Selasa, 06 Oktober 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Survei Jobstreet: 35 Persen Pekerja RI Kena PHK, Paling Banyak di Sektor Hospitality

Posted: 06 Oct 2020 10:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Country Manager Jobstreet Indonesia, Faridah Lim mencatat sebanyak 54 persen pekerja di Indonesia mengalami dampak signifikan akibat pandemi Covid-19. Dari jumlah itu, sebanyak 35 persen diberhentikan secara permanen, dan 19 persen sisanya dirumahkan sementara.

"Itu adalah data yang kita dapatkan bahwa valid terjadinya pemutusan hubungan kerja dari dunia usaha pada dunia kerja," kata dia dalam video conference di Jakarta, Rabu (6/10).

Adapun pekerja yang paling terkena dampaknya dalam hal pemberhentian kerja permanen atau sementara yakni di sektor hospitality atau catering yang mencapai 85 persen. Kemudian diikuti oleh pariwisata dan travel yakni 82 persen.

Selanjutnya, industri pakaian, garmen, textile juga mengalami dampak besar terhadap pemberhentian pekerja atau sementara yakni hampir sebesar 71 persen. Juga industri makanan dan minuman ini juga terdampak cukup signifikan mencapai 69 persen, kemudian arsitektur bangunan 64 persen.

"Mungkin sedikit data di bawah profile siapa sih pekerja yang paling dominan terdampak adalah yang mereka sedang tidak bekerja full time itu mencapai 67 persen. dan sisi penghasilan juga kita bisa lihat bahwa yang paling tinggi terdampak adalah yang penghasilan dibawah Rp2,5 juta itu mencapai 74 persen," sambung dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

UU Cipta Kerja Dinilai Bikin Buruh Rentan Terkena PHK, Ini Jawaban Menaker

Pemerintah memberi kelonggaran bergerak bagi warga berusia di bawah 45 tahun untuk mengurangi angka pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat pandemi virus corona COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Pemerintah memberi kelonggaran bergerak bagi warga berusia di bawah 45 tahun untuk mengurangi angka pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat pandemi virus corona COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyebut, terlalu dini untuk menilai jika UU Cipta Kerja akan membuat buruh rentan terkena PHK. Sebab, dia menilai semangat undang-undang anyar ini justru telah banyak mengakomodir kepentingan buruh.

"Sangat prematur apabila secara tergesa-gesa kita menyimpulkan bahwa UU Cipta Kerja akan rentan terhadap PHK pekerja/buruh. Padahal semangat yang dibangun dalam RUU Cipta Kerja ini justru untuk memperluas penyediaan lapangan kerja dan meningkatkan kualitas perlindungan bagi pekerja/buruh, utamanya perlindungan bagi pekerja/buruh yang mengalami PHK melalui program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP)," tegas Ida di Jakarta, Selasa (6/10).

Lebih jauh, Ida juga menanggapi polemik yang terjadi pada tataran masyarakat atas penolakan pengesahan Undang-Undang (UU) Cipta Kerja. Menurutnya, ada dua cara yang akan di maksimalkan pemerintah untuk meyakinkan masyarakat agar legowo menerima kehadiran UU kontroversial itu.

"Bagaimana meyakinkan para buruh untuk menerima RUU Cipta Kerja agar tujuan utama RUU memulihkan ekonomi tercapai?. Terdapat 2 (dua) hal penting yang dilakukan oleh Pemerintah," jelasnya.

Petama, mengintensifkan dialog dengan pemangku berbagai pemangku kepentingan. "Utamanya unsur pekerja/buruh dan pengusaha dengan dibantu jejaring kementerian/lembaga terkait serta pemerintah daerah, khususnya dinas-dinas yang membidangi urusan ketenagakerjaan di daerah," jelasnya.

Terakhir, Pemerintah segera menyusun peraturan pelaksanaan UU Cipta Kerja dalam bentuk Peraturan Pemerintah dan peraturan lain dibawahnya.

"Hal ini untuk meyakinkan kepada pekerja/buruh bahwa amanat perlindungan terhadap hak-hak pekerja/buruh sebagaimana diatur dalam UU Cipta Kerja dapat segera dijalankan," terangnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Kerumunan, Magnet Solusi Integra Tawarkan Psikotes Online

Posted: 06 Oct 2020 10:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi COVID-19 yang sudah berjalan tujuh bulan dan belum jelas kapan akan berakhir mengharuskan dunia usaha beradaptasi, termasuk dalam pengelolaan SDM.

Melihat kebutuhan itu, Magnet Solusi Integra sebagai konsultan SDM dan bisnis melakukan inovasi, salah satunya menawarkan paket psikotes online.

Psikotes online  adalah inovasi dari pelaksanaan tes psikologi  klasik yang biasanya menggunakan lembar jawaban dan tumpukan kertas soal dan menghabiskan banyak biaya. Psikotes klasik yang menghadirkan  pesertai lokasi pelaksaan tes juga berpotensi menciptakan kerumunan.

"Setelah 7 bulan lebih, dunia usaha sudah harus mengambil sikap. Salah satunya, melakukan adaptasi agar bisa mengubah tantangan menjadi peluang. Karena itu penataan SDM yang tepat tidak bisa ditunda," kata Direktur Utama PT Magnet Solusi Integra I Novianingtyastuti, Rabu (7/10/2020).

Menurut Novi, penataan SDM yang tepat dan sesuai kebutuhan hanya bisa dilakukan jika  punya alat ukur yang tepat. Karena dalam situasi pandemi wajib menghindari tatap muka atau kerumunan,  psikotes online menjadi solusi.

"Ini sekaligus menjadi bagian dari kontribusi Magnet Solusi Integra dalam ikut membantu pencegahan penyebaran COVID-19," tambah Novi.

Dalam psikotes online ini  ada beberapa fungsi yang diukur, antara lain,  kemampuan intelektual berupaya  Learning Agility Index serta Tes Intelegensi Kolektif Indonesia (TIKI).

Selain itu juga mengukur sikap dan cara kerja lewat Work Behavioural Assesment. "Tes ini juga mengukur fungsi  kepemimpinan dan kepribadian lewat Work Personality Assesment," ujar dia.

Psikotes Online Ungkap 13 Aspek

Ilustrasi komputer (pixabay.com)
Ilustrasi komputer (pixabay.com)

Secara keseluruhan, Novi menambahkan, psikotes online ini akan mengungkap 13 aspek yaitu: Logika berpikir; Daya analisis; Kemampuan numerik; Kemampuan verbal; Orientasi hasil; Fleksibilitas; Sistematika kerja; Motivasi berprestasi; Kerja sama; Keterampilan interpersonal; Kemampuan memimpin; Kemampuan perencanaan; Penyelesaian masalah.

"Karena berbasis teknologi, hasil yang diperoleh peserta ujian dapat diketahui secara langsung setelah selesai mengikuti tes. Keunggulan lainnya, hasil dengan tes online dapat dipertanggungjawabkan serta proses pengerjaan hingga penilaian tes online dapat dipantau oleh semua pihak," papar Ibu dua anak ini.

Tentang masa promosi, alumnus program Magister Management Universitas Binus Jakarta ini mengatakan, selama Oktober-Desember MSI akan memberikan "special price"  untuk level staff Rp 765.000, level supervisor Rp. 900.000  dan level manager Rp. 1.125.000.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gedung DPRD Kota Jambi Dilempari Batu Massa Bersepeda Motor

Posted: 06 Oct 2020 10:48 PM PDT

Liputan6.com, Jambi - Massa bersepeda motor melempari Gedung DPRD Kota Jambi menggunakan batu, Rabu (7/10/2020). Akibatnya kaca pintu dan jendela gedung tersebut pecah berantakan.  

Kejadian tersebut berlangsung sekitar pukul 11.00 WIB, dan mengagetkan warga dan para pegawai kantor di Jalan Zainir Havis Kota Jambi itu, yang biasanya sepi.

Menurut keterangan warga dan pedagang yang berjualan di depan Kantor DPRD Kota Jambi dan Gedung BPJS Kesehatan Jambi tersebut, ratusan orang bersepeda motor datang sekitar pukul 10.55 WIB dengan berpakaian sipil, dan beberapa di antaranya ada yang menggunakan celana biru sekolahan.

Mereka datang konvoi berboncengan dengan sepeda motor ke depan Gedung DPRD Kota Jambi, mereka bergerombol. Namun beberapa saat kemudian, beberapa di antara mereka terjadi keributan sehingga suasana menjadi memanas.

Beberapa orang sudah mulai berjalan untuk pulang, namun ketika hendak meninggalkan lokasi itu, suasana kembali memanas.

Sebagian dari mereka berhenti dan turun dari motor, kemudian menjebol pintu gerbang bagian kiri gedung DPRD Kota Jambi itu.

Mereka langsung melakukan pelemparan dengan batu-batu dan benda yang ada di depan kantor dewan tersebut.

"Saya takut sekali, saya kira mereka mau langsung pulang, namun ternyata kembali masuk dan melempari kaca-kaca," kata salah seorang pedagang makanan di lokasi kejadian.

Akibat pelemparan itu, kaca utama di pintu masuk Gedung DPRD Kota Jambi hancur, dan beberapa jendela juga pecah. Beberapa mobil yang parkir di depan kantor DPRD Jambi juga dilempari.

Beberapa saat kemudian, aparat kepolisian dari Polsek Jelutung tiba di lokasi kejadian dan menghalau massa yang kemudian mereka meninggalkan lokasi kejadian. Beberapa saat massa sempat berkumpul di sekitar Tugu Keris dan selanjutnya meninggalkan lokasi itu.

Aparat kepolisian langsung melakukan pengamanan di sekitar lokasi kejadian, dan menanyai sejumlah pegawai dan skuriti di Kantor DPRD Provinsi Jambi itu.

"Saya kurang tahu masalahnya, tiba-tiba terjadi pelemparan saja," kata salah seorang petugas keamanan di DPRD Kota Jambi itu.

Ia menyebutkan suasana tidak bisa dikendalikan karena jumlahnya tidak sedikit. Hingga pukul 11.30 WIB lokasi depan Gedung DPRD Kota Jambi masih dijaga aparat kepolisian.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Unsur Buku Non Fiksi, Ketahui Contoh dan Cara Meresensinya

Posted: 06 Oct 2020 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Unsur buku non fiksi penting untuk diketahui. Hal tersebut tentunya memberikan kemudahan untuk kamu ketika akan merensi buku non fiksi. Meresensi buku non fiksi dan buku fiksi tentunya berbeda. Perbedaan keduanya tidak berbeda cukup jauh. Perbedaan cara meresensi buku nonfiksi dengan buku fiksi karena jenisnya yang berbeda.

Buku non fiksi adalah buku yang dibuat berdasarkan fakta dan kenyataan. Walaupun berdasarkan fakta dan kenyataan, bukan berarti buku non fiksi tidak bisa diresensi. Oleh sebab itu, hal utama yang harus diperhatikan adalah memahami unsur buku non fiksi.

Tentu saja kita sudah mengetahui buku apa saja yang termasuk fiksi dan non fiksi. Salah satu contoh buku fiksi adalah novel, sementara buku non fiksi adalah biografi. Biografi merupakan kisah atau keterangan tentang kehidupan seseorang.

Unsur buku non fiksi membantu kamu agar lebih mudah meresensi buku non fiksi seperti biografi. Tujuan dari resensi tentunya memberikan kemudahan untuk membaca memahami isi dari suatu buku ataupun biografi seseorang.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang unsur buku non fiksi, Rabu (7/10/2020).

Unsur Buku Non Fiksi

Ilustrasi Membaca Buku Credit: freepik.com
Ilustrasi Membaca Buku Credit: freepik.com

Membaca buku tidak hanya sekedar menambah wawasan dan informasi, namun juga suatu hal yang menarik jika mengetahui dan mengkaji unsur-unsur di dalamnya. Unsur buku non fiksi memberikan kemudahan untuk memahami isi buku yang dibaca. Seluruh unsur buku non fiksi yang terhubung satu sama lainnya akan saling terhubung dan membentuk satu karya yang utuh. Berikut ini unsur buku non fiksi yang perlu kamu ketahui.

1. Sampul Buku

Sampul buku merupakan unsur buku non fiksi pertama yang perlu kamu ketahui sebelum menelaah sebuah buku non fiksi. Pada bagian sampul ini biasanya memuat judul buku, penulis, dan nama penerbit. Selain itu sering juga disertai tahun terbit dan edisinya.

2. Pokok Bab Buku

Pada pokok bab buku biasanya memuat kata pengantar. Dalam kata pengantar biasanya berisi penjelasan tentang isi buku secara keseluruhan, latar belakang dan tujuan penulisan, serta manfaat isi buku. Kata pengantar sering disertai dengan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak berjasa yang sudah membantu penulis dalam menyusun buku tersebut.

3. Judul Bab dan Sub Bab

Unsur buku non fiksi selanjutnya adalah judul bab dan sub bab. Judul bab dan sub bab ini biasanya dimuat pada bagian daftar isi. Daftar ini menjelaskan judul-judul bab dan sub babnya yang disusun secara berurutan disertai juga dengan halamannya agar memberikan kemudahan untuk pembaca.

4. Isi Buku

Isi buku merupakan unsur buku non fiksi selanjutnya yang harus dipahami. Isi buku terdiri atas beberapa bab yang di dalamnya memuat pendahuluan, paparan utama, dan penutup. Bagi kamu yang sering membaca buku non fiksi tentunya sudah mengetahui bagaimana isi buku non fiksi yang terperinci yakni dimulai dari pendahuluan hingga penutup.

5. Cara Menyajikan Isi Buku

Unsur buku non fiksi selanjutnya adalah cara menyajikan isi buku. Cara menyajikan isi buku ini biasanya dimuat pada daftar pustaka. Pada daftar pustaka berisi daftar buku dan sumnber-sumber yang digunakan untuk menulis buku tersebut.

6. Bahasa yang Digunakan

Untuk mengetahui bahasa yang digunakan pada buku non fiksi, biasanya dimuat pda halaman glosarium. Glosarium sendiri merupakan daftar istilah penting yang digunakan sebagai sumber penulisan buku tersebut atau bahasa-bahasa yang digunakan oleh penulis dalam buku tersebut.

7. Sistematika Penulisan

Unsur buku non fiksi selanjutnya adalah sistematika penulisan. Sistematika penulisan ini sangat penting agar tulisan yang dibuat runtut dan tidak asa-asalan.

Contoh Buku Non Fiksi

Ilustrasi penulis buku (trivia)
Ilustrasi penulis buku (trivia)

Setelah mengetahui unsur buku non fiksi, yang selanjutnya penting untuk kamu ketahui dan kamu kenali adalah contoh dari buku non fiksi. Beberapa contoh dari buku non fiksi yakni :

1. Buku Pelajaran

Buku pelajaran merupakan contoh pertama dari buku non fiksi. Buku pelajaran adalah buku acuan wajib yang dipakai di sekolah yang memuat materi pembelajaran dalam peningkatan keimanan dan ketakwaan, budi pekerti dan kepribadian, kemampuan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, kepekaan dan kemampuan estetis, potensi fisik dan kesehatan yang disusun berdasarkan standar nasional pendidikan.

2. Buku Ensiklopedia

Makna dari ensiklopedia sendiri adalah karya referensi atau ringkasan yang menyediakan rangkuman informasi dari semua cabang pengetahuan atau dari bidang tertentu. Buku ensiklopedia merupakan salah satu contoh buku non fiksi yang memuat informasi dari banyak cabang pengetahuan.

3. Esai

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), esai adalah sebuah karangan atau tulisan yang membahas masalah sepintas dari sudut pandang pribadi penulis.

4. Jurnal

Bagi mahasiswa, jurnal tentunya sudah tak asing dan kerap ditemui selama perkuliahan. Jurnal merupakan tulisan khusus yang memuat artikel suatu bidang ilmu tertentu.

5. Biografi

Contoh buku non fiksi selanjutnya adalah biografi. Biografi merupakan kisah atau keterangan tentang hidup seseorang. Sebuah biografi memberikan keterangan yang lebih kompleks dan lengkap.

6. Laporan Ilmiah (Makalah, Skripsi, Tesis, Disertasi)

Laporan ilmiah merupakan contoh buku non fiksi selanjutnya. Laporan ilmiah ini biasanya terdiri dari makalah, skripsi, tesis ataupun disertasi. Laporan ilmiah ini tak jauh dari kehidupan para mahasiswa yang kerap bergelut dengan laporan ilmiah.

Cara Meresensi Buku Non Fiksi

Ilustrasi buku | Wallace Chuck dari Pexels
Ilustrasi buku | Wallace Chuck dari Pexels

Selain mengetahui tentang unsur buku non fiksi, berikut ini tentang bagaimana cara meresensi buku non fiksi. Pasalnya, cara merensi buku non fiksi dan fiksi berbeda, walaupun perbedaan tidak terlalu jauh dan signifikan.

Buku non fiksi merupakan jenis buku yang ditulis secara objektif, berdasarkan data, penelitian, atau dari kajian literature. Isi pesan dari buku non fiksi selain objektif juga bersifat informatif.

Informatif yang dimaksud dalam buku non fiksi adalah memberikan informasi dan data terbaru. Berkebalikan dengan buku fiksi, buku non fiksi dari segi teknis penulisannya terpaku pada aturan dan standar aturan.

Walaupun buku nonfiksi, bukan berarti buku jenis ini tidak bisa diresensi. Buku nonfiksi masih tetap bisa diresensi. Terkait dari teknis, memang sama persis dengan buku fiksi.

Hanya ada sedikit perbedaan saja, seperti dalam penulisan resensi fiksi kerap mencantumkan unsur intrinsik, sedangkan pada resensi buku nonfiksi tidak perlu memasukkannya. Sisanya, terkait pencantuman unsur dan langkah penulis resensi sama persis. Berikut cara meresensi buku nonfiksi secara runtut:

Mengenal Prinsip Penulisan Resensi

Ada beberapa prinsip resensi buku nonfiksi. Pertama, peresensi harus memilih objek resensi bukunya apa. Apakah buku pendidikan atau buku motivasi. Kenali juga media mana yang ingin kamu kirimkan hasil resensi buku nonfiksimu. Karena setiap media memiliki karakteristik jenis buku yang diresensi.

Kedua, mengenal dan menguasai objek resensi menjadi hal penting yang harus dikuasai oleh penulis. Peresensi yang tidak menguasai objek resensi, tentu saja akan terkendala dalam melakukan review buku. Ketiga, barulah kamu mengulas dan menimbang objek resensi, termasuk menulis hasil resensi itu sendiri.

Struktur Resensi

Cara meresensi buku nonfiksi juga perlu memperhatikan strukturnya. Ada beberapa poin struktur yang perlu diperhatikan.

Poin pertama judul resensi, yang ditentukan dan dibuat oleh peresensi. Kedua, pendahuluan, yaitu prolog yang kamu paparkan di bagian awal memulai menulis resensi. Pastikan pendahuluan tetap ditulis tetap menarik. Ketiga, barulah masuk ke inti resensi yang kamu buat. Di bagian terakhir, adalah penutup atau kesimpulan.

Ada beberapa unsur yang perlu diperhatikan dalam tata cara meresensi buku nonfiksi seperti:

- Apa tujuan kamu menulis resensi buku nonfiksi tersebut.

- Seberapa besar keberhasilan penulis dalam menyampaikan informasi terhadap pembaca lewat buku tersebut.

- Cantumkan kelebihan dan kekurangannya.

- Jelaskan inti pembahasannya dan apa manfaat yang didapatkan.

- Cantumkan harga buku.

 

  

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

UU Cipta Kerja Beri Kepastian Hukum Rekrutmen Tenaga Kerja

Posted: 06 Oct 2020 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ekonom Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Muhammad Handry Imansyah menilai pengesahan UU Cipta Kerja mempunyai sejumlah sisi positif.

Salah satunya kepastian hukum dalam rekrutmen tenaga kerja dan memberikan pengembangan produktivitas para tenaga kerja melalui berbagai pelatihan.

"Terdapat pasal mengenai jaminan pelatihan kerja bagi tenaga kerja yang kehilangan pekerjaan untuk pekerja yang ikut BPJS tenaga kerja yang membayar iuran," kata Handry, Rabu (7/10/2020).

Handry juga menyorot terkait informasi dalam UU Cipta Kerja yaitu menghapus ketentuan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) dan Upah Minimum Sektoral Kabupaten/Kota (UMSK). Ketentuan UMK dan UMSK diatur di Pasal 89 UU Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Menurut Handry, upah minimum berdasarkan wilayah provinsi atau kabupaten/kota masih tetap ada. Regulasinya ditetapkan oleh gubernur dengan memperhatikan rekomendasi dari dewan pengupahan provinsi/bupati/wali kota.

"Kenaikan upah tiap tahun juga berdasarkan pertumbuhan ekonomi dan inflasi, dan jika memang ada perbedaan angka dapat diselesaikan dengan negosiasi seperti yang sudah berlaku," ujar Handry.

Dalam UU Cipta Kerja yang disahkan pada Senin 5 Oktober kemarin, ketentuan soal pesangon juga diatur lebih rinci. Malah kata dia, kerja kurang dari satu tahun dapat satu bulan dan lebih dari satu tahun dapat dua bulan gaji.

"Pesangon juga masih ada kok," kata Handry.

Untuk itu Handry meminta DPR dan pemerintah agar lebih rinci dalam membuat aturan terkait tenaga kerja sehingga tidak mutitafsir. Apalagi hingga akan diatur dengan peraturan pemerintah.

"Ini akan lama bisa diimplementasikan dan membuat peluang akan adanya permainan yang bisa merugikan tenaga kerja," ujar Handry

DPR Akui Pesangon di UU Cipta Kerja Turun untuk Tarik Investor

Sejumlah buruh melakukan aksi mogok kerja di kawasan MM 2100, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (6/10/2020). Aksi mogok kerja dari tanggal 6-8 Oktober tersebut akibat pengesahan RUU Cipta Kerja oleh DPR dan Pemerintah RI. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Sejumlah buruh melakukan aksi mogok kerja di kawasan MM 2100, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (6/10/2020). Aksi mogok kerja dari tanggal 6-8 Oktober tersebut akibat pengesahan RUU Cipta Kerja oleh DPR dan Pemerintah RI. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

DPR RI telah meresmikan Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law Cipta Kerja menjadi Undang-Undang (UU). Salah satu poin yang banyak disoroti yakni terkait pengurangan nilai pesangon dari 32 kali menjadi 25 kali.

Wakil Ketua DPR RI Aziz Syamsuddin mengatakan, UU Ketenagakerjaan telah mengatur besaran pesangon sebanyak 32 kali gaji. Namun pada pelaksanaannya, ia menambahkan, hanya 7 persen perusahaan yang patuh memberikan pesangon sesuai ketentuan tersebut.

Oleh karenanya, ia menilai, pekerja selama ini nyatanya tidak diberi kepastian mengenai besaran pesangon yang diterima. Selain itu, ia menyatakan, angka pesangon yang tinggi tersebut turut berdampak pada lemahnya minat investasi ke Indonesia.

"Jumlah besaran pesangon yang sangat tinggi dibandingkan dengan negara-negara lain menimbulkan keengganan investor untuk berinvestasi di Indonesia karena tingginya beban biaya perusahaan," jelasnya kepada Liputan6.com, Rabu (7/10/2020).

Aziz memaparkan, dalam RUU Cipta Kerja, jumlah maksimal pesangon menjadi 25 kali, dengan pembagian 19 kali ditanggung oleh pemberi kerja/pelaku usaha. Sementara 6 kalinya (cash benefit) diberikan melalui program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) yang dikelola pemerintah melalui BPJS Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek.

Menurut dia, JKP merupakan skema baru terkait dengan jaminan ketenagakerjaan yang tidak mengurangi manfaat dari berbagai jaminan sosial lainnya. Seperti Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), dan Jaminan Pensiun.

"JKP tidak menambah beban bagi pekerja/butuh. Program JKP selain memberikan manfaat cash benefit juga memberikan manfaat lainnya yaitu peningkatan skill dan keahlian melalui pelatihan serta akses informasi ketenagakerjaan," ujar dia. 

Pemerintah Pastikan UU Cipta Kerja Lindungi 2 Sisi, Pekerja dan Pengusaha

Massa dari berbagai serikat buruh menggelar aksi menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja di kawasan JIEP, Jakarta, Selasa (6/10/2020). Ratusan buruh berpawai sambil berorasi mengajak pekerja turun ke jalan menolak UU Omnibus Lawa Cipta Kerja yang dinilai merugikan buruh. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Massa dari berbagai serikat buruh menggelar aksi menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja di kawasan JIEP, Jakarta, Selasa (6/10/2020). Ratusan buruh berpawai sambil berorasi mengajak pekerja turun ke jalan menolak UU Omnibus Lawa Cipta Kerja yang dinilai merugikan buruh. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Rancangan Undang-Undang (RUU) Cipta Kerja telah dinyatakan sah sebagai Undang-Undang (UU). Meski menuai banyak polemik, Pemerintah bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menyatakan RUU tersebut telah menjadi UU pada 5 Oktober 2020 melalui rapat paripurna di DPR.

Pemerintah menilai, dengan diterbitkannya UU ini, akan dapat membantu pemulihan ekonomi dalam negeri. Utamanya pemilihan ekonomi nasional pasca covid-19. Dimana sasaran utamanya adalah untuk menarik investasi sebanyak-banyaknya.

Bukan hanya dari sisi usaha atau investor, Staf Khusus Menkeu Bidang Perumusan Kebijakan Fiskal Regional, Candra Fajri Ananda menjelaskan, UU ini mencoba melindungi keduanya, baik pengusaha maupun pekerja.

"Bisa dilihat dari berbagai aspek secara umum, UU Cipta Kerja berusaha melindungi dua sisi, pekerja dan pengusaha," kata Staf Khusus Menkeu Bidang Perumusan Kebijakan Fiskal Regional, Candra Fajri Ananda kepada Liputan6.com, seperti ditulis Rabu (7/10/2020).

Untuk pengusaha atau investor, melalui UU ini dilakukan pemangkasan birokrasi. Sehingga perizinan pendirian usaha menjadi lebih efisien. Sementara untuk pekerja, Candra menyebutkan sejumlah manfaat yang dimuat dalam UU ini.

Diantaranya, pertama, Kepastian perlindungan bagi pekerja Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) melalui pemberian jaminan kompensasi.

Kedua, kepastian pemberian pesangon, dimana pemerintah menerapkan program JKP dengan tidak mengurangi manfaat JKK, JKm, JHT, dan JP, serta tidak menambah beban iuran dari pekerja atau pengusaha. Ketiga, pekerjaan alih daya (outsourcing) tetap diatur UU dengan tetap memperhatikan putusan MK.

Lalu program JKP dilaksanakan pemerintah melalui BPJS Ketenagakerjaan dengan tidak mengurangi manfaat JKK, JKM, JHT, dan JP, serta tidak menambah beban iuran dari pekerja atau pengusaha.

"Pengaturan jam kerja khusus untuk pekerjaan tertentu, yang sifatnya tidak dapat dilakukan pada jam kerja umum, yang telah diatur UU Ketenagakerjaan, dilaksanakan dengan memperhatikan tren pekerjaan yang mengarah kepada pemanfaatan digital. Termasuk industri 4.0 dan ekonomi digital," kata Candra.

Enam, Candra juga menerangkan bahwa PHK tetap mengikuti persyaratan yang diatur UU Ketenagakerjaan. Kemudian, UU Cipta Kerja tidak menghilangkan hak cuti haid dan cuti hamil yang telah diatur UU Ketenagakerjaan. "Ini yang sudah dirumuskan dan perlu aturan operasionalnya," kata Candra.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: MU Boyong Winger Uruguay Facundo Pellistri

Posted: 06 Oct 2020 10:45 PM PDT

Gelandang Penarol, Facundo Pellistri mengontrol bola dari kawalan pemain Nacional, Rafael Garcia pada pertandingan final turnamen Uruguay Clausura di stadion Centenario di Montevideo, pada 11 Desember 2019. Facundo Pellistri didatangkan the Red Devils dari klub Uruguay Penarol. (AFP/Eitan Abramov
Gelandang Penarol, Facundo Pellistri mengontrol bola dari kawalan pemain Nacional, Rafael Garcia pada pertandingan final turnamen Uruguay Clausura di stadion Centenario di Montevideo, pada 11 Desember 2019. Facundo Pellistri didatangkan the Red Devils dari klub Uruguay Penarol. (AFP/Eitan Abramov

Gelandang Penarol, Facundo Pellistri mengontrol bola dari kawalan pemain Nacional, Rafael Garcia pada pertandingan final turnamen Uruguay Clausura di stadion Centenario di Montevideo, pada 11 Desember 2019. Facundo Pellistri didatangkan the Red Devils dari klub Uruguay Penarol. (AFP/Eitan Abramov

Gelandang Penarol, Facundo Pellistri (kiri) berusaha merebut bola gelandang Colo Colo Chili Gabriel Suazo (tengah) pada pertandingan fase grup Copa Libertadores di Stadion Campeon del Siglo di Banados de Carrasco, Departemen Montevideo, Uruguay, pada 29 September 2020. (AFP/Matilde Campodonico)
Gelandang Penarol, Facundo Pellistri (kiri) berusaha merebut bola gelandang Colo Colo Chili Gabriel Suazo (tengah) pada pertandingan fase grup Copa Libertadores di Stadion Campeon del Siglo di Banados de Carrasco, Departemen Montevideo, Uruguay, pada 29 September 2020. (AFP/Matilde Campodonico)

Gelandang Penarol, Facundo Pellistri (kiri) berusaha merebut bola gelandang Colo Colo Chili Gabriel Suazo (tengah) pada pertandingan fase grup Copa Libertadores di Stadion Campeon del Siglo di Banados de Carrasco, Departemen Montevideo, Uruguay, pada 29 September 2020. (AFP/Matilde Campodonico)

Gelandang Penarol Uruguay, Facundo Pellistri (kiri) berebut bola dengan gelandang Jorge Wilstermann Cristian Chavez pada pertandingan Copa Libertadores di stadion Campeon del Siglo, pada 11 Maret 2020. MU dikabarkan merogoh kocek sekitar 10 juta euro demi Facundo Pellistri. (Dante Fernandez / AFP)
Gelandang Penarol Uruguay, Facundo Pellistri (kiri) berebut bola dengan gelandang Jorge Wilstermann Cristian Chavez pada pertandingan Copa Libertadores di stadion Campeon del Siglo, pada 11 Maret 2020. MU dikabarkan merogoh kocek sekitar 10 juta euro demi Facundo Pellistri. (Dante Fernandez / AFP)

Gelandang Penarol Uruguay, Facundo Pellistri (kiri) berebut bola dengan gelandang Jorge Wilstermann Cristian Chavez pada pertandingan Copa Libertadores di stadion Campeon del Siglo, pada 11 Maret 2020. MU dikabarkan merogoh kocek sekitar 10 juta euro demi Facundo Pellistri. (Dante Fernandez / AFP)

Gelandang Penarol Uruguay, Facundo Pellistri (kiri) berebut bola dengan bek Colo Colo dari Chile Ronald De La Fuente pada pertandingan fase grup Copa Libertadores di Stadion Campeon del Siglo di Banados de Carrasco, Departemen Montevideo, Uruguay, pada 29 September 2020. (AFP/Sandro Pereyra)
Gelandang Penarol Uruguay, Facundo Pellistri (kiri) berebut bola dengan bek Colo Colo dari Chile Ronald De La Fuente pada pertandingan fase grup Copa Libertadores di Stadion Campeon del Siglo di Banados de Carrasco, Departemen Montevideo, Uruguay, pada 29 September 2020. (AFP/Sandro Pereyra)

Gelandang Penarol Uruguay, Facundo Pellistri (kiri) berebut bola dengan bek Colo Colo dari Chile Ronald De La Fuente pada pertandingan fase grup Copa Libertadores di Stadion Campeon del Siglo di Banados de Carrasco, Departemen Montevideo, Uruguay, pada 29 September 2020. (AFP/Sandro Pereyra)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Positif Covid-19 Turun, Tangerang Raya Jadi Zona Oranye

Posted: 06 Oct 2020 10:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dinas Kesehatan Provinsi Banten menyebut, berdasarkan data tiga hari terakhir, angka positif Covid-19 di Tangerang Raya (Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan) mengalami penurunan.

Hal ini membuat awalnya Tangerang Raya berstatus zona merah Covid-19, kini menjadi oranye.

Terkait hal ini, Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, tak membuat pihaknya bersantai. Menurutnya, masih ada penambahan positif Covid-19.

"Misalnya saja seperti hari ini, ada penambahan 22 kasus baru, sementara 29 lainnya sembuh. Jadi begitu, yang terpapar masih ada perharinya, tapi angka sembuhnya jauh lebih besar," ungkap Arief, Rabu (7/10/2020).

Sehingga, fasilitas kesehatan penunjang pasien Covid-19, seperti ruang isolasi ataupun fasilitas hotel untuk para pasien tanpa gejala atau OTG, bisa memadai kembali.

Meski begitu, Arief optimis, dengan bertambahnya angka kesembuhan pasien, ditambah fasilitas penyembuhan semakin membaik di wilayahnya, zona hijau penyebaran Covid-19 bisa segera di depan mata.

"Per hari ini saya dapat kabar sudah kuning, mudah-mudahan saja angkanya bisa terus bergeser turun, jadi kita bisa kembali ke zona hijau," jelas dia.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Penurunan Signifikan

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Liza Puspadewi menambahkan angka penularan atau positivity rate di Kota Tangerang saat ini mulai mengalami penurunan yang signifikan dibanding dengan beberapa minggu yang lalu.

"Kita lakukan evaluasi mingguan, sekarang sudah di angka 7,2 dan akan terus ditekan," tutur Liza.

Selain itu, lanjut Liza, angka kesembuhan di Kota Tangerang juga mengalami peningkatan, yang turut berperan dalam penurunan status Kota Tangerang yang semula zona merah menjadi zona oranye penyebaran Covid-19.

"Untuk angka kesembuhan Kota Tangerang saat ini mencapai 85 persen," pungkas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada UU Cipta Kerja, Hasil Tambang Batu Bara Kini Kena Pajak

Posted: 06 Oct 2020 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah bersama dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) baru saja mengesahkan RUU Cipta Kerja menjadi Undang-Undang (UU) pada Senin (5/10) lalu.

Salah satu yang dimuat dalam UU tersebut. yakni mengenai kluster Perpajakan. Dimana ada sejumlah perubahan atas UU Pajak Pertambahan Nilai (PPN).

Merujuk pada pasal 112 UU Cipta Kerja, menghapus dan mengubah sejumlah ketentuan dari UU PPN, salah satunya mengenai pengertian penyerahan barang kena pajak (BKP) yang diatur dalam Pasal 1A UU PPN. Pada ayat (1) huruf g UU PPN semula berbunyi 'Penyerahan barang kena pajak secara konsinyasi' kini dihapus.

"Beberapa ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1983 tentang Pajak Pertambahan Nilai Barang dan Jasa dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah sebagaimana telah beberapa kali diubah, terakhir dengan Undang-Undang Nomor 42 Tahun 2009 tentang Perubahan Ketiga atas Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1983 tentang Pajak Pertambahan Nilai Barang dan Jasa dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah diubah," bunyi Pasal 112 UU Cipta Kerja, dikutip pada Rabu (7/10/2020).

Perubahan lainnya ditemukan pada Pasal 4A ayat (2) mengenai pengelompokan jenis barang yang tidak dikenai PPN. Dimana pada UU ini, jenis barang berupa Batu Bara kini dikenai PPN.

mengutip dari pasal 4A ayat (2), jenis barang yang tidak dikenai pajak pertambahan nilai adalah barang tertentu dalam kelompok barang sebagai berikut:

a. barang hasil pertambangan atau hasil pengeboran yang diambil langsung dari sumbernya, tidak termasuk hasil pertambangan batu bara;

b. barang kebutuhan pokok yang sangat dibutuhkan oleh rakyat banyak;

c. makanan dan minuman yang disajikan di hotel, restoran, rumah makan, warung, dan sejenisnya, meliputi makanan dan minuman baik yang dikonsumsi di tempat maupun tidak, termasuk makanan dan minuman yang diserahkan oleh usaha jasa boga atau katering; dan

d. uang, emas batangan, dan surat berharga.

Sementara, jasa kena pajak (JKP) yang tidak dikenai PPN, masih tetap 17 kelompok yang tertuang dalam Pasal 4A ayat (3). Jasa tersebut meliputi:

a. jasa pelayanan kesehatan medis;

b. jasa pelayanan sosial;

c. jasa pengiriman surat dengan perangko;

d. jasa keuangan;

e. jasa asuransi;

f. jasa keagamaan;

g. jasa pendidikan;

h. jasa kesenian dan hiburan;

i. jasa penyiaran yang tidak bersifat iklan;

j. jasa angkutan umum di darat dan di air serta jasaangkutan udara dalam negeri yang menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari jasa angkutan udara luar negeri;

k. jasa tenaga kerja;

l. jasa perhotelan;

m.jasa yang disediakan oleh pemerintah dalam rangkamenjalankan pemerintahan secara umum;

n. jasa penyediaan tempat parkir;

o. jasa telepon umum dengan menggunakan uang logam;

p. jasa pengiriman uang dengan wesel pos; dan

q. jasa boga atau katering.

Ada UU Cipta Kerja, Indonesia Kini Bersaing dengan Vietnam Gaet Investor

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kanan) memberikan pandangan akhir pemerintah mengenai UU Omnibus Law Cipta Kerja kepada Ketua DPR Puan Maharani saat Rapat Paripurna di Kompleks Parlemen, Jakarta (5/10/2020). (Liputan6.com/Johan Tallo)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kanan) memberikan pandangan akhir pemerintah mengenai UU Omnibus Law Cipta Kerja kepada Ketua DPR Puan Maharani saat Rapat Paripurna di Kompleks Parlemen, Jakarta (5/10/2020). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Undang Undang (UU) Omnibus Law atau Cipta Kerja diperlukan salah satunya sebagai pendorong membangkitkan perekonomian Indonesia akibat dampak penyebaran virus Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Mengingat, aturan ini akan menarik para investor menanamkan modal di dalam negeri.

Hal ini ditegaskan Wakil Ketua KADIN Bidang Perdagangan Benny Soetrisno dalam diskusi bertajuk "Bertahan dan Bangkit di Masa Pandemi" yang diselenggarakan secara daring dari Media Center Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Selasa (6/10/2020)

"Terobosan Omnibus Law sangat diperlukan sekali, agar Indonesia bisa bersaing dengan negera lain," katanya.

Menurut dia, UU Cipta Kerja yang disahkan pada Senin (5/10/2020) bisa menarik para pengusaha dalam maupun luar negeri berinvestasi di Indonesia. Karena, aturan ini memangkas banyak birokrasi yang berkaitan dengan perijinan usaha di Indonesia.

Disahkannya aturan tersebut, proses perijinan yang dilakukan oleh para investor ke instansi yang terkait dapat dilakukan lebih mudah. Diprediksi banyak pengusaha dalam maupun luar negeri yang akan menanamkan modal, meskipun masih mewabahnya Covid-19 di berbagai wilayah.

"Banyak peraturan yang membikin sulit para pengusaha, khususnya soal dengan perijinan," katanya.

Pemerintah Indonesia mampu melakukan perbaikan dalam berbagai indikator menjalankan bisnis, berurusan dengan izin konstruksi, pendaftaran properti, pembayaran pajak, perdagangan antar pesanan, dan menyelesaikan kebangkrutan yang terjadi.

Dengan melakukan perbaikan secara masif dalam indokator di atas, maka Indonesia dapat mengalahkan negara lain seperti Malaysia, Thailand, dan Vietnam dalam narik perhatian investor.

Hasilnya, dapat mendongkrak peringkatan kemudahan berusaha di Indonesia di mata dunia menjadi lebih baik dari tiga negara tetangga.

"Indonesia memerlukan perbaikan secara radikal dalam berbagai indikator tersebut," tuturnya.

Ia berharap, UU Cipta Kerja ini dapat menolong perekonomian Indonesia dari keterperukan akibat Covid-19. Sehingga, dalam waktu beberapa waktu kedepan perekonomian dalam negeri dapat segera kembali pulih menjadi seperti sedia kala sebelum terjadinya wabah global.

"Saya optimis dengan kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah saat ini," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gedung DPR Dijual di E-commerce, Sekjen Minta Polisi Menindak Tegas

Posted: 06 Oct 2020 10:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI Indra Iskandar menanggapi satire menjual gedung DPR RI di beberapa markerplace online.

Menurut dia, sindiran itu merupakan hal yang wajar dan merupakan bagian dari proses pendewasaan dalam demokrasi.

"Ya enggak apa apalah itu hak, hal-hal semacam itu bagian dari proses pendewasaan kita lah," kata Iskandar dalam konferensi pers yang disiarkan secara langsung melalui akun Instagram DPR RI, Rabu (7/10/2020).

Kendati begitu, Iskandar meminta agar polisi menindak tegas para pelaku satire penjualan gedung DPR tersebut. "Itu urusan Kementerian Keuangan sama yang bersangkutan urusan kepolisian, menurut saya polisi juga harus menindak tegas. Jadi joke-joke semacam itu saya kira tidak perlu dipakai," ucap dia.

Menurut dia, jika ada satire seperti itu, maka yang berwenang menindaklanjuti ialah Kementerian Keuangan serta pihak kepolisian. Mengingat Gedung DPR RI merupakan milik Kementerian Keuangan RI.

"Joke DPR dijual kan nggak tahu maksudnya apa, jadi kawan-kawan tanya saja sama yang jual maksudnya apa," katanya.

Sebelumnya diberitakan, sejumlah layanan e-commerce terpantau beberapa seller secara gamblang menjual gedung DPR beserta isinya. Pantauan Tekno Liputan6.com, Rabu (7/10/2020), unggahan produk jualan satire ini ada di Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak.

Di Shopee misalnya, penjual dengan nama akun azizwr_02 menjual gedung DPR seharga Rp 10.000 dengan keterangan "Jual Murah Gedung DPR dan Isinya".

Selanjutnya di Tokopedia, penjual dengan nama Warteg Pisau menawarkan gedung DPR seharga Rp 100.000 dengan keterangan "Dijual Gedung DPR Beserta Anggotanya".

Lalu di Bukalapak, Excelency Store menawarkan "Big Sale Gedung DPR" seharga Rp 123 juta. Ia pun mencantumkan deskripsi bahwa produk ini ready stock.

 

Komentar Bukalapak dan Tokopedia

Gedung DPR Beserta Isinya Dijual di E-commerce. Dok: tangkapan layar dari laman Tokopedia
Gedung DPR Beserta Isinya Dijual di E-commerce. Dok: tangkapan layar dari laman Tokopedia

Senior Corporate Communications Manager Bukalapak, Gicha Graciella, mengatakan pihaknya sudah menurunkan penjualan gedung DPR tersebut.

"Pelapak yang terbukti menjual produk yang tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan akan segera di take-down oleh tim yang terkait," ungkap Gicha kepada tim Tekno Liputan6.com pada Rabu (7/10/2020).

Gichaa mengatakan, Bukalapak mempersilakan pelapak untuk menentukan harga produk dan strategi penjualan masing-masing. Namun, Bukalapak akan menindak tegas pelapak yang menjual produk yang menyalahi aturan, serta tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan. Hal ini juga mengacu pada peraturan pemerintah dan hukum yang berlaku.

"Kami juga sangat terbuka untuk para pengguna memberikan laporan terkait dengan hal ini dengan cara menggunakan fitur lapor, dan menghubungi akun BukaBantuan di Bukalapak untuk dapat ditindaklanjuti oleh tim terkait," jelasnya.

Senada dengan Gicha, External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, mengatakan pihaknya akan menindak tegas segala bentuk penyalahgunaan di dalam platform.

"Walau Tokopedia bersifat UGC - di mana setiap penjual bisa mengunggah produk secara mandiri - aksi proaktif pun terus kami lakukan untuk menjaga aktivitas dalam platform Tokopedia tetap sesuai dengan hukum yang berlaku," tuturnya.

Tokopedia, katanya, memiliki fitur Perlaporan Penyalahgunaan agar masyarakat dapat melaporkan produk yang melanggar. Dalam hal ini baik aturan penggunaan di Tokopedia maupun hukum yang berlaku di Indonesia.

Adapun sampai artikel ini ditulis, pihak Shopee belum memberikan tanggapan.

Buntut dari Disahkannya RUU Cipta Kerja?

Sejumlah menteri kabinet Indonesia Maju foto bersama Pimpinan DPR usai pengesahan UU Cipta Kerja pada Rapat Paripurna di Kompleks Parlemen, Jakarta (5/10/2020). Rapat tersebut membahas berbagai agenda, salah satunya mengesahkan RUU Omnibus Law Cipta Kerja menjadi UU. (Liputan6.com/JohanTallo)
Sejumlah menteri kabinet Indonesia Maju foto bersama Pimpinan DPR usai pengesahan UU Cipta Kerja pada Rapat Paripurna di Kompleks Parlemen, Jakarta (5/10/2020). Rapat tersebut membahas berbagai agenda, salah satunya mengesahkan RUU Omnibus Law Cipta Kerja menjadi UU. (Liputan6.com/JohanTallo)

Sebelumnya DPR RI mengesahkan Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja menjadi Undang-Undang (UU). Kesepakatan tersebut dicapai dalam sidang paripurna pembicaraan tingkat II atas pengambilan keputusan terhadap RUU tentang Cipta Kerja.

Wakil Ketua DPR, Aziz Syamsuddin mengatakan, dari sembilan fraksi, enam di antaranya menerima RUU Cipta Kerja untuk disahkan menjadi UU. Kemudian 1 fraksi menerima dengan catatan, dan dua diantarang menolak.

Ribuan buruh di berbagai daerah pun melakukan aksi mogok kerja dan turun ke jalan sebagai protes disahkannya Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja. Mereka turun ke jalan untuk meluapkan kekecewaannya kepada DPR dan pemerintah yang menggesahkan RUU Cipta Kerja tanpa berunding dengan buruh.

Seperti yang terpantau di kawasan industri Cikupa Mas, Kabupaten Tangerang. Buruh wanita maupun laki-laki, turun ke jalan kawasan industri tersebut. Meski berdesakan, para buruh tetap mengenakan masker.

"Janjinya pemerintah, anggota dewan dan perwakilan buruh, akan membahas pasal satu per satu. Tapi di tengah perjalanan, malah seperti kejar tayang lalu disahkan," protes Budiono, Wakil Ketua DPC KSPSI Tangerang.

Menurut dia, pada hari ini sebanyak 14 ribu buruh yang mogok kerja dan turun ke jalan.

"Hampir semua para pekerja perusahaan melakukan aksi mogok kerja ini. Di Cikupa ada 14 ribu karyawan keluar semua," ungkapnya.

Aksi protes ini akan dilakukan berhari-hari, yakni kemarin tanggal 5 hingga 8 Oktober mendatang.

"Harapan kami selaku pekerja Indonesia, mengharap pemerintah segera mencabut atau membatalkan UU Omnibus Law ini," tegasnya.

Aksi protes ini juga dilakukan oleh buruh di Jawa Timur. Ratusan elemen buruh dari berbagai organisasi mendesak pemerintah mencabut UU Cipta Kerja.

Aksi buruh ini juga terjadi di Bekasi. Sekitar 800 buruh melakukan long march bermula dari Jalan RE Martadinata, SGC, Jalan Raya Industri Jababeka hingga ke Kantor Pemkab Bekasi.

Sementara puluhan ribu buruh wanita dari PT Nikomas Gemilang, memblokade akses Jalan Raya Serang, yang merupakan jalur arteri dari Kota Serang dan Kabupaten Serang menuju Tangerang Raya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penjualan Mobil di ASEAN Turun 38 Persen, Indonesia Peringkat Kedua

Posted: 06 Oct 2020 10:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penjualan mobil di Asia Tenggara mengalami penurunan karena pandemi virus Corona Covid-19. Berdasarkan data ASEAN Automotive Federation, selama Januari hingga Agustus, penjualan seluruh negara ASEAN ini turun 38,4 persen atau hanya sekitar 1.396.972 unit dibanding periode yang sama tahun lalu sebanyak 2.268.608 unit.

Masih berdasarkan data tersebut, Thailand masih menjadi pemuncak klasemen penjualan mobil sepanjang delapan bulan tahun ini, dengan penjualan sebanyak 456.858 unit atau turun 33,4 persen dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar 685.652 unit.

Indonesia berada di posisi kedua, dengan penjualan sebesar 323.507 unit atau turun sebanyak 51,1 persen dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar 661.919 unit.

Sedangkan Malaysia ada di posisi ketiga, dengan penjualan sebanyak 285.045 unit atau turun 28,4 persen dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar 398.319 unit.

Posisi selanjutnya, Vietnam dengan penjualan sebesar 151.903 unit, kemudian Filipina 123.489 unit, dan Singapura 33.467 unit.

Peningkatan Penjualan

Menariknya, dibanding negara lain yang mengalami penurunan penjualan, Myanmar ternyata mampu mendongkrak penjualan roda empatnya di tengah pandemi dengan penjualan sebanyak 14.033 unit dan naik 12,5 persen dibanding periode yang sama tahun lalu yang hanya sebanyak 12.475 unit.

Sedangkan di posisi terbawah, ada Brunei yang juga mampu meningkatkan penjualan sebesar 9,3 persen, yaitu 8.670 unit tahun ini dibanding periode yang sama tahun lalu hanya 7.931 unit.

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Tiket KA Jarak Jauh Dibanderol Mulai Rp 49.000, Cek Jadwal dan Rutenya

Posted: 06 Oct 2020 10:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT KAI Daop 1 Jakarta kembali menjalankan beberapa kereta api (KA) dengan tarif KA yang dioperasikan kali ini sangat terjangkau, seperti KA yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dengan tarif mulai dari Rp 49.000 dan KA dari Stasiun Gambir tarif mulai dari Rp85.000.

Humas PT KAI Daop I Jakarta Eva Chaerunnisa mengatakan secara total terdapat 19 KA jarak jauh yang diberangkatkan dari area Daop 1 Jakarta dengan rincian 9 KA keberangkatan dari Stasiun Gambir, 9 KA dari Stasiun Pasar Senen dan 1 KA dari Stasiun Jakarta Kota.

Tujuan KA tersebut diantaranya tujuan Bandung, Cirebon, Semarang, Purwokerto, Tegal, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Blitar dan Malang. 19 KA yang dioperasikan saat ini merupakan penyesuaian perjalanan KA dimasa Covid-19.

"Dimana pada saat normal terdapat  71 perjalanan KA per hari, 37 dari Stasiun Gambir, 27 dari Stasiun Pasar Senen, 3 dari Stasiun Jakarta Kota dan 4 KA tambahan yang dijalankan pada weekend," kata Eva dalam keterangannya, di Jakarta, Rabu (7/10/2020).

Terkait pemesanan tiket, masyarakat dapat melakukan transaksi melalui sistem On Line yakni Aplikasi KAI Access atau agen penjualan tiket resmi lain yg telah bekerjasama dengan PT KAI. Pemesanan tiket paling cepat baru dapat dilakukan 7  hari sebelum tanggal keberangkatan atau H-7.

Sementara pembelian tiket di loket hanya dilayani untuk sistem Go Show yang dibuka 3 Jam sebelum keberangkatan KA di Stasiun terkait.

Selain itu, calon penumpang juga harus memenuhi persyaratan lainnya sebelum melakukan perjalanan KA, diantaranya, menunjukkan Surat Bebas Covid-19 (Tes PCR/Rapid Test) yang masih berlaku (14 hari sejak diterbitkan).

"PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta tetap konsisten menjalankan prosedur pencegahan Covid-19 dalam setiap operasional KA, salah satunya pembatasan okupansi penumpang sebanyak 70 persen dari kondisi normal," pungkasnya.

Berikut jadwal keberangkatan KA dari area Daop 1 Jakarta bulan Oktober 2020:

Stasiun Gambir:

- KA 7030A Argo Parahyangan (Gambir-Bandung), keberangkatan 1 - 31 Oktober 2020 pukul 07.50 WIB

- KA 10 Argo Dwipangga (Gambir-Solo Balapan), keberangkatan 1 - 31 Oktober 2020 pukul 08.00 WIB

- KA 4 Argo Bromo Anggrek (Gambir-Surabaya Turi), keberangkatan 1 - 31 Oktober 2020 pukul 08.15 WIB

- KA 44 Argo Parahyangan Excellent (Gambir-Bandung), keberangkatan 1 - 31 Oktober 2020 pukul 15.40 WIB

- KA 72D Bima (Gambir-Surabaya Gubeng), keberangkatan 1 - 31 Oktober 2020 pukul 16.40 WIB

- KA 6A Argo Bromo Anggrek (Gambir-Surabaya Turi), keberangkatan 1 - 31 Oktober 2020 pukul 20.30 WIB

- KA 76C Gajayana (Gambir-Malang), keberangkatan 2, 9, 16, 23, 30 Oktober 2020 pukul 18.00 WIB

- KA 8B Argo Lawu (Gambir-Solo Balapan), keberangkatan 1, 2, 3, 5, 9, 10, 11, 12, 16, 23, 30 Oktober 2020 pukul 21.00 WIB

- KA 86B Taksaka (Gambir-Yogyakarta), keberangkatan 4, 8, 15, 22, 29 Oktober 2020 pukul 21.30 WIB

 

 

    

Stasiun Pasar Senen

Logo baru PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI (dok: KAI)
Logo baru PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI (dok: KAI)

Stasiun Pasar Senen:

- KA 306B Bengawan (Pasar Senen-Purwosari), keberangkatan 1 - 31 Oktober 2020 pukul 06.30 WIB

- KA 340 Tegal Expres (Pasar Senen-Tegal), keberangkatan 1 - 31 Oktober 2020 pukul 07.40 WIB

- KA 136 Dharmawangsa (Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi), keberangkatan 3, 4, 10, 11, 17, 18, 24, 25, 31 Oktober 2020 pukul 08.25 WIB

- KA 322 Serayu Pagi (Pasar Senen-Purwokerto), keberangkatan 1 - 31 Oktober 2020 pukul 09.15 WIB

- KA 292 Matarmaja (Pasar Senen-Malang), keberangkatan 1 - 31 Oktober 2020 pukul 10.30 WIB

- KA 118 Brantas (Pasar Senen-Blitar), keberangkatan 2, 9, 16, 23, 30 Oktober 2020 pukul 13.30 WIB

- KA 256A Kertajaya (Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi), keberangkatan 1 - 31 Oktober 2020 pukul 14.10 WIB

- KA 114 Jayabaya (Pasar Senen-Malang), keberangkatan 2, 8, 9, 16, 23, 30 Oktober 2020 pukul 16.55 WIB

- KA 326 Serayu Malam (Pasar Senen-Purwokerto), keberangkatan 1 - 31 Oktober 2020 pukul 21.25 WIB

Stasiun Jakarta Kota:

- KA 254 Jayakarta (Jakarta Kota-Surabaya Gubeng), keberangkatan 1 - 31 Oktober 2020 pukul 11.45 WIB

 

12,8 Juta Orang Naik Kereta Api Sepanjang Agustus 2020

Penerapan prtokol kesehatan di dalam Kereta Api (dok: KAI)
Penerapan prtokol kesehatan di dalam Kereta Api (dok: KAI)

Jumlah penumpang kereta api di Jawa dan Sumatera mencapai 12,8 juta orang sepanjang Agustus 2020. Angka ini naik sebesar 4,38 persen dibanding bulan sebelumnya. Sementara jika dibandingkan posisi normal periode sama tahun sebelumnya turun 63,7 persen.

"Jumlah penumpang kereta api mulai mengalami kenaikan sejak Juni Juli dan Agustus sehingga pada Agustus jumlah penumpang angkutan kereta api adalah sebesar 12,77 juta penumpang," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Suhariyanto, di Kantornya, Jakarta, Kamis (1/10/2020).

Dari jumlah tersebut sebagian besar adalah penumpang Jabodetabek, yang merupakan penumpang pelaju (commuter) mencapai 11 juta orang atau 86,22 persen dari total penumpang kereta api.

Adapun peningkatan jumlah penumpang terjadi di semua wilayah Jawa non-Jabodetabek, dan Sumatera masing-masing naik 52,89 persen dan 187,88. Sebaliknya jumlah penumpang di wilayah Jabodetabek turun 0,92 persen.

"Penurunan tidak hanya terjadi untuk antar kota seperti di Jawa tetapi juga ada penurunan yang dalam terhadap penumpang commuter," jelas dia.

Sedangkan secara kumulatif jumlah penumpang kereta api selama Januari–Agustus 2020 mencapai 135,5 juta orang atau turun 55,11 persen dibanding periode yang sama tahun 2019.

Penurunan jumlah penumpang terjadi di semua wilayah Jabodetabek, Jawa non-Jabodetabek, dan Sumatera masing- masing turun 49,41 persen, 61,53 persen, dan 63,96 persen.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Simak, Perubahan Aturan Pengkreditan Pajak di UU Cipta Kerja

Posted: 06 Oct 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law Cipta Kerja (Ciptaker) telah disahkan menjadi Undang-Undang (UU) oleh DPR RI melalui rapat paripurna.

Selain mengatur antara pekerja dan perusahaan, UU Cipta Kerja ini menyelipkan sejumlah perubahan mengenai perpajakan. Setidaknya ada 4 UU perpajakan yang masuk dalam bagian ketujuh UU tersebut.

Merujuk pada Pasal 112 RUU Cipta Kerja, terjadi perubahan atas pajak masukan yang sebelumnya dimuat dalam Pasal 9 UU PPN. Dimana, "Pajak masukan dalam suatu masa pajak dikreditkan dengan pajak keluaran dalam masa pajak yang sama," demikian bunyi Pasal 9 ayat (2) UU PPN yang juga dimuat dalam Pasal 112 UU Cipta Kerja.

Lebih rinci, pada pasal 9 ayat (2a) UU PPN dijelaskan; Bagi Pengusaha Kena Pajak yang belum berproduksi sehingga belum melakukan penyerahan yang terutang pajak, Pajak Masukan atas perolehan dan/atau impor barang modal dapat dikreditkan.

Sementara pada pasal 9 ayat (2a) UU Cipta Kerja, ada beberpa penambahan poin yang lebih rinci dengan kaupan yang lebih luas.

"Bagi Pengusaha Kena Pajak yang belum melakukan penyerahan Barang Kena Pajak dan/atau Jasa Kena Pajak dan/atau ekspor Barang Kena Pajak dan/atau Jasa Kena Pajak, Pajak Masukan atas perolehan Barang Kena Pajak dan/atau Jasa Kena Pajak, impor Barang Kena Pajak, serta pemanfaatan Barang Kena Pajak Tidak Berwujud dan/atau pemanfaatan Jasa Kena Pajak dari luar Daerah Pabean di dalam Daerah Pabean dapat dikreditkan sepanjang memenuhi ketentuan pengkreditan sesuai dengan Undang-Undang ini," dikuti dari pasal 9 ayat (2a) UU Cipta Kerja.

Lainnya, pada pasal 9 ayat (4b) UU Cipta Kerja mengenai yang dikecualikan atas kelebihan Pajak Masukan dapat diajukan permohonan pengembalian pada setiap Masa Pajak, tidak lagi termasuk bagi PKP dalam tahap belum berproduksi.

"Pengusaha Kena Pajak dalam tahap belum berproduksi sebagaimana dimaksud pada ayat (2a)," isi pasal 9 ayat (4b) poin (f) UU PPN, yang kemudian dihapus dalam UU Cipta Kaerja.

Kemudian, UU Ciptaker juga memberikan sejumlah tambahan pada pasal 9 ayat (6). Pada pasal 9 ayat (6a), isinya masih sama. Sementara pasal 9 ayat (6b) dihapuskan.

Penambahan yang dimaksud ada pada pasal 9 ayat (6c), dimana angka waktu bagi sektor usaha tertentu dapat ditetapkan lebih dari 3 tahun. Sebelumnya tidak ada ketentuan mengenai ini.

Lalu, Pasal 9 ayat (6d) mengenai ketentuan Pajak Masukan yang telah dikreditkan, berlaku juga bagi PKP yang melakukan pembubaran (pengakhiran) usaha, melakukan pencabutan PKP, atau dilakukan pencabutan PKP secara jabatan dalam jangka waktu 3 (tiga) tahun sejak Masa Pajak pengkreditan pertama kali Pajak Masukan, yang sebelumnya juga tidak ada.

Ayat lainnya yang ditambahkan dalam pasal ini adalah ayat (6e). Dimana Pajak Masukan yang tidak dapat dikreditkan sebagaimana dimaksud pada ayat (6a):

a. wajib dibayar kembali ke kas negara oleh Pengusaha Kena Pajak, dalam hal Pengusaha Kena Pajak; (1) telah menerima pengembalian kelebihan pembayaran pajak atas Pajak Masukandimaksud; dan/atau, (2) telah mengkreditkan Pajak Masukan dimaksud dengan Pajak Keluaran yang terutang dalamsuatu Masa Pajak; dan/atau

b. tidak dapat dikompensasikan ke Masa Pajak berikutnya dan tidak dapat diajukan permohonan pengembalian, setelah jangka waktu 3 (tiga) tahun sebagaimana dimaksud pada ayat (6a) berakhir atau pada saat pembubaran (pengakhiran) usaha, atau pencabutan Pengusaha Kena Pajak sebagaimana dimaksud pada ayat (6d) oleh Pengusaha Kena Pajak, dalam hal Pengusaha Kena Pajak melakukan kompensasi atas kelebihan pembayaran pajak dimaksud.

Pasal 9 ayat (6f) Pembayaran kembali Pajak Masukan sebagaimana dimaksud pada ayat (6e) huruf a dilakukan paling lambat:

a. akhir bulan berikutnya setelah tanggal berakhirnya jangka waktu 3 (tiga) tahun sebagaimana dimaksud pada ayat (6a);

b. akhir bulan berikutnya setelah tanggal berakhirnya jangka waktu bagi sektor usaha tertentu sebagaimana dimaksud pada ayat (6c); atau 500

c. akhir bulan berikutnya setelah tanggal pembubaran (pengakhiran) usaha atau pencabutan Pengusaha Kena Pajak sebagaimana dimaksud pada ayat (6d).

 

Selanjutnya

Kurs rupiah yang sejak Rabu lalu menguat drastis, tak bisa menjadi alasan buatmu untuk tetap tenang.
Kurs rupiah yang sejak Rabu lalu menguat drastis, tak bisa menjadi alasan buatmu untuk tetap tenang.

Pasal 9 ayat (6g), dalam hal Pengusaha Kena Pajak tidak melaksanakan kewajiban pembayaran kembali sesuai dengan jangka waktu sebagaimana dimaksud pada ayat (6f), Direktur Jenderal Pajak menerbitkan Surat Ketetapan Pajak Kurang Bayar atas jumlah pajak yang seharusnya dibayar kembali sebagaimana dimaksud pada ayat (6e) huruf a oleh Pengusaha Kena Pajak ditambah sanksi administrasi berupa bunga sebagaimana dimaksud dalam Pasal 13 ayat (2a) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan dan perubahannya.

Pasal 9 ayat (8) mengenai Pengkreditan pajak masukan tidak dapat diberlakukan bagi pengeluaran untuk:

- perolehan Barang Kena Pajak atau Jasa Kena Pajak yang tidak mempunyai hubungan langsung dengan kegiatan usaha

- perolehan dan pemeliharaan kendaraan bermotor berupa sedan dan station wagon, kecuali merupakan barang dagangan atau disewakan

- perolehan Barang Kena Pajak atau Jasa Kena Pajakyang Faktur Pajaknya tidak memenuhi ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 13 ayat (5) atau ayat (9) atau tidak mencantumkan nama, alamat, dan Nomor Pokok Wajib Pajak pembeli Barang Kena Pajak atau penerima Jasa Kena Pajak

- pemanfaatan Barang Kena Pajak Tidak Berwujud atau pemanfaatan Jasa Kena Pajak dari luar Daerah Pabean yang Faktur Pajaknya tidak memenuhi ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 13 ayat (6).

Dengan demikian, terhadap jenis pengeluaran yang dihapus, pajak masukannya menjadi bisa dikreditkan dengan adanya ketentuan dalam RUU Cipta Kerja.

Juga ada penambahan Pasal 9 ayat (9a) hingga ayat (9c) yang semula tidak ada dala UU PPN.

"Pajak Masukan atas perolehan Barang Kena Pajak dan/atau Jasa Kena Pajak, impor Barang Kena Pajak, serta pemanfaatan Barang Kena Pajak Tidak Berwujud dan/atau pemanfaatan Jasa Kena Pajak dari luar Daerah Pabean di dalam Daerah Pabean sebelum Pengusaha dikukuhkan sebagai Pengusaha Kena Pajak, dapat dikreditkan oleh Pengusaha Kena Pajak dengan menggunakan pedoman pengkreditan Pajak Masukan sebesar 80% (delapan puluh persen) dari Pajak Keluaran yang seharusnya dipungut," isi pasal 9 ayat (9a) UU Ciptaker.

Pasal 9 ayat (9b). Pajak Masukan atas perolehan Barang Kena Pajak dan/atau Jasa Kena Pajak, impor Barang Kena Pajak, serta pemanfaatan Barang Kena Pajak Tidak Berwujud dan/atau pemanfaatan Jasa Kena Pajak dari luar Daerah Pabean di dalam Daerah Pabean yang tidak dilaporkan dalam Surat Pemberitahuan Masa Pajak Pertambahan Nilai yang diberitahukan dan/atau ditemukan pada waktu dilakukan pemeriksaan, dapat dikreditkan oleh Pengusaha Kena Pajak sepanjang memenuhi ketentuan pengkreditan sesuai dengan Undang-Undang ini.

Pasal 9 ayat (9c). Pajak Masukan atas perolehan Barang Kena Pajak dan/atau Jasa Kena Pajak, impor Barang Kena Pajak, serta pemanfaatan Barang Kena Pajak Tidak Berwujud dan/atau pemanfaatan Jasa Kena Pajak dari luar Daerah Pabean di dalam Daerah Pabean yang ditagih dengan penerbitan ketetapan pajak, dapat dikreditkan oleh Pengusaha Kena Pajak sebesar jumlah pokok Pajak Pertambahan Nilai yang tercantum dalam ketetapan pajak, dengan ketentuan ketetapan pajak dimaksud telah dilakukan pelunasan dan tidak dilakukan upaya hukum serta memenuhi ketentuan pengkreditan sesuai dengan Undang-Undang ini.

Adapun ketentuan lebih lanjut yang diatur dengan atau berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan, termuat dalam pasal 9 ayat (13), diantaranya;

a. kriteria belum melakukan penyerahan Barang Kena Pajak dan/atau Jasa Kena Pajak dan/atau ekspor Barang Kena Pajak dan/atau Jasa Kena Pajak sebagaimana dimaksud pada ayat (2a);

b. penghitungan dan tata cara pengembalian kelebihan Pajak Masukan sebagaimana dimaksud pada ayat (4a), ayat (4b), dan ayat (4c);

c. penentuan sektor usaha tertentu sebagaimana dimaksud pada ayat (6c);

d. tata cara pembayaran kembali Pajak Masukan sebagaimana dimaksud pada ayat (6e) huruf a; dan

e. tata cara pengkreditan Pajak Masukan sebagaimana dimaksud pada ayat (9a), ayat (9b), dan ayat (9c).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tujuan Hukum, Pengertian, Jenis, dan Sanksinya

Posted: 06 Oct 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hukum merupakan aturan yang mengikat. Hukum tak hanya berlaku bagi masyarakat biasa, tetapi bagi para petinggi juga. Tujuan hukum pada hakikatnya untuk mewujudkan keadilan, keamanan, dan ketentraman.

Indonesia termasuk salah satu negara yang semua warganya wajib patuh terhadap hukum. Sementara tujuan hukum di Indonesia tak lain dan tak bukan adalah agar norma hukum selalu dijunjung tinggi.

Tanpa adanya ketaatan warga negara terhadap norma hukum, maka akan diberi sanksi. Saksi hukum ini tegas, mengikat, dan memaksa. Bisa disimpulkan bahwa tujuan hukum adalah agar norma dan saksi hukum bisa ditaati untuk menjaga ketertiban dan keamanan.

Berikut Liputan6.com ulas tujuan hukum, pengertian, jenis, dan saksinya dari berbagai sumber, Rabu (7/10/2020).

Pengertian Hukum Menurut Para Ahli

Ilustrasi hukum | August de Richelieu dari Pexels
Ilustrasi hukum | August de Richelieu dari Pexels

Aristoteles

Pengertian hukum menurut Aristoteles tidak hanya berarti kumpulan aturan yang dapat mengikat dan berlaku pada masyarakat saja, tapi juga berlaku pada hakim itu sendiri. Dengan kata lain hukum tidak diperuntukan dan ditaati oleh masyarakat saja, tapi juga wajib dipatuhi oleh pejabat negara.

Plato

Pengertian hukum menurut Plato adalah seperangkat peraturan-peraturan yang tersusun secara baik serta teratur yang sifatnya mengikat hakim dan masyarakat.

E. M. Meyers

Menurut E. M. Meyers, pengertian hukum adalah aturan-aturan yang di dalamnya mengandung pertimbangan kesusilaan yang ditujukan kepada tingkah laku manusia dalam sebuah masyarakat dan menjadi acuan atau pedoman bagi para penguasa negara dalam melakukan tugasnya.

Immanuel Kant

Pengertian hukum menurut Immanuel Kant adalah keseluruhan aturan yang dapat menjaga kehendak bebas dari orang lain. Dengan demikian setiap orang harus menghargai hak dan kebebasan orang lainnya selama hal tersebut tidak merugikan.

Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja

Arti hukum merupakan keseluruhan kaidah dan seluruh asas yang mengatur pergaulan hidup bermasyarakat dan mempunyai tujuan untuk memelihara ketertiban dan meliputi berbagai lembaga dan proses untuk dapat mewujudkan berlakunya kaidah sebagai suatu kenyataan dalam masyarakat.

Soerojo Wignjodiporeo

Definisi hukum menurut Soerojo Wignjodiporeo adalah peraturan-peraturan hidup yang diciptakan oleh manusia untuk menentukan tingkah laku manusia. Aturan ini bersifat memaksa dan semua masyarakat dalam suatu warga negara harus mematuhinya. Jika ada yang melanggar, maka akan diberikan sangsi berupa hukuman.

M.H. Tirtaatmidjaja

Hukum merupakan keseluruhan aturan atau norma yang harus diikuti dalam berbagai tindakan dan tingkah laku dalam pergaulan hidup. Bagi yang melanggar hukum akan dikenai sanksi, denda, kurungan, penjara atau sanksi lainnya.

Utrecht

Definisi hukum adalah himpunan petunjuk hidup (perintah dan larangan) yang mengatur tata tertib dalam suatu masyarakat yang seharusnya ditaati oleh anggota masyarakat dan jika dilanggar dapat menimbulkan tindakan dari pemerintah.

Tujuan Hukum Menurut Para Ahli

Ilustrasi hukum | August de Richelieu dari Pexels
Ilustrasi hukum | August de Richelieu dari Pexels

Mochtar Kusumaatmadja

Tujuan hukum menurut Mochtar Kusumaatmadja adalah menciptakan sebuah ketertiban sehingga menjadi pokok terciptanya sebuah struktur sosial yang teratur. Selain itu, hukum memiliki tujuan lain yakni membuat keadilan yang sesuai dengan masyarakat dan zaman dapat tewujud.

Jeremy Bentham (1990)

Menurut ahli bernama Jeremy Bentham (1990), tujuan hukum ialah guna mencapai kemanfaatan. Artinya hukum akan dan dapat menjamin kebahagiaan orang banyak, teori tersebut juga dikenal dengan teori utilities.

Aristoteles

Sebagai seorang ahli, aristoteles mengungkapkan tujuan hukum adalah guna mencapai sebuah keadilan, artinya memberikan kepada setiap orang atas apa yang sudah menjadi haknya. Teori itu kini dikenal sebagai teori etis.

Geny

Sedangkan menurut Geni (1994) tujuan hukum merupakan untuk mencapai adanya keadilan dan juga sebagai unsur keadilan. Unsur keadilan yaitu kepentingan dayaguna serta kemanfaatan.

Immanuel Kant

Tujuan hukum selanjutnya menurut Immanuel Kant adalah keseleruhan syarat yang dengan kehendak bebas dari orang yang satu dapat menyesuaikan diri dengan lainnya untuk menuruti peraturan hukum soal kemerdekaan.

Fungsi Hukum

Ilustrasi hukum | Pixabay
Ilustrasi hukum | Pixabay

1. Memberi petunjuk untuk warga dalam pergaulan masyarakat.

2. Melaksanakan dan mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh warga dalam bermasyarakat.

3. Mengatur interaksi serta pergaulan antar manusia guna mencapai kedamaian.

4. Menjadi sarana untuk penggerak pembangunan nasional.

5. Datangkan kemakmuran dalam kehidupan di masyarakat.

6. Menjadi alat dan fungsi kritis sosial.

7. Memberikan jaminan kenyamanan, keamanan serta kebahagiaan kepada masyarakat.

Jenis-Jenis Hukum

Ilustrasi hukum | August de Richelieu dari Pexels
Ilustrasi hukum | August de Richelieu dari Pexels

Hukum Publik

Hukum Publik adalah peraturan hukum yang mengatur tentang hubungan hukum antara warga Negara dengan Negara yang menyangkut kepentingan umum. Hukum publik merupakan hukum yang mengatur masyarakat peraturan hukum atau yang mengatur hubungan antara Negara dengan alat kelengkapannya dan warga negararanya seperti hukum pidana.

Hukum Pidana adalah keseluruhan dari peraturan-peraturan yang menentukan perbuatan apa yang dilarang dan termasuk ke dalam tindak pidana, serta menentukan hukuman apa yang dapat dijatuhkan terhadap yang melakukannya. Fungsi hukum pidana umumnya yaitu mengatur hidup kemasyarakatan, meyelenggarakan tahta pada masyarakat.

Hukum Privat

Hukum Privat merupakan hubungan yang mengatur hubungan antara sesama manusia, antara satu orang dengan orang yang lainnya dengan menitik beratkan kepentingan perorangan.

Hukum privat merupakan hukum yang mengatur tentang hubungan antara individu dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Hukum privat meliputi hukum perdata.

Hukum perdata adalah ketentuan yang mengatur hak dan kepentingan antar individu dalam masyarakat. Dalam hukum ini, asas pokok otonomi warga negara merupakan milik dirinya sendiri jadi mereka berhak mempertahankan kehendak mereka sendiri.

Sanksi Hukum

Ilustrasi hukum | August de Richelieu dari Pexels
Ilustrasi hukum | August de Richelieu dari Pexels

Sanksi yang ditimbulkan dari norma hukum bersifat tegas dan nyata. Tegas suatu hukum adalah sudah ada sanksi dari aturan yang dilanggar yang dibuat dalam sebuah peraturan perundang-undangan.

Menurut pasal 10 KUHP, ada 2 hukuman yaitu hukuman pokok dan tambahan. Hukuman pokok adalah hukuman yang sudah diputuskan dalam persidangan mulai dari hukuman mati, hukuman penjara seumur hidup atau penjara sementara.

Nyata hukum adalah aturan yang sudah ditetapkan untuk si pelaku ditetapkan jumlahnya. Dalam pasal 338 KUHP, disebutkan bahwa barang siapa dengan sengaja merampas nyawa orang lain, diancam, karena pembunuhan, dengan pidana penjara paling lama lima belas tahun.

Sanksi hukum diberikan oleh lembaga-lembaga peradilan yang berwenang, sedangkan sanksi sosial diberikan oleh masyarakat yang ada di sekitar si pelaku.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polemik Kasat Sabhara dan Kapolres Blitar Berujung Damai

Posted: 06 Oct 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko membenarkan, Kasat Sabhara Polres Blitar, Agus Hendro Tri Susetyo sudah berdamai dengan Kapolres Blitar, AKBP Ahmad Fanani. 

"Iya benar, juga sudah saling silahturahmi Senin kemarin. Kapolres bersama Wakapolres, Kabagops dan Kasiwas datang langsung ke rumah AKP Agus," ujar Trunoyudo, Rabu (7/10/2020).

Ia mengharapkan,  silaturahmi dapat memperbaiki hubungan antara Kapolres Blitar dengan AKP Agus Tri yang sempat terjadi masalah internal di Polres Blitar sehingga situasi segera membaik.

Dikonfirmasi mengenai tugas atau jabatan Agus? Trunoyudo menjawab yang bersangkutan sudah ditugaskan ke Polda Jatim, sebagai Kaurfastor Subbagyantor Yanma. 

"Sesuai kebutuhan organisasi atau institusi dalam memberikan penyegaran dan pelayanan kepada masyarakat," ucapnya.

Kasat Sabhara Polres Blitar Menyesal Ajukan Pengunduran Diri dari Polri

Kasat Sabhara Polres Blitar AKP Agus Hendro Tri Susetyo.(Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Kasat Sabhara Polres Blitar AKP Agus Hendro Tri Susetyo.(Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Jawa Timur, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menyampaikan Kasat Sabhara Polres Blitar, AKP Agus Hendro Tri Susetyo mengaku menyesal karena sempat mengajukan pengunduran diri dari anggota Polri. 

"Enggak tahu (alasan rincinya), yang jelas dia menyesali (sudah mengajukan pengunduran diri)," ujar Trunoyudo di Mapolda Jatim, Senin, 5 Oktober 2020.

Sementara terkait laporan Agus terkait pengabaian sabung ayam dan tambang pasir di Blitar oleh Kapolres AKBP Ahmad Fanani, Polda Jatim masih mendalaminya. Pendalaman ini penting untuk mengetahui kebenaran dari perkataan Agus.

"Pasti didalami, benar apa tidaknya belum tahu, itu statement yang bersangkutan pada saat emosional sesaat tanpa ada bukti, cuma omongan," ucap Trunoyudo. 

Laporan yang disampaikan Agus memang perlu didalami karena sejauh ini belum ada dasar bukti yang kuat diterima Polda Jatim. Meski masih proses, Trunoyudo meyakini Kapolres Blitar tidak akan melakukan hal menyimpang seperti yang diutarakan Kasat Sabhara.

"Sekarang begini saja, seorang Kapolres melakukan kontraproduktif dengan tugas Polri. Dia harusnya melakukan pengamanan harkamtibmas, memberikan perlindungan, pelayanan dan pengayoman masyarakat, jadi ndak mungkin juga," ucapnya.

"Tidak akan mungkin seorang kapolres, Kapolres tugasnya memanage untuk menciptakan harkamtibmas, melindungi melayani dan mengayomi masyarakat, melakukan penegakan hukum," ia menambahkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pulang ke Kotaku, Dirgahayu Yogyakarta

Posted: 06 Oct 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta- Yogyakarta yang merupakan ibu kota dan pusat pemerintahan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)  merayakan ulang tahun ke-264 pada Rabu, 7 Oktober 2020. Berbeda dengan perayaan pada tahun sebelumya pandemi Covid-19 membuat gegap gempita HUT Yogyakarta tidak tumpah ke jalan-jalan utama.

Biasanya, perayaan HUT Yogyakarta dimeriahkan sederet acara yang melibatkan partisipasi masyarakat secara langsung. Sebut saja, Malioboro Coffee Night, Jogja Symphony Orchestra, dan puncaknya Wayang Jogja Night Carnival. Namun, pada tahun ini perayaan digelar secara virtual.

Perhelatan musik, tari, animasi, fashion show dan sebagainya digelar selama dua hari berturut-turut secara daring mulai pukul 19.30 sampai 20.30 WIB. Ada pula talkshow interaktif bertajuk Tumapaking Jaman Anyar yang menampilkan penggerak seni budaya Heri Pemad dan pegiat seni dari Kaledonia Baru Thierry Timan serta Jill Morgan dari Australia.

Diskusi itu membahas gerakan bersama mewujudkan Yogyakarta yang nyaman dan memperkuat karakter seni, budaya, sosial, dan tata desain arsitektur.

Perayaan secara virtual ini juga sesuai dengan tema HUT ke-264 Yogyakarta, yakni Tan Mingkuh Tumapak ing Jaman Anyar yang berarti melangkah di zaman baru. Perayaan di masa pandemi Covid-19 ini menjadi momentum bagi warga Kota Yogyakarta untuk menyatukan tekad dan saling gandeng gendong dengan optimistis menjalankan tatanan kehidupan baru untuk dapat berkarya bagi Kota Yogyakarta tercinta.

Meskipun memiliki luas wilayah tersempit di DIY, Yogyakarta justru paling dikenal sebagai nama untuk merepresentasikan provinsi ini, ketimbang empat kabupaten lainnya. Beragam julukan disematkan ke kota yang memiliki luas 32,5 kilometer persego atau sekitar 1,025 persen dari luas wilayah DIY. Sebut saja Kota Pelajar, Kota Budaya, dan Kota Pariwisata.

Seklipun wilayahnya terkecil, pertumbuhan penduduk Kota Yogyakarta justru menunjukkan angka yang sebaliknya. Jumlah penduduk kota Yogyakarta, berdasar Sensus Penduduk 2010, berjumlah 388.088 jiwa, dengan proporsi laki-laki dan perempuan yang hampir setara. Sementara pada 2017 jumlah penduduk kota ini bertambah menjadi 422.732 jiwa dengan kepadatan 13.007,13 jiwa per kilometer persegi.

 

Ragam Momen di Tengah Pandemi Covid-19

Tugu Yogyakarta (Liputan6.com / Yanuar)
Tugu Yogyakarta (Liputan6.com / Yanuar)

Yogyakarta, seperti daerah lainnya, juga sedang berjuang menghadapi pandemi Covid-19. Kasus pertama Covid-19 yang secara resmi diumumkan Pemda DIY adalah seorang balita pada 15 Maret 2020. Setelah itu, laju Covid-19 di Yogyakarta menunjukkan dinamikanya.

Per 6 Oktober 2020, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY mencatat terdapat 2.833 kasus Covid-19 di daerah ini, dengan angka kesembuhan 2.163 kasus dan 75 kasus meninggal terkonfirmasi positif.

Berikut sejumlah momen yang mencuri perhatian di Yogyakarta selama pandemi Covid-19 dalam catatan Liputan6.com

1. Guru Besar UGM meninggal dunia karena Covid-19

Guru Besar Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM di Yogyakarta meninggal dunia pada Selasa (24/3/2020) dini hari. Ia masuk ke RSUP Dr Sardjito dan dirawat intensif di ruang isolasi sejak Minggu, 15 Maret lalu.

2. Lodeh tujuh rupa penolak bala

Belum genap satu bulan pandemi Covid-19 ada di Yogyakarta ketika itu, masyarakat sudah dihebohkan dengan sayur lodeh. Ada yang bilang, perintah Sultan HB X menyuruh rakyat Yogyakarta untuk membuat sayur lodeh supaya terhindar dari pagebluk atau bencana.

Sayangnya, informasi itu hoaks. Sultan HB X yang juga menjabat sebagai Gubernur DIY tidak pernah membuat aturan atau memerintahkan rakyatnya untuk membuat sayur lodeh agar terhindar dari Covid-19.

Namun soal lodeh yang konon katanya sebagai sayur tolak bala memang sudah menjadi kepercayaan dan tradisi masyarakat Yogyakarta. Tidak hanya ketika wabah atau bencana terjadi, dalam hajatan-hajatan besar seperti memulai acara pernikahan pun tak jarang sayur lodeh juga dihidangkan.

Menurut Kamaluddin Purnomo, takmir Masjid Pathok Negoro Plosokuning, lodeh yang dimaksud adalah lodeh tujuh macam atau tujuh rupa. Sesuai sebutannya, sayur lodeh tujuh rupa ini terdiri dari tujuh bahan, meliputi, kluwih, cang gleyor, terung, kulit melinjo, waluh, godhong (daun) so, dan tempe. Bahan-bahan itu ternyata memiliki filosofi masing-masing.

 

Seniman Tetap Berkarya

Wisatawan mengunjungi Sumur Gumuling Tamansari Kraton Kesultanan Yogyakarta,(4/11). Bagunan yang didirikan pada masa pemerintahaan Sulltan Hamangkubuwana I ini banyak di kunjungi wisatawan karena arsitekturnya yang unuk. (Foto/Boy T Harjanto)
Wisatawan mengunjungi Sumur Gumuling Tamansari Kraton Kesultanan Yogyakarta,(4/11). Bagunan yang didirikan pada masa pemerintahaan Sulltan Hamangkubuwana I ini banyak di kunjungi wisatawan karena arsitekturnya yang unuk. (Foto/Boy T Harjanto)

3. Tanggap darurat yang tak kunjung selesai

Status tanggap darurat Covid-19 di Yogyakarta pertama kali ditetapkan pada 20 Maret 2020 hingga 29 Mei 2020. Sampai saat ini, status tersebut terus diperpanjang dan belum diketahui kapan berakhir.

4. Penutupan sebagian kantor BNI

Beredar foto surat edaran di grup WhatsApp yang menyatakan empat pegawai BNI Yogyakarta positif Covid-19 sehingga tujuh outlet BNI di Yogyakarta pun ditutup, Jumat (11/9/2020). Surat yang dikeluarkan pada 10 September 2020 itu ditujukan untuk Kepala Kantor OJK Yogyakarta.

BNI juga melaporkan penutupan tujuh outlet sejak 11 sampai 25 September 2020 dan kembali beroperasi pada 28 September 2020. Tujuh outlet yang dimaksud, meliputi, KCP Adisuicpto, KCP KH A Dahlan, KCP Sutoyo, KK Jogjatronik, KK Beringharjo, KK HOS Cokroaminoto, dan KK Piyungan.

5. Seniman tetap berkarya

Memasuki triwulan kedua pandemi Covid-19, seniman dan pegiat industri kreatif di Yogyakarta mulai bergerak. Adaptasi kebiasaan baru diterapkan dalam setiap perhelatan acara. Pada awalnya, mereka masih mengadakan acara dengan konsep daring.

Seiring berjalannya waktu, konsep hybrid mulai diterapkan. Acara-acara seni bisa dikunjungi secara langsung dengan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat, sebut saja ArtJog, Nandur Srawung, dan sebagainya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Perbaikan Gedung Kejaksaan Agung yang Terbakar

Posted: 06 Oct 2020 10:30 PM PDT

Pekerja memasang 'scaffolding' atau struktur besi untuk melakukan perbaikan Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, yang hangus terbakar, Rabu (7/10/2020).  DPR RI menyepakati penambahan anggaran Kejagung sebesar Rp 350 miliar untuk merenovasi gedung utama yang terbakar hebat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Pekerja memasang 'scaffolding' atau struktur besi untuk melakukan perbaikan Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, yang hangus terbakar, Rabu (7/10/2020). DPR RI menyepakati penambahan anggaran Kejagung sebesar Rp 350 miliar untuk merenovasi gedung utama yang terbakar hebat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pekerja memasang 'scaffolding' atau struktur besi untuk melakukan perbaikan Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, yang hangus terbakar, Rabu (7/10/2020). DPR RI menyepakati penambahan anggaran Kejagung sebesar Rp 350 miliar untuk merenovasi gedung utama yang terbakar hebat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pekerja memasang 'scaffolding' atau struktur besi untuk melakukan perbaikan Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, yang hangus terbakar, Rabu (7/10/2020).  Kebakaran pada 22 Agustus 2020 lalu mengakibatkan kerusakan berat pada seluruh bangunan Gedung Utama Kejaksaan Agung. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Pekerja memasang 'scaffolding' atau struktur besi untuk melakukan perbaikan Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, yang hangus terbakar, Rabu (7/10/2020). Kebakaran pada 22 Agustus 2020 lalu mengakibatkan kerusakan berat pada seluruh bangunan Gedung Utama Kejaksaan Agung. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pekerja memasang 'scaffolding' atau struktur besi untuk melakukan perbaikan Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, yang hangus terbakar, Rabu (7/10/2020). Kebakaran pada 22 Agustus 2020 lalu mengakibatkan kerusakan berat pada seluruh bangunan Gedung Utama Kejaksaan Agung. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pekerja memasang 'scaffolding' atau struktur besi untuk melakukan perbaikan Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, yang hangus terbakar, Rabu (7/10/2020).  DPR RI menyepakati penambahan anggaran Kejagung sebesar Rp 350 miliar untuk merenovasi gedung utama yang terbakar hebat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Pekerja memasang 'scaffolding' atau struktur besi untuk melakukan perbaikan Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, yang hangus terbakar, Rabu (7/10/2020). DPR RI menyepakati penambahan anggaran Kejagung sebesar Rp 350 miliar untuk merenovasi gedung utama yang terbakar hebat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pekerja memasang 'scaffolding' atau struktur besi untuk melakukan perbaikan Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, yang hangus terbakar, Rabu (7/10/2020). DPR RI menyepakati penambahan anggaran Kejagung sebesar Rp 350 miliar untuk merenovasi gedung utama yang terbakar hebat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pekerja memasang 'scaffolding' atau struktur besi untuk melakukan perbaikan Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, yang hangus terbakar, Rabu (7/10/2020).  Kebakaran pada 22 Agustus 2020 lalu mengakibatkan kerusakan berat pada seluruh bangunan Gedung Utama Kejaksaan Agung. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Pekerja memasang 'scaffolding' atau struktur besi untuk melakukan perbaikan Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, yang hangus terbakar, Rabu (7/10/2020). Kebakaran pada 22 Agustus 2020 lalu mengakibatkan kerusakan berat pada seluruh bangunan Gedung Utama Kejaksaan Agung. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pekerja memasang 'scaffolding' atau struktur besi untuk melakukan perbaikan Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, yang hangus terbakar, Rabu (7/10/2020). Kebakaran pada 22 Agustus 2020 lalu mengakibatkan kerusakan berat pada seluruh bangunan Gedung Utama Kejaksaan Agung. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pekerja memasang 'scaffolding' atau struktur besi untuk melakukan perbaikan Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, yang hangus terbakar, Rabu (7/10/2020).  DPR RI menyepakati penambahan anggaran Kejagung sebesar Rp 350 miliar untuk merenovasi gedung utama yang terbakar hebat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Pekerja memasang 'scaffolding' atau struktur besi untuk melakukan perbaikan Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, yang hangus terbakar, Rabu (7/10/2020). DPR RI menyepakati penambahan anggaran Kejagung sebesar Rp 350 miliar untuk merenovasi gedung utama yang terbakar hebat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pekerja memasang 'scaffolding' atau struktur besi untuk melakukan perbaikan Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, yang hangus terbakar, Rabu (7/10/2020). DPR RI menyepakati penambahan anggaran Kejagung sebesar Rp 350 miliar untuk merenovasi gedung utama yang terbakar hebat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pekerja memasang 'scaffolding' atau struktur besi untuk melakukan perbaikan Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, yang hangus terbakar, Rabu (7/10/2020).  Kebakaran pada 22 Agustus 2020 lalu mengakibatkan kerusakan berat pada seluruh bangunan Gedung Utama Kejaksaan Agung. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Pekerja memasang 'scaffolding' atau struktur besi untuk melakukan perbaikan Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, yang hangus terbakar, Rabu (7/10/2020). Kebakaran pada 22 Agustus 2020 lalu mengakibatkan kerusakan berat pada seluruh bangunan Gedung Utama Kejaksaan Agung. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pekerja memasang 'scaffolding' atau struktur besi untuk melakukan perbaikan Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, yang hangus terbakar, Rabu (7/10/2020). Kebakaran pada 22 Agustus 2020 lalu mengakibatkan kerusakan berat pada seluruh bangunan Gedung Utama Kejaksaan Agung. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menegangkan, Kronologi Rachel Maryam Alami Perdarahan Usai Bedah Cesar

Posted: 06 Oct 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rachel Maryam mengalami perdarahan setelah melahirkan anak keduanya yang dinamai Muhammad Eijaz Mata Air pada Jumat, 2 Oktober 2020. Ia bersalin lewat bedah cesar di RSIA Bunda Menteng, Jakarta Pusat.

Usai bersalin, sempat beredar isu Rachel Maryam koma. Tak ingin terjadi kesimpangsiuran informasi, pihak keluarga menceritakan persalinan Rachel Maryam.

"Sedikit berbagi cerita mengenai pengalaman kami ini. Pascaoperasi cesar Rachel mengalami komplikasi yang menyebabkan perdarahan dalam hebat," kata suami Rachel Maryam, Edwin Aprihandono, melalui pesan singkat, Selasa (6/10/2020).

Angkat Rahim

Rachel Maryam (Nurwahyunan/bintang.com)
Rachel Maryam (Nurwahyunan/bintang.com)

Dokter melakukan tindakan medis guna menyelamatkan Rachel Maryam. Tim medis memutuskan mengangkat rahim bintang film Arisan! dan Eliana, Eliana!.

"Dokter segera melakukan operasi kembali untuk menghentikan penyebab perdarahan dan diputuskan agar Rachel diangkat rahimnya," Edwin Aprihandono memaparkan.

Kehilangan Banyak Darah

Perdarahan membuat Rachel Maryam kehilangan banyak darah. Namun Edwin Aprihandono bersyukur karena sang istri ditangani dengan baik lewat transfusi. Selanjutnya, Rachel Maryam ditidurkan.

"Untuk kenyamanan pasien, maka dokter memutuskan agar Rachel 'ditidurkan' atau dibuat 'tidak sadar' selama dua hari dari total empat hari Rachel dirawat di ICU. (Jadi berita bahwa Rachel koma sebenarnya kurang tepat, lebih tepatnya ditidurkan)," Edwin Aprihandono meluruskan.

Kondisi Terkini

Seperti ibu hamil lainnya, Rachel pun mengalami tantangan tersendiri hamil di tengah pandemi sekarang ini. Meski begitu, Rachel yang kini usia kandungannya memasuki delapan bulan menuturkan hikmah yang dirasakan dalam kehamilannya ini. (Instagram/rachelmaryams)
Seperti ibu hamil lainnya, Rachel pun mengalami tantangan tersendiri hamil di tengah pandemi sekarang ini. Meski begitu, Rachel yang kini usia kandungannya memasuki delapan bulan menuturkan hikmah yang dirasakan dalam kehamilannya ini. (Instagram/rachelmaryams)

Sang suami berbagi kabar tentang kondisi terkini Rachel Maryam. Politikus dari Partai Gerindra itu telah melewati masa kritis dan sedang dalam tahap pemulihan.

"Rachel sudah dirawat di kamar biasa dan tidak perlu dirawat di ICU lagi. Rachel juga sudah bertemu dengan bayinya dan sangat bahagia," Edwin Aprihandono menyambung.

Terima Kasih

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendoakan kesembuhan Rachel Maryam. "Terima kasih atas semua doa dan dukungan dari semua pihak yang terus mengalir selama ini, baik ketika masih dalam masa kehamilan maupun pascakelahiran," Edwin Aprihandono mengakhiri.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hadapi Pandemi COVID-19, Presiden Bank Dunia: Negara Miskin Perlu Penghapusan Utang

Posted: 06 Oct 2020 10:29 PM PDT

Jakarta - Pandemi COVID-19 berdampak ke banyak hal di dunia, bahkan memicu krisis utang di beberapa negara. Sehingga para kreditor harus siap memberikan berbagai jenis keringanan, yang juga mencakup penghapusan utang, kata Presiden Bank Dunia David Malpass, dalam wawancara dengan harian ekonomi Jerman, Handelsblatt.

"Jelas bahwa beberapa negara tidak dapat membayar beban utang mereka. Oleh karena itu, kita juga harus mengurangi tingkat utang. Ini bisa saja sebagai keringanan atau sebagai pembatalan hutang," kata David Malpass dalam wawancara yang dirilis Handelsblatt hari Minggu 4 Oktober 2020 seperti dikutip dari DW Indonesia, Rabu (7/10/2020).

"Penting agar jumlah utang dikurangi dengan restrukturisasi," tambah Presiden Bank Dunia itu. Dia menunjuk langkah serupa yang pernah diambil dalam krisis-krisis keuangan sebelumnya, seperti di Amerika Latin dan apa yang disebut inisiatif HIPC untuk negara-negara dengan beban utang tinggi pada 1990-an.

Dihantam pandemi, Zambia Minta Penghapusan Utang

Zambia minggu lalu mengatakan, dia tidak bisa lagi membayar angsuran utangnya dan berharap agar para kreditor mau merundingkan restrukturisasi utang awal tahun depan dengan penghapusan utang sampai 1 miliar dolar AS. Wabah corona memukul perekonomian Zambia, salah satu produsen tembaga terbesar dunia, karena anjloknya permintaan terhadap bahan baku tersebut di pasar global.

Menteri keuangan Zambia Bwalya Ng'andu hari Jumat lalu 2 Oktober mengatakan, negara itu tidak akan mengambil pinjaman komersial baru pada tahun 2021 dan membatasi proyek yang ada dalam upaya untuk mengurangi utang yang membengkak.

Utang publik Zambia yang yang kaya mineral itu meningkat 4,3 persen dalam enam bulan pertama tahun 2020, mencapai USD 11,97 pada Juni. Utang itu sudah mencapai sekitar 80 persen dari PDB pada akhir 2019, menurut Bank Pembangunan Afrika (AfDB).

"Pemerintah tetap berkomitmen untuk memulihkan keberlanjutan utang publik dan telah memulai sejumlah inisiatif untuk mencapai tujuan ini," kata Bwalya Ng'andu ketika mengumumkan rencana anggaran tahun 2021. Dia berharap bisa melakukan perundingan dan menyepakati perjanjian restrukturisasi utang dengan para kreditor pada April 2021.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Negara-Negara Berkembang Juga Terancam Beban Utang

Ilustrasi./Copyright unsplash.com/rawpixel
Ilustrasi./Copyright unsplash.com/rawpixel

Negara-negara kaya bulan lalu mendukung perpanjangan pembekuan utang dalam skema Debt Service Suspension Initiative (DSSI) kelompok G20, yang disetujui pada bulan April lalu. Langkah itu disepakati untuk membantu negara-negara berkembang bertahan dari pandemi virus corona.

Sebanyak 43 dari 73 negara disebut berpotensi memenuhi syarat penangguhan utang senilai USD 5 miliar, dalam pembayaran utang sektor pemerintahan.

Di tengah peringatan bahwa pandemi dapat mendorong 100 juta orang jatuh ke dalam kemiskinan ekstrem, David Malpass memperbarui seruannya agar bank swasta dan bank investasi ikut terlibat dalam prakarsa itu. "Para investor ini tidak melakukan cukup banyak dan saya kecewa dengan mereka. Pengaruh dari langkah-langkah bantuan karenanya kurang dari yang seharusnya," katanya.

Dia memperingatkan bahwa pandemi dapat memicu krisis utang lain karena beberapa negara berkembang telah memasuki spiral pertumbuhan yang lebih lemah dan masalah keuangan.

"Defisit anggaran yang sangat besar dan pembayaran utang membebani perekonomian negara-negara ini. Selain itu, bank-bank di sana mengalami kesulitan karena kredit macet," tambahnya.

Menanti Hasil Uji Klinis Calon Vaksin COVID-19

Infografis Menanti Hasil Uji Klinis Calon Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Menanti Hasil Uji Klinis Calon Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan Juga Video Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Klaster Baru, Satgas Covid-19 Minta Pemda Buat Inovasi di Pengungsian

Posted: 06 Oct 2020 10:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19 Dewi Nur Aisyah mengakui bahwa tempat pengungsian berpotensi menjadi klaster penyebaran corona saat bencana banjir akibat musim penghujan. Dia pun meminta pemerintah daerah untuk menyiapkan inovasi baru di lokasi pengungsian.

"Pemerintah daerah harus siap bentuk inovasi apa ketika terjadi bencana banjir yang mungkin bisa kita petakan. Sehingga model pengungsiannya tidak sama seperti yang biasanya," kata Dewi saat konferensi pers melalui Youtube BNPB, Rabu (7/10/2020).

Menurut dia, tempat pengungsian berpotensi menjadi klaster penularan karena banyaknya orang yang berkumpul dalam satu tempat. Namun, di sisi lain, protokol kesehatan harus tetap dijalankan di tempat pengungsian untuk mencegah penularan virus corona.

"Hal yang harus kita perhatikan, kadang kita lupa. Satu, sanitasi di tempat pengungsian karena orang berkumpul dalam satu tempat, belum tentu nih tempat tidurnya bisa jaga jarak dengan satu orang dengan orang yang lain," jelasnya.

Untuk itu, pemerintah daerah diminta menyiapkan lokasi pengungsian yang aman dari penularan Covid-19. Salah satu caranya, dengan memberikan pembatas di setiap tempat agar jaga jarak tetap dapat diterapkan.

Pastikan Kebersihan

"Biasanya kalau di pengungsian itu anak-anak kan berkumpul tidak mungkin mereka berdiam-diam sendiri dan tidak ada sekat-sekat di sana," ucap Dewi.

Selain itu, Satgas juga mengingatkan pemerintah daerah untuk memastikan kebersihan tempat makan, dapur, dan kamar mandi di lokasi pengungsian. Pasalnya, higenitas di pengungsian sangat penting agar para pengungsi juga terhindar dari penyakit menular lainnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 11 Bakal Dibuka?

Posted: 06 Oct 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Program Kartu Prakerja gelombang 10 telah ditutup pada Senin (28/9/2020) lalu, dengan jumlah yang ditargetkan hanya 116.261 orang. Sebelumnya gelombang 10 disebut sebagai gelombang terakhir Kartu Prakerja. Apakah benar?

Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengatakan ada kemungkinan gelombang 11 dibuka kembali. Hanya saja dirinya belum bisa memastikan waktu pelaksanaannya. Hingga saat ini pihaknya masih menunggu keputusan dari Komite Cipta Kerja (KCK).

"Kami masih menunggu keputusan dari KCK soal gelombang 11," kata Louisa kepada Liputan6.com, Rabu (7/10/2020).

Saat ini, target jumlah peserta Kartu Prakerja telah memenuhi kuota yakni sebanyak 5,6 juta orang. Berbeda dengan sebelumnya, gelombang 10 hanya dibuka untuk 116.261, dibandingkan gelombang 1-9 yang berjumlah 800 ribu orang.

Kendati begitu, sejauh ini Louisa mengatakan ada 189.436 orang yang dicabut kepesertaannya. Hal itu dilakukan karena peserta yang bersangkutan tidak menggunakan segera menggunakan program Kartu Prakerja untuk pelatihan.

"Pencabutan kepesertaan dilakukan bertahap sesuai gelombangnya. Peserta setiap gelombang memiliki waktu 30 hari untuk membeli pelatihan pertamanya," ujarnya.

Sehingga ada kemungkinan dari dana kepesertaan yang dicabut akan dialokasikan kepada peserta lainnya. Demikian Louisa menegaskan pihaknya masih menunggu arahan dari KCK untuk lebih lanjutnya.

Catat, Pembelian Pelatihan Kartu Prakerja Gelombang 7 Berakhir 9 Oktober 2020

Situs Kartu Prakerja.
Situs Kartu Prakerja.

Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja mengingatkan penerima manfaat geombang 7 untuk segera membeli paket pelatihan pertama selambat-lambatnya pada 9 Oktober 2020 pukul 23.59 WIB.

"Bagi Sobat Prakerja yang sudah lolos Gelombang 7, namun belum membeli pelatihan pertama, segera beli pelatihan pertamamu sekarang juga!," dilansir dari laman instagram @prakerja.go.id, Selasa (6/10/2020).

Adapun batas pembelian pelatihan pertama bagi penerima Kartu Prakerja Gelombang 6 adalah tanggal 2 Oktober 2020 pukul 23.59 WIB.

"Bila lewat dari waktu tersebut Sobat belum membeli pelatihan pertama, maka kepesertaan Sobat dalam program Kartu Prakerja akan dicabut,"

Sebagai informasi, pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 7 telah ditutup pada 7 September 2020 lalu, dengan kuota penerima sebanyak 800.000 orang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berjemur Bareng Air Rumi, Irish Bella Terlihat Tanpa Mengenakan Hijab

Posted: 06 Oct 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Irish Bella saat ini sedang sibuk menjadi ibu untuk bayi yang baru dilahirkannya. Irish Bella memang baru saja melahirkan bayi bernama Air Rumi yang lahir pada 18 September lalu. 

Sebagai mama baru, tentunya Irish Bella seringkali membagikan kebersamaannya dengan sang anak. Terbaru, aktris yang berusia 24 tahun ini membagikan potret saat menjemur baby Air.

Selain fokus dengan tingkah lucu baby Air, ternyata ada salah satu warganet  yang mempertanyakan hijab Irish Bella. Lantas seperti apa ya potretnya?

 

Berjemur

Irish Bella
Irish Bella

Dalam fotonya, terlihat Irish sedang menjemur buah hatinya di bawah sinar matahari. Bikin gemas, baby Air tampak mengenakan kacamata hitam.

 

Terlihat Tanpa Hijab

Sedangkan sang mama tampil nyaman dengan mengenakan dress terusan dan mengenakan topi pantai. Pastinya dari foto tersebut menuai banyak pujian dari netizen karena momen mereka sangatlah manis.

 

Pro Kontra

Irish Bella (Instagram/_irishbella_)
Irish Bella (Instagram/_irishbella_)

Tak hanya fokus dengan baby Air, ternyata ada salah satu netizen yang mempertanyakan hijab Irish Bella. Hal ini lantaran Irish terlihat seperti tidak memakai hijab dan hanya menutupi rambutnya dengan topi.

 

Berpikir Positif

Namun para netizen lainnya melayangkan komentar kalau bisa saja istri Ammar Zoni tersebut mengenakan ciput atau turban yang tertutupi oleh topinya. Mereka mengingatkan untuk selalu berpikir positif saat memandang sesuatu.

Sumber: Kapanlagi.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Ramah, 6 Karakter Cowok Libra Ini Bikin Wanita Jatuh Cinta

Posted: 06 Oct 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Para pemilik zodiak Libra dikenal sebagai orang yang ramah. Karakternya yang menyenangkan itu membuat zodiak berlambang timbangan ini disenangi oleh banyak orang.Tak jarang pula ia menjadi orang kepercayaan karena sikapnya yang ramah terhadap atasannya.

Sikap ramahnya itu pun berhasil meluluhkan hati atasan untuk memberi kepercayaan terhadap dirinya. Begitu pula jika sang pemilik zodiak Libra adalah seorang cowok. Keramahannya terhadap orang lain termasuk kepada cewek membuat dirinya terlihat begitu hangat.

Maka tak heran jika banyak cewek terpikat dengan cowok Libra. Selain itu ia masih memiliki beberapa karakter yang bisa bikin para cewek jatuh cinta padanya. Beberapa karakter tersebut membuat cowok Libra seakan menjadi idaman bagi para wanita.

Ketika ia menunjukkan karakter tersebut para cewek akan bertekuk lutut dan terpesona atau bahkan jatuh hati padanya. Tak jarang pula ada cewek yang diam-diam suka sama cowok Libra. Berikut 6 karakter cowok Libra yang bikin wanita jatuh cinta, dirangkum liputan6.com dari berbagai sumber.

1. Lembut namun jantan

Selain Ramah, 6 Karakter Cowok Libra Ini Bikin Wanita Jatuh Cinta (Sumber: pexels)
Selain Ramah, 6 Karakter Cowok Libra Ini Bikin Wanita Jatuh Cinta (Sumber: pexels)

Cowok Libra adalah pribadi yang berhati lembut. Perasaannya yang sangat sensitif, membuat ia mampu menyadari ketika orang-orang yang dijumpainya sedang menghadapi masalah. Bahkan cowok Libra tak segan untuk memberi bantuan.

Meski memiliki sifat yang lembut, namun hal itu tidak mengurangi karakter jantannya. Ia bisa bersikap jantan ketika itu memang diperlukan. Seperti saat menghadapi masalah maupun melaksanakan tanggung jawabnya.

2. Memiliki emosi yang stabil

Selain Ramah, 6 Karakter Cowok Libra Ini Bikin Wanita Jatuh Cinta (sumber: Pexels)
Selain Ramah, 6 Karakter Cowok Libra Ini Bikin Wanita Jatuh Cinta (sumber: Pexels)

Cowok Libra bukan tipe orang yang memiliki emosi labil. Ia adalah pria yang bisa berfikir dan bersikap dewasa dalam menjalani hidup. Cowok Libra juga bukan orang yang temperamental, sehingga bisa menyelesaikan masalah dengan kepala dingin.

Ia sangat paham mengenai apa yang perlu dipermasalahkan dan apa yang tidak. Cowok Libra cukup realistis dan bisa menentukan sikap sesuai dengan situasi yang sedang dihadapinya.

3. Cerdas

Selain Ramah, 6 Karakter Cowok Libra Ini Bikin Wanita Jatuh Cinta (Sumber: Pexels)
Selain Ramah, 6 Karakter Cowok Libra Ini Bikin Wanita Jatuh Cinta (Sumber: Pexels)

Memiliki pemikiran yang cerdas adalah salah satu kelebihan dari cowok Libra yang paling kuat. Ia mampu menggunakan otaknya dengan baik. Selain itu, cowok Libra adalah salah satu siswa yang rajin dan teladan di sekolah. Oleh sebab itu ia termasuk orang yang memiliki kualitas intelektual tinggi.

Cowok Libra juga cerdas dan tahu bagaimana menghormati dan menghargai seorang cewek. Kecerdasannya membuat ia mampu menyusun kata-kata yang menyenangkan. Tak heran para cewek terpesona saat berbicara dengannya.

4. Sabar

Selain Ramah, 6 Karakter Cowok Libra Ini Bikin Wanita Jatuh Cinta (Sumber: Unsplash)
Selain Ramah, 6 Karakter Cowok Libra Ini Bikin Wanita Jatuh Cinta (Sumber: Unsplash)

Cowok Libra rupanya juga orang penyabar. Ketika bertengkar, ia bisa jadi sosok yang tenang dan tidak ikut meluapkan emosinya dengan marah-marah. Ia menganggap dengan berpikiran tenang, dapat menyelesaikan perselisihan dengan lebih mudah.

Cowok Libra berusaha sabar ketika menghadapi pasangannya yang sedang emosi meluap-luap. Ia juga akan berusaha menenangkan pasangannya agar menurunkan emosi dan bisa berpikiran dengan kepala dingin, tujuannya agar dapat menyelesaikan pertengkaran dengan lebih mudah.

5. Setia

Selain Ramah, 6 Karakter Cowok Libra Ini Bikin Wanita Jatuh Cinta (Sumber: Unsplash)
Selain Ramah, 6 Karakter Cowok Libra Ini Bikin Wanita Jatuh Cinta (Sumber: Unsplash)

Cowok Libra adalah tipe yang penuh cinta dan kasih sayang. Ia memiliki pandangan bahwa menjalin cinta bukan hanya untuk kesenangan belaka. Baginya sebuah hubungan asmara adalah sesuatu yang serius dan bukan untuk permainan.

Ketika ia diberi kepercayaan oleh pasangannya, cowok Libra akan berusaha menjaga hatinya dan tidak berpaling. Tak heran jika cewek yang memiliki pasangan seorang cowok Libra akan semakin cinta dengannya hari demi hari.

6. Objektif

Selain Ramah, 6 Karakter Cowok Libra Ini Bikin Wanita Jatuh Cinta (Sumber: pexels)
Selain Ramah, 6 Karakter Cowok Libra Ini Bikin Wanita Jatuh Cinta (Sumber: pexels)

Sesuai dengan lambang zodiaknya yaitu timbangan, cowok Libra adalah orang yang adil dan objektif dalam menilai suatu hal. Ia akan mengatakan sesuatu yang sesungguhnya tanpa memihak. Namun ketika harus mengatakan kejujuran yang kurang mengenakkan kepada pasangannya, ia akan berusaha menyusun kata-kata yang baik.

Libra melakukannya untuk lebih menjaga hati pasangan. Bagi cewek yang lebih suka dipuji, karakter cowok Libra seperti ini mungkin membuatnya merasa tidak didukung. Namun sesungguhnya ia hanya tidak ingin menyenangkan hati seseorang dengan sebuah kepalsuan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Raih Penghargaan Bergengsi dari Asiamoney, BRI Semakin Termotivasi Jalankan Transformasi

Posted: 06 Oct 2020 10:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kembali dinobatkan sebagai Indonesia's Best Bank for SMEs 2020 dan Indonesia's Best Bank for CSR 2020 dalam ajang Asiamoney Best Bank Award 2020. Asiamoney menilai BRI sebagai bank tertua di Indonesia telah menunjukkan peran di garis depan mendukung pemulihan ekonomi nasional akibat dampak COVID-19.

Asiamoney merupakan media ekonomi dan keuangan ternama berskala internasional yang berfokus pada perbankan, pasar modal, investasi, nilai tukar dan treasury serta pasar regional di Asia. Asiamoney Best Bank Award menjadi ajang penghargaan yang diadakan sebagai bentuk apresiasi terhadap lembaga keuangan yang telah menorehkan pencapaian membanggakan sepanjang 12 bulan terakhir.

Direktur Utama Bank BRI Sunarso mengatakan Best Bank for SME's dan Best Bank for CSR merupakan dua penghargaan yang menjadi motivasi bagi seluruh pekerja BRI untuk terus menjalankan program transformasi yang tengah berjalan dengan tujuan memberikan layanan finansial terbaik bagi nasabah khususnya UMKM dan mendukung upaya Pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional.

"Kami tentu mengapresiasi penghargaan ini dan akan menjadi motivasi kami untuk melanjutkan program transformasi yang telah digulirkan sejak tahun 2016 dengan tujuan meningkatkan kinerja serta melayani nasabah dan masyarakat dengan lebih baik lagi. Khususnya UMKM yang sudah menjadi DNA-nya BRI," ujar Sunarso, Selasa (6/10).

Melansir dari situs resmi Asiamoney, Bank BRI dinilai telah menunjukkan perannya di garis depan risiko ekonomi yang dihadapi oleh bangsa. Dampak virus corona (Covid-19) tentu saja merupakan bahaya langsung, tetapi rintangan jangka panjang bagi perekonomian adalah memastikan bahwa usaha kecil dan menengah (small and medium-sized enterprises/SME's) sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi dan BRI.

Pemerintahan Presiden Joko Widodo telah mengalokasikan hampir US$50 miliar untuk ekonomi. Tetapi bagaimana BRI bank lain menanggapi kondisi ini akan sangat penting untuk menjaga bisnis UMKM di negara ini tetap bertahan.

 

(Foto:Dok.BRI)
(Foto:Dok.BRI)

Sektor UMKM yang menjadi fokus BRI, memiliki pangsa sekitar 99% atau 62 juta pelaku usaha, dari total keseluruhan pelaku usaha di Indonesia. Hampir 30% dari pelaku usaha tersebut, atau sekitar 18 juta di antaranya, telah mengakses pembiayaan bank. Bank BRI yang sejak lahir sudah memiliki DNA bisnis mikro, berkomitmen dan konsisten untuk menjaga bisnis dominan tetap di segmen UMKM. Misi BRI ke depan adalah harus bisa melayani rakyat sebanyak mungkin dengan harga semurah mungkin. Kuncinya adalah digitalisasi.

"Bank BRI terus mengakselerasi transformasi digital. Langkahnya adalah go smaller, go shorter, go faster, go cheaper," jelas Sunarso.

"Karena pandemi mengancam perolehan pendapatan per kapita Indonesia selama dua dekade terakhir, kinerja keuangan mikro yang berkembang jarang menjadi lebih penting. Itulah sebabnya semua mata tertuju pada Bank BRI, bank dengan aset terbesar di Indonesia - dan pemain penting dalam ruang pinjaman skala kecil dan keuangan mikro," demikian tulis Asiamoney.

Sementara itu, Bank BRI memperoleh penghargaan Best Bank for CSR 2020, karena dinilai memiliki komitmen untuk terus menjalankan program-program CSR yang berkesinambungan.

 

Melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) BRI Peduli, BRI memberikan beberapa bantuan dasar berupa masker, hand sanitizer dan Alat Pelindung Diri (APD).
Melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) BRI Peduli, BRI memberikan beberapa bantuan dasar berupa masker, hand sanitizer dan Alat Pelindung Diri (APD).

Menurut Asiamoney, upaya tanggung jawab sosial perusahaan yang mendalam dan beragam dari Bank BRI akhirnya membuat perbedaan yang nyata. Program pengembangan masyarakatnya, yang dikenal dengan BRI Peduli, masih dinilai menjadi program CSR terbaik di industri.

Program CSR Bank BRI ini berfokus pada beberapa sektor penting a.l: tanggap bencana, stabilitas lingkungan, kesehatan, dan pengentasan kemiskinan. Pada 2019, Bank BRI telah menyalurkan lebih dari US$ 15,4 juta untuk kegiatan BRI Peduli.

"Komitmen bank terhadap CSR telah diakui di dunia internasional. Tahun lalu, peringkat BRI dalam indeks ESG MSCI - yang mengukur kebijakan lingkungan, sosial, tata kelola perusahaan - ditingkatkan menjadi A dari BBB. BRI juga meraih kenaikan yang cukup besar dari Dow Jones Sustainability Index, berkat dukungannya terhadap program pemerintah yang berfokus pada kesehatan dan kesejahteraan masyarakat melalui pinjaman dan hibah," tulis Asiamoney.  

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Potret Maia Estianty dengan Gaya Rambut Terbaru Pendeknya, Curi Perhatian

Posted: 06 Oct 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pesona Maia Estianty memang selalu menarik perhatian publik. Musisi kelahiran 1976 ini dikenal memiliki gaya yang unik dan kerap mengganti penampilan rambutnya. 

Meski usianya sudah menyentuh angka 44 tahun, namun kecantikan wanita yang lahir di Surabaya ini masih bak remaja. Seperti baru-baru ini, Maia menuai pujian karena penampilan terbarunya. Lewat akun Instagramnya, ibu Al, El dan Dulu ini memamerkan gaya rambut terbarunya yang ikal.

Maia Estianty tampak begitu cantik dengan rambut baru dan pakaian gelap bermotif yang dipakainya. Gayanya begitu anggun saat berada di dalam mobil mewah, seperti yang ia bagikan di laman Instagramnya pada Selasa (6/10/2020).

Penasaran seperti apa? Berikut ini LIputan6.com rangkum dari berbagai sumber, 5 potret Maia Estianty dengan gaya rambut terbarunya, Rabu (7/10/2020).

1. Maia membagikan penampilan terbaru dengan mengubah gaya rambutnya lewat Instagram miliknya.

Maia Estianty tampil abru dengan rambut pendek dan ikal. (Sumber: Instagram/@maiaestiantyreal)
Maia Estianty tampil abru dengan rambut pendek dan ikal. (Sumber: Instagram/@maiaestiantyreal)

2. Penampilan wanita asal Surabaya ini dipuji banyak penggemarnya karena nampak lebih anggun.

Maia Estianty tampil abru dengan rambut pendek dan ikal. (Sumber: Instagram/@maiaestiantyreal)
Maia Estianty tampil abru dengan rambut pendek dan ikal. (Sumber: Instagram/@maiaestiantyreal)

3. Maia mengubah gaya rambutnya menjadi pendek dan ikal yang membuatnya memesona.

Maia Estianty tampil abru dengan rambut pendek dan ikal. (Sumber: Instagram/@bumiauw)
Maia Estianty tampil abru dengan rambut pendek dan ikal. (Sumber: Instagram/@bumiauw)

4. Bahkan, ia sampai mendapat julukan baru yakni Madam Eropa dan Nyonya Sultan.

Maia Estianty tampil abru dengan rambut pendek dan ikal. (Sumber: Instagram/@bumiauw)
Maia Estianty tampil abru dengan rambut pendek dan ikal. (Sumber: Instagram/@bumiauw)

5. Istri Irwan Musry ini juga tampak memoles wajahnya dengan makeup yang cukup tebal.

Maia Estianty tampil abru dengan rambut pendek dan ikal. (Sumber: Instagram/@bumiauw)
Maia Estianty tampil abru dengan rambut pendek dan ikal. (Sumber: Instagram/@bumiauw)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Survei: 43 Persen Pekerja Dipotong Gaji 30 Persen Selama PSBB

Posted: 06 Oct 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Country Manager Jobstreet Indonesia, Faridah Lim, mencatat sebanyak 43 persen pekerja Indonesia mengalami pemotongan gaji mencapai 30 persen lebih selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Data ini diperoleh berdasarkan hasil survei yang dilakukan Jobstreet lebih dari 5.000 pekerja di Tanah Air.

"Ini data berdasarkan pekerja yang sedang bekerja di mana mereka masih memiliki pekerjaan, tapi terjadi pemotongan gaji yang mencapai lebih dari 30 persen," kata dia dalam video conference di Jakarta, Rabu (7/10/2020).

Dari hasil tersebut, pihaknya juga melakukan survei tingkat kepuasan mereka terhadap kualitas hidup. Dari hasil survei, mengatakan bahwa 92 persen mereka merasa bahagia dengan kualitas hidupnya sebelum adanya pandemi Covid-19.

Namun, setelah terjadi Covid-19, kepuasan terhadap kualitas hidup turun secara signifikan dari 92 persen menjadi 38 persen.

"Jika seseorang tidak puas dengan kualitas hidupnya, maka itu pasti akan berhimpit kepada tingkat kebahagiaan," katanya.

Kemudian dari sisi pekerjaan, pihaknya juga melakukan survei apakah masyarakat bahagia dengan pekerjaannya. Sebanyak 90 persen mengatakan bahwa bahagia terhadap pekerjaanya sebelum terjadi pandemi. Namun, setelah masa pandemi turun menjadi 49 persen.

"Baagia itu adalah hal yang sangat valid di mana perubahan pola kerja dalam bekerja memberikan dampak yang membuat pekerja perlu adaptasi dengan cara kerja termasuk saat ini kita melakukan press conference secara virtual itu adalah salah satu penyesuaian yang harus dihadapi," kata dia.

Dwi Aditya Putra

Merdeka.com

Indonesia Deflasi 3 Kali Berturut-turut Akibat Pengangguran Meningkat

Para pencari kerja memadati Job Fair yang diadakan di Istora GBK, Jakarta, Rabu (19/9). Job Fair bertajuk Jakarta spektakuler
Para pencari kerja memadati Job Fair yang diadakan di Istora GBK, Jakarta, Rabu (19/9). Job Fair bertajuk Jakarta spektakuler

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat angka deflasi pada September 2020 sebesar 0,05 persen. Deflasi ini menjadi yang ketiga kalinya secara beruntun sepanjang kuartal III 2020, atau selama periode Juli, Agustus dan September.

Kepala BPS Suhariyanto menyatakan, deflasi yang terjadi selama kuartal ketiga tahun ini mengindikasikan daya beli masyarakat Indonesia yang sangat lemah pada masa pandemi Covid-19. Di sisi lain, pasokan terbilang cukup dengan adanya penurunan harga dari beberapa komoditas.

Senada, ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah menilai, fenomena deflasi merupakan suatu bentuk akibat dari terbatasnya kegiatan sosial ekonomi selama masa pandemi.

"Deflasi terjadi karena demand yang rendah di tengah menurunnya daya beli kelompok bawah, sementara kelompok menengah atas menahan konsumsi. Hal ini adalah dampak dari pandemi yang membatasi aktivitas sosial ekonomi," ujarnya kepada Liputan6.com, Minggu (4/10/2020).

Piter lantas berkesimpulan bahwa deflasi tidak akan banyak berakibat terhadap kegiatan ekonomi nasional. Sebaliknya, deflasi merupakan buntut dari tingginya angka pengangguran saat ini.

"Jadi menurut saya deflasi tidak berdampak misalnya (kepada) pengangguran dan sebagainya. Deflasi adalah implikasi dari sudah terjadinya pengangguran," jelas dia.

Sebagai informasi, deflasi yang terjadi berturut-turut sebenarnya juga pernah terjadi pada 1999. Pada saat itu, deflasi terjadi selama 7 bulan beruntun sejak Maret hingga September.

Menurut Piter, kondisi saat ini masih lebih baik ketimbang era pasca reformasi tersebut. Dia mengutarakan, kondisi sistem keuangan di masa pandemi Covid-19 ini cenderung masih terjaga daripada 1999.

"Lebih buruk saat itu. Ketika itu secara kelembagaan sistem keuangan kita hancur. Saat ini hampir semua masih stabil. Masalah kita sekarang masih terpusat di pandemi," tukas Piter.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fitur WhatsApp Advanced Search Resmi Hadir Hari Ini, Cek Cara Pakainya

Posted: 06 Oct 2020 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp akhirnya kedatangan fitur baru, yakni Advanced Search atau pencarian tingkat lanjut. Kehadiran fitur ini sebenarnya sudah diketahui sejak April 2020, tapi baru kini tersedia untuk seluruh pengguna.

Dikutip dari Android Authority, Rabu (7/10/2020), fitur ini memungkinkan pengguna WhatsApp mencari media, seperti foto, video, audio, dokumen, hingga GIF lain dengan lebih mudah.

Hal itu dimungkinkan sebab kini kolom pencarian dibuat lebih spesifik, sehingga pengguna dapat langsung memilih file yang ingin dicari. Mengingat sebelumnya, pencarian di WhatsApp hanya dapat dilakukan untuk teks saja.

Untuk memanfaatkan fitur ini, caranya pun terbilang mudah. Pengguna tinggal mengetuk ikon pencarian yang ada di pojok kanan atas aplikasi.

Setelah itu, filter pencarian spesifik akan muncul, mulai dari foto, GIF, audio, hingga dokumen. Lalu, pengguna WhatsApp tinggal memilih file yang ingin dicarinya dan mengetik kata kunci pencarian.

Nantinya, hasil pencarian tidak hanya akan menampilkan pesan yang berhubungan dengan kata tersebut, melainkan juga file yang dikirimkan bersama dengan kata pencarian tersebut. Bagaimana, mudah bukan?

Fitur Matikan Notifikasi Chat Selamanya di WhatsApp Group

Ilustrasi WhatsApp. Kredit: Webster2703 via Pixabay
Ilustrasi WhatsApp. Kredit: Webster2703 via Pixabay

Sebelumnya, WhatsApp baru saja menggulirkan pembaruan anyar melalui Google Play Beta Program, dengan membawa versi beta 2.20.201.10.

Dalam pembaruan ini WhatsApp mengaktifkan fitur yang disebut Always Mute. Ini merupakan opsi baru yang menggantikan pilihan matikan notifikasi chat "1 tahun".

Dengan fitur Always Mute, kamu bisa dengan mudah mematikan notifikasi chat di WhatsApp Group selamanya.

Diwartakan WABetaInfo, Sabtu (3/10/2020), fitur tersebut baru saja muncul untuk penguji beta sehingga mereka bisa mencobanya.

Jika belum muncul, harap bersabar dan kamu akan menerima opsi ini dalam beberapa hari ke depan.

Untuk diketahui, WhatsApp mengembangkan fitur Always Mute sejak Juli 2020. Fitur ini bermanfaat ketika pengguna ditambahkan ke sebuah grup tetapi tidak tertarik dengan obrolan di dalamnya.

Saat ini, pengguna hanya punya opsi untuk mematikan notifikasi chat di WhatsApp Group untuk 1 tahun.

Storage Usage Hingga Media Guidelines

Ilustrasi WhatsApp (iStockPhoto)
Ilustrasi WhatsApp (iStockPhoto)

Selain fitur tersebut, WhatsApp beta terbaru juga menghadirkan "Storage Usage" UI yang memiliki tampilan detail tentang penggunaan ruang penyimpanan, ketimbang sebelumnya. 

Pada tampilan baru ini, halaman bar menampung lebih banyak informasi memori penyimpanan. Di bawahnya ada opsi untuk membersihkan file yang sudah tidak diperlukan.

Ada pula ikon dua baris yang berisi file-file yang baru diterima serta dukungan untuk penyortiran.

Terakhir, pada WhatsApp untuk Android Beta v2.20.201.10 juga menambahkan "Media Guidelines" yang memiliki fungsi seperti pada Instagram.

Media Guidelines ini membantu pengguna meluruskan stiker dan teks ketika mengedit gambar, video, dan GIF.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal Foto Manipulasi Ma'ruf Amin, Polisi Tunggu Surat Resmi dari Istana Wapres

Posted: 06 Oct 2020 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin telah memaafkan pelaku yang memanipulasi fotonya. Namun, pihak kepolisian masih menunggu surat resmi dari Ma'ruf Amin.

Pekan lalu, Kepolisian Republik Indonesia telah berhasil menangkap pelaku manipulasi foto Wapres RI, Maruf Amin. Pelaku berinisial SM ditangkap dikediamannya di kawasan Sei Tualangraso, Tanjung Balai Asahan, Sumatera Utara.

SM mengunggah foto kolase Ma'ruf Amin di Facebook dengan nama akun Oliver Leaman S. Foto Ma'ruf Amin dimanipulasi menjadi gambar animasi aktor film porno Jepang, Shigeo Tokuda, atau yang dikenal di Indonesia dengan sebutan "Kakek Sugiono".

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Awi Setiyono mengatakan penyidik Bareskrim Polri masih melanjutkan proses hukum kasus kolase foto Wakil Presiden Ma'ruf Amin, meski Wapres disebut telah memaafkan pelaku.

Awi mengatakan polisi perlu mengantongi surat resmi dari Istana Wakil Presiden yang menyatakan bahwa Ma'ruf telah memaafkan pelaku berinisial SM tersebut.

"Kita dapat informasi di media bahwa Wakil Presiden telah memaafkan, secara hukum tentu kami tetap berjalan di atas rel. Penyidik akan berpedoman kepada KUHP. Apabila nanti ada surat dari Istana Wakil Pesiden, tentunya nanti itu jadi pertimbangan penyidik," ujar Awi dalam jumpa pers di Bareskrim Polri, Jakarta, Senin.

Awi mengatakan meski nantinya surat resmi tersebut telah diberikan, hal itu tidak serta merta membuat proses hukum terhadap pelaku dihentikan. Kewenangan terkait kelanjutan kasus tersebut ada di tangan penyidik.

"Terkait dengan keputusan apa tentunya kembali lagi itu semuanya kewenangan penyidik," kata Awi.

Lebih lanjut Awi mengatakan saat ini SM tengah menjalani penahanan. Dia, kata Awi, dikenakan pasal terkait dengan ujaran kebencian yang berdasarkan SARA. 

 

Motif Pelaku

Polisi menyita barang bukti berupa satu unit handphone warna hitam, satu kartu SIM, dan satu akun Facebook bernama Oliver Leaman S.

"(Pelaku dijerat) dengan persangkaan pasal 45A Ayat (2) juncto Pasal 28 Ayat (2) dan pasal 27 Ayat (3) UU Nomor 19/2016 tentang perubahan UU Nomor 11/2008 tentang ITE," ujar Kepala Divisi Humas Kepolisian Indonesia, Inspektur Jenderal Polisi Argo Yuwono, dikutip dari Antara.

Argo mengatakan SM ditangkap di kediamannya di kawasan Sei Tualangraso, Tanjung Balai Asahan, Sumatera Utara. Pelaku mengunggah kolase Ma'ruf Amin dengan gambar animasi aktor film porno Jepang lantaran merasa kecewa dengan pernyataan Ma'ruf pada tayangan di YouTube.

Namun, Yuwono tidak merinci pernyataan maupun tayangan dimaksud yang menjadi motif pelaku itu. "Kecewa tentang pernyataan Pak Ma'ruf Amin di channel YouTube," kata dia. (Antara)

 

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Warga Mampu Diminta Pakai Bright Gas, Ini Kelebihannya dari Elpiji 3 Kg

Posted: 06 Oct 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina terus mengedukasi agar masyarakat memakai gas elpiji sesuai peruntukan. Seperti pada kebutuhan gas rumah tangga, masyarakat mampu diminta sebaiknya memakai Bright Gas daripada gas 3 kilogram (kg), yang memang ditujukan bagi masyarakat tidak mampu.

Vice President Promotion & Marketing Communication PT Pertamina, Arifun Dhalia, mengatakan, produk Bright Gas milik Pertamina, dua kali lebih aman dari pada tabung elpiji biasa.

Selain itu, Bright Gas juga sudah dilengkapi dengan segel hologram, sehingga isinya lebih terjamin dan konsumen bisa langsung mengetahui apakah tabung elpiji tersebut asli atau tidak.

Kelebihan lain dan yang paling utama dalam tabung 5,5 kg dan 12 kg Bright Gas, yaitu terdapat teknologi valve ganda yang berfungsi mengurangi tekanan gas berlebih.

Bright Gas juga menawarkan kenyamanan karena mudah dibawa dan tersedia di SPBU dan outlet terdekat, bahkan tersedia layanan antar, dan bisa dipesan via aplikasi My Pertamina.

Bright Gas yang memiliki warna tabung warna-warni juga dilengkapi dengan security seal cap atau penutup tabung yang lebih aman, karena menggunakan teknologi double spindle dan karet pelindung. Maka dari itu, tabung Bright Gas ini aman dan tahan benturan.

Juga, memiliki katub pengaman ganda atau DSVS. Teknologi DSVS ini berfungsi untuk menjaga gas LPG agat tidak bocor. Bila salah satu katub bocor, masih ada satu katub yang menahan gas bocor sehingga dua kali lebih aman daripada produk gas elpiji lainnya.

Bright Gas juga dilengkapi dengan Safety Valve, fungsinya untuk mengeluarkan tekanan gas secara perlahan bila tekanan dalam tabung terlalu tinggi. Hal ini akan mengurangi resiko terjadinya ledakan tabung yang menyebabkan kebakaran.

Segel pada Bright Gas dilengkapi dengan QR Code, kode yang tertera dapat dipindai dengan aplikasi QR Code pada smartphone, untuk mendapatkan indormasi lokasi pengisian Bright Gas.

 

Lokasi Pembelian

Petugas merapikan bright gas 5,5 kg dan 12 kg di SPBU Cikini, Jakarta, Rabu (8/4/2020). PT Pertamina (Persero) melalui MOR III mencatat peningkatan konsumsi LPG nonsubsidi rumah tangga sebesar 25 persen di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten dalam sepekan terakhir.(Liputan6.com/Angga Yuniar)
Petugas merapikan bright gas 5,5 kg dan 12 kg di SPBU Cikini, Jakarta, Rabu (8/4/2020). PT Pertamina (Persero) melalui MOR III mencatat peningkatan konsumsi LPG nonsubsidi rumah tangga sebesar 25 persen di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten dalam sepekan terakhir.(Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pertamina pun, kini terus memperluas pemasaran Bright Gas hingga Alfamart, Indomaret, sehingga masyarakat terutama yang tinggal di perumahan, dapat lebih mudah membeli Bright Gas.

Ke depan, Pertamina akan terus memberikan edukasi, meningkatkan awareness produk, terutama produk nonsubsidi.

Apalagi, semua produk non subsidi yang dimiliki Pertamina, kini juga makin mudah diakses oleh konsumen baik melalui Layanan Pesan Antar melalui call center 135, maupun Pertamina Delivery Service (PDS).

Bahkan, bisa dipesan melalui aplikasi MyPertamina, dimana sekarang bisa melayani pembelian Pertamax series di seluruh SPBU Pertamina di Indonesia serta pembelian produk di Bright Store.

"Direncanakan pada akhir September, konsumen sudah dapat melakukan pembelian produk LPG melalui fitur Pertamina Delivery Service. Layanan PDS saat ini dilayani dari 2 Jenis Lembaga Penyalur, Untuk SPBU sudah dilayani dari 329 SPBU dan 580 Agen LPG untuk melayani produk Bright Gas yang tersebar di seluruh Indonesia," ucap Arifun.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Qatar Airways Bagi-Bagi 21 Ribu Tiket Gratis untuk Guru di Seluruh Dunia, Cek Cara Klaimnya

Posted: 06 Oct 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Qatar Airways punya cara tersendiri dalam berterima kasih kepada para guru di seluruh dunia atas kerja keras dan dedikasi dalam mendidik siswa. Melansir AsiaOne, Rabu (7/10/2020), maskapai berbasis di Doha, Qatar ini bagi-bagi 21 ribu tiket gratis.

Guru akan menerima tiket kelas ekonomi ke salah satu dari 90 tujuan maskapai penerbangan tersebut di seluruh dunia. Periode perjalanannya dimulai dari 20 Oktober 2020 hingga 30 September 2021.

"Dengan begitu, Anda bisa merasakan liburan yang sudah selayaknya didapatkan," begitu penggalangan keterangan pihak Qatar Airways di laman resmi mereka. Di samping, para guru juga akan mendapat diskon 50 persen untuk tiket penerbangan di masa depan untuk diri sendiri, keluarga, atau teman mereka.

Mereka juga akan memperoleh 2.021 Qmiles bila memutuskan bergabung ke Privilege Club. Poin ini dapat ditukarkan dengan berbagai hadiah, seperti penerbangan gratis, peningkatan kelas penerbangan, akses ruang tunggu, dan jatah bagasi ekstra.

Menikmati promo program tersebut, Anda harus lebih dulu mendaftar di situs web Qatar Airways. Perhatikan bahwa sejumlah kode promosi diberi pada pelamar yang berhasil di setiap negara hanya sampai hari ini Rabu (7/10/2020).

Praktiknya pun memberlakukan syarat dan ketentuan yang berlaku."Silakan merujuk ke profesi yang memenuhi syarat dan pastikan Anda membawa semua dokumen yang diperlukan saat bepergian," tutup pihaknya.

Bukan Kali Pertama

Qatar Airways (Ist)
Qatar Airways (Ist)

Beberapa bulan lalu, Qatar Airways juga telah membuat program bagi-bagi 100 ribu tiket pesawat gratis. Kala itu, sasarannya adalah para petugas medis di garda depan dari seluruh dunia.

Sebagaimana "Thank You Teacher," program ini pun merupakan ungkapan terima kasih atas upaya tenaga kesehatan dalam menanggulangi pandemi COVID-19. Pengajuannya memungkinkan tiap petugas medis mendapat dua tiket kelas ekonomi pulang-pergi ke destinasi yang terdapat di dalam rute maskapai tersebut.

Pendaftaran dan menunggu aplikasi disetujui pun jadi tahap yang harus dilalui di waktu tersebut. Setelahnya, pihak maskapai akan memberi notifikasi bila pengajuan diterima, sekaligus menerbitkan tiket pesawat dengan tujuan pilihan.

Infografis Strategi Tekan Harga Tiket Pesawat (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Strategi Tekan Harga Tiket Pesawat (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal Elysha Chloe, Perenang Muda Indonesia yang Pecahkan 3 Rekornas

Posted: 06 Oct 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Di tengah pandemi Covid-19 yang berkepanjangan, Indonesia mendapat kabar baik dari dunia renang. Perenang muda Elysha Chloe Pribadi mampu menorehkan catatan apik di Australia.

Tak tanggung-tanggung, gadis berusia 15 tahun itu memecahkan tiga rekor nasional dalam kurun satu bulan di Australia. Dua rekor nasional yang di dipecahkan Elysha yaitu 100 m dan 200 m gaya dada pada ajang 2020 McDonald's QLD Short Course Championship di Brisbane Aquatic Center, Australia, 26-27 September 2020 lalu.

Kemudian, Elysha Chloe juga memecahkan nomor 50 meter gaya dada pada 2020 Speedo Short Course Meet di tempat yang sama pada Agustus 2020. Elysha Chloe mampu mengoleksi 1 emas dan 4 perak setelah tampil energik untuk mengalahkan para perenang Australia.

"Saya turut prihatin dengan adanya pandemi Covid 19. Saya juga terpaksa berhenti latihan selama 10 minggu karena situasi di Australia mengalami darurat lockdown penuh. Di masa sulit ini, jujur saya cukup down dan banyak merenungkan masa depan saya. Sewaktu mulai latihan kembali, saya merasa berat sekali dan benar-benar saya harus memulai semuanya lagi dari awal," ujar Elysha yang akrab disapa Ely itu dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.

"Dengan dukungan penuh orang tua saya, mereka menyakinkan dan memotivasi untuk mendapatkan keyakinan saya kembali. Saat bertanding, saya sangat bergairah untuk mencapai target waktu terbaik dan saya senang rasanya dapat kembali berkompetisi dengan adrenalin tinggi. Hasil ini tidak membuat saya jumawa, justru menjadi tantangan untuk bisa berprestasi lebih tinggi lagi," lanjut Elysha Chloe.

 

 

Rekor-Rekor

Perenang putri junior Indonesia, Elysha Chloe Pribadi. (Dok. Pribadi)
Perenang putri junior Indonesia, Elysha Chloe Pribadi. (Dok. Pribadi)

Pada nomor 100 m gaya dada, Elysha mencatat waktu 1 menit 10,56. Catatan ini membawanya memecahkan rekor milik Ressa Kania Dewi dengan 1 menit 10,57 detik.

Sedangkan pada nomor 200 meter gaya dada Elysha mencatat waktu 2 menit 37,56 detik. Elysha pun memecahkan rekor yang sebelumnya dimiliki Felicia Tjandra selama 14 tahun.

Elysha kemudian memecahakn rekor yang dipegang oleh Margareta Kreptadani (33,61 detik) di Asian Indoor Martial Arts Games 2013 di Incheon, Korea Selatan kala itu.

Sukses Elysha ini sungguh luar biasa. Pasalnya Elysha sempat cukup down karena tak bisa latihan renang cukup lama selama pandemi Covid-19.

Kendala

Perenang putri junior Indonesia, Elysha Chloe Pribadi. (Dok. Pribadi)
Perenang putri junior Indonesia, Elysha Chloe Pribadi. (Dok. Pribadi)

"Di masa sulit ini, jujur saya cukup down dan banyak merenungkan masa depan saya. Waktu mulai latihan kembali, saya merasa berat sekali dan benar-benar harus memulai semuanya lagi dari awal," kata Elysha mengutip dari ANTARA pada Kamis (1/10/2020).

Elysha mengaku terpaksa berlatih di laut. Latihan ini dipilih untuk dilakukan sebagai upaya dari ayahnya, Reza Pribadi, guna mengembalikan kemampuan fisik Elysha Setelah rehat cukup lama.

"Saya berhenti berenang selama 10 minggu sebelum akhirnya latihan 3 bulan dan ikut lomba. Saya juga latihan di laut setiap dua hari sekali," ujar Elysha.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selamatkan Ribuan Jiwa, Tikus Pendeteksi Ranjau Darat Ini Diberi Penghargaan

Posted: 06 Oct 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seekor tikus pendeteksi ranjau darat telah dianugerahi medali emas untuk keberaniannya dan pengabdiannya dalam menyelamatkan nyawa. Magawa, nama tikus tersebut, secara langsung telah menyelamatkan warga Kamboja karena dapat mendeteksi ranjau darat dan bahan peledak yang mematikan.

Setiap penemuan yang dia temukan dapat membantu mengurangi risiko cedera atau kematian bagi penduduk setempat. Melansir dari theguardian, jumlah orang yang telah diamputasi akibat dari ranjau terbilang cukup tinggi di dunia, lebih dari 40.000 orang.

Magawa yang seekor tikus raksasa Afrika berkantung, telah menemukan sebanyak 39 ranjau darat dan 28 item persenjataan yang belum meledak di Kamboja. Tikus tersebut telah dilatih oleh organisasi amal APOPO.

Penghargaan atas keberaniannya

Seekor tikus pendeteksi ranjau darat telah dianugerahi medali emas untuk
Seekor tikus pendeteksi ranjau darat telah dianugerahi medali emas untuk

Dia adalah Pahlawan Tikus yang paling sukses. Magawa secara resmi diakui atas kerja kerasnya dan dianugerahi sebuah miniatur Medali Emas PDSA, dia adalah tikus pertama dalam 77 tahun sejarah amal yang menerima penghargaan semacam itu.

Christophe Cox, kepala eksekutif APOPO, mengatakan "Menerima medali ini merupakan suatu kehormatan bagi kami. Saya telah bekerja dengan APOPO selama lebih dari 20 tahun."

"Apalagi bagi pelatih hewan kita yang setiap hari bangun pagi-pagi sekali, untuk melatih hewan-hewan itu di pagi hari," ujarnya

Faktanya, tikus dapat dilatih untuk mendeteksi senyawa kimia dalam bahan peledak. Butuh setidaknya pelatihan selama satu tahun sebelum seekor tikus disertifikasi.

Pahlawan tikus amal paling sukses

Seekor tikus pendeteksi ranjau darat telah dianugerahi medali emas untuk
Seekor tikus pendeteksi ranjau darat telah dianugerahi medali emas untuk

Magawa, yang sekarang sudah mendekati usia pensiun, dapat menggeledah area lapangan tenis dalam 30 menit, yang harusnya membutuhkan waktu hingga empat hari bagi manusia biasa.

Direktur Jenderal PDSA Jan McLoughlin menambahkan, "Sinergi Magawa dan APOPO benar-benar unik dan luar biasa."

Penulis

Fayola Gishlaine

Universitas Multimedia Nusantara

Saksikan Video Pilihan Dibawah Ini:

Ranjau darat di perbatasan Tiongkok-Vietnam. Source: Youtube/Leon K. Geist
Ranjau darat di perbatasan Tiongkok-Vietnam. Source: Youtube/Leon K. Geist

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penting, Servis Mobil Berdasarkan Jarak atau Waktu Jangan Terlewat

Posted: 06 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pemilik mobil, melakukan servis berkala untuk kendaraan kesayangannya adalah hal yang wajib. Dengan begitu, roda empat akan memiliki performa yang baik, dan tidak cepat rusak.

Biasanya, perawatan berkala mobil dilakukan setiap 10 bulan atau kelipatan 10 ribu km (Tergantung mana yang lebih dulu tercapai).

Dijelaskan Samsudin, Aftersales Support PT Astra International - Peugeot, jika semua kendaraan merek atau jenis apapun tetap membutuhkan yang namanya perawatan atau servis berkala.

"Semua mobil akan turun performanya seiring dengan waktu, akibat dari komponen yang tidak terawat dan mulai aus," jelas Samsudi dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Selasa (5/10/2020).

 

Ikuti Aturan

Lanjutnya, agar komponen mobil selalu terjaga dan terhindar dari biaya perbaikan komponen yang rusak atau ingin mendapatkan rasa aman dalam berkendara karena kendaraan dalam kondisi prima harus dilakukan perawatan berkala.

"Selain itu, jika ingin mendapatkan salah satu syarat untuk tetap berlakunya warranty, adalah dengan melakukan perawatan berkala sesuai dengan petunjuk buku servis," imbuhnya.

 

Garansi

Sebagai informasi, setiap pelanggan harus mentaati peraturan yang ada di buku garansi, maupun buku maintenance package keluaran PT Astra Peugeot.

"Sebagai contoh service berkala wajib dilakukan setiap 10.000 kilometer/10 bulan selama 5 tahun/60.000 kilometer. Serta jaminan warranty kendaraan sampai dengan 5 tahun/100.000 kilometer," pungkasnya.

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Biji Kakao dan Kelapa dari Sulteng Laris Manis di Negeri Orang

Posted: 06 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Palu - Ekspor komoditas pertanian Sulawesi Tengah pada semester pertama tahun 2020 mengalami peningkatan signifikan. Peningkatannya bahkan disebut mencapai 2 kali lipat dibanding periode sama tahun sebelumnya.

Berdasarkan data Balai Karantina Pertanian Kelas II palu, terdapat 5 komoditas pertanian yang tercatat mengalami peningkatan ekspor secara signifikan, yakni kakao biji sebanyak 2.000 ton, kelapa parut 1.220 ton, kelapa bulat 336 ton, minyak kelapa kategori VCO 55 ton, dan minyak kelapa CO sebanyak 15 ton.

Selain 5 komoditas itu, secara umum menurut Kepala Balai Karantina Pertanian Palu, semua komoditas Sulteng mengalami kenaikan ekspor pada periode pertama tahun 2020.

"Kenaikan ekspornya 2 kali lipat atau 200 persen dibanding periode Januari sampai Juni tahun 2019 lalu," Kepala Balai Karantina Pertanian Kls II Palu, Ida Bagus Hary Soma Wijaya di kantornya, Rabu (30/9/2020).

Kata Hary, peningkatan ekspor itu terlihat dari terjadinya peningkatan frekuensi pengiriman, bertambahnya negara tujuan ekspor serta volumenya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Strategi Balai Karantina Pertanian Dukung GraTIEks

Ka Balai Karantina Pertanian Palu Kls II Palu, Ida Bagus Hary Soma Wijaya (kiri) bersama Staf Khusus Kementerian Pertanian, Erik Tamalagi, saat memberi sambutan dalam pelatihan kehumasan untuk pegawai UPT Pertanian Sulteng, Rabu (30/9/2020).
Ka Balai Karantina Pertanian Palu Kls II Palu, Ida Bagus Hary Soma Wijaya (kiri) bersama Staf Khusus Kementerian Pertanian, Erik Tamalagi, saat memberi sambutan dalam pelatihan kehumasan untuk pegawai UPT Pertanian Sulteng, Rabu (30/9/2020).

Hary bilang kendatipun capaian positif itu sudah diraih pada periode pertama tahun 2020, upaya peningkatan ekspor dan daya saing komoditas pertanian Sulteng tetap jadi fokus pihak-pihak terkait seperti pemerintah daerah, BUMN, dan instansi vertikal. Terlebih dengan telah dibentuknya Tim Terpadu Akselerasi Kinerja Ekspor Sulawesi Tengah pada 22 September 2020 lalu.

Tim itu dibuat salah satunya juga untuk mendukung program peningkatan ekspor daerah yang dicanangkan pemerintah pusat.

"Balai Karantina Pertanian Palu juga masuk dalam tim itu untuk mendukung Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor Pertanian (GraTIEks) dengan target sampai tahun 2024," Kata Hary.

Dengan peran dan fungsi Balai Karantina Palu, Hary optimis dan berharap target tahun 2024 untuk peningkatan ekspor pertanian itu dapat diraih mengingat potensi pertanian di Sulteng yang besar.

"Contohnya komoditas kelapa bulat. Sudah ada 5 perusahaan yang siap menampung dengan hampir mendekati 3 juta kilogram. Kami terapkan sistem pelayanan optimal: simplifikasi, transparansi, pertanggungjawaban publik untuk mendukung geliat ekspor," dia memungkasi.

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Segera Beli, Paket Pelatihan Kartu Prakerja Gelombang 7 Hangus 2 Hari Lagi

Posted: 06 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja mengingatkan penerima manfaat geombang 7 untuk segera membeli paket pelatihan pertama selambat-lambatnya pada 9 Oktober 2020 pukul 23.59 WIB.

"Bagi Sobat Prakerja yang sudah lolos Gelombang 7, namun belum membeli pelatihan pertama, segera beli pelatihan pertamamu sekarang juga!," dilansir dari laman instagram @prakerja.go.id, Rabu (7/10/2020).

Adapun batas pembelian pelatihan pertama bagi penerima Kartu Prakerja Gelombang 7 adalah tanggal 9 Oktober 2020 pukul 23.59 WIB.

"Bila lewat dari waktu tersebut Sobat belum membeli pelatihan pertama, maka kepesertaan Sobat dalam program Kartu Prakerja akan dicabut,"

Sebagai informasi, pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 7 telah ditutup pada 7 September 2020 lalu, dengan kuota penerima sebanyak 800.000 orang.

Pengumuman, Nomor Kontak Layanan Kartu Prakerja Berubah

Ilustrasi kartu prakerja. Prakerja.go.id
Ilustrasi kartu prakerja. Prakerja.go.id

Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada Peserta Kartu Prakerja, Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja melakukan perubahan Nomor Pelayanannya.

Dilansir dari laman instagram @prakerja.go.id, Senin (5/20/2020), Mulai hari ini Nomor Layanan Masyarakat Kartu Prakerja berubah menjadi: 0800-150-3001.

"Sobat Prakerja, mulai 5 Oktober 2020, Nomor Layanan Masyarakat Kartu Prakerja berubah menjadi 0800-150-3001," tulis akun tersebut.

Adapun jam operasional layanan ini yakni Senin-Minggu pukul 08.00-20.00 WIB. "Untuk memberikan pelayanan yang lebih baik, Nomor Layanan Masyarakat Kartu Prakerja akan beroperasi pada hari Senin-Minggu pukul 08.00-20.00 WIB,"

Selain melalui saluran telepon, penyampaian kendala atau pertanyaan dapat dilakukan melalui fitur live chat di situs www.prakerja.go.id. Atau melalui surat elektronik (surel/email) ke info@prakerja.go.id. 

Usai Gelombang 10 Kartu Prakerja Diumumkan, Ikuti 4 Langkah Pelatihan Ini

Kartu Prakerja
Kartu Prakerja

Penerima peserta Kartu Prakerja gelombang 10 rencananya akan diumumkan pada Jumat, 2 Oktober 2020 ini.

Hal ini diumumkan langsung  Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja melalui akun Instagram Kartu Prakerja @prakerja.go.id.

"Selamat bagi Sobat yang telah mendapat SMS pengumuman sebagai penerima Kartu Prakerja Gelombang 10," dikutip dari laman instagram @prakerja.go.id.

Bagi yang sudah menerima pemberitahuan lolos Kartu Prakerja Gelombang 10, bisa mengikuti langkah-langkah berikutnya untuk mengikuti pelatihan. 

Keempat langkah tersebut tentunya sangat mudah:

1. Cek dashboard akun Prakerja untuk memastikan dana pelatihan sudah tersedia

2. Bandingkan pelatihan di Bukalapak, Mau Belajar Apa, Pintaria, Pijar Mahir, Sisnaker, Sekolahmu, atau Tokopedia

3. Pilih pelatihan sesuai kebutuhanmu

4. Beli pelatihan dan bayar dengan kartu Prakerja Gelombang 10.

Saat ini, Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja  sedang dalam tahap mengirimkan dana ke akun peserta Kartu Prakerja secara bertahap.

Bila dana Prakerja Gelombang 10 belum tersedia, disarankan sabar dan mengecek akun Prakerja secara berkala.

Melalui laman yang sama, PMO Kartu Prakerja mengingatkan bahwa program kartu Prakerja Gelombang 10 hanya bisa digunakan satu kali. Artinya tiap pemilik akun harus memilih pelatihan yang tepat sesuai kebutuhan dan minat masing-masing.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kejagung Tangkap Buron Mantan Pembaca Berita TV Dalton Ichiro Tanonaka

Posted: 06 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kejaksaan Agung (Kejagung) menangkap mantan pembaca berita di salah satu stasiun televisi swasta, Dalton Ichiro Tanonaka. Dia merupakan buron kasus penipuan PT Melia Media.

Kapuspen Kejagung Hari Setiyono menyampaikan, Dalton ditangkap di apartemen di kawasan Permata Hijau, Kebayoran lama, Jakarta Selatan.

"Tadi malam ditangkap di tempat tinggalnya di apartemen daerah Permata Hijau sekitar pukul 00.40 WIB. Tim berhasil mendeteksi yang bersangkutan dan malam hari itu diamankan," tutur Hari di Kejagung, Jakarta Selatan, Rabu (7/10/2020).

Menurut Hari, Dalton dinyatakan terbukti melakukan tindak pidana penipuan dan penggelapan uang sebesar USD 500 ribu berdasarkan putusan Mahkamah Agung Nomor 761K/Pid/2018 tanggal 4 Oktober 2018. Dia divonis hukuman pidana penjara selama 3 tahun.

"Perlu kami sampaikan, tercatat dalam dokumen kami bahwa yang bersangkutan adalah WNA, yaitu warga negara Amerika Serikat. Tentunya eksekutor akan melakukan prosedur bagaimana terhadap eksekusi terpidana yang memiliki kewarganegaran asing, kami akan berikan ke Kedubes saudara tersebut," kata Kapuspen Kejagung itu.

 

Dieksekusi di Lapas Salemba

Dalton rencananya dieksekusi di Lapas Salemba. Tentunya dengan memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19.

"Hukum di Indonesia menganut dia melakukan perbuatan apa, diadili di Indonesia. Ketika pelaksanaan eksekusi, jaksa harus mengeksekusi sehingga apabila ada mekanisme lain, tentu mekanismenya adalah bilateral terhadap negara itu. Yang jelas jaksa melaksanakan putusan pengadilan yang telah inkrah, yang dalam hal ini putusan MA nomor 761K/Pid/2018 tanggal 4 Oktober 2018," Hari menandaskan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Apple Bakal Gelar Acara Online 13 Oktober, Peluncuran iPhone 12?

Posted: 06 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Apple akan kembali menggelar sebuah acara secara online pada bulan ini. Acara tersebut akan diadakan pada 13 Oktober 2020.

Dilansir GSM Arena, Rabu (7/10/2020), Apple telah menyebarkan undangan untuk acara tersebut. Acara itu akan digelar di Apple Park, dan disiarkan secara online seperti dua acara sebelumnya.

Seperti biasa, undangan tersebut berisi gambar yang menampilkan ikon Apple. Terdapat tagline "Hi, Speed" di bawah gambar.

Sejauh ini belum ada konfirmasi mengenai apa yang akan diumumkan oleh Apple. Namun kemungkinan untuk mengumumkan seri iPhone 12.

Selain itu, Apple sebelumnya juga diprediksi akan merilis produk Mac dan audio terbaru pada tahun ini.

Apple Setop Jualan Produk Audio Pihak Ketiga

Ilustrasi Apple  (AP Photo/Mary Altaffer, File)
Ilustrasi Apple (AP Photo/Mary Altaffer, File)

Lebih lanjut, Apple dilaporkan telah berhenti menjual perangkat headphone maupun speaker nirkabel besutan pihak ketiga di toko miliknya. Menurut laporan, keputusan ini dilakukan sebab Apple tengah bersiap meluncurkan produk audio terbaru.

Dilansir Bloomberg, sejumlah produk dari perusahaan audio seperti Sonos, Bose, dan Logitech sudah tidak ditemui lagi di toko resmi online Apple sejak akhir bulan lalu.

Sementara untuk di toko fisik, karyawan di Apple Store juga diminta untuk menyingkirkan produk audio tersebut. Menyusul laporan ini, saham Sonos dilaporkan sempat turun hingga 7 persen.

Strategi Baru

Apple memang disebut tengah menggarap perangkat over-ear headphone pertamanya dan memperkenalkan HomePod versi lebih kecil. Karenanya, keputusan menyetop penjualan audio pihak ketiga ini disebut menjadi strategi perusahaan mendorong produk besutannya.

Strategi semacam ini sebenarnya bukan kali pertama dilakukan. Pada 2014, perusahaan juga memutuskan untuk berhenti menjual produk Fitbit, tidak lama setelah perusahaan mengumumkan Apple Watch.

Apple sendiri mengatakan pihaknya memang secara rutin mengganti aksesoris pihak ketiga yang dijual. Perubahan dilakukan tergantung dari kehadiran produk baru dan kebutuhan konsumen.

(Din/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keterbatasan Tak Jadi Masalah, Mahasiswa Penyandang Tunanetra di Malang Tetap Melek Teknologi

Posted: 06 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Peneliti dari Universitas Brawijaya Malang Anita Tri Widiyawati menemukan bahwa kondisi tunanetra tidak membuat penyandangnya tak mengikuti perkembangan teknologi.

Simpulan tersebut diambil dari hasil analisis wawancara terhadap mahasiswa penyandang tunanetra di Universitas Brawijaya Malang. Di mana keterbatasan dalam kekurangan fisik mahasiswa penyandang tunanetra tidak membuat mereka untuk tidak mengikuti perkembangan teknologi.

"Pada dasarnya mahasiswa penyandang tunanetra dapat mengakses dan mendapatkan informasi melalui internet, salah satunya ialah dengan mengakses perpustakaan digital," tulis Anita dalam penelitiannya dikutip pada Senin (5/10/2020).

Ia menambahkan, mahasiswa penyandang disabilitas netra pada umumnya mengetahui berbagai macam sumber informasi di perpustakaan digital Universitas Brawijaya seperti ebook, jurnal, video, OPAC, dan lain-lain. Namun, tidak semuanya dapat diakses karena aplikasi yang mereka gunakan terkadang tidak mendukung  seperti tidak dapat membaca informasi dalam bentuk format .jpg, .png, maupun format foto dan hasil scan sehingga hanya informasi dalam bentuk dokumen saja yang dapat mereka gunakan.

Dalam mencari data dan informasi, tunanetra perlu memiliki kompetensi dan keterampilan yang berkaitan erat dengan tiga tugas pemrosesan informasi. Tiga tugas pemrosesan informasi tersebut adalah penyaringan informasi, pencocokan makna, dan membangun makna.

"Setiap tugas bergantung pada keterampilan yang berbeda. Semakin banyak keterampilan orang yang dikembangkan, semakin banyak dia melek media. Setiap tugas bergantung pada struktur pengetahuan, semakin berkembang struktur pengetahuan seseorang, semakin banyak dia melek media."

Mahasiswa Tunanetra Bisa Membedakan Informasi Benar dan Salah

Tiga tugas pemrosesan informasi adalah penyaringan informasi, pencocokan makna, dan membangun makna. Tugas ini dilakukan dalam rangkaian memproses informasi.

Mahasiswa dapat membedakan informasi yang valid dengan informasi yang tidak valid dengan melihat penulis maupun hak ciptanya.

"Kondisi tunanetra ternyata tidak menjadikan alasan untuk tidak mengetahui informasi yang valid dan tidak valid. Dari hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa informan (mahasiswa tunanetra) mampu mengidentifikasi informasi yang valid dan informasi yang tidak valid dengan cara memastikan pengarang maupun hak cipta."

"Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa tunanetra dapat menguasai literasi media terhadap perpustakaan digital dengan bantuan aplikasi maupun bantuan orang lain yang memberikan pelatihan atau pembekalan dalam mengakses serta menggunakan media," tutupnya.

Infografis Disabilitas

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas. (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas. (Liputan6.com/Triyasni)

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Membuat Kombucha Sendiri di Rumah, Ketahui Manfaatnya

Posted: 06 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mengonsumsi makanan dan minuman fermentasi sangat baik untuk tubuh. Produk fermentasi mengandung probiotik yang bermanfaat untuk sistem pencernaan dan kekebalan. Kombucha adalah salah satu cara menikmati produk fermentasi.

Kombucha merupakan minuman fermentasi yang dibuat dari teh, gula, biakan bakteri, dan ragi. Minuman ini memiliki rasa manis bersoda yang segar. Anda bisa membuat kombucha sendiri di rumah untuk mendapatkan mafaat baiknya.

Cara membuat kombucha membutuhkan waktu antara 7 sampai 14 hari untuk proses fermentasi. Cara membuat kombucha memang harus mengikuti tahap-tahap tertentu. Cara membuat kombucha juga harus memperhatikan kebersihan dan pemilihan bahan berkualitas untuk menjaga keamanan hasil kombucha.

Berikut cara membuat kombucha dan manfaatnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(7/10/2020).

Bahan untuk membuat kombucha

ilustrasi teh hijau/unsplash
ilustrasi teh hijau/unsplash

Air

Bahan pertama yang harus disiapkan untuk membuat kombucha adalah air. Disarankan untuk tidak menggunakan air mineral atau air kemasan. Ini karena air mineral bisa mengandung ozon yang akan memperlambat proses fermentasi.

Anda bisa menggunakan air steril. Ini bisa air keran yang direbus hingga mendidih dan didinginkan semalaman. Bisa juga menggunakan air tanah yang sudah difiltrasi dengan karbon aktif atau sistem filtrasi lainnya. Siapkan 2-3 liter air steril untuk membuat kombucha.

Teh

Bahan selanjutnya adalah teh. Anda bisa menggunakan jenis teh apa saja untuk membuat kombucha. Teh yang bisa digunakan seperti teh hijau, teh hitam, teh oolong, teh putih, atau gabungan di antaranya. Disarankan menggunakan teh berbentuk daun alih-alih teh celup atau kemasan. Sebaiknya gunakan pula teh yang benar-benar murni tanpa campuran lainnya seperti mint, vanila, atau melati.

Gula

Gula menjadi bagian penting dalam proses fermentasi. Anda bisa menggunakan gula pasir putih, gula batu, atau gula aren. Tidak disarankan menggunakan gula kimia seperti gula diet, gula jagung, maltose, aspartam, dan lainnya. Siapkan 2-3 ons gula untuk 3 liter air.

SCOBY

SCOBY merupakan singkatan dari "symbiotic culture of bacteria and yeast," atau kultur simbiosis bakteri dan ragi. Ini adalah bahan yang digunakan dalam fermentasi dan produksi kombucha. Penampilan SCOBY dapat bervariasi, tetapi biasanya padat, bulat, kenyal, dan keruh dengan bau ringan seperti cuka. SCOBY bisa dibeli secara online atau offline di toko makanan yang menjual bahan fermentasi.

Ukuran SCOBY bervariasi, biasanya berbentuk lempengan seperti piring. SCOBY dengan diameter 9 cm biasanya bisa digunakan untuk 3 liter air.

Larutan starter

SCOBY biasanya dijual satu paket dengan larutan starternya. larutan ini berfungsi untuk membuat fermentasi lebih cepat dan melindungi teh dari paparan organisme berbahaya. Larutan starter ini juga dikenal dengan cuka kombucha.

 

Alat-alat untuk membuat kombucha

Kombucha  (sumber: Unsplash)
Kombucha (sumber: Unsplash)

Panci

Gunakan panci stainless steel atau kaca yang tidak berkarat. Hindari penggunaan panci aluminum.

Stoples kaca

Siapkan stoples kaca atau keramik untuk tempat fermentasi kombucha. Anda bisa mulai dengan stoples kaca berkapasitas 3 liter untuk membuat kombucha kecil. Hindari menggunakan wadah plastik atau aluminum karena dapat menghambat proses oksidasi.

Siapkan juga toples atau botol lainnya untuk menyimpan hasil fermentasi kombucha.

Serbet dan karet

Siapkan serbet atau kain katun untuk menutup toples. Siapkan juga karet gelang untuk mengikatnya.

Cara membuat kombucha

Kombucha  (sumber: Unsplash)
Kombucha (sumber: Unsplash)

1. Cuci tangan hingga bersih terlebih dulu. Buat teh dengan merebus 1 liter air hingga mendidih. Masukkan teh Tutup rapat panci, dan biarkan sampai teh menjadi pekat. Matikan api, tambahkan gula dan aduk sampai larut. Diamkan teh sampai dingin atau paling tidak sampai suam kuku.

2. Masukkan teh yang sudah dingin ke dalam toples dan campurkan 1-2 liter air bersuhu ruang.

3. Masukkan SCOBY dan larutan starternya. Aduk perlahan.

4. Tutup toples dengan kain atau serbet. Ikat rapat dengan karet. Menutup toples dengan kain membuat kombucha tetap mendapat udara untuk proses fermentasi. Tutup kain juga mencegah semut, lalat, dan organisme lain masuk ke dalam toples dan mengontaminasi kombucha.

5. Letakkan kombucha di temapat sejuk dengan sirkulasi udara yang baik. Hindari sinar matahari langsung. Diamkan selama 7-14 hari.

Cara membuat kombucha

Kombucha (sumber: Pixabay)
Kombucha (sumber: Pixabay)

6. Hindari mengguncang atau sering memindah toples. Anda bisa mulai membuka dan mencicipi kombucha pada hari ke-7.

7. Cobalah untuk mencicipi kombucha dengan pipet atau sedotan. Jika kombucha kurang asam atau masih terlalu manis, Anda bisa melanjutkan proses fermentasi selama beberapa hari ke depan.

8. Selama melakukan proses fermentasi, Anda mungkin akan menemukan "Baby Kombucha" di toples. Ini berbentuk lapisan putih yang mengambang di permukaan air. Anda bisa memisahkannya dari toples dan menyimpannya dalam wadah terpisah yang berisi teh manis. Baby Kombucha bisa digunakan untuk membuat kombucha di kemudian hari.

9. Setelah proses fermentasi dirasa cukup, Anda bisa mulai memanen teh kombucha. Pisakan teh kombucha dari SCOBY. Gunakan saringan bersih untuk menyaring kombucha.

10. Masukkan kombucha ke botol atau toples bersih. Anda bisa menyimpannya di kulkas untuk diminum kemudian hari. Sisakan juga sebagian kombucha untuk dijadikan larutan starter kombucha.

Manfaat kombucha

Kombucha (sumber: Pixabay)
Kombucha (sumber: Pixabay)

Sumber probiotik

Proses fermentasi selama pembuatan kombucha menghasilkan sejumlah besar bakteri. Probiotik dapat meningkatkan banyak aspek kesehatan, termasuk pencernaan, anti peradangan, dan penurunan berat badan.

Sumber antioksidan

Kombucha terutama yang terbuat dari teh hijau, memiliki efek antioksidan. Teh hijau dikenal sebagai antioksidan kaya manfaat seperti menurunkan berat badan, kontrol gula darah, mengurangi kolesterol, hingga mencegah kanker.

Sehatkan usus

Bakteri probiotik telah mampu membantu mengobati diare, dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa mereka dapat membantu meringankan sindrom iritasi usus besar.

Cegah peradangan

Peradangan mungkin disebabkan oleh ketidakseimbangan bakteri baik dan jahat di usus, yang dikenal sebagai disbiosis usus. Konsumsi probiotik dapat membantu menyeimbangkan bakteri usus dan mencegah peradangan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Peran Forlan Dalam Kepindahan Cavani ke MU

Posted: 06 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Manchester United (MU) merekrut striker Uruguay Edinson Cavani di hari terakhir bursa transfer musim panas 2020, 5 Oktober lalu. Cavani didapat dengan gratis oleh The Red Devils.

Cavani dikontrak MU selama semusim dengan opsi perpanjangan satu musim lagi. Cavani sedang tak memiliki klub sebelum direkrut MU. Kontraknya bersama Paris Saint Germain sudah habis akhir musim lalu.

MU merekrut Cavani karena membutuhkan pemain depan berpengalaman. Pria 33 tahun itu diharapkan bisa membimbing tiga penyerang muda, Marcus Rashford, Mason Greenwood dan Anthony Martial.

Keputusan MU memboyong Cavani juga dikarenakan Odion Ighalo akan pergi Januari 2021. Ighalo hanya dipinjam MU dari klub Tiongkok Shanghai Shenhua.

Kepindahan Cavani ke MU rupanya tak lepas dari jasa eks pemainnya Diego Forlan. Pria Uruguay itu memberikan rekomendasi kepada MU mengenai Cavani.

 

 

Komentar

Edinson Cavani(AFP/Paul Ellis)
Edinson Cavani(AFP/Paul Ellis)

"Diego Forlan, ketika dia harus memberikan referensi tentang saya, dia melakukannya, dia mengatakan hal-hal yang sangat baik," ujar Cavani kepada media Uruguay 2 de Punta.

Forlan memang pernah bermain untuk MU pada tahun 2002 sampai 2004. Ketika itu, Forlan tak sukses berkarier di Old Trafford. Forlan kemudian meraih masa kejayaan setelah meninggalkan MU ke Liga Spanyol.

Jadi Pelatih

Kini Forlan sudah gantung sepatu. Forlan sedang memulai karier baru sebagai pelatih klub kampung halamannya, Penarol.

Forlan memang sudah sangat mengenal Cavani. Forlan dan Cavani pernah bersama-sama berjuang di timnas Uruguay. 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengembangan Vaksin COVID-19 Butuh Proses Panjang, Simak Alurnya

Posted: 06 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pengembangan vaksin COVID-19 membutuhkan waktu yang lama dan proses panjang. Alur pengembangan vaksin pun dimulai penelitian dasar sampai memasuki uji klinis yang diuji coba pada manusia (partisipan/relawan).

"Kami ingin menyampaikan tentang alur pengembangan vaksin COVID-19, agar kita semuanya paham tentang proses tersebut," terang Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito saat konferensi pers di Kantor Presiden,  Jakarta, Selasa (6/10/2020).

"Vaksin COVID-19 yang nantinya akan masuk ke Indonesia harus dipastikan secara data dan penelitian aman bagi masyarakat. Karena vaksin ini akan disuntikkan ke jutaan orang yang sehat. Pengembangan vaksin umumnya membutuhkan waktu dan proses yang cukup panjang."

Alur pengembangan vaksin COVID-19, sebagai berikut:

Pertama, penelitian dasar, yang mana ilmuwan menelusuri mekanisme potensial berdasarkan ilmu sains biomedis.

Kedua, vaksin akan dibuat dalam jumlah terbatas untuk bisa memasuki uji praklinik dan uji klinis fase 1, 2, dan 3.

Ketiga, setelah penelitian dasar, vaksin akan memasuki tahap uji praklinis. Pada uji praklinis, studi sel di laboratorium dan hewan.

"Ini dinamakan studi in vitro (sel, jaringan) dan in vivo (uji efek organisme) untuk mengetahui keamanan vaksin COVID-19 digunakan pada manusia," tambah Wiku.

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Uji Klinis Fase 1, 2, dan 3

Pekerja berada di laboratorium vaksin SinoVac di Beijing, Kamis (24/9/2020). Perusahaan farmasi China, Sinovac mengatakan vaksin virus corona yang dikembangkannya akan siap didistribusikan ke seluruh dunia, termasuk AS, pada awal 2021. (AP Photo/Ng Han Guan)
Pekerja berada di laboratorium vaksin SinoVac di Beijing, Kamis (24/9/2020). Perusahaan farmasi China, Sinovac mengatakan vaksin virus corona yang dikembangkannya akan siap didistribusikan ke seluruh dunia, termasuk AS, pada awal 2021. (AP Photo/Ng Han Guan)

Keempat, vaksin akan memasuki uji klinik fase pertama, yang mana vaksin akan diberikan kepada sekelompok kecil orang.

"Ini untuk melihat respons imun dan kekebalan. Pada uji klinis fase ini, jumlah sampel kurang dari 100 orang," ujar Wiku.

Tujuan uji klinis fase pertama untuk memastikan keamanan pada manusia, menilai farmakokinetik (pengaruh vaksin terhadap manusia) dan farmakoidinamik (manusia terpengaruh vaksin), serta menentukan rentang dosis aman.

Kelima, uji klinis fase dua, vaksin diberikan kepada ratusan orang (sampel minimal 100 sampai 500 orang), sehingga para ilmuwan dapat mempelajari lebih lanjut tentang keamanan dan dosis yang tepat.

Pada uji klinis fase dua, akan menilai efektivitas, rentang dosis, frekuensi pemberian dosis optimal, dan efek samping jangka pendek.

Keenam, uji klinis fase tiga, vaksin diberikan kepada ribuan orang (sampel minimal 1.000 sampai 5.000 orang) untuk memastikan keamanannya, termasuk efek samping yang jarang terjadi dan keefektifannya.

"Uji coba ini melibatkan kelompok kontrol yang diberi plasebo. Artinya, kelompok kontrol adalah masyarakat yang disuntik, tapi tidak dengan vaksin," Wiku menerangkan.

"Melalui proses uji klinis ini, ilmuwan dapat mengetahui, apakah vaksin akan menimbulkan efek samping atau tidak. Ya, mengingat belum ada vaksin COVID-19 yang sudah lulus uji klinis fase tiga sampai dengan sekarang."

 

Persetujuan Lembaga

Pekerja memeriksa jarum suntik Vaksin CoV-2 SARS untuk COVID-19 yang diproduksi di pabrik vaksin SinoVac di Beijing, Kamis (24/9/2020). Perusahaan farmasi China, Sinovac mengatakan vaksin virus corona yang dikembangkannya akan siap didistribusikan ke seluruh dunia awal 2021. (AP Photo/Ng Han Guan)
Pekerja memeriksa jarum suntik Vaksin CoV-2 SARS untuk COVID-19 yang diproduksi di pabrik vaksin SinoVac di Beijing, Kamis (24/9/2020). Perusahaan farmasi China, Sinovac mengatakan vaksin virus corona yang dikembangkannya akan siap didistribusikan ke seluruh dunia awal 2021. (AP Photo/Ng Han Guan)

Ketujuh, persetujuan dari lembaga pengawas obat dan makanan serta kesehatan.

Kedelapan, pembuatan vaksin dalam jumlah besar, yang akan siap disuntikkan kepada jutaan warga.

"Melihat adanya proses pengembangan vaksin, kewaspadaan dan monitoring terhadap keamanan vaksin tetap harus dilakukan," tutup Wiku.

 

Infografis Sputnik V, Vaksin Covid-19 Pertama Dunia?

Infografis Sputnik V, Vaksin Covid-19 Pertama Dunia? (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Sputnik V, Vaksin Covid-19 Pertama Dunia? (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Jalur Kereta Cepat Guiyang-Guangzhou Dorong Pariwisata di Sanjiang, China

Posted: 06 Oct 2020 10:00 PM PDT

Jalur kereta cepat Guiyang-Guangzhou di Wilayah Otonom Etnis Dong Sanjiang di Kota Liuzhou, China pada 4 Oktober 2020. Sejak jalur kereta cepat Guiyang-Guangzhou beroperasi pada 2014, Sanjiang telah melakukan segala upaya untuk meningkatkan perekonomian melalui pariwisata. (Xinhua/Gong Pukang)
Jalur kereta cepat Guiyang-Guangzhou di Wilayah Otonom Etnis Dong Sanjiang di Kota Liuzhou, China pada 4 Oktober 2020. Sejak jalur kereta cepat Guiyang-Guangzhou beroperasi pada 2014, Sanjiang telah melakukan segala upaya untuk meningkatkan perekonomian melalui pariwisata. (Xinhua/Gong Pukang)

Jalur kereta cepat Guiyang-Guangzhou di Wilayah Otonom Etnis Dong Sanjiang di Kota Liuzhou, China pada 4 Oktober 2020. Sejak jalur kereta cepat Guiyang-Guangzhou beroperasi pada 2014, Sanjiang telah melakukan segala upaya untuk meningkatkan perekonomian melalui pariwisata. (Xinhua/Gong Pukang)

Sebuah stasiun kereta di Wilayah Otonom Etnis Dong Sanjiang di Kota Liuzhou, China, 4 Oktober 2020. Sejak jalur kereta cepat Guiyang-Guangzhou beroperasi pada 2014, Sanjiang telah melakukan segala upaya untuk meningkatkan perekonomian melalui pariwisata. (Xinhua/Gong Pukang)
Sebuah stasiun kereta di Wilayah Otonom Etnis Dong Sanjiang di Kota Liuzhou, China, 4 Oktober 2020. Sejak jalur kereta cepat Guiyang-Guangzhou beroperasi pada 2014, Sanjiang telah melakukan segala upaya untuk meningkatkan perekonomian melalui pariwisata. (Xinhua/Gong Pukang)

Sebuah stasiun kereta di Wilayah Otonom Etnis Dong Sanjiang di Kota Liuzhou, China, 4 Oktober 2020. Sejak jalur kereta cepat Guiyang-Guangzhou beroperasi pada 2014, Sanjiang telah melakukan segala upaya untuk meningkatkan perekonomian melalui pariwisata. (Xinhua/Gong Pukang)

Warga lokal menyiapkan sajian untuk para wisatawan di sebuah kawasan wisata di Wilayah Otonom Etnis Dong Sanjiang di Kota Liuzhou, China, 2 Oktober 2020. Sejak jalur kereta cepat Guiyang-Guangzhou beroperasi, Sanjiang telah berupaya meningkatkan perekonomian melalui pariwisata. (Xinhua/Gong Pukang)
Warga lokal menyiapkan sajian untuk para wisatawan di sebuah kawasan wisata di Wilayah Otonom Etnis Dong Sanjiang di Kota Liuzhou, China, 2 Oktober 2020. Sejak jalur kereta cepat Guiyang-Guangzhou beroperasi, Sanjiang telah berupaya meningkatkan perekonomian melalui pariwisata. (Xinhua/Gong Pukang)

Warga lokal menyiapkan sajian untuk para wisatawan di sebuah kawasan wisata di Wilayah Otonom Etnis Dong Sanjiang di Kota Liuzhou, China, 2 Oktober 2020. Sejak jalur kereta cepat Guiyang-Guangzhou beroperasi, Sanjiang telah berupaya meningkatkan perekonomian melalui pariwisata. (Xinhua/Gong Pukang)

Wisatawan menyaksikan pertunjukan di sebuah kawasan wisata di Wilayah Otonom Etnis Dong Sanjiang di Kota Liuzhou, China, 2 Oktober 2020. Sejak jalur kereta cepat Guiyang-Guangzhou beroperasi pada 2014, Sanjiang telah berupaya untuk meningkatkan perekonomian melalui pariwisata. (Xinhua/Gong Pukang)
Wisatawan menyaksikan pertunjukan di sebuah kawasan wisata di Wilayah Otonom Etnis Dong Sanjiang di Kota Liuzhou, China, 2 Oktober 2020. Sejak jalur kereta cepat Guiyang-Guangzhou beroperasi pada 2014, Sanjiang telah berupaya untuk meningkatkan perekonomian melalui pariwisata. (Xinhua/Gong Pukang)

Wisatawan menyaksikan pertunjukan di sebuah kawasan wisata di Wilayah Otonom Etnis Dong Sanjiang di Kota Liuzhou, China, 2 Oktober 2020. Sejak jalur kereta cepat Guiyang-Guangzhou beroperasi pada 2014, Sanjiang telah berupaya untuk meningkatkan perekonomian melalui pariwisata. (Xinhua/Gong Pukang)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kronologi Najwa Shihab Dipolisikan Akibat Wawancara Kursi Kosong, Sentil Terawan Berujung Aksi Relawan

Posted: 06 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Selain omnibus law alias Undang-undang Cipta Kerja, dilaporkannya Najwa Shihab ke Polda Metro Jaya oleh Ketua Umum Relawan Jokowi Bersatu, Silvia Devi Soembarto, ramai dibahas khalayak.

Silvia melaporkan Najwa Shihab pada Selasa (6/10/2020) dengan alasan aksi mewawancara kursi kosong memicu pandangan buruk kepada Pemerintah saat ini. Pada hari yang sama Najwa Shihab menyampaikan pernyataan resmi.

Laporan ini justru membuat video interviu kursi kosong viral lagi di YouTube. Showbiz Liputan6.com mengajak Anda merunut kembali aksi Najwa Shihab mewawancara kursi kosong yang berujung pada laporan ke Polda Metro Jaya.

28 September: Bombardir 10 Pertanyaan

Najwa Shihab. (Foto: Instagram @najwashihab)
Najwa Shihab. (Foto: Instagram @najwashihab)

Pada 28 September 2020, sebuah video berdurasi empat menitan mengudara di kanal YouTube Najwa Shihab. Tak biasanya, tuan rumah Mata Najwa mengajukan pertanyaan kepada kursi kosong. Najwa Shihab "membombardir" kursi kosong dengan sekitar 10 pertanyaan.

Salah satu pertanyaan tajam sang presenter yakni, "Yang jelas bukan hanya desakan ke Presiden, tapi publik di antaranya lewat petisi meminta kebesaran hati Anda untuk mundur saja. Siap mundur, Pak?"

29 September Pagi: Viral dan Meme

Meme Najwa Shihab. (Foto: Instagram @najwashihab)
Meme Najwa Shihab. (Foto: Instagram @najwashihab)

Aksi ini ramai dibahas warganet +62. Kata Najwa Shihab dan Mbak Najwa trendi di Twitter. Sejumlah meme seputar "menghilangnya" sang Menteri bertebaran di medsos, dari Najwa Shihab wawancara virus Corona hingga menjadi dosen pembimbing skripsi.

Akun Twitter @mahasiswikupu2 membuat meme Najwa Shihab menanyai mahasiswa semester 7, "Mana judulmu?" Sementara sang mahasiswa semester 7 menghilang dari kursinya. Belum lagi meme Najwa Shihab bertanya kapan nikah.

29 September Malam: Klarifikasi Tudingan

Najwa Shihab. (Foto: Instagram @najwashihab)
Najwa Shihab. (Foto: Instagram @najwashihab)

Aksi Najwa Shihab ditanggapi beragam oleh warganet. Ada yang menyanjung, ada pula yang menyebut aksi Najwa Shihab menanyai kursi kosong sebagai bentuk wawancara imajiner. Najwa Shihab mengklarifikasi di akun Instagram terverifikasi miliknya.

Ada beberapa poin yang disampaikannya, antara lain, "Ini juga tidak imajiner karena (a) pertanyaan yang saya ajukan memang bukan imajiner dan saya juga tidak mengarang atau membuatkan jawaban2 fiktif seolah-olah saya sudah berdialog dengan Pak Terawan."

6 Oktober Siang: Laporan Relawan

Najwa Shihab. (Foto: Instagram @najwashihab)
Najwa Shihab. (Foto: Instagram @najwashihab)

Sepekan kemudian, Ketua Umum Relawan Jokowi Bersatu, Silvia Devi Soembarto, mendatangi Polda Metro Jaya untuk melaporkan Najwa Shihab terkait aksi wawancara kursi kosong.

Silvia beralasan, "Kejadian wawancara kursi kosong Najwa Shihab melukai hati kami sebagai pembela presiden karena Menteri Terawan adalah representasi dari Presiden Joko Widodo." Laporan itu belum diterima kepolisian. Polisi belum merilis bukti laporan dan menyarankan pelapor menemui Dewan Pers.

6 Oktober Malam: Siap Beri Keterangan

Najwa Shihab. (Foto: Instagram @najwashihab)
Najwa Shihab. (Foto: Instagram @najwashihab)

Kedatangan Ketua Umum Relawan Jokowi Bersatu, Silvia Devi Soembarto, ramai diberitakan media nasional dan sampai ke telinga Najwa Shihab. Ia pun mengunggah pernyataan resmi di akun Intragram.

Salah satu poin penting yang disampaikan Najwa Shihab dalam pernyataannya, yakni "Jika memang ada keperluan pemeriksaan, tentu saya siap memberikan keterangan di institusi resmi yang mempunyai kewenangan untuk itu."

7 Oktober Pagi: Sejuta Cinta

Najwa Shihab. (Foto: Instagram @najwashihab)
Najwa Shihab. (Foto: Instagram @najwashihab)

Klarifikasi Najwa Shihab mengundang simpati publik. Berdasarkan pantauan Showbiz Liputan6.com pada Rabu (7/10/2020) pagi, klarifikasi tersebut disukai lebih dari 1,8 juta orang dan dikomentari lebih dari 100 ribu warganet.

Sejumlah selebritas menyatakan dukungan buat Najwa Shihab. Syifa Hadju mengirim empat emotikon hati merah. Bintang Emon mencuit dengan emotikon nyala api, "Semangat Mbak." Andhika Pratama menyebut dirinya, "Tim Mbak Nana."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Penumpang Pesawat Buat Keributan Karena Tolak Pakai Masker

Posted: 06 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Keributan terjadi di maskapai Allegiant Air ketika seorang pria paruh baya menolak mengenakan masker, meskipun ia telah ditegur petugas dan penumpang lainnya. Alhasil, pria itu pun diusir dari pesawat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Serikat Pekerja Sebut RUU Cipta Kerja Melanggar Putusan MK

Posted: 06 Oct 2020 09:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Persatuan Pegawai Indonesia Power (PPIP), Kuncoro mengatakan, RUU Cipta Kerja yang disahkan DPR Senin 5 September 2020 kemarin, dipandang melanggar tafsir putusan Mahkamah Konstitusi (MK), terutama dalam sublkaster Ketenagalistrikan.

Adapun yang dimaksud adalah putusan MK No. 111/PUU-XIII/2015 yang menguji Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2009 Tentang Ketenagalistrikan.

"Menyalahi keputusan Mahkamah Konstitusi berdasarkan Putusan MK No. 111/PUU-XIII/2015," kata Kuncoro dalam keterangannya, Rabu (10/7/2020).

Menurut dia, dengan adanya RUU Cipta Kerja yang disahkan tersebut, terjadi pelanggaran terhadap UUD 1945 Pasal 33 ayat (2), di mana tenaga listrik yang merupakan cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak.

Menurut Kuncoro tidak lagi dikuasai negara. RUU Cipta Kerja yang disahkan ini ujungnya berpotensi akan mengakibatkan kenaikan tarif listrik ke masyarakat.

"Kami sudah berkali-kali menyampaikan kepada pihak-pihak terkait akan dampak buruk yang ditimbulkan jika Omnibus Law dilakukan. Tetapi aspirasi dan masukan yang kami sampaikan hanya masuk telinga kiri dan keluar telinga tangan," jelas Kuncoro.

 

Persilahkan Digugat

RUU Cipta Kerja telah resmi disahkan menjadi Undang-Undang. Banyaknya penolakan tidak membuat pengesahan RUU tersebut ditunda.

Ketua DPR Puan Maharani mengklaim, DPR telah membahas RUU tersebut dengan detail dan mengutamakan kepentingan negara.

"Melalui pembahasan yang intensif dan dilakukan secara terbuka, cermat, dan mengutamakan kepentingan nasional, baik dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang. Melalui UU Cipta Kerja, diharapkan dapat membangun ekosistem berusaha di Indonesia yang lebih baik dan dapat mempercepat terwujudnya kemajuan Indonesia," kata Puan, Senin 5 Oktober 2020.

Puan mempersilakan masyarakat yang menolak atau tidak menerima UU tersebut untuk menempuh jalur hukum.

"Apabila undang-undang ini masih dirasakan oleh sebagian masyarakat belum sempurna, maka sebagai negara hukum terbuka ruang untuk dapat menyempurnakan undang-undang tersebut melalui mekanisme yang sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan,"katanya.

Sementara tugas DPR menurut Puan saat ini hanya melakukan pengawasan penerapan UU Cipta Kerja tersebut.

"DPR melalui fungsi pengawasan akan terus mengevaluasi saat undang-undang tersebut dilaksanakan dan akan memastikan bahwa undang-undang tersebut dilaksanakan untuk kepentingan nasional dan kepentingan rakyat Indonesia," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hingga 5x Lebih Cepat, Indosat Ooredoo Business Jamin CloudConnect Bisa Tingkatkan Konektivitas Perusahaan Selama WFH

Posted: 06 Oct 2020 09:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pandemi membuat semua sektor berdampak buruk, khususnya sektor perekonomian. Banyak perusahaan yang merugi cenderung harus gulung tikar selama pandemi.

Maka dari itu, diperlukan langkah untuk menekan biaya operasional dan produksi selama masa pandemi. Sebagai contoh dengan berlangganan public cloud sebagai pendukung infrastruktur IT.

Melihat hal itu, Indosat Ooredoo sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia menghadirkan CloudConnect, sebuah layanan baru yang memberikan konektivitas ke Public Cloud dengan menggunakan konsep Network-as-a-Service (NaaS).

Berkolaborasi bersama NetFoundry, menjadikan Indosat Ooredoo sebagai penyedia layanan NaaS pertama berbasis full-software di Indonesia melalui CloudConnect.

Chief Business Officer Indosat Ooredoo, Bayu Hanantasena, mengatakan Indosat Ooredoo memahami dampak dan tantangan pada masa sulit ini, karena itu sejak awal pandemi, kami mengambil peran sebagai enabler khususnya di bidang informasi dan komunikasi.

"Bersama NetFoundry, Indosat Ooredoo melalui Indosat Ooredoo Business menghadirkan CloudConnect sebagai solusi bagi pelanggan korporat untuk menjalankan bisnis secara cepat dan efisien dengan mengedepankan tiga keunggulan utama, yaitu peningkatan performansi, fleksibilitas, serta standar keamanan tinggi (Zero Trust Network Security)," jelas Bayu Hanantasena.

 

Performa 5x lebih cepat

CloudConnect menerapkan mekanisme "Quality of Experience (QoE)" dan juga pemilihan "Best Path Routing" yang sangat membantu untuk mengoptimalkan performa network sehingga mampu meningkatkan performansi network sampai dengan lima kali lebih cepat dibandingkan dengan alternatif network biasa seperti traditional VPN. Perusahaan dapat dengan mudah terhubung ke public cloud seperti Google, AWS, Azure, dan Alibaba.

Lebih dari itu, CloudConnect dapat di-install di berbagai device seperti laptop, dan ponsel berbasis Android atau IoS, dan perangkat IoT, yang memungkinkan perusahaan dapat membuat virtual network dalam waktu singkat, tanpa memerlukan perangkat keras.

CloudConnect juga mengadopsi Zero Trust Network Security, dengan lima lapisan model keamanan yang disempurnakan untuk membuat network invisible yang dapat mengamankan akses jarak jauh ke cloud.

CloudConnect memungkinkan perusahaan untuk bekerja di mana saja, kapan saja, melalui perangkat apa pun yang dimiliki. Inovasi baru CloudConnect ini diharapkan dapat mendorong sektor bisnis di Indonesia untuk selalu menjadi terdepan.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendikbud: Asesmen Nasional Berguna Untuk Pemetaan Mutu Pendidikan

Posted: 06 Oct 2020 09:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim mengatakan perubahan mendasar pada Asesmen Nasional tidak lagi mengevaluasi capaian peserta didik secara individu. Akan tetapi mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil. Asesmen Nasional disebut sebagai pengganti Ujian Nasional (UN) yang mulai diterapkan pada 2021.

"Potret layanan dan kinerja setiap sekolah dari hasil Asesmen Nasional ini kemudian menjadi cermin untuk kita bersama-sama melakukan refleksi mempercepat perbaikan mutu pendidikan Indonesia," ucap Mendikbud dalam keterangan tulis, Rabu (7/10/2020).

Menurut Nadiem, Asesmen Nasional 2021 adalah pemetaan mutu pendidikan pada seluruh sekolah, madrasah, dan program kesetaraan jenjang sekolah dasar dan menengah. Asesmen Nasional terdiri dari tiga bagian, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. 

Mendikbud melanjutkan, AKM dirancang untuk mengukur capaian peserta didik dari hasil belajar kognitif yaitu literasi dan numerasi. Kedua aspek kompetensi minimum ini, menjadi syarat bagi peserta didik untuk berkontribusi di dalam masyarakat, terlepas dari bidang kerja dan karier yang ingin mereka tekuni di masa depan. 

"Fokus pada kemampuan literasi dan numerasi tidak kemudian mengecilkan arti penting mata pelajaran karena justru membantu murid mempelajari bidang ilmu lain terutama untuk berpikir dan mencerna informasi dalam bentuk tertulis dan dalam bentuk angka atau secara kuantitatif," jelas Mendikbud. 

Bagian kedua dari Asesmen Nasional adalah survei karakter yang dirancang untuk mengukur capaian peserta didik dari hasil belajar sosial-emosional berupa pilar karakter untuk mencetak Profil Pelajar Pancasila. 

"Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME serta berakhlak mulia, berkebhinekaan global, mandiri, bergotong royong, bernalar kritis, dan kreatif," tutur Mendikbud. 

Bagian ketiga dari Asesmen Nasional adalah survei lingkungan belajar untuk mengevaluasi dan memetakan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah.  

Peta Dasar

Asesmen Nasional pada tahun 2021 dilakukan sebagai pemetaan dasar (baseline) dari kualitas pendidikan yang nyata di lapangan, sehingga tidak ada konsekuensi bagi sekolah dan murid. 

"Hasil Asesmen Nasional tidak ada konsekuensinya buat sekolah, hanya pemetaan agar tahu kondisi sebenarnya," kata Mendikbud.

Kemendikbud juga akan membantu sekolah dan dinas pendidikan dengan cara menyediakan laporan hasil asesmen yang menjelaskan profil kekuatan dan area perbaikan tiap sekolah dan daerah. 

"Sangat penting dipahami terutama oleh guru, kepala sekolah, murid, dan orang tua bahwa Asesmen Nasional untuk tahun 2021 tidak memerlukan persiapan-persiapan khusus maupun tambahan yang justru akan menjadi beban psikologis tersendiri. Tidak usah cemas, tidak perlu bimbel khusus demi Asesmen Nasional," kata Mendikbud. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PDIP Ingin Dukungan ke Eri-Armuji Berwujud Suara di TPS

Posted: 06 Oct 2020 09:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gelombang dukungan terhadap calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya nomor urut satu, Eri Cahyadi-Armuji terus berdatangan. PDI Perjuangan (PDIP) selaku partai pengusung ingin mengkonversi dukungan tersebut menjadi suara pada Pilkada 9 Desember mendatang.

Ketua DPC PDIP Surabaya Adi Sutarwijono mengatakan, pihaknya mengapresiasi yang datang dari berbagai kalangan, baik masyarakat, relawan maupun partai politik non parlemen. Namun demikian, Adi mengatakan, dukungan terhadap Eri-Armuji juga harus dibuktikan melalui bilik suara.

"Kita ingin memastikan bahwa masayakat Surabaya bisa datang ke TPS dan mencoblos nomor satu. Percuma kalau menyatakan dukungan, tapi tidak datang ke TPS," kata Adi, Selasa (6/10/2020).

Karena itu, lanjut Adi, tim pemenangan harus bergerak turun ke seluruh lapisan masyarakat, memastikan bahwa dukungan yang diberikan kepada Eri-Armuji berwujud suara.

"Target kita bisa menang di semua kecamatan," tegas Adi.

Sosialisasi Rekam Jejak Eri Cahyadi

Dalam kerja-kerja turun ke lapangan Adi juga memastikan tim bakal mensosialisasikan rekam jejak Eri-Armuji di pemerinthan serta program kerka yang ditawarkan untuk meneruskan pembangunan di Kota Surabaya.

"Contohnya, program pendidikan yang nantinya Surabaya bisa memberikan subsidi hingga tingkat SMA sederajat. Sehingga tidak ada yang putus sekolah d itingkat SMA," kata Adi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pandemi COVID-19 Tak Halangi Kedekatan Budaya Indonesia dan Turki

Posted: 06 Oct 2020 09:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Empat penari muda Turki yang merupakan anggota Sanggar Tari Indonesia di KBRI Ankara "Armonina", tampil memukau pada festival budaya "Pelem Festival" yang diselenggarakan Sampang Agung Centre for Performing Art (SACPA) pimpinan Agung Gunawan, Pacitan, 3 Oktober. Karena kondisi pandemi COVID-19, festival edisi ketiga tersebut berlangsung secara virtual.

Selain peserta dari Turki, sejumlah peserta asing lain juga berpartisipasi dari Malaysia, Korea, Jepang, dan Jerman.

Dalam festival tersebut, para penari Armonina mempersembahkan dua tarian Turki yaitu Tari Siirt Yoresi dari daerah Anatolia Tenggara dan Tari Potpuri Ege ve Karadeniz Yoresi dari daerah Ege dan Laut Hitam.

\Kedua tarian tradisional Turki tersebut masing-masing dibawakan secara duet.

Menampilkan Dua Tarian Turki

Kredit : Dokumentasi KBRI Ankara
Kredit : Dokumentasi KBRI Ankara

Salah satu peserta, yaitu Nurgül Ä°rem Çiçek mengaku sangat senang bisa tampil pada festival tesebut. 

"Saya sangat senang dan bahagia dapat mempertunjukkan tari tradisional Turki kepada saudara-saudara kami di Indonesia. Ini sebuah kehormatan bagi kami semua dan semoga penampilan kami dapat menghibur dan menemani aktifitas di tengah pandemi."

"Saya diminta menyampaikan pengantar karena saya mengikuti perkembangan Agung Gunawan dan SAPCA selama 18 tahun terakhir. Pelem Festival buat saya adalah perayaan ekspresi seni yang terawat selama 17 tahun tersebut," ucap Dubes RI untuk Republik Turki, Lalu M. Iqbal, dalam catatan pengantarnya di awal Festival tersebut.

"Keragaman peserta asing yang hadir adalah gambaran luasnya spektrum yang di bangun Agung Gunawan menyebarkan seni Indonesia ke negara-negara tersebut. Saya senang sekali bahwa seniman Turki binaan Agung Gunawa juga bisa hadir, meskipun di tengah pandemi. Ini tentu semakin  mendekatkan ruang dialog yang sudah terbangun lama diantara kedua budaya," ungkap Iqbal. 

Seniman Tari Muda Mempromosikan Budaya

Kredit : Dokumentasi KBRI Ankara
Kredit : Dokumentasi KBRI Ankara

Setahun terakhir KBRI Ankara secara aktif melakukan promosi budaya Indonesia, meskipun dalam kondisi pandemi. Musim panas tahun lalu, KBRI Ankara mendirikan Sanggar Tari Indonesia Armonina yang seluruh anggotanya adalah seniman tari muda Turki.

Untuk membina sanggar tersebut KBRI mendatangkan penari/koreografer Agung Gunawan selama beberapa bulan di Turki. Sejak didirikan, sanggar tersebut telah beberapa kali tampil dalam ajang festival bergengsi di sejumlah kota di Turki.

Sanggar tersebut juga tampil dalam Resepsi Diplomatik Peringatan 70 tahun Hubungan Diplomatik Indonesia - Turki yang dihadiri Ketua Parlemen Turki, membawakan kombinasi Tari Saman (Aceh) dan Tarian Sufi (Turki) hasil koreografi ulang Agung Gunawan.

 

Reporter: Romanauli Debora

Saksikan Video Pilihan Dibawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar 10 Kelurahan dengan Kasus COVID-19 Terbanyak di Surabaya per 6 Oktober 2020

Posted: 06 Oct 2020 09:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pasien positif Corona COVID-19 di Surabaya, Jawa Timur bertambah 68 orang pada Selasa, 6 Oktober 2020. Dengan demikian, total kasus positif COVID-19 mencapai 14.683 di Surabaya.

Sementara itu, pasien sembuh dari COVID-19 bertambah 82 orang di Surabaya menjadi 13.125. Di sisi lain, pasien meninggal karena COVID-19 bertambah tiga orang menjadi 1.087.

Pasien konfirmasi dalam perawatan sebanyak 490 orang. Demikian mengutip lawancovid-19.surabaya.go.id, Rabu (7/10/2020).

Secara persentase konfirmasi COVID-19 per 6 Oktober 2020 dengan rincian konfirmasi pasien sembuh mencapai 89,39 persen atau setara 13.125, konfirmasi meninggal 1.087 atau setara 7,40 persen dan konfirmasi dalam perawatan sebanyak 471 atau setara 3,21 persen.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

10 Kelurahan dengan Kasus COVID-19 Terbanyak di Surabaya pada 6 Oktober 2020

Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

1.Kelurahan Mojo: 362 orang

2.Kelurahan Tanah Kali Kedinding: 287 orang

3.Kelurahan Kalirungkut: 247 orang

4.Kelurahan Wonokromo: 241 orang

5.Kelurahan Ngagel Rejo: 224 orang

6.Kelurahan Pacarkembang: 209 orang

7.Kelurahan Putat Jaya: 208 orang

8.Kelurahan Morokrembangan: 200 orang

9. Kelurahan Sememi: 199 orang

10.Kelurahan Sidotopo Wetan: 194 orang

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kejagung Tunggu Penyerahan Tersangka Suap Red Notice Djoko Tjandra

Posted: 06 Oct 2020 09:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Agung (Kejagung) menyatakan, berkas kasus dugaan suap penghapusan status red notice Djoko Tjandra telah lengkap alias P21.

"Penuntut Umum sudah menyatakan berkas perkara lengkap memenuhi syarat formil dan materil pada Senin 5 Oktober kemarin. Empat berkas dinyatakan P21," tutur Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Hari Setiyono di Kejagung, Jakarta Selatan, Rabu (6/10/2020).

Hari menyebut, pihaknya tinggal menunggu penyerahan berkas tahap II yakni tersangka dan barang bukti. Hanya saja, dia belum mengetahui kapan penyidik Polri menjadwalkan pelimpahan tersebut.

"Tinggal melihat locus delicti-nya di mana, para saksi berdomisili di mana. Tapi untuk sidangnya karena ini perkara tindak pidana korupsi, maka di Pengadilan Tipikor yang ada di Jakarta Pusat," jelas Hari.

Sebelumnya, Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, berkas perkara kasus suap penghapusan status red notice Djoko Tjandra telah lengkap alias P21. Tahap tersebut pun menyeluruh untuk keempat tersangka, yakni Djoko Tjandra, Brigjen Prasetijo Utomo, Irjen Napoleon Bonaparte, dan Tommy Sumardi.

"Hasil koordinasi Bareskrim dan Kejaksaan Agung, berkas perkara Red Notice untuk empat tersangka dinyatakan lengkap," tutur Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono dalam keterangannya, Rabu (7/10/2020).

Argo menyebut, kabar berkas kasus itu dinyatakan lengkap diterima pada Selasa 6 Oktober 2020. Kini pihaknya sedang mempersiapkan penyerahan tersangka Djoko Tjandra dan lainnya serta barang bukti ke Kejagung.

 

 

Empat tersangka

Terpidana pengalihan hak tagih atau cessie Bank Bali, Djoko Sugiarto Tjandra (rompi oranye) dikawal petugas usai tiba di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, Kamis (30/7/2020). Djoko Tjandra tiba sekitar pukul 22.30 WIB dan langsung dibawa ke Bareskrim Mabes Polri. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Terpidana pengalihan hak tagih atau cessie Bank Bali, Djoko Sugiarto Tjandra (rompi oranye) dikawal petugas usai tiba di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, Kamis (30/7/2020). Djoko Tjandra tiba sekitar pukul 22.30 WIB dan langsung dibawa ke Bareskrim Mabes Polri. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pada perkara kasus dugaan gratifikasi terkait penghapusan red notice Djoko Tjandra, penyidik Dittipikor Bareskrim Polri telah menetapkan empat tersangka.

Keempat tersangka, yakni eks Kadiv Hubinter Polri Irjen Napoleon Bonaparte, Kakorwas PPNS Bareskrim Polri Brigjen Pol Prasetijo Utomo, Djoko Tjandra, dan Tommy Sumardi.

Penyidik menetapkan Djoko Tjandra dan Tommy sebagai tersangka pemberi gratifikasi atau suap. Sedangkan, Napoleon dan Prastijo ditetapkan sebagai tersangka penerima suap.

Pada pengungkapan kasus tersebut penyidik telah menyita sejumlah barang bukti. Beberapa barang bukti yang disita, yakni uang senilai USD 20 ribu, surat-surat, handphone, laptop dan CCTV.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: