Jumat, 02 Oktober 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Twitter Akan Suspend Pengguna yang Doakan Donald Trump Meninggal karena Covid-19

Posted: 02 Oct 2020 09:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Twitter bisa saja men-suspend atau menangguhkan akun pengguna yang mengunggah cuitan doa atau harapan agar Presiden AS Donald Trump meninggal karena Covid-19. Demikian dikutip dari Variety.

Jejaring sosial microblogging ini merujuk pada kebijakan layanannya yang sudah ada sejak April lalu. Di mana, Twitter bisa saja menangguhkan akun-akun yang mengunggah cuitan bernada harapan atau doa agar orang lain meninggal dunia atau celaka.

"Tweet yang menginginkan atau mengharapkan kematian, cidera tubuh serius atau penyakit fatal terhadap siapapun tidak diperbolehkan dan harus dihapus. Ini tidak otomatis berarti penangguhan," kata Twitter melalui cuitannya di akun terverifikasi @TwitterComms, seperti dilihat Liputan6.com, Sabtu (3/10/2020).

Disebutkan, kebijakan Twitter tidak mengizinkan pengguna terlibat dalam "perilaku abusif".

Bahkan, cuitan atau akun yang mengunggah perilaku abusif bisa ditangguhkan, termasuk cuitan yang menginginkan atau mengharapkan cidera atau kematian seseorang.

"Berharap seseorang meninggal karena penyakit serius dianggap sebagai salah satu contoh perilaku yang abusif," kata Twitter dalam aturan dan kebijakan layanannya.

Donald Trump Umumkan Kena Covid-19

Presiden AS, Donald Trump didampingi istrinya Melania tiba pada hari pertama KTT G-20 di Hamburg, Jerman utara, Jumat, (7/7). Sejumlah pemimpin negara berkumpul dalam KTT G20 pada 7-8 Juli 2017. (AP Photo/Markus Schreiber)
Presiden AS, Donald Trump didampingi istrinya Melania tiba pada hari pertama KTT G-20 di Hamburg, Jerman utara, Jumat, (7/7). Sejumlah pemimpin negara berkumpul dalam KTT G20 pada 7-8 Juli 2017. (AP Photo/Markus Schreiber)

Sekadar informasi, kemarin Presiden AS Donald Trump mengumumkan dirinya dan sang Ibu Negara Melania Trump positif Covid-19. Cuitan tersebut langsung mendapatkan tanggapan dari warganet, terutama mereka yang ada di Amerika Serikat.

Parahnya, cuitan orang nomor satu AS itu mendapatkan banyak sekali celaan bahkan doa-doa yang tidak sepatutnya. Meski demikian, tak sedikit juga yang mendoakan Donald Trump dan Melania segera pulih dari sakitnya.

Dalam pernyataannya kepada Motherboard, Twitter menyebut, pihaknya tak akan mengambil tindakan atas semua cuitan yang mengharapkan Trump meninggal dunia.

"Kami memprioritaskan untuk menghapus konten jika ada ajakan bertindak yang jelas, yang berpotensi menyebabkan bahaya di dunia nyata," kata Twitter melalui perwakilannya.

Trending Topic

Presiden AS Donald Trump tersenyum saat berbicara di telepon pada malam natal di Palm Beach, AS (24/12). Donald Trump dan istrinya sibuk berbicara di telepon dengan anak-anak saat mengiktui NORAD Tracks Santa. (AFP Photo/Nicholas Kamm)
Presiden AS Donald Trump tersenyum saat berbicara di telepon pada malam natal di Palm Beach, AS (24/12). Donald Trump dan istrinya sibuk berbicara di telepon dengan anak-anak saat mengiktui NORAD Tracks Santa. (AFP Photo/Nicholas Kamm)

Sementara itu, tidak lama setelah Donald Trump mengumumkan dirinya kena Covid-19, tagar TrumpHasCovid pun memuncaki trending topic.

Berdasarkan keterangan di Twitter, total cuitan dengan tagar ini mencapai lebih dari 305.000 cuitan dan terus meningkat.

Dari jumlah tersebut, reaksi warganet beragam menanggapi kabar Donald Trump positif Covid. Mulai dari menghujat hingga mendoakan.

(Tin/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Batik Garuda Nusantara Dikerjakan 90 Pembatik dan Gunakan 3000 Canting

Posted: 02 Oct 2020 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perayaan Hari Batik Nasional kali ini ditandai dengan pembentangan kain Batik Garuda Nusantara (GBN) sepanjang 74 meter di Museum Nasional Jakarta, Jumat, 2 Oktober 2020. Meski di tengah pandemi, tak menghalangi perayaan Hari Batik Nasional.

"Pandemi bukanlah penghalang untuk memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada setiap tanggal 2 Oktober. Warisan budaya dunia dari negara kita ini bisa juga menjadi motif masker. Ayo, masker batik mana yang pas dan Anda suka?" kata Presiden Joko Widodo lewat akun Instagram pribadinya, Jumat, 2 Oktober 2020.

Ketua Pembina Yayasan Tjanting Batik Nusantara mengungkapkan, kain batik 74 meter ini lahir pada 1 Agustus 2019. Tepatnya di stasiun MRT Bundaran HI, ia menamai kain tersebut sebagai Kain Batik Garuda Nusantara (BGN).

"Di mana pada 1 Agustus tersebut, Bapak Jokowi langsung bersama Ibu Iriana menorehkan canting pertama pada kain ini sebagai petanda lahirnya kain ini," ujar Pheo Hutabarat dalam konferensi pers, pembentangan perdana mahakarya Batik Garuda Nusantara ini dilakukan secara virtual pada pukul 19.00 WIB, Jumat, 2 Oktober 2020.

Pheo mengatakan, pihaknya sangat terkejut karena Jokowi menorehkan tandatangannya pada kain ini. Baginya, ini merupakan peristiwa yang sangat bersejarah karena belum ada Kepala Negara Indonesia yang menorehkan tanda tangannya dalam satu kain batik.

Dalam acara tersebut, ada amanat yang diberikan Presiden Jokowi dengan menamainya kain Batik Garuda Nusantara. Kain diawali dengan motif Gurdo yang berarti Garuda, sebagai representasi simbol Garuda Pancasila sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Setelah batik diakui oleh UNESCO, batik hendaknya diusung sebagai branding bangsa. Oleh karena itu, Pheo sangat berharap apa yang diamanatkan oleh Presiden Jokowi itu bisa terjadi. Bahwa kain GBN menjadi ikon atau simbol dari batik sebagai branding bangsa.

Proses pembuatan kain Batik Garuda Nusantara ini melibatkan kurang lebih 90 pembatik nusantara yang berusia 25--60 tahun selama lebih dari satu tahun. Kain BGN ini juga disebut menggunakan sekitar 3000 canting dan pewarna alam dalam proses pembuatannya dan berisi jutaan titik. Sementara, proses penyelesaiannya disempurnakan oleh maestro batik Indonesia, yakni Nur Cahyo dari Pekalongan, Jawa Tengah.

 

 

Bantu Industri Batik Nasional

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam pertemuan sela antar menteri di Sidang Umum PBB 2018 (25/9) (sumber: Kemlu RI)
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam pertemuan sela antar menteri di Sidang Umum PBB 2018 (25/9) (sumber: Kemlu RI)

Dalam kesempatan itu, Pheo Hutabarat juga mengungkapkan pembentangan kain Batik Garuda Nusantara (GBN) tak lepas dari peran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Luar Negeri. Secara khusus, Pheo mengucapkan terima kasih kepada Mendikbud Nadiem Makarim dan Menlu Retno Marsudi.

"Saya berharap promosi mahakarya ini menghadirkan manfaat dan menginspirasi masyarakat, terutama manfaat ekonomi di tengah tantangan pandemi. Saya juga mengapresiasi Yayasan Tjanting Nusantara yang menghadirkan sentra pasar digital batik. Pasar digital ini mengurasi langsung oleh para maestro batik," ujar Nadiem.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, masa pamdemi membuat permintaan batik menyusut secara signifikan. Selain itu, banyak perajin berhenti berproduksi dan banyak workshop terpaksa ditutup.

"Menghadapi situasi ini, saya berharap kita semua dapat mengambil peran masing-masing untuk membantu industri batik nasional ," kata Retno Marsudi. "Di Kementerian Luar Negeri, misalnya, saya meminta kepada seluruh perwakilan Indonesia di luar negeri dapat membeli batik hasil UMKM sebagai promosi perwakilan," imbuhnya.

Sejauh ini, kata Menlu Retno Marsudi, sudah berhasil diperoleh komitmen pembelian batik senilai lebih dar Rp1,6 miliar. Upaya tersebut tidak hanya diterapkan pada industri batik saja, tapi juga kain nusantara lainnya.

Batik-batik Berbagai Negara
Batik-batik Berbagai Negara

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Samuri, Saksi Hidup Tim Evakuasi Para Pahlawan Revolusi

Posted: 02 Oct 2020 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jari-jari renta Serma (Purn) Samuri masih kuat mengangkat deretan lencana yang diraihnya saat masih bertugas sebagai prajurit KKO, atau yang kini dikenal dengan sebutan Korps Marinir. Berikut seperti dilansir pada Liputan6, 30 September 2020.

Serma Samuri adalah salah satu saksi sejarah, peristiwa pengkhianatan G 30 S/PKI. Beliau merupakan salah satu prajurit yang jadi tim evakuasi para jenderal Pahlawan Revolusi, dari sebuah sumur tua di kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur, 55 tahun lalu.

Meski sakit yang memaksanya berbaring di tempat tidur. Ingatan pria 84 tahun ini masih tajam, jika diminta bercerita soal evakuasi di Lubang Buaya. Samurilah yang menyiapkan peralatan bagi prajurit yang turun ke dalam sumur. 

"Turun kedua, Kopko Hartono yang sekarang sudah meninggal dunia lha itu ngambil turun, tahu-tahu ngambil dua, ndak tahu namanya siapa, tapi ngambil dua, dinaikkan dua kaki," ungkap Serma (Purn) Samuri, Saksi Evakuasi Lubang Buaya.

Dalam dua tahun belakangan, Serma (Purn) Samuri menderita akibat komplikasi strok dan diabetes.

"Ya ndak bisa apa-apa sekarang, ya duduk saja ndak bisa, makan disiapin," tutur Munawaroh, Istri Serma (Purn) Samuri.

Samuri berharap generasi muda mau belajar sejarah, agar Indonesia jadi bangsa yang besar.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bantu Wirausaha Perempuan, Pertamina Foundation Gelar PFpreneur

Posted: 02 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dalam upaya membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) milik perempuan Indonesia, Pertamina Foundation menyelenggarakan program PFPreneur dengan tema kegiatan Women Leader and Entrepreneurs. Para wirausaha perempuan Indonesia yang ditantang untuk berpartisipasi ialah perempuan yang berusia minimal 18 tahun serta memiliki usaha di bidang kerajinan, kuliner, dan pakaian minimal selama 6 bulan.

Program ini juga mempunyai kuota khusus untuk perempuan disabilitas, perempuan yang menjadi kepala keluarga, dan kelompok perempuan rentan lainnya. Pendaftaran PFPreneur mulai dari tanggal 2 Oktober sampai 25 Oktober 2020 melalui website PFPreneur preneur.pertaminafoundation.org

Para peserta PFPreneur yang terpilih akan mendapatkan paket pelatihan, mentoring, pembinaan mulai dari pengembangan kewirausahaan, dan pengenalan teknologi pendukung usaha e-commerce dari para ekspertise serta lembaga kementerian.

Tidak hanya itu, para peserta juga mendapatkan jaringan usaha dari pengusaha sukses, kesempatan untuk mempromosikan produknya, apresiasi (reward) bagi wirausahawan perempuan terbaik, dan akses permodalan dari Program Kemitraan PT Pertamina (Persero) sampai dengan Rp 200 Juta per-UMKM dengan jasa administrasi hanya 3 persen per-tahun.

Seluruh rangkaian program akan dilakukan secara daring melalui e-learning yang disediakan oleh Pertamina Foundation.

Program ini resmi diluncurkan secara virtual pada tanggal 2 Oktober 2020 bertepatan dengan Hari Batik Nasional. Pada acara peluncuran, tiga UMKM yaitu Sekar Kawung, Padu Padan, dan Cita Tenun Indonesia, menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pertamina Foundation.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menyambut baik inisiasi program PFPreneur karena melibatkan perempuan untuk berkontribusi langsung terhadap perekonomian Indonesia.

"Program PFPreneur merupakan wujud dukungan PT Pertamina (Persero) agar kita semua dapat keluar dari beban pandemi Covid-19 yang sangat berdampak pada perekonomian nasional. PFPreneur menjadi bagian solusi penciptaan lapangan kerja dan menghidupkan kembali ekonomi melalui kewirausahaan kelompok perempuan. Kekuatan perempuan adalah pada ketangguhan dan kesabarannya dalam berwirausaha," ungkap Nicke dikutip dalam keterangan tertulis, Sabtu (3/10/2020)

"PFPreneur adalah program Women Leaders and Entrepreneurs yang bertujuan mengembangkan kewirausahaan perempuan yang unggul berbasis pengelolaan usaha modern dan berdaya saing tinggi melalui pemanfaatan teknologi dengan akses permodalan Program Kemitraan PT Pertamina (Persero). Women Leaders adalah aktor perempuan muda yang mampu menjadi motor penggerak bagi anggotanya untuk secara bersama-sama lebih ulet dan kreatif mengembangkan kewirausahaan serta siap sukses bersama program PFPreneur Pertamina Foundation," tambah Nicke.

 

Bulan untuk Womenpreneurs

Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud S. Asngari mengatakan bahwa bulan Oktober menjadi bulan untuk para womenpreneurs.

"Bulan Oktober menjadi jiwa dan semangat program PFPreneur dimana womenpreneurs akan memiliki kapasitas yang memadai untuk mengembangkan usaha mikronya menjadi unit usaha menengah atau bahkan makro yang memiliki daya saing pasar sehingga dapat mewujudkan kesejahteraan hidup yang lebih baik," ujar Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud S. Asngari.

Melalui program PFPreneur, Pertamina Foundation akan membentuk 5000 kewirausahaan perempuan selama 5 tahun kedepan untuk menjadi kewirausahaan yang unggul berbasis pengelolaan usaha modern, memiliki daya saing pasar, dan memiliki jaringan serta sinergitas kemitraan.

Sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi fokus dalam program PFPreneur karena UMKM mampu menjadi solusi bagi Indonesia untuk keluar dari keterpurukan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Sebelum pandemi mewabah, sektor UMKM berkontribusi sebesar 61,41% (Rp 9,11 triliun) terhadap PDB Indonesia yang mencapai Rp 14.837 triliun dan mayoritas merupakan usaha yang dibangun oleh wirausaha perempuan pada golongan usaha mikro.

Oleh karena itu, program PFPreneur menjadi ajang untuk menunjukkan bahwa UMKM milik perempuan Indonesia punya potensi untuk memajukan perekonomian Indonesia dan mampu menjadi Women Leaders yang menginspirasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Termasuk Donald Trump, Ini 9 Pemimpin Dunia yang Terinfeksi Virus Covid-19

Posted: 02 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dunia kini masih fokus menghadapi virus Corona Covid-19 sejak awal tahun 2020. Sederet kasus terus diupdate terkait kematian, kesembuhan dan orang-orang yang positif terpapat virus pandemi ini. 

Hampir seluruh pemimpin dunia kini tengah berfokus melindungi warga negaranya dari virus pandemi ini. Namun rupanya virus ini tak hanya menyerang masyarakat biasa. Sederet pemimpin dunia juga dikabarkan terjangkit virus yang masih menunggu vaksin ini. 

Terbaru, Presiden Amerika Serikat yakni Donald Trump dan istrinya Melania Trump. Keduanya menyatakan positif Corona Covid-19 lewat cuitan akun Twitter milik Donald Trump.

Sebelum presiden Amerika Serikat berusia 74 tahun itu dinyatakan positif, sederet pemimpin dunia sudah terlebih dahulu diwartakan terpapar Covid-19. Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, deretan pemimpin duni ayang dinyatakan positif Corona Covid-19, Sabtu (3/10/2020).

1. Donald Trump, Presiden Amerika Serikat

Presiden AS Donald Trump tersenyum saat berbicara di telepon pada malam natal di Palm Beach, AS (24/12). Donald Trump dan istrinya sibuk berbicara di telepon dengan anak-anak saat mengiktui NORAD Tracks Santa. (AFP Photo/Nicholas Kamm)
Presiden AS Donald Trump tersenyum saat berbicara di telepon pada malam natal di Palm Beach, AS (24/12). Donald Trump dan istrinya sibuk berbicara di telepon dengan anak-anak saat mengiktui NORAD Tracks Santa. (AFP Photo/Nicholas Kamm)

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump dinyatakan terjangkit virus corona covid-19. Tidak hanya Donald Trump, sang istri, Melania juga terpapar wabah yang pertama kali ditemukan di Wuhan, China itu. Donald Trump mengumumkan dirinya positif virus corona covid-19 melalui akun Twitter pribadi pada Kamis (1/10/2020) atau Jumat siang WIB.

"Saya dinyatakan positif covid-19. Kami akan segera memulai proses karantina dan pemulihan. Kami akan melewati ini bersama. Ibu Negara dan saya sedang menunggu hasil tes kami. Sementara itu, kami akan memulai proses karantina kami" cuitnya.

Dirinya diketahui tertular dari penasihat utamanya, Hope Hicks yang sudah terkonfirmasi lebih dahulu terpapar Covid-19.  Dia adalah pejabat Gedung Putih terdekat dengan Trump yang dinyatakan positif terkena virus.

2. Boris Johnson, Perdana Menteri Inggris

Perdana menteri baru Inggris Boris Johnson (AFP Photo)
Perdana menteri baru Inggris Boris Johnson (AFP Photo)

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dinyatakan positif Virus Corona COVID-19 yang ia nyatakan lewat akun Twitter. Ia menjadi pemimpin negara besar pertama yang positif mengidap virus ini.

"Selama 24 jam terakhir saya merasakan gejala-gejala ringan dan mendapat hasil tes positif Virus Corona. Saya sekarang mengisolasi diri sendiri, tetapi saya akan terus memimpin respons pemerintah lewat konferensi video untuk melawan virus ini," ujar PM Johnson, Jumat (27/3/2020).

"Bersama-sama kita akan mengalahkan ini," lanjutnya. Di Twitter, ia juga meminta agar masyarakat bisa patuh terhadap kebijakan pemerintah terkait Virus Corona agar situasi epidemi bisa cepat dilalui.

3. Pangeran Charles

Pangeran Charles. Sumber foto: Instagram Royal Family.
Pangeran Charles. Sumber foto: Instagram Royal Family.

Setelah menjalani pemeriksaan pada Rabu (25/3/2020), Pangeran Charles dinyatakan positif Corona Covid-19. Kondisi Pangeran Charles dikabarkan baik dengan mengidap gejala ringan. Sementara sang istri, Camilla, dinyatakan negatif COVID-19.

Keduanya kini diketahui melanjutkan proses isolasi di Skotlandia setelah kasus positif virus SARS-Cov-2 yang terkonfirmasi di Inggris melonjak lebih dari 8.000 kasus. Sedangkan, Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip telah diungsikan ke Kastil Windsor. Kondisi kesehatan dan usia lanjut menjadi alasan pemindahan mereka dari Istana Buckingham di London.

4. Jair Bolsonaro, Presiden Brazil

Presiden Brasil Jair Bolsonaro mengenakan masker saat konferensi pers mengenai pandemi virus corona COVID-19 di Istana Planalto, Brasilia, Brasil, 20 Maret 2020. (Sergio LIMA/AFP)
Presiden Brasil Jair Bolsonaro mengenakan masker saat konferensi pers mengenai pandemi virus corona COVID-19 di Istana Planalto, Brasilia, Brasil, 20 Maret 2020. (Sergio LIMA/AFP)

Presiden Brazil Jair Bolsonaro kembali dinyatakan positif Virus Corona. Sebelumnya pemimpin sayap kanan tersebut pertama kali dinyatakan positif terinfeksi virus pada 7 Juli lalu.  Ia pun menyatakan akan memperpanjang masa karantinanya hingga dua minggu sekaligus menunda rencana perjalanan yang akan datang.

Mengutip laman Channel News Asia, Jair Bolsonaro telah menghadapi kritik tajam karena sebelumnya telah meremehkan pandemi dan mencela langkah-langkah social distancing. Bolsonaro telah diingat karena kerap membandingkan virus itu dengan flu ringan, serta menyerang tindakan yang dilakukan di rumah dan pedoman lain dari pejabat kesehatan masyarakat.

Sebelum ia terinfeksi, ia secara teratur berada di depan umum tanpa masker, melakukan pelukan dan berjabat tangan dengan pendukung, dan mendesak negara terbesar Amerika Latin itu untuk kembali bekerja meskipun penyebaran Virus Corona meluas dengan cepat.

5. Juan Orlando Hernandez, Presiden Honduras

Presiden Honduras Juan Orlando Hernandez (AFP)
Presiden Honduras Juan Orlando Hernandez (AFP)

Presiden Honduras Juan Orlando Hernandez mengaku telah didiagnosis positif terpapar Virus Corona COVID-19 pada Juni 2020 lalu. 

"Sebagai presiden negara dan warga negara yang bertanggung jawab, saya ingin menyampaikan bahwa selama akhir pekan saya mulai merasa tidak nyaman dan hari ini saya didiagnosis terinfeksi COVID-19," kata Hernandez dalam pidato yang disiarkan televisi.

Dia mengatakan dia telah mengalami gejala ringan dan mulai menerima perawatan dan merasa lebih baik. Istri Hernandez dan dua pembantunya juga telah didiagnosis positif virus Corona Covid-19 dan mereka semua dirawat.

6. Alejandro Giammattei, Presiden Guatemala

Alejandro Giammattei. (AP/Oliver de Ros)
Alejandro Giammattei. (AP/Oliver de Ros)

Pada September 2020, Presiden Guatemala Alejandro Giammattei mengatakan bahwa dirinya positif terinfeksi virus Corona Covid-19. Dalam pidatonya yang disiarkan media lokal, dirinya masih merasa sehat. 

"Gejala saya sangat ringan. Sampai sekarang badan saya pegal, kemarin lebih sakit dari hari ini, seperti flu parah," kata Presiden.

"Saya tidak demam, saya sedikit batuk," imbuhnya.

"Saya sibuk bekerja dari rumah," ujarnya seperti dilansir dari AP, Sabtu (3/10/2020).

7. Jeanine Anez Bolivia, Presiden sementara Bolivia

Jeanine Anez Bolivia.  (AP/Oliver de Ros)
Jeanine Anez Bolivia. (AP/Oliver de Ros)

Presiden Bolivia Jeanine Anez mengumumkan pada Kamis 9 Juli telah dinyatakan positif terinfeksi Virus Corona COVID-19. Anez mengatakan dalam Twitternya bahwa dia dalam keadaaan "baik" dan terus bekerja sambil dalam kondisi isolasi. 

"Bersama-sama, kita akan keluar dari ini," katanya.

Mengutip Channel News Asia, Sabtu (3/10/2020) Anez mengatakan dia telah melakukan tes, mengingat banyak dari timnya jatuh sakit.

"Saya merasa sehat, saya merasa kuat, saya akan terus bekerja dari isolasi, dan saya ingin berterima kasih kepada semua warga Bolivia yang bekerja untuk membantu kami dalam krisis kesehatan ini," ungkapnya.

8. Luis Abinader, Presiden Republik Dominika

Luis Abinader. (Foto: Ozy.com)
Luis Abinader. (Foto: Ozy.com)

Presiden Republik Dominika yang baru terpilih, Luis Abinader, terjangkit dan pulih dari virus Corona Covid-19 selama berkampanye. Ia melakukan isolasi diri selama beberapa minggu sebelum pemilu negara itu pada bulan Juli 2020.

"Tenang saja, karena dengan rahmat Tuhan kita akan pulih dengan cepat," kata Abinader dalam akun media sosialnya, dilansir Aljazirah.

Dokter yang menangani Abinader dan istrinya mengatakan Luis Abinader dan istrinya bukan pasien berisiko tinggi. Keduanya bahkan menjalani isolasi di rumah saja.

9. Alexander Lukashenko, Presiden Belarus

Alexander Lukashenko, presiden Belarus (Foto: Ozy.com)
Alexander Lukashenko, presiden Belarus (Foto: Ozy.com)

Presiden Belarusia Alexander Lukashenko mengaku dirinya terinfeksi Virus Corona COVID-19 tanpa menunjukkan gejala apa pun pada Juli 2020. Namun kini dirinya telah dinyatakan pulih.

"Hari ini Anda berjumpa dengan seorang pria yang berhasil selamat dari Virus Corona. Para dokter kemarin menyimpulkan. Tanpa gejala," kata Lukashenko saat pertemuan dengan militer, seperti dikutip dari kantor berita BELTA, Selasa (28/7/2020) lalu.

Lukashenko sebelumnya menepis kekhawatiran soal pandemi sebagai "psikosis" dan menyarankan orang mengonsumsi vodka atau melakukan sauna untuk melawan Virus Corona penyebab penyakit pernapasan COVID-19.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ousmane Dembele ke MU? Ini Jawaban Barcelona

Posted: 02 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Winger Barcelona Ousmane Dembele telah dikaitkan dengan Manchester United (MU) di bursa transfer musim panas ini. Pemain asal Prancis itu berpeluang pindah ke Old Trafford.

Tapi, kabar Ousmane Dembele bakal bergabung dengan MU dibantah Sekretaris Teknik Barcelona Ramon Planes. Apalagi, pelatih Barcelona Ronald Koeman menyatakan pemain berusia 23 tahun tersebut masuk dalam rencananya.

Ramos menegaskan Barcelona tak ada pembicaraan dengan MU terkait Dembele. "Tidak ada negosiasi dengan Manchester United, saya bisa mengonfirmasi ini," kata Ramos dalam wawancara dengan Marca.

"Dia adalah pemain kami, kami tahu potensinya dan dengan semua perubahan yang terjadi di tim kami berharap dia akan memberikan yang terbaik."

"Kami berharap menikmati semua kemungkinannya. Kami yakin dia akan menjalani tahun yang baik bersama kami," ucap Ramos menambahkan.

 

 

Opsi Pengganti

Gelandang Barcelona, Ousmane Dembele, merayakan gol yang dicetak ke gawang Sevilla pada laga Piala Super Spanyol di Stadion Ibn Batouta, Tangiers, Minggu (12/8/2018). Barcelona menang 2-1 atas Sevilla. (AP/Mosa'ab Elshamy)
Gelandang Barcelona, Ousmane Dembele, merayakan gol yang dicetak ke gawang Sevilla pada laga Piala Super Spanyol di Stadion Ibn Batouta, Tangiers, Minggu (12/8/2018). Barcelona menang 2-1 atas Sevilla. (AP/Mosa'ab Elshamy)

Dembele mengalami cedera yang menghancurkannya selama tiga musim di Barcelona. Dia absen dalam 80 pertandingan karena terus menerus mengalami cedera.

Koeman hanya menggunakan Dembele sebagai opsi pengganti sejauh ini di 2020-21. Dia hanya bermain 20 menit saat Barcelona mengalahkan Villareal 4-0 pada akhir pekan lalu.

Lionel Messi, Ansu Fati, dan Antonie Griezmann telah menjadi starter dalam dua pertandingan pertama Koeman sebagai pelatih.

 

 

Masih Dibutuhkan

Penyerang Barcelona, Ousmane Dembele (tengah) berusaha melewati pemain Borrusia Dortmund, Julian Weigl pada pertandingan Grup F Liga Champions di stadion Camp Nou, Spanyol (27/11/2019). Barcelona menang 3-1 atas Dortmund. (AP Photo/Joan Monfort)
Penyerang Barcelona, Ousmane Dembele (tengah) berusaha melewati pemain Borrusia Dortmund, Julian Weigl pada pertandingan Grup F Liga Champions di stadion Camp Nou, Spanyol (27/11/2019). Barcelona menang 3-1 atas Dortmund. (AP Photo/Joan Monfort)

Koeman mengungkapkan Dembele masih punya harapan bermain di Barcelona musim ini. "Saya masih membutuhkannya. Saya butuh pemain sayap seperti Dembele di Barcelona," ujarnya. Namun, Koeman mengaku Dembele harus menunggu momen terbaiknya untuk bermain secara reguler di Barcelona. Dia harus berlatih keras dan menunjukan penampilan terbaik selama latihan.

"Dembele tidak menjadi starter di pertandingan terakhir kontra Villareal CF karena Ansu Fati terbukti menjadi pemain yang sangat bagus dan dia harus menunggu momennya," paparnya.

 

Klasemen Liga Spanyol

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bertunangan dengan Sule, Nathalie Holscher Ganti Nama Kanal YouTube

Posted: 02 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nathalie Holscher, dan Sule sudah blak-blakan mengenai hubungan asmara keduanya. Tak hanya menjalin asmara, bahkan keduanya sudah saling mengenal keluarga masing-masing.

Keseriusan hubungan dengan Sule, juga dibuktikan Nathalie Holscher dengan mengubah nama kanal YouTube nya. Hal itu diungkapkan Nathalie di akun Instagram terverifikasi miliknya, Rabu (30/9/2020).

Nathalie Holscher menggabungkan namanya dengan nama Sule untuk kanal YouTube nya tersebut.

 

Sunah

Sule - Nathalie Holscher (Foto: Instagram/@nathalieholscher)
Sule - Nathalie Holscher (Foto: Instagram/@nathalieholscher)

Nathalie Holscher mengumumkan nama baru untuk kanal Youtube nya.

"Hai guys , aku cuma mau info ke kalian kalau youtube channelku sudah ganti nama menjadi " SUNAH OFFICIAL "(Sule Nathalie Official)," tulisnya.

 

Minta Maaf

Nathalie Holscher sebelum mengenakan hijab sudah melakukan kolaborasi dengan beberapa orang. Untuk itu ia meminta maaf.

"Aku minta maaf kepada semua yang sudah collabs di youtube channel ku krn aku sudah takedown," lanjutnya.

Ini Alasannya

Bukan tanpa sebab, Nathalie Holscher melakukan hal tersebut. Ia kini sudah mengenakan hijab, sementara YouTube tersebut dibuat sebelum menutup auratnya.

"Memulai untuk suasana baru, hidup baru," tukasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Cek Fakta Debat Pilpres AS Trump Vs Biden Putaran Satu

Posted: 02 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Debat Pilpres As putaran pertama antara Donald Trump dan Joe Biden telah selesai digelar. Berikut deretan cek fakta yang telah dihimpun tim Liputan6.com.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Komorbid Jadi Penyebab Utama Kematian karena COVID-19 di Jatim

Posted: 02 Oct 2020 09:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pasien meninggal karena COVID-19 masih bertambah di Jawa Timur. Hingga Jumat, 2 Oktober 2020, pasien meninggal karena COVID-19 mencapai 3.240 orang.

Anggota Tim Kuratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jawa Timur, dr Makhyan Jibril Al Farabi menuturkan, saat ini pihaknya sedang melakukan audit dan profiling untuk menganalisis sebab kematian COVID-19.

Pihaknya menemukan sejumlah faktor penyebab kematian karena COVID-19 di Jawa Timur. Temuan pertama, pasien yang terpapar COVID-19 termasuk berisiko dan punya komorbid atau penyakit penyerta.

"91,9 persen kematian COVID-19 di Jawa Timur diikuti dengan komorbid, dengan rincian komorbid adalah diabetes 27,6 persen, hipertensi 23 persen, dan penyakit gagal jantung 19 persen Kami juga menghitung ternyata ada beberapa penyakit yang membuat kematian tinggi seperti penyakit ginjal dengan risiko kematian 3,7 kali lipat, diabetes 3,4 kali lipat, gagal jantung 3,1 kali lipat untuk mengalami kematian," ujar dr Jibril saat dihubungi Liputan6.com, ditulis Sabtu, (3/10/2020).

Selain itu, dr Jibril menuturkan temuan lainnya keterlambatan pasien untuk berangkat ke rumah sakit. "Ada kurang lebih 20 persen kematian COVID-19 di UGD atau ruang resusitasi yang artinya pasien sudah terlanjur berat baru ke rumah sakit," kata dia.

Jibril menuturkan, saat ini tim dari Kementerian Kesehatan yang dipimpin dr M. Subuh juga sedang di Jawa Timur untuk membantu melakukan analisis penyebab kematian. Diharapkan angka kematian karena COVID-19 dapat ditekan.

"Sekaligus sosialisasi standar pengobatan yang terbukti efektif kepada para RS rujukan COVID-19 di Jawa Timur dengan standardisasi dan peningkatan kualitas pelayananan. Harapannya ke depan angka kematian akibat COVID-19 dapat ditekan," kata dia.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Perkembangan COVID-19 di Jawa Timur pada 2 Oktober 2020

Konferensi pers perkembangan kasus virus corona baru yang memicu COVID-19 di Gedung Grahadi, Senin (4/5/2020) (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Konferensi pers perkembangan kasus virus corona baru yang memicu COVID-19 di Gedung Grahadi, Senin (4/5/2020) (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sebelumnya, Jawa Timur kembali catat tambahan pasien sembuh dari COVID-19 sebanyak 283 orang pada Jumat, 2 Oktober 2020.

Dengan tambahan itu, total kasus positif COVID-19 mencapai 44.341 orang di Jawa Timur. Tambahan pasien positif COVID-19 di Jawa Timur terbanyak di Surabaya mencapai 69 orang, Kabupaten Sidoarjo sebanyak 39 orang, dan Kabupaten Banyuwangi sebanyak 28 orang.

Sementara itu, pasien sembuh dari COVID-19 bertambah 360 orang. Total pasien sembuh dari COVID-19 mencapai 37.741 orang.  Tambahan pasien sembuh dari COVID-19 terbanyak dari Surabaya mencapai 74 orang, Kabupaten SIdoarjo sebanyak 45 orang, dan Kota Malang sebanyak 22 orang.

Di satu sisi, pasien meninggal karena COVID-19 bertambah 18 orang di Jawa Timur. Tambahan pasien meninggal karena COVID-19 di Jawa Timur capai 3.240 orang. Tambahan pasien meninggal karena COVID-19 sebanyak empat orang di Surabaya, Kabupaten Banyuwangi tiga orang, dan Kabupaten Lumajang tiga orang.

Pasien dirawat sebanyak 3.360 orang dan kasus suspect sebanyak 9.413 orang. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan RI, Jawa Timur catatkan kasus aktif terendah di Jawa. Total kasus aktif mencapai 3.360 orang. Lalu Jawa Tengah sebanyak 5.218 orang, Jawa Barat sebanyak 8.895 orang dan DKI Jakarta sebanyak 12.440 orang.

Berikut perkembangan Corona COVID-19 di Jawa Timur pada Jumat, 2 Oktober 2020 dikutip dari instagram @jatimpemprov:

Terkonfirmasi: 44.341  orang

Sembuh: 37.741 orang

Meninggal: 3.240 orang

Dirawat: 3.360 orang

Suspect: 9.413 orang

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar FTV Kisah Nyata Spesial: Aku Tulang Rusukmu Bukan Tulang Punggungmu, Sabtu 3 Oktober 2020

Posted: 02 Oct 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kisah Nyata Spesial Sabtu siang ini dengan judul yang menarik.

Drama apa yang disajikan Kisah Nyata Spesial mulai pukul 11.30 WIB?

Anda bisa menyaksikan episode Kisah Nyata Spesial via live streaming dengan klik tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

La Nina Berkembang di Samudra Pasifik, Dampaknya ke Indonesia Diperkirakan Mulai Desember

Posted: 02 Oct 2020 09:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Anomali iklim La Nina saat ini terpantau berkembang di Samudra Pasifik Ekuator dan diperkirakan akan mencapai intensitas moderate hingga akhir 2020. Sehingga perlu diwaspadai dampaknya yang juga dirasakan wilayah Indonesia.

"Dampak La Nina tidak seragam di seluruh Indonesia. Pada Oktober-November, peningkatan curah hujan bulanan akibat La Nina dapat terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia kecuali Sumatera," kata Deputi Bidang Klimatologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Herizal dalam rilis yang diterima di Jakarta, Sabtu (3/10/2020).

Hingga akhir September 2020, pemantauan terhadap anomali iklim global di Samudera Pasifik Ekuator menunjukkan bahwa anomali iklim La Nina sedang berkembang.

Indeks ENSO (El Nino-Southern Oscillation) menunjukkan suhu permukaan laut di wilayah Pasifik tengah dan timur dalam kondisi dingin selama enam dasarian terakhir dengan nilai anomali telah melewati angka minus 0,5 derajat Celsius, yang menjadi ambang batas kategori La Nina.

Perkembangan nilai anomali suhu muka laut di wilayah tersebut masing-masing adalah minus 0,6 derajat Celsius pada Agustus dan minus 0,9 derajat Celsius pada September 2020.

Dikutip dari Antara, BMKG dan pusat layanan iklim lainnya seperti NOAA (Amerika Serikat), BoM (Australia), JMA (Jepang) memperkirakan La Nina akan mulai meluruh pada Januari-Februari dan berakhir di sekitar Maret-April 2021.

Catatan sejarah menunjukkan bahwa La Nina dapat menyebabkan terjadinya peningkatan akumulasi jumlah curah hujan bulanan di Indonesia hingga 40 persen di atas normalnya.

La Nina Diperkirakan Terjadi Mulai Desember

Diperkirakan pada Desember hingga Februari 2021, peningkatan curah hujan akibat La Nina dapat terjadi di Kalimantan bagian timur, Sulawesi, Maluku-Maluku Utara dan Papua.

Pada Oktober beberapa zona musim di wilayah Indonesia diperkirakan akan memasuki musim hujan, di antaranya pesisir timur Aceh, sebagian Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Pulau Bangka, Lampung, Banten, sebagian Jawa Barat, sebagian Jawa Tengah. Kemudian sebagian kecil Jawa Timur, sebagian Kalimantan Barat, sebagian Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, sebagian Kalimantan Timur, sebagian Kalimantan Utara, juga sebagian kecil Sulawesi, Maluku Utara dan sebagian kecil Nusa Tenggara Barat. 

Peningkatan curah hujan seiring dengan awal musim hujan disertai peningkatan akumulasi curah hujan akibat La Nina berpotensi menjadi pemicu terjadinya bencana hidrometeorologis seperti banjir dan tanah longsor.

Para pemangku kepentingan diharapkan dapat lebih optimal melakukan pengelolaan tata air terintegrasi dari hulu hingga hilir misalnya dengan penyiapan kapasitas sungai dan kanal untuk antisipasi debit air yang berlebih.

Masyarakat juga diimbau agar terus memperbaharui perkembangan informasi dari BMKG dengan memanfaatkan kanal media sosial infoBMKG, atau langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perkuat Pengawasan, PPNS BPH Migas akan dibekali Senjata Api

Posted: 02 Oct 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala BPH Migas M. Fanshurullah Asa didampingi Komite BPH Migas M. Lobo Balia dan Sekretaris BPH Migas Bambang Utoro beserta Tim melakukan kunjungan kerja ke PT Pindad (Persero), Bandung pada 2 Oktober 2020. Dalam kunjungan tersebut, rombongan BPH Migas diterima oleh Direktur Utama Pindad Abraham Mose, Direktur Bisnis Produk Pertahanan dan Keamanan Heru Puryanto beserta Tim.

Kepala BPH Migas M Fanshurullah Asa menyampaikan fokus utama kunjungannya ke Pindad adalah ingin memperkuat pengawasan disektor BBM dengan membekali Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) BPH Migas dengan senjata api. Pembekalan senjata api ini dilakukan untuk perlindungan diri dan juga agar para PPNS semakin percaya diri, kuat mental, dan berani dalam memberantas mafia migas.

Untuk itu BPH Migas memandang perlunya kerjasama dengan PT Pindad (Persero) dalam pengadaan senjata api tersebut.

BPH Migas dalam kaitannya sebagai lembaga yang bertugas melakukan pengawasan distribusi BBM, saat ini memiliki 30 PPNS.

"Kami ingin penyidik kami yang berjumlah 30 orang ini yang telah mengikuti pendidikan dan pelatihan di Lemdiklat Polri Diklat Reserse Megamendung dan telah dilantik oleh Kemenkumham dibekali senjata yang sesuai agar semakin berani dalam memberantas para mafia BBM," ujar Ifan sapaan untuk M. Fanshurullah Asa, dalam keterangan tertulis, Sabtu (3/10/2020).

 

Kepala BPH Migas M. Fanshurullah Asa didampingi Komite BPH Migas M. Lobo Balia dan Sekretaris BPH Migas Bambang Utoro beserta Tim melakukan kunjungan kerja ke PT. Pindad, Bandung, (02/10/20).
Kepala BPH Migas M. Fanshurullah Asa didampingi Komite BPH Migas M. Lobo Balia dan Sekretaris BPH Migas Bambang Utoro beserta Tim melakukan kunjungan kerja ke PT. Pindad, Bandung, (02/10/20).

Lebih lanjut Ifan menambahkan bahwa saat ini pelanggaran dalam kegiatan hilir migas semakin meningkat baik BBM subsidi maupun non subsidi. Diantaranya berupa pengoplosan BBM, penyalahgunaan atau penyelewengan BBM subsidi, modifikasi tangki BBM, dan Usaha illegal atau izin palsu atau izin kadalurasa namun masih melakukan kegiatan usaha.

Berdasarkan data dari BPH Migas ditahun 2020 hingga Agustus terdapat 281 kasus dengan barang bukti sebanyak 1.341, 66 KL.

Diceritakan oleh Ifan, Tim PPNS BPH Migas saat itu akan menangkap penyimpangan BBM di Medan berbalik arah karena mereka bawa senjata api, sehingga pasukan kocar kacir. Pernah juga tim terpadu yang melibatkan TNI darat dan udara, juga Polri, ketika di Sumsel, juga berhadapan dengan para mafia yang membawa senjata yang lebih canggih.

"Kami ingin PPNS BPH Migas selain dilengkapi dengan senjata, juga nanti dilatih oleh Kopassus, supaya kedepan menjadi Kopassus di bidang Migas," imbuh Ifan.

 

Kepala BPH Migas M. Fanshurullah Asa didampingi Komite BPH Migas M. Lobo Balia dan Sekretaris BPH Migas Bambang Utoro beserta Tim melakukan kunjungan kerja ke PT. Pindad, Bandung, (02/10/20).
Kepala BPH Migas M. Fanshurullah Asa didampingi Komite BPH Migas M. Lobo Balia dan Sekretaris BPH Migas Bambang Utoro beserta Tim melakukan kunjungan kerja ke PT. Pindad, Bandung, (02/10/20).

Selain itu Ifan juga berharap Pindad dapat memproduksi sarana dan prasarna pendukung untuk kegiatan usaha disektor hilir migas, seperti pembuatan ISO Tank untuk LNG, peralatan pipanisasi gas, dan juga sarana dan prasarana untuk mini SPBU seperti shelter, dispenser dan tangki penyimpanan BBM yang saat ini sudah berjalan

"Ke depan kita ingin prioritas penggunaan produksi dalam negeri dalam kegiatan sektor hilir migas, yang saat ini masih banyak dimpor, akan kita gantikan dengan produksi dalam negeri", Tegas Ifan

 

2 Bisnis Pindad

Kepala BPH Migas M. Fanshurullah Asa didampingi Komite BPH Migas M. Lobo Balia dan Sekretaris BPH Migas Bambang Utoro beserta Tim melakukan kunjungan kerja ke PT. Pindad, Bandung, (02/10/20).
Kepala BPH Migas M. Fanshurullah Asa didampingi Komite BPH Migas M. Lobo Balia dan Sekretaris BPH Migas Bambang Utoro beserta Tim melakukan kunjungan kerja ke PT. Pindad, Bandung, (02/10/20).

Sementara itu Direktur Bisnis Produk Pertahanan dan Keamanan Pindad Heru Puryanto pada kesempatan tersebut menjelaskan secara singkat bahwa saat ini Pindad memiliki dua bidang bisnis yaitu produk bisnis pertahanan dan keamanan (hankam) dan produk bisnis non hankam.

Untuk produk bisnis hankam meliputi kendaraan tempur, senjata berbagai macam kaliber dan amunisi. Adapun yang Non Hankam yaitu alat-alat yang berhubungan dengan industrial, seperti alat pertanian, tabung gas berbagai ukuran, Ventilator dan juga sarana dan prasarana Pertashop seperti shelter, dispenser dan tangki penyimpanan BBM.

"Pada prinsipnya bisnis utama Pindad adalah produk pertahanan dan keamanan, karena itu ada core utama kami. Kami menyambut baik rencana kerjasama BPH Migas untuk pengadaan senjata api dan harapan kami PT.Pindad juga dapat beperan serta dalam menyediakan kebutuhan induastri di sektor hilir migas" ujar Heru.

Setelah acara pertemuan, Kepala BPH Migas dan tim melakukan site visite ke pabrik dan display senjata dan juga ujicoba menembak dengan beberapa varian senjata laras panjang.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPU Ingatkan Jangan Sampai Bahan Kampanye Jadi Penyebar COVID-19

Posted: 02 Oct 2020 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum mengingatkan partai politik pengusung dan calon kepala daerah agar tidak terjadi penyebaran virus COVID-19 melalui bahan kampanye.

"Kami mohon bapak ibu pimpinan partai politik bisa juga menyampaikan kepada jajaran yang jajarannya mengusulkan atau memiliki pasangan calon kepala daerah," kata Komisioner KPU RI I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, di Jakarta, Jumat (3/10/2020).

KPU mengingatkan agar partai politik dan pasangan calon kepala daerah di Pilkada 2020 benar-benar memperhatikan protokol kesehatan baik dari mencetak sampai membagikan bahan kampanye ke masyarakat.

"Jangan sampai kemudian karena tidak diperhatikan ketentuan ini maka nanti terjadi penularan atau penyebaran virus COVID-19 melalui bahan kampanye, tentu ini mari sama-sama kita jaga," kata dia.

Dewa Raka Sandi juga mengingatkan jajaran KPU provinsi kabupaten dan kota juga memberikan perhatian dalam proses pencetakannya bahan kampanye.

"Ini segera ada dua ketentuan ada yang difasilitasi oleh KPU, maupun yang dibuat oleh peserta. Jadi mohon dengan hormat hal ini juga diperhatikan," kata dia seperti dikutip dari Antara.

Ada sejumlah bahan kampanye yang bisa dimanfaatkan oleh pasangan calon untuk mensosialisasikan diri mereka pada pemilih. Kemudian, pada pilkada di tengah pandemi ini ada beberapa bahan kampanye tambahan yang bisa dimanfaatkan yang berkaitan dengan pencegahan COVID-19.

"Bahan kampanye, alat pelindung diri seperti masker, sarung tangan, pelindung wajah, dan cairan anti septik berupa cairan alkohol," ujarnya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Harus Bersih Sebelum Dibagikan

Sebelum dibagikan, bahan kampanye yang akan dibagikan harus dalam keadaan bersih, dibungkus dengan bahan yang tahan terhadap zat cair, dan telah disterilisasi.

Petugas yang membagikan bahan kampanye menggunakan masker yang menutupi hidung dan mulut hingga dagu dan sarung tangan.

"Pembagian bahan kampanye tidak menimbulkan kerumunan," kata Dewa Raka Sandi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kamala Harris Umumkan Dirinya Negatif Corona COVID-19

Posted: 02 Oct 2020 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Calon Wakil Presiden Amerika Serikat dari partai Demokrat Kamala Harris dinyatakan negatif Virus Corona COVID-19 setelah menjalankan tes.

Hal tersebut disampaikan oleh dalam akun Twitter resminya @KamalaHarris. Dalam cuitan itu, ia juga menyampaikan bahwa suaminya Douglas Emhoff juga dinyatakan negatif.

"Baik @DouglasEmhoff dan saya dites COVID-19 pagi ini dan untungnya kami dinyatakan negatif. Virus ini masih sangat aktif di seluruh negara kita, mohon terus kenakan masker dan jaga jarak," cuit @KamalaHarris.

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyatakan bahwa dirinya positif COVID-19. Bersama Melania Trump, mereka menjalankan karantina dan proses penyembuhan.

Bahkan, info terbaru menyebut bahwa keduanya dibawa ke rumah sakit.

Trump dan istrinya melakukan tes Corona COVID-19 setelah penasihat terdekatnya yaitu Hope Hicks dinyatakan positif virus tersebut.

Mantan model berusia 31 tahun dilaporkan oleh sejumlah media selalu mendampingi agenda Trump, termasuk dalam debat pilpres AS beberapa hari lalu.

"Dia (Hicks) berada di tempat yang lebih dekat dengannya di atas helikopter Marine One," kata wartawan Gedung Putih.

Hicks akan menjadi ajudan terdekat Donald Trump yang tesnya positif sejauh ini. Meski begitu, belum dipastikan dari siapa Trump tertular Corona COVID-19.

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Gedung Putih Terus Pastikan Kesehatan Presiden

Presiden AS Donald Trump tersenyum saat berbicara di telepon pada malam natal di Palm Beach, AS (24/12). Donald Trump dan istrinya sibuk berbicara di telepon dengan anak-anak saat mengiktui NORAD Tracks Santa. (AFP Photo/Nicholas Kamm)
Presiden AS Donald Trump tersenyum saat berbicara di telepon pada malam natal di Palm Beach, AS (24/12). Donald Trump dan istrinya sibuk berbicara di telepon dengan anak-anak saat mengiktui NORAD Tracks Santa. (AFP Photo/Nicholas Kamm)

Gedung Putih mengatakan bahwa pihaknya selalu menguji para asisten dan siapa pun yang berhubungan dengan presiden setiap hari.

Trump sebagian besar menolak penggunaan masker dan sering digambarkan tidak berada jauh secara sosial dengan asisten atau orang lain selama kunjungan resmi.

Juru bicara Gedung Putih Judd Deere belum mengkonfirmasi kondisi medis Hicks.

Namun dia mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada media AS: "Presiden Donald Trump memperlakukan kesehatan dan keselamatan dirinya dan semua orang yang bekerja untuk mendukung dia dan rakyat Amerika dengan sangat serius."

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Viral Seorang Wanita Masak Ikan Arwana Peliharaannya

Posted: 02 Oct 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Unggahan seorang wanita baru-baru ini menjadi viral usai memasak ikan arwana peliharaannya. Pasalnya kita tahu bahwa ikan arwana memiliki harga yang sangat mahal, bahkan ada ikan arwana yang harganya setara rumah.

Artikel tentang seorang wanita yang masak ikan arwana peliharaannya menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel tentang jenazah pria yang masih utuh hingga kini meski telah meninggal 15 tahun.

Sementara itu artikel terpopuler ketiga tentang reaksi wanita usai diterima kerja yang menjadi viral.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Viral Wanita Masak Ikan Arwana Peliharaannya, Bikin Kantong Meronta

(Tiktok/bunga_bunga)
(Tiktok/bunga_bunga)

Ikan banyak dipilih individu sebagai peliharaan di rumah. Tentu banyak berbagai jenis ikan hias yang cocok untuk dipelihara, seperti ikan arwana. 

Kita tahu bahwa ikan tersebut harganya sangat mahal, bahkan ada ikan arwana yang harganya setara rumah. Namun, bayangkan jika ikan dengan harga mahal itu malah dijadikan kudapan?

Selengkapnya…

2. 15 Tahun Meninggal, Jenazah Pria Ini Masih Utuh hingga Kini

Jenazah pria yang masih awet itu adalah Venerabilis Carlo Acutis seorang pasien leukemia (foto:EWTN)
Jenazah pria yang masih awet itu adalah Venerabilis Carlo Acutis seorang pasien leukemia (foto:EWTN)

Baru-baru ini sebuah video yang memperlihatkan jenazah seorang pria yang masih terlihat utuh tersimpan di peti mati kaca meski telah meninggal belasan tahun lamanya viral di media sosial. Video milik EWTN News tersebut diunggah ulang oleh Edi Prasetyo, pemilik akun Twiiter @edyprasscj pada Jumat (2/10/2020).

Selengkapnya…

3. Diterima Kerja Saat Pandemi, Reaksi Wanita yang Joget Girang Viral

(@dakara_spence/instagram.com)
(@dakara_spence/instagram.com)

Jutaan orang harus kehilangan pekerjaannya karena pandemi Corona Covid-19 yang berlarut-larut. Untuk itu, mendapat pekerjaan di masa sulit ini tentu menjadi momen yang paling membahagiakan.

Hal itu pun dirasakan seorang wanita yang baru-baru ini menjadi perbincangan viral di jejaring sosial. Video reaksi wanita dari Atlanta, Amerika Serikat itu setelah mendapat pekerjaan membuat warganet terharu sekaligus bahagia.

Selengkapnya…

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ribuan Warga Riau Bandel Terjaring Langgar Protokol Kesehatan

Posted: 02 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Pekanbaru - Lonjakan kasus Covid-19 di Riau belum membuat sebagian masyarakat Bumi Lancang Kuning patuh menerapkan protokol kesehatan. Hal ini terlihat dari 4.414 warga terjaring operasi yustisi Satgas Pemburu Teking Covid-19.

Teking dalam bahasa Melayu merujuk warga keras kepala. Satgas ini dibentuk Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi dan sudah disebar sejak 20 September 2020.

Kabid Humas Polda Riau Komisaris Besar Sunarto menjelaskan, 3.385 pelanggar mendapat teguran lisan, sisanya teguran tertulis. Dari jumlah tersebut, 697 pelanggar juga diberikan sanksi.

"Yaitu membersihkan fasilitas umum dan jalan," kata Sunarto, Jum'at petang, 2 Oktober 2020.

Setelah mendapat sanksi sosial, para pelanggar ini membuat pernyataan tertulis untuk tidak mengulang perbuatan serupa. Selain itu, beberapa pelanggar lebih memilih membayar denda.

"Sejauh ini sudah Rp6,5 juta terkumpul, denda juga diberikan kepada warga yang sering melanggar," kata Sunarto.

Sunarto menjelaskan, pelanggar ini didominasi masyarakat yang tidak memakai masker ketika beraktivitas di luar. Ada juga yang tidak menjaga jarak dan kedapatan berada di kerumunan.

Satgas Teking dibentuk menegakkan Peraturan Gubernur Riau Nomor 55 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan Dan Pengendalian Covid-19 di Riau.

"Kemudian ada juga beberapa Perda yang diterbitkan oleh kepala daerah di kabupaten dan kota terkait Covid-19," sebut Sunarto.

Satgas Teking Covid-19 di Riau tersebar di setiap kabupaten yang ada. Personelnya melibatkan 1167 polisi, 321 TNI, 496 Satpol PP dan 438 dinas perhubungan setempat. Satgas ini setiap hari turun mencari masyarakat yang mengabaikan protokol kesehatan.

"Pembentukannya merupakan bentuk dukungan Polda Riau untuk menekan penyebaran dan memutus mata rantai Covid-19," kata Sunarto.

Sebagai informasi, total konfirmasi Covid-19 di Riau sudah 8.068. Jumlah ini meningkat tajam sejak akhir Agustus, di mana per harinya ada penambahan rata-rata 200 kasus baru.

 

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Kebersamaan Pemain Sinetron Istri Kedua yang Hampir Tamat

Posted: 02 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Salah satu sinetron buatan SinemArt yang sukses mencuri perhatian publik ialah sinetron Istri Kedua. Tayang sejak Maret 2019, kisah sinetron yang diadaptasi dari novel Asma Nadia ini dinanti-nanti tiap episodenya oleh para penonton.

Sesuai judulnya, sinetron tersebut bercerita tentang seorang suami yang diperankan oleh Donny Michael memiliki dua istri. Aryani Fitriana yang berperan sebagai istri pertama Shakila dan Indah Indriana sebagai Luna istri kedua. 

Kehadrian dokter Ryan yang diperankan oleh Caesar Hito dan Febby Rastanty dalam beberapa episode baru ini juga membuat sinetron ini semakin menarik. Selain kisah cinta Shakila, cerita asmara Angga (Marcel Chandrawinata), Dewi (Tsania Marwa) dan Arumi (Jennifer Eve) juga tak kalah menarik untuk disimak. 

Menghadirkan konflik dalam keluarga dan cinta, sinetron ini berhasil membuat penonton terbawa perasaan dari pasangan. Tak terasa hampir 7 bulan tayang di layar kaca televisi, sinetron yang dibintangi sejumlah aktor ternama ini akan segera berakhir.

Meski dalam sinetron kerap berseteru, namun saat di balik layar para pemain ini terlihat kompak dan dekat satu sama lain. Kedekatan para pemain ini layaknya saudara. Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas potret kebersamaan pemain sinetron Istri Kedua, Sabtu (3/10/2020). 

1. Hampir 7 bulan tayang di layar kaca televisi, sinetron Istri Kedua akan segera berakhir pada pekan ini.

Kebersamaan Pemain Sinetron Istri Kedua (Sumber: Instagram//donnymichael/)
Kebersamaan Pemain Sinetron Istri Kedua (Sumber: Instagram//donnymichael/)

2. Meski di sinetron kerap berseteru, namun dalam dunia nyata para pemain Istri Kedua ini kompak.

Kebersamaan Pemain Sinetron Istri Kedua (Sumber: Instagram//istrikeduaofficial_sctv
Kebersamaan Pemain Sinetron Istri Kedua (Sumber: Instagram//istrikeduaofficial_sctv

3. Potret kekompakan para pemain sinetron Istri Kedua saat merayakan Hari Kemerdekaan.

Kebersamaan Pemain Sinetron Istri Kedua (Sumber: Instagram//istrikeduaofficial_sctv
Kebersamaan Pemain Sinetron Istri Kedua (Sumber: Instagram//istrikeduaofficial_sctv

4. Bersama hampir selama 7 bulan, enggak heran para pemain sinetron ini dekat satu sama lain.

Kebersamaan Pemain Sinetron Istri Kedua (Sumber: Instagram//istrikeduaofficial_sctv
Kebersamaan Pemain Sinetron Istri Kedua (Sumber: Instagram//istrikeduaofficial_sctv

5. Tiga artis cilik Fatimah Azzahra, Radja Nasution, dan Ben Zema ini juga kompak. Ketiganya sukses bikin gemas ya.

Kebersamaan Pemain Sinetron Istri Kedua (Sumber: Instagram//istrikeduaofficial_sctv
Kebersamaan Pemain Sinetron Istri Kedua (Sumber: Instagram//istrikeduaofficial_sctv

6. Meski Hito baru muncul beberapa episode ini, namun kekasih Felicya Angelista juga akrab dengan ketiga pemeran lainnya.

Kebersamaan Pemain Sinetron Istri Kedua (Sumber: Instagram//istrikeduaofficial_sctv
Kebersamaan Pemain Sinetron Istri Kedua (Sumber: Instagram//istrikeduaofficial_sctv

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

COVID-19 Bisa Picu Depresi, Kenali Gejala Emosi dan Fisik yang Dialami Anak

Posted: 02 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hasil survei Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) pada Agustus 2020 menunjukkan ada 13 persen responden usia anak mengalami kecenderungan depresi akibat COVID-19.

13 persen responden usia anak ini mengalami gejala-gejala yang mengarah pada gangguan depresi ringan hingga berat. Rinciannya, 4 persen ringan, 8 persen sedang, dan 1 persen berat.

"Ini enggak main-main, 13 persen anak-anak kita seperti ini dampaknya nanti ke mana-mana, tidak hanya berdampak pada anak itu sendiri," ujar Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak Kemen PPPA Dra. Lenny Nurhayanti Rosalin, M.Sc, dalam webinar ditulis pada Jumat (2/10/2020).

Survei tersebut juga menunjukkan beberapa gejala emosi yang paling sering dialami anak-anak. Gejala-gejala tersebut yakni merasa tertekan 26 persen, mudah marah 38 persen, sering menangis 20 persen, dan merasa sedih 42 persen.

Dengan kata lain, gejala emosi yang paling banyak dirasakan responden adalah merasa sedih dan mudah marah.

Sedangkan, gejala kognitif yang dialami anak-anak di masa pandemi COVID-19 adalah merasa gagal 25 persen, tidak bisa berkonsentrasi dengan baik 31 persen, menyalahkan diri 41 persen, merasa dirinya tidak berharga 11 persen, dan pesimis terhadap masa depan 9 persen.

Dengan kata lain, gejala kognitif yang paling banyak dirasakan responden adalah menyalahkan diri sendiri dan tidak bisa berkonsentrasi dengan baik.

"Ini bahaya sekali dan ini fakta terbaru yang kami rilis beberapa minggu yang lalu."

Persentase Responden Berdasarkan Gejala Fisik

Selain gejala emosi dan gejala kognitif, anak-anak juga dapat mengalami gejala fisik di era COVID-19 ini. Gejala fisik tersebut salah satunya adalah mudah lelah dengan persentase 45 persen.

Gejala fisik lainnya adalah nafsu makan turun 24 persen, mengalami gangguan tidur 42 persen, dan hilang ketertarikan pada lawan jenis 19 persen.

Dengan kata lain gejala fisik yang paling banyak dialami responden adalah mudah lelah dan mengalami gangguan tidur.

"Ini nantinya juga mengarah pada kesehatan jiwa si anak karena kesehatan jiwa itu ada fisik dan ada psikis," pungkasnya.

Infografis COVID-19

Infografis Pakai Masker Kain SNI, Jangan Scuba dan Buff. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Pakai Masker Kain SNI, Jangan Scuba dan Buff. (Liputan6.com/Trieyasni)

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Donald Trump Positif Covid-19 Jadi Trending Topic Terpopuler

Posted: 02 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Donald Trump yang mengumumkan dirinya positif Covid-19 menjadi trending topic di Twitter, Jumat (2/10/2020) kemarin. Informasi ini pun menjadi yang terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com.

Berita lain yang juga populer datang dari warganet yang meriahkan Hari Batik Nasional di Twitter.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Presiden Donald Trump Positif Covid-19 Jadi Trending Topic di Twitter

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengumumkan dirinya positif Covid-19 setelah dites. Tidak hanya Presiden Trump, sang ibu negara AS Melania Trump pun ikut tertular virus corona baru ini.

Donald Trump mengumumkan dirinya positif terkena Covid-19 melalui akun Twitter pribadinya @realDonaldTrump.

"Malam ini, saya dan Ibu Negara AS dites positif Covid-19. Kami berdua akan memulai karantina dan proses pemulihan secepatnya. Kami akan melaluinya bersama," cuit Donald Trump lewat akun Twitternya, Jumat (2/10/2020).

Baca selengkapnya di sini

2. Warganet Meriahkan Hari Batik Nasional di Twitter

Indonesia merayakan 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional. Euforia peringatan Hari Batik Nasional pun terasa sampai ke ranah internet.

Pantauan tim Tekno Liputan6.com, Jumat (2/10/2020), ucapan Selamat Hari Batik Nasional merupakan salah satu topik populer di Twitter. Saat artikel ini ditulis, Selamat Hari Batik Nasional berada di peringkat tiga Indonesia trends.

Ucapan Selamat Hari Batik Nasional dan harapan warganet pun menghiasi lini masa Twitter.

Baca selengkapnya di sini 

 

3. Mulai September, Indosat Ooredoo Berikan Kuota Internet dari Pemerintah Hingga 50GB

Shutterstock/Piyaset
Shutterstock/Piyaset

Pandemi membuat setiap kegiatan dibatas, dan beradaptasi untuk bekerja melalui media digital. Termasuk dalam sektor pendidikan. Hal itu dinilai untuk memutus tali penularan virus tersebut.

Pemerintah kini menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan memanfaatkan teknologi internet agar siswa siswi dapat terus belajar di masa pandemi.

Memang kebiasaan itu tidak mudah dilakukan bagi mereka yang susah sinyal dan tidak memiliki kuota internet. Kesiapan teknologi komunikasi menjadi hal penting untuk mengakomodasi kebutuhan PJJ. Maka dari itu, pemerintah pun berencana memberi bantuan kuota internet untuk peserta didik dan pengajar.

Baca selengkapnya di sini

(Isk/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Warga China Melupakan Virus Corona untuk Menikmati Liburan Hari Nasional

Posted: 02 Oct 2020 09:00 PM PDT

Orang-orang mengunjungi sebuah blok budaya di Wilayah Nanchang, Provinsi Jiangxi, China timur, pada 2 Oktober 2020. Banyak wisatawan dan warga setempat berkunjung ke blok budaya tersebut untuk bernostalgia dan bertamasya selama liburan Hari Nasional. (Xinhua/Wan Xiang)
Orang-orang mengunjungi sebuah blok budaya di Wilayah Nanchang, Provinsi Jiangxi, China timur, pada 2 Oktober 2020. Banyak wisatawan dan warga setempat berkunjung ke blok budaya tersebut untuk bernostalgia dan bertamasya selama liburan Hari Nasional. (Xinhua/Wan Xiang)

Orang-orang mengunjungi sebuah blok budaya di Wilayah Nanchang, Provinsi Jiangxi, China timur, pada 2 Oktober 2020. Banyak wisatawan dan warga setempat berkunjung ke blok budaya tersebut untuk bernostalgia dan bertamasya selama liburan Hari Nasional. (Xinhua/Wan Xiang)

Orang-orang mengunjungi sebuah blok budaya di Wilayah Nanchang, Provinsi Jiangxi, China timur, pada 2 Oktober 2020. Banyak wisatawan dan warga setempat berkunjung ke blok budaya tersebut untuk bernostalgia dan bertamasya selama liburan Hari Nasional. (Xinhua/Wan Xiang)
Orang-orang mengunjungi sebuah blok budaya di Wilayah Nanchang, Provinsi Jiangxi, China timur, pada 2 Oktober 2020. Banyak wisatawan dan warga setempat berkunjung ke blok budaya tersebut untuk bernostalgia dan bertamasya selama liburan Hari Nasional. (Xinhua/Wan Xiang)

Orang-orang mengunjungi sebuah blok budaya di Wilayah Nanchang, Provinsi Jiangxi, China timur, pada 2 Oktober 2020. Banyak wisatawan dan warga setempat berkunjung ke blok budaya tersebut untuk bernostalgia dan bertamasya selama liburan Hari Nasional. (Xinhua/Wan Xiang)

Orang-orang mengunjungi sebuah blok budaya di Wilayah Nanchang, Provinsi Jiangxi, China timur, pada 2 Oktober 2020. Banyak wisatawan dan warga setempat berkunjung ke blok budaya tersebut untuk bernostalgia dan bertamasya selama liburan Hari Nasional. (Xinhua/Wan Xiang)
Orang-orang mengunjungi sebuah blok budaya di Wilayah Nanchang, Provinsi Jiangxi, China timur, pada 2 Oktober 2020. Banyak wisatawan dan warga setempat berkunjung ke blok budaya tersebut untuk bernostalgia dan bertamasya selama liburan Hari Nasional. (Xinhua/Wan Xiang)

Orang-orang mengunjungi sebuah blok budaya di Wilayah Nanchang, Provinsi Jiangxi, China timur, pada 2 Oktober 2020. Banyak wisatawan dan warga setempat berkunjung ke blok budaya tersebut untuk bernostalgia dan bertamasya selama liburan Hari Nasional. (Xinhua/Wan Xiang)

Orang-orang mengunjungi sebuah blok budaya di Wilayah Nanchang, Provinsi Jiangxi, China timur, pada 2 Oktober 2020. Banyak wisatawan dan warga setempat berkunjung ke blok budaya tersebut untuk bernostalgia dan bertamasya selama liburan Hari Nasional. (Xinhua/Wan Xiang)
Orang-orang mengunjungi sebuah blok budaya di Wilayah Nanchang, Provinsi Jiangxi, China timur, pada 2 Oktober 2020. Banyak wisatawan dan warga setempat berkunjung ke blok budaya tersebut untuk bernostalgia dan bertamasya selama liburan Hari Nasional. (Xinhua/Wan Xiang)

Orang-orang mengunjungi sebuah blok budaya di Wilayah Nanchang, Provinsi Jiangxi, China timur, pada 2 Oktober 2020. Banyak wisatawan dan warga setempat berkunjung ke blok budaya tersebut untuk bernostalgia dan bertamasya selama liburan Hari Nasional. (Xinhua/Wan Xiang)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penukaran Uang Rp 75.000 Bisa di Semua Bank, Simak Cara dan Syaratnya

Posted: 02 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) resmi memperluas akses penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia (UPK 75 RI) atau uang pecahan Rp 75.000 . Mulai Kamis (1/10), bank sentral membuka kesempatan bagi seluruh bank untuk menjadi koordinator penukaran kolektif UPK 75 RI.

"Kini, Bank Indonesia membuka kesempatan seluasnya bagi seluruh bank untuk menjadi agen penghimpun pooling pendaftar penukaran UPK 75 RI melalui skema penukaran kolektif," ujar Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Onny Widjanarko.

Adanya skema penukaran uang Rp 75.000 secara kolektif ini memungkinkan setiap masyarakat Indonesia dapat melakukan penukaran lewat Bank Umum. Namun demikian, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yaitu sebagai berikut.

1. Mendaftar pada Bank Umum Terdekat

Jika sebelumnya pengambilan UPK 75 RI atau uang Rp 75.000 hanya dapat ditukarkan di cabang BI setiap provinsi melalui pendaftaran lewat aplikasi PINTAR yang ada di website BI, sekarang Anda bisa langsung mendaftarkan diri ke Bank Umum terdekat.

Tentunya, BI mengimbau penukaran [uang](Rp 75.000 "") Rp 75.000 secara langsung ini tetap dengan menggunakan protokol kesehatan yang berlaku di setiap tempat umum.

2. Pendaftar Harus punya Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Ilustrasi E-KTP. (Liputan6.com / Rita Ayuningtyas)
Ilustrasi E-KTP. (Liputan6.com / Rita Ayuningtyas)

Sebelum datang ke Bank Umum terdekat, Anda diwajibkan menyiapkan fotocopy KTP sebagai bukti Warga Negara Indonesia (WNI) asli yang sudah dewasa. Kemudian, Bank Umum tempat Anda mendaftar akan mengajukan permohonan penukaran kolektif pada PIC Bank Indonesia sesuai wilayahnya masing-masing.

Adapun, setiap 1 KTP hanya berlaku untuk satu kali penukaran UPK 75 RI. Untuk hal-hal mengenai berapa lama proses penukaran melalui Bank Umum sendiri menjadi kebijakan dari perbankan masing-masing.

3. Siapkan Uang Pecahan Rp 75.000

Tentunya, uang pecahan ini tidak dibagi secara cuma-cuma kepada masyarakat, karena bukan memiliki nilai tukar yang artinya uang ini bisa dibelanjakan.

Hal itu sesuai dengan apa yang sudah tercantum dalam Peraturan Bank Indonesia No. 22/11/PBI/2020, bahwa Bank Indonesia mengeluarkan dan mengedarkan uang rupiah khusus Peringatan ke 75 tahun Kemerdekaan Indonesia di tahun 2020 dan dapat dimanfaatkan sebagai alat pembayaran yang sah di Indonesia.

4. Berlaku untuk Organisasi, Lembaga, dan Instansi

BI hari ini meluncurkan uang baru edisi 75 Tahun Indonesia Merdeka. (dok.Instagram @bank_indonesia/https://www.instagram.com/p/CD-zQznBl6d/Henry)
BI hari ini meluncurkan uang baru edisi 75 Tahun Indonesia Merdeka. (dok.Instagram @bank_indonesia/https://www.instagram.com/p/CD-zQznBl6d/Henry)

Tidak hanya Bank Umum, Lembaga, Instansi ataupun organisasi juga dapat menjadi koordinator dalam skema penukaran UPK 75 RI ini. Caranya dengan mengirimkan e-mail berisi formulir permohonan beserta data diri penukar (KTP) kepada PIC Penukaran Kolektif UPK 75 RI di kantor BI sesuai wilayah masing-masing untuk memperoleh bukti pemesanan penukaran yang nantinya akan tertera lewat e-mail.

Setelah itu, penukaran dapat dilakukan pada waktu dan tempat yang sesuai dengan bukti pemesanan. Penukaran kolektif ini dapat dilakukan dengan jumlah minimal 17 orang dan tidak ada batasan maksimal.

Meskipun BI sudah mengeluarkan skema kolektif dalam penukaran UPK 75 RI, Bank Sentral masih membuka kesempatan bagi setiap individu yang ingin mendaftar langsung lewat website BI di aplikasi PINTAR (https://pintar.bi.go.id/). Pendaftaran secara individu ini dibuka pada saat jam kerja dengan batas waktu hingga 30 Oktober 2020.

Reporter Magang: Theniarti Ailin

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek 6 Fakta Cara Mencegah Penularan Virus Corona Covid-19 di Kerumunan

Posted: 02 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Republik Indonesia melalui Satuan Tugas (Satgas) covid-19 tidak pernah berhenti mencegah penyebaran virus corona. Banyak upaya yang sudah dilakukan pemerintah untuk menjaga masyarakan dari peneluaran virus corona covid-19, salah satunya penggunaan masker.

Sejak pertama kali muncul di Wuhan, China, Desember 2019, virus corona covid-19 sudah menelan banyak korban jiwa. Di Indonesia, hingga Sabtu (3/10/2020), sudah ada 295 ribu kasus, 10.972 di antaranya meninggal dunia.

Faktor tersebut membuat pemerintah menerbitkan masyarakat untuk lebih patuh pada protokol kesehatan. Penggunaan masker pun menjadi wajib bagi masyarakat Indonesia selama masa pandemi.

Kenapa penggunaan masker menjadi wajib? Sebab, seseorang dapat terinfeksi dari penderita COVID-19. Penyakit ini dapat menyebar melalui tetesan kecil (droplet) dari hidung atau mulut pada saat batuk atau bersin. Droplet tersebut kemudian jatuh pada benda di sekitarnya.

Sampai saat ini, para peneliti di dunia, termasuk Indonesia, masih terus melakukan uji coba vaksin virus corona covid-19.

Namun, apakah Anda paham cara mencegah penularan virus corona covid-19 di kerumunan, seperti pusat perbelanjaan, kereta, dan lainnya? Berikut ini, Cek Fakta Liputan6.com membagikan cara ampuh mencegah wabah ini di kerumunan, seperti dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat (CDC).

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

1. Selalu Memakai Maskter

Ilustrasi Masker (pixabay.com)
Ilustrasi Masker (pixabay.com)

Ketika Anda pergi ke tempat yang banyak kerumunan orang, meski saat ini tidak dianjurkan, Anda harus menggunakan masker sebagai langkah awal pencegahan penularan virus corona covid-19. Cara penanganan novel Coronavirus ini penting karena Anda tidak bisa melihat covid-19 dengan mata telanjang.

Covid-19 bisa menular melalui bersin, batuk, bahkan udara. Jika Anda menggunakan masker sekali pakai, buangnya jangan asal, harus di tempat sampah.

 

2. Hindari Kontak Fisik

Manekin, ditempatkan di beberapa meja untuk menjaga aturan sosial di restoran dan kafe di Istanbul (1/6/2020). Turki membuka kembali restoran, kafe, dan pasar Grand Bazaar abad ke 15 Istanbul yang ikonis karena pemerintah semakin meringankan pembatasan coronavirus. (AFP Photo/Ozan Kose)
Manekin, ditempatkan di beberapa meja untuk menjaga aturan sosial di restoran dan kafe di Istanbul (1/6/2020). Turki membuka kembali restoran, kafe, dan pasar Grand Bazaar abad ke 15 Istanbul yang ikonis karena pemerintah semakin meringankan pembatasan coronavirus. (AFP Photo/Ozan Kose)

Ketika berada di tengah kerumunan, Anda pasti sangat sulit menolak jika diajak bersalaman. Namun, di masa pandemi seperti ini, menolak berjabat tangan sudah biasa untuk mencegah penularan virus corona. Anda bisa salam sikut untuk mengganti berjabat tangan.

Cara yang lebih baik untuk mencegah penularan virus corona jika berada di kerumunan adalah, sering mencuci tangan dengan air bersih dan sabun selama 20 detik. Bila tidak ada air, Anda bisa menggunakan pembersih tangan dengan kadar alkohol sebanyak 60 hingga 95 persen.

 

3. Perlu Banyak Sirkulasi Udara

Ilustrasi Covid-19, virus corona. Kredit: Miroslava Chrienova via Pixabay
Ilustrasi Covid-19, virus corona. Kredit: Miroslava Chrienova via Pixabay

Ketika Anda terpaksa mengumpulkan banyak orang karena keperluan yang penting dan mendesak, hal yang tepat dilakukan adalah memastikan banyak sirkulasi udara. Untuk mendapatkan ruangan yang bebas dari virus, Anda harus mendapatkan sirkulasi udara hingga 24 jam.

Lalu, bagaimana caranya? Buka semua jendela dan pintu agar udara segar masuk ke dalam ruangan. Bila perlu, sebelum orang berkerumun, bersihkan dulu toilet, ruang rapat, kantor, dan area umum, seperti ruang tunggu hingga dapur. Disinfeksi juga perlu dilakukan agar terbebas dari covid-19. Cara penanganan novel Coronavirus ini harus dilakukan 24 jam sebelum orang lain berkerumun.

 

 

4. Hindari Menyentuh Area Wajah

Ilustrasi wajah. (dok. Foto Vigan Hajdari/Pixabay)
Ilustrasi wajah. (dok. Foto Vigan Hajdari/Pixabay)

Ketika berada di ruang terbuka dan kerumunan orang, Anda dianjutkan tidak menyentuh area wajah. Sebab, virus corona covid-19 bisa menyerang tubuh manusia melalui area segitiga wajah, seperti mata, mulut, dan hidung.

Maka dari itu menjaga kebersihan tangan sebelum dan sesudah bersentuhan dengan benda atau bersalaman dengan orang lain menjadi cara untuk mencegah tertular dari virus Corona. Sudah dijelaskan di atas mengenai cara mencuci tangan yang baik dan benar. Jika kesulitan menemukan air bersih dan sabun, Anda bisa menggunakan pembersih tangan dengan kadar alkohol antara 65 hingga 90 persen.

 

5. Jaga Jarak

Petugas memakai pelindung wajah dan masker dalam gerbong KRL tujuan Jakarta di Stasiun Bogor, Jawa Barat, Kamis (11/6/2020). PT KCI membatasi jumlah penumpang 35- 40 persen dari kapasitas untuk jaga jarak aman antarpengguna KRL atau sekitar 74 penumpang per gerbong. (merdeka.com/Arie Basuki)
Petugas memakai pelindung wajah dan masker dalam gerbong KRL tujuan Jakarta di Stasiun Bogor, Jawa Barat, Kamis (11/6/2020). PT KCI membatasi jumlah penumpang 35- 40 persen dari kapasitas untuk jaga jarak aman antarpengguna KRL atau sekitar 74 penumpang per gerbong. (merdeka.com/Arie Basuki)

Satu di antara pencegahan penyebaran virus corona covid-19 yang efektif adalah menjaga jarak antar manusia. Pemerintah Indonesia sudah berulang kali memberikan instruksi seperti ini.

Dengan adanya penerapan physical distancing ketika beraktivitas di luar ruangan atau tempat umum, kamu sudah melakukan satu langkah mencegah terinfeksi virus Corona. Jaga jarak kamu dengan orang lain sekitar satu meter.

Jaga jarak fisik tak hanya berlaku di tempat umum, di rumah pun juga bisa Anda terapkan. Andai Anda duduk di tempat umum, seperti di stasiun kereta api, airport, rumah sakit, usahakan ada tempat duduk kosong di sebelah agar Anda semakin aman.

 

6. Jangan Pegang Tiang

Seorang pekerja membersihkan interior gerbong metro di New Delhi, Kamis (3/9/2020). Jaringan Delhi Metro bersiap untuk melanjutkan layanan secara bertahap mulai 7 September setelah lebih dari 5 bulan ditutup karena pandemi virus corona Covid-19. (AP Photo/Manish Swarup)
Seorang pekerja membersihkan interior gerbong metro di New Delhi, Kamis (3/9/2020). Jaringan Delhi Metro bersiap untuk melanjutkan layanan secara bertahap mulai 7 September setelah lebih dari 5 bulan ditutup karena pandemi virus corona Covid-19. (AP Photo/Manish Swarup)

Sering kali, setiap berada di kerumunan seperti di kereta, secara tidak sadar Anda berpegang pada tiang. Tahukah Anda kalau tiang itu merupakan tempat berkumpulnya virus dan bakteri.

Bayangkan ada berapa ratus orang atau ribu orang yang pernah memegang tiang atau pegangan tangan tersebut. Mungkin banyak yang tidak mencuci tangan. Maka dari itu sebisa mungkin, Anda menghindari untuk memegang tiang di dalam transportasi umum sebagai bentuk pencegahan.

Anda tidak mungkin tidak menyentuh tiang tersebut atau pegangan tangan. Mungkin yang bisa Anda lakukan adalah mencuci tangan atau membersihkan tangan setelah sampai di stasiun tujuan.

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Surat Terbuka Nana Mirdad untuk Bayi yang Tewas Dijilat Anjing: Aku Terus Merasa Bersalah…

Posted: 02 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta "Ya Tuhan, jalan kaki pagi ini dimulai sangat shock dan menyedihkan," tulis Nana Mirdad di fitur Instagram Stories, Jumat (2/10/2020). Keluar dari mobil bareng suami, ia melihat jasad bayi.

Nana Mirdad makin syok karena jenazah bayi yang diduga dibuang ini tak lagi utuh. "Begitu aku dan Andrew keluar dari mobil, kita nemu mayat bayi yang dibuang di jalan, ancur, dijilat anjing," lanjutnya.

Insiden itu membekas di benak Nana Mirdad. Saking syok, Nana Mirdad merasa bersalah kemudian menulis surat terbuka untuk bayi yang diduga dibuang dan meninggal di tempat umum itu.

Tuhan Sayang Kamu...

Nana Mirdad. (Foto: Instagram @nanamirdad_)
Nana Mirdad. (Foto: Instagram @nanamirdad_)

"Dear bayi kecil mungil yang kuat, aku terus merasa bersalah karena mungkin kalau aku bangun lebih pagi, aku bisa menemukan kamu lebih cepat," ungkap Nana Mirdad pada hari yang sama.

"Tapi aku tahu kalau Tuhan saya kamu. Aku mungkin bukan siapa-siapa tapi aku minta maaf, kamu harus merasakan sakit yang luar biasa dan berjuang sendiri di saat kamu tidak mampu membela diri," imbuhnya.

Di Pelukan Tuhan dan Malaikat

Unggahan Nana Mirdad. (Foto: Instagram @nanamirdad_)
Unggahan Nana Mirdad. (Foto: Instagram @nanamirdad_)

Usai meluapkan penyesalan, bintang film Kawin Laris dan Hantu Pohon Boneka menenangkan diri dengan membangun pikiran positif. Nana Mirdad percaya arwah sang bayi berada di surga.

"Semoga kamu sudah tenang, sudah ada di pelukan Tuhan dan malaikat-malaikat," harap putri Jamal Mirdad dan Lydia Kandou. Nana Mirdad percaya segala hal terjadi dengan sebuah alasan.

Kamu Kuat, Kamu Hebat

Nana Mirdad. (Foto: Instagram @nanamirdad_)
Nana Mirdad. (Foto: Instagram @nanamirdad_)

Perputaran karma akan berbalik ke pelaku yang tega membuang bayi di ruang publik. Nana Mirdad juga yakin, bayi yang tak berdaya lalu jadi bulan-bulanan anjing itu justru pribadi yang kuat.

"Kamu kuat kamu hebat kamu pasti sudah berjuang semampu kamu. Percayalah banyak banget DM (direct message -red) yang masuk yang mendoakan tempat terbaik untuk kamu," ia menyambung. 

Rest in Peace Little Soul

Nana Mirdad. (Foto: Instagram @nanamirdad_)
Nana Mirdad. (Foto: Instagram @nanamirdad_)

Mengakhiri surat terbukanya, bintang sinetron Liontin dan Impian Cinderela menulis, "Rest in peace little soul (istirahat dengan tenang, wahai jiwa kecil). 02/10/2020."

Surat terbuka ini ditulis dengan latar polos hitam pekat, menyiratkan betapa dalam duka Nana Mirdad. Apalagi, ia merupakan ibu dari dua anak yakni Jason Denadra dan Sarah Deana.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tes Usap COVID-19 Massal Sasar Jasa Tukang Cukur dan Pekerja Salon

Posted: 02 Oct 2020 08:57 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejak Selasa pagi, tukang potong rambut atau salon karyawan pusat perbelanjaan dan warga sekitar Gedung KONI Gelanggang Remaja Tambaksari Surabaya, menjalani test swab atau tes usap COVID-19 massal gratis yang difasilitasi oleh pemerintah.

Upaya ini disambut antusias, sebab mereka rentan terpapar COVID-19, karena langsung bersentuhan dengan para konsumen. Jika dalam test swab atau tes usap ini nantinya ada yang positif, akan diarahkan untuk isolasi di hotel, Asrama Haji atau isolasi mandiri.

"Imbauan dari Ibu Wali Kota itu untuk para pekerja barber shop, salon atau tukang cukur itu kita harapkan mau memeriksakan dirinya, untuk menjaga kesehatan dirinya pribadi dan konsumennya, karena kontak eratnya barber shop, tukang cukur kan erat, jadi kalau pekerja itu negatif, kan aman juga untuk konsumen," ujar Thoms Danantosa, Kepala Puskesmas Gading Tambaksari.

Sementara di Jombang, sebanyak 61 santri dari sejumlah pesantren dan tenaga medis yang terpapar Covid-19, terus dipantau dan diperiksa kesehatannya di lokasi karantina, Gedung Apartemen Mahasiswa Unipdu Jombang.

Selain pemantauan perkembangan kesehatan, mereka juga di-swab test untuk memastikan apakah masih ada virus corona di dalam tubuhnya.

Puluhan santri dan tenaga medis yang terpapar COVID-19 akan dikarantina selama 14 hari, sembari memastikan apakah yang bersangkutan masih positif atau sudah negatif COVID-19. Demikian seperti diberitakan pada Liputan6, 30 September 2020.

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil Lakers vs Heat: LeBron James dan Anthony Davis Sulit Dibendung di Final NBA

Posted: 02 Oct 2020 08:53 PM PDT

Liputan6.com, Miami- LA Lakers masih belum tertahankan saat melakoni laga kedua final NBA melawan Miami Heat pada Sabtu (3/10/2020) pagi. LeBron James dan kawan-kawan kalahkan Heat 124-114.

Dengan kemenangan ini, Lakers unggul 2-0 atas Heat di final NBA. Anthony Davis mencetak double double dengan torehan 32 poin dan 14 rebound.

Ditambah lagi LeBron James yang juga mencetak poin tertinggi 33. James nyaris triple double karena meraih 9 assist dan 9 rebound.

Kolaborasi LeBron James dan Davis sudah cukup bagi Lakers untuk membungkam Heat dan memberi kemenangan. Sedangkan di kubu Heat, upaya Jimmy Buttler yang mencetak double double gagal membuahkan hasil.

Dia mencetak 25 poin dan 13 assist. Sedangkan posisi dua pencetak skor terbanyak diraih Kelly Olynyk,24 poin.

 

Jalannya Pertandingan

Jimmy Butler tampak terpental saat Heat melawan Lakers di final NBA (AFP)
Jimmy Butler tampak terpental saat Heat melawan Lakers di final NBA (AFP)

 

Melawan Lakers, Heat tak menampilkan center Bam Adebayo. Ini pula yang membuat mereka langsung tertinggal 29-23 dari Lakers pada kuarter pertama.

Memasuki kuarter kedua, permainan Heat belum juga membaik karena kalah perolehan poin. Lakers mencetak 39 poin sedangkan Heat 31 poin saja.

Pada kuarter ketiga, Heat mulai mendekat dengan 93-103. Kuarter keempat berjalan ketat dan Lakers jaga keunggulan dengan skor akhir 124-114.

Saksikan Video Lakers Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fokus Pagi : Razia Penegakan PSBB

Posted: 02 Oct 2020 08:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Fokus Pagi mengangkat berita dan peristiwa menarik dari dalam maupun luar negeri dengan pilihan topik utama di antaranya, Razia Penegakan PSBB, Diguyur Hujan Jakarta Banjir, Penghina Wapres Ditangkap, Donald Trump Positif COVID-19.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Pegiat HAM soal Korban PKI Tak Diizinkan Pulang ke Tanah Air

Posted: 02 Oct 2020 08:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Yunita Chuzaifah, Pegiat HAM Perempuan yang juga mantan Ketua Komnas Perempuan bercerita soal pengalaman dirinya dengan para korban yang tak diizinkan pulang ke Tanah Air karena peristiwa 1965. Dia menyebut para korban itu enggan menyebut peristiwa G30S/PKI.

Dia mengaku sebagai korban, namun korban dalam perspektif lain. Kakak dari orangtuanya, atau dalam budaya Jawa disebut 'Pakde' pernah hampir dibunuh oleh seorang Kepala Desa yang berafiliasi dengan PKI. Namun Pakde-nya berhasil lolos dari pembunuhan.

"Saya ingin mengungkap beberapa pengalaman atau pertautan dengan para korban yang terhalang pulang karena peristiwa 65. Mereka adalah yang menolak atau mendukung Suharto, belum tentu mereka PKI," kata dia dalam presentasi yang dikutip Liputan6.com dari web Saiful Mujani, Sabtu (3/10/2020).

Dia mengatakan, mereka yang diizinkan pulang ke Tanah Air memang mengikuti semacam training Nasionalisme, Agama dan Komunisme (Nasakom).

"Mungkin seperti P4 begitu lah, tapi mereka memang tidak mendukung Suharto sehingga mereka dilarang untuk kembali ke tanah air," kata dia.

Menurutnya, di Eropa atau di negara lain, mereka seperti berada di sebuah penjara besar, penjara seberang benua lantaran tak bisa kembali ke negara asalnya, Indonesia. Sebagian besar mereka masih memiliki keluarga di sini.

"Bisa terbayang. Saya saja kalau tiga bulan tidak bertemu keluarga saja sudah tersiksa. Mereka ini terhalang tidak boleh pulang," ucap dia.

Di sana, di negara lain yang dia temukan orang-orang yang tak boleh kembali ke Tanah Air adalah mereka yang kebanyakan adalah orang pintar. Dia mengaku bertemu ahli atom, ahli matematika. Mereka di Eropa tersebar menjadi pekerja-pekerja teknis.

"Jadi, orang-orang pintar negeri kita hanya gara-gara perbedaan politik mereka dihalangi, dimasukan ke dalam penjara di lain benua tadi," kata dia.

"Kemudian, mereka juga dihalangi mencintai bangsanya," dia menambahkan.

Bahkan, dirinya mengaku sempat ingin menangis ketika momen Hari Ulang Tahun (HUT) Indonesia pada 17 Agustus yang dilakukan di kedutaan Indonesia di Belanda. Dia mengaku melihat ibu-ibu pakai kebaya merah jambu hendak ikut upacara pengibaran bendera.

Mereka di trotoar kedutaan hanya pegang besi untuk melihat pengibaran bendera.

"Menurut saya, kok begitu ya kita memberlakukan anak bangsa kita. Mereka mencoba mencintai tanah air tapi terhalang karena soal politik tadi," sesalnya.

 

Boleh Pulang di Era Gus Dur

Beruntung pada era Presiden keempat Abdurrahman Wahid atay Gus Dur membuat kebijakan luar biasa. Gus Dur melalui Menteri Yusril Ihza Mahendra membuat kebijakan memperbolehkan mereka pulang ke Indonesia.

"Saya ada di sana, saya menyaksikan," kata dia.

Saat itu dia mengaku bertemu dengan Sidik Kertapati, orang yang berjasa untuk proklamasi dan di dalamnya masih ada peluru, tapi kemudian dia terhalang pulang.

"Saya mendapatkan cerita bagaimana pengantin baru yang tidak bisa pulang sehingga mereka, mohon maaf, memotong penisnya, lari-lari di tengah salju. Saya banyak dengar cerita orang-orang yang depresif," kata dia.

Dengan dirinya bergabung dalam Komnas Perempuan, dia mengaku kerap menjain hubungan dengan para korban. Dia bercerita, pernah dia mendengar ada kasus penggeledahan untuk mencari tato palu arit.

Dia mengaku sempat bertemu dengan seorang ibu, dia guru TK di daerah Purbalingga, Cilacap.

"Dia, waktu itu, di penjara, katanya, ditelanjangi dicari palu arit dan dia diperkosa berulang-ulang. Dia guru TK. Dalam interogasinya, dia dipaksa mengaku bahwa dia adalah Gerwani yang ikut menari-nari di Lubang Buaya padahal dia ada di Cilacap. Jadi, ada keajaiban, keanehan," kata dia.

Tak hanya itu, dia juga menemukan adanya korban interogasi dengan perusakan genital. Dia bertemu dengan perempuan yang genitalnya dibakar, dipaksa mengaku. Bahkan hingga alat genitalnya dimasukan sesuatu. Saat hamil, diminta aborsi dan lain sebagainya.

"Belum lagi soal isu penghilangan paksa. Suaminya hilang tanpa pernah tahu ada di mana. Penghukumanan tanpa pengadilan. Kemudian pencabutan hak sipol, stigma, dan isolasi sosial tidak boleh bertemu dengan masyarakat. Sulit sekali," kata dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Lewatkan, Kupas Tuntas Kisah Brand Lokal Go Internasional di Mandiri Karnaval 2020

Posted: 02 Oct 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menyambut hari jadi ke-22, Bank Mandiri menggelar acara Mandiri Karnaval 2020. Acara yang digelar secara live streaming di Vidio ini berlangsung pada Sabtu, 3 Oktober 2020.

Mandiri Karnaval 2020 hadir dengan 3 program berbeda. Yakni Mandiri Berkreasi, Mandiri Tertawa, Mandiri Bangga buatan Indonesia. Di segmen Mandiri Berinovasi ada dua pembicara inspiratif dari kalangan pengusaha muda sukses.

Dipandu oleh Melaney Ricardo dan Boy William, rangkaian acara Mandiri Berkreasi bakal dimeriahkan oleh Tiara Andini, Kahitna, dan RAN. Para musisi ternama tersebut bakal membawakan lagu-lagu favorit bagi penonton.

Selain itu, Mandiri Berkreasi juga akan menampilkan peragaan busana secara virtual dari karya desainer Denny Wirawan. Dalam acara fashion itu, Denny bakal menampilkan 9 koleksi busana dengan tema 'Selaras'. Denny Wirawan akan mengkolaborasikan kain tenun Lombok dan satin sutera.

Setelah itu,disambung dengan acara Mandiri Tertawa yang akan dimeriahkan oleh komika Awwe, Rigen, dan Marshel yang siap mengocok perut Anda!

Selain itu, rangkaian gelaran ini juga akan menampilkan entrepreneur generasi muda. Seperti Yukka Harlanda sebagai Founder Brodo Footwear sampai Bernhard Suryaningrat sebagai founder NeverTooLavish. Mereka akan berbagi mengenai seluk beluk pengembangkan bisnis melalui talkshow 'Mandiri Bangga Buatan Indonesia.

Sebagai rasa syukur, Bank Mandiri juga melakukan aksi charity melalui penyerahan 12.000 paket sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 di sekitar kantor Bank Mandiri seluruh Indonesia.

Selain itu, Bank Mandiri akan mendonasikan dana sebesar Rp 2.200,- atas setiap transaksi yang dilakukan nasabah dengan kartu debit/kredit Bank Mandiri pada periode 2-3 Oktober 2020, untuk pembelian APD bagi tenaga kesehatan.

Yuk, saksikan Mandiri Karnaval 2020 live streaming di Vidio pukul 16.00 Wib pada 3 Oktober 2020. Jangan sampai ketinggalan ya!

HUT ke-22 Bank Mandiri Banjir Diskon, Bayar Belanjaan Mulai 22 Persen dari Harga Normal

Untuk merayakan ulang tahun ke-22, Bank Mandiri menghadirkan aksi sosial.
Untuk merayakan ulang tahun ke-22, Bank Mandiri menghadirkan aksi sosial.

PT Bank Mandiri (Persero) merayakan ulang tahun yang ke-22 pada Jumat, 2 Oktober 2020. Untuk menyemarakkan HUT kali ini, perseroaan memberi apresiasi kepada nasabah atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Bank Mandiri selama ini.

Bank Mandiri menggelar program potongan harga dengan membayar mulai 22 persen dari harga normal menggunakan alat pembayaran Bank Mandiri. Seperti Mandiri Kartu Debit dan Mandiri Kartu Kredit.

"Pada program ini menggandeng mitra-mitra merchant yang diminati masyarakat mulai tanggal 2 Oktober 2020. Harapannya, program ini juga bisa meningkatkan belanja masyarakat sehingga ikut mendukung program pemulihan ekonomi nasional," Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Hery Gunardi.

Adapun, merchant partner yang terlibat dalam program ini antara lain Diskon Spesial di McDonald's Indonesia Drive Thru, Pesan Makanan Favoritmu di Grab Food, hingga Belanja Sepatu di Kick Avenue. Lalu, diskon lainnya juga terdapat di berbagai kategori merchant seperti Indomaret, SOGO & MAP Fashion, Informa, serta ratusan merchant lainnya.

Selain di merchant, program diskon juga berlaku untuk program Diskon untuk UMKM Bangga Buatan Indonesia di Bukalapak serta promo pembelanjaan di Tokopedia, Shopee, dan platform e-commerce lainnya. Tak hanya program diskon di merchant, Bank Mandiri juga menawarkan promo bunga untuk mandiri KPR & KSM, dan program spesial di mandiri online, TGIF Fiestapoin, serta penawaran lainnya. Informasi daftar mitra merchant pelaksana program HUT lebih lengkap bisa dilihat di bmri.id/hutmandiri22.

Di samping program diskon belanja, apresiasi kepada nasabah juga direalisasikan melalui penyelenggaraan Mandiri Karnaval (MK) secara virtual. Mandiri Karnaval tahun ini akan dilaksanakan pada Sabtu 3 Oktober 2020 dengan menampilkan hiburan musik dari RAN, Tiara Andini dan Kahitna.

Mandiri Karnaval akan dimulai pukul 16.00 WIB melalui video.com/@bankmandiri dan diisi oleh komika Awwe, Rigen, Marshel, serta pagelaran busana karya anak bangsa oleh Denny Wirawan.

Hery menekankan, pihaknya tetap akan memastikan seluruh pelaksanaan Mandiri Karnaval virtual tersebut akan memperhatikan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran covid-19.

"Selama lebih dari 3 jam, nasabah dan masyarakat umum akan dapat menikmati aneka hiburan dan komedi dari rumah saja. Harapannya, persembahan Bank Mandiri ini dapat diterima nasabah serta seluruh masyarakat Indonesia," tutup Hery.

Aksi Potong Tumpeng Bank Mandiri Cetak Rekor MURI

Untuk merayakan ulang tahun ke-22, Bank Mandiri menghadirkan aksi sosial.
Untuk merayakan ulang tahun ke-22, Bank Mandiri menghadirkan aksi sosial.

Bank Mandiri (Persero) merayakan ulang tahun ke-22 tahun pada Jumat, 2 Oktober 2020. Sebagai puncak rangkaian perayaan HUT, Bank Mandiri menyelenggarakan kegiatan potong tumpeng.

Berbeda dari potong tumpeng biasa, gelaran yang diikuti jajaran direksi dan komisaris Mandiri di Plaza Mandiri, Jakarta, serta seluruh karyawan perseroan ini dilakukan secara virtual. Tercatat, pemotongan tumpeng ini dilakukan di 1.022 kantor cabang Mandiri di seluruh Indonesia.

"Total ada sebanyak 1.022 tumpeng yang dipotong pada saat bersamaan di Plaza Mandiri dan berbagai lokasi lain di Indonesia," kata Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Hery Gunardi dalam perayaan HUT Ke-22 Bank Mandiri.

Inisiasi potong tumpeng ini mencetak rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) karena menjadi satu-satunya gelaran acara ulang tahun dengan melibatkan pemotongan tumpeng dari 1.022 kantor cabang Mandiri secara virtual.

"Kami bersyukur bahwa ternyata kegiatan pemotongan tumpeng tersebut juga memperoleh apresiasi yang positif dan berhasil masuk ke dalam Museum Rekor Indonesia atau MURI," kata Hery.

Tak hanya menyebarkan antusiasme, HUT Ke-22 Bank Mandiri juga dilaksanakan dengan aksi sosial.

Aksi sosial tersebut yaitu penyerahan 12.000 paket sembako kepada masyarakat yang berada di sekitar 12 kantor wilayah Bank Mandiri di seluruh Indonesia. Selain itu, Bank Mandiri juga menyerahkan Alat Pelindung Diri (APD) senilai Rp1 miliar kepada tenaga kesehatan.

"Aksi sosial ini merupakan bentuk ungkapan syukur kami atas usia Bank Mandiri yang telah menginjak 22 tahun. Kegiatan sosial ini juga kami harapkan dapat semakin mendekatkan perseroan dengan pemangku kepentingan paling utama, yakni masyarakat Indonesia," katanya.

Adapun, paket sembako yang diserahkan terdiri atas bahan kebutuhan pokok antara lain beras, minyak goreng dan gula. Sedangkan bantuan APD akan difokuskan pada tenaga kesehatan di wilayah zona merah, terutama di wilayah DKI Jakarta. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alissa Wahid: Isu Kebangkitan PKI Propaganda yang Tak Laku

Posted: 02 Oct 2020 08:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Koordinator Jaringan Gusdurian, Alissa Wahid menanggapi hasil survei dan riset SMRC terkait isu kebangkitan Partai Komunis Indonesia (PKI) yang terus bergulir setiap tahunnya.

Hasil dari survei mencatat bahwa 36 persen responden pernah mendengar pendapat bahwa saat ini sedang terjadi kebangkitan PKI di Indonesia. Sementara 64 persen mengaku tidak pernah mendengar hal tersebut

Dari 36 persen responden yang mendengar pendapat tersebut, 38,7 persen responden setuju dengan itu. Sementara 60,6 persen tidak setuju dan 0,7 persen tidak tahu atau tidak menjawab.

Hasil tersebut menunjukkan ada sekitar 14 persen dari populasi masyarakat yang setuju dengan pendapat bahwa saat ini sedang terjadi kebangkitan PKI di Tanah Air.

"Angka-angkanya stabil over time. Dibandingkan dengan penelitian survei-survei sebelumnya ternyata angkanya tidak jauh berbeda. Angkanya tidak jauh berbeda di seputaran 14 persen, 10 persen, 11persen, begitu-begitu saja," tutur Alissa seperti dilansir dari Saifulmujani.com, Sabtu (3/10/2020).

Menurut Alissa, 14 persen populasi masyarakat Indonesia yang setuju dengan isu kebangkitan PKI itu akan mudah sekali diprovokasi untuk menganggap bahwa PKI merupakan sebuah ancaman. Dan selalu baru muncul sekitar bulan Agustus-September atau mendekati Pilkada.

Atau untuk menstigma kelompok-kelompok masyarakat, terutama yang melakukan perlawanan. Seperti konflik agraria, konflik yang berkaitan dengan sengketa industri atau bisnis, dan kalau ada keterkaitannya dengan aparat keamanan, baik kepolisian mau pun TNI.

"Stabil itu artinya bisa kita baca, kita bunyikan datanya sebagai bahwa ini ternyata propaganda yang tidak begitu laku," jelas dia.

Memprihatinkan

Namun, Alissa melanjutkan, angka stabil yang dihasilkan survei juga bisa dibilang memprihatinkan. Karena artinya kelompok yang percaya isu kebangkitan PKI itu tidaklah berkurang.

Ada proses kontestasi ide gagasan restorative justice atau transisional justice yang diharapkan lebih menguat, malah mungkin kalah. Gerakannya belum cukup mengimbangi atau mengurangi 36 persen populasi tersebut.

"Dan juga ternyata pendidikan agama dan societal values, nilai-nilai masyarakat itu masih terlihat pengaruhnya. Jadi, saya antara lega dan sedih dengan hasil survei ini," Alissa menandaskan.

Survei dan Riset SMRC ini dilakukan dengan memilih sampel secara random dari populasi pemilih WNI berusia 17 tahun ke atas. Ada sebanyak 1203 responden yang diwawancara lewat tatap muka dan telepon.

Adapun margin of error survei tersebut kurang lebih 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Wawancara terakhir dilakukan pada 23-26 September 2020.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Manfaat Olahraga Trampolin bagi Kesehatan, Baik untuk Jantung

Posted: 02 Oct 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Manfaat olahraga trampolin bagi kesehatan ternyata sangat besar. Hal ini terkait dengan gerakan melompat yang kamu lakukan saat menerapkannya. Padahal, banyak orang yang menganggap trampolin hanyalah sebagai permainan belaka.

Olahraga trampolin dengan gerakan melambung (rebounding) sederhana sudah memberi efek kardio yang memiliki dampak sangat kecil pada persendian lutut sehingga mengurangi risiko cedera. Latihan trampolin selain memenuhi unsur kardio/aerobik juga dapat melatih kekuatan, keseimbangan dan kelenturan. 

Manfaat olahraga trampolin bisa dijadikan alternatif latihan di rumah. Daripada melakukan olahraga lari ke luar rumah yang tentunya bagi sebagian orang cukup membuat malas, kamu bisa memilih olahraga trampolin di rumah yang lebih praktis dan mudah.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (3/10/2020) tentang manfaat olahraga trampolin.

Menurunkan Berat Badan dan Menghilangkan Stres

Latihan melompat di atas trampolin, ternyata termasuk latihan yang baik (foto: livestrong)
Latihan melompat di atas trampolin, ternyata termasuk latihan yang baik (foto: livestrong)

Menurunkan Berat Badan

Manfaat olahraga trampolin yang pertama adalah untuk menurunkan berat badan. Menurut livestrong.com dan dailymail.co.uk, sepuluh menit olahraga trampolin setara dengan 30 menit berlari.

Berlari memberikan beban yang lebih berat pada pergelangan kaki dan tungkai bawah. Sedangkan pada orang yang melompat, gaya pada trampolin akan disalurkan secara merata ke kaki, punggung, dan kepala si pelompat. 

Dengan begitu, lebih banyak otot tubuh yang bekerja dan dilatih saat olahraga trampolin. Bahkan, seseorang yang melompat menghabiskan energi yang sama besar seperti orang yang berlari, namun dengan beban yang lebih ringan pada tubuh.

Olahraga ini juga bisa berperan sebagai antiaging, meningkatkan kepadatan tulang, meningkatkan proses pencernaan dan pembuangan, memerangi sel-sel kanker, meningkatkan pengambilan oksigen, memperkuat jantung dan paru-paru

Menghilangkan Stres

Stres mungkin menjadi masalah banyak orang saat ini. Masalah ini bisa kamu atasi dengan manfaat olahraga trampolin. Orang-orang yang melakukan olahraga ini tentunya tidak dapat menahan rasa bahagia saat terlempar ke udara, seakan-akan sedang terbang. Sensasi inilah yang dapat membuat stres kamu menghilang.

Kamu bisa bersenang-senang saat melakukan trampolin, dan hal ini bisa sekaligus menurunkan stres, meningkatkan hormon bahagia, mengurangi gejala pra-menstruasi bagi wanita dan meningkatkan fungsi kognitif.

Meningkatkan Keseimbangan Tubuh dan Baik untuk Kesehatan Jantung

Serunya Bermain Trampolin dengan Anak
Serunya Bermain Trampolin dengan Anak

Meningkatkan Keseimbangan Tubuh

Manfaat olahraga trampolin juga dapat meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh, terutama pada lansia. Bahkan, melakukan olahraga ini selama enam minggu dapat meningkatkan keseimbangan tubuh seseorang yang sedang mengalami cedera pergelangan kaki. Trampolin bisa menjadi salah satu alat latihan pilihan bagi atlet yang mencoba pulih setelah cedera.

Jika dilakukan dalam satu program latihan yang baik, maka manfaat yang dihasilkan lebih besar lagi. Riset yang sudah dipublikasikan di beberapa jurnal kesehatan dan kedokteran bahkan menunjukkan trampolin sangat baik untuk penderita penyakit tertentu. Misalnya pada meningkatkan keseimbangan pada orangtua, stabilitas pada anak disable, dan sebagainya.

Baik untuk Kesehatan Jantung

Bagi kamu yang ingin menjaga kesehatan jantung dan paru-paru, olahraga trampolin bisa jadi pilihan tepat. Manfaat olahraga trampolin sama seperti olahraga aerobik, pasalnya trampolin dapat meningkatkan serapan oksigen.

Hal ini terjadi karena lebih banyak oksigen yang bisa mencapai sel akibat perubahan gravitasi yang terjadi saat tubuh kamu memantul. Bahkan beberapa penelitian menyebutkan trampolin memiliki kemampuan untuk menyerap lebih banyak oksigen dibandingkan dengan lari di treadmill.

Mengontrol Gula Darah dan Mengurangi Sakit Punggung

trampolin (Photo by Vidal Balielo Jr. from Pexels)
trampolin (Photo by Vidal Balielo Jr. from Pexels)

Mengontrol Gula Darah

Manfaat olahraga trampolin juga berguna dalam mengontrol gula darah. Hal ini bisa kamu dapatkan jika melakukannya secara rutin tiga kali dalam seminggu selama 20-30 menit dalam kurun waktu Sembilan minggu. Melakukannya akan menghasilkan perubahan positif terhadap hasil tes gula darah serta indeks massa tubuh pada orang dengan diabetes tipe 2.

Bahkan, hal ini tidak hanya bermanfaat bagi orang yang mengalami diabetes saja. Orang yang memiliki kadar glukosa normal juga akan mendapatkan manfaatnya. Olahraga trampolin dengan intensitas tinggi selama 50 menit mampu menurunkan kadar glukosa secara efektif selama dan setelah berolahraga.

Mengurangi Sakit Punggung

Selain itu, manfaat olahraga trampoline berikutnya adalah dapat mengurangi sakit punggung. Orang paruh baya yang melakukan olahraga trampolin selama 21 hari diketahui mengalami peningkatan kapasitas fungsional yang secara signifikan mengurangi sakit punggung.

Namun, sebelum memulai olahraga ini kamu disarankan untuk melakukan konsultasi ke dokter terlebih dahulu. Pasalnya, melompat terlalu banyak atau terlalu tinggi bagi beberapa orang yang sudah memiliki sakit punggung bisa memperburuk kondisi.

Itulah beberapa manfaat olahraga trampolin yang bisa kamu jadikan alternatif olahraga ringan dan menyenangkan di rumah. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan keamanan dan kenyamanan dalam melakukannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenalan dengan 3 Pemeran Utama Vidio Original Series Serigala Terakhir

Posted: 02 Oct 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Original series terbaru dari Vidio yang berjudul Serigala Terakhir memasuki episode kedua pekan ini. Tayang perdana pada Jumat (25/9/2020) lalu, serial yang diadaptasi dari film berjudul serupa itu mendapat sambutan hangat dari penonton dan warganet.

Yup, kesuksesan film Serigala Terakhir yang dirilis pada 2009 silam itu menjadi salah satu alasan dibuatnya dalam versi series. Berbeda dari film pendahulu, serialnya justru menyajikan kisah dari sudut pandang Alex yang dibintangi Abimana Aryasatya sebagai cerita utama.

Alex sendiri adalah mantan anggota mafia Naga Hitam yang baru saja bebas dari penjara. Setelah 10 tahun mendekam di balik jeruji besi, ia hanya punya satu tujuan, yaitu berubah dan keluar dari pusaran hitam masa lalunya.

Namun, tak mudah bagi Alex untuk bertaubat. Apalagi setelah dibujuk sahabatnya, Fathir (Reza Pahlevi), memintanya bergabung dengan kelompok Naga Hitam.  Terlebih, ia hanya ingin menjalani kehidupan normal bersama kekasihnya, Aryati.

Lantas, siapa saja tiga pemeran utama Vidio original series Serigala Terakhir? Simak artikelnya berikut ini.

1. Abimana Aryasatya

Serial Serigala Terakhir tayang perdana di Vidio 25 September 2020. (Sumber: Vidio)
Serial Serigala Terakhir tayang perdana di Vidio 25 September 2020. (Sumber: Vidio)

Tak seperti di filmnya terdahulu, sosok Alex yang dibintangi Abimana merupakan pusat cerita dari Serigala Terakhir versi serial. Hadirnya Alex sekaligus membawa kembali memori penonton ke masa-masa film yang tayang 11 tahun lalu itu. 

Alex adalah mantan anggota mafia Naga Hitam. Selepas dari penjara, ia hanya ingin berubah menjadi pribadi yang lebih baik. 

"Kalo Alex yang sekarang, dia visinya soal hidup udah berubah ya. Alex yang dulu kan pekerjaannya adalah mengambil, apapun itu. Mengambil nyawa, uang orang. Kalo sekarang dia mau memberi. Dia mau mencoba menebus dosa yang pernah dilakukan," kata Abimana dalam virtual screening serial Serigala Terakhir, Senin (21/9/2020).

2. Hannah Al Rashid

Vidio original series Serigala Terakhir tayang perdana 25 September 2020. (Sumber: Vidio)
Vidio original series Serigala Terakhir tayang perdana 25 September 2020. (Sumber: Vidio)

Selanjutnya ada Hannah Al Rashid yang memerankan karakter Aryati. Sosok Aryati sendiri diceritakan sebagai kekasih Alex di masa lalu. Aktris yang identik dengan film laga itu mengaku jika di serial ini mendapat peran yang lemah lembut.

"Untuk karakternya sendiri, jujur bro, pengen banget pulang nggak babak belur. Lemah lembut, nggak capek, itu salah satu poin plus menjadi Aryati. Karena sering ditawari peran kalo nggak bunuh orang, ya dibunuh orang," ujar Hannah Al Rashid.

3. Rizky Nazar

Serial Serigala Terakhir tayang perdana di Vidio 25 September 2020. (Sumber: Vidio)
Serial Serigala Terakhir tayang perdana di Vidio 25 September 2020. (Sumber: Vidio)

Rizky Nazar juga ikut terlibat dalam serial Serigala Terakhir. Dalam series tersebut, aktor kelahiran 7 Maret 1996 itu didapuk untuk membintangi sosok Ariel.

"Ariel itu karakternya pendiam, nggak banyak omong, tapi segala tindakannya efektif. Karena masih muda dan dia tumbuh di lingkungan yang 'seperti itu' jadi karakternya terbentuknya gitu," kata Rizky.

Nah, itu tadi tiga karakter utama di Vidio original series Serigala Terakhir. Jangan lewatkan untuk nonton episode kedua secara gratis, khusus di aplikasi Vidio. 

Saksikan video pilihan berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manchester City Beri Sinyal Lepas Bek Incaran Barcelona Eric Garcia

Posted: 02 Oct 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Manchester City memberi sinyal bakal melepas bek incaran Barcelona, Eric Garcia. Ini berdasarkan komentar pelatih Man City Josep Guardiola soal transfer ini.

Dia mengaku tak tahu apakah Eric Garcia bakal tetap dengan Manchester City jelang bursa transfer ditutup. Barcelona sendiri dikabarkan siap menaikkan tawaran.

Sejauh ini, Barcelona berkali-kali gagal mendapatkan kata persetujuan dari Man City. Sebelumnya tawaran 15 juta euro dari Barcelona ditolak.

Manchester City ingin menjual Garcia 35 juta euro. Jumlah uang ini sama dengan yang dibayarkan Man City untuk memboyong Ferran Torres dari Valencia.

Guardiola mengakui Eric Garcia ingin kembali ke Barcelona. Ini setelah dia menolak perpanjangan kontrak dengan Manchester City.

 

Belum Pasti

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, memberi arahan kepada Eric Garcia saat melawan Southampton pada laga Piala Liga Inggris di Stadion Etihad, Selasa (29/10). Manchester City menang 3-1 atas Southampton. (AP/Rui Vieira)
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, memberi arahan kepada Eric Garcia saat melawan Southampton pada laga Piala Liga Inggris di Stadion Etihad, Selasa (29/10). Manchester City menang 3-1 atas Southampton. (AP/Rui Vieira)

Meski begitu, Guardiola ogah memastikan City bakal segera menyetujui tawaran Barcelona.

"Hari ini dia pemain kami, tapi saat bursa transfer ditutup pada Senin saya tidak tahu. Saya tak tahu betul apa yang akan terjadi," ujar Guardiola seperti dikutip Goal.com.

"Saya tahu dia ingin hidup di sana, saya tahu Barcelona menginginkan dia tapi saya tahu tak ada deal."

 

Menumpuk

Gelandang Manchester City, Eric Garcia, kabarnya masuk radar Barcelona pada bursa transfer musim panas ini. (AFP/Paul Ellis)
Gelandang Manchester City, Eric Garcia, kabarnya masuk radar Barcelona pada bursa transfer musim panas ini. (AFP/Paul Ellis)

Selain Torres, City juga sudah memboyong Nathan Ake dan Ruben Dias. Dua pemain ini akan debut lawan Leeds akhir pekan ini.

Perburuan City belum berakhir karena masih inginkan bek Ajax, Nicolas tagliafico. City butuh 23 juta pounds untuk transfer ini.

Transfer terakhir City bakal tergantung apakah Garcia atau Oleksandr Zinchenko hengkang. Salah satu dari mereka pergi, City bakal tambah pemain.

Klasemen Liga Inggris

 

 

Jadwal Liga Inggris

Sabtu (3/10/2020)

18.30 WIB Chelsea vs Crystal Palace

21.00 WIB Everton vs Brighton

23.30 WIB Leeds vs Manchester City

 

Minggu (4/10/2020)

02.00 WIB Newcastle United vs Burnley

18.00 WIB Leicester City vs West Ham

20.00 WIB Arsenal vs Sheffield United

20.00 WIB Wolves vs Fulham

22.30 WIB MU vs Tottenham Hotspur

 

Senin (5/10/2020)

01.15 WIB Aston Villa vs Liverpool

Saksikan Video Manchester City di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Emas Antam Turun Tipis di Akhir Pekan, Minat Beli?

Posted: 02 Oct 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas Antam atau emas yang dijual oleh PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) turun Rp 1.000 per gram menjadi Rp 1.014.000 per gram pada perdagangan Sabtu (3/10/2020). Pada perdagangan sebelumnya, harga emas Antam di posisi Rp 1.015.000 per gram.

Sementara untuk harga buyback emas Antam tidak berubah dibandingkan sebelumnya yang berada di Rp 908 ribu per gram. Harga buyback merupakan patokan bila Anda menjual maka Antam akan membelinya di harga Rp 908 ribu per gram.

Sementara harga emas Antam bercorak batik dengan ukuran 10 gram ditetapkan Rp 10.490.000. Sedangkan untuk ukuran 20 gram ditetapkan Rp 20.340.000.

Ini merupakan harga emas Antam yang dijual di Pulogadung, Jakarta. Saat ini, Antam menjual emas dengan ukuran mulai 0,5 gram hingga 1.000 gram. Hingga pukul 08.25 WIB, mayoritas ukuran emas Antam masih tersedia.

Harga emas Antam belum termasuk PPh 22 sebesar 0,9 persen. Anda bisa memperoleh potongan pajak lebih rendah (0,45 persen) jika menyertakan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Berikut daftar harga emas Antam:

* Pecahan 0,5 gram Rp 537.500

* Pecahan 1 gram Rp 1.014.000

* Pecahan 2 gram Rp 1.968.000

* Pecahan 3 gram Rp 2.927.000

* Pecahan 5 gram Rp 4.850.000

* Pecahan 10 gram Rp 9.635.000

* Pecahan 25 gram Rp 23.962.000

* Pecahan 50 gram Rp 47.845.000

* Pecahan 100 gram Rp 95.612.000

* Pecahan 250 gram Rp 238.765.000

* Pecahan 500 gram Rp 477.320.000

* Pecahan 1.000 gram Rp 954.600.000.

Naik Lagi, Cek Daftar Harga Jual Emas di Pegadaian per 3 Oktober 2020

Petugas menunjukan emas batangan di kantor BNI Syariah, Jakarta, Senin (30/11). Harga jual-beli kembali (buyback) emas Antam turun Rp 1.000 usai akhir pekan kemarin naik di tengah turunnya harga emas global. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Petugas menunjukan emas batangan di kantor BNI Syariah, Jakarta, Senin (30/11). Harga jual-beli kembali (buyback) emas Antam turun Rp 1.000 usai akhir pekan kemarin naik di tengah turunnya harga emas global. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Selain menawarkan jasa gadai, PT Pegadaian (Persero) juga menawarkan jasa penjualan emas. Terdapat beberapa jenis emas yang dijual oleh Badan Usaha Milik Negara tersebut.

Tercatat, Pegadaian menjual berbagai jenis emas, mulai dari emas Antam, emas Retro, emas Batik dan Emas UBS. Untuk penjualannya Pegadaian hanya menyediakan di outlet.

Untuk lebih jelasnya, simak daftar lengkap harga jual emas di PT Pegadaiaan (Persero) per 3 Oktober 2020:

Harga Emas Antam

Pecahan 0,5 gram: -

Pecahan 1,0 gram: -

Pecahan 2,0 gram: Rp 2.111.000

Pecahan 3,0 gram: Rp 3.047.000

Pecahan 5,0 gram Rp 5.076.000

Pecahan 10,0 gram: Rp 10.078.000

Pecahan 25,0 gram: Rp 25.022.000

Pecahan 50,0 gram: Rp 50.032.000

Pecahan 100,0 gram: Rp 100.110.000

Pecahan 250,0 gram: Rp 249.352.000

Pecahan 500,0 gram: Rp 498.606.000

Pecahan 1000,0 gram: Rp 988.812.000

 

Harga Emas Antam Retro

Pecahan 0,5 gram: Rp 489.000

Pecahan 1,0 gram: Rp 978.000

Pecahan 2,0 gram: Rp 1.956.000

Pecahan 3,0 gram: Rp 2.933.000

Pecahan 5,0 gram: Rp 4.888.000

Pecahan 10,0 gram: Rp 9.775.000

Pecahan 25,0 gram: Rp 24.434.000

Pecahan 50,0 gram: Rp 48.868.000

Pecahan 100,0 gram: Rp 97.735.000

 

Harga Emas Antam Batik

Pecahan 0,5 gram: Rp 658.000

Pecahan 1,0 gram: Rp 1.219.000

 

Harga Emas UBS

Pecahan 0,5 gram: Rp 542.000

Pecahan 1,0 gram: Rp 1.011.000

Pecahan 2,0 gram: Rp 1.998.000

Pecahan 5,0 gram: Rp 4.942.000

Pecahan 10,0 gram: Rp 9.828.000

Pecahan 25,0 gram: Rp 24.557.000

Pecahan 50,0 gram: Rp 49.011.000

Pecahan 100,0 gram: Rp 98.016.000

Pecahan 250,0 gram: Rp 244.971.000

Pecahan 500,0 gram: Rp 489.410.000

Pecahan 1000,0 gram: - 

Harga Emas Jatuh Usai Donald Trump Terkonfirmasi Positif Covid-19

Untuk memperkuat nilai tambah produk emas, Antam terus melakukan inovasi produk dan penjualan.
Untuk memperkuat nilai tambah produk emas, Antam terus melakukan inovasi produk dan penjualan.

Harga emas turun ke level USD 1.900 dalam perdagangan Jumat (Sabtu waktu Jakarta) setelah kenaikannya dibatasi oleh penguatan dolar AS.

Namun harga emas batangan tetap dalam tren kenaikan mingguan terbesar dalam delapan pekan karena tes positif COVID-19 Presiden AS Donald Trump merusak sentimen risiko.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (3/10/2020), harga emas di pasar spot turun 0,2 persen menjadi USD 1.900.40 per ounce. Harga akan naik 2,2 persen minggu ini, menuju persentase kenaikan mingguan terbesar sejak awal Agustus.

Sedangkan harga emas berjangka AS turun 0,5 persen menjadi USD 1,907.60.

"Pemilu tinggal 33 hari lagi, ada begitu banyak yang tidak diketahui, apakah ini kasus yang ringan, bagaimana dia akan bereaksi terhadapnya? Jadi kita harus terbang ke tempat yang aman untuk menjaga emas tetap bertahan, "kata Bob Haberkorn, Ahli Strategi Pasar Senior di RJO Futures.

"Pedagang tampak berhati-hati karena mereka khawatir tentang penjualan pasar ekuitas," lanjut dia.

Harge emas telah naik ke level tertinggi lebih dari satu pekan setelah Trump mengatakan dalam sebuah tweet bahwa dia dan istrinya Melania dinyatakan positif terkena virus corona. Hal ini pun menjadi hantaman bagi Wall Street.

Namun Gedung Putih meyakinkan masyarakat Amerika bahwa Presiden 'tidak lumpuh'.

Investor juga mencatat laporan ketenagakerjaan bulanan terakhir sebelum pemilihan presiden 3 November, yang menunjukkan pertumbuhan pekerjaan AS melambat lebih dari yang diharapkan pada September.

"Harga emas kemungkinan akan tetap terikat dalam kisaran dalam jangka pendek. Pasar akan menunggu hingga akhir pekan dan mencari berita," kata Tai Wong, Kepala Perdagangan Derivatif Logam Dasar dan Mulia di BMO.

Dolar (AS juga mendapat manfaat dari arus masuk safe-haven, membatasi kenaikan harga emas. Fokus juga tertuju pada kesepakatan bantuan bantuan virus corona AS yang sulit dipahami.

Harga emas dapat naik kembali jika kongres AS mengesahkan RUU stimulus, yang tampaknya menjadi pasar yang bertahan untuk saat ini

Selain harga emas,, harga perak turun 0,6 persen menjadi USD 23,73 per ounce, platinum turun 2 persen menjadi USD 878,47 dan paladium turun 0,1 persen menjadi USD 2,313,68. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Akademisi UIN Jakarta Sebut Isu PKI Dilanggengkan untuk Kepentingan Politik

Posted: 02 Oct 2020 08:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta atau UIN Jakarta, Azyumardi Azra, menyatakan bahwa kemunculan isu soal komunis di Indonesia sengaja dilanggengkan demi kepentingan politik pihak tertentu.

"Isu kebangkitan PKI adalah isu yang memang dilanggengkan, dilestarikan. Perpetuation of PKI. Begitu idenya. Untuk apa? Ya, untuk kepentingan-kepentingan politik tertentu. Lebih ke politik dan mungkin dikaitkan-kaitkan dengan agama dan lain sebagainya," kata Azyumardi dalam rilis survei SMRC "Penilaian Publik Terhadap Isu Kebangkitan PKI", Rabu (30/9/2020).

Dia menyebut, munculnya isu komunisme selalu mengiringi momentum perhelatan pemilihan umum (Pemilu) maupun pemilihan kepala daerah atau Pilkada. Hal ini, kata Azyumardi di samping untuk kepentingan politik juga demi mempertemukan beberapa aktor yang memang berkepentingan dengan hadirnya isu PKI tersebut.

"Itu karena, selain untuk kepentingan politik, isu PKI juga bisa menjadi relaying point. Menjadi titik temu kelompok-kelompok yang punya kepentingan-kepentingan politik dan punya aspirasi-aspirasi politik, khususnya, vis a vis dengan kekuasaan sekarang ini, yaitu Jokowi-Ma'ruf Amin. Jadi, isu PKI tidak akan mungkin hilang. Akan ada terus-menerus," bebernya.

Isu PKI, menurut Guru Besar UIN Jakarta itu, menjadi jualan yang renyah diperdagangkan kepada kelompok yang merasa terpinggirkan.

"Dalam proses politik selalu ada kelompok, karena berbagai faktor dan alasan, menjadi marjinal. Menjadi orang yang ada di pinggiran. Dalam prosesi marjinal itulah kemudian isu kebangkitan PKI menjadi satu jualan yang menarik dari mereka dan bisa dipasarkan untuk mendapatkan simpati dan mendapatkan dukungan," katanya.

PKI Tak Akan Bisa Bangkit di Indonesia

Azyumardi menjelaskan jika dilihat secara rasional, tidak ada alasan yang kuat dan meyakinkan untuk menyatakan bahwa PKI bangkit. Dirinya pada 2016 silam pernah menulis di Kompas dengan tajuk "Kebangkitan PKI?", inti tulisan dia menolak bahwa PKI akan bangkit karena beberapa alasan.

Pertama, jika PKI bangkit sebagai partai akan terganjal undang-undang dan ketetapan MPR yang masih melarang ideologi Komunisme dan Marxisme dan juga Leninisme. 

"Jadi, tidak mungkin (bisa)," ujarnya. 

Azyumardi pun mempertanyakan yang dimaksud kebangkitan PKI itu apa? 

"Sebagai ideologi yang dipegang oleh orang-orang komunis? Sebagai pendekatan atau metode untuk melakukan perubahan kaum proletar versus borjuasi?" tanyanya.

"Misalnya, kaum proletar harus merampas kapital, modal dan alat-alat produksi? Sebagai metode perlawanan kepincangan keadilan, kepincangan ekonomi? Apakah itu maksudnya sebagai komunis?" lanjut dia heran.

Azyumardi meminta publik membaca realitas sosial, apakah saat ini kepincangan ekonomi sedang merajalela, apalagi di masa-masa sulit akibat Corona seperti ini? Kemungkinan itu bisa saja terjadi, tapi menurutnya tak begitu banyak.

"Kaum proletar itu kaum buruh. Baik buruh di pabrik, buruh yang jadi alat produksi, buruh yang tidak punya kapital, atau buruh tani. Kita tidak melihat gejala-gejala kaum buruh kita atau kaum petani kita menggunakan Marxisme atau Komunisme sebagai metode atau cara untuk melakukan perubahan dengan melakukan perampasan alat-alat produksi dan modal atau kapital. Kita tidak lihat itu," tegas dia.

Oleh karenanya, menurut Azyumardi tak mungkin, kalau tak mau disebut mustahil PKI dapat bernafas lagi di Tanah Air.

"Karena itu, dari sudut itu, tidak mungkin kalau disebut PKI itu bangkit kembali," pungkas dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tingkatkan Kompetensi Siswa, Pertamina Lubricants Buka Bengkel di Sekolah

Posted: 02 Oct 2020 08:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bersinergi dengan PT Nitro Pratama Indonesia (NPI), PT Pertamina Lubricants meluncurkan bengkel Enduro Express (EX). Peresmian dilakukan bersamaan dengan digelarnya pelatihan pelumas dan nitrogen di SMK Yosonegoro Magetan, Jawa Timur, Kamis (2/10).

Sales Region Manager V PT Pertamina Lubricants Syafa'at Jajuli menyampaikan, bengkel Enduro Express dapat digunakan siswa jururan teknik dan otomotif di SMK Yosonegoro untuk meningkatkan kompetensi mereka di bidang perbengkelan.

"Bengkel ini merupakan aset dimana siswa dapat secara langsung belajar mengenai cara berwirausaha, berbisnis dan melayani pelanggan," terang Syafa'at dalam keterangan resminya.

Disebutkan, bengkel Enduro Express merupakan salah satu outlet pelumas Pertamina yang menghadirkan pelayanan servis ringan seperti ganti oli dan pengisian nitrogen.

Enduro Express sendiri sudah hadir diberbagai SMK di Indonesia untuk menjadi salah satu medium ruang belajar bagi siswa.

 

Peralatan Lengkap

Bengkel Enduro Express di SMK Yosonegoro sudah dilengkapi dengan peralatan (toolkits) dan tim pengelola dari PT NPI sehingga mampu berfungsi sebagai tempat belajar yang lengkap.

Siswa dapat memperdalam ilmu teknis sepeda motor sekaligus belajar cara menjual pelumas dan melayani pelanggan.

Kepala Sekolah SMK Yosonegoro Muh. menyebutkan, sinergi ini merupakan salah satu bentuk implementasi vokasi link & match dunia pendidikan dan industri yang di dorong pemerintah.

"Kami berharap bengkel Enduro Express ini dapat menjadi tempat belajar yang penuh dengan manfaat bagi siswa dan menjadi pemacu semangat belajar yang lebih tinggi lagi," jelasnya.

 

Pelatihan

Selain meresmikan bengkel juga diselenggarakan sesi pelatihan product knowledge pelumas Pertamina oleh Sr.SE. Retail Kediri, Madiun Yudha Rosyadi, sosialisasi aplikasi POWER (Pertamina Owners & Mechanic Reward) dan sistem digitalisasi bengkel lainnya.

Pada hari yang sama juga, PT Pertamina Lubricants Sales Region V turut berkontribusi kepada pemulihan UMKM di tengah pandemi Covid-19 dengan memberikan bantuan alat-alat produktif serta bahan baku kepada tiga UMKM di wilayah Magetan antara lain UMKM Omah Bross Kirana, UMKM Cho Te, dan UMKM Ochica Abon Telur.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fitur Matikan Notifikasi Chat Selamanya di WhatsApp Group Kini Bisa Dicoba

Posted: 02 Oct 2020 08:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp baru saja menggulirkan pembaruan anyar melalui Google Play Beta Program, dengan membawa versi beta 2.20.201.10.

Dalam pembaruan ini WhatsApp mengaktifkan fitur yang disebut Always Mute. Ini merupakan opsi baru yang menggantikan pilihan matikan notifikasi chat "1 tahun".

Dengan fitur Always Mute, kamu bisa dengan mudah mematikan notifikasi chat di WhatsApp Group selamanya.

Diwartakan WABetaInfo, Sabtu (3/10/2020), fitur tersebut baru saja muncul untuk penguji beta sehingga mereka bisa mencobanya.

Jika belum muncul, harap bersabar dan kamu akan menerima opsi ini dalam beberapa hari ke depan.

Untuk diketahui, WhatsApp mengembangkan fitur Always Mute sejak Juli 2020. Fitur ini bermanfaat ketika pengguna ditambahkan ke sebuah grup tetapi tidak tertarik dengan obrolan di dalamnya.

Saat ini, pengguna hanya punya opsi untuk mematikan notifikasi chat di WhatsApp Group untuk 1 tahun.

 

Bocoran Fitur Baru WhatsApp, Always Mute hingga Media Guidelines

Ilustrasi WhatsApp. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Ilustrasi WhatsApp. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

WhatsApp dikenal sebagai aplikasi chatting yang penuh kemudahan. Namun baru-baru ini, versi beta untuk WhatsApp diperbarui dengan kehadiran berbagai fitur, terinspirasi dari platform lain.

Misalnya pada minggu lalu, WhatsApp menghadirkan fitur bernama Expiring Media. Kemudian, dihadirkan pula fitur Catalogue Shortcut dan sebuah tombol panggilan yang diperbarui untuk obrolan bisnis.

Minggu ini, WhatsApp dikabarkan tengah menghadirkan fitur baru untuk Android dalam versi v2.20.201.10 beta.

Mengutip Gizmochina, Sabtu (3/10/2020), fitur yang dimaksud antara lain adalah opsi "Always Mute", "Storage Usage UI", "dan Media Guidelines".

WABetaInfo dalam laporannya pun menjabarkan fungsi berbagai fitur baru ini.

1. Always Mute

Ada kalanya aplikasi pesan dipenuhi dengan berbagai notifikasi yang membuat pengguna terganggu. WhatsApp pun menawarkan sebuah fitur bernama "Mute" untuk mengatasi hal ini.

Durasi terlama untuk mengaktifkan fitur "Mute" adalah selama 1 jam. Namun dalam versi beta terbaru, WhatsApp menambahkan opsi "Always Mute".

Sayangnya kehadiran Always Mute ini baru dalam versi Beta terbaru WhatsApp untuk Android. Belum informasi resmi apakah opsi ini akan hadir secara resmi untuk semua pengguna.

2. Storage Usage

WhatsApp (AP Photo/Patrick Sison, File)
WhatsApp (AP Photo/Patrick Sison, File)

WhatsApp beta terbaru juga menghadirkan "Storage Usage" UI yang memiliki tampilan detail tentang penggunaan ruang penyimpanan, ketimbang sebelumnya. 

Pada tampilan baru ini, halaman bar menampung lebih banyak informasi storage. Di bawahnya ada opsi untuk membersihkan file yang sudah tidak diperlukan.

Ada pula ikon dua baris yang berisi file-file yang baru diterima serta dukungan untuk penyortiran.

3. Media Guidelines

Ilustrasi WhatsApp, Aplikasi WhatsApp. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Ilustrasi WhatsApp, Aplikasi WhatsApp. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Terakhir, pada WhatsApp untuk Android Beta v2.20.201.10 juga menambahkan "Media Guidelines" yang memiliki fungsi seperti pada Instagram.

Media Guidelines ini membantu pengguna meluruskan stiker dan teks ketika mengedit gambar, video, dan GIF.

(Isk/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sudah Tak Takut COVID-19, Ratusan Juta Warga China Liburan

Posted: 02 Oct 2020 08:02 PM PDT

Beijing - Industri travel sangat terpukul akibat COVID-19. Maskapai United Airines dan American Airlines di Amerika Serikat baru-baru ini bahkan merumahkan 32 ribu karyawan akibat pandemi ini. 

Namun, semua itu berbeda di China. Ratusan juta orang di negara itu mulai semangat jalan-jalan pada pekan Hari Nasional. 

Dilansir ABC Australia, Jumat (2/10/2020), lokasi obyek wisata yang menawarkan pemandangan di dalam negeri dilaporkan telah dipadati pengunjung. Padahal biasanya perjalanan ke luar negeri meningkat pesat di awal bulan Oktober.

Menurut catatan media lokal, di tahun 2019 ada 800 juta orang yang belibur di pekan Hari Nasional.

Walaupun China belum dinyatakan bebas dari pandemi COVID-19, koran lokal People's Daily memperkirakan ada 600 juta orang yang akan melakukan perjalanan dalam negeri pada 2020.

Meski angka turis di tengah pandemi COVID-19 cukup besar, Profesor Brian King dari Sekolah Manajemen Perhotelan dan Pariwisata di Universitas Politeknik Hong Kong mengatakan angka tersebut terbilang "sedikit konservatif".

"Menurut saya perjalanan udara justru akan lebih tinggi dari tahun 2019 karena penerbangan China telah mengalihkan kapasitas perjalanan internasional ke domestik dan menawarkan harga yang menggiurkan," katanya.

Menurut analisa data dari firma ForwardKeys, kedatangan domestik di bandara China mencapai 86 persen dari tahun 2019 dengan jumlah booking mencapai 98 persen.

 

 

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Tak Takut COVID-19?

Para penumpang mengantre untuk check in di Bandara Liuji di Kota Xiangyang, Provinsi Hubei, China (29/3/2020). Layanan penerbangan penumpang domestik kembali beroperasi di Hubei, wilayah yang sempat terdampak COVID-19, kecuali layanan di Bandara Internasional Tianhe Wuhan. (Xinhua/Xie Jianfei)
Para penumpang mengantre untuk check in di Bandara Liuji di Kota Xiangyang, Provinsi Hubei, China (29/3/2020). Layanan penerbangan penumpang domestik kembali beroperasi di Hubei, wilayah yang sempat terdampak COVID-19, kecuali layanan di Bandara Internasional Tianhe Wuhan. (Xinhua/Xie Jianfei)

Siyu Zhang, mantan agen perjalanan di Xi'an, mengatakan beberapa daerah wisata akan dipadati lebih banyak pengunjung dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Ia dulunya adalah anggota dari tim perjalanan internasional, namun karena sepinya pemesanan akibat pandemi, Syu memutuskan untuk keluar dari timnya.

Seperti kebanyakan warga, Siyu berencana untuk melakukan perjalanan ke provinsi Sichuan di pekan Hari Nasional.

Walaupun tidak seberapa khawatir akan keselamatan keluarganya, ia memilih untuk menempuh perjalanan 500 kilometer dengan mobil daripada naik pesawat.

"Tidak ada bedanya perjalanan dengan transportasi udara atau kereta, penumpang akan tetap duduk bersebalahan, dan tidak ada pengawasan yang sangat ketat," kata dia.

"Tapi kalau membawa mobil, tidak ada yang perlu dikhawatirkan, secara relatif lebih aman."Berbeda dengan Siyu, Shengwei Ye, yang berencana untuk pergi ke Xinjiang, mengatakan tidak terlalu khawatir tentang langkah keselamatan terkait COVID di pesawat.

"Pakai saja masker, berhati-hati, risikonya tidak akan tinggi," katanya.

Jika sampai tertular, ia tidak akan panik karena menganggap fasilitas kesehatan China cukup baik dan sudah berpengalaman menangani virus.

"Bahkan jika tertular, risiko kehilangan nyawa sangatlah kecil."

Yifan Zhan, peneliti senior di Lembaga Penelitian Kesehatan Walter dan Eliza, mengatakan pekan Hari Nasional yang disebut juga Pekan Emas merupakan uji coba sistem pengendalian penularan virus di China. 

Ia mengatakan China secara umum berhasil mengendalikan pandemi, dengan sistem karantina hotel yang ketat untuk menghindari penularan dalam komunitas.

"Sekitar 600 juta orang akan bepergian tahun ini akan menimbulkan beban cukup berat terhadap sistem pengetesan dan pengendalian, sehingga mungkin saja berdampak lebih besar," kata Dr Yifan.

"Namun, bila melihat anggapan tidak adanya sumber penularan, risiko munculnya pemicu penularan dalam komunitas sangatlah kecil."

Merangsang Ekonomi

Pemandangan malam hari Kota Wuhan yang terletak di Provinsi Hubei, China tengah (13/4/2020). Pertunjukan cahaya bertema
Pemandangan malam hari Kota Wuhan yang terletak di Provinsi Hubei, China tengah (13/4/2020). Pertunjukan cahaya bertema

China masih mencatat sekitar 20 kasus penularan baru per hari dengan total 382 kasus COVID-19 yang masih aktif saat ini.

Menteri Budaya dan Pariwisata China telah mengeluarkan larangan ketat agar tempat-tempat wisata hanya mengoperasikan 75 persen dari kapasitas biasanya dengan sistem reservasi secara 'online'.

Untuk membeli tiket online, para turis harus mencantumkan nama lengkap mereka, sementara mereka yang memiliki kebutuhan bisa melakukannya dengan mengirimkan lewat alamat pos.

Suhu badan juga akan diukur sebelum masuk ke tempat obyek pariwisata.

Sebagai agen perjalanan, Siyu mengatakan kondisi sektor pariwisata sudah mulai berubah dalam beberapa bulan terakhir, setelah mimpi buruk yang mereka alami di awal tahun.

"Perjalanan antar provinsi telah dibuka kembali pada bulan Juni dan tempat wisata telah dikunjungi oleh banyak turis." ujarnya. 

"Mereka sudah menunggu hampir enam bulan lamanya dan ingin bisa kembali melakukan perjalanan."

Kementerian Perdagangan China meluncurukan kampanye bernama Bulan Promosi Konsumsi pada 9 September lalu, dengan menggelar 2.800 acara di 179 kota dengan tujuan "melepaskan potensi konsumsi, mendorong pertumbuhan konsumsi, dan lebih memenuhi kebutuhan masyarakat untuk kehidupan yang lebih baik ".

Data resmi di tahun 2019 menunjukkan konsumsi menyumbang 57,8 persen dari pertumbuhan ekonomi China dan menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi selama enam tahun berturut-turut.

Profesor Brian dari Universitas Politeknik Hong Kong mengatakan China memiliki rencana nasional yang bertujuan untuk mendorong pertumbuhan konsumsi.

"China memiliki tingkat tabungan yang tinggi dan idenya adalah untuk mendorong konsumen agar mengeluarkan uang untuk pelayanan dan pengalaman," katanya.

"Pariwisata memainkan peran penting … dengan 1,4 miliar orang dan infrastruktur yang sekarang sangat berkembang, seperti rel berkecepatan tinggi sepanjang 36.000 km, pemerintahnya menganjurkan pariwisata sebagai sarana untuk membangun kebanggaan nasional dan merangsang ekonomi."

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Akhir Pekan: Batik Indonesia di Tengah Motif Batik Negara Lain

Posted: 02 Oct 2020 08:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejak batik ditetapkan Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009, batik banyak diproduksi. Beberapa daerah bahkan menyebut memiliki batik, seperti Papua, Kalimantan, begitu pula dengan negara lain.

"Itu bukan batik, tapi motif batik. Pembuatan batik itu terdiri dari dua unsur, unsur teknik pembuatan dan unsur pesan," kata desainer batik Era Soekamto, saat dihubungi Liputan6.com, Jumat, 2 Oktober 2020.

Dalam teknik printing dikenal dengan ancient printing yang ada sudah sejak lama. Ia menyebut bahkan ancient printing itu ada di China, Jepang, dan negara lain, tapi itu bukan batik.

"Batik itu merupakan perpaduan antara babat dan titik yang mempunyai subliminal message. Batik mempunyai makna yang tersirat. Contohnya saja batik parang, banyak orang yang tidak tahu, bahwa itu tidak boleh ditaruh di lantai karena itu hasil tirakatan," ungkap Direktur Kreatif Iwan Tirta Private Collection.

Sebagai suatu kreativitas, motif batik bisa berkembang di mana saja, tapi batik punya filosofi dan sejarah tersendiri. Hal itu yang tak dimiliki oleh bangsa lain.

"Jadi, sebenarnya kehadiran motif batik dari negara lain itu tak berpengaruh terhadap batik Indonesia. Karena yang mereka produksi itu bukan batik, tapi motif batik," kata Era.

Bagi Era, orang yang membatik itu harus tahu aturan dan pakemnya. Selain itu, tahu juga subliminal mesaage-nya, baik secara spiritual dan ideologinya, serta peradaban yang disampaikan para empu. "Saya berusaha untuk menjaga pakem dan aturan itu," kata Era.

Era menambahkan, pangsa pasar batik di luar negeri, tetap pembelinya tetap orang-orang Indonesia.  Bukan orang Jepang atau New York.

"Marketnya tetap orang Indonesia. Karena mereka menganggap batik seperti Hawaiian short saja," ujar Era. "Jadi, keberadaan motif batik dari nehgara lain itu tidak berpengaruh terhadap batik Indonesia," tegas Era.

Tak Bisa Melarang

Ilustrasi membatik. (Gambar oleh AnglesNViews dari Pixabay)
Ilustrasi membatik. (Gambar oleh AnglesNViews dari Pixabay)

Dihubungi seca terpisah, desainer Musa Widyatmodjo mengungkapkan kehadiran motif batik dari negara lain itu, tak masalah. Karena orang tak bisa melarang orang lain untuk menyalurkan kreativitasnya dalam beragam karya, termasuk membuat motif batik.

"Batik itu asal Indonesia. Tapi saya pikir tak ada orang yang bisa melarang negara lain untuk membuat karya motif batik. Setiap negara tentu punya pandangan yang berbeda-beda dan selera yang berbeda dalam membuat motif batik. Jadi, persaingan itu tentu saja ada," kata Musa, kepada Liputan6.com, Jumat, 3 Oktober 2020.

Musa menambahkan, negara-negara lain pun punya teknik yang hampir sama dengan negara lain, baik teknik tradisional maupun modern. Ia menyebut canting, alat untuk membatik bisa jadi perpaduan dari China.

"Di Afrika itu ada juga namanya wax printing yang kemudian diangkat Christian Dior. Mereka membuat motif batik secara lebih modern," kata Musa.

Oleh karena itu, di tengah munculnya motif-motif batik dari negara lain, Indonesia perlu beradaptasi. Salah satu caranya, kata Musa, dengan cara membuat batik dengan motif kekinian. 

Hal senada juga diungkapkan Era Soekamto, baginya adaptasi perlu dilakukan terkait perkembangan teknologi. Ia mencontohkan, Afrika sudah mempunyai mesin wax printing untuk membuat motif batik dalam jumlah besar.

"Indonesia masih belum punya alat seperti itu. Jadi, kalau orang memesan batik dalam jumlah besar, tentu harus menunggu waktu yang sangat lama," kata Era.

Batik-batik Berbagai Negara
Batik-batik Berbagai Negara

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seorang Penumpang Diduga Melompat dari Kapal Rute Manado-Sangihe

Posted: 02 Oct 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Manado - Seorang penumpang Kapal Motor (KM) Saint Mary dilaporkan hilang saat sedang dalam perjalanan laut dari Pelabuhan Manado menuju Pelabuhan Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulut.

Penumpang yang diketahui bernama AD (49) warga Manganitu Selatan, Kabupaten Kepulauan Sangihe itu diduga nekat melompat dari kapal tersebut. Agnes diperkirakan melakukan aksinya 3 jam setelah kapal KM Saint Mary bertolak dari Manado pada, Kamis (1/9/2020) sekitar pukul 22.00 Wita.

Salah seorang penumpang KM Saint Mary bernama Rivaldi menuturkan, ia sempat melihat ibu tersebut keluar masuk ruangan penumpang, kemudian membuang tisu dan tas.

"Terakhir saya melihat AD berdiri di gang dek 2 luar dan langsung melompat ke laut," ujarnya.

Malam itu sekitar pukul 22.00 Wita, saat posisi kapal berada di sekitar wilayah Pulau Biaro, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulut, datang seorang penumpang PG di ruang nakhoda. PG adalah suami AD, dia memberitahukan bahwa istrinya tidak berada di atas kapal.

PG menuturkan, sebelumnya ia dan istrinya sedang beristirahat di ranjang dek 2 kapal. Setelah terbangun, ia melihat istrinya sudah tidak berada di samping ranjangnya. Ia berusaha mencari istrinya di atas kapal, tapi tidak ditemukan.

"Kemudian saya melaporkan hal tersebut ke nakhoda kapal, dan langsung memerintahkan semua ABK untuk mencari Agnes," kata Petrus.

Sesaat kemudian kapal langsung berbalik arah melakukan pencarian selama 1 jam mengantisipasi ibu tersebut jatuh atau melompat dari atas kapal. Namun, setelah dilakukan pencarian, Agnes tidak ditemukan.

KM Saint Mary tiba di Pelabuhan Tahuna, Jumat (2/10/2020), sekitar pukul 07.00 Wita. Pihak pengelola kapal langsung membuat Berita Acara Kehilangan dan berkoordinasi dengan Pos Pol KP3 Tahuna dan KPLP Syahbandar Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Kasubag Humas Polres Kepulauan Sangihe Iptu Jakub Sedu membenarkan adanya kejadin itu. Dia mengatakan, betul ada laporan yang masuk tentang kehilangan seorang penumpang dari Kapal Saint Mary.

"Hal itu tertuang dalam berita acara yang ditandatangani nakhoda kapal dan sejumlah saksi," ujar Jakub di Mapolres Sangihe.

Simak juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ellie Goldstein Bangga Jadi Model Down Syndrome Pertama yang Jadi Cover Majalah Glamour

Posted: 02 Oct 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ellie Goldstein, model remaja disabilitas yang sempat muncul di majalah Gucci, kini tampil di cover depan Majalah Glamour Inggris untuk edisi bulan September. Hal ini membuatnya bangga karena ia menjadi yang difabel pertama yang mendobrak industri fesyen.

"Saya benar-benar kagum, terkejut, dan bangga berada di sampul depan Glamour. Saya ingin mewakili semua orang dengan disabilitas dan menunjukkan diri saya kepada dunia," kata Ellie, seperti dikutip Glamour Magazine.

Ellie menetapkan misinya ini setelah dia didiagnosis dengan down syndrome saat lahir pada 2001 silam. Saat bersekolah di taman kanak-kanak, sekolah dasar, dan sekolah menengah umum di Ilford, Essex, Ellie mengembangkan kecintaannya pada tari dan drama.

Lalu ia muncul dalam produksi di Royal Albert Hall dan The Royal Opera House sejak usia 5 tahun dan di beberapa iklan TV dari usia 15 tahun termasuk Nike, Hotter Shoes dan National Citizen Service, Ellie membuktikan bahwa dia bisa melakukan apa saja. Pada usia 15, Ellie mengalihkan perhatiannya ke dunia model. Ia menandatangani kontrak dengan Zebedee Management, sebuah agensi yang mewakili model dengan disabilitas dan penampilan alternatif.

Ellie berharap dapat menggunakan platformnya untuk menunjukkan kepada penggemarnya dan 43 ribu pengikut di Instagram bahwa tidak ada batasan pada apa yang dapat mereka capai.

Awal karir Ellie tentu membutuhkan perjuangan juga. Saat Ellie melihat agensi Zebedee Management di TV sebagai agen model untuk orang-orang dengan disabilitas, ia mendaftar syuting. Ellie dibawa ke kapal dan pekerjaan pertamanya adalah dengan Superdrug untuk kampanye Natal mereka pada tahun 2018, kata Ellie kepada GLAMOR. Kemudian ia bekerja dengan Nike untuk Piala Dunia wanita dan National Citizen Service.

"Saya senang bisa menginspirasi begitu banayk orang dan membantu Zebedeus memimpin Revolusi Inklusi," kata Ellie kepada GLAMOR.

 

Desainer favorit Ellie

Adapun desainer favorit Ellie adalah Gucci, Chanel dan Louis Vuitton karena ia menyukai desain dan warna yang mereka gunakan.

Ellie sendiri tidak keberatan dengan orang-orang yang menggunakan istilah disabilitas. Beberapa orang tidak peduli tentang down syndrome tetapi ketika mereka berbicara dengan saya dan melihat kepribadian saya, mereka mengubah cara pandangnya terhadap saya dan mungkin juga kepada orang lain yang juga memiliki keterbatasan.

"Setiap orang berbeda. Beberapa reaksi awal dari orang-orang adalah bahwa mereka mengajukan pertanyaan kepada ibu atau ayah saya tentang saya seperti usia," kata Ellie. Ibunya hanya menanggapi mereka dengan "tanya Ellie lansung!"

Amy, kakaknya Ellie yang terpaut 8 tahun juga turut serta berperan dalam memengaruhi Ellie dengan menunjukkan mode dan make up dan selalu memastikan Ellie terlihat cantik. Amy juga selalu mengajaknya berbelanja dan melakaukan banyak hal bersama. Amy juga yang memilihkan banyak pakaian untuk Ellie bahkan hingga kini. Amy selalu mendukung apapun yang ingin Ellie lakukan. "Saya sangat senang di dekatnya dan teman-temannya," kata Ellie yang menjadikan Amy sebagai panutannya.

Beruntung, Ellie berada di lingkungan yang masyarakatnya menerima dirinya seutuhnya. Ellie menyadari bahwa ia menyukai tarian dan drama dan senang menjadi pusat perhatian. "Saya ingin menjadi terkenal ketika saya besar nanti sehingga saya dapat dilihat dan ketika saya berada di depan kamera di situlah saya paling bahagia. Saya ingin berada di majalah dan TV," kata Ellie kepada GLAMOR.

Menurut pengakuan Ellie, ia belum pernah menemukan sesuatu yang negatif dalam industri fashion. Ia bergal dengan semua orang karena mereka juga menyukainya. Namun tak jarang ia menemukan orang-orang yang salah paham tentang identitas Ellie, misalnya mereka menganggap kalau Ellie tidak memiliki ambisi atau impian dan tidak dapat mencapai banyak hal. Namun Ellie membuktikan kalau dirinya benar-benar bisa. Saran Ellie, "jadilah diri sendiri."

Ellie mengakui setelah muncul di majalah Gucci, ia memiliki peluang yang luar biasa setelahnya, seperti muncul di GLAMOR. Ia menjadi viral.

Ellie berharap dirinya bisa terus menjadi panutan bagi orang lain, menunjukkan kepada orang lain bahwa mereka bisa masuk ke industri ini dan bahwa merek fesyen menggunakan model penyandang disabilitas lain. Ia juga berharap ke depannya, merek lain juga menggunakan model dengan disabilitas. Setiap penyandang disabilitas juga berhak memiliki kesempatan dalam mencapai keinginannnya.

Infografis Menguji Calon Vaksin Covid-19 Sinovac.

Infografis Menguji Calon Vaksin Covid-19 Sinovac. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Menguji Calon Vaksin Covid-19 Sinovac. (Liputan6.com/Trieyasni)

Simak Juga Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP Prancis: Menanti Podium Pertama untuk Joan Mir

Posted: 02 Oct 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Joan Mir membawa Suzuki masih punya satu pekan lagi untuk mematangkan persiapan jelang MotoGP Prancis 2020. Waktu selama ini harus digunakan sebaik mungkin agar asa raih podium satu bisa tercapai.

Pembalap Suzuki ini berhasil menguntit Fabio Quartararo di puncak klasemen. Pembalap asal Spanyol itu hanya terpaut 8 poin saja dari Quartararo.

Maka itu, balapan di MotoGP Prancis bakal jadi ajang bagi Suzuki untuk menang balapan. MotoGP Prancis juga menjadi rumah bagi Fabio Quartararo.

Lalu bagaimana persaingan di balapan nanti? Joan Mir sudah menuturkan dirinya bisa menang di balapan Catalunya kalau saja lomba ditambah satu lap.

Saat itu, Quartararo yang memimpin MotoGP Catalunya tapi melambat dua detik. Quartararo pun mengakui bisa gagal juara kalau lap bertambah satu lagi.

 

Enam Seri Menentukan

ilustrasi motogp (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi motogp (Liputan6.com/Abdillah)

MotoGP Prancis bakal menjadi enam seri menentukan untuk mencari siapa juara MotoGP yang baru. Sudah dipastikan, MotoGP 2020 punya juara baru karena Marc Marquez absen.

Dua kandidat pembalap Fabio Quartararo dan Joan Mir jadi yang terkuat jadi juara. MotoGP Prancis salah satunya bisa jadi batu pijakan kekuatan kedua pembalap.

Jadwal MotoGP

Ilustrasi MotoGP 2020 (Liputan6.com/Abdillah)
Ilustrasi MotoGP 2020 (Liputan6.com/Abdillah)

 Jumat (9/10/2020)

14:55 - 15:40: FP1

19:10 - 19:55: FP2

 

Sabtu (10/10/2020)

14:55 - 15:40: FP3

18:30 - 19:00: FP4

19:10 - 19:25: Kualifikasi 1

19:35 - 19:50: Kualifikasi 2

 

Minggu (11/10/2020)

18:00: Balapan

 

Jadwal MotoGP Lainnya

18 Oktober - MotoGP Aragon (Sirkuit Motorland Aragon)

25 Oktober - MotoGP Teruel (Sirkuit Motorland Aragon)

8 November - MotoGP Eropa (Sirkuit Ricardo Tormo)

15 November - MotoGP Comunitat Valenciana (Sirkuit Ricardo Tormo)

22 November - MotoGP Portugal (Sirkuit Portimao)

Klasemen MotoGP

Posisi-Perubahan-Pembalap-Asal-Tim (Motor)-Poin (Selisih)

1. = Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (GP20) 84

2. = Fabio Quartararo FRA Petronas Yamaha (YZR-M1) 83 (-1)

3. ^2 Maverick Viñales SPA Monster Yamaha (YZR-M1) 83 (-1)

4. = Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) 80 (-4)

5. ^2 Franco Morbidelli ITA Petronas Yamaha (YZR-M1) 64 (-20)

6. ˅3 Jack Miller AUS Pramac Ducati (GP20) 64 (-20)

7. ^2 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V) 63 (-21)

8. ^2 Miguel Oliveira POR Red Bull KTM Tech3 (RC16) 59 (-25)

9. ˅3 Valentino Rossi ITA Monster Yamaha (YZR-M1) 58 (-26)

10. ^1 Pol Espargaro SPA Red Bull KTM (RC16) 57 (-27)

11. ˅3 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)* 53 (-31)

12. = Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) 44 (-40)

13. = Johann Zarco FRA Reale Avintia (GP19) 36 (-48)

14. ^1 Danilo Petrucci ITA Ducati Team (GP20) 31 (-53)

15. ˅1 Francesco Bagnaia ITA Pramac Ducati (GP20) 29 (-55)

16. ^1 Alex Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)* 24 (-60)

17. ˅1 Aleix Espargaro SPA Aprilia Gresini (RS-GP) 18 (-66)

18. = Iker Lecuona SPA Red Bull KTM Tech3 (RC16)* 15 (-69)

19. = Bradley Smith GBR Aprilia Gresini (RS-GP) 11 (-73)

20. = Tito Rabat SPA Reale Avintia (GP19) 7 (-77)

21. = Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) 7 (-77)

22. = Michele Pirro ITA Pramac Ducati (GP20) 4 (-80)

Simak Video MotoGP Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peta Sebaran Corona COVID-19 di Surabaya pada 2 Oktober 2020

Posted: 02 Oct 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ada tambahan pasien positif Corona COVID-19 di Surabaya, Jawa Timur sebanyak 69 orang pada Jumat, 2 Oktober 2020. Dengan demikian, total kasus positif COVID-19 di Surabaya mencapai 14.467 orang.

Sementara itu, pasien sembuh dari COVID-19 di Surabaya meningkat 74 orang menjadi 12.880 orang. Di satu sisi, pasien meninggal karena COVID-19 bertambah empat orang menjadi 1.073 orang. Pasien konfirmasi dalam perawatan sebanyak 514 orang. Demikian mengutip lawancovid-19.surabaya.go.id, Sabtu (3/10/2020).

Secara persentase konfirmasi COVID-19 per 2 Oktober 2020 dengan rincian konfirmasi pasien sembuh mencapai 89,03 persen atau setara 12.880, konfirmasi meninggal 1.073 atau setara 7,42 persen dan konfirmasi dalam perawatan sebanyak 514 atau setara 3,55 persen.

Untuk kasus Corona COVID-19 per wilayah per 2 Oktober 2020 di Surabaya:

Surabaya Barat:

Konfirmasi: 2.166 orang

Sembuh: 1.933 orang

Meninggal: 155 orang

Surabaya Pusat:

Konfirmasi: 1.643 orang

Sembuh: 1.434 orang

Meninggal: 160 orang

 

 

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Surabaya Utara hingga Selatan

Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Surabaya Utara:

Konfirmasi: 2.299 orang

Sembuh: 2.075 orang

Meninggal: 182 orang

Surabaya Timur:

Konfirmasi: 4.504 orang

Sembuh: 4.054 orang

Meninggal: 293 orang

Surabaya Selatan:

Konfirmasi: 3.855 orang

Sembuh: 3.834 orang

Meninggal: 283 orang

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Survei BPS: PHK jadi Opsi Terakhir Perusahaan Demi Bertahan di Masa Pandemi

Posted: 02 Oct 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah perusahaan masih tetap mempertahankan karyawan mereka di tengah hantaman pandemi covid-19. Sementara keputusan untuk melakukan PHK cenderung menjadi langkah terakhir yang diambil terhadap tenaga kerjanya.

"Ada berbagai upaya perusahaan untuk tetap mempertahankan tenaga kerjanya meskipun aktivitas perusahaan sangat terdampak oleh pandemi. Keputusan untuk melakukan PHK cenderung adalah langkah terakhir yang diambil terhadap tenaga kerjanya," dikutip dari keterangan Badan Pusat Statistik (BPS), Sabtu (3/10/2020).

Menanggapi situasi saat ini, Secara rinci, pengurangan jam kerja adalah langkah yang relatif lebih banyak diambil oleh perusahaan dibandingkan pilihan lainnya. Yakni dengan persentase 32,66 persen.

Keputusan terbanyak kedua yakni dirumahkan tanpa upah sebesar 17,06 persen, diberhentikan dalam jangka waktu singkat 12,83 persen.

Kemudian dirumahkan dengan upah sebagian menjadi opsi paling banyak diambil keempat. Serta 3,69 persen perusahaan memilih merumahkan karyawan dengan upah yang dibayarkan penuh.

"Optimisme bahwa pandemi akan segera berakhir cenderung membuat perusahaan tidak mengambil keputusan PHK permanen. Memberhentikan pekerja dalam waktu singkat adalah pilihan yang relatif lebih baik," tulis BPS.

 

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Ekonom: Gelombang PHK Terus Berlanjut Meski Pandemi Covid-19 Usai

Doc. Kementerian Ketenagakerjaan.
Doc. Kementerian Ketenagakerjaan.

Ekonom INDEF Aviliani, menilai gelombang Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) tidak hanya terjadi selama pandemi covid-19, melainkan ke depannya PHK akan tetap terjadi dampak dari perubahan perilaku masyarakat pasca covid-19.

"Nah kalau kita lihat sekarang PHK sudah ada tapi memang belum terlalu signifikan atau besar-besaran tetapi kecil-kecilan, namun ke depan menurut saya PHK itu bukan hanya terjadi karena pandemi aja tapi karena behavior masyarakat kita yang berubah menjadi permanen," kata Aviliani dalam The 2nd Series Industry Roundtable (Episode 8) Banking Industry Perspective, Selasa (29/9/2020).

Menurutnya, pandemi covid-19 ini memaksa kita untuk mempercepat digitalisasi, yang semula perusahaan berencana mengurangi pegawai dalam 5 tahun lagi, namun sekarang dipercepat sehingga PHK tidak bisa dielakkan.

Lantaran Oktober nanti, Aviliani menilai akan banyak perusahaan yang meminta restrukturisasi atau bantuan. Karena daya tahan perusahaan hanya mampu bertahan selama 6-1 tahun saja dalam menghadapi krisis,  mau tidak mau Ketika perusahaan-perusahaan sudah mulai tumbang maka akan banyak terjadinya PHK.

"Kalau perusahaan itu kreatif sebenarnya dia bisa memanfaatkan ini sebagai peluang, saya bilang the power of kepepet punya ide untuk survive, kalau yang kayak gitu perusahaan ini tidak akan PHK justru mereka bisa mengambil keuntungan di tengah pandemi," ujarnya.

Namun sebaliknya, bagi perusahaan yang tidak bisa kreatif dan tidak bisa melakukan apapun, atau mungkin perusahaan hanya bisa melakukan cost efficiency maka akan banyak yang kena PHK.

"Nah ini harus diantisipasi oleh masyarakat maupun pemerintah karena ini akan terjadi (PHK) mau tidak mau," pungkasnya.    

Jakarta Kembali PSBB, PHK Massal Tak Terbendung

Pegawai pulang kerja menunggu bus Trassnjakarta di Halte Dukuh Atas, Jalan Sudirman, Jakarta, Selasa (12/5/2020). Pemerintah memberi kelonggaran bergerak bagi warga berusia di bawah 45 tahun untuk mengurangi angka pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Pegawai pulang kerja menunggu bus Trassnjakarta di Halte Dukuh Atas, Jalan Sudirman, Jakarta, Selasa (12/5/2020). Pemerintah memberi kelonggaran bergerak bagi warga berusia di bawah 45 tahun untuk mengurangi angka pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Ekonom Institute for Development of Economics (Indef), Bhima Yudhistira menyebutkan adanya kemungkinan PHK massal seiring diperketatnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta.

Hal ini, kata Bhima, terjadi sebagai antisipasi atas turunnya permintaan atau demand selama PSBB berlangsung. "Diperkirakan akan terjadi PHK massal sebagai antisipasi turunnya permintaan," ujar dia kepada Liputan6.com, Kamis (10/9/2020).

Sehingga peran pemerintah menjadi krusial dalam menjamin bantalan sosial sebelum PSBB resmi diterapkan kembali.

"Di sini tugas pemerintah pusat dan pemda penting, ketika rem darurat di injak maka sebelum penerapan psbb bansos harus digenjot. Waktunya kan tidak banyak sebelum tanggal 14 (September 2020). Masyarakat miskin dan rentan miskin di supply sembako dulu secara masif sehingga bisa bertahan hidup," kata dia.

Sebagai informasi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali akan kembali memberlakukan pengetatan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) setelah semakin meningkatnya kasus terkonfirmasi positif Covid-19.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Pameran 250 Tahun Kelahiran Beethoven di Wina

Posted: 02 Oct 2020 08:00 PM PDT

Orang-orang mengunjungi pameran memperingati 250 tahun kelahiran komposer dan pianis Ludwig van Beethoven di Kunsthistorisches Museum di Wina, Austria, pada 1 Oktober 2020. (Xinhua/Georges Schneider)
Orang-orang mengunjungi pameran memperingati 250 tahun kelahiran komposer dan pianis Ludwig van Beethoven di Kunsthistorisches Museum di Wina, Austria, pada 1 Oktober 2020. (Xinhua/Georges Schneider)

Orang-orang mengunjungi pameran memperingati 250 tahun kelahiran komposer dan pianis Ludwig van Beethoven di Kunsthistorisches Museum di Wina, Austria, pada 1 Oktober 2020. (Xinhua/Georges Schneider)

Orang-orang mengunjungi pameran memperingati 250 tahun kelahiran komposer dan pianis Ludwig van Beethoven di Kunsthistorisches Museum di Wina, Austria, pada 1 Oktober 2020. (Xinhua/Georges Schneider)
Orang-orang mengunjungi pameran memperingati 250 tahun kelahiran komposer dan pianis Ludwig van Beethoven di Kunsthistorisches Museum di Wina, Austria, pada 1 Oktober 2020. (Xinhua/Georges Schneider)

Orang-orang mengunjungi pameran memperingati 250 tahun kelahiran komposer dan pianis Ludwig van Beethoven di Kunsthistorisches Museum di Wina, Austria, pada 1 Oktober 2020. (Xinhua/Georges Schneider)

Orang-orang mengunjungi pameran memperingati 250 tahun kelahiran komposer dan pianis Ludwig van Beethoven di Kunsthistorisches Museum di Wina, Austria, pada 1 Oktober 2020. (Xinhua/Georges Schneider)
Orang-orang mengunjungi pameran memperingati 250 tahun kelahiran komposer dan pianis Ludwig van Beethoven di Kunsthistorisches Museum di Wina, Austria, pada 1 Oktober 2020. (Xinhua/Georges Schneider)

Orang-orang mengunjungi pameran memperingati 250 tahun kelahiran komposer dan pianis Ludwig van Beethoven di Kunsthistorisches Museum di Wina, Austria, pada 1 Oktober 2020. (Xinhua/Georges Schneider)

Orang-orang mengunjungi pameran memperingati 250 tahun kelahiran komposer dan pianis Ludwig van Beethoven di Kunsthistorisches Museum di Wina, Austria, pada 1 Oktober 2020. (Xinhua/Georges Schneider)
Orang-orang mengunjungi pameran memperingati 250 tahun kelahiran komposer dan pianis Ludwig van Beethoven di Kunsthistorisches Museum di Wina, Austria, pada 1 Oktober 2020. (Xinhua/Georges Schneider)

Orang-orang mengunjungi pameran memperingati 250 tahun kelahiran komposer dan pianis Ludwig van Beethoven di Kunsthistorisches Museum di Wina, Austria, pada 1 Oktober 2020. (Xinhua/Georges Schneider)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Kebersamaan Dokter Tirta dan Kekasih yang Jarang Terekspos

Posted: 02 Oct 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sejak pandemi Corona Covid-19, dokter Tirta tak berhenti menjadi perhatian dunia maya. Pasalnya, pemilik nama lengkap Tirta Mandira Hudhi ini aktif dalam menyoroti penanganan virus COVID 19 di Indonesia. 

Ia banyak bergerak sendiri, dari mengadakan penyuluhan, menggalang dana, menyalurkan APD (Alat Pelindung Diri) dan menyemprotkan disinfektan. Terbaru, dalam wawancara bersama Deddy Corbuzier ia menginginkan adanya swab gratis bagi semua kalangan. Tujuannya agar rakyat di kalangan bawah tidak banyak lagi yang menjadi korban akibat pandemi Corona Covid-19 ini. 

Selain penampilan yang nyentrik dan karakter yang nyablak, jalinan asmara pengusaha sekaligus dokter ini tak luput dari perhatian warganet. Dokter Tirta dikabarkan memiliki kekasih bernama Nisa An Nashr. Layaknya, pasangan kekasih dokter Tirta kerap menghabiskan waktu bersama selebgram cantik ini. 

Dalam beberapa kesempatan Nisa juga menemani dokter Tirta turun ke lapangan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas potret kebersamaan dokter Tirta dan kekasih, Sabtu (3/10/2020). 

1. Dokter Tirta memiliki kekasih seorang selebgram cantik bernama Nisa An Nashr.

Dokter Tirta dan Kekasih (Sumber: Instagram//annnashr/)
Dokter Tirta dan Kekasih (Sumber: Instagram//annnashr/)

2. Layaknya pasangan kekasih, pria kelahiran 1991 ini kerap menghabiskan waktu bersama Nisa.

Dokter Tirta dan Kekasih (Sumber: Instagram//annnashr/)
Dokter Tirta dan Kekasih (Sumber: Instagram//annnashr/)

3. Dalam beberapa kesempatan, Nisa juga ikut menemani Tirta saat turun ke lapangan.

Dokter Tirta dan Kekasih (Sumber: Instagram//annnashr/)
Dokter Tirta dan Kekasih (Sumber: Instagram//annnashr/)

4. Saat Nisa berulang tahun, pria 29 tahun ini memberi kejutan manis untuk pujaan hatinya.

Dokter Tirta dan Kekasih (Sumber: Instagram//annnashr/)
Dokter Tirta dan Kekasih (Sumber: Instagram//annnashr/)

5. Dua sejoli ini kerap membagikan potret manis mereka di laman Instagram. Keduanya tampil kompak.

Dokter Tirta dan Kekasih (Sumber: Instagram//annnashr/)
Dokter Tirta dan Kekasih (Sumber: Instagram//annnashr/)

6. Bulan Juni 2020, kekasih dokter sekaligus pengusaha ini memutuskan untuk berhijab.

Dokter Tirta dan Kekasih (Sumber: Instagram//annnashr/)
Dokter Tirta dan Kekasih (Sumber: Instagram//annnashr/)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Campurkan 6 Bahan Alami Ini pada Minuman Anda dan Rasakan Khasiatnya

Posted: 02 Oct 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tuntutan pekerjaan yang kini dialihkan ke sistem virtual, semakin membuat tubuh merasa kelelahan dan mata kering. Untuk menjaga stamina agar tetap kuat, ada baiknya Anda ditemani minuman segar sekaligus menyehatkan.

Terlebih lagi, di masa-masa pandemi ini cocok bagi Anda untuk memulai gaya hidup sehat. Biasanya, di jam-jam istirahat kantor Anda meminum kopi ataupun boba, mulai kini cobalah ganti minuman dengan campuran bahan-bahan alami pada minuman Anda.

Meminum air putih secara rutin sudah cukup menyehatkan bagi tubuh Anda. Terkadang, kita enggan minum air putih tanpa rasa, tetapi tambahan bahan ini mampu berikan kesegaran bagi tubuh.

Seperti campuran garam, bawang putih, kayu manis, mentimun, dan rosemary dipercaya dapat mendetoks bakteri-bakteri pada tubuh Anda. Berikut bahan-bahan alami yang menyimpan banyak nutrisi bagi tubuh, dilansir dari Brightside:

1. Air dengan garam tidak beryodium

Dinukil dari thealternativedaily.com, rupa-rupa manfaat meminum air garam itu di antaranya
Dinukil dari thealternativedaily.com, rupa-rupa manfaat meminum air garam itu di antaranya

Penambahan garam pada air putih akan memberikan rasa asin. Nantinya, ini berguna untuk membersihkan usus besar dan mengobati sembelit kronis Anda. Jika Anda memberikan takaran garam yang tepat, khasiat pun bisa dapat dirasakan. Jadi penting bagi Anda memperhatikan jumlah bahan-bahan yang dibutuhkan.

Yang Anda perlu lakukan, campurkan 2 sdt garam laut non-yodium ke dalam 4 gelas air hangat. Untuk menambah citra rasa, Anda bisa juga menambahkan sedikit perasan air lemon. Minumlah dalam kondisi perut kosong

Kandungan sodium dalam minuman tersebut membantu Anda menjaga fungsi saraf, otot, dan tekanan darah. Dan sangat cocok bagi Anda yang mengalami buang air besar tidak teratur.

2. Air dengan bawang putih

Ilustrasi Bawang Putih (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)
Ilustrasi Bawang Putih (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Jika Anda tidak suka makan bawang putih secara langsung, mencampurkannya pada air putih perlu dicoba. Kandungan belerang dalam bawang butih berkhasiat menurunkan tekanan darah, memerangi penyakit, serta mendetoksifikasi logam berat pada tubuh Anda.

Anda membutuhkan 2 siung bawang putih yang diiris maupun dicincang. Jangan langsung menuangkannya pada air, Anda perlu menunggu selama 10 menit. Lalu, tuangkan pada 500 ml air. Diamkan selama 2 jam baru Anda bisa meminumnya.

 

3. Air dengan apel dan kayu manis

Langsing hanya dengan infused water apel dan kayu manis? Begini cara buatnya. | via: foodnetwork.sndimg.com
Langsing hanya dengan infused water apel dan kayu manis? Begini cara buatnya. | via: foodnetwork.sndimg.com

Bagi Anda yang tengah menurunkan berat badan, kombinasi air dengan apel dan kayu manis cocok bagi Anda. Pasalnya, keduanya berperan untuk meningkatkan metabolisme. Di samping itu, kandungan kayu manis bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan mencegah penyakit diabetes.

Perpaduan keduanya memberikan kandungan antioksidan yang penting bagi makanan Anda. Langkah pertama, Anda perlu mengiris 2 buah apel dan meletakkanya ke dalam wadah bersamaan dengan 2 batang kayu manis. Lalu, tempatkan ke dalam kulkas dan diamkan selama 1 jam hingga bahan meresap.

4. Air es mentimun

Infused water, cara lain untuk membuat air putih semakin sehat dan segar (foto: http://www.doctoroz.com/)
Infused water, cara lain untuk membuat air putih semakin sehat dan segar (foto: http://www.doctoroz.com/)

Air es mentimun sudah tidak perlu diragukan lagi kesegarannya. Keberadaan mentimun sudah pasti memberikan kenikmatan sendiri pada minuman Anda. Anda tak butuh lagi minuman berkarbonasi, gantikan dengan mentimun yang banyak mengandung antioksidan. Minuman rendah kalori ini hanya terdapat 34 kalori dalam 1 buah mentimun yang besar.

Cobalah Anda mengiris mentimun, variasikan bentuknya jadi kubus. Kemudian, bekukan potongan tersebut dalam freezer. Jika Anda merasa tubuh lebih, cukup tambahkan mentimun pada minuman Anda. Bisa juga Anda tambahkan lemon dan mint untuk memperkaya rasa.

5. Air dengan lada hitam

ilustrasi lada hitam untuk diet/pexels
ilustrasi lada hitam untuk diet/pexels

Kandungan antioksidan dalam lada hitam mampu mencegah peradangan, penuaan dini, dan menghindari penyakit jantung. Lada hitam dipercaya sebagai bahan detoksifikasi bagi tubuh Anda. Masih banyak lagi manfaatnya yang dapat Anda rasakan, seperti menurunkan berat badan, Meningkatkan metabolisme gula dan menurunkan kadar kolesterol.

Bahan yang harus ada, setengah sendok makan merica hitam tumbuk, 1 sdm jahe parut, 1 sdm madu, 1 buah lemon, dan 2 gelas air. Tahapan yang perlu Anda perhatikan, mencampur merica dengan jahe parut dan aduk hingga rata. Kemudian rebus air dan tuangkan dalam gelas. Lalu ambil 1 sdm campuran tersebut ke dalam air. Setelah itu, tambahkan air lemon (optional). Terakhir, tunggu dan minum dalam keadaan hangat.

6. Air dengan rosemary

Rosemary. (Via: zanjbil.com)
Rosemary. (Via: zanjbil.com)

Meski bentuknya kecil dan ramping, tetapi bahan ini menyimpan banyak manfaat bagi tubuh. Meningkatkan kinerja sistem pencernaan, daya ingat, dan imunitas dapat Anda rasakan. Baru-baru ini, rosemary dipercaya oleh ilmuwan berguna untuk perlindungan neurologis.

Bahan yang dibutuhkan, irisan lemon dan batang rosemary segar. Setelah kedua bahan ini disiapkan, tuang air ke dalam cangkir dan letakkan rosemary. Diamkan dan dinginkan minuman tersebut selama 2 jam atau bisa seharian. Akhirnya minuman ini siap diminum.

Penulis 

Ignatia Ivani 

Universitas Multimedia Nusantara

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Studi: Penggunaan Obat Asam Lambung GERD Jangka Panjang Bisa Tingkatkan Risiko Diabetes

Posted: 02 Oct 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penggunaan obat untuk mengobati refluks asam lambung kronis atau GERD dalam jangka panjang dan teratur bisa meningkatkan risiko diabetes tipe 2, tulis sebuah penelitian baru.

Temuan ini merupakan hasil kolaborasi penulis Jinqiu Yuan dan Qiangsheng He bersama dengan The Seventh Affiliated Hospital, Sun Yat-Sen University di Shenzhen, China. Hasil temuannya telah diterbitkan Selasa (29/09/2020) di the journal Gut.

Peneliti Harvard Medical School melaporkan, obat-obatan untuk menurunkan asam lambung atau penghambat pompa proton atau yang biasa disebut proton pump inhibitor (PPI) ini bekerja dengan cara menghambat sel-sel lambung tertentu yang memiliki enzim yang disebut dengan pompa proton yang memproduksi dan melepaskan asam lambung.

Maka dari itu PPI digunakan untuk menurunkan kadar asam lambung dan meredakan gejala yang disebabkan oleh penyakit refluks asam lambung (GERD).

Penghambat pompa proton terdiri atas beberapa jenis dan berbagai merek dagang, antara lain:

- Omeprazole

- Esomeprazole

- Lansoprazole

- Pantoprazole

- Rabeprazole

Meskipun PPI umumnya dianggap aman untuk penggunaan jangka pendek, penggunaan jangka panjang juga dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti patah tulang akibat malabsorpsi kalsium dan infeksi usus (usus) dari sekian efek samping lainnya.

 

Risiko Diabetes

ilustrasi lambung (Sumber: Pixabay)
ilustrasi lambung (Sumber: Pixabay)

PPI disebut memiliki dampak besar pada mikrobioma usus, yang dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2, meskipun buktinya masih perlu diteliti lebih lanjut.

Risikonya dikatakan meningkat seiring dengan durasi penggunaan jangka panjang. Para peneliti menemukan bahwa hubungannya lebih kuat ditemukan pada mereka yang memiliki Indeks Massa Tubuh (BMI) lebih rendah atau tekanan darah normal.

"Untuk pasien yang harus menerima pengobatan PPI jangka panjang, skrining untuk glukosa darah abnormal untuk mencegah diabetes tipe 2, direkomendasikan," tulis peneliti, seperti dikutip Foxnews.

Penemuan ini diambil dari analisis terhadap hampir 205.000 peserta dari tiga kohort AS, Nurses 'Health Study (NHS), NHS II dan Health Professionals Follow-up Study (HPFS), yang mengungkapkan peningkatan risiko bahkan setelah menyesuaikan faktor risiko; "Risiko absolut diabetes di antara pengguna PPI biasa adalah 7,44/1000 orang-tahun dibandingkan dengan 4,32/1000 orang-tahun di antara bukan pengguna," tulis peneliti.

"Karena penggunaannya yang luas, jumlah keseluruhan kasus diabetes yang terkait dengan penggunaan PPI bisa sangat besar," peneliti menyimpulkan. Selain itu dokter juga harus menyeimbangkan rasio risiko-manfaat saat meresepkan PPI untuk penggunaan jangka panjang, saran peneliti.

Infografis Tingkat Kematian Covid-19 di Indonesia Lampaui Dunia

Infografis Tingkat Kematian Covid-19 di Indonesia Lampaui Dunia. (Liputan6.com/Abdillah
Infografis Tingkat Kematian Covid-19 di Indonesia Lampaui Dunia. (Liputan6.com/Abdillah

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Carrie Underwood Gunakan Perhiasaan Buatan Indonesia di Academy of Country Music Awards 2020

Posted: 02 Oct 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi Amerika Serikat, Carrie Underwood, menerima penghargaan di ajang Academy of Country Music Awards 2020 pada 16 September 2020. Dalam acara itu, ia menerima penghargaan kategori Entertainer of The Year.

Penampilan Carrie Underwood di acara tersebut meninggalkan cerita menarik, khususnya bagi industri fesyen di Indonesia. Betapa tidak, Carrie Underwood tampil di acara Academy of Country Music Awards 2020 dengan mengenakan aksesori dari Indonesia.

Pelantun "Cry Pretty" menggunakan perhiasan bermerek UBS Gold. Pemegang merek perhiasan yang dikenakan Carrie Underwood ini diketahui berasal dari Surabaya, Jawa Timur.

 

 

 

 

Geometri Abstrak

Perhiasan bermerek UBS Gold yang digunakan Carrie Underwood buatan Indonesia (ist)
Perhiasan bermerek UBS Gold yang digunakan Carrie Underwood buatan Indonesia (ist)

Pemilik album Some Hearts dan Play On ini mengenakan anting emas dari UBS Gold berbentuk geometri abstrak.

Melambangkan Kreativitas Musisi

Aksi panggung Carrie Underwood saat membawakan lagu
Aksi panggung Carrie Underwood saat membawakan lagu

Menurut Erwin Suganda selaku Creative Director UBS Gold, anting emas yang dikenakan Carrie Underwood hadir dalam dua warna, kuning dan hitam-emas. Keduanya dikenakan Carrie Underwood karena melambangkan kreativitas seorang musisi.

 

 

 

Bangga

Carrie Underwood (VALERIE MACON / AFP)
Carrie Underwood (VALERIE MACON / AFP)

"Hadirnya koleksi perhiasaan kami di Academy of Country Music Awards 2020 tak hanya membuat UBS Gold bangga, tapi juga Indonesia. Semakin spesial, karena Carrie Underwood yang mengenakan anting ini. Profilnya yang elegan dan menawan menyatu dengan konsep perhiasan yang UBS Gold hadirkan," tutur Erwin Suganda di Jakarta, baru-baru ini.

 

 

Rekomendasi Fashion Stylist

Carrie Underwood (AFP/Bintang.com)
Carrie Underwood (AFP/Bintang.com)

Atas rekomendasi sang fashion stylist, Carrie Underwood memilih anting emas koleksi Confident in Gold dari UBS Gold untuk penampilannya di atas panggung Academy of Country Music Awards 2020 yang digelar di Nashville, Amerika Serikat. (Kapanlagi.com)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Selena Gomez Desain Merchandise Pemilihan Umum

Posted: 02 Oct 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Selena Gomez merancang berbagai merchandise bersaama Dover Street Market untuk mendorong warga memilih pada pemilihan presiden Amerika Serikat bulan November 2020.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming SCTV FTV Pagi: Siraman Air Cinta Tukang Air, Sabtu 3 Oktober 2020

Posted: 02 Oct 2020 07:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta FTV Pagi kali ini menyajikan drama segar berjudul Siraman Air Cinta Tukang Air.

Episode FTV Pagi dengan judul tersebut hadir di SCTV mulai pukul 10.00 WIB.

Anda bisa menyaksikan FTV Pagi juga via love streaming dengan klik tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: