Sabtu, 10 Oktober 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


6 Fakta dari Mitos Seputar Masker

Posted: 10 Oct 2020 10:56 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Meningkatnya kasus virus korona baru (Covid-19) di Indonesia membuat pemerintah memberlakukan peraturan yang mewajibkan penggunaan masker di tempat umum untuk meredam penularan Covid-19.

Namun, dibalik kewajiban menggunakan masker bermunculan berbagai mitos seputar penggunaan salah satu alat pelindung diri tersebut.  

Dilansir dari hopkinsallchildrens.org, Spesialis penyakit menular pediatrik Matthew Thomas, M.D., membantah beberapa mitos terbaru tentang masker, dan berbicara tentang mengapa masker aman digunakan dan bagian penting dalam menahan penyebaran COVID-19 di masyarakat. 

Berikut 6 fakta dari mitos seputar masker:

Mitos: masker sebenarnya tidak melakukan apa pun untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Masker mengurangi risiko penyebaran virus, seperti Covid-19, dengan membatasi cairan pernapasan yang menyebar melalui hidung atau mulut. Seberapa baik masker membantu penyebaran COVID-19 masih diteliti. Namun, berdasarka data dari virus lain  menggunakan masker dapat mengurangi penyebaran dan dengan demikian mengurangi infeksi baru. Saat berbicara, bersin, batuk atau bernyanyi, partikel kecil cairan, yang disebut tetesan pernapasan, dilepaskan dari mulut atau hidung . Beberapa tetesan ini cukup besar untuk dilihat, tetapi banyak di antaranya terlalu kecil untuk dilihat. Covid-19 menyebar melalui tetesan ini.

Jika memakai masker maka akan mengurangi jumlah cairan yang menyebar dari hidung dan mulut ke lingkungan sekitar kita. Jika kita sedang sakit atau membawa virus, memakai masker juga mengurangi jumlah virus di sekitar kita. Jika lebih sedikit virus di lingkungan, kemungkinan sakit akibat Covid-19 menurun. Semakin banyak orang memakai masker dan penutup wajah, kemungkinan tertular virus akan berkurang. Masker hanya efektif jika dipakai dengan benar dengan menutupi mulut dan hidung.

Mitos: memakai masker kain akan membuat keracunan karbondioksida.

Saat kita mengeluarkan napas, karbon dioksida meninggalkan paru-paru dan keluar dari tubuh melalui hidung atau mulut. Karbon dioksida adalah gas yang terdiri dari molekul kecil. Molekul-molekul ini sangat kecil sehingga bisa melewati banyak bahan, termasuk bahan yang digunakan untuk membuat masker. Jika kita menggunakan masker kain atau kelas medis, karbon dioksida akan masuk dengan aman. Itu tidak akan menumpuk di dalam masker atau membuat kita sakit. 

Mitos: memakai masker kain akan membuat jamur akan menumpuk di dalamnya.

Masker kain dapat digunakan dengan aman lebih dari satu kali jika kita mencucinya setiap hari. Pencucian masker kain yang benar akan menghilangkan virus, bakteri, atau sekresi pernapasan yang mungkin menumpuk di masker. Kita harus mencuci masker kain dengan sabun dan air setelah selesai menggunakannya untuk hari itu. Ini harus benar-benar kering sebelum digunakan lagi. Masker yang bersih dan kering tidak akan menimbulkan jamur atau membuat sakit.

Mitos: Hanya orang yang sudah sakit yang boleh memakai masker.

Jika kita sehat, kita tidak membutuhkannya. Beberapa orang dengan Covid-19, atau virus lain, akan terlihat sakit. Namun, banyak orang dengan Covid-19 mungkin tidak menunjukkan gejala, yang berarti mereka merasa sangat sehat. Pasien tanpa gejala merasa sehat dan tampak baik-baik saja bagi orang lain. Mereka masih bisa menyebarkan virus ke orang lain dan karena itu bisa membuat orang lain sakit. Sementara pandemi Covid-19 berlanjut, orang yang sehat dan sakit harus mengenakan masker atau penutup wajah saat berada di sekitar orang lain untuk mencegah penyebaran virus.

Mitos: jika sudah memakai masker  tidak perlu  menjaga jarak secara fisik.

Masker adalah pertahanan sederhana dan mudah melawan penyebaran Covid-19. Namun, pertahanan tersebut tidak sempurna. Pikirkan masker sebagai salah satu alat di kotak peralatan untuk melindungi kita dan keluarga dari COVID-19, menjaga jarak fisik adalah cara lain. Tetesan pernapasan terkadang dapat keluar dari hidung atau mulut, melalui masker, dan keluar ke lingkungan. Tetesan juga bisa menyebar di sekitar masker jika tidak pas. Untuk melindungi diri kita dari tetesan ini, diperlukan jarak fisik 6 kaki antara kita dan orang lain, bahkan saat masker dikenakan.

Mitos: tidak ada gunanya meminta anak-anak memakai masker karena mereka tidak akan memakainya secara konsisten.

Memakai masker mungkin sulit bagi anak kecil, mereka yang memiliki cacat intelektual, kondisi kesehatan mental,  kepekaan sensorik. Jika memungkinkan, anak-anak yang tidak dapat menggunakan masker harus menghindari berada di sekitar orang lain. Untuk anak-anak di bawah usia 2 tahun, masker umumnya tidak disarankan karena anak kecil kemungkinannya untuk tetap memasang masker. Untuk anak yang lebih besar, kita harus berusaha agar anak tersebut memakai masker setiap kali mereka berada di sekitar orang lain.

Jika anak kita hanya dapat menggunakan masker untuk waktu yang singkat, mintalah anak kita mengenakan masker saat ia paling berisiko berada di sekitar orang lain atau saat sulit untuk menjaga jarak sejauh 6 kaki dari orang lain.

Anak-anak belajar dengan meniru tindakan orang lain. Salah satu cara terpenting agar anak memakai masker adalah dengan memakai masker bagi orang tua dan pengasuh lainnya. Penting untuk mengenakan masker dengan benar - masker harus menutupi hidung dan mulut.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemendikbud Terbitkan Buku Panduan Penyusunan Kurikulum PT di Era Industri 4.0

Posted: 10 Oct 2020 10:52 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud menerbitkan buku panduan penyusunan kurikulum pendidikan tinggi (PT) di era Industri 4.0.

"Buku ini bertujuan untuk memandu para pemangku kepentingan program studi di Indonesia, agar dapat merekonstruksi kurikulum yang ada sesuai dengan perkembangan zaman akibat kemajuan era Industri 4.0," demikian seperti dikutip dalam laman dikti.kemdikbud.go.id, Minggu (11/10/2020).

Selain itu, disebut pula oleh Kemendikbud, buku ini berguna untuk mengaplikasikan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM).

Program MBKM yang disiapkan Kemendikbud ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih luas dan kompetensi baru melalui beberapa kegiatan pembelajaran di luar program studinya.

"Dengan harapan kelak pada gilirannya dapat menghasilkan lulusan yang siap untuk memenangkan tantangan kehidupan yang semakin kompleks di abad ke-21," demikian seperti dikutip.

 

Diunduh Gratis

Adapun Kemendikbub menyarankan, agar setiap pimpinan PT serta dosen menggunakan buku panduan ini.

Hal ini bermaksud, mengembangkan kurikulum yang telah ada saat ini sesuai dengan SN-Dikti, serta membekali peserta didik dengan keterampilan hidup melalui implementasi MBKM.

Adapun buku panduan tersebut dapat diunduh secara gratis melalui laman Dikti.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Timnas U-19 Indonesia vs Macedonia Utara: Pemulihan, 2 Pemain Garuda Muda Terancam Absen

Posted: 10 Oct 2020 10:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-19 kembali menggelar laga uji coba kontra Macedonia Utara, Minggu (11/10/2020) hari ini. Pertandingan ini merupakan laga kedua Timnas Indonesia U-19 dalam pemusatan latihan (TC) lanjutan di Kroasia.

Namun, ada yang berbeda dalam laga yang berlangsung malam nanti. Pasalnya, terdapat dua pemain andalan Timnas Indonesia U-19 yang bakal menepi akibat cedera.

Pemain tersebut ialah Muhammad Supriadi dan Amiruddin Bagas Kaffa yang masih menjalani tahap pemulihan. Mereka mengalami cedera ringan saat berlaga melawan NK Dugopolje tempo hari lalu.

Saat ini, kondisi Supriadi dan Bagas cenderung stabil. Mereka berdua hanya perlu waktu istirahat dan menepi selama beberapa hari ke depan.

"Alhamdulillah menurut keterangan dokter Timnas Indonesia U-19, cedera mereka tidak terlalu serius, namun perlu istirahat," ujar Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri seperti dilansir situs resmi PSSI.

Istirahat Sepekan

Timnas Indonesia U-19 terus menjalani pemusatan latihan di Kroasia. (Dok PSSI)
Timnas Indonesia U-19 terus menjalani pemusatan latihan di Kroasia. (Dok PSSI)

Pada laga sebelumnya, Supriadi harus ditarik keluar setelah berduel dengan pemain NK Dugopolje. Supriadi mengalami memar pada tulang kering setelah beradu kaki dalam pertandingan tersebut.

"Supriadi kemarin sudah diperiksa serta foto rontgen di rumah sakit setempat. Tidak ada patah tulang, hanya memar saja akibat benturan," tutur Indra Sjafri.

"Bagas juga aman tidak ada masalah serius di anklenya. Bagas mungkin dua hingga tiga hari ini istirahat dulu. Untuk Supriadi mungkin kurang lebih lima hari istirahat."

Jadwal Timnas Indonesia U-19

Timnas Indonesia U-19 (dok. PSSI)
Timnas Indonesia U-19 (dok. PSSI)

Minggu, 11 Oktober 2020

19.45 WIB Timnas U-19 vs Macedonia Utara

Live Mola TV

Jadwal Selanjutnya

Rabu, 14 Oktober 2020

Timnas U-19 vs Macedonia Utara

Selasa, 20 Oktober 2020

Timnas U-19 vs Bosnia-Herzegovina

Jumat, 23 Oktober 2020

Timnas U-19 vs Bosnia-Herzegovina

Senin, 26 Oktober 2020

Timnas U-19 vs belum ditentukan

 

Penulis

Dzaky Nurcahyo

Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Simak Video Timnas Indonesia U-19 Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Final, Desain Surat Suara Pilwalkot Medan Dikirim ke KPU RI

Posted: 10 Oct 2020 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Medan Desain foto dan nama di surat suara Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwalkot) Medan 2020 telah disepakati oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan dan masing-masing tim pasangan calon (paslon).

Komisioner KPU Kota Medan Divisi Teknis, M Rinaldi Khair mengatakan, kesepakatan desain foto setelah pihaknya bertemu dengan masing-masing tim paslon Pilwalkot Medan dari nomor urut 1 dan 2 pada Sabtu, 10 Oktober 2020.

"Alhamdulillah, kedua tim paslon sudah meng-acc, dan sudah menandatangani persetujuan," kata Rinaldi, Minggu (11/10/2020).

Diungkapkan Rinaldi, selain dihadiri masing-masing tim paslon, juga disaksikan Ketua KPU Kota Medan, Agussyah R Damanik, Komisioner KPU Kota Medan, Edy Suhartono dan Zefrizal, serta Sekretaris, Nirwan. Disaksikan Ketua Bawaslu Medan, Payung Harahap.

Terkait desain foto dan nama paslon di surat suara sebenarnya sudah dilakukan sejak satu minggu terakhir. Bahkan sudah mengalami perubahan desain sebanyak 3 sampai 4 kali. KPU Kota Medan juga sudah memberikan waktu kepada paslon.

"Sebenarnya sudah cukup matang, apakah ada perubahan atau tidak, inilah finalnya," terang Rinaldi.

 

Harapan KPU Medan

KPU Medan berharap proses cetak ke depannya berjalan lancar sesuai yang diidnginkan bersama.
KPU Medan berharap proses cetak ke depannya berjalan lancar sesuai yang diidnginkan bersama.

Setelah desain foto dan nama pada surat suara tersebut ditandatangani masing-masing tim paslon, selanjutnya hasil yang telah disepakati tersebut dilaporkan ke KPU Republik Indonesia. Kemudian masuk proses cetak produksi dan lainnya.

Disampaikan Rindaldi, pihaknya berharap proses cetak ke depannya berjalan lancar sesuai yang diidnginkan bersama, sehingga pendistribusian dari pencetak ke KPU Kota Medan nantinya bisa tiba tepat waktu.

"Supaya segera dilaksanakan pelipatan dan pengepakan surat suara di gudang logistik," Rinaldi menandaskan.

Untuk diketahui, pada Pilwalkot Medan 2020 ada 2 paslon. Untuk paslon nomor urut 1 adalah Akhyar Nasution-Salman Alfarisi, sedangkan paslon nomor urut 2 adalah Bobby Nasution-Auli Rachman.

Saksikan juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Publik Figur yang Jalin Cinta dengan Pembalap, Terbaru Atries Angel

Posted: 10 Oct 2020 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta  Meski tidak berasal dari dunia hiburan, tapi ternyata para pembalap profesional Tanah air ini juga memiliki pesona yang mencuri perhatian. Dengan badan yang atletis dan kepiawaiannya dalam mengemudikan kendaraan, nampaknya membuat mereka jadi memiliki daya tarik tersendiri.

Hal inilah yang lantas membuat para seleb Tanah air jatuh cinta kepada para pembalap ini. Meskipun ada kisahnya yang kandas di tengah jalan, namun ada pula yang kisahnya berakhir manis di pelaminan.

Baru-baru ini, kisah cinta Atries Angel dan Eric Saputra tengah jadi sorotan warganet. Setelah beberapa tahun pacaran, akhirnya mantan kekasih Chef Juna ini dipersunting oleh sang kekasih yang berprofesi sebagai pembalap.

Berikut ini merupakan 6 seleb yang terpikat oleh pesona para pembalap profesional Tanah Air, dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Minggu (11/10/2020).

1. Sempat putus hingga akhirnya balikan dan menikah, kini rumah tangga Sissy Prescillia dan Rifat Sungar sudah berjalan selama 10 tahun.

Sissy Prescillia dan dan Rifat Sungkar (Sumber: Instagram/@sysiio)
Sissy Prescillia dan dan Rifat Sungkar (Sumber: Instagram/@sysiio)

2. Sejak menikah dengan Marcella Zalianty pada tahun 2010, rumah tangga Ananda Mikola jauh dari kabar miring. Kini keduanya pun sudah dikarunia dua orang anak.

Foto para selebritis yang menghadiri konser Andien (Galih w. Satria/bintang.com)
Foto para selebritis yang menghadiri konser Andien (Galih w. Satria/bintang.com)

3. Jarang umbar sosok kekasihnya di depan publik, ternyata selama ini Julie Estelle sudah kepincut dengan David Tjiptobiantoro.

Potret Kedekatan Julie Estelle dan David Tjiptobiantoro (sumber: instagram/davidtjipto)
Potret Kedekatan Julie Estelle dan David Tjiptobiantoro (sumber: instagram/davidtjipto)

4. Jalin hubungan cinta sejak tahun 2018, Steffi Zamora dan Philo Paz Armand jarang pamer kemesraan di sosial media.

Steffi Zamora dan Philo Paz Armand (Sumber: Instagram/@steffizamoraaa)
Steffi Zamora dan Philo Paz Armand (Sumber: Instagram/@steffizamoraaa)

5. Sempat menikah dengan Mohammad Abid Zia yang juga berprofesi sebagai pembalap pada tahun 2018, sayangnya rumah tangga keduanya harus kandas di tengah jalan.

Perjalanan Kehamilan Raya Kitty  (Sumber: Instagram/rayanurfitrird)
Perjalanan Kehamilan Raya Kitty (Sumber: Instagram/rayanurfitrird)

6. Setelah putus cinta dari Chef Juna, akhirnya Atries Angel pun melabuhkan cinta sejatinya kepada Eric Saputra, kini keduanya sudah resmi menikah.

Atries Angel (Sumber: Instagram/weddingmarket_id)
Atries Angel (Sumber: Instagram/weddingmarket_id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jakarta PSBB Transisi, Bioskop Boleh Buka dengan Syarat

Posted: 10 Oct 2020 10:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemprov DKI Jakarta memutuskan mengurangi kebijakan rem darurat dan kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi, mulai 12-25 Oktober 2020.

Dengan pelonggaran itu, maka beberapa aktivitas Indoor boleh kembali diperbolehkan beroperasi, salah satunya bioskop.

"Dengan pengaturan tempat duduk secara ketat," kata Anies dalam keterangan tertulis, Minggu (11/10/2020).

Aktivitas indoor yang dimaksud adalah bioskop, meeting, workshop, seminar, teater, akad nikah, pemberkatan, upacara pernikahan.

Namun, kegiatan tersebut baru dapat dibuka saat PSBB Transisi dengan syarat harus melalui pengajuan persetujuan teknis oleh pengelola gedung kepada Pemprov DKI.

Selain itu, terdapat enam syarat lainnya untuk dapat izin operasi sat PSBB Transisi, yakni:

- Maksimal 25% kapasitas.

- Jarak antar tempat duduk minimal 1,5 meter

- Peserta dilarang berpindah-pindah tempat duduk, atau berlalu- lalang (melantai)

- Alat makan-minum disterilisasi

- Pelayanan makanan dilarang dalam bentuk prasmanan

- Petugas memakai masker, face shield, dan sarung tangan.

Kasus Positif Melambat

Pemprov DKI Jakarta memutuskan mengurangi kebijakan rem darurat secara bertahap dan memasuki Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi, mulai 12 - 25 Oktober 2020. Keputusan ini merujuk hasil evaluasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 DKI Jakarta yang menyebutkan adanya pelambatan kenaikan kasus positif. 

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan, keputusan kembali ke PSBB Transisi didasarkan pada beberapa indikator, yaitu laporan kasus harian, kasus kematian harian, tren kasus aktif, dan tingkat keterisian RS Rujukan Covid-19.

"Yang terjadi selama satu bulan ini adalah kebijakan emergency brake (rem darurat) karena sempat terjadi peningkatan kasus secara tidak terkendali yang tidak diharapkan. Setelah stabil, kita mulai mengurangi rem tersebut secara perlahan, secara bertahap," ujar Anies pada Minggu (11/10/2020). 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Unik Pasangan di Inggris Gelar Resepsi Pernikahan dengan Banyak Tamu

Posted: 10 Oct 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta -  Situasi sulit terkadang membuat kita lebih kreatif. Begitu juga di masa pandemi corona Covid-19 yang membuat kita harus membatasi kegiatan di luar rumah, termasuk untuk menggelar pesta pernikahan.

Mereka yang ingin menikah di tengah pandemi harus menaati protokol kesehatan, seperti harus membatasi tamu yang datang. Jumlahnya pun beragam, tergantung peraturan pemerintah di negara atau daerah masing-masing.

Di Inggris misalnya, pemerintah hanya memperbolehkan masyarakat menggelar pesta pernikahan dengan maksimal tamu 15 orang. Yang menarik, ada pasangan berdarah India yang tinggal di Inggris, Roma Popat dan Vinal Patel, yang begitu kreatif dan menciptakan acara pernikahan dengan konsep bioskop drive-in.

Dilansir dari laman Mirror UK, 6 Oktober 2020, hal ini dilakukan agar semua anggota keluarga dan teman mereka bisa hadir tanpa menyalahi aturan. Digelar di Braxted Park, Chelmsford, Essex, Inggris, mereka berhasil mengundang 250 tamu. Semuanya wajib berada di dalam mobil yang diparkir di sebuah lapangan golf dengan jarak yang sudah ditentukan.

Roma dan Vinal kemudian menyediakan layar raksasa agar para tamu yang hadir bisa menyaksikan acara pernikahan mereka seperti sedang menonton bioskop drive-in. Tayangan ini juga disiarkan secara online agar 300 tamu lainnya bisa menonton dari rumah masing-masing di Kanada, Amerika Serikat, dan India.

Saat proses pernikahan selesai, pasangan ini keluar dari rumah yang tak jauh dari lapangan golf tersebut, lalu keliling naik mobil golf sambil melambaikan tangan disambut dengan keceriaan tamu yang ditunjukkan lewat klakson-klakson mobil yang sengaja dibunyikan.

Sewaktu para tamu baru datang mereka disambut dengan bingkisan berisi camilan, lengkap dengan instruksi keselamatan, hand sanitizer, dan plastik untuk tempat sampah. Selama menghadiri pernikahan yang berlangsung selama empat jam ini, para tamu undangan bisa memesan makanan melalui laman khusus yang dibuat untuk acara Roma dan Vinal.

Setelah itu, makanan akan diantarkan oleh pelayan ke mobil masing-masing. Para tamu hanya diperbolehkan keluar dari mobil kalau ingin pergi ke toilet umum yang sudah disediakan. Roma dan Vinal yang bekerja sebagai marketing executive dan konsultan IT ini sedianya akan menikah pada April 2020. Namun karena pandemi, mereka terpaksa harus menundanya hingga Oktober ini.  

Riset di Bioskop Drive-In

Cara Unik Pasangan di Inggris Gelar Resepsi Pernikahan dengan Banyak Tamu. (dok.Twitter @naomi2009/https://twitter.com/naomi2009/status/1314001566056304640/Henry)
Cara Unik Pasangan di Inggris Gelar Resepsi Pernikahan dengan Banyak Tamu. (dok.Twitter @naomi2009/https://twitter.com/naomi2009/status/1314001566056304640/Henry)

 

"Waktu itu kami tidak mengerti kondisi akan menjadi seperti ini, bahkan kami masih berharap bisa mengadakan resepsi pernikahan dengan mengundang 700 tamu seperti yang sudah direncanakan," ungkap Roma.

Sayangnya hal tersebut tidak terwujud, sehingga mereka harus mencari cara dan akhirnya menemukan ide kreatif dengan menikah ala bioskop drive-in.

"Banyak teman dan keluarga yang bilang akan menyaksikan pernikahan kami lewat video di rumah. Dari situ, kami berpikir untuk mengadakan pernikahan dengan konsep bioskop drive-in ini," terangnya.

Untuk memuluskan rencana mereka, Roma dan Vinal lebih dulu melakukan riset. Pasangan yang sudah bertunangan sejak Desember 2018 ini menonton bioskop drive-in untuk mempelajari sistemnya. Mereka memperhatikan hal-hal keci, mulai dari cara pesan makanan, cara parkir mobil agar sesuai aturan, sampai teknologi apa saja yang dibutuhkan.

Roma dan Vinal memang sangat menginginkan pernikahan mereka bisa dihadiri oleh seluruh keluarga dan teman karena keduanya datang dari keluarga yang besar. Dari sejumlah foto yang beredar di internet, acara pernikahan kreatif ala bioskop drive-in yang dibuat pasangan asal India ini sukses. Para tamu yang diundang hadir dan bahkan semuanya tampil rapi dan maksimal meski hanya berada di dalam mobil.

Infografis Gaun Pernikahan Raisa
Infografis Gaun Pernikahan Raisa

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Final NBA Gim Ke-6 Heat vs Lakers: Duel Jimmy Butler Lawan LeBron James

Posted: 10 Oct 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Miami Heat sukses menghidupkan asa mereka di NBA Finals 2020. Itu setelah Jimmy Butler dkk. memaksa Los Angeles Lakers memainkan gim keenam setelah menang dramatis di gim kelima yang digelar Sabtu (10/10/2020) pagi WIB.

Pada gim kelima, Heat menang 111-108. Padahal kekalahan di laga itu akan menamatkan perjalanan Heat di final dan Lakers bakal mengunci gelar juara NBA 2020.

Heat tertolong kecerobohan Markieff Morris yang salah mengumpan bola saat laga tersisa empat detik lagi. Morris tak melihat LeBron James dan malah mengumpan ke Anthony Davis.

Alhasil, bola kemudian keluar lapangan.

Di gim keenam, Heat juga tak boleh kalah. Jika sampai keok maka NBA Finals 2020 akan selesai dan Lakers yang menjadi juara.

Simak jadwal gim keenam NBA Finals 2020 di halaman berikutnya:

Jadwal

Pebasket Miami Heat, Andre Iguodala (nomor 28), merayakan kemenangan atas LA Lakers pada final NBA di Lake Buena Vista, Fla. (AP Photo/Mark J. Terrill)
Pebasket Miami Heat, Andre Iguodala (nomor 28), merayakan kemenangan atas LA Lakers pada final NBA di Lake Buena Vista, Fla. (AP Photo/Mark J. Terrill)

Senin, 12 Oktober 2020

06.30 WIB: Lakers vs Heat

Live Vidio

Jadwal Selanjutnya

* Rabu, 14 Oktober 2020

08.00 WIB: Heat vs Lakers

* jika dibutuhkan

Saksikan Video NBA di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terungkap, Natasha Wilona Sebenarnya Ingin Jadi Penyanyi

Posted: 10 Oct 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aktris Natasha Wilona mengungkap cita-citanya di industri hiburan tanah air. Bukan hanya di dunia seni peran, rupanya Natasha Wilona juga memiliki cita-cita menjadi penyanyi.

Namun cita-cita itu bukan dalam kehidupan nyata, melainkan saat Natasha Wilona memerankan tokoh Cahaya, salah satu karakter dalam sinetron terbaru SCTV berjudul Anak Band.

Ya, dalam sinetron tersebut Natasha Wilona menjadi seorang anak dari pedagang sayur, namun memiliki cita-cita menjadi anak band.

 

Peran

Natasha Wilona
Natasha Wilona

"Di sini aku berperan sebagai Cahaya. Orangnya pekerja keras, baik, pantang menyerah. Anak tukang sayur yang punya cita-cita jadi anak band," ungkap Natasha Wilona saat 3xtraOrdinary Meet & Greet sinetron Anak Band secara virtual, Sabtu (10/10/2020) sore.

 

Tantangan

Natasha Wilona
Natasha Wilona

Peran yang dimainkan Natasha Wilona ini rupanya memberikan tantangan tersendiri. Apalagi bagi dirinya yang bukan merupakan seorang musisi, namun mengharuskan tampil seperti anak band sungguhan.

"Part nyanyi sih kalau aku (yang susah). Lipsync itu jauh lebih susah kalau buat aku, ngatur nafasnya, mulutnya, sama liriknya, biar pas di tayangan," terangnya.

 

Alur

Walaupun sering bergonta-ganti gaya rambut, Natasha Wilona tetap cantik meski rambutnya hanya ditata sederhana. Seperti dibiarkan terurai panjang. Rambutnya yang lurus itu memberikan kesan elegan.(Liputan6.com/IG/@natashawilona12)
Walaupun sering bergonta-ganti gaya rambut, Natasha Wilona tetap cantik meski rambutnya hanya ditata sederhana. Seperti dibiarkan terurai panjang. Rambutnya yang lurus itu memberikan kesan elegan.(Liputan6.com/IG/@natashawilona12)

Di sinetron ini, Natasha Wilona beradu peran dengan Stefan William yang memerankan tokoh Gilang. Cahaya seolah mendapat keberuntungan saat tiba-tiba Gilang (Stefan William), vokalis The Junas, band favoritnya berlari meminta pertolongan agar Cahaya membantunya menghindar dari kejaran fansnya. Dari situ, kedekatan Cahaya dan Gilang pun mulai terjalin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Korban Banjir dan Longsor di Ciganjur Masih Dirawat di Rumah Sakit

Posted: 10 Oct 2020 10:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - 300 rumah di Jalan Damai, RT 04/RW 02, Kelurahan Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan diterjang banjir dan longsor pada Sabtu 10 Oktober 2020 malam. Akibat musibah itu, 1 orang meninggal dunia dan 2 orang terluka.

Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Mohammad Insaf mengatakan kedua korban yang luka masih dirawat di rumah sakit.

Dua korban banjir dan longsor ini merupakan perempuan berusia 50 dan 48 tahun. Keduanya tengah dirawat di Rumah Sakit Ali Sibroh Malisi, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

"Peristiwa longsor ini menelan korban jiwa, ibu hamil meninggal dan 2 orang korban masih dirawat di rumah sakit," kata Insaf saat dihubungi Merdeka, Minggu (11/10/2020).

Sementara, seorang korban yang meninggal dunia akibat banjir dan longsor merupakan seorang ibu berusia 45 tahun serta sedang hamil.

 

Penyebab

Insaf mengatakan, penyebab terjadinya longsor yaitu akibat tembok perbatasan kali di kawasan Melati Residen jebol. Curah hujan yang tinggi membuat air anak Kali Setu meluber dan tembok tidak bisa lagi menahan air.

"Karena curah hujan yang cukup tinggi, jadi tidak bisa menahan air dan jebol," kata Insaf.

Tim BPBD DKI Jakarta sedang menangani bekas longsoran yang menimpa perumahan Melati Residen.

"Beko sudah masuk menuju lokasi melalui perumahan melati residen," ujar Insaf.

Menurut dia, 100 warga Jalan Damai, RT 04/RW 02, Kelurahan Ciganjur yang terdampak longsor dan banjir, mengungsi ke tempat yang lebih aman. Pemprov DKI telah menyiapkan tiga lokasi sementara untuk pengungsian.

 

Reporter: Rifa Yusya Adilah

Sumber: Merdeka

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Hujan deras yang mulai mengguyur ibukota, seringkali menyebabkan banjir. Nah, kali ini De Liput akan berkisah tentang kluster banjir yang kemungkinan timbul di tempat pengungsian.
Hujan deras yang mulai mengguyur ibukota, seringkali menyebabkan banjir. Nah, kali ini De Liput akan berkisah tentang kluster banjir yang kemungkinan timbul di tempat pengungsian.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jakarta Kembali ke PSBB Transisi, Restoran dan Kafe Bisa Dine In

Posted: 10 Oct 2020 10:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemprov DKI Jakarta memutuskan mengurangi kebijakan rem darurat dan kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi, mulai 12 hingga 25 Oktober 2020.

Dengan penerapan PSBB Transisi tersebut, kegiatan di sektor industri, perdagangan, koperasi dan UMKM kembali diperkenankan beroperasi, dengan kapasistas 50 persen.

"Untuk pasar rakyat, mal, pertokoan restoran langsung beroperasi dengan kapasitas 50 persen," kata Anies dalam keterangan tertulis, Minggu (11/10/2020).

Sektor tersebut boleh beroperasi pukul 06.00-21.00 selama PSBB Transisi. Usaha makanan seperti restoran boleh kembali membuka layanan makan di tempat atau dine in.

Untuk restoran atau kafe, terdapat protokol lain yakni:

- Jarak antar meja dan kursi min 1,5 meter, kecuali untuk 1 domisili.

- Pengunjung dilarang berpindah-pindah atau berlalu-lalang (melantai).

- alat makan-minum disterilisasi secara rutin.

- Restoran yang memiliki izin TDUP live music/pub dapat menyelenggarakan live music dengan pengunjung duduk di kursi berjarak, tidak berdiri dan/atau melantai, serta tidak menimbulkan kerumunan.

- Pelayan memakai masker, face shield, dan sarung tangan.

Kasus Melambat

Pemprov DKI Jakarta memutuskan mengurangi kebijakan rem darurat secara bertahap dan memasuki Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi, mulai 12 - 25 Oktober 2020. Keputusan ini merujuk hasil evaluasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 DKI Jakarta yang menyebutkan adanya pelambatan kenaikan kasus positif. 

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan, keputusan kembali ke PSBB Transisi didasarkan pada beberapa indikator, yaitu laporan kasus harian, kasus kematian harian, tren kasus aktif, dan tingkat keterisian RS Rujukan Covid-19.

"Yang terjadi selama satu bulan ini adalah kebijakan emergency brake (rem darurat) karena sempat terjadi peningkatan kasus secara tidak terkendali yang tidak diharapkan. Setelah stabil, kita mulai mengurangi rem tersebut secara perlahan, secara bertahap," ujar Anies pada Minggu (11/10/2020). 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PSBB Transisi Jakarta, Perkantoran Boleh Kerja dari Kantor dengan 50 Persen Karyawan

Posted: 10 Oct 2020 10:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemprov DKI Jakarta memutuskan mengurangi kebijakan rem darurat dan kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi. PSBB transisi ini berlaku selama 12-25 Oktober 2020.

Adanya penerapan PSBB transisi tersebut, perkantoran di sektor non-esensial bisa beroperasi dengan pembatasan kapasitas karyawan. Kebijakan work from office di sektor ini berlaku dengan jumlah maksimal karyawan yang masuk 50 persen.

"Namun, semua perkantoran wajib mengikuti ketentuan protokol kesehatan tambahan," kata Anies dalam keterangannya, Minggu (11/10/2020).

Adapun lima protokol tambahan sebagai berikut:

1. Membuat sistem pendataan pengunjung di perusahaan yang sekurang-kurangnya terdiri dari nama pengunjung, Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor handphone, waktu berkunjung/bekerja. Sistem pendataan dapat berbentuk manual atau digital.

2. Menyerahkan data pengunjung secara tertulis kepada Pemprov DKI melalui Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (DTKTE) sebagai upaya penelusuran penyelidikan epidemiologi.

3. Melakukan penyesuaian jam kerja dan shift kerja dengan jeda minimal antar shift 3 (tiga) jam.

4. Memaksimalkan penggunaan teknologi dan/atau rekayasa engineering dalam melaksanakan aktivitaskerja serta untuk mencegah kerumunan atau kontak langsung selama PSBB transisi.

5. Bila ditemukan klaster (bekerja bersama, berinteraksi dekat) di sebuah tempat kerja, maka wajib melakukan penutupan tempat kerja selama 3 x 24 jam untuk desinfeksi.

Stabil

Sebelumnya, Anies menyampaikan, Jakarta kembali ke PSBB transisi didasarkan sejumlah indikator sebagai bahan pertimbangan, yaitu laporan kasus harian, kasus kematian harian, tren kasus aktif, dan tingkat keterisian RS Rujukan Covid-19.

"Yang terjadi selama satu bulan ini adalah kebijakan emergency brake karena sempat terjadi peningkatan kasus secara tidak terkendali yang tidak diharapkan. Setelah stabil, kita mulai mengurangi rem tersebut secara perlahan, secara bertahap. Kami perlu tegaskan bahwa kedisiplinan harus tetap tinggi sehingga mata rantai penularan tetap terkendali dan kita tidak harus melakukan emergency brake kembali," kata Anies.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Cara Mengobati Masuk Angin, Ketahui Gejalanya

Posted: 10 Oct 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Masuk angin merupakan kondisi ketika tubuh melemah, meriang, panas, pusing, batuk, dan pilek. Banyak orang menyebut kondisi seperti ini disebabkan oleh banyaknya angin di dalam tubuh. Sementara cara mengobati masuk angin ini konon diterapkan untuk menghilangkan angin yang ada di dalam tubuh. Padahal sebenarnya tidak demikian.

Secara medis, masuk angin tidak memiliki penyebab pasti. Begitu juga tidak mungkin pula secara tiba-tiba angin masuk ke dalam tubuh manusia. Kondisi masuk angin ini lebih mendekati gejala flu like symptoms. Hingga cara mengobati masuk angin inipun lebih mengarah ke sana.

Flu like symptoms merupakan gejala awal adanya infeksi virus atau common cold. Selain infeksi virus, biasanya penderitanya akan mengalami dispepsia atau sering bersendawa karena masalah pencernaannya. Nah, untuk bisa segera pulih, praktikkan cara mengobati masuk angin ini.

Berikut Liputan6.com ulas cara mengobati masuk angin dari berbagai sumber, Minggu (11/10/2020).

Cara Mengobati Masuk Angin

Ilustrasi air putih | Pexles
Ilustrasi air putih | Pexles

Air Putih

Air putih memang cocok dipakai untuk mengobati masuk angin. Air putih akan membuat tubuh lebih terhidrasi. Masuk angin biasanya disebabkan oleh dehidrasi. Dehidrasi inilah yang akan membuat infeksi virus dan bakteri lebih mudah terjadi.

Air putih dapat membantu melongsongkan pernapasan. Menghidrasi dengan baik, melancarkan pencernaan, dan mempermudah oksigen diedarkan ke seluruh tubuh. Kesembuhan masuk angin bisa lebih mudah didapat jika asupan cairan dalam tubuh tercukupi.

Hindari konsumsi bersoda, apalagi minuman beralkohol. Ada kalanya mulut terasa pahit sehingga saat masuk angin enggan untuk minum air putih. Maka siasati dengan sup sayur hangat. Sup hangat bisa dikonsumsi untuk memenuhi nutrisi dalam tubuh.

Rempah

Rempah bisa dipakai untuk mengobati masuk angin. Jika tidak suka dengan cita rasa khas rempah, tambahkan dengan madu agar lebih nikmat dikonsumsi. Madu mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga masalah masuk angin bisa disembuhkan secara alami.

Rempah yang dimaksud adalah jahe, pala, kayu manis, dan lain sebagainya. Campurkan bahan-bahan ini dengan madu. Mampu melegakan saluran pernapasan dan melancarkan peredaran darah. Jika meriangnya disertai batuk, ramuan rempah ini juga cocok dikonsumsi untuk melegakannya.

 

Cara Mengobati Masuk Angin

Ilustrasi Bawang Putih (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)
Ilustrasi Bawang Putih (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Bawang

Bawang bisa dipakai untuk mengobati masuk angin. Bukan dikonsumsi tetapi digunakan untuk kerokan. Terutama buat yang enggak tahan kerokan dengan koin. Bisa gunakan bawang merah atau bawang putih.

Iris bawang putih besar-besar, lalu gosokkan salah satu bagiannya ke punggung untuk kerokan. Agar lebih licin dan enggak perih, bisa tambahkan minyak essensial untuk kerokan. Selain enggak bikin kulit sakit, minyak essensial juga akan menghangatkan badan.

Tak hanya gunakan bawang putih, tetapi bisa gunakan bawang merah juga. Terutama buat kulit tubuhnya tipis dan gampang lecet. Hanya perlu mengiris bawang merah yang dilumasi dengan minyak essensial. Kerokan dengan bawang akan membantu merelaksasi dan melancarkan peredaran darah.

Jahe

Mengonsumsi air seduhan jahe hangat bisa membantu meringankan gejala masuk angin. Jahe kaya kandungan antioksidan yang sangat baik untuk melancarkan sistem peredaran darah. Selain melancarkan peredaran darah, jahe juga bisa menghangatkan tubuh.

Bagi yang tengah mengalami masuk angin disertai perut kembung, cocok sekali mengonsumsinya. Sementara bagi yang masuk angin disertai flu atau pilek bisa meredakan dengan mengonsumsi jahe hangat ini. Hirup aroma hangatnya dan minum perlahan.

Cara Mengobati Masuk Angin

Ilustrasi sup | Ponyo Sakana dari Pexels
Ilustrasi sup | Ponyo Sakana dari Pexels

Mandi Air Hangat

Melancarkan peredaran darah bisa dengan mandi air hangat. Peredaran darah yang lancar sangat baik untuk pemulihan masalah masuk angin. Uap yang dihasilkan dari ait hangat dapat membantu melancarkan peredaran darah, merelaksasi, dan melegakan saluran pernapasan.

Masuk angin juga identik dengan masalah otot. Mulai dari pegal-pegal dan lemas. Nah, mulailah mandi dengan air hangat untuk mengatasinya. Setelah itu gunakan untuk beristirahat dengan mengoleskan salep atau minyak essensial yang bisa menghangatkan.

Makan Bergizi

Mulailah mengonsumsi makanan bergizi ketika sedang masuk angin. Meski sebenarnya saat masuk angin perut cenderung kembung dan bikin enggak nafsu makan. Meski begitu, paksakan tubuh untuk mengonsumsi makanan bergizi.

Kurang konsumsi makanan bergizi justru akan memperparah masalah masuk angin. Organ tubuh yang tidak mendapat asupan nutrisi seimbang akan semakin berdampak buruk bagi kesehatan. Jangan pula terlambat makan, pastikan tetap konsumsi makanan tiga kali sehari.

Konsumsi makanan kaya vitamin dan mineral. Mulai dari dada ayam sampai sayur dan buah-buahan. Dada ayam bisa dibuat menjadi sup hangat. Kemudian dicampur dengan sayuran. Sebelum mengonsumsi makanan berat, buka dulu dengan konsumsi buah-buahan.

Cara Mengobati Masuk Angin

Ilustrasi istirahat | Pexels
Ilustrasi istirahat | Pexels

Istirahat

Tubuh yang sedang lemas karena masuk angin memang harus diistirahatkan. Tak hanya mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi. Beristirahat dengan waktu yang cukup adalah kunci kesehatan jasmani.

Hilangkan kebiasaan buruk tidur tengah malam. Hindari juga terlalu sering bermain ponsel sampai menjelang subuhan. Pakai ponsel secukupnya, istirahatkan tubuh dan pikiran paling tidak 7-8 jam untuk tidur malam.

Sementara saat bekerja, pastikan istirahatkan tubuh dengan benar. Isi dengan makan siang. Jika memiliki lebih banyak waktu, ajak mata terpejam sebenar paling tidak selama 15 menit saja. Jika sedang benar-benar tidak enak badan, lebih baik hindari berbagai aktivitas padat dan beristirahatlah secara total.

Suplemen

Mulailah konsumsi suplemen, misalnya suplemen vitamin C dan vitamin A untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tanpa sistem kekebalan tubuh yang baik maka masalah masuk angin lebih mudah menghampiri. Sementara bagi yang sudah terlanjur masuk angin, mulailah lebih rutin mengonsumsi.

Suplemen akan membantu pemulihan tubuh meriang lebih maksimal dilakukan. Tak ada obat untuk mengatasi masalah masuk angin. Pengobatan simptomatik sebenarnya sudah sangat mencukupi. Misalnya saja dengan menurunkan demam, anti-mual, anti-nyeri untuk sakit kepala, dan lain-lain.

Gejala dan Diagnosis Masuk Angin

Ilustrasi Demam dan Sakit Kepala | Credit: pexels.com/pixabay
Ilustrasi Demam dan Sakit Kepala | Credit: pexels.com/pixabay

Gejala Masuk Angin

Terdapat beberapa kumpulan gejala yang sering diartikan sebagai masuk angin. Pengertian gejala masuk angin antara seseorang dengan yang lainnya pun dapat berbeda dan bervariasi. Namun, gejala masuk angin yang sering kali dikeluhkan antara lain:

- Demam

- Menggigil

- Keringat dingin

- Kembung

- Sering buang gas (kentut)

- Sering bersendawa

- Pilek

- Mual dan muntah

- Nafsu makan menurun

- Sakit kepala

- Lemas

Diagnosis Masuk Angin

Seseorang umumnya mudah menyampaikan dirinya terkena masuk angin, terutama berdasarkan tanda dan gejala yang dirasakan. Tidak ada pemeriksaan penunjang yang memastikan diagnosis masuk angin.

Namun, jika Anda melakukan pemeriksaan ke dokter kemungkinan tidak akan mendapatkan diagnosis masuk angina. Bisa jadi, dokter akan memberikan diagnosis berupa keadaan lain yang gejalanya paling menyerupai gejala yang Anda rasakan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming SCTV Film Layar Lebar Indonesia: Something in Between yang Dibintangi Jefri Nichol, Minggu 11 Oktober 2020

Posted: 10 Oct 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Minggu (11/10/2020) siang kali ini giliran film Something in Between yang hadir di layar SCTV.

Seperti biasa film layar lebar Indonesia ditayangkan mulai pukul 12.30 WIB setiap akhir pekan, Something in Between dibintangi Jefri Nichol dan Amanda Rawless,

Saksikan Something in Between via live streaming dengan klik tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Sembarangan, Ini Langkah Aman untuk Modifikasi Jok Motor

Posted: 10 Oct 2020 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Melakukan modifikasi, adalah salah satu cara untuk membuat tampilan kendaraan makin keren. Begitu juga bagi pemilik motor yang melakukan ubahan jok agar lebih sesuai dengan karakteristik si empunya roda dua tersebut.

Tapi yang perlu digarisbawahi, aktivitas memodifikasi motor tetap harus dilakukan dengan benar, tidak mengurangi kenyamanan, dan tentunya mengedepankan unsur keselamatan dan keamanan.

Menurut Safety Riding Dept. Head PT Astra Honda Motor (AHM) Johannes Lucky, sebenarnya jok dengan spesifikasi standar bawaan pabrik adalah yang paling sesuai. Hal ini karena jok sudah melewati proses standarisasi dan pengetesan dari beberapa aspek, mulai kenyamanan hingga sisi safety.

"Namun jika ingin memodifikasi, ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan pengguna sepeda motor. Terdapat beberapa poin yang akan berubah saat kita mengganti jok standar dengan model lain atau peranti modifikasi," kata Lucky, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Sabtu (10/10/2020).

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat kita memutuskan untuk memodifikasi jok sepeda motor:

 

 

Tebal-tipis Jok

Secara batasan, sebenarnya tidak ada ukuran baku, karena beda desain sepeda motor akan berbeda pula model dan ketebalan jok.

Hal ini karena tebal ataupun tipisnya jok akan sangat memengaruhi posisi berkendara dan kenyamanan saat sepeda motor dikendarai. Ukuran ketebalan jok wajib disesuaikan dengan aspek kenyaman dan keselamatan.

 

Tekstur atau Bahan

Tekstur lapisan jok wajib lentur dengan bahan dasar tidak licin saat diduduki oleh pengendara. Jok yang licin akan berdampak pada kenyamanan dan juga berpengaruh pada keselamatan.

Bisa dirasakan pada saat pengereman, jok yang licin menyebabkan pengendara mudah bergerak ke depan, sehingga proses pengereman menjadi tidak maksimal karena posisi duduk pengendara sudah tidak ideal untuk melakukan pengereman. Sedangkan lapisan jok yang tidak lentur akan mudah sobek dan merusak bagian jok lainnya, seperti busa.

"Kalau lapisan jok sudah sobek, air akan mudah masuk melalui lapisan tersebut. Saat terjadi endapan air pada busa dalam waktu yang lama, maka struktur busa akan berubah menjadi keras dan mengganggu kenyamanan saat berkendara," jelas Lucky.

 

 

Ergonomi

Ketika kita memodifikasi jok sepeda motor, secara ergonomi akan berubah. Contohnya, saat kita melakukan penipisan pada busa jok, maka posisi berkendara akan berubah di bagian lutut, siku dan pandangan. Begitu pula sebaliknya, saat kita menebalkan atau meninggikan jok, posisi pinggul kita akan lebih naik dibandingkan dengan penggunaan jok standar.

"Perubahan tersebut akan menyebabkan pengendara tidak nyaman, dan mudah lelah saat berkendara, serta dapat berdampak negatif pada kestabilan dan kenyamanan berkendara," tegas Lucky.

Pengaruh mengganti jok pada keseimbangan dan kestabilan memang cukup besar. Tidak disarankan memodifikasi jok bagian belakang dibuat lebih tinggi dari jok bagian depan.

Hal ini menyebabkan tubuh pembonceng melebihi pengendara, dan tentu saja akan berdampak negatif terhadap aerodinamika kendaraan.

Infografis Pilihan:

motor listrik lebih murah dalam perawatan, tapi tidak untuk baterai (liputan6.com/abdillah)
motor listrik lebih murah dalam perawatan, tapi tidak untuk baterai (liputan6.com/abdillah)

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Covid-19 Melambat, Jakarta Kembali ke PSBB Transisi

Posted: 10 Oct 2020 10:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemprov DKI Jakarta memutuskan mengurangi kebijakan rem darurat secara bertahap dan memasuki Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi, mulai 12 - 25 Oktober 2020. Keputusan ini merujuk hasil evaluasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 DKI Jakarta yang menyebutkan adanya pelambatan kenaikan kasus positif. 

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan, keputusan kembali ke PSBB Transisi didasarkan pada beberapa indikator, yaitu laporan kasus harian, kasus kematian harian, tren kasus aktif, dan tingkat keterisian RS Rujukan Covid-19.

"Yang terjadi selama satu bulan ini adalah kebijakan emergency brake (rem darurat) karena sempat terjadi peningkatan kasus secara tidak terkendali yang tidak diharapkan. Setelah stabil, kita mulai mengurangi rem tersebut secara perlahan, secara bertahap," ujar Anies pada Minggu (11/10/2020). 

Anies menegaskan kedisiplinan harus tetap tinggi sehingga mata rantai penularan tetap terkendali dan emergency brake tidak diberlakukan kembali.

Anies menjelaskan, grafis penambahan kasus positif dan kasus aktif harian mendatar (stabil) sejak dilakukan PSBB ketat, yaitu 13 September 2020. Kemudian, terdapat tanda awal penurunan kasus positif harian dalam 7 hari terakhir.

Anies menjelaskan, pada periode 26 September sampai 9 Oktober 2020, kembali terjadi penurunan dari kondisi 14 hari sebelumnya, di mana jumlah kasus positif meningkat 22% atau sebanyak 15.437 kasus, dibanding sebelumnya meningkat 31 % atau sebanyak 16.606 kasus.

Sedangkan, kasus aktif meningkat hanya 3,81% atau sebanyak 492 kasus, dibanding sebelumnya meningkat 9,08% atau 1.074 kasus. "Sejak akhir September hingga awal Oktober jumlah kasus aktif harian mulai konsisten mendatar, menunjukkan adanya perlambatan penularan," terangnya.

 

Angka Kematian Turun

Sementara itu, jumlah kasus meninggal 7 hari terakhir sebanyak 187 orang, sedangkan minggu sebelumnya sebanyak 295 orang.

Anies menambahkan, hasil pengamatan 2 minggu terakhir, terjadinya penurunan kejadian kematian pada kasus terkonfirmasi positif. Penurunan ini terlihat sejak 24 September 2020 sampai dengan saat ini.

Tingkat kematian atau CFR Jakarta juga terus menurun hingga ke angka 2,2% saat ini. Laju kematian juga menurun, prediksi tanpa PSBB ketat, kematian harian kasus positif di Jakarta saat ini mencapai 28 per hari, saat ini lajunya 18 per hari.

"Walaupun demikian, kematian harus dilihat dari angka absolut dan ditekan serendah mungkin hingga angka 0," imbuhnya.

Seain itu, Pergerakan penduduk semenjak PSBB ketat terlihat menurun signifikan pada tempat rekreasi, taman, dan perumahan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Realme Berambisi Raih Top 3 Merek Smartphone di Indonesia

Posted: 10 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Realme kian menegaskan komitmennya hadir di pasar Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, perusahaan ini memiliki ambisi untuk masuk dalam daftar tiga besar smartphone di Indonesia.

Ambisi itu tidak lepas dari capaian Realme yang berhasil menduduki peringkat empat besar di kuartal pertama tahun ini. Karenanya, perusahaan berani untuk menetapkan tujuan tersebut.

Selain itu, sejak pertama kali hadir di Indonesia dua tahun lalu, produk Realme mendapat sambutan yang antusias. Hal itu dapat dilihat dari pertumbuhan penjualan.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Minggu (11/10/2020), sejak kuartal pertama 2019 hingga kuartal ketiga 2020, Realme mencatat telah mengalami peningkatan pangsa pasar dari 1,4 persen menjadi 16 persen.

Oleh sebab itu, perusahaan memproyeksikan mampu meraih pangsa pasar lebih tinggi lagi di akhir kuartal keempat 2020. Realme juga mengungkap smartphone seri angka menjadi produk yang paling diminati di pasar Indonesia.

Namun Realme tidak hanya fokus ke smartphone, tapi juga membangun ekosistem produk AIoT dengan cepat. Saat ini, perusahaan asal Tiongkok itu sudah memiliki sejumlah perangkat AIoT, yang hadir di Indonesia, seperti smart audio, smart wearable, hingga smart TV.

Pertumbuhan penjualan produk AIoT juga meningkat hingga 1.554,4 persen di kuartal pertama hingga kuartal ketiga 2020. Untuk itu, perusahaan menargetkan kontribusi penjualan AIoT dapat mencapai 30 persen dari total penjualan smartphone di Indonesia.

Realme 7 Pro Siap Hadir di Indonesia, Usung Pengisian Daya 65W

Realme 7 Pro (screenshot via GSM Arena)
Realme 7 Pro (screenshot via GSM Arena)

Di sisi lain, Realme baru saja mengumumkan akan meluncurkan smartphone terbarunya di pasar Indonesia, setelah merilis Realme 7 dan Realme 7i. Kali ini, perusahaan asal Tiongkok itu akan merilis Realme 7 Pro ke pasar Tanah Air.

Seperti biasa, varian Pro dari seri angka Realme selalu dibekali dengan fitur flagship, tak terkecuali di smartphone ini. Untuk Realme 7 Pro, perangkat ini hadir dengan fitur SuperDart Charge 65W yang membuatnya memiliki solusi pengisian daya tercepat di seluruh produk Realme.

"Hari ini, tim kami sangat bangga mengumumkan bahwa Realme 7 Pro dengan 65W SuperDart Charge akan diluncurkan di Indonesia pada 14 Oktober melalui live streaming," tutur Marketing Director Realme Indonesia, Palson Yi, dalam keterangan resmi yang diterima, Senin (5/10/2020).

Selain kehadiran SuperDart Charge 65W, smartphone ini memiliki layar Super AMOLED dan menjadi yang pertama di seri angka Realme. Ada pula kamera selfie 32MP dan fitur NFC yang memang hadir untuk memenuhi kebutuhan pengguna di Indonesia.

Untuk kebutuhan fotografi, Realme 7 Pro hadir  dengan konfigurasi empat kamera dan lensa utama beresolusi 64MP. Bersama dengan smartphone ini, Realme juga akan meluncurkan Realme C17 di tanggal yang sama.

Menurut informasi, Realme C17 akan menjadi model pertama seri C dari Realme yang memiliki Ultra Smooth Display 90Hz. Sayang informasi mengenai harga kedua smartphone ini baru diungkap nanti saat peluncuran.

Realme 7 Pro Dapat Pembaruan Software Pertama

Boks Penjualan Realme 7 Pro (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)
Boks Penjualan Realme 7 Pro (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Realme 7 Pro sendiri sebenarnya telah diumumkan pada bulan lalu di India. Namun, Realme sudah merilis pembaruan pertama untuk smartphone tersebut.

Dilansir GSM Arena, Selasa (8/9/2020), pembaruan itu hadir dengan nomor RMX2170_11_A.11. Realme sekaligus menghadirkan patch keamanan Android optimalisasi performa kamera.

Selain itu, Realme juga mengatasi beberapa bug dan mengoptimalkan status ikon "Mute-Bell-Vibrate."

Realme 7 Pro akan memiliki layar Super AMOLED 6,4 inci. Smartphone ini juga hadir dengan kamera in-display sehingga membuat rasio layar lebih besar. 

Selain konfigurasi quad-camera terbaru, realme 7 Pro juga hadir dengan tiga filter malam paling anyar, yakni Cyberpunk, Flamingo dan Modern Gold. 

(Dam/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pernah Positif COVID-19, Lita Andalkan Masker untuk Jaga Keluarga dari Paparan Penyakit

Posted: 10 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Made Rossalita Mirah Utami, penyintas COVID-19, mengatakan bahwa ia selalu mengingatkan keluarganya untuk menjaga diri dari terkena penyakit tersebut, khususnya dengan menjaga kebersihan.

Wanita yang akrab disapa Lita mengatakan bahwa sejak awal adanya pandemi COVID-19, ia dan sang suami sudah mengajarkan anaknya untuk mulai terbiasa menggunakan masker.

"Dia belum mengerti kenapa harus pakai masker. Cuma kami menerapkan dari pertama kali COVID-19 itu selalu kalau kita jalan, kita harus pakai masker. Jadi dia melihat," kata Lita dalam siaran dialog dari Graha BNPB beberapa waktu lalu, dikutip Minggu (11/10/2020).

"Kita harus selalu konsisten pada anak, kalau keluar itu pakai masker, sama saja dengan hal kecil, kalau keluar itu harus pakai sendal."

Ia mengatakan, apabila sang anak belum menggunakan masker ketika mereka akan keluar rumah, Lita mengingatkan buah hatinya dan mengatakan bahwa mereka tak jadi pergi jika tak memakai masker.

"Jadi anak itu akan melihat bahwa bapak ibunya memakai masker, kakek dan neneknya pada saat datang itu mencuci tangan, pakai masker, atau pergi pakai masker, dia jadi ikut serta, dia sekarang pun mengerti."

Sementara, bagi orangtuanya, Lita dan sang kakak yang merupakan seorang dokter selalu mengingatkan mereka untuk menggunakan masker serta mandi setelah keluar rumah.

"Jadi saya, kakak, dan adik saya, selalu aware, kalau keluar rumah tidak boleh lebih dari satu atau dua jam. Kalau ke pasar, langsung pulang langsung mandi, kalau mandi harus keramas baru ganti baju, dan (pakaian) langsung dicuci," ujarnya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Pengalaman Terkena COVID-19

Made Rossalita Mirah Utami dalam siaran dialog dari Graha BNPB, Jakarta (Tangkapan Layar Youtube BNPB Indonesia)
Made Rossalita Mirah Utami dalam siaran dialog dari Graha BNPB, Jakarta (Tangkapan Layar Youtube BNPB Indonesia)

Bercerita mengenai pengalamannya terkena virus corona, Lita menceritakan bahwa ia segera melakukan isolasi mandiri, bahkan ketika hasil tes cepatnya dinyatakan baru reaktif COVID-19.

Ia juga memindahkan sang anak ke rumah orangtuanya. "Jadi saya bersama dengan suami, isolasi mandiri, walaupun hasil swab belum keluar,"

Sang suami dinyatakan negatif dari COVID-19, ia pun lalu memberitahu RT dan RW di lingkungan sekitarnya. Dari situ, Puskesmas setempat pun mendapatkan laporan untuk kemudian melakukan pemeriksaan, pelacakan kontak, memberikan vitamin serta informasi kepada mereka.

Meski harus berpisah dengan sang anak yang masih berusia satu setengah tahun, namun Lita mengatakan hal tersebut harus dilakukan demi memutus penyebaran penyakit tersebut dan mencegah keluarganya tertular.

"Agar semuanya sehat, COVID-19 ini langsung putus, jadi lebih baik kita tidak bertemu dulu daripada menyebar kemana-mana," ujarnya.

Menurut Lita, dukungan keluarga, teman, dan lingkungan penting bagi pasien COVID-19 yang tengah melakukan perawatan atau isolasi. "Jadi lebih ke support bahwa ini bukan aib. Tidak ada yang mau positif COVID-19, semua tidak ada yang mau, tetapi bukan aib.

"Jadi tolong bagi orang-orang yang masih belum terbuka wawasannya, positif COVID-19 itu bisa sembuh asalkan kita menjaga imun, melakukan kebersihan 3M, menjaga jarak itu."

"Pada saat selesai atau sudah negatif hasil swab-nya, itu jangan dijauhi, mereka sudah tidak ada apa-apa, sudah sehat."

Infografis 3M Turunkan Risiko Covid-19 Berapa Persen?

Infografis 3M Turunkan Risiko Covid-19 Berapa Persen? (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 3M Turunkan Risiko Covid-19 Berapa Persen? (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Pidato Publik Pertama Donald Trump Usai Dinyatakan Pulih dari COVID-19

Posted: 10 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Washington D.C - Donald Trump telah menyampaikan pidato di depan pendukungnya yang bersorak di Gedung Putih dalam penampilan publik pertamanya sejak dirawat di rumah sakit.

Mengutip laman BBC, Minggu (11/10/2020), presiden, yang mengatakan dia tidak lagi minum obat melawan COVID-19, mengatakan kepada orang banyak bahwa dia "merasa hebat".

Pertemuan Gedung Putih yang digelar hari Sabtu tersebut sebagian diorganisir oleh sebuah yayasan bernama "Blexit", yang bertujuan untuk mendapatkan pemilih kulit hitam dan Latin untuk mendukung partai Republik.

Presiden, yang melepas maskernya ketika dia mulai berbicara, mencerca Biden dan menggambarkan program Demokrat sebagai "di luar sosialisme - Komunis, itu benar". 

Trump mengulangi pernyataan sebelumnya bahwa dia telah berbuat lebih banyak untuk komunitas kulit hitam daripada presiden mana pun sejak Abraham Lincoln.

Meskipun ini bukan acara kampanye resmi, ia menyinggung banyak poin pembicaraan utamanya, seperti ekonomi, tembok perbatasan, dan pemungutan suara melalui pos.

Presiden juga mengatakan bahwa tembok yang direncanakannya di sepanjang perbatasan 2.000 mil dengan Meksiko akan segera selesai.

Tak hanya itu, Trump mengatakan bahwa virus corona "menghilang". 

Sesaat sebelum dia berpidato, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS melaporkan 58.302 kasus baru dalam 24 jam terakhir.

Kondisi Trump

Presiden AS Donald Trump keluar dari Walter Reed National Military Medical Center di Bethesda, Maryland pada Senin (5/10/2020). Donald Trump meninggalkan rumah sakit tempat dia dirawat karena Covid-19 dan langsung kembali ke Gedung Putih yang sedang menjadi kluster infeksi baru (AP Photo/Evan Vucci)
Presiden AS Donald Trump keluar dari Walter Reed National Military Medical Center di Bethesda, Maryland pada Senin (5/10/2020). Donald Trump meninggalkan rumah sakit tempat dia dirawat karena Covid-19 dan langsung kembali ke Gedung Putih yang sedang menjadi kluster infeksi baru (AP Photo/Evan Vucci)

Gedung Putih belum memberikan informasi terbaru tentang kesehatan presiden sejak Kamis.

Tidak jelas apakah presiden tetap dapat menularkan virus setelah tiga hari dirawat di rumah sakit dengan COVID-19.

Jajak pendapat menunjukkan bahwa Biden memiliki keunggulan satu digit atas Trump dan jajak pendapat ABC News / Ipsos menemukan bahwa hanya 35% orang Amerika yang menyetujui cara Trump menangani krisis virus corona baru.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perkiraan Susunan Pemain Bosnia vs Belanda: Adu Tajam Dzeko dan Depay

Posted: 10 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bosnia-Herzegovina baru saja takluk dari Irlandia Utara di play-off kualifikasi Piala Eropa, Jumat kemarin (9/10/2020). Mereka kalah adu penalti 3-4 setelah bermain imbang 1-1 di waktu normal dan extra time.

Bosnia-Herzegovina sepertinya tak mempermasalahkan kekalahan itu. Karenanya tidak mengherankan jika Dusan Bajevic bertahan dengan sebagian besar starting XI untuk menghadapi Belanda di matchday 3 UEFA Nations League 2020/2021 Liga A Grup 1 di Stadion Bilino Polje, Zenica, Minggu malam WIB (11/10/2020).

Edin Dzeko dengan nyaman masih menjadi pencetak gol terbanyak Bosnia dengan 59 gol. Dan, kini dia harus kembali memimpin lini depan, bersama Krunic dan Edin Visca yang juga akan terus berada di posisi menyerang.

Gelandang Barcelona Miralem Pjanic kemungkinan akan tampil di lini tengah. Sementara Amir Hadziahmetovic berharap untuk mendapatkan penampilan keempatnya untuk tim nasional.

Bosnia Herzegovina sangat memerlukan 3 angka di laga ini. Bayang-bayang degradasi ke Liga 2 semakin dekat apabila hasil minor kembali didapat. Apalagi dalam laga selanjutnya mereka juga akan menghadapi lawan yang tak mudah, Polandia.

Bikin Perubahan

Pelatih Belanda Frank de Boer (kanan) berbincang dengan para pemainnya saat sesi latihan timnas Belanda di Zeist (5/10/2020). Belanda sedang mempersiapkan pertandingan eksibisi melawan Meksiko kemudian akan bertemu dengan Bosnia dan Herzegovina dan Italia di Lhe Nations League. (AFP/ANP/Olaf Kraak)
Pelatih Belanda Frank de Boer (kanan) berbincang dengan para pemainnya saat sesi latihan timnas Belanda di Zeist (5/10/2020). Belanda sedang mempersiapkan pertandingan eksibisi melawan Meksiko kemudian akan bertemu dengan Bosnia dan Herzegovina dan Italia di Lhe Nations League. (AFP/ANP/Olaf Kraak)

Sementara pelatih Belanda, Frank de Boer, diharapkan membuat perubahan tim yang tampil saat melawan Meksiko, dengan Jasper Cillessen, Frenkie de Jong, Nathan Ake dan Luuk de Jong berpotensi masuk ke tim utama.

Seperti diketahui, Belanda baru saja menelan kekalahan. Virgil van Dijk dan kawan-kawan menyerah 0-1 dalam uji coba melawan Meksiko.

Memphis Depay memulai dari tengah tetapi dia harus bisa bergerak ke kiri pada laga nanti, dengan Quincy Promes berpotensi diberi start di sebelah kanan.

Pemain Manchester United, Donny van de Beek, harus kembali tampil di lini tengah. Pasangan Liverpool Virgil van Dijk dan Georginio Wijnaldum kemungkinan akan mempertahankan tempat utama.

Perkiraan Susunan Pemain

Penyerang timnas Italia, Ciro Immobile (kiri) berebut bola dengan pemain Belanda, Frenkie de Jong pada lanjutan UEFA Nations League Grup 1 Liga 1 di Johann Cryuff Arena, Senin (7/9/2020). Italia menang 1-0 saat berkunjung ke markas Belanda. (AP Photo/Peter Dejong)
Penyerang timnas Italia, Ciro Immobile (kiri) berebut bola dengan pemain Belanda, Frenkie de Jong pada lanjutan UEFA Nations League Grup 1 Liga 1 di Johann Cryuff Arena, Senin (7/9/2020). Italia menang 1-0 saat berkunjung ke markas Belanda. (AP Photo/Peter Dejong)

Bosnia-Herzegovina (4-3-3): Sehic; Cipetic, Ahmedhodzic, Sanicanin, Nastic; Hotic, Loncar, Pjanic; Visca, Dzeko, Krunic.

Pelatih: Dusan Bajevic.

Belanda (4-3-3): Cillessen; Blind, van Dijk, de Vrij, Hateboer; de Jong, van de Beek, Wijnaldum; Promes, Memphis Depay, Bergwijn.

Pelatih: Frank de Boer.

5 Laga Terakhir Bosnia-Herzegovina

15-11-2019 Bosnia-Herzegovina 0-3 Italia (Kualifikasi Euro)

18-11-2019 Liechtenstein 0-3 Bosnia-Herzegovina (Kualifikasi Euro)

04-09-2020 Italia 1-1 Bosnia-Herzegovina (UNL)

07-09-2020 Bosnia-Herzegovina 1-2 Polandia (UNL)

08-10-2020 Bosnia-Herzegovina 1-2 Irlandia Utara (Play-off Kualifikasi Euro).

5 Laga Terakhir Belanda

16-11-2019 Irlandia Utara 0-0 Belanda (Kualifikasi Euro)

19-11-2019 Belanda 5-0 Estonia (Kualifikasi Euro)

05-09-2020 Belanda 1-0 Polandia (UNL)

08-09-2020 Belanda 0-1 Italia (UNL)

08-10-2020 Belanda 0-1 Meksiko (Friendly).

Simak Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Babinsa Bertugas saat Pandemi COVID-19

Posted: 10 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tim gabungan bersama bertugas untuk menangani COVID-19. Tim gabungan itu mulai dari pihak kepolisian, TNI, Satpol PP, Bhabinkamtibmas, RT, RW, tenaga medis dan instansi terkait untuk membantu atasi pandemi.

Di Kediri, Bintara Pembina Desa (Babinsa) menjadi salah satu petugas di garis depan dalam menjaga masyarakat saat pandemi COVID-19. Bhabinsa hadir langsung bersama Bhabinkamtibmas, Satpol PP, RT, RW,tenaga medis, dan instansi terkait di Kota Kediri, Jawa Timur. 

"Memang jam kerjanya jadi lebih banyak. Biasanya dari jam 08.00 WIB sampai jam 17.00 WIB, pada saat COVID-19 saya balik lagi untuk patroli. Habis Maghrib, nanti sampai jam 23.00 WIB," ujar Pelda Edi Sugianto (41 tahun), Babinsa Kelurahan Burengan, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri di Kediri, seperti dikutip dari Antara, ditulis Minggu, (11/10/2020). 

Edi menuturkan, tugas Babinsa bersama dengan instansi lain yang ada di lapangan adalah menjaga masyarakat agar tetap merasa aman pada saat pandemi.

Selain itu, juga memastikan instruksi dari Pemkot Kediri yang mengacu pada instruksi nasional dilaksanakan, contohnya pelaksanaan protokol kesehatan.

"Kalau masyarakat di Kota Kediri relatif tidak ada gejolak. Misal sampai mengucilkan warga yang positif atau menolak pemakaman di wilayah Kota Kediri tidak ada. Hanya soal kedisiplinan, misal berkerumun dan pakai masker yang perlu kami ingatkan," kata Edi. 

Kehadiran sosok berseragam kadang menjadi jarak, tetapi Edi yang bertugas di militer sejak 1998 memberikan pengalaman untuk membaur dengan masyarakat meski berseragam dinas. Dandim 0809 Kediri Letkol Kav. Dwi Agung Sutrisno mengatakan keterlibatan TNI dan Polri diperlukan untuk menegakkan disiplin. 

"Semua bermuara dari Instruksi Presiden Nomor 6 tahun 2020 tentang keterlibatan TNI dan Polri untuk menegakkan disiplin di masyarakat dan menegakkan aturan terkait sanksi dan pelaksanaan operasi yustisi," kata Letkol Dwi Agung. 

Menurut Agung, perintah operasi secara resmi dari Mabes TNI mulai Agustus-Desember 2020. Namun, sebelum ada perintah resmi, Babinsa sudah ikut membantu bersama jajaran instansi lain. 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

TNI Bantu Satpol PP Gelar Operasi Yustisi

Petugas kepolisian India berdiri disamping grafiti yang mengilustrasikan virus  corona di Bangalore (3/4/2020). Grafiti tersebut dibuat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar mematuhi lockdown yang diberlakukan pemerintah India  sebagai langkah pencegahan COVID-19. (Xinhua/Stringer)
Petugas kepolisian India berdiri disamping grafiti yang mengilustrasikan virus corona di Bangalore (3/4/2020). Grafiti tersebut dibuat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar mematuhi lockdown yang diberlakukan pemerintah India sebagai langkah pencegahan COVID-19. (Xinhua/Stringer)

Dalam pelaksanaan protokol kesehatan, TNI membantu Satpol PP dan kepolisian menggelar operasi yustisi di beberapa titik di Kota Kediri. Operasi ini akan menindak warga yang melanggar protokol kesehatan, seperti tidak mengenakan masker. 

Terdapat warga yang terjaring operasi yustisi dan melakukan sanksi dengan membantu petugas kebersihan menyapu jalan raya. Harapannya agar masyarakat tetap tertib.

"Beberapa waktu ada yang melanggar, ditindak. Ada yang wujudnya denda dan ada yang berupa sanksi kerja sosial," ujar Agung. 

Di Kota Kediri, data COVID-19 per Sabtu, 10 Oktober 2020 mencapai 203 kasus. Dari jumlah itu, 10 orang masih dirawat, 16 orang masih dipantau, 166 orang sudah sembuh, dan 11 orang telah meninggal dunia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alhamdulillah, 147 Santri Ponpes Salafiah Polman Sembuh Covid-19

Posted: 10 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Polman - Satgas Covid-19 Sulawesi Barat mengumumkan kabar baik terkait perkembangan klaster Covid-19 Pondok Pesantren (Ponpes) Salafiah di Polewali Mandar (Polman). Seratus lebih santri yang terpapar Covid-19 itu dinyatakan sembuh.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Sulawesi Barat, Safaruddin Sanusi mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan RT-PCR BPOM Mamuju dan Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Makassar, 148 kasus Covid-19 dinyatakan sembuh dan terdapat satu kasus positif Covid-19 baru.

"Sebanyak 148 pasien sembuh itu terdiri dari 147 orang dari Polman dan 1 orang dari Mamuju. Adapun satu tambahan kasus positif Covid-19 juga berasal dari Mamuju," kata Safaruddin, Sabtu (10/10/2020).

Safaruddin menambahkan, 147 kasus sembuh dari Polman, merupakan santri dari klaster Ponpes Salafiyah. Sebelumnya, semua santri itu menjalani karantina di kompleks pondok pesantren tersebut.

"Satu kasus sembuh lain yakni Ro (54) kasus 773 dari Mamuju yang sebelumnya dirawat di ruang isolasi RSUD Regional Sulawesi Barat," ujar Safaruddin.

Sementara, satu tambahan kasus positif Covid-19 dari Mamuju, yakni kasus 879 perempuan inisial Du (24) yang beralamat di Desa Bambu. 

Hingga 10 Oktober 2020 jumlah kasus positif Covid-19 di Sulawesi Barat sebanyak 879 kasus. Dari jumlah itu, 640 kasus dinyatakan sembuh, 71 orang masih menjalani perawatan, 306 kasus isolasi mandiri, dan 11 orang meninggal dunia.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lima Musisi dalam Label Musik Sun Eater Rilis Buku Bertajuk 'Antologi Matahari'

Posted: 10 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Label rekaman dan perusahaan musik Sun Eater resmi merilis buku perdana karya lima musisi muda yakni Feast, Hindia, Aldrian Risjad, Mothern dan Agatha Pricilla yang berjudul Antologi Matahari. Lewat kolaborasinya bersama Pearpress dengan Gramedia Pustaka Utama, buku tersebut menjadi peluang bagi Sun Eater mengenalkan identitasnya kepada banyak orang. 

Meski masih terbilang muda, Sun Eater telah membuktikan popularitas yang dimiliki lewat musisi-musisi berbakatnya. Tidak hanya berbakat di bidang musik, Sun Eater turut menggali kemampuan menulis para musisinya dengan mengemas kisah-kisah mereka yang disajikan secara menarik dan dekat dengan kehidupan manusia.  

"Buku ini bisa dikatakan sebagai perpanjangan tangan dari lagu-lagu para musisi kami. Berbeda dari buku pada umumnya yang lebih fokus pada identitas musisinya, di sini kami mencoba untuk memanfaatkan satu set buku 'Antologi Matahari'  sebagai ajang untuk musisi lebih mengontekstualisasikan lirik lagu yang mereka buat lewat tulisan di buku. Tujuannya supaya penggemar atau orang lainnya dapat lebih memaknai dan mengerti," tutur Creative Diretor Sun Eater, Sahid Perdana, pada Sabtu (10/10/2020). 

Di dalam satu set buku tersebut terdapat enam buku yang meliputi Sun Eater-Prolog Matahari, Feast-Perjalanan Singkat ke Multisemesta, Aldrian Risjad-Jadi Bagaiman, Hindia-Hindia Menjawab, Mothern-After Dark, dan Agatha Priscilla-The 4 Stages In Being Yourself Again.

 

Terdiri dari Enam Buku

Creative Director Sun Eater Sahid Permana tengah menjelaskan proses pembuatan buku Antologi Matahari (Ignatia Ivani)
Creative Director Sun Eater Sahid Permana tengah menjelaskan proses pembuatan buku Antologi Matahari (Ignatia Ivani)

Masing-masing dari keenam buku itu memiliki keunikan tersendiri dalam mengisahkan dan memvisualisasikan kisah-kisah para musisi tersebut dan pastinya akan memanjakan pembaca menjelajahi berbagai fase yang relevan di kehidupan nyata. 

"Menjadi editor buku ini seperti menyelami berbagai elemen untuk aku sebagai manusia, terutama seperti anak muda," kata editor Gramedia Pustaka Utama, Ruth Angelina, via Zoom. 

Ilustrasi Simbolnya

Satu set Buktu Antologi Matahari yang dibuat oleh musisi yang dinaungi (Sun Eater/Dokumen)
Satu set Buktu Antologi Matahari yang dibuat oleh musisi yang dinaungi (Sun Eater/Dokumen)

Istilah Sun Eater sendiri muncul dari kebiasaan para musisi yang senang memulai aktivitas di malam hari. Seperti membuat aransemen dan menulis lagu, biasanya dilakukan pada malam hari ketika ide-ide muncul di kepala. Sifat nokturnal ini yang membawa label musik yang masih berusia belia ini cukup dibilang sukses lewat para musisi yang dinaunginya.

"Kebanyakan dari kami memiliki jam tidur yang terbalik pada manusia pada umumnya. Biasanya orang-orang bekerja pada pagi hingga siang hari, sementara kami menggunakan waktu tersebut untuk tidur, bersantai, dan mungkin masih bergelut dengan ide yang hendak dirancang. Saat malam hari tiba, kami melakukan rangkaian prosesi layaknya orang bekerja," kata Sahid.

Sementara gambar matahari sebagai sampul buku tersebut melambangkan harapan para musisi untuk selalu memberikan energi baru bagi penggemarnya. 

"Harapannya 'Antologi Matahari' ini dapat dijadikan matahari-matahari untuk orang-orang di luar sana yang mereka konsumsi sebagai sumber tenaga dalam menjalani kehidupan dengan segala problematika selanjutnya," tambahnya. 

 

Kesulitan Proses Pembuatannya

Tentu, bukanlah hal yang mudah bagi para musisi untuk terlibat dalam penggarapan buku Antologi Matahari ini. Yang biasanya lirik lagu bisa ditulis dengan penggunaan kata yang ambigu, lewat buku ini para musisi memiliki tanggung jawab untuk membuat pembaca mengerti dengan apa yang mereka tulis. 

Selama konfrensi pers berlangsung Sahid menyebutkan terdapat empat kesulitan dalam proses pembuatannya.

"Pertama, menulis buku saja sudah merupakan hal yang sulit. Kedua, penulisnya bukan orang dari kalangan yang biasa menulis buku jadi mereka kesulitan untuk menerjemahkan bahasa lirik ke dalam tulisan di buku. Ketiga, keterlibatan banyak kepala membuat kami berkewajiban menyatukannya walaupun mereka masing-masing memiliki idealisme yang kuat. Dan yang terakhir tak kalah berat di mana kami harus bergulat dengan deadline. Pada dasarnya mengumpulkan mood juga hal yang sulit di dalamnya," ujar Sahid.

Setelah penantian yang cukup lama sejak Oktober 2019, akhirnya buku 'Antologi Matahari' resmi dirilis pada Sabtu (10/10/2020) pukul 15.00 WIB. Sun Eater bersama dengan pihak penerbit pun optimis akan banyak pembaca yang membeli buku ini. 

Penulis 

Ignatia Ivani 

Universitas Multimedia Nusantara 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita 5 Sahabat Bangun Hijoo Salad, Bisnis Kuliner Sehat di Tengah Pandemi

Posted: 10 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Memulai usaha di tengah pandemi covid-19 memanglah tidak mudah. Hal itulah yang dirasakan oleh Iman Hakiki (28). Di saat banyak sektor usaha yang mulai bangkrut akibat dampak pandemi, justru Iman bersama 4 rekannya tetap optimistis untuk membuka usaha kuliner dengan merek "Hijoo" di tengah situasi yang tak pasti ini.

"Mulainya itu aku tidak sendiri, barengan dengan bisnis partnerku juga, total semuanya 5 orang. Kita ngobrolin ini dari bulan Juli lalu persiapan di bulan Agustus, lalu bulan September 2020 benar-benar buka," kata Iman kepada Liputan6.com, Minggu (11/10/2020).

Ia bersama 4 rekan lainnya saling bahu-membahu mengurus semua kebutuhan usaha kuliner, baik untuk urusan dapur, operasional, hingga marketing. Semuanya dilakukan agar usaha Hijoo bisa terus berkembang walaupun masih seumur jagung.

Hijoo sendiri merupakan A new option to enjoy salad, dengan rasa yang enak dan harga lebih terjangkau. Salad menawarkan rasa lokal yakni pedas yang dekat dengan lidah masyarakat Indonesia.

"Jadi Hijoo hadir untuk bikin nyayur yang nikmat dengan asupan gizi yang seimbang. Hijoo sangat cocok buat kamu yang mau coba salad dengan cara dan rasa yang baru," ujarnya.

Dengan modal Rp 200 juta, Iman bersama 4 rekan membuka toko offline di daerah Fatmawati Raya no. 39 Jakarta Selatan. Salad yang ia tawarkan berbeda dengan salad lainnya, Iman menyebut saladnya tidak disajikan dalam bentuk bowl melainkan dalam bentuk Crepes.

Terdapat 6 varian salad yang ditawarkan Hijoo, yakni Salat Pasaran, Urapan, Griki, Kayak Asinan, Lokal Joo, dan Sarapan Bule. Harga salad dibanderol mulai dari Rp 40-50 ribuan, cukup murah bukan?

Memang Hijoo bertujuan untuk menjual salad yang sehat, mengenyangkan dengan citarasa lokal, dan harga yang murah di kantong.

"Kita berpikir dari diferensiasi dari sebuah produk itu sangat penting, yang membedakan dari caranya, biasanya orang menikmati salad dalam bentuk bowl kita bikin dalam bentuk crepes, dari sisi harga Hijoo sendiri menawarkan pilihan untuk menikmati salad yang nikmat namun dengan harga yang affordable ada di kisaran Rp 40-50 ribuan biar orang mau coba tidak takut sama harga," jelasnya.

Apalagi di masa pandemi covid-19 ini, makanan sehat sangat dibutuhkan untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat. Maka dari itulah Iman dan 4 rekannya berinisiatif membuka usaha kuliner salad dengan merek Hijoo.

"Kita aware di tengah kondisi covid ini kalau kita berkontribusi menjembatani masyarakat untuk mengkonsumsi suatu yang enak dan sehat terpikir untuk salad crepes adalah salah satu cara menikmati salad, dengan dibungkus seperti itu bisa menjadi cari baru bagi orang untuk menikmati salad," ujarnya.

 

Ekspektasi

Usaha kuliner Hijoo,  salad dengan rasa lokal besutan  Iman Hakiki dan 4 rekannya.
Usaha kuliner Hijoo, salad dengan rasa lokal besutan Iman Hakiki dan 4 rekannya.

Awalnya ia tidak berekspektasi Hijoo akan diterima oleh masyarakat. Iman pun merasa khawatir membuka usaha di tengah pandemi. Namun setelah dijalani rupanya diterima baik oleh masyarakat. Setelah toko Hijoo dibuka pada awal September, beberapa pembeli berdatangan dan ada yang repeat order.

"Kita awalnya merasa khawatir, tapi setelah dijalani memang tidak sampai di angka nominal yang kita harapkan namun cukup diterima baik, terlihat dari jumlah pemesanan dan repeat order yang banyak. Sekarang PR kita adalah bagaimana caranya meningkatkan eksposur dari Hijoo sendiri," ungkapnya.

Sementara untuk omzet sejauh ini belum diketahui pasti angkanya, lantaran Hijoo baru buka. Namun untuk sisi operasional sudah tertutup, tapi untuk omset masih dalam tahap penghitungan. Ia berharap kedepannya bisa membuka cabang lain di Jakarta Pusat atau Utara, Barat, dan Timur.

"Kita akan konsen ke daerah Jakarta dulu, misalnya di Jakarta sudah cukup kuat mungkin juga akan cukup kuat ke kota lainnya. Harapannya soon kita ingin buka cabang lagi untuk selanjutnya semoga ini berhasil dan kalaupun kita bisa buka di luar kota ya why not," imbuhnya.

Ia pun percaya produk yang dijualnya merupakan produk yang bermanfaat untuk orang lain. Selain membuka toko offline di Jakarta Selatan, dirinya juga memasarkan via Gofood dan whatsapp bagi pelanggan yang ingin memesan secara online Hijoo Salad.

 

Everplate

Namun, jika ia berkesempatan mendapatkan free pemakaian kitchen dari Everplate, ia sangat tertarik sekali, dengan begitu merek Hijoo bisa lebih dikenal oleh publik dan mungkin kedepannya Hijoo bisa membuat menu baru selain Salad, seperti jus dan lainnya.

Demikian Iman berpesan kepada Generasi Cuan, agar terus optimis dan pintar beradaptasi di tengah pandemi covid-19. Jangan sampai di masa pandemi ini membuat generasi cuan terhenti dalam berbuat sesuatu.

"Perlu untuk bisa membuat diri kita terpacu untuk keluar dari zona nyaman, dan covid-19 harusnya menjadikan generasi muda mencari skill baru dan mengetahui potensi diri yang sebenarnya, harapannya kita bisa sama-sama menggali, dan mungkin Ketika kita mengembangkan skill mampu menghadirkan rezeki dan kesempatan baru," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Nilai Plus Lesti Kejora yang Bikin Rizky Billar Jatuh Hati, Salah Satunya Melayani

Posted: 10 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Diwarnai sejumlah isu belakangan ini, Rizky Billar memastikan hubungan keluarganya dengan Lesti Kejora baik-baik saja. Rizky Billar menyebut hubungannya dengan Lesti Kejora masih tahap penjajakan.

"Dan sejauh ini alhamdulillah keluarga kita masih baik. Penjajakan, kita enggak ada (pacaran). Ya masih menjalani silaturahmi dengan baik. Itu seperti yang saya bilang tadi, nilai plus dia," terang Rizky Billar.

Ini disampaikannya dalam video "Ini Kata Rizky Billar" yang mengudara di kanal YouTube Sule Channel. Soal nilai plus, Rizky Billar menyebut Lesti bisa membawa diri dan menyayanginya dan keluarganya.

 

Sekali Seumur Hidup

Rizky Billar. (Foto: Instagram @rizkybillar)
Rizky Billar. (Foto: Instagram @rizkybillar)

"Cuma kalau nikah, kan bukan satu hal yang main-main karena, kan sekali seumur hidup. Pengin dapat pasangan yang benar-benarlah, sehidup semati," ujar bintang sinetron Cinta Karena Cinta.

Selain pintar membawa diri dan menyayangi keluarganya, Rizky Billar membeberkan kelebihan Lesti Kejora yang membuatnya merasa sreg. Kelebihan ketiga, Lesti Kejora memperlakukannya dengan baik.

Perlakukan Saya Dengan Baik

Rizky Billar. (Foto: Instagram @rizkybillar)
Rizky Billar. (Foto: Instagram @rizkybillar)

"Lesti termasuk perempuan yang bisa memperlakukan saya dengan baik. Dan kebetulan saya anaknya sedikit manja. Dan dia tahu itu kelemahan saya. Dia benar-benar kayak melayani. Dia tahu cara nge-treat saya seperti apa," urainya.

Kelebihan keempat dan kelima pun diungkap. "Dan memang itu anak pekerja keras, humble dengan siapapun. Itu hal-hal yang saya kagumi darinya," tutur aktor kelahiran Medan, 12 Juli 1995. Tak heran, warganet mendukung Lesti Kejora dinikahi Rizky Billar.

 

Nikah Bukan Main-main

Rizky Billar. (Foto: Instagram @rizkybillar)
Rizky Billar. (Foto: Instagram @rizkybillar)

Diakui Rizky Billar, sejumlah nilai plus Lesti Kejora berkali-kali membuatnya berpikir tentang naik pelaminan. Di sisi lain, dorongan warganet untuk mencari pasangan hidup menguat.

"Nikah kan bukan main-main, bukan untuk buru-buru. Bukan siapa cepat tapi bagaimana kita sabar sampai menemukan orang yang tepat. Insyaallah doakan saja yang terbaik," beri tahu Rizky Billar. 

Omongan Eksplisit Belum Ada

Unggahan Sule. (Foto: YouTube Sule)
Unggahan Sule. (Foto: YouTube Sule)

Jika memang Lesti Kejora jodohnya, Rizky Billar percaya Tuhan akan membuka jalan sekaligus mengatur waktu yang tepat. Sejauh ini, Lesti Kejora belum memberi kode eksplisit soal nikah.

"Ya mungkin, tapi untuk omongan secara eksplisit secara langsung belum ada. Secara sikap, ya mungkin. Cuma saya kan tidak bisa menerka-nerka isi hati seseorang," Rizky Billar mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO CERITA: Jejak Masa Perbudakan di Ujung Selatan AS

Posted: 10 Oct 2020 10:00 PM PDT

Patung yang memberi penghormatan ke tentara Konfederasi yang tewas pada Perang Sipil masih berdiri di pengadilan Fayette, Jefferson County, Mississippi (28/9/2020). Sisa-sisa perkebunan kapas yang berdiri di sana adalah bangunan rapuh yang tersembunyi di antara tumbuhan lebat. (AFP/Chandan Khanna)
Patung yang memberi penghormatan ke tentara Konfederasi yang tewas pada Perang Sipil masih berdiri di pengadilan Fayette, Jefferson County, Mississippi (28/9/2020). Sisa-sisa perkebunan kapas yang berdiri di sana adalah bangunan rapuh yang tersembunyi di antara tumbuhan lebat. (AFP/Chandan Khanna)

Patung yang memberi penghormatan ke tentara Konfederasi yang tewas pada Perang Sipil masih berdiri di pengadilan Fayette, Jefferson County, Mississippi (28/9/2020). Sisa-sisa perkebunan kapas yang berdiri di sana adalah bangunan rapuh yang tersembunyi di antara tumbuhan lebat. (AFP/Chandan Khanna)

Samuel Hawkins (80) melihat saat dia berjalan keluar dari rumahnya di Fayette, Jefferson County, Mississippi (28/9/2020). Dampak perbudakan di wilayah Amerika Serikat bagian Selatan ini tetap terlihat. (AFP/Chandan Khanna)
Samuel Hawkins (80) melihat saat dia berjalan keluar dari rumahnya di Fayette, Jefferson County, Mississippi (28/9/2020). Dampak perbudakan di wilayah Amerika Serikat bagian Selatan ini tetap terlihat. (AFP/Chandan Khanna)

Samuel Hawkins (80) melihat saat dia berjalan keluar dari rumahnya di Fayette, Jefferson County, Mississippi (28/9/2020). Dampak perbudakan di wilayah Amerika Serikat bagian Selatan ini tetap terlihat. (AFP/Chandan Khanna)

Buku tua dan kenang-kenangan terlihat di sekolah tua yang berubah menjadi museum Kebudayaan Afrika Amerika di Fayette, Jefferson County (28/9/2020). Dengan 85% populasinya terdiri dari orang Afrika-Amerika, daerah pedesaan  ini memiliki proporsi penduduk kulit hitam tertinggi. (AFP/Chandan Khanna)
Buku tua dan kenang-kenangan terlihat di sekolah tua yang berubah menjadi museum Kebudayaan Afrika Amerika di Fayette, Jefferson County (28/9/2020). Dengan 85% populasinya terdiri dari orang Afrika-Amerika, daerah pedesaan ini memiliki proporsi penduduk kulit hitam tertinggi. (AFP/Chandan Khanna)

Buku tua dan kenang-kenangan terlihat di sekolah tua yang berubah menjadi museum Kebudayaan Afrika Amerika di Fayette, Jefferson County (28/9/2020). Dengan 85% populasinya terdiri dari orang Afrika-Amerika, daerah pedesaan ini memiliki proporsi penduduk kulit hitam tertinggi. (AFP/Chandan Khanna)

Refleksi Roosevelt Cruel terlihat pada bingkai foto di sekolah tua Kebudayaan Afrika Amerika di Jefferson County (28/9/2020). Daerah ini salah satu yang termiskin dengan pendapatan rumah tangga rata-rata hampir tidak melebihi $ 20.000 per tahun, sepertiga dari rata-rata nasional.(AFP/Chandan Khanna)
Refleksi Roosevelt Cruel terlihat pada bingkai foto di sekolah tua Kebudayaan Afrika Amerika di Jefferson County (28/9/2020). Daerah ini salah satu yang termiskin dengan pendapatan rumah tangga rata-rata hampir tidak melebihi $ 20.000 per tahun, sepertiga dari rata-rata nasional.(AFP/Chandan Khanna)

Refleksi Roosevelt Cruel terlihat pada bingkai foto di sekolah tua Kebudayaan Afrika Amerika di Jefferson County (28/9/2020). Daerah ini salah satu yang termiskin dengan pendapatan rumah tangga rata-rata hampir tidak melebihi $ 20.000 per tahun, sepertiga dari rata-rata nasional.(AFP/Chandan Khanna)

Sebuah pompa bensin sepi terlihat di Fayette, Jefferson County, Mississippi (28/9/2020). Sisa-sisa perkebunan kapas yang berdiri di sana adalah bangunan rapuh yang tersembunyi di antara tumbuhan lebat. (AFP/Chandan Khanna)
Sebuah pompa bensin sepi terlihat di Fayette, Jefferson County, Mississippi (28/9/2020). Sisa-sisa perkebunan kapas yang berdiri di sana adalah bangunan rapuh yang tersembunyi di antara tumbuhan lebat. (AFP/Chandan Khanna)

Sebuah pompa bensin sepi terlihat di Fayette, Jefferson County, Mississippi (28/9/2020). Sisa-sisa perkebunan kapas yang berdiri di sana adalah bangunan rapuh yang tersembunyi di antara tumbuhan lebat. (AFP/Chandan Khanna)

Tanaman kapas terlihat mekar di sebuah pertanian di Fayette, Jefferson County, Mississippi (28/9/2020). Dampak perbudakan di wilayah Amerika Serikat bagian Selatan ini tetap terlihat. (AFP/Chandan Khanna)
Tanaman kapas terlihat mekar di sebuah pertanian di Fayette, Jefferson County, Mississippi (28/9/2020). Dampak perbudakan di wilayah Amerika Serikat bagian Selatan ini tetap terlihat. (AFP/Chandan Khanna)

Tanaman kapas terlihat mekar di sebuah pertanian di Fayette, Jefferson County, Mississippi (28/9/2020). Dampak perbudakan di wilayah Amerika Serikat bagian Selatan ini tetap terlihat. (AFP/Chandan Khanna)

Roosevelt Cruel melihat saat dia berdiri di dekat sebuah perkebunan kapas di Fayette, Jefferson County, Mississippi (28/9/2020). Dengan 85% populasinya terdiri dari orang Afrika-Amerika, daerah pedesaan  ini memiliki proporsi penduduk kulit hitam tertinggi. (AFP/Chandan Khanna)
Roosevelt Cruel melihat saat dia berdiri di dekat sebuah perkebunan kapas di Fayette, Jefferson County, Mississippi (28/9/2020). Dengan 85% populasinya terdiri dari orang Afrika-Amerika, daerah pedesaan ini memiliki proporsi penduduk kulit hitam tertinggi. (AFP/Chandan Khanna)

Roosevelt Cruel melihat saat dia berdiri di dekat sebuah perkebunan kapas di Fayette, Jefferson County, Mississippi (28/9/2020). Dengan 85% populasinya terdiri dari orang Afrika-Amerika, daerah pedesaan ini memiliki proporsi penduduk kulit hitam tertinggi. (AFP/Chandan Khanna)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Momen Pertunangan Regina Ivanova dengan Kekasih di Tanggal Cantik

Posted: 10 Oct 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Regina Ivanova atau yang sebelumnya dikenal sebagai Regina Idol, beberapa waktu lalu curi perhatian netizen saat dilamar kekasih di atas kapal. Ia pun mengunggah momen lamaran tersebut pada Instagramnya dengan memamerkan cincin di jari manisnya.

Tidak selang waktu lama, kemarin pada tanggal cantik, Sabtu (10/10/2020). Hari itu pun menjadi tanggal yang dipilihnya untuk melangsungkan pertunangan dengan Lucky Wijaya. Momen pertunangan pun terlihat dilaksanakan di rumah dengan dihadiri keluarga dan sahabat.

Banyak selebriti serta sahabatnya yang mengucapkan selamat di kolom komentar saat unggah potretnya dengan Lucky. Berikut 7 momen tunangan Regina Ivanova yang Liputan6.com kutip dari Instagram @ivanova.regina, Minggu (11/10/2020).

1. Begini momen pertunangan Regina dengan kekasihnya Lucky Wijaya

Pertunangan Regina Ivanova (Sumber: Instagram/ivanova.regina)
Pertunangan Regina Ivanova (Sumber: Instagram/ivanova.regina)

2. Usai dilamar di atas speed boat pada bulan Agustus, kini keduanya resmi bertunangan

Pertunangan Regina Ivanova (Sumber: Instagram/rainytumengkol)
Pertunangan Regina Ivanova (Sumber: Instagram/rainytumengkol)

3. Di usia Regina yang sudah 33 tahun ini ia pun akan mengakhiri masa lajangnya

Pertunangan Regina Ivanova (Sumber: Instagram/ivanova.regina)
Pertunangan Regina Ivanova (Sumber: Instagram/ivanova.regina)

4. Dalam momen pertunangan tersebut pun dihadiri oleh sahabatnya yang juga jebolan dari Idol

Pertunangan Regina Ivanova (Sumber: Instagram/mikhelia)
Pertunangan Regina Ivanova (Sumber: Instagram/mikhelia)

5. Begini potret seserahan pada saat pertunangan

Pertunangan Regina Ivanova (Sumber: Instagram/ivanova.regina)
Pertunangan Regina Ivanova (Sumber: Instagram/ivanova.regina)

6. Banyak salebriti serta sahabat pun mengucapkan selamat kepada Regina pada hari bahagianya tersebut

Pertunangan Regina Ivanova (Sumber: Instagram/rachaelernest)
Pertunangan Regina Ivanova (Sumber: Instagram/rachaelernest)

7. Diketahui bahwa kekasih Regina ini merupakan pengusaha di bidang kuliner

Momen pertunangan Regina Ivanova (Sumber: Instagram/mannambela)
Momen pertunangan Regina Ivanova (Sumber: Instagram/mannambela)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bangkrut, Thai Airways Kini Jualan Roti Goreng

Posted: 10 Oct 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Thai Airways International mengalami kebangkrutan karena pandemi Covid-19. Perusahaan pun saat ini berencana untuk mewaralabakan bisnis patong-go atau roti goreng untuk menghidupkan kembali bisnisnya.

Thai Airways International memiliki resep rahasia hidangan khas Thailand ini yang disukai oleh para penumpang. Roti ini disajikan oleh maskapai kepada penumpang pesawat terbang.

Dikutip dari Bangkok Post, Minggu (11/10/2020), Penjabat Thai Airways International Chansin Treenuchagron mengatakan bahwa adonan roti goreng ini sangat populer dan setiap pagi orang-orang harus mengantre untuk membelinya.

Saat ini terdapat 5 gerai patong-go yang dibuka oleh maskapai ini di Bangkok. Penjualan bulanan sekitar 10 juta baht.

 

Thai Airways menjual adonan goreng atau odading (@lay_overs/Twitter).
Thai Airways menjual adonan goreng atau odading (@lay_overs/Twitter).

Didorong oleh hal ini, maskapai ini berencana untuk mewaralabakan bisnis roti goreng sehingga THAI dan mitranya dapat saling mendapatkan keuntungan dari popularitas mereka.

Setiap kotak seharga 50 baht berisi tiga batang adonan roti goreng dan secangkir saus celup yang terbuat dari ubi ungu dan telur custard.

untuk diketahui, Thai Airways telah mengajukan kebangkrutan dengan total kewajiban 332,2 miliar baht. Pengadilan Kepailitan di negara tersebut telah memberikan persetujuan untuk restrukturisasi utang.

Thai Airways Nyatakan Bangkrut

Ilustrasi Thai Airways. (dok. Foto Vivek PRAKASH/AFP)
Ilustrasi Thai Airways. (dok. Foto Vivek PRAKASH/AFP)

Sebelumnya,  Thai Airways menyatakan bangkrut dan butuh rehabilitasi utang. Hal itu membuat para pemegang tiket gigit jari karena tiket mereka tak bisa digunakan. 

Dikutip dari The Thaiger, Selasa (2/6/2020), maskapai nasional Thailand itu menghentikan layanannya pada awal April karena krisis Covid-19. Sejak itu, maskapai tersebut tidak lagi bisa mengembalikan uang konsumen yang kepalang memberi tiket.

Departemen humas Thai Airways mengatakan tidak bisa menawarkan refund saat ini seiring Pengadilan Kebangkrutan Pusat menerima permintaan maskapai ini untuk menjalani rehabilitasi di bawah hukum kebangkrutan Thailand pada Rabu, 27 Mei 2020. Nilai tiket yang tidak bisa di-refund diperkirakan mencapai 24 miliar Baht atau nyaris Rp 11 triliun.

Para pemegang tiket yang merupakan kreditur dan maskapai memiliki kewajiban di bawah hukum yang mencegahnya dari mengembalikan dana pada saat ini, tetapi berjadi mengembalikannya dalam kurun waktu enam bulan tanpa pemotongan biaya apapun.

Pandemi memaksa maskapai itu menghentikan penerbangan. Pengembalian uang tanpa syarat hanyalah salah satu dari banyak solusi, yang juga termasuk mengubah tanggal perjalanan tanpa biaya, memperpanjang validitas tiket, dan menukar tiket dengan voucer perjalanan dengan nilai yang sama.

Pihak Thai Airways berjanji untuk terus mempertahankan para pemegang tiket yang valid, begitu pula dengan para anggota Royal Orchid Plus sebagai program loyalitas. Juru bicara maskapai mengatakan pihaknya yakin akan bisa mengatasi segala krisis yang telah mengubah perusahaan secara signifikan dan akan bangkit kembali dengan keadaan yang lebih kuat.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Museum Kegembiraan Buka di Arab Saudi, Pengunjung Boleh Menyentuh Semua Koleksi

Posted: 10 Oct 2020 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta -  Pandemi corona Covid-19 tidak membuat Arab Saudi menunda pembukaan destinasi wisata terbaru andalan mereka. Museum of Happiness baru saja dibuka di Riyadh, Arab Saudi, dan menjadi wahana hiburan baru bagi masyarakat.

Di museum yang resmi dibuka mulai 21 September 2020 ini, pengunjung dapat menikmati hal-hal. Sebut saja duduk di bak mandi penuh bebek karet, mengayuh jalan menuju limun segar, atau duduk di atas kue raksasa.

Beda dengan museum pada umumnya yang melarang pengunjung menyentuh atau mengambil foto, museum baru di Arab Saudi ini membolehkan para pengunjung untuk berswafoto dan menyentuh koleksi-koleksi mereka. Dilansir dari laman Arab News, Rabu (8/10/2020), Museum of Happiness merupakan persembahan terbaru dari Sudi The Gathering. 

Destinasi wisata ini juga didukung oleh Kementerian Kebudayaan Arab Saudi. Seperti namanya, museum tersebut menampilkan koleksi dan pameran yang memicu kegembiraan dan mendorong pengunjung untuk merasakan kembali sensasi masa kecil.

Para pengunjung bisa berkeliling sekitar 45 menit dan ditemani oleh seorang pemandu wisata serta fotografer untuk mengunjungi 10 lokasi yang memiliki tema masing-masing dengan objek yang unik dan interaktif. Pengunjung juga berkesempatan untuk berpose dan berfoto bersama teman, pasangan maupun keluarga tercinta.

Saat baru masuk, pengunjung akan disambut sebuah boneka beruang raksasa dengan bulu berwarna pink. Para pengunjung museum bebas menyentuh dan mendapat pelukan dari boneka beruang itu sebagai balasannya. Selain itu, ada pertunjukan indah bernama Lewis Carrol di sebuah studio Ghibli yang sangat menyenangkan dan membangkitkan rasa ingin tahu anak-anak dan orang dewasa.

Sebuah ruangan mesin raksasa yang bisa dimasuki, kue berlapis ceri ukuran besar yang bisa digunakan untuk berswafoto. Ada spot foto berupa sepeda yang terpasang pada blender. Anda bisa melihat hasil kerja blender itu dan menikmati secangkir limun segar.

Makanan Manis Gratis

Museum of Happiness, Destinasi Wisata Terbaru di Arab Saudi. (dok.Instagram @tiquimo/https://www.instagram.com/p/CEgjTz9FEHn/Henry)
Museum of Happiness, Destinasi Wisata Terbaru di Arab Saudi. (dok.Instagram @tiquimo/https://www.instagram.com/p/CEgjTz9FEHn/Henry)

Di museum ini Anda juga mendapat tawaran makanan seperti permen karet, es krim, dan permen kapas. Anda tak perlu merogoh kocek lagi karena sudah termasuk dalam harga tiket masuk. 

Pengunjung bisa menikmati sepuasnya di dalam museum. Kalau boneka beruang raksasa dan kolam marshmallow tidak membuat Anda puas, mengonsumsi makanan manis mungkin bisa lebih menyenangkan.

Anda bisa masuk ke ruangan yang penuh dengan ribuan potongan confetti berembus di udara. Tiket masuk museum tersedia melalui Platinum list dengan harga sekitar Rp633 ribu untuk dewasa dan Rp237 ribu untuk anak usia di bawah 12 tahun.

Sejumlah wahana di Museum of Happiness rencananya akan dibuka hingga Juni 2021 dan tiket bisa didapatkan sebulan sebelum kunjungan. Museum ini juga menerapkan protokol kesehatan yang super ketat untuk mencegah penyebaran Covid-19, seperti wajib memakai masker, penutup sepatu plastik dan tempat mencuci tangan di sejumlah tempat dan ruangan.

Jumlah pengunjung yang diperbolehkan masuk ke dalam pameran pada satu waktu juga dibatasi. Pengunjung dapat membeli maksimal lima tiket per sesi, jadi bawalah beberapa teman atau anggota keluarga.

Hari Museum Internasional
Hari Museum Internasional

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rekor Pertemuan Prancis vs Portugal: Aroma Dendam di Stade de France

Posted: 10 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Paris - Portugal meninggalkan luka mendalam bagi Prancis. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan merusak pesta Les Bleus yang mencoba memenangkan Piala Eropa 2016 di depan pendukung sendiri.

Pada final, Portugal menaklukkan Prancis berkat gol tunggal Eder. Itu adalah gelar internasional pertama bagi Seleccao das Quinas.

Hasil itu sekaligus menjadi kemenangan satu-satunya Portugal atas Prancis di ajang resmi. Sebelumnya Prancis selalu berjaya pada tiga kesempatan yakni Piala Eropa 1984 (3-2), Piala Eropa 2000 (2-1), dan Piala Dunia 2006 (1-0).

Les Bleus juga unggul secara keseluruhan. Mereka memenangkan 18 dari 25 duel versus Portugal. Hasil di 2016 bahkan jadi kekalahan pertama Prancis dari Portugal sejak 1975.

Kedua tim kemudian mencapai kesuksesan menyusul pertemuan empat tahun lalu. Portugal memenangkan edisi pertama UEFA Nations League 2018/2019. Sedangkan Prancis menjuarai Piala Dunia 2018.

Kini Prancis vs Portugal kembali bersua di Grup C UEFA Nations League 2020/2021.

5 Pertemuan Terakhir

ilustrasi logo UEFA Nations League (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi logo UEFA Nations League (Liputan6.com/Abdillah)

Waktu-Ajang-Laga-Gol

11/07/16 Piala Eropa Portugal vs Prancis 1-0

05/09/15 Uji Coba Portugal vs Prancis 0-1

12/10/14 Uji Coba Prancis vs Portugal 2-1

06/07/06 Piala Dunia Portugal vs Prancis 0-1

26/04/01 Uji Coba Prancis vs Portugal 4-0

Perkiraan Pemain

ilustrasi logo UEFA Nations League (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi logo UEFA Nations League (Liputan6.com/Abdillah)

Prancis (4-3-1-2): Lloris; Pavard, Varane, Lenglet, Hernandez; Kante, Pogba, Tolisso; Griezmann; Mbappe, Giroud

Portugal (4-3-3): Patricio; Cancelo, Dias, Pepe, Guerreiro; Danilo, Carvalho, Fernandes; Ronaldo, Felix, Bernardo Silva

Klasemen Grup C

Saksikan Video UEFA Nations League Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Isu PSBB Jakarta Diperpanjang, Inul Daratista Protes Keras

Posted: 10 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Entah dari mana datangnya, isu PSBB diperpanjang membuat Inul Daratista gelisah. Diberitakan sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan memperpanjang PSBB ketat hingga 11 Oktober 2020.

Masyarakat kembali diimbau beraktivitas dari rumah dan restoran di mal diminta melayani pesan antar saja. Inul Daratista kepikiran nasib bisnis karoke dan karyawan yang berbulan-bulan tak kerja.

Inul Daratista menumpahkan keresahannya di akun Instagram terverifikasi miliknya, Sabtu (10/10/2020). Ia mengunggah foto berlatar hitam polos berisi unek-unek PSBB dan Covid-19.

 

Enggak Kelar-kelar

Inul Daratista. (Foto: Instagram @inul.d)
Inul Daratista. (Foto: Instagram @inul.d)

"PSBB dipanjangin gak kelar-kelar, karepmu opo!! Di emmol tenant podo sambat sewane mlaku terus. Podo sambat gak dibantu solusine, ditolongin gimana jalan keluarnya," tulis Inul Daratista.

Pemilik album Goyang Inul berharap pihak pengelola mal memberi keringanan uang sewa atau mencarikan solusi alternatif lain. Mengingat, pandemi berdampak di semua sektor bisnis.

Menghindari Virus Meluas?

Inul Daratista. (Foto: Instagram @inul.d)
Inul Daratista. (Foto: Instagram @inul.d)

"Karepmu opo seh? Enak koen gajimu wutuh. Maksute menghindari virus meluas? Tapi rakyat suruh ke jalan situ asik aja, hepi malah. Maksutmu karepmu tujuanmu opo," cetus bintang sinetron Kenapa Harus Inul.

Inul Daratista khawatir PSBB yang terus memanjang membuat napas para pelaku bisnis megap-megap. Jika tak segera disikapi, akan mematikan industri lalu berujung pada maraknya pengangguran.

 

Tak Bisa Buka Usaha

Unggahan Inul Daratista. (Foto: Instagram @inul.d)
Unggahan Inul Daratista. (Foto: Instagram @inul.d)

"Pengusaha dibunuh. Gak bisa buka usahane, pekerja jadi nganggur. Salahe sopo? PSBB ga buyar-buyar. Piye arep golek mangan tuh pegawai (PSBB tak kunjung selesai bagaimana pegawai mau cari makan -red)?" keluh Inul Daratista.

Di pengujung status teksnya, pelantun "Kocok-kocok" dan "Masa Lalu" menulis, "Pengusaha juga gak mungkin kasih makan wong nganggur terus-terusan. Duite mbahmu tah (Uang nenek lo, apa -red)." 

Gaji Walaupun Setengah

Inul Daratista. (Foto: Instagram @inul.d)
Inul Daratista. (Foto: Instagram @inul.d)

Belum genap 24 jam, lebih dari 55 ribu orang menyukai unggahan Inul Daratista. Hampir 2.000 komentar membanjiri kolom. Seorang warganet menyarankan tetap menggaji karyawan meski tak 100 persen.

"Kalau pengusaha yang pengertian ngasih gaji walaupun setengahnya gpp," cetus akun @linaocem. Nyonya Adam Suseno menyahut, "Kasih gaji sak mampune terus kalau sudah habis ga ada duit mau dikasih batu, Mbak?" Sabar…

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dikti Imbau Dosen Tidak Anjurkan Mahasiswa Demo Omnibus Law

Posted: 10 Oct 2020 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meminta dosen tidak memprovokasi mahasiswa untuk ikut  demo menolak RUU Omnibus Law Cipta Kerja.

Imbauan tersebut tertuang dalam surat bernomor 1035/E/KM/2020 yang ditandatangani oleh Dirjen Dikti Nizam pada 9 Oktober lalu.

Surat dibenarkan telah diterbitkan Ditjen Dikti oleh Humas Ditjen Dikti, Nita Nurita kepada kepada Liputan6.com saat dikonfirmasi, Minggu (11/10/2020).

"Ya benar," ujar Nita.

"Menginstruksikan para Dosen untuk senantiasa mendorong mahasiswa melakukan kegiatan intelektual dalam mengkritisi UU Cipta Kerja, maupun produk kebijakan lainnya dan tidak memprovokasi mahasiswa untuk mengikuti /mengadakan kegiatan demonstrasi/unjuk rasa/penyampaian aspirasi yang dapat membahayakan keselamatan dan kesehatan para mahasiswa/i," tulis imbauan tersebut di poin ke-6. 

Minta Mahasiswa Tidak Demo

Dikti juga meminta agar para mahasiswa agar tak turun aksi menyuarakan aspirasinya jika hal itu dapat membahayakan mahasiswa.

"Mengimbau para mahasiswa/i untuk tidak turut serta dalam kegiatan demonstrasi/unjuk rasa/ penyampaian aspirasi yang dapat membahayakan keselamatan dan kesehatan para mahasiswa,"

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Cara Membuat Podcast, Bisa Gunakan Berbagai Aplikasi

Posted: 10 Oct 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Podcast merupakan siaran audio yang mirip sekali dengan siaran radio. Hanya saja podcast ini bentuknya tidak siaran langsung. Podcast bisa didengarkan berulang kali, diputar di manapun dan kapanpun asal memiliki jaringan internet yang stabil.

Di sinilah pentingnya mengetahui cara membuat podcast. Podcast lebih banyak diminati oleh generasi Z daripada siaran radio yang siarannya tak bisa diulang sama sekali. Siapa saja bisa mempraktikkan cara membuat podcast, termasuk menyiarkannya.

Podcast biasanya digunakan untuk membagikan bahasan menarik, membangun brand, membangun reputasi, dan bisa untuk sekadar iseng saja. Enggak perlu bingung dengan cara membuat podcast karena ada banyak cara yang bisa diterapkan. Ada berbagai jenis aplikasi yang bisa dipakai sesuai dengan kebutuhan dan selera.

Berikut Liputan6.com ulas cara membuat podcast dari berbagai sumber, Minggu (11/10/2020)

Cara Membuat Podcast di Anchor

Ilustrasi podcast | Unsplash
Ilustrasi podcast | Unsplash

1. Download dan install aplikasi Anchor dari Google Play Store atau Apple App Store.

2. Jalankan dan mulai mendaftar akun baru. Bisa langsung pakai akun Google dengan tap 'Continue with Google'.

3. Untuk langsung membuat podcast, tap 'I want to make new podcast'. Jika ingin meng-upload audio podcast yang sudah direkam, tap 'I have podcast I want to import'.

4. Lanjutkan tap 'Record' untuk merekam podcast baru.

5. Mulailah berbicara tentang topik podcast yang sudah disiapkan.

6. Beri tanda 'Flag' dengan tap pada Add Flag. Kesalahan pengucapan atau kesalahan lain akan memunculkan tanda dengan fitur ini.

7. Jika rekaman selesai, tap 'Stop'. Tampilkan preview untuk mendengarkan hasil rekaman. Agar lebih menarik, tap 'Add background music' untuk menambahkan musik tambahan.

8. Selanjutnya akan muncul koleksi musik Anchor yang bisa dipilih. Tap tombol 'Play' untuk mendengarkan preview musiknya, lalu tap ikon plus untuk menambahkan musik ke dalam podcast.

9. Langsung tap 'Save' untuk menyimpan ke akun.

10. Beri judul podcast yang akan disimpan. Silakan beri judul episode, lalu tap 'Add recording to episode'.

11. Tap 'Publish' yang letaknya di kanan atas untuk mulai meng-upload podcast yang sudah dibuat.

12. Isi keterangan untuk judul episode podcast dan deskripsi singkatnya.

13. Jika sudah terisi semua, tap 'Publish Now' atau 'Change publish date' jika podcast ingin disiarkan pada hari dan jam tertentu.

14. Selesai.

Cara Membuat Podcast di Spotify

Ilustrasi Spotify | StockSnap via Pixabay
Ilustrasi Spotify | StockSnap via Pixabay

1. Siapkan narasi atau topik yang akan dibuat podcast.

2. Lakukan perekaman suara sesuai urutan narasi yang sudah dibuat.

3. Edit rekaman suara yang sudah dibuat dan akan di-upload ke Spotify.

4. Buat RSS Feed untuk tempat berkas MP3 setiap episode.

5. Pergi ke halaman situs web Spotify for Podcaster.

6. Login menggunakan akun spotify.

7. Klik tombol Get Started, lalu Submit your podcast.

8. Isikan nama pada kolom Your legal name.

9. Centang di kotak Terms and Conditions, lalu klik Continue.

10. Masukkan link RSS feed di kolom yang disediakan.

11. Kirimkan kode konfirmasi ke email, lalu masukkan kode tersebut.

12. Di menu Add podcast info, masukkan informasi negara, bahasa, kategori dan penyedia layanan, kemudian klik Next.

13. Terakhir di halaman Review, pastikan tidak ada kesalahan dalam memasukkan informasi, klik Submit.

Cara Membuat Podcast di Spoon

Ilustrasi podcast | Photo by William Iven on Unsplash
Ilustrasi podcast | Photo by William Iven on Unsplash

1. Download aplikasi Spoon di Google PlayStore.

2. Buka aplikasi, dan buat akun menggunakan nomor handphone.

3. Lakukan verifikasi nomor handphone.

4. Setelah akun Spoon berhasil dibuat, bisa langsung membuat konten podcast.

5. Terdapat tiga pilihan konten yang bisa dibuat, yaitu : Live, Cast, dan Talk. Untuk membuat podcast bisa memilih 'Cast'.

6. Masukkan judul podcast (maksimal 30 karakter).

7. Mulai merekam podcast dengan klik ikon microphone, perekaman bisa dilakukan minimal 30 detik.

8. Tambahkan cover untuk podcast dengan pilih ikon gambar di kiri bawah.

9. Spoon tidak menyediakan stok gambar yang bisa dipilih, jadi harus menyiapkan cover sendiri untuk menambah daya tarik podcast.

10. Hasil rekaman bisa ditambah hastag agar konten lebih mudah ditemukan oleh pendengar.

11. Setelah selesai merekam, bisa langsung mengunggah podcast di Spoon.

Cara Membuat Podcast di Noice dan Joox

Ilustrasi podcast | Karolina Grabowska dari Pexels
Ilustrasi podcast | Karolina Grabowska dari Pexels

Cara Membuat Podcast di Noice

1. Download aplikasi Noice di Google PlayStore.

2. Buka aplikasi, dan buat akun dengan klik 'Daftar'.

3. Masukkan nomor HP aktif.

4. Isi data diri yang diperlukan seperti nama, jenis kelamin, dan tanggal lahir.

5. Verifikasi nomor HP yang didaftarkan.

6. Setelah akun Noice selesai dibuat, bisa langsung membuat konten untuk di-upload.

7. Tersedia tiga menu konten pilihan yang tersedia di Noice, yaitu Radio, Musik, dan Podcast.

8. Pada tampilan awal Noice, pilih menu 'Koleksi'.

9. Klik 'Mixtape', kemudian 'Buat Mixtape'.

10. Klik 'Tap untuk Upload', kemudian pilih file dari galeri.

11. Isi bagian 'Judul Mixtape' dan 'Deskripsi Mixtape'.

12. Klik 'Simpan'.

Cara Membuat Podcast di Joox

1. Siapkan narasi atau topik yang akan dibuat podcast.

2. Lakukan perekaman suara sesuai urutan narasi yang sudah dibuat.

3. Edit rekaman suara yang sudah dibuat dan akan di-upload ke Joox.

4. Kunjungi website resmi di musicblast.id.

5. Buat akun dengan klik 'Sign Up', lalu pilih 'Daftar'.

6. Isi data yang diperlukan seperti nama, email, dan buat password.

7. Klik 'Register'.

8. Jika podcast hanya terdiri dari 1 episode, pilih 'Single'. Apabila podcast terdiri dari beberapa episode, klik 'Album'.

9. Isi data podcast yang harus dilengkapi meliputi : judul, nama pembuat, bahasa, kontak, tanggal rilis, dan deskripsi.

10. Klik 'Simpan'.

11. Upload image cover untuk podcast minimal beresolusi 1440 x 1440 piksel.

12. Pilih 'Stores', kemudian pilih aplikasi Joox.

13. Setelah memilih aplikasi untuk proses publikasi, klik 'Publish'.

14. Cek email yang didaftarkan untuk membuat akun musicblast untuk mendapatkan invoice pembayaran biaya publikasi.

15. Meskipun biayanya Rp 0, tetap harus melakukan konfirmasi via email.

16. Setelah konfirmasi pembayaran, akan ada email dari musicblast mengenai pembayaran (biasanya 2-3 hari).

17. Cek aplikasi Joox sesuai dengan tanggal rilis yang diisikan di musicblast.

18. Jika berhasil, podcast akan langsung tersedia di Joox sesuai tanggal rilis.

Cara Membuat Podcast di Filmora

Ilustrasi podcast | Credit: pexels.com/Burst
Ilustrasi podcast | Credit: pexels.com/Burst

1. Download aplikasi Filmora secara gratis di website resminya filmora.wondershare.net.

2. Menginstall Wondershare Filmora tidak perlu menggunakan PC high spek, PC standar pun bisa digunakan.

3. Setelah proses download selesai, lakukan instalasi seperti pada aplikasi pada umumnya.

4. Jika sudah ter-install, klik dua kali pada ikon filmora. Langsung lakukan editing video.

5. Import video/image cover podcast yang ingin diedit.

6. Video podcast akan tampil di import media.

7. Drag video ke layer yang tersedia.

8. Jika ingin memotong video, cukup klik ikon gunting (cut video).

9. Arahkan pin hitam ke waktu video yang akan dipotong, kemudian klik ikon gunting.

10. Tambahkan text dan audio podcast sesuai kebutuhan.

11. Review kembali video podcast yang telah diedit.

12. Jika sudah benar-benar selesai melakukan editing, saatnya mengekspor video podcast dengan menyesuaikan format video.

 

Cara Membuat Podcast di Instagram

Ilustrasi podcast | Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio
Ilustrasi podcast | Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

1. Siapkan narasi atau topik yang akan dibuat podcast.

2. Lakukan perekaman suara sesuai urutan narasi yang sudah dibuat.

3. Edit rekaman suara yang sudah dibuat dan akan di-upload.

4. Ikuti langkah pembuatan video Podcast dengan Filmora sampai selesai.

5. Login di aplikasi Instagram yang sudah di-install.

6. Klik logo IG TV yang terdapat di feed IG.

7. Pilih tambahkan video, pilih video podcast yang telah disiapkan di galeri.

8. Tambahkan judul dan deskripsi podcast.

9. Jika hendak membuat podcast yang terdiri dari beberapa episode, klik 'Tambahkan ke Serial'.

10. Beri nama serial sesuai topik podcast, kemudian posting IG TV sampai muncul di feed.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar FTV Kisah Nyata Spesial: Istriku Terbuai Pesona Guru Les Anak Kami, Minggu 11 Oktober 2020

Posted: 10 Oct 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kisah Nyata Spesial ditayangkan setiap siang mulai pukul 11.30 WIB.

Jangan lewatkan drama penuh hikmah khas FTV Kisah Nyata Spesial

Anda juga bisa menyaksikan penayangan Kisah Nyata Spesial via live streaming dengan klik tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dishub DKI: Sepeda Rusak dan Dibakar Saat Demo Tanggung Jawab Operator

Posted: 10 Oct 2020 09:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Perhubungan DKI Jakarta memastikan kerusakan dan kehilangan sepeda sewa karena demonstrasi Omnibus merupakan tanggung jawab operator. Tercatat, akibat peristiwa tersebut 173 unit sepeda sewa rusak.

"Untuk sepeda sewa memang ini menjadi tanggung jawab dari operator. Jadi ada sekitar 173 sepeda sewa yang dibakar dan hilang," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo, Minggu (11/9/2020).

Syafrin menuturkan, tanggung jawab atas invetaris sepeda sewa memang telah disepakati oleh pihak operator. Untuk itu, ia berharap agar pihak operator segera mengadakan kembali sepeda sewa untuk diletakan di titik-titik yang telah disediakan.

"Kami harapkan operator itu segera menyiapkan kembali sepeda sewa untuk titik tertentu yang sudah disepakati agar masyarakat yang biasa menggunakan sepeda sewa pada back station yang sudah disiapkan itu tetap tersedia," tuturnya.

 

Kerugian Rp 342,5 Juta

Diketahui, 128 unit sepeda sewa terbakar saat peristiwa demo Kamis (8/10/2020), 45 di antaranya rusak.

"Kerusakan sepeda sewa atau bike share diperkirakan jumlah kerugian sebesar Rp 342,5 juta," kata Syafrin.

Dia menyatakan, pihaknya saat ini masih berkoordinasi dengan perusahaan penyedia layanan sepeda sewa tersebut.

"Untuk penggantian sepedanya akan kami koordinasikan dengan perusahaannya," jelasnya.

Reporter: Yunita Amalia

Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Begini Kondisi Rumah Warga di Ciganjur Usai Dihantam Longsor

Posted: 10 Oct 2020 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hujan deras yang terjadi Sabtu (11/10/2020) membuat longsor di salah satu kompleks perumahan di Ciganjur, Jakarta Selatan. Longsoran itu jatuh ke aliran sungai hingga membanjiri rumah warga di sekitarnya. Satu orang meninggal dunia dan ratusan warga akan diungsikan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Smelter Freeport di Gresik Bakal Jadi Pengolahan Tembaga Terbesar di Dunia

Posted: 10 Oct 2020 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita meninjau lokasi pembangunan smelter atau fasilitas pemurnian PT Freeport Indonesia di kawasan industri Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) Gresik, Jawa Timur.

"Banyak produk hilirisasi yang bisa dikejar, agar nantinya di Indonesia bisa ada pabrik-pabrik yang akan menggunakan hasil pemurnian dari Freeport. Nilai tambahnya bisa terus didorong," kata Agus, dikutip dari laman Kemenperin.go.id, Minggu (11/10/2020).

Menurutnya, PT Freeport Indonesia merupakan perusahaan tambang afiliasi dari Freeport-McMoran dan holding industri pertambangan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Mining Industry Indonesia (MIND ID).

"Perusahaan tersebut sedang membangun pemurnian tembaga sebagai bahan baku industri otomotif, industri elektronik, kabel, pabrik AC, konstruksi instalasi listrik hingga electric vehicle," kata Agus.

Proyek smelter PT Freeport Indonesia di kawasan industri JIIPE Gresik, Jawa Timur itu dibangun di lahan 100 hektare, serta supporting area seluas 120 hektare. Fasilitas pemurnian untuk meningkatkan kandungan logam tersebut diproyeksikan akan menjadi tempat pengolahan tembaga terbesar di dunia.

"Namun, saat ini MIND ID sebagai holding industri pertambangan BUMN, menginformasikan bahwa pembangunan smelter tengah mengalami kendala akibat dampak pandemi Covid-19 terhadap mobilitas kontraktor di lapangan," ujarnya.

Dalam kunjungan ke lokasi smelter tersebut, Menperin diterima langsung oleh dan Direktur Utama PT. Freeport Indonesia Clayton Allen Wenas.

 

Kawasan Terintegrasi Pertama di Indonesia

Dalam kesempatan yang sama Direktur Utama PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BMKS) Bambang Soetiono, mengatakan JIIPE adalah kawasan terintegrasi pertama di Indonesia dengan total area 3.000 hektare, yang terdiri dari kawasan industri, pelabuhan multiguna, area komersial dan perumahan.

"Selain dilengkapi dengan sarana prasaran utilitas yang cukup, Kawasan Industri JIIPE juga terintegrasi dengan pelabuhan berkedalaman -16 meter di bawah permukaan laut, sehingga kapal besar dengan kapasitas 100.000 DWT (dead weight tonnage) dapat melakukan bongkar muat di Pelabuhan JIIPE," ujar Bambang.

Sekaligus guna medorong daya saing industri yang berlokasi di JIIPE, pemerintah juga sedang melakukan berbagai upaya, antara lain melakukan kajian usulan kawasan industri JIIPE ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), dan kajian usulan penurunan harga gas untuk power plant JIIPE, kata Bambang.

Menindaklanjuti kajian tersebut, Kemenperin telah melakukan pembahasan internal usulan penurunan harga gas untuk kawasan industri dengan usulan penurunan harga gas untuk industri yang lain.

Rencananya, di kawasan industri JIIPE sekaligus akan dikembangkan solar panel sebagai alternatif pasokan listrik dengan energi terbarukan. Solar panel akan dibangun secara floating di atas tujuh embung dan di atas atap pabrik. Untuk itu, Kemenperin terus berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga lain dalam rangka pelaksanaan rencana tersebut.

"Kemenperin terus berkoordinasi dengan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) serta pihak-pihak terkait mengenai perizinan solar panel di JIIPE," pungkas Agus.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banjir Asia Tenggara, 5 Orang Tewas di Vietnam dan 2 Lainnya di Kamboja

Posted: 10 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Phnom Penh - Banjir besar melanda sejumlah negara di wilayah ASEAN usai curah hujan tinggi turun dalam beberapa hari terakhir. 

Melansir Channel News Asia, Minggu (11/10/2020), ratusan keluarga di tiga provinsi Kamboja yakni Pursat, Battambang dan Pailin, terpaksa mengungsi di tengah curah hujan yang ekstrim menjelang datangnya depresi tropis di seluruh wilayah Mekong.

"Seorang anak berusia dua tahun dan pria berusia 57 tahun tenggelam dalam banjir," kata Seak Vichet, juru bicara komite nasional Kamboja untuk penanggulangan bencana kepada AFP. 

Pihak berwenang belum memiliki gambaran yang jelas tentang tingkat kerusakan atau orang-orang yang terkena dampak tetapi memperkirakan situasinya akan memburuk pada hari Minggu.

Sementara itu di Vietnam, hampir hujan deras turun dalam beberapa hari terakhir.

Lima orang tewas dengan delapan orang masih hilang saat banjir menggenangi lebih dari 33.000 rumah dan memaksa lebih dari 26.000 orang mengungsi, kata pejabat resmi manajemen bencana.

Jalan raya nasional yang menghubungkan Vietnam utara ke selatan telah dibanjiri, sementara maskapai penerbangan membatalkan beberapa penerbangan domestik, lapor media lokal.

Banjir di Thailand

Ilustrasi banjir. (dok. pixabay/@hermann)
Ilustrasi banjir. (dok. pixabay/@hermann)

Jalanan dan properti yang tergenang air juga terjadi di provinsi Nakhon Ratchasima, Thailand, ketika penduduk bergegas memindahkan barang-barang mereka ke tempat yang lebih tinggi.

Gubernur provinsi Vichien Chantaranothai mengatakan distrik Pak Chong adalah yang paling terpukul, dengan 8.000 rumah tangga dan 12.000 orang terkena dampaknya. Sekitar 200 rumah terendam.

Pihak berwenang membagikan paket makanan dan mendesak orang-orang untuk mengungsi ke tempat penampungan komunitas.

"Kedalaman air tiga meter di beberapa bagian," katanya kepada wartawan.

Taman Nasional Khao Yai pun terpaksa ditutup akhir pekan ini karena hujan deras dan tanah longsor.

Di Laos, naiknya air banjir telah merusak desa dan sawah di sepanjang sungai Xepon dan Xebanghieng di provinsi Savannakhet dengan lebih banyak hujan yang diperkirakan akan turun.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Inggris Vs Belgia: Penuh Pemain Berbakat di UEFA Nations League

Posted: 10 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta UEFA Nations League kembali bergulir dan Inggris bakal melakoni laga berat dengan menghadapi Belgia pada grup A2, Minggu (11/10/2020). Ini duel strategis bagi kedua tim.

Inggris berada di posisi kedua klasemen grup A2 UEFA Nations League. Sedangkan Belgia berada di posisi teratas.

Inggris bakal mengambil alih posisi klasemen kalau berhasil mengalahkan Belgia di laga nanti. Namun yang pasti itu tidak mudah.

Soalnya, ini duel dua tim yang memiliki banyak talenta mumpuni.Inggris tak pernah kekurangan talenta muda berbakat, begitupun Belgia yang menghadirkan generasi emas saat ini.

Inggris punya modal bagus jelang pertandingan UEFA Nations League ini. Mereka baru saja menang meyakinkan melawan Wales 3-0 di laga persahabatan.

 

 

Turunkan pemain terkuat

Dominic Calvert-Lewin dari Inggris, menyundul bola untuk mencetak gol selama pertandingan sepak bola persahabatan internasional antara Inggris dan Wales di stadion Wembley di London, Kamis 8 Oktober 2020. (Glynn Kirk / Pool via AP)
Dominic Calvert-Lewin dari Inggris, menyundul bola untuk mencetak gol selama pertandingan sepak bola persahabatan internasional antara Inggris dan Wales di stadion Wembley di London, Kamis 8 Oktober 2020. (Glynn Kirk / Pool via AP)

Pelatih Inggris, Gareth Southgate sudah merotasi pasukannya di laga melawan Wales. Melawan Belgia, dia akan menurunkan pemain terbaik.

Harry Maguire, Jordan Pickford dan Marcus Rashford sepertinya akan masuk susunan pemain utama. Selain itu, Tammy Abraham dan Jadon Sancho juga sudah bisa kembali bermain.

"Tammy dan Jadon sudah berlatih terpisah," ujar Southgate.

 

Kasus

Dominic Calvert-Lewin dari Inggris, tengah, menyundul bola untuk mencetak gol selama pertandingan sepak bola persahabatan internasional antara Inggris dan Wales di stadion Wembley di London, Kamis 8 Oktober 2020. (Nick Potts / Pool via AP)
Dominic Calvert-Lewin dari Inggris, tengah, menyundul bola untuk mencetak gol selama pertandingan sepak bola persahabatan internasional antara Inggris dan Wales di stadion Wembley di London, Kamis 8 Oktober 2020. (Nick Potts / Pool via AP)

 

Inggris awalnya dihantam kasus lagi setelah Jadon Sancho dan Ben Chilwell hadiri pesta ulang tahun Tammy Abraham. Padahal ini melanggar aturan 6 yang diterapkan Inggris.

Tammy dan Sancho meminta maaf lewat akun pribadi mereka. Keduanya juga terpaksa tidak dimainkan saat lawan Wales.

"Saat Anda sudah dapat tempat di timnas, Anda pasti tak mau pemain lain mengambilnya," Southgate mengingatkan pemainnya.

Fokus

 

Sementara itu, pelatih Timnas Belgia, Roberto Martinez ogah terpengaruh dengan hasil imbang 1-1 melawan Pantai Gading di laga persahabatan. Dia memilih untuk fokus di dua pertandingan UEFA Nations League melawan Islandia dan Inggris.\

"Kami akan secara total melakukan perombakan pada hari Minggu melawan Inggris. Kami telah memanggil banyak pemain kembali untuk laga ini dan berencana mengandalkan mereka," ujarnya

5 Pertemuan Terakhir

 

14/07/18 PID Belgia 2 - 0 Inggris

29/06/18 PID Inggris 0 - 1 Belgia

02/06/12 UJC Inggris 1 - 0 Belgia

10/10/99 UJC Inggris 2 - 1 Belgia

29/05/98 UJC Belgia P 0 - 0 Inggris

 

Prediksi Susunan Pemain

 

Inggris (3-4-3):Pickford; Gomez, Maguire, Dier; Alexander-Arnold, Rice, Henderson, Trippier; Sancho, Kane, Rashford

Belgia (3-4-3): Mignolet; Alderweireld, Denayer, Vertonghen; Meunier, De Bruyne, Witsel, Castagne; Doku, Lukaku, Trossard

Simak Video Timnas Inggris di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Truk Muatan Tabung Elpiji Terbakar, Beruntung Sopir Bisa Meloloskan Diri

Posted: 10 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Akibat roda belakang pecah, truk bermuatan tabung gas elpiji terbakar di ruas tol Ngawi, Jawa Timur. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, karena pengemudi truk berhasil keluar dari badan truk, sebelum truk terguling dan terbakar. Berikut video pemberitaannya pada Liputan6, 9 Oktober 2020.

Truk mengangkut tabung gas elpiji, terbakar di ruas tol Ngawi-Kertosono, tepatnya di Km 586, Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi, Rabu sekitar pukul 6 petang. Api dengan cepat membakar truk yang mengangkut 400 tabung gas elpiji 3 kilogram dan 5 tabung gas elpiji 12 kilogram.

Nyawa pengemudi truk, Reza Wahyu (31), warga Desa Bangunsari, Kabupaten Ponorogo, selamat. Setelah berhasil keluar dari badan truk, sebelum truk terguling dan terbakar. 

Peristiwa ini terjadi, ketika truk muat tabung elpiji melaju dari arah Solo menuju Madiun. Di lokasi kejadian, roda belakang sebelah kiri pecah. Akibatnya truk terguling dan muncul api dari bagian belakang truk. Api kemudian dengan cepat membakar badan truk, dan muatan tabung elpiji.

"Ya sementara kita datangi TKP, kita olah TKP, kemudian kita evakuasi kendaraan, kemudian kita lakukan rekayasa lalu lintas, agar tidak terjadi kemacetan terlalu panjang, kebakaran dalam hitungan menit dan api sempat dipadamkan. Sementara diduga karena pecah ban ya, setelah itu mobil terguling," jelas AKP Risky Fardian, Kasat Lantas Polres Ngawi.

Api bisa dipadamkan, setelah 2 unit mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Ngawi tiba di lokasi. Kasus terbakarnya truk muatan gas elpiji ini masih ditangani aparat Polres Ngawi.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasha Ungu Beri Dukungan Moral, Adiknya Ditangkap Polisi Terkait Dugaan Kasus Narkoba

Posted: 10 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabar kurang sedap datang dari keluarga Pasha Ungu. Adiknya, Iyunan Helmy Said dikabarkan diciduk Badan Narkotika Nasional Provinsi Sulawesi Tengah (BNNP Sulteng) terkait dugaan penyalahgunaan sabu-sabu.

Nama adik Pasha Ungu sebelumnya telah masuk dalam Daftar Pencarian Orang alias DPO. Penangkapan ini dikonfirmasi Kepala Seksi Penyidikan BNN Sulawesi Utara Kompol Julius Sajangbatii pada Sabtu (10/10/2020).

Hingga artikel ini disusun, Pasha Ungu belum memberikan pernyataan resmi terkait penangkapan adiknya. Menilik akun Instagram terverifikasi miliknya, Pasha Ungu memberikan dukungan moral untuk Helmy Said.

Teruslah Kayuh Sepedamu

Unggahan Pasha Ungu. (Foto: Instagram @pashaungu_vm)
Unggahan Pasha Ungu. (Foto: Instagram @pashaungu_vm)

Mengunggah foto Helmy Said tengah bersepeda menggunakan baju olahraga dan helm, Pasha Ungu mengandaikan hidup bagai mengayuh sepeda menuju titik tujuan. Ada saja rintangan di jalan.

Pasha Ungu menyemangati dengan menulis, "Teruslah kayuh sepedamu adekku sayang'jangan berhenti..! ga usah dengerin suara2 sumbang yang bisa jadi menghambat perjalananmu mencapai finish."

Awalnya Pasti Terasa Lelah

Pasha Ungu
Pasha Ungu

Pasha Ungu menambahkan, perjalanan yang diwarnai gunjingan orang acapkali mengganggu konsentrasi. Tak jarang, bikin dada sesak. Kesabaran adalah kunci menuntaskan perjalanan.

"Awalnya pasti terasa lelah bahkan menyesakkan. Tapi percayalah dengan kesabaranmu dan keyakinan kita semua insya Allah kau akan jadi pemenangnya," ujar pelantun "Demi Waktu" dan "Cinta Dalam Hati."

Tampak Dalam Senyum Manismu

Pasha Ungu. (Foto: Instagram @pashaungu_vm)
Pasha Ungu. (Foto: Instagram @pashaungu_vm)

Pasha Ungu tak menjelaskan detail terkait status hukum adiknya atau sampai di tahap mana proses hukum yang dijalani Helmy Said. Bintang film Purple Love fokus pada memberi dukungan moral.

"Seperti yang tampak dalam senyum manismu di slide pertama dan kedua.. -dari abang pashamu yang akan s'lalu ada untukmu, menyayangi dan mencintaimu-. We all family love u," pungkasnya. 

Tanda Hati Pasha Ungu

Pasha Ungu. (ist)
Pasha Ungu. (ist)

Pasha Ungu mengganti kata love dengan emotikon hati warna ungu. Status teks ini menyertai tiga foto Helmy Said bersepeda yang diunggah pada Sabtu (10/10/2020). Hingga artikel ini disusun, lebih dari 7.500 orang mengirim tanda hati.

Sejumlah warganet mengomentari. "Orang baik insyaallah selalu diberi kebaikan," cetus seorang warganet. "Semoga allah swt selalu memberikan kesabaran buat helmi sekeluarga. Insyallah selalu ada jalan keluar yang terbaik," imbuh yang lain.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nestapa Gadis Polos Jadi Budak Seks Bapaknya Bertahun-Tahun di Gunungkidul

Posted: 10 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Gunungkidul - Sungguh malang nasib yang dialami oleh seorang bocah perempuan berumur 12 tahun warga di sebuah wilayah di Kabupaten Gunungkidul. Dalam beberapa tahun terakhir, Bocah malang tersebut menjadi budak seks ayah kandungnya sendiri.

Dari informasi yang didapat Liputan6.com, sebelumnya korban berada di salah satu yayasan pesantren di wilayah Kepanewon Panggang.  Namun karena adanya Pandemi Covid 19, korban akhirnya dipulangkan dan tinggal dengan Ayahnya W (pelaku). Diketahui ibu korban sudah meninggal dunia saat melahirkannya.

Peristiwa pencabulan tersebut terungkap bermula ketika bocah yang agak berkebutuhan khusus tersebut tengah asyik bermain dengan teman-temannya di musala dekat rumahnya dan disuruh pulang ke rumah oleh ayahnya. Saat itu, kebetulan di lokasi tersebut banyak warga yang sedang bekerja bakti. 

Setelah cukup lama di dalam rumah, selepas asar bocah tersebut kembali terlihat sudah bermain kembali dengan teman-temannya. Warga curiga dengan perilaku bocah tersebut usai pulang ke rumahnya. Warga khawatir bocah tersebut kembali menjadi korban aksi tak senonoh yang dilakukan oleh ayahnya tersebut.

Sebelumnya W (48) ayah kandung korban memang pernah tepergok melakukan hal tak seronoh kepada puterinya tersebut. Warga pun lantas mencari tahu dengan 'menginterograsi' bocah tersebut secara halus dan pelan-pelan.  

Meskipun sempat menolak bercerita, namun akhirnya bocah perempuan tersebut membeberkan apa yang dialaminya. Bocah ini mengaku dirudapaksa ayahnya.

 

Dipaksa Berhubungan Badan

Dengan polosnya, bocah malang tersebut kemudian menceritakan apa yang dilakukan selama ini oleh ayah kandungnya, kepada warga. Tak hanya sekali, ternyata bocah ini sering dipaksa berhubungan badan dalam beberapa tahun terakhir.

Medengar penuturan bocah tersebut, warga lantas mendatangi kediaman W untuk diintrogasi. Dari hasil introgasi. W akhirnya mengaku telah berkali-kali memaksa anaknya untuk melayani nafsu bejatnya tersebut.

"Kalau ngakunya di depan warga, lelaki bejat itu berkali-kali memaksa anaknya berhubungan badan," kata salah seorang warga Getas yang enggan disebutkan namanya.

Dengan pertimbangan agar peristiwa tersebut tidak terulang kembali, warga lantas sepakat untuk melaporkan peristiwa nahas tersebut ke Mapolsek Playen. Selang tak lama usai mandapat laporan, polisi menangkap terduga pelaku dirumahnya.

Kapolsek Playen AKP hajar Wahyudi saat dikonfirmasi membenarkan adanya laporan berkaitan dengan tindak pencabulan tersebut. Namun demikian saat ini kejadian tersebut masih dalam proses penyidikan.  

"Nanti ya," kata Kapolsek singkat.

Saat ini korban bakal mendapatkan pendampingan dari pihak Unit Perlindungan Anak Pemda DP3AKBPMD Gunungkidul.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Deretan Zodiak yang Paling Suka Memendam Masalah

Posted: 10 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang memiliki cara berbeda ketika menghadapi masalah. Ada yang mencoba untuk berbagi dan menceritakan masalah tersebut ke orang lain, namun ada juga yang memilih untuk memendamnya.

Setidaknya ada enam zodiak yang dikatakan senang memendam masalah. Artikel tentang deretan zodiak yang paling suka memendam masalah menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel tentang 4 hal yang menandakan bahwa si Dia tak cocok untukmu. Sementara itu artikel terpopuler ketiga tentang cara menjaga kesehatan mental selama pandemi.

Berikut Top 3 Citizen6:

1.  Sulit Buat Terbuka, 6 Zodiak Ini Paling Suka Memendam Masalah

Ilustrasi Kesepian Credit: unsplash.com/Anthony
Ilustrasi Kesepian Credit: unsplash.com/Anthony

Apakah kamu sering menyimpan perasaan untuk diri sendiri? Ataukah kamu salah satu zodiak yang sengaja menyembunyikan emosinya? Ada beberapa orang yang merasa tidak nyaman untuk membagikan perasaannya kepada orang lain baik sahabatnya atau kepada orang terdekat. 

Masalahnya, sering menahan perasaan adalah sesuatu yang berbahaya. Penelitian telah menemukan bahwa apabila sering menahan emosi, seseorang dapat meninggal akibat penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

Selengkapnya…

2. Jangan Buru-Buru Bilang Suka, 4 Hal Ini Menandakan Dia Tak Cocok Buatmu

Ilustrasi Pasangan Seumuran Credit: pexels.com/pixabay
Ilustrasi Pasangan Seumuran Credit: pexels.com/pixabay

Pernahkah hati Anda terasa berdebar-debar ketika bertemu gebetan pertama kali? Tentu saja sebagian dari kalian pernah merasakannya. Entah darimana rasa itu datang, kedua belah pihak tidak dapat menjelaskannya. Dan lama-kelamaan perasaan suka itu tumbuh menjadi rasa sayang. 

Selengkapnya…

3. World Mental Health Day, Ini 4 Cara Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi

Kesehatan Mental | pexels.com/@maksgelatin
Kesehatan Mental | pexels.com/@maksgelatin

Hari Kesehatan Mental Sedunia atau World Mental Health Day diperingati setiap tanggal 10 Oktober. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kesehatan mental merupakan keadaan sejahtera di mana setiap individu bisa mewujudkan potensi mereka sendiri.

Artinya, mereka dapat mengatasi tekanan kehidupan yang normal, dapat berfungsi secara produktif dan bermanfaat, serta mampu memberikan kontribusi kepada lingkungan.

Selengkapnya…

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kondisi Terkini Banjir dan Longsor di Ciganjur

Posted: 10 Oct 2020 09:00 PM PDT

Petugas menggunakan alat berat berusaha merapikan posisi turap yang hancur di Jalan Damai, Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu (11/10/2020). Banjir sekaligus longsor tersebut mengakibatkan dua orang luka-luka dan satu orang meninggal dunia. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Petugas menggunakan alat berat berusaha merapikan posisi turap yang hancur di Jalan Damai, Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu (11/10/2020). Banjir sekaligus longsor tersebut mengakibatkan dua orang luka-luka dan satu orang meninggal dunia. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Petugas menggunakan alat berat berusaha merapikan posisi turap yang hancur di Jalan Damai, Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu (11/10/2020). Banjir sekaligus longsor tersebut mengakibatkan dua orang luka-luka dan satu orang meninggal dunia. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sejumlah warga berkumpul saat banjir dan longsor di Jalan Damai, Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu (11/10/2020). Hujan yang deras sejak Sabtu (10/10/2020) sore mengakibatkan kawasan tersebut mengalami banjir sekaligus longsor. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Sejumlah warga berkumpul saat banjir dan longsor di Jalan Damai, Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu (11/10/2020). Hujan yang deras sejak Sabtu (10/10/2020) sore mengakibatkan kawasan tersebut mengalami banjir sekaligus longsor. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sejumlah warga berkumpul saat banjir dan longsor di Jalan Damai, Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu (11/10/2020). Hujan yang deras sejak Sabtu (10/10/2020) sore mengakibatkan kawasan tersebut mengalami banjir sekaligus longsor. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Petugas menggunakan alat berat berusaha merapikan posisi turap yang hancur di Jalan Damai, Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu (11/10/2020). Banjir sekaligus longsor tersebut mengakibatkan dua orang luka-luka dan satu orang meninggal dunia. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Petugas menggunakan alat berat berusaha merapikan posisi turap yang hancur di Jalan Damai, Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu (11/10/2020). Banjir sekaligus longsor tersebut mengakibatkan dua orang luka-luka dan satu orang meninggal dunia. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Petugas menggunakan alat berat berusaha merapikan posisi turap yang hancur di Jalan Damai, Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu (11/10/2020). Banjir sekaligus longsor tersebut mengakibatkan dua orang luka-luka dan satu orang meninggal dunia. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Suasana longsor di Jalan Damai, Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu (11/10/2020). Hujan yang deras sejak Sabtu (10/10/2020) sore mengakibatkan kawasan tersebut mengalami banjir sekaligus longsor serta mengakibatkan dua orang luka-luka dan satu orang meninggal dunia. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Suasana longsor di Jalan Damai, Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu (11/10/2020). Hujan yang deras sejak Sabtu (10/10/2020) sore mengakibatkan kawasan tersebut mengalami banjir sekaligus longsor serta mengakibatkan dua orang luka-luka dan satu orang meninggal dunia. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Suasana longsor di Jalan Damai, Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu (11/10/2020). Hujan yang deras sejak Sabtu (10/10/2020) sore mengakibatkan kawasan tersebut mengalami banjir sekaligus longsor serta mengakibatkan dua orang luka-luka dan satu orang meninggal dunia. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Petugas menggunakan alat berat berusaha merapikan posisi turap yang hancur di Jalan Damai, Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu (11/10/2020). Banjir sekaligus longsor tersebut mengakibatkan dua orang luka-luka dan satu orang meninggal dunia. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Petugas menggunakan alat berat berusaha merapikan posisi turap yang hancur di Jalan Damai, Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu (11/10/2020). Banjir sekaligus longsor tersebut mengakibatkan dua orang luka-luka dan satu orang meninggal dunia. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Petugas menggunakan alat berat berusaha merapikan posisi turap yang hancur di Jalan Damai, Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu (11/10/2020). Banjir sekaligus longsor tersebut mengakibatkan dua orang luka-luka dan satu orang meninggal dunia. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Petugas menggunakan alat berat berusaha merapikan posisi turap yang hancur di Jalan Damai, Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu (11/10/2020). Hujan yang deras sejak Sabtu (10/10/2020) sore mengakibatkan kawasan tersebut mengalami banjir sekaligus longsor. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Petugas menggunakan alat berat berusaha merapikan posisi turap yang hancur di Jalan Damai, Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu (11/10/2020). Hujan yang deras sejak Sabtu (10/10/2020) sore mengakibatkan kawasan tersebut mengalami banjir sekaligus longsor. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Petugas menggunakan alat berat berusaha merapikan posisi turap yang hancur di Jalan Damai, Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu (11/10/2020). Hujan yang deras sejak Sabtu (10/10/2020) sore mengakibatkan kawasan tersebut mengalami banjir sekaligus longsor. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Suasana longsor di Jalan Damai, Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu (11/10/2020). Hujan yang deras sejak Sabtu (10/10/2020) sore mengakibatkan kawasan tersebut mengalami banjir sekaligus longsor serta mengakibatkan dua orang luka-luka dan satu orang meninggal dunia. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Suasana longsor di Jalan Damai, Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu (11/10/2020). Hujan yang deras sejak Sabtu (10/10/2020) sore mengakibatkan kawasan tersebut mengalami banjir sekaligus longsor serta mengakibatkan dua orang luka-luka dan satu orang meninggal dunia. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Suasana longsor di Jalan Damai, Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu (11/10/2020). Hujan yang deras sejak Sabtu (10/10/2020) sore mengakibatkan kawasan tersebut mengalami banjir sekaligus longsor serta mengakibatkan dua orang luka-luka dan satu orang meninggal dunia. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sejumlah warga berkumpul saat banjir dan longsor di Jalan Damai, Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu (11/10/2020). Hujan yang deras sejak Sabtu (10/10/2020) sore mengakibatkan kawasan tersebut mengalami banjir sekaligus longsor. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Sejumlah warga berkumpul saat banjir dan longsor di Jalan Damai, Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu (11/10/2020). Hujan yang deras sejak Sabtu (10/10/2020) sore mengakibatkan kawasan tersebut mengalami banjir sekaligus longsor. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sejumlah warga berkumpul saat banjir dan longsor di Jalan Damai, Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu (11/10/2020). Hujan yang deras sejak Sabtu (10/10/2020) sore mengakibatkan kawasan tersebut mengalami banjir sekaligus longsor. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Petugas memeriksa rumah yang hancur akibat longsor di Jalan Damai, Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu (11/10/2020). Hujan yang deras sejak Sabtu (10/10/2020) sore mengakibatkan kawasan tersebut mengalami banjir sekaligus longsor. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Petugas memeriksa rumah yang hancur akibat longsor di Jalan Damai, Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu (11/10/2020). Hujan yang deras sejak Sabtu (10/10/2020) sore mengakibatkan kawasan tersebut mengalami banjir sekaligus longsor. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Petugas memeriksa rumah yang hancur akibat longsor di Jalan Damai, Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu (11/10/2020). Hujan yang deras sejak Sabtu (10/10/2020) sore mengakibatkan kawasan tersebut mengalami banjir sekaligus longsor. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Reaksi Mito Soal Kapasitas CEIR yang Penuh Curi Perhatian

Posted: 10 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Artikel reaksi salah satu vendor smartphone asal Indonesia, Mito, soal kapasitas CEIR yang penuh, paling banyak dibaca di kanal Tekno Liputan6.com, Sabtu (10/10/2020).

Tak hanya itu, pembaca juga tertarik membaca artikel tentang platform jejaring ekonomi kreatif di Jawa Barat, dan deretan iPhone 12 yang akan diumumkan pada 13 Oktober mendatang.

Lebih lengkapnya simak berita berikut ini.

1. Mito Minta Pemerintah Atasi Persoalan Penuhnya Kapasitas CEIR

Mito sebagai salah satu vendor smartphone asal Indonesia mengaku terdampak dengan kapasitas CEIR (Centralized Equipment Identity Register) yang dilaporkan sudah penuh. Akibatnya, mereka tidak bisa mendaftarkan ponsel besutannya.

Sebagai informasi, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) baru-baru ini memang mengungkapkan mesin CEIR yang digunakan untuk mendaftarkan IMEI perangkat di Indonesia sudah hampir penuh, sehingga proses pendaftaran disetop.

Baca Selengkapnya di Sini

 

2. Jawa Barat Kini Punya Platform Jejaring Ekonomi Kreatif kreasijabar.id

Ekonomi merupakan salah satu keunggulan provinsi Jawa Barat selama beberapa tahun terakhir.

Pemerintah provinsi (Pemprov) Jawa Barat pun menyadari potensi ini perlu untuk terus dikembangkan dan menjadi sektor pendorong kemajuan Jawa Barat secara nasional dan internasional.

Keseriusan pemprov Jawa Barat tecermin dari komitmen pengembangan ekonomi kreatif yang dituangkan dalam Perda No. 15 tahun 2017, yang terbit lebih awal dari UU Ekonomi Kreatif Nasional No. 24 Tahun 2019.

Baca Selengkapnya di Sini

 

3. Ini Deretan Seri iPhone 12 yang Akan Apple Ungkap 13 Oktober 2020

Apple sudah mengonfirmasi akan menggelar acara secara online pada bulan ini, atau lebih tepatnya 13 Oktober 2020.

Pada acara yang bertajuk "Hi, Speed" tersebut, diyakini perusahaan bentukan Steve Jobs itu akan mengumumkan smartphone anyarnya, yakni iPhone 12.

Jelang perhelatan akbar tersebut, berbagai informasi terkait produk apa saja yang akan diumumkan Apple pun mulai jadi pembicaraan warganet.

Baca Selengkapnya di Sini

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Obesitas Berisiko Perberat Gejala COVID-19, Ini Penjelasan Pakar

Posted: 10 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Orang dengan obesitas menjadi salah satu dalam kelompok yang paling rentan mengalami gejala berat dari COVID-19.

Hal ini disampaikan oleh dokter spesialis gizi klinik Gaga Irawan Nugraha, Associate Professor Departemen Ilmu Kedokteran Dasar Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran dalam siaran dialog dari Graha BNPB beberapa waktu lalu.

Gaga mengungkapkan, di awal kemunculan penyakit COVID-19, banyak orang yang belum tahun bahwa obesitas merupakan faktor risiko dari kasus berat penyakit tersebut.

"Setelah COVID-19 masuk ke Amerika Serikat, di bulan April dilaporkan bahwa begitu banyak kematian yang disebabkan COVID-19, terutama di kota New York," kata Gaga, dikutip Jumat (9/10/2020).

"Hal itu terjadi karena ternyata banyak orang di New York, sampai lebih dari 42 persen mengalami obesitas." Ia menambahkan, obesitas saat ini menjadi faktor risiko terbesar kedua dari kondisi berat akibat COVID-19 setelah hipertensi.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

 

Lebih Mudah Mengalami Gejala Berat

Gambar menggunakan mikroskop elektron yang tak bertanggal pada Februari 2020 menunjukkan virus corona SARS-CoV-2 (kuning) muncul dari permukaan sel (biru/pink) yang dikultur di laboratorium.  Sampel virus dan sel diambil dari seorang pasien yang terinfeksi COVID-19. (NIAID-RML via AP)
Gambar menggunakan mikroskop elektron yang tak bertanggal pada Februari 2020 menunjukkan virus corona SARS-CoV-2 (kuning) muncul dari permukaan sel (biru/pink) yang dikultur di laboratorium. Sampel virus dan sel diambil dari seorang pasien yang terinfeksi COVID-19. (NIAID-RML via AP)

Dalam penjelasannya, Gaga mengatakan bahwa orang obesitas memiliki permukaan lemak yang lebih besar.

"Reseptor untuk menempelnya virus menjadi lebih banyak, lebih luas. Sehingga orang obesitas lebih mudah terkena dan lebih mudah mengalami perberatan setelah terpapar virus COVID-19."

Selain itu, lemak pada orang obesitas lebih banyak. Gaga mengatakan, mereka memiliki lemak yang lebih banyak di jantung dan perut.

Inilah yang membuat ketika mereka terinfeksi virus SARS-CoV-2 kesulitan bernapasnya menjadi lebih berat karena organ seperti paru dan jantungnya tertekan oleh lemak.

Terakhir, orang dengan obesitas rentan mengalami kelainan imunitas sehingga ia lebih mudah terkena dan mengalami gejala berat COVID-19.

Maka dari itu, Gaga mengatakan bahwa yang penting untuk menjaga kesehatan di masa pandemi bagi orang obesitas, adalah dengan mengubah gaya hidupnya mulai dari menjaga pola makan, pola aktivitas, istirahat cukup, serta menghindari makanan-makanan tertentu seperti yang mengandung gula serta tepung, dan menjauhi kebiasaan buruk seperti merokok.

Infografis Obesitas

Arya Permana, salah satu contoh kasus obesitas yang mengkhawatirkan (liputan6.com/Tri yasni)
Arya Permana, salah satu contoh kasus obesitas yang mengkhawatirkan (liputan6.com/Tri yasni)

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Polisi Amankan Jurnalis Merahputih Ponco saat Demo Omnibus Law

Posted: 10 Oct 2020 08:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Enam Jurnalis turut diamankan polisi saat demonstrasi Omnibus Law di Jakarta beberapa waktu lalu. Salah satunya adalah Junalis Merahputih.com, Ponco Sulaksono.

Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, Ponco Sulaksono ketika itu berada di antara kerumunan demonstran yang rusuh.

"Dia bersama-sama dengan para anarko yang kita amankan semuanya," ucap dia, di Polda Metro Jaya, Sabtu (10/10/2020) malam.

Yusri berdalih, saat itu petugas kepolisian tak mengetahui bahwa Ponco Sulaksono adalah seorang jurnalis.

"Petugas pada saat bertugas tidak tau. Makanya kita harapkan teman-teman menggunakan id card pada saat situasi seperti itu," ujar dia.

Saat ini, Yusri menyampaikan seluruh telah dipulangkan. Termasuk Ponco Sulaksono.

"Sudah, sudah semuanya (dibebaskan)," ucapnya.

Sementara itu, Yusri enggan berkomentar perihal penganiayaan yang menimpa Jurnalis CNNIndonesia.com, Thohirin dan Suara.com, Peter Rotti.

Diamankan Saat Demo

Sebelumnya, jurnalis Merahputih.com atas nama Ponco Sulaksono yang bertugas meliput aksi demonstrasi penolakan Omnibus Law UU Cipta Kerja di kawasan Monas, Gambir, Jakarta Pusat hingga Kamis malam pukul 23.30 WIB masih belum diketahui keberadaannya.

Terakhir, Ponco Sulaksono mengirim berita melaporkan situasi demo di kawasan Gambir ke redaksi pada pukul 15.14 WIB. Beberapa saksi menyebut, Ponco diamankan saat terjadi bentrokan antara massa dengan aparat di kawasan Gambir, Kamis sore.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Video Wajah Pelaku yang Rusak CCTV saat Demo UU Cipta Kerja di Surabaya

Posted: 10 Oct 2020 08:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beredar video wajah pelaku yang merusak kamera CCTV saat demo menolak UU Cipta Kerja di Taman Apsari, depan Gedung Grahadi, Surabaya, Jawa Timur di media sosial.

Video tersebut diunggah di akun instagram @aslisuroboyo pada Sabtu, 10 Oktober 2020.  Tayangan video itu sudah diputar 377.629 dan mendapatkan 1.866 komentar hingga artikel ini dibuat.

Unggahan video tersebut tertulis: [Wes angel... angel tuturanmu] (Susah dibilanganin)

Sek teko sisa-sisa aksi 8 Oktober 2020. Beredar viral video salah siji oknum seng ngerusak cctv sekitar Grahadi, nang video raine pelaku sempet kerekam pisan. (Dari sisa-sia peristiwa 8 oktober beredar ada salah satu oknum yang merusak cctv di Grahadi. Dalam video, wajah pelaku sempat terekam)

Gawe seng durung ngerti CCTV nang Suroboyo guduk kamera biasa, tapi duwe fitur "face recognition" alias iso ngenali wajah ditambah langsung terhubung karo data Dispendukcapil pisan. (Bagi yang belum ngerti cctv di surabaya bukan kamera biasa, punya fitur facial recognition).

Tanggapan Pemkot Surabaya

Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Kabag Humas Pemkot Surabaya, Febriadhitya Prajatara membenarkan mengenai unggahan video yang terpampang wajah pelaku merusak kamera CCTV. "Iya benar, di taman Apsari," ujar dia saat dihubungi Liputan6.com lewat pesan singkat, Minggu, (11/10/2020).

Sebelumnya dalam unggahan facebook @banggasurabaya menyebutkan salah satu CCTV yang berada di Taman Apsari depan Gedung Grahadi dirusak oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Meskipun begitu, CCTV face recognition ini sempat merekam wajah pelaku. Perlu diketahui, kamera CCTV ini tersambung dengan dispendukcapil. Yuk, kalau kamu warga Surabaya jaga fasilitas umum yang ada di Surabaya ya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Pacar Montir yang Perhatian Ini Romantis Banget

Posted: 10 Oct 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bekerja sebagai montir, tentu bukan sebuah pekerjaan yang mudah. Selain harus berjibaku dengan mesin-mesin yang bermasalah, kotor karena oli mesin dan bau dari asap mesin tentu sudah jadi makanan sehari-hari.

Namun pekerjaan ini akan ringan bila saat bekerja ditemani oleh pacar yang perhatian. Sembari mengerjakan mesin yang bermasalah, sang pacar pun dengan perhatiannya menemani sang montir.

Mulai dari menyuapi makan hingga memberi minum saat bekerja menjadi salah satu perhatiannya. Tentunya kejadian seperti ini tidak banyak terjadi. Malah bisa dikatakan langka.

Tetapi potret seperti ini bisa dilihat dari unggahan Instagram milik akun @wkwkland_real yang curi perhatian netizen.

Berikut 6 potret pacar montir perhatian yang Liputan6.com kutip dari Instagram @wkwkland_real, Minggu (11/10/2020).

1. Begini potret perhatiannya cewek dengan pacarnya yang seorang montir

Pacar montir yang perhatian (Sumber: Instagram/wkwkland_real)
Pacar montir yang perhatian (Sumber: Instagram/wkwkland_real)

2. Ditemani saat bekerja tentu bisa jadi momen menyenangkan saat mengerjakan mesin yang bermasalah

Pacar montir yang perhatian (Sumber: Instagram/wkwkland_real)
Pacar montir yang perhatian (Sumber: Instagram/wkwkland_real)

3. Apalagi sampai disuapi makan, tentu tidak akan capek dan telat makan

Pacar montir yang perhatian (Sumber: Instagram/wkwkland_real)
Pacar montir yang perhatian (Sumber: Instagram/wkwkland_real)

4. Melihat momen seperti ini tentu menjadi contoh pasangan yang kompak

Pacar montir yang perhatian (Sumber: Instagram/wkwkland_real)
Pacar montir yang perhatian (Sumber: Instagram/wkwkland_real)

5. Setiap hari berjibaku dengan oli mesin pun tidak masalah agar bisa membeli skincare untuk kekasih

Pacar montir yang perhatian (Sumber: Instagram/wkwkland_real)
Pacar montir yang perhatian (Sumber: Instagram/wkwkland_real)

6. Apalagi kalau punya pacar yang mengerti mesin, tentu bisa saling kerja bareng

Pacar montir yang perhatian (Sumber: 1cak.com)
Pacar montir yang perhatian (Sumber: 1cak.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Bosnia-Herzegovina vs Belanda: Beban Berat Der Oranje

Posted: 10 Oct 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bosnia-Herzegovina akan bertemu Belanda di matchday 3 UEFA Nations League 2020/2021 Liga A Grup 1 di Stadion Bilino Polje, Zenica, Minggu malam WIB (11/10/2020).

Bagi Bosnia-Herzegovina dan Belanda laga di UEFA Nations League 2020/2021 ini, merupakan pertemuan perdana mereka. Kedua tim belum pernah bertemu sebelumnya.

Karenanya, baik pelatih Bosnia, Dusan Bajevic, maupun Frank de Boer (pelatih Belanda) harus berpikir keras mengatur strategi lantaran mereka buta akan kekuatan lawan.

Di sisi lain Bosnia dan Belanda dituntut untuk memenangkan laga ini guna memperbaiki posisi mereka. Saat ini Belanda bercokol di peringkat 2 dengan koleksi 3 poin hasil dari sekali menang dan sekali kalah. Sang lawan, Bosnia-Herzegovina, terdampar di posisi juru kunci klasemen UEFA Nations League, lewat raihan 1 poin.

Pada matchday 1, Bosnia-Herzegovina menahan imbang tuan rumah Italia 1-1. Setelah itu, mereka kalah 1-2 saat menjamu Polandia.

Sedangkan, Belanda mengumpulkan tiga poin usai mencatat kemenangan 1-0 kala menjamu Polandia pada laga pertama. Tapi, pada laga kedua UEFA Nations League 2020/2021, Oranje ditekuk Azzurri 0-1 di Amsterdam.

Mengesankan

Pelatih Belanda Frank de Boer (kanan) berbincang dengan para pemainnya saat sesi latihan timnas Belanda di Zeist (5/10/2020). Belanda sedang mempersiapkan pertandingan eksibisi melawan Meksiko kemudian akan bertemu dengan Bosnia dan Herzegovina dan Italia di Lhe Nations League. (AFP/ANP/Olaf Kraak)
Pelatih Belanda Frank de Boer (kanan) berbincang dengan para pemainnya saat sesi latihan timnas Belanda di Zeist (5/10/2020). Belanda sedang mempersiapkan pertandingan eksibisi melawan Meksiko kemudian akan bertemu dengan Bosnia dan Herzegovina dan Italia di Lhe Nations League. (AFP/ANP/Olaf Kraak)

Belanda pernah mencatat performa terbaik saat mencapai final UEFA Nations League 2018-19, namun akhirnya kalah 0-1 dari Portugal di partai puncak.

Penampilan mereka juga cukup mengesankan selama kualifikasi Piala Eropa 2020. Belanda memenangkan enam dari delapan pertandingan mereka dan hanya menderita satu kekalahan, sehingga harus puas duduk di posisi kedua Grup C di belakang Jerman.

Jadwal

Minggu, 11 Oktober 2020

Pukul 23.00 WIB

Stadion Bilino Polje, Zenica, Bosnia-Herzegovina

Perkiraan Susunan Pemain

Bosnia-Herzegovina (4-3-3): Sehic; Cipetic, Ahmedhodzic, Sanicanin, Nastic; Hotic, Loncar, Pjanic; Visca, Dzeko, Krunic.

Pelatih: Dusan Bajevic.

Belanda (4-3-3): Cillessen; Blind, van Dijk, de Vrij, Hateboer; de Jong, van de Beek, Wijnaldum; Promes, Memphis Depay, Bergwijn.

Pelatih: Frank de Boer.

5 Laga Terakhir Bosnia-Herzegovina

15-11-2019 Bosnia-Herzegovina 0-3 Italia (Kualifikasi Euro)

18-11-2019 Liechtenstein 0-3 Bosnia-Herzegovina (Kualifikasi Euro)

04-09-2020 Italia 1-1 Bosnia-Herzegovina (UNL)

07-09-2020 Bosnia-Herzegovina 1-2 Polandia (UNL)

08-10-2020 Bosnia-Herzegovina 1-2 Irlandia Utara (Play-off Kualifikasi Euro).

5 Laga Terakhir Belanda

16-11-2019 Irlandia Utara 0-0 Belanda (Kualifikasi Euro)

19-11-2019 Belanda 5-0 Estonia (Kualifikasi Euro)

05-09-2020 Belanda 1-0 Polandia (UNL)

08-09-2020 Belanda 0-1 Italia (UNL)08-10-2020 Belanda 0-1 Meksiko (Friendly).

Simak Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: