Rabu, 07 Oktober 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Perusahaan Besar Pilih Wait and See, UMKM Justru Investasi Agar Tetap Hidup

Posted: 07 Oct 2020 10:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) telah berkali-kali menghadapi berbagai situasi krisis. Pengalaman tersebut membuat para pelaku usaha kecil tersebut dapat cepat banting setir melakukan perubahan bisnis.

Respons berbeda justru diberikan perusahaan besar di tengah situasi krisis seperti saat ini. Menurut Teten, korporasi raksasa cenderung berhati-hati saat pandemi dengan menunda ekspansi bisnis dan investasi sembari menunggu situasi ekonomi membaik.

"Di UMKM karena sifatnya ini langsung berpengaruh pada dapur mereka, mereka tidak bisa menunda investasi. Mereka tidak bisa menunda usaha, mereka harus terus berusaha supaya dapur tetap ngebul," ujar Teten dalam sesi webinar, Kamis (8/10/2020).

Teten turut menceritakan peran UMKM di masa krisis sebelumnya, seperti pada era reformasi 1998. Pada saat itu, UMKM disebutnya tampil menjadi pahlawan penyelamat ekonomi nasional.

"Saat ini barangkali UMKM narasinya berbeda. Kita harus pastikan UMKM pada saat ini justru bisa jadi penyangga ekonomi nasional, paling tidak untuk tidak menambah jumlah pengangguran dan jumlah angka kemiskinan yang semakin tajam," tuturnya.

Oleh karena itu, ia berujar, pemerintah membaca bahwa sisi supply dan demand sektor usaha kecil menjadi yang terpenting untuk dipertahankan dalam tahap survival saat ini.

Secara kebijakan, Teten menuturkan, pemerintah memberikan sejumlah bantuan dan keringanan seperti program restrukturisasi pinjaman selama 6 bulan, termasuk penyaluran ghibah modal kerja untuk UMKM yang unbankable.

"Dari sisi demand masuk ke belanja negara, termasuk belanja BUMN. Karena resesi ini daya beli masyarakat betul-betul terganggu, konsumsi masyarakat terganggu, padahal selama ini ekonomi kita digerakan oleh konsumsi masyarakat. Tapi karena banyak kehilangan pendapatan, pekerjaan, maka beban daya beli sekarang diambil pemerintah," ungkapnya.

Menteri Teten: Banyak Karyawan Jadi Pengusaha, Persaingan UMKM Makin Ketat

Pekerja menyelesaikan pembuatan kue kering di Jakarta, Rabu (30/9/2020). Kemenkop UKM menyatakan realisasi penyaluran bantuan presiden (Banpres) produktif untuk UMKM senilai 2,4 juta/UKM hingga 21 September 2020 mencapai 5.909.647 usaha mikro atau sekitar 64,50 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pekerja menyelesaikan pembuatan kue kering di Jakarta, Rabu (30/9/2020). Kemenkop UKM menyatakan realisasi penyaluran bantuan presiden (Banpres) produktif untuk UMKM senilai 2,4 juta/UKM hingga 21 September 2020 mencapai 5.909.647 usaha mikro atau sekitar 64,50 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, banyaknya masyarakat yang beralih profesi berjualan produk UMKM selama pandemi covid-19 menimbulkan persaingan yang ketat di level UMKM.

Adanya kebijakan pemerintah terkait pembatasan sosial di masa pandemi covid-19, memaksa para pekerja di sektor formal harus kehilangan pekerjaan, di PHK sementara, dirumahkan dan sebagainya. Mereka pun akhirnya membuka usaha sendiri.  Bahkan sekelas pilot, dokter gigi dan kelompok profesional lainnya ada yang berjualan dari rumah baik secara offline maupun online.

 

"Saya kira ini suatu hal yang wajar, cuma memang akibatnya apa persaingan di UMKM sekarang menjadi semakin tinggi, jumlah UMKM ini sudah besar sekali 64 juta. Di Jakarta saja di 1 RW ada 100 rumah dan warung ada 25 buah, sekarang berarti harus nambah lagi jadi persaingan di bawah ini," kata Teten dalam acara Berani Berubah: Cara Kreatif Bertahan di Masa Pandemi, Rabu (7/10/2020).

Sehingga pasar dari pelaku UMKM yang sudah ada selama ini akhirnya harus terbagi dengan UMKM baru berdiri di masa pandemi. Kendati begitu, ia mengapresiasi pelaku UMKM yang melakukan adaptasi bisnis dan melakukan inovasi produk.

"Saya melihat ada beberapa hal yang alih profesi karena memang tidak ada pilihan lain, tetapi juga UMKM di tengah pandemi covid ada yang melakukan adaptasi bisnis dan inovasi produk yang mungkin menyesuaikan dengan market yang baru," ujarnya.

Lantaran permintaan saat pandemi ini tidak terbatas pada kebutuhan pokok saja, melainkan muncul permintaan di sektor lain, seperti pemeliharaan kesehatan, home decor, tanaman hias, ikan hias, kata Teten, menjadi produk yang sedang naik daun saat ini.

"Orang sekarang di rumah juga lebih senang mempercantik rumah, jadi produk-produk home decor juga meningkat. Ini yang saya kira kecerdasan UMKM dalam merespons perkembangan market yang baru atau banting setir agar bisa bertahan," pungkasnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Resmi, Toyota Fortuner dan Innova Facelift Meluncur Pekan Depan

Posted: 07 Oct 2020 10:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Toyota Astra Motor (TAM) bakal menghadirkan dua model barunya, Fortuner dan Innova pekan depan. Peluncuran MPV dan SUV andalan dari raksasa asal Jepang ini, bakal dilakukan secara virtual.

Dalam undangan resmi yang masuk ke meja redaksi Liputan6.com, new Fortuner dan new Kijang Innova, akan dilakukan Kamis (15 Oktober 2020).

Sebelum kepastian peluncuran dua model ini, berbagai bocoran dua model ini sudah banyak beredar di dunia maya.

Setelah sebelumnya muncul foto digital Toyota Innova anyar, kini muncul kembali bocoran wujud dari mobil keluarga kelas menengah andalan raksasa otomotif Negeri Matahari Terbit tersebut.

Dalam foto yang diunggah akun Instagram @-wawanridwan, terlihat model ini tengah berada di sebuat truk kontainer, dan melaju di jalan yang kemungkinan menuju dealer.

Melansir Rushlane, dengan unggahan foto Toyota Innova yang bocor di dunia maya ini, menegaskan jika mobil tersebut memang sudah mulai diproduksi, dan siap dijual di Tanah Air.

Toyota Innova facelift ini, adalah ubahan besar pertama yang dilakukan untuk generasi kedua.

Bagian yang terlihat mengalami penyegaran, adalah bagian grill depan yang jauh lebih lebar dan menutupi banyak area depan sehingga terlihat lebih agresif. Bumper juga diperbaharu, dengan ditambahkan lampu depan proyektor.

Komentar TAM

Selain itu, posisi lampu kabut telah diubah karena kini menyatu dengan bumper depan. Fitur DRL LED sekarang berada di bawah lampu depan.

Bagian belakang mobil tidak banyak berubah, meskipun lampu belakang disetel untuk menerima detail baru yang sangat kecil.

Direktur Pemasaran PT TAM, Anton Jimmi Suwandy, masih enggan membuka keran informasi detail terkait hal tersebut.

"Iya, dalam persiapan juga (peluncuran Toyota Innova facelift). Detailnya, nanti kita infokan," jawab Anton beberapa waktu lalu.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sindiran Sekjen MUI ke Pemerintah soal RUU Cipta Kerja

Posted: 07 Oct 2020 10:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar Abbas menilai pengesahan Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja dapat melapangkan jalan bagi masuknya tenaga kerja asing (TKA) ke Tanah Air.

Menurut Anwar, RUU Cipta Kerja ini tak lagi mensyaratkan para pelaku usaha untuk repot-repot mengurusi visa TKA yang hendak mereka bawa ke Indonesia.

"Ini artinya mereka bebas untuk merekrut, membawa dan memperkerjakan TKA dari negara mereka di perusahaan-perusahaan yang mereka dirikan dan bangun di Indonesia. Dan mereka hanya cukup dengan membuat rencana penggunaan TKA tersebut," kata Anwar dalam keterangan tertulis, Kamis (8/10/2020).

Berbeda dengan aturan sebelumnya yang harus memenuhi tiga persyaratan bila perusahaan hendak merekrut TKA.

Pertama, berupa kewajiban bagi perusahaan untuk mempunyai rencana penggunaan TKA, kemudian harus mengurus visa tinggal terbatas untuk TKA tersebut. Dan ketiga dijelaskan bahwa pihak perusahaan harus mendapatkan izin menggunakan TKA.

Menurut Anwar Abbas, aturan tersebut dinilai akan menyinggung perasaan banyak anak bangsa yang masih banyak menganggur.

"Karena banyak anak-anak bangsa yang menganggur dan membutuhkan pekerjaan tapi tidak mendapatkan pekerjaan. Sementara, TKA terutama dari China membanjir masuk ke Indonesia untuk bekerja di tempat-tempat yang ada," ujar dia.

Munculnya RUU Cipatker itu membuat Anwar Abbas bertanya-tanya, untuk apa bangsa ini dibangun? Apakah hanya untuk mendapatkan keuntungan finansial saja atau juga untuk memajukan dan menyejahterakan rakyatnya?

"Di dalam pasal 33 UUD 1945 diamanatkan bahwa bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat. Jadi kita di dalam mengelola sumber daya alam tersebut selain harus memikirkan keuntungan yang bersifat finansial, juga harus bisa menyejahterakan rakyatnya dengan memberi mereka pekerjaan dan pendapatan yang layak," tegas Sekjen MUI ini. 

Mengapresiasi Pihak China

Anwar Abbas bahkan menyindir pemerintah Indonesia yang tampak acuh dengan kesejahteraan rakyatnya atas hadirnya UU Ciptaker tersebut.

Sindiran tersebut dia lakukan dengan mengapresiasi pihak China yang begitu niat memberikan rakyatnya pekerjaan kendati berada jauh dari negerinya.

"Jadi salut buat pemerintah dan pengusaha Tiongkok yang benar-benar memikirkan kesejahteraan rakyatnya. Karena kalau mereka akan melakukan investasi yang mereka pikirkan tidak hanya bagaimana mendapatkan keuntungan finansial saja, tapi juga bagaimana mereka bisa membela dan menyejahterakan rakyatnya dengan memberi mereka pekerjaan meskipun harus bekerja di tempat yang jauh dari negerinya," ucap dia.

"Lalu bagaimana dengan sikap pemerintah dan para politisi serta para pengusaha besar di negeri ini? Untuk mengetahui jawabannya mari kita tanya kepada rumput yang bergoyang," sambung Sekjen MUI itu.

Pemerintah soal Keuntungan bagi Pekerja

Wakil Pimpinan DPR Azis Syamsuddin (kiri) mengesahkan RUU Omnibus Law Cipta Kerja menjadi UU disaksikan Ketua DPR Puan Maharani (kedua kiri), Wakil Pimpinan DPR Sufmi Dasco Ahmad (kedua kanan) dan Rachmad Gobel saat Rapat Paripurna di Kompleks Parlemen, Jakarta (5/10/2020). (Liputan6.com/JohanTallo)
Wakil Pimpinan DPR Azis Syamsuddin (kiri) mengesahkan RUU Omnibus Law Cipta Kerja menjadi UU disaksikan Ketua DPR Puan Maharani (kedua kiri), Wakil Pimpinan DPR Sufmi Dasco Ahmad (kedua kanan) dan Rachmad Gobel saat Rapat Paripurna di Kompleks Parlemen, Jakarta (5/10/2020). (Liputan6.com/JohanTallo)

Seperti diketahui, DPR setuju mengesahkan Rancangan Undang-Undang atau RUU Cipta Kerja menjadi Undang-Undang pada Senin, 5 Oktober 2020.

Namun, sejumlah kalangan masih menyuarakan penolakannya atas disahkannya RUU Cipta Kerja ini, termasuk salah satunya dari elemen buruh.

Meski begitu Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Ida Fauziyah mengakui tidak bisa pemerintah menyenangkan seluruh pihak.

"Jika teman-teman ingin 100 persen diakomodir, itu tidak mungkin. Namun bacalah hasilnya. Akan terlihat bahwa keberpihakan kami terang benderang," ujar Ida. 

Senada, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto juga mengatakan RUU Cipta Kerja yang telah disahkan menjadi UU Cipta Kerja membuat para tenaga kerja akan banyak terbantu.

Lantas, apa saja keuntungan sebenarnya keuntungan RUU Cipta Kerja yang telah disahkan menjadi UU Cipta Kerja untuk pekerja?

Menko Perekenomian Airlangga menyebutkan, dalam RUU Cipta Kerja, salah satunya sudah diatur tentang bonus yang akan diterima para buruh. Bahkan telah diatur pula jam lembur para buruh.

"Dalam UU tersebut sudah diatur bonus yang diterima buruh berbasis kinerja. Jumlah maksimal jam lembur juga ditambah dari tiga jam menjadi empat jam per hari. Ini tentunya menjadikan buruh lebih produktif," ujar Airlangga di Gedung DPR RI, Senin, 5 Oktober 2020.

Dia menambahkan, dalam RUU Cipta Kerja disebutkan bahwa pemerintah akan membantu para karyawan yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dengan memberikan berbagai pelatihan kerja.

Selain itu, jika belum mendapatkan pekerjaan, maka pemerintah akan memberikan bantuan berupa uang tunai, yang akan dibayarkan selama enam bulan oleh BPJS Ketenagakerjaan.

"Melaui UU Cipta Kerja, pemerintah hadir untuk membantu para karyawan yang di-PHK. Kalau belum dapat kerja, mereka akan dapat bantuan berupa gaji dari BPJS Ketenagakerjaan, formatnya adalah asuransi," papar Airlangga.

Menurut dia, selama ini, belum pernah ada jaminan terhadap tenaga kerja yang terkena PHK. Sehingga, dia merasa masyarakat perlu menerima tujuan baik pemerintah melalui UU Ciptaker.

"Ini yang belum pernah terjadi. Sebelumnya hanya ada jaminan kematian, jaminan kecelakaan kerja, dan jaminan hari tua. Siapa yang menjamin apabila terjadi PHK?" tegas Airlangga.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ikut Demo, 14 Buruh di Tangerang Reaktif Covid-19

Posted: 07 Oct 2020 10:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 14 dari 120 buruh yang mengikuti demo di kawasan Cikupa Mas dan Pemkab Tangerang, dinyatakan reaktif. Mereka sebelumnya menjalani rapid test Covid-19 yang dilakukan Polresta Tangerang.

"120 buruh yang ikut aksi kemarin di-rapid test, hasilnya 14 orang reaktif," kata Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi, Kamis (8/10/2020).

Sebanyak 14 buruh yang reaktif tersebut diminta untuk melakukan isolasi. Selain itu, manajemen tempat buruh tersebut bekerja pun sudah memberi kebijakan mempekerjakan dari rumah. Mereka juga akan segera menjalani swab test.

Dalam setiap aksi buruh, Ade mengaku selalu mengingatkan agar buruh melaksanakan protokol kesehatan. Hal itu, semata untuk menjaga keselamatan buruh dan masyarakat secara umum. Apalagi di masa pandemi, berkerumun sangat tidak dianjurkan.

"Peserta aksi damai buruh ditemukan ada yang melanggar protokol kesehatan seperti tidak menggunakan masker dan tidak menjaga jarak," ujar Ade.

Utamakan kesehatan dan keselamatan

Ade mengimbau, agar buruh dan masyarakat umum benar-benar mempertimbangkan aspek protokol kesehatan sebelum beraktivitas. Sebab, hal demikian merupakan salah satu cara melindungi diri dari potensi penularan Covid-19.

"Kesehatan dan keselamatan utamakan. Silakan beraktivitas tapi protokol kesehatan itu wajib," pungkas Ade.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KSPI Sebut Ratusan Ribu Buruh Mogok untuk Tolak Omnibus Law RUU Cipta Kerja

Posted: 07 Oct 2020 10:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) mengklaim, hari ini Kamis (8/10/2020), akan mengerahkan ratusan ribu buruh untuk menolak disahkannya Omnibus Law Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja.

Ketua Departemen Komunikasi dan Media KSPI Kahar S Cahyono menyebut, aksi tersebut tak dipusatkan ke depan Istana Presiden, melainkan di kawasan-kawasan industri seluruh Indonesia.

"Oh iya tetap turun, tapi kita enggak ke Istana. Kita di daerah-daerah industri," papar Kahar Cahyono kepada Liputan6.com, Kamis (8/10/2020).

Menurut Kahar Cahyono, konsep aksi KSPI ialah mogok nasional. Makanya tak perlu datang ke Istana untuk demo tolak Omnibus Law.

"Karena konsep aksi KSPI adalah mogok nasional. Dipusatkan di daerah-daerah industri, agar pemerintah dan DPR menyadari, bahwa buruh adalah elemen penting yang tidak bisa diabaikan," jelas dia.

Selain juga demi menyadarkan para buruh lain akan pentingnya menolak UU Cipta Kerja tersebut.

"Ini sekaligus memberikan penyadaran kepada buruh akan pentingnya menolak Omnibus Law. Karena itulah aksi dipusatkan di daerah-daerah industri," ujar Kahar.

 

Di 25 Provinsi

Kahar menjelaskan KSPI tersebar di 25 provinsi dan setiap provinsi tersebut mengerahkan massanya untuk menyuarkan penolakan RUU Cipta Kerja.

"Oh iya kami ada di Jababeka, Tangerang, Bogor, Bandung, di daerah-daerah bang. Ada ratusan ribu (massa) karena kan ada 25 provinsi yang hari ini gerak," tutur Kahar Cahyono.

Narsi besarnya, kata Kahar Cahyono para buruh ini mengaungkan penolakan terhadap UU Cipta Lapangan Kerja.

"Betul, menolak UU Omnibus Law," jelas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

466 Instansi Telah Rampungkan SKB CPNS 2019

Posted: 07 Oct 2020 10:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Kepegawaian Negara (BKN) mencatat 466 instansi telah menyelesaikan tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2019 dari total 506 instansi.

Sementara tes 40 instansi lainnya kini tengah berlangsung. "Yang fix sudah selesai 466 instansi, sisanya sedang berlangsung," ujar Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerja Sama BKN Paryono kepada Liputan6.com, Kamis (8/10/2020).

Dari 40 instansi yang tengah melangsungkan tes, ada 1 instansi pusat sementara lainnya merupakan instansi daerah. Tercatat, ada 297.202 peserta secara keseluruhan. Sementara jumlah yang hadir sebanyak 287.215 dan sebanyak 3.976 tidak hadir.

Adapun instansi yang melaksanakan tes hari ini sebanyak 27 instansi dengan 18 titik lokasi. Sebelumnya, BKN mencatat 364 instansi telah melaksanakan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS 2019 dari 1-3 September 2020 lalu.

16 Orang Peserta SKB CPNS Kota Tangerang Positif Covid-19

Peserta mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Computer Assisted Test (CAT) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kemenkumham di Gedung Kepegawaian Negara, Jakarta, Rabu (2/9/2020). Pelaksanaan SKB CPNS yang diikuti 829 peserta tersebut menerapkan protokol kesehatan. (merdeka.com/Imam Buhori)
Peserta mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Computer Assisted Test (CAT) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kemenkumham di Gedung Kepegawaian Negara, Jakarta, Rabu (2/9/2020). Pelaksanaan SKB CPNS yang diikuti 829 peserta tersebut menerapkan protokol kesehatan. (merdeka.com/Imam Buhori)

Sebanyak 16 dari 859 peserta Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS Kota Tangerang formasi tahun 2019 dinyatakan positif COVID-19 tanpa gejala, sehingga tidak dapat mengikuti ujian sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

"Pemkot sudah bersurat ke BKN, supaya yang positif COVID-19 bisa mengikuti ujian susulan ketika sudah dinyatakan sembuh atau negatif," kata Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah usai meninjau pelaksanaan SKB CPNS Kota Tangerang formasi tahun 2019 di Gedung Cisadane, Karawaci, seperti dikutip dari Antara, Rabu (7/10/2020).

Wali Kota Arief menambahkan bagi peserta SKB CPNS tahun 2020 dan berstatus warga Kota Tangerang yang positif COVID-19 tanpa gejala akan dirawat di fasilitas isolasi yang telah disediakan oleh Pemkot Tangerang.

"Pemkot juga mengupayakan agar ujian dapat dilakukan di tempat isolasi mandiri untuk yang KTP Kota Tangerang," katanya.

Dari hasil pantauan secara langsung, Wali Kota menilai persiapan yang dilakukan oleh Panitia Seleksi Daerah (Panselda) Kota Tangerang sudah maksimal dalam mendukung pelaksanaan SKB bagi CPNS.

"Sejauh ini kegiatan berjalan cukup lancar dan sesuai dengan protokol kesehatan. Semua peserta maupun panitia wajib menerapkan protokol 3M. Tempat cuci tangan sudah disediakan, jarak antrean juga diatur serta wajib pakai masker," tambahnya.

Sebagai informasi, pelaksanaan tes SKB bagi CPNS formasi tahun 2019 dilakukan mulai tanggal 5 hingga 9 Oktober 2020 dengan jumlah peserta 859 orang yang dibagi dalam tiga sesi setiap harinya.

Kepala Kantor Regional III BKN Imas Sukmariah mengungkapkan pelaksanaan tes SKB tahun 2020 ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 yang ketat dengan tujuan mencegah munculnya klaster baru dari kegiatan yang dilakukan. "Setiap peserta wajib mengenakan face shield dan sarung tangan," paparnya.

Imas menambahkan tes SKB CPNS tahun 2020 juga dilakukan dengan menggunakan sistem online, dimana seluruh soal akan terhubung dengan server yang ada di Pemkot Tangerang dan kantor BKN Pusat.

"Setiap komputer akan dimonitor langsung oleh BKN. Selain itu, nilai juga akan ditampilkan melalui Youtube untuk mengantisipasi timbulnya kerumunan," katanya. 

Pakai Protokol Kesehatan, Pemkot Tangerang Gelar Tes SKB CPNS

Petugas memberikan cairan hand sanitizer kepada peserta yang bersiap mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kemenkumham di Gedung Kepegawaian Negara, Jakarta, Rabu (2/9/2020). (merdeka.com/Imam Buhori)
Petugas memberikan cairan hand sanitizer kepada peserta yang bersiap mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kemenkumham di Gedung Kepegawaian Negara, Jakarta, Rabu (2/9/2020). (merdeka.com/Imam Buhori)

Di tengah pandemi Covid-19 yang belum mereda, ratusan orang ikuti tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2019 di Pemkot Tangerang, Senin (5/10/2020).

Tes SKB sendiri dilakukan dari 5 - 9 Oktober 2020, di Ruang Lab Komputer Penyelenggaranya Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM). Dari total peserta CPNS sebanyak 956, akan diseleksi kembali menjadi 355 peserta yang nantinya akan disebar di berbagai OPD di Kota Tangerang.

"Peserta SKB CPNS berjumlah 956, dengan peserta asal Kota Tangerang ada 859, sisanya dari luar kota. Nantinya akan diseleksi menjadi 355 orang," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang, Herman Suwarman.

Menurutnya, dari total peserta tersebut, ada 13 orang yang terkonfirmasi Covid-19. Sedangkan bagi peserta yang terkonfirmasi Covid-19 akan dilaksanakan pada 9 sampai 12 Oktober 2020 di Operation Room Gedung Cisadane dan Kantor Regional III BKN Bandung.

Kepala BKPSDM Kota Tangerang, Heryanto mengatakan, guna memberikan rasa aman dan nyaman, BKPSDM juga telah melakukan simulasi tes SKB pada 1 Oktober 2020, dimana para peserta harus mengikuti aturan yang sudah diberikan.

"Agar pelaksanaan pada hari ini lancar, kami sudah melakukan simulasi dan berkoordinasi dengan OPD terkait seperti Kominfo terkait jaringan. Selain itu, kami juga wajibkan bagi para peserta untuk menyertakan keterangan hasil rapid tes, dan juga mengenakan masker, sarung tangan dan face shield," jelas Heryanto.

Sebagai informasi, peserta yang lolos tes SKB, selanjutnya akan menuju ke tahap berikutnya, yaitu pemberkasan data, sebelum kemudian mendapatkan Nomor Induk Pegawai (NIP), dan jug SK Wali Kota CPNS.

Kemudian setelah melaksanakan masa percobaan serta lulus Diklat Pelatihan Dasar (Diklatsar) maka selanjutnya akan diangkat menjadi PNS atau Aparatur Sipil Negara (ASN).  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Daftar Gojek untuk GoRide, GoCar, dan GoFood, Bisa dari HP

Posted: 07 Oct 2020 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cara daftar Gojek sangat berguna bagi Anda yang ingin bekerjasama. Gojek merupakan perusahaan teknologi yang berfokus pada jasa transportasi. Layanan andalan Gojek adalah GoRide dan GoCar yang memungkinkan masyarakat menjangkau transportasi dengan praktis.

Kini Gojek mulai merambah ke berbagai sektor pelayanan seperti GoFood, Go-Life, Go-Send, Go-Box, dan masih banyak lagi. Cara daftar Gojek bisa membuka peluang pendapatan masyarakat.

Tiga layanan yang paling sering digunakan adalah GoRide, GoCar, dan GoFood. Tingginya minat akan penggunaan layanan Gojek membuat banyak orang berbondong menjadi mitra Gojek. Cara daftar Gojek jadi langkah utama yang paling banyak dicari.

Cara daftar Gojek sedikit berbeda di tiap layanannya. Misalnya, Cara daftar Gojek GoRide beda dengan cara daftar Gojek GoFood. Berikut cara daftar Gojek untuk GoRide, GoCar, dan GoFood dirangkum Liputan6.com dari laman resmi Gojek, Kamis (8/10/2020).

Cara daftar Gojek: GoRide

(Foto:Dok.Gojek)
(Foto:Dok.Gojek)

1. Sebelum mengetahui cara daftar Gojek GoRide, pastikan untuk mempersiapkan syarat yang diperlukan. Dokumen yang dibutuhkan saat daftar GoRide online adalah SKCK, KTP, SIM, dan STNK.

2. Pastikan semua dokumen yang diperlukan sudah disiapkan dan terlihat jelas. Selanjutnya, masuk ke tautan https://daftar.GoRide.co.id/.

3. Lengkapi kolom-kolom yang terdapat dalam halaman pendaftaran. Pastikan tidak ada yang terlewat dan data yang dimasukkan sudah sesuai dan benar.

4. Setelah Selesai Mengisi Formulir Pendaftaran, Cek Handphone Anda. Anda akan menerima 4 digit kode melalui sms. Masukkan 4 digit kode tersebut ke halaman pendaftaran.

5. Isi alamat rumah serta nomor handphone yang Anda miliki. Nomor handphone yang dicantumkan bisa lebih dari satu.

6. Laman selanjutnya Anda diminta untuk mengunggah dokumen yang dibutuhkan untuk pendaftaran. Pastikan dokumen yang Anda unggah tidak buram dan bisa dibaca. File tidak lebih dari 10MB dan dalam format .jpg, .jpeg, .gif, .png.

7. Periksa kembali semua data serta dokumen yang Anda unggah sudah sesuai dan benar. Setelah itu, klik tombol kirim untuk mengirimkan data ke sistem pendaftaran.

8. Pastikan handphone Anda selalu aktif, karena konfirmasi hasil pendaftaran Anda akan dikirimkan melalui SMS. Jika data Anda sudah terverifikasi Anda akan menerima SMS untuk datang ke kantor operasional gojek untuk menyelesaikan proses pendafatan Anda.

9. Setelah semua proses pendaftaran selesai, download aplikasi GoRide dan Anda resmi menjadi driver gojek.

Cara daftar Gojek: GoCar

Logo baru Gojek (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)
Logo baru Gojek (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

1. Sama seperti cara daftar Gojek GoRide, Anda harus mempersiapkan syarat terlebih dahulu. Dokumen yang Harus disiapkan adalah Foto, SKCK, KTP, SIM, STNK. Cara daftar GoCar tanpa SKCK bisa tetap dilakukan, tapi Anda harus segera melengkapi persyaratan setelah melaukan pendaftaran.

2. Buka laman https://daftar.GoCar.co.id/. Lengkapi formulir pendaftaran sesuai data yang diminta.

3. Cek hp Anda karena Anda akan menerima 4 digit kode verifikasi dari Gojek. Masukkan 4 digit kode verifikasi ke halaman pendaftaran GoCar.

4. Halaman selanjutnya Anda diminta untuk melengkapi data diri sesuai dengan kolom yang tersedia.

5. Unggah dokumen yang dibutuhkan

6. Pastikan Anda sudah menyiapkan dokumen yang dibutuhkan dan mengunggahnya. File tidak boleh lebih dari 10MB, jelas atau tidak buram, serta memiliki format .jpg, .jpeg, .gif, .png, .tiff, .bnp.

7. Pastikan kembali data serta dokumen yang Anda unggah sudah benar dan sesuai. Setelah dicek kembali klik tombol "ya" untuk mengirimkan data ke sistem pendaftaran GoCar.

8. Selalu pastikan handphone Anda aktif. Anda akan menerima SMS notifikasi. Segera datang ke kantor operasional Gojek terdekat untuk menyelesaikan proses pendaftaran GoCar.

9. Proses pendaftaran memang sudah selesai. Setelah itu, Anda tinggal mengaktifkan akun. Cara aktifkan GoCar adalah dengan Download aplikasi GoCar dan Anda siap untuk menerima order pertama.

Cara daftar Gojek: mitra GoFood

Tampilan Aplikasi Gofood. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Tampilan Aplikasi Gofood. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

1. Masuk ke https://www.gojek.com/GoFood/bisnis#!/registration

2. Pilih kategori Daftar akun GoFood baru - perusahaan. Untuk badan perusahaan yang belum pernah memiliki akun GoFood.

3. Selanjutnya untuk daftar perusahaan, Anda akan diminta untuk mengisi dan mengirimkan kelengkapan data usaha Anda, seperti:

a. Nama Usaha

b. Data Perusahaan, seperti melampirkan:mohon lengkapi data berikut:

SIUP/TDUP/Tanda Daftar Yayasan

Akta Pendirian

Akta Perubahan (Jika Ada)

NPWP

Sebelum Anda upload data usaha, pastikan terlebih dahulu hal-hal berikut:

Dokumen yang dilampirkan masih berlaku saat ini dan dapat dibaca dengan jelas

Dokumen di-upload dalam format PDF

Ukuran maksimal masing-masing file/data adalah 3MB

c. Data Direktur

Lampirkan data usaha KTP/identitas direktur. Sebelum Anda upload data usaha, pastikan terlebih dahulu hal-hal berikut:

Dokumen masih berlaku saat ini, dapat dibaca dengan jelas, tidak blur, rusak, tertutup jari, atau terdapat pantulan cahaya.

Mengambil foto dari identitas asli (bukan scan/ fotocopy).Dokumen di-upload dalam format JPG/PNG/PDF.

Ukuran maksimal masing-masing file/data adalah 3MB.

d. Data Penanggung Jawab Usaha (Operasional Dan Keuangan)

e. Data Pembayaran

Lampirkan data usaha informasi rekening. Sebelum Anda upload data usaha, pastikan terlebih dahulu hal-hal berikut:

Informasi Rekening mencakup Nama Bank, Nama Pemilik Rekening, dan Nomor Rekening yang dapat diambil dari Buku Tabungan, Rekening Koran, halaman eBanking atau sumber lainnya.

Jika Nama Pemilik Rekening berbeda dengan Nama Perusahaan, mohon lampirkan Surat Pernyataan Rekening yang diisi dengan lengkap dan ditandatangani oleh pemilik usaha/direksi sesuai akta diatas materai.

Foto tidak blur.

Pastikan dokumen di-upload dalam format JPG/PNG/PDF.

Ukuran maksimal masing-masing file/data adalah 3MBLampirkan Surat Pernyataan Penggunaan RekeningSurat Pernyataan Penggunaan Rekening dibutuhkan jika Nama Pemilik Rekening berbeda dengan Nama Perusahaan.

Pastikan dokumen di-upload dalam format JPG/PNG/PDF.

Ukuran maksimal masing-masing file/data adalah 3MB

f. Data Outlet

g. Syarat & Ketentuan

Pastikan Anda sudah menyetujui syarat dan ketentuan GoFood/GoBiz dengan mencentang pada kotak yang tersedia, kemudian klik `Submit`

4. Setelah mengisi semua data yang diperlukan, dokumen pendaftaran akan diverifikasi oleh tim Gojek maksimal 5 hari kerja.

5. Jika verifikasi diterima, Anda bisa menandatangani perjanjian elektronik melalui DocuSign.

6. Proses pembuatan akun GoFood dan GoBiz oleh tim Gojek maksimal 5 hari kerja.

7. Setelah akun GoFood jadi, Anda bisa login ke aplikasi GoBiz untuk mulai berjualan di GoFood.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengamat: Kinerja Eri Cahyadi Sudah Dikenal Warga Surabaya

Posted: 07 Oct 2020 10:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat politik dari Universitas Airlangga (Unair) Rachmah Ida mengatakan, maraknya dukungan warga terhadap Eri Cahyadi-Armuji adalah cerminan mereka sudah dikenal warga.

"Situasi ini menunjukkan bahwa figur Eri Cahyadi sudah sangat dikenal oleh warga. Mereka sudah mengenal Eri Cahyadi dan kinerjanya," kata Rachmah, Rabu (7/10/2020).

Rachmah mengatakan, Eri memiliki kinerja yang terukur selama menjabat posisi di Pemkot Surabaya. Mulai dari pavingisasi di kampung-kampung, revitalisasi saluran air, menaikkan gaji ibu pemantau jentik (bumantik) hingga 400 persen, pembangunan taman-taman baru, hingga bedah rumah yang total penerima programnya saat ini mencapai hampir 4.000 rumah.

"Bahkan ada program Surabaya Smart City (SSC) yang menyentuh 500 kampung lebih. Saya yakin, ekspresi dukungan warga tersebut adalah buah dari kinerja Eri Cahyadi bertahun-tahun bahkan sebelum di Bappeko karena sebelumnya dia pernah menjabat kepala Dinas Cipta Karya dan plt kepala Dinas Kebersihan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH)," kata Rachmah.

Lanjutkan Kepemimpinan Risma

Karena kinerjanya yang memuaskan itulah, kata Rachmah, warga berani menyandingkan Eri dengan sosok Wali Kota Surabya Tri Rismaharini.

"Ini sebuah langkah endorsement yang bisa kita baca, kalau kamu mengenal Risma, maka kamu harus tahu Eri Cahyadi," kata Rachmah.

Artinya, selama ini Eri Cahyadi sudah masuk ke kampung-kampung tersebut secara langsung. Ada keinginan dari warga Surabaya agar Eri Cahyadi melanjutkan kepemimpinan Bu Risma," imbuh Rachmah.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indeks Pembangunan Manusia Terus Naik Tapi Kesenjangan Gender Masih Tinggi

Posted: 07 Oct 2020 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati, mengapresiasi dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada program MAMPU yang selama 8 tahun telah melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan kesetaraan gender.

"Hadirnya program MAMPU selama 8 tahun terakhir ini tentunya membawa banyak perubahan dalam peningkatan kapasitas perempuan, dan mendorong gerakan pemberdayaan perempuan di Indonesia," kata I Gusti Ayu dalam konferensi Pengakhiran Program Mampu, Kamis (8/10/2020).

Menurutnya, keberhasilan program MAMPU dalam merintis, memicu dan memotivasi perempuan-perempuan di akar rumput, perlu direplikasi dan dimodifikasi oleh pemerintah daerah, lembaga masyarakat, dan seluruh masyarakat pada umumnya.

Lantaran, sejak awal pembangunan pemberdayaan perempuan di Indonesia, memang diarahkan kepada upaya peningkatan peran dan kedudukan perempuan di berbagai bidang.

Agar tercipta relasi yang harmonis antara laki-laki dan perempuan, sebagai isu yang terkait dengan seluruh aspek kehidupan manusia baik di bidang ekonomi, sosial, budaya, politik, kesehatan dan lainnya, kesetaraan gender memerlukan dukungan dari berbagai pihak.

"Hal ini tercermin pada angka indeks pembangunan manusia atau IPM Indonesia pada tahun 2018 berada pada angka 71,39 persen, IPM perempuan yang lebih rendah dibanding laki-laki berkontribusi pada rendahnya IPM Indonesia. Perbandingan antara IPM perempuan dan laki-laki menghasilkan indeks pembangunan gender," jelasnya.

Bahkan pada 2010 Indeks Pembangunan Gender (IPG) Indonesia sebesar 89,402 persen sementara pada tahun 2018 naik menjadi sebesar 90,99 persen, yang mengindikasikan masih terjadinya kesenjangan gender pada hasil pembangunan.

Meskipun kenaikan tersebut patut untuk diapresiasi, tetapi kenaikan sebesar 1,57 persen selama 8 tahun merupakan progres yang sangat lambat, demikian pula dengan indeks pemberdayaan gender atau IDG pada tahun 2010 sebesar 68,15 persen dan pada tahun 2018 berada di angka 72,10 persen.

"Menunjukkan belum maksimalnya peran perempuan sebagai tenaga kerja profesional, kepemimpinan dan teknisi serta belum optimalnya sumbangan pendapatan perempuan. Progres kenaikan yang hanya 3,95 persen selama 8 tahun ini juga patut menjadi perhatian kita semua," jelasnya.

Berbagai data ini menunjukkan realita yang ada di lapangan saat ini perempuan masih tertinggal di belakang laki-laki baik di bidang Pendidikan, Kesehatan, ekonomi hingga keterwakilan dalam politik. Padahal semua hal ini berpengaruh langsung pada tercapainya kesetaraan pembangunan bagi perempuan dan laki-laki.

Sri Mulyani Beberkan Kesenjangan Gender di Indonesia

Menteri Keuanga Sri Mulyani Indrawati (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Menteri Keuanga Sri Mulyani Indrawati (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sebelumnya, Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengungkapkan, empat bidang kehidupan masih mengalami kesenjangan gender alias gender gap. Gender gap yang pertama, kata dia, yakni economy empowerment.

Saat ini, masih banyak perempuan yang kesulitan mendapatkan pinjaman modal, terutama dari perbankan. Ketika perempuan  mau meminjam dari perbankan, dia harus memberikan jaminan, yang biasanya berupa sertifikat aset keuangan.

Sayangnya kebanyakan perempuan tidak memiliki aset atas nama dirinya sendiri. Aset keuangan yang dimiliki sebuah keluarga, biasanya menggunakan nama suami maupun nama anak laki-laki mereka.

"Aset modal juga perlu kapasitas, edukasi skill, management, leadership. Itu penting. Begitu tahu ada perusahaan pemilik perempuan, bank mempertanyakan kapasitasnya. Dia tidak lihat neracanya. Itu sesuatu yang tidak menguntungkan," kata dia, dalam Rakornas Pembangunan PP PA, dengan tema 'Kesetaraan Gender dalam Memperkuat Perekonomian Sebuah Bangsa', di ICE BSD, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (24/4/2019).

 

 

 

Hal ini yang mendorong pemerintah untuk menjalankan program KUR (Kredit Usaha Rakyat), Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar), dan sebagainya. Menurut dia, kelompok masyarakat yang memanfaatkan program tersebut kebanyakan adalah perempuan.

"Ini semua basisnya perempuan dengan skala kecil menengah. Ada subsidi bunga. Ini diharap mampu memberi ruang bagi perempuan," lanjut dia.

Gender gap yang kedua ialah pendidikan. Perempuan, kata Sri Mulyani, terkadang tidak mendapatkan kesempatan yang sama dengan untuk mengenyam pendidikan,

"Makanya pemerintah atasi dengan PKH. Keluarga miskin diberi tambahan income cash sehingga tidak ada alasan anak perempuanya tidak bisa sekolah. Ada, beasiswa," tutur dia.

"PKH menyangkut 10 juta keluarga. Bantuan nontunai beras capai 15 juta keluarga. Mereka-mereka ini harus dipantau jangan sampai anak perempuannya dapat kesempatan beda dari anak laki-laki karena ekonomi," imbuhnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sinopsis Full House, Drama Korea Lawas Song Hye Kyo yang Kini Hadir di Vidio

Posted: 07 Oct 2020 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tak bisa dipungkiri, Full House menjadi salah satu drama Korea legendaris yang digandrungi penonton Indonesia. Bahkan hingga saat ini, serial tersebut masih sering ditonton ulang para pencinta drakor.

Bukan hanya karena jalan ceritanya saja, tetapi juga akting dari para aktris dan aktor Korea Selatan ini pun mencuri perhatian. Kisahnya yang lucu nan romantis bikin kita semua betah nonton aksi kocak dari Song Hye kyo dan Rain ini.

Drama Korea yang tayang pada 2004 silam ini juga sukses melambungkan nama para pemainnya. Bahkan, beberapa dari mereka hingga saat ini masih aktif berkarier di industri hiburan negeri Gingseng tersebut.

Berkat kepopulerannya, serial Full House sampai membuat banyak rumah produksi di berbagai negara untuk menayangkan versinya masing-masing, lho. Dramanya sendiri berkisah tentang Han Ji Eun yang ditipu oleh teman-temannya.

Akibatnya, Han Ji Eun harus memperjuangkan kembali rumah miliknya dari tangan aktor terkenal bernama Young Jae. Nah, penggemar drama Korea patut berbahagia. Pasalnya, serial Full House kini dapat ditonton mealui layanan streaming Vidio.

Lalu, seperti apa cerita dari drama yang juga dibintangi Han Eun Jung dan Kim Sung Soo tersebut? Simak sinopsisnya berikut ini.

Sinopsis Full House

Drama Korea Full House kini dapat ditonton streaming di platform Vidio. (Sumber: Vidio)
Drama Korea Full House kini dapat ditonton streaming di platform Vidio. (Sumber: Vidio)

Kisah Full House berawal dari nasib buruk Han Ji Eun (Song Hye Kyo) yang ditipu sahabat baiknya. Han Ji Eun adalah gadis sebatang kara yang bekerja sebagai seorang penulis. Satu-satunya peninggalan keluarga yang ia miliki adalah rumah yang ia beri nama Full House.

Ji Eun juga dikenal sebagai gadis yang lugu dan ceria. Sayangnya, sikap itu justru dimanfaatkan teman-temannya untuk berbuat hal yang tidak baik.

Suatu ketika datang dua sahabat yang mencoba meminjam uang kepada Ji Eun. Diiming-imingi hadiah liburan ke luar negeri, ia pun segera menerima tawaran itu.

Namun di balik semua itu, kedua temannya justru menjual satu-satunya harta yang paling berharga milik Ji Eun, yaitu Full House. Rumah itu pun akhirnya dibeli seorang aktor terkenal.

Bertemu

Full House merupakan drama komedi romantis. Drama yang fenomenal ini tayang pada tahun 2004. Jika kalian adalah penggemar Rain dan Song Hye Kyo, kalian harus menonton drama ini. (Foto: pinterest.com)
Full House merupakan drama komedi romantis. Drama yang fenomenal ini tayang pada tahun 2004. Jika kalian adalah penggemar Rain dan Song Hye Kyo, kalian harus menonton drama ini. (Foto: pinterest.com)

Saat berlibur, Ji Eun menyadari ada sesuatu yang tak beres. Ia pun menyadari jika selama ini dirinya telah ditipu kedua sahabatnya.

Mengetahui hal itu, Ji Eun segera bertolak ke Korea Selatan. Sampai pada suatu momen ia bertemu aktor terkenal  bernama Lee Young Jae (Rain) di pesawat.

Beruntungnya lagi, ia bisa duduk bersebelahan sekaligus berkenalan dengan sang idola. Setibanya di Korea, Ji Eun mengetahui jika orang yang membeli rumahnya itu adalah Young Jae.

Berbagai upaya dilakukannya untuk merebut kembali rumah itu. Namun usahanya selalu gagal. 

Kontrak Pernikahan

Hingga pada suatu saat mereka terikat pada kontrak pernikahan dan akhirnya tinggal dalam satu rumah. Ji Eun yang dulunya sebagai pemilik rumah, justru berubah menjadi ART.

Semakin sering tinggal bersama, mereka pun akhirnya saling jatuh cinta. Sayangnya, hal tersebut tak berjalan mulus karena Young Jae yang masih memiliki perasaan pada cinta pertamanya.

Kira-kira seperti apa aksi kocak berbalut romansa dari Song Hye Kyo dan Rain? Saksikan drakor Full House hanya di layanan streaming Vidio.

Jangan lupa juga untuk download aplikasi Vidio dan langganan paket Vidio Premier supaya bisa menikmati seluruh film, drama Korea, tayangan olahraga favorit, dan konten-konten berkualitas lainnya.

Saksikan video pilihan berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menjaga Netralitas ASN pada Pilkada 2020

Posted: 07 Oct 2020 10:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam pemilihan kepala daerah atau pilkada selalu mengemuka dan menjadi sorotan publik.

Begitu pula jelang Pilkada Serentak 2020 ini. Netralitas ASN sedang menjadi sorotan mendekati hari pencoblosan pada 9 Desember mendatang.

Seperti pada pilkada sebelumnya, netralitas ASN sedang diuji, dilansir Antara, Kamis (8/10/2020).

Godaan untuk terlibat dalam dukung-mendukung pasangan yang maju dalam Pilkada diperkirakan sedang terjadi secara personal.

Informasi mengenai hal tersebut akhir-akhir ini kerap muncul ke publik. Tetapi publik juga semakin kritis dalam mencermati adanya oknum ASN yang terlibat politik praktis khususnya dukung-mendukung dalam pilkada.

Sebagai mesin birokrasi pemerintah, para ASN dipandang memiliki andil tak sedikit dalam kemenangan seorang calon kepala daerah. Hal tersebut lantaran jumlahnya di daerah yang menyelenggarakan Pilkada cukup banyak.

Di sebagian masyarakat daerah, ASN bahkan juga dipandang sebagai orang terhormat, punya ketokohan dan informasi mengenai calon-calon kepala daerah.

Oleh karena itu, merayu ASN adalah salah satu strategi yang sering dilakukan calon kepala daerah.

Dalam konteks inilah kerap terjadi pelanggaran netralitas ASN. Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) telah mendapat ratusan laporan pelanggaran netralitas ASN terkait dengan pelaksanaan tahapan Pilkada di masa wabah ini.

Berdasarkan data per 30 September 2020, terdapat 694 pegawai ASN yang dilaporkan melakukan pelanggaran netralitas.

Sebanyak 492 telah diberikan rekomendasi penjatuhan sanksi pelanggaran netralitas, dengan tindak lanjut pemberian sanksi dari PPK baru 256 ASN atau 52 persen.

Berikut bagaimana mencoba menjaga netralitas ASN pada Pilkada Serentak 2020:

Mendekati Calon

Aparatur Sipil Negara (ASN) memberi hormat bendera saat mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Monas, Jakarta, Sabtu (1/6/2019). Upacara yang dipimpin langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diikuti ASN serta perwakilan organisasi masyarakat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Aparatur Sipil Negara (ASN) memberi hormat bendera saat mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Monas, Jakarta, Sabtu (1/6/2019). Upacara yang dipimpin langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diikuti ASN serta perwakilan organisasi masyarakat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ketua KASN Agus Pramusinto dalam Kampanye Virtual Gerakan Nasional Netralitas ASN menjelaskan, pelanggaran netralitas oleh para ASN tersebut.

"Pelanggaran itu yakni kampanye atau sosialisasi melalui media sosial dan melakukan pendekatan ke partai politik dan calon kepala daerah," ujar Agus di Jakarta, Rabu, 7 Oktober 2020.

Selain itu, kata dia, menyelenggarakan kegiatan yang berpihak pada salah satu calon kepala daerah, menghadiri deklarasi pasangan calon, serta membuat keputusan yang menguntungkan calon tertentu.

"Berdasarkan instansi, pelanggaran netralitas paling banyak dilakukan di Kabupaten Purbalingga sebanyak 56 orang, Kabupaten Wakatobi (34 orang), Kabupaten Kediri (21 orang) Kabupaten Musi Rawas Utara (19 orang) dan Kabupaten Sumbawa (18 orang)," papar Agus.

Sementara berdasarkan wilayah, pelanggaran terbanyak dilakukan oleh ASN di Sulawesi Tenggara (Sultra) sebanyak 90 orang, lalu Nusa Tenggara Barat (83 orang), Jawa Tengah (74 orang), Sulawesi Selatan (49 orang), dan Jawa Timur (42 orang).

Para pelanggar ASN tersebut umumnya memiliki jabatan pimpinan tinggi, fungsional, pelaksana, administratur serta kepala wilayah, seperti camat dan lurah.

Agus mengatakan, azas netralitas menjadi bagian dari etika dan perilaku yang wajib diterapkan oleh seluruh ASN sebagai penyelenggara negara.

"Pelanggaran netralitas tersebut menyebabkan kualitas pelayanan publik menjadi rendah serta memunculkan praktik korupsi di kalangan ASN," terang dia.

Pelanggaran terhadap azas netralitas akan menjadi pintu masuk munculnya berbagai gangguan dan pelanggaran hukum lainnya.

 

Deklarasi Netralitas ASN

Aparatur Sipil Negara (ASN) memberi hormat bendera saat mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Monas, Jakarta, Sabtu (1/6/2019). Upacara yang dipimpin langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diikuti ASN serta perwakilan organisasi masyarakat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Aparatur Sipil Negara (ASN) memberi hormat bendera saat mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Monas, Jakarta, Sabtu (1/6/2019). Upacara yang dipimpin langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diikuti ASN serta perwakilan organisasi masyarakat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Dalam kampanye virtual tersebut juga dilakukan Deklarasi Netralitas ASN dalam rangka Pilkada Serentak 2020.

Deklarasi tersebut berisi empat poin komitmen yang harus dilakukan seluruh ASN selama pelaksanaan tahapan pilkada.

Pertama, menjaga dan menegakkan prinsip netralitas ASN menghindari konflik kepentingan.

Kedua, tidak melakukan praktik intimidasi dan ancaman kepada pegawai ASN dan masyarakat, tidak memihak kepada pasangan calon tertentu.

Ketiga, menggunakan media sosial secara bijak, tidak untuk mendukung pasangan calon, tidak untuk ujaran kebencian dan berita bohong. Keempat, menolak politik uang dan segala jenis pemberian dalam bentuk apa pun.

Untuk menjaga netralitas ASN, pada 10 September 2020 ditandatangani Surat Keputusan Bersama (SKB) Pengawasan Netralitas ASN dalam Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2020.

SKB ditandatangani oleh Menteri Pendayagunaan ASN dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana, dan Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Agus Pramusinto.

Penandatanganan dilakukan secara virtual yang disaksikan oleh Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Lili Pintauli Siregar dan Deputi I Bidang Koordinasi Politik Dalam Negeri Kementerian Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam) Mayjen TNI Purnomo Sidi.

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo mengatakan tujuan penetapan SKB tersebut antara lain sebagai pedoman bagi instansi pemerintah dalam menjaga netralitas ASN, khususnya pada penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2020.

Selain itu, membangun sinergi, meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pengawasan netralitas pegawai ASN.

Selanjutnya untuk mewujudkan kepastian hukum terhadap penanganan pelanggaran asas netralitas pegawai ASN.

Netralitas ASN menjadi jaminan bagi penyelenggaraan birokrasi kuat dan iklim demokrasi sehat dalam pemilihan umum yang langsung, umum, bebas, mandiri, jujur dan adil.

 

Kunci Keberhasilan

Foto tangkapan layar video dukungan ASN Dinas Pendidikan Purbalingga untuk kelanjutan kepemimpinan Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi. (Foto: Liputa6.com/Rudal Afgani)
Foto tangkapan layar video dukungan ASN Dinas Pendidikan Purbalingga untuk kelanjutan kepemimpinan Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi. (Foto: Liputa6.com/Rudal Afgani)

Bagi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, netralitas ASN menjadi kunci penting dalam meminimalkan konflik di daerah sebagai dampak dari pelaksanaan pesta demokrasi tingkat daerah. Karena itu, netralitas juga menjadi kunci keberhasilan pilkada ini.

Terkait pengawasan Pemilu, Ketua Bawaslu Abhan berharap, keterlibatan ASN dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 berkurang dibandingkan pada Pilkada 2018.

Pada pelaksanaan Pilkada Serentak 2018, Bawaslu RI mencatat sedikitnya 700 kasus ketidaknetralan oknum ASN, Polri, dan TNI.

ASN sering ada pada posisi dilematis di setiap penyelenggaraan agenda Pemilu maupun Pilkada.

Dalam konteks perhelatan politik kontestatif, sering ada kenyataan bahwa ASN tergerus dalam pusaran tarik-menarik kekuasaan.

Faktor utama yang mempengaruhi ketidaknetralan tersebut disebabkan adanya intimidasi dan ancaman oleh kekuasaan birokrasi terhadap ASN di tingkat bawah.

"Mengambil posisi netral dapat dianggap sebagai sebuah pembangkangan yang akibatnya bisa sangat fatal bagi posisi mereka dalam struktur birokrasi," ujar Abhan.

 

Penyakit Lama

Wapres Ma'ruf Amin (Istimewa)
Wapres Ma'ruf Amin (Istimewa)

Netralitas ASN dalam Pilkada juga menjadi perhatian Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Menurut dia, persoalan netralitas ASN pada pelaksanaan Pilkada merupakan penyakit lama yang tidak kunjung sembuh. Penyakit itu kambuh setiap lima tahun sekali.

"Netralitas ASN dalam pilkada ini kayaknya penyakit lama yang tidak sembuh-sembuh, belum sembuh. Masalah netralitas itu jadi cacatnya demokrasi kita dalam pelaksanaan pilkada," kata Ma'ruf Amin.

Tidak hanya saat Pilkada, persoalan netralitas ASN baik di instansi pemerintahan pusat maupun daerah juga terjadi ketika pemilihan presiden (Pilpres).

Ma'ruf Amin meminta KASN dapat memberikan pengawasan ekstra terhadap indikasi keberpihakan ASN pada pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020.

KASN diharapkan turut memberikan pengawasan terhadap penerapan kode etik pelaku dan netralitas ASN sesuai kewenangannya, terutama dalam menghadapi perhelatan pilkada pada Desember mendatang.

Hal itu penting mengingat netralitas ASN menjadi faktor penentu bagi kualitas dan keberhasilan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020.

Netralitas adalah salah satu faktor penentu kualitas demokrasi dan kontestasi dalam pemilihan umum.

Perhatian terkait netralitas ASN ini harus mendapatkan prioritas bersama, demi menjaga amanah konstitusi tentang demokrasi dan kedaulatan rakyat.

 

Harus Dijaga

(Foto:Dok.Kemenpora)
(Foto:Dok.Kemenpora)

Pilkada merupakan mandat konstitusi sekaligus sarana bagi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi politiknya secara demokratis.

Oleh karena itu, Pilkada Serentak 2020 harus dilakukan secara terbuka, akuntabel, berintegritas dan netral.

Kesakralan prosesi demokratis pilkada, yaitu keterbukaan, akuntabilitas, integritas dan netralitas dalam penyelenggaraannya harus dijaga.

Hal itu dilakukan agar tidak dikotori oleh hal-hal yang dapat merusak esensi dan sendi-sendi dasar demokrasi itu sendiri.

Dalam Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN telah disebutkan jelas bahwa penyelenggaraan kebijakan dan manajemen ASN didasarkan pada azas netralitas. Karena itu, netralitas menjadi prinsip, nilai dasar, kode etik dan kode perilaku yang tidak dapat dipisahkan dari ASN.

Karena itu, SKB tentang Pengawasan Netralitas ASN dalam Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020 diharapkan dapat diterapkan dengan benar oleh seluruh instansi dan ASN di 270 daerah. Kalangan ASN pasti sudah tahu aturan tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ratusan Buruh di Sidoarjo dan Surabaya Gelar Demo Tolak UU Cipta Kerja

Posted: 07 Oct 2020 10:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan buruh dari sejumlah elemen dan serikat pekerja se-Kabupaten Sidoarjo, dan Surabaya, Jawa Timur, Selasa siang, turun jalan menggelar aksi demo menolak Undang- Undang Cipta Kerja (UU Cipta Kerja)atau omnibus law. Dengan pengawalan ketat aparat Kepolisian, buruh konvoi. Menurut rencana aksi demo ini akan dilakukan 3 hari berturut-turut. Berikut diberitakan pada program Fokus, (7/10/2020).

Upaya menolak berlakunya Undang-Undang Cipta Kerja atau omnibus law disampaikan ratusan buruh Kabupaten Sidoarjo dalam unjuk rasa Selasa siang.

Ratusan buruh dari berbagai elemen, dan serikat pekerja ini konvoi di Jalan Protokol Sidoarjo menuju Kantor Dinas Tenaga Kerja dan DPRD Sidoarjo.

Selain menolak Undang-Undang Cipta Kerja, omnibus law, buruh juga menuntut dinas terkait di Sidoarjo segera merancang upah minimum Sidoarjo tahun 2021, serta membereskan seluruh masalah ketenagakerjaan dengan melibatkan buruh dan pengusaha.

Aksi penolakan Undang-Undang Cipta Kerja, omnibus law ini juga dilakukan ratusan buruh di Surabaya. Mereka berkonvoi mengendarai sepeda motor berunjuk rasa di kawasan Rungkut Industri Surabaya. Para buruh ini keliling di kawasan pabrik, mengajak buruh lainnya untuk melakukan aksi solidaritas.

Mereka menolak dengan tegas Undang-Undang Cipta Kerja karena akan merugikan kaum buruh. Karena itu, mereka mendesak DPR RI mencabut Undang-Undang Cipta Kerja, yang sejak awal telah memunculkan kontroversi di kalangan masyarakat, terutama kaum buruh.

"Supaya tidak ditetapkan, ditarik, karena merugikan buruh-buruh, ya istilahnya, upah kita kan hilang, upah kita dari harian, satu, keduanya, kalau kita pensiun itu nggak dapat pesangon," kata Bachtiar, Korlap Aksi.

Usai melakukan pawai keliling di kawasan Rungkut Industri, para buruh ini kemudian menuju ke Kantor DPRD Jawa Timur, Jalan Indrapura Surabaya. Mereka bergabung dengan buruh lainnya untuk menyampaikan aspirasinya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sahkan RUU Cipta Kerja, AJI: Pemerintahan Jokowi Merusak Warisan Reformasi

Posted: 07 Oct 2020 10:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Aliansi Jurnalistik Indonesia (AJI) Abdul Manan mengecam pengesahan Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja atau RUU Cipta Kerja menjadi undang-undang. Apalagi, pengesahan dilakukan DPR dengan mengabaikan aspirasi masyarakat dan dilakukan secara diam-diam.

"Kita sebenarnya seperti dejavu ketika DPR mengesahkan RUU KPK. Apa yang kita baca dari dua peristiwa berbeda tapi memiliki bottom lane ini. Pemerintah dan DPR konsisten mengabaikan kepentingan rakyat dan membela kepentingan kroni-kroninya sendiri," ujar Abdul Mana dalam aksi virtual menolak pengesahan UU Cipta Kerja, Kamis (8/10/2020).

Abdul Manan khawatir akan terjadi peristiwa besar yang masih bisa merugikan rakyat di kemudian hari jika pemerintah dan DPR dibiarkan mengesahkan UU secara diam-diam.

"RUU KPK dibahas secara diam-diam, bahkan dibahas di hotel. Sedangkan RUU Cipta Kerja dibahas dalam masa pandemi yang seharusnya pemerintah bisa lebih fokus menangani pandemi ini dari pada menggolkan UU yang kita tidak tahu apakah bisa seperti yang pemerintah sebut bisa mendatangkan investasi. Menurut saya omong kosong dalam situasi (pandemi) seperti ini berharap ada investasi," kata dia.

Menurut Abdul Manan, dua peristiwa besar seperti pengesahan RUU KPK dan RUU Cipta Kerja merupakan sumber ketidakpercayaan publik terhadap pemerintahan Joko Widodo alias Jokowi.

Jangan Wariskan Legacy yang Buruk

Dia mengatakan jangan sampai pemerintahan Jokowi ketika lengser meninggalkan warisan yang merugikan rakyat.

"Pemerintah Jokowi akan mewariskan legacy yang sangat buruk. Rezim ini bukan hanya akan dikenang sebagai pemerintahan yang meninggalkan jalan tol baru, proyek baru, pelabuhan baru, tetapi merusak warisan yang sudah diberikan reformasi. Reformasi menghendaki pemberantasan korupsi dirusak oleh RUU KPK, dan sekarang mengesahkan Omnibus Law," kata Abdul Manan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Tangkap 150 Orang yang Hendak Ikut Demo, Diduga Anarko

Posted: 07 Oct 2020 10:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polisi menangkap lebih dari 150 peserta demo yang akan menyampaikan protes pengesahan Rancangan Undang-undang (RUU) Omnibus Law Cipta Kerja di DPR/MPR dan Istana. Mereka dicurigai sebagai kelompok perusuh yang bakal menyusup di tengah-tengah massa.

"Pagi ini kita amankan lagi 150 lebih, khususnya yang anarko-anarko ini," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus di Gerbang Pemuda, Kamis (8/10/2020).

Yusri menerangkan, pihaknya masih menginterogasi orang-orang yang ditangkap karena akan demo itu. Dugaan kelompok anarko menguat dari pemeriksaan handphone yang disita kepolisian.

"Kita lihat handphone ada ajakan bikin rusuh. Mereka bukan dari buruh atau mahaswa. Ini yang kita amankan," ucap dia.

Kepolisian masih terus melakukan razia di sejumlah titik di DKI Jakarta. Yusri menyampaikan, pihaknya mendapatkan informasi pada 5 Oktober 2020 sampai 8 Oktober akan ada kegiatan demo. Meski, kepolisian tidak mengeluarkan surat izin.

"Kita upayakan patroli. Kita imbau mereka semuanya sebaik kembali," ujar Yusri.

Polri Sebut 2.500 Brimob dari Luar Jakarta Dikirim untuk Amankan Demo UU Cipta Kerja

Ilustrasi polisi. (Liputan6.com)
Ilustrasi polisi. (Liputan6.com)

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono membenarkan adanya pengerahan bantuan pasukan Brimob dari luar daerah. Ribuan pasukan Brimob itu diterjunkan untuk mengamankan gelombang aksi demo menolak pengesahan UU Omnibus Law Cipta Kerja di Jakarta.

"Kemarin telah tiba BKO (bawah kendali operasi) Brimob Nusantara sebanyak 2.500 personel untuk backup Polda Metro Jaya dan 200 personel untuk backup Polda Jabar," tutur Awi saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (8/10/2020).

Sebelumnya, beredar informasi ada sebanyak 900 personel Brimob yang dikirim dari sembilan wilayah menuju Ibu Kota pada Rabu 7 Oktober 2020.

Mereka terbang dari bandara di daerah Aceh (BTJ), Pekanbaru (PKU), Padang (PDG), Bengkulu (BKS), Bangka Belitung (PGK), Palembang (PLM), Balikpapan (BPN), Banjarmasin (BDJ), dan Bali (DPS).

Masing-masing wilayah menerbangkan 100 personel Brimob ke Bandara Soekarno-Hatta (CGK).

Adapun yang telah terkonfirmasi, sebanyak 100 personel atau Satuan Setingkat Kompi (SSK) Brimob Polda Sumatera Utara diberangkatkan ke Polda Metro Jaya dalam rangka BKO untuk penebalan personel pengamanan aksi penolakan pengesahan UU Omnibus Law Cipta Kerja.

Apel pemberangkatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolda Sumut Irjen Martuani Sormin, Rabu 7 Oktober 2020.

"Suatu kebanggaan buat Polda Sumut yang mendapatkan kepercayaan oleh Mabes Polri dalam mengirimkan personel terbaiknya dalam hal ini Satuan Brimob Polda Sumut," katanya.

Ia juga berpesan kepada seluruh personelnya agar tetap menjaga diri dan kesehatan selama di Jakarta. Karena sebagaimana diketahui bahwa Ibu Kota Jakarta merupakan peringkat pertama dalam penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Lebih lanjut, Martuani menegaskan, sesuai dengan motto Brimob yaitu Jiwa Ragaku Demi Kemanusiaan, maka hendaknya personel memberikan tekad pengabdian terbaik selama bertugas.

Dia menuturkan, massa yang melakukan aksi unjuk rasa juga merupakan saudara-saudara bangsa Indonesia.

"Personel hari ini yang berangkat sebanyak 100 orang, maka kembalinya juga harus 100 orang, dan komandan harus bertanggung jawab terhadap anak buah selama penugasan," katanya yang dikutip dari Antara.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Panduan Cara Instal Windows 7 di Laptop, Mudah dan Bisa Dipraktekkan Sendiri

Posted: 07 Oct 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Windows 7 merupakan salah satu versi sistem operasi buatan Microsoft yang paling populer. Pasalnya, dalam Windows 7 memadukan antara aksen modern dengan user interface klasik yang biasa terdapat pada Microsoft. Maka dari itu, tak heran jika masih ada banyak orang yang mencari cara instal Windows 7.

Dalam Windows 7, menu 'Start' yang biasa ada di user interface Microsoft masih belum hilang. Berbeda sekali dengan tampilan pada Windows 8 dan Windows 10 yang terlihat lebih modern. Beberapa ahli teknologi juga menyebutkan bahwa sistem operasi Windows 7 lebih ringan ketimbang para penggantinya. 

Jika anda pengguna Windows 7, mungkin kadang kala anda mengalami laptop ataupun PC menjadi lebih lambat, sehingga program sama sekali tidak mau berjalan, atau bahkan firewall tidak mendapatkan update. Jika menemui situasi ini, maka yang anda butuhkan adalah cara instal Windows 7 Hal ini lantaran terjadi kerusakan dalam sistem yang mungkin akan sulit dipahami oleh orang awan. Maka dari itu, satu-satunya jalan adalah dengan cara instal Windows 7 yang ada pada laptop atau PC anda.C

Cara instal Windows 7 sebenarnya cukup mudah dan bisa anda kerjakan sendiri di rumah. Namun anda harus cukup telaten untuk mengikuti setiap stepnya dan jangan sampai ada yang terlewatkan. Simak artikel berikut ini untuk mengetahui cara instal Windows 7 yang dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Kamis (8/10/2020).

Cara mengatasi Laptop atau PC lemot

Lagi nyari lowongan kerja? Beruntung karena PT Taspen mau mengadakan seleksi penerimaan karyawan di tahun 2018. (Ilustrasi: Pexels.com)
Lagi nyari lowongan kerja? Beruntung karena PT Taspen mau mengadakan seleksi penerimaan karyawan di tahun 2018. (Ilustrasi: Pexels.com)

1. Update

Sebenarnya, update bukanlah bagian dari cara instal windows 7, namun sebelum anda melakukan instal ulang ada baiknya untuk mencoba melakukan pembaruan terlebih dahulu. Hal ini lantaran masalah yang ada pada sistem operasi bisa jadi sudah diperbaiki oleh Micosoft melalui update barunya. 

2. Upgrade

Selain dengan memperbarui atau update, mungkin anda bisa juga mengganti software yang sudah usang dengan edisi terbaru. Dengan cara ini memang tak ada perubahan yang berarti pada sistem operasi komputer atau laptop anda. Namun dengan cara ini, software yang anda gunakan akan mengusung sistem yang lebih baru dan canggih.

3. Clean Install

Cara instal Windows 7 ini akan menghapus sistem operasi dan seluruh file yang ada di dalam hardisk misalnya drive C. Maka dari itu, sebelum melakukan instal ulang sebaiknya anda melakukan pencadangan atau backup sehingga file-file penting tidak akan hilang. 

Cara Instal Windows 7 dengan CD-ROM

Ilustrasi laptop. (dok. Unsplash.com/J. Kelly Brito/@hellokellybrito)
Ilustrasi laptop. (dok. Unsplash.com/J. Kelly Brito/@hellokellybrito)

Salah satu cara instal Windows 7 dengan clean instal adalah melalui CD ROM, simak cara berikut ini:

- Backup data kamu. Bisa pindahkan ke drive D atau E atau ke komputer lain

- Siapkan flashdisk bootable Windows 7 - Tancapkan flashdisk di PC atau laptop kamu. Lalu reboot. Hal ini bisa dilakukan dengan langsung masuk ke BIOS sebelum komputer mulai menyala.

Di sini kamu akan melihat tombol apa yang harus ditekan untuk masuk ke BIOS, tepat di bawah logo Microsoft.

Tombol yang digunakan biasanya F2, F10, F12, atau Del. Jika sudah masuk menu BIOS, masuk ke menu Boot, lalu pilih lokasi instalasi kamu sebagai 1st Boot Device. Misal kamu menginstal lewat flashdisk, Removable Dev.

- Ketika instalasi dimulai, kamu akan diminta untuk memasukkan preferensi seperti Bahasa dan persetujuan lisensi instalasi dengan mengeklik centang.

- Pilih jenis instalasi dengan klik custom

- Format drive tujuan dan instal Windows 7

- Setelah menginstal Windows 7, kamu akan diminta untuk menamai PC atau laptop-mu

- Masuk ke Windows 7 yang baru dan kamu bisa isi file yang telah kamu backup tadi

Cara Instal Windows 7 dengan USB Flashdisk

Ilustrasi flashdisk. (Doc: Digital Trends)
Ilustrasi flashdisk. (Doc: Digital Trends)

Cara kedua untul clean instal Windows 7 adalah melalui flashdisk, berikut tata caranya:

- Nyalakan PC atau laptop, kemudian masuk ke menu BIOS. Masuk ke menu BIOS kamu tekan terus menerus dengan cepat tombol F2. Beberapa jenis PC atau laptop lain tekan Esc, F1, F10 atau Del.

- Masuk ke menu BIOS.

- Aturlah booting awal dengan cari menu Tab Boot untuk mengaturnya. Arahkan Boot pertama jadi Flashdisk sesuai keinginan.

Ubah Boot" pertama pada menu BIOS ke Flashdisk, namun jika dari Flashdisk ubah Boot pertama ke Flashdisk, ini diperlukan agar Booting pertama kali membaca media Flashdisk.

- Simpan pengaturan BIOS. Klik Exit kemudian Exit Saving Changes dengan klik Yes. Restart PC-mu

- Mulai Booting Pertama. PC akan mulai booting dari DVD Windows 7 instaler. Lalu klik Enter.

- Tunggu prosesnya.

- Pilih Bahasa, kemudian klik Next

- Klik instal Now untuk muali menginstal

- Klik I accept the license term, lalu klik Next

- Pilih Custom advanced untuk menginstal Windows 7 dari awal

- Pilih partisi yang kamu hendaki. Misal, system reserved, windows lama dan data (D:)

- Hapus partisi lama

- Buat partisi baru. Arahkan kursor pada partisi yang akan di instal di Windows 7 yang baru pad abagian Primary, lalu klik next

- Tunggu proses transfer file Windows 7

- Kemudian PC-mu akan ter-restart otomatis

- Proses akan berlanjut saat PC –mu menyala kembali

- PC akan ter-restart kembali

- Saat menyala, isi data-data nama pengguna, lalu klik next

- Isi kata sandi

- Akan muncul pengaturan rekomendasi, klik Use Recommended Settings

- Selesai.

Demikian cara instal Windows 7 versi Liputan6.com, semoga bermanfaat.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siap-Siap, Banpres Produktif Tahap 2 Bakal Disalurkan ke 3 Juta Usaha Mikro

Posted: 07 Oct 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu program Bantuan Presiden (Banpres) Produktif Usaha Mikro yang per 6 Oktober 2020, mencapai realisasi sebesar 100 persen atau telah mencapai 9,1 juta penerima manfaat.

Untuk itu, Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM, telah resmi memulai tahap II bantuan modal kerja ini dengan memperluas jumlah penerima manfaat menjadi 12 juta.

"Kita sudah akan mulai menyalurkan ke lebih dari 3 juta penerima manfaat berikutnya sehingga total menjadi 12 juta penerima. Kami ingin memastikan penyaluran ini dari aspek pemerataan antar daerah, ketepatan sasaran. lalu kecepatan juga ingin jadi fokus kami. Karena program ini juga diharapkan bisa ikut membantu memulihkan ekonomi,' ujar Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki dalam keterangan resmi, Kamis (8/9/2020).

Selain membantu pembiayaan UKM unbankable, program pembiayaan juga menyentuh UKM yang bankable dengan program restrukturisasi pinjaman serta subsidi bunga kredit. Perpanjangan subsidi bunga KUR kini menjadi flat 6 persen hingga 31 Desember, dan kriteria penerima stimulus tambahan subsidi diperluas hingga yang akad pinjamannya sampai 31 Desember 2020

Teten juga menyampaikan, untuk KUR Ultra Mikro dibawah 10 juta dengan bunga 0 persen hingga bulan Desember 2020, diharapkan dapat memperkuat usaha mikro. Adapun yang sebelumnya telah menerima hibah, juga dapat melanjutkan usaha dengan KUR ini agar Usaha Mikro yang unbankable menjadi bankable.

"Kami berharap program hibah dan subsidi ini menambah modal kerja UKM dan membuat UKM bertahan di tengah pandemi Covid-19. Jadi yang belum mendapatkan Banpres Produktif, bisa mendaftarkan diri ke dinas Koperasi dan UKM setempat serta lembaga pengusul lainnya," ujar Menteri Teten Masduki.

Program Banpres Produktif Usaha Mikro Capai 100 Persen, Penerima Manfaat Kian Diperluas

Ketua Satuan tugas Pemulihan Ekonomi Nasional, Budi Gunadi Sadikin. Dok Kominfo.
Ketua Satuan tugas Pemulihan Ekonomi Nasional, Budi Gunadi Sadikin. Dok Kominfo.

Pemerintah memastikan realisasi Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) mencapai 100 persen hingga akhir tahun ini. Adapun realisasi penyerapan anggaran mencapai 45,8 persen atau Rp 318,48 triliun dari total anggaran PEN sebesar Rp 695,2 triliun, per 30 September 2020.

Khusus untuk 4 sektor yang menjadi fokus utama Satgas PEN, yaitu Perlindungan Sosial, Dukungan UMKM, Sektoral K/L dan Pemda, serta Pembiayaan Korporasi, realisasi penyerapan anggaran mencapai Rp 268,49 triliun per 30 September 2020.

Untuk progres penyerapan ini, koordinasi dan akselerasi yang dilakukan oleh Satuan Tugas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional (Satgas PEN), berkontribusi pada penambahan penyerapan sebesar Rp 151,13 triliun. Jumlah ini melampaui penambahan serapan yang ditargetkan oleh Satgas PEN sebesar Rp 100 triliun di kuartal III ini.

"Semoga penyerapan di kuartal III ini bisa memberikan kontribusi yang cukup baik terhadap pertumbuhan ekonomi kita di kuartal III. Kalau kita lihat detailnya dari 6 program pemerintah dimana 4 merupakan fokus khusus dari PEN, hampir semuanya mengalami kenaikan yang cukup tinggi," papar Ketua Satuan tugas Pemulihan Ekonomi Nasional, Budi Gunadi Sadikin dalam jumpa pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Rabu (7/10/2020).

Sejak minggu ke empat Juli saat pembentukannya, Satgas PEN telah berhasil mendorong realisasi penyerapan anggaran yang sebelumnya Rp 117,39 triliun menjadi Rp 268,49 triliun per 30 September 2020, dan akan terus mendorong penyerapan PEN dapat mencapai 100 persen pada akhir Kuartal IV/2020.

Pemerintah melalui Satgas PEN melakukan percepatan realisasi program pemulihan ekonomi nasional dengan 5 langkah yaitu perpanjangan berbagai program sampai dengan Desember 2020, mempercepat proses usulan baru berbagai kluster serta realisasinya, redesign program agar lebih efektif, dan mempercepat proses birokrasi program.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Luna Maya Sempat Ingin Akhiri Hidup karena Di-bully soal Skandal Video Asusila

Posted: 07 Oct 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sepanjang masa kariernya, Luna Maya sudah melewati berbagai rintangan. Salah satu yang terberat adalah skandal video asusilanya dengan Ariel NOAH sekitar tahun 2010.

Kala itu, karier Luna Maya yang sedang berada di titik puncak, runtuh begitu saja karena skandal tersebut. Ditambah lagi ia harus menghadapi perundungan dari banyak orang. Diakuinya itu merupakan masa terberat.

"Enggak bisa dibilang lupa, tapi kayak 'Oh ternyata lewat juga ya'. Mau sekarang, besok, kemarin, ternyata di saat itu rasanya mau mati," ucap model sekaligus bintang film ini di kanal YouTube Eko Patrio yang diunggah Rabu (7/10/2020).

"Sebenarnya rasanya mau mati itu bukan karena kita putus asa, tapi karena dihina, di-bully, dianggap nothing. Maksudnya kok sampai omongannya kan luar biasa kasar banget. Ya cukup menyita emosi dan pikiran," lanjut Luna Maya

Agar Orang-Orang Tenang

Luna Maya (Sumber: Instagram/lunamaya)
Luna Maya (Sumber: Instagram/lunamaya)

Hal ini membuat Luna Maya terpikir untuk meninggalkan dunia ini demi ketenangan orang-orang yang pada saat itu merasa terusik dengan skandalnya.

"Jadi sempat mikir, nih kalau orang-orang merasa terusik, merasa tidak senang dengan kita, apa gue enggak ada aja kali ya, biar orang-orang tenang. Tapi bukan 'Ah aku sudah enggak sanggup' bukan gitu," ia memaparkan.

Butuh Ketenangan

Luna Maya (Adrian Putra/Fimela.com)
Luna Maya (Adrian Putra/Fimela.com)

Ya, saat itu bintang film The Doll ini sangat membutuhkan ketenangan untuk menyembuhkan dari masalah yang menimpanya. Namun lingkungan tampaknya tak mendukung.

"Kok orang enggak bisa bikin gue tenang. Apa sih yang bisa membuat mereka berhenti suapaya hidup mereka tenang, gue mesti ngapain. 'Ya sudah deh kalau gue mesti mati supaya mereka tenang, ya sudah apa gue mati aja kali ya'," tuturnya.

Dijalani

Beruntung, Luna Maya bisa keluar dari masa sulit tersebut. Kini ia telah bangkit dan kembali bersinar di industri hiburan.

"Ya dijalanin aja. yang paling berat sih pasti tiga bulan pertama. Untungnya lebih ke aku konsentrasi gimana nyelametin diri dulu," Ia mengakhiri.

 

Simak juga informasi berikut ini:

KONTAK BANTUAN

Bunuh diri bukan jawaban apalagi solusi dari semua permasalahan hidup yang seringkali menghimpit. Bila Anda, teman, saudara, atau keluarga yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit, dilanda depresi dan merasakan dorongan untuk bunuh diri, sangat disarankan menghubungi dokter kesehatan jiwa di fasilitas kesehatan (Puskesmas atau Rumah Sakit) terdekat.

Bisa juga mengunduh aplikasi Sahabatku: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tldigital.sahabatku

Atau hubungi Call Center 24 jam Halo Kemenkes 1500-567 yang melayani berbagai pengaduan, permintaan, dan saran masyarakat.

Anda juga bisa mengirim pesan singkat ke 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat surat elektronik (surel) kontak@kemkes.go.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

IM3 Ooredoo Kini Punya Akun Resmi WhatsApp untuk Layani Pelanggan

Posted: 07 Oct 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - IM3 Ooredoo kini punya akun resmi resmi WhatsApp untuk melayani pelanggan. Untuk mengaksesnya pelanggan bisa langsung klik im3ooredoo.com/whatsapp atau 08551000185 untuk masuk ke IM3 Ooredoo Official WhatsApp.

Akun WhatsApp ini memungkinkan seluruh pelanggan maupun non-pengguna IM3 Ooredoo untuk mencari tahu info produk, mengisi ulang pulsa, membayar tagihan, membeli paket, hingga menyampaikan keluhan terkait kebutuhan telekomunikasi.

Chief Marketing Officer Indosat Ooredoo Ritesh Kumar Singh mengatakan, Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah pengguna WhatsApp terbanyak di dunia.

"Untuk itu, melalui IM3 Ooredoo Official WhatsApp, pelanggan tidak perlu lagi menunggu di telepon ataupun jam buka gerai terutama di saat keterbatasan situasi sekarang," kata Ritesh, dalam keterangan resmi Indosat Ooredoo yang diterima Liputan6.com, Kamis (8/10/2020).

Ritesh mengatakan, komitmen perusahaan di era adaptasi baru ini adalah memberikan pengalaman terdepan kepada pelanggan, termasuk dengan kehadiran akun WhatsApp resmi IM3 Ooredoo.

Bisa Buat Apa Aja?

CMO Indosat Ooredoo Ritesh Kumar Singh (Foto: Indosat Ooredoo)
CMO Indosat Ooredoo Ritesh Kumar Singh (Foto: Indosat Ooredoo)

"Baik melakukan transaksi atau membeli kartu perdana online, semua dapat dilakukan melalui IM3 Ooredoo Official WhatsApp. Hadirnya layanan ini juga semakin melengkapi layanan mandiri digital IM3 Ooredoo selain aplikasi myIM3 maupun layanan *185#," katanya.

Dia berharap, layanan ini akan membantu pelanggan mendapat informasi dan layanan yang dibutuhkan dengan lebih cepat.

Sekadar informasi, melalui layanan IM3 Ooredoo Official WhatsApp pengguna dapat melakukan:

- Pembelian paket internet untuk Prabayar dan Pascabayar

- Pengisian Pulsa

- Pembayaran Tagihan Pascabayar

- Informasi akun Prabayar dan Pascabayar

- Informasi terkait produk dan layanan IM3 Ooredoo

Kata Facebook Indonesia

WhatsApp (AP Photo/Patrick Sison, File)
WhatsApp (AP Photo/Patrick Sison, File)

Sementara itu, Country Director, Facebook di Indonesia Pieter Lydian mengatakan, pihaknya senang WhatsApp bisa menjadi bagian dari solusi komunikasi bisnis yang membantu Indosat Ooredoo terhubung secara digital dengan pelanggan.

Menurut Pieter, hal ini merupakan kelanjutan dari kemitraan Facebook di Indonesia dengan Indosat Ooredoo.

"Kami berharap kemitraan ini dapat menghadirkan kenyamanan berkomunikasi yang aman dan privat kepada pelanggan Indosat Ooredoo, kapanpun dan di manapun," katanya.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tetap Kreatif dan Produktif Saat Bekerja dari Rumah

Posted: 07 Oct 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Rasa bosan dan jenuh pasti menghinggapi sebagian warga yang kerja dari rumah karena pandemi covid-19. Seorang warga Magelang punya kiat khusus untuk menghindarinya. Tetap produktif bahkan bisa menghasilkan uang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Imam Agung Al-Azhar Mesir Ahmad al-Tayyeb Puji Ensiklik Terbaru Paus Fransiskus

Posted: 07 Oct 2020 10:28 PM PDT

Vatikan - Ensiklik (surat edaran atau pesan tertulis) dari Paus -- Paus Fransiskus saat ini -- kepada semua uskup yang sifatnya umum, berisi masalah penting dalam bidang keagamaan atau bidang sosial, mendapat pujian dari sejumlah kalangan umat Muslim.

Seperti dikutip dari DW Indonesia, Kamis (8/10/2020), Imam Agung Al-Azhar, Mesir, Ahmad al-Tayyeb memuji ensiklik kepausan terbaru Paus Fransiskus, yang disebutnya sebagai seruan untuk membangunkan hati nurani manusia. 

Pesan yang disampaikan saudaraku, Paus Fransiskus, lewat "Fratelli tutti", adalah perpanjangan dari Dokumen Persaudaraan Manusia, dan mengungkapkan realitas global, di mana mereka yang rentan dan terpinggirkan membayar harga mahal atas posisi dan keputusan yang tidak stabil," tulis Imam Agung dari Universitas Al-Azhar, Kairo itu di akun Twitter-nya, sebagaimana dikutip VaticanNews.

Ensiklik Paus Fransiskus ketiga yang berjudul "Fratelli Tutti" (Semua Bersaudara) menyerukan solidaritas kemanusiaan yang lebih besar untuk mengatasi berbagai masalah global. Ensiklik kepausan adalah salah satu jenis komunikasi paling penting dalam Gereja Katolik, yang dikeluarkan oleh pemimpin tertinggi gereja dan berfungsi sebagai acuan gereja dalam mengambil sikap atas isu-isu penting.

Dengan ensiklik tentang persaudaraan dan persahabatan sosial di dunia itu, Paus Fransiskus berbicara kepada semua "orang yang berkehendak baik dan hati nurani yang hidup", tambah al-Tayyeb, di mana Paus mengembalikan hati nurani umat manusia.

Kelanjutan Dokumen Abu Dhabi

Pesan dari "saudaraku Paus Fransiskus," kata ulama berpengaruh itu, "merupakan perpanjangan dari Dokumen Tentang Persaudaraan Manusia untuk Perdamaian Dunia dan Hidup Bersama", yang ditandatangani oleh kedua pemimpin agama tersebut di Abu Dhabi pada bulan Februari 2019, demikian dikutip dari kantor berita KNA.

Dokumen yang disepakati di Abu Dhabi tersebut mengajak "setiap orang yang memiliki iman kepada Tuhan dan iman dalam persaudaraan manusia untuk bersatu dan bekerja bersama, sehingga dapat membantu sebagai panduan bagi generasi mendatang untuk memajukan budaya saling menghormatidalam kesadaran akan rahmat ilahi yang luhur yang menjadikan seluruh umat manusia."

Dalam ensikliknya, Paus Fransiskus membuat beberapa referensi tentang dokumen ini, yang dianggap sebagai tonggak antaragama dalam dialog antara umat Kristen dan Islam.

Sekretaris Jenderal Komite Tinggi Persaudaraan Manusia, yang bertanggung jawab atas pelaksanaan Makalah Dialog Abu Dhabi, Hakim Mohamed Mahmoud Abdel Salam, menghadiri presentasi resmi ensiklik pada hari Minggu (04/10) pagi di Vatikan. Menurut portal Berita Vatikan, Hakim Mohamed Mahmoud Abdel Salam menyatakan dirinya, "sepenuhnya setuju dengan Paus. Saya membagikan setiap kata yang dia tulis dalam ensiklik tentang subjek persaudaraan."

Menekankan Martabat Setiap Umat Manusia

Teolog Islam, Nayla Tabbara memuji Paus karena mengembangkan "etika politik solidaritas di tingkat internasional baru" dalam ensiklik itu.

Paus Fransiskus mewakili "gagasan kuat" bahwa komunitas internasional lebih dari sekadar sejumlah negara, tetapi komunitas nyata satu sama lain, ujar ilmuwan Lebanon itu di majalah online Prancis "La Vie". Paus menekankan martabat setiap manusia yang juga berlaku khususnya pada martabat para pengungsi. Selain itu, Paus dalam ensikliknya memperkuat hak perempuan atas persamaan hak di dunia.

Kepala Pusat Pertemuan dan Dokumentasi Kristen-Islam (CIBEDO) di Frankfurt, Timo Güzelmansur, melihat ensiklik "Fratelli Tutti" sebagai "simbol besar untuk dialog antaragama". Bahwa Paus Fransiskus menyebutkan dokumen antaragama Abu Dhabi beberapa kali dalam surat pengajaran kepausan, hal ini merupakan dorongan kuat untuk membangun dialog percakapan antara umat kristiani dan muslim, kata Güzelmansur kepada kantor berita KNA.

Dengan melakukan hal tersebut, dia mengirimkan sinyal bahwa tatanan perdamaian yang adil di tingkat internasional membutuhkan rasa saling menghormati antaragama, demikian pernyataan pimpinan Konferensi Waligereja Jerman untuk Dialog Kristen-Islam itu.

Dalam ensiklik terbarunya, Paus Fransiskus juga mengkritik kapitalisme yang menurutnya sering dipandang sebagai satu-satunya solusi untuk masalah sosial, "Kerapuhan sistem dunia dalam menghadapi pandemi telah menunjukkan bahwa tidak semuanya dapat diselesaikan dengan kebebasan pasar," tulisnya. 

Saksikan Juga Video Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar 10 Kelurahan dengan Kasus COVID-19 Terbanyak di Surabaya per 7 Oktober 2020

Posted: 07 Oct 2020 10:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Surabaya, Jawa Timur mencatat tambahan pasien positif COVID-19 sebanyak 69 orang pada Rabu, 7 Oktober 2020. Dengan demikian, total kasus positif COVID-19 mencapai 14.752 orang.

Sementara itu, pasien sembuh dari COVID-19 bertambah 79 orang di Jawa Timur. Total pasien sembuh dari COVID-19 mencapai 13.195 orang.

Di satu sisi, pasien meninggal karena COVID-19 di Surabaya bertambah lima orang menjadi 1.092 orang.

Pasien konfirmasi dalam perawatan sebanyak 465 orang. Demikian mengutip lawancovid-19.surabaya.go.id, Kamis (8/10/2020).

Secara persentase konfirmasi COVID-19 per 7 Oktober 2020 dengan rincian konfirmasi pasien sembuh mencapai 89,45 persen atau setara 13.195, konfirmasi meninggal 1.092 atau setara 7,40 persen dan konfirmasi dalam perawatan sebanyak 465 atau setara 3,15 persen.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Daftar 10 Kelurahan dengan Kasus COVID-19 Terbanyak di Surabaya per 7 Oktober 2020

Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

1.Kelurahan Mojo: 362 orang

2.Kelurahan Tanah Kali Kedinding: 287 orang

3.Kelurahan Kalirungkut: 247 orang

4.Kelurahan Wonokromo: 241 orang

5.Kelurahan Ngagel Rejo: 224 orang

6.Kelurahan Pacarkembang: 211 orang

7.Kelurahan Putat Jaya: 209 orang

8.Kelurahan Morokrembangan: 201 orang

9. Kelurahan Sememi: 199 orang

10.Kelurahan Sidotopo Wetan: 194 orang

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil Tes Portimao Jelang MotoGP Prancis: Espargaro Ukir Rekor Baru

Posted: 07 Oct 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pembalap Asprilla Gresini, Aleix Espargaro, mencatatkan waktu tercepat pada sesi pertama dan kedua tes hari pertama MotoGP Portimao, Rabu (7/10/2020) waktu setempat. Tes berlangsung hanya beberapa hari jelang bergulirnya seri MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans, Minggu ini.

Hampir semua pembalap MotoGP 2020 ambil bagian dalam tes ini. Sebagian besar menggunakan sepeda motor super bike untuk menjajal sirkuit untuk seri penutup MotoGP 2020 tersebut.

Tes juga diikuti oleh pembalap penguji dari enam pabrikan MotoGP, termasuk Jorge Lorenzo dari Yamaha, dan Dani Pedrosa mewakili KTM. 

Tes berlangsung dua sesi pada Rabu dan Kami. Sesi pertama berlangsung pagi pukul 09.00-13.00 waktu setempat, sementara sesi berikutnya berlangsung pukul 14.00-17.00 waktu setempat.

 

Rekor Baru

Pembalap MotoGP Maverick Vinales melintasi tikungan pada pertandingan MotoGP Emilia Romagna 2020 di Sirkuit Misano, Misano Adriatico, Italia, Minggu (20/9/2020). Maverick Vinales keluar sebagai juara disusul Joan Mir dan Pol Espargaro. (AP Photo/Antonio Calanni)
Pembalap MotoGP Maverick Vinales melintasi tikungan pada pertandingan MotoGP Emilia Romagna 2020 di Sirkuit Misano, Misano Adriatico, Italia, Minggu (20/9/2020). Maverick Vinales keluar sebagai juara disusul Joan Mir dan Pol Espargaro. (AP Photo/Antonio Calanni)

Aleix Espargaro dengan motor 2020 RS-GP menjadi yang tercepat pada kedua sesi hari pertama. Di sesi pertama, pembalap Aprilla Gresini itu mencatat waktu 1 menit 40.880 detik pada lap 31 dan pada sesi kedua, Espargaro mencatat waktu tercepat di lap ke-14 dengan torehan 1 menit '40.170 detik.

Catatan waktu Espargaro mematahkan rekor lap tercepat untuk ajang Super Bike di Portimao.

Rekor tersebut dipegang oleh pembalap Kawasaki, Jonathan Rea pada 2019 lalu dengan catatan waktu 1m 40.372s. Sementara lap tercepat saat balapan juga menjadi milik Rea, yakni  1m 41.272s.

 

Bradley Smith Membaik

Andrea Iannone bersama Bradley Smith dan Aleix Espargaro saat memperkenalkan motor Aprilia untuk MotoGP 2020. (Twitter/Aprilia)
Andrea Iannone bersama Bradley Smith dan Aleix Espargaro saat memperkenalkan motor Aprilia untuk MotoGP 2020. (Twitter/Aprilia)

Bradley Smith dari Aprilla Gresini berada di posisi kedua atau terpaut 0,9 detik dari Espargaro. Catatan ini lebih baik dari tes sesi pertama di mana Smith hanya mampu berada di uruan ketiga.

 

Lorenzo Pakai Motor Lama

Sementara itu, Lorenzo yang tampil dengan motor Yamaha keluaran 2019, tidak mampu berbuat banyak. Di sesi pertama, Lorenzo tercecer ke urutan kedelapan dan berada di urutan kesepuluh pada sesi kedua hari pertama. Catatan waktnya pada dua sesi tersebut jauh di bawah Dani Pedrosa.

 

Hasil Tes Hari Pertama

Jorge Lorenzo saat menjalani tugas sebagai pembalap penguji Yamaha pada sesi tes MotoGP di Sirkuit Sepang, Malaysia, Februari 2020. (Mohd RASFAN / AFP)
Jorge Lorenzo saat menjalani tugas sebagai pembalap penguji Yamaha pada sesi tes MotoGP di Sirkuit Sepang, Malaysia, Februari 2020. (Mohd RASFAN / AFP)

Hasil Tes Kedua Hari Pertama

1 Aleix Espargaro ITA Aprilia Gresini (RS-GP) 1'40.880s 31/42

2 Michele Pirro ITA Ducati Test Rider (GP20) +0.774s 24/29

3 Bradley Smith GBR Aprilia Gresini (RS-GP) +1.172s 37/39

4 Stefan Bradl GER Honda Test Rider (RC213V) +1.389s 38/48

5 Sylvain Guintoli FRA Suzuki Test Rider (GSX-RR) +1.474s 23/28

6 Dani Pedrosa SPA KTM Test Rider (RC16) +1.898s 43/47

7 Miguel Oliveira POR Red Bull KTM Tech3 (Production Bike) +3.882s 9/16

8 Jorge Lorenzo SPA Yamaha Test Rider (YZR-M1) +5.308s 28/31

9 Brad Binder RSA Red Bull KTM (Production Bike) +6.150s 16/19

 

Hasil Tes Kedua Hari Pertama

1 Aleix Espargaro ITA Aprilia Gresini (RS-GP) 1'40.170s 14/23

2 Bradley Smith GBR Aprilia Gresini (RS-GP) +0.952s 23/26

3 Stefan Bradl GER Honda Test Rider (RC213V) +1.556s 5/25

4 Michele Pirro ITA Ducati Test Rider (GP20) +2.019s 5/6

5 Dani Pedrosa SPA KTM Test Rider (RC16) +2.119s 31/33

6 Sylvain Guintoli FRA Suzuki Test Rider (GSX-RR) +2.166s 17/25

7 Maverick Vinales SPA Monster Yamaha (Production Bike) +3.529s 41/42

8 Miguel Oliveira POR Red Bull KTM Tech3 (Production Bike) +4.530s 5/17

9 Brad Binder RSA Red Bull KTM (Production Bike)* +4.650s 25/29

10 Jorge Lorenzo SPA Yamaha Test Rider (YZR-M1) +4.740s 8/18

Saksikan juga video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Proses Administrasi Bikin Realisasi Dana PEN untuk Korporasi Belum Optimal

Posted: 07 Oct 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P Roeslani mengungkapkan salah satu penyebab realisasi anggaran pemulihan ekonomi nasional (PEN) di korporasi belum juga berjalan. Salah satunya karena terkendala proses administrasi dan regulasi.

Dia mengatakan, pembiayaan korporasi sendiri merupakan pembiayaan untuk perusahaan-perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Karena dari pagu anggaran sebesar Rp56,3 triliun, sebanyak Rp50 triliun itu untuk BUMN sendiri. Baik bersifat dana talangan maupun penyetoran modal ke BUMN.

"Memang untuk korporasi ini baru keluar PMK hanya untuk penjaminan yang diberikan oleh pemerintah melalui LPEI dan PII yang jumlahnya kurang lebih penjaminan yaitu Rp10 triliun jadi penjaminannya kurang lebih sampai Rp100 triliun," kata Rosan dalam diskusi virtual di Jakarta, Kamis (8/10).

Dia menambahkan, untuk UMKM sendiri sebetulnya sudah diberikan kepada Askrindo dan Jamkrindo dengan jaminan kurang lebih Rp6 triliun. Sementara korporasi di UMKM baru satu yang sudah jalan yakni baru sebesar Rp17,1 miliar dari pagu kurang lebih Rp100 triliun.

"Dan ini kita dorong terus karena secara implementasinya secara kaku. Kita terus memberikan masukan untuk memastikan bahwa korporasi yang kontribusinya ke pajak itu 84 persen. Dan UMKM merupakan bagian dari produksi dari korporasi itu benar-benar bisa juga didorong untuk memastikan kita bisa berjalan di tengah tantangan ini," katanya

Sebelumnya, Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional, Budi Gunadi Sadikin, melaporkan realisasi anggaran mulai 4 Juli hingga 30 September yang telah disalurkan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, mencapai Rp 318,5 triliun.

"Secara signifikan di kuartal III ini secara total sudah Rp 318,5 triliun yang kita salurkan sejak didirikannya Satgas ini dibentuk pada Juli 2020 dari total target Rp 695,2 triliun dan kita berdoa mudah-mudahan penyaluran di Kuartal III Ini bisa memberikan kontribusi yang cukup baik terhadap pertumbuhan ekonomi kita," kata Budi dalam konferensi pers pelaporan realisasi dana PEN secara virtual, Rabu (7/10).

Dia menjelaskan, secara detail ada 4 program yang menjadi fokus khusus penyaluran PEN yakni perlindungan sosial, Sektoral K/L dan Pemda, UMKM, dan Pembiayaan Korporasi.

"Hampir semuanya juga mengalami kenaikan yang cukup tinggi khususnya untuk pembiayaan koperasi yang masih 0 persen, memang ini sifatnya besar-besar dan canggih artinya sekaligus akan masuk diharapkan di Kuartal keempat ini sebagian besar dari mereka akan cair," jelasnya.

Dirinya optimis hingga akhir tahun 2020 seluruh dana PEN bisa disalurkan. Selanjutnya ia memaparkan akselerasi atau kemajuan penyaluran PEN sejak 4 Juli telah mampu merealisasikan Rp 117 triliun dan pihaknya telah berhasil menaikkan Rp 268 triliun pada 5 September 2020.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Belum Semua Perusahaan Terapkan Protokol Kesehatan

Calon penumpang KRL Commuterline mengenakan masker saat di area pedestrian Stasiun Terpadu Tanah Abang, Jakarta, Kamis (27/8/2020). Guna menekan penyebaran Covid-19, aparat terkait terus menghimbau pentingnya menaati protokol kesehatan. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Calon penumpang KRL Commuterline mengenakan masker saat di area pedestrian Stasiun Terpadu Tanah Abang, Jakarta, Kamis (27/8/2020). Guna menekan penyebaran Covid-19, aparat terkait terus menghimbau pentingnya menaati protokol kesehatan. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P Roeslani menyebut belum semua perusahaan menerapkan protokol Covid-19 di lingkungan kantornya. Bahkan anjuran pemerintah melalui gerakan 3M, menjaga jarak, mencuci tangan, menggunakan masker baru mencapai 80 persen.

"Belum semua perusahaan menerapkan protokol Covid-19 dengan baik dan benar. Jadi masih ada pekerjaan rumah gap-nya ini 15 sampai 19 persen," kata Rosan dalam diskusi virtual di Jakarta, Kamis (8/10).

Menurutnya, ini menjadi tugas bersama baik dunia usaha dan seluruh pemangku kepentingan supaya melakukan protokol kesehatan. Apalagi, protokol itu kesehatan itu mutlak harus dilaksanakan apabila tidak ingin tertular Covid-19 ke depannya.

Berdasarkan survei dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS), baru sekitar 81,9 persen yang melaksanakan atau melakukan sosial distancing di perusahaan. Kemudian fasilitas mencuci tangan baru 81,7 persen dan menggunakan masker baru mencapai 85,8 persen.

"Yang memakai masker ini relatif lebih baik 85,8 persen," singkat dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Puluhan Remaja Diamankan di Kawasan Palmerah

Posted: 07 Oct 2020 10:20 PM PDT

Aparat kepolisian mengamankan sejumlah remaja yang berkumpul di Kawasan Palmerah, Jakarta, Kamis (8/10/2020). Dari hasil pemeriksaan, mereka turun ke jalan karena mendapatkan undangan dari media sosial untuk melaksanakan aksi unjuk rasa di sekitar DPR. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Aparat kepolisian mengamankan sejumlah remaja yang berkumpul di Kawasan Palmerah, Jakarta, Kamis (8/10/2020). Dari hasil pemeriksaan, mereka turun ke jalan karena mendapatkan undangan dari media sosial untuk melaksanakan aksi unjuk rasa di sekitar DPR. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aparat kepolisian mengamankan sejumlah remaja yang berkumpul di Kawasan Palmerah, Jakarta, Kamis (8/10/2020). Dari hasil pemeriksaan, mereka turun ke jalan karena mendapatkan undangan dari media sosial untuk melaksanakan aksi unjuk rasa di sekitar DPR. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah remaja diamankan aparat kepolisian saat berkumpul di Kawasan Palmerah, Jakarta, Kamis (8/10/2020). Dari hasil pemeriksaan, mereka turun ke jalan karena mendapatkan undangan dari media sosial untuk melaksanakan aksi unjuk rasa di sekitar DPR. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Sejumlah remaja diamankan aparat kepolisian saat berkumpul di Kawasan Palmerah, Jakarta, Kamis (8/10/2020). Dari hasil pemeriksaan, mereka turun ke jalan karena mendapatkan undangan dari media sosial untuk melaksanakan aksi unjuk rasa di sekitar DPR. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah remaja diamankan aparat kepolisian saat berkumpul di Kawasan Palmerah, Jakarta, Kamis (8/10/2020). Dari hasil pemeriksaan, mereka turun ke jalan karena mendapatkan undangan dari media sosial untuk melaksanakan aksi unjuk rasa di sekitar DPR. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah remaja diamankan aparat kepolisian saat berkumpul di Kawasan Palmerah, Jakarta, Kamis (8/10/2020). Dari hasil pemeriksaan, mereka turun ke jalan karena mendapatkan undangan dari media sosial untuk melaksanakan aksi unjuk rasa di sekitar DPR. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Sejumlah remaja diamankan aparat kepolisian saat berkumpul di Kawasan Palmerah, Jakarta, Kamis (8/10/2020). Dari hasil pemeriksaan, mereka turun ke jalan karena mendapatkan undangan dari media sosial untuk melaksanakan aksi unjuk rasa di sekitar DPR. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah remaja diamankan aparat kepolisian saat berkumpul di Kawasan Palmerah, Jakarta, Kamis (8/10/2020). Dari hasil pemeriksaan, mereka turun ke jalan karena mendapatkan undangan dari media sosial untuk melaksanakan aksi unjuk rasa di sekitar DPR. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kendaraan polisi membawa sejumlah remaja yang diamankan saat berkumpul di Kawasan Palmerah, Jakarta, Kamis (8/10/2020). Dari hasil pemeriksaan, mereka turun ke jalan karena mendapatkan undangan dari media sosial untuk melaksanakan aksi unjuk rasa di sekitar DPR. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Kendaraan polisi membawa sejumlah remaja yang diamankan saat berkumpul di Kawasan Palmerah, Jakarta, Kamis (8/10/2020). Dari hasil pemeriksaan, mereka turun ke jalan karena mendapatkan undangan dari media sosial untuk melaksanakan aksi unjuk rasa di sekitar DPR. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kendaraan polisi membawa sejumlah remaja yang diamankan saat berkumpul di Kawasan Palmerah, Jakarta, Kamis (8/10/2020). Dari hasil pemeriksaan, mereka turun ke jalan karena mendapatkan undangan dari media sosial untuk melaksanakan aksi unjuk rasa di sekitar DPR. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kendaraan polisi membawa sejumlah remaja yang diamankan saat berkumpul di Kawasan Palmerah, Jakarta, Kamis (8/10/2020). Dari hasil pemeriksaan, mereka turun ke jalan karena mendapatkan undangan dari media sosial untuk melaksanakan aksi unjuk rasa di sekitar DPR. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Kendaraan polisi membawa sejumlah remaja yang diamankan saat berkumpul di Kawasan Palmerah, Jakarta, Kamis (8/10/2020). Dari hasil pemeriksaan, mereka turun ke jalan karena mendapatkan undangan dari media sosial untuk melaksanakan aksi unjuk rasa di sekitar DPR. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kendaraan polisi membawa sejumlah remaja yang diamankan saat berkumpul di Kawasan Palmerah, Jakarta, Kamis (8/10/2020). Dari hasil pemeriksaan, mereka turun ke jalan karena mendapatkan undangan dari media sosial untuk melaksanakan aksi unjuk rasa di sekitar DPR. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kendaraan polisi membawa sejumlah remaja yang diamankan saat berkumpul di Kawasan Palmerah, Jakarta, Kamis (8/10/2020). Dari hasil pemeriksaan, mereka turun ke jalan karena mendapatkan undangan dari media sosial untuk melaksanakan aksi unjuk rasa di sekitar DPR. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Kendaraan polisi membawa sejumlah remaja yang diamankan saat berkumpul di Kawasan Palmerah, Jakarta, Kamis (8/10/2020). Dari hasil pemeriksaan, mereka turun ke jalan karena mendapatkan undangan dari media sosial untuk melaksanakan aksi unjuk rasa di sekitar DPR. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kendaraan polisi membawa sejumlah remaja yang diamankan saat berkumpul di Kawasan Palmerah, Jakarta, Kamis (8/10/2020). Dari hasil pemeriksaan, mereka turun ke jalan karena mendapatkan undangan dari media sosial untuk melaksanakan aksi unjuk rasa di sekitar DPR. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kiprah Terbaru Giring Ganesha, Kini Jadi Ketua Pelaksana Piala Menpora Esports

Posted: 07 Oct 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Agustus 2020, Giring Ganesha bikin gempar lantaran mencalonkan diri sebagai Presiden Republik Indonesia 2024. Sejumlah pengamat politik berbagi perspektif terkait langkah Giring Ganesha ini.

Baru-baru ini, mantan vokalis Nidji tampil lagi di muka publik. Kali ini Giring Ganesha dipercaya jadi Ketua Pelaksana Piala Menpora Esports 2020. Ia mengulas perkembangan esports di tengah pandemi Covid-19.

Giring Ganesha menilai, esports justru makin populer di tengah wabah Corona Covid-19. Minat masyarakat meninggi selama mereka diimbau berada di rumah saja dan menjauhi keramaian (social distancing).

Tahap Pertandingan

Giring Ganesha. (Foto: Instagram @giring)
Giring Ganesha. (Foto: Instagram @giring)

"Pada ajang Piala Menpora Esports 2020, setidaknya 15 ribu anak muda dari 3.141 tim bertanding. Piala Menpora Esports 2020 kompetisi berjenjang dan berstruktur yang diikuti dari tingkat SMP hingga universitas dari berbagai daerah di Tanah Air," Giring Ganesha menjelaskan.

Kejuaraan Piala Menpora Esports 2020 dibuka bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-75, 17 Agustus 2020. Setelah melewati berbagai tahap pertandingan, grand final diselenggarakan pada 3 dan 4 Oktober 2020.

Tim Terbaik

Giring Ganesha. (Foto: Instagram @giring)
Giring Ganesha. (Foto: Instagram @giring)

"Di babak akhir, delapan tim terbaik berlaga. Pemenang meraih gelar juara Piala Menpora Esports 2020. Ajang ini mempertandingkan Mobile Legends: Bang Bang, gim dari Moonton dan mengusung genre MOBA," papar Giring Ganesha.

Pelantun "Biarlah" dan "Sang Mantan" senang bisa terlibat dengan kegiatan positif di luar panggung showbiz. Giring Ganesha juga senang esports makin populer dan diminati masyarakat Indonesia.

Kesehatan Tetap Terjaga

Konferensi pers virtual Piala Menpora eSports 2020 bersama Giring Ganesha.
Konferensi pers virtual Piala Menpora eSports 2020 bersama Giring Ganesha.

Kejuaraan Piala Menpora Esports 2020 didukung Combiphar lewat Insto yang menggelar kampanye Insto Dryeyeducation. Senior Vice President Marketing and International Operations Combiphar, Weitarsa Hendarto, menjelaskan risiko lamanya menatap layar kaca saat bermain gim.

"Ini membuat mata kurang berkedip lalu meningkatkan risiko terjadinya gejala mata kering. Kami ingin mengedukasi gejala mata kering yang dialami penggemar gim atau atlet esports Indonesia, agar mereka bisa bermain dan berprestasi dengan kesehatan mata yang tetap terjaga," paparnya.

Kering dan Tak Nyaman

Giring Ganesha. (Foto: Instagram @giring)
Giring Ganesha. (Foto: Instagram @giring)

Senada dengan Weitarsa, Giring Ganesha mengingatkan pencinta esports tetap menjaga kesehatan termasuk mata. Apalagi, wabah Corona Covid-19 terus meluas dan belum memperlihatkan tanda mereda.

"Bermain gim berjam-jam dapat mengakibatkan mata menjadi kering dan tidak nyaman. Padahal kompetisi esports butuh fokus agar performa tetap prima," beri tahu vokalis kelahiran Bandung, 14 Juli 1983.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demo Tolak Omnibus Law di Bekasi Ricuh 7 Oktober Lalu, 5 Mahasiswa Terluka

Posted: 07 Oct 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Demo mahasiswa menolak Omnibus Law Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja pada Rabu 7 Oktober 2020, berakhir ricuh. Ratusan mahasiswa terlibat bentrok dengan aparat di kawasan industri Jababeka, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi.

Lima mahasiswa dikonfirmasi mengalami luka-luka dan dilarikan ke rumah sakit. Dua di antaranya dikabarkan mengalami luka parah di bagian kepala dan mata.

"Dua luka parah, N di kepala mungkin kena pukulan. NS kemungkinan kena gas air mata," kata koordinator aksi sekaligus Ketua BEM FEBIS Universitas Pelita Bangsa, Suhendar, Kamis (8/10/2020).

Dari informasi yang dihimpun Liputan6.com, bentrokan bermula saat mahasiswa melakukan long march dari Jalan Inspeksi Kalimalang menuju kawasan Jababeka II saat demo menolak Omnibus Law RUU Cipta Kerja. Mahasiswa bergerak ke pabrik-pabrik sambil berorasi menolak RUU Cipta Kerja yang disahkan DPR.

Saat hendak menuju kawasan Jababeka I, mahasiswa diadang Sabhara Polres Metro Bekasi yang bersiaga di lokasi. Sempat terjadi aksi saling dorong, namun berhasil diredam usai Kapolres Metro Bekasi dengan dialog.

Selanjutnya, mahasiswa diperbolehkan memasuki kawasan dengan syarat tidak memakan seluruh badan jalan untuk kendaraan yang melintas.

Saat masuk lebih dalam ke kawasan, mahasiswa lagi-lagi diadang barikade Brimob. Demo pun kian memanas karena mahasiswa merasa sudah mendapat persetujuan untuk mengitari kawasan.

 

Saling Dorong

Karena terus diadang, bentrokan pun pecah antara pasukan Brimob dan mahasiswa. Aksi saling dorong dan pukul berlangsung di lokasi. Mahasiswa melempari batu kepada aparat yang menggunakan tameng.

Selang beberapa lama, polisi berhasil membuat mahasiswa mundur dan menarik diri, hingga situasi bisa terkendali.

Kapolsek Cikarang Selatan, AKP Sukadi mengatakan sebelumnya telah melarang mahasiswa melakukan aksi demo karena situasi pandemi. Namun karena mahasiswa tetap memaksa demo, polisi pun melakukan pengawalan.

"Tapi saat mau masuk kawasan Jababeka, terjadi gesekan itu," ujar Sukadi.

Saat ini kawasan Jababeka masih dijaga ketat ratusan personil gabungan TNI Polri untuk mencegah terjadinya aksi demo susulan. Seluruh jalan ditutup barikade dan hanya bisa dilewati pengendara.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Momen Liburan Ashanty dan Nia Ramadhani di Bali, Sempat Takut Naik Helikopter

Posted: 07 Oct 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ashanty dan Anang Hermansyah sejak beberapa waktu belakangan ini diketahui tengah menghabiskan waktu liburan di Pulau Dewata. Sudah hampir sebulan menikmati pemandangan dan wisata di Bali, baru-baru ini Ashanty ditemani artis cantik.

Nia Ramadhani dan rombongannya juga ikut serta dan menghabiskan waktu bersama. Tak menyiakan kesempatan, istri Anang Hermansyah ini pun mengjaak Nia untuk berkolaborasi konten YOuTube bersama. 

Momen keseruan mereka ditayangkan di channel YouTube The Hermansyah A6 bertajuk "ASHANTY STRESS, NIA RAMADHANI MALAH MELAKUKAN INI" yang tayang pada Rabu (7/10/2020). Rupanya Ashanty dibuat takut dan stres lantaran merka berdua naik helikopter keliling Pulau Dewata.

Dalam video tersebut Ashanty mengaku jika takut dengan ketinggian. Seru dan sempat curhat, berikut ini 6 potret liburan Ashanty dan Nia Ramadhani di Bali dilansir dari YouTube The Hermansyah A6, Kamis (8/10/2020).

1. Sama-sama berada di Bali, Ashanty dan Nia Ramadhani memutuskan untuk bertemu.

Ashanty dan Nia Ramadhani keliling Bali naik helikopter, takut sampai pucat kena angin. (Sumber: YouTube/The Hermansyah A6)
Ashanty dan Nia Ramadhani keliling Bali naik helikopter, takut sampai pucat kena angin. (Sumber: YouTube/The Hermansyah A6)

2. Di kesempatan tersebut, keduanya berencana naik helikopter untuk melihat sekeliling Pulau Bali.

Ashanty dan Nia Ramadhani keliling Bali naik helikopter, takut sampai pucat kena angin. (Sumber: YouTube/The Hermansyah A6)
Ashanty dan Nia Ramadhani keliling Bali naik helikopter, takut sampai pucat kena angin. (Sumber: YouTube/The Hermansyah A6)

3. Namun rupanya istri Anang Hermansyah yang takut dengan ketinggian ini sempat cemas dan stres.

Ashanty dan Nia Ramadhani keliling Bali naik helikopter, takut sampai pucat kena angin. (Sumber: YouTube/The Hermansyah A6)
Ashanty dan Nia Ramadhani keliling Bali naik helikopter, takut sampai pucat kena angin. (Sumber: YouTube/The Hermansyah A6)

4. Takut saat berada di helikopter, Nia bahkan sempat kesal karena Ashanty tak banyak berbicara.

Ashanty dan Nia Ramadhani keliling Bali naik helikopter, takut sampai pucat kena angin. (Sumber: YouTube/The Hermansyah A6)
Ashanty dan Nia Ramadhani keliling Bali naik helikopter, takut sampai pucat kena angin. (Sumber: YouTube/The Hermansyah A6)

5. Usai beberapa kali panik karena angin yang cukup kencang, Nia dan Ashanty mendarat dengan selamat.

Ashanty dan Nia Ramadhani keliling Bali naik helikopter, takut sampai pucat kena angin. (Sumber: YouTube/The Hermansyah A6)
Ashanty dan Nia Ramadhani keliling Bali naik helikopter, takut sampai pucat kena angin. (Sumber: YouTube/The Hermansyah A6)

6. Setelah berkeliling dengan helikopter, kedua publik figur ini pun berbincang dan curhat soal keluarga masing-masing.

Ashanty dan Nia Ramadhani keliling Bali naik helikopter, takut sampai pucat kena angin. (Sumber: YouTube/The Hermansyah A6)
Ashanty dan Nia Ramadhani keliling Bali naik helikopter, takut sampai pucat kena angin. (Sumber: YouTube/The Hermansyah A6)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Antisipasi Demo Omnibus Law di Istana, Polisi Blokade Sejumlah Ruas Jalan Medan Merdeka

Posted: 07 Oct 2020 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polisi memblokade sejumlah ruas jalan Medan Merdeka di kawasan Jakarta Pusat. Hal ini dilakukan guna antisipasi adanya aksi demo penolakan RUU Cipta Kerja di kawasan Istana Kepresidenan.

Pantauan di lokasi pukul 11.00 WIB, Jalan Medan Merdeka Barat sudah ditutup. Kendaraan dari arah patung kuda Indosat menuju kantor Kemenko PMK, sudah dilarang melintas. Namun dari arah sebaliknya, jalan tersebut masih terbuka.

Selain Medan Merdeka Barat, Jalan Medan Merdeka Timur yang mengarah ke Istana Negara juga sudah diblokade. Karenanya, akses jalan ini hanya bisa dilewati apabila memutar melalui Jalan Veteran 3.

Berbeda di Jalan Medan Merdeka Selatan, belum ada blokade dilakukan di kedua arahnya. Terpantau arus lalu lintas ramai lancar tanpa kepadatan.

Sementara itu, aksi demo yang disebut akan terkonsentrasi di depan Istana Negara atau tepatnya di Taman Pandang Monas, belum juga nampak. Belum ada massa yang terlihat di titik tersebut.

Sebelumnya beredar informasi, akan ada demo yang dilakukan sejumlah elemen masyarakat di depan Istana Negara, Kamis 8 Oktober 2020, pukul 10.00 WIB. Kendati hingga berita ini diturunkan, situasi di lokasi tersebut masih sepi. Namun, sejumlah aparat kepolisian sudah bersiaga di lokasi.

Rencana Demo Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Indraprasta atau Unindra menggelar longmarch menolak UU Cipta Kerja di Jalan TB Simatupang, Jakarta, Rabu (7/10/2020). Sekitar 200 mahasiswa Unindra longmarch sebagai bentuk kekecewaan atas pemerintah dan DPR yang telah mengesahkan UU Cipta Kerja. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Mahasiswa Universitas Indraprasta atau Unindra menggelar longmarch menolak UU Cipta Kerja di Jalan TB Simatupang, Jakarta, Rabu (7/10/2020). Sekitar 200 mahasiswa Unindra longmarch sebagai bentuk kekecewaan atas pemerintah dan DPR yang telah mengesahkan UU Cipta Kerja. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Sementara itu, Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) berencana menggeruduk Istana Jakarta hari ini, Kamis, 8 Oktober 2020. Demo untuk memprotes RUU Cipta Kerja atau Ciptaker.

Koordinator Pusat Aliansi BEM SI, Remy Hastian menyebut pihaknya akan mengerahkan sekitar lima ribu mahasiswa dalam demonstrasi tersebut.

"Dari teklap (teknis lapangan) kemarin di atas 5.000 massa mas," kata Remy kepada Liputan6.com, Kamis (8/10/2020).

Remy menjelaskan, disetujuinya RUU tersebut oleh DPR pada 5 Oktober 2020 menjadi hari duka bagi rakyat Indonesia. Sebab, RUU yang banyak menuai kecaman tersebut dirasa menyengsarakan masyarakat.

"Hal tersebut banyak menuai kecaman dari segala elemen masyarakat karena tentunya sangat menguntungkan bagi para pengusaha dan tentunya sangat merugikan bagi masyarakat kecil," ujarnya.

Aliansi BEM SI menyatakan akan berada di barisan pihak yang menolak lahirnya UU Cipta Kerja dan akan mengusahakan menempuh jalur uji materi.

"Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia sangat jelas secara narasi, kita sepakat menolak dan mengusahakan alternatif lain seperti judicial review dan mendesak Presiden untuk mengeluarkan Perppu. Narasi kita tetap sama, jangan sampai masa depan negeri ini hanya dimiliki oleh semua kepentingan oligarki semata," tegas Remy.

Menaker: Pembahasan RUU Cipta Kerja Dilakukan Secara Transparan dan Demokratis

Menaker Ida Fauziyah.
Menaker Ida Fauziyah.

Sementara itu, Menteri Ketenagakerjaan Hj Ida Fauziyah, M.SI mengatakan, pihaknya menyadari di balik cita-cita mulia yang terkandung dalam RUU Cipta Kerja, terdapat riak-riak dinamika sosial, baik yang pro maupun yang kontra, terutama pada materi klaster ketenagakerjaan.

Meski demikian Menaker memastikan bahwa pemerintah sangat terbuka atas berbagai masukan kontruktif.

Hal itu disampaikan Menaker saat menjadi keynote speaker dalam webinar bertema Peluang dan Tantangan RUU Cipta Kerja yang diselenggarakan Injabar dan Universitas Padjajaran, Jumat (28/8/2020).

"Proses panjang pembentukan RUU Cipta Kerja khususnya klaster ketenagakerjaan telah dilalui. Kami mulai kembali, kami review kembali dengan melibatkan partisipasi stakeholder, utamanya unsur pekerja, pengusaha juga unsur praktisi dan akademisi dari berbagai dimensi keilmuan," ujar Ida.

Bahkan meskipun RUU Cipta Kerja telah diserahkan dan tengah dibahas di DPR, Kementerian Ketenagakerjaan bersama serikat pekerja dan pengusaha terus melakukan pendalaman atas subtansi ketenagakerjaan dalm RUU Cipta Kerja.

"Pemerintah sangat terbuka atas berbagai masukan kontruktif, proses dilakukan secara transparan dan demokratis, serta mengedepankan kepentingan nasional," tegas Ida.

Dalam pemaparannya, Menaker menjelaskan bahwa RUU Cipta Kerja adalah bagian dari ikhtiar yang diambil pemerintah guna mewujudkan visi Indonesia menjadi negara yang maju dan sejahtera.

Pemerintah melihat sejumlah peluang dan tantangan yang dihadapi Indonesia saat ini antara lain; pertumbuhan ekonomi yang masih rendah, angka pengangguran yang masih tinggi, perlunya pembangunan SDM yang berkualitas, tantangan perkembangan ekonomi digital dan tren teknologi yang mengubah lanskap bisnis sehingga mempengaruhi peta kebutuhan tenaga kerja.

Demikian pula perubahan pola hubungan kerja yang semakin dinamis dan fleksibel, serta perlunya peningkatan daya saing investasi melalui kemudahan berusaha dan penataan regulasi yang tumpang tindih yang mempengaruhi kecepatan menangkap peluang investasi untuk penciptaan lapangan pekerjaan dan pengembangan UMKM.

Kebutuhan akan RUU Cipta Kerja semakin terasa ketika dihadapkan pada Pandemi Covid-19, yang tidak hanya berdampak pada aspek kesehatan tapi juga ekonomi. Kehadiran UU Cipta Kerja diharapkan dapat menjadi landasan institusional negeri dan menciptakan lapangan kerja yang mengalami suply shock pasca pandemi yang berakibat meningkatnya jumlah pengangguran.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

OJK Dukung Skema Baru PLJP Bank Indonesia

Posted: 07 Oct 2020 10:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan siap mendukung perubahan aturan Pinjaman Likuiditas Jangka Pendek (PLJP) bagi Bank Umum Konvensional dan bank syariah yang dikeluarkan Bank Indonesia pada pekan lalu. Aturan ini rencananya berlaku mulai 29 September 2020.

Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat dan Logistik OJK, Anto Prabowo, mengatakan pihaknya siap melakukan penyesuaian Surat Keputusan Bersama (SKB) antara OJK dengan BI untuk mencegah adanya hambatan dari pelaksanaan PLJP ini.

"OJK siap melakukan penyempurnaan SKB dengan Bank Indonesia dan berencana melakukan simulasi dengan BI agar ketika fasilitas ini dimanfaatkan tidak ada hambatan," kata Anto, Kamis (8/10/2020).

Sebelumnya, BI menginformasikan bahwa dalam PLJP baru ini akan menerapkan bunga setara bunga Lending Facility plus 100 bps sementara Nisbah Bagi Hasil PLJS tetap sebesar 80 persen.

Selain itu, BI juga memperluas agunan yang bisa diberikan ketika bank mengajukan PLJP yaitu agunan aset kredit atau pembiayaan tidak lagi harus sepenuhnya dijamin oleh tanah dan bangunan dan atau tanah.

 

Ilustrasi OJK
Ilustrasi OJK

Dari ketentuan PLJP yang baru ini, beberapa poin SKB OJK dan BI terkait PLJP sepertinya harus disesuaikan saat pra-permohonan PLJP/PLJPS.

Ini antara lain terkait informasi bank tertentu yang mengalami kondisi likuiditas dan atau kondisi kesehatan bank yang memburuk serta meminta bank melakukan langkah-langkah sesuai dengan peraturan terkait dalam hal akan mengajukan permohonan PLJP atau PLJPS.

OJK juga akan mengkomunikasikan kepada BI dalam hal terdapat informasi mengenai rencana permohonan PLJP atau PLJPS dari bank.

Selain itu, diperlukan juga tambahan poin koordinasi dan komunikasi mengenai keterlibatan Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) untuk melakukan valuasi nilai pasar kredit, jaminan tanah/bangunan dan/atau agunan lainnya. Serta,keterlibatan kantor akuntan publik (KAP) dalam melakukan verifikasi pemenuhan persyaratan agunan PLJP beserta dokumen pendukungnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meski Membaik, Penjualan Eceran Masih Minus 9,2 Persen per Agustus 2020

Posted: 07 Oct 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hasil survey Bank Indonesia (BI) mencatat penjualan eceran terus membaik, lantaran Indeks Penjualan Riil (IPR) Agustus 2020 yang tumbuh -9,2 persen (yoy), membaik dari -12,3 persen (yoy) pada Juli 2020.

Dilansir dari laman resmi bi.go.id, Kamis (8/10/2020), perbaikan kinerja penjualan eceran diindikasikan berlanjut pada September 2020,  sebagian besar kelompok barang, dengan penjualan Kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau tumbuh positif, sejalan dengan implementasi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang mendorong aktivitas masyarakat.

Pertumbuhan IPR September 2020 diperkirakan sebesar -7,3 persen (yoy), membaik dari -9,2 persen (yoy) pada Agustus 2020. Kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau diperkirakan tetap tumbuh positif dan lebih tinggi dari bulan sebelumnya.

Sementara, kelompok barang lain yang penjualannya tumbuh membaik adalah Kelompok Bahan Bakar Kendaraan Bermotor dan Kelompok Barang Lainnya, khususnya Sub Kelompok Sandang, dan Kelompok Suku Cadang dan Aksesori.

Kemudian, dari sisi harga, tekanan inflasi pada 3 bulan mendatang (November 2020) diperkirakan menurun, sedangkan pada 6 bulan mendatang (Februari 2021) meningkat.

Indikasi penurunan harga pada November 2020 tersebut terlihat dari Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) 3 bulan yang akan datang sebesar 132,5, lebih rendah dibandingkan dengan IEH bulan sebelumnya sebesar 133,7.

Sedangkan, IEH 6 bulan yang akan datang sebesar 166,9, lebih tinggi dibandingkan dengan IEH bulan sebelumnya sebesar 157,7.

Demikian, responden memperkirakan penurunan harga pada November 2020 didorong oleh distribusi barang yang semakin lancar, sedangkan kenaikan harga pada 6 bulan mendatang didorong oleh hari besar keagamaan nasional.   

Rupiah Melemah 6,7 Persen, Bank Indonesia Santai

Teller menunjukkan mata uang rupiah di bank, Jakarta, Rabu (22/1/2020). Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan penguatan nilai tukar rupiah yang belakangan terjadi terhadap dolar Amerika Serikat sejalan dengan fundamental ekonomi Indonesia dan mekanisme pasar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Teller menunjukkan mata uang rupiah di bank, Jakarta, Rabu (22/1/2020). Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan penguatan nilai tukar rupiah yang belakangan terjadi terhadap dolar Amerika Serikat sejalan dengan fundamental ekonomi Indonesia dan mekanisme pasar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mencatat rupiah melemah sebesar 6,7 persen atas dolar Amerika Serikat (AS) hingga 24 September. Kendati demikian, dia pede jika kinerja rupiah masih oke selama pandemi global Corona berlangsung.

"Rupiah melemah sebesar 6,7 persen sampai 24 September dari awal tahun. Namun, Rupiah lebih stabil dibandingkan dengan beberapa negara lain, seperti Thailand, Brasil, Turki, dan Afrika Selatan," ujar dia dalam Rapat Kerja bersama Komisi XI DPR RI terkait Laporan Semester I Kinerja Bank Indonesia, di Komplek Parlemen, Senin (28/9/2020).

Menurut Perry, pelemahan nilai tukar mata uang garuda itu diakibatkan oleh kepanikan pelaku pasar keuangan global atas pandemi Corona. Bahkan, pada 23 Maret lalu Rupiah melemah sebesar 16,24 persen ke level Rp 16.575 per USD.

Merespon kondisi buruk itu, BI segera melakukan intervensi melalui berbagai kebijakan stabilisasi nilai tukar rupiah.Diantaranya melakukan intervensi di pasar spot, pemberlakuan Domestic Non Delivery Forward (DNDF), hingga pembelian SBN dari pasar sekunder khususnya pada periode capital outflows.

"Setelah itu, perkembangan membaik seiring dengan meredanya ketidakpastian global ini. Kemudian selang sehari (24 Maret 2020) Rupiah menguat ke level Rp14.890 per USD," paparnya

Tak hanya itu, aliran modal asing portofolio ke SBN kembali masuk atau mengalami tren positif. Tercatat sejak 14 April-24 September 2020, modal asing yang masuk ke SBN mencapai Rp 20 triliun.

Oleh karena itu, dia memastikan BI terus melanjutkan berbagai kebijakan stabilisasi dan memperkuat peran bank sentral sebagai stand by buyer surat berharga negara (SBN) di pasar sekunder. "Bagaimana pun juga ketidakpastian masih berlanjut, dan kami terus jaga stabilisasi nilai tukar rupiah kita," tutupnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BTN dan KoinWorks Kerja Sama Bangun UMKM Properti, Seperti Apa Bentuknya?

Posted: 07 Oct 2020 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menjalin kerja sama dengan KoinWorks. Kerja sama ini untuk menyediakan ragam layanan kebutuhan finansial guna mempercepat pemulihan UMKM di sektor properti.

Kerjasama dengan KoinWorks ini ditandai dengan penandatanganan Direktur Utama BTN Pahala Nugraha Mansury dan CEO & Co-Founder KoinWorks Benedicto Haryono.

Direktur Utama BTN Pahala Nugraha Mansury mengatakan, kemitraan ini menjadi dukungan BTN mendorong pengembangan dan peningkatan kapasitas usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia, khususnya di sektor properti.

Melalui kerja sama penyaluran kredit ini, lanjutnya, BTN berupaya memberikan kesempatan bagi UMKM untuk memiliki kemampuan gerak lebih besar di rantai pasok sektor properti.

"BTN berupaya mengembangkan ekosistem di sektor properti hingga ke berbagai unsurnya termasuk para pelaku UMKM. Dengan akses dan dana kredit BTN melalui KoinWorks, kami berharap pelaku UMKM dapat mengisi rantai pasok di industri properti untuk mengakselerasi pertumbuhan sektor tersebut," jelas Pahala di Jakarta, Kamis (8/10/2020).

Dengan menggandeng KoinWorks, sambung Pahala, BTN meyakini dapat menjangkau semakin banyak pelaku UMKM. "Kami percaya dengan kolaborasi bersama KoinWorks yang lebih dinamis dapat membuat analisa kredit dan customer experience menjadi lebih baik," ujarnya.

Kemudian, melalui kemitraan ini juga calon debitur UMKM di sektor properti seperti pemasok, kontraktor, dan subkontraktor dapat mengakses kredit hingga Rp 1 miliar melalui layanan KoinBisnis dalam platform KoinWorks.

Nantinya, kredit tersebut dapat langsung diterima calon debitur berdokumen lengkap dalam kurun waktu 5 hari. Pada tahap awal, total nilai kredit dari BTN yang disalurkan melalui KoinWorks mencapai Rp 75 miliar.

 

Perluas Akses

Pengunjung memadati stan Indonesia Property Expo (IPEX) 2018 di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta, Sabtu (3/3). PEX 2018 merupakan pameran yang digelar dalam rangka menyambut HUT ke-68 Bank BTN pada 9 Februari mendatang. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pengunjung memadati stan Indonesia Property Expo (IPEX) 2018 di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta, Sabtu (3/3). PEX 2018 merupakan pameran yang digelar dalam rangka menyambut HUT ke-68 Bank BTN pada 9 Februari mendatang. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dalam kesempatan yang sama, CEO dan Co-founder KoinWorks Benedicto Haryono menjelaskan sebagai platform yang juga berfokus pada penyediaan layanan finansial pelaku usaha, termasuk UKM, KoinWorks merasa bangga dapat bekerjasama dengan BTN.

Menurutnya, kerjasama ini menambah deretan mitra strategis KoinBisnis untuk penyaluran pembiayaan UKM di Indonesia.

"Melalui kemitraan ini juga kembali membuktikan bahwa sistem credit scoring yang digunakan oleh KoinWorks untuk KoinBisnis terbukti dapat membantu perluasan akses penyaluran pembiayaan guna mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui UKM," ucapnya.

Sebagai informasi, hingga kini BTN telah membina 4.792 debitur UMKM baik di segmen konvensional maupun Syariah. Ribuan debitur tersebut terdiri atas 13 sektor usaha mulai dari real estate, konstruksi, hingga pertanian.

Per Agustus 2020, emiten bersandi saham BBTN ini telah menyalurkan kredit ke sektor Small Medium Enterprises (SME) sekitar Rp 1,9 triliun. Posisi tersebut naik 18,19 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) dari Rp 1,63 triliun di bulan yang sama tahun lalu.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Donald Trump Minta Pasukan AS Segera Pulang dari Afghanistan Sebelum Natal 2020

Posted: 07 Oct 2020 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Washington D.C - Presiden Donald Trump meminta semua pasukan AS di Afghanistan harus segera "pulang sebelum Natal". Ia menyampaikan hal tersebut hanya beberapa jam setelah penasihat keamanan nasionalnya mengatakan Washington akan mengurangi pasukannya di Afghanistan menjadi 2.500 pada awal 2021.

Kesepakatan penting antara Amerika Serikat dan Taliban pada Februari lalu mengatakan pasukan asing akan meninggalkan Afghanistan pada Mei 2021 dengan imbalan jaminan kontraterorisme dari Taliban, yang setuju untuk merundingkan gencatan senjata permanen dan formula pembagian kekuasaan dengan pemerintah Afghanistan, seperti dilansir laman Channel News Asia, Kamis (8/10/2020). 

Trump dan pejabat lainnya mengatakan, Amerika Serikat akan menurunkan antara 4.000 dan 5.000 tentara di Afghanistan sekitar November. Di luar itu, para pejabat mengatakan bahwa pengurangan akan tergantung pada kondisi di Afghanistan.

Melalui akun Twitternya, Trump berkata, "Kita harus memiliki sedikit sisa dari pria dan wanita berani kita yang melayani di rumah Afghanistan sebelum Natal!"

Kendati demikian, tidak jelas apakah Trump memberikan perintah atau mengungkapkan aspirasi yang sudah lama dipegang.

Pasukan AS Jadi Senjata Politik Trump?

Presiden Donald Trump menyapa pasukan militer Amerika dalam kunjungan kejutan ke Pangkalan Udara al Asad, Irak, Rabu (26/12). Kunjungan ini merupakan kunjungan perdananya setelah mengumumkan penarikan pasukan militer dari Suriah. (SAUL LOEB/AFP)
Presiden Donald Trump menyapa pasukan militer Amerika dalam kunjungan kejutan ke Pangkalan Udara al Asad, Irak, Rabu (26/12). Kunjungan ini merupakan kunjungan perdananya setelah mengumumkan penarikan pasukan militer dari Suriah. (SAUL LOEB/AFP)

Trump, yang mengupayakan pemilihannya kembali pada bulan depan, telah menjauhkan diri dari "perang tak berujung yang konyol" sebagai landasan kebijakan luar negerinya, meskipun ribuan pasukan tetap berada di Irak, Suriah dan Afghanistan.

Hanya beberapa jam sebelum tweet Trump ditulis, penasihat keamanan nasional Robert O'Brien mengatakan Amerika Serikat memiliki kurang dari 5.000 tentara di Afghanistan saat ini dan akan turun menjadi 2.500 pada awal tahun depan.

"Pada akhirnya, Afghanistan sendiri harus membuat kesepakatan, kesepakatan damai ... Ini akan menjadi kemajuan yang lambat, ini akan menjadi kemajuan yang sulit, tetapi kami pikir ini adalah langkah yang diperlukan - kami pikir orang Amerika perlu pulang ke rumah, "kata O'Brien dalam sebuah acara di University of Nevada, Las Vegas.

Dewan Keamanan Nasional dan Gedung Putih tidak segera menanggapi permintaan komentar terkait hal tersebut. 

Rencana Gedung Putih untuk penarikan tersebut hampir pasti akan ditinjau jika Trump kehilangan kesempatannya untuk masa jabatan kedua dalam pemilihan 3 November.

Komentar Trump dapat semakin melemahkan pengaruh pemerintah Afghanistan selama negosiasi dengan Taliban.

Sementara pembicaraan telah berlangsung di ibu kota Qatar, Doha, sejumlah tentara Afghanistan dan pejuang Taliban tewas dalam bentrokan. Puluhan warga sipil juga tewas dalam beberapa pekan terakhir.

Bersaksi di depan komite Dewan Perwakilan AS bulan lalu, Utusan Khusus AS Zalmay Khalilzad mengatakan bahwa begitu jumlah tentara AS mencapai 4.500, pemerintah "akan melakukan evaluasi terhadap hubungan dan tindakan yang telah kami ambil dan membuat keputusan tentang itu".

Sekitar 2.400 anggota layanan AS telah tewas dalam konflik Afghanistan dan ribuan lainnya terluka.

Hari Rabu kemarin juga menandai 19 tahun sejak Amerika Serikat menginvasi Afghanistan untuk menggulingkan penguasa Taliban yang menyembunyikan militan al Qaeda yang menyerang Amerika Serikat pada 11 September 2001.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Singapura Kembali Aktifkan Sektor MICE demi Selamatkan Pariwisata

Posted: 07 Oct 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta -  Banyak negara, tak terkecuali Singapura, harus menahan dampak pandemi COVID-19 di bidang pariwisata. Meski belum sepenuhnya membaik, negara tetangga Indonesia ini perlahan berusaha bangkit kembali.

Aktivitas ekonomi di Singapura sendiri sudah berangsur pulih. Sejalan dengan hal tersebut, Singapore Tourism Board (STB) memutuskan akan menerima acara percontohan alias event pilot dalam kategori Meetings, Incentives, Conversation and Exhibition (MICE). Peserta MICE tentu akan tetap dibatasi, yaitu hanya sebanyak 250 peserta terhitung awal Oktober 2020.

Selain itu, proposal acara MICE akan ditinjau terlebih dulu oleh pihak STB dan Ministry of Trade and Industry (MTI) Singapura. Beberapa acara percontohan akan berlangsung melalui pengaturan ini, seperti konferensi Singapore International Energy Week (SIEW), yang akan diselenggarakan pada bulan ini.

Penyelenggara yang mendaftar untuk membuat acara percontohan MICE harus menunjukkan kemampuan mereka dalam menerapkan Safe Management Measures (SMM). Ini bermaksud memenuhi serangkaian standar protokol kesehatan dan keselamatan yang diharapkan.

Keputusan untuk menerima aplikasi penyelenggaraan acara percontohan MICE ini didasari Safe Business Events Framework yang dirancang dan diumumkan STB pada Juli 2020, yaitu acara bisnis dengan jumlah peserta hingga 50 orang. STB telah menerapkan kerangka kerja tersebut pada dua acara percontohan, di mana yang pertama telah berlangsung dengan sukses pada Agustus 2020.

Acara percontohan kedua yang direncanakan untuk terselenggara pada akhir September 2020 sudah mulai berjalan. Langkah ini juga mempertimbangkan peranan penting industri MICE sekaligus minat dan permintaan tinggi untuk pelaksanaan acara-acara bisnis yang sempat berhenti di awal pandemi.

Menurut Asisten Manager Singapore Tourism Board (STB) Johannes Stevano Rahardjo, di Singapura, sebanyak 234 acara MICE atau pameran yang harus ditunda karena dampak pandemi.

"Biasanya setiap tahunnya ada 500--700 acara MICE yang diadakan di Singapura dengan mendatangkan pengunjung internasional sekitar 400 ribu pengunjung. Namun, sejak pandemi, ada 234 acara yang harus ditunda," ungkapnya dalam webinar STB Indonesia MICE Forum 2020, Rabu, 7 Oktober 2020.

Ia menambahkan, industri ini kemungkinan bisa pulih kembali pada kuartal pertama 2021. Dengan syarat, para peserta pameran wisata harus menjalankan protokol kesehatan saat melakukan perjalanan.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Bantu Perhotelan dan Penerbangan

Webinar Singapore Tourism Board MICE Forum 2020. (Liputan6.com/Henry)
Webinar Singapore Tourism Board MICE Forum 2020. (Liputan6.com/Henry)

"Proses pemulihan industri ini juga butuh proses, tak bisa berubah drastis. Pemulihan diawali dengan menerapkan beberapa protokol kesehatan yang ketat. Kalau ini dijalankan dengan baik dan konsisten, pemulihan bisa berjalan lebih cepat," ungkap Rahardjo.

Dalam kesempatan yang sama, Kei Tan selaku Chief Executive STB juga meyakini, MICE merupakan salah satu sektor strategis yang aman untuk ekonomi Singapura.

"Hal ini juga dilakukan dalam upaya membantu mereka yang berada di sektor terkait, seperti perhotelan dan penerbangan. Tapi, kesehatan serta keselamatan publik tetap jadi prioritas utama kami. Kami telah bekerja sama dengan industri untuk membangun protokol ketat, serta mengembangkan cara baru dalam menyelenggarakan berbagai acara," terang Kei Tan.

"Semoga acara dan solusi percontohan ini akan membantu Singapura memimpin sebagai destiansi yang aman, terpercaya, dan inovatif," sambungnya.

Agenda lain yang akan dijadikan prototipe acara pada November mendatang ialah TravelRevive. Acara pameran dagang di Singapura ini diklaim akan dilaksanakan secara lebih aman dan meminimalkan risiko terjadinya penularan COVID-19. Didukung ITB Asia dan STB, TravelRevive jadi ajang pertemuan delegasi pebisnis internasional untuk saling bertukar ide demi menata ulang masa depan perjalanan wisata.

Infografis Terhantam Covid-19, Singapura Masuk Jurang Resesi Ekonomi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Terhantam Covid-19, Singapura Masuk Jurang Resesi Ekonomi. (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Antisipasi Demo Mahasiswa, Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar Istana

Posted: 07 Oct 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Antisipasi kemacetan di sekitar Istana Negara, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menyiapkan rekayasa lalu lintas. Hal ini berkaitan dengan rencana aksi yang dilakukan mahasiswa BEM SI.

"Rekayasa lalu lintas sekitar Istana Negara ini sifatnya situasional, manakala terjadi kepadatan akan kita terapkan pengalihan arus lalu lintas," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, Kamis (8/10/2020) dilansir NTMC Polri.

Selain itu, Dirlantas juga menegaskan, pihaknya telah menyiapkan personel terkait pengaturan lalu lintas yang akan ditempatkan di beberapa titik-titik rawan kemacetan dan lokasi aksi.

Sedikitnya terdapat 9.000 personel gabungan TNI-Polri untuk mengamankan aksi unjuk rasa hari ini. Tak hanya di depan istana, personel TNI-Polri juga disiagakan di depan DPR dan kawasan industri yang pekerjanya melakukan mogok kerja.

Sebagai informasi, ribuan mahasiswa berencana menggelar aksi demo di depan Istana Merdeka. Diperkirakan terdapat lebih dari 5.000 mahasiswa dari 300 kampus di seluruh Indonesia.

Berikut rekayasa pengalihan arus sekitar Istana Negara

1. Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan menuju Jl Veteran III diluruskan ke TL Harmoni.

2. Arus lalu lintas dari Jalan Medan Merdeka Timur yang akan menuju ke Jalan Medan Merdeka Utara dibelokkan ke kanan ke Jalan Perwira.

3. Arus lalu litas dari Jl Ridwan Rais yang akan menuju ke Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur.

4. Arus lalu lintas dari Jl MH Thamrin yang akan menuju ke Bundaran Patung Kuda dibelokkan ke kiri atau ke kanan ke Jl Kebon Sirih.

 

Wilayah Lainnya

5. Arus lalu lintas dari Jl Abdul Muis yang akan belok kiri ke Jl Budi Kemuliaan diluruskan ke Jl Fachrudin dan arus lalin dari Jl Fachrudin yang akan belok kanan ke Jl Budi Kemuliaan diluruskan ke Jl Abdul Muis

6. Arus lalu lintas dari Jalan Tanah Abang II yang akan lurus ke Jl Museum dibelokkan ke kiri maupun ke kanan, arus lalu lintas dari Jl Maapahit yang akan belok ke kiri ke Jl Museum diluruskan ke Jl Abdul Muis dan arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok kanan ke Jalan Museum diluruskan ke Jl Majapahit.

7. Arus lalu lintas dari l Hayam Wuruk yang akan lurus ke Jl Majapahit dibelokkan ke kiri ke Jl Juanda dan arus lalu lintas dari Jl Veteran Raya yang akan belok ke kiri ke Jl Majapahit diluruskan ke Jl Suryo Pranoto maupun dibelokkan ke kanan Jl Gajah Mada.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kadin: Masih Ada 19 Persen Perusahaan yang Belum Terapkan Protokol Kesehatan

Posted: 07 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P Roeslani menyebut belum semua perusahaan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan kantornya. Bahkan anjuran pemerintah melalui gerakan 3M, menjaga jarak, mencuci tangan, menggunakan masker baru mencapai 80 persen.

"Belum semua perusahaan menerapkan protokol Covid-19 dengan baik dan benar. Jadi masih ada pekerjaan rumah gap-nya ini 15 sampai 19 persen," kata Rosan dalam diskusi virtual di Jakarta, Kamis (8/10).

Menurutnya, ini menjadi tugas bersama baik dunia usaha dan seluruh pemangku kepentingan supaya melakukan protokol kesehatan. Apalagi, protokol kesehatan itu mutlak harus dilaksanakan apabila tidak ingin tertular Covid-19 ke depannya.

Berdasarkan survei dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS), baru sekitar 81,9 persen yang melaksanakan atau melakukan sosial distancing di perusahaan. Kemudian fasilitas mencuci tangan baru 81,7 persen dan menggunakan masker baru mencapai 85,8 persen.

"Yang memakai masker ini relatif lebih baik 85,8 persen," singkat dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

 

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Ikuti Protokol Kesehatan, Pesawat Garuda Indonesia Sekarang Pakai Masker

Garuda Indonesia meluncurkan livery khusus yang menampilkan visual masker pada bagian depan (hidung) pesawat Airbus A330-900 Neo yang merupakan livery masker pesawat pertama yang ada di Indonesia.
Garuda Indonesia meluncurkan livery khusus yang menampilkan visual masker pada bagian depan (hidung) pesawat Airbus A330-900 Neo yang merupakan livery masker pesawat pertama yang ada di Indonesia.

Maskapai nasional Garuda Indonesia meluncurkan livery khusus yang menampilkan visual masker pada bagian depan (hidung) pesawat Airbus A330-900 Neo. Ini merupakan livery masker pesawat pertama yang ada di Indonesia.

Peluncuran livery masker pesawat ini merupakan bagian dari dari dukungan Garuda Indonesia terhadap program edukasi pemerintah melalui gerakan Ayo Pakai Masker.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menyampaikan, sebagai national flag carrier, Garuda Indonesia senantiasa berkomitmen untuk terus mendukung berbagai upaya yang dilaksanakan Pemerintah dalam mencegah penyebaran COVID-19 yang salah satunya dilakukan melalui kampanye gerakan Ayo Pakai Masker.

"Menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami menjadi maskapai penerbangan nasional pertama di Indonesia yang menampilkan livery khusus pesawat dengan masker. Hal ini juga sejalan dengan komitmen dan keseriusan dalam mengedepankan aspek keselamatan dan kenyamanan para penumpang di masa adaptasi kebiasaan baru," jelas dia, Kamis (1/10/2020).

"Kami menyadari bahwa upaya pencegahan penyebaran pandemi COVID-19 tentunya memerlukan dukungan penuh dan peran aktif berbagai pihak. Kiranya dengan dengan upaya yang kami lakukan tersebut dapat turut meningkatkan kesadaran masyarakat akan penerapan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya melalui penggunaan masker", tambah Irfan.

Irfan memaparkan, adapun total pesawat yang akan menggunakan livery bermasker tersebut adalah sebanyak 5 armada Garuda Indonesia yang akan melayani rute penerbangan domestik maupun rute penerbangan internasional, termasuk antara lain destinasi penerbangan Singapura dan Jepang.

Apresiasi

Ketua Pelaksana Komite Penanggulangan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir pastikan 1,5 juta tenaga kesehatan disuntik vaksin COVID-19 awal 2021 saat bertemu IDI di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (3/9/2020). (Dok Tim Komunikasi Komite Penanganan COVID-19)
Ketua Pelaksana Komite Penanggulangan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir pastikan 1,5 juta tenaga kesehatan disuntik vaksin COVID-19 awal 2021 saat bertemu IDI di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (3/9/2020). (Dok Tim Komunikasi Komite Penanganan COVID-19)

Sementara itu,  Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Erick Thohir mengungkapkan apresiasinya terhadap inisiatif yang dijalankan Garuda Indonesia tersebut. 

"Apresiasi setinggi-tingginya dari Komite kepada Garuda Indonesia yang ikut berperan aktif mensosialisasikan penggunaan masker dengan cara yang unik. Rencananya selain di dalam negeri, akan juga ada rute yang ke luar negeri. Hal ini sangat baik, agar masyarakat dunia juga tahu, bahwa Indonesia menomor satukan penanganan kesehatan", ungkap Erick.

Selain penggunaan masker, Garuda Indonesia secara konsisten juga terus memastikan protokol kesehatan berjalan optimal pada seluruh lini operasional penerbangan diantaranya melalui prosedur pengaturan jaga jarak antar penumpang ( physical distancing), penggunaan alat pelindung diri (APD) bagi crew yang bertugas, penyediaan makanan dalam wadah sekali pakai ( mono use) dan penyajian dengan tanpa kontak erat.

Selain itu juga kegiatan disinfeksi kabin pesawat yang dilakukan secara rutin serta melalui edukasi terhadap penumpang terkait sistem filtrasi udara di pesawat yang mampu menyaring debu, partikel dan virus hingga mencapai 99,97 persen.

Lebih lanjut dalam rangka mengoptimalkan kampanye penggunaan masker tersebut, Garuda Indonesia menyelenggarakan kompetisi desain livery masker pesawat bertajuk "Fly Your Design Through The Sky" yang dilaksanakan sepanjang bulan Oktober 2020.

Melalui gelaran kompetisi tersebut, Garuda Indonesia turut memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menampilkan hasil kreativitas dan desain livery masker pesawat melalui platform media sosial yang nantinya desain masker livery terbaik akan dipilih untuk dapat digunakan Garuda Indonesia pada pesawat lainnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Deretan Tips Aman Main Tinder

Posted: 07 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi social discovery Tinder sempat ramai ikut dibicarakan gara-gara sebuah kasus kriminal yang terjadi di Jakarta belum lama ini.

Padahal, Tinder bisa jadi tempat untuk mencari teman dan tetap terhubung di masa PSBB yang mungkin membosankan bagi banyak orang.

Pasalnya, Tinder bisa mempertemukan pengguna dengan orang-orang baru yang memiliki hobi atau minat yang sama.

Orang-orang baru ini bisa berasal dari kota yang sama atau bahkan dari negara lain. Untuk itu, Tinder pun menyebut, pihaknya memprioritaskan keamanan, keselamatan, dan kenyamanan pengguna.

Berikut adalah sejumlah tips aman dan nyaman memakai Tinder:

1. Pilih profil yang telah diverifikasi

Pasti kamu pernah menemukan orang yang menggunakan foto aktor atau artis terkenal kan? Jika kamu menemukan profil seperti ini, kamu harus berhati-hati.

Tinder menyediakan fitur verifikasi foto, di mana, pengguna yang sesuai dengan "asli"nya, akan mendapatkan centang biru sebagai tanda kalau profil tersebut telah diverifikasi.

Verifikasi Foto memberi kamu kesempatan untuk mengambil keputusan yang tepat sebelum kamu swipe kiri atau swipe kanan di orang tersebut.

Hal ini merupakan salah satu cara Tinder membuat aplikasi lebih nyaman untuk bertemu orang baru.

2. Lebih Berhati-hati

Tinder akan uji coba fitur video call ini di sejumlah negara, termasuk Indonesia. (Doc. Tinder)
Tinder akan uji coba fitur video call ini di sejumlah negara, termasuk Indonesia. (Doc. Tinder)

Nah, kalau kamu sudah sering berkomunikasi dan merasa cocok dengan pengguna lain karena minat yang sama, tentu kamu jadi lebih terbuka dengan hubungan pertemanan baru.

Namun, apabila suatu ketika teman Tinder kamu ini mau meminjam uang, kamu harus berhati-hati untuk percaya alasannya.

Selain itu, jangan pernah memberikan informasi apapun yang dapat memberikan akses ke akun keuangan kamu. Ingat, kamu bisa menolaknya tanpa perlu merasa enggak enak hati.

3. Laporkan Kalau Tak Berkenan

Apa benar, aplikasi kencan online semacam Tinder bisa mempertemukan penggunanya dengan jodoh hingga ke jenjang pelaminan?
Apa benar, aplikasi kencan online semacam Tinder bisa mempertemukan penggunanya dengan jodoh hingga ke jenjang pelaminan?

Jika kamu menerima pesan yang sedikit kasar, prompt dengan kata-kata: "Apakah Ini Mengganggu Kamu?," akan langsung muncul dan bertanya apakah pesan yang kamu terima mengganggu atau tidak.

Jangan takut untuk memilih "ya", laporkan dan blokir pengguna atau perilaku yang mencurigakan.

4. Jangan Takut Bilang Tidak

Tinder
Tinder

Jika match kamu menanyakan nomor ponsel pribadi namun kamu belum ingin memberikannya, kamu bisa bilang "tidak".

Daripada memberikan nomor ponsel pribadi, kamu bisa mengajak dia untuk mengobrol melalui Face to Face Video chat terlebih dahulu.

Dengan begitu, pengguna bisa mengenal satu sama lain dengan lebih baik tanpa memberikan informasi pribadi.

Fitur Video chat ini akan muncul dan bisa dipakai jika kedua belah pihak setuju untuk melakukannya.

Melalui fitur ini, pengguna dapat melihat apakah match kamu sesuai dengan fotonya atau tidak. Jika selama panggilan video match kamu mengatakan atau melakukan sesuatu yang mengganggu atau melakukan pelecehan apapun, kamu selalu bisa mematikan video dan melaporkan akun tersebut.

Tinder menyebut, pihaknya tidak mentoleransi pelecehan dalam bentuk apapun dan meminta penggunanya untuk selalu melaporkan setiap perilaku yang tidak baik.

(Tin/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Potret Mahasiswa Kerjakan Tugas Saat Demo, Banjir Pujian Warganet

Posted: 07 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pengesahan RUU Omnibus Law Cipta Kerja pada Senin (5/10/2020), rupanya memicu kontra bagi masyarakat.

Dampaknya, masyarakat dari berbagai kalangan mulai dari buruh hingga mahasiswa turun ke jalan untuk melakukan aksi demo.

Demo menolak Omnibus Law ini digelar di beberapa daerah. Tak sedikit aksi demo tersebut yang bahkan diwarnai ricuh.

Namun, ada pula aksi lucu mahasiswa di tengah demo yang baru-baru ini menjadi sorotan publik. Bagaimana tidak, seorang mahasiswa tertangkap kamera malah sibuk mengerjakan tugas di tengah demo.

Kerjakan tugas saat demo

foto: @kegoblogan.unfaedah
foto: @kegoblogan.unfaedah

Pada unggahan akun Instagram @awreceh.id yang diunggah ulang dari @kegoblogan.unfaedah, terlihat seorang mahasiswa mengenakan almamater biru dan mengenakan helm menggambar sesuatu di sebuah kertas.

Dia melakukannya di atas sebuah trotoar. Sementara di sekelilingnya terlihat mahasiswa lain yang juga ikut serta dalam aksi demo tersebut.

"Tolong dong dosen arsi kalo ngasih tugas nanti, ini kawan gua ngegambar di tengah demo," tulis keterangan pada foto tersebut.

Viral

Tak butuh waktu lama untuk unggahan tersebut menjadi viral.

"Demo jalan tugaspun tetep jalan, semangat ngab," tulis akun @awreceh.id. 

 
 
 
View this post on Instagram

Demo jalan tugaspun tetep jalan, smngat ngab💪🏻😇 . . Credit @kegoblogan.unfaedah

A post shared by 🅁🄴🄲🄴🄷 🅂🅀🅄🄰🄳 (@awreceh.id) on

Tuai pujian

Tentu saja foto tersebut langsung banjir komentar warganet. Tak sedikit yang memuji aksi mahasiswa tersebut. 

"Proud of you," tulis @sarimie5023. 

"Peduli negara dan peduli masa depan sendiri," timpal @itss_mwddh. 

"Mantap ini yang saya suka seharusnya dapat nilai A+ nih," komentar @raihanl_20. 

"Gapapa lah daripada yang dikasih tugas malah tidur," ujar @rahmialz. 

"Semoga tugasnya dipermudah ya ngab, bangga gua sama lu," kata pemilik akun @jesse_fahira. 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Gaya Anissa Aziza Istri Raditya Dika Lakukan Maternity Shoot, Penuh Kebahagian

Posted: 07 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Anissa Aziza mulai dikenal luas oleh publik setelah bermain dalam film Cinta Brontosaurus garapan sang suami, Raditya Dika. Wanita asal Bengkulu ini pun telah beberapa kali muncul di layar kaca saat bermain dalam beberapa judul sinetron.

Namun kini, Anissa Aziza memilih untuk fokus pada keluarga kecilnya serta putri tercinta, Alinea Ava Nasution. Bahkan, saat ini wanita kelahiran 4 April 1994 tersebut tengah menuggu momen kelahiran anak kedua.

Melalui akun Instagram pribadinya, Anissa pun cukup sering mengunggah potret diri saat hamil. Bahkan, ia beberapa kali memamerkan perut besarnya yang telah memasuki usia hamil tua. Namun, meski kerap memberikan perkembangan mengenai kehamilan, wanita 26 tahun ini masih menyembunyikan usia kehamilannya.

Baru-baru ini Anissa Aziza pun terlihat mengunggah beberapa potret maternity shoot di akun Instagram pribadinya. Pada salah satu foto yang diunggah ia pun hanya memberikan kode mengenai perkiraan kelahian anak keduanya dengan Raditya Dika.

Dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram @anissaaziza, berikut ini beberapa potret maternity shoot Anissa Aziza yang curi perhatian, Kamis (8/10/2020).

1. Potret maternity shoot Anissa Aziza dan Raditya Dika ini menjadi sorotan netizen.

Anissa Aziza (Sumber: Instagram/anissaaziza)
Anissa Aziza (Sumber: Instagram/anissaaziza)

2. Penampilan Anissa menggunakan busana serba ungu ini juga tuai pujian netizen.

Anissa Aziza (Sumber: Instagram/anissaaziza)
Anissa Aziza (Sumber: Instagram/anissaaziza)

3. Tak sedikit pula netizen serta selebriti yang turut mendoakan kesehatan dan keselamatan Anissa Aziza serta calon bayinya sampai saat melahirkan.

Anissa Aziza (Sumber: Instagram/anissaaziza)
Anissa Aziza (Sumber: Instagram/anissaaziza)

4. Penampilan sederhana Anissa ini juga jadi sorotan netizen karena terlihat begitu elegan dengan simple dress putih.

Anissa Aziza (Sumber: Instagram/anissaaziza)
Anissa Aziza (Sumber: Instagram/anissaaziza)

5. Meski hanya hitungan minggu atau hari saja sampai waktu melahirkan, Anissa juga tetap aktif bermain dengan sang putri, Alea.

Anissa Aziza (Sumber: Instagram/anissaaziza)
Anissa Aziza (Sumber: Instagram/anissaaziza)

6. Penampilan Anissa selama masa hamil kerap curi perhatian netizen.

Anissa Aziza (Sumber: Instagram/anissaaziza)
Anissa Aziza (Sumber: Instagram/anissaaziza)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peretas Portugal Memata-matai Real Madrid

Posted: 07 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Real Madrid dikabarkan telah dimatai-matai peretas asal Portugal. Terduga penjahat dunia maya itu telah ditangkap di Budapest, Hongaria.

Menurut surat kabar Portugal Correio da Manha, Real Madrid sudah menjadi salah satu target utama Pinto. Dia dituduh telah mengakses akun, email, dokumen, dan kontrak Los Blancos secara ilegal.

Pinto menggunakan superkomputer virtual untuk mengakses informasi klub yang telah ditemukan di salah satu dari 12 disk yang disita setelah penangkapannya.

Meski menolak tuduhan tersebut, Pinto harus menyerahkannya kepada pihak berwenang. Seperti yang dilaporkan Correio da Manha, selain Real Madrid, pinto juga meretas Sporting CP dan agen Olahraga Doyen.

 

Cristiano Ronaldo

Striker Juventus Cristiano Ronaldo menghadiri peradilan kasus penggelapan pajak yang melibatkannya di Madrid, Selasa (22/1/2019). (AFP/Oscar del Pozo)
Striker Juventus Cristiano Ronaldo menghadiri peradilan kasus penggelapan pajak yang melibatkannya di Madrid, Selasa (22/1/2019). (AFP/Oscar del Pozo)

Pada Agustus lalu, Pinto juga dituding bertanggung jawab atas kepergian Cristiano Ronaldo dari Real Madrid. Dia membobol laporan keuangan CR7.

Hasil peretasannya itu menunjukkan Ronaldi terbukti menggelapkan pajak selama empat tahun antara 2011dan 2014 dengan total mencapai hampir 15 juta euro. Tindakan kriminal itu membuat CR7 dijatuhi hukuman penjara 23 bulan oleh pengadilan Spanyol pada awal 2019.

Bintang berusia 35 tahun itu pada akhirnya berhasil lolos dari penjara setelah membayar denda sebesar 20 juta euro.

 

 

70 Juta Dokumen

ilustrasi manchester city (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi manchester city (Liputan6.com/Abdillah)

Pinto merupakan pendiri situs Football Leaks yang kerap mengungkapkan berbagai temuan dari hasil meretas laman dan surel berbagai klub top Eropa. Total sekitar 70 juta dokumen yang diretasnya sejak 2016 dibocorkan ke publik.

Salah satu hasil temuan terbesarnya adalah penggelembungan dana sponsor Manchester City selama periode 2012-2016. Temuan Pinto tersebut membuat The Citizens disanksi larangan bertanding di Eropa oleh UEFA.

Namun, akhirnya klub asal Manchester itu lolos dari hukuman setelah mengajukan banding ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

Klasemen Liga Spanyol

 

Saksikan Video Real Madrid di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Potret Keseharian Anak-Anak Pengungsi Rohingya di Kamp Kutupalong

Posted: 07 Oct 2020 10:00 PM PDT

Seorang anak pengungsi Rohingya mandi di kamp Kutupalong, di Ukhia, Bangladesh pada 6 Oktober 2020. Lebih dari satu juta etnis Rohingya melarikan diri dari Myanmar dan menetap di Kutupalong yang merupakan salah satu kamp pengungsi terbesar di dunia. (Munir Uz Zaman/AFP)
Seorang anak pengungsi Rohingya mandi di kamp Kutupalong, di Ukhia, Bangladesh pada 6 Oktober 2020. Lebih dari satu juta etnis Rohingya melarikan diri dari Myanmar dan menetap di Kutupalong yang merupakan salah satu kamp pengungsi terbesar di dunia. (Munir Uz Zaman/AFP)

Seorang anak pengungsi Rohingya mandi di kamp Kutupalong, di Ukhia, Bangladesh pada 6 Oktober 2020. Lebih dari satu juta etnis Rohingya melarikan diri dari Myanmar dan menetap di Kutupalong yang merupakan salah satu kamp pengungsi terbesar di dunia. (Munir Uz Zaman/AFP)

Seorang anak pengungsi Rohingya menjual obat di sebuah pasar di kamp Kutupalong, di Ukhia, Bangladesh pada 6 Oktober 2020. Lebih dari satu juta etnis Rohingya melarikan diri dari Myanmar dan menetap di Kutupalong yang merupakan salah satu kamp pengungsi terbesar di dunia. (Munir Uz Zaman/AFP)
Seorang anak pengungsi Rohingya menjual obat di sebuah pasar di kamp Kutupalong, di Ukhia, Bangladesh pada 6 Oktober 2020. Lebih dari satu juta etnis Rohingya melarikan diri dari Myanmar dan menetap di Kutupalong yang merupakan salah satu kamp pengungsi terbesar di dunia. (Munir Uz Zaman/AFP)

Seorang anak pengungsi Rohingya menjual obat di sebuah pasar di kamp Kutupalong, di Ukhia, Bangladesh pada 6 Oktober 2020. Lebih dari satu juta etnis Rohingya melarikan diri dari Myanmar dan menetap di Kutupalong yang merupakan salah satu kamp pengungsi terbesar di dunia. (Munir Uz Zaman/AFP)

Anak-anak pengungsi Rohingya bermain di kamp Kutupalong, di Ukhia, Bangladesh pada 6 Oktober 2020. Lebih dari satu juta etnis Rohingya melarikan diri dari Myanmar dan menetap di Kutupalong yang merupakan salah satu kamp pengungsi terbesar di dunia. (Munir Uz Zaman/AFP)
Anak-anak pengungsi Rohingya bermain di kamp Kutupalong, di Ukhia, Bangladesh pada 6 Oktober 2020. Lebih dari satu juta etnis Rohingya melarikan diri dari Myanmar dan menetap di Kutupalong yang merupakan salah satu kamp pengungsi terbesar di dunia. (Munir Uz Zaman/AFP)

Anak-anak pengungsi Rohingya bermain di kamp Kutupalong, di Ukhia, Bangladesh pada 6 Oktober 2020. Lebih dari satu juta etnis Rohingya melarikan diri dari Myanmar dan menetap di Kutupalong yang merupakan salah satu kamp pengungsi terbesar di dunia. (Munir Uz Zaman/AFP)

Seorang pemuda Rohingya mengumpulkan air minum dari sumur di kamp Kutupalong, di Ukhia, Bangladesh pada 6 Oktober 2020. Lebih dari satu juta etnis Rohingya melarikan diri dari Myanmar dan menetap di Kutupalong yang merupakan salah satu kamp pengungsi terbesar di dunia. (Munir Uz Zaman/AFP)
Seorang pemuda Rohingya mengumpulkan air minum dari sumur di kamp Kutupalong, di Ukhia, Bangladesh pada 6 Oktober 2020. Lebih dari satu juta etnis Rohingya melarikan diri dari Myanmar dan menetap di Kutupalong yang merupakan salah satu kamp pengungsi terbesar di dunia. (Munir Uz Zaman/AFP)

Seorang pemuda Rohingya mengumpulkan air minum dari sumur di kamp Kutupalong, di Ukhia, Bangladesh pada 6 Oktober 2020. Lebih dari satu juta etnis Rohingya melarikan diri dari Myanmar dan menetap di Kutupalong yang merupakan salah satu kamp pengungsi terbesar di dunia. (Munir Uz Zaman/AFP)

Seorang anak Rohingya membawa bantuan di kamp pengungsi Kutupalong, di Ukhia, Bangladesh pada 6 Oktober 2020. Lebih dari satu juta etnis Rohingya melarikan diri dari Myanmar dan menetap di Kutupalong yang merupakan salah satu kamp pengungsi terbesar di dunia. (Munir Uz Zaman/AFP)
Seorang anak Rohingya membawa bantuan di kamp pengungsi Kutupalong, di Ukhia, Bangladesh pada 6 Oktober 2020. Lebih dari satu juta etnis Rohingya melarikan diri dari Myanmar dan menetap di Kutupalong yang merupakan salah satu kamp pengungsi terbesar di dunia. (Munir Uz Zaman/AFP)

Seorang anak Rohingya membawa bantuan di kamp pengungsi Kutupalong, di Ukhia, Bangladesh pada 6 Oktober 2020. Lebih dari satu juta etnis Rohingya melarikan diri dari Myanmar dan menetap di Kutupalong yang merupakan salah satu kamp pengungsi terbesar di dunia. (Munir Uz Zaman/AFP)

Anak-anak pengungsi Rohingya menunggu pelanggan di sebuah pasar di kamp Kutupalong, di Ukhia, Bangladesh pada 6 Oktober 2020. Lebih dari satu juta etnis Rohingya melarikan diri dari Myanmar dan menetap di Kutupalong yang merupakan salah satu kamp pengungsi terbesar di dunia. (Munir Uz Zaman/AFP)
Anak-anak pengungsi Rohingya menunggu pelanggan di sebuah pasar di kamp Kutupalong, di Ukhia, Bangladesh pada 6 Oktober 2020. Lebih dari satu juta etnis Rohingya melarikan diri dari Myanmar dan menetap di Kutupalong yang merupakan salah satu kamp pengungsi terbesar di dunia. (Munir Uz Zaman/AFP)

Anak-anak pengungsi Rohingya menunggu pelanggan di sebuah pasar di kamp Kutupalong, di Ukhia, Bangladesh pada 6 Oktober 2020. Lebih dari satu juta etnis Rohingya melarikan diri dari Myanmar dan menetap di Kutupalong yang merupakan salah satu kamp pengungsi terbesar di dunia. (Munir Uz Zaman/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Suara Merdu Dua Perempuan Jadi Sorotan Bunga Citra Lestari

Posted: 07 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Video dua perempuan bersuara merdu jadi sorotan Bunga Citra Lestari. Dua Perempuan itu menjadi viral di media sosial.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Tidak Benar Aksi Penolakan UU Omnibus Law di Bandung Sepi Pemberitaan Media

Posted: 07 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim aksi menolak Undang-Undang (UU) Omnibus Law di Bandung sepi dari pemberitaan media.

Klaim aksi menolak UU Omnibus Law di Bandung sepi dari pemberitaan media diunggah akun Facebook Trending On Twitter, pada 6 Oktober 2020.

Akun tersebut mengunggah empat potong video aksi kericuhan, kemudian diberi keterangan sebagai berikut:

"Sepi dari pemberitaan media mainstream mana pun.

Setation TV #Bungkam

Malam ini Bandung

Membara 🔥🔥

Aliansi buruh

Aliansi mahasiswa dan pelajar di Bandung malam ini masih melakukan aksi turun kejalan untuk menolak UU cipta kerja/ Omnibus Law.

Badai Menuntut Pembatalan Omnibus Law Sdh Mulai Bergulir

Bisa jadi Badai akan semakin besar 2-3hari kedepan🧐

#GagalkanOmnibusLaw#DPRRIKhianatiRakyat#MOSITIDAKDIPERCAYALihat Lebih Sedikit"

Benarkah aksi menolak UU Omnibus Law di Bandung sepi dari pemberitaan media? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim aksi menolak UU Omnibus Law di Bandung sepi dari pemberitaan media menggunakan Google Search dengan kata kunci 'aksi menolak Omnibus Law'.

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Demo Penolakan Omnibus Law di DPRD Jabar Berakhir Ricuh" yang dimuat situs liputan6.com, pada 6 Oktober 2020.

Artikel situs liputan6.com menyebutkan, seribuan mahasiswa menggelar aksi unjuk rasa mendesak pemerintah mencabut UU Ciptaker yang telah disahkan pemerintah dan DPR RI. Aksi ini digelar di depan Gedung DPRD Provinsi Jawa Barat, sekitar pukul 12.00 WIB.

Dalam aksi di Jalan Diponegoro itu, sejumlah mahasiswa mengenakan pakaian bebas dan jas almamater kampus. Mereka berorasi di tengah jalan yang telah ditutup aparat kepolisian.

Selain itu, massa aksi membakar ban dan teaterikal pun mewarnai unjuk rasa mahasiswa.

Koordinator Lapangan dari HMI Kota Bandung Sansan Taufik menuturkan, mahasiswa yang turun ke jalan hari ini juga merasa keberatan dengan UU Cipta Kerja. Mereka menilai UU ini hanya berorientasi pada keuntungan pengusaha semata.

"UU Cipta Kerja ini hanya untuk kepentingan ekonomi, disahkan dengan cara kurang baik. Hanya menitikberatkan pada kemudahan investasi tanpa memerhatikan hak pekerja," ujarnya.

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul "Demo di Bandung Ricuh dan Mencekam, Mobil Polisi Dirusak" yang dimuat situs Kompas.com, pada 6 Oktober 2020.

Artikel situs Kompas.com menyebutkan, Unjuk rasa penolakan pengesahan omnibus law Undang-Undang Cipta Kerja di Bandung, Jawa Barat, berujung ricuh, Selasa (6/10/2020). Massa aksi sempat melakukan penutupan Jalan Layang Pasupati. Massa melakukan perusakan kendaraan berupa sebuah mobil milik polisi.

Kericuhan pecah tepat di depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jabar. Berdasarkan pantauan Kompas.com, massa aksi ada yang mengenakan jas almamater dari berbagai perguruan tinggi. Mereka awalnya berkumpul di depan Gedung DPRD Jabar. Mereka berorasi, membakar ban dan melakukan aksi teatrikal. Adapun tuntutan mereka yakni mendesak pemerintah mencabut pengesahan UU Cipta Kerja.

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul "Tolak Omnibus Law, Mahasiswa Bandung Turun ke Jalan Bakar Ban" yang dimuat situs cnnindonesia.com, pada 6 Oktober 2020.

Artikel situs cnnindonesia.com menyebutkan, massa mahasiswa di Kota Bandungm Jawa barat, menggelar aksi unjuk rasa mendesak pemerintah mencabut Undang-undang (UU) Cipta Kerja yang telah disahkan.

Aksi terpusat di depan Gedung DPRD Provinsi Jawa Barat, Selasa (6/10).Koordinator Lapangan dari HMI Kota Bandung, Sansan Taufik mengatakan mahasiswa menilai UU ini hanya berorientasi pada keuntungan pengusaha semata.

"Hanya menitikberatkan pada kemudahan investasi tanpa memerhatikan hak pekerja," kata Sansan.

Selain media online, media televisi juga menyiarkan aksi unjuk rasa penolakan UU Omnibus Law di Bandung.

Akun YouTube resmi Kompas TV KOMPASTV memuat video siaran berjudul "Demo Tolak UU Omnibus Law di Bandung Ricuh! Massa Rusak Mobil dan Fasilitas Umum", pada 6 Oktober 2020.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"KOMPAS.TV - Aksi demo tolak UU Omnibus Law cipta kerja di Bandung, berujung ricuh.

Massa merangsek masuk ke Gedung DPRD Jawa Barat, hingga merusak mobil.

Massa aksi yang didominasi mahasiswa, berunjuk rasa di depan Gedung DPRD Jawa Barat.

Pengunjuk rasa mendorong-dorong pagar DPRD Jawa Barat. Sementara, di dalam gedung, polisi sudah bersiaga.

Kericuhan pun tidak dapat dihindari. Massa berhamburan ke arah jalan raya, setelah dihalau petugas.

Massa kemudian mulai melempar sejumlah benda, ke arah polisi yang berjaga.

Bahkan terlihat pula benda seperti bom molotov, yang mengeluarkan api ke arah polisi.

Massa dibubarkan paksa, dan diberi tembakan gas air mata.

Massa berhamburan lari menghindari petugas.

Akhirnya massa dapat dibubarkan setelah aparat kepolisian mengejar, dan mengepung area DPRD.

Polisi menangkap puluhan pengunjuk rasa, dan dibawa ke Polrestabes Bandung, untuk didata.

Pasca unjuk rasa yang berakhir ricuh, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mendatangi sejumlah fasilitas umum yang rusak saat aksi unjuk rasa terjadi, di antaranya Taman Cikapayang, dan Gedung DPRD Provinsi Jawa Barat.

Hingga kini, pihak kepolisian terus mengejar para pelaku perusakan."

 

 

 

 

 

 

 

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim aksi unjuk rasa menolak UU Omnibus Law di Bandung sepi dari pemberitaan media tidak benar.

Sejumlah media online dan televisi memberitakan aksi aksi unjuk rasa menolak UU Omnibus Law di Bandung. 

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam  cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nia Ramadhani Ditegur Mertua Gara-Gara Lupa Siapkan Makan Buat Anak, Ini Kronologinya

Posted: 07 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menikah di Jakarta pada 1 April 2010, pasangan Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie dikaruniai tiga momongan, yakni Mikhayla Zalindra Bakrie, Mainaka Zanatti Bakrie, dan Magika Zalardi Bakrie.

Diakui Nia Ramadhani membesarkan tiga anak dengan jarak usia berdekatan bukan hal gampang. Mengingat, setiap anak memiliki karakter berbeda. Kali pertama punya anak, Nia Ramadhani rajin baca buku pola asuh.

Belakangan, si sulung merapat ke kakeknya, politikus sekaligus pengusaha Aburizal Bakrie. Kedekatan dua generasi ini menciptakan romantika menggemaskan. Tak jarang, Nia Ramadhani kena getahnya.

Pegangannya Kakeknya

Nia Ramadhani. (Foto: Instagram @ramadhaniabakrie)
Nia Ramadhani. (Foto: Instagram @ramadhaniabakrie)

Ini diceritakan Nia Ramadhani dalam video bertajuk "Ashanty Stress Nia Ramadhani Malah Melakukan Ini" yang dipublikasikan di kanal YouTube The Hermansyah A6, Rabu (7/10/2020).

"Mikha tuh sekarang pegangannya kakeknya, itu gue lebih kesal lagi," celetuk bintang sinetron Bawang Merah Bawang Putih dan Putri Nomor Satu. "Kakeknya manjain banget, ya?" Ashanty menimpali.

Anak Ini Tahu Politik

Unggahan Ashanty. (Foto: YouTube The Hermansyah A6)
Unggahan Ashanty. (Foto: YouTube The Hermansyah A6)

Diceritakan Nia Ramadhani, Mikhayla kini menjadi satu-satunya cucu perempuan yang dekat dengan Aburizal Bakrie. Dua cucu perempuan lain kini tinggal di London. Nia Ramadhani lantas menceritakan sebuah kejadian kocak.

"Dan ini anak nih tahu politik. Tahu nih gue sekarang harus dekat sama siapa. Jadi di rumah gue lagi pengajian online. Mikha bilang, 'Ma, lapar'. Gue bilang, 'Ya sudah minta makan (ke Mbak)'," cerita Nia Ramadhani.

Gue Ditelepon Mertua

Nia Ramadhani. (Foto: Instagram @ramadhaniabakrie)
Nia Ramadhani. (Foto: Instagram @ramadhaniabakrie)

Bukannya memberi tahu asisten rumah tangga, Mikhayla malah bertandang ke kediaman sang kakek yang tak jauh dari rumahnya. Aburizal Bakrie dengan senang hati menyambut Mikhayla dan mengajak cucunya bersantap.

"Tiba-tiba jam 11 gitu gue ditelepon mertua gue, 'Nia kenapa ini anak enggak dikasih makan?' Gue jawab, 'Hah, maksudnya?' Dia ke rumah kakeknya dan bilang enggak ada makanan di rumah," Nia Ramadhani menyambung. 

Gue Teriak

Nia Ramadhani. (Foto: Instagram @ramadhaniabakrie)
Nia Ramadhani. (Foto: Instagram @ramadhaniabakrie)

"Gue teriak. Pulang-pulang (gue bilang), 'Ngapain kamu kayak begitu?' Dia senang saja kalau gue ditegur (mertua). Ngeselin, kan? Banget," bintang film Suster Ngesot dan Kesurupan menyambung.

Momen ini membuat Nia Ramadhani belajar mengindari double parenting. "Kan dulu anak pertama gue belajar banget. Anak kedua dan ketiga kita los saja yuk?" Nia Ramadhani mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berinovasi di Tengah Pandemi COVID-19, Ini Cara Kreatif UKM untuk Bertahan

Posted: 07 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dalam menghadapi masa pandemi COVID-19 para pegiat Usaha Kecil Menengah (UKM) harus memutar otak agar kebutuhan tetap terpenuhi.

Menurut R. Agus Choliq seorang penjual wastafel injak portable di Yogyakarta, ia memang harus berpikir sekreatif mungkin untuk mempertahankan usahanya.

Ide usaha pembuatan wastafel injak portable tercetus ketika pandemi menyerang Yogyakarta, katanya. Kala itu, banyak orang yang kehilangan pekerjaan baik di sektor rumah makan maupun wisata.

"Akhirnya dari situ kita melihat sebuah peluang ketika pemerintah mengkampanyekan cuci tangan pakai sabun. Dulu kita cuci tangan menggunakan kran, kita berpikir bagaimana caranya cuci tangan tanpa harus menyentuh keran ini lebih baik untuk mencegah COVID-19 yang ada di sekitar kita," ujar Agus dalam webinar Liputan6.com, Rabu (7/10/2020).

Pada Maret lalu, Agus mencoba mencari referensi sampai tercipta lah wastafel injak portable yang ramah digunakan di saat pandemi seperti sekarang ini.

"Kami coba pasarkan di media sosial, ternyata responsnya bagus. Banyak orang yang tertarik dan banyak orang yang pesan karena harganya terjangkau dan ini menjadi peluang bisnis kami yang kami produksi secara massal."

Hingga kini, wastafel yang dijual mulai dari harga Rp 750 ribu ini telah diproduksi hingga 2000 unit, katanya. Dalam satu hari, ia dan 15 rekannya bisa memproduksi hingga 15 wastafel portable.

"Usaha kita yang kita lakukan setiap hari dan terkena dampak ya kita harus inovasi mencari peluang di tengah pandemi. Kira-kira peluang apa yang bisa dicari saat ini. Mau tidak mau kita harus bertahan dan mencari peluang yang ada."

Jual Nasi Sambil Mengenakan Jas

Selain Agus, pegiat UKM lainnya, Sufyan Miftahul, penjual nasi jinggo di Bali tak kalah kreatif. Untuk menarik pelanggan, ia mengenakan jas selama berjualan.

"Sebelumnya saya pekerja kerajinan karena di Bali ini pariwisatanya sudah berhenti jadinya saya larinya ke nasi soalnya nasi kan bahan pokok yang kita butuhkan tiap hari," ujar Sufyan dalam kesempatan yang sama.

Upayanya dalam berjualan nasi dengan mengenakan jas dilakukan dengan tujuan agar terlihat bersih dan rapi. Selain itu, berjualan dengan mengenakan jas juga membuat ia semakin dikenal oleh pelanggan.

Ia mengaku, selama berjualan mengenakan jas, acap kali ia merasa gerah. Namun, tanggapan pelanggan pun beragam dan kebanyakan positif.

"Ada yang bilang nyentrik, lucu, ada-ada aja yang mereka bilang dan aku senyum aja."

Melihat semangat para pegiat UKM, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengapresiasi dan memberi semangat untuk tetap bertahan.

"UMKM di kita cukup luar biasa, survive dulu, pemerintah juga sedang mencari solusi. Tetap jaga semangat dan terus lakukan inovasi produk, adaptasi bisnis sesuai perilaku atau pola konsumsi masyarakat," tutupnya.

Infografis COVID-19

Infografis 180 Juta Warga Indonesia Target Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 180 Juta Warga Indonesia Target Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Massa Demonstrasi Tolak UU Cipta Kerja Jebol Pintu Pabrik

Posted: 07 Oct 2020 09:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aksi unjuk rasa menolak disahkannya UU Cipta Kerja terus berlanjut. Di Cimahi Jawa Barat, buruh turun ke jalan melakukan sweeping di pabrik-pabrik untuk ajak rekan-rekannya ikut berdemonstrasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demo RUU Cipta Kerja, Buruh SBSI Balik Kanan Saat Tahu Gedung DPR Kosong

Posted: 07 Oct 2020 09:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Massa buruh yang tergabung dalam Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) dihalau jajaran Polres Metro Jakarta Pusat di Jalan Gerbang Pemuda, Tanah Abang, Jakarta Pusat, saat akan bergerak menuju Gedung DPR/MPR.

Mereka ingin menyuarakan penolakan atas disahkannya Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law Cipta Kerja (Ciptaker) lewat rapat paripurna DPR yang digelar Senin, 5 Oktober kemarin.

Dari pantauan Liputan6.com, buruh awalnya mendengarkan aba-aba yang disampaikan oleh orator di atas mobil komando.

Seorang orator mengingatkan massa agar menggunakan atribut SBSI. Hal ini untuk meminimalkan masuknya penyusup di tengah-tengah peserta unjuk rasa.

"Tolong yang hadir di sini jangan lupa pakai baju kebanggaan kita, baju SBSI. Ini biar kami mudah mengenali. Hati-hati penyusup yang mengatasnamakan peserta unjuk rasa," ucap orator.

Pada sisi lain, kepolisian membuat barikade menutup ruas jalan menuju ke Gedung DPR/MPR. Mereka berbaris di bawah Fly Over Senayan dengan atribut lengkap, seperti helm, rompi, serta tameng di bawah Fly Over Senayan. Antara buruh dan polisi hanya berjarak 50 meter.

Gedung DPR Memasuki Masa Reses

Massa yang tergabung dalam Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) membubarkan diri usai berdialog dengan Kapolres Metro Jakarta Pusat. (Foto:Liputan6/Ady Anugrahadi)
Massa yang tergabung dalam Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) membubarkan diri usai berdialog dengan Kapolres Metro Jakarta Pusat. (Foto:Liputan6/Ady Anugrahadi)

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Heru Novianto, menemui perwakilan dari SBSI. Heru menyampaikan Gedung DPR/MPR sedang kosong.

"Anggota DPR saat ini sedang memasuki masa reses. Jadi, di sana tidak ada orang," ujar Heru.

Usai berdialog dengan Kapolres, koordinator massa buruh meminta anggotanya membubarkan diri. Massa akhirnya pergi meninggalkan lokasi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Biasa Jahili Pelanggan, Aksi Penjual Es Krim Turki Ini Malah Menyentuh Hati

Posted: 07 Oct 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Berbicara mengenai es krim Turki atau dondurma, mungkin yang terlintas di benak sebagian besar orang adalah pertunjukan unik yang jahil dari penjual kepada pelanggannya. Aksi penjual es krim Turki ini sudah dikenal cukup luas di berbagai belahan dunia. Apalagi aksinya tersebut sering diunggah oleh warganet di media sosial.

Para penjual ini menggunakan tongkat besi panjang untuk menyajikan es krim tersebut. Saat melayani pelanggan, biasanya penjual akan memberikan hiburan berupa atraksi unik namun jahil. Pembeli juga diminta memegang cone es krim, sementara si penjual akan menunjukkan beberapa trik kejahilannya dengan mengambil dan meletakkan es krim terus-menerus di cone tersebut sampai pembeli tertawa.

 

Banyak yang merasa terhibur dengan aksi para penjual es krim yang unik tersebut. Bahkan ada pula pembeli yang merasa gregetan oleh atraksi jahilnya. Es krim Turki atau dondurma ini memiliki tekstur yang berbeda dari es krim pada umumnya. Dondurma memiliki tekstur yang lebih lengket dan tidak cepat meleleh.

Maka tak heran jika es krim ini bisa lebih leluasa dimainkan dengan tongkat besi oleh para penjualnya untuk memberi atraksi usil. Namun kali ini, hal berbeda ditunjukkan oleh seorang penjual es krim Turki pada sebuah video yang diunggah oleh akun Instagram @cilgin_dondurmaci. Video berdurasi 1 menit 25 detik tersebut membuat warganet yang menyaksikannya merasa tersentuh dan terharu.

Dilansir Liputan6.com dari @cilgin_dondurmaci, Kamis (8/10/2020) dalam video tersebut, penjual es krim tampak melayani seorang pembeli yang memiliki kebutuhan khusus dan tengah duduk di kursi roda. Tak seperti biasanya, penjual es krim Turki itu tidak melakukan atraksi usil kepada pembeli. Justru sebaliknya, ia melayani pria yang membeli es krim ini dengan sangat perhatian dan penuh kasih sayang.

Melayani Pembeli Difabel dengan Penuh Kasih Sayang

Penjual es krim tersebut menari-nari sehingga membuat ekspresi bahagia di raut wajah pembeli itu. Tak berhenti sampai disitu saja, penjual es krim itu kemudian menyuapi es krim kepada pembelinya. Ia bahkan mencium tangan pembelinya itu dengan penuh kasih sayang.

Banyak warganet yang dibuat terharu oleh aksi penjual es krim Turki yang satu ini. Aksi penjual es krim ini semakin membuat haru ketika ia menghampiri pembelinya itu dan menyuapinya dari jarak dekat dengan perlahan. Bahkan ia sesekali membersihkan bibir pria yang duduk di kursi roda itu dengan tisu dan kemudian mencium pipinya.

Video mengharukan itu mendapat berbagai tanggapan positif dari warganet. Bagaimana tidak, perhatian yang diberikan oleh penjual es krim itu kepada pembelinya sangat menyentuh hati.

"Saudaraku, anda memberikan contoh yang bagus dengan ketulusan ini saya sangat mencintaimu. Masyarakat membuat penyandang cacat sangat kesal. Trimakasih untuk kepekaan anda," komentar akun Instagram @neclatastan885.

"Semoga beruntung, Tuhan memberkati anda, anda membuatnya bahagia dan anda juga bahagia insyaallah," tulis pengguna Instagram lainnya.

Video singkat yang menyentuh tersebut hingga kini telah ditonton oleh lebih dari 119 ribu pengguna Instagram, dan dibanjiri lebih dari 900 komentar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dukung Kesetaraan Gender, Bappanes Apresiasi Program MAMPU

Posted: 07 Oct 2020 09:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Utama Kementerian PPN / Bappenas Himawan Hariyoga Djojokusumo, mengapresiasi program MAMPU yang dirancang selama 8 tahun, dan sejak tahun 2012 hingga 2020 yang mendukung pembangunan kesetaraan gender di Indonesia.

"Sebagaimana kita ketahui bersama di dalam RPJMN 2020-2024, pembangunan kesetaraan gender pemberdayaan dan perlindungan perempuan diarahkan untuk meningkatkan peran dan kualitas hidup perempuan melalui penguatan kebijakan dan regulasi percepatan pelaksanaan pengarusutamaan gender di pusat daerah dan desa melalui perencanaan dan penganggaran yang responsif gender," kata Himawan dalam konferensi Pengakhiran Program MAMPU, Kamis (8/10/2020).

Menurutnya, program mampu telah mengambil peran yang tidak sedikit untuk dapat menjalankan apa yang sudah menjadi arahan kebijakan dalam kebijakan Pemerintah tersebut. Selain itu secara spesifik program MAMPU juga ikut mendukung pencapaian target-target yang sudah tertuang dalam tujuan pembangunan berkelanjutan.

Khususnya pada 4 tujuan terkait dengan mengakhiri kemiskinan, mengakhiri kelaparan, kesehatan dan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.  Ia menilai, beragam kegiatan di dalam program mampu selama tahun 2012 sampai dengan 2020 telah menghasilkan produk pengetahuan pembelajaran dan praktik baik yang membawa perubahan dan dampak positif di berbagai tingkatan.

"Mulai dari individu, masyarakat, Pemerintah desa dan pemerintah daerah perubahan-perubahan ini juga tentunya akan berkontribusi pada pencapaian target dan sasaran pembangunan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan tingkat nasional," ujarnya.

Selain itu  MAMPU juga telah membuka jalan bagi para perempuan untuk dapat mengakses berbagai program layanan sosial, Kesehatan, ekonomi, hukum dan juga mendapatkan perlindungan dari perlakuan perlakuan yang kurang menguntungkan.

Dorong Regulasi di Daerah

Perbaikan irigasi subak di Bali menggunakan dana desa (Foto: Dok Kemendes)
Perbaikan irigasi subak di Bali menggunakan dana desa (Foto: Dok Kemendes)

Bagi pelaksana program mampu juga memperkuat kapasitas mereka di dalam melakukan advokasi ke pemerintah Desa, pemerintah daerah dan pendampingan ke masyarakat.

Advokasi yang dilakukan telah berhasil mendorong kebijakan dan regulasi di tingkat Desa, kabupaten kota yang mendukung pemberdayaan perempuan dan peningkatan kesetaraan gender.

Pendekatan-pendekatan kolaboratif yang dilakukan juga mendorong keterpaduan dan Sinergi multi pihak, sehingga manfaat dan dampak yang dihasilkan menjadi lebih optimal.

"Dari upaya kolaboratif tadi saya mencatat beberapa contoh praktik baik yang sudah dihasilkan, seperti sekolah perempuan Nusantara, pemberdayaan perempuan kepala keluarga, desa peduli buruh migran, Sistem Peradilan Pidana terpadu penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan," ujarnya.

Demikian ia berharap mitra program MAMPU bisa terus melakukan koordinasi dan menjalin kemitraan yang semakin erat dengan pemerintah Desa, pemerintah daerah, serta pihak terkait lainnya.     

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demokrat Sebut Rapat Paripurna Pengesahan RUU Cipta Kerja Cacat Prosedur

Posted: 07 Oct 2020 09:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Fraksi Partai Demokrat DPR RI menyatakan rapat paripurna pada 5 Oktober 2020 dengan agenda pengesahan RUU Cipta Kerja adalah sesat dan cacat prosedur.

Anggota Fraksi Demokrat Didi Irawadi Syamsuddin menyatakan tidak ada draf RUU yang dibagikan kepada peserta rapat saat paripurna.

"Tidak ada selembar pun naskah RUU terkait Ciptaker yang dibagikan saat rapat paripurna tgl 5 Oktober 2020. Jadi pertanyaanya, sesungguhnya RUU apa yang telah diketok palu tanggal 5 Oktober 2020 itu?" kata Didi dalam keterangannya, Kamis (8/10/2020).

Didi menyatakan seharusnya sebelum palu pengesahan diketuk, naskah RUU Cipta Kerja sudah dibagikan dan dibaca oleh semua peserta rapat

"Dalam forum rapat tertinggi ini, adalah wajib semua yang hadir diberikan naskah RUU tersebut. Jangankan yang hadir secara fisik, yang hadir secara virtualpun harus diberikan," tegas Didi. 

Hal lainnya menurut Didi yang dinilai janggal terkait undangan rapat yang hanya diberitahukan beberapa jam sebelum paripurna. 

"Inilah undangan rapat yg telah memecahkan rekor undangan secepat kilat. Ada apa gerangan ini? Sungguh tidak etis untuk sebuah RUU sepenting dan krusial ini," jelasnya. 

"Padahal sudah dijadwal sebelumnya akan dilakukan pada 8 Oktober 2020. Tiba-tiba menjadi 5 Oktober, tanpa informasi yang cukup dan memadai. Sehingga rapat itu menjadi rapat yang dadakan, tergesa-gesa dan dipaksakan," tambahnya. 

Didi kembali mengatakan, ada lima hal yang disampaikan Fraksi Partai Demokrat yang perlu mendapatkan perhatian dalam RUU Cipta Kerja

Pertama, RUU Ciptaker tidak memiliki nilai urgensi dan kegentingan memaksa di tengah krisis pandemi ini. Di masa awal pandemi, prioritas utama negara harus diorientasikan pada upaya penanganan pandemi, khususnya menyelamatkan jiwa manusia, memutus rantai penyebaran Covid-19, serta memulihkan ekonomi rakyat.

Kedua, RUU Ciptaker ini membahas secara luas beberapa perubahan UU sekaligus (omnibus law). Karena besarnya implikasi dari perubahan tersebut, maka perlu dicermati satu per satu, hati-hati, dan lebih mendalam, terutama terkait hal-hal fundamental, yang menyangkut kepentingan masyarakat luas.

Terlebih saat ini masyarakat sedang sangat membutuhkan keberpihakan dari negara dan pemerintah dalam menghadapi situasi pandemi dewasa ini.

Harus Perhatikan 2 Sisi

Ketiga, harapannya RUU Cipta Kerja di satu sisi bisa mendorong investasi dan menggerakkan perekonomian nasional. Namun di sisi lain, hak dan kepentingan kaum pekerja tidak boleh diabaikan apalagi dipinggirkan.

Tetapi, RUU ini justru berpotensi meminggirkan hak-hak dan kepentingan kaum pekerja di negeri kita. Sejumlah pemangkasan aturan perijinan, penanaman modal, ketenagakerjaan dan lain-lain, yang diatasnamakan sebagai bentuk "reformasi birokrasi" dan "peningkatan efektivitas tata kelola pemerintahan".

"Hal ini justru berpotensi menjadi hambatan bagi hadirnya pertumbuhan ekonomi yang berkeadilan (growth with equity)," ungkap politikus Demokrat ini. 

Keempat, Partai Demokrat memandang RUU Ciptaker telah mencerminkan bergesernya semangat Pancasila utamanya sila keadilan sosial (social justice) ke arah ekonomi yang terlalu kapitalistik dan terlalu neo-liberalistik.

"Sehingga kita perlu bertanya, apakah RUU Ciptaker ini masih mengandung prinsip-prinsip keadilan sosial (social justice) tersebut sesuai yang diamanahkan oleh para founding fathers kita?" tanya Didi.

Kelima, selain cacat substansi, RUU Ciptaker ini juga cacat prosedur. Fraksi Partai Demokrat menilai, proses pembahasan hal-hal krusial dalam RUU Ciptaker ini kurang transparan dan akuntabel.

Pembahasan RUU Ciptaker ini tidak banyak melibatkan elemen masyarakat, pekerja dan jaringan civil society yang akan menjaga ekosistem ekonomi dan keseimbangan relasi tripartit, antara pengusaha, pekerja dan pemerintah.

Pemerintah Sebut Transparan

Menteri Ketenagakerjaan Hj Ida Fauziyah mengatakan, pihaknya menyadari di balik cita-cita mulia yang terkandung dalam RUU Cipta Kerja, terdapat riak-riak dinamika sosial, baik yang pro maupun yang kontra, terutama pada materi klaster ketenagakerjaan. Meski demikian Menaker memastikan bahwa pemerintah sangat terbuka atas berbagai masukan kontruktif.

Hal itu disampaikan Menaker saat menjadi keynote speaker dalam webinar bertema Peluang dan Tantangan RUU Cipta Kerja yang diselenggarakan Injabar dan Universitas Padjajaran, Jumat (28/8/2020).

"Proses panjang pembentukan RUU Cipta Kerja khususnya klaster ketenagakerjaan telah dilalui. Kami mulai kembali, kami review kembali dengan melibatkan partisipasi stakeholder, utamanya unsur pekerja, pengusaha juga unsur praktisi dan akademisi dari berbagai dimensi keilmuan," ujar Ida.

Bahkan meskipun RUU Cipta Kerja telah diserahkan dan tengah dibahas di DPR, Kementerian Ketenagakerjaan bersama serikat pekerja dan pengusaha terus melakukan pendalaman atas subtansi ketenagakerjaan dalm RUU Cipta Kerja.

"Pemerintah sangat terbuka atas berbagai masukan kontruktif, proses dilakukan secara transparan dan demokratis, serta mengedepankan kepentingan nasional," tegas Ida.

Dalam pemaparannya, Menaker menjelaskan, RUU Cipta Kerja adalah bagian dari ikhtiar yang diambil pemerintah guna mewujudkan visi Indonesia menjadi negara yang maju dan sejahtera.

Pemerintah melihat sejumlah peluang dan tantangan yang dihadapi Indonesia saat ini antara lain; pertumbuhan ekonomi yang masih rendah, angka pengangguran yang masih tinggi, perlunya pembangunan SDM yang berkualitas, tantangan perkembangan ekonomi digital dan tren teknologi yang mengubah lanskap bisnis sehingga mempengaruhi peta kebutuhan tenaga kerja.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ikuti Jejak Taeyeon SNSD, Hayeon Debut pada Tanggal yang Sama dengan Sang Kakak

Posted: 07 Oct 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Bakat di bidang tarik suara tampaknya mengalir deras di keluarga Taeyeon SNSD. Kini adik sang pelantun "Rain", Hayeon, mengikuti sang kakak dan debut jadi penyanyi solo, bersama perusahaan konten musik Enter Arts.  

Hayeon debut dengan lagu bertajuk "Eyes on You", yang dirilis pada Rabu (7/10/2020) kemarin.

Tak lama setelah "Eyes On You" dirilis, Taeyeon SNSD membantu mempromosikan lagu Hayeon. Ia mengunggah sejumlah cuplikan lagu ini di Instagram Stories, dan diakhiri dengan menyelipkan sebuah ucapan dengan nada sukacita.

"Selamat adikku," tulis Taeyeon SNSD.

5 Tahun Debut Taeyeon

Taeyeon SNSD debut lewat lagu I. (SM Entertainment/ http://taeyeon.smtown.com/)
Taeyeon SNSD debut lewat lagu I. (SM Entertainment/ http://taeyeon.smtown.com/)

Istimewanya, tanggal debut Hayeon bertepatan dengan ultah debut Taeyeon sebagai penyanyi solo. Pada 7 Oktober 2015, leader SNSD tersebut debut dengan lagu "I" yang sukses besar.

Bersama AI

Hayeon debut lewat
Hayeon debut lewat

Tak hanya soal tanggal debut, lagu perdana Hayeon ini terbilang istimewa. Diwartakan Allkpop, ini adalah kolaborasi antara teknologi Artificial Intelligent atau AI dengan produser musik sesungguhnya.

Kolaborasi Manusia dan Teknologi

Hayeon, adik Taeyeon SNSD (Instagram/ metal__koo)
Hayeon, adik Taeyeon SNSD (Instagram/ metal__koo)

Lagu ini awalnya diproduksi dan digubah oleh AI, kemudian direvisi oleh produser NUVO. Music director Conor Dalton dan Kyle Holand juga berpartisipasi dalam mastering dan mixing lagu ini.

Akan Merilis Konten Lain

Setelah debut, wanita kelahiran 1998 ini disebutkan akan merilis sejumlah konten musik lain pada akhir 2020. Kita tunggu saja ya. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: