Minggu, 25 Oktober 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


PLN Pasok Listrik 20 MVA ke Proyek Tambang Emas Doup Sulut

Posted: 25 Oct 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan tambang emas PT Arafura Surya Alam (ASA) mendapat pasokan listrik dari PT PLN (Persero) sebesar 20 Mega Volt Ampere (MVA), untuk keperluan Tambang Emas Doup, di Desa Kotabunan, Kecamatan Kotabunan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Tengah dan Gorontalo, Bapak Leo Basuki Bremani mengatakan, Keberadaan proyek tambang emas PT ASA dapat menggairahkan perekonomian, PLN siap mendukungnya dengan memberikan kepastian pasokan listrik.

"Kekuatiran akan semakin lesunya ekonomi menjadi terkurangi, karena ternyata ada sisi lain yang menggeliat, ada sisi lain yang bertumbuh, salah satunya PT ASA. Maka kami pun dengan senang hati mendedikasikan tenaga listrik kami, salah satunya untuk PT ASA," kata Leo, di Jakarta, Senin (26/10/2020).

PT ASA yang merupakan anak Usaha PT J Resources Asia Pasifik Tbk (PSAB) telah menandatangani Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (PJBTL) dengan PT PLN (Persero).

Dalam perjanjian tersebut, PT PLN bersedia menjual dan menyalurkan tenaga listrik dengan Layanan Premium Silver tarif industri LI-3 dengan Daya 20 MVA kepada ASA, dimana tenaga listrik tersebut akan disalurkan untuk keperluan Tambang Emas Doup, di Desa Kotabunan, Kecamatan Kotabunan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara.

Menurut Leo, jika PT ASA membutuhkan listrik di luar kebutuhan proyek yang ada di lokasi tersebut, juga untuk kebutuhan listrik para karyawan, PLN siap melayani.

Saat ini PLN sedang membangun jaringan transmisi dari GI Otam ke GI Tutuyan. Progressnya sudah mencapai 20 persen dan diperkirakan selesai pada Juni 2021.

Sementara Direktur ASA, Budi Santoso mengakui bahwa ini merupakan batu pijakan penting dalam pengembangan proyek Doup yang dikelola PT ASA.

"Adanya komitmen serta jaminan ketercukupan kebutuhan tenaga listrik untuk proyek tambang emas ASA tersebut dari pihak yang bisa diandalkan seperti PLN, telah memberikan dan menambah keyakinan yang tinggi bagi perusahaan untuk bisa mencapai target penyelesaian konstruksi proyek Doup pada akhir 2021," tandas Budi.

PSAB juga mengoperasikan tambang emas Bakan yang dikelola PT J Resources Bolaang Mongondow, Tambang emas Seruyung, Kalimantan Utara yang dikelola PT Sago Prima Pratama dan Tambang Emas Penjom di Malaysia.

Erick Thohir: PLN dan Masdar Bangun PLTS 145 MW, Terbesar di Asia Tenggara

PT Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap menerapkan teknologi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk keperluan masyarakat luas.
PT Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap menerapkan teknologi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk keperluan masyarakat luas.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menegaskan, pemerintah melalui Kementerian BUMN terus berkomitmen mewujudkan ketahanan energi nasional. Salah satunya dengan pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) antara PLN dan Masdar dari UEA dengan kapasitas 145MW dan menjadi terbesar di Asia Tenggara

Erick bilang, ketahanan energi nasional, bersama dengan ketahanan pangan dan kesehatan, akan mendukung tercapainya sasaran pembangunan nasional Indonesia Emas 2045.

Kebijakan yang disusun untuk mencapai hal itu harus memperhatikan ketersediaan, aksesibilitas, keterjangkauan, keberlanjutan dan turut memastikan daya saing Indonesia.

"Jangan sampai kita buat kebijakan yang memperlemah daya saing. Dan jangan sampai kita buat kebijakan yang menghambat transformasi energi nasional," ujar Erick Thohir dalam potongan video yang ditayangkan di webinar Pengembangan Energi Baru Terbarukan, Kamis (22/10/2020).

Saat ini, lanjut Erick, pemerintah memastikan transformasi energi tersebut terlaksana dengan pengembangan EV (electric vehicle) battery, mendorong sinergi antara refinery dengan petrokimia, implementasi B30 dan penggalian potensi EBT lainnya.

Pihaknya sudah menugaskan kepada BUMN-BUMN klaster energi dan minerba seperti MIND ID, Pertamina, PLN dan lainnya untuk terus berinvestasi di sektor EBT untuk masa depan energi Indonesia.

Erick juga menyebutkan akan terus mendorong terlaksananya program transformasi energi lainnya dalam waktu dekat, mulai dari gasifikasi batu bara hingga pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) bekerjasama dengan Uni Emirat Arab (UAE).

"Percepatan gasifikasi batu bara menjadi dimetil sehingga bisa mengurangi impor LPG yang sekarang sampai 6 juta metrik. Kemudian, percepatan program pembangunan listrik tenaga surya antara PLN dan Masdar dari UEA dengan kapasitas 145MW, terbesar di Asia Tenggara," ujarnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Jenis Paragraf Beserta Penjelasan Lengkapnya, Ketahui Ciri-Cirinya

Posted: 25 Oct 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jenis paragraf punya banyak macam dan bentuk. Paragraf merupakan gabungan dari tiga hingga tujuh kalimat yang berisi pikiran, gagasan, atau ide pokok. Paragraf juga disebut sebagai karangan singkat karena berisi satu gagasan dalam sebuah topik.

Ada banyak jenis paragraf yang bisa dipelajari. Jenis paragraf dibagi berdasarkan tujuan dan letak kalimat utamanya. Jenis paragraf ini memiliki fungsi sendiri dalam sebuah tulisan.

Mengetahui jenis paragraf bisa membantumu menentukan jenis paragraf mana yang akan ditulis. Mengenali jenis paragraf juga bisa membantu penyusunan karya yang baik sesuai dengan kaidah penulisan yang benar. Berikut jenis paragraf yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (26/10/2020).

Jenis paragraf menurut letak kalimat utamanya

Ilustrasi Menulis/Sumber: Pixabay.
Ilustrasi Menulis/Sumber: Pixabay.

Paragraf deduktif

Paragraf deduktif merupakan jenis paragraf yang kalimat utamanya berada di awal paragraf. Paragraf ini dimulai dengan mengemukakan persoalan pokok atau kalimat topik kemudian diikuti dengan kalimat-kalimat penjelas.

Paragraf Induktif

Paragraf Induktif merupakan kebalikan dari paragraf deduktif. Jenis paragraf ini memiliki kalimat utama di akhir paragraf. Paragraf induktif dimulai dengan mengemukakan penjelasan-penjelasan kemudian diakhiri dengan kalimat topik. Paragraf induktif dapat dibagi ke dalam tiga jenis, yaitu generalisasi, analogi, dan kausalitas.

Paragraf campuran

Paragraf campuran merupakan jenis paragraf yang memiliki kalimat utama di awal dan akhir paragraf. Jenis paragraf ini dimulai dengan mengemukakan persoalan pokok diikuti kalimat-kalimat penjelas dan diakhiri dengan kalimat utama lagi sebagai penjelas.

Jenis paragraf menurut tujuannya: Paragraf Narasi

Ilustrasi menulis. (dok. unsplash.com/Asnida Riani)
Ilustrasi menulis. (dok. unsplash.com/Asnida Riani)

Paragraf narasi adalah jenis paragraf yang bertujuan menceritakan suatu kejadian atau peristiwa. Ciri-ciri dari paragraf narasi adalah ada kejadian, ada pelaku, dan ada waktu kejadian. Cerita dalam paragraf narasi dituliskan secara runtut dan urut.

Paragraf narasi dapat dibedakan menurut jenis ceritanya, yaitu narasi ekspositoris dan narasi sugestif. Narasi ekspositoris adalah narasi yang berisikan rangkaian perbuatan yang disampaikan secara informatif sehingga pembaca mengetahui peristiwa itu secara tepat. Sementara narasi sugestif adalah narasi yang hanya mengisahkan suatu hasil rekaan, khayalan, atau imajinasi pengarang.

 

Jenis paragraf menurut tujuannya: Paragraf Deskripsi

Ilustrasi Menulis/Pixabay
Ilustrasi Menulis/Pixabay

Paragraf deskiripsi adalah paragraf yang menggambarkan suatu objek dengan kata-kata yang mampu merangsang indra pembaca. Jenis paragraf ini bertujuan menggambarkan suatu objek sehingga pembaca seakan bisa melihat, mendengar, atau merasa objek yang digambarkan. Objek yang dideskripsikan dapat berupa orang, benda, atau tempat.

Ciri-ciri paragraf deskiripsi adalah menggambarkan suatu benda, orang, makhluk, tempat, atau suasana tertentu. Penggambaran dilakukan dengan melibatkan panca indra (pendengaran, penglihatan, penciuman, pengecapan, dan perabaan). Paragraf ini bertujuan agar pembaca seolah-olah melihat atau merasakan sendiri objek yang dideskripsikan. Paragraf ini biasanya menjelaskan ciri-ciri objek seperti warna, ukuran, bentuk, dan keadaan suatu objek secara terperinci.

Jenis paragraf menurut tujuannya: Paragraf Eksposisi

Ilustrasi menulis. (dok. pixabay.com/Asnida Riani)
Ilustrasi menulis. (dok. pixabay.com/Asnida Riani)

Paragraf eksposisi adalah paragraf yang bertujuan untuk memaparkan, menjelaskan, menyampaikan informasi, mengajarkan, dan menerangkan suatu topik kepada pembaca. Tujuan dari paragraf ini adalah memberikan informasi sehingga memperluas pengetahuan pembaca.

Pembaca juga perlu melakukan proses berpikir dan melibatkan pengetahuan untuk memahami paragraf ini. Ciri-ciri paragraf eksposisi adalah memaparkan definisi dan memaparkan langkah-langkah, metode atau melaksanakan suatu tindakan.

Gaya penulisan paragraf eksposisi bersifat informatif. Paragraf eksposisi juga menginformasikan sesuatu yang tidak bisa dicapai oleh alat indra. Paragraf eksposisi umumnya juga menjawab pertanyaan apa, siapa, dimana, kapan, mengapa dan bagaimana.

Ada banyak jenis paragraf eksposisi seperrti eksposisi definisi, klasifikasi, proses, ilustrasi, berita, pertentangan, perbandingan, dan analisis.

Jenis paragraf menurut tujuannya: Paragraf Argumentasi

Ilustrasi menulis. (dok. unsplash.com/Asnida Riani)
Ilustrasi menulis. (dok. unsplash.com/Asnida Riani)

Paragraf Argumentasi adalah jenis paragraf yang mengungkapkan ide, gagasan, atau pendapat penulis dengan disertai bukti dan fakta. Argumentasi adalah paragraf yang mengemukakan suatu pendapat beserta alasannya. Tujuan dari paragraf ini adalah agar pembaca yakin bahwa ide, gagasan, atau pendapat tersebut adalah benar dan terbukti.

Ciri-ciri paragraf argumentasi adalah menjelaskan suatu pendapat agar pembaca yakin. paragraf argumentasi membutuhkan paparan akta untuk membuktikan pendapatnya. Isi dari paragraf ini biasnaya menggali sumber ide dari pengamatan, pengalaman dan penelitian. Penutup paragraf argumentasi biasanya berupa kesimpulan.

Ada tiga jenis pola paragraf argumentasi; pola analogi, pola generalisasi, dan pola hubungan sebab akibat. Pola analogi adalah penalaran induktif dengan membandingkan dua hal yang banyak persamaannya. Pola generalisasi adalah penalaran induktif dengan cara menarik kesimpulan secara umum berdasarkan sejumlah data. Sementara pola hubungan sebab akibat adalah paragraf yang dimulai dengan mengemukakan fakta khusus yang menjadi sebab, dan sampai pada simpulan yang menjadi akibat.

Jenis paragraf menurut tujuannya: Paragraf Persuasi

Ilustrasi./Copyright unsplash.com
Ilustrasi./Copyright unsplash.com

Persuasi adalah paragraf yang mengajak, membujuk, atau mempengaruhi pembaca agar melakukan sesuatu. Paragraf persuasi merupakan jenis paragraf yang bertujuan membujuk pembaca agar mau berbuat sesuatu sesuai dengan keinginan penulisnya. Dalam paragraf persuasi penulis harus mampu mengemukakan pembuktian dengan data dan fakta.

Mirip dengan argumentasi, paragraf persuasi juga memerlukan fakta dan data untuk meyakinkan pembaca. Ciri-ciri paragraf persuasi adalah berasal dari pendirian bahwa pikiran manusia dapat diubah. Paragraf persuasi harus menimbulkan kepercayaan para pembacanya. Persuasi harus dapat menciptakan kesepakatan atau penyesuaian melalui kepercayaan antara penulis dengan pembaca.

Paragraf persuasi edapat mungkin menghindari konflik agar kepercayaan tidak hilang dan supaya kesepakatan pendapatnya tercapai.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengintip Tampilan Serba Hitam Adele di Saturday Night Live

Posted: 25 Oct 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penampilan Adele yang bikin pangling setelah berat badannya turun drastis seketika membuat publik heboh. Namun baru-baru ini, pelantun Rolling In the Deep tersebut didaulat menjadi pemandu acara Saturday Night Live pada Sabtu, 24 Oktober 2020.

Dilansir dari laman Pop Sugar, Senin (26/10/2020), Adele memulai episode dengan monolog dalam balutan outfit dari Brock Collection. Ia tampil serba hitam dengan mengenakan atasan peplum off-the-shoulder Giacca Rohtak dari koleksi musim gugur 2020 dari label fashion ini, dipadu celana panjang ketat, dan sepatu hak tinggi.

Penyanyi berusia 32 tahun ini juga melengkapi penampilannya dengan sepasang anting, cincin yang berkilau, dan gelang. Tak hanya itu, Adele juga tampil memukau dengan gaun malam selama drama komedi yang terinspirasi dari The Bachelor.

Gaun panjang warna hitam itu memadukan detail mesh dan sulaman bunga dengan hiasan yang berkilau. Rambut pirang Adele yang panjang dibiarkan tergerai indah dengan ditata sedikit bergelombang.

Sebelumnya, Adele tidak dapat menutupi antusiasmenya dapat tampil kembali di Saturday Night Live. Sepekan lalu, ia membagikan sebuah unggahan terkait kembalinya ia setelah hampir 12 tahun berlalu dari kali pertama ia tampil di Saturday Night Live.

Pada 22 Oktober lalu, Adele kembali menunjukkan rasa tidak sabarnya untuk tampil. Penyanyi asal Inggris ini membagikan potret dalam balutan outfit serba denim dengan rambut yang diikat dan memakai masker hitam, ia sibuk memeriksa naskah acara.

Gurauan Adele

Adele saat tampil di acara Saturday Night Live. (dok. Screenshot Instagram @nbcsnl/https://www.instagram.com/p/CGwLHswFG4-/)
Adele saat tampil di acara Saturday Night Live. (dok. Screenshot Instagram @nbcsnl/https://www.instagram.com/p/CGwLHswFG4-/)

Dilansir dari laman BBC, Adele bergurau soal penurunan berat badannya baru-baru ini. Penyanyi asal Inggris ini mengatakan kepada penggemar kalau albumnya belum selesai saat ia membawakan acara Saturday Night Live di Amerika Serikat.

"Saya tahu saya terlihat sangat, sangat berbeda sejak terakhir kali Anda melihat saya," katanya di atas panggung.

"Tapi sebenarnya, karena semua larangan Covid, saya harus bepergian dengan ringan dan saya hanya bisa membawa setengah dari saya, dan ini setengah yang aku pilih," candanya.

Di saat yang bersamaan, Adele menambahkan bahwa ia terlalu takut untuk menyanyi dan menjadi pembawa acara Saturday Night Live. "Saya lebih suka memakai rambut palsu, minum segelas atau enam anggur dan lihat apa yang terjadi," tambahnya.

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Driver Ojol Ini Sering Disangka Ahmad Dhani, Mirip?

Posted: 25 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ahmad Dhani adalah musisi yang memiliki karier dan karyanya yang cemerlang. Musik-musiknya berhasil menginspirasi para penggemarnya.

Apalagi sebagai pentolan band Dewa 19, penampilan Ahmad Dhani pun sering jadi sorotan. Baru-baru ini ada satu sosok yang sedang viral. Sosok ini merupakan seorang driver ojol bernama Choky S Butar Butar.

Choky kemudian viral karena penampilannya sekilas mirip dengan Ahmad Dhani. Potret ini awalnya diunggah dalam media sosial Facebooknya saat kenakan jaket ojek online. Lalu banyak akun media sosial pun membagikan ulang potretnya tersebut.

Penampilan Choky dianggap mirip karena kepalanya yang plontos sekaligus jenggotnya mirip. Selain itu jika dilihat sekilas, wajahnya pun langsung mengingatkan dengan pentolan grup band Dewa 19 tersebut. Berikut 6 potret driver ojol mirip Ahmad Dhani yang Liputan6.com kutip dari Facebook Choky S Butar Butar.

1. Begini potret Choky S Butar Butar, driver ojol yang viral dinilai mirip dengan Ahmad Dhani.

Driver Ojol mirip Ahmad Dhani (Sumber: Facebook/choky.sbutarbutar)
Driver Ojol mirip Ahmad Dhani (Sumber: Facebook/choky.sbutarbutar)

2. Penampilan Choky ini banyak dianggap netizen sangat mirip dengan gaya khas Ahmad Dhani saat ini.

Driver Ojol mirip Ahmad Dhani (Sumber: Facebook/choky.sbutarbutar)
Driver Ojol mirip Ahmad Dhani (Sumber: Facebook/choky.sbutarbutar)

3. Dilihat sekilas, foto Choky pun langsung banyak yang setuju bahwa ia mirip dengan pentolan grup band Dewa 19.

Driver Ojol mirip Ahmad Dhani (Sumber: Facebook/choky.sbutarbutar)
Driver Ojol mirip Ahmad Dhani (Sumber: Facebook/choky.sbutarbutar)

4. Apalagi gayanya ini pun mirip, yaitu dengan kepala plontos dan memelihara jenggot.

Driver Ojol mirip Ahmad Dhani (Sumber: Facebook/choky.sbutarbutar)
Driver Ojol mirip Ahmad Dhani (Sumber: Facebook/choky.sbutarbutar)

5. Sesekali ia pun mengunggah potretnya bersanding dengan Ahmad Dhani.

Driver Ojol mirip Ahmad Dhani (Sumber: Facebook/choky.sbutarbutar)
Driver Ojol mirip Ahmad Dhani (Sumber: Facebook/choky.sbutarbutar)

6. Choky sendiri ternyata juga memiliki band bernama Drock Kok Kok lho.

Driver Ojol mirip Ahmad Dhani (Sumber: Facebook/choky.sbutarbutar)
Driver Ojol mirip Ahmad Dhani (Sumber: Facebook/choky.sbutarbutar)

7. Dalam potret lama ini terlihat Choky sedang berfoto bersama dengan Ahmad Dhani.

Driver Ojol mirip Ahmad Dhani (Sumber: Facebook/choky.sbutarbutar)
Driver Ojol mirip Ahmad Dhani (Sumber: Facebook/choky.sbutarbutar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Orang Indonesia di Kicauan Bos Apple Tentang Pemilik iPhone 12 Pertama

Posted: 25 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa hari lalu, CEO Apple, Tim Cook, sempat mengunggah sejumlah pemiliki iPhone pertama lewat akun Twitter-nya. Ternyata, salah satu foto menampilkan sosok wanita asal Indonesia, bernama Agnes.

Sosok Agnes ikut ditampilkan di situs resmi Apple Newsroom. Lantas, seperti apa kisah Agnes hingga bisa muncul di situs Apple dan akun Twitter Tim Cook?

Saat dihubungi Tekno Liputan6.com, Senin (26/10/2020), Agnes sendiri sebenarnya kaget dirinya bisa muncul kedua situs tersebut. Dia mengetahui kabar dirinya muncul di situs Apple Newsroom dari teman-temannya.

"Kaget dan tidak menyangka," tuturnya bercerita. Agnes yang kini tinggal di Singapura menceritakan saat di Apple Store, dia memang dihampiri fotografer Apple yang meminta izin untuk mengambil gambarnya.

Agnes menuturkan saat itu dirinya memang tidak keberatan, sehingga dia pun menandatangani dokumen persetujuan.

Ketika itu, sang fotografer mengatakan dia suka dengan masker yang dikenakannya dan akan fokus mengambil gambar ke arah muka.

"Lalu malamnya ada yang memberi tahu, kalau fotoku masuk Apple Newsroom. Ternyata, foto aku jadi header-nya begitu, paginya juga tiba-tiba sudah di-post Tim Cook," ujarnya menjelaskan.

Kisahnya Mendapatkan iPhone Terbaru

Para pembeli pertama iPhone 12 memamerkan perangkat yang baru dibelinya di Apple Store Orchard Road Singapura (Foto: Apple Newsroom)
Para pembeli pertama iPhone 12 memamerkan perangkat yang baru dibelinya di Apple Store Orchard Road Singapura (Foto: Apple Newsroom)

Menurut Agnes, dia membeli langsung iPhone ke Apple Store karena mendapat titipan dari adiknya, sedangkan akses pre-order sudah ditutup.

Sementara dia bersama suami sudah melakukan pre-order perangkat anyar tersebut.

Agnes pun berinisiatif melakukan pembelian langsung, tapi Apple saat ini menerapkan aturan agar pembeli melakukan pendaftaran terlebih dulu, baru kemudian mendapatkan jadwal pembelian.

Sayang, jadwal pembelian yang diinginkannya sudah penuh.

Untuk itu, dia mencoba peruntungan untuk membeli langsung titipan tersebut saat mengambil iPhone yang telah dipesannya. Beruntung, pada saat itu, masih ada slot kosong, sehingga dia dapat ikut membelikan adiknya.

Usai pembelian itulah, dia lantas difoto oleh tim fotografer dari Apple. Dan, dia sendiri tidak menyangka bahwa foto dirinya yang terpilih untuk diunggah di situs resmi Apple maupun akun Twitter sang CEO.

"Padahal kalau dipikir-pikir, saya juga tidak tahu kenapa saya, karena dari sekian banyak orang pada saat itu," ujar Agnes menceritakan pengalamannya tersebut.

Sebagai informasi, Agnes sendiri membeli iPhone 12 Pro pada kesempatan tersebut. Dia memilih perangkat itu untuk menggantikan iPhone XR miliknya. 

"Kenapa iPhone 12 Pro? Kalau dilihat dari spesifikasinya lebih bagus yang Pro, mikirnya kalau upgrade itu harus lebih bagus, sehingga memilih ini," tuturnya menjelaskan. 

Bos Apple Pamer Foto Para Pembeli iPhone 12 Pertama di Dunia

Para pembeli pertama iPhone 12 memamerkan perangkat yang baru dibelinya di Apple Store Orchard Road Singapura (Foto: Apple Newsroom)
Para pembeli pertama iPhone 12 memamerkan perangkat yang baru dibelinya di Apple Store Orchard Road Singapura (Foto: Apple Newsroom)

Sebelumnya, CEO Apple Tim Cook memang mengunggah foto-foto pemilik iPhone 12 pertama di dunia di akun Twitter-nya @tim_cook.

Tim Cook melengkapi unggahan foto itu dengan harapan agar para pemilik iPhone terbaru ini bisa menyukai perangkat mereka.

"Era baru iPhone! Tim menuangkan hati dan jiwa mereka untuk produk ini dan kami sangat senang membagikannya kepada dunia. Kami harap Anda menyukai iPhone 12 dan iPhone 12 Pro seperti kami menyukainya," kata Tim Cook dalam unggahannya di Twitter.

Dikutip dari laman newsroom Apple, pada hari Jumat 23 Oktober 2020 lalu, Apple secara resmi melepas iPhone 12 dan iPhone 12 Pro ke pasaran.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasangan Ini Dapat Buket Bawang Merah Saat Menikah, Alasannya Tak Terduga

Posted: 25 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, India - Hadiah menjadi barang yang paling dinantikan seseorang yang tengah merayakan hari spesialnya. Agar bermanfaat, biasanya si pemberi hadiah akan menanyakan tentang barang-barang apa yang tengah diinginkan dan dibutuhkan oleh penerima. 

Rasanya senang bila hadiah yang diberikan menjadi barang yang mempunyai kenangan tersendiri sepanjang hidup mereka. Anehnya, pasangan pengantin asal Ponneri Tamil Nadu, India, Sheeba Suvitha dan Senthil Kumar malah mendapatkan karangan bunga tak biasa dari teman-temannya.

Melansir dari India Times, Senin (26/10/2020), teman-teman mereka nyatanya sengaja merancang dan meyusun buket yang terbuat dari 3 kg bawang merah sebagai hadiah pernikahan.

Dari foto yang diunggah di media sosialnya, memperlihatkan kebersamaan mereka dan teman-teman berpose dengan seikat buket bawang merah yang berada di tengah-tengahnya.

Maksud dari hadiahnya

Aktivitas pedagang merapikan bawang merah di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Rabu (17/6/2020). Penerapan PSBB yang diberlakukan sejak April-Juni 2020 menyebabkan harga bawang merah merangkak naik Rp 45 ribu-Rp60 ribu per kilogram akibat kelangkaan di daerah pemasok. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Aktivitas pedagang merapikan bawang merah di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Rabu (17/6/2020). Penerapan PSBB yang diberlakukan sejak April-Juni 2020 menyebabkan harga bawang merah merangkak naik Rp 45 ribu-Rp60 ribu per kilogram akibat kelangkaan di daerah pemasok. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Mengingat, baru-baru ini harga bawang merah mengalami kenaikan sebesar Rs 100 per kg atau setara dengan Rp 20 ribu rupiah di daerah Mumbai dan Pune. Lonjakan harga tersebut terjadi lantaran musim penghujan yang memengaruhi kualitas panenan dan rantai pasokan dari pertanian. 

Berangkat dari kondisi itu, salah satu temannya memiliki ide untuk memberikan hadiah kepada pasangan mempelai berupa buket bawang merah. 

"Harganya mencapai Rs 125 per kilo. Kami memutuskan untuk memberikan tiga kilogram dan membelinya dari toko. Kami mengemasnya dengan baik dan memberinya hadiah," kata teman pengantin wanita, J. Hemalatha kepada The Hindu.

Memang idenya terdengar aneh, biasanya para tamu undangan memberikan perlengkapan rumah tangga yang bisa digunakan jangka panjang. Namun, mereka memilih barang yang cepat menghilang tanpa meninggalkan bekas. 

Respons Pengantin

Ilustrasi Bawang Bombai Merah Mini. (Freepik)
Ilustrasi Bawang Bombai Merah Mini. (Freepik)

Temannya mengaku mereka tak bisa membayangkan reaksi pasangan baru suami-istri usai menerima buket unik dari bawang merah.

Kedua mempelai, Suvitha dan Kumar awalnya kaget lantaran menemukan bawang merah di dalamnya, tak disangka-sangka semakin mereka memperhatikan bingkisan itu membuatnya tertawa.

Dan tentunya menjadi hadiah yang takkan terlupakan di hari bahagianya.

"Itu dikemas seperti karangan bunga dengan pita yang menempel di atasnya. Awalnya, saya mengira itu bunga tapi saya terkejut menemukan bawang. Setelah acara selesai, saya tertawa terbahak-bahak," kata pasangan suami-istri itu. 

Penulis: 

Ignatia Ivani 

Universitas Multimedia Nusantara

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liga Inggris: Solskjaer Komentari Penampilan Buruk Daniel James di MU

Posted: 25 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Ole Gunnar Solskjaer buka suara terkait terus menurunnya permainan Daniel James di Manchester United (MU). Dia meyakini James tetap semangat bermain meski penampilannya terus menurun.

Daniel James kembali menjadi starter saat MU menang 4-1 atas Newcastle. Dia juga dimainkan saat Setan Merah imbang 0-0 melawan Chelsea.

James sudah tiga kali jadi starter dan tiga kali pula diganti. Terakhir, dia digantikan Edinson Cavani saat MU melawan Chelsea.

Daniel James tidak sefenomenal musim-musim sebelumnya. Leeds United berminat meminang winger MU ini tapi tak dilepas.

"Kepercayaan diri Daniel James masih tinggi. Dia memulai pertandingan dengan kualitas. Dia punya peluang dan terus bekerja keras," ujar Solskjaer seperti dikutip manchestereveningnews.

 

Sabar

Daniel James (AFP/Oli Scarff)
Daniel James (AFP/Oli Scarff)

Solskjaer mengaku memilih bersabar dengan Daniel James.

"James memberi pengaruh besar di klub. Kami akan terus berusaha untuk membangun dia," ujarnya.

Rekor MU di Old Trafford mengkhawatirkan. Mereka sudah gagal menang di lima laga kandang terakhir.

 

Laga Berikutnya

Striker Manchester United (MU) Edinson Cavani menyundul bola dalam laga kontra Chelsea pada pekan keenam Liga Inggris di Old Trafford, Sabtu (24/10/2020). (Michael Regan/Pool via AP)
Striker Manchester United (MU) Edinson Cavani menyundul bola dalam laga kontra Chelsea pada pekan keenam Liga Inggris di Old Trafford, Sabtu (24/10/2020). (Michael Regan/Pool via AP)

MU harus segera memperbaiki rekor bermain di Old Trafford. Soalnya dua jadwal berat sudah menanti di depan mata.

Pertama, MU akan menjamu RB Leipzig di Liga Champions. Setelah itu MU juga akan menghadapi Arsenal.

 

Siap Tempur

 

Solskjaer mengkaui timnya harus menjalani dua laga berat melawan Leipzig dan Arsenal. Dia meyakini MU siap tempur.

"Kami akan menghadapi lawan sulit, itu betul. Kami akan menghadapi RB Leipzig dan Arsenal, dua laga besar. Laga sulit, tapi kami akan pastikan siap untuk laga itu," ujarnya.

Klasemen Liga Inggris

 

 

Saksikan Video MU di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menilik Berkah CSR Pertamina di Kalbar di Tengah Pandemi

Posted: 25 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Pontianak - Uke senang mendapat binaan dari Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina beberapa tahun lalu. Meski dia tidak ingat berapa nilai dan kapan kucuran bantuan itu diberikan.

Akan tetapi, dia bersyukur bisa mengembangkan usaha berjualan baju khas Kalimantan. Sampai kini, usaha lelaki berusia 60 tahun ini masih bertahan.

"Bisa bekerja sama terus. Kalau bisa pemasaran dibantu. Pameran diperbanyak," kata Uke di Gerainya di samping SPBU Pertamina 64.781.03 Jalan KH Ahmad Dahlan, Kelurahan Sungai Bangkong, Kecamatan Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu (24/10/2020).

Uke berkata, pembeli bajunya dari berbagai daerah di Kalimantan Barat. Motif khas banyak digemari pembeli. Di antaranya, motif baju melayu, dayak, dan ada juga motif lainnya.

"Pembeli lokal, tapi rasa internasional," ucap Uke berseloroh.

Dia berharap, pembinaan yang dilakukan Pertamina tetap berjalan. Sebab, hal itu dapat memacu mengembangkan kemandirian ekonomi di tengah pandemi COVID-19.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Miliaran Rupiah Digelontorkan Pertamina

Region Manager Communication & CSR Kalimantan, Roberth MV Dumatubun menginformasikan, Pertamina memiliki CSV (Corporate Shared Value) yang juga dikenal dengan CSR terdiri dari TJSL (Tanggung Jawab Sosial Lingkungan) yang dilaksanakan dengan program CSR PKBL, UMKM .

"Di Kalbar sebanyak 16 MB sejak tahun 2018 hingga saat ini dengan total penyaluran dana program kemitraan sebesar Rp1,4 miliar. Sedangkan untuk CSR total penyaluran sebesar Rp3 miliar," kata Roberth MV Dumatubun.

Dia bilang, program kemitraan khusus UMKM perempuan juga ada dilaksanakan di tahun 2020 dengan program PK khusus usaha ibu rumah tangga untuk 6 MB termasuk untuk program pinky movement bright gas.Sedangkan untuk program CSR terdapat program khusus untuk Pengembangan Kampung Tenun di Batu Layang, Kecamatan Pontianak Utara.

"Melalui CSR (PK) di masa pandemi program yang dilaksanakan untuk UMKM adalah program pingky movement bright gas. Sedangkan untuk program CSR (BL) sudah disalurkan lebih kurang 644 jt rupiah untuk penanggulangan Covid-19 di Kalbar mulai dari alat kesehatan, sembako, APD, hingga wastafel portable," kata dia seraya menambahkan, pada sektor lingkup CSR ada Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan, Pemberdayaan dan accidentil seperti Bencana Alam.

"Selain sebagai tanggung jawab sosial yang diatur di UU PT, maka CSR juga utk memberdayakan masyarakat sekitar area operasi Pertamina. Juga menumbuhkan sense of belonging kepada Pertamina sebagai BUMN yang bergerak bagi pelayanan publik atau masyarakat," kata Roberth MV Dumatubun.

Pendampingan dilakukan dengan cara memberikan pelatihan, kesempatan pameran, dan juga monitoring. Bagi mitra binaan yang dinilai baik dan berkembang berkesempatan mengikuti ajang-ajang pameran baik nasional maupun internasional.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jasa Marga Prediksi Puncak Arus Kendaraan Libur Panjang Terjadi Rabu 28 Oktober

Posted: 25 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi puncak arus mudik libur panjang cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW 1.412 Hijriah terjadi pada Rabu, 28 Oktober 2020.

"Untuk puncak arus balik diprediksi Minggu, 1 November 2020," ujar Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru melalui keterangan tertulis diterima di Bekasi, Jawa Barat, Senin (26/10/2020). 

Sementara, Operation and Maintenance Management Group Head Jasa Marga Pratomo Bimawan Putra mengatakan volume lalu lintas keluar Jakarta selama empat hari periode libur Maulid Nabi dari 27-30 Oktober 2020 diprediksi naik sebesar 21,77 persen dibandingkan dengan periode normal baru pandemi.

"Distribusi mayoritas lalu lintas yang meninggalkan Jakarta ke arah timur menuju Jalan Tol Trans-Jawa dan Jalan Tol Cipularang serta Padaleunyi sebesar 48,17 persen. Sementara 28,32 persen ke arah barat menuju Banten dan Merak dan 23,51 persen ke arah selatan yang merupakan lalu lintas lokal menuju Bogor, Puncak, dan Ciawi," kata dia.

Bima menjelaskan angka prediksi tersebut merupakan kumulatif lalu lintas yang meninggalkan Jakarta di beberapa gerbang tol (GT) utama yaitu GT Cikupa untuk arah barat, GT Ciawi arah selatan serta GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama arah timur.

Jasa Marga melakukan sejumlah upaya peningkatan pelayanan operasional dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 untuk mengantisipasi peningkatan volume kendaraan ini seperti layanan lalu lintas, layanan rest area, transaksi, maupun konstruksi.

"Dalam pelayanan transaksi, Jasa Marga meningkatkan kapasitas layanan di GT utama yakni menyiapkan petugas mobile reader dengan tetap menjaga protokol kesehatan serta menyiapkan GT sementara di Km 149 Gedebage Jalan Tol Padalarang-Cileunyi sebagai antisipasi kepadatan keluar Cileunyi. Selain itu kami juga memastikan gardu transaksi beroperasi penuh, keberfungsian peralatan tol 100 persen dan penyiagaan genset 24 jam," katanya.

 

Hentikan Pengerjaan Sejumlah Proyek

Wisatawan menaiki perahu saat mengunjungi TMII, Jakarta, Kamis (20/8/2020). Libur panjang yang bertepatan tahun baru islam di manfaatkan masyarakat bersama keluarga  berlibur ke sejumlah tempat wisata. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Wisatawan menaiki perahu saat mengunjungi TMII, Jakarta, Kamis (20/8/2020). Libur panjang yang bertepatan tahun baru islam di manfaatkan masyarakat bersama keluarga berlibur ke sejumlah tempat wisata. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Jasa Marga juga telah melakukan penghentian sementara pekerjaan konstruksi pada periode libur Maulid Nabi, menyiapkan petugas siaga 24 jam untuk pekerjaan pemeliharaan rutin standar pelayanan Mminimal (SPM), serta pembersihan saluran untuk antisipasi genangan air.

"Kami juga telah melakukan pelebaran lajur di Km 48 yang merupakan pertemuan ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah dengan Jakarta-Cikampek Elevated. Pelebaran lajur dilakukan di kedua sisi, baik arah Jakarta maupun arah Cikampek. Diharapkan pelebaran ini mengurangi kepadatan titik pertemuan kendaraan dua ruas jalan tol tersebut," ungkapnya.

Jasa Marga juga menyiagakan sarana prasarana dan penempatan petugas untuk rekayasa lalu lintas pada titik-titik rawan kemacetan, berkoordinasi dengan kepolisian dan dinas perhubungan untuk melakukan rekayasa lalu lintas dan penyekatan kendaraan barang.

"Kami juga memastikan keberfungsian CCTV, variable message sign (VMS), VMS mobile, remote traffic microwave sensor (RTMS) dan radio komunikasi untuk memonitor kondisi lalu lintas dan percepatan informasi," kata dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gerakkan Ekonomi Masyarakat, KKP Genjot Budidaya Ikan Patin dan Lele

Posted: 25 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus mendorong produksi budidaya ikan air tawar di masyarakat.

Usaha budidaya ikan air tawar seperti patin dan lele menjadi populer di kalangan pembudidaya karena waktu pemeliharaan yang relatif singkat dengan modal yang terjangkau serta memiliki pasar yang cukup luas karena digemari oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya KKP Slamet Soebjakto menyatakan, gairah masyarakat untuk melakukan usaha budidaya menunjukkan nilai strategis dari perikanan budidaya sebagai pemasok kebutuhan pangan masyarakat berbasis ikan dan penggerak ekonomi nasional.

"Pertumbuhan produksi perikanan nasional yang terus naik, menunjukkan kebutuhan masyarakat akan protein hewani yang terus meningkat. Untuk itu, KKP terus mendorong kegiatan usaha budidaya di masyarakat yang dijalankan secara bertanggunjawab dan berkelanjutan," ujar Slamet dalam pernyataan resmi, Senin (25/10/2020).

Menurut data sementara, produksi komoditas utama perikanan budidaya air tawar di tahun 2019 mencapai 3,4 juta ton.

Slamet juga mengimbau kepada usaha budidaya ikan yang dilakukan masyarakat hendaknya menerapkan praktik budidaya yang efisien dan berwawasan lingkungan.

Pembudidaya diharapkan dapat terus mendukung program pemerintah seperti Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB), Cara Pembenihan Ikan yang Baik (CPIB) maupun Cara Pembuatan Pakan Ikan yang Baik (CPPIB) guna meningkatkan daya saing produk yang dihasilkan.

"Dengan komunikasi dan koordinasi yang baik antar sesama pembudidaya maupun dengan tim teknis dan dinas perikanan setempat akan mewujudkan keberlanjutan usaha dan kesejahteraan bersama," imbuh Slamet.

Menyambung apa yang dikatakan Slamet, Kepala Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Sungai Gelam, Boyun Handoyo menyatakan, Kampung Patin di Desa Koto Masjid merupakan salah satu contoh proses budidaya yang terintegrasi mulai dari hulu hingga ke hilir, yakni mulai dari pembenihan, pembesaran, hingga pasca panen.

Sebagai informasi, tingkat produksi patin konsumsi di Kampung Patin mencapai 3-5 ton perhari. Selain menghasilkan panen ikan segar, masyarakat Kampung Patin juga mampu mengolah hasil panen dengan membuat salai Ikan Patin dengan kapasitas produksi mencapai 10 ton per hari.

"Guna mendukung produktivitas masyarakat, BPBAT Sungai Gelam secara aktif melakukan pembinaan dan menyalurkan bantuan berupa calon induk unggul dan penerapan inovasi teknologi penetasan dengan menggunakan corong pada Unit Pembenihan Rakyat (UPR) yang ada di Kampung Patin," tambah Boyun.

Boyun menilai bantuan calon induk yang disalurkan merupakan program strategis dari KKP yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan akan calon induk unggul yang akan menghasilkan benih bermutu yang beredar di masyarakat.

Adapun menurut data KKP, hingga bulan September 2020 BPBAT Sungai Gelam telah menyalurkan bantuan calon induk ikan air tawar seperti patin, lele, mas maupun nila sebanyak 7.160 ekor.

Pembenihan Ikan Lele

Ilustrasi ikan lele (Sumber: Istockphoto)
Ilustrasi ikan lele (Sumber: Istockphoto)

Sementara itu terkait Kampung Lele yang berada di desa Hangtuah, Boyun menyampaikan, kampung tersebut telah berkembang sangat pesat menjadi pusat pembenihan ikan lele terbesar di pulau Sumatera. Ia mencatat UPR yang ada saat ini mencapai kurang lebih 300 unit dengan kapasitas produksi mencapai 10 juta ekor per bulan.

"Melihat potensi yang cukup bagus, selain rutin kami berikan bantuan calon induk unggul, tahun ini kami juga memberikan bantuan Revitalisasi UPR yang merupakan salah satu program prioritas KKP pada tahun 2020," pungkas Boyun.

Ketua Pokdakan Karya Mina Mandiri, Gatot yang merupakan penerima bantuan revitalisasi UPR tahun 2019 merasa bantuan ini memberikan pengetahuan yang baru bagi masyarakat Kampung Lele.

Gatot menjelaskan bahwa keuntungan yang didapatkan dari pembenihan ikan lele ini dapat mencapai hingga 200 persen. Hasil produksi tersebut didistribusikan ke wilayah Pekanbaru Riau, Provinsi Jambi, Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Sumatera Barat dan wilayah Kota Medan Provinsi Sumatera Utara.

"Kami menghaturkan terima kasih kepada Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya KKP atas bantuan dan bimbingan yang diberikan untuk kemajuan kelompok kami dan masyarakat Kampung Lele pada umumnya," tutup Gatot.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: PSBB Transisi DKI Diperpanjang, Ganjil Genap Tak Berlaku

Posted: 25 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PSBB Transisi DKI Jakarta diperpanjang hingga 8 November 2020 agar mencegah lonjakan kasus positif Covid-19. Sejalan dengan hal itu, pelaksanaan ganjil genap juga tidak diberlakukan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Australia Laporkan Tak Ada Kasus Baru Virus Corona

Posted: 25 Oct 2020 10:00 PM PDT

Polisi berpatroli dengan menunggang kuda di sepanjang St Kilda Esplanade di Melbourne (26/10/2020). Australia telah menghabiskan berbulan-bulan di bawah pembatasan yang berat setelah menjadi episentrum gelombang kedua negara itu. (AFP Photo/William West)
Polisi berpatroli dengan menunggang kuda di sepanjang St Kilda Esplanade di Melbourne (26/10/2020). Australia telah menghabiskan berbulan-bulan di bawah pembatasan yang berat setelah menjadi episentrum gelombang kedua negara itu. (AFP Photo/William West)

Polisi berpatroli dengan menunggang kuda di sepanjang St Kilda Esplanade di Melbourne (26/10/2020). Australia telah menghabiskan berbulan-bulan di bawah pembatasan yang berat setelah menjadi episentrum gelombang kedua negara itu. (AFP Photo/William West)

Polisi berpatroli dengan menunggang kuda di sepanjang St Kilda Esplanade di Melbourne (26/10/2020). Pejabat kesehatan Australia melaporkan tidak ada kasus virus corona baru atau kematian di negara bagian Victoria. (AFP Photo/William West)
Polisi berpatroli dengan menunggang kuda di sepanjang St Kilda Esplanade di Melbourne (26/10/2020). Pejabat kesehatan Australia melaporkan tidak ada kasus virus corona baru atau kematian di negara bagian Victoria. (AFP Photo/William West)

Polisi berpatroli dengan menunggang kuda di sepanjang St Kilda Esplanade di Melbourne (26/10/2020). Pejabat kesehatan Australia melaporkan tidak ada kasus virus corona baru atau kematian di negara bagian Victoria. (AFP Photo/William West)

Polisi berpatroli dengan menunggang kuda di sepanjang St Kilda Esplanade di Melbourne (26/10/2020). Australia telah menghabiskan berbulan-bulan di bawah pembatasan yang berat setelah menjadi episentrum gelombang kedua negara itu. (AFP Photo/William West)
Polisi berpatroli dengan menunggang kuda di sepanjang St Kilda Esplanade di Melbourne (26/10/2020). Australia telah menghabiskan berbulan-bulan di bawah pembatasan yang berat setelah menjadi episentrum gelombang kedua negara itu. (AFP Photo/William West)

Polisi berpatroli dengan menunggang kuda di sepanjang St Kilda Esplanade di Melbourne (26/10/2020). Australia telah menghabiskan berbulan-bulan di bawah pembatasan yang berat setelah menjadi episentrum gelombang kedua negara itu. (AFP Photo/William West)

Polisi berpatroli dengan sepeda di sepanjang St Kilda Esplanade di Melbourne (26/10/2020). Pejabat kesehatan Australia melaporkan tidak ada kasus virus corona baru atau kematian di negara bagian Victoria. (AFP Photo/William West)
Polisi berpatroli dengan sepeda di sepanjang St Kilda Esplanade di Melbourne (26/10/2020). Pejabat kesehatan Australia melaporkan tidak ada kasus virus corona baru atau kematian di negara bagian Victoria. (AFP Photo/William West)

Polisi berpatroli dengan sepeda di sepanjang St Kilda Esplanade di Melbourne (26/10/2020). Pejabat kesehatan Australia melaporkan tidak ada kasus virus corona baru atau kematian di negara bagian Victoria. (AFP Photo/William West)

Seorang petugas polisi menunggang kuda selama patroli di sepanjang St Kilda Esplanade di Melbourne Melbourne (26/10/2020). Pejabat kesehatan Australia melaporkan tidak ada kasus virus corona baru atau kematian di negara bagian Victoria. (AFP Photo/William West)
Seorang petugas polisi menunggang kuda selama patroli di sepanjang St Kilda Esplanade di Melbourne Melbourne (26/10/2020). Pejabat kesehatan Australia melaporkan tidak ada kasus virus corona baru atau kematian di negara bagian Victoria. (AFP Photo/William West)

Seorang petugas polisi menunggang kuda selama patroli di sepanjang St Kilda Esplanade di Melbourne Melbourne (26/10/2020). Pejabat kesehatan Australia melaporkan tidak ada kasus virus corona baru atau kematian di negara bagian Victoria. (AFP Photo/William West)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Simak Fakta Pernikahan Changmin TVXQ yang Digelar Secara Privat

Posted: 25 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Changmin TVXQ telah menggelar pernikahan secara tertutup pada Minggu (25/10/2020). Anggota termuda TVXQ ini menikah dengan kekasihnya yang berasal dari kalangan non selebritas.

Changmin TVXQ pertama kali mengumumkan hubungan asmaranya kepada publik pada 30 Desember 2019. Kala itu, penggemar di seluruh dunia menyambut kabar ini dengan penuh kehangatan.

Setelah publikasi hubungan, aktivitas Changmin TVXQ bersama kekasihnya sama sekali tak pernah terekspos. Hingga pada Juni 2020, pelantun "Tonight" ini kembali membuat heboh dengan mengumumkan rencana pernikahannya.

Bersama dengan itu, penyanyi berusia 32 tahun ini menulis secarik surat yang ditulis sendiri untuk para penggemar setianya, Cassiopeia juga Bigeast.

"Kami memiliki hubungan yang baik dan rasa percaya satu sama lain, jadi secara natural aku memutuskan ingin melanjutkan hidupku bersama sosok ini," begitu penggalan surat yang ditulisnya.

Berikut adalah fakta-fakta seputar pernikahan Changmin yang telah dihimpun oleh Liputan6.com.

Pernikahan Ditunda

Changmin TVXQ. (Foto via Soompi)
Changmin TVXQ. (Foto via Soompi)

Semula pernikahan Changmin TVXQ akan dilangsungkan pada September 2020. Namun karena saat itu penambahan kasus positif Corona di Korea Selatan belum mereda, maka pernikahan terpaksa ditunda.

"Karena kekhawatiran atas penyebaran Covid-19, Changmin telah menunda pernikahannya, yang awalnya dijadwalkan pada 5 September," begitu isi pernyataan dari pihak agensi SM Entertainment.

25 Oktober 2020

Changmin `TVXQ` (foto: Naver)
Changmin `TVXQ` (foto: Naver)

Setelah ditunda, pernikahan Changmin akhirnya dilangsungkan pada 25 Oktober 2020 secara privat. Tak diketahui secara detail lokasi serta waktu pernikahan tersebut digelar.

Jadi Trending Topic

Changmin TVXQ [foto: Naver]
Changmin TVXQ [foto: Naver]

Pada hari pernikahannya, penggemar Changmin ikut berbahagia. Mereka mengucapkan selamat melalui media sosial Twitter dengan menyematkan tanda pagar #CongratulationMaxChangmin.

Tagar tersebut sukses merajai trending topic di berbagai negara termasuk di Indonesia selama beberapa jam.

Tak Ada Foto yang Bocor

Changmin TVXQ (SM Entertainment via Soompi)
Changmin TVXQ (SM Entertainment via Soompi)

Saat agensi menyatakan pernikahan Changmin TVXQ dan istrinya akan dilangsungkan secara tertutup, maka hal ini benar-benar terjadi. Bahkan, tak ada satu pun foto dari pernikahan mereka yang tersebar ke publik.

Hal ini sempat membuat fans penasaran hingga jadi pembicaraan hangat di dunia maya pada Minggu (25/10/2020) malam. Bahkan topik tiadanya foto pernikahan Changmin menjadi trending di situs Weibo.

Petunjuk

[Foto: Twitter vellichormal]
[Foto: Twitter vellichormal]

Kendati demikian ada beberapa foto selebritas yang diyakini fans diambil saat mereka menghadiri pernikahan Changmin. Yaitu foto leader Super Junior, Leeteuk, dan BoA. Keduanya merupakan rekan satu menajemen artis bermarga Shim itu.

Lewat Instagram-nya, Leeteuk mengunggah mirror selfie dirinya yang mengenakan jas abu-abu. Sementara BoA mengunggah boomerang bersama manajernya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Walikota Liverpool ke Penyangkal Covid-19: Kalian dari Planet Mana?

Posted: 25 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Liverpool - Walikota Liverpool, Joe Anderson mengungkapkan kemarahan sekaligus kesedihan kepada para penyangkal covid-19 yang melakukan demo selama dua hari pada pekan lalu.

Joe Anderson heran masih banyak orang yang tidak percaya covid-19, meski sudah lebih dari 1 juta orang meninggal di seluruh dunia dunia. Bahkan, saudara kandung Joe, Bill Anderson meninggal di Rumah Sakit Royal Liverpool karena covid-19, sehari sebelum ada demo anti-covid-19 di Liverpool.

Itu merupakan kali kedua dalam enam minggu Walikota Liverpool kehilangan saudara kandungnya. Sebelum Bill, Henry Anderson kalah dalam pertempuran melawan covid-19, bulan lalu.

Aksi demo tidak percaya covid-19 di Liverpool dipimpin oleh Piers Corbyn, saudara kandung dari mantan pemimpin Bartai Buruh, Jeremy. Demo itu membuat walikota Liverpool terluka karena dua saudara kandungnya meninggal karena wabah ini.

"Ketika saya melihat beberapa dari orang itu tersenyum dan menari pada hari Sabtu, saya melihat mereka dan berpikir: "Apakah mereka serius?". Mereka ini dari planet mana?" kata Joe Anderson, dikutip dari Liverpool Echo.

"Hari ini saya baru membuka sertifikat kematian Bill, penyebab kematiannya karena covid-19. Bagi mereka yang percaya dan mengkalim bahwa ini semacam konspirasi dan tidak khawatir, ini sangat aneh," ujarnya menambahkan.

 

Kasus Covid-19 di Liverpool

Ilustrasi Covid-19, virus corona. Kredit: Miroslava Chrienova via Pixabay
Ilustrasi Covid-19, virus corona. Kredit: Miroslava Chrienova via Pixabay

Joe Anderson mengungkapkan, kasus covid-19 di Liverpool masih mengkhawatirkan. Masih ada ratusan warga Liverpool yang belum sembuh dari penyakit ini.

"Ada 300 orang di rumah sakit dengan penyakit karena virus ini di Liverpool, 40 di antaranya berada di ICU dengan kondisi yang aneh. Ini tidak dibuat-buat."

"Virus ini tidak punya perasaan, tidak meghormati siapa pun, atau mendiskriminasi. Apakah Anda seorang penyangkal atau yang percaya. Virus ini bakal menjangkiti siapapun," ucap Walikota Liverpool itu menegaskan.

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Live Streaming Bincang Editor: Vaksin Datang, Corona Ketendang?

Posted: 25 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mendekati penghujung 2020, perbincangan seputar vaksin COVID-19 semakin menghangat. Hal itu tak lepas dari target Pemerintah untuk sesegera mungkin mengatasi pandemi yang disebabkan virus SARS-CoV-2 atau Virus Corona baru.

Vaksin diyakini sebagai salah satu solusi dalam menuntaskan pandemi Corona. Berbagai upaya dilakukan pemerintah dalam menyediakan vaksin guna mencegah penyebaran COVID-19 yang lebih luas.

Mulai dari mendorong para peneliti Tanah Air melakukan riset dan membuat vaksin menggunakan virus Corona yang ditemukan di Indonesia, hingga bekerja sama dengan negara lain yang juga berupaya memproduksi vaksin COVID-19 seperti Tiongkok, Arab Saudi, dan Inggris.

Hanya saja, hingga saat ini, belum ada negara di dunia yang telah memproduksi vaksin COVID-19 secara massal. Semua negara tengah berupaya menguji vaksin secara klinis agar dapat diproduksi massal.

Salah satu kerja sama uji klinis yang dilakukan Indonesia untuk upaya penyediaan vaksin COVID-19 yakni dengan produsen asal Tiongkok Sinovac. Indonesia diwakili oleh perusahaan vaksin milik negara Bio Farma. Uji klinis dilakukan di Indonesia dengan para relawan dalam negeri. Uji klinis dan produksi vaksin diupayakan rampung secepatnya.

Meski demikian, pemerintah berharap uji klinis vaksin COVID-19 bisa cepat rampung dan segera diproduksi massal. Bahkan Pemerintah merencanakan untuk melakukan vaksinasi pada November dan Desember mendatang dengan produk vaksin COVID-19 yang dibeli dari Tiongkok.

Beberapa pihak menilai, langkah tersebut terlalu terburu-buru dan vaksin bukanlah satu-satunya solusi mengatasi pandemi. Apalagi, beberapa pakar berpendapat, vaksin COVID-19 dari Tiongkok belum benar-benar teruji efektivitas dan keamanannya.

Hari ini, Liputan6.com akan membahas lebih dalam seputar vaksin COVID-19 melalui program Live Streaming Bincang Editor dengan narasumber Epidemiolog Pandu Riono, editor senior Health Liputan6.com, Wapemred Merdeka.com, Pemred Brilio.com, dan Fimela.com.

Sahabat Liputan6.com bisa menyaksikan langsung Live Streaming Bincang Editor dengan tema "Vaksin Datang, Corona Ketendang?" di link berikut ini.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Laba Bersih Bank Mandiri Anjlok 30,73 Persen di Kuartal III 2020

Posted: 25 Oct 2020 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk mencatatkan laba bersih Rp 14,028 triliun di kuartal III 2020. Angka ini anjlok 30,73 persen yoy dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang tercatat Rp 20,25 triliun.

"Sampai dengan September 2020, secara konsolidasi Bank Mandiri membukukan laba bersih sebesar Rp 14 triliun atau turun 30,73 persen yoy," ujar Direktur Manajemen Risiko Bank Mandiri Ahmad Siddik Badruddin dalam Paparan Kinerja Bank Mandiri Triwulan III 2020, Senin (26/10/2020).

Penurunan laba ini sejalan dengan pendapatan operasional yang juga turun 3,06 persen menjadi Rp 62,97 triliun. Rinciannya, net interest income sebesar Rp 43,38 triliun atau turun 4,27 persen dan fee based income tercatat Rp 19,58 triliun atau turun 0,26 persen.

Sementara untuk biaya operasional Bank Mandirisebesar Rp 28,32 triliun atau naik 0,42 persen secara tahunan atau yoy. "Biaya operasional dapat dikendalikan dengan cukup baik dimana pertumbuhan hanya mencapai 0,42," kata dia.

Kredit

Nasabah melakukan transaksi di cabang Bank Mandiri Pertamina UPMS III, Jakarta, Rabu (28/6). Bank Mandiri memberikan layanan perbankan terbatas kepada nasabah secara bergantian pada musim liburan Idul Fitri 26-30 Juni 2017. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Nasabah melakukan transaksi di cabang Bank Mandiri Pertamina UPMS III, Jakarta, Rabu (28/6). Bank Mandiri memberikan layanan perbankan terbatas kepada nasabah secara bergantian pada musim liburan Idul Fitri 26-30 Juni 2017. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sedangkan untuk fungsi intermediasi, penyaluran kredit Bank Mandiri secara konsolidasi meningkat 3,79 persen secara year on year menjadi Rp 873,73 triliun pada akhir September 2020.

"Total kredit secara konsolidasi tumbuh 3,79 persen yoy, mencapai Rp 873,7 triliun. dan kualitas kredit terjaga dengan Non Performing Loan (NPL) Gross 3,33 persen," kata Direktur Utama Bank Mandiri, Darmawan Junaidi.

Adapun penyaluran kredit produktif perseroan secara bank only tumbuh sebesar 3,88 persen yoy menjadi Rp 616,37 triliun di September 2020. Terdiri atas kredit modal kerja sebesar Rp 314,82 triliun dan kredit investasi sebesar Rp 301,55 triliun. Diharapkan penyaluran kredit produktif ini dapat membantu menggerakkan perekonomian di tengah wabah pandemi covid-19.

Untuk penyaluran kredit ke segmen wholesale, masih menjadi motor pembiayaan perseroan dengan komposisi sebesar 65,3 persen atau Rp 492,63 triliun. Nilai tersebut tumbuh 9,73 persen dari periode yang sama tahun lalu. Adapun pembiayaan ke sektor usaha mikro, menjadi kontributor lainnya, dengan mencatat pertumbuhan sebesar 13,03 persen secara tahunan menjadi Rp 49,07 triliun.

Darmawan mengungkapkan, saat ini salah satu fokus penyaluran kredit perseroan adalah membantu para pelaku usaha terdampak covid-19, khususnya pelaku UMKM, untuk mengembalikan usaha yang sempat menurun akibat pandemi Covid-19.

"Kami berharap inisiatif ini dapat ikut mengembalikan optimisme dan memulihkan denyut nadi perekonomian Indonesia yang terdampak pandemi covid-19, kata Darmawan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

12 Makanan Ikan Cupang yang Mudah Didapat, Penuhi Gizi untuk Pertumbuhan

Posted: 25 Oct 2020 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Saat ini di pasaran sudah banyak sekali jenis makanan ikan cupang, mulai dari yang alami hingga yang produk jadi. Harganya sangat beragam, mulai dari yang murah hingga mahal tergantung dengan jenis dan populernya makanan ikan cupang tersebut.

Memang, memelihara ikan cupang tidak bisa sembarangan. Sebab ikan cupang bisa saja sulit berkembang dengan optimal bahkan warnanya tidak bisa muncul. Tentu sangat disayangkan jika sudah begitu, mengingat banyak waktu yang tercurah untuk memelihara salah satu jenis ikan hias ini.

Nah tapi tidak perlu khawatir, karena ada banyak jenis makanan ikan cupang yang bisa optimalkan tumbuh kembang dari ikan tersebut seperti yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini, Senin (26/10/2020).

Jenis Makanan Ikan cupang yang Pertama

Punya Warna Mirip Bendera, Ikan Cupang Ini Terjual Rp 20,4 Juta
Punya Warna Mirip Bendera, Ikan Cupang Ini Terjual Rp 20,4 Juta

1. Cacing Darah

Cacing darah atau yang dikenal juga dengan nama bloodworm, merupakan jenis makanan ikan cupang yang cukup populer. Makanan ikan cupang satu ini dipercaya efektif menghasilkan warna agar lebih indah.

 

2. Cacing Sutra

Selain cacing darah, jenis makanan ikan cupang ini bisa dijadikan alternatif pilihan yang baik dalam tumbuh kembang ikan hiasa tersebut. Untuk mendapatkan cacing ini bisa di perairan kotor seperti selokan. Namun tidak perlu khawatir, saat ini juga sudah banyak pedagang yang menjual makanan ikan cupang tersebut.

Makanan Ikan Cupang yang Mudah Didapatkan

Pemerintah Singapura mulai memerangi demam berdarah dengue (DBD) dengan menggunakan nyamuk, Selasa (7/2).  Jentik nyamuk pembawa bakteri Wolbachia dikembangbiakkan di Badan Lingkungan Nasional Singapura. (AFP Photo/Roslan Rahman)
Pemerintah Singapura mulai memerangi demam berdarah dengue (DBD) dengan menggunakan nyamuk, Selasa (7/2). Jentik nyamuk pembawa bakteri Wolbachia dikembangbiakkan di Badan Lingkungan Nasional Singapura. (AFP Photo/Roslan Rahman)

3. Jentik Nyamuk

Selanjutnya, makanan ikan cupang yang tidak kalah populer adalah jentik nyamuk. Selain lebih mudah didapatkan dibanding cacing, jentik nyamuk juga kaya protein.

Cara mendapatkan jentik nyamuk sangat mudah, yaitu dengan mengisi ember dengan air bekas cucian beras, kemudian tempatkan di lokasi yang gelap dan terbuka. Selanjutnya tunggu beberapa hari hingga muncul jentik-jentik nyamuk.

Namun, jika dirasa tidak sempat untuk mencari jentik nyamuk sendiri, maka bisa membeli jentik nyamuk di toko atau pasar ikan hias.

 

4. Kutu Air

Selain jentik nyamuk, kutu air juga bagus untuk diberikan pada ikan cupang. Nutrisi makanan ikan cupang ini sangat baik dalam menjaga daya tahan anak ikan cupang dan membantu cupang agar warnanya lebih indah.

Tapi makanan ikan cupang ini memiliki kandungan lemak yang rendah. Sehingga diperlukan tambahan pakan lainnya agar pertumbuhan ikan cupang semakin optimal.

Jenis Makanan Ikan Cupang Selanjutnya

Foto: Ilustrasi Lalat (sgspestmanagement.ca)
Foto: Ilustrasi Lalat (sgspestmanagement.ca)

5. Lalat

Lalat juga merupakan makanan ikan cupang yang tidak kalah bernutrisi dibanding makanan ikan cupang lainnya. Tapi, jangan memberi lalat terlalu banyak pada ikan cupang, dan jangan lupa untuk membuang terlebih dahulu kepala lalat sebelum diberikan ke ikan cupang.

 

6. Microworms

Microworms, disebut demikian karena ukuran cacing ini sangat kecil. Itulah mengapa, microworms cocok dijadikan makanan untuk anakan ikan cupang. Untuk mendapatkan microworms, bisa membelinya ke pedagang ikan hias. Kemudian, agar semakin banyak jumlahnya, letakkan di dalam toples dan beri sedikit roti tawar yang dijadikan remah-remah. Lalu, biarkan hingga microworms berkembang biak dengan sendirinya.

Makanan Ikan Cupang yang Tidak Kalah Bagus

Hobi kokeksi Ikan Guppy. (Foto: pixabay)
Hobi kokeksi Ikan Guppy. (Foto: pixabay)

7. Artemia

Artemia merupakan jenis udang kecil yang hidup di laut atau dikenal juga dengan nama brine shrimp. Keuntungan dari pemberian artemia sebagai makanan ikan cupang, karena ukutannya yang kecil namun kandungan nutrisi yang tinggi.

Kandungan protein makanan cupang ini sangat baik bagi proses pertumbuhan ikan cupang yang masih cukup kecil. Namun sebelum diberikan ke ikan cupang, ada baiknya membilas artemia terlebih dahulu supaya kadar garamnya berkurang dan tidak menanggu keseimbangan asupan garam yang dikonsumsi ikan cupang.

 

8. Anakan Guppy

Ikan guppy adalah jenis ikan yang mudah dan cepat berkembang biak. Memanfaatkan anakan dari ikan guppy tersebut, bisa membantu tumbuh kembang ikan cupang. Populernya anakan ikan guppy tidak lepas dari kandungan nutrisinya yang sangat baik dan mampu mempercepat serta memaksimalkan pertumbuhan ikan cupang.

Makanan Ikan Cupang yang Mudah Dibuat Sendiri

Ilustrasi kuning telur. (dok. Unsplash.com/Karina Zhukovskaya/@cocarinne)
Ilustrasi kuning telur. (dok. Unsplash.com/Karina Zhukovskaya/@cocarinne)

9. Kuning Telur

Untuk mendaptkan kuning telur tentu sangat mudah. Makanan ikan cupang ini memiliki nutrisi tinggi dan tentunya kaya protein. Sebelum memberikannya pada ikan cupang, jangan lupa rebus dahulu atau mengukusnya.

Pastikan jangan diberikan terlalu banyak dan sering. Sebab sisa-sisa dari kuning telur bisa mengotori aquarium ikan cupang dan membuat kesehatan ikan cupang terganggu.

 

10. Insuforia

Pemberian makanan ikan cupang ini bisa diberikan baik saat usia ikan masih muda atau sudah dewasa. Untuk mendapatkan makanan ikan cupang ini sangat mudah, bahkan bisa dibudidayakan sendiri di rumah dengan menggunakan kol atau sawi busuk.

Langkah pembuatan pangannya, pertama-tama dengan merebus kol atau sawi. Kemudian peras sampai keluar sarinya. Campurkan sari tersebut dengan air aquarium dan ampas perasan, lalu masukkan ke toples.

Diamkan sekitar tiga hari di tempat teduh, maka akan muncul hewan-hewan kecil keputihan yang merupakan insuforia. Jangan tunggu terlalu lama, langsung berikan insuforia ke ikan cupang karena insuforia hanya bisa bertahan seminggu.

Makanan Ikan Cupang yang Terakhir

Berjualan ikan cupang menjadi pilihan Agung Sriyono saat omset perusahaannya di bidang teknik untuk pengadaan barang turun akibat pandemi. Siapa sangka, ternyata bisnis ikan cupang memiliki potensi untung yang besar karena banyak peminatnya. (Foto: Liputan6.com)
Berjualan ikan cupang menjadi pilihan Agung Sriyono saat omset perusahaannya di bidang teknik untuk pengadaan barang turun akibat pandemi. Siapa sangka, ternyata bisnis ikan cupang memiliki potensi untung yang besar karena banyak peminatnya. (Foto: Liputan6.com)

11. Vinegar Eel

Makanan ikan cupang ini merupakan jenis belut berukuran kecil. Bahkan saking kecilnya, vinegar eel sulit dilihat dengan mata telanjang. Dengan ukuran yang kecil ini, maka sangat cocok dijadikan salah satu makanan ikan cupang baik dewasa maupun yang masih anakan.

 

12. Pelet Ikan Cupang

Jika tidak ingin repot dan ingin makanan ikan cupang yang awet, maka bisa menggunakan pelet. Namun, pastikan jika pelet yang dipilih memiliki kualitas yang bagus dan tidak mudah mengembang saat terkena air. Sebab jika mudah mengambang bisa membahayakan kesehatan ikan cupang.

Meski berbagai makanan ikan cupang di atas memiliki nutrisi tinggi, namun selalu beri ikan cupang makanan yang bervariasi agar kebutuhan gizi ikan cupang dapat terpenuhi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Operasi Zebra Mulai Digelar, Ini Jenis Pelanggaran yang Akan Ditilang

Posted: 25 Oct 2020 09:52 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Operasi Zebra resmi digelar mulai hari ini hingga 14 hari ke depan. Selain menindak pelanggar, kepolisian juga akan mensosialisasikan protokol pencegahan Covid-19.

Sambodo menerangkan, dalam praktiknya Operasi Zebra Jaya 2020 berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kepolisian tidak menindak pelanggar dengan razia di tempat tapi berkeliling mencari pelanggar lalu lintas. Tujuannya agar tidak terjadi kerumunan.

"Kami sifatnya hunting, contoh hari ini satu jam di pasar rumput, pindah lagi satu jam ke di panjaitan, artinya ada tim yang motoris pakai kendaraan patroli mutar ketika ada pelanggar dilakukan penindakan. Ini untuk menghindari kerumuman," kata dia, Senin (26/10/2020).

Dia menerangkan, anggota yang berkeliling jumlahnya dibatasi sampai 10 orang. Dalam Operasi Zebra ini kepolisian juga melibatkan Pom TNI dan Satpol PP serta Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

"Sehingga ketika menemukan pelanggaran lalu lintas yang dilakukan masyarakat umum yang menindak polisi, ketika menemukan pelanggar lalu lintas atau protokol kesehatan dari TNI maka ada Pom TNI, ketika ada masyarakat yang melanggar protokol kesehatan ada Satpol PP dan Dishub yang melakukan penindakan," ucap dia.

Jenis Pelanggaran

Sambodo menyebut, lima jenis pelanggaran yang menjadi prioritas utama, yaitu, melawan arus, tidak memakai helm, pelanggaran terhadap stop line, pelanggaran sirene dan rotator, melintas bahu jalan khususnya jalan tol. Sambodo berharap Operasi Zebra bisa merubah dan meningkatkan perilaku budaya tertib lalu lintas di Jakarta.

"Ini adalah lima pelanggaran tematik yang menjadi prioritas utama untuk Operasi Zebra 2020 di Polda Metro Jaya," ujar dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perdana Dalam Empat Bulan, Tak Ada Kasus Baru COVID-19 di Melbourne Australia

Posted: 25 Oct 2020 09:51 PM PDT

Melbourne - Kabar baik dari Negara bagian Victoria, Australia. Per Senin 26 Oktober 2020 wilayah tersebut melaporkan tidak ada kasus baru dan kematian akibat COVID-19.

Seperti dikutip dari ABC Indonesia, Senin (26/20/2020), ini merupakan yang pertama kalinya sejak 9 Juni lalu.

Departemen Kesehatan Victoria menyatakan jumlah rata-rata kasus baru untuk 14 hari di Melbourne telah menurun menjadi 3,6 kasus. Sejauh ini masih terdapat tujuh kasus "misterius".

Sementara untuk wilayah Victoria di luar Melbourne, jumlah rata-rata kasus baru COVID-19 kini tinggal 0,2 kasus.

Jeroen Weimar yang memimpin tes COVID-19 di Victoria mengatakan kemarin telah dilakukan 2.100 tes untuk wilayah Melbourne utara dan ratusan lainnya masih dalam proses pemeriksaan laboratorium. Tes tersebut dilaksanakan setelah ditemukan adanya penyebaran baru pada dua sekolah di wilayah tersebut pekan lalu.

"Kami ingin memastikan tidak ada rantai transmisi lain di wilayah utara sehingga kami dapat memberikan lampu hijau bagi pelonggaran lebih lanjut," ujar Jeroen.

Wali Kota Melbourne Sally Capp secara terpisah telah mendesak Menteri Utama (Premier) Daniel Andrews, untuk menerapkan rencana membuka kembali perekonomian ibukota Victoria ini.

"Kami membutuhkan kejelasan dan kepastian bagi para pengusaha yang mulai memiliki rasa optimisme," katanya.

Menteri Kesehatan Australia Greg Hunt juga mengemukakan hal yang sama, agar Victoria tetap melaksanakan rencana pelonggaran yang telah ditetapkan sebelumnya.

Menkes Hunt mengatakan target jumah kasus baru di bawah 10 yang ditetapkan Pemerintah Federal serta di bawah lima kasus yang ditetapkan Pemerintah Victoria, semuanya telah tercapai saat ini.

"Jika mereka percaya pada sistem pelacakan kontak yang mereka lakukan, maka tak ada alasan lagi untuk tidak beranjak ke tahap berikutnya pada hari ini," katanya.

Laporan ekonomi terbaru yang dirilis hari ini menunjukkan peringkat Victoria jatuh dari urutan kedua menjadi yang ketiga dibandingkan dengan negara bagian lainnya.

Anjloknya belanja konsumen membuat Victoria turun dari posisi kedua menjadi yang kelima untuk kategori perdagangan ritel, sementara tingkat pengangguran pada kuartal ini mencapai 6,7 persen.

Tasmania, yang tidak mengalami kasus baru COVID-19 selama 75 hari, kini menjadi negara bagian dengan kinerja ekonomi terbaik selama tiga bulan berturut-turut.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Vaksin COVID-19 di Australia 

Sumber: Freepik
Sumber: Freepik

Sementara itu, Pemerintah Federal mengatakan perlu waktu hingga 12 bulan untuk meluncurkan vaksinisasi virus corona di Australia, tergantung pada kandidat vaksin mana yang berhasil.

Menteri Perindustrian Karen Andrews mengatakan perusahaan medis CSL dan lembaga penelitian CSIRO telah diperlengkapi untuk segera membuat vaksin "berbasis protein" - seperti yang dikembangkan oleh University of Queensland.

CSL juga sedang dalam proses menyelaraskan kembali teknologi produksinya untuk membuat vaksin Oxford University-AstraZeneca dari pabriknya di Melbourne.

Vaksin tersebut secara teknis adalah vaksin berbasis non protein yang dikenal dengan "vektor virus". Tapi CSL mengatakan bisa memproduksinya di sini dan telah meningkatkan upaya untuk mewujudkannya.

Pemerintah Australia telah berkomitmen untuk membeli 26 juta dosis vaksin Oxford-AstraZeneca, yang dianggap sebagai pelopor pembuatan vaksin COVID-19.

Namun ada vaksin lain yang sedang diujicobakan oleh perusahaan farmasi termasuk Moderna, yang dikenal sebagai vaksin mRNA.

Menteri Karen Andrews menjelaskan bahwa pembuatan jenis vaksin ini di Australia akan membutuhkan waktu lebih lama.

"Saya berharap kita dapat melakukannya dala sembilan hingga 12 bulan," ujarnya.

Apa Itu Vaksin Berbasis Protein?

Vaksin berbasis protein adalah standar utama, menurut pakar penyakit menular Profesor Robert Booy dari Universitas Sydney.

"Vaksin berbasis protein telah digunakan selama beberapa dekade, dipercaya aman dan efektif untuk melindungi bayi dan anak-anak dari berbagai infeksi, termasuk infeksi bakteri," katanya kepada ABC.

Virus corona seperti virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan COVID-19 menyerang sel melalui "protein spike" sehingga salah satu cara untuk menghentikan virus ini yaitu dengan memblokir protein spike tersebut agar tak memasuki sel.

Vaksin berbasis protein melakukan pemblokiran dengan melatih tubuh manusia untuk memproduksi antibodi melawan protein spike virus corona sebelum dapat menginfeksi sel-sel sehat.

Vaksin yang dikembangkan Universitas Queensland didasarkan pada pendekatan teori seperti ini.

Apa Itu Vaksin Berbasis Non-Protein?

Salah satu jenis vaksin non-protein yang paling menjanjikan adalah vaksin mRNA, kependekan dari "vaksin asam ribonukleat messenger".

Vaksin ini secara efektif membawa instruksi molekuler untuk membuat protein, sehingga tubuh seseorang dapat memproduksinya.

Idenya adalah tubuh kemudian akan memperlakukan protein ini sebagai bahan asing dan meningkatkan respons kekebalan dan, seperti vaksin berbasis protein, menghasilkan antibodi yang mengingat dan melawan virus jika tubuh menemukannya kembali.

Profesor Tony Cunningham, direktur Pusat Penelitian Virus Westmead Institute di Universitas Sydney, melukiskannya seperti upaya menghentikan kapal untuk berlabuh.

"Satu-satunya perbedaan yaitu vaksin berbasis protein diproduksi di luar tubuh dan disuntikkan ke dalamnya, sedangkan vaksin mRNA akan membuat tubuh kita memproduksi protein tersebut," jelasnya.

Kandidat vaksin terkemuka yang diproduksi oleh Institut Kesehatan Nasional AS dan Moderna didasarkan pada teknologi ini, yang telah memulai uji klinis fase ketiga.

Vaksin Moderna adalah bagian dari skema vaksin global COVAX, yang telah ditandatangani Australia.

Vaksin buatan Universitas Oxford secara teknis merupakan vaksin berbasis non-protein karena menggunakan strategi "vektor virus".

Meskipun vaksin mRNA sangat menarik, Profesor Booy memperingatkan vaksin jenis ini belum pernah berhasil diproduksi dan didistribusikan sebelumnya.

Dia mengatakan jenis vaksin lain lebih mungkin tersedia dan dikirimkan dengan aman sebagai pilihan pertama.

Menkes Greg Hunt juga menyatakan vaksin berbasis protein dapat diproduksi di Australia pada kuartal pertama tahun 2021.

Mengapa vaksin mRNA yang berbasis non-protein membutuhkan waktu lebih lama untuk diproduksi? Jawabannya sederhana: karena belum pernah diproduksi sebelumnya.

Menanti Hasil Uji Klinis Calon Vaksin COVID-19

Infografis Menanti Hasil Uji Klinis Calon Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Menanti Hasil Uji Klinis Calon Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan Juga Video Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Temukan Kamera Tersembunyi di Kamar Ganti Studio, Seorang Model Lapor Polisi

Posted: 25 Oct 2020 09:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seorang model JJ (25) asal Surabaya, Jawa Timur, melaporkan pemilik studio foto ke Mapolrestabes Surabaya. Pemilik studio foto diduga dengan sengaja meletakkan kamera tersembunyi berbentuk bolpoin dan kacamata di kamar ganti. Saat ini polisi masih mendalami kasus tersebut dan mengumpulkan bukti-bukti.

Seorang model, JJ berusia 25 tahun warga Surabaya, Jawa Timur, didampingi Kuasa Hukumnya mendatangi Mapolrestabes Surabaya, untuk melaporkan tindakan pornografi yang dilakukan oleh seorang pengusaha, sekaligus pemilik studio foto di kawasan Manyar Surabaya.

Menurut Kuasa Hukum pelapor, sang model merasa tak terima, usai menemukan dua benda yang diduga kamera tersembunyi, dalam bentuk bolpoin dan kacamata di kamar ganti.

Benda tersebut kemudian dipindah lagi ke kamar mandi. Kecurigaan menguat saat memegang bolpoin dalam keadaan panas, dan terdapat lampu merah khas kamera pengintai. Demikian diberitakan pada Liputan6, 25 Oktober 2020.

"Dia sekilas, klien saya ini sebagai model yang mana dalam ruang kamar gantinya ini, ditaruh rekaman tersembunyi, berupa bolpoin sama kacamata. Kamera tersembunyi ditaruh di wastafel," ungkap A. Rahman, Kuasa Hukum Pelapor.  

Sementara itu polisi masih mendalami laporan tersebut, dan mengumpulkan bukti-bukti. Kejadian ini berlangsung pada Jumat lalu, saat proses pemotretan di studio tersebut.

"Rencana kita masih mengumpulkan barang bukti, mungkin mencari mengecek ke TKP dulu untuk menguatkan alat bukti, tapi kalau misalkan nanti sudah ketemu, baru nanti kita gelarkan lagi untuk menaikkan statusnya," ujar Iptu Agung Kurnia Pitra, Kanit Jatanras Polrestabes Surabaya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani Minta Anak Buah Tulis Buku: Ilmu Tak Boleh Pensiun

Posted: 25 Oct 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati meminta kepada anak buahnya di lingkungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk menulis buku. Buku tersebut berisi berbagai macam pengetahuan mengenai pengelolaan keuangan negara.

Sri Mulyani menjelaskan, setiap masyarakat harus mengerti kondisi keuangan negara saat ini dan juga cara-cara pengelolaan keuangan negara. menurutnya, buku menjadi salah satu sarana yang bisa digunakan. 

"Saya sekarang betul-betul menginginkan banyak para pejabat Kementerian Keuangan yang sudah melaksanakan dan melalui proses ini menuangkan dalam berbagai macam buku dan sharing pengalaman dan knowledge ini," kata dia dalam video conference di Jakarta, Senin (26/10/2020).

Sri Mulyani  tak ingin ilmu dan pengetahuan hanya menempel pada pejabat itu sendiri. Karena, jika tidak diaplikasikan atau dibagikan kepada masyarakat, sewaktu-waktu pejabat itu mengakhiri masa tugasnya, ilmu yang sebagian banyak bersifat pasif knowledge itu juga akan ikut pensiun.

"Padahal seharusnya ilmu itu tidak boleh tired atau tidak boleh pensiun. Ilmu harus terus berkembang," katanya.

Atas dasar itu, Kementerian Keuangan sekarang menjalankan apa yang disebut corporate university. Di mana setiap pejabat, dia adalah pemegang dan sekaligus produser ilmu. Sehingga ilmu mengenai keuangan negara dan pemegang dan produsen ilmu ini tidak boleh kemudian ilmunya tidak ditangkap, tidak kemudian dibagikan.

"Inilah yang sekarang kami giatkan di dalam berbagai macam cara Kementerian Keuangan untuk terus meng-capture berbagai ilmu yang muncul di dalam kita melaksanakan suatu reformasi di bidang keuangan negara," jelas Sri Mulyani.

Dia menyadari, banyak sekali para pejabat kita yang luar biasa, mereka biasa diam, tidak bicara, namun ilmunya banyak. Sehingga pribahasa makin dalam ilmunya semakin tenang tidak bisa terbantahkan.

"Tapi kalau terlalu tenang hanyut nanti negara Indonesia nggak mendapatkan ilmu itu," kata Sri Mulyani.

 

Berbagi Ilmu

Menteri Keuangan Sri Mulyani saat rapat kerja dengan Komisi XI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (24/8/2020). Sri Mulyani memastikan pencairan bantuan Rp 600 ribu bagi para pekerja yang memiliki gaji di bawah Rp 5 juta akan dimulai pekan ini. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Menteri Keuangan Sri Mulyani saat rapat kerja dengan Komisi XI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (24/8/2020). Sri Mulyani memastikan pencairan bantuan Rp 600 ribu bagi para pekerja yang memiliki gaji di bawah Rp 5 juta akan dimulai pekan ini. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Oleh karenanya, Bendahara Negara itu menginginkan banyak sekali para pejabat yang sekarang menjadi widyaiswara untuk menuangkan pengalaman dan ilmu yang mereka dapatkan. Sehingga bisa ditangkap dan kemudian dibagikan ke generasi muda baik di lingkungan Kemenkeu atau bahkan di luar Kemenkeu.

"Inilah yang kita sebut knowledge management dan ini dilakukan oleh BPPk Terima kasih Pak Marwanto Harjowiryono terus melaksanakan tugas ini secara progresif dan melalui penyebaran knowledge tersebut dan mengakulasi knowledge tersebut di dalam library kita," ujar dia.

Seperti diketahui, Mantan Direktorat Jenderal Perbendahadaraan Kemenkeu, Warwanto Harjowiryono baru saja menerbitkan buku berjudul Treasury Indonesia : Moderenisasi Pengelolaan Perbendaharaan Berkelas Dunia.

"Buku yang diluncurkan haru ini betul-betul berisi ilmu dan informasi sangat penting. Dan dalam kondisi kita mneghadapi covid itu sangat berarti karena anda banyak sekali saat ini memiliki waktu untuk belajar," katanya.

Dia berharap ilmu pengetahuan, pengalaman itu terus dikembangkan dan dibagikan menjadi sebuah estafet. Sehingga terus menerangi RI dan menuju cita-cita Indonesia menjadi negara maju, adil, beradab, dan sejahtera.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Resmi Jadi Menantu, Ini 6 Potret Kebersamaan Memes dan Vicy Melanie

Posted: 25 Oct 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kevin Aprilio dan Vicy Melanie kini telah sah menjadi pasangan suami-istri. Kevin Aprilio resmi menikahi sang kekasih hati, Vicy Melanie pada Minggu 25 Oktober 2020.

Pasangan yang telah cukup lama berpacaran ini sempat mengutarakan permintaan maaf lantaran tak bisa mengundang banyak orang akibat pandemi. Dalam Story Instagram, putra sulung dari Addie MS dan Memes ini juga menuturkan bahwa rencananya akan menggelar resepsi tahun depan jika situasi sudah kondusif.

Meskipun hanya dihadiri oleh keluarga, pernikahan Kevin Aprilio dan Vicy Melanie berlangsung khidmat. Terlebih lagi kini Addie MS dan Memes telah memiliki menantu pertama. Jauh sebelum menikah dengan Kevin Aprilio, Vicy dan Memes sudah kompak bak ibu dan anak kandung sendiri.

Keduanya cukup sering membagikan momen kebersamaan mereka di beberapa kesempatan. Berikut ini Liputan6.com rangkum, 6 potret kebersamaan Memes dan Vicy Melanie yang telah resmi jadi menantunya dilansir dari Instagram keduanya, Senin (26/10/2020).

1. Vicy Melanie kini telah resmi menjadi bagian dari keluarga musisi kondang Addie MS dan Memes.

Momen kebersamaan Memes dan istri Kevin Aprilio, Vicy Melanie. (Sumber: Instagram/@vicymelanie)
Momen kebersamaan Memes dan istri Kevin Aprilio, Vicy Melanie. (Sumber: Instagram/@vicymelanie)

2. Ini salah satu momen pertama Vicy menemani Memes saat sholat Ied bersama.

Momen kebersamaan Memes dan istri Kevin Aprilio, Vicy Melanie. (Sumber: Instagram/@memes605)
Momen kebersamaan Memes dan istri Kevin Aprilio, Vicy Melanie. (Sumber: Instagram/@memes605)

3. Sebelum menikah dengan Kevin Aprilio, Vicy memang beberapa kali menemani sang mertua di berbagai kesempatan.

Momen kebersamaan Memes dan istri Kevin Aprilio, Vicy Melanie. (Sumber: Instagram/@memes605)
Momen kebersamaan Memes dan istri Kevin Aprilio, Vicy Melanie. (Sumber: Instagram/@memes605)

4. Keduanya kompak pakai busana serba putih di hari Lebaran tersebut.

Momen kebersamaan Memes dan istri Kevin Aprilio, Vicy Melanie. (Sumber: Instagram/@memes605)
Momen kebersamaan Memes dan istri Kevin Aprilio, Vicy Melanie. (Sumber: Instagram/@memes605)

5. Saat unggah foto berikut, banyak netizen yang setuju jika kedua wanita ini memiliki paras yang mirip.

Momen kebersamaan Memes dan istri Kevin Aprilio, Vicy Melanie. (Sumber: Instagram/@memes605)
Momen kebersamaan Memes dan istri Kevin Aprilio, Vicy Melanie. (Sumber: Instagram/@memes605)

6. Telah jalin hubungan cukup lama, Vicy Melanie dikenal ramah dan mudah dekat dengan keluarga suaminya.

Momen kebersamaan Memes dan istri Kevin Aprilio, Vicy Melanie. (Sumber: Instagram/@memes605)
Momen kebersamaan Memes dan istri Kevin Aprilio, Vicy Melanie. (Sumber: Instagram/@memes605)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Makna Nama Aespa, Girl Group Baru SM Entertainment yang Debut Bulan Depan

Posted: 25 Oct 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - SM Entertainment mengeluarkan sebuah kejutan di Instagram resminya, Senin (26/10/2020) dini hari waktu Korea Selatan. Agensi hiburan raksasa ini merilis teaser video singkat yang menampilkan logo bertuliskan aespa.

Dalam unggahan tersebut sedikit sekali informasi yang diungkap tentang aespa, selain penulisan nama dalam aksara Hangul dan akun Instagram yang dikhususkan untuknya, @aespa_official.

Para penggemar K-Pop langsung berspekulasi mengenai apakah aespa ini adalah grup baru yang akan debut, proyek kolaborasi seperti Superm, atau lini bisnis lain SM Entertainment. 

Pagi harinya, SM Entertainment akhirnya mengonfirmasi bahwa aespa adalah girl group baru yang akan debut dari agensi ini. 

Debut Bulan Depan

Logo SM Entertainment. (SM Entertainment via Soompi)
Logo SM Entertainment. (SM Entertainment via Soompi)

Dilansir dari Soompi, SM Entertainment telah secara resmi mengonfirmasi bahwa aespa adalah nama girl group baru mereka. Grup yang belum diketahui siapa personelnya ini, akan debut pada November mendatang.

Arti Nama

Lantas, apa arti di balik nama aespa? 

Nama ini rupanya datang dari kata-kata "avatar", "experience", dan "aspect." SM menyebut bahwa maknanya adalah "dapat mengalami dunia yang baru lewat avatar lain dari dirimu".

Sementara kata "aspek" juga berarti bahwa grup ini memiliki banyak sisi.

Spekulasi

Sebelum pengumuman tentang aespa dirilis, warganet sudah ramai berspekulasi tentang siapa anggota girl group baru SM Entertainment nantinya. Pasalnya, sejumlah trainee kondang SM Entertainment seperti Yiyang, Lami, dan beberapa nama lainnya diduga sudah keluar dari agensi ini. 

NCT dan Red Velvet

SM Entertainment sendiri, grup terakhir yang didebutkan adalah NCT pada 2016. Sementara girl group terakhir yang dilahirkan agensi ini, adalah Red Velvet pada 2014. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Depok Siapkan 7.766 Nakes Untuk Vaksinasi 1,4 Juta Warga

Posted: 25 Oct 2020 09:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Depok menyiapkan 7.766 Tenaga Kesehatan (Nakes) untuk memberikan vaksin Covid-19 bagi 1,4 juta warga. Seluruh nakes diisi dari tenaga profesional bidang kesehatan, seperti perawat serta dokter.

"Saya pastikan semua sudah terlatih dan memang tenaga profesional dari paramedis tenaga kesehatan," jelas Pjs Wali Kota Depok Dedi Supandi, Senin (26/10/2020).

Dedi mengatakan, saat ini pihaknya masih melatih tenaga kesehatan tersebut, mengingat waktu pelaksanaan pemberian vaksin tahap pertama tinggal beberapa hari lagi.

"Kita targetkan uji klinis vaksin 15 hari dari waktu simulasi kemarin. Sambil menunggu, kami melatih kesiapan Nakes, baik tata cara pelaksanaan dan lainnya," ungkapnya.

Pemberian vaksin akan dilakukan sebanyak dua kali bagi warga yang sudah terdata. Dedi juga menjelaskan, tahap pertama yang menerima vaksin adalah kelompok yang beresiko tinggi, seperti tenaga medis dan paramedis yang secara intents kontak erat dengan pasien positif Covid-19.

Sasaran berikutnya, bagi kelompok pelayan publik, seperti TNI, Polri, petugas BPJS. Lalu, tahap ketiga menyasar pada masyarakat yang juga memiliki resiko tinggi karena kerap beraktifitas soal pencegahan Covid-19.

"Itu sasarannya, wartawan, RT RW, dan satgas kampung siaga di lingkungan," ungkap Dedi.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Satu Orang Butuh Waktu 5 Menit

Sementara, Kepala UPTD Puskesmas Tapos Dr Trisna Setiawan membeberkan, pihaknya sudah mendata 26.000 warga untuk menerima vaksin.

"Jumlah sebanyak itu, khusus untuk kewilayah Puskesmas Tapos saja," ungkap Trisna.

Ia menambahkan, sebanyak 7 dokter, 7 bidan, dan 11 perawat sudah dinyatakan siap untuk melaksanakan pemberian vaksin bagi warga Tapos.

"Kalau total semuanya ada 62 karyawan di Puskesmas Tapos. Sekitar 34 itu dari ASN sisanya tenaga penunjang," ujarnya.

Setelah menjalani simulasi, Trisna menerangkan, satu orang membutuhkan sekitar waktu 5 menit untuk proses vaksinasi, mulai dari pendaftaran hingga pengecekan kesehatan, setelah itu berlanjut ke penyuntikan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ratusan Guru di Tangerang Ciptakan Quiz Tayo Usir Jenuh Belajar Online

Posted: 25 Oct 2020 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Usir kejenuhan siswa belajar jarak jauh, ratusan guru di Kota Tangerang membuat kuis berbasis games menarik yang bisa diakses ribuan siswa kapan pun dan dimanapun.

Saat baru diluncurkan dan dicoba langsung oleh Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, Quiz Tayo tersebut berisikan pengetahuan umum tentang Kota Tangerang serta mata pelajaran Kurikulum 2013.

Misalnya, sejarah dan kebudayaan Kota Tangerang, Matematika, Bahasa Indonesia ataupun lainnya. Kemudian, bisa melibatkan ribuan pelajar untuk sekali permainan, score yang tertinggi dialah pemenangnya.

"Kita sama-sama tahu, pelajar ini sepertinya sudah jenuh melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ), jadi ini salah satu solusi untuk mengusir kejenuhan namun tetap berisi ilmu pengetahuan atau pembelajaran," ujar Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Jamaludin, Senin (26/10/2020).

Untuk membuat game ini, Dindik melibatkan sekitar 250 guru di Kota Tangerang dari tingkat SD dan SMP.

Refreshing

"Soal kuis yang ada itu 1.000 sampai 1.500 soal untuk siswa SD sampai SMP, jadi nanti guru akan mengintruksikan siswa membuka web Tangerang Belajar atau buka aplikasi Tangerang Live, cari Tangerang Belajar, nanti ada Quis Tayo di sana," jelas Jalamuddin.

Dengan diciptakannya games tersebut, diharapkan siswa bisa merefreshing rasa kebosanan terhadap pembelajaran jarak jauh akibat pandemi Covid-19 ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Dalami Kasus Rachmat Yasin Lewat Sekda Singasari dan Pengelola Pesantren

Posted: 25 Oct 2020 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Daerah Singasari Naman Supratmansyah dan pengelola pesantren bernama Lesmana dipanggil tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (26/10/2020). Keduanya akan diperiksa dalam kasus pemotongan uang dan gratifikasi Bupati Bogor Rachmat Yasin.

"Keduanya akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka RY (Rachmat Yasin)," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Senin (26/10/2020).

KPK menetapkan Rachmat Yasin, Bupati Bogor periode 2009-2014 dalam dua kasus, yakni dugaan pemotongan uang dan gratifikasi. Rachmat Yasin dijerat dengan kasus dugaan "memalak" dan "menyunat" para satuan perangkat kerja daerah (SKPD) selama menjabat Bupati Bogor.

Rachmat Yasin diduga meminta, menerima atau memotong pembayaran dari beberapa SKPD Rp 8.931.326.223. Setiap SKPD diduga memiliki sumber dana yang berbeda untuk memberikan dana kepada Rachmat Yasin.

Uang tersebut diduga digunakan Rachmat Yasin untuk biaya operasional dan kebutuhan kampanye Pemilihan Kepala Daerah dan Pemilihan Legislatif yang diselenggarakan pada 2013 dan 2014.

Selain itu, Rachmat Yasin juga diduga menerima gratifikasi, yaitu berupa tanah seluas 20 hektare di Jonggol, Kabupaten Bogor dan Toyota Velflre senilai Rp 825 juta.

Untuk penerimaan gratifikasi berupa tanah seluas 20 hektare, Rachmat Yasin sengaja meminta kepada anak buahnya untuk memeriksa satu bidang tanah seluas 350 hektare. Pemilik tanah tersebut hendak membangun pesantren di tanah tersebut.

Pada tahun 2010 seorang pemilik tanah seluas 350 hektare yang terletak di Desa Singasan dan Desa Cibodas, Kecamatan Jonggol Kabupaten Bogor ingin mendirikan Pondok Pesantren dan Kota Santri. Untuk itu pemilik tanah berencana akan menghibahkan tanahnya seluas 100 hektare agar pembangunan pesantren terealisasi.

Pemilik tanah tersebut kemudian menyampaikan maksudnya untuk mendirikan pesantren pada Rachmat Yasin melalui stafnya. Rachmat Yasin menjelaskan agar dilakukan pengecekan mengenai status tanah dan kelengkapan surat-surat tanahnya.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Minta Bagian Tanah

Pada pertengahan tahun 2011, Rachmat Yasin melakukan kunjungan lapangan di sekitar daerah pembangunan Pondok Pesantren tersebut. Melalui perwakilannya, Rachmat menyampaikan ketertarikannya terhadap tanah tersebut. Rachmat juga meminta bagian agar tanah tersebut juga dihibahkan untuknya.

Pemilik tanah kemudian menghibahkan atau memberikan tanah seluas 20 Ha tersebut sesuai permintaan Rachmat Yasin. Diduga Rachmat mendapatkan gratifikasi agar memperlancar perizinan lokasi pendirian Pondok Pesantren dan Kota Santri.

Rachmat Yasin sendiri diketahui baru bebas pada 8 Mei 2019. Dia sebelumnya dijerat dalam kasus suap rekomendasi tukar menukar kawasan hutan di Kabupaten Bogor Tahun 2014 atas nama PT Bukit Jonggol Asri seluas 2.754 Hektare.

Rachmat Yasin divonis 5 tahun 6 bulan penjara. Dalam perkara yang diawali operasi tangkap tangan (OTT) pada 7 Mei 2014, KPK juga memproses FX Yohan Yap (swasta), M Zairin (KepaIa Dinas Pertanian dan Kehutanan Bogor) dan Kwee Cahyadi Kumala, Komisaris Utama PT. Jonggol Asri dan Presiden Direktur PT. Sentul City.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani Beberkan Praktik Calo Anggaran, Bawa Map Isi Uang Sogokan

Posted: 25 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawari mengklaim bahwa sistem pengelolaan keuangan RI sudah mengalami reformasi secara fundamental sejak 2003-2004. Hal itu terjadi setalah pemerintah Indonesia menelurkan 3 paket Undang-Undang (UU), diantaranya UU Keuangan Negara, Perbendaharaan Negara dan mengenai Pengawasan atau Pertanggungjawaban Keuangan Negara.

"Sejak 2003, 2004 berarti sudah 16-17 tahun lalu. Fungsi pembendahraaan negara atau treuasury function di Indonesia telah dilaksankan dan dilegeasikan kepada Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJBP)," katanya dalam video conference di Jakarta, Senin (26/10).

Dia mengataka, lahirnya DJBP merupakan titik awal reformasi perbendaharaan di Republik ini. Sejak saat itu DJPB lakukan berbagai insitaif dan inoavsi dalam lakukan moderenisasi, perbaikan tata kelola dan pengelolaan dari sisi peningfkatan reputasi dan kreidbitlitas.

"Saya sangat ingat betul sebab saya menjadi Menkeu sejak tahun 2005 dan waktu itu masa awal dari Kemenkeu lakskankan UU 17, dan UU 1, UU keuangan negara dan pembendahraan," kata dia.

Bendahara Negara ini menambahkan, DJPB yang baru dibangun waktu itu memiliki reputasi yang tidak baik. Sri Mulyani melihat hampir di semua kantor-kantor pembendahraan masih banyak sekali orang antre bawa map dan muncul calo-calo untuk bisa mencairkan anggaran.

"Sehingga reputasi kalau mau pergi dan urus pencairan anggaran Anda perlu membawa map yang isinya sebenarnya uang sogokan," katanya.

Kondisi tersebut, menjadi titik awal pemerintah lakukan reformasi perbendaharaan di DJPB. Kemudian melakukan reformasi total dimulai pertama dibuat front office, middle office dan back office. Di mana front office dilakukan untuk memberikan pelayanan yang transparan sehingga tidak dipertemukan dengan middle dan back office.

"Itu cara pertama untuk mulai membersihakan adanya calo-calo anggaran waktu itu. Jadi kantor kantor jadi kantor pelayanan pembendaharaan jadi relatif baik," ungkapnya.

Otomatisasi

Menkeu Kabinet Kerja periode 2014-2019, Sri Mulyani diperkenalkan dalam pengumuman menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Sri Mulyani kembali dipercaya Presiden Jokowi menjabat sebagai Menkeu Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2014. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Menkeu Kabinet Kerja periode 2014-2019, Sri Mulyani diperkenalkan dalam pengumuman menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Sri Mulyani kembali dipercaya Presiden Jokowi menjabat sebagai Menkeu Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2014. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Kemudian dilakukan otomatisasi di dalam pelayanan, sehingga masyrakat menjadi semakin tahu dan ada reform yang lebih fudamenetal bagiamna pemerimtah menerapkan modul penerimaan negara. Bagaimana sisi arus uang masuk dari sisi pajak atau sisi PNBP masuk ke kas negara melalui perbankan.

Serta kemudian bagaimana penyetoran bisa melalui seluruh bank atau saat ini disbeut bank persepsi atau bank yang ditunjuk oleh kemenkeu menjadi bank penerima penyetoran uang negara.

"Sehingga tidak lagi ada interaski dengan temen temen di kemenkeu. Kemudian kita membentuk treasury singgle account dimana seluruh account dari keuangan negara yang dipegang seluruh Kementerian Lembaga harus seijin Menkeu," jelas dia.

Saat itu, kata Sri Mulyani masih banyak Kementerian Lembaga yang bisa buka account sendiri dan uang negara ditaruh disitu. Bahkan sering sekali tidak bisa dibedakan apakah uang tersebut berasal dari institusi atau dari keuangan pribadi dari bendahara negara.

Oleh karenanya, dengan treasury single account maka terjadi disiplin dan penertiban keseluruhan pengelolaan keuangan negara. Untuk bisa jaga cash, likduiats dan bagaimana mengatur pembendahraan uang masuk, uang keluar dan penerimaan serta bagaimana kita memanfaatkan dana yang ada di pemerintah.

"Maka kemudian dibentuk treasury billing room ini adalah untuk memastikan cash pemerintah terjaga cukup likuid untuk menjaga seluruh transaksi transkasi keuangan," katanya.

Dia memandang, revolusi atau perubahan yang ada di DJPB merupakan suatu langkah yang luar biasa. Bahkan, DJPB telah kembangkan berbagai macam sistem untuk mengatur agar pengelolaan pembendeahraan semakin baik maka dikembangkan sistem pembendahraan dan sistem anggaran negara atau SPAM, dan SAKTI.

"Dengan berbagai macam modernisasi dan reformasi ini kita melihat fungsi perbendaharaan di Indonesia semakin lama semakin baik," tandas dia.

Repoter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Profil Bos Besar Samsung Lee Kun-hee Bikin Penasaran

Posted: 25 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Artikel tentang profil Chairman of Samsung, Lee Kun-hee, yang meninggal dunia pada Minggu 25 Oktober 2020, bikin penasaran pembaca kanal Tekno Liputan6.com, Minggu (25/10/2020).

Selain itu, pembaca juga sangat penasaran dengan berita hacker mencuri data server lembaga pemerintah jelang pilpres AS, dan soal hakim tolak permintaah pemerintah AS untuk hapus WeChat dari toko aplikasi.

Lebih lengkapnya simak berita berikut ini.

1. Profil Lee Kun-hee, Bos Besar Samsung yang Jadi Orang Terkaya di Korea Selatan

Chairman of Samsung, Lee Kun-hee, meninggal dunia pada Minggu (25/10/2020) di Seoul, Korea Selatan. Ia mengembuskan napas terakhir pada usia 78 tahun.

Samsung mengumumkan meninggalnya Lee Kun-hee, tetapi tidak merinci penyebabnya. Ia diketahui lumpuh sejak serangan jantung pada tahun 2014.

Ketika Lee Kun-hee mengambil alih Samsung Group pada 1987, setelah kematian ayahnya Lee Byung-chull, banyak kalangan di negara Barat mengetahui kalau Samsung hanya pembuat televisi murah dan gelombang mikro yang tidak dapat diandalkan (selalu dijual di toko diskon).

Baca Selengkapnya di Sini

 

2. Hacker Rusia dan Iran Curi Data Server Lembaga Pemerintah Jelang Pilpres AS

Pemerintah Amerika Serikat mengumumkan, menjelang Pilpres AS, ada kelompok hacker menargetkan serangan ke sejumlah jaringan milik lembaga di beberapa negara bagian.

Sejauh ini disebutkan bahwa hacker telah mencuri data setidaknya dari dua server.

Informasi ini diumumkan oleh pemerintah AS hanya dua minggu menjelang Pilpres AS.

Baca Selengkapnya di Sini

 

3. Hakim Tolak Permintaan Pemerintah AS untuk Hapus WeChat dari Toko Aplikasi

Pemerintah Amerika Serikat tampaknya begitu bersikeras menyingkirkan sejumlah aplikasi Tiongkok dari negaranya. Jika sebelumnya TikTok, kini giliran aplikasi pesan WeChat yang jadi sasaran.

Namun, seorang hakim di San Francisco AS baru-baru ini menolak permintaan Departeman Kehakiman untuk membatalkan keputusan yang memungkinkan Apple dan Google membuka platformnya untuk WeChat.

Baca Selengkapnya di Sini

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Champions: Matchday Kedua Digelar Pekan ini

Posted: 25 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Liga Champions akan kembali berlangsung pekan ini. Tidak seperti biasanya kali ini, matchday kedua digelar hanya selang seminggu setelah pekan pertama.

Duel yang paling dinantikan dari matchday kedua Liga Champions tak lain adalah pertemuan Juventus dengan Barcelona pada Kamis (30/10/2020) dinihari WIB.

Laga yang berlangsung di Allianz Stadium itu bakal menjadi pertemuan pertama Cristiano Ronaldo dengan Lionel Messi sejak pindah ke Juventus.

Sayangnya Ronaldo masih diragukan bisa main pada matchday kedua Liga Champions. Ronaldo terjangkit virus corona Covid-19. Jika masih positif, Ronaldo takkan bisa bermain.

Baik Juventus dan Barcelona tampil bagus mengawali Liga Champions 2020-2021. Kemenangan akan melapangkan jalan menjadi juara Grup G.

Duel Juventus melawan Barcelona ini merupakan satu dari empat laga yang akan tayang di SCTV. Simak jadwal lengkap Liga Champions lainnya di halaman berikutnya:

 

 

Selasa-Rabu

ilustrasi Liga Champions (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi Liga Champions (Liputan6.com/Abdillah)

Selasa 28 Oktober 2020

00.55 WIB, Lokomotiv vs Munchen (live SCTV)

00.55 WIB, Shakhtar vs Inter Milan

Rabu 29 Oktober 2020

03.00 WIB, Atletico vs Salzburg

03.00 WIB, Gladbach vs Real Madrid (live SCTV)

03.00 WIB, Porto vs Olympiakos

03.00 WIB, Marseille vs City

03.00 WIB, Liverpool vs Midtjlland

03.00 WIB, Atalanta vs Ajax

00.55 WIB, Krasnodar vs Chelsea (live SCTV)

00.55 WIB, Basaksehir vs PSG

Kamis

Kamis 30 Oktober 2020

03.00 WIB, Sevilla vs Rennes

03.00 WIB, Dortmund vs Zenit

03.00 WIB, Bruges vs Lazio

03.00 WIB, Juventus vs Barcelona (live SCTV)

03.00 WIB, Ferencvaros vs Kiev

03.00 WIB, MU vs Leipzig

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Eri Cahyadi Bakal Hapus Istilah Mayoritas dan Minoritas di Surabaya

Posted: 25 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya- Calon Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menjamin kebebasan beribadah di Surabaya jika terpilih dalam Pilkada Surabaya 2020. Ia menegaskan tidak boleh ada istilah minoritas dan mayoritas dalam beribadah.

"Semua harus dapat hak yang sama, saya tidak ingin ada radikalisme di Surabaya," ujarnya, seperti yang dikutip dari Antara, Senin (26/10/2020).

Eri Cahyadi akan memantapkan program kerukunan antarumat beragama dan menjamin kebebasan beribadah bagi seluruh agama khususnya kepada anak-anak sejak dini di sekolah-sekolah.

Ia ingin sekolah kembali seperti dulu. Artinya, di dalam satu kelas terdapat campuran murid dari berbagai suku dan agama.

"Saya ingin memunculkan sekolah seperti itu lagi jika terpilih," ucap Eri Cahyadi.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Onadio Leonardo Blak-blakan Pernah Kecanduan Narkoba Usia 21 Tahun dan 4 Alasan Bertobat

Posted: 25 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Belakangan ini salah satu musikus yang kariernya menanjak, Onadio Leonardo. Mulai dikenal publik lewat grup musik Killing Me Inside, Onadio Leonardo merambah ke dunia akting dan jadi YouTuber.

Diakui Onadio Leonardo, merintis karier di dunia seni bukanlah hal mudah. Sejumlah tantangan mengadang, salah satunya narkoba. Barang haram ini menggodanya di usia 21 tahun. Kala itu, ia terlena. 

"Killing Me Inside, di umur 21 tahun. Harusnya kalau gue bisa menjaga itu, i'm bigger-bigger-bigger in band. Tapi masalahnya gue mencandu obat terlarang," aku Onadio Leonardo.

Gue Suka Saja

Onadio Leonardo. (Foto: Instagram @onadioleonardo_official)
Onadio Leonardo. (Foto: Instagram @onadioleonardo_official)

"Karena di umur 21 tahun kan umur masih caur terus megang duit nih, lo bayangin. Pegang duit, nyari kesenangan, masih kecil, yang paling dekat kayaknya (narkoba) itu. Memang gue suka saja," lanjutnya.

Onadio Leonardo tak menjelaskan detail terkait jenis narkoba yang dikonsumsinya kala itu. Berkaca pada pengalaman ini, ia tak percaya bahwa orang mencandu narkoba karena faktor lingkungan.

Gue Enggak Pernah Percaya...

Onadio Leonardo. (Foto: Instagram @onadioleonardo_official)
Onadio Leonardo. (Foto: Instagram @onadioleonardo_official)

Ini disampaikannya saat jadi bintang tamu Podcast format video, bertajuk "Lo Katro Anjay Onadio Leonardo" di kanal YouTube Atta Halilintar, tayang pada Minggu (25/10/2020).

"Gue enggak pernah percaya kalau orang kecanduan narkoba itu karena lingkungan, enggak lagi. Dia suka, dia enggak tahu (rasanya), dia nyoba dulu," bintang film Pretty Boys ini menjelaskan.

 

Gue Iseng-iseng Doang

Onadio Leonardo. (Foto: Instagram @onadioleonardo_official)
Onadio Leonardo. (Foto: Instagram @onadioleonardo_official)

"Penasaran dulu, cuma begitu kecanduan (kemudian berdalih) ah ini gara-gara lingkungan, enggak lagi. Memang doyan tapi denial. Lo tahu itu salah tapi lo denial," Onadio Leonardo menyambung.

Ia mencontohkan diri sendiri. Kala mencandu narkoba, keluarga dan sahabat mengingatkan. Bukannya menurut, Onadio Leonardo menolak disebut junkie alias pencandu dan menganggapnya lumrah.

"Gue iseng-iseng doang. Normal," ucapnya.

Gue Takut Tertangkap

Onadio Leonardo. (Foto: Instagram @onadioleonardo_official)
Onadio Leonardo. (Foto: Instagram @onadioleonardo_official)

"Padahal enggak normal karena kecanduan. Itu juga bohong, karena gue suka. Itu alasan. (Susah tidur?) itu alasan, gara-gara nervous atau takut enggak laku, enggak," urai dia. Onadio Leonardo lalu berbagi alasan menceraikan narkoba.

"Pertama, gue takut ketangkep. Kedua, gue punya tanggungan istri dan anak. Ketiga, gue punya keluarga. Keempat, gue sudah ketuaan kali ya buat bandel," pungkas Onadio Leonardo.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Berbagai Manfaat Buah Mangga, Salah Satunya Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Posted: 25 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mangga adalah salah satu jenis buah-buahan tropis karena hanya tumbuh di iklim cukup hangat. Buah ini berasal dari Asia Selatan dan telah menyebar hingga Indonesia. Selain rasanya lezat, mangga kaya manfaat bagi kesehatan tubuh.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Temukan 137 Kasus Virus Corona, China Gelar Tes Massal COVID-19 di Xinjiang

Posted: 25 Oct 2020 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Beijing- Para pejabat China berpacu dengan waktu untuk meredam kasus Virus Corona COVID-19 di wilayah barat laut negara tersebut, setelah ditemukannya 137 infeksi baru. 

Pada 24 Oktober 2020, pengujian massal COVID-19 digelar untuk 4,75 juta penduduk di sekitar Kashgar, Provinsi Xinjiang. 

Dilaporkan Channel News Asia, Senin (26/10/2020) tes massal itu dilakukan setelah seorang pekerja pabrik garmen berusia 17 tahun dinyatakan positif COVID-19

Komisi Kesehatan Xinjiang menerangkan dalam konferensi pers bahwa semua kasus baru tanpa gejala itu terkait dengan sebuah pabrik di daerah Shufu tempat gadis remaja tersebut dan orangtuanya bekerja. 

Sementara itu, stasiun televisi nasional China CCTV dalam laporannya mengatakan bahwa sebuah tim khusus dari Komisi Kesehatan Nasional Beijing telah dikirim untuk menyelidiki kasus baru itu dan membantu langkah-langkah pencegahan.

Hingga Minggu 25 Oktober sore, lebih dari 2,8 juta sampel telah dikumpulkan di daerah itu sementara sisanya akan selesai dalam dua hari, menurut pernyataan dari pemerintah kota setempat. Per 25 Oktober, China telah melaporkan 20 kasus baru COVID-19 dan 161 infeksi tanpa gejala.

Semua kasus baru COVID-19 yang dikonfirmasi itu merupakan infeksi impor yang berasal dari luar negeri, menurut Komisi Kesehatan Nasional China. Sementara 161 infeksi baru tanpa gejala tersebut, yang tidak diklasifikasikan oleh China sebagai kasus yang dikonfirmasi, 138 di antara merupakan penularan lokal.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Penutupan Sekolah dan Pembatasan Perjalanan

Seorang wanita mengenakan masker untuk mencegah penyebaran virus corona memegang bendera nasional Kota Terlarang selama Hari Nasional di Beijing, Rabu, (7/10/2020). Turis Tiongkok melakukan 425 juta perjalanan domestik pada paruh pertama dari delapan hari libur Hari Nasional. (AP Photo/Andy Wong)
Seorang wanita mengenakan masker untuk mencegah penyebaran virus corona memegang bendera nasional Kota Terlarang selama Hari Nasional di Beijing, Rabu, (7/10/2020). Turis Tiongkok melakukan 425 juta perjalanan domestik pada paruh pertama dari delapan hari libur Hari Nasional. (AP Photo/Andy Wong)

Pemerintah setempat menegaskan, semua sekolah di Kashgar telah ditutup hingga 30 Oktober dan siapa pun yang meninggalkan kota harus menunjukkan hasil tes asam nukleat negatif. Laporan CCTV menunjukkan rekaman ratusan orang yang tampak antre untuk melakukan tes asam nukleat di luar rumah sakit dan pusat pengujian yang didirikan di seluruh kota.

Sementara di Urumqi, Ibu Kota Xinjiang, menjalani isolasi ketat selama berminggu-minggu setelah ditemukannya lebih dari 900 kasus COVID-19 yang dilaporkan pada pertengahan Juli 2020.

China sebelumnya telah menggelar tes massal bagi 11 juta penduduk Kota Qingdao pada awal Oktober 2020 setelah ditemukannya 13 kasus COVID-19.

Wilayah Kashgar, yang berada dekat perbatasan China dengan Pakistan, Afghanistan, Tajikistan dan Kyrgyzstan diketahui merupakan  jantung budaya etnis Uighur dan Muslim Turki lainnya. 

Banyak dari mereka mengeluhkan penindasan politik dan agama yang telah berlangsung lama, yang dibantah oleh pemerintah China.

Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona

Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Editan Foto Chef Arnold ala Warganet Ini Bikin Ketawa Geli

Posted: 25 Oct 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama Arnold Poernomo atau yang lebih dikenal dengan Chef Arnold ini memang sudah tak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Pria yang akrab disapa Arnold ini mulai dikenal sejak menjadi Juri MasterChef Indonesia bersama Chef Juna. 

Dalama acara tersebut, pria kelahiran Surabaya ini dikenal dengan sosok yang tegas. Namun, dalam dunia maya pria 32 tahun ini merupakan sosok yang humoris. Chef Arnold kerap menimpali pertanyaan warganet dengan jawaban-jawaban yang menggelitik.

Dekat dengan warganet, enggak heran kalau foto ayah satu anak ini kerap iseng diedit oleh warganet. Enggak bikin terlihat lebih ganteng, justru editan warganet ini nyeleneh dan bikin ketawa geli. Penasaran seperti apa potretnya? 

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas editan foto Chef Arnold yang bikin ketawa geli, Senin (26/10/2020)

1. Sebuah gambaran kalau Chef Arnold jadi beauty influencer. Cocok enggak Sis?

Editan Foto Chef Arnold (Sumber:Twitter/hwastar1117
Editan Foto Chef Arnold (Sumber:Twitter/hwastar1117

2. Enggak lagi ke galeri MasterChef, tapi ke bukit Teletubbies.

Editan Foto Chef Arnold (Sumber:Twitter/hwastar1117
Editan Foto Chef Arnold (Sumber:Twitter/hwastar1117

3. Wajah Chef Arnold yang melas, cocok banget nih sama tokoh kartun Sinchan.

Editan Foto Chef Arnold (Sumber:Twitter/hwastar1117
Editan Foto Chef Arnold (Sumber:Twitter/hwastar1117

4. Jangan salah tingkat liat ketampanan diri sendiri gini dong Chef. Jadi ikut malu nih.

Editan Foto Chef Arnold (Sumber:Twitter/99DERYCH
Editan Foto Chef Arnold (Sumber:Twitter/99DERYCH

5. Besok kalau sudah bosan jadi Chef, mungkin berminat menggantikan Blackpink.

Editan Foto Chef Arnold (Sumber:Twitter/hwastar1117
Editan Foto Chef Arnold (Sumber:Twitter/hwastar1117

6. Ada satu Chef Arnold aja sudah bikin pusing, gimana kalau sebanyak ini?

Editan Foto Chef Arnold (Sumber:Twitter/hwastar1117
Editan Foto Chef Arnold (Sumber:Twitter/hwastar1117

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Tetapkan 4 Tersangka Baru Kasus Megakorupsi e-KTP

Posted: 25 Oct 2020 09:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali mendalami kasus dugaan megakorupsi proyek e-KTP. Untuk mendalami hal tersebut, tim penyidik memeriksa Kadubdit Wil II Direktorat Bina Aparatur Kependudukan dan Pencatatan Sipil (BAKPS) Ditjen Dukcapil Kemendagri Lydia Ismu Martyati Anny Miryanti, dan PNS Ditjen Dukcapil Handoyo Subagyo.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan keduanya akan diperiksa untuk melengkapi berkas penyidikan Direktur Utama Perum Percetakan Negara RI (PNRI) sekaligus ketua Konsorsium PNRI Isnu Edhi Wijaya.

"Keduanya akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka ISE (Isnu Edhi Wijaya)," kata Ali saat dikonfirmasi, Senin (26/10/2020).

KPK menetapkan empat tersangka baru kasus korupsi proyek e-KTP.

Para tersangka e-KTP tersebut adalah mantan anggota Komisi II DPR RI Fraksi Partai Hanura Miryam S Haryani, Direktur Utama Perum Percetakan Negara RI (PNRI) sekaligus ketua Konsorsium PNRI Isnu Edhi Wijaya, Ketua Tim Teknis Teknologi Informasi Penerapan KTP, Husni Fahmi, dan Dirut PT Shandipala Arthaputra, Paulus Tanos.

Keempatnya disangkakan melanggar Pasal 2 ayat (1) atau Pasal 3 UU RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor sebagaimana telah diubah dengan UU RI Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas UU RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 jo Pasal 64 ayat (1) KUHPidana.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Sebelumnya 7 Orang

Sebelumnya, KPK lebih dahulu menjerat tujuh orang dalam kasus korupsi e-KTPyang merugikan negara Rp 2,3 triliun. Ketujuh orang tersebut sudah dinyatakan bersalah melakukan tindak pidana korupsi atas proyek senilai Rp 5,9 triliun.

Mereka adalah dua mantan pejabat Ditjen Dukcapil Kemendagri Irman dan Sugiharto yang masing-masing divonis 15 tahun penjara, mantan Ketua DPR Setya Novanto yang juga 15 tahun penjara, pengusaha Andi Narogong 13 tahun penjara, dan Anang Sugiana Sudihardjo seberat 6 tahun penjara.

Sedangkan Irvanto Hendra Pambudi dan Made Oka Massagung masing-masing 10 tahun penjara. Sementara itu, politikus Partai Golkar Markus Nari divonis 8 tahun penjara dalam tingkat kasasi.

Namun dalam perjalannya, MA menyunat vonis Irman dan Sugiharto. Hukuman Irman dipotong dari 15 tahun menjadi 12 tahun. Sementara Sugiharto dari 15 tahun menjadi 10 tahun.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar FTV Kisah Nyata Spesial: Keluargaku Adalah Orang Ketiga Dalam Rumahtanggaku, Senin 26 Oktober 2020

Posted: 25 Oct 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kisah Nyata Spesial adalah salah satu FTV Indosiar yang disukai pemirsa.

Anda bisa menyaksikan drama memikat khas Kisah Nyata Spesial setiap hari mulai pukul 11.30 WIB.

Seperti biasa Kisah Nyata Spesial juga bisa disaksikan via live streaming dengan klik tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Politikus Nasdem Ahmad Ali: Jangan Sampai Politik Identitas Terjadi di Pilkada Serentak

Posted: 25 Oct 2020 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Anggota Komisi III DPR RI Fraksi Nasdem, Ahmad M Ali mengkahawatirkan adanya praktik politik identitas di gelaran Pilkada serentak 2020 ini, khususnya di Pilkada Sulawesi Tengah (Sulteng). Menurutnya, praktik tersebut telah menodai kebebasan dalam berdemokrasi.

Ali mengungkapkan, dengan hadirnya politik identitas akan dapat melahirkan hal-hal negatif untuk masyarakat. Mulai dari hoaks, ujaran kebencian, dan kampanye hitam sebagai turunannya. Politik identitas bersandar pada Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan (SARA).

Padahal, kata dia, kelengkapan tersebut sesungguhnya tidak berhubungan dengan kualitas calon pemimpin, dalam hal ini Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Sulteng.

Lantaran hal yang demikian mudah dipakai untuk mengaburkan pemilih dari objektivitas.

"Dalam menghadapi Pilkada ini kita tidak harus menumbuh suburkan politik identitas. Karena sesungguhnya kami sepakat Pilkada ini adalah mencari pemimpin bukan untuk golongan tapi seluruh masyarakat Sulteng," ujar Ahmad M Ali di Tentena, Poso.

 

Lahirkan Perpecahan

Ali mengatakan, dampak paling ekstrem dari politik identitas ialah perpecahan di masyarakat. Karenanya dia mengajak masyarakat Provinsi Sulawesi Tengah agar dapat memilih pemimpin yang mempunyai rekam jejak yang jelas. Bukannya malah menyibukkan diri dan larut dalam hasutan berbasis SARA.

Oleh karenanya dia berharap Pilkada 2020 harus bebas dari politik identitas yang dapat membahayakan persatuan dan kesatuan. Sehingga dapat melahirkan seorang pemimpin yang benar - benar bisa memajukan dan menyejahterakan masyarakat.

"Siapa yang bisa memberikan gagasan lebih meyakinkan menyejahterakan masyarakat. Maka Insya Allah masyarakat akan berada pada  barisan tersebut tanpa melihat dia dari mana, agama mana dan kelompok mana," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

ICP Terdorong Positif, Penerimaan Negara Meningkat Hingga USD6,99 Miliar

Posted: 25 Oct 2020 09:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sentimen positif pasar global berhasil mendongkrak harga minyak dunia selama bulan September 2020. Realisasi rata-rata harga minyak mentah Indonesia atau Indonesian Crude Price (ICP) meningkat menjadi USD42 per barel hingga bulan September dari asumsi makro Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) sebesar USD38 per barel. Hal ini berdampak positif bagi penerimaan negara yang mencapai USD6,99 miliar atau 119% melebihi target APBN-P sebesar USD5,86 miliar.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi mengutarakan, realisasi ICP ini melampaui dari target ICP yang ditetapkan dalam APBN-P tahun 2020.

"Rata-rata ICP pada APBN-P sendiri ditetapkan USD38 per barel," ungkap Agung di Jakarta, Minggu (25/10).

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) memproyeksikan, munculnya COVID-19 gelombang ke-2 diperkirakan akan menyebabkan ICP rata-rata per tahun sebesar USD40 per barel, sehingga outlook penerimaan negara dari sektor hulu migas di akhir 2020 akan mencapai USD7,21 miliar.

 

Pengendalian Cost Recovery

Untuk pengendalian cost recovery, sampai dengan September 2020, realisasinya mencapai USD 5,97 miliar dari target sebesar USD 8,12 miliar atau sekitar 73,5 persen. Sementara itu, realisasi investasi di kuartal III sendiri ditopang Pertamina E&P, CPI, Pertamina Hulu Mahakam, BP Berau dan Eni East Sepinggan. Pencapaian tersebut memberikan dampak besar bagi perekonomian negara.

"Saat kondisi sulit seperti ini, tentunya Negara membutuhkan adanya perputaran ekonomi, kami yakin investasi hulu migas akan menciptakan multiplier effect bagi ekonomi Indonesia sehingga dapat memulihkan perekonomian," harap Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto saat menggelar konferensi pers secara virtual pada Jumat (23/10).

Kendati begitu, Dwi mengakui pandemi Covid-19 memiliki imbas pada pengelolaan sektor hulu migas.

"Akibat munculnya gelombang kedua pandemi Covid-19, kondisi permintaan minyak dunia masih belum stabil. Itu akan berdampak kepada gerakan harga minyak dunia," ungkapnya.

Menurutnya, Covid memberikan dampak pada penundaan beberapa proyek, pengurangan investasi. Dengan harga jual yang turun, maka turut mempengaruhi cashflow , dana akan lebih difokuskan pada Wilayah Kerja (WK) Migas yang produktif. Secara global, diperkirakan penurunan investasi di sektor migas sekitar 30 persen.

 

Produksi Wilayah Kerja Rokan

Heads of Agreement Wilayah Kerja (WK) Rokan yang telah ditandatangani pada 28 September 2020 memberikan ruang bagi SKK Migas untuk menjaga kelangsungan di WK Rokan hingga berakhirnya kontrak di 2021 mendatang.

"Target investasi di WK Rokan hingga Juli 2021 sebesar USD154 juta dengan rincian, untuk 2020 akan dilakukan pemboran 11 sumur dengan penambahan produksi sebesar 500 BOPD dan 2021 akan dilaksanakan pemboran 107 sumur dengan penambahan 5.000 BOPD," jelas Dwi. Jumlah sumur yang dibor akan bertambah seiring masuknya Pertamina Hulu Rokan di blok tersebut.

Saat ini, SKK Migas berupaya menjaga agar alih kelola dan alih operasi WK Rokan berjalan lancar dengan membentuk Tim Transisi Rokan. "Tim saat ini sedang melakukan proses tender untuk melengkapi peralatan-peralatan maupun barang-barang yang diperlukan dalam melaksanakan proses pemboran sesuai dengan kesepakatan HOA sehingga di akhir 2020 dapat dimulai," ujar Dwi.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Safari ke Perbatasan Surabaya, Machfud Temukan Jalan Tanah Liat

Posted: 25 Oct 2020 09:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Calon wali kota Surabaya Macfud Arifin berkomitmen meratakan pembangunan di Surabaya jika diberikan amanah menjadi Walikota di masa mendatang. Dia mengaku masih menemukan belum meratanya pembangunan di Surabaya saat berkunjung ke daerah perbatasan Surabaya dengan Gresik, yaitu Kelurahan Sumberrejo, Pakal.

"Pemerataan pembangunan akan kita lakukan di seluruh wilayah Kota Surabaya, termasuk di daerah pinggiran atau perbatasan, seperti di Sumberrejo ini," ujarnya Senin, (26/10/2020).

Machfud mengatakan pemerataan pembangunan dapat dilakukan, karena Kota Surabaya memiliki APBD yang cukup besar dalam kondisi normal, yakni Rp 10.3 triliun. Kendati dalam masa pandemi covid-19, APBD Surabaya menurun menjadi Rp 8.88 triliun, dia optimistis tetap dapat melakukan pemerataan pembangunan.

Ia pun membeberkan salah satu cara agar pemerataan pembangunan terwujud yakni dengan menyiapkan dana sebesar Rp. 150 juta untuk setiap RT. Dana ini diperuntukkan membiayai program-program pembangunan yang diajukan oleh RT.

"Insya Allah, kita pastikan pemerataan pembangun terwujud dengan program yang telah disiapkan. Dengan ini kita perjuangkan Kota Surabaya yang maju kotane dan makmur wargane serta berkeadilan," pungkas Machfud.

Eri Perbesar Subsidi

Pilkada Surabaya Diikuti dua pasangan calon, yaitu yaitu Eri Cahyadi-Armuji dan pasangan Machfud Arifin-Mujiaman

Sebelumnya, Calon Wali Kota Surabaya lainnya, Eri Cahyadi menyampaikan komitmennya untuk mendorong kualitas pendidikan di Kota Pahlawan, termasuk dengan memperbesar subsidi untuk sekolah swasta.

Mantan kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya itu tak ingin ketimpangan antara sekolah negeri dan swasta nantinya melebar.

"Jangan pilih kasih. Semua anak-anak kita, baik yang di negeri maupun swasta. Semua guru-guru terhormat kita, baik yang mengabdi di swasta maupun negeri. Kami benar-benar memperhatikan sekolah swasta. Bantuan Operasional Pendidikan Daerah (Bopda) untuk sekolah swasta akan kami perbesar," ujar Eri seusai bertemu dengan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Swasta Kota Surabaya, Kamis (22/10/2020).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dibuka Menguat, Rupiah Bakal Stagnan Sepanjang Hari Ini

Posted: 25 Oct 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) menguat tipis ada perdagangan awal pekan ini. Namun, mata uang garuda diprediksi akan stagnan sepanjang hari ini.

Mengutip Bloomberg, Senin (26/10/2020), rupiah dibuka di angka 14.650 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.660 per dolar AS. Menjelang siang, rupiah berada di level 14.667 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.650 per dolar AS hingga 14.680 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 5,78 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia, rupiah dipatok di angka 14.697 per dolar AS, menguat jika dibandingkan patokan sebelumnya yang ada di angka 14.738 per dolar AS.

Nilai tukar (kurs) rupiah pada Senin pagi bergerak stagnan seiring masih belum adanya titik temu paket stimulus lanjutan di Amerika Serikat.

"Hari ini sentimen negatif dari kebuntuan negosiasi stimulus AS dan meningkatnya kasus penularan COVID di dunia bisa menekan turun pergerakan rupiah terhadap dolar AS," kata Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures Ariston Tjendra dikutip dari Antara, Senin (26/10/2020).

Menurut Ariston, kekhawatiran pasar terhadap kemungkinan terganggunya pemulihan ekonomi karena buntunya negosiasi stimulus AS, bisa mendorong pasar mencari aman di dolar AS.

"Dari dalam negeri, pasar masih mewaspadai perkembangan penolakan UU Cipta Kerja," ujar Ariston.

Ariston memperkirakan hari ini rupiah berpotensi melemah di kisaran Rp14.600 per dolar AS hingga Rp14.750 per dolar AS.

Pada Jumat (26/10) lalu, rupiah ditutup stagnan alias sama seperti hari sebelumnya di posisi Rp14.660 per dolar AS.

 

Perdagangan Pekan Lalu

Petugas Bank tengah menghitung uang rupiah di Bank BRI Syariah, Jakarta, Selasa (28/2). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) melemah tipis pada perdagangan Selasa pekan ini. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Petugas Bank tengah menghitung uang rupiah di Bank BRI Syariah, Jakarta, Selasa (28/2). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) melemah tipis pada perdagangan Selasa pekan ini. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) ditutup stagnan di level 14.660 per dolar AS dari penutupan sebelumnya. Padahal rupiah sempat melemah 45 poin di pagi hari.

Sedangkan pada perdagangan minggu depan, mata uang rupiah kemungkinan akan dibuka fluktuatif dan melemah 50 poin. Namun ditutup menguat tajam 10-60 point di level 14.610 per dolar AS-14.690 per dolar AS.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi menilai, kondisi ini dipicu rilis data capaian investasi di Indonesia oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Capaian investasi Indonesia ini lebih baik dibandingkan ekspetasi para analis.

"Ini berkat rilis data Investasi yang sedikit lebih baik di bandingkan ekspektasi para analis, sehingga ada kemungkinan PDB di kuartal keempet akan lebih baik," kata Ibrahim, Jakarta, Jumat (23/10/2020).

Sebagaimana diketahui realisasi investasi pada triwulan ketiga ini naik 1,6 persen secara tahunan. Angka ini jauh membaik dibandingkan triwulan II-2020.

Saat itu realisasi investasi tumbuh negatif 4,3 persen. Adapun nilai investasinya sebesar Rp 191,9 triliun, Maka, secara kumulatif Januari-September 2020 naik 1,7 persen (you) atau sebesar Rp 611,6 triliun.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

20 Makanan Khas Suku Minangkabau, Dominasi Rasa Pedas dan Kaya Rempah

Posted: 25 Oct 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Makanan khas suku Minangkabau sangat terkenal dan punya banyak penggemar. Makanan khas suku Minangkabau ini lebih dikenal dengan masakan Padang. Sebenarnya, Minangkabau meliputi daratan Sumatera Barat dan sebagian daerah lain di Sumatera.

Citarasanya yang pedas dipadukan dengan aneka rempah khas Indonesia, membuat makanan khas suku Minangkabau menjadi idola banyak orang. Ada banyak jenis makanan khas suku Minangkabau mulai dari makanan berat, cemilan, kue tradisional hingga minuman.

Ada berbagai macam makanan khas suku Minangkabau sesuai daerahnya, antara lain Bukittinggi, Padang, Padang Panjang, Payakumbuh, Solok, Pesisir Selatan, Batusangkar, Agam, Dharmasraya dan sebagainya. Makanan khas suku Minangkabau dikenal banyak menggunakan santan dan daging.

Berikut makanan khas suku Minangkabau yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (26/10/2020).

Makanan khas suku Minangkabau

ilustrasi rendang. (Jilly Cheung/Asia One/AP Photos)
ilustrasi rendang. (Jilly Cheung/Asia One/AP Photos)

Rendang

Rendang merupakan makanan khas suku Minangkabau yang paling terkenal. Makanan ini bahkan dinobatkan sebagai salah satu makanan terlezat di dunia. Rendang merupakan daging yang diolah menggunakan rempah dan santan lalu dimasak dalam waktu yang lama. Rendang dapat bertahan hingga berminggu-minggu.

Dendeng balado

Dendeng balado adalah makanan khas suku Minangkabau dibuat dari irisan tipis dan lebar daging sapi yang dikeringkan lalu digoreng kering. Daging goreng ini lalu diberi bumbu balado. Balado adalah teknik memasak khas Minangkabau dengan cara menumis cabe giling dengan berbagai rempah, biasanya bawang merah, bawang putih, jeruk nipis.

Nasi Kapau

Nasi Kapau merupakan nasi campur khas Minangkabau. Makanan khas suku Minangkabau ini terdiri dari nasi, sambal, dan lauk pauk khas Kapau, gulai sayur nangka, gulai tunjang, gulai cangcang, gulai babek atau paruik kabau. Ciri khas dari nasi ini adalah adanya gulai nangka khas Kapaunya.

Makanan khas suku Minangkabau

Ilustrasi Gulai Credit: freepik.com
Ilustrasi Gulai Credit: freepik.com

Gulai banak

Gulai banak dalam bahasa Minangkabau berarti gulai otak. Makanan khas suku Minangkabau ini memiliki bahan utama otak sapi yang telah dipotong-potong. Otak sapi ini dimasak dalam bumbu gulai. Pada beberapa resep, gulai ini diberi irisan daun mangkok yang banyak sehingga mempunyai cita rasa yang amat khas.

Gulai itiak

Gulai itiak adalah makanan khas yang terkenal dari Koto Gadang Agam, di Bukittinggi. Masakan ini menggunakan itik sebagai bahan dasar, dengan bumbu cabe kriting hijau, laos, kunyit, jahe, daun salam daun jeruk dan daun kunyit. Bebek (itik) muda yang setelah dipotong lalu dibakar terlebih dahulu. Hasilnya adalah gulai bebek (itik) yang bewarna hijau.

Gulai paku

Gulai paku adalah makanan yang cukup populer di Sumatra Barat terutama di daerah pesisir barat. Gulai ini berbahan dasar daun pakis (paku), dengan bumbu santan, laos, cabe rawit hijau, asam kandis, dan kunyit.

Makanan khas suku Minangkabau

Ilustrasi Sate Credit: freepik.com
Ilustrasi Sate Credit: freepik.com

Gulai masin ikan

Hidangan ini merupakan varian dari gulai dengan bahan dasar utamanya adalah dari ikan. Ikan yang digunakan bisa ikan air laut maupun ikan air tawar, namun yang umum dipakai antara lain tongkol, tenggiri, kakap, dan ikan mas.

Ciri khas yang menonjol dari hidangan ini adalah warna kuahnya yang kuning kental muncul karena penggunaan kunyit. Selain itu hidangan ini memiliki rasa yang kompleks mulai dari gurih, sedikit asam, sedikit asin, sedikit manis, dan pedas.

Sate Padang

Sate Padang adalah sebutan untuk tiga jenis varian sate di Sumatra Barat, yaitu Sate Padang, Sate Padang Panjang dan Sate Pariaman. Sate Padang memakai bahan daging sapi, lidah, atau jerohan (jantung, usus, dan tetelan) dengan bumbu kuah kacang kental ditambah cabai yang banyak sehingga rasanya pedas.

Sate Padang Panjang dibedakan dengan kuah satenya yang berwarna kuning sedangkan sate Pariaman kuahnya berwarna merah. Rasa kedua jenis sate ini juga berbeda. Sedangkan sate Padang mempunyai bermacam rasa perpaduan kedua jenis varian sate di atas.

Makanan khas suku Minangkabau

Ilustrasi Soto Padang Credit: freepik.com
Ilustrasi Soto Padang Credit: freepik.com

Soto Padang

Minangkabau juga punya resep sotonya sendiri yaitu soto Padang. Soto Padang merupakan soto kaldu sapi. Soto ini dihidangkan bersama irisan daging sapi yang sudah digoreng kering, bihun, dan perkedel kentang.

Kalio

Kalio adalah sebutan dari rendang setengah jadi, yang masih berwarna kecokelatan dibanding rendang yang berwarna cokelat kehitaman. Kalio bertekstur lengket dan basah dengan aroma karamel yang kuat. Seperti juga rendang, isi kalio biasanya daging sapi, ayam, limpa, hati sapi atau jengkol.

Ayam kurma

Ayam kurma merupakan makanan khas suku Minangkabau yang tak boleh dilewatkan. Meski dinamakan kurma, olahan ayam ini tidak menggunakan kurma sebagai bahannya. Ayam kurma merupakan olahan mirip gulai dengan rempah-rempah yang kuat seperti kapulaga, cengkih, bunga lawang, dan jahe.

 

Makanan khas suku Minangkabau

Ilustrasi Asam Pedas Credit: freepik.com
Ilustrasi Asam Pedas Credit: freepik.com

Gajebo

Gajebo merupakan olahan daging sapi yang hampir semuanya terdiri dari lemak kenyal. Potongan lemak berdaging ini disajikan dengan kuah asam pedas atau asam padeh dan tidak menggunakan santan.

Palai Rinuak

Palai dalam bahasa Minang berarti pepes. Sementara rinuak merupakan jenis ikan kecil endemik di Danau Maninjau, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Ikan rinuak sekilas mirip ikan teri. Palai rinuak dibuat dengan mencampurkan ikan rinuak bersama bumbu khas Minangkabau.

Asam Pedas

Asam Pedas atau dalam bahasa Minang disebut asam padeh merupakan olahan berbagai jenis ikan dan hidangan laut seperti ikan tongkol, kakap, tuna, Ikan kembung, gurami, dan cumi-cumi sebagai bahan utama yang kemudian dibumbui dengan asam jawa, cabai, dan rempah-rempah lainnya.

Makanan khas suku Minangkabau

Bubur Kampiun . (Dok. Liputan6.com/Tri Ayu Lutfiani)
Bubur Kampiun . (Dok. Liputan6.com/Tri Ayu Lutfiani)

Lapek bugih

Lapek Bugih merupakan salah satu makanan khas suku Minangkabau yang terbuat dari tepung ketan yang dikukus dan dibungkus daun pisang. Lapek bugih biasanya memiliki isian gula merah atau parutan kelapa. Lapek bugih memiliki bentuk kerucut seperti piramida dan terasa lengket dan agak kenyal.

Kacimuih

Makanan khas suku Minangkabau selanjutnya adalah kacimuih. Jajanan ini terbuat dari perpaduan Ketela pohon dan parutan Kelapa. Kacimuih disajikan dengan taburan Gula untuk menambah rasa. Kacimuih memiliki tekstur yang lunak dengan rasa yang gurih.

Bubur kampiun

Bubur kampiun merupakan makanan khas suku Minangkabau yang terdiri dari campuran ketan putih yang dikukus, bubur sumsum, bubur ketan hitam, kolak pisang/ubi, bubur kacang hijau dan candil. Bubur ini paling sering ditemukan saat bulan Ramadan.

Makanan khas suku Minangkabau

Ilustrasi dadiah Credit: unsplash.com/Sara
Ilustrasi dadiah Credit: unsplash.com/Sara

Dadiah

Dadih atau dadiah adalah yogurt tradisional khas Minangkabau yang terbuat dari susu kerbau. Dadih biasanya dikonsumsi sebagai sarapan pagi, dicampur dengan emping (sejenis kerupuk dari nasi) dan gula merah. Dadih dapat juga dijadikan sebagai lauk pendamping nasi.

Es tebak

Es tebak adalah varian es campur dari Sumatra Barat. Yang dimaksud dengan istilah "tebak" adalah olahan dari tepung beras ketan yang dicampur dengan tepung sagu dan dimasak dengan air garam dan kapur sirih. Setelah matang, adonan tersebut dicetak tipis seperti cendol. Barulah pelengkap lainnya seperti sirup merah, susu kental manis, dan es batu serut ditambahkan.

Teh talua

Teh Talua atau teh telur adalah minuman khas Sumatra Barat. Minuman ini merupakan menu wajib yang ada di warung atau restoran di Padang. Teh talua terdiri dari ampuran teh, gula dan telur dan sedikit perasan jeruk nipis.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Korlantas Polri Turunkan Tim Pengamat Wilayah saat Operasi Pengamanan Libur Panjang

Posted: 25 Oct 2020 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kakorlantas Polri menurunkan Tim Perwira Pengamat Wilayah (Pamatwil) dalam rangka pengamanan libur panjang dan Operasi Zebra 2020. Jajaran Polantas mengedepankan upaya humanisme kepada masyarakat dalam hal berkendara. 

Kakorlantas Polri Irjen Istiono menyampaikan, kondisi pandemi virus Corona atau Covid-19 memaksa penerapan gaya operasi yang berbeda.

"Konsep operasi yang digelar mengedepan upaya-upaya edukasi dan penerangan serta membangun kesadaran masyarakat. Operasi Zebra dilaksanakan secara simpatik, persuasif, dan humanisme mengingat dalam kondisi pandemi COVID-19," tutur Istiono di Kantor Korlantas Polri, Jakarta Selatan, Senin (26/10/2020).

Istiono menyebut, pihaknya bekerja sama dengan stakholder terkait seperti Kementerian Perhubungan, Jasa Raharja, hingga pemerintah daerah agar pengamanan arus lalu lintas libur panjang berjalan aman dan lancar. 

"Guna mengantisipasi lonjakan arus kendaraan pada libur panjang ini, sejumlah antisipasi telah diskenariokan. Seperti pengaturan contra flow, pengaturan buka tutup rest area, pengaturan gerbang tol dengan menambah petugas, dan pengaturan di kapal penyeberangan," jelas dia.

Apel pelepasan Pamatwil sendiri digelar di halaman gedung NTMC Polri, Jakarta, pagi ini. Acara tersebut juga dihadiri oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Korlantas Polri mengerahkan 160.916 personel tim gabungan untuk mengamankan libur panjang dan Operasi Zebra 2020. Rinciannya, 94.170 personel Polri, 24.448 personel TNI, dan unsur terkait lainnya sebanyak 42.298 personel. 

"Terdapat 645 pos keamanan dan pos terpadu yang disiapkan. Pos pengamanan difokuskan di jalur tol, rest area, jalur arteri, lokasi wisata, dan jalur alternatif ataupun tempat penyeberangan ASDP," kata Istiono.

 

Utamakan Protokoler Kesehatan

Wisatawan menaiki perahu saat mengunjungi TMII, Jakarta, Kamis (20/8/2020). Libur panjang yang bertepatan tahun baru islam di manfaatkan masyarakat bersama keluarga  berlibur ke sejumlah tempat wisata. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Wisatawan menaiki perahu saat mengunjungi TMII, Jakarta, Kamis (20/8/2020). Libur panjang yang bertepatan tahun baru islam di manfaatkan masyarakat bersama keluarga berlibur ke sejumlah tempat wisata. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumardi menambahkan, pihaknya serius bekerjasama dengan Polri untuk melakukan penanganan di berbagai titik kritis penumpukan kendaraan.

"Saya sengaja datang ke sini untuk menyampaikan pesan Presiden untuk menjaga libur panjang ini. Jangan sampai malah menjadi waktu penularan Covid-19. Jadikan protokol kesehatan itu panglima. Lakukan dengan konsisten, tidak boleh ada lalai dan harus dilakukan dengan kerjasama," ujar Budi Karya.

Dia menegaskan sudah melakukan pembicaraan dengan kepala daerah dan kepala dinas perhubungan terkait pesan Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu. 

"Saya berpesan kepada seluruh Kadishub dan insan Polri agar melaksanakan protokol kesehatan dengan baik," Budi Karya menandaskan

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Periksa Direktur Keuangan Waskita Karya Dalami Korupsi Subkon Fiktif

Posted: 25 Oct 2020 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih terus mendalami kasus dugaan korupsi terkait pelaksanaan pekerjaan subkontraktor fiktif pada proyek-proyek yang dikerjakan PT Waskita Karya.

Untuk mendalami hal tersebut, tim penyidik menjadwalkan memeriksa Direktur Keuangan PT Waskita Karya Haris Gunawan. Haris akan dimintai keterangan untuk melengkapi berkas penyidikan mantan Kepala Bagian (Kabag) Keuangan dan Risiko Divisi II PT Waskita Karya Yuly Ariandi Siregar (YAS).

"Saksi Haris Gunawan (Direktur Keuangan Waskita Karya) akan diperiksa untuk tersangka YAS," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Senin (26/10/2020).

Selain Haris, tim penyidik juga memeriksa Kasie Logistik Proyek CCTW1 PT Waskita Karya Ebo Sancoyo, PNS pada Dinas PU Pemprov DKI Jakarta tahun 2009-2011 Riswan Effendi, mantan Direktur Utama PT Jasa Marga Bali Tol Akhmad Tito Karim, dan PNS pada Kementerian Pekerjaan Umum Ditjen Cipta Karya Michael Tiwang.

"Mereka juga akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka YAS," kata Ali.

Dalam kasus dugaan korupsi pengerjaan sub kontraktor fiktif pada proyek-proyek yang dikerjakan PT Waskita Karya tahun anggaran 2009-2015, KPK menjerat lima tersangka.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Jerat 5 Orang

Mereka adalah Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Arryani, Direktur Utama PT Waskita Beton Precast Jarot Subana, dan Wakil Kadiv II Waskita Karya Fakih Usman, mantan Kepala Divisi (Kadiv) II PT Waskita Karya Fathor Rachman, serta mantan Kepala Bagian (Kabag) Keuangan dan Risiko Divisi II PT Waskita Karya Yuly Ariandi Siregar.

Desi Arryani ditetapkan sebagai tersangka dalam jabatannya sebagai mantan Kepala Divisi III/Sipil/II PT Waskita Karya. Sedangkan Jarot Subana, ditetapkan tersangka dalam jabatannya sebagai Mantan Kepala Bagian Pengendalian pada Divisi III/Sipil/II PT Waskita Karya.

Sementara Fakih Usman, ditetapkan sebagai tersangka dalam jabatannya sebagai mantan Kepala Proyek dan Kepala Bagian Pengendalian pada Divisi III/Sipil/II PT Waskita Karya.

Para pejabat Waskita Karya tersebut diduga telah memperkaya diri sendiri, orang lain, ataupun korporasi, terkait proyek fiktif pada BUMN. Sedikitnya, ada 14 proyek infrastruktur yang diduga dikorupsi oleh pejabat Waskita Karya. Proyek tersebut tersebar di Sumatera Utara, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Bali, Kalimantan Timur, dan Papua.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gaya Farah Quinn Pose Bareng Luna Maya dan Putrinya di Lapangan Golf

Posted: 25 Oct 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta -  Farah Quinn sering membagikan beragam kegiatannya di media sosial. Salah satunya adalah kegiatannya bermain golf. Chef yang pernah tinggal di Amerika Serikat ini kerap membagikan potret kegiatannya bermain golf baik sendiri maupun bersama teman-temannya.

Tak hanya di Jakarta, Farah juga terlihat pernah memainkan olahraga mahal ini di sejumlah daerah, seperti di Bintan dan Bali. Baru-baru ini Farah terlihat bermain golf bersama Luna Maya dan pengusaha Airyn Tanu.

Foto-foto mereka ketiganya bermain dan bergaya di lapangan golf diunggah di akun Instagram Airyn pada 20 Oktober 2020. Kalau dilihat dari gaya busana, Luna Maya dan Farah Quinn punya style yang berbeda.

Farah Quinn Bermain Golf. (dok.Instagram @farahquinnofficial/https://www.instagram.com/p/CGqr1RxhsYd/Henry)
Farah Quinn Bermain Golf. (dok.Instagram @farahquinnofficial/https://www.instagram.com/p/CGqr1RxhsYd/Henry)

Luna lebih memilih memakai long polo shirt yang dipadukan dengan sneakers merah muda dan topi berwarna pink. Sementara Farah mengenakan outfit golf dengan motif tie dye kekinian dan sneakers serta topi putih.

Lalu, Airyn memakai outfit putih dan rok pendek berwarna merah bermotif kotak-kotak. Dalam foto lainnya, Luna terligat memegang payung menutupi Farah Quinn di lapangan golf.

Farah Quinn sendiri juga mengunggah foto-fotonya di lapamgan golf bersama putrinya yang disapa Yaya. Dalam unggahan pada 23 Oktober, perempuan berusia 40 tahun itu terlihat memakai pakaian kembar dengan putrinya.

Mereka sama-sama mengenakan kaus polo biru muda, rok mini putih serta sneakers putih dan sarung tangan berwarna senada di tangan kanan mereka.

 

Farah Quinn Versi Mini

Farah Quinn Bermain Golf. (dok.Instagram @farahquinnofficial/https://www.instagram.com/p/CGqr1RxhsYd/Henry)
Farah Quinn Bermain Golf. (dok.Instagram @farahquinnofficial/https://www.instagram.com/p/CGqr1RxhsYd/Henry)

Keduanya juga sama-sama mengenakan masker warna-warni sambil membawa stik golf. Bedanya, Farah memakai topi putih sementara si kecil mengenakan pita biru muda untuk mengikat rambutnya.

Seperti keterangan foto tersebut, sang putri benar-benar terlihat seperti Farah dalam versi mini. Mereka juga sempat bergaya duduk di lapangan golf, tapi lucunya sang putri terlihat lebih asyik memainkan botol minuman di tangannya.

Saat diajak bermain golf, Yaya juga lebih tertarik mengejar burung yang ada di lapangan golf. Warganet pun banyak yang gemas melihat kebersamaan Farah Quinn bersama putrinya.

"mood booster setiap pagi : liatin story mbak yaya 😍 sehat bahagia selalu mbak yaya sholehah ❤️,"komentar seorang warganet.

"Masya Allah gemezzz... anak cantik, sehat, kelihatannya mandiri. Hebat ini mama nya dalam mendidik anaknya," komentar warganet lainnya tentang kebersamaan Farah Quinn dan putrinya.

Infografis Pakai Masker Kain SNI, Jangan Scuba dan Buff. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Pakai Masker Kain SNI, Jangan Scuba dan Buff. (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ajudannya Positif COVID-19, Mike Pence Nekat Lanjutkan Kampanye Jelang Pemilu AS

Posted: 25 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Washington D.C - Wakil Presiden AS Mike Pence berencana untuk mempertahankan jadwal kampanye pemilihannya yang sibuk meskipun dihadapkan pada seorang asisten senior yang dinyatakan positif COVID-19, kata juru bicaranya.

Menurut laporan BBC, Senin (26/10/2020), pasangan Donald Trump tersebut tidak akan mengisolasi diri meskipun telah menjadi kontak dekat Marc Short, kepala stafnya yang dinyatakan positif terinfeksi COVID-19.

Baik Pence maupun istrinya, keduanya memang telah dinyatakan negatif pada hari Minggu, kata kantornya.

Pence, yang memimpin Satuan Tugas Coronavirus Gedung Putih dan istrinya, Karen, tetap "dalam keadaan sehat", kata juru bicaranya Devin O'Malley dalam sebuah pernyataan.

"Sementara Wakil Presiden Pence dianggap sebagai kontak dekat dengan Tuan Short, dalam konsultasi dengan Unit Medis Gedung Putih, wakil presiden akan mempertahankan jadwalnya sesuai dengan pedoman CDC [Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit] untuk personel penting, " tambahnya.

Tindakan tersebut termasuk pemantauan rutin untuk gejala dan pemakaian masker. 

Pedoman CDC juga menyatakan bahwa mereka yang pernah melakukan kontak dekat dengan seseorang yang memiliki COVID-19 harus mengisolasi diri selama 14 hari.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

COVID-19 Jadi Bahan Kampanye

Wakil Presiden Mike Pence mendengarkan saat penantangnya, Senator Kamala Harris dari Partai Demokrat mengemukakan pendapat selama Debat cawapres Amerika Serikat di Kingsbury Hall, Universitas Utah di Salt Lake City, Rabu (7/10/2020).  (AP Photo/Patrick Semansky)
Wakil Presiden Mike Pence mendengarkan saat penantangnya, Senator Kamala Harris dari Partai Demokrat mengemukakan pendapat selama Debat cawapres Amerika Serikat di Kingsbury Hall, Universitas Utah di Salt Lake City, Rabu (7/10/2020). (AP Photo/Patrick Semansky)

Dengan angka infeksi di AS yang telah mencapai rekor tertinggi, COVID-19 menjadi topik utama dalam kampanye menjelang pemungutan suara 3 November.

Sekitar 59 juta surat suara telah diberikan dalam pemungutan suara awal, angka rekor yang sebagian besar dipicu oleh pandemi.

Penantang Trump dari Partai Demokrat, mantan Wakil Presiden Joe Biden, memiliki keunggulan rata-rata delapan poin dalam jajak pendapat nasional. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

XL Axiata Bikin Solusi IoT untuk Bantu Tingkatkan Kualitas Budidaya Ikan dan Udang

Posted: 25 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - XL Axiata mengembangkan solusi IoT untuk membantu pelaku usaha di berbagai segmen. Salah satunya untuk kalangan petani tambak, XL Axiata membuat solusi precision farming bernama "XL Smart Aquaculture".

Solusi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas budidaya ikan dan udang. Solusi ini telah diterapkan sejumlah petani tambak ikan kerapu dan udang di Jawa Timur.

Dalam keterangannya disebutkan solusi ini terbukti mampu meningkatkan produktivitas rata-rata sebesar 20 persen.

Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata Feby Sallyanto, mengatakan kehadiran solusi seiring dengan Indonesia yang merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Sayangnya Indonesia hanya menempati posisi keempat negara penghasil udang di dunia.

Rupanya, tantangan terbesar yang dihadapi petambak Indonesia dalam meningkatkan produksi budidaya dalam negeri adalah metode budidaya konvensional yang belum banyak mendapatkan sentuhan teknologi dan minimnya data historis, dan berbagai masalah lainnya.

"XL Smart Aquaculture memungkinkan metode budidaya dengan teknologi berbasis data yang presisi," kata Feby dalam keterangan resmi XL Axiata.

Dibantu Machine Learning

XL Axiata menghadirkan solusi IoT untuk mendukung hasil tambang ikan dan udang jadi lebih maksimal (Foto: XL Axiata)
XL Axiata menghadirkan solusi IoT untuk mendukung hasil tambang ikan dan udang jadi lebih maksimal (Foto: XL Axiata)

Solusi "XL Smart Aquaculture" bekerja dengan cara mengambil dan mengolah data kualitas air secara otomatis dengan memadukan IoT dan machine learning. Dengan demikian, petambak dapat langsung mengetahui keadaan tambak yang dikelolanya.

Variabel penting yang dimonitor pada XL Smart Aquaculture ini adalah kondisi air di tambak. Dengan mengetahui data keadaan tambak, mereka dapat melakukan berbagai hal seperti mencegah penyakit, menghindari pemberian pakan yang berlebihan, dan mengoptimalkan kapasitas tambak.

Manfaat lain dari solusi ini adalah kemudahan dalam membaca kondisi tambak.

Penggunaan Mudah

Penggunaan XL Smart Aquaculture cukup mudah, petambak hanya perlu mencelupkan sensor kualitas air, kemudian data akan secara otomatis muncul di layar smartphone atau tablet.

Petambak juga dapat memisahkan data tiap tambak, sehingga luas tambak 5.000 m2 hanya membutuhkan 1 unit alat.

Kurangi Kegagalan Panen

Selain itu, sistem pada solusi ini memudahkan pengguna untuk melakukan input data tambak, baik dari sisi kualitas air, data pakan, data panen, ataupun data penyakit.

"Metode budidaya dengan data akurat dapat mencegah dan menanggulangi masalah yang ada di perairan. Perlakuan yang tepat bagi komoditas yang dibudidayakan dapat meningkatkan produktivitas budidaya dengan kualitas hasil panen yang sesuai dengan permintaan pasar. Solusi ini juga mengurangi tingkat kegagalan panen," kata Feby.

Solusi ini dikembangkan untuk dapat tetap bekerja secara maksimal disaat tidak mendapat sinyal seluler. Selain itu, solusi ini dapat ditambahkan fitur-fitur atau alat lainnya sesuai kebutuhan.

Saat ini XL Smart Aquaculture telah diterapkan oleh para petani tambak di Pacitan dan Situbondo.

Di usianya yang ke-24, XL Axiata memperkuat komitmen untuk selalu mendukung pembangunan nasional melalui bidang telematika, termasuk dengan mendorong pemanfaatan layanan-layanan inovatif serta IoT untuk memajukan dunia usaha termasuk di kalangan UMKM.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sambut Libur Panjang, KAI Operasikan 87 KA Jarak Jauh per Hari

Posted: 25 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pada libur panjang pekan ini, PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengoperasikan rata-rata 87 KA Jarak Jauh per hari ke berbagai tujuan. Meningkat 16 persen dari pekan sebelumnya rata-rata 75 KA perhari. Penambahan KA ini lantaran adanya lonjakan penumpang jelang long weekend peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW pekan ini.

"Sampai dengan 25 Oktober, sudah 83 ribu tiket yang terjual untuk periode 27 Oktober s.d 1 November 2020 atau 37 persen dari total tiket yang disediakan," beber VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangn rasmi, Senin (26/10/2020).

Lonjakan penumpang ini juga dibarengi dengan membludaknya peserta rapid test di stasiun. Untuk itu, Joni menyarankan pelanggan untuk melakukan Rapid Test selambatnya H-1 tanggal keberangkatan.

"Karena jika dilakukan pada hari keberangkatan, pelanggan akan terburu-buru karena diharuskan mengantri terlebih dahulu. Bahkan, dikhawatirkan pelanggan dapat terlambat dan tertinggal oleh kereta yang sudah dipesan," jelas Joni.

Joni mengimbau agar masyarakat mematuhi seluruh protokol kesehatan yang telah ditetapkan dan selalu menerapkan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

"KAI secara konsisten menerapkan protokol kesehatan yang ketat pada perjalanan Kereta Api di masa libur long weekend ini. Tujuannya untuk menjadikan Kereta Api sebagai moda transportasi yang aman, nyaman, selamat, dan seluruh pelanggannya sehat sampai di tujuan," tutup Joni.

Libur Panjang, KAI Tambah 57 Perjalanan Kereta Api

PT KAI Daop 8 Surabaya memberikan diskon tiket dalam rangka hari ulang tahun ke-75 (Foto: Dok PT KAI Daop 8 Surabaya)
PT KAI Daop 8 Surabaya memberikan diskon tiket dalam rangka hari ulang tahun ke-75 (Foto: Dok PT KAI Daop 8 Surabaya)

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menambah perjalanan kereta api yang melayani pelanggan sebanyak 13 persen dalam rangka menyambut libur Maulid Nabi Muhammad SAW dan cuti bersama akhir Oktober.

Penambahan perjalanan KA ini untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah pelanggan pada masa libur long weekend tersebut.

"Pada masa libur panjang akhir pekan nanti, KAI siap melayani pelanggan dengan menambah perjalanan KA. Dengan begitu akan semakin banyak pelanggan yang dapat menikmati perjalanan kereta api yang aman, nyaman, selamat, dan sehat," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus kepada wartawan, Jumat (23/10/2020).

Jumlah perjalanan Kereta Api Jarak Jauh yang melayani pelanggan pada periode 27 Oktober s.d 1 November 2020 sebanyak 505 KA, naik 13 persen dibandingkan pada 20 s.d 25 Oktober sebanyak 448 KA.

KA favorit masyarakat yang dapat dipesan di masa Long Weekend nanti diantaranya KA Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya Pasarturi - Gambir pp, KA Argo Parahyangan relasi Bandung - Gambir pp, KA Jayakarta relasi Surabaya Gubeng - Jakarta Kota pp, KA Kertajaya relasi Surabaya Pasarturi - Pasar Senen pp, dan berbagai KA lainnya.Peningkatan jumlah perjalanan KA ini secara otomatis menambah jumlah tempat duduk yang KAI sediakan.

Jumlah tempat duduk KA Jarak Jauh pada 27 Oktober s.d 1 November 2020 sebanyak 221.193 tempat duduk, naik 13 persen dibandingkan dengan 20 s.d 25 Oktober sebanyak 195.211 tempat duduk.

Tiket KA Long Weekend libur Maulid Nabi Muhammad SAW dan cuti bersama akhir Oktober sudah dapat dipesan mulai H-14 di aplikasi KAI Access, situs kai.id, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya.

Dapatkan Railpoint dari setiap pembelian tiket KA Jarak Jauh Komersial dengan melakukan registrasi pada aplikasi KAI Access versi terbaru.

Selain itu, dengan melakukan transaksi tiket KA di aplikasi KAI Access, pelanggan dapat langsung memesan Taksi Bluebird untuk melanjutkan perjalanan dari stasiun kedatangan ke tujuan akhir secara praktis.

"KAI tetap mengedepankan protokol kesehatan saat melayani pelanggan pada libur Long Weekend. Protokol tersebut seperti pelanggan diharuskan dalam kondisi sehat dan menunjukkan Surat Bebas Covid-19 (Tes PCR/Rapid Test) yang masih berlaku (14 hari sejak diterbitkan). Guna menjaga jarak selama perjalanan, KAI juga hanya menjual tiket sebanyak 70 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia," tegas Joni.

Layanan Rapid Test di Stasiun

Calon penumpang melakukan rapid test di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (27/7/2020).  Penyediaan layanan Rapid Test merupakan bentuk peningkatan pelayanan KAI dalam rangka menerapkan protokol kesehatan yang ketat pada moda transportasi kereta api. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Calon penumpang melakukan rapid test di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (27/7/2020). Penyediaan layanan Rapid Test merupakan bentuk peningkatan pelayanan KAI dalam rangka menerapkan protokol kesehatan yang ketat pada moda transportasi kereta api. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebagai upaya peningkatan pelayanan dalam menerapkan protokol kesehatan, KAI menyediakan layanan rapid test di 30 stasiun, yaitu Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, Kiaracondong, Cirebon, Cirebon Prujakan, Semarang Tawang, Tegal, Purwokerto, Kroya, Kutoarjo, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Blitar, Kertosono, Jombang, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, Malang, Sidoarjo, Mojokerto, Jember, Ketapang, Kertapati, Prabumulih, Muara Enim, Lahat, Tebing Tinggi, dan Lubuk Linggau.

Penyediaan layanan rapid test di stasiun bertujuan untuk memudahkan pelanggan sehingga tidak perlu mencari tempat rapid test di luar. Sejak dibuka, jumlah pelanggan yang menggunakan layanan tersebut sudah mencapai 190 ribu pelanggan.

Konsistensi KAI dalam menerapkan protokol kesehatan di lingkungan kereta api telah diakui dengan diperolehnya Safe Guard Label SIBV.

Safe Guard Label SIBV ini telah mengacu pada parameter yang disusun oleh ahli dan auditor Bureau Veritas, international best practices, World Health Organization (WHO), regulasi Kementerian Kesehatan, Kementerian Perhubungan, dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Joni mengatakan masyarakat tidak perlu ragu lagi dalam menggunakan berbagai layanan KAI, karena KAI telah dispilin dalam menerapkan protokol kesehatan. Ia berharap minat masyarakat untuk menggunakan kereta api kembali seperti sebelum adanya pandemi."Perjalanan KA libur long weekend ini diharapkan dapat dimanfaatkan masyarakat dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan menerapkan 3M yaitu, mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak," tutup Joni. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persaingan Juara MotoGP 2020, Maverick Vinales Sudah Lempar Handuk

Posted: 25 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Maverick Vinales memberi sinyal lempar handuk terkait persaingan di MotoGP 2020. Pembalap Monster Energy Yamaha itu merasa sulit mengejar ketertinggalan dengan motor yang ada sekarang.

Maverick Vinales karena hanya finis di posisi ketujuh pada MotoGP Teruel. Start di posisi keempat, posisinya terus melorot dengan masalah grip di motor.

Sedangkan pembalap satelit Franco Morbidelli justru meraih kemenangan di MotoGP Teruel. Dia mampu ungguli duo Suzuki, Alex Rins dan Joan Mir yang menyusul di posisi dua dan tiga.

Secara matematis, Vinales masih bisa mengejar ketertinggalan dari Joan Mir di klasemen MotoGP. Dia tertinggal 19 poin saja, tapi sulit kalau Mir konsisten.

Vinales menilai Yamaha tak mengalami perkembangan apa-apa setelah tes di Malayasia. Dia hanya bisa berdoa dapatkan motor bagus di MotoGP Valencia pada 8 November nanti.

 

Putus Asa

Pembalap MotoGP Maverick Vinales . (AP Photo/Antonio Calanni)
Pembalap MotoGP Maverick Vinales . (AP Photo/Antonio Calanni)

Vinales memang pantas kecewa. Dalam berbagai balapan, dia selalu menunjukkan kecepatan sempurna saat kualifikasi.

"Tidak mungkin rasanya kejar ketertinggalan dengan motor yang kami punya sekarang," ujarnya seperti dikutip Motorsport.

"Suzuki sekarang ada di level berbeda. Kami tak bisa berbuat apa-apa, kami hanya bisa berdoa bisa mendapatkan motor sempurna di Valencia. Start sempurna, finis pertama dan tak tercecer."

 

Suzuki Sempurna

Pembalap Yamaha Monster Energy, Maverick Vinales (AP Photo/Antonio Calanni)
Pembalap Yamaha Monster Energy, Maverick Vinales (AP Photo/Antonio Calanni)

Vinales menilai Yamaha kesulitan untuk menyaingi Suzuki. Soalnya tim berlambang huruf S ini bisa melakukan segalanya.

"Kami tak punya senjata yang tepat untuk melawan Suzuki. Sepertinya mereka bisa membelok lebih cepat, punya kecepatan di tikungan dan tidak melebar," ujarnya.

 

Tak Ada Grip

 

Yamaha disebutnya punya DNA bagus saat membelok dan corner speed. Itulah yang membuat Franco Morbidelli keluar sebagai pemenang.

"Saya tak punya grip sepanjang lomba, motor juga banyak bergetar," ujarnya.

Klasemen MotoGP

Posisi-Perubahan-Pembalap-Asal-Tim (Motor)-Poin (Defisit)

1. = Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) 137

2. = Fabio Quartararo FRA Petronas Yamaha (YZR-M1) 123 (-14)

3. = Maverick Viñales SPA Monster Yamaha (YZR-M1) 118 (-19)

4. ^2 Franco Morbidelli ITA Petronas Yamaha (YZR-M1) 112 (-25)

5. ˅1 Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (GP20) 109 (-28)

6. ^1 Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) 105 (-32)

7. ˅2 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V) 92 (-45)

8. ^1 Pol Espargaro SPA Red Bull KTM (RC16) 90 (-47)

9. ˅1 Jack Miller AUS Pramac Ducati (GP20) 82 (-55)

10. = Miguel Oliveira POR Red Bull KTM Tech3 (RC16) 79 (-58)

11. ^2 Danilo Petrucci ITA Ducati Team (GP20) 71 (-66)

12. ˅1 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)* 67 (-70)

13. ˅1 Alex Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)* 67 (-70)

14. ^1 Johann Zarco FRA Reale Avintia (GP19) 64 (-73)

15. ˅1 Valentino Rossi ITA Monster Yamaha (YZR-M1) 58 (-79)

16. = Francesco Bagnaia ITA Pramac Ducati (GP20) 42 (-95)

17. ^2 Iker Lecuona SPA Red Bull KTM Tech3 (RC16)* 27 (-110)

18. ˅1 Aleix Espargaro SPA Aprilia Gresini (RS-GP) 27 (-110)

19. ˅1 Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) 26 (-111)

20. ^1 Stefan Bradl GER Repsol Honda (RC213V) 12 (-125)

21. ˅1 Bradley Smith GBR Aprilia Gresini (RS-GP) 12 (-125)

22. = Tito Rabat SPA Reale Avintia (GP19) 10 (-127)

23. = Michele Pirro ITA Ducati Test Rider (GP20) 4 (-133)

Hasil MotoGP Teruel

Posisi-Pembalap-Asal-Tim (Motor)-Waktu

1. Franco Morbidelli ITA Petronas Yamaha (YZR-M1) 41m 47.652s

2. Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) +2.205s

3. Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) +5.376s

4. Pol Espargaro SPA Red Bull KTM (RC16) +10.299s

5. Johann Zarco FRA Reale Avintia (GP19) +12.915s

6. Miguel Oliveira POR Red Bull KTM Tech3 (RC16) +12.953s

7. Maverick Vinales SPA Monster Yamaha (YZR-M1) +14.262s

8. Fabio Quartararo FRA Petronas Yamaha (YZR-M1) +14.720s

9. Iker Lecuona SPA Red Bull KTM Tech3 (RC16)* +17.177s

10. Danilo Petrucci ITA Ducati Team (GP20) +19.519s

11. Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) +19.708s

12. Stefan Bradl GER Repsol Honda (RC213V) +20.591s

13. Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (GP20) +22.222s

14. Tito Rabat SPA Reale Avintia (GP19) +26.496s

15. Bradley Smith GBR Aprilia Gresini (RS-GP) +31.816s

 

DNF

Aleix Espargaro ITA Factory Aprilia Gresini (RS-GP)

Alex Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)

Francesco Bagnaia ITA Pramac Ducati (GP20)

Jack Miller AUS Pramac Ducati (GP20)

Brad Binder RSA Red Bull KTM Factory (RC16)

Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)

Saksikan Video MotoGP

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berlaku Hari Ini, Berikut Lima Pelanggaran yang Disasar Operasi Zebra Jaya

Posted: 25 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya resmi menggelar Operasi Zebra Jaya 2020 mulai hari ini, Senin (26/10/2020). Berlaku hingga 14 hari ke depan, penindakan akan dilakukan hingga 8 November 2020 mendatang.

Dalam operasi tersebut, terdapat lima jenis pelanggaran yang menjadi sasaran penindakan petugas Kepolisian.

"Operasi Zebra Jaya 2020 yang dilaksanakan di Polda Metro Jaya maka ada 5 pelanggaran tematik yang menjadi prioritas utama, yaitu pertama melawan arus, kemudian tidak memakai helm, pelanggaran terhadap stop line, pelanggaran sirene dan rotator, melintas bahu jalan khususnya jalan tol," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, dilansir NTMC Polri.

Meski demikian, Sambodo menegaskan, pelaksanaan kegiatan Operasi Zebra Jaya akan tetap mengedepankan pola preemtif, preventif, dan penindakan.

"Kegiatan ini akan kita laksanakan secara simultan selama 14 hari ke depan, walaupun porsi daripada kegiatannya adalah 40 persen preemtif atau sifatnya edukasi dan sosialisasi, 40 persen preventif atau pencegahan yang dilaksanakan dengan turjawali, pengaturan, penjagaan, pengawalan dan patroli, dan 20 persen penindakan dengan tilang dan sebagainya," jelasnya.

Dilaksanakan dalam situasi pandemi Covid-19, Sambodo juga menjelaskan, pihak Kepolisian akan tetap akan mengawasi protokol kesehatan dan menghindari adanya kerumunan selama penindakan.

Menggunakan Sistem Hunting

"Karena ini masa pandemi maka selama Operasi Zebra Jaya tidak ada razia, jadi tidak ada razia di titik tertentu seperti tahun sebelumnya, karena dikhawatirkan ada kerumunan," tuturnya.

Menggunakan sistem hunting, terdapat tim dengan menggunakan kendaraan patroli. Apabila melihat adanya pelanggaran, Polisi akan langsung menindak pengendara sehingga kerumunan tak akan terjadi.

"Tetapi kami sifatnya hunting, contoh hari ini satu jam di Pasar Rumput, pindah lagi satu jam ke di Pandjaitan, artinya ada tim yang motoris pakai kendaraan patroli mutar ketika ada pelanggar dilakukan penindakan. Ini untuk menghindari kerumunan, karena biasanya saat razia orang berkerumun. Maka pelaksanaannya dilakukan secara hunting," ungkapnya.

Infografis Perilaku 3K Bantu Kesembuhan Pasien Covid-19 Lebih Cepat

Infografis Perilaku 3K Bantu Kesembuhan Pasien Covid-19 Lebih Cepat. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Perilaku 3K Bantu Kesembuhan Pasien Covid-19 Lebih Cepat. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perlawanan Sia-Sia Otak Perampokan di Minahasa Utara

Posted: 25 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Manado - Resmob Polres Minahasa Utara menangkap otak pencurian dengan kekerasan (curas) yang terjadi di Desa Kema I Kecamatan Kema, Minahasa Utara, Sulut, Selasa (13/10/2020).

Pelaku berinisal JM alias Nyong ditangkap pada Jumat (23/10/2020), sekitar pukul 10.00 Wita, di Pasar Kema.

Saat akan ditangkap, Nyong mencoba melawan dengan mencabut sebilah pisau dari pinggang sebelah kiri, sehingga petugas mengambil tindakan tegas dan terukur dengan menembaknya.

Dia kemudian dibawa ke Rumah Sakit Walanda Maramis untuk menjalani pengobatan dan kemudian dibawa ke Mapolres Minahasa Utara untuk diperiksa.

Sebelumnya Tim Resmob Polres Minahasa Utara juga menangkap seorang tersangka lainnya, yaitu AR alias Fian, pada Rabu (21/10/2020).

Tersangka AR diamankan saat sedang berada di rumah yang berada di wilayah Empang Kelurahan Kakenturan, Kota Bitung, Sulut. Saat diamankan, tersangka sedang berpesta miras.

 "Tersangka sudah diamankan di Mako Polsek Kema. Kepada Tim, tersangka juga mengakui bahwa terlibat dalam kasus pencurian di Alfamart Kadoodan," ujar Kasat Reskirm Polres Minahasa Utara AKP M Azwar Nur.

Simak Video Pilihan Berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: