Selasa, 27 Oktober 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Gedung DPRD Kalimantan Timur Terbakar

Posted: 27 Oct 2020 10:27 PM PDT

Liputan6.com, Samarinda - Gedung DPRD Provinsi Kalimantan Timur yang berlokasi di Jalan Teuku Umar, Sungai Kunjang, Samarinda, terbakar pada Rabu (28/10/2020), sekitar pukul 08.20 Wita. Akibatnya satu ruangan di gedung tersebut hangus dilalap api.

Kobaran api hanya melalap sebagian ruangan yang ada di gedung D tersebut, yaitu ruangan Fraksi PPP DPRD Kaltim. Petugas Damkar setempat dengan cepat berhasil memadamkan kobaran api sehingga tidak sampai merembet ke gedung lainnya.

Humas Disdamkar Samarinda, Heri Suhendra saat dikonfirmasi mengatakan, api berhasil dipadamkan sekitar satu jam oleh petugas yang turun ke lapangan. Dia mengatakan bagian bangunan yang terbakar di gedung tersebut hanya ruang belakang yang berada di lantai 1.

Pihaknya, ka Heri, mengerahkan tiga unit mobil pemadam yakni dua unit fire truck dan satu unit komando 23. Ketiga mobil tersebut diturunkan untuk melakukan pemadaman dan pendinginan oleh Dinas Damkar dibantu dengan petugas PMK swasta, serta relawan balakar.

"Kami mendapatkan laporan sekitar pukul 08.20 wita, dan segera diturunkan 3 unit mobil pemadam kebakaran, dari Posko 3 dengan dibantu relawan terdekat," jelasnya.

Hingga saat ini belum diketahui penyebab api dan masih dalam penyelidikan pihak berwajib.

"Kami belum tahu asal mula api, saat ini masih diselidiki pihak berwajib," pungkasnya.

 

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemanasan Global Adalah Naiknya Suhu Rata-Rata Permukaan Bumi, Perhatikan Dampaknya

Posted: 27 Oct 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mengetahui bahwa pemanasan global adalah naiknya suhu rata-rata permukaan bumi, akan membuatmu berpikir dampaknya juga. Dampak pemanasan global atau global warming ada banyak sekali dan mengancam keselamatan makhluk bumi.

Banyak ahli menyebutkan pemanasan global adalah dampak dari gas emisi karbondioksida, deforestasi, ozon, metana, dan masih banyak lagi. Keberadaan gas-gas ini yang akhirnya membuat suhu rata-rata permukaan bumi meningkat dan menyebabkan adanya perubahan iklim yang dahsyat. 

Bisa dikatakan bahwa pemanasan global adalah produk manusia, karena segala gas emisi yang berdampak bagi bumi berasal dari aktivitas manusia yang semena-mena. Satu-satunya cara yang bisa menghambat terjadinya pemanasan global adalah menghindari penyebabnya.

Berikut Liputan6.com ulas pemanasan global adalah dari para ahli, dampak, dan cara mencegahnya dari berbagai sumber, Rabu (28/10/2020).

Pemanasan Global dari Para Ahli

Ilustrasi pemanasan global | Pixabay
Ilustrasi pemanasan global | Pixabay

- NASA

Pemanasan global adalah naiknya panas suhu rata - rata permukaan bumi akibat meningkatnya kadar gas rumah kaca.

- Dictionary

Pemanasan global adalah peningkatan suhu rata-rata atmosfer bumi yang menyebabkan perubahan iklim dan yang mungkin timbul dari efek rumah kaca.

- The American Heritage® Science Dictionary

Pemanasan global adalah peningkatan suhu rata-rata atmosfer bumi, terutama peningkatan terus menerus yang cukup besar dan menyebabkan perubahan iklim global. 

- New Mexico Solar Energy Association

Pemanasan global adalah peningkatan suhu permukaan rata-rata bumi karena efek gas rumah kaca, misalnya emisi CO2 (karbon dioksida) yang sumbernya berasal dari kegiatan atau aktivitas penggunaan bahan bakar yang tidak terbarukan (bahan bakar fosil) atau dari deforestasi, yang memerangkap panas yang seharusnya lepas dari Bumi. 

- LiveScience

Pemanasan global adalah pemanasan bertahap permukaan bumi, lautan dan atmosfer.

- Timeforchange

Pemanasan global adalah peningkatan pada suhu rata-rata atmosfer dan lautan bumi yang merupakan hasil pengamatan dan hasil proyeksi perhitungan para ahli.

- MIT

Pemanasan global adalah perubahan substansial dalam iklim bumi yang berlangsung dalam jangka waktu tertentu. Pemanasan global mengacu pada perubahan iklim yang menyebabkan peningkatan suhu rata-rata atmosfer yang lebih rendah.

- US EPA

Pemanasan global adalah mengacu pada naiknya dan berkelanjutan suhu rata-rata global di dekat permukaan Bumi. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer. Pemanasan global yang menyebabkan pola iklim berubah. Namun, pemanasan global itu sendiri hanya mewakili satu aspek dari perubahan iklim.

- Merriam - Webster

Pemanasan global adalah peningkatan suhu atmosfer dan suhu laut di bumi secara luas dan diperkirakan terjadi karena peningkatan efek rumah kaca yang dihasilkan terutama dari polusi.

- Britannica

Pemanasan global adalah fenomena yang lebih umum dari perubahan iklim, yang mengacu pada perubahan  yang menentukan iklim.

- USliberals

Istilah pemanasan global adalah mengacu pada peningkatan suhu rata-rata udara permukaan global dan lautan sejak sekitar tahun 1950, dan meningkat terus menerus.

- WWF

Pemanasan global adalah peningkatan sejumlah gas rumah kaca di atmosfer bumi, terutama karbon dioksida. Gas karbon dioksida adalah penyebab utama pemanasan global saat ini.

- Climatehotmap

Pemanasan global adalah mengacu pada peningkatan suhu permukaan global, sebagai salah satu dampak dari tingginya emisi karbon dioksida yang disebabkan manusia.

 

Proses Pemanasan Global

Beruang kutub kesulitan mencari makanan karena pemanasan global merubah segalanya. (sumber: Huffington Post)
Beruang kutub kesulitan mencari makanan karena pemanasan global merubah segalanya. (sumber: Huffington Post)

Proses pemanasan global atau global warming di awali dengan pancaran atau radiasi matahari. Ada beberapa gas-gas di atmosfear bumi yang bertugas menahan panas tersebut. Pada saat pemanasan global terjadi, justru kembali ke bumi.

Atmosfer bumi terdiri dari sekitar 78 persen nitrogen, 21 persen oksigen, dan 1 persen gas lainnya. Sebagian gas tersebut disebut sebagai gas rumah kaca yang meliputi uap air, karbon dioksida, ozon, metana, dan dinitrogen oksida. Gas-Gas inilah yang bekerja sebagai 'selimut' yang menjaga bumi.

Meningkatnya suhu rata-rata permukaan bumi terjadi akibat meningkatnya emisi gas rumah kaca. Hal itulah yang membuat adanya global warming yang menyebabkan perubahan ekosistem di bumi, seperti, perubahan iklim yang ekstrem.

Pemanasan global atau global warming tentu memberi dampak yang cukup berbahaya bagi para penghuni bumi. Contoh mudahnya, pemanasan global membuat gletser mencair dan mengakibatkan tanah yang tadinya daratan kini menjadi laut karena volume air meningkat.

Jika pemanasan terus berlangsung, bukan tak mungkin seluruh es di kutub akan mencair. Beberapa prediksi menyebut daratan akan mulai hilang dalam waktu 30 tahun dari sekarang. Jika pemanasan global tak ditekan, manusia akan kesulitan mencari tempat tinggal jika volume air terus meningkat.

Dampak Pemanasan Global

Ilustrasi badai Krosa yang menghantam Jepang (AP/T. Yoshino)
Ilustrasi badai Krosa yang menghantam Jepang (AP/T. Yoshino)

Naiknya Suhu Bumi

Dampak pemanasan global yang pertama adalah naiknya suhu bumi. Berdasarkan hasil pengamatan, 2015 dikatakan sebagai tahun terpanas dalam sepanjang sejarah.

Naiknya gelombang panas bumi ini pun diperkirakan akan terus terjadi di tahun-tahun berikutnya. Bahkan naiknya suhu bumi dapat diprediksi mencapai angka 54 derajat Celcius.

Naiknya Permukaan Air Laut

Selain suhu bumi yang semakin panas, kondisi global warming juga berdampak pada naiknya permukaan air laut. Dalam hal ini, meningkatnya suhu bumi mengakibatkan gletser dan lapisan es di seluruh dunia mencair.

Mencarinya gletser dan lapisan es ini tentu akan meningkatkan volume air laut. Kondisi ini tentu akan mengancam pulau-pulau yang ada di dataran rendah serta kota-kota yang berdekatan dengan pesisir pantai.

Cuaca Ekstrem

Dampak pemanasan global juga berpengaruh pada kondisi cuaca yang semakin tidak terkendali. Berbagai peristiwa akibat cuaca ekstrem pun semakin sering terjadi. Mulai dari kebakaran hutan, kekeringan, hingga banjir yang melanda kota-kota besar di seluruh dunia. Beberapa kondisi ini pun sudah terjadi dalam beberapa tahun terakhir.

Meningkatnya Suhu dan Keasaman Air Laut

Dampak pemanasan global yang terakhir adalah meningkatnya suhu dan keasaman air laut. Dalam hal ini, lautan menyerap sebagian besar panas yang disebabkan oleh gas karbon dioksida. Hal inilah yang mengakibatkan laut menjadi lebih hangat dan lebih asam.

Suhu dan tingkat keasaman air laut yang semakin meningkat tentu memberikan berbagai dampak bagi lingkungan dan biota laut. Mulai dari terumbu karang yang memutih, memicu gelombang dan badai yang lebih kuat, hingga mengancam kehidupan kerang serta merusak rantai makanan biota laut.

Dengan begitu, jika kondisi pemanasan global tidak segera ditangani bisa merusak dan menghancurkan kehidupan manusia dan berbagai makhluk bumi lainnya.

Cara Mencegah Pemanasan Global

Ilustrasi kereta api | (dok. Pixel2013/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)
Ilustrasi kereta api | (dok. Pixel2013/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)

Beli Barang Hemat Energi

Peralatan rumah sekarang hadir dalam berbagai model hemat energi. Sebut saja lampu LED yang dirancang untuk memberikan cahaya yang tampak lebih alami dengan menggunakan energi yang jauh lebih sedikit daripada bola lampu standar.

Beberapa produk elektronik seperti AC, dan mesin cuci juga banyak tersedia dalam bentuk hemat energi. Hindari produk yang dikemas dengan kemasan berlebih, terutama plastik dan kemasan yang tidak dapat didaur ulang.

Reduce, Reuse, dan Recycle

Reduce, Reuse, Recycle adalah langkah sederhana mengurangi pemanasan global. Reduce adalah kegiatan menggunakan produk kemasan, terutama plastik seminimal mungkin.

Langkah ini juga akan membantu mengurangi pemborosan. Reduce juga bisa dilakukan dengan membeli produk yang dapat digunakan kembali alih-alih yang sekali pakai.

Reuse adalah langkah menggunakan kembali benda-benda bekas seperti kantong plastik atau botol plastik. Sementara recycle adalah kegiatan mendaur ulang barang yang sudah tidak terpakai menjadi berguna lagi, Kamu bisa mendaur ulang kertas, plastik, koran, kaleng kaca dan limbah lainnya menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Jadi Pembeli Bijak

Berbelanja lebih cerdas dengan pembelian yang bijaksana untuk meminimalkan pemborosan. Gunakan produk-produk ramah lingkungan dari produsen yang juga mendukung keberlanjutan pelestarian lingkungan.

Hindari penggunaan plastik terlalu sering. Pertimbangkan juga memberi barang-barang bekas layak pakai yang juga bisa mendukung siklus ekonomi melingkar.

Kurangi Penggunaan Motor Pribadi

Mengurangi berkendara dengan kendaraan pribadi berarti lebih sedikit emisi. Selain menghemat bensin, berjalan kaki dan bersepeda adalah bentuk olahraga yang menyehatkan.

Kamu juga bisa memanfaatkan angkutan umum atau menggunakan kendaraan bersama-sama. Jika terpaksa mengemudi, pastikan mobil atau motor berjalan efisien. Misalnya, menjaga agar ban terus mengembang dengan baik dapat meningkatkan jarak tempuh hingga lebih dari 3 persen.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perbaikan 7 Jalan di KSPN Borobudur Telan Anggaran Rp 291 Miliar

Posted: 27 Oct 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melanjutkan pembangunan jaringan jalan untuk mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur.

Ini dilakukan untuk menciptakan 10 Bali Baru yang dapat menjadi lokomotif perekonomian Indonesia dengan menarik investasi, menambah lapangan kerja, serta meningkatkan jumlah wisatawan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan infrastruktur pada setiap KSPN direncanakan secara terpadu. Baik penataan kawasan, jalan, penyediaan air baku dan air bersih, pengelolaan sampah, sanitasi, dan perbaikan hunian penduduk melalui sebuah rencana induk pembangunan infrastruktur.

"Pemerintah meyakini bahwa salah satu sektor ekonomi utama yang dapat rebound dengan cepat pasca pandemi Covid-19 adalah sektor pariwisata. Untuk itu, tidak ada kegiatan pembangunan infrastruktur pada KSPN yang dihentikan," kata Menteri Basuki," Rabu (28/10/2020).

Untuk meningkatkan konektivitas KSPN Borobudur, pada 2020 Kementerian PUPR melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Tengah-DI Yogyakarta, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR mengalokasikan anggaran sebesar Rp 291,3 miliar untuk peningkatan 7 ruas jalan.

Ruas jalan pertama yang ditangani adalah Preservasi Jalan Pringsurat-Secang-Keprekan sepanjang 36,9 km, dan jembatan sepanjang 154,7 meter dengan anggaran Rp 77,17 miliar. Pada ruas BtsKota Magelang-Keprekan akan dilakukan perbaikan trotoar dan drainase, perbaikan Simpang Blondo dan Keprekan, serta rehabilitasi jalan sepanjang 8,5 km. Saat ini progres fisiknya sebesar 53 persen.

Selanjutnya adalah Preservasi Jalan Keprekan-Muntilan-Salam sepanjang 12,27 km dan jembatan 499,6 meter dengan anggaran Rp 65,65 miliar. Pada ruas Jalan Pemuda (Muntilan) akan dilakukan rehabilitasi jalan sepanjang 3,67 km, perbaikan trotoar dan drainasemarka kuning, dengan progres saat ini 56,35 persen.

Preservasi juga dilakukan pada Jalan Keprekan-Borobudur sepanjang 9,89 km,dimana terdapat penanganan jembatan sepanjang 226,6 meter, dan drainase trotoar 2.97 km, dengan anggaran tahun 2020 Rp 50,37 miliar.

 

Selanjutnya

Pembangunan jaringan jalan untuk mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur (Dok: PUPR)
Pembangunan jaringan jalan untuk mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur (Dok: PUPR)

Rehabilitasi jalan selanjutnya dilakukan pada akses KSPN Borobudur di ruas Salaman-Borobudur dan Jalan Balaputradewa dengan total panjang 14,82 km, berikut penanganan jembatan sepanjang 60 meter dan trotoar sepanjang 2.5 km. Pada 2020 dialokasikan sebesar Rp 42,08 miliar untuk pekerjaan ruas tersebut dengan progres 10,32 persen dan akan dilanjutkan pada 2021.

Pekerjaan preservasi selanjutnya untuk mendukung KSPN Borobudur yakni pada ruas Jalan Yogyakarta-Tempel-Pakem-Prambanan 61,67 km, termasuk preservasi jembatan sepanjang 1.41 km dan trotoar sepanjang 70,67 km. Saat ini progres pekerjaan dengan alokasi anggaran Rp 13,87 miliar tersebut sudah mencapai 95,98 persen.

Ruas keenam yang ditangani adalah Pelebaran Jalan Sentolo-Nanggulan–Dekso sepanjang 15,6 km dengan anggaran sebesar Rp 22,18. Saat ini progresnya mencapai 80,95 persen. Terakhir, akan kembali dibangun Jembatan Kali Progo sepanjang 75 meter yang mengalami kerusakan akibat diterjang banjir besar pada Maret 2020 lalu dengan anggaran Rp 20 miliar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pangeran Abdul Azim Meninggal, Naomi Campbell Ingat Pertemuan Masa Lalu

Posted: 27 Oct 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pangeran Abdul Mateen menuangkan dukacita yang ia rasakan atas kepergian sang kakak, Pangeran Abdul Azim, lewat sebuah unggahan di Instagram.

Yang tertinggal di hatinya kini hanyalah kenangan bersama Pangeran Abdul Azim, yang memiliki hubungan dekat dengannya sejak kecil. 

"Tak pernah ada hari yang membosankan saat bersama Abang Azim. Dia suka mengerjai kami, bercanda bersama kami, dan tak terlalu serius dalam melihat hidup," tulisnya dalam unggahan bertanggal Selasa (27/10/2020).

 

Ia menambahkan, "Tawanya begitu menular, baik hal itu lucu atau tidak. Orang lain akan ikut tertawa juga. Dia benar-benar menjalani hidup secara paripurna." 

Unggahan ini langsung dibanjiri ungkapan belasungkawa dari warganet. Model kondang Naomi Campbell ikut menyampaikan rasa duka, bahkan membagikan kenangan masa lalu tentang Pangeran Abdul Azim

Perjumpaan dengan Naomi

Pangeran Abdul Azim dari Brunei Darussalam meninggal dunia pada 24 Oktober 2020 (Instagram)
Pangeran Abdul Azim dari Brunei Darussalam meninggal dunia pada 24 Oktober 2020 (Instagram)

Seperti Pangeran Abdul Mateen, Naomi juga mengenang mendiang putra kedua Sultan Hassanal Bolkiah sebagai sosok yang menyenangkan. Meski sudah lewat beberapa dekade, kenangannya saat bertemu kedua pangeran belum luntur. 

"Seperti inilah saat aku bertemu kalian berdua yang mengenakan setelah jas sekitar tahun 90-an, aku tak akan pernah melupakan hari itu. Azim membawa cahaya dan kebahagiaan untuk semua yang mengenalnya," tutur sang supermodel.

Malaikat yang Protektif

Naomi Campbell (Instagram/ naomi)
Naomi Campbell (Instagram/ naomi)

Naomi menambahkan, "Ia juga berinsting tajam dan sangat protektif!! Ia adalah seorang malaikat di dunia ini... Aku akan selalu mengenangnya dalam hati."

Terakhir, ia mengucap dukacita yang mendalam untuk Pangeran Abdul Mateen dan keluarga. 

Vaskulitis Sistemik

Unggahan Pangeran Abdul Mateen tentang sang kakak, Pangeran Abdul Azim. (Instagram/ tmski)
Unggahan Pangeran Abdul Mateen tentang sang kakak, Pangeran Abdul Azim. (Instagram/ tmski)

Dalam unggahan ini, Pangeran Abdul Mateen juga menceritakan penyebab sang kakak meninggal. 

"Sebelumnya, pada tahun ini, kakakku didiagnosis dengan vaskulitis sistemik berat. Ini adalah sebuah penyakit autoimun. Penyakit autoimun adalah kondisi sistem imun yang abnormal, di mana antibodi menyerang jaringan tubuh sendiri," tulis Pangeran Abdul Mateen.

Tak hanya itu, sang kakak juga menderita gangguan bipolar sehingga perjuangannya melawan penyakit ini menjadi kian sulit. 

Kegagalan Organ

"Pada akhirnya, kakakku mengalami kegagalan multiorgan yang disebabkan infeksi yang terus terjadi karena penyakit automin, yang membuatnya meninggal dunia pada pagi hari tanggal 24 Oktober 2020," Pangeran Abdul Mateen menyambung.

Seperti diketahui, Pangeran Abdul Azim dikebumikan di Makam Kerajaan pada sore hari, tanggal yang sama dengan kematiannya. Brunei berkabung selama seminggu untuk menghormati sang pangeran yang meninggal di usia 38 tahun. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tan Siok Tjien, Istri Pendiri Gudang Garam Meninggal Dunia

Posted: 27 Oct 2020 10:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka datang dari salah satu keluarga pebisnis sukses di Tanah Air. Tan Siok Tjien, yang merupakan istri pendiri perusahaan rokok Gudang Garam meninggal dunia.

Tan Siok Tjien wafat pada hari Minggu, 25 Oktober 2020, pukul 05.50 WIB, di Kediri dalam usia 91 tahun.

 "Ibu Tan Siok Tjien, istri almarhum pendiri PT Gudang Garam Tbk Bapak Surya Wonowidjojo, berpulang," dikutip dari keterangan resmi keluarga, Rabu (28/10/2020).

Jenazah telah dimakamkan di makam keluarga, kompleks pabrik PT Gudang Garam Tbk, Selasa 27 Oktober 2020, pukul 11.00 WIB.

"Sepanjang hidup, almarhumah telah memberikan teladan terbaik tentang nilai-nilai perusahaan yang terus dilestarikan hingga kini. Sebagaimana yang telah dicontohkan pula oleh pendiri perusahaan Bapak Surya Wonowidjojo," lanjut keterangan resmi tersebut.

"Karena itu, segenap pimpinan dan karyawan PT Gudang Garam Tbk akan terus melanjutkan nilai-nilai tersebut. Yaitu, dengan senantiasa bekerja keras demi kemajuan perusahaan serta kesejahteraan bersama," tutup keterangan resmi.

 

Masuk Orang Terkaya

Ilustrasi Duka Cita (istockphoto.com)
Ilustrasi Duka Cita (istockphoto.com)

Selama ini, Tan Siok Tjien dikenal sebagai salah satu miliarder di Indonesia. Bahkan masuk dalam jajaran miliarder dunia, menurut majalah Forbes.

Nilai kekayaannya mencapai USD 6,82 miliar (Rp 96,8 triliun). Istri dari mendiang pendiri Gudang Garam, Surya Wonowidjojo ini berada pada posisi 261. 

Gudang Garam didirikan oleh suami Tank Siok Tjien, Surya Wonowidjojo di Kediri pada 1958. 

Sebelum bisa sukses sebagai salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia, Gudang Garam berawal dari sebuah industri rumahan. 

Suami Tan Siok Tjien bekerja keras merintis bisnisnya. Ia bekerja tanpa modal yang cukup, kecuali kerja keras. Surya meninggal pada 29 Agustus 1985.

Pada 1990, Gudang Garam mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya, yang mengubah statusnya menjadi perusahaan terbuka.

Kemudian pada 2013, Gudang Garam memperluas daerah produksinya. Areal perusahaan yang semula hanya seluas 1.000 meter persegi kini telah berkembang menjadi sekitar 208 hektare yang terletak di wilayah Kabupaten dan Kota Kediri serta di wilayah Pasuruan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Diplomat Terinfeksi COVID-19, PBB Tangguhkan Pertemuan Tatap Muka

Posted: 27 Oct 2020 10:18 PM PDT

Liputan6.com, Jenewa - Infeksi COVID-19 kini merambah ke lingkungan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB). Sejumlah staf misi tetap sebuah negara dilaporkan positif Virus Corona jenis baru tersebut.

"Sekretariat PBB diinformasikan oleh misi tetap sebuah negara bahwa ada lima kasus positif di kalangan staf mereka pada Senin 26 Oktober," ujar juru bicara PBB tanpa memberikan informasi lebih lanjut seperti dikutip dari Xinhua, Rabu (28/10/2020). 

Seluruh pertemuan tatap muka di markas besar PBB di New York pada Selasa 27 Oktober ditangguhkan, setelah lima diplomat dari misi PBB sebuah negara diketahui terinfeksi COVID-19, demikian disampaikan seorang juru bicara PBB.

"Kemarin (Senin 26 Oktober), Sekretariat PBB diinformasikan oleh sebuah misi tetap bahwa ada lima kasus positif di kalangan staf mereka. Layanan medis PBB segera memulai pelacakan kontak dengan kerja sama penuh dari misi tetap tersebut. Hingga kini, seluruh pertemuan tatap muka ditangguhkan untuk hari ini," ujar Stephane Dujarric, Juru Bicara Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, dalam konferensi pers rutin yang digelar pada tengah hari.

Dujarric menolak mengungkapkan nama negara dari misi tersebut. Namun, laporan media sebelumnya mengatakan bahwa lima diplomat yang terinfeksi itu berasal dari Niger, salah satu anggota Dewan Keamanan PBB (beranggotakan 15 negara) yang terakhir melakukan pertemuan tatap muka pada Kamis 22 Oktober.

Para diplomat mengatakan orang-orang yang menghadiri pertemuan pada Kamis lalu sedang menjalani tes COVID-19, dan pertemuan tatap muka tentang Suriah yang rencananya digelar pada Selasa akan dilakukan secara virtual.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Kepala Badan Pengungsi PBB Filippo Grandi Positif COVID-19

Gambar ilustrasi ini dengan izin dari National Institutes of Health pada 27 Februari 2020. Menunjukkan mikroskopis elektron transmisi SARS-CoV-2 juga dikenal sebagai 2019-nCoV, virus yang menyebabkan Corona COVID-19. (AFP/National Institutes of Health).
pada 27 Februari 2020. Menunjukkan mikroskopis elektron transmisi SARS-CoV-2 juga dikenal sebagai 2019-nCoV, virus yang menyebabkan Corona COVID-19. (AFP/National Institutes of Health).

Sebelumnya, seorang pejabat tinggi badan PBB juga dinyatakan positif COVID-19. Filippo Grandi, pemimpin Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi, mengaku kerja dari rumah karena terinfeksi. 

Kabar itu Grandi sebar lewat Twitter resminya. 

"Saya berdiskusi dengan Komite Eksekutif UNHCR dari rumah sebagaimana saya harus mengisolasi setelah positif COVID-19," ujarnya seperti dikutip Kamis 8 Oktober 2020.

Diplomat PBB asal Italia ini turut mengingatkan agar masyarakat mengikuti protokol-protokol kesehatan COVID-19.

"Sebuah pengingat pentingnya mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker," terang Grandi.

Ia mengumumkan terinfeksi COVID-19 tak lama setelah membuka acara Executive Committee of the High Commissioner's Programme ke-71. 

Dalam pidatonya, Grandi bercerita nasib pengungsi di dunia yang terkena dampak COVID-19. Ia berkata para perempuan terkena dampak berat dan berujung pada kekerasan rumah tangga, eksploitasi dan pernikahan paksa.

Ia juga berkata 100 ribu warga Venezuela yang mengungsi ke negara lain kini terpaksa pulang karena negara yang menampung mereka kehabisan sumber daya akibat lockdown.

 

Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona COVID-19

Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Juga Video Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Erick Thohir Minta Masyarakat Tetap Patuhi Protokol Kesehatan Meski Ada Vaksin

Posted: 27 Oct 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Pelaksana Komite Kebijakan Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir meminta masyarakat tetap mengedepankan protokol kesehatan, termasuk saat vaksin penawar virus mematikan asal China itu sudah didistribusikan.

Sebab, dia menilai, protokol kesehatan penting untuk mencegah penularan virus corona jenis baru yang amat membahayakna keselamatan masyarakat.

"Saya mengharapkan juga, kita juga bisa memberikan contoh yang baik karena kenapa protokol Covid-19 ini penting. Dan jangan nanti ada vaksin dianggap protokol nya tidak diakui jangan. Ini bagian penting," ujar Erick Thohir yang juga menjabat Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam Festival UMKM oleh Kumparan, Rabu (28/10).

Menurutnya disiplin untuk menerapkan protokol kesehatan justru menjadi kunci penting dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19 di tanah air. Sehingga peranan protokol kesehatan dianggap tidak serta merta bisa digantikan oleh vaksin anti Corona.

Sebelumnya, Guru Besar Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada Prof Tri Wibawa meminta masyarakat tetap mematuhi penerapan protokol kesehatan meskipun telah menerima vaksin Covid-19.

"Saat ini kita masih menunggu hasil penelitian berapa angka proteksi vaksin terhadap virus corona baru. Meski sudah divaksin, masyarakat harus tetap memproteksi diri dengan berperilaku sesuai dengan protokol kesehatan," kata Tri Wibawa dalam keterangan tertulis di Yogyakarta, dilansir Antara, Senin (19/10).

Solusi dari Pandemi Covid-19

Gambar ilustrasi ini dengan izin dari National Institutes of Health pada 27 Februari 2020. Menunjukkan mikroskopis elektron transmisi SARS-CoV-2 juga dikenal sebagai 2019-nCoV, virus yang menyebabkan Corona COVID-19. (AFP/National Institutes of Health).
pada 27 Februari 2020. Menunjukkan mikroskopis elektron transmisi SARS-CoV-2 juga dikenal sebagai 2019-nCoV, virus yang menyebabkan Corona COVID-19. (AFP/National Institutes of Health).

Dia mengatakan, solusi dari pandemi Covid-19 tidak hanya bertumpu pada vaksinasi, tetapi juga kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan. Meski telah dilakukan vaksinasi, menurut dia, pandemi tetap memiliki potensi berlanjut apabila masyarakat tidak disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Tri Wibawa menyampaikan bahwa suatu vaksin dapat diberikan atau diaplikasikan ke masyarakat jika keseluruhan proses uji klinis telah dijalankan. Vaksin, kata dia, dapat digunakan termasuk untuk mengatasi Covid-19 jika telah memenuhi sejumlah persyaratan, salah satunya sudah teruji keamanannya serta tidak menimbulkan efek samping yang berarti.

"Efektif memberikan proteksi terhadap penyakit yang ditargetkan dan kualitasnya terjaga dalam lini produksi," kata pakar mikrobiologi ini.

Sementara untuk pemberian vaksin Covid-19, lanjutnya, diprioritaskan diberikan pada kelompok yang paling rentan terhadap infeksi. Selain itu juga kelompok yang memiliki peran dalam penularan virus corona baru.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Hari Sumpah Pemuda, Buruh Gelar Unjuk Rasa Tolak Omnibus Law Cipta Kerja

Posted: 27 Oct 2020 10:12 PM PDT

Massa buruh berpakaian adat membacakan teks Sumpah Pemuda dari atas mobil komado saat unjuk rasa di Kawasan Patung Kuda, Jakarta, Rabu (28/10/2020). Aksi gabungan buruh tersebut menuntut Presiden Joko Widodo menerbitkan Perppu guna membatalkan UU Cipta Kerja. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Massa buruh berpakaian adat membacakan teks Sumpah Pemuda dari atas mobil komado saat unjuk rasa di Kawasan Patung Kuda, Jakarta, Rabu (28/10/2020). Aksi gabungan buruh tersebut menuntut Presiden Joko Widodo menerbitkan Perppu guna membatalkan UU Cipta Kerja. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa buruh berpakaian adat membacakan teks Sumpah Pemuda dari atas mobil komado saat unjuk rasa di Kawasan Patung Kuda, Jakarta, Rabu (28/10/2020). Aksi gabungan buruh tersebut menuntut Presiden Joko Widodo menerbitkan Perppu guna membatalkan UU Cipta Kerja. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa buruh dengan berbagai atribut melakukan unjuk rasa menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja di area Patung Kuda, Jakarta, Rabu (28/10/2020). Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, mereka menuntut Presiden Joko Widodo menerbitkan Perppu guna membatalkan UU Cipta Kerja. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Massa buruh dengan berbagai atribut melakukan unjuk rasa menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja di area Patung Kuda, Jakarta, Rabu (28/10/2020). Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, mereka menuntut Presiden Joko Widodo menerbitkan Perppu guna membatalkan UU Cipta Kerja. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa buruh dengan berbagai atribut melakukan unjuk rasa menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja di area Patung Kuda, Jakarta, Rabu (28/10/2020). Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, mereka menuntut Presiden Joko Widodo menerbitkan Perppu guna membatalkan UU Cipta Kerja. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa buruh dengan berbagai atribut melakukan unjuk rasa menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja di area Patung Kuda, Jakarta, Rabu (28/10/2020). Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, mereka menuntut Presiden Joko Widodo menerbitkan Perppu guna membatalkan UU Cipta Kerja. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Massa buruh dengan berbagai atribut melakukan unjuk rasa menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja di area Patung Kuda, Jakarta, Rabu (28/10/2020). Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, mereka menuntut Presiden Joko Widodo menerbitkan Perppu guna membatalkan UU Cipta Kerja. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa buruh dengan berbagai atribut melakukan unjuk rasa menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja di area Patung Kuda, Jakarta, Rabu (28/10/2020). Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, mereka menuntut Presiden Joko Widodo menerbitkan Perppu guna membatalkan UU Cipta Kerja. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa buruh dengan berbagai atribut melakukan unjuk rasa menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja di area Patung Kuda, Jakarta, Rabu (28/10/2020). Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, mereka menuntut Presiden Joko Widodo menerbitkan Perppu guna membatalkan UU Cipta Kerja. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Massa buruh dengan berbagai atribut melakukan unjuk rasa menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja di area Patung Kuda, Jakarta, Rabu (28/10/2020). Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, mereka menuntut Presiden Joko Widodo menerbitkan Perppu guna membatalkan UU Cipta Kerja. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa buruh dengan berbagai atribut melakukan unjuk rasa menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja di area Patung Kuda, Jakarta, Rabu (28/10/2020). Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, mereka menuntut Presiden Joko Widodo menerbitkan Perppu guna membatalkan UU Cipta Kerja. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa buruh dengan berbagai atribut melakukan unjuk rasa menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja di area Patung Kuda, Jakarta, Rabu (28/10/2020). Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, mereka menuntut Presiden Joko Widodo menerbitkan Perppu guna membatalkan UU Cipta Kerja. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Massa buruh dengan berbagai atribut melakukan unjuk rasa menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja di area Patung Kuda, Jakarta, Rabu (28/10/2020). Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, mereka menuntut Presiden Joko Widodo menerbitkan Perppu guna membatalkan UU Cipta Kerja. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa buruh dengan berbagai atribut melakukan unjuk rasa menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja di area Patung Kuda, Jakarta, Rabu (28/10/2020). Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, mereka menuntut Presiden Joko Widodo menerbitkan Perppu guna membatalkan UU Cipta Kerja. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa buruh dengan berbagai atribut melakukan unjuk rasa menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja di area Patung Kuda, Jakarta, Rabu (28/10/2020). Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, mereka menuntut Presiden Joko Widodo menerbitkan Perppu guna membatalkan UU Cipta Kerja. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Massa buruh dengan berbagai atribut melakukan unjuk rasa menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja di area Patung Kuda, Jakarta, Rabu (28/10/2020). Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, mereka menuntut Presiden Joko Widodo menerbitkan Perppu guna membatalkan UU Cipta Kerja. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa buruh dengan berbagai atribut melakukan unjuk rasa menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja di area Patung Kuda, Jakarta, Rabu (28/10/2020). Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, mereka menuntut Presiden Joko Widodo menerbitkan Perppu guna membatalkan UU Cipta Kerja. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa buruh berpakaian adat membacakan teks Sumpah Pemuda dari atas mobil komado saat unjuk rasa di Kawasan Patung Kuda, Jakarta, Rabu (28/10/2020). Aksi gabungan buruh tersebut menuntut Presiden Joko Widodo menerbitkan Perppu guna membatalkan UU Cipta Kerja. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Massa buruh berpakaian adat membacakan teks Sumpah Pemuda dari atas mobil komado saat unjuk rasa di Kawasan Patung Kuda, Jakarta, Rabu (28/10/2020). Aksi gabungan buruh tersebut menuntut Presiden Joko Widodo menerbitkan Perppu guna membatalkan UU Cipta Kerja. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa buruh berpakaian adat membacakan teks Sumpah Pemuda dari atas mobil komado saat unjuk rasa di Kawasan Patung Kuda, Jakarta, Rabu (28/10/2020). Aksi gabungan buruh tersebut menuntut Presiden Joko Widodo menerbitkan Perppu guna membatalkan UU Cipta Kerja. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa buruh dengan berbagai atribut melakukan unjuk rasa menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja di area Patung Kuda, Jakarta, Rabu (28/10/2020). Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, mereka menuntut Presiden Joko Widodo menerbitkan Perppu guna membatalkan UU Cipta Kerja. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Massa buruh dengan berbagai atribut melakukan unjuk rasa menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja di area Patung Kuda, Jakarta, Rabu (28/10/2020). Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, mereka menuntut Presiden Joko Widodo menerbitkan Perppu guna membatalkan UU Cipta Kerja. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa buruh dengan berbagai atribut melakukan unjuk rasa menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja di area Patung Kuda, Jakarta, Rabu (28/10/2020). Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, mereka menuntut Presiden Joko Widodo menerbitkan Perppu guna membatalkan UU Cipta Kerja. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa buruh dengan berbagai atribut melakukan unjuk rasa menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja di area Patung Kuda, Jakarta, Rabu (28/10/2020). Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, mereka menuntut Presiden Joko Widodo menerbitkan Perppu guna membatalkan UU Cipta Kerja. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Massa buruh dengan berbagai atribut melakukan unjuk rasa menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja di area Patung Kuda, Jakarta, Rabu (28/10/2020). Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, mereka menuntut Presiden Joko Widodo menerbitkan Perppu guna membatalkan UU Cipta Kerja. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa buruh dengan berbagai atribut melakukan unjuk rasa menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja di area Patung Kuda, Jakarta, Rabu (28/10/2020). Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, mereka menuntut Presiden Joko Widodo menerbitkan Perppu guna membatalkan UU Cipta Kerja. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ganjar Pranowo Terima Kiriman dan Mantan Napiter di Hari Sumpah Pemuda

Posted: 27 Oct 2020 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria berkopiah batik menghadang kedatangan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, sesaat sebelum mengikuti upacara Hari Sumpah Pemuda di Gradhika Bhakti Praja, Rabu (28/10). Membawa sebuah kardus berwarna emas dan berpita merah putih, pria berpeci itu langsung mendekati Ganjar dan menyerahkan bingkisan yang dibawanya.

"Selamat ulang tahun pak, ini kado dari kami teman-teman mantan Napi Terorisme yang ada di Yayasan Persadani, sebagai bukti bahwa kami telah kembali ke pangkuan ibu pertiwi," kata pria tersebut saat menemui Ganjar.

Ternyata, pria berkopiah batik itu adalah Sri Puji Mulyo Siswanto, mantan Napiter yang ditangkap dan dipenjara selama enam tahun usai menyembunyikan Noordin M Top dan Dr Azhari, otak sejumlah serangan terorisme di Indonesia. Selain itu, Sri Puji juga pernah dipenjara karena terlibat pelatihan terorisme di Aceh.

Sri Puji sengaja datang menemui Ganjar untuk memberikan kado istimewa itu. Ia tahu, bahwa orang nomor satu di Jawa Tengah itu genap berusia 52 tahun.

"Kamu to mas, gimana sehat kan? Teman-teman juga semuanya sehat? Ini apa? Coba saya buka ya," ucap Ganjar sambil membuka isi kardus itu.

Ketika dibuka, ternyata kado yang didapat Ganjar dari mantan anak buah Noordin M Top itu adalah Bendera Merah Putih. Ganjar pun langsung tersenyum, menepuk-nepuk pundak Sri Puji dan mengucapkan terima kasih.

"Ini bendera kami jahit sendiri pak, sebagai simbol bahwa kami mantan napiter telah menyatakan kembali pada NKRI," terang Sri Puji.

Ganjar kemudian mengajak ngobrol Sri Puji. Kepadanya, Ganjar menanyakan kisah selama tersesat dalam jaringan terorisme sampai kembali sadar, dan meminta masukan agar masyarakat lain tidak terjerumus dalam jurang yang sama.

"Surprise sekali saya mendapat kado ini. Menarik ya, karena kita menemukan saudara-saudara kita yang pernah tersesat dan mereka kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi. Hari ini, mereka sudah melakukan aktivitas untuk berbagi pengalaman, cerita bagaimana nilai-nilai kemanusiaan, kebangsaan penting untuk dijaga," kata Ganjar.

Ganjar juga menyampaikan pesan dari para mantan napiter ini pada masyarakat agar selalu hati-hati. Apabila ada orang yang mengajak untuk merusak dan memecah belah, maka harus dicek dahulu kebenarannya.

"Kami bangga banyak anak bangsa yang kembali sadar. Kami harapkan mereka menjadi jurubicara untuk mengkampanyekan bagaimana berbangsa, bernegara dan berpancasila. Kami juga akan mendampingi, akan kami bantu agar mereka bisa kembali bermasyarakat dan melakukan usaha," jelasnya.

Sri Puji sendiri mengatakan sengaja memberikan kado Bendera Merah Putih saat hari ulang tahun Ganjar. Bendera berukuran 40x60 cm itu dijahit sendiri oleh para mantan Napiter di Yayasan Persadani.

"Kami ingin memberikan sesuatu pada Pak Ganjar di hari bahagia ini. ami ingin memberikan simbol pada pak Ganjar selaku bapak kami di Jawa Tengah, bahwa ini lho ada warga bapak yang dulunya 'nakal' sekarang sudah kembali ke NKRI. Kami ingin memberikan kontribusi pada negara khususnya Pemprov Jateng untuk bisa bersinergi dengan program-program yang ada di Jateng," tuturnya.

Warga Genuk Kota Semarang ini menerangkan, dirinya terlibat dalam kegiatan terorisme awalnya karena rasa empati melihat saudara-saudara sesama muslim yang dizolimi. Lantaran emosional yang tidak terkendali, ia lama-lama masuk ke jaringan itu.

"Kami berharap Pak Ganjar bisa menjadi teladan bagi pejabat lain untuk bisa merangkul khususnya kami sebagai teman-teman mantan napiter. Karena dengan cara itu akan lebih efektif menyadarkan mereka. Dan saya pesan pada kawan-kawan yang masih menjadi teroris, coba buka ruang diskusi dan dialog, karena dengan itu pasti akan ada solusi," tutupnya.

Selain dari mantan napiter tersebut, Ganjar juga mendapatkan kado istimewa di hari ulang tahunnya. Di antaranya dari Olivia dan Regina, bocah SD yang pernah menyumbangkan celengannya untuk penanganan Covid-19, kado dari Oma-Oma Yayasan Katolik dan lagu merdu dari difabel asal Rembang, Clarissa Kusumaning.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kartu Prakerja Gelombang 11 Bakal Dibuka, Simak Cara Daftarnya

Posted: 27 Oct 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 11 rencananya akan dibuka pada akhir Oktober 2020. Hal ini merujuk pada antusiasme yang tinggi dari masyarakat. Selain itu, kuota gelombnag 11 disebut-sebut menyesuaikan jumlah penerima Kartu Prakerja yang dicabut kepesertaannya.

Saat ini, tercatat ada 373.745 penerima Kartu Prakerja telah dicabut status kepesertaannya sampai dengan gelombang 9.

"Dari gelombang 1-9 kami telah mencabut 373.745 kepesertaan penerima Kartu Prakerja," kata Head of Communication PMO Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu kepada Liputan6.com, Rabu (28/10/2020).

Cara mendaftar Kartu Pra Kerja bisa melalui portal https://www.prakerja.go.id/. Sebelum mendaftar Kartu Pra Kerja, Anda harus membuat akun terlebih dahulu. Daftar akun Kartu PraKerja itu sangat mudah. Anda bisa pakai email atau nomor ponsel kamu yang aktif.

Pendaftar Kartu Prakerja wajib mengisi data atau informasi pada Situs dengan benar. Selain itu, Anda harus menggunakan nama dan data diri sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk yang sah.

Berikut panduan membuat akun Kartu Prakerja di prakerja.go.id:

- Masukkan nama lengkap, email dan kata sandi

- Klik Daftar.

- Selanjutnya verifikasi email kamu

- Lakukan verifikasi yang telah dikirimkan via email.

- Pendaftaran berhasil. Kamu berhasil membuat akun Kartu Prakerja.

Pendaftaran Kartu Prakerja:

- Lakukan login menggunakan akun yang telah dibuat di langkah sebelumnya

- Setelah berhasil daftar akun dan login akun, masuk ke Dashboard

- Isi verifikasi KTP- Klik Berikutnya

- Lengkapi data diri dan unggah foto KTP dan swafoto dengan KTP kamu

- Lakukan Verifikasi Telepon

- Klik kirim

- Setelah selesai verifikasi KTP, mengisi data diri, dan verifikasi nomor telepon, isi deklarasi survey

- Berikutnya kamu wajib melakukan tes

- Setelah selesai tes, ikuto seleksi batch

- Pilih batch yang diinginkan dan sesuaikan dengan domisili

- Pendaftaran selesai

- Tunggu proses evaluasi pendaftaran

373.745 Penerima Kartu Prakerja Kena Blacklist, Ini Sebabnya

Cara Mudah Daftar Kartu Prakerja dan Fasilitas yang Didapat. (Sumber: Situs Resmi Kartu Prakerja)
Cara Mudah Daftar Kartu Prakerja dan Fasilitas yang Didapat. (Sumber: Situs Resmi Kartu Prakerja)

Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja telah menutup kesempatan bagi peserta program Kartu Prakerja gelombang 9 untuk membeli pelatihan pertamanya pada Jumat (23/10) lalu.

Tercatat, ada 373.745 penerima Kartu Prakerja telah dicabut status kepesertaannya sampai dengan gelombang 9.

"Dari gelombang 1-9 kami telah mencabut 373.745 kepesertaan penerima Kartu Prakerja," kata Head of Communication PMO Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu kepada Liputan6.com, Rabu (28/10/2020).

Adapun pencabutan status kepesertaan ini, kata Louisa, dikarenakan penerima manfaat tak kunjung membeli paket pelatihan hingga batas waktu yang sudah ditentukan.

Sesuai peraturan Permenko No. 11 Tahun 2020, setiap penerima Kartu Prakerja memiliki waktu 30 hari untuk membeli pelatihan pertama sejak mendapat SMS pengumuman dari Kartu Prakerja. Apabila melewati batas waktu tersebut penerima program belum membeli pelatihan, maka akan dicabut kepesertaannya.

Louisa pun menjelaskan, peserta yang sudah ditarik kepesertaannya bakal masuk daftar hitam sehingga tidak boleh mengikuti program Kartu Prakerja lagi. Saldo bantuan pelatihan pun akan hangus dan dana dikembalikan ke rekening dana Kartu Prakerja. 

Kepesertaan 344.959 Penerima Kartu Prakerja Dicabut

CfDS Fisipol UGM melakukan riset tentang Kartu Prakerja
CfDS Fisipol UGM melakukan riset tentang Kartu Prakerja

Sebanyak 344.959 penerima kartu prakerja telah dicabut kepesertaannya. Jumlah ini berasal dari gelombang 1 hingga gelombang 8.

"Dari gelombang 1-8 kami telah mencabut kepesertaan dari 344.959 penerima Kartu Prakerja," ujar Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Louisa Tuhatu kepada Liputan6.com, Kamis (22/10/2020).

Adapun pencabutan status kepesertaan ini lantaran penerima manfaat tak kunjung membeli paket pelatihan dalam tenggat waktu tertentu sejak dinyatakan lolos.

Sesuai peraturan Permenko No. 11 Tahun 2020, setiap penerima Kartu Prakerja memiliki waktu 30 hari untuk membeli pelatihan pertama sejak mendapat SMS pengumuman dari Kartu Prakerja. Apabila melewati batas waktu tersebut penerima program belum membeli pelatihan, maka akan dicabut kepesertaannya.

"Untuk gelombang 9 dan 10 belum jatuh tempo," kata Louisa.

Informasi saja, untuk gelombang 9, batas akhir pembelian paket pelatihan adalah besok, Kamis 23 Oktober 2020. Dan untuk gelombang 10 masih memiliki waktu lebih panjang untuk membeli paket pelatihan. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Lalu Lintas Puncak Padat, Polisi Berlakukan Sistem Buka Tutup

Posted: 27 Oct 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Libur panjang, lalu lintas di kawasan Puncak Bogor Jawa Barat, padat. Polres Bogor nulai memberlakukan sistem buka tutup. Kepadatan hingga 2 km dari pintu keluar tol Ciawi hingga simpang Gadog.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jaga Kabin Mobil Tetap Steril di Masa Pandemi dengan Fogging, Efektifkah?

Posted: 27 Oct 2020 10:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Masa pandemi Corona Covid-19 mewajibkan seluruh pemilik mobil untuk menjaga kebersihan kendaraan kesayangannya. Hal ini, untuk menghilangkan segala bakteri dan virus, yang tentu saja berakibat pada kesehatan pengguna kendaraan roda empat.

Melihat hal tersebut, Astra Peugeot memberikan layanan fogging atau pengasapan kabin. Bahkan, fasilitas ini tidak hanya untuk mobil asal Prancis tersebut, tapi juga brand lain.

Proses fogging atau pengasapan ini diklaim efektif membunuh kuman, bakteri, serta mencegah timbulnya jamur. Sehingga pasca-fogging, kabin akan menjadi lebih segar dan higienis sehingga membuat kenyamanan dan kebersihan dalam berkendara.

"Prosesnya pun tidak lama, dan tidak lebih dari 10 menit. Layanan fogging untuk terbuka untuk segala jenis kendaraan dan brand. Kabin segar dan faktor kesehatan menjadi daya tarik layanan ini," ujar Roni Agung, Kepala Bengkel Astra Peugeot BSD, Serpong, Tangerang.

Fogging yang dilakukan menggunakan alat, prosesnya memanfaatkan sirkulasi AC mobil. Material cairan disifektan dan aroma diembuskan melalu sirkulasi AC mobil.

Aroma bisa disesuaikan

Embusan kipas (fan) diatur pada posisi paling kencang dan indikator AC off, sehingga embusan asap memenuhi setiap ruang dan sudut di dalam kabin.

Selama proses fogging, semua pintu mobil ditutup beberapa menit hingga pengasapan memenuhi kabin. Selain cairan disinfektan, aroma parfum bisa disesuaikan untuk memaksimalkan fungsi dari layanan fogging.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Penyebab Kemiskinan, Pahami Definisi dan Dampak yang Ditimbulkan

Posted: 27 Oct 2020 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyebab kemiskinan tentunya ada beragam. Tak hanya Indonesia, tentunya ada banyak negara yang di dunia yang dimana kemiskinan menjadi salah satu hal yang harus diatasi. Pasalnya jika kemiskinan tidak diatasi akan berdampak terhadap negara itu sendiri.

Kemiskinan merupakan masalah utama dan paling mendasar yang setiap harinya menjadi perhatian utama bagi pemerintah. Apalagi di Indonesia masih memiliki masalah yang cukup pelik dalam pemberantasan kemiskinan. Oleh sebab itu penting untuk mengetahui penyebab kemiskinan yang menjadi salah satu perhatian pemerintah namun tak kunjung terselesaikan. 

Ragam upaya tentunya dilakukan pemerintah untuk mengatasi permasalahan kemiskinan tersebut. Penyebab kemiskinan yang beragam dan cukup kompleks membuat pemerintah harus terus berupaya mengatasi permasalahan tersebut.

Walaupun permasalahan tersebut terbilang sulit untuk diatasi, namun ada beberapa negara di dunia yang sudah mampu mengatasi permasalahan kemiskinan tersebut. Penyebab kemiskinan tak hanya penting diketahui pemerintah namun juga masyarakatnya.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang ulasan lengkap mengenai penyebab kemiskinan hingga dampak yang ditimbulkan, Rabu (28/10/2020).

Definisi Kemiskinan

Pengemis bersama anaknya saat berada di lampu merah kawasan Karet, Jakarta, Minggu (18/10/2020). Institute for Development of Economics and Finance (Indef) memproyeksikan angka kemiskinan di Indonesia naik pada periode September 2020. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Pengemis bersama anaknya saat berada di lampu merah kawasan Karet, Jakarta, Minggu (18/10/2020). Institute for Development of Economics and Finance (Indef) memproyeksikan angka kemiskinan di Indonesia naik pada periode September 2020. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Sebelum menelaah lebih jauh tentang penyebab kemiskinan, perlu untuk mengetahui definisi kemiskinan yang merupakan salah satu permasalahan yang hampir terjadi di setiap negara. Secara umum, definisi kemiskinan adalah suatu kondisi ketika seseorang atau kelompok tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan dasarnya seperti kebutuhan pangan, sandang, tempat tinggal, pendidikan dan kesehatan yang layak.

Hal ini juga biasanya ditentukan oleh pemerintah melalui penetapan garis kemiskinan yang ditentukan dengan ekonomi, karena tingkat kesejahteraan masayarakat ditentukan oleh kebijakan ekonomi pemerintah. Jadi kemiskinan bisa juga disebabkan oleh gagalnya perkembangan ekonomi yang direncanakan pemerintah.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, setiap negara memiliki anggota masyarakat yang berada di bawah garis kemiskinan, tentunya di setiap negara permasalahan kemiskinan ini telah menjadi masalah yang global.

Kemiskinan juga dapat diartikan sebagai kekuarangan dalam kesejahteraan dan perampasan terhadap kebebasan untuk mencapai sesuatu dalam hidup seorang manusia.

Pengertian Kemiskinan Menurut Para Ahli :

1. Hall dan Midgley

Menurut Hall dan Midgley pengertian kemiskinan adalah kondisi deprivasi materi dan sosial yang menyebabkan individu hidup di bawah standar kehidupan yang layak, atau kondisi di mana individu mengalami deprivasi relatif dibandingkan dengan individu yang lainnya dalam masyarakat.

2. Faturachman dan Marcelinus Molo

Selanjutnya pengertian kemiskinan menurut Faturachman dan Marcelinus Molo. Menurut Faturachman dan Marcelinus Molo kemiskinan adalah ketidakmampuan seseorang atau beberapa orang (rumah tangga) untuk memenuhi kebutuhan dasarnya.

3. Reitsma dan Kleinpenning

Pengertian kemiskinan menurut Reitsma dan Kleinpenning adalah ketidakmampuan individu untuk memenuhi kebutuhannya, baik yang bersifat material maupun non-material.

4. Suparlan

Menurut Suparlan arti kemiskinan adalah standar tingkat hidup yang rendah karena kekurangan materi pada sejumlah atau golongan orang bila dibandingkan dengan standar kehidupan yang berlaku di masyarakat sekitarnya.

5. Friedman

Menurut Friedman definisi kemiskinan adalah ketidaksamaan kesempatan untuk memformulasikan kekuasaan sosial berupa asset, sumber keuangan, organisasi sosial politik, jaringan sosial, barang atau jasa, pengetahuan dan keterampilan, serta informasi.

 

 

 

Penyebab Kemiskinan

Pedagang air keliling saat melintas di permukiman padat penduduk di Jakarta, Minggu (18/10/2020). Institute for Development of Economics and Finance (Indef) memproyeksikan jumlah penduduk miskin naik 1,63 juta jiwa atau 0,56 persen selama masa pandemi Covid-19. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Pedagang air keliling saat melintas di permukiman padat penduduk di Jakarta, Minggu (18/10/2020). Institute for Development of Economics and Finance (Indef) memproyeksikan jumlah penduduk miskin naik 1,63 juta jiwa atau 0,56 persen selama masa pandemi Covid-19. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Setelah menelaah lebih jauh tentang definisi kemiskinan secara umum dan menurut para ahli, selanjutnya penjelasan mengenai penyebab kemiskinan yang hampir terjadi di negara berkembang.

1. Tingkat Pendidikan Rendah

Penyebab kemiskinan yang pertama yakni tingkat pendidikan yang rendah. Pendidikan merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi setiap orang. Dalam kontek ini penyebab kemiskinan adalah kebutuhan pokok yang merupakan pendidikan. Tingkat pendidikan yang rendah mengakibatkan seseorang cenderung kurang memiliki keterampilan, wawasan, dan pengetahuan yang memadai untuk kehidupannya.

Sedangkan untuk dunia kerja maupun dunia usaha, pendidikan adalah modal untuk bersaing dalam mendapatkan kesejahteraan nantinya. Oleh karena itulah terjadi banyak pengangguran dan penyebab kemisikinan disebabkan oleh tingkat pendidikan yang rendah ini.

2. Malas Bekerja

Penyebab kemiskinan yang berikutnya yakni malas bekerja. Penyebab kemiskinan satu ini, jika ditelisik memiliki hubungan dengan penyebab kemiskinan sebelumnya yakni tingkat pendidikan yang rendah. Seseorang yang memiliki tingkat pendidikan rendah tentunya akan membuat dirinya malas bekerja karena tidak memiliki keterlampilan dan pengetahuan. Seseorang yang malas berusaha tentunya akan berdampak terhadap tingkat pengangguran yang semakin tinggi.

Malas bekerja adalah hal yang paling sering menjangkiti seseorang yang tak ingin maju dan beranggapan bahwa kemiskinan itu adalah takdir.

Hal-hal tersebut membuat seseorang tidak bergairah dan bersikap acuh tak acuh untuk bekerja, dan mengantarkan mereka kepada kemiskinan dan membuat kesejahteraannya menghilang.

3. Terbatasnya Lapangan Pekerjaan

Penyebab kemiskinan selanjutnya yakni terbatasnya lapangan pekerjaan. Terbatasnya lapangan pekerjaan membuat seseorang sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Keterbatasan lapangan pekerjaan akan membawa konsekuensi penyebab kemiskinan pada masyarakat. Bisa saja seseorang menciptakan lapangan kerja baru, tetapi kemunkinannya akan sangat kecil untuk masyarakat miskin karena keterbatasan keterampilan maupun modal.  

Banyaknya pengangguran di suatu negara bisa juga menjadi patokan kemiskinan di suatu negara. Semakin besar jumlah pengangguran maka semakin bertambah pula penyebab kemiskinan di negara tersebut. Hal ini juga bisa deisebabkan oleh ketidakstabilan ekonomi dan ketidakpastian arah politik dan kebijakan negara tersebut.

Penyebab Kemiskinan

Aktivitas warga permukiman bantaran rel di Jakarta, Minggu (18/10/2020). Institute for Development of Economics and Finance (Indef) memproyeksikan angka kemiskinan di Indonesia naik pada periode September 2020. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Aktivitas warga permukiman bantaran rel di Jakarta, Minggu (18/10/2020). Institute for Development of Economics and Finance (Indef) memproyeksikan angka kemiskinan di Indonesia naik pada periode September 2020. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

4. Keterbatasan Sumber Daya Alam dan Modal

Keterbatasan sumber daya alam maupun modal merupakan penyebab kemiskinan selanjutnya yang hampir terjadi di setiap negara, khusunya negara berkembang ataupun negara dengan tingkat kemiskinan yang tinggi. Ketika sumber daya alam miskin atau tidak dapat diolah lagi, itulah salah satu penyebab kemiskinan. Terkadang hal tersebut terjadi memang bukan karena kehendak masing masing orang.

Selain itu, keterbatasan modal juga menghambat perkembangan seseorang. Apalagi untuk orang yang memiliki tingkat pendidikan rendah, tidak hanya modal material, orang tersebut juga akan memiliki keterbatasan modal keterampilan atau pengetahuan. Hal ini tentunya menjadi penyebab kemiskinan yang juga cukup serius.

5. Harga Kebutuhan Tinggi

Harga kebutuhan yang tinggi merupakan penyebab kemiskinan selanjutnya yang sering terjadi dan menjadi alasan kenapa masyarakat yang miskin selalu merasa kurang atau bahkan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Dalam hal ini, perlu diketahui bahwa sebagian besar masyarakat keluarga miskin menghabiskan 60–80 persen dari penghasilannya untuk mencukupi kebutuhan makanan.

Sehingga ketika harga bahan makan melambung tinggi, mereka harus memotong pengeluaran untuk kebutuhan lainnya dan dialihkan ke konsumsi makanan. Dengan begitu, pemerintah harus berusaha untuk menstabilkan harga barang-barang pokok agar seluruh masyarakat bisa mengaksesnya dengan mudah.

6. Kualitas Kesehatan yang Belum Baik

Penyebab kemiskinan selanjutnya yakni kualitas kesehatan suatu negara yang belum baik. Kualitas kesehatan yang tidak memadai juga termasuk salah satu penyebab kemiskinan secara mendasar. Akses layanan kesehatan yang sulit dan mahal menjadi masalah utama bagi masyarakat ekonomi rendah.

Masyarakat dengan ekonomi rendah tidak memiliki cukup uang untuk membayar jasa dokter atau membeli obat ketika sakit. Mereka pun akan terus sakit dan sulit melakukan pekerjaan. Akibatnya, pendapatan akan menurun sehingga kebutuhan sehari-hari tidak dapat tercukupi dengan baik.

 

Dampak Kemiskinan

Deretan permukiman penduduk semi permanen di bantaran Sungai Ciliwung, Jakarta, Senin (5/10/2020). Pemprov DKI mencatat kenaikan angka kemiskinan Jakarta sebesar 1,11 persen menjadi 4,53 persen pada bulan September 2020 karena terdampak pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Deretan permukiman penduduk semi permanen di bantaran Sungai Ciliwung, Jakarta, Senin (5/10/2020). Pemprov DKI mencatat kenaikan angka kemiskinan Jakarta sebesar 1,11 persen menjadi 4,53 persen pada bulan September 2020 karena terdampak pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Setelah mengetahui penyebab dari kemiskinan, tentunya ada dampak yang ditimbulkan dari permasalahan yang hampir terjadi di setiap negara dan tak kunjung dapat diselesaikan. pada umumya, kemiskinan tentunya akan berdampak negatif terhadap masyarakat.

1. Kriminalitas Tinggi

Dampak kemiskinan yang pertama yakni kriminalitas tinggi. Kemiskinan seringkali dikaitkan dengan kriminalitas. Masyarakat miskin cenderung melakukan apa saja untuk memenuhi kebuhtuhan hidup mereka, termasuk melakukan kriminalitas. Beberapa bentuk kriminalitas tersebut yaitu pencurian, perampokan, begal, penipuan, bahkan pembunuhan.

2. Akses Pendidikan Tertutup

Akses pendidikan yang tertutup merupakan dampak kemiskinan yang dapat dirasakan. Biaya pendidikan yang cukup tinggi mengakibatkan masyarakat miskin tidak dapat menjangkau dunia pendidikan. Hal ini semakin memperburuk situasi masyarakat yang kekurangan karena kurangnya pendidikan membuat mereka tidak bisa bersaing dan tidak bisa bangkit dari keterpurukan.

3. Tingkat Pengangguran Tinggi

Dampak kemiskinan selanjutnya yakni dimana tingkat pengangguran semakin banyak. Tingkat pendidikan yang rendah tentunya juga akan berdampak terhadap pengangguran yang semakin meningkat. Masyarakat miskin yang sulit untuk mendapatkan akses pendidikan kemudian akan berdampak terhadap tingkat pengangguran.

4. Angka Kematian Tinggi

Dampak kemiskinan selanjutnya yakni dimana angka kematian yang tinggi. Dampak tersebut tentunya mempunyai hubungan dengan penyebab kemiskinan yakni kualitas kesehatan yang belum baik. Masyarakat yang hidup di bawah garis kemiskinan umumnya tidak mendapatkan akses kesehatan yang memadai. Hal ini menyebabkan tingginya angka kematian pada masyarakat miskin. Selain itu, gizi yang buruk juga merupakan masalah yang sering terjadi pada masyarakat miskin. 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sudah Ditandatangani Jokowi, Perpres Supervisi KPK Akhirnya Terbit

Posted: 27 Oct 2020 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Peraturan Presiden Nomor 102 Tahun 2020 tentang Supervisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, akhirnya terbit. Perpres ini diterbitkan usai Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandatanganinya pada 20 Oktober 2020.

Perpres ini sempat dikritik pihak komisi antirasuah, sebab prosesnya yang lama hingga mencapai satu tahun sejak berlakunya Undang-Undang baru KPK, yakni UU Nomor 19 Tahun 2019.

Diketahui, hadirnya Perpres ini adalah turunan dari Pasal 10 ayat (2) UU 19/2019 mengenai teknis pelaksanaan supervisi KPK.

Menurut Wakil Ketua KPK, Nawawi Pomolango, KPK belum dapat melaksanakan kewenangannya tanpa terbitnya Perpres ini.

"Belum terbitnya Perpres supervisi bisa menghambat kerja KPK dalam pemberantasan korupsi," kata Nawawi saat dikonfirmasi, Selasa 27 Oktober 2020.

Bisa Lakukan Supervisi

Dengan terbitnya Perpres ini, KPK dapat melakukan supervisi terhadap kasus-kasus korupsi yang ditangani Polri dan Kejaksaan Agung (Kejagung).

Hal ini sesuai dengan Pasal 2 di dalam Perpres tersebut yang terdiri dari 11 Pasal tersebut.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Agoda Luncurkan GoLocal Tonight dan Hygiene Plus, Apa Kelebihannya?

Posted: 27 Oct 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Platform perjalanan digital Agoda terus memanjakan para pelanggannya. Untuk memenuhi kebutuhan konsume, Agoda meluncurkan GoLocal Tonight, sebuah fitur untuk memastikan wisatawan yang memiliki rencana spontan.

Country Director Agoda Indonesia Gede Gunawan mengatakan sangat bahagia ikut membesarkan pariwisata Indonesia, terutama wisatawan domestik. "Pasar domestik sangat penting bagi kami dan juga tentunya sangat penting bagi Indonesia," ujar Gunawan dalam Agoda Media Briefing secara virtual, Selasa, 27 Oktober 2020.

Gunawan menyebut pandemi menciptakan distrupsi yang sangat besar terhadap industri pariwisata di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Pariwisata sangat mendorong UMKM.

"Banyak hotel dan usaha-usaha kecil yang bergerak dalam bidang pariwisata. Kita sangat fokus dengan akomodasi-akomodasi seperti ini. Kita juga bisa membantu mereka yang ada di seluruh Indonesia," lanjut Gunawan.

Berdasarkan riset yang dilakukan Agoda, sebesar 76 persen wisatawan Indonesia mengatakan lebih cenderung berwisata di dalam negeri. Sementara 24 persen wisatawan sudah siap untuk bepergian ke luar negeri.

"Ini sangat menggembirakan untuk bisnis pariwisata di Indonesia. Karena wisatawan Indonesia siap bepergian, terutama staycation," imbuhnya.

Dari survei domestik itu jika dilihat dari GoLocal, kata Gunawan, pelanggan domestik itu akan memilih pantai, alam dan lingkungan. "Sementara mereka yang berada di urban area, orang-orang kota akan memilih pantai, mereka yang jatuh dari perkotaan mereka akan sangat rindu untuk staycation di hotel," ujar Gunawan.

Disebutkan, GoLocal Tonight adalah lanjutan dari Agoda GoLocal. Wisatawan Indonesia yang membuat pemesanan di hari yang sama mendapatkan diskon 30 persen dari akomodasi yang berpartisipasi. "Dari survei kami menunjukkan pemesanan last minute saat ini sangat besar. Dengan adanya Covid ini, customer ternyata sangat hati-hati dan mereka lebih cenderung membuat booking-an yang last minute," ungkap Gede Gunawan.

3.000 Hotel

Ilustrasi hotel (Dok.Unsplash)
Ilustrasi hotel (Dok.Unsplash)

Selain GoLocal Tonight, Agoda juga meluncurkan Hygiene Plus. Menurut Gede Gunawan, berdasarkan survei Agoda, faktor terpenting dari wisatawan Indonesia sebelum memutuskan bepergian ke suatu destinasi atau ke hotel, terdapat tiga hal.

Pertama, perangkat kebersihan, yaitu masker, karyawan memakai sarung tangan, sanitasi, dan disinfektan. Kedua, adanya sertifikasi kebersihan dari pemerintah.

"Ini inisiatif dari Kementerian Pariwisata yaitu adanya sertifikat CHSE, yaitu Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Sustainable Environment (Lingkungan Berkelanjutan). Saat ini sudah ada 3.000 hotel yang ikut dalam Hygiene Plus," kata Gunawan.

Ketiga, pemeriksaan suhu untuk staf dan tamu. Saat datang ada pemeriksaan suhu tubuh, memakai masker, memakai sarung tangan, begitu juga dengan staf hotel.

"Sehingga semua merasa aman, baik customer sendiri pada saat dilayani. Demikian juga para staf merasa aman saat melayani customer," tandas Gunawan.

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi. (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perkumpulan Dokter Dunia Samakan COVID-19 dengan Flu Biasa, Jubir Satgas: Ini Misinformasi

Posted: 27 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito angkat bicara terkait pernyataan Perkumpulan Dokter Dunia yang menyatakan COVID-19 sama dengan flu biasa.

Menurut Wiku, hal itu termasuk misinformasi. "Saya ingin melakukan klarifikasi terhadap video pernyataan Aliansi Dokter Dunia tentang COVID-19," tegas Wiku saat konferensi pers di Media Center COVID-19, Graha BNPB, Jakarta, Selasa (27/10/2020).

Dia menambahkan, "Penting untuk diketahui oleh masyarakat bahwa konten video yang disebarkan oleh Aliansi Dokter Dunia masuk dalam kategori misinformasi."

Wiku lalu menyebut ada tiga bentuk disinformasi terkait COVID-19. "Pertama, misinformasi terhadap keyakinan yang bersifat umum. Kedua, keyakinan terhadap teori konspirasi. Ketiga, keyakinan dari agama," ujarnya.

Konten informasi dalam video Aliansi Dokter Dunia dapat diidentifikasikan sebagai misinformasi yang muncul dengan menyamakan COVID-19 dengan influenza.

"Penting untuk diketahui, penyebab dinamika transmisi dan akibat dari kedua penyakit tersebut sangat berbeda. Satgas COVID-19 mengingatkan kepada masyarakat, misinformasi dapat memengaruhi respons seseorang terhadap suatu informasi," jelas Wiku.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Evaluasi Kredibilitas Informasi

Wiku melanjutkan, masyarakat harus mengevaluasi kebenaran informasi yang diterima. Carilah sumber-sumber informasi yang kompeten dan kredibel.

"Oleh karena itu, masyarakat harus mengevaluasi kredibilitas informasi yang diterima serta merujuk informasi tentang COVID-19 pada lembaga yang dapat dipercaya, seperti Badan Kesehatan Dunia (WHO), Centers for Disease Control and Prevention (CDC)," lanjutnya.

"Khusus di Indonesia, tentunya sumber terpercaya diperoleh dari Kementerian Kesehatan dan Satgas Penanganan COVID-19."

Untuk jurnalis dapat melakukan konfirmasi informasi kepada pengamat, bisa tokoh masyarakat atau tokoh terpandang serta memiliki akses terhadap data dan informasi yang valid.

(Fitri Haryanti Harsono)

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sumangga Para Wisatawan Dipun Aturi Langkung Ngatos-Atos

Posted: 27 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Wonosari - Ombak pasang surut kacarita wonten Pesisir Kidul Kabupaten Gunungkidul ing pungkasaning wulan Oktober meniko. Inggilipun ombak wekdal meniko ndadosaken Kundha Pariwisata ugi Tim SAR Gunungkidul paring warta kedah waspada amargi sesarengan kalian dinten preinan ingkang dhawah dinten Rebo pahing 28 Oktober ngantos 1 November.

Ketua Wilayah SAR Linmas II Pantai Baron, Marjono, ngendika manawi inggilipun ombak saget kawiwitan tanggal 29 Oktober ingkang inggilipun saged dumugi 3 meter. Ing sakmangke, puncak inggilipun ombak saged dhawah wonten ing surya 30 Oktober ingkang saged dumugi 18 kaki utawi sekawan meter.

"Kita ugi sampun ngintun warti dhumateng kadang nelayan supados nginggahaken kapalipun. Ananging kala wau dalu taksih wonten ingkang bidhal  seganten pados ulam," ngendikanipun Marjono, Selasa (27/10/2020).

Marjono, ugi ngendika bilih ombak kasebat sesarengan kaliyan cuti panjang. Saklajengipun, dipun tugasaken 64 anggota SAR wonten ing wilayah II. Petugas SAR badhe paring pawartos saha ngemutaken para wisatawan ngagem speaker supados mboten siram utawi sami tetirah wonten pinggir pantai.

"Kita badhe mubeng ngaturi pirsa kagem warga saha wisatawan. Awit kita sedaya dereng mangerto wekdal ingkang gumathok duginipun puncak ombak pasang," mekaten Marjono.

Marjono ugi mbote selak menawi piyambakipun tetep ngagem pedoman Kalender Jawa nalika mirsani potensi ombak ageng. Miturut piyambakipun, menawi petangan puncak pasang surut wonten ing tanggal 15 Kalender Jawa.

"Muga-muga jongkone ombak ora adoh banget, sanajan jembar, mung ing tengah ora tekan pesisiran," mekaten pangandikanipun.

Koordinator Wilayah SAR Linmas I wilayah Pantai Wediombo, Sunu Handoko Bayu Sagara ugi ngrencanaaken ngintun 35 personel kagem ngemutaken wisatawan supados mboten sami dolanan wonten pantai.

"Iki nyamari sebab bareng karo preinan, kita bakal luwih aktif narik kawigaten para turis amarga iki siji-sijine cara sing diarepake," mekaten pengandikanipun Sunu Handoko.

Handoko ugi gadhah pamanggih badhe ngrencangi para nelayan nitih prau wonten ing Siung saha  Pantai Nampu. Sekretaris Kundha Pariwisata Gunungkidul, Harry Sukmono, ngendika bilih sampun koordinasi kaliyan Pokdarwis saha SAR.

 

Simak terjemahan berita diatas dalam bahasa Indonesia dalam halaman berikutnya.

Wisatawan Diminta Waspada Gelombang Tinggi Laut Kidul

Suasana salah satu pantai di Gunungkidul. (foto: Liputan6.com / hendro ary wibowo)
Suasana salah satu pantai di Gunungkidul. (foto: Liputan6.com / hendro ary wibowo)

Gelombang pasang diperkirakan akan terjadi di Pantai Selatan Kabupaten Gunungkidul akhir Oktober ini. Ketinggian gelombang kali ini sedikit membuat jajaran Dinas Pariwisata dan juga Tim SAR cukup mewaspadainya karena bertepatan dengan banyaknya pengunjung dampak cuti bersama dari 28 Oktober hingga 1 November mendatang.

Koordinator SAR Linmas Wilayah II Pantai Baron, Marjono mengatakan ketinggian gelombang akan dimulai pada 29 Oktober dengan perkiraan ketinggian 3 meter. Sementara puncak dari pasangnya gelombang akan terjadi pada 30 Oktober mendatang dengan ketinggian 18 feet atau empat meter.

"Kami juga sudah menyampaikan informasi ini kepada nelayan untuk meminggirkan kapal," kata Marjono, Selasa (27/10/2020).

Marjono menambahkan, pihaknya menerjunkan 64 anggota SAR wilayah II. Para petugas SAR nanti akan keliling untuk mengingatkan wisatawan dengan pengeras suara agar ridak mandi atau bermain ke bibir pantai.

"Hal ini akan intens kami lakukan dengan cara keliling karena sampai sekarang kami belum bisa memastikan waktu puncak gelombang pasang," papar Marjono.

Kendati demikian, Marjono mengaku selalu menggunakan pedoman Kalender Jawa untuk melihat potensi gelombang tinggi. Menurutnya, sesuai perhitungan, puncak kenaikan gelombang posisi surut juga pada tanggal 15 Kalender Jawa.

"Mudah-mudahan jangakauan gelombang tidak terlalu jauh, kalaupun besar hanya di tengah tidak sampai ke permukaan," ujar Marjono.

Senada dengan Marjono, Koordinator SAR Linmas Wilayah I Pantai Wediombo, Sunu Handoko Bayu Sagara juga akan menurunkan 35 personilnya untuk mengingatkan wisatawan untuk tidak bermain di tepi pantai. Selain itu juga pihaknya akan mengimbau melalui pengeras suara.

"Karena bertepatan dengan hari libur cuti bersama kami akan lebih giat melakukan imbauan kepada wisatawan karena ini satu-satunya cara antisipasi kami," jelasnya.

Selain itu, pada siang ini, Handoko berencana akan membanti nelayan menaikan perahu yang ada di Pantai Siung dan Nampu. Pihaknya juga akan melarang pengunjung mendirikan tenda untuk camping di seputar pantai.

"Kami akan nkerja sama dengan Pokdarwis setempat supaya memberikan himbauan bilamana melihat orang dari luar wilayah yg akan melakukan giat memancing di tempat yang terdampak gelombang tinggi," tukas Handoko.

Terpisah, Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Harry Sukmono mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pokdarwis maupun personil SAR agar wisatawan tetap aman berwisata kendati di saat waktu tingginya gelombang. Ia meminta petugas selalu mengingatkan wisatawan agar tidak mendekat ke lokasi berbahaya.

"Kami minta wisatawan juga selalu berhati-hati saat berwisata ke pantai," kata Harry.

Simak video pilihan berikut

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selamat Hari Sumpah Pemuda, Begini Ucapan dan Harapan Warganet

Posted: 27 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tepat hari ini, Rabu (28/10/2020), merupakan hari bersejarah bagi kaum muda di Indonesia. Tanggal 28 Oktober tiap tahunnya memang diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda.

Sumpah Pemuda yang dirayakan setiap tahunnya di Indonesia ini merupakan satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia yang dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

Tentunya momen ini tak hanya untuk mengenang apa yang pernah terjadi di masa lalu, namun juga harus memiliki makna dan manfaat yang dapat diambil para generasi muda.

Beragam cara dilakukan masyarakat untuk merayakan hari bersejarah bagi kaum muda ini. Biasanya, masyarakat akan melaksanakan upacara bendera dan acara positif lainnya yang meningkatkan rasa kesatuan dan persatuan.

Namun, tahun ini peringatan Hari Sumpah Pemuda berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena adanya pandemi Corona Covid-19. 

Ucapan Hari Sumpah Pemuda dari Jokowi dan Susi Pudjiastuti

Presiden Joko Widodo (Jokowi) minta peta jalan optimalisasi pemanfaatan batu bara dalam negeri dengan penerapan teknologi ramah lingkungan saat ratas dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (23/10/2020). (Biro Pers Sekretariat Presiden/Kris)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) minta peta jalan optimalisasi pemanfaatan batu bara dalam negeri dengan penerapan teknologi ramah lingkungan saat ratas dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (23/10/2020). (Biro Pers Sekretariat Presiden/Kris)

Meski begitu, publik tetap memperingatinya dengan ucapan di jejaring sosial. Pantauan tim Citizen6-Liputan6.com, lini masa Twitter hingga kini diramaikan dengan berbagai ucapan Sumpah Pemuda dari para tokoh di Tanah Air.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melalui akun Twitter-nya memberikan ucapan di hari bersejarah bagi kaum muda ini. Jokowi mengajak untuk sama-sama bersatu melewati masa sulit pandemi dan bangkit.

Selain itu, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti juga turut memberi ucapan Sumpah Pemuda. Dia berharap kesejahteraan yang berkeadilan akan tercapai.

 

Ucapan dari Warganet

Tak hanya ucapan dari tokoh Indonesia, warganet juga meramaikan momen bersejarah ini dengan beragam twit. Banyak dari warganet juga mengutarakan harapan di Hari Sumpah Pemuda ini.

 

Trending Topic

Saking banyaknya twit ucapan dari warganet, perbincangan Hari Sumpah Pemuda bahkan menjadi topik yang ramai dibahas warganet.

Tagar #SumpahPemuda dan #92tahunsumpahpemuda berada di jajaran trending topic kawasan Indonesia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yuk Ikuti Kompetisi Cerita Kartu Prakerja, Berhadiah Total Rp 10 Juta

Posted: 27 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tokopedia sebagai mitra platform digital resmi Kartu Prakerja mendukung penuh dengan memberi fasilitas pelatihan bagi masyarakat yang memiliki Kartu Prakerja. Harga pelatihan yang ditawarkan pun terbilang cukup murah tidak sampai Rp 500 ribu.

Di sela-sela memberikan berbagai pelatihan menarik yang dapat dimanfaatkan, Tokopedia mengadakan kompetisi "Cerita Kartu Prakerja" untuk masyarakat Indonesia.

Kompetisi ini di adakan untuk memicu semangat masyarakat pemilik kartu prakerja agar memunculkan ide kreatifnya yang berkaitan dengan skill yang diambil.

Tokopedia dalam mengadakan Kompetisi Cerita Kartu Prakerja juga telah menyiapkan hadiah menarik yaitu berupa gift card senilai 10 juta rupiah untuk lima orang pemenang. 

"Pemenang akan mendapatkan email berisi kode voucher Gift Card," dilansir dari laman resmi Tokopedia, Rabu (28/10/2020).

Lalu, bagaimana cara mengikuti kompetisinya?

1. Follow akun instagram @tokopedia dan @tokopediacare

2. Posting foto atau video yang menceritakan pengalamanmu selama dan setelah mengikuti pelatihan Kartu Prakerja.

3. Cantumkan caption yang menarik.

4. Gunakan hastag yakni #KartuPrakerjaTokopedia dan #KartuPrakerja.

5. Mention dan ajak 3 orang temanmu untuk mengikuti kompetisi ini.

6. Isi formulir konfirmasi partisipasi di tkp.me/daftarceritaprakerja.

7. Diwajibkan sudah mengikuti minimal dua kali pelatihan kartu prakerja pada platform Tokopedia.

8. Pemenang akan ditentukan oleh tim Tokopedia berdasarkan cerita yang paling menarik dan memenuhi kriteria yang di syaratkan.

Hadiah berupa gift card yang diberikan nantinya dapat digunakan untuk mewujudkan impian masyarakat yang beruntung menang berdasarkan pelatihan-pelatihan yang sudah didapatkan sebelumnya pada aplikasi Tokopedia.

Pendaftaran kompetisi Cerita [Kartu Prakerja](Cerita Kartu Prakerja "") dibuka tanggal 26 Oktober sampai 8 November 2020. Pemenang kompetisi ini akan diumumkan pada tanggal 12 November 2020.

Informasi lebih lanjut dapat di akses melalui tkp.me/ceritakartuprakerja

 

Cara Pembelian Pelatihan Prakerja di Tokopedia

Logo Tokopedia. (Liputan6.com/ Andina Librianty)
Logo Tokopedia. (Liputan6.com/ Andina Librianty)

1. Buka aplikasi Tokopedia dan pastikan nomor handphone sudah terverifikasi di Tokopedia

2. Ketik "Kartu Prakerja" di kolom pencarian.

3. Pilih Kategori Pelatihan dan pilih lembaga pelatihan yang diinginkan.

4. Klik "lihat detail" pada kelas yang diminati untuk cari tahu informasi terkait termasuk cara menukarkan kode voucher.

5. Klik beli. Jangan lupa masukkan kode promo bila tersedia.

6. Pilih "Lihat Semua" pada metode pembayaran. Pilih "Kartu Prakerja" pada bagian Program Pemerintah.

7. Masukkan 16 digit nomor Kartu Prakerja dan lakukan verifikasi melalui SMS.

8. Setelah transaksi berhasil, cek kode voucher pada Histori Transaksi Top Up & Tagihan atau pada email yang terdaftar di Tokopedia.

9. Lakukan penukaran kode voucher dengan mengikuti langkah di halaman kelas/ lembaga yang sudah dibeli vouchernya.

10. Kode voucher berhasil ditukar dan bisa mengikuti pelatihan Kartu Prakerja.

11. Setelah itu, isi review dan rating untuk kelas yang sudah diikuti dengan klik "Tulis Ulasan" pada halaman Histori Transaksi Top Up & Tagihan sudah dibeli.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liga Champions: Banyak Pemain Juventus Absen, Koeman Minta Barcelona Tetap Waspada

Posted: 27 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Turin - Pelatih Barcelona, Ronald Koeman enggan meremehkan Juventus dalam bentrok di Liga Champions, Kamis (29/10/2020) dinihari WIB. Koeman merasa, Juventus tetap berbahaya meski tanpa sejumlah pemain andalannya.

"Juventus adalah klub papan atas Eropa dengan banyak pemain berpengalaman. Dalam soal bertahan, mereka sangat kuat meskipun beberapa pemain kunci absen nanti," kata Koeman seperti dilansir situs resmi UEFA.

Juventus akan bermain tanpa sejumlah pemain kunci di laga ini. Cristiano Ronaldo harus absen karena masih dinyatakan positif covid-19.

Di saat bersamaan, dua bek Juventus, Matthijs De Ligt dan kapten Giorgio Chiellini juga absen. Keduanya tak dapat bermain lantaran masih dibekap cedera.

Namun demikian, Koeman menilai lini serang Juventus masih cukup mumpuni. "Mereka tahu bagaimana mendominasi pertandingan dengan pemain di sektor serangan," kata Koeman.

 

Dybala dan Morata

Juventus vs Barcelona (Liputan6.com/Abdillah)
Juventus vs Barcelona (Liputan6.com/Abdillah)

Lebih lanjut, Koeman menyebut Paulo Dybala dan Alvaro Morata sebagai senjata Juventus. Menurut pelatih asal Belanda itu, kedua pemain bisa membahayakan lini pertahanan Barcelona.

"Dybala bisa membuat masalah. Morata selalu di sana dan siap untuk mencetak gol. Ada juga beberapa gelandang yang bisa bermain bagus," kata Koeman mengakhiri.

 

Jadwal Liga Champions

Kamis 29 Oktober 2020 dinihari

 

Grup E

00.55 WIB, FC Krasnodar vs Chelsea, SCTV

03.00 WIB, Sevilla vs Rennes, Vidio

Grup F

03.00 WIB, Borussia Dortmund vs Zenit St. Petersburg, Vidio

03.00 WIB, Club Brugge vs Lazio, Vidio

Grup G

03.00 WIB, Ferencvaros vs Dynamo Kiev, Vidio

03.00 WIB, Juventus vs Barcelona, SCTV

Grup H

00.55 WIB, Istanbul Basaksehir vs Paris Saint Germain, Vidio

03.00 WIB, Manchester United vs RB Leipzig, Vidio

Saksikan Video Liga Champions di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Fakta Sarah Menzel Pacar Azriel Hermansyah, dari Nama Lengkap Hingga Bisnis Kafe di Bali

Posted: 27 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Azriel Hermansyah punya pacar baru, namanya Sarah Menzel. Usia Sarah Menzel terpaut dua tahun dari Azriel Hermansyah yang kini 20 tahun. Sosoknya belakangan ramai dibahas warganet.

Dari soal beda keyakinan hingga restu Anang Hermansyah untuk Sarah Menzel. Anang menilai Sarah Menzel pribadi yang baik. Tahu betul bagaimana memperlakukan orang yang lebih tua.

Baru-baru ini, Ashanty mengobrol dengan Sarah Menzel. Momen ini terekam di video bertajuk "Sarah Mengungkapkan Isi Hatinya ke Ashanty," yang dipublikasikan di kanal YouTube The Hermansyah A6. Ada 6 fakta menarik seputar Sarah Menzel. Apa saja?

1. Nama Lengkap Sarah Menzel

Sarah Menzel. (Foto: Instagram @luhde_menzel)
Sarah Menzel. (Foto: Instagram @luhde_menzel)

Nama lengkapnya Sarah Rai Menzel. Nama ini rupanya pemberian almarhum kakek yang seniman dan telah dimakamkan di Jerman. Sarah Menzel dekat dengan kakeknya.

"Sarah dikasih Opa Jerman yang sudah meninggal. Rai itu nama Bali, nama buat anak kedua. Menzel namanya Opa Jerman," beri tahu Sarah Menzel lalu menambahkan, kakeknya meninggal pada 2010.

 

2. Punya Kafe di Bali

Sarah Menzel. (Foto: Instagram @luhde_menzel)
Sarah Menzel. (Foto: Instagram @luhde_menzel)

Usainya baru 18 tahun, namun sudah punya kafe sendiri di Bali, namanya Caesar Canggu. Di situ, Sarah Menzel mengembangkan passion di bidang bisnis dari melayani konsumen hingga bikin laporan keuangan sendiri.

Mulanya ia kurang tertarik berbisnis. Ibunya, Luhde Suryani, menyemangati. "(Mama bilang) kamu pasti bisa, kok. Pertama, masih ragu bisa enggak ya bikin (laporan keuangan) sendiri. Akhirnya bisa semuanya," kenangnya.

3. Awalnya Ingin Kuliah di Swiss

Sarah Menzel. (Foto: Instagram @luhde_menzel)
Sarah Menzel. (Foto: Instagram @luhde_menzel)

Lulus SMA, Sarah Menzel mengambil jeda setahun untuk mengurus kafenya di Canggu, Bali. Gap setahun juga digunakan untuk menjajaki minat di bangku kuliah. Mulanya Sarah Menzel ingin menyusul kakaknya, Kevin, kuliah di Swiss.

"Dulu pengin di Swiss ambil hospitality gara-gara lihat kakak ke sana. Pengin banget, sudah cari-cari kampus di sana. Lalu Covid-19," paparnya. Keinginan itu akhirnya pudar. "Masih, sih tapi Mama kasihan," imbuh dia.

4. Jakarta, Australia, atau Singapura

Sarah Menzel. (Foto: Instagram @luhde_menzel)
Sarah Menzel. (Foto: Instagram @luhde_menzel)

Batal menimba ilmu di Swiss, Sarah Menzel membuat rencana lain yakni mendalami ilmu bisnis dengan kuliah. Ada tiga negara yang diliriknya yakni Australia, Singapura, dan Indonesia.

"Jadi kuliah antara di Indonesia atau di Australia atau Singapura. Kuliah di Jakarta pengin sih, coba ambil UI kalau bisa," Sarah Menzel menyambung. Mendengar rencana ini, Ashanty mendukung.

5. Cita-Cita Masa kecil

Sarah Menzel. (Foto: Instagram @luhde_menzel)
Sarah Menzel. (Foto: Instagram @luhde_menzel)

Rupanya cita-cita masa kecil Sarah Menzel bukan pebisnis melainkan fashion designer. Ini bermula dari ketertarikannya melihat orang lain menjahit baju lalu ia ingin bikin baju untuk diri sendiri.

"Pas kecil kalau enggak salah SD kelas 5, saya bikin baju Natal sendiri sampai sekarang masih disimpan. Gara-gara itu Papa juga mendukung, sekarang beda jalur," Sarah Menzel mengingat.

6. Idolakan Mama

Azriel Hermansyah dan Sarah Menzel (Sumber: YouTube/The Hermansyah A6)
Azriel Hermansyah dan Sarah Menzel (Sumber: YouTube/The Hermansyah A6)

Sarah Menzel mengidolakan ibunya sendiri. Baginya, Luhde Suryani wanita super yang bisa jadi ayah sekaligus kepala keluarga. Namun selalu punya waktu untuk anak-anak.

"Saya pernah lihat dia pergi ke proyek awal-awal bikin restoran yang di Ubud. Cara dia bikin Ubud menjadi seperti sekarang khususnya di Hotel Menzel itu… Yang paling saya kagumi tuh Mama bisa bagi waktu. Dia tahu waktu kerja dan untuk keluarga," cerita Sarah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sistem Bersatu Lawan COVID-19, Libatkan Ratusan Ribu Petugas dan Relawan

Posted: 27 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sistem Bersatu Lawan COVID-19 (BLC) yang baru diluncurkan Satuan Tugas Penanganan COVID-19 melibatkan ratusan ribu petugas lapangan dan relawan. Sistem ini untuk memantau kedisiplinan penerapan protokol kesehatan di titik pantau seluruh Indonesia.

"Jadi, kami sudah kerjasama dengan berbagai pihak untuk pelaporan sistem BLC, salah satunya dari TNI. Sekarang sudah ada lebih dari 95.392 petugas di lapangan yang melaporkan setiap detik kepada kami di Satgas," ujar Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito saat konferensi pers di Media Center COVID-19, Graha BNPB, Jakarta, Selasa (27/10/2020).

"Begitu juga Polri ada sebanyak hampir 200.000 orang (tepatnya 196.668 orang). Kemudian relawan Satgas Perubahan Perilaku, yaitu Duta Perubahan Perilaku sebanyak 17.199 orang."

Para Duta Perubahan Perilaku yang terlibat dalam pelaporan Bersatu Lawan COVID-19 terdiri dari Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN), mahasiswa, dosen, Koalisi Kependudukan Indonesia (KKI), Koalisi Muda Kependudukan (KMK), dan Satpol PP.

"Saya ucapkan apresiasi setinggi-tingginya kepada pihak yang sudah ikut terlibat. Semoga kedepannya akan semakin besar lagi peluang dari elemen masyarakat lain yang dapat berpartisipasi dalam sistem pelaporan BLC," lanjut Wiku.

"Sistem Bersatu Lawan COVID-19 diharapkan bisa menjadi alat navigasi terhadap upaya lanjutan perubahan perilaku dan arahan strategis komunikasi publik kedepannya."

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Antisipasi Penularan COVID-19

Pelanggar menyapu jalan usai mengikuti sidang Operasi Yustisi di Kawasan Danau Sunter, Jakarta, Rabu (16/9/2020). Warga yang melanggar protokol kesehatan langsung disidang tindak pidana ringan (tipiring) di tempat dengan membayar denda Rp 55.000 maupun  sanksi sosial. (merdeka.com/Imam Buhori)
Pelanggar menyapu jalan usai mengikuti sidang Operasi Yustisi di Kawasan Danau Sunter, Jakarta, Rabu (16/9/2020). Warga yang melanggar protokol kesehatan langsung disidang tindak pidana ringan (tipiring) di tempat dengan membayar denda Rp 55.000 maupun sanksi sosial. (merdeka.com/Imam Buhori)

Wiku menambahkan, sistem BLC sebagai langkah antisipasi penularan COVID-19. Pelaporan yang masuk berupa pelanggaran protokol kesehatan, seperti tidak memakai masker atau masih terjadi kerumunan.

Dari laporan yang masuk akan terpantau di lokasi wilayah mana saja kedisiplinan protokol kesehatan masih kurang. Data ini pun terpantau secara real-time. (Baca sebelumnya: Satgas COVID-19 Luncurkan Sistem Monitoring Perubahan Perilaku, Pemantauan Secara Real-Time)

"Kami sampaikan bahwa sistem BLC sebenarnya untuk mengantisipasi supaya virusnya tidak bisa menular kepada manusia. Apabila kita melihat data kasus yang ada akibat dari kerja virus menularkan," tambah Wiku.

"Perubahan perilaku (dengan protokol kesehatan) adalah cara kita mengantisipasi sebelum virusnya dapat menular. Karena perubahan perilaku adalah kunci untuk mencegah penularan."

Lawan Virus Bersama-sama

Petugas merazia pelanggar PSBB di kawasan Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Kamis (6/8/2020). Joko Widodo menerbitkan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian COVID-19. (merdeka.com/Imam Buhori)
Petugas merazia pelanggar PSBB di kawasan Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Kamis (6/8/2020). Joko Widodo menerbitkan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian COVID-19. (merdeka.com/Imam Buhori)

Mekanisme pendukung upaya preventif dan promotif COVID-19 menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) adalah kemitraan multisektoral, edukasi, dan aktivitas komunikasi sosial.

"Tujuannya mempromosikan kondisi kesehatan, gaya hidup, perilaku hidup sehat, dan lingkungan serta reorientasi pelayanan kesehatan. Dan terakhir adalah komunikasi risiko," pungkas Wiku.

"Dalam mengoperasikan sistem BLC, kami perlu sampaikan bahwa Satgas betul-betul mempertimbangkan aspek kemitraan atau pentahelix. Karena melawan virus ini kita tidak bisa bekerja sendiri."

Infografis Berunjuk Rasa, Jangan Lupa Protokol Kesehatan

Infografis Berunjuk Rasa, Jangan Lupa Protokol Kesehatan. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Berunjuk Rasa, Jangan Lupa Protokol Kesehatan. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Terekam Kamera, Anak Tega Berlaku Kasar ke Ibunya yang Lansia

Posted: 27 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang wanita muda memukuli seorang lansia yang merupakan ibu kandungnya di pinggir jalan. Peristiwa diketahui terjadi di pasar Mergan, Malang, Jawa Timur.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Kenali Hoaks dan Cara Menanggapinya

Posted: 27 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyebaran hoaks via aplikasi olah pesan masih sering terjadi. Untuk itu, sejumlah pihak termasuk penyedia platform, seperti WhatsApp terus menggalakkan upaya melawan hoaks sekaligus melakukan edukasi bagi para penggunanya.

Menurut Communications Director WhatsApp APAC, Sravanthi Dev saat acara Sharing Session yang digelar Liputan6.com, salah satu cara efektif menangkal hoaks adalah berpikir percakapan di WhatsApp itu tidak ubahnya percakapan di dunia nyata.

"Kamu harus menetapkan cara berpikir seperti saat berinteraksi di dunia nyata, di mana kita biasanya berhati-hati dengan lawan bicara, termasuk apa yang diucapkan dan dibagikannya," tutur Sravanthi saat terhubung dalam event virtual, Selasa (27/10/2020).

Dengan menerapkan pola pikir ini, pengguna WhatsApp diharapkan juga berhati-hati dengan informasi yang diterimanya. Pengguna harus dapat menelaah lebih lanjut, termasuk memastikan apakah informasi tersebut valid.

"Pastikan apakah informasi itu masuk akal, kamu juga melakukan verifikasi dan memastikan kembali dari sumber infomasi yang valid," ujarnya melanjutkan.

Selain itu, dia juga mengatakan apabila pesan tersebut dirasa tidak masuk akal dan membuat pengguna tidak nyaman, sebaiknya tidak membagikan informasi itu ke orang lain.

Pengguna juga diharapkan bisa memberikan informasi yang benar, jika memang informasi yang dibagikan orang lain itu terbukti sebagai hoaks.

Ajak Diskusi dan Sampaikan dengan Santun

Ilustrasi Hoaks. (Freepik)
Ilustrasi Hoaks. (Freepik)

Kendati demikian, menurut Dosen Departemen Komunikasi UGM, Zainuddin Muda Z Monggilo, penyampaian kebenaran mengenai hoaks yang disebar di aplikasi olah pesan sebaiknya dilakukan secara etis.

"Kadang semakin kita menjelaskan suatu hoaks, bisa berujung pertikaian, karena ada masalah soal penyampaiannya," kata dia menjelaskan.

Untuk itu, Zainuddin menuturkan sebaiknya penyampaian tersebut dilakukan secara santun dan etis. Salah satunya dilakukan dengan mengajak diskusi orang terdekat yang termakan hoaks tersebut.

Dia mengatakan, pengguna dapat pula membandingkan informasi yang dibagikan tersebut dengan informasi sebenarnya. Lalu dijelaskan beberapa poin perbedaan yang membuat pembanding tersebut memiliki informasi lebih valid, ketimbang hoaks yang ada.

"Hal seperti itu yang saya kira bisa membantu. Jangan kita diam. Memang bisa saja ada yang tidak suka, tapi kita tidak menyerang orang yang menyebarkan (hoaks), melainkan informasinya," ujar dia lebih lanjut.

Pemerintah Buka Kanal Aduan untuk Konten Hoaks

Ilustrasi hoax (iStockPhoto)
Ilustrasi hoax (iStockPhoto)

Di sisi lain, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) juga sudah menyediakan kanal aduan bagi masyarakat yang ingin melaporkan konten hoaks.

"Masyarakat bisa menyampaikannya di kolom Aduan Konten yang ada di situs Kemkominfo. Lalu, kami akan melakukan analisis terhadap hoaks tersebut dan dengan cepat berkoordinasi dengan pihak terkait," tutur Staf Khusus Bidang IKP, Transformasi Budaya, dan Hubungan Antar Lembaga Kemenkominfo, Rosarita Niken Widiastuti.

Selanjutnya, Kemenkominfo akan memberikan klarifikasi mengenai konten tersebut. Apabila konten tersebut memang hoaks, Kemenkominfo akan melabelinya dan memberikan klarifikasi yang sebenarnya.

Adapun informasi soal hoask yang beredar ini dapat dicek langsung di situs Kemenkominfo. "Setiap hari kami akan memberikan informasi terkait hoaks yang beredar," tutur Niken melanjutkan.

(Dam/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nyaris 800.000 Anak di AS Terinfeksi COVID-19

Posted: 27 Oct 2020 09:57 PM PDT

Liputan6.com, Washington DC - Jumlah anak yang terinfeksi COVID-19 di Amerika Serikat dilaporkan terus bertambah.

Seperti diberitakan Xinhua, Rabu (28/10/2020), menurut laporan terbaru dari Akademi Pediatri Amerika dan Asosiasi Rumah Sakit Anak tercatat hampir 800.000 anak di Amerika Serikat (AS) didiagnosis terinfeksi COVID-19 sejak awal pandemi.

Total 94.555 kasus baru pada anak-anak dilaporkan dari 8 hingga 22 Oktober, naik 14 persen dalam dua pekan, menurut laporan itu.

Secara keseluruhan, jumlah kasus COVID-19 pada anak-anak yang dilaporkan di AS mencapai 792.188, dan anak-anak mewakili 11 persen dari semua kasus infeksi, ungkap laporan tersebut.

Angka keseluruhan itu mewakili 1.053 kasus per 100.000 anak dalam populasi. Anak-anak mencakup 1 hingga 3,6 persen dari total rawat inap yang dilaporkan, dan 0 hingga 0,23 persen dari seluruh kematian akibat COVID-19, menurut laporan tersebut.

Sebagian kecil negara bagian melaporkan tingkat rawat inap dan kematian berdasarkan usia, tetapi data yang tersedia menunjukkan bahwa rawat inap dan kematian terkait COVID-19 jarang terjadi pada anak-anak, paparnya.

"Saat ini, penyakit parah akibat COVID-19 tampaknya jarang terjadi pada anak-anak. Namun, negara bagian harus tetap memberikan laporan terperinci tentang kasus COVID-19, tes, rawat inap, dan kematian berdasarkan usia serta ras/etnis sehingga efek COVID-19 pada kesehatan anak-anak dapat didokumentasikan dan dipantau," tambah laporan tersebut.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Kasus COVID-19 Global 44,2 Juta, WHO Lapor 2,8 Juta Infeksi Sepekan

Gambar ilustrasi diperoleh pada 27 Februari 2020 dengan izin dari Food and Drug Administration AS menunjukkan Virus Corona COVID-19. (US Food and Drug Administration/AFP)
Gambar ilustrasi diperoleh pada 27 Februari 2020 dengan izin dari Food and Drug Administration AS menunjukkan Virus Corona COVID-19. (US Food and Drug Administration/AFP)

Kasus positif Virus Corona COVID-19 di dunia telah mencapai 44.235.091 dengan 1.171.274 kematian.  

Menurut data dari Worldometers, Rabu (28/10/2020), angka kesembuhannya sudah mencapai 32.443.052.

Melansir CNN, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan bahwa hampir 3 juta kasus Virus Corona baru telah dilaporkan di seluruh dunia dalam tujuh hari terakhir.

Angka tersebut ternyata merupakan rekor global dalam kurun waktu yang sama. 

Angka tersebut adalah peningkatan eksponensial terpendek dalam jumlah kasus sejak dimulainya pandemi tetapi jumlah kematian baru sebanding dengan minggu-minggu sebelumnya.

Eropa melaporkan jumlah kasus baru tertinggi untuk minggu kedua berturut-turut lebih dari 1,3 juta - meningkat 33% dibandingkan minggu sebelumnya, kata WHO, dan berkontribusi menjadi 46%, atau hampir setengah, dari semua kasus baru secara global minggu ini.

"Demikian pula, jumlah kematian terus meningkat di wilayah tersebut dengan peningkatan 35% dari minggu lalu dan terhitung hampir sepertiga dari semua kematian baru secara global," lapor WHO. 

Kasus juga meningkat di wilayah Amerika, Mediterania Timur, dan Afrika.

"Meskipun ada variasi regional, negara-negara yang melaporkan jumlah kasus tertinggi dalam seminggu terakhir tetap sama dengan tiga minggu sebelumnya: India, Amerika Serikat, Prancis, Brasil dan Inggris," kata pejabat WHO.

AS, Brasil, dan Argentina masih melaporkan jumlah tertinggi kasus regional baru COVID-19 dan kematian baru masing-masing sebesar 78% dan 67%.

Siapa yang Perlu Cek Corona ke RS?

Infografis Siapa yang Perlu Cek Corona ke RS? (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Siapa yang Perlu Cek Corona ke RS? (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Juga Video Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar Top Skor Liga Champions 2020: Duvan Zapata Terdepan

Posted: 27 Oct 2020 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Persaingan mesin-mesin gol yang berlaga di Liga Champions 2020 terus memanas. Memasuki matchday kedua, nama Duvan Zapata merangsek naik ke urutan teratas daftar top skor sementara. 

Zapata yang bermain untuk klub Atalanta berhasil menambah koleksi golnya lewat hasil imbang 2-2 melawan Ajax Amsterdam. Dua gol dalam laga ini membuat Dzavata kini memimpin dengan tiga gol. 

Namun posisi ini tentu masih rentan tergusur mengingat di belakangnya terdapat 10 pemain yang sudah mengemas dua gol. Salah satunya adalah pemain Juventus, Alvaro Morata. Morata berpeluang menggusur Dzavata bila kembali mencetak gol saat bersua Barcelona di Camp Nou dini hari nanti. 

Kedua tim bakal tampil pada matchday kedua babak penyisihan grup G Liga Champions 2020. 

Simak daftar 10 besar top skor sementara Liga Champions 2020 hingga Rabu (28/10/2020) pada halaman berikutnya. 

Top Skor Sementara Liga Champions

Top skor sementara Liga Champions 2020, Rabu (28/10/2020) (UEFA)
Top skor sementara Liga Champions 2020, Rabu (28/10/2020) (UEFA)

Jadwal Liga Champions

Grup E

00.55 WIB, FC Krasnodar vs Chelsea, SCTV

03.00 WIB, Sevilla vs Rennes, Vidio

Grup F

03.00 WIB, Borussia Dortmund vs Zenit St. Petersburg, Vidio

03.00 WIB, Club Brugge vs Lazio, Vidio

 

Jadwal Selanjutnya

Grup G

03.00 WIB, Ferencvaros vs Dynamo Kiev, Vidio

03.00 WIB, Juventus vs Barcelona, SCTV

Grup H

00.55 WIB, Istanbul Basaksehir vs Paris Saint Germain, Vidio

03.00 WIB, Manchester United vs RB Leipzig, Vidio

Ilustrasi liga Champions (Liputan6.com/Abdillah)
Ilustrasi liga Champions (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan juga video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Erick Thohir jadi Pebisnis di Masa Sulit: Saya Melepas Hobi, Motor Tua dan Lukisan

Posted: 27 Oct 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Krisis yang disebabkan wabah Covid-19 sudah berjalan 8 bulan lamanya. Tak hanya membuat orang yang sehat menjadi sakit, pandemi juga membuat bisnis yang baik-baik saja menjadi semrawut.

Kendati meresahkan, pandemi bisa menjadi kesempatan bagi pebisnis untuk melakukan perubahan. Setidaknya, itulah prinsip yang diteguhkan pengusaha sukses yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN Erick Thohir dalam melewati krisis kesehatan dan ekonomi ini.

Menurutnya, dalam krisis, mau tidak mau pengusaha harus mengambil risiko untuk keberlangsungan bisnisnya. Risiko yang diambil akan berdampak pada kondisi perusahaan nantinya.

"Di masa krisis, kita harus berani ambil keputusan. Kalau kerja dengan hati, produk yakin ada, market tetap jalan, itu challenge sebagai pengusaha. Kalau secara profesional, kita pikirkan risikonya. Kita sebaiknya ambil risiko," ujar Erick Thohir dalam tayangan virtual, Rabu (28/10/2020).

Erick menceritakan pengalamannya memimpin perusahaan, tepatnya di rentang waktu 2004 hingga 2006. Bisnisnya sedang kesulitan saat itu.

Dulu, pilihannya ialah mengurangi pegawai, menutup usaha, meminjam dana dari perbankan atau memaksimalkan potensi yang dimiliki. Pilihan ini adalah bagian dari risiko yang harus diambil.

"Waktu itu saya melepas hobi saya, motor tua, lukisan. Kita harus pikirkan risiko terhadap karyawan dan perusahaan," katanya.

Erick Thohir juga bilang, krisis memaksa seluruh pihak termasuk pelaku usaha untuk menciptakan kesempatan baru dan bertransformasi ke arah yang lebih canggih.

"Saat krisis, ini ada kesempatan. Juga ketika krisis mau tidak mau harus go digital. Ada jenis pekerjaan yang hilang, dan justru ada yang baru juga," ujar Erick.

Erick Thohir Bolehkan Komisaris BUMN Rangkap Jabatan di Perusahaan Swasta

Menteri BUMN Erick Thohir mengunjungi salah satu gerai Kimia Farma di Jakarta.
Menteri BUMN Erick Thohir mengunjungi salah satu gerai Kimia Farma di Jakarta.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir merombak syarat dan tata cara pengangkatan serta pemberhentian anggota dewan komisaris dan dewan pengawas BUMN.

Perubahan tersebut dituangkan dalam Peraturan Menteri BUMN Nomor 10/MBU/10/2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri BUMN Nomor 02/MBU/02/2015 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pengangkatan dan Pemberhentian Anggota Dewan Komisaris dan Dewan Pengawas BUMN.

Beleid itu mengatur beberapa ketentuan, salah satunya dibolehkannya Komisaris BUMN untuk merangkap jabatan di perusahaan lain selain BUMN. Ketentuan tersebut tercantum di Bab V huruf A angka 1.

"Dewan Komisaris dan Dewan Pengawas dapat merangkap jabatan sebagai dewan komisaris pada perusahaan selain BUMN dengan ketentuan mengacu pada ketentuan peraturan perundang-undangan," demikian dikutip Liputan6.com, Senin (26/10/2020).

Lalu di huruf A angka 2 tercatat, bagi Dewan Komisaris dan Dewan Pengawas yang merangkap jabatan sebagai Dewan Komisaris pada perusahaan selain BUMN sebagaimana dimaksud pada angka 1, wajib memenuhi presentase kehadiran dalamrapat Dewan Komisaris/Dewan Pengawas BUMN selama satu tahun paling sedikit 75 persen (tujuh puluh lima persen) kehadiran, sebagai persyaratan untuk memperoleh tantiem/insentif kinerja bagi yang bersangkutan.

Kemudian, pada Huruf B yang memuat tentang Larangan Rangkap Jabatan disebutkan, anggota dewan komisaris dan/atau dewan pengawas dilarang memangku jabatan rangkap sebagai anggota dewan komisaris dan/atau dewan pengawas BUMN, kecuali berdasarkan penugasan khusus dari Menteri (lihat angka 1).

Lalu, angka 2 menyebutkan, anggota dewan komisaris dan/atau dewan pengawas dilarang memangku jabatan rangkap sebagai anggota direksi pada BUMN, Badan Usaha Milik Daerah, Badan Usaha Milik Swasta, atau menduduki jabatan yang berdasarkan peraturan perundang-undangan dilarang untuk dirangkap dengan jabatan anggota dewan komisaris/dewan pengawas, atau jabatan yang dapat menimbulkan benturan kepentingan dengan BUMN yang bersangkutan, kecuali menandatangani surat pernyataan bersedia mengundurkan diri dari jabatan tersebut jika terpilih sebagai anggota dewan komisaris/dewan pengawas BUMN.

"Anggota dewan komisaris atau dewan pengawas yang memangku jabatan rangkap sebagaimana dimaksud pada angka 1 dan 2, masa jabatannya sebagai anggota dewan komisaris/dewan pengawas berakhir karena hukum sejak saat anggota dewan komisaris/dewan pengawas lainnya atau anggota direksi atau RUPS/Menteri mengetahui perangkapan jabatan sebagaimana dimaksud," demikian dikutip dari angka 3. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Gaya Nyeleneh Pengantin di Pelaminan Ini Bikin Tamu Undangan Ngakak

Posted: 27 Oct 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Momen pernikahan, apalagi saat duduk berdua di pelaminan bersama kekasih yang dicintai tentu menjadi salah satu impian besar setiap orang. Pastinya pada hari spesial seperti itu akan dipersiapkan sebaik mungkin.

Baik dari pakaian pengantin, dekorasi hingga konsep menyeluruh jalannya acara pernikahan. Namun siapa sangka, bahwa ada beberapa pernikahan yang mempelainya menganakan busana hingga bergaya nyeleneh. 

Hal ini pun tentu mengundang perhatian para tamu undangan. Meski pengantin tentu jadi perhatian, namun dengan gaya yang nyeleneh, pasti akan bikin para tamu undangan keheranan.

Berikut 6 gaya nyeleneh pengantin di pelaminan yang Liputan6.com kutip dari berbagai sumber, Rabu (28/10/2020).

 

1. Begini gaya nyeleneh pengantin pada hari pernikahannya di pelaminan

Gaya nyeleneh pengantin (Sumber: 1cak.com)
Gaya nyeleneh pengantin (Sumber: 1cak.com)

2. Pakai gaun dari Hello Kitty dan serba merah muda

Gaya nyeleneh pengantin (Sumber: 1cak.com)
Gaya nyeleneh pengantin (Sumber: 1cak.com)

3. Ada-ada saja ini pengantin malah pakai masker yang menutupi seluruh wajah

Gaya nyeleneh pengantin (Sumber: 1cak.com)
Gaya nyeleneh pengantin (Sumber: 1cak.com)

4. Anak motor banget, sampai dipajang pada hari pernikahannya

Gaya nyeleneh pengantin (Sumber: 1cak.com)
Gaya nyeleneh pengantin (Sumber: 1cak.com)

5. Kocak nih, masak ada badut di pelaminan

Gaya nyeleneh pengantin (Sumber: 1cak.com)
Gaya nyeleneh pengantin (Sumber: 1cak.com)

6. Jangan terlalu sadis saat nego harga makeup, bisa-bisa jadinya malah menakutkan

Gaya nyeleneh pengantin (Sumber: 1cak.com)
Gaya nyeleneh pengantin (Sumber: 1cak.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

ASN Pemkot Madiun Boleh Ke Luar Kota, Asalkan…

Posted: 27 Oct 2020 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Aparatur Sipil Negara (ASN) di jajaran Pemkot Madiun wajib melakukan rapid test seusai libur panjang pekan ini, terutama mereka yang melakukan perjalanan ke luar kota. Permintaan Wali Kota Madiun Maidi ini merupakan keharusan.

"Kalau tidak dilaksanakan siap-siap dapat sanksi, ujar Wali Kota Madiun, seperti yang dikutip dari Solopos.com, Rabu (28/10/2020).

Jika hasil rapid test reaktif, maka ASN tersebut diwajibkan untuk isolasi mandiri. Meskipun demikian, Wali Kota Madiun, Maidi, tidak melarang ASN untuk berlibur ke luar kota selama mengajukan izin.

"Penularan yang ada banyak dari mereka yang memiliki riwayat perjalanan. Jadi, saya imbau tidak ke luar kota kalau tidak mendesak," ucap Maidi.

Pemkot Madiun akan mendirikan lima pos pantau di titik perbatasan dan lokasi strategis selama libur panjang akhir pekan. Warga yang datang ke Madiun wajib mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

 

Simak berita menarik lainnya dari Solopos.com di sini

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buruh Minta Gubernur Tetap Naikkan UMP 2021 Minimal 1,5 Persen

Posted: 27 Oct 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sekjen Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia (OPSI) Timboel Siregar meminta agar para Gubernur tetap menaikkan UMP 2021 dengan kisaran 1,5 hingga 2 persen.

Usulan tersebut berdasarkan data BPS, sejak Januari hingga Agustus 2020 tingkat inflasi mencapai 0,93 persen. Sementara tingkat inflasi dari tahun ke tahun atau year on year (yoy) dari Agustus 2020 ke Agustus 2019 adalah sebesar 1,32 persen.

"Dengan data ini seharusnya para Gubernur dapat mempertimbangakan untuk tetap menaikkan UMP 2021 walaupun hanya berkisar inflasi yoy yaitu sekitar 1,5 persen sampai 2 persen di atas angka inflasi yoy Agustus, dengan juga mempertimbangkan kondisi September, Oktober sampai Desember 2020," kata Timboel, Rabu (28/10/2020).

Menurutnya, kenaikan upah minimum tiap tahun biasanya telah menjadi sumber perselisihan antara Pemerintah, Apindo dan SP/SB, yang biasanya berujung di Pengadilan Tata Usaha Negara (TUN), dan tahun ini sepertinya akan terulang lagi.

"Dipastikan SE Menaker tahun ini akan diprotes oleh kalangan SP/SB. Kalangan SP/SB menilai SE ini akan mempengaruhi para Gubernur untuk tidak menaikkan upah minimum tahun 2021," ujarnya.

Tentunya SP/SB harus mempengaruhi para gubernur untuk tidak mengikuti SE Menaker tersebut dan meyakinkan Gubernur untuk tetap menaikkan upah minimum dalam persentase yang wajar dan bijak, yang bisa mendukung daya beli pekerja dan kelangsungan usaha.

"Saya menilai permintaan Menaker untuk tidak menaikkan upah minimum di 2021 dan adanya usulan SP yang meminta kenaikan upah minimum di 2021 sebesar 8 persen adalah tidak tepat. Harus dicari solusi kenaikan UM 2021 dengan tetap mempertimbangkan kesejahteraan pekerja dan kelangsungan usaha," ungkapnya.

Dimana kenaikan upah minimum dengan mempertimbangkan inflasi YoY akan memiliki dampak ikutan yang positif. Dengan adanya kenaikan upah minimum maka daya beli pekerja tidak tergerus oleh inflasi sehingga pekerja dan keluarganya bisa mempertahankan tingkat konsumsinya.

Sehingga tingkat konsumsi yang tidak turun tentunya akan mendukung tingkat konsumsi agregat, maka mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia. Lantaran konsumsi agregat mendukung 55 – 60 persen terhadap pertumbuhan ekonomi.

"Semoga kenaikan UMP 2021 yang akan ditetapkan tanggal 1 November 2020 ini di kisaran 1,5 persen – 2 persen bisa diterima semua pihak, sehingga kesejahteraan pekerja terjaga dan kelangsungan usaha terjamin," pungkasnya.

Daftar 5 Provinsi dengan UMP 2021 Terendah, Mana Saja?

Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) menyatakan UMP di Tanah Air rata-rata naik 8,25 persen pada 2017.
Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) menyatakan UMP di Tanah Air rata-rata naik 8,25 persen pada 2017.

Pemerintah menetapkan upah minimum tahun 2021 (UMP 2021) tidak mengalami kenaikan. Keputusan ini diambil dalam Surat Edaran (SE) Menteri Ketenagakerjaan Nomor 11/HK04/X/2020 tentang Penetapan Upah Minimum tahun 2021 pada Masa Pandemi Covid-19.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah pun meminta kepada para gubernur di seluruh Indonesia untuk melakukan penyesuaian penetapan nilai Upah Minimum Provinsi (UMP) tahun depan, yang secara besaran sama seperti di 2020. Dengan kata lain, tidak ada kenaikan UMP 2021.

Seluruh kepala daerah wajib mengumumkan UMP 2021 pada Sabtu, 31 Oktober 2020 mendatang.

Adapun pada penetapan UMP 2020, nilai upah minimum mengalami kenaikan 8,51 persen dari besaran di 2019. Keputusan ini diambil dengan mengacu pada besaran inflasi dan pertumbuhan nasional pada tahun tersebut.

Besaran inflasi nasional yang dimaksud adalah 3,39 persen, dan pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,12 persen.

Dari perhitungan tersebut, rata-rata UMP 2020 untuk 34 provinsi yakni Rp 2,7 juta per bulan. DKI Jakarta jadi provinsi dengan nilai UMP 2020 terbesar hingga di atas Rp 4 juta per bulan.

Sementara terdapat 5 provinsi dengan UMP di bawah Rp 2 juta per bulan. Sebanyak 4 di antaranya merupakan provinsi yang berada di Pulau Jawa.

Jika ketetapan tersebut tidak terjadi perubahan, berikut daftar 5 provinsi dengan nilai UMP 2021 terendah:

1. DIY Rp 1.704.607

2. Jawa Tengah Rp 1.742.015

3. Jawa Timur Rp 1.768.777

4. Jawa Barat Rp 1.810.350

5. NTT Rp 1.945.902

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Arie Untung Boikot Produk Prancis karena Ucapan Presiden Macron Dinilai Hina Islam

Posted: 27 Oct 2020 09:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Arie Untung turut menyatakan sikapnya untuk tidak lagi menggunakan barang-barang dari Prancis. Hal itu dilakukannya untuk merespons ucapan Presiden Prancis, Emmanuel Macron, yang diduga menghina umat Islam.

Arie Untung kemudian menunjukkan potret barang-barang branded asal Perancis, yang tengah berserakan di lantai. Arie Untung mengatakan bahwa barang-barang tersebut sudah tidak layak lagi berada di dalam lemari miliknya.

Hal itu disampaikan Arie Untung melalui unggahan di Instagram pada Rabu (28/10/2020).

"NGGA LAYAK. Yg sabar ya teman2. Ngga habis2 cobaan ini, Nambah Yg satu ini. Karena negaranya menghina nabiku di bulan kelahirannya, barang2 RECEHAN brand2 prancis ini Ngga layak ada di lemari yg pemiliknya sangat mencintai nabinya. Brand2 ini Kastanya langsung jadi "paling rendah"," tulis Arie Untung.

Mengingatkan

Fenita Arie dan Arie Untung. (Instagram/fenitarie)
Fenita Arie dan Arie Untung. (Instagram/fenitarie)

Kendati demikian, Arie Untung mengingatkan masyarakat untuk tidak berprasangka negatif terhadap semua warga Prancis. Arie Untung menyadari bahwa tidak semua warga Prancis setuju dengan Emmanuel Macron.

"Smentara pernyataannya gitu, Barang2 ini Ga akan kami pakai Berapapun harganya. Ga sebanding sama nabiku sama sekali. So insulting. Sambil ngingetin ini adab kebijakan negaranya ya guys. bukan orangnya, ini murni pemimpinnya aja, ga semua org prancis juga setuju sama presidennya," sambung Arie Untung.

 

Berdampak

Arie Untung dan Fenita Arie. Kn(Instagram/fenitarie)
Arie Untung dan Fenita Arie. Kn(Instagram/fenitarie)

Lebih lanjut, sikap yang diambil Arie Untung ini diharapkan bisa menyadarkan pemerintah Perancis bahwa ucapan presidennya itu bisa berdampak besar kepada kelangsungan ekonomi negaranya.

"Emang Bukan salah tas2 ini. tapi biar dia tau impact ekonomi yg dihasilkan atas penghinaan ini. Di muslim market brnd prancis skrg valuenya langsung "murah"kyk ga ada hal lain yg lebih penting aja yg lebih manfaat utk dibahas," beber Arie Untung.

Jangan Menghina

Arie Untung dan Fenita Arie (Instagram/ariekuntung)
Arie Untung dan Fenita Arie (Instagram/ariekuntung)

Arie Untung kemudian mengimbau kepada semua muslim di Indonesia untuk tidak terpancing dan melakukan penghinaan kepada agama-agama lain.

"Emg sih klo nabi yg disinggung semua pasti mau langsung "turun" Tapi Sabar ya teman2 kita sedang masuk fase mulkan jabbariyan. Temen2 muslim jgn response balik hina kepercayaan apapun, kita jd pribadi2 yg sabar Hidup berdampingan damai dng yg berbeda kepercayaan adalah kelembutan yg diajarkan Rasulullah saw," imbau Arie Untung.

 

Bantu Pengusaha Lokal

Arie Untung Boikot Produk Perancis. (instagram.com/ariekuntung)
Arie Untung Boikot Produk Perancis. (instagram.com/ariekuntung)

Selain itu, Arie Untung juga mengajak masyarakat untuk kembali menggunakan barang-barang produksi negara kita sendiri. Agar bisa turut membantu para pengusaha lokal dan pelaku usaha kecil.

"Sekalian utk naikin ekonomi kita, Mending pake produk dalam negri aja yuk ukm2 banyak yg bagus2 Yg Harganya memang lebih murah, tapi value nya kita sekalian bisa saling membantu pengusaha lokal," tulisnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hari Pertama Libur Panjang, Arus Lalu Lintas di Puncak Bogor Ramai Lancar

Posted: 27 Oct 2020 09:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Arus lalu lintas di jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat, terpantau ramai lancar dari kedua arah di hari pertama libur panjang bertepatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Kepadatan hanya terjadi setiap persimpangan seperti simpang Pasir Angin, Megamendung, Taman Safari Indonesia, dan Pasar Cisarua.

Antrean kendaraan sempat terjadi di gerbang pintu tol Ciawi arah Jakarta menuju Puncak sekitar pukul 07.00 WIB Rabu (28/10/2020). Kepadatan terjadi sepanjang 1 kilometer.

Kepadatan terurai setelah petugas Satuan Lalu Lintas Polres Bogor memberlakukan satu arah atau one way menuju kawasan Puncak.

"Pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 09.30 WIB kita berlakukan one way ke atas, sekarang sudah normal dua arah karena sudah lancar," kata KBO Lantas Polres Bogor Iptu Ketut Agoeng.

Saat ini, arus lalu lintas terpantau ramai lancar, kendaraan roda dua dan kendaraan pribadi terus mengalir melintas dari kedua arah.

"Wisatawan dari arah Jakarta menuju Puncak masih terus mengalir, tetapi sampai siang ini belum ada peningkatan," kata dia.

 

Peningkatan Arus di Sore Hari

Menurutnya, diperkirakan akan terjadi peningkatan arus balik pada sore hingga malam hari. Sebab, banyak wisatawan terpantau sudah menginap di vila atau hotel di kawasan Puncak satu hari sebelum libur panjang.

"Untuk mengantisipasi peningkatan arus balik karena mungkin banyak yang menginap dari semalam atau 2 hari lalu, jadi nanti sore kita rencanakan berlakukan one way dari Puncak ke Jakarta," terangnya.

Ia memprediksi kepadatan lalu lintas di kawasan Puncak Kamis besok. Puncak arus balik diperkirakan terjadi pada Sabtu mendatang.

"Namun kita mengantisipasinya mulai dari sekarang melakukan rekayasa lalu lintas," kata dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

1.685 WNI Positif COVID-19 di Luar Negeri, 1.205 Pulih dan 328 Dalam Perawatan

Posted: 27 Oct 2020 09:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Kementerian Luar Negeri RI mengatakan bahwa terdapat tambahan WNI yang terkonfirmasi positif COVID-19 di sejumlah negara, termasuk laporan pasien sembuh. 

"Tambahan WNI terkonfirmasi COVID-19 di Korea Selatan, Vatikan, Algeria, dan sembuh di Kuwait," tulis @Kemlu_RI di Twitter.

Dari tambahan itu, menjadikan jumlah total WNI yang terkonfirmasi positif COVID-19 di luar negeri sebanyak 1.685, 1.205 di antaranya dinyatakan sembuh, 152 lainnya meninggal dunia dan 328 dalam perawatan.

Dalam data per Selasa 27 Oktober pukul 08.00 WIB itu, terdapat 9 WNI yang terkonfirmasi positif COVID-19 di Vatikan, 8 di antaranya sembuh, satu orang sedang menjalani perawatan.

Selain itu, ada 138 WNI yang terinfeksi COVID-19 di Kuwait, dengan 128 orang pulih, 6 lainnya dirawat, dan 4 orang meninggal dunia.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Korea Selatan Mencatat 26 Ribu Kasus COVID-19

Penumpang memakai masker untuk membantu melindungi dari penyebaran virus corona berbaris untuk naik kereta menjelang liburan Chuseok atau Hari Thanksgiving versi Korea di Stasiun Kereta Seoul di Seoul, Korea Selatan, Selasa (29/9/2020). (AP Photo / Ahn Young-joon)
Penumpang memakai masker untuk membantu melindungi dari penyebaran virus corona berbaris untuk naik kereta menjelang liburan Chuseok atau Hari Thanksgiving versi Korea di Stasiun Kereta Seoul di Seoul, Korea Selatan, Selasa (29/9/2020). (AP Photo / Ahn Young-joon)

Data Kemlu RI juga mengungkapkan bahwa terdapat 43 WNI yang positif COVID-19 di Korea Selatan. 41 di antaranya telah dinyatakan pulih, dan 2 orang dalam perawatan. 

Dikutip dari Yonhap News Agency, kasus COVID-19 di Korea Selatan telah bertambah 103 orang termasuk 96 infeksi domestik. Dari tambahan jumlah itu, menjadikan total kasus infeksi Virus Corona sebanyak 26.146, menurut Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea Selatan (KDCA).

Peningkatan terbaru dalam kasus COVID-19 di Korea Selatan sebagian besar terdeteksi di panti jompo, rumah sakit dan fasilitas medis lainnya.  Namun, infeksi juga ditemukan pada kumpulan orang dari pertemuan keluarga, tempat olah raga golf dan pusat penitipan anak.

"Infeksi harian baru di Korea Selatan mengalami pasang surut, dan situasi di wilayah metropolitan Seoul sedang tidak baik," kata Yoon Tae-ho, seorang pejabat senior dari kementerian kesehatan negara tersebut. 

Sementara itu, Korea Selatan mencatat 7 kasus baru Virus Corona COVID-19 yang merupakan penularan impor. Adapun satu kematian baru yang tercatat, menjadikan total kematian akibat COVID-19 menjadi 461 jiwa.

Angka kematian akibat Virus Corona COVID-19 di Korea Selatan tercatat sebesar 1,76 persen. Selain itu,  jumlah pasien COVID-19 yang sakit parah atau dalam keadaan kritis masih tercatat sebanyak 52 orang.

Sedangkan jumlah orang yang dipulangkan dari karantina setelah pulih total dari COVID-19 telah mencapai 24.073.

Diketahui bahwa lebih dari 92 persen pasien COVID-19 yang dilaporkan di Korea Selatan telah sembuh. Sejauh ini, Korea Selatan telah melakukan 2.582.960 tes COVID-19, termasuk 15.373 pada hari sebelumnya.

Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona COVID-19

Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Mamuju Tengah Rusak Sejumlah Rumah Warga

Posted: 27 Oct 2020 09:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 5,3 mengguncang Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat, Rabu (28/10/2020), pukul 02.43.53 WIB. 

Pusat gempa berada di darat, tepatnya di 24 kilometer arah barat daya Kabupaten Mamuju Tengah dengan kedalaman 10 kilometer. 

Menurut laporan yang diterima Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut menyebabkan sejumlah warga di Desa Kampung Baru, Los Pasar, Mamuju Tengah mengalami kerusakan. 

"Gempa tersebut merupakan gempa dangkal yang terjadi akibat aktivitas Sesar Naik Mamuju (Mamuju Thrust)," kata Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono dilansir Antara

Dia pun menyebut, sesar Naik Mamuju merupakan sumber gempa potensial yang patut diwaspadai di karena memiliki magnitudo tertarget 7,0 dengan laju geser 0,2 mm per tahun.

"Menurut hasil analisis mekanisme sumber, gempa yang terjadi di Mamuju Tengah pada Rabu dini hari tadi memiliki mekanisme pergerakan sesar naik," jelas Daryono. 

Saat gempa terjadi, guncangannya dirasakan di sejumlah wilayah. Yaitu di Mamuju Tengah dalam skala IV-V MMI, Mamuju III-IV MMI, serta II-III MMI di Mamasa dan Majene.  

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Gempa Menyebabkan Keruskan

Pada skala II Modified Mercalli Intensity (MMI) getaran gempa dirasakan oleh beberapa orang dan menyebabkan benda ringan yang digantung bergoyang.

"Sedangkan pada skala III MMI getaran gempa dirasakan nyata di dalam rumah seakan ada truk berlalu," tutur Daryono. 

Sementara, pada saat gempa dirasakan dalam skala IV MMI di dalam dan di luar rumah, menyebabkan gerabah pecah serta pintu dan jendela berderik.

Lalu pada skala V MMI getaran gempa dirasakan oleh hampir semua penduduk serta menyebabkan gerabah pecah, barang-barang terpelanting, dan tiang-tiang dan barang besar bergoyang.

Pada peta guncangan BMKG, dalam waktu 15 menit setelah gempa di Mamuju Tengah pusat gempa menunjukkan warna kuning, yang menggambarkan guncangan mencapai VI MMI dan berpotensi menyebabkan kerusakan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gerakan Boikot Produk Prancis Tak Berpengaruh ke Indonesia

Posted: 27 Oct 2020 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat Ekonomi sekaligus Dosen Perbanas Institute, Piter Abdullah memastikan gerakan boikot produk Prancis tidak berpengaruh banyak kepada Indonesia, baik dari sisi investasi maupun ekspor impor.

Sebab, produk-produk Indonesia sendiri tidak banyak yang bisa menjadi substitusi produk Prancis.

"Gerakan boikot produk Prancis sayangnya tidak akan banyak pengaruhnya kepada Indonesia," kata Piter saat dihubungi merdeka.com, Rabu (28/10/2020).

Direktur Eksekutif Center of Reform on Economics (CORE) itu pun memandang, Indonesia tidak punya banyak peluang untum memanfaatkan gerakan boikot terhadap produk Prancis.

Sebelumnya, Sejumlah asosiasi perdagangan di negara Arab mengumumkan pemboikotan produk Prancis sebagai bentuk protes atas komentar terbaru Presiden Emmanuel Macron terkait Islam.

Awal bulan ini, Macron berjanji melawan "separatisme kelompok Islam", yang dia disebut mengancam mengambil alih kendali di beberapa komunitas muslim di sekitar Prancis.

Dia juga menggambarkan Islam sebagai sebuah agama yang sedang dalam krisis di seluruh dunia dan mengatakan pemerintahnya akan mengajukan RUU pada Desember untuk memperkuat UU 1905 yang secara resmi memisahkan gereja dan negara.

Komentarnya, ditambah dukungannya terhadap majalah yang menerbitkan karikatur Nabi Muhammad, memicu kampanye di media sosial menyerukan boikot produk Prancis dari supermarket di negara-negara Arab dan Turki.

Tagar berisi ajakan pemboikotan ramai di sejumlah negara seperti Kuwait, Qatar, Palestina, Mesir, Aljazair, Yordania, Arab Saudi, dan Turki

Dwi Aditya Putra

Merdeka.com

10 Ribu Umat Muslim Bangladesh Protes Kartun Nabi, Serukan Boikot Produk Prancis

Ilustrasi bendera Prancis (AFP/Eric Feferberg)
Ilustrasi bendera Prancis (AFP/Eric Feferberg)

Sekitar 10 ribu orang dari kelompok Islam di Bangladesh berunjuk rasa untuk menentang karikatur Nabi Muhammad SAW di Prancis. Pemimpin kelompok itu turut meminta agar umat Muslim memboikot produk prancis.

Dilaporkan AP News, Selasa (27/10/2020), pengunjuk rasa berasal dari Islami Andolon Bangladesh yang mendukung hukum Islam di negara mayoritas Muslim. Mereka membawa pesan bertuliskan agar Muslim dunia bersatu dan Boikot Prancis.

Erdogan Ajak Boikot Prancis, Tapi Terkuak Istrinya Punya Tas Hermes Rp 700 JutaNetizen Indonesia dan Arab Serukan Boikot Produk Prancis Akibat Kartun Nabi  

Mereka juga membawa karikatur Presiden Prancis Emmanuel Macron serta mengalungkan sepatu di karikatur tersebut.

Pendemo berkumpul di depan Masjid Baitul Mokarram di ibu kota Dhaka. Mereka lantas berjalan menuju Kedutaan Besar Prancis yang berlokasi beberapa kilometer dari masjid.

Aksi mereka dihadang polisi dan massa akhirnya bubar dengan damai.

Rezaul Karim, pemimpin Islami Andolon Bangladesh, meminta agar tak ada yang menggambar karikatur Nabi Muhammad.

"Kami umat Muslim tidak pernah membuat karikatur pemimpin agama lain. Itu sejarahnya. Karena sosok yang mengajari kita adalah Nabi Muhammad," ujarnya.

Ia pun menyebut Presiden Macron tak belajar dari sejarah.

"Saya memanggil semua umat Muslim di dunia untuk memboikot semua produk Prancis. Kita harus memberikan mereka pelajaran yang bagus," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Foto Mengadang Truk Viral, Ternyata Segini Populasi Komodo di Indonesia

Posted: 27 Oct 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Populasi biawak komodo cenderung meningkat dalam beberapa tahun terakhir dan pada 2019 jumlahnya tercatat mencapai 3.022 individu menurut Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Menurut siaran pers dari KLHK, jumlah total biawak komodo yang pada 2018 sebanyak 2.897 individu bertambah 125 menjadi 3.022 individu pada 2019.

Populasi biawak komodo terkonsentrasi di Pulau Komodo dan Pulau Rinca, Nusa Tenggara Timur. Jumlah komodo yang ada di Pulau Nusa Kode, Gili Motang, dan Pulau Padar berturut-turut hanya ada tujuh, 69, dan 91 individu.

"Populasi biawak komodo di Lembah Loh Buaya adalah lima persen dari populasi di Pulau Rinca atau sekitar 66 ekor. Bahkan populasi biawak komodo di Lembah Loh Buaya selama 17 tahun terakhir relatif stabil dengan kecenderungan sedikit meningkat di lima tahun terakhir," kata Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem KLHK Wiratno dikutip dari 

Loh Buaya di Pulau Rinca yang masih berada dalam kawasan Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan merupakan salah satu lokasi kunjungan wisata. Area tersebut dilengkapi dengan pondok wisata, kafetaria, selter, dan jalan setapak, dan antara lain menjadi tempat pengamatan satwa liar dan penjelajahan.

Wiratno mengemukakan bahwa jika upaya perlindungan dijalankan dengan meminimalkan kontak satwa dengan manusia, maka aktivitas wisata terbukti tidak membahayakan populasi biawak komodo di areal Lembah Loh Buaya yang luasnya 500 hektare atau sekitar 2,5 persen dari luas Pulau Rinca yang mencapai 20.000 hektare.

Taman Nasional Komodo

Pulau Komodo / Sumber: iStockphoto
Pulau Komodo / Sumber: iStockphoto

Taman Nasional Komodo (TNK), yang sudah ditetapkan sebagai Cagar Biosfer (1977) dan Warisan Dunia (1991) oleh UNESCO, luasnya 173.300 hektare dan meliputi 33,76 persen daratan dan 66,24 persen perairan.

Dari luasan tersebut, ada 824 hektare atau 0,4 persen yang ditetapkan sebagai Zona Pemanfaatan Wisata Daratan dan 1.584 hektare (0,95 persen) yang ditetapkan sebagai Zona Pemanfaatan Wisata Bahari.

"Jadi pengembangan wisata alam sangat dibatasi, hanya pada Zona Pemanfaatan tersebut. Ini prinsip kehati-hatian yang ditetapkan sejak dari perencanaan ruang kelola di TNK tersebut," kata Wiratno.

Pemerintah membangun sarana dan prasarana pendukung kegiatan wisata di kawasan tersebut. Penataan sarana dan prasarana pendukung pariwisata di Lembah Loh Buaya Pulau Rinca telah mencapai 30 persen dan ditargetkan selesai Juni 2021.

Kegiatan pembangunan dan penataan sarana dan prasarana pendukung pariwisata itu menjadi sorotan setelah peredaran foto yang menunjukkan komodo sedang berhadapan dengan truk pengangkut material.

Direktur Eksekutif Walhi NTT Umbu Wulang Tanaamahu Paranggi mengemukakan bahwa pemerintah sebaiknya lebih fokus pada upaya konservasi ekosistem dan komodo ketimbang pembangunan infrastruktur untuk keperluan pariwisata yang bisa menyebabkan kerusakan ekosistem.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

9 Penyebab Katarak di Usia Muda, Ketahui Gejala dan Pencegahannya

Posted: 27 Oct 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Memahami penyebab katarak di usia muda termasuk upaya mencegah kebutaan yang paling utama. Meski katarak adalah penyebab kebutaan satu-satunya yang bisa diobati, tetapi kesembuah totalnya kecil sekali.

Penyebab katarak di usia muda berkaitan dengan kondisi medis, keturunan, trauma, dan gaya hidup. Kondisi medis yang bisa menyebabkan masalah katarak adalah diabetes, hipokalsemia, dermatitis, hipertensi, galaktosemia, dan toxocariasis. 

Untuk trauma biasanya disebabkan karena cedera benturan dan masuknya benda asing ke mata. Sementara penyebab katarak di usia muda karena gaya hidup dipengaruhi kebiasaan merokok, konsumsi obat tertentu, paparan sinar matahari langsung, dan masih banyak lagi.

Berikut Liputan6.com ulas penyebab katarak di usia muda dari berbagai sumber, Rabu (28/10/2020).

Penyebab Katarak di Usia Muda

Ilustrasi sinar matahari | Credit: pexels.com/Jaoa
Ilustrasi sinar matahari | Credit: pexels.com/Jaoa

Riwayat Trauma

Lensa mata yang pernah mengalami kerusakan saat muda. Misalnya akibat masuknya serpihan material tajam ke mata, terbentur bola, kembang api. Riwayat trauma akan membuat katarak muncul lebih cepat.

Trauma mata seperti ini termasuk penyebab katarak di usia muda yang harus diwaspadai. Memang tidak langsung terjadi katarak seperti yang dialami lansia, di usia mudah katarak terjadi perlahan dan bertahap. Jika dirasa mengalami pandangan kabur dengan serbuk putih, segera lakukan pemeriksaan.

Sinar Matahari

Sinar matahari bisa menjadi penyebab katarak di usia muda. Sinar matahari khususnya sina UVA umumnya bisa menembus kornea, mencapai lensa mata, dan retina.

Jika paparan ini terus terjadi, cedera kornea akan lebih berisiko dialami. Hingga pada akhirnya masalah katarak bisa timbul. Hal inilah yang menjadikan pakai kaca mata hitam penting dilakukan.

Penyebab Katarak di Usia Muda

Ilustrasi Diabetes | Credit: pexels.com/PhotoMIX
Ilustrasi Diabetes | Credit: pexels.com/PhotoMIX

Penyakit Tertentu

Adanya riwayat menderita penyakit tertentu berkaitan dengan kejadian katarak atau kekeruhan lensa di kemudian hari. Penyakit ini juga termasuk penyebab katarak di usia muda yang harus diwaspadai. Misalnya penyakit diabetes melitus (penyakit gula), hipokalsemia (kekurangan kalsium darah), dermatitis atopik (penyakit kulit alergi).

Pada dasarnya penumpukan gula karena penyakit diabetes bisa menjadikan terbentuknya awan pada lensa mata. Awan keruh yang dimaksud adalah katarak. Dampaknya akan membuat cahaya tidak bisa masuk melalui lensa dan menjadikan penglihatan buram.

Keturunan

Faktor keturunan atau genetika termasuk penyebab katarak di usia muda. Hal inilah yang harus diwaspadai jika ada salah satu sanak saudara atau kerabat dekat yang pernah mengalami katarak.

Mulailah lebih peduli menjaga kesehatan mata dan lakukan pemeriksaan rutin. Kondisi ini bahkan bisa semakin diperparah jika ada keluarga yang mengalami katarak di usia muda. Bahkan bayi juga berisiko mengalaminya.

Penyebab Katarak di Usia Muda

Ilustrasi tekanan darah tinggi | Pera Detlic dari Pixabay
Ilustrasi tekanan darah tinggi | Pera Detlic dari Pixabay

Merokok

Merokok tak hanya berdampak bagi kesehatan paru-paru, tetapi juga mata. Menurut sebuah studi, semakin sering merokok maka semakin besar pula peluang untuk menderita katarak, bahkan di usia muda.

Penyebab katarak di usia muda dipengaruhi oleh rokok yang dapat mengurangi cadangan antioksidan pada mata, sehingga menyebabkan oksidasi pada lensa mata.

Selain itu, merokok bisa menyebabkan penumpukan logam berat, seperti cadmium pada lensa mata. Jadi mulai sekarang hindari rokok untuk bisa menjaga kesehatan mata dan menghindarkannya dari masalah katarak.

Tekanan Darah Tinggi

Penyebab katarak di usia muda bisa terjadi pada anak muda yang memiliki tekanan darah tinggi. Pada dasarnya tekanan darah tinggi menyebabkan pembuluh darah mengalami masalah dan penyempitan. Dampaknya, aliran darah menjadi terhambat termasuk di area sekitar mata.

Mata yang tidak mendapat oksigen dan nutrisi dari darah bisa sangat bermasalah. Salah satunya bisa menyebabkan katarak. Jika parah, bisa sampai menyebabkan kebutaan. Jadi mulailah menjaga tekanan darah agar terhindar dari katarak di usia muda.

Obat

Ada beberapa jenis obat tertentu yang mampu mempengaruhi penglihatan mata. Obat-obatan seperti kortikosteroid dan amiodaron terbukti mampu menyebabkan timbulnya katarak. Dampak ini juga berlaku bagi yang masih berusia muda.

Obat kortikosteroid (sering digunakan untuk obat antiperadangan) dan amiodaron (obat untuk mengatur irama jantung). Penggunaan obat-obat tersebut berkaitan dengan kejadian katarak atau kekeruhan lensa.

Penyebab Katarak di Usia Muda

Ilustrasi daging | Photo by Lily Banse on Unsplash
Ilustrasi daging | Photo by Lily Banse on Unsplash

Galaktosemia

Galaktosemia biasanya terjadi pada bayi. Tepatnya ketika bayi tidak mampu mengubah galaktosa menjadi glukosa. Kondisi ini akhirnya membuat galaktosa menumpuk dalam darahnya. Jika hal ini terjadi, galaktosa hanya akan diubah menjadi galaktikol dan tertumpuk di lensa mata.

Penyebab katarak di usia muda ini harus diwaspadai. Penumpukan galaktosa dan galaktikol akan membuat air tertarik masuk ke lensa mata dan membuat lensa mata menjadi buram. Bahayanya, katarak bisa terjadi setelah satu minggu bayi dilahirkan.

Toxocariasis

Toxocariasis merupakan infeksi yang terjadi karena cacing gelang jenis toxocara. Infeksi ini bisa ditularkan dari binatang ke manusia. Misalnya saja melalui daging setengah matang yang dikonsumsi dan hewan peliharaannya.

Kondisi ini bisa menjadi salah satu penyebab katarak di usia muda. Tepatnya ketika cacing sudah menginfeksi manusia dan bertelur di tubuhnya. Untuk kasus katarak, cacing menyebar ke area mata dan membuat lensa mata menjadi keruh.

Gejala Katarak di Usia Muda

Ilustrasi mata | Sumber: Freepik
Ilustrasi mata | Sumber: Freepik

1. Penglihatan kabur, mendung, buram, berkabut, atau seperti film.

2. Kesulitan melihat di malam hari.

3. Peningkatan kepekaan terhadap silau.

4. Perubahan cara melihat warna, memudar atau menguning.

5. Masalah dengan silau di siang hari.

6. Penglihatan ganda dalam satu mata yang mengalai gejala katarak.

7. Masalah dengan kacamata atau lensa kontak tidak berfungsi dengan baik

8. Perlu penerangan yang lebih terang untuk membaca dan aktivitas lainnya.

9. Melihat "lingkaran cahaya" di sekitar lampu.

10. Sering mengganti ukuran kacamata.

Cara Mencegah Katarak

Ilustrasi Pemeriksaan Mata | Credit: freepik.com
Ilustrasi Pemeriksaan Mata | Credit: freepik.com

1. Lakukan pemeriksaan mata secara teratur. Pemeriksaan mata dapat membantu mendeteksi katarak dan masalah mata lainnya pada tahap paling awal.

2. Berhenti merokok. Mintalah saran dokter Anda tentang cara berhenti merokok. Konseling dan strategi lain tersedia untuk membantu Anda.

3. Kelola masalah kesehatan. Ikuti rencana perawatan jika Anda menderita diabetes atau kondisi medis lain yang bisa meningkatkan risiko katarak.

4. Pilih makanan sehat yang mencakup banyak buah dan sayuran. Menambahkan berbagai buah dan sayuran berwarna ke dalam makanan, memastikan Anda mendapat banyak vitamin dan nutrisi. Banyak antioksidan akan membantu menjaga kesehatan mata.

5. Memakai kaca mata hitam. Sinar ultraviolet dari matahari berkontribusi pada perkembangan katarak. Kenakan pelindung mata yang menghalangi sinar UVB saat Anda berada di luar ruangan.

6. Kurangi minum-minuman beralkohol. Penggunaan alkohol yang berlebihan bisa meningkatkan risiko katarak.

7. Melindungi mata dari benturan.

8. Membatasi kebiasaan menyetir di malam hari.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jinny Secret Number Muncul di Foto Pradebut Blackpink, Hampir Satu Tim dengan Jennie dkk

Posted: 27 Oct 2020 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Sebuah foto lawas yang menampilkan Jinny Secret Number baru-baru ini dibicarakan kembali oleh publik. Fotonya berasal dari masa saat ia menjadi trainee.

Menariknya, foto ini diambil bukan pada masa Jinny Secret Number bersiap debut bersama Dita Karang dkk. Melainkan saat ia masih berada dalam asuhan YG Entertainment.

Bersama Jinny Secret Number, ada sejumlah trainee YG Entertainment yang berpose bersamanya. Empat di antaranya, adalah para anggota Blackpink saat ini. 

Calon Anggota Grup Baru

Jinny Secret Number saat jadi trainee YG Entertainment. (Sumber foto: Twitter/ Nana_jinnystan via Allkpop)
Jinny Secret Number saat jadi trainee YG Entertainment. (Sumber foto: Twitter/ Nana_jinnystan via Allkpop)

Selain Jinny, ada beberapa wajah lain yang akrab di mata penggemar K-Pop, seperti Miyeon dari (G)I-DLE dan solis Hannah Jang. 

Dilansir dari Allkpop, Rabu (28/10/2020), tujuh wanita dalam foto ini adalah jajaran trainee yang disiapkan YG sebagai penerus 2NE1. Santer terdengar rumor bahwa nama grup ini aslinya bukan Blackpink, melainkan Pink Punk. 

 

Perjalanan Panjang

Jinny Secret Number. (Instagram/ secretnumber.official)
Jinny Secret Number. (Instagram/ secretnumber.official)

Jinny memang harus menempuh perjalanan panjang sebelum akhirnya debut. Diwartakan Koreaboo dan South China Morning Post, ia dilatih di agensi besar Korea ini selama lima tahun sebelum akhirnya keluar pada 2017.

Blackpink sendiri debut pada 2016. 

 

Debut di Secret Number

Jinny Secret Number (Instagram/ secretnumber.official)
Jinny Secret Number (Instagram/ secretnumber.official)

Setahun kemudian, ia berpartisipasi dalam ajang kompetisi Produce 48. Sayang, ia tereliminasi di peringkat ke-69. 

Tak lama kemudian ia bergabung bersama Vine Entertainment. Ia akhirnya debut lewat agensi ini, bersama Dita Karang, Lea, Soodam, dan Denise pada Mei 2020. 

Akan Comeback

Kini, Secret Number tengah bersiap comeback dengan single "Got That Boom" yang akan rilis 4 November mendatang. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Liga Champions Krasnodar Vs Chelsea: Memburu Kemenangan Perdana

Posted: 27 Oct 2020 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Chelsea bakal berhadapan dengan wakil Rusia, FC Krasnodar di Krasnodar Stadium, pada matchday kedua babak penyisihan grup Liga Champions, Kamis dini hari WIB. The Blues tengah memburu kemenangan perdana setelah pada pertandingan sebelumnya ditahan imbang tanpa gol oleh Sevilla.

Pertandingan ini bisa disaksikan secara langsung lewat SCTV dan live streaming di Vidio. 

Bertandang ke markas Krasnodar, Chelsea datang dengan langkah yang kurang meyakinkan. Pasukan Frank Lampard seakan belum menemukan performa terbaiknya sejak kompetisi 2020 bergulir. Padahal, The Blues telah mendatangkan setidaknya enam amunisi baru pada bursa transfer musim panas. 

Dari enam pertandingan yang dilalui di ajang Liga Inggris, Chelsea baru dua kali menang. Tiga pertandingan lainnya berakhir dengan hasil imbang dari satu laga lainnya berujung kekalahan. Sementara di ajang Liga Champions, Chelsea hanya bisa seri saat menjamu Sevilla. 

Lini depan The Blues sebenarnya semakin tajam sejak kehadiran wajah baru seperti Timo Werner dan Kai Havertz. Namun Lampard masih dipusingkan oleh lemahnya barisan pertahanan timnya. Saat Werner dan Havertz sukses mencetak gol, tidak jarang kemenangan akhirnya melayang karena buruknya pertahanan The Blues yang digalang Azpilicueta, Christensen, Zouma dan Ben Chilwell.

Penampilan yang tidak stabil ini sepertinya bukan menjadi beban berarti bagi Lampard saat bertandang ke markas Krasnodar. Sebaliknya, Lampard belajar dari musim lalu di mana Chelsea yang mengalami kekalahan di laga perdana babak penyisihan grup Liga Champions mampu bangkit di laga berikutnya. 

"Karena pertandingan pertama kami yang kalah tahun lalu, kami akhirnya bisa mendapatkan hasil (kemenangan) itu (saat bertemu Lille dan Ajax). Anda bisa melihat performa kami naik saat itu," kata Lampard dalam jumpa pers jelang pertandingan seperti dilansir dari situs resmi Chelsea. 

"Sangat penting untuk mempertahankan keunggulan itu. Orang-orang akan melihat grup ini dan mempertimbangkan kami datang ke Rusia untuk menghadapi tim yang bermain di Liga Champions untuk pertama kalinya dan berpikir ini akan menjadi pertandingan yang nyaman bagi kami."

"Kami harus punya keunggulan dalam permainan kami. Besok kita harus memiliki ketajaman untuk memastikan kami lolos dari grup ini," beber mantan pemain Chelsea dan timnas Inggris tersebut. 

Dua bintang Chelsea, Thiago Silva dan Kepa Arrizabalaga tidak akan tampil melawan Krasnodar dini hari nanti. Meski demikian, Lampard meyakinkan bahwa pemain lain siap menambal lubang tersebut.  

Krasnodar yang bermain imbang melawan Rennes pada laga sebelumnya merupakan wajah baru bagi Chelsea. Namun Lampard mengaku sudah mengantongo kelemahan tim Beruang Merah tersebut.

"Saya dan staf saya sudah menonton rekaman pertandingan mereka sejak hasil drawing keluar. Kami sangat waspada dengan kemampuan individu dan kolektiftas mereka sebagai satu tim. Kami juga mewaspadai semangat mereka sebagai tim pendatang baru di Liga Champions," kata Lampard. 

Lalu seperti apa prediksi susunan pemain kedua tim? Simak di halaman berikutnya. 

 

Prediksi susunan pemain

Gelandang Chelsea, N'Golo Kante, berebut bola dengan gelandang Southampton, Oriol Romeu, pada laga lanjutan Liga Inggris di Stamford Brigde, Sabtu (17/10/2020) malam WIB. Chelsea bermain imbang 3-3 atas Southampton. (AFP/Matthew Childs/pool)
Gelandang Chelsea, N'Golo Kante, berebut bola dengan gelandang Southampton, Oriol Romeu, pada laga lanjutan Liga Inggris di Stamford Brigde, Sabtu (17/10/2020) malam WIB. Chelsea bermain imbang 3-3 atas Southampton. (AFP/Matthew Childs/pool)

FC Krasnodar possible starting lineup:Safonov; Smolnikov, Kaio, Martynovich, Chernov; Vilhena, Gazinskiy; Suleymanov, Sabua, Ramirez; Berg

Chelsea possible starting lineup:Mendy; James, Rudiger, Zouma, Chilwell; Kante, Kovacic; Ziyech, Mount, Pulisic; Abraham.

Head to head

Pemain Chelsea merayakan gol yang dicetak  Ben Chilwell ke gawang Crystal Palace pada laga lanjutan Liga Inggris di Stamford Bridge, Sabtu (3/20/2020) malam WIB. Chelsea menang 4-0 atas Crystal Palace. (AFP/Kirsty Wigglesworth/pool)
Pemain Chelsea merayakan gol yang dicetak Ben Chilwell ke gawang Crystal Palace pada laga lanjutan Liga Inggris di Stamford Bridge, Sabtu (3/20/2020) malam WIB. Chelsea menang 4-0 atas Crystal Palace. (AFP/Kirsty Wigglesworth/pool)

5 Laga Terakhir Krasnodar

01-10-20 PAOK 1-2 Krasnodar (UCL)

05-10-20 Dinamo Moscow 2-0 Krasnodar (Liga)

17-10-20 Krasnodar 3-1 Rubin Kazan (Liga)

21-10-20 Rennes 1-1 Krasnodar (UCL)

24-10-20 Krasnodar 1-3 Spartak Moscow (Liga).

 

5 Laga Terakhir Chelsea

30-09-20 Tottenham 1-1 Chelsea (Carabao Cup)

03-10-20 Chelsea 4-0 Palace (EPL)

17-10-20 Chelsea 3-3 Southampton (EPL)

21-10-20 Chelsea 0-0 Sevilla (UCL)

24-10-20 MU 0-0 Chelsea (EPL).

Klasemen Grup E

Klasemen Grup E LIga Champions 2020 (UEFA)
Klasemen Grup E LIga Champions 2020 (UEFA)

Saksikan juga video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Antisipasi Libur Panjang, Ancol Batasi Jumlah Kunjungan hanya 25 Persen

Posted: 27 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Libur panjang cuti bersama jatuh mulai Rabu, 28 Oktober 2020 hari ini hingga akhir pekan mendatang. Sejumlah destinasi wisata telah bersiap diri untuk mengantisipasi kepadatan di tengah wabah pandemi Covid-19, seperti dilakukan PT Taman Impian Jaya Ancol.

Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol Teuku Sahir mengutarakan, libur panjang tak pelak akan selalu jadi momentum yang ditunggu oleh setiap orang.

"Namun di tengah pandemi seperti sekarang diperlukan komitmen yang tinggi oleh seluruh pengunjung dalam mematuhi sejumlah protokol kesehatan dengan baik, agar dapat melakukan aktivitas olah raga dan berekreasi dengan senang dan selamat bareng-bareng di dalam kawasan Ancol," ujarnya, Rabu (28/10/2020).

Menindaki hal tersebut, Manajemen Ancol membatasi jumlah kapasitas pengunjung hanya 25 persen dari maximum occupancy. Sementara untuk resort dan restoran sendiri dibatasi hingga maksimal 50 persen dari okupansi normal.

Di sisi lain, Manajemen Ancol juga telah mempersiapkan berbagai kebijakan serta fasilitas untuk menunjang protokol kesehatan bagi masyarakat yang berkunjung di tempat hiburannya.

Meskipun telah dibuka untuk umum, namun banyak peraturan yang perlu diperhatikandan dipatuhi oleh masyarakat jika ingin berkunjung ke Ancol.

Pertama, anak berusia di bawah 9 tahun dan lansia di atas 60 tahun hanya diperbolehkan memasuki kawasan pantai dan ruang tebuka hijau Allianz Ecopark untuk berolahraga. Meskipun pengunjung sudah diperbolehkan berenang di pantai, namun harus tetap menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain.

 

Penambahan Personil

Pengunjung menikmati suasana Pantai Festival Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Sabtu (20/6/2020). Setelah ditutup selama dua bulan akibat pandemi COVID-19, Kawasan rekreasi Taman Impian Jaya Ancol kembali dibuka. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pengunjung menikmati suasana Pantai Festival Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Sabtu (20/6/2020). Setelah ditutup selama dua bulan akibat pandemi COVID-19, Kawasan rekreasi Taman Impian Jaya Ancol kembali dibuka. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Penambahan personil petugas (satgas) Protokol Covid-19 juga disiagakan untuk bertugas memantau dan memberikan edukasi kepada pengunjung mengenai penerapan 3M (Memakai Masker, Menjaga Jarak, dan Mencuci Tangan).

Ancol juga menyediakan fasilitas cuci tangan dengan air dan sabun yang dikemas. Pihak manajemen berharap semua yang datang untuk mematuhi peraturan protokol yang berlaku, dan pelanggaran dapat dikenakan sanksi.

Satgas Covid-19 Ancol sendiri terdiri dari karyawan, Satpol PP dan TNI/POLRI, hingga perbantuan sukarelawan dari alumni Sekolah Rakyat Ancol yang akan berkeliling dan memonitor aktivitas pengunjung.

Pengunjung dapat mengakses Pintu Gerbang Timur dan Carnaval saat melakukan kunjungan. Pintu Gerbang Ancol beroperasi mulai pukul 06.00–21.00 WIB, sementara unit-unit rekreasi yang ada di dalamnya yaitu Dunia Fantasi dibuka mulai pukul 10.00–17.00 WIB, Ocean Dream Samudra dan Seaworld Ancol mulai pukul 10.00–16.30 WIB.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Susunan Direksi Baru XL Axiata hingga AirPods Pro Seri Anyar

Posted: 27 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Artikel tentang pengumuman susunan anggota direksi XL Axiata yang baru, paling banyak dibaca pengunjung kanal Tekno Liputan6.com, Selasa (27/10/2020).

Selain itu, pembaca juga sangat penasaran dengan berita soal festival gaming virtual yang digelar Telkomsel, dan AirPods Pro baru siap diluncurkan tahun depan.

Lebih lengkapnya simak berita berikut ini.

1. XL Axiata Tetapkan Susunan Direksi Baru

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Selasa (27/10/2020). Salah satu agenda utama adalah perubahan susunan anggota direksi.

XL Axiata menunjuk pengganti Direktur Keuangan yang sebelumnya mengundurkan diri dan mengangkat satu direktur baru.

XL Axiata mengusulkan anggota direksi baru, yaitu Budi Pramantika sebagai direktur pengganti Mohamed Adlan Bin Ahmad Tajudin. Selain itu perusahaan juga menunjuk I Gede Darmayusa sebagai direktur baru.

Baca Selengkapnya di Sini

 

2. Telkomsel Dukung Festival Gaming Virtual se-Asia Tenggara

Telkomsel mendukung penyelenggaraan festival gaming virtual bernama SuperGameFes (SGF). Festival virtual ini ditujukan untuk menghibur gamer dan pecinta esports di Asia Tenggara yang kini terus bertumbuh.

Dukungan Telkomsel diwujudkan dengan menghadirkan tayangan langsung SuperGameFest 2020 melalui platform Dunia Games dan Maxstream.

"Keterlibatan ini menjadi bagian dari komitmen Telkomsel dalam mendukung kemajuan industri esports dan gaming di Indonesia, sebagai salah satu upaya kami mengembangkan ekosistem digital Indonesia secara inklusif dan berkelanjutan," kata Vice President Digital Lifestyle Telkomsel, Nirwan Lesmana.

Baca Selengkapnya di Sini

 

3. AirPods Pro dengan Desain Baru Hadir Tahun Depan

Apple berencana merilis AirPods terbaru pada tahun depan. Kehadiran earbuds ini disebut sebagai upaya Apple memanfaatkan kesuksesan produk yang telah menjadi sumber pertumbuhan penting bagi perusahaan.

Dilansir Bloomberg, Selasa (27/10/2020), Apple sedang mengerjakan dua model baru earbuds. Menurut sumber, masing-masing adalah generasi ketiga AirPods dan versi kedua AirPods Pro. AirPods Pro tersebut dilaporkan akan memiliki desain berbeda.

Keduanya akan bergabung dengan perangkat audio baru Apple, seperti HomePod mini dan over-ear headphone yang akan hadir. Perusahaan juga dilaporkan mempertimbangkan peluncuran speaker pintar baru.

Baca Selengkapnya di Sini

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen MotoGP 2020: Joan Mir Belum Tergoyahkan

Posted: 27 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir belum tergoyahkan dari pucuk klasemen sementara MotoGP usai balapan di sirkuit Aragon, Minggu (25/10/2020). Konsistensi Mir membuat para rival kesulitan untuk mengejarnya di klasemen.

Saat balapan di Aragon lalu, dia kalah cepat dari Franco Morbidelli yang juarai MotoGP Teruel dan juga Alex Rins. Ini dua kali beruntun duo pembalap Suzuki sama-sama naik podium.

Joan Mir membutuhkan kemenangan, tapi konsistensi podium bisa membawa pembalap asal Spanyol itu ke tangga juara MotoGP.Sedangkan saingan terdekat, Fabio Quartararo gagal memberi perlawanan.

Pembalap Monster Energy Yamaha itu finis di posisi 8. Dia terpaut jauh dengan jarak waktu 14,720 detik.

Dengan keberhasilan konsisten raih podium, Joan Mir bisa jadi di ambang juara. Berapa jarak antara Mir dengan Quartararo di klasemen MotoGP?

Klasemen MotoGP

Pembalap Alex Rins, Alex Marquez dan Joan Mir melakukan selebrasi di atas podium usai balapan MotoGP Aragon, Spanyol, Minggu (18/10/2020). Alex Rins berhasil finis pertama dengan catatan waktu 41 menit, 54,391 detik. (AP Photo/Jose Breton)
Pembalap Alex Rins, Alex Marquez dan Joan Mir melakukan selebrasi di atas podium usai balapan MotoGP Aragon, Spanyol, Minggu (18/10/2020). Alex Rins berhasil finis pertama dengan catatan waktu 41 menit, 54,391 detik. (AP Photo/Jose Breton)

Posisi-Perubahan-Pembalap-Asal-Tim (Motor)-Poin (Defisit)

1. = Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) 137

2. = Fabio Quartararo FRA Petronas Yamaha (YZR-M1) 123 (-14)

3. = Maverick Viñales SPA Monster Yamaha (YZR-M1) 118 (-19)

4. ^2 Franco Morbidelli ITA Petronas Yamaha (YZR-M1) 112 (-25)

5. ˅1 Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (GP20) 109 (-28)

6. ^1 Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) 105 (-32)

7. ˅2 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V) 92 (-45)

8. ^1 Pol Espargaro SPA Red Bull KTM (RC16) 90 (-47)

9. ˅1 Jack Miller AUS Pramac Ducati (GP20) 82 (-55)

10. = Miguel Oliveira POR Red Bull KTM Tech3 (RC16) 79 (-58)

11. ^2 Danilo Petrucci ITA Ducati Team (GP20) 71 (-66)

12. ˅1 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)* 67 (-70)

13. ˅1 Alex Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)* 67 (-70)

14. ^1 Johann Zarco FRA Reale Avintia (GP19) 64 (-73)

15. ˅1 Valentino Rossi ITA Monster Yamaha (YZR-M1) 58 (-79)

16. = Francesco Bagnaia ITA Pramac Ducati (GP20) 42 (-95)

17. ^2 Iker Lecuona SPA Red Bull KTM Tech3 (RC16)* 27 (-110)

18. ˅1 Aleix Espargaro SPA Aprilia Gresini (RS-GP) 27 (-110)

19. ˅1 Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) 26 (-111)

20. ^1 Stefan Bradl GER Repsol Honda (RC213V) 12 (-125)

21. ˅1 Bradley Smith GBR Aprilia Gresini (RS-GP) 12 (-125)

22. = Tito Rabat SPA Reale Avintia (GP19) 10 (-127)

23. = Michele Pirro ITA Ducati Test Rider (GP20) 4 (-133)

Hasil MotoGP Teruel

ilustrasi motogp (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi motogp (Liputan6.com/Abdillah)

Posisi-Pembalap-Asal-Tim (Motor)-Waktu

1. Franco Morbidelli ITA Petronas Yamaha (YZR-M1) 41m 47.652s

2. Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) +2.205s

3. Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) +5.376s

4. Pol Espargaro SPA Red Bull KTM (RC16) +10.299s

5. Johann Zarco FRA Reale Avintia (GP19) +12.915s

6. Miguel Oliveira POR Red Bull KTM Tech3 (RC16) +12.953s

7. Maverick Vinales SPA Monster Yamaha (YZR-M1) +14.262s

8. Fabio Quartararo FRA Petronas Yamaha (YZR-M1) +14.720s

9. Iker Lecuona SPA Red Bull KTM Tech3 (RC16)* +17.177s

10. Danilo Petrucci ITA Ducati Team (GP20) +19.519s

11. Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) +19.708s

12. Stefan Bradl GER Repsol Honda (RC213V) +20.591s

13. Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (GP20) +22.222s

14. Tito Rabat SPA Reale Avintia (GP19) +26.496s

15. Bradley Smith GBR Aprilia Gresini (RS-GP) +31.816s

 

DNF

Aleix Espargaro ITA Factory Aprilia Gresini (RS-GP)

Alex Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)

Francesco Bagnaia ITA Pramac Ducati (GP20)

Jack Miller AUS Pramac Ducati (GP20)

Brad Binder RSA Red Bull KTM Factory (RC16)

Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)

Jadwal Berikutnya

Waktu-Ajang

8 November - MotoGP Eropa (Sirkuit Ricardo Tormo)

15 November - MotoGP Valencia (Sirkuit Ricardo Tormo)

22 November - MotoGP Portugal (Sirkuit Portimao)

Saksikan Video MotoGP Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Digelar Terbatas, Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2020 di Museum

Posted: 27 Oct 2020 09:30 PM PDT

Suasana upacara peringatan 92 tahun Sumpah Pemuda di Museum Sumpah Pemuda, Jakarta, Rabu (28/10/2020). Upacara yang mengangkat tema Sumpah Pemuda Bersatu dan Bangkit itu diadakan secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)
Suasana upacara peringatan 92 tahun Sumpah Pemuda di Museum Sumpah Pemuda, Jakarta, Rabu (28/10/2020). Upacara yang mengangkat tema Sumpah Pemuda Bersatu dan Bangkit itu diadakan secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Suasana upacara peringatan 92 tahun Sumpah Pemuda di Museum Sumpah Pemuda, Jakarta, Rabu (28/10/2020). Upacara yang mengangkat tema Sumpah Pemuda Bersatu dan Bangkit itu diadakan secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Tim Paskibra bertugas dalam upacara peringatan Sumpah Pemuda di Museum Sumpah Pemuda, Jakarta, Rabu (28/10/2020). Upacara peringatan 92 tahun Sumpah Pemuda yang mengangkat tema Sumpah Pemuda Bersatu dan Bangkit tersebut diadakan secara terbatas. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)
Tim Paskibra bertugas dalam upacara peringatan Sumpah Pemuda di Museum Sumpah Pemuda, Jakarta, Rabu (28/10/2020). Upacara peringatan 92 tahun Sumpah Pemuda yang mengangkat tema Sumpah Pemuda Bersatu dan Bangkit tersebut diadakan secara terbatas. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Tim Paskibra bertugas dalam upacara peringatan Sumpah Pemuda di Museum Sumpah Pemuda, Jakarta, Rabu (28/10/2020). Upacara peringatan 92 tahun Sumpah Pemuda yang mengangkat tema Sumpah Pemuda Bersatu dan Bangkit tersebut diadakan secara terbatas. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Tim Paskibra mengibarkan bendera Merah Putih upacara peringatan Sumpah Pemuda di Museum Sumpah Pemuda, Jakarta, Rabu (28/10/2020). Upacara peringatan 92 tahun Sumpah Pemuda yang mengangkat tema Sumpah Pemuda Bersatu dan Bangkit tersebut diadakan secara terbatas. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)
Tim Paskibra mengibarkan bendera Merah Putih upacara peringatan Sumpah Pemuda di Museum Sumpah Pemuda, Jakarta, Rabu (28/10/2020). Upacara peringatan 92 tahun Sumpah Pemuda yang mengangkat tema Sumpah Pemuda Bersatu dan Bangkit tersebut diadakan secara terbatas. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Tim Paskibra mengibarkan bendera Merah Putih upacara peringatan Sumpah Pemuda di Museum Sumpah Pemuda, Jakarta, Rabu (28/10/2020). Upacara peringatan 92 tahun Sumpah Pemuda yang mengangkat tema Sumpah Pemuda Bersatu dan Bangkit tersebut diadakan secara terbatas. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Tim Paskibra bersiap mengibarkan bendera Merah Putih upacara peringatan Sumpah Pemuda di Museum Sumpah Pemuda, Jakarta, Rabu (28/10/2020). Upacara peringatan 92 tahun Sumpah Pemuda yang mengangkat tema Sumpah Pemuda Bersatu dan Bangkit tersebut diadakan secara terbatas. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)
Tim Paskibra bersiap mengibarkan bendera Merah Putih upacara peringatan Sumpah Pemuda di Museum Sumpah Pemuda, Jakarta, Rabu (28/10/2020). Upacara peringatan 92 tahun Sumpah Pemuda yang mengangkat tema Sumpah Pemuda Bersatu dan Bangkit tersebut diadakan secara terbatas. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Tim Paskibra bersiap mengibarkan bendera Merah Putih upacara peringatan Sumpah Pemuda di Museum Sumpah Pemuda, Jakarta, Rabu (28/10/2020). Upacara peringatan 92 tahun Sumpah Pemuda yang mengangkat tema Sumpah Pemuda Bersatu dan Bangkit tersebut diadakan secara terbatas. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Tim Paskibra bertugas dalam upacara peringatan Sumpah Pemuda di Museum Sumpah Pemuda, Jakarta, Rabu (28/10/2020). Upacara peringatan 92 tahun Sumpah Pemuda yang mengangkat tema Sumpah Pemuda Bersatu dan Bangkit tersebut diadakan secara terbatas. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)
Tim Paskibra bertugas dalam upacara peringatan Sumpah Pemuda di Museum Sumpah Pemuda, Jakarta, Rabu (28/10/2020). Upacara peringatan 92 tahun Sumpah Pemuda yang mengangkat tema Sumpah Pemuda Bersatu dan Bangkit tersebut diadakan secara terbatas. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Tim Paskibra bertugas dalam upacara peringatan Sumpah Pemuda di Museum Sumpah Pemuda, Jakarta, Rabu (28/10/2020). Upacara peringatan 92 tahun Sumpah Pemuda yang mengangkat tema Sumpah Pemuda Bersatu dan Bangkit tersebut diadakan secara terbatas. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Direktur Pembinaan Tenaga Lembaga Kebudayaan Judi Wahjudi menjadi inspektur upacara peringatan Sumpah Pemuda di Museum Sumpah Pemuda, Rabu (28/10/2020). Upacara peringatan 92 tahun Sumpah Pemuda dengan tema Sumpah Pemuda Bersatu dan Bangkit itu diadakan secara terbatas. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)
Direktur Pembinaan Tenaga Lembaga Kebudayaan Judi Wahjudi menjadi inspektur upacara peringatan Sumpah Pemuda di Museum Sumpah Pemuda, Rabu (28/10/2020). Upacara peringatan 92 tahun Sumpah Pemuda dengan tema Sumpah Pemuda Bersatu dan Bangkit itu diadakan secara terbatas. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Direktur Pembinaan Tenaga Lembaga Kebudayaan Judi Wahjudi menjadi inspektur upacara peringatan Sumpah Pemuda di Museum Sumpah Pemuda, Rabu (28/10/2020). Upacara peringatan 92 tahun Sumpah Pemuda dengan tema Sumpah Pemuda Bersatu dan Bangkit itu diadakan secara terbatas. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Tim Paskibra bertugas dalam upacara peringatan Sumpah Pemuda di Museum Sumpah Pemuda, Jakarta, Rabu (28/10/2020). Upacara peringatan 92 tahun Sumpah Pemuda yang mengangkat tema Sumpah Pemuda Bersatu dan Bangkit tersebut diadakan secara terbatas. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)
Tim Paskibra bertugas dalam upacara peringatan Sumpah Pemuda di Museum Sumpah Pemuda, Jakarta, Rabu (28/10/2020). Upacara peringatan 92 tahun Sumpah Pemuda yang mengangkat tema Sumpah Pemuda Bersatu dan Bangkit tersebut diadakan secara terbatas. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Tim Paskibra bertugas dalam upacara peringatan Sumpah Pemuda di Museum Sumpah Pemuda, Jakarta, Rabu (28/10/2020). Upacara peringatan 92 tahun Sumpah Pemuda yang mengangkat tema Sumpah Pemuda Bersatu dan Bangkit tersebut diadakan secara terbatas. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

27 Desa neng Kebumen Keblaburan Merga Udan Bras Bres lan Tanggul Kali Bentas

Posted: 27 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Kebumen - Tanggul tanggul neng Desa Madureja, Kecamatan Puring, ora tahan nahan jumlah banyu sing kakehen bar udan deres kanthi bras bres neng Kebumen. Tanggul Kali Telomoyo sing dawane 45 meter pungkasane pecah, Senen (26/10/2020). Saka data saka Pamrentah Kabupaten Kebumen, paling ora 27 desa kebanjiren.

Blabur kaya banyu bah sing mlebu neng wilayah padunungan. Banyu mbanjiri pamukiman kanthi ukuran sing beda-beda, wiwit 30 senti nganti semeter. Blabur uga meksa 995 warga neng enem RT neng Dukuh Tunggalsari ngungsi maring SD Madureja.

Banyu uga mlaburi Desa Sidobunder duwur 30 senti nganti semeter. Asile, 300 kluwarga mlayu menyang papan perlindungan neng Omah Panggung.

"Dewk arep nangani kasebut kanthi cepet neng BBWS," ujare Bupati Kebumen, Yazid Mahfudz.

Kejaba blabur, udan deres uga nyebabana longsor neng 24 desa. Kedadeyan kiye kedadeyan sawise udan deres neng Kebumen wiwit dina Minggu (25/10/2020) jam 14.00 nganti Senin esuk.

Neng Kecamatan Prembun, ana blabur amarga kebanjiran Kali Lesung ngrebut telung desa. Yaiku desa Pesuningan, Merden lan Kedungbulus. Banyu mlebu ing wilayah omah kanthi dhuwur 30 senti nganti 50 senti.

Sewetara, limpahan sekang Kali Lukulo nyebabna pager peternakan New Assa neng Desa Karangpoh, Kecamatan Pejagoan, Kebumen, pecah.

 

Longsor Neng Kebumen

Tanggul kali bentas nyebabna desa-desa neng Kebumen kebanjiren. (Foto: Liputan6.com/Istimewa)
Tanggul kali bentas nyebabna desa-desa neng Kebumen kebanjiren. (Foto: Liputan6.com/Istimewa)

11 desa neng Kecamatan Alian lan Kebumen uga banjir, amarga Kali Kedungbener kebanjiran. Kasunyatane, udakara 170 warga Desa Krakal, Kecamatan Alian, wis minggat menyang balai desa setempat. Omahe kebanjiran nganti 1,6 meter.

Neng Kecamatan Kebumen, sawetara desa uga kebanjiran. Desa-desa sing klebus kalebu Krakal, Kalirancang, Sawangan, Seliling, Surotrunan lan Desa Bojongsari neng Kecamatan Alian.

Banjur, Roworejo, Tanahsari, Sumberadi, Wonosari lan Jatisari. Ing Desa Bojongsari, tanggulane pecah nyebabake banyu kali kebanjiran kanthi dhuwur udakara semeter.

Kali Karanganyar neng Kabupaten Karanganyar uga kebanjiran. Asile, limang desa kecelup. Lima desa kasebut yaiku Candi, Karanganyar, Panjatan, Jatiluhur lan Plarangan.

Aliran Kali Kemit sing kebanjiran ing Karanganyar lan Distrik Adimulyo nyendhuri telung desa kanthi dhuwur kebanjiran 30 senti nganti 50 senti. Tiga desa kasebut yaiku desa Grenggeng, Panjangsari lan Adimulyo.

Neng Kecamatan Sempor, rong desa kabanjiran amarga kebanjiran Kali Jatinegara kanthi dhuwur kebanjiran antarane 30 cm lan 50 cm. Yaiku desa Kalibeji lan Sidoharu. Neng lain nggon, tanah longsor nyerang omah-omah lan dalan desa neng Kecamatan Padureso, Alian, Pejagoan, Karanggayam, Sruweng, Rowokele lan Sempor.

Pamarentah Kabupaten Kebumen langsung nyebarna bantuan nggo korban banjir. Bupati njaluk warga tetep waspada, amarga udan deres isih bisa kedadeyan neng Kabupaten Kebumen.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Mau Ditilang Polisi, Pria Ini Justru Rusak Motornya Sendiri

Posted: 27 Oct 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kepolisian menggelar Operasi Zebra Tahun 2020, mulai 26 Oktober sampai 8 November. Operasi ini digelar di seluruh Indonesia. Para penggendara yang tak mentaati peraturan pun bisa menerima sanksi tilang yang berlaku. 

Baru-baru ini, seorang pria di Karimun, Kepulauan Riau tak terima diberikan sanksi tilang akibat melakukan pelanggaran saat berkendara pada Selasa (27/10/2020). Ia justru merusak kendaraan sepeda motor miliknya dengan batu besar. Aksi pria ini pun viral di media sosial.  

Dalam video berdurasi 14 detik ini, terlihat seorang pengendara motor berkaos hitam berdiri di dekat dua orang polisi. Lantaran kesal ditilang, pria ini pun melemparkan batu di motornya. Tak sekali saja, ia melemparkan batu tersebut berulang kali.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas pria pengendara motor nekat rusak motor karena tak terima ditilang, Rabu (28/10/2020). 

 

 

Rusak Motor dengan Batu

Pria Rusak Motor (Sumber: Merdeka)
Pria Rusak Motor (Sumber: Merdeka)

Viral di media sosial, seorang pria yang merusak motornya lantaran tak terima ditilang. Kejadian ini terjadi di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Simpang Trafficlight Baran, Kepulauan Riau (Kepri). Kejadian ini terjadi pada  pada Selasa (27/10/2020) lalu. 

Dilansir dari Merdeka, Kabid Humas Polda Kepri Kombes Harry Goldenhart Santoso mengatakan pria yang diketahui bernama Indra ini tidak memakai helm saat berkendara. Polisi memberhentikan pihak yang bersangkutan.

"Pada saat anggota Satlantas Brigadir Azis melakukan pengaturan arus lalu lintas, petugas melihat yang bersangkutan mengendarai sepeda motor tersebut tidak menggunakan helm dan berusaha memberhentikan yang bersangkutan," kata Harry dalam keterangannya.

Tak terima ditilang, pria berkaos hitam ini justru merusak kendaraan sepeda motor miliknya dengan batu besar. Pria ini pun melemparkan batu di motornya. Tak sekali saja, ia melemparkan batu tersebut berulang kali.

 

Tidak Mempunyai SIM dan Tak Memakai Helm

Selain tidak menggunakan helm, ternyata Indra juga tidak dapat menunjukkan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) kepada petugas. Oleh karena itu, Indra pun diberikan sanksi berupa penilangan.

Akibat aksi merusak motornya, sekitar pukul 10.00 Wib, Tim Reserse Kriminal Polres Karimun mengamankan pria yang berprofesi sebagai nelayan tersebut. Namun yang bersangkutan mengakui kesalahan dan berjanji tidak akan melakukannya lagi. 

"Yang bersangkutan telah mengakui khilaf dan emosi karena diberhentikan, mengakui kesalahan perbuatan yang dilakukannya dan tidak melakukannya lagi," tutupnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesan Menko Airlangga di Hari Sumpah Pemuda: Jangan Takut dengan Perubahan

Posted: 27 Oct 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Memperingati Hari Sumpah Pemuda tahun ini, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto ajak pemuda tanah air siap hadapi perubahan. Menurutnya, pemuda memiliki peran besar membangun peradaban bangsa melalui perubahan.

"Di setiap perubahan yang dialami bangsa dan negara ini, pemuda ada di dalamnya. Pemuda menjadi kekuatan pendorong di setiap perubahan," kata Menko dilansir dari laman instagram pribadinya, Rabu (28/10/2020).

Perubahan tersebut, kata Menko, salah satunya sebagai upaya menyelaraskan diri dengan tuntutan kondisi global yang juga semakin berubah. Untuk itu, hal ini sekiranya dapat dijadikan pembelajaran di masa yang akan datang.

"Dalam setiap perubahan, dalam setiap kondisi global yang berubah tentu kita semua harus berubah. Dan kita semua harus belajar," kata Menko.

Airlangga menyadari adanya ketidaknyamanan saat perubahan itu terjadi. Namun ia berpesan agar ketidaknyamanan, atau rasa takut itu sebaiknya tidak menjadi dominan.

"Jadi, jangan takut dengan perubahan. Jangan sampai ketakutan yang memimpin kita. Upaya untuk menyesuaikan dengan perubahan, itulah yang harus memimpin kita untuk menghadapi perubahan tersebut," kata Menko.

"Selamat Hari Sumpah Pemuda," tutup dia.

Peringati Sumpah Pemuda, Ini Pesan Sri Mulyani ke Generasi Muda Indonesia

Menteri Keuanga Sri Mulyani Indrawati (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Menteri Keuanga Sri Mulyani Indrawati (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Memperingati Hari Sumpah Pemuda, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati beri pesan kepada generasi muda Indonesia. Ia menuturkan agar generasi muda senantiasa menjaga persatuan.

Menkeu menerangkan, 92 tahun lalu pemuda Indonesia dari berbagai suku, agama, dan ras mendeklarasikan dan menyatakan kebulatan tekad untuk menjadi satu bangsa, satu bahasa dan tanah air, Indonesia.

"Hari ini pemuda-pemudi Indonesia masih memelihara semangat dan tekad yang sama namun dengan bekal dan langkah perjuangan yang berbeda," ujar Menkeu dilansir dari laman instagram pribadinya, Rabu (28/10/2020).

Menkeu menambahkan, dengan bekal perkembangan dan kecanggihan teknologi, seyogyanya generasi muda dapat memanfaatkan ilmunya untuk memberi ide dan solusi.

"Dengan langkahmu, jadilah pemuda yang bahu membahu membangun masa depan bangsa!," tutup Menkeu. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar FTV Kisah Nyata Spesial: Suamiku Mencari Keuntungan Dengan Penderitaanku, Rabu 28 Oktober 2020

Posted: 27 Oct 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seperti biasa FTV Kisah Nyata Spesial ditayangkan setiap siang.

Anda bisa menyaksikan Kisah Nyata Spesial mulai pukul 11.30 WIB.

Dan penayangan FTV Indosiar Kisah Nyata Spesial juga bisa disaksikan via live streaming dengan klik tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Rute Modifikasi Transjakarta Akibat Demo di Kawasan Monas

Posted: 27 Oct 2020 09:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Operasi PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Prasetia Budi menyatakan pihaknya kembali melakukan modifikasi rute akibat adanya kegiatan unjuk rasa di sekitaran Patung Kuda, Monas, Jakarta Pusat.

"Beberapa layanan Transjakarta akan diberlakukan modifikasi layanan rute," mata Prasetia dalam keterangan tertulis, Rabu (28/10/2020).

Berikut bentuk modifikasi yang diberlakukan Transjakarta:

- Koridor 1 (Blok M – Kota)Mengalami pengalihan rute dan untuk sementara tidak melewati Halte Monas dan Halte Bank Indonesia untuk kedua arah.

- Koridor 2 (Harmoni – Pulogadung): Mengalami pengalihan rute dan untuk Pulogadung tidak melewati Halte Monas sampai dengan Halte Kwitang.

Sementara arah sebaliknya tidak melewati halte Atrium sampai dengan halte Pecenongan.

- Koridor 3 (Kalideres - Pasar Baru): mengalami perpendekan rute menjadi Kalideres – Harmoni.

- Koridor 8A (Grogol 2 – Juanda) : mengalami perpendekan rute menjadi Grogol 2– Harmoni.

- Rute 5C ( PGC 1 – Harmoni): mengalami perpendekan rute menjadi PGC 1 - Senen Sentral.

Demo BEM SI

Sementara itu, sebanyak 1000 mahasiswa yang tergabung dalam BEM SI kembali berunjuk rasa memprotes RUU Cipta Kerja pada Rabu (28/10/2020).

"Aliansi BEM Seluruh Indonesia menyatakan akan kembali turun aksi untuk mendesak Presiden RI segera mencabut UU Cipta Kerja. Dalam perjuangan yang akan kita teruskan dengan momentum 28 Oktober, bertepatan dengan Sumpah Pemuda," kata Koordinator BEM SI, Remy Hastian dalam keterangan tertulis, Selasa (27/10/2020).

Remy menyatakan BEM SI akan menyuarakan narasi Sidang Rakyat terhadap permasalahan negeri ini yang belum dituntaskan oleh pemerintah. BEM SI juga tetap menguatkan narasi #MosiTidakPercaya kepada pemerintah dan wakil rakyat yang tidak berpihak pada kepentingan rakyat.

"Karena sampai saat ini belum merealisasikan tuntutan yang disampaikan mahasiswa," ujar dia.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menyatakan kesiapannya aparat TNI dan Polri dalam mengamankan aksi yang dilakukan BEM SI.

Meski, Yusri menyebut aksi itu tak mengantongi surat tanda terima pemberitahuan (STTP).

"STTP kita tidak pernah keluarkan, tetapi TNI, Polri, pemda siap kita amankan," kata dia di Polda Metro Jaya, Selasa (27/10/2020).

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sabar, Ini Jadwal Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 11

Posted: 27 Oct 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah berencana membuka pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 11 pada akhir bulan ini. Tepatnya, setelah kalkulasi kepesertaan yang hangus sampai dengan gelombang 10.

"Mengenai gelombang 11 akan segera kami umumkan setelah selesai memantau kepesertaan gelombang 10," ujar ujar Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Louisa Tuhatu kepada Liputan6.com, Rabu (28/10/2020).

Adapun batas akhir pembelian paket pelatihan pertama gelombang 10 yakni hingga 31 Oktober 2020 pukul 23.59 WIB.

Sesuai peraturan Permenko No. 11 Tahun 2020, setiap penerima Kartu Prakerja memiliki waktu 30 hari untuk membeli pelatihan pertama sejak mendapat SMS pengumuman dari Kartu Prakerja.

Bila lewat dari waktu tersebut Sobat belum membeli pelatihan pertama, maka kepesertaan Sobat dalam program Kartu Prakerja akan dicabut.

Selain itu, peserta juga akan di-blacklist sehingga tidak bisa mengikuti program Kartu Prakerja lagi. Otomatis, saldo bantuan pelatihan akan hangus dan dana dikembalikan ke rekening dana Kartu Prakerja.

Sebagai informasi, sampai dengan gelombang 9, ada 373.745 penerima Kartu Prakerja yang dicabut kepesertaannya. Diperkirakan, kuota untuk gelombang 11 akan setara jumlah penerima Kartu Prakerja yang dicabut kepesertaannya.

Awas, Kepesertaan Kartu Prakerja Gelombang 10 Hangus Bulan Depan

Ilustrasi kartu prakerja. Prakerja.go.id
Ilustrasi kartu prakerja. Prakerja.go.id

Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja mengingatkan penerima manfaat gelombang 10 untuk segera membeli paket pelatihan pertama selambat-lambatnya hingga 31 Oktober 2020 pukul 23.59 WIB.

Sesuai peraturan Permenko No. 11 Tahun 2020, setiap penerima Kartu Prakerja memiliki waktu 30 hari untuk membeli pelatihan pertama sejak mendapat SMS pengumuman dari Kartu Prakerja.

Bila lewat dari waktu tersebut Sobat belum membeli pelatihan pertama, maka kepesertaan Sobat dalam program Kartu Prakerja akan dicabut.

"Untuk penerima Kartu Prakerja gelombang 10 jatuh tempo pembelian pelatihan pertama adalah tanggal 31 Oktober 2020 pukul 23.59 WIB," ujar Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Louisa Tuhatu kepada Liputan6.com, Rabu (28/10/2020).

Sebagai informasi, pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 10 telah ditutup pada 28 September 2020. Peserta lolos kemudian diumumkan pada 21 Oktober 2020 dengan kuota 800 ribu penerima. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.prakerja.go.id/faq

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kematian Harian Akibat Virus Corona COVID-19 di Eropa Meningkat Nyaris 40%

Posted: 27 Oct 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kematian harian akibat COVID-19 setiap hari naik hampir 40% dibandingkan dengan minggu sebelumnya. Hal ini dilaporkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Juru bicara WHO Dr Margaret Harris mengatakan bahwa negara-negara di Eropa seperti Prancis, Spanyol, Inggris, Belanda dan Rusia menyumbang sebagian besar kasus yang meningkat hingga sepertiga dari angka sebelumnya. Demikian seperti mengutip laman BBC, Rabu (28/10/2020).

"Kekhawatiran ... adalah bahwa unit perawatan intensif di rumah sakit sekarang mulai dipenuhi oleh orang yang sakit parah," katanya memperingatkan.

Sementara itu, Rusia melaporkan rekor harian yang mencapai 320 kematian, mendorong penghitungan totalnya menjadi 26.589. Selain Rusia, terjadi peningkatan tajam di Italia, dengan 221 kematian diumumkan dalam 24 jam terakhir. 

Negara lain yakni Austria juga melaporkan kematian yang telah melebihi angka 1.000 pada hari Selasa kemarin.

Rusia memiliki jumlah kasus COVID-19 tertinggi keempat di dunia setelah AS, India, dan Brasil. Negara itu mencatat 16.550 infeksi lagi pada hari Selasa saja dan pihak berwenang sekarang telah mewajibkan penggunaan masker wajah di semua tempat ramai.

Sementara infeksi melonjak di Italia, dimana angkanya meningkat menjadi hampir 22.000 dalam 24 jam terakhir, para pejabat mengatakan pengujian juga telah ditingkatkan. Protes pun berlangsung di kota-kota di seluruh Italia pada Senin malam lantaran menentang babak baru pembatasan.

Bahkan di Belgia, para dokter telah diminta untuk tetap bekerja meskipun mereka terinfeksi virus corona karena sistem kesehatan mereka yang kewalahan.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Tanggapan WHO

Warga berjalan di sepanjang La Ramblas, Barcelona, Spanyol, Minggu (15/3/2020). Pemerintah Spanyol memberlakukan lockdown setelah negara berpenduduk 47 juta jiwa itu terdampak virus corona COVID-19 paling parah kedua di Eropa setelah Italia. (AP Photo/Emilio Morenatti)
Warga berjalan di sepanjang La Ramblas, Barcelona, Spanyol, Minggu (15/3/2020). Pemerintah Spanyol memberlakukan lockdown setelah negara berpenduduk 47 juta jiwa itu terdampak virus corona COVID-19 paling parah kedua di Eropa setelah Italia. (AP Photo/Emilio Morenatti)

Sementara itu, Dr. Harris berkata: "Di seluruh wilayah Eropa kami melihat peningkatan kasus dan kematian yang intens dan memang mengkhawatirkan."

Dia mengatakan kasus harian naik sepertiga dibandingkan dengan minggu sebelumnya, sementara kematian harian meningkat "mendekati 40%".

"Meski manajemen kapasitas rumah sakit lebih baik, rumah sakit di beberapa negara cepat penuh," katanya memperingatkan.

Dr Harris mengatakan efektivitas pembatasan baru yang diberlakukan di sejumlah negara Eropa hanya dapat dianalisis dalam waktu dua minggu karena adanya "kelambatan".

"Kami akan melihat penurunan kasus, tetapi Anda tidak akan melihatnya dalam semalam," kata juru bicara WHO.

Bahkan ketika ditanya apakah gelombang kedua akan lebih buruk daripada gelombang pertama, dia menjawab: "Kita akan melihat puncak yang berbeda."

Kendati demikian, ia menyampaikan bahwa kini rumah sakit telah memahami tentang situasi yang terjadi saat ini. Hal baik lainnya, pasien yang berada dalam kelompok umur yang lebih muda diperkirakan tidak akan berkembang menjadi lebih parah meskipun hal tersebut tidak dapat dipastikan. 

"Kedua faktor tersebut menunjukkan bahwa kita mungkin tidak melihat peningkatan kematian yang mengerikan seperti yang kita lihat pada bulan April," kata Dr. Harris.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: