Senin, 19 Oktober 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Setahun Jokowi-Ma'ruf, Tengok Deretan Upaya Dongkrak Kualitas SDM Indonesia

Posted: 19 Oct 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan wakil presiden Ma'ruf Amin berusia 1 tahun tepat pada 20 Oktober 2020. Keduanya tetap berusaha untuk mewujudkan visi dan misi, salah satunya membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang Mandiri dan maju.

Dilansir dari Laporan Tahunan 2020 Kepemimpinan Jokowi-Ma'ruf yang dipublikasikan oleh Kantor Staf Presiden (KSP), Selasa (20/10/2020), pembangunan Sumber Daya Manusia menjadi kunci Indonesia ke depan. Jokowi-Ma'ruf meyakini hanya satu generasi saja untuk mempersiapkan anak-anak Indonesia agar mampu menjawab pertarungan global.

"Ini tantangan sekaligus kesempatan besar yang harus dijawab dengan kerja keras, kerja cepat, dan dengan cara-cara yang cerdas. Membentuk manusia tangguh Indonesia, harus dari masa dalam kandungan hingga anak usia sekolah," tulis laporan tersebut.

Sebuah periode emas pertumbuhan ke depan harus diakali dengan menghindarkan dari stunting, kematian ibu dan anak. Ekosistem pendidikan yang menyehatkan fisik dan mental juga disiapkan untuk mendorong peningkatan SDM.

Begitupun sekolah vokasi, orang-orang bertalenta juga perlu difasilitasi. Penciptaan ekosistem lapangan kerja harus membuatnya kian berdaya saing, kreatif, inovatif, serta sehat dan bahagia.

Salah satunya Pemerintah menyiapkan Sekolah gratis hingga sarjana, yang kini bisa dicapai semua kalangan masyarakat. Pemerintah menyediakan bantuan Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Kartu Indonesia pintar tersebut dialokasikan untuk siswa 10,3 juta siswa SD sebesar Rp 450 ribu per tahun, 4,6 juta siswa SMP sebesar Rp 750 ribu per tahun, dan untuk 3,2 juta siswa SMA/SMK sebesar Rp 1 juta.

Selain itu, Pemerintah juga menyiapkan Kartu Indonesia Pintar Kuliah untuk mereka yang terdata sebagai penerima KIP dan ingin melanjutkan pendidikan hingga jadi sarjana. Hal ini semua untuk mendorong terbentuknya SDM yang berkualitas.

1 Tahun Jokowi-Ma'ruf Amin di Mata Pengusaha

Joko Widodo atau Jokowi (tengah) didampingi Ma'ruf Amin (kiri) dan Ketua MPR Bambang Soesatyo (kanan) memberikan keterangan kepada awak media usai dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024 di Gedung Nusantara, Jakarta, Minggu (20/10/2019). (merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Joko Widodo atau Jokowi (tengah) didampingi Ma'ruf Amin (kiri) dan Ketua MPR Bambang Soesatyo (kanan) memberikan keterangan kepada awak media usai dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024 di Gedung Nusantara, Jakarta, Minggu (20/10/2019). (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Satu tahun sejak dilantiknya Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin sebagai wakilnya pada 10 Oktober 2019 lalu, sejumlah janji kampanye disebut telah terpenuhi.

Diantaranya, yang paling baru adalah dengan disahkannya UU Cipta Kerja atau Omnibus Law.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani mengatakan, disahkannya UU tersebut sebagai bentuk pemenuhan janji terkait penciptaan lapangan pekerjaan.

"Pak Jokowi konsisten untuk mengerjakan hal tersebut meskipun pandemi, yaitu dengan UU cipta Kerja itu kan menjawab semuanya. Mengenai masalah untuk mendorong SDM kita, penciptaan lapangan kerja," kata Hariyadi kepada Liputan6.com, Selasa (20/10/2020).

Selain itu, UU ini juga merampingkan birokrasi dan regulasi. Sehingga mendorong transformasi dari ketergantungan pada SDA menjadi daya saing manufaktur dan jasa modern. Dimana hal ini juga merupakan salah satu janji Jokowi saat pelantikan.

"Jadi Pak Jokowi itu konsisten, apesnya kena pandemi aja," kata dia. Bahkan, Hariyadi menyebut implementasi dari janji Jokowi berjalan sesuai jadwal.

Lainnya, Hariyadi menyebutkan program Kartu Prakerja yang realisasinya mampu digarap dalam waktu singkat. Ada juga sejumlah infrastruktur, termasuk beberapa tol yang penggarapannya masih tetap on track.

Bahkan, proyek kawasan industri Batan juga telah digarap. Hariyadi cukup terkesan dengan proyek ini karena dinilainya cukup kompetitif dibandingkan swasta. "Kawasan Industri Batan menurut saya terobosan juga," tambahnya.

"Kalau sampai jadi, itu sesuatu yang menurut saya fenomenal karena polanya berbeda dengan kawasan industri swasta. Kalau swasta kan dijual, nah kalau dia (Batan) sewa, ini kompetitif banget," tambah dia.

Sementara, Hariyadi menilai jika ada sejumlah janji yang belum terpenuhi oleh Presiden Jokowi, hal tersebut kemungkinan besar karena kondisi saat ini yang masih pandemi.

"Kalau yang kurang itu berproses. Ini PR-nya sudah dikerjakan," pungkas dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Vending Machine Masker di Stasiun MRT

Posted: 19 Oct 2020 10:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Artikel tentang kehadiran vending machine masker buatan perusahaan lokal di stasiun MRT menjadi artikel terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com pada Senin (19/10/2020).

Selain itu, dua artikel lainnya yang menyedot perhatian pembaca adalah artikel mengenai membran yang dapat mengekstraksi dan menyerap karbon dioksida di udara serta artikel mengenai RRQ Hoshi yang menjadi juara di MPL ID Season 6.

Selengkapnya simak Top 3 Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Vending Machine Masker Buatan Anak Negeri Hadir di Stasiun MRT

tartup lokal Needs Indonesia menyediakan vending machine masker dan kebutuhan kesehatan di stasiun MRT Istora Mandiri, Jakarta.

Baru-baru ini perusahaan melakukan pilot testing pada 10-18 Oktober 2020, dengan menyediakan masker gratis kepada masyarakat yang menggunakan layanan MRT.

Vending Machine masker tersebut rencananya akan tetap melakukan pilot testing dengan target deployment 10 mesin hingga Desember 2020, dengan target peluncuran Januari 2021.

Octa Myanda, Co-Founder & CEO Needs, mengatakan di tengah pandemi Covid-19 ini masyarakat membutuhkan barang-barang medis yang higienis, seperti masker dan hand sanitizer.

Selengkapnya baca di sini

 

2. Membran untuk Ekstraksi Karbon Dioksida dari Udara

Emisi gas rumah kaca ke atmosfer menjadi penyebab perubahan iklim dan ia saat ini merupakan masalah terpenting bagi bumi.

Akselerasi pemanasan global menghasilkan gelombang panas dahsyat, kebakaran hutan, badai, dan banjir. Sifat antropogenik perubahan iklim memerlukan pengembangan solusi teknologi baru untuk membalikkan lintasan karbon dioksida saat ini.

Salah satu teknologi untuk menekan emisi negatif adalah Direct Air Capture (DAC). Teknologi ini diharapkan dapat menjaga pemanasan global di bawah 1,5 derajat Celcius, sesuai dengan rekomendasi dari Panel Antarpemerintah untuk Perubahan Iklim (Intergovernmental Panel for Climate Change, IPCC).

Penerapan teknologi ini secara ekstensif diperlukan untuk mengurangi dan menghilangkan "karbon warisan" atau "emisi historis". Pengurangan kandungan karbon dioksida secara efektif di atmosfer hanya akan dicapai dengan mengekstraksi sejumlah besar karbon dioksida yang sebanding dengan emisi global saat ini.

Selengkapnya baca di sini

 

3. Cetak Sejarah, RRQ Hoshi Juarai MPL ID Season 6

Turnamen esports Mobile Legends Professional League (MPL) Indonesia Season 6 resmi berakhir, setelah sebelumnya pertandingan ini dimulai pada pertengahan Oktober 2020.

Digelar secara online karena pandemi Covid-19 dan melalui babak pertandingan yang panjang, tim esports RRQ Hoshi lahir sebagai juara pertama MPL Season 6.

Pada babak final, tim yang digawangi oleh Alberttt, Lemon, Xinn, Vyn, dan R7 ini mampu menumbangkan Alter Ego.

Mengusung format pertandingan best of five, RRQ Hoshi sempat kalah dibabak pertama pertarungan. Namun, mereka pun bangkit di babak selanjutnya dan membalas. Akhirnya, RRQ Hoshi pun berhasil mengungguli Alter Ego dengan skor akhir 3-2.

Selengkapnya baca di sini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak Cuma NMax, Yamaha FZS-FI Dark Knight Juga Dibekali Teknologi Konektivitas

Posted: 19 Oct 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Yamaha FZS-FI edisi Dark Knight resmi dilepas Yamaha India. Motor yang di Indonesia dikenal Yamaha Byson injeksi itu mendapat fitur tambahan berupa teknologi konektivitas seperti halnya Yamaha NMax. 

Fitur itu mampu meningkatkan keamanan dan kenyamanan untuk para pemiliknya. Perangkat konektivitas itu juga ditawarkan sebagai aksesori tambahan dan sudah tersedia di diler resmi di India.

Pabrikan asal Jepang itu terus berupaya menciptakan pengalaman berkendara yang lebih menarik bagi pelanggannya di India. Kini mereka kenalkan karakteristik baru ke jajaran sepeda motor entry level.

Membuat sepeda motor segmen 150 cc melampaui batas-batas utilitas transportasi. Melalui aplikasi Yamaha Motorcycle Connect X dengan teknologi berkemampuan Bluetooth, produk yang ditawarkan seakan naik kelas.

Dengan fitur konektivitas baru ini, dan di bawah kampanye perusahaan 'The Call of the Blue', harga Yamaha FZS-FI Dark Knight menjadi lebih mahal. Ia dibanderol Rs 1.07.700 (Rp 21,6 juta) atau lebih mahal Rs 2.500 (Rp 500 ribuan) dari pada FZS-FI standar.

Unit anyar itu sendiri mulai dijual pada 1 November 2020. Dengan tambahan aksara Connect X, itu berarti menunjukkan konektivitas dan teknologi Inovatif, sementara 'X' mewakili karakteristik yang terhubung sehingga memungkinkan pengguna untuk memahami motor dengan lebih baik dalam hal kinerja.

Sama seperti konektivitas yang ada di All New NMax di Indonesia, aplikasinya itu dapat diunduh dari Google PlayStore atau Apple iOS. Langkah-langkah untuk mengatifkannya pun mirip dengan yang ada di Tanah Air. Download, install, login dan siap pakai.

Melalui pendaftaran dan sistem verifikasi yang mudah untuk mengidentifikasi pengguna dan menyinkronkan motor ke aplikasi.

Setelah registrasi selesai, pemilik ditawarkan berbagai fitur, masing-masing dirancang untuk memungkinkan pengendara terhubung dengan motor hanya dengan satu sentuhan di ponsel.

 

Fitur Yamaha Motorcycle Connect X

Aplikasi Yamaha Motorcycle Connect X menawarkan 6 fitur. Ada Answer Back yang dapat memberikan sinyal ke motor secara otomatis.

Dengan menekan tombol yang terdapat pada smartphone, motor langsung menjawab sinyal tersebut dengan memberikan bunyi "beep". Kemudian ada E-Lock yang memberi keamanan lebih untuk motor sehingga mencegah pencurian.

Lalu Locate My Bike membantu pemilik mengetahui posisi motor saat terparkir. Setelah mengklik fitur ini, lampu sein menyala selama 10 detik terus menerus.

Tersedia pula Riding history yang dapat melihat detail riwayat berkendara dan menawarkan informasi secara rinci kepada pengguna tentang detail perjalanan.

Itu berkaitan dengan jarak tempuh, average speed, jumlah pengereman dan mengetahui voltase baterai. Kemudian Parking Record untuk menemukan titik terakhir motor terparkir, dengan cara mengarahkan pengguna melalui GPS.

Lalu hazard untuk kebutuhan darurat. Semua fitur yang ditanam bertujuan agar para pemilik mendapat pengalaman baru yang lebih mendalam dan menyenangkan.

"Kami berkomitmen untuk meningkatkan pengalaman kepada para pacinta Yamaha dengan layanan personalisasi (One to one Service) di India. Pelanggan kami dapat menikmati teknologi yang terhubung dengan aplikasi Yamaha Motorcycle Connect X. Teknologi konektivitas bluetooth yang kami berikan telah diatur agar lebih praktis, nyaman dan andal. Di masa depan kami akan memperluas ke semua jajaran kendaraan roda dua. Masing-masing fungsi dibuat secara metodis untuk membantu para bikers dengan pengalaman kenyamanan dan keamanan yang mulus," kata Motofumi Shitara, Chairman, Yamaha Motor India Group of Companies, dalam siaran tertulisnya, Jumat (16/10).

 

Mesin

Untuk diketahui, spesifikasi Yamaha FZS FI mengusung mesin 150 cc, SOHC, 2 klep dengan bantuan pendingin udara atau air cooled. Motor yang dibekali transmisi manual 5 speed ini sanggup memuntahkan tenaga sebesar 13 Hp pada putaran mesin 8.000 rpm dan torsinya mencapai 12,8 Nm di putaran 6.000 rpm.

Boleh dibilang naked sport ini masih satu keluarga dengan Yamaha Byson yang ada di Indonesia. Bedanya Yamaha FZS ini punya desain dan fitur yang lebih modern. Misal telah disematkannya rem ABS dan headlamp dibekali full LED.

Pengereman belakang juga sudah dibekali piringan cakram. Panel instrumen pun sudah full digital dengan negative display, mirip seperti yang dipakai MT-15.

Urusan desain, jika dibandingkan dengan Yamaha Byson di Indonesia, Yamaha FZS terlihat lebih mengalir. Headlamp dengan desain bertumpuk, tampak lebih menarik dibanding Byson yang cenderung lancip.

Secara dimensi juga FZS lebih kecil. Tangki masih menganut model kondom, maka tampilannya tampak menyatu antara penampung bensin dengan area shroud.

Desain jok tandem, menjamin motor ini lebih nyaman bagi pembonceng. Sementara stoplamp terlihat mirip dengan yang ada di Indonesia. Model knalpot Yamaha FZS sedikit mengingatkan dengan Yamaha Byson versi pertama. Hanya saja tak terlalu dibuat gemuk, tetapi sedikit lebih memanjang.

Dengan hadirnya FZS-FI edisi Dark Knight dengan tambahan fitur Connect X, berarti Yamaha telah bergabung dengan daftar produsen kendaraan roda dua seperti TVS, Hero MotoCorp, dan Suzuki yang menawarkan teknologi konektivitas.

Meski komponen itu tersedia sebagai standar, pemilik FZS model reguler juga bisa membeli perlengkapan ini sebagai aksesori. 

Sumber: Oto.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tim Kampanye Donald Trump Anggap Aturan Mikrofon Bisa Dimatikan Untungkan Joe Biden

Posted: 19 Oct 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Washington D.C - Debat terakhir antara Presiden Donald Trump dan saingannya dari Demokrat Joe Biden akan menampilkan tombol mute yang memungkinkan setiap kandidat berbicara tanpa gangguan. Hal ini disampaikan langsung oleh pihak penyelenggara pada Senin 19 Oktober 2020 guna mencari cara untuk menghindari gangguan yang sebelumnya telah merusak jalannya debat pertama. 

Mengutip Channel News Asia, Selasa (20/10/2020), tim kampanye Trump menyuarakan keberatan atas perubahan tersebut, yang sebenarnya dibuat setelah presiden Trump berulang kali berbicara di saat yang bersamaan dengan Biden dan moderator pada debat bulan lalu, yang rupanya merupakan sebuah pelanggaran aturan yang telah disepakati.

Kendati demikian, pihaknya mengatakan Partai Republik masih akan ambil bagian dalam acara debat kedua yang akan menjadi salah satu dari kesempatan terakhirnya untuk menjangkau banyak penonton di jam tayang utama. Sebelum pemungutan suara pada 3 November.

Komisi Kepresidenan untuk Debat mengatakan mikrofon masing-masing kandidat pada debat di Nashville, Tennessee, akan dibungkam untuk memungkinkan kandidat lain mengutarakan pidatonya selama dua menit untuk pembukaan di awal setiap segmen debat yang berdurasi 15 menit. 

Kedua mikrofon akan dihidupkan untuk memungkinkan sesi debat setelah waktu itu.

"Presiden Trump berkomitmen untuk memperdebatkan Joe Biden terlepas dari perubahan aturan menit-menit terakhir dari komisi yang bias dalam upaya terbaru mereka untuk memberikan keuntungan kepada kandidat favorit mereka," kata manajer kampanye, Bill Stepien.

Sementara itu, tim kampanye Biden tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Donald Trump Berbicara Sepanjang Waktu

Presiden Donald Trump (kiri) dan calon presiden dari Partai Demokrat, mantan Wakil Presiden Joe Biden (kanan) bertukar poin selama debat presiden pertama di Case Western University and Cleveland Clinic, Cleveland, Ohio, Selasa (29/9/2020). (AP Photo/Morry Gash, Pool)
Presiden Donald Trump (kiri) dan calon presiden dari Partai Demokrat, mantan Wakil Presiden Joe Biden (kanan) bertukar poin selama debat presiden pertama di Case Western University and Cleveland Clinic, Cleveland, Ohio, Selasa (29/9/2020). (AP Photo/Morry Gash, Pool)

Dalam debat pertama, Trump berulang kali menyela Biden selama debat yang kacau dan sengit pada 29 September, pada satu titik memprovokasi Biden untuk membentak: "Maukah Anda tutup mulut, Bung?"

Trump mundur dari debat kedua yang dijadwalkan pada Kamis lalu karena ketidaksepakatan tentang format virtual setelah infeksi COVID-19-nya. Pada saat itu, dia menyampaikan kekhawatiran tentang aturan menonaktifkan mikrofonnya.

"Anda duduk di belakang komputer dan berdebat - itu konyol, dan kemudian mereka memotong Anda kapan pun mereka mau," kata Trump dalam sebuah wawancara.

Sebelumnya pada hari Senin, kampanye Trump mengatakan tidak senang dengan serangkaian topik yang diumumkan untuk debat yang bakal diselenggarakan pada hari Kamis, dengan alasan bahwa mereka harus lebih fokus pada kebijakan luar negeri dan menegaskan bahwa kelompok nonpartisan condong ke arah Biden.

Kampanye Biden mengatakan kedua belah pihak sebelumnya setuju untuk membiarkan moderator memilih subjek. Dikatakan Trump ingin menghindari membahas kepengurusannya terhadap pandemi virus corona, yang menurut survei merupakan masalah utama bagi pemilih.

"Seperti biasa, presiden lebih peduli dengan aturan debat daripada mendapatkan bantuan yang dibutuhkan negara dalam krisis," kata juru bicara Biden TJ Ducklo.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jepang Kembangkan Kantong Ramah Rusa yang Jadi Atraksi Wisata Populer

Posted: 19 Oct 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rusa-rusa liar di Taman Nara yang berlokasi di barat Jepang merupakan atraksi wisata andalan di sana. Mereka cukup ramah untuk didekati wisatawan yang penasaran, tetapi juga jadi korban pengunjung yang membuang sampah plastik sembarangan. 

Mereka kerap terlihat mengunyah kantong plastik yang ditinggalkan wisatawan. Untuk itu, sebuah perusahaan lokal mengembangkan kantong kertas yang aman bila dimakan hewan-hewan.

Kantong ramah rusa yang dikembangkan oleh tiga developer itu menggunakan kertas yang terbuat dari dedak padi. Dengan begitu, risiko kesehatan bagi hewan lebih rendah bila tak sengaja termakan. 

"Kami membuat kertas dengan membayangkan rusa-rusa itu," kata Hidetoshi Matsukawa, Presiden Direktur salah satu developer yang bernama Naraism, dikutip dari Japan Today, Selasa (20/10/2020). 

"Pariwisata di Nara didukung oleh rusa-rusa dan kami akan menjaga mereka, sekaligus mempromosikan tas-tas ini sebagai brand untuk ekonomi Nara," imbuh dia.

Selain dedak padi, kantong ramah rusa itu juga menggunakan bubur kertas daur ulang dari kemasan susu. Dengan karakter mudah larut dalam air, tas kertas itu jelas kurang tahan lama dibandingkan kertas biasa, menurut sebuah firma yang berbasis di Kota Tawaramoto, Prefektur Nara.

Karena tas didesain seaman mungkin bagi rusa, proses pengembangan produk itu menghadapi sejumlah kendala. Matsukawa menyebut, di antaranya mengatasi permukaan kertas yang kasar yang menyebabkan mesin cetak tersumbat.

Ancaman bagi Rusa

Ilustrasi rusa. (dok. Foto Bibhukalyan Acharya/Pexels)
Ilustrasi rusa. (dok. Foto Bibhukalyan Acharya/Pexels)

Bank Nara Chuo Shinkin yang berbasis di kota itu, setuju untuk membeli 3.000 tas ramah rusa untuk mendukung upaya perusahaan lokal tersebut. Eksekutif bank tersebut, Teruo Nakata mengatakan bank kemudian menyebarkan tas-tas tersebut ke klien mereka untuk membantu membawa dokumen.

"Tas itu menjadi item yang banyak dibicarakan di Nara," kata Nakata.

Lebih dari 1000 rusa yang berkeliaran di taman menjadi atraksi wisata utama bagi turis. Mereka diperbolehkan memberi mamalia itu makan berbentuk keripik rusa bebas gula dan aman dicerna yang disebut 'shika sembei'.

Keripik itu banyak dijual di toko-toko dekat taman dan tidak dibungkus plastik. Tetapi, sejumlah turis sepertinya memberi mereka kudapan lain yang dibungkus plastik. 

Kantong plastik yang ditinggalkan pengunjung merupakan ancaman bagi rusa yang tinggal dan berkeliaran di sekitar taman. Tahun lalu, sampah plastik terdeteksi ada di perut-perut rusa yang mati.

Infografis Indonesia Sumbang Sampah Plastik Terbesar Kedua Sejagat. (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Indonesia Sumbang Sampah Plastik Terbesar Kedua Sejagat. (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

'Onde Mande', Nikmatnya Pangek Ikan Bilih Khas Danau Singkarak

Posted: 19 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Padang - Tak ada yang bisa menolak kelezatan 'Pangek Ikan Bilih', makanan dengan olahan berbahan dasar endemik Danau Singkarak ini memiliki cita rasa yang pedas, dan gurih.

Bumbunya yang kaya dengan rempah-rempah sangat menggugah selera, apalagi jika disantap langsung di tepian Danau Singkarak.

Berkunjung ke Danau terbesar kedua di Indonesia, tentu tidak akan lengkap rasanya jika belum mencicipi kuliner khas Ranah Minang yang satu ini.

Jika dalam bahasa Indonesia, pangek berarti pengat yakni gulai tanpa santan yang dimasak hingga kuahnya kering. Masakan yang kaya rempah terutama kunyit ini bewarna kuning kemerahan, efek dari kunyit dan cabai merah yang bersatu dalam belanga.

Ikan bilih yang ukurannya sebesar ibu jari tangan ini memiliki daging yang lembut ketika di-pangek, ditambah segarnya rasa rempah dengan sensasi pedas. Rasa bilihnya saja sudah sangat nikmat, apalagi kuahnya yang kental, dijamin bakal bikin ketagihan.

Hati-hati saat menyantap pangek ikan bilih, sebab duri-durinya tidaklah segurih bilih goreng.

Menu Pesta di Salingka Danau Singkarak

Pangek ikan bilih tidak hanya menu andalan rumah makan yang ada di salingka (sekitar) Danau Singkarak, tetapi juga menjadi menu wajib di pesta pernikahan maupun hajatan adat dan budaya lainnya.

Menu pangek ikan bilih acapkali ada di pesta perkawinan nagari (desa) di sekitar Danau Singkarak, karena ikan bilih sudah menjadi ciri khas masyarakat di sekitar Danau Singkarak.

Selain bahan dan cara pembuatannya yang mudah, pangek ikan bilih juga awet dan tidak mudah basi karena tidak berbahan santan layaknya gulai. Untuk menambah kelezatannya, pangek bilih juga bisa dicampur dengan nangka muda atau ubi.

Untuk bahan-bahannya, kamu hanya perlu menyiapkan cabai merah dengan tingkat kepedasan sesuai selera, kunyit, dan kemiri. Semuanya dihaluskan dengan rempah lainnya seperti cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih.

Susunlah nangka atau ubi sebagai alas belanga dan ikan bilih di atasnya dan siram dengan bumbu yang sudah diaduk dengan air.

 

Saksikan Juga Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Komponen KHL yang Ditolak Buruh, Jatah Beli Pakaian Dalam Turun jadi Rp 7.500

Posted: 19 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal, mendesak Kementerian Ketenagakerjaan agar mencabut dan memperbaiki Permenaker Nomor 18 tahun 2020 tentang Perubahan Atas Permenaker Nomor 21 Tahun 2016 tentang Kebutuhan Hidup Layak (KHL).

"Permenaker yang baru memang menambah jumlah komponen KHL dari 60 jenis menjadi 64 jenis, tetapi secara kuantitas ada beberapa jenis KHL yang mengalami penurunan. Dengan kata lain, meskipun item KHL bertambah tetapi buruh tetap "miskin"," kata Said di Jakarta, Selasa (20/10/2020).

Adapun kualitas komponen KHL yang turun menurut pandangan KSPI sebagai berikut:

1. Kualitas/kriteria komponen gula pasir yang sebelumnya 3 Kg turun menjadi 1,2 Kg. Hal ini jelas sekali akan menurunkan nilai dari item KHL. Di mana biasanya nilai KHL untuk item ini adalah Rp 36.000 dengan harga rata-rata gula pasir adalah 12.000/Kg.

"Melalui Permenaker yang baru, nilainya justru turun menjadi Rp 18.000," kata Said.

2. Kualitas/kriteria komponen minyak goreng curah yang sebelumnya 2 Kg turun menjadi 1,2 Kg. Jika tadinya nilai komponen KHL ini adalah Rp 20.500 dengan harga rata-rata minyak goreng curah Rp 10.200 per liter, maka dengan Permenaker yang baru nilainya turun menjadi Rp 12.300. Dengan kata lain, nilai KHL item minyak goreng turun sebesar Rp 8.200.

3. Kualitas/kriteria komponen buah-buahan (setara pisang/pepaya) dari 7,5 Kg menjadi 4,5 Kg. Jika tadinya nilai KHL ini adalah Rp 68.000 dengan perhitungan harga buah di pasaran Rp.9000 per Kg, maka dengan Permenaker yang baru nilainya turun menjadi Rp 42.000. Maka nilai KHL item buah turun sebesar Rp 26.000.

4. Kualitas/kriteria komponen celana panjang/rok/pakaian muslim dari 6/12 menjadi 4,5/12. Jika tadinya nilai KHL ini adalah Rp 67.000, maka dengan Permenaker yang baru nilainya Turun menjadi Rp 50.500. Dengan kata lain, komponen celana panjang /rok/pakaian muslim turun sebesar Rp 16.500.

5. Kualitas/kriteria komponen ikat pinggang dari 1/12 menjadi 1/24. Hal ini jelas sekali akan menurunkan nilai dari item KHL, di mana pembelian ikat pinggang yang semula 1 tahun sekali menjadi 2 tahun sekali.

6. Kualitas/kriteria komponen kemeja lengan pendek/blus dari 6/12 menjadi 4,5/12. Jika tadinya nilai KHL ini adalah Rp 57.000 maka dengan Permenaker yang baru nilainya turun menjadi Rp 43.000. Maka nilai KHL komponen kemeja turun sebesar Rp 14.000.

7. Kualitas/kriteria komponen kaos oblong/BH dari 6/12 menjadi 4,5/12. Untuk pembelian kaos oblong/BH, semula nilai KHL-nya adalah Rp 10.000 maka dengan Permenaker yang baru nilainya turun menjadi Rp 7.500. Dengan kata lain, komponen KHL kaos oblong/BH turun sebesar Rp 2.500.

8. Kualitas/kriteria komponen mukenah yang sebelumnya 1/12 diubah menjadi al-Quran/kitab suci lainnya dengan kualitas/kriteria 1/24. Komponen mukena digantikan dengan kitab suci, sangat jelas ada penurunan nilai. Jika dilihat dari nilai KHL mukena Rp 8000, jika diganti dengan al-Quran nilai KHL-nya menjadi Rp 1000. Sehingga nilai Item KHL untuk ini turun Rp 7000

Selain itu, Said menyoroti perubahan komponen tabloid sebanyak 4 eksemplar atau radio menjadi televisi dengan kriteria 1/60. Hal ini sebenarnya relevan dengan perkembangan jaman.

"Tetapi nilai KHL televisi seharusnya ditingkatkan jika dibandingkan dengan nilai 4 eksemplar. Jika nilai KHL 4 eksemplar tabloid adalah Rp 60.000 maka nilai KHL TV 21" ini hanya Rp 22.000 sehingga terjadi penurunan nilai KHL Rp 38.000," pungkasnya.

Meski KHL Ditambah, KSPI Tolak Permenaker 18 Tahun 2020

Massa buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menggelar unjuk rasa di depan Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (10/11). Para buruh mendesak Pemprov DKI Jakarta melakukan revisi UMP 2018 DKI Jakarta. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Massa buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menggelar unjuk rasa di depan Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (10/11). Para buruh mendesak Pemprov DKI Jakarta melakukan revisi UMP 2018 DKI Jakarta. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menolak Permenaker Nomor 18 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Permenaker Nomor 21 Tahun 2016 tentang Kebutuhan Hidup Layak (KHL).

Sebelumnya, Permenaker Nomor 21 Tahun 2016 telah mencabut Permenakertrans Nomor 13 Tahun 2012 tentang Komponen dan Pelaksanaan Tahapan Pencapaian Kebutuhan Hidup Layak, kecuali ketentuan di dalam Pasal 2 dan Lampiran I.

Presiden KSPI Said Iqbal, mengatakan Permenaker yang baru memang menambah jumlah komponen KHL dari 60 jenis menjadi 64 jenis, tetapi secara kuantitas ada beberapa jenis KHL yang mengalami penurunan. Dengan kata lain, meskipun item KHL bertambah tetapi buruh tetap "miskin".

"Ini juga masih jauh dari harapan KSPI, yang meminta agar nilai KHL ditingkatkan menjadi 84 komponen," kata Said Iqbal, di Jakarta, Selasa (20/10/2020).

Dijelaskan, penambahan item mencakup dipisahkannya komponen kopi dan teh; penambahan air minum galon; penambahan paket pulsa dan internet dalam komponen transportasi dan komunikasi; dan tambahan pengeluaran jaminan sosial sebesar 2 persen.

"Tetapi masalahnya, Permenaker Nomor 18 tahun 2020 mengurangi kualitas KHL dari Permenaker sebelumnya," katanya.

Said menekankan agar jumlah komponen KHL ditingkatkan menjadi 84 item dengan kualitasnya tiap komponen dinaikkan, bukan justru diturunkan. Penambahan 84 item KHL ini sesuai dengan hasil survey kebutuhan hidup layak yang dilakukan KSPI bersama Asian Wages Council sejak 5 tahun yang lalu.

Demikian KSPI mendesak agar Permenaker Nomor 18 tahun 2020 segera dicabut dan diperbaiki. Secara bersamaan, KSPI juga menolak UU Cipta Kerja, khususnya yang menghilangkan upah minimum sektoral (UMSK dan UMSP) serta memberlakukan persyaratan untuk penetapan UMK.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dampak Baik dan Buruk Medsos Versi Kominfo Jatim

Posted: 19 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Jawa Timur menilai penggunaan media sosial (medsos) saat ini ikut membentuk cara baru masyarakat dalam berkomunikasi, sehingga lebih cepat dalam bertukar informasi.

"Penggunaan media sosial telah membentuk dan mendukung cara baru masyarakat dalam berkomunikasi, berinteraksi, dan berkolaborasi. media sosial menawarkan cara yang lebih cepat dan tepat untuk berpartisipasi dalam pertukaran informasi melalui daring (dalam jaringan/online)," kata Kepala Bidang Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Pemerintah Provinsi Jawa Timur Edi Supaji di Kediri, Senin, 19 Oktober 2020.

Edi dalam acara seminar yang digelar oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Provinsi Jawa Timur di Kota Kediri tersebut mengungkapkan bahwa media sosial kini telah menjadi salah satu media yang paling banyak digunakan, tidak terkecuali organisasi atau lembaga, dilansir dari Antara.

Media sosial, lanjut dia, bersifat dua arah dan terbuka yang memungkinkan para penggunanya dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan media sosial berkembang pesat seiring dengan pertumbuhan aplikasi berbasis internet, yang dibangun atas dasar ideologi dan teknologi internet yang bersifat dua arah.

Sementara itu, dosen Ilmu Komunikasi Universitas Airlangga Surabaya Suko Widodo yang juga hadir dalam seminar itu menambahkan, penggunaan media sosial kini telah mendominasi saluran publik, lebih besar ketimbang saat membaca koran maupun melihat televisi.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Fenomena Buzer

Ilustrasi provasi di Media Sosial | unsplash.com/@benji3pr
Ilustrasi provasi di Media Sosial | unsplash.com/@benji3pr

Namun, ia juga mengingatkan ada sisi negatif dan positifnya. Untuk sisi negatifnya, jika yang membaca tidak menyaringnya bisa terpengaruh dengan informasi yang belum bisa ditentukan kebenarannya.

Ia mengatakan, media sosial sudah overload communication, sehingga perlu dibangun standar komunikasi publik di masing-masing daerah. Peran negara seharusnya bisa berkolaborasi dan jangan menyerahkan informasi sepenuhnya dengan media sosial melainkan bisa memanfaatkan peran media mainstream seperti media lokal.

Menurut dia, media mainstream merupakan salah satu informasi yang bisa dipertanggungjawabkan. Di media mainstream ada proses verifikasi media, ada uji kompetensi bagi jurnalis, namun berbeda di media sosial.

Dirinya juga prihatin dengan maraknya fenomena buzer, karena cenderung merugikan. Namun, dirinya yakin bahwa ke depan tetap akan terdapat titik stabil.

"Tetap merugikan (buzer). Padahal ruang komunikasi itu harus ada interaksi. Namun, saya percaya akan ada titik runtuh sendiri," kata dia.

Ia mengakui fenomena buzer di media sosial bukan hanya terjadi di Indonesia melainkan juga berbagai negara. Namun, diharapkan mereka terutama anak muda berpikiran yang lebih kritis demi kemajuan bangsa.

 

Harus Berhati-hati

Ilustrasi media sosial | unsplash.com/@robin_rednine
Ilustrasi media sosial | unsplash.com/@robin_rednine

Semrntara itu, Ketua PWI Jawa Timur Ainur Rohim yang hadir pula saat seminar menilai kehadiran media sosial sebagai suatu keniscayaan di era teknologi informasi yang bekembang dengan sangat pesat seperti sekarang ini. Namun, ia berharap kepada pengguna medsos untuk bijaksana dan berhati-hati saat di dunia maya agar tidak tersandung persoalan hukum.

"Pengguna medsos harus hati-hati, cerdas, paham aturan hukum. Karena media sosial, dalam diskusinya, mereka sering kali terbawa suasana yang tidak terkendali, cenderung dan masuk pada ruang hukum. Sebagaimana kita ketahui ada UU ITE yang ancaman hukumannya cukup berat. PWI melihat ini perlu adanya literasi pada pegiat medsos dalam memberikan pemahaman kepada mereka bahwa ketika informasi ke publik harus akurat, berimbang dan tidak multi tafsir yang dapat mencemarkan orang lain," kata dia.

Ainur Rohim juga menambahkan, produk medsos berbeda dengan media mainstream yang dipayungi oleh Undang-Undang Pers Nomor 40 Tahun 1999 serta tunduk pada kode etik jurnalistik.

Namun, pada hakikatnya pegiat medsos tetap menjadi bagian dari anak bangsa yang menjadi tanggung jawab pemerintah dalam upaya memberikan pencerahan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Pesona Tissa Biani dengan Makeup Flawless, Tampil Memesona

Posted: 19 Oct 2020 10:00 PM PDT

Pemilik nama lengkap Tissa Biani Azzahra ini memang dikenal selalu tampil natural. Namun di beberapa momen, ia terlihat memesona dengan makeup flawless. Seperti saat berlibur ini, Tissa terlihat cantik dengan makeup flawless. (Liputan6.com/IG/@tissabiani)
Pemilik nama lengkap Tissa Biani Azzahra ini memang dikenal selalu tampil natural. Namun di beberapa momen, ia terlihat memesona dengan makeup flawless. Seperti saat berlibur ini, Tissa terlihat cantik dengan makeup flawless. (Liputan6.com/IG/@tissabiani)

Pemilik nama lengkap Tissa Biani Azzahra ini memang dikenal selalu tampil natural. Namun di beberapa momen, ia terlihat memesona dengan makeup flawless. Seperti saat berlibur ini, Tissa terlihat cantik dengan makeup flawless. (Liputan6.com/IG/@tissabiani)

Wanita kelahiran 24 Juli 2002 ini juga cukup sering mengunggah foto saat memakai makeup flawless di akun Instagram pribadinya. Seperti kali ini, makeup flawlessnya terlihat soft dan begitu memesona. Tatanan rambutnya yang rapi juga membuat Tissa makin cantik. (Liputan6.com/IG/@tissabiani)
Wanita kelahiran 24 Juli 2002 ini juga cukup sering mengunggah foto saat memakai makeup flawless di akun Instagram pribadinya. Seperti kali ini, makeup flawlessnya terlihat soft dan begitu memesona. Tatanan rambutnya yang rapi juga membuat Tissa makin cantik. (Liputan6.com/IG/@tissabiani)

Wanita kelahiran 24 Juli 2002 ini juga cukup sering mengunggah foto saat memakai makeup flawless di akun Instagram pribadinya. Seperti kali ini, makeup flawlessnya terlihat soft dan begitu memesona. Tatanan rambutnya yang rapi juga membuat Tissa makin cantik. (Liputan6.com/IG/@tissabiani)

Tak hanya di keseharian, pemain film KKN di Desa Penari juga memakai makeup flawless saat pemotretan. Gaya makeup yang ia kenakan pun terlihat cocok dengan busananya. Tak sedikit orang yang memuji Tissa makin memesona. (Liputan6.com/IG/@tissabiani)
Tak hanya di keseharian, pemain film KKN di Desa Penari juga memakai makeup flawless saat pemotretan. Gaya makeup yang ia kenakan pun terlihat cocok dengan busananya. Tak sedikit orang yang memuji Tissa makin memesona. (Liputan6.com/IG/@tissabiani)

Tak hanya di keseharian, pemain film KKN di Desa Penari juga memakai makeup flawless saat pemotretan. Gaya makeup yang ia kenakan pun terlihat cocok dengan busananya. Tak sedikit orang yang memuji Tissa makin memesona. (Liputan6.com/IG/@tissabiani)

Penampilan sederhana dari aktris sekaligus penyanyi ini juga kerap mendapat pujian dari netizen. Meski tampil dengan cukup sederhana, namun makeup flawless yang dikenakan Tissa membuatnya terlihat menawan. (Liputan6.com/IG/@tissabiani)
Penampilan sederhana dari aktris sekaligus penyanyi ini juga kerap mendapat pujian dari netizen. Meski tampil dengan cukup sederhana, namun makeup flawless yang dikenakan Tissa membuatnya terlihat menawan. (Liputan6.com/IG/@tissabiani)

Penampilan sederhana dari aktris sekaligus penyanyi ini juga kerap mendapat pujian dari netizen. Meski tampil dengan cukup sederhana, namun makeup flawless yang dikenakan Tissa membuatnya terlihat menawan. (Liputan6.com/IG/@tissabiani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kerjakan Tugas Sambil Beri Kucingnya Susu, Aksi Pria Ini Tuai Pujian

Posted: 19 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebelum seseorang memutuskan untuk memelihara hewan, Anda perlu menyelidiki sifat dan konsekuensi yang harus ditanggung.

Tidak hanya sekedar memiliki, pemilik juga berkewajiban untuk memastikan kesehatan hewan peliharaan baik dari segi fisik maupun psikis yang tercermin dari rasa sayang Anda. 

Momen keromantisan pemilik dengan hewan peliharaannya berhasil diabadikan dan diunggah melalui akun Twitter @abdxlmalik. Dalam unggahannya, terlihat seorang pria menyempatkan untuk memberi susu pada kucing peliharaannya dengan menggunakan dot di tengah kesibukannya mengerjakan tugas. 

Multitasking

(@abdxlmalik/twitter.com)
(@abdxlmalik/twitter.com)

Di tengah kesibukannya mengerjakan tugas, pemuda itu tetap menyempatkan untuk mengurusi anak kucing yang ia pelihara.

Terlihat tangan kanannya memegang pulpen untuk menulis hal-hal penting di buku, sementara tangan kiri dengan sigap memegang sebotol susu yang diarahkan ke mulut hewan mungil itu. Kemudian, bayi kucing itu mulai mengedot dan menikmati susu yang diberikan. 

Pemuda yang multitasking itu menggambarkan sosok penyayang pada hewan berbulu itu. Tak lupa, dirinya meninggalkan pesan kepada warganet.

"Saya tidak punya sesuatu untuk ditonjolkan, tetapi hanya bersikap baik dan tahu siapa diri Anda itu lebih baik dari cukup," kata pria itu. 

Respons Warganet

Ilustrasi kucing (dok.unsplash)
Ilustrasi kucing (dok.unsplash)

Unggahan perhatian majikan terhadap kucingnya itu menarik perhatian warganet. Sebagian dari mereka memberikan pujian kepada laki-laki itu karena sangat perhatian dan bertanggung jawab pada hewan peliharaannya. 

"Semangat ya jadi single parent ngurusin bayinya," tulis akun @fffxxkyou.

"Jadi budak yah emang harus cekatan dan multi talent," sahut akun @syauki.

"Tugas memang keras, tapi majikan tetap prioritas," balas akun @GDRiorn.

"Perjuangan orangtua bun.. belajar sambil ngasuh," ucap akun @HirdaaNov.

"Yaampun bund sikecil mulai aktif ya," kata akun @bbygrlsssss.

"Ayahable bgttttt, this is the man I'm looking for," cuit akun @junitiaraawl.

Penulis:

Ignatia Ivani 

Universitas Multimedia Nusantara

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Hoaks Vaksin Covid-19 Bisa Mengubah DNA Manusia

Posted: 19 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com menemukan sebuah klaim yang menyebut penggunaan vaksin covid-19 ke dalam tubuh bisa mengubah DNA manusia. Disebutkan kalau vaksin ini sangat berbahaya untuk tubuh manusia.

Adalah akun Facebook atas nama Lilis Sulastri yang mengunggah video penggunaan vaksin covid-19 ke dalam tubuh bisa mengubah DNA manusia. Dia pun memberikan narasi untuk video unggahannya sebagai berikut:

"VAKSIN COVID-19

Spesialis Penyakit Dalam Berbagi Kekhawatiran Tentang Vaksin COVID-19

Dr. Carrie Madej, DO adalah Spesialis Penyakit Dalam di McDonough, GA dan memiliki lebih dari 19 tahun pengalaman di bidang medis. Dia lulus dari Kansas City Univ Of Medicine Bioscience College Of Osteopathic Medicine sekolah kedokteran pada tahun 2001

Perlombaan yang sedang berlangsung untuk mendapatkan vaksin virus corona telah menimbulkan beberapa kekhawatiran terkait kemanjuran dan keamanan penggunaannya. Satu perhatian khusus yang dikhawatirkan oleh para profesional medis adalah bagaimana vaksin berpotensi mengubah DNA manusia.

Spesialis penyakit dalam Dr. Carrie Madej, yang mempelajari vaksin selama sekitar 20 tahun dan terlatih dalam pengobatan osteopati, menjelaskan potensi kerusakan yang dapat ditimbulkan oleh vaksin Covid-19 dalam sebuah video yang dia posting secara online. Sepanjang pandemi, susunan genetik SARS-CoV-2 telah bermutasi, membuatnya lebih rumit bagi para ilmuwan untuk mengembangkan vaksin yang berfungsi.

Dr. Madej berbicara tentang bagaimana pergantian kecil dalam genom manusia menghasilkan penulisan ulang kode genetik atau DNA. Perubahan DNA dapat membantu meningkatkan kesehatan atau merusaknya. Karena vaksin akan mengandung kode genetik sintetis dari virus corona, tidak seperti vaksin tradisional. Dr Madej menekankan fakta bahwa vaksin DNA yang sedang dikembangkan belum pernah digunakan pada manusia sebelum uji coba baru-baru ini

Selain itu, bahaya lain dari vaksin potensial adalah bagaimana Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) telah memberikan beberapa perusahaan penunjukan Jalur Cepat, yang memungkinkan pengembang untuk melewati beberapa langkah penting dalam pengembangan vaksin. Beberapa telah 'melompati uji coba hewan [dan] langsung ke uji coba manusia

"Kami tidak tahu apakah, sungguh, itu akan berhasil dalam populasi" katanya, sambil menunjukkan bahwa perusahaan telah mengatakan tidak cukup waktu untuk melakukan studi semacam itu. Madej memperingatkan, vaksin rekombinan mungkin menyertakan banyak kode genetik asing, yang dapat mengakibatkan perubahan permanen pada DNA seseorang."

Lalu, benarkah vaksin covid-19 bisa mengubah DNA manusia?

 

Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Untuk mengetahui kebenaran informasi tersebut, Cek Fakta Liputan6.com menelusurinya di mesin pencari Google. Hasil penelusuran mengarahkan ke artikel AP yang dipublikasikan pada 5 September 2020 dengan judul: "Experts: mRNA vaccine for COVID-19 does not alter DNA".

Artikel AP menyebut pernyataan dari Dr. Madej tidak benar. Menurut penjelasan Brent R. Stockwell, profesor biologi dan kimia Universitas Columbia, vaksin tidak bisa mengubah DNA manusia.

"Sel kekebalan Anda bakal mengenali protein virus ini dan menghasilkan kekebalan terhadapnya, terutama dengan menghasilkan antibodi yang mengenali protein virus," katanya.

Masih dari artikel AP, Dr. Dan Culver, ahli paru di Klinik Cleveland memaparkan, vaksin covid-19 tidak mungkin mengubah DNA manusia. Dia menegaskan, semua vaksin tidak bisa melakukan hal tersebut.

"Ini tidak bisa mengubah susunan genetik Anda. Waktu bertahan sebuah vaksin di dalam sel relatif singkat dalam rentang jam," ucapnya.

Hasil penelusuran juga mengarahkan ke situs Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Menurut WHO, vaksinasi terdiri dari menstimulasi sistem kekebalan dengan agen atau komponen dari agen infeksius, yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga tidak ada kerusakan atau penyakit yang disebabkan.

Namun, vaksin bisa memastikan ketika host (penderita) dihadapkan dengan agen infeksius tersebut, sistem imun dapat secara memadai menetralkan sebelum menyebabkan efek buruk.

Masih kata WHO, vaksin berfungsi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh manusia dapat mengenali virus dan patogen yang berusaha menginfeksi manusia. Peneliti dari Aliansi Sains Universitas Cornell, Mark Lynas, menyatakan bahwa tidak ada kandungan dalam vaksin yang mampu berintegrasi dan mengubah DNA manusia secara genetik.

 

Kesimpulan

banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Informasi yang menyebut vaksin bisa mengubah DNA manusia adalah hoaks. Faktanya, vaksin berfungsi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh manusia dapat mengenali virus dan patogen yang berusaha menginfeksi manusia. Kandungan dalam vaksin tidak akan berintegrasi dan mengubah DNA manusia secara genetik.

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Melihat Sapi Dataran Tinggi Saat Salju Turun di Alberta

Posted: 19 Oct 2020 10:00 PM PDT

Sapi dataran tinggi merumput saat salju turun dekat Cremona di Alberta, Canada, Minggu (18/10/2020). Suhu yang sangat dingin diperkirakan akan terus berlanjut dengan lebih banyak salju di beberapa bagian Alberta minggu ini. (Jeff McIntosh/The Canadian Press via AP)
Sapi dataran tinggi merumput saat salju turun dekat Cremona di Alberta, Canada, Minggu (18/10/2020). Suhu yang sangat dingin diperkirakan akan terus berlanjut dengan lebih banyak salju di beberapa bagian Alberta minggu ini. (Jeff McIntosh/The Canadian Press via AP)

Sapi dataran tinggi merumput saat salju turun dekat Cremona di Alberta, Canada, Minggu (18/10/2020). Suhu yang sangat dingin diperkirakan akan terus berlanjut dengan lebih banyak salju di beberapa bagian Alberta minggu ini. (Jeff McIntosh/The Canadian Press via AP)

Sapi dataran tinggi merumput saat salju turun dekat Cremona di Alberta, Canada, Minggu (18/10/2020). Suhu yang sangat dingin diperkirakan akan terus berlanjut dengan lebih banyak salju di beberapa bagian Alberta minggu ini. (Jeff McIntosh/The Canadian Press via AP)
Sapi dataran tinggi merumput saat salju turun dekat Cremona di Alberta, Canada, Minggu (18/10/2020). Suhu yang sangat dingin diperkirakan akan terus berlanjut dengan lebih banyak salju di beberapa bagian Alberta minggu ini. (Jeff McIntosh/The Canadian Press via AP)

Sapi dataran tinggi merumput saat salju turun dekat Cremona di Alberta, Canada, Minggu (18/10/2020). Suhu yang sangat dingin diperkirakan akan terus berlanjut dengan lebih banyak salju di beberapa bagian Alberta minggu ini. (Jeff McIntosh/The Canadian Press via AP)

Sapi dataran tinggi merumput saat salju turun dekat Cremona di Alberta, Canada, Minggu (18/10/2020). Suhu yang sangat dingin diperkirakan akan terus berlanjut dengan lebih banyak salju di beberapa bagian Alberta minggu ini. (Jeff McIntosh/The Canadian Press via AP)
Sapi dataran tinggi merumput saat salju turun dekat Cremona di Alberta, Canada, Minggu (18/10/2020). Suhu yang sangat dingin diperkirakan akan terus berlanjut dengan lebih banyak salju di beberapa bagian Alberta minggu ini. (Jeff McIntosh/The Canadian Press via AP)

Sapi dataran tinggi merumput saat salju turun dekat Cremona di Alberta, Canada, Minggu (18/10/2020). Suhu yang sangat dingin diperkirakan akan terus berlanjut dengan lebih banyak salju di beberapa bagian Alberta minggu ini. (Jeff McIntosh/The Canadian Press via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setahun Jokowi-Ma'ruf dan Lahirnya Polemik Omnibus Law Cipta Kerja

Posted: 19 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polemik pengesahan Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law Cipta Kerja menjadi catatan merah dalam satu tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin atau Jokowi-Ma'ruf.

Omnibus law pertama kali dicetuskan Jokowi dalam pidato pelantikannya di Sidang Paripurna MPR RI pada 20 Oktober 2019. Dalam pidatonya, dia menegaskan bahwa segala bentuk kendala regulasi harus disederhanakan.

"Harus kita potong, harus kita pangkas," kata Jokowi di gedung DPR/MPR, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Jokowi mengatakan, pemerintah akan mengajak DPR untuk menerbitkan dua undang-undang besar dalam omnibus law. Pertama, yakni UU Cipta Lapangan Kerja dan kedua UU Pemberdayaan UMKM.

"Masing-masing undang-undang tersebut akan menjadi omnibus law, yaitu satu undang-undang yang sekaligus merevisi beberapa undang-undang, bahkan puluhan undang-undang," kata Jokowi.

Gayung bersambut, keinginan Presiden itu ditindaklanjuti dalam penyusunan Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2020-2024. Pada Sidang Paripurna DPR RI 17 Desember 2019, DPR menetapkan 248 RUU prioritas, yang di dalamnya termasuk 3 RUU yang disebut sebagai Omnibus Law, yaitu RUU tentang Cipta Kerja, RUU tentang Ketentuan dan Fasilitas Perpajakan untuk Penguatan Perekonomian, dan RUU tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan.

Sejak awal, Jokowi ingin pembahasan RUU Omnibus Law ini dikebut. Meski draf RUU belum resmi diserahkan ke DPR untuk dibahas, Jokowi sudah meminta DPR agar mengebut pembahasan yakni selama 100 hari.

"Kita sudah sampaikan ke DPR, mohon ini bisa diselesaikan maksimal 100 hari. Saya angkat jempol saya, dua jempol kalau DPR bisa menyelesaikan ini dalam 100 hari," ujar Jokowi dalam Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan (PTIJK) di Ritz-Charlton Hotel, Jakarta, Kamis (16/1/2020).

Pemerintah sendiri baru menyerahkan draf omnibus law ke pimpinan DPR pada 12 Februari 2020. Ketua DPR Puan Maharani menyatakan RUU yang diserahkan itu bernama Cipta kerja atau Ciker, bukan Cipta Lapangan Kerja atau Cilaka.

"Ciker singkatannya, bukan Cilaka," kata Puan di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu (12/2/2020).

 

Dikebut Kurang dari 6 Bulan

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kanan) memberikan pandangan akhir pemerintah mengenai UU Omnibus Law Cipta Kerja kepada Ketua DPR Puan Maharani saat Rapat Paripurna di Kompleks Parlemen, Jakarta (5/10/2020). (Liputan6.com/Johan Tallo)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kanan) memberikan pandangan akhir pemerintah mengenai UU Omnibus Law Cipta Kerja kepada Ketua DPR Puan Maharani saat Rapat Paripurna di Kompleks Parlemen, Jakarta (5/10/2020). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Setelah dibahas kurang dari enam bulan, dengan pembahasan saat reses dan juga dilakukan tidak hanya di Gedung DPR melainkan juga hotel-hotel, Badan Legislasi (Baleg) DPR dan pemerintah akhirnya sepakat membawa omnibus law RUU Cipta Kerja (Ciptaker) ke pembicaraan tingkat dua atau rapat paripurna DPR.

Kesepakatan dilakukanpada pada Sabtu (3/10/2020) tengah malam. Ketua Badan Legislasi atau Panitia Kerja (Panja) DPR RI, Supratman Andi Agtas memimpin rapat tersebut.

"Sejak tanggal 14 April 2020, Panja telah membahas RUU Cipta Kerja dengan Pemerintah. Pembahasan diawali dengan mengundang berbagai narasumber terkait dan membahas pasal demi pasal secara detail, intensif, dan dengan mengedepankan prinsip musyawarah untuk mufakat," Kata Supratman dikutip dari Laporan Ketua Panja yang diterima, Minggu (4/10/2020).

"Berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan mengenai pembentukan undang-undang, Panja berpendapat bahwa RUU tentang Cipta Kerja dapat dilanjutkan pembahasannya dalam Pembicaraan Tingkat II yakni pengambilan keputusan agar RUU tentang Cipta Kerja ditetapkan sebagai Undang-Undang," tambahnya.

Disahkan Lebih Cepat di Paripurna

RUU Cipta Kerja akhirnya diketok palu pada rapat paripurna DPR yang digelar Senin 5 Oktober 2020. Pengesahan RUU tersebut dilakukan lebih cepat dari paripurna yang seharusnya dilakukan pada 8 Oktober 2020. 

Wakil Ketua Baleg Ahmad Baidowi mengungkapkan alasan paripurna dipercepat lantaran banyaknya kasus Covid-19 di DPR.

Akhirnya pada 5 Oktober 2020 malam, DPR menyetujui RUU Cipta Kerja untuk disahkan menjadi Undang-Undang (UU). Kesepakatan tersebut dicapai dalam sidang paripurna pembicaraan tingkat II atas pengambilan keputusan terhadap RUU tentang Cipta Kerja.

Wakil Ketua DPR, Aziz Syamsuddin mengatakan, dari sembilan fraksi, enam di antaranya menerima RUU Cipta Kerja untuk disahkan menjadi UU. Kemudian 1 fraksi menerima dengan catatan, dan dua di antaranya menolak.

"Mengacu pada pasal 164 maka pimpinan dapat mengambil pandangan fraksi. Sepakat? Tok!," kata dia dalam sidang rapat paripurna di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (5/10/2020).

Tujuh fraksi yang telah menyetujui yaitu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Amanat Nasional, dan Partai Persatuan Pembangunan.

Sedangkan, dua fraksi yang menyatakan menolak RUU Cipta Kerja ini yaitu Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Demokrat.

 

Gelombang Demonstrasi Penolakan

Massa yang tergabung dalam Front Perjuangan Rakyat (FPR) membawa poster saat berunjuk rasa di Jalan Gerbang Pemuda, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020). Dalam aksinya mereka menolak rencana pengesahan RUU Cipta Kerja atau omnibus law. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Massa yang tergabung dalam Front Perjuangan Rakyat (FPR) membawa poster saat berunjuk rasa di Jalan Gerbang Pemuda, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020). Dalam aksinya mereka menolak rencana pengesahan RUU Cipta Kerja atau omnibus law. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Gelombang penolakan mengalir deras seiring dengan pengesahan RUU Omnibus Law Cipta Kerja dalam rapat paripurna DPR. Tak hanya elemen buruh dan mahasiswa, penolakan juga disampaikan berbagai Ormas, seperti Muhammadiyah dan NU. Namun, pemerintah dan DPR bergeming.

Sebanyak 32 federasi dan konfederasi serikat buruh pun serempak turun ke jalan dalam aksi yang diberi nama mogok nasional pada tanggal 6-8 Oktober 2020.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal menyebut, mogok nasional ini dilakukan sesuai dengan UU No 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum dan UU No 21 Tahun 2000 khususnya Pasal 4 yang menyebutkan, fungsi serikat pekerja salah satunya adalah merencanakan dan melaksanakan pemogokan.

Dia menyebut, mogok nasional ini akan diikuti 2 juta buruh yang meliputi pekerja dari sektor industri seperti kimia, energi, pertambangan, tekstil, garmen, sepatu, otomotif dan komponen, elektronik dan komponen, industri besi dan baja, farmasi dan kesehatan, percetakan dan penerbitan, industri pariwisata, industri semen, telekomunikasi, pekerja transportasi, pekerja pelabuhan, logistik, dan perbankan.

Penolakan UU Cipta Kerja itu disampaikan berbagai elemen rakyat di sejumlah daerah di Indonesia dengan turun ke jalan, Kamis 8 Oktober 2020.

Sayangnya, demo di Jakarta yang semula berjalan damai berujung aksi anarkistis. Kerusuhan dan bentrokan saat demo juga pecah di sejumlah daerah.

Di Ibu Kota, Aksi demonstrasi yang digelar di Harmoni, Jakarta Pusat, diwarnai kericuhan. Massa dengan polisi terlibat bentrok. Petugas kepolisian menembakkan gas air mata untuk membubarkan kerumunan massa.

Tak hanya di Jakarta, kericuhan juga terjadi di Surabaya, Jawa Timur. Sejumlah fasilitas publik seperti tempat sampah, pot bunga di jalan sekitar kawasan Balai Pemuda dirusak dan dibakar oleh massa pengunjuk rasa tolak UU Cipta Kerja.

Kerusuhan merembet hingga kawasan Jalan MH Thamrin dan Bundaran Hotel Indonesia (HI). Sejumlah fasilitas umum, seperti Halte Transjakarta rusak dan dibakar.

 

Pemerintah Sebut Demo Akibat Hoaks

Pengunjuk rasa terlibat bentrok dengan polisi di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta, Kamis (8/10/2020). Bentrokan terjadi akibat massa yang memaksa masuk ke depan Istana Negara untuk berunjuk rasa terkait penolakan UU Cipta Kerja. Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Pengunjuk rasa terlibat bentrok dengan polisi di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta, Kamis (8/10/2020). Bentrokan terjadi akibat massa yang memaksa masuk ke depan Istana Negara untuk berunjuk rasa terkait penolakan UU Cipta Kerja. Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Pemerintah melalui Menko Polhukam Mahfud Md akhirnya angkat bicara mengenai aksi demo penolakan RUU Cipta Kerja yang berujung ricuh di berbagai daerah pada Kamis (8/10/2020),

Mahfud mengklaim, RUU Cipta Kerja adalah respons pemerintah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terutama buruh.

"Undang-Undang itu dibuat untuk merespons keluhan masyarakat buruh bahwa pemerintah itu lamban dalam menangani proses perizinan berusaha. Oleh sebab itu dibuat Undang-Undang yang sudah dibahas lama," kata Mahfud dalam konpers virtual, Kamis (8/10/2020),

Mahfud menyebut tidak ada maksud dari Omnibus law Cipta Kerja untuk menyusahkan rakyat. "Tidak ada ada pemerintah di dunia yang mau menyengsarakan rakyatnya dengan UU," ucapnya.

Mahfud menyatakan, banyak beredar hoaks terkait isi RUU Cipta Kerja, antara lain soal penghapusan pesangon dan hak cuti pekerja.

"Ada beberapa hoaks, pesangon tidak ada, cuti haid, mempermudah PHK, ada jaminan kehilangan pekerjaan, ini dibilang tidak ada, bahkan ada yang menyebut pendidikan dikomersilkan," katanya.

Klaim tersebut diamini kepolisian dengan menangkap sejumlah orang yang dianggap menyebar hoaks terkait RUU Cipta Kerja. Polisi juga menangkap pelaku kerusuhan dan perusakan saat demo.

 

Jumlah Halaman Draf RUU Cipta Kerja Berubah-ubah

Wakil Pimpinan DPR Azis Syamsuddin (kiri) mengesahkan RUU Omnibus Law Cipta Kerja menjadi UU disaksikan Ketua DPR Puan Maharani (kedua kiri), Wakil Pimpinan DPR Sufmi Dasco Ahmad (kedua kanan) dan Rachmad Gobel saat Rapat Paripurna di Kompleks Parlemen, Jakarta (5/10/2020). (Liputan6.com/JohanTallo)
Wakil Pimpinan DPR Azis Syamsuddin (kiri) mengesahkan RUU Omnibus Law Cipta Kerja menjadi UU disaksikan Ketua DPR Puan Maharani (kedua kiri), Wakil Pimpinan DPR Sufmi Dasco Ahmad (kedua kanan) dan Rachmad Gobel saat Rapat Paripurna di Kompleks Parlemen, Jakarta (5/10/2020). (Liputan6.com/JohanTallo)

Namun di tengah-tengah klaim hoaks tentang isi Omnibus Law tersebut, nyatanya draf final tentang RUU Cipta Kerja belum rampung, kendati pemerintah dan DPR telah menyetujuinya dalam rapat paripurna, Senin 5 Oktober malam.

Hingga demo besar-besaran terjadi di sejumlah daerah, masih belum dapat dipastikan mana draf RUU Cipta Kerja yang asli dan bukan hoaks.

Badan Legislasi (Baleg) DPR selaku penggodok RUU Cipta Kerja angkat bicara mengenai kontroversi Omnibus Law yang baru disahkan itu. Anggota Baleg DPR, Firman Soebagyo mengatakan draf yang beredar di masyarakat belum final.

"Artinya, bahwa memang draft ini dibahas tidak sekaligus final, itu masih ada proses-proses yang memang secara tahap bertahap itu kan ada penyempurnaan. Oleh karena itu, kalau ada pihak-pihak menyampaikan melalui pandangan lama, pastinya akan beda dengan yang final," kata Firman di Kompleks Parlemen, Senayan, Rabu (7/10/2020).

Firman menyebut, draf yang beredar kurang akurat. Dia mengambil contoh seperti soal hak cuti haid dan cuti kematian yang disebut hilang, padahal tidak.

"Itu (cuti) masih ada semua, lalu upah minimum ada semua, kemudian outsorcing ada pembatasannya, kemudian pesangon itu ada semua. Khusus pesangon itu memang awalnya sesuai UU 13 itu kan ada sebanyak 32 kali, tetapi 32 kali itu yang mampu melaksanakan itu hanya 7 persen perusahaan," jelasnya.

"Artinya kalau membuat UU itu harus bisa dilaksanakan, tidak bisa membuat UU kasih pesangon 32 kali tapi tidak bisa dieksekusi, malah rakyat makin dibohongi. Nah ini bisa jadi peluang. Peluangnya adalah ketika pesangon 32 kali tidak bisa dilaksanakan mungkin nanti ada pihak-pihak menjembatani menjadi tim negosisasi, akhinya tercapai kesepakatan ini akhirnya terjadi manipulasi dan terjadilah moral hajat di situ," tambahnya.

Setelah melalui penyintingan dan perubahan berkali-kali soal jumlah halaman, DPR RI akhirnya menyelesaikan draf final RUU Cipta Kerja. Wakil Ketua DPR Azis Syamsudin menyatakan, draf final setebal 812 halaman itu siap dikirim ke Presiden Jokowi untuk ditandatangani.

Jumlah halaman RUU tersebut berbeda dengan yang dikatakan Sekjen DPR sehari sebelumnya atau pada 12 Oktober, yakni setebal 1.035 halaman. Azis memastikan, meski ada perbedaan jumlah, substansi RUU Cipta Kerja yang sudah diketuk palu tidak berubah.

"Substansi clear tidak ada yang berubah, saya jamin itu," kata Azis di Kompleks Parlemen Senayan, Selasa (13/10/2020).

Azis membantah kabar adanya penyusupan pasal saat proses editing pasca paripurna. Ia bahkan mempersilakan apabila ada anggota Dewan yang meragukan untuk mengecek rekaman saat RUU digodok.

Politikus Golkar itu menyebut, koreksi terhadap RUU yang sudah disahkan sejak 5 Oktober itu bukanlah hal yang dilarang untuk dilakukan.

"Perlu diketahui bahwa apabila ada hal-hal kekeliruan dalam teknis dan redaksional, maka sekretariat negara masih dimungkinkan untuk mengoreksi namun dengan persetujuan dan klarifikasi dari DPR," ucapnya.

Jumlah halaman RUU yang telah diedit kini 812 halaman. Azis menyebut berkurangnya jumlah halaman lantaran adanya perbedaan kertas dalam penyusunan RUU antara Baleg dan Sekjen.

"Proses di Baleg menggunakan kertas biasa. Saat masuk tingkat dua di Sekjen dia gunakan legal paper yang jadi syarat Undang-Undang. Sehinga besar tipisnya ada 1.000 (halaman) sekian, tapi setelah pengetikan final, total jumlah pasal halaman hanya 812 halaman," jelasnya.

 

Rapor Merah Setahun Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf

Joko Widodo atau Jokowi (tengah) didampingi Ma'ruf Amin (kiri) dan Ketua MPR Bambang Soesatyo (kanan) memberikan keterangan kepada awak media usai dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024 di Gedung Nusantara, Jakarta, Minggu (20/10/2019). (merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Joko Widodo atau Jokowi (tengah) didampingi Ma'ruf Amin (kiri) dan Ketua MPR Bambang Soesatyo (kanan) memberikan keterangan kepada awak media usai dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024 di Gedung Nusantara, Jakarta, Minggu (20/10/2019). (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Kelahiran RUU Omnibus Law Cipta Kerja yang memicu polemik menjadi catatan buruk atau rapor merah setahun pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Saya kira lahirnya omnibus law dengan kontroversi dan respon penolakan publik yg begitu luas menjadi catatan buruk satu tahun Jokowi-Amin," kata Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Aisah Putri Budiarti, Senin (19/10/2020).

Selain isi RUU Cipta Kerja yang kontroversial, Aisah menilai pemerintah tidak peka terhadap kritik yang muncul dari berbagai lapisan masyarakat.

"Di luar substansi yang kontroversial, demonstrasi penolakan dan kritik publik pada proses penyusunan UU ini menunjukkan pemerintah belum bekerja optimal untuk menyerap dan menyalurkan kepentingan masyarakat secara utuh," jelasnya.

"Apalagi kita tahu bahwa omnibus law ini sejak awal penyusunannya sangat rentan dikritik publik dan secara substansi akan tak mudah disusun karena meliputi banyak lapisan kepentingan, sehingga seharusnya pemerintah lebih berhati-hati dalam menyusunnya. Ini tentu saja catatan merah di tepat satu tahun pemerintahan Jokowi Amin," tambahnya.

Senada dengan Aisah, Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno menilai RUU Cipta Kerja adalah kebijakan yang kontroversial di tahun pertama Jokowi-Ma'ruf.

"Setahun pertama ini, banyak kebijakan politik presiden selalu menuai kontroversi. Dari RUU KPK, kelanjutan Pilkada, dan Omnibus Law," katanya.

Apalagi pembahasan hingga pengesahan Omnibus Law Cipta Kerja berjalan sangat cepat, melebihi RUU lain yang masuk dalam prolegnas. Adi menilai, dikebutnya pembahasan Omnibus Law di tengah penolakan dan pandemi Covid-19 menunjukkan bahwa RUU itu sangat kental dengan kepentingan.

"Ini UU spesial, karena banyak RUU lain masuk prolegnas tapi nganggur. Ketika Omnibus ini dikebut singkat, apalagi pandemi. Wajar kalau UU rasa presiden, rasa istana banget," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi PSG Vs MU di Liga Champions: Misi Balas Dendam

Posted: 19 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Paris - Paris Saint-Germain (PSG) akan menjamu Manchester United (MU) pada laga perdana Grup H Liga Champions. Laga ini bakal dimainkan di Stadion Parc des Princes, Rabu (21/10/2020) dini hari WIB, dan disiarkan Vidio.com secara live streaming.

Bagi PSG, laga melawan MU merupakan misi balas dendam. Karena pada pertemuan terakhir, wakil Prancis ini disingkirkan secara dramatis dan meninggalkan kenangan pahit.

PSG dan MU pernah bertemu di babak 16 besar Liga Champions 2018-19. Ketika itu PSG menang 2-0 saat bermain di Old Trafford lewat gol Presnel Kimpembe dan Kylian Mbappe.

PSG sepertinya bakal lolos ke babak berikutnya karena leg kedua akan dimainkan di kandang. Tetapi, MU menunjukkan salah satu aksi comeback terbaik dengan mengalahkan PSG 3-1.

MU menang berkat gol penalti Marcus Rashford di menit ke-90+4. Sementara dua gol lainnya dicetak Romelu Lukaku. Sedangkan hanya bisa membalas lewat gol Juan Bernat.

Meski agregat imbang 3-3, MU lebih berhak melaju ke perempat final karena unggul gol tandang atas PSG.

 

 

 

 

Redam MU

Paris Saint-Germain vs Manchester United (Liputan6.com/Abdillah)
Paris Saint-Germain vs Manchester United (Liputan6.com/Abdillah)

PSG punya modal bagus jelang laga kontra MU. Kylian Mbappe dan kawan-kawan menang 4-0 atas Nimes Olympique di Ligue 1 Prancis, akhir pekan lalu.

Pelatih PSG Thomas Tuchel juga sudah memiliki rencana untuk meredam serangan Setan Merah. Dia akan memainkan counter-pressing yang agresif.

"Paul Pogba adalah salah satu gelandang terbaik di dunia dan menghentikan dia akan jadi salah satu kunci. Juga ada Bruno Fernandes, yang banyak memainkan umpan-umpan terobosan," kata Tuchel di situs resmi klub.

"Mason Greenwood, Anthony Martial, dan Marcus Rashford adalah tiga penyerang yang sangat cepat. Itu membuat Manchester United adalah salah satu tim terbaik di Eropa dalam hal transisi menyerang."

"Menghentikan serangan mereka di sumbernya akan menjadi kunci. Kami ingin menunjukkan dan menegaskan gaya permainan kami, itu jelas," ucap Tuchel menambahkan.

"Kami perlu struktur tepat di lini serangan demi melakukan counter-pressing yang bagus dan menghentikan serangan balik mereka sebelum itu dimulai. Manchester United juga kuat dari bola mati dan kami akan memperhatikan itu," pungkasnya.

MU Pincang

Bek Manchester United, Harry Maguire, saat melawan Leicester City pada laga Premier League di Stadion King Power, Minggu (26/7/2020). Manchester United menang dengan dua gol tanpa balas. (Oli Scarff/Pool via AP)
Bek Manchester United, Harry Maguire, saat melawan Leicester City pada laga Premier League di Stadion King Power, Minggu (26/7/2020). Manchester United menang dengan dua gol tanpa balas. (Oli Scarff/Pool via AP)

MU juga punya bagus jelang menghadapi PSG. Setan Merah bangkit setelah kalah 1-6 dari Tottenham Hotspur dengan membungkam Newcastle United 4-1.

Tetapi, MU tidak bisa tampil dengan kekuatan terbaiknya melawan PSG. Striker baru Edinson Cavani, bintang muda Mason Greenwood, bek Eric Bailly, dan kapten Harry Maguire akan absen di laga ini.

Cavani belum bisa dimainkan MU karena masih belum terlalu bugar. "Kami ingin dia berada di sana juga, tapi dia tidak bermain untuk waktu yang lama," kata Manajer MU Ole Gunnar Solskjaer tentang absennya Cavani seperti dikutip RMC Sport.

Sementara Maguire mengalami masalah di ototnya, begitu juga Bailly yang masih cedera. Sedangkan Greenwood diparkir diduga karena masalah indisipliner.

Dengan abesennya Maguire, Solskjaer menunjuk Bruno Fernandes sebagai kapten. Bruno akan menjadi kapten Man United untuk laga besok," ucap Solskjaer.

"Sejak datang, Bruno Fernandes memberi pengaruh positif untuk skuad. Statistik dan penilaian publik sudah membuktikan pengaruh Bruno untuk tim," tutur Solskjaer.

 

 

Head to Head

Manchester United berhasil lolos ke perempat final Liga Champions berkat keunggulan gol tandang dalam agregat 3-3. Pada pertandingan leg kedua di Parc des Princes, Rabu (6/3/2019), MU menang 3-1 atas PSG. (AFP/FRANCK FIFE)
Manchester United berhasil lolos ke perempat final Liga Champions berkat keunggulan gol tandang dalam agregat 3-3. Pada pertandingan leg kedua di Parc des Princes, Rabu (6/3/2019), MU menang 3-1 atas PSG. (AFP/FRANCK FIFE)

6 Maret 2019, Paris Saint-Germain 1-3 Manchester United (Liga Champions)

12 Februari 2019, Manchester United 0-2 Paris Saint Gemarin (Liga Champions)

30 Juli 2015, Manchester United 0-2 Paris Saint-Germain (International Champions Cup)

 

 

Prediksi Susunan Pemain

Gelandang Manchester United, Bruno Fernandes, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Newcastle United pada laga Liga Inggris di Stadion St. James' Park, Minggu (18/10/2020). MU menang telak dengan skor 4-1. (Alex Pantling/Pool via AP)
Gelandang Manchester United, Bruno Fernandes, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Newcastle United pada laga Liga Inggris di Stadion St. James' Park, Minggu (18/10/2020). MU menang telak dengan skor 4-1. (Alex Pantling/Pool via AP)

PSG (4-3-3): Keylor Navas; Bakker, Kimpembe, Marquinhos, Florenzi; Rafinha, Paredes, Gueye; Neymar, Mbappe, Di Maria.

Pelatih: Thomas Tuchel.

Info skuat: Bernat (cedera), Kehrer (cedera), Verratti (meragukan), Icardi (meragukan), Draxler (meragukan).

MU (4-2-3-1): De Gea; Telles, Tuanzebe, Lindelof, Wan-Bissaka; Paul Pogba, McTominay; Rashford, Fernandes, Mata; Martial.

Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer.

Info skuat: Cavani (sangat meragukan), Greenwood (meragukan).

Saksikan Video Liga Champions di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jason Derulo Dikecam Fans BTS Sampai Masuk Daftar Hitam, Ada Apa?

Posted: 19 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Nama Jason Derulo kini tengah banyak diperbincangkan penggemar BTS alias Army di media sosial. Seperti diketahui, J-Hope dkk beberapa waktu lalu berkolaborasi dengan penyanyi Amerika Serikat itu lewat lagu "Savage Love" versi remix dengan Jawsh 365.

Hanya saja, dalam perbincangan ini Jason Derulo dihantam banyak kritik dan sindiran pedas dari Army. Padahal, lagu "Savage Love" masuk dalam tangga lagu Hot 100 Billboard.

Rupanya, hal ini dipicu oleh unggahan Jason Derulo di TikTok pada Senin (19/10/2020) lalu.

Selebrasi

Video perayaan Savage Love Jason Derulo (TikTok/ jasonderulo)
Video perayaan Savage Love Jason Derulo (TikTok/ jasonderulo)

Video singkat ini memperlihatkannya mentraktir orang-orang di sebuah restoran atas kesuksesan lagu "Savage Love". Ia diperlihatkan menghabiskan uang dalam jumlah besar untuk selebrasi ini.

Tak hanya itu, dalam keterangan videonya, ia menyebutkan banyak nama rekan-rekannya dalam unggahan ini.

"It's a celebration @catch #savagelove @hannahstocking @ondreazlopez @charlyjordan @itstaylerholder @justmaiko @sommerray @jena @mrmovi3,"tulisnya.

BTS Mana?

BTS (Big Hit Entertainment via Soompi)
BTS (Big Hit Entertainment via Soompi)

Hanya saja, bisa dilihat, tak ada nama BTS di sana. Rupanya hal inilah yang memicu kemarahan Army.

Mereka merasa penyanyi 31 tahun ini tak berterima kasih, bahkan numpang tenar di balik nama besar BTS. Hal lain yang dicatat Army, lagu "Savage Love" yang mencapai puncak tangga lagu Billboard adalah versi kolaborasi dengan BTS, bukan versi asli yang diunggah Jason Derulo dalam video TikTok ini.

Para penggemar grup Korsel ini lantas menuangkan unek-uneknya di media sosial dan kolom komentar TikTok Jason Derulo.

 

Karena BTS?

"Mengapa kamu tak berterima kasih kepada mereka, kamu bahkan tak menyebut mereka. Kamu mendapat nomor satu karena mereka," tulis @bangtanboiztv di kolom komentar TikTok Jason.

"Jason Derulo melakukan selebrasi tapi tak menyebutkan BTS. Asal kamu tahu, kami streaming 'Savage Love' cuma untuk mendengar Jungkook ngomong f**k, Kami enggak peduli kamu," tulis @BTSxARMY_061313.

 

Tiada Maaf bagi Derulo

Entah karena menyadari kontroversi ini, Jason Derulo mengunggah kembali video selebrasi itu di Twitter miliknya. Kali ini dengan menyertakan akun resmi BTS. "Berharap @BTS_twt @jawsh_685 ada di sini untuk merayakannya! Kita berhasil! #1 di tangga lagu billboard! Savage Love," cuit Jason Derulo.

Coba tebak, apa balasan Army atas twit Jason ini? Ya, mereka masih menuangkan kekesalan mereka.

"Oh mannn, its too late. Welcome to the Army blacklist. (Sudah telat. Selamat datang di daftar hitam Army)," balas @yeontinnie yang disukai lebih dari 5 ribu warganet.

Bagaimana pendapatmu?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Penemuan Ukiran Kucing Raksasa Berumur 2000 Tahun di Peru

Posted: 19 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah ukiran kuno berbentuk kucing raksasa ditemukan di lereng bukit di selatan Peru. Diduga ukiran tersebut telah berumurm 2000 tahun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meski Hanya 70 Persen yang Dapat Vaksin COVID-19, Herd Immunity Tetap Tercapai

Posted: 19 Oct 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI Achmad Yurianto mengungkapkan, untuk mencapai kekebalan komunitas (herd immunity) COVID-19 sebanyak 160 juta penduduk Indonesia harus divaksin.

"Kalau kita menginginkan dicapainya kekebalan komunitas atau herd immunity, maka vaksinasi tidak perlu dilaksanakan terhadap 100 persen orang," ungkap Yuri saat konferensi pers di Gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta, Senin (19/10/2020).

"Cukup di kisaran antara 70 persen orang sebenarnya, kita sudah bisa mencapai herd immunity. Nah, dasar inilah yang kita pakai perhitungan untuk mencapai herd community, berarti sekitar 160 juta orang yang divaksin."

Apabila menggunakan platform vaksin COVID-19 Sinovac yang akan diproduksi Bio Farma, maka jumlah vaksin yang dibutuhkan dual dose (dua dosis penyuntikan).

"Jadi, kebutuhan vaksin adalah 2 dosis dikali 160 juta orang, total 320 juta dosis vaksin," lanjut Yuri.

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Kelompok Usia 18-59 Tahun

Pejalan kaki melintasi pedestrian Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (23//9/2020). Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan ekonomi nasional resesi pada kuartal III-2020. Kondisi ini akan berdampak pada pelemahan daya beli masyarakat hingga PHK. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Pejalan kaki melintasi pedestrian Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (23//9/2020). Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan ekonomi nasional resesi pada kuartal III-2020. Kondisi ini akan berdampak pada pelemahan daya beli masyarakat hingga PHK. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Perhitungan berikutnya untuk sasaran vaksinasi COVID-19 adalah kelompok usia 18-59 tahun.

"Bahwa yang kita vaksin nanti pada kelompok usia dan syarat yang sudah digunakan di dalam kaitan pelaksanaan uji klinik fase tiga," terang Yuri.

"Kita tahu untuk produksi vaksin COVID-19 Sinovac juga CanSino, uji klinik hanya dilakukan pada kelompok usia 18 sampai 59 tahun. Maka, kelompok inilah yang akan kita vaksin dan di dalam uji kliniknya pun disebutkan, kelompok usia tersebut tidak boleh ada yang berpenyakit komorbid berat."

Akan Lakukan Penelitian

Pengemis bersama anaknya saat berada di lampu merah kawasan Karet, Jakarta, Minggu (18/10/2020). Institute for Development of Economics and Finance (Indef) memproyeksikan angka kemiskinan di Indonesia naik pada periode September 2020. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Pengemis bersama anaknya saat berada di lampu merah kawasan Karet, Jakarta, Minggu (18/10/2020). Institute for Development of Economics and Finance (Indef) memproyeksikan angka kemiskinan di Indonesia naik pada periode September 2020. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Jika yang disuntik vaksin COVID-19 rentang kelompok usia 18-59 tahun, bagaimana di luar usia tersebut? Yuri menerangkan, di luar usia sasaran vaksin COVID-19 tidak memiliki data uji kliniknya.

"Tidak ada uji klinik yang dilakukan pada usia nol sampai 18 tahun maupun usia di atas 60 tahun, sehingga kita belum akan melakukan vaksinasi pada kelompok di luar 18-59 tahun," Yuri menegaskan.

"Tetapi bukan berarti kita akan abaikan. Tentunya, seiring berjalannya waktu, kita akan melakukan penelitian dan seluruh dunia pun juga akan melakukan hal yang sama untuk rentangan usia itu (di luar usia 18-59 tahun)."

Di dalam tahapan awal vaksinasi, kata Yuri, kita tetap menggunakan data sasaran usia 18-59 tahun.

"Ini harus kita pahami bersama, bukan berarti kita tinggalkan kelompok usia di luar itu. Data di seluruh dunia untuk sasaran vaksin COVID-19 juga usia 18-59 tahun," pungkas Yuri.

Infografis Sputnik V, Vaksin Covid-19 Pertama Dunia?

Infografis Sputnik V, Vaksin Covid-19 Pertama Dunia? (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Sputnik V, Vaksin Covid-19 Pertama Dunia? (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fokus Pagi : Kebakaran Melanda Permukiman Padat

Posted: 19 Oct 2020 09:57 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Fokus Pagi dengan pilihan topik utama sebagai berikut, Kebakaran Melanda Permukiman Padat, Bus Terguling, 20 Penumpang Terluka, Risma Marahi Siswa Terlibat Demo, Menanti Vaksin COVID-19

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setahun Jokowi-Ma'ruf Amin dalam Olahraga: 267 Medali SEA Games hingga Sepi karena Corona

Posted: 19 Oct 2020 09:54 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintahan periode kedua presiden Joko Widodo (Jokowi) genap berusia satu tahun, Selasa (20/10/2020) hari ini. Pada periode kedua, Jokowi berpasangan dengan Ma'ruf Amin memenangkan Pilpres 2019.

Pada periode kedua Jokowi-Ma'ruf, tak banyak acara olahraga yang bisa diikuti Indonesia. Maklum, banyak acara olahraga terpaksa ditunda dan bahkan batal lantaran pandemi virus corona covid-19.

Di sepak bola misalnya, timnas Indonesia sebetulnya telah ditunggu agenda penting seperti kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022, Piala AFF November-Desember, serta Piala Asia U-16 dan U-19. Sayangnya, semua turnamen itu ditunda paling tidak hingga tahun depan.

Tak hanya di timnas Indonesia, nasib Liga 1 juga terkatung-katung. Pihak Kepolisian Republik Indonesia belum memberikan izin penyelenggaraan Liga 1.

Namun demikian, Indonesia resmi terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pada tahun depan. Kepastian itu diperoleh pada 24 Oktober 2019, empat hari setelah peresmian Jokowi-Ma'ruf sebagai Presiden dan Wakil Presiden republik Indonesia.

Secercah prestasi datang dari cabang bulutangkis. Sebelum resmi dihentikan, ada beberapa turnamen yang diikuti para pemain Indonesia.

Tercatat ada paling tidak tujuh turnamen yang diikuti para pemain. Tiga di antaranya yakni Indonesia Masters 2020 (14-19 Januari), Kejuaraan Beregu Asia (11-16 Februari), dan All England (11-15 Maret 2020).

Di Indonesia Masters, Indonesia menorehkan prestasi lewat Anthony Sinisuka Ginting (tunggal putra), Marcus Gideon/Kevin Sanjaya (ganda putra), dan Greysia Polii/Apriyani Rahayu (ganda putri).

Sementara di Kejuaraan Beregu Asia, prestasi datang dari tim beregu putra. Di All England, Praveen Jordan/Melati Daeva mengharumkan nama Indonesia dengan juara di nomor ganda campuran.

 

SEA Games 2019

Ganda Indonesia, Greysia Polii / Apriyani Rahayu, melakukan selebrasi usai meraih emas pada final SEA Games 2019 di Muntinlupa Sports Complex, Manila, Senin (9/12). Pasangan Indonesia menang 21-3 dan 21-8 atas wakil Thailand. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Ganda Indonesia, Greysia Polii / Apriyani Rahayu, melakukan selebrasi usai meraih emas pada final SEA Games 2019 di Muntinlupa Sports Complex, Manila, Senin (9/12). Pasangan Indonesia menang 21-3 dan 21-8 atas wakil Thailand. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Selain bulutangkis, Indonesia juga menorehkan prestasi di SEA Games 2019 Filipina (30 November - 11 Desember 2019). Tim Merah Putih total meraup 267 medali yang terdiri dari 72 medali emas, 84 medali perak, dan 111 medali perunggu.

Ketika itu, Pemerintah lewat Komite Olimpiade Indonesia (KOI) menyiapkan anggaran sekitar Rp 59 miliar. Kontingen Indonesia yang berangkat ke Filipina total berjumlah 1.303 orang.

Jokowi saat melepas kontingen Indonesia juga berharap, 841 atlet yang tampil di Filipina bisa melewati raihan di Malaysia. Presiden ketujuh Republik Indonesia itu ingin Indonesia menembus dua besar di SEA Games 2019.

"Saat Asian Games 2018, kita bisa meloncat ke ranking 4. Di Sea games sebelumnya, kita di ranking kelima, tapi saya minta di tahun ini kita masuk 2 besar," ucapnya di Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (27/11/2019).

Meski meleset, torehan medali emas Indonesia melampaui target emas yang ditetapkan yakni 45. Indonesia pada akhirnya finis di peringkat ke-4.

Tak hanya itu, Indonesia sukses keluar sebagai juara umum di sembilan cabang olahraga. Kesembilan cabor tersebut yakni boling, catur, modern pentathlon, pencak silat, dayung, sambo, menembak, tenis, serta voli.

 

 

Esports Cabang Prestasi

Di sisi lain, cabang esports resmi diakui sebagai cabang olahraga prestasi di Indonesia. Pengakuan itu dilakukan pada Agustus 2020 dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) KONI Pusat.

Pengakuan itu datang setelah beberapa tim esports Indonesia menorehkan prestasi di ajang internasional. BEberapa di antaranya yaitu EVOS Esports pada ajang M1 World Championship, dan Bigetron Esports yang menjuarai kompetisi PUBG Mobile Club Open Fall Spit Global Finals 2019.

Catatan Kronologis Peristiwa Olahraga

24 Oktober 2019

  • Indonesia resmi terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021

 

30 November 2019 - 11 Desember 2019

  • Indonesia menempati peringkat ke-4 SEA Games 2019 dengan total 267 medali (72 emas, 84 perak, 111 perunggu). Filipina keluar sebagai juara umum

14-19 Januari 2020 (Beberapa pebulutangkis keluar sebagai juara di Indonesia Masters 2020)

  • Tunggal Putra: Anthony Sinisuka Ginting
  • Ganda Putra: Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo
  • Ganda Putri: Greysia Polii/Apriyani Rahayu

 

11-16 Februari 2020 (Regu Putra Indonesia juara di Kejuaraan Beregu Asia)

  • Tim Putra Indonesia: Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Shesar Hiren Rhustavito, Firman Abdul Kholik, Marcus Fernaldi Gideon, Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan, Hendra Setiawan, Fajar Alfian, Muhammad Rian Ardianto

 

11-15 Maret 2020 (Ganda campuran juara di All England 2020)

  • Ganda Campuran: Praveen Jordan Melati Daeva Oktavianti

 

25- 27 Agustus 2020

  • Esports diakui sebagai cabang olahraga prestasi

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wapres: Seharusnya Indonesia Bisa Jadi Produsen Produk Halal Terbesar di Dunia

Posted: 19 Oct 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden, Ma'ruf Amin meminta kepada seluruh pengusaha Indonesia terus mengembangkan industri halal. Hal ini karena potensinya sangat besar tidak hanya di Indonesia, bahkan di pasar dunia. 

Ma'ruf Amin mengatakan, sangat disayangkan bahwa Indonesia masih menjadi konsumen produk halal di dunia. Bahkan, pada 2018 Indonesia telah membelanjakan USD 214 Miliar USD khusus untuk produk makanan dan minuman halal. Angka tersebut mencapai 10 persen dari pangsa produk halal dunia.

"Ini merupakan konsumen terbesar dibandingkan dengan negara-negara mayoritas muslim lainnya," katanya dalam Peresmian Peluncuran Program Pelatihan Digitalisasi Pemasaran dan Manajemen Halal bagi UMKM, secara virtual di Jakarta, Selasa (20/10/2020).

Dia pun berharap Indonesia tidak hanya menjadi konsumen, melainkan memiliki peran dalam hal produksi produk halal. Sebab, dari data yang ada terlihat bahwa pangsa pasar industri halal domestik sangat besar, termasuk dengan pangsa pasar global.

Apalagi, visi pengembangan industri halal Indonesia adalah selain untuk mengisi kebutuhan domestik yang sangat besar, juga untuk memperluas peran dalam perdagangan produk halal global.

"Kita harus dapat memanfaatkan potensi pasar halal dunia ini dengan meningkatkan ekspor kita yang saat ini baru berkisar 3,8 persen dari total pasar halal dunia," sebutnya.

Pasar global, sendiri lanjut dia, memiliki potensi yang sangat besar. Pada tahun 2017 saja produk pasar halal dunia mencapai USD 2,1 triliun. Diperkirakan jumlah itu akan berkembang terus menjadi USD 3 triliun pada tahun 2023.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Ma'ruf Amin: Indonesia Bukan Produsen Produk Halal Terbesar di Dunia

Wapres Ma'ruf Amin (Istimewa)
Wapres Ma'ruf Amin (Istimewa)

Sebelumnya, Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin mengatakan bahwa pengembangan kawasan industri halal (KIH) merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mencapai cita-cita menjadi negara penghasil produk halal terbesar di dunia.

Bersamaan dengan persiapan KIH tersebut, lanjut Ma'ruf, pemerintah saat ini tengah melakukan penguatan terhadap industri-industri kecil atau usaha mikro dan kecil (UMK) yang bergerak dalam pembuatan produk-produk halal.

Wapres menyebut ada delapan kawasan industri halal (KIH) yang sedang dalam pembangunan di berbagai daerah.

"Layanan sertifikasi halal akan dilakukan secara satu atap atau one stop service," kata Ma'ruf Amin saat menyampaikan orasi ilmiah pada Dies Natalis Ke-63 Universitas Diponegoro (Undip) secara daring, Kamis (15/10/2020).  

Ma'ruf juga menyampaikan, bahwa selama ini Indonesia masih berkutat sebagai penikmat barang dan jasa halal.

"Selama ini kita masih menjadi konsumen produk halal terbesar dunia, bukan produsen produk halal terbesar," jelasnya. 

Karenanya dia berharap, penguatan terhadap usaha mikro dan kecil (UMK) dapat mendorong Indonesia sebagai eksportir produk halal ke berbagai negara.

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waspadai Bencana Hidrometeorologi, BNPB Minta Masyarakat Mengubah Perilaku

Posted: 19 Oct 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo menyatakan saat ini mitigasi non struktural menjadi hal penting untuk upaya mewaspadai bencana hidrometeorologi.

Mitigasi non struktural yang dimaksud yakni perubahan perilaku atau kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan sekitar.

"Kalau kita sedang mempersiapkan diri dengan memperhatikan masalah perilaku, menjaga lingkungan dan juga mengantisipasi dengan kesiapsiagaan ini akan bisa mengurangi risiko. Utamanya risiko korban jiwa," kata Doni dalam video YouTube BNPB, Selasa (20/10/2020).

Dia mengatakan saat ini para pimpinan daerah sudah mulai melibatkan sejumlah pihak dalam antisipasi adanya potensi bencana di wilayahnya. Salah satunya adanya informasi tanggap darurat untuk warga yang tinggal di sepanjang sungai ataupun dilereng gunung dengan kemiringan yang curam.

Lanjut Doni, kesiapsiagaan tersebut diyakini dapat meminimalisir korban jiwa ketika bencana tersebut datang. Sebab dengan adanya La Nina, bencana banjir, banjir bandang, dan longsor seringkali menghantui masyarakat.

"Demikian juga peringatan yang disampaikan oleh BPBD kepada daerah-daerah atau pemukiman yang berada di lereng-lereng bukit atau lereng gunung, yang mana kemiringannya lebih dari 30 derajat untuk kita evaluasi kan sementara. Ketika terjadi longsor maka rumah mereka mungkin akan tertimbun tetapi manusianya akan bisa selamat," papar dia.

Waspada Cuaca Ekstrem

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menerbitkan imbauan peningkatan kewaspadaan masyarakat, terkait potensi cuaca ekstrem dalam waktu sepekan mendatang.

Menurut Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto, pihaknya telah merilis informasi yang menyatakan, saat ini tengah terjadi fenomena La Nina di Samudera Pasifik dengan intensitas sedang (moderate).

"Pemantauan BMKG terhadap indikator laut dan atmosfer menunjukkan suhu permukaan laut mendingin -0.5 Celcius hingga -1.5 Celcius selama tujuh dasarian terakhir (70 hari), diikuti oleh dominasi aliran zonal angin timuran yang merepresentasikan penguatan angin pasat," ujar Guwanto, Minggu, (18/10/2020).

Guswanto mengataan dampaknya ke cuaca di Indonesia, La Nina yang terjadi pada periode awal musim hujan ini berpotensi meningkatkan jumlah curah hujan di sebagian besar wilayah. Dampak La Nina terhadap curah hujan di Indonesia tidak seragam, baik secara spasial maupun temporal, bergantung pada musim atau bulan, wilayah, dan kekuatan La Nina sendiri.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10.587 Personel Disiagakan di Sejumlah Titik Amankan Demo Tolak RUU Cipta Kerja

Posted: 19 Oct 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 10.587 personel dikerahkan untuk menjaga unjuk rasa menentang RUU Cipta Kerja di sekitar Istana Negara, Jakarta, Selasa (20/10/2020)

"Kami sudah siapkan pengamanan hari ini ada 10.587 personel," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, Selasa (20/10/2020).

Yusri menerangkan, aparat gabungan dari Polisi, TNI, Satpol PP serta Dinas Perhubungan disiagakan di Patung Kuda, Gedung DPR dan Istana Negara. Ada pula yang ditugaskan untuk menjaga sentra-sentra perekonomian.

"Kita lakukan pengamanan berlapis di sana," ucap dia.

Selain itu, Yusri menerangkan, disiapkan pula personel cadangan sebanyak 10 ribu personel untuk mengamankan aksi demo RUU Cipta Kerja. Mereka ditempatkan di Monas dan Gedung DPR.

"Ini cadangan," ucap dia

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Siap Kawal Demonstran

Yusri menyampaikan, TNI bersama Polri siap mengawal mahasiswa dan buruh yang akan mengadakan kegiatan unjuk rasa di beberapa titik seperti DPR, dan Istana negara.

"Kami masih koordinasi terkait jumlah massa. Kita nggak mau underestimate kita siapkan 10.587 personel untuk dilakukan pengamanan tapi ada cadangan sekitar 10 ribu personel lagi nanti akan melihat situasi yang ada apa perlu menambah personel lagi untuk lapis kekuatan," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

80 Kata-kata Bijak Lucu Tentang Cinta, Romantis Sekaligus Humoris

Posted: 19 Oct 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kadang kala kata-kata bijak lucu tentang cinta dibutuhkan ketika sedang ingin mengungkapkan perasaan kepada pasangan. Jika sekedar 'I Love You' atau 'Aku sayang kamu' mungkin sudah terlalu biasa diucapkan, namun kata-kata bijak lucu tentang cinta bisa membuat Anda nampak romantis sekaligus humoris.

Dalam menjalin hubungan, rasanya akan cepat bosan jika tidak diselingi dengan canda dan tawa. Maka dari itu, kata-kata bijak lucu tentang cinta bisa menjadi solusi bagi Anda. Hal ini lantaran merangkai kata kadang kala tidaklah mudah.

Dengan kumpulan kata-kata bijak lucu tentang cinta ini bisa memudahkan Anda untuk mengungkapkan cinta kepada pasangan dengan kesan humoris namun tetap romantis. Selain itu, Anda juga tidak perlu lagi untuk memusingkan cara merangkai kata.

Berikut ini merupakan kumpulan kata-kata bijak lucu tentang cinta yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa 20/10/2020).

Kata-kata Bijak Lucu Tentang Cinta

Ilustrasi Pasangan Credit: unsplash.com/Everton
Ilustrasi Pasangan Credit: unsplash.com/Everton

1. "Jatuh cinta pakai perasaan. Peliharanya pakai penghasilan".

2. "Jangan biarkan orang yang kau cintai menjauh darimu. Apalagi kalau utangnya belum lunas".

3. "Nikahilah pria seumuranmu. Jadi ketika kecantikanmu memudar, penglihatannya pun juga berkurang".

4. "Cinta itu buta, dan pernikahanlah yang membuka matamu".

5. "Mencintai seseorang yang tak menyukaimu itu seperti menunggu paus bisa terbang".

6. "Pacaran kok nangis mulu. Kamu pacaran sama manusia apa bawang?"

7. "Putus cinta itu tidak sakit. Yang sakit itu, udah putus tapi tetap cinta!"

8. "Aku enggak suka kamu mimpi indah. Kamu cuma boleh mimpiin aku. Bukan Indah!"

9. "Tidak menerima buaya. Ini hati, bukan kebun binatang".

10. "Sakit hati dan sakit gigi itu sama-sama berawal dari yang manis".

11. "Apa bedanya Andhika dan aku? Kalau Andhika Kangen Band, kalau aku kangen kamu."

12. "Cinta monyet itu ibarat paket internet. Ngakunya unlimited, baru jalan bentar udah putus."

13. "Hal yang paling menyakitkan adalah ketika kamu dilupakan oleh orang yang punya banyak utang kepadamu."

14. "Cari pacar itu jangan liat dari kegantengannya,

Tapi dari matanya, mata pencahariannya."

15. "Kamu boleh putusin aku, lupain aku, dan hapus semua kenangan kita. Tapi, jangan lupain utang-utang kamu, bayar ya."

16. "Kamu suka kopi nggak? Aku sih suka. Tau kenapa alasanya? Kopi itu ibarat kamu, pahit sih tapi bikin candu jadi pingin terus."

17. "Besar pasak daripada tiang. Aku udah sesak pingin dipanggil 'sayang'." -Babe Cabita-

18. "Cewek itu suka diperhatiin. Jadi kamu harus perhatiin semuanya. Dari maskara yang luntur sampe sendal jepit yang dekil." -Pandji Pragiwaksono-

19. "Aku memang pendiam, diam-diam aku jatuh cinta padamu. Ada jamu, di atasnya kuku. Ternyata tawamu membekas di hatiku."

20. "Berulang tahun memang indah. Akan tetapi lebih indah jika berulang kali bersamamu."

Kata-kata Bijak Lucu Tentang Cinta

ilustrasi pasangan jatuh cinta/Photo by Analise Benevides on Unsplash
ilustrasi pasangan jatuh cinta/Photo by Analise Benevides on Unsplash

21. "Kalau aku jadi wakil rakyat aku pasti gagal deh. Gimana mau mikirin rakyat, kalau yang selalu ada di pikiranku hanyalah kamu."

22. "Cinta itu bagai jam pasir. Ketika hati terisi, otak mulai kosong." -Jules Renard-

23. "1 Bulan tak bertemu kamu bagaikan 30 hari tanpa kamu."

24. "Aku janji deh nggak bakal nakal lagi, kalau nakal nanti aku akan janji lagi."

25. "Gravitasi tidak bertanggung jawab atas orang yang sedang jatuh cinta." -Albert Einstein-

26. "Sejak sama kamu aku jadi nggak bisa berhitung, soalnya cintaku ke kamu terlalu banyak."

27. "Hari Minggu itu weekend tapi kalau cinta kita will never end."

28. "Angkutan kota jauh dekat 2.000, kalau kamu jauh dekat ya di hatiku."

29. "Jangan pernah kasih izin orang lain panggil kamu 'Say'. Karena itu bisa jadi bukan sayang, tapi Saython."

30. "Sayang, bekerjalah seperti tuyul. Nggak kelihatan, nggak perlu pujian, nggak cari perhatian, tapi hasil jelas."

31. "Cinta itu harusnya seperti pelajaran kimia, bukan cuma teori tapi ada praktik juga".

32. "Jangan mencari orang yang sempurna, carilah orang yang bisa memperbaiki keturunanmu".

33. "Kalau pasangan adalah tulang rusuk. Maka mantan adalah fosilnya".

34. "Cinta itu bagai jam pasir. Ketika hati terisi, otak mulai kosong". - Jules Renard

35. "Kunci sukses suatu hubungan adalah selalu membersihkan history chat".

36. "Bukan makanan saja yang harus memiliki gizi yang seimbang, tapi hati ini perlu penyeimbang. Penyeimbangnya ya kamu."

37. "Kamu itu ibarat Sunlight, mampu menghilangkan kenangan mantan yang membandel."

38. "Tau nggak? BMG: Badan Meteorologi Geofisika, berubah nama jadi OMG setelah melihat paras secerah kamu."

39. "Kalau disuruh melupakanmu, aku harus ke kantor kelurahan dulu bikin surat keterangan tidak mampu."

40. "Sayang, tadi pagi aku tidak bisa makan karena merindukanmu. Siangnya juga tidak bisa makan karena memikirkanmu. Dan malamnya, aku tidak bisa tidur karena kelaparan."

Kata-kata Bijak Lucu Tentang Cinta

ilustrasi pasangan cinta/Photo by unsplah Pablo
ilustrasi pasangan cinta/Photo by unsplah Pablo

41. "Kalau kamu jadi senar gitar, aku nggak mau jadi gitarisnya. Karena aku nggak mau mutusin kamu."

42. "Kunci sukses suatu hubungan adalah selalu membersihkan history chat."

43. "Walaupun jarak kita bagai matahari dan Pluto saat ephehelium. Amplitudo gelombang hatimu berintervensi dengan hatiku."

44. "Kamu tahu nggak, aku seperti mentega, dan kamu seperti wajan panas. Soalnya pas lihat muka kamu aku meleleh."

45. "Handphone saja sanggup simpan foto sampai beribu-ribu, masak hanya untuk menyimpan aku, hati kamu nggak sanggup sih."

46. "Cintaku padamu bagai diare. Tak bisa kutahan, terus keluar begitu saja."

47. "Senyummu mengandung kadar alkohol berapa persen? Kok memabukkan?"

48. "Jika kamu adalah bunga maka aku adalah sang lebah yang senantiasa membuatmu indah."

49. "Satu tambah satu dua itu matematika, kalau aku tambah kamu bisa tiga, empat, lima dan seterusnya sampai bahagia dengan anak kita."

50. "Sebenarnya pacar orang itu juga pacar kita, karena kita kan juga orang."

51. "Jomblo sekarang terlalu banyak yang dicari,

padahal mereka cuma 1 yang dicari: cari yang mau. Itu aja susah!" -Raditya Dika-

52. "Maafkan aku, sayang! Aku harus pergi darimu karena aku tidak tahan bau badan dan bau mulutmu." -Jordan Wesley-

53. "Mereka yang merasa lebih baik mencintai dan kehilangan adalah mereka yang pernah mencintai dan kehilangan." -Tom Nelson-

54. "Udah sering antar-jemput. Udah sering hang-out bareng. Udah sering makan siang dan makan malam bareng. Ternyata, cuma dianggap sebatas teman. Sedih deh!" -Johanes Rida-

55. "Aku tidak suka olahraga, tapi jika Tuhan menyuruh aku untuk membungkuk, pasti Ia sudah meletakkan berlian di lantai." -Jerry Seinfield-

56. "Tuhan, jika dia jodohku, dekatkanlah. Tapi, jika dia bukan jodohku, aku rela dia Engkau panggil, Tuhan!" -Munah-

57. "Hal yang baik dari pertunjukkan di penjara adalah nggak ada yang bangun dan keluar dari selnya." -Jeff Ross-

58. "Sebelum kamu mainin perasaanku, jangan lupa pencet tombol startnya."

59. "Sayang, tadi pagi aku tidak bisa makan karena merindukanmu. Siangnya juga tidak bisa makan karena memikirkanmu. Dan malamnya, aku tidak bisa tidur karena kelaparan."

60. "Walaupun jarak kita bagai matahari dan Pluto saat ephehelium. Amplitudo gelombang hatimu berintervensi dengan hatiku.

Kata-kata Bijak Lucu Tentang Cinta

ilustrasi pasangan cinta/Photo by Kate Nuzhnaya on Unsplash
ilustrasi pasangan cinta/Photo by Kate Nuzhnaya on Unsplash

61. "Tatapanmu memanglah sederhana, namun dapat mengalihkan dunia."

62. "Rindu itu ibarat air mengalir, jika terus dibendung ya banjir."

63. "Aku tak butuh hartamu, yang aku butuhkan hanyalah senyum bahagia dan canda tawamu saja sayangku."

64. "Jangan rindu berat, kamu nggak akan kuat. Biar aku saja yang merindukanmu sekalipun bertambah berat badanku."

65. "Jika sabar adalah barang yang diperjualbelikan, maka penantianku akan kehadiran dirimu ini sudah membuatku menjadi gelandangan."

66. "Lari pagi bikin badan sehat, lari di pikiran eneng bikin hati abang sehat."

67. "Saat bertemu denganmu jantung hatiku terasa berhenti berdetak, tapi kenapa nggak mati-mati ya?"

68. "Aku tak butuh hartamu, yang aku butuhkan hanyalah senyum bahagia dan canda tawamu saja sayangku."

69. "Cinta laksana pembodohan. Hanya karena namamu saja sudah membuatku gila."

70. "Aku divonis menjadi terdakwa, karena telah mengambil hatimu. Dan hukumannya mencintaimu seumur hidupku."

71. "Cantik itu relatif, tergantung letak kamera dan intensitas cahaya".

72. "Single itu prinsip, jomblo itu nasib",

73. "Wajah rupawan bukan jaminan rumah tangga jadi menyenangkan, apalagi yang tidak rupawan".

74. "Tiga hal yang bikin seseorang tidak disukai: otak yang kosong, omong kosong, dan dompet yang kosong".

75. "Satu hal yang membuat mata tak bisa terpejam, bagaimana caranya agar aku bisa membuat pacarmu percaya padaku untuk menjagamu".

76. "Aku pergi ke sebuah restoran yang menyajikan 'sarapan kapanpun'. Jadi aku memesan makanan Prancis pada masa Renaissance." -Steven Wright-

77. "Kalau kamu maunya roti, aku bisa bikin. Tapi kalau kamu maunya hati, ya gimana harus operasi dulu,"

78. "Meskipun saya sudah jatuh hati, tapi tidak lantas harga diri ini bisa kau nodai. Tapi kalau memang terpaksa kotor, saya masih mampu beli Daia di warung sebelah,"

79. "Cinta itu gak selalu mengucapkan 'I Love You', tapi bisa juga kan dengan, 'Loh potongan rambut kamu baru ya? Tandanya aku perhatian. Meskipun potongan barumu agak wagu,"

80. "Ibaratkan rindu itu adalah menabung, bisa jadi sekarang saya orang terkaya di dunia ini karena rinduku ke kamu tumbuh terus,"

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Laporan 1 Tahun Jokowi-Ma'ruf: Kontraksi Ekonomi Bukan Kartu Mati

Posted: 19 Oct 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin genap 1 tahun pada Selasa, 20 Oktober 2020. Berbagai kendala tak terduga harus dihadapi dalam 1 tahun Jokowi Ma'ruf memimpin Indonesia.

Termasuk wabah pandemi Covid-19, yang membuat perekonomian nasional terkontraksi dalam hingga -5,32 persen di kuartal II 2020.

Kendati demikian, Jokowi-Ma'ruf enggan meratapi musibah tersebut. Kedua pasangan termasuk jajaran pemerintahannya pun menyatakan, bahwa kontraksi ekonomi bukan kartu mati.

Dalam laporan tahunan 2020 yang dikeluarkan Kantor Staf Presiden (KSP), Selasa (20/10/2020), ekonomi Indonesia tumbuh negatif pada kuartal II 2020. Namun angka pertumbuhan negatif itu masih jauh lebih baik dibandingkan negara Asia Tenggara lainnya, bahkan di antara negara anggota G-20.

Secara perekonomian, Indonesia berada di peringkat ketiga di bawah China dan Korea Selatan.

Selain pada kontraksi ekonomi, Covid-19 juga disebut telah berdampak pada 3,5 juta pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) atau dirumahkan. Sementara pengangguran naik menjadi 10,4 juta orang, dan angka kemiskinan meningkat jadi 26,42 juta orang, terutama di perkotaan.

Menindaki situasi ini, Pemerintah Jokowi-Ma'ruf segera mencari obat penangkal berupa adaptasi terhadap kelola neraca. Tata kelola keuangan yang adaptif ini diklaim membawa dampak positif. Dengan cadangan devisa mencapai USD 135,15 miliar per September 2020, yang mampu membiayai impor dan bayar utang luar negeri selama 9,1 bulan.

Rentang waktu ini disebut lebih dari 3 kali lipat di atas standar internasional. Selain itu, cadangan devisa per September 2020 juga lebih tinggi dari di 2019, yang sebesar USD 129,18 miliar.

Pada laporan 1 tahun Jokowi-Ma'ruf ini, KSP mengimbau pemerintah harus tetap mewaspadai cadangan devisa yang dimiliki dengan mempersiapkan potensi di sektor pariwisata. Sebab, angka kunjungan wisatawan pada periode Januari-Agustus 2020 telah turun tajam.

 

Pariwisata

Joko Widodo atau Jokowi (kiri) didampingi Ketua MPR Bambang Soesatyo saat hendak meninggalkan Gedung Nusantara usai dilantik sebagai Presiden RI periode 2019-2024, Jakarta, Minggu (20/10/2019). Jokowi resmi dilantik sebagai Presiden RI periode 2019-2024. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Joko Widodo atau Jokowi (kiri) didampingi Ketua MPR Bambang Soesatyo saat hendak meninggalkan Gedung Nusantara usai dilantik sebagai Presiden RI periode 2019-2024, Jakarta, Minggu (20/10/2019). Jokowi resmi dilantik sebagai Presiden RI periode 2019-2024. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Berdasarkan laporan yang dirangkum KSP, jumlah kunjungan wisatawan selama 8 bulan pertama tahun ini hanya sekitar 3,4 juta. Angka tersebut turun drastis dibanding periode serupa 2019 lalu, yang sebanyak 10,7 juta kunjungan wisatawan. Bahkan jika dikumulatifkan, kedatangan turis di Indonesia hingga akhir 2019 mencapai 16,1 juta.

Tak berkecil hati, Jokowi-Ma'ruf percaya industri pariwisata Tanah Air bisa pulih kembali. Indonesia dinilai memiliki potensi tujuan wisata yang cukup besar, terutama dengan 5 destinasi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) super prioritas, yaitu Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Manado-Bitung-Likupang.

Jokowi-Ma'ruf juga telah melihat adanya sinyal perbaikan kondisi ekonomi. Itu terindikasi oleh rasio utang pemerintah yang kurang dari 35 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB). Diyakini jika rating utang ini menunjukan Indonesia masih layak sebagai tujuan investasi.

Sinyal perbaikan kondisi ekonomi ke depan mulai tampak dari perbaikan indikator Purchasing Manager Index (PMI) di bidang manufaktur dan Indeks Keyakinan Konsumen. PMI Indonesia per September 2020 berada di kisaran 47,20 poin. Jauh lebih tinggi ketimbang titik terendah pada April 2020, yang di 27,49 poin.

Sementara Indeks Keyakinan Konsumen juga berada di kisaran 83,40 poin. Masih lebih tinggi dari posisi pada Mei 2020, yang 77,80 poin.

 

UMKM

Joko Widodo atau Jokowi (kanan) dan Ma'ruf Amin (kiri) memberi keterangan usai dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024 di Gedung Nusantara, Jakarta, Minggu (20/10/2019). Jokowi dan Ma'ruf Amin terlihat senyum semringah usai pelantikan. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Joko Widodo atau Jokowi (kanan) dan Ma'ruf Amin (kiri) memberi keterangan usai dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024 di Gedung Nusantara, Jakarta, Minggu (20/10/2019). Jokowi dan Ma'ruf Amin terlihat senyum semringah usai pelantikan. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Selain merujuk pada angka statistik, sejumlah insentif juga ditujukan pada UMKM dalam rangka upaya pengentasan kemiskinan, pemerataan ekonomi, dan penciptaan lapangan kerja. Pemerintah Jokowi-Ma'ruf mengalokasikan Rp 4,2 triliun untuk program UMKM Go Digital.

Menurut data Kementerian Koperasi dan UKM per 15 September 2020, sudah terealisasi 1,6 juta unit UKM Dan IKM go digital dari total target 2 juta unit UKM dan IKM.

Bantuan lainnya diberikan dalam bentuk Kredit Usaha Rakyat (KUR) senilai Rp 107,28 triliun kepada 3.172.616 debitur. Lalu Kredit Ultra Mikro (Umi) sebesar Rp 4,85 triliun kepada 1.499.953 debitur, dan program Mekaar dengan jumlah penyaluran Rp 11,2 triliun kepada 6,57 juta debitur.

Undang-Undang (UU) Omnibus Law Cipta Kerja juga diajukan, dengan tujuan untuk menciptakan iklim investasi yang kompetitif dan membuka lapangan kerja. Regulasi ini sekaligus memberi kemudahan dalam perizinan UMKM.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tagar 6 Tahun Jokowi dan Aksi Demo Yogyakarta Trending Topic

Posted: 19 Oct 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini, Selasa (20/10/2020), tepat setahun Joko Widodo menjadi presiden Indonesia untuk kedua kalinya. Menandai hal tersebut, netizen menuliskan twit dengan tagar 6 Tahun Jokowi.

Di media sosial berbasis mikroblog itu, ketika artikel ini disusun, tagar tersebut berada di posisi kedua. Salah satu hal yang paling banyak dibahas di twit dengan tagar ini adalah nama Joko Widodo menjadi nama jalan di Uni Emirat Arab.

Dalam twit di akun pribadinya, @jokowi, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menuliskan sebuah twit berikut foto dari jalan yang dimaksud. 

"Seruas jalan di Abu Dhabi, UEA, diresmikan sebagai Presiden Joko Widodo Street oleh Sheikh Khalid bin Mohammed bin Zayed Al Nahyan, Chairman Abu Dhabi Executive Office. Di balik nama jalan itu, ada harapan agar hubungan kedua negara semakin kokoh dan bermanfaat bagi rakyat," kata Jokowi.

Hingga pukul 11.30 WIB twit itu direspons netizen dengan 1.000-an retweet, 400-an reply, dan lebih dari 7.000 an likes.

Aksi di Yogya Trending Topic

Selain itu, tagar lainnya yang menjadi trending topic adalah aksi demo Yogyakarta. Memang, sejak kemarin ramai diwartakan bahwa pada hari ini akan ada aksi dari elemen mahasiswa dan buruh.

Selain di Jakarta, aksi ini direncanakan berlangsung di kota lainnya seperti Bandung dan Yogyakarta.

Aksi itu merupakan lanjutan dari aksi sebelumnya, yang merupakan salah satu bentuk penolakan atas Omnibus Law yang beberapa waktu lalu menuai kontroversi.

(Why/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sinopsis FTV 3xtraOrdinary SCTV: Karantina Cinta Work From Hatiku, Selasa 20 Oktober 2020

Posted: 19 Oct 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta FTV 3xtraOrdinary kali ini seperti biasa ditayangkan mulai pukul 14.30 WIB. Kisahnya tentang sejak kedua orang tuanya meninggal 5 tahun lalu, Rara memutuskan berhenti kuliah dam mencari kerja. Kebetulan Rara punya teman pemilik sebuah bengkel. Namanya Lilla, yang hanya bisa memberi dia kerjaan sebagai montir. Dan sekarang, Rara telah menjadi montir ahli dan andalan bengkel itu.

Kisah FTV 3xtraOrdinary makain seru. Karena pekerjaannya itu, Raratak pernah tampil cantik karena harus berkotor-kotor dengan oli setiap hari. Rara juga tak mengharap ada cowok yang melirik dia. Menurutnya yang terpenting adalah adiknya yang bernama Fany. Sampai suatu hari, Rara bertemu dengan Gilang.

Pagi itu, Gilang berangkat kerja buru-buru karena ada meeting penting. Gilang harus menghadiri rapat tender yang menentukan nasib kantornya. Gilang pun gugup dan tak mau terlambat. Sialnya, di tengah jalan mobil mogok. Gilang memanggil taksi tapi penuh semua. Gilang cari ojek atau angkot tapi juga penuh.

Gilang pun putus asa. Sampai Gilang menemukan stiker ditempel di tiang listrik. "Montir panggilan, kami senang anda puas". Dengan buru-buru Gilang menhubungi nomor telpon montir itu. Ternyata itu adalah Rara. Rara yang baru bangun mengangkat telefon dengan malas-malasan karena semalam Rara habis lembur di bengkel.

FTV 3xtraOrdinary selanjutanya?

Iming-iming

Awalnya Rar atak mau datang, tapi Gilang yang sudah putus asa mengiming-imingi dengan bayaran dua kali lipat. Rara yang BU alias butuh uang pun langsung mau. Rara bilang akan sampai abis mandi. Gilang langsung teriak galak. Nggak usah pake mandi atau cuci muka. Ini emergency. Rara langsung bete mendengar suara Gilang yang dianggap sok bossy

.Rara pun secepat kilat berusaha sampai lokasi. Tapi tetap saja Gilang mengomel. Rara pun kesal. Dengan judes, Rara mengecek mobil Gilang. Teryata mobil Gilang harus masuk bengkel. Gilag pun makin stress. Gimana dong, gue ini ada meeting penting!!Rara juga makin emosi.

Tapi, Rara punya ide. Tuh lo pake mobil gue, tapi nambah bayaran! Gilang makin bete. Mobil jelek ini? Rara dengan penuh kemenangan sih menjawab santai. Terserah elo yeee!! Gilang dengan dongkol kasih ongkos tambahan. Tapi di tengah jalan, mobil butut Rara mogok juga. Gilang udah mau gila.

Sampai Gilang nekad menyetop sebuah taksi lewat yang ada penumpangnya. Gilang mengiba-iba pada cewek di dalamnya untuk numpang sampai kantor. Tanpa Gilang sadari, cewek itu adalah Fany, adik Rara. Fany langsung kesengsem lihat penampilan Gilang yang keren ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anggun Bersanding Dengan Artis Mancanegara Sebagai Juri The Masked Singer di Prancis

Posted: 19 Oct 2020 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Program pencarian bakat The Masked Singer kembali menampilkan Anggun sebagai dewan juri. Acara yang tayang di televisi Prancis selama 10 tahun ini sudah akrab dengan penampilan Anggun di season sebelumnya.

Kesibukan Anggun sebagai juri program pencarian bakat di sejumlah program seperti X Factor Indonesia, The Voice Indonesia hingga Asia's Got Talent, membuat pelantun lagu "Snow On The Sahara" tak bisa tampil penuh di The Masked Singer per musimnya.

Tahun ini, Anggun dipercaya untuk duduk sebagai juri untuk memberi penilaian terhadap para kontestan yang nantinya tampil di panggung The Masked Singer. Tentunya, bagi Anggun, merupakan kebahagiaan bisa menjuri di program yang sempat memecahkan rekor rating acara televisi di Prancis itu.

Acara Luar Biasa

Anggun sebagai juri di program The Masked Singer (ist)
Anggun sebagai juri di program The Masked Singer (ist)

"Ini merupakan kehormatan besar untuk menjadi juri di program TV pencarian bakat terbesar dari saluran TV pertama di Eropa. Tahun ini jauh lebih luar biasa karena menampilkan bintang Internasional yang hebat. Publik Prancis dipastikan akan terkejut," kata Anggun dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com di Jakarta, Selasa (20/10/2020).

Artis Luar Negeri

Anggun. (Deki Prayoga/Bintang.com)
Anggun. (Deki Prayoga/Bintang.com)

Selain Anggun, program acara The Masked Singer Prancis juga melibatkan artis luar negeri seperti Alessandra Sublet, Kev Adams, dan Jarry. Kehadiran empat artis mancanegara ini disebut-sebut bakal membuat The Masked Singer lebih meriah.

Nantikan Penyanyi Indonesia

Unggahan Anggun di HUT RI ke-75 (Instagram anggun_cipta)
Unggahan Anggun di HUT RI ke-75 (Instagram anggun_cipta)

Anggun berharap, di acara tersebut, ada penyanyi Indonesia yang tampil memperlihatkan bakat bermusiknya. "Selama 20 tahun setelah karier Internasional saya dimulai, saya ingin melihat wajah-wajah Indonesia yang lain menyanyi lagu-lagu mereka di acara prime time televisi atau menjadi juri dalam acara pencarian bakat di TV luar," katanya. 

 

Film Televisi

Anggun (Galih W. Satria/Dok. Bintang.com)
Anggun (Galih W. Satria/Dok. Bintang.com)

Selain mengumumkan dirinya menjuri di The Masked Singer, Anggun rupanya juga sedang menantikan progam film televisi yang ia bintangi ditayangkan di televisi Prancis dan sejumlah negara di Eropa.

"Film televisi pertama yang saya mainkan, bakal disiarkan dalam beberapa bulan mendatang di Prancis, Belgia dan Swiss. Dan banyak proyek lainnya yang akan datang. Saya tidak sabar untuk memperlihatkannya kepada Anda," dia memungkasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

1 Tahun Jokowi-Ma'aruf, Investasi Infrastuktur Indonesia Diklaim Meningkat

Posted: 19 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintahan Jokowi-Ma'aruf Amin genap berusia satu tahun. Pembangunan infrastruktur menjadi salah satu dari 4 program prioritas pemenang Pilpres 2019 ini.

Laporan tahun 2020 'Bangkit Untuk Indonesia Maju' yang diterbitkan Kantor Staf Kepresidenan mengklaim pemerintahan Jokowi-Ma'aruf telah menorehkan prestasi dalam peningkatan stok infrastruktur Indonesia.

Mengutip data Kementerian PUPR yang disadur dalam laporan, pada tahun 2015, stok infrastruktur Indonesia berada di angka 35 persen. Ttahun ini, jumlahnya naik menjadi 43 persen.

"Stok infrastruktur ekonomi Indonesia terhadap PDB naik drastis. Dalam kurun waktu 4 tahun naik 8 persen," demikian dikutip Liputan6.com.

Pemerintahan Jokowi-Ma'aruf sendiri menargetkan akan terus mengejar ketertinggalan persentase hingga minimal 70 persen sehingga memenuhi standar global.

"Angka ini akan terus digenjot mengejar ketertinggalan standar global minimal sebesar 70 persen," tulis laporan tersebut.

Selain terus mengenjot investasi infrastruktur, pemerintah juga terus mempercepat penurunan biaya logisitik. Untuk diketahui, biaya logistik Indonesia saat ini masih berada di kisaran 23,5 persen dari PDB.

"Angka ini masih tertinggi di antara negara-negara Asia Tenggara. Biaya logistik ini harus dipangkas," tulis laporan tersebut.

Kendati, pemerintah mengklaim telah membangun konektivitas infrastruktur dengan baik.

"Daerah-daerah yang dulu terpisah kini telah tersambung. Peringkat konektivitas infrastruktur kita membaik. Pekerjaan rumah yang tersisa kini tinggal menurunkan biaya logistik," demikian dikutip Liputan6.com.

1 Tahun Jokowi-Ma'ruf Amin di Mata Pengusaha

Presiden Joko Widodo didampingi Wapres Ma'ruf Amin memimpin sidang kabinet paripurna di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (24/10/2019). Rapat kabinet paripurna perdana tersebut  mendengarkan arahan Presiden dan membahas anggaran pendapatan dan  belanja negara tahun 2020. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Presiden Joko Widodo didampingi Wapres Ma'ruf Amin memimpin sidang kabinet paripurna di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (24/10/2019). Rapat kabinet paripurna perdana tersebut mendengarkan arahan Presiden dan membahas anggaran pendapatan dan belanja negara tahun 2020. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Satu tahun sejak dilantiknya Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin sebagai wakilnya pada 10 Oktober 2019 lalu, sejumlah janji kampanye disebut telah terpenuhi.

Diantaranya, yang paling baru adalah dengan disahkannya UU Cipta Kerja atau Omnibus Law.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani mengatakan, disahkannya UU tersebut sebagai bentuk pemenuhan janji terkait penciptaan lapangan pekerjaan.

"Pak Jokowi konsisten untuk mengerjakan hal tersebut meskipun pandemi, yaitu dengan UU cipta Kerja itu kan menjawab semuanya. Mengenai masalah untuk mendorong SDM kita, penciptaan lapangan kerja," kata Hariyadi kepada Liputan6.com, Selasa (20/10/2020).

Selain itu, UU ini juga merampingkan birokrasi dan regulasi. Sehingga mendorong transformasi dari ketergantungan pada SDA menjadi daya saing manufaktur dan jasa modern. Dimana hal ini juga merupakan salah satu janji Jokowi saat pelantikan.

"Jadi Pak Jokowi itu konsisten, apesnya kena pandemi aja," kata dia. Bahkan, Hariyadi menyebut implementasi dari janji Jokowi berjalan sesuai jadwal.

Lainnya, Hariyadi menyebutkan program Kartu Prakerja yang realisasinya mampu digarap dalam waktu singkat. Ada juga sejumlah infrastruktur, termasuk beberapa tol yang penggarapannya masih tetap on track.

Bahkan, proyek kawasan industri Batan juga telah digarap. Hariyadi cukup terkesan dengan proyek ini karena dinilainya cukup kompetitif dibandingkan swasta. "Kawasan Industri Batan menurut saya terobosan juga," tambahnya.

"Kalau sampai jadi, itu sesuatu yang menurut saya fenomenal karena polanya berbeda dengan kawasan industri swasta. Kalau swasta kan dijual, nah kalau dia (Batan) sewa, ini kompetitif banget," tambah dia.

Sementara, Hariyadi menilai jika ada sejumlah janji yang belum terpenuhi oleh Presiden Jokowi, hal tersebut kemungkinan besar karena kondisi saat ini yang masih pandemi.

"Kalau yang kurang itu berproses. Ini PR-nya sudah dikerjakan," pungkas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Pekerja Perhotelan Protes Pembatasan Terkait COVID-19 di Inggris

Posted: 19 Oct 2020 09:30 PM PDT

Para pekerja perhotelan melakukan protes di Parliament Square, London, Inggris, Senin (19/10/2020). Para pekerja perhotelan berdemonstrasi di luar Parlemen menentang pembatasan COVID-19 yang lebih ketat dan jumlah dukungan finansial dari pemerintah kepada industri. (AP Photo/Frank Augstein)
Para pekerja perhotelan melakukan protes di Parliament Square, London, Inggris, Senin (19/10/2020). Para pekerja perhotelan berdemonstrasi di luar Parlemen menentang pembatasan COVID-19 yang lebih ketat dan jumlah dukungan finansial dari pemerintah kepada industri. (AP Photo/Frank Augstein)

Para pekerja perhotelan melakukan protes di Parliament Square, London, Inggris, Senin (19/10/2020). Para pekerja perhotelan berdemonstrasi di luar Parlemen menentang pembatasan COVID-19 yang lebih ketat dan jumlah dukungan finansial dari pemerintah kepada industri. (AP Photo/Frank Augstein)

Para pekerja perhotelan melakukan protes di Parliament Square, London, Inggris, Senin (19/10/2020). Para pekerja perhotelan berdemonstrasi di luar Parlemen menentang pembatasan COVID-19 yang lebih ketat dan jumlah dukungan finansial dari pemerintah kepada industri. (AP Photo/Frank Augstein)
Para pekerja perhotelan melakukan protes di Parliament Square, London, Inggris, Senin (19/10/2020). Para pekerja perhotelan berdemonstrasi di luar Parlemen menentang pembatasan COVID-19 yang lebih ketat dan jumlah dukungan finansial dari pemerintah kepada industri. (AP Photo/Frank Augstein)

Para pekerja perhotelan melakukan protes di Parliament Square, London, Inggris, Senin (19/10/2020). Para pekerja perhotelan berdemonstrasi di luar Parlemen menentang pembatasan COVID-19 yang lebih ketat dan jumlah dukungan finansial dari pemerintah kepada industri. (AP Photo/Frank Augstein)

Para pekerja perhotelan melakukan protes di Parliament Square, London, Inggris, Senin (19/10/2020). Para pekerja perhotelan berdemonstrasi di luar Parlemen menentang pembatasan COVID-19 yang lebih ketat dan jumlah dukungan finansial dari pemerintah kepada industri. (AP Photo/Frank Augstein)
Para pekerja perhotelan melakukan protes di Parliament Square, London, Inggris, Senin (19/10/2020). Para pekerja perhotelan berdemonstrasi di luar Parlemen menentang pembatasan COVID-19 yang lebih ketat dan jumlah dukungan finansial dari pemerintah kepada industri. (AP Photo/Frank Augstein)

Para pekerja perhotelan melakukan protes di Parliament Square, London, Inggris, Senin (19/10/2020). Para pekerja perhotelan berdemonstrasi di luar Parlemen menentang pembatasan COVID-19 yang lebih ketat dan jumlah dukungan finansial dari pemerintah kepada industri. (AP Photo/Frank Augstein)

Para pekerja perhotelan melakukan protes di Parliament Square, London, Inggris, Senin (19/10/2020). Para pekerja perhotelan berdemonstrasi di luar Parlemen menentang pembatasan COVID-19 yang lebih ketat dan jumlah dukungan finansial dari pemerintah kepada industri. (AP Photo/Frank Augstein)
Para pekerja perhotelan melakukan protes di Parliament Square, London, Inggris, Senin (19/10/2020). Para pekerja perhotelan berdemonstrasi di luar Parlemen menentang pembatasan COVID-19 yang lebih ketat dan jumlah dukungan finansial dari pemerintah kepada industri. (AP Photo/Frank Augstein)

Para pekerja perhotelan melakukan protes di Parliament Square, London, Inggris, Senin (19/10/2020). Para pekerja perhotelan berdemonstrasi di luar Parlemen menentang pembatasan COVID-19 yang lebih ketat dan jumlah dukungan finansial dari pemerintah kepada industri. (AP Photo/Frank Augstein)

Para pekerja perhotelan melakukan protes di Parliament Square, London, Inggris, Senin (19/10/2020). Para pekerja perhotelan berdemonstrasi di luar Parlemen menentang pembatasan COVID-19 yang lebih ketat dan jumlah dukungan finansial dari pemerintah kepada industri. (AP Photo/Frank Augstein)
Para pekerja perhotelan melakukan protes di Parliament Square, London, Inggris, Senin (19/10/2020). Para pekerja perhotelan berdemonstrasi di luar Parlemen menentang pembatasan COVID-19 yang lebih ketat dan jumlah dukungan finansial dari pemerintah kepada industri. (AP Photo/Frank Augstein)

Para pekerja perhotelan melakukan protes di Parliament Square, London, Inggris, Senin (19/10/2020). Para pekerja perhotelan berdemonstrasi di luar Parlemen menentang pembatasan COVID-19 yang lebih ketat dan jumlah dukungan finansial dari pemerintah kepada industri. (AP Photo/Frank Augstein)

Para pekerja perhotelan melakukan protes di Parliament Square, London, Inggris, Senin (19/10/2020). Para pekerja perhotelan berdemonstrasi di luar Parlemen menentang pembatasan COVID-19 yang lebih ketat dan jumlah dukungan finansial dari pemerintah kepada industri. (AP Photo/Frank Augstein)
Para pekerja perhotelan melakukan protes di Parliament Square, London, Inggris, Senin (19/10/2020). Para pekerja perhotelan berdemonstrasi di luar Parlemen menentang pembatasan COVID-19 yang lebih ketat dan jumlah dukungan finansial dari pemerintah kepada industri. (AP Photo/Frank Augstein)

Para pekerja perhotelan melakukan protes di Parliament Square, London, Inggris, Senin (19/10/2020). Para pekerja perhotelan berdemonstrasi di luar Parlemen menentang pembatasan COVID-19 yang lebih ketat dan jumlah dukungan finansial dari pemerintah kepada industri. (AP Photo/Frank Augstein)

Para pekerja perhotelan melakukan protes di Parliament Square, London, Inggris, Senin (19/10/2020). Para pekerja perhotelan berdemonstrasi di luar Parlemen menentang pembatasan COVID-19 yang lebih ketat dan jumlah dukungan finansial dari pemerintah kepada industri. (AP Photo/Frank Augstein)
Para pekerja perhotelan melakukan protes di Parliament Square, London, Inggris, Senin (19/10/2020). Para pekerja perhotelan berdemonstrasi di luar Parlemen menentang pembatasan COVID-19 yang lebih ketat dan jumlah dukungan finansial dari pemerintah kepada industri. (AP Photo/Frank Augstein)

Para pekerja perhotelan melakukan protes di Parliament Square, London, Inggris, Senin (19/10/2020). Para pekerja perhotelan berdemonstrasi di luar Parlemen menentang pembatasan COVID-19 yang lebih ketat dan jumlah dukungan finansial dari pemerintah kepada industri. (AP Photo/Frank Augstein)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Pasangan Suami Istri Selalu Pakai Baju Kembar Selama 37 Tahun, Kompak

Posted: 19 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setiap pasangan memiliki cara sendiri untuk menunjukkan rasa cinta dan kasih sayangnya. Seperti memberikan perhatian, perlakuan istimewa hingga hal-hal kecil lainnya yang bisa membuat hubungan semakin romantis.

Seperti yang dilakukan oleh pasangan satu ini. Sedikit berbeda, pasangan Muhammad Nasir dan istrinya, Shagufta, menunjukkan keharmonisan mereka lewat busana yang mereka pakai. Pasangan ini menjadi terkenal di kota Pakistan Timur karena mengenakan pakaian yang serasi setiap hari selama 37 tahun terakhir.

Menikah selama 38 tahun, keduanya mengatakan bahwa mereka butuh tahun pertama untuk mendapatkan ide unik untuk selalu mengenakan shalwar (celana panjang) dan kameez (tunik) yang warnanya serasi, dikutip dari NewsIn.Asia.

Sebelum memakai busana kembar selanjutnya, pasangan ini juga mengatakan bahwa mereka meluangkan waktu untuk berdiskusi soal baju warna apa yang mereka kenakan. Jadi rahasia pernikahan awet, berikut ini 6 potret Muhammad Nasir dan Shagufta, pasangan suami istri yang selalu tampil dengan baju kembar dirangkum dari akun Facebook mereka oleh Liputan6.com, Selasa (20/10/2020).

1. Menikah selama 38 tahun, Muhammad Nasir dan Shagufta mendadak menjadi sorotan warga Pakistan.

Pasangan suami istri ini selalu kompak pakai baju serasi, curi perhatian. (Sumber: Facebook/coupleoffaisalabad)
Pasangan suami istri ini selalu kompak pakai baju serasi, curi perhatian. (Sumber: Facebook/coupleoffaisalabad)

2. Pasalnya, suami istri ini memiliki gaya busana yang unik yakni selalu tampil dengan baju kembar.

Pasangan suami istri ini selalu kompak pakai baju serasi, curi perhatian. (Sumber: Facebook/coupleoffaisalabad)
Pasangan suami istri ini selalu kompak pakai baju serasi, curi perhatian. (Sumber: Facebook/coupleoffaisalabad)

3. Selama 37 tahun menikah, pasangan tersebut selalu berdiskusi soal busana apa yang akan mereka kenakan.

Pasangan suami istri ini selalu kompak pakai baju serasi, curi perhatian. (Sumber: Facebook/coupleoffaisalabad)
Pasangan suami istri ini selalu kompak pakai baju serasi, curi perhatian. (Sumber: Facebook/coupleoffaisalabad)

4. Tak hanya sehari-hari, suami istri ini juga tampil romantis di berbagai acara dan pertemuan.

Pasangan suami istri ini selalu kompak pakai baju serasi, curi perhatian. (Sumber: Facebook/coupleoffaisalabad)
Pasangan suami istri ini selalu kompak pakai baju serasi, curi perhatian. (Sumber: Facebook/coupleoffaisalabad)

5. Dalam wawancara kepada Independent UK, Shagufta ungkap jika mereka memiliki dua lemari khusus agar mudah mencari baju mereka.

Pasangan suami istri ini selalu kompak pakai baju serasi, curi perhatian. (Sumber: Facebook/coupleoffaisalabad)
Pasangan suami istri ini selalu kompak pakai baju serasi, curi perhatian. (Sumber: Facebook/coupleoffaisalabad)

6. Diundang ke berbagai acara, mereka kini berharap orang lain akan terinspirasi untuk selalu harmonis kepada pasangan.

Pasangan suami istri ini selalu kompak pakai baju serasi, curi perhatian. (Sumber: Facebook/coupleoffaisalabad)
Pasangan suami istri ini selalu kompak pakai baju serasi, curi perhatian. (Sumber: Facebook/coupleoffaisalabad)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Timnas U-19 Indonesia vs Hajduk Split Hari Ini

Posted: 19 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Split - Timnas Indonesia U-19 batal berujicoba melawan Bosnia Herzegonvina, Selasa (20/10/2020). Pasalnya, sejumlah pemain Bosnia dinyatakan positif covid-19.

Namun demikian, pasukan Shin Tae-yong dipastikan tetap akan merumput. Itu setelah PSSI menyiapkan klub Kroasia, Hajduk Split sebagai lawan pengganti bagi timnas U-19.

Mengutip situs resmi PSSI, pertandingan melawan Hajduk Split akan berlangsung di Stadion Sloga Mravince, Split dan akan kick off pada pukul 11.00 waktu setempat.

Untuk uji coba pada tanggal 23 dan 26 Oktober, saat ini PSSI masih menunggu konfirmasi dari FA Kroasia dan tim lawan.

"Setelah mendapat info pembatalan tersebut, kami bergerak cepat mencari lawan pengganti uji coba untuk timnas U-19," kata Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

"Dan setelah berkomunikasi dengan federasi sepak bola Kroasia, kami besok Selasa (20/10/2020) mendapat lawan Hajduk Split yang notabene tim papan atas Liga Kroasia," katanya menambahkan.

 

10 Laga Ujicoba

Timnas Indonesia U-19 (dok. PSSI)
Timnas Indonesia U-19 (dok. PSSI)

Timnas Indonesia U-19 menjalani pemusatan latihan di Kroasia sejak 30 Agustus 2020 lalu. Witan Sulaeman dkk. sejauh ini telah menjalani sepuluh laga uji coba di Kroasia.

Rinciannya, Garuda Muda melawan Bulgaria (0-3), Kroasia (1-7), Arab Saudi (3-3), serta dua kali melawan Qatar (2-1 dan 1-1), Bosnia Herzegovina (0-1), Dinamo Zagreb (1-0), NK Dugopolje (3-0), dan Makedonia Utara (4-1 dan 0-0).

Berikut jadwal timnas Indonesia U-19.

Selasa, 20 Oktober 2020

Timnas Indonesia U-19 vs Hajduk Split

15.45 WIB

Live Mola TV

Jadwal Selanjutnya

Jumat, 23 Oktober 2020

Timnas U-19 vs Belum ditentukan

Senin, 26 Oktober 2020

Timnas U-19 vs belum ditentukan

Saksikan Video Timnas Indonesia U-19 di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: EXO Chen Membenarkan akan Segera Daftar Wajib Militer

Posted: 19 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta EXO Chen mengunggah surat tulisan tangan untuk penggemarnya melalui komunitas resmi EXO bernama Lysn. Ia mengkonfirmasi tentang rencana pendaftaran wajib militernya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kurangnya Fasilitas Pendingin Bakal Jadi Kendala Penyimpanan Vaksin Corona COVID-19

Posted: 19 Oct 2020 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kandidat vaksin virus Corona yang tengah diproduksi di seluruh dunia sangat membutuhkan pendingin steril nonstop agar tetap berfungsi.

Meskipun ada langkah besar dalam melengkapi negara-negara berkembang untuk mempertahankan "suhu dingin" untuk vaksin, hampir 3 miliar dari 7,8 miliar orang di dunia tinggal di tempat-tempat dengan penyimpanan suhu terkontrol yang tidak memadai guna mengendalikan keefektifan vaksin Corona COVID-19.

Hasilnya, orang miskin di seluruh dunia kemungkinan besar menjadi yang terakhir keluar dari pandemi, demikian dikutip dari laman Channel News Asia, Selasa (20/10/2020).

Mempertahankan suhu dingin untuk vaksin virus Corona harus berada di sekitar minus 70 derajat Celsius.

Pakar logistik mengatakan, sebagian besar negara Afrika dan sebagian besar Asia Tenggara, Asia Tengah, dan Amerika Latin kekurangan infrastruktur untuk mengawetkan vaksin yang lebih konvensional.

Sebuah klinik medis kecil di luar ibu kota Burkina Faso sudah hampir setahun tidak memiliki fasilitas ini.

Untuk meningkatkan alat pendingin di negara berkembang, organisasi internasional telah mengawasi pemasangan puluhan ribu lemari es vaksin bertenaga surya.

Menjaga keamanan vaksin Corona COVID-19 yang sensitif terhadap suhu dari awal hingga akhir juga membutuhkan listrik yang andal, jalan yang baik, dan perencanaan.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Minimalisasi Pencurian

Penyakit disembuhkan dengan vaksin (Sumber: Pixabay)
Penyakit disembuhkan dengan vaksin (Sumber: Pixabay)

Untuk negara miskin seperti Burkina Faso, peluang terbaik untuk menerima pasokan vaksin virus Corona adalah melalui inisiatif COVAX yang dipimpin oleh Organisasi Kesehatan Dunia dan aliansi vaksin GAVI untuk mendistribusikan kandidat yang sukses secara adil.

Sementara itu, perusahaan logistik Jerman DHL yang telah memperluas kapasitas penyimpanannya sebagai tanggapan terhadap pandemi, memperkirakan bahwa 15.000 penerbangan kargo akan diperlukan untuk memvaksinasi dunia sepenuhnya terhadap virus corona.

Vaksin virus korona akan menjadi salah satu produk yang paling dicari di dunia, jadi sindikat pencurian juga berbahaya.

GAVI dan UNICEF telah bereksperimen dengan pengiriman vaksin dengan drone. Perusahaan penyimpanan terbesar di India untuk makanan sedang mempertimbangkan untuk menyisihkan ruangannya untuk vaksin.

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gus Jazil: Masalah Antara Agama dan Negara Sudah Tuntas

Posted: 19 Oct 2020 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta MPR menggelar Sosialisasi Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika atau yang lebih dikenal dengan Empat Pilar MPR. Hadir dalam sosialisasi yang bertema 'Semangat Hari Santri dan Penguatan Empat Pilar MPR Untuk Indonesia Maju', Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid, anggota MPR dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Mohammad Rano Alfath, Ketua GP Ansor Tangerang Selatan Ahmad Fauzi, Ketua GP Ansor Ciputat Timur Fauzul Arif; dan Rois Syuriah NU Ciputat Timur KH. Imam Abda.  

Di hadapan ratusan peserta yang mayoritas anak-anak muda, Jazilul Fawaid menuturkan sosialisasi yang digelar merupakan rangkaian untuk memperingati Hari Santri, 22 Oktober. Dipaparkan, dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia, Proklamasi 17 Agustus 1945, Deklarasi Resolusi Jihad 22 Oktober 1945, dan Pertempuran di Surabaya pada 10 November 1945, merupakan satu rangkaian perjuangan. "Ada peristiswa besar di Indonesia yang terjadi dalam satu hentakan," ungkap Wakil Ketua Umum DPP PKB itu.
 
Hari Santri, menurut pria asal Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, itu sangat unik. "Di dunia yang memperingati Hari Santri hanya ada di Indonesia," ungkapnya. Ditegaskan bahwa Hari Santri bukan milik satu golongan namun milik seluruh ummat Islam. "Hari Santri adalah suatu semangat di mana agama bisa bertemu dengan paham nasionalisme," ungkapnya. "Itu disebut santri," tambahnya. Dari definisi itu, Jazilul Fawaid yakin santri tidak akan pernah berubah pikiran untuk mempertentangkan antara agama dengan negara. Oleh sebab itu dengan Hari Santri akan semakin menguatkan bahwa masalah antara agama dengan negara sudah tuntas.
 
Pria yang akrab dipanggil Gus Jazil itu membandingkan semangat perjuangan pada masa lalu dan masa sekarang. Dikatakan, pada masa perjuangan merebut kemerdekaan, musuh bangsa ini jelas, "Jepang dan Belanda sebagai penjajah," ungkapnya. Sebab musuhnya penjajah maka musuh yang dihadapi Nampak di depan mata. "Kita berjuang di medan pertempuran untuk mengusir mereka," ujarnya.
 
Dalam masa mengisi kemerdekaan, musuh bangsa ini tetap ada namun dalam menghadapi tidak harus dengan melawannya di medan pertempuran. "Musuh kita saat ini adalah kemiskinan, kebodohan, dan keterbelakangan," ungkapnya. "Sebab bentuknya tidak fisik sehingga susah menghadapinya," tambahnya.
 
Mengisi kemerdekaan menurut Jazilul Fawaid banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Dirinya berharap dengan semangat Empat Pilar dan Hari Santri, apa yang menjadi pekerjaan besar bangsa Indonesia seperti kemiskinan, kebodohan, dan keterbelakangan, bisa diselesaikan. Saat ini Jazilul Fawaid kecewa sebab bangsa ini justru lebih sibuk dengan masalah-masalah yang tidak produktif, seperti banyaknya hoaks. "Untuk itu kita perlu merenungkan kembali apa tujuan kita bernegara," tegasnya.
 
(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kabar Baik, Gadis 14 Tahun Temukan Cara untuk Mengembangkan Obat Covid-19

Posted: 19 Oct 2020 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah perusahaan farmasi di seluruh dunia saat ini tengah berlomba menemukan obat atau vaksin untuk virus corona (Covid-19).

Tampaknya kabar baik datang dalam bentuk penemuan yang dilakukan oleh seorang gadis berusia 14 tahun dari Frisco, Texas, Amerika Serikat.

Gadis cilik bernama Anika Chebrolu itu telah memenangkan ajang 2020 3M Young Scientist Challenge dan mendapatkan hadiah uang tunai senilai US$ 25.000 atau sekitar Rp 370 juta. Demikian sebagaimana dikutip dari Ubergizmo, Selasa (20/10/2020).

Penemuan Chebrolu bukanlah obat untuk menyembuhkan seseorang dari Covid-19, tetapi penemuan tersebut dapat membantu para ilmuwan lebih memahami sifat virus, yang selanjutnya dapat membantu mengembangkan obat atau vaksin.

Penemuannya menggunakan apa yang dikenal sebagai metodologi in-silico, mengarah pada penemuan molekul timbal yang dapat mengikat protein lonjakan virus Covid-19.

 

Bantuan Mentor

Petugas medis diperiksa dengan metode Tes serologi COVID-19 di RS Siloam, Jakarta, Selasa (11/8/2020). Tes serologi antibodi SARS-CoV-2 berbasis lab adalah tes untuk mendeteksi antibodi baik Imunoglobulin M (IgM) dan Imunoglobulin G (IgG) terhadap SARS-CoV-2 dalam darah. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas medis diperiksa dengan metode Tes serologi COVID-19 di RS Siloam, Jakarta, Selasa (11/8/2020). Tes serologi antibodi SARS-CoV-2 berbasis lab adalah tes untuk mendeteksi antibodi baik Imunoglobulin M (IgM) dan Imunoglobulin G (IgG) terhadap SARS-CoV-2 dalam darah. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menurut Chebrolu, proyek awalnya menyasar virus influenza yang saat ini belum ada obatnya (hanya treatmen dan vaksinasi tahunan).

Namun, karena pandemi yang kini masih berlangsung dan melihat berapa banyak orang yang terkena dampaknya--berkat bantuan mentornya--Chebrolu mengubah arah proyeknya ke Covid-19.

 

Perlu Bantuan Ahli Virologi

Petugas medis menjalani Tes serologi COVID-19 di RS Siloam Kebon Jeruk, Jakarta, Selasa (11/8/2020). Tes serologi antibodi SARS-CoV-2 berbasis lab merupakan tes untuk mendeteksi antibodi baik Imunoglobulin M (IgM) dan Imunoglobulin G (IgG) terhadap SARS-CoV-2 dalam darah. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Petugas medis menjalani Tes serologi COVID-19 di RS Siloam Kebon Jeruk, Jakarta, Selasa (11/8/2020). Tes serologi antibodi SARS-CoV-2 berbasis lab merupakan tes untuk mendeteksi antibodi baik Imunoglobulin M (IgM) dan Imunoglobulin G (IgG) terhadap SARS-CoV-2 dalam darah. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Yang saat ini perlu segera dilakukan adalah bekerja sama dengan para ilmuwan dan peneliti, yang diharapkan penemuannya dapat membantu pengembangan penyembuhan potensial.

"Upaya saya untuk menemukan senyawa timbal dalam mengikat protein lonjakan virus SARS-CoV-2 mungkin tampak seperti setetes air di lautan, dan masih perlu upaya lebih lanjut," kata Chebrolu.

Hal yang menentukan keberhasilan, ia melanjutkan, adalah mengembangkan molekul ini lebih jauh dengan bantuan ahli virologi dan spesialis pengembangan obat.

(Isk/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Stimulus AS Kian Tak Jelas, Rupiah Diprediksi Bergerak Datar

Posted: 19 Oct 2020 09:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat tipis pada pembukaan perdagangan Selasa pekan ini.

Mengutip Bloomberg, Selasa (20/10/2020), rupiah dibuka di angka 14.672 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.707 per dolar AS. Menjelang siang, rupiah berbalik melemah dengan berada di level 14.712 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.672 per dolar AS hingga 14.718 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 6,10 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia, rupiah dipatok di angka 14.729 per dolar AS, menguat jika dibandingkan patokan sebelumnya yang ada di angka 14.741 per dolar AS.

"Ketidakpastian stimulus AS masih membayangi pergerakan aset berisiko pagi ini. Meski ada kemajuan pembicaraan, tapi pasar terlihat tidak mau terburu-buru masuk ke aset berisiko," kata Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures Ariston Tjendra di Jakarta, seperti dikutip dari Antara.

Menurut Ariston, stimulus fiskal stimulus bisa membantu pemulihan ekonomi AS di tengah pandemi dan memberikan sentimen positif ke aset berisiko.

Pembicaraan stimulus antara Partai Demokrat dan Republik akan berlanjut hari ini, mengejar batas waktu rilis sebelum pemilu AS 3 November 2020 mendatang.

"Dari dalam negeri, pasar mungkin akan mengamati aksi demo yang akan berlangsung hari ini," ujar Ariston.

 

Prediksi Rupiah

Teller menghitung mata uang Rupiah di Jakarta, Kamis (16/7/2020). Bank Indonesia mencatat nilai tukar Rupiah tetap terkendali sesuai dengan fundamental. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Teller menghitung mata uang Rupiah di Jakarta, Kamis (16/7/2020). Bank Indonesia mencatat nilai tukar Rupiah tetap terkendali sesuai dengan fundamental. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ariston memperkirakan hari ini rupiah bergerak mendatar cenderung melemah di kisaran Rp14.650 per dolar AS hingga Rp14.750 per dolar AS.

Pada Senin (19/10) lalu, rupiah ditutup melemah 10 poin atau 0,07 persen menjadi Rp14.708 per dolar AS dari sebelumnya Rp14.698 per dolar AS.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Dalami Dugaan Korupsi Pengerjaan Subkontraktor Fiktif Waskita Karya

Posted: 19 Oct 2020 09:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih mendalami kasus dugaan korupsi terkait pelaksanaan pekerjaan subkontraktor fiktif pada proyek-proyek yang dikerjakan PT Waskita Karya.

Untuk mendalami hal tersebut, tim penyidik menjadwalkan memeriksa Staf PT Bajra Bumi Nusantara Agus Hermansyah, Selasa (20/10/2020). Agus akan dimintai keterangan untuk melengkapi berkas penyidikan mantan Direktur Utama PT Jasa Marga, Desi Arryani (DSA).

"Diperiksa sebagai saksi untuk tersangka DSA," ujaf Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Selasa (20/10/2020).

KPK menjerat mantan Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Arryani tersangka kasus dugaan korupsi pengerjaan subkontraktor fiktif pada proyek-proyek yang dikerjakan PT Waskita Karya tahun anggaran 2009-2015.

Selain Desi, KPK juga menjerat dua orang lainnya sebagai tersangka, yakni Direktur Utama PT Waskita Beton Precast Jarot Subana, dan Wakil Kadiv II Waskita Karya Fakih Usman.

Desi Arryani ditetapkan sebagai tersangka dalam jabatannya sebagai mantan Kepala Divisi III/Sipil/II PT Waskita Karya. Sedangkan Jarot Subana, ditetapkan tersangka dalam jabatannya sebagai Mantan Kepala Bagian Pengendalian pada Divisi III/Sipil/II PT Waskita Karya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Total 5 Tersangka

Sementara Fakih Usman, ditetapkan sebagai tersangka dalam jabatannya sebagai mantan Kepala Proyek dan Kepala Bagian Pengendalian pada Divisi III/Sipil/II PT Waskita Karya.

Sebelumnya, KPK telah lebih dulu menetapkan mantan Kepala Divisi (Kadiv) II PT Waskita Karya, Fathor Rachman (FR) serta mantan Kepala Bagian (Kabag) Keuangan dan Risiko Divisi II PT Waskita Karya, Yuly Ariandi Siregar (YAS) sebagai tersangka.

Para pejabat Waskita Karya tersebut diduga telah memperkaya diri sendiri, orang lain, ataupun korporasi, terkait proyek fiktif pada BUMN. Sedikitnya, ada 14 proyek infrastruktur yang diduga dikorupsi oleh pejabat Waskita Karya. Proyek tersebut tersebar di Sumatera Utara, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Bali, Kalimantan Timur, dan Papua.

Sehingga, saat ini total ada lima tersangka dalam perkara ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar FTV Kisah Nyata Spesial: Kukorbankan Segalanya Demi Ambisiku Yang Ingin Kaya, Selasa 20 Oktober 2020

Posted: 19 Oct 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kisah Nyata Spesial salah satu tayangan favorit di Indosiar.

FTV Kisah Nyata Spesial menyajikan drama memikat penuh hikmah.

Jangan lewatkan Kisah Nyata Spesial Selasa siang via live streaming dengan klik tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ribuan Buruh Blokade Jalan Raya Rancaekek, Cek Jalur Alternatif

Posted: 19 Oct 2020 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Ribuan buruh dari berbagai elemen yang tergabung dalam Forum Rakyat Membatalkan Omnibus Law (Formo), kembali menggelar aksi turun ke jalan menolak Undang-Undang Cipta Kerja, Selasa (20/10/2020). Massa buruh dari berbagai organisasi dan serikat pekerja pabrik itu memblokade Jalan Raya Rancaekek menuju arah Cileunyi, Kabupaten Bandung.

Pantauan awak Liputan6.com, massa Formo mulai bergerak sekitar pukul 09.00 WIB dari kawasan Rancaekek.

Terlihat massa aksi berseragam merah berjalan kaki diiringi mobil komando. Dari barisan belakang, massa buruh menggunakan kendaraan roda dua di barisan belakang.

Situasi lalu lintas dalam aksi long march di Jalan Raya Bandung-Garut mengalami kepadatan dari arah Garut. Sementara lalin ke arah Garut terpantau ramai lancar.

Adapun petugas dari Polri dan TNI berjaga-jaga di sepanjang jalur Jalan Raya Bandung Garut.

Penanggung jawab aksi Formo, Slamet Prajitno mengatakan, tuntutan aksi massa yang turun ke jalan masih sama dengan protes yang mereka lakukan pada 6-8 Oktober lalu, yaitu menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja.

"Tuntutan aksi dari semua sektor tani, buruh, mahasiswa dan pemuda masih sama yaitu menuntut Omnibus Law semua klaster untuk dibatalkan," ujarnya.

Formo sendiri terdiri dari sejumlah elemen buruh, antara lain FPPB-KASBI Bandung Raya, PEPPSI-FSPPI, Gobsi, Sekar, KSPN, dan SPN. Serta kelompok tani Agra Wilayah Jawa Barat.

Elemen mahasiswa yang bergabung di antaranya FMN Cabang Bandung Raya, BEM Rema UPI, UKSK UPI, Pembaru Ranting Majalaya-Ciparay, Asoemsi IKOPIN, LPPMD Unpad, Komunitas Pasar Gratis Jatinangor, Rancaekek Unite, PMII Komisariat UIN Sunan Gunung Djati Cabang Kabupaten Bandung, Tim Medis Universitas Bhakti Kencana, dan Senat Mahasiswa Fakultas Teknik Uninus.

Sementara itu, Satlantas Polresta Bandung mengimbau masyarakat untuk menghindari Jalan Raya Bandung-Garut tepatnya di kawasan Rancaekek dan sekitarnya.

"Diimbau kepada masyarakat pengguna jalan dari arah Bandung menuju Garut atau Tasik maupun sebaliknya, agar menghindari jalan utama Simpang Cileunyi sampai dengan Parakan Muncang," tulis Satlantas Polresta Bandung dalam akun Instagram @tmcpolrestabandung.

Adapun bagi masyarakat Bandung yang akan berpergian ke Garut atau Tasikmalaya, disarankan melalui jalur alternatif via Tanjung Sari. Jalurnya meliputi Cileunyi - Jatinangor - Tanjung Sari - Simpang Pamulihan - Cimanggung - Parakan Muncang - Nagreg.

Sementara masyarakat yang datang dari Garut atau Tasikmalaya menuju Bandung bisa melintasi dua jalur alternatif. Jalur alternatif pertama yaitu Nagreg - By Pass Cicalengka - Parakan Muncang - Cimanggung - Simpang Pamulihan - Tanjung Sari - Jatinangor - Cileunyi.

Jalur alternatif kedua meliputi Nagreg - Cicalengka Lama - Majalaya - Solokan Jeruk - Dangdeur Rancakek atau Sapan Gedebage - Kota Bandung. 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Namanya Jadi Jalan di Abu Dhabi, Jokowi: Ini untuk Rakyat Indonesia

Posted: 19 Oct 2020 09:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Uni Emirat Arab, atas pemberian nama jalan yang menggunakan namanya. Menurut dia, hal tersebut adalah sebuah penghargaan yang luar biasa.

"Ini tentu sebentuk penghargaan dan kehormatan, bukan untuk saya pribadi semata tapi untuk Indonesia," tulis Jokowi dalam Instagram pribadinya, @jokowi, seperti dilihat Liputan6.com, Selasa (20/10/2020).

Jokowi menilai, pemberian nama tersebut adalah cerminan hubungan baik antara Indonesia dan Uni Emirat Arab. Eks gubernur DKI ini pun percaya, bahwa antara Indonesia dan Uni Emirat Arab kelak akan terus memiliki kerjasama yang baik di segala bidang.

"Ini gambaran betapa eratnya hubungan antar dua negara yang kini bekerja sama dalam berbagai bidang, semoga hubungan kedua negara makin kokoh dan bermanfaat bagi rakyat Uni Emirat Arab dan Indonesia," harap Jokowi.

Sebagai informasi, Pemerintah Uni Emirat Arab mendaulat sebuah jalan dengan nama President Joko Widodo Street. Jalan terletak di kawasan Abu Dhabi National Exhibition Center dan membelah kawasan Embassy Area.

Ruas jalan ini diresmikan kemarin, oleh Sheikh Khalid bin Mohammed bin Zayed Al Nahyan, Chairman Abu Dhabi Executive Office.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Nama Jalan Joko Widodo Sebelumnya

Sebelumnya, nama itu bernama Al Ma'arid Street (Jalan Ekshibisi atau Pameran).

Nama jalan Presiden Joko Widodo itu diresmikan pada Senin 19 Oktober 2020 pukul 16:45 waktu setempat oleh Sheikh Khalid bin Mohammed bin Zayed Al Nahyan selaku Chairman Abu Dhabi Executive Office.

Dubes RI Husin Bagis dan pejabat Kementerian Luar Negeri UAE turut hadir menyaksikan peresmian nama ini. Ia berharap penamaan jalan ini makin memperkokoh relasi antara UAE dan Indonesia yang semakin kuat belakangan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Depan Investor Jerman, Luhut Banggakan UU Cipta Kerja

Posted: 19 Oct 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Jerman menerbitkan Pedoman Kebijakan Indo-Pasific yang berisikan kebijakan mengenai keamanan, perdagangan bebas, perlindungan lingkungan, dan transformasi digital.

Lahirnya pedoman ini pun disambut baik Pemerintah Indonesia karena memberikan peluang baru masuknya investasi dari Jerman ke Tanah Air. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pun mengajak investor Jerman untuk menjadikan Indonesia sebagai hub manufaktur untuk kawasan Asia Tenggara.

Indonesia memiliki 273 penduduk Indonesia dengan nilai PDB lebih dari USD 1 triliun. "Indonesia memiliki ekonomi terbesar di ASEAN, dengan 273 juta penduduk dan PDB senilai lebih dari USD 1 Triliun, " kata Luhut seperti dikutip Selasa (20/10/2020).

Akibat pandemi Covid-19 ini semua negara-negara di dunia dalam hal bisnis bergerak di titik yang sama. Sehingga Indonesia, kata Luhut mendorong kerja sama saling menguntungkan antara Indonesia dengan para pemangku kepentingan.

Kerja sama yang bisa dilakukan antar Jerman dengan Indonesia di antaranya ketenagakerjaan, kesehatan, teknologi, dan bidang ekonomi. Indonesia pun akan mendorong kerja sama perdagangan dengan negara-negara non ASEAN.

Seperti, Indonesia dengan Uni Eropa (UE) melalui perjanjian kerja sama ekonomi Indonesia-EU Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU-CEPA). "Dengan platform ini, kemitraan strategis Indonesia dan UE akan semakin konkret," kata dia.

Dalam kaitannya dengan perizinan usah di Indonesia, Luhut mengatakan telah ada Omnibus Law Undang-Undang Cipta Kerja yang telah menyederhanakan 8.451 aturan nasional dan 15.965 aturan regional. Sehingga tidak ada lagi yang membebani bisnis skala kecil, menengah, maupun besar.

"Suatu langkah progresif untuk memperbaiki iklim berusaha di Indonesia,"kata dia mengakhiri.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

Menko Airlangga Undang Pengusaha Jerman Investasi di Indonesia

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sebelumnya, pemerintah menekankan keseimbangan penanganan Pandemi Covid-19. Keseimbangan tersebut baik dari aspek kesehatan, sekaligus secara simultan mendorong upaya pemulihan perekonomian. Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto kepada pengusaha Jerman dalam Asia-Pacific Conference of German Business (APK).

"Indonesia telah mengambil langkah-langkah konkret, baik langkah kebijakan di bidang kesehatan maupun ekonomi, termasuk stimulus fiskal dan nonfiskal, dengan alokasi anggaran senilai USD 43 miliar," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto kepada para peserta Asia-Pacific Conference of German Business (APK) secara daring di Jakarta, Senin (19/10/2020).

 

Airlangga melanjutkan, Indikator ekonomi terbaru Indonesia telah menunjukkan tanda-tanda pemulihan. Indikator tersebut antara lain Purchasing Manager's Index (PMI) yang turun menjadi 28 poin sekitar Maret 2020, rebound menjadi 51 poin pada Agustus 2020.

Selain itu, konsumsi juga meningkat pada Agustus dan Neraca perdagangan Indonesia surplus USD 5,4 miliar selama semester I 2020. Hingga Agustus 2020, surplus tercatat sebesar USD 2,3 miliar.

"Seiring dengan pelaksanaan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), pemerintah berkomitmen untuk memastikan bahwa kesehatan masyarakat tetap terjaga dan senantiasa akan ditingkatkan," lanjutnya.

Airlangga juga menyampaikan apresiasi terhadap hubungan ekonomi bilateral Indonesia-Jerman. Dimana masih tetap berada di lintasan pertumbuhan yang tepat, sesuai Deklarasi Jakarta tahun 2012.

Meski terjadi pandemi, Indonesia dan Jerman berhasil mencatatkan nilai perdagangan USD 3,6 miliar pada Januari–Agustus 2020. Ini artinya hanya sedikit menurun 8,3 persen dibanding periode yang sama tahun lalu sebelum pandemi.

Indonesia juga mencatat investasi Jerman lebih dari USD 1 miliar pada periode 2015-2020, di mana ada sekitar 250 perusahaan Jerman yang beroperasi di Indonesia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

16 Jenis Kucing Berbulu Pendek, Tak Perlu Perawatan Khusus

Posted: 19 Oct 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jenis kucing berbulu pendek bisa jadi pilihan tepat untuk kamu yang ingin memelihara kucing dengan perawatan mudah. Kucing merupakan peliharaan paling populer yang pernah ada. Tingkahnya yang lucu dan wajahnya yang menggemaskan membuat binatang ini jadi penghilang stres yang ampuh.

Bagi kamu yang memiliki gaya hidup praktis, jenis kucing tertentu bisa dipertimbangkan untuk diadopsi. Dengan bulu yang pendek, jenis kucing ini tidak memerlukan perawatan harian seperti jenis kucing berbulu panjang. Kamu hanya perlu menyikat bulunya secara berkala untuk menjaganya tetap sehat dan tidak rontok.

Ada banyak jenis kucing berbulu pendek dengan berbagai ras. Jenis kucing ini punya karakater ramah yang cocok jadi teman bermain di rumah. Berikut jenis kucing berbulu pendek, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(20/10/2020).

Jenis Kucing Berbulu Pendek

Kucing siam  (sumber: Pixabay)
Kucing siam (sumber: Pixabay)

Siam

Kucing Siam berukuran sedang, ramping, dan bulu pendek yang halus. Ciri yang paling mencolok dari kucing siam adalah pola warna yang lebih gelap di telinga, muka, ekor, tungkai, dan kaki. Kucing Siam merupakan jenis kucing yang memiliki bulu pendek yang hanya membutuhkan perawatan standar. Sikatlah bulu kucing setiap minggu untuk mengurangi risiko terjadinya hairball.

Burma

Kucing Burma adalah kucing berukuran sedang dengan tubuh yang kuat, berotot, kepala bulat, dan mata emas yang ekspresif. Jenis kucing ini termasuk kucing yang cerdas dan penyayang.

Bulu kucing burma pendek, dan berkilau halus seperti sutra. Jenis kucing ini hanya membutuhkan perawatan minima dengan menyikat bulunya seminggu sekali.

Jenis Kucing Berbulu Pendek

Kucing Russian Blue  (sumber: Pixabay)
Kucing Russian Blue (sumber: Pixabay)

Russian Blue

Seperti namanya, kucing ini berasal dari Rusia dan bulunya berwarna biru. Meskipun warnanya tampak abu-abu, biru adalah istilah khusus yang digunakan untuk mendeskripsikan warna tertentu pada beberapa kucing dan anjing.

Bulu jenis kucing ini biru berkilau dengan corak keperakan. Bulu kRussian Blue yang pendek, padat, dan mewah sangat mudah dirawat. Bulunya secara alami tidak banyak rontok. Menyikat sesekali akan membuat bulu tetap lembut dan halus.

Bombay

Bombay seringkali dikenal sebagai jenis kucing paling hitam di dunia. Setelah kucing dewasa, bulunya menjadi hitam sampai ke akar, pendek, rapat, dan sangat berkilau. Bahkan bantalan kakinya berwarna hitam. Bombay merupakan kucing pangkuan yang menyenangkan. Bulunya yang pendek tidak memerlukan perawatan khusus setiap harinya.

Jenis Kucing Berbulu Pendek

British Shorthair (sumber: Pixabay)
British Shorthair (sumber: Pixabay)

British Shorthair

British Shorthair merupakan salah satu jenis kucing tertua asal Inggris. Kucing ini memiliki kepala bundar, mata bulat cerah, pipi tembem, cakar bulat, dan ekor dengan ujung membulat. British Shorthair tidak terlalu menuntut dalam hal perawatan atau perhatian, dan mereka bukan jenis yang sangat vokal.

Jenis kucing ini memiliki bulu yang lebat dan berbulu pendek. Kamu cukup menyikat beberapa kali seminggu untuk menghilangkan bulu yang rontok.

American Shorthair

American Shorthair adalah kucing berukuran sedang dengan sifat lembut. Secara fisik, American Shorthairs adalah kucing sehat dengan masa hidup yang panjang. Kucing ini mungkin memiliki bulu yang pendek tetapi mereka membutuhkan penyikatan secara teratur karena sifat bulunya yang tebal.

Sikat mingguan ideal untuk kesehatan bulu yang optimal, dan praktik perawatan standar lainnya harus diikuti juga, termasuk perawatan gigi secara teratur, pembersihan telinga, dan pemotongan kuku.

Jenis Kucing Berbulu Pendek

Oriental Shorthair (sumber: Pixabay)
Oriental Shorthair (sumber: Pixabay)

Exotic Shorthair

Exotic Shorthair adalah jenis kucing yang masih berkerabat dekat kucing Persia. Exotic Shorthair pada awalnya dibiakkan sebagai alternatif perawatan yang mudah dibandingkan kucing Persia. Sementara Persia membutuhkan perawatan harian, mantel Exotic Shorthair yang pendek, padat, dan mewah sangat mudah dirawat.

Oriental Shorthair

Oriental Shorthair adalah kucing langsing dengan fitur elegan dan bulu berwarna warni, dengan kemungkinan kombinasi 300 warna. Bulunya yang pendek tak memerlukan perawatan khusus. Oriental Shorthair melakukan perawatan diri yang sangat baik.

Namun, kucing mungkin akan senang jika sesekali disikat untuk menghilangkan bulu yang rontok dan menstimulasi kulitnya.

Jenis Kucing Berbulu Pendek

Manx (sumber: Pixabay)
Manx (sumber: Pixabay)

Manx

Kucing manx dikenal dengan ekornya yang pendek bahkan tampak tak memiliki ekor. Jenis kucing ini berasal dari Pulau Man, sebuah pulau di Laut Irlandia antara Inggris dan Irlandia. Dengan mata bulat, pantat, dan kepala, tubuh Manx yang besar dan gempal membuat jenis kucing ini menjadi kucing yang kuat.

Jenis kucing manx berbulu pendek memiliki memiliki bulu luar yang agak keras dan mengkilap. Pemilik perlu menyikatnya sekali atau dua kali seminggu untuk menghilangkan bulu mati.

Ocicat

Ocicat adalah kucing yang tampak liar dengan asal-usul domestik, dibesarkan dari kombinasi ras Abyssinian, Siam, dan American shorthair. Bulu padat pendek ocicat membutuhkan sedikit perawatan; menyikat dengan sisir kari karet sudah cukup.

Jenis Kucing Berbulu Pendek

Jenis Kucing Berbulu Pendek (sumber: Pixabay)
Jenis Kucing Berbulu Pendek (sumber: Pixabay)

Munchkin

Kucing munchkin adalah kucing rumahan biasa dengan kaki pendek karena mutasi genetik alami. Bulu munchkin membutuhkan sedikit bantuan perawatan karena kakinya yang lebih pendek membuatnya lebih sulit untuk menjangkau area tertentu selama perawatan sendiri. Kucing berbulu pendek ini harus disikat setiap minggu.

Savannah

Kucing savannah adalah persilangan hibrida antara kucing serval Afrika dan kucing domestik. Sama seperti nenek moyangnya yang liar, sabana adalah kucing tinggi kurus, dengan kaki panjang, telinga besar, dan leher panjang. Bulunya menunjukkan pola bintik-bintik yang khas.

Kucing savannah memiliki bulu yang mudah dirawat. Sikat kucing setiap minggu untuk mencegah bola bulu, dan potong kuku kucing sesering yang diperlukan.

Jenis Kucing Berbulu Pendek

Kucing Bengal  (sumber: Pixabay)
Kucing Bengal (sumber: Pixabay)

Scottish Fold

Scottish Fold memiliki telinga kecil yang melipat ke depan dan ke bawah. Scottish fold memiliki bulu yang lebat dan perlu perawatan rutin dengan menyikatnya seminggu sekali untuk kucing berbulu pendek.

Bengal

Kucing Bengal adalah kucing yang cantik, pintar, dan tampak liar. Bulu kucing ini pendek dan tidak memerlukan perhatian khusus. Kamu cukup menyisirnya setiap minggu untuk menghilangkan bulu mati dan membantu mencegah terjadinya bola bulu.

Jenis Kucing Berbulu Pendek

Devon Rex (sumber: Pixabay)
Devon Rex (sumber: Pixabay)

Japanese Bobtail

Japanese Bobtail adalah teman kucing yang mungil dan ramah. Fitur yang paling menonjol dari jenis kucing ini adalah ekornya yang pendek. Bobtail Jepang mungkin memiliki mantel bulu pendek atau bulu panjang dalam beragam warna, termasuk solid, tabby, dan bi-color. Tanpa lapisan bawah, bulu halus dari bobtail Jepang mudah dirawat.

Devon Rex

Devon Rex akan menarik perhatian dengan mata lebar dan telinga segitiganya. Dengan bulu yang tipis kucing ini senang meringkuk dan suka bergaul. Karena bulunya mudah rontok, kamu tak perlu menyisirnya. Sebagai gantinya, kamu dapat menyeka bulu kucing dengan kain lembap setiap minggu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wapres Ma'ruf Amin Sebut UU Cipta Kerja Mampu Selamatkan UMKM

Posted: 19 Oct 2020 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden, Ma'ruf Amin menyebut kehadiran Undang-Undang (UU) Cipta Kerja menjadi salah satu keuntungan bagi sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Sebab, pemerintah telah memberikan pemihakan yang besar untuk kemudahan, perlindungan, pemberdayaan untuk koperasi dan UMKM.

"Dengan Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja yang telah disahkan DPR RI tanggal 5 Oktober 2020, pemerintah memberikan pemihakan yang besar untuk kemudahan, perlindungan, pemberdayaan koperasi dan UMKM," kata dia dalam Peresmian Peluncuran Program Pelatihan Digitalisasi Pemasaran dan Manajemen Halal bagi UMKM, secara virtual di Jakarta, Selasa (20/10).

Selain itu, dukungan lain kepada UMKM juga ditunjukan melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Melalui program ini pemerintah berupaya menyelamatkan dan membantu sektor UMKM agar bisa pulih dari pandemi Covid-19.

Melalui kebijakan PEN, pemerintah membantu UMKM melalui pemberian subsidi bunga (Kredit Usaha Rakyat/KUR dan non-Kredit Usaha Rakyat), penempatan dana pemerintah pada bank umum untuk restrukturisasi kredit, dan penjaminan untuk kredit UMKM.

Tak hanya itu, PPh final untuk UMKM juga ditanggung pemerintah, pembiayaan investasi kepada koperasi melalui LPDB KUMKM, dan Banpres produktif atau bantuan bagi pelaku usaha mikro (BPUM).

Dia menambahkan, pengembangan UMKM juga termasuk dalam prioritas pengembangan ekonomi dan keuangan syariah yang difokuskan kepada empat hal. Diantaranya pengembangan dan perluasan industri produk halal, keuangan syariah, dana sosial syariah, dan kegiatan usaha syariah.

Khusus untuk pelaku usaha mikro dan kecil pengembangan dilakukan melalui penguatan peran Institusi Keuangan Mikro Syariah serta pengembangan dan perluasan kegiatan usaha dengan memperkuat kapasitas pelaku usaha bisnis syariah skala mikro dan kecil. Selain itu, pengembangan dana sosial syariah juga akan didorong sebagai instrumen untuk membantu penciptaan usaha-usaha syariah baru.

 

Usaha Syariah

Wapres Ma'ruf Amin mengunjungi Universitas Mataram, Lombok, NTB. (Foto: Setwapres)
Wapres Ma'ruf Amin mengunjungi Universitas Mataram, Lombok, NTB. (Foto: Setwapres)

Sementara, bagi pelaku usaha syariah skala mikro dan kecil upaya penguatan dilakukan untuk mendorong pelaku usaha mikro dan kecil agar menjadi bagian dari rantai nilai industri halal global (global halal value chain) untuk memacu pertumbuhan usaha dan peningkatan ketahanan ekonomi umat.

Menjadikan UMKM sebagai bagian dari rantai nilai industri halal global juga akan dilakukan melalui berbagai kebijakan seperti penyederhanaan dan percepatan proses perizinan, dan fasilitasi biaya sertifikasi halal bagi UMK.

"Hal ini dilakukan selain untuk mendorong pengembangan UMKM yang berbasis syariah, kita juga ingin menjadikan industri halal Indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri serta sekaligus menjadi pemain global," tandas dia.

Dwi Aditya Putra

Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fakta yang Terungkap Usai Napi Kabur Cai Changpan Ditemukan Tewas Bunuh Diri

Posted: 19 Oct 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pencarian narapidana atau napi Cai Changpan alias Cai Ji Fan yang kabur dari Lapas Klas 1 Tangerang berakhir sudah.

Cai Changpan ditemukan tewas bunuh diri di sebuah pabrik pembakaran ban di Desa Koleang, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Jumat 16 Oktober 2020. Jasadnya pun langsung dibawa ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati.

Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana pun sudah memastikan napi asal China tersebut tewas akibat bunuh diri.

"Kami temukan ada seseorang yang gantung diri. Hasil identifikasi bahwa beberapa ciri-ciri ini identik dengan terpidana mati Cai Changpan, mulai dari sidik jari, beberapa tato," kata Nana Sudjana di Polda Metro Jaya, Senin, 19 Oktober 2020.

Menurut Nana, terpidana mati narkoba itu nekat bunuh diri lantaran merasa terdesak setelah lokasi persembunyiannya diketahui polisi.

"Cai Changpan mungkin sudah merasa terdesak dengan adanya anggota kami yang terus menyusuri hutan Tenjo. Sehingga, mengambil jalan pintas untuk gantung diri. Ini analisis kami," kata Nana.

Berikut fakta-fakta yang terungkap usai penemuan jasad napi kabur Cai Changpan dihimpun Liputan6.com:

 

Hasil Autopsi Pastikan Bunuh Diri

Ilustrasi Bunuh Diri (Istimewa)
Ilustrasi Bunuh Diri (Istimewa)

Terpidana mati kasus narkoba Cai Changpan alias Cai Ji Fan, yang melarikan diri dari Lapas Kelas 1 Tangerang ditemukan dalam kodisi meninggal dunia. Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana memastikan napi asal China tersebut tewas akibat bunuh diri.

Kepolisian menemukan Cai Changpan di sebuah pabrik pembakaran ban di Desa Koleang, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Jumat 16 Oktober 2020. Jasadnya pun langsung dibawa ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati.

"Kami temukan ada seseorang yang gantung diri. Hasil identifikasi bahwa beberapa ciri-ciri ini identik dengan terpidana mati Cai Changpan, mulai dari sidik jari, beberapa tato," kata Nana Sudjana di Polda Metro Jaya, Senin, 19 Oktober 2020.

Nana membeberkan dari hasil pemeriksaan tim dokter yang melakukan autopsi jasad Cai Changpan tidak menemukan luka selain bekas jeratan tali di leher.

"Hasil pemeriksaan bedah terhadap jenazah Cai Changpan pada leher terdapat luka lecet tekan yang melingkari leher berjalan dari kiri bawah ke kanan atas dan tidak ditemukan luka lain. Kemudian tes penyaring napza atau alkohol dari bilasan urine negative," ujar dia.

Nana menerangkan, tim dokter menyimpulkan penyebab kematian Cai Changpan akibat kekerasan tumpul pada leher yang menyumbat jalan nafas sehingga mengakibatkan mati lemas.

"Jadi bisa dipastikan yang meninggal dunia tergantung itu adalah Cai Changpan," ucap Nana.

 

Diduga Gantung Diri karena Terdesak

banner grafis ilustrasi bunuh diri
banner grafis ilustrasi bunuh diri

Nana menyampaikan, Cai Changpan melakukan bunuh diri karena merasa terdesak setelah lokasi persembunyiannya diketahui polisi.

"Cai Changpan mungkin sudah merasa terdesak dengan adanya anggota kami yang terus menyusuri hutan Tenjo. Sehingga, mengambil jalan pintas untuk gantung diri. Ini analisis kami," kata dia.

Tim Gabungan menemukan Cai Changpan di sebuah pabrik pembakaran ban di Desa Koleang, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Jumat 16 Oktober 2020. Keberadaan Cai Changpan terdeteksi usai menerima informasi dari Kepala Desa Koleang.

"Beberapa warga menyampaikan ke Kepala Koleang, kemudian informasi dilanjutkan ke timsus gabungan," ujar dia.

Informasi diterima tim gabungan pada 16 Oktober 2020 kemarin. Kepada tim gabungan, Kades menjelaskan, beberapa warganya melihat ada seseorang mencurigakan yang kerap menginap di lokasi pembakaran ban tersebut.

"Warga yang bekerja di situ curiga setiap malam ada orang menginap, selain itu beberapa makanan juga sering hilang," ucap dia.

Nana menerangkan, tim gabungan mengepung lokasi pembakaran ban pada 17 Oktober. Hasilnya, menemukan terpidana mati Cai Changpan dalam keadaaan meninggal dunia. Menurut dia, Cai Changpan sudah tewas kurang lebih 12 jam pascaditemukan.

"Korban diperiksa oleh tim dokter padan Sabtu malam. Perkiraan tim dokter waktu meninggalnya Juma 16 Oktober jam 20.00 WIB. Ketika ditemukan, jasad korban masih utuh," terang Nana.

 

Cai Changpan Cukup Kuasai Wilayah Tenjo Bogor

Ilustrasi Foto Bunuh Diri (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Bunuh Diri (iStockphoto)

Nana mengatakan, sempat mengalami kendala saat memburu terpidana mati kasus narkoba Cai Changpan alias Cai Ji Fan.

"Selama pencarian yang memakan waktu kurang lebih sebulan, memang ada beberapa hambatan yang kami rasakan," ucap dia.

Nana menuturkan, kepolisian menerima informasi salah satu narapidana bernama Cai Changpan kabur dari Lapas Kelas 1 Tangerang pada 14 September 2020. Tim Gabungan pun dibentuk untuk mencari keberadaannya. Pencarian kemudian difokuskan ke wilayah Tenjo Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Berdasarkan keterangan dari istrinya, setelah menjenguk istrinya, mereka menuju ke Hutan Tenjo. Saat itu 3 orang warga juga menyampaikan ke kami bahwa mereka ketemu Cai Changpan," ucap dia.

Sebanyak 291 personel gabungan pun dikerahkan untuk menyisir Hutan Tenjo. Nana menerangkan, Cai Changpan bersama istrinya sudah tinggal di Tenjo sejak 2003.

Sehingga secara karakteristik dan geografis, cukup menguasai wilayah Tenjo, demikian juga dengan hutannya tersebut. Apalagi dari keterangan warga diketahui bahwa Cai Changpan mempunyai hobi berburu.

"Ini yang menjadi kendala bagi kami," papar Nana.

Nana menerangkan, tim gabungan yang dibagi menjadi tujuh tim menyebar ke sejumlah lokasi. Pada 16 Oktober 2020, ada informasi seseorang mencurigakan di sebuah pabrik pembakaran ban di Desa Koleang, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Keesokan harinya, tim gabungan mengepung lokasi dan menemukan Cai Changpan dalam keadaan meninggal dunia. Menurut dia, Cai Changpan sudah tewas kurang lebih 12 jam pascaditemukan.

 

Pastikan Jasad Cai Changpan Sesuai dengan Data Napi

Cai Changpan alias Cai Ji Fan jadi DPO polisi. (Foto: Istimewa)
Cai Changpan alias Cai Ji Fan jadi DPO polisi. (Foto: Istimewa)

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten Andika Dwi Prasetya, memastikan jasad yang ditemukan tergantung oleh kepolisian di dalam pabrik pengolahan limbah, Jasinga, Kabupaten Bogor, merupakan Cai Changpan.

Dia menjelaskan, ciri-ciri fisik sudah dicocokan dengan data dari Lapas dan dinyatakan sesuai.

"Ciri-ciri fisik dari jenazah yang ditemukan tersebut telah disesuaikan dengan Refister Sistem Database Pemasyarakat (SDP) dan ditemukan kesamaan," terang Andika.

Andika juga mengatakan, salah satu ciri diantaranya terdapat tato bergambar macan di dada sebelah kanan dan dada sebelah kiri Cai Changpan.

Kemudian, Andika juga memastikan, bila jasad narapidana yang kabur selama sebulan itu, masih berada di Rumah Sakit Kramatjati, untuk keperluan autopsi.

"Setelah autopsi selesai akan dilakukan serah terima jenazah dari pihak Lapas Kelas I Tangerang kepada pihak keluarga untuk pemakaman," jelas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Viral Warga Perumahan Buat Showroom Mobil di Depan Rumahnya

Posted: 19 Oct 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Beredar video warga perumahan buat showroom mobil di depan rumahnya. Kejadian itu membuat beberapa satpam mendatangi pemilik rumah tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Cara KPK Bekali Calon Pemimpin Daerah Agar Tak Korupsi

Posted: 19 Oct 2020 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebagai upaya pencegahan korupsi, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyelenggarakan program Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) berintegritas melalui webinar kepada calon kepala daerah, Selasa (20/10/2020). 

Adapun tema webinar adalah "Mewujudkan Pimpinan Daerah Berkualitas melalui Pilkada Serentak yang Jujur Berintegritas".

Dan rencananya akan diikuti oleh 736 pasangan calon (paslon) kepala daerah di 270 daerah peserta pilkada yang meliputi sembilan provinsi, 37 kota, dan 224 kabupaten.

"Ada empat narasumber dalam webinar, yaitu Ketua KPK Firli Bahuri, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Ketua Bawaslu RI Abhan, dan Pelaksana Harian Ketua KPU RI Ilham Saputra," kata Plt Juru Bicara KPK Bidang Pencegahan Ipi Maryati Kuding melalui keterangannya di Jakarta, Senin, 19 Oktober 2020. 

Mereka akan memberikan materi tentang nilai-nilai integritas, potensi korupsi pada pilkada, mewujudkan "good governance", dan membangun tata kelola pemerintah daerah yang bersih dan transparan.

Setelah pembekalan nasional, lanjut Ipi, KPK akan melanjutkan pembekalan untuk penyelenggara, peserta, dan pemilih pilkada di tingkat regional yang meliputi sembilan provinsi untuk menyosialisasikan nilai-nilai integritas pada proses pilkada.

"Pembekalan regional pertama akan diselenggarakan di Kota Palangka Raya pada 22 Oktober 2020 untuk empat daerah peserta pilkada. Meliputi Kalimantan Tengah, Sumatera Selatan, Sulawesi Tengah, dan Banten," tuturnya dilansir Antara

Modus Korupsi dapat Dipahami

Ia mengatakan melalui rangkaian kegiatan pembekalan dan webinar tersebut, KPK mengharapkan dapat memberikan pemahaman kepada calon kepala daerah dan penyelenggara dalam memahami modus-modus korupsi dalam penyelenggaraan pilkada dan cara menanganinya.

"Selain itu, setelah terpilih diharapkan calon kepala daerah memahami bagaimana mewujudkan pemerintahan yang bersih dari korupsi dan bagi masyarakat pemilih agar dapat menggunakan hak pilihnya secara jujur," ujar Ipi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemain Lawan Positif COVID-19, Laga Arsenal di Europa League Tetap Berjalan

Posted: 19 Oct 2020 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pertandingan Arsenal di Europa League tetap akan berjalan meski seorang pemain lawan, Rapid Wien positif COVID-19. Kedua tim dijadwalkan bertemu pada Kamis ini pada babak penyisihan grup B.

Tim tuan rumah meyakinkan bahwa pihaknya telah mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan UEFA. Laga melawan Arsenal juga masih bisa digelar karena pemain lainnya negatif COVID-19.

"Sebagai bagian dari tes rutin COVID-19 di SK Rapid, seorang pemain positif setelah hasilnya keluar," bunyi pernyataan resmi Rapid Vienna seperti dikutip dari berbagai media Eropa hari ini. 

"SK Rapid segera bertindak dan kami segera menjalankan konsep pencegahan Bundesliga yang berisi detail prosedur dalam menangani kasus terkonfirmasi," SK Rapid menambahkan.

Dalam pernyataan resminya, Rapid Vienna juga menjelaskan kalau pemain yang dinyatakan positif COVID-19 tidak menunjukkan gejala. Mereka juga sudah melaporkan kejadian itu kepada pejabat berwenang setempat dan pemain serta anggota staf lainnya segera kembali menjalani tes COVID-19.

"Tes selanjutnya menunjukkan hasil negatif yang menjadi bukti efektifnya konsep tindakan pencegahan. Karena itu, latihan maupun pertandingan tidak beresiko."

 

Laga Perdana Arsenal

Pelatih Arsenal, Mikel Arteta mengangkat trofi Piala FA setelah mengalahkan Chelsea pada pertandingan final Piala FA di stadion Wembley, London, Minggu (2/8/2020) dini hari. Arsenal juara Piala FA setelah menang dengan skor 2-1. (Catherine Ivill/Pool via AP)
Pelatih Arsenal, Mikel Arteta mengangkat trofi Piala FA setelah mengalahkan Chelsea pada pertandingan final Piala FA di stadion Wembley, London, Minggu (2/8/2020) dini hari. Arsenal juara Piala FA setelah menang dengan skor 2-1. (Catherine Ivill/Pool via AP)

Pertandingan melawan Rapid Vienna jadi laga perdana yang dilalui Arsenal pada Europa League musim ini. Pertandingan bakal berlangsung di markas Rapid, Kami siang waktu setempat. Musim lalu, Arsenal hanya sampai babak 32 besar, tapi kembali lolos ke babak utama setelah berhasil menjuarai Piala FA.

 

Rotasi Pemain

Menghadapi Rapid Vienna, manajer The Gunners, Mikel Arteta sepertinya bakal merotasi para pemainnya. Langkah ini wajar dilakukan mengingat ketatnya jadwal yang dilalui di ajang Liga. Apalagi dalam tiga laga ke depan, Arsenal harus bertemu Leicester, Manchester United, dan Aston Villa. 

 

Debut Partey

Pemain Arsenal, Thomas Partey, mendengarkan instruksi dari sang manajer, Mikel Arteta, ketika akan menjalani debut bersama The Gunners dalam laga kontra Manchester City, Minggu (18/10/2020). (AFP/MICHAEL REGAN)
Pemain Arsenal, Thomas Partey, mendengarkan instruksi dari sang manajer, Mikel Arteta, ketika akan menjalani debut bersama The Gunners dalam laga kontra Manchester City, Minggu (18/10/2020). (AFP/MICHAEL REGAN)

Pemain baru, Thomas Partey berpeluang menjalani debutnya pada laga ini. Pria berusia 27 tahun tersebut baru saja diboyong dari Atletico Madrid dengan nilai transfer sebesar 45 juta pound sterling.  

Namun Arsenal dipastikan tanpa Mesut Ozil dalam laga nanti. Pemain asal Jerman itu tidak ikut didaftarkan The Gunners dalam susunan pemain yang akan tampil di Liga Europa musim ini. 

 

Bergabung di Grup B

Sementara itu, pada Liga Europa musim ini, Arsenal berghabung di grup B bersama tiga tim lainnya. Selain Rapid Vienna, The Gunners harus bertemu Dundalk dan Molde. Dundalk berasal dari Irlandia, sementara Molde yang berasal dari Norwegia dan pernah ditangani oleh Ole Gunnar Solskjaer.    

Saksikan juga video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bupati Anas Motivasi Tenaga Pendidik untuk Tetap Semangat Laksanakan Sekolah Online

Posted: 19 Oct 2020 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Banyuwangi Bupati Abdullah Azwar Anas memberikan motivasi kepada jajaran tenaga pendidikan di Kabupaten Banyuwangi untuk terus semangat menjalankan pendidikan jarak jauh (PJJ) bagi siswa di masa pandemi ini. Anas meminta agar tenaga pendidik juga bisa terus berinovasi agar proses pendidikan tetap berjalan optimal dan meningkatkan semangat belajar siswa.

Hal itu disampaikan Anas saat bertemu dengan puluhan tenaga pendidik yang terdiri atas koordinator wilayah satuan pendidikan (korwil satdik) dan perwakilan kepala sekolah dari 25 kecamatan se-kabupaten di aula Dinas Pendidikan, Senin (19/10/2020). Turut hadir Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Suratno.

Anas mengatakan pelaksanaan pendidikan jarak jauh (PJJ) secara online yang saat ini berlangsung, tentunya menuntut para tenaga pendidik untuk mampu menyesuaikan diri dengan penggunaan teknologi sebagai perangkat mengajarnya. Anas pun menyadari ada sejumlah tantangan bagi pendidik dalam menjalani hal tersebut.

"Karena tidak semua pendidik mungkin terbiasa dengan perangkat teknologi, namun hal ini harus tetap dijalankan. Jangan sampai proses pendidikan kendor dan menurunkan semangat belajar siswa di rumah. Saya yakin, bapak dan itu guru bisa menyesuaikan diri dan tetap semangat untuk mengajar," ujar Anas.

 

Inovasi dan Kreativitas Saat Belajar Online

Dok. Banyuwangi.
Dok. Banyuwangi.

Pembelajar secara online tersebut, tentunya membawa konsekuensi berkurangnya intensitas pertemuan tatap muka antara siswa dan guru. Di sinilah muncul potensi loose learning, dimana proses belajar berlangsung dengan tidak optimal. Kemajuan pembelajaran siswa juga tidak bisa terpantau dengan maksimal.

"Tentunya ada proses yang hilang atau terpotong selama siswa hanya belajar melalui daring. Maka harus ada  inovasi dan kreativitas dari para pendidik untuk mengurangi potensi loose tersebut, dan ini harus dipikirkan bersama-sama oleh segenap tenaga pendidik baik guru dan kepala sekolah," ujar Anas.  

"Selain itu Kepala sekolah juga harus berinovasi dalam menjalankan fungsi supervisi atau pembinaan kepada guru untuk memastikan bahwa kegiatan pembelajaran tetap dilaksanakan meskipun menggunakan metode jarak jauh. Kepala sekolah juga dapat memberikan solusi dan motivasi kepada guru, sehingga guru-guru yang belum siap memanfaatkan media daring dapat diberi solusi," imbuh Anas.

Kedepan, lanjut Anas, sebagaimana penjelasan Menteri Pendidikan Nadiem Makarim, di saat pandemi telah berakhir, kombinasi pembelajaran tatap muka dan jarak jauh dinilai memiliki potensi luar biasa untuk memajukan pendidikan. 

"Karena secanggih apapun teknologi, sebesar apapun inovasi pendidikan, peran guru sebagai pendidik tak akan tergantikan. Karena konsepnya bukan untuk menggantikan guru, tetapi teknologi itu untuk memperkuat potensi guru. Jadi tetap semangat untuk semua guru dalam bertugas mendidik siswa," pungkas Anas.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Triumph Trident Dipastikan Siap Mengaspal di Indonesia

Posted: 19 Oct 2020 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Triumph Motorcycles siap meluncurkan Triumph Trident pada 30 Oktober 2020 mendatang. Belum bisa dipastikan di mana motor ini akan meluncur, yang pasti model ini akan masuk ke Indonesia.

Sebagaimana diketahui, jenama asal Inggris memang sudah memutuskan penggarapannya di negeri Gajah Putih tersebut. Menurut Zigwheels, dari sana lah Trident bakal disebar secara global. Tentu saja meliputi kawasan Asia Tenggara di mana merek ini eksis. Sebutlah PT Garda Andalan Selaras (GAS Motorcycles) selaku pemegang distributor Triumph di Indonesia. Keterangan perihal peluncurannya jua sudah terpampang jelas via situs resmi Triumph Indonesia.

Satu hal yang menegaskan keberadaannya di Tanah Air. Pasalnya dari laman situs web mereka pula terpampang Triumph Trident masuk ke dalam segmen roadster yang akan diniagakan GAS Motorcycles. Meski dipastikan datang sebagai unit CBU (completely build up), tapi mereka jelas punya daya saing ihwal harga jual. Jelas menarik jika si produk dilego tak lebih dari Rp 300 juta.

Dengan demikian, Triumph Trident bisa menggoda calon peminat Honda CB 650 R atau Yamaha MT-07 yang jua dipasarkan selevel. Secara tampilan ia cukup menarik lewat penyajian konsep ala neo-klasik. Kesan itu terpancar lewat penggunaan rumah lampu bulat, disertai penerangan jenis LED. Begitu pula dengan sein yang jua memakai lampu dioda. Penyelarasan tema klasik kemudian digoreskan lewat panel instrumen. Penampang bundar tersebut sejatinya berisi informasi dasar seputar kendaraan. Hanya saja ditampilkan secara digital via layar TFT.

 

Naked Bike Berotot

Melalui penampakan utuhnya beberapa waktu lalu, identitas Trident sebagai naked bike berotot dituangkan lugas melalui bentuk tangki bensin nan besar. Tak lupa pula diimbuhi perangkat pendukung, semisal cover pengapit radiator serta skid plate dengan bentuk terpisah. Namun terkesan ramping di buritan, lantaran tak ada sepatbor mengekor setelah bodi belakang. Sebaliknya, pelindung roda justru berdampingan langsung dengan ban berukuran gambot. Item ini juga terintegrasi lampu sein. Lantas untuk saluran buang, memakai jenis under belly alias knalpot kolong.

Lanjut ke rancangan kaki-kaki, Trident diduga memakai peredam kejut buatan Showa. Lalu untuk sistem pengereman mengandalkan kepunyaan kaliper dari Nissin disertai cakram ganda. Untuk bagian belakang, laju roda diredam oleh kaliper merek serupa namun single disc brake saja. Dan, sudah semestinya pula sistem pengeremannya berpelengkap anti-lock braking system (ABS). Kabar paling baru, pengereman dengan sensor kepunyaannya bisa di non-aktifkan. Termasuk sematan berupa mode berkendara dan traction control.

 

Jantung Mekanik

Menyoal jantung mekanik, Trident sepertinya pun bakal mewarisi DNA Triumph selaku pengguna mesin tiga silinder. Tentu akan ada penganibalan jikalau dia menggendong kepunyaan Street Triple. Itu kenapa muncul prediksi kalau Trident bakal dipasok kubikasi mesin lebih kecil. Sumber serupa menerka dapur pacunya memiliki kubikasi 600 hingga 675 cc. Konon, dapur pacunya mampu menorehkan kisaran daya 78,9 sampai 83,8 daya kuda. Upaya mengoptimasi pastilah menyangkut seperti apa penetapan bore x stroke-nya. Pihak pabrikan Triumph sendiri pernah berujar, motor baru mereka akan punya output (torsi dan tenaga) yang seimbang. Dengan begitu, Trident bakal menempati ruang baru di bawah Street Triple yang notabane punya bekalan 765 cc.

Untuk informasi, di luar Triumph Street Triple saat ini dipasarkan dengan harga $ 9.950 atau sekitar Rp 147 jutaan. Hanya saja rekan kami memprediksi penyebarannya baru akan dilangsungkan tahun depan. Bagaimana dengan Indonesia? Kita tunggu update-nya!

Sumber: Oto.com

Infografis 7 Cara Aman Naik Transportasi Publik Saat Pandemi

Infografis 7 Cara Aman Naik Transportasi Publik Saat Pandemi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 7 Cara Aman Naik Transportasi Publik Saat Pandemi. (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cari Perhatian Wisatawan, Hong Kong Luncurkan Tur Virtual Berteknologi VR 360 Derajat

Posted: 19 Oct 2020 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menyusul kesepakatan membuka pembatasan perjalanan udara (travel bubble) dengan Singapura, Hong Kong meluncurkan tur virtual untuk para wisatawan yang belum bisa bepergian. Tur tersebut dikemas dalam program 360 Hong Kong Moments.

Program ini dirancang untuk mengingatkan masyarakat global tentang pariwisata Hong Kong. Harapannya, program bisa menghidupkan kembali sekaligus memastikan bahwa Hong Kong tetap diingat oleh banyak orang.

Seri pertama dari rangkaian program 360 Hong Kong Moments adalah sebuah film berteknologi virtual reality (VR) 360 derajat. Film tersebut dibuat khusus untuk program Great Outdoors Hong Kong tahun ini. 

"Petualangan bersama teknologi Virtual Reality (VR) ini akan membawa Anda dalam sebuah perjalanan yang sangat menarik untuk melintasi alam bebas Hong Kong yang ternyata sangat mudah diakses," kata Dr YK Pang, Ketua Hong Kong Tourism Board (HKTB), dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Senin, 19 Oktober 2020.

Dalam film berdurasi sekitar dua menit itu, ditampilkan sejumlah destinasi wisata alam yang terdapat di Hong Kong, seperti pegunungan yang bisa menjadi spot kemping hingga kunjungan ke air terjun untuk mendengarkan suara gemericiknya. Calon wisatawan juga bisa melihat lebih dekat hidangan lokal dengan menekan kursor di pojok kiri atas.

Seperti banyak kawasan yang mengandalkan pariwisata sebagai salah satu sumber pendapatan, Hong Kong juga mengalami kerugian akibat pandemi yang memicu pembatasan perjalanan lintas negara. Dilansir dari South China Morning Post, Selasa (20/10/2020), data Hong Kong Tourism Board menunjukkan jumlah kedatangan turis asing ke Hong Kong menurun hingga 99,7 persen pada September dibandingkan periode yang sama pada 2019. 

Travel Bubble

Ilustrasi Hong Kong. Sumber foto: unsplash.com/Dan Freeman.
Ilustrasi Hong Kong. Sumber foto: unsplash.com/Dan Freeman.

Sebelumnya, Hong Kong dan Singapura sepakat untuk membuat travel bubble melalui perjalanan udara antara kedua negara (Air Travel Bubble-ATB). Kesepakatan ini menghidupkan kembali perjalanan udara kedua negara dengan cara yang aman dan progresif.

Hong Kong dan Singapura memiliki hubungan perdagangan yang baik, begitu pun dengan lini bisnis keuangan, pariwisata dan hubungan antara warganya. Kedua negara ini merupakan pusat penerbangan utama, dan rute internasional di antara kedua negara merupakan yang tersibuk di wilayah Asia Pasifik sebelum terjadinya pandemi Covid-19.

Maka, kebijakan khusus untuk perjalanan antara Hong Kong dan Singapura adalah sebuah hal yang yang penting untuk keduanya. "Kami menyambut baik pengumuman dari SAR Pemerintah Hong Kong tentang kesepakatan untuk membuat Air Travel Bubble antara Hong Kong dan Singapura," ujar Dr YK Pang, Ketua HKTB.

Ia mengatakan kesepakatan air travel bubble tersebut berbarengan dengan peluncuran protokol kebersihan standar HKTB untuk sektor terkait pariwisata dengan HongKong Quality Assurance Agency, yang diumumkan minggu lalu. Protokol ini juga terkait dengan sektor pariwisata yang akan dipersiapkan dengan baik untuk menyambut pengunjung kembali, sekaligus memperkuat kepercayaan para pengunjung untuk kembali mengunjungi Hong Kong.

Infografis Pandemi Belum Berakhir, Gelombang II Covid-19 Mengancam. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Pandemi Belum Berakhir, Gelombang II Covid-19 Mengancam. (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: