Rabu, 14 Oktober 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Fokus : Bantuan Bagi Korban Banjir Bandang

Posted: 14 Oct 2020 10:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Informasi berita terkini, terangkum dalam Fokus edisi (15/10) siang ini di antaranya, Bantuan Bagi Korban Banjir Bandang, Perubahan Jam Operasional KRL, Mi Ayam Mangkuk Bakso

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tembus Rp 149 Triliun, Ini Tantangan yang Dihadapi Dana Pensiun BUMN

Posted: 14 Oct 2020 10:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dana Pensiun yang didirikan oleh perusahaan BUMN memiliki peran yang signifikan di negeri ini. Data terakhir menunjukkan, dana pensiun BUMN mencapai Rp 149 triliun atau 52 persen dari total dana pensiun di Indonesia yang senilai Rp 289 triliun.

Dari dana pensiun BUMN yang sebesar Rp 149 triliun tersebut, sekitar 68 persen atau Rp 101 triliun adalah Dana Pensiun Pemberi Kerja (DPPK) Manfaat Pasti (MP). Namun, sekitar 67 persen DPPK MP BUMN memiliki rasio kecukupan dana (RKD) di bawah 100 persen. Seperti diketahui, RKD adalah salah satu ukuran kesehatan DPPK MP.

RKD adalah rasio kekayaan Dana Pensiun dibagi dengan kewajiban Dana Pensiun. Jika RKD mencapai 100 persen atau lebih, pendanaan Dana Pensiun dalam keadaan dana terpenuhi (fully funded). Jika RKD berada di bawah 100 persen, pendanaan Dana Pensiun disebut dalam keadaan dana tidak terpenuhi (unfunded).

Sedangkan selisih kurang antara kekayaan Dana Pensiun dengan kewajibannya disebut kekurangan pendanaan (defisit). Adapun total defisit DPPK MP BUMN cenderung membesar. Sementara itu, terjadi pula penambahan jumlah DPPK MP BUMN yang masuk dalam kategori Dana Pensiun dengan RKD di bawah 100 persen.

Menanggapi hal tersebut, Guru Besar Keuangan dan Pasar Modal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) Budi Frensidy mengatakan, rasio kecukupan dana DPPK MP BUMN yang berada di bawah 100 persen disebabkan oleh pertumbuhan gaji yang lebih besar dari asumsi dan return yang lebih rendah dari target bujet.

"Jadi, dapen (dana pensiun) yang tadinya fully funded bisa berubah dalam satu tahun atau beberapa waktu kedepan menjadi unfunded," kata dia, Kamis (15/10/2020).

Untuk mengatasi RKD di bawah 100 persen tersebut, perlu ada injeksi atau setoran tambahan agar kekurangan tersebut bisa tertutupi.

Sementara itu, mengenai investasi dana pensiun BUMN, dia mengatakan bahwa harus lebih likuid. Beberapa instrumen di pasar finansial bisa menjadi pilihan, dengan catatan memiliki risiko kecil seperti SBN, fixed income, SUN, SBSN, ORI, dan obligasi korporasi berperingkat AAA. Selain itu, dana pensiun bisa ditempatkan di pasar uang, seperti deposito.

"Untuk investasi jangka pendek, tidak wise apabila ditaruh di saham, apalagi properti," jelas dia.

Diperkirakan lebih dari 80 persen DPPK BUMN memiliki portofolio investasi dalam bentuk penyertaan langsung dan tanah atau bangunan. Padahal, investasi tersebut tergolong kurang likuid sehingga cenderung kurang optimal. Hal tersebut dikhawatirkan dapat berdampak terhadap likuiditas dana pensiun.

Belum lagi, masalah pengawasan yang belum optimal dan tata kelola yang kurang prudent. Sebab itu, dibutuhkan semacam arahan investasi untuk DPPK MP BUMN agar penempatan investasi dana pensiun lebih aman dan pengawasan lebih optimal.

Investasi Dana Pensiun Bisa Jadi Modal di Era New Normal

lustrasi Investasi Penanaman Uang atau Modal (iStockphoto)
lustrasi Investasi Penanaman Uang atau Modal (iStockphoto)

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melaporkan investasi dana pensiun di masa pandemi terus mengalami peningkatan.

Pada bulan Juli 2020 Investasi Dana Pensiun tumbuh 3,33 persen (yoy) yakni Rp 282,74 triliun. Lebih tinggi dibandingkan dua bulan sebelumnya yakni RP 278,7 triliun pada bulan Juni 2020 dan Rp 274,8 triliun pada Mei 2020.

"Dari industri keuangan non-bank, Investasi Dana Pensiun meningkat konsisten," kata Staf Ahli OJK, Ryan Kiryanto dalam Live Streaming Keterangan Pers OJK bertajuk 'Stabilitas Sistem Keuangan dan Pengawasan Terintegrasi OJK' di akun YouTube Jasa Keuangan, Jakarta, Rabu (2/8/2020).

Meski kenaikannya tidak besar, Ryan berharap pola peningkatan ini terus berlanjut sampai akhir tahun. Sehingga bisa menjadi modal yang baik saat memasuki tahun 2021.

"Ini modal yang baik untuk tahun 2021 dan masuk ke era new normal," kata Ryan.

Selain itu dari pasar modal hingga 25 Agustus 2020 lalu, sudah terhimpun dana sebesar Rp 63,7 triliun. Meningkat dari bulan Juli yang hanya Rp 54,1 triliun dan bulan Juni 2020 sebesar 39,6 triliun.

Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Putra Capres AS Joe Biden Diterpa Kasus Kolusi dan Skandal Video Panas

Posted: 14 Oct 2020 10:50 PM PDT

Liputan6.com, Washington, D.C. - Pilpres Amerika Serikat digelar kurang dari tiga pekan lagi dan kejutan terus bermunculan. The New York Times sempat membocorkan laporan pajak Presiden Donald Trump, kini giliran New York Post yang membocorkan dugaan kolusi dan video panas milik putra capres Joe Biden, yakni Hunter Biden.

Laporan tersebut membahas aktivitas Hunter Biden di perusahaan gas Burisma. Perusahaan itu bermarkas di Ukraina dan tersangkut kasus korupsi. Hunter Biden sempat bekerja di sana ketika ayahnya masih menjabat sebagai wakil presiden sehingga memunculkan isu konflik kepentingan.

Kontroversi Burisma sebetulnya bukan barang baru. Pada debat capres AS pertama, Donald Trump menyindir Hunter Biden yang mendapat gaji fantastis di dewan direksi Burisma, padahal Hunter Biden tak punya rekam jejak bekerja di perusahaan energi. 

Bedanya, New York Post melaporkan bahwa Hunter Biden pernah mempertemukan pejabat Burisma ke ayahnya pada 2015. Padahal, selama ini Joe Biden mengaku tak mengurus pekerjaan anaknya di Burisma.

"Kepada Hunter, terima kasih telah mengundang saya ke DC dan memberikan kesempatan untuk bertemu ayahmu dan menghabiskan waktu bersama. Itu sungguh sebuah kehormatan dan menyenangkan," tulis email dari Vadym Pozharskyi, seperti dilansir New York Post, Kamis (15/10/2020).

Vadym Pozharskyi adalah eksekutif di Burisma. Putra Joe Biden bekerja di sana dari 2014-2019.

Ada email lain dari Burisma yang berkata bahwa Hunter Biden bisa menggunakan "pengaruhnya" untuk perusahaan.

New York Post mendapat informasi itu dari MacBook Pro milik Hunter Biden yang sedang diservis dan sudah diserahkan ke FBI. Turut dilaporkan juga ada video panas Hunter Biden di laptop itu.

Ada juga foto Hunter Biden sedang mandi di bathtub sambil merokok sesuatu. Foto itu ditampilkan di situs New York Post.

Bloomberg melaporkan, belum ada bukti pertemuan antara eksekutif Burisma dan Joe Biden benar-benar terjadi. Juru bicara kampanye Joe Biden berkata telah membantah dan mengaku telah memeriksa jadwal Biden pada lima tahun lalu, dan tidak ada agenda pertemuan bersama Burisma.

Disensor Twitter, Senator Murka

Donald Trump (kiri) dan  Joe Biden (kanan) dengan moderator Chris Wallace (tengah) dari Fox News selama debat calon presiden pertama pada Selasa (29/9/2020), di Case Western University dan Cleveland Clinic, Cleveland, Ohio. (Foto AP / Patrick Semansky)
Donald Trump (kiri) dan Joe Biden (kanan) dengan moderator Chris Wallace (tengah) dari Fox News selama debat calon presiden pertama pada Selasa (29/9/2020), di Case Western University dan Cleveland Clinic, Cleveland, Ohio. (Foto AP / Patrick Semansky)

Beberapa jam setelah artikel tentang Hunter Biden rilis, Twitter langsung menyensor berita New York Post tersebut agar tak bisa disebar. Twitter juga mengunci beberapa akun yang menyebar linknya, termasuk juru bicara Gedung Putih Kayleigh McEnnany. 

Twitter beralasan artikel itu tidak aman dan mengandung bahan dari hacking.

Keputusan Twitter langsung menimbulkan reaksi yang lebih besar. Pendukung Trump, senator, hingga jurnalis mempertanyakan keputusan Twitter. 

Jurnalis investigasi Lee Fang dari The Intercept membandingkan kasus ini dengan berita-berita media lain yang mengambil sumber rahasia, seperti berita Edward Snowden dan pajak Donald Trump yang baru-baru beredar. 

"The Pentagon Papers, dokumen NSA milik Snowden, dokumen FBI yang mengungkap COINTELPRO, pajak penghasilan Trump, semua dokumen itu diambil tanpa izin dan dirilis melalui pres. Akankah Twitter menyensor semua kabar-kabar itu," ujar Lee Fang di Twitter.

Senator Ted Cruz dari Texas juga mengecam Twitter dan mengirim surat protes terkait dugaan ikut campur pemilu. Cruz berkata Twitter "seharusnya tidak menjadi humas tim Biden." 

Facebook juga melakukan pembatasan pada berita itu.

Senator Josh Hawley, ketua Subkomite Kejahatan dan Terorisme di Komite Yudisial Senat AS juga berkata akan memanggil Twitter dan Facebook karena menyensor New York Post berpotensi melanggar hukum pemilu federal.

Pendiri Twitter Jack Dorsey menyebut Twitter tidak melakukan komunikasi yang baik saat penyensoran. Namun, ia menolak berkata platformnya mendukung calon tertentu. 

Sementara, Presiden AS Donald Trump menyambut baik laporan dari New York Post. "Selamat kepada @NYPost karena telah mengekspor korupsi besar di sekitar Joe Biden Ngantuk dan Negara kita," ujar Donald Trump via Twitter.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak Hanya Ronaldo, Skuat Juventus Dikarantina karena COVID-19

Posted: 14 Oct 2020 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemain Juventus yang terjangkit COVID-19 kembali bertambah. Setelah Cristiano Ronaldo dinyatakan terinfeksi virus Corona model terbaru saat menjalani tugas bersama timnas Portugal, kini giliran gelandang Si Nyonya Tua, Weston McKennie yang dinyatakan mengalami kejadian serupa.

McKennie juga dinyatakan positif terjangkit COVID-19 seperti disampaikan dalam pernyataan resmi Juventus, Rabu (14/10/2020). Akibat temuan ini, skuat Juventus juga terpaksa menjalani karantina. 

Para pemain Si Nyonya Tua tidak diizinkan melakukan kontak dengan orang-orang di luar tim. Meski demikian, hal itu tidak banyak mengganggu persiapan Juventus menghadapi lanjutan kompetisi. 

Seperti dilansir dari Channel News Asia, para pemain yang tidak terinfeksi COVID-19 masih diizinkan untuk berlatih seperti biasa. Mereka hanya dilarang berinteraksi dengan orang-orang di luar grup itu.

 

Sesuai Prosedur

Cristiano Ronaldo yang terjangkit COVID-19 tampak semringah menyaksikan rekan-rekannya di timnas Portugal berlatih dari balkon kamar hotelnya, Selasa (13/10/2020) (AFP/Diogo Pinto)
Cristiano Ronaldo yang terjangkit COVID-19 tampak semringah menyaksikan rekan-rekannya di timnas Portugal berlatih dari balkon kamar hotelnya, Selasa (13/10/2020) (AFP/Diogo Pinto)

"Prosedur masih mengizinkan semua orang yang hasil tesnya negatif untuk melanjutkan latihan dan pertandingan rutin. Hanya saja, mereka dilarang menjalin kontak dengan orang di luar klub," bunyi pernyataan resmi Juventus menanggapi hasil tes positif yang menimpa  Weston McKennie.

"Klub terus berkoordinasi dengan otoritas kesehatan yang relevan. Sebelumnya, tim ini juga sudah mengisolasi diri sejak 3 Oktober setelah dua staf kami terinfeksi COVID-19," Juventus menambahkan.

 

Ronaldo Karantina di Italia

Cristiano Ronaldo masih sempat menyaksikan timnas Portugal berlatih lewat balkon kamarnya di lokasi pemusatan latihan di Oeiras, Lisbon pada Selasa, 13 Oktober 2020 (AFP/Diogo Pinto)
Cristiano Ronaldo masih sempat menyaksikan timnas Portugal berlatih lewat balkon kamarnya di lokasi pemusatan latihan di Oeiras, Lisbon pada Selasa, 13 Oktober 2020 (AFP/Diogo Pinto)

Sementara itu, Ronaldo yang juga terjangkit COVID-19 memilih melanjutkan protokol karantina di kota Turin, Italia. Dia terbang dari Portugal menggunakan pesawat ambulans, Rabu pagi waktu setempat. 

Di Italia masa karantina bagi penderita COVID-19 sudah dikurangi dari 14 hari menjadi 10 hari. Hasil tes PCR yang menunjukkan mereka negatif juga tidak perlu dilakukan dua kali tapi hanya sekali saja.

 

Reuni Ronaldo dan Messi

Juventus sendiri tengah mempersiapkan diri menghadapi sejumlah pertandingan dalam waktu dekat. Salah satunya adalah lanjutan Serie A melawan Crotone pada akhir pekan ini. Selain itu, Juventus juga akan berhadapan dengan Barcelona pada babak penyisihan grup UEFA Liga Champions 2020. 

Salah satu duel yang akan dijalani pada ajang ini akan mempertemukan kembali Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Rivalitas mereka akan tersaji saat Juventus bertemu Barcelona, 28 Oktober 2020.

Saksikan juga video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beli Bayi Kucing Savannah Lewat Online, Pasangan Ini Justru Dikirim Bayi Harimau

Posted: 14 Oct 2020 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kucing hingga kini masih menjadi binatang peliharaan favorit banyak masyarakat. Ada banyak jenis kucing yang bisa dijadikan teman bermain di rumah, seperti kucing persia, anggora, short hair, sphynx dan masih banyak lagi.

Untuk bisa mengadopsi kucing pun kini sudah mudah dan cepat. Salah satunya dengan cara online di era digital saat ini. Namun rupanya cara ini tak selalu sesuai dengan harapan, seperti yang dialami oleh pasangan satu ini.

Sepasang suami istri, Le Havre dan Normandy, mengalami kejadian yang cukup mengejutkan ketika membeli seekor kucing savannah secara online. Terlebih lagi mereka rela mengeluarkan biaya hingga Rp 14 juta.

Awalnya tak ada yang mencurigakan lantaran pesanan mereka tiba sesuai waktu yang ditentukan. Tampak pula seekor anak kucing lucu yang begitu menggemaskan. Namun setelah seminggu kemudian, cerita yang sebenarnya mulai terungkap.

Dikirim Bayi Harimau

Ilustrasi. (Xinhua/Zhang Chunxiang)
Ilustrasi. (Xinhua/Zhang Chunxiang)

Dilansir dari Indiatimes oleh Liputan6.com, Kamis (15/10/2020) pasangan yang berasal dari Prancis ini melihat tingkah aneh pada kucing peliharaan tersebut. Mereka curiga bahwa kucing yang dirawat adalah seekor bayi harimau.

Keduanya pun memutuskan memanggil polisi untuk memastikannya. Setelah diselidiki memang benar jika hewan tersebut adalah seekor bayi harimau Sumatera. Bayi harimau itu pun dibawa ke Kantor Keanekaragaman Hayati Prancis.

"Sebelum dibeli, bayi harimau itu terlihat dalam sebuah selfie di Elbeuf dan dalam cuplikan video klip rap Petit-Quevilly," ungkap pihak kepolisian.

Pelaku Jual-Beli Harimau Ditangkap

Ilustrasi. (PETER PARKS / AFP)
Ilustrasi. (PETER PARKS / AFP)

Menurut laporan France Bleu, 9 orang pelaku perdagangan harimau Sumatera ini akhirnya ditangkap pada Selasa, 6 Oktober 2020 lalu. Termasuk pasangan suami istri yang ikut membelinya secara online ini turut diperiksa.

Harimau Sumatera berasal dari Indonesia dan populasinya ini memang dikenal hewan yang terancam punah. Kini hanya sekitar 400 ekor saja yang tersisa. Saat ini, sang harimau Sumatera dalam keadaan sehat dan telah diserahkan ke Kantor Keanekaragaman Hayati Prancis. Meski demikian, belum dipastikan di mana lokasi kucing besar itu dipindahkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Peringkat 6 Utang Terbesar di Dunia, Masih Aman?

Posted: 14 Oct 2020 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ekonom sekaligus Direktur Riset CORE Indonesia, Piter Abdullah, meminta masyarakat untuk tetap tenang dalam merespon rilis Bank Dunia yang menempatkan Indonesia masuk ke dalam golongan 10 negara dengan Utang Luar Negeri (ULN) terbesar.

Mengingat laporan perbandingan yang di maksud tidak menyertakan negara-negara maju melainkan negara-negara dengan kategori berpendapatan kecil dan menengah.

"Cara membaca utang luar negeri seharusnya tidak nominal. Selain itu, Negara yang dimasukkan dalam daftar tidak lengkap," ujar dia kepada Merdeka.com, Kamis (15/10).

Selain itu laporan tersebut juga diyakini bukan merupakan data semata ULN pemerintah. Melainkan utang gabungan pemerintah, BUMN, dan Swasta.

Dengan ekonomi yang besar, sambung Piter, utang Pemerintah tanpa BUMN dan swasta relatif rendah, yakni dibawah 30 persen per Desember 2019 lalu. Jika dibandingkan dengan 10 negara yang disebutkan dalam beberapa artikel pemberitaan media, sebagian besar utang pemerintahnya diatas 50 persen, sementara posisi Indonesia jauh di bawahnya.

"Kalau dengan cara ini maka akan jelas terlihat utang Kita Masih sangat aman. Rasio utang Kita per akhir 2019 masih dibawah 30 persen. Sangat jauh dibandingkan negara G20 lainnya. Bahkan, masih sangat rendah dibanding banyak negara Asean," terangnya

Oleh karena itu, dia meminta masyarakat lebih cermat dalam membaca laporan yang baru dirilis Bank Dunia terkait ULN Indonesia. Pun, struktur ULN Indonesia tetap didominasi ULN berjangka panjang yang memiliki pangsa 88,8 persen dari total ULN sehingga dinilai masih aman.

"Jadi, itu membacanya harus benar. Pasti, pemerintah juga mengelola utang dengan prinsip kehati-hatian dan terukur," tutupnya.

Indonesia Peringkat 6 Utang Terbesar di Dunia, Masyarakat Tak Perlu Cemas

Pemandangan deretan gedung dan permukiman di Jakarta, Rabu (1/10/2020). Meski pertumbuhan ekonomi masih di level negatif, Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara menyebut setidaknya ada perbaikan di kuartal III 2020. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Pemandangan deretan gedung dan permukiman di Jakarta, Rabu (1/10/2020). Meski pertumbuhan ekonomi masih di level negatif, Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara menyebut setidaknya ada perbaikan di kuartal III 2020. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Staf khusus Menteri Keuangan Bidang Kebijakan Fiskal dan Makroekonomi, Masyita Crystallin, menyatakan bahwa utang Indonesia masih aman dan terjaga. Oleh karena itu, masyarakat tidak perlu cemas merespons besarnya utang luar negeri Indonesia ini.

Pernyataan dari Masyita tersebut menanggapi pemberitaan mengenai pernyataan dari Bank Dunia bahwa Indonesia termasuk ke dalam 10 negara di dunia dengan utang luar negeri yang jumlahnya terbesar.

"Data ini adalah data utang luar negeri total, termasuk swasta. Kalau melihat dari sisi porsi utang pemerintah saja, dalam jangka panjang risiko fiskal kita masih terjaga karena beberapa alasan," singkat dia dalam siaran pers, Rabu (14/10/2020).

Rinciannya, pertama, porsi utang valas sebesar 29 persen per 31 Agustus lalu masih terjaga. Alhasil resiko nilai tukar lebih bisa dikelola dengan baik (manageable).

Kedua, profil jatuh tempo utang Indonesia dinilai masih cukup aman dengan average time maturity atau ATM 8,6 tahun (per Augstus 2020) dari 8.4 tahun dan 8,5 tahun di tahun 2018 dan 2019. "Rata-rata utang Pemerintah merupakan utang jangka panjang," ungkapnya.

Adapun, sambung Masyita, beberapa strategi Pemerintah untuk mengelola utang yakni memitigasi risiko fiskal, terutama pada portofolio utang. "Kita juga melakukannya strategi aktif meliputi buyback, debt switch, dan konversi pinjaman. Selain itu, secara umum tetap dilakukan manajemen yang baik terhadap waktu jatuh tempo dan pendalaman pasar keuangan," tambahnya.

Lalu, pemerintah juga tengah giat menggarap pasar domestik yang menyasar investor retail dari rakyat Indonesia sendiri. Di antaranya dengan menerbitkan Surat Berharga Negara (SBN) ritel, pengembangan instrumen dan infrastruktur pasar SBN untuk mengurangi ketergantungan pada utang luar negeri.

Terakhir, kebijakan pemerintah yang tengah melakukan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk memperkecil dampak ekonomi dari pandemi Covid-19 disambut positif investor global. Sehingga diyakini tingkat kepercayaan investor asing maupun dalam negeri untuk berinvestasi di Indonesia juga masih cukup tinggi.

Terlebih, dana pihak ketiga (DPK) di sektor perbankan juga dinilai masih besar. Data Bank Indonesia mencatat per Agustus 2020, DPK mencapai Rp 6.228,1 triliun.

"Juga berdasarkan data Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), jumlah masyarakat dengan simpanan di atas Rp 5 miliar terus meningkat. Sementara untuk masyarakat dengan simpanan di bawah Rp 100 juta, pertumbuhannya paling kecil dibandingkan nominal simpanan lainnya," tuturnya.

 Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

Indonesia Duduki Peringkat ke-6 Negara dengan Utang Terbesar di Dunia

Pemandangan deretan gedung dan permukiman di Jakarta, Rabu (1/10/2020). Meski pertumbuhan ekonomi masih di level negatif, Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara menyebut setidaknya ada perbaikan di kuartal III 2020. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Pemandangan deretan gedung dan permukiman di Jakarta, Rabu (1/10/2020). Meski pertumbuhan ekonomi masih di level negatif, Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara menyebut setidaknya ada perbaikan di kuartal III 2020. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, Bank Dunia membeberkan, Indonesia termasuk ke dalam 10 negara di dunia dengan utang luar negeri yang jumlahnya terbesar.

Hal tersebut dijelaskan dalam laporan Bank Dunia bertajuk International Debt Statistics (IDS) 2021. Laporan setebal 194 halaman tersebut menyatakan, Indonesia berada di peringkat ke-6 negara berkembang dengan utang terbanyak di dunia (daftar tanpa China).

Secara rinci, Indonesia memiliki jumlah utang yang selalu meningkat tiap tahunnya.

Mengutip tabel yang disajikan laporan tersebut, pada 2009, Indonesia memiliki utang luar negeri sebesar USD 179,4 miliar. Jumlahnya langsung meningkat pada 2015 sebesar USD 307,74 miliar.

Lalu pada tahun 2016, jumlahnya menjadi sebesar USD 318,94 miliar. Tahun 2017, utangnya naik menjadi USD 353,56 miliar, kemudian pada 2018 naik menjadi USD 379,58 miliar, dan pada 2019 menjadi USD 402,08 miliar.

Jumlah utang terbesar berasal dari utang jangka panjang dengan nilai USD 354,5 miliar pada tahun 2019, tertinggi sejak 2009. Sementara utang jangka pendek pada 2019 mencapai USD 44,799 miliar.

Adapun di atas Indonesia, terdapat 5 negara dengan utang luar negeri terbesar yaitu Brazil, India, Rusia, Meksiko dan Turki. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pose Bersama Agnez Mo, Jirayut: Sekian Lama Aku Pengin Foto Bareng

Posted: 14 Oct 2020 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jirayut ternyata begitu mengidolakan penyanyi yang kini sudah go internasional, Agnez Mo. Ketika ada kesempatan bersama, tak disia-siakan host LIDA Indosiar ini.

Jirayut pun berpose dengan Agnez Mo. Tampak keduanya berada di belakang panggung dalam sebuah acara.

Setelah mendapatkan keinginannya, Jirayut pun mengunggah kebersamaannya dengan Agnez Mo di akun Instagram terverifikasi miliknya, Senin (12/10/2020).

 

Sekian Lama Menunggu

Jirayut - Agnez Mo (Foto: Instagram/@jirayutdaa4official)
Jirayut - Agnez Mo (Foto: Instagram/@jirayutdaa4official)

Ternyata, momen ini memang sudah lama ditunggu pedangdut asal Thailand ini.

"OMG🔥 sekian lama aku pengen foto bareng sama kak agnes baru sempat," tulisnya sebagai keterangan foto.

 

Ucapkan Terima Kasih

Jirayut tunjukkan sisi berbeda dipemotretan kali ini. (Sumber: Instagram/@awanpotret17)
Jirayut tunjukkan sisi berbeda dipemotretan kali ini. (Sumber: Instagram/@awanpotret17)

Meski tak menge-tag Instagram Agnez Mo, pria bernama asli Afisan Jehdueramae ini tetap mengucapkan terima kasih kepada pelantun "Coke Bottle" dan "Karena Ku Sanggup" ini.

"Makasih kak agnes sudah mau foto bareng akuuu 😘😘😘," tukasnya.

 

Ikut Bahagia

Jirayut tunjukkan sisi berbeda dipemotretan kali ini. (Sumber: Instagram/@awanpotret17)
Jirayut tunjukkan sisi berbeda dipemotretan kali ini. (Sumber: Instagram/@awanpotret17)

Ternyata, Jirayut sudah menunggu momen seperti ini selama dua tahun. Melihat momen tersebut, tak sedikit penggemarnya yang ikut bahagia.

"Waaahhh selamat deekk.. akhirnyaa ya setelah sekian lamaa nunggu bisa foto juga sama kk agnez 😍💙 next foto sama A raffi dong dekk 😁," tulis akun @riya.jns.

"Alhamdullah udh bisa potbar 😘😘," tambah akun @anyong_jnations_hongkong.

"Alkhamdulillah Ya Allah bahagia bgt ya nak,semoga rezekinya mbul @jirayutdaa4official seperti kak @agnezmo Aamiin Ya Rabb," sambung akun @lia_jnations_taiwan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ekonomi Mulai Bangkit, Ekspor Indonesia Naik 6,9 Persen di September 2020

Posted: 14 Oct 2020 10:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai ekspor Indonesia pada September 2020 adalah sebesar USD 14,01 miliar.

Angka ini mengalami kenaikan sebesar 6,97 persen dibandingkan Agustus 2020. Sedangkan secara tahunan, nilai ekspor Indonesia pada September 2020 mengalami penurunan yang sangat tipis sebesar 0,51 persen.

"Nilai ekspor selama bulan September tahun 2020 mengalami kenaikan sebesar 6,97 persen. Disebabkan kenaikan ekspor migas sebesar 17,43 persen dan nonmigasnya juga naik 6,47 persen. Jadi tentunya ini irama yang menggembirakan karena ekspornya naik, baik dari sisi migas maupun non nonmigas," ujar Kepala BPS, Kecuk Suhariyanto dalam video konferensi, Kamis (15/10/2020).

Secara rinci, nilai ekspor migas pada September 2020 tercatat sebesar USD 0,70 miliar. Sedangkan untuk nilai ekspor nonmigas sebesar USD 13,31 miliar.

"Kalau kita bandingkan secara YoY (tahunan), nilai ekspor pada bulan September tahun 2020 ini memang masih mengalami penurunan, tetapi penggunaannya sangat tipis sekali, karena hanya 0,5 persen. Posisi ekspor kita pada bulan September 2020 sudah hampir sama dengan posisi bulan September tahun 2019. Pada bulan September 2020 total nilai ekspor kita adalah  USD 14,01 miliar pada bulan September tahun 2019 adalah USD 14,08 miliar," jelas Kecuk.

Lebih lanjut, secara tahunan, ekspor migas tercatat mengalami penurunan sebesar 12,44 persen. Sementara untuk ekspor nonmigas mengalami kenaikan sebesar 0,21 persen.

5 Bulan Berturut-turut, Neraca Dagang Indonesia Surplus

Aktivitas bongkar muat kontainer di dermaga ekspor impor Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (5/8/2020). Menurut BPS, pandemi COVID-19 mengkibatkan ekspor barang dan jasa kuartal II/2020 kontraksi 11,66 persen secara yoy dibandingkan kuartal II/2019 sebesar -1,73. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Aktivitas bongkar muat kontainer di dermaga ekspor impor Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (5/8/2020). Menurut BPS, pandemi COVID-19 mengkibatkan ekspor barang dan jasa kuartal II/2020 kontraksi 11,66 persen secara yoy dibandingkan kuartal II/2019 sebesar -1,73. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan pada September 2020 surplus sebesar USD 2,44 miliar. Surplus tersebut terjadi akibat nilai ekspor tercatat lebih tinggi sebesar USD 14,01 miliar dari posisi nilai impor sebesar USD 11,57 miliar.

Kepala BPS, Suhariyanto mengatakan, surplus ini jauh lebih besar dibandingkan surplus bulan Agustus 2020 sebesar USD 2,35 miliar. Juga jauh lebih besar dibandingkan dengan posisi bulan September 2019 di mana pada waktu itu mengalami defisit USD 183,3 juta.

"Pada bulan September kita mengalami surplus USD 2,44 miliar. Selama 5 bulan berturut-turut sejak bulan Mei, Indonesia mengalami surplus dan surplus pada bulan September ini lebih besar dibandingkan surplus pada bulan Agustus, jelas dia dalam video conference di Kantornya, Jakarta, Kamis (15/10/2020).

Jika dirinci surplus neraca perdagangan Indonesia menurut negara, pada posisi Juli 2020 Amerika Serikat (AS) menjadi terbesar yakni surplus mencapai USD 1,08 miliar. Di mana ekspor Indonesia ke AS mencapai USD 1,6 miliar dan impor USD 607 juta.

Kemudian surplus lainnya juga terjadi dengan India yang mengalami surplus USD 562,5 juta dan Filipina sebesar USD 491,2 juta.

Sebaliknya ada beberapa negara yang masih mengalami defisit pada Juli 2020. Di mana dengan Tiongkok mengalami defisit USD 879,2 juta. Kemudian Ukraina mengalami defisit USD 140,1 juta dan Brasil defisit USD 119,3 juta.

Adapun secara keseuruhan BPS mencatat untuk neraca perdagangan dari Januari sampai September 2020 mengalami surplus USD 13,51 miliar. Surplus ini jauh lebih bagus dibandingkan posisi pada bulan Januari sampai September 2019 yang pada waktu itu mengalami defisit.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Honda Belum Butuh Turunkan Marc Marquez Demi Podium MotoGP Aragon

Posted: 14 Oct 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Aragon- Repsol Honda memastikan belum perlu untuk menurunkan Marc Marquez di MotoGP Aragon. Marquez memang raja di salah satu sirkuit di Spanyol ini.

Honda bakal tetap andalkan Alex Marquez dan Stefan Bradl untuk tampil di MotoGP Aragon. Ini sekaligus untuk menepis rumor yang menyebutkan Marquez akan menjajal salah satu dari dua seri di Aragon.

Tak pelak, beban akan ada di pundak Alex Marquez. Ini menyusul penampilan gemilangnya di MotoGP Prancis Sirkuit Le Mans akhir pekan lalu.

Alex mengaku masih senang dengan podium pertamanya musim ini. Kini dia ingin memperbaiki penampilannya saat balapan kering.

"Hari-hari terakhir ini cukup menyenangkan setelah balapan di Le Mans, terimakasih untuk dukungannya. Sekarang saatnya kembali kerja keras di Aragon," ujarnya seperti dikutip crash.

 

Fokus Kualifikasi

Duo Repsol Honda, Stefan Bradl dan Alex Marquez. (ANDREAS SOLARO / AFP)
Duo Repsol Honda, Stefan Bradl dan Alex Marquez. (ANDREAS SOLARO / AFP)

 

Repsol Honda saat ini belum bisa mendapatkan hasil bagus saat sesi latihan bebas dan kualifikasi. Inipula yang ingin diperbaiki Alex di Aragon nanti.

"Sesi kualifikasi menjadi pekerjaan terbesar kami. Soalnya kami sudah memperlihatkan kecepatan kami saat balapan tidak buruk," ujarnya.

"Kami memperlihatkan bisa terus ngotot di setiap balapan. Kita tunggu cuacanya bagaimana. Aragon bisa sangat dingin di pagi hari, kami harus perhatikan ini."

Pembuktian

Alex Marquez belum bisa secepat sang kakak, Marc Marquez bersama Repsol Honda di MotoGP. (JOE KLAMAR / AFP)
Alex Marquez belum bisa secepat sang kakak, Marc Marquez bersama Repsol Honda di MotoGP. (JOE KLAMAR / AFP)

Podium di MotoGP Prancis menjadi pembuktian bagi Alex. Dia merasa memang pantas gabung dengan Repsol Honda meski musim depan digeser ke tim satelit.

"Pada akhirnya saya tahu mengapa memakai jersey balap warna ini. Saya dua kali juara dunia. Saya tahu mengapa mereka promosikan saya ke Repsol Honda," ujar Marquez seperti dikutip crash.

"Kritik itu terkadang bagus. Ini memberimu motivasi dan semangat untuk terus percaya kepada diri sendiri."

 

Jadwal MotoGP Aragon

Jumat, 16 Oktober 2020

14:55 - 15:40: FP1

19:10 - 19:55: FP 2

 

Sabtu, 17 Oktober 2020

14:55 - 15:40: FP3

18:30 - 19:00: FP4

19:35 - 19:50: Kualifikasi

 

Minggu, 18 Oktober 2020

19:00: Balapan

 

Jadwal MotoGP Berikutnya

25 Oktober - MotoGP Teruel (Sirkuit Motorland Aragon)

8 November - MotoGP Eropa (Sirkuit Ricardo Tormo)

15 November - MotoGP Comunitat Valenciana (Sirkuit Ricardo Tormo)

22 November - MotoGP Portugal (Sirkuit Portimao)

Klasemen MotoGP

 Posisi-perubahan-Nama Pembalap-Asal-Nama Tim-Motor-Poin-Jarak

1 = Fabio Quartararo FRA Petronas Yamaha (YZR-M1) 115

2 = Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) 105 (-10)

3 ^1 Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (GP20) 97 (-18)

4 ˅1 Maverick Viñales SPA Monster Yamaha (YZR-M1) 96 (-19)

5 ^2 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V) 81 (-34)

6 ˅1 Franco Morbidelli ITA Petronas Yamaha (YZR-M1) 77 (-38)

7 ˅1 Jack Miller AUS Pramac Ducati (GP20) 75 (-40)

8 ^4 Pol Espargaro SPA Red Bull KTM (RC16) 73 (-42)

9 = Miguel Oliveira POR Red Bull KTM Tech3 (RC16) 69 (-46)

10 ^4 Danilo Petrucci ITA Ducati Team (GP20) 64 (-51)

11 ˅1 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)* 62 (-53)

12 ˅4 Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) 60 (-55)

13 ˅2 Valentino Rossi ITA Monster Yamaha (YZR-M1) 58 (-57)

14 ^2 Alex Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)* 47 (-68)

15 = Johann Zarco FRA Reale Avintia (GP19) 47 (-68)

16 ˅3 Francesco Bagnaia ITA Pramac Ducati (GP20) 42 (-73)

17 = Aleix Espargaro SPA Aprilia Gresini (RS-GP) 24 (-91)

18 = Iker Lecuona SPA Red Bull KTM Tech3 (RC16)* 18 (-97)

19 = Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) 13 (-102)

20 = Bradley Smith GBR Aprilia Gresini (RS-GP) 11 (-104)

21 NA Stefan Bradl GER Repsol Honda (RC213V) 8 (-107)

22 ˅1 Tito Rabat SPA Reale Avintia (GP19) 8 (-107)

23 ˅1 Michele Pirro ITA Ducati Test Rider (GP20) 4 (-111)

Saksikan Video MotoGP di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nikita Willy Khatam Al-Qur'an Sebelum Menikah dengan Indra Priawan

Posted: 14 Oct 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebelum melangsungkan pernikahan, Nikita Willy terlebih dahulu mengadakan pengajian di kediamannya di kawasan Jatiwaringin, Jakarta Timur. Acara tersebut berlangsung khidmat.

Dalam kesempatan itu, diketahui bahwa Nikita Willy telah mengkhatamkan Al-Qur'an sebelum menikah dengan Indra Priawan. Hal ini dibenarkan Habib Muhammad Syahab selaku penceramah dalam acara itu.

"Khusyuk tadi dari Nikita Willy juga bacain, terus ada khatam. Masyaallah ada khatam Al-Qur'an juga, bagus, bagus sekali," kata Habib Muhammad Syahab setelah acara berlangsung.

"Ya khatam Al-Qur'an, tadi baca Alfatihah, lalu sampai akhir ada doa khatam Al-Qur'an yang dibacakan bersama. Masyaallah bagus," ia menyambung.

 

Nasihat

(Instagram/thebridestory)
(Instagram/thebridestory)

Dalam kesempatan itu, sang ustaz menyampaikan beberapa nasihat pernikahan kepada Nikita Willy. Yang pertama, mengukuhkan niat menikah karena Sang Pencipta.

"Niatnya karena ibadah jadi saya sampaikan niatnya betul-betul karena Allah SWT untuk ibadah kepada Allah. Terus yang kedua, insyaallah mendapat keturunan yang saleh dan salihah, berbakti pada keluarga," paparnya.

Berbuat Baik

[Foto: Instagram Bridestory/ thebridestory]
[Foto: Instagram Bridestory/ thebridestory]

Nasihat selanjutnya, anjuran untuk selalu berbuat baik kepada pasangan. "Ketiga, di antara tujuan orang menikah itu menjadi orang yang baik buat kedua pasangannya. Artinya istri baik buat suami, suami juga baik buat istri," ia mengakhiri.

Khatam Al-Qur'an

Ini bukan kali pertama Nikita Willy khatam Al-Qur'an. Pada minggu kedua bulan Ramadan lalu, sulung dua bersaudara ini diketahui telah khatam Al-Qur'an. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kookmin Bank Masuk, Pengawasan Bukopin Kian Ketat

Posted: 14 Oct 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Masuknya KB Kookmin Bank Co.Ltd sebagai pemegang saham pengendali dinilai akan semakin memperkuat pengawasan terhadap PT Bank Bukopin Tbk (BBKP).

Hal ini lantaran Bukopin akan diawasi oleh dua otoritas perbankan sekaligus, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Indonesia dan The Financial Supervisory Service di Korea Selatan. Dengan pengawasan yang makin ketat, nasabah Bukopin bakal diuntungkan.

Ketua Bidang Pengembangan Kajian Ekonomi Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas) Aviliani mengatakan dengan masuknya Kookmin akan membuat Bukopin semakin prudent. "Dengan pengawasan yang makin ketat dan sistem operasi yang lebih baik fundamental Bukopin tentunya akan semakin solid kedepannya. Hal ini akan menguntungkan nasabah," ujar Aviliani kepada media di Jakarta

Di luar OJK dan FSS, pengawasan terhadap Bukopin juga turut dilakukan oleh otoritas pasar modal. Di Indonesia, Bukopin merupakan perusahaan publik yang memberikan laporan kepada Bursa Efek Indonesia (BEI).

Sementara di luar negeri, KB Financial Group Inc. yang merupakan induk Kookmin juga tercatat melakukan dual-listing saham di Korea Exchange dan New York Stock Exchange.

Keputusan OJK yang mendorong Kookmin untuk menjadi pengendali di Bank Bukopin terbukti manjur. Salah satunya bisa dilihat dari tren penguatan harga saham perseoran di BEI. Menguatnya saham BBKP dinilai sebagai sinyal positif bagi para investor yang telah menanamkan modalnya di bank legendaris ini.

"Komitmen Kookmin untuk terus meningkatkan modal menunjukkan bahwa bisnis perbankan di Indonesia masih sangat bagus, apalagi jika pandemi telah usai. Inilah yang memicu saham Bukopin menguat," terang Aviliani kepada wartawan, Kamis (15/10/2020).

Ditengah ketatnya persaingan dan besarnya efek pandemi COVID-19, Aviliani menyarankan Bukopin agar terus memperkuat posisinya sebagai di segmen UMKM. Apalagi Bukopin memiliki banyak anak perusahaan yang memungkinkan terciptanya kolaborasi.

"Mungkin Bukopin bisa mengoptimalkan ekosistem bisnis yang sudah dimiliki. Dengan strategi kolaborasi ini bisnis Bukopin bisa tumbuh positif dan didukung anak usaha yang sehat," imbuhnya.

 

Peroleh Restu OJK

Tulisan OJK terpampang di Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Tulisan OJK terpampang di Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Kookmin telah mendapatkan restu dari OJK untuk menjadi pemegang 67 persen saham Bukopin. Kookmin dikenal sebagai bank yang memiliki kekuatan bisnis pada segmen retail banking serta usaha kecil dan menengah (UKM) yang selama ini juga menjadi kekuatan Bukopin.

Pada tahun 2019, Kookmin menjadi bank komersial pertama yang menyalurkan kredit UMKM sebesar 103,3 triliun won atau setara Rp 1.308 triliun dan berhasil mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar pada segmen kredit UKM di Korea Selatan. Segmen ini juga yang menjadi daya tarik Kookmin terhadap Bukopin karena kemiripan dengan fokus dan kekuatan mereka di Korea dan bakal dikembangkan lebih luas di Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Sebelumnya, Deputi Komisioner Humas dan Logistik OJK Anto Prabowo menyatakan, masuknya Kookmin sebagai pemegang saham pengendali menjadi dukungan positif bagi perkembangan Bukopin serta industri perbankan nasional. Hal ini diharapkan turut meningkatkan kontribusi dalam upaya pemulihan ekonomi.

Hingga saat ini, OJK telah melakukan optimalisasi berbagai kebijakan di industri jasa keuangan. "Penguatan peran sektor jasa keuangan (supply side) dengan berbagai stimulus bisa membantu mendorong kembali gerak roda perekonomian (demand side), dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang baik, sehingga dapat memulai tahapan pemulihan ekonomi nasional," ungkap Anto.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelatih Timnas Inggris Sebut Performa Maguire Menurun Gara-gara MU

Posted: 14 Oct 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bek Manchester United (MU), Harry Maguire, harus berhenti lebih cepat pada laga UEFA Nations League yang mempertemukan timnas Inggris Denmark di Stadion Wembley, Rabu (14/10/2020) malam WIB. Ia diusir dari lapangan usai mendapat kartu kuning kedua dari wasit Jesus Gil Manzano.

Maguire diusir dari lapangan pada menit Ke-31. Akibatnya, The Three Lions harus menanggung kekalahan tipis 0-1 atas Denmark.

Manajer Timnas Inggris, Gareth Southgate, turut menanggapi kartu merah yang diberikan kepada Maguire. Menurutnya, bek andalan MU itu sedang mengalami penurunan performa akhir-akhir ini.

"Maguire merupakan pemain yang selalu berkembang sejak dulu, dia telah meraih kesuksesan baik di level klub maupun bersama Timnas Inggris. Namun, akhir-akhir ini dia mengalami penurunan," ujar Southgate seperti dilansir Metro.

"Dia hanya perlu diyakini bahwa rekan satu timnya percaya pada dirinya. Saya tahu dia memiliki beberapa masalah dan ia butuh kepercayaan akan hal itu."

Beri Dukungan

Pelatih Inggris, Gareth Southgate melihat pemainnya berlatih di St George's Park di Burton-on-Trent, Inggris tengah (7/10/2019). Inggris akan melawan Republik Ceko pada kualifikasi Euro 2020 di Praha. (AFP Photo/Paul Ellis)
Pelatih Inggris, Gareth Southgate melihat pemainnya berlatih di St George's Park di Burton-on-Trent, Inggris tengah (7/10/2019). Inggris akan melawan Republik Ceko pada kualifikasi Euro 2020 di Praha. (AFP Photo/Paul Ellis)

Manajer berusia 50 tahun itu megungkap turunnya performa Maguire disebabkan karena Setan Merah mengalami awal musim yang buruk di Liga Inggris. Namun, ia tahu Maguire bisa bangkit dan melewati masa sulit itu.

"Dia pemain hebat sekaligus bagian penting dari apa yang kami lakukan. Dia mendapat banyak kesulitan beberapa waktu lalu dan kami tetap mendukungnya dengan sepenuh hati agar bisa bangkit kembali," paparnya.

Bangga

Gareth Southgate dan timnas Inggris memberikan penghormatan kepada suporter. (AP/Matthias Schrader)
Gareth Southgate dan timnas Inggris memberikan penghormatan kepada suporter. (AP/Matthias Schrader)

Menanggapi penampilan anak asuhnya yang harus bermain dengan 10 orang, Southgate cukup puas atas apa yang mereka tampilkan. Ia menuturkan penggawa Timnas Inggris cukup solid untuk bertahan ataupun menyerang.

"Kami menunjukkan semangat pantang menyerah dan memperlihatkan bagaimana bermain pragmatis dengan 10 pemain," katanya.

"Kiper Denmark main bagus untuk menjaga keunggulan 1-0. Saya hanya bisa bangga dengan pemain yang menunjukkan mereka belajar dan berbenah dalam 10 hari terakhir. Kami banyak berubah tapi bisa bertahan."

 

Penulis

Dzaky Nurcahyo

Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Simak Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Catat, Ariana Grande Bakal Rilis Album Bulan Ini

Posted: 14 Oct 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabar baik bagi pecinta solois Ariana Grande. Ia mengkonfirmasi bakal merilis album terbaru bulan Oktober ini. Kabar tersebut ia bagikan melalui media sosialnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gaya Dinda Hauw Saat Pakai Baju Putih, Tampil Memesona

Posted: 14 Oct 2020 10:30 PM PDT

Sebagai warna yang netral, tak salah jika baju putih sering digunakan bintang sinetron Jangan Panggil Gue Pak Haji ini. Dalam momen santai, Dinda Hauw tampil dengan sweater putih yang dipadukan dengan hijab berwarna pastel. Gaya Dinda terlihat kasual namun tetap memesona. (Liputan6.com/IG/@dindahw)
Sebagai warna yang netral, tak salah jika baju putih sering digunakan bintang sinetron Jangan Panggil Gue Pak Haji ini. Dalam momen santai, Dinda Hauw tampil dengan sweater putih yang dipadukan dengan hijab berwarna pastel. Gaya Dinda terlihat kasual namun tetap memesona. (Liputan6.com/IG/@dindahw)

Sebagai warna yang netral, tak salah jika baju putih sering digunakan bintang sinetron Jangan Panggil Gue Pak Haji ini. Dalam momen santai, Dinda Hauw tampil dengan sweater putih yang dipadukan dengan hijab berwarna pastel. Gaya Dinda terlihat kasual namun tetap memesona. (Liputan6.com/IG/@dindahw)

Rupanya baju putih sudah menjadi outfit andalan Dinda Hauw. Seperti saat berlibur dengan sang suami, Rey Mbayang. Dinda Hauw dan Rey Mbayang tampil kompak mengenakan setelan baju berwarna putih. (Liputan6.com/IG/@dindahw)
Rupanya baju putih sudah menjadi outfit andalan Dinda Hauw. Seperti saat berlibur dengan sang suami, Rey Mbayang. Dinda Hauw dan Rey Mbayang tampil kompak mengenakan setelan baju berwarna putih. (Liputan6.com/IG/@dindahw)

Rupanya baju putih sudah menjadi outfit andalan Dinda Hauw. Seperti saat berlibur dengan sang suami, Rey Mbayang. Dinda Hauw dan Rey Mbayang tampil kompak mengenakan setelan baju berwarna putih. (Liputan6.com/IG/@dindahw)

Terlihat sederhana dengan busana berwarna putih, beberapa netizen justru menganggap penampilan Dinda Hauw semakin menawan. Meski bisa menampilkan sisi sederhana, namun wanita kelahiran 14 November 1996 ini juga dapat memerlihatkan sisi anggunnya. (Liputan6.com/IG/@dindahw)
Terlihat sederhana dengan busana berwarna putih, beberapa netizen justru menganggap penampilan Dinda Hauw semakin menawan. Meski bisa menampilkan sisi sederhana, namun wanita kelahiran 14 November 1996 ini juga dapat memerlihatkan sisi anggunnya. (Liputan6.com/IG/@dindahw)

Terlihat sederhana dengan busana berwarna putih, beberapa netizen justru menganggap penampilan Dinda Hauw semakin menawan. Meski bisa menampilkan sisi sederhana, namun wanita kelahiran 14 November 1996 ini juga dapat memerlihatkan sisi anggunnya. (Liputan6.com/IG/@dindahw)

Gaya pesinetron cantik ini saat mengenakan baju berwarna putih pun sering menjadi sorotan publik. Pasalnya, meski jarang menggunakan aksesoris berlebih, penampilan Dinda Hauw terlihat memesona. Apalagi ditambah makeup natural yang memikat. (Liputan6.com/IG/@dindahw)
Gaya pesinetron cantik ini saat mengenakan baju berwarna putih pun sering menjadi sorotan publik. Pasalnya, meski jarang menggunakan aksesoris berlebih, penampilan Dinda Hauw terlihat memesona. Apalagi ditambah makeup natural yang memikat. (Liputan6.com/IG/@dindahw)

Gaya pesinetron cantik ini saat mengenakan baju berwarna putih pun sering menjadi sorotan publik. Pasalnya, meski jarang menggunakan aksesoris berlebih, penampilan Dinda Hauw terlihat memesona. Apalagi ditambah makeup natural yang memikat. (Liputan6.com/IG/@dindahw)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pejabat WHO: Orang Muda Sehat Bisa Tak Dapat Vaksin COVID-19 Sampai 2022

Posted: 14 Oct 2020 10:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Sejumlah pejabat tinggi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa kalangan muda yang sehat kemungkinan tidak mendapatkan vaksin Virus Corona COVID-19 hingga tahun 2022. Demikian menurut pejabat tinggi dari organisasi tersebut pada Rabu 14 Oktober 2020.

Menurut Kepala Ilmuwan WHO, Dr. Soumya Swaminathan, hal itu dilakukan karena vaksin kemungkinan akan diberikan kepada orang tua, petugas kesehatan, pekerja garis depan dan kelompok rentan lainnya terlebih dahulu. Demikian seperti dikutip dari CNBC, Kamis (15/10/2020). 

Langkah tersebut pun dilakukan meski rincian siapa saja yang menjadi prioritas masih dirampungkan oleh WHO. 

Diketahui bahwa hingga kini, masih belum ada satupun vaksin COVID-19 yang dianggap aman dan efektif oleh WHO, Uni Eropa atau Amerika Serikat.

Dr. Swaminatha memaparkan, "Orang cenderung berpikir bahwa pada tanggal 1 Januari atau 1 April, saya akan mendapatkan vaksin, dan kemudian semuanya akan kembali normal".

Tetapi "Tidak akan berhasil seperti itu," katanya. 

Ia menambahkan, bahwa dunia diharapkan akan memiliki setidaknya satu vaksin yang aman dan efektif pada tahun 2021, tetapi akan tersedia dalam "jumlah yang terbatas".

Beru-baru ini, kelompok penasihat strategis yang terdiri dari para ahli imunisasi, atau SAGE menerbitkan pedoman untuk negara-negara tentang cara mempertimbangkan untuk memprioritaskan kalangan masyarakat penerima vaksin. 

Saat ini, ada lebih dari 10 vaksin COVID-19 di seluruh dunia yang sedang dalam uji klinis tahap akhir, kata Dr. Swaminathan.

Sementara itu, SAGE akan merilis panduan tentang populasi apa yang paling cocok untuk setiap vaksin dan bagaimana mendistribusikannya secara logistik.

"Kebanyakan orang setuju bahwa ini dimulai dengan petugas kesehatan dan petugas garis depan, tetapi bahkan kemudian Anda perlu menentukan siapa di antara mereka yang memiliki risiko tertinggi dan kemudian orang tua dan seterusnya," jelas Swaminathan.

"Akan ada banyak panduan yang keluar, tapi saya pikir rata-rata orang, orang muda yang sehat mungkin harus menunggu hingga 2022 untuk mendapatkan vaksin," imbuhnya. 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

 

Perbedaan Penentuan Prioritas Vaksin oleh AS-WHO

Pekerja berada di laboratorium vaksin SinoVac di Beijing, Kamis (24/9/2020). Perusahaan farmasi China, Sinovac mengatakan vaksin virus corona yang dikembangkannya akan siap didistribusikan ke seluruh dunia, termasuk AS, pada awal 2021. (AP Photo/Ng Han Guan)
Pekerja berada di laboratorium vaksin SinoVac di Beijing, Kamis (24/9/2020). Perusahaan farmasi China, Sinovac mengatakan vaksin virus corona yang dikembangkannya akan siap didistribusikan ke seluruh dunia, termasuk AS, pada awal 2021. (AP Photo/Ng Han Guan)

Tak hanya WHO, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) dan Administrasi Makanan dan Obat-obatan (FDA) pun juga sedang bersiap untuk memprioritaskan komunitas berisiko tertentu untuk distribusi dosis langka.

Tetapi di sisi lain, garis waktu AS kemungkinan akan terlihat sangat berbeda dari WHO.

AS, diketahui telah secara independen mendapatkan ratusan juta dosis dari enam perusahaan dengan vaksin potensial yang sedang dikembangkan.

Selain itu, pejabat tinggi kesehatan AS pun telah menyatakan bahwa negara tersebut dapat memiliki dosis yang cukup untuk memvaksinasi setiap warganya pada musim semi 2021, dengan distribusi terbatas untuk kelompok yang diprioritaskan mulai 2020.

Sementara pejabat tinggi WHO telah memperingatkan negara-negara agar tidak mengamankan dosis vaksin untuk warganya sendiri seperti yang telah dilakukan AS dan China, yang disebut oleh Direktur Jenderal Tedros Adhanom Ghebreyesus sebagai "nasionalisme vaksin".

Dalam inisiatifnya, WHO meluncurkan program COVAX yang dibuat untuk menjamin akses yang adil terhadap pasokan dosis vaksin untuk seluruh dunia.

Invesitasi di fasilitas tersebut pun melibatkan lebih dari 170 negara, termasuk China dan Inggris. 

Kepala Unit Penyakit dan Zoonosis di WHO, Dr. Maria Van Kerkhove mengatakan, "Kami perlu memastikan bahwa kami memvaksinasi mereka yang paling berisiko di setiap negara sebelum kami memvaksinasi semua orang di beberapa negara". 

"Sebagian dari itu tidak hanya karena komitmen pemerintah, tetapi juga pemahaman individu yang mengatakan, 'Saya orang yang lebih muda. Saya tidak memiliki kondisi yang mendasarinya. Saya mungkin perlu menunggu agar kakek nenek saya bisa mendapatkan vaksin,'"ujarnya. 

 

Penghentian Sementara Uji Coba Vaksin

Ilustrasi Foto Vaksin (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Vaksin (iStockphoto)

Tetapi, setiap rencana distribusi vaksin tentu saja bergantung pada apakah vaksin yang aman dan efektif sudah tersedia. 

Komentar WHO terbaru ini mengemuka beberapa hari setelah pengumuman Johnson & Johnson yang menghentikan uji coba vaksin tahap akhir mereka karena masalah keamanan.

Pada September 2020, uji coba tahap akhir AstraZeneca di AS juga ditunda.

Menurut pejabat kesehatan, pemberhentian sementara dalam uji klinis seperti itu biasa terjadi.

Hal itu menunjukkan bahwa dalam mengembangkan vaksin, badan pengatur mengambil tindakan pencegahan keamanan yang tepat.

Namun, Dr. Maria Van Kerkhove menekankan bahwa meski tanpa vaksin, dunia memiliki alat untuk menghentikan penyebaran Virus Corona COVID-19 untuk saat ini. 

"Saat ini kami memiliki alat yang dapat mencegah peristiwa amplifikasi,"katanya, menambahkan bahwa mengenakan masker, menghindari keramaian dan sering mencuci tangan dapat memperlambat penyebaran.

"Kami dapat mengatasi virus dan di banyak negara mereka telah mengendalikan penularan," sebutnya. 

Infografis 5 Kandidat Vaksin COVID-19 untuk Indonesia

Infografis 5 Kandidat Vaksin COVID-19 untuk Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis 5 Kandidat Vaksin COVID-19 untuk Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Emak-Emak Pingsan Terharu Saat Jemput Anak di Polres Bekasi Karena Ikut Demo

Posted: 14 Oct 2020 10:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Puluhan pelajar yang diamankan saat hendak ikut aksi demo menolak Undang-Undang Cipta Kerja, serentak menangis di hadapan orangtua masing-masing yang datang menjemput, Rabu 14 Oktober 2020.

Sambil memeluk dan sungkem ke orangtua, para pelajar tersebut meminta maaf dan menyesali tindakan mereka yang telah membuat orangtua khawatir.

Perasaan kesal yang awalnya dirasakan para orangtua, berubah haru saat mendengar ucapan dari anak terkasih mereka. Air mata pun sontak menyelimuti pertemuan orangtua dan anak yang berlangsung di aula Polres.

"Dengan menghadirkan orangtua, diharapkan para pelajar tersebut meminta maaf pada orangtuanya," kata Wakapolres Metro Bekasi Kota, AKBP Alfian, Kamis (15/10/2020).

Menurutnya, sebagai generasi penerus, para pelajar sebaiknya membekali diri dengan ilmu pengetahuan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat.

Begitu pula peran orangtua yang perlu ditingkatkan dalam mengawasi gerak-gerik anak, sehingga tidak mudah terhasut hal-hal yang bisa merugikan anak.

"Kita juga memberikan informasi kepada orang tua sehingga menjadi introspeksi para orang tua menyikapi hal ini. Kita berharap kejadian serupa tidak akan terulang lagi," ujar Alfian.

Ia juga menegaskan, bahwa anak-anak memiliki kewajiban untuk berbakti kepada orangtua yang membesarkan dengan perjuangan dan kasih sayang.

"Kita ingatkan bahwa penting bagi anak-anak berbakti kepada orangtua, terlebih kepada ibu yang sudah melahirkan. Jadi jangan pernah abaikan nasihat orangtua," imbuhnya.

Puluhan Diamankan

Sempat terjadi insiden, di mana salah seorang ibu pingsan lantaran tak kuasa menahan haru. Petugas lantas membopong ibu tersebut ke ruang medis.

Selanjutnya para pelajar diperbolehkan pulang, usai orangtua memberikan surat pernyataan yang sudah disiapkan dari rumah masing-masing.

Sebelumnya puluhan pelajar yang diamankan, didata dan diberikan pembinaan oleh petugas kepolisian. Mereka juga mengikuti rapid test yang seluruh hasilnya negatif.

Malam harinya petugas juga membagikan perlengkapan sholat kepada pelajar, seperti baju koko, sarung dan peci, untuk sama-sama melaksanakan sholat Isya berjamaah.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Persilakan Pemilik Ambil Motor yang Tertinggal saat Demo

Posted: 14 Oct 2020 10:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Massa dan kepolisian terlibat bentrok saat unjuk rasa penolakan RUU Cipta Kerja di sekitaran Istana Negara, pada 13 Oktober 2020 kemarin. Banyak kendaraan yang ditinggal begitu saja oleh pemiliknya.

Direktorat Lalulintas Polda Metro Jaya menyusuri sejumlah titik konsentrasi massa di Jakarta. Sebanyak 69 unit sepeda motor terparkir sembarangan. Petugas mengangkutnya untuk di taruh di Polda Metro Jaya.

"Kami menemukan banyak sepeda motor yang diparkir di seputaran Patung Kuda dan Kedubes AS dan beberapa ada di seputaran Sarinah pada saat terjadinya aksi kerusuhan pada Selasa 13 Oktober malam," kata Kasat Patwal Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Argo Wiyono di Polda Metro Jaya, Kamis (15/10/2020).

Argo menyebut, dari 69 unit kendaraan, hanya 25 unit kendaraan yang telah diambil kembali oleh pemiliknya. Argo pun mempersilahkan bagi siapapun yang merasa kehilangan kendaraan roda dua saat berada di lokasi demo RUU Cipta Kerja untuk mengecek langsung ke Polda Metro Jaya.

Argo menjelaskan, mereka tinggal menunjukkan bukti-bukti kepemilikan seperti STNK dan BPKB. Pemilik juga diwajibkan membayar denda sebagaimana yang dijelaskan dalam Pasal 283 ayat 3 UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ).

"Ada prosedur dan tata cara yang harus dipenuhi misalnya kelengkapan surat-surat dan tetap kita tilang. Mereka membayar uang denda sebesar Rp 250 ribu," ucap dia.

Dugaan Terlibat Kerusuhan

Dalam hal ini, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya juga berkoordinasi dengan Ditreskrimum untuk mengetahui kemungkinan pemilik kendaraan terlibat dalam kerusuhan.

"Ada beberapa yang kami koordinasikan dengan jajaran reskrim karena terindikasi peserta aksi. Rata-rata semua pelat B Jakarta," tandas dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Misi Kementerian BUMN Bentuk Holding Sektor Kesehatan

Posted: 14 Oct 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian BUMN telah membentuk holding BUMN farmasi pada Januari 2020 lalu. Langkah ini dilakukan untuk mempercepat transformasi bisnis di industri farmasi sekaligus penyokong sektor kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Asisten Deputi Bidang Telekomunikasi dan Farmasi Kementerian BUMN Aditya Dhanwantara menyatakan, nantinya pembentukan holding BUMN farmasi ini menjadi salah satu milestone dalam pembentukan holding BUMN healthcare (layanan kesehatan) di Indonesia.

"Nanti BUMN Farmasi (holding) ini akan diperluas jadi (holding) BUMN di sektor kesehatan, yaitu ada BUMN farmasi dan BUMN layanan kesehatan seperti Pertamedika, Krakatau Medika, dan rumah sakit BUMN lain yang menjadi afiliasi," ujar Aditya dalam acara Ngopi BUMN, Kamis (15/10/2020).

Aditya melanjutkan, dalam mengembangkan BUMN farmasi, pihaknya memiliki kerangka kerja yang terdiri dari 5 poin, yaitu nilai ekonomi dan sosial untuk Indonesia, inovasi modal bisnis, kepemimpinan teknologi, pengembangan investasi dan pengembangan talenta.

Dengan framework tersebut, diharapkan industri farmasi nasional bisa lebih kuat dan mandiri, lalu ketersedian produk meningkat serta inovasi penyediaan produk akan semakin beragam.

Adapun, pembagian tugas kepada anggota holding farmasi juga sudah dilakukan dengan rinci. Seperti, Bio Farma yang berfokus kepada penguasaan platform teknologi vaksin baru dan pengembangan ekosistem digital healthcare.

Lalu, Kimia Farma yang berfokus terhadap pengembangan fasilitas industri bahan baku obat (BBO) serta Indo Farma yang berfokus ke pengembangan alat kesehatan dan produk herbal.

"Ini adalah harapan kita dalam melakukan transformasi bisnis," ujar Aditya.

Indofarma Siap Pasarkan 400 Ribu Botol Obat Covid-19 Seharga Rp 1,3 Juta

Ilustrasi obat Covid-19 (Foto:Shutterstock)
Ilustrasi obat Covid-19 (Foto:Shutterstock)

PT Indofarma (Persero) Tbk (INAF) akan mengedarkan obat untuk pasien Covid-19, yakni Desrem Remdesivir Inj 100mg. Rencananya, obat ini akan mulai dipasarkan mulai Jumat pekan ini seharga Rp 1,3 juta per vial atau botol kecil.

Kepada Liputan6.com, Direktur Utama Indofarma Arief Pramuhanto membenarkan hal tersebut. "Iya betul. barang mulai kita distribusi jumat minggu ini," ujar dia, Senin (5/10/2020).

Adapun ketersediaan stok untuk bulan ini, Arief menyebutkan pihaknya sanggup untuk mendistribusikan obat untuk pasien Covid-19 sebanyak 400 ribu vial. "Untuk bulan ini kita sanggup supply 400 ribu vial," kata dia.

Sebagai informasi, obat ini diproduksi oleh Mylan Laboratories Limited, atas lisensi dari Gilead Sciences Inc, Foster City dan United States of America.

Dilansir dari paparan Arief dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan komisi vi yang juga digelar senin ini, Arief menyebut produknya itu telah mendapat persetujuan Emergency Use Authorization (EUA) di Indonesia.

Persetujuan tersebut obat Covid-19 tersebut digunakan untuk penanganan darurat pada pasien rawat inap Covid-19 kondisi sedang hingga berat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Genjot Ekspor, Kemenkop Gelar Pelatihan UKM di Bangka Belitung

Posted: 14 Oct 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam setiap kesempatan selalu menekankan kepada jajarannya untuk melakukan jemput bola terhadap pelaku Koperasi dan UKM yang mempunyai potensi ekspor. Bahkan, mereka harus difasilitasi.

Oleh karena itu, Deputi Bidang Pengembangan SDM KemenkopUKM Arif Rahman Hakim menggelar kegiatan pelatihan akses pasar berbasis ekspor yang dilaksanakan di Hotel Santika, Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung.

Tujuan pelatihan di Bangka Belitung adalah untuk mendorong UMKM yang mempunyai produk unggulan, sehingga memanfaatkan peluang-peluang pasar melalui ekspor.

"Berdasarkan hasil monitoring di lapangan bahwa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mempunyai komoditas unggulan untuk ekspor," kata Arif, dalam keterangannya, Kamis (15/10/2020).

Arif menyebutkan pihaknya wajib hukumnya untuk hadir bila satu daerah terdapat komoditas unggulan tetapi pasarnya belum difasilitasi. Di Bangka Belitung, terdapat potensi yang cukup menjanjikan, antara lain lidi nipah berikut produk turunannya, nanas, dan kopi.

"Kita hadir untuk meningkatkan kapasitas pelaku koperasi dan UKM yang punya potensi untuk ekspor," imbuhnya.

Dirinya tak menampik ada pendapat yang mengatakan pasar dalam negeri juga terbuka luas. Tentu itu benar, namun pihaknya melihat produknya. Ada beberapa produk dalam negeri berlimpah namun di pasar luar negeri pemain dan barangnya terbatas. Hal-hal seperti ini yang harus kita raih, karena kita bisa menjadi pemain utama dalam ekspor tersebut.

Memang, ekspor sektor pertanian masih cukup rendah, yaitu hanya menyumbang USD 0,35 miliar juta atau 2,54 persen saja dari total Ekspor Non Migas. Artinya, inilah peluang emas yang harus diraih untuk dapat meningkatkan ekspor di sektor pertanian.

Diakui pula, kelemahan Koperasi dan UKM salah satunya adalah akses pasar, baik dalam negeri maupun luar negeri. "Kami pun secara khusus mendatangkan expert di bidang ekspor, yang hadir adalah pelaku UKM yang sudah malang melintang dalam ekspor," katanya.

Sementara untuk pasar dalam negeri, pihaknya menghadirkan LKPP (Belanja Pengadaan) dan Pasar Digital (PaDi) dari Kementerian BUMN, serta pakar dalam digital marketing.

Tak lupa, Arif menekankan bahwa UMKM yang eksis mampu bertahan dan beradaptasi dengan pandemi New Normal adalah Koperasi dan UMKM yang terhubung dengan ekosistem digital, baik melalui media sosial maupun marketplace yang ada.

Adapun saat ini, KemenkopUKM sudah membangun kolaborasi dengan marketplace. Antara lain, Blibli.com, Lazada, Shopee, Bukalapak, Tokopedia, untuk pertanian/peternakan dengan sayur box, tanihub, ternaknesia.   

Teten Masduki: UU Cipta Kerja Perkuat Rantai Pasok Koperasi dan UMKM

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan ada lima skema perlindungan dan pemulihan KUMKM di tengah pandemi Covid-19.
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan ada lima skema perlindungan dan pemulihan KUMKM di tengah pandemi Covid-19.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan UU Cipta Kerja bakal mampu memperkuat posisi KUMKM dalam rantai pasok.

"Diperlukan aturan yang dapat memberikan aspek perlindungan UMKM dari praktik-praktik kemitraan yang bersifat predatory dan meminimalisasi risiko usaha," kata Teten, pada acara Conference Call Mandiri Sekuritas dan Investor Pasar Modal UU Cipta Kerja Kluster KUMKM, secara online, Rabu (14/10/2020).

Lanjut Teten, UU Cipta Kerja juga memberikan penguatan dan proteksi terhadap persaingan dengan usaha besar, meningkatkan kompetensi dan level usaha UMKM, dengan memberikan fasilitasi kepada para UMKM untuk masuk dalam rantai pasok industri.

"Yang jelas, UU Cipta Kerja menjawab masalah utama bagi Koperasi dan UMKM selama ini, meliputi akses perizinan, akses rantai pasok, akses pengembangan usaha, akses pembiayaan, sampai dengan akses pasar," tegasnya.

Selanjutnya, UU Cipta Kerja akan meningkatkan kemampuan UMKM dalam penyerapan tenaga kerja dan tumbuhnya rasio kewirausahaan (start-up lokal) dengan kemudahan perizinan usaha serta penyelenggaraan inkubasi bisnis.

Bahkan, UU Cipta Kerja juga mendukung percepatan digitalisasi UMKM dengan memberikan kemudahan melalui pelatihan dan pendampingan pemanfaatan sistem/aplikasi di setiap lini bisnis proses UMKM dan inkubasi bisnis, untuk menciptakan UMKM berbasis inovasi dan teknologi.

"Dalam UU Cipta Kerja terdapat kemudahan pembiayaan bagi UMK, tidak hanya berupa aset. Saat ini, kegiatan usaha juga dapat dijadikan kredit program," imbuhnya.

Kemudahan pembiayaan akan berdampak pada UMK, yang dapat menjadi lebih bankable, lebih membuka akses terhadap KUR, meningkatkan omzet, serta skala usaha/produksi, kata Teten.

Beri Prioritas UMKM

Mustaqim (29), perajin tas menyelesaikan pesanan tas jinjing di Parakan, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (30/9/2020). Pemerintah berharap UMKM bisa menjadi tulang punggung dan andalan untuk menggerakkan ekonomi domestik di tengah pandemi Covid-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Mustaqim (29), perajin tas menyelesaikan pesanan tas jinjing di Parakan, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (30/9/2020). Pemerintah berharap UMKM bisa menjadi tulang punggung dan andalan untuk menggerakkan ekonomi domestik di tengah pandemi Covid-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Di samping itu, UU Cipta Kerja juga memberikan prioritas pasar produk UMKM. Dengan adanya UU Cipta Kerja, prioritas pasar diberikan kepada produk UMKM, berupa kesempatan berpartisipasi dalam ruang publik, serta prioritas produk UMKM dan Koperasi dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah, dengan alokasi paling sedikit hingga 40 persen.

"Yang tak kalah penting, UU Cipta Kerja menjadikan koperasi sebagai lembaga ekonomi pilihan masyarakat. Karena rendahnya rasio partisipasi penduduk berkoperasi di Indonesia (8,41 persen), masih di bawah rata-rata dunia yang mencapai 16,31 persen (PBB 2014).

Begitu juga kontribusi koperasi terhadap perekonomian nasional, yang hanya sebesar 0,97 persen dibandingkan dengan rata-rata dunia 4,30 persen. Dengan UU Cipta Kerja, partisipasi berkoperasi dan kontribusi koperasi terhadap perekonomian dapat meningkat, melalui penyederhanaan syarat pembentukan koperasi, kemudahan pengelolaan koperasi, dan penguatan keberadaan koperasi syariah.

"Sehingga koperasi akan menjadi lebih efektif dalam pelayanan anggota, serta lebih cepat dalam pengambilan keputusan", pungkasnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertama Bertemu Aurel Hermansyah, Atta Halilintar Kaget dengan Gaya Busananya

Posted: 14 Oct 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar belum lama ini terlihat mengisi konten vlog bersama Nikita Mirzani. Di situ, Nikita sempat mengajukan sejumlah pertanyaan kepada Aurel dan Atta.

Seperti dalam vlog-vlog sebelumnya, Nikita Mirzani juga mengajak Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar untuk menjawab cepat satu dari dua pilihan yang dilontarkannya.

"Berpenampilan seksi tapi nyaman atau berpenampilan sopan tapi bukan kamu banget?" tanya Nikita Mirzani kepada Aurel Hermansyah.

Sudah Merasa Sopan

Aurel Hermansyah (Instagram/aurelie.hermansyah)
Aurel Hermansyah (Instagram/aurelie.hermansyah)

"Aduh, aku soalnya sekarang sudah sopan," jawab Aurel Hermansyah.

Nikita Mirzani pun bertanya balik ke Aurel, "Dulu enggak sopan? Tergantung cowok kayaknya ya?"

 

Merasa Malu

"Enggak kak! Kalau sudah gede itu aku ngerasa sekarang lebih kayak 'malu ah' gue kalau kayak yang terlalu mini-mini, gitu kak. Kalau aku nih, kayak sudah bukan umurnya untuk begitu," celetuk Aurel sambil menoleh ke Atta.

 

Komentar Atta Halilintar

Atta Halilintar-Aurel Hermansyah (Instagram @aurelie.hermansyah)
Atta Halilintar-Aurel Hermansyah (Instagram @aurelie.hermansyah)

Atta yang mulanya diam saja, rupanya benar-benar memperhatikan jawaban Aurel dengan seksama. Akhirnya, ia ikut memberikan komentar tentang jawaban Aurel.

"Dulu waktu dia ketemu aku, pertama-pertama, ya ampun itu baju apa baju gitu lho," ceplos Atta Halilintar.

Merasa Kasihan

"Soalnya kalau aku tuh bukan enggak suka, aku malah kasihan di dianya. Pas dia kolaborasi sama aku kak, dulu awal-awal, dia di-judge semua orang, semua fans aku," lanjut Atta.

"Kayak, 'Dasar nih Atta deket sama cewek kayak gini, ih enggak cocok banget'. Channel aku tuh isinya komennya kalau kolaborasi sama dia, bully saja. Kalau sekarang, orang support," pungkas Atta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Toyota Fortuner dan Kijang Innova Terbaru Resmi Meluncur, Apa Saja yang Baru?

Posted: 14 Oct 2020 10:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Melengkapi series produk Innovative International Multipurpose Vehicle (IMV), PT Toyota Astra Motor (TAM) secara resmi meluncurkan New Toyota Fortuner dan New Kijang Innova di Indonesia.

"Sebuah kebanggaan bagi kami dapat mempersembahkan kedua produk yang dibuat dan dipakai oleh bangsa Indonesia sendiri, bahkan juga digunakan oleh berbagai negara lainnya," kata President Director PT Toyota-Astra Motor, Susumu Matsuda, Kamis (15/10/2020).

Fortuner dan Kijang Innova merupakan bagian dari proyek global Toyota di bawah naungan Innovative International Multi-purpose Vehicle (IMV). Bersama Hilux, ketiga mobil merupakan bagian dari program IMV atau pengembangan 3 segmen produk dari platform yang sama.

Fortuner terbaru memiliki grille dan garnish lebih besar dengan desain terbaru. Penyegaran juga terlihat pada front bumper, radiator grille, LED head lamp, dan LED fog lamp.

Pada bagian samping, perubahan terlihat pada aplikasi pelek alloy 18 inci. Bumper belakang memperoleh tambahan spoiler, termasuk backdoor garnish. Fitur kick sensor dan power back door dapat membuka pintu bagasi secara otomatis.

Mobil ini juga mendapatkan beberapa improvement seperti new TFT Opening Animation, Power Back Door Switch Status Display, Clearance Sonar Detection Status Display, Tire Turning Angle Display, dan SPORT/ECO Mode Display.

Menjadi yang pertama di segmen High SUV, terdapat fitur wireless charger yang memberikan kemudahan isi ulang baterai smartphone tanpa kabel.

Tersedia juga headunit with 9 Inch Screen Display dengan fitur konektivitas Miracast dan SDL, voice command, Surround Monitor. Sedangkan untuk varian VRZ, SRZ dan TRD Sportivo memiliki tambahan fitur NFC dan Smartphone Connection.

Surround Monitor tidak hanya dapat membantu ketika parkir, namun juga memperlihatkan Blind Spot Detection (BSD), Lane Departure Warning (LDW), Moving Object Detection (MOD), dan Headway Monitoring Warning (HMW).

Khusus safety feature, mobil ini disematkan Aplikasi Variable Fluid Control (VFC), Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), Trailer Sway Control (TSC) dan Traction Control (TRC).

Untuk jantung pacu new Toyota Fortuner , tersedia mesin diesel 2GD-FTV 2.400 cc yang sanggup menghasilkan tenaga 147,5 Tk dan torsi 400,1 Nm.

Kijang Innova

Dilengkapi dengan captain seat di kabin tengah, Kijang Innova hadir dengan penambahan varian Luxury Grade (G Luxury Gasoline dan V Luxury Gasoline).

Berada di segmen MPV, mobil ini dibekali Integrated Air Purifier (Car Ionizer), sehingga kualitas udara di dalam kabin mobil dapat terjaga dengan baik.

Kijang Innova terbaru juga mendapatkan Grille Design with Dark Gray Paint and Chrome List Ornament, New Side Turn Signal Lamp Design with Black Ornament, hingga New Two Toned 16" Alloy Wheel.

Pada varian V, Kijang Innova mendapat tambahan Day-time Running Light, Front Bumper with Illuminating LED Fog Lamp, Rear Combination Lamp with Black List, Backdoor Black Paint Ornament, dan Rear.

Untuk sistem hiburan varian G dibekali 8 inchi Head Unit dengan Radio, USB, Bluetooth, dan Mirroring. Sementara pada varian V menggunakan Versatile 9 inchi Head Unit yang telah mengadopsi teknologi Miracast dan Smart Phone Connection.

Khusus varian Venturer, menggunakan Comprehensive 9 inchi Head Unit yang telah dilengkapi dengan fitur NFC.

Pada sisi safety, seluruh varian Kijang Innova dilengkapi fitur Convenient Rear Camera, Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA). Khusus Venturer, terdapat tambahan fitur safety berupa Dual, Knee, Side, dan Curtain Shield Airbags.

Harga

Terkait harga, Toyota Fortuner dibanderol mulai dari Rp504,9 juta hingga Rp704,5 juta. Sedangkan Toyota Kijang Innova berada di harga Rp337,6 juta hingga Rp440,9 juta, serta Venturer Rp435,5 juta hingga Rp495,7 juta. Seluruhnya berstatus on the road Jakarta.

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Manfaat Kantong Teh Celup Bekas untuk Wajah

Posted: 14 Oct 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Manfaat kantong teh celup bekas untuk wajah bisa dijadikan pilihan perawatan. Berbagai masalah pada wajah, seperti jerawat hingga penuaan dini bisa diatasi dengan menggunakan kantong teh celup bekas ini. Hal ini tentunya sangat berguna, daripada kamu langsung membuangnya.

Kaya akan antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi dan antipenuaan, teh terbukti ampuh untuk membantu menjaga kulit sehat dan bercahaya. Tidak hanya dengan diminum, kamu juga bisa mendapatkan manfaatnya dengan menerapkan kantong teh celup bekas pada wajah.

Manfaat kantong teh celup bekas untuk wajah dipengaruhi kandungannya tersebut. Berbagai kandungan seperti vitamin dan antioksidan yang ada pada teh sangat penting untuk perawatan kulit wajah. Daripada terbuang sia-sia, tidak ada salahnya menerapkan perawatan wajah satu ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (15/10/2020) tentang manfaat kantong teh celup bekas untuk wajah.

Manfaat Kantong Teh Celup Bekas untuk Wajah

Manfaat Kantong Teh Celup Bekas untuk Wajah (Sumber: Pixabay)
Manfaat Kantong Teh Celup Bekas untuk Wajah (Sumber: Pixabay)

Menghilangkan Kantong Mata

Manfaat kantong teh celup bekas untuk wajah yang pertama adalah dapat menghilangkan kantong mata, terutama jika kamu menggunakan kantong the hijau. Ketika diseduh, kantung teh akan melepaskan vitamin dan antioksidan yang bisa membantu mencerahkan warna alami kulit wajah.

Kantong teh yang sudah diseduh sangat bisa menghilangkan kantong mata menghitam. Teh mengandung kafein yang mengecilkan pembuluh darah dan mengobati lingkaran hitam di sekitar mata. Tanin dalam teh juga membantu dalam merawatnya.

Caranya, masukkan kantong teh hijau bekas ke dalam kulkas saat selesai digunakan, lalu biarkan semalaman. Lalu aplikasikan kantung teh ini di atas mata tertutup selama 10-15 menit untuk relaksasi, meredakan stres dan otot mata yang lelah, dan menghilangkan kantung mata.

Menyembuhkan Jerawat

Selain itu, manfaat kantong teh celup bekas untuk wajah juga dapat menyembuhkan jerawat. Daun teh yang sudah diseduh dalam bentuk halus bisa dijadikan masker wajah dan membantu menyembuhkan jerawat.

Teh bersifat mengurangi inflamasi dan anti bakteri sehingga sangat ampuh meredakan pembengkakan atau jerawat meradang. Dengan menerapkan masker teh, akan lebih cepat membersihkan wajah dari jerawat beserta bekasnya.

Manfaat Kantong Teh Celup Bekas untuk Wajah

ilustrasi kantong teh (sumber: pexels)
ilustrasi kantong teh (sumber: pexels)

Mencerahkan Kulit

Antioksidan dalam daun teh juga dapat membantu meningkatkan cahaya kulit. Kamu bisa menggunakan kantong teh dan daun teh bekas sebagai scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan mendapatkan kulit yang sehat.

Caranya mudah saja, setelah menggunakan kantong teh, biarkan kantong teh mengering. Potong kantong teh, ambil tehnya dan gosokkan di wajahmu dengan lembut dalam gerakan melingkar dengan ujung jarimu selama lima menit. Kemudian bilas dengan air.

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat kantong teh celup bekas untuk wajah berikutnya adalah dapat mencegah penuaan dini. Hal ini maish berkaitan dengan kandungan antioksidan. Antioksidan dalam teh bukan hanya bisa mencerahkan kulit tapi juga melawan radikal bebas yang memicu penuaan dini. Rajin menjadikan teh sebagai masker wajah bisa mengurangi munculnya garis atau kerutan wajah.

 

Manfaat Kantong Teh Celup Bekas untuk Wajah

Teh Celup (Sumber: Pixabay)
Teh Celup (Sumber: Pixabay)

Menenangkan Kulit

Teh chamomile adalah solusi terbaik jika kamu mengalami iritasi kulit atau peradangan. Manfaat kantong the celup bekas untuk wajah ini membantu dalam menenangkan kulit gatal, kemerahan dan bercak bersisik pada kulit yang menyebabkan iritasi.

Caranya, rendam kantong teh chamomile dan oleskan pada area yang terkena dampak setiap hari sampai kamu melihat perubahannya. Kamu juga bisa menggunakan daun teh chamomile sebagai ganti kantong teh.

Menghilangkan Noda atau Bekas Luka

Daun teh mengandung asam tanat yang membantu merawat noda dan kulit terbakar yang menyejukkan. Kamu hanya perlu menyeduh teh dan menyaringnya. Biarkan teh menjadi dingin, kemudian celupkan handuk atau kapas ke dalam teh dan oleskan pada daerah yang terkena.

Biarkan selama 30 menit dan kemudian basuh wajahmu dengan air dingin. Kamu juga bisa langsung mengoleskan kantong teh di wajahmu. Manfaat kantong teh celup bekas untuk wajah ini tentunya bisa kamu terapkan di rumah.

Bibir Pecah-Pecah

Manfaat kantong teh celup bekas untuk wajah juga baik untuk bibir pecah-pecah. Bibir yang pecah-pecah perlu hidrasi secara teratur. Teh hijau paling cocok sebagai pelembab alami.

Kamu hanya perlu mencelupkan kantong teh hijau ke dalam air hangat dan oleskan pada bibirmu. Simpan di bibirmu selama 5-10 menit, ulangi ini secara teratur setidaknya dua kali sehari untuk merawat bibir yang pecah-pecah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fitur Pendeteksi Perangkat Ilegal Gojek Ungkap Sindikat Pembuat Aplikasi Bodong

Posted: 14 Oct 2020 10:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gojek baru saja memperkuat teknologi Gojek SHIELD dengan inovasi terbaru guna meningkatkan keamanan dan kenyamanan mitra dan penggunanya.

Inovasi tersebut berupa Fitur Lapor Ofik (Order Fiktif) Gak Pake Lama dan teknologi pendeteksi perangkat ilegal.

Wujud langkah proaktif super-app karya anak bangsa itu diklaim dapat mencegah risiko keamanan dan membantu kepolisian untuk mengungkap keberadaan sindikat kriminal/pengguna perangkat atau aplikasi ilegal.

Kepala Sub Direktorat Cyber Crime-Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, AKBP Dhany Aryanda, mengatakan kolaborasi dengan teknologi Gojek SHIELD yang mampu mendeteksi penggunaan aplikasi terlarang, kemudian dilaporkan kepada kepolisian merupakan suatu dukungan yang baik.

"Dengan demikian, kepolisian segera menindaklanjuti dan berhasil menangkap sindikat kriminal pembuat aplikasi ilegal (aplikasi bodong) yang beroperasi di Jabodetabek," ungkap Dhany melalui keterangannya, Kamis (15/10/2020).

Beberapa kasus telah berhasil diungkap dan proses penyelidikan atas kasus terkait telah selesai. Saat ini para tersangka tengah menjalani proses peradilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

"Kami mengapresiasi langkah cepat Gojek dalam melaporkan perkara ini sehingga dapat meminimalisir dampak kerugian yang menimpa masyarakat dan industri transportasi online secara umum," kata Dhany.

 

Fitur Ini Dibutuhkan Mitra Driver di Lapangan

(Foto:Dok.Gojek)
(Foto:Dok.Gojek)

Sementara Head of Driver Operations-Trust & Safety Gojek, Kelvin Timotius, mengatakan inovasi ini dikembangkan berdasarkan aspirasi serta kebutuhan mitra driver di lapangan.

"Inovasi ini menjadikan sistem keamanan ekosistem Gojek semakin dapat diandalkan," ujar Kelvin melalui keterangan resminya, Kamis (15/10/2020).

Hal tersebut juga sejalan dengan Tata Tertib Gojek (Tartibjek) yang di dalamnya mencakup berbagai aspek keamanan. Antara lain demi melindungi keamanan mitra, Gojek sejak awal telah melarang penggunaan perangkat ilegal seperti Fake GPS dan Mod App atau aplikasi modifikasi.

"Maka melalui fitur-fitur ini, keamanan dan kenyamanan mitra dalam bekerja senantiasa terjaga, sehingga dapat turut meningkatkan kualitas layanan dan keamanan bagi pengguna ekosistem Gojek secara keseluruhan," ucap Kelvin menambahkan.

Hasilnya, teknologi inovatif tersebut selain dimanfaatkan Gojek juga digunakan Polda Metro Jaya untuk mengungkap sindikat pembuat aplikasi bodong.

 

Tanggapan Pakar

Ilustrasi Gojek, Aplikasi Gojek. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Ilustrasi Gojek, Aplikasi Gojek. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Pakar IT dan Ahli Keamanan Digital, Charles Lim, menyebut konsep People, Process, dan Technology dalam ekosistem keamanan digital sangat penting. Gojek SHIELD dinilai telah mampu mewujudkan hal tersebut.

"Platform digital harus sleangkah lebih maju daripada pelaku kejahatan digital. People process dan teknologi harus barengan. Kalau tidak, hacker nanti tahu kelemahannya. Tak bisa yang maju satu sama lain, teknologi harus bisa melindungi," ujarnya.

Charles melihat ada proses yang sudah jadi satu kesatuan di ekosistem keamanan Gojek sehingga keamanannya jadi kuat.

"Tentunya proses pengujian keamanan harus dicek berkala dan sering. Inilah yang membuat aplikasi ini jadi lebih kuat dan mudah dalam digunakan," tandasnya.

(Isk/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Kampanyekan Cuci Tangan Pakai Sabun di Seluruh Destinasi Wisata

Posted: 14 Oct 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terus mendorong program Cleanliness, Health, Safety, and Environment (CHSE) di seluruh destinasi wisata di Indonesia. Kampanye ini digaungkan agar kegiatan pariwisata dapat segera bangkit di tengah pandemi Covid-19.

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf, Hari Santosa Sungkari, menyatakan program CHSE terus dilakukan di berbagai lokasi wisata, khususnya destinasi yang dikelola oleh publik.

"Yang kita sampaikan ke sana tidak sekedar memberikan sabun, kita memberikan wastafel berikut instalasi air bersihnya dan air pembuangannya di beberapa tempat," ujar dia dalam pelaksanaan kampanye virtual Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), Kamis (15/10/2020).

"Di situ kita kasih juga sosialisasi mengenai CHSE. Jadi kita katakan bagaimana pentingnya dan bagaimana urgensinya mencuci tangan dengan adanya Covid-19," dia menambahkan.

Hari menyampaikan, program CHSE dan ajakan cuci tangan memakai sabun ini terus digalakkan di seluruh tempat wisata. Meskipun destinasi bersangkutan berada di zona hijau aman Covid-19.

"Karena satu-satunya yang bisa menghindari kita dari virus adalah kita menjaga kebersihan. Mulai dari cuci tangan pakai sabun, itu salah satu yang menghindari virus masuk ke badan kita," imbuh dia.

Selain itu, ia mengatakan, Kemenparekraf juga turut mengikutsertakan Dinas Kesehatan di kota/kabupaten setempat untuk mengajak pelaku usaha pariwisata taat pada protokol kesehatan tersebut.

"Dengan demikian kita berharap destinasi (wisata) bisa tersosialisasi, dan kita memberikan sarana dan prasarana. Jadi di 5 destinasi prioritas dan 10 destinasi super prioritas di seluruh Indonesia, kita sedang laksanakan itu," tuturnya.

Pengelola Wisata Minta Pemerintah Swab Test Semua Turis ke Bali

Turis berjalan di pantai Kuta di pulau pariwisata Indonesia di Bali (4/1). Pantai ini dilengkapi lahan parkir di sepanjang pantai, kamar mandi umum, payung pantai, kios makanan dan minuman, serta tempat penyewaan papan selancar. (AFP Photo/Sony Tunbelaka)
Turis berjalan di pantai Kuta di pulau pariwisata Indonesia di Bali (4/1). Pantai ini dilengkapi lahan parkir di sepanjang pantai, kamar mandi umum, payung pantai, kios makanan dan minuman, serta tempat penyewaan papan selancar. (AFP Photo/Sony Tunbelaka)

Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bali, Ida Bagus Agung Partha Adnyana, hendak membangun kepercayaan dari wisatawan luar Bali bahwa Pulau Dewata tetap aman dikunjungi saat pandemi Covid-19.

Menurut dia, wisatawan dapat percaya diri untuk berlibur ke Bali jika tempat tersebut taat pada protokol kesehatan. Bukan malah mengabaikannya seperti meniadakan rapid test sebagai syarat untuk masuk ke Pulau 1.000 Dewa ini.

"Nah sekarang ini kan tentang trust, kepercayaan teman-teman dari luar yang mau ke Bali. Saran saya sekalian saja kita putuskan, ini penting untuk trust, begitu Bali dibilang enggak perlu rapid lagi, orang yang dateng bukannya naik malah market justru turun," ujar dia dalam sesi webinar, seperti dikutip Jumat (2/10/2020).

Pria yang kerap disapa Gus Agung ini mengatakan, wisatawan butuh sentimen positif bahwa Bali aman dari pandemi. Oleh karenanya, ia menganjurkan agar pemerintah menyiapkan swab test atau tes PCR bagi turis yang ingin berkunjung ke Bali, baik menggunakan transportasi penerbangan maupun laut.

"Sekalian aja kita memang kalau harus swab, jadi lakukan swab. Memang rapid sih enggak efektif. Kebetulan di Bali swab enggak mahal. PCR juga murah banget. Dan saya kalau mandiri cuman bayar Rp 600 ribu. Jadi seminggu kita bisa safe segitu, kita yakin," ujarnya.

Gus Agung menilai, pemerintah dan pengelola destinasi wisata harus sering berkoordinasi untuk membangun confident para wisatawan masuk ke Bali. Salah satunya dengan fokus menyiapkan tes seperti PCR atau swab.

"Saran saya sih lebih baik kita fokus kalau harus PCR ya PCR. Harus ada trust, jadi ke situ arahnya. Menurut saya yang paling penting agar orang mau naik pesawat kita lakukan tes yang benar-benar tes. Bukan rapid lagi, tapi PCR," imbuhnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terbukti Berhubungan Seks Sejenis, Praka P Dipecat dari TNI

Posted: 14 Oct 2020 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pengadilan Militer II-10 Semarang memecat Praka PW sebagai prajurit TNI Angkatan Darat (AD). Dia terbukti melakukan hubungan sesama jenis atau homoseksual. Tak hanya dipecat, Praka P juga dijatuhi hukuman kurungan penjara selama 1 tahun.

Hal itu tertuang dalam putusan Pengadilan Militer Semarang yang dilansir website Mahkamah Agung (MA), Rabu (14/10/2020). P menjadi prajurit TNI pada 2008.

"Menyatakan Terdakwa tersebut di atas yaitu PW pangkat Praka terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana 'ketidaktaatan yang disengaja'. Memidana Terdakwa oleh karena itu dengan pidana pokok: penjara selama satu tahun," demikian bunyi putusan yang yang diketuai Letkol Chk Eddy Susanto SH dengan anggota Mayor Chk Jokor Trianto SH MH dan Mayor Chk Victor Virganthara Taunay SH, Kamis (15/10/2020).  

"Menetapkan selama Terdakwa berada dalam tahanan dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan. Pidana Tambahan: Dipecat dari dinas Militer." 

Dalam putusan itu disebutkan, penyimpangan seksual ini berawal saat Praka PW berkenalan dengan Pratu MS lewat jejaring media sosial Instagram dan berlanjut ke WhatsApp pada Agustus 2017.

Selama saling mengenal, keduanya telah menjalani hubungan seksual menyimpang sebanyak empat kali. Pertama kali, ia melakukannya itu di asrama Praka PW. Sebulan kemudian, mereka kembali melakukan hubungan tersebut pada awal bulan September 2017 di Hotel Melati yang berada kawasan Semarang.

Kemudian, hubungan ini kembali mereka lanjutkan setelah dua tahun kemudian atau tepatnya pada Febuari dan Mei 2019. Lokasi yang mereka gunakan untuk melakukan hal tersebut yakni di asrama pada waktu awal mereka melakukannya.

Dua Prajurit Lain Terlibat

Tak hanya dengan Pratu MS saja, Praka PW juga pernah melakukan hubungan menyimpang ini dengan Sertu W dan dan Pratu WK. Hubungan penyimpangan seksual yang dilakukan Praka PW ini diketahui pada awal Agustus 2019.

Selanjutnya, pada November 2019 bertempat di Rumah Sakit dr. Soedjono Magelang telah dilakukan pemeriksaan kejiwaan terhadap Praka PW oleh dokter pemeriksa Letkol Ckm (K) Dyah Murni Hastuti. Dari hasil pemeriksaan itu, disebutkan jika Praka PW memiliki orientasi biseksual di dalam jiwanya.

Dalam amar putusan tersebut, ada beberapa hal yang meringankan dan memberatkan hukuman terhadap Praka PW. Adapun yang meringankan Praka PW yakni yang pertama, terdakwa dalam persidangan bersikap sopan dan mengakui kesalahannya.

Kedua, terdakwa belum pernah dipidana dalam perkara lain. Ketiga, terdakwa menyesal dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya lagi.

 

Bertentangan dengan Agama

Ilustrasi TNI
Ilustrasi TNI

Lalu, untuk hal yang memberatkan Praka PW yakni yang pertama, terdakwa telah mencederai prajurit TNI atas perbuatan terdakwa yang menyimpang hubungan sesama jenis. Kedua, perbuatan terdakwa dapat mencemarkan nama baik TNI AD, khususnya kesatuannya di mata masyarakat.

Ketiga, terdakwa tidak menghayati dan tidak memahami nilai-nilai yang terkandung dalam Sapta Marga ke-5, Sumpah Prajurit ke-2 dan ke-3 dan Delapan Wajib TNI ke-4.

Keempat, perbuatan terdakwa yang menyimpang hubungan sesama jenis tidak sesuai dengan norma Agama Islam yang dianut. Kelima, perbuatan terdakwa dapat memberikan pengaruh buruk terhadap disiplin keprajuritan di kesatuannya.

"Dengan pemidanaan tersebut diharapkan yang bersangkutan dapat insyaf dan kembali kejalan yang benar sesuai dengan falsafah Pancasila, sehingga dapat menjadi anggota masyarakat yang baik dikemudian hari, oleh karena itu Majelis Hakim memandang adil dan patut apabila Terdakwa dijatuhi hukuman seperti yang disebutkan dalam amar putusan ini," tulis kutipan tersebut.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kembali dari Misi 389 Hari Jelajah Kutub Utara, Ilmuwan Bawa Bukti Penting Ini

Posted: 14 Oct 2020 10:05 PM PDT

Antarktika - Sejumlah ilmuwan tim misi terbesar ke Kutub Utara sudah kembali dari penelitian mereka.

Seperti dikutip dari DW Indonesia, Kamis (15/10/2020), Kapal Polarstern dari Institut Alfred Wegener Jerman telah kembali ke Pelabuhan Bremerhaven setelah menghabiskan 389 hari menjelajahi Kutub Utara yang diselimuti es. Para ilmuwan mengumpulkan informasi penting tentang efek pemanasan global di wilayah tersebut.

Markus Rex, ketua tim misi perjalanan ke Kutub Utara, mengatakan ia dan timnya yang terdiri dari 300 ilmuwan dari 20 negara itu telah menyaksikan "sebuah tempat yang benar-benar memesona dan memiliki keindahan yang unik."

"Kita harus benar-benar melakukan segala upaya untuk melestarikan dunia ini...untuk generasi mendatang dan melakukan hal yang masih bisa kita lakukan," katanya dalam konferensi pers.

Sebelum mereka kembali, Rex mengatakan kepada AFP bahwa para ilmuwan telah melihat sendiri efek dramatis dari pemanasan global terhadap es di Kutub Utara, wilayah yang dianggap sebagai "pusat perubahan iklim".

"Kami menyaksikan bagaimana lautan Arktika sekarat," kata Rex. "Kami melihat proses tersebut tepat di luar jendela kami, atau saat kami berjalan di atas es yang rapuh."

Menggarisbawahi seberapa banyak es telah mencair, Rex mengatakan misi tersebut mampu berlayar melalui petak besar perairan terbuka, "kadang-kadang membentang sejauh cakrawala".

"Di Kutub Utara sendiri, kami menemukan es yang terkikis parah, mencair, tipis, dan rapuh." Jika tren pemanasan di Kutub Utara berlanjut, dalam beberapa dekade kita akan memiliki "Kutub Utara tanpa es di musim panas," kata Rex.

Radiance Calmer, seorang peneliti dari University of Colorado yang berada di Kutub Utara dari bulan Juni sampai September, mengatakan kepada AFP bahwa melangkah ke area yang tertutupi es adalah momen "ajaib".

"Jika Anda berkonsentrasi, Anda bisa merasakannya (es) bergerak," kata Calmer.

 

Penelitian Panjang untuk Masa Depan

Ilustrasi Ilmuwan, Peneliti, Penelitian, Laboratorium - Kredit: Freepik
Ilustrasi Ilmuwan, Peneliti, Penelitian, Laboratorium - Kredit: Freepik

Misi Polarstern, yang dijuluki MOSAIC, menghabiskan lebih dari satu tahun untuk mengumpulkan data tentang atmosfer, lautan, es laut, dan ekosistem untuk membantu menilai dampak perubahan iklim.

Untuk melakukan penelitian, empat lokasi pengamatan didirikan di atas lautan es dalam radius hingga 40 kilometer di sekitar kapal. Para peneliti mengumpulkan sampel air dari bawah es untuk mempelajari tumbuhan, plankton, dan bakteri serta lebih memahami fungsi ekosistem laut dalam kondisi ekstrem.

Ekspedisi yang menghabiskan biaya hingga 140 juta euro atau sekitar Rp 2,4 triliun itu juga telah membawa pulang 150 terabyte data dan lebih dari 1.000 sampel es.

Para ilmuwan itu mengukur lebih dari 100 parameter sepanjang tahun dan berharap informasi tersebut akan memberikan "terobosan dalam memahami Arktik dan sistem iklim", kata Rex.

Thomas Krumpen, seorang fisikawan berkata: "Bagi kami, tahap kedua dimulai, yakni analisis data. Banyak data telah dibawa pulang dan kami kemungkinan akan sibuk meneliti data itu selama sepuluh tahun mendatang."

Banyaknya parameter yang telah diambil akan dianalisis dan dimasukkan ke dalam pengembangan model untuk membantu memprediksi seperti apa gelombang panas, hujan lebat, atau badai dalam 20, 50, atau 100 tahun mendatang.

Pengorbanan yang Tidak Sedikit

ilustrasi ilmuwan sains di pegunungan. (iStockphoto)
ilustrasi ilmuwan sains di pegunungan. (iStockphoto)

Sejak kapal berangkat dari Tromso di Norwegia pada 20 September 2019, awak kapal telah menikmati sinar bulan dalam kegelapan total, harus bertahan pada suhu terendah -39,5 Celcius, dan melihat lebih dari 60 beruang kutub. Sebuah tembakan peringatan bahkan dilepaskan agar beruang kutub tidak berada terlalu dekat.

Selama ekspedisi tersebut, kapal berjalan melewati 3.400 kilometer es di sepanjang rute yang digerakkan oleh angin atau biasa dikenal dengan pergeseran transpolar.

Dalam hal memberi makan awak kapal - selama tiga bulan pertama, kargo kapal memasok 14.000 telur, 2.000 liter susu, dan 200 kilogram sayuran.

Misi penting ini hampir saja gagal akibat pandemi Virus Corona COVID-19 yang merebak pada musim semi, menyebabkan kru terdampar di Kutub Utara selama dua bulan.

Sebuah tim ilmuwan multinasional tambahan akan didatangkan, sebagai bagian dari estafet terjadwal untuk membantu mereka yang telah menghabiskan beberapa bulan di lautan es. Namun, rencana tersebut terpaksa harus tertunda dikarenakan penerbangan di seluruh dunia dibatalkan sebagai upaya menghentikan penyebaran Virus Corona COVID-19.

Saksikan Juga Video Ini:

[vidio:INTERMEZO : Pemanasan Global, Beruang Kutub Jadi Kanibal Beruang Lain]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Patahkan Rekor Miliknya, Ronaldo Ucapkan Selamat kepada Neymar

Posted: 14 Oct 2020 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Legenda Timnas Brasil, Ronaldo Nazario, mengucapkan selamat kepada Neymar yang memecahkan rekor yang pernah dibuatnya. Neymar kini menjadi top scorer sepanjang masa kedua Salecao.

Rekor ini dicatatkan Neymar usai mencetak hattrick ke gawang Peru pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONMEBOL, Selasa (13/10/2020) waktu setempat. Dalam laga ini, Brasil menang 4-2. 

Sebelum pertandingan, Neymar hanya terpaut 1 gol dari Ronaldo sebagai top scorer sepanjang masa timnas Brasil dengan koleksi 62 gol. Melawan Peru merupakan laga ke-103 Neymar bersama Brasil dan tambahan tiga gol dari pertandingan tersebut membuatnya melewati rekor Ronaldo, yakni 64 gol.

Neymar kini tinggal mengejar rekor legenda hidup Brasil, Pele. Keduanya masih terpaut 13 gol. 

 

 

 

 

Respons Ronaldo

Legenda sepak bola Brasil, Ronaldo Luiz Nazario bersama maskot Piala Dunia 2018 Rusia, Zabivaka (Foto: FIFA)
Legenda sepak bola Brasil, Ronaldo Luiz Nazario bersama maskot Piala Dunia 2018 Rusia, Zabivaka (Foto: FIFA)

Mengetahui rekornya telah dipatahkan Neymar, Ronaldo pun mengucapkan selamat lewat akun Instagram-nya. Dalam pernyataannya, mantan pemain Inter Milan itu menyebut langit adalah batas.

"Saya menghormatimu, Neymar. Anda banyak bermain, memberikan assist, umpan, Anda juga menggiring bola dan mencetak gol. Langit adalah batas. Sekarang, terbanglah anakku. Alangkah indahnya cerita yang kau tuliskan. Pemain komplit dan dewasa. Bintang," tulis Ronaldo. 

 

Beratnya Seragam Timnas Brasil

Ronaldo saat membela Timnas Brasil di Piala Dunia 2002. (Bola.com/Dok. FIFA)
Ronaldo saat membela Timnas Brasil di Piala Dunia 2002. (Bola.com/Dok. FIFA)

"Saya tahu betapa beratnya mengenakan seragam kuning dan menghadapi tekanan di luar lapangan kadang lebih berat daripada membawa bola di kakimu. Sekarang katakan kepadaku: Dari mana asal kita, kemana kita akan pergi....siapa yang bisa bilang ke kita apa yang tidak mungkin," bebernya. 

"Percaya pada instingmu sebab talenta adalah milikmu dan tidak ada yang menurunkanmu. Anda punya banyak rekor dan banyak tanda yang ditinggalkan. Bangga melihat Brasil ada di puncak."

 

Postingan Ronaldo

Ronaldo memuji Neymar yang baru saja melewati rekornya di Timnas Brasil (Instagram)
Ronaldo memuji Neymar yang baru saja melewati rekornya di Timnas Brasil (Instagram)

Saksikan juga video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar 10 Kelurahan dengan Kasus COVID-19 Terbanyak di Surabaya per 14 Oktober 2020

Posted: 14 Oct 2020 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pasien positif Corona COVID-19 di Surabaya, Jawa Timur bertambah 60 orang pada Rabu, 14 Oktober 2020. Dengan demikian, total kasus positif Corona COVID-19 di Surabaya mencapai 15.168.

Sementara itu, pasien sembuh dari  Corona COVID-19 di Surabaya bertambah 73 orang menjadi 13.737 orang. 

Sedangkan pasien meninggal karena COVID-19 bertambah tiga orang menjadi 1.118 orang. Pasien konfirmasi dalam perawatan sebanyak 313 orang.

Secara persentase konfirmasi COVID-19 per 14 Oktober 2020 dengan rincian konfirmasi pasien sembuh mencapai 90,57 persen atau setara 13.737, konfirmasi meninggal 1.118 atau setara 7,37 persen dan konfirmasi dalam perawatan sebanyak 313 atau setara 2,06 persen. Demikian mengutip lawancovid-19.surabaya.go.id, ditulis Kamis, (15/10/2020).

Berikut 10 kelurahan di Surabaya dengan kasus COVID-19 terbanyak per 14 Oktober 2020:

1.Kelurahan Mojo: 368 orang

2.Kelurahan Tanah Kali Kedinding: 289 orang

3.Kelurahan Kalirungkut: 254 orang

4.Kelurahan Wonokromo: 247 orang

5.Kelurahan Ngagel Rejo: 236 orang

6.Kelurahan Putat Jaya: 215 orang

7.Kelurahan Pacarkembang: 214 orang

8.Kelurahan Manukan Kulon: 206 orang

9. Kelurahan Morokrembangan: 203 orang

10.Kelurahan Sememi: 203 orang

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Sebaran COVID-19 di Surabaya

Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Untuk kasus Corona COVID-19 per wilayah per 14 Oktober 2020 di Surabaya:

Surabaya Barat:

Konfirmasi: 2.297 orang

Sembuh: 2.091 orang

Meninggal: 162 orang

Surabaya Pusat:

Konfirmasi: 1.703 orang

Sembuh: 1.510 orang

Meninggal: 165 orang

Surabaya Utara hingga Selatan

Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Surabaya Utara:

Konfirmasi: 2.361 orang

Sembuh: 2.155 orang

Meninggal: 184 orang

Surabaya Timur:

Konfirmasi: 4.714 orang

Sembuh: 4.293 orang

Meninggal: 306 orang

Surabaya Selatan:

Konfirmasi: 4.093 orang

Sembuh: 3.688 orang

Meninggal: 301 orang

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AgenBRILink Bantu Pulihkan Ekonomi Nasional dengan Gencarkan Transaksi Keuangan Digital

Posted: 14 Oct 2020 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemulihan ekonomi nasional menunjukkan perbaikan yang cukup berarti. Hal ini tampak dari sejumlah indikator. Salah satunya terlihat dari meningkatnya jumlah transaksi perbankan secara digital yang dilakukan masyarakat melalui layanan branchless banking milik BRI, yakni AgenBRILink.

"Kami melihat kondisi ekonomi nasional kian membaik, terbukti dengan total transaksi keuangan mencapai lebih dari 512 juta transaksi hingga 30 September 2020. Tingginya transaksi tersebut tidak lepas dari peran AgenBRILink yang hingga kini mencapai lebih dari 466 ribu Agen diseluruh Indonesia. Selain itu, capaian ini juga berkat langkah-langkah perbaikan manajemen agen yang Kami lakukan serta struktur insentif yang tepat," ujar Direktur Jaringan dan Layanan Bank BRI Ahmad Solichin Lutfiyanto.

 

Layanan branchless banking milik BRI, yakni AgenBRILink.
Layanan branchless banking milik BRI, yakni AgenBRILink.

Solichin menambahkan, peran AgenBRILink begitu penting terutama di tengah pandemi dan kenormalan baru saat ini. Melalui kemudahan akses layanan perbankan, BRILink dapat menjangkau masyarakat lebih dekat dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19.

BRILink merupakan layanan perbankan tanpa kantor yang dimiliki BRI. AgenBRILink bisa melayani berbagai transaksi yang dibutuhkan masyarakat seperti transfer, tarik tunai, setoran pembayaran tagihan listrik PLN, air, iuran BPJS, telepon, pembelian pulsa, pembayaran cicilan, top-up BRIZZI, dan berbagai transaksi lainnya. Selain itu, AgenBRILink juga memberikan layanan referral pembukaan rekening tabungan dan pinjaman.

Saat ini, AgenBRILink telah melayani masyarakat di 53.413 desa, atau lebih dari 70 persen jumlah desa di Indonesia. Dengan banyaknya wilayah yang telah dijangkau, BRI dapat memberikan inklusi layanan keuangan yang makin luas kepada masyarakat.

BRI terus melakukan beberapa inisiatif strategis termasuk pengembangan ekosistem digital demi meningkatkan pelayanan yang efektif dan efisien terhadap nasabah. "Beberapa tahapan pembentukan ekosistem digital menjadi fokus kami ke depan untuk menjawab kebutuhan beragam masyarakat di era saat ini," tutup Solichin.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kyoto Terpilih Jadi Kota Besar Terbaik di Dunia

Posted: 14 Oct 2020 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jepang jadi salah satu negara yang menarik untuk dikunjungi. Selain memiliki pemandangan indah dan makanan lezat, Negeri Sakura juga kaya akan sejarah dan budaya yang unik.

Opsi destinasinya kian beragam mulai dari kawasan pegunungan, wilayah pesisir, hingga nuansa kota besar. Kota-kota di Jepang sendiri telah dipilih sebagai Kota Besar Terbaik di dunia oleh pembaca majalah perjalanan Conde Nast Traveler selama lima tahun terakhir.

Tahun ini, sebagai bagian dari Condé Nast's Readers 'Choice Awards, Kyoto kampiun sebagai Kota Besar Terbaik di Dunia, sebagaimana dilansir Rabu, 14 Oktober 2020. Posisinya menggantikan Tokyo yang mengklaim singgasana teratas selama empat tahun terakhir.

Tokyo masih jadi pilihan utama, meski turun ke peringkat enam, dikalahkan Lyon, Singapura, Sydney, dan Wina. Tapi, Kyoto juga merupakan tujuan wisata populer selama hampir satu dekade.

Secara konsisten, kota ini jadi salah satu wilayah paling populer di Asia selama hampir 10 tahun. Pada 2015, popularitas Kyoto bahkan menembus 10 besar dunia.

Daya tarik Kyoto juga tak bisa disangkal bagi para pelancong dunia. Jejak sejarah dan arsitektur berusia ratusan tahun menjadi pemikatnya, tak ketinggalan dengan makanan dan banyak budaya tradisional untuk dijelajahi.

Kota Hantu

Wisatawan menaiki becak untuk berkeliling Hutan Bambu Sagano di Arashiyama, Kyoto, Jepang pada 8 Desember 2018. Berada tidak jauh dari pusat kota Kyoto, hutan ini menjulang tinggi di tengah-tengah kota. (Behrouz MEHRI / AFP)
Wisatawan menaiki becak untuk berkeliling Hutan Bambu Sagano di Arashiyama, Kyoto, Jepang pada 8 Desember 2018. Berada tidak jauh dari pusat kota Kyoto, hutan ini menjulang tinggi di tengah-tengah kota. (Behrouz MEHRI / AFP)

Wali Kota Kyoto, Daisuke Kadokawa, tersentuh mendengar betapa para pelancong internasional sangat mencintai kotanya. Namun, pandemi membuat orang tak dapat bepergian.

"Di masa depan, setelah pembatasan perjalanan dicabut, saya berencana mendedikasikan energi saya untuk mempromosikan gaya tamasya yang aman guna menjamin keselamatan pengunjung dan warga kami. Juga, untuk memungkinkan semua orang yang sangat mencintai Kyoto menikmati kunjungan sekali lagi," katanya dilansir dari Sora News 24.

Sangat sedikitnya pelancong yang dapat bertandang ke Kyoto tahun ini nyaris mengubah tempat wisata populer jadi kota hantu. Faktanya, pada Juli 2020, jumlah tamu asing di hotel-hotel Kyoto menurun 99,8 persen dibanding beberapa tahun terakhir.

Infografis Pandemi Belum Berakhir, Gelombang II Covid-19 Mengancam. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Pandemi Belum Berakhir, Gelombang II Covid-19 Mengancam. (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Honda City Hybrid Resmi Meluncur, Apa Keunggulannya?

Posted: 14 Oct 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Resmi melakukan debut, Honda City varian RS e:HEV resmi memeriahkan pasar otomotif Malaysia. Memiliki mesin hybrid dengan teknologi Intelligent Multi-Mode Drive (i-MMD), sedan generasi ke-5 ini akan dipasarkan awal tahun 2021.

Menggunakan hybrid Multi-Mode Drive (i-MMD), Honda City terbaru diklaim mampu menghasilkan tenaga hingga 106,5 Tk dan torsi 253 Nm. Dikombinasikan dengan Electric Continuous Variable Transmission (e-CVT), sistem penggerak pada model ini mampu menghasilkan akselerasi lebih bertenaga dan halus.

Selain itu, mesin i-MMD dan sistem Intelligent Power Unit (IPU) disebut mampu mengatur tiga mode mengemudi, yakni Drive EV, Drive Hybrid, dan Drive Engine.

Dilengkapi dengan Deceleration Selector Paddles, pengemudi bisa meregenerasi tenaga serta memperlambat kendaraan tanpa menginjak pedal rem.

Menawarkan Honda SENSING, Honda City Gterbaru memiliki Adaptive Cruise Control (ACC), Collision Mitigation Braking System (CMBS), Forward Collision Warning (FCW), Lane Keep Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation (RDM), Lane Departure Warning (LDW), dan Auto High Beam (AHB).

"Visi 2030 kami adalah memimpin kemajuan mobilitas dan memungkinkan orang di seluruh dunia untuk meningkatkan kehidupan sehari-hari mereka. Malaysia merupakan pasar penting, selama 5 tahun terakhir, hampir 40 persen model hybrid yang dijual di wilayah Asia & Oseania berasal dari Malaysia," kata President and Chief Executive Officer, Asian Honda Motor Co., Ltd., Masayuki Igarashi.

Selain bermesin hybrid, Honda City juga tersedia dalam varian S, E dan V dengan mesin 1.5L DOHC i-VTEC. Dipadukan dengan Continuous Variable Transmission (CVT), mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 119,3 Tk dan torsi maksimal 145 Nm.

Pemesanan Sudah Dibuka

"Dengan bangga kami perkenalkan untuk pertama kalinya di kawasan Asia & Oceania, e:HEV dengan sistem hybrid 2 mesin yang didukung Multi-Mode Drive (i-MMD). Saya yakin All-New City RS e:HEV akan semakin menggairahkan pasar Malaysia," ujar Igarashi.

Managing Director dan Chief Executive Officer Honda Malaysia, Toichi Ishiyama menambahkan, City menjadi model terlaris di Honda Malaysia dan memimpin segmen B selama 5 tahun berturut-turut dengan lebih dari 209.000 unit terjual.

 

20 Tahun

"Kami memperkenalkan Generasi ke-2 dan Generasi ke-3 masing-masing pada tahun 2002 dan 2008 dan keduanya diterima dengan baik di pasar. Popularitas Honda City berlanjut dengan City Generasi ke-4 yang diluncurkan pada tahun 2014," tuturnya.

Setelah hampir 20 tahun sukses memperkenalkan Honda City di Malaysia, generasi terbaru ini diyakini mampu menarik minat konsumen. Sebelum diluncuran, pemesanan dan menyelenggarakan tur roadshow nasional untuk All-New City telah dibuka. Untuk total pemesanan, mobil ini berhasil mencatatkan angka 5.000 calon konsumen.

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anggota Komisi XI DPR: RI Perlu Tarik Investasi Besar Demi Pulihkan Ekonomi

Posted: 14 Oct 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Anggota Komisi XI DPR RI Melchias Markus Mekeng mengatakan kondisi perekonomian Indonesia saat ini tengah memasuki masa sulit. Tak hanya Indonesia, kondisi itu juga dihadapi oleh negara-negara maju yang menjadi mitra perdagangan Indonesia. 

"Pada triwulan pertama kita sudah masuk ke pintu gerbang resesi. Kita lihat di dunia, semua negara besar pertumbuhan mereka minus. Mulai dari AS, Jepang Uni Eropa, Korsel dan Singapura. Mereka ini adalah mitra dagang negara kita," ucap Mekeng di Jakarta, Kamis (15/10/2020).

Jika negara-negara itu mengalami resesi, menurut Mekeng, maka daya beli mereka juga menurun. Ini berdampak pada perekonomian Indonesia karena ekspor dari Tanah Air ke negara tersebut juga turun.

"Demand mereka yang turun berdampak pada produksi kita. Kita lihat produksi dalam negeri kita jumlahnya berkurang," ungkap Mekeng.

Pabrik tekstil kini mengurangi produksi dan beralih ke pembuatan masker dan APD. Sayang produksi itu tak bisa meng-cover seperti saat normal. "Resesi itu sudah ada di depan mata kita saat negara luar mengatakan dirinya resesi," ucap Mekeng.

Menurut anggota Fraksi Partai Golkar dari dapil NTT 1 itu, kini Indonesia hanya mengandalkan pertumbuhan ekonomi dalam negeri. "Struktur APBN kita didominasi konsumsi rumah tangga, yakni UMKM. Ini yang menopang pertumbuhan ekonomi kita," tambah Mekeng.

Adanya pandemi Covid-10 membuat pelemahan ekonomi Indonesia makin nyata. Terbukti banyak karyawan tak bisa kerja dan hanya setengahnya yang kerja. Fakta ini berdampak besar bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Dalam menangani masalah ekonomi itu pemerintah telah membentuk Komite Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Dari data yang diterima Mekeng, anggaran PEN, sekitar 70 persen terserap untuk Bansos.

"Bansos itu untuk menjaga daya beli masyarakat yang tidak kerja, karena kena PHK atau setengah PHK sehingga gajinya berkurang setengah atau malah tidak ada," ucap Mekeng.

Semua kesulitan masyarakat Itu kini diganjal pemerintah lewat Bansos. Ini guna menjaga sisi demand yang ada di masyarakat agar tetap ada. Mekeng juga menyatakan bantuan untuk UMKM angkanya juga tinggi, agar bisa menjaga supply.

"Ini dilakukan agar mem-balance demand dan supply agar ekonomi kita tidak jatuh seperti negara lain. Kita lihat jatuhnya Singapura dan Malaysia besar. Kita masih lumayan di bawah 10 persen, dan ini diganjal dari sini (Bansos)," ucap Mekeng.

Dia memprediksi resesi ekonomi ini akan panjang. Setelah vaksin Covid-19 ditemukan, tidak serta merta ekonomi langsung baik. "Tidak bisa seperti itu, kita harus bisa menumbuhkan perekonomian kita sendiri dan pertumbuhan negara lain juga. Kita harus ada uang yang masuk," ujar Mekeng.

Oleh karena itu diperlukan adanya investasi baru. Omnibus Law UU Cipta menurut Mekeng adalah UU terobosan.

"Selama ini kita punya banyak UU yang satu sama lain saling tabrakan, sehingga bukan insentif bagi orang untuk berinvestasi di Indonesia. Ada banyak pasal yang membuat investor sulit berinvestasi. Sementara kita harus mengundang banyak investor  agar uang yang masuk ke dalam negeri dari investor makin besar," tutur Mekeng.

Mekeng memberikan ilustrasi bahwa saat ini sudah ada uang asing yang keluar dari pasar modal sebesar 50 triliun rupiah. Ia berharap itu bisa ditarik kembali.

"Caranya harus ada insentif buat mereka untuk balik ke sini," sebut Mekeng.

Oleh karenanya postur APBN Indonesia harus sehat, karena hal ini akan dilihat oleh investor juga. Selain itu juga UU yang memudahkan investor. "Kita harap lewat Omnibus Law ini kita bisa undang investor datang ke sini lagi," kata Mekeng.

 

Kontribusi pada 698 Persen PDB

Sinergi Pemerintah dan Pengusaha untuk Ekonomi Kuat
Sinergi Pemerintah dan Pengusaha untuk Ekonomi Kuat

Selain itu, dari sisi regulasi UMKM juga diperbaiki, karena selama ini menyumbang 68 persen PDB. Namun yang tercatat pembukuannya rapi hanya 7 persen dan 93 persen tidak rapi.

Mekeng mengatakan, UMKM  harus berkontribusi terhadap pajak. Jika ada 60 juta UMKM dengan rata-rata omset tiga miliar, maka potensi pajak dari UMKM sendiri ada 900 triliun. "Ini fakta yang harus dibenahi. Salah satunya lewat digitalisasi perekonomian," kata Mekeng.

Dia juga berharap dengan UU Cipta Kerja, BKPM dan pemerintah bisa menarik investasi ke dalam negeri agar Indonesia tidak masuk dalam jebakan utang.

"Pemerintah harus lebih kencang lagi meyakinkan calon investor bahwa UU sudah diperbaiki dan proses pembangunan tetap berjalan. Selain itu kita penanganan Covid harus benar," ungkap Mekeng.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alami Gejala Flu Ringan, IDI: Hindari Keluar Rumah, Segera Tes COVID-19

Posted: 14 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Walaupun mengalami gejala flu ringan, Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) mengimbau hindari keluar rumah dan segera melakukan tes COVID-19. Hal ini sebagai langkah antisipasi, apakah terinfeksi virus Corona atau tidak.

"Bagi orang yang mengalami gejala, seperti flu walaupun hanya ringan, janganlah meremehkan hal ini," terang Ketua Tim Pedoman dan Protokol Kesehatan Tim Mitigasi PB IDI Eka Ginanjar dalam keterangan tertulis yang diterima Health Liputan6.com, Kamis (15/10/2020).

"Hindari keluar rumah atau berkumpul, segera lakukan testing (tes COVID-19). Dalam banyak hal, orang-orang masih sulit memercayai keberadaan COVID-19 saat ini."

Masyarakat pun masih terlihat setengah hati menjalankan protokol kesehatan. Misal, memasang masker di bawah dagu, berkumpul tanpa mengenakan masker, jarang mencuci tangan, abai berganti pakaian setelah aktivitas di luar rumah.

"Saat ini, yang harus diwaspadai adalah orang yang terinfeksi COVID-19 tetapi tidak bergejala atau hanya bergejala ringan," lanjut Eka.

"Orang yang merasa baik-baik saja, padahal sebenarnya membawa virus ini, biasanya belum pernah melakukan tes COVID-19. Kemudian melakukan aktivitas di luar rumah dengan mengabaikan protokol kesehatan. Lalu menularkannya pada orang lain yang rentan."

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Timbulkan Reaksi Peradangan

Reaksi peradangan. (Sumber: Pixabay)
Reaksi peradangan. (Sumber: Pixabay)

Eka menambahkan meski bergejala ringan COVID-19, tapi virus yang menginfeksi tubuh bisa menimbulkan reaksi peradangan. Deteksi dini dengan tes COVID-19 menjadi upaya terbaik.

"Perlu diketahui, walaupun sebagian besar tanpa gejala atau gejala ringan, tetapi ketika menginfeksi tubuh (virus Corona) bisa menimbulkan reaksi badai peradangan yang berujung kondisi berat hingga kematian," tambahnya.

"Virus ini tidak bisa terbang pindah sendiri, melainkan manusialah yang membawanya ke mana-mana. Dan hingga vaksin COVID-19 yang aman ditemukan, tidak ada pencegahan yang lebih baik selain protokol kesehatan."

Pencegahan COVID-19 dengan protokol kesehatan menjadi perlindungan bersama.

"Bukan hanya untuk keselamatan Anda sendiri juga orang lain di sekitar Anda, orang-orang yang Anda sayangi, kerabat, teman kerja, dan masyarakat secara luas," imbuh Eka.

Infografis Tes Antobodi vs Tes Antigen

Infografis Tes Antobodi vs Tes Antigen (Liputan6.com / Abdillah)
Infografis Tes Antobodi vs Tes Antigen (Liputan6.com / Abdillah)

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kerap Pakai Rok dan High Heels, Pria Ini Buktikan Bisa Tetap Maskulin

Posted: 14 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Anda tentu sudah sering dan terbiasa melihat seorang wanita mengenakan rok dan juga sepatu high heels. Namun, bagaimana jadinya jika pria yang mengenakannya?

Seorang pria bernama Mark Bryan baru-baru ini menjadi viral di media sosial. Hal ini lantaran dia secara rutin mengunggah foto dirinya yang mengenakan semua jenis kombinasi rok dan sepatu hak tinggi.

Mark kerap memadukan rok dan sepatu heels dengan kemeja, dasi, dan jaket pria. Tentu saja penampilan tak biasanya tersebut mencuri perhatian publik.

Mark sering mengunggah penampilannya mengenakan rok tersebut di akun Pinterest-nya.

Ingin buktikan rok dan heels juga cocok untuk pria

foto: Mark Bryan Pinterest
foto: Mark Bryan Pinterest

Dikutip dari Oddity Central, Kamis (15/10/2020), rupanya hal ini dilakukan Mark lantaran dirinya ingin membuktikan bahwa rok dan high heels juga bisa terlihat bagus jika dikenakan para pria.

Meski begitu, tidak diketahui secara pasti apakah Mark berpakaian seperti ini setiap hari ketika pergi bekerja, berbelanja atau hanya mengenakan pakaian tersebut untuk berfoto.

Tidak ada orang yang mengetahuinya secara pasti, tapi dia nampaknya mampu memakai rok dan sepatu hak tinggi lebih baik daripada kebanyakan wanita.

Bukan satu-satunya

Mark bukanlah satu-satunya pria yang menyukai pakaian dan alas kaki yang identik dikenakan oleh wanita itu.

Beberapa tahun lalu, viral sosok pria bernama Ashley Maxwell-Lam, seorang bankir korporat yang suka memakai sepatu hak tinggi, serta pria Minnesota Joe Quarion, yang mencoba membuat rok uniseks populer lagi. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fakta Penting Cuci Tangan, Cara Gampang Terhindar dari Virus Corona Covid-19

Posted: 14 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tanggal 15 Oktober diperingati sebagai hari cuci tangan sedunia. Hal itu ditetapkan oleh PBB sejak tahun 2018.

Tahun ini hari cuci tangan sedunia semakin penting mengingat kita sedang menghadapi pandemi virus corona covid-19. Apalagi penyakit covid-19 merupakan penyakit infeksi atau menular.

Sejak awal pandemi covid-19, WHO selalu menekankan pentingnya 3M. Yakni memakai masker, mencuci tangan, dan juga menjaga jarak.

Hal ini juga diterapkan di Indonesia untuk menekan angka penularan covid-19. Lalu fakta-fakta apa saja terkait cuci tangan yang perlu diketahui?

Berikut penjelasannya seperti dilansir laman resmi Unicef.org:

 ** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Fakta 1 dan 2

Sumber: Freepik
Sumber: Freepik

1. Bagaimana cara cuci tangan pakai sabun yang tepat?

Untuk menghilangkan semua jejak virus di tangan Anda, gosokan dan bilasan singkat saja tidak cukup. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk cuci tangan yang efektif,

Langkah 1: Basahi tangan seluruhnya dengan air bersih mengalir

Langkah 2: Tuangkan sabun ke seluruh bagian tangan

Langkah 3: Gosok sabun ke telapak tangan, punggung tangan, dan sela-sela jari – setidaknya selama 20 detik

Langkah 4: Bilas tangan dengan air bersih mengalir

Langkah 5: Keringkan tangan dengan handuk bersih atau tisu

2. Berapa lama saya harus mencuci tangan?

Anda harus mencuci tangan setidaknya selama 20-30 detik. Cara mudah memperhitungkan durasinya, nyanyikan lagu 'Selamat Ulang Tahun' sebanyak dua kali.

Begitu juga ketika menggunakan cairan pembersih tangan: gunakan cairan pembersih tangan yang berbasis alkohol minimal 60% dan gosokkan ke tangan setidaknya selama 20 detik untuk memastikan seluruh tangan bersih.

Fakta 3 dan 4

Ilustrasi mencuci tangan (iStockphoto)
Ilustrasi mencuci tangan (iStockphoto)

3. Kapankah saya harus cuci tangan?

Dalam upaya pencegahan COVID-19, pastikan Anda cuci tangan di waktu-waktu berikut:

- Setelah membuang ingus, setelah batuk, atau setelah bersin

- Setelah berkunjung dari tempat umum, seperti kendaraan umum, pasar, atau tempat ibadah

- Setelah menyentuh barang di luar rumah, termasuk uang

- Sebelum, saat, dan sesudah merawat orang sakit- Sebelum dan sesudah makan

Secara umum, Anda harus cuci tangan di waktu-waktu berikut:

- Setelah menggunakan toilet- Sebelum dan sesudah makan- Setelah membuang sampah- Setelah menyentuh hewan- Setelah mengganti popok bayi atau membantu anak menggunakan toilet- Ketika tangan terlihat kotor

4. Bagaimana cara saya membantu anak saya mencuci tangannya?

Anda bisa membantu anak Anda cuci tangan dengan membuatnya mudah bagi mereka, misalnya, meletakkan bangku pendek agar mereka bisa mencapai air dan sabun sendiri. Anda juga bisa membuat cuci tangan jadi menyenangkan bagi mereka dengan menyanyikan lagu favorit mereka sembari membantu mereka menggosok tangan mereka.

Fakta 5 dan 6

Sumber: Freepik
Sumber: Freepik

5. Apakah saya membutuhkan air hangat untuk cuci tangan?

Tidak, Anda bisa menggunakan air dengan temperatur apapun untuk cuci tangan. Air dingin atau air hangat sama-sama efektif dalam membunuh kuman atau virus – asalkan Anda menggunakan sabun!

6. Apakah saya perlu mengeringkan tangan saya dengan handuk?

Kuman menyebar lebih mudah dari kulit yang basah dibandingkan kulit yang kering, untuk itulah mengeringkan tangan Anda sangat penting. Kertas tisu atau kain bersih adalah cara paling efektif untuk menghilangkan kuman tanpa menyebarkannya ke permukaan lain.

Fakta 7 dan 8

Seorang siswa sedang mencuci tangan dalam penerapan protokol kesehatan. Sebagian siswa di Jalan Turangga Timur, memanfaatkan akses internet dalam rangka belajar jarak jauh di rumah warga. Akses internet gratis ini diinisiasi oleh warga. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)
Seorang siswa sedang mencuci tangan dalam penerapan protokol kesehatan. Sebagian siswa di Jalan Turangga Timur, memanfaatkan akses internet dalam rangka belajar jarak jauh di rumah warga. Akses internet gratis ini diinisiasi oleh warga. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

7. Mana yang lebih baik: cuci tangan pakai sabun atau dengan cairan pembersih tangan?

Secara umum, cuci tangan, baik itu dengan air dan sabun, maupun dengan cairan pembersih tangan, ketika dilakukan dengan benar, keduanya sama efektifnya dalam membunuh kuman dan patogen.

Cairan pembersih tangan lebih praktis digunakan ketika berada di luar ruangan, tapi bisa jadi harganya mahal dan sulit ditemukan dalam situasi darurat.

Selain itu, cairan pembersih tangan berbasis alkohol dapat membunuh coronavirus, tapi tidak dapat membunuh semua jenis bakteri dan virus. Misalnya saja, ia tidak dapat digunakan untuk menghilangkan norovirus dan rotavirus.

8. Bagaimana jika saya tidak punya sabun?

Gunakan air yang telah diberi klorin atau cairan pembersih tangan yang mengandung alkohol setidaknya 60% adalah pilihan kedua terbaik jika Anda tidak punya akses ke air mengalir dan sabun.

Jika dua hal ini tidak tersedia, gunakan air sabun atau abu untuk menghilangkan bakteri, meskipun cara ini kurang efektif dibandingkan air dan sabun.

Jika Anda menggunakan cara ini, pastikan Anda segera cuci tangan begitu Anda mendapatkan akses ke fasilitas cuci tangan, dan hindari kontak dengan orang lain atau menyentuh permukaan benda-benda lainnya.

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jaga Kelangsungan Ekspor, KKP Susun Daftar Penyakit Ikan Berbahaya

Posted: 14 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kualitas dan kesehatan ikan merupakan kunci utama untuk bersaing dengan produk negara lain. Ikan atau udang yang sehat dan bebas penyakit akan menghasilkan output produksi yang maksimal dan berstandar internasional.

Sebagai bentuk upaya menjaga kontinuitas mutu tersebut, Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) saat ini telah memiliki daftar penyakit ikan karantina baru. Daftar tersebut meliputi seluruh penyakit yang terdaftar pada organisasi kesehatan hewan dunia (OIE) serta beberapa penyakit yang menjadi perhatian industri budidaya nasional maupun internasional.

"Salah satu faktor pendukung kinerja ekspor hasil perikanan Indonesia adalah kontinuitas mutu produksi sehingga mampu mencukupi demand baik pasar domestik maupun internasional," kata Kepala BKIPM Rina dalam keterangannya, Kamis (15/10/2020).

OIE sudah mencatat 29 agen penyakit yang memiliki kemampuan untuk menimbulkan kerusakan yang signifikan terhadap dunia perikanan di seluruh dunia.

Penyakit-penyakit tersebut menjadi acuan bagi pelaksanaan kebijakan biosekuriti dan karantina negara-negara anggota OIE termasuk Indonesia.

Sebagai informasi, penyakit yang mulai melanda saat ini adalah Decapod Iridescent Virus I (DIV I) yang merupakan penyakit udang yang disebabkan oleh virus DIV I.

"Saat ini Indonesia masih berstatus bebas DIV I dan bersama dengan Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya, BKIPM telah memiliki roadmap dalam mencegah penyebaran DIV I," urainya.

Rina mengungkapkan, penyakit DIV I telah menjadi hal yang ditakuti di China karena kemampuannya menyebabkan kematian massal udang dan sebaran yang relatif cepat.

Selain di China, DIV I juga telah menyebar ke beberapa negara tetangga RRT terdekat. Dia berharap, dengan disusunnya daftar penyakit ikan karantina ini dapat meningkatkan kinerja KKP dalam menjaga kontinuitas, kualitas serta meningkatkan kinerja ekspor hasil perikanan Indonesia dan juga secara simultan melindungi kelestarian sumber daya ikan dan plasma nutfah Indonesia dari serangan penyakit berbahaya.

 

Kewaspadaan

Nelayan menurunkan ikan hasil tangkapan laut di Muara Baru, Jakarta, Kamis (29/3). Untuk mendorong ekspor komoditas perikanan KKP akan memberikan bantuan alat penangkapan ikan yang ramah lingkungan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Nelayan menurunkan ikan hasil tangkapan laut di Muara Baru, Jakarta, Kamis (29/3). Untuk mendorong ekspor komoditas perikanan KKP akan memberikan bantuan alat penangkapan ikan yang ramah lingkungan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Rina melanjutkan, kewaspadaan menjadi hal yang penting mengingat tren lalu lintas hasil perikanan antar negara berimbas kepada perpindahan penyakit ikan atau udang yang sangat berbahaya dan menghancurkan industri perikanan suatu negara.

Penyakit-penyakit yang bersifat endemik pada suatu kawasan atau negara (exotic disease) saat ini dapat menyebar lintas benua dan dikenal sebagai transboundary aquatic animal disease (TAAD).

"Sampai saat ini, Indonesia masih merupakan salah satu negara pengekspor hasil perikanan terbesar di dunia dengan negara tujuan ekspor meliputi 158 negara dari 198 negara di seluruh benua yang ada," ujarnya.

Sebagai informasi, diantara komoditas ekspor hasil perikanan yang beranekaragam terdapat 5 komoditas unggulan yaitu udang, tuna, kepiting, cumi, dan rumput laut. Bahkan, ekspor udang Indonesia menjadi primadona bagi negara-negara di dunia dan bersaing dengan produk udang dari China.

Selain penyakit dalam daftar OIE, sejalan dengan ketentuan internasional Indonesia juga menyusun daftar penyakit ikan yang penting dalam industri budidaya perikanan sebagai bagian dari biosecurity continuum. BKIPM sebagai salah satu bagian sistem biosekuriti yang bersifat holistik (biosecurity continuum) di Indonesia sangat berperan krusial di pintu pemasukan dalam mencegah masuk dan tersebarnya penyakit ikan berbahaya dan atau TAAD.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menyaksikan Gemerlap Keindahan Kota Ende dari Kaki Lena Hills

Posted: 14 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Ende - Kaki Lena Hills menjadi destinasi wisata baru di Kota Ende, Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Destinasi wisata ini terletak di Jalan Sam Ratulangi, Kelurahan Paupire, Kecamatan Ende Tengah, Kabupeten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT). Tepatnya di samping Kampus I Universitas Flores-Ende.

Untuk sampai ke atas bukit, pengunjung harus meinggalkan kendaraannya dan melanjutkan perjalanan dengan treking menapaki anak tangga. Sampai di atas bukit, pemandangan Kota Ende pelan-pelan tersingkap. Dari atas bukit, pengunjung bisa menyaksikan keindahan Kota Ende yang memesona.

Laut selatan yang ganas. Gunung meja dan Gunung Ia yang menjulur ke laut. Menjadi panorama keindahan alam yang bisa disaksikan dari atas Bukit Kaki Lena.

Pemandangan akan terasa lebih indah saat malam hari. Gemerlap lampu di Kota Ende terlihat jelas. Sungguh memesona. Siapa saja yang datang, pasti akan berdecak kagum dan tanpa berbasa-basi, langsung mengabadikan komen di Kaki Lena Hills.

Tenang saja, pengunjung bisa berswafoto di sejumlah titik yang disediakan, dengan latar pemandangan kota. Tak perlu khawatir bila haus atau lapar karena pengunjung dapat memesan langsung makanan dan minuman.

Pemilik Kaki Lena Hills, Ahmad Karman Sadokaki, kepada Liputan6.com, akhir pekan kemarin menuturkan, Kaki Lena Hills menyediakan berbagai macam menu makan dan minuman, karena destinasi wisata ini merupakan perpaduan antara kafe dengan konsep alam terbuka. Sambil bersantap, pengunjung menghirup udara bebas dengan pemandangan alam yang eksotik.

Karman mengatakan, pihaknya juga membuka paket pernikahan, ulang tahun, dan berbagai acara lain dengan kapasitas hingga 500 tamu. Harganya pun terjangkau.

Area wisata ini secara resmi dibuka Bupati Ende Djafar H Achmad pada 1 September 2020. Kala itu Bupati Djafar mengapresiasi langkah inovasi pengelolanya.

Bagi Bupati Djafar, Kaki Lena Hills merupakan tempat melepas penat yang nyaman. Karena itu, manajemen pengelolaannya harus dilakukan secara profesional.

Memang sejak dibuka, sudah banyak wisatawan yang berdatangan. Mereka datang dengan sahabat, pasangan, atau keluarga sekadar untuk mencecapi keindahan lain dari satu sudut Kota Pancasila itu.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemain Manchester United Yakin Ole Gunnar Solskjaer Bakal Dipecat

Posted: 14 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) mengalami awal yang buruk di Liga Inggris musim ini. Kalah di kandang dari Crystal Palace dan Tottenham Hotspur dengan agregat skor 9-2.

Manchester United baru sekali menang, yakni atas Brighton and Hove Albion dengan skor 3-2. Hasil itu didapat berkat bantuan VAR karena MU mendapatkan hadiah penalti setelah wasit meniup peluit tanda laga sudah berakhir.

Manchester United juga memiliki masalah di luar lapangan. Setan Merah gagal mendapatkan salah satu dari empat target teratas Manajer Ole Gunnar Solskjaer selama bursa transfer musim panas.

Kini, tekanan mulai menumpuk di pundak Solskjaer. Dewan direksi Manchester United bakal memecat juru taktik asal Norwegia itu jika kondisi tidak membaik.

 

 

Cepat atau Lambat

Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, tampak murung usai anak asuhnya ditaklukkan Tottenham Hotspur pada laga Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Minggu (4/10/2020). Tottenham menang dengan skor 6-1. (Oli Scarff/Pool via AP)
Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, tampak murung usai anak asuhnya ditaklukkan Tottenham Hotspur pada laga Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Minggu (4/10/2020). Tottenham menang dengan skor 6-1. (Oli Scarff/Pool via AP)

Wartawan Duncan Castles mengatakan kepada Transfer Window Podcast bahwa para pemain Manchester United yakin waktu Solskjaer bisa dibatasi. Ada asumsi di ruang ganti bahwa dia akan diganti cepat atau lambat.

Mantan Manajer Tottenham Mauricio Pochettino muncul sebagai salah satu kandidat jika juara 20 kali Liga Inggris itu memecat Solskjaer.

 

Newcastle United

ilustrasi logo manchester united (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi logo manchester united (Liputan6.com/Abdillah)

Manchester United akan kembali beraksi di Liga Inggris pada akhir pekan ini. Setan Merah dijadwalkan menghadapi tuan rumah Newcastle United di St James'Park.

Pada pertemuan musim lalu di Old Trafford, MU mengalahkan Newcastle 4-1. Keempat gol MU dicetak masing-masing oleh Anthony Martial (2), Mason Greenwood, dan Marcus Rashford.

Sementara gol hiburan Newcastle disumbang Matthew Longstaff.

 

Klasemen Liga Inggris

 

Saksikan Video Ole Gunnar Solskjaer di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ciri-ciri Teks Eksplanasi, Struktur, dan Kaidah, Pahami Sebelum Membuat

Posted: 14 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Teks eksplanasi merupakan teks yang berisi tentang sebuah proses bagaimana suatu peristiwa alam, sosial, budaya, ilmu pengetahuan, dan lain sebagainya bisa terjadi. Ciri-ciri teks eksplanasi adalah dengan penjelasannya yang deskriptif dan lugas terhadap sesuatu.

Setiap hal yang ada di sekitar kita selalu memiliki sebab akibat dan proses. Untuk menjelaskan terkait hal tersebut, maka disinilah peran ciri-ciri teks eksplanasi digunakan. Supaya bisa mengetahui tentang sebuah proses tanpa harus mengalaminya terlebih dahulu.

Dalam ciri-ciri teks eksplanasi, informasi yang ada berisi tentang fakta dan berdasarkan pengalaman empiris maupun penjelasan secara ilmiah. Sehingga dapat dipercaya untuk memahami sebuah proses ataupun sebab akibat peristiwa alam.

Dalam membuat teks eksplanasi, anda harus memperhatikan struktur, kaidah, dan ciri-ciri teks eksplanasi sehingga bisa membuatnya dengan baik dan benar. Maka dari itu, anda bisa menyimak ulasan berikut ini untuk mendapatkan penjelasan lengkap terakit dengan teks eksplanasi.

Berikut ini merupakan rangkuman tentang struktur, kaidah, ciri-ciri teks eksplanasi beserta contohnya yang dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Kamis (15/10/2020).

Pengertian Teks Eksplanasi Menurut Para Ahli

Ilustrasi menulis. (dok. pixabay.com/Asnida Riani)
Ilustrasi menulis. (dok. pixabay.com/Asnida Riani)

Sebelum mengulas tentang ciri-ciri teks eksplanasi, ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu mengenai pengertian teks tersebut. Berikut ini merupakan pengertian teks eksplanasi menurut para ahli:

Restuti ( 2013:85 )

Menurut Sedangkan Restuti, pengertian Teks Eksplanasi merupakan sebuah teks yang menerangkan atau menjelaskan mengenai proses atau fenomena alam maupun sosial.

Mahsun ( 2013: 189 )

Menurut Mahsun, Teks Eksplanasi adalah  disusun dengan struktur yang terdiri atas bagian-bagian yang memperlihatkan pernyataan umum (pembukaan), deretan penjelasan (isi), dan interpretasi/penutup.

The Contemporary English-Indonesian Dictionary: 651

Menurut The Contemporary English-Indonesian Dictionary, pengertian Explanation Teks adalah sebuah teks yang berisi tentang proses-proses yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya.

Ciri-ciri Teks Eksplanasi

Ilustrasi Menulis Syair Credit: unsplash.com/Charice
Ilustrasi Menulis Syair Credit: unsplash.com/Charice

Setelah memahami tentang pengertian atau definisi dari teks eksplanasi, agar bisa memudahkan anda dalam membuat teks tersebut, berikut ini merupakan penjelasan tentang ciri-ciri teks eksplanasi:

1. Secara umum teks eksplanasi terdiri dari tiga unsur yang meliputi pernyataan umum, sebab-akibat, dan interpretasi. 

2. Informasi yang tercantum dalam teks eksplanasi berisikan fakta. Dalam membuat teks eksplanasi harus berdasarkan penjelasan secara ilmiah yang bersifat empiris sehingga dapat dipercaya.

3. Informasi yang ada dalam teks eksplanasi tidak boleh bersifat subjektif, melainkan harus bersifat objektif sehingga bersifat netral.

4. Teks eksplanasi membahas tentang proses terjadinya sebuah peristiwa.

5. Teks eksplanasi merupakan jenis teks yang berbentuk deskriptif dan memiliki sifat informatif.

Struktur Teks Eksplanasi

Ilustrasi Penulis (sumber: unsplash)
Ilustrasi Penulis (sumber: unsplash)

1. Pernyataan Umum

Di bagian pernyataan umum, akan membahas secara singkat mengenai fenomena yang akan dibahas. Bisa berupa definisi mengenai fenomena tersebut dan penjelasannya secara singkat. Dalam penjelasan umum ini bisa merupakan teks yang menggambarkan tentang apa, mengapa, dan bagaimana sebuah fenomena tersebut bisa terjadi.

2. Deretan Penjelas

Dalam deretan penjelas akan disebutkan mengenai alasan atau menjawab pertanyaan mengapa sebuah fenomena tersebut bisa tercipta dan biasanya terdiri dari beberapa paragraf. Dalam deretan penjelas akan lebih deskriptif dan merincikan mengenai penyebab dari sebuah fenomena yang terjadi.

3. Interpretasi (Opsional)

Dalam ciri-ciri teks eksplanasi, bagian teks penutup ini bersifat opsional atau pilihan. Sehingga sifatnya tidak wajib. Dalam bagian interpretasi ini merupakan bagian kesimpulan atau intisari dari bagian pernyataan umum dan deretan penjelas. Di bagian ini, akan mendapatkan sedikit campuran interpretasi dari sang penulis. Bagian ini juga kerap disebut sebagai bagian kesimpulan.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Ilustrasi./Copyright unsplash.com/hannah olinger
Ilustrasi./Copyright unsplash.com/hannah olinger

- Fokus pada hal umum (generic), bukan berfokus partisipan manusia (nonhuman participants). Contoh: tsunami, banjir, gempa bumi, hujan, serta udara.

- Dimungkinkan untuk menggunakan istilah ilmiah. Lebih banyak menggunakan verba material serta verba relasional (kata kerja aktif).

- Menggunakan konjungsi waktu dan kausalitas. Contohnya: sehingga, pertama, jika, bila, sebelum, dan kemudian.

- Menggunakan kalimat pasif.

- Eksplanasi ditulis untuk membuat justifikasi bahwa sesuatu yang diterangkan dengan secara kausal itu benar adanya.

Langkah-langkah Menyusun Teks Eksplanasi

ilustrasi menulis/Photo by The Journal Garden | Vera Bitterer on Unsplash
ilustrasi menulis/Photo by The Journal Garden | Vera Bitterer on Unsplash

Setelah memahami definisi, struktur, kaidah, dan ciri-ciri teks eksplanasi, maka tentunya anda sudah mulai memiliki bayangan mengenai bagaimana cara membuat sebuah teks eksplanasi yang baik. Agar lebih memudahkan anda, maka anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk menyusun teks eksplanasi:

1. Menentukan topik yang menarik

Langkah pertama yakni menentukan fenomena alam, sosial, atau budaya yang ingin disajikan. Misalnya, proses terjadinya gerhana bulan.

2. Membuat rancangan kerangka teks

Kemudian, buatlah kerangka karangan berdasarkan struktur teks eksplanasi, yaitu identifikasi fenomena, penggambaran rangkaian kejadian, dan ulasan.

3. Mengumpulkan referensi

Kumpulkan referensi dan data-data terkait dengan fenomena yang ingin anda sajikan pada bagian deretan penjelas.

4. Mengembangkan teks

Setelah mendapatkan data dan referensi, kembangkan sebuah kerangka karangan menjadi teks eksplanasi yang utuh.

5. Menyunting teks

Setelah selesai, periksa kembali teks eksplanasi yang anda buat. Suntinglah jika ada kesalahan dalam penulisan atau kalimat yang kurang enak dibaca.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Suasana Taman Tuileries di Paris yang Kosong Akibat Pandemi

Posted: 14 Oct 2020 10:00 PM PDT

Tempat bermain yang kosong di taman Tuileries yang kosong di Paris (14/10/2020). Laporan media Prancis mengatakan Macron juga akan meningkatkan upaya di media sosial untuk mendesak perlunya perlindungan virus di kalangan anak muda. (AP Photo/Lewis Joly)
Tempat bermain yang kosong di taman Tuileries yang kosong di Paris (14/10/2020). Laporan media Prancis mengatakan Macron juga akan meningkatkan upaya di media sosial untuk mendesak perlunya perlindungan virus di kalangan anak muda. (AP Photo/Lewis Joly)

Tempat bermain yang kosong di taman Tuileries yang kosong di Paris (14/10/2020). Laporan media Prancis mengatakan Macron juga akan meningkatkan upaya di media sosial untuk mendesak perlunya perlindungan virus di kalangan anak muda. (AP Photo/Lewis Joly)

Kursi kosong terlihat di taman Tuileries di Paris (14/10/2020). Presiden Prancis Emmanuel Macron memberikan wawancara televisi nasional Rabu malam untuk berbicara tentang virus, yang pertama dalam beberapa bulan. (AP Photo/Lewis Joly)
Kursi kosong terlihat di taman Tuileries di Paris (14/10/2020). Presiden Prancis Emmanuel Macron memberikan wawancara televisi nasional Rabu malam untuk berbicara tentang virus, yang pertama dalam beberapa bulan. (AP Photo/Lewis Joly)

Kursi kosong terlihat di taman Tuileries di Paris (14/10/2020). Presiden Prancis Emmanuel Macron memberikan wawancara televisi nasional Rabu malam untuk berbicara tentang virus, yang pertama dalam beberapa bulan. (AP Photo/Lewis Joly)

Orang-orang berjalan di taman Tuileries yang kosong di Paris (14/10/2020). Laporan media Prancis mengatakan Macron juga akan meningkatkan upaya di media sosial untuk mendesak perlunya perlindungan virus di kalangan anak muda. (AP Photo/Lewis Joly)
Orang-orang berjalan di taman Tuileries yang kosong di Paris (14/10/2020). Laporan media Prancis mengatakan Macron juga akan meningkatkan upaya di media sosial untuk mendesak perlunya perlindungan virus di kalangan anak muda. (AP Photo/Lewis Joly)

Orang-orang berjalan di taman Tuileries yang kosong di Paris (14/10/2020). Laporan media Prancis mengatakan Macron juga akan meningkatkan upaya di media sosial untuk mendesak perlunya perlindungan virus di kalangan anak muda. (AP Photo/Lewis Joly)

Kursi kosong terlihat di taman Tuileries di Paris (14/10/2020). Presiden Prancis Emmanuel Macron memberikan wawancara televisi nasional Rabu malam untuk berbicara tentang virus, yang pertama dalam beberapa bulan. (AP Photo/Lewis Joly)
Kursi kosong terlihat di taman Tuileries di Paris (14/10/2020). Presiden Prancis Emmanuel Macron memberikan wawancara televisi nasional Rabu malam untuk berbicara tentang virus, yang pertama dalam beberapa bulan. (AP Photo/Lewis Joly)

Kursi kosong terlihat di taman Tuileries di Paris (14/10/2020). Presiden Prancis Emmanuel Macron memberikan wawancara televisi nasional Rabu malam untuk berbicara tentang virus, yang pertama dalam beberapa bulan. (AP Photo/Lewis Joly)

Air mancur terlihat di taman Tuileries di Paris (14/10/2020). Laporan media Prancis mengatakan Macron juga akan meningkatkan upaya di media sosial untuk mendesak perlunya perlindungan virus di kalangan anak muda. (AP Photo/Lewis Joly)
Air mancur terlihat di taman Tuileries di Paris (14/10/2020). Laporan media Prancis mengatakan Macron juga akan meningkatkan upaya di media sosial untuk mendesak perlunya perlindungan virus di kalangan anak muda. (AP Photo/Lewis Joly)

Air mancur terlihat di taman Tuileries di Paris (14/10/2020). Laporan media Prancis mengatakan Macron juga akan meningkatkan upaya di media sosial untuk mendesak perlunya perlindungan virus di kalangan anak muda. (AP Photo/Lewis Joly)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Isu Stephen Chow Bangkrut, Dituntut Mantan Pacar hingga Gadaikan Rumah

Posted: 14 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Hong Kong - Sebuah isu kurang enak kini santer terdengar mengenai sineas Mandarin ikonis Stephen Chow. Ia diberitakan bangkrut oleh sejumlah media.

Rupanya hal ini dipicu oleh sejumlah pertanda masalah finansial yang dialami Stephen Chow belakangan ini, yang diwartakan media daring Today, Senin (12/10/2020) lalu.

Stephen Chow rumornya menunggak utang dengan sejumlah pihak sebesar 270 juta dolar Hong Kong (HK$). Bila dikonversikan dengan kurs saat ini (1.901 rupiah) angkanya mencapai 513 miliar rupiah.

Masalah pertama yang membelit Stephen Chow, adalah persengketaannya dengan mantan kekasih, pengusaha properti Yu Manfung.

Tuntutan Mantan

Stephen Chow (Wikimedia Common - Miscgon / CC BY-SA (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0)
Stephen Chow (Wikimedia Common - Miscgon / CC BY-SA (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0)

Ini rupanya berawal dari rumah mewah yang selama ini ditinggali Stephen Chow, di The Peak, Hong Kong. Yu Manfung yang menjalin asmara selama 13 tahun dengan aktor 58 tahun tersebut mengajukan tuntutan, karena merasa berhak mendapat komisi dari perkiraan harga jual rumah ini.

Besarnya tak tanggung-tanggung, sekitar 10 persen atau setara dengan HK$ 80 juta. Menurut Manfung, sejauh ini ia baru menerima HS$ 10 juta. Namun menurut Stephen Chow, ini adalah pemberian semata, bukan komisi seperti yang dituntut sang mantan.

Kasus ini, akan mulai disidangkan November mendatang.

Perjanjian Investasi

Stephen Chow ( Wikimedia Commons - Kit Liew / CC BY (https://creativecommons.org/licenses/by/2.0))
Stephen Chow ( Wikimedia Commons - Kit Liew / CC BY (https://creativecommons.org/licenses/by/2.0))

Selanjutnya, adalah rumor soal utang menggunung kepada sejumlah investor.

Pada 2016, bintang Shaolin Soccer ini membuat perjanjian bersama sejumlah investor. Kala itu perusahaannya disuntik investasi sebesar HK$ 1,33 miliar, dengan jaminan akan untung sebesar HK$ 1,04 miliar pada tahun keempat.

Imbas Pandemi

Menurut penuturan sejumlah sumber, hingga tahun ketiga semuanya berjalan mulus. Total profit perusaahan mencapai HK$ 670 juta. Tapi karena pandemi Corona Covid-19, pada tahun keempat yang didapat investor hanya HK$ 160 juta.

Laporan penerimaan pada semester pertama 2020 memang belum keluar, tapi tampaknya hasilnya pun tak menggembirakan.

Bila hasilnya tak sesuai target di pengujung perjanjian, investor bisa memaksa Stephen Chow mempertanggungjawabkan hal ini.

Gadaikan Rumah

Ada fakta lain yang menjadi petunjuk bahwa aktor sekaligus sutradara ini mengalami kesulitan keuangan. Juni lalu, ia diketahui menggadaikan rumah mewahnya yang ia tinggali, yang dipermasalahkan oleh Yu Manfung.

Kabarnya, ada pihak yang tertarik membeli rumah senilai HK$ 1,1 miliar ini, tapi Stephen Chow ogah menerima tawaran ini.

Saat artikel ini ditulis, belum ada pernyataan dari pihak Stephen Chow soal semua masalah finansialnya ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

YouTube Bakal Blokir Video Anti Vaksin Covid-19

Posted: 14 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - YouTube baru saja menegaskan bakal melarang konten yang bertolak belakang dengan pandangan WHO termasuk otoritas kesehatan setempat mengenai vaksin, terutama Covid-19.

Dilansir dari Engadget, Kamis (15/10/2020), YouTube mengatakan akan menghapus video yang menyatakan vaksin Covid-19 dapat membunuh, membuat tidak subur, bahkan menjadi cara pemerintah menanamkan chip di manusia.

Pertanyaan itu diungkapkan oleh layanan Google tersebut melalui unggahan di blog. Sebelumnya, platform ini juga sudah menyingkirkan video yang berisi anggapan bahwa Covid-19 tidak ada.

Lalu pada April lalu, YouTube juga sudah menghapus sejumlah konten yang menghubungkan Covid-19 dengan teknologi jaringan seluler terbaru 5G.

Sejak Februari tahun ini, platform tersebut mengatakan telah menghapus lebih dari 200 ribu video yang berisi informasi menyesatkan atau salah mengenai Covid-19.

Sebagai langkah selanjutnya, YouTube memiliki rencana untuk memungkinkan otoritas setempat melakukan sosialisasi mengenai vaksin Covid-19 di platformnya.

Facebook Akan Larang Iklan yang Membuat Orang Enggan Divaksin

Ilustrasi Facebook (iStockPhoto)
Ilustrasi Facebook (iStockPhoto)

Sebelum YouTube, Facebook juga sudah melakukan langkah serupa. Facebook akan melarang iklan yang menghalangi orang untuk divaksinasi.

Gerakan ini merupakan kampanye kesehatan masyarakat baru dari perusahaan yang bertujuan untuk menyebarkan informasi vaksin flu.

Perubahan tersebut merupakan kebalikan dari kebijakan Facebook sebelumnya, yang melarang iklan dengan informasi salah tentang vaksin, tetapi mengizinkan iklan yang menyatakan penolakan vaksin jika tidak mengandung klaim palsu.

Namun, perusahaan mengatakan dalam sebuah blog, bahwa mereka masih akan mengizinkan iklan yang mendukung atau menentang undang-undang atau kebijakan pemerintah tentang vaksin, termasuk vaksin Covid-19.

Konten dan diskusi anti-vaksin akan tetap diizinkan untuk ditampilkan secara organik di platform, termasuk di grup Facebook. Demikian sebagaimana dikutip dari Guardian, Rabu (14/10/2020).

Analisis Guardian menemukan keterlibatan dengan unggahan anti-vaksin pada sampel halaman Facebook, melonjak pada musim panas ini.

Kebijakan Lebih Ketat

Ilustrasi Facebook (Foto: New Mobility)
Ilustrasi Facebook (Foto: New Mobility)

Seorang juru bicara Facebook mengatakan kebijakan periklanan "secara keseluruhan lebih ketat" daripada standar komunitas yang berlaku untuk pengguna individu.

Perusahaan juga memiliki kebijakan lain tentang kesalahan informasi kesehatan di luar periklanan, termasuk menandai pernyataan palsu untuk pemeriksaan fakta.

"Jika kami menghapus semua rumor dan hoaks, konten tersebut akan tetap tersedia di tempat lain di internet, ekosistem media sosial," kata juru bicara tersebut.

Dengan membiarkan konten ini terbuka, ia menambahkan, perusahaan dapat memberi orang-orang informasi dan konteks penting alih-alih menciptakan kekosongan informasi.

Facebook mengatakan akan mulai memberlakukan peraturan baru ini dalam beberapa hari ke depan.

Perubahan itu terjadi ketika raksasa media sosial tersebut menghadapi tekanan dari anggota parlemen dan kelompok kesehatan masyarakat untuk menindak informasi yang salah dan konten anti-vaksin.

(Dam/Why)

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sempat Hilang, Pria Ditemukan Tewas di Saluran Irigasi

Posted: 14 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria yang dikabarkan hilang beberapa hari ditemukan tewas oleh warga. Jenazah pria tersebut ditemukan mengambang di sakuran irigasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Bulan Berturut-turut, Neraca Dagang Indonesia Surplus

Posted: 14 Oct 2020 09:54 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan pada September 2020 surplus sebesar USD 2,44 miliar. Surplus tersebut terjadi akibat nilai ekspor tercatat lebih tinggi sebesar USD 14,01 miliar dari posisi nilai impor sebesar USD 11,57 miliar.

Kepala BPS, Suhariyanto mengatakan, surplus ini jauh lebih besar dibandingkan surplus bulan Agustus 2020 sebesar USD 2,35 miliar. Juga jauh lebih besar dibandingkan dengan posisi bulan September 2019 di mana pada waktu itu mengalami defisit USD 183,3 juta.

"Pada bulan September kita mengalami surplus USD 2,44 miliar. Selama 5 bulan berturut-turut sejak bulan Mei, Indonesia mengalami surplus dan surplus pada bulan September ini lebih besar dibandingkan surplus pada bulan Agustus, jelas dia dalam video conference di Kantornya, Jakarta, Kamis (15/10/2020).

Jika dirinci surplus neraca perdagangan Indonesia menurut negara, pada posisi Juli 2020 Amerika Serikat (AS) menjadi terbesar yakni surplus mencapai USD 1,08 miliar. Di mana ekspor Indonesia ke AS mencapai USD 1,6 miliar dan impor USD 607 juta.

Kemudian surplus lainnya juga terjadi dengan India yang mengalami surplus USD 562,5 juta dan Filipina sebesar USD 491,2 juta.

Sebaliknya ada beberapa negara yang masih mengalami defisit pada Juli 2020. Di mana dengan Tiongkok mengalami defisit USD 879,2 juta. Kemudian Ukraina mengalami defisit USD 140,1 juta dan Brasil defisit USD 119,3 juta.

Adapun secara keseuruhan BPS mencatat untuk neraca perdagangan dari Januari sampai September 2020 mengalami surplus USD 13,51 miliar. Surplus ini jauh lebih bagus dibandingkan posisi pada bulan Januari sampai September 2019 yang pada waktu itu mengalami defisit.

Dwi Aditya Putra

Merdeka.com

BPS Catat Ekspor September 2020 Naik 6,97 Persen jadi USD 14 Miliar

Sebuah kapal bersandar di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (26/5). Penyebab kinerja ekspor sedikit melambat karena dipengaruhi penurunan aktivitas manufaktur dan mitra dagang utama, seperti AS, China, dan Jepang. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Sebuah kapal bersandar di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (26/5). Penyebab kinerja ekspor sedikit melambat karena dipengaruhi penurunan aktivitas manufaktur dan mitra dagang utama, seperti AS, China, dan Jepang. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ekspor Indonesia pada September 2020 mengalami peningkatan sebesar 6,97 persen dibanding bulan sebelumnya Agustus 2020. Ekspor September tercatat sebesar USD 14,01miliar sedangkan pada bulan sebelumnya ekspor sebesar USD 13,10 miliar.

"Pada bulan September tahun 2020 nilai ekspor Indonesia adalah sebesar USD 14,01 miliar. Kalau kita bandingkan posisi September ini dengan posisi bulan Agustus tahun 2020 berarti nilai ekspor kita mengalami kenaikan yang cukup bagus yaitu sebesar 6,97 persen," kata kepala BPS, Suhariyanto, dalam video conference di Kantornya, Jakarta, Kamis (15/10).

Peningkatan ekspor ini terjadi karena sektor migas dan nonmigas sama-sama mengalami peningkatan dari bulan sebelumnya. Di mana migas tercatat naik sebesar 17,43 persen atau mencapai USD 0,70 miliar. Sedangkan ekspor non migas naik sebesar 6,47 persen atau tercatat USD 13,31 miliar.

"Jadi kiranya ini jadi irama yang menggembirakan.Karena ekspor baik dari sisi migas maupun non migas dengan kenaikan sebesar 6,97 persen," kata dia.

Kendati begitu, jika bandingkan dengan posisi September 2019, posisi ekspor September 2020 mengalami hanya mengalami penurunan tipis 0,51 persen. "Kita melihat bahwa posisi ekspor kita pada bulan September 2020 sudah hampir sama dengan posisi tahun 2019. Pada bulan September 2020 total nilainya kita adalah USD 14,01 miliar, pada bulan September tahun 2019 adalah USD 14,08 miliar," jelas dia.

Menurut sektor, secara umum keseluruhannya menunjukkan kan perkembangan yang menggembirakan. Ekspor pertanian pada bulan September tahun 2020 tercatat USD 0,41 miliar atau tumbuh bagus naik mencapai 20,84 persen dari bulan sebelumnya.

"Ada beberapa ekspor hasil pertanian yang naik cukup besar dari bulan Agustus ke bulan September tahun 2020. Di antaranya adalah beberapa produk holtikultura seperti sayur-sayuran dan buah-buahan tahunan, kemudian juga kopi dan lada, dan satu lagi adalah udang hasil tangkap," kata dia.

Kemudian industri pengolahan pada bulan September juga tumbuh cukup menggembirakan sebesar 7,37 persen atau tercatat USD 11,56 miliar. Kenaikan ekspor hasil industri pengolahan secara bulanan berasal dari komoditas besi dan baja, minyak kelapa sawit, kendaraan bermotor roda empat atau lebih.

Kemudian sektor lain mengalami kenaikan yakni migas sebesar 17,43 persen atau tercatat sebesar USD 0,70 miliar. Sementara pertambangan dan lainnya mengalami penurunan minus 4,10 persen di September 2020 atau tercatat hanya USD 1,33 miliar.

"Karena adanya penurunan ekspor baik untuk liquid batubara maupun biji logam jadi kalau kita lihat memang share dari tambang terus menurun karena permintaan untuk batubara menurun dan satu lagi penyebabnya karena harga batubara Mengalami penurunan yang cukup dalam," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nadiem: Cita-Cita Kita adalah Pembelajaran yang Berpihak pada Murid

Posted: 14 Oct 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan, cita-cita dalam pendidikan anak sebenarnya adalah demi memerdekakan pemikiran serta membuka potensi mereka.

"Cita-cita kita hanya satu, pembelajaran yang berpihak kepada murid, pembelajaran yang memerdekakan pemikiran, dan potensi murid tersebut," sebut Nadiem dalam acara Pembukaan Pendidikan Guru Penggerak oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kamis (15/10/2020).

Oleh karenanya Nadiem meminta para guru, utamanya guru penggerak untuk tak jemu melakukan eksperimen pembelajaran di kelas. Supaya diketahui sistem pembelajaran yang ideal di kelas masing-masing.

"Teruslah mencari cara terbaik untuk diimplementasikan di ruang kelas. Proses ini tidak mungkin akan nyaman, dan mungkin ada banyak keraguan. Apakah proses ini sudah tepat atau belum? Tidak apa-apa," ucapnya.

Menurut Nadiem, tak masalah jika ternyata dalam prosesnya pembelajaran yang diaplikasikan di kelas kurang tepat. Hal itu wajar saja terjadi, namun dari sana guru akan bisa mengevaluasi konsep seperti apa yang paling cocok diaplikasikan di dalam kelas.

"Keraguan itu wajar, teruslah berproses bersama, tidak ada perlombaan dalam hal ini. Teruslah bergotong-royong, saling mendukung, saling menyemangati, dan saling mengajari," ujarnya.

 

Guru Penggerak

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada Juli 2020 lalu meluncurkan Merdeka Belajar Episode 5: Guru Penggerak secara virtual. Peluncuran dihadiri Mendikbud Nadiem Anwar Makarim, didampingi Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Iwan Syahril.

"Guru Penggerak sebagai pendorong transformasi pendidikan Indonesia, diharapkan dapat mendukung tumbuh kembang murid secara holistik sehingga menjadi Pelajar Pancasila, menjadi pelatih atau mentor bagi guru lainnya untuk pembelajaran yang berpusat pada murid. Serta menjadi teladan dan agen transformasi bagi ekosistem pendidikan," ujar Nadiem Makarim, Jumat, 3 Juli 2020.

Mendikbud menjelaskan, arah program Guru Penggerak berfokus pada pedagogi, serta berpusat pada murid dan pengembangan holistik, pelatihan yang menekankan pada kepemimpinan instruksional melalui on-the-job coaching, pendekatan formatif dan berbasis pengembangan, serta kolaboratif dengan pendekatan sekolah menyeluruh.

Pelatihan kepemimpinan sekolah baru diawali dengan rekrutmen calon Guru Penggerak. Selanjutnya dilakukan pelatihan Guru Penggerak dengan mengikuti lokakarya pada fase pertama dan pendampingan pada fase kedua.

"Siapkan diri Anda dan siapkan guru-guru terbaik di sekolah Anda untuk bergabung menjadi Guru Penggerak," pesan Nadiem.

Sementara itu Direktur Jenderal GTK, Iwan Syahril, menjelaskan proses pendidikan dan penilaian Guru Penggerak berbasis dampak dan bukti.

"Proses kepemimpinan sangat penting dan dalam proses pengembangan kepemimpinan ini. Kami berkaca dari berbagai macam studi dan pendekatan andragogi atau pembelajaran orang dewasa bahwa kita harus lebih fokus kepada on the job learning. Artinya, pembelajaran yang relevan dan kontekstual sehingga memberi dampak sebaik-baiknya," imbuh Iwan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenkes: Pandemi COVID-19 Jadi Pengingat Kuat Pentingnya Cuci Tangan Pakai Sabun

Posted: 14 Oct 2020 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengingatkan bahwa cuci tangan pakai sabun (CTPS) merupakan salah satu cara sederhana yang penting untuk mencegah COVID-19.

Hal ini disampaikan oleh Kirana Pritasari Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes dalam pembukaan seminar daring Kampanye Nasional & Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia.

"Pandemi COVID-19 telah menjadi pengingat yang kuat bagi kita semua bahwa salah satu cara paling sederhana namun efektif untuk menghentikan penyebaran virus adalah perilaku cuci tangan dengan sabun dan air mengalir," kata Kirana pada Kamis (15/10/2020).

Kirana mengatakan, kebersihan tangan sangatlah penting untuk menjaga anak-anak, guru, dokter, tenaga kesehatan, pekerja, dan masyarakat umum lain agar aman dari penyebaran COVID-19 dan penyakit menular lainnya.

"Cuci tangan pakai sabun merupakan salah satu dari tiga perilaku yang menjadi cara yang sangat efektif dalam pencegahan COVID-19 selain memakai masker dan menjaga jarak," kata Kirana.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

 

Perlunya Peningkatan Akses Fasilitas Cuci Tangan

Ilustrasi mencuci tangan (Dok.Unsplash)
Ilustrasi mencuci tangan (Dok.Unsplash)

Kirana mengungkapkan bahwa selain perilaku di masyarakat, akses terhadap fasilitas mencuci tangan dengan sabun juga perlu ditingkatkan.

"Sekitar 40 persen dari populasi dunia atau sekitar 3 miliar orang, tidak memiliki akses kepada sarana CTPS baik di rumah mereka, kurang akses juga di sekolah, tempat kerja, fasilitas kesehatan, serta ruang publik tempat orang berkumpul," ujarnya.

Selain itu di Indonesia masih ada tantangan terkait masalah cuci tangan menggunakan sabun. Ia mengatakan, berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar 2018, hanya setengah dari populasi masyarakat Indonesia di atas usia 10 tahun, yang mempraktikkan perilaku cuci tangan yang benar.

"Kesenjangan antar provinsi sangat lebar. Bahkan di Ibu Kota Jakarta yang menjadi salah satu episentrum wabah COVID-19, hanya mencatat 73 persen akses."

"Namun, akses ke fasilitas CTPS ini, hanya berguna jika disertai dengan perilaku cuci tangan pakai sabun, yaitu ketika orang mencuci tangan pakai sabun secara teratur, di semua waktu kritis dan mengikuti cara mencuci tangan yang benar," kata Kirana.

Pada kesempatan tersebut, Kemenkes pun mengajak agar para pemangku kepentingan baik pemerintah pusat dan daerah, untuk ikut mengampanyekan aksi yang sama dan berkomitmen menyusun regulasi yang mendukung akses terhadap aksi cuci tangan pakai sabun.

Selain itu, Kemenkes juga mengajak mitra-mitra seperti lembaga non-pemerintah maupun swasta, untuk dapat menyediakan sarana dan prasarana cuci tangan pakai sabun. "Sehingga aksi ini bukan hanya seremonial tahunan, tetapi menjadi aksi terus menerus untuk kesejahteraan bersama," imbuh Kirana.

Infografis Yuk Perhatikan Cara Cuci Tangan yang Benar

Infografis Yuk Perhatikan Cara Cuci Tangan yang Benar. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Yuk Perhatikan Cara Cuci Tangan yang Benar. (Liputan6.com/Abdillah)

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Virtual Expo Indonesia Digital Trade Show 2020 Targetkan Transaksi Rp 25 Miliar

Posted: 14 Oct 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Sukses Mulya Pratama akan menyelenggarakan Virtual Expo Indonesia Digital Trade Show 2020 pada 20 November hingga 7 Desember 2020, dengan target transaksi sebesar Rp 25 miliar dan target pengunjung 200 ribu orang.

Direktur PT Sukses Mulya Pratama S.R Nopit Cahyani mengatakan event ini merupakan salah satu upaya untuk membangkitkan dan mendorong pengusaha lokal dan UMKM sebagai opsi guna menarik sendi-sendi ekonomi nasional di masa pandemi covid-19.

"Upaya ini senantiasa didorong karena pengusaha lokal dan UMKM terbukti mampu tampil sebagai penyelamat terdepan dari krisis kesehatan ini, atas dasar itu kami PT sukses Mulia Pratama bekerjasama dengan asensi Ekomando production, in fact sebagai strategic partner akan menggelar event Indonesia Digital trade show in conjunction with Indonesia local brand Expo 2020," kata Nopit dalam Press Conference Soft Launching Virtual Expo Indonesia Digital Trade Show 2020, Kamis (15/10/2020).

Lanjutnya, event ini adalah virtual expo interaktif pertama yang memiliki konsep 3D dengan menggunakan Avatar dan para pengunjung dapat bertransaksi langsung di dalam event ini.

Sekaligus event ini akan menghadirkan banyak beragam multi industri seperti industri makanan, minuman, kecantikan, kerajinan, batik, fashion pria dan wanita dan masih banyak kategori di dalam event ini.

"Terget transaksi yang diharapkan dalam event ini sebanyak Rp 25 miliar dengan total pengunjung 200.000 orang," ujarnya.

Pameran virtual ini merupakan hasil karya anak bangsa secara virtual dan diharapkan dapat mendukung gerakan bangga buatan Indonesia, serta dijadikan momentum kebangkitan para pengusaha lokal dan UMKM seluruh Indonesia di masa pandemi covid-19.

"Besar harapan kami event ini bisa menjadi sebuah wadah bagi para pengusaha lokal dan UMKM maupun industri pendukung lainnya untuk segera bangkit kembali. Semoga semangat serta kontribusi nyata ini dapat membantu meningkatkan transaksi perdagangan dan roda perekonomian Indonesia tercinta," ungkapnya.

Adapun Event virtualexpo ini disponsori oleh blibli.com, PT Garuda Indonesia, MyTelkomsel, LinkAJa, Sicepat, Mustika Ratu dan lain-lain serta disupport penuh oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif, Kementerian Perdagangan dan Kementerian Koperasi dan usaha kecil menengah.   

6 Perusahaan Sudah Setor Pajak Digital Rp 97 Miliar ke Pemerintah

Ilustrasi: Pajak Foto: Istimewa
Ilustrasi: Pajak Foto: Istimewa

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menetapkan 36 perusahaan yang menjadi pemungut pajak pertambahan nilai (PPN) atas barang dan jasa digital dari luar negeri yang dijual kepada pelanggan di Indonesia. Dari total jumlah tersebut, baru 6 pemungut pajak digital yang sudah menyetorkan PPN pada September kemarin.

"Sudah kita terima setorannya, sekitar Rp 97 miliar," kata Direktur Jenderal Pajak Kemenkeu Suryo Utomo, dalam video conference di Jakarta, Senin (12/10/2020).

Kendati begitu, Suryo tidak merincikan enam perusahaan pemungut pajak mana yang sudah menyetorkan PPN-nya ke Indonesia. Hanya saja dia berharap, pemerintah tidak berhenti di 36 perusahaan pemungut pajak saja, tapi lebih dari itu.

"Ini yang kami lakukan untuk memperluas siapa pemungut PPN atas transaksi digital dari luar negeri. Ke depan kami harapkan ini akan terus bertambah," kata dia.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Syuting Makmum 2, Ini 7 Potret Titi Kamal Pakai Kerudung

Posted: 14 Oct 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Model sekaligus aktris Titi Kamal mulai dikenal luas publik setelah bermain dalam film Ada Apa dengan Cinta? pada 2002. Bukan hanya membintangi berbagau judul film saja, akan tetapi ibu dua anak ini juga sering bermain sinetron.

Melalui akun Instagram pribadinya, saat ini Titi Kamal diketahui tengah disibukkan dengan syuting film Makmum 2. Wanita kelahiran 7 Desember 1981 ini pun diketahui melakukan proses syuting di Ciamis, Jawa Barat. Ia juga kerap mengunggah potret di balik layar proses syuting pada akun Instagram pribadinya.

Namun, baru-baru ini yang mencuri perhatian netizen ialah penampilan sederhana Titi Kamal saat syuting dan menggunakan kerudung. Pemeran Rini di film Makmum dan Makmum 2 ini terlihat begitu sederhana namun tetap memesona saat mengunggah foto dengan kerudung di akun Instagram pribadinya.

Dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram @titi_kamall, berikut ini beberapa potret Titi Kamal saat memakai kerudung ditengah proses syuting Makmum 2, Kamis (15/10/2020).

1. Titi Kamal kembali disibukkan dengan kegiatan syuting untuk film Makmum 2.

Titi Kamal (Sumber: Instagram/titi_kamall)
Titi Kamal (Sumber: Instagram/titi_kamall)

2. Istri Christian Sugiono ini juga mengunggah beberapa potret di balik layar proses syuting pada akun Instagram pribadinya.

Titi Kamal (Sumber: Instagram/titi_kamall)
Titi Kamal (Sumber: Instagram/titi_kamall)

3. Potret penampilan sederhana Titi Kamal sebagai Rini juga kembali mencuri perhatian publik.

Titi Kamal (Sumber: Instagram/titi_kamall)
Titi Kamal (Sumber: Instagram/titi_kamall)

4. Ia pun selalu terlihat bersemangat saat mengunggah kegiatan syuting.

Titi Kamal (Sumber: Instagram/titi_kamall)
Titi Kamal (Sumber: Instagram/titi_kamall)

5. Tak selalu sendiri, Titi Kamal juga beberapa kali mengunggah foto bersama lawan main di film Makmum 2.

Titi Kamal (Sumber: Instagram/titi_kamall)
Titi Kamal (Sumber: Instagram/titi_kamall)

6. Keseruan saat melakukan syuting Makmum 2 juga terlihat dari beberapa unggahannya.

Titi Kamal (Sumber: Instagram/titi_kamall)
Titi Kamal (Sumber: Instagram/titi_kamall)

7. Melakukan syuting di daerah pedesaan, Titi Kamal pun merasa bahagia karena bisa menikmati camilan menyegarkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Panen Bunga Marigold Jelang Day of the Dead di Meksiko

Posted: 14 Oct 2020 09:45 PM PDT

Pegulat Meksiko
Pegulat Meksiko

Pegulat Meksiko

Pegulat Meksiko
Pegulat Meksiko

Pegulat Meksiko

Pegulat Meksiko
Pegulat Meksiko

Pegulat Meksiko

Pegulat Meksiko
Pegulat Meksiko

Pegulat Meksiko

Orang-orang berbelanja bunga marigold di Xochimilco, Mexico City, Meksiko, Rabu (14/10/2020). Panen bunga marigold Meksiko yang dikenal sebagai Cempasuchil dalam bahasa Nahuatl dilakukan jauh-jauh hari sebelum hari libur Day of the Dead. (AP Photo/Marco Ugarte)
Orang-orang berbelanja bunga marigold di Xochimilco, Mexico City, Meksiko, Rabu (14/10/2020). Panen bunga marigold Meksiko yang dikenal sebagai Cempasuchil dalam bahasa Nahuatl dilakukan jauh-jauh hari sebelum hari libur Day of the Dead. (AP Photo/Marco Ugarte)

Orang-orang berbelanja bunga marigold di Xochimilco, Mexico City, Meksiko, Rabu (14/10/2020). Panen bunga marigold Meksiko yang dikenal sebagai Cempasuchil dalam bahasa Nahuatl dilakukan jauh-jauh hari sebelum hari libur Day of the Dead. (AP Photo/Marco Ugarte)

Orang-orang berbelanja bunga marigold di Xochimilco, Mexico City, Meksiko, Rabu (14/10/2020). Panen bunga marigold Meksiko yang dikenal sebagai Cempasuchil dalam bahasa Nahuatl dilakukan jauh-jauh hari sebelum hari libur Day of the Dead. (AP Photo/Marco Ugarte)
Orang-orang berbelanja bunga marigold di Xochimilco, Mexico City, Meksiko, Rabu (14/10/2020). Panen bunga marigold Meksiko yang dikenal sebagai Cempasuchil dalam bahasa Nahuatl dilakukan jauh-jauh hari sebelum hari libur Day of the Dead. (AP Photo/Marco Ugarte)

Orang-orang berbelanja bunga marigold di Xochimilco, Mexico City, Meksiko, Rabu (14/10/2020). Panen bunga marigold Meksiko yang dikenal sebagai Cempasuchil dalam bahasa Nahuatl dilakukan jauh-jauh hari sebelum hari libur Day of the Dead. (AP Photo/Marco Ugarte)

Seorang gadis duduk dalam bak truk pikap penuh bunga marigold di Xochimilco, Mexico City, Meksiko, Rabu (14/10/2020). Panen bunga marigold Meksiko yang dikenal sebagai Cempasuchil dalam bahasa Nahuatl dilakukan jauh-jauh hari sebelum hari libur Day of the Dead. (AP Photo/Marco Ugarte)
Seorang gadis duduk dalam bak truk pikap penuh bunga marigold di Xochimilco, Mexico City, Meksiko, Rabu (14/10/2020). Panen bunga marigold Meksiko yang dikenal sebagai Cempasuchil dalam bahasa Nahuatl dilakukan jauh-jauh hari sebelum hari libur Day of the Dead. (AP Photo/Marco Ugarte)

Seorang gadis duduk dalam bak truk pikap penuh bunga marigold di Xochimilco, Mexico City, Meksiko, Rabu (14/10/2020). Panen bunga marigold Meksiko yang dikenal sebagai Cempasuchil dalam bahasa Nahuatl dilakukan jauh-jauh hari sebelum hari libur Day of the Dead. (AP Photo/Marco Ugarte)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Neraca Dagang Indonesia Surplus USD 2,44 Miliar di September 2020

Posted: 14 Oct 2020 09:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia mengalami surplus USD 2,44 miliar pada September 2020. Nilai ini diperoleh dari posisi ekspor sebesar USD 14,01 miliar yang lebih tinggi dibandingkan impor yang mencapai USD 11,57 miliar.

"Selama 5 bulan berturut-turut sejak Mei, Indonesia mengalami surplus, dan surplus pada bulan September ini lebih besar dibandingkan surplus pada bulan Agustus lalu yang sebesar USD 2,35 miliar," ujar Kepala BPS Suhariyanto dalam video konferensi, Kamis (15/10/2020).

Kecuk menambahkan, surplus pada bulan september 2020 ini juga tercatat jauh lebih besar dibandingkan posisi pada September 2019, dimana mengalami defisit sebesar USD 183,3 juta.

Secara rinci, neraca perdagangan Indonesia terhadap Amerika Serikat (AS) tercatat surplus USD 1,08 miliar, India USD 562,5 juta, dan Filipina USD 491,2 juta.

"Sebaliknya, dengan Tiongkok bulan ini kita mengalami defisit USD 879,2 juta, dengan Ukraina kta mengalami defisit USD 140,1 juta, dan dengan Brasil kita mengalami defisit USD 119,3 juta," kata Kecuk.

Mendag Minta Tetap Waspada Meski Neraca Perdagangan Surplus

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyambangi PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek) dan Indosiar Grup di SCTV Tower Jakarta, Rabu (12/8/2020). Dalam pertemuan Kemendag berharap peran media dan grup besar menyampaikan berita positif kepada publik selama pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyambangi PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek) dan Indosiar Grup di SCTV Tower Jakarta, Rabu (12/8/2020). Dalam pertemuan Kemendag berharap peran media dan grup besar menyampaikan berita positif kepada publik selama pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Neraca perdagangan Indonesia surplus pada periode Januari hingga Agustus 2020 dengan nilai USD 11,05 miliar. Nilai ekspor tercatat USD 103,15 miliar, lebih tinggi dari nilai impor sebesar USD 92,10 miliar.

Kendati, pada tahun 2019, neraca perdagangan Indonesia sempat mengalami defisit USD 3,2 miliar. Hanya, neraca perdagangan non migas mengalami surplus USD 6,15 miliar dipengaruhi beberapa komoditas, mulai dari lemak dan minyak nabati hingga pakaian.

Meski secara angka surplus, Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto meminta agar Indonesia tetap hati-hati karena nilai ini disebabkan oleh tingkat impor yang turun tajam. Demikian pula dengan kondisi neraca dagang yang sedang surplus saat ini. "Kita harus tetap waspada karena surplus ini disebabkan impor yang turun lebih dalam dari periode sebelumnya," ujar Agus dalam tayangan virtual, Minggu (20/9/2020).

Menurut catatan Badan Pusat Statistik (BPS), nilai ekspor Indonesia turun 6,51 persen dibandingkan periode Januari-Agustus 2019. Sementara, nilai impor Indonesia turun 18,06 persen dibandingkan periode Januari-Agustus 2019.

Kendati, Indonesia masih berada di posisi yang baik karena mengalami neraca perdagangan yang surplus di tengah perlambatan ekonomi dan perdagangan global disertai pandemi Covid-19 yang belum kunjung mereda.

Terdapat beberapa tantangan yang harus dilalui pemerintah agar sektor ekonomi berjalan dengan baik, terutama di bidang perdagangan. Misalnya, kerjasama perdagangan internasional yang tidak berjalan efektif.

Lalu, perubahan pola perdagangan global, ancaman resesi global, perubahan pola konsumsi masyarakat dan daya beli masyarakat yang melemah. Namun, menurut Mendag Agus, tantangan itu tidak dapat dijadikan alasan untum membiarkan sektor perdagangan melemah dan tidak berjalan baik.

"Perrdagangan adalah salah satu kunci ekonomi nasional, jadi harus terus bergerak dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: