Minggu, 11 Oktober 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


PSBB Transisi, Catat Lokasi SIM Keliling Terbaru di Jakarta

Posted: 11 Oct 2020 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Evaluasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 DKI Jakarta menyebutkan adanya perlambatan kenaikan kasus positif. Hal ini membuat Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi mulai 12 - 25 Oktober 2020.

Bagi masyarakat yang ingin melakukan perpanjangan SIM terdapat lima lokasi layanan SIM keliling terbaru. Menggunakan SOP Kesehatan yang ketat, pemohon wajib menggunakan masker serta menerapkan physical distancing.

Seperti dilansir NTMC Polri, Senin (12/10/2020), khusus wilayah Jakarta Timur, pemohon bisa menyambangi lokasi Mall Grand Cakung. Sedangkan Jakarta Utara pemohon bisa mengunjungi Mall PTC Pulo Gadung.

Untuk wilayah Jakarta Selatan, SIM keliling berada di Kampus Trilogi Kalibata, Jakarta Pusat berada di ITC Cempaka Mas dan Jakarta Barat terdapat di LTC Glodok.

Terkait waktu layanan, SIM keliling hari ini beroperasi mulai pukul 08.00 sampai dengan 14.00 WIB.

Hanya melayani permohonan perpanjangan SIM A dan SIM C, pemohon yang ingin menggunakan layanan SIM Keliling Polda Metro Jaya dapat dilakukan sebelum masa berlakunya habis. Apabila masa berlaku SIM telah habis, pemohon wajib membuat SIM Baru.

Syarat Perpanjang SIM

Sesuai PP Nomor 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak, biaya perpanjangan SIM A yakni Rp80.000 dan Rp75.000 untuk SIM C.

Syarat perpanjangan SIM A atau C sebagai berikut:

1. Foto Kopi KTP yang masih berlaku,

2. Foto Kopi SIM lama dan SIM asli,

3. Bukti Cek Kesehatan.

Setiap orang yang mengemudikan kendaraan dijalan raya wajib mengantongi Surat Izin Mengemudi sesuai jenis kendaraan yang dikemudikan. Ketentuan berlaku untuk pengendara yang tidak memiliki SIM diatur dalam Pasal 281.

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Shark Allies Bantah Sarankan Bunuh 500 Ribu Hiu untuk Buat Vaksin Covid-19

Posted: 11 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seluruh peneliti di dunia sedang berlomba menciptakan vaksin virus corona covid-19. Wabah yang pertama kali muncul di Wuhan, China, Desember 2019 itu sudah membuat lebih dari satu juta orang di dunia meninggal dunia.

Ketika vaksin covid-19 belum ditemukan, Cek Fakta Liputan6.com menemukan postingan yang mengejutkan di Twitter. Saat ini, netizen sedang ramai membicarakan tentang ide organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk konservasi hiu, Shark Allies.

Disebutkan oleh netizen, Shark Allies menyarankan membunuh lebih dari 500 ribu hiu untuk menciptakan vaksin covid-19. Salah satu akun Twitter yang membahas ini adalah @cicodog dengan narasi sebagai berikut:

"Mengimunisasi semua orang di dunia dengan satu dosis vaksin covid-19 yang mengandung squalene akan membutuhkan sekitar 250.00 hiu. Ini berlipat ganda menjadi setengah juta jika diperlukan 2 dosis, eperti yang dikatakan para peneliti. Kelompok Shark Allies yang berbasis di California menyarankan hal itu."

Lalu, benarkah Shark Allies yang merupakan organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk konservasi hiu dan pari, menyarankan membunuh 500 ribu hiu untuk menciptakan vaksin covid-19?

 

Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kebenaran informasi tersebut dengan mesin pencari Google. Hasil penelusuran mengarahkan ke artikel di Snopes dengan judul: "Will Over Half A Million Sharks Be Killed for COVID-19 Vaccine?", yang dipublikasikan pada 9 Oktober 2020.

Artikel itu mengambil bantahan dari Pendiri dan Direktur Eksekutif Shark Allies, Stefanie Brendl, yang membantah isu tersebut. Brendl malah menyebut ada kesalahpahaman besar dari berita yang sudah dibelokkan.

"Kami tidak mengklain perusahaan vaksin atau nelayan bakal keluar untuk membunuh 500 ribu hiu agar memenuhi permintaan fakvis," katanya.

Brendl menyebut, angka itu (500 ribu), pertama kali diterbitkan di The Daily Telegraph. Kemudian diambil oleh beberapa media yang disalahartikan dan menyebabkan berita menyesatkan.

Sementara Josh Soll, seorang peneliti untuk Shark Allies, mengatakan, penelitiannya menggunakan jumlah squalene yang disipakan dalam adjuvan untuk memperkirakan hiu yang dibutuhkan untuk permintaan vaksin covid-19. Ini berdasarkan populasi manusia.

Untuk sampai pada kesimpulannya, Soll mengatakan, dia beralih ke temuan yang dipublikasikan dalam menemukan jumlah squalen hiu di beberapa adjuvan vaksin, serta informasi tentang berapa banyak hiu yang dibutuhkan untuk menghasilkan satu metrik ton squalene.

"Penelitian sebelumnya yang menguji bahan pembantu berbasis shark squalene untuk penyakit seperti influenza dan virus corona masa lalu, seperti SARS dan Mers memberikan informasi tentang jumlah squalene yang digunakan dalam satu dosis adjuvan, yang merupakan komponen dari beberapa vaksin," katanya.

Untuk diketahui squalene digunakan sebagai adjuvan, bahan khusus yang dipakai untuk vaksis supaya memperoleh respons kekebalan yang lebih kuat agar terlindung dari penyakit. Cadangan squalane terbesar dimiliki hiu laut dalam yang hidup di kedalaman hingga 5.000 kaki.

Adjuvan yang mengandung squalene, terutama dua yang dikenal sebagai MF59 dan AS03, semakin banyak digunakan sebagai adjuvan imunologi dalam beberapa vaksin, termasuk pandemi flu novel influenza A (H1N1) 2009 dan vaksin flu musiman FLUAD dan Chiron sejak 1997. Faktanya, lebih banyak lagi dari 22 juta dosis vaksin flu yang mengandung squalene telah diberikan secara global, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

WHO mencatat bahwa AS03 dan MF59, dua bahan pembantu yang paling umum dibuat dari squalene hiu, masing-masing membutuhkan 10,68 dan 9,75 miligram squalene per dosis. Berdasarkan perkiraan ini, Soll menentukan bahwa antara 2.500 dan 3.000 hiu akan dibutuhkan untuk menghasilkan 1 metrik ton bahan pembantu berbasis squalene.

Dengan informasi ini, Soll memperkirakan bahwa satu putaran vaksinasi covid-19 berbasis squalene yang diberikan kepada populasi manusia global akan setara dengan pemanenan sekitar 450.000 dan 580.000 hiu.

Namun, angka itu tidak memperhitungkan variabel dan asumsi yang dibuat oleh penelitian. Tidak hanya tidak mungkin setiap orang di dunia akan membutuhkan vaksin covid-19, tetapi dosis dan jadwal administrasi yang tepat tidak diketahui.

"Kami tidak tahu berapa banyak lagi virus corona yang harus kami tangani di masa mendatang. Angka itu (500 ribu) tidak mencerminkan berapa tahun kita akan diberikan vaksin covid-19. Jadi, mengatakan 500 ribu hiu akan mati hanya karena vaksin merupakan pernyataan yang licik," ujar Direktur Eksekutif Shark Allies, Stefanie Brendl.

Hasil penelusuran Google juga mengarahkan ke artikel dengan judul: "A Coronavirus Vaccine Could Kill Half A Million Sharks, Conservationists Warn." Artikel itu dipublikasikan NPR pada 10 Oktober 2020.

Artikel ini juga mengambil pernyataan dari Direktur Eksekutif Shark Allies, Stefanie Brendl. Dalam artikel tersebut, dia memberikan prediksi bakal ada 500 ribu hiu terbunuh untuk menciptakan vaksin covid-19.

Dia juga memperkirakan, setiap tahunnya, ada 2,7 juta hiu dibunuh untuk mendapatkan sualene demi membuat alat kecantikan. Artikel itu tidak menyebut Shark Allies menyarankan membunuh 500 ribu hiu untuk menciptakan vaksin covid-19.

Brendl malah meminta para peneliti menghentikan perburuan hewan liar untuk kepentingan manusia. "Kami mulai mencari alternatif, karena dalam jangka panjang, kami tidak dapat mengandalkan sumber daya hewan liar untuk kebutuhan global apapun," ujarnya.

 

Kesimpulan

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Informasi yang menyebut Shark Allies menyarankan bunuh 500 ribu hiu untuk menciptakan vaksin covid-19 adalah salah. Faktanya, Direktur Eksekutif Shark Allies, Stefanie Brendl menyebut angka 500 ribu sudah salah diartikan. Menurutnya, angka itu adalah prediksi tentang ada 500 ribu hiu terbunuh untuk menciptakan vaksin covid-19.

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bikin Pangling, Ini 6 Foto Masa Muda Hetty Koes Endang

Posted: 11 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kehidupan selebritas Tanah Air sangat menarik untuk diikuti. Seperti penyanyi senior, Hetty Koes Endang. Perempuan yang akrab disapa bunda Hetty ini memulai kariernya sebagai penyanyi sejak 1972. Bunda Hetty termasuk penyanyi berprestasi seperti bisa menjadi wakil Indonesia di World Popular Song Festival (WPSF) Tokyo pada 1977.

Sejak 1972, penyanyi kelahiran 6 Agustus 1957 ini merilis lebih dari 30 judul album. Salah satu lagu yang cukup hits dari bunda Hetty adalah Berdiri Bulu Romaku. Lagu tersebut laris manis di pasaran pada 1987. Bahkan lagu tersebut, hingga kini tetap melegenda dan masih sering didengarkan.

Sebagai penyanyi senior, bunda Hetty nyatanya juga kekinian dengan memiliki media sosial Instagram di akun @hke57. Ibu dua anak ini kerap membagikan foto-fotonya di sana termasuk foto lawas saat ia masih muda.

Penasaran kan dengan potret Hetty Koes Endang saat masih muda? Berikut Liputan6.com rangkum dari Instagram @hke75, foto lawas Hetty Koes Endang saat masih muda, Senin (12/10/2020).

1. Saat masih muda, Hetty Koes Endang sudah memiliki aura berkarisma yang muncul di setiap penampilannya.

Bikin Pangling, Ini 6 Foto Masa Muda Hetty Koes Endang (sumber: Instagram.com/hke57)
Bikin Pangling, Ini 6 Foto Masa Muda Hetty Koes Endang (sumber: Instagram.com/hke57)

2. Bunda Hetty juga pernah bersalaman dengan Nelson Mandela saat ikut mengiringi hiburan musik di Istana Negara.

Bikin Pangling, Ini 6 Foto Masa Muda Hetty Koes Endang (sumber: Instagram.com/hke57)
Bikin Pangling, Ini 6 Foto Masa Muda Hetty Koes Endang (sumber: Instagram.com/hke57)

3. Ini dia foto Bunda Hetty pada 1993 setelah melahirkan anak pertama, Ameer Mahmed.

Bikin Pangling, Ini 6 Foto Masa Muda Hetty Koes Endang (sumber: Instagram.com/hke57)
Bikin Pangling, Ini 6 Foto Masa Muda Hetty Koes Endang (sumber: Instagram.com/hke57)

4. Masa kecil Ameer pun dibawa Hetty Koes Endang keliling dunia seperti mengunjungi Disney Land di Hong Kong.

Bikin Pangling, Ini 6 Foto Masa Muda Hetty Koes Endang (sumber: Instagram.com/hke57)
Bikin Pangling, Ini 6 Foto Masa Muda Hetty Koes Endang (sumber: Instagram.com/hke57)

5. Foto yang diambil pada 1989 ini memperlihatkan penampilan anggun Bunda Hetty.

Bikin Pangling, Ini 6 Foto Masa Muda Hetty Koes Endang (sumber: Instagram.com/hke57)
Bikin Pangling, Ini 6 Foto Masa Muda Hetty Koes Endang (sumber: Instagram.com/hke57)

6. Bersama dengan Ameer yang masih kecil, Bunda Hetty terlihat begitu menawan dengan makeup tebal.

Bikin Pangling, Ini 6 Foto Masa Muda Hetty Koes Endang (sumber: Instagram.com/hke57)
Bikin Pangling, Ini 6 Foto Masa Muda Hetty Koes Endang (sumber: Instagram.com/hke57)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lionel Messi Marah Barcelona Tendang Luis Suarez, Ini Tanggapan Ronald Koeman

Posted: 11 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Lionel Messi marah dengan perlakukan Barcelona terhadap Luis Suarez. Bintang asal Argentina itu kecewa teman dekatnya itu dipaksa meninggalkan Camp Nou.

Sebagai pencetak gol terbanyak ketiga sepanjang masa Barcelona, Lionel Messi menilai klub tidak cukup menunjukkan rasa hormat kepada Suarez. Striker asal Uruguay itu kemudian memutuskan bergabung dengan Atletico Madrid.

Pelatih Barcelona Ronald Koeman mengatakan dia berbicara dengan Messi tentang kemarahannya itu, baru-baru ini. "Jika Anda memiliki seseorang di ruang ganti yang dengannya Anda dan istri serta anak-anak Anda juga nongkrong di luar sepak bola, maka reaksi seperti itu masuk akal," kata Koeman dalam sebuah wawancara dengan NOS.

"Saya juga mengatakan itu kepada Messi: 'Saya mengerti bahwa Anda kecewa dan berpikir sangat memalukan bahwa dia pergi, tetapi ini adalah pilihan klub'," ucap juru taktik Barcelona asal Belanda itu.

 

 

Puji Penampilan Messi

Striker Barcelona, Lionel Messi, melepaskan tendangan ke gawang Celta Vigo pada laga La Liga di Stadion Balaidos, Sabtu (27/6/2020). Kedua tim bermain imbang 2-2. (AP/Lalo Villar)
Striker Barcelona, Lionel Messi, melepaskan tendangan ke gawang Celta Vigo pada laga La Liga di Stadion Balaidos, Sabtu (27/6/2020). Kedua tim bermain imbang 2-2. (AP/Lalo Villar)

Messi juga ingin meninggalkan Barcelona sebelum musim dimulai. Namun, pemain berjuluk La Pulga tersebut kemudian memutuskan bertahan karena tidak ingin membawa Barcelona ke pengadilan atas masalah tersebut.

Meski kecewa dengan kepergian Luis Suarez, Koeman menilai Messi tampil bagus dan senang dengan penampilannya. "Setelah tanda tangan di sini, saya langsung menghubungi Leo. Saya pergi ke rumahnya dan berbicara dengannya tentang masa depannya," ucap Koeman.

"Dia jelaskan tentang ketidakpuasannya. Pada akhirnya, itu berhasil dengan baik dan dari saat dia menunjukkan: 'Saya akan melakukannya', dia telah melakukan semua yang saya harapkan darinya," pungkas Koeman.

 

 

Membantu Messi

Striker Barcelona, Lionel Messi, berusaha melewati pemain Sevilla, Jules Kounde, pada laga Liga Spanyol di Stadion Camp Nou, Minggu (4/10/2020). Kedua tim bermain imbang 1-1. (AP Photo/Joan Monfort)
Striker Barcelona, Lionel Messi, berusaha melewati pemain Sevilla, Jules Kounde, pada laga Liga Spanyol di Stadion Camp Nou, Minggu (4/10/2020). Kedua tim bermain imbang 1-1. (AP Photo/Joan Monfort)

Sebagai juru taktik, Koeman harus meracik tim yang bisa membantu Messi. "Saya pikir kita harus menemukan tim terbaik untuk membantunya bersinar, menemukan posisi di mana dia dapat menghasilkan performa terbaiknya seperti yang selalu dia lakukan untuk klub ini," ucap pria asal Belanda itu.

"Kami mencari formula dalam sesi latihan, dia hidup untuk sepak bola dan ingin memenangkan semuanya. Bahkan, pertandingan di sesi latihan, dia melakukan segalanya untuk mencoba menang dan tidak ada obat lain untuk membuatnya bahagia," pungkas Koeman.

 

Klasemen Liga Spanyol

 

Saksikan Video Barcelona di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini 7 Tips Awet Muda dari Bos Telegram

Posted: 11 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri aplikasi Telegram, Pavel Durov, merayakan ulang tahun ke-36 pada 10 Oktober 2020. Meski telah berusia 36 tahun, banyak orang menilai ia terlihat lebih muda.

Durov pun menyadari pujian untuk penampilannya yang tampak awet muda.

"Saya kini sudah berusia 36 tahun, dan beberapa orang bertanya bagaimana saya terlihat lebih mudah daripada usia saya. Saya juga telah bertanya kepada banyak orang mulai dari Jaret Leto hingga fitness trainer yang tampak berusia seperti 25 tahun pada usia 50 tahun," ungkap Durov melalui channel pribadinya di Telegram.

Ia pun membagikan tujuh tips awet muda melalui channel tersebut. Berikut penjelasannya:

1. Hindari Alkohol

Mungkin ada beberapa pengecualian yang jarang terjadi, tapi secara umum, alkohol dan zat adiktif lainnya membuat orang kurang sehat dan terlihat lebih tua.

2. Perbanyak Tidur

Tidur adalah saat tubuh Anda memperbaiki dirinya sendiri. Kurang tidur selama sepekan tidak dapat diimbangi dengan terlalu banyak tidur pada akhir pekannya.

3. Jangan Makan Berlebihan

Berat badan yang berlebihan membuat orang terlihat lebih tua, dan berkolerasi dengan banyak penyakit.

"Biasanya saya makan dua kali sehari dalam waktu enam jam, atau sekali sehari tanpa ngemil. Makan lebih dari tiga kali sehari merupakan kebiasaan buruk," kata Durov yang juga menjabat sebagai CEO Telegram.

 

Tips Selanjutnya

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara berjabat tangan dengan pendiri sekaligus CEO Telegram, Pavel Durov setibanya di kantor Kemenkominfo, Jakarta, Selasa (1/8). (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara berjabat tangan dengan pendiri sekaligus CEO Telegram, Pavel Durov setibanya di kantor Kemenkominfo, Jakarta, Selasa (1/8). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

4. Latihan

Olahraga sedang tapi teratur membuat orang terlihat lebih sehat, dan hidup lebih lama. Durov mengatakan, ia secara khusus tidak banyak latihan kardio.

Ia lebih menyukai berjalan kaki, bersepeda, dan berenang di udara terbuka, dan memilih latihan beban sedang.

5. Batasi Stres

Ada kebiasaan mental yang membantu. Ini membantu untuk memercayai bahwa semua yang terjadi untuk menjadi lebih baik.

Menurut Durov, teknik Stoik seperti visualisasi negatif dan umumnya sikap ketidakpedulian juga bekerja. Hidup di dekat alam juga membuat semua hal tersebut menjadi lebih mudah.

 

Tip 6 dan 7

6. Jangan Makan Daging

"Makan makanan laut dan ikan tangkapan boleh saja, tapi daging merah yang dibudidayakan adalah sesuatu yang dihindari oleh orang-orang yang terlihat lebih muda dari usia mereka," tutur Durov.

Ia menduga sifat tidak sehat dari daging ternak berkaitan dengan cara hewan tersebut dibesarkan dan dibunuh.

7. Hidup Sendiri

"Anehnya, semua pria paruh baya yang tampak muda, dan saya ajak bicara tinggal sendirian selama sebagian besar hidup mereka," jelasnya.

Berdasarkan hal tersebut, Durov mengatakan bahwa itu kemungkinan hasil dari kemandirian mereka terkait pola tidur, makan, dan perilaku.

"Ini hanya korelasi, atau orang-orang yang terlepas dari norma sosial yang tidak sehat juga mandiri di dalam kehidupan pribadinya," sambungnya.

Durov mengatakan, ada penjelasan ilmiah untuk sebagian besar penjelasannya.

"Saya telah mengikuti aturan-aturan tersebut selama lebih dari 10 tahun, dengan lebih banyak tidur menjadi yang paling sulit karena pekerjaan saya," ungkapnya.

Dari keseluruhan tips tersebut, ia menekankan pentingnya menghindari alkohol. Tanpa alkohol, orang disebut akan mengetahui semua yang perlu diketahuinya, dan tidak akan bergantung pada nasihat orang lain.

"Jangan pernah minum alkohol. Setelah Anda berhenti minum alkohol, Anda akan berhenti membungkam intuisi, yang akan memberitahu apa yang baik dan buruk bagi Anda," jelas Durov.

(Din/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KKP Tanam 82.500 Bibit Mangrove Rehabilitasi Ekosistem Pesisir Aceh

Posted: 11 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Pengelolan Ruang Laut (Ditjen PRL) melakukan penanaman 82.500 bibit mangrove di pesisir Desa Gampong Baru, Kecamatan Setia Bakti, Aceh Jaya untuk mengembalikan luasan ekosistem mangrove yang hilang dan merehabilitasi ekosistem pesisir yang rusak.

Plt. Dirjen PRL, Tb Haeru Rahayu mengungkapkan, selain untuk pemulihan ekosistem pesisir, kegiatan penanaman bibit mangrove yang dilakukan secara padat karya ini merupakan bagian dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

"Sesuai arahan Presiden Joko Widodo dan Menteri Kelautan dan Perikanan, KKP diminta memberikan stimulus ekonomi untuk sektor kelautan dan perikanan yang terdampak pandemi melalui program PEN dalam bentuk padat karya," ujar Tebe dalam keterangannya, Senin (12/10/2020).

Tebe melanjutkan, ekosistem mangrove memiliki manfaat yang besar bagi kehidupan masyarakat pesisir sehingga perlu mendapat perhatian lebih agar keberadaannya tetap dipertahankan dan terhindar dari kerusakan.

Diketahui, luas mangrove nasional pada tahun 2019 adalah sebesar 3,311 juta ha, yang mana terluas di dunia. Namun demikian jika dilihat dari data historis luasan mangrove nasional sejak tahun 1980 sampai tahun 2019 diketahui bahwa luas ekosistem mangrove nasional telah berkurang sangat besar hingga mencapai 54 persen

"Pada tahun 2020, KKP memiliki target untuk melakukan perbaikan kondisi ekosistem mangrove dengan penanaman mangrove seluas 200 ha di 12 lokasi, salah satunya di Kabupaten Aceh Jaya," jelasnya.

Padat Karya

Menteri KKP Edhy Prabowo bersama Gubernur Maluku Murad Ismail usai melakukan penanaman mangrove di Ambon. Minggu 30 Agustus 2020
Menteri KKP Edhy Prabowo bersama Gubernur Maluku Murad Ismail usai melakukan penanaman mangrove di Ambon. Minggu 30 Agustus 2020

Menambahkan, Direktur Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (P4K) Muhammad Yusuf menyatakan, kegiatan penanaman mangrove yang dilaksanakan mulai dari tanggal 1 hingga 7 Oktober 2020 dilakukan secara padat karya oleh Kelompok Ekowisata Gampong Baro dan masyarakat sekitar pada area seluas 25 ha.

"Bibit mangrove yang ditanam sebanyak 82.500 batang bibit dari jenis Rhizopora sp. Bibit ini adalah hasil penyemaian yang dilakukan oleh penggiat konservasi mangrove," ungkap Yusuf.

Diharapkan, lokasi penanaman bibit mangrove ini dapat dikembangkan sebagai lokasi ekowisata dan destinasi wisata bahari di Aceh sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan ekonomi masyarakat pesisir ke depannya.

"Harapannya masyarakat dapat menjaga dan merawat bibit mangrove yang telah ditanam," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Ratusan Varietas Tanaman Pemakan Serangga Dipamerkan di Shanghai

Posted: 11 Oct 2020 10:00 PM PDT

Tanaman kantong semar (pitcher plant) dipamerkan di Shanghai Botanical Garden, Shanghai, China, 11 Oktober 2020. Lebih dari 250 varietas tanaman pemakan serangga dipamerkan dalam Pameran Tanaman Pemakan Serangga ke-2. (Xinhua/Zhang Jiansong)
Tanaman kantong semar (pitcher plant) dipamerkan di Shanghai Botanical Garden, Shanghai, China, 11 Oktober 2020. Lebih dari 250 varietas tanaman pemakan serangga dipamerkan dalam Pameran Tanaman Pemakan Serangga ke-2. (Xinhua/Zhang Jiansong)

Tanaman kantong semar (pitcher plant) dipamerkan di Shanghai Botanical Garden, Shanghai, China, 11 Oktober 2020. Lebih dari 250 varietas tanaman pemakan serangga dipamerkan dalam Pameran Tanaman Pemakan Serangga ke-2. (Xinhua/Zhang Jiansong)

Para wisatawan mengamati tanaman pemakan serangga di Shanghai Botanical Garden, Shanghai, China, 11 Oktober 2020. Lebih dari 250 varietas tanaman pemakan serangga dipamerkan dalam Pameran Tanaman Pemakan Serangga ke-2. (Xinhua/Zhang Jiansong)
Para wisatawan mengamati tanaman pemakan serangga di Shanghai Botanical Garden, Shanghai, China, 11 Oktober 2020. Lebih dari 250 varietas tanaman pemakan serangga dipamerkan dalam Pameran Tanaman Pemakan Serangga ke-2. (Xinhua/Zhang Jiansong)

Para wisatawan mengamati tanaman pemakan serangga di Shanghai Botanical Garden, Shanghai, China, 11 Oktober 2020. Lebih dari 250 varietas tanaman pemakan serangga dipamerkan dalam Pameran Tanaman Pemakan Serangga ke-2. (Xinhua/Zhang Jiansong)

Para wisatawan mengamati tanaman pemakan serangga di Shanghai Botanical Garden, Shanghai, China, 11 Oktober 2020. Lebih dari 250 varietas tanaman pemakan serangga dipamerkan dalam Pameran Tanaman Pemakan Serangga ke-2. (Xinhua/Zhang Jiansong)
Para wisatawan mengamati tanaman pemakan serangga di Shanghai Botanical Garden, Shanghai, China, 11 Oktober 2020. Lebih dari 250 varietas tanaman pemakan serangga dipamerkan dalam Pameran Tanaman Pemakan Serangga ke-2. (Xinhua/Zhang Jiansong)

Para wisatawan mengamati tanaman pemakan serangga di Shanghai Botanical Garden, Shanghai, China, 11 Oktober 2020. Lebih dari 250 varietas tanaman pemakan serangga dipamerkan dalam Pameran Tanaman Pemakan Serangga ke-2. (Xinhua/Zhang Jiansong)

Para wisatawan mengamati tanaman pemakan serangga di Shanghai Botanical Garden, Shanghai, China, 11 Oktober 2020. Lebih dari 250 varietas tanaman pemakan serangga dipamerkan dalam Pameran Tanaman Pemakan Serangga ke-2. (Xinhua/Zhang Jiansong)
Para wisatawan mengamati tanaman pemakan serangga di Shanghai Botanical Garden, Shanghai, China, 11 Oktober 2020. Lebih dari 250 varietas tanaman pemakan serangga dipamerkan dalam Pameran Tanaman Pemakan Serangga ke-2. (Xinhua/Zhang Jiansong)

Para wisatawan mengamati tanaman pemakan serangga di Shanghai Botanical Garden, Shanghai, China, 11 Oktober 2020. Lebih dari 250 varietas tanaman pemakan serangga dipamerkan dalam Pameran Tanaman Pemakan Serangga ke-2. (Xinhua/Zhang Jiansong)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

UMS Bantu Pengobatan Mahasiswa Terluka dalam Demo Tolak Omnibus Law

Posted: 11 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Solo - Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Sofyan Anif menyatakan bantuan pengobatan untuk para korban aksi demonstrasi penolakan UU Cipta Kerja pada Kamis (8/10) murni merupakan bentuk empati kampus.

"Jadi kalau ada yang mengatakan itu merupakan indikasi saya yang menyuruh demo, saya rasa itu sudah terlalu jauh. Ini tidak ada hubungannya, saya selaku rektor yang punya mahasiswa dirawat, apa tidak boleh menjenguk dan mengeluarkan biaya untuk pengobatan mereka," katanya di Solo, Minggu, dikutip Antara.

Ia mengatakan pada saat itu mengetahui bahwa banyak mahasiswa UMS yang menjadi korban dari aksi unjuk rasa atau demo tolak Omnibus Law di Bundaran Kartasura karena diberitahukan oleh salah satu perwakilan dari RS PKU Kartasura, Kabupaten Sukoharjo.

"Pada saat itu saya ditelepon dan saya langsung ke sana. Ada sekitar 41 mahasiswa UMS yang terluka, rata-rata karena pentungan dan sepatu. Saat ini mereka sudah diperbolehkan pulang," katanya.

Selain untuk menjenguk, kedatangannya ke rumah sakit juga bertujuan memberikan dukungan moral kepada mahasiswa yang melaksanakan hak demokrasi mereka secara konstitusional. Ia menilai para mahasiswa tidak berbuat anarkis dalam aksi itu sehingga perlu memperoleh dukungan dari siapapun.

"Ini bukan soal setuju atau tidak setuju dengan tujuan demo, namun lewat aksi ini mahasiswa memperoleh pengalaman berharga dalam memperjuangkan kedaulatan rakyat dan membela buruh dalam perspektif mahasiswa. Demo boleh dengan catatan aksi harus tertib," katanya.

 

Pesan Rektor kepada Mahasiswa

Sementara itu, terkait dengan UU Cipta Kerja sendiri, dikatakannya, ada positif dan negatifnya. Meski demikian, seluruh pihak tidak terkecuali mahasiswa perlu mengkaji terlebih dahulu secara detail isi dari UU Cipta Kerja tersebut.

"Saya kan bukan politikus, saya hanya mengingatkan mahasiswa jangan sampai demo tetapi tidak tahu substansinya. Pelajari dulu, tetapi kalau tidak berpihak kepada rakyat ya tugas anda (mahasiswa) untuk menyuarakan, kalau lewat DPR kadang sulit," katanya.

Meski demikian, ia meminta kepada para mahasiswa untuk melakukan aksi demonstrasi dengan mengedepankan akhlak dan bersifat konstruktif.

"Jangan sampai menimbulkan huru-hara, jangan merugikan orang lain dan mengganggu sekitar. Jangan sampai demo ini ditunggangi, karena bahaya kalau sampai itu terjadi," katanya.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: 4 Bangunan Warung Makan dan Toko Ludes Terbakar

Posted: 11 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Musibah kebakaran 4 bangunan toko dan warung makan terjadi di Jalan Tole Iskandar, Sukmajaya Depok. Api bermula dari pembakaran sampah di sebuah toko kusen, api dengan cepat membesar karena material bangunan terbuat dari kayu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Calon Suami Ayu Ting Ting, Pintar dan Lulusan S2 Luar Negeri

Posted: 11 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ayu Ting Ting jadi sorotan karena kabar bakal menikah dengan pria bernama Adit Jayusman. Isu yang beredar, Ayu Ting Ting bakal dinikahi Adit di pengujung 2020. 

Kehadiran pria bernama lengkap Adit Pradana Jayusman dalam kehidupan Ayu Ting Ting dipastikan bukan rumor. Ayah Ayu Ting Ting, Abdul Rozak, mengonfirmasi kebenaran kabar ini. Ia memastikan Ayu Ting Ting sudah mendapat calon suami.

"Alhamdulillah sosoknya baik, kriteria ayah masuk. Alhamdulillah," jelas Abdul Rozak saat ditemui awak media, baru-baru ini. Sayang, ia belum bersedia membocorkan lebih detail rencana Ayu Ting Ting dan pacar barunya ke depan.

Soal pernikahan, ia memberi isyarat berupa senyum semringah. Berikut 5 fakta Adit Jayusman, yang disebut-sebut sukses menaklukkan hati Ayu Ting Ting dan siap menikah, yang dirangkum Showbiz Liputan6.com.

1. Muncul di Ultah Ibunda Ayu Ting Ting

Ayu Ting Ting (Sumber: Instagram/_husnaa08)
Ayu Ting Ting (Sumber: Instagram/_husnaa08)

Belum lama ini nama Adit Jayusman jadi pembicaraan karena muncul di acara perayaan ulang tahun Umi Kalsum, ibunda Ayu Ting Ting. Ia tampak di foto yang diunggah Umi Kalsum di akun Instagram terverifikasi miliknya. Belakangan, foto tersebut telah dihapus.

2. Bukan Artis

Ayu Ting Ting (Sumber: Instagram/ayutingting92)
Ayu Ting Ting (Sumber: Instagram/ayutingting92)

Adit Jayusman bukan dari kalangan selebritas. Ia tak pernah merintis karier sebagai penyanyi, bintang iklan, atau pemain sinetron. Wajahnya juga tak pernah muncul di layar kaca.

 

 

3. Disebut Calon Suami

Ayu Ting Ting (Bambang E. Ros/Fimela.com)
Ayu Ting Ting (Bambang E. Ros/Fimela.com)

Hubungannya dengan Ayu Ting Ting ternyata serius. Ia disebut sebagai calon suami bintang film Dimsum Martabak dan Arwah Tumbal Nyai. Hal tersebut dikatakan langsung oleh Umi Kalsum.

4. Lulusan Luar Negeri

Adit Jayusman (Sumber:
Adit Jayusman (Sumber:

Pria yang akrab disapa Adit ini diketahui pernah menempuh pendidikan S2 di luar negeri yakni Belanda. Ia juga alumni perguruan tinggi ternama, Institut Teknologi Bandung.

5. Dapat Lampu Hijau

Adit Jayusman
Adit Jayusman

Manuver Adit Jayusman mendekati Ayu Ting Ting hingga berujung rencana menikah, mendapat lampu hijau dari kedua orangtua pelantun "Alamat Palsu" dan "Sambalado."

"Mudah-mudahan, ya mereka yang jalani, mereka nyaman, terutama Ayu. Kita sebagai orangtua mendoakan saja yang terbaik," kata Umi Kalsum belum lama ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masa PSBB Transisi Jakarta, Tracing COVID-19 Secara Masif Akan Dilakukan

Posted: 11 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Masa Transisi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan melaksanakan kegiatan pelacakan kontak (contact tracing) COVID-19. Upaya ini untuk menemukan kasus secara dini dan penanganan pasien yang bisa segera dilakukan.

Kegiatan tes COVID-19 (testing) maupun perawatan (treatment) di rumah sakit Jakarta akan terus ditingkatkan kapasitasnya saat PSBB Transisi yang berlaku hari ini, 12 Oktober sampai 25 Oktober 2020.

"Setiap penanggung jawab kegiatan (tracing, testing, treatment) harus memberlakukan protokol pencegahan COVID-19," jelas Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan dalam keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com, ditulis Senin (12/10/2020).

"Bila ditemukan klaster (bekerja bersama, berinteraksi dekat) di sebuah tempat kerja, maka wajib melakukan penutupan tempat kerja selama 3 x 24 jam untuk disinfeksi. Setiap bisnis wajib menyiapkan COVID-19 Safety Plan. Adapun protokol khusus setiap sektor diatur oleh ketentuan Kepala Dinas terkait."

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Antisipasi Lonjakan COVID-19

Petugas mengecek suhu pegawai atau tamu yang akan masuk di lingkungan kantor PLN Jakarta, Kamis (05/3/2020). PLN melakukan langkah preventif terhadap upaya pencegahan penyebaran virus corona dari level manajemen direksi hingga level pegawai. (Liputan6.com/Pool/PLN)
Petugas mengecek suhu pegawai atau tamu yang akan masuk di lingkungan kantor PLN Jakarta, Kamis (05/3/2020). PLN melakukan langkah preventif terhadap upaya pencegahan penyebaran virus corona dari level manajemen direksi hingga level pegawai. (Liputan6.com/Pool/PLN)

Upaya meningkatan 3T (tracing, testing, treatment) Pemprov DKI Jakarta juga sebagai langkah antisipasi potensi lonjakan COVID-19.

"Jumlah orang yang dites di Jakarta terus meningkat, seiring dengan bertambahnya kapasitas testing. Pada periode 3 – 9 Oktober 2020, jumlah orang yang dites PCR mencapai 63.474 orang,"

"Angka ini setara dengan rata-rata testing 6 per 1.000 penduduk dalam satu minggu (6 kali lipat melebihi rata-rata testing minimum yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia/WHO)."

Anies pun mengimbau seluruh warga DKI ikut serta mencegah penularan COVID-19. Disiplin protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak).

"Semua warga ikut bertanggung jawab terhadap pencegahan penularan COVID-19. Jika satu tempat tidak disiplin (protokol kesehatan), maka satu kota yang harus merasakan akibatnya. Maka, kita harus benar-benar disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M. Pemerintah akan terus meningkatkan 3T," pungkas Anies.

Temuan Pelacakan Kontak

Petugas berpakaian APD lengkap melayani pasien yang secara mandiri melakukan swab test drive thru di halaman parkir rumah sakit di Jakarta, Rabu (12/5/2020). Swab test drive thru dilakukan untuk mendeteksi dan mencegah penyebaran virus corona COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Petugas berpakaian APD lengkap melayani pasien yang secara mandiri melakukan swab test drive thru di halaman parkir rumah sakit di Jakarta, Rabu (12/5/2020). Swab test drive thru dilakukan untuk mendeteksi dan mencegah penyebaran virus corona COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Dalam penemuan pelacakan kontak, aturan termaktub pada Peraturan Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Nomor 101 Tahun 2020 Tentang Perubahan Atas Peraturan Gubernur Nomor 79 Tahun 2020 Tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019.

Pergub ini ditandatangani Anies tertanggal 9 Oktober 2020. Berikut ini aturan dan upaya yang dapat dilakukan ketika terdeteksi adanya kontak erat.

Pasal 17 ayat (1)

Dalam hal ditemukan adanya pekerja dan/atau Individu di tempat kerja/tempat kegiatan/wilayah tertentu yang menjadi Kontak Erat, Suspek, Probable, Konfirmasi atau Pelaku Perjalanan, maka pimpinan/penanggung jawab tempat kerja/tempat kegiatan baik milik pemerintah maupun swasta/Satuan Tugas Penanganan COVID-19 tingkat Rukun Warga wajib:

a. melaporkan data kasus dan berkoordinasi dengan pusat kesehatan masyarakat atau Dinas Kesehatan;

b. melakukan penghentian sementara aktivitas di tempat kerja/tempat kegiatan/kompleks perkantoran selama proses pembersihan dan disinfeksi paling sedikit 3x 24 (tiga kali dua puluh empat) jam dengan menyesuaikan kapasitas ruang dan jangkauan Kontak Erat;

c. melakukan pembersihan semua area pada permukaan yang sering disentuh pekerja dengan cairan pembersih/cairan disinfektan;

d. melakukan disinfeksi pada area fasilitas dan peralatan yang terkontaminasi pekerja sakit;

e. mengatur sirkulasi udara di dalam tempat yang terkontaminasi pasien terkonfirmasi; dan

f. memfasilitasi skriningkesehatan dan Isolasi terkendali terhadap pekerja dan/atau anggota masyarakat yang pernah melakukan kontak fisik dengan individu yang terpapar COVID-19.

Pelacakan Kontak

Pasal 17 ayat (2)

Pekerja dan/atau masyarakat di tempat kerja/tempat kegiatan/wilayah tertentu yang memenuhi kriteria Kontak Erat atau Suspek, berdasarkan penyelidikan epidemiologi, atau yang mengikuti tes yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dilakukan pengambilan spesimen/swab untuk pemeriksaan Reverse Transcriptase Polymerase Chain Reaction (RT-PCR), Tes Cepat Molekuler (TCM) atau Rapid Test Antigen sesuai dengan standar World Health Organization oleh petugas kesehatan yang terlatih/kompeten pada tempat tertentu yang ditentukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, rumah sakit, fasilitas kesehatan,atau tempat lain yang dapat melaksanakan pemeriksaan, dengan ketentuan sebagai berikut:

a. dalam hal hasil Reverse Transcriptase Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) positif/Tes Cepat Molekuler (TCM)Positif/Rapid Test Antigen reaktif, namun tidak menunjukkan gejala demam atau batuk/pilek/nyeri tenggorokan/memiliki gejala ringan yang tidak membutuhkan perawatan medis, maka wajib dilakukan Isolasi terkendalipada lokasi yang ditetapkan oleh Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi DKI Jakarta;

b. dalam hal hasil Reverse Transcriptase Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) positif/Tes Cepat Molekuler (TCM)positif/Rapid Test Antigen reaktif dan membutuhkan perawatan medis, maka dilakukan perawatan di rumah sakit rujukan; dan

c. dilakukan penyelidikan epidemiologi untuk menemukan Kontak Erat.

Pasal 17 ayat (3)

Rumah sakit, fasilitas kesehatan, atau tempat lain yang dapat melaksanakan pemeriksaan sebagaimana dimaksud pada ayat (2), wajib menyampaikan hasil pemeriksaan Reverse Transcriptase Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) positif/Tes Cepat Molekuler (TCM) positif/Rapid Test Antigen reaktif kepada Dinas Kesehatan.

Infografis Tes Massal Deteksi Corona Covid-19

Infografis Tes Massal Deteksi Corona Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Tes Massal Deteksi Corona Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan WHO Tak Lagi Sarankan Lockdown untuk Cegah COVID-19

Posted: 11 Oct 2020 09:57 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kini memperingatkan para pemimpin negara di dunia agar tidak mengandalkan penerapan lockdown sebagai langkah untuk mengatasi pandemi Virus Corona COVID-19.

Saran tersebut diberikan setelah WHO mengatakan negara-negara harus berhati-hati dalam melonggarkan pembatasan-pembatan untuk mencegah risiko penyebaran COVID-19. 

Dilaporkan New York Post, Senin (12/10/2020), Utusan Khusus (special envoy) WHO Dr. David Nabarro mengatakan, tindakan pembatasan seperti itu hanya boleh diperlakukan sebagai upaya terakhir. 

Hal itu disampaikan oleh Dr. Nabarro dalam sebuah wawancara video dengan majalah Inggris, The Spectator.

"Kami di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tidak menganjurkan penguncian (lockdown) sebagai cara utama pengendalian virus ini," ujar Dr. Nabarro kepada The Spectator. 

Dr. Nabarro juga menyampaikan, "Satu-satunya saat kami yakin bahwa lockdown dapat dibenarkan adalah untuk memberi Anda waktu untuk mengatur ulang, menyusun kembali, menyeimbangkan kembali sumber daya Anda, melindungi petugas kesehatan Anda yang kelelahan, tetapi pada umumnya, kami lebih memilih tidak melakukannya."

Nabarro menyebutkan, ada kerugian signifikan yang disebabkan pembatasan yang ketat, khususnya terhadap ekonomi global.

"Lockdown hanya memiliki satu konsekuensi yang tidak boleh Anda remehkan, dan itu membuat orang miskin menjadi semakin miskin," sebutnya.

Kemudian, ia menambahkan lockdown juga telah memberikan dampak parah pada negara-negara yang mengandalkan pariwisata.

"Lihat saja apa yang terjadi pada industri pariwisata di Karibia, misalnya, atau di Pasifik karena orang-orang tidak berlibur," terang Dr. Nabarro. 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Dampak Lockdown pada Tingkat Kemiskinan

Sejumlah petugas keamanan terlihat sedang bertugas di Times Square di New York, Amerika Serikat (AS), pada 31 Agustus 2020. Jumlah kasus COVID-19 di AS melampaui angka 6 juta pada Senin (31/8), menurut Center for Systems Science and Engineering (CSSE) di Universitas Johns Hopkins. (Xinhua/Wang Ying)
Sejumlah petugas keamanan terlihat sedang bertugas di Times Square di New York, Amerika Serikat (AS), pada 31 Agustus 2020. Jumlah kasus COVID-19 di AS melampaui angka 6 juta pada Senin (31/8), menurut Center for Systems Science and Engineering (CSSE) di Universitas Johns Hopkins. (Xinhua/Wang Ying)

"Lihat apa yang terjadi pada petani kecil di seluruh dunia. Lihat apa yang terjadi pada tingkat kemiskinan. Tampaknya kita mungkin memiliki dua kali lipat kemiskinan dunia pada tahun depan. Kami mungkin memiliki setidaknya dua kali lipat anak-anak yang mengalami malnutrisi," jelas Dr. Nabarro. 

Sebelumnya, Badan Kesehatan PBB juga sempat memperingatkan negara-negara agar tidak mencabut kebijakan lockdown terlalu cepat selama gelombang pertama virus.

Beberapa waktu lalu, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menyatakan, "Hal terakhir yang dibutuhkan negara mana pun adalah membuka sekolah dan bisnis, hanya untuk dipaksa menutupnya lagi karena kebangkitan penyebaran virus."

Sementara itu, Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus telah mendesak negara-negara untuk mendukung langkah-langkah lain, termasuk pengujian luas dan pelacakan kontak, sehingga mereka dapat membuka kembali dengan aman dan menghindari lockdown di masa depan.

"Kita perlu mencapai situasi yang berkelanjutan di mana kita memiliki kendali yang memadai terhadap virus ini tanpa mematikan hidup kita sepenuhnya, atau beralih dari lockdown ke tidak lockdown - yang memiliki dampak yang sangat merugikan bagi masyarakat," imbuhnya. 

Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona

Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masih Diedit, DPR Belum Serahkan RUU Cipta Kerja ke Presiden Jokowi

Posted: 11 Oct 2020 09:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seminggu setelah RUU Cipta Kerja disetujui untuk disahkan DPR pada 5 Oktober 2020 lalu, DPR RI belum juga mengirimkan RUU tersebut kepada Presiden Joko Widodo.

Sekjen DPR Indra menyatakan batas waktu penyerahan 7 hari yang dimakaud UU adalah 7 hari kerja.

"Jadi yang disebut 7 hari adalah 7 hari kerja. Nah 7 hari kerja itu adalah hari Rabu, Sabtu-Minggu nggak dihitung. Nah yang disebut di dalam UU itu 7 hari kerja mulai Rabu, bukan hari ini," kata Indra kepada wartawan, Senin (12/10/2020).

Indra juga menyinggung jumlah halaman draft RUU Cipta Kerja yang akan diserahkan mengalami kenaikan dari 905 saat pengesahan paripurna menjadi 1.035 halaman.

"Itu yang dibahas terakhir yang surat 1.035," katanya.

Indra menyatakan, saat ini draft masih di Badan Legislasi DPR lantaran masih perlu diedit atau disempurnakan secara redaksional.

"Siang ini masih mau difinalkan dulu. Itu (1.035 halaman) yang terakhir dibahas sampai kemarin," katanya.

 

Sudah Dibahas 4 Tahun

Tenaga Ahli Utama KSP Ali Mochtar Ngabalin membantah bahwa penyusunan Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja (Ciptaker) dilangsungkan secara kilat. Menurut dia, penyusunan UU yang disahkan DPR 5 Oktober lalu, telah dilakukan sejak empat tahun lalu.

"Nah ini sering kali kita sampaikan, harus berkali-kali kita sampaikan. UU ini kan bukan sebulan dua bulan dibahas, UU ini kan sudah empat tahun. Mondar-mandir saya jelaskan ke universitas, saya datang juga menjelaskan ke provinsi terkait dengan UU Cipta Kerja," kata Ali Ngabalin dalam wawancara khusus Liputan6 SCTV, Minggu (11/10/2020).

Ali Ngabalin membantah jika ada sejumlah pihak yang menyebut UU ini minim partisipasi publik dan diciptakan secara kilat.

"Kenapa begitu? Ruang publik itu menjadi persyaratan bagi semua UU itu dibahas, prosesnya itu di DPR baik (UU) usulan DPR maupun usulan pemerintah. Jadi saya kira isu-isu seperti ini yang kita mesti klarifikasi dengan baik," tutur dia.

Sebelumnya, Ali Mochtar Ngabalin menyebut, diperkirakan pekan depan salinan Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) dapat diakses oleh publik. Salinan akan diunggsh ke laman resmi DRP RI.

"Saya kemarin sudah berkomunikasi dengan teman-teman di Sekretariat DPR, kemungkinan dalam pekan depan itu, setelah mereka lengkapi kemudian mereka akan masukkan ke website DPR RI. Kemudian bisa dilihat oleh semua orang," kata Ali Ngabalin.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Editan Foto Jika Warung Kaki Lima di Luar Negeri, Bikin Geleng Kepala

Posted: 11 Oct 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pedagang kaki lima mudah sekali ditemukan di Indonesia. Hampir di setiap daerah di Tanah Air terdapat pedagang kaki lima atau PKL ini. Biasanya pedagang kaki lima menjual dagangannya menggunakan gerobak sambil keliling. 

Selain itu, pedagang kaki lima biasanya juga menggunakan bahu jalan dan mendirikan tenda. Biasanya para pedagang kaki lima menjual nasi goreng, mie goreng, bubur ayam, bakso, nasi uduk dan beragam makanan atau minuman lainnya. 

Makanan kaki lima yang dijual di pinggir jalan pun tak kalah dari restoran yang mahal. Tapi, apa jadinya ya kalau pedagang kaki lima ini ada di luar negeri ya? Penasaran seperti apa potretnya? 

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas editan foto jika pedagang kaki lima ada di luar negeri, Senin (12/10/2020) 

1. Abang tukang bakso sudah go international sampai ke New York nih~

Editan Foto Jika Warung Kaki Lima Pindah Luar Negeri (Sumber: Twitter//andymakethings
Editan Foto Jika Warung Kaki Lima Pindah Luar Negeri (Sumber: Twitter//andymakethings

2. Makan nasi uduk sambil lihat Menara Eiffel, mantap banget nih.

Editan Foto Jika Warung Kaki Lima Pindah Luar Negeri (Sumber: Twitter//andymakethings
Editan Foto Jika Warung Kaki Lima Pindah Luar Negeri (Sumber: Twitter//andymakethings

3. Enggak perlu khawatir kalau lapar atau haus, ada yang jual di Tembok Besar China. Es teh, gorengan, kopi sudah ada kok.

Editan Foto Jika Warung Kaki Lima Pindah Luar Negeri (Sumber: Twitter//andymakethings
Editan Foto Jika Warung Kaki Lima Pindah Luar Negeri (Sumber: Twitter//andymakethings

4. Kapan lagi makan nasi kucing angkringan di Roma, Italia? Syahdu banget nih pemandangannya.

Editan Foto Jika Warung Kaki Lima Pindah Luar Negeri (Sumber: Twitter//andymakethings
Editan Foto Jika Warung Kaki Lima Pindah Luar Negeri (Sumber: Twitter//andymakethings

5. Susu jahe merah 5 ribuan pasti laku keras kalau dijual di Irlandia, apalagi saat musim salju.

Editan Foto Jika Warung Kaki Lima Pindah Luar Negeri (Sumber: Twitter//andymakethings
Editan Foto Jika Warung Kaki Lima Pindah Luar Negeri (Sumber: Twitter//andymakethings

6. Abang bakso kalau di Jepang kira-kira bisa mengalahkan ketenaran sushi tidak ya?

Editan Foto Jika Warung Kaki Lima Pindah Luar Negeri (Sumber: Twitter//andymakethings
Editan Foto Jika Warung Kaki Lima Pindah Luar Negeri (Sumber: Twitter//andymakethings

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Akhiri Polemik, Pemerintah Diminta Sosialisasikan UU Cipta Kerja Secara Masif

Posted: 11 Oct 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri dan Mantan Rektor Pertama Universitas Pertahanan (Unhan) (2009-2012) Profesor Syarifuddin Tippe menyatakan bahwa letupan dan penolakan Undang-Undang Cipta kerja atau Omnibus Law wajar terjadi karena proses awalnya yang kurang massif dalam hal sosialisasi dan kondisnya kurang tepat karena masyarakat tengah berkonsentrasi menghadapi pandemic Covid-19.

"Saya tidak begitu paham tentang content atau subtansi sebuah undang-undang. Yang kita pahami adalah setiap undang-undang yang dibuat, pasti ada pihak yang kontra, itulah pentingnya dialog dan menyikapi semua isu di media sosial dengan arif dan bijak," katanya di Jakarta, Senin (12/10/2020).

Ia menegaskan, hanya merujuk dari apa yang bergulir di medsos, muncul letupan baru muncul Pidato Pak Jokowi. Meskipun demikian, Profesor Syarifuddin Tippe mengapresiasi pidato Presiden Jokowi tersebut.

"Sebaiknya, sosialisasi omnibus law ini gencar dan massif lagi, tidak harus presiden yang bicara, bisa saja Menteri terkait atau DPR RI, karena setelah Pidato Jokowi kemarin, publik bisa lebih memahami apa sisi kritis dari Undang-Undang cipta kerja ini," katanya.

Lebih lanjut, Guru Besar Manajemen Stratejik Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Negeri Jakarta ini melihat dari sisi bela Negara bahwa semua pihak, baik pro dan kontra, kurang cinta kepada Negara.

"Sebagai pencetus dari perumus kebijakan dalam melaksanakan segala sesuatu itu harus tanpa pamrih, dia rela mengabdikan apa yang ada pada dirinya, termasuk amanah yang dberikan oleh Allah SWT untuk menjadi sesuatu, baik sebagai pemimpin kelas atas, menengah atau dibawah sekalipun," katanya.

"Hemat saya, sebaiknya Pemerintah instropeksi dalam setiap momen mengeluarkan kebijakan harus selalu merangkul berbagai pihak secara komprehesif dan memperhatikan faktor sejarah perburuhan dengan baik," lanjut dia.

Dalam memasuki era perang informasi, Pakar Bela Negara ini menyatakan bahwa cermati medsos secara bijak.

"Jangan terburu-buru bersikap. Apalagi tindakan yang dapat memperuncing perbedaan, sikapi setiap kebijakan dengan positive thinking, termasuk undang-undang omnibus law, yang menggabungkan 11 urusan, kalau saya lihat dari pidato Pak Jokowi semua positif. Tapi kita tidak tahu nanti pelaksanaannya bagaimana. Saya berharap pelaksanaannya harus sesuai dengan prinsip bela Negara dan mengedepankan kepentingan masyarakat sebagai warga Negara," katanya.

Ia juga menekankan semua pihak untuk bijak dalam bermedsos. "Apa yang kita terima di media sosial, jangan langsung kita forward, tapi lihat, pelajari, filter dulu sebelum disebar. Sebaiknya, mereka yang paham akan isu-isu sensitf juga langsung share, tanpa memahami isinya secara komperehensif. Dan disebar ke media sosial yang tingkat pemahamannya berbeda antara satu dan yang lain. Ini bisa menimbulkan miss persepsi dalam menerima dan melihat sesuatu," katanya.

Harus Libatkan Semua Pihak

Ratusan elemen buruh dari berbagai organisasi  melakukan aksi demo menolak UU Cipta Kerja, Selasa (6/10/2020). (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Ratusan elemen buruh dari berbagai organisasi melakukan aksi demo menolak UU Cipta Kerja, Selasa (6/10/2020). (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Dia menjelaskan jika sejak awal perumusannya melibatkan publik secara luas. Saat perumusan Omnibu Law ini, katanya, sudah terjadi pro dan kontra yang tidak dipecahkan secara tuntas dan bicara lingkungan atau impact kebijakan dan terkait saat ini sedang pandemic dan ini harus jadi kesatuan.

"Saya termasuk yang kurang paham bagaimana kebijakan tersebut dirumuskan dan disosialisasikan di tengah masyarakat tengah mengalami keterbatasan gerak karena efek pandemi, bisa jadi saat sosialisasi kebijakan ini kurang tepat, kurang bijak atau tidak komprehensif melibatkan semua unsur," katanya.

Profesor Syarifuddin mencontohnya ketika saat dirinya menjabat Dan Seskoad dan akan menggelar acara mendatangkan KASAD di Bandung untuk ceramah wawasan kebangsaan, yang bersamaan dengan aksi mahasiswa mengenang peristwa Mei 1998.

"Saya tidak memanggil mereka, saya datangi mereka dan menghormati mereka, saya kemas dengan baik supaya jangan ada konflik, dan ternyata mereka paham dan esok acara longmarch mereka berjalan lancar dan aman, kami pun bisa mengelar acara keesokan harinya," ujar Ketum FSBPN (Forum Silaturahmi Boemi Putra Nusantara) ini.

Prinsip bela Negara yang dikatakannya mengacu lima hal. Pertama pancasila, kedua kesadaran berbangsa, ketiga cinta tanah air, keempat rela berkorban dan kelima tanpa pamrih.

Terakhir, ia berpesan sebaiknya berkaca pada sejarah, terutama perumus kebijakan dan impelementator kebijakan dan kita semua sebagai masyarakat, mari kita waspada karena bangsa Indonesia yang besar secara kuantitas SDM dan SDA-nya pasti ada saja ancaman yang akan memecah belah kesatuan bangsa, bisa saja baik secara internal atau pun eksternal, bahkan bisa saja eksternal memanfaatkan internal untuk menggembosi kebesaran bangsa ini.

"Saya berharap TNI, Polri, dan semua kesatuan strategis bangsa untuk memperkokoh dalam kesatuan dan persatuan yang mutlak, kalau kita saling sikut menyikut, saling iri hanya karena kekuasaan, sungguh kerdilnya kita. Jaga bangsa ini dari ancaman internal dan eksternal, luar biasa besarnya bangsa ini. Kekuatan kita ada di masyarakat, semua komponen strategis bangsa ini harus bersatu jangan mau diadu domba oleh sebuah kepentingan yang tidak jelas siapa yang punya. Semua menahan diri," demikian ia menghimbau.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tanggal Rilis KKN Di Desa Penari Masih Samar, Tissa Biani: Harap Sabar Ini Ujian

Posted: 11 Oct 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pandemi Corona Covid-19 di Indonesia terus meluas. Jumlah kasus infeksi baru bertambah 3.000 hingga 4.000-an per hari. Jaringan bioskop masih tutup. Tissa Biani pasrah merespons kondisi ini.

Seperti diketahui, Maret 2020 mestinya Tissa Biani merilis film anyar yakni KKN Di Desa Penari karya sineas Awi Suryadi. Film ini diangkat dari kisah viral di Twitter yang kemudian dibukukan.

Wabah membuat jadwal rilis KKN Di Desa Penari terkoreksi. Tissa Biani sadar penggemar KKN Di Desa Penari versi layar lebar tentu kecewa. Ditanya tanggal rilis yang baru Tissa Biani mengaku tak tahu.

 

Memang Kondisinya Seperti Ini

Tissa Biani. (Foto: Instagram @tissabiani)
Tissa Biani. (Foto: Instagram @tissabiani)

Wabah Covid-19 membuat banyak hal menjadi tidak pasti. Termasuk jadwal rilis KKN Di Desa Penari. "Memang kondisinya seperti ini (masih belum pasti), harap sabar ini ujian," Tissa Biani menjawab.

Berbincang dengan Showbiz Liputan6.com lewat telepon baru-baru ini, Tissa Biani berharap wabah Covid-19 segera reda dan bioskop menjadi tempat aman sekaligus nyaman untuk menonton.

Belum Tahu

Tissa Biani. (Foto: Instagram @tissabiani)
Tissa Biani. (Foto: Instagram @tissabiani)

"Kapan bioskop kembali buka juga belum tahu. Sejauh ini beberapa film Indonesia baru tayang di OTT atau platform digital. Saya paham sih mengingat kondisinya masih begini," ungkap bintang film 3 Nafas Likas.

Jauh di lubuk hatinya, Tissa Biani berharap KKN Di Desa Penari tetap tayang di bioskop. Setelah peredaran di bioskop tuntas, barulah KKN Di Desa Penari menyapa di platform digital.

 

Sensasi Nonton di Bioskop

Tissa Biani. (Foto: Instagram @tissabiani)
Tissa Biani. (Foto: Instagram @tissabiani)

"Bagaimana pun sensasi menonton di bioskop tetap beda. Kalau menonton film horor kayak KKN Di Desa Penari di bioskop, ambience horor akan lebih terasa di layar lebar plus tata suaranya," kata Tissa Biani.

KKN Di Desa Penari bukan film pertama Tissa Biani. Sebelumnya, ia membintangi Makmum yang diangkat dari film pendek viral di YouTube. Makmum versi layar lebar menyerap hampir 800 ribu penonton. 

Horor Dibatasi

Tissa Biani. (Foto: Instagram @tissabiani)
Tissa Biani. (Foto: Instagram @tissabiani)

KKN Di Desa Penari diyakini menjadi box office berikutnya. Diakui Tissa Biani sejak Makmum mencetak box office, ia kerap ditawari main film horor. Tissa Biani berencana membatasi.

"Horor dibatasi. Enggak mau terlalu sering biar penonton dan fans bisa melihat perkembangan akting saya di berbagai genre. Dengan begitu, saya tampil segar di setiap film," Tissa Biani mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Minta Roadmap Pemberian Vaksin Covid-19 Dipaparkan Pekan Ini

Posted: 11 Oct 2020 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta agar roadmap atau peta jalan untuk pemberian vaksin virus corona (Covid-19) sudah ada pekan ini. Dengan begitu, rencana program vaksinasi dapat segera disosialisasikan kepada masyarakat

"Untuk roadmap pemberian vaksin minggu ini, saya minta secara khusus dipaparkan sehingga jelas apa yang kita butuhkan," jelas Jokowi saat memimpin rapat terbatas secara virtual, Senin (12/10/2020).

Sebelumnya, rombongan pemerintah Indonesia bertolak ke China pada Sabtu lalu untuk memastikan ketersediaan vaksin yang akan diimpor langsung ke Tanah Air bulan depan. Ada tiga produsen yang didatangi Kementerian Kesehatan, BPOM, dan Biofarma yaitu Cansino, G42/Sinopharm dan Sinovac.

Ketiga perusahaan tersebut sudah masuk tahap akhir dalam uji klinis. Ketiga perusahaan ini pun telah mendapatkan Emergency Use Authorization dari Pemerintah Tiongkok pada Juli 2020 lalu. Meski begitu, masing-masing perusahaan memiliki kapasitas produksi yang berbeda.

Tahun ini Cansino menyanggupi 100 ribu vaksin untuk single dose (satu kali vaksinasi per orang) di bulan November 2020, dan sekitar 15-20 juta untuk tahun 2021. G42/Sinopharm menyanggupi 15 juta dosis vaksin untuk dual dose (dua kali vaksinansi per orang) tahun ini. Lalu 5 juta dosis akan mulai datang pada bulan November 2020.

Sementara itu Sinovac menyanggupi 3 juta dosis vaksin hingga akhir Desember 2020. Komitmen pengiriman 1,5 juta dosis vaksin untuk single dose vials pada minggu pertama November.

Lalu 1,5 juta dosis vaksin untuk single dose vials selanjutnya pada minggu pertama Desember 2020 dan ditambah 15 juta dosis vaksin dalam bentuk bulk. Kemudian tahun 2021, Sinopharm mengusahakan 50 juta (dual dose), Cansino 20 juta (single dose), Sinovac 125 juta (dual dose).

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Untuk Tenaga Medis

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan vaksinansi di Indonesia nantinya dilakukan secara bertahap. Vaksinasi tahap awal ini akan diberikan kepada tenaga medis dan paramedis. Lalu Pelayanan publik, TNI/Polri dan tenaga pendidik.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BEM akan Gelar Aksi Lanjutan Memprotes RUU Cipta Kerja yang Disetujui DPR

Posted: 11 Oct 2020 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) berencana akan menggelar aksi lanjutan untuk menolak RUU Cipta Kerja yang disetujui DPR pekan lalu.

Koordinator Pusat Aliansi BEM SI Remy Hastian menegaskan, aksi penolakan terhadap RUU Cipta Kerja tidak hanya sebatas pada 8 Oktober 2020 kemarin.

"Eskalasi gerakan mahasiswa dan masyarakat dibangun tidak hanya terbatas pada tanggal 8 Oktober saja, tetapi narasi perjuangan penolakan akan terus kami gaungkan sampai Presiden RI mengeluarkan Perppu," kata Remy dalam keterangannya, Senin (12/10/2020).

Dia menegaskan, pihaknya menuntut agar seluruh mahasiswa dan masyarakat Indonesia bergerak dan melanjutkan penolakan terhadap RUU Cipta Kerja yang diketok di DPR pekan lalu.

"Kami Aliansi BEM Seluruh Indonesia menegaskan dan mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menanamkan niat dan usaha yang kuat, bahwasanya kita belum kalah. Kami belum kalah, perjuangan harus terus berlanjut," tukas Remy.

 

Manfaatkan Bonus Demografi

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin mengatakan, RUU Cipta Kerja yang disetujui DPR untuk disahkan beberapa waktu lalu memanfaatkan bonus demografi yang akan dihadapi Indonesia.

Hal ini disampaikannya dalam wawancara khusus Liputan6 SCTV, Minggu (11/10/2020).

Dia mengklaim dengan disahkannya RUU Cipta Kerja, bonus demografi yang akan dialami Indonesia bisa digunakan untuk mengeluarkan negara ini dari kelompok negara berkembang.

"Undang-Undang Cipta Kerja ini salah satu yang terpenting adalah memanfaatkan bonus demografi yang kita miliki, untuk apa? Untuk harus bisa keluar dari jebakan negara-negara yang berpenghasilan menengah. Ini juga yang sering kali jadi pertanyaan banyak ke kita," ucap Ngabalin.

Dia kembali mengklaim, RUU Cipta Kerja yang rencana pengesahannya mendapat banyak protes keras, menjanjikan terbukanya lapangan pekerjaan bagi seluruh angkatan muda di Indonesia.

"Mereka yang tamat SMA, mereka yang tamat STM dan sebagainya, UU ini bisa menjadi suatu instrumen seluas-luasnya. Apalagi para pekerja, para pencari kerja dengan gampang," klaim Ngabalin.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dibakar Saat Demo, Halte Transjakarta Bundaran HI Mulai Beroperasi Kembali

Posted: 11 Oct 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), Sardjono Jhony Tjitrokusumo menyatakan sejumlah halte yang rusak pasca demo Undang-Undang Cipta Kerja pada Kamis (8/10/2020) sudah dapat digunakan kembali. Salah satunya yakni halte Bundaran HI, Jakarta Pusat.

"Sesuai arahan dari Gubenur DKI Jakarta, Anies Baswedan halte-halte transjakarta akan difungsikan kembali," kata Sardjono dalam keterangan tertulis, Senin (12/10/2020).

Dia menjelaskan sejumlah halte tersebut belum dapat difungsikan secara total, namun akan digunakan dengan pola minimum operation. Halte Transjakarta Bundaran HI merupakan salah satu dengan kerusakan yang berat.

"Hanya saja, bagi pelanggan yang ingin menggunakan halte ini diarahkan untuk mengakses halte Bundaran HI melalui stasiun bawah tanah MRT Jakarta," ucapnya.

Selanjutnya kata dia, pelanggan akan tetap dilayani dengan sistem pembayaran QR Code maupun kartu elektronik. Namun untuk halte Sawah Besar, Sarinah, Senen arah Pulogadung, dan halte Senen arah Harmoni akan disiapkan pembayaran menggunakan Tap On Bus atau TOB.

"Kami dibantu oleh Pemprov DKI Jakarta, Dinas Perhubungan DKI Jakarta bersama dengan TNI, Polri akan menjaga ketat pergerakan di seluruh area publik termasuk transportasi," jelasnya.

 

25 Halte Dirusak

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengatakan, secara total ada 25 halte Transjakarta yang mengalami kerusakan dampak dari kerusuhan demo penolakan Undang-undang Cipta Kerja yang berlangsung Kamis (8/10) kemarin.

Dia juga menyayangkan adanya tindakan anarkis oleh sejumlah massa yang merusak hingga membakar fasilitas umum di Ibu Kota.

"Karena tempat-tempat tersebut adalah fasilitas umum yang digunakan untuk masyarakat umum, seperti halte kurang lebih ada 25 halte (rusak)," kata Riza di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (9/10).

Kendati begitu, dia menyatakan bus Transjakarta masih tetap beroperasi sesuai jadwal yang berlaku, yakni mulai pukul 05.00-19.00 WIB. Namun, sejumlah rute mengalami perubahan dan perpendekan.

"Terkait transportasi umum di Jakarta kita tidak ada masalah, kita carikan solusinya sehingga masyarakat tetap bisa tetap gunakan transportasi umum," ucapnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sekelumit Cerita Sri Mulyani Tentang Jatuh Bangun Ekonomi Sejak Merdeka

Posted: 11 Oct 2020 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sejak merdeka hingga hari ini, ekonomi maupun keuangan kondisi Indonesia tidak dalam situasi mudah. Di mana, ketika Indonesia merebut kemerdekaan pada 1945 kondisi perekonomian masih dalam keadaan porak poranda.

"Dari sisi ekonomi waktu kita merdeka kita diberikan warisan Belanda, tidak hanya perekonomian yang rusak namun juga utang dari pemerintahan kolonial," jelas Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati pada saat Pembukaan Expo Profesi Keuangan Tahun 2020, Senin (12/10/2020).

Sri Mulyani menyebut, ketika memulai dari pemerintahan untuk menjadi negara Indonesia meredeka, secara keuangan tidak dengan balance sheet yang nol. Bahkan Indonesia tidak memiliki harta kekayaan, karena rusak akibat perang.

"Harta kekayaan yang ada rusak karena perang dan seluruh investasi sebelumnya yang dibekukan oleh Pemerintah Belanda menjadi investasinya pemerintah Indonesia yaitu utangnya menjadi utang Republik Indonesia," jelas dia.

Tercatat utang warisan Belanda jatuh ke tangan pemerintah Indonesia sebesar USD 1,13 miliar. Pada saat itu GDP Indonesia masih sangat kecil.

Kemudian, ekonomi Indonesia mengalami perkembangan dari periode ke periode. Mulai periode presiden pertama, kedua, dan kemudian era reformasi. Setiap periode memberikan suatu refleksi historis bisa dipelajari.

Bendahara Negara itu mencontohkan, pada saat itu presiden pertama ngin melakukan pembangunan secara cepat pada waktu konferensi militer pertama. Kemudian membutuhkan biaya yang sangat besar, sehingga pada saat itu ekonomi dibiayai dengan defisit APBN yang menciptakan tekanan luar biasa.

"Waktu itu pembiayaannya tidak bisa jual SBN. Sehingga yang dilakukan meminta BI cetak uang yang terjadi jumlah uang bereder lebih banyak dari suasana atau kondisi perekonomiannya sehingga inflasi meningkat luar biasa besar," jelas dia.

Selanjutnya, pada era orba baru pemerintah mulai melakukan keseimbangan budget. Di mana APBN pada saat itu juga neracanya belum dibentuk. Sehingga seluruh utang untuk belanja pembangunan hanya bisa dilakukan apabila ada pembiayaannya dari multilateral atau bilateral.

"Namun secara makro ekonomi. Kebijakan makro ekonomi dari sisi fiskalnya balance budget tapi dari sisi moneter dan terutama NTR dilakukan atau dipatok terhadap nilai tukar AS," katanya.

Sri Mulyani menambahkan, selama era reformasi dalam 6 tahun sudah ada 3 presiden melakukan banyak konsolidasi dan Perppu baru untuk profesi keuangan. Karena dianggap menjadi suatu keniscahayaan.

"Semenjak itu 2003 2004 kita mulai membangun neraca pertama kali bisa dibayangkan negara yang sudah merdeka sampai puluhan tahun baru membangun neraca pasti neracanya disclaimer karena memang baru di mulai," tandas dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Kuartal III Mulai Membaik

Pemandangan deretan gedung dan permukiman di Jakarta, Rabu (1/10/2020). Ekonomi Indonesia pada kuartal III 2020 membaik dari kuartal II 2020 lalu yang tumbuh minus 5,32 persen. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Pemandangan deretan gedung dan permukiman di Jakarta, Rabu (1/10/2020). Ekonomi Indonesia pada kuartal III 2020 membaik dari kuartal II 2020 lalu yang tumbuh minus 5,32 persen. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2020, tumbuh negatif sekitar minus 1,7 hingga 0,6 persen. Pandemi virus Covid-19 atau menjadi penyebab utamanya, yang bedampak diberbagai sendi perekonomian.

"Kasus Covid-19 terus bertambah, memberi resiko pada perekonomian," ujar Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu dalam diskusi FMB, di Jakarta Selasa (6/10/2020).

Namun begitu, dengan berbagai upaya yang diambil pemerintah arahnya saat ini sudah semakin baik dibanding yang terjadi pada kuartal dua yang mencapai minus 5,3 persen.

Pada kuartal tiga diproyeksikan akan menjadi lebih baik, meskipun pertumbuhannya masih tumbuh negatif yakni minus 2,9 hingga -1,0 persen.

"Pada akhir kuartal tahun ini akan menjadi lebih baik lagi berkisar antara -1,7 hingga 0,6 persen. Arah pertumbuhan perekonomian Indonesia sudah menjadi semakin baik," katanya.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia dikatakannya masih lebih baik daripada negara-negara lain yang mengalami kontraksi ekonomi lebih dalam hingga mencapai minus belasan persen. Kontraksi perekonomian yang dialami India bahkan mencapai angka minus 24 persen.

"Pertumbuhan ekonomi kita lebih baik dibandingkan dengan negara India yang mengalami kontraksi sangat dalam," tuturnya.

 

Infografis Terhantam Covid-19, Singapura Masuk Jurang Resesi Ekonomi

Infografis Terhantam Covid-19, Singapura Masuk Jurang Resesi Ekonomi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Terhantam Covid-19, Singapura Masuk Jurang Resesi Ekonomi. (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Galaxy S21 Ultra Hadir dengan 5 Kamera dan Ultra Fast Charging 65W

Posted: 11 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Samsung disebut-sebut sedang bersiap untuk meluncurkan smartphone flagship terbaru dan penerus Galaxy S20 milik mereka, yakni Galaxy S21.

Meski baru akan diumumkan pada tahun depan, beragam informasi terkait seri Galaxy S21 ini sudah banyak beredar di internet. Setidaknya salah satu serinnya, yaitu Galaxy S21 Ultra.

Dilansir Gizchina, Senin (12/10/2020), Galaxy S21 Ultra akan hadir dengan lima kamera (penta kamera) dengan sensor utamanya berkemampuan 108MP.

Tak hanya itu, Samsung juga akan menyertakan kemampuan ultra fast charging 65W, dan baterai berkapasitas 5000mAh.

Tergantung dari wilayah penjualannya, ponsel baru milik Samsung ini akan mengusung prosesor Snapdragon 875 atau Exynos 2100.

Untuk Galaxy S21 Ultra, perusahaan akan memasang layar OLED dengan resolusi 2K dan refresh rate 120Hz (mungkin 144Hz). 

 

 

 

 

 

Prediksi Kamera Galaxy S21 Ultra

Lebih lanjut, untuk kamera belakang perusahaan asal Korea Selatan itu akan memasang lima sesnor kamera dimana lensa utamanya memakai ISOCELL Bright HM2 108MP.

Samsung mengklaim, kamera di ponselnya itu sudah mendukung kemampuan merekam video dalam format 8K pada 30 fps dan teknologi optical image stabilization.

Diyakini, Galaxy S21 Ultra ini sudah mendukung pengisian nirkabel dan terbalik, juga akan disertakan stylus di dalam kotak penjualannya.

Tak Akan Hadir dengan Kamera di Bawah Layar

Dilansir dari GSM Arena, Selasa (6/10/2020), berdasarkan laporan baru, seri Galaxy S21 tidak akan dilengkapi dengan kamera di bawah layar. Hal ini disebabkan hasil produksi yang rendah dari teknologi tersebut.

Samsung dilaporkan sedang mengerjakan solusi yang lebih baik untuk fitur tersebut. Solusi itu diklaim akan membuat kualitas gambar yang lebih bagus.

Teknologi kamera di bawah layar tersebut diprediksi akan selesai pada paruh kedua 2021. Kehadiran perdananya kemungkinan bisa dilihat pada Galaxy Z Fold 3.

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Manfaat Daging Bebek, Jangan Konsumsi Berlebihan

Posted: 11 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jenis daging seperti sapi dan ayam, mungkin sangat dikenal dengan berbagai manfaat yang dikandungnya. Namun, tentu saja mengonsumsinya terus menerus bisa menimbulkan kebosanan. Jadi tidak ada salahnya untuk mencicipi daging jenis lain seperti dari bebek.

Selain rasanya yang tidak kalah nikmat, ada berbagai manfaat daging bebek yang bisa didapatkan oleh tubuh. Hal ini tidak lain karena daging bebek merupakan sumber makanan yang cukup padat nutrisi. Di dalamnya terdapat berbagai jenis vitamin, mineral, antioksidan, serta nutrisi lainnya.

Selain kandungan tersebut, manfaat daging bebek juga bisa didapatkan dari kandungan protein yang ada di dalamnya. Sebagai salah satu jenis sumber protein yang baik, cukup dengan mengonsumsi 100 gram daging bebek sudah bisa memenuhi sekitar 22-23 % akan kebutuhan protein harian tubuh.

Lalu, untuk membahas apa saja manfaat daging bebek tersebut, berikut ini Liputan6.com telah merangkumnya dari berbagai sumber, Senin (12/10/2020).

1. Sumber Protein untuk Tubuh

Protein/Freepik
Protein/Freepik

Manfaat daging bebek yang pertama bisa didapatkan dari proteinnya. Protein yang ada di dalam daging bebek merupakan jenis protein yang berkualitas tinggi. Di dalamnya terdapat berbagai macam jenis asam amino esensial dan non-esensial yang tentunya sangat baik bagi kesehatan.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

ilustrasi makanan mencegah sakit jantung saat bulan puasa/pexels
ilustrasi makanan mencegah sakit jantung saat bulan puasa/pexels

Bebek juga mengandung asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Akan tetapi hal ini bisa didapatkan dengan maksimal apabila daging bebek diolah dengan cara yang tepat.

3. Jaga Kesehatan Tulang

Ilustrasi Tulang/Freepik.com
Ilustrasi Tulang/Freepik.com

Selain itu, manfaat daging bebek bisa menjaga kesehehatan tulang. Bahkan konsumsi daging bebek mampu meningkatkan kepadatan tulang. Namun hal ini bukan berarti hanya dengan konsumsi daging bebek dapat memenuhi kebutuhan kalsium harian. Perlu tambahan asupan sumber kalsium lain agar lebih tercukupi.

4. Menjaga Kesehatan Kelenjar Tiroid

Penyakit Tiroid
Penyakit Tiroid

Manfaat daging bebek juga berguna untuk menjaga kesehatan kelenjar tiroid. Sebab kelenjar tiroid membutuhkan selenium agar tetap terjaga kesehatannya. Kelenjar tiroid sendiri merupakan tempat produksi berbagai hormon yang sangat penting untuk proses pertumbuhan, perkembangan, serta metabolisme di tubuh. Maka dari itu, dengan konsumsi daging bebek dapat membantu agar kesehatan kelenjar tiroid terjaga.

5. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Tingkatkan sistem kekebalan tubuh dalam 15 detik saja!
Tingkatkan sistem kekebalan tubuh dalam 15 detik saja!

Daging bebek juga memiliki kandungan selenium, di mana merupakan jenis antioksidan yang dapat membantu tubuh terlindungi dari kerusakan sel serta meredakan peradangan. Kandungan selenium tersebut menjadi kunci penting yang menjaga sistem kekebalan tubuh.

6. Meningkatkan Massa Otot

Ilustrasi fitness di gym. (Photo by Anatase Maragos on Unsplash)
Ilustrasi fitness di gym. (Photo by Anatase Maragos on Unsplash)

Bagi orang-orang yang sedang menjalankan diet tinggi protein dan bermaksudn meningkatkan massa otot, maka daging bebek menjadi solusinya. Sebab daging bebek tinggi akan kandungan protein yang baik bagi tubuh. Dengan kandungan protein tersebut, maka bisa membantu terpenuhinya kebutuhan protein dan nutritisi penting lainnya. Mengingat otot sangat perlu akan kebutuhan protein tinggi agar perkembangannya maksimal.

Bahaya Konsumsi Daging Bebek Berlebihan

Daging bebek (Photo by Eric McNew on Unsplash)
Daging bebek (Photo by Eric McNew on Unsplash)

Meskipun ada berbagai manfaat daging bebek yang bisa didapatkan, namun bahaya konsumsi daging bebek bisa saja muncul ketika mengonsumsinya secara berlebihan. Berikut penjelasan lengkapnya.

 

1. Tingkatkan Kolesterol

Apabila mengonsumsi daging bebek setiap hari, maka dapat menyebabkan kolesterol dalam tubuh naik. Terutama jika mengolah daging bebek dengan cara digoreng, yang berpotensi meningkatkan kadar kolesterol di dalamnya.

2. Penyumbatan Arteri

Dengan banyaknya kolesterol yang menumpuk karena mengonsumsi daging bebek berlebihan, maka bisa memicu timbulnya plak pada saluran arteri. Jika dibiarkan, maka bisa menimbulkan risiko penyakit kardiovaskuler, seperti stroke hingga jantung. Hal tersebut juga akan semakin parah jika tidak pernah diimbangi olahrahga.

3. Tingkatkan Risiko Kanker

Kandungan kolesterol dan lemak yang tinggi dalam daging bebek juga bisa memicu munculnya kanker. Terutama jika konsumsi daging bebek dengan jumlah berlebihan. Hal tersebut bisa menjadi salah satu penyebab utama timbulnya risiko kanker payudara dan beragam penyakit berbahaya lainnya. Maka dari itu pastikan konsumsi daging bebek secara wajar dan tidak berlebihan.

4. Pemicu Diabetes

Konsumsi daging bebek berlebihan juga bisa menjadi penyebab munculnya diabetes. Hal ini disebabkan ada kandungan lemak dan kolesterol yang cukup tinggi pada daging bebek. Apabila kebiasaan konsumsi daging bebek berlebihan dibiarkan terus menerus, maka berbagai komplikasi penyakit bisa saja muncul, seperti gangguan pada penglihatan, infeksi, gagal ginjal, hingga gagal jantung.

5. Tidak Baik untuk Ibu Hamil

Dengan kandungan kolesterol dan lemak yang tinggi dalam daging bebek, juga menjadi berisiko jika dikonsums berlebihan oleh ibu hamil. Sebab konsumsi daging bebek pada wanita hamil bisa meningkatkan darah tinggi hingga diabetes. Adanya konsumsi daging bebek berlebihan tersebut juga bisa mengganggu sirkulasi darah ke bayi melalui plasenta.

 

Selain membatasi jumlah konsumsinya, agar manfaat daging bebek bisa didapatkan dengan lebih baik, maka jangan konsumsi bagian kulitnya. Kemudian, ada baiknya untuk mengolah daging bebek dengan tidak digoreng agar kandungan kolesterol dan lemaknya tidak meningkat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dukung Teori Donald Trump soal Covid-19, Pria Ini Menangis Kehilangan 2 Anggota Keluarga

Posted: 11 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Dallas - Tony Green adalah seorang pria asal Dallas yang mendukung teori Presiden Amerika Serikat, Donald Trump soal virus corona covid-19 yang disebutnya hoaks. Namun belakangan dia menyesal telah percaya dengan teori konspirasi Donald Trump.

Beberapa bulan lalu, seperti diberitakan nzherald dan ABC News, Tony Green membuat acara kumpul keluarga. Sebanyak 12 anggota keluarga berkumpul dalam sebuah tempat.

Sehari setelah acara tersebut, 12 anggota keluarga Tony Green terjangkit virus corona covid-19. Bahkan, dua di antaranya meninggal dunia, Tony Green sendiri sempat dirawat selama dua pekan di rumah sakit karena penyakit ini.

Hanya penyesalan yang tersisa dalam diri Tony Green. Dia menyesal sudah menyangkal kehadiran covid-19 yang melanda seluruh dunia.

"Saya ingin memiliki kesempatan untuk kembali dan menyelamatkan orang lain. Saya ingin menganggap semua ini jauh lebih serius," katanya.

"Setelah menjadi seorang penyangkal (covid-19), mengolok-olok mereka yang memakai masker dan menjaga jarak, saya menyesal setelah kehilangan dua anggota keluarga," ucap pria berusia 43 tahun tersebut menegaskan.

 

Kesaksian Tony Green sebagai Penderita Covid-19

Ilustrasi Covid-19, virus corona. Kredit: Miroslava Chrienova via Pixabay
Ilustrasi Covid-19, virus corona. Kredit: Miroslava Chrienova via Pixabay

Pada ABC News, Tony Green bersumpah kalau virus corona covid-19 merupakan penyakit nyata. Dia menyebut wabah ini membuatnya hampir meninggal dunia karena kesulitan bernapas.

"Bayangkan, ada suara dan getaran dari pemanas listrik kuno mengalir ke seluruh tubuh Anda. Anda juga terengah-engah setiap kali bernapas dan berlangkah," ujarnya memberikan kesaksian.

"Saya pingsan (saat kumpul keluarga) dan bangun di UGD dengan keterangan dokter kalau covid-19 sudah menyeran sistem saraf pusat. Dokter juga bilang baru menyelamatkan saya dari stroke," kata Tony Green melanjutkan.

 

Ajak Masyarakat Serius Hadapi Covid-19

Kini, Tony Green mengajak seluruh masyarakat untuk serius menghadapi virus corona covid-19. Terlebih, wabah ini sudah menewaskan lebih dari 1 juta penduduk di dunia.

"Ini merupakan pilihan, masih ada yang menyangkal atau meremehkan virus ini. Namun, Anda harus tahu, nyawa orang yang dipertaruhkan, termasuk Anda sendiri."

"Bagi Anda yang masih menyangkal dan meremehkan covid-19, saya beritahu, ini penyakit yang sangat nyata. Anda bisa menyebarkannya kepada teman, keluarga, tetangga, hingga rekan kerja," katanya mengakhiri.

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sejarah Penetapan 12 Oktober Jadi HUT Pemprov Jawa Timur

Posted: 11 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pada 12 Oktober 2020 menjadi hari spesial bagi provinsi Jawa Timur. Provinsi memiliki 38 kabupaten/kota ini merayakan hari jadi ke-75. 12 Oktober diperingati sebagai hari ulang tahun (HUT)  provinsi Jawa Timur.

Ada cerita dibalik penetapan hari jadi Pemprov Jawa Timur. Sebelumnya, 12 Oktober bukan hari jadi pemprov Jatim. Ingin tahu kisahnya? Yuk simak ulasan ini.

12 Oktober 1945 resmi ditetapkan sebagai HUT Pemprov Jawa Timur usai pihak eksekutif membentuk tim pengkaji.Demikian mengutip Antara, Senin (12/10/2020).

Tim yang diketuai Nunuk Supri Rahayu menelusuri selama tiga tahun, 15 Oktober-7 Mei 2007. Hasilnya, tim sepakat hari jadi Pemprov 19 Agustus 1945.

Hal ini lantaran 19 Agustus merupakan waktu terbentuknya Provinsi Jawa Timur bersama tujuh provinsi lain antara lain Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera, Borneo, Sulawesi, Maluku, dan Sunda Kecil, dua hari setelah kemerdekaan RI diproklamirkan.

Pada tanggal sama, juga keluar maklumat pengangkatan orang Indonesia pertama, RMTA Soerjo sebagai Gubernur Jawa Timur.

Oleh eksekutif, tanggal itu lantas diajukan ke DPRD Jawa Timur untuk dibahas. Dewan lantas menugaskan Komisi A (pemerintahan) mengkajinya. Selama pengkajian, para wakil rakyat sempat studi banding ke Belanda.

Akhirnya, Komisi A memberi lima alternatif HUT Pemprov, yakni 1 Juli 1928 pada masa pemerintahan Hindia Belanda. Sementara empat tanggal lain, terbentuk setelah masa kemerdekaan, masing-masing 22 Agustus 1945, 12 Oktober 1945, 25 Oktober 1945, dan 15 Agustus 1950.

Dari lima itu, sidang paripurna DPRD Jatim 7 Agustus 2007 menyepakati 12 Oktober 1945 sebagai hari jadi, bukannya 19 Agustus 1945 yang diusulkan eksekutif. Dewan mengemukakan tiga alasan, momentum pengangkatan dan/atau pelantikan Soerjo sebagai orang Indonesia pertama jadi Gubernur Jatim, yakni Soerjo baru menjalankan tugas di Surabaya 12 Oktober.

Nilai Filosopis Oktober

Konferensi pers perkembangan kasus virus corona baru yang memicu COVID-19 di Gedung Grahadi, Minggu (19/4/2020) (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Konferensi pers perkembangan kasus virus corona baru yang memicu COVID-19 di Gedung Grahadi, Minggu (19/4/2020) (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Oktober dinilai memiliki nilai filosofis dan heroik nasionalisme sangat tinggi, karena pada 25 Oktober 1945, Soerjo dengan berani menolak permintaan Sekutu --Jenderal Mallaby, untuk menyerahkan diri dan datang ke kapal perang mereka.

Ditambah lagi, tahun 1945 dinilai sebagai titik tolak bangkitnya rasa nasionalisme bangsa Indonesia setelah meraih kemerdekaan.

Catatan lainnya, setelah Proklamasi Kemerdekaan, Pemerintah Republik Indonesia mulai menata kehidupan kenegaraan. Berdasarkan Pasal 18 Undang-undang Dasar 1945 tanggal 19 Agustus 1945 oleh PPKI dibentuklah Provinsi dan Penentuan para Gubernurnya.

Untuk pertama kalinya, R.M.T Soerjo yang kala itu menjabat Residen Bojonegoro ditunjuk sebagai Gubernur Jawa Timur, dilantik 5 September 1945. Sampai 11 Oktober 1945, ia harus menyelesaikan tugas-tugasnya di Bojonegoro dan baru 12 Oktober 1945 boyong ke Surabaya, Ibu Kota Provinsi Jawa Timur.

Atas pertimbangan perjalanan sejarah inilah maka diterbitkan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 6 Tahun 2007 tentang Hari Jadi Provinsi Jawa Timur yang menetapkan 12 Oktober sebagai hari Jadi Jawa Timur. Tanggal itu diperingati secara resmi setiap tahun, baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota di seluruh Jawa Timur.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jakarta PSBB Transisi Lagi, Momentum Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Kuartal IV

Posted: 11 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan resmi mengurangi kebijakan rem darurat secara bertahap dan memasuki Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi, mulai 12-25 Oktober 2020.

Keputusan ini merujuk hasil evaluasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 DKI Jakarta yang menyebutkan adanya perlambatan kenaikan kasus positif.

Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Kadin DKI Jakarta, Sarman Simanjorang, menyambut baik keputusan tersebut, lantaran bisa menjadi momentum mendorong pertumbuhan ekonomi Jakarta meningkat di kuartal IV.

"Momentum natal dan tahun baru ini sangat bisa dimanfaatkan dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi kita di kuartal IV," kata Sarman kepada Liputan6.com, Senin (12/10/2020).

Artinya jika bulan Desember ada kebijakan yang lebih longgar lagi, kata Sarman maka akan memicu meningkatkan daya beli masyarakat, seperti kebutuhan natal dan tahun baru, kebutuhan liburan dan lainnya.

"Ini mungkin akan bergairah, dan kelas menengah juga mulai membelanjakan uangnya dan ini sangat membantu dalam rangka pertumbuhan ekonomi kita di kuartal IV itu bisa positif walaupun masih kecil," ujarnya.

Kendati begitu, dunia usaha tidak menolak jika PSBB Jakarta diterapkan Kembali, hanya saja dampak penerapan PSBB lagi akan menimbulkan ketidakpastian bagi dunia usaha, sekaligus optimisme dunia usaha turun.

"Bagi kami tidak ada istilahnya tidak setuju, bahwasannya tugas kita menjaga semuanya agar daripada pengendalian virus ini jumlahnya harus sesuai dengan standar jangan naik lagi," tambahnya.

Maka dari itu diperlukan kerjasama semua pihak, baik pengusaha, pekerja, dan elemen masyarakat harus betul-betul mau menjaga agar bisa mengendalikan penyebaran virus corona, sehingga angkanya tidak melampaui batas.

"Disiplin itu harus diterapkan semua pihak, Kami juga menghimbau kepada para pengusaha untuk konsisten menerapkan protokol Kesehatan dan bagaimana di masing-masing perusahaan tetap melakukan pengaturan pekerja 50 persen masuk dan sisanya WFH," pungkasnya. 

 

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Jakarta PSBB Transisi, Kapasitas Kantor Bisa 50 Persen Mulai Senin 12 Oktober 2020

Suasana jam pulang kerja di jalur pedestrian kawasan Sudirman, Jakarta, Senin (22/6/2020). Pemprov DKI Jakarta mulai menerapkan perubahan sif kerja dengan waktu jeda tiga jam, yaitu pukul 07.00-16.00 pada sif pertama dan pukul 10.00-19.00 pada sif kedua. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Suasana jam pulang kerja di jalur pedestrian kawasan Sudirman, Jakarta, Senin (22/6/2020). Pemprov DKI Jakarta mulai menerapkan perubahan sif kerja dengan waktu jeda tiga jam, yaitu pukul 07.00-16.00 pada sif pertama dan pukul 10.00-19.00 pada sif kedua. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi pada 12 Oktober 2020. Masa transisi ini berlaku hingga 25 Oktober 2020.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan, keputusan kembali ke PSBB Transisi didasarkan pada beberapa indikator, yaitu laporan kasus harian, kasus kematian harian, tren kasus aktif, dan tingkat keterisian RS Rujukan Covid-19.

"Yang terjadi selama satu bulan ini adalah kebijakan emergency brake (rem darurat) karena sempat terjadi peningkatan kasus secara tidak terkendali yang tidak diharapkan. Setelah stabil, kita mulai mengurangi rem tersebut secara perlahan, secara bertahap," ujar Anies pada Minggu (11/10/2020).

Dengan adanya masa PSBB transisi ini, maka kapasitas perkantor kembali naik menjadi 50 persen dari sebelumnya 25 persen. Hal ini termasuk juga untuk perkantoran yang masuk kategori non-esensial. "Namun, semua perkantoran wajib mengikuti ketentuan protokol kesehatan tambahan," jelas Anies

Adapun lima protokol tambahan selama PSBB transisi sebagai berikut:

1. Membuat sistem pendataan pengunjung di perusahaan yang sekurang-kurangnya terdiri dari nama pengunjung, Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor handphone, waktu berkunjung/bekerja. Sistem pendataan dapat berbentuk manual atau digital.

2. Menyerahkan data pengunjung secara tertulis kepada Pemprov DKI melalui Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (DTKTE) sebagai upaya penelusuran penyelidikan epidemiologi.

3. Melakukan penyesuaian jam kerja dan shift kerja dengan jeda minimal antar shift 3 (tiga) jam.

4. Memaksimalkan penggunaan teknologi dan/ atau rekayasa engineering dalam melaksanakan aktivitaskerja serta untuk mencegah kerumunan atau kontak langsung selama PSBB transisi.

5. Bila ditemukan klaster (bekerja bersama, berinteraksi dekat) di sebuah tempat kerja, maka wajib melakukan penutupan tempat kerja selama 3 x 24 jam untuk desinfeksi. 

Kasus Covid-19 Melambat, Jakarta Kembali ke PSBB Transisi

Pegawai mencuci tangan sebelum memasuki gedung Balai Kota pada hari pertama kerja di tengah pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masa transisi di Jakarta, Senin (8/6/2020). PNS di lingkungan Pemprov DKI kembali mulai bekerja di kantor dengan sistem shifting. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)
Pegawai mencuci tangan sebelum memasuki gedung Balai Kota pada hari pertama kerja di tengah pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masa transisi di Jakarta, Senin (8/6/2020). PNS di lingkungan Pemprov DKI kembali mulai bekerja di kantor dengan sistem shifting. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta memutuskan mengurangi kebijakan rem darurat secara bertahap dan memasuki Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi, mulai 12 - 25 Oktober 2020. Keputusan ini merujuk hasil evaluasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 DKI Jakarta yang menyebutkan adanya pelambatan kenaikan kasus positif. 

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan, keputusan kembali ke PSBB Transisi didasarkan pada beberapa indikator, yaitu laporan kasus harian, kasus kematian harian, tren kasus aktif, dan tingkat keterisian RS Rujukan Covid-19.

"Yang terjadi selama satu bulan ini adalah kebijakan emergency brake (rem darurat) karena sempat terjadi peningkatan kasus secara tidak terkendali yang tidak diharapkan. Setelah stabil, kita mulai mengurangi rem tersebut secara perlahan, secara bertahap," ujar Anies pada Minggu (11/10/2020). 

Anies menegaskan kedisiplinan harus tetap tinggi sehingga mata rantai penularan tetap terkendali dan emergency brake tidak diberlakukan kembali.

Anies menjelaskan, grafis penambahan kasus positif dan kasus aktif harian mendatar (stabil) sejak dilakukan PSBB ketat, yaitu 13 September 2020. Kemudian, terdapat tanda awal penurunan kasus positif harian dalam 7 hari terakhir.

Anies menjelaskan, pada periode 26 September sampai 9 Oktober 2020, kembali terjadi penurunan dari kondisi 14 hari sebelumnya, di mana jumlah kasus positif meningkat 22% atau sebanyak 15.437 kasus, dibanding sebelumnya meningkat 31 % atau sebanyak 16.606 kasus.

Sedangkan, kasus aktif meningkat hanya 3,81% atau sebanyak 492 kasus, dibanding sebelumnya meningkat 9,08% atau 1.074 kasus. "Sejak akhir September hingga awal Oktober jumlah kasus aktif harian mulai konsisten mendatar, menunjukkan adanya perlambatan penularan," terangnya. 

Angka Kematian Turun

Pekerja medis memberikan perawatan kepada pasien virus corona atau COVID-19 di sebuah rumah sakit di Wuhan, Provinsi Hubei, China, Minggu (16/2/2020). Hingga saat ini terkonfirmasi 70.548 orang terinfeksi virus corona di China Daratan. (Chinatopix via AP)
Pekerja medis memberikan perawatan kepada pasien virus corona atau COVID-19 di sebuah rumah sakit di Wuhan, Provinsi Hubei, China, Minggu (16/2/2020). Hingga saat ini terkonfirmasi 70.548 orang terinfeksi virus corona di China Daratan. (Chinatopix via AP)

Sementara itu, jumlah kasus meninggal 7 hari terakhir sebanyak 187 orang, sedangkan minggu sebelumnya sebanyak 295 orang.

Anies menambahkan, hasil pengamatan 2 minggu terakhir, terjadinya penurunan kejadian kematian pada kasus terkonfirmasi positif. Penurunan ini terlihat sejak 24 September 2020 sampai dengan saat ini.

Tingkat kematian atau CFR Jakarta juga terus menurun hingga ke angka 2,2% saat ini. Laju kematian juga menurun, prediksi tanpa PSBB ketat, kematian harian kasus positif di Jakarta saat ini mencapai 28 per hari, saat ini lajunya 18 per hari.

"Walaupun demikian, kematian harus dilihat dari angka absolut dan ditekan serendah mungkin hingga angka 0," imbuhnya.

Seain itu, Pergerakan penduduk semenjak PSBB ketat terlihat menurun signifikan pada tempat rekreasi, taman, dan perumahan. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebelum Menjuarai NBA 2020, Pemain LA Lakers Sempat Dapat Ancaman Pembunuhan

Posted: 11 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Los Angeles (LA) Lakers akhirnya keluar sebagai juara NBA 2020 usai menaklukkan Miami Heat pada game ke enam di AdventHealth Arena, Senin pagi WIB (12/10/2020). Keberhasilan ini sekaligus  mengobati pengalaman pahit yang sempat dialami guard Lakers, Danny Green dua hari sebelumnya. 

Lakers yang kehilangan game kelima, tampil luar biasa pada game keenam. Lakers berhasil menundukkan Miami Heat dengan skor 106-93 sekaligus mengunci gelar NBA ke-17 mereka. 

Namun Green terpaksa menjalani pertandingan ini dengan hati dongkol. Sebab sehari sebelumnya, dia dan tunangannya mendapat ancaman pembunuhan usai gagal mencetak 3 poin di penghujung game kelima. Tembakannya meleset setelah menerima bola dari LeBron James dan Lakers kalah 108-111. 

"Ini permainan basket. Orang-orang emosional. Fans emosional," kata Green Minggu pagi atau enam jam sebelum game keenam final NBA antara Lakers melawan Miami seperti dilansir dari USA Today.

"Saya harap mereka tidak serius dengan itu. Saya berharap ke depan mereka lebih bersemangat lagi dalam pemilihan atau soal keadialan bagi orang-orang yang membutuhkan atau melakukan sedikit perubahan terhadap negara ini," beber pemain berusia 33 tahun tersebut menambahkan. 

 

Ancaman Lewat Medsos

Pebasket Los Angeles Lakers, Dwight Howard dan Danny Green, berusaha menghadang pemain Denver Nuggets, Mason Plumlee, pada laga NBA di The Arena, Senin (11/8/2020). LA Lakers menang dengan skor 124-121. (AP Photo/Ashley Landis, Pool)
Pebasket Los Angeles Lakers, Dwight Howard dan Danny Green, berusaha menghadang pemain Denver Nuggets, Mason Plumlee, pada laga NBA di The Arena, Senin (11/8/2020). LA Lakers menang dengan skor 124-121. (AP Photo/Ashley Landis, Pool)

Green bersama tunangannya, Blair Bashen mendapat ancaman pembunuhan lewat media sosial. Beruntung, kejadian itu tidak sampai mengganggu permainan Green di game keenam. 

"Pada akhirnya basket hanyalah sebuah permainan dan mereka menumpahkan emosinya dan mencari orang yang bisa disalahkan. Dan itu terjadi di penghujung laga, dan saya jadi sasaran empuk."

 

Kurang Sabar

Para pebasket Los Angeles Lakers merayakan gelar juara usai menaklukkan Miami Heat Pada gim keenam final NBA di  AdvenHealth Arena, Senin (12/10/2020). Lakers menang dengan skor 106-93. (AP Photo/John Raoux)
Para pebasket Los Angeles Lakers merayakan gelar juara usai menaklukkan Miami Heat Pada gim keenam final NBA di AdvenHealth Arena, Senin (12/10/2020). Lakers menang dengan skor 106-93. (AP Photo/John Raoux)

Game kelima memang berjalan ketat di mana Lakers hanya tertinggal setengah bola di penghujung kuarter keempat. Saat laga menyisakan 7,1 detik lagi, Denny menerima bola dari James dan memiliki kesempatan mencetak tiga poin dan membuat Lakers berbalik unggul setelah tertinggal 108-109

Sayang, tembakannya meleset meski posisinya sudah tanpa penjagaan. Miami berhasil menguasai bola dan memaksa Lakers melakukan pelanggaran. Miami akhirnya menutup laga dengan skor 111-108.

"Saya ternyata punya waktu yang lebih lama dari yang saya sadari. Saya harusnya lebih sabar. Saat itu saya memang sedikit terburu-buru. Saya juga sedikit kehilangan keseimbangan," katanya. 

"Tapi kami masih punya kesempatan kedua. Mencoba keluar dan bermain kembali. Percayalah, saya akan melakukan apa saja untuk mendapatkan tembakan itu kembali," ujar Green. 

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Alasan Gubernur Anies Berlakukan Lagi PSBB Transisi DKI

Posted: 11 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Anies Baswedan memberlakukan kembali PSBB Transisi di Jakarta. Alasannya pelandaian kasus harian Corona usai pengetatan PSBB.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nadya Mustika Singgung Masalah dan Ujian Hidup, Curhat Rumah Tangga Rizki 2R?

Posted: 11 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Yang disorot publik belakangan ini, rumah tangga Rizki 2R dan Nadya Mustika Rahayu yang konon berada di ujung tanduk. Nadya Mustika Rahayu dikabarkan tengah berbadan dua.

Namun, ia tak lagi tinggal seatap dengan Rizki 2R yang menikahinya pada 17 Juli 2020. Khalayak menaruh simpati pada Nadya Mustika Rahayu. Mereka mendoakan ia dan janinnya baik-baik saja.

Apa pun yang disampaikan Nadya Mustika Rahayu di medsos ditanggapi warganet. Salah satunya, curhat Nadya Mustika Rahayu soal hidup yang selalu berdampingan dengan ujian.

Berdampingan dengan Ujian

Nadya Mustika Rahayu. (Foto: Instagram @nadyamustikarahayu)
Nadya Mustika Rahayu. (Foto: Instagram @nadyamustikarahayu)

"Hidup akan selalu berdampingan dengan ujian, hadirnya seringkali membuat kita kecewa dengan keadaan. Seakan seringkali bertanya kenapa harus kita yg diuji?" tulis Nadya Mustika Rahayu.

Ia mencuit status teks ini bersama tiga fotonya dengan pose berbeda. Dalam foto itu Nadya Mustika Rahayu mengenakan atasan putih tanpa motif lengan panjang dan bawahan jambon.

Orang yang Kecewa

Unggahan Nadya Mustika Rahayu. (Foto: Instagram @nadyamustikarahayu)
Unggahan Nadya Mustika Rahayu. (Foto: Instagram @nadyamustikarahayu)

Penampilan istri Rizki 2R disempurnakan dengan jilbab warna bangbang polos. "Masalah adalah kata untuk org yg kecewa dalam ujian. Bukan masalah asal katanya, tapi ujian," ia menyambung.

Nadya Mustika Rahayu berpendapat, Allah mengizinkan ujian menyambangi hidup manusia disertai tujuan mulia yakni menguatkan dan mendewasakan yang bersangkutan.

Ujian Datang untuk Menguatkan

Nadya Mustika Rahayu. (Foto: Instagram @nadyamustikarahayu)
Nadya Mustika Rahayu. (Foto: Instagram @nadyamustikarahayu)

"Ujian datang untuk menguatkan, mendewasakan, dan mengajarimu tentang jalan kehidupan bahwa tuhan memperhatikanmu dari jauh dan ingin memintamu untuk mendekat dan mengejar sebuah jawaban," pungkasnya.

Nadya Mustika Rahayu mengakhiri status teks dengan emotikon wajah memeluk. Tak ada petunjuk eksplisit, kepada siapa Nadya Mustika Rahayu menuliskan status teks ini. 

Semangat Terus Ya, Nad...

Nadya Mustika Rahayu. (Foto: Instagram @nadyamustikarahayu)
Nadya Mustika Rahayu. (Foto: Instagram @nadyamustikarahayu)

Unggahan ini menerima lebih dari 42 ribu tanda hati. Warganet menduga Nadya Mustika Rahayu menyemangati diri sendiri. Mereka menyemangati balik Nadya. "Allah tidak akan memberikan ujian di luar batas kemampuan hambanya..jadi selalu bersyukur," kata akun @siti28_zn.

Akun @wiwinda95 menimpali, "Masyaallah. Semangat terus ya Nad. Ujian itu tanda Allah masih mencintai kita." Sementara akun @riskanarendenqannn mengingatkan, "Jaga kesehatan momy sama dd bayi nya."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Temukan Kasus Corona COVID-19, Otoritas Kota Qingdao di China Lakukan Tes Massal

Posted: 11 Oct 2020 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kota Qingdao di China mengatakan pada Senin, 12 Oktober 2020 bahwa pihaknya akan melakukan tes Corona COVID-19 untuk seluruh populasi lebih dari 9 juta orang selama lima hari.

Dikutip dari laman Channel News Asia, Senin (12/10/2020), hal itu dilakukan setelah kasus baru muncul terkait dengan rumah sakit yang merawat pasien terinfeksi dari luar negeri.

Kota tersebut melaporkan enam kasus Corona COVID-19 baru dan enam kasus asimtomatik hingga akhir 11 Oktober. Sebagian besar kasus terkait dengan Rumah Sakit di Qingdao.

Qingdao adalah pelabuhan utama di provinsi Shandong timur China. Penghitungan Komisi Kesehatan Nasional (NHC) dari 21 kasus COVID-19 yang dikonfirmasi di China untuk 11 Oktober diterbitkan setelah pengumuman Qingdao, tetapi tidak termasuk infeksi yang dikonfirmasi di kota itu dan tidak dijelaskan mengapa.

Jumlah kasus asimtomatik baru, yang tidak dihitung oleh China sebagai kasus yang dikonfirmasi, naik menjadi 32 dari 23 kasus sehari sebelumnya, kata NHC.

Tidak dijelaskan di mana kasus baru tanpa gejala dilaporkan, meskipun dikatakan 29 di antaranya adalah infeksi impor.

Infeksi COVID-19 harian di China telah turun drastis dari puncaknya awal tahun ini, tetapi negara itu tetap waspada untuk mencegah penguncian yang menyebabkan kontraksi langsung terhadap ekonomi negara tersebut.

Qingdao telah menutup Rumah Sakit Qingdao serta bagian gawat darurat rumah sakit pusatnya. Bangunan tempat tinggal orang yang terinfeksi juga telah dikunci sebagai bagian dari tindakan penahanan penyebaran virus.

Jumlah total kasus Corona COVID-19 yang dikonfirmasi di China sekarang mencapai 85.578, sementara jumlah kematian tetap tidak berubah di 4.634.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

China Dituntut Berbagai Negara karena Pandemi Virus Corona COVID-19

Petugas medis dari Provinsi Jiangsu bekerja di sebuah bangsal ICU Rumah Sakit Pertama Kota Wuhan di Wuhan, Provinsi Hubei, 22 Februari 2020. Para tenaga medis dari seluruh China telah mengerahkan upaya terbaik mereka untuk mengobati para pasien COVID-19 di rumah sakit tersebut. (Xinhua/Xiao Yijiu)
Petugas medis dari Provinsi Jiangsu bekerja di sebuah bangsal ICU Rumah Sakit Pertama Kota Wuhan di Wuhan, Provinsi Hubei, 22 Februari 2020. Para tenaga medis dari seluruh China telah mengerahkan upaya terbaik mereka untuk mengobati para pasien COVID-19 di rumah sakit tersebut. (Xinhua/Xiao Yijiu)

Kerugian ekonomi akibat Virus Corona COVID-19 sangat jelas terasa banyak kalangan. Pemerintah berbagai negara merasakan ekonomi yang sedang melambat, perusahaan besar, menengah, dan kecil terganggu pemasukannya, dan pegawai terpaksa dirumahkan.

Kini, warga negara Amerika Serikat (AS) dan negara maju lain mulai meminta ganti rugi. Gugatan class-action yang didukung ribuan warga AS itu ditangani sebuah firma hukum bernama Berman Law Group di Miami.

Dalam keterangannya, firma hukum tersebut menyebutkan gugatan ini ingin menuntut ganti-rugi miliaran dolar bagi para korban COVID-19 akibat kelalaian China, demikian laporan ABC Australia, Rabu (22/4/2020).

Mereka menyebut Pemerintah China telah gagal mencegah penyebaran Virus Corona sehingga kini sudah menimbulkan masalah di seluruh dunia.

Firma hukum ini bertekad untuk "memperjuangkan hak-hak rakyat dan pengusaha di Florida serta di AS yang kini sakit atau harus merawat orang sakit, mengalami kesulitan keuangan, dan terpaksa mengalami kepanikan, pembatasan sosial dan isolasi" akibat COVID-19.

Gugatan cass-action terpisah atas nama pengusaha di Las Vegas juga sudah didaftarkan. Mereka menuntut ganti-rugi miliaran dolar ke Pemerintah China.

Gugatan di Las Vegas ini menyebutkan Pemerintah China seharusnya membagi informasi awal mengenai virus ini, namun mereka malah mengintimidasi dokter, ilmuwan, jurnalis dan praktisi hukum sembari membiarkan COVID-19 menyebarluas.

Seperti diberitakan berbagai media, pada 2 Januari 2020, pihak berwenang di China "mempermalukan" delapan orang dokter dalam siaran TV nasional. Ke-8 orang ini dituduh sebagai, "penyebar hoaks".

Menurut laporan investigasi kantor berita Associated Press pekan lalu, Kepala Komisi Kesehatan Nasional China Ma Xiaowei telah memaparkan adanya "situasi parah dan kompleks" dalam sebuah rapat bersama pejabat medis tingkaty propinsi pada 14 Januari.

Ma Xiaowei bahkan membandingkan situasi ini dengan penyebaran virus SARS tahun 2003.

Namun baru pada tanggal 20 Januari Presiden Xi Jinping mengumumkan kemungkinan adanya pandemi virus Corona ini.

Simak video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kisah Anak Petani Menjadi Lulusan Terbaik STAN 2020

Posted: 11 Oct 2020 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Meyrina Kusumaningrum, gadis asal Ponorogo, Jawa Timur berhasil menjadi lulusan terbaik STAN 2020. Dan, kesuksesan itu diakunya berkat doa dan restu dari orangtua yang berprofesi sebagai petani

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Menyesal Bercerai, Denada: Aku Tidak Bangga

Posted: 11 Oct 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi Denada sempat membina rumah tangga dengan Jerry Aurum dan dikarunai seorang anak perempuan bernama Shakira, yang kini berganti menjadi Aisha Aurum. Rumah tangga mereka berakhir pada 2015, setelah tiga tahun membina rumah tangga sejak 2012.

Buat Denada perceraian menjadi pembelajaran dalam hidupnya yang sangat berarti. Sebab dalam perceraian tersebut tidak ada yang menang dan semuanya menjadi korban terutama sang buah hati.

"Menurut saya, saat sebuah perceraian terjadi, semua jadi korban. Suami jadi korban, istri jadi korban, anak-anak jadi korban. Keluarga istri dan suami jadi korban. Aku pernah ngelewatin itu," ungkap Denada, di kanal YouTube nya bertajuk "Apa Kata Denada?"

Tak Menyesal

Denada. (Nurwahyunan/Bintang.com)
Denada. (Nurwahyunan/Bintang.com)

Meski menyisakan luka, namun Denada mengaku tidak menyesal dengan perceraiannya. Ia merasa perjalanan hidup tak selamanya indah dan pasti ada yang gagal.

"Aku akan bilang aku tidak nyesal. Aku tidak nyesal ambil keputusan cerai, tapi aku melihat itu adalah kegagalan hidupku. Aku tidak bangga aku pernah bercerai dan aku merasa gagal, tapi aku enggak menyesal," jelas Denada.

Berusaha Mempertahankan

Denada (Instagram/denadaindonesia)
Denada (Instagram/denadaindonesia)

Kala itu, Denada sudah berusaha keras untuk mempertahankan rumah tangganya dengan Jerry Aurum. Namun takdir berkata lain dan ia harus mengakhiri di Pengadilan Agama.

"Sebagai perempuan, sebagai istri, sebagai manusia, aku telah melakukan semua yang aku mampu pada saat itu untuk bisa mempertahankan rumah tanggaku," jelas Denada.

Pesan Ibunda

Denada (Youtube/ Denada Official)
Denada (Youtube/ Denada Official)

Pesan sang bunda selalu terngiang di benak Denada, saat ia memutuskan untuk mengakhiri rumah tangganya dengan Jerry Aurum. Apalagi saat itu ia sempat menyalahkan dirinya sendiri atas keretakan rumah tangganya.

"Tapi jangan sampai perjuangan kita mempertahankan sesuatu itu membuat kita tersakiti, tidak bahagia, tidak nyaman. Give your best, tapi tetap sayangi diri sendiri," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gaya Megan Domani Saat Pakai Busana Merah, Modis

Posted: 11 Oct 2020 09:15 PM PDT

Bintang sinetron Cinta Tapi Benci ini kerap menggunakan busana model sabrina. Memperlihatkan model leher yang lebar dan memamerkan bagian bahu, busana sabrina berwarna merah ini membuat penampilan Megan semakin menawan. (Liputan6.com/IG/@megandomani1410)
Bintang sinetron Cinta Tapi Benci ini kerap menggunakan busana model sabrina. Memperlihatkan model leher yang lebar dan memamerkan bagian bahu, busana sabrina berwarna merah ini membuat penampilan Megan semakin menawan. (Liputan6.com/IG/@megandomani1410)

Bintang sinetron Cinta Tapi Benci ini kerap menggunakan busana model sabrina. Memperlihatkan model leher yang lebar dan memamerkan bagian bahu, busana sabrina berwarna merah ini membuat penampilan Megan semakin menawan. (Liputan6.com/IG/@megandomani1410)

Adik Bryan Domani tampil kece dengan kaos berwarna merah. Penampilannya lebih hidup dengan perpaduan rompi denim. Gaya rambut bergelombang hair streak berwarna ungu ini membuat penampilannya semakin modis. (Liputan6.com/IG/@megandomani1410)
Adik Bryan Domani tampil kece dengan kaos berwarna merah. Penampilannya lebih hidup dengan perpaduan rompi denim. Gaya rambut bergelombang hair streak berwarna ungu ini membuat penampilannya semakin modis. (Liputan6.com/IG/@megandomani1410)

Adik Bryan Domani tampil kece dengan kaos berwarna merah. Penampilannya lebih hidup dengan perpaduan rompi denim. Gaya rambut bergelombang hair streak berwarna ungu ini membuat penampilannya semakin modis. (Liputan6.com/IG/@megandomani1410)

Saat bersantai ia juga tampil menawan dengan kaos tanpa lengan berwarna merah jampu yang dipadukan dengan short corduroy berwarna maaron. Gaya gadis 17 tahun ini terlihat ceria dengan messy bunn. (Liputan6.com/IG/@megandomani1410)
Saat bersantai ia juga tampil menawan dengan kaos tanpa lengan berwarna merah jampu yang dipadukan dengan short corduroy berwarna maaron. Gaya gadis 17 tahun ini terlihat ceria dengan messy bunn. (Liputan6.com/IG/@megandomani1410)

Saat bersantai ia juga tampil menawan dengan kaos tanpa lengan berwarna merah jampu yang dipadukan dengan short corduroy berwarna maaron. Gaya gadis 17 tahun ini terlihat ceria dengan messy bunn. (Liputan6.com/IG/@megandomani1410)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani: Omnibus Law untuk Tingkatkan Indonesia dari Jebakan Kelas Menengah

Posted: 11 Oct 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, menyebut Undang-Undang Cipta Kerja atau Omnibus Law bertujuan untuk meningkatkan dan mengentaskan Indonesia dari middle income trap. Untuk keluar dari negara berpenghasilan menengah, maka dibutuhkan beberapa trobosan.

"Oleh karena itu Omnibus Law tujuannya adalah untuk meningkatkan dan mengembangkan Indonesia dari middle income trap," kata dia pada Pembukaan Expo Profesi Keuangan Tahun 2020, Senin (12/10).

Bendahara Negara itu menyebut, efisiensi, regulasi yang mudah, akan memberikan kesempatan kepada seluruh masyarakat untuk berusaha secara mudah. Di samping itu, pemerintah juga melakukan reformasi perpajakan di dalam UU Cipta Kerja dan nemberikan izin insentif untuk meningkatkan produktivitas, inovasi, dan kreativitas.

"Kalau kita bicara middle income trap di situlah letaknya," tandas dia.

Sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI mengesahkan Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja menjadi Undang-Undang (UU). Kesepakatan tersebut dicapai dalam sidang paripurna pembicaraan tingkat II atas pengambilan keputusan terhadap RUU tentang Cipta Kerja di Gedung DPR RI Jakarta, Senin (5/10) lalu.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Sri Mulyani Ungkap Alasan Omnibus Law Perpajakan Masuk ke UU Cipta Kerja

Menteri Keuanga Sri Mulyani Indrawati (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Menteri Keuanga Sri Mulyani Indrawati (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menjelaskan alasan klaster perpajakan masuk dalam Undang-Undang (UU) Cipta Kerja. Sebelumnya pemerintah berencana menerbitkan Omnibus Law perpajakan di luar dari UU Cipta Kerja.

Kemudian dalam perkembangan pembahasan UU Cipta Kerja antara DPR dengan pemerintah, terjadi komunikasi jika sebagian omnibus law perpajakan masuk dalam cipta kerja. Terutama untuk klaster yang termasuk ekosistem dari investasi.

"Sebagian dari Omnibus Law Perpajakan, itu sudah masuk di dalam Perppu Nomor 1/2020 yang sebetulnya juga sudah ditetapkan menjadi undang-undang," jelas dia dalam video conference di Jakarta, Rabu (7/10/2020).

Karena sebagian omnibus law perpajakan ada yang belum masuk dalam UU 2/2020, maka ketentuannya dimasukan dalam UU Cipta Kerja. Hal ini juga telah melewati pembahasan bersama antara pemerintah dengan DPR.

"Jadi, kalau ada yang menyatakan bahwa ini suatu pemasukan pasal-pasal dari RUU omnibus law perpajakan, itu tidak benar. Pemerintah bersama DPR, bersama-sama membahas dan ini juga antar komisi dan juga dengan Baleg," tegas Sri Mulyani.

Sebelumnya, Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Febrio Nathan Kacaribu memastikan pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) perpajakan atau Omnibus Law Perpajakan sudah masuk ke dalam pembahasan Omnibus Law Cipta Kerja. Bahkan seluruh poin penting yang ada dalam Omnibus Law Perpajakan juga masuk dalam satu bagian.

"Semuanya masuk ke Omnibus Law Cipta Kerja klaster perpajakan. Kita hemat energi dan waktu, karena suasana lagi susah, ketemu dengan DPR juga vicon (virtual)," kata dia, Kamis (1/10/2020)

Tidak Masalah

Menkeu Sri Mulyani melantik 2 pejabat di lingkungan Kementerian Keuangan. Dalam pelantikan ini Sri Mulyani menggunakan masker dan tetap menjaga jarak. (Dok Kemenkeu)
Menkeu Sri Mulyani melantik 2 pejabat di lingkungan Kementerian Keuangan. Dalam pelantikan ini Sri Mulyani menggunakan masker dan tetap menjaga jarak. (Dok Kemenkeu)

Penggabungan dua aturan sapu jagad itu menurutnya tidak menjadi masalah. Sebab, kedua aturan ini bertujuan sama-sama memudahkan investasi masuk ke Indonesia.

"Omnibus Law perpajakan jadi masuk ke cluster Cipta Kerja. Omnibus Law Cipta Kerja cluster perpajakan itu memang sudah disiapkan sebelumnya dan akhirnya bisa masuk ke Omnibus Law Cipta Kerja. Jadi tidak harus terpisah," jelasnya.

UU Omnibus Law Cipta Kerja sendiri berisi 15 Bab dan 174 pasal. Semula UU Cipta Kerja mencakup 79 UU, namun dalam pembahasannya mengalami perubahan menjadi 76 UU. Terdapat penghapusan tujuh UU, serta tambahan empat UU lain.

Ada tiga dari empat UU yang ditambahkan mengenai perpajakan, yakni UU Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum Dan Tata Cara Perpajakan jo Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2009, UU Nomor 7 Tahun 1983 tentang Pajak Penghasilan jo. UU Nomor 36 Tahun 2008, UU Nomor 8 Tahun 1983 tentang Pajak Pertambangan Nilai Barang Dan Jasa Dan Pajak Pertambahan Nilai Dan Pajak Penjualan Barang Mewah Jo. UU Nomor 42 Tahun 2009.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Hal yang Disampaikan Gubernur-Wagub DKI soal Banjir dan Longsor Ciganjur

Posted: 11 Oct 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Banjir dan longsor terjadi di kawasan Ciganjur, Jakarta Selatan pada Sabtu malam, 10 Oktober 2020.

Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta pun sudah angkat bicara mengenai bencana yang terjadi di Ciganjur ini.

Menurut Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria alias Ariza, penyebab banjir dan longsor adalah rubuhnya turap perumahan sehingga menutupi aliran sungai.

"Ada pagar, turap, tanggul di satu perumahan di wilayah Jagakarsa yang rubuh sehingga menutupi sungai kecil yang ada di Jagakarsa. Akibatnya sungai tertutup, aliran air mengalir ke wilayah perumahan dan menggenangi kurang lebih 300-an rumah," kata Ariza, Jakarta, Minggu, 11 Oktober 2020.

Ia bahkan juga meninjau langsung lokasi longsor di Ciganjur pada Minggu, 11 Oktober 2020.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, pemerintah provinsi akan membantu perbaikan rumah korban banjir dan longsor yang terjadi di Ciganjur.

"Rumah-rumah yang hancur akan dibantu untuk recovery-nya," kata Anies di Ciganjur.

Berikut pernyataan yang disampaikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta soal banjir dan longsor di Ciganjur, Jakarta Selatan dihimpun Liputan6.com:

 

Wagub Sampaikan Penyebab Banjir dan Longsor

Sejumlah warga berkumpul saat banjir dan longsor di Jalan Damai, Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu (11/10/2020). Hujan yang deras sejak Sabtu (10/10/2020) sore mengakibatkan kawasan tersebut mengalami banjir sekaligus longsor. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Sejumlah warga berkumpul saat banjir dan longsor di Jalan Damai, Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu (11/10/2020). Hujan yang deras sejak Sabtu (10/10/2020) sore mengakibatkan kawasan tersebut mengalami banjir sekaligus longsor. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria alias Ariza meninjau lokasi longsor di Ciganjur, Jakarta Selatan. Ariza menyebut penyebab longsor adalah rubuhnya turap perumahan sehingga menutupi aliran sungai.

"Ada pagar, turap, tanggul di satu perumahan di wilayah Jagakarsa yang rubuh sehingga menutupi sungai kecil yang ada di Jagakarsa. Akibatnya sungai tertutup, aliran air mengalir ke wilayah perumahan dan menggenangi kurang lebih 300-an rumah," kata Ariza, Jakarta, Minggu, 11 Oktober 2020.

Akibatnya, terdapat ratusan rumah di Ciganjur tergenang dan tanah longgor menimpa empat rumah dan menewaskan satu korban jiwa.

"Ada 4 rumah yang tertimpa pagar sehingga menyebabkan satu orang wanita umur 42 tahun meninggal seketika tadi malam. Kami sudah mendatangi, memberi bantuan," ujar Ariza.

Selain itu, dia mengklaim jumlah pengungsi telah menurun drastis. Begitu juga dengan tinggi genangan di Ciganjur.

"Tadi malam pengungsian ada 400 tadi tersisa 271. Genangan air yang tadinya mencapai 1,5 meter sekarang kurang lebih tinggal 30 cm. Ada beberapa rumah yang masih tergenang, jadi alhamdulilah sudah kita kendalikan dari kemarin malam," ucap Ariza.

 

Bantuan Diberikan

Sejumlah warga berkumpul saat banjir dan longsor di Jalan Damai, Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu (11/10/2020). Hujan yang deras sejak Sabtu (10/10/2020) sore mengakibatkan kawasan tersebut mengalami banjir sekaligus longsor. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Sejumlah warga berkumpul saat banjir dan longsor di Jalan Damai, Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu (11/10/2020). Hujan yang deras sejak Sabtu (10/10/2020) sore mengakibatkan kawasan tersebut mengalami banjir sekaligus longsor. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Ariza menyampaikan, Pemprov DKI memastikan telah memberikan bantuan logistik dan juga kesehatan.

"Bantuan kita berikan, makanan, minuman, obat kemudian masker. Semua kita minta tetap melaksanakan protokol Covid agar tidak terjadi klaster baru di wilayah pengungsian," tandas Ariza.

 

Masih Ada Kendala Perbaikan

Petugas memeriksa rumah yang hancur akibat longsor di Jalan Damai, Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu (11/10/2020). Hujan yang deras sejak Sabtu (10/10/2020) sore mengakibatkan kawasan tersebut mengalami banjir sekaligus longsor. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Petugas memeriksa rumah yang hancur akibat longsor di Jalan Damai, Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu (11/10/2020). Hujan yang deras sejak Sabtu (10/10/2020) sore mengakibatkan kawasan tersebut mengalami banjir sekaligus longsor. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Ariza mengharapkan perbaikan secepat mungkin dilakukan. Menurut dia, dari 500 warga yang terdampak, sebanyak 271 orang masih mengungsi di tempat pengungsian yang disediakan pihak kelurahan dan kecamatan.

Kondisi aliran Anak Kali Setu yang masih tertutup puing-puing tembok menyebabkan air kali masih mengalir ke pemukiman warga.

"Perbaikan ini kita harapkan bisa dilakukan secepat mungkin, memang di sini ada kendala, pemukiman cukup padat, pintu masuk cuma satu lewat sini," kata Ariza.

 

Bantuan Perbaikan Rumah

Suasana longsor di Jalan Damai, Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu (11/10/2020). Hujan yang deras sejak Sabtu (10/10/2020) sore mengakibatkan kawasan tersebut mengalami banjir sekaligus longsor serta mengakibatkan dua orang luka-luka dan satu orang meninggal dunia. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Suasana longsor di Jalan Damai, Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu (11/10/2020). Hujan yang deras sejak Sabtu (10/10/2020) sore mengakibatkan kawasan tersebut mengalami banjir sekaligus longsor serta mengakibatkan dua orang luka-luka dan satu orang meninggal dunia. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, pemerintah provinsi akan membantu perbaikan rumah korban banjir dan longsor yang terjadi di Ciganjur, Jakarta Selatan.

"Rumah-rumah yang hancur akan dibantu untuk recovery-nya," kata Anies di Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu, 11 Oktober 2020.

Dia menuturkan, pihaknya segera menyalurkan bantuan sosial berupa logistik dan alat kesehatan untuk warga terdampak banjir dan longsor di Ciganjur.

"Langkah kita ke depan, nomor satu memastikan seluruh masyarakat terdampak, kesehatannya terjaga, terjamin, ada tempat pengungsian yang dipastikan sehat. Kedua, kebutuhan makan bagi mereka yang terdampak dipastikan aman," tukas Anies.

 

Jika Temukan Kesalahan Tata Ruang, Tindak Tegas

Petugas menggunakan alat berat berusaha merapikan posisi turap yang hancur di Jalan Damai, Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu (11/10/2020). Banjir sekaligus longsor tersebut mengakibatkan dua orang luka-luka dan satu orang meninggal dunia. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Petugas menggunakan alat berat berusaha merapikan posisi turap yang hancur di Jalan Damai, Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu (11/10/2020). Banjir sekaligus longsor tersebut mengakibatkan dua orang luka-luka dan satu orang meninggal dunia. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menginvestigasi kemungkinan ada indikasi pelanggaran tata ruang terkait longsor dan banjir yang menewaskan seorang warga serta merendam 300 rumah di Jalan Damai, Kelurahan Ciganjur, Jakarta Selatan.

"Sekarang dalam proses investigasi, apakah ketentuan-ketentuan tata ruang dilanggar atau tidak," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai meninjau lokasi longsor dan banjir.

Anies menyebutkan, akan ada tindakan tegas apabila ditemukan pelanggaran tata ruang di lokasi tersebut.

"Bila dilanggar, akan ada tindakan yang tegas tanpa kompromi," ujar dia.

 

Akan Pasang Pompa Mobile

Petugas menggunakan alat berat berusaha merapikan posisi turap yang hancur di Jalan Damai, Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu (11/10/2020). Banjir sekaligus longsor tersebut mengakibatkan dua orang luka-luka dan satu orang meninggal dunia. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Petugas menggunakan alat berat berusaha merapikan posisi turap yang hancur di Jalan Damai, Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu (11/10/2020). Banjir sekaligus longsor tersebut mengakibatkan dua orang luka-luka dan satu orang meninggal dunia. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Menurut Anies, selanjutnya, memastikan masyarakat terdampak terjaga kesehatannya, terjamin adanya tempat pengungsian yang sehat serta suplai makanan cukup.

Langkah berikutnya, kata Anies, memastikan puing-puing tembok yang roboh segera dievakuasi dan memulihkan aliran Anak Kali Setu agar tidak lagi menggenangi pemukiman warga.

"Akan dipasang pompa mobile untuk menarik air dari sisi selatan, melewati puing-puing ke sisi utara sehingga air tidak lagi tergenang mengalir ke perkampungan," jelas Anies yang dikutip dari Antara.

Pemprov DKI bergerak cepat dalam penanganan bencana longsor dan banjir yang terjadi di tengah pandemi. Langkah awal yang dilakukan adalah memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar FTV Kisah Nyata Spesial: Aku Terjebak Menikahi Laki-Laki Yang Menjual Derita Palsu, Senin 12 Oktober 2020

Posted: 11 Oct 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Saksikan FTV Kisah Nyata Spesial Senin siang mulai pukul 11.30 WIB.

Selalu ada drama khas penuh hikmah di setiap episode Kisah Nyata Spesial

Jangan lupa penayangan FTV Kisah Nyata Spesial Indosiar via live streaming dengan klik tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bawa Lakers Juara NBA, LeBron James Akui Peran Anthony Davis

Posted: 11 Oct 2020 09:11 PM PDT

Liputan6.com,Florida - LeBron James tak ingin memborong pujian sendirian usai mengantar LA Lakers juara NBA 2020. Ia juga menyebut nama Anthony Davis sebagai orang yang berjasa.

Lakers resmi keluar sebagai juara NBA musim 2019/20. Kepastian itu diperoleh setelah Lakers mengalahkan Miami Heat di gim ke-6 final NBA dengan kedudukan 106-93, Senin (12/10/2020) WIB.

Prestasi tersebut tak lepas dari andil bintang mereka, LeBron James. Di babak final gim ke-6, James menyumbang 28 angka, disusul Anthony Davis dan Rajon Rondo yang masing-masing menyumbang 19 angka.

Menurut James, dalam basket seorang pemain butuh pemain lain untuk lebih baik. Ia pun bangga bisa bertindak demikian untuk Davis.

"Bisa mendapatkannya dan mendorongnya serta membuatnya tahu bahwa dia hebat, itulah yang saya maksud," kata James seperti dilansir ESPN.

"Membuatnya berada di posisi saat ini, itu sangat berarti bagi saya. Fakta bahwa dia juga memercayai saya, itu lebih berarti," ujarnya menambahkan.

Davis diboyong Lakers dari New Orleans Pelicans di awal musim ini. Untuk memboyongnya, Lakers menukar tiga pemain muda mereka, Lonzo Ball, Brandon Ingram, dan Josh Hart.

Fakta Menarik Usai Lakers Juara

Para pebasket Los Angeles Lakers merayakan gelar juara usai menaklukkan Miami Heat Pada gim keenam final NBA di  AdvenHealth Arena, Senin (12/10/2020). Lakers menang dengan skor 106-93. (AP Photo/John Raoux)
Para pebasket Los Angeles Lakers merayakan gelar juara usai menaklukkan Miami Heat Pada gim keenam final NBA di AdvenHealth Arena, Senin (12/10/2020). Lakers menang dengan skor 106-93. (AP Photo/John Raoux)

1. Lakers kini total telah menjuarai NBA sebanyak 17 kali, menyamai rival mereka Boston Celtics.

2. LeBron James telah meraih empat MVP Finals, hanya selisih dua gelar dari Michael Jordan di posisi pertama.

3. Ini adalah gelar juara NBA ke-4 bagi LeBron James, membuatnya menyamai torehan legenda Lakers, Shaquille O'neal.

4. Gelar juara NBA ini menjadi yang pertama bagi pelatih Lakers, Frank Vogel.

Statistik Laga Final NBA

Gim 1

Miami Heat 98 -116 LA Lakers

Gim 2

Miami Heat 114 - 124 LA Lakers

Gim 3

LA Lakers 104 - 115 Miami Heat

Gim ke-4

LA Lakers 102 - 96 Miami Heat

Gim ke-5

Miami Heat 111 -108 LA Lakers

Saksikan Video NBA di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Minta Kasus Kematian Covid-19 di Indonesia Terus Ditekan

Posted: 11 Oct 2020 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengakui bahwa angka kematian COVID-19 di Indonesia masih lebih tinggi dibandingkan rata-rata dunia. Untuk itu, dia meminta jajarannya menurunkan angka kasus kematian Covid-19.

"Saya kira tugas besar kita di sini bagaimana rata-rata angka kematian di sini bisa ditekan terus," kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas secara virtual, Senin (12/10/2020).

Menurut dia, angka kematian COVID-19 di Indonesia mencapai 3,55 persen, sementara dunia 2,88 pereen. Namun, Jokowi mengatakan angka kematian ini sudah menurun dibandingkan dua pekan lalu.

"Ini lebih baik dibandingkan 2 minggu lalu di 3,77 persen. Namun masih lebih tinggi dari rata-rata kematian dunia di 2,88 persen," ujar dia.

Di samping itu, Jokowi juga meminta agar kasus positif corona di Indonesia juga terus ditekan dengan mendisiplinkan protokol kesehatan. Dia menuturkan daerah lain bisa mencontoh Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam pengendalian COVID-19.

"Saya mencatat dari angka-angka yang ada, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Sulsel menunjukan perbaikan pengendalian COVID-19. Saya kira ini bisa dijadikan contoh provinsi-lain lain," ucap Jokowi.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

11.844 Orang Meninggal Akibat COVID-19

Sebagai informasi, data Kementerian Kesehatan Minggu (11/10/2020), ada penambahan 4.497 kasus baru COVID-19. Sehingga, akumulasi kasus positif di Indonesia sebanyak 333.449.

Temuan kasus baru tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap 36.332 spesimen. Data ini dihimpun dalam 24 jam terakhir hingga hari ini pukul 12.00 WIB.

Kementerian Kesehatan juga melaporkan, angka kesembuhan bertambah 3.546 orang. Secara kumulatif menjadi 255.027 orang dinyatakan sembuh dari COVID-19. Sementara itu, pasien meninggal dunia karena COVID-19 mencapai 11.844 orang.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aturan Baru Naik Motor dan Mobil Pribadi saat PSBB Transisi

Posted: 11 Oct 2020 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, kembali memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi, mulai 12 sampai 25 Oktober 2020. Langkah ini diambil, setelah melihat beberapa indikator, yaitu laporan kasus harian, kasus kematian harian, tren kasus aktif, dan tingkat keterisian RS rujukan Covid-19.

"Yang terjadi selama satu bulan ini adalah kebijakan emergency brake (rem darurat) karena sempat terjadi peningkatan kasus secara tidak terkendali yang tidak diharapkan. Setelah stabil, kita mulai mengurangi rem tersebut secara perlahan, secara bertahap," kata Anies dalam keterangan tertulis, Minggu (11/10/2020).

Dengan berlakunya masa PSBB transisi kembali, memang ada beberapa peraturan yang telah disesuaikan. Berdasarkan dokumen PSBB Transisi, yang Liputan6.com kutip, Senin (11/10/2020), untuk angkutan umum dan transportasi massal, pembatasan kapasitas, dan operasinal sesuai peraturan Dishub dan Kemenhub.

Sedangkan bagi pengguna kendaraan pribadi seperti mobil, maksimal dua orang per baris, kecuali 1 domisili boleh 100 persen.

"Wajib memakai masker dan melakukan disinfeksi kendaraan setelah selesai digunakan," tulis aturan tersebut dalam dokumen PSBB Transisi.

Sementara itu, untuk pengguna motor, wajib menggunakan masker dan juga melakukan disinfeksi kendaraan dan atribut setelah selesai digunakan.

Ganjil Genap Belum Berlaku

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya belum memberlakukan pembatasan kendaraan dengan sistem ganjil genap.

"Hasil koordinasi kami dengan kadishub, besok (ganjil genap) masih ditiadakan," ujar Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo, ketika dihubungi, Jakarta, Minggu (11/10/2020).

Sambodo mengungkapkan, masih diberlakukan PSBB menjadi salah satu alasan peniadaan ganjil genap. Sambodo bersama pihak terkait terus mengkaji kebijakan ini dari berbagai sisi.

"Nanti kita lihat perkembangannya," kata Sambodo soal aturan ganjil genap.

Pemprov DKI Jakarta memutuskan mengurangi kebijakan rem darurat secara bertahap dan memasuki PSBB transisi, mulai 12-25 Oktober 2020.

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

TMII Buka Lagi di PSBB Transisi Jakarta, Apa Saja Aturannya?

Posted: 11 Oct 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali menetapkan fase Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB Transisi yang dimulai hari ini, 12--25 Oktober 2020. Adapun keputusan itu berdasarkan hasil evaluasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 DKI Jakarta soal adanya pelambatan kenaikan kasus positif.

Terkait kebijakan tersebut, sederet destinasi wisata dapat kembali membuka pintu untuk pengunjung, termasuk Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada hari ini, Senin (12/10/2020). Kabar pembukaan kembali taman wisata bertema budaya Nusantara ini melalui akun Instagram resmi.

"Hai #sobatbudaya ! Dengan diberlakukannya kembali PSBB Transisi di DKI Jakarta, maka Taman Mini "Indonesia Indah" kembali dibuka untuk umum tentunya dengan tetap menjalankan prosedur protokol kesehatan," bunyi keterangan dalam unggahan pada Minggu, 11 Oktober 2020.

Pembukaan kembali TMII juga beriringan dengan pengunjung yang wajib mengikuti protokol kesehatan guna menekan transmisi corona Covid-19. Menurut keterangan yang dibagikan, Taman Mini membatasi jumlah pengunjung yang masuk, yakni maksimal 25 persen dari kapasitas.

Pengelola juga membatasi usia pengunjung, yakni mereka yang berusia di bawah 9 tahun dan di atas 60 tahun dilarang masuk. Pembelian tiket dapat dilakukan secara daring dengan mengunjungi ticket.tamanmini.com untuk reservasi.

Tak hanya itu, protokol kesehatan lain juga turut diterapkan di TMII selama PSBB Transisi. Sebut saja, setiap pengunjung wajib mengenakan masker dan dicek suhu tubuh.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Protokol Kesehatan di TMII

Petugas pemadam kebakaran melakukan penyemprotan cairan disinfektan tempat wisata di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Rabu (10/6/2020). Rencananya, TMII kembali dibuka untuk umum pada 20 Juni 2020 dengan menerapkan tatanan kenormalan baru. (merdeka.com/Imam Buhori)
Petugas pemadam kebakaran melakukan penyemprotan cairan disinfektan tempat wisata di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Rabu (10/6/2020). Rencananya, TMII kembali dibuka untuk umum pada 20 Juni 2020 dengan menerapkan tatanan kenormalan baru. (merdeka.com/Imam Buhori)

Selain itu, kendaraan yang akan memasuki kawasan TMII juga akan disemprot cairan disinfektan terlebih dahulu. Berlanjut menerapkan protokol kesehatan dengan selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah mengunjungi wahana.

Mencuci tangan diimbau untuk menggunakan sabun dan air mengalir atau dengan hand sanitizer. Aturan selanjutnnya adalah pengunjung tidak boleh berkerumun di area TMII.

Serta tak ketinggalan pengunjung harus menjaga jarak fisik sekitar 1--1,5 meter. Berdasarkan keterangan yang tertulis, di bio Instagram, TMII buka setiap hari mulai pukul 08.00--16.00 WIB.

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Cara Mengobati Sengatan Lebah dengan Bahan Alami, Begini Gejala dan Pencegahannya

Posted: 11 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang terlalu menyepelekan sengatan lebah. Padahal selain timbukan nyeri, bengkak, sensasi panas, dan kemerahan, sengatannya bisa sampai sebabkan kematian. Di sini pentingnya mengetahui cara mengobati sengatan lebah dengan bahan alami.

Dampak sengatan lebah yang dialami setiap orang memang berbeda-beda. Sangat bergantung dengan tingkat alergi yang dimilikinya. Bagi yang memiliki reaksi alergi sengatan lebah, maka akan terjadi reaksi anafilaktik. Reaksi ini yang pada akhirnya dapat menyebabkan kematian.

Ketika mendapati sengatan lebah, pastikan untuk memberi tahu orang sekitar. Tentu saja agar pertolongan pertama dan cara mengobati sengatan lebah dengan bahan alami bisa diterapkan dengan benar. Nah jika cara mengobati sengatan lebah dengan bahan alami tak berdampak sama sekali, lakukan pemeriksaan secara medis.

Berikut Liputan6.com ulas cara mengobati sengatan lebah dengan bahan alami dari berbagai sumber, Senin (12/3/2020).

Cara Mengobati Sengatan Lebah dengan Bahan Alami

Ilustrasi melati | (sumber: iStockphoto)
Ilustrasi melati | (sumber: iStockphoto)

Melati

Melati disebut sebagai puspa bangsa. Dalam buku Flora of Java setidaknya ada 11 spesies jasminum di Pulau Jawa. Tidak banyak orang tahu kalau melati dapat digunakan sebagai obat penawar gigitan serangga, khususnya gigitan lebah.

Cara menerapkannya cukup mudah. Siapkan 1 genggam daun melati. Lalu bahan-bahan ini diremas-remas sampai halus. Jika sudah halus, langsung saja tempelkan pada bagian yang disengat lebah. Lakukan berulang untuk hasil maksimal

Ngokilo

Ngokilo adalah suatu jenis tumbuhan yang berbatang basah dan sepintas lalu menyerupai rumput berbatang tegak. Daun Ngokilo berbentuk bulat telur, pada tepinya bergerigi dengan jarak agak jarang, berbulu halus hampir tak kelihatan. Apabila terkena sengatan lebah, bisa ular, dan semut hitam daun Ngokilo patut diandalkan.

Hanya perlu menyiapkan bahan-bahannya. Siapkan 1 lembar daun Ngokilo mentah dan masih segar. Gosokkan pada bagian tubuh yang terkena sengatan lebah. Pastikan sampai daun tersebut mengeluarkan air dan hancur. Dilakukan dua kali setelah berselang 2 jam.

Cara Mengobati Sengatan Lebah dengan Bahan Alami

Ilustrasi Kunyit | Credit: pixabay.com/SteveBuissine
Ilustrasi Kunyit | Credit: pixabay.com/SteveBuissine

Kunyit

Kunyit memiliki khasiat antibakteri, antijamur, dan antivirus. Kunyit mengandung curcumin yang memiliki khasiat untuk meredakan inflamasi, seperti bengkak dan nyeri. Tak heran jika kunyit ini cocok untuk mengobati sengatan lebah.

Penerapannya juga sangat mudah dan tak menyakitkan. Hanya perlu menyiapkan 2-3 rimpang kunyit sebesar ibu jari. Kemudain ¼ sendok makan kapur sirih. Jika sudah, parut kunyit dan campurkan kedua bahan tersebut. Lalu langsung saja oleskan pada bagian yang terkena sengatan lebah.

Asam Jawa

Asam Jawa dapat dimanfaatkan untuk mengatasi bengkak karena disengat lipan atau lebah. Bagian yang digunakan untuk penyembuhan gigitan serangga adalah biji atau klungsu.

Hanya perlu menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Siapkan 3-5 biji asam Jawa dan minyak kayu putih secukupnya. Lanjut dengan menumbuk biji asam Jawa sampai halus.

Cara menerapkannya sangat mudah. Bersihkan bagian yang terkena sengatan lebah terlebih dahulu. Bersihkan dengan kain yang dibasahi minyak kayu putih. Kemudian ditaburi/ditempeli dengan bubukan biji Asam Jawa.

Cara Mengobati Sengatan Lebah dengan Bahan Alami

Ilustrasi masu | Pexels
Ilustrasi masu | Pexels

Bawang Putih

Bawang putih memiliki kandungan kalsium, zat besi, kalium, selenium, magnesium, dan fitonutrien allicin. Memiliki sifat antibakteri, antivirus, antiseptik, mengencerkan darah, dan menguatkan kekebalan tubuh.

Tak heran jika terkena sengatan lebah bisa mengandalkan bawang putih. Hanya perlu menyiapkan umbi bawang putih, sendowo, dan garam secukupnya.

Lalu tumbuk halus bawang putih dan campur semua bahan dengan rata. Jika sudah, gunakan ramuan yang sudah dibuat untuk menyembuhkan sengatan. Bersihkan bagian yang disengat. Lalu oleskan pada bagian tubuh yang disengat lebah.

Madu

Cobalah menggunakan madu untuk mengobati sengatan lebah. Madu dapat membantu mempercepat penyembuhan luka sengatan, nyeri, dan gatalnya.

Cara menerapkannya juga sangat mudah. Hanya perlu mencelupkan kapas ke dalam madu dan kemudian mengompresnya pada luka. Madu akan menyembuhkan rasa sakit yang terjadi secara alami.

Cara Mengobati Sengatan Lebah dengan Bahan Alami

Ilustrasi soda kue | Credit: freepik.com
keep-mouth-concept_77190-4605.jpg

Minyak Esensial

Minyak esensial pun cocok dipakai untuk mengobati sengatan lebah. Minyak ini mampu berperan menghentikan pendarahan yang terjadi karena sengatan lebah. Sementara sifat antiinflamasinya mampu meringankan pembengkakan yang terjadi akibat sengatan.

Penerapannya sangat mudah. Hanya perlu mencampurkan minyak esensial seperti lavender dengan minyak lain. Bisa gunakan minyak kelapa atau minyak zaitun. Jika sudah, oleskan campuran minyak ke bagian tubuh yang terkena sengatan lebah.

Soda Kue

Soda kue tak hanya bisa dipakai untuk membuat kue. Soda kue ini pun cocok dipakai untuk menyembuhkan sengatan lebah. Hal ini disebabkan karena soda kue mampu menetralkan racun lebah.

Jadi enggak heran kalau setelah pakai soda kue, rasa sakit, gatal, dan bengkaknya akan hilang. Hanya perlu mengoleskan soda kue dengan takaran yang cukup. Oleskan sampai benar-benar menutupi daerah yang terkena sengatan lebah.

Setelah itu, tutup olesan soda kue dengan dengan perban. Biarkan selama 15 menit sampai benar-benar mengering. Lakukan dengan berulang agar hasil pengobatannya lebih maksimal.

Tips Menangani Sengatan Lebah

Ilustrasi mencuci sengatan lebah | Sumber: Freepik
Ilustrasi mencuci sengatan lebah | Sumber: Freepik

Keluarkan sengat yang tertinggal secara perlahan. Usahakan jangan sampai memeras kantong racun. Semakin cepat menyingkirkan sengat yang ada, akan mengurangi peredaran jumlah racun yang masuk ke dalam tubuh.

Setelah itu harus langsung dinilai, apakah terjadi reaksi alergi yang dapat mematikan. Karena pasien yang mengalami kondisi berat dapat meninggal dalam waktu 30 menit setelah terjadi sengatan.

Namun jika tidak terjadi reaksi alergi berat, artinya hanya terjadi reaksi lokal saja dan dapat dilakukan beberapa tindakan, seperti:

1. Cuci daerah sengatan dengan sabun dan air setelah sengat berhasil dikeluarkan.

2. Berikan es batu pada area yang terkena sengat dan sekitarnya selama 20 menit sekali bila Bungkus es dengan handuk untuk menjaga agar kulit tidak beku.

3. Penggunaan obat golongan antihistamin untuk membatasi reaksi lokal dan mengurangi gatal juga dapat dilakukan.

4. Gunakan obat antinyeri untuk mengatasi nyeri.

5. Penggunaan salep hidrokortison pada tempat sengatan dapat membantu mengurangi kemerahan, rasa gatal dan bengkak.

6. Meninggikan lengan atau tungkai yang terkena untuk mengurangi bengkak.

7. Ada yang menganjurkan untuk mengulangi tetanus booster jika terakhir melakukannya 10 tahun lalu.

Gejala dan Pencegahannya

Ilustrasi lebah | Pixabay
Ilustrasi lebah | Pixabay

Gejala Sengatan Lebah

Seseorang yang mengalami sengatan lebah akan mengeluhkan beberapa gejala, seperti:

1. Kemerahan. Kulit orang yang tersengat lebah akan menjadi kemerahan sampai keunguan.

2. Pembengkakan. Bentuk pembengkakan kulit yang terjadi adalah adanya kemerahan dengan titik putih kecil di tempat sengatan terjadi.

3. Sakit. Akan timbul rasa sakit atau nyeri pada daerah sengatan yang umumnya akan reda dalam beberapa jam.

4. Reaksi anafilaksis. Seseorang dengan reaksi anafilaksis akan mengeluhkan sesak nafas, penurunan tekanan darah, dan tidak sadar. Kondisi ini termasuk dalam keadaan gawat darurat medis dan memerlukan penanganan secepatnya.

Pencegahan Sengatan Lebah

Pencegahan yang bisa dilakukan agar tidak terkena sengatan lebah adalah dengan menghindari paparan dengan lebah. Jika Anda berada pada sekitar lebah atau sarang lebah, bersikaplah tenang dan tinggalkan tempat tersebut secara perlahan-lahan. Jangan mengusir lebah dengan memukul lebah atau sarangnya. Hal tersebut justru akan meningkatkan risiko tersengat.

Apabila Anda ingin mengetahui apakah Anda alergi dengan sengatan lebah, maka Anda bisa melakukan pemeriksaan khusus. Pemeriksaan tersebut meliputi tes alergi pada kulit dan tes darah. Tes ini dapat digunakan juga untuk menentukan diagnosis reaksi alergi dari sengatan lebah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kunci Kesembuhan Menteri Edhy dari Covid-19: Jaga Pikiran agar Tidak Stres

Posted: 11 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo buka suara setelah dinyatakan sembuh dari covid-19. Diketahui Edhy dinyatakan positif covid-19 pada 3 September lalu usai melakukan serangkaian kunjungan kerja di wilayah timur Indonesia.

Mengalami sendiri bagaimana covid-19 mengganggu kesehatannya, Edhy berpesan kepada masyarakat agar jangan sampai terkena virus ini. Sebab, meski telah dinyatakan sembuh dari covid-19, kondisi pernapasan Edhy belum pulih betul.

"Jangan kena Covid-19, apalagi harus dirawat sampai ICU. Kenapa? Enggak enak sisanya, harus perbaikan lagi. Paru-paru saya dalam posisi belum begitu normal, sehingga jalan agak lama terengah-engah, naik tangga terengah-engah. Tapi kata dokter ini adalah proses penyembuhan. Jadi jangan khawatir," ungkap Edhy dilansir dari video yang diunggah melalui laman instagram miliknya, Senian (12/10/2020).

Menteri Edhy menjelaskan, kunci kesembuhan yang paling utama adalah menjaga pikiran agar tidak stres. Dengan demikian kesembuhan dapat diraih. "Satu hal yang menyelamatkan kita adalah psikis kita. Jadi, kita harus tetap semangat gembira, tapi juga waspada," kata dia.

Dalam video tersebut, Edhy menyebutkan sejumlah agenda saat melakukan kunjungan di wilayah timur Indonesia. Sehingga ia tak tahu pasti dimana ia tertular hingga dinyatakan positif pada 3 September 2020.

Menteri Edhy bercerita, saat itu ia mengunjungi Kupang Nusa Tenggara Timur bersama Gubernur Viktor Laiskodat. Kemudian ke Makassar, Ambon, Balikpapan dan ke Pulau Maratua Kalimantan Timur. Ada sekitar 30 pejabat KKP ikut serta.

"Pada saat di Balikpapan itulah saya enggak enak badan, tapi secara prinsip saya enggak bisa tentukan dimana kenanya. Begitu sampai di Maratua, harusnya dua malam saya di sana, tapi saya putuskan satu hari saja, saya pulang dengan sebagian rombongan dan istri saya. Sampai rumah saya swab, tanggal 3 saya (dinyatakan) positif," ujarnya.

Cerita Menteri Edhy Tolak Pakai Ventilator Saat Perawatan Covid-19

Menteri Keluatan dan Perikan Edhy Prabowo bersama Gubernur Maluku Murad Ismail, saat mengunjungi tempat budidaya ikan di   Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Ambon, Minggu 30 Agustus 2020
Menteri Keluatan dan Perikan Edhy Prabowo bersama Gubernur Maluku Murad Ismail, saat mengunjungi tempat budidaya ikan di Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Ambon, Minggu 30 Agustus 2020

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo telah dinyatakan sembuh dari Covid-19 dan sudah mulai kembali beraktivitas. Melalui laman instagram miliknya, Edhy berbagi cerita mengenai pengalamannya saat berjuang menghadapi covid-19.

Menteri Edhy dinyatakan positif covid-19 pada 3 September 2020 setelah kunjungan kerja beruntun di wilayah timur Indonesia. Hingga akhirnya ia dirujuk ke Rumah Sakit Polri.

Selama 7 hari di sana, ia mulai batuk-batuk. Kemudian setelah infus dilepas, ia mulai demam tinggi dan bernapas kurang enak hingga akhirnya harus dipindahkan ke RSPAD Gatot Soebroto.

"Akhirnya saya tujuh hari di RS Polri diminta pindah untuk ke RSPAD dengan alasan lebih dekat diawasi," tutur dia dalam video yang dilansir, Senin (12/10/2020).

Saat menjalani perawatan di RSPAD Gatot Soebroto, Edhy sempat dibawa ke ruang ICU. Meski merasa belum ada kondisi yang memburuk, menteri Edhy yakin bahwa dokter memiliki pertimbangan tertentu soal dipindahkannya ia ke ruang rawat tersebut.

"Dokter paru memerintahkan kami dipindah ke ICU, padahal saya belum merasa (ada perburukan). Cuma saya percaya dokter punya alasan agar lebih intensif," ucapnya.

Menteri Edhy lalu diminta untuk menggunakan ventilator karena mempertimbangkan kondisinya saat itu, namun ia menolak. Edhy beralasan bahwa ia masih mampu bernapas dan belum memerlukan ventilator. Ia pun menandatangani perjanjian untuk tak memakai alat tersebut.

"Saya ditawarkan ventilator dan saya tolak. Karena saya merasa saya belum perlu. Logika saya mengatakan saya bisa hadapi sendiri, saya masih sadar. Karena (kalau pakai) ventilator harus dipingsankan lebih dulu. Saya enggak nyaman kalau pingsan, saya enggak bisa melawan, enggak bisa memotivasi diri saya," kata dia.

"Disini saya mau latihan. Di sinilah saya menandatangani untuk tak pakai ventilator sehingga sampai hari ini saya bisa bicara sama saudara-saudara," sambung Edhy.

Meski sudah sembuh, ia mengaku kondisinya belum stabil seperti sediakala. Misalnya saja ia masih harus latihan bernapas karena paru-parunya masih belum begitu normal.

"Paru-paru saya dalam posisi belum begitu normal, sehingga jalan agak lama terengah-engah, naik tangga terengah-engah. Tapi kata dokter ini adalah proses penyembuhan. Jadi jangan khawatir," ungkap Menteri Edhy.

Dikabarkan Positif Covid-19, Menteri KKP Edhy Prabowo Berangsur Pulih

Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo. (Tira/Liputan6.com)
Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo. (Tira/Liputan6.com)

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo beberapa waktu lalu sempat dikabarkan positif Covid-19. Akibatnya, ia harus menjalani perawatan intensif di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta selama beberapa hari.

Lama tak terdengar kabarnya, bagaimana kondisi Menteri Edhy saat ini?

Karo Humas Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Agung Tri Prasetyo mengabarkan, Edhy Prabowo saat ini telah pulih, sehingga sudah tidak menjalani perawatan di RSPAD Gatot Soebroto.

"Beliau sehat, sudah berkegiatan di rumah. Sudah pulang (dari RSPAD) dari minggu lalu. Doakan semoga beliau bisa berkegiatan lagi dengan baik," ujar Agung dalam sambungan telepon kepada Liputan6.com, Selasa (29/9/2020).

Meski Menteri Edhy telah sembuh, virus corona rupanya belum bosan menyebar di lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Agung mengatakan, dua pejabat eselon I instansi ikut terdampak positif Covid-19, salah satunya Direktur Jenderal (Dirjen) Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto.

"Kami dapat informasi dari Satgas Covid-19 KKP, Dirjen Perikanan Budidaya (positif corona). Tapi dia statusnya OTG, jadi sedang isolasi mandiri," kata Karo Humas KKP Agung.

Selain itu, ia menyampaikan, Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Artati Widiarti juga turut terpapar Covid-19.

"Benar, Dirjen PDSPKP Bu Artati sudah terdampak sejak 8 September (2020). Setelah dilakukan berbagai tes dia masih terindikasi positif. Jadi sekarang masih dirawat," ujar dia.

Menurut catatan Satgas Covid-19 di Kementerian Kelautan dan Perikanan, Agung mengatakan, ada beberapa pegawai di instansi tersebut yang diduga positif corona, namun ia belum bisa menyampaikan berapa jumlah pastinya. Mereka yang terdampak saat ini tengah menjalani perawatan di berbagai tempat.

"Kami kan ada Satgas Covid-19 KKP. Beberapa pegawai juga ada yang kena. Ada yang menjalani isolasi mandiri, dirawat di Wisma Atlet (Jakarta), masuk rumah sakit lain," tutur Agung. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Jelang Festival Halloween, Warga New Orleans Mulai Dekorasi Rumah

Posted: 11 Oct 2020 09:00 PM PDT

Dekorasi Halloween terlihat di depan sebuah rumah di New Orleans, Louisiana, Amerika Serikat, pada 10 Oktober 2020. Tiga pekan sebelum perayaan Halloween, warga New Orleans mulai mendekorasi rumah mereka untuk menyambut festival tersebut. (Xinhua/Lan Wei)
Dekorasi Halloween terlihat di depan sebuah rumah di New Orleans, Louisiana, Amerika Serikat, pada 10 Oktober 2020. Tiga pekan sebelum perayaan Halloween, warga New Orleans mulai mendekorasi rumah mereka untuk menyambut festival tersebut. (Xinhua/Lan Wei)

Dekorasi Halloween terlihat di depan sebuah rumah di New Orleans, Louisiana, Amerika Serikat, pada 10 Oktober 2020. Tiga pekan sebelum perayaan Halloween, warga New Orleans mulai mendekorasi rumah mereka untuk menyambut festival tersebut. (Xinhua/Lan Wei)

Dekorasi Halloween terlihat di sebuah rumah di New Orleans, Louisiana, Amerika Serikat, pada 10 Oktober 2020. Tiga pekan sebelum perayaan Halloween, warga New Orleans mulai mendekorasi rumah mereka untuk menyambut festival tersebut. (Xinhua/Lan Wei)
Dekorasi Halloween terlihat di sebuah rumah di New Orleans, Louisiana, Amerika Serikat, pada 10 Oktober 2020. Tiga pekan sebelum perayaan Halloween, warga New Orleans mulai mendekorasi rumah mereka untuk menyambut festival tersebut. (Xinhua/Lan Wei)

Dekorasi Halloween terlihat di sebuah rumah di New Orleans, Louisiana, Amerika Serikat, pada 10 Oktober 2020. Tiga pekan sebelum perayaan Halloween, warga New Orleans mulai mendekorasi rumah mereka untuk menyambut festival tersebut. (Xinhua/Lan Wei)

Seorang wanita berpose dengan latar dekorasi Halloween di New Orleans, Louisiana, Amerika Serikat, pada 10 Oktober 2020. Tiga pekan sebelum perayaan Halloween, warga New Orleans mulai mendekorasi rumah mereka untuk menyambut festival tersebut. (Xinhua/Lan Wei)
Seorang wanita berpose dengan latar dekorasi Halloween di New Orleans, Louisiana, Amerika Serikat, pada 10 Oktober 2020. Tiga pekan sebelum perayaan Halloween, warga New Orleans mulai mendekorasi rumah mereka untuk menyambut festival tersebut. (Xinhua/Lan Wei)

Seorang wanita berpose dengan latar dekorasi Halloween di New Orleans, Louisiana, Amerika Serikat, pada 10 Oktober 2020. Tiga pekan sebelum perayaan Halloween, warga New Orleans mulai mendekorasi rumah mereka untuk menyambut festival tersebut. (Xinhua/Lan Wei)

Para pejalan kaki melihat dekorasi Halloween di depan sebuah rumah di New Orleans, Louisiana, Amerika Serikat, pada 10 Oktober 2020. Tiga pekan sebelum perayaan Halloween, warga New Orleans mulai mendekorasi rumah mereka untuk menyambut festival tersebut. (Xinhua/Lan Wei)
Para pejalan kaki melihat dekorasi Halloween di depan sebuah rumah di New Orleans, Louisiana, Amerika Serikat, pada 10 Oktober 2020. Tiga pekan sebelum perayaan Halloween, warga New Orleans mulai mendekorasi rumah mereka untuk menyambut festival tersebut. (Xinhua/Lan Wei)

Para pejalan kaki melihat dekorasi Halloween di depan sebuah rumah di New Orleans, Louisiana, Amerika Serikat, pada 10 Oktober 2020. Tiga pekan sebelum perayaan Halloween, warga New Orleans mulai mendekorasi rumah mereka untuk menyambut festival tersebut. (Xinhua/Lan Wei)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tragis, Seorang Ayah Gagal Bunuh Diri Usai Jerat Anaknya Hingga Tewas

Posted: 11 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Kudus - Aparat Kepolisian Resor (Polres) Kudus, Jawa Tengah, masih melakukan penyelidikan terkait kasus dugaan bunuh diri bapak dan anak di Desa Ngembal Kulon.

Kedua warga Desa Ngembal Kulon, Kecamatan Jati, Kudus tersebut, yakni berinisial EG (48) dan IM (12) yang merupakan bapak dan anak ditemukan tergeletak dalam kondisi kritis di rumahnya, Kamis.

"Kami belum bisa menyimpulkan kejadian tersebut apakah masuk kategori bunuh diri atau pembunuhan karena masih didalami sehingga belum bisa menyimpulkan apa-apa," kata Kapolres Kudus AKBP Aditya Surya Dharma di Kudus, Kamis, dikutip Antara.

 

Terkait anaknya yang berinisial IM meninggal dunia, kata dia, informasinya memang demikian.

Ani yang merupakan warga sekitar mengungkapkan yang pertama mengetahui dugaan bunuh diri merupakan istri IG ketika pulang dari bepergian sekitar pukul 17.00 WIB.

Saat ditemukan, bapak dan anak tersebut dalam kondisi kritis di rumahnya. IM yang merupakan anak EG ditemukan di kursi dengan posisi terlilit sarung dan EG ditemukan tergeletak di lantai dengan tangan kiri mengeluarkan darah.

Kepala Puskesmas Jati Kulon Kamal mengatakan ketika tim medis dari Puskesmas Jati Kulon bersama Tim Indonesia Automatic Finger Print Identification System atau identifikasi TKP (Tempat Kejadian Perkara) Polres Kudus bersama Polsek Jati untuk oleh TKP, keduanya ditemukan masih dalam keadaan hidup.

Namun, kata dia, dalam perjalanan menuju RSUD Loekmono Hadi Kudus, IM meninggal dunia. Sementara IG yang masih hidup, kini mendapatkan perawatan di RSUD Loekmono Hadi Kudus. Dalam olah TKP oleh Polres Kudus, ditemukan tali plastik menggantung di kamar anak.

 

Pelaku Minta Dimakamkan Satu Liang dan Prokes Covid-19

Infografis mengenai kenali faktor-faktor risiko bunuh diri
Infografis mengenai kenali faktor-faktor risiko bunuh diri

 Sebelum peristiwa nahas tersebut, EG diketahui beberapa kali ke Puskesmas Ngembal Kulon mengeluhkan gejala mengarah COVID-19. Namun ketika dilakukan tes cepat (rapid test) COVID-19 hasilnya nonreaktif.

Belum puas dengan hasil tersebut, IG dikabarkan melakukan tes usap tenggorokan (swab) mandiri di salah satu klinik di Kabupaten Kudus.

Saat peristiwa dugaan bunuh diri pada Kamis (8/10) pukul 17.00 WIB, istri IG sedang tidak ada di rumah sehingga hanya ada IG dan IM.

Di lokasi kejadian juga ditemukan tulisan di secarik kertas yang bertuliskan "makamkan kami dengan protokol kesehatan dengan satu liang".

Aparat Kepolisian Resor Kudus, Jawa Tengah, segera memeriksa kondisi kejiwaan pelaku bunuh diri bernama "EG" (48) asal Kecamatan Jati yang mengajak serta anaknya hingga meninggal dunia, sedangkan sang ayah ini masih hidup.

"Ayah korban berinisial EG yang terselamatkan dari upayanya melakukan bunuh diri sudah mengakui bahwa dia yang menjerat anaknya yang berinisial IM sehingga meninggal dunia," kata Kepala Polres Kudus, AKBP Aditya Surya Dharma, di Kudus, Jumat.

Dari hasil otopsi terhadap jenazah IM yang merupakan warga Desa Ngembal Kulon, Kecamatan Jati, Kudus, terdapat luka akibat kekerasan benda tumbul berupa memar pada bahu kanan serta ada bekas jeratan pada leher.

 

Penyelidikan Polisi

Ia mengungkapkan dari hasil otopsi juga diketahui bahwa korban meninggal karena ada jeratan yang mengakibatkan mati lemas.

Meskipun sudah ada pengakuan dari ayah korban, Polres Kudus akan memeriksa kondisi psikologi pelaku, apakah mengalami gangguan jiwa atau tidak, sementara pelaku masih ditahan polisi.

Untuk sementara ini, polisi belum bisa menentukan apakah pelaku akan dijerat dengan pasal pembunuhan atau pasal lainnya karena mendalami kasus itu.

Berdasarkan pemberitaan sebelumnya, warga Desa Ngembal Kulon digegerkan dengan temuan dua warga yang merupakan bapak dan anak yang tergeletak di rumahnya akibat percobaan bunuh diri pada pukul 17.00 WIB Kamis (8/10).

Korban yang merupakan anak EG ditemukan di kursi dengan posisi terlilit sarung dan EG ditemukan tergeletak di lantai dengan tengan kiri mengeluarkan darah yang diduga bunuh diri usai menjerat anaknya.

Dugaan percobaan bunuh diri itu, EG berhasil diselamatkan sedangkan anaknya, IM, meninggal ketika dalam perjalanan menuju RSUD Loekmono Hadi Kudus.

Selain ditemukan tali untuk bunuh diri, di lokasi kejadian juga ditemukan secarik kertas yang bertuliskan: makamkan kami dengan protokol kesehatan dengan satu liang.

KONTAK BANTUAN

Bunuh diri bukan jawaban apalagi solusi dari semua permasalahan hidup yang seringkali menghimpit. Bila Anda, teman, saudara, atau keluarga yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit, dilanda depresi dan merasakan dorongan untuk bunuh diri, sangat disarankan menghubungi dokter kesehatan jiwa di fasilitas kesehatan (Puskesmas atau Rumah Sakit) terdekat.

Bisa juga mengunduh aplikasi Sahabatku: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tldigital.sahabatku

Atau hubungi Call Center 24 jam Halo Kemenkes 1500-567 yang melayani berbagai pengaduan, permintaan, dan saran masyarakat.

Anda juga bisa mengirim pesan singkat ke 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat surat elektronik (surel) kontak@kemkes.go.id.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Deretan Tanda Mantan Kekasih Belum Bisa Melupakan Anda

Posted: 11 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Usai putus cinta mungkin banyak dari kalian yang bertanya-tanya apakah mantan kekasih masih menginginkan Anda dalam hidupnya?

Namun jangan khawatir, rupanya ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa mantan masih belum bisa melupakan Anda loh.

Artikel tentang deretan tanda bahwa mantan kekasih belum bisa melupakan Anda menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang kumpulan potret kocak mahasiswa bawa hewan saat demo Omnibus Law.

Sementara artikel terpopuler ketiga tentang deretan potret kue gagal dan tak sesuai dengan ekspektasi.

Berikut Top 3 Citizen6:

1.  5 Tanda Mantan Kekasih Belum Bisa Melupakanmu

Ilustrasi Pasangan Credit: pexels.com/pixabay
Ilustrasi Pasangan Credit: pexels.com/pixabay

Usai mengakhiri hubungan tentu bukanlah hal yang mudah untuk bisa langsung melupakan mantan kekasih. Masa indah yang dijalani bersama mantan kekasih tentu masih terus teringat di kepala. Terlebih lagi jika masa pacaran sudah bertahun-tahun. Semakin membuat Anda sulit move on dan melupakannya.

Hal ini juga bisa terjadi oleh mantan Anda loh. Bisa jadi usai putus dia pun masih sayang dan berharap bisa kembali kepada Anda.

Selengkapnya…

2. Kumpulan Potret Kocak Mahasiswa Bawa Hewan Saat Demo Omnibus Law

(Tiktok/vaniakmlsr)
(Tiktok/vaniakmlsr)

Beberapa hari lalu ribuan mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia turun ke jalan untuk menyampaikan aspirasinya terkait penolakan pengesahan Omnibus Law UU Cipta Kerja.

Meskipun sempat ada kericuhan, tapi banyak pula kejadian-kejadian lucu dari aksi mahasiswa tersebut yang lantas menghibur warganet.

Selengkapnya…

3. 7 Potret Ekspektasi vs Realita Orang Saat Bikin Kue, Hasilnya Bikin Nyesek

foto: Reddit
foto: Reddit

Bagi sebagian besar orang memasak merupakan hal yang cukup sulit dilakukan, terlebih lagi untuk membuat kue. Ketika membuat kue ada banyak hal yang perlu diperhatikan.

Mulai dari takaran bahan-bahan, resep hingga cara memasaknya harus dilakukan dengan benar. Jika ada yang salah sedikit jangan heran kalau kue yang kalian buat akan gagal.

Selengkapnya…

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keluarga Bantah Sule Sudah Menikahi Nathalie Holscher

Posted: 11 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hubungan asmara Sule dan Nathalie Holscher kian ramai diberitakan. Bahkan beberapa hari terakhir, dikabarkan bahwa Sule diam-diam telah menikahi kekasihnya yang kini telah menjadi seorang mualaf itu.

Terkait isu ini, pihak keluarga Nathalie Holscher akhirnya memberi klarifikasi. Lewat tayangan infotainment Hot Shot, nenek Nathalie Holscher membantah kabar tersebut.

"Ah capek deh, bohong, kan biasa hoax ya," ucap nenek Nathalie Holscher, Hetty, seperti dikutip dari YouTube Surya Citra Televisi (SCTV) pada Senin (12/10/2020).

Belum Ada Persiapan

Nenek Nathalie Holscher [Foto: YouTube Surya Citra Televisi (SCTV)]
Nenek Nathalie Holscher [Foto: YouTube Surya Citra Televisi (SCTV)]

Nenek Nathalie Holscher juga belum bisa mengungkap secara detail mengenai rencana pernikahan Sule dan cucunya.

"Persisnya kapan saya enggak tahu, nanti untuk yang lebih detail kita lihat waktulah. Karena saya juga belum ada persiapan apa-apa," Hetty menuturkan.

Urus Surat Izin Menikah

(Instagram/nathalieholscher)
(Instagram/nathalieholscher)

Sementara itu, ketua RT kediaman Sule di kawasan Tambun Selatan memang sempat membocorkan bahwa komedian kondang tersebut telah mengurus surat izin menikah. Surat telah diurus beberapa bulan lalu.

"Minta surat ke RT ke saya, bahwa dia mau nikah, tapi memang mau nikah. Minta izin sebelum ke RW kan ke RT dulu. Prosesnya kan sudah lama sih ya, minta surat ke RT terus ke RW buat ke kecamatan. Kalau ke saya kan cuma tanda tangan doang bahwa dia mau menikah," ucapnya juga dalam tayangan Hot Shot.

Masih Cari Tanggal

Sebelumnya, Sule juga sempat ditanya di program acara yang dibawakan Feni Rose perihal kapan hari pernikahannya akan digelar. Feni Rose bertanya, apakah hari bahagia itu akan dilangsungkan bertepatan dengan hari ulang tahun Nathalie Holscher pada 15 November mendatang.

"Fitnah. Karena masih nyari bulan dan tanggalnya. (Tinggal menentukan) Bulan dan tanggal aja (di 2020)," ucapnya di acara talk show, 6 Oktober 2020.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah COVID-19, Ini yang Dilakukan Ridwan Kamil untuk Jaga Kebersihan

Posted: 11 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan hal apa saja yang ia lakukan agar ia dan keluarganya tidak tertular COVID-19. Apalagi beberapa waktu lalu, mereka dikabarkan baru saja mengadopsi seorang bayi.

"Jadi setiap saya keluar rumah, pulangnya seluruh baju ini (yang digunakan keluar rumah) tidak dipakai lagi," kata Ridwan Kamil dalam dialognya bersama dokter Reisa Broto Asmoro beberapa waktu lalu.

"Protokol pertama, buka baju taruh di keranjang khusus," kata mantan Wali Kota Bandung ini, dikutip dari saluran Youtube Sekretariat Presiden pada Senin (12/10/2020).

Ketika bepergian, Ridwan Kamil juga selalu menggunakan masker. Tak jarang, ia juga mengenakan sarung tangan.

"Saya sering serah terima bantuan, di momen itu saya pakai sarung tangan," katanya.

 

* #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

 

 

Hikmah yang Bisa Diambil

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan keterangan kepada pers usai mendapatkan suntik vaksin Covid-19 di Puskesmas Garuda, Kota Bandung, Jumat (28/8/2020). (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan keterangan kepada pers usai mendapatkan suntik vaksin Covid-19 di Puskesmas Garuda, Kota Bandung, Jumat (28/8/2020). (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Ridwan Kamil juga mengakui bahwa ia sudah beradaptasi dengan kebiasaan baru yaitu rutin membersihkan tangan. "Sehari tangan dicuci hand sanitizer bisa belasan kali," katanya.

Meski begitu, pria yang baru-baru ini juga menjadi salah seorang relawan uji klinis vaksin COVID-19 itu mengakui, ada hikmah di balik terbiasanya ia untuk rajin membersihkan tangan.

"Saya kan sedikit suka ada alergi. Ada gatal-gatal, sekarang hilang, karena sehari belasan kali (dicuci)," ujar suami dari Atalia Praratya ini. "Jadi memang, semua jenis penyakit datang dari kita mengabaikan kebersihan," ia menambahkan.

Selain itu, menurutnya, apabila benar teori yang menyebutkan bahwa COVID-19 berasal dari binatang liar yang dikonsumsi, masyarakat bisa belajar untuk makan secukupnya dan tidak asal memakan semua makhluk hidup yang ada.

"Karena kita manusia hidup berlebihan, tidak menjaga kesehatan, sekarang kita harus mengambil hikmahnya."

Infografis Jawa Barat, Kenaikan Kasus Covid-19 Tertinggi

Infografis Jawa Barat, Kenaikan Kasus Covid-19 Tertinggi (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jawa Barat, Kenaikan Kasus Covid-19 Tertinggi (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil UEFA Nations League: Inggris Bungkam Belgia karena Lebih Baik di Babak Kedua

Posted: 11 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, London - Inggris sukses membungkam Belgia 2-1 dalam laga UEFA Nations League 2020, Senin (12/10/2020) dinihari WIB di Wembley. Dua gol Inggris lahir dari penalti Marcus Rashford (39') dan Mason Mount (64').

Sementara, satu gol Belgia dicetak Romelu Lukaku lewat penalti di menit ke-16.

Gelandang Inggris, Jordan Henderson mengatakan timnya bisa menang lantaran bermain lebih baik di babak kedua. "Kami bertanding dengan baik terutama di babak kedua," ujarnya seperti dilansir situs resmi UEFA.

Inggris harus tertinggal lebih dahulu dalam pertandingan itu ketika Lukaku sukses mengeksekusi penalti di menit ke-16. Hadiah penalti diberikan setelah Lukaku dijatuhkan Eric Dier di kotak terlarang.

Inggris terus tampil menyerang demi mencari gol penyeimbang. Di menit ke-39, kerja keras Henderson dkk. berbuah hasil.

Ia dijatuhkan Thomas Meunier di kotak penalti Belgia. Marcus Rashford yang menjadi eksekutor penalti sukses menjalankan tugasnya.

Skor pun berubah 1-1 dan bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Belgia mencoba tampil lebih menyerang. Namun, justru Timnas Inggris yang mampu mencetak gol kedua di menit ke-64 melalui Mason Mount. Skor 2-1 tak berubah hingga laga usai.

 

Belgia Bahaya

Striker Inggris, Dominic Calvert-Lewin, berusaha melewati pemain Belgia pada laga UEFA Nations League di Stadion Wembley, Minggu (11/10/2020). Inggris menang dengan skor 2-1. (Michael Regan/Pool via AP)
Striker Inggris, Dominic Calvert-Lewin, berusaha melewati pemain Belgia pada laga UEFA Nations League di Stadion Wembley, Minggu (11/10/2020). Inggris menang dengan skor 2-1. (Michael Regan/Pool via AP)

Henderson mengatakan, Inggris tahu betul potensi Belgia dalam laga tersebut. Namun ia memuji kinerja timnya yang sukses menahan Lukaku dkk.

"Kami tahu, dengan pemain yang mereka miliki, akan ada masalah. Tetapi kami meminimalisasinya dan sukses memetik poin yang sangat penting," ujarnya.

Hasil UEFA Nations League

Bosnia-Herzegovina 0-0 Belanda

Inggris 2-1 Belgia

Kroasia 2-1 Swedia

Polandia 0-0 Italia

Islandia 0-3 Denmark

Prancis 0-0 Portugal

Saksikan Video UEFA Nations League di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Bapak-Anak Jalan Kaki 2800 KM Demi Ketemu Nenek

Posted: 11 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bocah 11 tahun bernama Romeo Cox dan ayahnya dari Italia melakukan perjalanan ke Inggris. Bermaksud menemui sang nenek di London yang berjarak 2800 KM. Keduanya mulai berangkat 20 Juni 2020 dan sampai pada 21 September 2020.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dorong Ekonomi Masyarakat, BRI Kembalikan Fungsi Sungai dan Ubah Sampah Jadi Uang

Posted: 11 Oct 2020 08:56 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Keberadaan sampah menjadi salah satu tantangan dan persoalan yang dihadapi masyarakat terutama yang tinggal di wilayah perkotaan. Persoalan sampah terus meningkat seiring dengan peningkatan aktivitas masyarakat kota yang tidak diimbangi dengan jumlah tempat pembuangan sampah yang memadai, hingga akhirnya masyarakat memilih membuang sampah ke sungai.

Dalam rangka mengembalikan peran dan fungsi sungai sebagai penyangga kehidupan, Bank BRI hadir melalui program "Jaga Sungai Jaga Kehidupan" yang tidak hanya menata dan memperbaiki sungai menjadi asri dan lestari namun juga memberi solusi dalam mengatasi persoalan sampah dan menggerakan ekonomi masyarakat.

Mengacu pada konsep Triple Bottom Line yang berdasar pada keberlanjutan, yakni Pro People, Pro Planet dan Pro Profit, BRI hendak mengubah sungai di kota – kota di Indonesia agar menjadi lebih bermanfaat bagi masyarakat dan mendorong keberlangsungan hidup masyarakat perkotaan.

 

Sampah Jadi Uang 

Masyarakat Dendengan Dalam telah mendapat solusi dalam mengatasi persoalan sampah yang melintasi sungai tersebut.
Masyarakat Dendengan Dalam telah mendapat solusi dalam mengatasi persoalan sampah yang melintasi sungai tersebut.

Konsep "Sampah Menjadi Uang" merupakan implementasi dari "Pro Profit" dimana sampah yang dibuang dapat diolah kembali sehingga memberikan keuntungan ekonomis bagi masyarakat sekitar.

Sampah yang terkumpul dari sungai kemudian dipilah antara sampah organik dan anorganik/plastik. Sampah organik yang sudah dipilah bisa dimanfaatkan untuk keperluan masyarakat seperti bahan pupuk kompos, tambahan pakan ternak, urban farming, bahkan bisa diolah menjadi biogas.

Sedangkan, sampah anorganik akan dicacah menggunakan mesin daur ulang sampah. Setelah sampah dicacah lalu dijual kepada pengumpul sampah dan masyarakat pun memperoleh uang. Uang dihasilkan dari penjualan sampah kedepan akan ditabung melalui rekening BRI dan dan bisa ditarik lewat AgenBRILink, Unit Kerja BRI, maupun jaringan e-channel milik BRI lainnya.

Sungai Dendengan Dalam di Kelurahan Dendengan Dalam, Kecamatan Paal 2, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara menjadi salah satu dari 19 Sungai di Indonesia yang mendapat manfaat dari program "Jaga Sungai Jaga Kehidupan" BRI.

 

BRI Berikan Dua Unit Mesin Daur Ulang

Selain sungai yang telah bersih dan tertata rapih, masyarakat Dendengan Dalam telah mendapat solusi dalam mengatasi persoalan sampah yang melintasi sungai tersebut.

Bank BRI telah memberikan dua unit mesin daur ulang sampah yang dapat dimanfaatkan untuk mengolah sampah yang diperoleh dari sungai maupun di sekitar pemukiman warga. Untuk mendukung dan memastikan pelaksanaan program pengolahan sampah tersebut, warga Kelurahan Dendengan Dalam telah membentuk kelompok kerja (Pokja) yang bertugas mengawasi dan menjalankan program dimaksud, sehingga mesin daur ulang sampah dapat dimanfaatkan secara optimal dan permasalahan sampah di Kelurahan Dendengan Dalam dapat teratasi.

Melalui Program "Jaga Sungai Jaga Kehidupan", BRI hadir mewujudkan kepedulian bagi pelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat di Kota Manado. Selain sampah yang dapat diolah menjadi uang, sungai yang rapi dan tertata menimbulkan daya tarik bagi masyarakat sekitar. Sarana dan prasarana yang dibangun di pinggiran sungai seperti taman bermain dan ruang terbuka kini telah dimanfaatkan bersama oleh masyarakat sekitar.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pakistan Blokir TikTok karena Kontennya Dianggap Tak Bermoral

Posted: 11 Oct 2020 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Regulator telekomunikasi Pakistan memblokir TikTok pada Jumat lalu. Pemblokiran ini dilakukan karena TikTok dianggap gagal memfilter konten yang tidak bermoral dan tidak senonoh.

Pemblokiran TikTok di Pakistan menjadi pukulan bagi media sosial ini, setelah sebelumnya dilarang di India dan hampir diblokir di Amerika Serikat. Padahal, popularitas TikTok tengah melonjak di seluruh dunia.

"Larangan itu muncul karena ada keluhan dari berbagai segmen masyarakat terhadap konten yang tidak bermoral dan tidak senonoh di TikTok," kata Otoritas Telekomunikasi Pakistan (PTA), seperti dikutip dari laman Reuters, Senin (12/10/2020).

Sementara itu, pihak TikTok mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk mengikuti aturan di negara tempat aplikasi beroperasi.

"Kami terus melakukan komunikasi reguler dengan otoritas PTA dan terus bekerja sama dengan mereka. Kami berharap bisa mencapai kesimpulan yang membantu kami terus melayani komunitas online yang dinamis dan kreatif di negara ini," kata TikTok dalam pernyataannya.

20 Juta Pengguna TikTok di Pakistan

Ilustrasi TikTok, Aplikasi TikTok.  Kredit: antonbe via Pixabay
Ilustrasi TikTok, Aplikasi TikTok. Kredit: antonbe via Pixabay

Di Pakistan sendiri, TikTok disebut-sebut memiliki 20 juta pengguna aktif. Laporan Sensor Tower menyebut, TikTok juga jadi aplikasi ketiga yang terbanyak diunduh selama 12 bulan terakhir di Pakistan, berada di belakang WhatsApp dan Facebook.

Salah satu pejabat di Pakistan menyebut, mereka telah berulang kali meminta TikTok untuk menerapkan mekanisme pemblokiran konten yang efektif.

Keputusan untuk memblokir TikTok diambil setelah Perdana Menteri Pakistan Imran Khan ikut peduli tentang masalah ini.

Khan bahkan memerintahkan langsung pada otoritas telekomunikasi untuk melakukan berbagai upaya guna memblokir konten yang dianggap vulgar.

Grindr dan Tinder juga Diblokir

Ilustrasi TikTok via Google Play Store
Ilustrasi TikTok via Google Play Store

TikTok adalah media sosial berbasis video yang dimiliki oleh ByteDance. Aplikasi ini berasal dari Tiongkok.

TikTok menjadi populer dalam waktu yang sangat singkat. Aplikasi ini mendorong pengguna mengunggah konten video singkat dengan beragam konten, mulai dari tarian, tutorial memasak, parodi, dan lain-lain.

Namun, sejumlah negara menyuarakan kekhawatiran keamanan dan privasi karena hubungannya dengan Tiongkok.

Sebelumnya, Pakistan juga memblokir aplikasi kencan. Termasuk di antaranya Tinder dan Grindr.

(Tin/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: