Jumat, 09 Oktober 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Ridwan Kamil Sebut Jabar Siaga 1, Cek Pembagian Wilayah Rawan Bencana

Posted: 09 Oct 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyampaikan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) menerapkan Siaga 1 Bencana sejak September 2020. Hal itu ia sampaikan dalam rapat bersama Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan via konferensi video dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (9/10/2020). 

Penerapan tersebut merupakan langkah antisipatif Jabar saat memasuki musim hujan.

"Sudah sebulan lalu saya (Jabar) Siaga Satu karena ternyata September sudah hadir hujan. Dan kami ada kejadian kebencanaan di Cianjur dan Sukabumi," kata Emil, sapaan Ridwan Kamil dalam keterangan tertulis.

Emil mengatakan, pihaknya sudah mengirim Surat Edaran (SE) kepada kepala daerah di 27 kabupaten/kota di Jabar. SE tersebut berisi soal antisipasi bencana di musim hujan mengingat 60 persen bencana alam yang terjadi merupakan bencana hidrologis. 

"Di kami, kebencanaan ini 60 persen adalah hidrologis. Hidrologisnya terbagi dua untuk yang dari Jabar tengah ke utara bentuknya banjir, dan tengah ke selatan bentuknya longsor. Karena Jabar secara geografis  tengah ke utara dan tengah ke selatan lahan-lahan miring," tuturnya.

Menurut Emil, Pemprov Jabar pun menyiapkan cetak biru Jabar sebagai provinsi berbudaya tangguh bencana (resilience culture province). Budaya Tangguh Bencana Jabar ini akan ditanamkan kepada seluruh warga melalui pendidikan sekolah sejak dini hingga pelatihan.

"Ini adalah upaya agar ketangguhan bencana ini menjadi budaya sehingga tidak melulu jadi urusan BPBD. Jadi, ini seperti di Jepang kami ikuti. Dan akan masuk ke kurikulum sekolah-sekolah. Kemudian menghadirkan kerelawanan bencana di tingkat RT/RW," katanya. 

"Di Jawa Barat itu per tahun terjadi 2.000 bencana, jadi kalau dibagi setahun per hari terjadi tiga kali kebencanaan di Jawa Barat," ujarnya menambahkan. 

Dalam rapat tersebut, Luhut Binsar Pandjaitan meminta kepala daerah menyiapkan fasilitas bagi warga terdampak bencana. Fasilitas tersebut disesuaikan dengan protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19 saat bencana terjadi. 

"Saya titip saja kepada Pak Ridwan (Gubernur Jabar) dan gubernur lainnya supaya kalau sampai ada apa-apa atau kebencanaan, tempat pengungsian tolong dipersiapkan tidak seperti biasa karena harus ada jaga jarak. Mungkin pengungsian per famili (keluarga) akan lebih bagus. Maka penularan itu relatif akan lebih terkendali," ucap Luhut.

 

 

Waspada Musim Hujan

Pengendara roda dua melintas di Jalan Pagarsih, Kota Bandung, Minggu (3/11/2019). BMKG menyebut November sudah memasuki musim hujan di Jawa Barat. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)
Pengendara roda dua melintas di Jalan Pagarsih, Kota Bandung, Minggu (3/11/2019). BMKG menyebut November sudah memasuki musim hujan di Jawa Barat. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menjelaskan, saat ini Indonesia sudah memasuki musim hujan. Musim hujan di Indonesia sendiri datang secara bertahap, dan diprediksi berakhir sekitar akhir Maret atau April 2021.

Menurut Dwikorita, pemerintah perlu mengantisipasi peningkatan curah hujan. Sebab, kata ia, bersamaan dengan masuknya musim hujan ini, BMKG Jepang, Amerika Serikat, dan Australia telah mendeteksi terjadinya La Nina di Samudera Pasifik. 

La Nina ini merupakan anomali suhu muka air laut, di mana suhu di laut akan lebih dingin sampai bisa minus satu derajat Celsius atau lebih.

"La Nina ini akan mengakibatkan aliran masa udara basah yang lebih kuat dari normalnya dari wilayah pasifik masuk ke Indonesia, terutama Indonesia timur, tengah, dan utara. Dampaknya adalah curah hujan bulanan di Indonesia ini akan semakin meningkat, peningkatan ini bervariasi atau tidak seragam dari segi ruang dan waktu," katanya. 

"Misalnya mulai diprediksi akhir Oktober sebagian atau 30 persen masuk musim hujan. Mulai Oktober sekarang ini sudah mulai terjadi peningkatan curah hujan sampai bisa 40 persen bahkan lebih, terutama untuk hampir seluruh wilayah Indonesia kecuali Sumatera mulai Oktober atau November," tambahnya. 

Dwikorita mengatakan, pada Desember, Januari, dan Februari mendatang, curah hujan akan meningkat di wilayah Indonesia bagian tengah, timur, dan utara.

"Jadi, itu sekilas potensi peningkatan hujan akan lebih tinggi dari normalnya dapat mencapai 40 persen yang tentunya akan berdampak pada terjadinya bencana hidrometorologi baik banjir, longsor, angin kencang, atau puting beliung. Itulah sekilas prediksi cuaca selama kurang lebih selama enam bulan ke depan," ucapnya. 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Arwin Rasyid Harus Berjuang Hampir Sebulan untuk Pulih dari Covid-19

Posted: 09 Oct 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bankir dan pengusaha Arwin Rasyid mengkonfirmasi bahwa dirinya sempat terinfeksi positif Covid-19 beberapa waktu lalu. Pasca menjalani proses perawatan, mantan Direktur Utama (Dirut) PT Telekomunikasi Indonesia Tbk dan Bank CIMB Niaga tersebut kini telah pulih sepenuhnya.

Arwin mengatakan, dirinya harus berjuang melawan virus corona kurang lebih hampir 1 bulan sejak awal September 2020. Dia baru bisa sembuh total di penghujung bulan tersebut.

"Saya merasa dapatnya awal September sekitar tanggal 4-7. Pemulihan negatif baru September," terang Arwin kepada Liputan6.com, Sabtu (10/10/2020).

Dalam sebuah informasi yang dituliskan beberapa waktu lalu, Arwin bercerita, dirinya terinspeksi virus corona setelah pergi ke Bali. Gejala pertama dirasakannya setelah ia merasa demam pasca bermain golf di Bedugul.

Arwin segera mengatasinya dengan meminum obat herbal China, panadol dan Zibramax 500. Dia juga coba menjalani rapid test sehari setelahnya dan dinyatakan negatif.

Selang 3 hari, dirinya kembali merasa demam dan memutuskan untuk terbang pulang. Arwin juga berhasil melewati pengecekan suhu tubuh di bandara sebab ia telah meminum panadol untuk menurunkannya.

Setibanya di Jakarta, istri Arwin segera mengajaknya untuk melakukan swab test segera pada malam itu. Hasilnya, ia terkonfirmasi positif Covid-19 dengan Ct level 22 sehari setelahnya, dan bertolak ke Rumah Sakit Medistra Gatot Subroto pada malam itu juga.

"Saya dirawat selama 2 pekan. Hari-hari kelam saya adalah di pekan pertama, saya demam dan yang mengkhawatirkannya ketika saya bernafas saya mulai batuk, kadar oksigen (dalam darah) 92-95 (persen), kadang 89 (persen). Jadi saya harus bernafas dengan alat bantuan oksigen," tuturnya.

 

Titik Balik

Arwin Rasyid meluncurkan buku berjudul 'Telkom 3010: Inside Story Telkom Velue Creation' (Foto: Septian Deny/Liputan6.com)
Arwin Rasyid meluncurkan buku berjudul 'Telkom 3010: Inside Story Telkom Velue Creation' (Foto: Septian Deny/Liputan6.com)

Titik balik mulai dirasakannya pada 24 September, ketika Arwin mulai memiliki nafsu makan dan merasa tubuhnya melawan balik virus tersebut. Arwin mulai dinyatakan pulih setelah kembali menjalani swab test selama dua kali pada 30 September dan 1 Oktober, dimana hasil keduanya negatif Covid-19.

"Kemudian pada 24 September dan seterusnya saya tidak lagi merasakan demam. Kadar oksigen 94-96 (persen) dan terus konsumsi makanan sehat. Lalu hasil swab rest pada 30 September secara mengejutkan negatif (Covid-19) dan kembali negatif pada 1 Oktober. Untuk itu saya diperbolehkan istirahat di rumah," paparnya.

"Obat antivirus yang mereka berikan kepada saya seperti Lopivia, Hydroxychloroquine and Zinc, juga antibiotik dan infus Vitamin C," dia menambahkan.

Dia pun menuturkan, tantangan terberatnya selama 2 pekan di rumah sakit adalah ketika tak ada satu orang pun yang boleh menjenguknya. Dirinya pun merasa tak tahu apakah kondisinya bakal membaik atau justru bertambah buruk.

"Pelajaran yang saya dapat, saya kurang mempersiapkan pencegahan selama di Bali, seperti ketika saya dan teman-teman melakukan makan malam serta pesta tanpa menggunakan masker. Diharapkan cerita saya ini dapat menjadi referensi untuk Anda," imbuh Arwin.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Laporan PBB: Setiap 16 Detik, 1 Bayi Lahir Dalam Kondisi Tak Bernyawa

Posted: 09 Oct 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hampir 2 juta bayi di dunia lahira dalam kondisi yang sudah tidak bernyawa setiap tahunnya. Angka ini setara dengan 1 bayi yang lahir mati setiap 16 detik.

Laporan tersebut dikeluarkan oleh UNICEF, World Health Organization (WHO), World Bank Group, dan Divisi Populasi dari Departemen Bidang Ekonomi dan Sosial Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Dalam laporan bertajuk "A Neglected Tragedy: The Global Burden of Stillbirths," 84 persen kejadian bayi lahir mati terjadi di negara berpenghasilan rendah dan menengah ke bawah. Di tahun 2019, 3 dari 5 kelahiran mati terjadi di Afrika sub-Sahara atau Asia Selatan.

Dilansir dari laman resmi WHO pada Jumat (9/10/2020), lahir mati atau stillbirth, didefinisikan sebagai kelahiran bayi tanpa tanda-tanda kehidupan pada usia kehamilan 28 pekan atau lebih.

"Kehilangan anak saat dilahirkan atau selama kehamilan adalah tragedi yang menghancurkan bagi sebuah keluarga, yang sering dialami secara diam-diam, tetapi terlalu sering, di seluruh dunia," kata Henrietta Ford, Direktur Eksekutif UNICEF.

"Setiap 16 detik, seorang ibu di suatu tempat akan menderita tragedi lahir mati yang tak terungkapkan. Di luar hilangnya nyawa, biaya psikologis dan finansial bagi wanita, keluarga, dan masyarakat sangatlah berat dan bertahan lama."

 

Ancaman Pandemi COVID-19

Ilustrasi bayi kembaar.  (dok. Unsplash.com/Fallon Michael/@fallonmichaeltx)
Ilustrasi bayi kembaar. (dok. Unsplash.com/Fallon Michael/@fallonmichaeltx)

Ford mengatakan, kondisi ini harusnya tak terjadi pada banyak ibu. Kebanyakan kasus lahir mati dapat dicegah dengan pemantauan berkualitas baik, perawatan antenatal yang tepat, serta bidan yang terampil.

Selain itu, pandemi COVID-19 diperkirakan akan memperburuk jumlah bayi yang lahir mati secara global. Penurunan layanan kesehatan hingga 50 persen akibat pandemi dapat menyebabkan hampir 200 ribu bayi lahir mati dalam 12 bulan, di 117 negara berpenghasilan rendah dan menengah. Peningkatan angkanya sekitar 11,1 persen.

Mereka mengatakan, sebelum pandemi pun, hanya sedikit wanita di negara berpenghasilan rendah dan menengah yang menerima perawatan yang tepat dan berkualitas untuk mencegah kelahiran mati.

 

Pentingnya Investasi di Sistem Kesehatan

Ilustrasi bayi. (dok. Unsplash.com/Alex Pasarelu/@bellefoto)
Ilustrasi bayi. (dok. Unsplash.com/Alex Pasarelu/@bellefoto)

Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Jenderal WHO mengatakan bahwa menyambut bayi ke dunia harusnya bisa jadi saat yang membahagiakan. Namun setiap harinya, ribuan orangtua mengalami kesedihan yang tak terbendung karena bayinya lahir mati.

"Tragedi lahir mati menunjukkan betapa pentingnya memperkuat dan memelihara layanan kesehatan yang esensial dan betapa pentingnya meningkatkan investasi pada perawat dan bidan," kata Tedros.

Tantangan tersebut tak hanya dihadapi negara berpenghasilan rendah dan menengah. Laporan tersebut menyebutkan, tahun 2019, 39 negara berpenghasilan tinggi memiliki jumlah bayi lahir mati lebih tinggi daripada kematian neonatal. Sementara di 15 negara, angka bayi yang lahir mati lebih tinggi ketimbang kematian bayi mendadak.

"Wanita hamil membutuhkan akses berkelanjutan ke perawatan berkualitas selama kehamilan dan selama persalinan," kata Muhammad Ali Pate, Global Director for Health, Nutrition and Population World Bank dan Director Global Financing Facility for Women, Children and Adolescents.

"Kami mendukung negara-negara dalam memperkuat sistem kesehatan mereka untuk mencegah kelahiran mati dan memastikan bahwa setiap wanita hamil dapat mengakses layanan perawatan kesehatan yang berkualitas."

Infografis eksploitasi seksual anak

Infografis eksploitasi seksual anak (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis eksploitasi seksual anak (Liputan6.com/Triyasni)

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sultan HB X Marah dengan Kerusuhan Saat Demo UU Cipta Kerja

Posted: 09 Oct 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sri Sultan HB X yang juga gubernur daerah istimewa Yogyakarta marah dengan kerusuhan dan kerusakan yang ditimbulkan saat demo menentang UU Cipta Kerja yang terjadi kemarin. Sultan menyebut kerusuhan tersebut :by Design", bukan dilakukan oleh penduduk Yogyakarta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deddy Corbuzier Berencana Undang Anggota DPR RI ke Podcast-nya, Warganet Khawatir Miknya Dimatikan

Posted: 09 Oct 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Saat aksi penolakan pengesahan Undang-Undang Cipta Kerja beberapa waktu lalu, muncul banyak tuntutan yang tak jarang mengundang gelak tawa. Salah satunya adalah dari seorang pendemo yang menuliskan aspirasi untuk menghadirkan anggota DPR ke Podcast Deddy Corbuzier.

Rupanya potret tersebut sampai juga ke Deddy Corbuzier. Sang presenter  kemudian mengunggah ulang di Instagram pribadinya.

"Apa DPR perlu diundang di podcast om Deddy Corbuzier #CloseTheDoor," tulis seorang demonstran tersebut.

Menyertai unggahannya itu, Deddy Corbuzier mengisyaratkan siap memenuhi permintaan masyarakat mengundang anggota DPR RI sebagai bintang tamu ke podcast-nya yang viral itu. 

Untuk Bangsa

Deddy Corbuzier. (Istimewa)
Deddy Corbuzier. (Istimewa)

Deddy Corbuzier siap melakukannya jika memang hal itu demi kebaikan bangsa.

"Bisa... Bisa... Kita buat yg terbaik aja buat Bangsa.. #mohonbantuatur," tulis Deddy Corbuzier.

 

Khawatir

Deddy Corbuzier. (Nurwahyunan/Bintang.com)
Deddy Corbuzier. (Nurwahyunan/Bintang.com)

Unggahan Deddy Corbuzier itu menimbulkan reaksi beragam. Tidak sedikit yang mengingatkan Deddy Corbuzier tidak melakukan itu karena khawatir mikrofonnya dimatikan oleh anggota dewan.

Berkaca dari peristiwa Puan Maharani yang diduga mematikan mikrofon politisi Partai Demokrat, Benny K Harman yang melakukan interupsi dalam rapat Omnibus Law Undang-Undang Cipta Kerja.

"jangan nanti micnya om Deddy dimatiin sama Ketua DPR," tulis @afrizadinulhaq.

"Jangan om, nanti mic podcastnya dimatiin," seru @fauzanjamias.

 

Sebaliknya

Deddy Corbuzier mengisyaratkan siap memenuhi permintaan masyarakat untuk mengundang anggota DPR ke podcastnya. (instagram.com/mastercorbuzier)
Deddy Corbuzier mengisyaratkan siap memenuhi permintaan masyarakat untuk mengundang anggota DPR ke podcastnya. (instagram.com/mastercorbuzier)

Namun banyak juga yang justru menyarankan sebaliknya. Deddy Corbuzier diminta mengundang anggota DPR RI untuk dimatikan miknya saat sedang berpendapat.

"Undang ketua dpr om nanti kalau banyak alesan mute aja micnya wkwkwk," tulis @rizky.aw22.

"undang DPR ke podcast om, tar pas dia jelasin matiin mic nya,wkaowkaoko," timpal @kadanginsaf.id.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Ukraina vs Jerman di UEFA Nations League: 2 Tim Lesu Darah Bertemu

Posted: 09 Oct 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Kiev - Ukraina tak boleh mengulangi catatan buruk di dua laga sebelumnya saat meladeni Jerman di pentas UEFA Nations League, Minggu (11/10/2020) dinihari WIB di Kiev. Paling tidak, pasukan Andriy Shevchenko harus bisa memetik poin.

Ya, Ukraina babak belur saat meladeni Spanyol (0-4) dan Prancis (1-7). Untungnya, laga melawan Prancis hanya bertajuk persahabatan.

Ukraina punya peluang membuat Jerman kesulitan di laga dinihari nanti. Pasalnya, tim asuhan Joachim Loew belum menghadirkan performa menggembirakan.

Toni Kroos dkk. sudah paceklik kemenangan di tiga laga terakhir. Saat meladeni Turki tengah pekan lalu, mereka dipaksa bermain imbang 3-3.

Jerman dan Ukraina tergabung di grup 4 pada UEFA Nations League 2020. Sejauh ini, Ukraina berada di peringkat kedua dengan 3 poin.

Sementara itu, Jerman menempati peringkat ketiga dengan 2 poin. Posisi pertama ditempati Spanyol, sementara peringkat paling buncit diduduki Swiss.

 

Ukraina Konsisten, Jerman Ingin Efisien

Ukraina saat bertemu Jerman di Piala Eropa 2016. (AFP/Denis Charlet)
Ukraina saat bertemu Jerman di Piala Eropa 2016. (AFP/Denis Charlet)

Pelatih Ukraina, Andriy Shevchenko menegaskan timnya tak bakal mengubah gaya permainan. Meskipun, mereka babak belur saat menghadapi Spanyol dan Prancis.

"Kami tidak akan mengubah prinsip yang mana itu adalah umpan pendek, dan memanfaatkan operan untuk mencari celah," kata Shevchenko di situs resmi UEFA.

"Jika itu tak berhasil, kami akan mencoba kemungkinan lain," ujarnya.

Di sisi lain, Jerman bertekad bermain lebih efisien di laga melawan Ukraina. Loew mengatakan, hasil imbang di laga sebelumnya terjadi karena timnya gagal memaksimalkan peluang.

"Kurang efisien adalah topik serius bagi kami. Kami membuang banyak kesempatan dan kemenangan (melawan Spanyol dan Swiss, red) kata Loew.

Jerman sendiri diunggulkan dari segi statistik. Dalam enam pertemuan terakhir melawan Ukraina, mereka tak terkalahkan.

Prediksi Susunan Pemain

Ukraina (4-5-1): Bushchan; Konoplya, Zabarnyi, Mykolenko, Mykhaylichenko, Malinovsky, Shaparenko, Kharatin, Makarenko, Zubkov, Yarmolenko.

Jerman (3-4-3): Leno; Shulz, Rudiger, Henrichs, Koch, Can, Draxler, Brandt, Neuhaus, Havertz, Waldschmidt.

Catatan Statistik

Tiga laga terakhir Ukraina

Ukraina 2-1 Swiss

Spanyol 4-0 Ukraina

Prancis 7-1 Ukraina

 

Tiga laga terakhir Jerman

Jerman 1-1 Spanyol

Swiss 1-1 Jerman

Jerman 3-3 Turki

 

Lima Pertemuan Terakhir

Jerman 2-0 Ukraina

Ukraina 3-3 Jerman

Jerman 4-1 Ukraina

Ukraina 1-1 Jerman

Ukraina 0-0 Jerman

Saksikan Video UEFA Nations League di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dr. Fauci: Acara di Gedung Putih Jadi Biang Superspreader COVID-19

Posted: 09 Oct 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Washington D.C. - Beberapa waktu lalu, Presiden AS Donald Trump positif COVID-19 dan sebelumnya ia telah berkunjung ke berbagai tempat atau mengadakan beberapa acara di Gedung Putih. Hal tersebut memunculkan kritik bahwa Gedung Putih dapat menjadi klaster "superspreader".

Dikutip dari BBC, Sabtu (10/10/2020), pakar virus populer di AS Dr. Anthony Fauci mengkritik Gedung Putih karena mengadakan pertemuan bulan lalu yang dikaitkan dengan wabah COVID-19. Dr. Fauci mengatakan bahwa pengangkatan pejabat yudisial beberapa saat lalu dapat menjadi acara superspreader.

Lusinan staf Gedung Putih dan beberapa pihak yang berkontak dengan Gedung Putih dilaporkan terinfeksi. CBS News bertanya pada Dr. Fauci, mengapa Gedung Putih enggan untuk memakai masker dan menjaga jarak sosial, namun mereka tetap melakukan pengujian rutin.

"Datanya yang berbicara, kami memiliki acara superspreader di Gedung Putih dan itu berada dalam situasi di mana orang-orang berkumpul bersama dan tidak memakai masker. para ahli telah merekomendasikan penggunaan masker selama enam bulan terakhir," jawab Dr. Fauci.

Acara superspreader sendiri merujuk pada acara di Gedung Putih pada 26 September lalu, mengenai pengangkatan Amy Coney Barret sebagai hakim Mahkamah Agung AS.

Pertemuan besar masih dilarang di ibu kota negara karena COVID-19, tetapi acara masih boleh dilakukan pada properti federal seperti Gedung Putih.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Setelah Pulih, Trump Sudah Menyusun Acara Kembali

Presiden Donald Trump menaiki Marine One menuju Gedung Putih setelah meninggalkan Walter Reed National Military Medical Center di Bethesda, Maryland, Senin (5/10/2020). Donald Trump meninggalkan rumah sakit tempat dia dirawat karena Covid-19 dan langsung kembali ke Gedung Putih (AP Photo/Evan Vucci)
Presiden Donald Trump menaiki Marine One menuju Gedung Putih setelah meninggalkan Walter Reed National Military Medical Center di Bethesda, Maryland, Senin (5/10/2020). Donald Trump meninggalkan rumah sakit tempat dia dirawat karena Covid-19 dan langsung kembali ke Gedung Putih (AP Photo/Evan Vucci)

Menurut dokter pribadinya, Trump yang telah 10 hari didiagnosis positif COVID-19, akan memberikan pidato dari balkon Gedung Putih kepada sekelompok orang yang berkumpul di South Lawn.

Dikutip dari CNN, Donald Trump akan keluar dari isolasi paksa COVID-19 untuk pidato dari balkon Gedung Putih, hal ini memungkinkan publik untuk melihat hari-hari pertama pulihnya Trump.

Dua ribu tamu telah diundang ke Gedung Putih. Meskipun ada kekhawatiran tentang upacara akhir September di Rose Garden yang telah menjadi klaster superspreader.

Kali ini, Trump tidak akan berada dekat dengan hadirin. Selain itu ada spekulasi bahwa tidak semua undangan hadir karena adanya kekhawatiran akan terjadi superspreader kembali.

Semua hadirin akan diharuskan memakai masker dan menjalani pemeriksaan suhu serta diharuskan menjaga jarak sosial. 

Infografis Donald Trump Jadi Klaster Super Covid-19?

Infografis Donald Trump Jadi Klaster Super Covid-19? (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Donald Trump Jadi Klaster Super Covid-19? (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengguna Kini Bisa Pakai 'Hey Google' untuk Aplikasi Pihak Ketiga

Posted: 09 Oct 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Google baru saja mengumumkan kemampuan baru di Google Assistant. Kini, asisten virtual itu kian pintar karena sudah mendukung perintah suara untuk aplikasi pihak ketiga.

Sebagai informasi, perintah suara melalui Google Assistant memang dapat digunakan untuk sejumlah aplikasi non-Google, tapi fungsinya masih terbatas. Karenanya, kemampuan baru ini hadir dengan fungsi yang lebih beragam.

Sebagai contoh, pengguna sebelumnya hanya dapat memberi perintah seperti, "Hey Google, open Selena Gomez on Snapchat". Namun kini pengguna dapat melakukan perintah suara yang lebih spesifik dan berhubungan dengan aktivitas sehari-hari.

Seperti dikutip dari blog resmi Google, Sabtu (10/10/2020), lewat kemampuan baru ini, pengguna dapat meminta Google Assistant untuk memutar musik, mengunggah di media sosial, memesan makanan, hingga memanggil layanan ride-hailing.

Ada 30 aplikasi di Google Play yang sudah mendukung kemampuan baru ini, seperti Yahoo Mail, Nike Adapt, Nike Run Club, Spotify, Best Buy, Instagram, Google Maps, Discord, hingga Snapchat. Hanya memang kemampuan ini baru mendukung bahasa inggris.

Selain itu, pengguna kini juga dapat membuat frasa khusus di Google Assistant untuk sejumlah fungsi umum. Jadi, daripada pengguna mengucapkan, "Hey Google, tighten my shoes with Nike Adapt," mereka dapat mengucapkan frasa, "Hey Google, lace it".

Pembaruan Google Assistant Tingkatkan Akurasi Respons

Google Assistant. Dok: google.com
Google Assistant. Dok: google.com

Sebelumnya, Google juga mempermudah pengguna untuk mengatur Assistant menggunakan Voice Match. Ini merupakan fitur yang mengajarkan Google Assistant untuk mengenali sebuah suara.

Dilansir Phone Arena, Sabtu (25/4/2020), melalui pembaruan ini, pengguna akan dapat mengatur Voice Match untuk membuat Google Assitant meminta Anda mengucapkan frasa lengkap ketimbang kata kunci biasa "Hey Google."

Pembaruan ini akan memungkinkan Google Assitant untuk mengidentifikasi suara pengguna dengan lebih akurat daripada sebelumnya. Agar hal itu terjadi, Voice Match akan meminta pengguna mengucapkan frasa seperti "Hey Google, play my workout playlist," yang dapat mengidentifikasi pembicara dengan lebih baik.

Selain itu, Voice Match kini juga memungkinkan pengguna untuk menautkan hingga enam orang ke satu akun Google Assistant, dengan masing-masing orang menerima hasil yang dipersonalisasi saat menggunakan perangkat.

Kemampuan Lain

Read It, Fitur Baru Google Assistant untuk Baca dan Terjemahkan Konten Web dalam 42 Bahasa. Kredit: Akun resmi Android di YouTube
Read It, Fitur Baru Google Assistant untuk Baca dan Terjemahkan Konten Web dalam 42 Bahasa. Kredit: Akun resmi Android di YouTube

Selain itu, Google juga merilis pembaruan untuk menyesuaikan seberapa sensitif Google Assistant terhadap lingkungan karena itu dapat memengaruhi responsnya terhadap kata kunci. Ini sangat penting karena Google Assistant secara tidak sengaja dapat diaktifkan jika mendengar sesuatu yang mirip dengan "Hey Google" di lingkungan bising.

Dalam beberapa pekan mendatang, Google akan meluncurkan sebuah opsi baru yang memungkinkan pengguna menyesuaikan sensitivitas smart speaker dan smart display dengan kata kunci. Opsi baru ini juga akan hadir di aplikasi Google Home, tapi untuk tahap awal hanya akan mendukung bahasa Inggris.

(Dam/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fokus : Ikut-Ikutan Demo Pelajar Minta Maaf ke Orang Tua

Posted: 09 Oct 2020 10:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Perbarui informasi Anda di Fokus edisi (10/10) siang kali ini memiliki berita di antaranya, Ikut-Ikutan Demo Pelajar Minta Maaf Ke Orang Tua, Gurih Dan Garingnya Kuliner Ikan Cere, Pernikahan Unik Penghobi Sepeda.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polda Metro: Sudah Banyak Pendemo yang Dipulangkan

Posted: 09 Oct 2020 10:56 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus menyampaikan para pendemo yang diamankam pasca aksi unjuk rasa yang dilakukan pada Rabu (7/10/2020) dan Kamis (8/10/2020) kemarin di Jakarta, hari ini sudah banyak yang dipulangkan.

"Sudah banyak yang pulang (pendemo yang diamankan)," kata Yusri saat dikonfirmasi, Sabtu (10/10/2020).

Walau demikian, Yusri tak menyebutkan berapa pendemo yang telah dipulangkan sejak Jumat (9/10/2020) sampai dengan hari ini.

Diketahui sebelumnya, aparat kepolisian telah mengamankan 1.192 orang dalam aksi unjuk rasa tolak undang undang Omnibus Law Cipta Kerja di Jakarta kemarin. Mereka yang diamankan tersebut sebagian besar pada saat sebelum terjadi kerusuhan.

Yusri menjelaskan, mereka yang diamankan itu ada yang berasal dari Purwakarta, Kerawang, Bogor, Banten dan beberapa daerah lainnya. Hampir kebanyakan mereka yang diamankan itu masih berstatus sebagai pelajar Sekolah Tehnik Menengah (STM).

"Itu bukan dari kelompk buruh yang memang akan menyuarakan, tapi ada kelompok-kelompok sendiri yang datang untuk merusuh bahkan didominasi oleh anak-anak STM yang dia tidak tahu apa itu UU Ciptaker," jelasnya.

50 Persen Pendemo Pelajar STM

Dari jumlah 1.192 yang diamankan, 50 persennya merupakan pelajar STM. Sehingga, pihak Polda pun memanggil orangtuanya masing-masing sebagai salah syarat anaknya dapat dibebaskan.

"Kenapa saya butuh orangtuanya, 50 persen dari 1.192 ini adalah anak sekolah STM yang ditanya kamu tahu enggak apa itu undang-undang, enggak tahu," sebutnya.

"Jadi datang sudah ke sini, sudah bikin pernyataan orangtuanya ada kita edukasi, silakan monggo dijaga ya anaknya ya jangan lagi ke sini. Nanti bikin rusuh ketangkap bahaya," sambungnya.

Lebih lanjut, Yusri menjelaskan berdasarkan keterangan pelajar tersebut, mereka mengaku dapat undangan demo dari media sosial. Ia juga dijanjikan akan dikasih makan dan transport untuk mengikuti demo.

"Kamu ke sini ngapain? Oh saya diundang Pak melalui media sosial diajak teman nanti dapat duit di sana, dapat makan, tiket kereta sudah disiapin truck sudah disiapin bus. Sudah disiapin, tinggal datang ke sana lempar-lempar saja," ungkapnya.

Oleh karena itu, pihaknya mengaku sedang melakukan penyelidikan terkait siapa yang memfasilitasi para pelajar dan sejumlah orang lainnya untuk membuat kerusuhan.

"Pihak mana yang memfasilitasi nanti kita dalami, kita masih dalami nanti kita ambil keterangan dari mereka semuanya, ini bisa jadi membantu kita para penyidik nanti kita ambil CCTV, yang merusak. Kemudian kita cari keterangan-keterangan saksi yang lain nanti itulah awal dari penyelidikan para penyidik-penyidik tim Krimsus Polda Metro Jaya," tegasnya.

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polri Dalami Pernyataan Menko Airlangga soal Sponsor Demo UU Cipta Kerja

Posted: 09 Oct 2020 10:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto sempat melontarkan pernyataan bahwa pemerintah mengetahui siapa sponsor dan pihak yang membiayai aksi demo menolak pengesahan  Rancangan Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja (RUU Cipta Kerja)

Terkait hal ini, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono menyampaikan, kepolisian tidak serta merta dapat mengambil informasi tersebut. Ada mekanisme yang harus dilakukan untuk menegakkan aturan hukum.

"Nanti kita dalami, kita kan bukan bicara a, b, c, kita kan harus membuktikan. Polisi harus membuktikan minimal dua alat bukti, baru bisa menggiring seseorang sampai ke pengadilan," tutur Awi saat dikonfirmasi, Sabtu (10/10/2020).

Menurut Awi, penyidik akan berupaya mengumpulkan alat bukti tersebut. Jika ditemukan kesesuaian mengarah ke pihak tertentu, polisi tidak segan melakukan penindakan awal.

"Itulah tugas polisi untuk mengumpulkan bukti-bukti itu," jelas dia.

Adapun terkait dalang kerusuhan dalam demo tolak RUU Cipta Kerja, lanjut Awi, masih dalam pendalaman penyidik.

Sejauh ini dia mengaku penyidik telah mengantongi sejumlah keterangan dari para pengunjuk rasa rusuh yang diamankan serta mengumpulkan fakta-fakta di lapangan.

"Semoga segera ditemukan dalangnya," Awi menandaskan.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Ombudsman Minta Polisi Tak Lakukan Kekerasan Saat Tangani Demontrasi

Sementara itu, Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya meminta agar pihak Kepolisian tidak melakukan tindakan represif dalam penanganan demo penolakan Undang-Undang Cipta Kerja.

Kepala Perwakilan Ombudsman Jakarta Raya, Teguh Nugroho menyatakan pihak Kepolisian dapat mengedepankan pendekatan pre emptive atau pencegahan melalui pengumpulan data intelejen dalam menentukan tindakan dan persuasif.

"Sesuai dengan tugas pokok Polri, selain memelihara keamanan dan ketertiban, dan menegakan hukum. Polri juga bertugas melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat," kata Teguh dalam keterangan tertulis, Sabtu (10/10/2020).

Lalu dia juga menyatakan saat terjadi kerusuhan Polisi dapat bertindak sesuai dengan prinsip proporsional dengan tetap memberikan jaminan tidak adanya kekerasan.

Selain itu, menurut Teguh, Polri wajib menghormati, melindungi, dan menegakkan hak asasi manusia dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Hal tersebut berdasarkan Peraturan Kapolri Nomor 8 Tahun 2009 tentang implementasi prinsip dan standar HAM dalam penyelenggaraan tugas Polri.

"Sebisa mungkin tidak menggunakan pendekatan hukum atau yang sifatnya represif kecuali bagi yang melakukan pelanggaran atau terdapat dugaan tindak pidana," ucapnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Chef Yuda Bustara Bakal Demo Masak Makanan Penutup Khas Hong Kong, Catat Waktunya

Posted: 09 Oct 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kuliner jadi salah satu komponen yang lekat dengan wisata Hong Kong. Mengobati kerinduan akan cita rasa tersebut, Hong Kong Toursim Board (HKTB) memboyong dua makanan penutup khas wilayah otonomi istimewa tersebut melalui demo masak bersama Chef Yuda Bustara di Jakarta Dessert Week 2020.

Berdasarkan keterangan resmi pada Liputan6.com, Jumat, 9 Oktober 2020, HKTB percaya sebenarnya ada banyak sekali alasan untuk merindukan Hong Kong. Bisa saja karena pemandangan, jelajah kuliner, seni, budaya, atraksi, maupun wisata belanja.

Namun, satu hal yang sangat pasti dirindukan adalah momen-momen ketika menikmati penganan khas Hong Kong. Berkolaborasi dengan Jakarta Dessert Week 2020, HKTB akan menyuguhkan Egg Tart dan Ice Yuen Yang Milk Tea, minuman khas perpaduan antara kopi dan teh.

Kedua sajian khas ini bakal dimasak Chef Yuda melalui demo masak secara langsung di Tokopedia Play pada Sabtu (10/10/2020), pukul 17.00--18 WIB. "Dalam keterbasan pergerakan untuk traveling saat ini, platform kuliner memang jadi salah satu cara mengingat kembali momen tertentu," kata Gupta Sitorus, salah satu pendiri Jakarta Dessert Week.

Sebagai chef yang akan membawakan demo masak makanan penutup khas Hong Kong, Chef Yuda juga berbagi cerita. "Saya merasa sangat terhormat mewakili HKTB di festival ini," katanya mengawali.

"Bagi saya, demo masak ini merupakan waktu yang sangat spesial untuk membagikan dua hidangan khas Hong Kong favorit saya, Hong Kong Egg Tart dan Hong Kong Iced Milk Tea, selain dari pineapple buns, wonton noodles, beef brisket noodles, dan roast goose," imbuh Chef Yuda.

"Saya akan menunjukkan bagaimana membawa momen kenangan di Hong Kong ke rumah Anda dengan memasak dua makanan penutup khas," ujarnya.

Bakal Ada Hadiah Khusus

Ilustrasi milk tea. (dok. pexels/Burst)
Ilustrasi milk tea. (dok. pexels/Burst)

Chef Yuda Bustara menyambung, di demo masak tersebut, bakal ada pembagian hadiah khusus pada penonton yang beruntung. Hadiah tersebut berupa bahan-bahan untuk membuat Egg Tart dan Ice Milk Tea khas Hong Kong.

Kolaborasi ini merupakan bagian dari program 100 Reasons to Miss Hong Kong yang dirilis HKTB pada Juli 2020.

Melalui program yang dimaksud, HKTB berharap dapat mengajak masyarakat Indonesia mengingat kembali momen-momen kenangan di Hong Kong. Juga, menjadikan Hong Kong sebagai salah satu destinasi teratas untuk disambangi setelah pandemi usai.

Infografis Yuk Perhatikan Cara Cuci Tangan yang Benar. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Yuk Perhatikan Cara Cuci Tangan yang Benar. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Polisi Tangkap Penyebar Hoaks UU Cipta Kerja

Posted: 09 Oct 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Polri menangkap seseorang wanita berinisial VE yang menyebarkan hoax mengenai pasal Undang-Undang Cipta Kerja. Akibat hoax yang disebarkan tersangka, UU Cipta Kerja tersebut menjadi polemik dan diprotes berbagai kalangan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Vicky Prasetyo Ungkap Kisah Pilu, Sahur dengan Nasi Basi Saat di Penjara

Posted: 09 Oct 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Vicky Prasetyo baru saja diundang menjadi bintang tamu untuk podcast yang dipandu Deddy Corbuzier. Dalam kesempatan itu, Vicky Prasetyo menceritakan pengalamannya selama ditahan di Rutan Salemba untuk kasusnya dengan mantan istri, Angel Lelga.

Vicky Prasetyo membeberkan perbedaan suasana di penjara semasa pandemi dan sebelum pandemi Covid-19. Menurut Vicky Prasetyo, menjalani kehidupan di tahanan dalam masa pandemi jauh lebih berat.

Pasalnya, Rutan Salemba begitu menerapkan peraturan yang begitu ketat, dan tidak memperbolehkan setiap tahanan dijenguk oleh siapa pun.

"Di dalam (penjara) sih kalau tidak pandemi kita bisa ketemu keluarga, kerabat, temen, makan sama-sama, anak-anak bisa lari-lari dari pagi sampai siang, ataupun siang ke sore, besok masih bisa dijenguk lagi," kata Vicky Prasetyo pada Sabtu (10/10/2020).

 

Makanan

Vicky Prasetyo.  (dok. Instagram)
Vicky Prasetyo. (dok. Instagram)

Begitupun dengan makanan, pada masa pandemi para tahanan tak bisa leluasa menerima kiriman makanan dari luar. Secara tidak langsung, makanan menjadi hal yang sangat berarti bagi para tahanan di masa pandemi.

"Dikasih makanan bisa dikonsumsi, kita bisa bawa makanan kapan pun itu karena nggak ada yang harus menjaga-jaga, situasi kayak begini yang membuat uang itu tidak sepenuhnya berarti, makanan itu sangat berarti," kata Vicky Prasetyo.

Tak Boleh Salah

Vicky Prasetyo. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Vicky Prasetyo. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Bahkan ada sebuah kejadian di mana Vicky Prasetyo memiliki pengalaman kurang baik mengenai makanan.

"Kita kalau milih salah lauk pun kita akan beresiko. Gue kan ya menjalankan puasa sunah kemarin kan Senin Kamis, kita sebelum sel dikunci sore itu, di sekitar masjid atau koperasi itu banyak yang jualan nasi kadang-kadang tapi kita tuh enggak boleh salah milih lauk," kenang Vicky Prasetyo.

 

Basi

Vicky Prasetyo. (Foto: Instagram @vickyprasetyo777)
Vicky Prasetyo. (Foto: Instagram @vickyprasetyo777)

Makanan yang dibeli Vicky Prasetyo saat sore hari rupanya tak bisa bertahan sampai waktu sahur. Sehingga ketika saat sahur, Vicky Prasetyo harus makan dengan makanan yang sudah basi.

"Karena kalau salah milih lauk, gua pernah beli nasi padang, terus opor ayam begitu gua makan buat sahur jam 2.30 atau jam 3 itu pas dibuka udah basi makanan tadi siang itu. Nah jadi saat sahur gue coba misahin 'oh yang ini nasi yang udah basi nih, yang ini nggak'," beber Vicky Prasetyo lagi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP Prancis: Latihan Bebas dan Kualifikasi Hari Ini

Posted: 09 Oct 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Paris - MotoGP musim 2020 akan berlanjut di Le Mans, Prancis akhir pekan ini. Para pembalap telah melakoni dua sesi latihan bebas (FP 1-2) sebagai rangkaian persiapan.

Berkaca pada dua hasil itu, MotoGP Prancis diprediksi akan berlangsung sengit. Pasalnya, dua pembalap berbeda keluar sebagai yang tercepat di dua sesi tersebut.

Pada sesi pertama, Danilo Petrucci keluar sebagai yang tercepat. Namun pada sesi kedua, posisinya turun ke urutan ke-4.

Posisi pertama di FP 2 menjadi milik Jack Miller. Ia berhasil menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 34,356 detik.

Sementara itu, Valentino Rossi melorot di FP 2. Usai finis di urutan ke-4 pada FP 1, Rossi terlempar dari posisi 10 besar ke urutan 12.

MotoGP Prancis akan berlanjut dengan sesi latihan bebas ketiga dan keempat serta babak kualifikasi , Sabtu (10/10/2020) hari ini. Berikut jadwal lengkapnya.

Jadwal MotoGP Prancis

MotoGP. (MOHD RASFAN / AFP)
MotoGP. (MOHD RASFAN / AFP)

Sabtu (10/10/2020)

14:55 - 15:40: FP3

18:30 - 19:00: FP4

19:10 - 19:25: Kualifikasi 1

19:35 - 19:50: Kualifikasi 2

 

Minggu (11/10/2020)

18:00: Balapan

 

Jadwal MotoGP Lainnya

18 Oktober - MotoGP Aragon (Sirkuit Motorland Aragon)

25 Oktober - MotoGP Teruel (Sirkuit Motorland Aragon)

8 November - MotoGP Eropa (Sirkuit Ricardo Tormo)

15 November - MotoGP Comunitat Valenciana (Sirkuit Ricardo Tormo)

22 November - MotoGP Portugal (Sirkuit Portimao)

Klasemen MotoGP

1 Fabio Quartararo Petronas Yamaha SRT 108
2 Joan Mir Team Suzuki Ecstar 100
3 Maverick Vinales Monster Energy Yamaha MotoGP 90
4 Andrea Dovizioso Mission Winnow Ducati Team 84
5 Jack Miller Pramac Racing 77
6 Franco Morbidelli Petronas Yamaha SRT 75
7 Takaaki Nakagami LCR Honda IDEMITSU 72
8 Alex Rins Team Suzuki Ecstar 60
9 Miguel Oliveira Red Bull KTM Tech3 59
10 Brad Binder Red Bull KTM Factory Racing 58
11 Valentino Rossi Monster Energy Yamaha MotoGP 58
12 Pol Espargaro Red Bull KTM Factory Racing 57
13 Francesco Bagnaia Pramac Racing 39
14 Danilo Petrucci Mission Winnow Ducati Team 39
15 Johann Zarco Avintia Ducati 36
16 Alex Marquez Repsol Honda 27
17 Aleix Espargaro Aprilia Racing Team Gresini 22
18 Iker Lecuona Red Bull KTM Tech3 17
19 Cal Crutchlow LCR Honda Castrol 13
20 Bradley Smith Aprilia Racing Team Gresini 11
21 Tito Rabat Avintia Ducati 8
22 Michele Pirro Pramac Racing 4
23 Stefan Bradl Repsol Honda 0
24 Marc Marquez Repsol Honda 0

 

Saksikan Video MotoGP di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemprov Jatim Bantu Warga Magetan Pulihkan Ekonomi Terdampak COVID-19

Posted: 09 Oct 2020 10:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak menyerahkan berbagai bantuan penanganan dampak pandemi COVID-19 dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim) kepada warga Magetan guna meningkatkan perekonomian setempat.

"Melalui kunjungan ini, kami ingin menyampaikan langsung berbagai macam program pemerintah dari berbagai lini, sebagai wujud sinergitas. Harapannya masyarakat memahami bahwa bantuan ini sifatnya tidak tumpang tindih namun saling melengkapi," ujar Wagub Emil di sela kegiatan penyerahan bantuan di Magetan, Jatim, Jumat, 9 Oktober 2020.

Adapun bantuan yang diberikan berupa BLT-DD kepada lima orang perwakilan secara simbolis, bantuan Keuangan Khusus BUMDes kepada dua desa masing-masing Rp50 juta, dan bantuan sosial beras bagi KPM PKH dari Bulog kepada lima orang perwakilan.

Selain itu, bantuan berupa kredit usaha dari Bank UMKM, Bank Jatim, Bank BRI, dan Bank BNI 46 kepada 24 pengusaha UMKM. Lalu bantuan subsidi upah dari BPJS kepada lima karyawan disertai dengan bantuan program manfaat BPJS Ketenagakerjaan kepada tiga orang ahli waris, dilansir dari Antara.

Pemprov Jatim juga membagi sertifikat program Strategis Nasional sejumlah 5.000 bidang kepada instansi pemerintah, lembaga keagamaan serta warga Magetan secara simbolis.

Menurut Emil, bantuan tersebut merupakan bentuk sinergitas seluruh elemen di Jawa Timur (Jatim). Pihaknya ingin memastikan penyerahannya kepada masyarakat secara langsung.

"Bantuan diharapkan bisa membantu dan meningkatkan daya beli masyarakat, sehingga bisa kembali menggeliatkan roda perekonomian," katanya.

 

Ziarah Makam RMTA Soeryo

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Ia menegaskan, berbagai bantuan tersebut merupakan upaya dan dukungan penuh Pemprov Jatim kepada pemerintah pusat dalam program pemulihan ekonomi nasional (PEN) di kondisi pandemi COVID-19.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga meminta masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat dan protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran COVID-19. Utamanya dalam 3 M yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Sementara, selain menyerahan bantuan, Wagub Jatim Emil Dardak bersama Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa juga melakukan kegiatan ziarah makam ke makam RMTA Soeryo yang merupakan Gubernur Jatim pertama.

Ziarah tersebut merupakan rangkaian kegiatan peringatan ke-75 hari jadi Provinsi Jawa Timur yang bersamaan dengan Hari Jadi ke-345 Kabupaten Magetan.

Khofifah menambahkan tujuan kegiatan ziarah makam tersebut untuk memberikan penghormatan terbaik kepada seluruh pejuang khususnya wilayah Jawa Timur, seperti Gubernur Soeryo yang memberikan dedikasi yang luar biasa untuk warga Jawa Timur, semasa hidupnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Update RSD Wisma Atlet 10 Oktober: Pasien Isolasi Mandiri Covid-19 Bertambah 60 Orang

Posted: 09 Oct 2020 10:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah pasien terkonfirmasi positif virus Corona Covid-19 di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet pada hari ini, Sabtu (10/10/2020) berkurang 39 orang setelah dinyatakan sembuh. Data tersebut diterima hingga pukul 08.00 WIB.

Kepala Penerangan Kogabwilhan I Kolonel Marinir Aris Mudian mengatakan, pengurangan pasien rawat inap di RS Wisma Atlet terjadi di Tower 6 dan 7. Sehingga jumlah pasien Covid-19 yang tersisa di Tower 6 dan 7 pada hari ini sebanyak 1.410 orang.

"Pasien rawat inap (di Tower 6 dan 7) berkurang 39 orang, dari semula 1.449 menjadi 1.410 pasien," ujar Aris dalam keterangannya, Sabtu (10/10/2020).

Sementara pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri di Tower 4 dan 5 bertambah 60 orang. Saat ini, totalnya menjadi 1.535 orang.

Aris mengatakan, sejak dibuka pada 23 Maret 2020 hingga 7 Oktober 2020, pasien rawat inap yang terdaftar di Tower 6 dan 7 Wisma Atlet sebanyak 20.518 orang. Dari jumlah tersebut, 19.108 di antaranya sudah keluar.

"Pasien keluar sebanyak 19.108 orang, dengan rincian pasien rujuk ke RS lain 345 orang, pasien sembuh 19.108 orang, dan pasien meninggal 7 orang," kata Aris.

Sementara pasien Covid-19 di flat isolasi mandiri yang terdaftar di Tower 4 dan 5 sejak dibuka pada 15 September 2020 hingga 7 Oktober 2020 sebanyak 6.908 orang.

"Yang masih dirawat hingga kini sebanyak 1.595 pasien," kata dia.

 

Update Pasien di RSKI Pulau Galang

Fasilitas observasi & karantina untuk pengendalian infeksi virus corona di Pulau Galang, Batam dibangun Waskita Karya
Fasilitas observasi & karantina untuk pengendalian infeksi virus corona di Pulau Galang, Batam dibangun Waskita Karya

Sementara pasien rawat inap di Rumah Sakit Khusus Infeksi Pulau Galang pada hari ini tercatat sebanyak 215 orang. Seluruhnya merupakan pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

"Pasien rawat inap bertambah 2 orang dari semula 213 menjadi 215. Pasien suspek 52 orang, semua terkonfirmasi positif 163 orang," kata Aris.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rusak Diamuk Massa, Kerugian Sepeda Sewa di Jakarta Capai Rp 342 Juta

Posted: 09 Oct 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyatakan sebanyak 173 sepeda sewa atau bike sharing rusak akibat demo penolakan Undang-Undang Cipta Kerja pada Kamis (8/10/2020).

Dia menyatakan jumlah tersebut sebanyak 128 unit dibakar dan 45 di antaranya dirusak.

"Kerusakan sepeda sewa atau bike share diperkirakan jumlah kerugian sebesar Rp 342,5 juta," kata Syafrin saat dihubungi, Sabtu (10/10/2020).

Dia menyatakan pihaknya saat ini masih berkoordinasi dengan perusahaan penyedia layanan sepeda sewa tersebut. "Untuk penggantian sepedanya akan kami koordinasikan dengan perusahaannya," jelasnya.

Sebelumnya, jutaan buruh melakukan aksi mogok nasional dan memilih turun ke jalan menolak RUU Cipta Kerja. Begitu juga elemen masyarakat lainnya, seperti pelajar dan mahasiswa. Namun tak sedikit, aksi demonstrasi yang semula damai berujung anarkis.

Di ibu kota, kerusuhan terus meluas di beberapa tempat hingga Kamis (8/10/2020) malam. Bentrokan antara massa perusuh dengan aparat keamanan tak terhindarkan.

Sejumlah fasilitas umum tak luput dari amukan massa yang beringas. Gedung Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menjadi salah satu sasaran amuk massa. Mereka melempari kaca gedung dengan batu dan benda keras lainnya. Mereka juga membakar sebagian bangunan.

25 Halte Transjakarta Dirusak

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan secara total ada 25 halte Transjakarta yang mengalami kerusakan dampak dari kerusuhan demo penolakan Undang-Undang Cipta Kerja.

Dia juga menyayangkan adanya tindakan anarkis oleh sejumlah oknum untuk merusak hingga membakar fasilitas umum di Ibu Kota.

"Karena tempat-tempat tersebut adalah fasilitas umum yang digunakan untuk masyarakat umum, seperti halte kurang lebih ada 25 halte (rusak)," kata Riza di Balaikota, Jakarta Pusat, Jumat (9/10/2020).

Kendati begitu, dia menyatakan bus Transjakarta masih tetap beroperasi sesuai jadwal yang berlaku, yakni mulai pukul 05.00-19.00 WIB. Namun, sejumlah rute mengalami perubahan dan perpendekan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wakil Ketua TGPF Ungkap Soal Kelanjutan Penyelidikan Penembakan di Intan Jaya

Posted: 09 Oct 2020 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Papua - l Kondisi anggota Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) kasus Intan Jaya Bambang Purwoko dan Sersan Satu TNI Faisal Akbar (anggota Satgas Apter Hitadipa dari satuan asal Kodim 1304 Gorontalo) yang tertembak pada Jumat (9/10) dalam kondisi stabil.

"Kami tadi menanyakan kepada dokter yang mengasesmen bahwa kondisi para korban cukup stabil," kata Asops Kaskogabwilhan III Brigjen TNI Suswatyo di Timika, Sabtu (10/10/2020).

Makanya, lanjut dia, mereka tidak diobservasi terlebih dahulu di RSMM Timika, tetapi langsung diberangkatkan ke Jakarta dalam waktu sekitar 5 jam.

"Kalau kondisi para korban belum stabil, tentu tidak akan mengambil risiko untuk langsung membawa mereka ke Jakarta," kata Brigjen TNI Suswatyo, dilansir Antara.

Kedua korban pada Sabtu pagi dievakuasi di Sugapa, Ibu Kota Kabupaten Intan Jaya ke Timika menggunakan pesawat Caracal TNI AU.

Setiba di Bandara Mozes Kilangin Timika, kedua korban langsung dipindahkan ke pesawat Boeing 737 TNI AU untuk diterbangkan ke Jakarta melalui Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar.

"Rencana awalnya salah satu korban atas nama Sersan Satu TNI Faisal Akbar akan dirawat di RSMM Timika. Akan tetapi, setelah sampai di Timika, dokter mengasesmen sehingga diputuskan dua korban langsung dibawa ke Jakarta sekitar pukul 08.28 WIT," kata Suswatyo.

Seorang prajurit TNI lainnya, yang juga terkena recoset peluru saat rombongan TGPF dihadang kelompok separatis bersenjata di Intan Jaya pada hari Jumat (9/10), menjalani perawatan di Puskesmas Sugapa lantaran kondisi luka-lukanya tidak terlalu parah.

Anggota TGPF lainnya, kata dia, hingga kini masih berada di Sugapa, Kabupaten Intan Jaya untuk melakukan tugas-tugas penyelidikan terhadap peristiwa penembakan terhadap seorang tokoh agama di wilayah itu baru-baru ini.

"Mudah-mudahan selama proses itu tidak ada lagi gangguan sehingga mereka bisa menyelesaikan tugas-tugasnya," katanya.

Menurut dia, ada dua rombongan TGPF yang datang ke Papua, satunya di Jayapura dan satu lagi ke Sugapa. Sesuai dengan rencana, mereka akan melakukan kegiatannya sampai 11 Oktober.

Wakil Ketua TGPF Sugeng Purnomo mengatakan, bahwa kedua korban terkena tembakan peluru usai mendatangi tempat kejadian perkara di Kabupaten Intan Jaya, Papua, Jumat (9/10).

"Pagi ini anggota TGPF dan anggota TNI yang terluka dalam penyerangan kemarin sore telah kami evakuasi ke Jakarta untuk perawatan pengobatan lebih lanjut," kata Sugeng Purnomo yang juga Deputi bidang Hukum dan HAM Kemenko Polhukam.

Bambang Purwoko yang merupakan dosen dan peneliti dari Universitas Gadjah Mada diketahui berpengalaman meneliti di Papua dan pernah menjadi Ketua Pokja Papua UGM.

Bambang mengalami luka tembak di bagian kaki, sedangkan Sersan Satu Faisal tertembak di bagian pinggang.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rayakan Ulang Tahun ke-10, Instagram Bikin Ikon Tersembunyi

Posted: 09 Oct 2020 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Instagram sebagai aplikasi berbagi foto favorit semua kalangan, sudah berusia 10 tahun pada tahun ini. Sejak pertama kali dirilis pada Oktober 2010, aplikasi ini telah menjadi salah satu platform media sosial paling populer.

Untuk merayakan ulang tahun tersebut, Instagram membuat fitur memungkinkan yang pengguna untuk mengubah ikon aplikasi Instagram. Berikut ulasannya melansir dari creativebloq.

Dapat mengganti ikon instagram

Ilustrasi Instagram (Liputan6.com/Sangaji)
Ilustrasi Instagram (Liputan6.com/Sangaji)

Ikon-ikon itu terdiri dari beberapa ikon seperti ikon klasik Instagram atau variasi warna lainnya pada desain saat ini. Jika Anda ingin mengubah ikon pada halaman Instagram Anda sendiri, berikut ini cara mengubah ikon Instagram Anda.

Fitur ini dapat ditemukan saat membuka pengaturan, lalu geser ke bawah untuk menampilkan beberapa emoji. Setelah menggeser cukup jauh, berbagai opsi ikon akan muncul.

 

Banyak pilihan ikon tersedia

Instagram dan Facebook down (Foto ilustrasi Unsplash)
Instagram dan Facebook down (Foto ilustrasi Unsplash)

Edisi warna-warni dari logo saat ini memang menyenangkan, namun desain retro-lah yang paling terasa menarik bagi sebagian orang. Dengan desain berbasis polaroid ini sebagai nostalgia di masa lalu.

Penulis

Fayola Gishlaine

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar Harga Motor Trail 150 Cc, Mulai Rp17 Jutaan

Posted: 09 Oct 2020 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki beragam keunggulan, salah satu kendaraan roda dua yang banyak diminati konsumen Tanah Air ialah motor trail. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya Agen Pemegang Merek (APM) yang menghadirkan motor jenis ini.

Selain digunakan untuk berpetualang, motor trail juga banyak digunakan sebagai kendaraan sehari-hari.

Dalam tulisan kali ini, Liputan6.com akan merinci daftar harga motor trail terbaru di Juni 2020. Tulisan ini dimaksudkan sebagai referensi bagi calon konsumen yang ingin membeli motor di segmen ini.

Motor trail berkapasitas mesin 150cc masih banyak menarik perhatian. Sedikitnya terdapat tiga pabrikan raksasa yang turut bermain di segmen motor 'penggaruk tanah' tersebut.

Dari penelusuran data yang didapat dari berbagai laman resmi Agen Pemegang Merek (APM) dan situs Oto.com, berikut daftar harga motor trail 150cc di bulan Oktober 2020.

Daftar Harga

Kawasaki

KLX150 Rp30,7 juta

KLX 150 BF Rp34,6 juta

KLX 150 L Rp32,5 

 

Yamaha

WR 155 R Rp36,9 juta

 

Selanjutnya

Honda

CRF150L- Extreme Black Rp34,45 juta

CRF150L- Extreme Red Rp34,45 juta

CRF150L- New Extreme Grey Rp34,45 juta

 

Viar

Cross X 150 Rp17,94 juta

Infografis Demo Anarkis Tolak UU Cipta Kerja

Infografis Demo Anarkis Tolak UU Cipta Kerja. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Demo Anarkis Tolak UU Cipta Kerja. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sempat Diusulkan Virtual, Debat Kedua Capres AS 15 Oktober Dibatalkan

Posted: 09 Oct 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Washington D.C- Komisi Debat Kepresidenan AS mengatakan 9 Oktober 2020 bahwa pihaknya telah membatalkan acara debat capres kedua antara Donald Trump dan pesaingnya, Joe Biden yang dijadwalkan pada 15 Oktober.

Keputusan itu datang setelah Trump mengatakan bahwa ia tidak akan berpartisipasi dalam debat format virtual.

"Setiap (kandidat) sekarang telah mengumumkan rencana alternatif untuk tanggal itu," kata komisi tersebut dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari AFP, Sabtu (10/10/2020). 

Komisi itu menambahkan, "sekarang jelas tidak akan ada perdebatan pada 15 Oktober."

Namun sebelum pilpres AS pada 3 November mendatang, langkah tersebut menyisakan satu acara debat lagi yang dijadwalkan pada  22 Oktober di Nashville, Tennessee. 

Sejak tahun 1976, debat telah menjadi ciri khas setiap pemilihan presiden AS dengan tiga sesi mendekati akhir kampanye, yang juga menjadi standar sejak tahun 2000.

Sebelumnya pada 8 Oktober, komisi tersebut telah mengumumkan bahwa mereka mengubah debat 15 Oktober menjadi virtual karena berhati-hati dengan Trump yang dites positif COVID-19.

Tetapi Trump sangat ingin kembali ke jalur kampanye dan mengadakan acara langsung. Ia pun menolak untuk berpartisipasi dalam format virtual dan gagal mengembalikannya ke debat langsung.

Trump Bakal Gelar Acara Langsung Pertamanya di Gedung Putih

Presiden Donald Trump (kiri) dan calon presiden dari Partai Demokrat, mantan Wakil Presiden Joe Biden (kanan) bertukar poin selama debat presiden pertama di Case Western University and Cleveland Clinic, Cleveland, Ohio, Selasa (29/9/2020). (AP Photo/Morry Gash, Pool)
Presiden Donald Trump (kiri) dan calon presiden dari Partai Demokrat, mantan Wakil Presiden Joe Biden (kanan) bertukar poin selama debat presiden pertama di Case Western University and Cleveland Clinic, Cleveland, Ohio, Selasa (29/9/2020). (AP Photo/Morry Gash, Pool)

Awal pekan ini, Biden telah mengatakan bahwa ia tidak akan mendebat Trump secara langsung jika dia masih positif COVID-19.

Pihak kampanyenya juga menyebut penolakan Trump untuk beradaptasi dengan format virtual "memalukan."

"Sangat memalukan bahwa Donald Trump menghindari satu-satunya debat di mana para pemilih dapat mengajukan pertanyaan - tetapi itu tidak mengherankan," sebut juru bicara Biden, Andrew Bates.

Sementara itu, Trump berencana untuk menggelar live event pertamanya di Gedung Putih sejak dites positif COVID-19.

Untuk menghadiriri acara itu, semua peserta akan diberitahu untuk memakai masker yang harus mereka bawa, dan harus mematuhi pemeriksaan COVID-19. 

Menurut sumber yang akrab dengan persiapan acara tersebut, pemeriksaan ini akan terdiri dari pemeriksaan suhu dan kuesioner singkat.

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Realisasi Dana PEN untuk UMKM Capai Rp 83,9 Triliun per Oktober 2020

Posted: 09 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mencatat, realisasi program Pemulihan Ekonomi Nasional khusus sektor UMKM mencapai 67,99 persen atau telah disalurkan sebesar Rp 83,9 triliun per 5 Oktober lalu. Adapun total pagu anggaran yang dialokasikan pemerintah sebanyak Rp 123,46 triliun.

"Untuk program Pemulihan Ekonomi Nasional khusus sektor UMKM, per 5 Oktober 2020, progress sementara mencapai 67,99 atau telah disalurkan sebesar Rp 83,9 triliun," kata dia dalam acara Hari Lahir Ke-9 Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) yang digelar secara virtual, ditulis Sabtu (10/10/2020).

Teten merinci, Program PEN Kementerian Koperasi dan UKM meliputi Banpres Produktif untuk Usaha Mikro melalui pemberian dana hibah Rp2,4 juta, Pembiayaan Investasi Kepada Koperasi melalui LPDB-KUMKM, slSubsidi KUR, dan Subsidi Non-KUR (BLU-Koperasi).

MenkopUKM menambahkan, sejumlah program lain yang juga digalakkan di antaranya adalah pelibatan UMKM dalam Pengadaan Barang dan Jasa, menyelenggarakan Pasar Digital UMKM (PaDi), Korporatisasi Petani/Nelayan (Pengembangan Koperasi Pangan), program Belanja Di Warung Tetangga, serta menyerap produk koperasi dan UMKM melalui kolaborasi dengan Bulog, PTPN dan 9 klaster pangan BUMN yang akan menyalurkan produk ke warung-warung tradisional.

 

Sebelumnya, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki mengatakan, realisasi Bantuan Presiden (Banpres) Produktif untuk usaha mikro sebesar Rp 2,4 juta per 6 Oktober sudah terealisasi 100 persen.

"Alhamdulillah kurang dari 2 bulan sejak diluncurkan program bantuan presiden produktif untuk usaha mikro ini per 6 Oktober sudah 100 persen. Memang program ini dari survei ADB memang dianggap paling tepat dan paling diminta oleh pelaku usaha mikro," kata Teten dalam konferensi pers pelaporan realisasi dana PEN secara virtual, Rabu (7/10).

Dia menjelaskan, selama pandemi covid-19 banyak pelaku usaha mikro yang modal kerjanya tergerus oleh kebutuhan konsumsi keluarganya, sekaligus pendapatan mereka banyak yang turun. Maka dari itu program ini diharapkan mampu dengan cepat terserap berkat dukungan berbagai pihak seperti Himbara, koperasi, pemerintah daerah juga Kementerian lembaga yang memang banyak yang melakukan program pendampingan UMKM.

"Tentu masih banyak usulan-usulan dari daerah dari berbagai pihak yang belum bisa kami penuhi dan karena memang estimasi kami jumlah UMKM usaha mikro yang unbankable itu lebih dari 20 juta orang," ujarnya.

Merdeka.com

UMKM Unbankable Maupun Bankable Tetap Dibantu Pemerintah

Kementerian Koperasi dan UKM sejak awal membuka kerja sama seluas-luasnya dengan berbagai pihak dengan prinsip transparan, akuntabel, dan semata-mata demi memajukan koperasi dan UMKM di Tanah Air.
Kementerian Koperasi dan UKM sejak awal membuka kerja sama seluas-luasnya dengan berbagai pihak dengan prinsip transparan, akuntabel, dan semata-mata demi memajukan koperasi dan UMKM di Tanah Air.

Bantuan kepada UMKM nasional kini diperluas. Bantuan selain diberikan kepada UMKM yang masih unbankable (belum mendapatkan pinjaman atau bantuan dari lembaga perbankan) tapi juga yang sudah bankable.  Semuanya mendapat perhatian dari pemerintah untuk dapat bertahan di masa pandemi.

Bantuan kepada UMKM unbankable melalui Bantuan Presiden (Banpres) Produktif Usaha Mikro (BPUM) bentuknya adalah hibah. Bukan kredit pinjaman. Perluasannya ada dalam jumlah penerimanya.

Target penerima yang semula ditetapkan sebesar 9,1 juta usaha mikro, telah 100 persen tercapai. Kini ditambah lagi tiga juta penerima.

Total yang akan disubsidi sebanyak 12 juta usaha mikro. Program yang diluncurkan 24 Agustus 2020 ini diperpanjang sampai Desember 2020.

"Kami berharap program hibah ini menambah modal kerja pelaku usaha sehingga dapat bertahan di tengah pandemi COVID-19. Jadi yang belum mendapatkan Banpres Produktif, bisa mendaftarkan diri ke Dinas Koperasi dan UKM setempat serta lembaga pengusul lainnya," ujar Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

Selain penambahan jumlah penerima bantuan, usaha mikro dan kecil yang unbankable juga difasilitasi untuk menjadi bankable.

Menteri Teten menambahkan bahwa mereka diberikan akses untuk dapat KUR Ultra Mikro di bawah Rp 10 juta dengan bunga 0 persen hingga bulan Desember 2020.

Diharapkan dapat memperkuat usaha mikro, yang sebelumnya telah menerima hibah, untuk bisa melanjutkan usaha dengan KUR ini.

Tujuannya agar Usaha Mikro yang unbankable menjadi bankable.Sedangkan UMKM bankable mendapatkan subsidi berbentuk kelonggaran restrukturisasi pinjaman serta subsidi bunga kredit.

Konkritnya diberikan perpanjangan subsidi bunga KUR. Kini menjadi flat 6 persen hingga 31 Desember 2020, dan kriteria penerima stimulus tambahan subsidi diperluas hingga yang akad pinjamannya sampai 31 Desember 2020

Bantuan produktif dan subsidi di atas menurut Teten menjadi jawaban atas persoalan modal dan pembiayaan di UMKM.

Persoalan UMKM saat ini baik yang unbankable maupun bankable adalah modal dan pengembalian kredit. Program pemerintah yang memberikan modal tambahan dan kelonggaran pengembalian kredit menjadi jawabannya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mito Minta Pemerintah Atasi Persoalan Penuhnya Kapasitas CEIR

Posted: 09 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mito sebagai salah satu vendor smartphone asal Indonesia mengaku terdampak dengan kapasitas CEIR (Centralized Equipment Identity Register) yang dilaporkan sudah penuh. Akibatnya, mereka tidak bisa mendaftarkan ponsel besutannya.

Sebagai informasi, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) baru-baru ini memang mengungkapkan mesin CEIR yang digunakan untuk mendaftarkan IMEI perangkat di Indonesia sudah hampir penuh, sehingga proses pendaftaran disetop.

"Ini sangat berdampak terhadap kelangsungan industri kami. Kami bisa terkena resesi lebih cepat jika sistem ini tidak cepat diperbaiki. Padahal ponsel kami resmi, semestinya tidak terblokir," ungkap CEO Mito Mobile, Hansen, dalam keterangan resmi, Sabtu (10/10/2020).

Menurutnya, apabila persoalan ini terus berlanjut dan tidak ada solusi, industri ponsel akan mengalami resesi. Untuk itu, ia berharap pihak terkait pengelolaan CEIR bisa memberikan solusi.

Hansen mengatakan, persoalan terblokirnya ponsel resmi dan tidak bisanya TPP (Tanda Pendaftaran Produk) mendaftarkan IMEI ke CEIR menjadi pertaruhan bagi industri ini, termasuk Mito.

"Saya kira kejadian ini tidak hanya dialami oleh MITO, saya dengar kawan-kawan brand nasional lainnya mengalami problem yang sama. Jangan biarkan kami masuk ke jurang resesi lebih cepat. Jadi kami sangat berharap sekali pihak terkait untuk secepatnya mengatasi persoalan ini," tuturnya.

Hansen juga menilai regulasi yang dibuat dengan semangat menumbuhkan industri ponsel, harus dibarengi kesiapan infarstruktur yang memadai, sehingga tidak menimbulkan masalah baru untuk industri.

Menyoal masalah ini, Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia Tulus Abadi juga mendesak pemerintah lebih serius menjalankan aturan yang sudah dibuat. Hal itu perlu dilakukan agar tidak ada kesan lemah dalam implementasi, sehingga merugikan konsumen dan industri.

"Mesin CEIR tanggung jawab pemerintah, dalam hal ini Kemkominfo dan Kemenperin. Kalau penuh harus ditambah kapasitasnya. Jangan menghambat ekonomi dan hak konsumen," tuturnya.

Kemenperin: Kapasitas CEIR Penuh, Proses Pendaftaran IMEI Berhenti

Pegawai mengecek handphone/smartphone di salah satu gerai di Jakarta, Kamis (7/4/2019). Pemerintah tengah menyiapkan kebijakan pemblokiran ponsel ilegal atau black market berdasarkan pada validasi International Mobile Equipment Identity (IMEI). (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pegawai mengecek handphone/smartphone di salah satu gerai di Jakarta, Kamis (7/4/2019). Pemerintah tengah menyiapkan kebijakan pemblokiran ponsel ilegal atau black market berdasarkan pada validasi International Mobile Equipment Identity (IMEI). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) baru-baru ini mengungkapkan mesin CEIR (Centralized Equipment Identity Register) yang digunakan untuk mendaftarkan IMEI perangkat di Indonesia ternyata sudah hampir penuh.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Industri Elektronika dan Telematika (IET) Kemenperin Dini Hanggandari. Dengan kondisi tersebut, CEIR kini pun tidak menerima TPP (Tanda Pendaftaran Produk) IMEI dari Kemenperin yang terbaru.

"Yang perlu diketahui pelaku usaha, bahwa TPP Produksi dan TPP Impor, berdasarkan Permen Kemenperin Nomor 108, wajib memberikan realisasi dari rencana impor dan produksi," tuturnya dalam diskusi digelar di kanal YouTube Sobat Cyber Indonesia Offical.

Namun, Dini menuturkan, saat ini pihaknya belum mendapatkan realisasi tersebut, sehingga TPP yang ada selama ini sudah dimasukkan ke dalam CEIR dan mengakibatkan kapasitasnya menjadi penuh.

Untuk itu, lebih lanjut Dini menuturkan, CEIR sementara tidak dapat menerima TPP IMEI baru, sebab ditakutkan akan down. Dini juga mejelaskan kini pihaknya bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah berupaya memecahkan masalah ini.

Solusi yang Diupayakan

Petugas toko memeriksa IMEI handphone untuk didata di ITC Roxy Mas, Jakarta, Selasa (26/11/2019). Pemerintah melalui Kemendag, Kemenperin, dan Kemenkominfo menerbitkan regulasi pemblokiran ponsel ilegal melalui nomor IMEI yang disahkan pada 18 Oktober 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas toko memeriksa IMEI handphone untuk didata di ITC Roxy Mas, Jakarta, Selasa (26/11/2019). Pemerintah melalui Kemendag, Kemenperin, dan Kemenkominfo menerbitkan regulasi pemblokiran ponsel ilegal melalui nomor IMEI yang disahkan pada 18 Oktober 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

"Karena kapasitas yang ada di CEIR saat ini tidak banyak, kami tidak bisa memasukkan lagi. Jadi, apa yang harus dilakukan? Salah satunya, operator harus melihat IMEI mana yang aktif atau tidak aktif, sehingga bisa di-cleansing, hanya IMEI aktif saja yang ada di CEIR," tuturnya.

Selain itu, Dini mengatakan, Kemenperin juga akan membuat surat pada pelaku usaha yang selama ingin mengajukan TPP agar melaporkan realisasinya. Sebab, data yang akan dimasukkan ke TTP hanya realisasi dari TPP Produks maupun TPP Impor.

"Selama ini kan pelaku usaha mengajukan, tapi realisasinya kurang terlalu diperhatikan," tuturnya.

Di sisi lain, data di CEIR bukan hanya berasal dari Kemenperin, melainkan juga Bea Cukai yang mendaftarkan IMEI perangkat yang dibeli dari luar negeri dan dibawa ke Indonesia. 

(Dam/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Tahun Tinggal Bareng Suami di Turki, Begini Kabar Siti KDI

Posted: 09 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi dangdut Siti KDI sempat dikenal sebagai jawara sebuah ajang pencarian bakat. Adik dari pedangdut Cici Paramida ini kemudian dipinang oleh seorang pria berkewarganegaraan Turki bernama Cem Junet Peerk pada 2011 lalu dan akhirnya memilih untuk tinggal di negara asal suaminya. 

Setelah lama tak terdengar kabar, saat live Intagram bersama KapanLagi On Air, Jumat (9/10/2020) Siti KDI kembali menyapa para penggemar yang sudah rindu akan kabar darinya. Dirinya mengaku sangat bangga dan senang karena hingga saat ini masih dikenal masyarakat Indonesia.

"Baik, allhamdulillah berkat KDI juga sampai sekarang masih ingat sama aku, artinya keberhasilan itu masih bisa dirasakan. Ya aku merasa bangga sebagai salah satu yang memperkenalkan ajang kontes dangdut ini. Senang juga mereka masih mengingat aku walau hampir 10 tahun tinggal di Turki," ujar Siti KDI.

 

Fokus

Siti KDI
Siti KDI

Sebagai seorang istri, Siti KDI mengaku sedang fokus untuk mengurus suami beserta anaknya. Ia pun menceritakan bagaimana rasanya tinggal di negara sang suami yang menurutnya ternyata tidak mudah untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan baru.

 

Sulit

Siti KDI
Siti KDI

"Selama ini ya aku fokus buat ngurus keluarga ya. Pertama tinggal di sana awalnya sulit, namanya juga tinggal di negara yang punya perbedaan budaya, makanan, iklim, sulit sih karena benar-benar harus bisa beradaptasi dan itu butuh waktu yang panjang, karena nggak gampang juga," ujar Siti.

 

Alasan

Siti KDI Tampil Berhijab (Sumber: Instagram/siti_perk)
Siti KDI Tampil Berhijab (Sumber: Instagram/siti_perk)

Selain itu, ibu satu anak ini juga membeberkan alasan mengapa ia memilih untuk ikut sang suami tinggal di negara asalnya. Rupanya sebagai istri, Siti mengerti akan keadaan sang suami yang merupakan anak tunggal dan tak ingin membiarkan ibunya tinggal sendirian.

 

Kembali

"Keinginan ada ya, cuma balik lagi ke kita. Komitmen sebelumnya karena memang lihat situasi baba Elif (suami) yang tinggal sama orangtuanya dan sekarang kan tinggal mamanya aja, karena papa udah nggak ada. Dia juga anak satu-satunya, jadi kayaknya nggak adil kalau harus meninggalkan orangtuanya di sana. Allhamdulillah juga aku di sini banyak keluarga dan saudara juga, intinya kewajiban lah bagi istri untuk ngikutin suami," pungkasnya. 

Sumber: Kapanlagi.com

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Moeldoko: Pemerintah Fokus Kembangkan Kota Ramah HAM

Posted: 09 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengatakan saat ini pemerintah fokus mengembangkan kota ramah Hak Asasi Manusia (HAM). Moeldoko menyebut program ini bertujuan meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat berdasarkan standar HAM.

Selain itu, program ini juga sebagai realisasi pengakuan, penghormatan dan pemenuhan HAM masyarakat perkotaan oleh pemerintah daerah. Dalam pelaksanannya, pemerintah berkerja sama dengan Komnas HAM serta Lembaga Swadaya Masyarakat.

"Secara bersama-sama dengan KSP menjadi pemrakarsa program Kabupaten dan Kota Ramah HAM yang telah dilaksanakan selama lima tahun terakhir dan akan terus dilaksanakan setiap tahun di masa mendatang," kata Moeldoko dikutip dari siaran persnya, Sabtu (10/10/2020).

Menurut dia, Indonesia perlu memperbanyak dan memperluas pelaksanaan Kota dan Kabupaten Ramah HAM seperti Wonosobo, Solo, dan sebagainya. Indonesia sendiri menggunakan dua pendekatan dalam mewujudkan kabupaten dan kota ramah HAM.

Pertama, yakni pendeketan yang inisiatif pemda dan atas dorongan pemerintah pusat. Pendekatan ini banyak diakselerasi oleh kelompok masyarakat sipil melalui program 'Kabupaten dan Kota Ramah HAM'.

Kedua, pendekatan yang diinisiasi oleh pemerintah pusat dilakukan oleh Kementerian Hukum dan HAM melalui program 'Kabupaten dan Kota Peduli HAM'. Kedua pendekatan ini saling melengkapi.

"Saya berharap agar inisiatif-inisiatif baik pelaksanaan HAM di tingkat daerah dalam kerangka Kabupaten dan Kota Ramah HAM ini dapat terus digalakkan, yang bertujuan tidak hanya untuk memperbaiki kondisi HAM di dalam negeri, tetapi juga agar Indonesia dapat berkontribusi pada perdamaian di tingkat global," jelasnya.

Berdasarkan prinsip tentang Kota Ramah HAM atau Human Rights City yang disepakati secara internasional pada 2013, Indonesia telah menetapkan kebijakan kabupaten dan kota peduli HAM sebagai pergeseran paradigma kebijakan yang teknokratik menjadi kebijakan yang berbasis Hak Asasi. Untuk itu, Moeldoko menilai Human Rights City sangatlah relevan bagi Indonesia.

Tantangan yang Harus Dihadapi

Pelaksanaan Human Rights City di Indonesia yang dilakukan atas inisiatif masyarakat atau atas dorongan pemerintah memiliki tantangan yang harus dihadap. Di antaranya, komitmen dari Kepala Daerah sehingga terwujud dan berkelanjutan.

Adopsi kerangka Kabupaten dan Kota Ramah Hak Asasi Manusia di Indonesia pertama kali dilakukan pada tahun 2014 oleh Kabupaten Wonosobo. Kala itu, pemda Wonosobo menerapkan kebijakan daerah tentang perlindungan dan pemajuan hak pekerja migran, perempuan dan anak, penyandang disabilitas dan perlindungan terhadap kaum minoritas agama.

"Cerita sukses Wonosobo menarik perhatian dari para kepala daerah lain yang muda dan berwawasan terbuka terhadap pentingnya menerapkan human right based policies yang inklusif dan mengutamakan prinsip no one left behind," ucap Moeldoko.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Pembalap MotoGP Jelang Seri Prancis: Quartararo Bakal Lengser dari Puncak?

Posted: 09 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Paris - Fabio Quartararo untuk sementara memuncaki klasemen MotoGP 2020. Ia kembali ke puncak setelah juara di seri Catalunya, 27 September lalu.

Quartararo punya kans menjadi juara dunia musim ini. Syaratnya, pembalap asal Italia itu harus konsisten di tujuh seri sisa.

Fabio Quartararo kini mengoleksi 108 poin untuk memuncaki klasemen MotoGP 2020. Tetapi, ia hanya unggul delapan atas pembalap Suzuki Joan Mir, yang finis kedua di MotoGP Catalunya.

Melejitnya Quartararo dan Mir di tabel klasemen tercipta setelah kegagalan Andrea Dovizioso meraih poin di MotoGP Catalunya. Andalan Ducati itu terjatuh saat balapan baru dimulai sehingga gagal finis.

Akibatnya Dovizioso harus turun ke posisi empat dengan 84 poin. Padahal, sebelumnya ia memimpin klasemen.

Apakah persaingan di MotoGP 2020 bakal mengerucut kepada Fabio Quartararo dan Joan Mir?

 

 

Klasemen MotoGP

ilustrasi motogp (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi motogp (Liputan6.com/Abdillah)
1 Fabio Quartararo Petronas Yamaha SRT 108
2 Joan Mir Team Suzuki Ecstar 100
3 Maverick Vinales Monster Energy Yamaha MotoGP 90
4 Andrea Dovizioso Mission Winnow Ducati Team 84
5 Jack Miller Pramac Racing 77
6 Franco Morbidelli Petronas Yamaha SRT 75
7 Takaaki Nakagami LCR Honda IDEMITSU 72
8 Alex Rins Team Suzuki Ecstar 60
9 Miguel Oliveira Red Bull KTM Tech3 59
10 Brad Binder Red Bull KTM Factory Racing 58
11 Valentino Rossi Monster Energy Yamaha MotoGP 58
12 Pol Espargaro Red Bull KTM Factory Racing 57
13 Francesco Bagnaia Pramac Racing 39
14 Danilo Petrucci Mission Winnow Ducati Team 39
15 Johann Zarco Avintia Ducati 36
16 Alex Marquez Repsol Honda 27
17 Aleix Espargaro Aprilia Racing Team Gresini 22
18 Iker Lecuona Red Bull KTM Tech3 17
19 Cal Crutchlow LCR Honda Castrol 13
20 Bradley Smith Aprilia Racing Team Gresini 11
21 Tito Rabat Avintia Ducati 8
22 Michele Pirro Pramac Racing 4
23 Stefan Bradl Repsol Honda 0
24 Marc Marquez Repsol Honda 0

 

Jadwal MotoGP Prancis

Sabtu (10/10/2020)

14:55 - 15:40: FP3

18:30 - 19:00: FP4

19:10 - 19:25: Kualifikasi 1

19:35 - 19:50: Kualifikasi 2

 

Minggu (11/10/2020)

18:00: Balapan

 

Saksikan Video MotoGP di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO FEATURES: Perjuangan Arkeolog Berburu Karya Seni Kuno

Posted: 09 Oct 2020 10:00 PM PDT

Arkeolog dari Departemen Seni Rupa melihat lukisan gua yang baru ditemukan di taman nasional Khao Sam Roi Yot di pesisir provinsi Prachuap Kiri Khan (10/9/2020). Kanniga menyorotkan senternya ke seluruh gua untuk mengungkap lukisan yang diyakini berasal dari era prasejarah. (AFP/Lillian Suwanrumpha)
Arkeolog dari Departemen Seni Rupa melihat lukisan gua yang baru ditemukan di taman nasional Khao Sam Roi Yot di pesisir provinsi Prachuap Kiri Khan (10/9/2020). Kanniga menyorotkan senternya ke seluruh gua untuk mengungkap lukisan yang diyakini berasal dari era prasejarah. (AFP/Lillian Suwanrumpha)

Arkeolog dari Departemen Seni Rupa melihat lukisan gua yang baru ditemukan di taman nasional Khao Sam Roi Yot di pesisir provinsi Prachuap Kiri Khan (10/9/2020). Kanniga menyorotkan senternya ke seluruh gua untuk mengungkap lukisan yang diyakini berasal dari era prasejarah. (AFP/Lillian Suwanrumpha)

Arkeolog dari Departemen Seni Rupa di Ratchaburi melihat lukisan gua yang baru ditemukan di taman nasional Khao Sam Roi Yot di pesisir provinsi Prachuap Kiri Khan (10/9/2020). Ini merupakan penemuan menakjubkan bagi tim arkeolog Thailand. (AFP/Lillian Suwanrumpha)
Arkeolog dari Departemen Seni Rupa di Ratchaburi melihat lukisan gua yang baru ditemukan di taman nasional Khao Sam Roi Yot di pesisir provinsi Prachuap Kiri Khan (10/9/2020). Ini merupakan penemuan menakjubkan bagi tim arkeolog Thailand. (AFP/Lillian Suwanrumpha)

Arkeolog dari Departemen Seni Rupa di Ratchaburi melihat lukisan gua yang baru ditemukan di taman nasional Khao Sam Roi Yot di pesisir provinsi Prachuap Kiri Khan (10/9/2020). Ini merupakan penemuan menakjubkan bagi tim arkeolog Thailand. (AFP/Lillian Suwanrumpha)

Arkeolog dari Departemen Seni Rupa di Ratchaburi melihat lukisan gua yang baru ditemukan di taman nasional Khao Sam Roi Yot di pesisir provinsi Prachuap Kiri Khan (10/9/2020). Antelop, sosok kesepian, keluarga yang saling bergandengan tangan. (AFP/Lillian Suwanrumpha)
Arkeolog dari Departemen Seni Rupa di Ratchaburi melihat lukisan gua yang baru ditemukan di taman nasional Khao Sam Roi Yot di pesisir provinsi Prachuap Kiri Khan (10/9/2020). Antelop, sosok kesepian, keluarga yang saling bergandengan tangan. (AFP/Lillian Suwanrumpha)

Arkeolog dari Departemen Seni Rupa di Ratchaburi melihat lukisan gua yang baru ditemukan di taman nasional Khao Sam Roi Yot di pesisir provinsi Prachuap Kiri Khan (10/9/2020). Antelop, sosok kesepian, keluarga yang saling bergandengan tangan. (AFP/Lillian Suwanrumpha)

Lukisan gua yang baru ditemukan di taman nasional Khao Sam Roi Yot di pesisir provinsi Prachuap Kiri Khan (10/9/2020). Kanniga menyorotkan senternya ke seluruh gua untuk mengungkap lukisan yang diyakini berasal dari era prasejarah. (AFP/Lillian Suwanrumpha)
Lukisan gua yang baru ditemukan di taman nasional Khao Sam Roi Yot di pesisir provinsi Prachuap Kiri Khan (10/9/2020). Kanniga menyorotkan senternya ke seluruh gua untuk mengungkap lukisan yang diyakini berasal dari era prasejarah. (AFP/Lillian Suwanrumpha)

Lukisan gua yang baru ditemukan di taman nasional Khao Sam Roi Yot di pesisir provinsi Prachuap Kiri Khan (10/9/2020). Kanniga menyorotkan senternya ke seluruh gua untuk mengungkap lukisan yang diyakini berasal dari era prasejarah. (AFP/Lillian Suwanrumpha)

Seorang arkeolog dari Departemen Seni Rupa di Ratchaburi menggunakan aplikasi di ponsel untuk melihat lukisan gua yang baru ditemukan di taman nasional Khao Sam Roi Yot di pesisir provinsi Prachuap Kiri Khan (10/9/2020). (AFP/Lillian Suwanrumpha)
Seorang arkeolog dari Departemen Seni Rupa di Ratchaburi menggunakan aplikasi di ponsel untuk melihat lukisan gua yang baru ditemukan di taman nasional Khao Sam Roi Yot di pesisir provinsi Prachuap Kiri Khan (10/9/2020). (AFP/Lillian Suwanrumpha)

Seorang arkeolog dari Departemen Seni Rupa di Ratchaburi menggunakan aplikasi di ponsel untuk melihat lukisan gua yang baru ditemukan di taman nasional Khao Sam Roi Yot di pesisir provinsi Prachuap Kiri Khan (10/9/2020). (AFP/Lillian Suwanrumpha)

Seorang arkeolog dari Departemen Seni Rupa di Ratchaburi sedang melihat lukisan gua yang baru ditemukan di taman nasional Khao Sam Roi Yot di pesisir provinsi Prachuap Kiri Khan (10/9/2020). (AFP/Lillian Suwanrumpha)
Seorang arkeolog dari Departemen Seni Rupa di Ratchaburi sedang melihat lukisan gua yang baru ditemukan di taman nasional Khao Sam Roi Yot di pesisir provinsi Prachuap Kiri Khan (10/9/2020). (AFP/Lillian Suwanrumpha)

Seorang arkeolog dari Departemen Seni Rupa di Ratchaburi sedang melihat lukisan gua yang baru ditemukan di taman nasional Khao Sam Roi Yot di pesisir provinsi Prachuap Kiri Khan (10/9/2020). (AFP/Lillian Suwanrumpha)

Seorang arkeolog dari Departemen Seni Rupa di Ratchaburi sedang melihat lukisan gua yang baru ditemukan di taman nasional Khao Sam Roi Yot di pesisir provinsi Prachuap Kiri Khan (10/9/2020). (AFP/Lillian Suwanrumpha)
Seorang arkeolog dari Departemen Seni Rupa di Ratchaburi sedang melihat lukisan gua yang baru ditemukan di taman nasional Khao Sam Roi Yot di pesisir provinsi Prachuap Kiri Khan (10/9/2020). (AFP/Lillian Suwanrumpha)

Seorang arkeolog dari Departemen Seni Rupa di Ratchaburi sedang melihat lukisan gua yang baru ditemukan di taman nasional Khao Sam Roi Yot di pesisir provinsi Prachuap Kiri Khan (10/9/2020). (AFP/Lillian Suwanrumpha)

Arkeolog dari Departemen Seni Rupa di Ratchaburi saat mereka mencari lukisan gua yang baru ditemukan di taman nasional Khao Sam Roi Yot di pesisir provinsi Prachuap Kiri Khan (10/9/2020). (AFP/Lillian Suwanrumpha)
Arkeolog dari Departemen Seni Rupa di Ratchaburi saat mereka mencari lukisan gua yang baru ditemukan di taman nasional Khao Sam Roi Yot di pesisir provinsi Prachuap Kiri Khan (10/9/2020). (AFP/Lillian Suwanrumpha)

Arkeolog dari Departemen Seni Rupa di Ratchaburi saat mereka mencari lukisan gua yang baru ditemukan di taman nasional Khao Sam Roi Yot di pesisir provinsi Prachuap Kiri Khan (10/9/2020). (AFP/Lillian Suwanrumpha)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Hoaks dan Fakta Undang-Undang Cipta Kerja

Posted: 09 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menjawab sejumlah hoaks soal undang-undang Cipta Kerja yang beredar di media sosial. Di antaranya seputar penghilangan cuti dan upah minimum.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bantu Kesembuhan, Dokter Ingatkan Pentingnya Tidur bagi Pasien COVID-19

Posted: 09 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tidur cukup dan berkualitas menjadi salah satu hal yang harus dipenuhi oleh pasien COVID-19 saat sedang menjalani isolasi atau perawatan.

Dewiyana Andari Kusmana, dokter spesialis Paru, konsultan intensivist dan gawat nafas menyarankan agar pasien COVID-19 sudah tidur sebelum jam 9 malam.

"Supaya antibodinya itu terbentuk. Dengan antibodinya terbentuk, dia cepat sembuh," kata Dewiyana dalam siaran dialog dari Graha BNPB beberapa waktu lalu, dikutip Kamis (8/10/2020).

Secara umum, tidur yang baik dilakukan selama 7 hingga 8 jam. Namun, Dewiyana mengatakan, bukan berarti pasien boleh seenaknya tidur jam 12 malam. Ini juga terkait dengan irama sirkadian tubuh.

"Jadi lebih baik jam 9 (malam) tidur. Mau bagaimana caranya pokoknya berusaha untuk tidur," kata dokter yang berpraktik di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto tersebut.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Tidur Cukup Bantu Bentuk Antibodi

Pasien sembuh dari Corona COVID-19 di Surabaya, Jawa Timur (Foto: Dok Pemkot Surabaya)
Pasien sembuh dari Corona COVID-19 di Surabaya, Jawa Timur (Foto: Dok Pemkot Surabaya)

Biar tubuh dapat lebih mudah untuk beristirahat di malam hari, Dewiyana pun merekomendasikan pasien untuk lebih aktif di siang hari.

"Siangnya lebih banyak aktivitas kan capek, nanti jam 9 (malam) tidur, paksakan untuk bisa tidur. Syukur-syukur bisa nyenyak, pulas, itu antibodinya akan lebih cepat terbentuk."

Selain tidur dengan cukup, antibodi juga dapat terbentuk dengan makan, minum dan berpikir positif serta tenang. Dewiyana mengatakan, ketika seseorang gelisah, hormon tubuh akan menjadi berantakan.

"Begitu Anda tahu terkena infeksi COVID-19, tenang, jangan panik, pasrah," katanya.

Ia menambahkan, ketika seseorang gelisah, tubuh akan bereaksi dan membuat hormon berantakan. Kondisi ini malah menimbulkan masalah kesehatan yang lain.

"Kalau kita sampai atau keluarga kena, tenangkan diri, jangan panik, dan yakinkan diri bahwa kita akan sembuh. Berikan ketenangan diri, tidur yang cukup, perbanyak ibadah, itu akan menguatkan dan akan menjadi obat penyembuh."

Infografis Menanti Hasil Uji Klinis Calon Vaksin Covid-19

Infografis Menanti Hasil Uji Klinis Calon Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Menanti Hasil Uji Klinis Calon Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ungkap Kepribadian Berdasarkan 5 Cara Memencet Pasta Gigi, Kamu yang Mana?

Posted: 09 Oct 2020 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gigi merupakan salah satu bagian tubuh manusia yang berfungsi untuk menggigit, merobek dan mengunyah makanan. Selain itu, gigi juga memberi peranan penting dalam estetika penampilan seseorang. Oleh sebab itu, sebagian besar orang berusaha merawat giginya agar tetap sehat, bersih dan kuat.

Bahkan ada pula orang-orang yang rela merogoh kocek cukup dalam untuk perawatan dan menata giginya di dokter. Sebab, tidak semua orang memiliki gigi yang tumbuh rapi dan bagus. Sedangkan untuk perawatan sehari-hari, gosok gigi merupakan salah satu cara yang paling umum dilakukan untuk menjaga gigi tetap bersih dan tidak berlubang.

Cara tersebut biasanya menggunakan sikat gigi dan pasta gigi. Berbicara mengenai pasta gigi, rupanya cara memencet pasta gigi dapat mengungkap kepribadian seseorang. Mulai dari ujung, tengah, bawah atau acak. Para psikolog mengatakan bahwa 40% tindakan sehari-hari manusia bukanlah keputusan yang dibuat secara sadar, melainkan sebuah kebiasaan.

Begitu pula dengan memencet pasta gigi. Berikut 5 kepribadian seseorang berdasarkan 5 cara memencet pasta gigi, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (10/10/2020).

1. Memencet atau menggulung kemasan pasta gigi dari bawah ke atas

Ilustrasi Pasta Gigi (Sumber: Times of India)
Ilustrasi Pasta Gigi (Sumber: Times of India)

Orang yang memencet atau menggulung kemasan pasta gigi dari bawah ke atas memiliki kepribadian yang hemat dan rapi. Ia juga peduli dengan orang-orang yang ada di sekitarnya. Selain itu, ia cenderung perfeksionis dan menggunakan sesuatu dengan seefisien mungkin.

Ia terbiasa bekerja keras dan berusaha melakukan segalanya dengan baik. Orang yang memencet pasta gigi dengan cara ini sangat menjaga kebersihan, terutama pada rumahnya. Ia suka keteraturan termasuk dalam menjalani hidup.

2. Memencet dari tengah

Ilustrasi Pasta Gigi (Sumber: Times of India)
Ilustrasi Pasta Gigi (Sumber: Times of India)

Orang yang memencet pasta gigi dari bagian tengah adalah pribadi yang realistis dan cenderung aktif. Namun sayangnya terkadang ia sedikit terburu-buru dalam melakukan berbagai hal. Ia sebenarnya bukanlah pribadi yang rapi dan terorganisir. Namun jika mendapat tanggung jawab, ia mampu menyesuaikan diri dan menyelesaikan pekerjaan dengan cukup baik.

Selain itu, ia memikiki kepribadian yang sangat ramah, punya banyak teman dan suka tampil di depan umum. Emosinya juga cukup stabil dan bisa bersikap baik dalam menghadapi masalah.

3. Memencet dari atas

Ilustrasi Pasta Gigi (Sumber: Pixabay/Dinny Mutiah)
Ilustrasi Pasta Gigi (Sumber: Pixabay/Dinny Mutiah)

Orang yang memencet pasta gigi dari bagian atas adalah sosok yang cenderung keras kepala. Berbagai upaya akan ia lakukan untuk mendapatkan apa yang diinginkannya. Meski demikian, rupanya ia juga mudah pesimis dan sulit untuk mempercayai orang lain.

Akibatnya, ia lebih mengandalkan dan mementingkan dirinya sendiri. Bisa dikatakan ia adalah orang yang cenderung bersifat egois. Sifatnya yang demikian seringkali membuatnya tidak mudah berteman dengan orang lain.

4. Membiarkan bentuknya tetap utuh

Ilustrasi Pasta Gigi (Sumber: Pexels/Dinny Mutiah)
Ilustrasi Pasta Gigi (Sumber: Pexels/Dinny Mutiah)

Orang ini adalah tipe yang sangat menikmati kesendirian. Oleh karenanya ia suka melamun dan berangan-angan. Meski demikian, ia juga merupakan pribadi yang artistik dan cenderung memiliki imajinasi lebih tinggi dari tipe lainnya.

Selain itu, ia merupakan pribadi yang sensitif, lembut, santai, penuh perhatian dan toleran. Ia juga bisa tegas dan murah hati di saat yang bersamaan.

5. Memencet dari mana saja

Ilustrasi Pasta Gigi (Sumber: Pixabay.com)
Ilustrasi Pasta Gigi (Sumber: Pixabay.com)

Orang yang memencet pasta gigi secara acak memiliki kemampuan untuk melihat dunia dari sudut pandang berbeda dibandingkan kebanyakan orang. Banyak dari orang yang memencet pasta gigi dengan cara ini adalah sosok yang kreatif dan berjiwa seni.

Selain itu, ia juga memiliki kepribadian yang optimis dan selalu berusaha berpikiran terbuka. Namun rupanya ia cenderung sulit tepat waktu dan rapi. Akibatnya ia kurang cermat dalam merencanakan dan menyelesaikan suatu pekerjaan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Cara Sehat Konsumsi Karbohidrat, Tetap Turunkan Berat Badan

Posted: 09 Oct 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Karbohidrat bisa jadi makanan yang paling dihindari saat diet. Karbohidrat diyakini menjadi penyebab obesitas dan diabetes tipe 2. Ini membuat banyak orang yang ingin menurunkan berat badan melakukan diat rendah karbohidrat.

Ada banyak jenis diet rendah karbohidrat. Namun, karbohidrat tetap merupakan makronutrien penting dalam pola makan sehat. Mengonsumsi karbohidrat yang tepat juga bisa membantu menurunkan berat badan. Banyak sumber karbohidrat sarat dengan nutrisi bermanfaat.

Maka dari itu, meski sedang diet, kamu masih tetap bisa mengonsumsi karbohidrat. Kuncinya adalah fokus pada pemilihan, porsi, dan penyeimbang karbohidrat. Dengan cara-cara ini, kamu tetap berenergi dan mendapat nutrisi bermanfaat selama diet.

Berikut cara sehat konsumsi karbohidrat untuk diet yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (10/10/2020).

Pilih karbohidrat kompleks

Makanan yang Mengandung Karbohidrat Sehat (sumber: IStockphoto)
Makanan yang Mengandung Karbohidrat Sehat (sumber: IStockphoto)

Cara sehat mengonsumsi karbohidrat adalah meperhatikan jenis karbohidrat yang dikonsumsi. Tidak semua karbohidrat diciptakan sama. Ada banyak jenis makanan yang mengandung karbohidrat dan pengaruhnya terhadap kesehatan sangat bervariasi.

Jenis karbohidrat yang baik untuk menjaga berat badan adalah karbohidrat kompleksKarbohidrat kompleks terdiri dari serat dan pati yang dirangkai dalam rantai panjang dan kompleks. Karbohidrat kompleks memiliki lebih banyak nutrisi dan membutuhkan waktu lebih lama bagi tubuh untuk dicerna. Makanan karbohidrat kompleks menyediakan vitamin, mineral, dan serat.

Karbohidrat sederhana membuat tubuh lebih kenyang, yang berarti merupakan pilihan yang baik untuk mengontrol berat badan. Karbohidrat kompleks juga ideal untuk penderita diabetes tipe 2 karena mereka membantu mengelola lonjakan gula darah setelah makan.

Karbohidrat kompleks ditemukan dalam makanan utuh yang tidak diproses, termasuk buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Pahami porsi

Ilustrasi Mengonsumsi Makanan Sehat Credit: pexels.com/pixabay
Ilustrasi Mengonsumsi Makanan Sehat Credit: pexels.com/pixabay

Selain memilih jenis yang tepat, jumlah asupan karbohidrat juga jadi cara penting mengonsumsinya dengan sehat. Kekurangan karbohidrat akan membuat turunnya gula darah. hal tersebut dapat menyebabkan ketosis dan rentan mengalami gejala seperti dehidrasi, lesu, badan lemas dan sebagainya.

Oleh karena itu, pahami jumlah karbohidrat yang mesti dikonsumsi. Jaga asupannya secara seimbang agar tubuh mampu mendapatkan energi secara stabil.

Idealnya karbohidrat harus memenuhi 45 hingga 65 persen dari total kalori harian. Misalnya, kamu harus mengonsumsi 2.000 kalori sehari, antara 900 dan 1.300 kalori harus berasal dari karbohidrat. Itu berarti kamu perlu mengonsumsi antara 225 dan 325 gram karbohidrat sehari.

Fokus pada buah dan sayur

Ilustrasi sayur dan buah | Wendy Wei dari Pexels
Ilustrasi sayur dan buah | Wendy Wei dari Pexels

Saat mengonsumis karbohidrat, tekankan pada buah dan sayuran kaya serat. Usahakan untuk mengonsumsi buah dan sayuran segar, beku, dan kalengan tanpa tambahan gula. Buah dan sayuran utuh juga menambahkan serat dan air. Ini membantumu merasa kenyang dengan konsumsi lebih sedikit kalori.

Coba pula untuk mengonsumsi sayuran dengan pati resisten. kacang-kacangan, kacang polong dan lentil adalah makanan bergizi kaya pati resisten. Sayuran ini biasanya rendah lemak dan tinggi folat, kalium, zat besi dan magnesium, dan mengandung lemak dan serat yang bermanfaat.

Kacang polong adalah sumber protein yang baik dan bisa menjadi pengganti daging yang sehat, yang memiliki lebih banyak lemak jenuh dan kolesterol.

Tambahkan lemak sehat

Ilustrasi Buah Alpukat Credit: unsplash.com/Louis
Ilustrasi Buah Alpukat Credit: unsplash.com/Louis

Lemak penting untuk memberi energi pada tubuh dan mendukung pertumbuhan sel. Lemak melindungi organ dan membantu tubuh tetap hangat. Lemak juga membantu tubuh menyerap banyak nutrisi dan menghasilkan hormon penting.

Konsumsi karbohidrat dengan lemak tak jenuh tunggal dalam jumlah sedang dapat membantu meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi asupan kalori secara keseluruhan. Asupan lemak sehat bisa didapat dari minyak zaitun, alpukat, dan ikan berlemak.

Lemak adalah bagian yang terakhir meninggalkan saluran pencernaan dan dengan demikian memberikan rasa kenyang. Artinya, lemak dapat membantu merasa kenyang lebih lama dan mencegah makan atau ngemil berlebihan, terutama pada karbohidrat olahan. Selain mengenyangkan, lemak sehat juga baik untuk kesehatan jantung.

Minum teh hijau

ilustrasi teh hijau/Photo by Jia Ye on Unsplash
ilustrasi teh hijau/Photo by Jia Ye on Unsplash

Antioksidan dalam teh hijau yang disebut epigallocatechin-3-gallate (EGCG), bila dikombinasikan dengan karbohidrat, dapat membantu mengatur hormon rasa laparan dan metabolisme yang sehat dengan menurunkan glukosa darah.

Teh hijau bermanfaat untuk menurunkan berat badan dengan membantu metabolisme tubuh menjadi lebih efisien. Teh hijau mengandung kafein dan sejenis flavonoid catechin yang merupakan antioksidan. Penelitian menunjukkan bahwa kedua senyawa ini dapat mempercepat metabolisme.

Ekstrak teh hijau telah berulang kali dikaitkan dengan peningkatan pembakaran lemak, terutama selama olahraga. Mengonsumsi teh hijau bersama karbohidrat serta mengimbanginya dengan olahraga dapat membantu menurunkan berat badan.

Hindari gula tambahan

Ilustrasi gula (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)
Ilustrasi gula (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Menambahkan gula mungkin tidak berbahaya dalam jumlah kecil. Tetapi tidak ada keuntungan kesehatan untuk mengonsumsi gula tambahan dalam jumlah berapa pun. Gula tambahan menjadi salah satu faktor kenaikan berat badan.

Pastikan untuk menghindari konsumsi gula tambahan. Kamu bisa tetap mendapatkan asupan gula dari sumber alami seperti buah atau madu dalam jumlah wajar.

Olahraga

ilustrasi olahraga/Photo by mentatdgt from Pexels
ilustrasi olahraga/Photo by mentatdgt from Pexels

Olahraga sangat penting untuk menjaga berat badan tetap ideal. Selain pola makan, olahraga adalah salah satu strategi paling umum yang digunakan oleh mereka yang mencoba menurunkan berat badan. Olahraga membakar kalori, dan ini memainkan peran kunci dalam penurunan berat badan.

Selain membantu menurunkan berat badan, olahraga telah dikaitkan dengan banyak manfaat lainnya, termasuk meningkatkan suasana hati, tulang yang lebih kuat, dan penurunan risiko banyak penyakit kronis.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hari Kesehatan Mental Sedunia, Pentingnya Berinvestasi pada Kesehatan Jiwa

Posted: 09 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hari Kesehatan Mental Sedunia tahun ini adalah tentang peningkatan investasi dalam kesehatan jiwa. Tema besar tersebut telah diumumkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) terkait peringatan setiap 10 Oktober tersebut.

Mengapa berinvestasi, dan mengapa sekarang? Jawabannya, kesehatan mental dibutuhkan agar masyarakat dapat berkembang. Pasalnya, selama pandemi, kesehatan mental yang baik jadi lebih penting dari sebelumnya.

Tanpa fokus pada kesehatan mental, respons apa pun terhadap COVID-19 dinilai akan berkurang, menggerus ketahanan individu dan masyarakat, serta menghambat pemulihan sosial, ekonomi, juga budaya.

2020 bukanlah tahun yang mudah untuk memelihara kesehatan mental. Ancaman infeksi, penguncian berulang, isolasi sosial, dan ketidakpastian ekonomi telah menciptakan ketakutan, juga kecemasan yang meluas.

Sebuah Rapid Review yang diterbitkan The Lancet sebagaimana dilansir Jumat, 9 Oktober 2020, menunjukkan efek psikologis negatif dari karantina yang dipaksakan. Banyak orang yang sebelumnya mengira tak terpengaruh masalah kesehatan mental menemukan bahwa mereka juga rentan.

Sementara, bagi orang dengan kondisi kesehatan mental yang sudah ada sebelumnya sering kali mengalami peningkatan kesulitan. Memang terdapat konsekuensi neurologis dan psikiatri yang tepat dari infeksi, tapi tetap membutuhkan pemantauan yang cermat.

Kondisi-kondisi ini kemudian mengarah ke pertanyaan besar, "Investasi apa yang dibutuhkan pemerintah dan organisasi non-pemerintah untuk mengurangi dampak kesehatan mental dari COVID-19 dan, yang lebih penting, guna meningkatkan kesehatan mental secara global?"

Identifikasi Kelompok Rentan

ilustrasi memelihara kesehatan mental/Photo by cottonbro from Pexels
ilustrasi memelihara kesehatan mental/Photo by cottonbro from Pexels

Cakupan kesehatan universal akan memberi garis hidup bagi mereka yang terjebak dalam lingkaran kesulitan ekonomi. Pasalnya, kemiskinan merupakan faktor penyebab masalah kesehatan mental dan penghalang akses layanan yang mungkin dapat membantu.

Menurut survei WHO, orang-orang dengan kondisi kesehatan mental parah jadi yang paling terpengaruh gangguan sistem perawatan kesehatan jiwa terkait COVID-19. Kelompok rentan lain, termasuk anak-anak dan remaja, terdampak penutupan sekolah, sistem kesehatan yang memburuk, akses terbatas ke makanan bergizi, putusnya hubungan keluarga, penelantaran, dan pelecehan.

Orang dewasa yang lebih tua juga rentan. Banyak orang dengan kondisi kesehatan yang sudah ada sebelumnya merasa takut dan kesepian, takut terinfeksi, sekarat, dan kehilangan anggota keluarga, sementara secara fisik jauh dari orang yang dicintai dan teman sebaya.

Terakhir, ada petugas kesehatan itu sendiri yang juga menghadapi risiko infeksi, stigmatisasi, dan beban kerja lebih besar dengan dampak psikologis. Investasi dalam kesehatan mental juga tentang investasi pada pekerja perawatan kesehatan.

Argumen ekonomi untuk investasi dalam layanan kesehatan mental jelas dan telah dibuat berkali-kali. Dalam skala global, strategi ini melibatkan pemberdayaan individu dan komunitas, pengakuan bahwa negara-negara berpenghasilan tinggi harus banyak belajar dari inovasi lingkungan berpenghasilan rendah dan menengah.

Juga, pengakuan peran sentral kesehatan mental dalam keamanan kesehatan global sekarang dan di masa depan. Investasi harus lebih dari sekadar uang jika layanan kesehatan mental ingin disesuaikan untuk mengatasi tantangan era COVID-19 dan pascaCOVID-19, di mana harus ada investasi pemikiran, waktu, dan komitmen untuk berubah.

Infografis Yuk Perhatikan Cara Cuci Tangan yang Benar. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Yuk Perhatikan Cara Cuci Tangan yang Benar. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KSPI Nilai UU Cipta Kerja Permudah PHK Buruh

Posted: 09 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) memutuskan untuk membuat gugatan melalui jalur hukum dalam membatalkan Undang-Undang (UU) Omnibus Law Cipta Kerja.

Presiden KSPI Said Iqbal menyatakan, ada sejumlah alasan mengapa kelompok buruh bakal memproses UU Cipta Kerja secara hukum. Salah satunya, aturan baru tersebut dianggap menguntungkan perusahaan dalam melakukan aksi pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawannya kapanpun secara sepihak.

"Omnibus law juga mempermudah PHK, sebagaimana terlihat dalam Pasal 154A, khususnya Ayat 1 huruf (b) dan (i) yang mengatur: Pemutusan hubungan kerja dapat terjadi karena alasan: (huruf b) perusahaan melakukan efisiensi; dan (huruf i) pekerja/buruh mangkir," jelasnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (10/10/2020).

Padahal, Iqbal mengatakan, Mahkamah Konstitusi sebelumnya sudah memberikan putusan bahwa PHK karena efisiensi hanya bisa dilakukan ketika perusahaan tutup permanen.

"Dengan pasal ini (154A UU Cipta Kerja), bisa saja perusahaan melakukan PHK dengan alasan efisiensi meskipun sedang untung besar,"

Poin berikutnya yang ia soroti, aksi PHK bisa dilakukan dengan alasan buruh mangkir bekerja. Menurut dia, ketentuan tersebut sangat ambigu lantaran tidak dijelaskan mangkirnya berapa lama, sehingga bisa hanya 1 hari.

Iqbal menjelaskan, dalam UU 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, PHK karena mangkir hanya bisa dilakukan setelah terjadi 5 hari berturut-turut dan dipanggil minimal 2 kali secara tertulis.

"Adapun permintaan buruh, semua hal yang mengatur mengenai PHK dikembalikan kepada UU Nomor 13 Tahun 2003," seru Iqbal.

RUU Cipta Kerja Jadi Undang-Undang, Serikat Buruh Kecewa

Ilustrasi Demo Buruh | via: kaskus.co.id
Ilustrasi Demo Buruh | via: kaskus.co.id

Wakil Ketua Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI), Jumisih, mengutarakan sikap kekecewanya kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang telah mengesahkan RUU Cipta Kerja menjadi Undang-Undang. Pengesahan tersebut, dianggal terlalu cepat dan sangat merugikan buruh di tengah kondisi terjadi sekarang ini.

"Pasti kami sangat kecewa sekali, kita marah, ingin nangis, ini kekecewaan yang luar biasa buat buruh dan pekerja yang masih bekerja di pabrik," kata dia saat dihubungi, Senin (5/10/2020).

Dia menuturkan, dengan disahkannya UU Cipta Kerja semakin menunjukan keyakinan bahwa sebetulnya pemerintah dan DPR tidak berpihak kepada rakyat. Keduanya, justru berpihak kepada pihak-pihak tertentu seperti korporasi dan pemilik modal.

"Mereka yang punya uang punya kuasa, jadi sbgai negara yang punya cita-cita tetapi secara hukum tidak mendapatkan itu denga diberlakunya ominus law," kata dia.

Menurutnya, sikap DPR hari ini betul-betul tidak mendengarkan aspriasi dari rakyat yang setiap menit melakaukan upaya untuk menggunakan ruang demokrasi untuk menyampaikan aspirasi. "Tetapi betul-betul mengecewakan," singkat dia.

Dalam pandangannya, kehadiran UU Cipta Kerja akan sangat mengerikan. Sebab UU ini akan memberikan ruang yang sangat panjang untuk mengekspoitasi rakyar dan alam.

"Jadi sebetulnya pemerintah sedang mewariskan kehancuran untuk generasi kita dan genrasi akan datang. Jadi pemeritnah mewariskan bukan kebaikan tapi kehancuran untuk rakyatnya sendiri, per har ini," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rekomendasi Kuliner Akhir Pekan dari Khofifah: Nase' Jhajhan Pamekasan

Posted: 09 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa merekomendasikan kuliner khas Jatim sebagai pilihan menu akhir pekan.

Dalam akun Instagram @khofifah.ip, Khofifah mengunggah makanan khas dari Pamekasan, yaitu nase' jhajhan, Sabtu, 10 Oktober 2020.

"Jawa Timur punya ragam nasi khas dengan rasa yang otentik. Nah, akhir pekan kali ini saya rekomendasikan kamu untuk mencicipi Nase' Jhajhan khas Pamekasan," kata Khofifah.

Khofifah melanjutkan, kekhasan kuliner ini terletak dari menu lauknya yang beraneka ragam mulai dari daging bumbu, telur kuah petis, dendeng serundeng, ditambah sambal pedas.

"Perpaduan rasa yang wah dan lezat," ucapnya.

Menu tradisional yang menggoda ini punya kekhasan lain dari sisi kemasan, yaitu menggunakan daun pisang.

"Apalagi, nasi ini dibungkus daun pisang sehingga lebih beraroma. Oh ya, makin mantap jika disantap dengan tangan," kata Khofifah.

Selanjutnya, Khofifah pun menyarankan kepada follower-nya agar tetap memperhatikan sisi kebersihan sebelum makan.

"Tapi, jangan lupa cuci tangan pakai sabun sebelum makan ya," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Zee Zee Shahab Minum Kopi 2 Cangkir Sehari, Mengaku Gampang Tertidur

Posted: 09 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Zee Zee Shahab, salah satu selebritas wanita yang penyuka minuman kopi. Bahkan, minuman ini wajib dinikmatinya setiap pagi.

Rupanya, tak hanya pagi, ia juga mewajibkan diri untuk menyeruputnya di sore hari. Hal itu diceritakan Zee Zee Shahab, di akun Instagram terverifikasi miliknya, Jumat (9/10/2020).

Meski suka kopi, Zee Zee Shahab menjatahkan tubuhnya menerima asupan kopi dua cangkir saja, yaitu pagi dan sore.

 

Takut Susah Tidur

(Instagram/zeezeeshahab)
(Instagram/zeezeeshahab)

Sementara, teman-teman Zee Zee justru banyak tak berani minum kopi karena takut susah tidur.

"Banyak temen2 gak brani minum kopi karna takut susah tidur," tulisnya sebagai keterangan foto.

 

Pelor

Zee Zee Shahab (Foto: Instagram/zeezeeshahab)
Zee Zee Shahab (Foto: Instagram/zeezeeshahab)

Bagi wanita kelahiran Jakarta, 31 Maret 1988 ini justru kopi tak mempengaruhi pola tidurnya sama sekali.

"Tapi Aku gak pernah gitu 🥺 Aku pelor bgt guys (nempel molor)," lanjutnya.

 

Malu

(Instagram/zeezeeshahab)
(Instagram/zeezeeshahab)

Bahkan karena bisa tidur di mana saja, ibu dua anak ini mengaku malu bila naik pesawat terbang.

"kadang suka malu kalau naik pesawat blum take off dah bobo , padahal Abis ngopi 🙇🏼‍♀️ Ada yang sama? 👋🏻," sambungnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rajin Beramal, Bintang MU Rashford Dapat Penghargaan dari Ratu Inggris

Posted: 09 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Bintang Manchester United (MU) Marcus Rashford mendapat penghargaan Member of the British Empire (MBE) dari Ratu Inggris. Rashford memperoleh penghargaan atas jasanya yang rajin beramal selama pandemi Covid-19.

Rashford menerima penghargaan MBE ini karena dinilai berjasa bagi Inggris Raya atas perjuangannya membantu mengamankan makanan gratis untuk anak-anak yang rentan selama di tengah pandemi Covid-19.

Penghargaan MBE untuk Rashford ini merupakan bagian dari Daftar Penghargaan Ulang Tahun Ratu Inggris. Penghargaan ini rutin diberitan setiap tahunnya sejak 1860.

Mayoritas penerima penghargaan dari Ratu Inggris kali ini merupakan para pahlawan yang berjuang memerangi pandemi virus corona Covid-19.

Selama pandemi Covid-19 ini, pemain binaan MU itu rutin mengkampanyekan agar makanan gratis selama musim panas tetap diberikan kepada anak-anak di Inggris meski sekolah-sekolah libur.

 

 

Aksi Nyata

Striker Manchester United, Marcus Rashford, tampak kecewa usai ditahan imbang Aston Villa pada laga Premier League di Stadion Old Trafford, Manchester, Minggu (1/12). Kedua klub bermain imbang 2-2. (AFP/Oli Scarff)
Striker Manchester United, Marcus Rashford, tampak kecewa usai ditahan imbang Aston Villa pada laga Premier League di Stadion Old Trafford, Manchester, Minggu (1/12). Kedua klub bermain imbang 2-2. (AFP/Oli Scarff)

Rashford sampai menulis surat terbuka kepada parlemen Inggris. Pasalnya skema pemerintah Inggris menyediakan voucher makanan gratis dihentikan selama sekolah diliburkan di musim panas.

Pemuda 22 tahun itu pernah memiliki pengalaman sangat bergantung pada makanan gratis dari sekolah saat masih kecil. Permintaan Rashford ini telah disetujui pemerintah Inggris.

Amal

Tak cuma itu, Rashford juga membuat satuan tugas kemiskinan makanan anak, yang melakukan kerjaysama dengan beberapa supermarket dan produsen makanan terbesar di Inggris.

"Saya dan tim di belakang saya hanya mencoba menemukan rencana tentang bagaimana kami dapat membantu anak-anak ini selama sisa masa kanak-kanak mereka; untuk menemukan jawaban jangka panjang atas masalah tersebut," kata Rashford

Saksikan Video Menarik Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Update 10 Oktober: 36,7 Juta Orang di Dunia Positif COVID-19, Prancis 20 Ribu Kasus Sehari

Posted: 09 Oct 2020 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pertama kalinya sejak pandemi muncul, jumlah infeksi Virus Corona COVID-19 di Prancis telah melonjak lebih dari 20.000 kasus dalam sehari. 

Mengutip Channel News Asia, Sabtu (10/10/2020), jumlah lonjakan itu diungkapkan oleh data Kementerian Kesehatan Prancis pada 9 Oktober 2020.

Kementerian tersebut melaporkan bahwa 20.330 kasus baru Virus Corona COVID-19 tercatat di Prancis, menjadikan total infeksi nasionalnya sebanyak 691.977 sejak awal tahun.

Selain itu, Kementerian Kesehatan Prancis dalam dua hari terakhir juga melaporkan adanya lebih dari 18.000 kasus baru COVID-19 setiap harinya.

Sementara jumlah warga yang meninggal karena COVID-19 di Prancis telah bertambah menjadi 109 orang menjadikan totalnya sebanyak 32.630 jiwa. 

Namun, jumlah pasien yang meninggal diketahui dapat berbeda karena Kementerian Kesehatan Prancis yang sering melaporkan dalam beberapa hari terkait data kependudukan warga lansia pada satu waktu.

Adapun jumlah pasien yang naik 240 orang, menjadikan total yang dirawat karena COVID-19 sebanyak 7.864 di seluruh Prancis, sementara mereka yang berada di unit perawatan intensif telah mencapai 1.448 orang.

Prancis, yang menghadapi puncak krisis COVID-19 pada awal April 2020, telah mencatat lebih dari 7.000 pasien yang dirawat intensif dengan COVID-19. 

Infeksi Virus Corona COVID-19 di seluruh dunia pada hari Sabtu per pukul 10.31 WIB telah mencapai 36.796.047 kasus. 25.577.703 di antaranya telah dinyatakan sembuh berdasarkan COVID-19 Dashboard by the Center for Systems Science and Engineering (CSSE) at Johns Hopkins University.

1.067.060 orang di dunia tercatat telah meninggal dunia akibat COVID-19, seperti dikutip dari gisanddata.maps.arcgis.com.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Pasien Sembuh COVID-19 di India Nyaris Tembus 6 Juta

Gambar menggunakan mikroskop elektron yang tak bertanggal pada Februari 2020 menunjukkan virus corona SARS-CoV-2 (oranye) muncul dari permukaan sel (hijau) yang dikultur di laboratorium.  Sampel virus dan sel diambil dari seorang pasien yang terinfeksi COVID-19. (NIAID-RML via AP)
Gambar menggunakan mikroskop elektron yang tak bertanggal pada Februari 2020 menunjukkan virus corona SARS-CoV-2 (oranye) muncul dari permukaan sel (hijau) yang dikultur di laboratorium. Sampel virus dan sel diambil dari seorang pasien yang terinfeksi COVID-19. (NIAID-RML via AP)

Data Johns Hopkins University juga menunjukkan bahwa India berada di posisi teratas untuk pasien pulih yakni 5.906.069 lalu Brasil sebanyak 4.502.854.

AS, negara dengan jumlah kasus COVID-19 terbesar di dunia, saat ini tercatat memiliki 7.662.798 infeksi dengan 3.039.089 pasien pulih.

Negara Bagian New York mencatat jumlah pasien sembuh COVID-19 terbanyak di AS, yaitu 77.432 orang pulih.

India, Brasil, Rusia, dan Kolombia saat ini tercatat sebagai negara dengan kasus infeksi terbesar setelah AS.

India berada di posisi kedua dengan jumlah infeksi Virus Corona COVID-19 terbesar di dunia, sebanyak 6.906.151 kasus. 

Selanjutnya, pasien COVID-19 terbesar ketiga tercatat di Brasil, sebanyak 5.055.888 kasus.

Sementara di Rusia, 1.262.572 orang dinyatakan positif terkena Virus Corona COVID-19, dan 1.005.199 pulih. 

Berada di posisi kelima untuk kasus terbanyak, infeksi COVID-19 di Kolombia telah mencapai 894.300 dan 780.547 orang pulih.

Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona

Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anggotanya Ditembak KKB, TGPF Evaluasi Kegiatan di Papua

Posted: 09 Oct 2020 09:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Anggota Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) Intan Jaya yang terluka akibat ditembak Kelompok Kriminal Bersenjata Papua telah dievakuasi ke Jakarta.

"Pagi ini anggota TGPF dan anggota TNI yang terluka dalam penyerangan kemarin sore telah kami evakuasi ke Jakarta untuk perawatan pengobatan lebih lanjut," ujar Wakil Ketua TGPF Sugeng Purnomo pada keterangannya, Sabtu (10/10/2020).

Sugeng menjelaskan bahwa korban yang terluka dievakusi dengan Helicopter Caracal TNI AU dari Sugapa, Intan Jaya pukul 07.00 WIT ke Timika, dilanjutkan dengan proses pemindahan ke pesawat Boeing TNI AU di bandara Timika. Kemudian pada pukul 08.22 WIT dengan pesawat TNI AU menuju Jakarta dengan rute Timika-Hasanuddin-Jakarta.

Korban yang dievakusi adalah anggota TGPF, Bambang Purwoko yang merupakan Dosen dan Peneliti dari Universitas Gadjah Mada, yang berpengalaman meneliti di Papua dan pernah menjadi ketua Pokja Papua UGM. Korban kedua yang dievakuasi adalah Sersan Satu TNI Faisal Akbar, Anggota Satgas Apter Hitadipa dari satuan asal Kodim 1304 Gorontalo.

Akibat aksi penembakan tersebut, Bambang mengalami luka tembak pada bagian kaki, sedangkan Sersan Satu Faisal tertembak dibagian pinggang.

Sugeng menekankan bahwa saat ini prioritas tim TGPF yang dibentuk oleh Menko Polhukam ini adalah evakuasi untuk keselamatan dan perawatan, yang telah berjalan aman dan lancar.

"Tim sedang mengevaluasi seluruh kegiatan yang berjalan, dan terutama mempertimbangkan faktor keamanan dan keselamatan. Tentunya tanpa mengurangi misi memperoleh informasi yang terang tentang kasus ini," lanjut Sugeng.

Sementara itu, tim investigasi yang berada di Jayapura pagi ini, yang antara lain beranggotakan Makarim Wibisono dan Constan Karma bertemu tokoh Masyarakat/Mantan Bupati Paniai, a.n. Naftali Yogim. Tokoh Papua ini yang membentuk Kabupaten Intan Jaya yang menjadi lokasi terjadinya penembakan terhadap pendeta Yeremias, warga sipil dan dua anggota TNI bulan September lalu.

 

Kronologo Kejadian Penembakan Tim TGPF

Sebelumnya, Kepala Penerangan (Kapen) Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III, Kolonel Czi IGN Suriastawa mengatakan serangan itu berawal saat rombongan TGPF melintas di Kampung Mamba, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Jumat (9/10). Usai melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di Hitadipa dan hendak kembali ke Sugapa.

Namun, Penembakan terjadi tepat saat rombongan dalam perjalanan pulang berada di tanjakan Wabogopone, sekitar pukul 15.30 WIT. Rombongan dipimpin Ketua TGPF Benny Mamoto diadang dan ditembaki KKB dari kanan dan kiri jalan di Kampung Mamba tersebut.

Suriastawa mengatakan, saat ini pihaknya memburu KKB tersebut. Pengejaran dilakukan hingga ke hutan diduga menjadi lokasi KKB melarikan diri.

"Saat ini, TNI sedang melakukan pengejaran terhadap gerombolan KKSB yang kabur kedalam hutan disekitar lokasi kejadian pasca penembakan terhadap rombongan TGPF," kata Suriastawa.

Menurutnya, insiden yang menimpa keduanya itu membuktikan kepada masyarakat jika KKB selalu bertindak secara brutal.

"Kejadian penembakan ini membuktikan kepada masyarakat bahwa selama ini KKSB selalu bertindak brutal dan dengan sengaja menghalangi kinerja TGPF yang dibentuk oleh pemerintah dengan melibatkan tokoh-tokoh kredibel untuk mengungkap kebenaran yang terjadi pasca kematian pendeta Yeremia beberapa waktu lalu," kata dia.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saat Lembaga Kebudayaan Betawi Mencari Jawara Baca Puisi

Posted: 09 Oct 2020 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Kebudayaan Betawi bekerja sama dengan Dinas Pendidikan DKI Jakarta dan Dinas Kebudayaan DKI Jakarta telah sukses menyelenggarakan lomba baca puisi virtual tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK/Universitas.

Lomba ini diikuti oleh sekitar 185 peserta usia SD/MI, 280 peserta usia tingkat SMP/MTs, dan 122 peserta usia SMA/MA/SMK/Universitas. Peserta merupakan siswa-siswi yang berdomisili di DKI Jakarta serta membacakan dua puisi dalam perlombaan, yakni puisi wajib dan puisi pilihan.

Sesuai tema, maka puisi dalam perlombaan ini menitikberatkan pada karya-karya yang bernafaskan perjuangan dari Chairil Anwar, WS Rendra, dan Taufik Ismail. Sementara untuk puisi pilihan, dimasukkan pula karya-karya penyair dari Betawi yang punya kiprah kepenulisan yang cukup mencorong, seperti Susy Aminah Aziz, Tuty Alawiyah AS, Zeffry Alkatiri, Yahya Andi Saputra, Rizal, Fadjriah Nurdiarsih, Rachmad Sadeli, Sam Mochtar Chaniago, dan lain-lain.

Lomba baca puisi yang disponsori Bank DKI dan PD Pasar Jaya ini diadakan pada periode September hingga Oktober 2020, serta mengambil tema "Nasionalisme dan Berbudaya Melalui Literasi". Acara pemberian hadiah dilaksanakan pada Jumat (9/10/2020) di Lobi Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

Ditemui di acara pemberian hadiah, Iwan Henry Wardhana, Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, mengatakan sangat berterima kasih kepada Lembaga Kebudayaan Betawi yang telah menginisiasi acara ini. "Meski di tengah pandemi, tapi ide-ide dan kreativitas ternyata memang tetap berjalan. Apalagi animo peserta terhadap acara ini juga sangat besar. Banyak di antara generasi muda, bibit anak-anak sekolah, yang punya jiwa dan bakat di bidang kesenian," ujarnya.

Iwan mengakui banyaknya peserta yang ikut merupakan pertanda positif buat bagi Dinas Pendidikan dan juga Dinas Kebudayaan. Namun, menurut Iwan, hal ini juga memunculkan tantangan sekaligus pekerjaan rumah untuk menjalankan tugas berikutnya, yaitu bagaimana memantapkan atau menambah keseriusan mereka, sehingga menjadi sebuah bakat yang bisa dieksplorasi berikutnya.

Apresiasi juga datang dari Nahdiana, Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, yang namanya juga menjadi trofi juara untuk kategori SMP. Menurut Nahdiana, kegiatan lomba baca puisi virtual ini menjadi sebuah kegiatan yang sangat bagus, terutama di tengah tantangan yang dihadapi di masa pandemi, terutama tantangan belajar di rumah.

"Dengan diadakan lomba puisi ini, anak-anak ini belajar mengapresiasi diri mereka. Anak-anak punya aktualisasi diri yang sangat baik, berani tampil di depan umum, dan menjadi juara. Hal ini sesuai dengan misi pendidikan yang tuntas berkualitas. Artinya, kita tidak ingin mengungkung anak-anak pada satu bakat atau talenta. Kita tidak ingin anak-anak belajar hanya pada apa yang diberikan oleh guru. Kita dorong anak-anak menemukan minat dan bakatnya," ujar Nahdiana serius.

Penghormatan untuk Bang Ipul

Lomba baca puisi virtual tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK/Universitas.
Lomba baca puisi virtual tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK/Universitas.

Beky Mardani, Ketua Lembaga Kebudyaan Betawi, mengatakan lomba ini merupakan inisiatif dari Saefullah, Sekda DKI Jakarta, kini almarhum akibat Covid-19. Sebagai tokoh Betawi yang juga berlatar belakang pendidikan, Bang Ipul—sapaan akrab Saefullah—memang sangat konsen terhadap upaya pengenalan dan pengembangan lebih jauh terhadap kebudayaan Betawi di kalangan generasi muda.

"Itulah sebabnya, sebagai penghormatan, piala untuk pemenang tingkat SMA/MA/SMK/Universitas, kita dedikasikan untuk Bang Ipul. LKB juga berharap acara lomba baca puisi virtual ini bisa diadakan setiap tahun," ucap Beky.

Pemberian hadiah sendiri dilakukan pada Jumat, 9 Oktober 2020 di Aula Dinas Pendidikan DKI Jakarta secara drive thru. Sebanyak 33 pemenang dari tiap kategori, yakni juara 1, 2, dan 3; juara harapan 1, harapan 2, dan harapan 3; 5 juara terpuji; serta juara favorit datang bersama orang tua maupun guru pendamping. Tampak wajah-wajah ceria dan bangga para peserta yang mendapatkan hadiah.

Sebagian peserta mengabadikan diri dengan latar tulisan Dinas Pendidikan DKI Jakarta. Ada juga yang tos ataupun dicium oleh orang tuanya. Namun, rona kesedihan terpancar dari muka Kayla Nayyara Larasari, juara 1 lomba baca puisi tingkat SD.

Kayla ternyata baru saja ditinggalkan oleh ayahanda tercinta tepat satu hari sebelum penutupan lomba puisi. "Tanggal 7 September ayahnya meninggal dan tanggal 8 Kayla mengirim puisi dengan dibantu kakaknya," ujar ibu Kayla.

Kayla yang merupakan siswa SDN Pisangan Timur 01 ini membawakan puisi Zeffry Alkatiri yang berjudul "Tuhan Belum Sempat Lagi Datang ke Sini". Penghayatan Kayla yang maksimal, terutama terpancar dari matanya, membuat para dewan juri terpukau.

"Kemenangan ini Kayla berikan untuk ayahnya," ujar Ibu Kayla, yang juga seorang guru, sambil tersenyum.

Di sisi lain, Dione Aletta Charis dari SMP 115 Jakarta, yang juga menyabet juara 1 lomba baca puisi virtual tingkat SMP, mengatakan informasi mengenai lomba diketahuinya dari gurunya. Meski demikian, karena kondisi pandemi yang membuat dia tak bisa ke sekolah, Dione hanya latihan dengan kakaknya. Berbekal latihan selama seminggu, Dione mampu menghadirkan penghayatan dalam puisi WS Rendra dan Tuty Alawiyah AS yang dibacakannya.

"Dione ini memang sejak SD sudah sering ikut lomba puisi. Malah juga pernah jadi juara story telling pakai bahasa Inggris," ujar ibunya bangga.

Para peserta dan Lembaga Kebudayaan Betawi berharap acara ini bisa diadakan setiap tahun. Namun, mengingat masih adanya tantangan dalam pembuatan video maupun teknis pembacaan puisi, salah seorang juri, Yahya Andi Saputra, meminta diadakan bengkel pelatihan membaca puisi secara berkala kepada siswa-siswa.

"Apalagi kayaknya selama 30 tahun model pembacaan puisi kita tidak berubah. Padahal, membaca puisi dan mendeklamasikan puisi sesungguhnya sangat berbeda," ujar Yahya menandaskan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Serikat Pekerja BUMN Sebut UU Cipta Kerja Tak Rugikan Buruh

Posted: 09 Oct 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Serikat Pekerja BUMN menilai tidak ada satupun pasal dalam Omnibus Law UU Cipta Kerja yang merugikan kaum pekerja atau buruh.

Hal tersebut dikatakan Tri Sasono selaku koordinator Federasi Serikat Pekerja BUMN Bersatu, Gabungan Serikat Pekerja Pelabuhan Indonesia, Federasi Serikat Pekerja Perkebunan Indonesia, Koalisi Nasional Serikat Pekerja Indonesia, Federasi Serikat Pekerja Mandiri.

"Kami telah membaca dan mempelajari pasal demi pasal UU Ciptaker untuk klaster ketenagakerjaaan yang terkait kesejahteraan kaum pekerja," ujar Tri Sasono dalam keterangannya, Sabtu (10/10/2020).

Salah satu yang menjadi sorotan adalah soal kabar upah minimum pekerja yang akan dihapuskan. Dikatakan Tri Sasono, hal tersebut tidak benar.

"Peraturan terkait upah minimum pekerja dalam UU Ciptaker tidak dihapuskan, tetapi perhitungan tetap mempertimbangkan pertumbuhan ekonomi dan inflasi. Pendapatan Pekerja yang diterima tidak akan turun sama sekali," katanya.

Kata dia, terkait hak-hak buruh yang di PHK untuk mendapatkan pesangon UU Ciptaker juga tetap mengatur terkait pesangon, yaitu adanya kepastian pembayaran pesangon dan korban PHK mendapat tambahan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP).

"Selain itu juga Buruh Korban PHK mendapatkan fasilitas peningkatan kompetensi atau up skilling serta diberikan akses ke pekerjaan baru dari pemerintah," imbuhnya.

Berikutnya, terkait jam kerja bagi buruh bahwa dalam UU Ciptaker pengaturan mengenai waktu kerja mulai dari hari aktif, hari libur, istirahat, hingga hari cuti dalam UU Ciptaker masih sama seperti UU 13/2003 tentang Ketenagakerjaan.

Begitu juga pemberi kerja dan pengusaha wajib memberikan waktu istirahat bagi pekerja termasuk untuk beribadah serta memberikan cuti baik untuk melahirkan, menyusui, dan haid tetap disesuaikan dengan UU 13/2003.

"Sementara yang sifatnya jenis pekerjaan tertentu dan membutuhkan fleksibilitas seperti pekerjaan director e-commerce dan digitalisasi itu diatur khusus dalam hal jam kerjanya," katanya.

 

PKWT

Massa buruh Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menyemut di depan Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (10/11). Puluhan ribu buruh berunjuk rasa menuntut agar UMP di Jakarta direvisi dari Rp3,6 juta menjadi Rp3,9 juta. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Massa buruh Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menyemut di depan Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (10/11). Puluhan ribu buruh berunjuk rasa menuntut agar UMP di Jakarta direvisi dari Rp3,6 juta menjadi Rp3,9 juta. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Masih kata Tri Sasono, terkait PKWT dalam UU Ciptaker justru menguntungkan Buruh. Yaitu pekerja waktu tertentu (pekerja kontrak) kini mendapatkan kompensasi saat perjanjian kerjanya berakhir dengan syarat merujuk UU 13/2003.

Selanjutnya, terkait sistim pekerjaan yang mengunakan tenaga outsourching dalam UU Ciptaker justru menjamin kepastian keberlanjutan pekerja outsourching.

"Di mana selama ini banyak perusahaan jasa outsourching dan pengunanya pada nakal mengakali para pekerja outsourching dalam hal kepastian pekerjaan dan masa kerjanya yang hanya tiga tahun saja," jelasnya.

Tri Sasono memastikan, syarat dan perlindungan hak bagi pekerja atau buruh dalam kegiatan outsourching masih tetap dipertahankan bahkan UU Cipta Kerja memasukkan prinsip pengalihan perlindungan hak bagi pekerja atau buruh apabila terjadi pergantian perusahaan alih daya sepanjang obyek pekerjaannya masih ada.

"Jika seperti ini maka setelah pekerja outsourching menjalankan masa kerja lebih dari tiga tahun dan melakukan perpanjangan kontraknya maka perusahaan penguna jasa pekerja outsourching wajib menjadikan mereka berstatus tenaga kerja tetap dan memiliki fasilitas gaji dan kesejahteraan sebagai pekerja tetap di perusahaan tersebut sesuai UU 13/2003," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Melahirkan Anak Ketiga, Ini 6 Potret Perjalanan Kehamilan Dahlia Poland

Posted: 09 Oct 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabar bahagia datang dari artis cantik, Dahlia Poland. Pemain sinetron Ganteng-ganteng Serigala ini baru saja melahirkan anak ketiga pada 9 Oktober 2020 kemarin. Istri Fandy Christian itu melahirkan bayi berjenis kelamin laki-laki yang diberi nama Callum Matthew Christian.

Buah hati ketiga pasangan yang menikah pada 2015 ini lahir secara sehat dengan berat 3,4 kg dan tinggi 54cm. Momen bahagia inipun tak lupa mereka bagikan di akun Instagram masing-masing dengan mengunggah foto bersama ketiga anaknya. Rasa bahagia juga turut dirasakan oleh penggemar dan para sahabatnya.

Tak sedikit orang memberikan ucapan selamat dan doa atas lahirnya Callum Matthew Christian. Kini, keluarga kecil Fandy Christian dan Dahlia Poland makin terasa hangat dengan kehadiran tiga buah hati. Tak hanya itu, sebelum melahirkan anak ketiganya wanita 23 tahun ini memang menjalani perjalanan kehamilan yang membahagiakan.

Dilansir Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut potret perjalanan kehamilan Dahlia Poland, Sabtu (10/9/2020).

1. Pasangan yang menikah pada 2015 ini mengumukan kehamilan anak ketiga dengan mengunggah sebuah foto USG pada April lalu.

Dahlia Poland (Sumber: Instagram/dahliachr)
Dahlia Poland (Sumber: Instagram/dahliachr)

2. Selama masa kehamilan, aktris sekaligus model ini masih menjalani aktivias seperti biasa.

Dahlia Poland (Sumber: Instagram/dahliachr)
Dahlia Poland (Sumber: Instagram/dahliachr)

3. Menikmati momen kehamilan, Dahlia Poland juga kerap memerkan baby bump.

Dahlia Poland (Sumber: Instagram/dahliachr)
Dahlia Poland (Sumber: Instagram/dahliachr)

4. Saat hamil buah hati ketiga, istri Fandy Christian ini berulang tahun yang ke 23.

Dahlia Poland (Sumber: Instagram/dahliachr)
Dahlia Poland (Sumber: Instagram/dahliachr)

5. Sama seperti selebriti lainnya, Dahlia Poland juga menjalai pemotretan maternity shoot. Ia terlihat anggun dengan balutan dress putih.

Dahlia Poland (Sumber: Instagram/dahliachr)
Dahlia Poland (Sumber: Instagram/dahliachr)

6. Tepat pada 9 Oktober 2020, anak ketiga Fandy Christian dan Dahlia Poland lahir ke dunia. Keluarga kecil ini tampak begitu bahagia.

Dahlia Poland (Sumber: Instagram/dahliachr)
Dahlia Poland (Sumber: Instagram/dahliachr)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

INFOGRAFIS: 3M Turunkan Risiko Covid-19, Berapa Persen?

Posted: 09 Oct 2020 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kunci utama memutus mata rantai penyebaran Covid-19 adalah menerapkan 3M. Masyarakat harus patuh dan disiplin menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebutkan beberapa jurnal internasional menyatakan 3M dapat menurunkan risiko penularan Covid-19.

Bila masyarakat konsisten melakukannya secara sungguh-sungguh, 3M lebih efektif mencegah penularan Covid-19. Apalagi jika dilakukan secara kolektif dan tidak hanya sendiri.

Apa saja perilaku dan protokol kesehatan 3M itu? Dan berapa persen menurunkan risiko penularan Covid-19? Simak Infografis berikut ini:

Infografis

Infografis 3M Turunkan Risiko Covid-19 Berapa Persen? (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 3M Turunkan Risiko Covid-19 Berapa Persen? (Liputan6.com/Abdillah)

Video Pilihan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Korban Penembakan TGPF oleh KKB Papua Dievakuasi ke Jakarta

Posted: 09 Oct 2020 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta TNI melakukan evakuasi terhadap dua korban insiden penembakan Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua hari ini. Petugas membawa keduanya langsung ke Jakarta.

Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III (Kapen Kogabwilhan III) Kolonel Czi IGN Suriastawa menyampaikan, evakuasi tersebut dilakukan dalam dua tahap. 

"Pertama menggunakan Heli TNI AU EC-725/HT-7206 dengan Pilot Mayor Pnb Adam Hardiman Ali, berangkat dari Sugapa, Kabupaten Intan Jaya menuju Timika. Selajutnya nantinya kedua korban akan diterbangkan menuju Jakarta via Makassar dengan menggunakan pesawat TNI AU Boeing 737/AI-7302, Pilot Mayor Pnb Handyka Prama.l," tutur Suriastawa dalam keterangannya, Sabtu (10/10/2020).

Menurut Suriastawa, kondisi keduanya semakin membaik pasca penanganan medis awal. Namun untuk korban atas nama Bambang Purwoko, peluru masih bersarang di pergelangan kaki kirinya lantaran peralatan medis yang kurang memadai.

"Sedangkan untuk Sertu Faisal Akbar yang mengalami luka tembak pada pinggang kiri depan tembus pinggang kiri belakang, kondisinya juga stabil dan sudah tidak terjadi pendarahan," jekas dia. 

Sementara itu, rombongan TGPF lainnya masih berada di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya. Rencana tim akan kembali dari Distrik Sugapa ke Timika pada Senin tanggal 12 Oktober 2020 dan dilanjutkan ke Jakarta.

 

Dihadang KKB

Sebelumnya, dua anggota Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) kasus penembakan pendeta di Kabupaten Intan Jaya mengalami penembakan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). 

Kepala Penerangan (Kapen) Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III, Kolonel Czi IGN Suriastawa menyampaikan, Tim TGPF dihadang KKB di Kampung Mamba Bawah, Distrik Hipadita saat bermaksud menuju ke Sugapa.

Korban adalah Satgas Apter Hitadipa, Sertu Faisal Akbar yang mengalami luka tembak di pinggang. Kemudian Dosen UGM, Bambang Purwoko dengan luka tembak di pergelangan kaki kiri dan pergelangan tangan kiri.

TGPF sedang berada di Papua, terus menggali informasi dari sejumlah pihak setempat, baik di Sugata, Intan Jaya, maupun di Jayapura pada Kamis (8/10/2020).

Tim di Sugata di bawah Benny Mamoto yang merupakan Ketua TGPF, bertemu dengan Bupati Intan Jaya, Natalis Tabuni beserta Forkopimda, Komandan Korem Papua dan Direktur Reserse Umum Polda Papua.

"Kami mendapat banyak masukan untuk menjadi bahan kami perdalam, kami elaborasi lagi dengan bertemu langsung dengan para saksi yang akan kami laksanakan berikutnya," ujar Benny.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Unik, 6 Potret Ukiran Kayu Ini Bak Makanan Sungguhan

Posted: 09 Oct 2020 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Karya seni memang kerap membuat seseorang kagum. Para seniman selalu mengeluarkan ide-ide terbaru yang unik dan berbeda. Tak sedikit para pecinta seni dan orang awam yang memuji kreativitas dan ide yang dicetuskan oleh para pekerja seni.

Ada banyak ragam jenis karya seni, salah satunya adalah seni patung. Bahan utama untuk membuat patung biasanya dengan menggunakan kayu. Tentunya dibutuhkan ketelitian dan kreatifitas yang tinggi untuk menciptakan sebuah karya dari bahan utama kayu. Pasalnya, diketahui kayu memiliki tekstur yang keras.

Patung merupakan salah satu karya seni yang bisa dijadikan ragam karya yang menakjubkan. Benda tiga dimensi ini juga biasanya dijadikan sebagai benda untuk mempercantik interior ataupun eksterior sebuah ruangan.

Terlihat seperti makanan sungguhan, berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang potret ukiran kayu yang detailnya terlihat sempurna, Sabtu (10/10/2020).

1. Jika tidak diperhatikan dengan saksama, seseorang tentunya akan terkecoh dengan ukiran kayu seperti ikan ini.

Potret Ukiran Kayu Ini Bak Makanan Sungguhan. (Sumber: Brainberries)
Potret Ukiran Kayu Ini Bak Makanan Sungguhan. (Sumber: Brainberries)

2. Tentunya dibutuhkan ketelitian dan kreatifitas yang tinggi untuk menciptakan ukiran udang dari kayu ini.

Potret Ukiran Kayu Ini Bak Makanan Sungguhan. (Sumber: Brainberries)
Potret Ukiran Kayu Ini Bak Makanan Sungguhan. (Sumber: Brainberries)

3. Ukiran kayu yang terlihat seperti makanan sungguhan ini biasanya digunakan untuk mempercantik interior sebuah ruangan.

Potret Ukiran Kayu Ini Bak Makanan Sungguhan. (Sumber: Brainberries)
Potret Ukiran Kayu Ini Bak Makanan Sungguhan. (Sumber: Brainberries)

4. Detail ukiran cokelat ini terlihat sempurna ya. Terlihat sangat unik bukan?

Potret Ukiran Kayu Ini Bak Makanan Sungguhan. (Sumber: Brainberries)
Potret Ukiran Kayu Ini Bak Makanan Sungguhan. (Sumber: Brainberries)

5. Hampir tidak ada celah untuk tidak mempercayai bahwa roti ini adalah sebuah ukiran. Sangat menakjubkan.

Potret Ukiran Kayu Ini Bak Makanan Sungguhan. (Sumber: Brainberries)
Potret Ukiran Kayu Ini Bak Makanan Sungguhan. (Sumber: Brainberries)

6. Karya yang diciptakan seorang seniman memang selalu terlihat totalitas, seperti paprika satu ini, selain bentuk, warnanya juga sangat mirip dengan paprika yang sering ditemui di pasaran.

Potret Ukiran Kayu Ini Bak Makanan Sungguhan. (Sumber: Brainberries)
Potret Ukiran Kayu Ini Bak Makanan Sungguhan. (Sumber: Brainberries)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Momen Kocak Saat Demo Omnibus Law yang Bikin Ngakak

Posted: 09 Oct 2020 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta ibuan mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia turun ke jalan untuk menyampaikan aspirasinya. Mereka menolak pengesahan omnibus law UU Cipta Kerja oleh DPR.

Meskipun sempat terjadi ricuh hingga terjadi pembakaran halte dan kejadian-kejadian demonstrasi lainnya, banyak pula kejadian aksi lucu dari mahasiswa yang mengundang tawa warganet. 

Artikel tentang momen lucu saat demo Omnibus Law Cipta Kerja menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan potret kucing usil yang suka ganggu pemiliknya.

Sementara itu artikel terpopuler ketiga adalah macam-macam pelukan dan maknanya.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 8 Momen Lucu Saat Demo Omnibus Law Ini Bikin Ngakak

(Twitter/ardywsptr)
(Twitter/ardywsptr)

Berikut 8 momen lucu yang viral dan menarik perhatian warganet saat demo tersebut.

Selengkapnya...

2. 8 Potret Kucing Usil yang Tak Berhenti Ganggu Pemiliknya

Doc: Reddit
Doc: Reddit

Meski dikenal sebagai hewan yang cuek, kucing bisa bertingkah amat usil dengan pemiliknya. Saat sifat usil mereka datang, mereka seolah tak ingin berhenti mengganggu pemiliknya.

Selengkapnya...

3. Tak Sekedar Nyaman, 6 Jenis Pelukan Ini Punya Makna Tersendiri

Ilustrasi pasangan, pelukan. (Photo by Tani Eisenstein on Unsplash)
Ilustrasi pasangan, pelukan. (Photo by Tani Eisenstein on Unsplash)

Pelukan bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh, mengurangi stres bahkan meningkatkan rasa percaya diri.

Selain manfaat tersebut, pelukan juga memiliki maksud dan makna tersendiri. Hal ini tentu saja tergantung dari kepekaan seseorang, bagaimana seseorang menilai pelukan itu. 

Selengkapnya...

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Coating Bisa Melapisi Wrapping Sticker, Ini Kisaran Harganya

Posted: 09 Oct 2020 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Agar menjaga mobil kesayangannya tetap kinclong, banyak pemilik kendaraan yang melakukan modifikasi wrapping sticker. Selain membuat tampilan bodi mobil lebih bergaya, pelapisan menggunakan stiker ini juga bisa membuat kuda besi tetap mulus, bebas baret, dan melindungi warna asli mobil.

Teknik melapisi seluruh bodi mobil menggunakan stiker ini terus berkembang, mulai dari pilihan warna glossy dan doff, hingga saat ini ada stiker berbahan satin dan lebih premium. Meskipun harganya lebih mahal dari versi standar, tapi mobil dijamin terlihat lebih elegan dan bergaya.

Selain penggunaan bahan stiker premium, ada juga satu cara yang bakal membuat bodi mobil terlihat lebih kinclong, yaitu melakukan coating.

"Coating memang tidak hanya untuk cat saja, karena jika diaplikasi di stiker juga bisa dan membuat efek hydrophobic atau efek daun talas, dan menjadikan bodi yang terkena air langsung turun ke bawah dan tidak meninggalkan sisa," jelas Galih Sugiyanto, Punggawa New Pacman Sticker, saat berbincang dengan Liputan6.com.

Lanjutnya, dengan melakukan coating untuk bodi mobil yang sudah dilapisi dengan stiker ini, perawatannya juga jadi lebih mudah. "Kalau mobil kotor, hanya tinggal disiram air saja, kemudian dilap dengan kain bersih atau microfiber, beres," tegasnya.

Sementara itu, obat untuk coating bodi yang sudah dilapisi stiker dengan cat bawaan pabrik memang berbeda. Untuk coating tingkat kekerasannya hanya 3 sampai 6 H. Sedangkan untuk cat, bisa 9 H.

"Jadi, kalau obat coating untuk cat biasa digunakan di sticker, akan merusak stikernya. Bisa menimbulkan gelembung atau bentol-bentol. Karena, kalau coating cat kan untuk melapisi pori-pori bodi," tegasnya.

Harga

coating stiker mobil (Ist)
coating stiker mobil (Ist)

Sebagai informasi, pemasangan wrapping sticker ini memang memiliki harga yang bervariasi, mulai dari Rp3,5 juta sampai Rp17 juta untuk yang menggunakan stiker premium atau satin.

"Harga juga tergantung mobilnya juga, apakah SUV, MPV, atau citycar. Tapi, dilihat juga dari tingkat kesulitannya karena pasti berbeda harganya. Untuk coatingnya sendiri, biayanya Rp1 juta," pungkas pemilik toko yang beralamat di Mall MGK, Lantai 5, Blok A21 No 2, Kemayoran, Jakarta Pusat ini.

Infografis DISIPLIN Protokol Kesehatan Harga Mati

Infografis DISIPLIN Protokol Kesehatan Harga Mati (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis DISIPLIN Protokol Kesehatan Harga Mati (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menko Luhut ke China, Bahas Vaksin COVID-19 dan Kerja Sama Belt and Road

Posted: 09 Oct 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Yunnan - China dan Indonesia telah berjanji untuk memperkuat kerja sama dalam vaksin COVID-19 serta mempercepat kerja sama Belt and Road Initiative.

Komitmen itu disampaikan saat pertemuan Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dengan Penasihat Negara dan Menteri Luar Negeri China Wang Yi pada Jumat 9 Oktober 2020 --menurut laporan media afiliasi pemerintah China.

Keduanya bertemu di Provinsi Yunnan, China barat daya.

"Koordinator Kerja Sama Negara dengan China, Luhut mengatakan bahwa Indonesia bersedia fokus memperkuat kerja sama vaksin dan kesehatan dengan China, menandatangani dokumen kerja sama Belt and Road Initiative dan Global Maritime Fulcrum sejak dini, serta bersama-sama menjunjung multilateralisme," tulis CGTN, dikutip pada Sabtu (10/10/2020).

"Wang mengatakan China bersedia bekerja dengan Indonesia untuk mempromosikan penelitian dan pengembangan, produksi dan penggunaan vaksin secara komprehensif, dan bersama-sama berkontribusi pada ketersediaan dan keterjangkauan vaksin di Indonesia. kawasan dan dunia, menambahkan bahwa kerja sama vaksin adalah fokus kerja sama anti-epidemi bilateral saat ini," lanjut media pemerintah China tersebut.

"Wang menunjukkan bahwa mempercepat pembangunan bersama Belt and Road adalah senjata ampuh untuk melawan dampak pandemi," lanjut media China CGTN.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Belt and Road Initiatives, Jangkar Stabilitas Kerja Sama Indonesia - China

Menteri Luar Negeri China, Wang Yi berjabat tangan dengan Menko Kemaritiman Indonesia, Luhut Pandjaitan sebelum melakukan pertemuan di Wisma Negara Diaoyutai, Beijing. Rabu (24/10). (Daisuke Suzuki/Pool via AP)
Menteri Luar Negeri China, Wang Yi berjabat tangan dengan Menko Kemaritiman Indonesia, Luhut Pandjaitan sebelum melakukan pertemuan di Wisma Negara Diaoyutai, Beijing. Rabu (24/10). (Daisuke Suzuki/Pool via AP)

Kerja sama Belt and Road antara China dan Indonesia telah bertahan dalam ujian pandemi dan telah menjadi "jangkar stabilitas" bagi kerja sama antara kedua negara, lanjut Wang.

Memperhatikan bahwa tahun ini menandai peringatan 70 tahun pembentukan hubungan diplomatik China-Indonesia, Wang berharap kedua negara dapat memperkuat kerja sama di bidang-bidang termasuk e-commerce, kecerdasan buatan, serta pertukaran orang-ke-orang dan budaya.

Ia mengatakan bahwa kedua negara harus memainkan peran utama dalam menegakkan keadilan, menjaga multilateralisme dan demokratisasi hubungan internasional, dan menjaga kepentingan bersama negara-negara berkembang.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Tangkap 429 Perusuh Selama 3 Hari Demonstrasi di Bandung, 13 Reaktif Rapid Test

Posted: 09 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Bandung menangkap sebanyak 429 orang dari yang diduga terlibat sebagai perusuh dalam total tiga hari aksi menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja di Gedung DPRD Provinsi Jawa Barat. Demo tersebut dimulai sejak Selasa hingga Kamis, 6-8 September 2020.

"Total tiga hari ini sebanyak 429 orang. Hari pertama, sembilan orang, hari kedua 213 orang dan hari ketiga 207 orang," kata Kapolrestabes Bandung Komisaris Besar Ulung Sampurna Jaya, Jumat (9/10/2020).

Dari 428 yang ditangkap, tujuh orang dilanjutkan ke proses penyelidikan. Ketujuh orang ini dianggap melakukan penyerangan anggota polisi via medsos, membawa barang terlarang hingga melakukan penyerangan terhadap petugas.

"Sementara ada tiga orang yang masuk proses penyidikan," ujar Ulung.

Menurut Ulung, dari seluruh orang yang ditangkap itu, 419 orang di antaranya dilakukan pembinaan. Kemudian, kata dia, sisanya masih dalam proses pemeriksaan terkait keterlibatan-nya dalam aksi kerusuhan.

"Semuanya sudah dilakukan pemeriksaan, kemudian kita lakukan pembinaan kepada mereka," tuturnya.

Ulung juga memastikan hasil rapid test yang dilakukan kepada 429 orang tersebut. Sebanyak 13 orang di antaranya reaktif.

Ulung mengatakan para pedemo ricuh ini berasal dari pelajar, mahasiswa hingga tunawisma. Para orangtua pelajar dipersilakan menjemput anak-anak mereka setelah dilakukan pemeriksaan.

"Kemudian nanti orangtuanya bisa mengambil anak-anak tersebut juga dari pihak sekolah baik itu dari kampus, SMA atau SMP bisa menjemput juga. Bahkan, ada salah satu SD jadi bisa menjemput anak-anak tersebut untuk kita lakukan pembinaan kepada mereka," ujarnya.

Di antara ratusan orang yang ditangkap ada sejumlah pelajar yang masih duduk di bangku SD hingga SMP. Ulung berujar, mereka hanya ikut-ikutan aksi demo usai melihat di media sosial (medsos).

"Ya, itu mengikuti dari medsos. Jadi dia melihat dari medsos kemudian mereka ikut-ikutan," katanya.

Diketahui, aksi unjuk rasa menolak Omnibus Law Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) di Gedung DPRD Jabar, berakhir ricuh. Pihak kepolisian akhirnya membubarkan massa dengan menembakkan gas air mata dan water canon.

Unjuk rasa dilakukan menyikapi keputusan DPR dan pemerintah yang mengesahkan Omnibus Law Cipta Kerja menjadi undang-undang. Massa aksi yakin peraturan tersebut cenderung menguntungkan pengusaha ketimbang hak-hak pekerja.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Depan Mahasiswa, Erick Thohir Ajak Milenial Berkarir di BUMN

Posted: 09 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan, seluruh perusahaan milik negara yang berada di bawahnya saat ini terus mengambil kesempatan untuk bertransformasi jadi penggerak perekonomian nasional. Perusahaan BUMN juga dikatakannya tetap menjadi fundamental pelayanan publik dalam situasi pandemi Covid-19.

Ungkapan itu disampaikannya saat memberikan video sambutan dalam webinar series yang diselenggarakan Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (UII), Sabtu (10/10/2020).

Erick Thohir mengatakan, BUMN berkomitmen untuk melakukan segala pembenahan dan transformasi. Oleh karenanya, ia berkomitmen untuk terus menanamkan semangat kerja kepada kaum muda atau golongan milenials, terutama mereka yang saat ini masih duduk di bangku kuliah.

"Saya berpesan ke Anda semua, manfaatkan privillege dengan mengembangkan dan menempa diri di kampus . Anda semua perlu bekali diri dengan baik sebelum akhirnya terjun di dunia kerja," imbuh Erick.

Kementerian BUMN ke depan disebutnya bakal terus terbuka bagi para milenials potensial untuk berkarir. Sebagai contoh, instansi saat ini telah menempatkan sejumlah anak muda untuk mengisi posisi strategis di berbagai perusahaan BUMN. Seperti Fajrin Rasyid, pria berusia 34 tahun yang ditarik dari Bukalapak untuk menempati posisi Direktur Digital Business PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom).

Kemudian Antonius Reiner Haryanto (42 tahun) sebagai direksi di Pertamedika, lalu Soleh Ayubi (37 tahun) sebagai Direktur Digital Healthcare Bio Farma.

"Saat ini kami di BUMN sangat terbuka dan mempercayakan kepada excecutive muda. Banyak kaum muda telah menempati posisi strategis sebagai direksi BUMN," ujar Erick Thohir.

 

Restui Milenial Jadi Direksi, Erick Thohir Tak Mau Indonesia Bernasib Seperti Nokia dan Kodak

Ketua Pelaksana Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir saat rapat kerja dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (27/8/2020). Raker tersebut di antaranya membahas perkembangan tentang uji vaksin untuk COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Ketua Pelaksana Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir saat rapat kerja dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (27/8/2020). Raker tersebut di antaranya membahas perkembangan tentang uji vaksin untuk COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Menteri BUMN Erick Thohir meminta warga Indonesia untuk terus berinovasi selama masa pandemi Covid-19 ini. Sebab menurutnya, dunia saat ini telah dengan cepat berubah berkat kemajuan teknologi.

Dia tidak mau Indonesia bernasib sama seperti Nokia dan Kodak, perusahaan-perusahaan besar yang kini tenggelam lantaran tidak bisa berinovasi.

"Kalau kita melihat banyak sekali perusahaan yang dulu terkenal sekarang sudah enggak ada, atau masih ada tapi bisnisnya berubah. Ada Nokia, Kodak, dan lain-lain," kata Erick saat membuka Millenial Inovation Summit 2020, Kamis (30/7/2020).

"Karena itu, kita sangat berharap dengan adanya Covid-19 kita harus jadi negara produktif dan inovatif, karena persaingan sebuah negara tak lagi dilihat dari besar dan kecilnya, selain harus ada action yang tepat harus ada juga inovasinya," imbuhnya.

Untuk menciptakan inovasi tersebut, Erick Thohir berjanji memberikan tempat kepada generasi milenial untuk menjadi komisaris hingga direksi di perusahaan BUMN. Dia menyediakan 5 persen kursi tersebut untuk diisi para kelompok muda.

Erick pun berikrar agar hal tersebut bisa menjadi komitmen bersama, bukan hanya sekedar bualan belaka saja.

"Ini kita harapkan bukan lip service, tapi komitmen. Karena kalau kita bandingkan perusahaan lain secata bechmarking, kita masih ketinggalan. Karena itu saya berharap apa yang kita lakukan hari ini dan seterusnya, milenial BUMN harus jadi bagian terpenting untuk BUMN kita untuk bersaing dan memenangkan pasar secara sehat, sambil membangun ekosistem yang baik dan menjadi win-win untuk swasta desa dan yang lainnya," tuturnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: