Kamis, 22 Oktober 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Mufti Damaskus Jadi Korban Teror Bom, Menag Fachrul Razi: Insyaallah Syahid

Posted: 22 Oct 2020 09:52 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mufti Agung Damaskus, Syekh Muhammad Adnan Al-Afyouni wafat setelah mobil yang dikendarainya meledak akibat bom yang dipasang teroris pada Kamis 22 Oktober. Menteri Agama RI Fachrul Razi menyampaikan duka mendalam atas wafatnya ulama terkemuka di Suriah tersebut.

"Kami tentu sangat berduka atas wafatnya Syekh Muhammad Adnan Al-Afyouni. Insyaallah beliau syahid. Selama ini, beliau dikenal sebagai ulama yang sangat moderat," tutur Fachrul di Jakarta, Jumat (23/10/2020).

"Jalinan kerjasama Indonesia dan Suriah selama ini sangat baik, utamanya dalam penguatan moderasi beragama. Banyak mahasiswa Indonesia yang belajar di Suriah," sambungnya.

Fachrul juga mengecam tindakan teror bom yang dilakukan pihak tidak bertanggung jawab. Menurutnya, tindakan seperti itu bertentangan dengan nilai-nilai agama dan kemanusiaan.

 

Pernah Kunjungi Indonesia

Mufti Damaskus memberi pesan agar Indonesia tak bernasib seperti Suriah. (Liputan6.com/Nafiysul Qidar)
Mufti Damaskus memberi pesan agar Indonesia tak bernasib seperti Suriah. (Liputan6.com/Nafiysul Qidar)

"Itu jelas tindakan tidak bertanggung jawab. Saya sangat mengecam pengeboman itu. Itu tidak bisa dibenarkan atas alasan apapun," tegas Menag Fachrul.

Pada November 2018, Syekh Muhammad Adnan Al-Afyouni pernah berkunjung ke Kementerian Agama. Pertemuan dengan Menteri Agama saat itu membahas rencana kerja sama pengkaderan da'i.

Dalam kesempatan itu, Syekh Adnan mengapresiasi masyarakat muslim Indonesia yang dapat menjaga stabilitas keamanan di tengah krisis kemanusiaan yang saat ini banyak menerpa negara-negara Timur Tengah.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deretan Fakta Kasus Pembunuhan Jurnalis Demas Laira di Mamuju Tengah

Posted: 22 Oct 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seorang jurnalis atau wartawan ditemukan tewas pada Kamis 20 Agustus 2020 sekitar pukul 02.00 Wita di pinggir jalan Desa Tassoko, Mamuju Tengah, Sulawesi Barat.

Jurnalis itu bernama Demas Laira (28). Ia diduga menjadi korban pembunuhan karena ditemukan luka bekas tusukan benda tajam di sekujur tubuhnya.

"Ada tusukan dari ketiak sebelah kiri hingga ke bagian dada. Jumlahnya kira-kira 17 tusukan," ujar Kasat Reskrim Polres Mateng Iptu Agung Setyo Negoro ketika dihubungi Liputan6.com, Kamis, 20 Agustus 2020.

Aparat kepolisian pun bergerak mencari pelaku terduga pembuhuhan Demas Laira. Kepolisian sempat terkendala minimnya saksi dalam pengungkapan kasus ini, hingga akhirnya dua bulan kemudian tepatnya pada Selasa, 20 Oktober 2020, polisi berhasil menangkap 6 terduga pelaku.

Masing-masing terduga pelaku berinisial Sa (32), Na (30), DO (20), HA (18), Il (19) dan AB (25) yang ditangkap di tiga tempat berbeda.

"Ya, sudah diamankan lebih dari 5 orang subuh tadi. Saat ini, beberapa pelaku sudah berada di Polres Mamuju Tengah dan palaku lainnya dalam perjalanan," kata Kabid Humas Polda Sulawesi Barat AKBP Syamsu Ridwan kepada Liputan6.com, Rabu, 21 Oktober 2020.

Berikut deretan fakta terkait dugaan pembuhan terhadap jurnalis bernama Demas Laira di Mamuju dihimpun Liputan6.com:

 

Jenazah Ditemukan di Pinggir Jalan bersama Barang Bukti

ilustrasi pembunuhan (foto: Pixabay)
ilustrasi pembunuhan (foto: Pixabay)

Kamis 20 Agustus 2020 sekitar pukul 02.00 Wita warga di Dusun Salu, Desa Bijau, Kecamatan Karossa, Mamuju Tengah, Sulawesi Barat dikejutkan dengan penemuan sesosok jenazah laki-laki bersimbah darah di tengah jalan.

Kasat Reskrim Polres Mateng, Iptu Agung Setyo Negoro mengatakan, sosok jenazah laki-laki itu diketahui bernama DL (28). DL diduga menjadi korban pembunuhan, ditemukan luka bekas tusukan benda tajam di sekujur tubuhnya.

"Ada tusukan dari ketiak sebelah kiri hingga ke bagian dada. Jumlahnya kira-kira 17 tusukan," kata Agung ketika dihubungi Liputan6.com, Kamis, 20 Agustus 2020.

"Awalnya kami mengira yang bersangkutan adalah korban kecelakaan. Namun, setelah diidentifikasi, ternyata didapati bekas luka tusuk," sambung Agung.

Lanjut Agung, di Tempat Kejadian Perkara (TKP) ditemukan sejumlah barang bukti berupa kartu identitas KTP, SIM serta ID Card dua media online milik korban. Selain itu, polisi juga menemukan motor korban dan sebuah sepatu tanpa pasangan, yang belum diketahui pemiliknya.

"Kita sudah melakukan olah TKP. Belum ditemukan motif pastinya, saat ini masih kami selidiki dan memintai keterangan keluarga korban," ujar Agung.

Setelah melakukan olah TKP, jenazah korban dievakuasi ke RS Satelit Mateng untuk dilakukan visum. Pihak keluarga sudah mengambil jenazah korban untuk dikebumikan.

Sedangkan, pemimpin redaksi media tempat DL bekerja membenarkan, bahwa korban merupakan wartawannya yang ditugaskan di Sulawesi Barat. Kejadian ini sudah disampaikan ke pimpinan umum media yang korban tempati.

"Redaksi akan melakukan rapat terkait kejadian ini, serta pimpinan umum juga akan menyatakan sikap," ujar dia.

 

Jejak Demas Laira Sebelum Ditemukan Tewas

Ilustrasi Pembunuhan dengan Senjata Tajam (iStockphoto)
Ilustrasi Pembunuhan dengan Senjata Tajam (iStockphoto)

Jasad DL (28) jurnalis salah satu media online ditemukan tegeletak di pinggir jalan Desa Tassoko, Mamuju Tengah, Sulawesi Barat pada Kamis 20 Agustus 2020 sekitar pukul 02.00 Wita.

Sebelum ditemukan meninggal dunia, dia diketahui tengah melakukan perjalanan kembali ke kediamannya dari Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Saat ditemukan, warga Desa Bambadaru, Kecamatan Tobadak, Mamuju Tengah itu sudah tidak bernyawa, terdapat 17 luka tusuk yang diduga akibat senjata tajam disekujur tubuhnya. Selama hidup, menurut keluarga, DL tidak memiliki atau membuat masalah dengan orang lain.

"Kami sekeluarga sangat terkejut, saat mendengar kabar, bahwa Kakak saya ditemukan meninggal di pinggir jalan," kata W (20) adik korban kepada Liputan6.com, Jumat, 21 Agustus 2020.

"Beberapa waktu lalu Kakak saya ke rumah tante di Palu. Saat akan kembali ke sini (rumah), dia memberi kabar, bahwa dia singgah di Kota Pasangkayu, bertemu teman-teman klub motornya," dia menambahkan.

Menurut W, berdasarkan informasi yang diterima pihak keluarga, saat akan bertolak pulang ke rumah sekitar pukul 00.00 Wita pada hari kejadian, teman-teman DL di Pasangkayu sempat menahannya agar tak melanjutkan perjalanan karena sudah larut, tetapi, DL tetap nekat. Dalam perjalanan pulang, peristiwa itu menimpa DL.

"Kakak saya ditemukan meninggal di Dusun Bijau, Desa Tassoko. Selain ditemukan meninggal mengenaskan, dia juga kehilangan handphone, serta kameranya," ujar W.

"Kami sangat mengharapkan pihak Kepolisian segera menemukan pelakunya dan menegakkan hukum seadil-adilnya," harap W.

Sedangkan, YW (22) salah satu kerabat DL mengungkapkan, kematian DL meninggalkan duka yang mendalam bagi sanak keluarga.

Karena pihak keluarga tak pernah membayangkan, peristiwa itu akan menimpa DL yang dikenal keluarga memiliki pembawaan pendiam.

"Kami rumpun keluarga sangat mendukung penuh para pihak penegak hukum dalam hal ini pihak kepolisian untuk benar-benar serius dalam mengusut kasus ini," kata YW.

"Kami juga keluarga sangat mendukung penuh kinerja dari teman-teman media dalam masalah ini," tutup YW.

 

Penyidikan Sempat Terkendala

Ilustrasi Bunuh Diri  (iStockphoto)
Ilustrasi Bunuh Diri (iStockphoto)

Kasus pembunuhan wartawan, DL (28) sudah dua minggu berlalu sejak jasad ditemukan bersimbah darah dengan 17 luka tusuk di Desa Tassoko, Mamuju Tengah, Sulawesi Barat pada 20 Agustus lalu.

Namun, hingga kini kepolisian belum juga mampu mengungkap kasus itu.

Kapolres Mamuju Tengah AKBP Muhammad Zakiy, mengatakan, pihaknya kesulitan mengungkap kasus pembunuhan wartawan itu karena minimnya barang bukti. Apalagi, tidak ada saksi mata saat peristiwa nahas yang merenggut nyawa korban yang berprofesi sebagai wartawan itu terjadi.

"Kejadiannya malam hari dan lokasinya jauh dari permukiman warga," kata Zakiy saat dihubungi Liputan6.com, Kamis, 3 September 2020.

"Kami juga menelusuri keberadaan korban saat di Palu, apa saja kegiatannya selama di sana dan sama siapa. Serta di mana saja dia berhenti saat kembali, sampai dia ditemukan tewas di TKP," ungkap Zakiy.

"Kita juga mengirim barang bukti berupa sepatu sebelah kanan yang ditemukan di TKP ke labfor. Hingga saat ini, pemilik sepatu itu masih menjadi misteri," kata dia lagi.

Zakiy menambahkan, pihaknya juga telah memeriksa sejumlah CCTV milik warga sepanjang jalan Trans Sulawesi yang dilalui korban hingga ditemukan tewas di TKP. Total tiga CCTV yang telah diperiksa, mulai dari Kecamatan Baras, Pasangkayu hingga ke TKP.

"Dugaan pembunuhan terhadap koban, intinya, bukan terkait masalah pekerjaannya sebagai jurnalis, tetapi lebih mengarah ke persoalan pribadi," Zakiy mengungkapkan.

Zakiy mengungkapkan, hingga saat ini, pihaknya telah memeriksa dan meminta keterangan dari 14 orang saksi untuk mengungkap kasus pembunuhan itu.

Mereka merupakan orang dekat korban, teman korban, serta pihak-pihak yang pernah disoroti korban dalam kerja-kerja jurnalistiknya.

 

Tangkap 6 Terduga Pelaku

Ilustrasi Penangkapan (Liputan6.com/Abdillah)
Ilustrasi Penangkapan (Liputan6.com/Abdillah)

Tim gabungan Polda Sulawesi Barat berhasil menangkap enam terduga pelaku pembunuhan jurnalis Demas Laira (28) di Mamuju Tengah, Sulawesi Barat.

Demas dibunuh pada 20 Agustus 2020 lalu secara sadis dengan 17 luka tusuk sekujur tubuhnya.

Kabid Humas Polda Sulawesi Barat, AKBP Syamsu Ridwan mengatakan, para terduga pelaku yakni Sa (32), Na (30), DO (20), HA (18), Il (19) dan AB (25) ditangkap di tiga tempat berbeda. Para terduga pelaku diamankan di Karossa dan Topoyo, Mumuju Tengah, serta Provinsi Gorontalo.

"Ya, sudah diamankan lebih dari 5 orang subuh tadi. Saat ini, beberapa pelaku sudah berada di Polres Mamuju Tengah dan palaku lainnya dalam perjalanan," kata Syamsu kepada Liputan6.com, Rabu, 21 Oktober 2020.

Syamsu menambahkan, saat ini pihaknya masih mendalami peran masing-masing pelaku dalam kasus pembunuhan jurnalis Demas Laira. Untuk motif kasus pembunuhan ini, Dia menuturkan, kemungkinan besar tidak ada sangkut pautnya dengan profesi korban.

"Karena tentunya ada palaku yang menyuruh dan ada juga yang melakukan penusukan itu kita dalami. Motifnya, seperti disampaikan sebelunnya, kemungkinan besar tidak persoalan pribadi korban," ujar Syamsu.

Syamsu menambahkan, pihakanya akan segera merilis kasus pembunuhan yang sudah berjalan kurang lebih dua bulan ini setalah pemeriksaan selesai dilakukan. Dia juga memastikan, para terduga palaku akan ditetapkan sebagai tersangka.

"Kami sangat yakin mereka murupakan tersangka dalam kasus ini," tegas Syamsu.

 

Motif Pembunuhan

Ilustrasi Tangkap Teroris 1 (Liputan6.com/M.Iqbal)
Ilustrasi Tangkap Teroris 1 (Liputan6.com/M.Iqbal)

Dalam pemeriksaan, tersangka mengaku menghabisi nyawa korbannya jurnalis bernama Demas Laira itu lantaran permasalahan pribadi.

"Motif pelaku melakukan pembunuhan karena sakit hati kepada korban yang mengganggu dan mempermalukan saudari Kartina, adik perempuan salah satu pelaku," tutur Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Ferdy Sambo saat dikonfirmasi, Rabu, 21 Oktober 2020.

Atas penangkapan tersebut, para tersangka dikenakan pasal berlapis. Yakni Pasal 170 Pasal 338 KUHP, 351 KUHP.

"Dengan ancaman hukuman penjara 15 tahun," kata Ferdy.

 

Kronologi Pembunuhan

Ilustrasi Kasus Pembunuhan Anak dalam Kardus Kembali Membawa Duka | via: guardianlv.com
Ilustrasi Kasus Pembunuhan Anak dalam Kardus Kembali Membawa Duka | via: guardianlv.com

Polda Sulawesi Barat merilis kasus pembunuhan jurnalis DL (28) yang jasadnya ditemukan dengan 17 luka tusuk pada 20 Agustus 2020 lalu. Terungkap, motif pembunuhan korban karena kasus pelecehan terhadap seorang perempuan.

Polisi menangkap enam orang tersangka, yakni, Sy (32), Nw (32), Dn (20), Hd (18), AB (25) dan Il (19) di tempat berbeda. Para pelaku melakukan pembunuhan karena sakit hati kepada korban yang melecehkan K yang masih bersaudara dengan dua orang tersangka.

Kapolda Sulawesi Barat, Irjen Pol Eko Budi Sampurno mengatakan, peristiwa ini berawal saat K mengendarai motor melintas di Jalan Trans Sulawesi, tepatnya di Kecamatan Karossa sekitar pukul 23.00 Wita.

Di saat bersamaan DL yang melakukan perjalanan dari Pasangkayu, mendapati K sendirian tengah berkendara.

"Korban dan perempuan K tidak saling kenal, ketika K pulang kerja naik motor diganggu korban, jilbabnya ditarik hingga mau hampir terjatuh dari motor," kata Eko saat konferensi pers di Polres Mamuju Tengah, Rabu, 21 Oktober 2020.

Lanjut Eko, saat diganggu korban, K lalu berusaha mencari pertolongan dan sempat singgah di salah satu bengkel di Karossa untuk menelepon saudaranya, yakni tersangka Sy. Tak terima adiknya diganggu, Sy yang sedang nongkrong di sebuah salon bersama teman dan sepupunya langsung mengejar DL.

"Berbekal ciri-ciri yang disampaikan adiknya para tersangka mengejar korban. Ada yang mengejar dan ada yang menusuk, yang menusuk dua orang. Tak ada perencanaan sebelum, tersangka hanya meresa kesal," ujar Eko.

Eko mengungkapkan bahwa pembunuhan jurnalis tersebut spontan dilakukan keenam tersangka, karena saudara dua orang pelaku diganggu oleh korban dalam perjalanan dari Pasangkayu. Masing-masing tersangka sudah bisa dibuktikan perannya, siapa yang mengejar, siapa yang memukul kepala korban, bahkan siapa yang menusuk.

"Sudah diakui oleh masing-masing pelaku dan dikaitkan juga dengan barang bukti," ungkap Eko.

Adapun barang bukti yang diamankan polisi di antaranya empat sepeda motor milik pelaku, satu motor milik korban, dan enam handphone milik para pelaku. Sementara itu, handpone milik korban sampai saat ini belum ditemukan.

"Atas perbuatannya pelaku dijerat dengan Pasal 338 Subs 170 Ayat 3 KUHPidana dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara," tutup Eko.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Airport Tax Dihapus, AP II Prediksi Jumlah Penumpang Pesawat Naik

Posted: 22 Oct 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Angkasa Pura II atau AP II membebaskan dari tarif Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U) atau Passenger Service Charge (PSC) atau airport tax untuk keberangkatan domestik di 5 bandara.

Pembebasan ini berlaku untuk penumpang pesawat yang membeli tiket mulai 23 Oktober – 31 Desember 2020 dengan keberangkatan domestik. 5 bandara tersebut adalah, Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Kualanamu (Deli Serdang), Halim Perdanakusuma (Jakarta), Silangit (Siborong-borong) dan Banyuwangi.

Adapun pembebasan tarif PCS ini merupakan stimulus dari Kementerian Perhubungan. Ditandai dengan penandatanganan perjanjian antara President Director AP II Muhammad Awaluddin dan Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Novie Riyanto, beserta stakeholder lainnya.

"PT Angkasa Pura II sangat berterima kasih dan memberikan apresiasi kepada Kementerian Perhubungan atas stimulus terhadap sektor penerbangan nasional melalui pembebasan PSC bagi penumpang pesawat. Stimulus ini kami yakini dapat membuat penerbangan semakin optimal berkontribusi ke perekonomian, dan turut mendukung program PEN," jelas President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, Jumat (23/10/2020).

Adapun selama ini harga tiket pesawat sudah termasuk tarif PSC. Dengan dibebaskannya tarif PSC, maka berikut ini harga tiket yang akan diberlakukan selama periode berlangsung;

- Rp 130.000/pax untuk keberangkatan dari Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta

- Rp 85.000/pax untuk keberangkatan dari Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta

- Rp 50.000/pax untuk keberangkatan dari Bandara Halim Perdanakusuma

- Rp 60.000/pax untuk keberangkatan dari Bandara Silangit

- Rp 65.000 /pax untuk keberangkatan dari Bandara Banyuwangi

- Rp 100.000/pax untuk keberangkatan dari Bandara Kualanamu

Nantinya tarif PSC tersebut akan tetap dibayarkan kepada PT Angkasa Pura II, namun bukan dari penumpang pesawat melainkan dari pemerintah menggunakan APBN.

AP II menilai insentif PSC ini dapat mendorong maskapai untuk kembali membuka/menambah layanan rute domestik, lalu maskapai tambah frekuensi terbang di rute eksisting, dan bandara dapat meningkatkan utilisasi slot time penerbangan. Tercatat, market share 5 bandara capai 68 persen dari total penumpang yang berangkat di 19 bandara.

"Dampaknya yang diharapkan dari insentif ini juga adalah meningkatnya pergerakan penumpang di bandara meningkat dan naiknya tingkat keterisian penumpang di pesawat [load factor]," jelas Muhammad Awaluddin.

Hore, Kemenhub Hapus Biaya Airport Tax di 13 Bandara

Pemandangan pesawat Garuda Indonesia yang bisa dilihat dari bourding lounge Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (24/04). Terminal ini mampu 25 juta calon penumpang per tahun. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Pemandangan pesawat Garuda Indonesia yang bisa dilihat dari bourding lounge Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (24/04). Terminal ini mampu 25 juta calon penumpang per tahun. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan stimulus untuk meningkatkan kinerja industri penerbangan di tengah pandemi.

Kemenhub bakal menghapuskan biaya Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U) atau Passenger Service Charge (PSC) atau airport tax kepada penumpang angkutan udara.

"Setiap penumpang tidak dibebani PSC, akan dikeluarkan dari komponen biaya tiket," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Novie Riyanto dalam konferensi pers virtual, Kamis (22/10/2020).

Kendati, hanya penumpang yang berangkat dari 13 bandara saja yang mendapatkan keringanan ini. Bandara tersebut ialah Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang (CGK), Hang Nadim, Batam (BTH), Kuala Namu, Deliserdang (KNO), I Gusti Ngurah Rai, Denpasar (DPS), Yogyakarta Internasional, Kulon Progo (YIA), Halim Perdanakusuma, Jakarta (HLP), Internasional Lombok, Praya (LOP), Jenderal Ahmad Yani, Semarang (SRG), Sam Ratulangi, Manado (MDC), Komodo, Labuan Bajo (LBJ), Silangit (DTB), Blimbingsari, Banyuwangi (BWX), Adi Sucipto, Yogjakarta (JOG).

Novie menyatakan, stimulus ini diharapkan bisa memberikan keringanan bagi penumpang untuk bepergian yang akhirnuya akan membangkitkan industri lain seperti pariwisata, UMKM dan lainnya.

Adapun, kebijakan ini akan berlaku efektif 23 Oktober 2020 dan berlaku untuk rute domestik saja.

"Stimulus ini diberlakukan bagi penumpang yang membeli tiket dari tanggal 23 Oktober pukul 00.01 WIB hingga 31 Desember pukul 23.59 WIB, dengan tiket untuk keberangkatan sebelum 1 Januari 2021 pukul 00.01 WIB," lanjut Novie.

Tidak hanya itu, biaya kalibrasi fasilitas navigasi penerbangan dan alat bantu pendaratan pesawat, yang menjadi kewajiban operator bandara baik Angkasa Pura I, Angkasa Pura II, Bandara Hang Nadim Batam dan Bandara Komodo-Labuan Bajo, juga ditanggung oleh Pemerintah.

Stimulus diberikan Kemenhub ini diharapkan dapat meringankan beban biaya operasional operator bandara yang meningkat akibat pandemi Covid 19.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Makanan Ringan Khas Singapura yang Mendunia

Posted: 22 Oct 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Singapura tak hanya menarik dari sisi destinasi wisata. Negara yang memiliki Theme Park Universal Studio ini pun menarik dari sisi makanan ringan khas Singapura. Makanan ringan ini terdiri dari olahan jagung, ikan, mi, cokelat, dan masih banyak lagi lainnya.

Selain terbuat dari berbagai macam bahan olahan, makanan ringan khas Singapura juga memiliki daya tarik dari segi rasa dan penampilan. Tak heran jika makanan-makanan ini mulai mendunia dan semakin banyak dicari wisatawan dari berbagai mancanegara.

Jika menilik dari segi kehalalan, sebagian besar makanan ringan khas Singapura memang belum bersertifikasi. Meski begitu, banyak pula perusahaan yang menuturkan makanan produksinya tak diolah dengan daging babi, minyak babi, dan alkohol.

Berikut Liputan6.com ulas makanan ringan khas Singapura dari berbagai sumber, Jumat (23/10/2020).

Makanan Ringan Khas Singapura

Ilustrasi royal pudding | singaporeguidebook.com
Ilustrasi royal pudding | singaporeguidebook.com

Garrett Popcorn

Garrett Popcorn merupakan makanan ringan khas Singapura. Meski khas Singapura, garret popcorn mudah ditemukan di Indonesia. Harganya memang relatif mahal, tetapi rasanya dijamin bikin ketagihan. Garret popcorn bukan makanan ringan khas yang asli berasal dari Singapura.

Makanan ringan ini asalnya dari Chicago, Amerika Serikat. Sempat pula mendapat claim sebagai makanan yang tidak halal karena tak memiliki sertifikasi. Namun pihak perusahaan Garret menuturkan proses pembuatan garret popron tak menggunakan alkohol, lemak babi, dan daging babi.

Garret popron yang paling laris adalah rasa keju dan karamel. Padahal ada banyak varian rasa yang juga tersedia. mulai dari almond, strawberry, dan matcha. Di Singapura, garret popron bisa ditemukan di Orchard Road, Vivo City, CityLink Mall, Wisma Atria Shopping Center, dan di Changi International Airport.

Royal Pudding

Royal pudding adalah makanan ringan khas Singapura yang wajib dicicipi dan dibawa pulang. Makanan ringan ini dikenam dengan toples kecil nan imut sekali. Rasanya juga manis, legit, dan sangat lezat.

Ada tiga varian rasa yang ditawarkan. Mulai dari Our Royal Pudding Original, Our Yuzu Royal Pudding, dan Our Lychee Rose Royal Pudding. Untuk bisa mendapatkannya, makanan ringan ini dijual di Paris Baguette Café, Wisma Atria, Orchard Road.

Makanan Ringan Khas Singapura

Ilustrasi cokelat merlion | @lorrainesin065 dari Instagram
Ilustrasi cokelat merlion | @lorrainesin065 dari Instagram

Cokelat Merlion

Berkunjung ke Singapura tak lengkap rasanya tanpa mencicipi cokelat merlion. Makanan ringan khas Singapura ini memiliki bentuk yang mirip sekali ikon negaranya. Cokelat manis yang berbentuk seperti monster ikan kepala singa.

Jika harus menyebutkan penganan apa yang dimiliki oleh setiap negara, maka cokelat adalah jawabannya. Begitupun dengan Singapura, kamu bisa dengan mudah menemukan aneka cokelat di sini.

Namun, salah satu yang menjadi ciri khasnya adalah Cokelat Merlion. Penamaan tersebut pun berangkat dari bentuk cokelat ini yakni menyerupai ikon Singapura yaitu kepala singa.

Pasta Laksa

Pasta laksa adalah olahan mi yang berisi udang, ebi, dan fishcake. Di Singapura, pasta laksa termasuk makanan ringan khas Singapura yang banyak dicari wisatawan dari berbagai mancanegara. Kuahnya gurih, kental, dan memiliki tekstur mirip kari Indonesia.

Makanan ringan khas Singapura ini awal mulanya berasal dari China. Tepatnya dibawa oleh pedagang dari China yang hendak berdagang di Singapura. Tak heran ketika mencicipinya, rasa pasta laksa mirip perpaduan masakan China dan Asia.

Makanan Ringan Khas Singapura

Ilustrasi bakkwa | @lot10hutong dari Instagram
Ilustrasi bakkwa | @lot10hutong dari Instagram

Bakkwa

Bakkwa merupakan salah satu makanan ringan khas Singapura yang wajib dicicipi ketika tengah berkunjung ke sana. Bakkwa mirip dengan dendeng Indonesia. Makanan ringan ini sangat populer di Singapura.

Meski menurut sejarah, bakkwa sebenarnya asli dari Fujian, China. Di China, Bakkwa disebut dendeng China. Memiliki cita rasa yang asin dan manis. Terbuat daging sapi, kambing, dan babi yang melalui proses pengawetan daging khas China.

Sementara untuk Bakkwa Singapura, proses pembuatannya sedikit berbeda. Tidak lagi melalui pengawetan, melainkan menggunakan teknik pemanggangan di atas bara api yang membuatnya memiliki aroma asap yang sedap. Untuk bumbunya masih sama, gula, garam, dan kecap asin.

Cheezy Fish

Ada juga kombinasi rasa keju dan ikan yang tak kalah lezat. Dibuat dari ikan yang segar dan diolah dengan sangat tepat, maka tekstur kesegaran ikan tetap terjaga. Ditambah keju membuat rasa baru yang patut Anda coba.

Curry Puff

Jika dilihat sekilas, curry puff sangat mirip seperti pastel di Indonesia. Namun, ada yang berbeda dari curry puff khas Singapura, yaitu kulit dan isiannya. Curry puff ala Singapura biasanya memiliki kulit berlayer seperti puff pastry. Lalu, isian curry puff adalah daging, ayam, atau ikan yang diolah bersama bumbu kari. Rasa bumbu yang kaya rempah inilah yang membuat banyak orang ketagihan.

Makanan Ringan Khas Singapura

Ilustrasi Siomay | Credit: pexels.com/pixabay
Ilustrasi Siomay | Credit: pexels.com/pixabay

Squid Head

Camilan yang satu ini terbuat dari cumi-cumi. Cumi goreng ini tak sekedar cumi yang digoreng biasa. Sebelum digoreng, cumi-cumi ini dibalur tepung. Balutan tepung yang tipis pada cumi membuatnya terasa lebih renyah dan spesial. Menikmati cumi-cumi dengan cara ini pasti lebih fun!

Fish Ball

Fish ball atau bakso ikan juga menjadi camilan favorit khas Singapura. Tak hanya lezat disajikan bersama kuah, fish ball juga enak dimakan sebagai camilan. Ada beberapa pilihan fish ball, terbuat dari daging ikan, cumi, dan udang. Fish ball ini berbeda karena memiliki aroma seafood segar dan tekstur yang empuk.

Siomay

Mungkin Anda sering menemukan siomay di Indonesia. Namun ada yang berbeda dari siomay khas Singapura. Setelah dikukus, siomay digoreng, sehingga menghasilkan permukaan yang renyah. Paduan renyah ini cocok dengan kelembutan siomay di dalamnya. Rasa asli seafood atau daging ayamnya pun sangat terasa. It's so juicy!

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nonton My Annoying Brother, Kisah Kakak Beradik Yang Mengejar Impiannya

Posted: 22 Oct 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Film layar lebar Korea yang satu ini mungkin bisa jadi alternatif untuk mengisi waktu luang. My Annoying Brother merupakan film yang bertemakan drama komedi asal Korea Selatan yang dirilis pada November 2016.

My Annoying Brother merupakan film yang berdurasi 110 menit ini menghadirkan dua aktor ternama Korea Selatan, Jo Jung-suk dan member Boyband EXO, Do Kyung-soo sebagai pemeran utama. Film yang bercerita tentang kehidupan kakak beradik yang disutradarai oleh Kwon Soo-Kyung.

Film My Annoying Brother juga mendapatkan respon positif dari para penonton pada saat penayangannya. Hal ini bisa dilihat dari rating IMDb yang mendapatkan skor 7,3. Selain itu, film ini meraih sejumlah penghargaan, termasuk untuk kategori Best New Actor (Do Kyung-Soo) Blue Dragon Film Awards 2017 dan Most Popular Actor (Do Kyung-Soo) BaekSang Arts Awards 2017.

Selain berhasil mendapatkan rating yang tinggi dan juga penghargaan, film ini juga sukses dipasaran. My Annoying Brother berhasil ditonton oleh lebih dari 1 juta orang pada empat hari pertama. Dari penayangannya tersebut, My Annoying Brother berhasil meraih pendapatan hingga 19 juta Dollar US.

Tidak hanya kesuksesan filmnya sehingga ini bisa menjadi tontonan wajib bagi para pecinta drakor. Berikut beberapa alasan kenapa kalian harus nonton film My Annoying Brother.

Jalan cerita yang menarik perhatian

Menceritakan kehidupan pria bernama Doo-young (Do Kyung-soo) seorang atlet Judo Nasional mengalami kecelakaan sehingga kehilangan penglihatannya. Kakak laki-lakinya, Doo Shik (Jo Jung-suk) memanfaatkan hal tersebut untuk bisa bebas dari penjara atas kasus penipuan yang dibuatnya. 

Bagi Doo-young yang telah kehilangan orangtuanya sejak remaja dan harus menjaga dirinya sendiri saat itu, kehadiran Doo-sik menimbulkan tekanan ekstra yang harus dihadapi. 

Meski awalnya menolak, Doo-young perlahan mendekati kakak laki-lakinya itu secara bertahap untuk membantunya menyesuaikan diri dengan kecacatannya. Kemudian di saat keduanya mulai menebus kesalahan satu sama lain, Doo-sik mengetahui bahwa hidupnya tak akan lama lagi karena ia dinyatakan terkena kanker stadium akhir. 

Doo-sik pun memanfaatkan waktu tersebut untuk mengucapkan selamat tinggal pada saudaranya, dan membantunya memenangkan emas di Rio Paralympics agar masa depan Doo-young terjamin.

Merupakan karya apik hasil kolaborasi antara sutradara, penulis dan para pemeran

Film ini merupakan kolaborasi ciamik antara sutradara dan penulis film yang juga terkenal dengan karya emosionalnya yaitu Miracle in Cell No 7. Yoo Young-ah dan sutradara Barefoot Ki-bong, Kwon Su-kyung membuat film jadi lebih berkesan dimata para penontonnya. 

Aktor dan aktris yang menjadi pemeran utama di antaranya adalah aktor multitalenta Jo Jung-suk, Do Kyung-soo yang merupakan member idol idaman kaum hawa dan aktris berbakat Park Shin-hye yang menjadikan film ini semakin menarik untuk ditonton.

Menyajikan banyak adegan seru sekaligus menyentuh hati

Tentunya cerita tentang abang dan adik dari film ini bisa jadi salah satu alasan kenapa kamu wajib menonton film ini. Film ini menyajikan banyak adegan bromance kakak beradik yang selalu mendapat kesialan secara bergantian. 

Jo Jung-suk yang berperan sebagai Doo-sik dituduh sebagai tersangka kasus pembunuhan, sementara Do Kyung-soo berperan sebagai Doo-young ia mengalami cidera saat mengikuti turnamen judo Nasional. Hidup mereka penuh dengan problematikanya masing-masing namun saling menguatkan satu sama lain.

Go Doo-sik yang mulai tinggal bersama sang adik setelah sekian lama ingin melakukan banyak hal bersama adiknya. Terdapat adegan absurd namun sangat menyentuh hati ketika, mereka mandi di pemandian umum. Dimana mereka saling menggosokan badannya satu sama lain dan juga menceritakan semua keluh kesah sekaligus impian masing-masing.

Nah, itu lah beberapa alasan yang buat film ini semakin menarik untuk ditonton. Bagi kalian yang udah penasaran pengen nonton My Annoying Brother Full Movie bisa saksikan di platform streaming Vidio. Segera download dan berlangganan Vidio premier dan nimmati tayangan menarik lainnya!

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Peningkatan Nilai Tambah Batu Bara Bisa Kurangi Impor LPG

Posted: 22 Oct 2020 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta wilayah yang memiliki cadangan sumber batu bara agar bisa menjamin pasokan dalam hilirisasi.

Menurut dia, ada beberapa prioritas yang bisa dikerjakan, seperti program gasifikasi batu bara atau Dimethyl Ether (DME) gasifikasi batu bara menjadi syngas.

"Ada yang diperlukan industri petrokimia serta DME yang sangat penting sebagai substitusi LPG, LPG kita masih impor sehingga bisa mengurangi impor LPG kita," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas soal peningkatan nilai tambah batu bara di Istana Bogor via daring, Jumat (23/10/2020).

Jokowi melanjutkan, laporan pengembangan industri turunan batu bara diketahui masih terkendala urusan keekonomian dan faktor teknologi. Dia meminta, hal itu bisa segera diatasi.

"Saya ingin dicarikan solusi mengatasi kelambanan industri turunan batu bara ini karena kita sudah lama sekali mengekspor batu bara mentah, ini saya kira memang harus segera diakhiri," harap Jokowi.

 

Kembangkan Industri Turunan Batu Bara

Jokowi mendorong, Indonesia harus bisa menjadi negara industri pengolah barang mentah menjadi barang jadi atau barang setengah jadi. Dia meyakini hal itu adalah strategi besar yang harus konsisten dijalankan.

"Saya yakin dengan mengembangkan industri turunan batu bara ini dapat meningkatkan nilai tambah komoditas berkali lipat," Jokowi menandasi.

Sebagai informasi, percepatan peningkatan dimaksud Jokowi adalah mengembangkan dan meningkatan mutu pembuatan briket batu bara, pembuatan kokas, pencairan batu bara, gasifikasi batu bara, dan campuran batu bara cair.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tingkatkan Kontribusi Masyarakat, Kementerian ESDM Gelar Lomba Infografis

Posted: 22 Oct 2020 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyelenggarakan lomba infografis sektor ESDM tahun 2020. Mengusung tema "Energi dan Kesejateraan", kompetisi yang baru pertama kali digelar ini diharapkan mampu meningkatkan kontribusi masyarakat dalam pengelolaan sektor ESDM di masa mendatang.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Agung Pribadi, mengungkapkan lomba infografis merupakan bagian dari strategi Kementerian ESDM membuka ruang edukasi sekaligus wadah aspirasi dalam meningkatkan keterlibatan masyarakat di sektor ESDM.

"Meski di masa pandemi, kami tetap ingin mengajak masyarakat tetap produktif dan berkreasi serta mengajak untuk memberi masukan kepada Kementerian ESDM dengan medium kekinian," ujar Agung di Jakarta, Jumat (23/10).

Lebih lanjut, Agung mengumumkan lomba ini bersifat individu dan terbuka untuk siapa saja, baik dari pelajar, mahasiswa hingga masyarakat umum bisa mengirimkan karya terbaiknya maksimal 3 karya. "Siapapun boleh mengikuti lomba (desain infografis) ini asalkan mengikuti ketentuan syarat yang sudah ditetapkan oleh panitia," ungkapnya.

Pendaftaran dan pengiriman karya sudah dibuka mulai 20 Oktober 2020. Batas akhir pengiriman karya sendiri untuk kemudian dilakukan penjurian ditetapkan pada 13 November 2020. Sementara itu, pengumuman pemenang akan dipublikasikan pada 22 November 2020.

Tiga belas karya terbaik akan dipublikasikan melalui kanal media sosial Kementerian ESDM dan akan mendapatkan apresiasi pendanaan pengembangan kapabilitas diri sebesar Rp5 juta bagi pemenang I, Rp3 juta pemenang II, Rp2 juta untuk pemenang III, dan masing-masing Rp500 ribu untuk sepuluh pemenang harapan.

"Yang paling penting adalah karya infografis merupakan karya orisinil bukan plagiarisme, belum dipublikasi atau diikutsertakan dalam kompetisi serupa. Dan tentunya relevan dengan tema yang diangkat," tegas Agung.

Terkait kriteria dan syarat lomba desain infografis, lebih detailnya bisa mengunjungi laman resmi website Kementerian ESDM atau klik bit.ly/infografiskesdm2020.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Solskjaer Hadapi Dilema Jelang Laga Big Match MU Lawan Chelsea

Posted: 22 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Usai mengalahkan Paris Saint Germain (PSG) di ajang Liga Champions, Manchester United (MU) sekarang bersiap untuk menyambut Chelsea di pertandingan Liga Inggris.

Jelang pertandingan, mantan gelandang MU Owen Hargreaves yakin Ole Gunnar Solskjaer akan mendapat tugas berat mendepak Axel Tuanzebe dari pertahanan Manchester United.

Padahal, bek tengah MU itu tengah menikmati aksi yang menakjubkan dalam kemenangan 2-1 atas PSG pada Selasa malam lalu waktu setempat. Dia sukses menjaga Kylian Mbappe dan Neymar saat gol telat Marcus Rashford memastikan kemenangan yang pantas untuk MU di Paris.

Tuanzebe memainkan pertandingan pertamanya lagi setelah 10 bulan berjuang dengan cedera. Tapi, ia tampil mengesankan bersama lima bek lainnya Aaron Wan-Bissaka, Victor Lindelof, Luke Shaw dan pemain baru Alex Telles.

Dan, Hargreaves mengatakan di BT Sport bahwa MU akan berjuang untuk mempertahankan Tuanzebe. Bahkan, ketika Harry Maguire yang cedera kembali.

Punya Kesempatan

Axel Tuanzebe menandatangani kontrak baru bersama MU. (Dok Manchester United)
Axel Tuanzebe menandatangani kontrak baru bersama MU. (Dok Manchester United)

"Aku mencintainya," kata Hargreaves. "Semoga berhasil mengeluarkan orang ini dari tim.

"Agar adil dia adalah pemain yang baik, dan secara fisik kehadirannya tidak bisa dilalui Mbappe atau Neymar, saya pikir dia tumbuh menjadi kesempatan itu," kata Hargreaves.

Debut

Bek anyar Manchester United (MU) Alex Telles. (foto: Instagram @manchesterunited)
Bek anyar Manchester United (MU) Alex Telles. (foto: Instagram @manchesterunited)

Hargreaves juga memuji anak baru Telles, yang tampil mengesankan pada debutnya di MU setelah dikontrak dari Porto pada hari batas waktu transfer.

"Dia pemain yang bagus, pemain menyerang yang hebat," kata Hargreaves tentang Telles. "Dia mendapat assist, bekerja naik turun, dia mungkin lebih cocok bermain sebagai bek sayap karena secara defensif dia tidak hebat.

Tak Masuk Akal

"Dalam hal assist, angkanya tidak masuk akal. Dia hebat dalam bola mati, dia tambahan yang bagus untuk MU di posisi bek sayap modern," katanya.

"Ketika Luke Shaw berada dalam performa terbaiknya musim lalu, dia bermain sebagai bek kiri. tiga yang mungkin cocok untuk semua pihak. "

Simak Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Butuh Rp 16 Triliun Tanam Mangrove di 600 Ribu Hektar Lahan

Posted: 22 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia sepakat akan melakukan penanaman mangrove seluas 600 ribu hektar dalam waktu 4 tahun.

Untuk itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengutus salah satu deputinya ke Abu Dhabi dan Eropa mencari investor dalam program ini.

"Deputi saya, Bu Nani, akan ke Abu Dhabi dan saya minta juga lobi di Eropa untuk bantu investasi," kata Luhut dalam siaran persnya, Jakarta, Jumat (23/10/2020).

Luhut menjelaskan untuk merealisasikan program penanaman mangrove tersebut dibutuhkan investasi Rp 16 triliun. Besarnya nilai investasi ini akan berdampak lebih luas di masa yang akan datang.

"Kalau 600 ribu hektar kira-kira (investasinya) hampir Rp 16 triliun, dengan angka yang besar dampaknya juga akan besar. Makanya kita jangan kerja tanggung-tanggung," kata Luhut.

Saat ini Indonesia memiliki 3,31 juta hektar lahan mangrove. Luas ini termasuk 30 persen di dunia dan 42 persen di Asia. Bahkan, cerita Luhut, Abu Dhabi takjub dengan Indonesia yang memiliki 126 spesies mangrove. Sebab, negara timur tengah itu hanya memiliki satu spesies mangrove yang ada di Indonesia.

Berdasarkan data dalam rapat koordinasi pengelolaan ekosistem mangrove, Pulau Cemara telah menjadi fokus penanaman mangrove. Penanaman telah dilakukan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) pada tahun 2019. Lalu KKP pada September 2020 juga melakukan penanaman Mangrove di lokasi yang sama.

Untuk itu, dia meminta semua pihak mendukung program penanaman mangrove di wilayah Indonesia. "Karena itu saya mohon agar bapak/ibu dukung program mangrove ini. Mari kita kompak, mari kita saling mendukung untuk membuat Indonesia lebih bagus lagi ke depan," kata Luhut mengakhiri.

Merdeka.com

Demi Investasi, Pemerintah Hapus Izin Lingkungan di Kawasan Industri

Ilustrasi Kawasan Industri.
Ilustrasi Kawasan Industri.

Pemerintah bertekad untuk terus menciptakan iklim bisnis yang kondusif di tanah air, seperti dengan memberikan kemudahan bagi pelaku usaha dalam mengurus perizinan di kawasan industri.

Langkah strategis ini tertuang pada Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik.

"Regulasi tersebut berimplikasi pada ketentuan izin lingkungan di kawasan industri. Sebab, di Pasal 35, disebutkan bahwa izin lingkungan tidak dipersyaratkan untuk lokasi usaha yang berada di kawasan industri," kata Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional (KPAII) Kementerian Perindustrian, Dody Widodo di Jakarta, Kamis (22/10/2020).

Dody mengungkapkan, sebagai ganti izin lingkungan, pelaku usaha di dalam kawasan industri wajib menyusun secara rinci Rencana Pengelolaan Lingkungan Hidup (RKL) dan Rencana Pemantauan Lingkungan Hidup (RPL). "Penyusunan oleh perusahaan industri tersebut harus mendapat persetujuan dari pengelola kawasan industri," terangnya.

Selanjutnya, pengelola kawasan industri sebagai pemegang izin lingkungan berperan melakukan pemantauan terhadap aktivitas kegiatan usaha dari perusahaan industri. Sedangkan perusahaan industri melakukan pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup berdasarkan RKL-RPL rinci, serta pelaporan pelaksanaan RKL-RPL rinci kepada pengelola kawasan.

"Sebagai tindak lanjut dari regulasi tersebut, kami telah menerbitkan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 1 Tahun 2020 tentang Penyusunan RKL-RPL Rinci Bagi Perusahaan Industri yang Berada atau akan Berlokasi di Kawasan Industri," ujar dia.

Permenperin 1/2020 bertujuan sebagai pedoman bagi perusahaan industri yang sudah berada atau akan berlokasi di kawasan industri, khususnya untuk memeriksa dan memberikan persetujuan RKL-RPL rinci serta dapat melakukan pemantauan pelaksanaaan RKL-RPL rinci.

Dody optimistis, apabila aturan tersebut dijalankan secara baik akan terjadi peningkatan nilai investasi, mengingat berbagai proyek infrastruktur sebagian telah selesai dan dapat beroperasi.

"Selain itu, upaya pemerintah dalam melakukan deregulasi kebijakan terkait dalam penumbuhan iklim berusaha terus dilaksanakan salah satunya diwujudkan melalui penyediaan platform Online Single Submission (OSS)," imbuhnya.

Kemenperin mencatat, sepanjang tahun 2019, total investasi di sektor industri mencapai Rp215,9 triliun. Guna meningkatkan realisasi penanaman modal di tanah air, Dirjen KPAII menyebutkan, perlu upaya perbaikan kondisi dalam negeri melalui pengoptimalan harmonisasi dan sinkronisasi regulasi yang terkait investasi.

"Selain itu mendorong harga energi yang semakin kompetitif. Dari sisi faktor eksternal, dipengaruhi fluktuasi nilai tukar dollar AS yang dipicu oleh kenaikan suku bunga AS dan penguatan dollar AS di pasar global," tutupnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klaim Joe Biden Soal Isu Imigrasi: Bakal Berbeda dari Era Obama

Posted: 22 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Kandidat presiden AS dari Demokrat, Joe Biden menyatakan bahwa ia akan mengambil cara berbeda dalam kebijakan imigrasi dari pemerintahan era Barack Obama. 

Dikutip dari CNN, Jumat (23/10/2020), hal itu disampaikan oleh Joe Biden saat menanggapi pertanyaan terkait catatan deportasi dan kegagalan meloloskan reformasi imigrasi pada pemerintahan Obama. 

Saat ditanya secara langsung tentang bagaimana mendapatkan keyakinan dari para pemilih AS untuk memilihnya dengan imigrasi setelah 8 tahun kepemimpinan Obama, Biden pun menjawab dengan terus terang. 

"Karena kami melakukan kesalahan. Dibutuhkan waktu lama untuk melakukannya dengan benar. Saya akan menjadi Presiden Amerika Serikat, bukan Wakil Presiden Amerika Serikat," ujar Biden. Ia pun mengatakan bahwa dirinya akan melakukannya dengan cara yang berbeda. 

Kebijakan imigrasi Obama menghadapi kritik selama dua masa jabatannya. Hal tersebut menyebabkan beberapa pendukung imigrasi mengungkapkan kekhawatiran mereka tentang bagaimana pemerintahan Biden akan menangani masalah tersebut.

 

Status Kewarganegaraan Imigran dengan Usia Anak-anak

Calon presiden dari Partai Demokrat, mantan Wakil Presiden Joe Biden berbicara selama debat presiden pertama dengan Presiden Donald Trump di Case Western University and Cleveland Clinic, Cleveland, Ohio, Selasa (29/9/2020). (AP Photo/Patrick Semansky)
Calon presiden dari Partai Demokrat, mantan Wakil Presiden Joe Biden berbicara selama debat presiden pertama dengan Presiden Donald Trump di Case Western University and Cleveland Clinic, Cleveland, Ohio, Selasa (29/9/2020). (AP Photo/Patrick Semansky)

Kemudian, Biden juga menyatakan bahwa ia meminta Kongres AS untuk segera memberikan status kewarganegaraan untuk beberapa imigran yang tidak memiliki dokumen resmi yang memasuki AS dalam usia anak-anak.

"Dan faktanya adalah, saya telah menjelaskan dengan sangat jelas dalam 100 hari saya akan mengirimkan ke Kongres Amerika Serikat, jalur menuju kewarganegaraan bagi lebih dari 11 juta orang yang tidak berdokumen. Dan semua yang disebut 'dreamers', anak-anak DACA (Deferred Action for Childhood Arrivals), mereka akan segera disertifikasi untuk dapat tinggal di negara ini dan menuju kewarganegaraan," kata Biden.

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Terbaru Ussy Sulistiawaty Usai Dua Bulan Melahirkan, Kembali Langsing

Posted: 22 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kehidupan rumah tangga pasangan selebriti Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama semakin teras hangat dengan kehadiran buah hati kelima. Seperti diketahui, wanita kelahiran 1980 ini telah melahirkan anak kelimanya yang berjenis kelamin laki-laki pada 1 September lalu. Putra kecilnya itu diberi nama yang indah, yakni Sakalingga Ibra Pratama.

Meskipun belum lama melahirkan, istri dari Andhika Pratama inipun sudah kembali aktif beraktivitas seperti biasanya. Seperti baru-baru ini, hampir genap dua bulan pasca melahirkan Ussy sudah bisa belanja bulanan di supermarket. Tak hanya itu, penampilan ibu lima anak ini juga berhasil mencuri perhatian.

Jika banyak perempuan yang berat tubuhnya bertambah usai melahirkan, Ussy Sulistiawaty justru terlihat kembali langsing. Melalui unggahan terbarunya di Instagram, pemain film Lukisan Ratu Kidul ini juga terlihat makin memesona. Penampilan Ussy disebut makin stylish.

Seperti apa penampilan wanita 40 tahun ini usai melahirkan anak kelimanya? Dilansir Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut potret terbaru Ussy Sulistiawaty usai melahirkan, Jumat (23/10/2020).

1. Dua bulan pasca melahirkan anak kelimanya, Ussy sudah menjalani aktivitas seperti biasanya.

Ussy Sulistiawaty (Sumber: Instagram/ussypratama)
Ussy Sulistiawaty (Sumber: Instagram/ussypratama)

2. Penampilannya istri Andhika Pratama ini juga terlihat kembali langsing usai melahirkan baby Sakalingga Ibra Pratama.

Ussy Sulistiawaty (Sumber: Instagram/ussypratama)
Ussy Sulistiawaty (Sumber: Instagram/ussypratama)

3. Pesona cantik wanita kelahiran 13 Juli 1980 ini juga semakin terpancar.

Ussy Sulistiawaty (Sumber: Instagram/ussypratama)
Ussy Sulistiawaty (Sumber: Instagram/ussypratama)

4. Melalui akun Instagramnya, Ussy kerap membagikan potret terbarunya. Banyak warganet yang memujinya makin langsing.

Ussy Sulistiawaty (Sumber: Instagram/ussypratama)
Ussy Sulistiawaty (Sumber: Instagram/ussypratama)

5. Gaya penampilan ibu lima anak ini juga tampak makin modis dan memesona.

Ussy Sulistiawaty (Sumber: Instagram/ussypratama)
Ussy Sulistiawaty (Sumber: Instagram/ussypratama)

6. Wajah Ussy Sulistiawaty juga makin tirus usai melahirkan anak kelimanya ini.

Ussy Sulistiawaty (Sumber: Instagram/ussypratama)
Ussy Sulistiawaty (Sumber: Instagram/ussypratama)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banyak Hoaks, Satgas Minta Masyarakat Cermat Informasi soal Vaksin Covid-19

Posted: 22 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) hingga Oktober 2020 menjaring lebih dari 2.000 konten hoaks seputar virus corona covid-19 di Indonesia. Ribuan hoaks itu sangat memperihatinkan.

Faktor tersebut membuat Satgas Penanganan Covid-19 bergerak cepat. Satgas meminta masyarakat cermat dan tidak berspekulasi terkait uji klinis vaksin covid-19.

"Jadi pemberitahun aspek vaksinasi yang bersinggungan dengan masyarakat akan didiseminasikan secara transparan, secara bertahap, sehingga jika belum diumumkan secara gamblang oleh pemerintah, maka hal tersebut masih dalam tahap perumusan."

"Kami ingin memastikan bahwa informasi publik yang disampaikan itu betul-betul akurat," kata Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito, mengutip dari situs resmi satgas covid-19.

Tentang perkembangan vaksin covid-19, dalam keterangan persnya, Wiku menyampaikan pemerintah masih menyelesaikan tahapan pengembangan uji klinis fase ketiga yang dilakukan di Universitas Padjajaran di Bandung, Jawa Barat.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Fase Ketiga Belum Tuntas

Kandidat vaksin Sinovac Biotech LTD untuk virus corona Covid-19 terlihat dipajang dalam Pameran Internasional China untuk Perdagangan Jasa (CIFTIS) di Beijing pada 6 September 2020. Untuk pertama kalinya, China akhirnya resmi memamerkan produk dalam negeri vaksin COVID-19. (NOEL CELIS/AFP)
Kandidat vaksin Sinovac Biotech LTD untuk virus corona Covid-19 terlihat dipajang dalam Pameran Internasional China untuk Perdagangan Jasa (CIFTIS) di Beijing pada 6 September 2020. Untuk pertama kalinya, China akhirnya resmi memamerkan produk dalam negeri vaksin COVID-19. (NOEL CELIS/AFP)

Pada fase ketiga para peneliti melakukan uji coba dengan melibatkan sampel minimal 1000 hingga 5000 orang untuk menilai dan memastikan keamanan, efektifitas dan manfaat yang didapatkan melebihi risiko penggunaan pada populasi yang lebih besar.

"Apabila fase ketiga ini tuntas dan hasilnya memuaskan. Maka akan masuk fase berikutnya, yaitu fase persetujuan. Fase persetujuan ini kita pastikan vaksin mendapatkan persetujuan dari lembaga pengawas obat dan makanan serta kesehatan," kata Wiku.

Proses pengadaan vaksin di Indonesia dilakukan melalui tahapan yang kompleks. Melibatkan berbagai kementerian, maupun lembaga negara maupun BUMN. Presiden Joko Widodo pun telah mengeluarkan peraturan pemerintah yang mengatur pengadaan dan pelaksanaan vaksinasi covid-19.

"Penting untuk diketahui, sampai saat ini belum ada negara di dunia yang sudah memproduksi vaksin Covid-19 secara massal. Indonesia terus melakukan upaya pengadaan vaksin ataupun memproduksi vaksin secara mandiri. Proses pengembangan vaksin maupun vaksinasi perlu dilakukan secara hati-hati, namun tetap tanggap menghadapi perubahan yang sangat dinamis di masa pandemi," ujar Wiku.

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Tottenham Hotspur Cukur LASK 3-0 di Liga Europa

Posted: 22 Oct 2020 09:30 PM PDT

Pemain Tottenham Hotspur Davinson Sanchez (kanan) berebut bola dengan pemain LASK Husein Balic pada pertandingan Grup J Liga Europa di London, Inggris, Kamis (22/10/2020). Tottenham Hotspur menang 3-0. (Adam Davy/Pool via AP)
Pemain Tottenham Hotspur Davinson Sanchez (kanan) berebut bola dengan pemain LASK Husein Balic pada pertandingan Grup J Liga Europa di London, Inggris, Kamis (22/10/2020). Tottenham Hotspur menang 3-0. (Adam Davy/Pool via AP)

Pemain Tottenham Hotspur Davinson Sanchez (kanan) berebut bola dengan pemain LASK Husein Balic pada pertandingan Grup J Liga Europa di London, Inggris, Kamis (22/10/2020). Tottenham Hotspur menang 3-0. (Adam Davy/Pool via AP)

Pemain Tottenham Hotspur Pierre-Emile Hojbjerg mendapat perawatan karena cedera saat menghadapi LASK pada pertandingan Grup J Liga Europa di London, Inggris, Kamis (22/10/2020). Tottenham Hotspur menang 3-0. (Adam Davy/Pool via AP)
Pemain Tottenham Hotspur Pierre-Emile Hojbjerg mendapat perawatan karena cedera saat menghadapi LASK pada pertandingan Grup J Liga Europa di London, Inggris, Kamis (22/10/2020). Tottenham Hotspur menang 3-0. (Adam Davy/Pool via AP)

Pemain Tottenham Hotspur Pierre-Emile Hojbjerg mendapat perawatan karena cedera saat menghadapi LASK pada pertandingan Grup J Liga Europa di London, Inggris, Kamis (22/10/2020). Tottenham Hotspur menang 3-0. (Adam Davy/Pool via AP)

Pemain LASK Marvin Potzmann (kiri) berebut bola dengan pemain Tottenham Hotspur Lucas Moura pada pertandingan Grup J Liga Europa di London, Inggris, Kamis (22/10/2020). Tottenham Hotspur menang 3-0. (Adam Davy/Pool via AP)
Pemain LASK Marvin Potzmann (kiri) berebut bola dengan pemain Tottenham Hotspur Lucas Moura pada pertandingan Grup J Liga Europa di London, Inggris, Kamis (22/10/2020). Tottenham Hotspur menang 3-0. (Adam Davy/Pool via AP)

Pemain LASK Marvin Potzmann (kiri) berebut bola dengan pemain Tottenham Hotspur Lucas Moura pada pertandingan Grup J Liga Europa di London, Inggris, Kamis (22/10/2020). Tottenham Hotspur menang 3-0. (Adam Davy/Pool via AP)

Pemain Tottenham Hotspur Lucas Moura (kanan) mencetak gol ke gawang LASK pada pertandingan Grup J Liga Europa di London, Inggris, Kamis (22/10/2020). Tottenham Hotspur menang 3-0. (Adam Davy/Pool via AP)
Pemain Tottenham Hotspur Lucas Moura (kanan) mencetak gol ke gawang LASK pada pertandingan Grup J Liga Europa di London, Inggris, Kamis (22/10/2020). Tottenham Hotspur menang 3-0. (Adam Davy/Pool via AP)

Pemain Tottenham Hotspur Lucas Moura (kanan) mencetak gol ke gawang LASK pada pertandingan Grup J Liga Europa di London, Inggris, Kamis (22/10/2020). Tottenham Hotspur menang 3-0. (Adam Davy/Pool via AP)

Pemain Tottenham Hotspur Lucas Moura  terbaring di lapangan setelah terjatuh saat menghadapi LASK pada pertandingan Grup J Liga Europa di London, Inggris, Kamis (22/10/2020). Tottenham Hotspur menang 3-0. (Adam Davy/Pool via AP)
Pemain Tottenham Hotspur Lucas Moura terbaring di lapangan setelah terjatuh saat menghadapi LASK pada pertandingan Grup J Liga Europa di London, Inggris, Kamis (22/10/2020). Tottenham Hotspur menang 3-0. (Adam Davy/Pool via AP)

Pemain Tottenham Hotspur Lucas Moura terbaring di lapangan setelah terjatuh saat menghadapi LASK pada pertandingan Grup J Liga Europa di London, Inggris, Kamis (22/10/2020). Tottenham Hotspur menang 3-0. (Adam Davy/Pool via AP)

Manajer LASK Dominik Thalhammer (kiri) dan Manajer Tottenham Hotspur Jose Mourinho berbicara saat pertandingan  Grup J Liga Europa di London, Inggris, Kamis (22/10/2020). Tottenham Hotspur menang 3-0. (Adam Davy/Pool via AP)
Manajer LASK Dominik Thalhammer (kiri) dan Manajer Tottenham Hotspur Jose Mourinho berbicara saat pertandingan Grup J Liga Europa di London, Inggris, Kamis (22/10/2020). Tottenham Hotspur menang 3-0. (Adam Davy/Pool via AP)

Manajer LASK Dominik Thalhammer (kiri) dan Manajer Tottenham Hotspur Jose Mourinho berbicara saat pertandingan Grup J Liga Europa di London, Inggris, Kamis (22/10/2020). Tottenham Hotspur menang 3-0. (Adam Davy/Pool via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Trump Ungkap Fakta Rekening Bank di China

Posted: 22 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Polemik rekening bank Trump di China muncul jelang Pilpres AS. Pada debat Presiden terakhir, Trump menjelaskan rekening tersebut ditutup sebelum ia maju pada Pilpres AS 2016.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Irene Red Velvet Minta Maaf soal Skandal Membentak Staf: Saya Merasa Malu...

Posted: 22 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Irene Red Velvet tengah terbelit skandal yang bisa merusak citranya. Pelantun "Psycho" ini dituduh berlaku kasar kepada seorang staf editor sekaligus stylist.

Dilansir dari Soompi, Jumat (23/10/2020), skandal ini pertama kali tercetus lewat sebuah unggahan Instagram yang dibagikan sang stylist. Ia menceritakan kata-kata kasar yang ia terima selama sekitar 20 menit dari seorang artis, yang membuatnya menangis dan merasa dipermalukan

Sebenarnya, sang stylist tak menulis nama Irene Red Velvet, atau artis mana pun. Hanya, ia menyertakan tagar #monster dan #psycho, yang merupakan judul lagu Red Velvet dan subunitnya.

Rumor bahwa sosok yang dimaksud adalah Irene Red Velvet, terus menjalar. Tak lama, terkuak bahwa spekulasi warganet tak salah.

Minta Maaf

Irene Red Velvet (SM Entertainment via Soompi)
Irene Red Velvet (SM Entertainment via Soompi)

Irene merilis sebuah permintaan maaf di akun Instagram miliknya. Tanpa foto, ia hanya menyertakan sebuah background hitam dan caption panjang berisi permintaan maaf.

"Saya meminta maaf dengan tulus karena melukai sang stylist dengan sikap bodoh dan tindakan yang tak berhati-hati," tulisnya.

Introspeksi Diri

Irene Red Velvet (SM Entertainment via Soompi)
Irene Red Velvet (SM Entertainment via Soompi)

Ia juga mengatakan tengah mengintrospeksi diri atas perilakunya.

"Saya mencapai posisi ini dengan bantuan banyak orang yang bekerja bersama saya, tapi tindakan saya yang tidak dewasa menyebabkan luka mendalam, saya menyesalinya dan introspeksi diri," tutur wanita berusia 29 tahun tersebut.

"Saya mengingat kembali masa lalu karena kejadian ini, dan merasa malu karena kata-kata dan perilaku saya yang tak pantas, dan sekali lagi, saya merasa bahwa staf adalah sosok yang sangat berharga," ujarnya.

Lebih Hati-Hati

Irene Red Velvet (SM Entertainment via Soompi)
Irene Red Velvet (SM Entertainment via Soompi)

Irene berjanji akan lebih berhati-hati pada masa mendatang agar hal serupa tak terjadi lagi.

"Saya mohon maaf kepada penggemar yang mendukungku dan semua orang yang telah khawatir karena masalah ini," Irene mengakhiri pernyataan.

 

Bertemu dan Minta Maaf

Sementara itu, SM Entertainment juga telah mengeluarkan pernyataan resmi soal ini. Agensi raksasa Korsel ini menyebutkan Irene telah bertemu dan meminta maaf kepada sang stylist.

Unggahan dari stylist pun kini telah dihapus.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Program Magang di Google untuk Tahun 2021 Berlangsung Virtual

Posted: 22 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Untuk pertama kalinya dalam sejarah, ribuan mahasiswa dari 43 negara telah mengikuti program magang di Google pada musim panas mereka secara virtual.

Google menyelenggarakan lebih dari 200 sesi orientasi di seluruh dunia dan mengadakan lebih dari 300 acara sepanjang musim panas untuk membantu para mahasiswa magang terhubung dengan rekan-rekan mereka, terlibat dengan berbagai tim di Google, dan lainnya.

"Karena kami terus memprioritaskan kesehatan dan keselamatan selama pandemi yang sedang berlangsung, kami mengonfirmasi bahwa program magang di Google akan berlangsung virtual lagi pada tahun 2021 nanti," ujar Andrea Florence, Director, Intern Programs dikutip dari keterangan perusahaan, Jumat (23/10/2020).

Dengan mengumumkan keputusan tersebut saat ini, perusahaan berharap dapat memberikan cukup waktu kepada para mahasiswa yang berencana magang di Google untuk bersiap bekerja di lingkungan virtual.

Peluang baru di lingkungan virtual

Beralih ke format virtual merupakan tantangan besar. Mamun, menurut Andrea, itu memberi perusahaan peluang untuk menjadi lebih inventif.

Untuk membantu membuat aktivitas lebih aksesibel bagi komunitas global perusahaan, setiap mahasiswa magang memiliki beberapa opsi. Salah satunya, mahasiswa magang dapat memilih untuk dipasangkan dengan seorang mentor di Google.

"Untuk membantu magang kami fokus pada kesejahteraan mereka saat bekerja dari rumah, kami menciptakan "hub pengembangan" yang diisi dengan alat dan sumber daya yang khusus dibuat untuk berkembang selama kerja jarak jauh," tutur Andrea.

Selain itu, perusahaan juga memulai lebih banyak acara sosial virtual untuk memastikan mahasiwa magang bertemu dengan karyawan Google dan sesama mahasiwa magang lainnya.

 

Hash Code

"Kami meluncurkan Hash Code versi khusus magang, kompetisi coding berbasis tim kami, yang memberikan siswa kesempatan untuk memecahkan tantangan teknis," kata Andrea.

Andrea juga menekankan bahwa melakukan magang di Google harus memberikan dampak positif kepada para mahasiswa magang. Dia menyebut bahwa 97 persen mahasiswa magang puas dengan pengalaman mereka. Persentase kepuasan ini juga sama seperti tahun sebelumnya, ketika program magang dilakukan langsung di di kantor.

"Kami berharap dapat menerapkan banyak dari apa yang kami pelajari awal tahun ini untuk program pada 2021 nanti. Mendekati musim panas mendatang, kami akan terus membagikan lebih banyak detail kepada para magang tentang apa yang dapat mereka harapkan dari magang virtual mereka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wagub DKI Janji Pertimbangkan Izin Resepsi Pernikahan Usai PSBB Transisi

Posted: 22 Oct 2020 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi di DKI Jakarta hanya memperbolehkan pelaksanaan prosesi akad nikah. Sementara pesta pernikahan masih dilarang.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menjelaskan, kebijakan tersebut diatur dalam Pergub Nomor 51 tahun 2020 tentang PSBB transisi. Dia pun meminta masyarakat Jakarta yang ingin menggelar pesta pernikahan untuk bersabar.

"Karena itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berharap kepada masyarakat yang ingin menyelenggarakan resepsi pernikahan dapat bersabar dan menunda penyelenggaraan resepsi pernikahan," kata pria yang akrab disapa Ariza itu di Jakarta, Jumat (23/10/2020).

Ariza menyatakan, Pemprov DKI akan mempertimbangkan memberi izin penyelenggaraan resepsi pernikahan setelah masa PSBB transisi berakhir.

"Kami nanti akan laporkan kepada Pak Gubernur, pada jajaran internal, forkompinda, gugus tugas dan pusat untuk ke depan dapat dipertimbangkan dibukanya resepsi pernikahan," katanya.

Apalagi, lanjutnya, banyak warga yang bekerja di bidang jasa penyelenggaraan pesta pernikahan yang menganggur selama PSBB di Jakarta.

"Kita tahu kan banyak saudara yang tutup 7 bulan ini, enggak dapat bekerja bahkan terancam di-PHK. Mudah-mudahan kita dapat mencarikan solusi terbaik, tetap mengutamakan kesehatan dan keselamatan, juga memberi kesempatan peluang usaha," tandasnya.

 

PSBB Transisi hingga 25 Oktober

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria memantau pelaksanaan protokol kesehatan di Central Park Grogol Petamburan, Sabtu (20/6/2020). Riza Patria meminta pengelola mal di wilayahnya ikut meningkatkan pengawasan dan pelaksanaan terhadap protokol kesehatan Covid-19. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria memantau pelaksanaan protokol kesehatan di Central Park Grogol Petamburan, Sabtu (20/6/2020). Riza Patria meminta pengelola mal di wilayahnya ikut meningkatkan pengawasan dan pelaksanaan terhadap protokol kesehatan Covid-19. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Untuk diiketahui PSBB transisi jilid II ini telah berlaku sejak tanggal 12 hingga 25 Oktober 2020. Belum ada keputusan apakah pemberlakuan PSBB transisi akan diperpanjang atau tidak. 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Happy Asmara Tanpa Makeup, Bikin Pangling

Posted: 22 Oct 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penggemar musik dangdut pasti sudah tak asing lagi dengan nama Happy Asmara. Penyanyi cantik yang populer lewat lagu Dalan Liyane ini. Lagu-lagu pria yang dikabarkan dekat dengan Denny Caknan kerap memuncaki trending di YouTube. Enggak heran, wanita asal Kediri ini pun kerap diundang dalam acara televisi. 

Sebagai penyanyi dangut, wanita kelahiran 1999 ini kerap tampil glamor dan full makeup. Pemakaian shading, contour makeup tebal dan lipstik menjadi ciri khas dari pelantun lagu 'Jodohku' ini. Meski begitu, pada momen tertentu penyanyi dangdut cantik ini.

Meski begitu, dalam beberapa kesempatan Happy Asmara memilih tampil tanpa makeup. Terbiasa tampil glamor dengan riasan makeup, tak ayal penampilan Happy tanpa makeup ini sukses bikin pangling. Tak sedikit warganet yang mengungkapkan Happy justru lebih cantik tanpa riasan makeup loh!

Meski tanpa riasan, wanita 21 tahun ini tetap cantik. Jadi penasaran kan gimana potret aktris sekaligus penyanyi ini tanpa riasan makeup? Dilansir dari laman Instagram Happy Asmara, berikut Liputan6.com ulas potret Happy Asmara tanpa riasan, Jumat (23/10/2020). 

1. Ini dia potret pelantun lagu 'Dalan Liyane' tanpa riasan. Ia tetap terlihat cantik meski tampil tanpa makeup.

Happy Asmara Tanpa Makeup (Sumber: Instagram//happy_asmara77)
Happy Asmara Tanpa Makeup (Sumber: Instagram//happy_asmara77)

2. Kerap tampil full makeup, penampilan wanita asal Kediri tanpa riasan ini sukses bikin pangling.

Happy Asmara Tanpa Makeup (Sumber: Instagram//happy_asmara77)
Happy Asmara Tanpa Makeup (Sumber: Instagram//happy_asmara77)

3. Wanita kelahiran 1999 ini tampil dengan riasan natural dengan daster. Pesona cantiknya tetap terpancar.

Happy Asmara Tanpa Makeup (Sumber: Instagram//happy_asmara77)
Happy Asmara Tanpa Makeup (Sumber: Instagram//happy_asmara77)

4. Wajah tanpa riasan penyanyi dangdut menggunakan mukena. Cantiknya alami.

Happy Asmara Tanpa Makeup (Sumber: Instagram//happy_asmara77)
Happy Asmara Tanpa Makeup (Sumber: Instagram//happy_asmara77)

5. Saat bersantai, wanita 21 tahun ini memilih tampil sederhana tanpa riasan makeup.

Happy Asmara Tanpa Makeup (Sumber: Instagram//happy_asmara77)
Happy Asmara Tanpa Makeup (Sumber: Instagram//happy_asmara77)

6. Tak sedikit warganet yang mengatakan, Happy Asmara terlihat lebih memukau tanpa menggunakan makeup.

Happy Asmara Tanpa Makeup (Sumber: Instagram//happy_asmara77)
Happy Asmara Tanpa Makeup (Sumber: Instagram//happy_asmara77)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming FTV Kisah Nyata Spesial: Suamiku Tak Bisa Hidup Susah, JUmat 23 Oktober 2020

Posted: 22 Oct 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kisah Nyata Spesial hadir setiap siang.

Seperti biasa FTV Kisah Nyata Spesial tayang mulai pukul 11.30 WIB.

Dan Anda bisa menyaksikan Kisah Nyata Spesial via live streaming dengan klik tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

12 Manfaat Biji Durian, Tidak Hanya Baik untuk Kesehatan

Posted: 22 Oct 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Durian merupakan salah satu jenis buah dengan bau cukup menyengat namun rasa yang nikmat. Mungkin beberapa dari Anda ada yang gemar dan ada yang mendekat untuk mencium aromanya saja tidak tahan.

Terlepas dari itu semua, saat musim durian datang banyak para penggemar buah ini berbondong-bondong mencari penjaja durian. Baik di pinggir jalan hingga ke pelosok daerah yang dikenal dengan penghasil buah berduri tajam ini.

Sayangnya, tingginya konsumsi durian tersebut sejalan dengan bertambahnya limbah biji durian yang terbuang begitu saja. Padahal, banyak manfaat biji durian yang bisa dirasakan dampaknya, terutama bagi kesehatan tubuh.

Hasil studi mengenai manfaat biji durian ini bahkan sudah diterbitkan oleh International Journal of Pharmacological and Pharmaceutical Science, yang menyatakan bahwa biji durian mengandung nutrisi tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Nah, untuk membahas lebih dalam mengenai apa saja manfaat biji durian, maka berikut ini Liputan6.com telah merangkumnya dari berbagai sumber, Jumat (23/10/2020).

Manfaat Biji Durian

Ilustrasi tekanan darah tinggi | Pera Detlic dari Pixabay
Ilustrasi tekanan darah tinggi | Pera Detlic dari Pixabay

1. Cegah Hipertensi

Manfaat biji durian yang pertama mampu mencegah hipertensi. Manfaat biji durian ini tidak lain karena kandungan kalium yang terkandungnya, dipercaya mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Itulah mengapa, biji durian sangat cocok dikonsumsi bagi orang yang memiliki penyakit darah tinggi.

 

2. Sumber Energi

Kemudian, manfaat biji durian juga dipercaya sebagai sumber energi bagi tubuh. Sebab, di dalam biji durian terdaapt kandungan sari pati yang tinggi. Senyawa tersebut merupakan sumber energi tinggi dan bisa membuat perut lebih lama terisi daripada jenis karbohidrat lain. 

Maka dari itu, dengan kandungan sari pati yang tinggi di dalam biji durian, menurut beberapa ahli menyatakan jika manfaat biji durian bisa dijadikan sebagai pengganti makanan karena kemampuannya men-supply kebutuhan energi seseorang.

Manfaat Biji Durian

Ilustrasi gigi. Sumber foto: unsplash.com/Vinicius Wiesehofer.
Ilustrasi gigi. Sumber foto: unsplash.com/Vinicius Wiesehofer.

3. Jaga Kesehatan Gigi

Kandungan nutrisi seperti kalium, kalsium, serta vitamin B pada biji durian, bermanfaat untuk mencegah dan melindungi gigi dari berbagai macam penyakit. Namun tentunya perlu diimbangi dengan perawatan gigi yang tepat seperti sikat gigi secara teratur dan hindari konsumsi makanan manis berlebihan.

 

4. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat biji durian yang tidak kalah penting yaitu mampu menjaga sistem kekebalan tubuh. Hal ini tentu sangat penting, mengingat perubahan cuaca yang sering terjadi daapt mengakibatkan tubuh mudah terserang penyakit.

Untuk mengatasi menghindari hal tersebut ini, mengonsumsi biji durian bisa menjadi solusi. Sebab kandungan vitamin C di dalam biji durian sangat tinggi dan efektif untuk melindungi sistem kekebalan tubuh dari beragam penyakit.

Manfaat Biji Durian

Ilustrasi jantung (sumber: pixabay)
Ilustrasi jantung (sumber: pixabay)

5. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Manfaat biji durian selanjutnya mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Sindrom koroner akut atau serangan jantung adalah jenis penyakit yang paling mematikan di seluruh dunia. Penyakit tersebut disebabkan otot jantung tidak mendapat aliran darah.

Itulah mengapa, untuk mencegah terjadinya serangan jantung, ada baiknya sejak dini melakukan upaya pencegahan dengan mengonsumsi biji durian secara teratur. Sebab, di dalam biji durian terdapat kandungan antioksidan yang mampu mencegah penyakit jantung.

 

6. Menjaga Sistem Pencernaan

Di dalam biji durian terdapat kandungan serat yang sangat tinggi. Tingginya serat tersebut berfungsi efektif mengatasi masalah pencernaan. Selain itu, kandungan vitamin B1 pada biji durian juga dipercaya mampu meningkatkan nafsu makan, sehingga akan menguatkan pencernaan di dalam tubuh.

Manfaat Biji Durian

Ilustrasi Workout Credit: unsplash.com/Jonathan
Ilustrasi Workout Credit: unsplash.com/Jonathan

7. Memperkuat Otot

Di dalam biji durian juga terdapat kandungan protein yang baik untuk memelihara kesehatan otot. Adanya kandungan protein tersebut bisa membantu tubuh dalam mengikat kelebihan lemak, sehingga otot akan lebih kuat dan berenergi.

 

8. Mengandung Minyak Esensial

Kemudian, manfaat biji durian juga berasal dari kandungan lemak di dalamnya. Bahkan, kandungan lemak yang ada di dalam biji durian ini sama baiknya dengan minyak ikan. Itulah mengapa, menurut pada ahli kandungan lemak yang ada di dalam biji durian tersebut sangat disarankan untuk dikonsumsi penderita penyakit kolesterol.

Manfaat Biji Durian

Ilustrasi serangan radikal bebas (Photo by Bru-nO on Pixabay)
Ilustrasi serangan radikal bebas (Photo by Bru-nO on Pixabay)

9. Mencegah Radikal bebas

Dengan kandungan vitamin seperti jenis vitamin C di dalamnya, biji buah durian sangat berguna untuk melawan radikal bebas yang ada dalam tubuh. Sifat antioksidan di dalamnya berguna untuk mencegah terjadinya kerusakan sel yang bisa berbahaya bagi tubuh.

 

10. Bahan Pengganti Tepung Terigu

Manfaat biji durian juga bisa dijadikan sebagai tepung. Tepung dari biji durian ini dapat menggantikan tepung terigu yang biasa digunakan dalam pembuatan bahan makanan. Bahkan, menurut penelitian yang dilakukan oleh Program Studi Ilmu Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, substitusi tepung terigu dengan tepung biji durian sampai dengan 25%, memiliki karakteristik organoleptik (rasa, warna, dan aroma) yang sama dengan biskuit berbahan dasar tepung terigu.

Meski begitu, masih diperlukan penambahan dari bahan pangan lainnya untuk memperbaiki tekstur dan meningkatkan kandungan protein agar sesuai dengan SNI biskuit.

Manfaat Biji Durian

Ilustrasi bayi  (sumber: Pixabay)
Ilustrasi bayi (sumber: Pixabay)

11. Sumber Makanan Tambahan Balita Underweight

Dengan pengolahan biji durian menjadi tepung, maka sangat baik bagi balita underweight (berat badan kurang). Masih berdasar penelitian yang dilakukan Program Studi Ilmu Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, menyatakan bahwa tepung biji durian termasuk bahan makanan yang tinggi protein, sehingga baik untuk digunakan dalam bahan makanan seperti produk biskuit yang berfungsi sebagai makanan tambahan balita underweight.

 

12. Sebagai Camilan

Lalu manfaat biji durian juga berguna sebagai bahan dasar camilan. Manfaatnya tidak hanya bagi tubuh, namun juga bagi lingkungan. Sebab, dengan mengolah biji durian menjadi camilan, maka berguna mengurangi limbah biji durian. Untuk membuat camilan dari biji durian ini sangat mudah dan biayanya sedikit, serta memiliki nilai ekonomis tinggi apabila dijual.

Maka dari itu, dengan memanfaatkan biji durian sebaik mungkin, selain baik bagi tubuh juga bisa membantu dalam mengurangi limbah biji durian di lingkungan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Operasikan Tol Listrik Jalur Barat Sulawesi, PLN Hemat Rp 137 Miliar per Tahun

Posted: 22 Oct 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) telah merampungkan pembangunan interkoneksi sistem kelistrikan dari Sulawesi Barat (Sulbar) sampai dengan Sulawesi Tengah (Sulteng).

Ini ditandai dengan pemberian tegangan (energize) serta pengoperasian perdana terhadap jaringan transmisi bertegangan 150 kilo Volt (kV) yang terbentang dari Gardu Induk (GI) 150 kV Mamuju Baru di Kabupaten Mamuju sampai dengan GI 150 kV Topoyo di Kabupaten Mamuju Tengah.

Langkah ini dilakukan menyusul beroperasinya transmisi 150 kV Topoyo-Pasangkayu dan GI 150 kV Topoyo pada 3 Oktober 2020 lalu. PLN memprediksi, beroperasinya tol listrik interkoneksi Sulbar–Sulteng ini berpotensi meningkatkan pendapatan perseroan sebesar Rp 137,8 miliar per tahun atau Rp 377 juta per hari.

Direktur Bisnis PLN Regional Sulawesi dan Kalimantan Syamsul Huda mengatakan, proses pembangkitan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) ini telah dilakukan pada Kamis, 22 Oktober 2020 dini hari pukul 02.00 WITA.

"SUTT itu buktikan interkoneksi dari selatan Sulawesi menuju ke barat dan tengah, dan menambah jaringan transmisi di Sulawesi dari yang sebelumnya 1 jalur jadi 2 jalur. Jalur kedua ini dibangun di sisi barat," jelasnya dalam sesi teleconference, Jumat (23/10/2020).

Syamsul melanjutkan, kehadiran 2 jaringan transmisi ini akan sangat membantu penyaluran daya listrik di Sulawesi bagian selatan dan tengah ketika salah satu jalurnya mengalami gangguan. Seperti saat terjadi musibah gempa di Palu, Sulawesi Tengah pada September 2018, menyebabkan pembangkit besarnya rontok dan sambungan daya terganggu.

"Pasca gempa kita hanya andalkan satu sumber yang jalur timur. Kita hari ini merasa lega, karena ada 2 jalur dari sisi selatan ke kota Palu dan sekitarnya. Saya berharap masyarakat di Palu bisa sambut gegap gempita energize jalur barat, karena kebutuhan listrik bisa kita layani dengan baik," ungkapnya.

Secara garis besar, Syamsul menyampaikan, pembangunan jaringan transmisi ini dilakukan simultan dengan proyek tol listrik Sulawesi tahap II, yang menghubungkan sistem Sulawesi-Gorontalo.

"Tapi jelas mimpinya ini mulai dari bawah selatan sampai Manado bisa terhubung. Seperti Jawa Bali dan Madura. Kelebihannya, kalau transmisi PLN bisa terhubung, keandalan bisa jauh lebih baik. Pembangkit bisa layani beban listrik di utara maupun selatan," sambungnya.

 

Kapasitas 200 MW

Petugas PLN memperbaiki Menara Sutet di Jalan Asia Afrika, Jakarta, Rabu (12/8/2015). Pekerjaan tersebut mengandung resiko besar karena jaringan listrik masih dipelihara tanpa dipadamkan. (Liputan6.com/Helmi Afandi)
Petugas PLN memperbaiki Menara Sutet di Jalan Asia Afrika, Jakarta, Rabu (12/8/2015). Pekerjaan tersebut mengandung resiko besar karena jaringan listrik masih dipelihara tanpa dipadamkan. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

General Manager PLN Unit Induk Pembangkitan dan Penyaluran Sulawesi Suroso memaparkan, SUTT baru yang menyambung dari Mamuju hingga Pasangkayu ini memiliki kapasitas sebesar 200 megawatt (MW).

"Itu setara dengan 250 ribu rumah. Beban puncak di Sulawesi Tengah mencapai 160 MW, sehingga kapasitas jalur barat ini lebih dari cukup untuk melayani kebutuhan beban pada saat ini serta perkiraan pertumbuhannya untuk beberapa tahun mendatang," tuturnya.

Suroso menerangkan, potensi penghematan yang dapat dihasilkan dari teganga baru ini mencapai Rp 137,8 miliar per tahun. Itu terdiri dari direct saving atau penghematan langsung berupa menurunnya losses perbaikan tegangan sekitar Rp 37,8 miliar.

"Kemudian potensi dari matinya PLTD, beserta potensi pelanggan baru sebesar Rp 100 miliar. Dan juga avoided cost atau potensi kehilangan pendapatan karena Palu padam juga cukup besar nilanya. Sehingga efisiensi yang didapat Rp 137,8 miliar per tahun," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Donald Trump Sebut China dan India Negara Udara Kotor

Posted: 22 Oct 2020 09:12 PM PDT

Liputan6.com, Tennessee - Debat capres Amerika Serikat 2020 turut membahas isu lingkungan hidup. Capres Donald Trump dan Joe Biden sama-sama tampil sebagai pro-lingkungan, namun dengan cara berbeda. 

Presiden Donald Trump berkata tidak ingin ada kebijakan yang merugikan industri. Itu dijadikannya alasan keluar dari perjanjian lingkungan Paris Accord. 

"Kita punya program triliunan pohon. Kita punya banyak program. Saya cinta lingkungan, tetapi kita ingin air terbersih sejernih kristal," ujar Donald Trump di debat capres AS, Jumat (23/10/2020).

Ia lantas membandingkan lingkungan bersih di AS dengan negara-negara lain. 

"Lihatlah China. Betapa kotornya negara tu. Lihat Rusia. Lihat India. Kotor. Udaranya kotor," ujar Trump.

Lebih lanjut, Donald Trump berkata Paris Accord merugikan bisnis-bisnis AS. Ia menyebut puluhan juta perusahaan dan ribuan perusahaan akan jadi korban dari perjanjian lingkungan tersebut.

Di lain pihak, Joe Biden berjanji akan kembali bergabung ke Paris Accord. Ia juga akan meminta negara seperti China untuk taat aturan lingkungan. 

"Saya akan kembali bergabung ke Paris Accord, dan membuat China menaati aturan yang mereka sepakati," tegas Biden.

Joe Biden Siap Tutup Industri Minyak

Debat capres AS yang terakhir antara Donald Trump dan Joe Biden. Dok: C-SPAN
Debat capres AS yang terakhir antara Donald Trump dan Joe Biden. Dok: C-SPAN

Dalam debat pamungkas para capres AS kali ini, sebelumnya Presiden Donald Trump memancing Joe Biden untuk berbicara terkait industri minyak.

"Apakah kamu akan menutup industri minyak?" tanya Donald Trump di debat final capres AS.

Capres Amerika Serikat Joe Biden menyatakan siap menutup industri minyak jika menjadi presiden. Ia berkata industri minyak merusak lingkungan.  

"Saya akan bertransisi dari industri minyak. Ya," jawab  Joe Biden

"Saya akan menghentikan, karena industri minyak mengakibatkan polusi signifikan," lanjut Biden. 

Donald Trump berkata ucapan Joe Biden merupakan "pernyataan besar."

Trump lantas memberi peringatan kepada daerah-daerah yang bergantung kepada industri minyak.  

"Pada dasarnya yang dia katakan adalah dia ingin menghancurkan industri minyak. Akankah kau mengingat itu Texas? Oklahoma? Ohio?" ucap Trump.

Beralih ke Energi Terbarukan

Calon presiden dari Partai Demokrat, Joe Biden, memberi isyarat saat berbicara selama debat capres AS 2020 pertama pada Selasa (29/9/2020), di Case Western University dan Cleveland Clinic, Cleveland, Ohio. (Foto AP/Patrick Semansky)
Calon presiden dari Partai Demokrat, Joe Biden, memberi isyarat saat berbicara selama debat capres AS 2020 pertama pada Selasa (29/9/2020), di Case Western University dan Cleveland Clinic, Cleveland, Ohio. (Foto AP/Patrick Semansky)

Joe Biden ingin transisi dari industri minyak untuk beralih ke energi terbarukan. Perubahan itu ia ingin lakukan seiring berjalannya waktu. 

"Ini harus digantikan dengan energi terbarukan seiring berjalannya waktu," ujar Biden yang merupakan capres Partai Demokrat. 

Joe Biden juga berkata ogah memberikan subsidi ke industri minyak. Ia juga menuding Donald Trump justru ogah memberikan subsidi ke energi terbarukan seperti tenaga surya dan angin. 

"Kenapa kita memberikan (subsidi) kepada industri minyak?" kata Biden.

Donald Trump membantah ucapan Biden dengan berkata memberikan subsidi kepada industri terbarukan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bawaslu Limpahkan Kasus Wagub Sumut yang Foto dengan Bobby Nasution ke Gakkumdu

Posted: 22 Oct 2020 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bawaslu Kota Medan menyatakan laporan dugaan pelanggaran pidana pemilu dilakukan Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut), Musa Rajekshah, telah memenuhi syarat.

Materi dilaporkan tim pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Medan nomor urut 1, Akhyar Nasution-Salman Alfarisi (AMAN), itu dilimpahkan ke Gakkumdu.

"Jadi semalam (kemarin) langsung kita pleno dan menetapkan serta memutuskan bersama pimpinan Bawaslu Medan. Kita simpulkan itu dugaan pelanggaran pidana Pemilu dan memenuhi syarat formil dan materil untuk diajukan ke Gakkumdu," ucap Ketua Bawaslu Medan Payung Harahap, Kamis (22/10/2020).

Syarat formil dinilai terpenuhi karena pengadu atau pelapor dinyatakan memenuhi syarat, antara lain yang bersangkutan terdata dalam DPT atau berasal dari tim pasangan calon atau petugas kampanye.

"Syarat materil terpenuhi melihat dari lokasi kejadian, barang bukti dan saksi-saksi. Jadi pelaporan itu kami simpulkan sudah memenuhi syarat formil dan materil," ujar dia.

Karena laporan dinyatakan telah memenuhi syarat formil dan materil, Bawaslu Kota Medan hari ini meregistrasinya ke pihak Gakkumdu. Bagian dari Bawaslu yang juga diawaki pihak Kejaksaan dan Kepolisian ini yang akan melanjutkan proses atas laporan itu.

Gakkumdu akan membahas laporan itu dan menentukan benar tidaknya terjadi pelanggaran pidana Pemilu. "Pemanggilan kepada pihak pelapor dan terlapor juga akan dilakukan Gakkumdu, walaupun nanti saya yang tandatangani," tegas Payung.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Foto Bersama Bobby Nasution

Seperti diberitakan, Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajeckshah, dilaporkan kuasa hukum tim AMAN ke Bawaslu Kota Medan, Selasa (20/10). Dia diduga menguntungkan pasangan calon wali kota nomor urut 2, M Bobby Afif Nasution-Aulia Rachman.

Laporan ini terkait kegiatan Musa Rajeckshah bersama Bobby Nasution yang terekam kamera dan beredar di media sosial. Dalam foto itu keduanya berdampingan. Salah satunya terlihat bersama sejumlah ibu, dan beberapa di antaranya mengangkat jempol dan telunjuknya, simbol yang digunakan pasangan nomor urut 2.

Di bagian belakang terdapat panggung dengan backdrop bertuliskan "Peletakan Batu Pertama Pesantren Tahfidzh Alquran, Yayasan Amal Tahfidz, Jumat 16 Oktober 2020".

Ini bukan kali pertama Musa Rajeckshah mendapat perhatian terkait Pilkada Kota Medan. Sebelumnya, dia juga sempat jadi sorotan saat menyatakan mendoakan Bobby menjadi wali kota Medan pada acara di kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Sumut di Medan, Jumat (18/9/2020). Pidato itu dinilai sebagai bentuk dukungan terbuka, yang disampaikan saat jabatan kepala daerah melekat padanya.

Kasus ini sudah ditutup. Bawaslu menyatakan saat kejadian pasangan calon belum ditetapkan.

Pilkada Kota Medan dijadwalkan digelar 9 Desember mendatang. Dua pasang calon telah ditetapkan KPU Kota Medan, yakni pasangan nomor urut 1, Akhyar Nasution-Salman Alfarisi, dan pasangan nomor urut 2, M Bobby Afif Nasution-Aulia Rachman. Akhyar sebelumnya menjabat Wakil Wali Kota/Plt Wali Kota Medan, sedangkan Bobby dikenal sebagai menantu Presiden Joko Widodo.

Reporter : Yan Muhardiansyah

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Insentif Pajak Bagi Pengusaha Baru Tersalurkan Rp 29,68 Triliun

Posted: 22 Oct 2020 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyerapan insentif perpajakan bagi pelaku usaha yang diberikan dalam Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) masih sangat rendah. Tercatat masih di bawah Rp 29,68 triliun atau sekitar 24,6 persen dari pagu Rp 120,6 triliun.

"Insentif perpajakan kita berikan Rp 120,6 triliun. Meskipun jumlah yang digunakan masih terealisir di bawah 30 triliun atau 24,6 persen," kata Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dalam acara Spectaxculer 2020 Virtual Festival, Jumat (23/10/2020).

Bendahara Negara ini merincikan beberapa insentif pajak yang baru sedikit dimanfaatkan, diantaranya adalah Pajak Penghasilan (PPh) 21 ditanggung pemerintah baru terealisasi Rp 2,18 triliun, dan pembebasan PPh 22 Impor baru terealisasi Rp 7,3 triliun.

Kemudian perusahaan yang sekarang ini menghadapi tantangan luar biasa, mereka boleh mencicil penurunan angsurannya hingga 50 persen, juga sudah terealisir Rp 10,2 triliun.

"Dan juga untuk PPN mereka bisa mendapatkan pengembalian atau pendahuluan. Kita juga sudah menurunkan tarif pajak untuk wajib pajak korporasi," ungkap dia.

Meski begitu, dia memastikan pemerintah akan terus mengajak seluruh wajib pajak untuk memanfaatkan insentif yang diberikan.

Bukan hanya insentif pajak saja, tetapi ada juga insentif berupa subsidi bunga untuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Kita tetap akan berjuang untuk menyampaikan kepada seluruh wajib pajak bahwa pemerintahan hadir untuk membantu mereka.

Bantuan pemerintah bisa dalam insentif pajak, bisa dalam restrukturisasi bersama dengan OJK, dan juga berbagai bantuan untuk usaha kecil menengah seperti bantuan subsidi bunga ataupun memberikan kredit modal produktif," pungkas dia.

Saat ini sejumlah insentif perpajakan sudah diperpanjang sampai dengan akhir tahun. Ketentuan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 143/PMK.03/2020 yang berlaku mulai 1 Oktober 2020 ini dimaksudkan dalam rangka mendukung ketersediaan barang dan jasa guna penanganan pandemi Covid-19.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Wejangan Sri Mulyani ke Bawahannya saat Penerimaan Pajak Turun

Menteri Keuangan Sri Mulyani . (Liputan6.com/JohanTallo)
Menteri Keuangan Sri Mulyani . (Liputan6.com/JohanTallo)

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengakui penerimaan pajak Indonesia mengalami kontraksi hingga lebih dari 17 persen akibat pandemi Covid-19.

Sementara di satu sisi, belanja negara terus mengalami pembengkakan, sehingga menyebabkan defisit APBN meningkat 6,3 persen dari GDP atau lebih dari Rp 1.000 triliun.

"Dan kita semua tahu bahwa ini harus kita atasi segera," kata Sri Mulyani, dalam acara Spectaxculer 2020 Virtual Vestifal, Jumat (23/10/2020).

Melihat kondisi penerimaan pajak tahun ini turun, Sri Mulyani meminta agar Direktorat Jenderal Pajak (DJP) tetap mengumpulkan penerimaan di tahun-tahun depan untuk konsolidasi APBN. Sehingga APBN kita tidak terus-menerus mengalami defisit besar.

Namun di satu sisi juga belanja-belanja yang sangat penting untuk masyarakat, apakah itu kesehatan, bantuan sosial, untuk membantu UMKM, infrastruktur, harus tetap dilakukan dan bisa berjalan.

"Maka kita harus bisa mengumpulkan penerimaan pajak pada saat Covid-19 sudah mulai menurun dan pemulihan ekonomi terjadi," katanya.

Bendahara Negara ini menekankan, meskipun teman-teman DJP menghadapi situasi sulit, tidak berarti kita berhenti atau mengurangi upaya dalam pengumpulan pajak. Dia ingin, agar DJP terus giat untuk melakukan berbagai aktivitas.

Misalnya, di lingkungan internal sendiri ketika bekerja tetap harus mengikuti protokol kesehatan. Dan yang berada di eksternal dalam meraih penerimaan pajak, harus tetap terus berhubungan dengan para wajib pajak, menciptakan kesadaran membayar pajak meskipun dalam situasi yang sulit.

"Karena dalam situasi yang sulit ini instrumen APBN itu menjadi andalan yang luar biasa penting. Kita semuanya tetap harus melaksanakan tugas negara ini dengan protokol kesehatan dan tentu kita harus saling memberikan semangat," ujar Sri Mulyani.

 

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal Tangkap Buron Harun Masiku, ICW: KPK Bukan Tak Mampu, tapi Tidak Mau

Posted: 22 Oct 2020 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Indonesia Corruption Watch (ICW) meyakini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di bawah komando Komjen Firli Bahuri bukan tak mampu menyeret buronan kasus suap penetapan anggota DPR melalui metode pergantian antar-waktu (PAW) Harun Masiku.

Namun, di mata ICW, KPK era Firli ini tak memiliki niat untuk menangkap calon anggota legislatif PDIP itu.

"Sejak awal ICW sudah memiliki keyakinan bahwa KPK bukan tidak mampu untuk meringkus mantan calon legislatif asal PDIP, Harun Masiku, akan tetapi memang tidak mau," ujar peneliti ICW Kurnia Ramadhana, Jumat (23/10/2020).

Bukan tanpa alasan ICW menilai demikian. Sebab, menurut pandangan ICW, selama ini KPK memiliki rekam jejak dan reputasi yang baik dalam menangkap buronan. Bahkan, buronan yang sudah berada di luar negeri pun bisa diseret lembaga antirasuah untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

"KPK selama ini dikenal baik dalam pencarian buronan kasus korupsi. Namun, pada periode di bawah kepemimpinan Firli Bahuri, performa penindakan KPK justru terlihat sangat menurun drastis," kata Kurnia.

Lantaran tak juga menemukan buron Harun Masiku, ICW berpendapat agar tim satuan tugas pemburu Harun Masiku lebih baik dibubarkan. Sebab, tak ada pekembangan berarti yang diperlihatkan tim tersebut.

Selain itu, ICW mendesak agar pimpinan KPK segera mengevaluasi kinerja Deputi Penindakan Irjen Karyoto. Tak hanya itu, ICW turut mendesak dewan pengawas KPK segera memanggil para pimpinan KPK dan juga Karyoto.

"Sebab bagaimana pun Deputi Penindakan adalah pihak yang seharusnya paling bertanggung jawab atas buruknya performa tim satuan tugas pencarian Harun Masiku," kata dia.

 

Komisioner KPU Ditetapkan Tersangka

Diketahui, Harun Masiku lolos dari operasi tangkap tangan (OTT) yang digelar lembaga antirasuah pada awal Januari 2020. Saat itu, tim penindakan hanya berhasil menangkap dan menyeret eks Komisioner KPU Wahyu Setiawan, mantan anggota Bawaslu yang juga orang kepercayaan Wahyu, Agustiani Tio Fridelia, dan Saeful Bahri.

Wahyu dan Agustiani telah divonis dalam perkara tersebut. Wahyu divonis enam tahun penjara, sedangkan Agustiani Tio divonis empat tahun penjara.

Selain itu, keduanya juga diwajibkan membayar denda Rp 150 juta subsider empat bulan kurungan. Wahyu diyakini menerima suap sebesar Rp 600 juta dari Kader PDIP Saeful Bahri dan Harun Masiku. 

Suap tersebut berkaitan dengan upaya agar caleg PDIP Harun Masiku terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2019-2024 menggantikan Nazarudin Kiemas yang meninggal dunia.

Selain itu, Wahyu juga diyakini menerima gratifikasi sejumlah Rp 500 juta dari Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan. Uang itu diserahkan melalui perantara Sekretaris KPU Provinsi Papua Barat Rosa Muhammad Thamrin Payapo.

Sementara vonis yang dijatuhkan terhadap Saeful Bahri hanya 1 tahun 8 bulan penjara denda Rp 150 juta subsider 4 bulan kurungan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Titik Rawan Macet saat Libur Panjang Minggu Depan

Posted: 22 Oct 2020 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mengantisipasi kemacetan libur panjang dan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW minggu depan, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah memetakan sejumlah titik.

"Titik rawan kemungkinan nanti ada di Cawang, terus Km 10 yang kenaikan elevated (Tol Jakarta-Cikampek), kemudian Cikarang Barat, termasuk juga di Cikarang Utama untuk wilayah Polda Metro ya," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo dilansir NTMC Polri.

Tak hanya ruas jalan, Polda Metro Jaya juga mengantisipasi macet di sejumlah titik rest area Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

"Tentu nanti termasuk rest area Km 19, kemudian arus baliknya yang kita perkirakan cukup padat, pertemuan dari arah Bandung dan di Km 62, kemudian juga di rest area dan juga sebagainya, tentu akan kita perkuat di sana," ujarnya.

Selain itu, Dirlantas memperkirakan puncak arus mudik libur panjang terjadi pada Selasa 27 Oktober 2020 malam hingga Rabu 28 Oktober 2020 pagi. Sedangkan puncak arus balik diperkirakan terjadi pada Minggu 1 November 2020.

"Tanggal 28, 29, 30, 31 (Oktober) hari Rabu hingga Minggu kita akan melaksanakan libur panjang minggu depan. Puncak arus mudik liburan kemungkinan Selasa malam sampai Rabu pagi. Kemudian arus baliknya hari Minggu sampai dengan Senin subuh," jelasnya.

Siapkann Skenario Penanganan

Mengantisipasi hal ini, Dirlantas juga akan menyiapkan 15 pos pengamanan di sejumlah titik dan skenario penanganan arus lalu lintas libur panjang.

"Kemudian kami sudah menyiapkan skenario contraflow maupun one way. Tentu saja ini akan dikoordinasikan dengan pihak Korlantas karena sangat terhubung dengan Polda Jabar untuk pengamanan di jalan tolnya termasuk juga skenario-skenario misalnya apabila penutupan elevated dan sebagainya tapi ini sifatnya situasional nanti kita lihat perkembangan situasi di lapangan," tuturnya.

 

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aura Kasih Rela Nyeker Saat Naik Gunung

Posted: 22 Oct 2020 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wisata alam, seperti naik gunung, jadi salah satu pilihan banyak orang di masa pandemi. Selain menikmati pemandangan yang indah, pengunjung juga bisa menghirup udara bebas, seperti dinikmati Aura Kasih baru-baru ini.

Lewat akun Instagram pribadinya, ibu satu anak itu membagikan sebuah video berdurasi singkat saat menikmati panorama alam pegunungan. Ia sempat juga mengunjungi sebuah curug di kawasan Bandung, Jawa Barat.

"di prank sama warga sekitar 😂 katanya deket kok ke curug deket bgt. taunya ampun bolak balik 12 km ...," tulis Aura kasih sebagai keterangan video, Rabu, 21 Oktober 2020.

Tak hanya itu, mereka juga lupa membawa air minum sehingga membuat pusing karena dehidrasi. Aura bahkan khawatir pingsan di gunung.

"al hasil minum dr mata air... mana sendal swallow kesayangan hanyut d sungai, kebayang gaaaaa nih kaki ROROMBEHEUN nginjek2 kayu, tanah basah, rumput2 kering, nginjek alpukat busuk, tisoledat 😂bener2 bolang... tapi asli air nya manis," kata Aura Kasih.

Perjalanan Sulit

Aura Kasih menikmati naik gunung yang membuatnya harus nyeker dan minum dari mata air karena lupa membawa minuman (Dok.Instagram/@aurakasih/https://www.instagram.com/p/CGlyhVdnxC9/?hl=en/Komarudin)
Aura Kasih menikmati naik gunung yang membuatnya harus nyeker dan minum dari mata air karena lupa membawa minuman (Dok.Instagram/@aurakasih/https://www.instagram.com/p/CGlyhVdnxC9/?hl=en/Komarudin)

Perjalanan pemeran film Arini itu akhirnya tiba di sebuah curug, tapi ia tak menyebutkan nama curug tersebut. Selain sempat minum dari mata air, ia juga menemukan beragam sayuran dan kopi.

"FYI, ini curug bener2 ga ada orang yg tau... perjalanannya aja bener2 susah.... nemu berbagai macam sayuran dan kopi yg sudah kering karna memang jarang ada org ke atas gunung nya...," tulis Aura.

Meski begitu, Aura menyebutkan bahwa dirinya sangat senang. Ia juga menikmati energi alam.

"tapi allhamdulillah gini aja sudah samgat senang... good vibes banget, nikmatiin energi dan vibrasi baik disini... TIIS CEULI HERANG PANON daripada jakarta loba CORONA serta CONGOR NA ORG2 julid !! anyway, yg nanya "ini buat vlog apa bukan", bukan... sampai saat ini belum kepikiran bikin vlog... )," ujar Aura Kasih.

Infografis Polusi Udara di Dunia Menurun saat Pandemi Corona. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Polusi Udara di Dunia Menurun saat Pandemi Corona. (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan video pilihan di bawah ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dituding Tangkap Pendemo Sebelum Aksi, Ini Jawaban Polisi Jember

Posted: 22 Oct 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aparat kepolisian membantah telah mengamankan beberapa pengunjuk rasa yang menolak Undang-Undang Cipta Kerja di bundaran DPRD Kabupaten Jember, Jawa Timur.

"Tidak ada yang diamankan karena kami mengedepankan tindakan persuasif dan tujuan polisi mengamankan jalannya aksi unjuk rasa mahasiswa," kata Wakapolres Jember Kompol Windy Syafutra saat dikonfirmasi sejumlah wartawan di Jember, Kamis malam, 22 Oktober 2020.

Unjuk rasa ratusan aktivis mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Jember Menggugat berakhir ricuh dan massa melempari gedung DPRD Jember dengan batu, botol air mineral, dan sesekali terdengar suara mirip petasan, bahkan pengunjuk rasa bertahan di bundaran DPRD Jember hingga malam hari, dilansir dari Antara.

"Demonstrasi yang dilakukan mahasiswa tersebut untuk menyampaikan pendapat dan itu diatur undang-undang, sehingga aparat kepolisian hanya menjaga aksi tersebut, sehingga tidak ada mahasiswa yang diamankan," tuturnya.

Mengenai kabar penangkapan aktivis mahasiswa sebelum unjuk rasa, Windy tetap membantah tidak ada yang ditangkap karena pihaknya mengedepankan tindakan persuasif.

"Saat mahasiswa melempari petugas dengan benda-benda, kami sempat mundur dan tidak ada upaya untuk membalas tindakan mereka. Kami bersiaga dengan ketat," katanya di Jember.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Ada Indikasi Penyusup

Sejumlah Polwan membawa spanduk bertuliskan Satlantas Polrestabes Surabaya cinta damai saat mengamankan demo UU Cipta Kerja, Kamis (22/10/2020). (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Sejumlah Polwan membawa spanduk bertuliskan Satlantas Polrestabes Surabaya cinta damai saat mengamankan demo UU Cipta Kerja, Kamis (22/10/2020). (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Ia menjelaskan sebanyak 1.000 personel dikerahkan untuk mengamankan jalannya aksi unjuk rasa Aliansi Jember Menggugat dengan meminta bantuan dari aparat kepolisian kabupaten tetangga.

"Kami minta bantuan dari Polres Lumajang dan Sitibondo, serta Brimob Polda Jatim untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya.

Sementara koordinator lapangan Aliansi Jember Menggugat M. Yayan mengatakan pihaknya mendapat informasi ada mahasiswa yang ditangkap aparat kepolisian sebelum demonstrasi dilaksanakan.

"Kami tidak tahu apakah mahasiswa tersebut bagian dari massa yang berunjuk rasa atau tidak, namun kami menyayangkan upaya represif aparat kepolisian," katanya.

Ia mengatakan ada indikasi pihak-pihak yang menyusup dan memprovokasi para aktivis mahasiswa, sehingga  terjadi kericuhan dan informasi penangkapan mahasiswa semakin membuat kemarahan para pengunjuk rasa.

Ratusan mahasiswa dari 30 elemen yang tergabung dalam Aliansi Jember Menggugat kembali berdemonstrasi menolak Undang-Undang Cipta Kerja di bundaran DPRD Kabupaten Jember yang awalnya demonstrasi tersebut berjalan kondusif.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Viral Video Pria Lihat Mantan Kekasih Foto Prewed di Tempat Kerjanya

Posted: 22 Oct 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi kalian para pria bagaimana rasanya jika kalian melihat mantan kekasih foto prewedding bersama calon suaminya secara langsung? Tentu akan terasa menyesakkan ya.

Hal ini yang juga dialami oleh seorang pria yang videonya viral baru-baru ini. Pria yang diketahui merupakan barista melihat sang mantan kekasih melakukan foto prewedding di café tempatnya bekerja.

Artikel tentang kisah pria yang melihat mantan kekasih foto prewedding di tempat kerjanya menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang video viral yang menunjukkan seorang pria ketiduran di bioskop.

Sementara itu artikel terpopuler ketiga tentang kisah anjing yang setia menunggu pemiliknya yang sakit pulang ke rumah.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Nyesek, Pria Ini Lihat Mantan Kekasih Foto Prewed di Tempat Kerjanya

foto: Tiktok/Twitter @alexfatuddinn
foto: Tiktok/Twitter @alexfatuddinn

Usai putus kita tentu membutuhkan waktu untuk bisa melupakan mantan kekasih. Tak heran jika masih banyak orang yang masih menyimpan perasaan kepada mantan kekasih meski sudah putus.

Terlebih lagi jika harus melihat mantan sudah memiliki kekasih baru. Tentu hal itu akan sangat menyakitkan hati. Hal ini seperti yang dialami oleh salah satu pria yang videonya viral baru-baru ini.

Selengkapnya…

2. Ketiduran di Bioskop, Reaksi Pria Ini Saat Dibangunkan Bikin Ngakak

(Tiktok/michaelllct)
(Tiktok/michaelllct)

Kalian tentu pernah menghabiskan waktu luang dengan menonton bioskop bukan? Saat ini ada beragam jenis bioskop di Tanah Air. Beberapa bioskop di Indonesia bahkan banyak yang menawarkan fasilitas yang lengkap mulai dari selimut, kursi yang nyaman, hingga kasur untuk rebahan.

Fasilitas-fasilitas tersebut dibuat agar para penonton bisa nyaman saat nonton bioskop. Namun fasilitas super nyaman tersebut nampaknya justru membuat salah satu penonton asyik tertidur. 

Selengkapnya…

3. Kisah Anjing Setia Menunggu Pemiliknya yang Sakit Pulang ke Rumah

(indiatimes.com)
(indiatimes.com)

Setiap orang khususnya para pecinta anjing pasti akrab dengan kisah Hachiko, anjing yang terkenal di Jepang berkat setia menunggu di stasiun berhari-hari untuk menyambut tuannya pulang dari tempat kerjanya.

Kisah Hachiko bahkan selalu dikenang masyarakat sebagai lambang kesetiaan anjing kepada pemiliknya.

Selengkapnya…

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dilema Petani Jagung Gorontalo dan Konflik Satwa yang Berkepanjangan

Posted: 22 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Gorontalo - Saat ini, hama tanaman tentunya masih menjadi persoalan serius bagi petani. Terlebih kalau hama tersebut merupakan hewan atau satwa dilindungi, tentunya ini menjadi masalah besar. 

Contohnya, seperti babi hutan dan monyet yang menjadi musuh besar bagi petani jagung di Gorontalo. Tidak hanya babi hutan dan monyet, banyak juga burung yang tergolong dilindungi juga kerap menyerang tanaman mereka kala mendekati musim panen.

Bagi petani, hama yang tergolong dilindungi ini sudah menjadi musuh bersama mereka. Maka tidak sedikit banyak satwa yang ditangkap hingga dibunuh. Setiap menjelang musim panen, tanaman mereka harus dijaga ekstra, sebab kalau sedikit lengah, pasti tanaman mereka banyak yang dirusak, meskipun area kebun mereka bukan di kawasan hutan.

Hal inilah yang menjadi dilema petani Gorontalo yang hampir 80 persen adalah petani jagung. Petani tidak tahu harus berbuat apa, sementara hewan itu memang dilindungi.

"Kalau hanya diusir, mereka pasti kembali merusak tanaman kami," kata Runo Demolawa salah satu petani jagung Gorontalo kepada Liputan6.com.

Menurutnya, saat ini mereka takut membunuh atau menangkap hewan itu, sebab satwa dilindungi itu saat ini sudah dalam pengawasan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Gorontalo. Risiko terjerat hukum yang menjadi pertimbangan bagi mereka para petani.

"Kami takut terjerat hukum, jadinya kami sangat dilema dengan keadaan," tuturnya.

"Kalau hanya dibiarkan, pasti hasil panen menurun dan modal tidak kembali," ujarnya.

Tidak hanya babi hutan dan monyet, kata Runo, yang menyerang tanaman mereka juga sebagian besar burung yang dilindungi, terutama burung nuri yang menyerang buah jagung yang masih muda.

"Burung nuri itu datang berkelompok, satu kali saja mereka hinggap, puluhan pohon jagung yang habis dimakan," katanya.

"Saya minta BKSDA jangan hanya diam, berikan solusi kepada kami, agar keduanya tidak saling dirugikan," jelas Runo.

Sementara Kepala BKSDA Gorontalo, Samsudin Hadju mengatakan, memang ini sudah menjadi konflik yang berkepanjangan antara satwa dan masyarakat. Memang itu bukan kawasan hutan, tetapi kami dari BKSDA sendiri meminta masyarakat harus membuat Buffer zone.

Buffer zone sendiri alah batas wilayah yang terbentang di antara kawasan hutan dan kawasan pertanian. Di batas tersebut petani harus menanam tanaman yang menjadi makanan satwa tersebut.

"Jadi kalau sudah ada batas zona itu kemudian di situ ditanami tumbuhan yang menjadi makanan mereka, maka saya yakin mereka tidak masuk ke kebun," kata Samsudin.

Selain itu, kata Samsudin, jangan ada masyarakat yang membuka lahan di dekat kawasan hutan. Sebab kawasan itu sangat rentan dengan serangan satwa yang dilindungi.

"Minimal kita buat kebun di radius yang cukup jauh dari kawasan hutan," dia menandaskan.

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Pandemi, Ada Instalasi Tempat Makan Berbentuk Kubah di Singapura

Posted: 22 Oct 2020 09:00 PM PDT

Seorang wanita berjalan melewati dining dome, instalasi tempat makan berbentuk kubah yang membantu mencegah penyebaran COVID-19, di Capitol Singapore Outdoor Plaza, Singapura, 21 Oktober 2020. (Xinhua/Then Chih Wey)
Seorang wanita berjalan melewati dining dome, instalasi tempat makan berbentuk kubah yang membantu mencegah penyebaran COVID-19, di Capitol Singapore Outdoor Plaza, Singapura, 21 Oktober 2020. (Xinhua/Then Chih Wey)

Seorang wanita berjalan melewati dining dome, instalasi tempat makan berbentuk kubah yang membantu mencegah penyebaran COVID-19, di Capitol Singapore Outdoor Plaza, Singapura, 21 Oktober 2020. (Xinhua/Then Chih Wey)

Orang-orang menyantap makanan dalam dining dome, instalasi tempat makan berbentuk kubah yang membantu mencegah penyebaran COVID-19, di Capitol Singapore Outdoor Plaza, Singapura, 21 Oktober 2020. (Xinhua/Then Chih Wey)
Orang-orang menyantap makanan dalam dining dome, instalasi tempat makan berbentuk kubah yang membantu mencegah penyebaran COVID-19, di Capitol Singapore Outdoor Plaza, Singapura, 21 Oktober 2020. (Xinhua/Then Chih Wey)

Orang-orang menyantap makanan dalam dining dome, instalasi tempat makan berbentuk kubah yang membantu mencegah penyebaran COVID-19, di Capitol Singapore Outdoor Plaza, Singapura, 21 Oktober 2020. (Xinhua/Then Chih Wey)

Orang-orang menyantap makanan dalam dining dome, instalasi tempat makan berbentuk kubah yang membantu mencegah penyebaran COVID-19, di Capitol Singapore Outdoor Plaza, Singapura, 21 Oktober 2020. (Xinhua/Then Chih Wey)
Orang-orang menyantap makanan dalam dining dome, instalasi tempat makan berbentuk kubah yang membantu mencegah penyebaran COVID-19, di Capitol Singapore Outdoor Plaza, Singapura, 21 Oktober 2020. (Xinhua/Then Chih Wey)

Orang-orang menyantap makanan dalam dining dome, instalasi tempat makan berbentuk kubah yang membantu mencegah penyebaran COVID-19, di Capitol Singapore Outdoor Plaza, Singapura, 21 Oktober 2020. (Xinhua/Then Chih Wey)

Orang-orang menyantap makanan dalam dining dome, instalasi tempat makan berbentuk kubah yang membantu mencegah penyebaran COVID-19, di Capitol Singapore Outdoor Plaza, Singapura, 21 Oktober 2020. (Xinhua/Then Chih Wey)
Orang-orang menyantap makanan dalam dining dome, instalasi tempat makan berbentuk kubah yang membantu mencegah penyebaran COVID-19, di Capitol Singapore Outdoor Plaza, Singapura, 21 Oktober 2020. (Xinhua/Then Chih Wey)

Orang-orang menyantap makanan dalam dining dome, instalasi tempat makan berbentuk kubah yang membantu mencegah penyebaran COVID-19, di Capitol Singapore Outdoor Plaza, Singapura, 21 Oktober 2020. (Xinhua/Then Chih Wey)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ditjen Perkebunan Dorong Petani Lampung Kembangkan Kelapa Genjah

Posted: 22 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Pesawaran Perkebunan menjadi salah satu subsektor yang berkontribusi terhadap devisa negara. Berdasarkan data BPS, ada peningkatan ekspor produk pertanian sebesar 20,84 persen dibanding bulan sebelumnya Agustus 2020. 

Peningkatan yang signifikan ini disumbang oleh kenaikan volume ekspor yang cukup besar diantaranya beberapa produk hortikultura seperti sayur-sayuran dan buah-buahan tahunan dan juga dari subsektor perkebunan yaitu kopi dan lada.

Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin saat memimpin rombongan Kunjungan Kerja DPR RI bersama Kementerian Pertanian di Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran, Lampung beberapa waktu lalu berpesan agar Kementan dalam hal ini PSP maupun Perkebunan untuk terus melakukan inovasi dan terobosan.

Secara terpisah, Mentan Syahrul Yasin Limpo mengatakan, untuk meningkatkan nilai tambah, daya saing, pengembangan produk turunan dan meningkatkan kesejahteraan petani, korporasi petani harus ditumbuhkan.

"Ini adalah arahan Presiden Jokowi. Penumbuhan korporasi petani menjadi salah satu program prioritas yang harus diwujudkan untuk membangun proses bisnis dari hulu ke hilir yang menjadi penopang utama pertumbuhan ekonomi nasional," ungkap Syahrul seperti dikutip dari Media Perkebunan.

Dalam kunjungan ke Pesawaran tersebut, Komisi IV DPR RI bersama Kementan secara simbolis diserahkan bantuan kepada petani berupa benih kopi dan kakao.

Kepala BUMD Pesawaran, Ahmad Muslimin yang juga hadir menyampaikan bahwa BUMD Pesawaran kini memiliki mini pabrik kakao dengan kemampuan dan kapasitas pengolahan untuk memproses kakao menjadi produk jadi sebesar 5 kg per hari.

"Penyerapan kakao kering fermentasi mencapai 200 kg per hari dengan harga beli grade A Rp. 47.000 per kg, grade B Rp 42.000, dan grade C Rp 32.000," kata Ahmad.

Direktur Jenderal Perkebunan Kementan, Kasdi Subagyo menyampaikan bahwa apa yang telah dilakukan oleh BUMD Pesawaran merupakan hal yang sangat bagus.

"Walaupun kapasitas masih kecil, saya kira jika bisa direplikasi di tempat yang lain atau opsi yang lain, skalanya diperbesar," kata Kasdi.

Selain kakao, menurut Kasdi, komoditas perkebunan yang berpotensi untuk dikembangkan di Lampung adalah kelapa.

"Kami sedang mengupayakan dan mengangkat kelapa genjah. Tiga tahun buahnya lebat dan batangnya pendek. Jadi, kalau ibu-ibu mau mengambil tidak mesti menunggu suaminya pulang karena bisa langsung petik," jelas Kasdi.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gaya Nikita Willy saat Pakai Topi, Tampil Modis dan Memukau

Posted: 22 Oct 2020 09:00 PM PDT

Wanita 26 tahun ini tampil kece dengan topi ala koboi. Aksesoris kacamata hitam dan baju yang senada membuat penampilan kakak Winona Willy ini terlihat edy dan ciamik. (Liputan6.com/IG/@nikitawillyofficial94)
Wanita 26 tahun ini tampil kece dengan topi ala koboi. Aksesoris kacamata hitam dan baju yang senada membuat penampilan kakak Winona Willy ini terlihat edy dan ciamik. (Liputan6.com/IG/@nikitawillyofficial94)

Wanita 26 tahun ini tampil kece dengan topi ala koboi. Aksesoris kacamata hitam dan baju yang senada membuat penampilan kakak Winona Willy ini terlihat edy dan ciamik. (Liputan6.com/IG/@nikitawillyofficial94)

Saat tamasya di outdoor, Nikita Willy menggunakan topi sailor cap dengan nuansa monokrom. Perpaduan sailor cap dan busana tanpa lengan membuat gaya pelantun lagu 'Ku Tetap Menanti' ini lebih modis dan stylish. (Liputan6.com/IG/@nikitawillyofficial94)
Saat tamasya di outdoor, Nikita Willy menggunakan topi sailor cap dengan nuansa monokrom. Perpaduan sailor cap dan busana tanpa lengan membuat gaya pelantun lagu 'Ku Tetap Menanti' ini lebih modis dan stylish. (Liputan6.com/IG/@nikitawillyofficial94)

Saat tamasya di outdoor, Nikita Willy menggunakan topi sailor cap dengan nuansa monokrom. Perpaduan sailor cap dan busana tanpa lengan membuat gaya pelantun lagu 'Ku Tetap Menanti' ini lebih modis dan stylish. (Liputan6.com/IG/@nikitawillyofficial94)

Topi baseball memang cocok dipakai saat bersantai.Penampilan dara kelahiran Jakarta ini terlihat lebih hidup dengan topi baseball berwarna putih. Dipadukan dengan busana serba hitam membuat gaya Niki terlihat casual namun tetap menawan. (Liputan6.com/IG/@nikitawillyofficial94)
Topi baseball memang cocok dipakai saat bersantai.Penampilan dara kelahiran Jakarta ini terlihat lebih hidup dengan topi baseball berwarna putih. Dipadukan dengan busana serba hitam membuat gaya Niki terlihat casual namun tetap menawan. (Liputan6.com/IG/@nikitawillyofficial94)

Topi baseball memang cocok dipakai saat bersantai.Penampilan dara kelahiran Jakarta ini terlihat lebih hidup dengan topi baseball berwarna putih. Dipadukan dengan busana serba hitam membuat gaya Niki terlihat casual namun tetap menawan. (Liputan6.com/IG/@nikitawillyofficial94)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gampang Banget, Ini Tips Mute Chat di WhatsApp Selamanya

Posted: 22 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp menghadirkan fitur yang sangat membantu pengguna untuk menyingkirkan chat mengganggu selama-lamanya.

Fitur baru bernama Mute Always ini hadir dalam update teranyar WhatsApp yang sudah bisa kamu unduh di Google Play dan App Store.

Bagaimana cara pakainya?

1. Perbarui aplikasi WhatsApp ke versi terbaru.

2. Setelah memperbarui aplikasi, kamu bisa membuka chat yang ingin kamu Mute Always, baik itu chat dari kontak seseorang ataupun obrolan di Group.

3. Pada laman chat dengan kontak orang atau grup yang ingin dibungkam selamanya, kamu bisa ketuk menu Setting (titik tiga vertikal di pojok kanan chat).

Bisukan Notifikasi Selamanya

Cara mute chat selamanya di WhatsApp (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)
Cara mute chat selamanya di WhatsApp (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

4. Pilih dan ketuk opsi Mute Notification atau Bisukan Notifikasi (jika Setting dalam Bahasa Indonesia).

5. Selanjutnya setelah mengetuk opsi Mute Notification, akan muncul pop-up dengan tulisan "Bisukan notifikasi untuk...." diikuti dengan durasi mute yang diinginkan, mulai dari 8 jam, 1 minggu, dan Always (Selalu).

Untuk membungkam notifikasi selama-lamanya, pilihlah opsi Always.

Sekadar informasi, pada bagian bawah, terdapat kotak pengaturan untuk menampilkan notifikasi. Jika kamu memilih untuk mengaktifkan, notifikasi (suara) yang masuk akan dibungkam, tetapi masih terlihat angka notifikasi di chat yang dibungkam.

 

Bantu Pengguna Atasi Pesan Mengganggu

Ilustrasi WhatsApp, Aplikasi WhatsApp. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Ilustrasi WhatsApp, Aplikasi WhatsApp. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Hari ini, WhatsApp resmi menggulirkan pembaruan yang memungkinkan pengguna untuk melakukan mute pada chat (percakapan) untuk selamanya.

Hal ini diketahui dari pernyataan akun twiter WhatsApp (@WhatsApp).

"Kamu sekarang bisa mute percakapan untuk selamanya," tulis WhatsApp.

Fitur mute sebetulnya bukan fitur baru, tetapi sebelumnya pengguna hanya bisa melakukan mute pada percakapan paling lama untuk satu tahun.

Memang, bagi sebagian orang notifikasi di WhatsApp boleh jadi mengganggu, terutama di WhatsApp Group yang intensitas percakapannya sangat aktif. 

Fitur ini pertama kali dilaporkan tengah dalam pengembangan pada bulan Agustus lalu.

"Fitur ini masih dalam tahap pengembangan. Artinya, WhatsApp benar-benar mengembangkan dan meningkatkan fitur ini sebelum dirilis ke seluruh pengguna," kata WABetaInfo waktu itu.

(Tin/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tips Keringkan Sepatu di Musim Hujan

Posted: 22 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Musim hujan akan segera tiba. Ini dia tips keringkan sepatu di kala musim hujan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Gagal Atasi Covid-19, Biden Sebut Trump Tak Pantas jadi Presiden AS

Posted: 22 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Capres AS dari partai Demokrat, Joe Biden menyebut Donald Trump tidak pantas menjadi Presiden AS setelah gagal menangani pandemi Covid-19.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Target Vaksinasi COVID-19 sampai 80 Persen Penduduk Indonesia di Akhir 2021

Posted: 22 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menyampaikan, target vaksinasi COVID-19 nanti dapat diterima sampai 80 persen penduduk Indonesia pada akhir tahun 2021. Pelaksanaan vaksinasi pun dillakukan bertahap.

"Vaksinasi akan dilakukan secara bertahap, dimulai dari pemberian vaksin kepada mereka yang bekerja di garda terdepan yang memiliki risiko tinggi untuk tertular COVID-19," kata Wiku saat konferensi pers di Media Center COVID-19, Graha BNPB, Jakarta, Kamis (22/10/2020).

"Selanjutnya, akan didistribusikan lagi kepada penduduk lainnya dengan target vaksin COVID-19 dapat diterima oleh sekitar 60 sampai 80 persen penduduk Indonesia di akhir tahun 2021."

Pemerintah, lanjut Wiku, telah melakukan berbagai bentuk kerjasama multilateral dengan penyedia vaksin di luar negeri untuk memastikan pemenuhan target kebutuhan vaksin COVID-19 bagi masyarakat. Beberapa bentuk kerjasama yang dijalin, di antaranya perusahaan vaksin Tiongkok Sinovac dan Sinopharm.

"Selain itu, yang perlu dicatat, saat ini ada 6 universitas di Indonesia yang tengah mengembangkan vaksin COVID-19 dalam negeri. Dalam jangka panjang, Pemerintah menargetkan adanya independency vaccine (kemandirian vaksin) Indonesia," lanjutnya.

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Masyarakat Diminta Bersabar

Petugas kesehatan mengecek pasein saat simulasi vaksin COVID-19 di Puskesmas Tapos, Depok, Jawa Barat, Kamis (22/10/2020). Pemkot Depok menggelar simulasi vaksin COVID-19 dalam rangka persiapan vaksinasi yang rencananya akan dilaksanakan bulan November 2020. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Petugas kesehatan mengecek pasein saat simulasi vaksin COVID-19 di Puskesmas Tapos, Depok, Jawa Barat, Kamis (22/10/2020). Pemkot Depok menggelar simulasi vaksin COVID-19 dalam rangka persiapan vaksinasi yang rencananya akan dilaksanakan bulan November 2020. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Wiku menambahkan, masyarakat diminta bersabar, terlebih lagi soal harga vaksin COVID-19 yang kemungkinan tidak dibuka ke publik secara langsung.

"Pemberitahuan aspek vaksinasi yang bersinggungan dengan masyarakat akan didiseminasikan secara transparan secara bertahap. Sehingga jika belum diumumkan secara gamblang oleh Pemerintah, maka hal tersebut masih dalam tahap rumusan," tambahnya.

"Kami ingin memastikan bahwa seluruh informasi yang disampaikan publik itu betul-betul akurat. Masyarakat diminta untuk bersabar dan selalu cermat dalam menerima informasi yang benar."

Infografis 5 Kandidat Vaksin Covid-19 untuk Indonesia

Infografis 5 Kandidat Vaksin Covid-19 untuk Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis 5 Kandidat Vaksin Covid-19 untuk Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Atasi Glasgow Celtic, AC Milan Bidik AS Roma

Posted: 22 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Milan - AC Milan akan menghadapi AS Roma dalam lanjutan Liga Italia, Selasa (27/10/2020) WIB. Pelatih AC Milan, Stefano Pioli menyebut pertandingan itu akan menjadi ujian bagi kedua tim.

"Roma punya lini depan yang luar biasa. Jadi ini akan menjadi ujian besar bagi kedua tim yang ingin memainkan sepak bola positif, mencetak lebih banyak gol dan mengambil inisiatif lebih dulu daripada lawan," kata Pioli seperti dilansir Football Italia.

Milan untuk sementara berada di puncak klasemen Liga Italia. Empat laga sudah Zlatan Ibrahimovic dkk. selalu menang.

Tak heran, Milan berada di atas angin menghadapi laga ini. Namun AS Roma bukan tanpa peluang menang.

Apalagi, pasukan Paulo Fonseca juga tak terkalahkan dalam tiga laga terakhir. Roma tentu ingin melanjutkan tren positif itu saat menghadapi Milan.

Di tabel klasemen, Roma untuk sementara berada di peringkat ke-8. Dari empat pertandingan, Edin Dzeko dkk. telah mengantongi tujuh poin.

 

 

Perkembangan Sejak Januari

Pemain AC Milan merayakan gol yang dicetak Brahim Diaz ke gawang Celtic pada laga Grup H Liga Europa 2020/2021 di Celtic Park Stadion, Jumat (23/10/2020). AC Milan menang 3-1 atas Celtic. (AFP/Russell Cheyne/pool)
Pemain AC Milan merayakan gol yang dicetak Brahim Diaz ke gawang Celtic pada laga Grup H Liga Europa 2020/2021 di Celtic Park Stadion, Jumat (23/10/2020). AC Milan menang 3-1 atas Celtic. (AFP/Russell Cheyne/pool)

Lebih lanjut, Pioli juga buka suara soal peningkatan performa AC Milan. Menurutnya, tanda peningkatan itu sudah ada sejak Januari di pertengahan musim lalu.

"Saya kira semua berubah di Januari. Ketika kami mendatangkan para pemain yang lebih sesuai dengan gaya permainan kami dan mengisi kekosongan di dalam tim," kata Pioli.

Lima Laga AC Milan berikutnya

27 Oktober 2020

AC Milan vs AS Roma (Liga Italia)

1 November 2020

Udinese vs AC Milan (Liga Italia)

6 November 2020

AC Milan vs Lille (Liga Europa)

9 November 2020

AC Milan vs Verona (Liga Europa)

Klasemen Liga Italia

 

 

Saksikan Video AC Milan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rian D’Masiv Ciptakan Lagu Duet untuk Lesti Kejora dan Rizky Billar dari Pengalaman Pribadi

Posted: 22 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tingginya antusiasme para penggemar Lesti Kejora dan Rizky Billar untuk berduet membuat Rian D'Masiv bersemangat untuk menciptakan lagu. Rian memang dipercaya untuk membuat lagu duet bagi pasangan yang saat ini sedang menjadi idola. 

"Label minta beberapa pilihan, jadi aku siapin dua tiga lagu (lagi). Kalau fans mereka sih penginnya yang pertama," ujar Rian D'Masiv kepada media, belum lama ini.

Rian D'Masiv beberapa waktu lalu telah menyelesaikan satu lagu yang diciptanya berdasar curahan hati Lesti dan Billar.

 

Lagu Selanjutnya

Rizky Billar dan Lesti Kejora. (Foto: Instagram @lestykejora)
Rizky Billar dan Lesti Kejora. (Foto: Instagram @lestykejora)

Berdasarkan lagu pertama, Rian yakin untuk selanjutnya ia pun tak butuh waktu lama menyelesaikannya. 

"Nggak susah ya karena kan aku dapat cerita dari mereka sendiri. Kemarin sih yang pertama dan viral, cuma lima menit," ujarnya.

 

Bercerita

Rizky Billar - Lesti Kejora (Kapanlagi/ Muhammad Akrom Sukarya)
Rizky Billar - Lesti Kejora (Kapanlagi/ Muhammad Akrom Sukarya)

Seperti yang pertama, lagu selanjutnya akan dicipta Rian juga bercerita tentang perasaan Lesti dan Billar. Hanya saja, untuk judul lagu, Rian belum bisa menentukan. 

"Nggak tahu judulnya apa nanti. Request dari mereka sih ada kata-kata takdirnya," ujarnya.

 

Genre Pop

Nantinya, Lesti dan Rizky Billar akan menyanyikan lagu yang dicipta Rian dengan genre pop, namun akan ada sedikit sentuhan dangdutnya. 

"Tapi lebih kental ke popnya. Saya yakin mereka bisa, apalagi penyanyi kayak Lesti lagu apa saja pasti bisa, maksudnya apa saja bisa enak karena dia kan bisa nyanyi," kata Rian.

Sumber: Kapanlagi.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Salahkan 2 Periode Barack Obama-Joe Biden, Donald Trump: Saya Jadi Capres Karena Anda

Posted: 22 Oct 2020 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dalam debat terakhir para capres AS yang digelar di Nashville, Kamis 22 Oktober 2020 waktu setempat, Presiden Donald Trump mengecam mantan Wakil Presiden Joe Biden dan Presiden Barack Obama. Ia menganggap mereka melakukan "pekerjaan yang buruk" selama dua periode masa jabatan di Gedung Putih.

"Joe, saya mencalonkan diri karena Anda. Saya mencalonkan diri karena Barack Obama. Karena Anda melakukan pekerjaan yang buruk. Jika saya pikir Anda melakukan pekerjaan dengan baik, saya tidak akan pernah mencalonkan diri lagi," kata Trump dalam debat seperti dikutip dari CNN, Jumat (23/10/2020).

Ketika Joe Biden berbicara tentang rencana kebijakannya tentang reformasi ras dan peradilan pidana, Trump menuduh mantan wakil presiden itu "tidak melakukan apa-apa" selama masa jabatannya di Gedung Putih.

"Mengapa Anda tidak melakukan itu empat tahun yang lalu, bahkan kurang dari itu? Anda adalah wakil presiden. Anda terus membicarakan semua hal yang akan Anda lakukan ini. Tapi Anda ada di sana beberapa waktu yang lalu dan Anda tidak melakukan apapun," tambah Donald Trump.

Sebelumnya, Donald Trump mengklaim pemerintahannya terus memerangi pandemi Virus Corona COVID-19. Hal itu disampaikan saat moderator Kristen Welker memberikan pertanyaan terkait tanggapan Donald Trump terhadap COVID-19.

"Kita mendekati menjadi perekonomian terbesar di dunia untuk melawan penyakit mengerikan yang datang dari China ini. Ini pandemi di seluruh dunia," sebut Trump, seperti dikutip dari CBS News, Jumat (23/10/2020). 

"Kami memeranginya, dan kami berjuang keras," ujar Donald Trump.

Donald Trump Anggap Wajar Punya Rekening Bank China

Presiden AS Donald Trump di Konvensi Partai Republik. Dok: AP Photo
Presiden AS Donald Trump di Konvensi Partai Republik. Dok: AP Photo

Sementara itu, Presiden Amerika Serikat Donald Trump juga menjawab perihal kabar rekening bank China yang dimilikinya. Informasi yang tersebar pertama kali oleh The New York Times. 

Rekening itu sudah tidak aktif sejak 2015. Pada debat capres AS 2020 yang terakhir, Donald Trump mengakui punya rekening itu untuk berbisnis. 

"Saya punya banyak akun bank. Saya adalah pebisnis yang berbisnis," ujar Donald Trump di debat capres AS, Jumat (23/10/2020). 

Trump berkata akun tersebut dibuat pada 2013 dan sudah ditutup pada 2015. Laporan The New York Times melaporkan Trump membayar pajak lewat akun tersebut.

Donald Trump menyebut akunnya ingin dipakai untuk ekspansi bisnis ke China, tetapi ia berubah pikiran. Akunnya ditutup sebelum Trump mencalonkan diri sebagai capres.

"Saya memikirkan itu dan saya putuskan tidak jadi." ujar Trump. "Saya menutupnya sebelum mencalonkan diri sebagai presiden."

Saksikan Juga Video Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Minat Bekerja di Industri Perhotelan, Dicek Lowongan Kerja Terbarunya

Posted: 22 Oct 2020 08:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Angkasa Pura Hotel sedang membuka 2 posisi lowongan kerja yang berbeda bagi Anda calon pelamar yang sedang mencari pekerjaan.

PT Angkasa Pura Hotel merupakan salah satu anak perusahaan PT Angkasa Pura 1 yang menyediakan fasilitas hotel dengan standar internasional.

Adapun 2 posisi lowongan kerja yang dibutuhkan adalah sebagai Eksekutif Penjualan dan Pemasaran Cordia Hotel Banjarmasin dan Teknik.

Mengutip dari laman website resminya aph.co.id/career, Jumat (23/10/2020) berikut persyaratan yang berbeda-beda untuk 2 posisi kerja, disimak ya:

1. Eksekutif Penjualan dan Pemasaran Cordia Hotel Banjarmasin

Deskripsi kerja: Bekerja sebagai Eksekutif Penjualan dan Pemasaran

Posisi kerja: Cordia Hotel Angkasa Pura Hotel, Bandara Noor Banjarmasin.

Pekerjaan yang dilakukan

· Menerima dan mengubah pertanyaan yang masuk untuk mencapai target dan memaksimalkan pendapatan

· Menggunakan teknik penjualan untuk meningkatkan pendapatan (melalui panggilan telepon atau presentasi langsung ke calon pelanggan) untuk mempertahankan loyalitas tamu yang ada ke Cordia Hotel Banjarmasin

· Menangani reservasi kamar dan pertanyaan, permintaan dan keluhan

· Melakukan tugas kantot secara umum untuk mendukung aktivitas penjualan (misalnya: mengisi dokumen, mengetik dan mengirim email).

Persyaratan

· Memiliki gelar D3/ S1 dalam Pemasaran atau Manajemen Bisnis dengan pengalaman minimal 1 tahun dalam pemasaran atau penjualan di hotel

·  Memiliki pemahaman yang baik dalam penggunaaan media sosial untuk pemasaran

·   Kepribadian kreatif dengan bahasa Inggris yang baik

·   Mampu membuat program pemasaran dan bekerja di bawah tekanan

·   Mampu merencanakan koordinasi dan menjalankan acara kelompok kecil

·   Berusia minimal 24 tahun dan memiliki kinerja yang baik

·   Berorientasi pada tamu dan memberikan layanan

·   Memiliki Database Akun di Kalimantan Selatan

·   Mampu mengoperasikan Microsoft Office (Word, Excel, & Power Point)

Berikut adalah link pendaftaran khusus posisi kerja ini http://bit.y/CordiaBDJ Untuk posisi kerja ini pendaftaran terakhir hingga 26 Oktober 2020.

 

 

Posisi Selanjutnya

Ilustrasi Foto Lowongan Kerja (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Lowongan Kerja (iStockphoto)

2.  Teknik

Kualifikasi

·      Pendidikan minimal lulusan SMA/SMK atau Diploma Jurusan Teknik

·      Umur 20-30 tahun

·      Pengalaman diposisi serupa minimal 1 (satu) tahun

·      Mampu menggunakan alat ukur Mekanikal dan Elektrikal (Plumbing, AC, Chiller, dll)

·      Memiliki pengetahuan yang baik tentang pendingin ruangan (AC)

·      Mampu bekerja di bawah tekanan dan disiplin terhadap target kerja

·      Bersedia bekerja dengan jam kerja yang fleksibel

·      Penempatan bekerja: di Concordia Lounge Yogyakarta Internasional Aiport dan Concordia Lounge Lombok

 

Syarat dokumen yang dibutuhkan adalah

·      Curriculum Vitae (CV)

·      Pas foto (background bebas)

·      Scan KTP

·      Scan ijazah dan transkrip nilai pendidikan terakhir

·      Surat keterangan kerja (jika ada)

 

Berikut adalah link pendaftaran khusus posisi kerja ini https://bit.ly/APHRekrut Untuk posisi kerja ini pendaftaran terakhir hingga 23 Oktober 2020 pukul 23.59. Jangan lupa mendaftar ya!

 

Reporter: Tasya Stevany

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendagri Terbitkan Surat Edaran Antisipasi Penyebaran Covid-19 Saat Libur Panjang

Posted: 22 Oct 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 440/5876/SJ tentang Antisipasi Penyebaran Covid-19 pada Libur dan Cuti Bersama Tahun 2020.

Edaran tersebut ditujukan kepada para kepala daerah gubernur, bupati, walikota dan memuat imbauan kepada masyarakat untuk menghindari perjalanan di libur panjang dan kedisiplinan terhadap protokol kesehatan Covid-19.

"Surat edaran ini tolong dapat diterima dan sekaligus diterjemahkan kembali, semua kembali kepada Local Wisdom, karakteristik wilayah masing-masing. Ini silakan mengambil dengan rapat Forkopimda mengambil keputusan," kata Mendagri dalam keteranganya, Jumat (23/10/2020).

Menurut Mendagri, antisipasi kerawanan penularan Covid-19 selama libur panjang itu harus dilakukan secara bersama-sama, tidak hanya pemerintah daerah.

"Kalau nanti di media muncul kerumunan, yang tidak bisa menjaga jarak, teman-teman Forkopimda daerah itu dapat dikatakan gagal, tidak kompak, kira-kira begitu. Kekompakan rekan-rekan menjadi kunci," ujarnya.

Mendagri meminta kepala daerah bersama Forkopimda melakukan rapat untuk mengidentifikasi potensi kerawanan penularan di daerah masing-masing. Mendagri juga meminta kepala daerah mengaktifkan mekanisme pertahanan pengendalian Covid-19 seperti pada saat lebaran Idul Fitri silam.

"Misalnya melalui Kampung Tangguh, Desa Tangguh, RT Tangguh, RW Tangguh, dan lain-lain. Kepala daerah diminta pula berkoordinasi dengan seluruh pihak, seperti pengelola tempat wisata. "Antisipasi, identifikasi dan lakukan koordinasi dengan semua stakeholder: hotel, restoran, tempat wisata, dan lain-lain," katanya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Antisipasi Bencana Hidrometeorologi

Selain itu, Tito juga meminta antisipasi potensi bencana yang mungkin terjadi selama masa liburan panjang, khususnya bencana hidrometeorologi.

"Persiapkan diri, lingkungan dari potensi bencana hidromet. Berdasarkan prediksi BMKG, banjir longsor yang sudah terjadi di beberapa tempat," tandasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukan Susah Jatuh Cinta, 5 Zodiak Ini Paling Berhati-hati Pilih Pasangan

Posted: 22 Oct 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang memiliki kriterianya masing-masing dalam memilih pasangan. Tak jarang pula ada orang yang sangat berhati-hati ketika memilih pasangan. Orang-orang tersebut biasanya ingin pasangan yang terbaik baginya sebagai pendamping hidup. Tidak melulu tentang tampan, cantik atau kaya, namun biasanya lebih kepada kecocokan dan kenyamanan.

Demikian pula dengan beberapa zodiak ini. Memilih pasangan bukanlah hal yang main-main bagi beberapa zodiak ini. Para pemilik zodiak ini lebih berhati-hati dalam memilih pasangan daripada orang lainnya. Tidak hanya berusaha mencari tahu dan kenal lebih dekat, ia juga melakukan berbagai hal yang tidak dilakukan oleh orang lain untuk memilih pasangan.

Oleh karena kehati-hatiannya dalam memilih pasangan, ia jadi susah untuk melepas status jomblonya. Namun sebenarnya bukan susah jatuh cinta, hanya saja ia memang ingin berhati-hati untuk memastikan siapa yang akan mendampinginya sebagai pasangan. Tak heran jika banyak yang menganggapnya sebagi orang yang terlalu pemilih.

Penasaran zodiak apa sajakah yang memiliki sifat demikian? Berikut 5 zodiak yang paling berhati-hati memilih pasangan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (23/10/2020).

1. Taurus

Bukan Susah Jatuh Cinta, 5 Zodiak Ini Paling Berhati-hati Pilih Pasangan (Sumber: pexels)
Bukan Susah Jatuh Cinta, 5 Zodiak Ini Paling Berhati-hati Pilih Pasangan (Sumber: pexels)

Para pemilik zodiak Taurus sangat berhati-hati dengan siapa ia terlibat dalam urusan asmara. Bukan tidak mudah jatuh cinta, namun Taurus tidak ingin apa pun yang akan mengecewakan dirinya dengan cara yang buruk di kemudian hari. Jika bisa, Taurus akan memeriksa latar belakang pada siapa saja yang berpotensi sebagai pasangan dalam hidupnya.

Bahkan jika seseorang terlihat baik dari luar, itu bukan jaminan Taurus akan membawanya ke dalam kehidupan percintaannya. Ia akan mencari tahu lebih lanjut, mengumpulkan informasi sebanyak mungkin, dan kemudian berpikir panjang tentang apakah ia ingin terlibat dengan orang itu.

2. Pisces

Bukan Susah Jatuh Cinta, 5 Zodiak Ini Paling Berhati-hati Pilih Pasangan (Sumber: Pexels)
Bukan Susah Jatuh Cinta, 5 Zodiak Ini Paling Berhati-hati Pilih Pasangan (Sumber: Pexels)

Para pemilik zodiak Pisces bisa menjadi sangat pesimis, jika ia melihat sisi negatif dari segala sesuatu. Begitu pula dengan memilih pasangan. Pengalaman pahit yang pernah ia alami membuatnya tidak ingin terburu-buru untuk memulai hubungan baru.

Pisces adalah tipe yang sangat sensitif. Oleh karena itu ia sangat berhati-hati dalam memilih pasangan agar tidak terluka kembali. Bukan susah jatuh cinta, namun perlu orang yang tepat untuk membuka kembali hati Pisces yang pernah terluka.

3. Capricorn

Bukan Susah Jatuh Cinta, 5 Zodiak Ini Paling Berhati-hati Pilih Pasangan (Sumber: Pexels)
Bukan Susah Jatuh Cinta, 5 Zodiak Ini Paling Berhati-hati Pilih Pasangan (Sumber: Pexels)

Capricorn adalah zodiak yang cenderung sangat berhati-hati tentang hampir semua hal. Begitu pula dengan memilih pasangan. Capricorn cukup mudah untuk mengetahui bahwa tidak semua orang seperti kelihatannya. Hal itu membuat ia berasumsi bahwa tidak ada orang yang bisa benar-benar dipercaya.

Ia ingin mengetahui sebanyak mungkin tentang seseorang sebelum berinteraksi dengannya. Capricorn hanya butuh seseorang yang tepat untuk menumbuhkan kepercayaannya. Terkadang butuh waktu lama bagi seorang Capricorn untuk melanjutkan ke tahap yang lebih serius.

4. Virgo

Bukan Susah Jatuh Cinta, 5 Zodiak Ini Paling Berhati-hati Pilih Pasangan (Sumber: Pexels)
Bukan Susah Jatuh Cinta, 5 Zodiak Ini Paling Berhati-hati Pilih Pasangan (Sumber: Pexels)

Sudah menjadi sifat alami Virgo untuk berhati-hati dalam berbagai hal. Begitu pula dengan urusan memilih pasangan. Ia akan mencari tahu dengan teliti orang yang berpotensi menjadi pasangannya. Virgo seringkali tidak sadar bahwa pencarian informasi dan penyelaman internet yang ia lakukan untuk menyelidiki calon pasangannya adalah sesuatu yang tidak biasa.

Bukannya Virgo mengharapkan kesempurnaan, ia hanya tidak ingin kecewa dikemudian hari ketika mengetahui pasangannya bukan orang yang baik. Virgo lebih suka mengetahui sejarah buruk calon pasangannya di awal sebelum ia mengambil langkah pertama menuju suatu hubungan.

5. Cancer

Bukan Susah Jatuh Cinta, 5 Zodiak Ini Paling Berhati-hati Pilih Pasangan (Sumber: unsplash.com)
Bukan Susah Jatuh Cinta, 5 Zodiak Ini Paling Berhati-hati Pilih Pasangan (Sumber: unsplash.com)

Orang dengan zodiak Cancer sangat sulit untuk melupakan saat ia memberikan hatinya kepada seseorang, namun dibuat hancur berkeping-keping. Cancer tidak ingin melalui perpisahan menyakitkan lagi dengan sakit hati yang begitu mendalam. Perlu waktu yang cukup lama bagi seorang Cancer untuk menyembuhkan luka masa lalu.

Mungkin terlihat seolah-olah Cancer terlalu berhati-hati dalam memilih pasangan. Namun sesungguhnya itu demi mencegah dirinya mengalami sakit hati yang tidak semestinya. Cancer benci membuat keputusan yang salah dan penyesalan yang menyertainya, bahkan jika itu berarti kehilangan orang yang tepat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hari Terakhir, Peserta Kartu Prakerja Gelombang 9 Segera Beli Paket Pelatihan

Posted: 22 Oct 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja mengingatkan penerima manfaat gelombang 9 untuk segera membeli paket pelatihan pertama, selambat-lambatnya hari ini, Jumat 23 Oktober 2020 pukul 23.59 WIB.

"Batas pembelian pelatihan pertama bagi penerima Kartu Prakerja Gelombang 9 adalah tanggal 23 Oktober 2020 pukul 23.59 WIB," dilansir dari laman instagram @prakerja.go.id, Jumat (23/10/2020).

Sesuai peraturan Permenko No. 11 Tahun 2020, setiap penerima Kartu Prakerja memiliki waktu 30 hari untuk membeli pelatihan pertama sejak mendapat SMS pengumuman dari Kartu Prakerja. Bila lewat dari waktu tersebut Sobat belum membeli pelatihan pertama, maka kepesertaan Sobat dalam program Kartu Prakerja akan dicabut.

"Bagi Sobat Prakerja yang sudah lolos Gelombang 9, namun belum membeli pelatihan pertama, segera beli pelatihan pertamamu sekarang juga!," tulis @prekarja.go.id

Sebagai informasi, pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 9 telah ditutup pada 21 September 2020 lalu, dengan kuota penerima sebanyak 800 ribu orang. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.prakerja.go.id/faq

Ada Kuota Kartu Prakerja Nganggur, Bakal Dialokasikan ke Gelombang 11?

CfDS Fisipol UGM melakukan riset tentang Kartu Prakerja
CfDS Fisipol UGM melakukan riset tentang Kartu Prakerja

Meski telah dinyatakan lolos, kepesertaan Program Kartu Prakerja bisa dicabut. Hal ini bisa terjadi lantaran penerima kartu prakerja tak kunjung membeli paket pelatihan dalam tenggat waktu yang ditentukan.

"Dari gelombang 1-8, kami telah mencabut kepesertaan dari 344.959 penerima Kartu Prakerja," ujar Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Louisa Tuhatu kepada Liputan6.com, Kamis (22/10/2020).

Sesuai peraturan Permenko No. 11 Tahun 2020, setiap penerima Kartu Prakerja memiliki waktu 30 hari untuk membeli pelatihan pertama sejak mendapat SMS pengumuman dari Kartu Prakerja. Apabila melewati batas waktu tersebut penerima program belum membeli pelatihan, maka akan dicabut kepesertaannya.

Selain itu, peserta juga akan di-blacklist sehingga tidak bisa mengikuti program Kartu Prakerja lagi. Otomatis, saldo bantuan pelatihan akan hangus dan dana dikembalikan ke rekening dana Kartu Prakerja.

"Dananya telah kami kembalikan ke RKUN. KCK yang akan memutuskan mau diapakan dana tersebut," kata Louisa.

Dari kuota penerima Kartu Prakerja yang dicabut kepesertaannya, Louisa belum bisa memastikan apakah akan dialihkan untuk gelombang 11 atau tidak. Louisa menambahkan, pihaknya masih menunggu keputusan lebih lanjut dari Komite Cipta Kerja (KCK).

"Keputusan untuk menambah gelombang dan kuotanya ada di tangan KCK," kata dia.

Sebagai informasi, untuk pembelian paket pelatihan saat ini masih bisa dilakukan bagi penerima Kartu Prakerja gelombang 9 dan 10.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mahasiswa di Surabaya Bikin K-Pop, Kerudung Khusus bagi Perawat

Posted: 22 Oct 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Empat Mahasiswa dari Program Studi (Prodi) S1 Keperawatan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) membuat K-Pop yang merupakan kerudung khusus pengguna stetoskop. Kerudung khusus ini memudahkan perawat membawa stetoskop.

Empat mahasiswa ini adalah Firnanda Erindia, Mas Syahdan Filsafan, Nisa Wahyu Dika Mila Sari, dan Ifah Nurdiana. Empat mahasiswa Unusa tersebut lolos Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kewirausahaan.

"Di mana kerudung ini ada dua lubang yang tempat eartips serta kantong untuk meletakan diafragma," ujar salah satu anggota PKM, Firnanda Erindia, ditulis Jumat, (23/10/2020).

Nanda mengungkapkan, jika K-pop ini sangat membantu perawat maupun dokter yang akan memeriksa pasien. Selain itu, kerudung ini juga menggunakan bahan yang nyaman. "Jadi bisa mendengar dengan jelas jika memeriksa pasien," ucapnya.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Alasan Bikin K-Pop

Empat Mahasiswa dari Prodi S1 Keperawatan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) membuat K-Pop yang merupakan kerudung khusus. (Foto: Dok Istimewa)
Empat Mahasiswa dari Prodi S1 Keperawatan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) membuat K-Pop yang merupakan kerudung khusus. (Foto: Dok Istimewa)

Nanda menuturkan, jika lubang kuping pada K-Pop juga tidak terlihat sehingga dapat digunakan setiap hari. "Jadi bisa untuk kegiatan sehari-hari," ujar dia.

Sedangkan saku tempat diagfragma juga fleksibel. "Sehingga tidak mengganggu jika perawat atau dokter akan menggunakan stetoskop," ucap Nanda.

Nanda menceritakan jika ide membuat K-pop ini lantaran saat dirinya magang di rumah sakit merasa kesulitan saat menggunakan alat stetoskop saat menggunakan kerudung. "Jadi ini saya membuat K-pop ini jadi lebih mudah dalam memeriksa pasien," ujarnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Periksa Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman Sebagai Tersangka Suap

Posted: 22 Oct 2020 08:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman hari ini, Jumat (23/10/2020).

Adapun, Budi dipanggil penyidik KPK dalam kapasitasnya sebagai tersangka kasus suap terkait dengan pengurusan dana alokasi khusus (DAK) Kota Tasikmalaya tahun anggaran 2018.

"BBD (Budi Budiman) Wali Kota Tasikmalaya akan diperiksa sebagai tersangka," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Jumat.

Budi Budiman dijerat sebagai tersangka dalam kasus ini sejak April 2020. Namun hingga kini dia belum ditahan tim penyidik. Dia juga sempat dicegah ke luar negeri selama enam bulan.

Penetapan tersangka Budi Budiman merupakan pengembangan perkara yang terlebih dahulu menjerat Anggota Komisi XI DPR Amin Santono, Pejabat Kemenkeu Yaya Purnomo, serta dua pihak swasta Eka Kamaluddin dan Ahmad Ghiast. Empat orang ini telah divonis bersalah di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat.

 

Kronologi Kasus

Sekitar awal tahun 2017 Budi Budiman diduga bertemu dengan Yaya Purnomo untuk membahas alokasi DAK Kota Tasikmalaya. Dalam pertemuan itu, Yaya diduga menawarkan bantuan untuk pengurusan alokasi DAK dan Budi Budiman bersedia memberikan fee jika Yaya membantunya mendapatkan alokasi DAK.

Kemudian pada Mei 2017, Budi Budiman mengajukan usulan DAK untuk Kota Tasikmalaya tahun 2018 kepada Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Pada Juli 2017, Budi Budiman kembali bertemu Yaya Purnomo di Kementerian Keuangan. Dalam pertemuan tersebut, Budi diduga memberi uang sebesar Rp 200 juta kepada Yaya.

Sekitar dua bulan kemudian, yakni pada Oktober 2017, dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara 2018, Kota Tasikmalaya diputuskan mendapat alokasi DAK dengan total Rp 124,38 miliar.

Kemudian pada 3 April 2018 Budi kembali memberikan uang Rp 200 juta kepada Yaya Purnomo. Pemberian tersebut diduga masih terkait dengan pengurusan DAK untuk Kota Tasikmalaya Tahun Anggaran 2018.

Budi diduga memberi uang total sebesar Rp 400 juta terkait dengan pengurusan DAK untuk Kota Tasikmalaya Tahun Anggaran 2018 kepada Yaya Purnomo dan kawan-kawan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rupiah Kian Melemah, Menanti Stimulus Fiskal AS

Posted: 22 Oct 2020 08:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah tipis pada perdagangan Jumat akhir pekan ini.

Mengutip Bloomberg, Jumat (23/10/2020), rupiah dibuka di angka 14.655 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.660 per dolar AS. Menjelang siang, rupiah berada di level 14.692 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.655 per dolar AS hingga 14.707 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 5,96 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia, rupiah dipatok di angka 14.738 per dolar AS, melemah jika dibandingkan patokan sebelumnya yang ada di angka 14.697 per dolar AS.

"Stimulus fiskal AS yang masih juga belum disepakati, memberikan sentimen negatif ke pasar keuangan pagi ini," kata Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures Ariston Tjendra di Jakarta, seperti dikutip dari Antara.

Selain antara pemerintah AS dan DPR yang dikuasai Partai Demokrat, pemerintah AS juga mendapatkan ketidaksepakatan dengan senat yang dikuasai Partai Republik.

"Ini mendorong penguatan dolar AS terhadap nilai tukar utama dunia pagi ini dan berpotensi menekan rupiah juga," ujar Ariston.

Semalam juga data ekonomi AS menunjukkan perbaikan seperti data klaim tunjangan pengangguran mingguan yang menurun dan data penjualan rumah yang meningkat.

Initial Jobless Claims mencapai 787 ribu, lebih rendah dibandingkan sebelumnya 842 ribu dan lebih baik dari perkiraan konsensus pasar 860 ribu, serta merupakan level terendah sejak memasuki periode pandemi.

"Data yang bagus ini turut mendorong penguatan dolar AS," kata Ariston.

 

Prediksi Rupiah

Teller menunjukkan mata uang rupiah di bank, Jakarta, Rabu (22/1/2020). Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan penguatan nilai tukar rupiah yang belakangan terjadi terhadap dolar Amerika Serikat sejalan dengan fundamental ekonomi Indonesia dan mekanisme pasar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Teller menunjukkan mata uang rupiah di bank, Jakarta, Rabu (22/1/2020). Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan penguatan nilai tukar rupiah yang belakangan terjadi terhadap dolar Amerika Serikat sejalan dengan fundamental ekonomi Indonesia dan mekanisme pasar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ariston memperkirakan hari ini rupiah berpotensi melemah di kisaran Rp14.600 per dolar AS hingga Rp14.750 per dolar AS.

Pada Kamis (22/10) lalu, rupiah ditutup melemah 27 poin atau 0,19 persen menjadi Rp14.660 per dolar AS dari sebelumnya Rp14.633 per dolar AS.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

WhatsApp Business di Indonesia Kini Dilengkapi Tombol Beli Langsung dari Chat

Posted: 22 Oct 2020 08:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi pesan kini tak hanya jadi tempat untuk percakapan pribadi, tetapi banyak pengguna yang mengandalkannya untuk transaksi bisnis.

WhatsApp pun menghadirkan akun WhatsApp Business untuk memudahkan pengguna bertransaksi di platformnya.

Perusahaan juga terus meningkatkan fitur dan inovasi yang diusung sehingga pengguna bisa lebih nyaman melihat katalog hingga membeli produk.

Data terbaru WhatsApp menyebut, tiap harinya lebih dari 175 juta orang mengirim pesan ke akun WhatsApp Business. Riset WhatsApp juga menunjukkan, pengguna lebih suka mengirim pesan ke bisnis daripada cara lain untuk mendapatkan bantuan.

Bahkan, kemungkinan konsumen melakukan pembelian pun lebih besar setelah mendapatkan informasi yang diinginkan.

Dalam keterangannya yang diterima Jumat (23/10/2020), WhatsApp dua tahun terakhir ini terus berupaya membantu pelaku bisnis terhubung dengan pelanggan.

WhatsApp pun tadi malam menghadirkan fitur-fitur baru, apa saja?

1. Belanja Langsung dari Chat

Ilustrasi cara kunci WhatsApp (Sumber:Pixabay)
Ilustrasi cara kunci WhatsApp (Sumber:Pixabay)

WhatsApp memperluas pilihan pengguna untuk melihat produk yang tersedia dan melakukan pembelian secara langsung di chat.

"Kami ingin memberikan kemudahan kepada bisnis untuk mengintegrasikan fitur-fitur ini dengan sistem perbelanjaan dan solusi pelanggan yang sudah miliki saat ini," kata WhatsApp dalam keterangannya.

Kehadikan tombol beli yang bisa langsung diakses dari chat ini dinilai WhatsApp akan membantu makin pelaku bisnis kecil yang paling terdampak pandemi.

2. Layanan Hosting Facebook

WhatsApp, Logo WhatsApp. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
WhatsApp, Logo WhatsApp. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Pelaku bisnis memiliki teknologi yang berbeda-beda. Sebagian di antaranya menginginkan pilihan atas perusahaan yang akan bekerja sama dengan mereka dalam memberi layanan hosting dan mengelola komunikasi pelanggan. Apalagi saat pandemi, pekerjaan dilakukan dari lokasi berbeda.

Untuk itu, WhatsApp berupaya memperluas kemitraan dengan penyedia solusi bisnis. WhatsApp Business juga menyediakan opsi baru kepada bisnis untuk mengelola pesan WhatsApp lewat layanan hosting yang rencananya ditawarkan oleh Facebook.

Dengan opsi ini, pelaku bisnis akan mudah memulai bisnis, menjual produk, memperbarui inventaris, dan merespon dengan cepat pesan yang diterima, di manapun karyawan mereka berada.

3. Pengenaan Biaya untuk Sebagian Layanan

Ilustrasi WhatsApp. Kredit: Freepik
Ilustrasi WhatsApp. Kredit: Freepik

"Kami akan mengenakan biaya untuk sebagian layanan yang kami tawarkan kepada bisnis yang menjadi pelanggan kami," kata WhatsApp.

WhatsApp beranggapan, hal ini akan membantu perusahaan mengembangkan layanan perpesanan teks, panggilan suara, dan video yang terenkripsi end-to-end.

(Tin/Isk)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Miley Cyrus Ngaku Pernah Diuber UFO, Saling Pandang dengan Pilotnya

Posted: 22 Oct 2020 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Miley Cyrus mengaku punya pengalaman yang pasti sangat jarang dialami orang lain. Ia mengaku pernah dikejar benda terbang yang tak dikenali, alias UFO.

Dilansir dari situs Marie Claire, Kamis (22/10/2020) hal ini diungkap Miley Cyrus saat diwawancarai oleh Rick Owens untuk Interview

"Aku saat itu sedang berkendara melintasi San Bernardino dengan temanku, dan aku dikejar oleh semacam UFO," kata Miley Cyrus. Ia mengatakan bentuknya mengingatkan kepada pengeruk salju.

"Ada pengeruk di depannya dan bersinar kuning," kata wanita 27 tahun tersebut. 

Tak Melihat Sendiri

Miley Cyrus. (AFP Photo/Jean-Baptiste Lacroix)
Miley Cyrus. (AFP Photo/Jean-Baptiste Lacroix)

Miley Cyrus mengaku sebelumnya memang sempat membeli ganja. "Aku cukup yakin dengan apa yang kulihat, tapi aku juga beli lilin ganja dari cowok dengan mobil van di depan toko taco, jadi bisa saja (melihat UFO) karena lilin ganja," tuturnya.

Namun Miley mengatakan yang melihat UFO itu bukan hanya dia sendiri. 

Melihat Pilot

Miley Cyrus. (AFP Photo/Jean-Baptiste Lacroix)
Miley Cyrus. (AFP Photo/Jean-Baptiste Lacroix)

"Aku melihatnya terbang, dan temanku juga melihatnya. Ada beberapa mobil lain di jalan dan mereka juga berhenti untuk melihatnya, jadi kurasa yang kulihat itu nyata," tutur bintang Hannah Montana ini.

Ia menambahkan, "Aku enggak merasa terancam sama sekali, tapi aku melihat ada yang duduk di bagian depan benda terbang itu."

Saling Tatap

Miley Cyrus. (AFP Photo/Amy Sussman)
Miley Cyrus. (AFP Photo/Amy Sussman)

Tak cuma itu, Miley Cyrus bahkan mengaku saling tatap dengan sang pilot.

"Sosok itu melihatku dan kami saling kontak mata, dan kurasa ini yang paling membuatku terguncang. Melihat mata dari sesuatu yang aku enggak mengerti itu apa," kata dia. 

Trauma Berhari-hari

Miley Cyrus mengaku trauma gara-gara kejadian ini. "Aku terguncang selama sekitar lima hari. Itu mengacaukanku," tuturnya. 

Ia kembali nyerocos, "Aku tak bisa melihat langit dengan perasaan sama seperti sebelumnya. Aku berpikir mereka bisa datang lagi."

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Minta Ada Peningkatan Nilai Tambah Batu Bara

Posted: 22 Oct 2020 08:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menilai, peningkatan nilai tambah batu bara menjadi suatu keharusan.

Menurut dia, Indonesia harus bisa menjadi negara industri pengolah barang mentah menjadi barang jadi atau barang setengah jadi.

"Ini strategi besar, kita harus konsisten untuk menjalankannya," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas soal Percepatan Peningkatan Nilai Tambah Batu Bara, disiarkan daring via Istana Bogor, Jumat (23/10/2020).

Dia menegaskan, percepatan peningkatan dimaksud adalah dengan pengembangan industri turunan batu bara, mulai dari industri peningkatan mutu upgrading, pembuatan briket batu bara, pembuatan kokas, pencairan batu bara, gasifikasi batu bara, hingga campuran batu bara cair.

"Saya yakin dengan mengembangkan industri turunan batu bara ini dapat meningkatkan nilai tambah komoditas berkali lipat," jelas Jokowi.

Menurut dia, dengan melakukan percepatan peningkatan nilai tambah batu bara, dapat mengurangi core bahan baku yang dibutuhkan industri dalam negeri. Contohnya, seperti industri baja, industri petrokimia.

"Juga tidak kalah pentingnya kita bisa membuka lapangan pekerjaan sebanyak-banyaknya," yakin Jokowi.

 

Minta Road Map

Demi jelasnya percepatan peningkatan nilai tambah batu bara ini, Jokowi memerintahkan, agar segera dibuat road map optimalisasi batu bara dalam negeri.

Dia mengingatkan, percepatan peningkatan ini harus menerapkan teknologi ramah lingkungan, tentukan strategi, tentukan produk hilir dikembangkan.

"Road map ini sehingga jelas arah mana yang akan kita tuju, berapa banyak yang akan diubah menjadi gas, berapa banyak yang akan diubah menjadi petrokimia dan kawasan yang akan dikembangkan menjadi hilirisasi industri batu bara," Jokowi menandasi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: