Senin, 05 Oktober 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Novel Baswedan: RUU Cipta Kerja dan RUU KPK Tak jauh Beda, Akibatnya Buruk

Posted: 05 Oct 2020 11:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan turut mengomentari pengesahan RUU Cipta Kerja. Menurut Novel, meski banyak pakar yang menyebut RUU Cipta Kerja hanya akan merugikan masyarakat, namun pemerintah seolah tak bergeming.

"Sekian banyak alasan yang disampaikan pemerintah soal perlunya UU Omnibus Law. Sekalipun pakar dan banyak yang katakan akan rugikan masyarakat," ujar Novel dalam keterangnnya, Selasa (6/10/2020).

Novel mengatakan, RUU Cipta Kerja dengan RUU KPK tak jauh berbeda. Menurut Novel, dalam mengesahkan sebuah RUU menjadi UU, pemerintah tak pernah memerhatikan dan mendengarkan aspirasi masyarakat.

"Bila kemudian hari ternyata salah, lalu bagaimana? Terhadap UU KPK juga sama, dan setelah disahkan akibatnya buruk bagi KPK, dibiarkan saja," kata Novel.

Para buruh kini turun ke jalan menolak RUU Cipta Kerja yang telah disetujui DPR pada Senin 5 Oktober 2020. Menurut Novel, nantinya pemerintah akan meminta para buruh dan masyarakat lainnya untuk mengajukan judical reeview ke Mahkamah Konstitusi. Sama seperti dengan UU KPK.

Pertanyakan Keberpihakan Pemerintah

"Seringkali dikatakan bila tidak sesuai, JR ke MK. Lupa, ya, bila mensejahterakan masyarakat berantas korupsi dan sebagainya itu kewajiban pemerintah?" kata Novel.

Novel menyesalkan sikap Pemerintah dan DPR yang tidak mendengar aspirasi rakyat. Dia pun lantas mempertanyakan keberpihakan Pemerintah tersebut.

"Aneh, pemerintah justru berhadapan dengan masyarakat yang seharusnya dilayani atas haknya. Memang pemerintah berpihak dan bertindak untuk siapa?," Novel mengatakan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Status Tebak-Tebakan ala Bapak-Bapak Ini Bikin Ketawa Geli

Posted: 05 Oct 2020 11:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Salah satu media sosial yang saat ini masih eksis ialah Facebook. Meski usianya tak lagi muda dan bersaing dengan platform media sosial lainnya, Facebook masih diminati bagi sejumlah orang. Banyak konten kocak dan nyeneleh yang diunggah di Facebook.

Salah satu unggahan yang sering ditemui ialah tebak-tebakan, para bapak-bapak yang sering mengunggah konten ini. Enggak bisa dipungkiri, bapak-bapak dikenal memiliki selera humor yang receh. Bercandaan ala bapak-bapak ini sering kali tak lucu alias garing. 

Namun, entah mengapa jokes yang garing itulah yang membuat tebakan ala bapak-bapak ini menjadi lucu. Pasalnya, tebakan ala bapak-bapak di Facebook ini terkadang suka maksa dan absurd. Setuju enggak?

Penasaran seperti apa tebak-tebakannya? Kira-kira kamu bisa menjawabnya tidak ya? Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas tebak-tebakan di status Facebook ala bapak-bapak, Selasa (6/10/2020). 

1. Penjual rokok bisa nih kayaknya angkat kodok jadi karyawan. Biar enggak perlu capek ngomong.

Status Facebook Tebak-Tebakan ala Bapak-Bapak (Sumber:
Status Facebook Tebak-Tebakan ala Bapak-Bapak (Sumber:

2. Kalau hewan yang ini diinjak 1000 kali juga enggak akan marah Pak.

Status Facebook Tebak-Tebakan ala Bapak-Bapak (Sumber:
Status Facebook Tebak-Tebakan ala Bapak-Bapak (Sumber:

3. Bukan Bambang Pamungkas loh ya. Beda ini, mungkin saudaranya.

Status Facebook Tebak-Tebakan ala Bapak-Bapak (Sumber:Facebook/Menjadi Bapak-Bapak: Bagian Pengantar)
Status Facebook Tebak-Tebakan ala Bapak-Bapak (Sumber:Facebook/Menjadi Bapak-Bapak: Bagian Pengantar)

4. Kalau yang banyak emak-emaknya kota apa nih Pak?

Status Facebook Tebak-Tebakan ala Bapak-Bapak (Sumber:Facebook/Angga R)
Status Facebook Tebak-Tebakan ala Bapak-Bapak (Sumber:Facebook/Angga R)

5. Siap Pak! Si bunda langsung kesengsem nih.

Status Facebook Tebak-Tebakan ala Bapak-Bapak (Sumber:Brilio)
Status Facebook Tebak-Tebakan ala Bapak-Bapak (Sumber:Brilio)

6. Gimana guys kaget enggak nih? Pura-pura kaget aja enggak papa kok.

Status Facebook Tebak-Tebakan ala Bapak-Bapak (Sumber:Facebook/Irsyad Fadhil)
Status Facebook Tebak-Tebakan ala Bapak-Bapak (Sumber:Facebook/Irsyad Fadhil)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Disparekraf DKI Sanksi 72 Tempat Usaha yang Langgar PSBB

Posted: 05 Oct 2020 11:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta melakukan pengawasan terhadap 430 tempat usaha pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) periode 14-30 September 2020. Dan 72 tempat usaha di antaranya mendapatkan sanksi karena melanggar aturan.

Kepala Seksi Pengawasan Dinas Parekraf DKI Jakarta, Iffan mengatakan, tempat usaha yang diawasi terdiri dari restoran, kafe, bar, biliar, hotel, kedai kopi, karaoke, spa, diskotik, bioskop, golf, griya pijat, salon/barber shop, pusat olahraga, kawasan, dan sarana rekreasi keluarga.

Dari hasil pengawasan, sebanyak 72 tempat usaha diberikan sanksi karena melanggar Peraturan Gubernur Nomor 88 Tahun 2020 Tentang Perubahan Atas Peraturan Gubernur Nomor 33 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Penanganan Covid-19 di Provinsi DKI Jakarta.

"Sebanyak 25 tempat usaha yang kami setop operasi yakni griya pijat, karaoke, dan bar. Mereka seharusnya tidak boleh beroperasi saat PSBB," ucap Iffan, Selasa (6/10/2020).

Sementara 47 tempat usaha yang disanksi lainnya ditutup sementara karena melayani makan minum di tempat (dine-in) dan tidak menerapkan protokol pencegahan penularan Covid-19.

"Mayoritas restoran, kami dapatkan pelanggaran karena menyediakan dine-in dan tidak menerapkan protokol kesehatan. Kami tutup sementara 1x24 jam," kata Iffan dikutip dari laman resmi PPID Jakarta.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Bisa Langsung Menindak

Dia menambahkan, dengan diterbitkannya Peraturan Gubernur Nomor 79 Tahun 2020 Tentang Penerapan Disiplin Dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19, Dinas Parekraf DKI Jakarta dapat secara langsung untuk melakukan tindakan terhadap usaha pariwisata yang melanggar aturan dan ketentuan PSBB.

"Diterbitkannya Pergub 79 Tahun 2020 ini sangat efektif untuk kami melakukan pengawasan dan pengendalian terhadap industri pariwisata," tandas Iffan.

 

Reporter: Rifa Yusya Adilah/Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dubes Meksiko Apresiasi Pembangunan Taman Harmoni Surabaya

Posted: 05 Oct 2020 11:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar (Dubes) dari Meksiko untuk Indonesia Armando Gonzalo Alvarez menyebut Taman Harmoni yang terletak di Jalan Keputih Kota Surabaya, Jawa Timur termasuk proyek sangat bagus untuk lingkungan dan ekologi.

Armando Gonzalo menuturkan, pihaknya bersama para peserta Peringatan Hari Habitat Dunia atau World Habitat Day 2020 telah melihat langsung Taman Harmoni Surabaya pada Senin, 5 Oktober 2020.

"Saya rasa Taman Harmoni adalah proyek yang sangat bagus untuk lingkungan dan ekologi," kata Armando, seperti dikutip dari Antara, Selasa (6/10/2020).

Dia menuturkan, hal itu karena Taman Harmoni Surabaya yang sebelumnya merupakan kawasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah kemudian telah diubah menjadi destinasi yang indah. Jika dilihat dari perspektif smart city, lanjut dia, konsep seperti ini yang memang dibutuhkan yakni berawal dari sesuatu yang tidak bernilai menjadi sesuatu yang bernilai.

Selain itu, ia menyebut taman ini bukan sekadar taman biasa melainkan taman yang sangat indah. Selain itu, lanjut dia, juga bagus untuk lingkungan karena dapat mengubah lokasi yang dahulunya merupakan TPA sampah menjadi taman yang indah.

Pengembangan Lingkungan yang Baik

Keindahan Taman Harmoni Surabaya (sumber: humas.surabaya)
Keindahan Taman Harmoni Surabaya (sumber: humas.surabaya)

Tidak hanya itu, kata dia, pembangunan taman ini merupakan bentuk nyata atas keberhasilan Pemkot Surabaya dalam menambah ekonomi. Bahkan selain berdampak ekonomi, pengembangan lingkungan yang baik juga menjadi tolak ukur pertumbuhan kota yang baik, sehingga dari situlah berdampak pula kepada masyarakat.

"Tidak kalah menariknya bagaimana pemerintah kita dapat menggabungkan beberapa hal menjadi nilai yang menarik. Ketika taman ini berguna bagi banyak orang tentunya dapat meningkatkan ekonomi masyarakat," ujar dia.

Oleh sebab itu, ia tak henti-hentinya mengapresiasi pembangunan taman yang mengusung tema penuh bunga ini. Bahkan, langkahnya sempat terhenti ketika ia melihat indahnya pohon bambu yang berjejer rapi. Ia pun mengajak seluruh delegasi untuk mengabadikan momen bersama itu.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dampak Covid-19, Harga Ikan Kerapu di Kepri Anjlok Jadi Rp 50 Ribu per Kg

Posted: 05 Oct 2020 11:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sektor perikanan merupakan salah satu komoditi prioritas dalam pengembangan koperasi dan UMKM. Alasannya, Indonesia merupakan salah satu negara dengan populasi nelayan dan pembudidaya ikan terbesar di dunia yang melibatkan banyak pelaku usaha mikro.

Namun, adanya pandemi covid-19 ternyata juga berdampak ke sektor perikanan. Salah satu contoh nyata adalah menurunnya daya beli masyarakat terhadap produk ikan. Hal ini terjadi di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau Arif Fadillah mengatakan, dampak Covid-19 pada usaha perikanan budidaya ikan laut di Provinsi Kepri menyebabkan harga turun signifikan.

"Contohnya saja ikan Kerapu sebelum Covid-19 harganya Rp 120 ribu per kg, setelah covid-19 menjadi Rp 50-70 per kg," kata Arif dalam Webinar "Solusi Pembiayaan dan Pemasaran Produk Perikanan di Tengah Pandemi", Selasa (6/10/2020).

Di sisi pemasaran, masih ada aktivitas ekspor ke Singapura, Malaysia dan Hong Kong ikan Kerapu hidup sebelum pandemi. Namun setelah pandemi, pemasaran hanya terserap pada pasar lokal dan tidak optimal.

"Karena rendahnya permintaan dari penampung lokal akibat dari berbagai sektor pariwisata di Bintan dan Batam dan Karimun tidak berjalan. Kami juga mendapat laporan dari walikota bahwa para nelayan menangkap ikan termasuk ikan Kerapu tapi tidak tahu mau menjual ke mana," ujarnya.

Sebab pasar lokal restoran dan hotel di Batam, Bintan, Karimun dan Tanjungpinang yang dulu sangat eksis karena merupakan dunia wisata sangat tinggi, kini kosong karena pembatasan.

 

Pembudidaya Ikan

Pedagang mengecek ikan di Pelelangan ikan Muara Baru, Jakarta, Sabtu (6/7/2019). Angka ini mengalami kenaikan 24% dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang hanya mencapai Rp32 triliun. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pedagang mengecek ikan di Pelelangan ikan Muara Baru, Jakarta, Sabtu (6/7/2019). Angka ini mengalami kenaikan 24% dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang hanya mencapai Rp32 triliun. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Untuk siklus usaha pembudidaya ikan, yang berkelanjutan sekarang masih menunggu keadaan normal, dan menunggu pertimbangan perputaran modal usaha.

Lanjut Arif mengatakan dampak covid-19 terhadap pengolahan hasil perikanan di Kepulauan Riau olahan hasil perikanan bisa mencapai 1.224.294,89 ton tahun 2019, dan setelah covid-19 menjadi 685.605,14 ton pada kuartal II 2020.

"Penurunannya luar biasa. Namun nilai produksi sebelum covid-19 rata-rata Rp 60 ribu per kilogram sekarang produksi masih sama, cuman ekspor ke Malaysia dan Singapura tidak ada ekspor lagi," pungkasnya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penerimaan Pajak Diprediksi Kurang Rp 500 Triliun dari Target APBN 2020

Posted: 05 Oct 2020 11:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasi Nazara memproyeksikan Shortfall atau selisih penerimaan pajak dari target APBN 2020 bakal mencapai Rp 500 triliun. 

"Penerimaan pajak kita perkirakan Rp 500 riliun tidak akan terkumpul. Artinya kegiatan ekonominya turun dan pemerintah juga memberikan isentif-insentif pajak. Rp 500 triliun kita perkirakan dari anggaran tahun ini tidak akan kita terima," tuturnya dalam sesi teleconference, Selasa (6/10/2020).

Namun di sisi lain, Suahasi mengungkapkan, pemerintah tidak bisa menurunkan belanja negara. Menurut dia, hal tersebut harus di-support dan dinaikan untuk menunjang program pemulihan ekonomi nasional, sehingga postur belanja di APBN meningkat sekitar Rp 200 triliun.

"Kita lakukan defisit APBN menjadi 6,3 persen dari PDB atau sekitar Rp 1.000 triliun. Itu semua ditetapkan dalam bentuk UU Nomor 2 Tahun 2020," jelas dia.

Dengan kondisi defisit seperti ini, pemerintah disebutnya bakal fokus membantu perekonomian sehingga negara bisa lanjutkan proses pemulihan. Langkah ini dilakukan guna mengobati kontraksi ekonomi di kuartal II 2020 yang negatif 5,32 persen. 

"Kita berharap di kuartal III ada pemulihan ekonomi. Mungkin angkanya masih kontraksi, tapi lebih rendah. Kita tunggu angka dari BPS (Badan Pusat Statistik). Sampai kuartal IV pemerintah terus support dari perekonomian," ungkapnya.

Suahasil menceritakan, pertumbuhan ekonomi negatif di kuartal kedua kemarin terjadi lantaran situasi pandemi yang sangat buruk pada April-Mei 2020. Situasinya perlahan mulai berubah ketika mulai ada kegiatan ekonomi di periode Juni-Juli 2020.

"Kegiatan ekonomi mulai meningkat pada bulan Agustus, meski di satu dua titik ada peningkatan Covid-19, tapi ini bagian dari pemulihan. Dengan pemulihan kita berharap di kuartal III ada perbaikan dari pertumbuhan ekonomi," ujar Suahasil.

Kabar Terbaru Soal Pajak Mobil Baru 0 Persen

Mobil siap ekspor terparkir di PT Indonesia Kendaraan Terminal, Jakarta, Rabu (27/3). Pemerintah berencana memacu ekspor industri otomotif dengan harmonisasi skema PPnBM, yaitu tidak lagi dihitung dari kapasitas mesin, tapi pada emisi yang dikeluarkan kendaraan bermotor.  (Liputan6.com/Johan Tallo)
Mobil siap ekspor terparkir di PT Indonesia Kendaraan Terminal, Jakarta, Rabu (27/3). Pemerintah berencana memacu ekspor industri otomotif dengan harmonisasi skema PPnBM, yaitu tidak lagi dihitung dari kapasitas mesin, tapi pada emisi yang dikeluarkan kendaraan bermotor. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Febrio Nathan Kacaribu mengaku masih menghitung diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil baru. Sejauh ini pihaknya masih ingin melihat apakah pembebasan PPnBM ini bisa mendorong pertumbuhan industri otomotif termasuk pertumbuhan ekonomi.

"PPnBM mobil belum. Masih hitung. Ini kita masih terus pelajari, belum bisa umumkan. Nanti segera kalau sudah selsai kita kaji, kita umumkan tentang itu," kata dia dalam video conference di Jakarta, Kamis (1/10/2020)

Sebelumnya, Kementerian Perindustrian sedang mengusulkan relaksasi pajak pembelian mobil baru sebesar 0 persen atau pemangkasan pajak kendaraan bermotor (PKB), guna menstimulus pasar sekaligus mendorong pertumbuhan sektor otomotif di tengah masa pandemi Covid-19. Namun, apakah rencana itu dapat menggerus pasar mobil bekas.

Pengamat otomotif sekaligus akademisi dari Institut Teknologi Bandung, Yannes Martinus Pasaribu mengatakan, terdapat perhitungan yang pada akhirnya bisa menyimpulkan asumsi tersebut. Jika pajak mobil baru dapat menjadi nol persen hingga akhir tahun 2020 ini, maka secara hipotesis harga terpotong sekitar 10-25 persen. Hal itu tergantung apakah PPN saja yang dihilangkan atau bahkan hingga PPnBM-nya.

Namun, jika hanya turun 10 persen, menurut Yannes, belum akan mengganggu harga mobil bekas yang kini pun sudah turun harganya dibandingkan dengan harga pada bulan yang sama tahun 2019 lalu.

"Jika harga mobil baru dapat terpotong sekitar 10-25 persen, maka dia dapat menggerus pasar mobil bekas. Dampaknya, untuk dapat survive, maka harga jual mobil bekas akan semakin anjlok lagi," kata dia.

Dia menjelaskan, jika hal ini terjadi, maka masyarakat semakin diyakinkan bahwa kendaraan bermotor bukan lagi menjadi barang yang layak untuk investasi, tetapi benar-benar barang konsumsi dengan tingkat penyusutan harga yang semakin besar saja.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com 

Menunggu Pajak 0 Persen, Konsumen Tunda Pembelian Mobil

Pekerja mengecek hasil pembuatan mobil Toyota Fortuner dan Innova di TMMIN Karawang Plant 1, Jawa Barat, Kamis (23/2). Ekspor kendaraan roda empat diprediksi tumbuh sebesar tujuh persen di sepanjang 2017. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Pekerja mengecek hasil pembuatan mobil Toyota Fortuner dan Innova di TMMIN Karawang Plant 1, Jawa Barat, Kamis (23/2). Ekspor kendaraan roda empat diprediksi tumbuh sebesar tujuh persen di sepanjang 2017. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sebeumnya, mendorong pertumbuhan di sektor otomotif, Kementerian Perindustrian mengusulkan relaksasi pajak pembelian mobil baru sebesar 0 (nol) persen atau pemangkasan pajak kendaraan bermotor (PKB).

Menanggapi hal tersebut, Marketing Director 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra berharap pengurangan pajak dapat dilakukan untuk memberikan stimulus di sektor otomotif. 

"Kalau nanti ada wacana pemberian pajak 0 persen maupun pemberian wacana pengurangan pajak baik dalam bentuk ppnbm maupun BBN tentunya ini akan memberikan kontraksi yang positif terhadap pasar," katanya.

Meski demikian, hingga saat ini belum ada kepastian kapan relaksasi pajak benar-benar akan diterapkan. Akibatnya, beberapa konsumen memilih menunda melakukan pembelian mobil.

"Dengan wacana yang terlalu lama bisa menunda pembelian di kendaraan penumpang. Padahal PPNBM untuk komersial 0 persen. Untuk pembeli kendaraan komersial, mereka beli kendaraan karena butuh, untuk menopang bisnisnya. Jadi untuk kendaraan komersial agak berbeda," ujar Donny.

Saat disinggung apakah pajak 0 persen bisa mempengaruhi penjualan, Donny menegaskan hal tersebut bisa menjadi salah satu solusi memperbaiki market otomotif.

"Iya bisa membantu meningkatkan volume penjualan. Ini tergantung dari besaran relaksasi yang diberikan. Contoh PPNBM 10 persen tapi 10 persen itu dari COGS (cost of goods sold) bukan dari harga On The Road. Jadi 10 persen COGS jadi harga tebus dealer ditambah biaya angkut dan BBN," tutur Donny. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tampang Honda CRF1100L Africa Twin Makin Sangar

Posted: 05 Oct 2020 11:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Honda menghadirkan versi penyegaran dari CRF1100L Africa Twin. Motor adventure model 2021 itu mendapat warna baru, namun hanya untuk tipe standar.

Meski mendapat tampilan baru, mesin dan fiturnya masih tetap sama dengan model yang masih dipasarkan saat ini.

Penyegaran ini ditujukan untuk para penggemar Africa Twin di seluruh dunia. Warna baru yang tersedia yakni Pearl Glare White Tricolor, Grand Prix Red dan Matte Ballistic Black.

Semua cat itu sebenarnya sudah disematkan di varian tertinggi, Adventure Sports. Rupanya 70 persen konsumennya memilih motif klasik, 'Tricolor' (putih, merah dan biru).

Jadi pihak pabrikan menawarkannya sebagai opsi di samping pilihan merah dan hitam yang sudah ada

Seperti kita ketahui, Honda CRF1100L Africa Twin menggantikan generasi sebelumnya. Kapasitas mesinnya lebih besar. Dari yang sebelumnya 998 cc, kini menjadi 1.084 cc. Berkat stroke yang dipanjangkan sekitar 5 mm, volumenya naik 86 cc.

Kepala silinder juga direvisi, peningkatan katup meningkat, throttle body dan injektor lebih besar sehingga menghasilkan daya maksimal di dalam ruang bakar.

Secara keseluruhan, torsi meningkat 7 persen dan tenaga puncak naik 6 persen. Kini menghasilkan torsi 105 Nm di kitiran 6.250 rpm dan tenaga maksimal 101 hp pada putaran 7.500 rpm.

Tak hanya peningkatan di sektor tenaga, CRF1100L juga mempunyai fitur lebih lengkap dan bobot yang terbilang ringan. Desain bodinya juga lebih ramping dibanding pendahulunya.

Penampilannya gagah, khas motor tualang sejati. Tetap menyuguhkan ketangguhan sebagai motor jelajah dan diciptakan untuk rider penikmat tualang.

Desainnya masih mengusung konsep Rally Dakar. Bagian depan kini lebih agresif, berkat dua lampu utama yang wujudnya mirip mata burung hantu.

 

Fitur-Fitur

Di dalamnya sudah dibenamkan teknologi LED dan paket DRL (Day Running Light). Ditambahkan pula dengan fitur cornering lights, lampu tambahan yang menyala untuk membantu penerangan jalan sesuai dengan posisi kemiringan motor.

Bagian dasbornya lebih canggih dibanding model sebelumnya. Itu tak terlepas dari penggunaan panel instrumen TFT berukuran 6,5 inci. Bentangan layarnya pun telah menerapkan teknologi touchscreen yang menawan.

Sama seperti yang disematkan di Gold Wing baru. Dibekali Bluetooth Smartphone/Audio Connectivity. Teknologi ini dipadukan dengan fitur mirroring, Apple CarPlay.

Sedangkan spidometer dan indikator lain dibuat terpisah di bawahnya. Tampilannya pun sederhana dan berukuran kecil.

Untuk paket elektroniknya, ia hadir dengan 6 sensor Inertial Measurement Unit (IMU) yang terkoneksi dengan ECU dan ABS. Berfungsi untuk memberikan kenyaman dan keamanan bagi pengendara.

Meliputi deteksi ABS ketika menikung (mencegah rem mengunci saat menikung), DCT cornering detection, mencegah ban belakang terangkat karena pengereman yang berlebih, dan wheelie control untuk mencegah ban depan terangkat akibat hentakan tenaga yang berlebih.

Kuda besi tipe tourer ini juga dilengkapi pengaplikasian 4 riding mode. Bisa disesuaikan dengan medan jalan yang dihadapi, ada tour, urban, gravel dan off-road.

Setiap modenya memberikan tenaga dan daya pengereman yang tergantung pada situasi dan tingkat agresivitas. Ditambah 2 mode yang dapat di kustom. Jadi, pengendara bisa menyesuaikan kemampuan motornya sendiri sesuai kebutuhan.

 

Harga

Tambahannya ada fitur Emergency Stop Signals, power socket 12 volt dan fitur penghangat grip. Pengendaranya benar-benar dimanjakan dengan dukungan fiturnya yang berkualitas.

Rangkanya dirancang ulang. Alhasil mengalami penurunan bobot sekitar 1,8 kg. Subframe juga didesain dengan model bolt-on. Dibuat dengan material aluminium. Tangki bahan bakar lebih besar dibanding model sebelumnya.

Generasi terbaru berkapasitas 24,2 liter. Membuat pengendaranya tidak perlu khawatir isi bensin berulang kali saat dibawa jarak jauh.

Kaki-kakinya dibekali suspensi Electronically Equipped Ride Adjustment (EERA) keluaran Showa. Fungsinya dapat mengatur tingkat redaman suspensi saat berjalan.

Terdapat 5 setelan EERA, yakni Hard, Mid, Soft, Off-Road, dan User. Ketinggian windhield dan joknya pun dapat diubah sesuai dengan keinginan pengendara.

Buat di Indonesia, AHM memasarkan Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports dengan harga Rp 652,9 juta untuk tipe manual dan tipe DCT dibanderol Rp 692,9 juta on the road DKI Jakarta.

Sumber: Oto.com

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Curigai Turki Bantu Azerbaijan, Kanada Hentikan Ekspor Senjata

Posted: 05 Oct 2020 11:02 PM PDT

Liputan6.com, Ottawa - Kanada menahan ekspor senjata ke Turki setelah ada dugaan teknologi milik Kanada justru dipakai oleh Azerbaijan dalam konflik melawan Armenia. Turki merupakan sekutu dekat Azerbaijan.

Menteri Luar Negeri Kanada François-Philippe Champagne lantas menghentikan ekspor teknologi ke Turki selagi menginvestigasi dugaan teknologi Kanada jatuh ke tangan Azerbaijan.

"Selama beberapa hari terakhir, sejumlah tudingan muncul terkait teknologi Kanada digunakan pada konflik milier di Nagorno-Karabkah," ujar Menlu Champagne dalam pernyataan resminya di situs pemerintah Kanada, Selasa (6/10/2020).

Menghadapi tudingan tersebut, Kemlu Kanada berkata langsung melaksanakan investigasi. Akibatnya, izin ekspor senjata ke Turki juga dibekukan.

"Sesuai dengan rezim kontrol ekspor Kanada yang kuat dan karena adanya pertikaian yang berlanjut, saya telah mensuspens izin impor terkait ke Turki," kata Menlu Champagne.

Al-Monitor melaporkan bahwa drone milik Azerbaijan dilengkapi dengan sistem imaging and targetting yang dibuat oleh perusahaan Kanada, yakni L3Harris Wescam. 

Hal itu diketahui oleh Project Plougshares, sebuah kelompok pengendalian senjata Kanada. Project Ploughshares melakukan analisis video dan menemukan bahwa sensor Wescam digunakan drone Azerbaijan.

L3Harris Wescam diketahui mengekspor sensornya ke Turki. Project Plougshares menyebut sensor tersebut berpotensi dipakai untuk pelanggaran HAM dan hukum internasional.

Menlu Kanada mengaku prihatin dengan konflik di Nagorno-Karabakh dan meminta agar segera ada tindakan dan negosiasi untuk mencapai perdamaian.

 

Pemimpin NATO Minta Turki Redakan Konflik Azerbaijan Vs Armenia

Tentara Armenia menembakkan meriam ke arah Azerbaijan di Republik Nagorno-Karabakh, Azerbaijan, Selasa (29/9/2020). Pasukan Armenia dan Azerbaijan saling serang saat memperebutkan Nagorno-Karabakh yang memproklamirkan diri. (Sipan Gyulumyan/Armenian Defense Ministry Press Service/PAN Photo via AP)
Tentara Armenia menembakkan meriam ke arah Azerbaijan di Republik Nagorno-Karabakh, Azerbaijan, Selasa (29/9/2020). Pasukan Armenia dan Azerbaijan saling serang saat memperebutkan Nagorno-Karabakh yang memproklamirkan diri. (Sipan Gyulumyan/Armenian Defense Ministry Press Service/PAN Photo via AP)

Pemimpin NATO Jens Stoltenberg berharap Turki bisa membantu meredakan konflik antara Azerbaijan dan Armenia. Konflik di daerah Nagorno-Karabakh masih terus mengklaim korban jiwa.

Dalam kunjungannya ke ibu kota Ankara, Turki, Jens Stoltenberg menyampaikan rasa prihatinnya. 

"Kami sangat khawatir atas eskalasi pertikaian" ujar Stoltenberg seperti dikutip Al Arabiya, Senin 6 Oktober 2020.

"Saya berekspektasi agar Turki menggunakan pengaruhnya yang cukup kuat untuk menenangkan ketegangan," lanjutnya.

Turki dan Azerbaijan merupakan sekutu dekat. Namun, hubungan Turki dan Armenia tidak harmonis.

Armenia pernah menjadi sasaran genosida yang dilakukan oleh Kesultanan Utsmaniyah pada era Perang Dunia I. Lebih dari 1 juta orang tewas akibat peristiwa itu, akan tetapi Turki membantah adanya genosida.

Secara diplomatik, Armenia lebih dekat dengan Rusia. Sebelumnya, Rusia juga menawarkan diri sebagai tuan rumah untuk perdamaian antara Azerbaijan dan Armenia.

Uni Eropa dan Amerika Serikat juga sama-sama meminta agar Azerbaijan dan Armenia dapat menghentikan pertikaian yang terjadi di perbatasan kedua negara.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Joe Jonas Cat Rambut Warna Pink di Bulan Peduli Kanker Payudara

Posted: 05 Oct 2020 11:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penampilan terbaru penyanyi sekaligus penulis lagi Joe Jonas menjadi sorotan banyak pasang mata. Suami Sophie Turner ini memilih untuk mengubah warna rambutnya menjadi pink yang menyala.

Dilansir dari laman Allure, Selasa (6/10/2020), pemilik nama lengkap Joseph Adam Jonas tersebut memilih warna pirang platinum untuk rambutnya, tak lama setelah putrinya lahir. Sementara, transformasi rambut pink-nya bukan tanpa alasan.

Rambut pink Joe Jonas tak lain guna menghormati Oktober, sebagai bulan peduli kanker payudara. Pada Jumat lalu, pria berusia 31 tahun ini membagikan tampilan barunya di Instagram Story akun Instagram pribadi.

Ia mengunggah potret swafoto dengan stiker pita pink berkiauan sebagai latar belakang. Hal tersebut guna menandakan transformasi dilakukannya untuk bulan peduli kanker payudara.

Sebenarnya, momen ini bukan kali pertama Joe Jonas bereksperimen dengan nuansa pink menyala. Sebut saja pada 2016 lalu, ia memilih warna rambut cotton candy-pink dengan sentuhan biru muda di atasnya.

Penampilan itu tampak ketika Joe Jonas tampil di Kids 'Choice Awards saat ia hadir bersama bandnya, DNCE. Selain itu, ada beberapa penampilan nyentrik Joe lainnya dengan perubahan warna rambut.

Respons Positif

Joe Jonas (dok. Instagram @joejonas/https://www.instagram.com/p/CF8mjwTBI6-/)
Joe Jonas (dok. Instagram @joejonas/https://www.instagram.com/p/CF8mjwTBI6-/)

Joe Jonas juga mewarnai bagian atas rambutnya dengan warna fuchsia yang cerah ketika tampil di Grammy 2016. Sang penyanyi juga bermain-main dengan warna pelangi lain di masa lalu, termsuk biru dan hijau muda.

Sedangkan, langkah Joe Jonas untuk mewarnai rambutnya di bulan peduli kanker payudara mendapatkan banyak respons positif dari warganet. Tanggapan dan komentar tersebut turut membanjiri unggahannya di media sosial, termasuk Twitter.

"Joe Jonas dengan rambut pink untuk bulan peduli kanker payudara. Kami suka dengan pria yang suportif," tulis seorang warganet.

"Joe Jonas dengan rambut pink inilah yang memberi saya harapan akan hal-hal yang lebih baik datang dalam hidup," lanjt warganet lainnya.

Infografis DISIPLIN Protokol Kesehatan Harga Mati (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis DISIPLIN Protokol Kesehatan Harga Mati (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PPP Siap Kawal KPK dan Kemensetneg Tertibkan Barang Milik Negara

Posted: 05 Oct 2020 11:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mendukung kerja sama Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) untuk menertibkan Barang Milik Negara (BMN). PPP bakal mengawal KPK dan Setneg agar serius menertibkan BMN.

Untuk diketahui, KPK dan Kemensetneg akan menertibkan BMN senilai Rp 571,5 triliun yang kini dikelola pihak swasta. Ada sejumlah BMN yang disasar, di antaranya Gelora Bung Karno (GBK), Pusat Pengelolaan Kompleks (PPK) Kemayoran, Gedung Veteran Semanggi dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

"Kita apresiasi, kita dukung. Kita akan lihat perkembangannya seperti apa apakah bener bener serius menata itu," kata Wakil Ketua Komisi II DPR Fraksi PPP Arwani Thomafi, Selasa (6/10/2020).

Dia menambahkan, Komisi II juga akan membentuk panitia kerja. Panja itu terkait pengawasan tentang pengelolaan aset BMN.

"Jadi tentu harapan kita adalah ada banyak aset yang negara punya yang harus diselamatkan harus di pastikan, tidak hanya keberadaannya, tapi pemanfaatannya," ucapnya.

Menurut dia, ada yang lebih penting sekadar menghitung aset negara saja. Tetapi, apakah sudah benar pemanfaatannya dan sudah tepat penggunaannya terhadap aset BMN yang dimiliki.

Panja Aset

"Tidak hanya berhenti ngitung asetnya aja, tetapi penggunaan aset itu lalu bagaimana apa yang dapat kita hasilkan tapi yang lebih penting dari itu tentu bagaimana pengelolaan aset kita selama ini," kata dia.

Anggota MPR itu menambahkan, rencananya, Komisi II DPR akan menindaklanjuti panja pengelolaan aset pada masa sidang DPR berikutnya.

"Rencananya memang masa sidang depan ya kita baru ke panja aset, karena setiap masa sidang itu hanya dibatasi dua ya, panja CPNS sama panja pertanahan, jadi nanti setelah ini kita panja pengelolaan aset," tandasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tolak Pengesahan UU Cipta Kerja, Ribuan Buruh Geruduk Balai Kota Bandung

Posted: 05 Oct 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan buruh yang tergabung dalam Forum Komunikasi Serikat Pekerja dan Serikat Buruh berunjuk rasa di depan Balai Kota Bandung menolak disahkannya Undang-undang Omnibus Law Cipta Kerja oleh DPR RI.

Menurut juru bicara Forum Komunikasi Serikat Pekerja dan Serikat Buruh Kota Bandung dari Dewan Pimpinan Cabang Serikat Buruh Seluruh Indonesia (SBSI) 92, Hermawan, Undang-undang Omnibus Law Cipta Kerja yang disahkan atas dasar kepentingan politik akan membawa kesengsaraan bagi buruh.

Alasannya dalam undang-undang yang disahkan kemarin itu menghilangkan upah minimum kota (UMK), dihilangkannya sanksi pidana bagi pengusaha yang melanggar, dihilangkannya hak cuti, jam kerja tidak dibatasi, penggunaan tenaga kerja asing yang dibebaskan dan hilangnya jaminan sosial.

"Pertama kita akan mendorong pemerintah daerah, provinsi juga nasional dari struktur organisasi agar segera menerbitkan Perppu pertama itu. Yang kedua kalau dimungkinkan judicial review, kita akan melakukan judicial review seperti itu. Selain melakukan aksi-aksi massa seperti ini karena kalau kita melakukan lobi-lobi seperti itu, dia tidak akan mendengar. Dia sudah tidak mendengar dan tidak punya hati kelihatannya seperti itu," ujar Hermawan di depan Balai Kota Bandung, Selasa, 6 Oktober 2020.

Hermawan mengatakan dirinya optimis perjuangan buruh menuntut dicabutnya Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja oleh DPR RI dapat berlangsung sukses dengan mengerahkan massa unjuk rasa. Selain menggelar unjuk rasa, buruh juga melakukan mogok massal serentak di seluruh pabrik di kawasan Bandung Raya.

Hermawan menyebutkan tuntutan yang diminta oleh buruh akan terus dilakukan dengan menggelar aksi unjuk rasa dari tanggal 6-8 Oktober 2020. Perlawanan buruh itu akan dilakukan dengan memenuhi protokol kesehatan yang berlaku pada masa pandemi.

"Setiap perjuangan, kami optimis dalam menjalaninya. Kita meminta pemerintah mengabulkan permohonan yang sederhana saja sulit, dengan turun ke jalan  kami akan menuntut hak karena dengan jalan musyawarah hasilnya kerap selalu nihil" sebut Hermawan.

Para buruh sebelum berunjuk rasa di depan Balai Kota Bandung melakukan long march dari perusahaannya masing-masing. Malahan beberapa kelompok buruh memblokir ruas jalan raya di kawasan Cicalengka Kabupaten Bandung. (Arie Nugraha)   

Buruh Tetap Gelar Mogok Kerja Tolak Omnibus Law UU Cipta Kerja

Ribuan buruh yang tergabung dalam Forum Komunikasi Serikat Pekerja dan Serikat Buruh berunjuk rasa di depan Balai Kota Bandung menolak disahkannya Undang-undang Omnibus Law Cipta Kerja oleh DPR RI. (Liputan6.com/Arie Nugraha)
Ribuan buruh yang tergabung dalam Forum Komunikasi Serikat Pekerja dan Serikat Buruh berunjuk rasa di depan Balai Kota Bandung menolak disahkannya Undang-undang Omnibus Law Cipta Kerja oleh DPR RI. (Liputan6.com/Arie Nugraha)

Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) tetap akan menggelar mogok kerja nasional pada 6-8 Oktober 2020. Di mana 32 serikat buruh dan beberapa federasi serikat buruh lainnya siap bergabung dalam unjuk rasa mogok kerja nasional ini. Mogok kerja ini untuk menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menjelaskan, mogok kerja nasional ini dilakukan sesuai dengan UU No 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum dan UU No 21 Tahun 2000 khususnya Pasal 4. Dalam aturan ini disebut bahwa fungsi serikat pekerja salah satunya adalah merencanakan dan melaksanakan pemogokan.

"Selain itu, dasar hukum mogok nasional yang akan kami lakukan adalah UU No 39 Tahun 1999 tentang HAM dan UU No 12 tahun 2005 tentang Pengesahan Kovenan Internasional tentang Hak-Hak Sipil dan Politik," kata Said dalam keterangannya, Selasa (6/10/2020).

Mogok nasional ini akan diikuti 2 juta buruh dari rencana sebelumnya adalah 5 juta buruh. Buruh yang akan mogok kerja nasional ini meliputi sektor industi seperti kimia, energi, pertambangan, tekstil, garmen, sepatu, otomotif dan komponen.

Selain itu juga sektor elektronik dan komponen, industri besi dan baja, farmasi dan kesehatan, percetakan dan penerbitan, industri pariwisata, industri semen, telekomunikasi, pekerja transportasi, pekerja pelabuhan, logistik, perbankan, dan lain-lain.

Adapun sebaran wilayah 2 juta buruh yang akan ikut mogok nasional antara lain Jakarta, Bogor, Depok, Tengerang Raya, Serang, Cilegon, Bekasi, Karawang, Purwakarta, Subang, Cirebon, Bandung Raya, Semarang, Kendal, Jepara, Yogjakarta, Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, dan Pasuruan. Berikutnya adalah Aceh, Padang, Solok, Medan, Deli Serdang, Sedang Bedagai, Batam, Bintan, Karimun, Muko-Muko, Bengkulu, Pekanbaru, Palembang, Bandar Lampung, dan Lampung Selatan.

Selain itu, mogok nasional juga akan dilakukan di Banjarmasin, Palangkaraya, Samarinda, Mataram, Lombok, Ambon, Makasar, Gorontalo, Manadao, Bitung, Kendari, Morowali, Papua, dan Papua Barat.

"Jadi provinsi-provinsi yang akan melakukan mogok nasional adalah Jawa Barat, Jakarta, Banten, Jogjakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Bengkulu, Riau, Lampung, NTB, Maluku, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tenggara, Papua, dan Papua Barat," tegasnya.

Dalam aksi mogok nasional, buruh akan menyuarakan tolak Omnibus Law UU Cipta Kerja, antara lain tetap ada UMK tanpa syarat dan UMSK jangan hilang, nilai pesangon tidak berkurang, tidak boleh ada PKWT atau karyawan kontrak seumur hidup, tidak boleh ada outsourcing seumur hidup, waktu kerja tidak boleh eksploitatif, cuti dan hak upah atas cuti tidak boleh hilang, karyawan kontrak dan outsourcing harus mendapat jaminan kesehatan dan pensiun.

"Sementara itu, terkait dengan PHK, sanski pidana kepada pengusaha, dan TKA harus tetap sesuai dengan isi UU No 13 Tahun 2003," pungkasnya. 

Pemerintah Klaim UU Cipta Kerja Mampu Ciptakan Lapangan Kerja Baru

Ilustrasi Demo Buruh | via: kaskus.co.id
Ilustrasi Demo Buruh | via: kaskus.co.id

Sebelumnya, Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyambut baik keputusan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI yang telah mengesahan Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja menjadi Undang-Undang (UU). Menurutnya keputusan ini tepat dan sejalan dengan Pidato Pelantikan Presiden Joko Widodo pada 20 Oktober 2019 lalu.

Dalam pidatonya, Jokowi menyampaikan bahwa Indonesia memiliki potensi untuk dapat keluar dari jebakan negara berpenghasilan menengah dengan adanya bonus demografi. Namun untuk merealisasikan hal tersebut Indonesia dihadapkan pada tantangan besar. Salah satunya adalah bagaimana kesiapan pemerintah dalam menyediakan lapangan kerja.

Menurut Airlangga, salah satu cara untuk meyediakan lapangan pekerjaan sebanyak-banyakan adalah dengan menarik investasi baik dalam maupun luar negeri. Namun permasalahan yang seringkali ditemui adalah masih banyak aturan yang tumpang tindih dan mempersulit.

"Namun tantangan terbesar adalah bagaimana kita mampu menyediakan lapangan kerja dengan banyaknya atauran atau hiper regulasi kita memerlukan penyederhanaan sinkronisasi," kata Airlangga dalam sidang Paripurna, di Jakarta, Senin (5/10/2020).

Atas dasar itu, kehadiran UU Cipta Kerja bisa menurutnya bisa menjadi solusi. Karena dengan adanya UU Cipta Kerja ini bisa menghapus dan menyederhanakan UU yang mempersulit investasi.

"Untuk itulah diperlukan UU Cipta Kerja yang mengubah atau merevisi beberapa UU yang menghambat pencapaian tujuan dan penciptaan lapangan kerja. UU tersebut sekaligus sebagai instrumen dan penyederhanaan serta oeningkatan efektivitas birokrasi," jelasnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tuai Kontroversi, Seniman Ini Gunakan Darah Haid untuk Melukis

Posted: 05 Oct 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setiap wanita rutin mengalami menstruasi setiap bulannya. Hal ini juga sebagai pertanda bahwa mereka masih aktif dan mampu untuk bereproduksi atau menghasilkan keturunan.

Darah kotor tersebut atau yang biasa disebut dengan darah haid umumnya akan membuat banyak individu jijik. Namun, berbeda dengan wanita bernama Jasmine Alicia Carter.

Bagaimana tidak, Jasmine justru menggunakan darah haid tersebut untuk membuat lukisan. Ya, jika biasanya seniman lain melukis menggunakan cat minyak, Jasmie justru memiliki darah haid.

Melansir dari Now This News, Selasa (6/10/2020), wanita 29 tahun tersebut melakukannya untuk menginspirasi para wanita untuk mencintai tubuh mereka dan tak perlu malu dengan siklus menstruasi yang dialami setiap bulannya.

Memberi kesan yang lebih hidup

foto: @jasminealiciacarter
foto: @jasminealiciacarter

"Darah itu organik dan seperti hal-hal organik lainnya, cat ini memberi kesan hidup yang tidak bisa diberikan oleh cat konvensional lainnya," ujar Jasmie kepada Caters News.

Jasmine rupanya kerap mengunggah proses serta hasil lukisan uniknya tersebut melalui Instagram pribadinya @jasminealiciacarter. Berikut deretan potretnya:

3. Meski menuai kontroversi, Jasmine kerap melakukan hobinya tersebut

 
 
 
View this post on Instagram

I have one word for you when it comes to a woman's monthly cycle… Magic. Periods are highly esoteric. Whatever you are doing in life, period is there to remind you to slow down and dive in the mysterious realms of our wombs. We may put a lot of resistance but she is there telling us to let go. . Today I got completely vacuumed in the sensations of my menstrual phase, and I still have to bleed… I spent the whole day resting. I haven't slept this much in ages, my body was imploring me to rest, so I did. . I found myself grieving today for all the times I was working 9-10 hours at the restaurant or at the pub during my first days of bleeding. I would even have to excuse people for being pale and having my period because I would be distracted, get an order wrong, or I wasn't smiling a lot. . I could literally feel my womb contracting at these thought emerging. And I feel such deep pain for all the women who don't have the privilege of slowing down, because they have their children to maintain, because they have work to go to, because they simply can't stop (or can they?) . So much compassion. Life is sometimes so hard. . Society has developed in such a way that women have no idea about their monthly cycles and about what their own cycle is telling them about themselves. We are raised in a society that values being able to maintain stasis. . Meaning it is considered good if we are not at the mercy of any fluctuation and can instead feel the same way every day and perform the same every day, especially if that performance is productive. . This is so sad. . When we bleed, we can consciously take that opportunity to focus on releasing and on letting go of anything we want to let go of. We can detox and cleanse on an emotional, physical and mental level. We can connect in the most beautiful spaces ever, the divine. . Period blood is imbued with all of your genetic information, which includes memory and strengths and knowledge. It also carries the entire ancestral lineage that created you. . Such an intense homecoming. Difficult to contain the tears when you find home in your womb again. . 🎶 Palden Ranjung ~ Choying Drolma

A post shared by Awaken the Woman in You (@jasminealiciacarter) on

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek 6 Fakta Cara Menekan Penularan Virus Corona Covid-19 di Perkantoran

Posted: 05 Oct 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Perkantoran merupakan salah satu klaster virus corona covid-19 di Indonesia. Hal tersebut dikatakan Ketua tim Pakar dan juru bicara Satuan Tugas Penanganan covid-19 Prof. Wiku Adisasmito pada Agustus lalu.

"Klaster itu disebut klaster apabila terjadi konsentrasi kasus di suatu tempat, dan klaster yang sekarang sedang marak jadi perhatian masyarakat adalah klaster perkantoran," ucap Wiku di situs covid-19.go.id.

Untuk mencegah adanya klaster baru virus corona, satgas penanganan covid-19 sudah berulang kali meminta masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan. Pemakaian masker dan sering mencuci tangan menjadi hal terpenting dalam menekan penyebaran wabah ini.

Mematuhi protokol kesehatan sangatlah penting. Sebab, kasus virus corona covid-19 di Indonesia masih tinggi, pada 5 Oktober 2020, ada 3.622 kasus baru. Total, kasus covid-19 di Tanah Air sudah berada di angka 307 ribu.

Berikut ini, Cek Fakta Liputan6.com memiliki 6 tips menekan penularan virus corona covid-19 di perkantoran, dikutip dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat.

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

1. Tidak Melibatkan Karyawan yang Sakit

Sumber: Unsplash
Sumber: Unsplash

Sebuah perusahaan, di masa pandemi virus corona covid-19, tidak boleh memaksa karyawannya yang sedang sakit untuk bekerja. Kalau ada karyawan yang mengalami demam tinggi, 38 derajat celcius ke atas, perusahaan wajib memintanya untuk tetap berada di rumah hingga pulih 100 persen.

Karyawan juga harus memberi tahu perusahaan kalau dirinya sedang demam dan tidak bekerja. Karyawan tidak boleh memaksakan dirinya untuk pergi ke kantor untuk menghindari hal yang tak diinginkan.

 

2. Pembersihan Rutin

Ilustrasi Menjaga Kebersihan Credit: pexels.com/pixabay
Ilustrasi Menjaga Kebersihan Credit: pexels.com/pixabay

Pihak kantor harus meminta petugas kebersihan lebih rajin membersihkan tempat-tempat yang sering disentuh oleh orang. Tempat itu biasanya ruang rapat, meja, gagang pintu, hingga toilet.

Sementara karyawan juga wajib membersihkan tempat kerjanya tanpa disuruh. Hal-hal kecil yang bisa dibersihkan sendiri seperti remote control, keybord komputer, hingga meja kerjanya sendiri.

 

3. Pemeriksaan Kesehatan Karyawan

ilustrasi Cek Fakta
ilustrasi Cek Fakta

Sebelum seorang pegawai pergi ke kantor, penanggung jawab sebuah perusahaan wajib melakukan pemeriksaan kesehatan. Jika ada yang memiliki gejala seperti covid-19, batuk, pilek, dan demam, karyawan diminta tetap di rumah.

Jika karyawan yang sedang dalam perjalanan ke kantor tiba-tiba mengalami demam, sebaiknya segera hubungi pelayanan kesehatan. Karyawan juga wajib melaporkan kondisi terakhirnya kepada perusahaan. Karyawan yang sakit juga harus mengikuti kebijakan dari perusahaan agar mendapatkan perawatan medis.

 

4. Menempel Poster tentang Covid-19

PT KIEC juga menyediakan banner dan poster mengenai COVID-19 di pintu masuk utama dan papan pengumuman.
PT KIEC juga menyediakan banner dan poster mengenai COVID-19 di pintu masuk utama dan papan pengumuman.

Selama masa pandemi, sebuah perusahaan wajib menempel poster tentang bahaya virus corona covid-19. Poster ini wajib ditempel di tempat strategis, seperti ruang resepsionis, ruang rapat, hingga di kantin.

Selain itu, sebagai seorang pengusaha, Anda juga harus menyediakan tisu dan tempat pembuangan yang bisa dijangkau dengan mudah oleh karyawan. Instruksikan juga karyawan untuk rajin cuci tengan dengan pembersih berbahan dasar alkohol 60 hingga 95 persen. Atau bisa menggunakan air bersih dan sabun selama 20 detik.

 

5. Menggunakan Masker

Ilustrasi Masker (pixabay.com)
Ilustrasi Masker (pixabay.com)

Selama bekerja di kantor, tempat berkumpulnya banyak orang, pemakaian masker sangat wajib dilakukan untuk menekan penularan virus corona covid-19.

Lebih disarankan untuk memakai masker medis selama berada di kantor. Masker bedah atau surgical mask merupakan masker sekali pakai yang umum digunakan. Masker ini mudah ditemukan, harganya terjangkau, dan nyaman dipakai, sehingga banyak orang yang menggunakan masker ini saat beraktivitas sehari-hari.

 

 

6. Pisahkan Karyawan yang Sakit

Ilustrasi Penyakit Credit: pexels.com/pixabay
Ilustrasi Penyakit Credit: pexels.com/pixabay

Jika ada karyawan yang tiba-tiba sakit di kantor, Anda harus memisahkannya dengan pegawai lainnya. Hal ini merupakan cara mencegah virus Corona agar tidak menular ke karyawan lainnya.

Anda juga tidak dianjutkan melakukan kontak jarak dekat dengan karyawan yang tiba-tiba sakit di kantor. Selanjutnya, Anda harus menghubungi pusat pelayanan kesehatan agar karyawan yang sakit bisa mendapat pertolongan dengan cepat.

Selama petugas kesehatan belum datang, karyawan yang sakit harus menggunakan masker. Ini dilakukan sebagai cara mencegah virus Corona agar tidak terluar saat karyawan yang sakit sedang batuk atau bersin. Jika tidak ada masker, karyawan yang sakit harus menggunakan siku atau bahunya sendiri ketika sedang batuk atau bersin.

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

9 Ciri-Ciri Komet, Ketahui Bagian dan Jenis-Jenisnya

Posted: 05 Oct 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Komet merupakan benda luar angkasa yang kerap disebut bintang berekor. Padahal sebenarnya komet ini bukanlah bintang. Hanya cahaya komet saja yang terpancar dari bintang. Ciri-ciri komet yang satu ini memang kerap disalahartikan.

Mengenali ciri-ciri komet bisa dilihat dari bagian yang dimiliki. Mulai dari inti, koma, lapisan hidrogen, dan ekornya. Apalagi komet ini mirip dengan asteroid, membedakan keduanya menjadi lebih sulit tanpa memahami setiap bagiannya.

Bintang jatuh adalah sebutan lain dari komet yang salah kaprah. Sebutan ini muncul karena banyak yang tak mengenali ciri-ciri komet dengan saksama. Meski sebenarnya memang ekor kometlah yang membuatnya nampak seperti bintang jatuh yang indah.

Berikut Liputan6.com ulas ciri-ciri komet dari berbagai sumber, Selasa (6/10/2020).

Ciri-Ciri Komet

Ilustrasi komet | Frank Cone dari Pexels
Ilustrasi komet | Frank Cone dari Pexels

Bukan Bintang

Banyak orang menganggap bahwa komet termasuk bintang, padahal bukan. Ciri-ciri komet yang sebenarnya tidak bisa memancarkan cahayanya sendiri. Justru cahaya yang dipancarkan komet ini berasal dari cahaya bintang.

Komet bisa menghasilkan cahaya bukan dari gesekan bahan komet dan atmosfer bumi. Melainkan dari cahaya bintang, sehingga bisa terlihat seperti bintang berekor.

Memiliki Garis Edar Berbeda

Komet disebut juga dengan gas pijar. Komet pun memiliki garis edar. Garis edar komet tak sejajar, tetapi berbeda-beda. Ciri-ciri komet ini pun memiliki lingkaran garis edarnya lonjong, parabolis, dan hiperbolis.

Es dan Debu

Ciri-ciri komet terbuat dari es dan debu. Lebih tepatnya debu dan gas yang membeku ketika tidak di bawah sinar matahari. Ketika tengah mendekati matahari, komposisi komet menguap, dan membentuk kepala gas serta ekor.

Ciri-Ciri Komet

Ilustrasi komet | Neale LaSalle dari Pexels
Ilustrasi komet | Neale LaSalle dari Pexels

Mengorbit Matahari

Komet memiliki garis edar yang berbeda-beda. Begitu juga ciri-ciri komet ini mengorbit matahari. Ekor komet memendek saat bergerak menjauh dari matahari.

Tepatnya saat perlahan-lahan menggerogoti ekor ketika ingin menjauh dari matahari. Jalur komet berbentuk bulat panjang, lonjong, atau oval. Berbeda dengan planet elips.

Ekor Panjang

Bagi yang kerap melihat bintang jatuh, inilah komet. Ciri-ciri komet yang dianggap bintang jatuh memiliki ekor yang panjang. Ekornya sangat panjang dan bisa mencapai beberapa juta kilometer.

Ekor komet pun bisa menjadi lebih panjang lagi, terutama ketika mendekati matahari. Komet yang terus memanjang terjadi karena komponen komet menguap. Uapan ini membentuk kepala dan ekor gas, hingga membuat ekornya tampak membujur.

Terlihat Ketika Jauh dari Matahari

Melihat komet memang cukup sulit. Komet juga lebih sering terlihat ketika malam hari saja. Hal ini disebabkan karena ciri-ciri komet bisa terlihat saat jauh dari matahari. Bagian yang terlihat adalah inti dari komet. Hampir sepenuhnya terbentuk oleh gas karbon dioksida, metana, air, dan bubuk beku.

Ciri-Ciri Komet

Ilustrasi komet | KID CANDY dari Pexels
Ilustrasi komet | KID CANDY dari Pexels

Bercahaya

Tak hanya terlihat begitu saja. ciri-ciri komet ini bercahaya. Komet sudah pasti bisa terlihat karena cahaya yang dipancarkan dari bintang. Komet tidak bisa memancarkan cahayanya sendiri tanpa bintang. Komet adalah benda langit yang nampak memiliki cahaya karena gesekan atom di udara.

Mirip Asteroid

Asteroid adalah blok bangunan asteroid es dan batu. Begitu juga dengan ciri-ciri komet yang menyerupainya. Bahkan asteroid ini pun sama seperti komet yang bisa mengelilingi matahari.

Ada jutaan asteroid yang mengelilingi matahari. Orbit asteroid di sekitar matahari berbentuk bulat panjang. Saat berada di balik matahari, asteroid berputar dan terkadang jatuh tidak teratur.

Bintang Berekor

Banyak orang menyebut ciri-ciri komet mirip bintang berekor. Wajar saja karena selain terlihat saat bercahaya, komet juga punya ekor yang panjang. Hal inilah yang menjadikan komet nampak seperti bintang berekor.

Ukuran panjangnya bahkan bisa terus bertambah ketika menjauhi matahari. Saat orbit komet mendekati matahari, gas dan cairan komet menguap dan terbakar membentuk seperti ekor.

 

Bagian-Bagian Komet

Komet Neowise di atas monumen batu bersejarah Stonehenge di Salisbury, Inggris. (Declan Deval / NASA)
Komet Neowise di atas monumen batu bersejarah Stonehenge di Salisbury, Inggris. (Declan Deval / NASA)

Inti

Inti dari komet bisa terlihat ketika posisi komet jauh dari matahari. Intinya juga terpadat. Inti komet terbuat dari penguapan bahan es. Bahan ini menguap di gas yang tampaknya brilian.

Koma

Koma merupakan bagian dari komet. Koma dipenuhi kabut. Komet terselubung menutupi inti komet. Disebut dengan area terkonsentrasi karena inti komet terpapar pada uap.

Hidrogen

Terdapat lapisan hidrogen pada bagian komet. Lapisan hidrogen inilah yang mengelilingi koma. Jadi memang lapisan ini tak bisa terlihat mata manusia. Awan pada lapisan ini sangat tebal dan diameternya mencapai 20 juta kilometer.

Ekor

Ekor komet memang bentuknya panjang. Ekor komet terbuat dari gas bercahaya yang muncul ketika komet mendekati matahari. Ekor ini terbentuk ketika terbakar matahari. Ukuran ekor komet bisa mencapai sepuluh kilometer.

Jenis-Jenis Komet

Komet Neowise terlihat dari Stasiun Antariksa Internasional (ISS). (NASA, via Associated Press)
Komet Neowise terlihat dari Stasiun Antariksa Internasional (ISS). (NASA, via Associated Press)

Komet Berekor Panjang

Jenis komet yang pertama adalah komet berekor panjang. Maksudnya, komet berekor panjang merupakan komet yang memiliki garis lintasan sangat jauh melalui daerah-daerah yang sangat dingin di luar angkasa.

Dengan melewati banyak daerah yang dingin, maka komet ini memiliki banyak kesempatan untuk menyerap gas-gas yang ada di sekitarnya. Kemudian ketika mendekati matahari, komet jenis ini akan cenderung melepaskan gas sehingga akan membentuk koma serta ekor komet yang ukurannya sangat panjang.

Komet Berekor Pendek

Jenis komet yang kedua adalah komet berekor pendek. Komet ini memiliki garis lintas yang sangat pendek sehingga kesempatan untuk menyerap gas di sekitar hanya sedikit. Dengan demikian ekor yang terbentuk pada komet pun tidak terlalu panjang.

Komet yang Pernah Terlihat

Foto yang diabadikan pada 22 Juli 2020 ini memperlihatkan Komet Neowise di atas monumen Stonehenge di Wiltshire, Inggris. Fenomena ini cukup langka karena membutuhkan waktu 6.800 tahun lagi untuk dapat kembali mendekati orbit Bumi. (Xinhua/Tim Ireland)
Foto yang diabadikan pada 22 Juli 2020 ini memperlihatkan Komet Neowise di atas monumen Stonehenge di Wiltshire, Inggris. Fenomena ini cukup langka karena membutuhkan waktu 6.800 tahun lagi untuk dapat kembali mendekati orbit Bumi. (Xinhua/Tim Ireland)

Nah itu tadi penjelasan mengenai ciri-ciri komet. Komet merupakan benda langit yang pernah terlihat dari Bumi. Ada beberapa fenomena alam yang begitu menakjubkan, salah satunya saat komet melintas dan membuat pemandangan menjadi sangat indah.

Adapun beberapa komet yang pernah terlihat:

- Komet Halley, merupakan komet yang paling terkenal. Komet ini melintas dekat Bumi secara periodik, yakni terlihat pada setiap 75–76 tahun sekali. Komet ini terakhir kali terlihat pada 1986.

- Komet De Kock-Paraskevopoulos, terlihat pada 1941

- Komet Hale Bopp, terlihat pada 1997

- Komet Ikeya Seki, terlihat pada 1965

- Komet West, terlihat pada  1976

- Komet McNaught, terlihat pada 2007

- Komet Eclipse, terlihat pada 1948

- Komet Kohoutek, terlihat pada 1973

- Komet Bennet, terlihat pada 1970

- Komet Lovejoy C/2011 W3, terlihat pada 2011

- Komet Mellish, terlihat pada 1917

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Universitas Utah Menjelang Debat Cawapres AS

Posted: 05 Oct 2020 11:00 PM PDT

Persiapan untuk debat calon wakil presiden (cawapres) AS di luar Kingsbury Hall, Universitas Utah di Salt Lake City, Senin (5/10/2020). Debat cawapres petahana Mike Pence dan Senator California Kamala Harris akan digelar pada Rabu 7 Oktober. (AP Photo/Patrick Semansky)
Persiapan untuk debat calon wakil presiden (cawapres) AS di luar Kingsbury Hall, Universitas Utah di Salt Lake City, Senin (5/10/2020). Debat cawapres petahana Mike Pence dan Senator California Kamala Harris akan digelar pada Rabu 7 Oktober. (AP Photo/Patrick Semansky)

Persiapan untuk debat calon wakil presiden (cawapres) AS di luar Kingsbury Hall, Universitas Utah di Salt Lake City, Senin (5/10/2020). Debat cawapres petahana Mike Pence dan Senator California Kamala Harris akan digelar pada Rabu 7 Oktober. (AP Photo/Patrick Semansky)

Pekerja memasang spanduk saat persiapan lanjutan untuk debat calon wakil presiden AS di luar Kingsbury Hall, Universitas Utah di Salt Lake City, Senin (5/10/2020). Debat cawapres petahana Mike Pence dan Senator California Kamala Harris akan digelar pada 7 Oktober. (AP Photo/Patrick Semansky)
Pekerja memasang spanduk saat persiapan lanjutan untuk debat calon wakil presiden AS di luar Kingsbury Hall, Universitas Utah di Salt Lake City, Senin (5/10/2020). Debat cawapres petahana Mike Pence dan Senator California Kamala Harris akan digelar pada 7 Oktober. (AP Photo/Patrick Semansky)

Pekerja memasang spanduk saat persiapan lanjutan untuk debat calon wakil presiden AS di luar Kingsbury Hall, Universitas Utah di Salt Lake City, Senin (5/10/2020). Debat cawapres petahana Mike Pence dan Senator California Kamala Harris akan digelar pada 7 Oktober. (AP Photo/Patrick Semansky)

Persiapan untuk debat calon wakil presiden (cawapres) AS di luar Kingsbury Hall, Universitas Utah di Salt Lake City, Senin (5/10/2020). Debat cawapres petahana Mike Pence dan Senator California Kamala Harris akan digelar pada Rabu 7 Oktober. (AP Photo/Patrick Semansky)
Persiapan untuk debat calon wakil presiden (cawapres) AS di luar Kingsbury Hall, Universitas Utah di Salt Lake City, Senin (5/10/2020). Debat cawapres petahana Mike Pence dan Senator California Kamala Harris akan digelar pada Rabu 7 Oktober. (AP Photo/Patrick Semansky)

Persiapan untuk debat calon wakil presiden (cawapres) AS di luar Kingsbury Hall, Universitas Utah di Salt Lake City, Senin (5/10/2020). Debat cawapres petahana Mike Pence dan Senator California Kamala Harris akan digelar pada Rabu 7 Oktober. (AP Photo/Patrick Semansky)

Sebuah penanda diletakkan di luar tempat debat calon wakil presiden AS, Kingsbury Hall, di Universitas Utah di Salt Lake City, Senin (5/10/2020). Debat cawapres petahana Mike Pence dan Senator California Kamala Harris akan digelar pada Rabu 7 Oktober. (AP Photo/Patrick Semansky)
Sebuah penanda diletakkan di luar tempat debat calon wakil presiden AS, Kingsbury Hall, di Universitas Utah di Salt Lake City, Senin (5/10/2020). Debat cawapres petahana Mike Pence dan Senator California Kamala Harris akan digelar pada Rabu 7 Oktober. (AP Photo/Patrick Semansky)

Sebuah penanda diletakkan di luar tempat debat calon wakil presiden AS, Kingsbury Hall, di Universitas Utah di Salt Lake City, Senin (5/10/2020). Debat cawapres petahana Mike Pence dan Senator California Kamala Harris akan digelar pada Rabu 7 Oktober. (AP Photo/Patrick Semansky)

Pekerja mendirikan barikade beton dan pagar sementara di luar kompleks Universitas Utah di Salt Lake City, Senin (5/10/2020). Universitas Utah akan menjadi tuan rumah debat calon wakil presiden petahana Mike Pence dan Senator California Kamala Harris akan digelar pada Rabu 7 Oktober. (Daniel SLIM /
Pekerja mendirikan barikade beton dan pagar sementara di luar kompleks Universitas Utah di Salt Lake City, Senin (5/10/2020). Universitas Utah akan menjadi tuan rumah debat calon wakil presiden petahana Mike Pence dan Senator California Kamala Harris akan digelar pada Rabu 7 Oktober. (Daniel SLIM /

Pekerja mendirikan barikade beton dan pagar sementara di luar kompleks Universitas Utah di Salt Lake City, Senin (5/10/2020). Universitas Utah akan menjadi tuan rumah debat calon wakil presiden petahana Mike Pence dan Senator California Kamala Harris akan digelar pada Rabu 7 Oktober. (Daniel SLIM /

Kingsbury Hall, tempat debat calon wakil presiden AS, terlihat di Universitas Utah di Salt Lake City, Senin (5/10/2020). Universitas Utah akan menjadi tuan rumah debat cawapres petahana Mike Pence dan Senator California Kamala Harris akan digelar pada Rabu 7 Oktober. (Eric BARADAT / AFP)
Kingsbury Hall, tempat debat calon wakil presiden AS, terlihat di Universitas Utah di Salt Lake City, Senin (5/10/2020). Universitas Utah akan menjadi tuan rumah debat cawapres petahana Mike Pence dan Senator California Kamala Harris akan digelar pada Rabu 7 Oktober. (Eric BARADAT / AFP)

Kingsbury Hall, tempat debat calon wakil presiden AS, terlihat di Universitas Utah di Salt Lake City, Senin (5/10/2020). Universitas Utah akan menjadi tuan rumah debat cawapres petahana Mike Pence dan Senator California Kamala Harris akan digelar pada Rabu 7 Oktober. (Eric BARADAT / AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klaster Kondangan Belum Usai Kini Muncul Klaster Piknik di Temanggung, Kok Bisa?

Posted: 05 Oct 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Temanggung - Klaster baru penularan COVID-19 muncul di Kelurahan Parakan Kauman, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, yaitu klaster "piknik" saat penanganan klaster "kondangan" di lokasi yang sama belum selesai.

Bupati Temanggung M Al Khadziq di Temanggung, Senin, mengatakan perkembangan kasus COVID-19 di Temanggung yang paling menonjol di Kecamatan Parakan.

Ia menyampaikan klaster kondangan masih bertambah, tetapi ada klaster baru lagi yang muncul.

Kemarin ada satu rombongan warga Parakan Kauman, Temanggung yang melakukan piknik ke wisata air di Banjarnegara, saat pulang dari wisata air ini ada satu orang yang sakit lalu meninggal dunia dan saat dilakukan tes usap ternyata positif COVID-19.

"Kemudian satu rombongan piknik itu kita tes usap dan ada 9 orang yang terkonfirmasi positif COVID-19," katanya.

Ia menuturkan di Kelurahan Parakan Kauman, Kecamatan Parakan, Temanggung ini sekarang ada dua klaster yang sedang dilakukan pelacakan kontak erat dan ditangani untuk dibawa ke lokasi karantina.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Covid-19 Klaster Pesantren di Temanggung

Ilustrasi gambar SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan Corona COVID-19, diisolasi dari seorang pasien di AS. Diperoleh 27 Februari 2020 milik National Institutes of Health yang diambil dengan mikroskop elektron transmisi.(AFP/National Institutes Of Health)
yang diambil dengan mikroskop elektron transmisi.(AFP/National Institutes Of Health)

Selain di Parakan, katanya, kasus yang menonjol di Kabupaten Temanggung, ada beberapa titik yang sekarang sedang ditangani secara serius, yaitu ada di Kelurahan Walitelon ada suatu kasus yang melibatkan 4 orang positif COVID-19, kemudian juga ada di Kecamatan Kaloran dan Kecamatan Kandangan.

"Selain itu ada satu pondok pesantren yang sudah kita lakukan penanganan. Insya Allah dengan penanganan ini bisa kita bendung penyebaran kasusnya," katanya.

Ia menjelaskan kemarin ada di ponpes di Pare ada 3 santri yang positif COVID-19 tetapi sudah dikarantina dan sudah dilakukan tes usap kepada santri-santri yang lain ternyata tidak menularkan ke yang lain, jadi sudah teratasi kasusnya.

Ia menyampaikan Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Temangung sekarang mulai menerapkan pengetatan lagi dan terus melakukan kampanye-kampanye kepada masyarakat terhadap mereka yang positif dilakukan pelacakan kontak eratnya dan juga yang positif diminta untuk karantina di kabupaten.

"Kalau yang bersangkutan tidak mau karantina di kabupaten dia harus menandatangani surat pernyataan dan harus ada surat kesanggupan dari pihak desa dan juga Satgas Jogotonggo setempat agar yang bersangkutan tidak keluar rumah selama masa karantina," katanya.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Hebat, Teleskop ini Dibuat Menggunakan Cokelat Asli

Posted: 05 Oct 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Teleskop memang biasa digunakan untuk meneropong benda benda angkasa. Tetapi bagaimana jika teleskop itu terbuat dari coklat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Valentino Rossi Belum Kasih Jalan Timnya ke MotoGP

Posted: 05 Oct 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Valentino Rossi mengaku tidak mau buru-buru menaikkan tim pribadinya, Sky Italia VR46 ke MotoGP. Meskipun, tim tersebut sudah mencapai sejumlah prestasi di level Moto2.

"Masih terlalu dini, tetapi di akhir 2021, MotoGP berubah untuk musim 2022 Mungkin, kami bisa berdiskusi untuk membuat tim VR46b di MotoGP. Tetapi sekarang itu masih terlalu cepat," katanya seperti dilansir Crash.

Wacana tersebut mencuat setelah Rossi disinyalir telah berada di tahap akhir kariernya sebagai pembalap MotoGP. Rossi saat ini berusia 40 tahun dan akan pindah ke tim satelit Petronas Yamaha musim depan.

Di samping kegiatannya sebagai pembalap, Rossi juga memiliki tim yang berkompetisi di Moto2. Tak sekadar numpang lewat, tim Sky Italia VR46 garapan Rossi sempat sukses juara di kelas tersebut.

Alhasil, muncul usulan kalau tim itu sudah sanggup untuk membalap di kelas MotoGP dengan sokongan Yamaha. Namun Rossi menegaskan, dirinya belum memikirkan kenaikan kelas timnya saat ini.

"Itu tidak mudah karena struktur organisasinya, di Moto2 atau Moto3 bagus, tetapi MotoGP adalah langkah yang besar. Jujur saja, saya tidak tahu," katanya.

 

Bertandem dengan Yamaha

Pembalap Yamaha, Valentino Rossi saat mengikuti MotoGP Emilia Romagna di Sirkuit Misano. (AP Photo/Antonio Calanni)
Pembalap Yamaha, Valentino Rossi saat mengikuti MotoGP Emilia Romagna di Sirkuit Misano. (AP Photo/Antonio Calanni)

Kendati demikian, Rossi tak menutup kemungkinan timnya bertandem dengan Yamaha di kelas MotoGP. Saat ini, Rossi mengaku telah berdiskusi dengan petinggi tim Yamaha, Lin Jarvis.

"Kalau soal motor, Yamaha, kenapa tidak? Kami telah berbicara dengan Lin, tetapi sebelum kami memutuskan untuk membentuk tim atau apapun, kami terus berlanjut di Moto3 dan Moto2," katanya.

 

Jadwal MotoGP Prancis Akhir Pekan Ini

Jumat (9/10/2020)

14:55 - 15:40: FP1

19:10 - 19:55: FP2

 

Sabtu (10/10/2020)

14:55 - 15:40: FP3

18:30 - 19:00: FP4

19:10 - 19:25: Kualifikasi 1

19:35 - 19:50: Kualifikasi 2

 

Minggu (11/10/2020)

18:00: Balapan

Jadwal Balapan Lainnya

18 Oktober - MotoGP Aragon (Sirkuit Motorland Aragon)

25 Oktober - MotoGP Teruel (Sirkuit Motorland Aragon)

8 November - MotoGP Eropa (Sirkuit Ricardo Tormo)

15 November - MotoGP Comunitat Valenciana (Sirkuit Ricardo Tormo)

22 November - MotoGP Portugal (Sirkuit Portimao)

Saksikan Video MotoGP di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingin Akhiri Hidup, Vanessa Angel Sempat Berniat Terjun dari Hotel

Posted: 05 Oct 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Vanessa Angel saat ini tengah tersandung kasus penyalahgunaan obat-obatan. Vanessa Angel diketahui mengonsumsi obat-obatan terlarang karena memiliki masalah kecemasan.

Apalagi, kala itu Vanessa Angel tidak memiliki tempat untuk ia menumpahkan keluh kesahnya. Sehingga Vanessa Angel mengonsumsi obat terlarang itu sebagai pelarian.

Hal itu disampaikan suami Vanessa Angel, Bibi Ardiansyah pada Senin (5/10/2020).

"Masih, Vanes masih memiliki kecemasan tapi alhamdulillah sekarang (lebih baik), mungkin karena dia sekarang enggak sendiri. Kalau dulu kan enggak ada orangtua, enggak punya sodara, pacar, enggak ada arah tujuannya. Jadi mau enggak mau pelariannya ke situ (obat-obatan)," kata Bibi Ardiansyah.

 

Terjun dari Hotel

(Instagram/vanessaangelofficial)
(Instagram/vanessaangelofficial)

Bahkan, karena gangguan kecemasan itu, sempat terbesit dalam diri Vanessa Angel untuk mengakhiri hidupnya dengan cara terjun dari hotel. Beruntung, niatnya itu urung dilakukan.

"Terakhir dia juga ngambil (obat-obatan terlarang) di Surabaya karena mau bunuh diri. Sebenarnya Vanes turun jam setengah 12 malem itu pengen terjun dari hotel itu," beber Bibi Ardiansyah.

 

Kehadiran Suami dan Anak

Pemotretan baby born anak Vanessa Angel (Sumber: Instagram/wdphotoworks2020)
Pemotretan baby born anak Vanessa Angel (Sumber: Instagram/wdphotoworks2020)

Untungnya saat ini segala kecemasan Vanessa Angel sedikit terobati dengan kehadiran sang suami dan buah hatinya, Gala. Setidaknya, Vanessa Angel bisa menumpahkan keluh kesahnya bersama orang-orang terdekat.

"Ada Gala. Sekarang kalau benar-benar stres kita nyanyi di rumah. Cuma mungkin akhir-akhir ini karena PSBB dan kita di rumah aja, gue bingung mau ngapain lagi. Kita usaha dan berdoa aja terus semoga diberikan yang terbaik sama Tuhan," lanjutnya.

 

Fokus

Kebersamaan Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah Sebelum Putus (sumber:Instagram/ bibliss)
Kebersamaan Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah Sebelum Putus (sumber:Instagram/ bibliss)

Yang pasti, fokusnya saat ini adalah untuk terus membuat sang istri dan anaknya tetap sehat secara fisik dan mentalnya.

"Sekarang fokus (ke) istri dan anak gue, biar gimana mereka harus bareng terus. Biar Vanes juga enggak mikir jauh kayak bunuh diri. Ini curhatan hati gue sebagai seorang bapak. Gue yakin semua bapak-bapak pun bakalan mikir yang sama kayak gue. Mereka akan ngelakuin hal apapun itu demi istri dan anaknya," tutup Bibi Ardiansyah.

 

Simak juga informasi berikut ini:

KONTAK BANTUAN

Bunuh diri bukan jawaban apalagi solusi dari semua permasalahan hidup yang seringkali menghimpit. Bila Anda, teman, saudara, atau keluarga yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit, dilanda depresi dan merasakan dorongan untuk bunuh diri, sangat disarankan menghubungi dokter kesehatan jiwa di fasilitas kesehatan (Puskesmas atau Rumah Sakit) terdekat.

Bisa juga mengunduh aplikasi Sahabatku: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tldigital.sahabatku

Atau hubungi Call Center 24 jam Halo Kemenkes 1500-567 yang melayani berbagai pengaduan, permintaan, dan saran masyarakat.

Anda juga bisa mengirim pesan singkat ke 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat surat elektronik (surel) kontak@kemkes.go.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jadwal Tayang James Bond 'No Time To Die' Kembali Ditunda

Posted: 05 Oct 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jadwal tayang film James Bond 'No Time To Die' harus kembali mengalami penundaan penayangan. Hal ini disebabkan oleh pandemi Covid-19 yang belum juga turun di dunia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sudah Vaksin tapi Kok Masih Kena Campak?

Posted: 05 Oct 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta "Ah sudah vaksin campak tapi tetap aja tuh anak tetangga sebelah kena," begitu salah satu ungkapan sebagian orangtua yang enggan mengimunisasi anaknya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Hubungan Masyarakat Ikatan Dokter Anak Indonesia Hartono Gunadi mengatakan bahwa memang benar anak masih bisa terkena campak.

"Kalau pun kena campak, penyakitnya jauh lebih ringan daripada yang tidak diimunisasi," kata Gunadi dalam diskusi di Forum Merdeka Barat 9 ditulis Senin (5/10/2020).

Gunadi menjelaskan pada anak yang divaksin campak pertama akan memiliki kekebalan 85 persen. Misalnya ada 100 anak yang diimunisasi, yang memiliki kekebalan ada 85 anak, sementara yang 15 lagi perlu imunisasi campak yang kedua untuk mendapatkan kekebalan yang optimal. Maka dari itu, perlu mendapatkan imunisasi campak secara lengkap.

"Dengan imunisasi, penyakit yang dideritanya jauh lebih ringan," tekan Gunadi lagi. 

Tidak Divaksin Campak, Bisa Sebabkan Komplikasi Serius

Campak merupakan penyakit infeksi serius yang sangat menular. Mengutip laman resmi IDAI, penyakit ini ditularkan melalui udara (airborne).

Campak dapat menjadi masalah serius untuk semua kelompok umur. Akan tetapi anak berusia di bawah 5 tahun dan dewasa lebih dari 20 tahun lebih sering mengalami komplikasi. Komplikasi yang sering terjadi adalah infeksi telinga yang dapat menyebabkan gangguan pendengaran, serta diare (1 dari 10 anak).

Beberapa dapat mengalami komplikasi berat berupa pneumonia (1 dari 20 anak) yang merupakan penyebab kematian tersering pada campak, dan ensefalitis (1 dari 1000 anak) yang dapat berakhir dengan kematian. Setiap 1000 anak yang menderita campak, 1 atau 2 diantaranya meninggal dunia.

[INFOGRAFIS] Sepenting Apakah Imunisasi?

Imunisasi merupakan tindakan pencegahan untuk meningkatkan sistem pertahanan tubuh terhadap sejumlah penyakit, perlukah?
Imunisasi merupakan tindakan pencegahan untuk meningkatkan sistem pertahanan tubuh terhadap sejumlah penyakit, perlukah?

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klarifikasi Merdeka.com soal Poin-Poin Omnibus Law

Posted: 05 Oct 2020 10:52 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Situs berita Merdeka.com membuat klarifikasi terkait tudingan hoaks infografis Undang-Undang (UU) Cipta Kerja. Kabar hoaks itu beredar di Grup Whatsapp (WA) pada Selasa (6/10/2020).

Pemimpin Redaksi Merdeka.com, Ramadhian Fadillah menegaskan, infografis tersebut dimuat pada tanggal 18 Februari 2020. Bukan setelah Undang-undang Cipta Kerja diketok oleh DPR pada Senin 5 Oktober 2020.

Infografis tersebut, ujarnya, memuat soal poin-poin RUU Cipta Kerja yang diuraikan oleh KSPI pada Februari lalu itu. Materi yang sama juga dimuat di hampir semua media nasional saat itu. Jadi infografis itu jelas bukan hasil UU Cipta Kerja yang disahkan DPR Senin, 5 Oktober 2020.

Berikut Ini Klarifikasi Merdeka.com Atas Tudingan Hoaks UU Cipta Kerja:

Pagi ini beredar pesan di Grup Whatsapp (WA) yang berjudul 'Waspada Hoaks isi UU Omnibus Law' yang mencatut nama media merdeka.com. Ada beberapa poin dalam pesan berantai itu yang dituding tidak sesuai fakta. Pesan itu merujuk pada infografis yang pernah dibuat merdeka.com soal tuntutan buruh terkait undang-undang tersebut.

Dengan ini redaksi merdeka.com menegaskan bahwa infografis tersebut dimuat pada tanggal 18 Februari 2020. Bukan setelah Undang-undang Cipta Kerja diketok oleh DPR pada Senin 5 Oktober 2020. Artinya, hampir delapan bulan lalu. Saat itu para buruh memang akan menggelar aksi menolak RUU Cipta Kerja di kantor Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia.

Infografis tersebut memuat soal poin-poin RUU Cipta Kerja yang diuraikan oleh KSPI pada Februari lalu itu. Materi yang sama juga dimuat di hampir semua media nasional saat itu. Jadi infografis itu jelas bukan hasil UU Cipta Kerja yang disahkan DPR Senin, 5 Oktober 2020. 

Dari rentang Februari hingga disahkan kemarin, tentu ada beberapa perkembangan dan perubahan yang terjadi, yang selalu diberitakan media massa termasuk merdeka.com. Kami menegaskan tidak pernah menyebarkan hoaks sebagaimana dituduhkan. Tentang berita lama yang disebarkan kembali dan dibubuhi tambahan di sana sini, redaksi tidak ada sangkut-pautnya.

Pembaca dan publik secara umum, bisa menyimak rangkaian pemberitaan atas undang-undang ini di media kami dan menilai bagaimana merdeka.com menjaga independensi sesuai amanat Undang-undang Pers No.40 tahun 1999.

 

Terima kasih,

Ramadhian Fadillah

Pemred Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Simak, Ketentuan Tenaga Kerja Asing di UU Cipta Kerja

Posted: 05 Oct 2020 10:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah mengesahkan Undang-Undang (UU) Cipta Kerja pada Senin (5/10). Namun, sejumlah kalangan masih menyuarakan penolakannya atas kehadiran UU ini. Termasuk dari elemen buruh.

Salah satu yang banyak menjadi sorotan yakni pada Bab IV tentang Ketenagakerjaan. Di mana di dalamnya mengatur mengenai mekanisme Tenaga Kerja Asing (TKA) di Indonesia.

Dikutip merdeka.com, di dalam pasal 42 ayat 1 tentang Ketenagakerjaan mengatur bahwa setiap pemberi kerja yang mempekerjakan tenaga kerja asing, wajib memiliki rencana penggunaan tenaga kerja asing yang disahkan oleh pemerintah pusat.

"Kemudian pemberi kerja orang perseorangan dilarang mempekerjakan tenaga kerja asing," bunyi ayat 2 Pasal 42 tersebut.

Ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat 1 tidak berlaku bagi direksi atau komisaris dengan kepemilikan saham tertentu atau pemegang saham sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan pegawai diplomatik dan konsuler pada kantor perwakilan negara asing.

Selanjutnya ketentuan tersebut juga tidak berlaku bagi tenaga kerja asing yang dibutuhkan oleh pemberi kerja pada jenis kegiatan produksi yang terhenti karena keadaan darurat, vokasi, perusahaan rinntisan startup, kunjungan bisnis, dan penelitian untuk jangka waktu tertentu.

Di dalam ayat 4 pasal 42 UU Cipta Kerja dijelaskan tenaga kerja asing dapat dipekerjakan di Indonesia hanya dalam hubungan kerja untuk jabatan tertentu dan waktu tertentu serta memiliki kompetensi sesuai dengan jabatan yang diduduki.

"Tenaga kerja asing dilarang menduduki jabatan yang mengurusi personalia," bunyi ayat 5.

Adapun mengenai ketentuan mengenai jabatan tertentu dan waktu tertentu sebagaimana dimaksud pada ayat 4 dan ayat 5 diatur dengan Peraturan Pemerintah (PP).

 

Penuhi 3 Syarat

Pekerja berjalan kaki saat jam pulang di kawasan Sudirman, Jakarta, Jumat (7/2/2020). BPJS Ketenagakerjaan yang kini bernama BP Jamsostek menargetkan sekitar 23,5 juta tenaga kerja baru masuk dalam daftar kepesertaan pada 2020. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pekerja berjalan kaki saat jam pulang di kawasan Sudirman, Jakarta, Jumat (7/2/2020). BPJS Ketenagakerjaan yang kini bernama BP Jamsostek menargetkan sekitar 23,5 juta tenaga kerja baru masuk dalam daftar kepesertaan pada 2020. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Kemudian, di dalam pasal 45 ayat 1 dijelaskan juga tenaga kerja asing wajib memenuhi tiga ketentuan. Pertama, menunjuk tenaga kerja warga negara Indonesia sebagai tenaga pendamping tenaga kerja asing yang dipekerjakan untuk alih teknologi dan alih keahlian dari tenaga kerja asing.

Kedua, melaksanakan pendidikan dan pelatihan kerja bagi tenaga kerja Indonesia sebagaimana dimaksud pada ketentuan pertama yang sesuai dengan kualifikasi jabatan yang diduduki oleh tenaga kerja asing. Ketiga, memulangkan tenaga kerja asing ke negara asalnya setelah hubungan kerjanya berakhir.

Ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat 1 pada ketentuan pertama dan kedua tidak berlaku bagi tenaga kerja asing yang menduduki jabatan tertentu.

Dwi Aditya Putra

Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tamansiswa: Disahkannya RUU Cipta Kerja Buat Pendidikan Jadi Komoditi Dagangan

Posted: 05 Oct 2020 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Perkumpulan Keluarga Besar Tamansiswa (PKBTS) Cahyono Agus mengatakan, pihaknya kaget disahkannya RUU Cipta Kerja. Menurut dia, ini menempatkan pendidikan sebagai komoditas untuk diperdagangkan.

Dia menyoroti pada Paragraf 12 pasal 65 RUU Cipta Kerja yang disahkan, di mana menyebutkan mengenai perizinan sektor pendidikan melalui perizinan berusaha.

"Keberadaan pasal ini sama saja dengan menempatkan pendidikan sebagai komoditas yang diperdagangkan untuk mencari keuntungan," kata Cahyono dalam keterangannya, Selasa (6/10/2020).

Menurut dia, keberadaan pasal 65 dalam RUU Cipta Kerja tersebut, sangat bertentangan dengan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

"Sebaiknya pendidikan tidak ditempatkan sebagai komoditas yang diperdagangkan karena hal itu jelas-jelas bertentangan dengan Pembukaan UUD 1945, bahwa salah satu tujuan negara adalah untuk mencerdaskan bangsa, dan pasal 31 UUD 1945 bahwa pendidikan itu hak setiap warga," ungkap Cahyono.

 

Dibawa ke MK

Cahyono mengungkapkan, sebagai bentuk protes berkelanjutan, pihaknya akan membawa ini ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Sebelumnya, insan Tamansiswa juga terlibat aktif dalam menolak UU BHP (Badan Hukum Pendidikan) dan RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional) yang keduanya dibatalkan oleh Mahkamah Konstitusi (MK)," tutup dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lama Vakum, Ini 6 Potret Terbaru Anjani Dina Usai Melahirkan Anak Pertama

Posted: 05 Oct 2020 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kehidupan selebritas Tanah Air sangat menarik untuk diikuti. Seperti kehidupan aktris cantik bernama Anjani Dina. Perempuan kelahiran 25 September 1995 kariernya mulai meroket usai memerankan karakter Ina di film karya Raditya Dika, Marmut Merah Jambu.

Selain Merah Marmut Jambu, Anjani sudah membintangi 5 judul film. Film terakhir yang ia bintangi berjudul Juara pada 2016. Anjani Dina sudah lama tak akting film selama 4 tahun. Selain terkenal sebagai bintang film, ia juga kerap tampil di FTV SCTV seperti berjudul Gula-Gula Bikin Gila Cinta yang ditayangkan kembali pada Minggu (4/10/2020).

Terkait asmara, Anjani Dina menikah dengan pria bernama Ezar Alkafia pada 27 Oktober 2019. Setahun berselang tepatnya pada 10 Agustus 2020, keduanya dikaruniai buah hati berjenis kelamin perempuan yang diberi nama Arabela. 

Penasaran kan bagaimana potret Anjani Dina setelah melahirkan anak pertama? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, potret Anjani Dina yang semakin chubby, Selasa (6/10/2020).

1. Ini dia potret terbaru Anjani Dina usai melahirkan pada 10 Agustus 2020 lalu.

Lama Vakum, Ini 6 Potret Terbaru Anjani Dina Usai Melahirkan Anak Pertama (sumber: Instagram.com/anjanidinavdw)
Lama Vakum, Ini 6 Potret Terbaru Anjani Dina Usai Melahirkan Anak Pertama (sumber: Instagram.com/anjanidinavdw)

2. Perubahan bentuk wajah pun terlihat usai melahirkan, ia terlihat lebih chubby.

Lama Vakum, Ini 6 Potret Terbaru Anjani Dina Usai Melahirkan Anak Pertama (sumber: Instagram.com/anjanidinavdw)
Lama Vakum, Ini 6 Potret Terbaru Anjani Dina Usai Melahirkan Anak Pertama (sumber: Instagram.com/anjanidinavdw)

3. Perubahan wajah Anjani Dina tersebut termasuk hal wajar bagi ibu hamil yang naik badan secara drastis.

Lama Vakum, Ini 6 Potret Terbaru Anjani Dina Usai Melahirkan Anak Pertama (sumber: Instagram.com/anjanidinavdw)
Lama Vakum, Ini 6 Potret Terbaru Anjani Dina Usai Melahirkan Anak Pertama (sumber: Instagram.com/anjanidinavdw)

4. Kehadiran baby Arabela menyempurnakan kehidupan bahtera rumah tangga Anjani dengan Ezar.

Lama Vakum, Ini 6 Potret Terbaru Anjani Dina Usai Melahirkan Anak Pertama (sumber: Instagram.com/anjanidinavdw)
Lama Vakum, Ini 6 Potret Terbaru Anjani Dina Usai Melahirkan Anak Pertama (sumber: Instagram.com/anjanidinavdw)

5. Meski pipi semakin chubby, namun aura kecantikan ibu satu anak ini tetap terpancarkan.

Lama Vakum, Ini 6 Potret Terbaru Anjani Dina Usai Melahirkan Anak Pertama (sumber: Instagram.com/anjanidinavdw)
Lama Vakum, Ini 6 Potret Terbaru Anjani Dina Usai Melahirkan Anak Pertama (sumber: Instagram.com/anjanidinavdw)

6. Kini ia tak bisa jauh-jauh dari buah hati dengan selalu menemani baby Arabela setiap saat.

Lama Vakum, Ini 6 Potret Terbaru Anjani Dina Usai Melahirkan Anak Pertama (sumber: Instagram.com/anjanidinavdw)
Lama Vakum, Ini 6 Potret Terbaru Anjani Dina Usai Melahirkan Anak Pertama (sumber: Instagram.com/anjanidinavdw)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fitur Instagram Shopping Akhirnya Meluncur di Indonesia

Posted: 05 Oct 2020 10:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Instagram akhirnya merilis fitur Instagram Shopping di Indonesia. Fitur ini sedang dirilis secara bertahap.

Melalui fitur ini, pelaku bisnis bisa mencantumkan label produk termasuk harganya pada unggahan di feed, Story, dan IGTV. Peluncuran fitur ini merupakan bagian komitmen Instagram dalam mendukung UMKM beradaptasi dengan transformasi digital, dan membantu mereka untuk turut mendorong perekonomian digital Indonesia.

Saat seseorang mengetuk label pada unggahan atau stiker produk, dia akan diarahkan ke halaman deskripsi produk yang berisi gambar, deskripsi, serta harga produk, dan tautan yang mengarahkannya langsung ke situs web akun bisnis tersebut. Setelah itu, pengguna Instagram bisa langsung membeli produk bersangkutan di situs web itu.

"Kami ingin membantu interaksi antara pebisnis, kreator, dan pengguna terjalin dengan mudah. Oleh sebab itu, kami merilis Instagram Shopping untuk seluruh akun bisnis dan kreator di Indonesia, dan peluncurannya dilakukan secara bertahap," kata Country Director Facebook di Indonesia, Pieter Lydian, dalam acara peluncuran Instagram Shopping secara virtual pada Selasa (6/10/2020).

Pieter menjelaskan bahwa transaksi yang terjadi melalui fitur tersebut tidak dilakukan di dalam platform Facebook maupun Instagram. Melainkan di situs web langsung milik akun bisnis atau kreator.

"Transaksi tidak di atas platform Facebook dan Instagram. Namun, di pemilik bisnis itu, di bawa ke situs web mereka," tuturnya.

 

Syarat Penggunaan Instagram Shopping

Menurut Pieter, pihaknya berusaha untuk memastikan fitur tersebut tidak disalahgunakan. Hal ini dilakukan agar konsumen tidak tertipu oleh akun-akun palsu.

Pemilik akun bisnis dan kreator tidak akan begitu saja bisa menggunakan fitur tersebut. Akun yang bersangkutan harus menghubungkan fitur Instagram Shopping ke situs web resmi.

"Kami memperbaui regulasi kami terkait Instagram Shopping, yaitu harus menghubungkan fitur ini ke situs web mereka sendiri. Setelah itu kami akan kaji," jelas Pieter.

Ia pun menekankan, Instagram akan terus mengedukasi pengguna soal keamanan. Pengguna diimbau untuk secara aktif mengetahui akun-akun penipuan dan penting mengetahui rekam jejaknya. Akun semacam itu biasanya sering berganti nama.

 

Tak Ada Minimal Follower

Communication Manager Instagram untuk Asia Pasifik, Putri Silalahi, menambahkan tidak ada persyaratan mengenai jumlah follower untuk bisa menggunakan fitur Instagram Shopping. Fitur ini hadir untuk pemilik akun bisnis, dan juga kreator.

"Tidak ada minimum jumlah follower untuk fitur ini," katanya.

Instagram Shopping sudah bisa ditemukan di beberapa akun bisnis di Indonesia, seperti BLP Beauty dan Men's Republic. Keberadaan Instagram Shopping bisa diketahui dengan adanya ikon tas belanja di profil.

Setelah mengklik ikon tersebut, pengguna akan melihat katalog berisi produk dan harganya.

Unggahan di feed dengan fitur Instagram Shopping juga ditandai dengan ikon tersebut. Ketika ikon tersebut diklik, maka pengguna akan disuguhkan dengan informasi yang sama.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wamenkeu Bersyukur DPR Sahkan UU Cipta Kerja

Posted: 05 Oct 2020 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara mengatakan, pemerintah berkomitmen untuk terus mendukung UMM dan dunia usaha pasca wabah pandemi Covid-19.

Program-program itu butuh dukungan kebijakan lain untuk saling bersinergi menguatkan. Dia pun bersyukur DPR RI telah mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law Cipta Kerja menjadi Undang-Undang (UU) pada rapat paripurna Senin, 5 Oktober 2020 kemarin.

"Kita membutuhkan dunia usaha yang berkembang, dunia usaha yang bergerak, dan kita bersyukur bahwa kemarin telah ditetapkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dalam rapat paripurnanya yang kita sebut dengan Omnibus Law UU Cipta Kerja," kata Suahasil dalam Indonesia Knowledge Forum (IKF) 2020 yang digelar virtual, Selasa (6/10/2020).

Suahasil menilai, UU Cipta Kerja bakal menyederhanakan, menyelaraskan dan banyak memangkas peraturan-peraturan. Dengan begitu, ia berharap hal tersebut akan menyediakan lebih banyak investasi untuk dunia usaha hingga menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar.

"Jadi Undang-Undangnya adalah mengenai yang ujungnya adalah cipta kerja, menciptakan lapangan pekerjaan untuk Indonesia, dunia usaha yang bekerja untuk Indonesia, bekerja untuk melakukan penyerapan tenaga kerja," ujarnya.

Selain itu, ia menyampaikan UU Cipta Kerja yang telah diputuskan sebentar lagi bakal diedarkan. Suahasil menyatakan, pemerintah akan fokus dalam operasionalisasi aturan tersebut untuk bisa mencapai tujuan utamanya dalam menarik investasi dan membuka lapangan kerja.

"Kami di pemerintah tugasnya adalah menyelesaikan seluruh peraturan yang dibutuhkan untuk mengoperasionalkan. Bukan menambah peraturan baru, tapi mengoperasionalkan yang simpel ini, supaya dia betul-betul berjalan dengan lebih baik," tutur dia.

"Kita juga mengharapkan dengan Omnibus Cipta Kerja ini maka dunia usaha akan bergerak, dan penciptaan tenaga kerja akan banyak. Ini menjadi PR kita semua," tandasnya.

Bukan Tarik Investasi, Omnibus Law UU Cipta Kerja Justru Buka Peluang Eksploitasi

Wakil Pimpinan DPR Azis Syamsuddin (kiri) mengesahkan RUU Omnibus Law Cipta Kerja menjadi UU disaksikan Ketua DPR Puan Maharani (kedua kiri), Wakil Pimpinan DPR Sufmi Dasco Ahmad (kedua kanan) dan Rachmad Gobel saat Rapat Paripurna di Kompleks Parlemen, Jakarta (5/10/2020). (Liputan6.com/JohanTallo)
Wakil Pimpinan DPR Azis Syamsuddin (kiri) mengesahkan RUU Omnibus Law Cipta Kerja menjadi UU disaksikan Ketua DPR Puan Maharani (kedua kiri), Wakil Pimpinan DPR Sufmi Dasco Ahmad (kedua kanan) dan Rachmad Gobel saat Rapat Paripurna di Kompleks Parlemen, Jakarta (5/10/2020). (Liputan6.com/JohanTallo)

Sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Cipta Kerja menjadi Undang-Undang pada Senin kemarin. Omnibus Law UU Cipta Kerja ini dimaksudkan untuk menopang ekonomi Indonesia melalui investasi.

Namun, Sejumlah ekonom justru mengatakan sebaliknya. Alih-alih menjadi ladang investasi untuk menimba untung sebesar-besarnya, Executive Director at Indonesia Economic Action Institution, Ronny P. Sasmita menilai Indonesia hanya akan menjadi sasaran eksploitasi bagi negara besar.

 

"Bagi China, melalui UU ini Indonesia akan dengan mudah menjadi lahan eksploitasi segala jenis sumber daya alam yang akan menopang semakin meraknya industrialisasi di China. Mulai dari batu bara, bijih besi, sampai Nikel. Jadi investor yang akan datang dari China, akan sangat terkait dengan kepentingan untuk menjaga kedigdayaan China dalam supply chain dunia, bukan untuk membuat Indonesia menerima manfaat sebesar-besarnya," kata dia kepada Liputan6.com, Selasa (6/10/2020).

Hal ini, lanjut Ronny, diperparah dengan kondisi politik Indonesia yang menurutnya tidak jelas. Sementara investor dari negara besar lainnya seperti AS, sangat sensitif terhadap isu politik dan geopolitik negara di mana mereka akan berinvestasi.

"Nah, terkait posisi Indonesia yang kurang jelas dalam konstelasi perang dagang, baik soal Huawei, Tiktok, dan Wechat, soal Uighur, soal Hong Kong, soal Taiwan, soal Laut China Selatan, dan lainya. Maka sudah bisa diperkirakan bahwa Indonesia belum akan menjadi prioritas dalam perpindahan investasi Amerika dari China," kata dia.

Dalam kesempatan yang berbeda, Ekonom Indef, Bhima Yudhistira Adhinegara mengutarakan hal serupa. Ia menilai, Omnibus Law UU Cipta Kerja ini tidak lantas membuat tren investasi meningkat secara signifikan. Terlebih saat ini Indonesia berada dalam ambang resesi. Dimana situasi ekonomi mengalami ketidakpastian, baik dari dalam maupun luar negeri.

Juga pencabutan sejumlah hak pekerja dalam Omnibus Law UU Cipta Kerja ini, dapat mempengaruhi persepsi investor khususnya dari negara maju, terhadap Indonesia. Sebab, di negara maju sangat menjujung tinggi hak pekerja.

"Bahkan dengan dicabutnya hak hak pekerja dalam omnibus law, tidak menutup kemungkinan persepsi investor khususnya negara maju jadi negatif terhadap indonesia. Investor di negara maju sangat menjunjung fair labour practice dan decent work dimana hak hak buruh sangat dihargai bukan sebaliknya menurunkan hak buruh berarti bertentangan dengan prinsip negara maju," jelas Bhima.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

13 Tahun Berlalu, Pemeran Coffee Prince Reuni dalam Sebuah Film Dokumenter

Posted: 05 Oct 2020 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jangan ngaku pencinta drakor kalau nggak tahu drama Korea lawas yang satu ini. Yup, Coffee Prince. Setelah 13 tahun berlalu, serial yang dibintangi Gong Yoo, Yoon Eun Hye, dan Lee Sun Gyun itu kembali dalam sebuah dokumenter bertajuk My Dear Youth – Coffee Prince.

Dalam tayangan besutan MBC tersebut, Gong Yoo dan para pemain lainnya terlihat kembali mengujungi kafe yang digunakan sebagai tempat syuting drama Coffee Prince. Mereka tampak berbagi kesan dan cerita tentang yang pernah dialaminya kala itu. 

Ekspresi terkejut pun terlihat dari masing-masing pemain karena sudah lama tidak bertemu. Apalagi saat Gong Yoo bertemu dengan lawan mainnya, yakni Yoon Eun Hye.

"Kamu terlihat sama persis, tak ada yang berubah," ujar keduanya kompak, seperti dilansir Soompi.

Kendati demikian, Gong Yoo mengungkapkan jika awalnya ia ragu untuk bergabung dengan film dokumenter Coffee Prince ini. Pasalnya, aktor 41 tahun tersebut takut jika kenangan terdahulunya akan tempat itu telah banyak berubah.

Drama Korea Coffee Prince

Coffee Prince bisa dibilang sebagai salah satu drakor legendaris. Dirilis pada 2007 silam, serial drama ini bercerita tentang seorang gadis bernama Go Eun Chan (Yoon Eun Hye) yang menyamar sebagai laki-laki. Hal tersebut ia lakukan demi mendapat pekerjaan di kedai kopi milik Choi Han Kyul (Gong Yoo).

Kedai bernama Coffee Prince itu merupakan usaha keluarga yang dikelola Han Kyul yang karena nyaris bangkut. Lantas, Han Kyul yang terkecoh dengan penampilan Eun Chan pun sengaja merekrutnya supaya menarik pelanggan wanita untuk datang.

Tak hanya itu, Han Kyul juga meminta Eun Chan untuk menjadi kekasih prianya agar terhindar dari perjodohan yang dilakukan sang nenek. Namun, lambat laun identitas Eun Chan sebagai perempuan akhirnya terbongkar.

Bagi penggemar drama Korea yang ingin melihat seperti apa chemistry antara Gong Yoo dan Yoon Eun Hye, bisa nonton drama Korea Coffee Prince yang kini hadir di platform streaming Vidio.

Jangan lupa juga untuk download aplikasi Vidio dan berlangganan paket Vidio Premier, supaya dapat menyaksikan film, dram Korea, dan tayangan olahraga favorit lainnya.

Saksikan video pilihan berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bedanya Donald Trump dan Melania Saat Dinyatakan Positif COVID-19

Posted: 05 Oct 2020 10:36 PM PDT

Liputan6.com, Washington - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump sudah kembali ke Gedung Putih setelah diperbolehkan meninggalkan rumah sakit setelah menjalani perawatan beberapa hari akibat positif COVID-19. 

Namun, belum lama menginjakkan kaki di Gedung Putih, Donald Trump berulah dengan melepas masker padahal dirinya masih terjangkit Corona. Alhasil, kritikan tajam datang dari banyak pihak lantaran Trump melakukan beberapa hal yang dinilai membahayakan kesehatan orang lain.

Berbeda dengan sang suami, ibu negara AS Melania Trump yang juga positif COVID-19, dikabarkan media setempat tidak keluar dari isolasinya.

Dikutip dari Business Insider pada Selasa (6/10/2020), seorang pejabat Gedung Putih mengatakan kepada NBC News bahwa ia khawatir akan menularkan penyakit tersebut ke petugas Secret Service yang menjaganya.

Seorang pejabat anonim juga mengatakan hal yang sama kepada Kate Bennett dari CNN.

"Melania sadar akan bahaya COVID-19. Memaparkan orang lain secara potensial bukanlah risiko yang akan dia ambil," kata pejabat tersebut seperti dikutip dari Vanity Fair.

Tindakan jauh berbeda dari Melania diperlihatkan oleh Donald Trump. Pada Minggu waktu setempat, ia sempat mengadakan iring-iringan di luar Walter Reed National Military Medical Center untuk memberikan salam pada pendukungnya meski hanya dari dalam mobil yang tertutup.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Kembali ke Gedung Putih

Presiden AS Donald Trump kembali ke Gedung Putih usai dirawat di RS Walter Reed. Ia masih positif COVID-19. Dok: AP Photo
Reed. Ia masih positif COVID-19.

"Ini kegilaan," kata dokter James P. Phillips dari Walter Reed yang juga mengkritik Trump dalam menangani pandemi. "Setiap orang dalam kendaraan selama 'drive-by' presiden yang sama sekali tidak perlu itu sekarang harus dikarantina selama 14 hari," ujarnya dikutip dari AP News.

Phillips mengatakan, mereka berpotensi sakit atau bahkan meninggal dunia hanya untuk "teater politik" yang diperintahkan oleh Trump.

Terkait hal ini, juru bicara Gedung Putih mengatakan bahwa aksi tersebut telah disetujui oleh tim medis dan aman untuk dilakukan.

Senin malam waktu setempat, Trump kembali membuat was-was para pakar penyakit menular usai ia kembali ke Gedung Putih tanpa mengenakan masker. Hal ini pun kembali memicu kontroversi.

"Jangan takut akan itu (virus corona)," kata Trump dalam pesan video dari Gedung Putih. "Anda tahu kita akan mengalahkannya. Kita memiliki peralatan medis terbaik, kita memiliki obat-obatan terbaik."

Sementara itu, Melania belum bersuara mengenai apa yang dilakukan Donald Trump. Hanya pada hari Senin kemarin, ia menulis di Twitter bahwa ia merasa baik dan akan melanjutkan istirahat di rumah.

"Keluarga saya berterima kasih atas semua doa dan dukungan. Saua merasa lebih baik dan akan melanjutkan istirahat di rumah. Terima kasih kepada staf medis dan pengsuh dimana pun, dan doa saya berlanjut untuk mereka yang sakit atau anggota keluarga yang terdampak virus," kata Melania.

Infografis Donald Trump Jadi Klaster Super Covid-19?

Infografis Donald Trump Jadi Klaster Super Covid-19? (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Donald Trump Jadi Klaster Super Covid-19? (Liputan6.com/Abdillah)

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fall Guys Season 2 Segera Hadir, Ada Konten Baru Apa Saja?

Posted: 05 Oct 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Fall Guys, gim buatan Mediatonic berhasil menjadi salah satu gim battle royale terpopuler sejak meluncur di platform PC Windows dan PlayStation 4 (PS4).

Saking populernya gim tersebut, pengembang pun langsung bersiap untuk meluncurkan update-an atau Season teranyar untuk gim Fall Guys.

Yup, seperti Fortnite, Call of Duty: Warzone, PUBG atau gim multiplayer lainnya, Fall Guys juga mengusung konsep Season atau musiman.

Lalu kapan Fall Guys Season 2 akan digelar? Melalui akun Twitter-nya, musim baru gim battle royale ini akan hadir pada 8 Oktober 2020.

Pada Season 2, Mediatonic selaku pengembang juga sudah mempersiapkan berbagai konten seru dan menarik yang diklaim akan memuaskan pemain setianya.

Apa saja konten baru di Fall Guys Season 2? Berdasarkan video singkat yang di-post oleh perusahaan, Season 2 akan mengusung tema abad pertengahan. Demikian yang dikutip dari Inverse, Selasa (6/10/2020).

 

Konten Baru di Fall Guys Season 2

Sesuai dengan tema, musim kedua Fall Guys ini akan menghadirkan sejumlah stage dan kostum baru yang dapat dipakai gamer saat bermain.

Bicara tentang kostum, Mediatonic akan menyertakan sejumlah pilihan mulai dari Vikings, penyihir, naga, ksatria, hingga putri kerajaan.

Pengembang juga memoles tampilan UI, dengan bagian antarmuka baru yang memungkinkan pemain dapat menyesuaikan banner, ikon, dan nama mereka di dalam gim.

Berantas Cheater, Fall Guys Akan Pakai Program Khusus

Tak ingin merusak pengalaman bermain gim kompetitif ini oleh pemain yang berbuat curang, pengembang berencana untuk membasmi cheater di Fall Guys.

Dikutip dari akun Twitter pengembang, Selasa (8/9/2020), pengembang akan meningkatkan sistem deteksi cheat di Fall Guys.

Selain itu, pengembang juga akan menambah program anti-cheat yang dipakai gim Fortnite ke dalam Fall Guys.

(Ysl/Why)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingin Tahu Soal Aturan Pesangon dalam UU Cipta Kerja? Ini Detailnya

Posted: 05 Oct 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - DPR telah mengesahkan Omnibus Law UU Cipta Kerja pada Senin kemarin. Undang-undang sapu jagad ini mengatur berbagai hal yang terangkum dalam 15 bab  dan 186 pasal. Salah satu di dalamnya menyangkut hak pesangon bagi pekerja yang terdampak pemutusan hubungan kerja (PHK).

Aturan soal pesangon dalam UU Cipta Kerja ini mendapatkan penolakan keras dari sejumlah buruh. Sebab, jumlah pesangon yang tertuang di dalam UU Cipta Kerja berkurang dari sebelumnya yang dijanjikan oleh pemerintah.

Berdasarkan undang-undang yang baru, besaran pesangon diberikan maksimal 25 kali upah dengan skema pembayaran 19 kali oleh perusahaan dan enam kali oleh pemerintah.

Besaran pesangon ini lebih rendah dari jumlah yang dibahas pemerintah dan DPR pada rapat 3 Oktober lalu. Pesangon rencananya tetap dibayarkan penuh sebanyak 32 kali. Hanya, skemanya diubah dari yang semula dibayar penuh oleh perusahaan menjadi 23 kali dibayar perusahaan dan sembilan kali dibayar pemerintah.

Berikut bunyi lengkap Pasal 156 tentang pesangon di UU Cipta Kerja yang baru disahkan :

(1) Dalam hal terjadi pemutusan hubungan kerja, pengusaha wajib membayar uang pesangon dan/atau uang penghargaan masa kerja dan uang penggantian hak yang seharusnya diterima.

(2) Uang pesangon sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diberikan paling banyak sesuai ketentuan sebagai berikut:

a. masa kerja kurang dari 1 (satu) tahun, 1 (satu) bulan upah;

b. masa kerja 1 (satu) tahun atau lebih tetapi kurang dari 2 (dua) tahun, 2 (dua) bulan upah;

c. masa kerja 2 (dua) tahun atau lebih tetapi kurang dari 3 (tiga) tahun, 3 (tiga) bulan upah;

d. masa kerja 3 (tiga) tahun atau lebih tetapi kurang dari 4 (empat) tahun, 4 (empat) bulan upah;

e. masa kerja 4 (empat) tahun atau lebih tetapi kurang dari 5 (lima) tahun, 5 (lima) bulan upah;

f. masa kerja 5 (lima) tahun atau lebih, tetapi kurang dari 6 (enam) tahun, 6 (enam) bulan upah;

g. masa kerja 6 (enam) tahun atau lebih tetapi kurang dari 7 (tujuh) tahun, 7 (tujuh) bulan upah;

h. masa kerja 7 (tujuh) tahun atau lebih tetapi kurang 444 dari 8 (delapan) tahun, 8 (delapan) bulan upah;

i. masa kerja 8 (delapan) tahun atau lebih, 9 (sembilan) bulan upah.

(3) Uang penghargaan masa kerja sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diberikan paling banyak sesuai ketentuan sebagai berikut:

a. masa kerja 3 (tiga) tahun atau lebih tetapi kurang dari 6 (enam) tahun, 2 (dua) bulan upah;

b. masa kerja 6 (enam) tahun atau lebih tetapi kurang dari 9 (sembilan) tahun, 3 (tiga) bulan upah;

c. masa kerja 9 (sembilan) tahun atau lebih tetapi kurang dari 12 (dua belas) tahun, 4 (empat) bulanupah;

d. masa kerja 12 (duabelas) tahun atau lebih tetapi kurang dari 15 (lima belas) tahun, 5 (lima) bulanupah;

e. masa kerja 15 (lima belas) tahun atau lebih tetapi kurang dari 18 (delapan belas) tahun, 6 (enam) bulan upah;

f. masa kerja 18 (delapan belas) tahun atau lebih tetapi kurang dari 21 (dua puluh satu) tahun, 7 (tujuh)bulan upah;

g. masa kerja 21 (dua puluh satu) tahun atau lebih tetapi kurang dari 24 (dua puluh empat) tahun, 8 (delapan) bulan upah;

h. masa kerja 24 (dua puluh empat) tahun atau lebih, 10 (sepuluh) bulan upah.

(4) Uang penggantian hak yang seharusnya diterima sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi:

a. cuti tahunan yang belum diambil dan belum gugur;

b. biaya atau ongkos pulang untuk pekerja/buruh dan keluarganya ke tempat di mana pekerja/buruhditerima bekerja;

c. hal-hal lain yang ditetapkan dalam perjanjian kerja, peraturan perusahaan atau perjanjian kerjabersama.

(5) Ketentuan lebih lanjut mengenai pemberian uang pesangon, uang penghargaan masa kerja, dan uang penggantian hak sebagaimana dimaksud pada ayat (2), ayat (3), dan ayat (4) diatur dengan Peraturan Pemerintah.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Pemotongan Pesangon dalam UU Cipta Kerja Untungkan Semua Pihak, Benarkah?

Wakil Pimpinan DPR Azis Syamsuddin (kiri) mengesahkan RUU Omnibus Law Cipta Kerja menjadi UU disaksikan Ketua DPR Puan Maharani (kedua kiri), Wakil Pimpinan DPR Sufmi Dasco Ahmad (kedua kanan) dan Rachmad Gobel saat Rapat Paripurna di Kompleks Parlemen, Jakarta (5/10/2020). (Liputan6.com/JohanTallo)
Wakil Pimpinan DPR Azis Syamsuddin (kiri) mengesahkan RUU Omnibus Law Cipta Kerja menjadi UU disaksikan Ketua DPR Puan Maharani (kedua kiri), Wakil Pimpinan DPR Sufmi Dasco Ahmad (kedua kanan) dan Rachmad Gobel saat Rapat Paripurna di Kompleks Parlemen, Jakarta (5/10/2020). (Liputan6.com/JohanTallo)

Sebelumnya, Sekretaris Eksekutif I Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) Raden Pardede mengatakan bahwa pengurangan pesangon bagi tenaga kerja dari 32 kali menjadi 25 kali dalam Undang-Undang Cipta Kerja (UU Cipta Kerja) merupakan jalan tengah. 

Menurut dia, pemotongan pesangon dalam UU Cipta Kerja menjadi jalan tengah antara kepentingan pengusaha dan pekerja atau buruh. Mengingat nilai pesangon bagi pekerja di Indonesia termasuk tinggi di dunia.

 

"Pemotongan pesangon dari 32 kali mungkin menjadi 25 kali, apa itu seperti menjadi kerugian buat pekerja? mungkin iya. Tapi, kita termasuk paling tinggi dalam pesangon dibandingkan negara lain. Oleh Karena itu, kita cari jalan tengah untuk meringankan beban pengusaha," kata dia dalam Media Discussion bersama Sekretariat Komite PC-PEN, terkait 'Daya Beli Masyarakat di tengah Pandemi Covid-19', Senin (5/10/2020).

Pardede menilai keputusan untuk melakukan pemangkasan pemberian pesangon menjadi 25 kali juga dinilai masih menguntungkan bagi buruh. Mengingat pemerintah juga tetap berkomitmen untuk menyalurkan berbagai bantuan sosial bagi masyarakat, termasuk buruh yang terdampak pandemi Covid-19.

"Bansos sekarang ini juga ada BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan untuk subsidi gaji, dan bansos lainnya yang akan terus dinaikkan untuk menjadi bantalan sosial. Sekalipun nanti orang tidak bekerja dan berkurang pesangonya masih ada bansos," jelas dia.

Terlebih, dia mengklaim pemerintah tetap berada diposisi netral. Sehingga kebijakan yang diambil bersifat win-win solution atu menguntungkan kedua belah pihak

"Jadi, kita tidak bermaksud dari ekstrimisme kiri ke kanan Kita ingin win-win solution. Pemerintah juga akan memperkuat jaminan sosial," tuturnya.

Oleh karena itu, dia berharap UU Cipta Kerja dapat menjadi solusi untuk menyelesaikan permasalahan ketenagakerjaan di Indonesia. "Disamping itu, maka investor akan pulih kepercayaan nya. Sehingga mau belanja da berinvestasi di tahun 2021 mendatang," tukasnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Arti Mimpi Ular Menurut Islam, Dipercaya Berikan Pertanda Baik

Posted: 05 Oct 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Arti mimpi ular dipercaya tak hanya sekadar bunga tidur. Tentunya terdapat pertanda dan makna di balik arti mimpi ular. Mimpi merupakan cerita atau gambaran yang dibuat pikiran saat sedang tidur. Mimpi bisa berisi sesuatu yang menghibur, menyenangkan, romantis, mengganggu, menakutkan, dan terkadang aneh.

Meski terkadang setelah bangun tidur mimpi terlupakan, namun terkadang beberapa mimpi juga kerap terngiang-ngiang dalam ingatan dan menimbulkan pertanyaan. Tak jarang ketika sudah kembali mengingat tentang mimpi, seseorang mencari tahu tentang arti di balik mimpi tersebut.

Beberapa di antara kita tentunya pernah mimpi ular, arti mimpi ular ini tak jarang membuat penasaran. Meski kebanyakan tak dapat dijelaskan secara ilmiah, arti ular terkadang bisa memberi sugesti seseorang. 

Banyak yang menjelaskan tentang arti mimpi ular ini, salah satunya menurut islam. Seperti yang telah diajarkan dalam agama, mimpi dipercaya bisa membawa kabar baik maupun kabar buruk.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang arti mimpi ular menurut islam yang dipercaya bisa membawa kabar baik maupun buruk, Selasa (6/10/2020).

Arti Mimpi Ular Menurut Islam

Ilustrasi ular. (iStockphoto)
Ilustrasi ular. (iStockphoto)

Arti mimpi ular dipercaya menimbulkan banyak pertanda. Tak hanya positif namun juga bisa menjadi pertanda negatif. Namun kamu tak perlu khawatir dengan arti mimpi ular tersebut, pada kenyataannya, baik berarti buruk atau baik semuanya mempunyai pesan-pesan tertentu. 

1. Arti Mimpi Digigit Ular

Arti mimpi digigit ular ini merupakan mimpi yang sering terjadi dan kerap membawa ketakutan. Ketika seseorang bermimpi digigit ular, biasanya akan langsung bangun karena mimpi ini sedikit mengagetkan dan menakutkan. Namun arti mimpi ular satu ini akan membuat anda senang dan bahagia.

Arti mimpi digigit ular ini dipercaya memberikan pertanda bahwa kamu akan mendapatkan pasangan, jika kamu masih single atau belum punya pasangan. Namun jika kamu sudah memiliki pasangan, arti mimpi ular satu ini memberikan pertanda bahwa kamu akan mendapatkan kemakmuran dan kebahagiaan dalam hidup.

2. Arti Mimpi Melihat Ular

Arti mimpi ular menurut islam selanjutnya ini dipercaya memberikan pertanda yang baik. Arti mimpi melihat ular dipercaya memberikan pertanda positif bahwa kamu akan mendapatkan rezeki. Namun menurut tafsir yang lain, melihat ular juga bisa mendatangkan bencana. Perbedaan ini bisa berlaku ketika detail mimpi ular dijelaskan agar mendapatkan penjelasan terkait arti mimpi ular satu ini.

Untuk mengahadapi arti mimpi, salah satu arti mimpi ular, kamu sebaiknya mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memohon agar selalu mendapatkan perlindungan. Melalui surat Al-Hujarat ayat 12, Anda diajarkan untuk selalu bertaqwa dalam keadaan apapun.

3. Arti Mimpi Melihat Ular Besar

Arti mimpi ular satu ini membuat seseorang bergidik ngeri. Walaupun membuat seseorang bergidik ngeri setelah mimpi melihat ular besar, namun arti mimpi ular satu ini memberikan pertanda yang baik. Arti mimpi ular satu ini dipercaya memberikan pertanda bahwa kamu akan mendapatkan keberuntungan besar.

Arti mimpi mendapatkan keberuntungan tentunya datang dari Allah SWT. Maka sebaiknya dihadapi dengan cara yang baik. yaitu dengan bersyukur atas nikmatnya. Dalam surat Al-Imran ayat 145 dan Al-A'raf ayat 58 ditegaskan bahwa Allah juga akan memberi nikmat yang lebih untuk orang-orang yang bersyukur.

Arti Mimpi Ular Menurut Islam

pixabay.com/users/kandhalkeshvala-4969592/
pixabay.com/users/kandhalkeshvala-4969592/

4. Arti Mimpi Ular Masuk Rumah

Arti mimpi ular lebih banyak memberikan pertanda positif, salah satunya arti mimpi ular masuk rumah ini. Arti mimpi ular masuk rumah ini dipercaya sebagai pertanda positif dan membuat anda bahagia. Arti dari mimpi ini adalah Anda akan kedatangan seorang tamu yang menyenangkan dan membawa kabar baik untuk Anda.

Arti mimpi ular satu ini dipercaya memberikan pelajaran agar kamu mempersiapkan diri untuk menyambut tamu yang akan datang memberikan kabar baik.

5. Arti Mimpi Melihat Banyak Ular

Arti mimpi ular tak selamanya buruk, namun pasti terdapat pesan tersirat di dalamnya. Sebagai seorang manusia tentunya membutuhkan masukan dan pesan untuk menjalani hidup. Arti mimpi melihat ular banyak ini dipercaya mempunyai arti bahwa kamu akan panjang umur.

Arti mimpi ular satu ini tentunya membuat kamu lebih bersyukur. Arti mimpi ini juga memberikan pesan juga diingatkan untuk bersyukur. Bagaimanapun juga, panjang umur merupakan suatu nikmat. Arti mimpi ular ini juga dipercaya memberikan pesan dan menganjurkan kamu untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik.

6. Arti Mimpi Menangkap Ular

Arti mimpi ular selanjutnya ini memberikan pertanda yang baik. Arti mimpi menangkap ular itu dipercaya berarti kamu akan mendapatkan harta. Namun pada dasarnya, harta merupakan rezeki sekaligus cobaan. Hal tersebut berarti mengharuskan kamu untuk lebih berhati-hati mempelakukan harta. Dalam kata lain, kamu harus tetap rendah hati, tidak riya' serta disarankan untuk bersedekah walaupun sedikit. 

 

 

Arti Mimpi Ular Menurut Islam

Ilustrasi Ular (sumber: unsplash)
Ilustrasi Ular (sumber: unsplash)

7. Arti Mimpi Dikejar Ular

Arti mimpi ular ini memberikan pertanda yang baik untuk kamu yang saat ini berstatus single atau masih sendiri. Arti mimpi ini dipercaya bahwa kamu akan mendapatkan pasangan atau ada orang yang mencintai kamu. Kamu boleh berbahagia, namun kamu juga perlu berhati-hati agar tidak berlebihan.

 Dalam Al-Qur'an telah ditegaskan mengenai suka dan duka yang merupakan bagian dari cobaan Allah. Hal ini tercantum dalam surat Al-Anbiya' ayat 35.

8. Arti Mimpi Membunuh Ular

Arti mimpi ular yang satu ini juga merupakan kabar baik. Jika kamu mempunyai musuh, maka mimpi ini berarti kamu telah mengalahkan musuh. Namun mimpi ini juga menyimpan pesan agar jangan sombong dan tetep menjalin tali silaturahim.

Dalam ajaran Islam, tidak diajarkan untuk menyombongkan diri atas musuh-musuh. Ajaran untuk berdamai dan saling memaafkan juga diajarkan. Ajaran ini ada dalam Al-Qur'an surat An-Nisa ayat 149 dan Asy-Syura ayat 43.

9. Arti Mimpi Melihat Ular Mempuyai Kaki

Arti mimpi ular satu ini dipercaya memberikan pertanda buruk. Arti mimpi melihat ular mempunyai kaki memberikan arti atau pertanda bahwa kamu memiliki musuh yang kuat. Walaupun pertanda buruk, kamu bisa menghadapi musuh dengan sabar dan meminta pertolongan Allah SWT.

10. Arti Mimpi Melihat Orang Membunuh Ular

Arti mimpi ular selanjutnya ini pertanda buruk. Arti mimpi ular satu ini dipercaya menunjukkan ada teman terdekat kamu yang akan menyakiti perasaan kamu. Banyak- banyaklah berdoa dan meminta apabila mimpi yang kamu alami tersebut merupakan sebuah pertanda baik. Namun apabila tafsir mimpi tersebut merupakan sebuah pertanda buruk, maka mintalah perlindungan kepada Allah SWT.

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Puluhan ABK MV Costa Mediterania Dievakuasi

Posted: 05 Oct 2020 10:30 PM PDT

Sejumlah ABK kapal MV Costa Mediterania tiba di dermaga JICT 2 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (6/10/2020). Dari total 99 orang yang tiba, 82 di antaranya adalah WNA dari delapan negara, seperti Kolombia, Honduras, Filipina, Etiopia, Sri Lanka, Peru dan India. (merdeka.com/Imam Buhori)
Sejumlah ABK kapal MV Costa Mediterania tiba di dermaga JICT 2 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (6/10/2020). Dari total 99 orang yang tiba, 82 di antaranya adalah WNA dari delapan negara, seperti Kolombia, Honduras, Filipina, Etiopia, Sri Lanka, Peru dan India. (merdeka.com/Imam Buhori)

Sejumlah ABK kapal MV Costa Mediterania tiba di dermaga JICT 2 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (6/10/2020). Dari total 99 orang yang tiba, 82 di antaranya adalah WNA dari delapan negara, seperti Kolombia, Honduras, Filipina, Etiopia, Sri Lanka, Peru dan India. (merdeka.com/Imam Buhori)

Pekerja migran Indonesia yang didominasi warga negara asing tiba di Dermaga JICT Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta,  dengan menggunakan kapal MV Costa Mediterania pada Selasa (6/10/2020). Dari total 99 orang yang tiba, 82 di antaranya adalah WNA dari delapan negara. (merdeka.com/Imam Buhori)
Pekerja migran Indonesia yang didominasi warga negara asing tiba di Dermaga JICT Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, dengan menggunakan kapal MV Costa Mediterania pada Selasa (6/10/2020). Dari total 99 orang yang tiba, 82 di antaranya adalah WNA dari delapan negara. (merdeka.com/Imam Buhori)

Pekerja migran Indonesia yang didominasi warga negara asing tiba di Dermaga JICT Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, dengan menggunakan kapal MV Costa Mediterania pada Selasa (6/10/2020). Dari total 99 orang yang tiba, 82 di antaranya adalah WNA dari delapan negara. (merdeka.com/Imam Buhori)

Sejumlah ABK kapal MV Costa Mediterania tiba di dermaga JICT 2 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (6/10/2020). Dari total 99 orang yang tiba, 82 di antaranya adalah WNA dari delapan negara, seperti Kolombia, Honduras, Filipina, Etiopia, Sri Lanka, Peru dan India. (merdeka.com/Imam Buhori)
Sejumlah ABK kapal MV Costa Mediterania tiba di dermaga JICT 2 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (6/10/2020). Dari total 99 orang yang tiba, 82 di antaranya adalah WNA dari delapan negara, seperti Kolombia, Honduras, Filipina, Etiopia, Sri Lanka, Peru dan India. (merdeka.com/Imam Buhori)

Sejumlah ABK kapal MV Costa Mediterania tiba di dermaga JICT 2 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (6/10/2020). Dari total 99 orang yang tiba, 82 di antaranya adalah WNA dari delapan negara, seperti Kolombia, Honduras, Filipina, Etiopia, Sri Lanka, Peru dan India. (merdeka.com/Imam Buhori)

Petugas dengan anjing pelacak memeriksa barang bawaan ABK kapal MV Costa Mediterania yang tiba di dermaga JICT 2 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (6/10/2020). Dari total 99 orang yang tiba, 82 di antaranya adalah WNA dari delapan negara. (merdeka.com/Imam Buhori)
Petugas dengan anjing pelacak memeriksa barang bawaan ABK kapal MV Costa Mediterania yang tiba di dermaga JICT 2 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (6/10/2020). Dari total 99 orang yang tiba, 82 di antaranya adalah WNA dari delapan negara. (merdeka.com/Imam Buhori)

Petugas dengan anjing pelacak memeriksa barang bawaan ABK kapal MV Costa Mediterania yang tiba di dermaga JICT 2 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (6/10/2020). Dari total 99 orang yang tiba, 82 di antaranya adalah WNA dari delapan negara. (merdeka.com/Imam Buhori)

Pekerja migran Indonesia yang didominasi warga negara asing tiba di Dermaga JICT Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta,  dengan menggunakan kapal MV Costa Mediterania pada Selasa (6/10/2020). Dari total 99 orang yang tiba, 82 di antaranya adalah WNA dari delapan negara. (merdeka.com/Imam Buhori)
Pekerja migran Indonesia yang didominasi warga negara asing tiba di Dermaga JICT Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, dengan menggunakan kapal MV Costa Mediterania pada Selasa (6/10/2020). Dari total 99 orang yang tiba, 82 di antaranya adalah WNA dari delapan negara. (merdeka.com/Imam Buhori)

Pekerja migran Indonesia yang didominasi warga negara asing tiba di Dermaga JICT Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, dengan menggunakan kapal MV Costa Mediterania pada Selasa (6/10/2020). Dari total 99 orang yang tiba, 82 di antaranya adalah WNA dari delapan negara. (merdeka.com/Imam Buhori)

Sejumlah ABK kapal MV Costa Mediterania tiba di dermaga JICT 2 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (6/10/2020). Dari total 99 orang yang tiba, 82 di antaranya adalah WNA dari delapan negara, seperti Kolombia, Honduras, Filipina, Etiopia, Sri Lanka, Peru dan India. (merdeka.com/Imam Buhori)
Sejumlah ABK kapal MV Costa Mediterania tiba di dermaga JICT 2 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (6/10/2020). Dari total 99 orang yang tiba, 82 di antaranya adalah WNA dari delapan negara, seperti Kolombia, Honduras, Filipina, Etiopia, Sri Lanka, Peru dan India. (merdeka.com/Imam Buhori)

Sejumlah ABK kapal MV Costa Mediterania tiba di dermaga JICT 2 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (6/10/2020). Dari total 99 orang yang tiba, 82 di antaranya adalah WNA dari delapan negara, seperti Kolombia, Honduras, Filipina, Etiopia, Sri Lanka, Peru dan India. (merdeka.com/Imam Buhori)

Sejumlah ABK kapal MV Costa Mediterania tiba di dermaga JICT 2 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (6/10/2020). Dari total 99 orang yang tiba, 82 di antaranya adalah WNA dari delapan negara, seperti Kolombia, Honduras, Filipina, Etiopia, Sri Lanka, Peru dan India. (merdeka.com/Imam Buhori)
Sejumlah ABK kapal MV Costa Mediterania tiba di dermaga JICT 2 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (6/10/2020). Dari total 99 orang yang tiba, 82 di antaranya adalah WNA dari delapan negara, seperti Kolombia, Honduras, Filipina, Etiopia, Sri Lanka, Peru dan India. (merdeka.com/Imam Buhori)

Sejumlah ABK kapal MV Costa Mediterania tiba di dermaga JICT 2 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (6/10/2020). Dari total 99 orang yang tiba, 82 di antaranya adalah WNA dari delapan negara, seperti Kolombia, Honduras, Filipina, Etiopia, Sri Lanka, Peru dan India. (merdeka.com/Imam Buhori)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bebas Rehabilitasi Narkoba, Roy Kiyoshi Ingin Syuting Lagi

Posted: 05 Oct 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kasus narkoba meluluhlantakkan karier keartisan yang dirintis Roy Kiyoshi di industri hiburan. Sejak berurusan dengan hukum karena narkoba, Roy Kiyoshi tak bisa lagi menyapa pemirsa setianya dengan program acara yang kerap ia bawakan.

Konsentrasinya terpecah. Di satu sisi, Roy Kiyoshi harus menjalani pemeriksaan polisi dan berada dalam tahanan. Di sisi lain, ia juga harus menyiapkan diri dihadirkan sebagai tersangka kasus narkoba di persidangan yang digelar di pengadilan.

Kini, setelah menghirup udara kebebasan karena masa rehabilitasi narkobanya berakhir, Roy Kiyoshi berniat untuk kembali memulai aktivitas yang pernah ia jalankan dulu. Kasus narkoba sama sekali tak merenggut semangatnya untuk kembali berkarya.

"Aku minta doanya aja untuk aku fokus ke depan (kembali menata karier)," ucap Roy Kiyoshi saat ditemui di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO), Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (6/10/2020).

Kubur Masa Lalu

Roy Kiyoshi [foto: instagram/roykiyoshi]
Roy Kiyoshi [foto: instagram/roykiyoshi]

Roy Kiyoshi tak ingin terus menerus meratapi peristiwa hukum yang dialaminya terkait masalah narkoba. Ia menjadikan hal itu sebagai masa lalu yang tak perlu lagi diingat-ingat.

"Aku sudah melupakan masa lalu aku," Roy Kiyoshi mengungkapkan.

Syuting Lagi

Roy Kiyoshi. (Instagram/roykiyoshi)
Roy Kiyoshi. (Instagram/roykiyoshi)

Roy Kiyoshi juga sudah move on dari masalah narkoba yang dialaminya. Ia menata rencana ke depan untuk kembali tampil di depan kamera.

"Iya aku akan kembali ke dunia entertainment lagi," Roy Kiyoshi menjelaskan.

Hukuman Rehabilitasi

Roy Kiyoshi (Nurwahyunan/Fimela.com)
Roy Kiyoshi (Nurwahyunan/Fimela.com)

Seperti diketahui, Roy Kiyoshi menjalani masa rehabilitasi di RSKO selama lima bulan. Ia divonis bersalah oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Putusan Majelis hakim terhadap Roy Kiyoshi dibacakan dalam sidang yang berlangsung secara telekonferensi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 13 Agustus 2020 lalu.

Perjalanan Kasus

Roy Kiyoshi (Nurwahyunan/Fimela.com)
Roy Kiyoshi (Nurwahyunan/Fimela.com)

Roy Kurniawan (33) alias Roy Kiyoshi mulai dikenal setelah menjadi pembawa acara program Karma di ANTV ditangkap penyidik Satnarkoba Polres Metro Jakarta Selatan pada Rabu (6/5/2020) pukul 17.00 WIB di kediamannya di daerah Cengkareng, Jakarta Barat.

Pada saat penangkapan, petugas menemukan barang bukti berupa 21 butir psikotropika yang dibeli oleh Roy secara daring, yakni psikotropika diazepam (mersi) sebanyak 10 butir, nitrazepam (dumolid) tujuh butir, alprazolam (camlet) dua butir, dan dua butir alprazolam (zypraz).

Dari hasil pemeriksaan tes urine Roy Kiyoshi positif mengandung benzodiazepin atau psikotropika golongan empat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liga Champions: Barcelona Ingin Laga vs Ferencvaros Disaksikan Penonton

Posted: 05 Oct 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Barcelona berencana mengizinkan fans datang langsung ke stadion di laga melawan Ferencvaros di Liga Champions. Saat ini, manajemen klub sedang berusaha memenuhi kriteria UEFA agar hal itu terlaksana.

Sebelumnya, UEFA sedang menggodok ide mengizinkan fans kembali ke stadion setelah dilarang lantaran pandemi virus corona. Hanya saja, jumlah fans yang diizinkan datang langsung cuma 30 persen dari kapasitas stadion.

"Jika otoritas mengizinkan, kami ingin membuka kembali stadion. Makin cepat kembali ke normal makin baik, karena kami merasa terpacu," kata wakil presiden Barcelona, Jordi Moix seperti dilansir Football Espana.

Sejak Maret, Barcelona seperti klub-klub lain di Eropa telah melarang penonton ke stadion karena pandemi virus corona. Hal itu dilakukan demi mencegah penularan virus saat pertandingan berlangsung.

Kosongnya stadion membuat klub-klub kehilangan pemasukan dari sektor penjualan tiket. Alhasil, beberapa klub termasuk Barcelona pun bernegosiasi dengan pemain soal pengurangan gaji agar keuangan klub tetap sehat.

 

Satu Grup dengan Juventus

ilustrasi Liga Champions (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi Liga Champions (Liputan6.com/Abdillah)

Sementara itu, Barcelona juga satu grup dengan raksasa Italia, Juventus. Kedua kub itu bersama dengan Ferencvaros dan Dynamo Kiev tergabung di Grup D.

Jadwal pertandingan fase grup Liga Champions akan dimulai pada 21-22 Oktober 2020 dan selesai pada 9-10 Desember 2020. Fase gugur Liga Champions musim ini tetap menggunakan konsep kandang dan tandang.

Babak 16 besar, jika tidak ada perubahan akan digelar sejak 17-18 Februari 2021 hingga 17-18 Maret 2021. Babak semifinal (28-29 April dan 5-6 Mei 2021). Sementara itu, final Liga Champions akan berlangsung di Stadion Olimpiade Ataturk, Istanbul pada 30 Mei 2021.

Hasil Undian Fase Grup Liga Champions

Grup A

Bayern Munchen

Atletico Madrid

Salzburg

Lokomotiv Moskva

 

Grup B

Real Madrid

Shakhtar

Inter Milan

Borussia Mönchengladbach

 

Grup C

FC Porto

Manchester City

Olympiacos

Marseille

 

Grup D

Liverpool

Ajax Amsterdam

Atalanta

Midtjylland

 

Grup E

Sevilla

Chelsea

Krasnodar

Rennes

 

Grup F

FC Zenit

Borussia Dortmund

Lazio

Club Brugge

 

Grup G

Juventus

Barcelona

Dynamo Kyiv

Ferencváros

 

Grup H

Paris Saint Germain

Manchester United

Leipzig

İstanbul Başakşehir

Saksikan Video Barcelona di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ceko Darurat COVID-19, Paris Siaga Tertinggi Infeksi Virus

Posted: 05 Oct 2020 10:28 PM PDT

Praha - Akibat "peningkatan pesat" infeksi Virus Corona COVID-19 selama beberapa hari terakhir, pemerintah Ceko di bawah Perdana Menteri Andrej Babis akhirnya memutuskan pemberlakukan keadaan darurat.

Dengan penerapan situasi darurat Corona COVID-19, pemerintah sekarang bisa membatasi kebebasan berkumpul warga, dan pengadilan akan dapat mengenakan denda yang lebih tinggi untuk pelanggaran pedoman keselamatan Corona COVID-19.

Seperti dikutip dari DW Indonesia, Selasa (6/10/2020), keadaan darurat sudah pernah diberlakukan dari pertengahan Maret hingga pertengahan Mei tahun ini, namun kali ini perbatasan Ceko akan tetap dibuka.

Untuk acara dan perkumpulan massa, jumlah peserta maksimal sekarang dibatasi hanya 10 orang untuk acara dalam ruangan dan 20 orang untuk acara di luar ruangan. Olahraga profesional harus dimainkan tanpa penonton.

Bisnis, toko dan restoran tidak terpengaruh oleh peraturan tersebut. Puncak baru infeksi harian COVID-19 dicapai pada hari Jumat lalu 2 Oktober.

Menurut otoritas kesehatan Uni Eropa ECDC, rata-rata 303,3 orang per 100.000 penduduk terinfeksi COVID-19di Republik Ceko dalam 14 hari terakhir. Hanya Spanyol yang memiliki angka lebih buruk, dengan rata-rata 319,3 orang.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Kota Paris Siaga Maksimum

ilustrasi Menara Eiffel, Paris. (iStockphoto)
ilustrasi Menara Eiffel, Paris. (iStockphoto)

Di Prancis, Menteri Kesehatan Olivier Veran mengumumkan akan meningkatkan siaga Corona COVID-19 namun "penutupan total" kafe dan bar di Paris tidak akan dilakukan. Restoran di Paris akan diizinkan untuk tetap buka - tetapi di bawah pembatasan yang diperketat.

Kantor Perdana Menteri Prancis hari Minggu 4 Oktober mengumumkan status siaga tertinggi Virus Corona COVID-19 setelah menghadapi angka infeksi COVID-19 "yang mengkhawatirkan". Wali kota Paris Anne Hidalgo mengatakan akan mengamati situasi dengan seksama dan jika perlu menetapkan aturan baru.

Prancis melaporkan hampir 17.000 kasus virus korona baru pada hari Sabtu 3 Oktober saja, jumlah harian tertinggi sejak negara itu memulai tes COVID-19 secara luas. Angka dari badan kesehatan regional ARS menunjukkan, kasus virus korona baru tetap di atas 250 per 100.000 orang di Paris

Pasien Virus Corona COVID-19 sekarang menempati lebih dari 30 persen tempat perawatan intensif di wilayah Paris. "Tidak ada pembenaran untuk penyangkalan," kata direktur kesehatan wilayah Paris Aurelien Rousseau hari Minggu. "Angka-angka itu seperti apa adanya, dan situasinya sangat berat."

Kota-kota besar Prancis lainnya, termasuk Lille, Lyon, Grenoble dan Toulouse, juga berada di dekat batas siaga maksimum dan tindakan serupa dengan Paris juga bisa diberlakukan.

Disiplin Protokol Kesehatan Harga Mati

Infografis DISIPLIN Protokol Kesehatan Harga Mati (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis DISIPLIN Protokol Kesehatan Harga Mati (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Juga Video Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peta Sebaran Corona COVID-19 di Surabaya pada 5 Oktober 2020

Posted: 05 Oct 2020 10:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pasien positif Corona COVID-19 di Surabaya, Jawa Timur bertambah 44 orang pada Senin, 5 Oktober 2020. Dengan demikian, total kasus positif COVID-19 menembus angka 14.615 di Surabaya.

Sementara itu, pasien sembuh dari COVID-19 bertambah 45 orang di Surabaya menjadi 13.043. Di sisi lain, pasien meninggal karena COVID-19 bertambah tiga orang menjadi 1.082.

Pasien konfirmasi dalam perawatan sebanyak 490 orang. Demikian mengutip lawancovid-19.surabaya.go.id, Selasa (6/10/2020).

Secara persentase konfirmasi COVID-19 per 5 Oktober 2020 dengan rincian konfirmasi pasien sembuh mencapai 89,24 persen atau setara 13.043, konfirmasi meninggal 1.082 atau setara 7,40 persen dan konfirmasi dalam perawatan sebanyak 490 atau setara 3,35 persen.

Untuk kasus Corona COVID-19 per wilayah per 5 Oktober 2020 di Surabaya:

Surabaya Barat:

Konfirmasi: 2.185 orang

Sembuh: 1.967 orang

Meninggal: 157 orang

Surabaya Pusat:

Konfirmasi: 1.660 orang

Sembuh: 1.461 orang

Meninggal: 160 orang

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Surabaya Utara hingga Selatan

Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Surabaya Utara:

Konfirmasi: 2.316 orang

Sembuh: 2.092 orang

Meninggal: 183 orang

Surabaya Timur:

Konfirmasi: 4.560 orang

Sembuh: 4.090 orang

Meninggal: 296 orang

Surabaya Selatan:

Konfirmasi: 3.894 orang

Sembuh: 3.433 orang

Meninggal: 286 orang

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Parade Perahu dan Tarian Adat Sambut Kampanye Paslon A2 di Teluk Wondama

Posted: 05 Oct 2020 10:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan calon bupati dan wakil bupati Elysa Auri – Fery Auparay (A2) menggelar kampanye terbatas di Kampung Yende dan Syabes Distrik Roon Kabupaten Teluk Wondama, Senin (05/10/2020).

Kedatangan pasangan ini disambut meriah warga dengan parade perahu (johnson) dan tarian adat. Memasuki kawasan perairan Pulau Roon, speed boat yang dinaiki oleh pasangan A2 dan tim disambut dan diarak puluhan perahu (Johnson) warga yang dihiasi ornamen adat dan bendera partai pengusung pasangan A2. 

Warga juga menari dan memainkan suling tambur diatas perahu (Johnson) sampai pasangan A2 tiba di Pelabuhan Yende Teluk Wondama.

Setelah tiba di Pelabuhan Yende, pasangan A2 dan istri melakukan prosesi injak piring dan kemudian diarak menuju lokasi kampanye terbatas.

Elysa Auri mengungkapkan meriahnya penyambutan oleh masyarakat Pulau Roon kepada pasangan A2 merupakan bentuk antusiasme masyarakat yang menginginkan perubahan di Kabupaten Teluk Wondama khususnya di Kampung Yende, Pulau Roon.

Protokol Covid-19

"Sambutan kami di laut sampai pelabuhan, ini dorongan yang besar, untuk menuju perubahan terutama di kampong Yende, Pulau Roon,"ungkap Auri penuh haru.

Dalam kampanye yang digelar menggunakan protokol kesehatan Covid-19, Auri mengajak masyarakat pulau Roon bersatu bangkit bersama untuk melakukan perubahan di seluruh Pulau Roon yang merupakan salah satu situs peradaban injil tertua di Pulau Papua.

"Pengkabaran Injil dimulai dari Yende (Roon), ke Kaibi kemudian ke Tandia, balik ke Miei. Kita bangun Pulau Roon dengan kasih dan berkat kepada kita," ungkapnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Langkah Kementerian Koperasi dan UKM Kembangkan Sektor Perikanan

Posted: 05 Oct 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Deputi bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM Victoria Simanungkalit mengatakan, sektor perikanan memiliki peluang besar di pasar domestik dan ekspor. Pemerintah berupaya menjaga agar proses dari hulu hingga hilir dapat berjalan optimal melalui beberapa upaya dan perubahan strategis.

Berikut beberapa upaya dan perubahan strategis yang dilakukan Kementerian Koperasi dan UKM untuk mengembangkan sektor perikanan.

"Pertama, akses pembiayaan yang mudah dan murah. Bagi usaha yang bankable dapat mengakses KUR super mikro dan pinjaman modal kerja LPDB dengan total anggaran sebesar Rp 1 triliun, bagi yang unbankable selain perlindungan sosial, pemerintah menyiapkan Banpres usaha mikro berupa hibah sebesar Rp 2,4 juta untuk 12 juta pelaku usaha mikro," kata Victoria dalam Webinar "Solusi Pembiayaan dan Pemasaran Produk Perikanan di Tengah Pandemi", Selasa (6/10/2020).

Kedua, pengembangan koperasi pangan. Menurutnya, hal ini penting mengingat ancaman krisis pangan yang disampaikan FAO ketahanan pangan Indonesia lemah. Salah satu faktornya karena petani dan nelayan mengelola sumberdaya dengan skala yang kecil-kecil.

"Ini harus menjadi perhatian kita bersama bagaimana kita mendorong nelayan dan juga pembudidaya ikan, agar mengelola skalanya secara ekonomis, sehingga bisa mencapai tingkat efisiensi yang tinggi dan daya saing produk perikanan bisa meningkat," ujarnya.

 

konsolidasi

Aktivitas pedagang di Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru, Jakarta, Kamis (21/2). PIM Muara Baru memiliki luas 9.856 meter persegi. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Aktivitas pedagang di Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru, Jakarta, Kamis (21/2). PIM Muara Baru memiliki luas 9.856 meter persegi. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Lanjutnya, maka sektor perikanan dengan lembaga koperasi dapat dilakukan konsolidasi lahan ataupun skala usaha bermitra dengan petani dan nelayan, sehingga memiliki potensi lahan atau bisnis yang lebih luas dan lebih optimal.

Demikian konsolidasi orang sehingga dapat menyerap tenaga kerja lebih banyak sampai dengan konsolidasi pembiayaan dan pasar ataupun penyerapan produk.

Namun, ia menyebut saat ini baru 13.821 unit koperasi yang bergerak di sektor pangan atau setara 11,23 persen dari total koperasi dengan kontribusi omzet sebesar 7,27 persen terhadap total omzet Koperasi di Indonesia.

Kendati begitu, salah satu contoh yang sudah dikembangkan adalah pengembangan koperasi pangan di kawasan perhutanan sosial melalui konsep silvofishery, yakni pengembangan budidaya udang dan ikan di kawasan mangrove.

Di sisi hilir,  pemerintah berupaya untuk membuka akses pasar dengan penyerapan produk KUKM dari beberapa program Sinergi dan kolaborasi lintas K/L seperti belanja barang pemerintah dan BMN.

"Artinya pemerintah baik pemerintah pusat KL dan juga Pemda beserta BMN didorong untuk membelanjakan belanjanya untuk produk UMKM. Sehingga laman UKM dan bela pengadaan LKPP dan pasar UMKM menjadi sarana untuk UKM di sektor perikanan untuk pendapatkan pasarnya," pungkasnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini 26 RW di Jakarta yang Masuk Dalam Zona Merah Covid-19

Posted: 05 Oct 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia menyatakan adanya penambahan kasus positif Covid-19 sebanyak 822 pada Senin (5/10/2020).

Dengan penambahan tersebut jumlah keseluruhan kasus Covid-19 sebanyak 80.036 orang. Sedangkan total orang dinyatakan telah sembuh sebanyak 65.295 dengan tingkat kesembuhan 81,6 persen.

"Adapun jumlah kasus aktif di Jakarta sampai saat ini sebanyak 12.969 (orang yang masih dirawat / isolasi)," kata Dwi dalam keterangan pers.

Sedangkan berdasarkan data pada corona.jakarta.go.id hingga 30 September 2020 jumlah wilayah zona merah di Ibu Kota ada 26 RW. Jumlah tersebut tersebar di lima kota administrasi.

Berikut rincian daftar 26 RW zona merah di Jakarta:

Jakarta Pusat

1. RW 005, Kelurahan Bendungan Hilir

2. RW 009, Kelurahan Cempaka Baru

3. RW 007, Kelurahan Cempaka Putih Barat

4. RW 003, Kelurahan Gunung Sahari Utara

5. RW 006, Kelurahan Johar Baru

6. RW 007, Kelurahan Kampung Rawa

7. RW 004, Kelurahan Pasar Baru

8. RW 007, Kelurahan Paseban

9. RW 009, Kelurahan Rawasari

10. RW 008, Kelurahan Utan Panjang

11. RW 007, Kelurahan Karet Tengsin

Jakarta Timur

1. RW 006, Kelurahan Cipinang

2. RW 004, Kelurahan Cipinang Cempedak

3. RW 004, Kelurahan Halim Perdana Kusumah

4. RW 009, Kelurahan Kayu Manis

5. RW 001, Kelurahan Pondok Kopi

6. RW 004, Kelurahan Baru

Jakarta Selatan

1. RW 005, Kelurahan Menteng Atas

2. RW 013, Kelurahan Menteng Atas

3. RW 010, Kelurahan Tebet Timur

4. RW 001, Kelurahan Cipedak

5. RW 001, Kelurahan Petukangan Selatan.

 

Jakarta Barat

Jakarta Barat

1. RW 009, Kelurahan Grogol

2. RW 002, Kelurahan Slipi

3. RW 007, Kelurahan Taman Sari

Jakarta Utara

1. RW 003, Kelurahan Pegangsaan Dua

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menetapkan 90 rumah sakit di Ibu Kota sebagai rujukan dalam penanganan Covid-19.

Hal tersebut berdasarkan Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 987 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua Atas Kepgub Nomor 378 Tahun 2020 tentang Penetapan Rumah Sakit Rujukan Penanggulangan Covid-19.

Kepgub tersebut ditandatangani oleh Anies pada 28 September 2020. Kasi Pelayanan Kesehatan Rujukan dan Krisis Kesehatan Dinas Kesehatan DKI Jakarta Sulung Mulia Putra menyatakan secara keseluruhan terdapat 98 RS rujukan Covid-19 di Jakarta.

"Total 98 RS, delapan RS Surat Keputusan Kemenkes, 90 Kepgub DKI," kata Sulung saat dihubungi Liputan6.com, Senin (5/10/2020).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nonton Duluan FTV SCTV Kenny Austin di Vidio: Ngenes! Jadi Tamu Undangan di Pernikahan Mantan

Posted: 05 Oct 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wajah tampan Kenny Austin tentu sudah tak asing lagi di layar SCTV, terutama bagi para penikmat serial FTV dan sinetron. Lama tak muncul, aktor kelahiran 16 April 1992 itu kini mulai aktif lagi di jagat hiburan.

Hal itu terlihat dari kembalinya Kenny Austin dalam sekuel miniseri Princess Mermaid 2 bersama Raisya Bawazier yang tayang di SCTV dan Vidio. Tak hanya itu, pria 27 tahun tersebut juga tampil dalam FTV terbaru berjudul Ngenes! Jadi Tamu Undangan di Pernikahan Mantan.

Namun sebelum tayang di SCTV, pemirsa bisa nonton duluan FTV terbaru yang memajang akting Kenny Austin dengan Glenca Chysara itu melalui platform streaming Vidio.

Meski keduanya belum pernah terlibat proyek bersama, namun chemistry mereka dalam FTV tersebut tak kalah menggemaskan. Lalu, seperti apa cerita Ngenes! Jadi Tamu Undangan di Pernikahan Mantan? Simak artikelnya berikut ini.

Trauma

Dion (Kenny Austin) memiliki trauma tersendiri dengan segala hal yang berhubungan dengan dangdut. Pasalnya, ia pernah memergoki sang ayah berselingkuh dengan wanita yang berprofesi sebagai penyanyi dangdut.

Namun, pekerjaannya sebagai selebriti membuat Dion terlibat dalam sebuah proyek film bersama Tiara (Glenca Chysara) yang merupakan seorang penyanyi dangdut ternama. Yang lebih menyebalkan lagi, Tiara adalah perempuan yang pernah menabrak mobilnya.

Meski pertemuan mereka awalnya menyebalkan, namun pada akhirnya benih-benih cinta pun muncul. Diam-diam, Dion ternyata mengagumi Tiara.

Ditinggal Nikah

Suatu hari, Tiara mendapat undangan pernikahan dari David, mantan kekasihnya. Ia begitu sedih, tangisnya tak terbendung. Tetapi selalu ada Dion di sisinya untuk menghibur.

Sempat bimbang, Tiara akhirnya mengajak Dion untuk datang ke pernikahan sang mantan. Namun, dari situ pula Dion dan Tiara akhirnya menjalin kasih.

Keduanya mengaku saling menyimpan rasa. Namun, Tiara dihadapkan pada satu masalah. Ia sempat memergoki Dion sedang bersama mantan pacarnya.

Akankah Tiara memercayai jika Dion sudah tak lagi memiliki rasa terhadap mantannya? Temukan jawabannya dengan nonton duluan FTV SCTV Ngenes! Jadi Tamu Undangan di Pernikahan Mantan melalaui platform streaming Vidio.

Saksikan video pilihan berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banjir Bandang Melanda Kabupaten Seluma Bengkulu, Ratusan Orang Mengungsi

Posted: 05 Oct 2020 10:17 PM PDT

Liputan6.com, Bengkulu - Banjir bandang melanda Desa Air Keruh, Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu, Senin malam (5/10/2020). Akibat bencana tersebut setidaknya ada 37 rumah rusak dan menyebabkan 133 orang mengungsi.

Kepala Desa Air Keruh, Kecamatan Ulu Talo Mujiono mengatakan, dari 37 rumah tersebut, 18 rumah di antaranya rusak parah dan selebihnya mengalami kerusakan sedang dan ringan.

"Ada lima rumah yang terseret arus dan hancur, namun tidak ada korban jiwa karena saat banjir terjadi sekitar pukul 20.00 WIB warga sudah berlari keluar rumah," kata Mujiono, Selasa (6/10/2020).

Selain itu, banjir bandang tersebut juga mengakibatkan dua jembatan gantung yang menghubungkan Desa Air Keruh ke beberapa desa tetangga putus diterjang arus.

Jembatan itu, jelas Mujiono, menjadi akses satu-satunya yang dilalui anak-anak desa untuk pergi ke sekolah.

Selain jembatan, banjir tersebut juga merendam beberapa bangunan fasilitas umum, seperti kantor desa dan PAUD. "Diperkirakan seluruh dokumen di kantor desa itu rusak dan beberapa peralatan kantor seperti laptop terendam semua," paparnya.

Mujiono menjelaskan banjir bandang ini disebabkan meluapnya aliran sungai Air Keruh setelah diguyur hujan deras sejak Senin malam. Luapan sungai itu menyebabkan ketinggian air di kawasan pemukiman warga mencapai satu hingga 1,5 meter.

"Rumah-rumah yang hanyut terseret arus itu merupakan bangunan semi permanen dan kebanyakan rumah itu berada di pinggir sungai," ungkapnya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Makanan Enak di Salatiga yang Unik, Jadi Pilihan Wisata Kuliner

Posted: 05 Oct 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Makanan enak di Salatiga merupakan kuliner yang cukup legendaris. Berbagai menu yang unik membuatnya digemari banyak orang. Tentunya hal ini juga tidak boleh dilewatkan oleh kamu yang sedang berkunjung ke kota yang terletak di jalur lintas Semarang-Solo ini.

Kota yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Semarang ini kerap menjadi persinggahan para wisatawan. Mencicipi kuliner enak dari Salatiga menjadi salah satu aktivitas yang menarik dan tidak boleh dilewatkan.

Makanan enak di Salatiga memiliki cita rasa yang unik. Walaupun menu makanannya terlihat sama saja dengan makanan di daerah lainnya, namun berbagai bahan rempah hingga rasanya yang enak dan untuk menjadi pembeda.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (6/10/2020) ragam makanan enak di Salatiga.

Sate Suruh dan Soto Esto

Sate Sapi Suruh
Sate Sapi Suruh

Sate Suruh

Makanan enak di Salatiga yang pertama adalah sajian menu satenya yang khas, yaitu Sate Suruh. Sate yang memiliki sensasi rasa manis, pedas, dan gurih ini dikenal luas oleh masyarakat karena memiliki tekstur daging yang empuk dan lembut.

Pengolahan daging sapi pada Sate Suruh dilakukan dengan merendam terlebih dahulu daging yang akan diolah dengan menggunakan perasan jeruk nipis lalu ditutupi daun pepaya. Nama Suruh berasal dari Pasar Suruh yang ada di Salatiga, tempat pertama kali warung ini dibuka.

Kuliner khas Salatiga ini biasa dihidangkan dengan alas daun pisang, ditemani ketupat, dan siraman bumbu kacang yang kental. Sate Suruh merupakan bisnis turun temurun yang kini telah dijalankan hingga generasi ketiga.

Soto Esto

Soto Esto merupakan salah satu makanan enak di Salatiga yang sangat legendaris. Soto Esto termasuk jenis soto yang menggunakan santan dan dilengkapi dengan berbagai macam lauk seperti sate kerang, sate telur puyuh, tempe dan mentho. Rasanya gurih dan segar saat disantap di pagi hari. Soto ini juga sering disajikan dengan remukan kerupuk karak.

Buka sejak 1953, nama Esto berasal dari nama bus ESTO (Eerste Salatigasche Transport Onderneming) yang beroperasi sejak 1921. Dulunya warung soto Esto berdiri di dekat garasi bus ESTO, namun kini telah pindah di Jalan Langensuko no.4 tidak jauh dari lokasi lama.

Pecel Keong dan Gecok Kambing

Gecok Kambing. (Pinterest)
Gecok Kambing. (Pinterest)

Pecel Keong

Tak seperti menu pecel biasanya, makanan enak di Salatiga ini menggunakan oseng-oseng keong dalam menunya. Warung pecel keong yang terkenal di Salatiga adalah Pecel Keong Mbak Toen di Jl. Raya Muncul 25 Desa Rawaboni, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang (jalur alternatif Salatiga – Ambarawa).

Keong dilepaskan dari cangkang dan diolah menjadi oseng-oseng dengan bumbu rempah seperti cabai, jahe, kemiri, kunyit, dan kecap. Pecel keong juga biasa disajikan dengan makanan pendamping seperti ikan, gorengan, dan kerupuk. Kuliner khas Salatiga ini kerap menjadi persinggahan para pelancong dari berbagai daerah.

Gecok Kambing

Makanan enak di Salatiga berikutnya adalah Gecok Kambing. Gecok Kambing merupakan olahan daging kambing khas Semarang. Hidangan ini merupakan masakan daging kambing berkuah rempah yang kaya. Sekilas Gecok Kambing mirip dengan tengkleng namun tak menggunakan santan.

Gecok Kambing memiliki rasa cenderung pedas dan tajam dari cabai jawa dan merica. Kuah Gecok Kambing memiliki tekstur kasar karena campuran kelapa sangrai di dalamnya. Kuahnya juga dikentalkan dengan ampas minyak kelapa. Warung atau rumah makan yang menyajikan Gecok Kambing dapat ditemui di sepanjang jalan Salatiga dan Semarang.

 

Ronde Jago dan Sate Blotongan

Sate Blotongan
Sate Blotongan

Ronde Jago

Makanan enak di Salatiga berikutnya adalah Ronde Jago yang berada di Jl. Jenderal Sudirman No. 9, Salatiga. Ronde ini telah berdiri sejak 1964. Ronde ini bahkan telah menjadi langganan artis dan orang penting di Indonesia.

Perbedaan Ronde Jago dengan ronde lainnya adalah isi di dalamnya. Ronde Jago berisi ragam pilihan seperti manisan jeruk, sagu delima, tangkweh, buah pala, kayu manis, dan bahan unik lainnya. Selain ronde, kedai ini memiliki menu tambahan seperti mie kopyok, batagor dan pangsit tengiri.

Sate Blotongan

Selain sate Suruh, makanan enak di Salatiga yang juga merupakan sate lainnya adalah Sate Blotongan. Blotongan adalah nama suatu kelurahan di kota Salatiga. Kota yang berada di tengah-tengah antara Semarang dan Solo. Sate ini biasa disajikan diatas hot plate.

Resep rahasia kelezatan sate Blotongan ini terletak pada daging kambing yang digunakan, yaitu dengan menggunakan daging kambing muda atau yang berumur dibawah satu tahun. Kemudian dibakar dalam durasi waktu yang pas sekitar lima menit, hingga dagingnya tidak terlalu gosong. Bumbu yang digunakan untuk membakar pun cukup sederhana, celupan kecap asin, garam dan bawang putih yang dihaluskan memberikan rasa gurih khas.

Warung Joglo Bu Rini dan Stasiun Susu Salatiga

Warung Joglo Bu Rini

Warung Joglo Bu Rini menjadi salah makanan enak di Salatiga yang populer karena konsep Jawa kental yang diusung oleh pengelolanya sangat terasa saat kamu makan di sana. Berbagai pilihan menu tradisional khas Jawa seperti asem-asem iga, tongseng iga, hingga minuman wedang tersedia di sini.

Selain itu, para tamu bisa menikmati makanan yang telah di pesan di area joglo yang berada persis di samping persawahan. Lokasi Warung Joglo Bu Rini memang jauh dari perkotaan sehingga suasana teduh, sunyi, dan nyaman bisa kamu rasakan saat berada di sana. Jika berminat untuk mencicipi menu di Warung Joglo Bu Rini kamu bisa datang langsung ke Jalan Mawar, Sidorejo, Kota Salatiga.

Stasiun Susu Salatiga

Kedai satu ini selalu ramai dikunjungi para tamu terutama mereka yang usianya masih remaja. Pasalnya, tempat kuliner yang beralamat di Jl. Yudistira No.3, Dukuh, Salatiga ini menyajikan berbagai menu variatif yang banyak disukai oleh anak muda.

Mulai dari milkshakes beraneka rasa, lekker, roti bakar, hingga pisang bakar tersedia di sini. Selain itu, kedai sederhana ini pun memiliki desain interior yang menarik sehingga membuat para pengunjung betah berlama-lama saat berada di sana.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PGN Siap Bangun Infrastruktur LNG di 52 Pembangkit Listrik PLN

Posted: 05 Oct 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) menandatangani Surat Perjanjian Induk Kerjasama dengan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Dalam kerja sama ini, PGN sebagai Subholding Gas PT Pertamina (Persero) akan menyediakan pasokan dan pembangunan Infrastruktur Liquefied natural gas (LNG) di 52 lokasi pembangkit listrik PLN. Penandatanganan dilaksanakan Direktur Utama PGN, Suko Hartono dan Direktur Energi Primer PLN, Rudy Hendra Prastowo, Senin (05/10) kemarin.

Suko mengungkapkan, kerjasama ini sebagai upaya pemerintah dalam mendorong efisiensi produksi energi dan pemanfaatan di sisi hilir. Sehingga gas bumi tidak lagi menjadi komoditas semata, namun secara nyata mampu menjadi pendorong perekonomian nasional dengan ketersediaan energi listrik yang bersaing dan berkelanjutan.

"Kami akan mengupayakan pembangunan infrastruktur LNG dapat berjalan tepat waktu, dengan teknologi tepat guna dan efisiensi tinggi ditengah tantangan di masa pandemic. Peningkatan pemanfaatan TKDN juga optimalisasi peran anak perusahaan dan afiliasi, adalah salah satu pendekatan yang dilaksanakan agar proyek dapat berjalan secara efektif dan efisien" jelas Suko dalam keterangan resmi, Selasa (6/10/2020).

Perjanjian ini juga untuk mengatur penyelarasan pasokan LNG dan gas dengan kontrak-kontrak penyediaan LNG dan gas milik PLN yang sudah ada.

Untuk tahap awal, PGN dan PLN sepakat melaksanakan tahap Quick Win di PLTMG Sorong, PLTMG Tanjung Selor, dan PLTMG Nias. Tahap Quick win ditargetkan dapat menyediakan harga yang lebih rendah dari HSD di plant gate pembangkit PLN.

 

Penugasan Pemerintah

FSRU PGN Lampung menerima Kargo LNG kedua dari Kilang LNG Tangguh, di Pantai Labuan Maringgai, Lampung, Senin (25/4). Usai mengalami regasifikasi di FSRU Lampung, gas ini akan disalurkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Jabar dan Sumsel. (Istimewa)
FSRU PGN Lampung menerima Kargo LNG kedua dari Kilang LNG Tangguh, di Pantai Labuan Maringgai, Lampung, Senin (25/4). Usai mengalami regasifikasi di FSRU Lampung, gas ini akan disalurkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Jabar dan Sumsel. (Istimewa)

Sebagai informasi, PLN dan Pertamina mendapatkan penugasan dari Pemerintah untuk melaksanakan gasifikasi pembangkit PLN di 52 lokasi dengan estimasi kapasitas pembangkit sebesar ± 1,8 GW.

Hal ini tertuang dalam Kepmen ESDM 13/ 2020 tentang Penugasan Pelaksanaan Penyediaan Pasokan dan Pembangunan Infrastruktur LNG, serta Konversi Penggunaan Bahan Bakar Minyak dengan LNG dalam Penyediaan Tenaga Listrik.

Selanjutnya, PGN ditugaskan oleh Holding Migas PT Pertamina untuk menyediakan pasokan dan infrastruktur LNG bagi pembangkit listrik PLN, Meliputi; jetty, fasilitas pembongkaran (unloading), fasilitas penyimpanan, regasifikasi, transportasi gas/LNG, pipa gas sampai ke titik serah yang disepakati, termasuk metering regulating system (MRS) pada pembangkit listrik terkait. Serta menyediakan Small Scale LNG Carrier sebagai penghubung sumber pasokan LNG menuju fasilitas pembongkaran.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menlu AS, Australia, India dan Jepang Bahas Sinergi Lawan Peningkatan Pengaruh China

Posted: 05 Oct 2020 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Tokyo - Para menteri luar negeri dari empat negara Indo-Pasifik yang dikenal sebagai kelompok Quad melakukan pertemuan di Tokyo pada Selasa (6/10/2020). Kelompok itu mengharapkan Jepang akan meningkatkan keterlibatan mereka dalam inisiatif regional yang disebut Free and Open Indo-Pacific (FOIP) yang ditujukan untuk melawan ketegasan China yang tumbuh.

Pertemuan tersebut merupakan acara langsung pertama di antara para menteri luar negeri sejak pandemi Virus Corona meluas.

Melansir Channel News Asia, Selasa (6/10/2020), acara ini pun mempertemukan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne, Menteri Luar Negeri India Subrahmanyam Jaishankar dan Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi.

Para pejabat Jepang mengatakan, mereka akan membahas dampak pandemi Virus Corona, serta inisiatif FOIP untuk keamanan dan kerja sama ekonomi yang lebih besar, yang telah didorong Jepang dan AS untuk menyatukan negara-negara yang "berpikiran sama" dan berbagi keprihatinan tentang meningkatnya ketegasan dan pengaruh China

Harapkan Pencapaian

Menlu AS Mike Pompeo (AP PHOTO / Pool)
Menlu AS Mike Pompeo (AP PHOTO / Pool)

Dalam perjalanannya ke Tokyo, Pompeo mengatakan, keempat negara berharap memiliki beberapa "pencapaian signifikan" pada pertemuan itu, tetapi ia tidak merinci lebih lanjut.

Pembicaraan itu dilakukan beberapa minggu sebelum pemilihan presiden AS dan di tengah meningkatnya ketegangan antara AS dan China terkait virus, perdagangan, teknologi, Hong Kong, Taiwan, dan hak asasi manusia.

Pompeo menghadiri pertemuan Quad tersebut, meskipun ia membatalkan kunjungan yang direncanakan berikutnya ke Korea Selatan dan Mongolia setelah Presiden Donald Trump dirawat di rumah sakit karena virus corona.

Pembicaraan itu menyusul meningkatnya ketegangan baru-baru ini antara China dan India terkait sengketa perbatasan Himalaya. Hubungan antara Australia dan China juga memburuk dalam beberapa bulan terakhir.

Jepang, sementara itu, prihatin dengan klaim China atas Kepulauan Senkaku yang dikuasai Jepang, yang disebut Diaoyu di China, di Laut China Timur. Jepang juga menganggap meningkatnya aktivitas militer China sebagai ancaman keamanan.

Makalah kebijakan pertahanan tahunan Jepang pada bulan Juli menuduh China secara sepihak mengubah status quo di Laut China Selatan, di mana ia telah membangun dan memiliterisasi pulau-pulau buatan manusia dan secara tegas menekan klaimnya atas hampir semua perikanan dan saluran air utama laut.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Sampai Terlewat, Ini Manfaat Tune-Up Mobil dan Motor

Posted: 05 Oct 2020 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pemilik mobil atau motor, ada salah satu perawatan yang wajib dilakukan, yaitu tune-up. Hal ini penting, karena performa kendaraan yang terus menerus digunakan tentu saja akan menurun seiring berjalannya waktu.

Namun, banyak yang salah, jika berpikir tune-up sama dengan servis biasa. Padahal, keduanya memiliki tindakan perawatan yang berbeda dengan tujuan yang berbeda pula. Biasanya, saat servis biasa, hanya sebatas memeriksa bagian filter udara, sistem injeksi, fluida, serta pengecekan rem, sedangkan bagian dalam mesin tidak dilakukan pemeriksaan. Tapi jika tune-up, bagian dalam mesin semisal sistem katup pun juga akan dilakukan pemeriksaan.

Melansir laman resmi Suzuki, manfaat tune-up di kendaraan sendiri, adalah mengembalikan kondisinya seperti semula.

Saat pemakaian jangka panjang, tentu saja akan ada gangguan serta berbagai kerusakan yang diakibatkan pemakaian terus menerus. Dengan dilakukannya tune-up ini kendaraan bisa tetap dalam kondisi baik dan memiliki performa maksimal. Nah, berikut daftar manfaatnya:

1) Memaksimalkan Performa Mesin Kendaraan

2) Menjaga Kondisi Mesin Tetap Awet

3) Menghindari Resiko Kerusakan Lebih Parah

4) Memastikan Kondisi Mesin Tetap Baik Digunakan

5) Menghemat Biaya Perawatan

6) Menghindari Macet Saat Digunakan Dalam Perjalanan

7) Memastikan Semua Kondisi Komponen Stabil

Komponen yang Diperiksa Saat Tune Up

Seperti penjelasan sebelumnya, pada saat melakukan tune-up akan dilakukan pemeriksaan komponen secara menyeluruh. Ada 3 bagian yang pasti akan diperiksa pada saat tune-up yaitu pada sektor mesin, chasis, dan sistem kelistrikan.

a) Sektor Mesin

Pada bagian mesin, ada beberapa poin yang harus dilakukan pemeriksaan antara lain mengecek pelumas oli, untuk melihat apakah kualitas oli masih baik atau perlu dilakukan penggantian. Selain itu, lakukan pengecekan busi untuk mengetahui keberhasilan proses pembakaran dalam mesin.

Disini, ada juga pemeriksaan filter udara, yang biasanya hanya dibersihkan saja. Namun, jika kondisi filter sudah hitam maka butuh untuk diganti. Selain filter udara, filter bensin juga akan dilakukan pemeriksaan untuk membersihkan kotoran yang ada di dalamnya

Selanjutnya, akan diperiksa juga bagian karburator/throttle body. Ini berlaku untuk mesin yang masih menggunakan karburator. Disini, akan dilakukan overhaul karburator dan penyetelan ulang. Namun untuk mesin injeksi biasanya hanya dibersihkan bagian throttle body dan ISC valve.

Selain itu, flushing sistem injeksi juga akan diperiksa. Ini khusus untuk motor injeksi, dimana akan dilakukan pembersihan injektor dari segala hal yang menyumbat dengan cara flushing menggunakan alat khusus.

Sedangkan yang terakhir adalah penyetelan katup ulang sesuai spesifikasi. Hal ini dilakukan agar performa mesin dapat maksimal

b)Sektor Chassis

Pada bagian ini akan dilakukan pemeriksaan beberapa komponen juga. Yang pertama adalah bagian kemudi yang akan di cek apakah masih balance atau perlu dilakukan pengaturan ulang

Ban dan pelek juga akan diperiksa. Jika sudah aus akan direkomendasikan untuk mengganti yang baru. Sedangkan untuk bagian velg akan dicek keseimbangannya.

Sistem pengereman dalam hal ini adalah bagian lain yang juga akan diperiksa, mulai dari kampas rem hingga minyak remnya. Jika dirasa sudah rusak atau habis, maka akan diganti dengan yang baru

 

Kelistrikan

c) Sektor kelistrikan

Pada sektor kelistrikan juga akan dilakukan pemeriksaan terhadap beberapa hal. Pertama, tentu yang diperiksa adalah kondisi aki. Tujuannya adalah untuk melihat apakah tegangannya masih normal, perlu di-charge, serta sudah soak dan butuh diganti atau tidak.

Selain itu, ada beberapa hal lain yang juga akan diperiksa. Di antaranya adalah sistem pengapian, lampu dan klakson, serta baterai-baterai

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Ungkap Kasus Asusila Bapak terhadap Anak Kandungnya

Posted: 05 Oct 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aparat Kepolisian Resor Kota Kediri, Jawa Timur mengungkap kasus asusila seorang bapak terhadap anak kandungnya di Kediri, Jawa Timur sehingga korban alami trauma mendalam.

Kepala Polresta Kediri AKBP Miko Indrayana menuturkan, kasus itu terungkap berawal dari aduan di media sosial dan langsung ditindaklanjuti oleh anggota.

"Satreskrim melakukan lidik dan saat ini sudah dalam tahap penyidikan kasus tersebut. Kami amankan orang tua lelaki, WA, di salah satu kecamatan di Kota Kediri," ujar Kapolresta di Kediri, Senin, 5 Oktober 2020, seperti dikutip dari Antara.

Dari hasil pemeriksaan, kasus itu terjadi ketika korban yang merupakan anak kandung masih duduk di bangku sekolah dasar. Bahkan, terus berlanjut hingga korban duduk di bangku tingkat SMA. Korban kini juga mendapatkan dampingan dari tim ahli untuk memulihkan kondisi psikologis korban.

Dari hasil penelusuran, korban selama ini selalu diancam oleh ayahnya, sehingga tidak berani melaporkan ke ibunda korban atau anggota keluarga lainnya. Bahkan, korban cenderung pendiam.  Padahal, selama ini prestasinya di sekolah juga cukup baik. Untuk itu, kini tim ahli berusaha untuk selalu mendampingi korban agar tidak mengalami trauma berkepanjangan.

Terancam Hukuman 20 Tahun Penjara

Ilustrasi Penangkapan. IOL
Ilustrasi Penangkapan. IOL

Ayah korban yang merupakan seorang pedagang tersebut juga pelaku masih ditahan di Mapolresta Kediri. Untuk ibunda korban, rencananya juga dimintai keterangan untuk mengungkap kasus tersebut.

"Korban tidak pernah cerita. Ini yang kami dalami untuk ancaman ke yang bersangkutan. Kami tidak bisa bertanya langsung ke yang bersangkutan, karena kami juga menjaga sisi psikologis adik kita. Namun, untuk saat ini informasi yang kami terima dari ahli bahwa kondisinya stabil, tapi harus tetap sama-sama jaga," ujar dia.

Sementara itu, pelaku hanya diam saja dan tertunduk lesu saat dibawa di ruangan. Ia juga hanya mengenakan celana pendek dengan kaos berwarna jingga tanpa mengenakan alas kaki. Tangan pelaku juga diborgol oleh petugas.

Selain itu, dirinya juga mengenakan masker, karena saat ini masih di masa pandemi COVID-19. Selain menahan bapak pelaku asusila, polisi juga menyita sejumlah barang bukti.

Seluruh barang itu masih tersimpan di gudang barang bukti di Mapolresta Kediri. Polisi akan menjerat dengan hukuman penjara, karena yang bersangkutan telah melanggar Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kontroversi Kutipan Hadis di Fashion Show Koleksi Lingerie Lini Busana Rihanna

Posted: 05 Oct 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Virtual fashion show untuk koleksi lingerie lini busana milik Rihanna, Savage X Fenty, telah terselenggara pada Jumat, 2 Oktober 2020. Di antara riuh pertunjukan musik dan koreografi terkoordinasi, ada komponen lain yang memicu gelombang protes publik.

Melansir laman Time, Selasa (6/10/2020), pertunjukan tersebut menggunakan Doom, sebuah lagu karya produser musik Coucou Chloe yang mengambil kutipan hadis. Setelah banjir kritik di media sosial selama akhir pekan, Chloe mengeluarkan pernyataan di Twitter-nya, Senin, 5 Oktober 2020.

Lewat kicauan tersebut, ia meminta maaf atas penggunaan sampel sabda Nabi Muhammad dan mengumumkan bahwa lagu tersebut akan dihapus dari semua streaming platform.

"Saya bertanggung jawab akan fakta bahwa saya tak sepenuhnya melakukan riset secara seharusnya dan berterima kasih pada kalian yang sudah meluangkan waktu menjelaskan perihal ini pada saya," begitu penggalan tweet-nya.

Audio hadis spesifik dalam sampel Doom dilaporkan telah dikaitkan dengan pengkhotbah Kuwait, Mishary bin Rashid Alafasy. Sementara, Rihanna dan Savage X Fenty tak menanggapi permintaan berkomentar terkait acara tersebut.

Berdasarkan laporan Independent, acara tahunan memperlihatkan koleksi lingerie tersebut dirilis di Amazon Prime dengan menampilkan jajaran model kenamaan, termasuk Bella Hadid dan Irina Shayk. Penyanyi Lizzo juga membintangi pertunjukan tersebut. Rihanna sempat dipuji karena menampilkan berbagai tipe tubuh dan etnis berbeda dalam fashion show tersebut.

Bukan Pertama Kali Terjadi

Rihanna dalam  Savage X Fenty Show (Dennis Leupold/Savage X Fenty via AP)
Rihanna dalam Savage X Fenty Show (Dennis Leupold/Savage X Fenty via AP)

Menurut Time, ini bukan pertama kalinya kultur Muslim untuk keperluan sekuler jadi kontroversi. Lady Gaga memicu wacana panas pada 2012 ketika mulai mengenakan pakaian mirip burqa di tengah rumor merilis lagu Burqa yang membuat pakaian tersebut terkesan seksual.

Kemudian, perancang busana Prancis, Marine Serre, dikritik karena mereknya berulang kali menggunakan motif bulan sabit, simbol yang sering dikaitkan dengan Islam. Juga, kedapatan mendesain penutup kepala yang secara estetika mirip hijab. Penutup kepala Serre mendapat kecaman sejak Prancis mulai memberlakukan larangan cadar atau penutup wajah pada 2011.

Sementara, pada Juli lalu, Rihanna dikritik karena tampilannya di sampul Harper's Bazaar China pada Agustus 2019, di mana ia terlihat mengenakan gaun biru cerah yang menampilkan lengan berlipit mengembang dan ikat pinggang merah cerah.

Penampilan pelantun Diamonds ini dijelaskan sama rumit dengan tata rambutnya yang meniru gaya tradisional Tiongkok. Di sana, alis Rihanna tertutup kilatan merah dan bibirnya diberi aksen warna merah tepat di tengah.

Harper's Bazaar China juga membagikan serangkaian gambar dari pemotretan di akun Instagram-nya, di mana terungkap bahwa ide di balik sampul tersebut adalah untuk menunjukkan bagaimana ikon gaya barat bertemu estetika timur. Meski majalah tersebut berbagi gagasan di balik gambar-gambar itu, banyak orang di media sosial menuduh publikasi dan penyanyi tersebut melakukan perampasan budaya.

Infografis DISIPLIN Protokol Kesehatan Harga Mati (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis DISIPLIN Protokol Kesehatan Harga Mati (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Anggun Pramudita, Pedangdut yang Viral dengan Jargon 'Tarik Sis Semongko'

Posted: 05 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama pedangdut Anggun Pramudita belakangan menjadi viral dan banyak netizen yang memperbincangkannya. Ia viral karena video saat ia manggung membawakan lagu berjudul Bunga dengan jargonnya 'Tarik Sis Semongko'.

Video yang diunggah oleh akun YouTube Aneka Safari Records ini pun sampai saat ini masih menduduki puncak trending YouTube pada nomor 5 sejak diunggah pada Jumat (2/10/2020). Video ini sampai saat ini telah mendapat 2,5 juta penonton.

Dengan viralnya video tersebut, sosokAnggun Pramudita pun kini makin terkenal. Pemilik akun Instagram dengan nama @anggunpramudita30 ini kerap unggah potret kesehariannya dalam media sosial tersebut.

Berikut 7 potret Anggun Pramudita yang Liputan6.com kutip dari Instagram @anggunpramudita30, Selasa (6/10/2020).

1. Begini potret pedangdut Anggun Pramudita yang belakangan sedang viral dan trending di YouTube

Anggun Pramudita (Sumber: Instagram/anggunpramudita30)
Anggun Pramudita (Sumber: Instagram/anggunpramudita30)

2. Sebagai penyanyi dangdut, ia pun masih sangat muda dan baru barusia 17 tahun

Anggun Pramudita (Sumber: Instagram/anggunpramudita30)
Anggun Pramudita (Sumber: Instagram/anggunpramudita30)

3. Anggun Pramudita memiliki nama asli Anggun Dian Pramudita

Anggun Pramudita (Sumber: Instagram/anggunpramudita30)
Anggun Pramudita (Sumber: Instagram/anggunpramudita30)

4. Ia merupakan wanita kelahiran Banyuwangi, 30 Maret 2003

Anggun Pramudita (Sumber: Instagram/anggunpramudita30)
Anggun Pramudita (Sumber: Instagram/anggunpramudita30)

6. Makin populer, banyak netizen kini membanjiri kolom komentarnya di Instagram

Anggun Pramudita (Sumber: Instagram/anggunpramudita30)
Anggun Pramudita (Sumber: Instagram/anggunpramudita30)

7. Banyak yang mendukungnya agar ia bisa menjadi populer sebagai penyanyi dangdut nasional

Anggun Pramudita (Sumber: Instagram/anggunpramudita30)
Anggun Pramudita (Sumber: Instagram/anggunpramudita30)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anak Down Syndrome Tak Bisa Diam, Ini Dua Kemungkinan Penyebabnya

Posted: 05 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebagian anak dengan down syndrome memiliki perilaku yang aktif dan tidak bisa diam. Menurut Ketua Umum dan Pendiri Persatuan Orangtua Anak Dengan Down Syndrome (POTADS) Noni Fadhilah, hal ini bisa terjadi jika anak memiliki keistimewaan lain di samping down syndromenya.

"Anak down syndrome usia 3 sampai 6 tahun yang aktif memang harus diperiksakan apa memang ada double handicap seperti hiperaktif," ujar Noni dalam webinar POTADS ditulis pada Sabtu (3/10/2020).

Noni menambahkan, selain kemungkinan keistimewaan ganda, orangtua juga perlu tahu bahwa anak dengan down syndrome umumnya memiliki kesulitan bicara. Keaktifan anak down syndrome kadang bisa muncul sebagai bentuk dari komunikasi.

"Dia ingin mengutarakan tapi tidak sanggup jadinya ya dia lebih agresif. Itu yang harus kita diskusikan dengan ahlinya."

Ketika anak menjadi sangat aktif, orangtua perlu kesabaran ekstra jangan sampai mencubit atau melakukan kekerasan fisik lainnya, kata Noni. Teguran secara halus bisa dilakukan secara terus-menerus.

"Memang boleh kita marahi, sekali dua kali tapi jangan sampai dia merasa kita tidak bersahabat sama dia."

Contohkan perkataan yang baik pada anak dan buat kesepakatan dengan seluruh anggota keluarga agar memiliki cara yang sama dalam mendidiknya.

Pengaruh Lingkungan

Noni yang juga memiliki anak down syndrome bernama Zeina bercerita bahwa lingkungan sangat berpengaruh.

Ketika Zeina mendengarkan kata-kata kasar dari satpam sebelah rumahnya, ia mengikuti kata-kata tersebut dan sering mengucapkannya. Membutuhkan waktu 3 tahun untuk Noni memberitahukan anaknya bahwa kata-kata itu tidak baik.

"Zeina terus menerus mengatakan kata kasar itu kepada orang selama tiga tahun. Berawal saat usianya 6 tahun dan baru hilang di usia 9 tahun."

Selama tiga tahun itu, Noni terus menerus menasihati anaknya agar tidak mengucapkan kata kasar. Ia mengaku merasa malu ketika sang anak berperilaku seperti itu.

Hal yang ia lakukan adalah meminta maaf kepada orang yang mendapat kata-kata kasar dan menasihati Zeina langsung di depan orang tersebut.

"Memang perlu kesabaran penuh sih," pungkasnya.

Infografis Disabilitas

Infografis Tunjangan Khusus Penyandang Disabilitas di Jakarta. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Tunjangan Khusus Penyandang Disabilitas di Jakarta. (Liputan6.com/Abdillah)

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: