Minggu, 18 Oktober 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Langkah Tegas Satgas Covid-19 Tutup Tempat Hiburan Malam di Medan

Posted: 18 Oct 2020 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Medan Salah satu tempat hiburan malam di Capital Building, Jalan Putri Hijau Nomor 1A, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) ditutup. Langkah tegas ini diambil Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Medan-Binjai-Deli Serdang (Mebidang) karena melakukan pelanggaran protokol kesehatan.

Ini kedua kalinya dilakukan razia di tempat hiburan malam tersebut. Sebelumnya telah didatangi 6 Oktober 2020. Ketika ditinjau lagi Sabtu, 17 Oktober 2020, masih melakukan pelanggaran protokol kesehatan.

Wakil Ketua Satgas Covid-19 Mebidang, Kolonel Inf Azhar Muliyadi mengatakan, ada 2 tempat hiburan malam di Capital Building yang ditutup sementara, yaitu Soho di lantai 2 dan Restrospective di lantai 6.

"Kedua tempat hiburan malam ini mendapat sanksi penutupan selama dua minggu, karena masih terjadi pelanggaran," kata Azhar, Senin (19/10/2020).

Disebutkannya, pelanggaran yang didapati berupa dalam satu ruangan yang kecil terdapat jumlah orang yang sangat banyak. Hal ini dinilai sangat berbahaya dalam penyebaran Covid-19, sehingga diputuskan menutup tempat hiburan malam tersebut.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Bubarkan Pengunjung

Selain di Capital Building, Tim Satgas Covid-19 Mebidang yang terdiri dari 2 tim juga melakukan razia ke beberapa tempat di Medan.
Selain di Capital Building, Tim Satgas Covid-19 Mebidang yang terdiri dari 2 tim juga melakukan razia ke beberapa tempat di Medan.

Selain itu, Tim Satgas Covid-19 Mebidang yang terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, Dinas Parisiwata Pemko Medan, dan Humas Pemprov Sumut, juga membubarkan pengunjung hiburan malam di Capital Building.

"Selama ini banyak orang yang meminta Capital Building ditutup, dan baru kali ini saya tahu alasannya mengapa tempat ini harus diberi sanksi. Sangat banyak tidak pakai masker, sangat berbahaya," sebutnya.

Pengelola Soho di lantai 2 Capital Building, Andi mengungkapkan, mereka menerima kesalahan, sebab mereka melanggar protokol kesehatan terkait pencegahan penularan Covid-19, dan berjanji akan memperbaikinya ke depan.

"Kami menerima (kesalahan) dan akan memperbaikinya ke depan, menerapkan protokol kesehatan," kata Andi.

Selain di Capital Building, Tim Satgas Covid-19 Mebidang yang terdiri dari 2 tim juga melakukan razia ke beberapa tempat di Medan, seperti Durian Sibolang dan Krypton, Jalan Iskandar Muda, Hotel Sibayak, Jalan Nibung Raya, Urban Club, Jalan Imam Bonjol, Foodpoint, Mie Aceh Aulia, Jalan Sakti Lubis, dan Electra di Komplek Central Bussiness District (CBD).

Teguran Lisan dan Tertulis

Tim Satgas Covid-19 juga mendatangi kawasan Kesawan di Jalan Jenderal Ahmad Yani, dan menindak 23 orang dengan sanksi fisik dan non fisik.
Tim Satgas Covid-19 juga mendatangi kawasan Kesawan di Jalan Jenderal Ahmad Yani, dan menindak 23 orang dengan sanksi fisik dan non fisik.

Tempat-tempat tersebut diberikan teguran lisan dan teguran tertulis oleh Tim Satgas Covid-19 Mebidang agar menerapkan protokol kesehatan. Tim Satgas Covid-19 juga mendatangi kawasan Kesawan di Jalan Jenderal Ahmad Yani, dan menindak 23 orang dengan sanksi fisik dan non fisik.

"Saat malam hari ternyata banyak sekali pelanggaran protokol kesehatan," ucap Azhar.

Tidak semua tempat yang menjadi sasaran Tim Satgas Covid-19 Mebidang melanggar protokol kesehatan. Salah satu tempat yang mendapat pujian dari tim adalah Holy Wings di Jalan Ahmad Rivai, Medan. Tempat hiburan malam ini menerapkan protokol kesehatan dengan baik, dimulai dari pembatasan jumlah pengunjung, susunan kursi dan meja yang berjarak, serta fasilitas cuci tangan dan pendeteksi suhu tubuh.

"Pengunjung di tempat hiburan malam ini juga tidak ada yang tidak mengenakan masker. Ini harus dipertahankan, karena saat ini hanya dengan cara ini kita bisa menghentikan penyebaran Covid-19," Azhar menandaskan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelaskan Pengertian Gotong Royong, Salah Satu Kegiatan Ciri Khas Bangsa Indonesia

Posted: 18 Oct 2020 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penjelasan tentang pengertian gotong royong membantu kamu lebih mengetahui kegiatan yang kerap dilakukan oleh masyarakat ini. Jelaskan pengertian gotong royong merupakan pertanyaan yang tentunya banyak penjelasan terkait pengertian gotong royong tersebut.

Kegiatan gotong royong tentunya sudah tak asing lagi. Hidup bermasyarakat tentunya membuat seseorang tak jauh dari kegiatan tersebut. Pengertian gotong royong sendiri tak hanya dijelaskan menurut KBBI, namun juga dijelaskan oleh beberapa ahli.

Kegiatan gotong royong atau kerja bakti ini tentunya sudah dikenalkan para orang tua kepada anaknya. Oleh sebab itu, tak heran juga jika kegiatan tersebut diperkenalkan kepada anak-anak ketika masih duduk di bangku sekolah. Jelaskan pengertian gotong royong merupakan salah satu pertanyaan yang kerap dicari untuk memberikan penjelasan terkait kegiatan yang tak jauh dari masyarakat ini.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang jelaskan pengertian gotong royong hingga manfaatnya, Senin (19/10/2020).

Jelaskan Pengertian Gotong Royong

Jelaskan Pengertian Gotong Royong. (Sumber: Pixabay)
Jelaskan Pengertian Gotong Royong. (Sumber: Pixabay)

Jelaskan pengertian gotong royong merupakan salah satu pertanyaan yang kerap dilontarkan untuk memberikan penjelasan terkait kegiatan yang tak bisa jauh dari kehidupan bermasyarakat ini. Tak hanya orang dewasa, pengertian gotong royong ini juga harus dipahami oleh remaja. Kehidupan masyarakat Indonesia memang identik dengan kegiatan gotong royong ataupun kerja bakti untuk menyelesaikan masalah.

Menurut KBBI, pengertian gotong royong adalah bekerja bersama-sama (tolong- menolong, bantu-membantu)diantara anggota-anggota suatu komunitas.

Gotong royong adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama dan bersifat suka rela agaer kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan dengan lancer, mudah dan ringan. Gotong royong merupakan salah satu ciri khas bangsa Indonesia. Hal tersebut tertuang dalam pancasila yaitu sila ke 3 yang berbunyi persatuan Indonesia. Perilaku gotong royong yang dimiliki Bangsa Indonesia sejak dahulu kala. Gotong royong merupakan kepribadian bangsa dan merupakan budaya yang telah berakar kuat dalam kehidupan masyarakat.

Sikap  gotong royong itu seharusnya dimiliki seluruh elemen atau lapisan masyarakat yang ada di Indonesia. Adanya kesadaran setiap elemen dan lapisan masyarakat dalam menerapkan perilaku gotong royong maka hubungan persaudaraan atau silaturahmi akan semakin erat.

Pengertian Gotong Royong Menurut Para Ahli

1. Koentjaraningrat

Pertanyaan tentang jelaskan pengertian gotong royong juga bisa dijelaskan menurut para ahli. Pengertiang gotong royong menurut Koentjaraningrat adalah kerjasama tidak beriman salah seorang diantara kamu sampai ia mencintai saudaranya sama dengan mencintai dirinya sendiri.

2. Sakjoyo dan Pujiwati Sakjoyo

Sakjoyo dan Pujiwati Sakjoyo mengemukakan gotong royong merupakan adat istiadat tolong menolong antara warga dalam berbagai macam lapangan aktivitas sosial, baik berdasarkan hubungan tetangga kekerabatan yang berdasarkan  efisien yang sifatnya praktis dan ada pula aktifitas kerja sama yang lain.

3. Koenjaraningrat

Pengertian gotong royong menurut Koenjaraningrat, yakni gotong royong merupakan suatu konsep yang erat sangkut pautnya dengan kehidupan masyarakat sebagai petani pada masyarakat agraris. Gotong royong merupakan suatu sistem pengarahan tenaga tambahan dari luar keluarga untuk mengisi kekurangan dalam rangka aktifitas produksi bercocok tanam.

4. Mubyarto 

Gotong Royong menurut Mubyarto adalah kegiatan bersama untuk mencapai tujuan bersama.

Tujuan dan Nilai Gotong Royong

Selain pertanyaan seputar jelasakan pengertian gotong royong, berikut penjelasan terkait tujuan dan nilai gotong royong agar lebih memahami tentang kegiatan yang merupakan ciri khas dari masyarakat Indonesia ini.

Tujuan Gotong Royong :

1. Mengajak setiap individu untuk bekerja sama dalam memecahkan suatu permasalahan ataupun menjaga suatu lingkungan.

2. Meningkatkan tali persausdaraan dan kebersamaan antar warga.

3. Membuat warga agar lebih kompak serta saling mengenal satu sama lain.

4. Membuat suatu pekerjaan agar menjadi lebih ringan.

5. Mempererat rasa kesatuan dan persatuan.

6. Menghemat pengeluaran dan mempercepat suatu pekerjaan.

 

Nilai Gotong Rotong : 

Selain pertanyaan jelaskan pengertian gotong royong, apa saja nilai yang terkandung dalam kegiatan gotong royong juga penting untuk diketahui.

1. Kebersamaan : Gotong royong mencerminkan kebersamaan yang tumbuh dalam lingkungan masyarakat.

2. Persatuan : Kebersamaan yang terjalin dalam gotong royong sekaligus melahirkan persatuan antar anggota masyarakat.

3. Rela Berkorban : Gotong royong mengajari setiap orang untuk rela berkorban. Pengorbanan tersebut dapat berbentuk apapun, mulai dari berkorban waktu, tenaga, pemikiran, hingga uang.

4. Tolong Menolong : Gotong royong membuat masyarakat saling bahu-membahu untuk menolong satu sama lain.

5. Sosialisasi : Gotong royong dapat membuat manusia kembali sadar jika dirinya adalah maskhluk sosial. 

 

Manfaat dan Karakteristik Gotong Royong

Ilustrasi bendera Indonesia. (Photo by crysia . on Unsplash)
Ilustrasi bendera Indonesia. (Photo by crysia . on Unsplash)

Manfaat Gotong Royong :

Selain pengertian juga tujuan dan nilai gotong royong, penting untuk mengetahui tentang manfaat dari gotong royong itu sendiri. Setiap kegiatan tentunya memiliki manfaat salah satunya adalah gotong royong.

1. Agar lingkungan kita dapat dirasakan kebersihan dan keindahannya

2. Dapat terjalinnya rasa solidaritas dalam lingkungan masyarakat

3. Agar kehidupan bermasyarakat itu lebih baik dengan diadakannya gotong royong

4. Pekerjaan selesai dengan cepat tanpa harus mengeluarkan biaya ataupun kas RT/RW, dan jika berupa pembangunan fisik gedung akan sangat menghemat anggaran. Biaya untuk tenaga kerja berkurang dengan adanya gotong royong.

5. Persaudaraan dan kebersamaan sesama warga semakin erat dan masyarakat tentunya saling mengenal satu sama lainnya.

6. Keamanan lingkungan semakin terjamin, dengan rasa persaudaraan dan kebersamaan serta saling kenal diantara warga tentunya jika ada pendatang baru ataupun ada tamu asing yang mencurigakan tentu warga akan cepat mengetahuinya.

7. Ketentraman dan kedamaian akan diperoleh jika antar sesama warga saling peduli dan saling membantu dengan sesama warga lainya.

8. Gotong royong tidak mengenal perbedaan, sehingga ketika di laksanakan semua akan terasa sama.

 

Karakteristik Gotong Royong :

Kegiatan yang disebut merupakan ciri khas masyarakat Indonesia ini tentunya memiliki karakteristik selain pertanyaan seputar jelaskan pengertian gotong royong.

1. Sebagai sifat dasar bangsa Indonesia yang menjadi unggulan bangsa dan tidak dimiliki bangsa lain.

2. Terdapat rasa kebersamaan dalam setiap pekerjaan yang dilakukan. Sebagai bahan pertimbangan bahwa nilai-nilai kebersamaan yang selama ini ada perlu senantiasa dijunjung tinggi dan dilestarikan agar semakin lama tidak semakin memudar.

3. Memiliki nilai yang luhur dalam kehidupan.

4. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, karena di dalam kegiatan gotong-royong, setiap pekerjaan dilakukan secara bersama-sama tanpa memandang kedudukan seseorang tetapi memandang keterlibatan dalam suatu proses pekerjaan sampai sesuai dengan yang diharapkan.

5. Mengandung arti saling membantu yang dilakukan demi kebahagiaan dan kerukunan hidup bermasyarakat.

6. Suatu kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama dan sifatnya sukarela tanpa mengharap imbalan apapun dengan tujuan suatu pekerjaan atau kegiatan akan berjalan dengan mudah, lancar dan ringan.

Upaya Melestarikan Gotong Royong

Ilustrasi bendera Indonesia (Sumber: Pixabay)
Ilustrasi bendera Indonesia (Sumber: Pixabay)

Seiring dengan perkembangan zaman dan era digital tentunya membuat kegiatan gotong royong ini sudah jarang terlihat, apalagi di daerah perkotaan. Oleh sebab itu penting untuk melestarikan kegiatan tersebut, karena seperti diketahui kegiatan gotong royong merupakan ciri khas dari masyarakat Indonesia.

1. Masyarakat dapat meminimalisir atau bahkan menghilangkan anggapan yang menyatakan bahwa perilaku gotong royong tidak penting . Dengan cara seperti ini maka dapat dimungkinkan akan terbangun motivasi internal pada masyarakat lapisan bawah untuk menanamkan semangat melestarikan perilaku kegotongroyongan.

2. Tidak memanfaatkan berbagai macam kasus tertentu (RAS) sebagai upaya untuk menunggangi dengan perilaku gotong royong.

3. Meminimalisir jarak yang jauh antar lapisan masyarakat. Dengan cara ini maka dimungkinkan apabila ada gotong royong yang dilakukan tidak semakin canggung dilakukan.

4. Pihak pemerintah mampu memberi contoh atau ketedanan bagi masyarakat agar senantiasa mengaktifkan kebiasaan gotong royong dengan terjun langsung ke lapangan.

5. Memberikan reward bagi pihak tertentu yang senantiasa melestarikan tradisi gotong royong. Hal ini apabila dilakukan akan memberikan motivasi positif dan atau rangsangan agar senantiasa memasyarakat.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

UMKM Bakal Raup Banyak Untung Jika Masuk ke Ekosistem Digital

Posted: 18 Oct 2020 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia Services Dialogue (ISD) menangkap sinyal perlambatan di seluruh sektor jasa sudah tampak pada Kuartal I-2020, kecuali jasa informasi dan komunikasi, jasa keuangan dan jasa kesehatan.

Dimana sektor jasa, yang menopang 54 persen PDB nasional perlu beradaptasi, salah satunya dengan mendorong agar program digitalisasi dapat segera diterapkan.

"Digitalisasi sektor jasa Indonesia sangat berguna untuk mendorong daya saing dan produktivitas pelaku industri. Untuk itu kebijakan menyangkut sektor ekonomi digital sangat diperlukan," kata Executive Director ISD Devi Ariyani dalam diskusi online ISD, Senin (19/10/2020).

Menurutnya perkembangan teknologi digital dapat mendorong terciptanya perdagangan, tidak hanya barang tetapi juga perdagangan jasa lintas negara.

Misalnya, saat ini diperkirakan nilai transaksi untuk Information Technology Outsourcing (ITO) dan Business Process Outsourcing (BPO) secara global mencapai USD 167,9 Miliar, dimana sekitar 84 persen permintaan outsourcing berasal dari Amerika Serikat.

"UMKM Indonesia akan memetik keuntungan besar apabila bisa terintegrasi secara penuh dengan teknologi digital," ujarnya.

Lanjut Devi berdasarkan hasil riset dari Asia Pacific MSME Trade Coalition (AMTC) digitalisasi dapat menghemat biaya ekspor MSME (Micro, Small, Medium Enterprise)  di India, China, Korea Selatan dan Thailand hingga USD 339 Miliar.  

Riset AMTC tersebut juga menemukan bahwa teknologi digital menghemat waktu untuk ekspor dari UMKM sebesar 29 persen, dan mereduksi biaya ekspor hingga 82 persen.

Sehingga data menjadi bahan bakar utama dalam era ekonomi digital saat ini, kata Devi. Lantaran kemajuan teknologi digital membuat pertukaran data antar industri antar negara menjadi suatu hal yang lumrah.    

Pemerintah Optimis 3 Juta UMKM Go Digital di Akhir 2020

Ibu rumah tangga menyelesaikan pembuatan boneka adat Indonesia di Ammie Dolls, Kawasan Depok, Kamis (13/08/2020). UMKM binaan Pertamina ini sebelum masa pandemi mampu menghasilkan 200 pasang boneka tiap bulannya dengan harga antara 135 ribu hingga Rp 200 ribu per pasang. (merdeka.com/Arie Basuki)
Ibu rumah tangga menyelesaikan pembuatan boneka adat Indonesia di Ammie Dolls, Kawasan Depok, Kamis (13/08/2020). UMKM binaan Pertamina ini sebelum masa pandemi mampu menghasilkan 200 pasang boneka tiap bulannya dengan harga antara 135 ribu hingga Rp 200 ribu per pasang. (merdeka.com/Arie Basuki)

Kementerian Koordinator Perekonomian optimis program 3 juta UMKM  go digital bisa tercapai hingga Desember 2020.

Pasalnya, program UMKM go digital yang ditargetkan 2 juta UMKM telah tercapai pada September lalu. Dengan begitu Pemerintah menambah kuota 1 juta UMKM lagi.

"Kita sangat optimis sampai Desember ditambah 1 juta (UMKM) lagi, jadi 3 juta UMKM yang go online," kata Staf Ahli Bidang Transformasi Digital, Kreativitas dan SDM, Kementerian Koordinator Perekonomian Mira Tayyiba, dalam diskusi online Indonesia  Services Dialogue  (ISD), Senin (19/10/2020).

Kata Mira, saat ini baru 10 juta UMKM yang go digital dari 60 juta UMKM di Indonesia. Oleh karena itu, masa pandemi covid-19 dijadikan momentum oleh Pemerintah untuk meningkatkan digitalisasi UMKM.

"Bisa dibayangkan dari 60 juta UMKM baru sedikit yang online, kalau dilihat potensi e-commerce kita di Asia Tenggara sendiri sangat besar. Makannya kami mendorong digitalisasi UMKM, agar kita setidaknya bisa merealisasikan ekonomi digital," ujarnya.

Lanjutnya, jika dibandingkan rata-rata nilai transaksi digital Indonesia selama  6 bulan pertama yakni Januari – Juni 2019 dengan 2020, jumlah transaksi tahun 2020 naik sampai 2 kali lipat tapi nilai pembeliannya lebih kecil.

Hal itu disebabkan adanya penurunan daya beli masyarakat, maka Pemerintah bekerjasama dengan Bank Indonesia dan Marketplace agar membantu pemerintah mengevaluasi program digitalisasi UMKM tersebut.

"Jadi supply nya teman-teman UMKM sudah difasilitasi oleh Pemerintah untuk masuk ke online, tapi ternyata ada isu lainnya yakni daya beli, kasian teman-teman UMKM sudah menyiapkan produknya tapi tidak diserapkan oleh masyarakat ya tidak terjadi transaksi," ujarnya.

Adapun  menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mencatat selama PSBB grafik internet naik 20 persen. Tapi tak berarti transaksi ekonomi digital juga meningkat, dengan itulah Pemerintah terus mendorong Gerakan Bangga Buatan Indonesia sekaligus mendorong pelaku UMKM go digital.   

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tiga Tahun Menanti, Istri Andrew Andika Hamil Anak Pertama

Posted: 18 Oct 2020 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kebahagian tengah menyelimuti pesinetron Andrew Andika. Setelah tiga tahun penantiannya, sang istri Tengku Dewi Putri tengah mengandung anak pertama.

Kabar bahagia itu dituliskan bintang sinetron Cinta Yang Tertukar melalui akun Instagram pribadinya. Ucap sukur berulang kali dipanjatkan Andrew Andika kepada Sang Khalik atas karunia yang tak ternilai harganya yang ia terima.

"Alhamdulilah Alhamdulilah Alhamdulilah ..," tulis Andrew Andika dikutip Senin (19/10/2020).

Perjuangan

Instagram @andrewandika
Instagram @andrewandika

Tiga tahun penantian bukanlah waktu yang sebentar buat Andrew dan sang istri untuk memperoleh keturunan. Apalagi saudara dan orang terdekat kerap menanyakan momongan dari pernikahan mereka.

"Akhir nya perjuangan kita untuk punya momongan di kabulkan Allah swt," tulis Andrew lagi.

USG

Andrew Andika dan Tengku Dewi (Sumber: Instagram/@tengkudewiputri_tdp)
Andrew Andika dan Tengku Dewi (Sumber: Instagram/@tengkudewiputri_tdp)

Di unggahan sebelumnya, Andrew mengunggah hasil USG kehamilan sang istri. Ia juga berpose sambil memegang perut istrinya yang mulai terlihat membesar.

"Sepertinya kita akan memiliki bayi," kata Andrew dalam bahasa Inggris.

Ucapan Selamat dan Doa

Andrew Andika dan Tengku Dewi (Sumber: Instagram/@tengkudewiputri_tdp)
Andrew Andika dan Tengku Dewi (Sumber: Instagram/@tengkudewiputri_tdp)

Sahabat ikut berbahagia atas kehamilan istri Andrew Andika. Mereka mengucapkan selamat dan mendoakan buat kesehatan sang jabang bayi dan istri Andrew Andika

"Selamat. Semoga sehat-sehat terus semuanya," timpal Feni Rose.

"Gemes. Selamat Ndrew dan istri," sambung Ryana Dea.

"Alhamdulillah, selamat ya bule," komentar Laudya Cynthia Bella.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

ICW Desak Kepala Kejari Jaksel yang Jamu Terdakwa Kasus Djoko Tjandra Diperiksa

Posted: 18 Oct 2020 10:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia Corruption Watch (ICW) mendesak Komisi Kejaksaan (Komjak) dan Kejaksaan Agung (Kejagung) segera memeriksa Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan (Kejari Jaksel) Anang Supriatna dan oknum jaksa yang menjamu dua terdakwa kasus Djoko Tjandra. Kedua terdakwa itu adalah Irjen Napoleon Bonaparte serta Brigjen Pol Prasetijo Utomo.

Irjen Napoleon dan Brigjen Pol Prasetijo dijamu makan siang oleh Kepala Kejari Jaksel saat pelimpahan berkas penyidikan, barang bukti, dan tersangka kasus dugaan suap pemberian surat jalan dan penghapusan red notice Djoko Soegiarto Tjandra. Irjen Napoleon dan Brigjen Pol Prasetijo merupakan tersangka dalam kasus ini pada saat itu.

"ICW merekomendasikan agar Komisi Kejaksaan dan bidang Pengawasan Kejagung memanggil Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan dan oknum jaksa yang ikut menjamu Prasetijo Utomo dan Napoleon Bonaparte," ujar peneliti ICW Kurnia Ramadhana dalam keterangannya, Senin (19/10/2020).

Menurut ICW, perlakukan Kepala Kejari Jaksel terhadap dua tersangka jenderal polisi itu bertentangan dengan Pasal 5 huruf a Peraturan Jaksa Agung Tahun 2012 tentang Kode Perilaku Jaksa.

"Dalam aturan tersebut ditulis bahwa jaksa wajib menjunjung tinggi kehormatan dan martabat profesi dalam melaksanakan tugas dan kewenangannya dengan integritas, profesional, mandiri, jujur, dan adil," kata Kurnia soal kasus Djoko Tjandra itu.

 

Perlakuan Istimewa?

ICW menyebut, sejatinya Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan dan penegak hukum lainnya tidak membeda-bedakan perlakuan terhadap seseorang, baik tersangka maupun saksi yang terlibat tindak pidana.

"Pertanyaan sederhana terkait dengan konteks tersebut, apakah perlakuan itu dilakukan terhadap seluruh tersangka yang ada pada wilayah kerja Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan? Atau jamuan makan siang itu hanya dilakukan terhadap dua perwira tinggi Polri tersebut? Jika iya, maka Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan mesti memperlihatkan bukti tersebut," desak ICW.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PDIP Surabaya Latih 10 Ribu Saksi, Siap Lipat Gandakan Suara Rakyat untuk Eri-Armuji

Posted: 18 Oct 2020 10:35 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - PDI Perjuangan (PDIP) Kota Surabaya melatih terhadap saksi-saksi di tempat pemungutan suara (TPS) bagi pasangan Calon Wali Kota Eri Cahyadi dan Calon Wakil Wali Kota Armudji, nomor urut satu. Pelatihan saksi Eri-Armudji dilakukan secara maraton di 154 kelurahan, selama 18-26 Oktober 2020.

"Pelatihan akan melibatkan 10.368 saksi yang tersebar di 5.184 TPS di seluruh Surabaya," ujar Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya, Adi Sutarwijono,  Senin (19/10/2020). 

Bagi PDI Perjuangan, kata Adi, seluruh saksi Eri-Armudji harus mempunyai daya juang yang tinggi sebagai garda terdepan untuk memenangkan Pilkada Surabaya 9 Desember 2020.

"Dengan daya juang dan militansi tinggi, seluruh saksi bertugas melipatgandakan suara dukungan rakyat bagi Eri-Armudji. Mereka harus terampil bertugas kampanye door to door, dari rumah ke rumah, dengan militansi tinggi. Mengajak masyarakat datang ke TPS, dan memilih pasangan nomor 1," kata Adi.

Adi menjelaskan, pelatihan saksi sudah harus selesai akhir Oktober. Kemudian, para saksi bertugas satu bulan penuh untuk menjaring pemilih dari rumah ke rumah.

"Para saksi menguasai medan wilayah tempat dia bertugas. Mereka adalah sosok yang punya kesetiaan tinggi kepada cita-cita bersama untuk menyejahterakan masyarakat dan memastikan Surabaya tidak kembali mundur," kata Adi.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Harus Paham Regulasi Pencoblosan dan Penghitungan Suara

Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Ia menuturkan, semua saksi juga harus memahami seluruh regulasi pencoblosan dan penghitungan suara di TPS.

"Mereka harus memastikan, pemberian suara masyarakat dan rekapitulasi suara, berjalan baik dan benar, jujur dan adil di semua TPS. Jangan sampai ada kecurangan di TPS!" kata Adi.

Seluruh saksi Eri-Armudji, kata dia, harus memahami bahwa proses di TPS adalah ujung dari perjuangan penjang untuk memenangkan Pilkada Surabaya.

"Jadi, seluruh saksi harus benar-benar dalam kondisi siaga dan waspada. Mereka menjadi mata dan telinga Calon Walikota Eri Cahyadi dan Calon Wakil Walikota Armudji," kata Adi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rekor Baru, Malaysia Laporkan 871 Kasus COVID-19 Sehari

Posted: 18 Oct 2020 10:34 PM PDT

Liputan6.com, Kuala Lumpur- Otoritas kesehatan Malaysia melaporkan 871 kasus baru Virus Corona COVID-19 baru pada 18 Oktober 2020, menjadikan totalnya secara nasionak menjadi 20.498 kasus.

Jumlah kasus baru itu kembali tercatat sebagai rekor infeksi Virus Corona COVID-19 harian di Malaysia. 

Mengutip Channel News Asia, Senin (19/10/2020) Malaysia juga melaporkan adanya 7 orang yang meninggal dunia, sehingga total kematian akibat COVID-19 di negara Asia Tenggara tersebut menjadi 187 jiwa. 

Sebagian besar kasus baru COVID-19 di Malaysia merupakan penularan lokal dan lima infeksi impor, yang seluruhnya berada di Selangor.

Sementara itu, Negara Bagian Sabah mencatat jumlah kasus baru COVID-19 tertinggi dengan 702 infeksi, dengan Selangor sebanyak 77 dan 45 kasus di Penang. 

Adapun 10 kasus baru COVID-19 di Perak, sementara Johor, Kedah, Kuala Lumpur, Labuan, Melaka, Negeri Sembilan, Sarawak dan Terengganu masing-masing hanya mencatat satu digit infeksi baru. 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Berlakukan Pembatasan Baru

Petugas kesehatan memeriksa 'thermal scanner' untuk mendeteksi suhu tubuh penumpang yang tiba di Bandara Internasional Kuala Lumpur pada Selasa (21/1/2020). Pemerintah Malaysia mulai mengoperasikan alat pemindai suhu tubuh merespons penyebaran virus korona yang kian masif di China. (MOHD RASFAN/AFP)
Petugas kesehatan memeriksa 'thermal scanner' untuk mendeteksi suhu tubuh penumpang yang tiba di Bandara Internasional Kuala Lumpur pada Selasa (21/1/2020). Pemerintah Malaysia mulai mengoperasikan alat pemindai suhu tubuh merespons penyebaran virus korona yang kian masif di China. (MOHD RASFAN/AFP)

Setelah terjadinya lonjakan kasus COVID-19 baru-baru ini, Malaysia dilaporkan memberlakukan lockdown yang ditargetkan pada Oktober 2020, dengan Kuala Lumpur, Selangor dan Putrajaya yang berada di bawah kebijakan Perintah Pengendalian Gerakan (MCO) hingga 27 Oktober.

Menurut Kementerian Kesehatan Malaysia, 701 pasien telah sembuh, menjadikan total pemulihan dari COVID-19 sebanyak 13.262.

Saat ini terdapat 7.049 kasus COVID-19 aktif di Malaysia, dengan 86 di antaranya berada dalam perawatan di ICU termasuk 28 pasien yang menggunakan bantuan ventilator.

Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona

Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Telkomsel Perluas Akses Internet 4G hingga ke Pelosok

Posted: 18 Oct 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel kian melebarkan akses internet 4G ke seluruh Indonesia, termasuk di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) guna memberdayakan masyarakat.

Perluasan akses ini dimaksudkan agar masyarakat bisa menikmati internet cepat, terutama dalam beradaptasi dengan kebiasaan baru melalui pemanfaatan teknologi digital.

Vice President Corporate Communications Telkomsel , Denny Abidin, mengatakan Telkomsel menaruh perhatian yang besar terhadap pemerataan layanan telekomunikasi di seluruh Indonesia.

"Berbagai inisiatif seperti Telkomsel Merah Putih telah hadir sebagai solusi bagi masyarakat untuk menikmati standar kualitas jaringan yang sama antara satu wilayah dengan wilayah lainnya," kata Denny, dalam keterangan resmi Telkomsel, Senin (19/10/2020).

Lebih lanjut dia mengatakan, Telkomsel akan terus membawa semangat ini guna memperluas kehadiran jaringan broadband. Dengan begitu, manfaat internet bisa dirasakan oleh lebih banyak orang Indonesia.

Denny mengatakan, perluasan ketersediaan jaringan 4G dilakukan menyeluruh, dengan mencakup semua pengelompokkan wilayah operasional yang terbagi menjadi empat area.

Area-area tersebut antara lain adalah Area 1 (Sumatera), Area 2 (Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat), Area 3 (Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali, NTT, NTB), dan Area 4 (Papua, Maluku, Sulawesi, Kalimantan).

Untuk memberikan layanan 4G, Telkomsel pun melakukan pendekatan yang sesuai dengan kondisi tiap-tiap daerah.

Dari Sumatera NTT

Telkomsel menggelar mobile BTS di Desa Pasiah Laweh, Sumbar (Foto: Telkomsel)
Telkomsel menggelar mobile BTS di Desa Pasiah Laweh, Sumbar (Foto: Telkomsel)

Salah satu upaya yang dilakukan Telkomsel di area Sumatera adalah menghadirkan layanan 4G di Desa Pasiah Laweh, Sumatera Barat, dengan memanfaatkan infrastruktur Compact Mobile BTS (COMBAT).

Inisiatif ini dinilai akan memudahkan masyarakat dalam menikmati akses jaringan internet terdepan. Di mana, sebelumnya masyarakat harus datang ke lokasi bernama "Kelok HP" yang lokasinya di puncak bukit untuk mendapatkan sinyal.

Sementara di Desa Woloklibang NTT, Telkomsel menerapkan pendekatan serupa untuk memastikan internet 4G tersedia di sana.

Telkomsel menyebut, penggunaan mobile BTS dipilih karena kondisi geografis wilayah yang cukup menantang. Butuh satu jam perjalanan laut dan tiga jam perjalanan darat untuk sampai di Desa Woloklibang dari Kota Larantuka, Nusa Tenggara Timur.

Telkomsel juga menanggapi kesulitan akses internet di Desa Petir, Daerah Istimewa Yogyakarta. Solusi yang diberikan adalah dengan memasang alat penguat sinyal (repeater) khusus.

Sulawesi Utara

BTS USO Telkomsel di Kabupaten Pulau Morotai (Foto: Telkomsel)
BTS USO Telkomsel di Kabupaten Pulau Morotai (Foto: Telkomsel)

Hal tersebut dilakukan sebagai optimalisasi jaringan Telkomsel yang sudah ada di wilayah tersebut, namun terhalang oleh banyaknya perbukitan, sehingga kini 4G yang terpancar jadi lebih kuat.

Penanganan khusus turut dilakukan Telkomsel di Desa Nain, Sulawesi Utara. Desa yang berada di pulau kecil di sebelah utara Taman Nasional Bunaken itu, sekarang bisa menikmati layanan 4G.

Hal ini berkat peningkatan transmisi dan teknologi dengan mengalihkan akses yang sebelumnya melalui satelit menjadi lewat IP Radio yang termasuk ke dalam infrastruktur BTS Merah Putih milik Telkomsel.

"Telkomsel berkomitmen untuk membangun ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan di Tanah Air. Maka dari itu, kehadiran akses jaringan broadband terdepan di setiap wilayah di negeri ini menjadi penting agar seluruh masyarakat dapat merasakan manfaat teknologi terkini di kehidupannya, termasuk dalam menjalani kegiatan belajar jarak jauh hingga berjualan secara daring yang berguna bagi para pelaku UMKM dalam memperluas usahanya," kata Denny.

Dia menyebut, Telkomsel juga melakukan inisiatif lain yang bisa yang diharapkan mampu mendukung pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika yang tengah mengupayakan ketersediaan jaringan 4G di seluruh desa di Indonesia pada 2022.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Real Madrid Menyesal Jual James Rodriguez ke Everton

Posted: 18 Oct 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Madrid- Para petinggi Real Madrid menyesali keputusan melepas gelandang serang James Rodriguez ke Everton. Mereka kecewa dengan pelatih Zinedine Zidane yang gagal memaksimalkan James.

Pemain 29 tahun itu meninggalkan Santiago Bernabeu pada September lalu. Everton membeli James cukup murah dari Real Madrid senilai 20 juta poundsterling.

James pindah setelah disia-siakan oleh Zidane sejak musim lalu. Pria Kolombia itu tak masuk perencanaan Zidane di Real Madrid. James nyaris tak dimainkan musim lalu.

Pindah ke Inggris, James seolah terlahir kembali. Eks pemain AS Monaco itu mampu tampil apik dengan membuat tiga gol dan empat assists dari enam pertandingan di berbagai ajang.

Bersinarnya James di Everton membuat petinggi Real Madrid diklaim AS sedikit menyesal. Mereka menunjukkan kekecewaan besar kepada Zidane yang menyia-nyiakan kemampuann James.

 

3 Pemain Lain

Gelandang Everton, James Rodriguez, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Brighton pada laga lanjutan Liga Inggris di Stadion Goodison Park, Sabtu (3/10/2020) malam WIB. Everton menang 4-2 atas Brighton. (AFP/Jan Kruger/pool)
Gelandang Everton, James Rodriguez, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Brighton pada laga lanjutan Liga Inggris di Stadion Goodison Park, Sabtu (3/10/2020) malam WIB. Everton menang 4-2 atas Brighton. (AFP/Jan Kruger/pool)

Para petinggi Real Madrid menyakini James, Dani Ceballos, Gareth Bale, Sergio Reguilon masih akan sangat berguna bagi Real Madrid di musim 2020-2021. Ceballos kini main di Arsenal, sedangkan Bale dan Reguilon dibuang ke Tottenham Hotspur.

Reguilon pindah secara permanen ke Tottenham setelah musim lalu tampil apik saat dipinjamkan ke Sevilla. Sedangkan Bale dan Ceballos dipinjamkan saja.

Reguilon

Sama seperti James, Bale, Reguilon dan Ceballos juga tidak dibutuhkan Zidane. Mereka tak masuk perencanaan sehingga ditempatkan di daftar jual.

Reguilon sendiri tampil sangat menjanjikan begitu pindah ke Tottenham. Sedangkan Bale dan Ceballos masih belum memberikan dampak signifikan.

Saksikan Video Menarik Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Dua Gereja Dibakar saat Unjuk Rasa di Chile

Posted: 18 Oct 2020 10:30 PM PDT

Para pengunjuk rasa menyerbu gereja San Francisco de Borja saat puluhan ribu orang berunjuk rasa di Kota Santiago, Chile, Minggu (18/10/2020). Demonstrasi itu digelar untuk memperingati satu tahun protes besar menuntut kesetaraan di Chile. (AP Photo/Esteban Felix)
Para pengunjuk rasa menyerbu gereja San Francisco de Borja saat puluhan ribu orang berunjuk rasa di Kota Santiago, Chile, Minggu (18/10/2020). Demonstrasi itu digelar untuk memperingati satu tahun protes besar menuntut kesetaraan di Chile. (AP Photo/Esteban Felix)

Para pengunjuk rasa menyerbu gereja San Francisco de Borja saat puluhan ribu orang berunjuk rasa di Kota Santiago, Chile, Minggu (18/10/2020). Demonstrasi itu digelar untuk memperingati satu tahun protes besar menuntut kesetaraan di Chile. (AP Photo/Esteban Felix)

Petugas pemadam kebakaran memadamkan gereja La Asuncion setelah diserang dan dibakar saat puluhan ribu orang berunjuk rasa di Kota Santiago, Chile, Minggu (18/10/2020). Demonstrasi itu digelar untuk memperingati satu tahun protes besar menuntut kesetaraan di Chile. (AP Photo/Esteban Felix)
Petugas pemadam kebakaran memadamkan gereja La Asuncion setelah diserang dan dibakar saat puluhan ribu orang berunjuk rasa di Kota Santiago, Chile, Minggu (18/10/2020). Demonstrasi itu digelar untuk memperingati satu tahun protes besar menuntut kesetaraan di Chile. (AP Photo/Esteban Felix)

Petugas pemadam kebakaran memadamkan gereja La Asuncion setelah diserang dan dibakar saat puluhan ribu orang berunjuk rasa di Kota Santiago, Chile, Minggu (18/10/2020). Demonstrasi itu digelar untuk memperingati satu tahun protes besar menuntut kesetaraan di Chile. (AP Photo/Esteban Felix)

Petugas pemadam kebakaran memadamkan gereja La Asuncion setelah diserang dan dibakar saat puluhan ribu orang berunjuk rasa di Kota Santiago, Chile, Minggu (18/10/2020). Demonstrasi itu digelar untuk memperingati satu tahun protes besar menuntut kesetaraan di Chile. (AP Photo/Esteban Felix)
Petugas pemadam kebakaran memadamkan gereja La Asuncion setelah diserang dan dibakar saat puluhan ribu orang berunjuk rasa di Kota Santiago, Chile, Minggu (18/10/2020). Demonstrasi itu digelar untuk memperingati satu tahun protes besar menuntut kesetaraan di Chile. (AP Photo/Esteban Felix)

Petugas pemadam kebakaran memadamkan gereja La Asuncion setelah diserang dan dibakar saat puluhan ribu orang berunjuk rasa di Kota Santiago, Chile, Minggu (18/10/2020). Demonstrasi itu digelar untuk memperingati satu tahun protes besar menuntut kesetaraan di Chile. (AP Photo/Esteban Felix)

Para pengunjuk rasa berdiri di luar puing-puing gereja Parroquia La Asuncion yang dibakar sekelompok orang di Kota Santiago, Chile, Minggu (18/10/2020). Demonstrasi itu digelar untuk memperingati satu tahun protes besar menuntut kesetaraan di Chile. (AP Photo/Esteban Felix)
Para pengunjuk rasa berdiri di luar puing-puing gereja Parroquia La Asuncion yang dibakar sekelompok orang di Kota Santiago, Chile, Minggu (18/10/2020). Demonstrasi itu digelar untuk memperingati satu tahun protes besar menuntut kesetaraan di Chile. (AP Photo/Esteban Felix)

Para pengunjuk rasa berdiri di luar puing-puing gereja Parroquia La Asuncion yang dibakar sekelompok orang di Kota Santiago, Chile, Minggu (18/10/2020). Demonstrasi itu digelar untuk memperingati satu tahun protes besar menuntut kesetaraan di Chile. (AP Photo/Esteban Felix)

Para pengunjuk rasa menyerbu gereja San Francisco de Borja saat puluhan ribu orang berunjuk rasa di Kota Santiago, Chile, Minggu (18/10/2020). Demonstrasi itu digelar untuk memperingati satu tahun protes besar menuntut kesetaraan di Chile. (AP Photo/Esteban Felix)
Para pengunjuk rasa menyerbu gereja San Francisco de Borja saat puluhan ribu orang berunjuk rasa di Kota Santiago, Chile, Minggu (18/10/2020). Demonstrasi itu digelar untuk memperingati satu tahun protes besar menuntut kesetaraan di Chile. (AP Photo/Esteban Felix)

Para pengunjuk rasa menyerbu gereja San Francisco de Borja saat puluhan ribu orang berunjuk rasa di Kota Santiago, Chile, Minggu (18/10/2020). Demonstrasi itu digelar untuk memperingati satu tahun protes besar menuntut kesetaraan di Chile. (AP Photo/Esteban Felix)

Petugas pemadam kebakaran berdiri di depan gereja La Asuncion yang terbakar saat puluhan ribu orang berunjuk rasa di Kota Santiago, Chile, Minggu (18/10/2020). Demonstrasi itu digelar untuk memperingati satu tahun protes besar menuntut kesetaraan di Chile. (AP Photo/Esteban Felix)
Petugas pemadam kebakaran berdiri di depan gereja La Asuncion yang terbakar saat puluhan ribu orang berunjuk rasa di Kota Santiago, Chile, Minggu (18/10/2020). Demonstrasi itu digelar untuk memperingati satu tahun protes besar menuntut kesetaraan di Chile. (AP Photo/Esteban Felix)

Petugas pemadam kebakaran berdiri di depan gereja La Asuncion yang terbakar saat puluhan ribu orang berunjuk rasa di Kota Santiago, Chile, Minggu (18/10/2020). Demonstrasi itu digelar untuk memperingati satu tahun protes besar menuntut kesetaraan di Chile. (AP Photo/Esteban Felix)

Kobaran api terlihat di gereja San Francisco de Borja diserbu oleh pengunjuk rasa di Kota Santiago, Chile, Minggu (18/10/2020). Demonstrasi itu digelar untuk memperingati satu tahun protes besar menuntut kesetaraan di Chile. (AP Photo/Esteban Felix)
Kobaran api terlihat di gereja San Francisco de Borja diserbu oleh pengunjuk rasa di Kota Santiago, Chile, Minggu (18/10/2020). Demonstrasi itu digelar untuk memperingati satu tahun protes besar menuntut kesetaraan di Chile. (AP Photo/Esteban Felix)

Kobaran api terlihat di gereja San Francisco de Borja diserbu oleh pengunjuk rasa di Kota Santiago, Chile, Minggu (18/10/2020). Demonstrasi itu digelar untuk memperingati satu tahun protes besar menuntut kesetaraan di Chile. (AP Photo/Esteban Felix)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

OJK Yakin Pertumbuhan Kredit Bakal Kerek Laju Investasi

Posted: 18 Oct 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso menyebut permintaan kredit di Tanah Air dapat mendorong perputaran investasi saham di bursa perdagangan nasional. Oleh karenanya, dia berharap pemulihan kredit dapat segera berlangsung untuk mendorong industri pasar modal.

"Nah (demand kredit) ini bagaimana supaya cepat dan akhirnya bisa mendorong investasi. Karena itulah demand kredit ini satu hal yang harus kita cermati bersama agar investasi ini cepat rolling," kata Wimboh dalam Opening Ceremony Capital Market Summit & Expo 2020, Senin (19/10)

Wimboh mengatakan, saat ini likuiditas perbankan masih jauh tercukupi dalam menghadapi pandemi covid-19. Namun dirinya menyadari bahwa permintaan kredit masyarakat ditengah pandemi masih kurang.

Meski begitu, Wimboh optimis permintaan kredit akan kembali pulih. Sebab emerintah telah menggulirkan stimulus ke masyarakat melalui bantuan langsung tunai, bantuan UMKM maupun restrukturisasi kredit perbankan.

"Perbankan tidak ada masalah, likuiditas, tinggal bagaimana demand kreditnya yang harus kita terapkan. Dan ini sangat tergantung daripada para masyarakat melalui aktivitas ekonomi dan sebagainya pemerintah sudah melakukan banyak hal yang berkaitan dengan insentif," jelasnya.

Sebagai informasi saja, saat ini baik Loan Deposit Ratio (LDR) maupun Capital Adequacy Ratio (CAR) masih berada dalam level yang aman dan stabil. Adapun LDR per Agustus 2020 menurut data OJK berada di level 85,1 persen jauh lebih rendah dari posisi Desember 2019 yakni 94,4 persen. Sementara itu CAR perbankan di 23,1 persen per Agustus 2020 sedikit menurun tipis dari Desember 2019 di 23,4 persen.

Meskipun begitu penyaluran kredit perbankan seakan masih seret. Bank Indonesia (BI) pun mencatatkan penyaluran kredit perbankan pada Agustus 2020 sebesar Rp5.520,9 triliun. Angka tersebut tercatat hanya tumbuh 0,6 persen (yoy), lebih rendah bila dibandingkan dengan pertumbuhan bulan sebelumnya di Juli 2020 yang tumbuh 1,0 persen, yoy.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

OJK: 73 Persen Transaksi di Pasar Saham Berupa Ritel

OJK menerima secara resmi Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Tahun 2019.  Dok OJK
OJK menerima secara resmi Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Tahun 2019. Dok OJK

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso menyebut kinerja pasar modal di Indonesia akhir-akhir ini sudah mulai menggeliat kembali. Hal ini tercermin dari beberapa basis investor di sektor ritel yang sudah semakin besar jumlahnya.

"Jadi ada beberapa angka yang dapat kami sampaikan bahwa 73 persen di pasar saham adalah transaksi yang berupa ritel dan ini adalah merupakan transaksi paling banyak 5 tahun terakhir," kata dia dalam Opening Ceremony Capital Market Summit & Expo 2020, Senin (19/10).

Dia mengatakan, memang akhir-akhir ini banyak basis investor yang masuk di sektor tersebut. Namun tepenting adalah bagaimana caranya untuk memperluas basis investor tersebut sehingga volatilitasnya dapat dikendalilan dengan lebih baik.

"Investor domestik yang berupa ritel kita harapkan bisa mendominasi layar kita di pasar modal Indonesia," kata dia.

Dia menambahkan, yang menjadi konsen pemerintah dan otoritas keuangan saat ini adalah bagaimana caranya dapat mengembalikan kepercayaan pasar. Caranya dengan memperbanyak instrumen baik yang berupa ritel maupun korporat.

"Dengan banyaknya instrumen maka kita akan mempunyai variasi instrumen yang lebih banyak dan juga instrumen ini kita harapkan harus memenuhi kebutuhan pasar kita baik itu instrumen biasa maupun lainnya," kata dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Salat di Atas Pasir Pantai, Nagita Slavina Tuai Pujian

Posted: 18 Oct 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nagita Slavina tengah berlibur bersama keluarga kecilnya ke Labuan Bajo. Ini sekaligus menjadi momen perayaan hari jadi pernikahannya yang keenam tahun bersama Raffi Ahmad.

Meski tengah berlibur, Nagita Slavina tetap menjalankan kewajibannya sebagai seorang muslim. Ia tetap menjalani salat, bahkan saat berada pantai.

Hal ini diketahui dari akun Instagram mereka. "The Power Of Love. Allah. Anniversarry 6 Tahun. Amazing, Romantic," tulisnya pada Minggu (18/10/2020).

Kemesraan

[Foto: Instagram Raffi Nagita]
[Foto: Instagram Raffi Nagita]

Bersama dengan keterangan itu, Nagita Slavina terlihat mengenakan mukena. Ia duduk di atas sajadah yang digelar di atas pasir pantai.

Raffi Ahmad terlihat mencium Nagita Slavina dengan penuh kasih dan sayang. Lampu yang temaram membuat foto tersebut terasa sangat syahdu.

Memuji

[Foto: Instagram Raffi Nagita]
[Foto: Instagram Raffi Nagita]

Warganet pun memuji Nagita Slavina yang tetap menunaikan salat wajib di mana pun berada. "Salut sama gigi ibadahnya itu patut di ancungi jempol, sehat sehat ya semuanya," kata salah satu warganet.

"Masya Allah salut sama mba gigi ga pernah tinggalkan sholat dalam situasi apa pun," warganet lain menimpali.

Selain itu, banyak juga rekan selebritas yang mengucapkan selamat atas hari jadi pernikahan mereka.

Ucapan Selamat

"Happy Anniversary ke 6 @raffinagita1717 semoga tahun depan anniversary lagi yg ke 7 dan tahun depannya anniversary lagi yang ke 8," kata Denny Cagur.

"Yaumil milad maliih barokah, dah langsung aja itu rafathar mau jadi anak tunggal apa gmn? Rejeki ada, pabrik open, nunggu apa lagi hajar bleh beranak pinak yg banyaaaak, semoga langgeng terus Aamiin," ucap Arie Untung.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Rihanna Masuk Daftar Wanita Terkaya di Dunia Versi Forbes

Posted: 18 Oct 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Solois Rihanna masuk dafta wanita terkaya versi majalah Forbes. Kekayaan Rihanna bernilai triliunan Rupiah, dan berasal dari karier musik serta line makeupnya dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

12 Fungsi Klorofil pada Proses Fotosintesis, Ketahui Manfaatnya bagi Manusia

Posted: 18 Oct 2020 10:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Fotosintesis adalah salah satu upaya tumbuhan untuk bisa menghasilkan makanannya sendiri. Dalam proses fotosintesis ini, tumbuhan selalu membutuhkan zat hijau daun yang disebut klorofil. Hal ini disebabkan karena fungsi klorofil pada proses fotosintesis memiliki pengaruh yang sangat besar.

Fungsi klorofil pada proses fotosintesis berkaitan dengan penyerapan cahaya matahari. Pengubahan air dan karbondioksida menjadi karbohidrat. Sampai memengaruhi segala reaksi kimia yang berlangsung selama fotosintesis. Jika disamakan dengan tubuh manusia, klorofil ini mirip dengan hemoglobin yang mengangkut oksigen dan menyebarkan ke seluruh bagian tumbuhan.

Terlepas dari fungsi klorofil pada proses fotosintesis, sebenarnya ada banyak manfaat klorofil bagi manusia. Zat hijau daun ini pun sangat baik untuk menunjang kesehatan. Mulai dari atasi masalah pencernaan, bau mulut, kontrol berat badan, cegah kanker, dan masih banyak lagi lainnya.

Berikut Liputan6.com ulas fungsi klorofil pada proses fotosintesis dari berbagai sumber, Senin (19/10/2020).

Fungsi Klorofil pada Proses Fotosintesis

Ilustrasi tumbuhan | Pixabay
Ilustrasi tumbuhan | Pixabay

Klorofil dan fotosintesis adalah satu kesatuan. Tanpa klorofil, fotosintesis tidak bisa terjadi. Di sini pentingnya mengetahui fungsi klorofil pada proses fotosintesis.

Klorofil kerap disebut sebagai zat hijau daun. Bukan tanpa alasan, sebenarnya zat hijau ini memiliki pengaruh terhadap fungsi klorofil pada proses fotosintesis.

Berikut fungsi klorofil pada proses fotosintesis:

1. Klorofil yang memberi warna hijau pada daun tumbuhan yang berwarna hijau. Klorofil disebut zat hijau daun.

2. Molekul klorofil mampu menyerap cahaya merah, biru, dan ungu. Hingga memantulkan warna hijau kekuningan yang kerap dilihat manusia.

3. Klorofil sangat dibutuhkan oleh tubuhan untuk berfotosintesis selain air, karbondioksida, dan cahaya.

4. Klorofil pada proses fotosintesis mengubah cahaya matahari menjadi energi.

5. Klorofil yang menyerap cahaya, meneruskan, dan mengolah cahaya ke tempat terjadinya fotosintesis (mesofil) bersama karbondioksida dan air.

6. Secara tidak langsung, klorofillah yang membantu menghasilkan reaksi kimia berupa gula dan oksigen.

7. Klorofil juga mengubah karbondioksida menjadi karbohidrat untuk energi tumbuhan.

8. Klorofil juga membuat gula (glukosa) sebagai pusat produksi pangan dari sel-sel tanaman.

9. Bahkan klorofil juga membantu menciptakan oksigen pada proses fotosintesis ini.

10. Berkat klorofil, tumbuhan bisa dengan mandiri membuat makanannya sendiri.

11. Klorofil mengolah senyawa kimia yang berasal dari sinar matahari dengan pigmen yang dimilikinya.

12. Klorofil mampu membersihkan udara dengan menyerap karbondioksida dan menciptakan oksigen.

Proses Fotosintesis

Ilustrasi tumbuhan | Ibrahim Hasan dari Pexels
Ilustrasi tumbuhan | Ibrahim Hasan dari Pexels

1. Karbon dioksida yang ada di udara masuk ke daun tumbuhan melalui stomata.

2. Air masuk ke daun, melalui akar tumbuhan. Air yang masuk melalui akar tumbuhan kemudian disalurkan ke daun melalui batang.

3. Saat sinar matahari jatuh ke permukaan daun, klorofil menangkap energi dari dari cahaya tersebut. Klorofil adalah pigmen hijau yang terdapat di daun tumbuhan.

4. Energi nantinya digunakan untuk mengubah air menjadi hidrogen dan oksigen. Hidrogen kemudian digabungkan dengan karbon dioksida untuk menghasilkan makanan bagi tumbuhan tersebut. Sedangkan oksigen dikeluarkan oleh tumbuhan melalui stomata.

Rumus proses fotosintesis

6CO2 + 6H2O + Cahaya Matahari ----> C6H12O6 + 6O2

CO2 = karbon dioksida

H2O = air

C6H12O6 = glukosa

O2 = oksigen

Pentingnya Fotosintesis

Ilustrasi Tumbuhan Paku | Credit: unsplash.com
Ilustrasi Tumbuhan Paku | Credit: unsplash.com

Hasil pembuangan dari proses fotosintesis adalah oksigen. Zat ini sangat kita butuhkan untuk bernapas dan melangsungkan kehidupan.

Selain oksigen, cadangan glukosa yang terdapat pada tumbuhan yang berupa buah dan umbi-umbian juga menyediakan nutrisi yang bisa dikonsumsi manusia.

Daun dan buah yang berasal dari tumbuhan ini juga menyediakan makanan bagi hewan yang tergolong pemakan tumbuhan atau herbivora.

Selanjutnya herbivora akan menjadi makanan untuk hewan lain dari jenis pemakan daging atau karnivora. Jadi, fotosintesis sangat berperan penting pada perputaran rantai makanan makhluk hidup yang ada di bumi ini. Karena rantai makanan di bumi ini dimulai dari proses fotosintesis.

Manfaat Sehat Klorofil

Ilustrasi berkebun | (dok. foto ThisIsEngineering/Pexels.com)
Ilustrasi berkebun | (dok. foto ThisIsEngineering/Pexels.com)

Meningkatkan kesehatan pencernaan

Zat hijau di dalam klorofik membantu membersihkan usus dan menghilangkan ketegangan usus. Sehingga pencernaan Anda akan bersih dari zat-zat berbahaya yang tertinggal.

Menghilangkan bau mulut

Klorofil tinggi akan sifat anti bakteri di dalamnya, maka klorofil mampu membantu menghilangkan bau mulut yang disebabkan oleh bakteri di dalam mulut.

Mengurangi sakit karena pankreatitis

Klorofil jika disuntikkan intravena membantu mengurangi rasa sakit dan gejala lain yang berhubungan dengan pankreatitis.

Menurunkan berat badan

Klorofil membantu dalam mengendalikan nafsu makan dengan menjaga kadar gula darah stabil dalam tubuh. Kedua hal ini berperan besar dalam proses penurunan berat badan.

Kanker

Pada pasien kanker, zat beracun yang disebut karsinogen bertanggung jawab atas kerusakan gen. Klorofilin yang ada di dalam klorofil berfungsi untuk mengurangi karsinogen tersebut sehingga mampu membantu proses penyembuhan pasien kanker.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming SCTV FTV Siang: Es Goyang Rasa Zheyeng, Senin 19 Oktober 2020

Posted: 18 Oct 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jangan lewatkan episode FTV Siang kali ini mulai pukul 12.30 WIB.

Seperti biasa FTV Siang menghadirkan drama segar.

Anda juga bisa menyaksikan FTV Siang via live streaming dengan klik tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Merger 3 Bank BUMN Syariah Bakal Lahirkan Bank BUKU IV Baru

Posted: 18 Oct 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ekonom sekaligus Direktur Riset Center of Reform on Economics (Core) Piter Abdullah menyambut baik keputusan penggabungan (merger) tiga bank Himbara syariah. Menurutnya, kebijakan merger untuk melahirkan satu bank syariah masuk kelompok BUKU IV atau bank dengan modal inti di atas Rp30 triliun.

"Merger bank BUMN syariah harapannya akan membuat perbankan syariah punya satu bank besar di buku IV. Sehingga kemudian bisa berkinerja lebih baik," ujar dia saat dihubungi Merdeka.com, Senin (19/10).

Kendati demikian, merger oleh tiga bank syariah pelat merah itu belum mampu menjamin peningkatan kinerja perbankan syariah itu sendiri. Sehingga pemerintah maupun stakeholders terkait didorong untuk segera meningkatkan kapasitas bank dari banyak hal.

"Antara lain atau khususnya dari segi permodalan, jangkauan pasar, dan juga daya saing. Itu penting," jelas dia.

Selain itu, pembentukan pencitraan ekosistem ekonomi syariah dengan penawaran yang lebih baik dinilai tak kalah penting. Diantaranya perluasan dan peningkatan bisnis halal di dalam negeri.

"Ini untuk meningkatkan daya tarik masyarakat juga akan memacu kinerja perbankan syariah. Karena tidak cukup adanya satu bank besar tetapi juga harus diikuti dengan pencitraan ekosistem ekonomi syariah yang lebih baik," tambahnya.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

Merger Bank Syariah BUMN di Tengah Pandemi, Keputusan Tepat?

Ilustrasi bank (Sumber: Istockphoto)
Ilustrasi bank (Sumber: Istockphoto)

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) dan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) sangat mendukung rencana Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) erick Thohir menggabungkan 3 bank syariah BUMN. Alasannya, merger 3 bank syariah BUMN tersebut memperkuat posisi Indonesia di kancah keuangan syariah dunia. 

Wakil Sekretaris Jendral (Wasekjen) BPP Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Arief Rosyid menjelaskan, merger bank  syariah anggota Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) merupakan kebijakan yang tepat. Penggabungan ini dipercaya bisa meningkatkan dan memperkuat pengembangan serta posisi ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

"Menurut saya, langkah yang diambil Erick Thohir selaku Menteri BUMN tepat dan membawa angin segar untuk kemajuan ekonomi dan keuangan syariah, mengingat sekitar 70 persen kegiatan ekonomi dan keuangan syariah saat ini masih berpusat di perbankan syariah," kata Arief di Jakarta, Rabu (14/10/2020).

Arief memandang merger bank syariah BUMN merupakan bukti komitmen pemerintah dalam mendorong kemajuan ekonomi syariah di Indonesia. Kebijakan ini dianggapnya tepat dilakukan ketika pandemi Covid-19 masih belum mereda.

Alasannya, di tengah pandemi Covid-19 terbuka lebar kesempatan Indonesia untuk mengambil momentum memajukan perekonomian nasional. Momentum ini bisa didorong dengan aksi merger bank syariah BUMN, yang selama pandemi tercatat memiliki kinerja baik dan di atas rata-rata industri perbankan nasional.

"Keberpihakan Menteri Erick Thohir ini melanjutkan komitmen Presiden Jokowi dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin yang selama ini berupaya mendorong kemajuan umat Islam dalam konteks ekonomi," paparnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Aksi Wanita Koleksi Mayat Nyamuk yang Ditangkapnya, Ditempel di Buku

Posted: 18 Oct 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang memang memiliki kebiasaan dan hobi yang berbeda-beda. Umumnya orang-orang memiliki hobi yang bisa membuatnya bahagia seperti olahraga, membaca, bermain musik atau travelling.

Ada pula orang yang memiliki hobi unik seperti mengoleksi barang-barang kecil atau souvenir langka. Namun rupanya mengoleksi tak hanya barang-barang lucu saja tetapi juga bisa hal yang nyeleneh. Seperti yang dilakukan oleh wanita satu ini.

Seorang wanita mengunggah foto dirinya berhasil membunuh nyamuk. Tak hanya itu rupanya ia juga membagikan foto jika dirinya mengoleksi mayat-mayat nyamuk yang berhasil ia tangkap. Pemilik akun Twitter @zynapsed itu menampilkan puluhan mayat nyamuk yang ia tempel dengan selotip di sebuah buku bergaris.

Unggahannya itu lansgung menarik perhatian netizen. Beragam respons mengisi kolom komentarnya yang takjub sekaligus bingung dengan hobi aneh wanita tersebut.

Koleksi Mayat Nyamuk

Wanita ini koleksi mayat nyamuk yang pernah ia tangkap. (Sumber: Twitter/@zynapsed)
Wanita ini koleksi mayat nyamuk yang pernah ia tangkap. (Sumber: Twitter/@zynapsed)

Dilansir dari World of Buzz oleh Liputan6.com, Senin (19/10/2020) seorang wanita muda asal New Delhi, India menjadi sorotan netizen di media sosial. Hal tersebut lantaran ia memamerkan koleksi mayat nyamuk yang ia tempel di sebuah buku tulis.

Shreya, pemilik akun @zynapsed, mengikuti tren "how it started how it's going" (bagaimana dimulai, bagaimana perkembangannya) di Twitter. Tweetnya menjadi viral dengan lebih dari 115 ribu suka dan lebih dari 26 ribu retweet.

Dalam postingan yang ia bagikan, dapat dilihat bahwa dirirnya telah mendokumentasikan 87 nyamuk yang diduga ia bunuh. Wanita ini mengumpulkannya dalam sebuah buku dan mendokumentasikan korban ke-88.

Komentar Penasaran Netizen

Ilustrasi Gigitan Nyamuk Credit: pexels.com/icon
Ilustrasi Gigitan Nyamuk Credit: pexels.com/icon

Unggahanya yang diposting pada Jumat (9/10/2020) itu mendadak viral dan dibagikan ke media sosial lainnya. Selain diretweet dan disukai, kolom komentarnya terus bertambah.

Kebanyakan dari netizen di kolom komentar bertanya apakah mahasiswa desain berusia 19 tahun dari National Institute of Fashion Technology (NIFT) di New Delhi ini baik-baik saja. Ada pula yang penasaran apakah dia perlu menjalani terapi.

Beberapa menduga jika pemilik akun tersebut memiliki ketertarikan terhadap entomologi (ilmu tentang serangga). Ada pula yang menduga mungkin dia sangat membenci nyamuk.

"Yang gosong bekas kena raket listrik ada mba?" komentar salahs satu netizen.

"Apa yang terjadi dengan nyamuk nomor 14?" imbuh netizen.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Optimistis 3 Juta UMKM Go Digital di Akhir 2020

Posted: 18 Oct 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Koordinator Perekonomian optimistis program 3 juta UMKM go digital bisa tercapai hingga Desember 2020.

Pasalnya, program UMKM go digital yang ditargetkan 2 juta UMKM telah tercapai pada September lalu. Dengan begitu, pemerintah hanya perlu menambah kuota 1 juta UMKM lagi.

"Kita sangat optimistis sampai Desember ditambah 1 juta (UMKM) lagi, jadi 3 juta UMKM yang go online," kata Staf Ahli Bidang Transformasi Digital, Kreativitas dan SDM, Kementerian Koordinator Perekonomian Mira Tayyiba, dalam diskusi online Indonesia Services Dialogue (ISD), Senin (19/10/2020).

Kata Mira, saat ini baru 10 juta UMKM yang go digital dari 60 juta UMKM di Indonesia. Oleh karena itu, masa pandemi Covid-19 ini dijadikan momentum oleh pemerintah untuk meningkatkan digitalisasi UMKM.

"Bisa dibayangkan dari 60 juta UMKM baru sedikit yang online. Kalau dilihat potensi e-commerce kita di Asia Tenggara sendiri sangat besar. Makanya kami mendorong digitalisasi UMKM, agar kita setidaknya bisa merealisasikan ekonomi digital," ujarnya.

Ia mengatakan, jika dibandingkan rata-rata nilai transaksi digital Indonesia selama 6 bulan pertama, yakni Januari–Juni 2019 dengan 2020, jumlah transaksi tahun 2020 naik sampai 2 kali lipat, tapi nilai pembeliannya lebih kecil.

Hal itu disebabkan adanya penurunan daya beli masyarakat, maka pemerintah bekerja sama dengan Bank Indonesia dan marketplace agar membantu pemerintah mengevaluasi program digitalisasi UMKM tersebut.

"Jadi supply-nya teman-teman UMKM sudah difasilitasi oleh pemerintah untuk masuk ke online, tapi ternyata ada isu lainnya, yakni daya beli. Kasihan teman-teman UMKM sudah menyiapkan produknya, tapi tidak diserap oleh masyarakat, ya tidak terjadi transaksi," ujarnya.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mencatat, selama PSBB grafik internet naik 20 persen. Namun, tak berarti transaksi ekonomi digital juga meningkat. Oleh karena itu, pemerintah terus mendorong Gerakan Bangga Buatan Indonesia sekaligus mendorong pelaku UMKM go digital.   

Sederet Manfaat UU Cipta Kerja buat UMKM versi Kemenkop UKM

Pengunjung melihat produk UMKM dari Rumah Kreatif BUMN (RKB) binaan BNI saat Launching Halal Park di Senayan Jakarta, Selasa (16/4). Halal Park yang akan bertransformasi menjadi Halal Distrik didesain menjadi ekosistem bagi pelaku industri gaya hidup halal di Tanah Air. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pengunjung melihat produk UMKM dari Rumah Kreatif BUMN (RKB) binaan BNI saat Launching Halal Park di Senayan Jakarta, Selasa (16/4). Halal Park yang akan bertransformasi menjadi Halal Distrik didesain menjadi ekosistem bagi pelaku industri gaya hidup halal di Tanah Air. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pemerintah baru saja mengesahkan Omnibus Law UU Cipta Kerja. Beleid ini dinilai dapat menyelesaikan sebagian besar masalah di bidang ekonomi, terutama berkaitan dengan rumitnya birokrasi di Indonesia.

Khusus untuk UMKM, UU Cipta Kerja disebut memiliki beberapa manfaat yang membantu mempermudah akses perizinan, akses rantai pasok, akses pengembangan usaha, akses pembiayaan dan akses pasar. Lantas, apa saja sederet peran dan manfaat UU Cipta Kerja untuk UMKM?

Mengutip penjelasan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM), Minggu (18/10/2020), UU Cipta Kerja dapat membantu meningkatkan penyerapan tenaga kerja, di mana di tengah pandemi, terdapat kurang lebih 6,9 juta pengangguran dan 3,5 juta pekerja yang terdampak.

"UU Cipta Kerja akan meningkatkan kemampuan UMKM dalam penyerapan tenaga kerja dan tumbuhnya start-up lokal dengan kemudahan perizinan," demikian dikutip Liputan6.com.

Beleid ini juga dinilai menjadi koperasi sebagai lembaga ekonomi utama pilihan masyarakat. Sebagai informasi, rasio partisipasi penduduk berkoperasi baru 8,41 persen saja, jauh di bawah rata-rata dunia yang mencapai 16,31 persen.

Hal itu turut menyebabkan rendahnya kontribusi koperasi terhadap perekonomian nasional yang hanya 0,97 persen saja, dibanding rerata dunia yang mencapai 4,3 persen.

Dalam UU Cipta Kerja, pembentukan koperasi disederhanakan baik syarat maupun pengelolaannya. Koperasi Syariah juga diperkuat melalui UU ini.

"UU Cipta Kerja memberikan penguatan dan proteksi terhadap persaingan dengan usaha besar. Kompetensi dan level usaha UMKM dapat meningkat dengan fasilitasi untuk masuk ke rantai pasok industri," demikian penjelasan Kemenkop UKM.

Kemudian, UU ini juga dinilai mendukung percepatan digitalisasi UMKM dengan memberi pelatihan dan pendampingan pemanfaatan sistem/aplikasi di tiap lini bisnis dan inkubasi bisnis, sehingga bisnis UMKM bisa berbasis inovasi dan teknologi.

Soal pembiayaan, UU Cipta Kerja juga mengatur penyaluran kredit yang mudah dan murah bagi kegiatan usaha. Dalam UU ini, terdapat kemudahan agunan bagi UMK yaitu tidak harus berupa aset, namun dengan kegiatan usaha itu sendiri.

Selain itu, akses pembiayaan ke UMK juga diperluas mulai dari pembiayaan alternatif hingga dana bergulir.

Terakhir, dengan UU Cipta Kerja, peluang dan prioritas pasar kepada produk UMKM bisa lebih luas.

"Hal ini berupa kesempatan UMKM dan Koperasi untuk berpartisipasi dalam ruang publik dan prioritas produk UMKM dan Koperasi dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah dengan alokasi minimal 40 persen," tutupnya. 

UU Cipta Kerja Jadi Karpet Merah bagi Pelaku UMKM

Pekerja menyelesaikan produksi kulit lumpia di rumah industri Rusun Griya Tipar Cakung, Jakarta, Kamis (28/11/2019). Penyediaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga rendah diharapkan dapat menjadi peluang bagi pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnis dan daya saing. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Pekerja menyelesaikan produksi kulit lumpia di rumah industri Rusun Griya Tipar Cakung, Jakarta, Kamis (28/11/2019). Penyediaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga rendah diharapkan dapat menjadi peluang bagi pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnis dan daya saing. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Langkah DPR dan Pemerintah mengesahkan Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja merupakan terobosan untuk menjawab tantangan perekonomian global. Karena dalam satu aturan hukum tersebut, ada setidaknya 77 undang-undang yang di-review untuk mengatasi kebuntuan ekonomi.

Dewan Penasehat Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), Franky Sibarani, mengatakan selama tiga tahun terakhir, pertumbuhan ekonomi Indonesia masih berada 5 persen. Sementara target pemerintah adalah 7 persen.

"Undang-undang ini terobosan perbaikan di sektor ekonomi. Sebenarnya kita sudah terlalu lama dikekang regulasi. Ada sekitar 43 ribu peraturan. Sementara Undang-Undang Cipta Kerja ini mempertemukan itu semua. UU ini bicara investasi perizinan, pengadaan lahan, proyek strategis nasional, koperasi dan UMKM," katanya di Jakarta, Sabtu (17/10/2020).

Dia menilai, UU Cipta Kerja ini mendorong UMKM dan koperasi menjadi garda terdepan ekonomi Indonesia. Franky menjelaskan, ada sekitar 64,2 juta UMKM di Indonesia, atau 99,8 persen jumlah usaha di Indonesia. Dengan adanya UU Cipta Kerja, maka segala perizinan dan regulasi yang mempersulit UMKM dipangkas.

"UMKM yang selama ini terkendala soal perizinan dan bagaimana mereka tanpa pendampingan masih dilihat sebagai kelompok yang rentan. Kali ini dalam UU Cipta Kerja ini diberikan satu tonggak kebangkitan UMKM di Indonesia," ia menegaskan.

Dalam UU Cipta Kerja ini, mantan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) ini mengungkapkan, warga negara Indonesia tidak perlu lagi syarat yang rumit untuk mendirikan UMKM.

Cukup hanya membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan izin dari RT saja sudah bisa membuat UMKM. Bahkan, nantinya mereka akan mendapatkan bantuan pengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB), sertifikat halal, hingga Standar Nasional Indonesia (SNI).

"Nantinya itu akan diatur dalam PP akan diatur seperti itu. Kemudian perizinannya juga tidak rumit, cukup melalui online, jadi langsung bisa berusaha. Dulu kan banyak izinnya," ucapnya.

Tidak hanya UMKM, Franky menambahkan, kini membangun perseroan terbatas (PT) juga tidak lagi rumit. Kini pemerintah memberikan peluang bagi seseorang untuk membangun PT sendiri. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penerimaan Negara hingga September 2020 Terkontraksi 13,7 Persen

Posted: 18 Oct 2020 10:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati membeberkan angka penerimaan negara hingga September 2020 yang tercatat sebesar Rp 1.159 triliun. Jumlah tersebut setara dengan 68,2 persen dari target APBN dalam Perpres Nomor 72 tahun 2020 yang sebesar Rp 1.699,9 triliun.

Realisasi penerimaan negara ini mencatatkan pertumbuhan negatif 13,7 persen apabila dibandingkan dengan realisasi di Januari-September 2019 yang sebesar Rp 1.342,25 triliun.

"Pendapatan negara kita masih sesuai dengan proyeksi, memang mengalami tekanan karena bisnis dan pembayaran pajak mengalami tekanan. Penerimaan negara kita kontraksi 13,7 persen atau mencapai Rp 1,159 triliun, yaitu 68,2 persen dari target Perpres 72," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam APBN KITA, Senin (19/10/2020).

Sri Mulyani menyebutkan, pemerintah tengah mengakselerasi belanja yang diharapkan bisa mendongkrak ekonomi di kuartal terakhir 2020. "Pemerintah berhasil akselerasikan belanjanya yang diharapkan dorong siklus positif pada kuartal III dan IV," tuturnya.

Adapun belanja negara hingga September 2020 mencapai Rp 1.841,1 triliun dengan pertumbuhan 15,5 persen. Rinciannya, belanja pemerintah pusat sebesar Rp 1,211 triliun dan transfer ke daerah dan dana desa Rp 629,7 triliun.

"Dengan keseimbangan primer kita mencapai negatif Rp 447,3 triliun dan untuk defisit keseluruhan mencapai Rp 682,1 triliun atau 4,16 persen ini masih dalam Perpres 72," kata Menkeu.

Dengan penerimaan negara Rp 1.159 triliun dan belanja Rp 1.841 triliun, maka APBN mengalami defisit Rp 682,1 triliun. "Kalau Rp 682,1 triliun atau 4,16 persen, tolong diingat defisit negara lain sampai belasan dan puluhan persen. Kalau defisit cuma 4,16 persen, kita berharap Indonesia jauh lebih baik dari peer group-nya," kata Menkeu.

Penerimaan Pajak Diprediksi Kurang Rp 500 Triliun dari Target APBN 2020

Ilustrasi: Pajak Foto: Istimewa
Ilustrasi: Pajak Foto: Istimewa

Sebelumnya, Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasi Nazara memproyeksikan Shortfall atau selisih penerimaan pajak dari target APBN 2020 bakal mencapai Rp 500 triliun. 

"Penerimaan pajak kita perkirakan Rp 500 riliun tidak akan terkumpul. Artinya kegiatan ekonominya turun dan pemerintah juga memberikan isentif-insentif pajak. Rp 500 triliun kita perkirakan dari anggaran tahun ini tidak akan kita terima," tuturnya dalam sesi teleconference, pada Selasa 6 Oktober 2020.

Namun di sisi lain, Suahasi mengungkapkan, pemerintah tidak bisa menurunkan belanja negara. Menurut dia, hal tersebut harus di-support dan dinaikan untuk menunjang program pemulihan ekonomi nasional, sehingga postur belanja di APBN meningkat sekitar Rp 200 triliun.

"Kita lakukan defisit APBN menjadi 6,3 persen dari PDB atau sekitar Rp 1.000 triliun. Itu semua ditetapkan dalam bentuk UU Nomor 2 Tahun 2020," jelas dia.

Dengan kondisi defisit seperti ini, pemerintah disebutnya bakal fokus membantu perekonomian sehingga negara bisa lanjutkan proses pemulihan. Langkah ini dilakukan guna mengobati kontraksi ekonomi di kuartal II 2020 yang negatif 5,32 persen. 

"Kita berharap di kuartal III ada pemulihan ekonomi. Mungkin angkanya masih kontraksi, tapi lebih rendah. Kita tunggu angka dari BPS (Badan Pusat Statistik). Sampai kuartal IV pemerintah terus support dari perekonomian," ungkapnya.

Suahasil menceritakan, pertumbuhan ekonomi negatif di kuartal kedua kemarin terjadi lantaran situasi pandemi yang sangat buruk pada April-Mei 2020. Situasinya perlahan mulai berubah ketika mulai ada kegiatan ekonomi di periode Juni-Juli 2020.

"Kegiatan ekonomi mulai meningkat pada bulan Agustus, meski di satu dua titik ada peningkatan Covid-19, tapi ini bagian dari pemulihan. Dengan pemulihan kita berharap di kuartal III ada perbaikan dari pertumbuhan ekonomi," ujar Suahasil.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Epidemiolog Unair Ingatkan Tetap Waspada meski Kasus COVID-19 Terkendali di Surabaya

Posted: 18 Oct 2020 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kasus COVID-19 cenderung terkendali di Surabaya, Jawa Timur. Ini ditunjukkan dari tambahan kasus positif COVID-19 dan kasus aktif COVID-19.

Tambahan kasus positif COVID-19 di Surabaya sebanyak 44 orang pada Minggu, 18 Oktober 2020. Total pasien positif COVID-19 di Surabaya mencapai 15.323 orang. Pasien sembuh dari COVID-19 bertambah 53 orang menjadi 13.965 dan pasien meninggal bertambah dua orang menjadi 1.128 orang. Demikian mengutip dari instagram @kominfojatim.

Selama sepekan, tambahan kasus baru positif COVID-19 pada 5-11 Oktober mencapai 409 orang. Sementara itu, pada 12-19 Oktober tercatat tambahan kasus baru positif COVID-19 mencapai 343 orang.

Sementara itu, berdasarkan data lawancovid-19.surabaya.go.id, pasien konfirmasi dalam perawatan sebanyak 241 orang, total kumulatif konfirmasi mencapai 15.279 orang, pasien sembuh dari COVID-19 sebanyak 13.912 orang, dan konfirmasi meninggal 1.126 orang pada 17 Oktober 2020.

Epidemiolog Universitas Airlangga (Unair), Laura Navika menuturkan, meski kasus COVID-19 terkendali di Surabaya, masyarakat dan pemerintah harus tetap waspada. Hal ini agar mencegah lonjakan kasus COVID-19.  Oleh karena itu, protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun tetap diterapkan. "Protokol kesehatan tetap meski terkendali," ujar Laura saat dihubungi Liputan6.com, Senin (19/2020).

Laura menuturkan, upaya testing, tracing dan treatmen (3T) dilakukan di Surabaya dan Jawa Timur berdampak terhadap kasus COVID-19. Upaya dilakukan dengan pemeriksaan tes COVID-19 gratis tidak hanya kepada kontak erat dan hasil tracing tetapi juga pedagang dan sopir.

Pemeriksaan dilakukan dengan jemput bola di pasar dan tempat-tempat kerumununan sebagai upaya memutus mata rantai penularan COVID-19.

"Di beberapa lab spesimen tidak banyak, dan hasil positif swab sedikit, penyebaran semakin berkurang di Surabaya. Saat ini kasus sudah di bawah 500. Tetapi harus melihat gambaran indikator positivity ratenya (PR). PR ini jumlah positif COVID-19 dibagi jumlah pemeriksaan," ujar dia.

Meski demikian, Laura mengingatkan agar tidak lengah karena, secara nasional, kasus COVID-19 masih belum menemui puncak dari pandemi dibandingkan negara lain. Oleh karena itu, potensi penularan COVID-19 masih besar sehingga protokol kesehatan tetap dilakukan.  "Karena masih pandemi. Nasional belum turun drastis, belum temui  puncak pandemi," kata dia.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Demo dan Pilkada Bayangi Penanganan COVID-19

Ilustrasi Pandemi Covid-19 Credit: pexels.com/cottonbro
Ilustrasi Pandemi Covid-19 Credit: pexels.com/cottonbro

Apalagi menurut Laura, kegiatan pemilihan kepala daerah (pilkada) dan demo juga membayangi penanganan COVID-19. Ia menuturkan, jangan terjadi klaster baru dari demo dan pilkada. Oleh karena itu, upaya 3T harus tetap dilakukan.

"Tetap dilakukan monitoring mulai dari data harian, jumlah pemeriksaan, positivity rate, kasus harian.  Surveillance kesehatan harus siap. Harus waspadai kerumunan dan kericuhan saat demo. Ini dilakukan untuk melindungi masyarakat karena banyak kasus Orang Tanpa Gejala (OTG,"kata dia.

Laura mengapresiasi pemeriksaan COVID-19 kepada demonstran  dan polisi pada 8 Oktober 2020. Dengan demikian, kasus COVID-19 dapat ditemukan. "Segera ditangani, diisolasi, dan dipantau, dan dijaring itu bisa dilakukan," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deretan Fakta Usai Napi Kabur Cai Changpan Ditemukan Tewas Bunuh Diri

Posted: 18 Oct 2020 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perburuan narapidana atau napi Cai Changpan alias Cai Ji Fan (53) yang kabur dari Lapas Klas 1 Tangerang, Banten berakhir sudah.

Terpidana mati Cai Changpan itu ditemukan tewas bunuh diri pada Sabtu 17 Oktober 2020 di pabrik pembakaran ban bekas di Bogor, Jawa Barat.

Tak ayal, tempat pembakaran limbah ban bekas yang berlokasi di Kampung Cikidung RT 02/09, Desa Koleang, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor itu menyita perhatian warga sekitar.

Dari pantauan, suasana di lokasi bekas pabrik yang berada di atas lahan eks PT Perhutani itu tampak sepi. Tak ada seorang pun yang berada di lokasi bekas pabrik itu.

Terlihat ada empat ruangan diduga tempat tinggal karyawan pabrik tersebut. Dua terbuka dan dua lagi tertutup.

Sementara itu, usai jasad Cai Changpan ditemukan kemudian dibawa ke Rumah Sakit (RS) Polri Kramat Jati, Jakarta Timur untuk diautopsi. Tim Forensik pun sudah selesai melakukan autopsi.

"Sudah selesai. Hasil sementara menunggu pemeriksaan lanjutan dan analisa lainnya," kata Kepala Instalasi Forensik Rumah Sakit Polri Kramat Jati Arif Wahyono seperti dilansir Antara, Jakarta, Minggu, 18 Oktober 2020.

Berikut fakta-fakta usai ditemukannya napi kabur Cai Changpan yang tewas bunuh diri dihimpun Liputan6.com:

 

Tempat Penemuan Jasad Ramai Dilihat Masyarakat

Lokasi ditemukannya Chai Changpan yang tewas bunuh diri. (Achmad Sudarno/Liputan6.com).
Lokasi ditemukannya Chai Changpan yang tewas bunuh diri. (Achmad Sudarno/Liputan6.com).

Bekas pabrik pembakaran ban bekas di Bogor, Jawa Barat mencuri perhatian khalayak, terutama warga sekitar.

Tempat pembakaran limbah ban bekas yang berlokasi di Kampung Cikidung RT 02/09, Desa Koleang, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor ini tempat ditemukannya Cai Changpan tewas bunuh diri.

Cai Changpan alias Cai Ji Fan (53) merupakan terpidana mati kasus narkoba yang kabur dari Lembaga Permasyarakatan Kelas 1 Kota Tangerang pada 14 September 2020 lalu.

 

Kondisi dan Suasana dalam Pabrik

Ilustrasi polusi udara oleh asap pabrik. (Sumber Environmental Protection Agency/EPA)
Ilustrasi polusi udara oleh asap pabrik. (Sumber Environmental Protection Agency/EPA)

Dari pantauan, suasana di lokasi bekas pabrik yang berada di atas lahan eks PT Perhutani itu tampak sepi. Tak ada seorang pun yang berada di lokasi bekas pabrik itu.

Terlihat ada empat ruangan diduga tempat tinggal karyawan pabrik tersebut. Dua terbuka dan dua lagi tertutup.

Belakang, kiri dan kanan bangunan dikelilingi pohon bambu. Di halaman depan hanya ada bale dan kursi panjang terbuat dari kayu.

Di depannya ada sisa pembakaran diduga bekas memasak dan tumpukan ban baik ban kendaraan roda dua maupun roda empat di lokasi tersebut.

Meskipun jauh dari lokasi pemukiman, namun akses menuju lahan ini cukup lebar dan bisa dilalui kendaraan roda empat. Namun, sulit dilalui oleh kendaraan roda dua, karena jalan licin dan berlumpur terlebih lagi setelah diguyur hujan.

Sepanjang jalan menuju lokasi persembunyian Cai Changpan dihiasi pohon karet. Jarak menuju lokasi bekas pabrik tersebut hanya sekitar 1 kilometer dari Jalan Raya Jasinga - Koleang atau kurang lebih 2 jam perjalanan dari Kota Tangerang.

 

Pabrik Sudah Tak Aktif 3 Bulan Lalu

Ilustrasi Polusi Udara, Asap Pabrik. Kredit: analogicus via Pixabay
Ilustrasi Polusi Udara, Asap Pabrik. Kredit: analogicus via Pixabay

Muhamad Rouf (48) warga sekitar mengatakan, bekas pabrik pembakaran ban bekas sudah tidak aktif sejak tiga bulan lalu.

"Dulunya memang lokasi pembakaran limbah ban bekas, tapi sekarang sudah ga aktif," ujar Rouf, Minggu, 18 Oktober 2020.

 

Dulunya Pabrik Milik Cai Changpan

Ilustrasi pabrik pembuatan semen. (dok. Byrev/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)
Ilustrasi pabrik pembuatan semen. (dok. Byrev/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)

Rouf menerangkan, mulanya lahan dan bekas pabrik pengolahan limbah ban itu milik Cai Changpan. Setelah dipenjara karena terlibat kasus narkoba, pabrik tersebut kemudian dijual ke orang lain.

"Sudah dijual, sudah lama. Warga ga ada yang tahu kalau tempat ini suka didatengin dia," kata dia.

Ia menambahkan, lokasi pengolahan ban bekas tersebut memang jarang dilewati orang, karena jauh dari permukiman warga dan letaknya di tengah perkebunan karet.

"Jarang, paling yang kebetulan main ke sini saja," jelas dia.

 

Autopsi Selesai Dilakukan

thumbnail Cai Changpan
thumbnail Cai Changpan

im Forensik Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, telah merampungkan autopsi jenazah narapidana Lapas Kelas 1 Tangerang Cai Changpan yang ditemukan tewas bunuh diri, Sabtu 17 Oktober 2020.

"Sudah selesai. Hasil sementara menunggu pemeriksaan lanjutan dan analisa lainnya," kata Kepala Instalasi Forensik Rumah Sakit Polri Kramat Jati Arif Wahyono seperti dilansir Antara, Jakarta, Minggu, 18 Oktober 2020.

Sejak jenazah tiba di RS Polri pada Sabtu, 17 Oktober 2020 sekitar pukul 19.30 WIB, dokter forensik langsung melakukan autopsi terhadap jasad terpidana mati perkara narkoba jenis sabu-sabu itu.

 

Tak Temukan Luka Selain di Leher

banner grafis ilustrasi bunuh diri
banner grafis ilustrasi bunuh diri

Arif mengatakan, tidak ada bekas luka di sekujur tubuh Cai Changpan kecuali di bagian leher.

Namun saat ditanyakan apakah luka tersebut akibat pengaruh bunuh diri, Arif memilih untuk tidak berkomentar lebih jauh.

"Untuk mengetahui gantung diri atau bukan, ranahnya penyidik bukan saya. Gak ada luka lain selain di leher," ucap dia.

Beberapa bagian tubuh Cai Cahngpan juga dilaporkan sudah membusuk.

"Jenazahnya masih kita periksa. Intinya masih dalam pemeriksaan dan hanya itu yang bisa kita sampaikan sejauh ini," kata Arif menambahkan.

Cerita Polisi Cari Cai Changpan

(Ilustrasi)
(Ilustrasi)

Kasat Narkoba Polres Metro Tangerang Kota AKBP Pratomo yang memimpin langsung proses pencarian Cai Chanpan itu menceritakan pengalamannya.

Dia mengatakan, bersama anak buahnya menyusuri hutan Tenjo hingga ke Jasinga, Kabupaten Bogor selama hampir satu bulan.

"Fenomena alam banyak sekali kami dapati saat pencarian. Mulai bertemu Genderuwo malam-malam di hutan dan sebagainya," kata Pratomo mengawali kisahnya, Senin (19/10/2020).

Pratomo menerangkan, dalam proses pencarian Cai Changpan, ada kurang lebih 190 personel polisi dari Satnarkoba Polres Metro Tangerang, Polda Metro Jaya, Brimob, dan empat anjing pelacak (K9) yang dikerahkan.

"Pencarian siang dan malam. Tim brimob 98 personel, Satnarkoba Polres 15 orang, dan Polda Metro Jaya sekitar 60, K9 4 anjing, 7 personel," kata Pratomo

Dia menjelaskan, setelah Cai Changpan kabur dari Lapas Tangerang, Satnarkoba Polres Metro Tangerang pada 18 September 2020 langsung memburu Cai Changpan. Dia kemudian terdeteksi berada di kediaman istrinya di kawasan Tenjo, Bogor.

"Jadi berdasarkan keterangan tukang ojek Mandra, dia mengantarkan sampai ke Tenjo. Saat kita datangi dia sudah tidak di rumah itu," kata dia.

Selanjutnya, pada 22 September, Satnarkoba Polres Metro Tangerang mencari Cai Changpan ke hutan Tenjo. Hal itu, didasari informasi warga sekitar yang melihat pelarian Cai Changpan.

"Warga sudah pada tahu, ada buronan polisi saat itu. Kita mendapat informasi pelariannya ke arah hutan. Saat pencarian banyak masyarakat melihat orang mencurigakan, berada di dalam hutan sendirian," jelas Pratomo.

Pencarian Berakhir

Ilustrasi Garis Polisi (AFP)
Ilustrasi Garis Polisi (AFP)

Hutan Tenjo yang begitu luas, menyulitkan polisi mencari Cai Changpan dengan personel terbatas. Sampai didatangkan bantuan personel dari Polda Metro Jaya, sebanyak 60 personel.

"Tanggal 23 datang bantuan 60 personel dari Polda. Semakin kita sisir, semakin luas dan tanggal 4 Oktober diperbantukan 98 personel Brimob, 4 anjing K9 dan 7 petugasnya," jelas Kasat Narkoba.

Pratomo menjelaskan, dalam proses pencarian yang panjang dan melelahkan itu, diketahui bahwa Cai Changpan berada di pabrik pengolahan limbah ban di Desa Koleang, Kecamatan Jasinga.

Namun Cai Changpan ditemukan tewas dalam kondisi tergantung di area pabrik.

"Tertangkapnya di hutan sebelah hutan Tenjo, di Desa Koleang, Kecamatan Jasinga. Itu sekitar 8 KM dari titik ujung hutan Tenjo," kata dia.

Dari penemuan jasad tersebut, polisi hanya mendapati satu dompet milik Cai Changpan dengan uang di dalamnya berisi Rp1.060.000. Dari TKP pabrik pengolahan limbah ban, polisi menemukan dua lubang bekas galian, yang awalnya diduga untuk menyembunyikan sesuatu atau mencari sesuatu dari bekas lubang tersebut.

"Ada dua lubang bekas galian di sekitar lokasi penemuan jasadnya, sekitar 50 meter dari lokasi. Tapi tidak kami temukan apapun di sana. Selain dompet dan dua lubang bekas galian itu, kami tidak menemukan apapun. Kita bawa K9 untuk mengendus, jika tidak ada apa-apa," terang dia.

"Proses pencarian terbuka dan tertutup. Kita pakai penunjuk jalan di hutan dan melekat dengan masyarakat yang sangat membantu," jelas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal 6 Jenis Parfum Mobil yang Dijual di Pasaran

Posted: 18 Oct 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kebersihan merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap kenyamanan kabin mobil. Untuk melengkapi rasa nyaman, parfum mobil yang cocok memegang peranan penting.

Jika aroma parfum mobil tidak cocok, maka bukan tidak mungkin bisa menyebabkan pusing bahkan mual selama perjalanan.

Mungkin, banyak dari Anda yang merasa tidak tahan dengan aroma beberapa jenis parfum mobil. Benar saja, sebab tiap jenis parfum mobil bisa mengeluarkan aroma dengan intensitas yang berbeda. Selain itu, peletakan dari parfum mobil tersebut juga berbeda-beda tergantung jenisnya.

Membahas lebih lanjut mengenai berbagai jenis parfum mobil, maka berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber.   

1. Parfum Mobil Gel

Pengharum kabin Mobil. (Istimewa)
Pengharum kabin Mobil. (Istimewa)

Jenis parfum mobil yang pertama yaitu gel. Jenis parfum mobil ini sangat umum dipilih pemilik kendaraan roda empat. Sebab, jenis parfum mobil ini cenderung aman dan tidak perlu khawatir apabila isinya akan tumpah, walaupun terjadi guncangan mobil yang cukup keras. Aroma yang dihasilkan dari jenis parfum mobil gel ini juga cukup kuat.

Sayangnya, meski aroma dan ketahanan dari goncangan cukup baik. Namun jenis parfum mobil gel ini bisa meninggalkan bercak pada interior mobil. Apalagi jika parfum gel ini sering terkena panas dari sinar matahari langsung. Itulah mengapa, untuk mencegah timbulnya hal tersebut, usahakan untuk meletakkan jenis parfum mobil ini di depan AC atau di bawah jok.

2. Parfum Mobil Padat

Pengharum mobil jenis padat (bukalapak.com)
Pengharum mobil jenis padat (bukalapak.com)

Kemudian, jenis parfum mobil padat dibuat dari campuran beberapa bahan, antara lain resin, keramik, plastik, serta berbagai bahan lain yang kemudian akan diberi pewangi. Sama seperti jenis parfum mobil gel, parfum padat juga tahan goncangan.

Parfum mobil ini juga cenderung lebih aman apabila ingin diletakkan di seluruh sudut mobil. Mulai dari dashboard, pintu, bahkan di bawah jok sekalipun. Aroma yang dihasilkan dari jenis parfum mobil ini juga cukup awet dan harganya relatif murah. Namun, ada kekurangan dari jenis parfum mobil ini, yaitu aromanya tidak sekuat parfum gel. Hal ini disebabkan bahannya yang sulit menguap.  

3. Parfum Mobil Cair

Ilustrasi Parfum Credit: pexels.com/Mareefe
Ilustrasi Parfum Credit: pexels.com/Mareefe

Parfum mobil jenis cair punya karakter yang mudah menguap. Hal ini menjadi nilai lebih, karena wanginya akan sangat kuat dibanding dengan kedua jenis parfum mobil di atas. Biasanya parfum mobil ini diletakkan pada bagian kisi-kisi AC. Selain itu ada juga yang meletakkannya dengan digantung.

Akan tetapi, parfum mobil ini cenderung berisiko mengalami kebocoran, terutama jika tidak sengaja terjatuh akibat goncangan.

4. Parfum Mobil Spray

Ilustrasi kaleng semprotan. (Sumber Pixabay)
Ilustrasi kaleng semprotan. (Sumber Pixabay)

Jika suka berganti-ganti aroma kabin mobil, mungkin jenis parfum mobil ini cocok untuk jadi pilihan, Sebab, jenis parfum mobil ini dapat dengan mudah menyebar ke seluruh bagian kabin mobil hanya dengan beberapa kali semprot. Sayangnya, aroma dari jenis parfum mobil spray tidak bisa bertahan lama, sebab mudah sekali hilang terkena udara.  

5. Parfum Mobil Gantung

Ada juga jenis parfum mobil gantung, yang mungkin cocok dijadikan pilihan. Desain dari parfum ini biasanya cukup unik dan bervariasi. Sayangnya, jenis parfum mobil ini hanya mampu menjaga aroma dalam waktu singkat saja. Sehingga harus rajin-rajin menggantinya. Untungnya, harga jual parfum ini cukup ekonomis. 

6. Parfum Mobil Diffuser

Pengharum mobil jenis diffuser (bukalapak.com)
Pengharum mobil jenis diffuser (bukalapak.com)

Jenis parfum mobil ini mungkin bisa dibilang cukup canggih. Sebab parfum ini menggunakan sumber panas dari soket atau port rokok untuk menyebarkan aroma ke seluruh kabin mobil.

Bahkan beberapa produk parfum diffuser juga bisa menyegarkan dan mensterilkan udara dalam kabin. Aroma dari jenis parfum mobil ini juga mudah menyebar ke tiap sudut kabin.

Sayagnya, dengan berbagai kecanggihan yang diusung, menyebabkan harga dari jenis parfum mobil ini menjadi lebih mahal dari jenis parfum lainnya. Selain itu, aroma yang keluar juga tidak tahan lama.  

Sumber: Hot Liputan6.com 

Penulis: Fakhriyan Ardyanto

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Update 19 Oktober: Nol Tambahan Kasus WNI Positif COVID-19 di Luar Negeri

Posted: 18 Oct 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Luar Negeri RI mengatakan bahwa tidak ada perubahan data WNI yang positif atau sembuh dari COVID-19 pada Senin (19/10/2020) dan kemarin (18 Oktober).

"Tidak ada perubahan data WNI hari ini dengan kemarin," tulis @Kemlu_RI melalui Twitter.

Dalam data pada Senin (19/10) per pukul 08.00 WIB itu, Kemlu RI mengatakan bahwa sebanyak 1.648 WNI terkonfirmasi positif COVID-19, dan 1.164 di antaranya telah dinyatakan pulih. 

Sementara per 18 Oktober 2020, Kemlu RI mencatat adanya WNI yang terkonfirmasi positif COVID-19 di Kuwait dan Mesir dan sembuh di Filipina. 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

     

135 WNI Positif COVID-19 di Kuwait

Ilustrasi coronavirus, virus corona, koronavirus, Covid-19. Kredit: Fernando Zhiminaicela via Pixabay
Ilustrasi coronavirus, virus corona, koronavirus, Covid-19. Kredit: Fernando Zhiminaicela via Pixabay

Data Kemlu RI pada 18 Oktober mengungkapkan bahwa terdapat 135 WNI yang positif COVID-19 di Kuwait. 124 di antaranya telah dinyatakan pulih, 8 orang masih dalam perawatan dan 3 orang lainnya telah meninggal dunia. 

Adapun 13 WNI yang terkonfirmasi positif COVID-19 di Mesir pada hari itu, dengan 11 orang yang telah sembuh dan 2 orang dalam perawatan. 

Selain itu, ada 32 WNI yang mengalami COVID-19 di Filipina, dengan 31 orang pulih dan 1 lainnya dirawat dan dalam keadaan stabil. 

Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona

Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menabung Calon Turis Lewat Tur Wisata Virtual di Masa Pandemi

Posted: 18 Oct 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Meski sejumlah destinasi sudah membuka kembali pintunya untuk dikunjungi wisatawan, tak demikian halnya dengan sebagian besar masyarakat. Masih banyak yang takut untuk kembali beraktivitas di luar jadi penyebabnya walau keinginan liburan sudah menggebu. Tur virtual bisa menjadi jalan tengah untuk situasi tesebut.

Tak hanya bermanfaat bagi publik, tur virtual juga merupakan salah cara mempertahankan napas pariwisata daerah di tengah pandemi. Di sinilah pemandu wisata berperan vital. Mereka dituntut mampu membawa publik menikmati perjalanan wisata secara tak langsung dengan kesan yang tak kalah seru dari perjalanan langsung.

"Peran pemda untuk menyediakan informasi kepada masyarakat sangat penting sekali, dan dengan adanya virtual tour, maka setelah pandemi COVID-19 berakhir, wisatawan akan dapat segera berkunjung ke daerah wisata," ujar Sekretaris Jenderal UCLG ASPAC, Dr. Bernadia Irawati Tjandradewi, dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Senin (19/10/2020).

Ia mengatakan, LOCALISE SDG's, sebuah program kolaboratif UCLG ASPAC - APEKSI yang didanai oleh Uni Eropa, berusaha membantu pemerintah daerah di Indonesia untuk meningkatkan kapasitas dalam upaya pemulihan sektor pariwisata melalui berbagai kegiatan, termasuk memfasilitasi pelatihan pemandu wisata di 34 provinsi untuk mendukung tur virtual.

"Melalui berbagai kegiatan virtual event telah mengungkapkan praktik baik yang menarik dalam mempromosikan destinasi wisata di masa Adaptasi Kebiasaan Baru ini, dengan tetap memastikan terlaksananya upaya pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau TPB," sambung dia.

Sementara, COO dan Co-founder Atourin Reza Permadi menyebut wisata virtual sebagai salah satu solusi untuk membantu para pemandu wisata yang tidak dapat bekerja selama pandemi Covid-19. Ia juga sepakat bahwa tur virtual dapat menginformasikan lebih detail terkait lokasi wisata di daerah.

"Solusi yang kami lakukan selama pandemi dengan menyelenggarakan acara yang serba virtual, baik itu melalui virtual tour dan virtual event. Kami mulai mengajak mitra pemandu wisata di 34 provinsi dan melakukan pelatihan bagi para pemandu wisata secara gratis. Sudah 433 pemandu wisata yang mengikuti pelatihan ini," ia menjelaskan.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Bukan Substitusi

Ilustrasi tur virtual. (dok. Foto Bradley Hook/Pexels)
Ilustrasi tur virtual. (dok. Foto Bradley Hook/Pexels)

Pihaknya juga berkolaborasi dengan berbagai pihak seputar pelatihan tur wisata virtual, seperti dengan Kemenparekraf, Bakti Kominfo, dan National Geographic Indonesia, dalam pembuatan dokumentasi interaktif tur virtual. Namun, ia menegaskan hal itu bukanlah substitusi kegiatan wisata fisik, melainkan sebagai wadah informasi bagi calon turis sebelum mengunjungi destinasi yang diidamkan di kemudian hari.

"Untuk setiap kegiatan virtual tour, kami mendorong wisatawan untuk bisa langsung datang aktual ke sana dengan menghubungi pemandunya," ucap dia.

Antusiasme tentang tur virtual juga juga dipaparkan oleh Wisata Kreatif Jakarta, sebuah operator tur berbasis komunitas, sebagai upaya untuk bertahan di kondisi pandemi tanpa bergantung pada bantuan pemerintah. "Jika biasanya hanya terbatas di Jakarta dan sekitarnya, melalui virtual tour, kami dapat membuat rute keliling Indonesia, bahkan ke luar negeri," tutur Ira Lathief, Founder Wisata Kreatif Jakarta.

Ira juga mengatakan bahwa story telling yang baik adalah aspek yang dapat dimanfaatkan para pemandu untuk menarik perhatian wisatawan. Semua bisa dilakukan dengan memandu dari rumah atau off-site.

"Budaya merupakan unsur penting yang dapat ditunjukkan dengan bantuan foto dan video. Banyak format wisata virtual yang dapat dilakukan oleh penyedia jasa pariwisata," jelasnya.

Marketing 5.0

Lawang Sewu (dok. Fadila Adelin)
Lawang Sewu (dok. Fadila Adelin)

Event tur virtual juga digelar PT KA Wisata, anak Perusahaan Kereta Api Indonesia (PT KA Indonesia). Otnial Eko P. selaku Manajer Tour and MICE PT KA Wisata menilai pariwisata digital sebagai sarana untuk mempromosikan paket aset-aset wisata dengan menggabungkannya dengan metode marketing 5.0. Inovasi ini dilakukan akibat target dan pendapatan yang turun secara drastis selama pandemi COVID-19.

"(Kami) meluncurkan virtual tour yang dimulai dari Lawang Sewu, dan Museum Kereta Api Ambarawa yang berada di bawah naungan KAI," kata Otnial.

Dengan teknis live streaming dan diskusi, peserta tur hadir secara real-time di lokasi dan studio KAP untuk menjawab pertanyaan. PT KA Wisata juga mengajak para pemandu wisata di Indonesia untuk bergabung, dielaborasi dengan pelaksanaan marketing 5.0.

"Sehingga, wisatawan juga dapat membeli oleh-oleh khas daerah tersebut dan akan langsung dikirimkan ke peserta, " sambung dia.

"Kami berencana untuk menggabungkan virtual tour dengan paket offline dengan standar protokol COVID-19 tentunya," dia menambahkan seraya menyatakan terbuka untuk menjalin kerja sama dengan beragam destinasi wisata lain di Indonesia.

Infografis 7 Cara Aman Naik Transportasi Publik Saat Pandemi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 7 Cara Aman Naik Transportasi Publik Saat Pandemi. (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal Pentingnya Bimbingan Jasmani bagi Penyandang Tunanetra

Posted: 18 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kondisi tunanetra memengaruhi kemampuan seseorang dalam beberapa hal. Termasuk keterbatasan dalam lingkup keanekaragaman pengalaman, keterbatasan berinteraksi dengan lingkungan, dan keterbatasan mobilitas.

Menurut peneliti dari Universitas Pendidikan Indonesia, Irham Hosni, dalam keterbatasan di atas sudah jelas bahwa itu merupakan akibat langsung dari ketunanetraan. Dengan terganggunya penglihatan maka seseorang tidak bisa leluasa bergerak dan berpindah tempat.

Akibat ketunanetraannya, sebagian besar tunanetra memiliki gerak yang kaku dan sikap tubuh yang kurang bagus. Kepala sedikit menunduk, punggung membungkuk tetapi bagian perut ke depan. Secara rinci alasan dibutuhkannya bimbingan jasmani bagi tunanetra adalah sebagai berikut:

a. Dalam perkembangan motoriknya, tunanetra mengikuti urutan perkembangan yang sama dengan orang awas akan tetapi ia mengalami keterlambatan dalam "motor miliestones" termasuk di dalamnya mobilitas.

b. Kehilangan penglihatan membuat stimulasi penglihatan berkurang dan tidak merangsang untuk bergerak dan bahkan membuat gerakan menjadi sulit.

c. Banyak tunanetra yang datang dari keluarga yang terlalu melindungi sehingga ia tidak ada kesempatan untuk melakukan eksplorasi lingkungan dan menyebabkan keterampilan motoriknya tidak terlatih.

d. Ketunanetraan tidak memberikan kesempatan untuk membetulkan gerak, gaya jalan dan sikap tubuhnya karena ia tak bisa mencontoh orang sekitarnya.

e. Tunanetra sebagai kelompok memiliki tingkat kesegaran jasmani yang jauh di bawah orang awas.

f. Mata sebagai alat untuk melihat dapat berfungsi juga sebagai alat untuk menyeimbangkan tubuh, oleh karena itu penyandang tunanetra memiliki keseimbangan yang kurang baik.

g. Penyimpangan sikap tubuh (posture) banyak terjadi pada tunanetra.

h. Tunanetra harus hidup di lingkungannya seperti orang awas lainnya dan ia harus bersaing dengan orang awas. Karena itu ia harus memiliki tubuh yang kuat dan sehat.

"Tidak ada pilihan lain bimbingan jasmani harus menjadi bagian yang terintegrasi ke dalam program rehabilitasi bagi tunanetra," tulis Irham dalam penelitiannya dikutip pada Senin (19/10/2020).

Akibat Keterbatasan Mobilitas

Ketidakleluasaan bergerak akan berakibat pada input yang akan diperolehnya sebagai masukan pengetahuan dan pengalaman. Pengetahuan dan keterampilan yang secara tidak disengaja selalu dapat diterima oleh orang awas, tidak berlaku bagi tunanetra.

"Untuk dapat bergerak secara leluasa tunanetra perlu mempelajari secara khusus dan terprogram teknik mobilitas dengan baik dan benar. Menguasai teknik mobilitas dengan baik maka tunanetra akan bergerak dengan bebas. Dapat bergerak dengan bebas mandiri berarti tunanetra akan menemukan berbagai hal sebagai pengalaman."

Teknik mobilitas yang dikuasai akan mengatasi keterbatasan untuk memperoleh pengalaman baru. Pengalaman yang diperoleh sangat dibutuhkan untuk melakukan interaksi dengan lingkungan.

Ia menambahkan, Interaksi bisa berlangsung kalau ada hubungan timbal balik antara tunanetra dengan lingkungannya. Hubungan timbal balik akan aktif bila tunanetra memiliki sumber informasi di dalam mentalnya yang berbentuk konsep-konsep.

Konsep-konsep tersebut akan dikuasai anak menjadi suatu data yang benar sesuai dengan realitas bila strategi pengajaran menggunakan prinsip:

a. Konkrit artinya pengajaran harus sesuai dengan aslinya atau menampilkan modelnya. Jadi menekankan pada contoh konkrit bukan verbalistis.

b. Melakukan, artinya dalam mengajar tunanetra harus menekankan pada praktik yaitu melakukan kegiatan secara langsung, bukan hanya menerangkan secara lisan.

c. Memadukan, karena keterbatasan dalam penglihatan maka dalam menerangkan pada tunanetra harus utuh dan sistematis guna membantu tunanetra mendapatkan konsep pengetahuan dan keterampilan secara utuh.

"Oleh karena itu olahraga dan bimbingan jasmani bagi tunanetra merupakan salah satu kebutuhan dasar," pungkasnya.

Infografis Disabilitas

Infografis Tunjangan Khusus Penyandang Disabilitas di Jakarta. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Tunjangan Khusus Penyandang Disabilitas di Jakarta. (Liputan6.com/Abdillah)

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

WHO: Dexamethasone Masih Jadi Satu-Satunya Obat Efektif untuk Tangani Pasien COVID-19 Parah

Posted: 18 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta World Health Organization (WHO) mengatakan bahwa hingga saat ini, dexamethasone masih menjadi satu-satunya obat yang efektif dalam terapi pengobatan pasien COVID-19 bergejala parah.

Pernyataan ini disampaikan oleh Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus pada konferensi pers Jumat pekan lalu.

Tedros mengatakan, enam bulan yang lalu WHO meluncurkan Solidarity Trial untuk mengevaluasi efektivitas empat obat dalam pengobatan pasien COVID-19. Penelitian terkontrol acak ini melibatkan hampir 13 ribu pasien di 500 rumah sakit di 30 negara.

Dikutip dari laman resminya pada Senin (19/10/2020), WHO pada Juni lalu menyatakan penghentian pada kelompok penelitian hidroksiklorokuin. Lalu pada Juli, mereka menyatakan bahwa tidak lagi melibatkan pasien untuk menerima kombinasi lopinavir dan ritonavir.

"Hasil sementara dari uji coba sekarang menunjukkan bahwa dua obat lain dalam uji coba, remdesivir dan interferon, memiliki sedikit atau tidak berefek dalam mencegah kematian akibat COVID-19 atau mengurangi waktu di rumah sakit," kata Tedros.

Lebih lanjut, Tedros berharap agar hasil lengkap dari penelitian tersebut segera dipublikasikan di jurnal ilmiah terkemuka.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

 

 

 

Penelitian Lain Masih Berlangsung

Tedros Adhanom Ghebreyesus (tengah), direktur jenderal Organisasi Kesehatan Dunia, berbicara pada konferensi pers tentang pembaruan COVID-19, di kantor pusat WHO di Jenewa, Swiss.(Salvatore Di Nolfi/Keystone via AP)
Tedros Adhanom Ghebreyesus (tengah), direktur jenderal Organisasi Kesehatan Dunia, berbicara pada konferensi pers tentang pembaruan COVID-19, di kantor pusat WHO di Jenewa, Swiss.(Salvatore Di Nolfi/Keystone via AP)

"Solidarity Trial masih merekrut sekitar 2 ribu pasien setiap bulan dan akan menilai pengobatan lain, termasuk antibodi monoklonal dan antivirus baru," kata Tedros.

"Untuk saat ini, kortikosteroid dexamethasone masih menjadi satu-satunya terapi yang terbukti efektif untuk melawan COVID-19, pada pasien dengan penyakit parah," tambahnya.

Ia juga mengucapkan terima kasihnya kepada semua pasien dan dokter yang telah berpartisipasi dalam penelitian besar tersebut, serta negara dan rumah sakit yang menanggung biaya uji coba. Selain itu, penelitian lain juga masih dilanjutkan.

"Masih banyak uji coba terapeutik lain yang sedang berlangsung yang diidentifikasi melalui Research and Development Roadmap untuk COVID-19," ungkap Tedros.

Pada kesempatan itu, ia juga menyambut baik upaya perluasan akses ke tes, perawatan, dan vaksin COVID-19 seperti yang proposal yang diajukan Afrika Selatan dan India baru-baru ini kepada World Trade Organization, untuk mencabut hak paten produk medis untuk COVID-19 hingga pandemi berakhir.

"Mengakhiri pandemi dimulai dengan kolaborasi dan berbagi di semua tingkatan sebagai komunitas global. Ini termasuk berbagi data, pengetahuan, dan kekayaan intelektual untuk produk kesehatan vital yang menyelamatkan nyawa."

INFOGRAFIS: Deretan Kandidat Obat Covid-19

INFOGRAFIS: Deretan Kandidat Obat Covid-19
INFOGRAFIS: Deretan Kandidat Obat Covid-19

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Percaya, Berikut Kumpulan Hoaks soal Masker

Posted: 18 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Masker menjadi salah satu elemen penting bagi pencegahan penularan virus corona covid-19. Memakai masker bahkan menjadi salah satu protokol kesehatan di seluruh dunia.

Sayangnya sejak pandemi virus corona covid-19 beberapa bulan lalu, masker selalu menjadi sasaran hoaks. Sehingga tak sedikit orang yang menjadi korban hoaks tersebut.

Hingga kini hoaks soal masker juga terus beredar di masyarakat. Baik melalui aplikasi percakapan maupun media sosial.

Lalu apa saja hoaks soal masker yang marak belakangan ini? Berikut rangkumannya: 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

1. Cek Fakta: Hoaks Suhu Panas Masker Bisa Bikin Penderita Hipotiroid Positif Covid-19

Ilustrasi Masker (pixabay.com)
Ilustrasi Masker (pixabay.com)

Beredar di media sosial postingan terkait masker dan covid-19. Postingan tersebut mengklaim masker bisa menyebabkan seseorang yang hipotiroid jadi positif covid-19.

Akun yang memposting tersebut adalah akun Lois Lois di Facebook. Dia mengunggahnya pada Jumat (16/10/2020).

Berikut isi postingannya:

"Suhu panas dan CO2 akibat selalu pakai masker akan membuat Rapid dan PCR bisa (+) pd hypothyroid. Hati2 ketangkep alat"

Pada postingan lain di hari yang sama ia juga mengunggah narasi "Anjuran utk selalu pakai masker adalah jebakan maut!"

Sementara sehari sebelumnya ia memposting narasi "covid-19 adalah hawa panas masker+CO2 yang menurunkan keasaman darah"

Lalu benarkah klaim soal masker dan CO2 yang diposting oleh akun tersebut? Simak artikel berikut ini...

 

2. Cek Fakta: Hoaks Memakai Masker Bisa Memicu Kanker

Ilustrasi orang pakai masker saat wabah Virus Corona COVID-19 di Indonesia. (Liputan6.com/Tanti Yulianingsih)
Ilustrasi orang pakai masker saat wabah Virus Corona COVID-19 di Indonesia. (Liputan6.com/Tanti Yulianingsih)

Beredar di media sosial klaim soal memakai masker bisa menyebabkan kanker. Klaim ini ramai dibagikan pekan lalu.

Salah satu akun yang mempostingnya adalah @narendramodi di Twitter. Berikut isi postingannya:

"MASKS CAUSE CANCER!! Masks reduce the level of Oxygen in the respiratory system and in the blood stream. This is one of the main triggers for cancer. Using mask even for 1 minute increases the CO2 to 4000 ppm, whereas the highest permit is 1200 ppm - Belgium Doctors Assn"

atau dalam Bahasa Indonesia:

"MASKER PENYEBAB KANKER !! Masker mengurangi tingkat Oksigen dalam sistem pernapasan dan aliran darah. Inilah salah satu pemicu utama terjadinya kanker. Penggunaan masker bahkan selama 1 menit meningkatkan CO2 menjadi 4000 ppm, sedangkan izin tertinggi 1200 ppm - Belgium Doctors Assn"

Lalu benarkah memakai masker bisa memicu terjadinya kanker? Simak artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Hoaks Gambar Bakteri pada Masker Usai Dipakai 20 Menit

Ilustrasi masker. (dok. Pixabay.com/viarami)
Ilustrasi masker. (dok. Pixabay.com/viarami)

Beredar sebuah postingan di media sosial gambar masker yang penuh bakteri setelah dipakai. Postingan ini ramai dibagikan sejak akhir bulan lalu.

Salah satu akun yang membagikannya adalah Mary Spry Beals. Dia mempostingnya pada 1 Oktober 2020 lalu.

Dalam postingannya terdapat gambar masker dengan tulisan "masks are dead". Lalu disertai narasi, "here is bacteria froma a mask worn for 20 minutes and then cultured in a petri dish."

Yang artinya, "masker sudah mati" dan "Ini bakteri dari masker yang dipakai selama 20 menit dan kemudian dibiakkan dalam cawan petri."

Lalu benarkah ada bakteri dan kotoran pada masker setelah dipakai selama 20 menit? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam artikel berikut ini...

4. Cek Fakta: Tidak Benar Menggunakan Masker akan Berakibat Keracunan CO2

Cek Fakta Liputan6.com mendapati kalim menggunakan masker berakibat keracunan karbondioksida (CO2).

Klaim menggunakan masker berakibat keracunan CO2 diunggah akun Facebook Soelaiman Sr., pada 2 Oktober 2020.

Unggahan tersebut berupa keterangan sebagai berikut:

"OH.. TERNYATA AKTIVIS ANTI MASKER DIA INI. Hayoolah .. kita buat gerakan yang sama sebagai aktivis anti Masker, agar kita tidak ketergantungan dan menyelamatkan banyak nyawa Manusia dari dampak terlalu lama dan terlalu Sering menggunakan Masker, yang bisa mengakibatkan HYPOXIA dan MATI karna fungsi paru" tidak lagi Normal dan keracunan CO2 kita sendiri. buat gerakan anti Masker agar kita tidak mudah di kontrol dan di kendalikan seperti Robot.Orang Sehat .. Gunakan OTAK."

Benarkah menggunakan masker berakibat keracunan CO2? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di artikel berikut ini...

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gojek Hadirkan Inovasi Pelindung Baru untuk Mitra Driver

Posted: 18 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gojek baru saja mengumumkan inisiatif baru untuk layanan transportasi di platformnya. Melalui inisiatif baru ini, Gojek ingin meningkatkan keamanan dan kenyamanan pelanggan, termasuk mitra pengemudi.

Lewat inisiatif baru ini, perusahaan menghadirkan tiga inovasi terbaru, yakni Alat Perlindungan Driver GoRide, fitur 'Komitmen Keamanan Terhadap Protokol J3K', dan fitur Selfie Verifikasi Masker.

"Menyadari situasi pandemi yang begitu dinamis, kami terus beradaptasi dan menghadirkan inovasi baru baik yang berbasis non-teknologi maupun teknologi untuk menjaga kebersihan dan kesehatan bersama," tutur Chief of Corporate Affairs Gojek, Nila Marita, dalam keterangan resmi yang diterima, Senin (19/10/2020).

Menurut Nila lebih lanjut, inovasi ini sekaligus menjadi wujud penguatan posisi Gojek sebagai perusahaan penyedia layanan transportasi digital dengan protokol kesehatan dari hulu ke hilir terlengkap di layanan transportasi.

Sebagai informasi, untuk fasilisitas alat perlindungan mitra pengemudi GoRide, perusahaan menghadirkan pelindung wajah tambahan yang dapat ditempelkan pada kaca helm mitra driver.

Fasilitas ini sudah tersedia di 16 kota utama. Gojek juga mendistribusikannya ke lebih dari 36 ribu mitra GoRide akan akan berlanjut secara bertahap. Sekat serupa juga sudah tersedia di layanan GoCar.

Fitur J3K yang Ada di Gojek

(Foto:Dok.Gojek)
(Foto:Dok.Gojek)

Sementara untuk fitur Komitmen Keamanan terhadap Protokol J3K dapat ditemui saat pengguna memesan layanan GoRide, GoCar, dan GoBlue Bird.

Lewat fitur ini, pelanggan diwajibkan menekan tombol yang menyatakan telah berkomitmen menggunakan masker, tidak bepergian dalam keadaan kurang sehat, mencuci tangan sebelum dan sesudah naik kendaraan, maupun membayar secara nontunai.

Lalu, kini ada pula fitur Ceklis Protokol J3K dan Selfie Verifikasi Masker di aplikasi mitra pengemudi. Fitur ini hadir untuk memastikan para mitra pengemudi sudah tepat dan sesuai dengan protokol kesehatan.

Terakhir, Gojek juga meluncurkan fitur Geofencing untuk membantu mitra pengemudi tetap menjaga jarak aman. Jadi, fitur ini akan mendeteksi dan memberikan peringatan apabila ada kerumuman mitra pengemudi saat menunggu penumpang.

Fitur Gojek Shield Terbaru: Lapor Order Fiktif dan Deteksi Perangkat Ilegal

Ilustrasi Gojek, Aplikasi Gojek. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Ilustrasi Gojek, Aplikasi Gojek. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Sebelumnya, Gojek memperkuat teknologi Gojek Shield dengan inovasi terbaru guna meningkatkan keamanan dan kenyamanan mitra dan penggunanya. Inovasi terbaru ini berupa Fitur Lapor Ofik (Order Fiktif) Gak Pake Lama serta teknologi deteksi perangkat ilegal.

Melalui fitur-fitur ini, keamanan dan kenyamanan pengguna dan mitra diharapkan senantiasa terjaga, sehingga dapat turut meningkatkan kualitas layanan dan keamanan di ekosistem Gojek secara keseluruhan. Kedua fitur terbaru itu didasarkan pada Machine Learning dan Artificial Intelligence.

- Fitur Lapor Ofik (Order Fiktif) Gak Pake Lama

Lewat fitur ini mitra driver dapat melaporkan order fiktif langsung dari aplikasi driver tanpa harus menelpon call center. Dalam waktu kurang dari 2 menit setelah laporan dibuat melalui aplikasi, sistem akan secara otomatis membatalkan order terindikasi fiktif.

- Teknologi untuk mendeteksi perangkat ilegal secara otomatis

Seperti tercantum di dalam Tata Tertib Gojek (Tartibjek), demi melindungi keamanan mitra, Gojek sejak awal telah melarang penggunaan perangkat ilegal seperti Fake GPS, dan Mod App (aplikasi modifikasi).

Teknologi Gojek telah mampu mendeteksi dan menindak secara otomatis mitra yang menggunakan perangkat ilegal. Apabila terdeteksi sistem, pengguna perangkat ilegal akan mendapat sanksi bertahap, mulai dari penonaktifan akun sementara sampai dengan pemutusan kemitraan.

Kelvin Timotius, Head of Driver Operations - Trust & Safety Gojek mengaku bangga dapat terus mendukung dan melindungi mitra dan penggunanya lewat teknologi Gojek Shield.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Wanita Punya Kebiasaan Basahi Kaki dan Celana Sebelum Tidur, Warganet: Turunan Mermaid

Posted: 18 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tidur menjadi proses istirahat bagi semua makhluk, bahkan penting bagi kesehatan tubuh manusia.

Namun, ada saja individu yang perlu melakukan hal tertentu sebelum tidur agar bisa tertidur dengan nyenyak. Mulai dari membaca buku, mematikan lampu kamar, hingga menyalakan lilin aroma terapi.

Baru-baru ini beredar sebuah video yang menampilkan tingkah anti-mainstream yang dilakukan warganet sebelum tidur, yaitu membasahi kaki dan celananya dengan air.

 

Membasahi kaki dan celananya

Kebiasaan unik membasahi kaki dan celana sebelum tidur.
Kebiasaan unik membasahi kaki dan celana sebelum tidur.

Melalui akun TikTok @caee01_, dia menunjukkan bagaimana dia menuang air ke seluruh kakinya di atas kasur.

@caee01_

 

♬ Shaun the Sheep - DJ Breakbeats

"Ada yang satu server sama aku? Kalo sebelum tidur harus basahin kaki dulu, baru bisa tidur," tulisnya dalam video tersebut.

Kebiasaan sejak kecil

Kebiasaan unik membasahi kaki dan celana sebelum tidur.
Kebiasaan unik membasahi kaki dan celana sebelum tidur.

Unggahan tersebut sontak mengundang perhatian warganet. Hingga kini video yang menampilkan kebiasaan unik tersebut telah ditonton 1,7 juta kali.

Pemilik kebiasaan unik tersebut adalah Giralda Azaria Maharani. Ia mengaku kakinya akan terasa panas jika tak dibasahi air. Kebiasaan tersebut pun telah ia lakukan sejak kecil.

Respons Warganet

Kebiasaan unik membasahi kaki dan celana sebelum tidur.
Kebiasaan unik membasahi kaki dan celana sebelum tidur.

Selain itu, ia juga memiliki kebiasaan membasahi celana dan bajunya sebelum tidur sejak duduk di bangku SMA.

Unggahan tersebut pun mendapat komentar beragam dari warganet. Tak sedikit yang heran dengan kebiasaan unik Giralda, namun ada pula yang mengaku memiliki kebiasaan sama dengan dirinya.

"Gue juga suka basahin kaki sebelum tidur, tapi ya nggak dikasur juga," tulis akun @zummerbreese.

"Kok bisa? gue aja kasur kena air sedikit auto ganti sprei," sahut akun @itsmerimaaa_02.

"Turunan mermaid, kata akun @edhozell.

"Tim yang kalo tidur harus semua serba rapi, bersih, & kering baru bisa bobok nyenyak," komentar akun @lyaapriliaputri.

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Italia: Bukan Juventus, Kuda Hitam Ini Tempel AC Milan di Puncak

Posted: 18 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sassuolo jadi penantang pemuncak klasemen Liga Italia AC Milan usai berjaya di laga terakhir, Minggu (17/10/2020) malam WIB. Tim kuda hitam itu hanya tertinggal dua angka di belakan Rossoneri.

Dalam laga banjir gol, Sassuolo akhirnya menang 4-3 untuk membawa pulang tiga angka dari markas Bologna. Mereka kini memiliki 10 angka dari empat laga.

Sehari sebelumnya, AC Milan memenangkan derby melawan Inter Milan. Berkat kemenangan itu, AC Milan mantap di puncak klasemen. Dari empat pertandingan, pasukan Stefano Pioli sempurna dengan meraih 12 poin.

Sementara juara bertahan Juventus belum menemukan performa terbaik. Leonardo Bonucci dan kawan-kawan kembali terpeleset setelah bermain imbang 1-1 melawan Crotone yang sebelumnya terdampar di dasar tabel Liga Italia.

Berikut klasemen Liga Italia 2020/2021 selengkapnya:

Klasemen Liga Italia

ilustrasi logo Seri A liga italia (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi logo Seri A liga italia (Liputan6.com/Abdillah)

Hasil Pertandingan

ilustrasi liga Italia (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi liga Italia (Liputan6.com/Abdillah)

Napoli 4-1 Atalanta

Inter Milan 1-2 AC Milan

Sampdoria 3-0 Lazio

Crotone 1-1 Juventus

Bologna 3-4 Sassuolo

Spezia 2-2 Fiorentina

Torino 2-3 Cagliari

Udinese 3-2 Parma

AS Roma 5-2 Benevento

Jadwal Pertandingan

Ilustrasi Logo Serie A. (AFP/Marco Bertorello)
Ilustrasi Logo Serie A. (AFP/Marco Bertorello)

Selasa, 19 Oktober 2020

01.45 WIB: Hellas Verona vs Genoa

Saksikan Video Liga Italia Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

OJK: UU Cipta Kerja Bisa Genjot Investasi Lebih Cepat

Posted: 18 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso menyebut kehadiran Undang-Undang (UU) Cipta Kerja dapat menjadi momentum bagi para pengusaha. Setidaknya, mereka dapat mengoptimalkan agar investasi cepet berkembang dan terealisasi, dengan menyerap tenaga kerja yang lebih banyak lagi.

"Ini adalah momentum yang tepat pada saat ini bagaimana investasi bisa kami genjot lebih cepat lagi," kata dia dalam Opening Ceremony Capital Market Summit & Expo 2020, Senin (19/10).

Dia mengharapkan kehadiran UU Cipta Kerja itu juga dapat meningkatkan kedalaman pasar keuangan di Tanah Air. Sehingga tujuan utama pasar agar integritas dan juga perlindungan masyarakat investor tetap terjaga.

"Ini adalah satu rangkaian kegiatan yang harus kita dukung dan kita laksanakan bersama," tandas dia.

Sebelumnya, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani menyatakan, isi dan substansi Omnibus Law UU Cipta Kerja harus disosialisasikan dengan masif dan tepat sasaran.

Hal ini dikarenakan UU Cipta Kerja menuai banyak kontroversi terutama di kalangan tenaga kerja. Menurutnya, ada alasan mengapa UU Cipta Kerja dikebut penyelesaiannya meskipun pandemi masih berlangsung.

"Banyak yang bilang, kita kan sedang Covid-19, kenapa harus memikirkan Omnibus Law, kenapa tidak menyelesaikan Covid-19 dulu. Tapi kita harus lihat. Pembahasan UU ini tidak 1-2 bulan, dan baru selesai sekarang," kata Rosan dalam webinar Indikator Politik Indonesia, Minggu (18/10).

Dia menjelaskan, hampir seluruh negara telah melakukan reformasi struktural. Dia mencontohkan, Malaysia yang sudah melakukan reformasi struktural sejak tahun 2010 dan Thailand sejak 2015.

Jika Indonesia menunda reformasi ini, maka perkembangan investasi dan penciptaan lapangan kerja Indonesia akan tetap seperti ini. Rosan bilang, saat ini negara-negara besar yang membangun pabriknya di China akan melakukan relokasi.

"Jepang bahkan memberikan subsidi untuk (pabrik) keluar dari China, karena mereka tidak mau konsentrasi global value chain mereka di China," lanjutnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

OJK Sebut Pengesahan UU Cipta Kerja di Momen yang Tepat

Tulisan OJK terpampang di Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Tulisan OJK terpampang di Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso, menilai pengesahan Undang-Undang (UU) Omnibus Law Cipta Kerja dilakukan pada saat yang tepat.

Menurut dia, legalisasi kebijakan baru ini bakal menggerakan sektor perekonomian yang lesu akibat pandemi Covid-19, khususnya di bidang investasi dan lapangan kerja.

"Undang-Undang Cipta Kerja sudah disahkan, dan ini adalah momentum yang baik bagaimana para pengusaha bisa mengoptimalkan agar investasi ini cepat berkembang dan cepat direalisasi, dan dengan menyerap tenaga kerja yang lebih banyak lagi," tuturnya dalam pembukaan Capital Market Summit & Expo 2020 secara digital, Senin (19/10/2020).

"Ini adalah momentum yang tepat pada saat ini, bagaimana investasi bisa kami genjot lebih cepat lagi," tegas Wimboh.

Poin lain yang tak kalah pentingnya, ia melanjutkan, yakni bagaimana pemerintah dan OJK mampu mendorong investasi yang harus bersama-sama diupayakan. Wimboh mengatakan, hal tersebut bisa terwujud jika pemerintah dan pihak otoritas bisa membangunkan optimisme pengusaha di kala pandemi ini.

Wimboh menyatakan, OJK telah melakukan banyak hal agar dari sisi permintaan (demand) bisa tergerak. Perbankan disebutnya tidak bermasalah, dan tinggal bagaimana demand kreditnya bisa diciptakan.

"Demand kredit sangat tergantung daripada demand para masyarakat, aktivitas ekonomi dan sebagainya. Pemerintah sudah melakukan banyak hal berkaitan dengan insentif, agar terjadi demand yang luar biasa melalui spending, termasuk alokasi social benefit kepada masyarakat," ungkapnya.

"Bagaimana supaya ini bisa cepat (direalisasikan) sehingga mendorong investasi. Ini satu hal yang patut kita cermati bersama agar investasi ini bisa rolling," tandas Wimboh.

Strategi OJK Dorong Inklusi Keuangan untuk Pelajar dan PAUD

Petugas saat bertugas di Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Petugas saat bertugas di Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2020 dengan Tema "Satukan Aksi Keuangan Inklusif untuk Indonesia Maju (AKSESSKU)". BIK ini digelar untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat yang ditargetkan terus tumbuh tiap waktunya.

Tahun ini, kegiatan BIK didominasi untuk mendorong inklusi keuangan bagi pelajar dan anak dalam masa PAUD.

Misalnya saja, peluncuran 1 rekening 1 pelajar untuk menanamkan rutinitas menabung sejak dini. Peluncuran program ini juga merupakan implementasi Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 29 tahun 2019 tentang Hari Indonesia Menabung.

"Kalau kebiasaan baik ini dilakukan terus menerus oleh komunitas yang cukup luas akan menjadi sebuah budaya, kalau terus dilakukan kami harapkan menjadi sebuah karakter bagi masyarakat Indonesia," ujar Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Tirta Segara menyatakanAnggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Tirta Segara dalam konferensi pers virtual, Kamis (15/10/2020).

Kemudian ada pula kegiatan pembukaan rekening kolektif di sekolah-sekolah yang masih berjalan dengan tatap muka sehingga dilakukan melalui kerjasama dengan bank dan dinas pendidikan.

Tak lupa, OJK turut meluncurkan buku seri literasi tingkat PAUD yang terdiri dari 4 buku bergambar dengan beragam tema.

"Ini ceritanya menarik untuk memperkenalkan konsep uang, membedakan kebutuhan dan keinginan, kemudian menumbuhkan kebiasaan gemar menabung dan menanamkan sikap dan perilaku berbagi dan peduli terhadap orang lain," ujar Tirta.

Tirta juga bilang, OJK akan melakukan rebranding Keluarga Sikapi.

"Karena kan tiap anggota keluarga kebutuhan produk jasa keuangannya berbeda-beda," ujarnya.

Sebagai informasi, hingga 12 Oktober 2020 atau tepatnya 12 hari setelah BIK 2020 diadakan, setidaknya terdapat 643.057 rekening baru yang sudah dibuka.3 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelaku Pencabulan Anak Kebanyakan Orang Terdekat Korban

Posted: 18 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Palembang - Kasus pencabulan anak yang dilakukan oknum guru mengaji WH (28) terhadap anak muridnya Z (14) di Palembang Sumatera Selatan (Sumsel), mendapat perhatian dari Women's Crisis Center (WCC) Palembang.

Direktur WCC Palembang Yeni Roslaini mengakui jika kekerasan seksual memang banyak menimpa anak-anak di bawah umur. Bahkan di tahun 2020 ini, hampir setiap hari ditemukan kekerasan seksual terhadap anak di Sumsel, terutama di Palembang.

"Saya meyakini yang tidak terungkap itu banyak, karena alasan aib keluarga, jika di-blow up bisa buat keluarga malu, sehingga ditutupi. Ini yang sangat memprihatinkan," katanya kepada Liputan6.com, Minggu (18/10/2020).

Dari beragam kasus pencabulan anak yang terjadi di Sumsel, pelaku pencabulan banyak berasal dari orang-orang terdekat korban. Seperti guru, tetangga, tukang ojek hingga orang-orang yang sudah dikenal korban.

Dari pengamatannya dalam kasus pencabulan anak yang dilakukan oknum guru mengaji tersebut, modus mengatur pernapasan hanyalah trik untuk memuluskan aksinya.

"Apalagi anak memang dididik harus menurut ke guru, terlebih guru dengan doktrin yang luar biasa. Sehingga anak-anak tidak bisa melawan," ujarnya di Palembang.

Dia menilai, anak-anak belum bisa membedakan, mana yang baik dan buruk. Inilah yang berkontribusi besar terhadap maraknya kasus kekerasan seksual terhadap anak.

Kasus pencabulan anak yang dilakukan pelaku, lanjut Yeni, bukan karena penyakit, namun karena pelaku mengetahui kelompok anak-anak merupakan kaum yang lemah.

Karena itu, WCC Palembang terus mendorong Rancangan Undang-Undang (UU) Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS), yang hingga kini belum disahkan DPR RI.

"Korban harus mendapatkan hak-haknya yaitu trauma healing dan rangkaian konseling, agar bisa menata hidupnya kembali," ucapnya.

Meskipun pelaku pencabulan mendapatkan hukuman pidana seberat-beratnya, namun Yeni menilai hal itu tidak sepadan dengan apa yang dialami korban pascapencabulan.

 

Trauma Healing Korban

Ilustrasi: Pencabulan | via: kaskus.co.id
Ilustrasi: Pencabulan | via: kaskus.co.id

Pencabulan yang dialami korban, akan membekas cukup lama. Korban kebanyakan merasa bersalah, sehingga bisa mengganggu psikologi korban.

Setelah kasus korban terungkap, banyak yang merasa perlindungan terhadap korban sangat lemah. Terlebih dengan masifnya pemberitaan di media massa, yang tidak terkendali.

Dampak pasca pencabulan terhadap korban diakuinya berbeda-beda. Tergantung dengan tumbuh kembang di keluarga masing-masing.

"Ada yang tidak terlihat nyata, tapi trauma kembali jika melihat kejadian yang sama. Ada yang jadi minder, tidak mau bersosialisasi, pemurung, lebih agresif dan pendendam. Tapi semua berdampak tidak baik, ada perubahan yang menghambat tumbuh kembang anak," katanya.

Untuk itu dia mengharapkan adanya pendampingan dan trauma healing bagi korban pencabulan. Bahkan, korban harus dikuatkan jika kasus yang dialaminya tersebut, bukan karena kesalahannya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gisella Anastasia Kaget Putrinya Punya Nyali Menjajal Snorkeling

Posted: 18 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gisella Anastasia belum lama ini memamerkan potret-potretnya saat mengajak buah hatinya, Gempita, liburan ke salah satu tempat wisata bernuansa laut di Kepulauan Seribu Utara, DKI Jakarta.

Tak sekadar menikmati keindahan pantai, Gisella Anastasia juga menjajal selam permukaan alias snorkeling untuk pertama kalinya. Bersama unggahan fotonya saat menyelam, ia mengaku sangat terharu akhirnya bisa merasakannya.

"Selalu merasa punya ikatan emotional khususssss sm laut dan segala isinya... bener aja kan, kmrn pertama kalinya snorkling yg proper (telat bgt yaaa) rasanya bahahia smpe mau nangisss...," tulis Gisella Anastasia melalui keterangan foto di akun Instagram @gisel_la, belum lama ini.

Ingin Punya Izin Menyelam

Gisella Anastasia. (Instagram @gisel_la)
Gisella Anastasia. (Instagram @gisel_la)

Setelah menjajal snorkeling untuk pertama kalinya, Gisella Anastasia pun berniat membuat izin untuk bisa menyelam. Selama ini, ia memang sudah berencana untuk membuatnya namun selalu tertunda-tunda.

Kalau Sudah Membaik

Gisella Anastasia. (Foto: Instagram @gisel_la)
Gisella Anastasia. (Foto: Instagram @gisel_la)

"Beneran abis ini bertekad pgn ambil license buat nyelem ah drdl mau tp ga jadi jadi.. next kl udh membaik smuanya aku mau banget ab Mau nyemplungg lg skrg!," ungkap Gisella Anastasia.

 

Mengajak Gempita Menyelam

Tak meninggalkan putrinya sendirian untuk menyelam ke permukaan laut, Gisella Anastasia pun turut mengajak Gempita untuk bisa merasakan pengalaman snorkeling seperti sang ibunda.

Punya Nyali

"Setelah berdiskusi akhirnya dia bilang dia mau cobain jg snorkling kyk mama pagi tadi.. Jd sore sore kita brgkt lg cari spot lain kali ini ajakin anak anak..," tulis Gisella menceritakan pengalaman seri Gempita.

"Ga nyangka dia ternyata nyali juga.. Mengingat Gempi yg awalnya adlh anak yg takut sm sgala sesuatu(cendrung berhari hati dan ga brani ambil resiko), jd ini bnr2 buat ak terkejut..," tambahnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pabrik Mobil Pekerjakan Anjing Robotik

Posted: 18 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Robot berkaki empat membantu perusahaan mobil Ford untuk memetakan denah pabrik mereka di Michigan, AS. Anjing robotik ini mampu naik tangga, membuka pintu dan masuk ke tempat-tempat sempit, sehingga menghemat waktu dan biaya pekerja manusia. Berikut laporan Helmi Johannes dari VOA.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Tahun Menikah, Ini 7 Momen Andrew Andika dan Istri Umumkan Hamil Anak Pertama

Posted: 18 Oct 2020 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabar bahagia datang dari keluarga kecil seleb Andrew Andika. Penantiannya soal kehadiran buah hati akhirnya terjawab. Istri Andrew Andika, Tengku Dewi Putri dikabarkan tengah mengandung anak pertama mereka. Kehamilan sang istri tercinta inipun diumumkan langsung oleh Andrew Andika lewat akun Instagram-nya.

Dengan mengunggah foto keduanya dan memperlihatkan hasil USG, pasangan yang menikah pada 2017 ini tampak tak sabar menanti kehadiran sang buah hati. "I guess we are having a baby @tengkudewiputri_tdp," tulis Andrew Andika pada caption unggahannya.

Kehamilan sang istri yang telah menginjak usia 3 bulan ini tentunya memberikan kebahagiaan yang begitu besar kepada keluarga kecilnya. Pasalnya, perjuangan pemain sinetron Anak Menteng ini dan istri untuk memiliki anak sendiri diketahui tidaklah mudah. Guna mendapat momongan Tengku Dewi harus menjalani program bayi tabung.

Keputusan tersebut diambil lantaran Tengku Dewi mengalami PCOS. Sel telurnya berukuran kecil membuatnya lebih susah hamil dibanding perempuan normal alias tidak memiliki masalah pada organ reproduksi. Kini keduanya akan segera menjadi orangtua baru.

Berikut 7 potret Andrew Andika dan istri umumkan hamil anak pertama, usai penantian selama 3 tahun, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (19/10/2020).

1. Setelah menanti lebih kurang 3 tahun lamanya, Andrew Andika dan istri akan dikaruniai seorang anak.

Andrew Andika dan Tengku Dewi (Sumber: Instagram/@tengkudewiputri_tdp)
Andrew Andika dan Tengku Dewi (Sumber: Instagram/@tengkudewiputri_tdp)

2. Keduanya membagikan kabar bahagia ini lewat akun Instagramnya dengan mengunggah foto hasil USG.

Andrew Andika dan Tengku Dewi (Sumber: Instagram/@tengkudewiputri_tdp)
Andrew Andika dan Tengku Dewi (Sumber: Instagram/@tengkudewiputri_tdp)

3. Kebahagiaan pun begitu terpancar dari keduanya, perjalanan untuk memiliki momongan ini bisa dibilang sama sekali tidaklah mudah.

Andrew Andika dan Tengku Dewi (Sumber: Instagram/@tengkudewiputri_tdp)
Andrew Andika dan Tengku Dewi (Sumber: Instagram/@tengkudewiputri_tdp)

4. Lantaran mengalami sindrom polikistik ovarium (PCOS) yang mana merupakan gangguan hormon, Tengku Dewi harus menjalani program bayi tabung (IVF).

Andrew Andika dan Tengku Dewi (Sumber: Instagram/@tengkudewiputri_tdp)
Andrew Andika dan Tengku Dewi (Sumber: Instagram/@tengkudewiputri_tdp)

5. Perjuangan keduanya berbuah manis, Andrew Andika dan Tengku Dewi akan segera dikaruniai buah hati.

Andrew Andika dan Tengku Dewi (Sumber: Instagram/@tengkudewiputri_tdp)
Andrew Andika dan Tengku Dewi (Sumber: Instagram/@tengkudewiputri_tdp)

6. Pasangan yang menikah pada 2017 ini tampak sudah tak sabar menyambut kehadiran anak pertamanya,

Andrew Andika dan Tengku Dewi (Sumber: Instagram/@tengkudewiputri_tdp)
Andrew Andika dan Tengku Dewi (Sumber: Instagram/@tengkudewiputri_tdp)

7. Pesinetron tampan tersebut dan istri juga tampak begitu mesra di kehamilan anak pertama ini.

Andrew Andika dan Tengku Dewi (Sumber: Instagram/@tengkudewiputri_tdp)
Andrew Andika dan Tengku Dewi (Sumber: Instagram/@tengkudewiputri_tdp)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Defisit APBN hingga September 2020 Capai Rp 682 Triliun

Posted: 18 Oct 2020 09:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat sepanjang periode Januari-September 2020, defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2020 mencapai Rp 682,1 triliun. Defisit ini setara dengan 4,16 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia.

"Untuk defisit keseluruhan mencapai Rp 682,1 triliun atau defisitnya di 4,16 persen. Ini masih sesuai dengan yang ada di dalam perpres Nomor 72 Tahun 2020," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam APBN Kita, Senin (19/10/2020).

Sri Mulyani mengatakan, realisasi defisit anggaran sampai dengan bulan lalu seiring dengan besarnya belanja yang dibutuhkan pemerintah untuk penanggulangan pandemi Covid-19.

"Defisit di negara lain bisa sampai belasan dan puluhan persen. Kotraksi di kuartal III juga masih minus. Kita berharap Indonesia lebih baik dari peer group-nya," kata dia.

Lebih lanjut, dari sisi pendapatan negara, realisasi di sepanjang Januari- September 2020 sebesar Rp 1.159 triliun, setara dengan 68,2 persen dari target APBN dapam Perpres 72/2020 yang sebesar Rp 1.699,9 triliun.

Angka realisasi ini mencatatkan pertumbuhan negatif 13,7 persen apabila dibandingkan dengan realisasi di Januari-September 2019 yang sebesar Rp 1.342,25 triliun.

Untuk belanja negara, realisasinya Rp 1.534,7 triliun, setara dengan 56 persen dari target APBN-Perpres 72/2020 yang sebesar Rp 2.739,2 triliun.

Belanja negara mencatatkan realisasi sebesar Rp 1.841,1 triliun atau tumbuh 15,5 persen apabila dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya, yaitu sebesar Rp 1.594,46 triliun.

Adapun dari sisi pembiayaan, realisasi sampai dengan akhir September 2020 sebesar Rp 784,7 triliun atau 75,5 persen dari APBN-Perpres 72/2020 sebesar Rp 1.039,2 triliun.

Penerimaan Pajak Diprediksi Kurang Rp 500 Triliun dari Target APBN 2020

Ilustrasi: Pajak Foto: Istimewa
Ilustrasi: Pajak Foto: Istimewa

Sebelumnya, Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasi Nazara memproyeksikan Shortfall atau selisih penerimaan pajak dari target APBN 2020 bakal mencapai Rp 500 triliun. 

"Penerimaan pajak kita perkirakan Rp 500 riliun tidak akan terkumpul. Artinya kegiatan ekonominya turun dan pemerintah juga memberikan isentif-insentif pajak. Rp 500 triliun kita perkirakan dari anggaran tahun ini tidak akan kita terima," tuturnya dalam sesi teleconference, Selasa (6/10/2020).

Namun di sisi lain, Suahasi mengungkapkan, pemerintah tidak bisa menurunkan belanja negara. Menurut dia, hal tersebut harus di-support dan dinaikan untuk menunjang program pemulihan ekonomi nasional, sehingga postur belanja di APBN meningkat sekitar Rp 200 triliun.

"Kita lakukan defisit APBN menjadi 6,3 persen dari PDB atau sekitar Rp 1.000 triliun. Itu semua ditetapkan dalam bentuk UU Nomor 2 Tahun 2020," jelas dia.

Dengan kondisi defisit seperti ini, pemerintah disebutnya bakal fokus membantu perekonomian sehingga negara bisa lanjutkan proses pemulihan. Langkah ini dilakukan guna mengobati kontraksi ekonomi di kuartal II 2020 yang negatif 5,32 persen. 

"Kita berharap di kuartal III ada pemulihan ekonomi. Mungkin angkanya masih kontraksi, tapi lebih rendah. Kita tunggu angka dari BPS (Badan Pusat Statistik). Sampai kuartal IV pemerintah terus support dari perekonomian," ungkapnya.

Suahasil menceritakan, pertumbuhan ekonomi negatif di kuartal kedua kemarin terjadi lantaran situasi pandemi yang sangat buruk pada April-Mei 2020. Situasinya perlahan mulai berubah ketika mulai ada kegiatan ekonomi di periode Juni-Juli 2020.

"Kegiatan ekonomi mulai meningkat pada bulan Agustus, meski di satu dua titik ada peningkatan Covid-19, tapi ini bagian dari pemulihan. Dengan pemulihan kita berharap di kuartal III ada perbaikan dari pertumbuhan ekonomi," ujar Suahasil.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mike Tyson Terpukau Kehebatan Wonderkid Tinju dari Brooklyn

Posted: 18 Oct 2020 09:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Teofimo Lopez menjadi petinju termuda sepanjang sejarah yang berhasil merebut empat gelar juara dunia. Mantan juara dunia tinju kelas berat, Mike Tyson bahkan sampai terpaukau dibuatnya.

Lopez yang baru berusia 23 tahun kembali menambah koleksi sabuk juara dunianya usai mengalahkan peraih dua medali emas Olimpiade dan pemegang tiga gelar juara dunia tinju, Vasyl Lomachenko di Las Vegas, AS, Sabtu lalu. Dalam duel 12 ronde kelas ringan itu, Lopez dinyatakan menang angka mutlak. 

Tiga juri memberi nilai 117-111, 119-109, dan 116-112 untuk kemenangan Lopez. Hasil ini sekaligus membawa pemegang gelar juara dunia kelas ringan versi IBF itu sukses melakukan unifikasi gelar usai merebut tiga sabuk juara dunia yang sebelumnya melingkar di pinggang Lomachenko dari Ukraina.   

"Saya pikir di awal-awal duel, dia unggul lebih banyak jam terbang dari saya, tapi di pertengahan duel saya mampu mengambil alih," kata Lopez kepada Steve Kim dari ESPN. 

"Saya jauh lebih baik," beber pria asal Brooklyn, Amerika Serikat tersebut. 

 

Dipuji Mike Tyson

Mike Tyson. (AFP/James Gilbert)
Mike Tyson. (AFP/James Gilbert)

Kemenangan Lopez menuai pujian dari Mike Tyson. Pria berusia 54 tahun itu juga merupakan petinju termuda yang berhasil merebut gelar juara dunia kelas berat saat masih berusia 20 tahun 22 hari--rekor yang belum terpecahkan hingga saat ini. Dan kebetulan juga, Tyson juga berasal dari Brooklyn. 

"Brooklyn benar-benar hadir di sini saat ini. Lopez adalah sosok penakluk. Juara baru lagi dari Brooklyn. #LomaLopez," tulis Mike Tyson lewat akun Twitter-nya menyambut kemenangan Lopez.

 

 

Belum Terkalahkan

Teofimo Lopez saat bertanding melawan Richard Comme di Las Vegas, 2019 lalu (AL BELLO/AFP)
Teofimo Lopez saat bertanding melawan Richard Comme di Las Vegas, 2019 lalu (AL BELLO/AFP)

Lopez mengawali karier tinjunya dari amatir pada tahun 2015 lalu. Setahun kemudian dia terjun ke tinju profesional dan berhasil merebut gelar juara dunia kelas ringan versi IBF pada tahun 2019.

Lopez mencatat rekor bertanding belum terkalahkan dalam 16 laga dan tidak pernah seri. Sebanyak 12 dari 16 kemenangan diraih lewat KO.

"Saya adalah petarung," kata Lopez. 

"Saya mengorbankan sesuatu untuk mendapatkan sesuatu. Seperti itulah juara sejati. Saya menemukan jalan untuk memenangkan pertarungan," bebernya. 

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasang Surut Kinerja Pasar Modal di Tanah Air

Posted: 18 Oct 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso membeberkan kondisi pasang surut kinerja pasar modal di Tanah Air yang terjadi akibat pandemi Covid-19. Dia menyebut pandemi tersebut bahkan melunturkan rasa optimisme pasar modal yang dibangun sejak awal 2020.

"Pada awal tahun 2020 industri pasar modal dimulai dengan rasa optimisme yang sangat besar dengan meredanya perang dagang. Namun pada tahun 2020 ini tanpa diduga kita mempunyai tamu yang tidak diundang yang kita sebut Covid-19," kata dia dalam Opening Ceremony Capital Market Summit & Expo 2020, Senin (19/10).

Pada saat itu indeks harga saham gabungan (IHSG) pada 14 Februari 2020 berada di 6.325. Namun dengan adanya Covid-19, IHSG terpengaruh karena adanya sentimen negatif sehingga menyentuh di bawah level 4.000. "Iya ini persisnya 3.937 itu kami inget di 24 Maret 2020," imbuh dia

Tidak lain, pelemahan itu terjadi karena adanya sentimen negatif dari para investor asing yang mencoba menarik investasinya secara temporary. OJK kemudian mengambil langkah dengan melakukan berbagai kebijakan agar sentimen positif kembali bangkit terhadap pasar modal kita.

"Sehingga seluruh komponen bangsa ini terutama untuk pemangku kepentingan melakukan upaya sangat-sangat luar biasa yang kita tidak pernah lakukan sebelumnya. Kebijakan yang kita sebut extraordinary untuk memitigasi jangan sampai ini berlanjut dan terlalu dalam terhadap perekonomian kita terutama di pasar modal," kata dia.

Pemerintah pun berinisiatif membuat Perppu 1 Tahun 2020 yang kini menjadi Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2020. Tujuannya untuk memberikan landasan hukum bagi pemerintah dalam menetapkan kebijakan dan langkah-langkah extraordinary di bidang keuangan negara dan sektor keuangan, dalam rangka penanganan krisis kesehatan, kemanusiaan, ekonomi, dan keuangan.

"Kita sangat kecil apa yang kita lakukan ke depan secara garis besar kita menjaga pasar modal kita harus lebih dalam lagi supaya kita bisa lebih ke depan kita cukup (menjaga pasar modal)," terang dia.

Dengan berbagai upaya tersebut, akhirnya pemerintah berserta otoritas keuangan mampu menahan penurunan indeks harga saham dan membawa kembali kepercayaan investor menjadi lebih baik lagi. Bahkan sekarang IHSG sudah kembali di atas 5.000.

"Insya Allah ini akan kembali normal sejalan dengan perbaikan perekonomian kita ke depan. Namun kita tetap harus waspada momentum ini kita upayakan dan kita tidak sia-siakan agar pasar modal kita lebih dalam lagi," tandas dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Demo UU Cipta Kerja Rusuh, Transaksi Pasar Modal Justru Positif

Pergerakan saham pada layar elektronik pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (10/7/2020). IHSG pada perdagangan di BEI turun tajam karena pengumuman Gubernur DKI Anies Baswedan terkait dengan rencana penerapan PSBB secara ketat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Pergerakan saham pada layar elektronik pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (10/7/2020). IHSG pada perdagangan di BEI turun tajam karena pengumuman Gubernur DKI Anies Baswedan terkait dengan rencana penerapan PSBB secara ketat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Unjuk rasa penolakan Undang-Undang (UU) Omnibus Law Cipta Kerja yang berujung kericuhan ramai mewarnai laman pemberitaan dalam sepekan terakhir. Namun demikian, situasi tersebut nampaknya tidak cukup berpengaruh pada pergerakan data perdagangan di Pasar Modal Indonesia, yang ditutup pada zona positif akhir pekan ini.

Dalam laporan yang dikeluarkan PT Bursa Efek Indonesia (BEI), peningkatan tertinggi pada rata-rata nilai transaksi harian bursa tercatat melonjak tajam sebesar 24,22 persen menjadi Rp 8,335 triliun, dari Rp 6,710 triliun pada penutupan pekan sebelumnya.

"Kemudian dikuti oleh kenaikan sebesar 4,65 persen pada rata-rata volume transaksi menjadi 11,024 miliar saham dari 10,534 miliar saham sepekan yang lalu," kata Sekertaris Perusahaan BEI Yulianto Aji Sadono dalam keterangan tertulis, Sabtu (10/10/2020).

Selain itu, Yulianto melanjutkan, kapitalisasi pasar bursa selama sepekan ini meningkat 2,58 persen menjadi Rp 5.877,468 triliun dari Rp 5.729,839 triliun pada pekan lalu.

Data Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG pada penutupan pekan ini juga mengalami peningkatan 2,58 persen menjadi 5.053,663 dari posisi 4.926,734 pada penutupan pekan sebelumnya.

Sedangkan data rata-rata frekuensi harian selama sepekan terakhir mengalami perubahan sebesar 6,16 persen menjadi sebesar 578,849 ribu kali transaksi, dari 616,832 ribu kali transaksi di pekan sebelumnya.

Selama periode 5 – 9 Oktober 2020, di pasar modal, dua Obligasi Berkelanjutan dan dua Sukuk Ijarah mulai dicatatkan di PT Bursa Efek Indonesia. Total emisi Obligasi dan Sukuk yang sudah tercatat sepanjang 2020 ini mencapai 85 emisi dari 54 Perusahaan, tercatat senilai Rp 67,62 triliun.

"Dengan pencatatan ini maka total emisi Obligasi dan Sukuk yang tercatat di BEI berjumlah 466 emisi dengan nilai nominal outstanding sebesar Rp 441,04 triliun dan USD 47,5 juta, diterbitkan oleh 127 perusahaan tercatat," terang Yulianto.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kerabat: Hanafi Rais Sudah Bisa Baca Buku dan Berzikir

Posted: 18 Oct 2020 09:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Loyalis Amien Rais, Agung Mozin, mengungkapkan kondisi terkini Hanafi Rais. Putra dari Tokoh Reformasi, Amien Rais tersebut mengalami kecelakaan mobil kemarin di Tol Cipali KM 112.

"Alhamdulilah keadaan Hanafi Rais dalam keadaan baik, tidak ada luka serius kata tim dokter," tulis Agung saat dihubungi Liputan6.com, Senin (19/10/2020).

Agung melanjutkan, Hanafi dalam keadaan sadar, dan proses pemulihannya diisi dengan membaca buku juga berdoa.

"Waktunya dia gunakan berzikir dan membaca buku-buku menarik yang mengetuk pintu langit," lanjut seorang yang mengaku kerabat dekat Hanafi ini.

 

Masih di RS

Agung mengonfirmasi, saat ini Hanafi tengah dirawat di salah satu rumah sakit di daerah Bintaro. Kunjungan keluarga telah datang untuk memberi dukungan untuk kesembuhannya.

"Saat ini bisa kumpul bersama keluarga di Bintaro. Ribuan doa mengalir dari Group group wa dan media sosial mendoakan Hanafi segera beraktifitas kembali, seorang tokoh muda yang baik hati," Agung menandasi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Kekeyi Cosplay Jadi Putri Tidur Ini Curi Perhatian

Posted: 18 Oct 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Rahmawati Kekeyi Putri Cantika atau kerap disapa Kekeyi aksinya memang kerap jadi perbincangan netizen. Kekeyi yang kini makin populer usai mengeluarkan lagu "Keke Bukan Boneka" pun kerap hadir dalam aksi kocak.

Baru-baru ini Kekeyi tampil layaknya salah satu princess Disney, Putri Tidur atau Sleeping Beauty. Lengkap dengan kostum dan tempat tidurnya, Kekeyi pun tidur di halaman rumah.

Tak lupa lokasinya untuk tidur pun ditaburi bunga. Namun saat ia tidur, Kekeyi juga dikelilingi oleh ayam peliharaannya. Aksi kocak ini tentu saja mencuri perhatian netizen.

Banyak netizen membanjiri kolom komentar Kekeyi. Berikut 7 potret Kekeyi cosplay jadi Sleeping Beauty yang Liputan6.com kutip dari Instagram @rahmawatikekeyiputricantikka23, Senin (19/10/2020).

1. Kekeyi baru-baru ini tampil curi perhatian dengan kenakan kostum layaknya Sleeping Beauty.

Kekeyi cosplay jadi Sleeping Beauty (Sumber: Instragram/rahmawatikekeyiputricantikka23)
Kekeyi cosplay jadi Sleeping Beauty (Sumber: Instragram/rahmawatikekeyiputricantikka23)

2. Karakter Disney yang juga dikenal sebagai Putri Tidur ini menanti seorang pangeran yang akan membangunkannya.

Kekeyi cosplay jadi Sleeping Beauty (Sumber: Instragram/rahmawatikekeyiputricantikka23)
Kekeyi cosplay jadi Sleeping Beauty (Sumber: Instragram/rahmawatikekeyiputricantikka23)

3. Kekeyi pun tampil maksimal saat jadi Sleeping Beauty dengan menyiapkan tempat tidurnya di halaman.

Kekeyi cosplay jadi Sleeping Beauty (Sumber: Instragram/rahmawatikekeyiputricantikka23)
Kekeyi cosplay jadi Sleeping Beauty (Sumber: Instragram/rahmawatikekeyiputricantikka23)

4. Sampai ditaburi dengan bunga, saat tidur kucing hitam Kekeyi pun mencoba membangunkannya.

Kekeyi cosplay jadi Sleeping Beauty (Sumber: Instragram/rahmawatikekeyiputricantikka23)
Kekeyi cosplay jadi Sleeping Beauty (Sumber: Instragram/rahmawatikekeyiputricantikka23)

5. Usai terbangun ternyata ia ditemani oleh hewan peliharaannya berupa ayam dan angsa.

Kekeyi cosplay jadi Sleeping Beauty (Sumber: Instragram/rahmawatikekeyiputricantikka23)
Kekeyi cosplay jadi Sleeping Beauty (Sumber: Instragram/rahmawatikekeyiputricantikka23)

6. Penampilan Kekeyi saat jadi Sleeping Beauty ini turut mencuri perhatian netizen di Instagram.

Kekeyi cosplay jadi Sleeping Beauty (Sumber: Instragram/rahmawatikekeyiputricantikka23)
Kekeyi cosplay jadi Sleeping Beauty (Sumber: Instragram/rahmawatikekeyiputricantikka23)

7. Penampilannya yang kocak bikin banyak netizen pun membanjiri kolom komentar Instagramnya.

Kekeyi cosplay jadi Sleeping Beauty (Sumber: Instragram/rahmawatikekeyiputricantikka23)
Kekeyi cosplay jadi Sleeping Beauty (Sumber: Instragram/rahmawatikekeyiputricantikka23)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Spider-Man 3 Bakal Memiliki Video Teaser Jelang Akhir Tahun

Posted: 18 Oct 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Banyak kabar menarik seputar Spider-Man 3 versi Marvel yang beredar di dunia maya. Film sang manusia laba-laba ini memang sedang menjadi sorotan publik setelah Spider-Man: Far From Home mendapat pujian dan laris di box office. 

Sementara syuting Spider-Man 3 mulai berjalan, tim Sony Pictures sudah mulai menyiapkan tim untuk membuat sejumlah potongan video dari hasil syuting untuk dijadikan sebagai video teaser.

Menurut situs Murphy's Multiverse, yang dikabarkan Comic Book Movie, Camila Pacheco selaku Executive Marketing Director untuk Sony Pictures Entertainment Brazil, belum lama ini mengonfirmasi proses syuting Spider-Man 3 yang sedang berlangsung saat ia hadir di ExpoCine.

Siapkan Tampilan Perdana

Spider-Man Far From Home (Imdb)
Spider-Man Far From Home (Imdb)

Bersamaan dengan itu, Camila Pacheco mengatakan bahwa Sony Pictures dan Marvel Studios sedang menyiapkan video maupun potret-potret perdana Spider-Man 3 pada Desember tahun ini. Camila menyebutnya sebagai "preview" dan "teaser trailer".

Sudah Syuting

Spider-Man di Captain America: Civil War. (Marvel Studios)
Spider-Man di Captain America: Civil War. (Marvel Studios)

Menurut berbagai sumber, tahap syuting Spider-Man 3 versi Marvel Cinematic Universe ini sedang dilakukan di New York City, Amerika Serikat. Sejumlah pemain seperti Marisa Tomei, Zendaya, dan Jacob Batalon dikabarkan sempat datang bersama di lokasi.

Dibintangi Tom Holland

Spider-Man 3 kembali dibintangi oleh Tom Holland sebagai Peter Parker alias Spider-Man. Selain nama-nama di atas, Benedict Cumberbatch dan Jamie Foxx juga akan muncul yang masing-masing sebagai Doctor Strange dan Electro.

Namun, masih belum jelas apakah Electro yang dimainkan Jamie Foxx merupakan karakter dari The Amazing Spider-Man 2 atau merupakan sosok asli dari Marvel Studios.

Tayang Tahun Depan

Spider-Man 3 direncanakan tayang tahun depan, tepatnya pada 17 Desember 2021. Cerita mengenai film ini masih simpang siur. Namun, banyak yang menyebut film ini bakal menggunakan tema jagat majemuk seperti halnya film animasi Spider-Man: Into the Spider-Verse.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kronologi hingga Kondisi Hanafi Rais Usai Kecelakaan di Tol Cipali

Posted: 18 Oct 2020 09:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Putra dari tokoh politikus Amien Rais, Hanafi Rais, mengalami kecelakaan mobil saat di Kilometer 112 Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), tepatnya di wilayah Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Panit PJR Tol Cipali Iptu Karyana menjelaskan, kecelakaan Hanafi Rais terjadi pada Minggu dini hari, 18 Oktober 2020 pukul 02.22 WIB.

"Akibat kejadian tersebut kendaraan (Hanafi Rais) mengalami kerusakan dengan posisi akhir normal menghadap barat," ujar Karyana, dikutip dari Antara.

Karyana menceritakan kronologi kecelakaan mobil Toyota Alphard dengan nomor polisi B 1612 WMV yang ditumpangi Hanafi Rais. Mobil itu, kata Karyana, dikendarai oleh Ferdian Yudha Pratama sebagai sopir.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi menyebut, kondisi Hanafi Rais usai kecelekaan mengalami luka berat di kepala.

Berikut kronologi hingga kondisi Hanafi Rais usai kecelakaan di Tol Cipali dihimpun Liputan6.com:

 

Kronologi Kecelakaan

Ilustrasi Foto Kecelakaan Mobil (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Kecelakaan Mobil (iStockphoto)

Unit PJR Polda Jawa Barat mengabarkan putra dari tokoh politisi Amien Rais, yakni Ahmad Hanafi Rais terlibat kecelakaan lalu lintas di Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) kilometer 112, tepatnya di wilayah Kabupaten Subang, Minggu, 18 Oktober 2020.

Panit PJR Tol Cipali, Iptu Karyana mengatakan Hanafi Rais berada pada mobil Toyota Alphard dengan nomor polisi B 1612 WMV. Mobil itu, kata Karyana, dikendarai oleh Ferdian Yudha Pratama sebagai supir.

"Kendaraan (Hanafi Rais) melaju dari arah Palimanan menuju Jakarta. Setiba di TKP diduga bagian belakang kiri kendaraan yang ditumpanginya tertabrak oleh kendaraan lainnya yang melaju sama dari arah belakang," kata Karyana, dikutip Antara.

Mobil yang diduga menabrak mobil Hanafi Rais itu masih belum diketahui nomor polisinya maupun identitas pengendaranya. Dia menjelaskan, peristiwa itu terjadi pada Minggu dini hari pukul 02.22 WIB.

Akibat tertabrak dari arah belakang itu, mobil yang ditumpangi Hanafi Rais terdorong ke depan dan menabrak kendaraan pengangkut alat berat yang belum diketahui nomor polisinya.

"Akibat kejadian tersebut kendaraan (Hanafi Rais) mengalami kerusakan dengan posisi akhir normal menghadap barat," katanya.

 

Sudah Mencatat Saksi dan Amankan Barang Bukti

Ilustrasi Kecelakaan Mobil (iStockPhoto)
Ilustrasi Kecelakaan Mobil (iStockPhoto)

Beruntung, Karyana memastikan, peristiwa itu tidak menimbulkan korban jiwa. Hanafi berserta Ferdian, kata Karyana, kini dirawat di rumah sakit yang berada di wilayah Purwakarta.

"Pihak kepolisian mendatangi TKP dan mencatat saksi-saksi kemudian membawa korban ke rumah sakit. Polisi juga mengamankan barang bukti ke Mako PJR Tol Cilameri Subang," ucap dia.

Sementara itu, menurut Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Erdi A Chaniago, Kendaraan yang terlibat kecelakaan beruntun ini juga sudah dievakuasi ke Pos Derek Cilameri Subang.

 

2 Orang Alami Luka dan Pelaku Kabur

Wakil Ketua Umum PAN Hanafi Rais (kanan) bersalaman dengan Ketua KPU Arief Budiman (kiri) usai penyerahan berkas pengajuan bakal caleg PAN di kantor KPU, Jakarta, Selasa (17/7). (Liputan6.com/Johan Tallo)
Wakil Ketua Umum PAN Hanafi Rais (kanan) bersalaman dengan Ketua KPU Arief Budiman (kiri) usai penyerahan berkas pengajuan bakal caleg PAN di kantor KPU, Jakarta, Selasa (17/7). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Erdi kemudian mengatakan Ahmad Hanafi Rais mengalami luka berat akibat insiden kecelakaan di ruas Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali).

"Luka berat satu orang, atas nama Ahmad Hanafi Rais, alamat Kecamatan Kota Gede, Kota Yogyakarta," kata Erdi di Bandung.

Ia memastikan Hanafi langsung dilarikan ke Rumah Sakit MH Thamrin, Kabupaten Purwakarta.

"Kategorinya luka berat. Iya di kepala," ucap Erdi.

Selain Hanafi, kata dia, menyampaikan seorang sopir bernama Ferdian Yudha Pratama, yang mengendarai mobil yang ditumpangi Hanafi Rais, mengalami luka ringan.

Akibat tabrakan itu, mobil Hanafi terpental hingga menabrak kendaraan pengangkut alat berat yang ada di depan. Kap depan serta kaca mobil Hanafi mengalai kerusakan yang cukup parah.

"Ironisnya kendaraan yang menabrak dan yang ditabrak malah melarikan diri. Akibat kecelakaan ini Hanafi Rais dan sopirnya terluka," kata Erdi.

Hingga kini, ia menyatakan polisi masih memburu mobil yang diduga menyebabkan Hanafi Rais dan sopirnya mengalami kecelakaan.

 

Hanafi Mulai Bisa Berkomunikasi

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Hanafi Rais memberi keterangan saat tiba di rumah Prabowo Subianto di Jakarta, Kamis (9/8). Sejumlah petinggi Gerindra dan PAN mulai berdatangan jelang deklarasi capres-cawapres. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Hanafi Rais memberi keterangan saat tiba di rumah Prabowo Subianto di Jakarta, Kamis (9/8). Sejumlah petinggi Gerindra dan PAN mulai berdatangan jelang deklarasi capres-cawapres. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Erdi mengatakan Hanafi Rais kini dalam kondisi baik dan dapat berkomunikasi, setelah mendapat perawatan intensif di Rumah Sakit MH Thamrin Purwakarta, Jawa Barat

Saat ini petugas PJR Tol Cipali sedang menyelidiki serta mendalami kasus kecelakaan lalu lintas tersebut.

Sementara itu, dalam akun instagramnya, Hanum Rais, mengungkapkan kondisi kakaknya, Hanafi Rais. Saat ini, kata Hanum Rais, para dokter menanganinya dengan baik.

"Saat ini sudah ditangani dengan baik oleh para dokter dan suster di rumah sakit. Keadaan sadar meski ada beberapa luka yang harus dijahit. Allah dengan segala kebesaran Nya masih memperkenankan kakak kami untuk sehat dalam keadaan stabil. Ia terus berdzikir dan didampingi kedua orangtua dan istri dan anak serta saya dan suami," kata Hanum.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Samsung AI Forum 2020 Bahas Masa Depan Kecerdasan Buatan

Posted: 18 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Samsung Electronics mengumumkan akan menggelar Samsung AI Forum 2020 online, pada acara ini perusahaan akan membahas lebih dalam tentang masa depan kecerdasan buatan (AI).

Artikel tentang pada akademisi dan pakar yang hadir di Samsung AI Forum 2020 yang membahas kecerdasan buatan ini, banyak dibaca pada kanal Tekno Liputan6.com, Minggu (18/10/2020).

Artikel lain yang juga banyak dibaca, termasuk pendaftaran program Microsoft for Startups, dan Deep Learning dipakai untuk membaca pergerakan gunung berapi.

Lebih lengkapnya simak berita berikut ini.

1. Akademisi dan Pakar Bahas Masa Depan Kecerdasan Buatan di Samsung AI Forum 2020

Samsung Electronics mengumumkan akan menggelar Samsung AI Forum 2020 online melalui kanal YouTube selama dua hari pada 2 dan 3 November 2020.

Forum ini terselenggara untuk keempat kalinya dan pada tahun ini akan menghadirkan sekelompok akademisi dan pakar industri di bidang kecerdasan buatan.

Forum ini juga diharapkan akan dapat menjadi medium untuk bertukar ide, wawasan, serta temuan-temuan riset terbaru, sekaligus sebagai platform untuk mendiskusikan masa depan kecerdasan buatan.

Baca Selengkapnya di Sini

 

2. Pendaftaran Program Microsoft for Startups hingga Akhir Oktober

Microsoft meluncurkan program yang menyasar pelaku startup, termasuk di Indonesia. Melalui akun LinkedIn resminya, Microsoft mengumumkan membuka pendaftaran program kompetisi bertajuk "Highway to a 100 Unicorns."

"Apabila Anda [menjalankan] startup teknologi B2B atau ISV di Indonesia, daftar sekarang juga dalam acara ini," tulis Microsoft.

Baca Selengkapnya di Sini

 

3. Penggunaan Deep Learning untuk Pantau Pergerakan Gunung Berapi

Satelit memiliki kemampuan untuk mengumpulkan data penginderaan jauh (remote sensing) dalam jumlah besar yang dapat mendeteksi pergerakan tanah di gunung berapi hampir secara real-time.

Pergerakan tanah ini dapat menjadi penanda aktivitas dan ketidakstabilan gunung berapi yang akan datang.

Namun, awan dan gangguan atmosfer serta beberapa hal lainnya dapat menyebabkan noise (kebisingan) signifikan dalam pengukuran pergerakan tanah tersebut.

Baca Selengkapnya di Sini

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengantin Baru, Intip Kemesraan Taqy Malik dan Serell Nadirah di Pagi Hari

Posted: 18 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Taqy Malik sudah resmi menjadi suami Serell Nadirah. Lewat Instagram pribadinya, pengusaha juga hafiz Quran ini memperlihatkan berbagai aktivitasnya bersama Serell.

Seperti pada Senin (19/10/2020) pagi ini, Taqy Malik memperlihatkan video saat sang istri tengah mengusap wajahnya menggunakan kapas. Pria berusia 23 tahun ini pun sempat melempar candaan kecil pada Serell.

"Aku juga flu," kata Serell Nadirah.

"Flu bulung?" ucap Taqy Malik yang disambut dengan tawa sang istri.

Berpegangan

[Foto: Instagram Taqy Malik]
[Foto: Instagram Taqy Malik]

Pada unggahan berikutnya, Taqy Malik mengunggah video dirinya sedang berpegangan tangan dengan Serell Nadirah.

Keduanya berjalan keluar resort memandangi hamparan laut di hadapan mereka.

"Masyaallah," kata Taqy ssat mengagumi keindahan alam. 

Salat Duha

[Foto: Instagram Taqy Malik]
[Foto: Instagram Taqy Malik]

Sebelumnya, Taqy Malik juga memperlihatkan sang istri yang tengah menunaikan ibadah sunnah, yaitu salat Duha.

"Morning view #JanganLupaDuhaan," tulisnya sebagai keterangan dalam foto yang memperlihatkan Serell mengenakan mukena dan duduk di atas sajadah.

Akad

[Foto: Instagram Taqy Malik]
[Foto: Instagram Taqy Malik]

Taqy Malik memperistri Serell Nadirah dengan maskawin berupa cincin berlian dan logam mulia seberat 48 gram. Ayah Serell bertindak sebagai wali nikah.

Di hari yang sama pada malam harinya, keduanya menggelar resepsi pernikahan secara intimate. Acara ini hanya dihadiri oleh keluarga dan sahabat terdekat saja.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Karantina Pertanian Harus Perkuat Diri Hadapi Dinamika Zaman

Posted: 18 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo meminta jajaran Badan Karantina Pertanian (Barantan) untuk mampu beradaptasi pada perkembangan perkarantinaan dan perdagangan internasional yang terus bergerak dinamis.

Menurut dia, hingga saat ini Barantan telah mampu membuktikan sebagai benteng terdepan pertanian Indonesia dalam menjaga dan melindungi kelestarian sumber daya alam hayati Indonesia untuk kesejahteraan bangsa dan negara.

"Ini juga merupakan momentum pemberlakuan perkarantinaan yang baru melalui Undang-Undang (UU) Nomor 21 tahun 2019 yang menjadi tonggak bagi reformasi Badan Karantina Pertanian dalam beradaptasi terhadap perkembangan zaman," jelasnya dalam keterangan tertulis, Senin (19/10/2020).

Seiring berjalannya UU Nomor 21, lanjut pria yang akrab disapa SYL ini, tugas penyelenggaraan perkarantinaan semakin berkembang. Selain itu, para jajaran badan karantina pertanian sebagai economic stools dan border protection harus semakin dipertegas.

Kemudian, sambungnya, sistem penelusuran yang diamanakahkan wajib dibangun juga menjelaskan jangkauan perkarantinaan untuk dapat bersinergi lebih baik dengan entitas lainnya.

"Kerjasama dengan TNI, Polri, dan Bea Cukai harus mampu manjadi sebuah kekuatan dalam memperkuat pemeriksaan sistem logistik," imbuh dia.

SYL menilai, melalui skema single submission Badan Karantina Pertanian bersama dengan bea cukai dan karantina mendukung ekosistem logistik nasional. Itu dilakukan melalui iklim logistik yang lebih baik dan diharapkan makin mempermudah bagi pelaku usaha di bidang agribisnis

Kepala Barantan Ali Jamil menyebutkan, penguatan sistem perkarantinaan ini dilakukan seiring dengan peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM).

"Sejak awal, SDM Karantina Pertanian akan mengikuti pendidikan dasar yang meliputi kemampuan dasar teknis dan pengembangan karakter. Hal ini berhubungan dengan tugas yang akan dihadapi di lapangan," ungkapnya.

"Sarana dan prasarana laboratorium uji menjadi modal utama serta pemanfaatan memanfaatkan teknologi informasi guna mempercepat layanan untuk meningkatkan daya saing serta penguatan diplomasi pertanian," tandas Jamil.

Jaga Ketahanan Pangan, Mentan Ingin Pertanian di Sukabumi Diperkuat

Gunakan masker N95, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, inspeksi pengawasan tindakan karantina lalu lintas hewan dan produk hewan di Bandara Soekarno Hatta. (Pramita/Liputan6.com)
Gunakan masker N95, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, inspeksi pengawasan tindakan karantina lalu lintas hewan dan produk hewan di Bandara Soekarno Hatta. (Pramita/Liputan6.com)

Pertanian merupakan salah satu sektor yang berpotensi besar terhadap perekonomian masyarakat Kabupaten Sukabumi.

Sebagai salah satu daerah penghasil pangan, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, berharap agar akselerasi pertanian di wilayah yang terletak dibagian selatan Jawa Barat ini dapat digarap dari hulu hingga hilir.

"Pertanian terbukti menjadi sektor yang paling mampu bertahan di tegah pandemi covid-19, dan saya harap kinerja ini mampu memperkuat akselerasi pertanian dari hulu hingga hilir. Sejauh ini ketahanan pangan di Sukabumi cukup terjamin cukup baik, hanya akselerasinya yang harus kita terus bangun dan jaga," jelas Syahrul saat meninjau lokasi Peternakan Kambing, Domba dan Sapi di Yayasan Adzkia, Desa Sukaresmi, Cisaat, Sukabumi - Jawa Barat, seperti ditulis, Selasa (13/10/2020).

Syahrul berharap petani Sukabumi dapat mengembangkan usaha taninya secara komprehensif dari budidaya (on farm) hingga pengolahan dan pemasaran (off farm).

Hal ini sekaligus sebagai upaya dalam menghasilkan produk yang mempunyai nilai tambah sehingga berdampak terhadap peningkatan pendapatan petani di wilayah tersebut.

"Saya harus pastikan proses korporasi dari on farm hingga off farm diberbagai wilayah terkoneksi dengan kuat. Kita tidak mau petani sudah lelah menanam, kemudian tidak tau siapa yang harus menyerap, siapa yang harus membeli," terang Syahrul.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen La Liga Spanyol: Real Madrid Tidak Lagi Berkuasa

Posted: 18 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Real Sociedad dan Villarreal memanfaatkan terpelesetnya dua raksasa untuk menerobos papan atas klasemen Liga Spanyol 2020/2021. Kedua tim sama-sama memiliki 11 angka. 

Dengan produktivitas gol, Real Sociedad menguasai puncak usai menaklukkan Real Betis 3-0. Mereka unggul tipis atas Villarreal yang membungkam Valencia 2-1. 

Sehari sebelumnya, pimpinan sementara Liga Spanyol Real Madrid secara mengejutkan takluk saat menjamu Cadiz. Armada Zinedine Zidane dipaksa menyerah dengan skor tipis 0-1.

Raksasa lain Barcelona juga harus menyerah dari tuan rumah Getafe dengan skor yang sama. Gol Getafe dicetak oleh Jaime Mata pada menit ke-56 lewat titik penalti.

Berikut klasemen Liga Spanyol musim ini:

Klasemen Liga Spanyol

ilustrasi La Liga (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi La Liga (Liputan6.com/Abdillah)

Hasil Pertandingan

ilustrasi La Liga (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi La Liga (Liputan6.com/Abdillah)

Granada 1-0 Sevilla

Celta Vigo 0-2 Atletico Madrid

Real Madrid 0-1 Cadiz

Getafe 1-0 Barcelona

Eibar 0-0 Osasuna

Athletic Bilbao 2-0 Levante

Villarreal 2-1 Valencia

Alaves 0-2 Elche

Huesca 2-2 Valladolid

Real Betis 0-3 Real Sociedad

Saksikan Video Liga Spanyol Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Siap-Siap, Warga DKI yang Tolak Tes Covid-19 Didenda Rp 5 Juta

Posted: 18 Oct 2020 09:30 PM PDT

Warga menjalani tes usap (swab test) drive-thru di GSI Lab (Genomik Solidaritas Indonesia Laboratorium), Cilandak, Senin (19/10/2020). Dalam Raperda Penanggulangan Covid-19 akan mengatur sanksi Rp 5 juta bagi warga Jakarta yang menolak menjalani tes usap dan tes cepat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Warga menjalani tes usap (swab test) drive-thru di GSI Lab (Genomik Solidaritas Indonesia Laboratorium), Cilandak, Senin (19/10/2020). Dalam Raperda Penanggulangan Covid-19 akan mengatur sanksi Rp 5 juta bagi warga Jakarta yang menolak menjalani tes usap dan tes cepat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warga menjalani tes usap (swab test) drive-thru di GSI Lab (Genomik Solidaritas Indonesia Laboratorium), Cilandak, Senin (19/10/2020). Dalam Raperda Penanggulangan Covid-19 akan mengatur sanksi Rp 5 juta bagi warga Jakarta yang menolak menjalani tes usap dan tes cepat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warga mengikuti tes usap (swab test) COVID-19 di GSI Lab (Genomik Solidaritas Indonesia Laboratorium), Cilandak, Senin (19/10/2020). Pemprov DKI dan DPRD DKI Jakarta berencana mengatur sanksi denda Rp 5juta bagi warga yang menolak rapid test maupun swab test atau tes PCR (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Warga mengikuti tes usap (swab test) COVID-19 di GSI Lab (Genomik Solidaritas Indonesia Laboratorium), Cilandak, Senin (19/10/2020). Pemprov DKI dan DPRD DKI Jakarta berencana mengatur sanksi denda Rp 5juta bagi warga yang menolak rapid test maupun swab test atau tes PCR (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warga mengikuti tes usap (swab test) COVID-19 di GSI Lab (Genomik Solidaritas Indonesia Laboratorium), Cilandak, Senin (19/10/2020). Pemprov DKI dan DPRD DKI Jakarta berencana mengatur sanksi denda Rp 5juta bagi warga yang menolak rapid test maupun swab test atau tes PCR (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warga menjalani tes usap (swab test) drive-thru di GSI Lab (Genomik Solidaritas Indonesia Laboratorium), Cilandak, Senin (19/10/2020). Dalam Raperda Penanggulangan Covid-19 akan mengatur sanksi Rp 5 juta bagi warga Jakarta yang menolak menjalani tes usap dan tes cepat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Warga menjalani tes usap (swab test) drive-thru di GSI Lab (Genomik Solidaritas Indonesia Laboratorium), Cilandak, Senin (19/10/2020). Dalam Raperda Penanggulangan Covid-19 akan mengatur sanksi Rp 5 juta bagi warga Jakarta yang menolak menjalani tes usap dan tes cepat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warga menjalani tes usap (swab test) drive-thru di GSI Lab (Genomik Solidaritas Indonesia Laboratorium), Cilandak, Senin (19/10/2020). Dalam Raperda Penanggulangan Covid-19 akan mengatur sanksi Rp 5 juta bagi warga Jakarta yang menolak menjalani tes usap dan tes cepat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warga mengikuti tes usap (swab test) COVID-19 di GSI Lab (Genomik Solidaritas Indonesia Laboratorium), Cilandak, Senin (19/10/2020). Pemprov DKI dan DPRD DKI Jakarta berencana mengatur sanksi denda Rp 5juta bagi warga yang menolak rapid test maupun swab test atau tes PCR (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Warga mengikuti tes usap (swab test) COVID-19 di GSI Lab (Genomik Solidaritas Indonesia Laboratorium), Cilandak, Senin (19/10/2020). Pemprov DKI dan DPRD DKI Jakarta berencana mengatur sanksi denda Rp 5juta bagi warga yang menolak rapid test maupun swab test atau tes PCR (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warga mengikuti tes usap (swab test) COVID-19 di GSI Lab (Genomik Solidaritas Indonesia Laboratorium), Cilandak, Senin (19/10/2020). Pemprov DKI dan DPRD DKI Jakarta berencana mengatur sanksi denda Rp 5juta bagi warga yang menolak rapid test maupun swab test atau tes PCR (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warga mengikuti tes usap (swab test) COVID-19 di GSI Lab (Genomik Solidaritas Indonesia Laboratorium), Cilandak, Senin (19/10/2020). Pemprov DKI dan DPRD DKI Jakarta berencana mengatur sanksi denda Rp 5juta bagi warga yang menolak rapid test maupun swab test atau tes PCR (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Warga mengikuti tes usap (swab test) COVID-19 di GSI Lab (Genomik Solidaritas Indonesia Laboratorium), Cilandak, Senin (19/10/2020). Pemprov DKI dan DPRD DKI Jakarta berencana mengatur sanksi denda Rp 5juta bagi warga yang menolak rapid test maupun swab test atau tes PCR (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warga mengikuti tes usap (swab test) COVID-19 di GSI Lab (Genomik Solidaritas Indonesia Laboratorium), Cilandak, Senin (19/10/2020). Pemprov DKI dan DPRD DKI Jakarta berencana mengatur sanksi denda Rp 5juta bagi warga yang menolak rapid test maupun swab test atau tes PCR (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warga menjalani tes usap (swab test) drive-thru di GSI Lab (Genomik Solidaritas Indonesia Laboratorium), Cilandak, Senin (19/10/2020). Dalam Raperda Penanggulangan Covid-19 akan mengatur sanksi Rp 5 juta bagi warga Jakarta yang menolak menjalani tes usap dan tes cepat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Warga menjalani tes usap (swab test) drive-thru di GSI Lab (Genomik Solidaritas Indonesia Laboratorium), Cilandak, Senin (19/10/2020). Dalam Raperda Penanggulangan Covid-19 akan mengatur sanksi Rp 5 juta bagi warga Jakarta yang menolak menjalani tes usap dan tes cepat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warga menjalani tes usap (swab test) drive-thru di GSI Lab (Genomik Solidaritas Indonesia Laboratorium), Cilandak, Senin (19/10/2020). Dalam Raperda Penanggulangan Covid-19 akan mengatur sanksi Rp 5 juta bagi warga Jakarta yang menolak menjalani tes usap dan tes cepat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kecelakaan Tol, Putra Amien Rais Mengalami Luka Serius di Bagian Dada

Posted: 18 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Akibat mengalami kecelakaan di tol Cipali, putra Amien Rais, Hanafi Rais hingga kini masih dirawat di RS Siloam Purwakarta. Hanafi masih mendapat perawatan intensif karena mengalami luka di kepala dan bagian dada.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Arab Saudi Tambah Kuota Ibadah Umrah Saat Pandemi COVID-19 Jadi 75 Persen

Posted: 18 Oct 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Arab Saudi telah mulai mengizinkan warganya dan residen atau warga negara asing yang tinggal di negara tersebut untuk melakukan umrah, dengan tambahan kapasitas 75 persen.

Dikutip dari laman Arab News, Senin (19/10/2020), hal ini dilakukan sebagai bagian dari tahap kedua dari dimulainya kembali pembukaan ibadah secara bertahap.

Tahap kedua memungkinkan untuk salat di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi di Madinah.

Menurut rencana yang dibuat oleh lembaga pemerintah, tahap kedua dimulainya kembali umrah akan memungkinkan hingga 15.000 umat umrah dan 40.000 jemaah atau sekitar 75 persen dari kapasitas dengan mempertimbangkan protokol kesehatan guna mencegah penularan Virus Corona COVID-19.

Namun, kelompok jemaah hanya diberi waktu tiga jam untuk menyelesaikan ritual Umrah, Media Arab Saudi melaporkan.

Pembukaan tahap pertama ibadah umrah pertama kali dilakukan pada 4 Oktober 2020.

Kementerian Dalam Negeri Saudi mengatakan keputusan itu diambil setelah menilai perkembangan Virus Corona COVID-19 dan menanggapi keinginan umat Islam di seluruh dunia untuk melakukan ibadah umrah tersebut.

Sebelumnya diketahui, Arab Saudi menghentikan sementara penerimaan jemaah umrah dari sejumlah negara. Hal itu sebagai langkah antisipasi terkait maraknya penyebaran Virus Corona jenis baru atau COVID-19 di seluruh dunia.

Dilakukan Secara Bertahap

Ribuan jemaah Muslim mengelilingi Kakbah selama bulan haji di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi pada 13 Agustus 2019. Pemerintah Arab Saudi pada hari Kamis, 27 Februari 2020 resmi menghentikan sementara izin umrah bagi seluruh negara, termasuk juga untuk Indonesia. (AP Photo/Amr Nabil)
Ribuan jemaah Muslim mengelilingi Kakbah selama bulan haji di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi pada 13 Agustus 2019. Pemerintah Arab Saudi pada hari Kamis, 27 Februari 2020 resmi menghentikan sementara izin umrah bagi seluruh negara, termasuk juga untuk Indonesia. (AP Photo/Amr Nabil)

Tahap pertama dari proses dibukanya kembali kegiatan ibadah umrah secara bertahap akan mencakup mengizinkan warga negara dan ekspatriat dari dalam Kerajaan untuk melakukan umrah dengan kapasitas 30 persen mulai 4 Oktober. Ini setara dengan 6.000 jemaah per hari.

Selanjutnya, fase kedua akan meningkatkan kapasitas Masjidil Haram menjadi 75 persen, yang akan mencakup 15.000 jemaah dan 40.000 jemaah dalam sehari mulai 18 Oktober.

Pada tahap ketiga, jemaah haji dari luar negeri termasuk Warga Negara Indonesia (WNI) akan diizinkan untuk melakukan umrah mulai 1 November dengan kapasitas penuh hingga 20.000 jemaah dan 60.000 jemaah per hari.

Tahap keempat akan membuat Masjidil Haram kembali normal, ketika semua risiko COVID-19 telah hilang.

Masuknya jemaah, jemaah dan pengunjung akan diatur melalui aplikasi bernama "I'tamarna".

Aplikasi ini akan diluncurkan oleh Kementerian Haji dan Umrah, dengan tujuan untuk menegakkan standar kesehatan dan memudahkan jemaah untuk memesan perjalanan mereka.

Simak video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Gejala DBD Pada Anak, Begini Fase dan Pertolongan Pertamanya

Posted: 18 Oct 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta DBD atau Demam Berdarah Dengue merupakan infeksi virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Infeksi virus ini rentan menginfeksi anak-anak karena lingkungan bermainnya. Maka dari itu, penting mengetahui gejala DBD pada anak.

Gejala DBD pada anak bisa terlihat dari kondisi fisiknya. Mulai dari suhu tubuh, kulit, nyeri yang dialami, sampai respon sistem pencernaannya. Gejalanya juga mirip dengan masuk angin yang kerap dialami anak-anak.

Mengetahui gejala DBD pada anak ini penting dilakukan karena dampaknya cukup berbahaya jika dibiarkan. Anak yang mengalami DBD dan tak segera mendapat penanganan, bisa sampai mengalami kematian.

Berikut Liputan6.com ulas gejala DBD pada anak dari berbagai sumber, Senin (19/10/2020).

Gejala DBD Pada Anak

Ilustrasi demam | Gustavo Fring dari Pexels
Ilustrasi demam | Gustavo Fring dari Pexels

Demam 40 Derajat Celcius

Gejala DBD pada anak adalah demam tinggi yang mencapai 40 derajat Celcius. Kondisi demam ini pun tak hanya berlangsung satu hari, tetapi bisa berhari-hari. Umumnya 2-7 hari berturu-turut.

Di sinilah pentingnya mengecek suhu tubuh dengan alat. Demam karena DBD berbeda dengan demam lainnya. Perbedaan ini pun nampak dari suhu yang tertera dan mustahil dideteksi dengan tangan.

Demam karena infeksi virus dan bakteri disertai batuk, pilek, dan flu. Sementara demam karena DBD tak disertai gejala seperti itu. Melainkan nyeri kepala, menggigil, lemas, dan merasa nyeri di belakang mata sampai tulang.

Timbul Ruam

Gejala DBD pada anak bisa dikenali dari ruam yang ditimbulkannya. Ruam ini sedikit berbeda dengan ruam kulit biasanya. Ruam karena DBD muncul seperti bekas gigitan nyamuk. Tidak bersisik, tidak mengelupas, dan tidak gatal.

Ruam ini muncul di beberapa bagian tubuh anak. Mulai dari wajah, leher, telapak tangan, kaki, dada, dan lain-lain. Berbeda pula dengan ruam karena alergi yang harus diobati. Ruam karena DBD bisa hilang sendiri setelah satu minggu berlalu.

Gejala DBD Pada Anak

Ilustrasi Mimisan | (sumber: iStockphoto)
Ilustrasi Mimisan | (sumber: iStockphoto)

Pendarahan

Jangan menyepelekan perdarahan yang terjadi di hidung dan gusi. Apalagi kalau kondisi ini terjadi pada anak-anak. Perdarahan semacam ini bisa menjadi salah satu gejala DBD pada anak.

Perdarahan ini terjadi secara tiba-tiba. Mirip dengan perdarahan umum yang biasanya terjadi. Hanya saja perdarahan gusi DBD beberapa diantaranya tak disertai pembengkakan. Tidak terasa sakit seperti ketika mengalami gingivitis.

Sementara perdarahan di hidung akibat DBD menandakan DBD sudah menjadi penyakit. Umumnya perdarahan di hidung disebabkan karena pembuluh darah hidung sudah pecah.

Kondisi ini mirip dengan perdarahan alergi, benturan, hidung kering, dan kelainan. Bedanya, perdarahan hidung DBD disertai gejala DBD lainnya.

Muntah

Anak yang mengalami nyeri perut dan muntah tak boleh diabaikan. Kondisi ini bisa menjadi salah satu gejala DBD pada anak. Memang mirip dengan muntah karena gangguan pencernaan biasanya. Terasa sangat mual di awal dan tidak nyaman, bisa berlangsung selama 2-4 hari.

Muntah karena DBD biasanya sampai muncul bercak darah. Kondisi ini menandakan adanya gangguan pembekuan darah. Jika gangguan pembekuan darah sudah terjadi disertai gejala lain menyertai, pemeriksaan harus dilakukan.

Gejala DBD Pada Anak

Ilustrasi Trombosit | (credit gambar: healthline.com)
Ilustrasi Trombosit | (credit gambar: healthline.com)

Nyeri

Persis seperti gejala masuk angin biasanya. Gejala DBD pada anak juga menyebabkan nyeri di beberapa bagian tubuh. Menjalar dari otot sampai sendi, bikin tubuh menggigil dan berkeringat.

Bagian belakang mata terasa sakit dan menusuk karena sakit kepala yang dialami. Sakit kepalanya akan menjalar dari dahi dan cenut-cenut. Pada kondisi ini, anak pasti akan terlihat sangat lesu dan kelelahan.

Nafsu makan anak juga berkurang drastis. Kondisi ini memang lumrah terjadi apalagi jika anak mengalami mual dan muntah berulang kali. Meski begitu, kondisi ini sangat membahayakan sistem imun anak yang akan semakin menurun.

Trombosit Turun

Gejala DBD pada anak yang paling bisa dikenali adalah ketika trombositnya terus menurun. Trombosit yang terus turun ini sejalan dengan demam yang dialami anak berhari-hari dan nafsu makannya yang menurun. Solusinya bisa dengan melakukan tes darah, agar kontrol trombosit bisa lebih dimaksimalkan.

Pada kondisi seperti ini, penanganan medis harus segera dilakukan. Apalagi jika anak mengalami demam disertai sakit perut hebat, perdarahan, dan hipotensi. Jika terus dibiarkan saja, kemungkinan terburuknya bisa terjadi, yakni kematian.

Fase Demam Berdarah

Ilustrasi demam
Ilustrasi demam

Fase Demam

Pada fase DBD ini, sistem imun Anda sedang melawan invasi kuman, dalam hal ini virus dengue. Fase demam pada demam berdarah sangat khas, yaitu demam mendadak tinggi hingga 39 derajat Celsius. Fase demam dapat terjadi 2-7 hari. Tak hanya demam, pasien juga dapat mengeluhkan gejala lain seperti nyeri otot, sakit kepala, mual dan muntah, serta rasa sakit di belakang mata.

Fase Kritis

Fase DBD yang kritis terjadi sekitar  2-3 hari pada hari ke 4-5 demam. Pada siklus DBD ini terjadi saat demam menurun, sehingga banyak diremehkan dan dianggap sebagai fase penyembuhan.

Padahal, siklus DBD dalam kondisi kritis dan sangat berbahaya jika tidak ditangani dengan baik. Pada siklus DBD ini, dapat terjadi perdarahan dan kebocoran plasma darah (plasma leaked).

Kondisi ini terjadi akibat plasma darah keluar dari saluran pembuluh darah karena celah pada sel endotel terus membesar. Keluhan yang timbul dapat berupa nyeri perut, mimisan, muntah-muntah, sesak, dan pembesaran organ hati.

Fase Penyembuhan

Setelah melewati fase DBD kritis – jika tidak terjadi kebocoran plasma – maka pasien akan memasuki fase DBD penyembuhan. Pada siklus ini, pasien dapat kembali mengalami demam setelah pada siklus kritis tidak ditemui demam. Namun, kondisi pasien akan berangsur-angsur membaik sehingga tidak perlu dikhawatirkan.

Ketiga fase ini sama-sama dialami oleh segala kelompok usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Namun, anak-anak lebih rentan mengalami kebocoran plasma pada fase kritis.  

Pertolongan Pertama Demam Berdarah

Ilustrasi anak tidur | Pexels
Ilustrasi anak tidur | Pexels

Konsumsi Banyak Cairan

Pasien diharuskan mengonsumsi banyak cairan untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Jika dehidrasi dibiarkan maka akan mengakibatkan penurunan trombosit dan syok. Inilah yang dapat mengancam nyawa pasien demam berdarah hingga kematian.

Konsumsi cairan yang dianjurkan adalah 2–3 liter per hari. Beberapa pilihannya adalah air putih, jus buah, susu, dan larutan oralit. Hindari minuman bersoda dan kafein karena berpotensi menarik cairan keluar dari tubuh.

Istirahat Total

Pasien diharapkan untuk beristirahat total selama masih demam maupun fase syok. Penting juga untuk selalu memonitor kadar trombosit dan kadar sel darah merah sampai mencapai batas normal kembali.

Kompres

Demam Berdarah Mirip dengan Demam Tifoid. Untuk mengatasi demam, lalukan kompres. Kompres tidak hanya pada dahi saja tetapi seluruh tubuh, termasuk ketiak, kepala, dan selangkangan. Hal ini berfungsi untuk mentransfer suhu panas ke handuk kompres.

Pertolongan Pertama Demam Berdarah

Ilustrasi obat | pexels.com
Ilustrasi obat | pexels.com

Obat Penurun Panas

Obat penurun panas dapat diberikan untuk mengurangi demam, misalnya parasetamol. Namun, jangan lupa catat jam terjadinya demam untuk informasi ketika mengunjungi dokter.

Terdapat beberapa fase demam pada demam berdarah, termasuk fase kritis selama 2–3 hari. Pada fase kritis inilah, suhu tubuh yang menurun sering dikira sebagai tanda penyembuhan, padahal justru ini adalah fase yang berbahaya. Anda harus tetap waspada akan kemungkinan terjadinya syok.

Pemeriksaan Darah

Selain memperhatikan pertolongan pertama tersebut, pada hari ke-3 demam sebaiknya pasien melakukan pemeriksaan darah di laboratorium. Hal ini bertujuan untuk mengetahui angka trombosit dan apakah pasien harus dirawat di rumah sakit atau bisa dirawat di rumah.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: