Rabu, 28 Oktober 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


5 Komplikasi Ambeien yang Harus Diwaspadai, Simak Cara Mencegah dan Mengatasinya

Posted: 28 Oct 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ambeien atau wasir terjadi karena ada pelebaran pembuluh darah di sekitar anus dan memunculkan benjolan. Benjolan inilah yang berisiko menyebabkan komplikasi ambeien. Apalagi jika masalah sembelit kerap terjadi dan memicu benjolan membengkak lebih besar lagi.

Ada dua jenis ambeien, yakni ambeien dalam dan ambeien luar. Dari kedua jenis ambeien ini, ambeien dalam yang kerap terlambat mendapat penanganan hingga sebabkan komplikasi ambeien. Ambeien dalam lebih sulit dikenali karena tidak terlihat, sedangkan ambeien luar bisa dirasakan karena timbul keluar. 

Komplikasi ambeien umumnya disebabkan karena benjolan ambeien yang mengalami perdarahan, terjepit, dan terinfeksi. Hingga pada akhirnya memicu masalah anemia, gumpalan darah, prolaps, dan kematian jaringan. Ketika mengalami, penderita ambeien akan merasakan gatal, nyeri, perih, kemerahan, dan bengkak di sekitar anus.

Berikut Liputan6.com ulas komplikasi ambeien dari berbagai sumber, Kamis (29/10/2020).

Gumpalan Darah

Ilustrasi ambeien | KlikDokter
Ilustrasi ambeien | KlikDokter

Komplikasi ambeien bisa menyebabkan terjadinya gumpalan darah. Apalagi ambiem yang terjadi di luar. Ambeien luar berisiko menyebabkan pecahnya benjolan dan terbentuklah gumpalan darah.

Jika gumpalan darah terjadi, biasanya rasa gatal parah di sekitar anus akan terjadi. Tak hanya gatal, beberapa penderita juga ada yang merasakan nyeri luar biasa. Nyerinya mirip seperti sedang ditusuk-tusuk jarum.

Memang tidak begitu menyakitkan, tetapi kondisi seperti ini bisa mengganggu aktivitas lainnya. Duduk, mengangkat barang, bergerak aktif menjadi tidak terasa nyaman. Pengobatan yang bisa dilakukan adalah mengempeskan dan mengeringkan gumpalan darahnya.

 

Prolaps

Ilustrasi ambeien | KlikDokter
Ilustrasi ambeien | KlikDokter

Prolaps adalah komplikasi ambeien dalam yang cukup membahayakan. Kondisi ini bisa terjadi ketika ambeien dalam tak segera mendapat penanganan. Tepatnya ketika benjolan ambeien dalam keluar dari anus.

Jika benjolan tidak bisa dimasukkan kembali, maka bahaya lain ikut mengintai. Ketika duduk, penderita akan merasa tidak nyaman. Rasa nyeri juga timbul ketika buang air besar dan duduk. Pada beberapa kasus, prolaps memicu terbentuknya gumpalan darah.

Ketika pasien sudah mengalami komplikasi ambeien ini, pengobatan pita karet, koagulasi, dan penyuntikan cairan dijadikan pilihan. Ligasi pita karet dilakukan untuk menghambat sirkulasi darah agar benjolan ambeien menyusut. Bisa juga dengan koagulasi dan penyuntikan cairan untuk mengempiskan.

Infeksi

Ilustrasi ambeien | KlikDokter
Ilustrasi ambeien | KlikDokter

Infeksi termasuk komplikasi ambeien yang harus diwaspadai. Infeksi biasanya terjadi pada ambeien luar. Ambeien luar lebih berisiko mengalami pecah benjolan karena letaknya di luar. Benjolan yang pecah pada akhirnya akan membentuk luka, mengundang bakteri, dan menyebabkan infeksi.

Kondisi ini ditandai dengan wasir yang tiba-tiba mengalami perdarahan dan terasa perih karena luka pecahannya. Tak hanya perih, tetapi nyeri luar biasa hebat terutama ketika dibarengi dengan buang air besar yang berdarah. Jika mengalami, pengobatan harus segera dilakukan.

Ketika infeksi bakteri sudah terjadi, biasanya beberapa gejala akan mengikuti. Anus akan terasa lebih gatal dari biasanya. Terlihat kemerahan, bengkak, dan tubuh mengalami demam. Penanganan yang tidak benar dan mengalami keterlambatan bisa sampai sebabkan abes atau benjolan ambeien berisi nanah.

Anemia

Ilustrasi Anemia | Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio
Ilustrasi Anemia | Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Anemia bisa terjadi pada penderita ambeien. Tepatnya ketika ambeien tidak segera diobati dan menyebabkan komplikasi ambeien. Masalah anemia berisiko terjadi pada ambeien dalam dan luar yang pecah dan mengalami perdarahan.

Ketika anemia terjadi, maka kekurangan sel darah merah sehat akan terjadi. Hal ini sudah pasti akan menghambat darah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Tanda anemia yang bisa dikenali adalah kelelahan, pusing, dan sesak napas.

Strangulasi Ambeien

Ilustrasi Ambeien | Credit: pexels.com/Mary
Ilustrasi Ambeien | Credit: pexels.com/Mary

Stangulasi adalah komplikasi ambeien yang cukup menyakitkan. Kondisi ini terjadi ketika suplai darah ke benjolan ambeien terputus. Akibatnya rasa sakit yang tak tertahankan akan timbul dan berisiko ganggu aktivitas keseharian.

Stangulasi bisa disebut dengan istilah penyumbatan aliran darah. Tak hanya sakit, tetapi pembengkakan bisa terjadi. lalu pengerutan pembuluh darah oleh otot sfingter di sekitar anus.

Apalagi jika suplai darah ke ambeien dalam yang terputus karena terjepit. Ambeien yang seperti ini akan sangat terasa menyakitkan hingga menyebabkan kematian jaringan. Penanganan medis juga harus segera dilakukan.  

Gejala dan Pengobatan Ambeien Ringan

Ilustrasi sayur dan buah | Wendy Wei dari Pexels
Ilustrasi sayur dan buah | Wendy Wei dari Pexels

Gejala Ambeien

Gejala umum yang bisa menjadi tanda Anda terkena ambeien, seperti:

- Feses bercampur dengan darah

- Sulit BAB atau BAB keras

- Timbul rasa nyeri dan sakit ketika duduk, berdiri, dan berjalan

- Mengalami pembengkakan di area anus

- Timbulnya benjolan menyerupai bisul di sekitar anus.

Pengobatan Ambeien Ringan

- Rendam dengan air hangat

Berendam air hangat tidak hanya bisa mengendurkan dan merilekskan otot punggung, tapi juga pada otot-otot yang tegang di sekitar anus. Air hangat juga dapat meningkatkan aliran darah untuk membantu mengecilkan vena yang bengkak.

Anda bisa mencampurkan air hangat dengan 1 sendok makan garam untuk membantu menyempitkan ambeien.

- Jangan duduk terlalu lama

Apabila pekerjaan Anda mengharuskan untuk duduk dalam waktu yang cukup lama, cobalah untuk berjalan setiap 15 sampai 30 menit sekali. Hal ini berguna untuk mengurangi tekanan rektal yang menyebabkan ambeien. Hindari juga olahraga yang mengharuskan Anda untuk duduk terlalu lama seperti yoga dan bersepeda.

- Cukupi asupan serat

Selain melakukan pengobatan dari luar, Anda juga bisa melakukan pengobatan dari dalam. Dengan cara apa? Dengan rutin mengonsumsi buah yang kaya kandungan serat.

Selalu sediakan buah seperti pepaya dan pisang dalam kulkas agar ambeien bisa dengan cepat teratasi. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi gandum utuh dan kacang-kacangan untuk bantuan ekstra mengatasi ambeien.

- Tiduran

Setelah seharian bekerja, berbaringlah untuk mendapatkan istirahat yang cukup dan membantu penyembuhan ambeien. Berbaring sambil menekuk kaki Anda selama kurang lebih setengah jam dapat meningkatkan sirkulasi darah ke area belakang dan pada akhirnya dapat membantu mengecilkan benjolan yang timbul akibat ambeien.

- Minum obat

Jika cara-cara di atas belum juga meringankan rasa sakit akibat ambeien, maka minum obat khusus ambeien akan bisa membantu Anda. Konsultasikan pada dokter tentang obat apa yang direkomendasikan untuk mengatasi ambeien. Biasanya, dokter akan memberikan dua pilihan, yakni obat minum atau obat yang dioleskan pada anus.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Urai Kemacetan, Jasa Marga Terapkan Contraflow Tol Jakarta-Cikampek

Posted: 28 Oct 2020 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Demi mengurai kemacetan, PT Jasa Marga menerapkan rekayasa lalu lintas contraflow mulai dari KM 47 hingga KM 61 Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek untuk mengurai kepadatan lalu lintas, pada Kamis (29/10/2020) sejak pukul 09.25 WIB.

General Manager Representative Office 1 Jasa Marga Transjawa Tollroad Regional Division, Widiyatmiko Nursejati menyatakan, diberlakukannya contraflow tersebut diharapkan dapat mencairkan kepadatan yang terjadi di KM 48.

"Yang merupakan titik pertemuan dua arus lalu lintas menuju Cikampek, antara kendaraan yang akan melalui jalan tol Jakarta Cikampek Elevated dan Jalan Tol Jakarta Cikampek," kata Widiyatmiko dalam keterangan tertulis.

Dia menjelaskan, pemberlakuan contraflow itu merupakan diskresi dari pihak kepolisian. PT Jasa Marga hanya menyiagakan petugas dan penyiapan rambu-rambu untuk mendukung kelancaran.

Selain itu, PT Jasa Marga juga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar memastikan kendaraan dalam keadaan prima hingga saldo uang elektronik cukup.

"Mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan serta membawa bekal untuk menghindari kerumunan atau kepadatan di rest area," jelas Widiyatmiko.

 

Diingatkan Anies

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan, klaster keluarga merupakan penyebaran virus corona atau Covid-19 mencapai 39 persen dari total kasus positif di Ibu Kota.

Dia mengatakan penyebaran virus Covid-19 tidak mengenal tempat tempat dan waktu. Selain di fasilitas publik, penularan juga dapat terjadi di ruang privat.

"Angkanya di Jakarta ini untuk klaster-klaster, 39 persen dari kasus positif yang ditemukan di Jakarta adalah klaster keluarga. Jumlah klasternya 4.684 dan total positif sampai 36.659 kasus," kata Anies dalam video Youtube Pemprov DKI, Rabu (28/10/2020).

Karena hal itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengimbau agar masyarakat tetap menggunakan masker dan menerapkan protokol kesehatan saat menghabiskan waktu liburan panjang bersama keluarga besar.

"Saya mengajak kepada semuanya di masa liburan ini, maka kita berlibur sambil menjaga kesehatan, menjaga keselamatan, melindungi sesama. Ketika kita ingin melindungi saudara kita, pakai masker," ucapnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peringati Maulid Nabi, Anies Baswedan Tetap Ingatkan Protokol Kesehatan

Posted: 28 Oct 2020 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengucapkan selamat memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Dia pun mengingatkan, bagi yang merayakan kebesaran Nabi, tetap menerapkan protokol kesehatan, karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

"Dalam suasana pandemi di mana kita masih berhadapan dengan wabah, mari kita sama-sama peringati dengan mengikuti semua protokol kesehatan," ujar Anies yang dikutip melalui channel Youtube Pemprov DKI, Kamis (29/10/2020).

Dia menuturkan, dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, umat Islam, terlebih di DKI bisa menjadi contoh dalam penyelenggaraan acara keagamaan atau perayaaan Nabi Muhammad SAW yang sesuai protokol kesehatan.

Anies berharap, perayaan Maulid Nabi ini, umat Islam bisa menerapkan segala sifat Rasulullah.

"Semoga peringatan Maulid Nabi Muhammad benar-benar menjadi peringatan pembawa hikmah bagi kita semua. Dan insya Allah kita selalu diberikan kesehatan, diberikan kekuatan, dan Insya Allah makin bisa mendekatkan diri kita pada sifat-sifat Rasulullah," jelas Anies.

 

Pesan Jokowi

Selain Anies, Presiden Joko Widodo atau Jokowi memandang, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sebagai momentum untuk meniru keteladan Nabi, yang kemudian diaplikasikan ke dalam kehidupan.

Menurut dia, keteladan Nabi Muhammad SAW, bisa menjadi panduan untuk membangun Indonesia lebih maju. Hal ini disampaikan Jokowi melalui akun resmi Twitternya @jokowi.

"Baginda Nabi Muhammad SAW itu memandu kita dalam membangun Indonesia yang maju," tulis Jokowi seperti dikutip Liputan6.com, Kamis (29/10/2020).

Dia pun mengajak masyarakat Indonesia memperingati hari besar Nabi Muhammad SAW. Yakni dengan bersalawat dan mengingat perjuangan Nabi terhadap umat.

"Peringati hari ini dengan bersalawat kepadanya, mengingat perjuangan beliau membawa kebenaran, tuntunan dan keteladanan bagi umat manusia," kata Jokowi.

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peta Sebaran Corona COVID-19 di Surabaya per 28 Oktober 2020

Posted: 28 Oct 2020 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pasien positif COVID-19 bertambah 39 orang di Surabaya, Jawa Timur pada Rabu, 28 Oktober 2020. Total kasus positif COVID-19 di Surabaya mencapai 15.803 orang.

Sementara itu, pasien sembuh dari COVID-19 bertambah 43 orang di Surabaya, Jawa Timur. Total pasien sembuh dari COVID-19 mencapai 14.531.

Di satu sisi, pasien meninggal karena COVID-19 bertambah tiga orang menjadi 1.159 di Surabaya.

Pasien konfirmasi dalam perawatan sebanyak 113 orang. Demikian mengutip lawancovid-19.surabaya.go.id, Kamis (29/10/2020).

Secara persentase konfirmasi COVID-19 per 28 Oktober 2020 dengan rincian konfirmasi pasien sembuh mencapai 91,95 persen atau setara 14.531, konfirmasi meninggal 1.159 atau setara 7,33 persen dan konfirmasi dalam perawatan sebanyak 113 atau setara 0,71 persen.

Untuk kasus Corona COVID-19 per wilayah per 28 Oktober 2020 di Surabaya:

Surabaya Barat:

Konfirmasi: 2.445 orang

Sembuh: 2.249 orang

Meninggal: 167 orang

Surabaya Pusat:

Konfirmasi: 1.732 orang

Sembuh: 1.552 orang

Meninggal: 169 orang

 

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Surabaya Utara hingga Selatan

Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Surabaya Utara:

Konfirmasi: 2.426 orang

Sembuh: 2.226 orang

Meninggal: 186 orang

Surabaya Timur:

Konfirmasi: 4.870 orang

Sembuh: 4.531 orang

Meninggal: 320 orang

Surabaya Selatan:

Konfirmasi: 4.330 orang

Sembuh: 3.973 orang

Meninggal: 317 orang

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Nyoblos di Delaware, Capres AS Joe Biden Ajak Kubu Republik Tingkatkan Obamacare

Posted: 28 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden Amerika Serikat (AS) yang diusung Partai Demokrat, Joe Biden telah memberikan suaranya dalam pemungutan suara awal di negara bagian asalnya, Delaware, pada Rabu 28 Oktober waktu setempat.

Usai memberikan suara, Joe Biden menyatakan siap bekerja sama dengan kubu Partai Republik dalam meningkatkan Undang-Undang Perawatan Terjangkau (Affordable Care Act/ACA) untuk memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik kepada warga Amerika.

"Kami baru saja memilih," kata Joe Biden sambil memegang tangan istrinya, Jill Biden, ketika pasangan itu keluar dari Gedung Kantor Negara Bagian Carvel di kampung halamannya, Wilmington, Delaware, seperti dilansir Xinhua, Kamis (29/10/2020).

Mengenai ACA, yang juga dikenal sebagai Obamacare, mantan wakil presiden AS itu mengatakan, "Saya memiliki proposal yang berkaitan dengan bagaimana kita dapat meningkatkan Undang-Undang Perawatan Terjangkau hingga lebih dari sebelumnya, apa yang Barack (Obama) dan saya sebelumnya ingin lakukan untuk menambahkan opsi publik, memungkinkan warga tetap memiliki asuransi pribadi, jika memang itu yang mereka inginkan, dan menjadikannya lebih terjangkau untuk mengambil paket yang lebih baik."

 

75 Juta Suara Telah Terkumpul

Presiden Donald Trump bersama ibu negara Melania Trump berdiri di atas panggung setelah debat presiden pertama dengan calon presiden dari Partai Demokrat, mantan Wakil Presiden Joe Biden Case Western University dan Cleveland Clinic, di Cleveland, Ohio, Selasa, 29 September 2020. (AP Photo/Julio Cort
Presiden Donald Trump bersama ibu negara Melania Trump berdiri di atas panggung setelah debat presiden pertama dengan calon presiden dari Partai Demokrat, mantan Wakil Presiden Joe Biden Case Western University dan Cleveland Clinic, di Cleveland, Ohio, Selasa, 29 September 2020. (AP Photo/Julio Cort

Sementara itu, Presiden AS Donald Trump memberikan suaranya pada Sabtu 24 Oktober di Palm Beach, Florida, negara bagian tempatnya mengubah status kependudukan dari warga New York menjadi warga Florida pada 2019. Dia menyerukan pesan untuk "memilih seorang pria bernama Trump."

Hingga Rabu sore waktu setempat, lebih dari 75 juta suara telah terkumpul, atau lebih dari separuh total suara pada pemilu 2016 lalu, menurut U.S. Election Project, sebuah basis data pelacakan jumlah pemilih.

Di antara surat suara tersebut, lebih dari 25 juta diberikan secara langsung atau datang ke tempat pemungutan suara, sementara hampir 50 juta sisanya dikirim melalui pos. 

 

Infografis COVID-19 Isu Panas Debat Capres Joe Biden Vs Donald Trump

Infografis Covid-19 Isu Panas Debat Capres Joe Biden Vs Donald Trump. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Covid-19 Isu Panas Debat Capres Joe Biden Vs Donald Trump. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Glenn Alinskie Baru Sadar Punya 2 Anak Setelah Bayi Chelsea Olivia Diizinkan Pulang

Posted: 28 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Glenn Alinskie dan Chelsea Olivia tengah berbahagia. Selasa (20/10/2020), Chelsea Olivia melahirkan bayi laki-laki yang dinamai Dante Oliver Alinskie, sehari setelah suaminya ulang tahun.

Kini Dante Oliver Alinskie diizinkan pulang oleh tim dokter, setelah menjalani rangkaian pemeriksaan medis. Sebelum pulang, Chelsea Olivia memberi ASI dalam botol. Glenn Alinskie menyaksikan momen ini.

"Hari ini kita coba kasih susu ASI tapi dengan botol... dan Nastusha yang mau ngasih (susu buat adiknya)," beri tahu istri Glenn Alinskie dengan wajah semringah.

 

Hanya 10 Mililiter

Chelsea Olivia. (Foto: Instagram @chelseaoliviaa)
Chelsea Olivia. (Foto: Instagram @chelseaoliviaa)

Hari kedua setelah punya anak, Chelsea Olivia mengakui produksi ASI-nya belum banyak. "Ini hari kedua pompaannya dapatnya baru dapat segini, 10 mili kayaknya deh," ujar bintang sinetron Buku Harian Nayla dan Melati untuk Marvel.

"Ini cukup untuk bayi yang baru lahir karena mereka lambungnya masih kecil," kata Chelsea Olivia. Glenn Alinski menyemangati istri. Pun putrinya, Nastusha, memberi dukungan dengan membantu memberikan botol susu ke adiknya.

Nastusha Ingin Minum ASI

Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie. (Foto: YouTube Alinskie Family)
Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie. (Foto: YouTube Alinskie Family)

"Dulu Nastusha enggak sempat kita kasih botol ya," cetus Glenn Alinski. "Bukan enggak sempat tapi enggak mau. Maunya nenen langsung Nastusha. Tadi lucu, deh Nastusha nyobain mau minum susu juga katanya," Chelsea Olivia menyahut.

Momen manis ini terekam dalam video berjudul "Dante Pulang ke Rumah, Welcome Home Dante" yang mengudara di kanal YouTube Alinskie Family, Rabu (28/10/2020).

 

Kamu Baru Sadar?

Chelsea Olivia. (Foto: Instagram @chelseaoliviaa)
Chelsea Olivia. (Foto: Instagram @chelseaoliviaa)

Ketika bersiap pulang ke rumah, barulah Glenn Alinskie sadar kini punya dua momongan. "Cem, kita ada dua anak lo Cem," seloroh aktor kelahiran Jakarta, 19 Oktober 1988.

"Kamu baru sadar? Aku sih dari kemarin sudah sadar. Nih ada beginian," sahut Chelsea Olivia sembari memperlihatkan tangannya yang masih diinfus dan ditambal sejumlah pelester putih. 

Rasanya Lucu Banget

Anak-anak Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie, Nastusha dan Dante. (Instagram/ dante.oliver.alinskie)
Anak-anak Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie, Nastusha dan Dante. (Instagram/ dante.oliver.alinskie)

Personel Bukan Bintang Biasa ini menarik napas lega. Pasalnya, berat badan Dante Oliver Alinskie naik lagi. "Berat badannya sudah naik lagi nih, 3,2 kg kemarin sempat ke 2,9 kg. Dia sudah tumbuh lagi," jelasnya.

Perjalanan pulang ditempuh dengan mobil. Di dalam mobil, Glenn Alinskie masih tak habis pikir punya dua anak. "Rasanya lucu banget, sekarang masing-masing pegang satu, Cem. Kamu pegang Dante, aku pegang Nastusha. Dua-duanya lagi bobo," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Ghea Youbi dengan Model Rambut Kepang, Tampil Beda

Posted: 28 Oct 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pedangdut Ghea Youbi memiliki rambut panjang yang indah. Ia pun beberapa kali mengubah gaya rambutnya dengan berbagai model namun tetap panjang.

Baru-baru ini ia pun mencoba gaya rambut kepang. Padahal sebelumnya, ia pun kerap tampil cantik dengan rambut terurainya. Dengan gaya rambut kepang ini pun ia tampil beda dari sebelumnya. 

Gaya rambut kepang sendiri memang cukup unik. Tentunya butuh waktu untuk menyelasaikan kepangan rambut tersebut. Saat pedangdut Ghea Youbi menunjukan gaya rambut kepangnya ini pun ia banyak tuai pujian.

Tidak sedikit yang memujinya bahwa ia tetap selalu cantik dengan gaya rambut kepang. Berikut 6 potret gaya rambut kepang pedangdut Ghea Youbi yang Liputan6.com kutip dari Instagram @gheayoubi, Kamis (29/10/2020)

1. Begini penampilan Ghea Youbi dengan rambut kepangnya

Gaya rambut kepang Ghea Youbi (Sumber: Instagram/gheayoubi)
Gaya rambut kepang Ghea Youbi (Sumber: Instagram/gheayoubi)

2. Ia pun sebelumnya memiliki gaya rambut panjang yang sering terurai

Gaya rambut kepang Ghea Youbi (Sumber: Instagram/gheayoubi)
Gaya rambut kepang Ghea Youbi (Sumber: Instagram/gheayoubi)

3. Ia pun menggunakan gaya rambut ini saat berada di Bali

Gaya rambut kepang Ghea Youbi (Sumber: Instagram/gheayoubi)
Gaya rambut kepang Ghea Youbi (Sumber: Instagram/gheayoubi)

4. Dengan penampilan barunya ini ia pun tuai banyak pujian dari netizen

Gaya rambut kepang Ghea Youbi (Sumber: Instagram/gheayoubi)
Gaya rambut kepang Ghea Youbi (Sumber: Instagram/gheayoubi)

5. Gaya rambut kepang sendiri memang cukup digemari selebriti, terutama saat liburan ke Bali

Gaya rambut kepang Ghea Youbi (Sumber: Instagram/gheayoubi)
Gaya rambut kepang Ghea Youbi (Sumber: Instagram/gheayoubi)

6. Selain di kepang, gaya rambutnya ini pun dibentuk menjadi double buns

Gaya rambut kepang Ghea Youbi (Sumber: Instagram/gheayoubi)
Gaya rambut kepang Ghea Youbi (Sumber: Instagram/gheayoubi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Positif Covid-19, Bek Anyar MU Absen Hadapi Arsenal di Liga Inggris

Posted: 28 Oct 2020 09:22 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) tidak bisa menggunakan jasa Alex Telles dalam waktu dekat. Bek asal Brasil itu positif terjangkit Covid-19.

Dengan begitu, Telles kemungkinan besar absen pada laga Liga Inggris melawan Arsenal akhir pekan nanti. Pemain berusia 27 tahun itu sudah melewatkan partai Liga Champions kontra RB Leipzig, Kamis (29/10/2020) dini hari WIB.

"Dia sudah beberapa hari tidak ikut latihan. Hasil tes menunjukkan Telles terkena virus corona. Dia tidak memiliki gejala dan kami tidak sabar menyambutnya kembali," ungkap manajer MU Ole Gunnar Solskjaer, dilansir situs resmi klub.

The Red Devils mendatangkan Telles dari FC Porto musim panas lalu. Dia baru sekali membela MU yakni melawan Paris Saint-Germain di Liga Champions pekan lalu. Kontribusinya membantu tim meraih kemenangan 2-1.

Setelah itu Telles tidak bermain menghadapi Chelsea di Liga Inggris dan juga absen menghadapi Leipzig.

Tetap Menang Besar

Penyerang Manchester United, Marcus Rashford, melakukan selebrasi bersama Bruno Fernandes usai mencetak gol ke gawang RB Leipzig pada laga Liga Champions di Stadion Old Trafford, Kamis (29/10/2020). MU menang dengan skor 5-0. (AP/Dave Thompson)
Penyerang Manchester United, Marcus Rashford, melakukan selebrasi bersama Bruno Fernandes usai mencetak gol ke gawang RB Leipzig pada laga Liga Champions di Stadion Old Trafford, Kamis (29/10/2020). MU menang dengan skor 5-0. (AP/Dave Thompson)

Tanpa Telles, MU tanpa kesulitan menghajar Leipzig 5-0. Marcus Rashford mencetak hattrick dengan gol lain disumbang Mason Greenwood dan Anthony Martial.

Hasil ini menempatkan MU sebagai pimpinan klasemen sementara Grup H.

MU Kedua

Gelandang Manchester United, Paul Pogba, berebut bola dengan pemain RB Leipzig, Benjamin Henrichs, pada laga Liga Champions di Stadion Old Trafford, Kamis (29/10/2020). MU menang dengan skor 5-0. (AP/Dave Thompson)
Gelandang Manchester United, Paul Pogba, berebut bola dengan pemain RB Leipzig, Benjamin Henrichs, pada laga Liga Champions di Stadion Old Trafford, Kamis (29/10/2020). MU menang dengan skor 5-0. (AP/Dave Thompson)

Telles jadi pemain MU kedua yang terjangkit Covid-19. Sebelumnya Paul Pogba juga terpapar virus corona bulan lalu.

Striker anyar Edinson Cavani juga sempat divonis positif. Namun, diagnosis itu terjadi sebelum dirinya resmi jadi penggawa The Red Devils.

Klasemen Grup H

Saksikan Video MU Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meski Libur Panjang, Kemendagri Minta Petugas Tak Memperlambat Layanan Adminduk

Posted: 28 Oct 2020 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Direktur Jenderal Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh meminta, jajaran petugasnya tak memperlambat layanan Administrasi kependudukan (Adminduk), meski ada libur dan pandemi Covid-19.

Dia menuturkan, Kemendagri selalu berkomitmen memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan Adminduk.

Bahkan dengan mengusung semangat memudahkan pelayanan itu, bila ada petugas Dukcapil yang sengaja memperlambat layanan dokumen kependudukan bakal kena sanksi.

"Sanksinya tidak ringan. Berdasarkan Pasal 92 UU No. 23 Tahun 2006 yang mengatur layanan Adminduk, sanksi yang diberikan yaitu berupa denda paling banyak Rp 10 juta," kata Zudan dalam keterangannya, Kamis (29/10/2020).

Namun, bagi Kemendagri, sanksi terberat bagi aparatur Dukcapil adalah bukan sanksi yang dijatuhkan oleh negara.

"Sanksi terberat bagi institusi itu justru dari masyarakat," jelas Zudan.

Tak Pernah Bosan

Zudan tak pernah bosan, mengingatkan bahwa Dukcapil harus selalu berbenah. Buat petugas layanan terdepan, dirinya meminta apabila tidak tahu persoalan, katakan tidak tahu.

Gunakan bahasa yang baik dan sopan. Kemudian tanyakan solusinya kepada atasan. Bila atasan lansung tidak paham, konsultasikan ke Dinas Dukcapil Kota/Kabupaten setempat.

"Mengurus akta kematian cukup di kelurahan. Bila tidak selesai, pihak kelurahan mesti proaktif. Jangan dibiarkan masyarakat bergerak sendiri. Dukcapil yang harus mampu memberikan solusi."

Sementara kepada masyarakat, Zudan menyarankan, agar bertanya atau berkonsultasi dulu lewat layanan Whatsapp atau konsultasikan langsung ke Dinas Dukcapil terdekat.

Sebagai penanggung jawab akhir layanan Adminduk, Zudan langsung mengambil alih tanggung jawab dan tidak menyalahkan siapa pun.

"Fenomena yang tidak boleh terjadi lagi. Petugas Dukcapil dari atas sampai bawah harus aware dan care. Para Kadis Dukcapil yang lebih tinggi saya minta turun sampai ke level terendah," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

50 Kata-kata Bijak Tokoh Dunia tentang Kehidupan, Punya Makna Mendalam

Posted: 28 Oct 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kata-kata bijak tokoh dunia tentang kehidupan kadang kala dibutuhkan ketika sedang merasa lesu dan kecewa dengan diri sendiri. Dengan meneladani hal baik dari kata-kata bijak tokoh dunia tentang kehidupan, kadang kala akan muncul semangat terlebih lagi dari tokoh yang selama ini diidolakan.

Setiap orang memiliki kehidupan yang berbeda. Dalam kehidupan tentu ada susah maupun senang. Sebagai salah satu cara menangani masa susah maka kata-kata bijak tokoh dunia tentang kehidupan dapat Anda andalkan sebagai motivasi sekaligus penyemangat hidup. 

Beberapa cobaan di antaranya yakni patah hati, kegagalan kerja, kegagalan dalam perlombaan seringkali membuat kita merasa patah semangat. Padahal dunia tetap berputar meskipun dunia kita sedang terasa hancur. Nah, maka dari itu, mengambil intisari dari kata-kata bijak tokoh dunia menjadi penting.

Berikut ini merupakan kumpulan berbagai kata-kata bijak dari tokoh dunia yang telah dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Kamis (29/10/2020).

 

 

Kata-kata Bijak Tokoh Dunia Tentang Kehidupan

Kata-kata Bijak Tokoh Dunia Tentang Kehidupan (Sumber: Pixabay)
Kata-kata Bijak Tokoh Dunia Tentang Kehidupan (Sumber: Pixabay)

Berikut ini merupakan kumpulan kata-kata bijak tokoh dunia tentang kehidupan:

1. "Seribu orang tua bisa bermimpi, satu orang pemuda bisa mengubah dunia." – Soekarno

2. "Usaha dan keberanian tidak cukup tanpa tujuan dan arah perencanaan." - John F. Kennedy

3. "Pendidikan adalah senjata paling ampuh untuk mengubah dunia." - Nelson Mandela

4. "Hal yang paling penting adalah menikmati hidupmu, menjadi bahagia, apapun yang terjadi." - Audrey Hepburn.

5. "Jika kamu berpikir kamu terlalu kecil untuk membuat sebuah perubahan, cobalah tidur di ruangan dengan seekor nyamuk." - Dalai Lama

6. "Dunia ini cukup untuk memenuhi kebutuhan manusia, bukan untuk memenuhi keserakahan manusia." - Mahatma Gandhi

7. "Hidup itu sederhana, kita yang membuatnya sulit." – Confucius.

8. "Kenyataannya, ada tidak tahu apa yang akan terjadi besok. Hidup adalah pengendaraan yang gila dan tidak ada yang menjaminnya." – Eminem.

9. "Hidup itu bukan soal menemukan diri Anda sendiri, hidup itu membuat diri Anda sendiri." -George Bernard Shaw.

10. "Hidup adalah mimpi bagi mereka yang bijaksana, permainan bagi mereka yang bodoh, komedi bagi mereka yang kaya, dan tragedi bagi mereka yang miskin." - Sholom Aleichem.

Kata-kata Bijak Tokoh Dunia Tentang Kehidupan dan Cara Bersikap

Kata-kata Bijak Tokoh Dunia Tentang Kehidupan (Sumber: Pixabay)
Kata-kata Bijak Tokoh Dunia Tentang Kehidupan (Sumber: Pixabay)

Berikut ini merupakan kumpulan kata-kata bijak tokoh dunia tetang kehidupan dan cara bersikap:

1. "Seseorang yang berani membuang satu jam waktunya tidak mengetahui nilai dari kehidupan." - Charles Darwin.

2. "Satu-satunya keterbatasan dalam hidup adalah perilaku yang buruk." - Scott Hamilton.

3. "Saya selalu mencoba untuk mengubah kemalangan menjadi kesempatan." - John D. Rockefeller

4. "Apa yang kita pikirkan menentukan apa yang akan terjadi pada kita. Jadi jika kita ingin mengubah hidup kita, kita perlu sedikit mengubah pikiran kita." - Wayne Dyer.

5. "Ia yang mengerjakan lebih dari apa yang dibayar pada suatu saat akan dibayar lebih dari apa yang ia kerjaka." - Napoleon Hill.

6. "Kehidupan adalah 10 persen apa yang terjadi pada Anda dan 90 persen adalah bagaimana Anda meresponnya." - Lou Holtz.

7. "Anda tidak akan pernah belajar sabar dan berani jika di dunia ini hanya ada kebahagiaan." -  Helen Keller

8. "Beberapa orang memimpikan kesuksesannya, sementara yang lainnya bangun setiap pagi untuk mewujudkan mimpinya." - Wayne Huizenga 

9. "Seseorang yang pernah melakukan kesalahan dan tidak pernah memperbaikinya berarti Ia telah melakukan satu kesalahan lagi." -  Konfusius

10. "Tidak apa-apa untuk merayakan kesuksesan tapi lebih penting untuk memperhatikan pelajaran tentang kegagalan." – Bill Gates

 

 

Kata-kata Bijak Tokoh Dunia Tentang Kehidupan dan Kebahagiaan

Ilustrasi orang bahagia. Sumber foto: unsplash.com/Gabrielle Henderson.
Ilustrasi orang bahagia. Sumber foto: unsplash.com/Gabrielle Henderson.

Berikut ini merupakan kumpulan kata-kata bijak tokoh dunia tentang kehidupan dan kebahagiaan:

1. "Kebahagiaan kita tergantung pada diri kita sendiri." - Aristoteles

2. "Uang tidak pernah membuat manusia bahagia. Uang tidak ada bersifat untuk menghasilkan kebahagiaan. Semakin seseorang memilikinya, semakin dia menginginkannya." - Benjamin Franklin

3. "Jumlah kebahagiaan yang Anda punya tergantung pada kebebasan yang Anda punya dalam hati." - Thich Nhat Hanh

4. "Kebahagiaan adalah disaat apa yang ada pikirkan, apa yang anda katakan, dan apa yang anda lakukan berada dalam satu keharmonian." - Mahatma Gandhi

5. "Kebahagiaan dirasakan oleh orang-orang yang bisa merasa puas pada dirinya." - Aristoteles

6. "Kesuksesan bukanlah kunci dari kebahagiaan. Sebaliknya kebahagiaan adalah kunci dari kesuksesan." - Bob Dylan

7. "Kesuksesan dan kebahagiaan terletak pada diri sendiri. Tetaplah berbahagia, dan kebahagiaanmu dan kamu akan membentuk sebuah karakter kuat melawan kesulitan." - Helen Keller

8. "Kebahagiaan datang ketika pekerjaan dan kata-kata Anda menjadi manfaat bagi dirimu dan orang lain." - Buddha

9. "Kebahagiaan dari hidup anda bergantung pada kualitas dari pikiran anda." - Marcus Aurelius

10. "Belajarlah untuk menghargai diri Anda sendiri, yang berarti berjuang untuk kebahagiaan Anda." - Ayn Rand

 

 

Kata-kata Bijak Tokoh Dunia Tentang Kehidupan Cinta

ilustrasi pasangan cinta/Photo by JD Chow on Unsplash
ilustrasi pasangan cinta/Photo by JD Chow on Unsplash

Berikut ini merupakan kumpulan kata-kata bijak tokoh dunia tentang kehidupan cinta:

1. "Kita harus berarti untuk diri kita sendiri dulu sebelum kita menjadi orang yang berharga bagi orang lain." - Ralph Waldo Emerson

2. "Cinta terjadi begitu singkat, namun melupakan memakan waktu begitu lama." - Pablo Neruda

3. "Beberapa orang akan pergi dari hidupmu, tapi itu bukan akhir dari ceritamu. Itu cuma akhir dari bagian mereka di ceritamu." - Faraaz Kazi

4. "Hal yang paling menyakitkan adalah kehilangan jati dirimu saat engkau terlalu mencintai seseorang. Serta lupa bahwa sebenarnya engkau juga spesial." - Ernest Hemingway

5. "Seseorang tak akan pernah tahu betapa dalam kadar cintanya sampai terjadi sebuah perpisahan." - Kahlil Gibran

6. "Asmara bukan hanya sekedar saling memandang satu sama lain. Tapi juga sama sama melihat ke satu arah yang sama." - Antoine de Saint-Exupéry

7. "Cinta itu seperti angin. Kau tak dapat melihatnya, tapi kau dapat merasakannya." - Nicholas Sparks

8. "Bagaimana kau mengeja 'cinta'? tanya Piglet. "Kau tak usah mengejanya….rasakan saja." - Jawab Pooh. A.A Milne

9. "Hubungan asmara itu seperti kaca. Terkadang lebih baik meninggalkannya dalam keadaan pecah. Daripada menyakiti dirimu dengan cara menyatukan mereka kembali." - D.Love

10. "Cinta adalah ketika kebahagiaan orang lain lebih penting dari kebahagiaanmu." - H. Jackson Brown

 

 

 

Kata-kata Bijak Tokoh Dunia Tentang Kehidupan Untuk Motivasi Hidup

Ilustrasi percaya diri, semangat, sukses. (Gambar oleh mohamed Hassan dari Pixabay)
Ilustrasi percaya diri, semangat, sukses. (Gambar oleh mohamed Hassan dari Pixabay)

Berikut ini merupakan kumpulan kata-kata bijak tokoh dunia tentang kehidupan untuk motivasi hidup agar lebih semangat:

1. "Sebelum apapun, persiapan adalah kunci menuju kesuksesan." - Alexander Graham Bell

2. "Penemuan terbesar sepanjang masa adalah bahwa seseorang bisa mengubah masa depannya hanya dengan mengubah sikapnya saat ini." - Oprah Winfrey

3. "Satu-satunya sumber dari pengetahuan adalah pengalaman." - Albert Einstein

4. "Kesenangan dalam sebuah pekerjaan membuat kesempurnaan pada hasil yang dicapai." - Aristoteles

5. "Yang membuatku terus berkembang adalah tujuan-tujuan hidupku." - Muhammad Ali

6. "Tidak masalah seberapa lambat kau berjalan asalkan kau tidak berhenti." - Confucius

7. "Kesuksesan dan kegagalan adalah sama-sama bagian dalam hidup. Keduanya hanyalah sementara." - Shah Rukh Khan

8. "Beri nilai dari usahanya jangan dari hasilnya. Baru kita bisa menilai kehidupan." - Albert Einstein

9. "Hitunglah umurmu dengan teman, bukan tahun. Hitunglah hidupmu dengan senyum, bukan air mata." - John Lennon

10. "Diam adalah sumber dari kekuatan yang luar biasa." - Lao Tzu

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sabai Morscheck Jalani Persalinan Normal, Ringgo Agus Rahman: Saya Harus Ngapain Ya...

Posted: 28 Oct 2020 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sabai Morscheck tengah mempersiapkan diri menjalani persalinan anak kedua. Sang suami, Ringgo Agus Rahman, ikut menemani Sabai Morscheck bersalin dan sibuk memenuhi kebutuhan istri jelang persalinan normal.

Melalui akun Instagram terverifikasinya, Ringgo Agus Rahman membagikan informasi jelang persalinan Sabai Morscheck. Untuk urusan persalinan normal, Ringgo Agus Rahman dan Sabai Morscheck diketahui belum memiliki pengalaman.

"Okeeehhh udah masuk rs, pembukaan awal..saya bingung sih belum pernah lahiran normal saya harus ngapain yak, hal pertama setelah ganti baju pasien keinginan bojo adalah makan padang dpn rs pas td dia nengok doi langsung nitip, silahkan habiskan bojo," tulis Ringgo Agus Rahman di medsos.

"Kmu butuh tenagaaaa untuk ntar mudah2an lancar dan silahkan aku diapain aja pasrah sok, dicakar boleh... namun potong dulu dong tu kuku," imbuh dia sambil mengunggah foto Sabai Morscheck menyantap makanan di rumah sakit, Rabu (28/10/2020).

Turuti Permintaan Istri

Ini merupakan salah satu potret kocaknya Ringgo Agus dan Sabai. Keduanya nampak memperlihatkan keseruan serta kekocakan saat sedang bersama-sama. Kini keduanya telah memiliki seorang buah hati laki-lakinya yang bernama Bjorka Dieter Morscheck. (Kapanlagi.com/Daniel Kampua)
Ini merupakan salah satu potret kocaknya Ringgo Agus dan Sabai. Keduanya nampak memperlihatkan keseruan serta kekocakan saat sedang bersama-sama. Kini keduanya telah memiliki seorang buah hati laki-lakinya yang bernama Bjorka Dieter Morscheck. (Kapanlagi.com/Daniel Kampua)

Masih melalui Instagram, Ringgo Agus Rahman benar-benar tak tahu harus berbuat apa untuk menemani istri menjalani persalinan normal. Yang terjadi, ia hanya menuruti apapun permintaan istri, seperti jalan-jalan di rooftop rumah sakit. 

Mati Gaya

Ringgo Agus Rahman dan Sabai Morscheck (Youtube/Hey Bjorka!)
Ringgo Agus Rahman dan Sabai Morscheck (Youtube/Hey Bjorka!)

"Minta jalan2 dulu di rooftop, bukaannya msh awal jd msh bisa lucu ni... udah diwanti2 klo udah diatas bukaan 5 katanya udah ga lucu lagi ya?? Klo mau romantis skrng ni saatnya.. mau minta sun2an jg skrg saatnya," bintang film Jomblo dan Get Married menyambung.

"Karna diatas bukaan 5 keatas..ga bakal bisa minta di sun, kekerasan fisik lbh gampang didapatkan... nah skrg saya udah mulai mati gaya ni... #calonanakbaru," Ringgo Agus Rahman menambahkan.

Setia Mendampingi

(Instagram/ringgoagus)
(Instagram/ringgoagus)

Ringgo Agus Rahman kemudian mengunggah foto terbaru Sabai Morscheck sedang terbaring di kamar rumah sakit. Ia setia mendampingi istri yang sedang mengalami kontraksi dan pembukaan jelang persalinan.

Belum Tidur

(Instagram/ringgoagus)
(Instagram/ringgoagus)

"Hmm.. belum ada tanda2, kasian bojo mules2 mulu coba tidur tp kontaksi mulu, belum bisa tidur huhuhu...doain lancar dan cepet ya...," beri tahu Ringgo Agus Rahman. Foto ini mendapat 57 ribuan tanda hati.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menag Imbau Umat Islam Jangan Buat Kekerasan Memprotes Presiden Perancis

Posted: 28 Oct 2020 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Agama Fachrul Razi mengimbau, umat Islam di Indonesia tak terpancing dengan pernyataan Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Dia pun meminta umat Muslim di Tanah Air tak melakukan tindakan kekerasan, demi mengutuk pernyataan Macron.

"Tunjukkan sikap tegas dengan tetap menjunjung tinggi watak umat beragama yang menolak tindak kekerasan," ujar Fachrul dalam keterangannya, Kamis (29/10/2020).

Dia mengingatkan, Islam tak membenarkan tindakan main hakim sendiri, apalagi dengan melakukan pembunuhan. Islam adalah agama yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.

"Keagungan Islam tidak bisa ditegakkan dengan melanggar nilai-nilai kemanusiaan," kata Fachrul.

Dia juga mendukung sikap Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia yang memanggil Duta Besar Perancis dan menyampaikan kecaman terhadap pernyataan Macron yang dinilai menghina Islam.

"Setiap umat beragama harus menghormati simbol-simbol agama yang dianggap suci oleh pemeluk agama lain, termasuk terkait pemahaman visualisasi Nabi Muhammad," kata dia.

 

Jangan Menghina Simbol Agama

Fachrul menuturkan, menghina simbol agama adalah tindakan kriminal. Pelakunya harus bertanggung jawab atas perbuatannya dan harus ditindak sesuai ketentuan hukum.

"Kebebasan berpendapat atau berekspresi tidak boleh dilakukan melampaui batas atau kebablasan sehingga mencederai kehormatan, kesucian, dan kesakralan nilai dan simbol agama apapun," kata dia.

Diketahui, Presiden Perancis Emmanuel Macron mendapat kecaman. Macron menyatakan tak akan melarang penerbitan kartun Nabi Muhammad. Selain itu, Macron juga menyebut Islam sebagai agama yang mengalami krisis di seluruh dunia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Anggota TNI Menyelam di Gorong-Gorong Bantu Warga Bersihkan Kuintalan Sampah

Posted: 28 Oct 2020 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Beredar video aksi anggota TNI menyelam di gorong-gorong bantu warga bersihkan kuintalan sampah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Raisa Ajak Perempuan Indonesia Tetap Berani Wujudkan Impian di Tengah Pandemi

Posted: 28 Oct 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Di era pandemi Covid-19, segala sesuatunya menjadi serba tak pasti, semua aktivitas menjadi terbatas. Berbagai tantangan dan kesulitan dalam beradaptasi dengan kebiasaan baru pun menjadi masalah yang dialami masyarakat dari berbagai kalangan, termasuk para perempuan muda Indonesia. Tak sedikit, banyak yang harus putus kerja karenanya dan mulai meragukan kemampuan mereka dalam meraih impiannya.

Psikolog Klinis Dewasa, Tara de Thouars, menyampaikan bahwa ketika memasuki usia dewasa muda, umumnya perempuan muda sudah dituntut untuk  membuat keputusan besar dalam hidup, dan normalnya menimbulkan kekhawatiran. Terlebih di masa pandemi ini, sebab ruang gerak untuk mengasah diri juga semakin terbatas.

"Dalam kondisi normal saja, adaptasi ini otomatis menimbulkan berbagai kegelisahan dan kekhawatiran. Di tengah pandemi, hal ini menjadi semakin terasa dengan banyaknya keterbatasan dan ketidakpastian yang membuat ruang gerak perempuan menjadi terbatas," ujarnya dalam konferensi pers virtual Sunsilk Dukung Perempuan Indonesia #TakTerhentikan Meraih Mimpi, Rabu, 28 Oktober 2020.

Ia menambahkan, di tengah situasi sulit ini, perempuan sebenarnya masih memiliki peluang besar untuk meraih impian mereka. "Kita akan termotiivasi untuk bergerak kalau kita punya harapan dan mimpi, mau mengambil langkah, keluar dari zona nyaman, dan berani ambil risiko," tambahnya.

Sebagai penyanyi dan perempuan muda di Indonesia, Raisa Adriana, atau kerap disapa Raisa,  juga memiliki pandangan yang serupa. Ia menyampaikan bahwa di masa iinilah perempuan Indonesia tidak boleh berhenti bermimpi dan berjuang meraihnya. Baginya, mimpi itu adalah penggerak roda kehidupan, tanpanya justru orang-orang hanya akan berdiam diri dan tak tahu ke arah mana harus melangkah. Inilah yang nantinya akan membawa diri semakin jauh dari impian tersebut.

"Setiap fase kehidupan pasti ada tantangannya masing-masing. Seperti saat pandemi ini, ketakutan dan kegelisahan aku itu memang tentang uncertainty (ketidakpastian). Cuma lama-kelamaan, sekarang aku malah lebih banyak mencoba hobi-hobi baru yang sebelumnya aku abaikan karena aku terlalu fokus sama rutinitas yang biasanya," ungkap Raisa, Brand Ambassador Sunsilk. 

Giat Mencari Akses

Raisa dalam konferensi pers virtual
Raisa dalam konferensi pers virtual

Pelantun lagu "Kali Kedua" ini juga mengatakan untuk tidak takut gagal dalam mencobal hal-hal baru semasa pandemi ini. "Nyobain hal-hal baru justru sekarang ini saatnya, kalaupun kita gagal saat mencoba, tapi inilah saatnya untuk gagal dan belajar lagi," imbuhnya.

Baginya, masa muda justru adalah saat yang tepat untuk mencoba banyak hal baru, menggali hobi, serta menemukan apa yang benar-benar dikuasai dan ingin dikembangkan nantinya. Jika terus takut akan kegagalan, maka usaha yang dilakukan pun hanya akan berjalan di tempat dan tidak membawa seseorang pada kesuksesan.

Ia menambahkan bahwa berusahalah menyibukkan diri dengan kegiatan yang positif dan produktif. "Sibuk itu enggak selalu bagus kalau sibuknya enggak produktif. Kelilingilah diri kita dengan orang-orang yang suportif dengan apa yang kita lakukan."

Tara de Thouars juga menambahkan bahwa sarana, akses, dan dukungan dari sekitar memang diperlukan untuk membantu memberi semangat dalam perjalanan meraih mimpi. Untuk itu, selain menempatkan diri pada lingkungan yang suportif, penting juga untuk selalu berusaha mencari akses yang tepat dan sesuai dengan mimpi itu.

"Keterbatasan itu sebetulnya tidak membuat kita berhenti meraih mimpi kita, yang namanya mimpi memang harus dibangun perlahan. Yang bisa kita lakukan adalah mencari tahu, mencari akses yang bisa membantu kita, karena kalau kita tidak mencari, tidak mengusahakannya, maka mimpi itu juga enggak akan kemana-mana," tuturnya.

Saatnya Mengekspresikan Diri

Konferensi pers virtual
Konferensi pers virtual

Berangkat dari kenyataan bahwa banyak perempuan muda Indonesia yang gelisah akan karier dan impiannya, serta mulai meragukan kemampuan mereka, merek perawatan rambut,  Sunsilk Indonesia, mengadakan kampanye bertajuk #TakTerhentikan. Kampanye ini diadakan dengan berbagai rangkaian kegiatan virtual yang bersinggungan juga dengan perayaan International Day of The Girl pada Oktober lalu, sebagai pengingat bahwa setiap perempuan berhak mendapatkan kesempatan yang sama untuk menggapai masa depan cerah.

"Melihat kondisi dan kebutuhan perempuan muda Indonesia yang sangat dinamis, kami selalu berupaya agar kampanye ini relevan dan mampu memberikan dampak yang efektif. Untuk itu, dengan berbagai tantangan yang dihadapi oleh perempuan muda Indonesia di tengah pandemi COVID-19, baik dari sisi ekonomi maupun sosial, Sunsilk memberikan rangkaian inspirasi dan dukungan melalui platform online," ujar Elviana Lim, Senior Brand Manager Sunsilk PT Unilever Indonesia, Tbk.

Ia mengatakan bahwa meski banyak batasan yang muncul di tengah pandemi, kampanye tersebut dibuat untuk mengingatkan bahwa sesungguhnya perempuan masih tetap dapat secara bebas mengekspresikan bakat dan kemampuannya untuk meraih mimpi. "Perempuan berhak mendapat kesempatan yang sama tanpa diskriminasi, dan kami mendukung hal itu," tambahnya.

Untuk itu, beberapa waktu lalu mereka mengadakan Kelas Inspirasi Sunsilk, diikuti dengan Exclusive Coaching Class, dan program One-day Internship bagi perempuan muda Indonesia untuk lebih terinspirasi dalam mengasah kemampuannya. Hingga saat ini, lebih dari 500.000 perempuan Indonesia terjaring dalam rangkaian acara itu.

Menutup diskusi tersebut, Raisa menambahkan, "Untuk semua perempuan di luar sana, galih semua peluang yang ada, terus aktif mencari inspirasi, saling mendukung, jangan saling menjatuhkan, terus semangat, dan bersama-sama kita bisa menjadi perempuan yang tak terhentikan."  (Brigitta Valencia Bellion)

Infografis Gaun Pernikahan Raisa
Infografis Gaun Pernikahan Raisa

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Liburan Aman dan Nyaman saat Libur Panjang

Posted: 28 Oct 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Libur panjang di tengah pandemi Covid-19 tentu berbeda dibanding kondisi normal. Jika ingin berlibur, ahli kesehatan masyarakat Hermawan Saputra menyarankan untuk memilih lokasi yang memiliki risiko yang lebih rendah terpapar COVID-19.

Sebenarnya, cara terbaik menghabiskan libur panjang di 2020 adalah bersama keluarga di rumah. "Kita belajarlah bersabar di tahun 2020 ini yang mana the year of COVID-19. Di rumah lebih baik," kata Hermawan.

Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) ini tidak menyarankan berlibur di tempat terbuka dengan banyak orang berkumpul di sana. Namun, dia memberikan opsi liburan keluarga yang sedikit lebih aman dari COVID-19 bila ingin berlibur di luar rumah yakni dengan piknik di cottage atau villa.

"Jadi, cuma keluarga itu sendiri dengan rentang waktu tertentu yang ada di lokasi itu, bukan di keramaian yang harus bertukar fasilitas dengan orang lain," katanya via sambungan telepon.

Namun, pastikan pengelola cottage atau villa melakukan tugasnya dalam protokol kesehatan. Seperti melakukan disinfeksi atau sterilisasi serta menjaga kebersihan.

"Kalau seperti ini lebih aman," katanya. 

Waspada, Tempat Wisata dengan Risiko Penularan Tinggi

Hermawan tidak terlalu menyarankan pergi liburan di tempat yang banyak orang yang bergantian masuk dalam waktu yang cepat.

"Misalnya di wahana bermain, ada banyak sarana yang setiap orang datang dan pergi meninggalkan jejak. Di situ potensi transimi (COVID-19) ada," tuturnya.

Sementara itu, epidemiolog Universitas Indonesia Tri Yunis Miko mengingatkan bila piknik ke area terbuka pastikan pilih yang pengunjungnya dibatasi 50 persen atau kurang.

"Kalau ke pantai atau taman cari yang bisa jaga jarak. Kalau ramai, jangan masuk," kata Tri dihubungi Jumat, 23 Oktober 2020.

"Ya, Anda boleh bersenang-senang tapi jangan berisiko." 

Infografis 3M Turunkan Risiko Covid-19 Berapa Persen?

Infografis 3M Turunkan Risiko Covid-19 Berapa Persen? (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 3M Turunkan Risiko Covid-19 Berapa Persen? (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Habis Gelap Terbitlah Terang 11 Desa di Riau

Posted: 28 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Pekanbaru - Tak menikmati listrik negara sejak Indonesia merdeka, 11 desa di Kabupaten Kampar dan Indragiri Hilir kini sudah terang pada malam hari. Gubernur Riau Syamsuar meresmikan penyalaan perdana listrik di sana bersamaan dengan Hari Listrik Nasional ke-75 pada 27 Oktober 2020.

Dengan demikian hingga hingga kini, rasio desa berlistrik di Provinsi Riau oleh PLN sudah mencapai 99,41% atau setara dengan 1.848 dari 1.859 desa di Bumi Lancang Kuning. Kini, tinggal 11 desa lagi yang belum dialiri listrik PLN Riau tahun ini.

Syamsuar sendiri mengucapkan terima kasih kepada PLN karena memberikan kado untuk masyarakat pada Hari Listrik Nasional. Syamsuar mengajak masyarakat memanfaatkan dengan baik untuk pendidikan dan ekonomi.

"Khususnya pada malam hari, semoga listrik PLN ini dapat lebih meningkatkan kesejahteraan warga," ujar Syamsuar secara video conference di Pekanbaru.

Sementara itu, Camat Mandah Kabupaten Indragiri Hilir, Junadi mewakili Desa Batang Tamu mengucapkan terima kasih kepada Syamsuar dan manajemen PLN. Dia menyebut desa tersebut tidak pernah dialiri listrik sejak Indonesia merdeka.

"Saat ini di desa kami sudah terang, malam pun anak-anak dapat belajar dan semoga dengan masuknya listrik ke Desa Batang Tumu dapat semakin memajukan ekonomi desa" kata Junaidi.

Terpisah, Direktur Bisnis Regional Sumatera Kalimantan, Wiluyo Kusdwiharto, mengatakan bahwa PLN menargetkan seluruh desa di Riau teraliri listrik jelang pergantian tahun.

"Untik 11 desa lagi yang belum terlistriki, itu menjadi target kami di Desember 2020 ini sehingga semua desa di Riau 100% terang benderang," kata Wiluyo.

Wiluyo menjelaskan, saat ini ada beberapa provinsi di Pulau Sumatra sudah 100% terang. Diapun berharap cita-cita PLN untuk Riau 100% terang dapat menyusul.

Adapun 11 desa terakhir dialiri listrik PLN, 6 di antaranya ada di Kabupaten Kampar, yaitu Desa Sungai Santi, Desa Kota Lama, Desa Kebun Tinggi, Desa Lubuk Bigau, Desa Tanjung Permai, dan Desa Pangkalan Kapas.

Sedangkan, 5 desa lainnya di Kabupaten Indragiri Hilir, yaitu Desa Sepakat Jaya, Desa Kuala Sungai Batang, Desa Bakau Aceh, Desa Bantayan, dan Desa Batang Tumu.

Untuk mewujudkannya, PLN menggelontorkan Rp29,9 miliar untuk investasi jaringan tegangan menengah sepanjang 59,35 KMS, jaringan tegangan rendah 39,61 KMS dan gardu distribusi 19 unit dengan total daya 1.150 kVA. Semuanya berpotensi untuk sambungan listrik baru hampir 1000 pelanggan.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fakta-Fakta UMP 2021, Ditolak Buruh hingga Ancaman PHK Pengusaha

Posted: 28 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu setelah UU Cipta Kerja disahkan mengundang berbagai macam penolakan, begitupun dengan isu upah minimum provinsi / UMP 2021 yang saat ini hangat diperbincangkan muncul pro kontra terkait UMP tersebut.

Diantaranya buruh ngotot ingin UMP 2021 naik 8 persen, namun disisi lain Pengusaha meminta agar Pemerintah tidak menaikkan, lantaran saat ini masih dalam keadaan sulit akibat pandemi covid-19.

Untuk informasi lebih lanjut terkait respon terhadap UMP 2021 dari berbagai pihak, berikut fakta-fakta UMP 2021 yang dirangkum oleh Liputan6.com, Kamis (29/10/2020).

1. Buruh minta naik 8 persen

Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) meminta kenaikan upah minimum Kabupaten/Kota (UMK) dan Upah Minimum Sektoral Kabupaten/Kota (UMSK) tahun 2021 sekurang-kurangnya sebesar 8 persen.

Di mana kenaikan sebesar 8 persen tersebut, setara dengan kenaikan upah minimum dalam tiga tahun terakhir.

"Walaupun pertumbuhan ekonomi mengalami kontraksi minus dalam 2 kuartal terakhir, tetapi daya beli masyarakat harus tetap dijaga. Dengan demikian, adanya inflasi harga barang tetap terjangkau dengan adanya kenaikan upah yang wajar," kata Presiden KSPI Said Iqbal di Jakarta, Sabtu (5/9/2020).

Kata Said Iqbal, dengan kenaikan upah minimum sekurang-kurangnya 8 persen tersebut, bertujuan untuk menjaga daya beli masyarakat, sekaligus sebagai upaya untuk melakukan recovery ekonomi.

"Dalam situasi seperti sekarang ini, ekspor belum bisa diharapkan. Oleh karena itu, untuk menjaga agar recovery ekonomi tetap terjadi, yang harus dilakukan adalah meningkatkan nilai konsumsi dengan cara meningkatkan kenaikan upah minimum tahun 2021," tegasnya.

2. Buruh bandingkan dengan krisis 1998

Presiden KSPI Said Iqbal membandingkan dengan apa yang terjadi pada tahun 1998, 1999, dan 2000. Sebagai contoh, di DKI Jakarta, kenaikan upah minimum dari tahun 1998 ke 1999 tetap naik sekitar 16 persen.

Padahal pertumbuhan ekonomi tahun 1998 minus 17,49 persen. Begitu juga dengan upah minimum tahun 1999 ke 2000, upah minimum tetap naik sekitar 23,8 persen, padahal pertumbuhan ekonomi tahun 1999 minus 0,29 persen.

"Jadi tidak ada alasan upah minimum tahun 2020 ke 2021 tidak ada kenaikan, karena pertumbuhan ekonomi sedang minus," ujarnya.

Justru karena pada saat itu pemerintah tetap menaikkan upah meskipun pertumbuhan ekonomi sedang minus, akhirnya konsumsi tetap terjaga.

"Jadi bukan hal yang baru, ketika ekonomi minus, upah tetap dinaikkan," tegasnya.

Untuk itu, KSPI akan memerintahkan seluruh kadernya yang duduk di dalam Dewan Pengupahan di seluruh Indonesia untuk memperjuangkan kenaikan UMP 2021.

 

Buruh Siap Demo

THUMBNAIL UMP
THUMBNAIL UMP

3. Menaker putuskan UMP 2021 tidak naik

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah memutuskan untuk tidak menaikkan upah minimum tahun 2021 (UMP 2021). Hal tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 11/HK04/X/2020 tentang Penetapan Upah Minimum tahun 2021 pada Masa Pandemi Covid-19.

Dikutip dari Surat Edaran Menaker tersebut, Selasa (27/10/2020), pandemi Covid-19 telah berdampak pada kondisi perekonomian dan kemampuan perusahaan dalam memenuhi hak pekerja dan buruh termasuk dalam membayar upah.

Atas dasar hal tersebut, Menteri Ida Fauziyah meminta kepada para gubernur di seluruh Indonesia untuk melakukan penyesuaian penetapan nilai Upah Minimum Tahun 2021 sama dengan nilai Upah Minimum tahun 2020. Dengan kata lain tidak ada kenaikan UMP 2021.

Ida juga meminta kepada para gubernur untuk melaksanakan penetapan upah minimum setelah tahun 2021 sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Dalam SE ini, para kepala daerah wajib mengumumkan upah minimum provinsi tahun 2021 pada 31 Oktober 2020.

4. Buruh akan Demo UMP tidak Naik

Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menyesalkan sikap pemerintah yang tidak menaikkan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2021.

Guna menentang hal itu, KSPI dan seluruh serikat buruh di Indonesia akan melakukan aksi nasional besar-besaran di 24 provinsi pada 2 November dan 9-10 November 2020.

Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan, pengusaha memang sedang susah. Namun, nasib buruh juga jauh lebih susah. Menurutnya, seharusnya pemerintah bisa bersikap lebih adil, yaitu tetap ada kenaikan UMP 2021.

"Menaker (Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah) tidak memiliki sensitivitas nasib buruh, hanya memandang kepentingan pengusaha semata," kata Said Iqbal dalam keterangannya kepada Liputan6.com, Selasa (27/10/2020).

Said melanjutkan, perusahaan yang tidak mampu dapat melakukan penangguhan dengan tidak menaikan upah minimum setelah berunding dengan serikat pekerja di tingkat perusahaan dan melaporkannya ke Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).

"Tapi jangan dipukul rata semua perusahaan tidak mampu. Faktanya di tahun 1998 pun tetap ada kenaikan upah minimum untuk menjaga daya beli masyarakat," tegasnya.

Lebih jauh Said Iqbal mempertanyakan keputusan ini. "Apakah Prdesiden sudah mengetahui keputusan Menaker ini? Atau hanya keputusan sepihak Menaker?" tanyanya.

Adapun, demonstrasi tersebut nantinya diikuti puluhan hingga ratusan ribu buruh. Mereka akan berdemo di depan kantor Mahkamah Konstitusi, Istana, DPR RI, dan di kantor Gubernur di seluruh Indonesia bersamaan dengan isu pembatalan Omnibus Law UU Cipta Kerja.

5. Pengamat: buruh demo tidaklah tepat

Pengamat Ketenagakerjaan Aloysius Uwiyono pun ikut menanggapi rencana buruh yang akan melakukan aksi demo besar-besaran untuk menentang keputusan dari Menaker.

Menurutnya, aksi demo besar-besaran tersebut sebagai kesalahan fatal. Langkah lebih tepat sasaran jika kaum buruh menumpahkan tuntutan kepada masing-masing perusahaan.

"Menurut saya demo mengenai upah minimum itu salah besar. Harusnya serikat pekerja memperjuangkan kenaikan upah anggotanya di masing-masing perusahaannya," kata Aloysius kepada Liputan6.com.

Dari sudut pandangnya, demo penolakan UMP 2021 yang tak naik tersebut terkesan dibumbui intrik politik. Dia menganggap curahan hati itu lebih tepat diarahkan kepada pihak pemberi kerja.

"Lho, ini (tuntutan kenaikan UMP 2021) kan perjuangan sosial ekonomi para anggotanya. Bukan perjuangan politik," tegas Aloysius.

Oleh karenanya, ia pun meminta serikat pekerja untuk dapat bernegosiasi dengan setiap perusahaan. Itu agar para buruh dengan status kerja lebih dari 1 tahun berhak memperoleh gaji di atas ketentuan UMP 2021.

"Dirundingkan secara musyawarah pada masing-masing perusahaan," ujar dia.

Menanggapi soal keputusan Menaker untuk tidak menaikkan UMP 2021, Aloysius tidak mempermasalahkan. Namun dengan catatan, ketetapan itu berlaku bagi pekerja dengan masa kontrak di bawah 1 tahun.

"Yang penting penerapan upah minimum tersebut diberlakukan benar-benar pada pekerja/buruh yang bermasa kerja kurang dari 1 tahun," kata Aloysius.

Di sisi lain, ia menilai pekerja atau buruh yang mempunyai masa kerja lebih dari 1 tahun berhak dibayar di atas UMP 2021. Pemerintah pun wajib melakukan pengawasan super ketat kepada tiap perusahaan agar pembayaran itu dilakukan.

 

Ancam PHK

Ribuan buruh dari berbagai elemen melakukan longmarch menuju depan Istana Negara, Jakarta, Kamis (29/9). Dalam aksinya mereka menolak Tax Amnesty serta menaikan upah minumum provinsi (UMP) sebesar Rp650 ribu per bulan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Ribuan buruh dari berbagai elemen melakukan longmarch menuju depan Istana Negara, Jakarta, Kamis (29/9). Dalam aksinya mereka menolak Tax Amnesty serta menaikan upah minumum provinsi (UMP) sebesar Rp650 ribu per bulan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

6. Pengusaha: Bakal Ada PHK Massal jika UMP 2021 Dipaksa Naik

Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan telah menetapkan tidak ada kenaikan upah minimum (UMP) 2021. Hal ini tercantum dalam Surat Edaran (SE) Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 11/HK04/X/2020 tentang Penetapan Upah Minimum tahun 2021 pada Masa Pandemi Covid-19.

Penerbitan SE ini dilakukan dalam rangka memberikan perlindungan dan keberlangsungan bekerja bagi pekerja atau buruh serta menjaga kelangsungan usaha.

"Jika dalam kondisi seperti ini ada kenaikan UMP, maka pengusaha akan melakukan rasionalisasi yang lebih ketat, misalnya melakukan PHK yang semakin banyak dan tahun depan tidak menambah karyawan baru," kata Ketua Umum DPD Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (Hippi) DKI Jakarta, Sarman Simanjorang, kepada Liputan6.com, Selasa (27/10/2020).

Sarman juga menekankan mengenai kondisi dunia usaha saat ini yang sudah tidak memungkinkan untuk menaikkan UMP 2021. Bisa bertahan saja, menurut dia, sudah sangat bagus.

"Kondisi dunia usaha saat ini yang sudah ngos-ngosan untuk mampu bertahan sangat tidak memungkinkan menaikkan UMP 2021. Banyak pengusaha sudah sangat terpuruk, cash flow sudah mengkhawatirkan. Jika UMP dinaikkan akan menambah beban pengusaha dan akan semakin terpuruk," kata dia.

7. Pengusaha: UMP harusnya turun

Ketua Umum DPD Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (Hippi) DKI Jakarta, Sarman Simanjorang mengatakan keputusan ini sudah sesuai dengan rumusan yang ditetapkan dalam PP No.78 tahun 2015. Yakni UMP Tahun berjalan ditambah (UMP tahun berjalan dikalikan Pertumbuhan ekonomi dan inflasi nasional tahun 2020).

"Jika kita hitung malah minus, seharusnya UMP turun, tapi kan tidak mungkin UMP diturunkan, maka kenaikan 0 persen sudah sangat bijak," kata Sarman kepada Liputan6.com, Selasa (27/10/2020).

Di sisi lain, Sarman beranggapan jika UMP dipaksakan untuk naik, maka implikasinya adalah terjadi PHK. Hal ini, kata Sarman, sebagai bentuk rasionalisasi pengusaha di tengah himpitan krisis pandemi covid-19 ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sempat Kontroversi, Produsen Ivermectin Siap Uji Klinis untuk Obat COVID-19

Posted: 28 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sempat menimbulkan kontroversi terkait obat COVID-19, dr Herman Sunaryo MSc dari Departemen Penelitian dan Pengembangan PT Harsen Laboratories menjelaskan soal obat infeksi cacing, Ivermectin.

"Ivermectin ditemukan pada tahun 1975. Obat ini awalnya digunakan oleh veteriner untuk mengobati hewan ternak dan peliharaan yang sakit akibat parasit misalnya heartworm," katanya, melalui keterangan pers, Senin (26/10).

Herman menerangkan, sejak 1981 obat ini telah digunakan untuk mengobati manusia yang sakit akibat infeksi parasit juga, misalnya river blindness yang disebabkan Onchocerca volvulus, strongyloidosis dan lain sebagainya. Bahkan Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat atau Food and Drug Administration (FDA) telah menyetujui penggunaan ivermectin untuk penyakit akibat parasit pada manusia. Demikian juga WHO yang memasukkan ivermectin dalam daftar obat penting pada tahun yang sama.

"Sampai sekarang penggunaan Ivermectin sudah miliaran dosis dan tidak ada laporan efek samping yang berbahaya dan keamanannya baik," ujarnya.

Ketika kasus Covid-19 merebak, bulan April 2020 peneliti Monash University, Australia menerbitkan penelitian mengenai Ivermectin. Obat ini dinyatakan dapat menghambat perkembangan virus COVID-19 dalam biakan sel.

Dalam penelitian tersebut, RNA virus berkurang 93% - 99,8% dalam waktu 24 jam. Efek ini juga bertahan sampai 72 jam dalam pembiakan sel (invitro). Ini yang menjadi awal penggunaan Ivermectin untuk infeksi COVID-19.

Kendati demikian, FDA menegaskan perlu pengujian lanjutan untuk memastikan apakah ivermectin dapat mencegah atau mengobati Covid-19. Ivermectin sendiri sudah disetujui untuk infeksi parasite. Karena itu PT Harsen bersedia melakukan uji Klinis untuk Invermectin sebagai pengobatan Covid 19.

"Jika mendapatkan lampu hijau dari pemerintah kami bersedia tanpa harus dibiayai oleh pemerintah untuk melakukan uji klinis terhadap Ivermectin. Dengan demikian kami dapat turut berkontribusi pada kesehatan masyarakat khususnya di kondisi Pandemi Covid-19 ini," katanya.

 

Sejumlah negara menggunakan obat ini

Petugas medis menjalani Tes serologi COVID-19 di RS Siloam Kebon Jeruk, Jakarta, Selasa (11/8/2020). Tes serologi antibodi SARS-CoV-2 berbasis lab merupakan tes untuk mendeteksi antibodi baik Imunoglobulin M (IgM) dan Imunoglobulin G (IgG) terhadap SARS-CoV-2 dalam darah. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Petugas medis menjalani Tes serologi COVID-19 di RS Siloam Kebon Jeruk, Jakarta, Selasa (11/8/2020). Tes serologi antibodi SARS-CoV-2 berbasis lab merupakan tes untuk mendeteksi antibodi baik Imunoglobulin M (IgM) dan Imunoglobulin G (IgG) terhadap SARS-CoV-2 dalam darah. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Sejumlah negara seperti Peru, Republik Dominica, Bangladesh dan India telah menggunakan obat ini. Salah satu sumber adalah dalam jurnal penelitian berjudul A Case Series of 100 COVID-19 Positive Patients Treated with Combination of Ivermectin and Doxycycline. MT ALAM, R MURSHED, E BHIUYAN, S SABER, RF ALAM, RC ROBIN Journal of Bangladesh College of Physician and Surgeons. Vol.38, COVID-19 | (Supplement Issue), July 2020.

Selain itu, sebuah studi kolaboratif yang dipimpin oleh Monash Biomedicine Discovery Institute (BDI) dengan Institut Infeksi dan Imunitas Peter Doherty (Doherty Institute), perusahaan patungan dari Universitas Melbourne dan Rumah Sakit Royal Melbourne, telah menunjukkan bahwa obat anti-parasit seperti cacing gelang Ivermectin yang sudah tersedia di pasaran dapat membunuh virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 dalam waktu 48 jam.

"Masyarakat mungkin tidak tahu mengenai ivermectin ini karena di Indonesia obat ini lebih sering untuk veteriner (berkaitan dengan penyakit hewan). Tetapi keprihatinan terhadap pasien Covid-19 yang meninggal tanpa obat telah menggerakan para dokter di Peru, Dominica, Bangladesh dan India untuk menggunakan ivermectin. Selain obat ini sudah off paten, dapat digunakan oleh manusia juga harganya murah, aman dan efektif," katanya.

Menurut Herman, sejumlah negara Amerika Selatan juga telah menggunakan Ivermectin sebagai pengobatan dan tindakan pencegahan setelah penelitian laboratorium awal menunjukkan bahwa obat itu dapat menghilangkan Covid-19.

Jika Ivermectin terbukti dapat menolong pasien Covid maka diperkirakan masyarakat hanya akan mengeluarkan biaya sekitar Rp5,- ribu pertablet. Itu sangat terjangkau, apalagi melihat riwayat jurnal dan pengobatan sebelum di negara lain hanya dibutuhkan 3 tablet a 12mg/tablet, untuk pengobatan orang dewasa.Penggunaan Ivermectin untuk memerangi COVID-19 akan tergantung pada hasil pengujian pra-klinis lebih lanjut dan pada akhirnya uji klinis.

Di sisi lain, Kylie Wagstaff dari Monash Biomedicine Discovery Institute, mengatakan bahwa para ilmuwan menunjukkan obat Ivermectin dapat menghentikan virus SARS-CoV-2 yang tumbuh dalam kultur sel dalam waktu 48 jam.

"Kami menemukan bahwa dengan dosis tunggal pada dasarnya dapat menghapus semua viral load selama 48 jam dan bahkan pada 24 jam ada pengurangan yang sangat signifikan dalam hal itu," kata Dr. Wagstaff dikutip dari SciTechDaily.

Ivermectin adalah obat anti-parasit yang disetujui Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat dan juga terbukti efektif secara in vitro terhadap beragam virus termasuk virus HIV, Dengue, Influenza, dan Zika.

INFOGRAFIS: Deretan Kandidat Obat Covid-19

INFOGRAFIS: Deretan Kandidat Obat Covid-19
INFOGRAFIS: Deretan Kandidat Obat Covid-19

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Chelsea Bungkam Krasnodar 4-0 di Liga Champions

Posted: 28 Oct 2020 09:00 PM PDT

Pemain Chelsea Jorginho (kanan) mengontrol bola di depan pemain Krasnodar Kristoffer Olsson pada pertandingan Grup E Liga Champions di Krasnodar, Rusia, Rabu (28/10/2020). Chelsea membungkam Krasnodar dengan skor 4-0. (AP Photo)
Pemain Chelsea Jorginho (kanan) mengontrol bola di depan pemain Krasnodar Kristoffer Olsson pada pertandingan Grup E Liga Champions di Krasnodar, Rusia, Rabu (28/10/2020). Chelsea membungkam Krasnodar dengan skor 4-0. (AP Photo)

Pemain Chelsea Jorginho (kanan) mengontrol bola di depan pemain Krasnodar Kristoffer Olsson pada pertandingan Grup E Liga Champions di Krasnodar, Rusia, Rabu (28/10/2020). Chelsea membungkam Krasnodar dengan skor 4-0. (AP Photo)

Pemain Chelsea Mateo Kovacic (kiri) berebut bola dengan pemain Krasnodar Tonny Vilhena pada pertandingan Grup E Liga Champions di Krasnodar, Rusia, Rabu (28/10/2020). Chelsea membungkam Krasnodar dengan skor 4-0. (AP Photo)
Pemain Chelsea Mateo Kovacic (kiri) berebut bola dengan pemain Krasnodar Tonny Vilhena pada pertandingan Grup E Liga Champions di Krasnodar, Rusia, Rabu (28/10/2020). Chelsea membungkam Krasnodar dengan skor 4-0. (AP Photo)

Pemain Chelsea Mateo Kovacic (kiri) berebut bola dengan pemain Krasnodar Tonny Vilhena pada pertandingan Grup E Liga Champions di Krasnodar, Rusia, Rabu (28/10/2020). Chelsea membungkam Krasnodar dengan skor 4-0. (AP Photo)

Pemain Chelsea Timo Werner terbaring kesakitan saat menghadapi Krasnodar pada pertandingan Grup E Liga Champions di Krasnodar, Rusia, Rabu (28/10/2020). Chelsea membungkam Krasnodar dengan skor 4-0. (AP Photo)
Pemain Chelsea Timo Werner terbaring kesakitan saat menghadapi Krasnodar pada pertandingan Grup E Liga Champions di Krasnodar, Rusia, Rabu (28/10/2020). Chelsea membungkam Krasnodar dengan skor 4-0. (AP Photo)

Pemain Chelsea Timo Werner terbaring kesakitan saat menghadapi Krasnodar pada pertandingan Grup E Liga Champions di Krasnodar, Rusia, Rabu (28/10/2020). Chelsea membungkam Krasnodar dengan skor 4-0. (AP Photo)

Pelatih Chelsea Frank Lampard sebelum pertandingan Grup E Liga Champions antara Krasnodar dan Chelsea di Krasnodar, Rusia, Rabu (28/10/2020). Chelsea membungkam Krasnodar dengan skor 4-0. (AP Photo)
Pelatih Chelsea Frank Lampard sebelum pertandingan Grup E Liga Champions antara Krasnodar dan Chelsea di Krasnodar, Rusia, Rabu (28/10/2020). Chelsea membungkam Krasnodar dengan skor 4-0. (AP Photo)

Pelatih Chelsea Frank Lampard sebelum pertandingan Grup E Liga Champions antara Krasnodar dan Chelsea di Krasnodar, Rusia, Rabu (28/10/2020). Chelsea membungkam Krasnodar dengan skor 4-0. (AP Photo)

Wasit Ali Palabiyik memberi isyarat di depan pemain Chelsea Jorginho saat menghadapi Krasnodar pada pertandingan Grup E Liga Champions di Krasnodar, Rusia, Rabu (28/10/2020). Chelsea membungkam Krasnodar dengan skor 4-0. (AP Photo)
Wasit Ali Palabiyik memberi isyarat di depan pemain Chelsea Jorginho saat menghadapi Krasnodar pada pertandingan Grup E Liga Champions di Krasnodar, Rusia, Rabu (28/10/2020). Chelsea membungkam Krasnodar dengan skor 4-0. (AP Photo)

Wasit Ali Palabiyik memberi isyarat di depan pemain Chelsea Jorginho saat menghadapi Krasnodar pada pertandingan Grup E Liga Champions di Krasnodar, Rusia, Rabu (28/10/2020). Chelsea membungkam Krasnodar dengan skor 4-0. (AP Photo)

Penjaga gawang Krasnodar Matvei Safonov gagal menyelamatkan gawang dari pemain Chelsea Callum Hudson-Odoi pada pertandingan Grup E Liga Champions di Krasnodar, Rusia, Rabu (28/10/2020). Chelsea membungkam Krasnodar dengan skor 4-0. (AP Photo)
Penjaga gawang Krasnodar Matvei Safonov gagal menyelamatkan gawang dari pemain Chelsea Callum Hudson-Odoi pada pertandingan Grup E Liga Champions di Krasnodar, Rusia, Rabu (28/10/2020). Chelsea membungkam Krasnodar dengan skor 4-0. (AP Photo)

Penjaga gawang Krasnodar Matvei Safonov gagal menyelamatkan gawang dari pemain Chelsea Callum Hudson-Odoi pada pertandingan Grup E Liga Champions di Krasnodar, Rusia, Rabu (28/10/2020). Chelsea membungkam Krasnodar dengan skor 4-0. (AP Photo)

Pemain Chelsea Kurt Zouma dibantu oleh staf klub saat menghadapi Krasnodar pada pertandingan Grup E Liga Champions di Krasnodar, Rusia, Rabu (28/10/2020). Chelsea membungkam Krasnodar dengan skor 4-0. (AP Photo)
Pemain Chelsea Kurt Zouma dibantu oleh staf klub saat menghadapi Krasnodar pada pertandingan Grup E Liga Champions di Krasnodar, Rusia, Rabu (28/10/2020). Chelsea membungkam Krasnodar dengan skor 4-0. (AP Photo)

Pemain Chelsea Kurt Zouma dibantu oleh staf klub saat menghadapi Krasnodar pada pertandingan Grup E Liga Champions di Krasnodar, Rusia, Rabu (28/10/2020). Chelsea membungkam Krasnodar dengan skor 4-0. (AP Photo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Larang Anak Sekolah Saat Covid-19, Ibu Ini Terancam Dipenjara

Posted: 28 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seorang ibu di Inggris diancam harus membayar denda cukup besar dan kemungkinan dipenjara setelah menolak mengizinkan anak-anaknya kembali bersekolah di tengah pandemi Covid-19.

Katy Simpson, wanita berusia 29 tahun, mengidap diabetes tipe 1, asma, dan tiroid dan hampir tidak pernah keluar rumah sejak lockdown pertama kali diberlakukan pada bulan Maret.

Lantaran dirinya sangat rentan untuk terinfeksi virus Covid-19, Katy tak membiarkan kedua anaknya Damien dan Alisha, untuk kembali ke sekolahnya di Galileo Academy Trust yang terletak di Yorkshire Utara.

Artikel tentang larang anak kembali bersekolah di tengah pandemi Covid-19, ibu di Inggris terancam dipenjara menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang lima zodiak ini paling suka kelon dan jago memeluk, kamu termasuk?

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang tujuh tren kecantikan zaman dulu yang aneh, pakai masker es hingga ikat kaki.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Larang Anak Kembali Bersekolah di Tengah Pandemi COVID-19, Ibu di Inggris Terancam Dipenjara

Gambar ilustrasi ini dengan izin dari National Institutes of Health pada 27 Februari 2020. Menunjukkan mikroskopis elektron transmisi SARS-CoV-2 juga dikenal sebagai 2019-nCoV, virus yang menyebabkan Corona COVID-19. (AFP/National Institutes of Health).
pada 27 Februari 2020. Menunjukkan mikroskopis elektron transmisi SARS-CoV-2 juga dikenal sebagai 2019-nCoV, virus yang menyebabkan Corona COVID-19. (AFP/National Institutes of Health).

 

Tetapi seorang petugas kesejahteraan pendidikan mengunjungi Katy dan memberinya peringatan pengadilan yang mengancamnya untuk membayar denda £2.500 atau setara Rp 47 juta dan hingga tiga bulan penjara jika dia tidak mengembalikan Damien dan Alisha ke sekolah di tengah pandemi Covid-19. 

Selengkapnya...

2. 5 Zodiak Ini Paling Suka Kelon dan Jago Memeluk, Kamu Termasuk?

Ilustrasi berpelukan. (Photo by Shawn Tung on Unsplash)
Ilustrasi berpelukan. (Photo by Shawn Tung on Unsplash)

Kenyamanan dan rasa cinta pada manusia adalah salah satu momen paling intim dalam hidup. Mampu berpelukan dengan nyaman dengan pasangan Anda adalah apa yang semua pasangan harus lakukan.

Bagaimanapun, hubungan adalah tentang momen-momen intim dan membuat pasangan Anda merasa istimewa. Berpelukan bisa menjadi cara yang bagus untuk menghilangkan stres setelah hari yang sibuk dan penuh perhatian.

Selengkapnya...

3. 7 Tren Kecantikan Zaman Dulu yang Aneh, Pakai Masker Es hingga Ikat Kaki

Hal yang dilakukan wanita agar cantik pada zaman dahulu. Sumber: BoredPanda
Hal yang dilakukan wanita agar cantik pada zaman dahulu. Sumber: BoredPanda

Sebagian individu akan melakukan segala hal untuk terlihat awet muda dan menarik. Hal itulah yang membuat industri kecantikan berkembang dengan pesat.

Tak semudah saat ini, beberapa tren praktik kecantikan zaman dulu justru sangat aneh dan membuat bingung. Tak jarang hal tersebut sampai menyiksa fisik wanita agar tampil cantik.

Berikut deretan tren kecantikan yang pernah populer pada zaman dulu, seperti merangkum dari Bored Panda, Rabu (28/10/2020).

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Modus Hoaks yang akan Mengganggu Kelancaran Pilkada

Posted: 28 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Informasi hoaks yang akan mengganggu berjalannya Pemilihan kepala daerah (Pilkada) akan dilaksanakan serentak pada Desember 2020 harus diantisipasi, sejumlah modusnya pun sudah dimitigasi.

Staf Khusus Menteri Dalam Negeri bidang Politik dan Media Kastorius Sinaga mengatakan, kemungkinan modus penyebaran hoaks menjelang pilkada, berupa kabar adanya calon pemilih ataupun penyelenggara pemilu (petugas KPPS) yang terpapar COVID-19 di TPS tertentu.

Sebab itu, untuk menjaga kelancaran pesta demokrasi tersebut perlu dilakukan sejumlah antisipasi, salah satunya kampanye anti hoaks.

"Perlu digalakkan kampanye gerakan anti hoaks di wilayah-wilayah yang akan pilkada secara masif sehingga masyarakat ikut aktif melawan hoaks" kata Kastorius, dikutip di Jakarta, Kamis (29/10/2020).

Menurutnya, dengan disebarkannya hoaks akan menurunkan animo pemilih yang akan hadir dengan tujuan menguntungkan salah satu paslon.

Adanya kemungkinan penggunaan hoaks dalam pilkada berkaca pada aksi unjuk rasa penolakan UU Cipta Kerja yang juga menggunakan hoaks dalam melakukan disinformasi. Hoaks yang dihembuskan bahwa UU Cipta Kerja akan menyengsarakan nasib kaum buruh dan pekerja telah memicu tindakan anarkis.

Kastorius mengungkapkan, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, kata Kastorius, sangat memikirkan kemungkinan serangan hoaks pandemi Covid-19 untuk mengganngu kelancaran Plakada. Untuk mengantisipasinya, dia meminta kepada gubernur, bupati dan wali kota agar bersinergi dengan para pemangku kepentingan. Khususnya, katanya, Forkompimda menggandeng media lokal dalam upaya sosialisasi Pilkada Serentak 2020 dengan penerapan protokol kesehatan yang semakin kondusif.

"Setiap minggu kita memonitor pelanggaran dan kepatuhan protokol kesehatan di masa kampanye. Hasilnya sangat kondusif, dari 9.500 kampanye tatap muka, pelanggaran hanya sekitar 250 atau 2,5 persen, artinya, pilkada aman COVID-19 menunjukkan tren yang menggembirakan," tutup Kastorius.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam  cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP Eropa: Ambisi Joan Mir Raih Podium Pertama

Posted: 28 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Joan Mir berpotensi menorehkan sejarah bagi Suzuki. Pasalnya, ia berpeluang menjuarai juara  MotoGP 2020.

Peluang Mir cukup terbuka setelah sukses mempertahankan puncak klasemen sementara MotoGP. Mir bertengger di posisi pertama usai rebut podium di MotoGP Teruel akhir pekan lalu.

Konsistensi menjadi alasan Joan Mir berada di puncak klasemen MotoGP. Dalam tujuh balapan, dia nyaris tak pernah absen podium kecuali MotoGP Barcelona.

Akan tetapi, Mir tetap harus waspada. Pasalnya, ia hanya unggul beberapa poin dari pesaing terdekat, Fabio Quartararo. Jika lengah, Mir berpeluang terpeleset.

Selain itu, Joan Mir juga masih belum mendapatkan satu kemenanganpun. Ini sepertinya yang akan dikejar Mir demi lebih mengamankan posisi teratas.

Peluang terdekat ada di MotoGP Eropa yang akan berlangsung akhir pekan ini di Ricardo Tormo, Spanyol. Berikut jadwal MotoGP Eropa selengkapnya.

 

Jadwal MotoGP Eropa

Jumat (6/11/2020)

15:55 - 16:40: FP1

20:10 - 20:55: FP2

 

Sabtu (7/11/2020)

15:55 - 16:40: FP3

19:30 - 20:00: FP4

20:10 - 20:25: Kualifikasi 1

20:35 - 20:50: Kualifikasi 2

 

Jadwal Selanjutnya

Minggu (8/11/2020)

15:40 - 16:00: Pemanasan

20:00: Balapan

Live: Trans 7/MotoGP.com

Klasemen MotoGP

Posisi-Perubahan-Pembalap-Asal-Tim (Motor)-Poin (Defisit)

1. = Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) 137

2. = Fabio Quartararo FRA Petronas Yamaha (YZR-M1) 123 (-14)

3. = Maverick Viñales SPA Monster Yamaha (YZR-M1) 118 (-19)

4. ^2 Franco Morbidelli ITA Petronas Yamaha (YZR-M1) 112 (-25)

5. ˅1 Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (GP20) 109 (-28)

6. ^1 Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) 105 (-32)

7. ˅2 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V) 92 (-45)

8. ^1 Pol Espargaro SPA Red Bull KTM (RC16) 90 (-47)

9. ˅1 Jack Miller AUS Pramac Ducati (GP20) 82 (-55)

10. = Miguel Oliveira POR Red Bull KTM Tech3 (RC16) 79 (-58)

11. ^2 Danilo Petrucci ITA Ducati Team (GP20) 71 (-66)

12. ˅1 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)* 67 (-70)

13. ˅1 Alex Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)* 67 (-70)

14. ^1 Johann Zarco FRA Reale Avintia (GP19) 64 (-73)

15. ˅1 Valentino Rossi ITA Monster Yamaha (YZR-M1) 58 (-79)

16. = Francesco Bagnaia ITA Pramac Ducati (GP20) 42 (-95)

17. ^2 Iker Lecuona SPA Red Bull KTM Tech3 (RC16)* 27 (-110)

18. ˅1 Aleix Espargaro SPA Aprilia Gresini (RS-GP) 27 (-110)

19. ˅1 Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) 26 (-111)

20. ^1 Stefan Bradl GER Repsol Honda (RC213V) 12 (-125)

21. ˅1 Bradley Smith GBR Aprilia Gresini (RS-GP) 12 (-125)

22. = Tito Rabat SPA Reale Avintia (GP19) 10 (-127)

23. = Michele Pirro ITA Ducati Test Rider (GP20) 4 (-133)

Saksikan Video MotoGP di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menetap di Kanada, Ini 6 Momen Kebersamaan Cut Memey dan Suami

Posted: 28 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dunia hiburan Indonesia tentu tak asing dengan nama Cut Memey. Pemilik nama lengkap Cut Meylani Decy Susanti ini sosoknya kerap wara-wiri di layar kaca. Namun, kini pemain film Warisan Olga ini sudah jarang terlihat di layar kaca.

Setelah bercerai dari Jacksen Peranginangin, Cut Memey menikah lagi dengan pria asal Kanada Paul Rowland tahun 2011 lalu. Dari pernikahannya, Cut Memey dikaruniai anak laki-laki bernama Nathan Rowland. Namun, masing-masing dari mereka telah memiliki anak dari pernikahan sebelumnya. Pasangan ini bahagia dengan 3 buah hati. 

Jarang terlihat di layar kaca, Cut Memey kini menetap di kampung halaman sang suami di Ottawa, Kanada.  Wanita 39 tahun kini menjalani profesi barunya sebagai instrukstur zumba. Meski tak aktif di layar kaca,  lewat Instagramnya aktris sekaligus model ini kerap membagikan kegiatan sehari-harinya.

Termasuk saat bersama suami tercintanya, Paul Rowland. Dalam berbagai kesempatan, Cut Memey dan Paul Rowland selalu terlihat harmonis dan romantis. Penasaran seperti apa? Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas potret Cut Memey dan suami, Kamis (29/10/2020). 

 

1. Setelah bercerai dari Jacksen Peranginangin, Cut Memey menikah lagi dengan pria asal Kanada Paul Rowland tahun 2011 lalu.

Cut Memey dan Suami (Sumber: Instagram//cutmemey/)
Cut Memey dan Suami (Sumber: Instagram//cutmemey/)

2. Tak lagi tinggal di Indonesia, pemilik nama lengkap Cut Meylani Decy Susanti kini menetap di Ottawa, Kanada

Cut Memey dan Suami (Sumber: Instagram//cutmemey/)
Cut Memey dan Suami (Sumber: Instagram//cutmemey/)

3. Dari pernikahannya, wanita yang kini berprofesi sebagai instruktur zumba ini dikaruniai buah hati bernama Nathan Rowland.

Cut Memey dan Suami (Sumber: Instagram//cutmemey/)
Cut Memey dan Suami (Sumber: Instagram//cutmemey/)

4. Namun, keduanya telah memiliki anak dari pernikahan sebelumnya. Pasangan ini pun bahagia dengan 3 buah hati.

Cut Memey dan Suami (Sumber: Instagram//cutmemey/)
Cut Memey dan Suami (Sumber: Instagram//cutmemey/)

5. Tak terasa 9 tahun bersama, rumah tangga aktris sekaligus model ini jauh dari gosip miring. Keduanya selalu terlihat harmonis.

Cut Memey dan Suami (Sumber: Instagram//cutmemey/)
Cut Memey dan Suami (Sumber: Instagram//cutmemey/)

6. Pemain film 'Emak Ingin Naik Haji' ini juga akrab dengan keluarga suami. Ini dia momen keseruannya.

Cut Memey dan Suami (Sumber: Instagram//cutmemey/)
Cut Memey dan Suami (Sumber: Instagram//cutmemey/)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Libur Panjang, Pengunjung Kebun Binatang Ragunan Tertinggi Selama Pandemi Corona

Posted: 28 Oct 2020 08:57 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kepala Satuan Pelaksana Promosi Taman Margasatwa Ragunan Ketut Widarsana mengatakan jumlah pengunjung di masa libur panjang akhir Oktober 2020 ini meningkat dari hari-hari sebelumnya di masa Covid-19.

"Kalau dibandingkan dengan masa sebelum Covid-19 jelas sangat jauh, tapi kalau dibandingkan hari biasa selama Covid-19 dan dibandingkan dengan long weekend ini, ya, meningkat," ujar Ketut kepada Liputan6.com, Kamis (29/10/2020). 

Menurut Ketut, jumlah pengunjung TM Ragunan selama Covid-19 di bawah angka 500. Namun, selama libur panjang ini sudah mulai meningkat hingga hampir dua kali lipat.

"Jadi kalau hari biasa kunjungan masih di bawah 500 orang. Tapi selama long wekend ini sudah di atas 500, mau mendekati 1.000, dan di jam 9 (pagi) tadi sudah mencapai 600 orang. Kita masih ada kesempatan sampai jam 2 sore. Jam 2 sore loket ditutup," kata dia.

Ketut memastikan setiap pengunjung TM Ragunan harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Sebelum masuk area TM Ragunan, para pengunjung terlebih dahulu diperiksa suhu tubuhnya.

"Protokol kesehatan tetap berjalan, ketentuan-ketentuan itu tetap dilaksanakan, seperti mewajibkan 3 M, masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan pengukuran suhu tubuh," kata dia.

 

Pengunjung Tanpa Masker Ditolak

Wisatawan mengambil gambar kawanan Burung Pelikan saat berkunjung ke Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, Sabtu (1/8/2020). Di masa pandemi corona ini, Ragunan sepi pengunjung di libur panjang Idul Adha 1441 H dibandingkan tahun lalu. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Wisatawan mengambil gambar kawanan Burung Pelikan saat berkunjung ke Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, Sabtu (1/8/2020). Di masa pandemi corona ini, Ragunan sepi pengunjung di libur panjang Idul Adha 1441 H dibandingkan tahun lalu. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Ketut memastikan tak akan menerima pengunjung yang tak menerapkan protokol kesehatan. Dia menegaskan, jika ada pengunjung yang tak menggunakan masker, maka akan ditolak.

"Sama ketentuan lain, seperti ibu hamil anak di bawah 9 tahun, lansia di atas 60 tahun, juga warga di luar DKI Jakarta belum boleh berkunjung ke Ragunan. Masih kita terapkan secara ketat," kata dia.

Untuk jumlah total pengunjung, menurut dia, setiap hari selama Covid-19, TM Ragunan hanya akan menerima 2.000 pengunjung. Termasuk di masa long wekend ini.

"Batasan pengunjung maksimal 2.000, kita sudah sosialisasikan ke masyarakat melalui media sosial Ragunan, melalui teman-teman media, dan masyarakat hampir semua tahu," kata dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Twitter Down Sedot Perhatian

Posted: 28 Oct 2020 08:57 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Twitter down, kemarin malam, Rabu (28/10/2020). Informasi ini menyedot perhatian para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com.

Informasi lain yang tak kalah populer datang dari perusahaan riset pasar aplikasi mobile Sensor Tower merilis laporan 10 gim mobile dengan pemasukan tertinggi pada September 2020.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Twitter Down Malam Ini, Semua Fitur Eror

Twitter down malam ini selama sekitar dua jam. Pantauan Tekno Liputan6.com, Rabu (28/10/2020), media sosial ini tumbang sejak sekitar jam 21.16 WIB.

Sejumlah pengguna Twitter membuat laporan di situs web Down Detector, di mana mereka mengeluh semua fitur eror dan tidak bisa diakses hingga pukul 23.16.

Gangguan terjadi pada fitur profil hingga direct message (DM). Pengguna juga mengeluh tak bisa mengunggah tweet atau foto.

Baca selengkapnya di sini

2. 10 Gim Mobile dengan Pemasukan Tertinggi pada September 2020

Perusahaan riset pasar aplikasi mobile Sensor Tower merilis laporan 10 gim mobile dengan pemasukan tertinggi pada September 2020.

Menurut laporan tersebut, Honor of Kings menduduki posisi pertama dengan pemasukan nyaris USD 240 juta. Angka ini bahkan belum termasuk pemasukan dari transaksi di toko pihak ketiga di luar Android.

"Ini mewakili pertumbuhan 87 persen jika dibandingkan dengan September 2019. Sekitar 96 persen pendapatan Honor of Kings berasal dari Tiongkok, diikuti oleh 1,5 persen dari Taiwan dan 1,2 persen dari Thailand," ujar Craig Chapple, Mobile Insights Strategist, EMEA dikutip dari keterangan perusahaan.

Baca selengkapnya di sini 

 

3. Telkomsel dan TikTok Hadirkan Kuota Khusus dan Program Literasi Digital

Aplikasi MyTelkomsel (Foto: Telkomsel)
Aplikasi MyTelkomsel (Foto: Telkomsel)

Telkomsel dan TikTok mengumumkan kemitraan untuk meningkatkan pengalaman eksplorasi dan inspirasi paket internet. Kemitraan ini diwujudkan salah satunya dengan menghadirkan kuota khusus TikTok.

Kuota khusus TikTok dapat diakses pengguna di paket Kuota Ketengan, UnlimitedMax, dan Combo Sakti.

Upaya ini diharapkan mampu memudahkan pengguna untuk menyampaikan ekspresif melalui video singkat di TikTok, dengan akses cepat dan terjangkau.

Baca selengkapnya di sini 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

16 Resep Sambal Ikan ala Warteg yang Enak dan Bikin Ketagihan

Posted: 28 Oct 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Di Indonesia, tak lengkap rasanya jika mengolah ikan tanpa cocolan sambal. Negeri yang kaya rempah seperti Indonesia sendiri memiliki aneka resep sambal ikan yang bisa diolah. Di berbagai daerahnya pun memiliki ciri khas sambal ikan berbeda-beda. Bahkan dari sekian banyak sambal ikan, rasanya enak-enak semua. 

Banyak orang menyukai sambal ikan, tetapi banyak pula yang tak bisa mengolah resep sambal ikan meskipun sederhana prosesnya. Biasanya sambal yang dibuat kurang mantap dan sedap, berbeda dengan yang dijual di warteg. Di sinilah pentingnya mengetahui resep sambal ikan, tentu agar sambal ala warteg ini bisa dibuat sendiri di rumah.

Berikut Liputan6.com ulas resep sambal ikan dari berbagai sumber, Kamis (29/10/2020).

Resep Sambal Ikan

Ilustrasi Sambal | Photo by Baehaki Hariri on Unsplash
Ilustrasi Sambal | Photo by Baehaki Hariri on Unsplash

Resep Sambal Ikan Tongkol

Bahan:

- 5 ikan tongkol ukuran sedang (cuci bersih, buang isi dalam perut lalu goreng hingga matang, sisihkan)

- Minyak goreng (secukupnya)

- 2 buah tomat (iris sesuai selera)

- 3 lembar daun jeruk 

- 5 cm lengkuas  (memarkan)

- 5 cm jahe (memarkan)

Bumbu:

- 7 siung bawang merah (haluskan)

- 5 siung bawang putih (haluskan)

- 20 buah cabai rawit (haluskan)

- 3 buah cabai merah besar (haluskan)

- Garam (secukupnya)

- Gula (secukupnya)

- Kaldu ayam bubuk (secukupnya)

Cara Membuat:

1. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Jika sudah, masukkan cabai rawit dan cabai merah besar.

2. Tambahkan garam, gula, daun jeruk, lengkuas dan jahe.

3. Masukkan ikan tongkol yang sudah digoreng sebelumnya dan aduk-aduk rata. 

4. Jangan lupa memasukkan buah tomat dan kaldu ayam bubuk agar rasa sambal ikan tongkol ini semakin sedap. 

5. Masak hingga bumbu meresap dan ikan serta bumbu matang sempurna. 

6. Segera angkat lalu sajikan jika sudah matang

Resep Sambal Ikan Roa

Bahan:

- 2 ikan roa panggang

- 20 cabai rawit merah besar-besar

- 5 cabai merah keriting

- 1 tomat merah, potong kecil-kecil

- 5 siung bawang merah

- 3 siung bawang putih

- ½ sdt garam dapur

- 1 sdt gula

- 50 cc minyak sayur

Cara membuat:

1. Pisahkan ikan roa panggang dari durinya, kemudian di haluskan dengan ulekan

2. Masak ikan roa yang sudah dihaluskan pada wajan tanpa minyak, sampai mengeluarkan aroma harum. Lalu sisihkan.

3. Berikutnya, siapkan bumbu sambel roa haluskan sampai lembut bumbu tadi lalu tumis sampai mengeluarkan aroma harum dan pastikan bumbu sambal matang.

4. Setelah sambal berwarna kecoklatan masukkan ikan yang sudah diulek tadi

5. Oseng-oseng sampai kering dan matang. Hidangkan dengan nasih yang hangat

Resep Sambal Ikan Cakalang

Bahan:

- 250 g daging ikan cakalang asap, kukus

- 2 lembar daun jeruk, iris halus

- 1 batang serai, iris halus

- 1 sdt cabai merah bubuk

- 2 buah jeruk limau

- 20 helai daun kemangi

- 4 sdm minyak sayur

Haluskan:

- 8 buah cabai merah besar, buang bijinya

- 10 buah cabai rawit merah

- 6 butir bawang merah

- 3 siung bawang putih

- 1 sdt terasi goreng

- 1 sdt garam

Cara Membuat:

1. Suwir­-suwir kasar daging ikan cakalang.

2. Panaskan minyak sayur, tumis bumbu halus hingga harum.

3. Tambahkan daun jeruk, serai, dan cabai bubuk.

4. Aduk hingga sambal matang.

5. Masukkan daging ikan, aduk hingga tercampur rata.

6. Tambahkan air jeruk limau dan daun kemangi.

7. Aduk­-aduk hingga layu lalu angkat.

Resep Sambal Ikan

Ilustrasi Cabai Kering | (iStockphoto)
Ilustrasi Cabai Kering | (iStockphoto)

Resep Sambal Ikan Peda

Bahan:

- 2 ekor ikan peda

- 10 cabai rawit

- 5 cabai merah

- 1 tomat merah sedang, potong-potong

- 2 bawang merah

- 1 bawang putih

- Terasi sesuai selera

- Garam sedikit saja

Cara membuat:

1. Cuci dan rendam dahulu peda. Jika sudah tidak terlalu basah goreng hingga matang, tiriskan dan sisihkan

2. Goreng cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan tomat sampai harum dan matang. Kalau sudah, ulek sampai halus.

3. Ikan peda yang sudah digoreng digeprek dengan sambal. Sambal terasi ikan peda siap disajikan.

Resep Sambal Ikan Terasi

Bahan:

- 20 buah cabai rawit

- 7 buah cabai merah besar (buang isi)

- 7 buah cabai merah keriting

- 5 siung bawang putih

- 7 siung bawang merah

- 1 buah tomat 

- Garam (secukupnya)

- Gula (secukupnya)

- 4 cm terasi 

- Minyak goreng (secukupnya)

Cara Membuat

1. Goreng cabai rawit, cabai merah, cabai keriting, bawang putih, bawang merah dan tomat.

2. Bakar terasi hingga harum, jika tidak dibakar, panggang di atas teflon selama beberapa menit hingga cukup kering dan kadar airnya berkurang. 

3. Siapkan cobek. Haluskan semua bahan di dalam cobek lalu beri garam dan gula secukupnya. 

4. Koreksi rasa hingga sambal terasi yang dibuat terasa enak menggugah selera.

Resep Sambal Ikan

Ilustrasi cabai/copyright Unsplash/Calum Lewis
Ilustrasi cabai/copyright Unsplash/Calum Lewis

Resep Sambal Ikan Tomat

Bahan:

- 12 cabai rawit

- 4 butir bawang merah

- 1 siung bawang putih

- 1 buah tomat merah segar

- 1 sachet terasi udang

- 1 sdt gula merah

- garam secukupnya

- penyedap rasa

- minyak goreng untuk menumis

Cara Membuat:

1. Ambil wajan, panaskan minyak goreng.

2. Masukkan bawang merah, bawang putih, tomat, terasi, cabai rawit.

3. Tumis sampai layu.

4. Angkat dan tiriskan.

5. Haluskan semua bahan sampai halus.

6. Tambahkan gula merah, penyedap rasa, dan garam.

7. Ulek lagi sampai semua halus.

8. Koreksi rasa.

9. Sambal siap disajikan.

Resep Sambal Ikan Dabu

Bahan:

- 1 buah cabai merah, buang biji dan cincang kecil

- 7 buah cabai rawit, iris-iris kecil

- 5 siung bawang merah, cincang

- 1 buah tomat merah, buang air dan bijinya, potong-potong dadu kecil

- 1 buah jeruk nipis

- 7 lembar daun kemangi, potong-potong

- garam dan gula secukupnya

- minyak goreng

Cara membuat:

1. Campur semua bahan sambal.

2. Peras jeruk nipis, tambahkan gula dan garam.

3. Aduk-aduk rata hingga agak layu.

4. Panaskan minyak secukupnya, tuang pada sambal dan aduk rata.

5. Sambal dabu-dabu sudah siap sajikan.

Resep Sambal Ikan Matah

Bahan:

- 15 buah cabai rawit

- 8 butir bawang merah

- 2 batang serai, ambil bagian putihnya

- 1 lembar daun jeruk purut

- 1 sdm air perasan jeruk nipis

- 3 sdm minyak goreng panas

- garam dan gula secukupnya

Cara membuat

1. Iris semua cabai, bawang, serai, dan dan daun jeruk.

2. Campur jadi satu.

3. Tambahkan garam, gula, dan air perasan jeruk nipis. Aduk rata sambil diremas-remas.

4. Siram dengan minyak panas. Aduk kembali. Sajikan

Resep Sambal Ikan

Ilustrasi Cabai Kering | (iStockphoto)
Ilustrasi Cabai Kering | (iStockphoto)

Resep Sambal Ikan Kecap Pedas

Bahan:

- 4 sdm kecap manis

- 2 siung bawang putih

- 5 buah cabai rawit

- 1 buah cabai keriting

- 1/2 sdt garam

- 3 sdm air hangat

Cara membuat:

1. Goreng bawang putih dan cabai yang sudah dipotong-potong.

2. Angkat dan ulek halus dengan sedikit garam.

3. Pindahkan ke mangkuk kecil dan tuang dengan kecap, aduk rata.

4. Hiasi dengan beberapa potongan cabai merah.

Resep Sambal Ikan Cengek

Bahan:

- 25 cabai merah keriting

- 10 buah cabai rawit

- 8 siung bawang putih

- 8 siung bawang merah

- 5 sdm air asam jawa

- 1 sdt terasi

- 2 sdm gula merah, sisir

- 1 sdm garam

- 1 sdm gula pasir/secukupnya

- 100 minyak goreng

Cara membuat:

1. Blender semua bahan sambal hingga cukup halus kecuali garam dan gula, tak perlu menambahkan air karena sudah ada minyak. 

2. Tumis hingga harum, masukkan air asam jawa, gula merah, gula pasir dan garam, aduk rata.

3. Masak sambil tetap diaduk-aduk hingga matang dan tanak, tandanya jika sambal sudah berwarna gelap.

4. Jika sudah matang dan tidak berair, angkat dan sajikan.

Resep Sambal Ikan

Ilustrasi pete | (sumber: iStockphoto)
Ilustrasi pete | (sumber: iStockphoto)

Resep Sambal Ikan Pete

Bahan:

- 5 butir bawang merah (2 butir dicincang kasar)

- 3 siung bawah putih (1 siung dicincang kasar)

- Cabai rawit sesuai selera

- 4 buah cabai merah besar

- 2 buah tomat merah segar

- 5 papan pete

- 1/2 sdm gula merah

- 1/2 sdm gula pasir

- terasi bakar, garam, air, dan minyak goreng secukupnya

Cara Membuat

1. Ulek 3 butir bawang merah, 1 bawang putih, cabai rawit, cabai merah besar lalu beri garam, gula putihm dan terasi.

2. Tambahkan gula merah sisir dan tomat. Ule kembali.

3. Panaskan minyak goreng, masukkan bawang merah dan bawang putih cincang. Tumis sampai harum.

4. Masukkan sambal yang diulek, beri air sedikit demi sedikit.

5. Masukkan pete, masak sampai agak empuk. Angkat dan sajikan.

Resep Sambal Ikan Andalima

Bahan:

- 15 buah cabai rawit hijau

- 5 siung bawang merah

- 3 siung bawang putih

- 5 butir kemiri yang telah disangrai

- 2 batang serai, ambil batang putihnya dan iris halus

- Air jeruk nipis, secukupnya

- 1/2 sdt andaliman

- Garam, secukupnya

Cara Membuat

1. Haluskan cabai rawit, bawang merah, bawang putih dan kemiri.

2. Tambahkan batang serai, andaliman, garam dan air jeruk nipis secukupnya, haluskan lagi, aduk rata.

3. Bila suka, siramkan sedikit minyak panas ke dalam sambal andaliman yang telah dihaluskan.

4. Sambal andaliman sudah siap dan saatnya disajikan.

Resep Sambal Ikan Bada

Bahan:

- 200 gr teri kering, buang kepalanya

- 2 papan petai, kupas

- 3 siung bawang merah, iris tipis

- 1 sdm air jeruk nipis

- 1 sdm gula merah

Bumbu ulek halus:

- 10 siung bawang merah

- 10 buah cabai merah besar

- garam dan gula pasir secukupnya

Cara membuat:

1. Cuci teri dan goreng hingga matang kecokelatan, sisihkan.

2. Goreng petai hingga matang dan harum, angkat dan sisihkan.

3. Goreng bawang merah iris hingga harum dan agak kering, masukkan bumbu halus, tumis hingga harum.

4. Masukkan gula merah dan garam secukupnya, tumis hingga sambal matang.

5. Terakhir masukkan pete dan teri, aduk rata dengan sambal. Tuang air jeruk nipis agar segar, matikan api dan angkat.

Resep Sambal Ikan

Ilustrasi cabai/copyright pexels.com/Elina Sazonova
Ilustrasi cabai/copyright pexels.com/Elina Sazonova

Resep Sambal Ikan Colo-Colo

Bahan:

- 5 buah cabai rawit merah

- 10 buah cabai rawit hijau

- 10 butir bawang merah

- 1 buah tomat hijau

- 1 sendok makan air jeruk nipis

- 10 sdm kecap manis

- 100 ml air

- 1 sdt gula pasir

- 1 sdt Garam

Cara membuat:

1. Iris menyamping cabai rawit merah dan hijau, bawang merah, serta potong dadu tomat hijau. Sisihkan.

2. Campur cabai rawit merah, cabai rawit hijau, bawang merah, tomat hijau, garam, gula pasir dan kecap. Aduk rata.

3. Tambahkan air jeruk nipis dan air.

Resep Sambal Ikan Teri

Bahan:

- 150 gram teri kering

- Minyak goreng, secukupnya

- 1 ruas jahe, memarkan

Bumbu Halus:

- 20 butir cabai rawit

- 5 buah cabai keriting

- 4 siung bawang putih

- 7 siung bawang merah

- Garam, secukupnya

- Gula, secukupnya

- Penyedap masakan, secukupnya

Cara Membuat:

1. Cuci bersih teri kering kemudian rendam di dalam air mendidih kira-kira selama 10 menit.

2. Merendam teri ini bermanfaat membuat ikan teri lebih empuk.

3. Tiriskan teri yang telah direndam air mendidih, sisihkan sebentar.

4. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum.

5. Masukkan jahe yang telah dimemarkan, aduk rata.

6. Masukkan ikan teri ke dalam tumisan bumbu, aduk rata.

7. Masak hingga semua bahan termasuk ikan teri matang dan bumbu meresap.

Resep Sambal Ikan Ijo

Bahan:

- 15 buah cabai hijau besar, buang tangkainya

- 15 buah cabai rawit hijau

- 5 siung bawang merah

- 2 siung bawang putih

- 2 buah tomat hijau

- 1 sdt perasan jeruk nipis

- gula pasir dan garam secukupnya

- minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

1. Kukus cabai hijau, cabai rawit, tomat, bawang merah dan bawang putih hingga layu.

2. Angkat, Potong-potong dan ulek kasar, asal semua bahan hancur.

3. Panaskan minyak, tumis sambal ulek hingga tercium harum.

4. Tambahkan air jeruk nipis, gula dan garam secukupnya.

5. Biarkan hingga tercampur dan matang.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Manfaat Spa Badan untuk Kecantikan dan Kesehatan, Ketahui Tips Melakukannya di Rumah

Posted: 28 Oct 2020 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Manfaat spa badan untuk kecantikan dan kesehatan cukup banyak. Setelah melakukan banyak aktivitas, badan tentunya membutuhkan perawatan agar kembali fit dan segar. Salah satu yang dapat dilakukan untuk mengembalikan kesegaran badan kamu yakni dengan melakukan spa.

Selain wajah, badan juga membutuhkan perawatan agar kembali rileks. Spa merupakan salah satu perawatan yang cukup sering dilakukan. Perawatan spa badan ini bisa kamu dapatkan di pusat kecantikan atau melakukannya di rumah dengan menengok cara-cara dan tips di internet. Jika kamu melakukan secara rutin, manfaat spa badan untuk kecantikan dan kesehatan tentunya dapat kamu rasakan. 

Spa badan atau body spa merupakan perawatan yang ditujukan untuk kesehatan kulit dan alternatif relaksasi tubuh. Perawatan dengan body spa dilakukan dengan teknik pijatan dan eksfoliasi kulit menggunakan produk kecantikan kulit atau bahan-bahan alami untuk menjadikan kulit bersih, halus, dan segar. Ada banyak manfaat spa badan untuk kecantikan dan kesehatan yang penting untuk diketahui.

Perawatan spa badan ini cukup mudah dilakukan. Saat di pusat spa atau kecantikan kamu akan ditawarkan berbagai pilihan perawatan, seperti sauna, berendam di air hangat, pijat, ratus, dan juga waxing (menghilangkan rambut di tubuh dengan lilin panas). Manfaat spa badan untuk kecantikan dan kesehatan bisa kamu rasakan jika dilakukan dengan benar.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang manfaat spa badan untuk kecantikan dan kesehatan yang penting untuk diketahui, Rabu (28/10/2020).

Manfaat Spa badan untuk Kecantikan dan Kesehatan

Ilustrasi spa/copyright shutterstock
Ilustrasi spa/copyright shutterstock

Tak hanya untuk kecantikan, spa badan juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Setelah seharian beraktivitas, tubuh tentunya membutuhkan relaksasi agar kembali segar dan semangat menjalankan aktivitas lagi. Manfaat spa badan untuk kecantikan dan kesehatan bisa kamu rasakan jika kamu melakukannya secara rutin dan dengan cara yang benar.

1. Merawat Kecantikan Kulit

Manfaat spa badan untuk kecantikan dan kesehatan yang pertama yakni dapat merawat kecantikan kulit. Selain wajah, badan juga membutuhkan perawatan agar tetap cantik dan terlihat terawat. Spa badan dilakukan dengan pijatan menggunakan lulur kulit atau scrub khusus yang umumnya mengandung vitamin D, C, E, dan K untuk meningkatkan kesehatan kulit.

Manfaat spa badan juga bermanfaat untuk membersihkan, mencerahkan, melembapkan, serta membuat kulit jadi halus dan lembut. Pijatan lembut pada suhu hangat tertentu dapat membuka pori-pori kulit untuk mengeluarkan racun, bakteri, kulit mati, atau sebum yang terperangkap. Teknik eksfoliasi juga dapat membersihkan semua kotoran dan racun di kulit dengan perawatan lanjutan yang akan meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit kamu.

2. Relaksasi

Setelah seharian dipadatkan dengan banyak aktivitas, tubuh membutuhkan relaksasi agar kembali segar dan tentunya dapat membangkitkan mood. Relaksasi merupakan manfaat spa badan untuk kecantikan dan kesehatan selanjutnya yang perlu untuk kamu ketahui. Teknik pijatan yang halus, lembut, namun dengan tekanan kuat di bahu, leher, kaki, punggung secara alami mampu melepaskan ketegangan dan kelelahan tubuh kamu.

Pijatan dengan lulur khusus beraroma terapi untuk membuat kamu merasa rileks, tenang, dan nyaman sembari melemaskan otot-otot, sendi, dan tubuh yang kaku. Ini juga bermanfaat untuk melepaskan diri kamu dari tekanan dan membuat pikiran jadi lebih jernih. Spa badan atau body spa telah lama menjadi alternatif untuk refleksi yang efektif terutama bila Anda memiliki rutinitas yang melelahkan.

3. Mengatasi Gangguan Tidur

Manfaat spa badan untuk kecantikan dan kesehatan selanjutnya yakni dapat mengatasi gangguan tidur. Spa badan dapat membuat tidur kamu menjadi lebih nyenyak. Pijatan dan perawatan dengan uap air hangat dapat membantu untuk melancarkan aliran darah, menjaga detak jantung, dan melegakan perasaan kamu sehingga secara langsung berkontribusi untuk mengatasi gangguan tidur.

Setelah melakukan spa badan tubuh dan pikiran akan terasa lebih ringan sehingga kamu dapat tidur lebih nyenyak dan mendapatkan waktu istirahat yang cukup. 

Manfaat Spa badan untuk Kecantikan dan Kesehatan

Ilustrasi perawatan diri di spa (foto: shutterstock.com)
Ilustrasi perawatan diri di spa (foto: shutterstock.com)

4. Mengatasi Pegal

Setelah seharian beraktivitas dan selama seminggu dipadatkan dengan macam kegiatan, tentunya badan terasa pegal dan nyeri. Manfaat spa badan untuk kecantikan dan kesehatan selanjutnya yakni spa dapat mengatasi pegal dan nyeri badan kamu. Kamu bisa melakukan body spa atau spa badan secara rutin selama seminggu sekali.

Teknik pijatan lembut dengan tekanan agak kuat dan kombinasi dengan sauna uap herbal dapat melepaskan ketegangan dan kekakuan di seluruh tubuh. Manfaat spa juga untuk merelaksasi jaringan otot dan melegakan persendian. Jika hal tersebut kamu rasakan, kamu bisa mencoba untuk melakukan spa secara rutin.

5. Mengatasi Sakit Kepala

Manfaat spa badan untuk kecantikan dan kesehatan selanjutnya yakni dapat membantu mengatasi sakit kepala. Kamu dapat mengatasi sakit kepala dengan melakukan body spa yang termasuk dalam paket pijat kepala, pijat tangan, sauna air hangat, atau perawatan lain dengan aromaterapi herbal.

Manfaat spa badan memang dapat membantu meredakan otot-otot yang tegang di kepala dan tekanan tubuh lainnya yang memicu sakit kepala. Walaupun belum ada penelitian secara ilmiah, beberapa orang yang rutin melakukan spa meyakini bahwa ini dapat meredakan sakit kepala dan membantu kamu lebih rileks.

6. Merelaksasi Pikiran dan Tubuh

Manfaat spa badan untuk kecantikan dan kesehatan selanjutnya yakni dapat merelaksasi pikiran dan tubuh. Manfaat body spa atau spa badan adalah untuk perawatan kulit sekaligus perawatan tubuh dan pikiran. Secara langsung, body spa memberikan sensasi perasaan tenang, nyaman, ringan, dan pikiran jernih. Apabila kamu memiliki gejala stres dan depresi, kamu bisa melakukan spa badan untuk mengatasi kesehatan mental Anda. 

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Dapat menjaga kesehatan jantung merupakan manfaat spa badan untuk kecantikan dan kesehatan selanjutnya yang bisa kamu rasakan. Biasanya perawatan spa juga dilengkapi dengan ruangan khusus yang menggunakan alat pemanas atau sauna. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa rutin berelaksasi dengan sauna dua kali per minggu dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung dan tekanan darah tinggi.

Namun hal tersebut masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Ada baiknya kamu konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

Tips Melakukan Spa Badan di Rumah

Spa cokelat mampu membuat tubuh segar kembali (Ilustrasi: Spacuracao)
Spa cokelat mampu membuat tubuh segar kembali (Ilustrasi: Spacuracao)

Manfaat spa badan untuk kecantikan dan kesehatan cukup banyak. Selain dapat dilakukan di pusat kecantikan, spa badan juga bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Dengan menggunakan alat dan bahan yang mudah ditemukan, kamu sudah bisa memanjakan diri kamu dengan body spa atau spa badan di rumah.

1. Ciptakan Suasana Ruangan yang Menyenangkan

Tips melakukan spa badan yang pertama yakni kamu bisa menciptakan suasana rumah atau suasana ruangan yang nyaman dan menyenangkan. Kamu bisa menyalakan beberapa buah lilin agar suasana di dalam ruangan lebih menenangkan. Boleh juga kamu tambahkan aromaterapi agar suasana rileks makin terasa.

2. Mulailah dengan Perawatan Wajah

Tips selanjutnya yang bisa kamu coba terapkan di rumah adalah dengan memulai melakukan perawatan pada wajah kamu.

Cara Mengaplikasikannya :

- Bersihkan wajah dengan pembersih yang cocok untuk kulitmu

- Lakukan penguapan dengan cara merendam handuk ke dalam air panas dan letakkan pada wajah

- Biarkan wajah menyerap uap selama 5-6 menit untuk membuka pori-pori dan mengeluarkan kotoran secara efektif

- Kemudian, oleskan masker wajah sambil pijat kulit selama beberapa saat dan diamkan

- Gunakan masker alami yang terbuat dari campuran pisang dan madu, yoghurt dan madu, atau stroberi dan oatmeal

- Tutup mata dengan potongan timun untuk menyegarkan area mata

3. Perawatan Rambut

Tips melakukan spa badan di rumah selanjutnya agar bisa merasakan manfaat spa badan untuk kecantikan dan kesehatan yakni dengan melakukan perawatan rambut. Rawat rambutmu dengan masker alami yang bisa didapatkan dari bahan alami. Kamu bisa gunakan campuran alpukat dan minyak zaitun. Selain murah, masker alpukat dan minyak zaitun berfungsi untuk membuat rambut berkilau tanpa alergi.

4. Memijat Tubuh

Tips sederhana selanjutnya yang bisa lakukan adalah dengan menggosok tubuh kamu dengan lulur. Selain itu, kamu juga bisa sembari memijat tubuh kamu secara perlahan untuk mengikis sel-sel kulit mati yang menumpuk.

Sel kulit mati pada tubuh nggak hanya bikin kusam, tapi juga tampak kering. Maka dari itu, gunakan bahan-bahan yang membantu pengangkatan sel kulit mati. Misalnya menggunakan bubuk kopi dan susu. Gosok dan pijat perlahan untuk mengeksfoliasi sel-sel kulit mati, sehingga kulit jadi lebih bersih dan lembut.

 

Tips Melakukan Spa Badan di Rumah

Ilustrasi Spa. (Foto: unsplash.com)
Ilustrasi Spa. (Foto: unsplash.com)

5. Bersantai dengan Berendam dalam Air Susu

Mandi susu bermanfaat untuk membuat kulit menjadi halus dan lembap. Jika ada, manfaatkan bathtub di rumah untuk berendam sejenak dalam lautan susu ala spa.

Cara Mengaplikasikannya :

- Siapkan 2-3 gelas susu putih cair, satu cangkir minyak zaitun, dan satu sendok makan vanili

- Tuangkan bahan-bahan tersebut dalam bathtub yang telah diisi dengan air hangat

- Atur temperaturnya agar pas bikin tubuhmu nyaman saat berendam di dalamnya

- Duduk dan bersantailah sambil sesekali menggosok tubuhmu dengan lembut.

6. Mandi Air Hangat

Selanjutnya kamu bisa memanjakan diri kamu dengan membilas badan menggunakan air hangat. Spa sudah pasti identik dengan body wash yang wangi dan beraroma mewah. Oleh karenanya, gunakan fragranced body wash yang mengandung pelembap dan nggak hanya lembut untuk kulit, tapi juga menebarkan aroma wangi yang menyenangkan. 

7. Perawatan Kaki dan Tangan

Tips selanjutnya yang bisa kamu terapkan yakni dengan perawatan kaki dan tangan atau manikur dan padikur. Ini adalah langkah terakhir untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari perawatan spa yang kamu lakukan.

Cara Mengaplikasikannya :

- Hapus kuteks yang tersisa

- rendam tangan dan kaki ke dalam air hangat dengan beberapa tetes minyak zaitun untuk menjaga kelembaban kulitmu

- Biarkan tangan dan kakimu rileks beberapa saat

- Gunting kuku tangan dan kaki, lalu rapikan ujungnya

- Jangan lupa aplikasikan body oil, body lotion,atau body butter untuk memberikan kelembapan kulit dan membuatnya semakin bersinar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kamis Pagi, Gunung Sinabung di Kabupaten Karo Erupsi Lagi

Posted: 28 Oct 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Karo Gunung Api Sinabung di Kabupaten Karo kembali erupsi. Gunung api aktif ini erupsi dengan mengeluarkan guguran awan panas pada Kamis (29/10/2020) sekitar pukul 07.59 WIB.

Kepala Pos Pantau Gunung Api Sinabung, Armen Putra mengatakan,tinggi kolom erupsi Sinabung pagi ini sejauh 1.500 meter. Guguran awan panas terpantau sejauh 2.000 meter ke arah timur-tenggara.

"Abu vulkanik Gunung Sinabung terbawa angin menuju timur-tenggara," kata Armen.

Armen mengimbau kepada warga untuk jangan nekat memasuki zona merah Gunung Sinabung pada momentum libur panjang Maulid Nabi SAW. Saat ini aktivitas Gunung Sinabung masih sangat tinggi.

"Gunung Sinabung ini sewaktu-waktu dapat erupsi," ujarnya.

 

Zona Merah

Gunung Sinabung yang kembali memuntahkan abu vulkanik tebal, saat dipantau dari wilayah Karo (7/5/2019). Menurut Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geolog, Gunung Sinbung saat ini berada pada level IV atau awas dengan radius tujuh kilometer untuk jarak aman. (AFP Photo/Handout /BNBP)
Gunung Sinabung yang kembali memuntahkan abu vulkanik tebal, saat dipantau dari wilayah Karo (7/5/2019). Menurut Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geolog, Gunung Sinbung saat ini berada pada level IV atau awas dengan radius tujuh kilometer untuk jarak aman. (AFP Photo/Handout /BNBP)

Pihaknya juga melarang masyarakat yang ingin berlibur ke Danau Lau Kawar, Kabupaten Karo. Sebab, kawasan Danau Lau Kawar masuk dalam zona merah, sehingga dilarang untuk memasukinya.

"Lokasinya berada di kaki Gunung Sinabung. Wilayah tersebut masuk dalam zona berbahaya," sebut Armen.

Gunung Sinabung sampai saat ini masih berada pada status level III atau siaga. Masyarakat diimbau untuk selalu waspada. Masyarakat dan pengunjung atau wisatawan juga diimbau tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi.

"Juga pada lokasi di dalam radius radial 3 Km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 Km untuk sektor selatan-timur, dan 4 Km untuk sektor timur-utara," jArmen menjelaskan.

Pakai Masker

Penduduk desa melihat asap abu vulkanik Gunung Sinabung dari kota Karo (6/4). Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali meletus, pada Jumat (6/4/2018) pukul 16.07 WIB. (AFP Photo/Anto Sembiring)
Penduduk desa melihat asap abu vulkanik Gunung Sinabung dari kota Karo (6/4). Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali meletus, pada Jumat (6/4/2018) pukul 16.07 WIB. (AFP Photo/Anto Sembiring)

Jika terjadi hujan abu vulkanik Gunung Sinabung, masyarakat diimbau memakai masker saat keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan. Kemudian mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.

"Kepada masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung tetap waspada terhadap bahaya lahar," Armen menandaskan.

Saksikan juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MU vs Leipzig di Liga Champions: Mason Greenwood Cetak Rekor dengan Tembakan Pertama

Posted: 28 Oct 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) menghajar RB Leipzig 5-0 pada laga Grup H Liga Champions 2020/2021 di Old Trafford, Rabu (28/10/2020) atau Kamis dini hari WIB. Sejarah tercipta di pertandingan tersebut.

Mason Greenwood menjadi salah satu pencetak gol termuda MU di Liga Champions. Dengan mencatatkan nama di papan skor pada menit ke-21, Greenwood membuat gol di usia 19 tahun 27 hari.

Dia menorehkan rekor ini melalui tembakan pertama selama mengikuti turnamen. Sebelum menghadapi Leipzig, Greenwood baru sekali tampil yakni selama tiga menit saat bersua Paris Saint-Germain di musim 2018/2019.

Greenwood hanya kalah dari Wayne Rooney dalam kategori ini. Rooney membukukan hattrick pada debut bersama MU musim 2004/2005.

Kala itu dia berusia 18 tahun, 11 bulan, empat hari.

Remaja Inggris

Wayne Rooney mencetak hattrick dalam debut bersama Manchester United saat berjumpa Fenerbahce pada Liga Champions di Old Trafford, Manchester, 28 September 2004. (AFP/Paul Barker)
Wayne Rooney mencetak hattrick dalam debut bersama Manchester United saat berjumpa Fenerbahce pada Liga Champions di Old Trafford, Manchester, 28 September 2004. (AFP/Paul Barker)

Greenwood menjadi remaja Inggris kesekian yang membuat gol bagi MU di Liga Champions. Selain Rooney, hadir pula David Beckham, Phil Jones, dan Marcus Rashford.

Namun, pencetak gol termuda MU di sepanjang sejarah tetap tercatat atas nama Brian Kidd. Gol melawan Gornik Zabrze pada perempat final 1968, ketika kompetisi masih bernama Piala Champions, membawanya bertengger di urutan pertama. Dia berumur 18 tahun, 8 bulan, 30 hari.

 

Daftar Pencetak Gol Remaja Inggris MU

Pemain Muda Manchester United, Marcus Rashford merayakan gol bersama rekan-rekannya saat melawan Basel pada laga grup A Liga Champions di Old Trafford, Manchester, (12/9/2017). MU menang 3-0. (AP/Frank Augstein)
Pemain Muda Manchester United, Marcus Rashford merayakan gol bersama rekan-rekannya saat melawan Basel pada laga grup A Liga Champions di Old Trafford, Manchester, (12/9/2017). MU menang 3-0. (AP/Frank Augstein)

Wayne Rooney vs Fenerbahce, 2004: 18 tahun 11 bulan 4 hari

Mason Greenwood vs RB Leipzig, 2020: 19 tahun 27 hari

David Beckham vs Galatasaray, 1994: 19 tahun 7 bulan 5 hari

Phil Jones vs FC Basel, 2011: 19 tahun 9 bulan 16 hari

Marcus Rashford vs FC Basel, 2017: 19 tahun 10 bulan 12 hari

Klasemen Grup H

Gelandang Manchester United, Paul Pogba, berebut bola dengan pemain RB Leipzig, Benjamin Henrichs, pada laga Liga Champions di Stadion Old Trafford, Kamis (29/10/2020). MU menang dengan skor 5-0. (AP/Dave Thompson)
Gelandang Manchester United, Paul Pogba, berebut bola dengan pemain RB Leipzig, Benjamin Henrichs, pada laga Liga Champions di Stadion Old Trafford, Kamis (29/10/2020). MU menang dengan skor 5-0. (AP/Dave Thompson)

Saksikan Video MU Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Liburan ke Puncak, Wisatawan Antre Ikuti Rapid Test COVID-19

Posted: 28 Oct 2020 08:30 PM PDT

Sejumlah wisatawan antre mengikuti rapid test di kawasan Gadog, Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/10/2020. Pemkab Bogor mewajibkan wisatawan yang mengunjungi kawasan Puncak dan sekitarnya untuk mengikuti rapid test untuk mencegah penyebaran COVID-19. (merdeka.com/Arie Basuki)
Sejumlah wisatawan antre mengikuti rapid test di kawasan Gadog, Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/10/2020. Pemkab Bogor mewajibkan wisatawan yang mengunjungi kawasan Puncak dan sekitarnya untuk mengikuti rapid test untuk mencegah penyebaran COVID-19. (merdeka.com/Arie Basuki)

Sejumlah wisatawan antre mengikuti rapid test di kawasan Gadog, Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/10/2020. Pemkab Bogor mewajibkan wisatawan yang mengunjungi kawasan Puncak dan sekitarnya untuk mengikuti rapid test untuk mencegah penyebaran COVID-19. (merdeka.com/Arie Basuki)

Wisatawan mengikuti rapid test di kawasan Gadog, Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/10/2020. Pemkab Bogor mewajibkan wisatawan yang mengunjungi kawasan Puncak dan sekitarnya untuk mengikuti rapid test untuk mencegah penyebaran COVID-19. (merdeka.com/Arie Basuki)
Wisatawan mengikuti rapid test di kawasan Gadog, Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/10/2020. Pemkab Bogor mewajibkan wisatawan yang mengunjungi kawasan Puncak dan sekitarnya untuk mengikuti rapid test untuk mencegah penyebaran COVID-19. (merdeka.com/Arie Basuki)

Wisatawan mengikuti rapid test di kawasan Gadog, Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/10/2020. Pemkab Bogor mewajibkan wisatawan yang mengunjungi kawasan Puncak dan sekitarnya untuk mengikuti rapid test untuk mencegah penyebaran COVID-19. (merdeka.com/Arie Basuki)

Wisatawan mengikuti rapid test di kawasan Gadog, Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/10/2020. Pemkab Bogor mewajibkan wisatawan yang mengunjungi kawasan Puncak dan sekitarnya untuk mengikuti rapid test untuk mencegah penyebaran COVID-19. (merdeka.com/Arie Basuki)
Wisatawan mengikuti rapid test di kawasan Gadog, Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/10/2020. Pemkab Bogor mewajibkan wisatawan yang mengunjungi kawasan Puncak dan sekitarnya untuk mengikuti rapid test untuk mencegah penyebaran COVID-19. (merdeka.com/Arie Basuki)

Wisatawan mengikuti rapid test di kawasan Gadog, Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/10/2020. Pemkab Bogor mewajibkan wisatawan yang mengunjungi kawasan Puncak dan sekitarnya untuk mengikuti rapid test untuk mencegah penyebaran COVID-19. (merdeka.com/Arie Basuki)

Hasil rapid test wisatawan di kawasan Gadog, Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/10/2020. Pemkab Bogor mewajibkan wisatawan yang mengunjungi kawasan Puncak dan sekitarnya untuk mengikuti rapid test untuk mencegah penyebaran COVID-19. (merdeka.com/Arie Basuki)
Hasil rapid test wisatawan di kawasan Gadog, Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/10/2020. Pemkab Bogor mewajibkan wisatawan yang mengunjungi kawasan Puncak dan sekitarnya untuk mengikuti rapid test untuk mencegah penyebaran COVID-19. (merdeka.com/Arie Basuki)

Hasil rapid test wisatawan di kawasan Gadog, Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/10/2020. Pemkab Bogor mewajibkan wisatawan yang mengunjungi kawasan Puncak dan sekitarnya untuk mengikuti rapid test untuk mencegah penyebaran COVID-19. (merdeka.com/Arie Basuki)

Sejumlah wisatawan antre mengikuti rapid test di kawasan Gadog, Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/10/2020. Pemkab Bogor mewajibkan wisatawan yang mengunjungi kawasan Puncak dan sekitarnya untuk mengikuti rapid test untuk mencegah penyebaran COVID-19. (merdeka.com/Arie Basuki)
Sejumlah wisatawan antre mengikuti rapid test di kawasan Gadog, Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/10/2020. Pemkab Bogor mewajibkan wisatawan yang mengunjungi kawasan Puncak dan sekitarnya untuk mengikuti rapid test untuk mencegah penyebaran COVID-19. (merdeka.com/Arie Basuki)

Sejumlah wisatawan antre mengikuti rapid test di kawasan Gadog, Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/10/2020. Pemkab Bogor mewajibkan wisatawan yang mengunjungi kawasan Puncak dan sekitarnya untuk mengikuti rapid test untuk mencegah penyebaran COVID-19. (merdeka.com/Arie Basuki)

Wisatawan mengikuti rapid test di kawasan Gadog, Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/10/2020. Pemkab Bogor mewajibkan wisatawan yang mengunjungi kawasan Puncak dan sekitarnya untuk mengikuti rapid test untuk mencegah penyebaran COVID-19. (merdeka.com/Arie Basuki)
Wisatawan mengikuti rapid test di kawasan Gadog, Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/10/2020. Pemkab Bogor mewajibkan wisatawan yang mengunjungi kawasan Puncak dan sekitarnya untuk mengikuti rapid test untuk mencegah penyebaran COVID-19. (merdeka.com/Arie Basuki)

Wisatawan mengikuti rapid test di kawasan Gadog, Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/10/2020. Pemkab Bogor mewajibkan wisatawan yang mengunjungi kawasan Puncak dan sekitarnya untuk mengikuti rapid test untuk mencegah penyebaran COVID-19. (merdeka.com/Arie Basuki)

Wisatawan mengikuti rapid test di kawasan Gadog, Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/10/2020. Pemkab Bogor mewajibkan wisatawan yang mengunjungi kawasan Puncak dan sekitarnya untuk mengikuti rapid test untuk mencegah penyebaran COVID-19. (merdeka.com/Arie Basuki)
Wisatawan mengikuti rapid test di kawasan Gadog, Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/10/2020. Pemkab Bogor mewajibkan wisatawan yang mengunjungi kawasan Puncak dan sekitarnya untuk mengikuti rapid test untuk mencegah penyebaran COVID-19. (merdeka.com/Arie Basuki)

Wisatawan mengikuti rapid test di kawasan Gadog, Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/10/2020. Pemkab Bogor mewajibkan wisatawan yang mengunjungi kawasan Puncak dan sekitarnya untuk mengikuti rapid test untuk mencegah penyebaran COVID-19. (merdeka.com/Arie Basuki)

Sejumlah wisatawan antre mengikuti rapid test di kawasan Gadog, Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/10/2020. Pemkab Bogor mewajibkan wisatawan yang mengunjungi kawasan Puncak dan sekitarnya untuk mengikuti rapid test untuk mencegah penyebaran COVID-19. (merdeka.com/Arie Basuki)
Sejumlah wisatawan antre mengikuti rapid test di kawasan Gadog, Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/10/2020. Pemkab Bogor mewajibkan wisatawan yang mengunjungi kawasan Puncak dan sekitarnya untuk mengikuti rapid test untuk mencegah penyebaran COVID-19. (merdeka.com/Arie Basuki)

Sejumlah wisatawan antre mengikuti rapid test di kawasan Gadog, Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/10/2020. Pemkab Bogor mewajibkan wisatawan yang mengunjungi kawasan Puncak dan sekitarnya untuk mengikuti rapid test untuk mencegah penyebaran COVID-19. (merdeka.com/Arie Basuki)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fokus Pagi : Kebakaran Di Permukiman Padat

Posted: 28 Oct 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Fokus Pagi ini mengangkat tema di antaranya, Kebakaran Di Permukiman Padat, Misteri Hilangnya Tiga Bocah, Mayat Dibungkus Karung, Ular Sanca Di Rumah Warga.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Istri Baim Wong Hamil Anak Kedua, Kiano Bakal Segera Punya Adik

Posted: 28 Oct 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kiano, anak Baim Wong dan Paula Verhoeven, belum genap berusia setahun. Akan tetapi, anak Baim Wong dan Paula Verhoeven yang lahir pada 27 Desember 2019 ini bakal punya adik. Sebab, sang ibunda diketahui sedang berbadan dua.

Paula Verhoeven sedang hamil anak kedua. Kabar itu disampaikan langsung oleh Baim Wong kepada Mak Beti. Mak Beti, YouTuber yang memiliki nama asli Arief Muhammad, mendatangi kediaman Baim Wong dan Paula Verhoeven.

Selain ingin mengajak Kiano bermain, Mak Beti datang karena permintaan Baim Wong yang ingin memberikan kejutan kepada istri. Paula Verhoeven ternyata pengagum berat video yang dibuat Mak Beti di YouTube.

 

 

Hadiah Spesial

Baim Wong. (Foto: Instagram @baimwong)
Baim Wong. (Foto: Instagram @baimwong)

"Bosquee, hari ini hadiah spesial buat Paula. Paula ngefans banget sama ini orang, karena orangnya enggak banget," kata Baim Wong dengan ekspresi bercanda saat memperkenalkan Mak Beti.

Sebelum Bertemu Paula

Youtuber Mak Beti yang memiliki nama asli Arif Muhammad.
Youtuber Mak Beti yang memiliki nama asli Arif Muhammad.

Baim Wong mengajak penonton melihat Mak Beti yang sedang dipijat. Ia memanfaatkan momen itu untuk mengajak Mak Beti berbincang lalu memberi tahu bahwa Paula Verhoeven hamil lagi.

"Nanti selamatin kami ya," ucap Baim Wong kepada Mak Beti. "Iya anak yang kedua? Laki-laki apa perempuan?" jawab Mak Beti sembari penasaran dengan jenis kelamin anak kedua Baim Wong.

Belum Ketahuan

Baim Wong dan Paula Verhoeven (Instagram/paula_verhoeven)
Baim Wong dan Paula Verhoeven (Instagram/paula_verhoeven)

Perbincangan Baim Wong dan Mak Beti terungkap di video YouTube BaimPaula dengan judul Muka Kiano Ga Bisa Diboongin!! Kesel Banget Liat Mak Beti Jadi Mamah Kiano" yang tayang 27 Oktober 2020.

Dalam video tersebut, Baim Wong menjawab pertanyaan Mak Beti mengenai jenis kelamin anak kedua. "Belum (ketahuan jenis kelamin). Kan (usia kehamilan Paula) baru sebulan dua bulan," kata Baim Wong.

 

 

 

Reaksi Mak Beti

(Instagram/paula_verhoeven)
(Instagram/paula_verhoeven)

Mak Beti meresepons jawaban Baim Wong dengan nada keheranan. Ia tak menyangka Kiano segera memiliki adik di saat usianya belum genap setahun.

"Oh sebulan dua bulan. Ngegas terus kau ya," kata Mak Beti kepada Baim Wong yang langsung disambut tawa bintang film Bebas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Bahan Pengganti Kecap Ikan, Tetap Sedap dan Lebih Sehat

Posted: 28 Oct 2020 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Di dapur terdapat berbagai macam bumbu serta penyedap rasa yang digunakan agar sebuah makanan menjadi lebih lezat, salah satu di antaranya yakni kecap ikan. Berbeda dengan kecap pada umumnya yang terasa manis, kecap ikan memiliki tekstur yang cenderung lebih cair dan berwarna bening, rasanya pun terasa asin. Meskipun, kecap ikan juga dikemas dalam bentuk botol pada umumnya.

Penggunaan kecap ikan dalam sebuah masakan lazimnya digunakan pada masakan Oriental. Namun, beberapa masakan lainnya juga seperti masakan Thailand dan Indonesia terkadang juga menggunakan kecap ikan untuk mendapatkan citarasa yang lebih sedap. 

Beberapa makanan yang biasa kita jumpai dan menggunakan kecap ikan adalah tumis, bumbu oseng, dan berbagai makanan lainnya. Dengan menggunakan kecap ikan, rasa atau aroma ikan dapat terasa. Beberapa makanan yang menggunakan kecap ikan lainnya yakni sushi, shabu-shabu, kimchi, sapo tahu, dan sup bakso ikan.

Kecap ikan terbuat dari fermentasi ikan dan garam yang dibuat dalam jangka waktu yang cukup lama. Sehingga ketika digunakan akan menambah citarasa ikan pada masakan. Meskipun bagi mayoritas orang rasa tersebut dinilai menjadi lebih sedap, namun ada pula orang yang merasa tidak cocok dengan citarasa dari kecap ikan.

Berikut ini merupakan tujuh bahan penyedap rasa yang bisa menjadi alternatif pengganti kecap ikan. Dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Kamis (29/10/2020).

 

 

1. Saus kedelai

Ilustrasi kecap asin atau soy sauce. (iStock)
Ilustrasi kecap asin atau soy sauce. (iStock)

Salah satu bahan penyedap rasa yang dapat menggantikan kecap ikan yakni saus kedelai atau soy sauce. Saus kedelai ini kadang kala juga dikenal sebagai kecap asin. Saus ini terbuat dari fermentasi kedelai, garam, biji-bijian, serta air.

Kandungan asam amino dan sodium didalamnya, membuat saus ini terasa gurih dan asin. Selain itu, saus ini sangat direkomendasikan bagi para vegan yang ingin menghindari makanan yang melibatkan bahan baku hewani.

 

2. Tamari

Mengusung jargon
Mengusung jargon "Looks Good Tastes Good", dengan warna yang lebih hitam serta tekstur yang kental, Kecap Sedaap Kedelai Hitam Spesial akan membuat masakan menjadi lebih lezat dan kaya nutrisi./ Photo by Caroline Attwood on Unsplash

Hampir mirip dengan soy sauce, Tamari juga dapat digunakan untuk menggantikan kecap ikan. Meski kadang kala sering tertukar dengan saus kedelai, namun Tamari memiliki cara pembuatan yang sedikit berbeda. Tamari dibuat dari fermentasi air, garam, pasta miso, fermentasi jamur koji, dan moromi.

Tamari juga dapat menjadi alternatif bagi Anda yang alergi atau sensitif terhadap gluten karena saus ini tidak mengandung biji-bijian. Meskipun protein kedelai di dalamnya terasa kuat, namun rasa yang dihasilkan tidak segurih soy sauce.

 

 

3. Kaldu jamur dan kedelai

ilustrasi kaldu jamur/Photo By Anna Hoychuk from Shutterstock
ilustrasi kaldu jamur/Photo By Anna Hoychuk from Shutterstock

Ketika hendak memasak sup atau kaldu dan tiba-tiba saja kehabisan kecap ikan, maka Anda bisa menggantinya dengan kaldu jamur dan kedelai. Caranya pun sangat mudah, yakni dengan mencairkan 7-14 gram jamur shitake kering dengan 45 ml saus kedelai, kemudian keduanya dicampur dengan 1 liter air.

Setelah dicampurkan, diamkan selama kurang lebih 15 menit hingga airnya menguap separuh. Kembali diamkan lagi selama 10 menit kemudian Anda bisa menyaringnya dan mendapatkan kaldunya. Olahan kaldu jamur dan kedelai ini dinilai lebih untuk tubuh dan dapat disimpan dalam periode yang lama.

 

 

 

4. Saus ikan vegan

Kacang Kedelai / Sumber: iStockphoto
Kacang Kedelai / Sumber: iStockphoto

Ketika banyak orang yang menggemari kecap ikan, namun ada pula orang-orang yang sedang menjalani diet vegan atau memiliki alergi terhadap ikan. Maka dari itu, saus ikan vegan dapat menjadi alternatif. Saus ikan vegan terbuat dari saus kedelai yang dipadukan dengan jamur shitake dan juga amino cair.

Amino cair ini dibuat dengan cara memadukan ekstrak nira yang difermentasi dengan air dan garam. Kandungan kedelai dan jamur pada saus ini membuat rasanya gurih dan mirip dengan kecap ikan namun tidak disertai rasa amis.

 

5. Rumput laut

Ilustrasi Rumput Laut (sumber: iStockphoto)
Ilustrasi Rumput Laut (sumber: iStockphoto)

Salah satu bahan lain yang dapat menggantikan kecap ikan yakni rumput laut. Dengan kandungan asam amino glutamat di dalamnya, membuat rumput laut terasa gurih sekaligus bernutrisi. Contoh dari olahan rumput lain yakni kombu dan nori.

Namun, bagi orang yang menghindari sensasi gurih dan rasa amis ikan bisa memilih wakame ketimbang kombu. Dalam rumput laut wakame mengandung glutamat yang lebih rendah ketimbang yang lainnya. Olahan rumput laut ini sangat pas ketika dicampurkan pada sajian kaldu, saus, dan salad. Sedangkan olahan rumput laut dalam bentuk kering seperti nori biasa dipadukan untuk membuat sushi, kimbab, dan camilan ringan.

 

 

 

6. Amino kelapa

Ilustrasi santan kelapa (Photo by Tijana Drndarski on Unsplash)
Ilustrasi santan kelapa (Photo by Tijana Drndarski on Unsplash)

Meski tak diketahui oleh banyak orang, ternyata amino kelapa yang dibuat dari fermentasi nira kelapa dengan warna gelap mirip kecap ini bisa digunakan sebagai bahan pengganti kecap ikan. Penggunaan amino kelapa ini direkomendasikan terutama bagi mereka yang sedang menjalani diet vegan yang menghindari biji-bijian, gluten, dan kedelai.

Meski demikian, jika dibandingkan dengan kecap ikan, amino kelapa cenderung lebih manis dan rendah sodium.

 

7. Saus Tiram

Ilustrasi resep masakan, saus tiram. (Photo by jcomp on Freepik)
Ilustrasi resep masakan, saus tiram. (Photo by jcomp on Freepik)

Saus tiram atau oyster sauce merupakan salah satu penyedap rasa yang cukup populer dalam masakan Oriental. Meskipun demikian, teksturnya cenderung lebih kental dibandingkan dengan kecap ikan sehingga belum tentu cocok dengan berbagai masakan. Meski demikian, hal ini bisa diakali dengan cara menambahkan air agar mendapatkan konsistensi yang tepat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selama Pandemi, Antam Berhasil Optimalkan Catatan Kinerja Positif

Posted: 28 Oct 2020 08:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Aneka Tambang Tbk (Antam) tetap mencatatkan kinerja keuangan unaudited yang positif dengan membukukan laba bersih Rp835,77 miliar selama masa pandemi. Demikian dikatakan Sekretaris Perusahaan Antam, Kunto Hendrapawoko.

"Antam terus melakukan inovasi dalam bidang produksi dan penjualan dengan fokus pada peningkatan nilai tambah produk. Perusahaan juga mengoptimalkan tingkat produksi dan penjualan di tengan adaptasi kebiasaan baru, serta mengelola biaya dengantepat dan efisien," ujar Kunto. 

Pada periode sembilan bulan pertama 2020, Antam mencatat laba usaha Rp1,44 triliun, naik 16% dibandingkan periode yang sama pada 2019. Antam juga mencatatkan EBITDA sebesar 2,14 triliun. Kunto memaparkan, performa solid Antam didukung oleh kestabilan operasi.

"Kami maksimalkan kinerja operasi dan tingkatkan penjualan sehingga berujung pada biaya tunai operasional yang optimal," paparnya.

Dalam keterbukaan informasi, komoditas emas masih menjadi penyumbang terbesar penjualan Antam senilai Rp12,98 triliun atau 72% dari total penjualan sebesar Rp18,04 triliun. Perusahaan yang memiliki tambang emas di Pongkor dan Cibaliung ini mencatatkan volume penjualan emas sebesar 14.882 kg dengan volume produksi sebesar 1.280 kg.

Menurut Kunto, adaptasi pasar menjadi kunci meningkatnya pertumbuhan bisnis emas khususnya logam mulia. Di tahun ini, Antam fokus dipasar domestik dan menerapkan transaksi online untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Dengan fokus penjualan di dalam negeri, pada kuartal ketiga 2020 ini Antam membukukan laba usaha sebesar Rp558,51 untuk segmen operasi logam mulia, tumbuh 186% dibandingkan periode kuartal dua lalu sebesar Rp195,49 miliar," ungkap Kunto.

Di segmen komoditas nikel, Antam mencatat penjualan feronikel sebesar 19.507 ton nikel dalam feronikel (TNi) dengan volume produksi sebesar 19.133 TNI. Penjualan feronikel merupakan kontributor terbesar kedua dari total penjualan Antam selama periode sembilan bulan pertama tahun 2020.

Kunto menjelaskan, dengan pengelolaan biaya tunai produksi feronikel yang dilakukan, Antam memperkokoh posisi sebagai salah satu produsen feronikel global berbiaya rendah. Bahkan hinga September 2020, cash cost feronikel Antam tercatat USD3,34 per pon nikel.

"Jumlah yang lebih efisien 15% dibandingkan biaya tunai rata-rata feronikel perusahaan tahun 2019 sebesar USD3,95 pon," jelasnya.

Untuk komoditas bijih nikel, Kunto menyebut perusahaannyatahun ini akan fokus pada pasar domestik. Tercatat pada hingga September 2020,  Antam memproduksi 2,86 juta wet metric ton (wmt) bijih nikel yang digunakan untuk bahan baku pabrik feronikel Antam dan penjualan kepada pelanggan domestik.

ANTM juga optimis penetapan Harga Patokan Mineral dalam negeri oleh kementerian ESDM, akanmemberikan tingkat harga jual mineral dalam negeri yang lebih kompetitif.

"Ini membuka peluang untuk meningkatkan jangkauan pemasaran bijih nikel di dalam negeri seiring outlook positif penyerapan bijih nikel domestik," ujarnya.

Sementara itu pada komoditas bauksit, Antam mencatatkan volume produksi sebesar 1,30 juta wmt untuk mendukung produksi Pabrik Chemical Grade Alumina Tayan dan penjualan kepada pihak ketiga.

Selain adaptasi pasar dan penyesuaian operasi, di tengah Pandemi Antam juga melaksanakan protokol kesehatan dengan pengawasan yang ketat untukmenjaga keberlangsungan operasional perusahaan.

"Kinerja positif sepanjang sembilan bulan pertama tahun 2020 tidak terlepas dari penerapan protokol kesehatan yang tepat dan konsisten di area kerja tambang, pabrik pengolahan dan perkantoran guna menjaga kesehatan pekerja dalam melakukan aktivitas pekerjaan bebas Covid-19," tutup Kunto.

 

(*)

 

 

 

 

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dispendukcapil Surabaya Tetap Buka Selama Libur Panjang Akhir Oktober 2020

Posted: 28 Oct 2020 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) tetap melayani warga saat libur dan cuti bersama pada akhir Oktober 2020.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadispendukcapil) Kota Surabaya, Agus Imam Sonhaji.

Menurut dia, dengan dibukanya pelayanan selama momen libur panjang ini, penting dilakukan demi memberikan pelayanan yang terbaik untuk seluruh masyarakat.

Selain itu, ia memastikan pelayanan secara online yang ada di aplikasi www.klampid.disdukcapilsurabaya.id tetap diproses oleh petugas.

"Jadi petugas tetap masuk untuk melayani yang online itu sesuai dengan jadwal. Apalagi masyarakat dapat menginput data dan mengakses web bisa dari mana saja," kata Agus Imam Sonhaji, ditulis Kamis, (29/10/2020), seperti dikutip dari laman Surabaya.go.id.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Perekaman E-KTP Tetap Dilayani

Pelayanan rekaman KTP elektronik di Surabaya, Jawa Timur. (Foto: Dok Humas Pemkot Surabaya)
Pelayanan rekaman KTP elektronik di Surabaya, Jawa Timur. (Foto: Dok Humas Pemkot Surabaya)

Agus – sapaan akrab Agus Imam Sonhaji menuturkan, berikutnya untuk pelayanan tatap muka seperti perekaman e-KTP juga tetap dilayani. Bahkan, dalam sehari Agus menghitung untuk pelayanan tatap muka diberi kapasitas sebanyak 250 orang.

"Karena perekaman ini mengharuskan tatap muka, maka kami beri kapasitas 250 per hari. Tetapi untuk pendaftarannya perekaman  harus melalui online dahulu," ujar dia.

Tidak hanya itu, ia memaparkan selama libur nasional ini berlangsung, pelayanan tatap muka dibuka sejak pagi pukul 08.00 – 18.00 WIB. Kemudian kadispendukcapil ini menyebut, bagi para petugas dibagi menjadi beberapa shif selama libur beberapa hari ke depan. Shift pertama pukul 08.00 – 13.00 WIB "Lalu untuk shift kedua 13.00 – 18.00 WIB," urai dia.

Dalam per hari ini, Agus menghitung ada sekitar 31 orang yang telah melakukan perekaman. Oleh karena itu, dia berharap jika masyarakat ingin mengurus perekaman e-KTP maka segera mendaftar via online dan akan ditindaklanjuti oleh petugas untuk perekaman.

"Jadi akan kami tindaklanjuti sesuai dengan jadwal. Tidak perlu khawatir libur nasional ini. Apapun pelayanan berbasis online yang terdapat dalam website tersebut juga tetap akan diproses," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terungkap Motif Dibalik Nia Ramadhani dan Hotman Paris Sortir Barang-Barang Pribadi

Posted: 28 Oct 2020 08:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aksi dua pesohor Tanah Air, Nia Ramadhani dan Hotman Paris Hutapea yang menyortir dan menawarkan barang-barang pribadi yang dianggap tidak penting melalui media sosial menyita perhatian publik. Postingan keduanya banjir like, komentar dan juga pertanyaan-pertanyaan, mengingat barang yang dijual bukan sembarangan. Dalam video berdurasi satu menit tersebut, terungkap ada sosok yang membuat Nia dan Hotman sehingga memutuskan untuk melepaskan barang-barang tersebut kepada yang warganet yang berminat. Sosok itu adalah aplikasi TMRW - digital banking terbaru yang diluncurkan oleh Bank UOB.

Situasi pandemi yang tidak menentu ini telah mengubah kebiasaan banyak orang, salah satunya untuk tidak impulsif dengan lebih memprioritaskan kebutuhan ketimbang keinginan semata. Mengubah kebiasaan impulsif sangat membantu seseorang untuk memastikan finansial selalu sehat dan aman. Aplikasi TMRW dengan fitur Smart Insights memberikan kemudahan bagi para pengguna, termasuk Nia dan Hotman untuk berkomitmen dalam menjalani perubahan.

Satu Aplikasi Semua Transaksi - TMRW dari UOB.
Satu Aplikasi Semua Transaksi - TMRW dari UOB.

Smart Insights adalah fitur khusus yang mampu mempelajari pola pemasukan dan pengeluaran penggunanya. Dengan mengetahui kedua pola tersebut, Smart Insights memberikan beberapa manfaat penting bagi para penggunanya, diantaranya:

1. Fitur ini memberikan laporan cashflow user setiap bulan,

2. Melacak semua pengeluaran para pengguna,

3. Mengingatkan untuk bayar semua tagihan tepat waktu, dan

4. Memberi peringatan jika pengguna melakukan transaksi dalam jumlah yang lebih besar dari biasanya.

Setelah menggunakan Aplikasi TMRW dengan fitur Smart Insights, Nia mengaku banyak hal positif yang hadir dalam hidupnya. Bahkan, sekarang semua urusan keuangannya bisa terselesaikan lewat satu aplikasi di smartphone.

Satu Aplikasi Semua Transaksi - TMRW dari UOB.
Satu Aplikasi Semua Transaksi - TMRW dari UOB.

Pengalaman Nia Ramadhani itu benar adanya. Urusan banking kini menjadi lebih mudah dengan aplikasi TMRW karena tampilan aplikasi yang smooth, buka rekening cukup dari aplikasi, ada chatbot yang selalu ready untuk memberi solusi, dan bebas biaya transfer serta top up e-wallet via aplikasi. Selain itu, Kartu Kredit TMRW juga memberikan kebebasan kepada penggunanya untuk memilih kategori cashback yang mereka suka, cashback-nya sampai 6 persen.

#SumpahAkanBerubah

Kembali mengenai pernyataannya yang menyortir dan mengumpulkan barang-barang tidak penting sampai melibatkan para asisten rumah tangga dan satpam di videonya tempo hari. Nia mengungkapkan bahwa barang-barang yang dikumpulkan bukan dijual atau dibuang melainkan hasilnya didonasikan kepada orang-orang yang terdampak pandemi Covid-19. Nia tidak sendiri, karena ada Hotman Paris yang juga ikut mendonasikan barang-barang pribadinya.

Nia Ramadhani dan Hotman Paris Hutapea
Nia Ramadhani dan Hotman Paris Hutapea

Sama-sama dibantu oleh fitur Smart Insights dari TMRW, Hotman berkomitmen tidak lagi impulsif dan stop belanja barang-barang yang tidak penting serta turut mendukung kampanye #SumpahAkanBerubah yang digagas oleh TMRW Bank UOB dalam rangka menyambut Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober.

Sejatinya #SumpahAkanBerubah tidak hanya berhenti berperilaku impulsif saja tapi juga mengubah berbagai kebiasaan yang tidak baik menjadi sesuatu yang lebih baik dan bermakna bagi orang lain, lingkungan serta bangsa Indonesia.

Informasi selengkapnya tentang aplikasi TMRW klik di sini.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengguna Skutik Jangan Sampai Lupa, Ada Dua Oli yang Harus Diganti Secara Rutin

Posted: 28 Oct 2020 08:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berbeda dengan motor bebek dan sport, skuter matik atau skutik memiliki dua jenis oli yang harus diperhatikan dan diganti secara rutin, yakni oli gardan atau gear oil dan oli mesin.

Sering terlupakan, oli gardan pada motor matik ternyata memiliki fungsi sangat penting. Bagaimana tidak, pelumas jenis ini digunakan untuk melindungi komponen-komponen transmisi yang saling bergesekan dalam boks gardan.

Hal ini tentu menjadi faktor utama kinerja transmisi otomatis bisa berjalan secara optimal.

Berbeda dengan oli mesin, interval penggantian oli gardan jauh lebih lama. Meski demikian terkadang pemilik kendaraan lupa akan hal ini.

Jika oli mesin harus diganti setiap 2.000 kilometer tergantung kondisi jalan yang dilalui atau intesitas pemakaian motor, oli gardan harus mendapat penggantian setiap 8.000 kilometer.

Jika oli gardan sering telat atau tidak pernah diganti, tentu efek buruk akibat hal ini dapat terjadi, salah satunya merusak komponen pada boks gardan.

 

Kerusakan Akibat Oli Gardan

Salah satu ciri kerusakan akibat oli gardan tak pernah diganti ialah suara kasar yang ditimbulkan dari dalam boks CVT pada skuter matik.

Suara kasar yang timbul tersebut akibat oli gardan yang jarang diganti karena oli transmisinya tidak bisa bekerja secara maksimal. Kekentalan oli yang berkurang juga membuat gesekan antar komponen.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Regilda, Anak Sambung Kiwil yang Curi Perhatian

Posted: 28 Oct 2020 08:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu lalu santer dikabarkan jika Kiwil telah menikah lagi. Selepas bercerai dengan Meggy Wulandari, komedian yang juga aktor ini diam-diam telah menikah ketiga kalinya dengan seorang wanita bernama Venti Figianti.

Pernikahan pemilik nama asli Wildan Delta ini kabarnya dilakukan secara siri pada Rabu (21/10/2020) lalu. Wanita yang dinikahinya yang bernama Venti diketahui berstatus janda setelah sang suami meninggal dunia. Tak hanya tentang istri baru Kiwil, anak dari Venti juga tak kalah mencuri perhatian. 

Venti Figianti memiliki anak gadis yang beranjak remaja. Memiliki paras yang mirip dengan ibunya, pesona remaja yang bernama Regilda ini ini pun sukses membuat netizen penasaran. Melalui Instagramnya, Venti kerap membagikan momen kebersamaannya dengan sang anak.

Berikut ini Liputan6.com rangkum 6 potret Regilda, anak sambung Kiwil yang curi perhatian dilansir dari Instagram @regildaa_, Kamis (29/10/2020).

1. Inilah potret paras anak Venti Figianti yang diketahui bernama Regilda.

Potret Regilda yang dikabarkan anak sambung Kiwil yang curi perhatian. (Sumber: Instagram/@regildaa_)
Potret Regilda yang dikabarkan anak sambung Kiwil yang curi perhatian. (Sumber: Instagram/@regildaa_)

2. Dari akun Instagram miliknya, Regilda akrab disapa dengan nama Rere.

Potret Regilda yang dikabarkan anak sambung Kiwil yang curi perhatian. (Sumber: Instagram/@regildaa_)
Potret Regilda yang dikabarkan anak sambung Kiwil yang curi perhatian. (Sumber: Instagram/@regildaa_)

3. Remaja berusia 19 tahun ini kerap membagikan kegiatan sehari-harinya di media sosial.

Potret Regilda yang dikabarkan anak sambung Kiwil yang curi perhatian. (Sumber: Instagram/@regildaa_)
Potret Regilda yang dikabarkan anak sambung Kiwil yang curi perhatian. (Sumber: Instagram/@regildaa_)

4. Salah satunya adalah gaya OOTD-nya yang sering di unggah di Instagram.

Potret Regilda yang dikabarkan anak sambung Kiwil yang curi perhatian. (Sumber: Instagram/@regildaa_)
Potret Regilda yang dikabarkan anak sambung Kiwil yang curi perhatian. (Sumber: Instagram/@regildaa_)

5. Beberapa foto yang diposting, Regilda kerap travelling ke berbagai tempat wisata.

Potret Regilda yang dikabarkan anak sambung Kiwil yang curi perhatian. (Sumber: Instagram/@regildaa_)
Potret Regilda yang dikabarkan anak sambung Kiwil yang curi perhatian. (Sumber: Instagram/@regildaa_)

6. Ini momen kompak Regilda bersama sang ibu, Venti Figianti, yang punya wajah mirip.

Potret Regilda yang dikabarkan anak sambung Kiwil yang curi perhatian. (Sumber: Instagram/@regildaa_)
Potret Regilda yang dikabarkan anak sambung Kiwil yang curi perhatian. (Sumber: Instagram/@regildaa_)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Update 29 Oktober: 44,3 Juta Orang di Dunia Positif COVID-19, 29,9 Juta Pulih

Posted: 28 Oct 2020 08:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Kepulauan Marshall di Pasifik telah mengonfirmasi kasus pertama Virus Corona COVID-19

Dikutip dari Channel News Asia, Kamis (29/10/2020) kasus pertama Virus Corona itu mengakhiri status Kepulauan Marshall sebagai salah satu dari sedikit negara di dunia yang bebas COVID-19.

Pada 28 Oktober 2020, pemerintah Kepulauan Marshall mengumumkan bahwa dua pekerja di garnisun Angkatan Darat AS di Atol Kwajalein telah dites positif COVID-19

Dua pekerja tersebut diketahui tiba dengan penerbangan militer dari Hawaii pada 27 Oktober 2020. 

Namun, pemerintah juga menekankan bahwa dua pekerja itu - seorang wanita berusia 35 tahun dan pria berusia 46 tahun - tidak berkontak dengan warga setempat selama mereka berada di wilayah Kepulauan Marshall.

"Kami dapat meyakinkan publik bahwa ini adalah kasus (COVID-19) yang terjadi di perbatasan yang ketat dan ditemukan saat orang-orang itu tengah di karantina, di mana mereka tetap berada di sana sampai saat ini," terang Kepala Sekretaris Kepulauan Marshall, Kino Kabua dalam sebuah pernyataan.

Dua warga AS yang dites positif di Kepulauan Marshall itu sebelumnya telah menjalani tes swab dengan hasil negatif sebelum meninggalkan Hawaii dan keduanya tidak menunjukkan gejala, menurut Kabua.

Kabua juga menjelaskan bahwa perempuan asal AS itu sebelumnya telah mengalami COVID-19 pada akhir Juli 2020 dan tes sedang dilakukan untuk melihat jika kasus yang dialaminya beriwayat, dan tidak menular - sementara seorang pria yang juga tiba di Kepulauan Marshall bersamanya tidak memiliki riwayat infeksi COVID-19.

Sementara itu, negara-negara pulau terpencil dan teritori seperti Kiribati, Mikronesia, Nauru, Palau, Samoa, Tonga, Tuvalu, dan Vanuatu diyakini masih bebas dari Virus Corona.

Infeksi Virus Corona COVID-19 di seluruh dunia pada hari Kamis per pukul 09.22 WIB telah mencapai 44.393.629 kasus. 29.985.093 di antaranya telah dinyatakan sembuh berdasarkan COVID-19 Dashboard by the Center for Systems Science and Engineering (CSSE) at Johns Hopkins University.

1.172.745 orang di dunia tercatat telah meninggal dunia akibat COVID-19, seperti dikutip dari gisanddata.maps.arcgis.com.

Prancis Tercatat Miliki 1,2 Juta Kasus COVID-19

Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)

Data Johns Hopkins University juga menunjukkan bahwa India berada di posisi teratas untuk pasien pulih yakni 7.259.509 lalu Brasil sebanyak 4.947.777.

AS, negara dengan jumlah kasus COVID-19 terbesar di dunia, saat ini tercatat memiliki 8.855.180 infeksi dengan 3.518.140 pasien pulih.

Negara Bagian New York mencatat jumlah pasien sembuh COVID-19 terbanyak di AS, yaitu 79.366 orang pulih.

India, Brasil, Rusia, dan Prancis saat ini tercatat sebagai negara dengan kasus infeksi terbesar setelah AS.

India berada di posisi kedua dengan jumlah infeksi Virus Corona COVID-19 terbesar di dunia, sebanyak 7.990.322 kasus. 

Selanjutnya, pasien COVID-19 terbesar ketiga tercatat di Brasil, sebanyak 5.468.270 kasus.

Sementara di Rusia, 1.553.028 orang dinyatakan positif terkena Virus Corona COVID-19, dan 1.164.915 pulih. 

Prancis, yang berada di posisi kelima untuk kasus terbanyak, tercatat memiliki 1.280.215 infeksi dan 119.413 orang sembuh.

Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona

Ilustrasi Virus Corona. (Bola.com/Pixabay)
Ilustrasi Virus Corona. (Bola.com/Pixabay)

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sensasi Menjelajah Waktu Bersama Doraemon di Museum Nasional Singapura

Posted: 28 Oct 2020 08:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tak kenal dengan robot kucing lucu sahabat Nobita ini? Penggemar karakter Doraemon tentu akan bahagia, pasalnya pameran bertema "Doraemon's Time-Travelling Adveture in Singapore" segera dihadirkan di Museum Nasional Singapura per tanggal 31 Oktober hingga 27 Desember 2020.

Menghadirkan karakter kartun seperti Doreamon di sebuah museum sejarah mungkin adalah hal yang terbilang unik, bahkan aneh. Tetapi, melansir The Straits Times, Rabu (28/10/2020), Chung May Khuen, Direktur National Museum of Singapore menunjukkan bahwa karakter kartun Jepang ini adalah ikon budaya pop yang memang banyak disukai warga Singapura.

Mengingat bahwa acara tersebut telah disulihsuarakan ke dalam bahasa Melayu dan masih disiarkan di televisi hingga saat ini, faktanya, penduduk Singapura telah menonton Doraemon sejak 1980-an. Seorang penggemar Doraemon kemudian mengakui bahwa karakter dan film Jepang itu telah mendampingi tumbuh kembang mereka hingga dewasa.

Selain menghadirkan sederet tokoh Doraemon di halaman depan museum, penggemar tokoh kartun tersebut dapat dengan bebas berswafoto di berbagai booth yang tersebar di seluruh gedung. Selain itu, akan ada pula "Pintu Ke Mana Saja" dalam pameran itu, membiarkan pengunjung membayangkan diri mereka bepergian melalui pintu ajaib dari kantong Doraemon.

Pengunjung juga dapat membeli merchandise edisi terbatas yang dirancang oleh merek lokal Singapura, yakni Supermama. Ada pula ada jalur interaktif daring, yang dijuluki "Let's Jalan-Jalan!", di mana ada sebuah kursi yang akan membawa pengunjung menjelajahi 14 pulau perburuan dan dapat mempelajari fakta-fakta menarik tentang pulau tersebut.

Proses persiapan pameran Doraemon's Time-Travelling Adventures In Singapore ini memakan waktu satu setengah tahun. Bahkan, sebelumnya memang terancam dibatalkan karena berbagai hambatan yang terjadi akibat pandemi Covid-19 yang tak kunjung mereda. Namun, mereka memutuskan untuk melanjutkannya demi membawa penghiburan bagi penduduk setempat.  

"Sebab adanya pandemi, akan lebih penting lagi jika kami menghadirkan Doraemon di museum. Saya bisa membayangkan kebahagiaan yang kami berikan kepada pengunjung, terutama di saat sulit ini," imbuh Chung May Khuen.

Sebagai Ruang Sosial

(dok. Instagram @southeast_asia_com/ https://www.instagram.com/p/CG3yMjlgLVG/?igshid=etx8omct6gq3/ Brigitta Bellion)
(dok. Instagram @southeast_asia_com/ https://www.instagram.com/p/CG3yMjlgLVG/?igshid=etx8omct6gq3/ Brigitta Bellion)

Direktur museum nasional itu juga mengatakan selain menampilkan ikon-ikon yang lucu, instalasi Doraemon telah dikurasi dari koleksi museum dari tahun 1960-an hingga 1980-an. "Ini adalah penggabungan aspek kontemporer dengan aspek sejarah. Kami menandai tonggak penting," ujarnya.

Pandemi telah mendorong museum untuk berpikir serius tentang peran dan fungsi institusi, ia menambahkan bahwa mereka memang memiliki peran yang sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat. Museum ini bukan hanya tentang sejarah Singapura atau sejarah peradaban, tetapi juga sebagai wewenang sosial.

"Semakin lama kami melihat kondisi dan keadaan yang menyedihkan, kami juga berpikir tentang bagaimana museum ini dapat menjadi ruang sosial bagi masyarakat, bagaimana hal itu dapat memengaruhi kesejahteraan dan kesehatan mental audiens kami," tutupnya.  (Brigitta Valencia Bellion)

 

Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Gejala Pasien COVID-19 Bakal Mengalami Long COVID

Posted: 28 Oct 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebagian pasien COVID-19 mengalami batuk, demam ringan dan rasa lelah selama beberapa hari. Namun, ada juga sebagian pasien COVID-19 yang mengalami gejala tersebut berbulan-bulan. Oleh para ilmuwan mereka yang mengalami gejala COVID-19 hingga hitungan bulanan disebut sebagai pengidap long COVID.

Baru-baru ini sebuat studi menunjukkan bahwa ada beberapa gejala yang bisa menunjukkan seberapa lama gejala COVID-19 bertahan pada seseorang.

Awalnya, peneliti meminta 4.182 partisipan alias pasien dengan COVID-19 mencatat gejala yang dialami di aplikasi 'COVID Symptom Studi app' dari 25 Maret hingga 30 Juni 2020 seperti mengutip Miami Herald, Rabu (28/10/2020).

Hasilnya, sebagian besar melaporkan durasi singkat mengalami gejala COVID-19 yakni 1.591 orang. Sementara, 558 orang mengalami gejala COVID-19 lebih dari 28 hari. Lalu, ada 189 orang yang mengalami gejala lebih dari 8 minggu dan 95 orang lebih dari 12 minggu.

Lima gejala yang dialami di minggu pertama adalah kelelahan, sakit kepala, sesak napas, suara serak dan nyeri otot. Bila mengalami lima gejala ini kemungkinan mengalami long COVID.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Didominasi Usia Tua

Ilustrasi lansia (@jschley/Pixabay).
Ilustrasi lansia (@jschley/Pixabay).

Dalam studi yang dipublikasikan pada 21 Oktober lalu ini, mereka yang mengalami gejala COVID-19 lebih dari 28 hari lebih banyak pada usia tua, perempuan, dan memerlukan perawatan di rumah sakit. Hal ini bila dibandingkan pasien COVID-19 yang merasakan gejala hanya kurang dari 10 hari.

Lewat adanya studi ini, peneliti berharap para tenaga kesehatan bisa mengukur mengenai sumber daya mansuia serta sistem perawatan kesehatan.

"Di masyarakat, penting untuk mengukur beban long COVID sehingga pasien bisa mendapatkan perawatan yang lebih baik dan tenaga kesehatan yang juga terus tersedia," kata peneliti dari University College London dalam makalahnya.

 

Infografis 3M Turunkan Risiko Covid-19 Berapa Persen?

Infografis 3M Turunkan Risiko Covid-19 Berapa Persen? (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 3M Turunkan Risiko Covid-19 Berapa Persen? (Liputan6.com/Abdillah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menaker: 18 Provinsi Sepakat Tak Naikkan UMP 2021

Posted: 28 Oct 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, menyatakan bahwa sudah ada 18 provinsi yang dilaporkan sepakat akan mengikuti Surat Edaran (SE) tentang Penetapan Upah Minimum tahun 2021 (UMP 2021) Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

"Terkait dengan upah minimum provinsi sudah ada laporan 18 provinsi yang akan mengikuti Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan," kata Menaker Ida di Jakarta, Kamis (29/10/2020).

Berdasarkan pemantauan sampai hari Selasa, 27 Oktober 2020, pukul 16.35 WIB, beberapa daerah telah melaksanakan sidang Dewan Pengupahan Provinsi dalam rangka persiapan penetapan UMP 2021 yang telah menghasilkan kesepakatan akan melaksanakan SE Menteri Ketenagakerjaan

Kedelapan belas provinsi yang dimaksud adalah Banten, Bali, Aceh, Lampung, Bengkulu, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat. Lalu, Maluku Utara, Kalimantan Barat Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, dan Papua.

"Jadi, sebenarnya posisinya setelah kita mendiskusikan secara mendalam, mempertimbangkan berbagai hal, jalan tengah yang bisa kita ambil adalah dengan tetap sebagaimana upah minimum 2020. Ini adalah jalan tengah yang kita ambil hasil diskusi di Dewan Pengupahan Nasional. Kita harap para gubernur menjadikan ini sebagai referensi dalam menetapkan upah minimum," katanya.

Sebagaimana diketahui, Menaker Ida telah menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor M/11/HK.04/2020 yang ditujukan kepada Gubernur se-Indonesia. SE itu mengatur tentang Penetapan Upah Minimum Tahun 2021 pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Penerbitan SE ini dilakukan dalam rangka memberikan perlindungan dan keberlangsungan bekerja bagi pekerja/buruh serta menjaga kelangsungan usaha, perlu dilakukan penyesuaian terhadap penetapan upah minimum pada situasi pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19.

Penerbitan SE ini juga dilatarbelakangi keberadaan pandemi Covid-19 yang telah berdampak pada kondisi perekonomian dan kemampuan perusahaan dalam memenuhi hak pekerja/buruh termasuk dalam membayar upah.

"Mempertimbangkan kondisi perekonomian Indonesia pada masa pandemi Covid-19 dan perlunya pemulihan ekonomi nasional, diminta kepada Gubernur untuk melakukan penyesuaian penetapan nilai UMP 2021 sama dengan nilai Upah Minimum Tahun 2020," kata Menaker Ida.

 

Diumumkan 31 Oktober 2020

Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) menyatakan UMP di Tanah Air rata-rata naik 8,25 persen pada 2017.
Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) menyatakan UMP di Tanah Air rata-rata naik 8,25 persen pada 2017.

Surat edaran penetapan upah minimum tersebut diteken oleh Menaker pada 26 Oktober 2020. Selanjutnya, upah minimum 2021 ini secara resmi akan ditetapkan dan diumumkan oleh seluruh pemerintah daerah pada akhir Oktober 2020.

"Melaksanakan penetapan upah minimum setelah tahun 2021 sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. Menetapkan dan mengumumkan Upah Minimum Provinsi Tahun 2021 pada tanggal 31 Oktober 2020," kata Menaker Ida.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, diminta kepada Saudara untuk menindaklanjuti dan menyampaikan Surat Edaran ini kepada Bupati/Walikota serta pemangku kepentingan terkait di wilayah Saudara," sambungnya.

Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengkaji Definisi Tuli dari Sisi Klinis dan Sosial Budaya

Posted: 28 Oct 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Disabilitas terbagi dalam beberapa jenis salah satunya sensorik. Selain tunanetra, tuli juga termasuk disabilitas sensorik tepatnya pada indera pendengaran.

Kondisi tuli mengindikasikan bahwa seseorang tidak mampu memproses sinyal audio. Pada dasarnya, seseorang yang dikatakan tuli dapat mendengar suara dalam frekuensi desibel tertentu namun tidak selamanya gangguan pendengaran diakibatkan masalah desibel saja.

Menurut peneliti dari Pusat Studi dan Layanan Disabilitas (PSLD), Universitas Brawijaya, Malang, Alies Poetri Lintangsari, dalam hal definisi, ketulian dapat dipandang dari dua sudut pandang, yaitu sudut pandang klinis atau patologis dan sudut pandang sosial budaya.

Sebagaimana perbedaan kedua sudut pandang tersebut maka perlakuan yang diberikan pada mahasiswa tuli pun akan berbeda.

Berikut adalah penjelasan definisi ketulian berdasarkan kedua sudut pandang tersebut:

Ketulian dalam definisi klinis/patologis

Secara umum ketika disabilitas dipandang secara klinis/patologis maka disabilitas akan dianggap sebagai sebuah penyakit dan kecacatan sehingga dibutuhkan usaha penyembuhan. Begitu pula dengan ketulian, dalam definisi klinis/patologis ketulian merupakan kondisi di mana seseorang tidak bisa mendengar dikarenakan mengalami gangguan dalam organ pendengarannya.

"Samuel Kirk dalam bukunya yang berjudul Educating Exceptional Children 12th Ed (2009) menjelaskan bahwa istilah Tuli (Deaf) merujuk pada kondisi di mana seseorang mengalami ketidakmampuan untuk mendengar, sedangkan istilah kurang dengar (hard of hearing) merujuk pada semua istilah kehilangan pendengaran," tulis Alies dalam penelitianya dikutip pada Rabu (28/10/2020).

Ketulian didefinisikan dalam tiga kategori, yang pertama adalah tingkat ketulian, jenis ketulian dan usia ketika ketulian terjadi.

Tingkat ketulian diukur dari kemampuan seseorang menerima suara yang diukur dalam desibel. Kehilangan pendengaran antara 15-20 desibel masih dianggap ringan, kehilangan pendengaran tingkat ringan (20-40 desibel) sampai sedang (40-60 desibel) dan kehilangan pendengaran tingkat sedang hingga berat (60-80 desibel) atau bahkan parah (lebih dari 80 desibel).

Ketulian dalam Definisi Sosial Budaya

Ketulian sebagaimana dipandang dari sudut pandang sosial budaya merupakan sebuah kondisi sosiokultural di mana terdapat pembatasan pengembangan kultur dan bahasa yang merupakan identitas masyarakat tuli.

Menurut Alies, ketulian dalam sudut pandang sosial dan budaya merupakan sebuah entitas yang lahir dari pengelompokkan maysarakat berdasarkan kekayaan linguistik yang mana hal ini di dominasi oleh maysarakat dengar (non-tuli).

"Definisi ketulian dalam sudut pandang sosial budaya tidak menitik beratkan pada kondisi fisik yang mengalami hambatan dalam menangkap sinyal audio melainkan sebuah kondisi sosiokultural yang menempatkan masyarakat tuli secara ekslusif."

Penempatan secara ekslusif tersebut terjadi dikarenakan belum adanya kesadaran untuk memaksimalkan media maupun sarana (dalam hal ini adalah bahasa) yang memberikan kesempatan kepada masyrakat tuli untuk terlibat dalam aktivitas masyarakat dengar.

"Dengan memandang ketulian dari sudut pandang budaya maka akan memberikan pemahaman bahwa ketulian bukanlah sebuah kondisi kerusakan fisik melainkan kondisi sosiokultural yang selama ini mengabaikan identitas sosiokultural maysarakat tuli terutama dalam hal bahasa."

Perubahan permaknaan budaya tuli (patologis) menjadi tuli (sosiokultur) mengindikasi bahwa ketulian merupakan sebuah identitas budaya yang memiliki karakteristik tertentu, karena itu pula masyarakat tuli memilih istilah tuli daripada tunarungu, karena tunarungu mengindikasi adanya kekurangan atau kerusakan, kata Alies.

Infografis Disabilitas

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas. (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas. (Liputan6.com/Triyasni)

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ade Londok Odading Mang Oleh Beli Mobil Baru, Sebulan Lunas Tapi Belum Bisa Nyetir

Posted: 28 Oct 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta September 2020, Ade Londok viral gara-gara mempromosikan odading Mang Oleh Bandung. Ia menyebut rasa odading ini an***ng banget. Yang menyantap bisa sekeren Iron Man dari jagat sinema Marvel.

Ade Londok lantas diajak berkolaborasi dengan sejumlah YouTuber papan atas Indonesia. Bahkan, mengisi acara lawak di stasiun televisi swasta. Popularitas membuat Ade Londok punya banyak uang.

Ade Londok membeli sejumlah barang mewah salah satunya, mobil. Ade Londok mengakui, membeli mobil dengan kerja sama endorsement. Ia melunasi mobil baru hanya dalam sebulan.

Coba Mobil Mang Ade Viral

Ade Londok. (Foto: Instagram @m.adelondok)
Ade Londok. (Foto: Instagram @m.adelondok)

Ini diceritakan Ade Londok kepada Atta Halilintar, baru-baru ini. "Mau nyobain mobil Mang Ade yang viral, lihat guys sudah dimodifikasi, ya Mang Ade. Lihat Mang Ade deh," beri tahu Atta Halilintar.

Mobil baru Ade Londok sudah dimodifikasi dari ban, velg, hingga bagian bodi lain. Atta Halilintar berencana mengenalkan Ade Londok ke seorang pengusaha yang siap memoles mobil itu.

Ini Perjuangan

Ade Londok dalam konten Atta Halilintar. (Foto: YouTube Atta Halilintar)
Ade Londok dalam konten Atta Halilintar. (Foto: YouTube Atta Halilintar)

Ade Londok bersyukur punya mobil baru. "Ini perjuangan. Mobil pertama Mang Ade, dibeli dari hasil keringat Mang Ade, yang terjadi dalam hidup begitu indah," paparnya.

Ade Londok menyampaikan ini dalam video bertajuk "Odading Mang Oleh Pamer Mobil Barunya" yang dipublikasikan di kanal YouTube Atta Halilintar, Rabu (28/10/2020) kemarin.

Tak Bisa Nyetir

Ade Londok. (Foto: Instagram @m.adelondok)
Ade Londok. (Foto: Instagram @m.adelondok)

"Aku lihat ibu nangis lihat ini ya, keren. Itu namanya bisa bikin bangga orangtua," cetus AttaHalilintar. Ade Londok menyahut, "Dia bersyukur, dia sangat bangga dan terharulah. Begitulah si Mak."

Lucunya, meski sudah punya mobil Ade Londok belum bisa menyetir. "Mang Ade enggak bisa nyetir," akunya. Atta Halilintar menggoda Ade Londok. Ia berencana membeli mobil ini dengan harga fantastis. 

Rp 70 Juta Saja

Emak Ade Londok tak kuas atahan nagis saat tahu anaknya beli mobil baru. (Sumber: YouTube/Ade Londok Asli)
Emak Ade Londok tak kuas atahan nagis saat tahu anaknya beli mobil baru. (Sumber: YouTube/Ade Londok Asli)

Ade Londok rupanya tak tergoda uang. "Jangan, ini saya perjuangkan, enggak ternilai. Baru sebulan lebih. Ini harusnya 110 juta rupiah," Ade Londok menerangkan. Namun, ia dapat harga miring. Rupanya, Ade Londok dan pihak seberang menjalin kontrak kerja menulis lagu.

Dari kontrak itu, Ade Londok hanya membayar 70 juta rupiah untuk mobil barunya. Ade Londok melunasi harga mobil dalam sebulan. "Sekarang sudah lunas. Keajaiban Allah sama Mang Ade, dalam waktu sebulan bisa beli mobil," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peringati Maulid Nabi, Aljazair Gelar Salat Perdana di Masjid Terbesar Ketiga di Dunia

Posted: 28 Oct 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Aljazair - Bertepatan dengan hari lahirnya Nabi Muhammad, masjid Agung Aljazair yang terbesar ketiga di dunia dan terbesar di Afrika, perdana menjadi tuan rumah salat pada Rabu (28/10/2020), satu tahun usai konstruksi selesai.

Mulanya, pembangunan telah dimulai pada Agustus 2012 setelah kontrak pemerintah Aljazair senilai 1 miliar Euro dimenangkan oleh China State Construction Engineering Corporation.

Bagi masyarakat lokal, mereka menyebutnya sebagai Masjid Djamaa el-Djazair yang berdiri megah di lahan sebesar 27,75 hektar.

Melansir dari Iqna.ir, Kamis (29/10/2020), upacara resmi rencananya akan diadakan pada awal November, bersamaan dengan peringatan 66 tahun revolusi Aljazair, kata presiden negara itu, Abdelmadjid Tebboune saat berkunjung ke masjid.

Desas-desus peresmiannya

(Ryad Kramdi/ AFP)
(Ryad Kramdi/ AFP)

Momen peresmian sempat diragukan, mengingat Tebboune tengah menjalani perawatan di rumah sakit usai menjalani isolasi mandiri. Lantaran, asisten rumah tangganya diduga terifnfeksi virus Covid-19.

"Kesehatannya stabil dan tidak menimbulkan kekhawatiran apa pun, dan dia dapat melanjutkan aktivitas sehari-harinya dari pusat perawatan," kata pihak istana, tanpa mengungkapkan apakah dia dinyatakan positif terkena Covid-19.

Namun, perkiraan peresmian itu juga masih belum jelas berapa banyak orang yang diizinkan menghadiri salat beserta bagaimana prosedur kesehatan yang diberlakukan di tengah pandemi ini.

Nantinya, kehadiran masjid tersebut bertujuan untuk menjadi pusat teologi, budaya dan penelitian yang penting. Serta di dalam kompleksnya dilengkapi tumpukan jutaan buku seperti perpustakaan. 

Interior Masjid

(Ryad Kramdi/ AFP)
(Ryad Kramdi/ AFP)

Masjid yang didesain oleh arsitek Jerman KSP Juergen Engel Architekten dan insinyur Krebs und Kiefer International dapat menampung dengan kapasitas maksimum 120.000 jemaat.

Dalam balutan gaya Andalusia, bangunan itu didekorasi dengan kayu, marmer, dan pualam yang mengesankan tampilan modern. 

Masjid Djamaa el-Djazair turut menampilkan enam kilometer teks Alquran dalam kaligrafi Arab, bersama dengan sajadah berwarna biru kehijauan.

Bangunan yang berdiri di atas lahan 400 ribu meter persegi juga menawarkan keindahan pemandangan Laut Mediterania. Dilihat dari menaranya yang digadang-gadang sebagai tertinggi di dunia mencapai 267 meter. 

Dengan fasilitas lift, jemaah dapat melihat keindahan teluk Algiers di ibukota Algeria. 

Penulis:

Ignatia Ivani 

Universitas Multimedia Nusantara

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ganjar Kalahkan Prabowo di Survei, Gerindra: Capres-Capresan Nanti 2023

Posted: 28 Oct 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Prabowo berada di urutan satu dalam survei Capres yang dilakukan Indikator Politik pada Minggu, 25 Oktober 2020 lalu. Nama Ganjar menyalip Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang berada di urutan kedua.

Politikus Partai Gerindra, Andre Rosiade menilai merosotnya nama Prabowo merupakan hal yang wajar dalam survei politik. Menurutnya, partainya kini memang  sedang fokus pada hal lain ketimbang capres 2024.

"Biasa-biasa saja, kita sekarang enggak ngomong elektabilitas siapa yang naik atau nomor satu biasa saja, sekarang kami fokus, kita dapat amanah dari rakyat di pemilu 2019, saatnya kita membuktikan amanah itu dengan kerja keras," ucapnya saat dihubungi, Rabu, 28 Oktober 2020.

Menurutnya, terlalu dini membicarakan soal capres 2024. Kini semua pihak sedang fokus agar selamat dari Covid-19 dan bersatu supaya bisa keluar dari krisis ekonomi.

"Capres-capresan nanti 2023 lah kita mulai bahas, itu yang dibutuhkan rakyat, jadi kami sekarang fokus bekerja saja," kata anggota DPR itu.

Anggota DPR ini melanjutkan, pembicaraan capres dibahas pada tahun 2023 dalam rapat kerja nasional. Saat ini, partai burung garuda fokus bekerja untuk rakyat.

"Sesuai instruksi Pak Prabowo di kongres luar biasa partai Gerindra bahwasanya urusan Pilpres dibahas satu tahun sebelum Pemilu, dalam rakernas nanti kita bahas, sekarang kita fokus bekerja," ucap dia.

 

 

Peringkat Daftar Capres versi Survei Indikator Politik

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (Liputan6.com / Fatkhur Rozaq)
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (Liputan6.com / Fatkhur Rozaq)

Sebelumnya,  Lembaga Indikator Politik Indonesia merilis survei terkait sosok calon presiden yang banyak dipilih selama pandemi virus Corona atau Covid-19. Hasilnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menempati posisi teratas.

Pada survei Februari 2020, nama Prabowo Subianto masih unggul dengan 22,2 persen. Disusul Ganjar Pranowo 9,1 persen dan Anies Baswedan 12,1 persen.

Direktur Eksekutif Indikator Politik, Burhanuddin Muhtadi menyebut, Ganjar merupakan sosok yang konsisten, sehingga terus menanjak elektabilitasnya selama empat kali perhitungan survei.

"Bulan Juli Pak Prabowo masih tertekan, Ganjar naik lagi jadi 16,2 persen. Sebelum pandemi, Pak Prabowo selisihnya signifikan dengan yang lain," jelas dia.

Berikut hasil survei Indikator terkait Capres Pilihan responden selama Pandemi Covid-19:

Ganjar Pranowo 18,7 persen

Prabowo Subianto 16,8 persen

Anies Baswedan 14,4 persen

Sandiaga Salahuddin Uno 8,8 persen

Ridwan Kamil 7,6 persen

Agus Harimurti Yudhoyono 4,2 persen

Khofifah Indar Parawansa 4,0 persen

Gatot Nurmantyo 1,4 persen

Mahfud MD 1,3 persen

Airlangga Hartarto 1,2 persen

Puan Maharani 0,9 persen

Erick Thohir 0,8 persen

Tito Karnavian 0,4 persen

Muhaimin Iskandar 0,2 persen

Budi Gunawan 0,1 persen 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Barcelona Pecundangi Juventus di Allianz Stadium

Posted: 28 Oct 2020 08:00 PM PDT

Pemain Barcelona Lionel Messi (kiri) menjauh dari pemain Juventus Adrien Rabiot pada pertandingan Grup G Liga Champions di Allianz Stadium, Turin, Italia, Rabu (28/10/2020). Barcelona menaklukkan Juventus 2-0. (AP Photo/Antonio Calanni)
Pemain Barcelona Lionel Messi (kiri) menjauh dari pemain Juventus Adrien Rabiot pada pertandingan Grup G Liga Champions di Allianz Stadium, Turin, Italia, Rabu (28/10/2020). Barcelona menaklukkan Juventus 2-0. (AP Photo/Antonio Calanni)

Pemain Barcelona Lionel Messi (kiri) menjauh dari pemain Juventus Adrien Rabiot pada pertandingan Grup G Liga Champions di Allianz Stadium, Turin, Italia, Rabu (28/10/2020). Barcelona menaklukkan Juventus 2-0. (AP Photo/Antonio Calanni)

Pemain Barcelona Lionel Messi berebut bola dengan pemain Juventus Adrien Rabiot pada pertandingan Grup G Liga Champions di Allianz Stadium, Turin, Italia, Rabu (28/10/2020). Barcelona menaklukkan Juventus 2-0. (AP Photo/Antonio Calanni)
Pemain Barcelona Lionel Messi berebut bola dengan pemain Juventus Adrien Rabiot pada pertandingan Grup G Liga Champions di Allianz Stadium, Turin, Italia, Rabu (28/10/2020). Barcelona menaklukkan Juventus 2-0. (AP Photo/Antonio Calanni)

Pemain Barcelona Lionel Messi berebut bola dengan pemain Juventus Adrien Rabiot pada pertandingan Grup G Liga Champions di Allianz Stadium, Turin, Italia, Rabu (28/10/2020). Barcelona menaklukkan Juventus 2-0. (AP Photo/Antonio Calanni)

Pemain Barcelona Ousmane Dembele (kiri) berebut bola dengan pemain Juventus Danilo pada pertandingan Grup G Liga Champions di Allianz Stadium, Turin, Italia, Rabu (28/10/2020). Barcelona menaklukkan Juventus 2-0. (AP Photo/Antonio Calanni)
Pemain Barcelona Ousmane Dembele (kiri) berebut bola dengan pemain Juventus Danilo pada pertandingan Grup G Liga Champions di Allianz Stadium, Turin, Italia, Rabu (28/10/2020). Barcelona menaklukkan Juventus 2-0. (AP Photo/Antonio Calanni)

Pemain Barcelona Ousmane Dembele (kiri) berebut bola dengan pemain Juventus Danilo pada pertandingan Grup G Liga Champions di Allianz Stadium, Turin, Italia, Rabu (28/10/2020). Barcelona menaklukkan Juventus 2-0. (AP Photo/Antonio Calanni)

Wasit Danny Makkelie memberikan kartu merah kepada pemain Juventus Merih Demiral pada pertandingan Grup G Liga Champions di Allianz Stadium, Turin, Italia, Rabu (28/10/2020). Barcelona menaklukkan Juventus 2-0. (AP Photo/Antonio Calanni)
Wasit Danny Makkelie memberikan kartu merah kepada pemain Juventus Merih Demiral pada pertandingan Grup G Liga Champions di Allianz Stadium, Turin, Italia, Rabu (28/10/2020). Barcelona menaklukkan Juventus 2-0. (AP Photo/Antonio Calanni)

Wasit Danny Makkelie memberikan kartu merah kepada pemain Juventus Merih Demiral pada pertandingan Grup G Liga Champions di Allianz Stadium, Turin, Italia, Rabu (28/10/2020). Barcelona menaklukkan Juventus 2-0. (AP Photo/Antonio Calanni)

Pemain Barcelona Lionel Messi (kanan) mencetak gol ke gawang Juventus pada pertandingan Grup G Liga Champions di Allianz Stadium, Turin, Italia, Rabu (28/10/2020). Barcelona menaklukkan Juventus 2-0. (AP Photo/Antonio Calanni)
Pemain Barcelona Lionel Messi (kanan) mencetak gol ke gawang Juventus pada pertandingan Grup G Liga Champions di Allianz Stadium, Turin, Italia, Rabu (28/10/2020). Barcelona menaklukkan Juventus 2-0. (AP Photo/Antonio Calanni)

Pemain Barcelona Lionel Messi (kanan) mencetak gol ke gawang Juventus pada pertandingan Grup G Liga Champions di Allianz Stadium, Turin, Italia, Rabu (28/10/2020). Barcelona menaklukkan Juventus 2-0. (AP Photo/Antonio Calanni)

Pemain Barcelona Lionel Messi mencetak gol ke gawang Juventus pada pertandingan Grup G Liga Champions di Allianz Stadium, Turin, Italia, Rabu (28/10/2020). Barcelona menaklukkan Juventus 2-0. (Marco Alpozzi/LaPresse via AP)
Pemain Barcelona Lionel Messi mencetak gol ke gawang Juventus pada pertandingan Grup G Liga Champions di Allianz Stadium, Turin, Italia, Rabu (28/10/2020). Barcelona menaklukkan Juventus 2-0. (Marco Alpozzi/LaPresse via AP)

Pemain Barcelona Lionel Messi mencetak gol ke gawang Juventus pada pertandingan Grup G Liga Champions di Allianz Stadium, Turin, Italia, Rabu (28/10/2020). Barcelona menaklukkan Juventus 2-0. (Marco Alpozzi/LaPresse via AP)

Kiper Juventus Wojciech Szczesny bereaksi setelah gol membobol gawangnya saat menghadapi Barcelona pada pertandingan Grup G Liga Champions di Allianz Stadium, Turin, Italia, Rabu (28/10/2020). Barcelona menaklukkan Juventus 2-0. (AP Photo/Antonio Calanni)
Kiper Juventus Wojciech Szczesny bereaksi setelah gol membobol gawangnya saat menghadapi Barcelona pada pertandingan Grup G Liga Champions di Allianz Stadium, Turin, Italia, Rabu (28/10/2020). Barcelona menaklukkan Juventus 2-0. (AP Photo/Antonio Calanni)

Kiper Juventus Wojciech Szczesny bereaksi setelah gol membobol gawangnya saat menghadapi Barcelona pada pertandingan Grup G Liga Champions di Allianz Stadium, Turin, Italia, Rabu (28/10/2020). Barcelona menaklukkan Juventus 2-0. (AP Photo/Antonio Calanni)

Pemain Barcelona Ousmane Dembele (tengah) merayakan gol ke gawang Juventus pada pertandingan Grup G Liga Champions di Allianz Stadium, Turin, Italia, Rabu (28/10/2020). Barcelona menaklukkan Juventus 2-0. (AP Photo/Antonio Calanni)
Pemain Barcelona Ousmane Dembele (tengah) merayakan gol ke gawang Juventus pada pertandingan Grup G Liga Champions di Allianz Stadium, Turin, Italia, Rabu (28/10/2020). Barcelona menaklukkan Juventus 2-0. (AP Photo/Antonio Calanni)

Pemain Barcelona Ousmane Dembele (tengah) merayakan gol ke gawang Juventus pada pertandingan Grup G Liga Champions di Allianz Stadium, Turin, Italia, Rabu (28/10/2020). Barcelona menaklukkan Juventus 2-0. (AP Photo/Antonio Calanni)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Penyebaran Covid-19 di Pesantren, Kemenag Beri Bantuan Dana Rp2,5 Triliun

Posted: 28 Oct 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Garut - Kementerian Agama Republik Indonesia akhirnya turun langsung memberikan bantuan operasional pesantren (BOP), untuk pesantren di Garut, Jawa Barat, seiring merebaknya peningkatan kasus Covid-19 di klaster pesantren saat ini.

"Bantuan ini merupakan bagian dari program Kemenag dalam penanganan Covid-19 di pondok pesantren," ujar Wakil Menteri Agama RI, KH Zainut Tauhid, di Kampus Universitas Garut (Uniga), Selasa 27 Oktober 2020.

Menurutnya, pemberian bantuan BOP cukup penting dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di lingkungan pesantren. Khusus Garut, ada sekitar 200 pesantren yang mendapatkan bantuan tersebut.

Mereka mendapatkan bantuan dengan nilai yang beragam, mulai Rp25 juta untuk pesantren kecil, kemudian Rp40 juta untuk pesantren sedang, serta Rp50 juta untuk pesantren kategori besar.

"Bantuan ini dipastikan harus diterima secara utuh pihak ponpes, jangan ada potongan," dia mengingatkan.

Selama Covid-19 berlangsung, Kemenag menyalurkan bantuan hingga Rp2,5 triliun yang diperuntukkan bagi 21 ribu lembaga pendidikan Islam mulai Ponpes, lembaga pendidikan Al-Qur'an, dan madrasah takmiliah.

Jumlah itu tidak hanya digunakan untuk pencegahan Covid-19, tetapi juga untuk kegiatan belajar daring para santri. "Saya berharap pondok pesantren menerapkan protokol kesehatan seperti sudah ditetapkan Kementerian Agama," ujar dia.

Menurutnya, kementerian sudah memberi izin pesantren untuk dibuka, tetapi harus menerapkan protokol kesehatan, social distancing, menjaga kesehatan dengan memakai masker, cuci tangan, dan lain-lain. "Ini harus betul-betul diterapkan," dia mengingatkan.

Selain penerapan ketat protokoler kesehatan, Zainut berharap agar tradisi sambangan atau kunjungan orangtua ke pondok dihindari sementara waktu untuk memutus mata rantai Covid-19 di lingkungan pesantren.

Selain menyerahkan bantuan, Zainut juga tak lupa memberikan kuliah umum di Universitas Garut untuk tiga program studi di bawah naungan Kemenag serta Prodi lain yang ada di Uniga.

"Alhamdulillah tadi beliau memberikan pencerahan kuliah umum kaitan pendidikan agama Islam," ujar Rektor Universitas Garut Abdusy Syakur Amin.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Maulid Momentum Meniru Keteladanan Nabi Muhammad

Posted: 28 Oct 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi memandang, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sebagai momentum untuk meniru keteladan Nabi, yang kemudian diaplikasikan ke dalam kehidupan.

Menurut dia, keteladan Nabi Muhammad SAW, bisa menjadi panduan untuk membangun Indonesia lebih maju. Hal ini disampaikan Jokowi melalui akun resmi Twitternya @jokowi.

"Baginda Nabi Muhammad SAW itu memandu kita dalam membangun Indonesia yang maju," tulis Jokowi seperti dikutip Liputan6.com, Kamis (29/10/2020).

Dia pun mengajak masyarakat Indonesia memperingati hari besar Nabi Muhammad SAW. Yakni dengan bersalawat dan mengingat perjuangan Nabi terhadap umat.

"Peringati hari ini dengan bersalawat kepadanya, mengingat perjuangan beliau membawa kebenaran, tuntunan dan keteladanan bagi umat manusia," kata Jokowi.

 

Banyak yang Menyukai

Unggahan Jokowi di media sosial Twitter tersebut banyak mendapat respon positif dari warganet.

Dipantau sekitar Pukul 09.00 WIB, cuitan Jokowi ini telah mendulang 332 retweet dan 2.228 likes dari warganet.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top Skor Liga Champions: Cetak Hattrick buat MU, Marcus Rashford Ada di Puncak

Posted: 28 Oct 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Marcus Rashford menjadi bintang Manchester United (MU) saat menggulung RB Leipzig 5-0 dalam lanjutan Liga Champions, Kamis (29/10/2020) dinihari WIB. Bagaimana tidak, Rashford mencetak hattrick dalam pertandingan yang berlangsung di Old Trafford tersebut.

Striker timnas Inggris itu mencetak tiga gol masing-masing di menit 74, 78, dan 90. Sementara, dua gol MU lainnya dicetak Mason Greenwood (21'), dan Anthony Martial (87').

Menariknya, Rashford tak tampil sebagai pemain utama di laga tersebut. Ia masuk di menit ke-63 menggantikan Greenwood.

Tambahan tiga gol itu melesatkan Rashford ke puncak daftar top skor Liga Champions. Hingga matchday kedua, Rashford telah mengantongi empat gol.

Ia unggul satu gol dari pemain Atalanta, Duvan Zapata di peringkat kedua. Pada urutan ketiga, ada striker Borussia Dortmund, Erling Haaland yang mencetak dua gol.

Berikut daftar 10 besar topskor Liga Champions selengkapnya

 

 

Daftar Topskor

ilustrasi Liga Champions (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi Liga Champions (Liputan6.com/Abdillah)

1. Marcus Rashford (Manchester United): 4 gol

2. Duvan Zapata (Atalanta): 3 gol

3. Erling Haaland (Borussia Dortmund): 2 gol

4. Kingsley Coman (Bayern Munchen): 2 gol

5. Ousmane Dembele (Barcelona): 2 gol

6. Angelino (RB Leipzig): 2 gol

7. Leon Goretzka (Bayern Munchen): 2 gol

8. Ilkay Gundogan (Manchester City): 2 gol

9. Moise Kean (PSG): 2 gol

10. Romelu Lukakau (Inter Milan): 2 gol

Hasil Liga Champions Dini Hari Tadi

Grup E

Krasnodar 0-4 Chelsea

Sevilla 1-0 Rennes

Grup F

Borussia Dortmund 2-0 Zenit St. Petersburg

Club Brugge 1-1 Lazio

Grup G

Ferencvaros 2-2 Dynamo Kyiv

Juventus 0-2 Barcelona

Grup H

Istanbul Basaksehir 0-2 Paris Saint Germain

Manchester United 5-0 RB Leipzig

Saksikan Video Liga Champions di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: