkan hiponatremia atau keracunan air.

Selengkapnya…

3. Begini Cara Penari di Pembukaan Asian Games Berganti Baju dengan Kilat

Penari menampilkan tari Ratoeh Jaroe dari Aceh pada pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, (18/8). Nyanyian tari yang berjudul Assalamualaikum itu menandai dimulainya upacara pembukaan Asian Games. (Liputan6.com/ Fery Pradolo)

Acara pembukaan Asian Games masih menjadi perbincangan publik. Berbagai pertunjukkan spektakuler membuat acara tersebut menjadi pusat perhatian tak hanya bagi warga Indonesia namun juga dunia. Salah satunya adalah momen ketika ribuan penari melakukan tarian Ratoeh Jaroe secara serempak di tengah megahnya SUGBK.

Mereka menari dengan kompaknya yang tentunya memukau ribuan penonton yang hadir. Tak hanya tarian yang memukau, kostum mereka juga menambah penampilan mereka lebih ciamik. Dalam hitungan detik saja ribuan penari itu bisa dengan mudah berganti warna kostum.

Selengkapnya…

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Teuku Zacky Takut Dimarahi Suami Olla Ramlan, Ada Apa?

Posted: 20 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Olla Ramlan menjadi salah satu pemeran dalam film horor terbaru, Sakral. Dalam film tersebut, Olla Ramlan beradu peran dengan Teuku Zacky.

Ada yang menarik dalam proses syuting film Sakral tersebut. Olla Ramlan dan Teuku Zacky sempat panik saat suami Olla Ramlan, Auzar Hutapea, tiba-tiba masuk usai keduanya melakukan adegan mesra di tempat tidur.

Hal itu disampaikan Olla Ramlan saat ditemui di Metropole XXI, Jakarta Pusat, Senin (20/8/2018).

"Lucu sih, ada beberapa adegan yang kayak adegan ranjang, Maksudnya bukan adegan ranjang, adegan di ranjang, disitu kan harus berpelukan, yang namanya suami istri ya. Pas syuting itu lagi pelukan, pegangan tangan, terus pas cut kan saya hadep sana dia hadep sana, main handphone dia maen handphone, nggak lama Aufar Dateng, syok semuanya," kata Olla Ramlan.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Simak juga video menarik berikut ini:

Ketakutan

Olla Ramlan

Hal itu membuat Olla Ramlan dan Teuku Zacky terkejut. Bahkan Teuku Zacky sempat khawatir dan ketakutan Aufar akan marah kepadanya.

"Zacky syok 'hah untung dia nggak liat, pasti kan dia bakal liat nanti premier, Zaki sempet ngomong 'gue nggak digampar kan ya'," ujar Olla Ramlan lagi.

 

Tidak Izin

Presenter Olla Ramlan didampingi suaminya, Aufar Hutapea (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Olla Ramlan sendiri mengaku bahwa dirinya tidak memberitahu secara detail sebelumnya bahwa akan ada adegan-adegan seperti itu.

"Aku pun enggak pernah izin langsung sama Aufar, yang boleh nggak aku adegan, begitu, nggak sedetail itu, pokoknya nggak ada adegan ciuman, nggak ada adegan mesra-mesraan, yang penting hanya sebatas adegan sewajarnya aja suami istri lah," aku Olla Ramlan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Gempa Magnitudo 7 Rusak Jalur Masuk Gunung Rinjani

Posted: 20 Aug 2018 10:00 PM PDT

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siapa Ayah Bayi yang Dilahirkan Siswi SMA Rembang di Toilet Sekolah?

Posted: 20 Aug 2018 10:00 PM PDT

Rembang - Kasus Melati (bukan nama sebenarnya), siswi kelas XI SMAN 1 Sulang yang melahirkan di toilet sekolah mendapatkan perhatian serius dari polisi. Polres Rembang segera menggelar tes Deoxyribo Nucleid Acid (DNA) untuk menuntaskan penyelidikan.

Tes DNA dilakukan untuk mengetahui siapa sebenarnya lelaki yang menghamili Melati (16). Hasilnya bisa dijadikan sebagai alat bukti penyidik untuk menuntaskan kasus.

Kapolres Rembang, AKBP Pungy Bhuana Santoso mengungkapkan, polisi sudah menemukan petunjuk atau titik terang. Petunjuk tersebut berasal dari hasil wawancara yang dilakukan terhadap beberapa orang saksi.

"Hasilnya akan terus kami dalami," kata Kapolres, ditulis suaramerdeka.com, Selasa (21/8/2018).

Pungky menyebutkan, sampai sekarang status hukum Melati masih sebagai saksi. Penyidik masih kesulitan membuat Berita Acara Pemeirksaan (BAP). Melati masih lemah fisik maupun psikisnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Sulang, Endang Sri Lestari mengaku sudah melaporkan peristiwa siswi melahirkan di toilet sekolah itu kepada Balai Pengendali Pendidikan Menengah Khusus (BP2MK) Pati. Rencananya, lembaga pengendali SMA/SMK tersebut akan segera melaporkan hal ini kepada Dinas Pendidikan Provinsi Jateng.

Menurut Endang, setelah insiden tersebut pihaknya sempat berencana melakukan tes urine terhadap seluruh siswi SMAN 1 Sulang. Namun dengan berbagai pertimbangan, hal itu urung dilakukan karena khawatir tidak mendapat persetujuan dari para wali.

"Kami hanya disarankan oleh BP2MK mengawasi secara intensif siswi-siswi yang dicurigai saja," kata Endang.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Ikuti berita menarik lainnya dari suaramerdeka.com di tautan ini.

Simak video menarik pilihan berikut di bawah:

Sempat Ikut Pelajaran Olahraga

Tak hanya down syndrome dan infeksi paru-paru, bayi berusia 8 tahun ini juga mengalami beberapa masalah kesehatan lainnya. Dan inilah kisah hidup Muhammad Al-Fatih. (Ilustrasi: Healthline)

Menurut Endang, selama di sekolah Melati tidak menunjukan perilaku kenakalan yang menonjol. Ia tidak masuk dalam kategori siswa nakal yang harus mendapatkan penanganan khusus.

"Jujur saja soal insiden itu, kami awalnya tidak tahu sama sekali. Bahkan, pada pekan sebelumnya ia (Melati) masih ikut olaharga aktif. Badannya juga bongsor jadi kami tidak tahu jika ternyata begitu," kata Endang.

Informasi dari guru yang sudah membezuk di rumah sakit, saat ini Melati dirawat di ICU. Sekolah tetap akan mengupayakan yang terbaik bagi Melati termasuk memberikan dorongan atau motivasi.

Melati adalah seorang siswi yang melahirkan di toilet sekolah, Sabtu 18 Agustus 2018. Bayi berjenis kelamin laki-laki itu meninggal dunia setelah ditusuk lehernya oleh Melati. Bayi itu juga menderita luka lebam di dahi serta bagian tubuh lainnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sekjen PSI Pastikan Mahfud Md Tetap Dukung Jokowi-Ma'ruf Amin

Posted: 20 Aug 2018 09:57 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Mahfud Md sempat melakukan pertemuan dengan politikus Gerindra Sudirman Said di kediamannya di Yogyakarta. Isu Mahfud dibujuk ikut tim pemenangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno pun mencuat.

Namun, Sekjen Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni memastikan Mahfud tak bakal berlabuh ke kubu lawan Jokowi, pascapertemuan tersebut. Mahfud Md juga telah membantah dirinya membahas politik bersama Sudirman Said dan mantan Sekretaris Kementerian BUMN Said Didu.

"Insyallah tidak," kata politikus yang disapa Toni melalui pesan singkat kepada Merdeka.com, Selasa (21/8/2018).

Dia mengatakan, Mahfud sempat berbincang dengan dirinya membahas kemungkinan pindah kubu. Dalam pembicaraan itu, Mahfud meyakinkan tak akan pindah mendukung Prabowo.

"Kemarin Pak Mahfud Md langsung bicara dengan saya, dia enggak akan pindah ke kubu sebelah," jelasnya.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Pertemuan Biasa

Sebelumnya, Mahfud Md mengatakan, pertemuan dengan Sudirman Said merupakan hal yang sangat biasa dan sudah sering terjadi, meski kini Sudirman berada di kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Sudirman itu teman saya, saya sering berdiskusi tanpa pemihakan politik dengan siapa pun," kata Mahfud usai menjadi tamu PSI di Balai Sarbini, Semanggi, Jakarta, Senin 20 Agustus.

Mahfud mengaku tidak kali ini saja melakukan pertemuan dengan politikus. Dia mengatakan juga bertemu dengan politisi dari kubu pendukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Dia mencontohkan hadir dalam pembekalan caleg PSI.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Noviana Gagal Rebut Medali di Nomor Cross Country Asian Games 2018

Posted: 20 Aug 2018 09:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pembalap sepeda gunung atau Mountain Bike Indonesia, Noviana gagal memenuhi target emas pada cabor sepeda gunung untuk nomor cross country putri di Asian Games 2018. Pada balapan yang digelar di Subang, Selasa (21/8/2018), Noviana bahkan hanya tampil sejauh 13,5 km dengan total catatan waktu 57 menit 24 detik.

Ini menempatkannya di posisi ke-8. Hasil sedikit lebih baik diraih pembalap Indonesia lainnya, Rohidah. Dia finis lebih baik di posisi ketujuh pada nomor cross country Asian Games 2018. Dia terpaut 16 menit 23 detik dari Yao.

Balap sepeda gunung untuk nomor cross country di Asian Games 2018 dimenangkan oleh atlet Tiongkok, Bianma Yao. Dia mencatatkan waktu terbaik 1 jam 20 menit dan 17 detik.

Yao yang sempat berada di posisi ketiga pada lap 1 dengan catatan waktu 16 menit 15 detik, melesat mulai lap 2 sampai 5. Dia terus memimpin catatan waktu hingga finis.

Medali perak juga direbut oleh atlet Tiongkok, Hongfeng Li. Dia terpaut 4 menit 39 detik dari Yao. Sedangkan medali perunggu diraih oleh atlet asal Thailand, Natalie Panyawan yang terpaut 5 menit 54 detik dari Yao.

 

 

Hasil Balapan

1. Bianwa Yao

2. Hongfeng Li

3. Natalie Panyawan

4. Faranak Partoazar (Iran)

5. Tsai Yayu (Chinese Taipei)

6. Siriluck Warapiang (Thailand)

7. Rohidah (Indonesia)

8. Noviana (Indonesia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Susunan Pemain Tim Bulu Tangkis Putri Indonesia Vs Jepang di Semifinal Asian Games

Posted: 20 Aug 2018 09:50 PM PDT

Bola.com, Jakarta - Tim putri Indonesia akan menghadapi lawan berat pada semifinal bulu tangkis beregu Asian Games 2018 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (21/8/2018). 

Menempati unggulan kelima di Asian Games 2018, Indonesia akan menantang Jepang. Tim Matahari Terbit merupakan unggulan pertama sekaligus favorit juara di beregu putri. 

Di atas kertas, pemain-pemain Jepang lebih diunggulkan daripada Indonesia. Itu berlaku di nomor tunggal maupun ganda. 

Gregoria Mariska Tunjung kembali diplot sebagai tunggal pertama. Pemain yang berhasil menyumbangkan poin saat melawan Hong Kong maupun Korea Selatan itu, akan menghadapi pemain nomor dua dunia, Akane Yamaguchi. Ini akan menjadi tantangan berat bagi Gregoria untuk mencuri poin. 

Di sektor ganda, dua wakil yang diturunkan Jepang juga lawan berat. Yuki Fukushima / Sayaka Hirota merupakan ganda nomor satu dunia, sedangkan Misaki Matsutomo / Ayaka Takahashi merupakan peringkat kedua dunia. 

Mampukah Indonesia membuat kejutan dengan mengalahkan Jepang? 

Berikut ini susunan pemain Jepang melawan Indonesia pada semifinal beregu putri Asian Games 2018.

Jepang Vs Indonesia

Akane Yamaguchi Vs Gregoria Mariska Tunjung

Yuki Fukushima/Sayaka Hirota Vs Greysia Polii / Apriyani Rahayu

Nozomi Okuhara Vs Fitriani

Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi Vs Della Destiara Haris / Rizki Amelia Pradipta

Aya Ohori Vs Ruselli Hartawan

 

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perjuangan Sri Wahyuni Raih Perak Angkat Besi Asian Games

Posted: 20 Aug 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia kembali meraih medali dari cabang olarhaga angkat besi putri kelas 48 kg. Meskipun tidak mencapai target emas, Sri Wahyuni sukses meraih perak dengan total beban angkatan 195 kg.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Selasa (21/8/2018), perolehan medali Indonesia di ajang Asian Games 2018 bertambah dengan prestasi Sri Wahyuni yang berhasil meraih medali perak di angkat besi 48 kg putri.

Meski diunggulkan untuk menempati peringkat pertama, Sri Wahyuni belum dapat memanfaatkan peluang emas. Setelah berjuang maksimal, dirinya harus berlapang dada berada di posisi kedua dengan total beban angkat seberat 195 kilogram.

Ia kalah dari atlet Korea Utara Ri Song Gum yang berhasil mengangkat total beban 199 kilogram. Sementara, di posisi ketiga ada atlet Thailand Sukcharon Tunya yang meraih medali perunggu dengan total angkatan 189 kg.

Tak hanya para supporter, pertandingan ini turut disaksikan Menko PMK Puan Maharani.

"Saya bangga karena dia sudah berjuang untuk mendapatkan emas," ujar Menko PMK RI Puan Maharani.

Sebelumnya pada Asian Games 2014 Incheon, Sri Wahyuni juga mendapatkan medali perak. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MotoGP: Peran Orangtua dalam Karier Valentino Rossi

Posted: 20 Aug 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Stefania Palma ternyata memiliki andil besar terhadap keberhasilan anaknya Valentino Rossi di dunia balap motor. Sudah sembilan gelar juara dunia yang telah dirasakan The Doctor selama menjadi pembalap profesional.

Valentino Rossi menuturkan bahwa ibundanya memiliki peran yang penting dalam karier balapnya. Dia memberikan banyak hal terkait informasi di dunia balap.

"Ibuku sangat penting bagiku. Dia mengajari saya banyak hal. Rumah kami tidak begitu jauh (tetangga), begitu pula dengan adik tiri saya Luca Marini. Kami sering makan bersama dan selalu menarik apa yang dia (Stefania) katakan," tutur Rossi seperti dikutip dari Motorsport-Total, Selasa (21/8/2018).

Tak hanya Stefania Palma saja yang mendapat pujian dari Rossi. Graziano (ayahnya) juga mendapat pujian setinggi langit dari anaknya tersebut. Dikatakan, ayahnya merupakan pria yang sangat jenius.

"Graziano adalah pria yang jenius. Dia panutan saya di banyak bidang, tetapi tidak semuanya! Terkadang kami memiliki pandangan berlawanan, tetapi itu selalu menyenangkan dan menarik untuk menghabiskan waktu bersamanya," sambung Valentino Rossi.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Jadi Perbincangan

Luca Marini dan kakaknya Valentino Rossi (Gazetta world)

Keluarga Rossi memang sangat berprestasi di dunia balap. Adik Rossi, Luca Marini, akhir-akhir ini menjadi topik perbincangan yang cukup hangat di paddock MotoGP.

Tiga tahun sudah Marini turun di kelas Moto2, dan tahun ini ternyata menjadi masa pembuktiannya, bahwa ia bukanlah sekadar adik Valentino Rossi, sang sembilan kali juara dunia balap motor.

Sempat Cedera

Marini turun semusim penuh di ajang Grand Prix untuk pertama kali pada tahun 2016, di mana ia membela Forward Racing. Pembalap 21 tahun ini pun jatuh bangun meraih hasil baik, ditambah cedera bahu berkepanjangan sejak tahun lalu. Saat bahunya mulai pulih, pembalap Sky Racing VR46 ini pun langsung unjuk gigi. (David Permana)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

180 Travo Rusak Pasca-Gempa Lombok Berangsur Pulih

Posted: 20 Aug 2018 09:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (persero) memperbaiki secara bertahap travo yang rusak akibat gempa dengan Magnitudo 7 di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu, 20 Agustus 2018.‎ Tercatat ada 180 unit travo yang rusak akibat guncangan gempa besar dan beberapa gempa susulan.

Deputi Manajer Hukum dan Humas PLN Wilayah NTB Fitriah Adriana mengatakan‎, beberapa travo milik PLN mulai tidak beroperasi normal sejak adanya gempa besar yang terjadi pada Minggu, 19 Agustus ‎2018.

"Travo kami tidak beroperasi normal karena gempa pada 19 Agustus 201‎8," kata Fitriah, saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Selasa (21/8/2018).

Berdasarkan data terakhir pada 20 Agustus 2018 pukul 15.00 Waktu Indonesia Bagian Tengah (Wita), jumlah wilayah yang sebelumnya mengalami pemadaman listrik pascagempa susulan terus berkurang. Hal ini menandakan kondisi sistem telah normal kembali.

Proses pemulihan sistem hingga 20 Agustus 2018 pukul 10.30 Wita mencapai 86 persen dari total sistem kelistrikan Lombok.

Beberapa daerah yang sudah menyala antara lain Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Utara, sebagian Kabupaten Lombok Timur dan sebagian Kabupaten Lombok Tengah.

Untuk sistem Sumbawa, pasokan listrik berangsur pulih untuk beberapa daerah di Taliwang Kota, Utan, Gontar, dan lainnya.

Dengan kondisi sistem yang sudah normal kembali, ‎trafo yang mengalami kerusakan paca gempa susulan, sudah dapat beroperasi kembali.

"Saat proses penormalan sistem trafo sudah dapat beroperasi kembali, pasca gempa tersebut," tandasnya.

Kementerian PUPR Siapkan Rumah Tahan Gempa di Lombok

Fakhrurrozi kemungkinan terbentur saat berupaya selamatkan diri. (Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Gempa Lombok belum berhenti mengguncang bumi Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) hingga awal pekan ini.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat, hingga Senin (20/8/2018) pukul 11.00 Wita, telah terjadi 101 gempa susulan pasca-gempa 7,0 SR yang menerpa Lombok pada Minggu, 19 Agustus 2018.

Menindaklanjuti hal ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah mempersiapkan infrastruktur tahan gempa yang diperuntukkan bagi berbagai unit bangunan, mulai dari perumahan, sekolah, rumah sakit, hingga rumah ibadah. 

"Rumah sakit, sekolah, dan fasilitas umum pasti konstruksinya dibuat tahan gempa. Dalam hal ini ada ratusan sekolah, puskesmas, puluhan masjid besar," ujar Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Danis H Sumadilaga di Jakarta, Senin pekan ini.

"Ini butuh proses, saya perkirakan bisa selesai dua tahun. Kalau yang rumah masyarakat mudah-mudahan segera dalam waktu satu tahun," kata dia.

Untuk rumah masyarakat, Kementerian PUPR telah mempersiapkan Rumah Instan Sederhana Sehat (Risha) sebagai tempat hunian tahan gempa, yang secara konstruksi lebih menghemat biaya dan waktu.

Menurut data terakhir yang dimilikinya, Danis menyebutkan, ada sekitar 36 ribu unit rumah di Lombok yang terbilang rusak berat akibat gempa Lombok.

Namun begitu, terdapat dua unit rumah contoh teknologi Risha di Lombok Utara yang hingga kini kondisinya masih utuh, yakni Balai Dusun Akar-Akar Utara dan Sekolah Adat Bayan.

Adapun bila teknologi ini diterapkan untuk membangun satu unit rumah sederhana tahan gempa tipe 36, dia menghitung, itu akan menghabiskan dana sekitar 50 juta.

"Dibutuhkan biaya sekitar Rp 1,5 juta per meter persegi untuk membangun satu Risha. Jadi kalau tipe 36 kalikan saja, bisa sekitar Rp 50 juta," tutur dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Joe Taslim Anggap Akting Iko Uwais di Film Mile 22 Lebih Keren dari Mark Wahlberg

Posted: 20 Aug 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Film Hollywood bertajuk Mile 22 yang dibintangi oleh aktor laga Iko Uwais, sudah disaksikan para pewarta hingga kalangan selebritas. Tak terkecuali Joe Taslim yang juga sudah beberapa kali tampil di film laga Hollywood.

Joe Taslim yang sempat tampil dalam Fast and Furious 6 dan Star Trek Beyond memuji penampilan Iko Uwais dalam Mile 22. Bahkan, ia juga membandingkan Iko dengan aktor Hollywood yang tampil dalam film ini.

"Dia di sini keren banget, karakternya kuat banget. Kelihatan banget film ini buat Iko, seperti Peter Berg bilang. Saya sudah nonton filmnya dua kali. Memang, sih, film ini didesain buat Iko. Mark Wahlberg saja kurang keren, kerenan Iko Uwais," terang Joe Taslim kepada para pewarta, usai gala premiere Mile 22 di Plaza Senayan, Jakarta Pusat, Senin (20/8/2018).

Selain itu, muncul harapan besar dari Joe Taslim dengan aktifnya Iko Uwais dalam kancah industri perfilman Hollywood. Ia merasa ke depannya Hollywood akan melirik lebih banyak bintang Indonesia yang bertalenta.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Membukakan Pintu

Joe Taslim. (Liputan6.com/Fatkhur Rozaq)

"Enggak cuma Iko, tapi akan ada aktor-aktor Indonesia yang lain. Saya rasa film ini akan membukakan pintu buat kami semua. Semua insan perindustrian film Indonesia harus dukung, karena kita punya perwakilan di Hollywood yang bertaring," tutur Joe Taslim menyampaikan.

Satu Kunci

Aktor Indonesia, Iko Uwais berpose bersama pemeran lain saat gala premier film Mile 22 di Los Angeles, Kamis (9/8). (Kaya Fury/Getty Images/AFP)

Selain itu, ada satu kunci yang menurut Joe Taslim bisa membuka pintu bagi bintang film Indonesia agar bisa terjun ke industri film Hollywood seperti halnya Iko Uwais saat ini.

"Kita butuh film-film seperti The Raid lebih banyak. Karena The Raid yang melahirkan kami semua, terutama melahirkan Iko, melahirkan saya, Kang Yayan, dan Kang Cecep. Saya rasa apabila semakin banyak film seperti The Raid yang bisa membuka pintu untuk talenta Indonesia, khususnya aktor-aktornya, akan lebih banyak perwakilan kita di industri Hollywood," ujar Joe Taslim.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingin Tahu Seberapa Keren Internet Super Cepat Bikin Masa Depan #JadiLebihBaik?

Posted: 20 Aug 2018 09:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Internet sudah jadi salah satu bagian yang enggak terpisahkan dari kehidupan masyarakat urban. Mulai dari mendapatkan informasi terkini, mendukung komunikasi dengan orang lain lewat jejaring sosial dan aplikasi perpesanan, mendapatkan hiburan, sampai membantu pekerjaan.

Jadi, bukan hal yang mengherankan kalau banyak orang kini mengharapkan jaringan internet super cepat buat mendukung berbagai aktivitas sehari-hari. Pertanyaannya, ada enggak sih jaringan internet yang kecepatannya sesuai atau bahkan melebihi ekspektasi? Ada kok! Kenalan dulu dengan teknologi internet super cepat yang diperkenalkan oleh XL Axiata, yuk!

XL Axiata menggelar event Press Conference dan Demo XL Axiata Internet Super Cepat yang memperkenalkan dua teknologi terbarunya, yaitu WiGig (Wireless Gigabytes) dan 5G yang bikin masa depan #JadiLebihBaik. Dimeriahkan juga oleh para influencer ternama Tanah Air, acara ini juga menampilkan demo speed test untuk menunjukkan kecepatan akses internet super cepat yang digagas oleh provider telekomunikasi tersebut.

Seiring dengan teknologi yang terus berevolusi, XL Axiata memperkenalkan WiGig yang merupakan jaringan Wi-Fi generasi kedua yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat modern. Keunggulan yang ditawarkan adalah WiGig mampu memberikan akses kecepatan hingga 7Gbps.

Berbekal teknologi WiGig, pengguna bisa menikmati jaringan stabil dan secepat fiber optic, tanpa perlu membangun infrastruktur fiber optic. Bagi yang ingin merasakan koneksi internet masa depan yang diusung XL Axiata, kamu bisa langsung menjajal WiFi dengan mengunjungi area Kota Tua Taman Fatahillah yang berlangsung di Kota Tua mulai 21 Agustus sampai 3 September 2018.

Teknologi selanjutnya yang juga diperkenalkan XL Axiata dalam event kali ini adalah Teknologi Mobile 5G yang menjadi jaringan generasi terbaru. Soal kecepatan nggak perlu diragukan lagi, koneksi 5G ini mampu memberikan kecepatan hingga 20 Gbps. Lalu, seperti apa keseruan event yang juga dimeriahkan oleh para influencer tersebut?

Para influencer bisa mencoba beberapa pengalaman di showcase yang disediakan di acara XL Axiata, salah satunya Virtual Reality Experience. Dengan teknologi terbaru, mereka bisa melihat Kota Tua secara luas dan nyata.

Manfaat Teknologi 5G

 

Press Conference dan Demo XL Axiata Internet Super Cepat.

Uji coba XL Axiata ini mengadopsi teknologi terbaru dan tercanggih yaitu 5G yang menjadi jawaban atau solusi terhadap permasalahan pengelolaan perkotaan. Keunggulan nih KLovers, memberikan kecepatan hingga 20 Gbps dan kestabilan tinggi, teknologi ini juga mampu memberikan koneksi yang lebih mudah kepada siapa aja, baik user individu maupun industrial. Biaya operasionalnya pun juga bisa lebih efisien.

Selain itu untuk 5G juga dipergunakan perangkat end-to-end radio dan core yang terhubung ke perangkat pengguna, dengan rekuensi khusus yaitu 28 Ghz. Sementara WiGig menggunakann frekuensi 60Ghz menggunakan end-to-end system yang terhubung ke perangkat home unit sehingga masyarakat umum di Kota Tua bisa menikmati layanan internet super cepat secara gratis.

 

Press Conference dan Demo XL Axiata Internet Super Cepat.

"Uji coba layanan 5G kali ini juga memiliki nilai strategis sebagai fondasi untuk implementasi dan pengembangan layanan 5G di masa mendatang. XL Axiata cukup yakin, selain kalangan industri, manfaat dari layanan 5G juga akan bisa dinikmati oleh masyarakat luas. Bahkan, dengan berbagai keunggulannya, dengan cepat masyarakat akan mengadopsinya. Dengan demikian maka implementasi 5G akan menghadirkan efisiensi bagi operator karena jumlah pelanggan atau masyarakat yang menikmati data yang berkualitas ini akan semakin banyak," jelas Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini.

Untuk KLovers ketahui, terkait ujicoba WiGig, semua pengguna layanan bisa ikut mencoba dan menikmati kecanggihannya secara cuma-cuma hingga enam bulan ke depan per hari ini. Layanan ini hanya bisa diakses di area Kota Tua, Jakarta Barat, persisinya di sekitar Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Seni Rupa, Kafe Batavia dan Kantor Pos Kota Tua.

Untuk bisa menikmati WiGig ini pelanggan perlu menggunakan home unit yang memiliki spesifikasi teknologi wigig (802.11ad /802.11ay) atau menggunakan smartphone dengan spesifikasi teknologi wifi umumnya (802.11a/b/g/n) maupun smartphone dengan teknologi wifi terbaru (802.11ac).

 

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suap Dana Perimbangan Daerah, KPK Panggil Politikus PAN

Posted: 20 Aug 2018 09:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Sukiman kembali masuk dalam jadwal pemeriksaan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sukiman akan diperiksa sebagai saksi untuk melengkapi berkas penyidikan mantan anggota Komisi XI DPR Amin Santono dalam kasus dugaan suap usulan dana perimbangan daerah tahun 2018.

"Yang bersangkutan akan diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi untuk tersangka AMN (Amin Santono)," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jakarta, Selasa (21/8/2018).

Sukiman sebelumnya sempat mangkir dari pemeriksaan penyidik KPK pada 13 Agustus 2018.

Pemeriksaan Sukiman itu diduga terkait penyitaan uang Rp 1,4 miliar dan mobil Toyota Camry. Penyidik menemukan uang Rp 1,4 miliar saat menggeledah kediaman salah satu pengurus PPP di Graha Raya Bintaro, Tangerang Selatan beberapa waktu lalu.

Selain kediaman pengurus PPP, ada dua lokasi lain yang digeledah KPK. Dua lokasi itu yakni rumah dinas anggota Komisi XI DPR RI Fraksi PAN dan salah satu apartemen di Kalibata City, yang diduga dihuni oleh tenaga ahli politikus PAN tersebut.

Dalam penggeledahan itu penyidik mengamankan dokumen terkait permohonan anggaran daerah dari penggeledahan tersebut. Satu mobil Toyota Camry ikut disita dari rumah dinas anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi PAN itu.

 

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Pemeriksaan Lain

‎Selain Sukiman, penyidik KPK menjadwalkan pemeriksaan terhadap Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kota Balikpapan bernama Tara Allorante, serta dua pihak swasta bernama Linda dan Handi. Ketiga saksi tersebut akan diperiksa untuk tersangka mantan PNS di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Yaya Purnomo.

Dalam kasus ini KPK menetapkan empat orang sebagai tersangka. Yakni anggota DPR Fraksi Demokrat Amin Santono, mantan PNS Kemenkeu Yaya Purnomo, Ahmad Ghiast, dan Eka Kamaludin. Ahmad Ghiast dan Eka merupakan pihak swasta.

Mereka diduga melakukan tindak pidana suap terkait usulan Dana Perimbangan Keuangan Daerah pada RAPBN-P Tahun Anggaran 2018. Terkuaknya kasus ini merupakan kerja sama KPK dengan bantuan Inspektorat Bidang Investigasi Kementerian Keuangan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Periksa 3 Eks Legislator Banten Terkait TPPU Wawan

Posted: 20 Aug 2018 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan tiga mantan anggota DPRD Banten terkait kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang dilakukan Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan.

Ketiganya adalah mantan Ketua DPRD Banten A'eng Haerudin, mantan anggota DPRD I Banten yan kini menjadi Wakil Ketua DPRD Banten Jayeng Rana, dan mantan anggota DPRD Banten Thoni Fathoni Mukson.

"Ketiganya akan diperiksa sebagai saksi untuk melengkapi berkas penyidikan tersangka TPPU Tubagus Chaeri Wardana," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jakarta, Selasa (21/8/2018).

Selain memeriksa ketiganya, penyidik KPK juga akan memeriksa Wawan. Dia akan diperiksa sebagai tersangka TPPU.

KPK sendiri tengah merampungkan berkas penyidikan kasus TPPU yang menjerat adik mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah itu. Penyidik KPK sudah memetakan aset milik suami Wali Kota Tangerang Airin Rachmy Diany ini.

 

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 Kasus

Wawan sendiri ditetapkan sebagai tersangka TPPU sejak Januari 2014. Kasus TPPU ini merupakan hasil pengembangan penyidikan kasus dugaan korupsi yang menjerat Wawan sebelumnya, yakni dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan di Tangerang Selatan, pengadaan alkes di Pemerintah Provinsi Banten, dan dugaan suap sengketa pilkada di Lebak, Banten.

Saat ini, Wawan tengah menjalani vonis 5 tahun penjara terkait dengan kasus suap terhadap mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar terkait pengurusan sengketa Pilkada di Kabupaten Lebak, Banten.

Wawan disangka dengan dua undang-undang pencucian uang, yakni Pasal 3 dan 4 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang. Ia juga diduga melanggar Pasal 3 ayat 1 dan atau Pasal 6 ayat 1 serta UU Nomor 15 Tahun 2002 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang Juncto Pasal 55 Ayat 1 ke- 1 KUHP.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengintip Hotel Kapsul Gratis untuk Jemaah Haji di Arab Saudi

Posted: 20 Aug 2018 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Riyadh - Pelaksanaan ibadah haji di Makkah, Arab Saudi, tengah berlangsung, di mana jutaan umat Muslim dari seluruh dunia datang berkumpul untuk menunaikan rukun Islam yang kelima.

Menurut otoritas Arab Saudi, jumlah jemaah haji tahun ini meningkat tujuh persen dibandingkan tahun sebelumnya, yakni lebih dari dua juta orang.

Dikutip dari Metro.co.uk pada Selasa (21/8/2018), tahun-tahun sebelumnya terdapat berbagai masalah terkait akomodasi jemaah haji, yang umumnya berasa dari kurang berimbang antara kesiapan layanan dan jumlah permintaan.

Ditambah dengan jumlah pengunjung yang begitu banyak, kepadatan hotel --juga peringatan cuaca dan banjir tahun ini-- membuat para jemaah haji kesulitan mencari tempat istirahat yang nyaman dan aman.

Melihat hal tersebut, sejak jauh-hauh hari, pemerintah Arab Saudi menggelar berbagai proyek perluasan fasilitas akomodasi, di mana salah satunya adalah dengan menyediakan deretan hotel kapsul hasil teknologi Jepang secara gratis.

Dengan konsep pemanfaatan ruang yang efisien, hotel kapsul diharapkan mampu mengakomodir kebutuhan akomodasi dengan biaya lebih rendah, namun dengan kualitas prima.

Meski statusnya masih dalam tahap uji, namun hotel kapsul telah dioperasikan sebanyak 30 unit di Mina secara gratis, untuk jemaah haji beristirahat sejenak atau kebutuhan darurat yang membuatuhkan ruangan sejuk.

Setiap polong fiberglass memiliki panjang kurang dari tiga meter, di mana di dalamnya sudah termasuk kasur, seprai bersih, pendingin udara, dan cermin yang menyala di dinding.

Mansour al-Amer, Kepala Haji dan Mutamer Gift Charitable Association --badan amal yang menawarkan ide hotel kapsul-- mengatakan konsep terkait mampu memberikan kenyamanan dengan harga terjangkau untuk beristirahat.

"Kami selalu memikirkan para jemaah dan bagaimana membuat mereka lebih nyaman selama ritual haji," kata al-Amer.

"Ide ini sudah ada secara global, di Jepang misalnya, dan di beberapa kota di seluruh dunia. Kami percaya itu sangat cocok untuk tempat-tempat keramaian, seperti situs suci di Makkah dan Madinah."

Setiap jemaah haji yang ingin memanfaatkn hotel kapsul ini, akan diberikan akses selama tiga jam dan kemudian diminta untuk menyerahkan kepada orang berikutnya.

Pengelola akan mensterilkan setiap kapsul sebelum digunakan oleh penghuni berikutnya.

"Kapsul bekerja melalui ekonomi berbagi, seperti sepeda yang dapat Anda sewa selama satu jam dan kemudian pergi untuk orang lain," tambah Amer.

Kapsul-kapsul itu merupakan tambahan dari peluncuran prakarsa "haji pintar" oleh pemerintah Arab Saudi, yang bertujuan untuk membantu para jemaah haji mengorganisir segala sesuatu, mulai dari rencana perjalanan hingga perawatan medis yang didukung puluhan ribu petugas keamanan di seluruh situs suci.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Salat Idul Adha Lebih Dulu Digelar

Seorang pria Arab Saudi menggunakan fasilitas kamar kapsul di Makkah, 16 Agustus 2018. Konsep kamar kapsul ini dirasa bakal mempermudah pendatang yang melaksanakan ibadah haji dengan biaya yang terbatas. (AFP/AHMAD AL-RUBAYE)

Sementara itu, perayaan Hari Raya Idul Adha berlangsung satu hari lebih cepat di Arab Saudi, yakni pada hari Selasa, 21 Agustusn 2018.

Penetapan yang dilakukan Arab Saudi merupakan hasil pengamatan Tim Rukyatul Hilal di beberapa tempat, seperti di As-Sudair dan As-Syaqra'. Mereka menyatakan berhasil melihat Bulan atau rukyatul hilal.

Mahkamah Ulya Arab Saudi pun sudah mengumumkan bahwa Minggu, 12 Agustus 2018 adalah 1 Zulhijah 1439 Hijriah. Dengan penetapan ini, maka di Saudi, Hari Arafah 9 Zulhijah akan bertepatan pada Senin, 20 Agustus 2018.

Sementara, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama berdasar hasil sidang isbat, menetapkan 1 Zulhijah 1439 Hijriah jatuh pada Senin, 13 Agustus 2018. Sehingga, hari raya Idul Adha dilaksanakan pada Rabu, 22 Agustus 2018.

Di Arab Saudi sendiri, otoritas setempat telah mengerahkan hampir 470 masjid untuk mengakomodasi pelaksanaan Salat Ied pagi tadi.

Syekh Fahad bin Sulaiman al-Tuwaijri, Direktur Jenderal Kementerian di Madinah, mengatakan bahwa 469 masjid dan tempat-tempat doa telah dilengkapi dengan keperluan khusus untuk pelaksanaan salat Idul Adha, baik di Madinah maupun beberapa tempaat lainnya di wilayah kekuasaan Raja Salman itu.

Salat Idul Adha digelar pada hari ini pukul 06.13 waktu setempat, sebagaimana dilaporan oleh kantor berita nasional SPA.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bencana Kabut Asap Ancam Kotawaringin Barat, Satgas Karhutla Gelar Salat Istisqa

Posted: 20 Aug 2018 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Pangkalan Bun - Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah, melaksanakan salat istisqa meminta turun hujan sebagai upaya mencegah terjadinya bencana kabut asap.

Ketua Satgas Karhutla Kobar sekaligus Dandim 1014 Pangkalan Bun, Letkol Inf M Roni Sulaeman menyatakan, selama Agustus 2018, ada sekitar 58 titik api di wilayahnya. Namun, hujan belum pernah turun sehingga bencana kabut asap rawan terjadi akibat kebakaran hutan dan lahan.

"Kita sudah melakukan usaha melalui pemadam jalur darat dan udara. Tapi kita tetap perlu melakukan tindakan lain, meminta pertolongan dari Allah, yakni melalui salat istisqa," katanya usai salat istisqa di halaman Mapolres, Pangkalan Bun, Senin, 20 Agustus 2018, dilansir Antara.

Sejak Januari hingga Agustus 2018, titik api di Kabupaten Kobar muncul di 155 titik. Kondisi terparah akibat karhutla saat ini berada di Kecamatan Arut Selatan, tepatnya di jalur jalan lintas Pangkalan Bun - Kotawaringin Lama, Kelurahan Mendawai Seberang.

"Di lokasi itu kondisi gambutnya relatif dalam. Itu yang menyebabkan terjadinya kebakaran selama empat hari berturut-turut. Tapi, kita sudah mampu memadamkannya dengan cepat," kata Roni.

Sementara itu, Kapolres Kobar AKBP Arie Sandy Zulkarnain Sirait menjelaskan untuk saat ini lahan yang terbakar di Kobar kurang lebih ada sekitar 50 hektare dan itu di beberapa wilayah. Sudah ada 16 titik yang ditangani secara bersama antara TNI dan Polri. Namun, satu titik belum tertangani.

"Semua cara akan kita lakukan untuk melakukan pemadam, dari mengunakan bantuan alat berat sampai menggelar salat istisqa sebagai bukti bahwa kita mahluk lemah sehingga membutuhkan pertolongan Allah SWT," ucap Arie Sandy.

Seusai salat istisqa, Dandim 1014 Pangkalan Bun beserta jajaran dan Kapolres Kobar juga rapat bersama pemerintah kabupaten yang dipimpin oleh Wakil Bupati Ahmadi Riansyah serta dihadiri oleh BPBD dan Mandala Agni.

Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah mengatakan, sekarang ini pihaknya fokus menangani kebakaran hutan dan lahan di sepanjang jalan Pangkalan Bun, Kotawaringin Lama. Sampai saat ini, terpantau kurang lebih ada sembilan titik yang terbakar.

Dia menegaskan, sejak kemarin pihaknya akan membentuk dan mendirikan posko di daerah tersebut untuk pertahanan agar api tidak menyeberang ke lokasi yang baru. Selain itu, pihaknya menggelar sosialisasi dan publikasi sekaligus mengimbau masyarakat sekitar agar tidak membakar lahan dan hutan.

"Terakhir, kita akan melakukan penindakan tegas terhadap siapapun yang kedapatan membakar hutan dan lahan," kata Ahmadi.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asian Games 2018: Fans Sepak Bola Thailand Diminta Belajar Menerima Kegagalan

Posted: 20 Aug 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kegagalan tim sepak bola putra Thailand melaju dari babak grup Asian Games 2018 membuat Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT) buka suara. Mereka tak mau menimpakan kesalahan pada pelatih Worrawoot Srimaka.

Thailand sebenarnya merupakan raja di Asia Tenggara. Mereka kerap meraih emas di ajang SEA Games.

Sayangnya performa mereka menurun dalam Asian Games kali ini. Dari tiga laga, The War Elephants hanya meraih dua angka.

Mereka imbang melawan Qatar dan Bangladesh serta kalah dari Uzbekistan. Tak pelak Thailand pun hanya finis di posisi ketiga klasemen Grup B Asian Games 2018.

Kesempatan untuk lolos melalui tim peringkat ketiga terbaik juga kandas. Pasalnya jatah itu diamankan Korea Utara dan Myanmar yang meraih kemenangan di laga terakhir.

*Update terkini Asian Games 2018 mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga informasi terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di sini

Komentar Presiden FAT

Duel Bangladesh vs Thailand di penyisihan Grup B Asian Games 2018 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kamis (16/8/2018). (Bola.com/Dok. INASGOC)

"Kami tidak bisa mengganti pelatih setiap kali gagal mencapai target. Jadi FAT akan abaikan kritik yang berlebihan," ujar Presiden FAT, Somyot Poompunmuang seperti dilansir Bangkok Post.

"Tidak ada pemain atau pelatih yang ingin kalah. Kami akan membuat keputusan berdasar data yang logis," ujarnya menambahkan.

"Fans Thailand harus belajar menerima hasil yang ada. Banyak tim lain yang gagal, bukan hanya kami," katanya mengakhiri.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prestasi Lindswell Kwok, Ratu Wushu Penyumbang Medali Emas Asian Games

Posted: 20 Aug 2018 09:30 PM PDT

Fokus, Jakarta - Lindswell Kwok, atlet asal Medan, Sumatera Utara, ini menjadi unggulan bagi kontingen Indonesia untuk meraih medali emas. Namanya mulai diperhitungkan atlet wushu mancanegara sejak berhasil meraih medali emas dalam kejuaraan dunia wushu 2009.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Selasa (21/8/2018), saat itu Lindswell berlaga dalam nomor taijiguan dan taijijian. Lindswell juga menjadi juara dunia wushu di Malaysia tahun 2013.

Juara dunia kembali dipertahankan saat mengikuti kejuaraan dunia wushu 2017. Di tahun yang sama, Lindswell meraih medali emas dalam ajang Sea Games.

Karena prestasinya, Lindswell Kwok dijuluki ratu wushu Indonesia. Di ajang Asian Games 2018, atlet kelahiran 24 September 1991 ditargetkan meraih medali emas. Pelatihan diikutinya hingga ke Tiongkok yang merjupakan negera asal wushu. (Rio Audhitama Sihombing) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mile 22 Direncanakan Jadi Film Trilogi

Posted: 20 Aug 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penampilan Iko Uwais di film Mile 22 tampaknya tak akan berhenti sekali ini saja. Pasalnya, film Mile 22 ternyata rencananya akan dibuat sebagai sebuah trilogi. 

Hal ini diungkap oleh manajer Iko Uwais, Ricky Siahaan, yang menghadiri premier film Mile 22 di  XXI Plaza Senayan, Jakarta, Senin (20/8/2018).

"Info terakhir yang kami dapatkan rencananya memang akan dibuat trilogi, ini memang hanya part satu, dan akhir ceritanya juga menunjukan ada sekuelnya" kata Ricky Siahaan.

Hanya saja, saat ini Ricky masih belum mengetahui kapan tepatnya proses syuting sekuel Mile 22 ini akan dilakukan. Ia juga belum mendapat naskahnya.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Pengerjaan Skenario

Mile 22. (STXfilms)

"Saat ini tahapnya masih development script masih ditulis mudah-mudahan ada sekuelnya," kata Ricky.

Sementara itu, saat ini Iko Uwais sendiri tengah disibukkan dengan proses produksi serial Wu Assassins dari Netflix.

Mile 22

Mile 22. (STXfilms)

Mile 22 berkisah tentang seorang agen CIA yang bertugas untuk mengamankan informan pentingnya dan membawanya ke bandara yang hanya berjarak 22 mil dari pusat kota. Meski jarak tidak terlalu jauh, namun proses pengamanan ini harus melalui berbagai pertarungan panjang.

Mile 22 mulai ditayangkan di bioskop Tanah Air mulai hari ini, Selasa (21/8/2018).

(Dadan Deva/ Bintang.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Rekaman 2 Juta Calon Haji Mengelilingi Kakbah

Posted: 20 Aug 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 2 juta calon haji mengelilingi Kakbah dalam rangkaian ibadah Haji 2018. Tahun ini lebih dari 200 ribu calon haji berangkat dari Indonesia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asian Games 2018, Trafik Vidio Naik 300 Persen Jadi 3 Juta

Posted: 20 Aug 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Euforia opening ceremony Asian Games 2018 yang sukses menyihir masyarakat Indonesia, masih terasa hingga sekarang.

Untuk informasi, pembukaan turnamen olahraga bergengsi terbesar se-Asia itu dihelat di venue Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, pada Sabtu malam (18/8/2019).

Meski digelar secara langsung di GBK, acara akbar yang diramaikan berbagai bintang ini bisa disaksikan secara live lewat Vidio.

Besarnya animo penonton yang menyaksikan opening ceremony Asian Games 2018, ternyata juga berimbas pada platform video streaming milik EMTEK tersebut.

SVP Product KMK Online Hadikusuma Wahab mengungkap sejumlah statistik menarik setelah pembukaan Asian Games 2018 berlangsung.

Salah satu statistik yang diungkap adalah jumlah penonton (unique viewers) yang menyaksikan opening ceremony Asian Games 2018 secara langsung.

Jumlah penonton yang menyaksikan Asian Games 2018, katanya, meningkat tiga kali lipat daripada jumlah penonton harian di Vidio.

"Jumlah penonton harian biasanya tercatat 1 juta. Sementara pada momen Asian Games 2018 berlangsung, apalagi pada Senin (21/8/2018) itu ada kompetisi bola dan badminton, jumlah melonjak tiga kali lipat hingga 3 juta," terang pria yang karib disapa Dhiku tersebut kepada Tekno Liputan6.com.

Sementara, saat pembukaan Asian Games 2018 berlangsung, tercatat ada 650 ribu penonton yang menyaksikan perhelatan ini.

"Jumlah penonton sepanjang pembukaan Asian Games 2018 itu ada 650 ribu. Mereka menonton live di Vidio," terangnya.

Tak cuma itu, Dhiku juga membeberkan jumlah unduhan aplikasi Vidio di Android juga telah melampaui 10 juta unduhan. Jika digabung dengan platform iOS, jumlah unduhan hampir mencapai 11 juta."Kemarin (Senin, 20 Agustus 2018), dalam satu hari ada sekitar 12 juta video views dari seluruh tayangan live streaming Asian Games 2018 di Vidio yang berasal dari 13 live channel dan juga dari SCTV/Indosiar," ujarnya.

Dan jika dirata-rata, jumlah penonton Vidio yang menyaksikan pertandingan Asian Games 2018 setiap harinya menghabiskan durasi 45 menit.

"Sejak Asian Games 2018, terus meningkat jadi satu jam," ucap Dhiku.

 

Nonton Pertandingan Asian Games 2018 Juga Bisa via BBM, Begini Caranya

Konten Asian Games 2018 kini hadir di aplikasi BBM. (Foto: BBM)

Euforia Asian Games 2018 juga turut dirayakan aplikasi BBM.

Aplikasi pesan instan milik Emtek ini menghadirkan fitur khusus untuk menyambut turnamen olahraga bergengsi terbesar di Benua Kuning tersebut.

Dengan adanya sederet fitur Asian Games 2018, BBM berharap siap untuk membantu pengguna untuk terus update informasi seputar pertandingan. Menariknya lagi, pengguna BBM bahkan bisa langsung menonton ragam pertandingan Asian Games 2018 di dalam aplikasi!

Berikut beberapa fitur khusus Asian Games 2018 yang bisa kamu jajal, sebagaimana Tekno Liputan6.com kutip dari keterangan resmi BBM, Selasa (21/8/2018).

Perlu diketahui, BBM adalah salah satu official broadcaster Asian Games 2018 bersama Emtek. 

Dalam layanan baru Asian Games yang ada di Discover, pengguna BBM bakal mendapatkan perkembangan berita dan video terbaru, mulai dari persiapan atlet, cuplikan pertandingan pilihan dan komentar setelah pertandingan. 

Seperti yang sudah dijanjikan, pengguna tidak perlu menonton televisi untuk menyaksikan pertandingan olahraga favorit, karena mereka bisa langsung menyaksikan pertandingan secara live streaming di BBM.

Menonton Vidio, Live TV dan Asian Games Dalam Group Chat

Dewi Ulfah atlet gulat Indonesia yang berlaga di kelas 53 kg nomor gaya bebas melawan Pham Thi Ha Phuong asal Vietnam pada babak perdelapan final Asian Games 2018 di JCC Kompleks Gelora Bung Karno pada Senin (20/8/2018). (Bola.com/Peksi Cahyo)

Menariknya lagi, tayangan olahraga seperti Asian Games 2018 dan tayangan hiburan lainnya hadir di dalam Group Chat BBM (hingga 300 anggota).

Pengguna bisa berbagi video dari platform Vidio atau Live TV yang dapat ditemukan di Discover ke chat dengan orang lain ataupun group chat, sehingga semua orang dapat menyaksikan berbagai video dalam waktu bersamaan di dalam grup chat.

Untuk melakukannya, pilih menu Asian Games dari Discover atau dari attachement panel di dalam layar chat .

Pilih video yang mau disaksikan bersama teman dalam layar chat, lalu pilih Send to Chat.

Kamu bersama teman-teman dapat mengekspresikan dan memberikan dukungan kepada atlet di dalam grup chat secara langsung. Saksikan video panduannya di sini.

Menu DANA Baru Buat Akses Lebih Cepat ke Layanan Pembayaran

Tampilan aplikasi dompet digital DANA (liputan6.com/Agustinus M.Damar)

Menu DANA kini hadir di Discover dengan shortcut, dengan demikian membuat akses lebih cepat dan mudah ke fitur DANA. 

Desain baru ini akan lebih mudah terlihat saat membuka Discover, dan membuat pengguna BBM lebih mudah mendapatkan promosi dan tawaran spesial di dalam banner khusus. 

Caranya, geser banner untuk melihat semua promosi yang dapat menghemat pengeluaran seperti 50 persen cashback untuk voucher pulsa tertentu.

Bagi pengguna yang telah terdaftar, ketuk tanda panah di dekat tombol Balance untuk menuju fitur DANA, atau shortcut yang baru untuk menuju berbagai fitur seperti Topup, Pulsa ataupun Pocket dengan sedikit sentuhan.

Jika kamu adalah pengguna DANA baru, cukup ketuk banner biru di atas Discover untuk memulai proses registrasi.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lemparan Batu Picu Tawuran Antarwarga di Setiabudi

Posted: 20 Aug 2018 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tawuran dua kelompok warga yang tinggal berseberangan antara Menteng Tenggulun, Menteng, Jakarta Pusat dan Pasar Rumput, Setiabudi, Jakarta Selatan, Senin 20 Agustus malam kembali pecah.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Selasa (21/8/2018), tawuran yang diwarnai aksi saling lempar batu, petasan maupun botol terjadi di ruas Jalan Sultan Agung, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Suasana Jalan Sultan Agung dipenuhi ratusan warga yang terlibat tawuran. Dua kelompok warga terlibat saling serang dengan menggunakan batu, botol, dan kayu. Bahkan, sebagian di antaranya membekali diri dengan petasan hingga senjata tajam.

Ironisnya, tawuran ini terjadi antara warga yang hanya dibatasi halte busway, yakni warga Menteng Tenggulun dengan warga Pasar Rumput.

Tawuran baru berakhir setelah aparat Polsek Menteng dan Setiabudi melepaskan sejumlah tembakan gas air mata.

Diduga tawuran dipicu aksi pelemparan batu dari arah Pasar Rumput ke arah pasar malam yang ada di Menteng Tenggulun. Warga yang geram akhirnya kembali balas menyerang ke arah Pasar Rumput hingga memicu aksi tawuran.

Meski tawuran berhasil diredam, sejumlah fasilitas umum seperti trotoar pembatas jalan dan halte busway pasar rumput rusak parah terkena lemparan batu. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beda Magnitudo dengan Skala Richter sebagai Ukuran Gempa

Posted: 20 Aug 2018 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pagi ini, Selasa (21/8/2018) Lombok kembali diguncang  gempa Magnitudo 5,1. Ini adalah kesekian kalinya setelah gempa berkekuatan di atas Magnitudo 6 melanda Pulau Lombok pada 29 Juli, 5 Agustus 2018 dan Minggu, 19 Agustus malam dengan pusat gempa berbeda.

Dalam pernyataannya kepada Liputan6.com kemarin (20/8), BMKG menyatakan sudah tak menggunakan ukuran Skala Richter (SR) sebagai alat ukur gempa.

"BMKG sejak 2008 sudah tidak menggunakan Skala Richter sebagai ukuran kekuatan gempa," ungkap Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Senin (20/8/2018).

Alasannya, kata Daryono, BMKG sudah tidak lagi menggunakan cara ukur yang diciptakan Richter. "Richter mengukur kekuatan gempa memakai amplitudo, dan amplitudo tidak menggambarkan energi lengkap dari gempa," kata dia.

Surono, ahli geologi Indonesia yang juga mantan Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menjelaskan bahwa Magnitudo--biasanya disingkat M, atau paling tidak Mb--memiliki cara pengukuran berdasarkan sensor frekuensi broad band 0.002-100 Hz.

"Mb estimasi energi gempa bumi atau magnitudo dari gelombang badan atau body wave, atau gelombang P atau pressure wave, atau gelombang transversal; di mana getaran partikel tanah searah penjalaran gelombang," ucap Surono, ditulis Selasa (21/8/2018).

Dia menjelaskan, estimasi magnitudo akan lebih mudah bekerja di ranah atau domain frekuensi, dari spektrum gelombang gempa. Namun, spektra gempa dalam bentuk perpindahan partikel batuan atau tanah di mana sensor dipasang, bukan kecepatan getaran partikel tanah atau batuan di sekitar sensor dipasang.

Menurut Surono, dari spektrum perpindahan gelombang longitudinal, maka dapat diestimasi perbedaan stress (stress drop), lebar atau panjang sesar yang aktif, momen seismik untuk estimasi Ml dan bentuk estimasi magnitude gelombang tekanan di sumber gempa, yang disebut Mb.

Adapun untuk gelombang S atau magnitudo gelombang transversal permukaan dari gempa bumi, disebut Ms. Biasanya Ms lebih besar dari Mb. "Mb dan Ms harus betul diestimasi dari spektra dengan jenis gelombang P (longitudinal) dan gelombang S (transversal)," Surono menekankan.  

Magnitudo Lokal (ML) yang didapatkan di tempat gempa tersebut direkam atau seismograf, jelas dia, dapat dikonversi ke Richter agar lebih akurat. Namun, lebih akurat lagi penghitungan gempa berdasarkan Mb dan Ms.  

Kenapa ML lebih dekat dengan Skala Richter? Menurut Surono, hal ini karena kekuatan gempa diestimasi dari gelombang yang riil dirasakan di daerah yang terlanda gampa.

"Gelombang ini dirasakan di permukaan mengayun seperti naik perahu diguncang ombak, dominan guncangan samping, tidak dominan guncangan naik/turun," ujarnya mengibaratkan.

 

Magnitudo Vs Skala Richter

Lantas, apa perbedaan Skala Richter dengan Magnitudo ?

Skala Richter adalah sebuah satuan gempa yang ditemukan atau dikembangkan oleh Charles F Richter. Metode pengukurannya adalah dengan membuat simpangan amplitude maksimum pada alat seismograf.

Seperti dikutip dari Wikipedia, Skala Richter atau SR didefinisikan sebagai logaritma (basis 10) dari amplitudo maksimum, yang diukur dalam satuan mikrometer, dari rekaman gempa oleh instrumen pengukur gempa (seismometer) Wood-Anderson, pada jarak 100 km dari pusat gempanya.

Misalnya, ada rekaman gempa bumi (seismogram) dari seismometer yang terpasang sejauh 100 km dari pusat gempanya, amplitudo maksimumnya sebesar 1 mm, maka kekuatan gempa tersebut adalah log (10 pangkat 3 mikrometer) sama dengan 3,0 Skala Richter.

Gempa dengan kekuatan di bawah 6,0 masih bisa menggunakan satuan Skala Richter. Namun, jika kekuatan gempa sudah di atas 6,0, menggunakan satuan Skala Richter sudah tidak tepat lagi.

Ketika ditanya apakah satuan Skala Richter sama angkanya dengan Magnitudo, Surono menjawab, "Bisa tidak sama, kecuali Magnitudo Lokal (ML)."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Pembicaraan AS-China, Rupiah Menguat Tipis

Posted: 20 Aug 2018 09:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat pada perdagangan hari ini. 

Mengutip Bloomberg, Selasa (21/8/2018), rupiah dibuka di angka 14.565 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.588 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.562 per dolar AS hingga 14.580 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah telah melemah 7,56 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI) rupiah dipatok di angka 14.568 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.578 per dolar AS.

Dolar AS memang melemah pada perdagangan hari ini karena investor keluar dari mata uang safe-haven menyusul meningkatnya optimisme tentang perundingan perdagangan AS dengan China.

Indeks dolar, yang mengukur nilai tukar dolar AS terhadap sekeranjang mata uang utama saingannya, turun 0,3 persen ke level terendah 95,83 menjelang pembicaraan perdagangan antara AS dan China.

Perundingan ini menjadi batu loncatan pertemuan puncak antara Presiden Trump dan Presiden China Xi Jinping pada November.

"Memang ada beberapa kehati-hatian menilik pembicaraan perdagangan AS-China pada minggu ini, namun semua mengarah ke beberapa berita utama yang positif," kata Daniel Katzive, kepala strategi valas Amerika Utara pada BNP Paribas di New York, seperti dikutip dari Reuters.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Ini Penyebab Rupiah Terus Anjlok

Petugas menunjukkan uang dolar AS di gerai penukaran mata uang di Ayu Masagung, Jakarta, Senin (13/8). Pada perdagangan jadwal pekan, senin (13/08). Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS menyentuh posisi tertingginya Rp 14.600. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Nilai tukar rupiah masih terus bergejolak bahkan cenderung melemah. Saat ini posisi masih berada di kisaran Rp 14.500-Rp 14.600 per dolar AS.

Pengamat Ekonomi Faisal Basri mengungkapkan, anjloknya nilai tukar rupiah karena lemahnya daya tahan mata uang Indonesia ini terhadap gejolak yang terjadi, baik dari dalam maupun luar negeri.

"Rupiah ini adalah akibat dari lemahnya daya tahan rupiah dari goncangan," ujar dia dalam Indosterling Forum di Jakarta seperti ditulis Jumat (17/8/2018). 

Sementara itu, dia menilai selama ini pemerintah terlalu berlebihan dalam membangun infrastruktur tanpa memperhatikan kemampuan keuangan, termasuk kemampuan dalam negeri dalam memenuhi kebutuhan bahan baku. Dengan demikian untuk menopang pembangunan dibutuhkan impor bahan baku.

"Pemerintah berlebihan dalam membangun infrastruktur tanpa memperhatikan stamina, tanpa memperhatian batas kemampuan yang dimiliki sendiri. Sekarang sudah diakui kecepetan dan coba dari dulu. Jangan kalap bangun infrakstruktur," ungkap dia.

Hal lain yang menyebabkan rupiah semakin sulit untuk bangkit, lanjut Faisal yaitu neraca perdagangan yang cenderung defisit. Memang ekspor nonmigas masih suplus, namun untuk migas cenderung negatif karena impor BBM dan gas.

"Jadi minyak mentah BBM dan gas defisitnya dan sangat besar. Ada migas dan nonmigas. Migasnya defisit besar dan nonmigas surplusnya kurang. Yang menopang rupiah ini ekspor nonmigas dan yang merorongnya migas. surplus nonmigas makin turun.‎ Sekarang ekspor batu bara sesukanya tanpa DMO. Sumber masalahnya apa? Karena kilang enggak jadi-jadi, jadinya impor bahan baku mentah besar," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rindangnya Pohon Sukarno Bikin Jemaah Calon Haji Nyaman

Posted: 20 Aug 2018 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pohon mindi Melia Azedarach yang juga dikenal sebagai pohon Sukarno tumbuh lebat di Arafah, Arab Saudi. Pohon itu membantu membuat sejuk suasana di tenda Arafah.

"Alhamdulillah, saya bersyukur pohon-pohon ini pada tahun ini sungguh cepat tumbuh, terus tumbuh, dan ini semoga membuat kesejukan tersendiri bagi jemaah," ujar Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Selain dibantu rindangnya pohon Sukarno, Lukman mengatakan jemaah juga semakin nyaman berada di Arafah karena sistem pendingin ruangan diganti. Tahun ini, sistem pendingin ruangan menggunakan kipas mist fan.

"AC itu memerlukan daya listrik yang besar," ucapnya.

Seperti diketahui, tenda-tenda di Arafah tidak terdapat listrik yang besar. Suplai hanya tersedia melalui mesin genset.

"Sementara di sini tidak ada listrik yang ada menggunakan genset," kata Lukman.

Nantinya, kata Lukman, untuk menjaga sirkulasi tetap terjaga, muasassah diminta untuk menyediakan lebih banyak kipas angin di Arafah ini. Tenda-tenda, kata dia, akan dibuka sehingga sirkulasi udara menjadi lebih baik.

"Mudah-mudahan tahun ini bisa lebih baik," jelas Lukman.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: 

Sekilas tentang Pohon Sukarno

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meninjau Arafah. (MCH Indonesia)

Sebutan Pohon Sukarno muncul untuk menghargai inisiasi Presiden pertama Indonesia itu ketika mengajukan usulan menanam pohon di Arafah pada 1960-an.

Cerita itu berawal ketika Sukarno yang berhaji melihat kondisi kering padang Arafah. Melalui relasi diplomatik yang baik antara Indonesia dan Arab Saudi, Sukarno mengusulkan ke Raja Arab Saudi Saud bin Abdulaziz al Salad untuk menanam pepohonan.

Dipilihlah pohon mindi. Pohon ini dipercaya mampu bertahan hidup di padang pasir dan mampu memberi keteduhan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Adu Debat Sri Mulyani Vs Zulkifli Hasan soal Utang, Siapa yang Benar?

Posted: 20 Aug 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Permasalahan utang Indonesia memang terus menjadi bahan kritikan banyak pihak. Salah satunya Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan yang mengatakan bahwa pembayaran utang pemerintah tidak wajar.

Menurutnya, pemerintah tidak bisa klaim rasio utang sekitar tiga persen adalah aman. Ini karena membayar utang Rp 400 triliun per tahun itu sangatlah besar.

"Itu setara tujuh kali dari dana yang disalurkan ke desa-desa, enam kali anggaran kesehatan," kata dia, dalam sidang tahunan MPR, Kamis (16/8/2018).

Untuk itu, negara harus menjaga stabilitas ekonomi dan mencegah krisis sejak dini. Hal tersebut menjadi penting untuk jaga ketahanan ekonomi.

"Kita perlu melakukan melakukan pengetatan prediksi-prediksi perekonomian secara cermat, terukur, dan akuntabel," imbuhnya.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan saat ini Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dalam kondisi sehat lantaran defisit APBN semakin turun dan keseimbangan primer menuju arah yang positif.

"Hanya untuk membuktikan kami mengelola dari sisi keuangan negara adalah sangat hati-hati. Nominal defisit itu yang kadang confuse, sengaja yang dipolitisasi angka itunya," ujar dia di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis (16/8).

Dia menjelaskan, memang defisit APBN sempat menyentuh angka 2,59 persen pada 2015. Namun angka tersebut perlahan turun pada 2016 sebesar 2,49 persen, turun pada 2017 menjadi 2,15 persen, target di 2018 sebesar 2,12 persen dan di RAPBN 2019 ditargetkan sebesar 1,84 persen dari GDP.

"Dari yang tadinya pernah mencapai 2,59 persen yang terdalam di 2015, itu dikarenakan di 2015-2016 menghadapi situasi harga komoditas jatuh sehingga fiskal kita melakukan counter critical. Sehingga defisit agak lebih dalam. Namun begitu kita mengalami konsolidasi sekarang defisit di 1,84 persen. Angka ini lebih rendah atau paling kecil dibandingkan defisit paling yang terjadi di 2012 yaitu 1,86 persen dari GDP," jelas dia.

Selain itu, Sri Mulyani juga menyayangkan penyataan Zulkifli Hasan yang menyinggung soal anggaran kesehatan yang dikaitkan dengan pembayaran utang. Menurut dia, perhitungan yang disampaikan oleh Ketua Umum PAN tersebut juga tidak tepat.

"Saya menyayangkan perhitungan Ketua MPR dalam menghitung anggaran kesehatan, yang menghitungnya juga kurang tepat. Karena anggaran kesehatan yang dihitung hanya anggaran yang ada di Bu Menkes. Kesehatan ada yang dengan PBI (Penerimaan Bantuan Iuaran) dan ada yang berasal dari daerah," imbuhnya.

Tak sampai di situ, Sri Mulyani kembali menguraikan pendapatnya melalui Facebook resminya.

 

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Bermuatan Politis dan Menyesatkan

Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam SVARNA by IKAT Indonesia oleh Didiet Maulana, foto: Istimewa

Melalui Facebook resminya, Sri Mulyani kembali menanggapi pernyataan Zulkifli Hasan. Berikut unggahannya pada Senin (20/8).

Tanggapan atas Pernyataan Ketua MPR "Pembayaran Pokok Utang Pemerintah Tidak Wajar". Pernyataan tersebut selain bermuatan politis juga menyesatkan. Berikut penjelasannya:

1. Pembayaran pokok utang tahun 2018 sebesar Rp 396 triliun, dihitung berdasarkan posisi utang per akhir Desember 2017. Dari jumlah tersebut 44 persen adalah utang yang dibuat pada periode sebelum 2015 (Sebelum Presiden Jokowi). Ketua MPR saat ini adalah bagian dari kabinet saat itu.

Sementara itu, 31,5 persen pembayaran pokok utang adalah untuk instrumen SPN/SPN-S yang bertenor di bawah satu tahun yang merupakan instrumen untuk mengelola arus kas (cash management). Pembayaran utang saat ini adalah kewajiban yang harus dipenuhi dari utang masa lalu, mengapa baru sekarang diributkan?

2. Karena Ketua MPR menggunakan perbandingan, mari kita bandingkan jumlah pembayaran pokok utang dengan anggaran kesehatan dan anggaran Dana Desa.

Jumlah pembayaran pokok utang Indonesia tahun 2009 adalah Rp117,1 triliun, sedangkan anggaran kesehatan adalah Rp25,6 triliun. Jadi perbandingan pembayaran pokok utang dan anggaran kesehatan adalah 4,57 kali lipat. Pada tahun 2018, pembayaran pokok utang adalah Rp396 triliun sedangkan anggaran kesehatan adalah Rp107,4 triliun, atau perbandingannya turun 3,68 kali. Artinya rasio yang baru ini sudah menurun dalam 9 tahun sebesar 19,4%.

Bahkan di tahun 2019 anggaran kesehatan meningkat menjadi Rp122 triliun atau sebesar 4,77 kali anggaran tahun 2009, dan rasionya mengalami penurunan jauh lebih besar lagi, yakni 26,7%. Di sini anggaran kesehatan tidak hanya yang dialokasikan ke Kementerian Kesehatan, tapi juga untuk program peningkatan kesehatan masyarakat lainnya, termasuk DAK Kesehatan dan Keluarga Berencana.

Mengapa pada saat Ketua MPR ada di kabinet dulu tidak pernah menyampaikan kekhawatiran kewajaran perbandingan pembayaran pokok utang dengan anggaran kesehatan, padahal rasionya lebih tinggi dari sekarang? Jadi ukuran kewajaran yang disebut Ketua MPR sebenarnya apa?

Kenaikan anggaran kesehatan hingga lebih 4 kali lipat dari 2009 ke 2018 menunjukkan pemerintah Presiden Jokowi sangat memperhatikan dan memprioritaskan pada perbaikan kualitas sumber daya manusia.

3. Ketua MPR juga membandingkan pembayaran pokok utang dengan dana desa. Karena dana desa baru dimulai tahun 2015, jadi sebaiknya kita bandingkan pembayaran pokok utang dengan dana desa tahun 2015 yang besarnya 10,9 kali lipat. Pada tahun 2018 rasio menurun 39,3% menjadi 6,6 kali, bahkan di tahun 2019 menurun lagi hampir setengahnya menjadi 5,7 kali. Artinya kenaikan dana desa jauh lebih tinggi dibandingkan kenaikan pembayaran pokok utang. Lagi-lagi tidak ada bukti dan ukuran mengenai kewajaran yang disebut Ketua MPR.

Jadi arahnya adalah menurun tajam, bukankah ini arah perbaikan? Mengapa membuat pernyataan ke rakyat di mimbar terhormat tanpa memberikan konteks yang benar? Bukankah tanggung jawab pemimpin negeri ini adalah memberikan pendidikan politik yang baik kepada rakyat dengan memberikan data dan konteks yang benar.

4. Pemerintah terus melakukan pengelolaan utang dengan sangat hati-hati (pruden) dan terukur (akuntabel). Defisit APBN selalu dijaga di bawah 3% per PDB sesuai batas UU Keuangan Negara. Defisit APBN terus dijaga dari 2,59% per PDB tahun 2015, menjadi 2,49% tahun 2016, dan 2,51% tahun 2017. Dan tahun 2018 diperkirakan 2,12%, serta tahun 2019 sesuai Pidato Presiden di depan DPR akan menurun menjadi 1,84%.

Ini bukti tak terbantahkan bahwa pemerintah berhati-hati dan terus menjaga risiko keuangan negara secara profesional dan kredibel. Ini karena yang kami pertaruhkan adalah perekonomian dan kesejahteraan serta keselamatan rakyat Indonesia.

5. Defisit keseimbangan primer juga diupayakan menurun dan menuju ke arah surplus. Tahun 2015 defisit keseimbangan primer Rp142,5 triliun, menurun menjadi Rp129,3 triliun (2017) dan tahun 2018 menurun lagi menjadi defisit Rp64,8 triliun (outlook APBN 2018). Tahun 2019 direncanakan defisit keseimbangan primer menurun lagi menjadi hanya Rp21,74 triliun, sekali lagi menunjukkan bukti kehati-hatian pemerintah dalam menjaga keuangan negara menghadapi situasi global yang sedang bergejolak. Apakah ini bukti ketidak-wajaran atau justru malah makin wajar dan hati-hati?

6. Selama tahun 2015-2018, pertumbuhan pembiayaan APBN melalui utang justru negatif, artinya penambahan utang terus diupayakan menurun seiring dengan menguatkan penerimaan perpajakan dan penerimaan bukan pajak. Bila tahun 2015 pertumbuhan pembiayaan utang adalah 49,0% (karena pemerintah melakukan pengamanan ekonomi dari tekanan jatuhnya harga minyak dan komoditas lainnya), tahun 2018 pertumbuhan pembiayaan utang justru menjadi negatif 9,7%!

Ini karena pemerintah bersungguh-sungguh untuk terus meningkatkan kemampuan APBN yang mandiri. Ini juga bukti lain bahwa pemerintah sangat berhati-hati dalam mengelola APBN dan kebijakan utang. Hasilnya? Pemerintah mendapat perbaikan rating menjadi investment grade dari semua lembaga pemeringkat dunia sejak 2016. Jadi siapa yang lebih berkompeten menilai kebijakan fiskal dan utang pemerintah wajar atau tidak?

7. APBN adalah instrumen untuk mencapai cita-cita bernegara, untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur serta makin mandiri. Komitmen dan kredibilitas pengelolan APBN ini sudah teruji oleh rekam jejak pemerintah selama ini. Mari cerdaskan rakyat dengan politik yang berbasis informasi yang benar dan akurat.

 

Tuding balik

Dr. H. Zulkifli Hasan, S.E., M.M. Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia

Zulkifli Hasan menanggapi pernyataan Sri Mulyani bahwa tanggapannya atas pembayaran utang adalah menyesatkan dan bermuatan politis. Dia Politisi PAN tersebut justru kembali menuding balik dan mengatakan bahwa Sri Mulyani lah yang menyesatkan publik prihal pengelolaan utang pemerintah.

"Menyesatkan tuh catet Menteri Keuangan bukan ketua MPR ya. Ini MPR, DPR ini lembaga politik bukan lembaga sosial, lembaga politik tempatnya," sebut Zulkifli

"Kedua nih. Ini Sri Mulyani sendiri bilang utang, Menteri Keuangan menyatakan utang jatuh tempo mencapai Rp 409 triliun rupiah pernyataan beliau loh di APBN 2018 akan memberatkan anggaran di tahun 2019 nanti," tambah Zulkifli.

Lebih lanjut dia mengatakan, frasa memberatkan tersebut karena pemerintah harus mencari sumber pembiayan lain untuk menutupi defisit. Belum lagi pernyataan Zulkifli yang membandingkan beban utang jatuh tempo dengan anggaran kesehatan pemerintah.

"Banyak ini pernyataan peryataan. Jadi yang menyesatkan itu menteri keuangan ya bahwa anggaran kesehatan ini kata mereka sendiri. Anggaran kesehatan Rp 111 triliun kalau bayar utangnya Rp 409 triliun apa enggak 4 kali?," tegasnya.

Sebelumnya, Sri Mulyani menyebut besaran utang yang harus dibayarkan tahun depan cukup besar sebanyak Rp 409 triliun. Karena itu, pengelolaan anggaran di tahun depan memiliki tantangan yang cukup berat.

"Tahun depan yang agak berat karena banyak utang masa lalu yang jatuh tempo cukup tinggi pada 2019," ujar Sri Mulyani saat Konferensi Pers RAPBN 2019, di Media Center Asian Games 2018 Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (16/8).

Namun demikian, Kementerian Keuangan menjamin pemerintah akan terus berusaha menjaga rasio utang berada pada level di bawah 30 persen terhadap produk domestik bruto (PDB).

Sri Mulyani mengatakan bahwa defisit anggaran akan ditutup dengan sumber-sumber pembiayaan anggaran yang mengacu pada kebijakan untuk mengendalikan rasio utang terhadap PDB dalam batas aman dan efisiensi pembiayaan anggaran agar tercapai fiscal sustainability.

 

Utang Masa Lalu

Sri Mulyani dalam kebaya putih rancangan Didiet Maulana (Liputan6.com/Pool/Didiet Maulana)

Melalui akun Facebooknya, Sri Mulyani mengatakan pembayaran utang tahun 2019 mendatang cukup berat disebabkan oleh utang masa lalu.

Zulkifli Hasan menilai pernyataan Sri Mulyani terkait dengan kondisi utang disebabkan utang masa lalu sangat lah tidak elegan. Terlebih menjadi fokus adalah bagaimana pemerintahaan saat ini mampu menyelesaikan permasalahan sebelumnya.

"Ya kan (utang) gabungan. Apapun itu terima dong. Tidak bisa kita menyalahkan masa lalu. Oh MPR yang selalu salah tidak bisa dong. Kewajiban pemerintah sekarang untuk menyelesaikan," ujarnya saat ditemui di Kompleks DPR RI, Jakarta, Senin (20/8).

Dia menambahkan, jumlah utang jatuh tempo pada 2019 terlalu besar. Bahkan jumlah itu hampir menyamai anggaran infrastruktur pada RAPBN 2019 sebesar Rp 420,5 triliun. Untuk itu, dirinya meminta agar Menteri Keuangan Sri Mulyani dapat menjelaskan kepada Presiden Joko Widodo.

"Hati-hati jelaskan seterang-terangnya kepada Pak Presiden (Jokowi). Infrastruktur sudah ditunda banyak. Padahal itu program andalan pak presiden. Artinta ada masalah kan? Ada 500 item tidak boleh impir, dikurangi. Itu tandanya ada masalah justru itu jangan menyesatkan, sampaikan apa adanya," bebernya.

Di tempat terpisah, Sri Mulyanikembali menanggapi tudingan Ketua MPR Zulkifli Hasan yang mengkritik keras terkait pengelolaan utang pemerintahan Jokowi-JK. Sri Mulyani mengatakan, pemerintah selama ini melakukan pengelolaan utang dengan normal sama seperti yang dilakukan oleh negara lain.

Kalau dari sisi pengelolaan utang secara keseluruhan adalah suatu normal. Dari zaman semenjak krisis ekonomi yang tahun 1997-1998 kemudian muncul terbitnya SBN. Untuk rekapitalisasi perbankan itu, pengelolaan sebagian pembayaran cicilan, sebagian role over itu adalah suatu yang normal dilakukan di semua negara," ujar Sri Mulyani di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (20/8).

Sri Mulyani juga mengatakan, pengelolaan utang seharusnya tidak hanya disoroti mengenai pembayaran yang akan jatuh tempo. Dia meminta semua pihak melihat secara keseluruhan bagaimana kondisi dan pengelolaan utang yang dilakukan pemerintah sejauh ini.

Reporter: Siti Nur Azzura

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini yang Bikin Richard Kyle Kepincut Jessica Iskandar

Posted: 20 Aug 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jessica Iskandar saat ini sedang menjalin kasih dengan aktor asal Australia, Richard Kyle. Keduanya menjalin komitmen sebagai sepasang kekasih sejak 30 Mei 2018.

Selain paras wajah, pribadi Jessica Iskandar yang menyenangkan, membuat Richard Kyle kepincut.

"Semuanya deh. Dia enggak cuma cantik, tapi sifatnya juga. Pokoknya my type of girl," kata Richard Kyle, ditemui usai nonton film Mile 22 bersama Jessica Iskandar, di XXI Plaza Senayan, Jakarta, Senin (20/8/2018).

Status Jessica Iskandar sebagai ibu satu anak, diakui pria 30 tahun itu tak menjadi masalah. Ia bahkan sudah semakin dekat dengan El Barrack, anak Jessica Iskandar. "Menurut saya enggak ada masalah. Aku happy," kata Richard Kyle.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Nonton Bareng

(Instagram/clau_jess23)

Selama menjalin kasih, keduanya mengaku suka menghabiskan waktu bersama dengan menonton film.

"Iya kita suka nonton film," tutur pemain film Insya Allah Sah itu.

 

Waktu yang Pas

Jessica Iskandar

Lebih lanjut, Richard Kyle pun mengaku baru terbuka pada publik mengenai hubungannya dengan Jessica Iskandar. "Mungkin saatnya sudah pas," pungkasnya.(Dadan Reva/bintang.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tim Paskibraka Nasional Dapat Kejutan Tabungan Britama Rp 241 Juta dari Bank BRI  

Posted: 20 Aug 2018 09:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tim Paskibraka Nasional 2018 yang mengibarkan Bendera Merah Putih di Istana Negara pada 17 Agustus 2018 mendapat kejutan spesial dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Tim yang terdiri dari putra-putri terbaik bangsa yang berasal dari 34 Provinsi di Indonesia ini meraih apresiasi berupa tabungan Britama dengan total nilai Rp 241 Juta. Apresiasi tersebut ditujukan untuk 68 orang anggota Paskibraka dan 42 orang Pembina Paskibraka.

 

Bank BRI Apresiasi Prestasi Tim PASKIBRAKA Nasional 2018.

Setiap tahun, pemerintah menyeleksi putra-putri Indonesia dari seluruh daerah untuk masuk menjadi pasukan pengibar bendera pusaka di Istana Negara.Mereka adalah siswa/siswi yang duduk di kelas 2 SMA/SMK/MA.

Selain tinggi badan yang sesuai, syarat untuk ikut seleksi adalah nilai rapor dan tes kesehatan. Selanjutnya mereka diseleksi tingkat Kota/Kabupaten dan Provinsi. Setiap provinsi mengirim dua pasang (dua putra dan dua putri) ke nasional.

Di tingkat nasional, mereka hanya akan memilih satu pasang untuk setiap provinsi.

Jadi ada 68 anak dari 34 provinsi yang akan mengikuti seleksi nasional dan menjadi paskibraka. Umumnya, mereka yang menjadi pembawa baki dan pengibar bendera selalu menjadi sorotan ketika pengibaran maupun penurunan bendera merah putih saat upacara HUT RI di Istana Negara.

Direktur Hubungan Kelembagaan Bank BRI Sis Apik Wijayanto apresiasi yang rutin diberikan oleh Bank BRI terhadap Tim Paskibraka Nasional setiap tahun merupakan wujud kepedulian terhadap generasi muda bangsa yang berprestasi.

"Seperti yang kita ketahui bersama, anggota Tim Paskibraka merupakan putra putri terbaik bangsa yang berasal dari 34 Provinsi di Indonesia. Mereka adalah anak muda terpilih yang berhasil lolos seleksi yang begitu ketat dan pada akhirnya berhasil mengibarkan Bendera Merah Putih di Istana Negara pada 17 Agustus 2018 yang lalu. Acara hari ini merupakan apresiasi dari Bank BRI atas segala pencapaian mereka," ujar Sis Apik dalam keterangannya kepada Liputan6.com, Senin (20/8). Tahun 2018 sendiri merupakan tahun kedelapan pemberian apresiasi yang dilakukan Bank BRI.

 

Anggota Tim Paskibraka Nasional Tahun 2018.

Melalui kegiatan ini, Sis Apik menjelaskan bahwa Bank BRI juga ingin memotivasi para generasi muda yang lainnya agar terus berprestasi mengharumkan nama di tingkat nasional maupun internasional.

"Apresiasi ini kami harapkan bisa memacu para generasi muda yang lain untuk terus berlomba lomba menorehkan prestasi. Dengan semangat BUMN Hadir Untuk Negeri, Bank BRI berkomitmen akan terus mengapresiasi para anak muda yang telah berjuang mengharumkan nama bangsa," imbuhnya. 

Informasi mengenai BANK BRI dapat diakses melalui situs www.bri.co.id

 

 

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sumbang Emas Asian Games, Perjuangan Keras Khoiful Terbayarkan

Posted: 20 Aug 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Subang - Khoiful Mukhib sangat senang bisa menyumbangkan emas di Asian Games 2018. Pembalap sepeda nasional itu mengaku perjuangan berat selama ini terbayarkan dengan emas dari nomor downhill tersebut.

Khoiful meraih emas pada Senin (20/8/2018) dalam perlombaan yang digelar di Subang. Ia mengungguli pembalap unggulan Chinese Taipei, Shengshan Chian, dan pembalap Thailand, Seubsakun Sukchanya.

Catatan waktu Khoiful pada balapan kemarin adalah 2 menit, 16,687 detik. Ia unggul 1,497 detik dari para pesaingnya.

"Emas ini pertama untuk negara, pelatih dan istri. Selain itu, emas juga ini untuk anak saya yang masih di kandungan," ujar Khoiful seperti dilansir Antara.

"Yang jelas latihan keras kemarin terbayarkan dengan emas ini. Masalah bonus, ya buat ke depan saja," katanya menambahkan.

*Update terkini Asian Games 2018 mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga informasi terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di sini

Bonus

Pebalap Sepeda Indonesia, Khoiful Mukhib, Tiara Andini Prastika dan Nining Porwaningsih saat pamer medali (ISSI Photo)

Khoiful akan mendapat bonus Rp 2,5 miliar karena meraih emas di Asian Games 2018. Rinciannya Rp 1,5 miliar dari Kemenpora dan Rp 1 miliar dari PB ISSI.

Selain Khoiful, cabang balap sepeda downhill juga meraih dua medali lainnya. Masing-masing emas dari Tiara Andini Prastika dan perunggu dari Nining Purwaningsih.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: