Jumat, 23 Oktober 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


VIDEO: BMKG Imbau Warga Jawa Timur Waspada Cuaca Ekstrem

Posted: 23 Oct 2020 10:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Untuk sepekan ke depan, warga Jawa Timur, diimbau lebih waspada terkait adanya perubahan cuaca ekstrem yang mendadak. Yakni adanya fenomena siklus alam La Nina yang berpotensi terjadi bencana alam. Fenomena alam ini, ditandai dengan adanya curah hujan tinggi, disertai petir dan angin kencang. 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas 2 Malang, mencermati perkembangan atmosfer laut pada  Oktober 2020, ditandai perubahan cuaca ekstrem mendadak, atau biasa disebut siklus La Nina.

Diprediksi Jawa Timur sedang dalam masa peralihan cuaca, dari musim kemarau ke musim penghujan. Data BMKG menyebutkan seluruh kabupaten dan kota di Jawa Timur sedang mengalami perubahan cuaca ekstrem yang merata. Ditandai musim hujan lebih awal, dan terjadi peningkatan curah hujan. Demikian seperti diberitakan pada Liputan6, 22 Oktober 2020.

Diprediksi sepekan ke depan, di beberapa wilayah di Jawa Timur akan terjadi curah hujan tinggi. Hujan disertai petir dan angin kencang, berpotensi terjadi bencana alam.

Oleh karena itu, warga diimbau mengelola aliran air dengan baik dari hulu hingga hilir. Untuk meminimalisir terjadinya banjir dan tanah longsor. Pihak BMKG juga mengingatkan warga untuk hati-hati beraktivitas di luar rumah, terutama bila dalam perjalanan.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tutup TC di Kroasia, Timnas U-19 Indonesia Lakoni Gim Internal

Posted: 23 Oct 2020 10:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 menutup pemusatan latihan di Kroasia dengan menggelar gim internal di Stadion Sloga Mravince, Split, Jumat (23/10/2020). Pelatih Shin Tae-yong membagi tim menjadi dua yaitu Garuda merah dan Garuda Putih.

Garuda Merah keluar sebagai pemenang lewat skor telak 4-1. Gol kemenangan datang dari Irfan Jauhari ('5), Bagas Kaffa ('43), Witan Sulaeman ('70), dan Zakiri ('75. Sementara gol hiburan Garuda Puting dicetak Brylian Aldama ('65).

Melihat perkembangan Garuda Muda yang sangat pesat, pelatih Shin Tae-yong mengapresiasi permainan kedua tim pada gim internal ini. 

"Perkembangan pemain semakin bagus, seluruh pemain yang kami mainkan bermain dengan penuh kerja keras dan semangat. Pertandingan kali ini saya rasa lebih bagus saat kami menjalani internal game di Jakarta beberapa waktu lalu," kata Shin Tae-yong di laman resmi PSSI

Dengan berakhirnya kegiatan ini, seluruh program di Kroasia otomatis berakhir. Timnas U-19 berlatih di sana sejak akhir Agustus dan sudah menjalani sebelas laga uji coba. 

Setelajh beristirahat beberapa hari, timnas U-19 selanjutnya akan kembali ke Tanah Air pada 26 Oktober 2020. Setelah itu Garuda Muda libur hingga beberapa hari ke depan menunggu kegiatan selanjutnya. 

Menikmati

Amiruddin Bagas Kaffa Arrizqi (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Amiruddin Bagas Kaffa Arrizqi (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Salah satu pemain timnas U-19 Bagas Kaffa mengatakan sangat menikmati dan puas dengan hasil pertandingan tadi. "Meski bertajuk internal game, suasananya seperti pertandingan. Tadi kami bermain secara maksimal, berjuang keras dan Alhamdulillah tim saya menang serta saya mencetak gol," kata Bagas. 

Bagas juga mengaku kalau tim masih ada kekurangan yang perlu dibenahi serta harus tetap fokus dan menampilkan performa yang terbaik. 

"Saya rasa tim masih ada kekurangan, namun kami berusaha untuk selalu memperbaikinya. Kami harus selalu fokus dan memberikan performa terbaik saat latihan maupun bertanding. Karena tujuan kami nanti di Piala AFC U-19 dan tentu Piala Dunia U-20 mendatang," kata pemain asal Barito Putera tersebut. 

 

Penulis: Ray Kevin Agape 

 

Saksikan Video Timnas U-19 Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi: 3 Puntung Rokok di Polybag Sebabkan Kebakaran Kejagung

Posted: 23 Oct 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tim penyidik Bareskrim Polri menyimpulkan kebakaran Gedung Kejaksaan Agung (Kejagung) disebabkan karena api dari puntung rokok.

Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Ferdy Sambo mengatakan, terdapat tiga puntung rokok yang dibuang pekerja bangunan ke dalam polybag yang berisi sampah.

"Ada tiga puntung rokok yang dibuang ke polybag. Di dalam polybag itu ada sampah-sampah," ujar Sambo saat dikonfirmasi, Sabtu (24/10/2020).

Sambo mengatakan, dalam plastik sampah tersebut terdapat bahan yang mudah terbakar seperti kertas, potongan kayu hingga tiner. Menurut Sambo, hal tersebut yang menjadi pemicu munculnya api dan membakar Kejagung.

"Dekat dengan tiner, lem aibon sehingga api cepat tersulut," kata Sambo.

Polisi menetapkan delapan orang tersangka dalam kasus kebakaran gedung Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan. Mereka adalah T, H, S, K, IS yang diduga menimbulkan api di ruang Biro Kepegawaian lantai 6 Gedung Utama Kejakaan Agung. Kemudian mandor berinisal UAN yang dituding lalai karena tak mengawasi anak buah saat bekerja.

Selanjutnya, R Direktur Utama PT Arkan APM, pemasok cairan pembersih lantai yang di dalamnya mengandung bahan yang tidak sesuai dengan standar.

Terakhir, Pejabat Pembuat Komitmen Kejaksaan Agung berinisial NH. Ditetapkan sebagai tersangka lantaran dalam proses pengadaan terjadi kealpaan.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Akibat Kelalaian

Seharusnya, menurut Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Pol Ferdy Sambo, sebelum menandatangani proses kerja sama, NH mengecek bahan-bahan yang akan digunakan.

"Disimpulkan dari fakta yang ada bahwa kebakaran Gedung Utama Kejaksaan Agung karena kelalain orang yang bekerja dan kelalaian dalam memilih bahan bahan yang mudah terbakar," kata dia, Jumat (23/10/2020).

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming FTV SCTV Sinema Wajah Indonesia: Senyummu Surgaku, Sabtu 24 Oktober 2020

Posted: 23 Oct 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Saksikan FTV SCTV Sinema Wajah Indonesia mulai pukul 12.30 WIB Sabtu (24/10/2020) siang ini.

Sinema Wajah Indonesia bertajuk Senyummu Surgaku ini dibintang Deddy Mizwar, Yessy Guzman, Miqdad Addausy dan Masayu Clara.

Anda bisa juga menyaksikan penayangan FTV SCTV Sinema Wajah Indonesia via live streaming dengan klik tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Taiwan Tak Impor Vaksin Flu yang Sama yang Sebabkan 25 Orang Tewas di Korsel

Posted: 23 Oct 2020 10:17 PM PDT

Liputan6.com, Taipei - Media Korea Selatan melaporkan bahwa vaksin flu telah mengakibatkan kematian sedikitnya 25 orang di negara tersebut. 

Mengutip Radio Taiwan Internasional, Sabtu (24/10/2020), inti dari insiden tersebut adalah perusahaan farmasi Prancis Sanofi. 

Fakta bahwa Taiwan juga mengimpor vaksin flu dari perusahaan yang sama, telah menimbulkan spekulasi tentang apakah orang yang diinokulasi di Taiwan juga berisiko.

Menteri Kesehatan Chen Shih-chung mengatakan bahwa kementeriannya telah menjangkau Sanofi. Sejauh ini, tidak ada kematian terkait vaksin flu perusahaan di negara lain. 

Chen mengatakan bahwa vaksin Sanofi yang diterima Taiwan berbeda dengan vaksin yang dikirim ke Korea Selatan. Dia juga mengatakan bahwa sejauh ini, tidak ada laporan kematian terkait vaksin di Taiwan dan kementeriannya terus memantau situasi tersebut.

Pihak berwenang masih mencari tahu apakah vaksin yang diterima Taiwan diproduksi di lokasi yang sama dengan vaksin yang dikirim ke Korea Selatan.

25 Orang Meninggal di Korsel

Ilustrasi Korea Selatan (iStock)
Ilustrasi Korea Selatan (iStock)

Sementara itu di Korea Selatan, setidaknya 25 orang warga sipil dilaporkan meninggal dunia usai menerima vaksin flu yang diberikan secara gratis melalui program pemerintah. 

Namun, menurut temuan badan forensik negara, pihaknya tidak menemukan keterkaitan langsung antara kematian korban dengan vaksin flu yang telah diterima. 

Badan Forensik Nasional telah melakukan otopsi pada beberapa orang yang meninggal sebagai bagian dari penyelidikan pemerintah, dan menetapkan bahwa kematian bocah 17 tahun itu tidak ada hubungannya dengan vaksin tersebut, kata Yonhap, mengutip laporan polisi.

Kendati kematian 25 orang telah dilaporkan, otoritas kesehatan menolak untuk menangguhkan kampanye program tersebut dengan alasan kurangnya bukti yang menunjukkan hubungan langsung antara kematian dan vaksin.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kebakaran Kelapa Gading Jakut, 1 Orang Tewas 75 Lainnya Kehilangan Rumah

Posted: 23 Oct 2020 10:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kebakaran terjadi di Jalan Inspeksi Kali Sunter, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Sabtu (24/10/2020) pagi tadi. Pada peristiwa itu, satu orang berinisial MS (59) dilaporkan tewas.

"Satu orang warga, dia pria berinisial MS meninggal karena kebakaran itu. Kebakaran itu dipicu oleh korsleting listrik," kata Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu Rahmat Kristanto di Jakarta, seperti dilansir Antara, Sabtu.

Dia menuturkan, pada awalnya, kebakaran terjadi hanya di satu rumah. Namun, api dengan cepat merambat ke rumah-rumah di sekitarnya.

"Kejadiannya pukul 05.24 WIB, kita turunkan 13 unit mobil damkar. Tadi jam 08.22 WIB sudah selesai penanganannya," ujat Rahmat.

Selain menyebabkan satu korban meninggal dunia, sebanyak 75 orang menjadi korban kebakaran itu dan kehilangan tempat tinggalnya.

 

Kerugian Materiil Masih Didata

Belum diketahui taksiran kerugian materiil yang dialami para warga akibat kebakaran yang melalap habis lahan seluas 850 meter persegi itu.

Pada Sabtu (24/10/2020) dini hari kebakaran juga terjadi di wilayah Gambir, Jakarta Pusat. Api melalap gudang suku cadang motor dengan tiga lantai yang juga dihuni oleh pemiliknya seorang pria berusia 71 tahun bernama Hartono.

Beruntung Hartono dan keluarganya sempat dievakuasi oleh tetangganya, saat api sudah melalap lantai satu gedung di Jalan KH Zainul Arifin itu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hypercar SSC Tuatara Sanggup Melaju 500 Kpj, Ini Rahasianya

Posted: 23 Oct 2020 10:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gelar mobil produksi tercepat di dunia merupakan gelar yang sangat bergengsi. Dan gelar ini barus saja diraih oleh hypercar SSC (Shelby Supercars) dengan kecepatan 500 kpj.

Bicara soal rekor kecepatan, SSC bukanlah nama asing. Pada 2007, Ultimate Aero mereka meraih prestasi mobil produksi terkencang dengan catatan rata-rata 412,22 kpj. Kendati begitu, mahkota beberapa kali berpindah selama 13 tahun dan terakhir dipegang oleh Koenigsegg Agera RS di 447,19 kpj. Nama lain yang sempat berusaha menduduki adalah Bugatti Chiron Super Sport 300+. Sanggup mencapai 490,48 kpj namun disayangkan tidak masuk kategori akibat satu dan lain hal terkait kriteria penilaian.

Tidak masalah dan tidak perlu didebatkan lagi lantaran angka 490 kpj bukanlah hal berarti bagi SSC Tuatara. Tembus sudah batas 500 kpj di tangan pembalap profesional Oliver Webb. Dua kali pembuktian sukses terlaksana 10 Oktober lalu. Satu kali mencapai 484,53 kpj (301,07 mph), sekali lagi berhasil digeber hingga 532,93 kpj (331,15 mph). Dengan demikian, dicatatkan top speed rata-rata 508,73 kpj (316,11 mph).

Menariknya lagi, disebutkan kalau hypercar Tuatara masih punya potensi lebih dari itu. "Masih ada lebih banyak lagi di dalamnya. Dengan kondisi lebih baik, saya yakin kami dapat melaju lebih kencang," papar Oliver Webb. "Sewaktu saya menuju 331 mph, kecepatan Tuatara meningkat sampai 20 mph dalam lima detik terakhir. Masih menarik dengan baik," tambahnya. Pun ia menegaskan bahwa mobil masih memiliki kemampuan lebih hanya saja angin samping menghalau untuk mencapai batas.

 

Bukan Sirkuit Tertutup

Perlu diketahui, pengujian tidak dilakukan dalam sirkuit tertutup. Di jalan raya, tepatnya pada lurusan State Route 160 sepanjang 11,27 km (7 mil) – di luar Las Vegas dekat Pahrump, Nevada, AS. Tentu ada beberapa syarat agar berhak mendapatkan titel. Selain dua kali percobaan (arah pergi dan kembali), sudah pasti harus menggunakan mobil yang dapat dibeli konsumen di pasaran. Murni tanpa modifikasi, bahkan tidak diperkenankan memakai ban dan bensin kompetisi.

Di samping meraih titel "Fastest Production Car", SSC Tuatara mematahkan tiga rekor lain yang dipegang Agera RS. Adalah "Fastest Flying Mile on a Public Road" dengan torehan 313,12 mph dan "Fastest Flying Kilometer on a Public Road" di 517,16 kpj. Sudah pasti jadi mobil paling kencang di jalanan umum sehingga pantas menyabet "Highest Speed Achieved on a Public Road".

 

Output Fantastis

Tidak perlu mesin sangar W16 seperti Chiron yang berat, Tuatara menyuguhkan balans antara mesin dan bobot keseluruhan. Ia dibekali pemacu V8 5,9 liter twin-turbo dengan output maksimal 1.750 hp. Mencengangkan bukan? Itu diraihnya jika meminum bahan bakar ethanol E85. Ketika diganti ke oktan 91, output menurun meski tetap saja fantastis. Totalnya mencapai 1.350 hp.

Enjin super itu kemudian duduk di atas rancang bangun serat karbon nan ringan. Beratnya cuma 1,247 kg yang kurang lebih setara Honda Civic Sedan. Ditambah lagi sokongan aerodinamika dari rancangan tubuh eksotis. Mampu menembus angin dengan mudah berkat koefisien hambat udara 0,279 Cd. Komposisi tubuh turut memberikan keseimbangan downforce 37% (depan) dan 63 % (belakang) selama melaju di 241,4–531 kpj (150-330 mph).

Sangat terbatas, melansir Motor1, SSC Tuatara hanya akan diproduksi sampai 100 unit. Harga jelas fantastis, dimulai dari 1,625 juta USD atau sekitar Rp 23,9 miliar. Puncaknya mencapai 1,9 juta USD (Rp 28 miliar) dengan kelengkapan paling komplet seperti High Downforce Track Pack.

Sumber: Oto.com

Infografis Libur Panjang dan Potensi Klaster Covid-19.

Infografis Libur Panjang dan Potensi Klaster Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Libur Panjang dan Potensi Klaster Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Tangsel, Pemberian Vaksin Covid-19 Diperioritaskan untuk ASN dan Nakes

Posted: 23 Oct 2020 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jelang pemberian vaksin Covid-19 secara massal, Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel), akan mengelompokkan warganya. Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Tenaga Kesehatan (Nakes) menjadi pihak yang diprioritaskan dalam mendapatkan vaksin.

"Berdasarkan arahan Menteri Kesehatan bahwa kita melihat dulu pendataan kita, klaster penduduk, usia berapa yang akan divaksinasi," ungkap Wali Kota Airin Rachmi Diany, Sabtu (24/10/2020).

Dia juga meminta Dinas terkait, bekerjasama dengan perguruan tinggi yang memiliki fakultas kedokteran untuk membantu program vaksinasi tersebut, karena jumlah tenaga kesehatan yang ada saat ini, masih sedikit.

"Saya mendorong kerjasama dengan stikes dan universitas yang punya fakultas kedokteran, sehingga bisa mendorong sumber daya manusia. Sehingga ada kebijakan vaksinasi kapanpun kita siap dengan SSM dan data yang kita punya siapa saja yang akan mendapat vaksin," jelasnya.

Meski begitu, dia belum dapat memastikan kapan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Tangsel bisa dilaksanakan.

"Kita menunggu arahan pusat, tapi sejauh ini laporan Dinkes dan saya perintahkan Dinkes cek data berapa SDM yang kita punya dan klaster terhadap masyarakat Tangsel. Kita ikuti arahan Kemenkes siapa yang nanti akan didahulukan, jika nanti ada vaksin," katanya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

ASN dan Nakes

Sementara, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel Deden Deni mengaku, akan meprioritaskan vaksinasi Covid-19 bagi tenaga kesehatan dan Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Arahannya begitu dari Menkes yang diprioritaskan tenaga kesehatan dan pegawai. Ini lagi pendataan dulu. Masih nunggu arahan dari pusat," katanya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Intai Jaringan Pemilik Sabu 50 Kg, Polisi Riau Rela Menginap 5 Hari dalam Kebun Sawit

Posted: 23 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Pekanbaru - Satuan Reserse Narkoba Polres Indragiri Hilir gagalkan peredaran 50 kilogram sabu. Serpihan barang haram berbentuk kristal itu ada dalam tiga karung dan tersembunyi di kebun sawit Desa Selancang, Kecamatan Keritang.

Kapolres Indragiri Hilir Ajun Komisaris Besar Dian Setyawan SIK mengatakan, perlu kerja keras bagi anggotanya menangkap tersangka Y. Pria 43 ini diduga sebagai kurir sabu yang akan menjemput sabu itu.

Dian menjelaskan, pengungkapan pada Kamis malam, 22 Oktober 2020 ini, berawal dari informasi masuknya 50 kilogram sabu di kecamatan tersebut. Butuh beberapa hari bagi petugas berkeliling mencari lokasi penjemputan.

"Ternyata ada di kebun sawit, tersimpan dalam tiga karung di semak-semak," kata Dian, Jumat malam, 23 Oktober 2020.

Tak ingin pulang tanpa tersangka, beberapa personel Satuan Reserse Narkoba Polres Indragiri Hilir memutuskan menginap di kebun sawit itu siang malam. Hari demi hari petugas menunggu siapakah gerangan yang akan mengambil sabu di tiga karung itu.

"Lima hari lima malam tidur di kebun sawit, lokasinya becek dan tanpa penerangan," jelas Dian.

Menunggu sejak Minggu, 18 Oktober 2020, akhirnya muncul seorang pria. Dia menuju semak-semak di sekitar sawit mengambil sabu tanpa diketahui lokasi itu sudah dikepung polisi.

"Ketika karung diambil, anggota langsung menangkap," kata Dian.

Tersangka Y tak membantah dirinya datang untuk menjemput sabu itu. Darinya juga disita uang Rp10 juta diduga sebagai upah awal menjemput sabu.

Kasus ini masih pengembangan karena petugas masih memburu siapa orang di belakang Y. Termasuk siapakah orang mengantar sabu itu ke kebun sawit.

"Jaringannya masih ditelusuri, mudah-mudahan terungkap," kata Dian.

Dia menjelaskan, 50 kilogram narkoba golongan satu ini terkemas dalam bungkus-bungkus kecil. Perhitungan sementara, sabu ini kalau sampai beredar bisa menghasilkan uang Rp75 miliar.

"Ancaman pidana bagi kurir ini 5 tahun sampai 20 tahun penjara, bahkan bisa dipenjara seumur hidup atau hukuman mati," tegas Dian.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Rumah Mertua Nikita Willy, Mewah dan Bernuansa Emas

Posted: 23 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nikita Willy dan Indra Priawan resmi menikah pada 16 Oktober 2020. Kini keduanya menyandang status baru sebagai pasangan suami istri. Di tengah kebahagiaannya yang telah menikah dengan Indra Priawan, sosok sang mertua yakni Karlina Damiri berhasil mencuri perhatian.

Sosok Karlina pun ramai diperbincangkan oleh warganet. Mertua Nikita Willy itu bukan hanya dikenal sebagai pribadi yang kaya raya, namun ternyata memiliki karier gemilang dengan jabatan mentereng. Pemilik nama lengkap Karlina Damiri Chandra itu menjabat sebagai Konsul Kehormatan Monaco untuk Indonesia.

Menjadi keluarga kaya raya tentu membuat banyak orang penasaran dengan kehidupan mewah mereka. Salah satunya hunian yang menjadi tempat tinggal mertua Nikita Willy ini. Melalui kanal YouTube Nikita Willy saat menunjukkan detik-detik jelas prosesi akad pernikahan, rumah Karlina Damiri terungkap.

Tampak rumah ibunda Indra Priawan ini sangat besar dan megah. Tak hanya memiliki halaman yang luas, interior yang ada juga memberikan kesan elegan. Di setiap ruangan di rumah Karlina Damiri ini juga terlihat bernuansa emas. Berikut 7 potret rumah Karlina Damiri mertua Nikita Willy, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (24/10/2020).

1. Tampak depan rumah ibunda Indra Priawan, bangunannya cukup tinggi dan dilengkapi pilar-pilar besar.

Rumah Karlina Damiri Mertua Nikita Willy (Sumber: YouTube/Nikita Willy Official )
Rumah Karlina Damiri Mertua Nikita Willy (Sumber: YouTube/Nikita Willy Official )

2. Sentuhan material kayu dapat dirasakan di setiap sudut ruangan di hunian mewah Karlina Damiri.

Rumah Karlina Damiri Mertua Nikita Willy (Sumber: YouTube/Nikita Willy Official )
Rumah Karlina Damiri Mertua Nikita Willy (Sumber: YouTube/Nikita Willy Official )

3. Penambahan bunga di area-area tertentu juga semakin mempercantik ruangan.

Rumah Karlina Damiri Mertua Nikita Willy (Sumber: YouTube/Nikita Willy Official )
Rumah Karlina Damiri Mertua Nikita Willy (Sumber: YouTube/Nikita Willy Official )

4. Di lantai satu terdapat ruang tamu dan ruang keluarga yang sangat luas.

Rumah Karlina Damiri Mertua Nikita Willy (Sumber: YouTube/Nikita Willy Official )
Rumah Karlina Damiri Mertua Nikita Willy (Sumber: YouTube/Nikita Willy Official )

5. Hampir seluruh bagian rumah menggunakan wallpaper bernuansa emas yang menambah kesan elegan.

Rumah Karlina Damiri Mertua Nikita Willy (Sumber: YouTube/Nikita Willy Official )
Rumah Karlina Damiri Mertua Nikita Willy (Sumber: YouTube/Nikita Willy Official )

6. Pigura foto keluarga yang terpajang menghiasi dinding, perabotan juga tertata dengan rapi.

Rumah Karlina Damiri Mertua Nikita Willy (Sumber: YouTube/Nikita Willy Official )
Rumah Karlina Damiri Mertua Nikita Willy (Sumber: YouTube/Nikita Willy Official )

7. Ruang makan di rumah mertua Nikita Willy ini tampak begitu luas, furnitur yang digunakan juga terlihat modern.

Rumah Karlina Damiri Mertua Nikita Willy (Sumber: YouTube/Nikita Willy Official )
Rumah Karlina Damiri Mertua Nikita Willy (Sumber: YouTube/Nikita Willy Official )

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Head to Head Barcelona vs Real Madrid: Siapa Unggul di El Clasico?

Posted: 23 Oct 2020 10:00 PM PDT

 

Liputan6.com, Barcelona - Barcelona meladeni Real Madrid pada El Clasico pertama musim ini di Liga Spanyol. Pertandingan berlangsung di Camp Nou, Sabtu (24/10/2020).

Laga nanti akan menjadi pertemuan ke-245 mereka sepanjang sejarah. Masing-masing sama-sama mengoleksi 96 kemenangan.

Namun, Real Madrid unggul jika khusus bicara duel di Liga Spanyol. Los Blancos meraih 73 hasil positif di El Clasico, unggul satu angka dibanding Barcelona.

Kedua tim bermain tanpa gol di tempat sama musim lalu. Sementara pada laga di Santiago Bernabeu, Real Madrid berjaya 2-0.

Real Madrid tidak pernah mengalahkan Barcelona pada laga Liga Spanyol di Camp Nou sejak April 2016. Sementara kemenangan kandang terakhir El Azulgrana di La Liga dipetik Oktober 2018.

 

5 Pertemuan Terakhir

El Clasico Barcelona vs Real Madrid. (Liputan6.com/Tri Yasni)
El Clasico Barcelona vs Real Madrid. (Liputan6.com/Tri Yasni)

Waktu-Ajang-Laga-Gol

02/03/20 Liga Spanyol Real Madrid vs Barcelona 2-0

19/12/19 Liga Spanyol Barcelona vs Real Madrid 0-0

03/03/19 Liga Spanyol Real Madrid vs Barcelona 0-1

28/02/19 Copa del Rey Real Madrid vs Barcelona 0-3

07/02/19 Copa del Rey Barcelona vs Real Madrid 1-1

 

Perkiraan Pemain

Duel El Clasico 2020 akan menguji konsistensi dua raksasa Spanyol, Barcelona dan Real Madrid (Liputan6.com/Abdillah)
Duel El Clasico 2020 akan menguji konsistensi dua raksasa Spanyol, Barcelona dan Real Madrid (Liputan6.com/Abdillah)

Barcelona (4-2-3-1): Neto; Roberto, Pique, Lenglet, Dest; De Jong, Busquets; Fati, Coutinho, Trincao; Messi

Real Madrid (4-3-3): Courtois; Nacho, Varane, Ramos, Mendy; Kroos, Casemiro, Modric; Vinicius, Benzema, Asensio

Infografis

El Clasico akan meramaikan sepak bola dunia akhir pekan ini (Liputan6.com/Abdillah)
El Clasico akan meramaikan sepak bola dunia akhir pekan ini (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video El Clasico Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Isu Plagiat Video Klip IU, Pihak Via Vallen Ngaku Cuma Ikut Arahan Sutradara

Posted: 23 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Baru dirilis, video klip Via Vallen yang berjudul "Kasih Dengarkanlah Aku" featuring Dyrga Dadali sudah menuai kontroversi. Warganet menilai bahwa karyanya mirip video klip IU yaitu "Above the Time" yang dirilis November 2019.

Via Vallen sendiri telah mengakui bahwa vieo klipnya itu memang memiliki kesamaan dengan "Above the Time". Ia mengaku malu dan meminta maaf kepada seluruh penggemar IU, juga penggemarnya sendiri, Vyanisty.

Pihak manajemen Via Vallen, Ascara Musik juga akhirnya buka suara di kolom komentar video klip "Kasih Dengarkanlah Aku". Pihaknya menjelaskan duduk perkara yang terjadi.

"Bahwa pihak management, menerima seluruh konsep/ide video klip yang ditawarkan oleh pihak sutradara. Adapun dari hasil akhir video klip tersebut ada kemiripan dengan video klip lain, kami pihak management sama sekali tidak mengetahuinya, dan pihak management sedang meminta klarifikasi dari pihak sutradara," tulisnya.

Arahan Sutradara

[Foto: Youtube ascadamusik]
[Foto: Youtube ascadamusik]

Saat syuting video klip, Via Vallen dan Dyrga Dadali juga hanya mengikuti arahan dari sutradara video klipnya. Mereka tak ikut campur mengenai konsep.

"Pihak artis dalam hal ini Via Vallen dan Dyrga Dadali sebagai pemeran utama dalam video klip tersebut, hanya menjalankan tugasnya sebagai talent yang seluruh aktifitasnya diarahkan oleh sutradara. Kedua artis tersebut tidak turut serta berperan dalam menentukan konsep idea video klip," jelasnya lagi.

Kata Via

Via Vallen - IU (Foto: Twitter)
Via Vallen - IU (Foto: Twitter)

Lebih lanjut, pelantun lagu "Sayang" itu juga mengatakan bahwa sama sekali tak ada unsur kesengajaan dalam hal ini mengingat ia juga tak banyak tahu tentang video klip artis-artis K-Pop.

"Karena aku bukan penggemar Kpop secara umum, jadi enggak banyak tahu soal MV Kpop. (Kebanyakan MV Kpop yang aku lihat cuma Blackpink doang)" kata dia di Instagram Stories.

Dihapus

Sebagai jalan keluar, Via Vallen akan meminta labelnya untuk menghapus video klip "Kasih Dengarkanlah Aku". Hingga Sabtu (24/10/2020) MV ini telah ditonton 93 ribu kali.

"Aku bakal minta videonya buat di-take down dan ini akan jadi pembelajaran ke depannya biar enggak terjadi lagi hal seperti ini. Sekali lagi, dari lubuk hati yang paling dalam, aku mohon maaf yang sebesar-besarnya," Via Vallen mengakhiri.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO FEATURES: Potret Pendidikan di Venezuela di Tengah Beragam Kesulitan

Posted: 23 Oct 2020 10:00 PM PDT

Para orang tua mendaftarkan anaknya untuk tahun ajaran baru di aula di SMU
Para orang tua mendaftarkan anaknya untuk tahun ajaran baru di aula di SMU

Para orang tua mendaftarkan anaknya untuk tahun ajaran baru di aula di SMU

Para orang tua mendaftarkan anaknya untuk tahun ajaran baru di aula di SMU
Para orang tua mendaftarkan anaknya untuk tahun ajaran baru di aula di SMU

Para orang tua mendaftarkan anaknya untuk tahun ajaran baru di aula di SMU

Jonathan Figueroa, 14, menggunakan ponselnya untuk terhubung ke sinyal wifi tetangga, di luar rumahnya, saat sang ibu Viviana Rodriguez mengawasinya di tengah pandemi virus corona di Bello Campo di Chacao, Caracas, Venezuela pada 6 Oktober 2020. (Cristian Hernandez/AFP)
Jonathan Figueroa, 14, menggunakan ponselnya untuk terhubung ke sinyal wifi tetangga, di luar rumahnya, saat sang ibu Viviana Rodriguez mengawasinya di tengah pandemi virus corona di Bello Campo di Chacao, Caracas, Venezuela pada 6 Oktober 2020. (Cristian Hernandez/AFP)

Jonathan Figueroa, 14, menggunakan ponselnya untuk terhubung ke sinyal wifi tetangga, di luar rumahnya, saat sang ibu Viviana Rodriguez mengawasinya di tengah pandemi virus corona di Bello Campo di Chacao, Caracas, Venezuela pada 6 Oktober 2020. (Cristian Hernandez/AFP)

Luciano Rodriguez, 13, mendengarkan kelas sejarah online di rumahnya di La Boyera di Baruta, Caracas, 7 Oktober 2020. Di tengah pandemi, kelas dimulai lagi di Venezuela dengan siswa yang harus mencari sinyal internet di jalan dan guru berpenghasilan 2,5 dolar AS sebulan (Cristian Hernandez/AFP)
Luciano Rodriguez, 13, mendengarkan kelas sejarah online di rumahnya di La Boyera di Baruta, Caracas, 7 Oktober 2020. Di tengah pandemi, kelas dimulai lagi di Venezuela dengan siswa yang harus mencari sinyal internet di jalan dan guru berpenghasilan 2,5 dolar AS sebulan (Cristian Hernandez/AFP)

Luciano Rodriguez, 13, mendengarkan kelas sejarah online di rumahnya di La Boyera di Baruta, Caracas, 7 Oktober 2020. Di tengah pandemi, kelas dimulai lagi di Venezuela dengan siswa yang harus mencari sinyal internet di jalan dan guru berpenghasilan 2,5 dolar AS sebulan (Cristian Hernandez/AFP)

Francisco Rodriguez, 15, melihat papan di kamar tidurnya di La Boyera di Baruta, Caracas pada 7 Oktober 2020. Di tengah pandemi COVID-19, kelas dimulai lagi di Venezuela dengan siswa yang harus mencari sinyal internet di jalan dan guru berpenghasilan 2,5 dolar AS sebulan (Cristian Hernandez/AFP)
Francisco Rodriguez, 15, melihat papan di kamar tidurnya di La Boyera di Baruta, Caracas pada 7 Oktober 2020. Di tengah pandemi COVID-19, kelas dimulai lagi di Venezuela dengan siswa yang harus mencari sinyal internet di jalan dan guru berpenghasilan 2,5 dolar AS sebulan (Cristian Hernandez/AFP)

Francisco Rodriguez, 15, melihat papan di kamar tidurnya di La Boyera di Baruta, Caracas pada 7 Oktober 2020. Di tengah pandemi COVID-19, kelas dimulai lagi di Venezuela dengan siswa yang harus mencari sinyal internet di jalan dan guru berpenghasilan 2,5 dolar AS sebulan (Cristian Hernandez/AFP)

Jonathan Figueroa, 14, menggunakan ponselnya untuk terhubung ke sinyal wifi tetangga, di luar rumahnya, saat sang ibu Viviana Rodriguez mengawasinya di tengah pandemi virus corona di Bello Campo di Chacao, Caracas, Venezuela pada 6 Oktober 2020. (Cristian Hernandez/AFP)
Jonathan Figueroa, 14, menggunakan ponselnya untuk terhubung ke sinyal wifi tetangga, di luar rumahnya, saat sang ibu Viviana Rodriguez mengawasinya di tengah pandemi virus corona di Bello Campo di Chacao, Caracas, Venezuela pada 6 Oktober 2020. (Cristian Hernandez/AFP)

Jonathan Figueroa, 14, menggunakan ponselnya untuk terhubung ke sinyal wifi tetangga, di luar rumahnya, saat sang ibu Viviana Rodriguez mengawasinya di tengah pandemi virus corona di Bello Campo di Chacao, Caracas, Venezuela pada 6 Oktober 2020. (Cristian Hernandez/AFP)

Seorang guru yang memakai pelindung wajah (kiri) berbicara dengan ibu siswa melalui gerbang Sekolah Menengah Umum
Seorang guru yang memakai pelindung wajah (kiri) berbicara dengan ibu siswa melalui gerbang Sekolah Menengah Umum

Seorang guru yang memakai pelindung wajah (kiri) berbicara dengan ibu siswa melalui gerbang Sekolah Menengah Umum

Daftar yang ditulis Jonathan Figueroa, 14, berisi harapan jangka panjang dan pendeknya ditempel di dinding rumahnya di Bello Campo, Caracas, pada 6 Oktober 2020. Di tengah pandemi, kelas dimulai lagi di Venezuela dengan siswa yang harus mencari sinyal internet di jalan. (Cristian Hernandez/AFP)
Daftar yang ditulis Jonathan Figueroa, 14, berisi harapan jangka panjang dan pendeknya ditempel di dinding rumahnya di Bello Campo, Caracas, pada 6 Oktober 2020. Di tengah pandemi, kelas dimulai lagi di Venezuela dengan siswa yang harus mencari sinyal internet di jalan. (Cristian Hernandez/AFP)

Daftar yang ditulis Jonathan Figueroa, 14, berisi harapan jangka panjang dan pendeknya ditempel di dinding rumahnya di Bello Campo, Caracas, pada 6 Oktober 2020. Di tengah pandemi, kelas dimulai lagi di Venezuela dengan siswa yang harus mencari sinyal internet di jalan. (Cristian Hernandez/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sudah Damai, Apple Ternyata Pakai Modem 5G Qualcomm untuk iPhone 12

Posted: 23 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Apple dan Qualcomm belum lama sepakat berdamai setelah sebelumnya saling berseteru. Kabar yang beredar menyebut damainya dua perusahaan ternama ini demi kelangsungan bisnis, terutama menyoal teknologi 5G.

Benar saja, sekitar seminggu lalu Apple merilis iPhone pertama mereka yang didukung 5G yakni seri iPhone 12.

Menariknya, menurut sebuah video teardown yang beredar diunggah di forum online Weibo, iPhone 12 terkonfirmasi memakai modem 5G milik Qualcomm, yakni Snapdragon X55. Demikian seperti dikutip dari Ubergizmo, Sabtu (24/10/2020).

Lebih menarik lagi, Snapdragon X55 sebenarnya bukanlah modem 5G terbaru dari Qualcomm. Perusahaan yang bermarkas di San Diego AS ini tahun lalu merilis modem 5G terbarunya yakni Snapdragon X60.

Modem 5G ini diklaim lebih hemat tenaga ketimbang X55. Pasalnya modem tersebut dikembangkan dengan proses fabrikasi 5nm. Sementara modem X55 dikembangkan dengan proses fabrikasi 7nm.

Boros Baterai di Jaringan 5G

Tampilan salah satu seri iPhone 12 yang dilengkapi dengan teknologi 5G sehingga lebih cepat diluncurkan Apple pada Selasa (13/10/2020). Apple meluncurkan seri iPhone 12 yang mendukung teknologi seluler 5G. (Apple via AP)
Tampilan salah satu seri iPhone 12 yang dilengkapi dengan teknologi 5G sehingga lebih cepat diluncurkan Apple pada Selasa (13/10/2020). Apple meluncurkan seri iPhone 12 yang mendukung teknologi seluler 5G. (Apple via AP)

Menurut pengujian baterai iPhone 12 yang dilakukan oleh Tom's Guide, pengguna jaringan 5G pada iPhone 12 terbukti sangatlah menguras daya.

Dibandingkan saat iPhone 12 memakai jaringan LTE, konektivitas 5G di iPhone 12 selisih 2 jam masa pakai baterai.

MacRumors mencatat, kemungkinan pemilihan untuk memakai modem X55 ini karena Apple mengembangkan iPhone 12 sejak jauh hari. Sehingga perusahaan tidak memakai modem X60. Ada spekulasi kalau iPhone yang dirilis 2021 akan beralih ke modem X60.

Ketergantungan Sementara?

Logo Qualcomm Snapdragon di CES 2017. Liputan6.com/Corry Anestia
Logo Qualcomm Snapdragon di CES 2017. Liputan6.com/Corry Anestia

Ada juga yang menganggap ketergantungan Apple pada modem Qualcomm hanya bersifat sementara. Apalagi, pada 2019, Apple mengkonfirmasi pihaknya mengakuisisi bisnis modem smartphone milik Intel dengan nilai USD 1 miliar.

Dipercaya bahwa akuisisi ini bisa mengakselerasi rencana perusahaan untuk membuat modem 5G mereka sendiri untuk produk iPhone.

Sayangnya informasi ini masih berupa analisa-analisa bisnis dan belum ada keterangan resmi kapan Apple bakal memakai modem yang dikembangkannya.

(Tin/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peringati Hari Santri, Pemkab Gelar Khataman Alquran Serentak di Banyuwangi

Posted: 23 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menggelar peringatan Hari Santri Nasional 2020 antara lain dengan khataman Al-Quran yang dipusatkan di Pendopo Sabha Swagata Blambangan oleh para hafidz dan hafidzoh. Seluruh kecamatan di Banyuwangi juga menggelar hal yang sama sembari berdoa untuk kemaslahatan daerah.

Di hadapan para ulama dan perwakilan santri, Jumat (23/10), Bupati Abdullah Azwar Anas mengajak semua pihak untuk meneladani kemandirian dan semangat para santri dalam menuntut ilmu agama hingga cinta tanah air. Sejumlah pesantren juga mengikuti acara secara virtual melalui video conference. Turut hadir Ketua Pengadilan Negeri Saiful Arif dan Kajari Muhammad Rawi.

Bupati Anas mengatakan, Hari Santri yang ditetapkan oleh Presiden Jokowi pada 2015 merupakan merupakan sebuah penghormatan terhadap peran santri dan pesantren. Maka Anas pun mengajak segenap masyarakat Banyuwangi untuk meneladani nilai-nilai positif tersebut.

"Para santri mengajarkan banyak teladan positif bagi kita, tidak hanya kemandirian, kegigihan dalam menuntut ilmu, bahkan juga semangat cinta tanah air di mana santri memiliki andil yang besar dalam kemerdekaan Indonesia," ujar Bupati Anas.

Menurutnya, nilai kemandirian yang diterapkan santri perlu menjadi contoh bagi kaum muda. Tidak hanya menjalani kemandirian saat menuntut ilmu, bahkan kemandirian juga ditunjukkan santri setelah keluar dari pondok pesantren dalam melakukan kegiatan ekonomi.

 

(Foto:Dok.Pemkab Banyuwangi)
(Foto:Dok.Pemkab Banyuwangi)

"Para santri sebagian besar justru menggerakkan perekonomian dengan berwirausaha. Merekalah yang sejak dulu telah menerapkan jiwa enterpreneurship, dengan tidak bergantung kepada pihak lain dalam bekerja dan mencari nafkah. Para santri tidak gengsi untuk memulai usaha mulai skala kecil. Saya sendiri juga santri dan pernah mengalami hal ini," ujar Anas yang mondok di Banyuwangi, Madura, hingga Jember.

Dalam kesempatan tersebut, Anas juga menyampaikan terima kasih kepada segenap pondok pesantren di daerah yang memiliki andil besar dalam bidang pendidikan. Pondok pesantren telah ikut memajukan kualitas SDM daerah, bahkan nilainya lebih daripada jalur umum karena menanamkan nilai agama yang kuat kepada seluruh anak didiknya.

"Pondok pesantren telah menjadi konsep pendidikan tertua di Indonesia yang saat ini telah ditiru oleh banyak institusi pendidikan baik negeri ataupun swasta. Dimana penerapan boarding school dinilai membuat jalannya pendidikan lebih fokus," ujar Anas.

"Kami yakin pondok pesantren menjadi sumber SDM daerah berkualitas sekaligus berakhlakul karimah. Terima kasih untuk peran yang telah dijalankan tersebut," ujar Anas.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pulau Pengalap di Batam Bakal Jadi KEK Pariwisata

Posted: 23 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Batam, Syamsul Bahrum mengatakan, Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau akan mempunya satu kawasan ekonomi khusus (KEK) pariwisata.

"Letaknya di Pulau Pengalap Kecamatan Galang," kata Syamsul, dalam siaran tertulis, Sabtu (25/10/2020).

Seluruh persyaratan untuk menjadikan Pulau Pengalap sudah dapat dipenuhi atas dukungan Pemerintah kota Batam dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau. Pihak pengusaha juga ikut andil untuk melengkapi semua dokumen yang diperlukan. 

Dengan adanya KEK Pariwisata ini, nantinya diharapkan bisa meningkatkan sektor pariwisata di Kota Batam. Pulau Pengalap menurut Syamsul memiliki kawasan pantai yang menarik untuk dikunjungi.

"Sekarang kan belum ada di Batam sebagai KEK Pariwisata. Karena itu kita terus dorong supaya ini bisa segera terealisasi," katanya.

KEK Pariwisata Pulau Pengalap ini akan seluas 150,8 hektare. Sebagai hutan produksi seluas 84,8 hektare, dan peruntukan kawasan hutan konservasi seluas 99,1 hektare.

Jika KEK Pariwisata ini terealisasi, nantinya jalur Singapura ke Pulau Pengalap akan dibuka. Sehingga hal ini diharapkan bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan asal Singapura ke Batam.

"Kita masih terus koordinasi dengan pihak Imigrasi terkait hal ini," katanya.

2 KEK di Batam Bakal Serap 16.500 Tenaga Kerja

Monumen Welcome to Batam menjadi salah satu daya tarik wisata di Kota Batam. Tulisan itu menghadap langsung ke dermaga kapal ferri internasional sebagai sambutan selamat datang wisatawan. (Liputan6.com/ Ajang Nurdin)
Monumen Welcome to Batam menjadi salah satu daya tarik wisata di Kota Batam. Tulisan itu menghadap langsung ke dermaga kapal ferri internasional sebagai sambutan selamat datang wisatawan. (Liputan6.com/ Ajang Nurdin)

Proposal dua Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) baru di Kota Batam milik Grup Lion Air dan PT Tamarin telah disetujui pemerintah pusat. Kedua KEK itu diproyeksikan akan menyerap 16.500 tenaga kerja.

Keputusan tersebut diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, selaku Ketua Dewan Nasional KEK dalam Sidang Dewan Nasional KEK.

Adapun kedua KEK yang dimaksudkan yaitu KEK Nongsa Digital Park (NDP) dan KEK MRO Batam Aero Technic (BAT). Keduanya berlokasi di Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

"Dua KEK di Batam yang disetujui ini nanti dikelola swasta," ujar Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Muhammad Rudi seperti dikutip Sabtu (11/7/2020).

Menurut Rudi, disetujuinya dua KEK di Batam akan memberi ruang pada hadirnya investasi besar. Dalam rencana investasi KEK MRO, Grup Lion pada 10 tahun pertama setelah disetujui, diperkirakan menyerap investasi senilai Rp 6,2 triliun dengan serapan tenaga kerja sebanyak hampir 10.000 orang.

Sementara itu, proyek NDP akan menyerap investasi Rp 16 triliun dengan serapan tenaga kerja sebanyak 6.500 orang hingga 2030 mendatang.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Dari Pandemi ke Ekonomi, Catatan Setahun Kinerja Jokowi-Ma'ruf

Posted: 23 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sudah setahun pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin memimpin bangsa ini. Sejumlah klaim capaian berhasil diukir, namun deretan masalah bangsa juga tidak kunjung mereda. Berikut catatan singkatnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Simak, Tips Memakai Masker bagi Pengidap Eksim

Posted: 23 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pada masa pandemi COVID-19 semua orang wajib memakai masker saat keluar rumah. Beberapa orang yang memiliki kondisi kulit khusus seperti eksim akan merasa sulit jika harus menggunakan masker secara terus menerus karena akan memperburuk kondisi kulit mereka.

Eksim merupakan kondisi ketika kulit seseorang kering, gatal, meradang, merah, bersisik, pecah-pecah, hingga bergelembung dan bernanah. Kondisi seperti ini jelas membuat penderitanya merasa tidak nyaman.

"Pengguna masker yang ketat cenderung mengalami lebih banyak masalah kulit karena panas, keringat, dan cenderung memperburuk ruam kulit yang gatal dan lecet kulit." kata Dr Eileen Tan, yang merupakan dokter kulit di Eileen Tan Skin Clinic & Associates Rumah Sakit Mount Elizabeth Novena, seperti dikutip Channel News Asia.

Kortikosteroid topikal atau obat oles merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi reaksi alergi yang dapat mengurangi peradangan kulit akibat sejumlah kondisi, seperti eksim serta dermatis. Namun Dr Mark Tang selaku Direktur Medis dan Konsultan Dermatologis menjelaskan, ada kekhawatiran dalam menggunakan obat oles tersebut, penggunaan kortikosteroid topikal untuk mengendalikan eksim dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Apabila Anda penderita eksim yang mengalami kondisi serperti di atas, Dr. Tang menyarankan beberapa cara berikut ini.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Tips Memakai Masker Bagi Penderita Eksim

1. Lembapkan wajah Anda setidaknya 30 menit sebelum memakai masker, gunakan pelembap yang ringan dan tidak berminyak.

2. Lanjutkan dengan menggunakan obat oles untuk eksim Anda.

3. Periksalah bahan masker yang Anda gunakan. Dr Yu Jia De yang merupakan dokter kulit anak di Rumah Sakit Umum Massachusetts mengatakan, beberapa masker menyertakan strip lem di sepanjang area hidung dan pipi, hal inilah yang dapat memicu reaksi alergi.

Dia menambahkan di situs National Eczema Association: "Beberapa masker juga mengandung kawat logam yang terletak di bagian hidung, kawat tersebut dapat mengikuti bentuk wajah Anda. Kawat ini mungkin terbuat dari nikel".

Dr. Yu menyarankan untuk memasang lapisan kain lembut pada bagian dalam masker Anda.

(Deskhila Wijaya)

Infografis Protokol Kesehatan Vaksin Terbaik

Infografis Protokol Kesehatan Vaksin Terbaik (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Protokol Kesehatan Vaksin Terbaik (Liputan6.com/Triyasni)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polri: Gus Nur Sudah Jadi Tersangka Ujaran Kebencian dan Penghinaan

Posted: 23 Oct 2020 09:57 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Awi Setiyono mengatakan pihaknya sudah menetapkan Sigi Nur Raharja atau yang akrab disapa Gus Nur sebagai tersangka. Gus Nur dijerat pasal ujaran kebencian dan penghinaan.

"Iya tersangka. Ujaran kebencian dan penghinaan," ujar Awi saat dikonfirmasi, Sabtu (24/10/2020).

Awi mengatakan, Gus Nur ditangkap tim Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri pada, Sabtu (24/10/2020) dini hari. Gus Nur ditangkap di kediamannya di Malang, Jawa Timur.

"Iya ditangkap dini hari tadi. Sekitar pukul 00.18 WIB di rumahnya Sawojajar, Kec Pakis, Malang, Jawa Timur," ujar Awi.

Sebelumnya, Ketua Nahdlatul Ulama (NU) Cirebon Azis Hakim melaporkan Sigi Nur Rahardja alias Gus Nur terkait dugaan ujaran kebencian yang dilakukannya terhadap ormas NU.

"Gus Nur ini sudah berkali-kali melakukan ujaran kebencian terhadap NU, tak hanya sekali ini. Tentu kami merasa ini tidak boleh kita diamkan, perlu kita mintai pertanggungjawaban Gus Nur. Oleh karena itu kami mencoba melaporkan ke Bareskrim," tutur Azis di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (21/10/2020).

 

Ada Bukti

Menurut Azis, pihaknya membawa barang bukti berupa rekaman pidato atau video yang didalamnya memuat pernyataan Gus Nur. Adapun laporan tersebut diterima polisi dengan surat bernomor LP/B/02596/X/2020/Bares/ tanggal 21 Oktober 2020 terkait dugaan tindak pidana ujaran kebencian.

"Gus Nur menyatakan NU sekarang diibaratkan sebagai bus umum, sopirnya mabuk, kondekturnya teler, kenek dan sopir ugal, penumpang kurang ajar semua, merokok, buka aurat, buka dangdutan. Bisa jadi kondekturnya Gus Yaqut danpenumpang liberal, sekuler, PKI, dan semua numplek di situ," jelas dia.

Bagi Azis, tradisi NU adalah saling meminta maaf dan memaafkan saat ada permasalahan. Namun Gus Nur dinilai telah berkali-kali menyakiti hati masyarakat NU.

"Satu tahun lalu bahkan sudah ada vonis, dia diputuskan 1 tahun 6 bulan, sama juga kasusnya, ujaran kebencian terhadap NU," Azis menandaskan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Labfor Polri Selidiki Penyebab Kebakaran yang Tewaskan 1 Keluarga di Tangerang

Posted: 23 Oct 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polres Tangerang Selatan melibatkan Pusat Laboratorium Forensik (Labfor) untuk memastikan penyebab kebakaran rumah di Blok B Perumahan Bumi Permai Sentosa, Legok, Kabupaten Tangerang, yang menewaskan satu keluarga.

"Penyelidikan sedang berlangsung, kemarin itu sudah olah TKP, dan melibatkan atau meminta bantuan Labfor Polri juga, untuk mengetahui penyebab kebakaran," kata Kapolres Tangsel, AKBP Iman Setiawan, Sabtu (24/10/2020).

Polisi juga meminta keterangan saksi yang merupakan para tetangga di lokasi kebakaran.

Untuk sementara, belum ada saksi yang menyebut melihat orang mencurigakan atau hal lain yang menyebabkan rumah tersebut terbakar.

"Sejauh ini dari keterangan saksi belum ada yang melihat seseorang atau hal lain yang menyebabkan kebakaran rumah tersebut," kata Iman.

Sebelumnya, rumah milik Saidun Sinaga (55), habis dilalap si jago merah pada Jumat, 23 Oktober 2020 sekitar pukul 01.00 WIB. Seluruh penghuni rumah, yakni Saidun, Rianti istrinya, dan ketiga anaknya, ditemukan tewas di kamar belakang diduga karena kehabisan oksigen.

 

Kondisi Jenazah

Kondisi rumah di Blok B Perumahan Bumi Permai Sentosa, Legok, Kabupaten Tangerang yang terbakar dan tewaskan 1 keluarga. (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)
Kondisi rumah di Blok B Perumahan Bumi Permai Sentosa, Legok, Kabupaten Tangerang yang terbakar dan tewaskan 1 keluarga. (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)

Saat api sudah bisa dijinakan, petugas Damkar langsung merangsek masuk ke rumah yang sudah hangus tersebut. Betapa terkejutnya petuga, lantaran kondisi fisik kelima jenazah dalam keadaan baik.

Kini, kelima jenazah sudah dimakamkan di TPU Palasari, yang sebelumnya disemayamkan di rumah tetangga yang berada persis di depan tempat kejadian.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Modest Fashion ISEF 2020 Sisipkan Pesan Melampaui Semata Produk Fesyen Berkelanjutan

Posted: 23 Oct 2020 09:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hitung mundur puncak pergelaran Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2020 makin mendekati akhir. Pada 28--31 Oktober 2020, acara tahunan yang sudah kick off di awal Agustus tersebut akan mempersembahkan Modest Fashion ISEF 2020.

Pada geralaran ke-7, event sinergi Bank Indonesia, Indonesian Fashion Chamber (IFC), dan Indonesia Halal LifestyleCentre (IHLC) ini mengangkat tema "Sustainable Fashion, Sustainable Lifestyle."

"Dengan basis virtual, modest fashion show dapat diselenggarakan lebih interaktif dan dinamis. Modest fashion show yang akan disiarkan melalui live streaming memberi kesempatan bagi para desainer mempresentasikan koleksi rancangannya secara utuh," ungkap Ali Charisma, National Chairman IFC, lewat keterangan resmi pada Liputan6.com, baru-baru ini.

Tema "Sustainable Fashion, Sustainable Lifestyle" diangkat sebagai gerakan, sekaligus pesan kuat dalam penyelenggaraan Modest Fashion ISEF 2020. Konsep fesyen berkelanjutan dianggap bukan sebatas produk, namun erat dengan gaya hidup berkelanjutan yang mengacu pada tiga prinsip dasar, yakni sosial, ekonomi, dan lingkungan.

Modest Fashion ISEF 2020 mengajak para partisipan, baik produsen maupun konsumen, untuk semakin serius menjalani gaya hidup berkelanjutan dengan memerhatikan keberlangsungan kehidupan masyarakat, keselarasan lingkungan, dan kesejahteraan bersama.

Konsep fesyen berkelanjutan kian diperkuat dalam produk yang akan ditampilkan dalam Modest Fashion ISEF 2020. Refleksinya berupa penggunaan bahan baku dan SDM lokal untuk menggerakkan perekonomian dalam negeri, namun mengacu pada inspirasi tren global dan kepedulian akan lingkungan hidup, juga sosial.

Selain itu, koleksi busana wajib mengaplikasikan Trend Forecasting 2021/2022 bertema "The New Beginning" tentang perubahan pola hidup menghadapi era baru. 164 desainer maupun brand terpilih akan mengikuti fashion show dan business matching secara virtual dengan buyer lokal maupun internasional.

 

Stimulasi bagi Pelaku Usaha Fesyen

Eugeneffectes di virtual runway Modest Fashion ISEF 2020. (dok. ISEF)
Eugeneffectes di virtual runway Modest Fashion ISEF 2020. (dok. ISEF)

Di antara ratusan nama, beberapa desainer maupun brand yang terlibat dalam Modest Fashion ISEF 2020 antara lain Ayu Dyah Andari, Deden Siswanto, Hannie Hananto, Irna Mutiara, Itang Yunasz, Kami Idea, Khanaan Shamlan, Kursien Karzai, Laudya Cynthia Bella, Monika Jufry, Najua Yanti, dan Nuniek Mawardi.

Kemudian, ada pula Risa Maharani, Rosie Rahmadi, Sofie, TutyAdib, Vivi Zubedi, dan Wignyo Rahadi. Anggota Industri Kreatif Syariah (IKRA) Indonesia juga bakal turut menampilkan karyanya.

IKRA Indonesia yang diinisiasi Bank Indonesia dan Yayasan Vivi Zubedi merupakan platform yang mempertemukan pelaku usaha syariah sektor fesyen dalam melakukan pengembangan secara holistik guna meningkatkan penetrasi produk unggulan sehingga mampu menembus pasar global.

Penyelenggaraannya juga diharapkan dapat menstimulasi para pelaku usaha fesyen muslim di tanah air untuk beradaptasi cepat dengan perubahan gaya hidup dan perkembangan teknologi berbasis digital.

Kemudian, mereka bisa berkreasi dan berinovasi untuk menyesuaikan ekosistem bisnis fesyen dari hulu hingga hilir, mulai produksi, pemasaran, sampai promosi, agar dapat menangkap, juga menguasai peluang di pasar lokal dan global.

Selama empat hari penyelenggaraan, bakal ada 12 sesi virtual fashion show yang melibatkan 164 desainer dan brand, 720 looks, serta 180 model. Ada pula business matching yang mempertemukan desainer dengan buyer.

Berbasis virtual, Modest Fashion ISEF 2020 juga memberi kesempatan pada 325 label terpilih untuk mengikuti Digital Trade Show mulai 1 September sampai 2 Desember 2020 yang bekerja sama dengan BukaLapak dan Fimela.com.

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gus Nur Ditangkap Sabtu Dini Hari di Kediamannya di Malang

Posted: 23 Oct 2020 09:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Awi Setiyono mengatakan Sigi Nur Raharja atau yang akrab disapa Gus Nur ditangkap tim Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri pada Sabtu (24/10/2020) dini hari. Gus Nur ditangkap di kediamannya di Malang, Jawa Timur.

"Iya ditangkap dini hari tadi. Sekitar pukul 00.18 WIB di rumahnya Sawojajar, Kec. Pakis, Malang, Jawa Timur," ujar Awi saat dikonfirmasi soal penangkapan Gus Nur, Sabtu (24/10/2020).

Sebelumnya, Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Slamet Uliandi membenarkan adanya penangkapan Gus Nur di Malang, Jawa Timur, pada dini hari tadi.

"Benar (Gus Nur ditangkap)," ujar Slamet saat dikonfirmasi awak media, Jakarta, Sabtu (24/10/2020).

 

Terkait Laporan NU

Penangkapan diduga terkait dengan kasus ujaran kebencian yang sempat dilaporkan Nahdlatul Ulama (NU). Ketua Nahdlatul Ulama (NU) Cirebon Azis Hakim melaporkan Sigi Nur Rahardja alias Gus Nur terkait dugaan ujaran kebencian yang dilakukannya terhadap ormas NU.

"Gus Nur ini sudah berkali-kali melakukan ujaran kebencian terhadap NU, tak hanya sekali ini. Tentu kami merasa ini tidak boleh kita diamkan, perlu kita mintai pertanggungjawaban Gus Nur. Oleh karena itu kami mencoba melaporkan ke Bareskrim," tutur Azis di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (21/10/2020).

Menurut Azis, pihaknya membawa barang bukti berupa rekaman pidato atau video yang didalamnya memuat pernyataan Gus Nur. Adapun laporan tersebut diterima polisi dengan surat bernomor LP/B/02596/X/2020/Bares/ tanggal 21 Oktober 2020 terkait dugaan tindak pidana ujaran kebencian.

"Gus Nur menyatakan NU sekarang diibaratkan sebagai bus umum, sopirnya mabuk, kondekturnya teler, kenek dan sopir ugal, penumpang kurang ajar semua, merokok, buka aurat, buka dangdutan. Bisa jadi kondekturnya Gus Yaqut danpenumpang liberal, sekuler, PKI, dan semua numplek di situ," jelas dia.

Bagi Azis, tradisi NU adalah saling meminta maaf dan memaafkan saat ada permasalahan. Namun Gus Nur dinilai telah berkali-kali menyakiti hati masyarakat NU.

"Satu tahun lalu bahkan sudah ada vonis, dia diputuskan 1 tahun 6 bulan, sama juga kasusnya, ujaran kebencian terhadap NU," Azis menandaskan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengunjungi Desa Ninja di Prefektur Yamanashi Jepang, Lulusan Bisa Dapat Sertifikat

Posted: 23 Oct 2020 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bagi anak 90an, pasti kenal salah satu serial kartun anak-anak yang mengangkat tema ninja. Yup, Ninja Hatori. Karakternya digambarkan sebagai sosok yang berani dan ringan tangan kepada semua orang yang membutuhkan. Kecepatan, kekuatan, dan keterampilannya menggunakan beragam senjata, termasuk shuriken, menjadi bayangan seorang ninja yang ideal.

Bila berminat berkenalan lebih dekat dengan ninja, Prefektur Yamanashi memiliki destinasi wisata menarik bernama Oshino Ninja Village atau Desa Ninja. Lokasinya dapat dijangkau menggunakan kendaraan sekitar dua jam dari Tokyo.

Desain keseluruhan desa ninja ini benar-benar mengangkat masa jaya Ninja di Jepang. Taman-taman dibuat seperti masa itu, pun ada lokasi pengintaian khas ninja di sisi kiri. Waktu paling baik mengunjungi tempat ini adalah musim semi hingga musim panas karena taman ninja akan dipenuhi bunga sakura saat berkeliling di sini.

Pengunjung yang datang bisa menyewa pakaian ninja seharga 500 yen untuk lebih menjiwai penjelajahan di desa wisata ini. Salah satu fasilitas yang tak boleh dilewatkan adalah Ninja Show. Pengunjung bakal menyaksikan para ninja beratraksi di dalam ruangan. Pertunjukan berdurasi sekitar satu jam itu biasanya diadakan tiga kali sehari saat hari kerja, dan dua kali sehari pada akhir pekan dan hari libur.

Salah satu area berlatih ninja di taman desa ninja, Jepang (liputan6.com/Dini Nurilah)
Salah satu area berlatih ninja di taman desa ninja, Jepang (liputan6.com/Dini Nurilah)

Fasilitas lain yang tidak kalah seru adalah area berlatih menjadi ninja untuk orang dewasa. Jenis latihannya  Jika lulus, Anda berhak dapat sertifikat ninja, keren bukan? Ada juga area berlatih ninja untuk anak-anak, labiri, dan escape room yang didesain dengan tema ninja.

Bagi wisatawan muslim, tidak perlu khawatir menghabiskan waktu di Desa Ninja. Tempat ini menyediakan prayer room yang bersih meski mungil. Lokasinya tepat di seberang restoran. Setelah lelah bermain segala macam trik ninja, Anda bisa menikmati makan siang dengan pilihan menu halal bersertifikat yang tersedia.

8 Kolam Keramat

Oshino Hakkai, adalah desa yang memiliki 8 mata air jernih yang berasal dari lelehan salju Fuji-san dengan proses 80 tahun hingga muncul ke permukaan (liputan6.com/Dini Nurilah)
Oshino Hakkai, adalah desa yang memiliki 8 mata air jernih yang berasal dari lelehan salju Fuji-san dengan proses 80 tahun hingga muncul ke permukaan (liputan6.com/Dini Nurilah)

Beranja dari Desa Ninja, rombongan kami menuju Danau Oshino. Danau yang ditempuh dengan 10 menit naik mobil itu dahulu merupakan danau ke-6 di Gunung Fuji. Seiring berjalannya waktu, air danau mengering dan berubah menjadi sebuah desa dengan delapan kolam kecil yang kini disebut sebagai Oshino Hakkai.

Delapan kolam ini berasal dari lelehan salju di lereng Gunung Fuji yang kemudian masuk melalui pori-pori tanah dan tersaring selama 80 tahun hingga menjadi danau dengan air yang sangat jernih. Oshino Hakkai Springs terdaftar sebagai warisan dunia UNESCO pada Juni 2013.

Saya dan rombongan JNTO disambut oleh Hinishi-san, seorang pemandu wisata berumur sekitar 80 tahun yang masih sangat lincah dan ekspresif saat menjelaskan setiap sudut desa Oshino. Ia mengungkapkan fakta menarik terkait danau-danau tersebut.

Tujuh dari delapan mata air berada saling berdekatan di Oshino Hakkai ini. Jika ditarik garis lurus, ketujuh mata air ini akan membentuk rasi bintang utara. Mata air kelima yang berada di tengah (pusat) yang dijadikan sebagai tempat keramat. 

 

Terpasang larangan melempar koin ke mata air, demi menjaga kejernihan air dan ikan-ikan di dalamnya (liputan6.com/Dini Nurilah)
Terpasang larangan melempar koin ke mata air, demi menjaga kejernihan air dan ikan-ikan di dalamnya (liputan6.com/Dini Nurilah)

Karena dikeramatkan, semua mata air di sini tidak boleh dicemari dan diminum. Pun, pengelola telah memasang peraturan melarang melempar koin ke dalam mata air.

Pasalnya, sejumlah wisatawan, mayoritas berasal dari China, seringkali berdoa dengan melempar koin ke dalam mata air. Salah satu dampak dari lemparan koin ini adalah mencemari ikan yang hidup di dalam kolam dan mengubah warna kulit ikan.

Selain kolam mata air, di Desa Oshino ini juga terdapat rumah-rumah sangat tua, yang bisa berusia lebih dari 3 abad. Jika biasanya dijadikan museum, rumah-rumah tua di sana tetap ditinggali oleh warga. Bagi turis, rumah tua menjadi spot foto yang menarik. 

Sejumlah rumah di sana juga memiliki pagar pohon setinggi pinggang yang rapat. Pagar pohon tersebut terbuat dari pohon onisaki yang dipercaya dapat menghindari kebakaran rumah.

Akses ke Oshino Hakkai

Oshino Hakkai, adalah desa yang memiliki 8 mata air jernih yang berasal dari lelehan salju Fuji-san dengan proses 80 tahun hingga muncul ke permukaan (liputan6.com/Dini Nurilah)
Oshino Hakkai, adalah desa yang memiliki 8 mata air jernih yang berasal dari lelehan salju Fuji-san dengan proses 80 tahun hingga muncul ke permukaan (liputan6.com/Dini Nurilah)

Oshino Hakkai bisa dinikmati di segala musim, Hinishi-san meyakinkan bahwa Anda bisa mendapatkan spot foto terbaik Fujisan dari tempat ini. Saat musim semi telah sempurna, sepanjang sungai akan dihiasi bunga persik yang cantik. 

Di lingkungan Oshino Hakkai pengunjung juga bisa membeli oleh-oleh karena di sini ada pusat souvenir dengan kolam buatan besar yang jernih di depannya dan beberapa spot air minum langsung yang menyegarkan. Oia, tiket masuk lokasi ini ialah 300 yen.

Akses ke lokasi ini tidak rumit, stasiun kereta terdekat adalah Kawaguchiko berlanjut dengan menaiki bus Fujikyu Yamanashi No.1 dengan jarak hanya 20 menit ke Oshino Hakkai, dan biaya 460 yen. Atau, jika Anda baru saja bermain di Desa Ninja, hanya perlu 10 menit berkendaraan mobil untuk sampai ke Oshino Hakkai ini. Jangan sampai terlewat untuk mampir!

Infografis Naruhito Kaisar Baru Jepang. (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Naruhito Kaisar Baru Jepang. (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Turun Tipis, Simak Rinciannya Harga Emas Pegadaian pada 24 Oktober 2020

Posted: 23 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Selain menawarkan jasa gadai, PT Pegadaian (Persero) juga menawarkan jasa penjualan emas. Pada sabtu ini, harga emas dunia mengalami tekanan atau turun. Hal yang sama juga terjadi dengan emas yang dijual oleh Pegadaian.

Terdapat beberapa jenis emas yang dijual oleh Badan Usaha Milik Negara tersebut. Tercatat, emas Antam, emas Retro, emas Batik dan Emas UBS. Untuk penjualannya Pegadaian hanya menyediakan di outlet.

Pada Sabtu ini, harga emas yang dijual di Pegadaian mengalami penurunan tetapi tidak terlalu besar. Berikut ini adalah daftar lengkap harga emas PT Pegadaian (Persero) pada Sabtu 24 Oktober 2020:

Harga Emas Antam

- 2,0 gram: Rp 2.036.000

- 3,0 gram: Rp 3.31.000

- 5,0 gram: Rp 5.013.000

- 10,0 gram: Rp 9.978.000

- 25,0 gram: Rp 24.784.000

- 50,0 gram: Rp 49.657.000

- 100,0 gram: Rp 99.257.000

- 250,0 gram: Rp 245.365.000

- 500,0 gram: Rp 493.674.000

- 1.000,0 gram: Rp 981.024.000

 

Harga Emas Antam Retro

- 0,5 gram: Rp 485.000

- 1,0 gram: Rp 969.000

- 2,0 gram: Rp 1.937.000

- 3,0 gram: Rp 2.905.000

- 5,0 gram: Rp 4.842.000

- 10,0 gram: Rp 9.682.000

- 25,0 gram: Rp 24.202.000

- 50,0 gram: Rp 48.403.000

- 100,0 gram: Rp 96.803.000

 

Harga Emas Antam Batik

- 0,5 gram: Rp 653.000

- 1,0 gram: Rp 1.211.000

 

Harga Emas UBS

- 0,5 gram: Rp 555.000

- 1,0 gram: Rp 1.013.000

- 2,0 gram: Rp 2.002.000

- 5,0 gram: Rp 4.928.000

- 10,0 gram: Rp 9.855.000

- 25,0 gram: Rp 24.299.000

- 50,0 gram: Rp 48.572.000

- 100,0 gram: Rp 97.076.000

- 250,0 gram: Rp 242.641.000

- 500,0 gram: Rp 485.183.000.

Harga Emas Anjlok ke Bawah USD 1.900 per Ounce

Ilustrasi Logam Mulia (iStockphoto)
Ilustrasi Logam Mulia (iStockphoto)

Harga emas melemah pada penutupan perdagangan hari Jumat (Sabtu pagi waktu Jakarta). Pelemahan harga emas ini karena tekanan nilai tukar dolar AS.

Namun, ketidakpastian yang terjadi pada rencana pemilu AS pada 3 November 2020 membatasi pelemahan harga emas batangan.

Mengutip CNBC, Sabtu (24/10/2020), harga emas di pasar spot turun 0,4 persen menjadi USD 1.896,84 per ounce. Sedangkan harga emas berjangka AS turun 0,3 persen menjadi USD 1.898,40 per ounce.

"Pergerakan harga emas benar-benar mencerminkan nilai tukar dolar AS pada saat ini," kata kepala analis logam mulia BMO, Tai Wong.

Harga emas terus berada dalam koridor USD 1.890 per ounce hingga USD 1.930 per ounce.

"Harga emas masih tertahan di kisaran rendah karena menunggu kepastian stimulus fiskal.

"Optimisme stimulus memudar setelah Direktur Dewan Ekonomi Nasional Larry Kudlow mencatat bahwa negosiasi masih berada dalam taraf ketidaksepakatan," kata analis senior OANDA, Edward Moya.

Harga emas telah naik sekitar 25 persen sepanjang tahun ini terdorong statusnya sebagai lindung nilai terhadap inflasi di tengah stimulus yang didorong pandemi yang belum pernah terjadi sebelumnya di seluruh dunia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

15 Cara Melegakan Hidung Tersumbat, Tanpa Konsumsi Obat

Posted: 23 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hidung tersumbat merupakan kondisi kongesti hidung karena penumpukan lendir dan kelainan. Hal ini yang menjadikan cara melegakan hidung tersumbat penting diketahui. Hidung tersumbat tak hanya bikin enggak nyaman, tetapi mengganggu produktivitas keseharian.

Cara melegakan hidung tersumbat ini hanya menggunakan bahan alami, terapi, dan konsumsi makanan tertentu. Tentu saja aman dan enggak bikin kecanduan seperti ketika mengonsumsi obat. Cara ini juga mudah diterapkan di rumah, cocok untuk anak, orang dewasa, dan lansia.

Meski cara melegakan hidung tersumbat sangat aman, jangan terus dilakukan ketika kondisi hidung tersumbat tak mengalami perubahan. Bisa jadi hidung tersumbat yang dialami bukan karena lendir, tetapi ada kelainan yang harus mendapat penanganan medis.

Berikut Liputan6.com ulas cara melegakan hidung tersumbat dari berbagai sumber, Sabtu (24/10/2020).

Cara Melegakan Hidung Tersumbat

Ilustrasi air hangat | Foto: hebrewpod101
Ilustrasi air hangat | Foto: hebrewpod101

Menghirup Uap

Menghirup uap bisa membantu melegakan hidung tersumbat. Uap yang bisa dihirup ada banyak macamnya. Mulai dari aroma khas thyme dan mint. Cocok digunakan untuk melegakan hidung tersumbat saat hendak tidur.

Cara membuat uap dari rebusan herbal ini sangat mudah. Hanya perlu memasukkan tiga sendok teh thyme kering dan tiga sendok teh pepermin ke dalam mangkuk. Lalu seduh dengan air mendidih dan hirup uapnya sampai hidung kamu terasa lebih baik.

Makanan Hangat

Cobalah mengonsumsi makanan hangat untuk bisa melegakan hidung tersumbat. Tak hanya uapnya yang akan berguna, tetapi sensasi hangat makanan ini akan merelaksasi saluran pernapasan.

Jika mengonsumsi sup hangat, condong tubuh ke depan agar dekat dengan mangkuk sup. Cara ini bisa membuat lendir ingus mudah keluar. Semangkuk sup hangat juga bisa memberikan efek sugesti emosi yang positif sehingga tubuh menjadi lebih rileks dan pikiran menjadi lebih tenang.

Pelembap Udara

Gunakan pelembap udara atau humidifier untuk mengatasi hidung tersumbat. Cara ini cukup efektif, mudah, dan cocok untuk anak-anak.

Udara lembap yang dihasilkan oleh humidifier dapat menenangkan jaringan yang teriritasi dan pembuluh darah yang membengkak di hidung dan sinus.

Pelembap udara akan menipiskan lendir di sinus. Humidifier pun dapat menyaring udara yang ada di sekitar dan membuat udara menjadi lebih bersih dan segar. Taruhlah humidifier di kamar untuk meredakan peradangan.

Cara Melegakan Hidung Tersumbat

Ilustrasi hidung tersumbat | Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio
Ilustrasi hidung tersumbat | Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Handuk Hangat

Mengompres bagian dahi dan hidung dengan handuk hangat bisa membantu melegakan hidung tersumbat.  Termasuk bisa membantu mengurangi sakit kepala dan nyeri saat sedang pilek.

Kompres hangat ini bisa melegakan hidung dan membuat lendir menjadi lebih mudah dikeluarkan. Kompres ini pun bisa membuat rileks saluran pernapasan.

Tak hanya gunakan air hangat biasa, tetapi bisa tambahkan jahe. Rebus beberapa irisan jahe, lalu rendan kain lembut atau handuk ke dalam air rebusan. Letakkan kain pada hidung yang mampet.

Pijat Hidung

Lakukan pemijatan hidung ketika hidung sedang tersumbat. Terlihat sederhana, tetapi cara ini efektif melegakan dan merileksasi hidung yang tersumbat.

Pemijatan beberapa bagian hidung bisa meningkatkan sirkulasi. Sekaligus membantu meringankan rasa nyeri akibat lendir yang tertahan di hidung

Pijat hidung dengan jari telunjuk, lalu beri pijatan pada bagian tepi hidung selam 30 detik. Ulangi cara ini beberpa kali sampai bagian yang dipijat terasa lebih baik dan lendir mudah untuk dikeluarkan.

Cara Melegakan Hidung Tersumbat

Ilustrasi teh herbal | pexels.com
Ilustrasi teh herbal | pexels.com

Teh Herbal

Teh herbal bisa dipakai sebagai cara melegakan hidung tersumbat. Teh ini dibuat dari jahe, chamomile, atau lemon. Bahan ini sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan sensasi hangatnya mampu legakan saluran pernapasan.

Jadi memang cocok untuk sembuhnya pilek dan flu. Jahe bisa bantu hilangkan sumbatan pada sistem pernapasan. Chamomile bersifat antivirus dan antibakteri yang menenangkan. Sementara lemonnya mengandung vitamin C yang baik untuk sistem imun.

Cuka Apel

Cuka apel ini terbukti kaya akan khasiat. Salah satunya melegakan hidung tersumbat. Banyak ahli gizi berpendapat bahwa cuka sari apel bagus untuk mencegah batuk dan pilek karena ampuh encerkan lendir.

Hanya saja porsinya harus diperhatikan betul. Jangan berlebihan dan jangan kurang. Tujuannya agar dosis tepat bisa memengaruhi proses pemulihan pilek dengan maksimal.

Cuka sari apel pun mengandung mineral penting, seperti kalium, kalsium, magnesium, fosfor, klorin, dan natrium. Kandungan ini sangat penting untuk mengatur fungsi tubuh. Bagi yang enggak tahan dengan rasa asamnya, bisa menambahkan madu.

Garam

Garam termasuk obat alami pilek yang sudah didukung oleh sejumlah penelitian medis. Berkumur dengan air garam bisa membantu melegakan hidung tersumbat. Hal ini disebabkan karena air garam ampuh mencairkan lendir di hidung dan tenggorokan.

Hanya perlu melarutkan setengah sendok garam dalam satu gelas air air hangat. Lalu, kumur-kumur air garam beberapa detik. Jangan ditelan, tetapi buang airnya. Lakukan saat tenggorokan gatal dan merasa gejala pilek mengganggu sekali.

Cara Melegakan Hidung Tersumbat

Ilustrasi posisi kepala tinggi | Credit: pexels.com/pixabay
Ilustrasi posisi kepala tinggi | Credit: pexels.com/pixabay

Semprotan Hidung

Semprotan hidung atau salyn cocok digunakan untuk melegakan hidung tersumbat. Semprotan hidung ini sangat efektif mengeluarkan lendir di hidung karena kandungan garamnya. Selain bisa dibeli di apotek, semprotan ini juga bisa dibuat sendiri.

Campurkan air hangat, garam, dan soda kue dalam sebuah wadah. Campuran ini bisa dihirup untuk meredakan hidung tersumbat. Namun, jangan lakukan ini terlalu sering, karena dapat menyebabkan hidung terkena infeksi.

Posisi Kepala Tinggi

Cara melegakan hidung tersumbat bisa dilakukan di tempat tidur dengan meninggikan posisi kepala. Posisi kepala yang tinggi bisa dibantu dengan bantal. Hindari posisi kepala dan tubuh berbaring lurus.

Letakkan kepala lebih tinggi dari tubuh saat tidur bisa membantu melancarkan saluran hidung yang tersumbat karena lendir. Gunakan satu bantal tebal atau beberapa tumpuk bantal tipis untuk membuat posisi kepala dan saluran pernapasan lebih nyaman selama tidur.

Cara Melegakan Hidung Tersumbat

Ilustrasi Minyak Kayu Putih | unsplash.com
Ilustrasi Minyak Kayu Putih | unsplash.com

Minyak Kayu Putih

Aroma dan hangatnya minyak kayu putih terbilang manjur melegakan hidung tersumbat. Dorong wajah hingga berada di atas mangkuk berisi air panas yang sudah ditambahkan dengan beberapa tetes minyak kayu putih.

Gantungkan handuk di atas kepala sampai menutupi mangkuk, hirup uap selama kurang lebih 10 menit. Minyak kayu putih terbukti secara ilmiah sebagai alternatif rumahan yang bisa membunuh beberapa jenis bakteri penyebab hidung tersumbat, seperti infeksi sinus.

Neti Pot

Neti pot memang wadah yang dirancang khusus untuk mengeluarkan lendir dan cairan dari saluran hidung. Cocok digunakan untuk melegakan hidung tersumbat.

Berdirilah di dekat wastafel. Tempatkan cerat neti pot di satu lubang hidung. Miringkan neti pot hingga air memasuki saluran hidung. Setelah air mengalir ke lubang hidung, lendir akan keluar melalui lubang hidung yang lain.

Cukup lakukan ini selama sekitar satu menit, dan kemudian lakukan ke sisi yang satunya. Gunakanlah air yang steril untuk melakukan ini, misalnya air hangat yang sudah dimasak sebelumnya.

Jahe

Jahe memiliki sifat menghangatkan dan antibakteri. Hal ini menjadikan konsumsi jahe mampu melegakan hidung tersumbat dengan efektif. Konsumsi jahe dengan mencampurkan madu dan lemon. Jahe ampuh hilangkan racun berlebihan dalam tubuh.

Sementara madu dan lemonnya akan membuat rasa jahe lebih bisa dinikmati dan tak terlalu pedas. Ambil satu sendok makan jahe segar parut.

Letakkan dalam mangkuk air panas mendidih. Biarkan selama lima menit. Saring air menjadi secangkir air jahe hangat. Tambahkan satu sendok makan perasan lemon segar dan satu sendok makan madu.

Cara Melegakan Hidung Tersumbat

Ilustrasi cokelat panas | Photo by Erol Ahmed on Unsplash
Ilustrasi cokelat panas | Photo by Erol Ahmed on Unsplash

Bawang Putih

Bawang putih termasuk bumbu dapur yang ampuh bikin hidung lega. Banyak orang mengatakan bawang putih adalah makanan super penangkal bakteri. Tak heran jika bawang putih bisa melegakan hidung tersumbat.

Kupas empat sampai lima siung bawang putih. Hancurkan perlahan, lalu tumis, serta tambahkan ke hidangan favorit untuk bisa dikonsumsi. Selain menumis, bisa jadikan bawang putih ini sebagai jus. Hanya perlu tambahkan tomat dan lemon agar lebih nikmat dikonsumsi.

Cokelat Panas

Cokelat panas tak hanya memiliki rasa yang lezat dan nikmat. Cokelat panas ini juga ampuh melegakan hidung tersumbat. Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan yang dimiliki dan sifat hangat yang merelaksasi.

Sebuah studi di Inggris pernah meneliti kaitan antara batuk dan teobromina, salah satu senyawa yang ditemukan dalam kakao. Dibandingkan dengan kodein, teobromina ditemukan lebih efektif dalam menekan batuk. Para peneliti menduga bahwa teobromina di sini bekerja di saraf vagus, yang dapat memicu batuk.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Malu, Via Vallen Bakal Hapus Video Klipnya yang Mirip dengan Milik IU

Posted: 23 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Via Vallen tengah menghadapi isu plagiarisme. Video klip terbarunya yang berjudul "Kasih Dengarkanlah Aku" disebut mirip dengan video klip milik artis Korea Selatan, IU yang berjudul "Above the Time".

Memang jika dilihat dan dibandingkan, banyak adegan dalam video klip "Kasih Dengarkanlah Aku" mirip dengan video klip milik IU yang telah dirilis pada November 2019 lalu, dan ditonton oleh 15 juta kali.

Lewat akun Instagram pribadinya, Via Vallen meminta maaf kepada semua pihak yang dirugikan dalam persoalan ini. Ia juga mengakui video klipnya mirip dengan milik IU.

"Untuk IU, fans IU dan terutama vyanisty, juga pihak yang merasa dirugikan aku minta maaf soal MV terbaru aku yang ternyata memang mirip banget sama MVnya IU," tulis Via Vallen, (Sabtu 24/10/2020).

Malu

[Foto: Instagram Via Vallen]
[Foto: Instagram Via Vallen]

Artis berusia 29 tahun ini lalu mengatakan bahwa pasti ia akan mencegah bila sejak awal tahu bahwa video klipnya memiliki kemiripan dengan artis lain. Ia malu dengan permasalahan ini.

"Kalau dari awal aku tahu bahwa MV "Kasih Dengarkanlah Aku"ini plek ketiplek sama MV orang lain sudah pasti 100% bakalan mingta ganti konsep. Jujur aku MALU banget pas tahu," paparnya.

Take Down

Via Vallen - IU (Foto: Twitter)
Via Vallen - IU (Foto: Twitter)

Sebagai jalan keluar, Via Vallen akan meminta manajemennya untuk menghapus video klip "Kasih Dengarkanlah Aku". Hingga Sabtu (24/10/2020) MV ini telah ditonton 93 ribu kali.

"Aku bakal minta videonya buat di-take down dan ini akan jadi pembelajaran ke depannya biar enggak terjadi lagi hal seperti ini. Sekali lagi, dari lubuk hati yang paling dalam, aku mohon maaf yang sebesar-besarnya," ucapnya

Trending Topic

Berita tentang dugaan plagiarisme ini juga sudah dimuat di situs Allkpop, yaitu situs berbahasa Inggris yang khusus memberitakan selebritas Korea Selatan. Nama Via Vallen bahkan bertengger di trending topic Twitter pada sejak Sabtu (24/10/2020) pagi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liga Inggris: MU vs Chelsea, Siapa Unggul di Rekor Pertemuan?

Posted: 23 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Manchester United (MU) mendapat ujian berat di Liga Inggris nanti malam atau Sabtu (24/10/2020). Setan Merah harus menjamu Chelsea di Stadion Old Trafford.

MU dan Chelsea merupakan dua tim yang diunggulkan bisa menganggu dominasi Liverpool di Liga Inggris. Sayangnya kinerja kedua tim masih belum meyakinkan di awal musim 2020-2021 ini.

Pada pertemuan kali ini, MU sedikit lebih diunggulkan. Setan Merah mampu menang di dua laga terakhir, termasuk mengalahkan tuan rumah Paris Saint Germain 2-1 di Liga Champions.

Sedangkan Chelsea harus melewatkan dua pertandingan terakhirnya dengan hasil imbang saja. Rekor pertemuan juga memihak MU. Dari 169 kali duel, Setan Merah menang 69 kali berbanding 53 kemenangan milik Chelsea.

Chelsea memang mampu memenangi duel terakhir dengan skor 3-1. Namun kemenangan atas MU itu didapat di ajang Piala FA.

 

Lama Tak Pernah Menang di Old Trafford

ilustrasi liga inggris (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi liga inggris (Liputan6.com/Abdillah)

MU yang selalu menang atas Chelsea dalam dua pertemuan di Liga Inggris musim lalu. 4-0 dan 2-0. Terakhir kali Chelsea mengalahkan MU di Liga Inggris terjadi tahun 2017 melalui gol tunggal Alvaro Morata.

Chelsea juga punya rekor buruk di Old Trafford. Klub asal London itu tak pernah bisa menang di Old Trafford sejak tahun 2013.

Sudah tujuh lawatan terakhir Chelsea ke Old Trafford tak menghasilkan kemenangan. Ini menjadi rekor terburuk kedua sejak 16 laga tak pernah menang di kandang MU dari 1920 sampai 1957.

5 Pertemuan Terakhir

20 Juli 2020, MU 1-3 Chelsea (Piala FA)

18 Februari 2020, Chelsea 0-2 MU (Liga Inggris)

31 Oktober 2019, Chelsea 1-2 MU (Piala Liga)

11 Agustus 2019, MU 4-0 Chelsea (Liga Inggris)

28 April 2019, MU 1-1 Chelsea (Liga Inggris)

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Belum Ajukan PAW, Delapan Calon Kepala Daerah di Jawa Timur Terancam Sanksi

Posted: 23 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (Jatim), menyampaikan masih terdapat delapan calon kepala daerah di wilayah setempat yang belum mengajukan pelaksanaan pergantian antarwaktu (PAW) dari anggota legislatif dan terancam sanksi.

"Hingga 22 Oktober 2020, dari 15 legislator, masih tujuh legislator yang sudah melaksanakan PAW, sedangkan sisanya belum," ujar Ketua KPU Jatim Choirul Anam ketika dikonfirmasi di Surabaya, Jumat, 23 Oktober 2020.

Total ada 10 daerah yang calon kepala daerahnya sebelumnya adalah wakil rakyat, masing-masing anggota DPRD Jatim ada tiga orang dan 12 orang dari DPRD kabupaten/kota, dilansir dari Antara.

Ia merinci tujuh orang yang sudah melaksanakan proses PAW, yakni Armudji (PDI Perjuangan/Pilkada Surabaya/DPRD Jatim), Khozanah Hidayati (PKB/Pilkada Tuban/DPRD Jatim) dan Aditya Halindra Faridzky (Golkar/Pilkada Tuban/DPRD Jatim).

Kemudian, Syah Muhamad Natanegara (PKB/Pilkada Trenggalek/DPRD Trenggalek), Zaenal Fanani (PKB/Pilkada Trenggalek/DPRD Trenggalek), Sugirah (PDI Perjuangan/Pilkada Banyuwangi/DPRD Banyuwangi), serta Subandi (PKB/Pilkada Sidoarjo/DPRD Sidoarjo).

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Delapan Calon Daerah yang Belum Ajukan PAW

Banner Infografis Suntikan Dana Pilkada 2020 di Tengah Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Banner Infografis Suntikan Dana Pilkada 2020 di Tengah Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)

Sedangkan, delapan calon kepala daerah yang belum mengajukan proses PAW, yaitu Indrata Nur Bayuaji (Demokrat/Pilkada Pacitan), Gagarin (Golkar/Pilkada Pacitan), Didik Gatot Subroto (PDI Perjuangan/Pilkada Malang), dan Dwi Riyanto Jatmiko (PDI Perjuangan/Pilkada Ngawi).

Berikutnya, Fandi Akhmad Yani (PKB/Pilkada Gresik), Asluchul Alif (Gerindra/Pilkada Gresik), Yasin Hermanto (PKB/Pilkada Kota Blitar), serta Hasjim Asjari (NasDem/Pilkada Kota Pasuruan).

Menurut Choirul Anam, batas akhir proses PAW adalah 9 November 2020 dan jika tetap tidak ada pelaksanaan, calon kepala daerah itu sanksinya dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS), bahkan tidak bisa diganti.

"Kalau tidak berproses, sanksi berjalan karena sudah diatur di PKPU Pencalonan Pilkada Serentak 2020 di Pasal 69 ayat (5) dan (6)," ucap dia.

Pilkada serentak di Jatim digelar 9 Desember 2020 yang jumlahnya 19 kabupaten/kota, yakni Kota Surabaya, Kota Blitar, Kota Pasuruan, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Blitar, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Kediri, Gresik, Jember, Lamongan, Malang, Ngawi, Pacitan, Ponorogo, Sidoarjo, Situbondo, Sumenep, Trenggalek, dan Tuban.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kebakaran Pabrik Kimia, 3 Karyawan Luka berat

Posted: 23 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kebakaran melanda sebuah pabrik bahan kimia di Cikande Serang Banten. Kebakaran menghanguskan hampir seluruh bangunan pabrik. 3 Karyawan luka-luka dalam musibah ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani: Sistem Ekonomi Syariah Sejalan Kearifan Lokal Masyarakat Indonesia

Posted: 23 Oct 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan, pemerintah telah berikhtiar sekuat tenaga untuk mengurangi dampak negatif pandemi virus Corona Covid-19 terhadap perekonomian nasional. Pemerintah disebutnya akan memainkan berbagai instrumen kebijakan guna menanggulangi penurunan outlook akibat Covid-19 ini, salah satunya sistem ekonomi syariah.

"Kita akan berupaya agar momentum pemulihan akan berjalan pada tahun 2021, sehingga ekonomi kembali tumbuh positif dalam rangka memperbaiki kesejahteraan masyarakat kembali, dan mengurangi kemiskinan serta ketimpangan," katanya dalam webinar Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), Sabtu (24/10/2020).

Sri Mulyani memandang, sistem ekonomi syariah mampu menjadi sumber pertumbuhan baru, serta mampu menjawab berbagai tantangan di dalam dinamika perekonomian nasional Indonesia.

"Keunikan yang dimiliki sistem ekonomi syariah terletak pada nilai-nilai yang sejalan dengan kearifan lokal masyarakat Indonesia. Antara lain seperti keadilan, kejujuran, tolong menolong, profesional, serta keberpihakan pada kelompok lemah yang kini dapat membantu mempercepat pemulihan ekonomi nasional," tuturnya.

Menurut dia, kesan pada nilai-nilai tersebut mendorong keinginan diterapkannya sistem ekonomi syariah secara lebih menyeluruh di setiap aspek kehidupan.

Meskipun Indonesia merupakan negara muslim terbesar dunia, ia meneruskan, harus diakui bahwa peran dan kontribusi ekonomi syariah terhadap perekonomian nasional belum optimal.

Oleh karenanya, pemerintah berkomitmen untuk terus mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah, antara lain dengan membentuk Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS). Dimana Ketuanya merupakan Presiden Joko Widodo (Jokowi), dan Ketua Hariannya Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin.

"Saya sebagai Menteri Keuangan adalah Sekretaris KNEKS, menyambut baik dan mengapresiasi adanya inisiatif penandatanganan nota kesepahaman antara KNEKS dan MUI tentang pengembangan ekonomi dan keuangan syariah," ujar Sri Mulyani.

3 Tantangan Besar Pengembangan Industri Syariah di Indonesia

Pengunjung melihat produk UMKM dari Rumah Kreatif BUMN (RKB) binaan BNI saat Launching Halal Park di Senayan Jakarta, Selasa (16/4). Halal Park yang akan bertransformasi menjadi Halal Distrik didesain menjadi ekosistem bagi pelaku industri gaya hidup halal di Tanah Air. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pengunjung melihat produk UMKM dari Rumah Kreatif BUMN (RKB) binaan BNI saat Launching Halal Park di Senayan Jakarta, Selasa (16/4). Halal Park yang akan bertransformasi menjadi Halal Distrik didesain menjadi ekosistem bagi pelaku industri gaya hidup halal di Tanah Air. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Perkembangan ekonomi syariah di Indonesia menunjukkan angka positif meskipun tengah tertekan akibat pandemi Covid-19. Namun memang ada tantangan yang harus dihadapi industri syariah ke depannya. 

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Dody Budi Waluyo mengatakan, ada beberapa tantangan besar yang harus dihadapi industri keuangan syariah di Indonesia. Di mulai dari permodalan dalam keuangan syariah.

 

Dalam hal ini lembaga keuangan syariah harus melakukan perluasan. Baik dari sisi jangkauan penerima atau pendanaan

"Lembaga keuangan syariah harus melakukan perluasan jangkauan pemberian pembiayaan atau pendanaan dengan tentunya lebih rendah saat ini," kata Budi di Jakarta, Senin, (5/10/2020).

Selanjutnya percepatan dalam pengembangan inovasi produk syariah. Industri ekonomi syariah harus bisa membuat produk atau program yang lebih variatif dan sesuai dengan kebutuhan pasar.

Hal ini bisa dilakukan dengan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dalam perkembangan ekonomi syariah. Apalagi dana umat yang dimiliki jumlahnya tidak sedikit.

"Perlu SDM yang mampu mengelola dana sesuai dengan ketentuan dalam ajaran islam," ungkap Dody.

Terakhir terkait perkembangan infrastruktur ekonomi syariah, perluasan layanan keuangan syariah dan pemanfaatan teknologi digital. Tantangan-tantangan ini kata Dody saat ini tengah menjadi perhatian Bank Indonesia.

Sebagai regulator, Bank Indonesia tengah mempersiapkan berbagai landasan hukum dalam penguatan koordinasi dari pengembangan ekonomi syariah. Salah satunya dengan membuat Rancangan Undang-Undang (RUU) Ekonomi Syariah.

"Kami menyambut baik diskusi dan kajian yang selama ini ada di RUU Ekonomi Syariah," kata dia.

Landasan hukum ini memiliki urgensi yang banyak untuk membentuk keterkaitan ekonomi dan keuangan syariah di daerah dan pusat. Regulasi ini akan mendorong stimulus ekosistem antara keuangan syariah dengan pertumbuhan ekonomi nasional.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sinopsis FTV SCTV Sinema Wajah Indonesia: Senyummu Surgaku, Sabtu 24 Oktober 2020

Posted: 23 Oct 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sinema Wajah Indonesia kali ini dibintangi sejumlah artis papan atas. Sebut saja Deddy Mizwar, Yessy Guzman, Miqdad Addausy dan Masayu Clara. Kisahnya tentang Ibu Habibah (65 tahun) ditinggal mati oleh suaminya. Dia harus menjual rumahnya demi melunasi hutang almarhum suaminya. Tiga anaknya, Yuli, Ega dan Elin berebut merawat ibunya. Karena melihat ketiga anaknya berdebat memperebutkan dirinya, Ibu Habibah akhirnya memutuskan membagi waktu. Satu bulan tinggal di rumah Yuli, satu bulan berikutnya tinggal di rumah Ega, dan satu bulan berikutnya tinggal di rumah Elen.

Dan, kisah Sinema Wajah Indonesia dengan judul Senyummu Surgaku ini makin seru. Di bulan pertama Ibu Habibah tinggal di rumah anak pertama yang bernama Yuli (35 tahun), dia ibu rumah tangga biasa, tidak bekerja dan mengurus rumah. Namun meskipun demikian dia begitu dominan di rumah.

Angga (37 tahun) suaminya sering jadi bahan omelannya. Sejak Ibu Habibah tinggal di rumahnya, Angga sering mengeluh pada Yuli karena Ibu Habibah sering tanpa sengaja memberesi ruang kerjanya. Karena Angga mengeluh, Yuli jadi semakin sering memarahi suaminya. Ibu Habibah merasa kehadirannya di rumah anaknya jadi penyebab pertengkaran. Dia merasa tidak enak. Maka dari itu, belum sebulan penuh, Ibu Habibah minta pindah ke rumah Ega, anak laki-lakinya. 

Ikuti FTV Sinema Wajah Indonesia di SCTV ini mulai pukul 12.30 WIB Sabtu (24/10/2020) siang ini, sampai tuntas.

Dilarang-larang

Wajah Sinema Indonesia, Senyummu Surgaku tayang Sabtu (24/10/2020) pukul 12.30 WIB di SCTV (Dok Citra Sinema)
Wajah Sinema Indonesia, Senyummu Surgaku tayang Sabtu (24/10/2020) pukul 12.30 WIB di SCTV (Dok Citra Sinema)

Ega (30 tahun) adalah anak laki-laki dari Ibu Habibah. Dia punya istri bernama Arin (25 tahun). Mereka dikaruniai anak kecil yang masih berumur lima tahun bernama Silvi. Sejak Ibu Habibah menginap, Ega juga sering menyalahkan Arin. Ibu Habibah yang biasa aktif bekerja membersihkan rumah dilarang-larang oleh Arin kerja.

Namun Ibu Habibah tidak mau karena merasa masih kuat kerja. Dia ingin masak, mencuci dan mengepel rumah. Karena membiarkan mertuanya bekerja, Arin dimarahi oleh Ega. "Kamu mau memperbudak ibuku?" Arin minta maaf. Mendengar anak keduanya bertengkar dengan istrinya, Ibu Habibah merasa tidak nyaman. Dia lantas telfon Elin, anak keduanya yang kini sudah menjadi janda dan punya anak satu. 

Di rumah Elin Ibu Habibah merasa lebih nyaman sebab dia hanya tinggal dengan Elin dan Tian (11 tahun), cucunya. Setiap hari Ibu Habibah menjaga Tian sebab Elin harus bekerja. Namun masalah muncul saat Edo (35 tahun) datang. Edo adalah laki-laki yang sudah lama suka pada Elen.

Dia tetangga Elin yang sudah lama suka pada Elin. Sebagai laki-laki Edo cukup mapan dan sopan. Ibu Habibah suka pada Edo. Dia mau Elin membuka hatinya untuk Edo. Namun Elin tidak mau, sebab Edo dulunya adalah playboy. Pacarnya banyak. Ibu Habibah percaya Edo sudah taubat. Dia ingin serius punya istri seperti Elin.

Semakin Kacau

Wajah Sinema Indonesia, Senyummu Surgaku tayang Sabtu (24/10/2020) pukul 12.30 WIB di SCTV (Dok Citra Sinema)
Wajah Sinema Indonesia, Senyummu Surgaku tayang Sabtu (24/10/2020) pukul 12.30 WIB di SCTV (Dok Citra Sinema)

Beberapa hari kemudian Edo tiba-tiba datang bersama Pak RT untuk melamar. Elin yang dari awal tidak suka langsung berdebat dan menyalahkan Ibu Habibah sebab memberi harapan pada Edo. Ibu habibah merasa bersalah karena membuat hidup Elin semakin kacau.

Yuli, Ega dan Elin bertemu dan berdiskusi untuk membahas Ibu Habibah. Bagaimana cara membahagiakan ibu mereka satu-satunya? Ngontrak rumah besar sehingga  bisa ditempati bersama? Beliin rumah baru? Atau menjodohkan Ibu Habibah dengan laki-laki?

Mereka bingung. Karena tidak mendapatkan solusi. Akhirnya mereka bertiga memutuskan untuk menyerahkan semua keputusan pada Ibu Habibah. Mereka bertiga lalu meluncur pergi menemui Ibu Habibah yang ada di rumah Elin. Namun sayang, Ibu Habibah tidak ada di rumah. Dia pergi membawa semua baju-bajunya.

Rupanya Ibu Habibah pergi ke pesantren lansia. Di sana dia lebih nyaman, bertemu dengan orang-orang seumuran dan lebih dekat dengan Allah.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polri Tangkap Gus Nur Terkait Dugaan Ujaran Kebencian

Posted: 23 Oct 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri menangkap Sigi Nur Raharja atau yang akrab disapa Gus Nur. Penangkapan diduga terkait dengan kasus ujaran kebencian yang sempat dilaporkan Nahdlatul Ulama (NU).

Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Pol Slamet Uliandi membenarkan penangkapan Gus Nur di Malang, Jawa Timur, pada dini hari tadi.

"Benar (Gus Nur ditangkap)," ujar Slamet saat dikonfirmasi awak media, Jakarta, Sabtu (24/10/2020).

Sebelumnya, Ketua Nahdlatul Ulama (NU) Cirebon Azis Hakim melaporkan Sigi Nur Rahardja alias Gus Nur terkait dugaan ujaran kebencian yang dilakukannya terhadap ormas NU.

"Gus Nur ini sudah berkali-kali melakukan ujaran kebencian terhadap NU, tak hanya sekali ini. Tentu kami merasa ini tidak boleh kita diamkan, perlu kita mintai pertanggungjawaban Gus Nur. Oleh karena itu, kami mencoba melaporkan ke Bareskrim," tutur Azis di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Rabu 21 Oktober 2020.

 

Barang Bukti

Menurut Azis, pihaknya membawa barang bukti berupa rekaman pidato atau video yang didalamnya memuat pernyataan Gus Nur. Adapun laporan tersebut diterima polisi dengan surat bernomor LP/B/02596/X/2020/Bares/ tanggal 21 Oktober 2020 terkait dugaan tindak pidana ujaran kebencian.

"Gus Nur menyatakan NU sekarang diibaratkan sebagai bus umum, sopirnya mabuk, kondekturnya teler, kenek dan sopir ugal, penumpang kurang ajar semua, merokok, buka aurat, buka dangdutan. Bisa jadi kondekturnya Gus Yaqut danpenumpang liberal, sekuler, PKI, dan semua numplek di situ," jelas dia.

Bagi Azis, tradisi NU adalah saling meminta maaf dan memaafkan saat ada permasalahan. Namun Gus Nur dinilai telah berkali-kali menyakiti hati masyarakat NU.

"Satu tahun lalu bahkan sudah ada vonis, dia diputuskan 1 tahun 6 bulan, sama juga kasusnya, ujaran kebencian terhadap NU," Azis menandaskan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

DKI Perkuat Puskesmas untuk Tanggulangi Covid-19 di PSBB Transisi

Posted: 23 Oct 2020 09:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus mengevaluasi pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di tengah pandemi Covid-19 yang akan berakhir Minggu 25 Oktober 2020. Untuk menekan penularan Covid-19 selama masa PSBB transisi ini, Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengaku tengah menggenjot fungsi Puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengatakan, Ibu Kota sejatinya memiliki pengalaman dalam satu wabah, seperti pada 2005 terjadi wabah difteri. Agar wabah tersebut bisa ditekan maksimal, penguatan puskesmas di setiap kecamatan menjadi tumpuan.

"Kami sadar DKI sebagai Ibu Kota negara, untuk itu surveillance menjadi salah satu yang penting. Kekuatan kita penguatan di puskesmas di setiap kecamatan," kata Widya, dalam diskusi virtual soal Covid-19 di channel Youtube KGM Bappenas, Jumat 23 Oktober 2020.

Widya menjelaskan pentingnya penguatan fungsi Puskesmas. Dia mengatakan, berbagai data di tingkat kecil diperoleh dari puskesmas. Data-data tersebut akan mempermudah pelacakan sekaligus pembentukan kebijakan yang tepat terhadap satu wilayah.

Meski, lanjut dia, pemprov juga menerima data dan informasi terkait Covid-19 dari fasilitas kesehatan masyarakat Universitas Indonesia, untuk mengetahui perubahan perilaku masyarakat.

 

Peran Wali Kota

Selain itu, imbuh Widya, peran setiap wali kota menjadi penting. "Kemudian asupan dari teman-teman wali kota sebagai potret real lapangan, dan kajian dilakukan seminggu sekali," tutur Widya.

Ia menambahkan, selama pelonggaran PSBB saat ini, Pemprov DKI terus meningkatkan kapasitas pelacakan untuk mempercepat perawatan orang-orang yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Tak ketinggalan, Widya kembali mengingatkan agar masyarakat tetap menerapkan prinsip memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun di air mengalir.

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rivan Nurmulki Debut di Liga Voli Jepang, Situs V.League Sempat Down

Posted: 23 Oct 2020 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Debut Rivan Nurmulki bersama Nagano Tridents di V.League Division 1 Jepang nyaris berujung manis. Andalan timnas voli Indonesia itu nyaris membawa Nagano mengalahkan JTEKT Stings.

Bertanding di Gimnasium Umum, Kota Matsumoto, Jumat (23/10/2020) malam WIB, Rivan Nurmulki dimainkan sejak game pertama. Dia menghadapi dua pemain top voli dunia milik JTEKT, yakni Felipe Fonteles dan Yuji Nishida.

Setelah berjuang dalam lima game, Nagano harus mengakui keunggulan JTEKT. Nagano kalah dari sang juara bertahan dengan skor 2-3 (22-25, 20-25, 25-22, 25-18,15-17).

Laga Nagano melawan JTEKT dapat disaksikan melalui situs vleague.jp secara berbayar. Tetapi, jelang pertandingan dimulai, situs tersebut sempat tidak bisa diakses.

"Pas match dimulai ga bisa dibuka, dari 17.30 sampai 18.30 WIB. Sebelumnya jam 16.30 WIB nggak ada masalah," kata Wibi Anhari, manajer personal Rivan Nurmulki kepada Liputan6.com lewat percakapan WhatsApp.

 

 

Lelet Parah

Rivan Nurmulki melancarkan smes saat timnya Nagano Tridents menghadapi JTEKT Stings dalam lanjutan V.League Division 1 Jepang, Jumat (23/10/2020). (foto: Instagrram: @melt_aya.0205)
Rivan Nurmulki melancarkan smes saat timnya Nagano Tridents menghadapi JTEKT Stings dalam lanjutan V.League Division 1 Jepang, Jumat (23/10/2020). (foto: Instagrram: @melt_aya.0205)

Wibi menambahkan situs vleague.jp baru dapat diakses setelah pertandingan menyelesaikan tiga game. "Baru benar di set keempat dan lima, itu juga masih nggak stabil," ucapnya.

Ia menduga penyebab vleague.jp tak bisa diakses karena banyak yang ingin menyaksikan laga Nagano melawan JTEKT. "Pasti traffic di web vleague tinggi banget," ucapnya.

Penyebab lainnya diduga kurangnya petunjuk cara daftar berlangganan vleague.jp. "Kurang tutorial," tuturnya.

 

 

Belum Bisa

Debut atlet voli Indonesia Rivan Nurmulki bersama Nagano Tridents di V.League Division 1 Jepang mendapat pujian. (foto: Instagram @ melt_aya.0205)
Debut atlet voli Indonesia Rivan Nurmulki bersama Nagano Tridents di V.League Division 1 Jepang mendapat pujian. (foto: Instagram @ melt_aya.0205)

Liputan6.com mencoba untuk mengakses vleague.jp sejak Minggu (24/10/2020) pagi WIB. Halaman utama bisa diakses.

Begitu juga saat mengklik salah satu pertandingan yang akan dimainkan pada hari ini. Tetapi, setelah mengklik broadcast schedule league tv, situs itu masuk ke halaman yang bertuliskan 403 ERROR.

Error sudah berlangsung sejak pagi tadi hingga siang ini.

 

Dapat Pujian

Atlet voli Indonesia Rivan Nurmulki usai menjalani debut bersama Nagano Tridents di V.League Division 1 Jepang mendapat pujian. (foto: Instagram @ melt_aya.0205)
Atlet voli Indonesia Rivan Nurmulki usai menjalani debut bersama Nagano Tridents di V.League Division 1 Jepang mendapat pujian. (foto: Instagram @ melt_aya.0205)

Debut Rivan Nurmulki di V.League Division 1 Jepang mendapat pujian. "Permainan yang sangat bagus untuk Rivan," kata pelatih Nagano Ahmad Masajedi.

Pujian juga datang dari Tanah Air. Debut yg bagus untuk Rivan, bisa bertanding melawan pemain level dunia, Felipe (Brasil) dan Nishida (Jepang)," kata mantan setter timnas voli Indonesia Loudry Maspaitella.

"Semoga ke depannya Rivan akan semakin baik, baik fisiknya dia maupun kerja sama dengan timnya."

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Viral Video Bocah Tawari Biskuit ke Kursi Kosong

Posted: 23 Oct 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ada begitu banyak tingkah bocah yang bikin para orangtua geleng-geleng kepala. Namun tak hanya karena lucu tapi juga karena membuat merinding.

Baru-baru ini viral sebuah video yang menunjukkan seorang bocah perempuan menawarkan biskuit ke sebuah kursi kosong sambil tersenyum.

Artikel tentang video bocah tawari biskuit ke kursi kosong tersebut menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang seorang guru yang salah mengirim pesan teks ke muridnya.

Sementara itu artikel terpopuler ketiga tentang kondisi langka seorang wanita yang mengalami penuaan 8x lebih cepat.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Tawari Biskuit ke Kursi Kosong, Aksi Bocah Ini Bikin Warganet Merinding

foto: Tiktok @sindyameliaa07
foto: Tiktok @sindyameliaa07

Anak kecil memiliki kepribadian yang sangat polos. Tak jarang dari mereka kerap melakukan hal-hal unik yang terkadang membuat para orang tua geleng-geleng kepala.

Namun tak selalu lucu, terkadang ada pula sikap anak kecil yang justru bikin para orang tua ketakutan.

Selengkapnya…

2. Niat Gombalin Istri, Guru Ini Malah Salah Kirim ke Muridnya

foto: Tiktok @mufarhan
foto: Tiktok @mufarhan

Sebagian besar dari Anda tentu pernah salah mengirim pesan teks melalui ponsel. Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang bisa salah mengirimkan sebuah pesan.

Tak jarang momen salah kirim pesan berakhir kocak. Belum lama ini seorang pengguna TikTok dengan akun @mufarhan mengunggah momen lucu saat gurunya salah kirim pesan.

Selengkapnya…

3. Alami Kondisi Langka, Wanita Ini Menua 8 Kali Lebih Cepat dari Manusia Normal

Tiffany Wedekind salah satu dari 179 orang di dunia yang menderita progeria. Sumber: Metro
Tiffany Wedekind salah satu dari 179 orang di dunia yang menderita progeria. Sumber: Metro

Seorang wanita asal Ohio, Amerika Serikat mengalami kelainan genetik langka yang membuat usia penderitanya delapan kali lebih cepat dari biasanya. Tiffany Wedekind, wanita berumur 43 tahun ini mengidap progeria yang umumnya membunuh orang pada umur 15 tahun.

Progeria merupakan penyakit bawaan langka yang menyebabkan anak mengalami penuaan dini sejak umur dua tahun pertama kehidupannya. Umumnya, seseorang yang mengidap progeria mengalami kebotakan, kulit keriput, dan tubuhnya berukuran lebih kecil daripada anak seusianya.

Selengkapnya…

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Penampakan Pinheiros, Sungai Paling Tercemar di Brasil

Posted: 23 Oct 2020 09:00 PM PDT

Kapibara melintasi jalur sepeda di tepian Sungai Pinheiros di Sao Paulo, 22 Oktober 2020. Akibat pembuangan limbah domestik dan padat selama bertahun-tahun, pemerintah Sao Paulo kembali mencoba membersihkan Sungai Pinheiros yang dianggap sebagai salah satu paling tercemar di Brasil (AP/Andre Penner)
Kapibara melintasi jalur sepeda di tepian Sungai Pinheiros di Sao Paulo, 22 Oktober 2020. Akibat pembuangan limbah domestik dan padat selama bertahun-tahun, pemerintah Sao Paulo kembali mencoba membersihkan Sungai Pinheiros yang dianggap sebagai salah satu paling tercemar di Brasil (AP/Andre Penner)

Kapibara melintasi jalur sepeda di tepian Sungai Pinheiros di Sao Paulo, 22 Oktober 2020. Akibat pembuangan limbah domestik dan padat selama bertahun-tahun, pemerintah Sao Paulo kembali mencoba membersihkan Sungai Pinheiros yang dianggap sebagai salah satu paling tercemar di Brasil (AP/Andre Penner)

Boneka yang dibuang terlihat di atas sampah yang mengapung di Sungai Pinheiros di Sao Paulo, 22 Oktober 2020. Akibat pembuangan limbah domestik dan limbah padat selama bertahun-tahun, Sungai Pinheiros yang dianggap sebagai salah satu paling tercemar di Brasil. (AP/Andre Penner)
Boneka yang dibuang terlihat di atas sampah yang mengapung di Sungai Pinheiros di Sao Paulo, 22 Oktober 2020. Akibat pembuangan limbah domestik dan limbah padat selama bertahun-tahun, Sungai Pinheiros yang dianggap sebagai salah satu paling tercemar di Brasil. (AP/Andre Penner)

Boneka yang dibuang terlihat di atas sampah yang mengapung di Sungai Pinheiros di Sao Paulo, 22 Oktober 2020. Akibat pembuangan limbah domestik dan limbah padat selama bertahun-tahun, Sungai Pinheiros yang dianggap sebagai salah satu paling tercemar di Brasil. (AP/Andre Penner)

Sampah-sampah mengapung di atas Sungai Pinheiros di Sao Paulo, 22 Oktober 2020. Akibat pembuangan limbah domestik dan limbah padat selama bertahun-tahun, pemerintah Sao Paulo kembali mencoba membersihkan Sungai Pinheiros yang dianggap sebagai salah satu paling tercemar di Brasil. (AP/Andre Penner)
Sampah-sampah mengapung di atas Sungai Pinheiros di Sao Paulo, 22 Oktober 2020. Akibat pembuangan limbah domestik dan limbah padat selama bertahun-tahun, pemerintah Sao Paulo kembali mencoba membersihkan Sungai Pinheiros yang dianggap sebagai salah satu paling tercemar di Brasil. (AP/Andre Penner)

Sampah-sampah mengapung di atas Sungai Pinheiros di Sao Paulo, 22 Oktober 2020. Akibat pembuangan limbah domestik dan limbah padat selama bertahun-tahun, pemerintah Sao Paulo kembali mencoba membersihkan Sungai Pinheiros yang dianggap sebagai salah satu paling tercemar di Brasil. (AP/Andre Penner)

Seekor burung bertengger di atas sampah untuk mencari makanan di Sungai Pinheiros di Sao Paulo, 22 Oktober 2020. Akibat pembuangan limbah domestik dan limbah padat selama bertahun-tahun, Sungai Pinheiros yang dianggap sebagai salah satu paling tercemar di Brasil. (AP/Andre Penner)
Seekor burung bertengger di atas sampah untuk mencari makanan di Sungai Pinheiros di Sao Paulo, 22 Oktober 2020. Akibat pembuangan limbah domestik dan limbah padat selama bertahun-tahun, Sungai Pinheiros yang dianggap sebagai salah satu paling tercemar di Brasil. (AP/Andre Penner)

Seekor burung bertengger di atas sampah untuk mencari makanan di Sungai Pinheiros di Sao Paulo, 22 Oktober 2020. Akibat pembuangan limbah domestik dan limbah padat selama bertahun-tahun, Sungai Pinheiros yang dianggap sebagai salah satu paling tercemar di Brasil. (AP/Andre Penner)

Seekor kapibara berenang di Sungai Pinheiros di Sao Paulo, 22 Oktober 2020. Akibat pembuangan limbah domestik dan limbah padat selama bertahun-tahun, pemerintah Sao Paulo kembali mencoba membersihkan Sungai Pinheiros yang dianggap sebagai salah satu paling tercemar di Brasil. (AP/Andre Penner)
Seekor kapibara berenang di Sungai Pinheiros di Sao Paulo, 22 Oktober 2020. Akibat pembuangan limbah domestik dan limbah padat selama bertahun-tahun, pemerintah Sao Paulo kembali mencoba membersihkan Sungai Pinheiros yang dianggap sebagai salah satu paling tercemar di Brasil. (AP/Andre Penner)

Seekor kapibara berenang di Sungai Pinheiros di Sao Paulo, 22 Oktober 2020. Akibat pembuangan limbah domestik dan limbah padat selama bertahun-tahun, pemerintah Sao Paulo kembali mencoba membersihkan Sungai Pinheiros yang dianggap sebagai salah satu paling tercemar di Brasil. (AP/Andre Penner)

Ekskavator mengangkut sampah dari tepian Sungai Pinheiros di Sao Paulo, 22 Oktober 2020. Akibat pembuangan limbah domestik dan padat selama bertahun-tahun, pemerintah Sao Paulo kembali mencoba membersihkan Sungai Pinheiros yang dianggap sebagai salah satu paling tercemar di Brasil. (AP/Andre Penner)
Ekskavator mengangkut sampah dari tepian Sungai Pinheiros di Sao Paulo, 22 Oktober 2020. Akibat pembuangan limbah domestik dan padat selama bertahun-tahun, pemerintah Sao Paulo kembali mencoba membersihkan Sungai Pinheiros yang dianggap sebagai salah satu paling tercemar di Brasil. (AP/Andre Penner)

Ekskavator mengangkut sampah dari tepian Sungai Pinheiros di Sao Paulo, 22 Oktober 2020. Akibat pembuangan limbah domestik dan padat selama bertahun-tahun, pemerintah Sao Paulo kembali mencoba membersihkan Sungai Pinheiros yang dianggap sebagai salah satu paling tercemar di Brasil. (AP/Andre Penner)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar Harga Honda Brio Bekas dan Spesifikasi Lengkap Semua Varian

Posted: 23 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Harga Honda Brio bekas terbilang stabil di pasaran. Larisnya mobil perkotaan ini menjadi salah satu faktor yang menentukan. 

Honda memberi cukup banyak perubahan dari segi eksterior hingga interior Brio tipe keluaran terbaru ini. Namun, berbagai macam perubahan tersebut, tidak membuat harga mobil Brio naik dengan signifikan.

Honda Brio bisa dibilang sebaga mobil perkotaan yang menawarkan tampilan sporty dan berjiwa muda. Sehingga peminatnya pun bisa dari berbagai kalangan.

Sebagai referensi, mungkin Anda cukup penasaran harga mobil Honda Brio saat ini. Maka, berikut ini Liputan6.com telah merangkum harga mobil Brio dari berbagai kondisi baik baru maupun bekas.

All New Honda Brio Satya 2020

Tipe pertama dari keluarga Honda Brio yaitu Honda Brio Satya. Salah satu tipe Honda Brio ini menjadi tipe Honda Brio yang paling ramah di kantong. Versi Honda Brio Satya, memiliki beberapa macam tipe yaitu tipe S, E, dan E CVT. Berikut ini spesifikasi, fitur dan harga mobil Brio tipe Satya kondisi baru.

 

1. All New Honda Brio S M/T Rp 146.000.000,00

Spesifikasi dan fitur:

- 1.2L i-VTEC 90 PS

- 5 M/T

- 14" Trim Wheels

- 2 DIN Audio System with Bluetooth and HFT Function

- Digital A/C

- Dual Front SRS Airbags

 

2. All New Honda Brio E M/T Rp 154.700.000,00

Spesifikasi dan fitur:

- 1.2L i-VTEC 90 PS

- 5 M/T

- 14" Alloy wheels

- 2 DIN Audio System with Bluetooth and HFT Function

- Digital A/C

- Dual Front SRS Airbags

- Fog lamp

- Rear Wiper

- Audio Steering Switch

- Auto door Lock by Speed

- Alarm System

 

3. All New Honda Brio E CVT Rp 170.100.000,00

Spesifikasi dan fitur:

- 1.2L i-VTEC 90 PS

- CVT with Earth Dreams Technology

- Fog lamp

- 14" Alloy wheels

- 2 DIN Audio System with Bluetooth and HFT Function

- Audio Steering Switch

- Digital A/C

- Dual Front SRS Airbags

- Fog lamp

-  Rear Wiper

- Auto door Lock by Speed

- Alarm System 

All New Honda Brio RS 2020

Tipe selanjutnya adalah tipe tertinggi Honda Brio. Tipe ini memiliki sematan nama RS di belakangnya. Tipe Honda Brio RS memang menjadi seri premium keluarga Honda Brio. Tidak hanya sekadar nama, sematan RS pada Honda Brio ini juga penanda berbagai fitur lengkap dibandingkan versi sebelumnya.

Dari jenis transmisi, pada Honda Brio RS disediakan dua macam pilihan, yaitu manual dan otomatis. Sudah pasti dari segi harga versi ini lebih mahal dibanding versi sebelumnya. Berikut ini spesifikasi dan harga mobil Brio RS tersebut.

 

1. All New Honda Brio RS M/T Rp 184.300.000,00

Spesifikasi dan fitur:

- 1.2L i-VTEC 90 PS

- 5 M/T

- Fog lamp

- 15" Alloy wheels

- 6.1" Touchscreen display audio with bluetooth & HFT Function

- Audio Steering Switch

- Digital A/C

- Dual Front SRS Airbags

- Fog lamp

- Rear Wiper

- Auto door Lock by Speed

- Alarm System

 

2. All New Honda Brio RS CVT Rp 199.600.000,00

Spesifikasi dan fitur:

- 1.2L i-VTEC 90 PS

- CVT with Earth Dreams Technology

- Fog lamp

- 15" Alloy wheels

- 6.1" Touchscreen display audio with bluetooth & HFT Function

- Audio Steering Switch

- Digital A/C

- Dual Front SRS Airbags

- Fog lamp

- Rear Wiper

- Auto door Lock by Speed

- Alarm System  

Harga Mobil Brio Bekas

Jika Anda belum cocok untuk membeli Honda Brio keluaran terbaru. Tidak ada salahnya melihat harga mobil Brio bekas berikut yang bisa menjadi alternatif pilihan.

Harga mobil Brio RS 2018 Rp 150.000.000,00

Harga mobil Brio RS 2017 Rp 135.000.000,00

Harga mobil Brio E CVT 2016 Rp 128.000.000,00

Harga mobil Brio Satya E 2015 Rp 112.000.000,00

Harga mobil Brio Satya S 2014 Rp 108.000.000,00

Harga mobil Brio Satya E 2013 Rp 102.000.000,00 

Tips Membeli Mobil Bekas

Sebelum beli mobil bekas, cari penjual yang terpercaya. Jika ingin mendapatkan harga mobil bekas yang cukup murah, Anda bisa mencari penjual mobil yang memang menggunakannya secara pribadi atau dengan kata lain tidak melalui perantara.

Ketika sudah mendapatkan mobil bekas yang diincar, jangan lupa mengecek kondisi bodi mobil. Pastikan bodi mobil tidak ada yang cat ulang. Anda bisa melihat dari bagian bodi samping bawah, lihat apakah ada goresan-goresan halus atau tidak.

Umumnya, mobil yang usia pemakaiannya lebih dari 2 atau 3 tahun memiliki lecet halus di bodinya, yang disebabkan gesekan bodi mobil dengan tanah dan berbagai material keras yang ada di jalan. Coba juga ketuk beberapa bagian mobil, dan pastikan jika lapisan cat tersebut merupakan cat asli yang biasanya tidak terlalu tebal.

Setelah mengecek dari bagian bodi lanjut ke bagian mesin. Yang perlu diperahtikan adalah ada kebocoran atau tidak. Anda bisa melihat pada bagian bawah mobil. Apabila memungkinkan coba nyalakan mobil dan lakukan pengetesan mobil tersebut untuk berkeliling.

Setelah kondisi fisik dipastikan sangat baik, maka yang terakhir adalah pengecekan surat-surat seperti BPKB dan STNK. Pastikan semua asli serta legal. Jangan lupa untuk mengecek pajak dari mobil tersebut.

Jadi ada baiknya jangan tergiur dengan harga mobil Brio bekas yang murah saja. Anda perlu memastikan berbagai hal lain agar tidak kecewa setelah membeli mobil tersebut. Selamat mencari mobil yang Anda inginkan dan semoga berhasil.   

Sumber: Hot Liputan6.com

Penulis: Fakhriyan Ardyanto

Infografis Libur Panjang dan Potensi Klaster Covid-19

Infografis Libur Panjang dan Potensi Klaster Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Libur Panjang dan Potensi Klaster Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Via Vallen Akui Video Klipnya Sangat Mirip dengan Milik IU

Posted: 23 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pada Jumat (23/10/2020) Via Vallen merilis video klip terbaru yang berjudul "Kasih Dengarkanlah Aku". Lagu ini dibawakan Via Vallen secara featuring dengan Dyrga Dadali.

Rupanya karya terbaru Via Vallen ini tak mendapat sambutan yang baik. Video klip "Kasih Dengarkanlah Aku" dinilai mirip dengan video klip milik artis Korea Selatan, IU yang berjudul "Above the Time".

Pemberitaan ini bahkan sudah dimuat di situs Allkpop, yaitu situs berbahasa Inggris yang khusus memberitakan selebritas Korea Selatan. Dugaan plagiarisme ini tak hanya menghebohkan warganet Indonesia, namun juga Korea Selatan.

"Sejak awal, berbagai aspek video musik telah ditiru dengan sangat erat. Alur ceritanya sangat mirip, dan bahkan alat peraga yang digunakan dalam film juga serupa," begitu narasi yang ditulis dalam situs Allkpop, Sabtu (24/10/2020).

Akui Mirip

[Foto: Instagram Via Vallen]
[Foto: Instagram Via Vallen]

Memang jika dilihat, ada sejumlah adegan dalam video klip Via Vallen yang mirip dengan video klip milik IU yang rilis pada 11 bulan yang lalu.

Terkait hal ini, Via Vallen memberi pernyataan resmi melalui akun Instagram pribadinya. Ia meminta maaf kepada semua pihak yang dirugikan dalam persoalan ini.

"Untuk IU, fans IU dan terutama vyanisty, juga pihak yang merasa dirugikan aku minta maaf soal MV terbaru aku yang ternyata memang mirip banget sama MVnya IU," tulisnya, (Sabtu 24/10/2020).

Tiada Unsur Kesengajaan

Via Vallen lalu mengatakan bahwa sama sekali tak ada unsur kesengajaan dalam hal ini mengingat ia juga tak banyak tahu tentang video klip artis-artis K-Pop.

"Karena aku bukan penggemar Kpop secara umum, jadi enggak banyak tahu soal MV Kpop. (Kebanyakan MV Kpop yang aku lihat cuma Blackpink doang)" ia menyambung pernyataan.

Malu

Artis berusia 29 tahun ini lalu mengatakan bahwa pasti ia akan mencegah bila sejak awal tahu konsep video klipnya memiliki kemiripan dengan artis lain.

"Kalau dari awal aku tahu bahwa MV "Kasih Dengarkanlah Aku"ini plek ketiplek sama MV orang lain sudah pasti 100% bakalan mingta ganti konsep. Jujur aku MALU banget pas tahu," paparnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penerimaan Pajak Sejumlah Daerah di Atas Target, Ini Daftarnya

Posted: 23 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Realisasi penerimaan pajak sepanjang Januari-September 2020 tercatat Rp 750,6 triliun. Jumlah tersebut setara 62,6 persen dari target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020 yang dipatok sebesar Rp 1.198,82 triliun.

Secara tahunan (year on year/yoy), realisasi tersebut juga terkontraksi 16,9 persen dibanding periode serupa tahun lalu yang sekitar Rp 902,79 triliun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, kontraksi penerimaan pajak masih disebabkan oleh pelemahan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

"Memang mengalami tekanan karena bisnis dan pembayar pajak mengalami tekanan. Kita tetap waspada karena setiap kali ada PSBB, langsung terlihat (penerimaan) pajak kita tertekan," ujar Sri Mulyani, seperti dikutip Sabtu (24/10/2020).

Adapun pajak penghasilan (PPh) migas mengalami penurunan paling dalam mencapai 45,28 persen (yoy), dengan realisasi Rp 23,62 triliun. Sementara untuk realisasi PPh non-migas sebesar Rp 418,16 triliun, negatif 16,91 persen (yoy).

Namun ternyata tak melulu di bawah target, penerimaan pajak beberapa daerah hingga akhir kuartal III 2020 masih sesuai target. Bahkan ada di antaranya yang justru telah melampaui target.

 

Dumai

Ilustrasi: Pajak Foto: Istimewa
Ilustrasi: Pajak Foto: Istimewa

Seperti laporan yang dikeluarkan Pemerintah Kota Dumai melalui Badan Pendapat Daerah (Bapenda), yang mencatat realisasi penerimaan pajak daerah Rp 134,7 miliar atau sebesar 100,68 persen dari target refocusing sebesar Rp 133,8 miliar hingga September 2020.

Beberapa sektor penerimaan mencatat realisasi pendapatan yang cukup bagus. Seperti untuk pajak mineral bukan logam dan batuan capaiannya cukup tinggi, Rp 2,2 miliar atau 340,97 persen dari target refocusing Rp 658 juta.

Kemudian pajak reklame Rp 1,4 miliar, atau 103,67 dari target refocusing Rp 1,3 miliar. Lalu Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) sektor perkotaan Rp 90 miliar atau 109,92 persen dari target refocusing Rp 81,9 miliar.

 

Bogor

Ilustrasi Foto Pajak (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Pajak (iStockphoto)

Meski belum mencapai 100 persen, penerimaan pajak di beberapa daerah ini tercatat cukup memuaskan. Bapenda di bawah Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menyampaikan, Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak di Kota Bogor sampai kuartal ketiga tahun ini menyentuh Rp 385 miliar. Secara prosentase, angka tersebut sekitar 85 persen dari target Rp 415 miliar.

Perolehan dari Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2) dan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) menjadi sektor dengan realisasi terbesar. Dimana untuk PBB P2 sudah mencapai Rp 115 miliar, dan BPHTB Rp 101 miliar.

 

Bekasi

Ilustrasi Foto Pajak (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Pajak (iStockphoto)

Tak jauh berbeda dari Pemkot Bogor, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi juga sukses mencapai PAD dari sektor pajak Rp 1,8 triliun. Jumlah itu sekitar 80 persen dari target akhir tahun Rp 2,2 triliun.

Pendapatan daerah dari sektor pajak ini diperoleh dari pembayaran pajak air tanah, reklame, serta PBB. Pemasukan tertinggi data dari pajak air tanah, yang mencapai 134 persen dari target.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bintang Tottenham Takkan Kenakan Lagi Jersey Spurs Usai Dipanggil Mourinho

Posted: 23 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bintang Tottenham Hotspur Danny Rose diperkirakan akan segera meninggalkan klub. Rose, yang kontraknya akan habis pada musim panas mendatang, tampaknya tidak memiliki masa depan di klub.

Bek kiri Tottenham tersebut tidak dimasukkan dalam skuad 25 pemain untuk Liga Inggris. Jose Mourinho juga sudah mengeluarkannya dari skuat Liga Europa.

Setelah menghabiskan paruh kedua musim lalu dengan status pinjaman di Newcastle, tampaknya Rose akan dijual musim panas ini.

Tapi, sejauh ini tidak ada penawaran yang cocok untuknya. Alhasil, dia tetap bertahan di Hotspur Way, tapi diasingkan oleh Mourinho.

Rose kehilangan tempat di tim utama Tottenham setelah kedatangan Sergio Reguilon dari Real Madrid. Dia memang masih di klub, tetapi tampaknya tidak memiliki peluang untuk menembus tim utama mengingat absennya dari kedua skuat.

Situasi Sulit

Bek timnas Inggris, Danny Rose terlihat kecewa sambil duduk di lapangan seusai babak semifinal Piala Dunia 2018 melawan Kroasia di Stadion Luzhniki, Rabu (11/7). Rose menyita perhatian lantaran mengenakan kaus kaki yang berlubang. (AFP/ Jewel SAMAD)
Bek timnas Inggris, Danny Rose terlihat kecewa sambil duduk di lapangan seusai babak semifinal Piala Dunia 2018 melawan Kroasia di Stadion Luzhniki, Rabu (11/7). Rose menyita perhatian lantaran mengenakan kaus kaki yang berlubang. (AFP/ Jewel SAMAD)

Menurut mantan gelandang Tottenham, Michael Brown, Rose tidak akan bermain untuk klub itu lagi. Kemungkinan akan pergi terlalu lama kecuali sesuatu yang "drastis" berubah.

Berbicara kepada Football Insider, Brown menjelaskan bahwa Rose akan berada dalam situasi yang sulit saat ini, karena ia berpotensi tidak akan diikutsertakan dalam sesi latihan tim utama.

Perubahan Drastis

Bek Tottenham Hotspsur, Danny Rose berusaha merebut bola yang dibawa penyerang Liverpool, Mohamed Salah pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stadion Tottenham Hotspur di London, Inggris, Sabtu (11/1/2020). Liverpool menang 1-0 atas Tottenham. (AP Photo/Matt Dunham)
Bek Tottenham Hotspsur, Danny Rose berusaha merebut bola yang dibawa penyerang Liverpool, Mohamed Salah pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stadion Tottenham Hotspur di London, Inggris, Sabtu (11/1/2020). Liverpool menang 1-0 atas Tottenham. (AP Photo/Matt Dunham)

"Inilah yang terjadi, kami telah melihatnya di seberang jalan di London utara juga," kata Brown. .

"Sepertinya Anda tidak akan melihatnya mengenakan kemeja Spurs lagi kecuali ada perubahan drastis, yang memalukan.

Bingung

Bek Inggris Danny Rose (kiri) berbincang dengan gelandang Harry Winks saat mengikuti sesi pelatihan tim Inggris di St George's Park di Burton-on-Trent, Inggris tengah 7/10/2019). Inggris akan melawan Republik Ceko pada kualifikasi Euro 2020 di Praha. (AFP Photo/Paul Ellis)
Bek Inggris Danny Rose (kiri) berbincang dengan gelandang Harry Winks saat mengikuti sesi pelatihan tim Inggris di St George's Park di Burton-on-Trent, Inggris tengah 7/10/2019). Inggris akan melawan Republik Ceko pada kualifikasi Euro 2020 di Praha. (AFP Photo/Paul Ellis)

Mantan manajer Skotlandia Alex McCleish menggemakan komentar Brown. Dia mengklaim bahwa Spurs dan Rose sudah tidak saling berhadapan selama 18 bulan sekarang

"Danny mengalami maalah selama setahun terakhir, 12 bulan terakhir, bahwa dia agak bingung tentang masa depannya bersama Tottenham. Saat itu apakah dia akan pergi dengan bayaran, akankah dia menunggu dan pergi dengan gratis?

Jengkel

"Saya pikir Spurs menjadi sedikit jengkel karena mereka tidak akan bisa mendapatkan uang untuknya. Cara mendaratnya sekarang sepertinya dia akan pergi tanpa Spurs mendapatkan bayaran besar," katanya.

"Ada masalah di sana selama sekitar satu setengah tahun, Danny dan Spurs belum pernah bertemu langsung."

Simak Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Kepribadian Seseorang Berdasarkan Olahraga Favoritnya, Kamu yang Mana?

Posted: 23 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Olahraga sudah menjadi bagian yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Banyak orang yang berusaha menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhnya dengan rutin berolahraga. Selain bermanfaat bagi kesehatan, olahraga juga dapat meningkatkan kepercayaan diri.

Hal itu karena dengan berolahraga, seseorang dapat membentuk tubuhnya menjadi lebih indah dan atletis. Tak heran jika ada banyak orang yang rela merogoh kocek cukup dalam untuk pergi berolahraga ke gym. Bahkan ada banyak orang pula yang menjadikan suatu jenis olahraga sebagai hobinya.

Berbicara tentang olahraga, rupanya kepribadian seseorang dapat ditebak berdasarkan olahraga favoritnya. Seperti olahraga lari, bersepeda, berenang dan lain sebagainya. Berbagai olahraga tersebut dapat menggambarkan seperti apa karakter para penyukanya. Jadi, jika ingin mengetahui seperti apa kepribadian seseorang, kamu bisa menebaknya dari olahraga favoritnya.

Penasaran seperti apa? Berikut 7 kepribadian seseorang berdasarkan olahraga favoritnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (24/10/2020).

1. Lari

Ilustrasi olahraga lari (Sumber: pexels.com)
Ilustrasi olahraga lari (Sumber: pexels.com)

Para penyuka olahraga lari biasanya adalah orang-orang yang cukup santai namun cenderung tertutup. Orang-orang ini tidak suka berada pada keramaian jika memang itu tidak diperlukan. Berlari di alam yang masih asri lebih menyenangkan baginya daripada di perkotaan.

Selain tertutup, orang yang suka olahraga lari biasanya juga pendiam dan sulit untuk ditebak. Meski demikian, ia bisa menjadi sahabat atau pasangan yang baik dan setia.

2. Bersepeda

Ilustrasi olahraga bersepeda (Sumber: Pixabay)
Ilustrasi olahraga bersepeda (Sumber: Pixabay)

Orang yang suka dengan olahraga bersepeda adalah pribadi yang ceria dan menyukai hal-hal menantang. Berbeda dengan penyuka olahraga lari, orang ini suka berpetualang dan tidak terlalu suka menyendiri.

Orang-orang ini sangat menyenangkan untu dijadikan sebagai teman ngobrol. Selain itu, ia juga memiliki rasa peduli yang tinggi pada sekitarnya. Bersepeda bersama teman-teman baginya lebih menyenangkan daripada hanya seorang diri.

3. Fitnes

Ilustrasi fitnes (Sumber: Pexels)
Ilustrasi fitnes (Sumber: Pexels)

Para penyuka olahraga fitnes biasanya adalah orang yang sabar dan punya semangat yang tinggi. Olahraga fitnes menunjukkan ia adalah orang yang konsisten dan punya tujuan jelas. Hal itu dapat terlihat dari usahanya menjaga kesehatan dan membentuk tubuh yang atletis dengan rutin berolahraga.

Jika dilihat dari luar ia biasanya terkesan pendiam dan cuek, namun sebenarnya orang ini sangat baik. Ia adalah orang yang asyik diajak ngobrol dan punya rasa kepedulian besar terhadap berbagai hal di sekitarnya.

4. Tenis atau bulu tangkis

Ilustrasi tenis (AFP Photo/William West)
Ilustrasi tenis (AFP Photo/William West)

Orang-orang yang suka dengan olahraga tenis atau bulu tangkis biasanya adalah sosok yang pemberani dan suka bersaing. Namun ia juga memiliki kepribadian yang fleksibel dan mudah menyesuaikan diri dalam berbagai situasi maupun lingkungan sosial.

Orang-orang ini adalah pribadi yang menyenangkan dan punya semangat tinggi. Ia bisa bekerja secara pribadi maupun kelompok. Orang-orang ini juga dapat diandalkan untuk berbagai situasi.

5. Renang

Ilustrasi berenang (Sumber: unsplash)
Ilustrasi berenang (Sumber: unsplash)

Orang yang menyukai olahraga renang adalah sosok yang secara psikologis bebas konflik. Ia juga tahu bagaimana menempatkan diri saat harus berada di dalam kelompok maupun sendiri. Penyuka olahraga enak dikenal tidak suka menjadi pribadi yang terlalu kaku. Hal itu membuat ia mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya.

6. Tinju

Ilustrasi tinju (Sumber: Pixabay.com/Putu Elmira)
Ilustrasi tinju (Sumber: Pixabay.com/Putu Elmira)

Para peminat olahraga tinju adalah orang-orang yang senang mengambil risiko dan tantangan. Selain agresif, penggemar tinju juga cenderung aktif, senang berkompetisi dan fokus dengan apa yang dikerjakan.

Hal ini karena jika ia tidak fokus saat berlatih atau bertanding, risiko rasa sakit akan dialaminya. Bahkan cidera dan rasa kecewa akibat kekalahan pun bisa dialami jika ia tidak fokus.

7. Dance atau Senam

Ilustrasi senam (Sumber: Unsplash)
Ilustrasi senam (Sumber: Unsplash)

Orang yang menjadikan dance atau senam sebagai olahraga favoritnya adalah orang-orang yang cenderung ceria, aktif, kreatif dan energik. Saat moodnya sedang bagus, ia akan bersemangat untuk mengerjakan berbagai hal.

Namun terkadang, orang-orang ini mudah malas dan merasa bosan. Orang ini juga susah ditebak karena moodnya berubah-ubah. Tak heran jika ia sangat menjaga moodnya saat memiliki banyak pekerjaan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Cara Mute Chat di WhatsApp Selamanya Terpopuler

Posted: 23 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp baru saja mengumumkan fitur baru bernama Mute Always, di mana kamu bisa mute atau menonaktifkan notifikasi chat selamanya.

Artikel mengenai tips mute chat di WhatsApp selamanya pun menjadi yang terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com, Jumat (23/10/2020) kemarin.

Berita lain yang juga populer masih datang dari WhatsApp yang akan menarik biaya untuk pesan yang berhubungan dengan bisnis pengguna, semisal boarding pass atau struk pembelian.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Gampang Banget, Ini Tips Mute Chat di WhatsApp Selamanya

WhatsApp menghadirkan fitur yang sangat membantu pengguna untuk menyingkirkan chat mengganggu selama-lamanya.

Fitur baru bernama Mute Always ini hadir dalam update teranyar WhatsApp yang sudah bisa kamu unduh di Google Play dan App Store.

Bagaimana cara pakainya? Baca selengkapnya di sini 

2. Mute Percakapan untuk Selamanya Resmi Hadir di WhatsApp, Selamat Tinggal Chat Mengganggu

WhatsApp resmi menggulirkan pembaruan yang memungkinkan pengguna untuk melakukan mute pada chat (percakapan) untuk selamanya.

Hal ini diketahui dari pernyataan akun twiter WhatsApp (@WhatsApp).

"Kamu sekarang bisa mute percakapan untuk selamanya," tulis WhatsApp.

Fitur mute sebetulnya bukan fitur baru, tetapi sebelumnya pengguna hanya bisa melakukan mute pada percakapan paling lama untuk satu tahun.

Baca selengkapnya di sini 

 

3. WhatsApp Bakal Tarik Biaya ke Pengguna untuk Layanan Akun Bisnis

WhatsApp Business menghadirkan tombol pembelian langsung dari chat (Foto: WhatsApp)
WhatsApp Business menghadirkan tombol pembelian langsung dari chat (Foto: WhatsApp)

WhatsApp telah mengumumkan sejumlah fitur baru untuk para pengguna akun Bisnis. Salah satunya adalah perusahaan akan mengenakan biaya untuk sebagian layanan pada akun Bisnis.

"Hal ini akan membantu WhatsApp terus membangun bisnisnya untuk terus menyediakan dan memperluas layanan perpesanan teks maupun panggilan suara termasuk video," tulis perusahaan dalam keterangan resmi yang diterima.

Nantinya, pesan yang ditarik biaya merupakan pesan yang berhubungan dengan bisnis pengguna, semisal boarding pass atau struk pembelian. Merujuk pada situs resmi WhatsApp, pesan semacam ini masuk dalam kategori Message Template.

Baca selengkapnya di sini

(Isk/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wapres Kolombia Marta Lucia Ramirez Positif COVID-19

Posted: 23 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Bogota - Pemerintah Kolombia mengumumkan pada Jumat (23/10/2020) bahwa Wakil Presiden Marta Lucia Ramirez dinyatakan positif terinfeksi Virus Corona COVID-19.

Mengutip CGTN, Sabtu (24/10/2020), pernyataan pemerintah menyebutkan bahwa ia yang kini berusia 66 tahun itu tidak menunjukkan gejala dan berada dalam keadaan sehat.

"Wakil Presiden tidak memiliki gejala dan dalam keadaan sehat sekaligus tengah melakukan isolasi yang sesuai," bunyi pernyataan itu.

Pernyataan itu menambahkan bahwa pelacakan kontak akan dilakukan.

Menurut kantornya, Ramirez telah mengikuti tes Virus Corona baru pada hari Kamis sebelum dia direncanakan untuk menghadiri konferensi dengan gubernur provinsi.

Sebelumnya, Ramirez muncul di siaran televisi malam bersama dengan Presiden Ivan Duque pada hari Senin.

Namun Duque, yang juga menjalani tes virus corona pada hari Kamis telah dinyatakan negatif.

Kasus di Kolombia

Suporter Kolombia membentangkan bendera raksasa saat laga perempat final Copa America Centenario melawan Peru. Kedua tim bermain imbang hingga laga ditentukan melalui adu penalti. (AFP/Don Emmert)
Suporter Kolombia membentangkan bendera raksasa saat laga perempat final Copa America Centenario melawan Peru. Kedua tim bermain imbang hingga laga ditentukan melalui adu penalti. (AFP/Don Emmert)

Menurut data dari Worldometers, Kolombia kini menempati posisi ke-8 di dunia sebagai negara dengan kasus terbanyak. 

Kolombia telah memiliki 998.942 kasus dengan 29.802 kematian. 

Sebelumnya pada bulan Maret, Kolombia telah memberlakukan lockdown hingga lima bulan sebagai tanggapan atas pencegahan penyebaran Virus Corona COVID-19. 

Negara ini memulai karantina "selektif" yang jauh lebih longgar pada bulan September yang memungkinkan orang untuk makan di restoran dan melakukan penerbangan internasional.

Aturan ini diperkirakan berlangsung hingga akhir Oktober.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bandara yang Dikelola Angkasa Pura I dan II Bakal Dipasang PLTS

Posted: 23 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian ESDM terus mendorong peningkatan penggunaan energi baru terbarukan (EBT). Penggunaan energi baru terbarukan bisa mendorong efisiensi. 

Terbaru, Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE) Kementerian ESDM menjalin kerja sama dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan dan PT Angkasa Pura I serta PT Angkasa Pura II.

Direktur Jenderal EBTKE Kementerian ESDM F.X Sutijastoto mengatakan, kerja sama tersebut sebagai wujud sinergi guna menggenjot pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) dan penerapan konservasi energi di lingkungan bandar udara di Indonesia.

Selain itu, kerja sama ini juga akan melahirkan berbagai program sebagai upaya peningkatan efisiensi penggunaan energi sekaligus menerapkan sumber-sumber energi terbarukan pada bandara-bandara di bawah pengelolaan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara maupun Angkasa Pura I dan Angkasa Pura II.

"Nota kesepahaman ini diharapkan bisa menjadi landasan bagi Ditjen EBTKE selaku instansi yang bertugas merumuskan kebijakan dan melaksanakan pembinaan di bidang energi baru terbarukan dan konservasi energi, yang kemudian disinergikan dengan tugas Ditjen Perhubungan Udara serta PT Angkasa Pura I dan II," tutur Sutijastoto dalam pernyataannya, Sabtu (24/10/2020).

Adapun ruang lingkup Nota Kesepahaman antara Direktorat Jenderal EBTKE dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara meliputi kegiatan kajian, asistensi, dan pertukaran informasi dalam rangka Penerapan Konservasi Energi dan Pemanfaatan Energi Terbarukan Secara Berkelanjutan pada Bandar Udara.

Sementara itu, ruang lingkup Nota Kesepahaman antara Direktorat Jenderal EBTKE dengan Angkasa Pura I dan Nota Kesepahaman antara Direktorat Jenderal EBTKE dengan Angkasa Pura II meliputi empat hal.

Pertama, pelaksanaan penelitian, pertukaran informasi dan pengembangan teknologi terkait konservasi energi di bandar udara yang dikelola Angkasa Pura I dan Angkasa Pura II. Kedua, pemanfaatan energi terbarukan pada Bandar Udara yang dikelola Angkasa Pura I dan Angkasa Pura II.

Lalu, peningkatan efisiensi energi pada Bandar Udara yang dikelola Angkasa Pura I dan Angkasa Pura II, termasuk didalamnya Manajemen Energi dan kontribusi penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK). Keempat, pengembangan Green Airport/Eco Airport (Bandar Udara Ramah Lingkungan).

 

Energi Surya

Teknisi melakukan perawatan panel pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di atap Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jakarta, Selasa (6/8/2019). PLTS atap yang dibangun sejak 8 bulan lalu ini mampu menampung daya hingga 20.000 watt. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Teknisi melakukan perawatan panel pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di atap Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jakarta, Selasa (6/8/2019). PLTS atap yang dibangun sejak 8 bulan lalu ini mampu menampung daya hingga 20.000 watt. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Direktorat Jenderal EBTKE terus mendorong dan membina para pengguna energi agar melaksanakan konservasi energi dalam pemanfaatannya. Banyak hal yang bisa dilakukan dalam rangka meningkatkan efisiensi penggunaan energi khususnya pada subsektor bangunan gedung, antara lain dengan menerapkan Sistem Manajemen Energi dan memanfaatkan sumber energi terbarukan seperti energi surya.

Pengelolaan operasional bandara-bandara komersil di Indonesia membutuhkan sumber energi yang besar jika dibandingkan dengan jenis bangunan lain pada subsektor bangunan gedung, seperti hotel, perkantoran dan pusat perbelanjaan. Bandar udara praktis tidak pernah berhenti beroperasi dalam melayani jalannya lalu lintas udara, sehingga konsumsi energi terutama listrik tentu sangatlah besar.

Selain itu, bandara yang dikelola oleh PT. Angkasa Pura I, PT Angkasa Pura II maupun UPT Ditjen Perhubungan Udara juga memiliki potensi luasan lahan maupun atap bangunan yang sangat memungkinkan untuk dipasang sistem pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Oleh karena itu, potensi ini harus dimanfaatkan secara maksimal agar bisa menjadi sumber penyuplai energi listrik yang lebih ramah lingkungan bagi bandara, sekaligus bisa mengurangi beban tagihan listrik kepada PLN.

"Konsumsi energi nasional didominasi energi fosil yang cadangannya semakin terbatas. Usaha-usaha konservasi energi perlu digiatkan untuk menjadi solusi yang tepat dalam menghadapi krisis pasokan energi. Menghemat listrik 1 (satu) Watt lebih cepat dan murah daripada memproduksi listrik 1 (satu) Watt," tutupnya

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komisi VII DPR RI Minta Pemprov Sumsel Usut Kawasan Tambang Batubara Ilegal

Posted: 23 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Palembang - Tewasnya 11 orang penambang ilegal batubara di Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan (Sumsel), menjadi perhatian serius Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Alex Noerdin.

Mantan Gubernur Sumsel dua periode tersebut, bahkan langsung mendatangi lokasi kejadian, di Desa Tanjung Lalan, Kecamatan Tanjung Agung Muara Enim Sumsel, pada Kamis (22/10/2020) lalu.

Dengan adanya kasus tewasnya belasan orang pekerja tambang ilegal tersebut, membuat Alex Noerdin geram. Dia meminta kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim, untuk mengambil tindakan tegas terhadap para perusahaan tambang ilegal.

"Tambang ilegal ini sudah terjadi bertahun-tahun secara terang-terangan dan terbuka. Ada pembiaran dari pemkab dan pemprov, terhadap aktivitas ini. Padahal harus diselesaikan. Kalau tidak, korban bakal terus berjatuhan," ucapnya, Jumat (23/10/2020).

Alex Noerdin menilai, keberadaan tambang ilegal tersebut seolah-olah dibiarkan saja oleh pemerintah setempat, terlebih tanpa adanya izin penambangan atau Penambangan Tanpa Izin (PETI).

Masalah PETI batubara di Sumsel sendiri, akan dibahasnya ke Komisi VII di DPR RI. Terlebih aktivitas PETI batubara ini, memiliki mata rantai yang terintegrasi dari hulu hingga hilir.

Menurutnya, tambang ilegal juga dibenahi menyeluruh agar memutus mata rantai bisnis tersebut. Bahkan emas hitam ilegal yang dikeruk oleh penambang tersebut, biasanya dibawa ke pelabuhan di Lampung dan dikirim ke Jawa Barat (Jabar).

"Harus benahi hulunya, penadah dan transportasi untuk mengangkut. Kalau satu saja diputus bisa hilang PETI ini," katanya.

Dia juga mengharapkan Pemprov Sumsel perlu mengaktifkan kembali tim pengendali PETI, yang telah terbentuk sejak 2019 lalu.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sumsel Yohannes Toruan mengatakan, mereka telah berupaya menghentikan kegiatan tambang ilegal, dengan dukungan Kementerian ESDM.

 

Puluhan Lokasi Tambang Ilegal

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Alex Noerdin meninjau lokasi tambang batubara ilegal di Kabupaten Muara Enim (Liputan6.com / Nefri Inge)
Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Alex Noerdin meninjau lokasi tambang batubara ilegal di Kabupaten Muara Enim (Liputan6.com / Nefri Inge)

"Sudah ada surat dari Menteri ESDM kala itu (Ignastius Jonan) ke Kapolri di bulan April 2020. Yaitu untuk menertibkan tambang ilegal di Sumsel, namun memang belum ada penindakan," ungkapnya.

Yohannes membeberkan ada 55 titik tambang ilegal di Kabupaten Muara Enim serta PETI juga tersebar ke Kabupaten Lahat. Namun paling banyak berada di Kabupaten Muara Enim dan berada di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PTBA.

Ditambahkan Kepala Bidang Pertambangan Dinas ESDM Sumsel Herliansyah, seharusnya tim Satgas PETI yang dibentuk melalui SK Gubernur Sumsel, sudah melakukan eksekusi di lapangan pada tahun ini.

Bahkan sesuai regulasi dalam UU Nomor 3 tahun 2020 tentang pertambangan mineral dan batu bara, pelaku PETI dapat diancam pidana selama 5 tahun penjara.

"Tim satgas itu sudah berkoordinasi dan melakukan inventarisasi. Rencananya kalau tidak ada pandemi Covid-19, tim akan ke lapangan. Sudah ada beberapa surat gubernur ke bupati, yang menyampaikan bahwa akan ada penindakan hukum untuk PETI," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

1 Juta Penduduk Indonesia Menderita Hati yang Tak Sehat

Posted: 23 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 1.017.290 orang Indonesia terdiagnosis hepatitis atau penyakit hati per tahunnya, menurut laporan hasil riset kesehatan dasar (Riskesdas) 2018.

Jika dipersentasekan, 0,39 persen dari jumlah penduduk di tanah air menderita hati yang tak sehat.

Bahkan, pada Mei 2018, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut bahwa 1,34 juta kematian yang terjadi pada 2015 disebabkan hepatitis.

Jumlah tersebut melampaui kasus HIV dan hampir sama besarnya dengan kasus Tuberkulosis (TBC).

Dokter spesialis penyakit dalam, Prof Dr dr I Dewa Nyoman Wibawa SpPD - KGEH, mengatakan, pengidap hepatitis akan mengalami perjalanan dari hati yang sehat, hepatitis akut, hepatitis kronik, kemudian menjadi sirosis hati.

Menurut Wibawa, satu per tiga dari pengidap hepatitis akan mengalami sirosis.

"Dari sirosis, 10 sampai 15 persen akan menjadi kanker, 23 persen dalam lima tahun pengidap sirosis akan mengalami gagal hati yang berujung pada kematian," kata Wibawa di diskusi daring Manfaat Curcuma untuk Melindungi Kesehatan Hati dan Daya Tahan Tubuh belum lama ini.

 

Hepatitis di Indonesia

Pada kesempatan itu, Wibawa menyinggung bahwa Asia Pasifik merupakan wilayah dengan pangsa virus hepatitis B (HBV) dan virus hepatitis C (HVC) terbesar di dunia.

Sebanyak 74 persen dari global kematian akibat kanker hati terjadi di Asia, termasuk Indonesia.

Sayangnya, sembilan dari 10 pengidap tidak menyadari dirinya memiliki hepatitis B bahkan C. Dan, satu dari empat pengidap akan meninggal karena kanker atau gagal hati.

Itu mengapa hepatitis juga dapat dijuluki sebagai silent killer atau pembunuh diam-diam.

Oleh sebab itu, Wibawa mengingatkan pentingnya melakukan pencegahan agar hati tetap sehat.

 

Cegah dengan Konsumsi Temulawak

Salah satu yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan tanaman yang berkhasiat untuk kesehatan hati atau liver, yaitu temulawak.

Temulawak, tanaman dengan nama latin Curcuma Xanthorrhiza, kata Wibawa adalah tanamapan herbal yang mengandung zat aktif berupa curcumin.

Curcumin merupakan senyawa berwarna kuning yang terkandung di dalam temulawak dan kunyit yang kaya akan manfaat kesehatan.

Prof Wibawa menjelaskan karena memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan, kombinasi curcumin dan piperin bisa digunakan sebagai preventif (pencegahan) yang dapat dikonsumsi oleh pasien dengan risiko penyakit hati seperti pasien diabetes mellitus tipe 2 dan pasien dengan riwayat hepatitis agar kesehatan hatinya tetap terjaga.

"Mekanisme hepatoprotektif terjadi karena efek curcumin sebagai antioksidan yang mampu menangkap ion superoksida dan memutus rantai antar ion superoksida (O2-) sehingga mencegah kerusakan sel hepar karena peroksidasi lipid dengan cara dimediasi oleh enzim antioksidan yaitu superoxide dismutase (SOD) dimanaenzim SOD akan mengonversi O2 menjadi produk yang kurang toksik," Wibawa menjelaskan.

Infografis Hepatitis

Infografis Hepatitis Revisi (Liputan6.com/Abdilla)
Infografis Hepatitis Revisi (Liputan6.com/Abdilla)

Simak Video Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: 'Pandemic Patigue' Persulit Pencegahan Covid-19

Posted: 23 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah negara Eropa bersiap menghadapi gelombang kedua COVID-19, sementara AS terus bergelut dengan penyebaran virus korona di sebagian besar wilayahnya. Faktor di luar PSBB dan penanganan medis yang mempersulit penanggulangan pandemi adalah keletihan alias "pandemic fatigue" diantara warga.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kala Fahri Hamzah Bandingkan Jokowi dan Donald Trump soal Penanganan Covid-19

Posted: 23 Oct 2020 08:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Politikus Partai Gelora Fahri Hamzah membandingkan Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump, terutama terkait penanganan pandemi Covid-19. Dia menilai ada beberapa perbedaan di antara keduanya. 

Hal tersebut disampaikan Fahri di kanal Youtube mantan Koleganya, Fadli Zon Official yang diunggah pada 22 Oktober 2020.

"Waktu itu saya mengatakan Pak Jokowi itu adalah presiden periode terakhir. Bahkan, saya mengatakan Jokowi itu beda dengan Donald Trump," kata Fahri Hamzah dikutip Liputan6.com, Sabtu (24/10/2020).

Menurut Fahri, Donald Trump sedang memasuki fase krisis penanganan Covid-19, lantaran masih harus bertarung pada Pemilihan Presiden AS 2020.

"(Trump) terpaksa menggunakan isu ini sebagai battlefield dia. Dan karena mainstream itu adalah scientist, maka dia mengambil isu ini dengan protokol anti-scientist. Jadi dia melawan semua ilmu pengetahuan tentang Covid-19," kata Fahri.

Berbeda dengan Trump, Jokowi tidak bertarung di pilpres. Fahri menilai Jokowi bisa lebih fokus menghadapi pandemi.

Saat ini, kata Fahri, Jokowi-Ma'ruf Amin hanya perlu rekonsiliasi.

"Pak Jokowi itu kalau dia berhasil rekonsiliasi saja diteruskan begitu, sebagian besar beban dari masalahnya sudah selesai. Karena semua orang akan menolong dia, semua orang akan beritikad untuk menyukseskan dia, tidak akan menjadi kompetitor," ucap Fahri Hamzah.

 

Banyak Kepentingan

Namun, orang di sekitar Jokowi memiliki Banyak kepentingan, hal itu menurut Fahri membuat Jokowi sulit untuk lakukan rekonsiliasi.

"Jadi variabel politik di sekitar Pak Jokowi itu complicated dan kepentingannya berbeda-beda, bermacam-macam. Dan sebagian di antara kepentingannya, atau mungkin sebagian besar tidak terkait dengan kepentingan Pak Jokowi sendiri," tandas Fahri Hamzah.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peringati Hari Dokter Nasional 2020, MKKI Berharap Sejawat Tetap Teguh Hadapi COVID-19

Posted: 23 Oct 2020 08:57 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta 24 Oktober menjadi tanggal penting bagi Indonesia khususnya para dokter sejak 70 tahun silam. Sebab, di tanggal tersebut Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mulai berdiri dan lahirlah Hari Dokter Nasional.

Tepat pada Sabtu, 24 Oktober 2020, IDI genap berumur 70 tahun. Dalam sejarah kemerdekaan Indonesia, kelompok dokter dikenal sebagai salah satu pelopor semangat nasionalisme dan kesadaran berbangsa.

Menyambut hari bersejarah ini, Ketua Majelis Kolegium Kedokteran Indonesia, Prof. Dr dr David S Perdanakusuma, SpBP(K) menyampaikan pesannya bagi seluruh dokter Indonesia.

"Semoga seluruh sejawat dokter di Indonesia tetap teguh memegang asas kemaslahatan bagi seluruh masyarakat dan azas kesejawatan antar dokter.  Itu adalah ikatan yang abadi yang tidak luntur karena waktu. Saat ini dokter bersama masyarakat berupaya keras mengatasi bencana pandemi COVID-19 yang sedang melanda Indonesia," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Sabtu, 24 Oktober 2020.

"Mari bahu membahu terus berjuang bersama, karena tanggung jawab itu tersemat di pundak kita. Jangan patah semangat, kalau bukan kita sebagai dokter, siapa lagi yang dapat diharapkan menyelamatkan negeri kita tercinta Indonesia dari pandemi ini," David menambahkan.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Tantangan Luar Biasa

Ketua Tim Mitigasi PB IDI sekaligus Ketua Terpilih PB IDI dr Adib Khumaidi, SpOT,. Foto: MKKI.
Ketua Tim Mitigasi PB IDI sekaligus Ketua Terpilih PB IDI dr Adib Khumaidi, SpOT,. Foto: MKKI.

Dalam keterangan yang sama, Ketua Tim Mitigasi PB IDI sekaligus Ketua Terpilih PB IDI dr Adib Khumaidi, SpOT, profesi dokter Indonesia kini sedang dihadapkan dengan tantangan yang sangat luar biasa.

"Profesi dokter di Indonesia saat ini dihadapkan dengan tantangan yang sangat luar biasa bahkan ancaman terhadap eksistensi profesi yang dapat dibagi menjadi tantangan yang berasal dari dalam maupun luar."

Dalam menghadapi pandemi ini, lanjutnya, diperlukan penekanan pada biosecurity dan upaya mencegah merebaknya penyakit menular.

"Untuk mengatasi pandemi COVID-19 ini perlu penekanan  yang diberikan pada biosecurity dan upaya untuk mencegah penyebaran penyakit menular. Meningkatkan perhatian pada inisiatif horizontal seperti program jangka panjang untuk memperkuat layanan kesehatan nasional, pelayanan kesehatan primer, pendidikan kesehatan masyarakat  atau keterlibatan masyarakat dalam penyusunan inisiatif kesehatan," tutupnya.

Infografis COVID-19

Infografis Kunci Utama Putus Rantai Covid-19 (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Kunci Utama Putus Rantai Covid-19 (Liputan6.com/Abdillah)

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ucapan Terima Kasih Anies Baswedan untuk IDI di Hari Dokter Nasional 2020

Posted: 23 Oct 2020 08:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hari Dokter Nasional jatuh pada 24 Oktober. Peringatan hari dokter tak lepas dari sejarah berdirinya Ikatan Dokter Indonesia (IDI) pada tanggal yang sama di tahun 1950.

Hari ini, IDI genap berumur 70 tahun. Dalam rentang waktu itu pula para dokter sudah berjasa dalam pengembangan dunia kesehatan khususnya di Indonesia.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memberikan ucapan selamat melalui video singkat yang diunggah di akun resmi Pemprov DKI Jakarta.

"70 tahun perjalanan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) telah menunjukkan satu rentang waktu perjuangan dalam profesi yang tak kenal lelah, pengabdian untuk kemanusiaan. Apalagi di masa pandemi COVID-19, tenaga medis, para dokter menjadi pertahanan kita untuk menyelamatkan sesama," kata Anies dalam video tersebut.

Anies juga menyampaikan apresiasi dan kata terima kasih atas perjuangan yang luar biasa dalam menyelamatkan bangsa Indonesia.

"Kami berharap di usia ke-70 ini, IDI teruslah menjadi penjaga bahwa di dalam menghadapi pandemi ini kita membutuhkan rujukan dari organisasi profesi yang terus menerus mengingatkan kepada kita semua bahwa semua keputusan yang dilakukan adalah keputusan yang berdasarkan pertimbangan medis yang benar," Anies Baswedan melanjutkan.

Berperan Dalam Sejarah

Anies juga berharap agar IDI terus menjadi pilar untuk menjaga seluruh masyarakat dan memastikan bahwa Indonesia bisa melewati masa pandemi.

"Menjalani tantangan-tantangan dengan rujukan yang solid, rujukan keilmuan yang benar. Ini kesempatan bagi keluarga besar IDI untuk hadir dan berperan dalam sejarah seperti dulu ketika Dokter Cipto menghadapi tantangan wabah di Malang, ketika semua orang menghindari, dia malah mengambil langkah untuk berangkat ke sana dan menyelamatkan sesama."

"Sekali lagi, selamat ulang tahun untuk IDI semoga makin maju, makin sukses, dan makin menjadi rujukan dalam menjaga kesehatan masyarakat. Semoga kita semua didekatkan dengan sehat, ikhlas, dan ridho dari Allah SWT," tutupnya.

Infografis COVID-19

Infografis Libur Panjang dan Potensi Klaster Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Libur Panjang dan Potensi Klaster Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: