Selasa, 13 Oktober 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Survei BI: Kegiatan Usaha Mulai Pulih di Kuartal III 2020

Posted: 13 Oct 2020 11:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bank Indonesia (BI) melaporkan, hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) mengindikasikan kegiatan dunia usaha membaik pada kuartal III 2020. Tercermin dari nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) yang membaik triwulan ini dibandingkan triwulan II-2020.

"SBT pada triwulan (kuartal) III-2020 sebesar -5,97 persen, membaik dari -35,75 persen pada triwulan II-2020," kata Kepala Departemen Komunikasi, Bank Indonesia, Onny Widjanarko dalam siaran persnya, Jakarta, Rabu, (14/10). Onny menjelaskan perbaikan kegiatan usaha terjadi pada seluruh sektor ekonomi. Perbaikan pada sektor Industri Pengolahan, sektor Perdagangan, Hotel & Restoran, sektor Pengangkutan & Komunikasi dan sektor Keuangan, Real Estate & Jasa Perusahaan.

"Kondisi ini didukung penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di berbagai wilayah. Perbaikan pada sektor Pertanian, Kehutanan dan Perikanan didukung oleh cuaca," kata dia.

Sejalan dengan kinerja kegiatan usaha, kapasitas produksi terpakai dan penggunaan tenaga kerja juga sudah menunjukkan perbaikan. Pada kuartal III 2020 tercatat lebih tinggi dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Sementara itu, kondisi keuangan dunia usaha dari aspek likuiditas dan rentabilitas juga menunjukkan perbaikan pada triwulan III-2020. Hal ini dipicu dengan akses kredit yang membaik.

Onny menjelaskan pada kuartal IV 2020 nanti, responden memprakirakan kegiatan usaha akan mencatat kinerja positif. SBT pada akhir tahun diperkirakan sebesar 2,12 persen.

Berdasarkan sektor ekonomi, peningkatan terjadi pada mayoritas sektor ekonomi. Terutama sektor Keuangan, sektor Real Estate & Jasa Perusahaan, sektor Perdagangan, Hotel & Restoran, dan sektor Pengangkutan & Komunikasi.

"Kegiatan usaha yang makin kuat pada triwulan IV-2020 sejalan dengan optimisme penerapan AKB yang dapat mendorong permintaan masyarakat," kata dia mengakhiri.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

BI Ramal Transaksi Berjalan Bakal Surplus di Kuartal III 2020

Ilustrasi Bank Indonesia
Ilustrasi Bank Indonesia

Bank Indonesia (BI) memperkirakan transaksi berjalan kuartal III 2020 mencatatkan surplus. Hal itu dipengaruhi perbaikan ekspor dan penyesuaian impor sejalan permintaan domestik yang belum kuat.

"Prakiraan ini didorong potensi kenaikan surplus neraca perdagangan triwulan (kuartal) III 2020 yang relatif besar dibandingkan dengan surplus pada triwulan sebelumnya," kata Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo dalam video konferensi Hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bulanan BI, Selasa (13/10/2020).

Pada Juli-Agustus 2020, neraca perdagangan mencatat surplus USD 5,57 miliar. Dengan prospek surplus neraca transaksi berjalan tersebut dan surplus neraca finansial, secara keseluruhan neraca pembayaran pada kuartal III 2020 diperkirakan mengalami surplus, meskipun terdapat aliran keluar investasi portofolio asing (net outflows) sebesar USD 1,24 miliar.

"Pada awal Oktober 2020, aliran masuk modal asing secara berangsur membaik sehingga per 9 Oktober 2020 tercatat net inflows sebesar USD 0,33 miliar," kata Perry.

Lalu, posisi cadangan devisa Indonesia akhir September 2020 tetap tinggi, yakni USD 135,2 miliar. Angka tersebut setara pembiayaan 9,5 bulan impor atau 9,1 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri Pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

"Ke depan, defisit transaksi berjalan keseluruhan tahun 2020 diprakirakan tetap rendah, di bawah 1,5 persen dari PDB, sehingga terus mendukung ketahanan sektor eksternal," kata Perry.

Neraca Dagang Juni Surplus, BI Perkirakan Defisit Transaksi Berjalan Rendah

Ilustrasi Bank Indonesia
Ilustrasi Bank Indonesia

Bank Indonesia (BI) mencatat ketahanan sektor eksternal ekonomi Indonesia tetap terjaga baik. Defisit transaksi berjalan pada kuartal II 2020 diperkirakan tetap rendah.

Ini dipengaruhi dengan membaiknya neraca perdagangan, sejalan dengan peningkatan ekspor sejumlah komoditas. Serta penurunan impor akibat masih lemahnya permintaan domestik.

"Data Juni 2020 menunjukkan neraca perdagangan di triwulan (kuartal) II mencatat surplus USD 2,9 miliar meningkat dari surplus triwulan sebelumnya sebesar USD 2,6 miliar," kata Gubernur BI, Perry Warjiyo dalam Pengumuman Hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bulanan BI - Juli 2020 secara virtual, Kamis (16/7/2020).

Sementara itu, Aliran modal asing dalam bentuk investasi portofolio pada kuartal II 2020 mencatat net inflows sebesar USD 10,2 miliar dolar AS.

BI memperkirakan aliran masuk modal asing kembali berlanjut meskipun pada awal Juli 2020 sempat menurun akibat kenaikan ketidakpastian pasar keuangan global.

Prospek berlanjutnya aliran masuk modal asing dipengaruhi likuiditas global, sejalan dengan pelonggaran kebijakan moneter negara maju.

Juga disertai tingginya daya tarik aset keuangan domestik dan tetap terjaga keyakinan investor terhadap prospek perekonomian domestik.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Uni Eropa Kenakan Tarif Impor Produk AS Imbas Kasus Boeing vs Airbus

Posted: 13 Oct 2020 11:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) telah mengabulkan Uni Eropa (UE) untuk memberlakukan tarif pada barang-barang Amerika Serikat (AS) senilai USD 4 miliar. Hal ini tentunya mempengaruhi pemasaran Boeing di daratan Eropa tersebut.

Sebelumnya pemerintah AS memberikan subsidi kepada Boeing. Akhirnya, subsidi tersebut dinilai memperdalam ketegangan perdagangan yang telah mendorong Washington untuk memberlakukan bea masuk atas impor UE.

Sebagai informasi, keputusan WTO tahun lalu telah mendorong Washington untuk mulai mengenakan tarif pada barang-barang UE senilai USD 7,5 miliar atas untuk Airbus, yang berlokasi di Inggris, Prancis, Jerman dan Spanyol.

Dilansir dari laman CNBC, Rabu (14/10/2020), keputusan WTO yang mengizinkan UE memberlakukan tarif atas barang-barang AS, dikhawatirkan dapat memicu ketegangan perdagangan trans-atlantik hanya dalam tiga minggu sebelum pemilihan presiden AS, yakni pada 3 November 2020 mendatang.

Meski begitu, negosiator di kedua belah pihak mengatakan hal itu pada akhirnya juga bisa mengarah pada diskusi untuk menyelesaikan pertarungan hukum selama 16 tahun atas subsidi kepada produsen pesawat Boeing dan Airbus.

Baik Amerika Serikat dan UE, telah mengisyaratkan minat untuk menyelesaikan perselisihan mengenai subsidi pembuat pesawat, meski terus menuding pihak lain menolak untuk berbicara secara serius.

Maskapai Penerbangan AS Akhirnya PHK Ribuan Staf Efek Covid-19

Ilustrasi American Airlines. (dok Bilaleldaou/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)
Ilustrasi American Airlines. (dok Bilaleldaou/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)

Pandemi Covid-19 berdampak besar terhadap sektor penerbangan. Salah satunya, maskapai penerbangan di Amerika Serikat (AS) yang mulai melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap ribuan pekerjanya. Ini setelah upaya untuk mendapatkan bantuan ekonomi baru dari pemerintah terhenti di kongres.

Seperti diketahui, maskapai penerbangan di seluruh dunia berbulan-bulan tak mendapatkan penumpang disebabkan pandemi. Kondisi berat yang harus dirasakan berdampak ke keuangan perusahaan.

Melansir laman BBC, Jumat (2/10/2020), maskapai penerbangan American Airlines mengatakan telah memecat 19 ribu pekerja. Sementara United Airlines melakukan PHK terhadap 13 ribu pekerja.

United Airlines, dalam sebuah pesan kepada karyawan mengatakan jika telah memohon para pemimpin negaranya segera mendapatkan kesepakatan soal bantuan demi menyelamatkan ribuan pekerja.

"Kepada 13 ribu anggota keluarga kami yang pergi, terima kasih atas dedikasi Anda dan kami berharap dapat menyambut Anda kembali," mengutip pernyataan United Airlines.

"Saya sangat menyesal kami telah mencapai hasil ini. Ini bukan apa yang layak untuk Anda semua," kata Chief Execuvitve Officer American Airlines Doug Parker dalam sepucuk surat kepada stafnya.

Kongres menyetujui bantuan yang disepakati pada awal tahun sebagai bagian dari bantuan dan undang-undang keamanan ekonomi akibat Virus Corona. Syaratnya, operator tidak memberhentikan pekerja sampai 1 Oktober 2020.

PHK meningkatkan tekanan pada Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin dan Ketua DPR Nancy Pelosi yang telah mencoba untuk menyetujui rencana bantuan tindak lanjut untuk ekonomi AS yang sedang kesulitan.

Demokrat, yang mengendalikan DPR, telah mendorong paket stimulus USD 2,2 triliun (£ 1,7 triliun). Sementara Gedung Putih ingin hanya USD 1,6 triliun. Proposal terbaru ini termasuk bantuan USD 20 miliar bagi maskapai penerbangan yang kesulitan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Resep Tahu Susu Homemade, Mudah Dibuat di Rumah

Posted: 13 Oct 2020 11:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Resep tahu susu homemade cukup mudah dipraktikkan. Pecinta kuliner pasti pernah mencoba resep ini. Tahu susu merupakan salah satu cemilan kekinian yang tengah menjadi tren baru-baru ini. Teksturnya yang sangat  lembut dan lumer layaknya susu, membuat camilan satu ini banyak digemari oleh masyarakat. 

Tahu susu memiliki dua macam jenis yakni tahu susu khas Jombang dan tahu susu khas Lembang. Meski ada sedikit perbedaan tekstur di bagian luarnya, namun keduanya tetap memiliki rasa yang lezat.

Selain gorengan, tahu susu merupakan camilan yang sangat cocok untuk menjadi teman kopi di sore hari. Selain itu, tahu susu juga sangat awet dan bisa disimpan selama beberapa hari untuk stok di freezer. 

Meski terkesan rumit, tapi sebenarnya resep tahu susu homemade cukup mudah dan bisa dipraktikkan. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat tahu susu, berikut ini merupakan rekomendasi resep tahu susu yang telah dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Rabu (14/10/2020).

Resep tahu susu homade

Tahu Amanah dari bandung ini lezat sekaligus sehat karena terbuat dari susu
Tahu Amanah dari bandung ini lezat sekaligus sehat karena terbuat dari susu

Bahan-bahan:

- 6 buah tahu (berat 1 buah tahu kurleb 170 gram)

- 1200 ml air (secukupnya sampai tahu terendam)

- 5 siung bawang putih,ulek halus

- 1 sdt garam (tingkat keasinan sesuaikan selera)

- 1 sdt kaldu bubuk

- 1/2 sdt ketumbar bubuk

- 1 sdt baking powder

- 1 sdt soda kue

- Minyak untuk menggoreng

 

Cara Membuat:

1. Cuci bersih tahu lalu potong sesuai selera,saya potong masing2 tahu jadi 4 potong. Rebus air sampai mendidih. Setelah mendidih matikan api kompor,masukkan bawang putih yang telah dihaluskan, garam,kaldu bubuk,ketumbar bubuk,soda kue dan baking powder,aduk sampai tercampur rata.

2. Masukkan tahu lalu rendam selama 3 jam di suhu ruang.Setelah 3 jam,angkat tahu dan tiriskan.

3. Panaskan minyak goreng sampai benar-benar panas. 

4. Masukkan tahu, goreng dengan api sedang sampai tahu benar-benar kering dan berkulit lalu balik.

5. Lanjut goreng sampai matang,angkat dan tiriskan.

6. Sajikan selagi hangat dengan cabe rawit, sambal petis, sambel kecap atau saus sambal favorit.

Resep tahu susu lumer

Resep tahu susu lumer. (Sumber: Instagram/lokalan.indonesia)
Resep tahu susu lumer. (Sumber: Instagram/lokalan.indonesia)

Bahan-bahan:

- 5 potong tahu putih

- 5 siung bawang putih (haluskan)

- 1 sdm kaldu bubuk

- 1 sdt garam

- 1 sdt soda kue

- 1 sdt baking powder

- 500 ml air/boleh lebih kalo di rasa air kurang

 

Cara Membuat:

1. Rebus air hingga mendidih, masukan bawang putih, garam, kaldu bubuk, soda kue dan baking powder. Matikan api

2. Potong-potong tahu sesuai selera lalu rendam dengan menggunakan air yang sudah direbus. Tahu harus benar2 terendam di air lalu diam selama 3 jam.

3. Jika ingin menggoreng tahu, tiriskan tahu lalu panaskan minyak agak banyak. Goreng tahu hingga berkulit.

4. Jika di simpan di kulkas taruh tahu dalam wadah bersama air rendamannya. Sajikan tahu goreng. Krispi di luar lembut di dalam

Resep tahu susu Jombang

Ilustrasi/copyright shutterstock.com/kariphoto
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/kariphoto

Bahan-bahan:

- 6 potong tahu

- 3 siung bawang putih

- 1 sst masako

- 1 sdt baking soda

- 1 sdt baking powder

- 1000 ml air

 

Cara Membuat

1. Potong tahu bentuk dadu (sesuai selera)

2. Haluskan bawang putih

3. Panaskan air lalu masukkan bawang putih dan masako

4. Setelah mendidih lalu matikan kompor. Masukkan baking soda dan baking powder. Aduk hingga merata. Lalu masukkan tahu diamkan selama 5 jam. Setelah itu. Pindahkan tahu ke wadah lain. Air rendaman bisa d buang. Lalu masukkan tahu ke dalam kulkas selama 5 jam, fungsinya agar tahu tidak mudah hancur saat digoreng.

5. Panaskan minyak goreng, Lalu goreng tahu secara perlahan. Setelah garing berwarna kecoklatan, angkat tahu dan sisihkan.

6. Tahu susu siap disajikan

Resep tahu susu kukus makaroni

Tips menggoreng tahu./Copyright shutterstock.com/g/bonchan
Tips menggoreng tahu./Copyright shutterstock.com/g/bonchan

Bahan-bahan:

- 2 buah tahu putih (saya 3 buah krn tahunya ukuran kecil)

- 2 sdm susu bubuk

- 2 butir telur ayam

- 2 sdm maizena

- 1 sdt merica bubuk

- 1 sdm kaldu jamur

- Secukupnya garam

- 1 sdt bubuk garlic (saya skip pakai bawang putih ulek halus)

- 1 buah wortel parut

- Secukupnya keju parut

- 2 lembar isian burger (saya 3 buah sosis)

- 100 gr makaroni rebus dan tiriskan

 

Cara membuat:

1. Siapkan wortel parut, daun bawang iris, tahu putih yang sudah dihaluskan, keju parut dan tepung maizena aduk rata

2. Tambahkan telur, kaldu jamur, bawang putih yang sudah di haluskan, merica, garam, susu bubuk. Masukkan sosis yang sudah di potong-potong, aduk rata

3. Panaskan kukusan. Masukkan adonan tahu ke dalam cetakan beri topping sosis dan keju parut diatasnya. Kukus hingga matang. 

4. Hidangkan selagi hangat.

Resep rolade tahu susu

Kali ini tahu akan menjadi bahan utama olahan menu makan siang
Kali ini tahu akan menjadi bahan utama olahan menu makan siang

Bahan-bahan:

- 2 kotak tahu besar (4kotak tahu kecil)

- 1 buah wortel, di serut gunakan serut keju

- 1 lonjor daun bawang,iris tipis2

- 1 buah telur (bs skip)

- 5 sdt tepung panir

- 1 sdt garam

- 1 sdt merica bubuk

- 1 sdm susu bubuk

- 1 sdt bawang putih bubuk homemade

- 1/2 sdt bubuk kaldu

- 2 butir telur untuk kulit dadar

 

Cara Membuat:

1. Haluskan tahu lalu campur dng susu, parutan wortel, daun bawang aduk rata. Lalu tambahkan merica bubuk, garam,bubuk kaldu dan bubuk bawang putih.

2. Aduk-aduk lagi hingga rata

3. Pecahkan 1 butir telur lalu aduk rata dan beri tepung panir, aduk- aduk kembali

4. Pecahkan telur lalu kocok lepas buat dadar tipis. 

5. Letakkan telur dadar isi dengan adonan tahu gulung lalu siapkan aluminium foil dan gulung sambil ditekan dan ujung kanan kiri dikunci rapat. Siapkan panci kukusan,nyalakan dengan api sedang.

6. Lakukan penggulungan rolade berikutnya. 2 telur jadi 2,5 kulit dadar

7. Kukus selama 20 menit.

8. Setelah itu dinginkan dan potong-potong.

9. Goreng dengan api sedang

10. Sajikan bersama sambal favorit selagi masih hangat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Norwegia Tuding Rusia di Balik Serangan Siber ke Parlemennya

Posted: 13 Oct 2020 11:03 PM PDT

Liputan6.com, Oslo - Pemerintah Norwegia meyakini Rusia berada di balik serangan dunia maya pada Agustus 2020, yang menargetkan sistem email parlemen negara itu. Dalam serangan itu, peretas memperoleh akses ke pesan beberapa anggota parlemen. 

"Berdasarkan informasi yang dimiliki pemerintah, menurut kami Rusia bertanggung jawab atas kegiatan ini," kata Menteri Luar Negeri Ine Eriksen Soreide dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Channel News Asia, Rabu (14/10/2020), 

Kedutaan Rusia di Oslo menggambarkan tuduhan itu, yang ditolak dengan keras, sebagai "provokasi serius".

"Tidak ada bukti yang diberikan. Kami menganggap tuduhan seperti itu terhadap negara kami tidak dapat diterima. Kami menganggap ini sebagai provokasi yang serius dan disengaja, merusak hubungan bilateral," kata kedutaan di halaman Facebook-nya, menambahkan pihaknya mengharapkan Oslo untuk memberikan "penjelasan."

 

Serangan Siber Terhadap Norwegia

Bendera Norwegia. (Pixabay)
Bendera Norwegia. (Pixabay)

Kementerian luar negeri Oslo tidak merinci informasi apa yang mendorong kesimpulannya, tetapi mendorong perusahaan untuk mengikuti pedoman tentang keamanan dunia maya.

"Ini adalah insiden yang sangat serius karena mempengaruhi lembaga demokrasi terpenting kami," kata Eriksen Soreide.

Dalam penilaian ancaman tahunan yang diterbitkan pada bulan Februari, dinas intelijen domestik PST Norwegia memperingatkan "operasi jaringan komputer" yang mereka katakan mewakili "ancaman jangka panjang dan terus-menerus terhadap Norwegia".

Pada tahun 2018, anggota NATO Norwegia menangkap seorang warga Rusia yang diduga mengumpulkan informasi di jaringan internet parlemen, tetapi membebaskannya beberapa minggu kemudian karena kurangnya bukti.

Pada bulan Agustus, pemerintah Oslo juga mengusir seorang diplomat Rusia yang ditemukan dalam sebuah restoran yang bertemu dengan seorang warga negara Norwegia yang dicurigai sebagai mata-mata Moskow. Rusia menanggapi dengan mengusir seorang utusan Norwegia.

Kedua negara, yang berbagi perbatasan bersama di Kutub Utara, umumnya menikmati hubungan baik tetapi hubungan itu menjadi tegang sejak aneksasi Rusia atas semenanjung Krimea pada 2014.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inspiratif, Sukses Jadi Manager Influencer, Pria Ini Dulunya Driver Ojol

Posted: 13 Oct 2020 11:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang menyangka, Jehian Panangian Sijabat atau yang akrab dipanggil Benk Ian ini sempat menjadi pengendara ojek online. 

Di kala, kebanyakan temannya memilih pekerjaan paruh waktu jadi barista dan pelayan untuk tambahan uang jajan. Sebaliknya, Ian memutuskan untuk menjadi ojol semasa kuliahnya. 

Beruntung usai bergabung dirinya memiliki pengalaman yang membekas hati. Di antaranya ketika dia tengah mengemudi ada saja tingkah konsumen yang memintanya untuk jadi tutor. 

Pengalamannya Sebagai Ojol

(@jehianps/twitter.com)
(@jehianps/twitter.com)

Bermodalkan motor yang dimiliki sejak di awal masa perkuliahannya pada 2016, Jehian mulai mengantarkan para konsumennya ke tempat tujuan. 

Sambil mengemudi, tak jarang mereka sempat meminta kakak dari Jerome Polin ini untuk mengajarkan sekaligus mengerjakan tugas fisika. 

"Pernah ada yang minta diajarin fisika buat prnya, terus pas kasih bintang dia kasih komentar makasih uda bantuin pr fisika," tulisnya di kolom komentar. 

Bahkan pengalaman konsumen ini sempat diceritakan melalui drama ojol, tetapi nama dan foto Jehian disensor. Sehingga belum banyak yang tahu dengan profesi sampingannya. 

 

 

 

Profesi Sampingan Lainnya

(@jehianps/twitter.com)
(@jehianps/twitter.com)

Banyak pelajaran yang dipetik olehnya di tengah menjadi ojol, dia bisa bercengkerama dengan orang-orang sekitar yang menambah nilai-nilai kehidupan.

Lelaki lulusan ITB ini juga berhati mulia karena menyumbangkan penghasilan sebagai ojek online bagi korban di Palu yang dilanda tsunami pada 28 September 2018.

Selama berkuliah di Institut Teknik Bandung, dia juga mengajukan diri sebagai pengajar privat baik tingkat SD, SMP, SMA yang ditawarkan lewat grup aplikasi media sosial, Line. 

Selain pintar, berkat bakatnya bermain alat musik Jehian juga menjadi pemusik di acara ulang tahun anak kecil. Talenta yang dimiliki sangat menunjang kehidupannya semenjak merantau di Bandung. 

 

Respon Warganet

Unggahan manager influencer terkenal ini mengejutkan warganet karena sebagian dari mereka banyak yang belum tahu. Menariknya, ada dari mereka yang pernah punya dibonceng oleh Benk Ian. Dan ada juga yang mengapresikan semangat kerja keras yang dilalui Jehian.

"Dari sini makin tahu perjuangab benkiann bener² dr bawah makin tahu kalo benkyan is a person who is always responsible for what he does. always sincere to give anything for others. Fans bngtt sama benkyaan," tulis akun @diarintrovert.

"Keren beng.. tapi gitu sih serunya jadi anak rantau. Walaupun cape, tapi tetep dibawa fun aja. Aku yang kepengen jadi anak rantau malah ga kesampean, menurutku pengalaman2 kayak gitu yang jauh lebih berharga sih," balas akun @@hobby_ngehalu.

"Wkwkwk sepertinya bener. Aku pernah naik grabnya, namanya sering liat kyknya," balas akun @dwjlnti.

"Ya ampun benk yennn dari kamu aku belajar banyak hal❤❤," sahut akun @sunandmoonflwrs.

"PERNAH DAPET DRIVERNYA BANG IAN," ucap akun @faridaanggunc.

Penulis 

Ignatia Ivani

Universitas Multimedia Nusantara

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Brio Jadi Penyelamat Honda di Tengah Pandemi Covid-19

Posted: 13 Oct 2020 11:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penjualan PT Honda Prospect Motor (HPM) di akhir kuartal ketiga tahun ini mencatatkan tren positif. Sepanjang September 2020, pabrikan berlambang huruf H ini membukukan angka retail sebanyak 5.835 unit secara nasional atau meningkat 20 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Masih dari data penjualan yang dikirimkan kepada Liputan6.com, secara total jenama asal Jepang ini mengumpulkan sebanyak 55.548 unit selama sembilan bulan tahun ini.

Honda Brio berkontribusi 62 persen, dengan penjualan sebesar 3.622 unit, sekaligus menjadikannya model dengan penjualan tertinggi di Indonesia pada September 2020. Honda Brio Satya menjadi model dengan penjualan tertinggi, dengan total 2.507 unit, meningkat 33 persen dibanding bulan sebelumnya. Sementara itu, penjualan Honda Brio RS juga meningkat sebesar 80 persen, dari 621 unit menjadi 1.115 unit bulan lalu.

Model-model Honda lainnya juga menunjukkan tren yang positif, seperti Honda Mobilio yang terjual sebanyak 526 unit, meningkat 29 persen dari Agustus yang tercatat sebesar 408 unit. Honda HR-V 1.5L terjual sebanyak 773 unit, meningkat 3 persen dari bulan sebelumnya yang terjual sebesar 751 unit.

Honda Civic Sedan terjual 43 unit, meningkat 39 persen dari bulan sebelumnya yang terjual 31 unit dan Honda Odyssey yang terjual 13 unit pada September, meningkat dari bulan sebelumnya yang hanya terkirim 4 unit.

Model Lain

Selain itu, Honda Jazz juga turut berkontribusi dalam penjualan Honda, dengan menyumbangkan penjualan sebesar 328 unit, Honda CR-V 253 unit, Honda BR-V 154 unit, Honda Civic Hatchback 87 unit, Honda City 18 unit, Honda Accord 17 unit, dan Honda HR-V 1.8L 1 unit.

Dijelaskan Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, pihaknya bersyukur Honda dapat mempertahankan tren penjualan yang positif dalam kondisi pasar yang masih belum stabil di kuartal ketiga tahun ini. 

Stabilitas Pasar

"Pencapaian tersebut didukung oleh aktivitas ekonomi yang mulai berjalan secara bertahap serta kemudahan konsumen melakukan pembelian melalui lembaga pembiayaan dan berbagai program penjualan yang kami tawarkan. Tentunya kami akan terus memonitor perkembangan kondisi di kuartal terakhir tahun ini dan berharap stabilitas pasar dan ekonomi akan terus terjaga," ujar Billy dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Selasa (13/10/2020).

 

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Imutnya Bayi Jerapah Afrika Bernama Corona di Taman Safari Prigen

Posted: 13 Oct 2020 11:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Taman Safari Prigen kehadiran satu anggota baru. Seorang bayi jerapah Afrika dari spesies Giraffa camelopardalis yang dinamai Corona Salsabilla menambah koleksi hewan berleher panjang itu jadi lima ekor.

"Jerapah lahir pada 5 Agustus 2020 dan diberi nama Corona, mengingat saat ini masih dalam masa pandemi," kata General Manager Taman Safari Prigen, Diaz Yonadie, dikutip dari keterangan resmi di laman tamansafari.com, Rabu (14/10/2020).

Corona lahir dari induk betina bernama Niken dan induk jantan bernama Dhafi. Kelahirannya dipantau melalui kamera pengawas oleh tim medis dan perawat satwa.

Proses kelahirannya terbilang cepat, yakni hanya dua jam. Menurut pemandu dalam tayangan IG TV Baby Girrafe Bernama Corona, sejam setelah lahir, Corona langsung menyusu pada induknya. Tingginya saat lahir 110 cm saja, tapi dalam kurun waktu 40 hari, tinggi bayi jerapah betina itu sudah mencapai 180 cm.

Saat ini, Corona sudah mulai diperkenalkan dengan makanan, selain susu ibunya. Jenisnya adalah rumput yang dikunyah oleh sang induk.

"Corona belum bisa dikeluarkan karena masih dalam masa pemantauan," kata pemandu itu.

Berdasarkan informasi dokter hewan Taman Safari Prigen, Nanang Tedjo Laksono, jerapah, baik jantan maupun betina, akan memasuki masa dewasa secara seksual pada usia 3--4 tahun. Perkawinan jerapah terjadi sepanjang tahun, terutama pada musim penghujan. Masa kehamilan berlangsung antara 12--14 bulan.

Betina biasanya akan hamil untuk pertama kali pada usia empat tahun. Jerapah betina melahirkan dalam posisi berdiri.

"Jerapah adalah hewan yang tidak teritorial, hewan sosial, membentuk suatu kawanan dengan anggota yang tidak tetap. Betina cenderung berasosiasi dengan jerapah lain, terutama saat punya anak. Jantan biasanya meninggalkan induknya pada usia tiga tahun," tutur Nanang.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Bayi Singa

Ilustrasi bayi singa. (dok Foto Kurt Cotoaga/Unsplash)
Ilustrasi bayi singa. (dok Foto Kurt Cotoaga/Unsplash)

Selain jerapah, Taman Safari Prigen juga menyambut kelahiran tiga bayi singa pada 10 Juni 2020. Ketiganya dinamai Abra, Caga, dan Ahmad.

"Bayi singa Abra, Caga dan Ahmad lahir dari indukan jantan bernama Frans dan betina Fina. Sedangkan bayi jerapah bernama Corona lahir dari pejantan Dhafi dan Niken," ujar Nanang.

Ia menerangkan, singa betina dikatakan dewasa pada usia 3--4 tahun, sedangkan jantan di usia 4--5 tahun. Masa kebuntingan singa sekitar 105--114 hari atau setara 3,5 bulan. Induk singa akan mencari tempat yang aman dan nyaman untuk proses melahirkan dengan jumlah anak rata-rata berkisar 2--6 ekor.

Mengingat dalam kondisi pandemi, Taman Safari Prigen membuka kesempatan publik untuk berkontribusi dalam program Aku Cinta Satwa. Peserta bisa menyumbang segala macam bentuk pakan satwa atau berupa dana yang bisa ditransfer ke nomor rekening resmi. (Vriskey Herdiyani)

Infografis Ekonomi Indonesia di Tengah Wabah Corona (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ekonomi Indonesia di Tengah Wabah Corona (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jumlah Pasien di RSJ Jabar Meningkat Selama Pandemi COVID-19

Posted: 13 Oct 2020 11:01 PM PDT

Liputan6.com, Bandung Direktur Utama Rumah Sakit Jiwa Jawa Barat (RSJ Jabar) Elly Marliyani mengatakan terdapat peningkatan jumlah pasien.

"Terbukti sejak pandemi, terjadi peningkatan kunjungan pasien gangguan cemas di RSJ sampai dengan September 2020 sebanyak 14 persen dibandingkan bulan yang sama pada tahun 2019," ujar Elly dalam keterangan resminya ditulis Bandung, ditulis Rabu (14/10/2020).

Berdasarkan survei Puslitbangkes Kemenkes pada 2020, sekitar 6,8 persen masyarakat Indonesia mengalami gangguan cemas. Dari angka tersebut, 85.3 persen di antaranya tidak memiliki riwayat gangguan psikiatri. 

Apalagi pada masa pandemi COVID-19 yang berdampak buruk pada kesehatan mental masyarakat. Menurut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, terdapat beberapa hal yang membuat kesehatan masyarakat terganggu di tengah pandemi COVID-19 dari berbagai hal.

"Informasi ketidakjelasan kapan situasi pandemi akan berakhir, belum hadirnya vaksin, isu isolasi sosial, stigma, kehilangan pekerjaan, perubahan cara belajar mengajar, dan tingginya juga kekerasan rumah tangga sebagai dampak terjadinya perceraian itu adalah sesuatu yang tidak bisa kita sepelekan," ujar Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil menyatakan hoaks soal pandemi COVID-19 dapat membuat takut dan meningkatkan kecemasan masyarakat. Maka sebut Ridwan Kamil, diperlukan kedewasaan masyarakat dalam memanfaatkan media sosial harus terus dikampanyekan. 

Masalah yang muncul ungkap Ridwan Kamil, bukan soal mencari informasi tetapi memilah informasi. Untuk itu, situasi berita negatif tentu harus kita kontrol.

"Juga pada anak-anak ada sistem yang mengharuskan menjalani pendidikan di rumah atau jarak jauh. Ini juga membuat stres kepada anak dan orang tua apalagi keterbatasan internet dan lainnya. Sungguh sangat memprihatinkan," katanya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Konsultasi Jiwa Online

Menjawab meningkatnya jumlah pasien, RSJ Jabar memiliki program konsultasi jiwa online (KJOL). Dengan program ini masyarakat dapat berkonsultasi secara virtual dengan psikiater atau psikolog. Sehingga, dari rumah masyarakat bisa mendapatkan bantuan untuk kesehatan jiwa. 

Selain itu, ungkap Elly, screening melalui website pun dapat dilakukan seperti screening kesehatan jiwa, kecanduan gadget, deteksi dini bunuh diri dan tes lainnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Per 13 Oktober, Pemerintah Telah Salurkan 288 Ribu Ton Beras Bansos

Posted: 13 Oct 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Sosial, Perum Bulog dan pihak transporter berkomitmen untuk mempercepat penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) Beras 2020. Hal ini disepakati pada Rapat Evaluasi dan Percepatan Penyaluran Bantuan Sosial Beras bertempat di Hotel Grand Mercure Harmony di Jakarta, Rabu 14 Oktober 2020.

Rapat evaluasi tersebut dihadiri langsung oleh Dirjen Pemberdayaan Sosial Kementerian Sosial, Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog serta Direksi dari Pihak Transporter. Selain itu turut hadir juga Kepala Dinas Sosial Provinsi, Pemimpin Kantor Wilayah Bulog, Koordinator Provinsi Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH), dan transporter provinsi di seluruh Indonesia secara virtual.

Dirjen Pemberdayaan Sosial Kementerian Sosial Edi Suharto mengatakan, rapat ini bertujuan untuk melakukan evaluasi, menginventarisir kendala-kendala, dan mencari solusi agar penyaluran Bansos Beras agar dapat segera diselesaikan sesuai target dengan mengacu pada aturan yang ada.

"Kami harapkan dukungan dari Perum Bulog untuk dapat mendorong Transporter lebih cepat dalam pendistribusian, demikian juga Transporter perlu lebih optimal dalam menyampaikan Bansos Beras hingga diterima keluarga penerima manfaat," kata Edi, Rabu (14/10/2020).

Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog Triyana menegaskan, pihaknya berkomitmen untuk memastikan kualitas dan kuantitas beras di pintu gudang Bulog di seluruh wilayah Indonesia. Proses selanjutnya diserahkan kepada jasa pengangkut/transporter yang ditunjuk oleh Kementerian Sosial.

Menurut laporannya, realisasi penyaluran beras bansos hingga 13 Oktober 2020 telah mencapai 288.178 ton. Jumlah itu sekitar 64 persen dari stok beras Bulog sebesar 450 ribu ton untuk alokasi 3 bulan penyaluran di seluruh wilayah Indonesia.

"Memperhatikan realisasi tersebut, maka masih tersisa sebesar 161.822 ton untuk segera disalurkan, untuk itu perlu percepatan penyaluran Bansos Beras ini pada sisa hari di bulan Oktober ini," ungkap Triyana.

"Kami menyadari bahwa tugas ini akan berjalan dengan baik apabila terdapat sinergi diantara seluruh pihak yang terlibat yaitu pihak transporter PT DNR dan PT BGR, Dinas Sosial, serta rekan-rekan Pimwil (Pimpinan Wilayah) Bulog. Untuk itu saya berharap kepada seluruh pihak yang terlibat untuk bekerjasama dalam menyukseskan program ini," tandasnya.

Mensos Salurkan Bansos Senilai Rp 9 Miliar di Natuna

(Foto:Dok.Kemensos RI)
(Foto:Dok.Kemensos RI)

Menteri Sosial Juliari P. Batubara beserta jajaran mendarat di pulau Natuna sebagai pulau terluar yang berhadapan langsung dengan Laut China Selatan

Dalam lawatannya Mensos menyaksikan penyaluran bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat pesisir yang berada di ujung negeri Indonesia.

Menurut Mensos, hadirnya di Natuna Ini adalah kunjungan pertama Mensos Juliari di kawasan terluar terpencil dan tertinggal (3T) dalam hal ini Natuna. Mensos menyatakan, kunjungannya menbawa misi strategis yakni bahwa negara hadir untuk seluruh warga negara, termasuk warga di kawasan 3T.

"Salam dari Bapak Presiden Joko Widodo kepada bapak/ibu. Beliau memerintahkan kepada saya, agar memastikan masyarakat di seluruh pelosok tanah air, termasuk di perbatasan merasakan kehadiran negara, " Kata Juliari Menteri sosial RI disela sela pidatonya di Hadapan masyrakat di Ranai, Kabupaten Natuna. Selasa (22/9/2020).

Mensos mengatakan kedatanganya ke Natuna untuk memastikan, masyarakat di sini menerima bantuan terutama untuk meringankan beban akibat pandemi.

Iapun mengaku kunjungan ke Natuna memang kunjungan yang pertama, namun bukan yang terakhir.

"Saya juga akan berkunjung ke kawasan 3T lainnya memastikan negara hadir di tengah-tengah masyarakat, " kata kata Juliari P Batubara dalam siaran tulisnya yang di terima Liputan6.com.

Ada dua jenis bantuan sosial yang distribusinya disaksikan Mensos di Natuna, yakni Bansos Sembako #Kemensos Hadir dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

Untuk bansos sembako, disalurkan sebanyak 985 paket melalui Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI. Bansos sembako selanjutnya disalurkan kepada 2.552 keluarga di 14 desa di perbatasan. Secara simbolik bansos diserahkan Menteri Sosial kepada Kepala Bakamla Laksdya Aan Kurnia, di Pelabuhan Perikanan Selat Lampa, Natuna.

Untuk BST disalurkan kepada sebanyak 5.784 keluarga penerima manfaat (KPM) BST di Kabupaten Natuna dengan nilai total sebesar Rp 1.735.200.000. Selain itu, sebanyak 3.175 KPM di Kabupaten Natuna juga tercatat masuk dalam program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/Program Sembako, dengan nilai total sebanyak Rp 7.302.500.000.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kualifikasi Piala Dunia 2022: Neymar Lewati Rekor Ronaldo

Posted: 13 Oct 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, La Paz- Neymar berhasil melewati rekor Ronaldo Nazario Luis da Lima usai mencetak hattrick saat Brasil kalahkan Peru 4-2 pada kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika selatan, Rabu (14/10/2020) pagi. Neymar kini menjadi pemain Brasil tersubur kedua di bawah Pele.

Neymar mencetak tiga gol; dua diantaranya lewat penalti sedangkan satu lagi lewat tendangan jarak dekat di injury times. Bintang PSG itu kini sudah mencetak 64 gol untuk Brasil dari 103 pertandingan.

Ronaldo sebelumnya berada di posisi kedua dengan 62 gol dari 98 pertandingan dengan Timnas Brasil. Namun Ronaldo punya prestasi mentereng dengan memenangi dua gelar Piala Dunia, dua Copa America dan Piala Konfederasi.

Hanya Pele yang ungguli keduanya dengan 77 gol. Kemampuan Neymar mendapatkan pujian dari kiper legendaris Taffarel.

Dia meyakini Neymar bakal membawa Brasil kembali ke kejayaan. Neymar memberi asa Brasil bisa meraih gelar juara Piala Dunia untuk keenam kali.

 

Pemain Hebat

Pemain Brasil Neymar (kiri) dan Roberto Firmino merayakan gol Richarlison ke gawang Peru pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 di National Stadium, Lima, Peru, Selasa (13/10/2020). Brasil menang 4-2 dengan lewat hattrick dari Neymar. (Daniel Apuy, Pool via AP)
Pemain Brasil Neymar (kiri) dan Roberto Firmino merayakan gol Richarlison ke gawang Peru pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 di National Stadium, Lima, Peru, Selasa (13/10/2020). Brasil menang 4-2 dengan lewat hattrick dari Neymar. (Daniel Apuy, Pool via AP)

Taffarel juga meyakini Neymar bakal dianugerahi pemain terbaik FIFA kalau saja PSG menang lawan Bayern Munchen di final Liga Champions lalu.

"Neymar pemain hebat. Dia main dengan cara yang luar biasa. Dia mendribel bola dengan hebat, merancang gol dan cetak gol," ujarnya seperti dikutip situs FIFA.

"Dia pemain sangat penting buat kami. Kami berharap dia bisa terus ada di puncak permainannya dan membantu Brasil memenangkan Piala Dunia lagi."

 

Liku Liku

 

Neymar menjalani musim yang berliku dengan PSG. Setelah pulih dari PSG, dia langsung kena kartu merah saat kalah dari Marseille.

"Saya sangat ingin Neymar menangkan Liga Champions dan lalu jadi pemain terbaik FIFA," ujarnya.

Saksikan video Neymar berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Netflix Setop Trial Gratis untuk Pengguna AS

Posted: 13 Oct 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Netflix pada Selasa (13/10/2020) mengatakan telah menghentikan penawaran trial gratis untuk pengguna di Amerika Serikat (AS). Perusahaan akan mencari strategi promosi lain.

"Kami mencari promosi pemasaran berbeda di AS untuk menarik pengguna baru, dan memberikan pengalaman Netflix terbaik untuk mereka," ungkap juru bicara Netflix, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (14/10/2020).

Netflix pun telah menarik opsi trial gratis dari situs website di AS.

The Verge melaporkan, Netflix mulai menghapus opsi tersebut untuk pengguna di AS mulai bulan ini. Sebelumnya, perusahaan selama dua tahun terakhir secara bertahapp menghapus opsi itu di sejumlah negara di dunia.

Netflix Komentari Pernyataan Penulis Tiongkok soal Muslim Uighur

Ilustrasi Netflix. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Ilustrasi Netflix. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Lebih lanjut, Netflix pada bulan lalu menanggapi kekhawatiran para senator AS atas rencana perusahaan mengadaptasi trilogi buku fiksi ilmiah Tiongkok karya Liu Cixin. Perusahaan menegaskan tidak setuju dengan pandangan Liu mengenai perlakuan pemerintah Tiongkok terhadap muslim Uighur.

Lima senator AS mendesak Netflix untuk mempertimbangkan kembali rencana mengadaptasi buku tersebut. Mereka menilai Liu telah membela tindakan keras pemerintah Tiongkok terhadap etnis Uighur, dan muslim lainnya di wilayah Xinjiang.

Netflix menegaskan tidak setuju dengan pernyataan Liu.

"Liu adalah penulis buku, bukan pencipta acara ini. Kami tidak setuju dengan komentarnya, yang sama sekali tidak terkait dengan bukunya atau acara Netflix ini," ujar Vice President Global Public Policy Netflix, Dean Garfield, melalui sebuah surat kepada para senator.

Pernyataan Liu

Pernyataan Liu yang dimaksud, disampaikannya kepada majalah New Yorker pada tahun lalu.

"Pemerintah sedang membantu perekonomian mereka, dan mencoba mengangkat mereka keluar dari kemiskinan. Jika Anda sedikit melonggarkan negara, konsekuensinya akn menakutkan," kata penulis asal Tiongkok tersebut.

AS dan kelompok hak asasi manusia mengkritik perlakuan Tiongkok terhadap muslim Uighur. Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Tiongkok berulang kali membantah keberadaaan kamp interniran di Xinjiang, serta menyebut fasilitas tersebut sebagai lembaga kejuruan dan pendidikan.

(Din/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Emak-Emak Tabrak Kawat Berduri karena Asyik Mengobrol, 'Ohh Ina...'

Posted: 13 Oct 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Palu - Nasib apes menimpa dua ibu di Kota Palu sesaat setelah demo menolak UU Omnibus Law berakhir. Dengan sepeda motor, dua emak-emak itu menabrak barikade kawat berduri yang dipasang polisi.

Aksi yang digelar mahasiswa se-Kota Palu menolak UU Omnibus Law, Senin (12/10/2020) selesai sekitar pukul 17.30 Wita. Tak ada lagi kerumunan massa aksi di sekitar jalan Samratulangi sore itu. Yang tersisa tinggal personel polisi, kendaraan taktis, dan bentangan kawat berduri yang menutup akses pengendara. Lalu lintas dari arah selatan berbelok ke jalan Cik Ditiro dan Hj Hayun pun mulai lancar setelah polisi membuka kembali jalur itu.

Tiba-tiba, dari arah selatan dua orang yang berboncengan dengan motor matik melaju lurus menabrak kawat berduri itu. Polisi di lokasi yang baru saja beristirahat kaget, sebagian malah heran. Bagaimana bisa kawat berduri besar dan panjang yang telah terpasang sehari sebelumnya itu bisa tertabrak pengendara. Apalagi saat didekati ternyata dua orang ibu-ibu dengan motor matik sudah tersangkut di antara alat penghalang massa milik polisi itu.

Dengan susah payah polisi berusaha mengeluarkan kedua ibu yang terjebak itu. Bahkan, saking dalamnya mereka tersangkut masuk, polisi terpaksa harus memotong kawat-kawat itu. Akibat insiden itu, ibu-ibu malang ini terluka di bagian tangannya.

"Keduanya dibawa petugas ke rumah sakit setelah itu langsung diantar pulang ke rumah mereka di Kelurahan Tondo," kata Kabid Humas Polda Sulteng, Kombes Pol Didik Supranoto, Selasa (13/10/2020).

Untuk mengetahui kejadian sebenarnya polisi bahkan harus memeriksa CCTV. Hasilnya polisi menyimpulkan kejadian setelah demonstrasi itu lantaran kedua pengendara yang berboncengan itu sedang asyik mengobrol saat melintas di lokasi tersebut hingga tak melihat ada kawat berduri.

"Kita lihat dari CCTV mereka itu jalan lurus dari jalan Sudirman ke jalan Sam Ratulangi, itu kan posisi lurus. Jadi ketika mereka berboncongan sambil ngobrol, tidak fokus," Didik menceritakan.

Menyusul kejadian itu, polisi mengimbau pengendara untuk berhati-hati saat melintas ke arah jalan Sam Ratulangi. Pasalnya, jalan yang menjadi lokasi kantor DPRD, Polda, dan Kantor Gubernur Sulteng itu sejak 8 Oktober jadi fokus pengamanan polisi karena merupakan lokasi demonstrasi menolak UU Omnibus Law.

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sempat Longsor, Begini Kondisi Terkini Turap Ciganjur

Posted: 13 Oct 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Longsor yang sempat terjadi di turap Ciganjur membuat Sudin SDA DKI melakukan perbaikan sementara dengan memasang ratusan kayu untuk menahan tanah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Deretan Kapal Laut Akan Dipamerkan di Ajang Ekonomi Maritim China

Posted: 13 Oct 2020 11:00 PM PDT

Seorang jurnalis bekerja di sebelah kapal selam berawak Jiaolong di atas kapal induknya, Shenhai Yihao (Laut Dalam No. 1), di sebuah pelabuhan di Shenzhen, Provinsi Guangdong, China selatan (13/10/2020). (Xinhua/Mao Siqian)
Seorang jurnalis bekerja di sebelah kapal selam berawak Jiaolong di atas kapal induknya, Shenhai Yihao (Laut Dalam No. 1), di sebuah pelabuhan di Shenzhen, Provinsi Guangdong, China selatan (13/10/2020). (Xinhua/Mao Siqian)

Seorang jurnalis bekerja di sebelah kapal selam berawak Jiaolong di atas kapal induknya, Shenhai Yihao (Laut Dalam No. 1), di sebuah pelabuhan di Shenzhen, Provinsi Guangdong, China selatan (13/10/2020). (Xinhua/Mao Siqian)

Kapal Shenhai Yihao (Laut Dalam No. 1) di sebuah pelabuhan di Shenzhen, Provinsi Guangdong, China (13/10/2020). Kapal selam berawak Jiaolong, kapal induknya Shenhai Yihao (Laut Dalam No. 1), serta kapal keruk Tian Kun Hao akan ditampilkan di ajang Pameran Ekonomi Maritim China. (Xinhua/Mao Siqian)
Kapal Shenhai Yihao (Laut Dalam No. 1) di sebuah pelabuhan di Shenzhen, Provinsi Guangdong, China (13/10/2020). Kapal selam berawak Jiaolong, kapal induknya Shenhai Yihao (Laut Dalam No. 1), serta kapal keruk Tian Kun Hao akan ditampilkan di ajang Pameran Ekonomi Maritim China. (Xinhua/Mao Siqian)

Kapal Shenhai Yihao (Laut Dalam No. 1) di sebuah pelabuhan di Shenzhen, Provinsi Guangdong, China (13/10/2020). Kapal selam berawak Jiaolong, kapal induknya Shenhai Yihao (Laut Dalam No. 1), serta kapal keruk Tian Kun Hao akan ditampilkan di ajang Pameran Ekonomi Maritim China. (Xinhua/Mao Siqian)

Kapal keruk Tian Kun Hao di sebuah pelabuhan di Shenzhen, Provinsi Guangdong, China selatan (13/10/2020). Kapal selam berawak Jiaolong, kapal induknya Shenhai Yihao (Laut Dalam No. 1), serta kapal keruk Tian Kun Hao akan ditampilkan di ajang Pameran Ekonomi Maritim China. (Xinhua/Mao Siqian)
Kapal keruk Tian Kun Hao di sebuah pelabuhan di Shenzhen, Provinsi Guangdong, China selatan (13/10/2020). Kapal selam berawak Jiaolong, kapal induknya Shenhai Yihao (Laut Dalam No. 1), serta kapal keruk Tian Kun Hao akan ditampilkan di ajang Pameran Ekonomi Maritim China. (Xinhua/Mao Siqian)

Kapal keruk Tian Kun Hao di sebuah pelabuhan di Shenzhen, Provinsi Guangdong, China selatan (13/10/2020). Kapal selam berawak Jiaolong, kapal induknya Shenhai Yihao (Laut Dalam No. 1), serta kapal keruk Tian Kun Hao akan ditampilkan di ajang Pameran Ekonomi Maritim China. (Xinhua/Mao Siqian)

Anggota kru terlihat di kapal keruk Tian Kun Hao di pelabuhan di Shenzhen, Provinsi Guangdong, China (13/102020). Kapal selam berawak Jiaolong, kapal induknya Shenhai Yihao (Laut Dalam No. 1), serta kapal keruk Tian Kun Hao akan ditampilkan di ajang Pameran Ekonomi Maritim China. (Xinhua/Mao Siqian)
Anggota kru terlihat di kapal keruk Tian Kun Hao di pelabuhan di Shenzhen, Provinsi Guangdong, China (13/102020). Kapal selam berawak Jiaolong, kapal induknya Shenhai Yihao (Laut Dalam No. 1), serta kapal keruk Tian Kun Hao akan ditampilkan di ajang Pameran Ekonomi Maritim China. (Xinhua/Mao Siqian)

Anggota kru terlihat di kapal keruk Tian Kun Hao di pelabuhan di Shenzhen, Provinsi Guangdong, China (13/102020). Kapal selam berawak Jiaolong, kapal induknya Shenhai Yihao (Laut Dalam No. 1), serta kapal keruk Tian Kun Hao akan ditampilkan di ajang Pameran Ekonomi Maritim China. (Xinhua/Mao Siqian)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ganjalan Utama Pengembangan Kawasan Industri Nganjuk

Posted: 13 Oct 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya- Ketua DPD La Nyalla Mahmud Mattalitti menggunakan masa resesnya dengan mendatangi Nganjuk. Ia ingin memantau implementasi Peraturan Presiden RI Nomor 80 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Kawasan di Jawa Timur (Jatim).

Salah satu poin yang terdapat di dalamnya adalah percepatan pembangunan ekonomi kawasan Selingkar Willis dan lintas selatan. La Nyalla bertemu dengan Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat untuk menanyakan progress dan kendala pembangunan itu.

"Ada dua bendungan yang belum selesai, yaitu Bendungan Margopatut dan Bendungan Semantok," ujar Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat, seperti yang dikutip dari Antara, Rabu (14/10/2020).

Pembangunan kedua bendungan tersebut masih dalam proses dan diharapkan segera selesai. Sebab, penting untuk meminimalkan banjir sekaligus penahan air yang berlimpah pada musim hujan serta mendistribusikannya pada musim kemarau ke areal persawahan.

Terkait pengembangan Kawasan Industri Nganjuk (KING), Bupati Novi menyampaikan persoalan kebutuhan lahan, karena ternyata banyak milik masyarakat. Ia menilai, pemerintah daerah tidak mampu jika harus membeli semua.

"Peta sudah kami siapkan semua, tinggal siapa pihak ketiga atau investor yang mau bekerja sama membelinya," ucapnya.

Terdapat sekitar 1.600 hektare lahan yang telah disiapkan dan harus dibeli untuk pengembangan Kawasan Industri Nganjuk.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Rizky Billar Dilarikan ke Rumah Sakit, Tangannya Sampai Digenggam Lesti Kejora

Posted: 13 Oct 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rizky Billar sedang tidak dalam performa yang baik saat menghibur pemirsa dan penggemarnya di televisi. Seharusnya, Rizky Billar bersama Raffi Ahmad dan Gilang Dirga bisa tampil maksimal saat memandu acara di program Pop Academy yang disiarkan 12 Oktober 2020 malam.

Sayangnya, di acara tersebut, Rizky Billar hanya tampil di awal acara. Ia tak dapat menyelesaikan aksinya menghibur penonton hingga acara tersebut selesai mengudara. 

Rizky Billar harus dilarikan ke rumah sakit karena mengalami penurunan kesehatan pada tubuhnya. Sebelum acara berlangsung, Rizky Billar sudah menyadari ada yang tak beres dengan kondisi tubuh dan kesehatannya.

Hingga akhirnya, saat jeda pariwara, Rizky Billar merasakan pusing, mual dan muntah-muntah. Ia tak bisa meneruskan pekerjaannya karena tubuhnya sudah sangat melemah. Berikut, fakta-fakta ambruknya Rizky Billar saat membawakan program acara Pop Academy.

Sadar di Belakang Panggung

Rizky Billar. (Foto: Instagram @rizkybillar)
Rizky Billar. (Foto: Instagram @rizkybillar)

Rizky Billar sempat bercerita ke kakaknya, Adlin Rambe, mengenai kondisi tubuhnya di belakang panggung. "Pas di backstage dia (Rizky Billar) bilang sama aku kepalanya agak pusing, terus mual, kemudian dia lari ke kamar mandi, muntah-muntah gitu," kata Adlin kepada pewarta di Jakarta, Selasa (13/10/2020).

Tinggalkan Program Televisi

Rizky Billar
Rizky Billar

Karena kondisinya yang melemah, Rizky Billar terpaksa meninggalkan program acara televisi yang sedang dibawakannya. Ia tak sanggup melanjutkan penampilan di acara pencarian bakat itu.

"Aku coba kusuk bentar kan dia, terus dari pihak Pop Academy nanya bisa ngelanjutin nggak, kayaknya nggak bisa," tutur Adlin. 

Dilarikan ke Rumah Sakit

Rizky Billar. (Foto: Instagram @rizkybillar)
Rizky Billar. (Foto: Instagram @rizkybillar)

Rizky Billar akhirnya dilarikan di rumah sakit. Di sana, ia mendapat penanganan pertama dari keluhan kondisi tubuh yang dialaminya. "Nah selesai acara langsung kami bawa ke rumah sakit biar dicek keadaannya, dokter bilang kecapekan, terus sempat diinfus juga dan dicek darah juga," Adlin melanjutkan keterangannya.

Unggah Insta Stories

Rizky Billar (Foto: Instagram/@rizkybillar)
Rizky Billar (Foto: Instagram/@rizkybillar)

Rizky Billar kemudian mengunggah keterangan di fitur Instagram Storiesnya. Ia menjelaskan kondisi kesehatannya sekaligus meminta maaf karena tak bisa tampil penuh di acara Pop Academy.

"Mohon maaf saya tidak bisa melanjutkan acara dikarenakan kondisi kesehatan saya yang tidak memungkinkan. Dan terima kasih atas doa dan dukung kalian yg tidak ada hentinya kepada saya," tulis Rizky Billar.

Ditemani Lesti Kejora

Rizky Billar Dilarikan ke Rumah Sakit saat Tengah Memandu Acara. (instagram.com/lambe_turah)
Rizky Billar Dilarikan ke Rumah Sakit saat Tengah Memandu Acara. (instagram.com/lambe_turah)

Lesti Kejora diketahui ikut berada di rumah sakit menemani Rizky Billar. Ia juga mendoakan kesembuhan pria yang santer dikabarkan bakal melamarnya itu.

Melalui fitur Instagram Stories, Lesti Kejora mengunggah foto sedang menggenggam tangan Rizky Billar yang dibalut selang infus. "Syafakallah," tulis Lesti Kejora dengan memberikan emotikon tangan menengadah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara KAI Sumut Tingkatkan Kedisiplinan Berlalu Lintas di Perlintasan Sebidang

Posted: 13 Oct 2020 10:59 PM PDT

Liputan6.com, Medan Kecelakaan lalu lintas di perlintasan sebidang kereta api hingga Oktober 2020 di bawah operasional PT KAI Divisi Regional (Divre) I Sumatera Utara (Sumut) tercatat sebanyak 25 kali. Hal ini menunjukkan masih rendahnya kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas di perlintasan sebidang kereta api.

Manager Humas PT KAI Divre I Sumut, Mahendro Trang Bawono mengatakan, untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat berlalu lintas di perlintasan sebidang, pihaknya melakukan sosialisasi keselamatan.

"Sosialisasi keselamatan berlalu lintas di perlintasan sebidang serentak dilaksanakan di 7 kabupaten dan kota yang ada di Sumut," kata Mahendro di sela-sela sosialisasi, di Jalan MT Haryono, Kota Medan, Rabu (14/10/2020).

Dijelaskannya, dalam sosialisasi kali ini PT KAI Divre I Sumut bersinergi dengan instansi-instansi terkait. Kolaborasi antara stakeholder ini sangat diperlukan, karena keselamatan di perlintasan sebidang kereta api merupakan tanggung jawab bersama.

"Harapannya angka kecelakaan di perlintasan sebidang dapat ditekan," jelasnya.

 

Imbau Pengguna Jalan

Sampai saat ini PT KAI Divre I Sumut mencatat, terdapat 92 perlintasan sebidang resmi dan 252 perlintasan tidak resmi atau liar.
Sampai saat ini PT KAI Divre I Sumut mencatat, terdapat 92 perlintasan sebidang resmi dan 252 perlintasan tidak resmi atau liar.

Diungkapkan Mahendro, pihaknya juga selalu mengimbau kepada seluruh pengguna jalan untuk bersama-sama menaati rambu-rambu yang ada, serta lebih waspada saat akan melintasi perlintasan sebidang kereta api.

"Sosialisasi dilakukan dengan membentangkan spanduk dan membagikan stiker yang berisi peraturan dan tata cara berkendara saat melewati perlintasan sebidang," ungkapnya.

Imbauan juga disampaikan melalui pengeras suara agar pengguna jalan selalu berhati-hati. Di samping itu juga dibagikan masker sebagai bentuk komitmen PT KAI Divre I Sumut dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Sampai saat ini PT KAI Divre I Sumut mencatat, terdapat 92 perlintasan sebidang resmi dan 252 perlintasan tidak resmi atau liar. Pada 2020, sampai pertengahan Oktober, sudah diutup 45 perlintasan sebidang liar dengan tujuan untuk normalisasi jalur dan peningkatan keselamatan perjalanan kereta api.

Untuk menghindari terjadinya kecelakaan, pengguna jalan diwajibkan menaati aturan dengan berhenti ketika sinyal sudah berbunyi, palang pintu kereta api sudah mulai ditutup, dan/atau ada isyarat lain.

Pengguna jalan juga wajib mendahulukan kereta api dan memberikan hak utama kepada kendaraan yang lebih dahulu melintas rel. Aturan tersebut telah tertuang dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 114.

Sosialisasi Terus Dilakukan

Banyaknya perlintasan sebidang di sepanjang rel dikarenakan meningkatnya mobilitas masyarakat pengguna kendaraan yang harus melintas atau berpotongan langsung dengan jalan kereta api.
Banyaknya perlintasan sebidang di sepanjang rel dikarenakan meningkatnya mobilitas masyarakat pengguna kendaraan yang harus melintas atau berpotongan langsung dengan jalan kereta api.

Disampaikan Mahendro, sosialisasi keselamatan di perlintasan sebidang kereta api akan terus dilakukan. Kepada masyarakat pengguna jalan juga selalu diingatkan agar dapat berdisiplin dan mengutamakan keselamatan.

"Diharapkan keselamatan di perlintasan sebidang dapat terwujud, sehingga perjalanan kereta api tidak terganggu dan pengguna jalan juga selamat sampai tujuan," Mahendro menuturkan.

Perlintasan sebidang merupakan perpotongan antara jalur kereta api dan jalan yang dibuat sebidang. Banyaknya perlintasan sebidang di sepanjang rel dikarenakan meningkatnya mobilitas masyarakat pengguna kendaraan yang harus melintas atau berpotongan langsung dengan jalan kereta api.

"Hal tersebut juga menjadikan perlintasan sebidang sebagai salah satu titik rawan kecelakaan," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Perawat di Jawa Timur yang Terpapar COVID-19 Melonjak

Posted: 13 Oct 2020 10:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah perawat di Jawa Timur yang terinfeksi COVID-19, mengalami lonjakan drastis selama 7 hari terakhir. Sebanyak 352 perawat terinfeksi positif COVID-19.

Bertambahnya perawat terinfeksi COVID-19 ini, disebabkan tingginya beban kerja perawat, sehingga kelelahan dan mudah terpapar COVID-19.

Persatuan Perawat Nasional Indonesia, atau PPNI, Jawa Timur, mencatat terjadi lonjakan drastis pada sepekan terakhir, dengan 352 perawat terinfeksi COVID-19.

Sebagian besar tenaga medis ini berasal dari Malang, Sidoarjo, Mojokerto, dan 28 daerah lain di Jawa Timur. Hingga kini, 352 perawat tersebut masih menjalani perawatan di rumah sakit dan isolasi mandiri.

Ketua DPW PPNI Jawa Timur, Prof Nursalam mengatakan, terus bertambahnya perawat terinfeksi COVID-19 ini disebabkan tingginya beban kerja perawat.

Setiap hari mereka berinteraksi dengan pasien lebih dari 5 jam. Kondisi ini membuat perawat kelelahan, dan mudah terpapar COVID-19.

"Dengan banyaknya kasus, terutama kasus yang OTG itu mempunyai risiko, terutama menularkan kepada temen-temen perawat yang melayani di Puskesmas misalnya, temen perawat yang di rumah sakit, tapi tidak di ruang intensif, ruang khusus covid itu sendiri. Nah, kenapa itu terjadi, salah satunya karena mungkin penggunaan APD bukan level 3, yang kedua, saya rasa, temen-temen di rumah sakit ini perlu ditata di dalam pengelolaan untuk prakteknya, jadi harapan kita kalau merawat pasien covid itu maksimum 3 jam berinteraksi dengan pasien, namun ada yang lebih 6 jam," papar Prof Nursalam.

Untuk mencegah perawat terinfeksi COVID-19, DPW PPNI akan terus tes PCR secara masif 14 hari sekali. Demikian seperti diberitakan pada Fokus, 13 Oktober 2020.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pembangunan Jembatan Teluk Kendari Rampung Akhir Oktober 2020

Posted: 13 Oct 2020 10:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyelesaikan tahap akhir pembangunan Jembatan Teluk Kendari sepanjang 1,34 km. Jembatan ini menghubungkan kawasan Pelabuhan Kota Lama dengan Pulau Bungkutoko dan wilayah Kecamatan Poasia di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Jembatan Teluk Kendari akan menjadi ikon baru dan kebanggaan masyarakat Kota Kendari dan Sulawesi Tenggara, dan ditargetkan rampung pengerjaannya pada akhir bulan ini.

Pembangunan Jembatan Teluk Kendari dilakukan untuk mendukung pengembangan wilayah Kota Kendari bagian selatan dan Pulau Bungkutoko yang akan dikembangkan menjadi kawasan industri, Kendari New Port, dan kawasan permukiman baru. Kawasan pelabuhan baru tersebut merupakan pengganti dari kawasan Pelabuhan di Kota Lama.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan infrastruktur seperti jembatan tidak hanya memperhatikan sisi teknis dan fungsional saja, tetapi juga sisi arsitekturalnya. Itu karena jembatan dapat menjadi ikon lansekap kota yang indah.

"Selain itu, pembangunan infrastruktur jembatan, flyover dan underpass akan meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas, di samping memberikan dukungan bagi produktivitas masyarakat yang lebih baik," kata Menteri Basuki, Rabu (14/10/2020).

Secara posisi, Jembatan Teluk Kendari akan terhubung dengan jalan nasional dan jalan lingkar luar (Outer Ring Road) Kota Kendari sepanjang 40 km yang menghubungkan Kota Kendari dengan Kabupaten Konawe. Sehingga akan mempermudah mobilitas kendaraan logistik dari kawasan pelabuhan baru di Pulau Bungkutoko yang menjadi bagian pengembangan Kota Kendari seluas 66 ha.

Sekitar kawasan jembatan ditata dan dimanfaatkan sebagai ruang terbuka publik. Sejumlah fasilitas akan dibangun seperti lapangan olahraga, area parkir, dan street cinema sebagai bagian dari pengembangan kawasan Kota Lama.

 

Mempermudah Akses

Kementerian PUPR tengah menyelesaikan tahap akhir pembangunan Jembatan Teluk Kendari sepanjang 1,34 km (dok: PUPR)
Kementerian PUPR tengah menyelesaikan tahap akhir pembangunan Jembatan Teluk Kendari sepanjang 1,34 km (dok: PUPR)

Terselesaikannya Jembatan Teluk Kendari juga dinilai akan mempermudah pergerakan masyarakat yang berada di kawasan Kota Lama. Selama ini warga harus menyeberangi Teluk Kendari menggunakan kapal ferry atau memutari Teluk sejauh 20 km dengan waktu tempuh 30-35 menit. Dengan melintasi jembatan tersebut jarak akan semakin dekat dan waktu tempuh yang dibutuhkan hanya sekitar 5 menit.

Pengerjaan Jembatan Teluk Kendari berada dibawah tanggungjawab Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XXI Kendari Ditjen Bina Marga dengan kontraktor pelaksana konsorsium PT PP dan PT Nindya Karya. Biaya pembangunannya bersumber dari APBN Kementerian PUPR sebesar Rp 809 miliar melalui skema kontrak tahun jamak (multi years contract/MYC) 2015-2020.

Konstruksi jembatan meliputi jalan pendekat atau oprit (602,5 m), approach span (357,7 m), side span (180 m), bentang utama (200 m). Jembatan dengan tipe cable stayed ini memiliki lebar 20 meter dengan empat lajur serta median dan trotoar.

Saat ini progres fisik pembangunan Jembatan Teluk Kendari telah mencapai 99 persen dan ditargetkan selesai akhir Oktober 2020. Sisa pekerjaan yang tengah dilaksanakan adalah pengaspalan pada 2 sisi jalan pendekat berupa aspal Hotmix dan jalan samping/frontage sepanjang 460 meter, lebar 4,50 meter dengan target selesai 19 Oktober 2020. Selanjutnya dilakukan pengecatan marka dan pembersihan area jembatan sebagai bagian dari penyempurnaan fungsi jembatan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyebab Leukemia, Jenis, dan Gejalanya yang Perlu Diwaspadai

Posted: 13 Oct 2020 10:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyebab leukemia penting untuk diwaspadai. Leukemia merupakan jenis kanker darah yang cukup sering ditemui. Penyebab leukemia bisa dipicu oleh beragam faktor.

Penyebab leukemia sangat terkait dengan masalah produksi sel darah. Biasanya penyebab leukemia memengaruhi leukosit, atau sel darah putih. Penyebab leukemia paling mungkin menyerang orang yang berusia di atas 55 tahun. Jenis kanker ini juga paling umum pada mereka yang berusia di bawah 15 tahun.

Beberapa faktor diidentifikasikan sebagai penyebab leukemia. Perawatan untuk leukemia bisa menjadi kompleks, tergantung pada jenis leukemia dan faktor lainnya.

Berikut ulasan mengenai penyebab leukemia yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (14/10/2020).

Penyebab leukemia secara umum

Ilustrasi Kanker/Unsplash
Ilustrasi Kanker/Unsplash

Penyebab leukemia secara pasti belum diketahui. Penyebab leukemia bisa berkembang dari kombinasi faktor genetik dan lingkungan.

Leukemia berkembang ketika DNA sel darah yang berkembang, terutama sel darah putih, mengalami kerusakan. Ini menyebabkan sel darah tumbuh dan membelah secara tidak terkendali.

Ketika sumsum tulang menghasilkan lebih banyak sel kanker, mereka mulai memenuhi darah, mencegah sel darah putih yang sehat tumbuh dan berfungsi secara normal. Akhirnya, jumlah sel kanker melebihi jumlah sel sehat di dalam darah.

Faktor risiko penyebab leukemia

Ilustrasi Penderita Kanker Credit: unsplash.com/NCI
Ilustrasi Penderita Kanker Credit: unsplash.com/NCI

Ada berbagai faktor risiko penyebab leukemia. Berikut faktor risiko penyebab leukemia yang umum terjadi:

Pengobatan kanker sebelumnya

Orang yang pernah menjalani kemoterapi dan terapi radiasi jenis tertentu untuk kanker lain memiliki risiko lebih tinggi terkena jenis leukemia tertentu.

Gangguan genetik

Kelainan genetik tampaknya berperan dalam perkembangan leukemia. Gangguan genetik tertentu, seperti sindrom Down, dikaitkan dengan peningkatan risiko leukemia.

Paparan bahan kimia tertentu

Paparan bahan kimia tertentu, seperti benzena - yang ditemukan dalam bensin dan digunakan oleh industri kimia - terkait dengan peningkatan risiko beberapa jenis leukemia.

Merokok

Merokok meningkatkan risiko leukemia myelogenous akut.

Riwayat keluarga leukemia

Jika anggota keluarga telah didiagnosis terkena leukemia, risiko mengidap penyakit ini bisa meningkat.

Kondisi kekebalan bawaan

Kondisi kekebalan bawaan tertentu meningkatkan risiko infeksi berat dan leukemia.

Penekanan kekebalan

Leukemia pada anak dapat berkembang karena penekanan sistem kekebalan yang disengaja. Ini mungkin terjadi setelah transplantasi organ saat seorang anak meminum obat untuk mencegah tubuhnya menolak organ tersebut.

Jenis leukemia berdasarkan seberapa cepat leukemia berkembang

Ilustrasi kanker | Andrea Piacquadio dari Pexels
Ilustrasi kanker | Andrea Piacquadio dari Pexels

Leukemia akut

Pada leukemia akut, sel darah abnormal adalah sel darah imatur (blast). Mereka tidak dapat menjalankan fungsi normalnya, dan berkembang biak dengan cepat, sehingga penyakitnya memburuk dengan cepat. Leukemia akut membutuhkan pengobatan yang agresif dan tepat waktu.

Leukemia kronis

Ada banyak jenis leukemia kronis. Beberapa menghasilkan terlalu banyak sel dan beberapa menyebabkan terlalu sedikit sel yang diproduksi. Leukemia kronis melibatkan sel darah yang lebih matang.

Sel darah ini bereplikasi atau menumpuk lebih lambat dan dapat berfungsi secara normal untuk jangka waktu tertentu. Beberapa bentuk leukemia kronis awalnya tidak menghasilkan gejala awal dan dapat tidak diketahui atau tidak terdiagnosis selama bertahun-tahun.

Jenis leukemia berdasarkan menurut jenis sel darah putih yang terpengaruh

Ilustrasi kanker (Foto: Unsplash.com)
Ilustrasi kanker (Foto: Unsplash.com)

Leukemia limfositik

Jenis leukemia ini memengaruhi sel limfoid (limfosit), yang membentuk jaringan limfoid atau limfatik. Jaringan limfatik adalah jaringan membentuk sistem kekebalan.

Leukemia myelogenous

Jenis leukemia ini memengaruhi sel myeloid. Sel myeloid menghasilkan sel darah merah, sel darah putih dan sel penghasil trombosit.

Gejala umum leukemia

Ilustrasi luka (Foto: unsplash.com)
Ilustrasi luka (Foto: unsplash.com)

Darah sulit membeku

Leukemia dapat menyebabkan seseorang mudah memar atau berdarah dan sulit untuk sembuh. Penderita leukemia juga bisa mengembangkan petechiae yang merupakan bintik-bintik merah dan ungu kecil di tubuh. Ini menunjukkan bahwa darah tidak membeku dengan baik.

Sering mengalami infeksi

Sel darah putih sangat penting untuk melawan infeksi. Jika sel darah putih tidak berfungsi dengan benar, seseorang dapat sering mengalami infeksi. Sistem kekebalan dapat menyerang sel-sel tubuh sendiri.

Gejala umum leukemia

Ilustrasi Sakit Kepala Credit: unsplash.com/Mehr
Ilustrasi Sakit Kepala Credit: unsplash.com/Mehr

Anemia

Karena lebih sedikit sel darah merah efektif yang tersedia, penderita leukemia akan mengalami anemia. Ini berarti mereka tidak memiliki cukup hemoglobin dalam darahnya. Hemoglobin mengangkut zat besi ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan kesulitan bernapas atau kesulitan bernapas dan kulit pucat.

Kelelahan

Kelelahan dan mudah lelah adalah gejala leukemia yang paling umum. Tanda-tanda ini sering disebabkan oleh anemia atau kekurangan sel darah merah, yang hanya menambah kelelahan fisik. Dalam kasus kronis dan akut, seseorang mungkin mengalami rentang dari sedikit kelelahan hingga kelemahan fisik yang ekstrem, tetapi dalam semua kasus, gejalanya hanya memburuk dari waktu ke waktu.

Gejala tersembunyi leukemia

Ilustrasi Sesak Napas Credit: unsplash.com/Laura
Ilustrasi Sesak Napas Credit: unsplash.com/Laura

Sesak napas

Ketika pasien menjadi lebih lemah, mereka mungkin juga mengalami sesak napas yang berasal dari anemia atau dalam banyak kasus yang lebih jarang, rasa berat di dada.

Pendarahan yang tidak biasa

Mimisan yang tidak biasa atau pendarahan di gusi, usus, paru-paru, atau kepala mungkin merupakan tanda defisiensi trombosit dan masalah pembekuan, yang dapat menunjukkan bentuk leukemia akut.

Pucat ekstrim

Seperti sakit kepala, kelelahan, dan sesak napas, pucat yang tidak biasa mungkin merupakan tanda anemia pada pasien leukemia akut dan kronis.

Ruam kulit

Sekitar satu dari 20 pasien leukemia mungkin memiliki ruam kulit yang termasuk dalam salah satu dari dua kategori: leukemia pada kulit, atau ruam yang disebabkan oleh sindrom Sweet, yang umumnya dikaitkan dengan leukemia.

Gejala tersembunyi leukemia

Ilustrasi Sakit Perut Credit: pexels.com/pixabay
Ilustrasi Sakit Perut Credit: pexels.com/pixabay

Gusi membengkak

Meskipun peningkatan ukuran gusi, juga dikenal sebagai hiperplasia gingiva, biasanya hanya ditemukan pada sebagian kecil pasien leukemia akut, itu adalah salah satu gejala leukemia yang paling jelas.

Pembengkakan kelenjar getah bening

Periksa daerah leher, ketiak, dan selangkangan untuk melihat adanya pembengkakan kelenjar getah bening yang nyata tetapi tidak menyakitkan. Adalah normal bagi kelenjar untuk naik dan turun dalam ukuran selama periode infeksi, tetapi jika mereka tetap membesar atau terus tumbuh, itu mungkin salah satu gejala leukemia atau limfoma.

Kembung

Salah satu tanda tipe leukemia kronis dan terkadang akut adalah limpa yang membesar, yang dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan. Ini bisa membuat perut terasa kenyang dan kembung.

Ketidaknyamanan atau sakit di perut kiri atas

Limpa yang membesar yang disebabkan oleh leukemia terkadang menyebabkan ketidaknyamanan di area perut atau bahkan rasa sakit yang tajam di perut kiri atas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fokus : Waspada Dampak Fenomena La Nina

Posted: 13 Oct 2020 10:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Perbarui informasi Anda di Fokus edisi (14/10) siang kali ini dengan berita di antaranya, Waspada Dampak Fenomena La Nina, Protokol Kesehatan di Bioskop, Berwisata di Kebun Buah Klengkeng.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEOGRAFIS: Simak Aturan PSBB Transisi DKI Jakarta Oktober 2020

Posted: 13 Oct 2020 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan secara resmi menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi. Keputusan ini melonggarkan aturan PSBB ketat sebelumnya, karena melambatnya kasus Covid-19 selama satu bulan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: 4 Nyawa Melayang Akibat Tersengat Listrik Jebakan Tikus di Sawah

Posted: 13 Oct 2020 10:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nasib tragis dialami satu keluarga asal Dusun Prijek, Desa Tambahrejo, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro. Satu keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, dan dua anaknya meninggal dunia bersamaan, karena tersengat listrik jebakan tikus di sawah.

Keempat korban antara lain Parno (65), Reswati (55) serta kedua anaknya, yaitu Jayadi (31), dan Zaenal Arifin (21), ditemukan tergeletak di pematang sawah oleh saksi Warno sekitar pukul 06.00 WIB, Senin, 12 Oktober 2020.

Warno tetangga korban yang saat itu hendak ke sawah, menemukan satu keluarga itu sudah bergeletakan tak bernyawa.

Keempat orang dalam satu keluarga di Bojonegoro, Jawa Timur, meninggal dunia tersengat listrik jebakan tikus, di area persawahan yang tak jauh dari rumah korban. Jenazah seluruh korban yang terdiri dari, ayah, ibu, serta 2 anaknya tersebut, ditemukan Senin pagi, dan diduga korban meninggal sejak Minggu petang.

Dalam gambar video amatir, warga sedang mengevakuasi empat warga yang tewas tersengat listrik jebakan tikus, di persawahan Desa Tambahrejo, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro. Keempat korban yang masih satu keluarga itu, terdiri dari bapak, ibu, serta dua anaknya. Jasad keempatnya ditemukan tetangga korban, tergeletak di sawah, dalam satu lokasi.

Berdasarkan pemeriksaan sementara polisi, peristiwa itu berawal dari korban Parno, yang pergi ke sawah pada Minggu petang, untuk mengalirkan air ke sawahnya. Karena hingga tengah malam korban belum pulang, sang istri, Reswati, dan dua anaknya, Jayadi dan Arifin, mencari ayahnya. Berikut seperti dilansir pada Fokus, 13 Oktober 2020.

Diduga kuat, Parno tewas tersengat listrik di kawat jebakan tikus. Ketiga korban lain diduga juga tersengat listik, saat berusaha menolong Parno.

"Ya satu keluarga, yang berangkat anaknya sama bapaknya, tujuannya mengaliri sawah, ditunggu-tunggu sampai jam 10 malem kok ndak kembali pulang, akhirnya istri sama anaknya menyusul, tiba-tiba diketahui oleh saksi Warno, melapor ke pak wo, bahwasanya jam 6 tadi, tahu bahwa korban empat orang tersebut tergeletak sudah tidak ada nyawanya," ujar Iptu Hadi W. Kapolsek Kanor.

Dari hasil visum, seluruh korban tewas dinyatakan meninggal dunia tersengat listrik, karena ditemukan luka bakar di tubuh mereka. Polisi sudah menyerahkan jenazah korban pada keluarga, dan akan menyelidiki kasus pemasangan listrik jebakan tikus di sawah tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

DPR Kirim Draf Final RUU Ciptaker ke Jokowi Hari Ini

Posted: 13 Oct 2020 10:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar mengatakan DPR RI akan mengirimkan draf final Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja kepada Presiden Jokowi hari ini , Rabu (14/10/2020).

"Nanti draf RUU Ciptaker kami kirim," kata Indra di Jakarta, Rabu.

Dia akan mengirimkan langsung draf RUU Ciptaker tersebut kepada Presiden Jokowi. Menurut dia, draf RUU Ciptaker yang akan dikirimkan sebanyak 812 halaman yang telah dilakukan penyempurnaan redaksional.

"Iya, benar (draf RUU Ciptaker yang dikirimkan ke Presiden berjumlah 812 halaman)," ujar Indra seperti dilansir dari Antara. 

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin dan Ketua Badan Legislasi DPR RI Supratman Andi Agtas menjawab simpang siur yang terjadi mengenai jumlah halaman Undang-Undang Cipta Kerja yang sebenarnya.

Azis Syamsuddin menegaskan bahwa UU Cipta Kerja yang resmi hanya berisi 488 halaman. Namun, apabila ditambah dengan jumlah halaman penjelasan UU tersebut, total halaman menjadi 812 halaman.

"Kalau sebatas pada UU Cipta Kerja, hanya sebatas 488 halaman. Ditambah penjelasan menjadi 812 halaman," kata Azis dalam konferensi pers di Kompleks Parlemen RI, Senayan, Jakarta, Selasa (13/10/2020).

Kertas Mengikuti Standar Undang-Undang

Azis menjelaskan bahwa pada saat pembahasan di Panitia Kerja RUU Cipta Kerja, margin kertas masih ukuran biasa (A4). Ketika draf dibawa ke Sekretariat Jenderal DPR RI, ketentuan margin harus mengikuti standar yang disepakati oleh Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan.

Maka, margin kertas diganti menjadi ukuran legal. Itulah mengapa pernyataan Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar yang dikutip oleh media massa mengatakan bahwa UU Cipta Kerja berisi 1.035 halaman. Azis langsung menelpon Sekjen DPR RI untuk mengonfirmasi kabar tersebut.

"Saya telepon Pak Sekjen, kenapa sudah keluar 1.032 halaman (1.035 halaman). Pak Sekjen jawab, Pak (Azis) ini masih draf kasar. Masih diketik dalam posisi kertas bukan sebagai legal paper-nya. Setelah netting, pengetikan koma, garis-garisnya itu tidak diatur kembali," katanya.

Azis melanjutkan, "Setelah pengetikan, dalam arti editing, mengikuti panduan legal oleh Bapak Sekjen dan jajaran, jumlah halamannya adalah 812 halaman, termasuk di dalamnya adalah penjelasan UU Cipta Kerja. UU secara resmi hanya 488 halaman."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jisoo Ungkap Blackpink Punya Anggota Kelima, Siapa Dia?

Posted: 13 Oct 2020 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Banyak sisi dari Blackpink yang baru terungkap lewat film dokumenter mereka, Blackpink: Light Up The Sky. Dalam dokumenter ini, keempat anggota Blackpink diberi kesempatan bercerita secara indovidual mengenai banyak hal. Baik itu kehidupan pribadi, atau kehidupan mereka sebagai mega bintang.

Tak hanya mengangkat kisah dari sudut padang anggota Blackpink saja, ada pula dari sisi sang produser musik, Teddy Park. Ia bercerita mengenai bagaimana sosok Jisoo, Jennie, Rose dan Lisa di matanya.

Menurut Jisoo, Teddy Park mampu memahami keempat anggota Blackpink secara individual. Hal ini membuat chemistry mereka sebagai rekan kerja tumbuh dengan sangat baik.

"Saya rasa Teddy mengenal kami dengan sangat baik, dia juga mendengarkan apa yang kami ingin katakan satu sama lain dan dia bisa merefleksikannya melalui musik," kata Jisoo dalam global press conference yang juga diikuti oleh Liputan6.com secara daring pada Selasa (13/10/2020).

Anggota Kelima

Blackpink (YouTube/ Blackpink)
Blackpink (YouTube/ Blackpink)

Saking dekatnya dengan Teddy Park, Jisoo bahkan menyebut bahwa sang produser cocok menjadi anggota baru mereka. "Jadi aku bisa katakan bahwa Teddy adalah member kelima kami," sambungnya.

Lebih lanjut, anggota Blackpink juga sangat bahagia karena bisa bekerja sama dengan Netflix untuk proyek dokumenter ini. Mereka berharap hasilnya bisa diterima dengan baik oleh para Blink--sebutan penggemar Blackpink.

Kesan

BLACKPINK: Light Up The Sky tayang 14 Oktober 2020 di Netflix. (Foto: Netflix)
BLACKPINK: Light Up The Sky tayang 14 Oktober 2020 di Netflix. (Foto: Netflix)

"Karena kami semua sering nonton Netflix, jadi rasanya sangat terhormat karena dokumenter kami tayang di Netflix. Tapi kami juga sangat nervous," ucap Rose.

Mereka berharap agar fans dapat mengenal mereka secara lebih dalam melalui dokumenter berdurasi 1 jam 19 menit ini.

Alasan

"Kami selalu berpikir gimana caranya dekat sama fans, publik, dan saat kami bekerja dengan sutradara Caroline Suh, kami berpikir kami bekerja sama dengan orang yang tepat jadi tidak ada alasan untuk ragu kami sangat menantikan perilisan dokumenter ini," tutur Jennie.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KEK Singhasari Target Tarik Investasi Rp 11,9 Triliun dan Serap 6.863 Pekerja

Posted: 13 Oct 2020 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari di Malang, Jawa Timur, memiliki nilai sejarah budaya kerajaan yang tinggi. Terlebih, kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) berada di wilayah Malang. Berbagai keunggulan ini diharapkan bisa memberikan efek berlipat ganda bagi masyarakat dan pemerintah daerah setempat.

Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Diah Natalisa memproyeksikan, KEK Singhasari yang mencakup luas 120,3 ha ini mampu menarik investasi sebesar Rp 11,92 triliun dan bisa menyerap sebanyak 6.863 tenaga kerja hingga 2030.

"Dengan adanya KEK singasari diharapkan dapat memberikan dampak multiplier dan kami membantu agar pelayanan, baik perizinan atau lainnya dapat lebih baik, dan dapat mendukung terwujudnya KEK dari sisi kebijakan pelayanan publik. Sehingga akan mendapat akselerasi dan in line dengan KEK Singhasari," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (14/10/2020).

Lokasi KEK Singhasari yang berada di TNBTS dan bekas wilayah kerajaan besar ini menjadikannya sebagai keunggulan geostrategis tersendiri sektor pariwisata dengan tema heritage and historical tourism. Konsep KEK disiapkan sebagai pusat pariwisata dan industri kreatif digital dengan mengembangkan platform digital ekonomi.

Diah mengutarakan, pengelola KEK ke depannya juga dapatmengembangkan Singhasari Integrate Digital Ecosystem yang akan terdiri dari Cloud Center Innovation, Digital Valley, serta Game and Animation Factory. Kawasan tersebut diharapkan mampu menciptakan ekosistem digital yang terintegrasi.

"KEK ini akan menjadi tangible product yang diharapkan mampu melahirkan produk-produk unggulan dan sumber daya manusia (SDM) unggul sebagai the next Silicon Valley of Indonesia," kata Diah.

Kementerian PANRB dikatakannya turut mendorong pariwisata digital melalui e-services atau pelayanan publik berbasis elektronik. Diah menjelaskan melalui Sistem Informasi Pelayanan Publik atau SIPPN, akan terbentuk Portal Digital Informasi Pelayanan Publik yang akan memberikan kemudahan berusaha atau EoDB.

Diharapkan, pengembangan KEK akan menjadi momen kebangkitan perekonomian Indonesia, terutama pasca-pandemi Covid-19. "Kami mendukung pariwisata digital melalui perbaikan kemudahan berusaha melalui bagaimana perizinan bisa lebih efisiensi, transparan, dan akuntabel," pungkasnya.

Inilah Fasilitas dan Kemudahan Perpajakan, Kepabeanan dan Cukai di KEK

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten akan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Pramuwisata.
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten akan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Pramuwisata.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2020 tentang Fasilitas dan Kemudahan di Kawasan Ekonomi Khusus. Terbitnya aturan ini, dalam rangka meningkatkan penanaman modal dan percepatan pelaksanaan berusaha di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)

Keberadaan KEK diharapkan dapat menunjang pengembangan ekonomi nasional dan pengembangan ekonomi di wilayah tertentu untuk meningkatkan penyerapan tenaga kerja. Aturan tersebut ditandatangani Jokowi pada 20 Februari 2020.

Melansir laman Setkab, Sabtu (7/3/2020), KEK menurut PP ini, adalah kawasan dengan batas tertentu dalam witayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ditetapkan untuk menyelenggarakan fungsi perekonomian dan memperoleh fasilitas tertentu.

''Peraturan Pemerintah ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan,'' bunyi Pasal 97 pada PP yang diundangkan Menkumham Yasonna Laoly pada 24 Februari 2020.

Badan Usaha dan/atau Pelaku Usaha yang melakukan kegiatan pada bidang usaha di KEK, menurut PP ini, diberikan fasilitas dan kemudahan berupa:

a. perpajakan, kepabeanan, dan cukai

b. lalu lintas barang

c. ketenagakerjaan

d. keimigrasian

e. pertanahan dan tata ruang

f. perizinan berusaha dan/atau g. fasilitas dan kemudahan lainnya.

Bidang usaha di KEK, sebagaimana dimaksud dalam PP ini, meliputi pembangunan dan pengelolaan KEK, penyediaan infrastruktur KEK, industri pengolahan hulu sampai hilir komoditi tertentu, industri manufaktur produk tertentu, pengembangan energi, pusat logistik, pariwisata, kesehatan, pendidikan dan riset dan pengembangan teknologi. Kemudian jasa keuangan, industri kreatif, serta bidang usaha lainnya yang ditetapkan oleh Dewan Nasional.

Adapun fasilitas dan kemudahan perpajakan, kepabeanan, dan cukai, sebagaimana dimaksud dalam PP ini, berupa Pajak Penghasilan, Pajak Pertambahan Nilai atau Pajak pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah, Bea Masuk dan Pajak Dalam Rangka Impor dan/atau Cukai.

"Badan Usaha dan/atau Pelaku Usaha yang melakukan Penanaman Modal pada Kegiatan Utama dapat memperoleh pengurangan Pajak Penghasilan badan atas penghasilan yang diterima atau diperoleh dari Kegiatan Utama yang dilakukan," isi kutipan aturan tersebut.

Pengecualian

Jokowi saat Peresmian KEK Mandalika di Lombok
Jokowi saat Peresmian KEK Mandalika di Lombok

Pajak Pertambahan Nilai atau Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah yang tidak dipungut, menurut PP ini, antara lain, penyerahan Barang Kena Pajak tertentu dan/atau Barang Kena Pajak tidak berwujud di KEK oleh Pengusaha dari TLDDP atau selain TLDDP kepada Badan Usaha dan/atau Pelaku Usaha.

Selain itu, mpor Barang Kena Pajak tertentu oleh Badan Usaha dan/atau Pelaku Usaha, penyerahan Barang Kena Pajak tertentu antar Badan Usaha, antar Pelaku Usaha, atau antar Badan Usaha dengan Pelaku Usaha.

Serta penyerahan Jasa Kena Pajak dan/atau Barang Kena Pajak tidak berwujud termasuk jasa persewaan tanah dan/atau bangunan untuk jangka waktu paling singkat 5 tahun di KEK oleh Pelaku Usaha dan/atau Badan Usaha kepada Pelaku Usaha lainnya dan/atau Badan Usaha di KEK yang sama atau KEK lainnya.

Kemudia penyerahan Jasa Kena Pajak tertentu oleh Pengusaha dari TLDDP atau selain TLDDP kepada Badan Usaha/Pelaku Usaha. Pemanfaatan Jasa Kena Pajak dan/atau Barang Kena Pajak tidak berwujud dari luar Daerah Pabean di dalam KEK oleh Badan Usaha dan/atau Pelaku Usaha.

Berdasarkan Pasal 20, Fasilitas dan kemudahan Kepabeanan yang diberikan bagi Badan Usaha di KEK meliputi pembebasan Bea Masuk dan tidak dipungut Pajak Dalam Rangka Impor atas impor barang modal dalam rangka pembangunan atau pengembangan KEK.

Perpindahan barang antar Pelaku Usaha di KEK, menurut PP ini, diberikan fasilitas dan kemudahan berupa, penangguhan atau pembebasan bea masuk. Pembebasan cukai, sepanjang barang tersebut merupakan bahan baku atau bahan penolong dalam pembuatan barang hasil akhir yang bukan merupakan barang kena cukai.

Adalagi, tidak dipungut Pajak Dalam Rangka Impor dan/atau tidak dipungut Pajak Pertambahan Nilai atau Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah.

Dalam PP ini, pelaku usaha di KEK Pariwisata diberikan fasilitas kepabeanan dan/atau cukai atas pemasukan barang modal dan/atau bahan baku usaha bagi kegiatan, seperti penyediaan akomodasi. Serta, pusat pertemuan dan konferensi, marina dan/atau dermaga khusus kapal wisata, bandara khusus wisata,  jasa transportasi wisata,  pengembangan resort dan hunian.

Kemudian jasa makanan dan minuman, pusat perbelanjaan, pusat hiburan dan rekreasi, pusat edukasi dan/atau pelatihan, pusat dan sarana olahraga, pusat kesehatan, pusat perawatan tanjut usia (retirement center) dan/atau kegiatan lain yang mendukung pariwisata yang ditetapkan oleh Dewan Nasional.

Pemerintah daerah menetapkan pengurangan, keringanan, dan pembebasan atas pajak daerah dan/atau retribusi daerah kepada Badan Usaha dan/atau Pelaku Usaha di KEK sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang pajak daerah dan retribusi daerah, yang diberikan paling rendah 50 persen dan paling tinggi 100 persen.

Wajib Pajak yang telah mendapatkan fasilitas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 10, namun tidak memenuhi ketentuan berlaku ketentuan sebagai berikut, fasilitas Pajak Penghasilan yang telah diberikan dapat dicabut, fasilitas Pajak Penghasilan yang telah dinikmati yang melekat pada harta yang digunakan untuk tujuan selain yang diberikan fasilitas atau dialihkan tersebut dicabut dan ditambahkan pada penghasilan kena pajak dalam tahun pajak dilakukannya pengalihan harta.

Selain itu, dikenai sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang perpajakan; dan/atau d. tidak dapat lagi diberikan fasilitas Pajak Penghasilan.

Pelaku Usaha di KEK, menurut PP ini, bertanggung jawab atas Bea Masuk, Cukai, dan/atau Pajak Dalam Rangka Impor yang terutang atas barang impor.

Dalam PP ini, Pelaku Usaha di KEK dibebaskan dari tanggung jawab sebagaimana dimaksud pada ayat (1), dalam hal barang impor: a. musnah tanpa sengaja; atau b. dimusnahkan di bawah pengawasan pejabat bea dan cukai. Badan Usaha dan Pelaku Usaha yang memperoleh fasilitas pembebasan Bea Masuk sebagaimana dimaksud dalam Pasal 20 wajib menggunakan barang yang diimpor sesuai dengan tujuan pemasukannya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Relawan Muhammadiyah Diduga Dianiya Polisi yang Sisir Perusuh

Posted: 13 Oct 2020 10:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Empat relawan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) diduga dianiaya oleh polisi usai demo tolak RUU Cipta Kerja. Mereka pun harus menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Umum Cempaka Putih karena penganiayaan tersebut.

Peristiwa ini terjadi pada 13, Oktober 2020 kemarin ketika empat relawan tengah bersiaga di depan Apartemen Fresher Menteng yang bersebelahan dengan Kantor PP Muhammadiyah di Menteng Raya No 62.

"Mereka memantau situasi dan bersiap bila ada jatuh korban yang harus dievakuasi dan dibantu Tim Kesehatan Muhammadiyah," kata Ketua MDMC Budi Setiawan dalam keterangan tertulis, Rabu (14/10/2020).

Budi menerangkan, tiba-tiba datang rombongan polisi dari arah Hotel Treva (Cikini). Mereka menyerang relawan dan beberapa warga yang ada di halaman Apartemen Fresher Menteng.

"Empat orang relawan MDMC yang bertugas dengan seragam bertuliskan "Relawan Muhammadiyah" ditabrak dahulu dengan sepeda motor oleh polisi, kemudian dipukul setelah terjatuh diseret ke mobil sambil dipukul dengan tongkat," ujar dia.

Saat ini, keempat relawan dari MDMC yang berasal dari MDMC Bekasi dirawat di RSU Cempaka Putih.

Terkait hal itu, Budi meminta kepolisian dalam hal ini Polda Metro Jaya memberikan penjelasan terkait dugaan penganiayaan relawan Muhammadiyah tersebut. Budi juga berharap kejadian serupa tak lagi terulang.

"Meminta kepada aparat kepolisian untuk tetap profesional dan melindungi relawan kemanusian yang bertugas di lapangan," ujar dia.

 

Minta Relawan Tak Terprovokasi

Budi meminta relawan Muhammadiyah yang bertugas untuk tidak terprovokasi dan mempercayakan penanganan pada pimpinan.

"Meminta semua pihak untuk tidak memperkeruh keadaan, menghindari terjadinya kekerasan," ujar dia.

Tidak ada kaitannya dengan Video Ambulance yang viral.

Budi menyatakan, kejadian ini tak ada kaitanya dengan video ambulance yang viral di media sosial. "Bukan, kami tidak mengeluarkan ambulance dalam kegiatan kemarin. Dan Ambulance yang viral bukan dari Muhammadiyah," ujar dia.

"Jadi antara ambulans yang viral dengan kejadian ini berbeda. Kalau yang soal ambulans kami sama sekali tidak tahu karena itu bukan dari Muhammadiyah," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mulai Go Public, Ini 7 Potret Danu Sofwan Kekasih Baru Jenita Janet

Posted: 13 Oct 2020 10:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama Jenita Janet tentunya sudah tak asing lagi di dunia hiburan Tanah Air. Wanita kelahiran 1 Juli 1987 ini merupakan salah satu pedangdut populer. Tak heran jika kehidupannya seolah tak lepas dari sorotan publik. Selain karier di dunia hiburan, kisah asmara Jenita Janet tak kalah mencuri perhatian.

Usai resmi bercerai dengan Alief Hedy Nurmaulid pada awal 2020 diketahui, ia telah menemukan tambatan hati baru. Belum genap setahun bercerai dengan mantan suami, Jenita Janet kini nampak sudah move on dari masa lalunya. Baru-baru ini, Jenita mengunggah potret dirinya bersama seorang laki-laki bernama Danu Sofwan di Instagram pribadinya.

Di foto tersebut, keduanya tampak begitu mesra bak pasangan dimabuk cinta. Pose mesra dan caption manis di akun Instagram pribadi miliknya tersebut langsung mendapat sorotan dari warganet. Sejumlah rekan dan penggemarnya bahkan membanjiri kolom komentar unggahan tersebut dengan ucapan selamat serta turut bahagia dengan hubungan Jenita Janet.

Sosok kekasih baru Jenita Janet berhasil mengundang penasaran. Diketahui, Danu Sofwan merupakan seorang pengusaha serta pebisnis. Ia pun menjadi seorang CEO dari PT Warisan Kuliner Indonesia yang mengelola sejumlah kuliner khas Tanah Air. Berikut 7 potret Danu Sofwan kekasih Jenita Janet, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (14/10/2020).

1. Baru-baru ini, Jenita Janet mengunggah potret mesra bersama kekasih barunya yang bernama Danu Sofwan.

Danu Sofwan Kekasih Baru Jenita Janet (Sumber: Instagram/danu_sofwan)
Danu Sofwan Kekasih Baru Jenita Janet (Sumber: Instagram/danu_sofwan)

2. Bukan orang biasa, kekasih pedangdut cantik ini adalah seorang pengusaha di bidang kuliner.

Danu Sofwan Kekasih Baru Jenita Janet (Sumber: Instagram/danu_sofwan)
Danu Sofwan Kekasih Baru Jenita Janet (Sumber: Instagram/danu_sofwan)

3. Danu Sofwan pun menjadi seorang CEO dari PT Warisan Kuliner Indonesia yang mengelola sejumlah kuliner khas Tanah Air.

Danu Sofwan Kekasih Baru Jenita Janet (Sumber: Instagram/danu_sofwan)
Danu Sofwan Kekasih Baru Jenita Janet (Sumber: Instagram/danu_sofwan)

4. Selain sebagai pengusaha, kekasih Jenita Janet ini juga dikenal dengan paras tampannya.

Danu Sofwan Kekasih Baru Jenita Janet (Sumber: Instagram/danu_sofwan)
Danu Sofwan Kekasih Baru Jenita Janet (Sumber: Instagram/danu_sofwan)

5. Danu Sofwan juga merupakan sahabat dari artis tampan, Adly Fairuz.

Danu Sofwan Kekasih Baru Jenita Janet (Sumber: Instagram/danu_sofwan)
Danu Sofwan Kekasih Baru Jenita Janet (Sumber: Instagram/danu_sofwan)

6. Ia juga cukup aktif di media sosial, di akun Instagramnya Danu kerap membagikan kesehariannya.

Danu Sofwan Kekasih Baru Jenita Janet (Sumber: Instagram/danu_sofwan)
Danu Sofwan Kekasih Baru Jenita Janet (Sumber: Instagram/danu_sofwan)

7. Penampilan Danu Sofwan juga terlihat cukup menawan di setiap kesempatan dengan gaya kasualnya.

Danu Sofwan Kekasih Baru Jenita Janet (Sumber: Instagram/danu_sofwan)
Danu Sofwan Kekasih Baru Jenita Janet (Sumber: Instagram/danu_sofwan)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Takut Investasi di Tengah Pandemi, Simak Rumusnya di Sini

Posted: 13 Oct 2020 10:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah mengajak masyarakat yang memiliki likuiditas dana untuk tetap berani melakukan investasi. Selain itu, konsumsi juga diperlukan untuk mendorong kegiatan ekonomi termasuk kegiatan pelaku usaha UMKM dan menjaga produksi dalam negeri.

Masyarakat perlu tetap berpikiran positif sehingga dapat berpikir strategis dan melihat berbagai kesempatan investasi yang ada dan mengadaptasi cara usaha yang berbeda sebagai dampak pandemi.

Pesan ini disampaikan dalam acara Forum Dialog Produktif Semangat Selasa bertema "Investasi dimasa Pandemi", yang diselenggarakan di Media Center KPCPEN, pada Selasa 13 Oktober 2020.

Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Perumusan Kebijakan Fiskal dan Makroekonomi Masyita Crystallin menjelaskan, beberapa indikator ekonomi, sebetulnya sudah terjadi pembalikan arah di kuartal III 2020, dan pemerintah tentu mengharapkan terus membaik di kuartal IV.

"Meskipun mungkin kondisi pertumbuhan ekonomi masih dalam periode kontraksi, tapi kontraksinya sudah tidak sedalam waktu di kuartal dua, artinya sudah mulai ada perbaikan ekonomi", jelas dia dalam keterangan tertulis, Rabu (14/10/2020).

Menurutnya perbaikan ekonomi atau pemulihan ini juga tergantung pada penanganan pandemi, dan walaupun banyak kebijakan yang dikeluarkan pemerintah, hal itu memerlukan disiplin masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan, untuk membantu penurunan penyebaran pandemi di Indonesia.

Marsyita menyatakan, masyarakat yang masih bisa investasi, perlu tetap investasi dan tetap konsumsi karena itu akan membantu rekan-rekan UMKM, dan juga produksi dalam negeri.

"Pemerintah banyak melakukan program pemulihan ekonomi tapi tetap perlu peran semua pihak untuk mendorong kegiatan ekonomi lebih baik". tambah dia. 

Kebijakan pemerintah ditambah dengan latar belakang populasi tinggi di Indonesia juga turut membantu menekan kontraksi pertumbuhan ekonomi. Kebijakan pemerintah menyasar kelompok masyarakat yang rentan dengan meluncurkan banyak paket pemulihan ekonomi melalui program perlindungan sosial, dukungan UMKM, sektoral kementerian dan lembaga serta pemda dan distribusi pembiayaan korporasi, untuk menjaga konsumsi nasional.

Sedangkan di bagian investasi, maka investasi domestik berperan penting.

Marsyita menjelaskan bahwa investasi domestik, baik itu ritel, UMKM, sektor-sektor ultramikro, kemudian perusahaan-perusahaan lokal, itu memang bagian besar dari investasi kita saat ini, untuk tumbuh lebih cepat, ditambah dengan investasi asing.

Untuk investasi ritel masyarakat dapat membeli sukuk atau obligasi negara, sebagai bagian berpartisipasi dalam pembiayaan negara.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Rumus Investasi

lustrasi Investasi Penanaman Uang atau Modal (iStockphoto)
lustrasi Investasi Penanaman Uang atau Modal (iStockphoto)

Chairman & Presiden Asosiasi Perencana Keuangan IARFC Aidil akbar menjelaskan, investasi masih bisa dilakukan dalam kondisi pandemi seperti ini. Untuk memulai investasi, bisa membaginya menjadi tiga kategori.

"Pertama, investasi jangka pendek seperti tabungan, deposito, emas dan obligasi. Kedua, jangka menengah yang meliputi reksadana pendapatan tetap dan campuran, Ketiga memulai bisnis," jelas dia. 

Lebih lanjut dikatakan Aidil, cukup banyak juga bisnis dimulai di saat pandemi. Terutama bisnis-bisnis berhubungan dengan makanan.

Untuk membagi dana investasi pakai rumusan 40:30:20:10. Sebanyak 40 persen untuk memenuhi kebutuhan hidup, 30 persen untuk membiayai cicilan, 20 persen untuk investasi, dan 10 persen untuk sosial seperti zakat, infak, dan sedekah.

Dalam melakukan investasi, masyarakat juga diingatkan untuk juga mengelola dananya dengan menyediakan dana baik jangka pendek, menengah dan panjang, memiliki dana darurat dan tak lupa memiliki asuransi kesehatan seperti BPJS berjaga-jaga jika memerlukan perawatan kesehatan.

Marsyita dan Aidil menyatakan bahwa salah satu Instrumen finansial yang juga baik untuk diinvestasikan adalah melalui Obligasi Ritel Indonesia (ORI). Dimana liquiditas yang hanya disimpan di bank dapat diubah menjadi instrument investasi yang aman dan menghasilkan sekaligus membantu pemulihan ekonomi nasional.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meluncur Besok, Uji Tabrak Toyota Fortuner Raih Bintang 5

Posted: 13 Oct 2020 10:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Toyota Fortuner versi facelift siap meluncur di pasar otomotif Tanah Air, Kamis (15/10/2020). Namun, sebelum resmi diniagakan di Indonesia, sport utility vehicle (SUV) ladder frame andalan raksasa asal Jepang ini, sudah terlebih dahulu uji tabrak yang dilakukan ASEAN NCAP (new car assessment program).

Melansir Paultan, dalam laporan yang dikeluarkan, Toyota Fortuner ini mendapatkan peringkat keselamatan bintang lima. Pengujiannya sendiri, dilakukan berbarengan dengan Toyota Hilux, yang menggunakan sasis yang sama pada Agustus 2020.

Dalam tabrakan bagian depan, Toyota Fortuner memberikan perlindungan yang baik pada kepala hingga tubuh pengemudi, dan penumpang dewasa.

Toyota Fortuner menerima skor keseluruhan sebesar 87,46 poin. Jika secara detail, nilai untuk benturan frontal sebesar 14,53, benturan samping 16,0, dan perlindungan kepala 3,50 dan lebih tinggi dibanding Hilux yang hanya 2,40.

Sedangkan untuk perlindungan dewasa, mendapatkan nilai 47,27 poin, perlindungan anak-anak 22,13 poin, dan safety assist 18,06 poin.

Sebagai informasi, dalam pengujian ini, menggunakan Toyota Fortuner varian 2.8D produksi 2020, dengan tiga airbag. Mobil ini sendiri, telah dijual di Thailand, dan diekspor ke Kamboja, Laos, Vietnam, Myanmar, Brunei Darussalam, dan Singapura.

Toyota Fortuner Baru Bakal Naik Harga Hingga Rp20 Juta, Kemahalan?

Rencananya, Kamis (15/10), Toyota Fortuner baru akan meluncur. Sejumlah perubahan dan penambahan fitur dilakukan Toyota Astra Motor untuk menambah ganteng SUV andalannya. 

Selain soal kepastian wujud dan fitur baru yang akan menyertainya, konsumen sangat penasaran dengan harga yang bakal dibanderol. Akankah harganya naik di saat orang banyak menahan uangnya selama pandemi Covid-19?

Harga adalah hal sensitif dalam pemasaran. Apalagi tersiar kabar, lawan berat Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport juga akan mengalami siklus yang sama, facelift.

Dari perbincangan redaksi Otosia dengan seorang tenaga penjual Toyota, dibisikan memang akan ada kenaikan harga. Cukup signifikan katanya walau memang belum ada resmi dari Toyota Astra Motor.

 

Kenaikan Harga

Katanya sales person tadi, kenaikan harga Toyota Fortuner baru berkisar di angka Rp10-20 jutaan. Tentu perbedaannya juga tergantung pada masing-masing varian.

"Soal harga Toyota Fortuner baru memang belum pasti, tapi kenaikannya sekitar Rp10-20 juta. Nanti harga pastinya diumumkan waktu peluncurannya tanggal 15," terang tenaga penjual Toyota yang tak ingin disebut namanya itu.

Saat ini, Toyota Fortuner 4x2 2.4 G MT DSL sebagai varian termurah dibanderol Rp492,95 juta. Sedangkan harga model tertingginya, Toyota Fortuner 4x4 2.4 VRZ AT DSL mencapai Rp685,05 juta.

Artinya, dengan kenaikan Rp10-20 jutaan, tipe terendah Toyota Fortuner berkisar di angka Rp502 jutaan. Sementara itu, varian tertinggi mobil SUV ladder-frame tersebut sudah menembus Rp700 juta, mungkis sekitar Rp705 jutaan.

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Konferensi Pakar-Pakar Internasional di Unpad Akhir Bulan Ini

Posted: 13 Oct 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Program Studi Doktor Ilmu Manajemen (DIM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Padjadjaran kembali menggelar The Global Advance Research Conference on Management and Business Studies (GARCOMBS). Konferensi bertaraf internasional tersebut rencananya akan digelar secara virtual pada Sabtu-Minggu (24-25/10/2020) mendatang.

Ketua Program Studi DIM FEB Unpad Sulaeman Rahman Nidar menuturkan kegiatan rutin ini merupakan forum yang mempertemukan akademisi bertaraf internasional untuk mempresentasikan kajian terbaru dan hasil penelitian di bidang manajamen dan bisnis. Selain itu, kegiatan ini juga menghadirkan praktisi dari berbagai industry mengenai kondisi terkini yang tengah dihadapi. Khususnya terkait dengan imbas dari pandemic Covid-19.

"Kegiatan ini juga menghadirkan lima pemangku kepentingan, tidak hanya akademisi tetapi juga regulator, pelaku bisnis, komunitas, serta juga media yang harapannya dapat mengamplifikasi kajian-kajian yang dipaparkan dalam kegiatan ini untuk membangun pemahaman bersama," ujarnya di Bandung, Jumat (9/10/2020).

Sulaeman memaparkan setidaknya ada tujuh bidang utama yang menjadi fokus dari kegiatan yang juga merupakan rangkaian dari Dies Natalis ke-63 FEB Unpad. Bidang tersebut adalah (1) Manajemen risiko, (2) Organisasi Perilaku, Kepemimpinan dan Manajemen Sumber Daya Manusia, (3) Inovasi, Operasi, dan Supply Chain Management, (4) Manajemen Pemasaran, (5), Manajemen Keuangan (termasuk investasi dan pasar modal serta akuntansi), (6) Manajemen Strategis, Kewirausahaan, dan Isu Kontemporer, serta (7) Green Business.

Dekan FEB Unpad Yudi Azis menuturkan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk sumbangsih dunia pendidikan, terutama DIM FEB Unpad, tidak hanya terhadap pengembangan keilmuan tetapi juga kemashlahatan masyarakat secara umum. Semua kajian dan penelitian yang dilakukan pada prinsipnya ditujukan untuk kebaikan dan kemajuan bersama.

"Namun kami tentu menyadari penuh bahwa upaya tersebut juga membutuhkan sinergi dan kolaborasi dengan banyak pihak, salah satunya media. Dengan dukungan media, saya yakin apa yang kita harapkan bisa diwujudkan dengan kolaborasi yang semakin erat," ujarnya.

President Garcombs Erman Sumirat mengatakan pada gelaran GARCOMBS ke-6 ini tema yang diangkat adalah "Business Recovery, Investment and Risk Management in times of Pandemy". Alasan pemilihan tema ini dilatarbelakangi keinginan untuk melihat dampak covid 19 terhadap lingkungan usaha yang membutuhkan pemulihan, manajemen risiko, dan investasi.

Kegiatan tersebut akan diselengarakan selama dua hari pada 24 - 25 oktober 2020. Pada hari pertama adanya paparan dari 6 panelis yang mewakili masyarakat global internasional dari universitas dari Australia, Amerika, dan Malaysia. Selain itu juga dari dua konsultan ternama dunia yaitu the Boston Consulting Group dan Price WaterHouse Coopers serta informasi beasiswa dan riset dari LPDP.

"Semuanya akan memaparkan model terbaru secara ilmiah dan juga aplikasinya. Disamping itu presentasi paper para peneliti mengenai riset riset terbaru sesuai tema Garcombs," katanya.

Hari kedua akan diselenggarakan diseminasi dan diskusi atas presentasi model yang disajikan di hari pertama. Kegiatan ini ditujukan untuk mendapatkan tanggapan dan realitas yang terjadi di dunia usaha.

"Konferensi ini melibatkan dan membawa konsep Pentahelix ABCGM yaitu akademisi, bisnis, community atau komunitas, goverment dan juga media sehingga diharapkan bisa membawa beberapa saran untuk pemulihan usaha, risiko dan iklim investasi di saat masa krisis karena pandemi," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PMI Edukasi Seputar Protokol Kesehatan kepada Pengungsi Rohingya di Aceh

Posted: 13 Oct 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Aceh Palang Merah Indonesia (PMI) turut memberikan edukasi protokol kesehatan kepada pengungsi Rohingya di Aceh. Edukasi ini merupakan pelayanan yang diberikan PMI untuk ratusan pengungsi Rohingya yang ditampung di tempat penampungan Gedung Balai Latihan Kerja, Desa Menasah Mee Kandang, Kecamatan Muaradua, Kota Lhokseumawe, Aceh.

Sekretaris Jendral PMI Pusat Sudirman Said mengatakan, pelayanan yang dilakukan PMI kepada pengungsi Rohingya sudah tiga bulan ini berjalan. 

"Edukasi dan kampanye protokol kesehatan bagi para pengungsi Rohingya penting, mengingat saat ini Indonesia sedang dilanda pandemi COVID-19, sehingga pencegahan sejak dini perlu dilakukan," ujar Said saat berkunjung ke Aceh menemui pengungsi Rohingya, Selasa (13/10/2020).

Tempat penampungan sementara yang dihuni 392 imigran Rohingya punya fasilitasnya serba terbatas, sehingga mereka sangat rawan tertular virus yang bisa menyebabkan kematian, termasuk virus Corona.

"Jadi, relawan Palang Merah Indonesia dimobilisasi memberikan pelayanan kebutuhan dasar juga harus mengedukasi para imigran tentang penerapan protokol kesehatan," lanjut Said.

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Jaga Jarak di Tempat Penampungan

Sekjen PMI Pusat Sudirman Said mengatakan, pelayanan yang dilakukan PMI kepada pengungsi Rohingya memberikan edukasi protokol kesehatan saat berkunjung ke tempat penampungan Rohingya di Aceh, Selasa (13/10/2020). (Palang Merah Indonesia)
Sekjen PMI Pusat Sudirman Said mengatakan, pelayanan yang dilakukan PMI kepada pengungsi Rohingya memberikan edukasi protokol kesehatan saat berkunjung ke tempat penampungan Rohingya di Aceh, Selasa (13/10/2020). (Palang Merah Indonesia)

Edukasi relawan PMI kepada pengungsi Rohingya meliputi tata cara menggunakan masker yang benar, seperti saat memasangkanya harus dipegang bagian talinya. Hindari memegang bagian kain, begitu juga saat melepas masker.

"Untuk penggunaan masker kain, pengungsi dianjurkan mencucinya secara rutin. Minimalnya setelah empat jam dipakai," ujar Said sebagaimana keterangan tertulis yang diterima Health Liputan6.com.

"Kemudian, meskipun tempat penampungan itu dalam kondisi yang serba terbatas, tetapi mereka harus tetap menjaga jarak dan tidak sering berkumpul."

Pengungsi Rohingya pun diajarkan menjaga kebersihan tangannya dengan cara mencuci tangan pakai sabun yang benar, dari membasuh telapak, sela-sela jari hingga penggung tangan dengan menggunakan air yang mengalir.

Masker dan Air Bersih

Sekjen PMI Pusat Sudirman Said mengatakan, pelayanan yang dilakukan PMI kepada pengungsi Rohingya memberikan edukasi protokol kesehatan saat berkunjung ke tempat penampungan Rohingya di Aceh, Selasa (13/10/2020). (Palang Merah Indonesia)
Sekjen PMI Pusat Sudirman Said mengatakan, pelayanan yang dilakukan PMI kepada pengungsi Rohingya memberikan edukasi protokol kesehatan saat berkunjung ke tempat penampungan Rohingya di Aceh, Selasa (13/10/2020). (Palang Merah Indonesia)

Untuk memenuhi kebutuhan sarana protokol kesehatan, PMI menyalurkan masker, hygiene kit, dan setiap harinya mendistribusikan air bersih ke tempat penampungan.

"Kondisi yang serba terbatas ini tentunya rawan terjadi penyebaran COVID-19. Dikhawatirkan jika ada yang tertular, maka bisa dengan cepat menyebar ke para pengungsi," lanjut Said.

"Tidak menutup kemungkinan relawan yang bertugas ikut terinfeksi."

PMI ikut menjamin pelayanan para pengungsi Rohingya berupa kebutuhan dasar hingga kesehatan, seperti membangun fasilitas Mandi Cuci Kakus (MCK). Agar tidak jenuh, para migran Rohingya juga diberdayakan.

"Pemberdayaan ini contohnya, keterampilan menjahit, perbengkelan, serta skill lainnya. Semua itu telah didukung oleh Pemerintah Kota Lhokseumawe," tutup Said.

Infografis Patuh 3M Saat Donor Darah

Infografis Patuh 3M Saat Donor Darah. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Patuh 3M Saat Donor Darah. (Liputan6.com/Abdillah)

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Mitos Menyesatkan Terkait Vaksin dan Imunisasi

Posted: 13 Oct 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Banyak beredar di masyarakat mitos seputar vaksin dan imunisasi. Bahkan belakangan mitos salah ini semakin banyak seiring pandemi virus corona covid-19.

Khusus untuk covid-19, hingga kini sedikitnya ada 54 kandidat vaksin untuk melawannya. Calon vaksin tersebut sedang diuji klinis di berbagai negara dan diharapkan mengeluarkan hasil yang bagus.

Di Indonesia sendiri ada calon vaksin yang dikembangkan untuk melawan virus corona covid-19. Calon vaksin ini berasal dari Sinovac, China dan bekerja sama dengan PT Bio Farma.

Rencananya uji klinis vaksin tahap ketiga ini akan selesai enam bulan mendatang. Jika sukses maka vaksin pun bisa diproduksi secara masal dan disuntikkan ke masyarakat.

Meski demikian masih banyak mitos salah terkait vaksin yang beredar di masyarakat. Lalu bagaimana mMeski demikian masih banyak mitos salah terkait vaksin yang beredar di masyarakat. Lalu bagaimana mitos salah terkait vaksin dan imunisasi?itos salah terkait vaksin dan imunisasi? Berikut ulasannya seperti dilansir dari laman covid19.go.id dalam webinar Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) dengan narasumber dokter spesialis anak, Windhi Kresnawati, Senin (14/10/2020):

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Mitos 1 dan 2

Ilustrasi vaksin COVID-19 Rusia Sputnik-V (AFP)
Ilustrasi vaksin COVID-19 Rusia Sputnik-V (AFP)

1. Penyakit infeksi bisa dihindari dengan gaya hidup sehat saja

Windhi tak menampik pola hidup sehat adalah kebiasaan baik. Namun ia mengingatkan, cara ini belum cukup ampuh untuk mencegah infeksi penyakit tertentu.

Fakta soal anggapan ini bisa kita lihat di Amerika Serikat. Saat ditemukan vaksin campak di AS pada 1963, penyakit ini berangsur-angsur hilang.

Bahkan pada 1974, pemerintah AS menyatakan bahwa mereka bebas campak. Yang perlu digaris bawahi, pola dan gaya hidup warga AS sejak tahun 1963 hingga 1974 tidak ada perubahan. Artinya, peran terbesar atas hilangnya campak di AS adalah imunisasi atau vaksinasi. Bukan semata-mata gaya hidup yang sehat.

Kondisi ini mulai berubah saat di AS mulai muncul sekte atau kelompok masyarakat yang meragukan vaksin MMR (campak, beguk, rubella). Lalu diikuti dengan semakin banyak orang ragu terhadap peran vaksin campak. "Akibatnya, tahun 2018 Amerika Serikat kembali mengalami wabah campak. Ini disebabkan banyak pendatang dari negara lain yang tidak vaksin dan refuse vaksinasi tinggi," ujar Windhi.

2. Mitos anak yang diimunisasi tetap saja sakit

Windhi menjelaskan bahwa bila pun mengalami sakit, tingkat keparahan yang dialami pasien imunisasi sangat ringan. Anak-anak yang diimunisasi, bila sakit, akan terhindar dari kecacatan dan kematian.

"Dan jangan lupa, kalau Anda tidak diimunisasi dan Anda tidak sakit, berterimakasihlah kepada orang yang diimunisasi. Karena itulah herd immunity. Ketika kita berada di tengah orang-orang yang sehat, kita tidak terjangkit penyakit," ujar Windhi.

Mitos 3 dan 4

Ilustrasi vaksin (Foto: unsplash.com)
Ilustrasi vaksin (Foto: unsplash.com)

3. Mitos vaksin ada kandungan zat berbahaya

Windhi menegaskan bahwa hal ini keliru. Vaksin yang sudah diproduksi massal harus memenuhi syarat utama: aman, efektif, stabil, dan efisien dari segi biaya. Artinya panjang prosesnya.

"Setelah dinyatakan aman, dipakai oleh masyarakat luas di bawah monitoring. Kalau negara kita di bawah BPOM. Karena satu saja ada temuan efek samping yang tidak diinginkan itu bisa ditarik dan biasanya itu ketahuan di fase awal," ujar Windhi.

4. Mitos vaksin sebabkan autisme

Windhi memastikan bahwa tidak ada kaitannya antara kandungan vaksin terhadap autisme pada anak. Hal ini sudah terbukti pada penelitian mendalam dan panjang, bahkan hingga lebih dari 10 tahun. Thimerosal merupakan salah satu kandungan vaksin yang sempat dituduh memicu autisme pada anak. Thimerosal ini berfungsi sebagai pengawet vaksin.

Amerika Serikat pernah menghapuskan kandungan thimerosal pada tahun 1999 karena takut bahwa kandungannya bisa memicu autisme. Tapi faktanya, setelah thimerosal dihapuskan, angka autisme di Amerika Serikat tidak turun. "Angka autis malah naik. Artinya tidak ada hubungan antara autis dengan thimerosal," kata Windhi.

Peneliti juga melihat kadar thimerosal pada tubuh anak autis dan anak non autis. Hasilnya, tidak ada perbedaan di antara keduanya. Hal ini semakin menguatkan bahwa thimerosal tidak menyebabkan autisme, melainkan genetika. "Jadi jangan termakan hoaks dengan thimerosal penyebab autisme. Banyak sekali penelitiannya dan mudah sekali mencarinya di internet" kata Windhi.

Mitos 5-7

Ilustrasi Foto Vaksin (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Vaksin (iStockphoto)

5. Mitos vaksin mengandung sel janin aborsi

Windhi pun membantah hal ini. Ia menjelaskan, virus memang perlu inang berupa sel hidup untuk bisa bertahan dan berkembang biak. Misalnya, virus campak, rubella, polio, bahkan SARS Cov-2 memerlukan inang berupa sel hidup.

Dalam pembuatan vaksin, virus memang akan menginfeksi sel hidup itu dan diproduksi berulang-ulang selama bertahun-tahun dengan meninggalkan sel awal. Sedangkan yang diambil sebagai komponen vaksin adalah bagian dari virus atau virusnya tersendiri.

"Jadi, kalau ada yang bilang ada sel janin yang digunakan, itu terjadi pada tahun 1960-an, di mana digunakan secara legal untuk membuat vaksin dan itu sekali saja proses yang terjadi. Lantas apakah dalam vaksin ada sel janin? Jawabannya, hanya ada hasil produknya, yakni berupa virusnya saja," kata Windhi.

6. Mitos penyakit yang sudah ada vaksinnya, tak perlu vaksinasi lagi

Ini pun jelas hoaks. Banyak riset menunjukkan bahwa penurunan angka vaksinasi memicu kenaikan penyakit spesifik yang dilawan vaksin tersebut. Hal ini sempat terjadi di Indonesia pada medio akhir 2017 lalu. Awalnya wabah difteri terjadi di Jawa dan merambah ke Sumatra. Pemerintah pun memutuskan untuk melakukan imunisasi nasional dan menggratiskan imunisasi difteri hingga usia 19 tahun.

"Di AS juga terjadi, tahun 2018 angka imunisasi turun dan muncul lagi. Polio sempat muncul kembali di Papua, padahal kita pernah dapat bendera bebas polio dari WHO. Campak rubella masih mengancam karena banyak hoaks tadi. Jadi hati-hati, kalau angka mulai turun dan kita hadapi wabah ini sangat menderita," jelas Windhi.

7. Isu halal-haram vaksin

Windhi menyampaikan bahwa isu ini hanya terjadi di Indonesia. Bahkan di Timur Tengah dengan negara berpenduduk mayoritas Muslim, pro kontra terhadap kehalalan vaksin tidak terjadi. Semua masyarakat dunia pun sepakat pentingnya vaksin.

"Dan peserta haji wajib divaksin. Makanya saya bilang lucu, kenapa di kita doang. Jadi pemicunya ada Trypsin yang dipinjam dari enzim babi untuk hasilkan panen yang baik. Supaya dapat komponen vaksin," kata Windhi.

Ia mengatakan, masyarakat perlu memahami bahwa tidak ada bagian babi yang masuk dalam vaksin. enzim ini akan dimurnikan kembali sehingga komponen perantara tidak ikut masuk pada vaksin. Ketika dalam proses pembuatannya bersinggungan dengan enzim dari babi, pada produksi akhirnya hanya virus yang masuk dalam vaksin.

"Seandainya tetap tidak mau. Karena bersinggungan, kita merujuk negara lain yang maju yang mayoritas Muslim dan MUI yang sudah sampaikan halal. Untuk kebaikan dan dalam keadaan mencegah penyakit yang lebih berat dan berbahaya, vaksin halal," katanya.

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berkat Safe Travel Campaign, Jumlah Penumpang di Bandara Angkasa Pura II Melonjak

Posted: 13 Oct 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pada kuartal III 2020, jumlah penumpang pesawat di 19 bandara tercatat 5,42 juta orang atau melonjak 247,43 persen dibandingkan dengan Kuartal II 2020 sebanyak 1,56 juta orang. Sementara, untuk pergerakan pesawat naik 107,7 persen atau dari 33.871 penerbangan menjadi 70.351 penerbangan.

Khusus di Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia, jumlah penumpang sepanjang Juli – September 2020 mencapai 3,16 juta orang atau meroket sekitar 256 persen dibandingkan dengan April-Juni 2020 sebesar 885.943 orang. Sementara itu, pergerakan pesawat di Soekarno-Hatta naik 114 persen menjadi 40.596 penerbangan.

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan peningkatan signifikan jumlah penumpang dan pergerakan pesawat ini menandakan kepercayaan masyarakat mulai pulih di tengah pandemi.

Muhammad Awaluddin menuturkan pulihnya kepercayaan masyarakat tidak lepas dari upaya PT Angkasa Pura II dan stakeholder yang mencanangkan Safe Travel Campaign guna memastikan protokol kesehatan dijalankan ketat di 19 bandara.

"Kenaikan penumpang dan pergerakan pesawat pada Kuartal III/2020 sangat tinggi yang menandakan kepercayaan masyarakat semakin pulih karena bandara PT Angkasa Pura II menerapkan berbagai upaya pencegahan COVID-19.

"Bersama stakeholder, PT Angkasa Pura II menjalankan Safe Travel Campaign untuk mewujudkan Safe, Healthy dan Hygiene Airport. Bahkan, Bandara Soekarno-Hatta mendapat  Safe Travel Score tergolong tinggi yakni mencapai 4.09 [dari paling tinggi 5], berdasarkan evaluasi Safe Travel Barometer karena penerapan protokol kesehatan yang ketat. Skor tersebut merupakan yang tertinggi di Indonesia dan peringkat ke-34 dari 200 bandara di dunia," jelas Muhammad Awaluddin.

Lebih lanjut, Muhammad Awaluddin mengatakan peningkatan penumpang dan penerbangan ini juga menunjukkan bahwa sektor penerbangan nasional memiliki peran signifikan dalam mendukung aktivitas dan perekonomian di Indonesia yang merupakan negara kepulauan.

"Tren pertumbuhan penerbangan di 19 bandara PT Angkasa Pura II didorong juga cukup besarnya pasar domestik Indonesia," ujar Muhammad Awaluddin.

 

Aktivitas Rute Internasional

Penumpang beraktivitas di area Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat (24/7/2020). Senior Manager Branch Communication and Legal Bandara Soetta Febri Toga Simatupang mengatakan di bulan Juli, jumlah pergerakan penumpang rata-rata per hari mencapai 30.000 orang. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Penumpang beraktivitas di area Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat (24/7/2020). Senior Manager Branch Communication and Legal Bandara Soetta Febri Toga Simatupang mengatakan di bulan Juli, jumlah pergerakan penumpang rata-rata per hari mencapai 30.000 orang. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Adapun pada Kuartal IV/2020 aktivitas di rute penerbangan internasional akan semakin bertambah khususnya di Bandara Soekarno-Hatta.

Dalam waktu dekat, Indonesia dan Singapura akan mengimplementasikan Reciprocal Green Lane (RGL) di dalam program Safe Travel Corridor. Melalui RGL, kedua negara membuka penerbangan khusus bagi perjalanan bisnis, diplomatik dan kedinasan. Bandara yang ditunjuk pemerintah Indonesia di dalam skema RGL ini adalah Bandara Soekarno-Hatta.

Saat ini operasional Bandara Soekarno-Hatta juga merujuk ke Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 26/2020, yang menjadi salah satu dasar dari penerapan RGL Indonesia – Singapura.

"PT Angkasa Pura II berkoordinasi dengan Kantor Imigrasi dan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan [KKP Kemenkes] supaya penerapan RGL Indonesia – Singapura ini berjalan lancar di Bandara Soekarno-Hatta. Segala sesuatunya sudah kami siapkan, termasuk check point pemeriksaan kesehatan dan dokumen perjalanan," jelas Muhammad Awaluddin.

Sementara itu, aktivitas rute internasional lainnya yang diperkirakan akan meningkat dalam waktu dekat adalah penerbangan ke Arab Saudi seiring dengan rencana dibukanya perizinan ibadah umrah bagi WNI.

Berdasarkan informasi, ibadah umrah bagi WNI akan dibuka mulai November 2020.

PT Angkasa Pura II berkomitmen untuk mendukung kelancaran penerbangan umrah tersebut khususnya di kantong-kantong keberangkatan seperti Bandara Soekarno-Hatta. Dalam waktu dekat, PT Angkasa Pura II juga akan mengusulkan adanya Airport Corridor Arrangement Initiatives untuk mewujudkan safe travel di penerbangan rute Jakarta – Jeddah, Arab Saudi.

Adapun di Bandara Soekarno-Hatta saat ini sedikitnya 12 maskapai yang melayani penerbangan internasional dengan jumlah pergerakan pesawat mencapai sektiar 60 pergerakan setiap harinya.

PT Angkasa Pura II saat ini mengelola 19 bandara, yaitu Soekarno-Hatta (Tangerang), Halim Perdanakusuma (Jakarta), Husein Sastranegara (Bandung), Kertajati (Majalengka), Kualanamu (Deli Serang), Supadio (Pontianak), Minangkabau (Padang), Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Sultan Iskandar Muda (Aceh), Raja Haji Fisabilillah (Tanjung Pinang), Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang).

Lalu, Sultan Thaha (Jambi), Depati Amir (Pangkalpinang), Silangit, Banyuwangi, Tjilik Riwut (Palangkaraya), Radin Inten II (Lampung), Fatmawati Soekarno (Bengkulu) dan HAS Hanandjoeddin (Belitung).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Startup Lokal Ini Tagretkan IPO Tiga Tahun ke Depan

Posted: 13 Oct 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Startup lokal yang bergerak di bidang supply chain tech enabler, Klikdaily, menargetkan akan mencatatkan saham perdananya melalui Initial Public Offering (IPO) dalam tiga tahun ke depan.

Untuk mewujudkan target itu perusahaan akan menjalankan tiga pengembangan yang terfokus pada sustainability dan pemulihan ekonomi nasional.

Pertama, melalui inovasi merek produk hasil olahan nusantara, kedua menciptakan ekosistem supply chain yang efektif dan efisien untuk 60 juta UMKM di seluruh indonesia, serta ketiga inovasi pendanaan bagi mitranya.

Amos Gunawan, CEO dan Founder Klikdaily, meyakini pentingnya membangun bisnis berkelanjutan yang terus memberikan solusi bagi kebutuhan masyarakat.

"Apalagi berdasarkan data ekonomi Indonesia dari penasihat independen Supply Chain Indonesia (SCI), sektor supply chain rata-rata tumbuh lebih dari 12 persen per tahun dan pada 2020 menyumbang hampir Rp 1.000 triliun terhadap ekonomi Indonesia," ungkap Amos melalui keterangannya," Rabu (14/10/2020).

Ia melanjutkan, data tersebut membuktikan sektor supply chain cukup besar. Ditambah rencana ekspansi sektor bisnis lainnya, ini akan memberikan semangat optimisme bagi perusahaan untuk terus berkembang.

 

 

Punya Partner Strategis

Rencana ini menguat dikarenakan tingginya dukungan dan antusiasme dari investor dan partner. Terlebih lagi respons para pelanggan atas perkembangan bisnis Klikdaily.

Inovasi ke berbagai bisnis dimungkinkan karena startup yang bermarkas di Tangerang ini memiliki banyak partner strategis di multisektor dari hulu hingga hilir.

Amos menambahkan, guna menjawab kebutuhan masyarakat terhadap produk kebutuhan sehari-hari, dalam waktu dekat Klikdaily akan meluncurkan 25 produk variatif private label hasil olahan nusantara, bekerja sama dengan para mitra produsen.

Hal ini akan turut memberikan nilai tambah dari variasi produk serta nilai usaha yang kompetitif bagi UMKM.

 

Berdayakan 1 Juta Warung Tradisional

Sebelumnya, Klikdaily membantu menyederhanakan jalur distribusi FMCG, khususnya bagi warung untuk mendapatkan kemudahan dalam akses produk.

Perusahaan melakukan pengintegrasian aktivitas pengadaan barang dan pelayanan, transportasi, dan persediaan stok produk hingga sampai di pelanggan melalui Integrated Supply Chain Management (ISCM).

Klikdaily menegaskan bakal terus memperluas jangkauan hingga 1 juta mitra di seluruh Indonesia.

(Isk/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Apple Luncurkan iPhone 12 Berteknologi 5G

Posted: 13 Oct 2020 10:30 PM PDT

Wakil Presiden Pemasaran Produk iPhone Kaiann Drance memperkenalkan iPhone 12 baru saat acara Apple di Apple Park, Cupertino, California, Amerika Serikat, 13 Oktober 2020. Apple meluncurkan seri iPhone 12 yang mendukung teknologi seluler 5G. (Apple Inc./AFP)
Wakil Presiden Pemasaran Produk iPhone Kaiann Drance memperkenalkan iPhone 12 baru saat acara Apple di Apple Park, Cupertino, California, Amerika Serikat, 13 Oktober 2020. Apple meluncurkan seri iPhone 12 yang mendukung teknologi seluler 5G. (Apple Inc./AFP)

Wakil Presiden Pemasaran Produk iPhone Kaiann Drance memperkenalkan iPhone 12 baru saat acara Apple di Apple Park, Cupertino, California, Amerika Serikat, 13 Oktober 2020. Apple meluncurkan seri iPhone 12 yang mendukung teknologi seluler 5G. (Apple Inc./AFP)

Wakil Presiden Senior Pemasaran iPhone Dunia Greg
Wakil Presiden Senior Pemasaran iPhone Dunia Greg "Joz" Joswiak memperkenalkan iPhone 12 Pro saat acara Apple di Apple Park, Cupertino, California, Amerika Serikat, 13 Oktober 2020. Apple meluncurkan seri iPhone 12 yang mendukung teknologi seluler 5G. (Apple Inc./AFP)

Wakil Presiden Senior Pemasaran iPhone Dunia Greg "Joz" Joswiak memperkenalkan iPhone 12 Pro saat acara Apple di Apple Park, Cupertino, California, Amerika Serikat, 13 Oktober 2020. Apple meluncurkan seri iPhone 12 yang mendukung teknologi seluler 5G. (Apple Inc./AFP)

Tampilan iPhone 12 dengan teknologi 5G yang baru diluncurkan Apple, Selasa (13/10/2020. Apple meluncurkan seri iPhone 12 yang mendukung teknologi seluler 5G. (Apple via AP)
Tampilan iPhone 12 dengan teknologi 5G yang baru diluncurkan Apple, Selasa (13/10/2020. Apple meluncurkan seri iPhone 12 yang mendukung teknologi seluler 5G. (Apple via AP)

Tampilan iPhone 12 dengan teknologi 5G yang baru diluncurkan Apple, Selasa (13/10/2020. Apple meluncurkan seri iPhone 12 yang mendukung teknologi seluler 5G. (Apple via AP)

iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max menampilkan desain baja tahan karat tepi datar baru yang ditinggikan dan penutup depan Perisai Keramik untuk meningkatkan daya tahan. Apple meluncurkan seri iPhone 12 yang mendukung teknologi seluler 5G. (Photo: Business Wire)
iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max menampilkan desain baja tahan karat tepi datar baru yang ditinggikan dan penutup depan Perisai Keramik untuk meningkatkan daya tahan. Apple meluncurkan seri iPhone 12 yang mendukung teknologi seluler 5G. (Photo: Business Wire)

iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max menampilkan desain baja tahan karat tepi datar baru yang ditinggikan dan penutup depan Perisai Keramik untuk meningkatkan daya tahan. Apple meluncurkan seri iPhone 12 yang mendukung teknologi seluler 5G. (Photo: Business Wire)

Tampilan salah satu seri iPhone 12 yang dilengkapi dengan teknologi 5G sehingga lebih cepat diluncurkan Apple pada Selasa (13/10/2020). Apple meluncurkan seri iPhone 12 yang mendukung teknologi seluler 5G. (Apple via AP)
Tampilan salah satu seri iPhone 12 yang dilengkapi dengan teknologi 5G sehingga lebih cepat diluncurkan Apple pada Selasa (13/10/2020). Apple meluncurkan seri iPhone 12 yang mendukung teknologi seluler 5G. (Apple via AP)

Tampilan salah satu seri iPhone 12 yang dilengkapi dengan teknologi 5G sehingga lebih cepat diluncurkan Apple pada Selasa (13/10/2020). Apple meluncurkan seri iPhone 12 yang mendukung teknologi seluler 5G. (Apple via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Viral, Wanita Ajak Kenalan Polisi Tampan Saat Demo

Posted: 13 Oct 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tingkah laku wanita di video ini viral di media sosial. Ia dengan percaya diri mengajak kenalan seorang polisi saat demo. Ini dilakukan karena si polisi memiliki wajah tampan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertukaran Budaya Aktor The Swordsman: Joe Taslim Doyan Jjampong, Jang Hyuk Suka Nasgor

Posted: 13 Oct 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bergabung di proyek film The Swordsman yang syutingnya di Korea Selatan, ternyata menyisakan banyak kenangan manis untuk Joe Taslim. Ia jatuh cinta pada Seoul, punya teman-teman baru yang akrab dengannya, dan mencicipi beragam kuliner lezat.

Dalam konferensi pers yang digelar secara daring, Senin (12/10/2020) kemarin, Joe Taslim mengungkap ada satu makanan yang hingga kini masih ia ingat kelezatannya.

"Jjampong! Makanan favoritku, jjampong! Masisseoyo (enak)!" kata Joe Taslim dengan semringah.

Sekadar informasi, jjampong adalah sajian mi berkuah pedas yang biasanya dilengkapi makanan laut dan daging.

Nasi Goreng

Joe Taslim dan Jang Hyuk (Instagram/ joe_taslim)
Joe Taslim dan Jang Hyuk (Instagram/ joe_taslim)

Sementara Jang Hyuk juga punya satu kuliner Indonesia favorit. Ia mengungkapnyannya saat menceritakan pengalamannya mengunjungi Pulau Bali. "Aku berada di Bali sekitar seminggu, mungkin 10 hari, dan rasanya sungguh damai, hebat sekali," ucapnya. Aktor 43 tahun ini berada di sana untuk urusan pekerjaan, tapi ia justru mengaku sangat rileks. 

"Ada satu kehangatan tersendiri tentang Indonesia," ia menambahkan. 

"Aku ingat mengunjungi restoran makanan laut. Aku berada di pinggir pantai dengan makanan enak, musiknya juga hebat. Dan nasi goreng! Kalian mungkin sudah tahu ini, tapi nasi goreng, aku masih mengingatnya," kata Jang Hyuk yang membuat Joe Taslim terbahak.

Harapan Joe

Joe Taslim. (Foto: Instagram @joe_taslim)
Joe Taslim. (Foto: Instagram @joe_taslim)

Di luar soal urusan makanan, Joe Taslim rupanya punya satu harapan dari filmnya ini. Yakni membuka keran kolaborasi antara industri sinema Korsel dan Indonesia, sekaligus menumbuhkan pasar kedua negara.

"Film Korea sangat populer di sini (Indonesia). Dan kami juga ingin memperkenalkan aktor Indonesia ke Korea, sehingga hubungan pertemanan kedua negara makin erat dengan lebih sering bekerja sama," tuturnya.

Tantangan Terbesar

Penampilan Joe Taslim di The Swordsman. (Foto: atas perkenan CBI Pictures)
Penampilan Joe Taslim di The Swordsman. (Foto: atas perkenan CBI Pictures)

Mantan atlet judo ini juga menceritakan hal mengesankan dari syuting The Swordsman yang hingga kini terkenang oleh Joe Taslim. Yakni kehangatan timnya.

"Yang tak terupakan, adalah mereka sangat banyak membantuku. Memerankan Gurutai sebenarnya adalah tantangan terbesar dalam hidupku. Aku harus mengucapkan dialog dalam dua bahasa yang tidak aku kuasai," ia menuturkan.

Tantangan ini berhasil ia atasi dengan bantuan rekan-rekannya. "Mereka semua membuatku mencapai yang terbaik untuk diriku," tutur sang bintang The Night Comes for Us.

Target Tayang Akhir Oktober

Seperti diketahui, The Swordsman adalah film berlatar Joseon, dalam masa peralihan antara dinasti Min ke Qing. Ahli pedang Tae Yool (Jang Hyuk) menyepi dari kekacauan Joseon, tapi terpaksa kembali mengangkat pedang saat putrinya ditangkap anak buah Gurutai (Joe Taslim), pemimpin pasukan dari dinasti Qing. 

The Swordsman diharapkan bisa tayang di Indonesia pada akhir Oktober 2020. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bawaslu Temukan 1.736 Data Ganda di DPS Pilkada Boyolali 2020

Posted: 13 Oct 2020 10:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 1.736 data ganda masih ditemukan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Boyolali di Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. 

"Secara prosedur untuk pemutakhiran data, kami tidak menemukan pelanggaran. Semua sudah berjalan sesuai aturan. Namun, terkait data, kami masih menemukan banyak data ganda," kata Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Boyolali, Rubiyanto kepada wartawan di kantornya, Senin, 12 Oktober 2020.

Terkait hal ini, Bawaslu mengimbau Komisi Pemilihan Umum (KPU) lebih cermat sebelum data tersebut ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada pertengahan bulan ini.

"Sebab DPT nantinya sebagai dasar menentukan jumlah logistis terutama surat suara yang akan dicetak KPU," lanjut Rubiyanto. 

Dari temuan Bawaslu ada dua orang yang memiliki NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan Kartu Keluarga (KK) yang sama. Bahkan ada tiga orang memiliki NIK dan Kartu Keluarga yang sama.

"Kami kira, KPU perlu melibatkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sebelum penetapan DPT nanti," jelasnya.  

Menurutnya, sejauh ini Bawaslu terus berkoordinasi dengan KPU. Sebelumnya Bawaslu juga menyampaikan masukkan mengenai adanya data pemilih yang harus dibenahi lantaran sudah meninggal dunia dan pindah domisili.

"Masukkan itu juga sudah ditindaklanjuti KPU," jelas dia.

 

16 Oktober Akan Ditetapkan Jadi DPT

Sementara itu, Ketua KPU Boyolali, Ali Fahrudin menyatakan bahwa tahapan rekapitulasi dari DPS Pilkada 2020 hasil perbaikan telah berjalan.

"Nanti pada 16 Oktober akan ditetapkan menjadi DPT," kata dia. 

Ada pun jumlah DPS yang telah ditetapkan sebelumnya berjumlah 797.836 pemilih. Jumlah itu terdiri dari 395.651 pemilih laki-laki dan 402.185 pemilih perempuan.

 

Simak berita Solopos.com lainnya di sini

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tutup Sejak Maret 2020 Imbas COVID-19, Sekolah di Ibu Kota Argentina Buka Lagi

Posted: 13 Oct 2020 10:29 PM PDT

Liputan6.com, Buenos Aires- Akitivitas belajar mengajar di sekolah-sekolah di Ibu Kota Argentina mulai dibuka kembali pada 13 Oktober 2020.

Pembukaan itu dilakukan sebagai bagian dari pelonggaran pembatasan bertahap ke kelas tatap muka di tengah pandemi COVID-19. 

Kantor Wali Kota Buenos Aires melaporkan, bahwa para murid tahun ajaran terakhir di sekitar puluhan sekolah umum di kota tersebut telah kembali mengikuti aktivitas belajar ke kelas.

"Ini adalah langkah yang sangat penting, kembali sekolah untuk menutup penguncian dalam kehidupan pendidikan mereka," ujar wakil Wali Kota, Diego Santilli, seperti dikutip dari AFP, Rabu (14/10/2020).

Sementara itu, beberapa siswa sekolah dasar akan melanjutkan aktivitas belajar mereka di kelas pada pekan depan. 

Soledad Acuna, pejabat pendidikan tinggi di Buenos Aires, mengatakan bahwa "Antara manajemen sekolah negeri dan swasta, 70.000 anak laki-laki dan perempuan akan dapat menghadiri kelas tatap muka yang akan melengkapi ruang virtual".

Menurut otoritas sekolah di Buenos Aires, kegiatan belajar di kelas akan dilakukan di halaman terbuka dan dalam "gelembung" yang terdiri dari 10 murid per kelompok, untuk mencegah risiko penyebaran COVID-19 di luar lingkaran. 

Pada 15 Maret 2020, kelas tatap muka ditangguhkan di Argentina, tepat setelah awal tahun ajaran di belahan bumi selatan.

Sejak penangguhan itu, kelas terus berlanjut secara virtual dengan menggunakan Zoom dan platform internet lainnya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Infeksi COVID-19 di Buenos Aires Telah Menurun

Daniel Dorado dari Argentina mengenakan jersey River Plate berjalan pulang ke rumahnya di daerah kumuh Costa Eperanza, Buenos Aires, 12 September 2020. Daniel, 12, yang bersekolah di sekolah sepak bola Angel Labruna bermimpi menjadi pemain divisi pertama di klub River Plate. (ARIEL TIMY TORRES/AFP)
Daniel Dorado dari Argentina mengenakan jersey River Plate berjalan pulang ke rumahnya di daerah kumuh Costa Eperanza, Buenos Aires, 12 September 2020. Daniel, 12, yang bersekolah di sekolah sepak bola Angel Labruna bermimpi menjadi pemain divisi pertama di klub River Plate. (ARIEL TIMY TORRES/AFP)

Seorang siswa sekolah menengah di Buenos Aires, Lola Perez Costa (18 tahun) mengungkapkan perasaannya karena kembali belajar di sekolah. 

"Cukup menyenangkan. Untuk melihat papan tulis, melihat guru secara langsung dan bukan layar, untuk menjelaskan hal-hal kepada Anda, untuk menuliskan semuanya. Rasanya aneh namun seperti kembali ke kehidupan nyata," ungkap Lola kepada kepada AFP.

Oscar Lazbal, kepala sekolah Hipolito Yrigoyen National School of Technical Education, tempat Paus Fransiskus menempuh pendidikan, juga mengatakan bahwa dirinya begitu "sangat senang" karena dapat kembali menyambut para muridnya. 

"Tidak hanya dari segi pedagogis tapi juga aspek emosional. Kami semua begitu senang mereka kembali ke sini," kata Lazbal.

Jumlah infeksi baru COVID-19 di Buenos Aires telah menurun, meskipun rata-rata penambahannya masih tercatat sekitar 900 kasus dalam sehari.

Sementara itu, penngkatan infeksi COVID-19 masih terjadi di sejumlah wilayah di Argentina. Hal itu pun membuat pihak berwenang setempat terpaksa membatalkan rencana untuk membuka kembali sekolah.

Hingga saat ini, Argentina telah melaporkan lebih dari 903.000 kasus dengan total 24.186 kematian akibat Virus Corona COVID-19.

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Surabaya Termasuk 16 Kabupaten/Kota dengan Kasus Aktif COVID-19 di Bawah 1.000 per 11 Oktober 2020

Posted: 13 Oct 2020 10:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 (Satgas COVID-19) mencatat ada 16 kabupaten/kota dengan jumlah kasus aktif sebanyak 501-1.000. Dari 16 kabupaten/kota itu, salah satunya di Surabaya, Jawa Timur.

Meski demikian, Satgas COVID-19 mengingatkan agar 16 kabupaten/kota itu tetap waspada sehingga jumlah kasus aktif COVID-19 tidak meningkat.

Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas COVID-19, Dewi Nur Aisyah menuturkan, kasus aktif ini merupakan pasien yang sedang sakit dan masih sakit yang dirawat di rumah sakit atau jalani isolasi di rumah dan rumah sakit (RS).

"16 kabupaten kota 500-1.000, ini hati-hati jangan sampai kasus ikut tinggi atau nanti bisa besar. Lagi-lagi ini ada beberapa kota Medan ada sini, Kabupaten Bekasi, Kota Kendari, Kota Samarinda, Kota Sorong, Tangerang, Balikpapan, Makassar, Kota Surabaya, Kota Semarang, Kabupaten Mimika, Kota Banda Aceh, Kota Bogor, Kota Bandung, Kota Palembang," ujar Dewi, Rabu (14/10/2020).

Dewi mengingatkan agar 16 kabupaten/kota itu dapat menekan kasus aktif di bawah 500. Hal ini agar tidak membuat kasus aktif COVID-19 lebih tinggi.

"Hati-hati jangan sampai kasus lebih tinggi, kalau bisa terus ditekan di bawah angka 500. Mungkin 12 kabupaten kota dengan kasus di atas 1.000. Contoh Medan jangan sampai kasus lebih tinggi, kalau bisa kita tekan," ujar dia.

Sementara itu, melihat data lawancovid-19.surabaya.go.id, per 13 Oktober 2020, pasien konfirmasi dalam perawatan kini sebanyak 329 orang.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Berikut 16 kabupaten/kota dengan kasus aktif 501-1.000 per 11 Oktober 2020:

Ilustrasi coronavirus, virus corona, koronavirus, Covid-19. Kredit: Fernando Zhiminaicela via Pixabay
Ilustrasi coronavirus, virus corona, koronavirus, Covid-19. Kredit: Fernando Zhiminaicela via Pixabay

1.Kota Medan: 951

2.Bekasi: 863

3.Kota Kendari: 774

4.Kota Samarinda: 772

5.Kota Sorong: 767

6.Tangerang: 696

7.Kota Balikpapan: 695

8.Kota Makassar:693

9.Kutai Kartanegara:666

10.Kota Surabaya:641

11.Kota Semarang:603

12.Mimika:578

13.Kota Banda Aceh: 568

14.Kota Bogor:557

15.Kota Bandung: 544

16.Kota Palembang: 514

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berpotensi Rusak Ekosistem Pesisir, 2 Pelaku Usaha Pariwisata Gili Matra Kena Tegur

Posted: 13 Oct 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kupang memberi sanksi teguran kepada 2 pelaku usaha pariwisata yang melakukan melanggar ketentuan pembangunan fasilitas wisata di kawasan konservasi Taman Wisata Perairan (TWP) Gili Matra, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dua pelaku usaha pariwisata tersebut melakukan pelanggaran yang berbeda. Satu pengusaha melanggar aturan pembangunan fasilitas wisata permanen berupa tempat swafoto yang menyentuh perairan atau di wilayah sempadan pantai tanpa izin dan satu pelaku usaha lainnya melakukan penyulingan air laut menjadi air tawar tanpa izin.

Plt Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Dirjen PRL) KKP TB Haeru Rahayu menjelaskan, pelanggaran pembangunan fasilitas pariwisata seperti ini dapat berpotensi merusak ekosistem wilayah pesisir.

"Pembangunan wisata yang tidak memperhatikan lingkungan dan tidak berizin seperti ini selain sangat berpotensi merusak kelestarian habitat dan lingkungan ekosistem pesisir juga dapat mengubah kontur wilayah pantai," jelas Tebe di Jakarta.

Pria yang akrab disapa Tebe ini memerintahkan BKKPN Kupang untuk melakukan inspeksi dan penanganan awal secara persuasif pada Kamis (8/10/2020) bersama Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Satuan Kerja Benoa yang membawahi wilayah Jawa Timur, Bali, dan NTB.

"Dari hasil inspeksi jelas ditemukan pelanggaran Undang-Undang Nomor 1 tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 27 tahun 2007 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil," pungkasnya.

Lebih lanjut, Plt Kepala BKKPN Kupang Imam Fauzi menerangkan bahwa penanganan awal pelanggaran dilakukan secara persuasif terlebih dahulu kepada para pelaku.

"Menindaklanjuti arahan Plt Dirjen, saya sudah menginstruksikan kepada tim agar melakukan penanganan secara persuasif yaitu menyarankan pelaku usaha pariwisata agar membongkar bangunan anjungan tempat berswafoto permanen atau memindahkannya ke lokasi lain yang memenuhi syarat dan harus ada izin dari pemerintah daerah," terang Imam di Kupang.

"Jadi kita lakukan evaluasi izin saja, tapi kami tetap sarankan agar pelaku usaha tersebut segera menyelesaikan proses perizinan di KKP," lanjutnya.

Untuk menertibkan kegiatan pemanfaatan dan menjaga kelestarian alam di kawasan konservasi perairan nasional, BKKPN Kupang juga secara rutin melakukan pengawasan, pembinaan dan pemeliharaan di perairan TWP Gili Matra yang meliputi Gili Meno, Gili Air, dan Gili Trawangan.

KKP Tanam 82.500 Bibit Mangrove Rehabilitasi Ekosistem Pesisir Aceh

Hutan mangrove. Kementerian KKP
Hutan mangrove. Kementerian KKP

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Pengelolan Ruang Laut (Ditjen PRL) melakukan penanaman 82.500 bibit mangrove di pesisir Desa Gampong Baru, Kecamatan Setia Bakti, Aceh Jaya untuk mengembalikan luasan ekosistem mangrove yang hilang dan merehabilitasi ekosistem pesisir yang rusak.

Plt. Dirjen PRL, Tb Haeru Rahayu mengungkapkan, selain untuk pemulihan ekosistem pesisir, kegiatan penanaman bibit mangrove yang dilakukan secara padat karya ini merupakan bagian dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

"Sesuai arahan Presiden Joko Widodo dan Menteri Kelautan dan Perikanan, KKP diminta memberikan stimulus ekonomi untuk sektor kelautan dan perikanan yang terdampak pandemi melalui program PEN dalam bentuk padat karya," ujar Tebe dalam keterangannya, Senin (12/10/2020).

Tebe melanjutkan, ekosistem mangrove memiliki manfaat yang besar bagi kehidupan masyarakat pesisir sehingga perlu mendapat perhatian lebih agar keberadaannya tetap dipertahankan dan terhindar dari kerusakan.

Diketahui, luas mangrove nasional pada tahun 2019 adalah sebesar 3,311 juta ha, yang mana terluas di dunia. Namun demikian jika dilihat dari data historis luasan mangrove nasional sejak tahun 1980 sampai tahun 2019 diketahui bahwa luas ekosistem mangrove nasional telah berkurang sangat besar hingga mencapai 54 persen

"Pada tahun 2020, KKP memiliki target untuk melakukan perbaikan kondisi ekosistem mangrove dengan penanaman mangrove seluas 200 ha di 12 lokasi, salah satunya di Kabupaten Aceh Jaya," jelasnya.

Padat Karya

Menteri KKP Edhy Prabowo bersama Gubernur Maluku Murad Ismail usai melakukan penanaman mangrove di Ambon. Minggu 30 Agustus 2020
Menteri KKP Edhy Prabowo bersama Gubernur Maluku Murad Ismail usai melakukan penanaman mangrove di Ambon. Minggu 30 Agustus 2020

Menambahkan, Direktur Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (P4K) Muhammad Yusuf menyatakan, kegiatan penanaman mangrove yang dilaksanakan mulai dari tanggal 1 hingga 7 Oktober 2020 dilakukan secara padat karya oleh Kelompok Ekowisata Gampong Baro dan masyarakat sekitar pada area seluas 25 ha.

"Bibit mangrove yang ditanam sebanyak 82.500 batang bibit dari jenis Rhizopora sp. Bibit ini adalah hasil penyemaian yang dilakukan oleh penggiat konservasi mangrove," ungkap Yusuf.

Diharapkan, lokasi penanaman bibit mangrove ini dapat dikembangkan sebagai lokasi ekowisata dan destinasi wisata bahari di Aceh sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan ekonomi masyarakat pesisir ke depannya.

"Harapannya masyarakat dapat menjaga dan merawat bibit mangrove yang telah ditanam," tandasnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Cara Membersihkan Lumut di Rumah, Pahami Tips Mencegahnya

Posted: 13 Oct 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kondisi udara yang lembap, ternyata bisa menimbulkan berbagai masalah pada bangunan. Salah satunya adalah timbulnya lumut. Biasanya lumut dapat muncul di berbagai sudut rumah, seperti dinding dan daerah yang lembap lainnya.

Salah satu kerugian dari timbulnya lumut ini, yaitu penampilan rumah menjadi kurang sedap dipandang. Selain itu, adanya lumut bisa saja membahayakan, karena sifatnya yang licin dapat menyebabkan terpeleset. Itulah mengapa, penting mengetahui bagaimana cara membersihkan lumut.

Sebenarnya, cara membersihkan lumut di sudut-sudut rumah yang lembap cukup mudah. Salah satunya dengan bantuan beberapa bahan yang menimbulkan reaksi kimia pada lumut tersebut. Dengan cara membersihkan lumut tersebut, maka akan lebih efisien dari segi waktu dan efektif hasilnya.

Berikut ini, Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, bagaimana cara membersihkan lumut yang efektif dan efisien tersebut, Rabu (14/10/2020).

Cara Membersihkan Lumut yang Pertama

Cuka bisa jadikan kuku mengkilap. (via: youtube.com)
Cuka bisa jadikan kuku mengkilap. (via: youtube.com)

1. Gunakan Cuka

Cara membersihkan lumut yang pertama bisa menggunakan cuka. Kandungan asam pada cuka juga sangat bermanfaat untuk menghilangkan lumut yang membandel di rumah. Caranya sangat mudah, yaitu dengan menuangkan sedikit cuka masak pada lantai atau dinding yang dihinggapi lumut tebal. Kemudian, sikat perlahan hingga lumut rontok.

Setelah selesai proses perontokan, jangan lupa membilas lantai serta dinding menggunakan air bersih mengalir. Hal ini untuk mencegah adanya sisa-sisa cuka yang berpotensi merusak lapisan lantai dan dinding.

2. Menggunakan Larutan Garam

Kemudian, Anda juga bisa menggunakan larutan garam untuk membersihkan lumut di rumah. Caranya juga sangat mudah, hanya dengan mencampurkan dua liter air dengan tiga sendok makan garam dapur.

Kemudian cukup siram larutan garam tersebut ke bagian rumah yang ditumbuhi lumut, lalu sikat hingga lumut menghilang. Penggunaan larutan garam ini, selain mampu menghilangkan lumut, juga berfungsi untuk mencegah lumut tumbuh kembali.

Cara Membersihkan Lumut Selanjutnya

Ilustrasi Sabun Cuci Piring Credit: pexels.com/pixabay
Ilustrasi Sabun Cuci Piring Credit: pexels.com/pixabay

3. Manfaatkan Sabun Cuci Piring

Cara membersihkan lumut selanjutnya dengan menggunakan sabun cuci piring. Tentunya sabun cuci piring sangat mudah ditemukan.

Cara aplikasinya dengan melarutkan sabun cuci piring menggunakan sedikit air. Lalu gunakan busa untuk mengusapkan larutan tersebut ke area yang ditumbuhi lumut. Apabila seluruh lumut sudah bersih, pastikan dilakukan pembilasan agar tidak ada sisa sabun.

4. Gunakan Larutan Baking Soda

Selain beberapa jenis bahan si atas, cara membersihkan lumut bisa juga menggunakan baking soda. Baking soda juga memiliki tingkat keasaman tinggi, di mana hal ini berguna untuk membasmi lumut yang cukup membandel.

Cara penggunaannya sangat mudah, yaitu dengan membuat campuran yang terdiri dari air serta baking soda. Lalu, Anda cukup mengoleskan campuran tersebut pada area yang berlumut seperti lantai dan dinding. Jangan lupa untuk menggosoknya perlahan-lahan.

Tapi, ada baiknya tidak menggunakan larutan baking soda jika tujuannya untuk membersihkan bahan granit, keramik, serta kayu. Sebab, hal tersebut bisa berisiko menyebabkan keropos hingga terkelupas.

Cara Membersihkan Lumut yang Tidak Kalah Efektif

Ilustrasi Kapur Semut Credit: pexels.com/pixabay
Ilustrasi Kapur Semut Credit: pexels.com/pixabay

5. Larutan Kapur

Selain memanfaatkan kandungan asam seperti pada cuka dan baking soda, menggunakan kandungan basa yang ada di dalam kapur juga efektif membasmi lumut. Anda bisa membuat larutan air yang dicampur kapur untuk membersihkan lumut membandel.

Kemudian, siram bagian yang berlumut menggunakan air kapur. Setelah itu, tunggu hingga semalaman sebelum disikat. Setelah disiram, lumut akan menjadi lebih lunak dan mudah dilepas dari dinding atau lantai.

6. Dengan Kaporit

Selain berguna untuk menjernihkan air, penggunaan kaporit juga berfungsi untuk menghilangkan lumut. Caranya hanya dengan menyiapkan beberapa butir tablet kaporit, kemudian haluskan hingga berbentuk bubuk. Lalu, cukup taburkan bubuk kaporit ke permukaan dinding atau lantai yang berlumut, kemudian diamkan selama satu jam.

Setelah didiamkan satu jam, lumut biasanya akan lebih mudah disikat dan terlepas. Kemudian jangan lupa untuk membilas dinding atau lantai yang sudah bersih agar tidak licin.

Cara Membersihkan Lumut yang Terakhir

Ilustrasi Mencuci Pakaian Credit: pexels.com/pixabay
Ilustrasi Mencuci Pakaian Credit: pexels.com/pixabay

7. Menggunakan Pemutih Baju

Ternyata, produk berupa pemutih baju juga bisa digunakan dalam membasmi lumut membandel di rumah. Cara aplikasina juga sangat mudah, yaitu dengan mencampurkan air bersih serta pemutih baju dengan perbandingan 4:1

Kemudian, Anda cukup menyiramkan campuran tersebut ke seluruh bagian rumah yang berlumut, tentunya sembari disikat hingga bersih. Adanya kandungan bahan kimia yang cukup keras di dalam produk pemutih baju berguna untuk mencegah lumut muncul kembali.

8. Air Aki

Sebenarnya, cara membersihkan lumut ini bisa menjadi alternatif jika memang seluruh bahan di atas tidak tersedia. Cara penggunaannya hanya dengan menyiramkan air aki pada bagian rumah yang berlumut, lalu tunggu hingga beberapa jam sebelum disikat hingga bersih.

Usahakan jangan sampai ada air aki yang tersisa di area lantai atau dinding. Sebab bahan kimia tersebut memiliki sifat korosif atau rentan menyebabkan karat dan keropos.

Tips Mencegah Timbulnya Lumut di Rumah

Ilustrasi jendela (dok. Pixabay.com/StockSnap/Putu Elmira)
Ilustrasi jendela (dok. Pixabay.com/StockSnap/Putu Elmira)

Buang Perabotan yang Mudah Basah

Biasanya, lumut akan sangat mudah muncul di area yang lembap. Yang menjadi masalah, jika ada beberapa perabotan yang mungkin terbuat dari bahan mudah menyerap kelembapan dan air. Bisa saja, barang tersebut akhirnya basah dan menyebabkan kelembapan tinggi hingga timbul lumut pada area sekitarnya, seperti dinding.

Rutin Membuka Jendela dan Pintu Rumah

Cara ini penting dilakukan, karena dengan membuka jendela dan pintu, maka sirkulasi udara akan lebih baik serta udara lembap bisa keluar. Untuk memaksimalkan proses pergantian udara tersebut, Anda bisa menggunakan bantuan kipas angin.

Lapisi Dinding dengan Cat Anti Lumut

Biasanya, dinding menjadi lokasi paling mudah timbul lumut. Saat ini di pasaran sudah banyak cat khusus tembok yang bisa mencegah timbul lumut. Dengan melapisi dinding dengan cat tersebut, tentu akan sangat membantu agar lumut tidak tumbuh kembali.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dinar Candy Kembali Jual Pakaian Dalam Bekasnya

Posted: 13 Oct 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dinar Candy sempat berhasil menjual celana dalamnya seharga Rp 50 juta di media sosial. Sukses, Dinar kembali menjual celana dalamnya. Orang yang membelinya adalah komedian Sapri.  

Tak disangka, tanpa panjang lebar Bang Sapri membeli celana dalam Dinar Candy dengan harga Rp 20 juta.

Dinar Candy mengaku sangat bahagia. Soalnya, selama masa pandemi Covid-19 ini ia mengaku tak ada penghasilan. Dirinya pun harus putar otak untuk mendapatkan uang. Salah satunya dengan menjual celana dalam bekas pakai.

Momen kala Bang Sapri membeli celana dalam Dinar dengan harga fantastis itu pun ada diketahui dalam video di saluran YouTube Sapri Pantun yang tayang pada 8 Oktober 2020 lalu.

 

Menawarkan

Dinar Candy Kembali Jual Celana Dalam Bekasnya
Dinar Candy Kembali Jual Celana Dalam Bekasnya

Dalam video tersebut, Bang Sapri sedang berkunjung ke rumah Dinar Candy. Di sana, mereka berbincang mengenai banyak hal. Salah satunya yang menjadi sorotan, Dinar menawarkan celana dalamnya untuk dibeli oleh Bang Sapri. 

Tak disangka, ternyata Bang Sapri menyetujui penawaran Dinar. Namun, ia memiliki syarat yang harus dipenuhi. Yakni, Bang Sapri akan membeli celana dalam yang dipakai Dinar dan harus dibuka tepat di depan matanya.

"Gue mau beli tapi harganya dulu, syaratnya gua beli yang dipake dan bukanya depan gua," kata Bang Sapri.

"Oh ya dong, Rp 50 juta. Yang bekas pake," papar Dinar.

 

Tawar Menawar

Dinar Candy Kembali Jual Celana Dalam Bekasnya
Dinar Candy Kembali Jual Celana Dalam Bekasnya

Semula, Dinar menawarkan celana dalamnya dengan harga fantastis yakni Rp 50 juta. Namun, Bang Sapri justru menawarnya dengan harga yang sangat jauh, yakni Rp 50 ribu. Dinar tak setuju dan mereka pun melakukan tawar menawar.

"Jangan segitu lah. Rp 50 ribu," kata Bang Sapri.

"Ih jangan dong, Rp 40 juta. Nah lagi Corona nih susah penghasilan, aku kasih Rp 20 juta. Udah mentok, Rp 50 juta biasanya. Kita kan temen," terang Dinar.

 

Sepakat Rp 20 Juta

Setelah melakukan tawar menawar, akhirnya harga yang disepakati adalah Rp 20 juta. Bang Sapri langsung meminta asistennya mengeluarkan uang tunai untuk dibayarkan ke Dinar. Tentu Dinar begitu bahagia karena mendapatkan uang dengan menjual celana dalamnya lagi.

"Lu kan tahu sendiri, inian (uang) gua enggak gede. Ya udah Rp 15 juta ya, deal. Rp 20 juta lah tapi ada bonusnya," terang Bang Sapri.

 

Bakal Dipajang

Setelah sepakat, Dinar langsung melepaskan celana dalamnya di depan Bang Sapri. Dengan kocak, Bang Sapri pun mengatakan bahwa celana dalam milik Dinar itu akan ia pajang di warung soto miliknya.

"Aduh celana Rp 20 juta gua bayarin, ini yang langsung dipake sama dia. Akhirnya gua dapetin. Mungkin gua laminating, gua pajang di warung soto," paparnya. 

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nama Gubernur Bali Wayan Koster Dicatut Dalam Surat Palsu Pengggalangan Dana Pilkada 2020

Posted: 13 Oct 2020 10:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama Gubernur Bali Wayan Koster dicatut oleh oknum dengan menyebarkan surat palsu yang berisikan permohonan penggalangan dana pengamanan pelaksanaan Pilkada 2020.

"Gubernur Bali Wayan Koster tidak mengeluarkan surat penggalangan dana tersebut," kata Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfo) Provinsi Bali Gede Pramana dalam keterangan persnya di Denpasar, Rabu (14/10/2020).

Gede Pramana menambahkan bahwa surat palsu yang menggunakan kop berlambang Garuda itu ditujukan kepada pimpinan direksi perusahan BUMN/BUMD/kontraktor/jasa lainnya perdagangan umum/perbankan se-Bali.

Surat tersebut berisi permohonan dana pengamanan pelaksanaan pilkada yang bisa ditransfer ke rekening BRI Nomor 501801020835538 atas nama Juwita.

"Agar lebih meyakinkan, si pembuat surat juga memalsukan stempel dan tanda tangan Gubernur Bali Wayan Koster," ujarnya seperti dikutip dari Antara.

Dalam surat yang beredar tersebut, pelaku membeberkan seolah-olah anggaran untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah 2020 di Bali mengalami kekurangan dana sehingga berharap pimpinan BUMN/BUMD dan perusahaan yang ada di Denpasar ikut membantu.

Waspada Modus Penipuan

Gede Pramana sangat menyayangkan ulah oknum yang mencoba melakukan penipuan dengan mencatut nama Gubernur Bali.

Ia berharap pihak-pihak yang telah menerima surat tersebut tidak memenuhi permintaan untuk mengirimkan dana sumbangan ke rekening yang tertera dalam surat.

Gede Pramana mengimbau masyarakat senantiasa waspada terhadap modus penipuan yang mengatasnamakan Gubernur Bali atau pejabat lainnya.

"Secara tata naskah dinas surat tersebut juga tidak sesuai," katanya.

Ia meminta masyarakat melaporkan apabila menemukan ada pihak-pihak yang memalsukan nama Gubernur Bali atau pejabat lainnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bertambah, Dompet Digital DANA Jadi Mitra Pembayaran Kartu Prakerja

Posted: 13 Oct 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Program Kartu Prakerja dinilai cukup efektif untuk membantu menangani pengangguran, utamanya pada masa pandemi covid-19. Melalui berbagai pelatihan yang ditawarkan, peserta kartu Prakerja bisa memilih bidang mana yang diminati untuk meningkatkan kemampuan mereka.

"Program kartu Prakerja adalah program bantuan biaya pelatihan yang diberikan langsung kepada penerima manfaat Kartu Prakerja dengan tujuan untuk upskilling," ujar Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan UMKM Kementerian Koordinador Bidang Perekonomian Rudy Salahuddin dalam sambutannya pada acara Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja dengan DANA, Rabu (14/10/2020).

Bagi pelaku UMKM peserta program Kartu Prakerja perlu juga mendapatkan literasi keuangan. Inklusi dan literasi keuangan dinilai menjadi penting karena penerima Kartu Prakerja akan menerima insentif. Sehingga pemanfaatan dari insentif itu mestinya dapat dikelola dengan baik.

"Sebagai pelaku UMKM yang tidak pasti pendapatannya, dan juga tidak mengenal pensiun, perlu juga direncanakan bagaimana keuangan di hari tua," kata Rudy.

Dalam kesempatan ini, Rudy juga menyampaikan peran dompet digital (e-wallet) sebagai mitra penyaluran insentif kartu prakerja. Dimana melalui e-wallet ini, penyaluran insentif menjadi lebih transparan dan diberikan langsung kepada penerima.

Kali ini, DANA, salah satu layanan e-wallet turut bergabung jadi mitra Kartu Prakerja. Ini memperkaya pilihan peserta untuk menggunakan platform e-wallet sebagai penyalur insentif.

"DANA resmi menjadi mitra pembayaran Kartu Prakerja. Sehingga nantinya makin banyak lagi pilihan untuk masyarakat dalam kita menyalurkan insentif pasca pelatihan," kata Rudy.

"Selamat kepada DANA yang telah bergabung dengan program Kartu Prakerja," sambung Rudy menutup sambutannya.

Sebagai informasi, sebelumnya telah ada e-wallet yang bergabung sebagai mitra Kartu Prakerja, diantaranya; OVO, LinkAja, dan Gopay.

Ingat, Besok Batas Terakhir Beli Paket Pelatihan Peserta Kartu Prakerja Gelombang 8

Kartu Prakerja
Kartu Prakerja

Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja mengingatkan penerima manfaat geombang 8 untuk segera membeli paket pelatihan pertama selambat-lambatnya besok, Kamis 15 Oktober 2020 pukul 23.59 WIB.

"Bagi Sobat Prakerja yang sudah lolos Gelombang 8, namun belum membeli pelatihan pertama, segera beli pelatihan pertamamu sekarang juga!," dilansir dari laman instagram @prakerja.go.id, Rabu (14/10/2020).

Sesuai peraturan Permenko No. 11 Tahun 2020, setiap penerima Kartu Prakerja memiliki waktu 30 hari untuk membeli pelatihan pertama sejak mendapat SMS pengumuman dari Kartu Prakerja.

"Bila lewat dari waktu tersebut Sobat belum membeli pelatihan pertama, maka kepesertaan Sobat dalam program Kartu Prakerja akan dicabut,"

Sebagai informasi, pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 6 telah ditutup pada 14 September 2020 lalu, dengan kuota penerima sebanyak 800 ribu orang. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.prakerja.go.id/faq

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polri Rotasi Posisi 229 Pejabat Tinggi dan Menengah

Posted: 13 Oct 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polri melakukan rotasi jabatan terhadap perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen). Kali ini, ada 229 pati dan pamen dimutasi, mulai dari pangkat AKBP hingga Irjen.

Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Awrgo Yuwono membenarkan hal tersebut. Peralihan jabatan tertuang dalam tiga surat telegram (ST) bernomor ST/2933/X/KEP.2020, ST/2934/X/KEP.2020, dan ST/2935/X/KEP.2020.

"Benar. Penyegaran organisasi dan ada yang mendekati pensiun," tutur Argo saat dikonfirmasi, Rabu (14/10/2020).

Adapun sejumlah pejabat yang dirotasi di antaranya Irjen Widiyanto Poesoko ditugaskan sebagai Analis Kebijakan Utama Baintelkam Polri, setelah sebelumnya bertugas di Kemenkopolhukam. Selanjutnya Karopsi SSDM Polri Brigjen Yudawan Roswinarso dimutasi sebagai Wakapolda Jambi.

Kemudian Wadirtipidsiber Bareskrim Polri Kombes Suyudi Ario Seto diangkat menjadi Penyidik Tindak Pidana Utama TK II Bareskrim Polri.

Mutasi juga menyasar ke sejumlah kapolres. Di antaranya Kapolrestabes Makassar Kombes Yudhiawan ditugaskan sebagai Pamen Bareskrim Polri. Sementara Dirintelkam Polda Sulsel Kombes Witnu Urip Laksana menggantikan posisi Kapolrestabes Makassar.

Kemudian Kapolres Karawang AKBP Arif Rachman pindah tugas menjadi Kapolres Jember. Posisinya digantikan AKBP Rama Samtama Putra yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Bangkalan.

Jabatan Kapolres Bangkalan selanjutnya ditempati oleh AKBP Didik Hariyanto yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Pacitan. Kasubdit Gakkum Ditpolairud AKBP Wiwit Ari Wibisono pun menjadi Kapolres Pacitan.

Kapolres Barito Timur AKBP Hafidh Susilo Herlambang pindah tugas sebagai Kapolres Indramayu. AKBP Afandi Eka Putra pun menjabat sebagai Kapolres Barito Timur, dengan sebelumnya menjabat sebagai Kasatresnarkoba Polres Metro Jakarta Pusat.

Kapolres Mempawah AKBP Tulus Sinaga diangkat sebagai Wadir Reskrimum Polda Sumsel. AKBP Fauzan Sukmawansyah menggantikan jabatannya dengan sebelumnya merupakan Kasubdit III Ditreskrimum Polda Kalbar.

Kapolres Purwakarta AKBP Indra Setiawan menempati jabatan baru sebagai Kapolres Cimahi. AKBP Ali Wardana menempati jabatan Kapolres Purwakarta, dengan sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Kendal. Sementara, Kapolres Sragen AKBP Raphael Sandhy Cahya Priambodo menjabat sebagai Kapolres Kendal.

Kapolres Sragen akan ditempati oleh AKBP Yuswanto Ardi, yang sebelumnya menjabat sebagai Kasat Lantas Polrestabes Semarang, dalam rotasi tersebut. Kasubdit IV Ditreskrimsus Polda Bali AKBP Agung Kanigoro Nusantoro diangkat sebagai Kapolres Langsa, Aceh.

 

Selanjutnya...

Selanjutnya, Kasubbagrim Bagdiapers Rodalpres SSDM Polri AKBP Fernando diangkat sebagai Kapolres Tanjung Pinang. Kapolres Lingga AKBP Boy Herlambang pindah tugas sebagai Kabagbinkar Rosdm Polda Kepri.

Posisi Kapolres Lingga kemudian digantikan oleh AKBP Arief Robby Rachman yang sebelumnya menjabat sebagai Kayanma Waketbidminwa STIK Lemdiklat Polri.

Kapolres Pandeglang AKBP Sofwan Hermanto diangkat menjadi Kasubbagninwa Korpsmahasiswa Waketbidminwa STIK Lemdiklat Polri. AKBP Hamam Wahyudi menggantikan posisi Kapolres Pandeglang, dengan sebelumnya menjabat Kasubbaggassuslugri Baggassus Robinkar SSDM Polri.

Kapolres Jepara AKBP Nugroho Tri Nuryanto dipindahtugaskan menjadi Wadansat Brimob Polda Banten. Posisinya digantikan oleh AKBP Aris Tri Yunarko yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Pekalongan.

Adapun Kapolres Pekalongan dijabat oleh AKBP Darno yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Poso. Posisi Kapolres Poso sendiri akan ditempati oleh AKBP Rentrix Riyadi Yusuf yang sebelumnya menjabat sebagai Danyon B Resimen III Paspelopor Korbrimob Polri.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perhatikan, Beli Paket Pelatihan Kartu Prakerja Tak Perlu Tautkan Rekening Bank

Posted: 13 Oct 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja menghimbau kepada seluruh penerima program kartu pekerja agar melakukan pembelian paket pelatihan pertama mereka.

Sebab, jika dalam tenggat waktu tertentu penerima manfaat tak kunjung membeli paket pelatihan, maka status kepesertaannya akan dicabut.

Untuk membeli kartu pelatihan, penerima kartu prakerja tidak perlu menautkan rekening bank atau akun e-wallet.

"Sobat bisa langsung membeli pelatihan menggunakan 16 digit Nomor Kartu Prakerja yang ada pada dashboard akun Kartu Prakerja setelah Sobat dinyatakan lulus seleksi," dikutip dari laman instagram @prakerja.go.id, Rabu (14/10/2020).

PMO kartu prakerja menegaskan, penautan rekening bank atau akun e-wallet hanya diperlukan untuk menerima dana insentif selama 4 bulan.

"Jadi, jangan lupa untuk selalu menjaga kerahasiaan Nomor Kartu Prakerja Sobat dan segera beli pelatihan sebelum lewat batas waktunya, ya!" tulis prakerja.

Awas Hangus, Peserta Kartu Prakerja Gelombang 8 Segera Beli Paket Pelatihan

Kartu Prakerja
Kartu Prakerja

Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja mengingatkan penerima manfaat gelombang 8 untuk segera membeli paket pelatihan pertama.

Pasalnya, jika dalam tenggat waktu tertentu penerima manfaat tak kunjung membeli paket pelatihan, maka status kepesertaannya akan dicabut.

"Sesuai peraturan Permenko No. 11 Tahun 2020, setiap penerima Kartu Prakerja memiliki waktu 30 hari untuk membeli pelatihan pertama sejak mendapat SMS pengumuman dari Kartu Prakerja," tulis PMO Kartu Prakerja dilansir dari laman instagram @prakeja.go.id, Selasa (13/10/2020).

Adapun batas pembelian pelatihan pertama bagi penerima Kartu Prakerja Gelombang 8 adalah tanggal 15 Oktober 2020 pukul 23.59 WIB.

"Bila lewat dari waktu tersebut Sobat belum membeli pelatihan pertama, maka kepesertaan Sobat dalam program Kartu Prakerja akan dicabut,"

Sebagai informasi, pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 6 telah ditutup pada 14 September 2020 lalu, dengan kuota penerima sebanyak 800 ribu orang. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.prakerja.go.id/faq

Mau Dapat Uang Rp 50 Ribu? Segera Isi Survei Kedua Kartu Prakerja

Ilustrasi kartu prakerja. Prakerja.go.id
Ilustrasi kartu prakerja. Prakerja.go.id

Program Kartu Prakerja sudah memasuki gelombang ke-10. Selanjutnya untuk mengukur dampak pelatihan program Kartu Prakerja, Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja membuka evaluasi tahap 2 pada hari ini.

Nantinya, setelah mengisi survey ini, penerima Kartu Prakerja akan mendapatkan insentif sebesar Rp 50 ribu. 

Insentif akan ditransfer ke rekening bank/akun e-wallet Sobat paling lama 14 hari setelah menyelesaikan survei.ㅤㅤ

Agar dapat mengisi survei kedua ini, pastikan sudah selesai mengisi Survei Evaluasi ke-1.Berikut ini cara mengisi Survei Evaluasi:ㅤㅤ

1. Klik tautan yang muncul pada dashboard akun Kartu Prakerja dan isi surveinya

2. Batas waktu pengisian survei adalah 30 hari sejak notifikasi masuk ke dashboard akun Kartu Prakerja "Jangan lupa untuk mengisi Survei Evaluasi dengan jujur dan benar, ya! Karena apapun jawaban yang kamu berikan tidak akan mempengaruhi turunnya uang insentif," mengutip dari laman instagram @prakerja.go.id, Kamis (8/10/2020).ㅤㅤ

Untuk pertanyaan atau keluhan terkait Survei Evaluasi, dapat menghubungi Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja ke email info@prakerja.go.id. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Seru Andien saat Jadi Juri Pop Academy, Ikut Deg-Degan

Posted: 13 Oct 2020 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ajang pencarian bakat yang diselenggarakan di televisi memang selalu menarik perhatian publik. Baik itu mengenai kontes bernyanyi dangdut hingga pop.

Terbaru, ajang Pop Academy yang diselenggarakan di Indosiar menjadi sorotan. Bukan hanya para pesertanya saja, akan tetapi dewan juri serta para host dari acara Pop Academy juga menjadi perhatian netizen. Salah satunya ialah penyanyi beraliran musik Jazz, Andien Aisyah.

Wanita kelahiran 25 Agustus 1985 ini pun ditunjuk sebagai salah satu juri di ajang Pop Academy. Ia bahkan beberapa kali mengunggah momen seru saat menjadi juri di akun Instagram pribadinya.

Meski berperan sebagai juri, akan tetapi Andien mengaku ikut merasa deg-degan. Pasalnya, kompetisi menyanyi ini mengingatkannya pada masa remaja yang aktif mengikuti sejumlah ajang menyanyi sebelum menjadi penyanyi profesional seperti saat ini.

Kira-kira bagaimana ya keseruan Andien saat menjadi juri di ajang Pop Academy? Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa potret seru Andien saat jadi juri Pop Academy, Rabu (14/10/2020).

1. Andien Aisyah juga mengaku selalu bahagia namun juga terharu setiap kali melihat peserta tampil.

Andien Aisyah (Sumber: Instagram/andienaisyah)
Andien Aisyah (Sumber: Instagram/andienaisyah)

2. Ia pun menyebut bisa menjadi bagian Pop Academy membuatnya mendapatkan berbagai cerita menarik.

Andien Aisyah (Sumber: Instagram/andienaisyah)
Andien Aisyah (Sumber: Instagram/andienaisyah)

3. Pelantun lagu Jendela Waktu ini juga bisa merasakan rasa deg-degan yang dialami oleh para peserta.

Andien Aisyah (Sumber: Instagram/andienaisyah)
Andien Aisyah (Sumber: Instagram/andienaisyah)

4. Potret keseruan Andien bersama juri lainnya pun ia unggah di akun Instagram pribadinya.

Andien Aisyah (Sumber: Instagram/andienaisyah)
Andien Aisyah (Sumber: Instagram/andienaisyah)

5. Menjadi seorang juri dikontes bernyanyi ini pun menjadi sebuah pengalaman berharga bagi Andien.

Andien Aisyah (Sumber: Instagram/andienaisyah)
Andien Aisyah (Sumber: Instagram/andienaisyah)

6. Kebersamaan Andien dengan juri lainnya ini juga berhasil mencuri perhatian netizen.

Andien Aisyah (Sumber: Instagram/showimah)
Andien Aisyah (Sumber: Instagram/showimah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

SIM Hilang Bisa Diurus Sendiri, Berikut Langkah-langkahnya

Posted: 13 Oct 2020 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Surat Izin Mengemudi (SIM) menjadi salah satu dokumen penting bagi seorang pengendara mobil ataupun motor. Pasalnya, jika SIM ini hilang dan saat diperiksa oleh pihak kepolisian tidak bisa menunjukkan SIM tersebut, maka pengemudi akan dikenakan sanksi atau denda.

Namun, jangan panik, jika SIM hilang, masih bisa diurus, meskipun harus menyediakan waktu dan tenaga ekstra. Berikut, melansir laman resmi Suzuki Indonesia, beberapa hal yang harus dipersiapkan ketika hendak mengurus SIM yang hilang:

Cara mengurus SIM hilang dilakukan dengan mempersiapkan persyaratan berkas terlebih dahulu. Kelengkapan persyaratan menjadi hal wajib saat mengurus SIM.

Persyaratan dalam mengurus SIM yang hilang yaitu, surat keterangan kehilangan dari kepolisian, fotokopi SIM, fotokopi KTP (jika ada bawa yang asli) dan surat keterangan sehat dari Satpas atau rumah sakit.

Berkas lainnya adalah formulir pendaftaran dan kartu asuransi (jika membuat asuransi AKDP atau bersifat opsional).

Setelah semua dokumen lengkap, langsung datang ke Satuan Pelaksana Penerbitan SIM atau Satpas terdekat. Pemohon perlu membawa salinan SIM yang hilang dan fotokopi KTP atau KTP aslinya. Akan tetapi, jika salinan SIM yang hilang tidak ada, surat keterangan dari kepolisian tersebut dapat menjadi bukti bahwa sebelumnya Anda memiliki SIM.

Tes Kesehatan

Sebelum melakukan pendaftaran, petugas akan mengarahkan untuk tes kesehatan, yang dilanjutkan dengan mengurus AKDP atau Asuransi Kecelakaan Diri Pengemudi. Setelah itu, baru melakukan pendaftaran, dengan memberikan persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan seperti surat keterangan kehilangan dari kepolisian dan kartu asuransi (jika membuat). Jangan lupa untuk mengambil formulir dan mengisinya dengan identitas diri dengan lengkap.

Jika berkas-berkas sudah siap, Anda bisa langsung menyerahkannya ke loket pendaftaran dan petugas akan melakukan pengecekkan. Setelah petugas melakukan pengecekkan dan persyaratan yang diberikan sudah valid, pemohon akan diminta untuk melakukan verifikasi data. Verifikasi ini dilakukan untuk mengambil data pada SIM lama Anda.

 

Pengambilan Foto dan Sidik Jari

Jika proses verifikasi data sudah dilakukan dan datanya valid, petugas akan melengkapi data SIM dengan foto dan sidik jari. Anda hanya perlu menunggu giliran pengambilan foto.

Tidak ketinggalan juga untuk melengkapi SIM baru dengan tanda tangan. Bisa dikatakan, proses proses pengambilan foto, sidik jari dan tanda tangan ini adalah persyaratan terakhir dalam mengurus SIM yang hilang.

Pengambilan Foto dan Sidik Jari

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: