Rabu, 21 Oktober 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


'Bisikan' Cavani kepada Tuanzebe Dipercaya Ikut Membantu MU Bungkam PSG

Posted: 21 Oct 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Edinson Cavani belum menjalani debutnya bersama Manchester United (MU). Meski demikian, suporter Setan Merah percaya, pemain asal Uruguay itu telah memberi sumbangan berarti saat tim kesayangan mereka saat bertandang ke markas Paris Saint Germain (PSG), Selasa (20/10/2020) lalu. 

Edinson Cavani didatangkan oleh MU pada penghujung bursa transfer musim panas lalu. Cavani diboyong dengan status bebas transfer setelah menyelesaikan kontrak bersama PSG.

Sebagai pendatang baru di Liga Inggris, Cavani tidak bisa segera bertanding. Dia harus menjalani protokol kesehatan selama pandemi virus Corona COVID-19 dengan isolasi mandiri selama 10 hari.

Saat mulai berlatih, banyak yang menganggap Cavani bakal menjalani debut saat MU bertemu PSG. Namun pelatih Setan Merah, Ole Gunnar Solskjaer ternyata berkata lain. Pelatih asal Norwegia itu sama sekali tidak memasukkan nama mantan pemain Napoli itu pada daftar susunan pemain MU. 

Pada babak penyisihan Liga Champions itu, MU menang 2-1. Dua gol Setan Merah dicetak Bruno Fernandes dan Marcus Rashfrod. Sementara gol PSG lahir dari bunuh diri Anthony Martial.

 

Perbincangan Serius

Edinson Cavani tampak serius menjelaskan sesuatu kepada rekan setimnya di MU, Axel Tuanzebe (Twitter)
Edinson Cavani tampak serius menjelaskan sesuatu kepada rekan setimnya di MU, Axel Tuanzebe (Twitter)

kemenangan ini kembali mengingatkan suporter MU terhadap momen latihan yang dijalani Cavani sebelum laga berlangsung. Dalam satu kesempatan, pemain berusia 33 tahun itu tampak berbincang dengan Axel Tuanzebe yang Kebetulanberasal dari Kongo dan fasih berbahasa Prancis seperti Cavani.

Perbincangan mereka berlangsung saat sesi jogging. Banyak suporter MU yang kemudian menganggap bahwa saat itu Cavani tengah membocorkan cara mengalahkan PSG kepada Tuanzebe. Apalagi dalam perbincangan itu, Cavani tampak serius menjelaskan beberapa hal kepada Tuanzebe.

 

Beragam Komentar Fans MU

Beragam komentar pun bermunculan saat rekaman momen tersebut diunggah ke media sosial. "Cavani sedang memberitahu soal Mabppe dan Neymar," tulis Canhoto Telles.

"Jadi Cavani memberi bocoran kepada Alex tentang serangan PSG," tulis Bog King.

"100 persen, dia sedang memberitahunya tips soal serangan PSG. Tuanzebe mendapatkannya," ujar fans MU lainnya.

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

15 Manfaat Minyak Argan untuk Kesehatan dan Kecantikan, Dapat Mengatasi Jerawat

Posted: 21 Oct 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Manfaat minyak argan untuk kesehatan dan kecantikan penting untuk diketahui. Beberapa minyak alami memang mempunyai banyak manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan, salah satunya minya argan. Mendengar minyak argan mungkin sedikit asing bagi sebagian orang, namun rupanya minyak alami satu ini kerap digunakan sebagai bahan dasar skincare. 

Minyak argan kaya akan kandungan nutrisi dan vitamin. Minyak argan tidak memiliki tekstur yang lengket dan sulit meresap seperti kebanyakan minyak pada umumnya. Selain itu, minyak argan juga tidak memliki bau yang mungkin cukup mengganggu bagi sebagian orang. Tak heran jika manfaat minyak argan untuk kesehatan dan kecantikan cukup banyak.

Selain buat kecantikan wajah, manfaat minyak argan juga bisa dirasakan untuk kecantikan rambut hingga kuku. Konon, minyak ini dipercaya menjadi rahasia kecantikan kulit dan rambut para wanita Timur Tengah.

Mengenal dan mengetahui lebih jauh tentang minyak argan tentunya membuat kamu semakin mengetahui apa saja manfaat minyak argan untuk kesehatan dan kecantikan. Minyak alami satu ini tak boleh dilewatkan untuk merawat kecantikan kamu.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang manfaat minyak argan untuk kesehatan dan kecantikan, Kamis (22/10/2020).

 

Mengenal Minyak Argan

Ilustrasi Minyak Argan | unsplash.com/@primal_harmony
Ilustrasi Minyak Argan | unsplash.com/@primal_harmony

Minyak alami satu ini mungkin sedikit asing di telinga sebagian masyarakat. Namun rupanya minyak satu ini sudah cukup sering digunakan sebagai bahan dasar skincare. Popularitas minyak argan yang notabene berasal dari Timur Tengah ini belum sebesar minyak-minyak lainnya, sebut saja minyak zaitun. Padahal, minyak argan punya segudang manfaat yang tak kalah dengan minyak zaitun.

Minyak argan adalah minyak yang dihasilkan dari ekstraksi biji pohon argan yang banyak tumbuh di wilayah Timur Tengah, terutama Maroko. Minyak argan (argan oil) kerap dijuluki sebagai 'emas cair', mengingat khasiatnya yang begitu besar bagi tubuh, khususnya untuk melembabkan kulit yang telah dikenal sejak jaman sebelum masehi.  

Untuk mendapatkan minyaknya, buah harus dikeringkan dulu (biasanya di bawah sinar matahari), lalu kacangnya diekstraksi, dipecahkan, dan diperas, sehingga minyaknya keluar. Jumlahnya yang sangat sedikit dan pohon ini hanya dapat tumbuh di satu negara, sehingga minyak Maroko dianggap sebagai salah satu minyak langka. Itu menjelaskan mengapa menjadi terkenal dan harganya yang sangat mahal.

Minyak ini kaya dengan vitamin A dan vitamin E. Selain itu, minyak argan juga mengandung antioksidan, asam lemak omega-6, dan asam linoleat. Bila dioleskan ke kulit, trocopherol dari vitamin E, membantu meningkatkan produksi sel untuk meningkatkan kesehatan kulit dan rambut. Inilah sebabnya, mengapa banyak perusahaan kosmetik menjadikan minyak argan sebagai bahan baku ke dalam produk anti penuaan, perawatan rambut, dan perawatan kulit yang memiliki kualitas terbaik. Minyak argan juga telah lama digunakan sebagai bahan pangan dan obat tradisional.

Manfaat Minyak Argan untuk Kesehatan

Minyak Argan
Minyak Argan

Manfaat minyak argan untuk kesehatan dan kecantikan terbilang cukup banyak. Sebelum menelaah minyak argan untuk kecantikan, berikut ini ulasan singkat mengenai manfaat minyak argan untuk kesehatan.

1. Mencegah Kanker

Manfaat minyak argan untuk kesehatan yang pertama yakni dapat mencegah kanker. Sebuah penelitian yang dilakukan berhasil mengungkapkan jika minyak argan mengandung senyawa polifenol, di mana senyawa ini efektif untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker prostat sebanyak 50 persen. Walaupun minyak argan tergolong minyak langka karena hanya dapat tumbuh di satu negera, namun manfaatnya luar biasa.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Dapat mencegah penyakit jantung merupakan manfaat kedua yang bisa didapatkan dari minyak argan. Selain makanan, minuman, dan pola hidup sehat yang dapat mencegah penyakit jantung, minyak argan juga dapat mencegah penyakit jantung.

Khasiat minyak argan yang satu ini tak lepas dari kandungan asam oleat, yang mana zat ini memang memiliki andil dalam meminimalisir risiko penyakit jantung. Berdasarkan hasil sebuah studi, ditemukan fakta bahwasanya tingkat efektivitas minyak argan dalam mencegah penyakit jantung berbanding lurus dengan 'saudaranya' yakni minyak zaitun.

3. Penyakit Kulit

Minyak argan juga bisa digunakan untuk mengatasi penyakit kulit. Contoh penyakit kulit yang biasa ditemui adalah panu dan kurap. Penyebab panu dan kurap bisa disebabkan karena virus dan penularan dari orang lain. Untuk mengobati penyakit kulit ini menggunakan minyak argan tinggal dioleskan pada bagian panu dan kurap. Lakukan ini sebanyak satu kali dalam sehari hingga panu dan kurap menghilang dari kulit.

Manfaat Minyak Argan untuk Kecantikan

Ilustrasi minyak argan atau argan oil ( Photo by Christin Hume on Unsplash)
Ilustrasi minyak argan atau argan oil ( Photo by Christin Hume on Unsplash)

Manfaat minyak argan untuk kesehatan dan kecantikan perlu untuk diketahui. Walaupun tidak sepopuler minyak zaitun, rupanya minyak argan juga cukup sering digunakan sebagai bahan dasar produk kecantikan. Mempunyai banyak manfaat untuk kecantikan, tak heran jika minyak argan dijadikan pilihan untuk merawat kecantikan wajah hingga rambut.

1. Melembabkan Kulit

Manfaat minyak argan untuk kecantikan yang pertama yakni dapat dijadikan sebagai pelembab alami wajah. Minyak argan merupakan pelembab alami yang dapat dengan mudah terserap oleh kulit. Membuat kulit kita lebih lentur dan tidak mudah kering. Tuangkan 2 – 3 tetes minyak argan ke telapak tangan, gosok sampai merata. Setelah itu, oleskan ke seluruh bagian wajah. Diamkan selama kurang lebih 10 menit agar minyak meresap, lalu bersihkan muka dengan sabun cuci muka.

2. Mengatasi Jerawat

Setiap orang tentunya memiliki permasalahan jerawat yang berbeda-beda. Ragam upaya tentunya dilakukan untuk mengatasi jerawat tersebut. Minyak argan bisa coba digunakan untuk mengatasi jerawat kamu. Khasiat minyak argan yang satu ini diperoleh dari kadar asam linoleate yang tinggi di dalamnya. Asam linoleat terbukti efektif mengatasi peradangan (inflamasi) pada kulit wajah yang memicu timbulnya jerawat. Tak hanya itu, zat ini juga sekaligus berperan memperbaiki sel kulit yang mengalami kerusakan.

3. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini ditandai oleh munculnya kerutan pada kulit, hingga mengurangnya elastisitas serta tingkat kekencangan kulit. Manfaat minyak argan termasuk mencegah dan mengatasi penuaan dini pada kulit. Kandungan zat pada minyak argan dipercaya ampuh untuk merawat elastisitas kulit, pun meningkatkan resistensi kelembapannya sehingga kulit senantiasa tampil awet muda.

Sementara itu, khasiat minyak argan untuk menghilangkan kerutan pada kulit dikarenakan minyak ini juga efektif untuk mengatasi masalah pada kolagen dan elastin kulit, yang mana keduanya merupakan penyebab munculnya kerutan.

4. Mencegah Kerusakan Kulit

Manfaat minyak argan untuk kecantikan selanjutnya yakni dapat mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Dengan formula antioksidan dan kandungan vitamin E yang sangat tinggi, minyak argan akan melindungi kulit Anda dari efek buruk sinar matahari dan berbagai radikal bebas.

5. Melembabkan Bibir

Minyak alami memang tak jarang dijadikan pilihan untuk mengatasi bibir kering. Selain minyak zaitun, minyak argan juga bisa digunakan untuk melemabapkan bibir kamu. Mengoleskan minyak argan pada bibir secara rutin dipercaya mampu menjaga kelembapan, pun kehalusan dan kelembutan bibir. Tak hanya itu, khasiat minyak argan termasuk untuk mengatasi masalah bibir pecah-pecah.

6. Menghilangkan Stretch Marks

Manfaat minyak argan selanjutnya yakni dapat menghilaghkan strech marks. Stretch marks adalah salah satu masalah pada kulit yang kerap dikeluhkan oleh para wanita, terutama mereka yang baru saja melahirkan secara Caesar. Ragam upaya tentunya akan dilakukan agar kembali membuat kulit menjadi mulus kembali.

Kandungan zat asam lemak omega-6 dan vitamin E pada minyak argan lantas menghasilkan khasiat minyak argan untuk mencegah dan mengatasi stretch marks pada kulit, terutama di area perut. Hal in karena kedua zat tersebut berfungsi untuk memproduksi kolagen, di mana kolagen ini nantinya bisa membuat kulit jadi lebih kuat sehingga bebas dari kemunculan stretch marks.

7. Menjaga Kecantikan Kuku

Kuku yang sehat tentunya idaman setiap orang, khususnya wanita. Tak sediki orang yang meluangkan waktu untuk melakukan perawatan kuku agar sehat dan tetap cantik. Kamu bisa memanfaatkan minyak argan guna menghasilkan kuku dan kutikul kuku yang sehat dan terlihat indah. Oleskan minyak argan ke kuku Anda secara merata. Lakukan cara ini setiap hari secara rutin agar hasilnya benar-benar maksimal.

Manfaat Minyak Argan untuk Rambut

Ilustrasi rambut sehat. (Foto: shutterstock.com By lithian)
Ilustrasi rambut sehat. (Foto: shutterstock.com By lithian)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa manfaat minyak argan untuk kesehatan dan kecantikan cukup banyak. Selain kesehatan dan kecantikan wajah, minyak argan jufa dapat digunakan untuk mengatasi masalah rambut.

1. Menjaga Kesehatan Kulit Kepala

Selain melembapkan, minyak argan juga mampu mengatasi peradangan dan mempercepat penyembuhan luka pada kulit kepala.

Vitamin E, polifenol, karoten, asam lemak, serta xantofil dalam minyak argan berperan sebagai antioksidan yang berfungsi melindungi kulit, menekan proses peradangan, dan mempercepat pernyembuhan luka di kulit kepala.

2. Mencegah Kerontokan Rambut

Manfaat minyak argan untuk rambut selanjutnya yakni dapat mencegah kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut. Vitamin E pada minyak argan dikatakan dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan memperkuat strukturnya. Terdapat penelitian yang juga menyatakan bahwa minyak argan mampu mencegah kerontokan rambut.

Namun, belum banyak penelitian yang membahas hal ini sehingga manfaat tersebut belum dapat dipastikan.

3. Memberikan Nutrisi Menjaga Kelembapan Rambut

Minyak argan kaya akan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan rambut. Asam oleat dan asam linoleat yang terkandung di dalamnya akan melapisi kulit kepala dan bagian terluar batang rambut (kutikula), serta menjaga kelembapan rambut.

4. Menjadikan Rambut Halus

Memiliki rambut halus memang idaman setiap orang, khususnya wanita. Manfaat minyak argan untuk rambut selanjutnya yang bisa dirasakan adalah menjadikan rambut lebih halus. Minyak argan bisa berfungsi sebagai kondisioner untuk membuat rambut menjadi berkilau, halus, serta lebih mudah disisir dan diatur. Minyak argan juga baik digunakan untuk membantu mengatasi rambut kusut.

5. Mengatasi Rambut Kering

Kandungan vitamin E dan sejumlah nutrisi penting lainnya menjadikan minyak argan adalah solusi tepat bagi kamu yang ingin mengatasi masalah rambut kering secara alami. Bahkan, manfaat minyak argan untuk rambut juga bisa membuat rambut berkilau dan bebas dari kondisi rambut bercabang. 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wapres Ma'ruf Amin Ingin Seluruh Pesantren jadi Pusat Pemberdayaan Ekonomi

Posted: 21 Oct 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin kembali mengikrarkan cita-cita untuk mengembangkan pesantren di Indonesia menjadi pusat pemberdayaan ekonomi. Tujuan itu harus bersinergi dengan fungsi pesantren sebagai tempat pembinaan santri dan dakwah.

Ma'ruf mengatakan, saat ini sudah ada beberapa pesantren yang mulai mengembangkan diri sebagai pusat pemberdayaan ekonomi. Namun, ia ingin fungsi tersebut dijalankan oleh seluruh pesantren di Tanah Air, baik di level kecil, sedang atau besar.

"Hari ini kita sekaligus mencanangkan itu. Banyak pesantren yang sudah mulai, tapi kita ingin bahwa semua pesantren menjadi pusat pemberdayaan ekonomi, baik sektor keuangan maupun sektor riil," serunya dalam peringatan Hari Santri Nasional secara virtual, Kamis (22/10/2020).

Demi mencapai tujuan tersebut, pemerintah saat ini tengah membangun bank-bank wakaf mikro dan Baitul mal wat tamwil (BMT) di berbagai pesantren untuk bisa berdayakan masyarakat.

"Kemudian BMT juga bisa jadi channeling dari bank-bank syariah yang ada untuk membiayai masyarakat," sambung Ma'ruf Amin.

Oleh karena itu, ia berharap seluruh pesantren di Indonesia yang berjumlah sekitar 28 ribu unit bisa membangun BMT. Nantinya, tempat tersebut juga akan memperoleh pembiayaan dari bank syariah dan Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB).

Lebih lanjut, Ma'ruf Amin juga mengajak pesantren-pesantren untuk turut mengembangkan visi OPOP, yang merupakan singkatan dari One Pesantren One Product.

"Jadi tiap pesantren punya produk, atau juga mengembangkan produk-produk dari masing-masing masyarakat," ujar dia.

Wapres Ma'ruf: Bank Syariah Hasil Merger Bantu Pulihkan Ekonomi Nasional

Wakil Presiden Ma'ruf Amin  saat menghadiri Silaturahmi Kerja Nasional Masyarakat Ekonomi Syariah di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (15/11/2019).
Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat menghadiri Silaturahmi Kerja Nasional Masyarakat Ekonomi Syariah di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (15/11/2019).

Wakil Presiden RI, K.H. Ma'ruf Amin, optimistis Indonesia akan menjadi pusat keuangan syariah dunia. Saat ini ekonomi syariah di Indonesia telah berkembang pesat baik dari segi aturan dan kelembagaan.

Dalam perundang-undangan ekonomi syariah sudah melahirkan UU perbankan syariah, surat berharga syariah negara, sukuk, asuransi, dan pasar modal. Sedangkan dari kelembagaan, telah lahir berbagai perbankan syariah, koperasi syariah, asuransi hingga reksadana syariah.

"Kita ingin menjadi pusat keuangan syariah dunia, sekarang yg paling tinggi sukuknya di dunia itu Indonesia, sudah melewati Uni Emirat Arab dan Malaysia. Dari segi kelembagaan bisa dilihat kita sudah berkembang pesat jadi ekonomi syariah sudah menjadi sistem nasional dan berkembang," ujar Ma'ruf. Hal itu disampaikan dalam acara Live Streaming Indonesia Bicara yang dilaksanakan Media Indonesia dengan tajuk "Optimalisasi Kontribusi Ekonomi dan Perbankan Syariah di Era New Normal", pada hari Kamis 6 Agustus 2020.

Untuk memaksimalkan potensi ekonomi syariah, pemerintah akan fokus pada empat hal yakni memperkuat industri keuangan syariah, industri halal, pendanaan sosial, dan usaha berbasis syariah. Fokus utama yang diprioritaskan adalah penguatan kelembagaan dan keuangan syariah.

Dalam memperkuat kelembagaan dan industri keuangan syariah, merger bank syariah menjadi salah satu cara yang dapat ditempuh. Menurut Ma'ruf, Indonesia saat ini masih belum memiliki bank syariah yang besar untuk jadi pusat keuangan syariah dunia.

"Merger ini sudah jadi gagasan karena kita belum punya bank syariah yang masuk 20 besar dunia. Selain itu juga sebaiknya tidak terlalu banyak bank yang potensinya kecil-kecil. Oleh karena itu, bank syariah hasil merger bisa berperan untuk kepentingan dalam negeri dan luar negeri. Bank syariah yang besar bisa lebih melayani proyek-proyek besar atau kegiatan ekonomi yang lebih besar supaya lebih cepat dalam mendorong pemulihan ekonomi nasional," ujar Ma'ruf.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Meme Kocak saat Emak Menemukan Barang Hilang Ini Bikin Ketawa Geli

Posted: 21 Oct 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kamu tentu sudah tidak asing dengan istilah 'The Power of Emak-Emak'. Istilah ini memang cukup populer di tengah masyarakat. Istilah 'The Power of Emak-Emak'  digunakan untuk menggambarkan perilaku ibu-ibu yang kerap menjadi sorotan karena aksi nekatnya dalam menghadapi segala sesuatu.

Tapi lain halnya dengan yang satu ini, bukan karena aksinya namun karena 'mukjizat' yang emak punya. Sudah bukan menjadi rahasia lagi, jika ada barang yang hilang di rumah pasti bisa ditemukan oleh emak. Padahal, kamu sudah mencari barang yang hilang tersebut sampai pusing.

Entah karena kamu yang kurang teliti atau memang emak yang sabar mencari , terkadang barang yang hilang tersebut tiba-tiba menjadi ada saat dicari oleh emak. Kamu pasti pernah kan mengalami kejadian seperti ini? 

Sejumlah warganet pun membuat meme-meme kocak untuk kejadian ini. Penasaran seperti apa? Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas meme saat emak-emak menemukan barang yang hilang, Kamis (22/10/2020). 

1. Kekuatan super yang hanya dimiliki oleh para emak nih, menemukan barang yang hilang.

Meme Kocak saat Emak Menemukan Barang Hilang (Sumber: 1cak)
Meme Kocak saat Emak Menemukan Barang Hilang (Sumber: 1cak)

2. Padahal sudah cari sampai muter-muter enggak ada, tapi waktu emak yang cari langsung ada.

Meme Kocak saat Emak Menemukan Barang Hilang (Sumber: 1cak)
Meme Kocak saat Emak Menemukan Barang Hilang (Sumber: 1cak)

3. Apapun barang yang hilang di rumah, kalau emak yang cari langsung ada deh.

Meme Kocak saat Emak Menemukan Barang Hilang (Sumber: 1cak)
Meme Kocak saat Emak Menemukan Barang Hilang (Sumber: 1cak)

4. Seperti sulap, barang yang awalnya enggak ada tiba-tiba jadi ada kalau emak yang cari.

Meme Kocak saat Emak Menemukan Barang Hilang (Sumber: 1cak)
Meme Kocak saat Emak Menemukan Barang Hilang (Sumber: 1cak)

5. Kata-kata andalan emak setelah menemukan barang yang hilang. Enggak lupa, sambil marah-marah.

Meme Kocak saat Emak Menemukan Barang Hilang (Sumber: 1cak)
Meme Kocak saat Emak Menemukan Barang Hilang (Sumber: 1cak)

6. Definisi cari pakai mulut ala emak begini nih.

Meme Kocak saat Emak Menemukan Barang Hilang (Sumber: 1cak)
Meme Kocak saat Emak Menemukan Barang Hilang (Sumber: 1cak)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Erick Thohir: PLN dan Masdar Bangun PLTS 145 MW, Terbesar di Asia Tenggara

Posted: 21 Oct 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menegaskan, pemerintah melalui Kementerian BUMN terus berkomitmen mewujudkan ketahanan energi nasional. Salah satunya dengan pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) antara PLN dan Masdar dari UEA dengan kapasitas 145MW dan menjadi terbesar di Asia Tenggara

Erick bilang, ketahanan energi nasional, bersama dengan ketahanan pangan dan kesehatan, akan mendukung tercapainya sasaran pembangunan nasional Indonesia Emas 2045.

Kebijakan yang disusun untuk mencapai hal itu harus memperhatikan ketersediaan, aksesibilitas, keterjangkauan, keberlanjutan dan turut memastikan daya saing Indonesia.

"Jangan sampai kita buat kebijakan yang memperlemah daya saing. Dan jangan sampai kita buat kebijakan yang menghambat transformasi energi nasional," ujar Erick Thohir dalam potongan video yang ditayangkan di webinar Pengembangan Energi Baru Terbarukan, Kamis (22/10/2020).

Saat ini, lanjut Erick, pemerintah memastikan transformasi energi tersebut terlaksana dengan pengembangan EV (electric vehicle) battery, mendorong sinergi antara refinery dengan petrokimia, implementasi B30 dan penggalian potensi EBT lainnya.

Pihaknya sudah menugaskan kepada BUMN-BUMN klaster energi dan minerba seperti MIND ID, Pertamina, PLN dan lainnya untuk terus berinvestasi di sektor EBT untuk masa depan energi Indonesia.

Erick juga menyebutkan akan terus mendorong terlaksananya program transformasi energi lainnya dalam waktu dekat, mulai dari gasifikasi batu bara hingga pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) bekerjasama dengan Uni Emirat Arab (UAE).

"Percepatan gasifikasi batu bara menjadi dimetil sehingga bisa mengurangi impor LPG yang sekarang sampai 6 juta metrik. Kemudian, percepatan program pembangunan listrik tenaga surya antara PLN dan Masdar dari UEA dengan kapasitas 145MW, terbesar di Asia Tenggara," ujarnya.

Melawat ke Swiss, Erick Thohir Pamer BUMN Bisa Go Internasional

Ketua Pelaksana Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir saat rapat kerja dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (27/8/2020). Raker membahas efektivitas pengorganisasian dan penganggaran dalam penanganan COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Ketua Pelaksana Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir saat rapat kerja dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (27/8/2020). Raker membahas efektivitas pengorganisasian dan penganggaran dalam penanganan COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melakukan pertemuan diplomatik di Bern dan Jenewa, Swiss dalam rangka penuntasan kerja sama bilateral dan multilateral terkait pemulihan kesehatan dan ekonomi pasca-pandemi Covid-19.

Di Swiss, Retno dan Erick bertemu dengan wakil presiden Swiss dan petinggi bisnis di negara tersebut. Menlu dan Menteri BUMN juga mengadakan pertemuan dengan Dirjen WHO dan CEO Global Alliance for Vaccine and Immunization (GAVI), dan perwakilan Unicef.

Erick menyatakan, pertemuan ini semakin memperkuat kerja sama strategis di sektor ekonomi dan kesehatan. Erick memberikan kabar baik terkait komitmen kerja sama antara perusahaan BUMN dengan perusahaan raksasa global, yaitu PT KAI dan perusahaan produsen gerbong kereta kelas dunia Stadler Rail.

"Setelah kemarin di Inggris Bio Farma diakui sebagai perusahaan kelas dunia oleh CEPI. Kini di Swiss, PT KAI menjalin kerja sama dengan Stedler. Ini dalam rangka menegaskan posisi KAI sebagai pemain di level regional," kata Erick dalam keterangannya, Jumat (16/10/202).

KAI dan Stadler akan bekerja sama dalam memproduksi rangkaian kereta. Tak hanya di Indonesia melainkan juga di kawasan Asia Oseania.

"Stadler juga menyatakan akan membangun kantor pusat regionalnya untuk kawasan Asia dan Oseania di Indonesia. Ini merupakan kepercayaan dan apresiasi," ujar Erick Thohir.

Selain Bio Farma dan KAI yang menjalin kesepakatan kerja sama besar dengan perusahaan dunia, Erick optimistis akan semakin banyak lagi BUMN yang melebarkan sayapnya ke pentas global.

"Akan banyak lagi perusahana BUMN berkualitas global dan internasional," ujarnya.

Menlu Retno Marsudi menjelaskan, di tingkat bilateral, Indonesia dan negara sahabat semakin memperkuat komitmen kerja sama dengan prinsip saling menghormati.

"Swiss adalah mitra terbesar keempat Indonesia di Eropa. Nilai perdagangan kedua negara 2,1 miliar dolar AS," kata Menlu Retno.

Selain kesepakatan bisnis, perjalanan ini juga dilakukan dalam rangka memastikan kerja sama penanganan Covid-19, terutama dalam memastikan ketersediaan vaksin bagi rakyat.

"Alhamdulillah rangkaian perjalanan ke Inggris dan Swiss sangat baik. Penting bagi Indonesia untuk terus menjadi bagian dari dunia dalam menangani Covid-19 . Semua jadi bagian kita untik memastikan keamanan untuk rakyat Indonesia," kata Erick Thohir.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nonton 18 Again, Drakor Lee Do-hyun Terbaru Yang Bisa Disaksikan di Vidio

Posted: 21 Oct 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Diakhir tahun 2020 banyak serial K-drama yang tayang untuk menghibur para pecinta drakor. Salah satunya adalah serial drama bergenre komedi romantis yang berjudul 18 Again.

Serial 18 Again merupakan drama yang diadaptasi dari sebuah film hits Amerika pada tahun 2009 yaitu 17 Again karya Jason Filardi. K-drama ini bercerita tentang kesempatan kedua seorang pria yang kembali ke umur 18 tahun untuk mempertahankan cintanya.

18 Again sendiri dirilis pada tanggal 21 September 2020 yang sempat tertunda akibat gelombang kedua pandemi Covid-19 yang terjadi di Korea. Serial ini memiliki jumlah 16 episode yang tayang di kanal JTBC. K-drama ini merupakan karya Ha Byung-hoon yang juga sukses menyutradarai Go Back Couple (2017) dan The Sound of Your Heart (2016). 

Selain itu, serial ini juga dibintangi oleh beberapa bintang ternama salah satunya adalah Lee Do-hyun. Bahkan sang aktor muda ini, menjadi perbincangan karena kembalinya dalam berakting di layar kaca. Kemudian ada juga aktris dan  hits Korea seperti Kim Ha-neul, Yoon Sang-hyun yang siap menambah keseruan penonton.

Sinopsis 18 Again

Drama ini menceritakan kehidupan seorang laki-laki bernama Hong Dae-young (Yoon Sang-hyun). Ia yang sudah menjalin rumah tangga bersama Jung Da-jung (Kim Ha-neul) selalu cekcok setiap harinya. Mereka memiliki dua remaja kembar yakni Hong Shi-A (Roh Jeong-eui) dan Hong Shi-woo (Ryeo Un).

Jung Da-jung merupakan penyiar junior yang baik hati. Ia sendiri menikah disaat umurnya masih berusia 18 tahun dan kini baru memulai karirnya setelah sempat menyerah supaya fokus menjadi istri dan ibu di rumah.

Namun, ia lama-lama lelah dan merasa tak bisa lagi sabar dengan Dae-young. Kondisi ini semakin diperparah lantaran Hong Dae-young dipecat dari pekerjaannya dan membuat semuanya berantakan. Jung Da-jung akhirnya mengajukan surat cerai kepada Hong Dae-young.

Hal itu membuat Hong Dae-young merasa depresi dan menganggap dirinya sebagai orang yang sangat tak berguna di usia 37. Ia hanya bisa merenung dan menyesali semua perbuatan yang telah dilakukannya. Hingga pada suatu hari tanpa disadari, ia tiba-tiba berubah menjadi remaja 18 tahun dengan ingatan serta pola pikir dirinya yang lama saat masih remaja dulu.

Mencoba Memperbaiki Semuanya

Hong Dae-young muda (Lee Do-hyun) akhirnya mulai menyesuaikan diri dengan kondisinya saat ini. Ia kembali ke masa remajanya terutama ketika bertemu kedua anaknya di sekolah dan di tempat lain. Ia mengubah namanya menjadi Ko Woo-young agar bisa melupakan kejadian yang dialaminya. 

Kemudian, kesempatan itu rupanya membuat ia sedikit lebih bahagia sebab ketika masih muda dirinya merupakan pemain basket luar biasa dan juga populer. Ia pun mencoba mengulang masa jayanya dan mencoba memperbaiki semuanya. Namun di saat yang bersamaan, Ko Woo-young juga harus menyaksikan kehidupan dua anak kembarnya yang selama ini tak diketahui.

18 Again merupakan drama yang menggantikan The Good Detective di jTBC. Yang membuat lebih menarik, beberapa artis bahkan penyiar juga sempat menjadi cameo dalam drama ini seperti Jang Sung-kyu, Jun Hyun-moo, Kim Kang-hoon (When the Camellia Blooms), dan Lee Do-yeon (Go Back Couple).

Nah, pasti penasaran kan sama cerita lengkapnya seperti apa?

Yuk, nonton 18 Again sub Indo yang bisa kalian saksikan di platform streaming Vidio. Segera download dan berlangganan Vidio untuk menikmati tayangan seru lainnya dan juga nikmati berbagai macam promo menariknya!

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menag Fachrul: Santri Teladan Ajaran Agama dan Bela Negara

Posted: 21 Oct 2020 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengatakan, santri merupakan teladan dari sikap warga bangsa yang teguh dalam menjalankan ajaran agama sekaligus terdepan dalam bela negara. Hal ini disampaikan Fachrul dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional, Kamis (22/10/2020).

"Santri dan para pengasuhnya bukan badan perjuangan yang dibentuk untuk tugas bertempur sebagai alat pertahanan negara. Namun, ketika santri kemudian bertekad dan terpanggil untuk mengadu jiwa mengusir penjajah dari bumi Indonesia, itu nilai tertinggi yang sangat pantas diberi penghargaan dan diapresiasi," kata Fachrul dikutip dari siaran persnya, Kamis.

"Santri menunjukkan bahwa setiap orang harus rela mengorbankan apapun yang dipunyainya demi menjaga tegak dan utuhnya negara dan bangsa tercinta," sambung dia.

Dia menyebut, penetapan Hari Santri antara lain didasarkan pada Resolusi Jihad. Menurutnya, rumusan resolusi itu mencerminkan kecermatan berfikir yang dilandasi akal sehat dan ajaran agama.

Facrul menjelaskan, dalam Resolusi Jihad disebutkan bahwa Muslim yang berada dalam radius 94 km dari kedudukan musuh, hukumnya Fardu 'Ain (kewajiban personal berlaku untuk semua umat Islam) untuk ikut bertempur. Sementara, di luar radius itu hukumnya Fardu Kifayah (kewajiban yang dapat diwakilkan).

"Angka 94 km diperoleh dari perhitungan jarak tempuh manusia saat itu yang masih memungkinkan mereka untuk menjamak Salat Zuhur dan Ashar. Perhitungan cermat itu, di dalam ilmu militer termasuk bagian dari backward planning," jelas Fachrul.

Santri sehat, cerdas, dan amanah, Indonesia kuat

Menag Fachrul Razi memimpin upacara Peringatan Hari Santri di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Kamis (22/10/2020). (Foto: Humas Kemenag)
Menag Fachrul Razi memimpin upacara Peringatan Hari Santri di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Kamis (22/10/2020). (Foto: Humas Kemenag)

Fachrul menilai sikap ini menunjukkan betapa para santri selalu ingin meneguhkan perjuangannya tanpa mengabaikan kewajiban dan nilai-nilai ajaran agama. Niat baik dilakukan dengan cara-cara yang baik dan konstruktif sesuai ajaran Islam.

"Selama didasari niat baik dan konstruktif, insyaallah sejalan dengan perjuangan Islam. Bila dilakukan dengan niat jahat dan destruktif pastilah bukan yang dicontohkan para santri dalam resolusi jihadnya," tutur dia.

"Selamat hari Santri. Santri sehat, cerdas, dan amanah, Indonesia kuat," lanjut Fachrul.

Seperti diketahui, Indonesia hari ini memperingati Hari Santri Nasional 2020. Momen bersejarah ini diperingati setiap 22 Oktober, sejak tahun 2015, seiring diterbitkannya Keputusan Presiden No 22 tahun 2015 tentang Hari Santri.

Adapun penetapan Hari Santri antara lain didasarkan pada Resolusi Jihad yang dicetuskan dan dibacakan pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH. Hasyim Asyari pada 22 Oktober 1945. Resolusi ini didukung oleh tokoh-tokoh dari berbagai organisasi Islam lainnya, seperti Muhammadiyah, Persis, Al Irsyad, Matlaul Anwar, dan elemen bangsa lainnya.

Resolusi tersebut lalu mendorong lahirnya perjuangan para santri dari berbagai daerah bersama arek-arek Suroboyo melawan penjajah Belanda pada 10 November 1945 yang kemudian diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Peralatan 5G Huawei dan ZTE Diblokir Jadi Sorotan

Posted: 21 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Artikel tentang Swedish Post dan Telecom Authority (PTS) yang melarang peserta lelang spektrum 5G memakai produk dari Huawei dan ZTE, banyak dibaca pada kanal Tekno Liputan6.com, Rabu (21/10/2020).

Artikel lain yang juga banyak dibaca, termasuk aplikasi Kelas Pintar mengalami peningkatan trafik saat pandemi, dan Xiaomi sindir Apple tak berikan charger di iPhone 12.

Lebih lengkapnya simak berita berikut ini.

1. Swedia Blokir Peralatan 5G Milik Huawei dan ZTE

Swedish Post and Telecom Authority (PTS) mengumumkan empat perusahaan yang disetujui mengikuti lelang spektrum 5G.

Salah satu persyaratan lisensi yang diberlakukan adalah tidak boleh menggunakan produk dari Huawei dan ZTE.

Dilansir GSM Arena, Rabu (21/10/2020), persyaratan lain yaitu operator telekomunikasi harus menghapus peralatan Huawei dan ZTE dari infrastruktur yang ada sekarang dengan batas waktu hingga 1 Januari 2025.

Baca Selengkapnya di Sini

 

2. Aplikasi Edutech Kelas Pintar Alami Peningkatan Trafik saat Pandemi

Pandemi Covid-19 mengharuskan orang untuk tinggal di rumah guna menekan persebaran Covid-19.

Akibatnya kegiatan bekerja dan bersekolah pun harus dilakukan dari rumah dengan bantuan teknologi dan internet.

Selain aplikasi video conference yang mendukung WFH dan sekolah online, rupanya aplikasi edutech juga mengalami peningkatan trafik. Salah satunya adalah aplikasi edutech Kelas Pintar.

Baca Selengkapnya di Sini

3. Setelah Samsung, Kini Xiaomi Sindir Apple Tak Beri Charger di iPhone 12

iPhone 12 masih jadi perbincangan menarik setelah seminggu dirilis. Selain karena desain dan teknologinya, yang jadi perhatian orang adalah keputusan Apple untuk tidak menyertakan kepala charger di boks iPhone 12.

Gara-gara tidak menyertakan kepala charger ini, Apple jadi sasaran sindiran dari vendor smartphone Android.

Sebelumnya Samsung menyindir Apple melalui media sosial karena tidak menyertakan kepala charger di boks iPhone 12.

Baca Selengkapnya di Sini

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BI: 93 Kota dan 415 Kabupaten Telah Manfaatkan Transaksi Elektronik

Posted: 21 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) berkomitmen untuk membantu pemerintah menyukseskan program elektronifikasi transaksi (e-government). Sehingga elektronifikasi transaksi non tunai merupakan bagian dari keharusan pemerintah daerah yang dihadapkan pada inovasi dalam melakukan belanja daerah.

Gubernur BI Perry Warjiyo menyebut, implementasi elektronifikasi juga akan mengoptimalkan anggaran pembangunan daerah, baik dari sisi pajak ataupun retribusi daerah. Untuk itu, Pemerintah Daerah (Pemda) didorong segera memaksimalkan implementasi elektronifikasi transaksi.

"Kami dukung program elektronifikasi transaksi. Sehingga baik untuk optimalisasi anggaran pembangunan daerah," ujar Perry dalam webinar HUT Partai Golkar ke-56, ditulis Kamis (22/10).

Perry mencatat, saat ini ada 542 Pemda di 34 provinsi, 93 kota, dan 415 kabupaten telah mengimplementasikan elektronifikasi transaksi. Sehingga 48,8 persen pajak daerah dan 17,8 persen retribusi sudah tersambung sistem elektronifikasi.

Kendati demikian, dia mengakui tingkat penggunaan elektronifikasi transaksi di antar daerah masih belum merata. Sehingga BI selaku mitra pemerintah terus berupaya untuk memeratakan dan memperluas penggunaan elektronifikasi transaksi di Indonesia.

"Memang saat ini tahapannya ada yang masih tahap awal, yaitu menggunakan cash management system. Tapi ada juga yang sudah menggunakan transaksi online untuk pajak dan retribusi," tambahnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Erlangga Hartarto, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, serta Menteri Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) yang diwakili oleh Dirjen Aplikasi Informatika Samuel Abrijani Pangerapan melakukan penandatangan Nota Kesepahaman Elektronifikasi Transaksi Non Tunai Pemerintah Daerah. Penandatanganan tersebut, dilakukan di Ruang Graha Sawala, Gedung Ali Wardhana Lantai I, Jakarta Pusat, Kamis (13/02).

"Seperti yang kita ketahui bersama, salah satu sumber pendanaan pembangunan daerah adalah pajak daerah dan retribusi daerah sebagai bagian utama dari pendapatan asli daerah. Tingginya kebutuhan pemerintah daerah dalam membangun daerahnya memaksa pemerintah daerah untuk melakukan inovasi dan elektronifikasi dalam pemungutan pajak daerah dan retribusi daerah sehingga lebih efisien dan lebih efektif, serta menghindari adanya kebocoran dan penyimpangan, baik dari sisi aparatur pemerintah daerah itu sendiri maupun dari pelaku usaha dan masyarakat sebagai wajib pajak dan wajib retribusi," kata Mendagri.

Tak hanya itu, elektronifikasi transaksi non tunai merupakan bagian dari keharusan pemerintah daerah yang dihadapkan pada inovasi dalam melakukan belanja daerah.

"Mengingat sebagian pelaku usaha sudah menerapkan sistem aplikasi dalam transaksi keuangannya, sehingga memaksa pemerintah daerah untuk melakukan inovasi elektronifikasi dalam belanja daerah, di antaranya dengan melakukan pembayaran melalui transfer langsung kepada pihak ketiga," ujarnya.

Alhasil, pemerintah daerah wajib melakukan inovasi elektronifikasi dalam pelaksanaan pemungutan pajak daerah dan retribusi daerah. Sehingga dapat mewujudkan program pengamanan fiskal daerah serta inovasi elektronifikasi dalam pelaksanaan belanja daerah untuk membiayai program dan kegiatan pemerintah daerah, melalui pembangunan aplikasi keuangan daerah yang terintegrasi dengan Perbankan.

Gubernur BI Optimistis Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,8 Persen di 2021

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyampaikan hasil Rapat Dewan Gubernur (RGD) Bank Indonesia di Jakarta, Kamis (19/12/2019). RDG tersebut, BI memutuskan untuk tetap mempertahankan suku bunga acuan 7 Days Reverse Repo Rate (7DRRR) sebesar 5 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyampaikan hasil Rapat Dewan Gubernur (RGD) Bank Indonesia di Jakarta, Kamis (19/12/2019). RDG tersebut, BI memutuskan untuk tetap mempertahankan suku bunga acuan 7 Days Reverse Repo Rate (7DRRR) sebesar 5 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memperkirakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia di 2021 bakal berada di rentang 4,8 persen sampai dengan 5,8 persen. Angka ini jauh lebih besar dari proyeksi pemerintah di dalam APBN 2021 yang berada di titik tengah 5,0 persen.

"Itu untuk prediksi kami di tahun 2021 pertumbuhan di 4,8 persen sampai 5,8 persen," katanya dalam acara Capital Market Summit & Expo 2020, Senin (19/10).

Seperti diketahui, asumsi dasar makro ekonomi terhadap pertumbuhan ekonomi yang ditetapkan pemerintah bersama DPR di dalam Undang-Undang APBN 2021 sebesar 5,0 persen. Pertumbuhan itu pun tidak berbeda jauh dari proyeksi dilakukan sejumlah lembaga-lembaga keuangan dunia.

Sebelumnya Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, optimistis pertumbuhan ekonomi di 2021 sebesar 5 persen dapat terealisasikan. Menurutnya, pemulihan ekonomi sendiri diproyeksikan pada kuartal III dan kuartal IV-2020 dan akselerasinya baru terjadi di 2021.

"Kita proyeksikan di kisaran 5,0 persen dan tentu ini suatu pemulihan yang harus diupayakan dan jaga melalui berbagai kebijakan termasuk APBN," kata dia dalam video conference di Jakarta, Selasa (29/9).

Dia menyebut ada berbagai faktor yang bisa memulihkan ekonomi indonesia dan membuat ekonomi RI tumbuh di 5,0 persen. Salah satunya adalah upaya penanganan Covid-19 yang terus digencarkan pada tahun ini dan dilanjutkan di 2021 dengan disiplin protokol kesehatan secara ketat.

"Semakin kita bisa kendalikan melalui disiplin protokol, akan bantu untuk tangani covid sekaligus mulai pemulihan ekonomi dan sosial," kata dia.

Selanjutnya, faktor kedua yakni ketersediaan vaksin. Menurutnya, banyak hal-hal optimis mengenai penemuan dan produksi vaksin termasuk dari Indonesia maupun kerjasama dengan internasional. Keberadaan vaksin menjadi penting, dan akan memberikan harapan baru bagi masyarakat.

"Kita lihat, timeline dari vaksin diperkirakan bisa mengurangi ketidakpastian terutama pada akhir tahun ini dan awal tahun depan. Ini tentu pengaruhi dari pemulihan ekonomi. Kalau bisa dapatkan vaksin dan vaksinasi cukup luas, kita mampu akselerasi pemulihan ekonomi juga," kata dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Cara Memutihkan Badan dengan Bahan Alami, Cocok untuk Luluran

Posted: 21 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mempelajari cara memutihkan badan dengan bahan alami adalah salah satu upaya menjaga kesehatan kulit yang sangat praktis. Jika dibandingkan dengan perawatan di salon kecantikan, cara ini lebih murah dan aman.

Cara memutihkan badan dengan bahan alami hanya memakai buah, beras, dan minyak esensial. Bahan alami ini bisa diandalkan karena kandungan vitamin, mineral, antioksidan, ferullic, allantoin, sampai zat linoleic yang dimilikinya.

Tentu saja kandungan-kandungan ini sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit badan. Mulai dari memutihkan, mencerahkan, melembapkan, meregenerasi, mengangkat sel kulit mati, dan masih banyak lagi lainnya.

Berikut Liputan6.com ulas cara memutihkan badan dengan bahan alami dari berbagai sumber, Kamis (22/10/2020).

Cara Memutihkan Badan dengan Bahan Alami

Ilustrasi air beras | Pixabay
Ilustrasi air beras | Pixabay

Air Beras

Air beras bisa dimanfaatkan untuk memutihkan badan secara alami. hal ini disebabkan karena air beras mengandung asam ferullic dan allantoin. Kedua kandungan mampu melindungi dan memutihkan kulit badan secara alami.

Cara memutihkan badan dengan bahan alami:

1. Saat mencuci beras, jangan buang airnya

2. Biarkan air beras agar mengendap

3. Gunakan endapan air beras sebagai lulur alami

Bengkoang

Bengkoang sudah sejak lama dipakai untuk perawatan kulit. Kali ini bukan kulit wajah, melainkan kulit badan. Bengkoang memiliki banyak kandungan vitamin B dan C.

Kedua vitamin ini sangat berperan untuk memutihkan dan menjaga kulit agar tetap bersih bersinar. Vitamin C pada bengkoang merangsang sel kulit untuk beregenerasi.

Cara memutihkan badan dengan bahan alami:

1. Parut bengkoang lalu peras dengan menggunakan air

2. Gunakan sarinya sebagai masker lulur mandi yang alami

3. Bisa juga dicampurkan dengan parutan bengkoang yang nanti berfungsi sebagai scrub atau lulur

Cara Memutihkan Badan dengan Bahan Alami

Ilustrasi kentang | Sumber: Freepik
Ilustrasi kentang | Sumber: Freepik

Kentang

Kentang tak hanya sumber karbohidrat yang baik. Kentang pun memiliki kandungan mineral yang bisa berperan sebagai antibiotik alami. Peran inilah yang menjadikan kentang ampuh memperlambat penuaan kulit, mempercepat regenerasi kulit, dan mencerahkan kulit secara alami.

Cara memutihkan badan dengan bahan alami:

1. Tumbuk halus kentang yang telah direbus

2. Campurkan dengan 2 sdm susu hingga berbentuk pasta

3. Oleskan pada seluruh tubuh

4. Diamkan selama 30 menit

5. Bilas dengan air bersih

Strawberry

Strawberry cocok dijadikan lulur untuk memutihkan kulit badan. Manfaat ini berasal dari asam Alpha Hydroxyl yang dimiliki strawberry.

Asam ini dapat membantu menghilangkan sel kulit mati dan memberi jalan masuk bagi sel-sel baru.

Ellagic yang terdapat dalam buah strawberry juga berguna menghilangkan flek hitam dan dapat mencerahkan kulit secara alami.

Cara memutihkan badan dengan bahan alami:

1. Siapkan buah strawberry

2. Haluskan

3. Campur dengan susu hingga mengental

4. Gunakan sebagai lulur

Cara Memutihkan Badan dengan Bahan Alami

Ilustrasi pepaya | Pexels
Ilustrasi pepaya | Pexels

Pepaya

Enzim papain dalam pepaya berguna untuk meregenerasi kulit. Vitamin A, C, dan E berfungsi sebagai anti-oksidan akan turut menutrisi dan menjaga kelembapan kulit. Kandungan-kandungan inilah yang menjadikan pepaya cocok untuk dijadikan lulur pemutih badan.

Cara memutihkan badan dengan bahan alami:

1. Siapkan buah pepaya

2. Haluskan pepaya

3. Jadikan sebagai lulur

4. Diamkan selama 30 menit

5. Mandi dengan air hangat

Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah salah satu minyak esensial yang baik untuk kulit. Minyak ini mengandung zat linoleic acid yang berguna menjaga keseimbangan kadar air dalam kulit. Terdapat pula antioksidan seperti polifenol yang baik untuk melindungi sel-sel kulit dari kerusakan.

Cara memutihkan badan dengan bahan alami:

1. Siapkan minyak zaitun murni

2. Campurkan 4 sdm minyak zaitun dengan 2 sdm madu

3. Gunakan sebagai lulur setiap kali setelah mandi

Cara Memutihkan Badan dengan Bahan Alami

Ilustrasi madu | Unsplash
Ilustrasi madu | Unsplash

Madu

Madu memiliki fungsi pelembap dan pencerah kulit alami. Madu juga kaya anti-oksidan yang menjadikannya ampuh mengangkat sel kulit mati. Sementara sifat bioaktif yang dimilikinya efektif mengatasi kulit kasar, keriput, kusam, dan berkerut.

Cara memutihkan badan dengan bahan alami:

1. Sediakan madu secukupnya

2. Oleskan madu pada seluruh tubuh

3. Diamkan selama 30 menit

4. Bilas dengan air bersih sembari mandi

Tomat

Tomat memiliki Lycopine yang baik untuk kulit. Lycopine merupakan senyawa anti-oksidan yang ampuh menangkal radikal bebas. Kandungan inilah yang menjadikan tomat baik untuk memutihkan dan mencerahkan kulit badan.

Cara memutihkan badan dengan bahan alami:

1. Tumbuk halus tomat hingga menjadi bubur

2. Lalu oleskan pada seluruh tubuh

3. Diamkan selama 30 menit

4. Lalu bilas dengan air bersih atau mandi

Cara Memutihkan Badan dengan Bahan Alami

Ilustrasi Mentimun | Credit: unsplash.com/Louis
Ilustrasi Mentimun | Credit: unsplash.com/Louis

Mentimun

Mentimun tak hanya segar ketika dikonsumsi. Metimun juga kaya mineral dan vitamin yang baik untuk kesehatan kulit. Kedua kandungan ini mampu mencerahkan dan membersihkan kulit badan secara alami. Bahkan mentimun juga mampu menghambat pigmentasi kulit.

Cara memutihkan badan dengan bahan alami:

1. Blender mentimun tanpa air hingga berbentuk seperti jel

2. Usapkan pada seluruh tubuh

3. Diamkan selama 30 menit

4. Lalu basuh dengan menggunakan air bersih sembari mandi

Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung aloesin. Aloesin adalah zat penghambat pembentukan melanin pada kulit. Terdapat pula kandungan antioksidan, enzim, vitamin C, vitamin A, dan senyawa anti peradangan. Kandungan inilah yang menjadikan lidah buaya baik untuk menjaga warna kulit badan tetap putih dan cerah.

Cara memutihkan badan dengan bahan alami:

1. Petik daun lidah buaya secukupnya

2. Ambil gel lidah buaya yang ada di tengah

3. Oleskan secara merata pada tubuh Anda

4. Diamkan selama 15 menit

5. Bilas dengan air bersih

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Karya Seni Berbahan Serat Dipamerkan di Dallas

Posted: 21 Oct 2020 09:30 PM PDT

Karya seni berbahan serat yang menampilkan dunia dongeng terlihat dalam pameran seni bertajuk
Karya seni berbahan serat yang menampilkan dunia dongeng terlihat dalam pameran seni bertajuk

Karya seni berbahan serat yang menampilkan dunia dongeng terlihat dalam pameran seni bertajuk

Karya seni berbentuk sosis yang terbuat dari bahan serat ditampilkan dalam pameran seni bertajuk
Karya seni berbentuk sosis yang terbuat dari bahan serat ditampilkan dalam pameran seni bertajuk

Karya seni berbentuk sosis yang terbuat dari bahan serat ditampilkan dalam pameran seni bertajuk

Beragam karya seni berbahan serat ditampilkan dalam pameran seni bertajuk
Beragam karya seni berbahan serat ditampilkan dalam pameran seni bertajuk

Beragam karya seni berbahan serat ditampilkan dalam pameran seni bertajuk

Pengunjung melihat karya seni berbentuk kue ulang tahun yang terbuat dari bahan serat dalam pameran seni bertajuk
Pengunjung melihat karya seni berbentuk kue ulang tahun yang terbuat dari bahan serat dalam pameran seni bertajuk

Pengunjung melihat karya seni berbentuk kue ulang tahun yang terbuat dari bahan serat dalam pameran seni bertajuk

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kocak, Foto Masa Muda Inul Daratista Disebut Mirip Jennie Blackpink

Posted: 21 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ada-ada saja tingkah Inul Daratista yang bisa membuat pengikutnya di akun Instagram terverifikasinya tertawa. Kali ini, Inul Daratista mengunggah foto dirinya di saat muda bersanding dengan personel Blackpink, Jennie.

Di foto tersebut, Inul Daratista tampil polos dengan riasan minimalis. Dengan rambut panjang sebahu, Inul Daratista terlihat menawan dengan sorot mata tajam ke arah kamera.

Di sampingnya, ada foto Jennie Blackpink yang juga tanpa riasan wajah. Jennie Blackpink membiarkan rambut panjangnya terurai. Wajahnya yang alami tanpa riasan membuat kecantikannya terlihat paripurna. Ia juga berpose menatap arah kamera.

Dibilang Mirip

Jennie Blackpink (Instagram/ jennierubyjane)
Jennie Blackpink (Instagram/ jennierubyjane)

Inul Daratista keheranan saat fotonya disandingkan dengan Jennie Blackpink dan disebut punya bentuk wajah yang mirip.

"Jarene mirip blekping🤣@inul.update 🤣🤣🤣Lumayanlah ga elek elek banget aku🤣🤣🤣🤣," tulis Inul Daratista sebagai keterangan foto, Kamis (22/10/2020).

Kaleng Kerupuk

Inul Daratista. (Foto: Instagram @inul.d)
Inul Daratista. (Foto: Instagram @inul.d)

Inul Daratista tentu mengunggah foto tersebut hanya untuk menghibur. Karenanya, ia meminta pengikutnya meninggalkan komentar bernada tak serius.

"Komen yg lucu2 yah🤣🤣🤣👍Curiga ada yg bilang blek konguan / blek krupuk🤣🤣pasti ada yg komen susune gede yg di foto sebelahku🤣🤣🤣🤔🤭🤫," sambung Inul Daratista.

Reaksi Warganet

Inul Daratista. (Foto: Instagram @inul.d)
Inul Daratista. (Foto: Instagram @inul.d)

Warganet kemudian menanggapi foto Inul Daratista di masa muda yang disebut mirip dengan Jennie Blackpink dengan nada bercanda. Komentar yang diberikan warganet juga mengundang gelak tawa.

"Tu tu yu yu ng. Ae ae ae. Rampa mpam mpam. Blekping 😂😂. Sukses dan sehat selalu bun 👍👍," tulis akun @man_ir9

"Bedanya yg satu kempes yg satu bulet 😂," tulis akun @awangjuliand.

Mirip

Inul Daratista (Instagram/inul.d)
Inul Daratista (Instagram/inul.d)

Ada pula warganet yang membenarkan kemiripan Inul Daratista di saat muda dengan Jennie Blackpink. Tentunya, masih dengan nada bercanda.

"Mirip bunda, bunda blacknya, jennie pinknya🤣🤣🤣🤣," tulis akun @rhaissdl.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Libur Panjang Oktober 2020, Doni Monardo Ajak Masyarakat Belajar dari Masa Lalu

Posted: 21 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bersiap libur panjang akhir Oktober 2020, Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo mengajak masyarakat belajar dari masa lalu. Pembelajaran tersebut dipetik dari momen cuti dan libur panjang pada Agustus 2020, yang mana sempat terjadi kenaikan kasus COVID-19.

"Kita harus belajar banyak dari apa yang telah terjadi pada masa lalu selama pandemi COVID-19. Ada banyak misteri yang belum terungkap dan teka-teki yang juga masih belum terjawab," terang Doni saat dialog di Media Center COVID-19, Graha BNPB, Jakarta, Rabu (21/10/2020).

"Namun, kita semuanya harus mau belajar dari apa yang terjadi pada masa-masa sebelumnya. Yang pertama adalah peristiwa Idulfitri. Pada waktu itu, pemerintah dengan tegas dan mengajak semua komponen untuk bisa menahan diri dan bersabar agar tidak mudik, tidak pulang ke kampung halaman dulu."

Setelah Lebaran, kasus COVID-19 yang terjadi tidak mengalami peningkatan cukup signifikan walaupun ada peningkatan (sedikit). Pada akhir Juli 2020, ada kegiatan Iduladha.

"Mulai ada pelanggaran. Ada upaya bersama untuk mengingatkan masyarakat agar bisa mematuhi protokol kesehatan, yang mungkin tidak sekencang pada saat Idulfitri. Kemudian dilanjutkan libur 17 Agustus dan juga libur panjang bersama pada minggu ketiga akhir Agustus," jelas Doni.

"Apa yang terjadi pada akhir Agustus dan awal September 2020? Akhirnya, Bapak Gubernur DKI Jakarta, Pak Anies Baswedan mengumumkan kekhawatiran Pemerintah DKI atas kenaikan kasus COVID-19, termasuk jumlah bed di rumah sakit Jakarta yang diperkirakan akan penuh."

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Upaya Kendalikan Kasus

Petugas Dishub mengimbau pengguna kendaraan saat melakukan Pengawasan Pelaksanaan PSBB di Bundaran HI, Jakarta, Senin (13/4/2020). Dalam pengawasan tersebut petugas mengimbau masyarakat untuk menggunakan masker saat berpergian. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas Dishub mengimbau pengguna kendaraan saat melakukan Pengawasan Pelaksanaan PSBB di Bundaran HI, Jakarta, Senin (13/4/2020). Dalam pengawasan tersebut petugas mengimbau masyarakat untuk menggunakan masker saat berpergian. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pada 17 September 2020, Anies juga mengubah kebijakan dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi, kembali ke PSBB ketat.

"Apa yang disampaikan Gubernur DKI bukanlah tanpa alasan. Data-data yang dikumpulkan oleh Dinas Kesehatan DKI menunjukkan tren peningkatan kasus positif COVID-19 termasuk keterbatasan ruang ICU di sejumlah rumah sakit di Jakarta,"

"Bapak Presiden Joko Widodo langsung menugaskan para menko juga menteri kesehatan dan kami selaku Satgas untuk bekerja keras agar peningkatan kasus COVID-19 bisa dikendalikan. Ruang ICU itu bisa kita tambah dan alhamdulillah saat ini ketersediaan ICU sudah berada pada posisi di angka 62-64 persen."

Upaya mengendalikan COVID-19 selepas libur panjang Agustus dan awal September 2020 ini terus dilakukan. Kini, angka kesembuhan COVID-19 di Tanah Air mengalami peningkatan sangat signifikan.

"Pada 20 September 2020, berada pada angka 72,5 persen dan 20 Oktober pada angka 79,63 persen. Jadi, ada peningkatan 7 persen lebih yang sembuh. Dan hari ini (21/10/2020) kesembuhan mendekati angka 300.000 orang," papar Doni.

 

Tidak Boleh Lengah

Polisi menghentikan kendaraan di kawasan Fatmawati, Jakarta, Senin (10/8/2020). Ditlantas Polda Metro Jaya kembali menerapkan sanksi tilang terhadap kendaraan roda empat yang melanggar peraturan ganjil genap di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Polisi menghentikan kendaraan di kawasan Fatmawati, Jakarta, Senin (10/8/2020). Ditlantas Polda Metro Jaya kembali menerapkan sanksi tilang terhadap kendaraan roda empat yang melanggar peraturan ganjil genap di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Kesembuhan COVID-19 di Indonesia yang mengalami peningkatan perlu diapresiasi. Meski begitu, kewaspadaan harus tetap ada, terlebih lagi dalam persiapan menghadapi cuti dan libur panjang akhir Oktober 2020.

"Kita berikan apresiasi yang luar biasa, terutama kepada para dokter yang telah bekerja keras, perawat, dan tenaga kesehatan lainnya yang telah membanting tulang mengabdikan seluruh waktu dan tenaga, Bahkan jiwa raganya untuk kesembuhan pasien di rumah sakit," ujar Doni.

"Jadi, sekali lagi, kesembuhan ini adalah sebuah kerja keras dari semuanya, baik Bapak Presiden Jokowi, para menteri koordinator, dan para gubernur/bupati/wali kota. Hari ini kita merasa cukup merasa senang karena angka kesembuhan yang tinggi, tetapi ingat kita tidak boleh lengah."

Doni menegaskan, kita tidak boleh kehilangan kewaspadaan. Hal ini dapat cepat membalikkan keadaan yang semula yang terkendali, menjadi tidak terkendali.

"Kenapa demikian? Setelah kembali dari cuti atau libur panjang pada Agustus lalu. Saya katakan ada peningkatan kasus COVID-19 terjadi. Ini hal yang sangat mengkhawatirkan, jangan sampai libur panjang kali ini menimbulkan masalah baru (penambahan kasus COVID-19)," tegasnya.

 

Infografis Kiat Makan Sehat Kala Lebaran

Infografis Kiat Makan Sehat Kala Lebaran (Liputan6.com/M. Iqbal)
Infografis Kiat Makan Sehat Kala Lebaran (Liputan6.com/M. Iqbal)

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jared Leto Bakal Jadi Joker di Justice League Snyder's Cut

Posted: 21 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aktor Jared Leto dilaporkan bakal menjadi Joker dalam film Justice League Snyder's Cut. Leto sebelumnya pernah memerankan Joker dalam Suicide Squad di tahun 2016.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Europa: Celtic vs Milan dan Rapid Wien vs Arsenal Live di SCTV

Posted: 21 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Glasgow - AC Milan akan bertandang ke Glasgow untuk menyambangi Celtic pada laga pembuka Liga Europa, Jumat (23/10/2020) dinihari WIB. Milan punya bekal bagus untuk menghadapi laga ini.

Ya, Zlatan Ibrahimovic dkk. berhasil menyapu bersih lima laga terakhir dengan kemenangan. Milan pun kini berada di puncak klasemen Liga Italia.

Namun klub berjuluk Rossoneri itu patut waspada. Pasalnya, Celtic tentu tak ingin malu di kandang sendiri.

Apalagi di laga sebelumnya, Celtic takluk 0-2 dari seteru sekota, Glasgow Rangers. Scott Brown dkk. pastinya ogah malu dua kali di markas sendiri.

Selain laga Celtic vs Milan, masihada laga lain yang tak kalah seru. Salah satunya adalah Rapid Wiena vs Arsenal.

Berikut jadwal lengkap Liga Europa. Pertandingan Celtic vs Milan dan Rapid Wien vs Arsenal akan disiarkan langsung SCTV.

 

 

 

Jadwal Liga Europa

Celtic vs AC Milan (Liputan6.com/Abdillah)
Celtic vs AC Milan (Liputan6.com/Abdillah)

Kamis 22 Oktober 23.55 WIB

Young Boys vs AS Roma

CSKA Sofia vs CFR Cluj

Dundalk vs Molde

Rapid Wiena vs Arsenal, Live SCTV

Bayer Leverkusen vs OGC Nice

Hapoel Be'er Sheva vs Slavia Praha

Standard Liege vs Rangers

Lech Poznan vs Benfica

PSV vs Granada

PAOK vs Omonia Nicosia

Napoli vs AZ Alkmaar

Rijeka vs Real Sociedad

Jadwal Selanjutnya

Jumat 23 Oktober 02.00 dinihari WIB

Braga vs AEK Athena

Leicester City vs Zorya

Sparta Praha vs Lille OSC

Celtic vs Milan, Live SCTV

Maccabi Tel Aviv vs Qarabag

Villareal vs Sivasspor

Tottenham Hotspur vs LASK Linz

Ludogorets vs Antwerp

Dinamo Zagreb vs Feyenoord

Wolfsberger vs CSKA Moskow

Hoffenheim vs Crvena Zvezda

Slovan Liberec vs KAA Gantoise

Saksikan Video Liga Europa di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kejati Jember Musnahkan Barang Bukti Kasus Narkoba Senilai Rp 5 Miliar

Posted: 21 Oct 2020 09:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jember membakar dan melarutkan lebih dari empat juta butir obat ilegal yang menjadi barang bukti kasus narkotika pada Rabu, 21 Oktober 2020.

Pemusnahan barang bukti itu dilakukan Kepala Kejati Jember Prima Idwan Mariza, bersama para kepala seksi, kepolisian dan dinas terkait.

Prima mengatakan, obat ilegal yang dimusnahkan terdiri dari obat jenis Trihexyphenidyl pil logo "Y" sebanyak 3.263.739 butir, Dextromethopan 1.511.370 butir, Novason 160.000 butir, dan ekstasi 88 butir.

Selain itu, dimusnahkan pula sabu-sabu seberat 208,4 gram, uang palsu (upal) sebanyak 852 lembar dengan nominal Rp 48 juta, dan puluhan item barang bukti kasus kejahatan lainnya.

"Kalau obat ilegal yang dimusnahkan hari ini (Rabu, 21 Oktober 2020) jika diuangkan sebesar Rp 5 miliar lebih," ujar Prima, seperti dikutip dari Times Indonesia, ditulis Kamis, (22/10/2020).

Dengan jumlah sebesar itu, Prima menyatakan, barang bukti yang dimusnahkan kali ini menjadi pemusnahan barang bukti terbesar yang pernah dilakukan Kejaksaan di Jember.

"Benar, ini yang terbesar. Sebelumnya jumlah pil yang dimusnahkan hanya seribuan butir. Tidak sampai satu juta. Sekarang empat juta butir," tutur dia.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Hasil Penyitaan Kasus Narkotika pada Mei 2020

Ilustrasi narkoba, Ilustrasi: Dwiangga Perwira/Kriminologi.id
Ilustrasi narkoba, Ilustrasi: Dwiangga Perwira/Kriminologi.id

Dia juga menerangkan, barang bukti obat terlarang tersebut merupakan hasil penyitaan dari kasus narkotika pada Mei 2020.

"Dan saat ini telah diputus inkrah. Tidak ada upaya hukum lagi dari terdakwa. Kalau masih ada upaya hukum artinya belum inkrah," ujar dia.

Selain itu, Prima juga menambahkan, pemusnahan barang bukti tersebut sebagai keterbukaan informasi serta akuntabilitas kinerja kejaksaan kepada masyarakat.

"Bahwa kami sebagai jaksa Kejari Jember merupakan eksekutor dari putusan hakim. Barang bukti ada yang dimusnahkan, ada yang sebagian dikembalikan kepada saksi. Pemusnahan ini agar jangan sampai barang bukti ini kembali beredar di masyarakat," kata dia.

 

Saksikan berita menarik lainnya dari Times Indonesia di sini

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rusuh Antrean Visa Pakistan di Afghanistan, 11 Perempuan Tewas Terinjak

Posted: 21 Oct 2020 09:24 PM PDT

Liputan6.com, Kabul - Sebuah kerusuhan terjadi di tengah-tengah ribuan warga Afghanistan yang sedang menunggu untuk mendapatkan visa ke Pakistan, di sebuah stadion sepak bola di Provinsi Nangarhar. Sedikitnya 11 perempuan tewas akibat terinjak-injak.

"Mereka yang tewas umumnya yang berusia lanjut. Ia juga mengungkapkan, 13 orang lainnya, umumnya perempuan, juga cedera dalam peristiwa itu," ujar Gubernur Nangarhar Attaullah Khogyani seperti dikutip dari VOA Indonesia, Kamis (22/10/2020).

Dalam sebuah insiden terpisah, sedikitnya 34 polisi Afghanistan tewas setelah disergap kelompok militan Taliban di wilayah utara Afghanistan.

Penyergapan tersebut merupakan serangan yang paling banyak menelan korban jiwa sejak Taliban dan pemerintah Afghanistan mulai mengadakan pembicaraan perdamaian yang sudah lama tertunda pada bulan lalu.

Pembicaraan itu sendiri merupakan bagian dari kesepakatan yang ditandatangani oleh AS dan Taliban Februari lalu, dan dipandang banyak pihak sebagai peluang terbaik untuk mewujudkan perdamaian dan mengakhiri perang yang telah berlangsung puluhan tahun.

Sejauh ini belum ada komentar atau pengakuan bertanggung jawab dari Taliban, yang mengontrol kawasan di mana serangan terjadi.

 

Lebih dari 19 Ribu ke Pakistan Visa Dikeluarkan

Ilustrasi visa dan paspor. (iStockphoto)
Ilustrasi visa dan paspor. (iStockphoto)

Kedubes Pakistan di Kabul mengatakan telah mengeluarkan lebih dari 19 ribu visa dalam sepekan terakhir, menyusul keputusan Islamabad memberlakukan kebijakan visa persahabatan dan membuka kembali perbatasannya September lalu setelah berbulan-bulan tutup.

Mengantisipasi lonjakan jumlah pelamar visa setelah delapan bulan tutup, Konsulat Pakistan di Nangarhar mengalihkan operasinya ke stadion sepakbola.

Saksikan juga Video Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar FTV Kisah Nyata Spesial: Istri Tidak Dewasa Sumber Nelangsa Keluarga,

Posted: 21 Oct 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kamis siang ini FTV Kisah Nyata Spesial ditayangkan mulai pukul 11.30 WIB.

Dengan judul Kisah Nyata Spesial di atas Anda dapat menyaksikan drama memikat.

Seperti biasa episode Kisah Nyata Spesial via live streaming dengan klik tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Pesona Pemeran 'Pelakor' di Suara Hati Istri saat Berhijab, Bikin Pangling

Posted: 21 Oct 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bukan rahasia lagi kalau masyarakat Indonesia begitu menyukai tontonan penuh drama seperti FTV Suara Hati Istri. FTV yang tayang di Indosiar ini identik dengan cerita adanya pelakor atau orang ketiga dalam hubungan rumah tangga.

Banyak aktris berparas cantik memerankan karakter pelakor yang bikin geregetan. Mulai dari Tyas Mirasih hingga Voke Victoria adalah deretan para pemeran pelakor yang sangat totalitas dalam berakting di FTV Suara Hati Istri. Totalitasnya para pemeran pelakor ini membuat FTV tersebut semakin seru untuk disaksikan.

Namun di kehidupan nyata, para pemeran pelakor ini gaya penampilannya sangat berbeda. Terlebih, saat mereka tampil anggun dengan memakai hijab. Bahkan penampilan berhijabnya ini membuat para pemeran pelakor berhasil membuat banyak orang pangling.

Penasaran kan dengan potret pemeran pelakor di FTV Suara Hati Istri saat tampil berhijab? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, potret pemeran pelakor di FTV Suara Hati Istri saat tampil berhijab, Kamis (22/10/2020).

1. Tyas Mirasih berhasil curi perhatian saat tampil anggun dengan mengenakan hijab.

5 Pesona Pemeran 'Pelakor' di Suara Hati Istri saat Berhijab, Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/tyasmirasih)
5 Pesona Pemeran 'Pelakor' di Suara Hati Istri saat Berhijab, Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/tyasmirasih)

2. Aura kecantikan Camelia Putri begitu terpancarkan saat tampil dengan busana serba putih saat berada di Tanah Suci.

5 Pesona Pemeran 'Pelakor' di Suara Hati Istri saat Berhijab, Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/cameliaputricp)
5 Pesona Pemeran 'Pelakor' di Suara Hati Istri saat Berhijab, Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/cameliaputricp)

3. Elsya Syarif terlihat begitu menawan saat melepas status single nya pada 22 juli 2020 lalu.

5 Pesona Pemeran 'Pelakor' di Suara Hati Istri saat Berhijab, Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/elsya.syarif)
5 Pesona Pemeran 'Pelakor' di Suara Hati Istri saat Berhijab, Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/elsya.syarif)

4. Voke Victoria kerap mendapatkan banyak peran perempuan berhijab saat akting di FTV.

5 Pesona Pemeran 'Pelakor' di Suara Hati Istri saat Berhijab, Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/vokevictoriaaa)
5 Pesona Pemeran 'Pelakor' di Suara Hati Istri saat Berhijab, Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/vokevictoriaaa)

5. Penampilan Mela Amelia saat berhijab berhasil bikin pangling dan dipuji netizen cantik.

5 Pesona Pemeran 'Pelakor' di Suara Hati Istri saat Berhijab, Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/mela_amelia19)
5 Pesona Pemeran 'Pelakor' di Suara Hati Istri saat Berhijab, Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/mela_amelia19)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wapres: Pesantren Harus Jadi Motor Penggerak Ekonomi

Posted: 21 Oct 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pesantren memiliki peran strategis dalam mengatasi permasalahan masyarakat. Di tengah pandemi covid-19, pesantren harus menjadi motor penggerak ekonomi kerakyatan untuk meningkatkan pendapatan dan daya beli masyarakat.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, Undang Undang (UU) Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren, menyatakan pesantren memiliki posisi strategis yakni sebagai lembaga pendidikan, lembaga dakwah, sekaligus lembaga pemberdayaan masyarakat.

"Dalam melaksanakan fungsi pemberdayaan masyarakat, pesantren berorientasi pada peningkatan kesejahteraan pesantren dan masyarakat sekitarnya," papar Ma'ruf saat meresmikan program Akselerasi Ekonomi Kerakyatan Berbasis Pesantren dan Komunitas dalam Rangka Memperingati Hari Santri Nasional, melalui video conference, Kamis (22/10/2020).

Saat ini ada 28.194 pesantren dengan santri 18 juta orang yang dapat menjadi salah satu motor penggerak ekonomi kerakyatan, ekonomi syariah, dan UMKM. Melalui Program Akselerasi Ekonomi Kerakyatan Berbasis Pesantren dan Komunitas, diharapkan dapat mendorong kebangkitan UMKM dan mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Program ini merupakan rangkaian kegiatan 7th Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2020 yang mengangkat tema "Mutual Empowerment in Accelerating Sharia Economic Growth through Promoting Halal Industries for Global Prosperity", dengan puncaknya di tanggal 27-30 Oktober 2020.

Saat ini Kementerian Koperasi dan UKM melakukan revitalisasi pembiayaan dana bergulir yang disalurkan melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) untuk mendukung pembiayaan koperasi termasuk koperasi syariah (BMT) di Pesantren.

 

Santripreneur

Adapun penguatan kewirausahaan santri (santripreneur), dilakukan dengan membekali santri keterampilan vokasi dan kewirausahaan. Pesantren juga diharapkan dapat berperan aktif dalam pembangunan ketahanan pangan.

Dalam hal ini KNEKS bersama dengan Bank Indonesia mendukung program ketahanan pangan berbasis pesantren, seperti Urban Farming Pesantren dan Green Waqf. Kedua program tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari dan meningkatkan pendapatan pesantren dan masyarakat sekitar.

"Pemerintah menyambut baik dan mengapresiasi berbagai inisiasi pengembangan ekonomi kerakyatan dan ekonomi syariah berbasis pesantren dan komunitas. Ini diharapkan dapat mempercepat pemulihan ekonomi nasional, menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan pendapatan dan daya beli masyarakat," tutur Wakil Ma'ruf.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tambang Ilegal Longsor, 11 Penambang Tewas

Posted: 21 Oct 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah tambang batu bara ilegaldi Muara Enim, Sumatera Selatan longsor setelah diguyur hujan deras. Dilaporkan 11 penambang tewas karena kejadian ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MUI dan Muhammadiyah Terima Naskah UU Cipta Kerja Setebal 1.187 Halaman

Posted: 21 Oct 2020 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan PP Muhammadiyah menerima naskah final UU Cipta Kerja setebal 1.187 halaman dari Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

Wakil Ketua Umum MUI Muhyidin Junaidi mengatakan ada dua tipe naskah UU Cipta Kerja yang diberikan Pratikno, yakni berupa hard copy dan soft copy.

"Menteri Pratikno, Mensesneg menyerahkan naskah asli Undang-Undang Cipta Kerja itu ada dua. Pertama, yang hard copy, yang kedua yang soft copy. Yang soft copy-nya 1.187 halaman sementara yang hard copy nya 1.053 halaman," jelas Muhyidin saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (22/10/2020).

"Sama yang diterima MUI, Muhammadiyah sama," sambung dia.

Menurut dia, perbedaan jumlah halaman itu lantaran bedanya jenis kertas yang dipakai. Adapun naskah final UU Cipta Kerja yang diserahkan DPR ke Presiden Joko Widodo atau Jokowi setebal 812 halaman.

Namun, MUI mengaku tidak menerima naskah final setebal 812 halaman. "Oh enggak ada," ucap Muhyidin.

 

MUI akan Kaji

Dia mengatakan MUI masih mengkaji naskah final UU Cipta Kerja selama sepekan. Namun, dia menekankan bahwa sikap MUI sama yakni, menolak UU Cipta Kerja jika pasal-pasalnya masih merugikan masyarakat.

"Sikapnya tidak berubah, kalau tidak ada perubahan tetap menolak sementara waktu dan minta agar tetap Bapak Presiden mencari solusi terbaik karena ini resistensinya sudah sangat luas dari semua masyarakat Indonesia. Jangan memaksakan kehendak," tutur Muhyidin.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi memerintahkan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengantarkan naskah final UU Cipta Kerja ke organisasi kemasyarakatan (ormas) islam, Minggu (18/10/2020).

Pratikno diutus Jokowi untuk mensosialisasikan UU Cipta Kerja ke PBNU, Muhammadiyah dan MUI. Selain itu, menjaring masukan dari ormas islam terkait aturan turunan UU Cipta Kerja yang ditargetkan rampung dalam 3 bulan.

Pasalnya, NU dan MUI merupakan bagian dari pemangku kepentingan yang memiliki perhatian terhadap UU Cipta Kerja. Sementara, pemerintah saat ini tengah bergegas menyusun aturan turunan berupa Peraturan Pemerintah (PP) atau Peraturan Presiden (Perpres).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pimpinan Ponpes Gontor Wafat, Menag: Indonesia Kehilangan Tokoh Pendidikan

Posted: 21 Oct 2020 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi, menyampaikan duka mendalam dan belasungkawa atas wafatnya pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor, DR. KH. Abdullah Syukri Zarkasji, Rabu 21 Oktober 2020 kemarin.

Menurut dia, Indonesia kehilangan tokoh pendidikan atas wafatnya Abdullah Syukri Zarkasji.

"Indonesia kehilangan tokoh pendidikan dan sosok yang sangat istiqamah membina umat," kata Fachrul berdasarkan keterangannya, Rabu (21/10/2020).

Dia menyebut, rasa dukanya semakin dalam mengingat sejumlah tokoh juga wafat dalam beberapa bulan terakhir.

"Rasa duka ini makin dalam seiring wafatnya sejumlah tokoh dan pengasuh pesantren dalam beberapa bulan terakhir ini," jelas Fachrul Razi.

Dia menuturkan, almarhum telah meninggalkan banyak warisan teladan. Para santri Gontor yang saat ini banyak berkiprah dalam berbagai bidang adalah generasi penerus yang diharapkan dapat meneruskan nilai kejuangan almarhum.

"Legacy almarhum sangat banyak. Alumni Gontor yang berkhidmah di berbagai bidang adalah bukti nyata keberhasilan perjuangannya," tandas Fachrul.

 

Mengikuti Jejaknya

Fachrul Razi berharap, ada generasi muda mengikuti jejaknya. Bahkan bisa belajar dari almarhum.

"Saya berharap generasi muda bisa belajar kearifan dan keistiqamahannya," kata dia.

Kabar duka datang dari keluarga besar Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor Ponorogo Jawa Timur, KH Abdullah Syukri Zarkasyi, salah satu pimpinan Pondok Pesantren Darussalam Gontor meninggal dunia. 

Kabar wafatnya Kiai Abdullah  disampaikan adiknya, Prof Amal Fathullah, yang juga Rektor Unida Gontor.

"Telah wafat Bapak KH Abdulllah Syukri Zarkasyi di Rumah Gontor Jam 15.50," ucap Amal dalam pesan singkat yahg diterima, Rabu (21/10/2020).

Amal mengatakan, Abdullah meninggal akibat sakit. Semoga dosanya di ampuni, dan amal ibadahnya terima Allah SWT. Dan semoga Husnul Khatimah. Amin," ucap Amal.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

MENTERI AGAMA FACHRUL RAZI SEMBUH DARI COVID-19
MENTERI AGAMA FACHRUL RAZI SEMBUH DARI COVID-19

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perjuangan Sherina Munaf Daki Gunung Kencana, dari Megap-Megap hingga Terjatuh

Posted: 21 Oct 2020 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bogor memiliki banyak destinasi wisata menarik, salah satunya Gunung Kencana. Lokasi wisata ini juga jadi salah satu yang ramai dikunjungi para pendaki, termasuk Sherina Munaf.

Lewat akun Instagram pribadinya, ia membagikan cerita perjuangannya menaklukan Gunung Kencana hingga mencapai puncaknya. Dalam pendakian itu, pemain film Petualangan Sherina itu ditemani pacarnya, Baskara Mahendra.

"Tipu-tipu @baskaramahendra konon katanya ini trekking, di kepala kebayangnya jalan-jalan cantik rute landai udara segar, ternyata hiking ke puncak dan merasa bersalah kalau berhenti di tengah-tengah," cerita putri bungsu Triawan Munaf itu dalam keterangan foto, Rabu, 21 Oktober 2020.

Dalam foto itu, ia tampak sedang istirahat dengan duduk pada sebatang pohon dengan ikat kepala abu-abu. Ia mengenakan kaus ungu lengan panjang, celana biru, dan sepatu warna senada.

"Baru masuk bayar tiket, disambut tanjakan Sambalado (lah ini mendaki apa outbond), tengah2 mulai trauma bangun pagi buat beginian, nyampe pos 1 rasanya udah megap-megap pengen pulang, tapi dengan kekuatan gengsi dan malu, lanjutin terus nyampe juga ke puncak," lanjut Sherina Munaf.

Sempat Terjatuh

Sherina Munaf dan Baskara Mahendra saat mendaki Gunung Kencana, Bogor (Dok.InstagramStory/Sherina Munaf)
Sherina Munaf dan Baskara Mahendra saat mendaki Gunung Kencana, Bogor (Dok.InstagramStory/Sherina Munaf)

Sherina sempat bangga setelah sampai di puncak Gunung Kencana. Seharusnya, turunnya akan lebih mudah dibanding saat naik, tapi ternyata salah.

"Ternyata licin sempet gedubrak jatoh, @baskaramahendra pun mau ga mau menjadi pengganti trekking pole. Naik capek, turun mencekam," tutur perempuan yang sempat kuliah di Jepang tersebut.

Meski begitu, Sherina mengatakan pendakiannya ke Gunung Kencana lumayan bermanfaat semacam menaklukkan rasa malas dan menyelesaikan apa yang kepalang dimulai. Apalagi, sudah tiga hari menjauhkan diri dari media sosial sehingga cukup menyelamatkan kesehatan mentalnya.

"Btw ini Gunung Kencana tingkat pemula untuk para pendaki-pendaki handal (baca: bukan saya). Ada yang kenal dan atau kapok sama tanjakan pedes Sambalado? 🙂," tanyanya.

Infografis Polusi Udara di Dunia Menurun saat Pandemi Corona. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Polusi Udara di Dunia Menurun saat Pandemi Corona. (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sentimen Positif Global Bawa Rupiah Menguat

Posted: 21 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah tipis pada perdagangan Kamis pekan ini.

Mengutip Bloomberg, Kamis (22/10/2020), rupiah dibuka di angka 14.617 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.632 per dolar AS. Menjelang siang, rupiah berada di level 14.676 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.617 per dolar AS hingga 14.678 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 5,85 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia, rupiah dipatok di angka 14.697 per dolar AS, menguat jika dibandingkan patokan sebelumnya yang ada di angka 14.658 per dolar AS.

Nilai tukar rupiah diprediksi masih akan dibayangi sentimen perkembangan paket stimulus di Amerika Serikat.

Analis pasar uang PT Bank Mandiri Rully Arya Wisnubroto mengatakan rupiah melanjutkan tren penguatan yang terjadi dalam beberapa pekan terakhir.

"Penguatan memang terjadi karena beberapa sentimen positif yang mendukung, baik dari dalam maupun dari luar negeri," ujar Rully dia dalam dikutip dari Antara, Kamis (22/10/2020).

Dari dalam negeri, lanjutnya, sentimen didorong oleh ekspektasi menyusutnya defisit neraca transaksi berjalan sepanjang tahun ini, menyusul surplus neraca perdagangan yang terjadi dalam lima bulan berturut-turut

"Sementara dari global, harapan muncul akan disepakatinya stimulus fiskal di AS," kata Rully.

Kendati demikian, apabila ekspektasi pasar akan lolosnya paket stimulus AS tidak terealisasi, akan menjadi katalis negatif bagi rupiah.

"Tapi nanti bisa berbeda hasilnya, kalau ternyata tidak tercapai, bisa berdampak negatif juga terhadap pasar," ujar Rully

Pada Rabu (21/10) lalu, rupiah ditutup menguat 25 poin atau 0,17 persen menjadi Rp14.633 per dolar AS dari sebelumnya Rp14.658 per dolar AS.

Perdagangan Kemarin

Teller menunjukkan mata uang rupiah di bank, Jakarta, Rabu (22/1/2020). Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan penguatan nilai tukar rupiah yang belakangan terjadi terhadap dolar Amerika Serikat sejalan dengan fundamental ekonomi Indonesia dan mekanisme pasar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Teller menunjukkan mata uang rupiah di bank, Jakarta, Rabu (22/1/2020). Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan penguatan nilai tukar rupiah yang belakangan terjadi terhadap dolar Amerika Serikat sejalan dengan fundamental ekonomi Indonesia dan mekanisme pasar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Kemarin, Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah tipis pada perdagangan Rabu pekan ini.

Mengutip Bloomberg, Rabu (19/10/2020), rupiah dibuka di angka 14.635 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.657 per dolar AS. Menjelang siang, rupiah berada di level 14.640 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.635 per dolar AS hingga 14.660 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 5,58 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia, rupiah dipatok di angka 14.658 per dolar AS, menguat jika dibandingkan patokan sebelumnya yang ada di angka 14.729 per dolar AS.

Nilai tukar (kurs) rupiah pada Rabu berpeluang menguat seiring ekspektasi disepakati stimulus lanjutan di Amerika Serikat.

"Rupiah berpotensi menguat hari ini setelah semalam ada indikasi stimulus AS mungkin bisa dirilis sebelum pemilu," kata Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures Ariston Tjendra dikutip dari Antara, Rabu (21/10/2020).

Presiden AS Donald Trump dikabarkan menawarkan nilai proposal stimulus yang lebih besar dibandingkan Partai Demokrat, yang mengindikasikan keinginan Trump untuk segera mendapatkan kesepakatan dan meluncurkan stimulus sebelum pemilu AS tanggal 3 November 2020 mendatang.

Menurut Ariston, kabar baik tersebut direspon positif oleh pasar dan harga aset berisiko menguat.

"Pagi ini juga masih terlihat penguatan harga aset berisiko dan rupiah mungkin bisa ikut menguat hari ini," ujar Ariston.

Ariston memperkirakan hari ini rupiah bergerak di kisaran Rp14.550 per dolar AS hingga Rp14.750 per dolar AS.

Pada Selasa (20/10) lalu, rupiah ditutup menguat 50 poin atau 0,34 persen menjadi Rp14.658 per dolar AS dari sebelumnya Rp14.708 per dolar AS.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sosok Gibran Rakabuming 'Pendobrak' Budaya Jadi Sorotan Penulis Ahmad Bahar

Posted: 21 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Cirebon - Sosok putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming menjadi daya tarik Ahmad Bahar untuk menuliskannya dalam sebuah buku.

Adalah Ahmad Bahar, salah seorang penulis asal Jawa Timur tersebut mengaku tertarik menulis buku tentang Gibran Rakabuming. Buku berjudul 'Menang Ora Opo-Opo Kalah Yo Uwis' itu menceritakan sosok Gibran melalui peristiwa budaya.

"Isinya memang terkait fenomenal Gibran sebagai peristiwa budaya, salah satunya yaitu rekomendasi dia sebagai calon wali kota Solo," ujar Bahar di salah satu kafe di Kota Cirebon, Selasa (20/10/2020).

Bahar mengaku menggelar pra launching buku tersebut di Cirebon dan beberapa kota lain. Bahar mengaku tertarik menulis buku itu karena Gibran dinilai sebagai sosok milenial.

Apalagi, Gibran banyak dibicarakan orang karena pencalonannya menuju kursi Wali Kota Solo.

"Gibran itu simbol tentang masa depan, bibit pemimpin masa depan dan itu dimulai dari sekarang. Kalau saat ini (pencalonan Wali Kota Solo) disebut latihan, ya boleh saja," tuturnya.

Uniknya, Bahar tidak memperlihatkan buku yang ditulisnya itu kepada awak media. Buku tersebut akan diedarkan pada 3 November langsung ke tangan pembeli yang sudah melakukan pemesanan sebelumnya secara online.

Berbekal gawai, satu-per satu bab demi bab buku tersebut dibahas. Penulisan buku Gibran ini dirangkum dalam dua bahasa yakni bahasa Jawa dan Indonesia, utamanya di bagian-bagian sub judul.

Tangkal Hoaks

Pre launching buku Gibran Rakabuming karya Ahmad Bahar di Cirebon. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)
Pre launching buku Gibran Rakabuming karya Ahmad Bahar di Cirebon. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

"Buku ini berisi kurang lebih 153 halaman. Cetakan pertama dibuat 15 ribu eksemplar, dan saat ini sudah dipesan secara pre order sebanyak 500 eksemplar," tutur Bahar, yang memiliki nama pena Juminem.

Ia juga mengatakan, isi buku tersebut memang banyak terkait dengan Gibran yang dinilai fenomenal. Namun, kata dia, tujuan utama pembuatan buku ini untuk mencerdaskan masyarakat di tengah banyaknya berita-berita hoaks.

Korban termakan hoaks, termasuk berita-berita tentang Gibran banyak yang dianggap miring.

"Saya bukan pendukung dia (Gibran), tidak kenal dia sebelumnya, hanya tahu bahwa dia merupakan anak dari seorang Presiden. Oleh karena itu saya menulisnya menjadi seorang tokoh yang layak dibicarakan tapi bagian dari peristiwa budaya, bukan peristiwa politik," ungkapnya.

Pendiri Pena Writing School ini dalam bukunya juga mengisahkan tentang pencalonan Gibran dalam peritiwa budaya sebagai fenomena baru. Dalam salah satu sub judul buku ini tentang 'Uwis Wayaye' yang artinya kalau Gibran muncul mungkin sudah waktunya anak muda tampil di muka (sebagai calon).

"Tapi masalahnya kenapa harus anak muda yang merupakan anak dari Jokowi. Apakah yang lain tidak ada yang lebih hebat dan mampu, hanya saja ada daya tarik dan data lebihnya, karena dia anak dari seorang Presiden," kata Bahar.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Hak Paten Virus Corona Covid-19 Sudah Ada Sejak 2015?

Posted: 21 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah postingan Facebook dibagikan dan menjadi viral. Unggahan itu berupa gambar yang menyebut seseorang bernama Richard A. Rothschild mengajukan hak paten untuk tes virus corona covid-19 sejak tahun 2015.

Bahasan soal hak paten virus corona covid-19 sejak tahun 2015 juga dibicarakan di Twitter. Salah satu pengguna Twitter, @The_Found_ membuat tangkapan layar dari pemilik akun Facebook, Clinton Wensley yang membahas isu ini.

Begini narasi yang dibuat Clinton Wensley seperti diunggah oleh @The_Found_ di Twitter:

"Bagi Anda yang tidak mengira penipuan covid-19 tidak direncanakan bertahun-tahun sebelumnya.

Tolong jelaskan bagaimana Rothschild mengajukan paten COVID 19 KEMBALI PADA 2015?!?!

5 tahun yang lalu?? Hallo??"

Lalu, benarkah seseorang bernama Richard A. Rothschild telah mengajukan hak paten untuk tes virus corona covid-19 sejak tahun 2015?

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Untuk menelusuri kebenaran informasi tersebut, Cek Fakta Liputan6.com mengunakan pencarian di Espacenet, platform untuk mencari paten dan aplikasi yang dikembangkan oleh European Patent Office. Untuk melihatnya, klik tautan ini.

Situs tersebut menunjukkan pengajuan tersebut sebagai aplikasi continuation in part (CIP) untuk paten Amerika Serikat (AS), yaitu sebagian kelanjutan dari aplikasi yang ada. Prinsip CIP memungkinkan penemu untuk menghubungkan paten baru dengan lisensi yang lebih lama, selama penemuan lama berkontribusi pada pengembangan yang baru.

Paten Rothschild, yang mengajukan untuk metode "memperoleh dan mengirimkan data biometrik," pertama kali diajukan pada 2013, seperti yang dicatat dalam tangkapan layar yang dibagikan di unggahan Facebook.

Permohonan CIP tersebut kemudian diajukan pada Mei 2020 karena metodenya dapat digunakan untuk "menentukan apakah pengguna menderita infeksi virus, seperti covid-19," sebagaimana tercantum dalam abstrak paten.

Kemudian seperti dikutip dari situs AFP Fact Check dengan judul artikel: "Facebook posts promote false conspiracy that coronavirus testing patent was submitted in 2015", juru bicara European Patent Office, Rainer Osterwalder mengatakan, aplikasi paten tidak memiliki referensi ke covid-19 sebelum tahun 2020.

"Dalam registrasi yang diungkapkan pertama tahun 2016, ini tentang data video. Dalam aplikasi berikutnya tahun 2016/2017, pengumpulan, pemrosesan, dan transmisi data biometrik ditentukan."

"Aplikasi pertama dari tahun 2015 yang Anda sebutkan tidak pernah diungkapkan, tetapi untuk alasan hukum paten itu juga harus mengacu pada penemuan yang disebutkan (jika tidak 'kelanjutan sebagian' tidak akan mungkin)," kata Osterwalder kepada AFP.

Langkah pasti pengajuan paten Rothschild bisa dilihat di Espacenet atau via Google Patents. Mulai 21 Oktober 2020, permohonan sedang dalam proses untuk diberikan oleh US Patent Office.

Mengenai nama Rothschild dalam paten tersebut, AFP menghubungi grup Rothschild & Co., yang dikendalikan oleh keluarga Rothschild. Mereka pun memberikan jawaban: "Tidak ada hubungannya antara Rothschild & Co dan orang yang disebutkan dalam paten."

 

Kesimpulan

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Informasi yang menyebut seseorang bernama Richard A. Rothschild telah mengajukan hak paten untuk tes virus corona covid-19 sejak tahun 2015 adalah salah.

Faktanya, gambar yang beredar di Facebook menunjukkan permohonan tambahan yang diajukan pada 2020, menyusul pengajuan permohonan paten sebelumnya yang dilakukan tahun 2015. Ini juga tidak terkait dengan virus corona covid-19.

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasar Benpas Mojokerto Buka 22 Oktober 2020, Semua Transaksi Wajib Pakai Aplikasi

Posted: 21 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari meninjau Pasar Benteng Pancasila (Benpas) yang akan diresmikan pengoperasiannya pada Kamis, 22 Oktober 2020.

Kunjungan Wali Kota Mojokerto yang akrab dipanggil Ning Ita di Pasar Benpas untuk melihat kondisi pasar yang pernah terbakar pada 2017 lalu itu telah siap ditempati oleh para pedagang, Rabu, 21 Oktober 2020.

Memakai face-shield sebagai bagian dari protokol kesehatan, Ning Ita didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Mojokerto Ruby Hartoyo mengelilingi bangunan yang telah rampung tersebut. Ning Ita juga masuk ke kios yang belum berpenghuni untuk melihat-lihat dan membahas fasilitas yang ada.

Ia juga menyempatkan diri berbicara dengan salah satu pedagang kios yang dulunya adalah penghuni lama saat pasar terbakar dan menyapa pedagang-pedagang lain sebelum melanjutkan inspeksi, dilansir dari Antara.

Ning Ita mengatakan jika Pasar Benteng Pancasila itu merupakan pasar keempat yang dibangun setelah dua tahun menjabat dengan tujuan untuk memajukan ekonomi, terlebih setelah krisis pandemi.

Selain itu, wali kota perempuan pertama di Mojokerto itu juga mengenalkan bentuk transaksi modern yang akan digunakan dalam bertransaksi di Pasar Benteng Pancasila nanti.

"Kami juga telah menyiapkan aplikasi cashless meeber. Aplikasi ini sudah disiapkan sejak tiga bulan terakhir, jadi bukan sesuatu yang tiba-tiba. Model transasksi ini juga dapat memutus rantai penyebaran virus corona," ucapnya.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Wajib Gunakan Aplikasi

Ilustrasi Aplikasi (Foto: pixabay/pexels.com)
Ilustrasi Aplikasi (Foto: pixabay/pexels.com)

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Mojokerto Ruby Hartoyo menerangkan jika pedagang sudah dibekali dan install-kan aplikasi itu di masing-masing telepon genggam.

"Cuma sekarang tergantung pembelinya, karena pembeli harus punya aplikasi itu juga. Kalau pembeli tidak punya aplikasi itu, tidak bisa," ucapnya.

Ia mengatakan, meski belum semua pedagang dapat mengoperasikan meeber, pihaknya telah melakukan pelatihan. "Nanti kami akan terus dampingi dalam penggunaannya ke depan," ujarnya.

Ruby menjelaskan jika walikota tidak memberi catatan apa-apa selain bahwa pasar telah harus siap untuk peresmian. Hanya saja, ada beberapa hal kecil yang perlu diperbaiki seperti rolling door yang macet dan penambahan lampu oleh para pedagang.

"Nanti kami coba mengklasifikasikan kios. Karena masih ada pedagang makanan minuman dan pedagang kain yang bersebelahan, jadi masih harus di petak-petak," katanya.

Ditanya apakah ada keluhan dari pedagang sekitar, Ruby mengatakan jika saat ini mereka telah merasa cukup dengan apa yang telah diberikan pemerintah.

"Sementara tidak ada karena pada dasarnya mereka sudah sangat bersyukur dengan adanya bangunan ini," katanya.

 

Ada 243 Kios

Pasar yang berada di bawah naungan Dinas Perindustrian dan Perdagangan ini memiliki total 242 kios yang dibangun dengan dana sebesar Rp11,2 miliar.

Kios-kios ini telah diisi oleh 198 eks-pedagang alun-alun, 17 pedagang dari Tropodo, dan 25 pedagang yang telah mendaftar di Disperindag.

"Hari ini akan diumumkan siapa saja yang terpilih untuk menempati pasar karena yang terdaftar di kami ada lebih dari 30-an orang. "Padahal yang tersedia hanya 25. Itu terserah Bu Wali milih yang mana. Kualifikasinya mereka yang sudah berjualan, sudah ada jiwa-jiwa pedagangnya dan bukan orang baru," ujarnya.

Terakhir, Ruby berharap agar sampai malam nanti, semua kios sudah langsung terisi. "Sehingga persiapan peresmian besok, waktu ditinjau oleh Bapak Ketua DPD, Bu Gubernur ataupun wali kota kiosnya sudah buka semua. Waktu peninjauan nanti, biar sudah bisa ada transaksi jual-beli. Bisa langsung berfungsi," katanya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demo Terjadi Lagi, Catat Perubahan Rute Transjakarta Hari Ini

Posted: 21 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aksi demo terkait RUU Cipta Kerja kembali terjadi, Kamis (22/10/2020). Mengantisipasi hal tersebut, Direktur Operasional PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Prasetia Budi mengatakan, adanya perubahan rute di sejumlah layanan Transjakarta.

"Akan berlangsung hari ini sekitaran Patung Kuda, Monas, Jakarta Pusat dan sekitarnya sehingga akibatkan penutupan jalan di sekitar lokasi," kata Prasetia dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.

Untuk lebih jelasnya berikut perubahan rute yang diberlakukan Transjakarta, hari ini:

Koridor 1 (Blok M – Kota)

Arah Kota: mengalami pengalihan rute sementara arah sebaliknya normal.

Adapun rute pengalihannya ialah:

Blok M - Sarinah – Lampu merah Sarinah - keluar jalur – Lampu merah Bank Indonesia - belok kiri - Jalan Kebon Sirih - Hotel Milenium belok kiri - Jalan Fachrudin belok kanan – Lampu merah Jati Baru lurus - Jalan Cideng Barat – Lampu merah Tarakan - belok kanan - Halte Petojo – Lampu merah Harmoni - belok kiri - Harmoni - Kota

Halte Transjakarta yang tidak melayani arah Kota: - Halte Monas- Halte Bank Indonesia (BI)

 

Koridor 2 (Harmoni – Pulogadung)

Mengalami pengalihan rute dan untuk sementara tidak melewati halte Monas sampai dengan Halte Kwitang.

Rute 6A (Ragunan - Monas via Kuningan) dan rute 6B (Ragunan - Monas via Semanggi):

mengalami perpendekan rute menjadi Ragunan – Tosari.

Halte yang tidak melayani - Halte Bundaran HI- Sarinah- Halte Bank Indonesia- Halte Monas

 

Selanjutnya

Rute 1A (PIK – Balaikota):

mengalami perpendekan rute menjadi PIK _ Kota

Halte Transjakarta yang tidak melayani:- Glodok- Olimo- Mangga Besar- Sawah Besar- Harmoni- Monas- Bus Stop Balaikota

Rute JAK-10 (Tanah Abang – Kota):

mengalami pengalihan rute dan untuk tidak melewati pemberhentian Majapahit. Sementara arah sebaliknya tidak melewati pemberhentian Duta Merlin sampai dengan pemberhentian Pecenongan.

Infografis Unjuk Rasa Dihantui Covid-19

Infografis Unjuk Rasa Dihantui Covid-19 (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Unjuk Rasa Dihantui Covid-19 (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Redmi Ingin Bikin Smartphone Layar Kecil Seperti iPhone 12 Mini

Posted: 21 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Redmi mempertimbangkan untuk merilis smartphone berlayar kecil. Informasi ini diketahui dari unggahan General Manager Redmi, Lu Weibing, di akun media sosialnya.

Sekadar informasi, di masa lalu, Xiaomi banyak mendapatkan inspirasi dari Apple dalam menghadirkan produk-produknya.

Memang Weibing tak secara langsung mengisyaratkan, sedang pertimbangan kehadiran smartphone layar kecil Redmi serupa dengan iPhone 12 mini.

Namun, seiring perilisan iPhone 12 oleh Apple minggu lalu, iPhone 12 mini menjadi tipe paling terjangkau dari semuanya.

Perangkat tersebut memiliki layar Super Retina berukuran kecil yakni 5,4 inci.

Dikutip dari NDTV, Kamis (22/10/2020), Weibing di akun Weibo-nya seolah menyebut Redmi mempertimbangkan kemungkinan untuk memproduksi smartphone berukuran mini.

Kapasitas Daya Dikorbankan

Redmi 9A (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)
Redmi 9A (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Namun ia mengingatkan, dalam merilis smartphone berukuran mini, perusahaan perlu berkompromi dengan kapasitas baterai yang diterapkan untuk perangkat.

Ia menjelaskan, mengurangi ukuran smartphone secara langsung berati baterai yang terpasang di dalamnya juga berkapasitas lebih kecil.

"Redmi ingin membuat smartphone berukuran mini, namun kapasitas atau daya tahan baterai akan dikorbankan sedemikian rupa," kata Weibing, dalam akun Weibo-nya.

Sekadar informasi, apa yang dikatakan oleh Weibing ini memang benar adanya. Hal ini terbukti dari kapasitas baterai milik iPhone 12 mini yang hanya 2.227mAh. Sementara iPhone 12 memiliki baterai yang agak besar, yakni 2.815mAh.

Bakal Masuk ke Seri Redmi 10?

Kamera belakang Redmi 9C yang baru rilis. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)
Kamera belakang Redmi 9C yang baru rilis. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Dalam unggahannya, Weibing juga membagikan markas Xiaomi di Tiongkok. Ia tidak memberikan konfirmasi atau bocoran mengenai kapan Redmi akan menghadirkan smartphone mini tersebut.

Kendati demikian, jika benar Redmi memutuskan untuk membuat smartphone berukuran mini, bocoran informasinya tentu bakal mulai terungkap di internet.

Sekadar informasi, saat ini Redmi Note 10 series dikabarkan tengah dalam pengembangan. Mungkinkah Redmi menghadirkan versi Redmi mini pada seri ini?

(Tin/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fakta Menarik Kemenangan Liverpool atas Ajax Lewat Gol Bunuh Diri

Posted: 21 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Liverpool mengawali musim Liga Champions 2020-21 dengan mencatat kemenangan 1-0 atas Ajax di Amsterdam. Gol bunuh diri pemain Ajax Nicolas Tagliafico membuat Liverpool berhasil mencuri poin penuh dalam laga Liga Champions Grup D di Johan Cruijff Arena, Rabu waktu setempat atau Kamis dinihari WIB (22/10/2020).

Pada laga itu, Liverpool dan Ajax banyak menciptakan peluang mencetak gol. Namun, akhirnya bek kiri Ajax Argentina Nicolas Tagliafico mengubah tembakan lecet Sadio Mane ke gawangnya sendiri pada menit ke-35.

Itu adalah kesalahan yang tidak menguntungkan dari Tagliafico yang menghasilkan satu-satunya gol di babak pertama dan memberi Liverpool keunggulan 1-0 menjelang jeda.

Babak kedua berlanjut dengan cara yang sama, dengan kedua tim menciptakan peluang yang menjanjikan tetapi kurang sentuhan akhir. Liverpool dan Ajax juga melakukan banyak perubahan, karena kelelahan mencari gol.

Namun, tidak ada lagi gol dalam permainan saat Liverpool mengakhiri kemenangan dan tiga poin. Dalam pertandingan Liga Champions berikutnya, The Reds akan menyambut Midtjylland di Anfield sementara Ajax bertandang ke Atalanta.

Untuk itu, berikut ada beberapa fakta menarik terkait kemenangan Liverpool atas Ajax di Amsterdam.

Tak Ada Pemain Kunci

Gelandang Liverpool, James Milner berebut bola dengan pemain Ajax Amsterdam,  Dusan Tadic pada pertandingan pertama Grup D Liga Champions 2020 di Johan Cruijff Arena, Kamis (22/10/2020) dini hari WIB. Liverpool susah payah menang tipis 1-0 di kandang Ajax. (AP Photo/Peter Dejong)
Gelandang Liverpool, James Milner berebut bola dengan pemain Ajax Amsterdam, Dusan Tadic pada pertandingan pertama Grup D Liga Champions 2020 di Johan Cruijff Arena, Kamis (22/10/2020) dini hari WIB. Liverpool susah payah menang tipis 1-0 di kandang Ajax. (AP Photo/Peter Dejong)

Setelah Derby Merseyside yang diperebutkan akhir pekan lalu, Liverpool menyesali bukan hanya hasilnya tetapi juga kehilangan Virgil van Dijk dalam jangka panjang.

Setelah hasil imbang melawan Everton, Liverpool kehilangan gelandang Thiago Alcantara dan bek Joel Matip karena cedera, sementara kiper pilihan pertama Alisson Becker terus absen.

Dalam pertandingan domestik dan Eropa yang akan datang, Jurgen Klopp akan sangat bergantung pada kedalaman skuad untuk mengelola beban kerja mereka yang kembali dari cedera.

Hal itu terlihat jelas dalam keputusan Klopp untuk melakukan perubahan pada babak pertama sebelum mengganti ketiga penyerang ketika pertandingan masih jauh dari kemenangan.

Ajax Terus Hasilkan Pemain Berbakat

Gelandang Liverpool, Liverpool Xherdan Shaqiri melakukan tembakan yang berusaha dihentikan pemain Ajax Amsterdam, Perr Schuurs pada pertandingan pertama Grup D Liga Champions 2020 di Johan Cruijff Arena, Kamis (22/10/2020) dini hari WIB. Liverpool susah payah menang tipis 1-0 di kandang Ajax. (AP Ph
Gelandang Liverpool, Liverpool Xherdan Shaqiri melakukan tembakan yang berusaha dihentikan pemain Ajax Amsterdam, Perr Schuurs pada pertandingan pertama Grup D Liga Champions 2020 di Johan Cruijff Arena, Kamis (22/10/2020) dini hari WIB. Liverpool susah payah menang tipis 1-0 di kandang Ajax. (AP Ph

Pada Mei 2019, Ajax hanya berjarak beberapa detik untuk mengamankan tempat di final Liga Champions melawan Liverpool. Namun, gol Lucas Moura mengirim Tottenham Hotspur sebagai gantinya.

Sedikit lebih dari setahun kemudian, Ajax telah kehilangan sebagian besar tim yang menghadapi Spurs. Tidak kurang dari enam pemain starting eleven bergerak meninggalkan klub.

Namun demikian, juara Belanda itu terus menghasilkan bakat yang menjanjikan, sehingga tim mereka memiliki perpaduan yang bagus antara pemuda dan pengalaman.

Pemain seperti Ryan Gravenberch yang berusia 18 tahun dan Perr Schuurs yang berusia 20 tahun atau Mohammed Kudus turun ke lapangan melawan Liverpool, Ajax datang dengan tampilan baru termasuk para veteran seperti Daley Blind dan Davy Klaasen.

Ajax juga sangat cerdik dalam memilih waktu yang tepat untuk membiarkan talenta top mereka pergi, yang berarti pemain seperti Andre Onana dan Nicolas Tagliafico masih tetap di klub meskipun menarik minat dari klub Eropa lainnya selama beberapa musim terakhir.

Fabinho Bersinar dalam Peran Baru

Gelandang Liverpool, James Milner berebut bola dengan pemain Ajax Amsterdam, Zakaria Labyad pada pertandingan pertama Grup D Liga Champions 2020 di Johan Cruijff Arena, Kamis (22/10/2020) dini hari WIB. Liverpool susah payah menang tipis 1-0 di kandang Ajax. (AP Photo/Peter Dejong)
Gelandang Liverpool, James Milner berebut bola dengan pemain Ajax Amsterdam, Zakaria Labyad pada pertandingan pertama Grup D Liga Champions 2020 di Johan Cruijff Arena, Kamis (22/10/2020) dini hari WIB. Liverpool susah payah menang tipis 1-0 di kandang Ajax. (AP Photo/Peter Dejong)

Sementara Adrian merasa sulit untuk mengganti posisi Alisson Becker, satu pemain yang tampaknya berkembang dalam peran yang tidak biasa untuk Liverpool adalah Fabinho.

Hengkangnya Dejan Lovren di musim panas, ditambah dengan cedera pada pemain lain, mengharuskan Fabinho untuk melangkah ke peran bek tengah, dan dilakukan pemain Brasil itu dengan sangat mudah.

Mantan pemain Monaco, yang memiliki pengalaman bermain sebagai bek kanan, bermain di pertahanan tengah melawan Chelsea awal musim ini dan secara efektif membuat Timo Werner absen.

Ditempatkan di posisi yang sama melawan Ajax, Fabinho sekali lagi tampil luar biasa, melakukan sejumlah intersepsi yang sangat baik.

Simak Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Dilanda Banjir, Warga Venezuela Berlindung di Atap Rumah

Posted: 21 Oct 2020 09:00 PM PDT

Carlos Gelez berdiri di atap rumahnya yang banjir sambil memegang senapan mainan untuk menakut-nakuti pencuri di Mata Redonda, Maracay, Venezuela, Rabu (21/10/2020). Lusinan keluarga mencari perlindungan di atap rumah mereka untuk melindungi barang pribadi mereka. (AP Photo/Matias Delacroix)
Carlos Gelez berdiri di atap rumahnya yang banjir sambil memegang senapan mainan untuk menakut-nakuti pencuri di Mata Redonda, Maracay, Venezuela, Rabu (21/10/2020). Lusinan keluarga mencari perlindungan di atap rumah mereka untuk melindungi barang pribadi mereka. (AP Photo/Matias Delacroix)

Carlos Gelez berdiri di atap rumahnya yang banjir sambil memegang senapan mainan untuk menakut-nakuti pencuri di Mata Redonda, Maracay, Venezuela, Rabu (21/10/2020). Lusinan keluarga mencari perlindungan di atap rumah mereka untuk melindungi barang pribadi mereka. (AP Photo/Matias Delacroix)

Oscar Delgado duduk di atap rumah tetangganya yang terendam banjir di Mata Redonda, Maracay, Venezuela, Rabu (21/10/2020). Hujan deras di negara bagian Aragua menyebabkan Sungai Madre Vieja meluap dan membanjiri beberapa wilayah. (AP Photo/Matias Delacroix)
Oscar Delgado duduk di atap rumah tetangganya yang terendam banjir di Mata Redonda, Maracay, Venezuela, Rabu (21/10/2020). Hujan deras di negara bagian Aragua menyebabkan Sungai Madre Vieja meluap dan membanjiri beberapa wilayah. (AP Photo/Matias Delacroix)

Oscar Delgado duduk di atap rumah tetangganya yang terendam banjir di Mata Redonda, Maracay, Venezuela, Rabu (21/10/2020). Hujan deras di negara bagian Aragua menyebabkan Sungai Madre Vieja meluap dan membanjiri beberapa wilayah. (AP Photo/Matias Delacroix)

Seorang wanita dan anaknya duduk di atap rumah mereka yang terendam banjir di Mata Redonda, Maracay, Venezuela, Rabu (21/10/2020). Lusinan keluarga mencari perlindungan di atap rumah mereka untuk melindungi barang pribadi mereka. (AP Photo/Matias Delacroix)
Seorang wanita dan anaknya duduk di atap rumah mereka yang terendam banjir di Mata Redonda, Maracay, Venezuela, Rabu (21/10/2020). Lusinan keluarga mencari perlindungan di atap rumah mereka untuk melindungi barang pribadi mereka. (AP Photo/Matias Delacroix)

Seorang wanita dan anaknya duduk di atap rumah mereka yang terendam banjir di Mata Redonda, Maracay, Venezuela, Rabu (21/10/2020). Lusinan keluarga mencari perlindungan di atap rumah mereka untuk melindungi barang pribadi mereka. (AP Photo/Matias Delacroix)

Carlos Gelez berbicara dengan anggota keluarga yang mencari perlindungan di atap rumah mereka di Mata Redonda, Maracay, Venezuela, Rabu (21/10/2020). Hujan deras di negara bagian Aragua menyebabkan Sungai Madre Vieja meluap dan membanjiri beberapa wilayah. (AP Photo/Matias Delacroix)
Carlos Gelez berbicara dengan anggota keluarga yang mencari perlindungan di atap rumah mereka di Mata Redonda, Maracay, Venezuela, Rabu (21/10/2020). Hujan deras di negara bagian Aragua menyebabkan Sungai Madre Vieja meluap dan membanjiri beberapa wilayah. (AP Photo/Matias Delacroix)

Carlos Gelez berbicara dengan anggota keluarga yang mencari perlindungan di atap rumah mereka di Mata Redonda, Maracay, Venezuela, Rabu (21/10/2020). Hujan deras di negara bagian Aragua menyebabkan Sungai Madre Vieja meluap dan membanjiri beberapa wilayah. (AP Photo/Matias Delacroix)

Carlos Gelez memindahkan air banjir dari dalam rumahnya di Mata Redonda, Maracay, Venezuela, Rabu (21/10/2020). Lusinan keluarga mencari perlindungan di atap rumah mereka untuk melindungi barang pribadi mereka. (AP Photo/Matias Delacroix)
Carlos Gelez memindahkan air banjir dari dalam rumahnya di Mata Redonda, Maracay, Venezuela, Rabu (21/10/2020). Lusinan keluarga mencari perlindungan di atap rumah mereka untuk melindungi barang pribadi mereka. (AP Photo/Matias Delacroix)

Carlos Gelez memindahkan air banjir dari dalam rumahnya di Mata Redonda, Maracay, Venezuela, Rabu (21/10/2020). Lusinan keluarga mencari perlindungan di atap rumah mereka untuk melindungi barang pribadi mereka. (AP Photo/Matias Delacroix)

Seorang pria menggunakan pintu sebagai rakit darurat saat dia mengangkut seorang wanita melalui banjir di Mata Redonda, Maracay, Venezuela, Rabu (21/10/2020). Hujan deras di negara bagian Aragua menyebabkan Sungai Madre Vieja meluap dan membanjiri beberapa wilayah. (AP Photo/Matias Delacroix)
Seorang pria menggunakan pintu sebagai rakit darurat saat dia mengangkut seorang wanita melalui banjir di Mata Redonda, Maracay, Venezuela, Rabu (21/10/2020). Hujan deras di negara bagian Aragua menyebabkan Sungai Madre Vieja meluap dan membanjiri beberapa wilayah. (AP Photo/Matias Delacroix)

Seorang pria menggunakan pintu sebagai rakit darurat saat dia mengangkut seorang wanita melalui banjir di Mata Redonda, Maracay, Venezuela, Rabu (21/10/2020). Hujan deras di negara bagian Aragua menyebabkan Sungai Madre Vieja meluap dan membanjiri beberapa wilayah. (AP Photo/Matias Delacroix)

Seorang pria mengarungi jalan-jalan yang tergenang air di Mata Redonda, Maracay, Venezuela, Rabu (21/10/2020). Lusinan keluarga mencari perlindungan di atap rumah mereka untuk melindungi barang pribadi mereka. (AP Photo/Matias Delacroix)
Seorang pria mengarungi jalan-jalan yang tergenang air di Mata Redonda, Maracay, Venezuela, Rabu (21/10/2020). Lusinan keluarga mencari perlindungan di atap rumah mereka untuk melindungi barang pribadi mereka. (AP Photo/Matias Delacroix)

Seorang pria mengarungi jalan-jalan yang tergenang air di Mata Redonda, Maracay, Venezuela, Rabu (21/10/2020). Lusinan keluarga mencari perlindungan di atap rumah mereka untuk melindungi barang pribadi mereka. (AP Photo/Matias Delacroix)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Aksi Lucu Wanita Berhasil Gagalkan Penipuan Lewat Telepon

Posted: 21 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Modus penipuan via telepon dengan berdalih meminta uang darurat atas kecelakaan fiktif masih kerap terjadi.

Bagi para orangtua, jangan terburu-buru percaya hingga mengirimkan uang dan hendaknya memeriksa kebenarannya terlebih dahulu.

Penipuan dengan modus seperti itu pun baru-baru ini dialami seorang wanita dan diunggah Youtuber bernama Nail Haqsan.

Alih-alih merasa kesal, wanita ini malah menjahili oknum yang menipu. Lewat unggahan, dia memperlihatkan seorang wanita yang tengah asyik beradu akting hingga membuat emosi si penipu.

Artikel tentang berkat aktingnya, wanita ini berhasil gagalkan penipuan lewat telepon menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Diikuti oleh artikel tentang tak lebih baik, delapan bangunan hasil renovasi ini justru terlihat gagal.

Sementara itu artikel terpopuler ketiga tentang alami kejadian apes saat naik wahana di Dufan, kisah wanita ini bikin ngakak.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Berkat Aktingnya, Wanita Ini Berhasil Gagalkan Penipuan Lewat Telepon

(Nail Haqsan/youtube.com)
(Nail Haqsan/youtube.com)

 

Insiden ini terjadi ketika pelaku memberi tahu bahwa anak dari wanita tersebut ditahan kepolisian karena ketahuan membawa narkoba yang diberikan oleh teman sekolah.

Selengkapnya...

2. Tak Lebih Baik, 8 Bangunan Hasil Renovasi Ini Justru Terlihat Gagal

Setelah direnovasi, bangunan ini justru tampak kaku. Sumber: BoredPanda
Setelah direnovasi, bangunan ini justru tampak kaku. Sumber: BoredPanda

Merenovasi bangunan bukanlah hal sepele dan membutuhkan banyak biaya. Apabila tak merencanakannya dengan baik, bisa terjadi pembengkakan biaya dengan hasil yang tak sesuai harapan.

Terdapat beberapa alasan untuk merenovasi sebuah bangunan, seperti perubahan fungsi, perbaikan, dan estetika. Maka, seseorang perlu memperhatikan tujuan dan perencanaan yang matang sebelum melakukan renovasi.

Selengkapnya...

3. Alami Kejadian Apes Saat Naik Wahana di Dufan, Kisah Wanita Ini Bikin Ngakak

(Tiktok/@nunugomie.)
(Tiktok/@nunugomie.)

Berlibur ke Dufan pastinya cukup menyenangkan. Terlebih karena Dufan baru-baru ini telah menambahkan wahana baru yang lebih mengasyikan.

Apalagi jika ada promo yang cocok bagi kantong, Anda tidak perlu berpikir berlama-lama lagi. Pastinya untuk menghilangkan penat atau beban pikiran selama masa karantina, berkunjung ke Dufan adalah kegiatan yang dapat dipertimbangkan.

Akan tetapi, jangan lupa juga untuk mengikuti protokol kesehatan selama kalian berada di Dufan. Seorang wanita bernama Hanna membagikan pengalaman kocaknya saat menaiki wahana di Dufan, berikut ulasannya.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Viral Munculnya Beruang Madu di Dekat Sawah

Posted: 21 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini beredar video munculnya beruang madu di dekat sawah. Kejadian ini terjadi di daerah Sumatera Barat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Strategi Kemenkes Cegah Kasus COVID-19 Melonjak pada Libur Panjang Akhir Oktober

Posted: 21 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan bahwa mereka ikut mengantisipasi risiko lonjakan kasus COVID-19 sebagai dampak dari libur panjang di akhir Oktober ini.

Sekretaris Jenderal Kemenkes Oscar Primadi mengatakan bahwa para petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) akan terus bersiaga selama masa libur akhir Oktober.

Dalam temu media secara virtual, ditulis Kamis (22/10/2020), Oscar mengatakan bahwa Kantor Kesehatan Pelabuhan di bandara akan memiliki tugas ekstra untuk melakukan pencegahan COVID-19 dengan pemeriksaan dan pelacakan.

"Upaya lain tentunya kita lakukan contact tracing secara masif, kita bergerak, kemudian dikembangkan dengan digital tracing," kata Oscar.

Ia mengimbau agar masyarakat menggunakan aplikasi Peduli Lindungi di gawainya. "Ini bagian penting dalam rangka kita menjaga keluarga, saudara-saudara, orang-orang dekat kita di saat kita berkontak, sehingga bisa di-tracking, di-tracing dengan baik melalui sistem digital ini."

Selain itu, Oscar juga mengatakan bahwa Kemenkes melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait di daerah-daerah untuk memperketat lokasi-lokasi tempat orang berkerumun di saat libur panjang.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Persiapan di Jateng dan Jatim

Ratusan kendaraan roda empat antre di dua arah Tol Jakarta-Cikampek, Bekasi, Sabtu (25/3). Kepadatan juga terjadi dari Jakarta menuju arah Bandung tersebut disebabkan banyaknya warga yang akan berlibur panjang. (Liputan6.com/Gempur M. Surya)
Ratusan kendaraan roda empat antre di dua arah Tol Jakarta-Cikampek, Bekasi, Sabtu (25/3). Kepadatan juga terjadi dari Jakarta menuju arah Bandung tersebut disebabkan banyaknya warga yang akan berlibur panjang. (Liputan6.com/Gempur M. Surya)

Dalam acara yang sama, Yulianto Prabowo, Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah mengatakan bahwa mereka telah mempersiapkan Satgas Jogo Tonggo di tingkat RW dan kelurahan untuk melakukan identifikasi terhadap para pendatang yang baru datang ke wilayah tersebut dan harus menjalani prosedur pemeriksaan.

"Lalu juga nanti kalau diperlukan harus dilakukan karantina, semacam itu. Ini yang kita siapkan," kata Yulianto.

Selain itu, ia mengatakan bahwa Dinas Perhubungan Jawa Tengah juga akan mempersiapkan 9 titik pemeriksaan di perbatasan dengan Jawa Barat, Jawa Timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sementara Herlin Ferliana, Kepala Dinas Kesehatan Jawa Timur mengatakan mereka terus mengimbau masyarakat untuk tidak keluar rumah apabila benar-benar tidak ada keperluan di masa libur panjang.

"Proteksi yang pertama ini adalah mengingatkan masyarakat untuk bisa mengurangi berkerumunan dengan banyak orang, kalau bisa tidak keluar, itu selalu kita sampaikan," kata Herlin.

Selain itu, Dinkes Jatim juga akan memastikan penerapan protokol kesehatan di tempat-tempat berkumpulnya banyak orang seperti di stasiun dan bandara.

Infografis Kunci Utama Putus Rantai Covid-19

Infografis Kunci Utama Putus Rantai Covid-19 (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Kunci Utama Putus Rantai Covid-19 (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diharapkan Gantikan Chadwick Boseman di Black Panther 2, Letitia Wright Buka Suara

Posted: 21 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Meninggalnya Chadwick Boseman karena kanker di kala Black Panther 2 masih masa pra produksi, menimbulkan sejumlah spekulasi di kalangan penggemar. Salah satu yang diharapkan adalah Letitia Wright bisa menjadi bintang utamanya.

Letitia Wright memang bukan aktris yang asing lagi di Marvel Cinematic Universe. Ia sebelumnya memerankan Shuri dalam film Black Panther dan dua film Avengers. Mengenai wacana ini, Letitia pun mulai angkat bicara.

"Kami masih berduka atas Chad, jadi ini bukan sesuatu yang ingin aku pikirkan," ujar Letitia Wright saat diajak membahas seputar Black Panther 2 dalam sebuah wawancara bersama Porter, seperti disampaikan situs Comic Book Movie, belum lama ini.

Belum Bisa Membayangkan

Black Panther (IMDb/ Marvel Studios)
Black Panther (IMDb/ Marvel Studios)

Lebih lanjut, rupanya Letitia Wright juga masih belum bisa membayangkan bila dirinya menjadi tokoh utama di Black Panther 2. Shuri yang diperankannya adalah adik T'Challa, Black Panther yang dimainkan Chadwick Boseman.

 

Menemukan Cahaya

Black Panther. (Marvel Studios)
Black Panther. (Marvel Studios)

"Berpikir untuk melakukannya tanpa dia (Chadwick) agak aneh. Kami baru saja berduka saat ini, jadi kini sedang mencoba untuk menemukan cahaya di tengah-tengahnya," Letitia melanjutkan.

 

Belum Ingin Membahas

Melalui tanggapannya, jelas bahwa Letitia Wright sedang tidak bisa mencurahkan dirinya untuk untuk berandai-andai perihal masa depan sekuel film Black Panther akibat duka atas meninggalnya Chadwick Boseman.

 

Tak Diketahui Sutradara Film

Sineas Ryan Coogler yang juga sutradara sekaligus penulis Black Panther 2 sebelumnya mengaku bahwa dirinya tak mengetahui seputar kondisi kesehatan Chadwick Boseman.

Ryan terus menulis skenario dengan bayangan Chadwick bisa mengikuti syuting. Chadwick memang hanya membahas kesehatannya dengan keluarga. Sehingga, ada kemungkinan Marvel Studios akan mengubah jalan cerita Black Panther 2 jauh dari skenario awal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Terinjak Lawan, Area Vital Pemain Bola Brasil Ini Terluka

Posted: 21 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah insiden memilukan terjadi di Liga Brasil. Pemain Flamengo, Gustavo Henrique, menderita luka di bagian vital. Buah zakarnya mengeluarkan darah usai terinjak pemain lawan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Surabaya Berpeluang Hujan pada Malam Hari

Posted: 21 Oct 2020 08:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda prediksi cuaca di Surabaya, Jawa Timur cerah berawan pada Kamis, (22/10/2020).

Mengutip instagram @infobmkgjuanda, cuaca di Surabaya akan cerah berawan hingga pukul 19.00 WIB. Pada pukul 22.00 WIB, Surabaya berpeluang hujan. Suhu di Surabaya antara 25-33 derajat celsius dengan kecepatan angin 30 KM per jam. Kelembaban 60-90 persen.

Cuaca di Sidoarjo akan cerah berawan dan cerah. Pada malam hari berpotensi hujan. Suhu di Sidoarjo antara 25-32 derajat celsius dengan kecepatan angin 30 KM per jam.

Di Lamongan, cuaca akan cerah berawan sepanjang hari. Suhu antara 24-32 derajat celsius dengan kecepatan angin 30 KM per jam. Kelembaban 60-90 persen.

Cuaca di Gresik, cuaca akan cerah hingga cerah berawan. Suhu di Gresik antara 26-32 derajat celsius dengan kecepatan angin 30 KM per jam. Kelembaban 60-90 persen.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Waspadai Hujan Intensitas Sedang hingga Lebat

Ilustrasi Hujan (pixabay.com)
Ilustrasi Hujan (pixabay.com)

BMKG Juanda juga merilis peringatan dini tiga harian dengan mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada siang-sore hari di Bojonegoro, Ngawi, Kabupaten Kediri, Kabupaten Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan. Selain itu, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso dan Situbondo.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dukung Pariwisata Banyuwangi, Damri Sediakan Angkutan Gratis ke Destinasi Wisata

Posted: 21 Oct 2020 08:54 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi kini dipermudah mengunjungi obyek-obyek wisata. Kementerian Perhubungan bersama Perum Damri telah menyediakan layanan angkutan wisata gratis rute ke Taman Nasional (TN) Alas Purwo, Pantai Pulau Merah, Kawah Ijen, dan TN Baluran.

General Manager Damri Banyuwangi Resta Mahardika menjelaskan, pihaknya mendapatkan perintah dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub untuk program pemulihan ekonomi nasional (PEN) akibat pandemi covid-19. Damri diminta menyediakan armada angkutan gratis bagi wisatawan pada kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) di Banyuwangi.

"Banyuwangi adalah salah satunya. Program ini sudah jalan sejak 15 Oktober 2020 lalu dan akan berlanjut hingga akhir tahun," kata Resta.

Untuk menjalankan program ini, Damri menyiapkan 8 armada terdiri dari empat unit medium bus masing-masing berkapasitas 20 orang, dan empat unit Hiace berkapasitas 14 orang per armada.

"Layanan ini setiap hari ada dan gratis. Penumpang tidak dikenakan biaya apapun. Operasionalnya juga menggunakan standar protokol kesehatan covid," tegas Resta.

"Baik petugas maupun penumpang wajib dicek suhu tubuhnya, menggunakan masker, jaga jarak, dan rutin menggunakan hand sanitizer. Ini wajib dilakukan agar kita semua terhindar dari covid-19," imbuhnya.

Secara teknis, angkutan wisata gratis ini akan diberangkatkan dari halaman parkir Taman Sritanjung menuju 4 destinasi. Yakni, Taman Nasional (TN) Alas Purwo, Pantai Pulau Merah, Kawah Ijen, dan Taman Nasional Baluran.

"Penumpang silakan mendaftar ke petugas. Saat ini kami tengah menyiapkan aplikasi pendaftaran online-nya. Ke depan, penumpang cukup mendaftar lewat Damri Apps, untuk menyesuaikan jadwal dan kuota yang ada," jelasnya.

Berikut jadwal untuk sejumlah rute. Rute Kawah Ijen, berangkat (pukul 09.00 WIB, 15.00 WIB, 21.30 WIB) dan pulang (pukul 09.00 WIB, 15.00 WIB, 21.30 WIB).

Rute Baluran, berangkat (07.30 WIB, 12.00 WIB, 15.00 WIB) dan pulang (09.00 WIB, 11.00 WIB, 17.00 WIB). Rute TN Alas Purwo, berangkat (07.00 WIB, 08.30 WIB), pulang (14.30 WIB, 15.30 WIB).

"Untuk rute selanjutnya, Pulau Merah ada 2 kali keberangkatan, pukul 09.00 WIB dan 11.00 WIB. Pulang pukul 15.00 WIB dan 17.00 WIB," terang Resta.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi MY Bramuda menyambut baik program Kemenhub tersebut. "Semoga layanan ini bisa mendorong geliat ekonomi lewat sektor pariwisata daerah," kata Bramuda.

Dikatakan Bramuda, program ini akan melengkapi program Dinas Perhubungan Banyuwangi yang juga menyediakan angkutan gratis ke sejumlah lokasi wisata. Program yang telah berjalan tiga tahun ini, menyediakan layanan ke 4 rute, yakni Pulau Merah, Bangsring Underwater, City Tour dan Kawah Ijen.

"Kami senang karena dengan tambahan angkuta ini semakin banyak wisatawan yang bakal mendapatkan fasilitas transportasi dengan mudah," kata Bramuda.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Update 22 Oktober: 41,1 Juta Kasus COVID-19 di Dunia, Prancis Tembus 1 Juta

Posted: 21 Oct 2020 08:53 PM PDT

Liputan6.com, Paris - Kasus COVID-19 di seluruh dunia terus meningkat seiring melonjaknya kasus di Eropa. Terkini, kasus di Spanyol dan Prancis sudah tembus satu juta.

Berdasarkan data Johns Hopkins University, Kamis (22/10/2020), ada tujuh negara yang sudah tembus satu juta kasus.

Tujuh negara dengan kasus COVID-19, yakni: Amerika Serikat (8,3 juta kasus), India (7,6 juta), Brasil (5,2 juta), Rusia (1,4 juta), Argentina, Spanyol, Prancis (1 juta).

Sisa tiga negara lain yang masuk 10 besar adalah Kolombia (981 ribu), Peru (874 ribu), dan Meksiko (867 ribu).

Datangnya gelombang baru di Eropa mengubah secara drastis peringkat kasus COVID-19. Sebelumnya, 10 besar didominasi oleh negara-negara berkembang.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Keadaan Timur Tengah dan China

Kandidat vaksin Sinovac Biotech LTD untuk virus corona Covid-19 terlihat dipajang dalam Pameran Internasional China untuk Perdagangan Jasa (CIFTIS) di Beijing pada 6 September 2020. Untuk pertama kalinya, China akhirnya resmi memamerkan produk dalam negeri vaksin COVID-19. (NOEL CELIS/AFP)
Kandidat vaksin Sinovac Biotech LTD untuk virus corona Covid-19 terlihat dipajang dalam Pameran Internasional China untuk Perdagangan Jasa (CIFTIS) di Beijing pada 6 September 2020. Untuk pertama kalinya, China akhirnya resmi memamerkan produk dalam negeri vaksin COVID-19. (NOEL CELIS/AFP)

Di Timur Tengah, kasus tertinggi masih berada di Iran dengan total 545 ribu kasus. Selanjutnya, ada Irak dengan total 545 ribu kasus.

Kasus di China tampak tetap stabil di kisaran 90 ribu meski Eropa mengalami gelombang baru. Pekan lalu, China mengetes jutaan orang di Kota Qingdao, tetapi tak ada lonjakan kasus.

Secara keseluruhan, ada 1,1 juta pasien meninggal dunia akibat COVID-19. Angka meninggal tertinggi berasal dari AS (222 ribu), Brasil (155 ribu), dan India (115 ribu).

Tiga negara itu juga mencatat angka kesembuhan tertinggi. Pasien sembuh terbanyak berasal dari India (6,7 juta).

Vaksin COVID-19 di Amerika Serikat Baru Tersedia April 2021

Presiden Donald Trump melemparkan masker dari atas panggung ke kerumunan pendukung saat berkampanye di Bandara Internasional Orlando Sanford di Sanford, Florida, Senin (12/10/2020). Donald Trump kembali berkampanye untuk pertama kalinya sejak dia mengumumkan diagnosis COVID-19. (AP Photo/Evan Vucci)
Presiden Donald Trump melemparkan masker dari atas panggung ke kerumunan pendukung saat berkampanye di Bandara Internasional Orlando Sanford di Sanford, Florida, Senin (12/10/2020). Donald Trump kembali berkampanye untuk pertama kalinya sejak dia mengumumkan diagnosis COVID-19. (AP Photo/Evan Vucci)

Rakyat Amerika Serikat diperkirakan baru bisa mendapat akses vaksin COVID-19 pada April 2021. Janji itu diberikan oleh Menteri Kesehatan dan Pelayanan Masyarakat AS Alex Azar.

Sebelum April 2021, vaksin hanya tersedia untuk kelompok tertentu, seperti petugas medis dan orang-orang dalam kategori rentan seperti warga lansia. 

"Pada akhir Maret atau awal April, bakal ada cukup vaksin bagi seluruh rakyat Amerika yang ingin mendapat vaksinya," ujar Azar seperti dikutip Time, Kamis (22/10/2020).

Dua kandidat vaksin COVID-19 yang hampir menyelesaikan uji klinis di AS aalah buatan Pfizer dan Moderna.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Kunjungi Sultra, Resmikan Pabrik Gula dan Jembatan Teluk Kendari

Posted: 21 Oct 2020 08:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis (22/10/2020). Ada sejumlah kegiatan yang dilakukan Jokowi.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi beserta rombongan lepas landas menuju menuju Kabupaten Konawe Selatan dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma pukul 07.00 WIB.

Setibanya di Pangkalan TNI AU Haluoleo, Konawe Selatan, pada pukul 10.38 WITA, Jokowi langsung melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Bombana dengan helikopter Super Puma TNI AU.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu direncanakan melakukan peninjauan lokasi panen tebu sekaligus meresmikan pabrik gula di kabupaten tersebut. Ini merupakan salah satu pabrik gula dengan jumlah produksi terbesar di Indonesia.

Selanjutnya, Jokowi melanjutkan perjalanan menuju Kota Kendari untuk meresmikan Jembatan Teluk Kendari. Jembatan tersebut dibangun untuk menunjang sistem jaringan jalan yang ada di wilayah setempat serta untuk mendukung proses percepatan pengembangan wilayah Kota Kendari.

 

Didampingi Seskab Pramono Anung

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Sulawesi Tenggara, Kamis (22/10/2020). (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Sulawesi Tenggara, Kamis (22/10/2020). (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Selepas kegiatan tersebut, Jokowo dan rombongan terbatas akan kembali menuju Pangkalan TNI AU Haluoleo, Kabupaten Konawe Selatan, untuk bertolak kembali menuju Jakarta.

Dalam kunjungan kali ini, Jokowi didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Kuota Kartu Prakerja Nganggur, Bakal Dialokasikan ke Gelombang 11?

Posted: 21 Oct 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Meski telah dinyatakan lolos, kepesertaan Program Kartu Prakerja bisa dicabut. Hal ini bisa terjadi lantaran penerima kartu prakerja tak kunjung membeli paket pelatihan dalam tenggat waktu yang ditentukan.

"Dari gelombang 1-8, kami telah mencabut kepesertaan dari 344.959 penerima Kartu Prakerja," ujar Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Louisa Tuhatu kepada Liputan6.com, Kamis (22/10/2020).

Sesuai peraturan Permenko No. 11 Tahun 2020, setiap penerima Kartu Prakerja memiliki waktu 30 hari untuk membeli pelatihan pertama sejak mendapat SMS pengumuman dari Kartu Prakerja. Apabila melewati batas waktu tersebut penerima program belum membeli pelatihan, maka akan dicabut kepesertaannya.

Selain itu, peserta juga akan di-blacklist sehingga tidak bisa mengikuti program Kartu Prakerja lagi. Otomatis, saldo bantuan pelatihan akan hangus dan dana dikembalikan ke rekening dana Kartu Prakerja.

"Dananya telah kami kembalikan ke RKUN. KCK yang akan memutuskan mau diapakan dana tersebut," kata Louisa.

Dari kuota penerima Kartu Prakerja yang dicabut kepesertaannya, Louisa belum bisa memastikan apakah akan dialihkan untuk gelombang 11 atau tidak. Louisa menambahkan, pihaknya masih menunggu keputusan lebih lanjut dari Komite Cipta Kerja (KCK).

"Keputusan untuk menambah gelombang dan kuotanya ada di tangan KCK," kata dia.

Sebagai informasi, untuk pembelian paket pelatihan saat ini masih bisa dilakukan bagi penerima Kartu Prakerja gelombang 9 dan 10.

Wahai Peserta Kartu Prakerja Gelombang 9, Jangan Lupa Beli Paket Pelatihan

Ilustrasi kartu prakerja. Prakerja.go.id
Ilustrasi kartu prakerja. Prakerja.go.id

Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja mengingatkan penerima manfaat gelombang 9 untuk segera membeli paket pelatihan pertama, selambat-lambatnya hingga besok, 23 Oktober 2020 pukul 23.59 WIB.

"Bagi Sobat Prakerja yang sudah lolos Gelombang 9, namun belum membeli pelatihan pertama, segera beli pelatihan pertamamu sekarang juga!," dilansir dari laman instagram @prakerja.go.id, Kamis (22/10/2020).

Sesuai peraturan Permenko No. 11 Tahun 2020, setiap penerima Kartu Prakerja memiliki waktu 30 hari untuk membeli pelatihan pertama sejak mendapat SMS pengumuman dari Kartu Prakerja.

"Bila lewat dari waktu tersebut Sobat belum membeli pelatihan pertama, maka kepesertaan Sobat dalam program Kartu Prakerja akan dicabut,"

Sebagai informasi, pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 9 telah ditutup pada 21 September 2020 lalu, dengan kuota penerima sebanyak 800 ribu orang. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.prakerja.go.id/faq 

Sabar, Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 11 Segera Dibuka

Kartu Prakerja
Kartu Prakerja

Pemerintah tetap melanjutkan program Kartu Prakerja yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi SDM ini.  Pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 11 masih menunggu keputusan Komite Cipta Kerja (KCK).

"Kami masih menunggu keputusan dari KCK (terkait pembukaan gelombang 11 kartu Prakerja)," kata Head of Communications Prakerja, Louisa Tuhatu, kepada liputan6.com, Selasa (20/10/2020).

Lanjut Louisa, dari gelombang 1-8 pihaknya telah mencabut kepesertaan dari 344.959 penerima Kartu Prakerja. Sementara untuk pencabutan kepesertaan gelombang 9 dan 10 pihaknya masih menunggu masa jatuh tempo peserta hingga 30 hari untuk membeli pelatihan pertamanya.

"Untuk gelombang 9 dan 10 belum jatuh tempo. Dananya telah kami kembalikan ke Rekening Kas Umum Negara (RKUN), dan KCK yang akan memutuskan mau diapakan dana tersebut," ujarnya.

Adapun dikutip dari laporan kinerja pemerintahan Jokowi-Ma'ruf tahun 2020 yang dipublikasikan oleh Kantor Staf Kepresidenan (KSP), Program bantuan pelatihan ini diberikan untuk pencari kerja dan pekerja ter-PHK.

Tujuannya agar mereka memiliki kompetensi tambahan sebelum mendapatkan pekerjaan baru. Namun, di masa pandemi covid-19 Kartu Prakerja didesain menjadi program bantuan "semi bansos". 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rasio Kewirausahaan Indonesia Baru 3,47 Persen, Tertinggal dari Malaysia dan Thailand

Posted: 21 Oct 2020 08:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menegaskan, menjadi wirausahawan di masa pandemi Covid-19 merupakan pilihan paling tepat. Alasannya, banyak perusahaan yang merumahkan karyawan hingga melakukan PHK selama pandemi ini.

Terlebih lagi, rasio kewirausahaan Indonesia baru sekitar 3,47 persen. Dan ini cukup rendah bila dibandingkan dengan sesama negara ASEAN seperti Singapura yang mencapai 8,76 persen, Thailand 4,26 persen serta Malaysia 4,74 persen.

"Beberapa ahli menyebutkan bahwa suatu negara disebutkan maju apabila rasio wirausahawan berkisar 10-14 persen," ucap MenkopUKM, Kamis (22/10/2020).

Oleh karena itu, tantangan tersebut tentu harus bisa direspon dengan positif. "Tetapi, saya optimis karena masyarakat Indonesia dapat digalakkan untuk berwirausaha. Terlebih kaum muda di Indonesia memiliki kreatifitas dan inovasi lebih tinggi dari pada generasi sebelumnya," imbuh Teten.

Lebih dari itu, Teten menilai kaum muda sekarang ditunjang dengan kelebihan seperti memiliki akses jaringan dan keterampilan kekinian (digital skill) yang tidak didapatkan generasi sebelumnya.

Oleh karena itu, UMKM dituntut mampu memanfaatkan teknologi dan internet untuk memudahkan pemasaran melalui Digital Marketing, akses pembiayaan dan pencatatan laporan keuangan juga sudah berbasis aplikasi.

Untuk mencapai hal tersebut, Teten menambahkan, pihaknya aktif melakukan pelatihan dan pendampingan. Sehingga, para pelaku KUMKM mendapatkan ilmu dan arahan yang tepat.

"Pada tahun ini, kami sudah melakukan roadshow hampir seluruh Indonesia untuk melaksanakan kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas dan kualitas SDM KUMKM. Target kami adalah wirausaha di Indonesia dapat naik kelas," papar MenkopUKM.

Dalam pelatihan, KemenkopUKM mengajarkan bagaimana para pelaku usaha membuat perencanaan bisnis yang baik dan benar (business plan), sehingga bisnis mereka dapat tertata dan memiliki target yang jelas.

"Disamping itu juga kami mengajarkan tentang bagaimana caranya digital marketing. Tentu di zaman teknologi industri 4.0, semua pelaku UMKM harus masuk ke dalam dunia digital," tukas Teten.

Dalam memperluas jangkauan pelatihan KemenkopUKM selain pelatihan konvensional (klasikal), juga melakukan pelatihan distance (jarak jauh)/pelatihan online (E-Learn).

Melalui website edukukm.id, KemenkopUKM juga menyajikan modul-modul pelatihan kewirausahaan, perkoperasian, dan video-video tutorial untuk pelatihan vokasional.

Menko Airlangga: Indonesia Dianggap Negara Paling Ruwet di Dunia

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Tujuan dari Omnibus Law Undang-Undang (UU) Cipta Kerja adalah merampingkan regulasi yang sangat kegendutan atau obesitas. Banyaknya aturan atau regulasi yang tumpang tindih tersebut menyebabkan investasi sukit masuk ke Indonesia.

Menteri Koordiantor Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, berdasarkan kajian lembaga survei di Belanda, walau dia tak sebut namanya, Indonesia disebut-sebut merupakan negara dengan aturan paling rumit di dunia. Atas dasar itu, pemerintah bergegas merampingkan seluruh regulasi, melalui Omnibus Law atau UU Cipta Kerja.

"Sehingga Indonesia dianggap negara paling ruwet di dunia berdasarkan lembaga survei yang dilalukan sebuah lembaga di Belanda," tuturnya dalam webinar, Rabu (21/10/2020).

Dalam catatan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia obesitas regulasi terkait perizinan berusaha terdiri dari peraturan di pemerintah pusat yang mencapai 8.848 dan peraturan menteri 14.815.

Kemudian, regulasi yang berasal dari Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) mencapai 4.337 dan yang paling banyak berasal dari peraturan daerah yang mencapai 15.966.

"Maka ini cipta kerja bisa perbaiki ekosistem investasi, perizinan berusaha, iklim ketenagakerjaan, support UMKM, dorongan riset dan kehadiran land bank," tegas dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Jurus Raditya Dika Tangkis Stres Selama Pandemi Covid-19, Salah Satunya Memelihara Gelisah

Posted: 21 Oct 2020 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Raditya Dika salah satu yang terdampak pandemi Covid-19. Kasus pertama infeksi Covid-19 ditemukan di Indonesia pada Maret 2020. Hingga kini, wabah belum teratasi dan memantik efek ke berbagai sektor kehidupan.

Diakui Raditya Dika, di rumah saja akibat wabah memicu bosan hingga stres. Bintang film Single dan Hangout ini berupaya menangkis stres demi tumbuh kembang buah hati serta kesehatan istri yang sedang hamil.

Raditya Dika punya lima jurus untuk menghindari stres. Dengan demikian, Raditya Dika tetap produktif menulis di rumah plus punya waktu lebih banyak untuk keluarga terkasih.

 

Jangan Salahkan

Raditya Dika. (Foto: Instagram @raditya_dika)
Raditya Dika. (Foto: Instagram @raditya_dika)

"Pertama, jangan menyalahkan hal yang tidak bisa kita ubah. Jadi fokus saja pada hal penting lain yang bisa kita ubah," ujar penulis buku Kambing Jantan. Wabah Covid-19, kata Raditya Dika, tak bisa diubah dalam waktu singkat sendirian.

Kedua, tetap semangat. Tidak gampang namun semangat mesti dipupuk. Di tengah pandemi yang penuh ketidakpastian, semangat melanjutkan hidup tetap harus dijaga. 

Memelihara Kegelisahan

Raditya Dika saat menghadiri webinar Share The Love. (Foto: Koleksi Pribadi)
Raditya Dika saat menghadiri webinar Share The Love. (Foto: Koleksi Pribadi)

Ketiga, membentuk sistem pendukung. Berdasarkan pengalaman Raditya Dika, support system terbaik adalah dari keluarga. "Lalu, tanamkan di dalam hati bahwa wabah ini pasti akan berakhir," ia menyambung.

Dengan begitu, kita tetap optimistis. Kelima, menjaga kreativitas. Ini tak mudah namun Raditya Dika melakukannya. Rupanya, bahan bakar kreativitas adalah memelihara kegelisahan atau keresahan.

 

Melahirkan Kreativitas

Raditya Dika. (Foto: Instagram @raditya_dika)
Raditya Dika. (Foto: Instagram @raditya_dika)

"Justru keresahan inilah yang melahirkan kreativitas. Karya-karya saya selalu lahir dari keresahan entah itu buku, film, atau materi melawak tunggal. Makanya keresahan itu selalu saya pelihara. Dengan begitu saya tetap produktif," papar Raditya Dika.

Di rumah, ia rajin menulis materi standup comedy berbasis keresahan di tengah pandemi. Raditya Dika percaya setelah pandemi berakhir, tulisannya akan menjadi materi kuat yang bisa dibawakan di depan audiens. 

Manfaatkan Keresahan

Raditya Dika. (Foto: Instagram @raditya_dika)
Raditya Dika. (Foto: Instagram @raditya_dika)

"Jadi kalau Anda resah selama pandemi, manfaatkan itu untuk melahirkan sesuatu," pungkasnya. Raditya Dika menyampaikan ini dalam webinar peluncuran program Share The Love bersama AIA Financial, pekan ini.

Dalam kesempatan itu, Head of Customer Office AIA, Kathryn Monika Parapak, menjelaskan, "Share The Love adalah perlindungan jiwa berkonsep buy one get one free. Nasabah dapat memberikan satu perlindungan untuk orang tercinta secara gratis." Produk ini memberi jaminan perlindungan terhadap risiko finansial akibat meninggal dunia dengan uang pertanggungan hingga 50 juta rupiah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8.000 Personel Dikerahkan untuk Amankan Demo Hari ini

Posted: 21 Oct 2020 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 8.000 personel dikerahkan untuk menjaga aksi demo menolak RUU Cipta Kerja yang rencanya digelar hari ini di Istana Negara.

"8.000 personel gabungan yang kita siapkan di Patung Kuda Arjuna Wijaya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus, Kamis (22/10/2020).

Yusri menerangkan, pihaknya menerima informasi bahwa mahasiswa dan buruh akan melakukan demo. Personel gabungan pun ditempatkan di sejumlah titik. Salah satunya di ruas Jalan Medan Merdeka Barat.

"Kami siagakan di titik-titik kedatangan massa," ujar dia.

Yusri menerangkan, sebanyak 7.000 personel juga dipersiapkan untuk membantu melakukan pengamanan.

"Mereka standby di Monas dan DPR. Artinya kalau nanti diperlukan adanya kekuatan tambahan itu yang kita turunkan," terang dia.

Yusri berharap, aksi demo berlangsung aman dan damai. Dia mengatakan, koordinator harus menyeleksi peserta unjuk rasa. Hal ini untuk mengantisipasi adanya penyusup yang berniat berbuat kerusuhan.

"Kita tetap mengharapkan mereka bisa damai, jangan sampai terprovokasi. Para anarkis yang nantinya terbukti melakukan perusakan akan kita tindak tegas," ucap Yusri.

Ada Demo Buruh, Pengendara Diimbau Hindari Sekitar Istana

Massa aksi demo saat menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja sekaligus refleksi satu tahun Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf di kawasan Patung Kuda, Jakarta, Selasa (20/20/2020). Aksi ribuan pengunjuk rasa dari berbagai elemn berjalan aman. (merdeka.com/ Arie Basuki)
Massa aksi demo saat menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja sekaligus refleksi satu tahun Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf di kawasan Patung Kuda, Jakarta, Selasa (20/20/2020). Aksi ribuan pengunjuk rasa dari berbagai elemn berjalan aman. (merdeka.com/ Arie Basuki)

Berbagai serikat buruh akan kembali menyampaikan demo memprotes terhadap RUU Cipta Kerja. Federasi Serikat Pekerja Logam Elektronik dan Mesin Serikat Pekerja Seluruh Indonesia dan Gerakan Buruh Bersama Rakyat akan berkumpul di depan Istana, Kamis 22/10/2020).

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya pun menyiapkan skenario pengalihan arus lalu lintas di sekitar Istana Negara, Jakarta Pusat.

"Iya hari ini kami kembali memberlakukan rekayasa lalu lintas di sekitar Istana Negara," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, Kamis (22/10/2020).

Sambodo mengimbau pengendara agar menghindari kawasan Istana Merdeka karena ada demo. "Hindari kawasan Istana Merdeka," ujar dia.

Berikut rekayasa lalu lintas di sekitar Istana Negara, Jakarta Pusat:

1. Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan menuju ke Jalan Veteran III diluruskan ke traffic light Harmoni.

2. Arus lalu lintas dari Jalan Merdeka Timur yang akan menuju ke Jalan Medan Merdeka Utara dibelokkan ke kanan ke Jalan Perwira.

3. Arus lalu lintas dari Jalan Ridwan Rais yang akan menuju ke Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur.

4. Arus lalu lintas dari Jalan MH Thamrin yang akan menuju ke Bundaran Patung Kuda dibelokkan ke kiri atau ke kanan Jalan Kebon Sirih.

5. Arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok ke kiri ke Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Fachrudin dan arus lalu lintas dari Jalan Fachrudin yang akan belok ke kanan ke Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Adul Muis.

6. Arus lalu lintas dari Jalan Tanah Abang II yang akan lurus ke Jalan Museum dibelokkan ke kiri maupun ke kanan, arus lalu lintas dari Jalan Majapahit yang akan belok ke kiri ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Abdul Muis dan arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok kanan ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Majapahit.

7. Arus lalu lintas dari Jalan Hayam Wuruk yang akan lurus ke Jalan Majapahit dibelokkan ke kiri ke Jalan Juanda dan arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan belok kiri ke Jalan Majapahit diluruskan ke Jalan Suryo Pranoto maupun dibelokkan ke kanan Jalan Gajah Mada.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Panglima TNI Mutasi 47 Perwira Tinggi TNI

Posted: 21 Oct 2020 08:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto kembali melakukan mutasi jabatan perwira tinggi (Pati) di lingkungan TNI. Hal tersebut dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi, pembinaan karier, serta mengoptimalkan pelaksanaan tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis.

Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Sus Aidil menyampaikan, rotasi jabatan tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/835/X/2020 tanggal 21 Oktober 2020 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

"Telah ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 47 Pati TNI. Terdiri dari 16 Pati TNI AD, 19 Pati TNI AL, dan 12 Pati TNI AU," tutur Aidil dalam keterangannya, Kamis (22/10/2020).

Untuk 16 Pati TNI AD, mereka adalah Letjen TNI Joni Supriyanto dari Kasum TNI menjadi Kabais TNI, Letjen TNI Muhamad Herindra dari Irjen TNI menjadi Kasum TNI, Mayjen TNI Nugroho Tjendrakiarto dari Pa Sahli Tk III Bid. Wassus dan LH Panglima TNI menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun, Mayjen TNI Sapriadi dari Pa Sahli Tk III Bid. Intekmil dan Siber Panglima TNI menjadi Pa Sahli Tk. III Bid. Wassus dan LH Panglima TNI.

Mayjen TNI Benny Octaviar dari Staf Khusus Panglima TNI menjadi Pa Sahli Tk. III Bid. Intekmil dan Siber Panglima TNI, Brigjen TNI Fachri dari Pa Sahli Tk. II LH Sahli Bid. Wassus dan LH Panglima TNI menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun, Kolonel Inf Saturninus Aldian dari Pabut Was Aspas Sahli Bid. Hubint Panglima TNI menjadi Pa Sahli Tk. II LH Sahli Bid. Wassus dan LH Panglima TNI, Letjen TNI Mochamad Effendi dari Irjenad menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun.

Mayjen TNI Benny Susianto dari Pa Sahli Tk. III Kasad Bid. Wassus dan LH Kasad menjadi Irjenad, Mayjen TNI Widodo Iryansyah dari Pangdam V/Brw menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun, Mayjen TNI Suharyanto dari Sesmilpres Kemensetneg menjadi Pangdam V/Brw, Mayjen TNI Sunaryo dari Staf Ahli Menhan Bid. Kam Kemhan menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun.

Selanjutnya

Anggota Polri dan prajurit TNI mengikuti apel bersama terkait operasi pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih di Silang Monas, Jakarta, Kamis (17/10/2019). Apel dipimpin oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian. (merdeka.com/Imam Buhori)
Anggota Polri dan prajurit TNI mengikuti apel bersama terkait operasi pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih di Silang Monas, Jakarta, Kamis (17/10/2019). Apel dipimpin oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian. (merdeka.com/Imam Buhori)

Brigjen TNI Drg. Raden Triatmojo Budi Utomo dari Pa Sahli Tk. II Was Eropa dan AS Sahli Bid. Hubint Panglima TNI menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun, Kolonel Inf Hari Sufi Anwari dari Paban Utama Ops Sahli Panglima TNI menjadi Dandenma Mabes TNI, Brigjen TNI Sudarmadi dari Irsus Itjenad menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun, dan Brigjen TNI Ivo Irianto Betekeneng dari Staf Khusus Panglima TNI menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun.

Kemudian untuk 19 Pati TNI AL, mereka adalah Letjen TNI (Mar) Bambang Suswantono dari Danjen Akademi TNI menjadi Irjen TNI, Laksma TNI Taufik Riadi dari Pa Sahli Tk. II Kamteror Sahli Bid. Polkamnas Panglima TNI menjadi Pati Mabes TNI AL dalam rangka pensiun, Laksda TNI Suselo dari Irjenal menjadi Pati Mabes TNI AL dalam rangka pensiun, Laksda TNI Moelyanto dari Aslog Kasal menjadi Irjenal, Laksma TNI Puguh Santoso dari Waaslog Kasal menjadi Aslog Kasal.

Laksma TNI Rachmat Hartoyo dari Kadislaikmatal menjadi Waaslog Kasal, Laksma TNI Udyatmiko dari Kadisadal menjadi Kadislaikmatal, Kolonel Laut (T) Maman Rohman dari Sekdisadal menjadi Kadisadal, Laksma TNI Hendri S Suprianto dari Pati Sahli Kasal Bid. Ekojemen menjadi Ir Koarmada III, Laksma TNI Ferial Fachroni dari Waaspotmar Kasal menjadi Pati Sahli Kasal Bid. Ekojemen.

Laksma TNI Ribut Eko Suyatno dari Staf Khusus Kasal menjadi Waaspotmar Kasal. Laksma TNI Budhiyanto dari Waaspers Kasal menjadi Pati Mabes TNI AL sebab meninggal dunia, Laksma TNI Anang Dwi Kuncoro dari Kadiskual menjadi Waaspers Kasal, Laksma TNI Poedji Santoso dari Kadiswatpersal menjadi Kadiskual, Kolonel Laut (T) Taufik Arief dari Paban V Faslan Slogal menjadi Kadiswatpersal.

Selanjutnya

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto didampingi Kapolri Jenderal Pol Idham Azis di Desa Sijantung, Pulau Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau, Minggu (8/3/2020). (foto: Puspen TNI)
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto didampingi Kapolri Jenderal Pol Idham Azis di Desa Sijantung, Pulau Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau, Minggu (8/3/2020). (foto: Puspen TNI)

Laksma TNI Enuar Mendrofa dari Ses Ditjen Renhan Kemhan menjadi Pati Mabes TNI AL dalam rangka pensiun, Laksma TNI Heru Wiyono dari Dandenma Mabes TNI menjadi Pati Mabes TNI AL dalam rangka pensiun, Laksma TNI Guntur Wahyudi dari Staf Khusus Kasal menjadi Pati Mabes TNI AL dalam rangka pensiun, dan Laksma TNI Gunawan dari Staf Khusus Kasal menjadi Pati Mabes TNI AL dalam rangka pensiun.

Selanjutnya untuk 12 Pati TNI AU adalah Marsda TNI Tamsil Gustari Malik dari Asintel Kasau menjadi Danjen Akademi TNI, Marsda TNI M Fadjar Sumarijadji dari Sekretaris Bais TNI menjadi Asintel Kasau, Marsma TNI Jemi Trisonjaya dari Wadan Seskoau menjadi Sekretaris Bais TNI, Marsma TNI Istiyanto dari Danpuslat Kodiklat TNI menjadi Pati Mabes TNI AU dalam rangka pensiun.

Marsama TNI Andi Heru Wahyudi dari Pati Sahli Kasau Bid. Air Power menjadi Danpuslat Kodiklat TNI, Marsma TNI Djunaidi dari Ka RSPAU dr. S. Hardjolukito menjadi Pati Mabes TNI AU dalam rangka pensiun, Kolonel Kes Swasono dari Kadep IKA RSPAU dr. S. Hardjolukito menjadi Ka RSPAU dr. S. Hardjolukito, Marsma TNI Sudadi dari Ir III Itjen Kemhan menjadi Pati Mabes TNI AU dalam rangka pensiun.

Kolonel Adm Muh. Arif Damopolii dari Auditor Madya Itjen Kemhan menjadi Ir III Itjen Kemhan, Marsdya TNI Bagus Puruhito dari Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) menjadi Pati Mabes TNI AU dalam rangka pensiun, Marsda TNI Ade Dian Suryacandra dari TA. Pengajar Bid. Ilpengtek Lemhannas menjadi Pati Mabes TNI AU dalam rangka pensiun, dan Marsma TNI Uganda Irwanto dari Bandep Ur. Lingkungan Strategi Regional pada Deputi Bid. Pengkajian dan Penginderaan Setjen Wantannas menjadi Pati Mabes TNI AU dalam rangka pensiun.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani Buka Suara soal Ambisinya Pungut Pajak Digital

Posted: 21 Oct 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pajak digital terus menjadi salah satu topik pembahasan penting antar negara. Menyusul kian terbatasnya penerimaan sejumlah negara akibat krisis global yang dipicu oleh pandemi Covid-19.

"Karena semua negara ingin merebut dan mendapatkan bagian dari pajaknya secara adil. Terutama pada penggunan internetnya," ujar dia dalam webinar HUT Partai Golkar ke-56, ditulis Kamis (22/10).

Bendahara negara menjelaskan, bahwa timbulnya tren pengenaan pajak digital merupakan salah satu upaya oleh berbagai negara untuk menjaga basis pajaknya. Apalagi hampir semua negara, termasuk Indonesia tengah melami tren penurunan penerimaan pajak selama pandemi global Covid-19 berlangsung.

"Terutama juga pada saat era digitalisasi semakin berkembang. Di mana batas antar negara menjadi sangat tipis," paparnya.

Oleh karena itu, pihaknya akan terus melakukan berbagai upaya internasional demi meningkatkan penerimaan negara melalui sektor perpajakkan. Sering kian meningkatnya akses Masyarakat Indonesia terhadap berbagai layanan digital yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan teknologi raksasa.

"Di forum internasional kita akan memperjuangkan kepentingan Indonesia. Tidak hanya dibilangan perpajakkan, namun juga di dalam rangka untuk menjaga dan meningkatkan kepatuhan akan pajak," tutupnya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, menyatakan bahwa negara-negara yang tergabung dalam G20 berharap perpajakan digital dapat segera diimplementasikan. Namun, saat ini Amerika Serikat (AS) masih belum memberikan persetujuan.

"Basis perpajakan baru dari sisi digital itu diharapkan. Namun sampai hari ini belum ada kesepakatan mengenai prinsip," kata Menkeu Sri Mulyani dalam video konferensi, Senin (20/7).

"Meski saat ini, OECD sudah mengatakan dua pilar yang sudah di-approach dalam menentukan bagaimana international taxation dalam bidang digital itu bisa disepakati," lanjutnya.

Adapun pilar pertama yang dimaksudkan yakni Unified Approach. Sementara, pilar keduanya Global Anti Base Eration Tax (GloBE).

"Pilar satu atau yang disebut Unified Approach fokusnya adalah membagi hak pemajakan dari korporasi yang beroperasi secara digital secara borderless. Jadi bagaimana membagi penerimaan PPh antar negara berdasarkan operasinya di berbagai negara," beber Menkeu Sri Mulyani.

6 Perusahaan Sudah Setor Pajak Digital Rp 97 Miliar ke Pemerintah

Ilustrasi Pajak (Liputan6.com/Andri Wiranuari)
Ilustrasi Pajak (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menetapkan 36 perusahaan yang menjadi pemungut pajak pertambahan nilai (PPN) atas barang dan jasa digital dari luar negeri yang dijual kepada pelanggan di Indonesia. Dari total jumlah tersebut, baru 6 pemungut pajak digital yang sudah menyetorkan PPN pada September kemarin.

"Sudah kita terima setorannya, sekitar Rp 97 miliar," kata Direktur Jenderal Pajak Kemenkeu Suryo Utomo, dalam video conference di Jakarta, Senin (12/10/2020).

Kendati begitu, Suryo tidak merincikan enam perusahaan pemungut pajak mana yang sudah menyetorkan PPN-nya ke Indonesia. Hanya saja dia berharap, pemerintah tidak berhenti di 36 perusahaan pemungut pajak saja, tapi lebih dari itu.

"Ini yang kami lakukan untuk memperluas siapa pemungut PPN atas transaksi digital dari luar negeri. Ke depan kami harapkan ini akan terus bertambah," kata dia.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Tambah Lagi, Total Badan Usaha yang Tarik Pajak Digital Capai 36 Perusahaan

Ilustrasi Foto Pajak (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Pajak (iStockphoto)

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menetapkan delapan perusahaan tambahan yang memenuhi kriteria sebagai pemungut Pajak Pertambahan Nilai (PPN) atas barang dan jasa digital yang dijual kepada pelanggan di Indonesia.

"Delapan perusahaan global telah resmi menjadi pemungut pajak pertambahan nilai atas barang dan jasa digital dari luar negeri yang dijual kepada pelanggan di Indonesia," kata Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (DJP) Direktorat Jenderal Pajak Kemenkeu Hestu Yoga Saksama dikutip dari Antara, Jumat (9/10/2020).

Dengan tambahan delapan perusahaan ini, total sebanyak 36 perusahaan atau badan usaha telah ditunjuk DJP sebagai pemungut pajak atau PPN digital.

Delapan perusahaan yang baru ditunjuk adalah Alibaba Cloud (Singapore) Pte Ltd, GitHub, Inc, Microsoft Corporation, Microsoft Regional Sales Pte. Ltd, UCWeb Singapore Pte. Ltd, To The New Pte. Ltd, Coda Payments Pte. Ltd dan Nexmo Inc.

Melalui penunjukan ini maka sejak 1 November 2020 para pelaku usaha tersebut akan mulai memungut pajak atau PPN atas produk dan layanan digital yang mereka jual kepada konsumen di Indonesia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengguna YouTube Kini Bisa Atur Kualitas Video secara Mandiri

Posted: 21 Oct 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - YouTube akhirnya memungkinkan pengguna mengatur sendiri resolusi bawaan video yang diputar di platformnya. Pengaturan resolusi ini berlaku untuk pemutaran video dengan Wi-Fi maupun data seluler.

Seperti diketahui, YouTube biasanya menampilkan resolusi video secara otomatis tergantung jaringan internet atau pengaturan video sebelumnya. Hal ini berlaku per video, tidak untuk seluruh konten yang ditonton.

Seperti dikutip dari Android Police, Kamis (22/10/2020), lewat pengaturan baru ini, pengguna bisa menentukan resolusi video yang diinginkan untuk keseluruhan konten yang ada di aplikasi tersebut.

Nantinya, pengguna YouTube dapat menentukan sendiri resolusi video yang ditayangkan, mulai dari resolusi tinggi dengan konsumsi data lebih banyak atau resolusi rendah yang hemat data.

Namun opsi otomatis untuk menampilkan video tergantung kualitas internet pengguna tetap ada.

Untuk sekarang, pengaturan ini memang masih dalam tahap beta dan belum dapat diakses semua pengguna. Hanya fitur ini disebut dapat membantu pengguna untuk tidak perlu repot lagi mengatur resolusi setiap video yang ingin ditonton.

Kehadiran fitur ini di YouTube sebenarnya sudah diketahui sejak Maret 2020, tapi baru  meluncur sekarang. Hanya mengingat belum seluruh penggguna menerimanya, ada kemungkinan fitur ini akan digulirkan secara bertahap.

YouTube Bakal Blokir Video Anti Vaksin Covid-19

Vaksin corona sudah tiba di Indonesia dan akan diuji klinis oleh Bio Farma./ cottonbro from Pexels
Vaksin corona sudah tiba di Indonesia dan akan diuji klinis oleh Bio Farma./ cottonbro from Pexels

Di sisi lain, YouTube telah menegaskan bakal melarang konten yang bertolak belakang dengan pandangan WHO termasuk otoritas kesehatan setempat mengenai vaksin, terutama Covid-19.

Dilansir Engadget, Kamis (15/10/2020), YouTube mengatakan akan menghapus video yang menyatakan vaksin Covid-19 dapat membunuh, membuat tidak subur, bahkan menjadi cara pemerintah menanamkan chip di manusia.

Pertanyaan itu diungkapkan oleh layanan Google tersebut melalui unggahan di blog. Sebelumnya, platform ini juga sudah menyingkirkan video yang berisi anggapan bahwa Covid-19 tidak ada.

Lalu pada April lalu, YouTube juga sudah menghapus sejumlah konten yang menghubungkan Covid-19 dengan teknologi jaringan seluler terbaru 5G.

Sejak Februari tahun ini, platform tersebut mengatakan telah menghapus lebih dari 200 ribu video yang berisi informasi menyesatkan atau salah mengenai Covid-19.

Sebagai langkah selanjutnya, YouTube memiliki rencana untuk memungkinkan otoritas setempat melakukan sosialisasi mengenai vaksin Covid-19 di platformnya.

Facebook Akan Larang Iklan yang Membuat Orang Enggan Divaksin

Kandidat vaksin Sinovac Biotech LTD untuk virus corona Covid-19 terlihat dipajang dalam Pameran Internasional China untuk Perdagangan Jasa (CIFTIS) di Beijing pada 6 September 2020. Untuk pertama kalinya, China akhirnya resmi memamerkan produk dalam negeri vaksin COVID-19. (NOEL CELIS/AFP)
Kandidat vaksin Sinovac Biotech LTD untuk virus corona Covid-19 terlihat dipajang dalam Pameran Internasional China untuk Perdagangan Jasa (CIFTIS) di Beijing pada 6 September 2020. Untuk pertama kalinya, China akhirnya resmi memamerkan produk dalam negeri vaksin COVID-19. (NOEL CELIS/AFP)

Sebelum YouTube, Facebook juga sudah melakukan langkah serupa. Facebook akan melarang iklan yang menghalangi orang untuk divaksinasi.

Gerakan ini merupakan kampanye kesehatan masyarakat baru dari perusahaan yang bertujuan untuk menyebarkan informasi vaksin flu.

Perubahan tersebut merupakan kebalikan dari kebijakan Facebook sebelumnya, yang melarang iklan dengan informasi salah tentang vaksin, tetapi mengizinkan iklan yang menyatakan penolakan vaksin jika tidak mengandung klaim palsu.

Namun, perusahaan mengatakan dalam sebuah blog, bahwa mereka masih akan mengizinkan iklan yang mendukung atau menentang undang-undang atau kebijakan pemerintah tentang vaksin, termasuk vaksin Covid-19.

Konten dan diskusi anti-vaksin akan tetap diizinkan untuk ditampilkan secara organik di platform, termasuk di grup Facebook. Demikian sebagaimana dikutip dari Guardian, Rabu (14/10/2020).

Analisis Guardian menemukan keterlibatan dengan unggahan anti-vaksin pada sampel halaman Facebook, melonjak pada musim panas ini.

(Dam/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Celtic Vs AC Milan: Meneruskan Tren Bagus dan Ambisi

Posted: 21 Oct 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta AC Milan akan mencoba untuk meneruskan tren bagus saat melawat ke markas Celtic FC di Celtic Park Stadium, Glasgow, Skotlandia pada laga pertama fase grup Liga Europa, Jumat (23/10/2020) dini hari WIB. Milan sedang bagus-bagusnya saat ini.

Pasukan Stefano Pioli sudah menyapu bersih empat laga awal Liga Italia. AC Milan terakhir kalahkan Inter Milan 2-1 di lanjutan Liga Italia.

Pelatih Milan, Stefano Pioli pun berjanji tak akan mengendurkan tren bagus timnya menghadapi Celtic. AC Milan disebutnya tak boleh kendurkan semangat menang.

"Kami puas dengan awal musim kami, tapi kami masih akan berhadapan dengan banyak kesulitan dan pertandingan sulit," ujar Pioli seperti dikutip Football Italia.

"Kami hanya memikirkan laga berikutnya. Kami ambisius dan fokus ke Liga Europa."

 

Tak Ada Prioritas

Celtic vs AC Milan (Liputan6.com/Abdillah)
Celtic vs AC Milan (Liputan6.com/Abdillah)

Pioli mengatakan dirinya tak pernah menetapkan prioritas apapun untuk AC Milan. Soalnya Milan disebutnya harus memenangkan semuanya.

"Kami Milan dan harus ambisius. Kami tak bisa memilih antara Liga Italia atau Liga Europa. Kami akan memikirkan satu pertandingan ke pertandingan lainnya," ujar Pioli.

"Kami ingin tampil bagus di Eropa. Kami akan coba menangkan trofi Liga Europa. Kekuatan di grup kami berimbang, kami hanya pikirkan Celtic."

 

Rekor Pertemuan

Penyerang AC Milan, Zlatan Ibrahimovic, merayakan kemenangan atas Inter Milan pada laga lanjutan Liga Italia di Stadion San Siro, Sabtu (17/10/2020) malam WIB. Dalam laga Derby Della Madonnina ini, AC Milan menang 2-1 atas Inter Milan. (AFP/Miguel Medina)
Penyerang AC Milan, Zlatan Ibrahimovic, merayakan kemenangan atas Inter Milan pada laga lanjutan Liga Italia di Stadion San Siro, Sabtu (17/10/2020) malam WIB. Dalam laga Derby Della Madonnina ini, AC Milan menang 2-1 atas Inter Milan. (AFP/Miguel Medina)

 

27/11/13 LIC Celtic 0 - 3 Milan

19/09/13 LIC Milan 2 - 0 Celtic

05/12/07 LIC Milan 1 - 0 Celtic 04/10/07 LIC Celtic 2 - 1 Milan

08/03/07 LIC Milan E 1 - 0 Celtic

 

Prediksi Susunan Pemain

 

Celtic FC (3-5-2): Barkas; Jullien, Duffy, Ajer; Frimpong, Brown, Ntcham, McGregor, Laxalt; Ajeti, Leigh Griffiths

AC Milan (4-2-3-1): Donnarumma; Calabria, Kjaer, Romagnoli, Hernandez; Kessie, Tonali; Saelemaekers, Brahim Diaz, Leao; Ibrahimovic.

Saksikan Video AC Milan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Sekat Plastik Tameng Penyebaran Covid-19 di Gym Surabaya

Posted: 21 Oct 2020 08:30 PM PDT

Orang-orang berolahraga dengan plastik penyekat untuk membatasi jarak antar pengunjung di sebuah tempat gym di Surabaya, Rabu (21/10/2020). Pusat kebugaran itu dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan sebagai pencegahan COVID-19. (Juni Kriswanto / AFP)
Orang-orang berolahraga dengan plastik penyekat untuk membatasi jarak antar pengunjung di sebuah tempat gym di Surabaya, Rabu (21/10/2020). Pusat kebugaran itu dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan sebagai pencegahan COVID-19. (Juni Kriswanto / AFP)

Orang-orang berolahraga dengan plastik penyekat untuk membatasi jarak antar pengunjung di sebuah tempat gym di Surabaya, Rabu (21/10/2020). Pusat kebugaran itu dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan sebagai pencegahan COVID-19. (Juni Kriswanto / AFP)

Orang-orang berolahraga di sebuah tempat gym yang menerapkan jarak fisik di Surabaya, Rabu (21/10/2020). Pusat kebugaran itu dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan sebagai pencegahan COVID-19. (Juni Kriswanto / AFP)
Orang-orang berolahraga di sebuah tempat gym yang menerapkan jarak fisik di Surabaya, Rabu (21/10/2020). Pusat kebugaran itu dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan sebagai pencegahan COVID-19. (Juni Kriswanto / AFP)

Orang-orang berolahraga di sebuah tempat gym yang menerapkan jarak fisik di Surabaya, Rabu (21/10/2020). Pusat kebugaran itu dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan sebagai pencegahan COVID-19. (Juni Kriswanto / AFP)

Orang-orang berolahraga dengan plastik penyekat untuk membatasi jarak antar pengunjung di sebuah tempat gym di Surabaya, Rabu (21/10/2020). Pusat kebugaran itu dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan sebagai pencegahan COVID-19. (Juni Kriswanto / AFP)
Orang-orang berolahraga dengan plastik penyekat untuk membatasi jarak antar pengunjung di sebuah tempat gym di Surabaya, Rabu (21/10/2020). Pusat kebugaran itu dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan sebagai pencegahan COVID-19. (Juni Kriswanto / AFP)

Orang-orang berolahraga dengan plastik penyekat untuk membatasi jarak antar pengunjung di sebuah tempat gym di Surabaya, Rabu (21/10/2020). Pusat kebugaran itu dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan sebagai pencegahan COVID-19. (Juni Kriswanto / AFP)

Seorang pria menyemprotkan disinfektan di sebuah tempat gym yang menerapkan jarak fisik di Surabaya, Rabu (21/10/2020). Pusat kebugaran itu dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan sebagai pencegahan COVID-19. (Juni Kriswanto / AFP)
Seorang pria menyemprotkan disinfektan di sebuah tempat gym yang menerapkan jarak fisik di Surabaya, Rabu (21/10/2020). Pusat kebugaran itu dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan sebagai pencegahan COVID-19. (Juni Kriswanto / AFP)

Seorang pria menyemprotkan disinfektan di sebuah tempat gym yang menerapkan jarak fisik di Surabaya, Rabu (21/10/2020). Pusat kebugaran itu dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan sebagai pencegahan COVID-19. (Juni Kriswanto / AFP)

Orang-orang berolahraga dengan plastik penyekat untuk membatasi jarak antar pengunjung di sebuah tempat gym di Surabaya, Rabu (21/10/2020). Pusat kebugaran itu dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan sebagai pencegahan COVID-19. (Juni Kriswanto / AFP)
Orang-orang berolahraga dengan plastik penyekat untuk membatasi jarak antar pengunjung di sebuah tempat gym di Surabaya, Rabu (21/10/2020). Pusat kebugaran itu dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan sebagai pencegahan COVID-19. (Juni Kriswanto / AFP)

Orang-orang berolahraga dengan plastik penyekat untuk membatasi jarak antar pengunjung di sebuah tempat gym di Surabaya, Rabu (21/10/2020). Pusat kebugaran itu dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan sebagai pencegahan COVID-19. (Juni Kriswanto / AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: