Sabtu, 03 Oktober 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Teken Perpres, Jokowi Akan Angkat 2 Wakil Menteri

Posted: 03 Oct 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menambah dua wakil menteri (wamen) di Kabinet Indonesia Maju. Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah dipastikan akan mendapatkan pendamping untuk membantunya dalam menjalankan tugas di Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker).

Soal penetapan jabatan baru di Kemenaker tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 95 tahun 2020 tentang Kementerian Ketenagakerjaan. Perpres itu diteken Jokowi pada 23 September 2020.

"Dalam memimpin Kementerian Ketenagakerjaan, Menteri dibantu oleh Wakil Menteri sesuai dengan penunjukan Presiden," bunyi Pasal 2 ayat 1 dikutip dari salinan Perpres, Minggu (4/10/2020).

Wakil menteri diangkat serta diberhentikan oleh Presiden dan bertanggung jawab kepada menteri. Dalam Pepres dijelaskan, Wakil Menteri bertugas membantu kerja menteri dalam memimpin pelaksanaan tugas di Kemenaker.

"Ruang lingkup bidang tugas Wakil Menterimeliputi, membantu Menteri dalam perumusan dan/atau pelaksanaan kebijakan Kementerian Ketenagakerjaan; dan membantu Menteri dalam mengoordinasikan pencapaian kebijakan strategis lintas unit organisasi Jabatan Pimpinan Tinggi Madya atau Eselon I di lingkungan Kementerian Ketenagakerjaan," jelas Pasal 2 ayat (5).

Selain Ida, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki mendapat jatah wakil menteri. Hal itu tertuang dalam Perpres Nomor 96 tahun 2020 tentang Kementerian Koperasi dan UKM yang diteken Jokowi pada 23 September 2020.

"Dalam memimpin Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Menteri dibantu oleh Wakil Menteri sesuai dengan penunjukan Presiden," demikian bunyi Pasal 2 Perpres Nomor 96 tahun 2020.

 

Bidang Tugas

Ruang lingkup bidang tugas Wakil Menteri sebagaimana diatur dalam ayat (5) antara lain:

a. membantu Menteri dalam perumusan dan/atau pelaksanaan kebijakan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah; dan

b. membantu Menteri dalam mengoordinasikan pencapaian kebijakan strategis lintas unit organisasi Jabatan Pimpinan Tinggi Madya atau Eselon I di lingkungan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah.

Saat ini, Jokowi telah memiliki 12 wakil menteri di Kabinet Indonesia Maju. Sebelumnya, Jokowi juga telah menyiapkan pos Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Wakil Menteri Riset dan Teknologi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Polwan di Dompu Jaga Kantor Bawaslu Sambil Pangku Putrinya yang Tidur

Posted: 03 Oct 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Foto seorang polwan yang berjaga di kantor Bawaslu Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat viral. Pada foto itu, polwan tersebut tengah berjaga sembari memangku putrinya yang tengah tertidur.

Polwan personel Polres Dompu itu adalah Aipda Ismi Andri.

Hari itu, polwan tersebut mendapatkan perintah untuk melakukan pengamanan di Bawaslu. Mantan Kanit PPA Polres Dompu tersebut menyempatkan mengurus anaknya selain menjalankan kewajiban tugas sebagai aparat keamanan.

Pengalamannya tersebut diunggah Ismi dalam akun Facebooknya, Ismi N'dre.

"Kalian tidak akan tau betapa beratnya menjadi seorang Polwan sekaligus seorang ibu,,Tapi kami tak pernah mengeluh,,,Kalian tidak tau betapa anak² kami tidak bisa tidur saat kami seharian tak pulang,,,Tapi kami tak pernah protes,,,Karna ini adalah konsekuensi yg harus kami terima,,,Kami harus tetap menjadi wanita kuat Demi menjaga Kemanan kalian,,,Dan kami juga harus menjadi ibu yang hebat buat anak² kami,,,," tulis Ismi seperti dikutip Liputan6.com, Minggu (4/10/2020).

Ternyata, foto yang diunggah polwan itu viral dan mendapat simpati dari netizen. 

Dapat Perhatian Gubernur NTB

10 Jam setelahnya, unggahan itu mendapat respons dari Gubernur NTB Zulkieflimansyah.

"Polwan kita di Dompu..Dedikasi tiada tara..Proud of you..."

"Pak Kapolri, Pak Kapolda Polwan kita di Dompu ini luar biasa."

"Adakah yang lebih mulia dari perjuangan seorang ibu?" lanjut Zulkieflimansyah.

Komentar Gubernur NTB itupun diunggah oleh akun Facebook Dit Polairud Polda NTB.

Ismi pun membalasnya dengan ucapan terimakasih, "Terimakasih atas perhatiannya Bapak Gubernur.

Kantor Bawaslu yang beralamat di Lingkungan Sawete, Kelurahan Bali Satu, Kecamatan Dompu saat itu dijaga Polres Dompu karena tengah menggelar sidang adjudikasi sengketa yang dimohonkan pasangan Syaifurrahman Salman dan Ika Rizky Veryani (SUKA).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ekowisata, Solusi Bangkitkan Kembali Dunia Pariwisata Dalam Negeri

Posted: 03 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pariwisata menjadi salah satu sektor yang terdampak pandemi Covid-19. Berbagai upaya dilakukan agar sektor tersebut dapat bangkit dari ketepurukan, salah satunya adalah mengubah strategi.

Konsep wisata berkelanjutan seperti wisata alam diyakini akan semakin banyak diminati karena dinilai lebih aman terutama dari segi kesehatan. Tren wisata dalam masa adaptasi kebiasaan baru akan lebih berorientasi pada penerapan protokol Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability (CHSE), fokus ke wisata domestik, dan pariwisata non-massal.

"Kalau ditanyakan ke saya, apa yang harus kita lakukan agar pariwisata bisa bangkit lagi di masa pandemi ini, jawabannya sudah pasti ekowisata, karena saya di bidang itu dan tahu betul kalau wisata alam itu risikonya lebih kecil dari segi kesehatan," terang Prof Yonariza , guru besar bidang pertanian dan kehutanan dari Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat dalam webinar bertajuk "What Now for Sustainable Tourism in Southeast Asia?", Jumat, 2 Oktober 2020.

"Sekarang ini akan tempat wisata yang massal seperti kebun binatang dan taman hiburan ditutup untuk sementara, karena berpotensi mendatangkan banyak orang sehingga agak sulit dan berisiko menerapkan protokol kesehatan. Ini beda dengan wisata alam, terutama ekowisata yang terbukti sekarang sudah banyak yang buka kembali, tentunya tetap menerapkan protokol kesehatan," lanjutnya.

Pola perjalanan ekowisata memang memungkinkan untuk dilakukan saat ini, mengingat karakter ekowisata yang menjunjung tinggi kelestarian alam serta masyarakat dan budaya lokal, dengan mempertimbangkan kapasitas jumlah pengunjung. Ekowisata tidak hanya mengandalkan pada jumlah kunjungan, tapi mementingkan kedalaman makna dan manfaat dari perjalanan wisata.

Masa pandemi ini memungkinkan stakeholder pariwisata untuk benar-benar meningkatkan mutu destinasi wisata, serta mempertimbangkan sustainability, keamanan dan kenyamanan berwisata. Kegiatan seperti mendaki gunung, observasi di taman nasional, kunjungan ke area konservasi alam dan budaya, termasuk produk terkini dalam rupa desa wisata, merupakan sejumlah aktivitas ekowisata yang kali ini mendapat peluang untuk tumbuh berkembang.

 

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Terapi Hutan

Ekowisata Bisa Jadi Alternatif untuk Bangkitan Kembali Dunia Pariwisata.  foto: Youtube 'DESMA Center'
Ekowisata Bisa Jadi Alternatif untuk Bangkitan Kembali Dunia Pariwisata. foto: Youtube 'DESMA Center'

"Saat kita tak bisa bepergian jauh, saya sendiri lebih memilih wisata alam di daerah saya, di Sumatera Barat, seperti ke Gunung Singgalang dan gunung-gunung lainnya, karena di sana kita tidak bergerombol, jadi bisa lebih menjaga jarak dan menjalan protokol kesehatan dengan baik," tutur Prof Yonariza.

Ia menambahkan, hal serupa juga terjadi di sejumlah negara di Asia Tenggara, karena tiap negara seperti Thailand, Kamboja dan Malaysia juga banyak potensi ekowisata dan wisata alam yang menarik.

Ada satu lagi potensi wisata alam yang bisa lebih dimaksimalkan terutama di Indonesia yaitu wisata healing forest atau terapi hutan. Terapi ini dapat dilakukan dengan cara memasuki kawasan hutan, lalu membiarkan hutan tersebut terhubung dengan semua indera manusia, seperti indra penciuman, penglihatan, pendengaran, pengecap, peraba dan gerakan. Semua anggota tubuh akan terhubung dengan suasana di hutan.

"Healing forest ini mulai banyak disukai karena menghubungkan diri dengan alam, serta menimbulkan rasa labih nyaman setelah mengunjungi tempat tersebut, Tentunya berbeda dengan wisata pada umumnya yang bergerombol, wisata healing forest bisa dilakukan secara mandiri sehingga bisa menjalankan protokol kesehatan dengan lebih baik," tutup Prof Yonariza.

Infografis Ingat Pesan Ibu (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ingat Pesan Ibu (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP Prancis: Joan Mir Harus yang Pertama

Posted: 03 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pembalap Suzuki , Joan Mir harus memuncaki podium pembalap saat MotoGP Prancis 2020 digelar pekan depan. Dia masih punya satu pekan untuk persiapan itu.

Pembalap Suzuki ini berhasil menguntit Fabio Quartararo di puncak klasemen. Pembalap asal Spanyol itu hanya terpaut 8 poin saja dari Quartararo.

Maka itu, balapan di MotoGP Prancis bakal jadi ajang bagi Suzuki untuk menang balapan. MotoGP Prancis juga menjadi rumah bagi Fabio Quartararo.

Lalu bagaimana persaingan di balapan nanti? Joan Mir sudah menuturkan dirinya bisa menang di balapan Catalunya kalau saja lomba ditambah satu lap.

Saat itu, Quartararo yang memimpin MotoGP Catalunya tapi melambat dua detik. Quartararo pun mengakui bisa gagal juara kalau lap bertambah satu lagi.

 

Enam Seri Menentukan

Ilustrasi MotoGP 2020 (Liputan6.com/Abdillah)
Ilustrasi MotoGP 2020 (Liputan6.com/Abdillah)

MotoGP Prancis bakal menjadi enam seri menentukan untuk mencari siapa juara MotoGP yang baru. Sudah dipastikan, MotoGP 2020 punya juara baru karena Marc Marquez absen.

Dua kandidat pembalap Fabio Quartararo dan Joan Mir jadi yang terkuat jadi juara. MotoGP Prancis salah satunya bisa jadi batu pijakan kekuatan kedua pembalap.

Jadwal MotoGP

ilustrasi motogp (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi motogp (Liputan6.com/Abdillah)

 Jumat (9/10/2020)

14:55 - 15:40: FP1

19:10 - 19:55: FP2

 

Sabtu (10/10/2020)

14:55 - 15:40: FP3

18:30 - 19:00: FP4

19:10 - 19:25: Kualifikasi 1

19:35 - 19:50: Kualifikasi 2

 

Minggu (11/10/2020)

18:00: Balapan

 

Jadwal MotoGP Lainnya

18 Oktober - MotoGP Aragon (Sirkuit Motorland Aragon)

25 Oktober - MotoGP Teruel (Sirkuit Motorland Aragon)

8 November - MotoGP Eropa (Sirkuit Ricardo Tormo)

15 November - MotoGP Comunitat Valenciana (Sirkuit Ricardo Tormo)

22 November - MotoGP Portugal (Sirkuit Portimao)

Klasemen MotoGP

Posisi-Perubahan-Pembalap-Asal-Tim (Motor)-Poin (Selisih)

1. = Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (GP20) 84

2. = Fabio Quartararo FRA Petronas Yamaha (YZR-M1) 83 (-1)

3. ^2 Maverick Viñales SPA Monster Yamaha (YZR-M1) 83 (-1)

4. = Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) 80 (-4)

5. ^2 Franco Morbidelli ITA Petronas Yamaha (YZR-M1) 64 (-20)

6. ˅3 Jack Miller AUS Pramac Ducati (GP20) 64 (-20)

7. ^2 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V) 63 (-21)

8. ^2 Miguel Oliveira POR Red Bull KTM Tech3 (RC16) 59 (-25)

9. ˅3 Valentino Rossi ITA Monster Yamaha (YZR-M1) 58 (-26)

10. ^1 Pol Espargaro SPA Red Bull KTM (RC16) 57 (-27)

11. ˅3 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)* 53 (-31)

12. = Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) 44 (-40)

13. = Johann Zarco FRA Reale Avintia (GP19) 36 (-48)

14. ^1 Danilo Petrucci ITA Ducati Team (GP20) 31 (-53)

15. ˅1 Francesco Bagnaia ITA Pramac Ducati (GP20) 29 (-55)

16. ^1 Alex Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)* 24 (-60)

17. ˅1 Aleix Espargaro SPA Aprilia Gresini (RS-GP) 18 (-66)

18. = Iker Lecuona SPA Red Bull KTM Tech3 (RC16)* 15 (-69)

19. = Bradley Smith GBR Aprilia Gresini (RS-GP) 11 (-73)

20. = Tito Rabat SPA Reale Avintia (GP19) 7 (-77)

21. = Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) 7 (-77)

22. = Michele Pirro ITA Pramac Ducati (GP20) 4 (-80)

Simak Video MotoGP Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Potret Persahabatan Brisia Jodie dan Marion Jola, Dikabarkan Tengah Renggang

Posted: 03 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini persahabatan antara Brisia Jodie dan Marion Jola tengah menjadi sorotan publik. Sebelumnya, diketahui jika hubungan pertemanan keduanya diketahui mulai terjalin saat sama-sama menjalani karantina saat mengikuti ajang pencarian bakat Indonesian Idol.

Namun, baru-baru ini hubungan persahabatan keduanya disebut-sebut tengah merenggang. Hal ini dimulai ketika Brisia Jodie disebut-sebut tengah dekat dengan Julian Jacob yang sebelumnya merupakan mantan kekasih dari Marion JOla. 

Bahkan, baru-baru ini wawancara pelantun lagu Aduh di awal 2020 kembali viral dan menjadi perbincangan. Pada wawancara tersebut, Marion Jola atau yang akrab disapa Lala ini mengungkapkan jika hubungannya dengan Brisia Jodie merupakan sahabat dekat di luar urusan karier.

Hal ini berbanding terbalik dengan ungkapan Brisia Jodie dalam video yang diunggah pada channel YouTube Gritte Agatha dengan judul 'BRISIA JODIE - JULIAN TENTANG MANTAN TEMAN | #GritteBukaPraktek #MantanTeman". Wanita yang tengah menjalin hubungan dengan Julian Jacob ini mengungkapkan jika ia dan Marion Jola tidak terlalu dekat karena sedikitnya intensitas bertemu.

Di luar kerenggangan hubungan pertemanan dua jebolan ajang pencarian bakat ini, melalui akun Instagram pribadi keduanya, Marion Jola dan Brisia Jodie terlihat masih memasang foto dan video bersama. Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa potret persahabatan Brisia Jodie dan Marion Jola yang dikabarkan tengah merenggang, Minggu (4/10/2020).

1. Brisia Jodie pun sempat mengunggah momen bersama Marion Jola saat tengah hangout bersama.

Brisia Jodie dan Marion Jola (Sumber: Instagram/brisiajodie96)
Brisia Jodie dan Marion Jola (Sumber: Instagram/brisiajodie96)

2. Kedekatan keduanya juga terlihat dari foto maupun video yang diunggah pada media sosial.

Brisia Jodie dan Marion Jola (Sumber: Instagram/brisiajodie96)
Brisia Jodie dan Marion Jola (Sumber: Instagram/brisiajodie96)

3. Sama-sama menjalani karantina bersama, tak heran jika Brisia Jodie dan Lala terlihat cukup akrab.

Brisia Jodie dan Marion Jola (Sumber: Instagram/brisiajodie96)
Brisia Jodie dan Marion Jola (Sumber: Instagram/brisiajodie96)

4. Bahkan, keduanya beberapa kali tampil bersama di atas panggung.

Brisia Jodie dan Marion Jola (Sumber: Instagram/brisiajodie96)
Brisia Jodie dan Marion Jola (Sumber: Instagram/brisiajodie96)

5. Kebersamaan keduanya juga terlihat saat berada di balik panggung.

Brisia Jodie dan Marion Jola (Sumber: Instagram/lalamarionmj)
Brisia Jodie dan Marion Jola (Sumber: Instagram/lalamarionmj)

6. Dua wanita jebolan ajang pencarian bakat ini juga kerap mengeluarkan single di waktu yang berdekatan.

Brisia Jodie dan Marion Jola (Sumber: Instagram/lalamarionmj)
Brisia Jodie dan Marion Jola (Sumber: Instagram/lalamarionmj)

7. Tak hanya mengunggah foto saja, akan tetapi persahabatan keduanya juga terlihat dari video yang beredar di media sosial.

View this post on Instagram

cie artis😋 @lalamarionmj

A post shared by M. Brisia Jodie Maurine (@brisiajodie96) on

8. Cover lagu Dua Lipa yang dinyanyikan Brisia dan Lala juga berhasil mencuri perhatian netizen.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manajer Pastikan Ayah Nino RAN Meninggal Dunia Bukan karena Corona Covid-19

Posted: 03 Oct 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Agung Setyawicaksono, ayah penyanyi Nino RAN meninggal dunia, Sabtu (3/10/2020) malam. Dijelaskan Lutfi manajer Nino RAN, Agung Setyawicaksono meninggal dunia bukan karena Corona C0vid-19.

Kendati demikian, Lutfi tidak bisa menjelaskan secara detail apa penyakit didererita oleh ayah Nino RAN sampai akhirnya meninggal dunia.

"Bukan (Covid-19) sih. Sakitnya komplikasi sih, memang sudah tua juga kan gitu. Memang sudah penyakit komplikasi sih, banyak," ungkap Lutfi saat dihubungi, Sabtu (3/10/2020).

Pastikan Bukan Corona Covid-19

Preskon Hatiku Indonesia (Bambang E. Ros/Fimela.com)
Preskon Hatiku Indonesia (Bambang E. Ros/Fimela.com)

Diduga, penyakit bawaan yang diderita ayah Nino RAN yang menjadi penyebabnya. Dan pastinya bukan meninggal karena Corona Covid-19.

"Oh memang ada penyakit bawaan sih. Cuman penyakit apa aku kurang bisa sebutin di sini, nanti aku diskusikan dulu dengan Nino, apakah boleh diberitahukan. Tapi bukan Covid sih," terang Lutfi.

Diskusi ke Nino

Preskon Hatiku Indonesia (Bambang E. Ros/Fimela.com)
Preskon Hatiku Indonesia (Bambang E. Ros/Fimela.com)

Lutfi juga tak berani berstatmen lebih lanjut atas penyakit yang diderita ayah Nino. Ia baru akan menjelaskan setelah berbincang empat mata dengan Nino.

"Aku kayaknya belum bisa ngomong sih soal itu (sakitnya apa). Nanti mungkin aku ketemu Nino, aku coba diskusikan dulu gimana-gimananya yah," sambungnya.

Dimakamkan di TPU Jeruk Purut

Instagram @asri_welas
Instagram @asri_welas

Berdasarkan informasi yang diterima Liputan6.com, saat ini jenazah ayahanda Nino RAN tengah berada di rumah duka di kawasan Bangka, Kemang,  Jakarta Selatan. Setelah dikafani dan disalatkan, jenazah akan dimakamkan  di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar FTV Kisah Nyata Spesial: Suami Yang Acuh Tak Acuh Karena Wanita Idaman Lain, Minggu 4 Oktober 2020

Posted: 03 Oct 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kisah Nyata Spesial tayang setiap hari mulai pukul 11.30 WIB.

Drama FTV Kisah Nyata Spesial selalu menghadirkan kisah penuh makna.

Anda bisa mengikuti episode Kisah Nyata Spesial via live streaming dengan klik tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Skuat Juventus Jalani Isolasi Fidusia Setelah 2 Staf Positif Covid-19

Posted: 03 Oct 2020 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Turin - Juventus mengumumkan bahwa skuat dan semua stafnya harus menjalani isolasi fidusia. Tindakan ini diambil setelah klub raksasa Italia itu melaporkan dua stafnya dinyatakan positif Covid-19.

"Juventus Football Club mengumumkan bahwa selama pemeriksaan yang diatur oleh protokol berlaku, dua anggota staf dinyatakan positif Covid-19," demikian pernyataan Juventus di situs resmi klub.

"Mereka bukan pemain atau anggota staf teknis atau medis. Namun, sesuai dengan peraturan dan protokol, seluruh tim tambahan telah masuk ke dalam isolasi fidusia."

"Prosedur ini akan memungkinkan semua anggota yang dites negatif untuk melakukan pelatihan reguler dan aktivitas pertandingan. Tetapi, tidak akan diizinkan untuk melakukan kontak dengan orang luar," lanjut pernyataan Juventus.

 

2 Pemain Napoli Positif

Gelandang Napoli, Piotr Zielinski (tengah) berselebrasi usai menceta gol ke gawang AC Milan pada lanjutan Liga Serie A Italia di San Paolo Stadium, Naples (25/8). Zielinski mencetak dua gol di pertandingan tersebut. (AFP Photo/Alberto Pizzoli)
Gelandang Napoli, Piotr Zielinski (tengah) berselebrasi usai menceta gol ke gawang AC Milan pada lanjutan Liga Serie A Italia di San Paolo Stadium, Naples (25/8). Zielinski mencetak dua gol di pertandingan tersebut. (AFP Photo/Alberto Pizzoli)

Juventus dijadwalkan menghadapi Napoli di pekan keempat Liga Italia. Laga ini akan dimainkan di Allianz Stadium, Senin (5/10/2020) dini hari WIB.

Namun, laga ini terancam ditunda. Sebab, dua pemain Napoli dinyatakan positif mengidap Covid-19, yakni Piotr Zielinski dan Eljif Elmas. Selain itu, staf Napoli juga ada yang terinfeksi.

Napoli mendapatkan kasus positif Covid-19 usai laga kontra Genoa. Di Genoa dilaporkan terdapat 22 kasus positif, dimana 17 di antaranya adalah pemain.

Karena itu, skuat Napoli dilarang melakukan perjalanan ke Turin oleh otoritas kesehatan setempat. Apalagi, perjalanan ke Turin menggunakan pesawat dan berisiko menimbulkan penyebaran lebih luas.

Juventus Menolak

Juventus vs Napoli, (Liputan6.com/Abdillah)
Juventus vs Napoli, (Liputan6.com/Abdillah)

Juventus menolak laga melawan Napoli ditunda. Skuat racikan Andrea Pirlo itu menyatakan akan tetap datang Allianz Stadium untuk bertanding.

"Juventus Football Club mengumumkan bahwa Tim Utama akan turun ke lapangan untuk pertandingan Juventus - Napoli besok pukul 20:45 (waktu setempat), seperti yang dijadwalkan oleh kalender Liga Serie A," tulis pernyataan Juventus.

Jadwal Liga Italia

ilustrasi logo liga italia (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi logo liga italia (Liputan6.com/Abdillah)

Minggu, 4 Oktober 2020

17.30 WIB: Atalanta vs Cagliari

20.00 WIB: Parma vs Verona

20.00 WIB: Benevento vs Bologna

20.00 WIB: Lazio vs Inter Milan

23.00 WIB: AC Milan vs Spezia

 

Senin, 5 Oktober 2020

01.45 WIB: Juventus vs Napoli

Klasemen Liga Italia

 

Saksikan Video Juventus di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Donald Trump Yakin Akan Pulih dari COVID-19, Sumber Dekat: Dia Kritis

Posted: 03 Oct 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, D.C - Presiden AS Donald Trump, yang dirawat di rumah sakit usai dinyatakan positif COVID-19, mengumumkan bahwa dirinya telah "jauh lebih baik" dan menyatakan "akan segera kembali."

Trump mengumumkan bahwa ia dan istrinya, Melania, positif mengidap COVID-19 pada Jumat 2 Oktober 2020. Kurang dari 24 jam, ia diterbangkan ke Pusat Medis Militer Walter Reed --rumah sakit kepresidenan di pinggiran Washington D.C.

Meski Trump optimis, pada Sabtu 3 Oktober 2020, dokter kepresidenan Sean Conley mengatakan bahwa tim medis masih 'berhati-hati" dengan kondisi kesehatan sang presiden.

Kepala Staf Gedung Putih Mark Meadows mengatakan di Fox News pada Sabtu malam bahwa dia dan Conley "sangat prihatin" tentang kesehatan Donald Trump pada hari Jumat, dan oksigen presiden turun "dengan sangat cepat."

Sumber yang mengetahui kesehatan presiden mengatakan pada Sabtu pagi bahwa tanda vitalnya selama 24 jam terakhir "sangat memprihatinkan" dan "48 jam ke depan akan menjadi kritis dalam hal perawatannya," demikian seperti dikutip dari CBS News, Minggu (4/10/2020).

"Kami masih belum berada di jalur yang jelas menuju pemulihan penuh," tambah sumber itu.

Status Trump dan garis waktu perkembangan gejalanya masih belum jelas pada hari Sabtu. Dua sumber mengonfirmasi ke Paula Reid dari CBS News bahwa Trump menerima oksigen di Gedung Putih pada hari Jumat sebelum dia dipindahkan ke Walter Reed.

Conley sendiri mengatakan pada Sabtu malam bahwa Donald Trump "saat ini" tidak menggunakan oksigen. Namun, ia tidak mengatakan apakah sang presiden pernah memakai sebelumnya.

Menerima oksigen mungkin merupakan protokol medis standar dan bukan merupakan indikasi bahwa Trump menderita sesak napas.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Trump Curiga Telah Terinfeksi Sejak Rabu

Penasihat Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Hope Hicks (kiri) berjalan dari Marine One di Pangkalan Angkatan Udara Andrews, Maryland, Amerika Serikat, Rabu (30/9/2020). Hope Hicks dan Donald Trump diketahui sempat berada di pesawat yang sama, Marine One pada Rabu (30/9). (AP Photo/Alex Brandon)
Penasihat Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Hope Hicks (kiri) berjalan dari Marine One di Pangkalan Angkatan Udara Andrews, Maryland, Amerika Serikat, Rabu (30/9/2020). Hope Hicks dan Donald Trump diketahui sempat berada di pesawat yang sama, Marine One pada Rabu (30/9). (AP Photo/Alex Brandon)

Conley mengatakan kepada wartawan pada hari sebelumnya bahwa Trump "hanya 72 jam setelah didiagnosis sekarang," menunjukkan bahwa presiden mungkin telah mengetahui bahwa dia telah tertular virus tersebut pada Rabu 30 September.

Presiden bertemu langsung dengan para pejabat di Minnesota dan muncul di acara penggalangan dana di klubnya di Bedminster, New Jersey, Rabu. Sebuah memo dari Gedung Putih berusaha untuk mengklarifikasi komentar Conley, yang mengatakan bahwa Trump didiagnosis pada Kamis malam, 1 Oktober.

Trump dirawat dengan remdesivir, obat yang mempersingkat waktu pemulihan untuk beberapa pasien dengan virus. Dokter mengatakan Tuan Trump bebas demam dan "sangat bersemangat".

Beberapa anggota lain dari orbit Trump melaporkan hasil tes COVID-19 positif, termasuk manajer kampanye Trump 2020 Bill Stepien, mantan penasihat senior Kellyanne Conway, dan mantan Gubernur New Jersey Chris Christie, yang dirawat di rumah sakit Sabtu sore.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Booming di Korsel, Konsep Sandwich On the Go Kini Hadir di Indonesia

Posted: 03 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sandwich merupakan makanan yang dibuat dari roti (bread) yang diiris dan diisi dengan berbagai isian. Namun pernahkah Anda mencoba makanan serupa dengan konsep sandwich on-the-go yang disajikan dalam kemasan yang unik dan modern? Jika belum Anda harus mencobanya!

Cyntia (27), Perempuan asal Tangerang ini mengusung konsep yang berbeda dari sandwich pada umumnya yang dijual di Indonesia. Ia mengaku pada awal Februari 2020 terinspirasi gara-gara melihat konten video di YouTube terkait Sandwich on the go yang sedang ramai di Korea Selatan, akhirnya ia membuka bisnis serupa dengan merek "Tousta Toast".

Nama "Tousta Toast" sendiri diambil dari nama Roti bakar dalam Bahasa korea disebut "Touste" yang diganti menjadi "Tousta". Dengan mengusung tema "All Day Breakfast", dirinya menghadirkan roti brioche klasik yang diyakini disukai oleh semua orang.

Lantaran sandwich-nya dipadukan dengan filling yang mengenyangkan, dan dirinya hanya menggunakan bahan-bahan yang fresh dan dimasak di tempat, sehingga kualitas produk selalu terjamin.

Terdapat berbagai varian dan harga yang berbeda-beda dimulai dari Rp 18 ribu hingga Rp 36 ribu.  Diantaranya varian The classic toast, spicy tuna and Cheese,  Tori Katsu crispy chicken, original beef patty, salted egg chicken,  smoked chicken and cheese, beef bulgogi toast dan masih banyak lagi.

"Dari bulan Februari 2020 baru banget. Karena kemarin itu sempat lihat lihat di YouTube sandwich on the go di Korea Selatan lagi kekinian banget, jadi bikin deh," kata Cyntia kepada Liputan6.com, Minggu (4/10/2020).

 

Dengan modal Rp 150 juta ia mampu membuka  2 cabang sekaligus di daerah Alam Sutera dan Bintaro sektor 9. Memang pada awal usaha merek dagangnya belum banyak diketahui publik, sehingga banyak bahan baku yang busuk dan ia merugi karena tak terjual saat itu.

Meskipun mentok adanya pandemi covid-19 di awal Maret, hal itu tidak menyurutkan usahanya, dirinya tetap bertahan di masa sulit ini. Hal itu dibuktikan, dirinya bisa menghasilkan omset hingga Rp 50 juta perbulan sejak pandemi. walaupun pada awal pandemi modalnya tidak langsung balik, setidaknya ia masih bisa menggaji 5 orang pegawainya hingga kini.

Dirinya mengakui, di masa awal pandemi pendapatan sedikit lambat, namun setelah memasuki masa transisi new normal sudah ada kenaikkan hingga 50 persen, lantaran produknya sudah terdaftar di gofood sehingga penjualannya lebih terbantu.

"Pas PSBB sudah mulai naik 50 persen,  ada karena pas awal usaha itu belum banyak yang pesen go-food. Namun kini, kita sudah ada di grabfood sama go-food sudah ready untuk kedua cabang. Paling jauh waktu itu pernah ada yang pesan dari daerah Fatmawati Jakarta," ujarnya.

Manfaatkan Aplikasi dan Sosmed

Sandwich Tousta Toast
Sandwich Tousta Toast

Lanjutnya, Cyntia mengatakan selain terbantu dengan adanya Grabfood dan Gofood, dirinya juga memanfaatkan Instagram ads untuk memasarkan produk makanan nya. Mayoritas pelanggan yang membeli mengetahui sandwich buatannya dari akun Instagram @tousta.id.

"Untungnya pas awal corona itu gojek sama grab food itu aktifnya pas itu juga dan itu juga kebantu dari online order juga sama paling memanfaatkan Instagram. Coba iklan di Instagram lumayan ngaruhnya kan aku suka tanyain juga ke pelanggan tahu dari mana kebanyakan tahu dari Instagram," ujarnya.

Demikian ia berharap, produk sandwichnya lebih digandrungi lagi oleh khalayak dan berkeinginan membuka cabang lagi dengan konsep franchise di daerah Jabodetabek. Selain itu, dirinya juga tertarik untuk mencoba Free Kitchen Everplate, jika dirinya berkesempatan menang dalam program Generasi Cuan.

"Tertarik banget, saya juga sudah  tanya-tanya ke everplate cuman waktu itu harganya belum masuk ke aku terlalu tinggi cost nya. Ini kesempatan buat saya (kalau join di everplate)," ujarnya.

Ia pun berpesan kepada Generasi Cuan, agar tidak takut mencoba buka usaha, jangan hanya mempelajari teori saja tapi perlu dipraktekkan langsung, sehingga akan lebih mudah majunya. Sekaligus jangan takut gagal dalam berusaha.

"Jangan takut mencoba, soalnya kalau tidak dicoba dan teori doang susah majunya sama jangan takut gagal," pungkasnya.   

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rekatkan Hubungan, Ini 3 Tips Mendengarkan Cerita Anak

Posted: 03 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Anak biasanya bakal menceritakan hal-hal seru menurut versinya. Entah mainan baru, tontonan seru yang baru saja dilihatnya, juga hubungan pertemanannya.

Namun, kesibukan mulai dari pekerjaan kantor sampai rumah tangga membuat orangtua tidak terlalu memperhatikan cerita anak. Padahal, bagi anak hal yang diceritakan adalah sangat bagus dan ia hanya ingin didengar.

"Mendengarkan dengan baik adalah cara menyampaikan empati. Ini membuat anak-anak tahu bahwa pikiran dan perasaan mereka penting, dan bahwa mereka dapat dimengerti dan diterima sebagai manusia," kami," kata Michael Nichols, Ph.D., penulis The Lost Art of Listening.

Sayangnya, mendengarkan dengan fokus bukanlah hal mudah. Butuh usaha dan konsistensi orangtua. Mendengarkan mereka berarti memperkuat harga dirinya. Jika dilakukan secara terus-menerus akan membangun kepercayaan, kedekatan emosi dan saling mengerti, itulah yang paling penting.

Lalu harus mulai dari mana untuk jadi pendengar yang baik bagi anak? Berikut seperti dikutip dari Parents.

- Duduk dan Fokus

Jika anak memberi tahu sesuatu, hentikan dulu yang sedang dilakukan. Bisa juga minta anak menunggu sebentar, sementara kita bersiap untuk mendengarkannya. Misalnya, tunggu mama matikan laptop ya, baru dengar cerita kakak/adik.

Setelah itu, fokuslah dengarkan apa yang diceritakannya. Bukan hanya di telinga, tapi juga otak, pikiran dan tubuh. Akan lebih baik dalam kondisi duduk dengan mensejajarkan mata dengan anak.

"Ini tidak hanya membuat anak merasa sangat didengar, tetapi juga mencontohkan kebiasaan mendengarkan yang baik: berkonsentrasi, menyingkirkan hal lain, dan menghargai hubungan," kata Nichols.

Ilustrasi membacakan dongeng. (dok. Pixabay/Novi Thedora)
Ilustrasi membacakan dongeng. (dok. Pixabay/Novi Thedora)

- Tenangkan Pikiran

Tenangkan pikiranIngatkan diri untuk memperhatikan. Jika kedengarannya seperti semacam latihan meditasi Zen, memang demikian dan itu membutuhkan latihan.

"Saya bahkan memiliki mantra yang saya gunakan untuk memfokuskan kembali pikiran saat anak mengajak berbicara sementara sedang melakukan sesuatu," kata Nichols.

Saat anak bercerita, kita tidak perlu merencanakan respons secara mental atau langsung beralih ke pemecahan masalah. Justru fokuslah pada apa yang diungkapkan anak, bukan respons diri.

- Ajukan Pertanyaan

Mereka hanya butuh didengarkan. Bisa juga mengajukan pertanyaan tapi pastikan tidak malah menyudutkannya.

Misalnya, dengan memvalidasi apa yang dirasakan anak. Seperti 'kakak/adik senang yang dengan mainan baru?' atau 'ceritanya kurang semangat, apa kamu sedang kesal/ sedih?'. Dengan begitu anak merasa didengarkan dan ada orang yang mengerti dirinya.

Penulis: Mutia Nugraheni/Dream.co.id

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Kisah Wanita Dilarang Naik Pesawat karena Bertubuh Kekar

Posted: 03 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Anna Turaeva, juara angkat beban dari Rusia, baru-baru ini berbagi cerita mengejutkan tentang bagaimana dia dihentikan oleh keamanan bandara dan diminta untuk membuktikan bahwa dia benar-benar seorang wanita.

Anna menggambarkan pengalamannya dicegah naik pesawat dari St Petersburg ke kota kelahirannya Krasnodar tersebut sebagai hal yang memalukan.

Wanita berusia 42 tahun ini memang memiliki tubuh kekar berotot dan  enam kali juara dunia angkat besi dan delapan kali juara angkat besi Eropa.

Artikel tentang miliki tubuh kekar, wanita ini dilarang naik pesawat karena dikira menyamar jadi pria menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang jangan dibuang, ini manfaat menakjubkan air bekas cucian beras.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang miliki kepribadian supel, empat zodiak ini asyik dijadikan teman.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Miliki Tubuh Kekar, Wanita Ini Dilarang Naik Pesawat karena Dikira Menyamar Jadi Pria

foto: Facebook Anna Turaeva
foto: Facebook Anna Turaeva

 

Dikutip dari Oddity Central, Anna mengatakan bahwa staf keamanan bandara percaya bahwa dia sebenarnya adalah seorang pria yang menyamar sebagai wanita dan menanyakan segala macam pertanyaan pribadi dan intim untuk mencari tahu kebenaran tentang jenis kelaminnya.

Selengkapnya...

2. Jangan Dibuang, Ini Manfaat Menakjubkan Air Bekas Cucian Beras

ilustrasi air beras (foto: Pixabay)
ilustrasi air beras (foto: Pixabay)

Setiap hari kalian tentu sering memasak nasi di rumah. Ketika mencuci beras sebelum dimasak yang akhirnya membuang air cucian beras tersebut. Mulai saat ini nampaknya kalian harus menghentikan kebiasaan tersebut.

Pasalnya, air cucian beras nyatanya memiliki banyak manfaat loh. Air cucian beras dikatakan mengandung vitamin dan mineral seperti asam amino, vitamin B dan vitamin E, serta mineral dan zat antioksidan.

Oleh karena itu tak heran jika rupanya air cucian beras bisa bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah, rambut hingga dapat membantu tanaman tubuh subur. Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat air cucian beras yang wajib kalian tahu.

Selengkapnya...

3. Miliki Kepribadian Supel, 4 Zodiak Ini Asyik Dijadikan Teman

Ilustrasi Pertemanan (sumber: pixabay)
Ilustrasi Pertemanan (sumber: pixabay)

Sebagai mahluk sosial, ada baiknya kita bergaul dengan orang lain. Ya, sebagian besar orang tentu memiliki teman atau bahkan sahabat untuk menghabiskan waktu bersama.

Pasalnya memiliki teman adalah menjadi hal yang menyenangkan. Terlebih lagi jika memiliki teman dengan kepribadian yang menyenangkan. Namun setiap orang tentu memiliki kriteria yang berbeda-beda hingga cocok untuk dijaikan teman ataupun tidak.

Kalian tentu pernah menemukan kepribadian seseorang yang nyatanya tak cocok dijadikan teman bukan? Namun tenang, ada beberapa zodiak yang dikatakan bisa dijadikan sebagai teman yang asyik. Berikut ulasannya.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMKG Juanda: Cuaca di Surabaya Bakal Cerah hingga Malam Hari

Posted: 03 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda prediksi cuaca di Surabaya, Jawa Timur akan cerah pada Minggu, (4/10/2020).

Mengutip instagram @infobmkgjuanda, Surabaya akan cerah hingga malam hari. Suhu di Surabaya antara 25-35 derajat celsius dengan kecepatan angin 30 KM per jam. Kelembaban 45-85 persen.

Sementara itu, di Sidoarjo, cuaca akan cerah hingga cerah berawan. Suhu antara 24-34 derajat celsius dengan kecepatan angin 30 KM per jam. Kelembaban 50-90 persen.

Cuaca di Lamongan dan Gresik akan cerah sepanjang hari. Suhu di Lamongan antara 24-35 derajat celsius dengan kecepatan angin 30 KM per jam. Kelembaban 50-90 persen. Sementara itu, suhu di Gresik antara 25-35 derajat celsius dengan kecepatan angin 30 KM per jam. Kelembaban 45-85 persen.

BMKG Juanda juga merilis peringatan dini tiga harian Jawa Timur untuk mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat. Pada Minggu siang hingga sore hari di Kabupaten Malang, Kota Malang, Kabupaten probolinggo, dan Kabupaten Bondowoso.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Bocoran Beragam Fitur Baru WhatsApp Terpopuler

Posted: 03 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp menghadirkan beberapa fitur baru untuk Android dalam versi v2.20.201.10 beta. Informasi ini menjadi yang terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com, Sabtu (3/10/2020) kemarin.

Informasi lain yang tak kalah populer datang dari Apple yang menggugat perusahaan daur ulang bernama Geep Canada.

Lebih lengkapnya simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Bocoran Fitur Baru WhatsApp, Always Mute hingga Media Guidelines

WhatsApp dikenal sebagai aplikasi chatting yang penuh kemudahan. Namun baru-baru ini, versi beta untuk WhatsApp diperbarui dengan kehadiran berbagai fitur, terinspirasi dari platform lain.

Misalnya pada minggu lalu, WhatsApp menghadirkan fitur bernama Expiring Media. Kemudian, dihadirkan pula fitur Catalogue Shortcut dan sebuah tombol panggilan yang diperbarui untuk obrolan bisnis.

Minggu ini, WhatsApp dikabarkan tengah menghadirkan fitur baru untuk Android dalam versi v2.20.201.10 beta

[Baca selengkapnya di sini]( 4372175 "")

2. Apple Gugat Perusahaan Daur Ulang karena Jual 100.000 Lebih iPhone Bekas

Apple melayangkan gugatan pada perusahaan bernama Geep Canada. Perusahaan yang disewa untuk me-recycle produk Apple ini diam-diam justru menjual 100.000 iPhone, iPad, dan Apple Watch.

Padahal harusnya Geep Canada bertugas untuk membongkar dan mendaur ulang iPhone, iPad, dan Apple Watch yang telah diterimanya dari Apple.

Mengutip laman Apple Insider, Sabtu (3/10/2020), Apple memang telah lama meningkatkan angka daur ulang dari produk-produknya. Hal ini jadi salah satu upaya Apple untuk menciptakan produk berkelanjutan dan lebih ramah lingkungan.

Baca selengkapnya di sini 

 

3. Fitur Matikan Notifikasi Chat Selamanya di WhatsApp Group Kini Bisa Dicoba

WhatsApp (AP Photo/Patrick Sison, File)
WhatsApp (AP Photo/Patrick Sison, File)

WhatsApp baru saja menggulirkan pembaruan anyar melalui Google Play Beta Program, dengan membawa versi beta 2.20.201.10.

Dalam pembaruan ini WhatsApp mengaktifkan fitur yang disebut Always Mute. Ini merupakan opsi baru yang menggantikan pilihan matikan notifikasi chat "1 tahun".

Dengan fitur Always Mute, kamu bisa dengan mudah mematikan notifikasi chat di WhatsApp Group selamanya

Baca selengkapnya di sini 

(Isk/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Susunan Pemain MU vs Tottenham: Van de Beek Jadi Starter?

Posted: 03 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Manchester United (MU) sudah melakoni dua laga di Liga Inggris. Kini MU akan menghadapi lawan yang lebih sulit yaitu Tottenham Hotspur pada lanjutan Liga Inggris di stadion Old Trafford, Minggu (4/10/2020).

Dalam tiga laga terakhir, termasuk Piala Liga Inggris, manajer MU Ole Gunnar Solskjaer belum memainkan Donny van de Beek sebagai starter. Padahal pemain asal Belanda ini kerap memberi pengaruh.

Keputusan Solskjaer ini tak pelak membuat agen Van de Beek marah. Dia tak habis pikir kliennya main sebentar bersama MU saat menghadapi Brighton Hove Albion pada akhir pekan lalu.

Desakan untuk memaikan Van de Beek sejak awal sudah banyak didengungkan fans dan pengamat. Solskjaer sendiri mengakui gelandang asal Belanda itu sebagai pemain yang cerdas meski tak mau menyebut apakah bakal dimainkan sebagai starter atau tidak.

 

Komentar Solskjaer

Manajer Manchester United Ole Gunnar Solskjaer tampak sedih selama pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Manchester United dan Crystal Palace di stadion Old Trafford di Manchester, Inggris, Sabtu, 19 September 2020. (Richard Heathcote / Pool via AP)
Manajer Manchester United Ole Gunnar Solskjaer tampak sedih selama pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Manchester United dan Crystal Palace di stadion Old Trafford di Manchester, Inggris, Sabtu, 19 September 2020. (Richard Heathcote / Pool via AP)

Dan taktik terbaru Solskjaer mungkin saja memberikan jawabannya. Pasalnya, sang manajer mengisyaratkan bahwa Van de Beek dapat ditempatkan di sisi kiri serangan United lagi di masa depan.

"Dia memiliki kecerdasan sepak bola yang sangat tinggi dan secara taktis dia telah melalui sistem Ajax," kata Solskjaer tentang Van de Beek dalam kutipan yang dilaporkan oleh Manchester Evening News, seperti yang dikutip oleh Mirror.

"Sepak bola Belanda itu taktis - dia tahu sepak bola, kepalanya "kacau"," kata Solskjaer.

"Dia tipe pemain sayap kiri yang berbeda dibandingkan dengan Dan James dan Marcus Rashford, tapi masuk ke dalam dan menemukan kantong yang bagus, mengapa tidak?"

 

Impian

Solskjaer mengatakan keserbagunaan Van de Beek jadi impian seorang manajer. "Dia bisa memainkan banyak posisi berbeda, yang terkadang menjadi kekuatan bagi seorang pemain.

"Saya terkadang ingat diri saya sendiri, penyerang tengah sayap kanan, sayap kiri, No. 10 - Donny adalah salah satu pelatih yang akan selalu terlihat untuk dimiliki dalam sebuah skuad."

Pertanyaannya apakah Solskjaer rela mainkan van de Beek sejak awal?

 

Pertemuan Terakhir

20/06/20 LIP Tottenham Hotspur FC 1 - 1 Manchester United FC

05/12/19 LIP Manchester United FC 2 - 1 Tottenham Hotspur FC

25/07/19 ICC Tottenham Hotspur FC 1 - 2 Manchester United FC

13/01/19 LIP Tottenham Hotspur FC 0 - 1 Manchester United FC

28/08/18 LIP Manchester United FC 0 - 3 Tottenham Hotspur FC

 

Prediksi Susunan Pemain

 

Manchester United (4-2-3-1): De Gea; Wan-Bissaka, Lindelof, Maguire, Shaw; Pogba, Matic; Greenwood, Fernandes, Rashford; Martial

Tottenham Hotspur (4-2-3-1): Lloris; Doherty, Sanchez, Dier, Davies; Hojbjerg, Winks; Lucas, Alli, Bergwijn; Kane

Klasemen Liga Inggris

 

Jadwal Liga Inggris

Minggu (4/10/2020)

02.00 WIB Newcastle United vs Burnley

18.00 WIB Leicester City vs West Ham

20.00 WIB Arsenal vs Sheffield United

20.00 WIB Wolves vs Fulham

22.30 WIB MU vs Tottenham Hotspur

 

Senin (5/10/2020)

01.15 WIB Aston Villa vs Liverpool

Saksikan Video MU di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Mesir Pamerkan Penemuan 59 Peti Mati Kuno

Posted: 03 Oct 2020 09:00 PM PDT

Sejumlah orang mengabadikan foto peti mati kuno yang baru ditemukan di situs pemakaman Saqqara di Provinsi Giza, Mesir, 3 Oktober 2020. Kementerian Pariwisata dan Kepurbakalaan Mesir memamerkan 59 peti mati kuno yang baru ditemukan dengan kondisi terawat baik di Provinsi Giza. (Xinhua/Ahmed Gomaa)
Sejumlah orang mengabadikan foto peti mati kuno yang baru ditemukan di situs pemakaman Saqqara di Provinsi Giza, Mesir, 3 Oktober 2020. Kementerian Pariwisata dan Kepurbakalaan Mesir memamerkan 59 peti mati kuno yang baru ditemukan dengan kondisi terawat baik di Provinsi Giza. (Xinhua/Ahmed Gomaa)

Sejumlah orang mengabadikan foto peti mati kuno yang baru ditemukan di situs pemakaman Saqqara di Provinsi Giza, Mesir, 3 Oktober 2020. Kementerian Pariwisata dan Kepurbakalaan Mesir memamerkan 59 peti mati kuno yang baru ditemukan dengan kondisi terawat baik di Provinsi Giza. (Xinhua/Ahmed Gomaa)

Hieroglif Mesir di peti mati kuno yang baru ditemukan di situs pemakaman Saqqara di Provinsi Giza, Mesir, 3 Oktober 2020. Kementerian Pariwisata dan Kepurbakalaan Mesir memamerkan 59 peti mati kuno yang baru ditemukan dengan kondisi terawat baik di Provinsi Giza. (Xinhua/Ahmed Gomaa)
Hieroglif Mesir di peti mati kuno yang baru ditemukan di situs pemakaman Saqqara di Provinsi Giza, Mesir, 3 Oktober 2020. Kementerian Pariwisata dan Kepurbakalaan Mesir memamerkan 59 peti mati kuno yang baru ditemukan dengan kondisi terawat baik di Provinsi Giza. (Xinhua/Ahmed Gomaa)

Hieroglif Mesir di peti mati kuno yang baru ditemukan di situs pemakaman Saqqara di Provinsi Giza, Mesir, 3 Oktober 2020. Kementerian Pariwisata dan Kepurbakalaan Mesir memamerkan 59 peti mati kuno yang baru ditemukan dengan kondisi terawat baik di Provinsi Giza. (Xinhua/Ahmed Gomaa)

Sejumlah peti mati kuno yang baru ditemukan di situs pemakaman Saqqara di Provinsi Giza, Mesir, 3 Oktober 2020. Kementerian Pariwisata dan Kepurbakalaan Mesir memamerkan 59 peti mati kuno yang baru ditemukan dengan kondisi terawat baik di Provinsi Giza dekat ibu kota Kairo. (Xinhua/Ahmed Gomaa)
Sejumlah peti mati kuno yang baru ditemukan di situs pemakaman Saqqara di Provinsi Giza, Mesir, 3 Oktober 2020. Kementerian Pariwisata dan Kepurbakalaan Mesir memamerkan 59 peti mati kuno yang baru ditemukan dengan kondisi terawat baik di Provinsi Giza dekat ibu kota Kairo. (Xinhua/Ahmed Gomaa)

Sejumlah peti mati kuno yang baru ditemukan di situs pemakaman Saqqara di Provinsi Giza, Mesir, 3 Oktober 2020. Kementerian Pariwisata dan Kepurbakalaan Mesir memamerkan 59 peti mati kuno yang baru ditemukan dengan kondisi terawat baik di Provinsi Giza dekat ibu kota Kairo. (Xinhua/Ahmed Gomaa)

Staf memeriksa peti mati kuno yang baru ditemukan di situs pemakaman Saqqara di Provinsi Giza, Mesir, pada 3 Oktober 2020. Kementerian Pariwisata dan Kepurbakalaan Mesir memamerkan 59 peti mati kuno yang baru ditemukan dengan kondisi terawat baik di Giza dekat ibu kota Kairo. (Xinhua/Ahmed Gomaa)
Staf memeriksa peti mati kuno yang baru ditemukan di situs pemakaman Saqqara di Provinsi Giza, Mesir, pada 3 Oktober 2020. Kementerian Pariwisata dan Kepurbakalaan Mesir memamerkan 59 peti mati kuno yang baru ditemukan dengan kondisi terawat baik di Giza dekat ibu kota Kairo. (Xinhua/Ahmed Gomaa)

Staf memeriksa peti mati kuno yang baru ditemukan di situs pemakaman Saqqara di Provinsi Giza, Mesir, pada 3 Oktober 2020. Kementerian Pariwisata dan Kepurbakalaan Mesir memamerkan 59 peti mati kuno yang baru ditemukan dengan kondisi terawat baik di Giza dekat ibu kota Kairo. (Xinhua/Ahmed Gomaa)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil Uji Seka Gubernur Sulteng Usai Kontak dengan Asisten II yang Positif Covid-19

Posted: 03 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Palu - Pemeriksaan sampel swab ratusan pegawai di lingkungan Kantor Gubernur Sulteng masih terus dilakukan Dinas Kesehatan Sulteng.

Hingga Sabtu pagi (3/10/2020) dari 112 sampel, baru empat sampel yang sudah diketahui hasilnya. Salah satunya Gubernur Sulteng, Longki Djanggola.

Setelah mengambil sampel swab 112 pegawai dan pejabat di lingkungan Kantor Gubernur Sulteng pada Jumat (2/10/2020), Dinas Kesehatan Sulawesi Tengah menyatakan hasil pemeriksaan itu akan keluar dengan bertahap.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Tengah, dr Jumriani Yunus mengungkapkan baru empat sampel yang sudah selesai pemeriksaan laboratoriumnya.

Empat sampel itu yakni milik Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola, istri gubernur, Kadis Perindag, dan Karo Humas Provinsi.

"Hasil laboratorium menyatakan empat sampel itu negatif Covid-19. Sampel lainnya masih dalam pemeriksaan," kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Tengah, kepada Liputan6.com melalui telepon, Sabtu (3/20/2020).

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Tracing Kontak Pegawai Pemprov Sulteng

Jumriani bilang dinas kesehatan menargetkan pada Senin (5/10/2020) hasil pemeriksaan swab ratusan pegawai lainnya yang sempat kontak dengan Asisten II Pemprov Sulteng yang terkonfirmasi positif Covid-19 akan diketahui.

Proses pemeriksaan swab terhadap ratusan pegawai di lingkungan Pemprov Sulteng tersebut mulai dilakukan pada Jumat (2/10/2020) setelah sehari sebelumnya Asisten II Pemprov Sulteng dinyatakan positif Covid-19 yang langsung menjalani isolasi di RS Undata Palu.

Sebelum terkonfirmasi positif Asisten II Pemprov sempat mengikuti sejumlah kegiatan yang melibatkan pegawai lainnya.

Pihak Dinas Kesehatan Sulteng mengaku masih melacak riwayat kontak pimpinan tinggi pratama dengan pegawai lainnya.

"Ada 112 sampel yang sudah kita ambil untuk diperiksa. Kami mengimbau pegawai maupun siapapun yang merasa pernah kontak dengan yang bersangkutan untuk melapor," Jumriani menekankan.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Joget Bareng Asisten Nia Ramadhani, Ardi Bakrie Jadi Sorotan Warganet

Posted: 03 Oct 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Biasanya, Nia Ramadhani hampir selalu mengundang perhatian saat tampil di depan publik. Namun, kali ini giliran sang suami, Ardi Bakrie yang mengundang banyak warganet untuk berkomentar.

Ardi Bakrie belum lama ini menjadi sorotan lantaran ia memamerkan video sedang berjoget dengan putrinya dan asisten Nia Ramadhani. Ardi dan Nia memang kerap tampil bersama. Namun entah bagaimana, kali ini Nia tak terlihat.

Berjoget untuk aplikasi TikTok bersama asisten Nia Ramadhani yang bernama Prita itu, Ardi Bakrie tampak asyik menikmati momen tersebut. Begitu juga dengan putri Ardi dan Nia, Mikhayla.

Menikmati Keseruan

Ardi Bakrie bersama putrinya dan asisten Nia Ramadhani. (Instagram @ardibakrie)
Ardi Bakrie bersama putrinya dan asisten Nia Ramadhani. (Instagram @ardibakrie)

Meskipun tak terlalu kompak, ketiganya tetap menikmati keseruan ini, terutama saat saling menyamakan koreografi tarian. Mikha yang tampil di depan, tampak sangat energik dengan gerakannya.

 

Sering Pamer Video Joget

Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie (Sumber: Instagram/ramadhaniabakrie)
Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie (Sumber: Instagram/ramadhaniabakrie)

Memang selama pandemi ini, Ardi Bakrie sering mengunggah video jogetnya melalui aplikasi TikTok. Namun, sebelumnya ia lebih banyak tampil bersama putrinya, Mikhayla dan sang istri, Nia Ramadhani. 

Jadi Sorotan

Namun begitu, video joget tersebut juga mengundang sejumlah komentar miring kepada Ardi Bakrie. Kebanyakan menyorot kehadiran Prita yang dianggap seperti pengganti Nia Ramadhani dalam video TikTok Ardi Bakrie.

 

Komentar Pedas Warganet

"Kok nggak sama Nia sih? Nggak pantas ah lihatnya. Nia terlalu sibuk sama teman-temannya soalnya," celetuk seorang warganet.

"Calon mama barunya Mikha nih?" ceplos yang lain.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Halte Atrium Senen Tak Layani Pelanggan Selama Sepekan Mulai Hari Ini

Posted: 03 Oct 2020 08:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ada perbaikan di Halte Transjakarta Atrium Senen, Jakarta Pusat. Oleh karena itu, hal tersebut tidak dapat melayani pengguna Transjakarta selama sepekan ke depan mulai hari ini, Minggu (4/10/2020).

Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), Nadia Diposanjoyo mengatakan, tak berfungsinya sementara Halte Atrium Senen menyebabkan pihaknya melakukan modifikasi rute Pulogadung-Harmoni.

Dia menyatakan hal tersebut diakibatkan adanya perbaikan di wilayah Halte Atrium Senen, Jakarta Pusat.

"Mulai Hari ini, Minggu, 4 Oktober 2020 hingga pekan depan, Minggu 11 Oktober 2020, koridor 2 (Pulogadung- Harmoni) dilakukan modifikasi rute," kata Nadia dalam keterangan tertulis, Minggu (4/10/2020).

Menurut dia, untuk pelanggan yang ingin naik arah turun di Halte Atrium Senen dapat turun atau naik di Halte Sentral Senen. 

"Kami tetap menghimbau kepada warga masyarakat untuk tetap di rumah jika tidak ada hal mendesak untuk bepergian," jelasnya.

 

Jakarta Masih PSBB

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali memperpanjang pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pengetatan hingga dua pekan, yakni mulai 28 September hingga 11 Oktober 2020.

Dia menyatakan perpanjangan tersebut akibat angka positif Covid-19 masih berpotensi meningkat bila ada pelonggaran. Hal tersebut juga berdasarkan Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 959 Tahun 2020.

"Berdasarkan hasil pemantauan dan evaluasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi DKI Jakarta, perlu dilakukan perpanjangan pembatasan selama 14 hari berikutnya jika kasus belum menurun secara signifikan," papar dia.

Selain itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemerintah pusat dalam penanganan kasus Covid-19.

Menurut dia, Menko Kemaritiman dan Investasi (Marives) Luhut Panjaitan telah menyetujui perpanjangan tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Cara Memilih Ban Sepeda Gunung Agar Nyaman dan Aman Berkendara

Posted: 03 Oct 2020 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Di pasaran terdapat ribuan jenis ban sepeda gunung, mulai dari harga yang murah hingga harga yang sangat mahal. Oleh karena itu, cara memilih ban sepeda gunung sendiri bisa menjadi tantangan sendiri yang terkadang membuat banyak pecinta sepeda bingung.

Sebab, salah-salah cara memilih ban sepeda gunung bisa menyebabkan performa ketika berkendara menjadi tidak maksimal. Bahkan kesalahan cara memilih ban sepeda gunung bisa menyebabkan bahaya yang berdampak cukup fatal.

Apabila dilihat secara kasat mata, ban sepeda gunung memang memiliki pola ban yang cukup kasar. Hal ini berbeda dengan ban sepeda yang biasa digunakan di jalanan aspal. Memang cara memilih ban sepeda gunung diperuntukkan jalanan off-road yang banyak terdapat lumpur dan batuan, di mana membutuhkan daya cengkeram yang sangat kuat agar tidak tergelincir.

Dengan cara memilih ban sepeda gunung yang benar, maka selain menjamin keamanan saat berkendara, juga bisa mencegah cedera. Selain itu, berbagai manfaat bersepeda akan lebih maksimal didapatkan jika kondisi ban sudah sesuai.

Untuk membahas lebih dalam mengenai bagaimana cara memilih ban sepeda gunung yang tepat, maka Liputan6.com di bawah ini telah merangkum dari berbagai sumber, mengenai bagaimana cara memilih ban sepeda gunung tersebut, Minggu (4/10/2020).

1. Sesuaikan ukuran roda

Adria Noguera Soldevila dari Spanyol (kiri) bersaing dalam lomba sepeda gunung Himalaya MTB di dekat Mandi, Himachal Pradesh, India utara (4/10). Lomba ini dimulai di Shimla 29 September dan selesai 7 Oktober di Dharamshala. (AFP Photo/Sajjad Hussain)
Adria Noguera Soldevila dari Spanyol (kiri) bersaing dalam lomba sepeda gunung Himalaya MTB di dekat Mandi, Himachal Pradesh, India utara (4/10). Lomba ini dimulai di Shimla 29 September dan selesai 7 Oktober di Dharamshala. (AFP Photo/Sajjad Hussain)

Umumnya ukuran roda pada sepeda gunung yaitu 26″, 27.5″, dan 29″. Namun ada juga yang memiliki ukuran roda 24″ atau 20″. Selain itu, ukuran pelek/rim juga menentukan ban sepeda apa yang bisa dipasang.  Ban ukuran 27.5″ tidak akan bisa dipasang pada pelek 26″, ukuran ban harus sama dengan ukuran pelek.

Memilih ukuran ban yang lebih besar tidak hanya membuat sepeda terlihat lebih besar/tinggi. Ban sepeda gunung 29″ juga bisa membuat kecepatan sepeda betambah. Sebab dalam satu putaran ban 29″ lebih jauh dibandingkan satu putaran ban 26″. Tapi memang, ukuran ban sepeda yang diameternya lebih kecil akan membuat sepeda lebih ringan, lebih mudah diputar, sehingga lebih ringan untuk menanjak.

2. Pilih pola kembang ban yang tepat

Seorang pebalap beraksi dalam Indonesian Enduro Series di KTH Bike Park, Puncak, Bogor, (29/5/2016). Ini adalah kompetisi enduro sepeda gunung pertama di Indonesia. (Bola.com/Arief Bagus)
Seorang pebalap beraksi dalam Indonesian Enduro Series di KTH Bike Park, Puncak, Bogor, (29/5/2016). Ini adalah kompetisi enduro sepeda gunung pertama di Indonesia. (Bola.com/Arief Bagus)

Tapak ban akan menentukan berapa banyak traksi yang bisa diberikan ban. Ada beberapa kategori pola kembang ban yang tepat dan bisa disesuaikan dengan kondisi jalan, antara lain:

Jalan berbatu

Apabila medan yang dilewati adalah permukaan berbatu tajam, maka perlu tapak ban dengan pola kembang yang banyak knob kecil berdekatan.

 

Permukaan keras

Apabila kondidi jalan tanah kering, atau aspal, jenis tapak ban ada baiknya yang lebih tipis dan gerigi lebih rapat. Pola kembang tapak ban ini akan memaksimalkan kekuatan pada pedal sehingga lebih efisien untuk mendorong sepeda.

 

Jalan lumpur, lembek, dan licin

Untuk kondisi tersebut, pola kembang pada tapak ban ada baiknya yang semakin terbuka, kemudian dilengkapi knob yang tinggi. Knob yang tinggi tersebut bisa semaki mencengkeram tanah.

 

Jalan tanah

Untuk jalan ini tidak perlu knob yang terlalu tebal jika ingin mendapatkan kecepatan tinggi. Jarak knob tidak perlu terlalu tinggi. Kemudian jika meda banyak menikung, pertimbangkan tapak dengan knob samping yang tebal.

3. Ukuran ban depan dan belakang tidak harus sama

Ilustrasi bersepeda di pegunungan. (dok. unsplash/Novi Thedora)
Ilustrasi bersepeda di pegunungan. (dok. unsplash/Novi Thedora)

Cara memilih ban sepeda gunung selanjutnya mungkin jarang disadari. Anda tidak perlu terpaku dengan penggunaan ban yang sama pada bagian depan dan belakang. Sebab dengan penggunaan ukuran ban yang berbeda di bagian depan dan belakang, justru bisa saja mengoptimalkan kekuatan hingga kecepatan sepeda.

4. Perhatikan bahan ban

Pebalap mengendarai sepeda melintasi sepanjang bukit pasir pada etape 1 edisi ke 14 balap sepeda gunung Titan Gurun 2019 di sekitar Kota Merzouga, Maroko, Minggu (28/4/2019). Trek Titan Gurun 2019 sepanjang 640 km menghubungkan antara Merzouga dan Maadid. (Franck Fife / AFP)
Pebalap mengendarai sepeda melintasi sepanjang bukit pasir pada etape 1 edisi ke 14 balap sepeda gunung Titan Gurun 2019 di sekitar Kota Merzouga, Maroko, Minggu (28/4/2019). Trek Titan Gurun 2019 sepanjang 640 km menghubungkan antara Merzouga dan Maadid. (Franck Fife / AFP)

Semakin majunya teknologi, juga memengaruhi penerapannya pada produksi ban. Saat ini banyak produsen ban yang melakukan banyak penelitian dan pengembangan terutama pada bagian bahan karet yang digunakan. Berikut penjelasannya:

Single compound (senyawa)

Jenis ban sepeda gunung yang biasa digunakan untuk balapan, umumnya menggunakan jenis single compound karena menawarkan cengkeraman yang superior. Namun, kelemahan dari ban senyawa tunggal ini yaitu lebih cepat aus atau botak hanya setelah digunakan beberapa kali.

 

Dual compound (karet ganda)

Sedangkan pada jenis sepeda gunung non-racing atau bukan keperluan balap, banyak yang menggunakan dual compound. Ban ini karetnya lebih keras di bagian tengah, dan akan membantu sepeda bergulir lebih cepat dan tapi ban akan lebih tahan lama.

 

Triple compound (tiga campuran)

Sedangkan jenis ban ini adalah yang paling mahal karena memakan waktu lebih lama untuk proses produksinya. Ban triple compound merupakan jenis terbaik karena pemakaian bahan karet yang berbeda. Bahkan ban dengan bahan ini ideal pada berbagai medan, baik jalan menurun dan menanjak, lurus atau menikung.

5. Perhatikan perbedaan ban tubeless dengan biasa

Pebalap mengendarai sepeda saat sesi latihan balap sepeda gunung Titan Gurun 2019 di sekitar Kota Merzouga, Maroko, Sabtu (27/4/2019). Trek Titan Gurun 2019 sepanjang 640 km menghubungkan antara Merzouga dan Maadid. (Franck Fife / AFP)
Pebalap mengendarai sepeda saat sesi latihan balap sepeda gunung Titan Gurun 2019 di sekitar Kota Merzouga, Maroko, Sabtu (27/4/2019). Trek Titan Gurun 2019 sepanjang 640 km menghubungkan antara Merzouga dan Maadid. (Franck Fife / AFP)

Ada dua jenis ban, yaitu ban dengan bagian dalam (tube) dan ban tubeless atau yang juga dikenal dengan ban UST (Universal System for Tubeless). Ban tubeless adalah ban yang tidak menggunakan ban dalam. Ban tubeless menggunakan sealant yang merupakan sejenis lem perekat dan perlu pelek yang cocok.

Memang ada banyak keunggulan dari ban tubeless seperti bahan karet yang lebih padat sehingga meminimalisir angin bocor dari ban. Kemudian tenaga untuk memutar roda lebih efisien karena tidak ada tenaga yang hilang akibat gesekan dengan ban dalam.

6. Sesuaikan dengan budget

Para pebalap mengendarai sepeda melintasi sepanjang bukit pasir pada etape 1 edisi ke 14 balap sepeda gunung Titan Gurun 2019 di sekitar Kota Merzouga, Maroko, Minggu (28/4/2019). Trek Titan Gurun 2019 sepanjang 640 km menghubungkan antara Merzouga dan Maadid. (Franck Fife / AFP)
Para pebalap mengendarai sepeda melintasi sepanjang bukit pasir pada etape 1 edisi ke 14 balap sepeda gunung Titan Gurun 2019 di sekitar Kota Merzouga, Maroko, Minggu (28/4/2019). Trek Titan Gurun 2019 sepanjang 640 km menghubungkan antara Merzouga dan Maadid. (Franck Fife / AFP)

Dari seluruh cara memilih ban sepeda gunung ini, hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah penyesuaian kondisi keuangan. Jangan memaksakan untuk memilih ban yang bagus namun harganya mahal. Terutama jika itu penggunaan sepeda hanya untuk berkendara santai dan tidak melalui medan yang ekstrim.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEOGRAFIS: Cara Penderita Obesitas Turunkan Risiko Terpapar Covid-19

Posted: 03 Oct 2020 08:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penderita obesitas rentan terserang berbagai macam penyakit berbahaya. Lalu, bagaimana tingkat risiko terpapar virus corona? Adakah cara untuk menghindarinya?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemprov DKI Izinkan Hotel Pomelotel Jadi Lokasi Isolasi Berbayar Pasien Covid-19

Posted: 03 Oct 2020 08:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Seksi Usaha Pariwisata Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta, Raymond mengatakan Hotel Pomelotel, Jakarta Selatan diperbolehkan menjadi lokasi isolasi pasien Covid-19 tanpa gejala.

Menurut dia, hotel tersebut menjadi lokasi isolasi pasien Covid-19 dengan berbayar atau biaya tidak ditanggung oleh pemerintah.

"Dinas Pariwisata hanya membuka permohonan bagi hotel yang mau untuk ditetapkan sebagai hotel isolasi, tetapi yang berbayar, jadi bukan yang dibayarin pemerintah atau subsidi," kata Raymond saat dikonfirmasi, Jakarta, Minggu (4/10/2020).

Hal tersebut, lanjut dia, berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 88 Tahun 2020 terkait penyediaan lokasi isolasi bagi pasien Covid-19. Saat ini, sejumlah hotel tengah mengajukan diri untuk tempat isolasi berbayar.

Dia mengatakan, salah satu syarat yang harus dipenuhi yakni pihak hotel dapat menyiapkan minimal 50 kamar untuk pasien Covid-19.

"Ada 60 cek list (persyaratan), contohnya penanganan limbah, laundry, makannya, di kamar sirkulasi udara bagaimana. Termasuk, masuknya pasiennya harus diatur ada penyekatan antara bagian bersih dan kotor, teknis sekali," papar dia.

Selain itu, dia menyatakan Hotel Pomelotel tersebut telah bekerja sama dengan RS Medistra. Secara prosedur pasien Covid-19 yang dirawat berdasarkan rekomendasi RS yang bersangkutan.

"Semua prosedurnya pasien masuk lewat RS Medistra begitu, setelah itu baru masuk ke hotel. Jadi, hotel sama sekali tidak ada tanda tangan berkas, sepenuhnya pasien Medistra," jelas Raymond.

 

Soal Lokasi Isolasi Gratis

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan pasien positif Covid-19 yang ingin melakukan isolasi mandiri di lokasi milik pemerintah harus memenuhi sejumlah persyaratan yang telah ditentukan.

Hal tersebut berdasarkan Keputusan Gubernur Nomor 980 Tahun 2020 tentang Prosedur Pengelolaan Isolasi Terkendali dalam Rangka Penanganan Covid-19.

Pasien yang terkonfirmasi Covid-19 tanpa gejala atau gejala ringan yang telah direkomendasikan oleh Puskesmas, Rumah Sakit, atau dokter untuk menjalankan isolasi selama 10 hari dibuktikan dengan surat keterangan.

"Individu atau masyarakat penghuni wajib menandatangani lembar kesedian untuk menjalani isolasi diri di lokasi isolasi terkendali," kata Anies dalam kepgub tersebut yang dikutip Liputan6.com, Jumat (2/9/2020).

Pasien tersebut wajib mematuhi prosedur dan peraturan yang berlaku di lokasi isolasi. Selain itu pasien yang mendapatkan fasilitas isolasi pemerintah merupakan yang tidak memiliki kapasitas isolasi pribadi standar protokol kesehatan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Politkus PDIP Sebut Eri-Armuji Mampu Jaga Keberagaman Surabaya

Posted: 03 Oct 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Surabaya adalah kota metropolitan yang penuh keberagaman. Berbagai macam suku, budaya dan agama hidup secara berdampingan dan harmoni di Kota Pahlawan. Kehadiran pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya Eri Cahyadi-Armuji diyakini mampu menjaga keberagaman tersebut.

Politikus PDI Perjuangan Indah Kurnia mengatakan, Eri Cahyadi dan Armudji bukanlah orang baru di Surabaya. Indah meyakini, dua jago PDIP di Pilkada itu pasti bisa membawa Surabaya lebih baik lagi.

"Mas Eri dan Cak Armudji punya pengalaman dan rekam jejak yang jelas dalam membangun Surabaya," kata Indah, Sabtu (3/10/2020).

Sebagai sosok yang berpengalaman di pemerintahan Kota Surabaya, Eri Cahyadi disebut Indah akan meneruskan kebaikan dari pemimpin sebelumnya. Seperti kebaikan-kebaikan dua periode Bambang DH diteruskan oleh Tri Rismaharini atau Risma. Begitu pula kebaikan-kebaikan Risma nantinya juga akan diterusan Eri Cahyadi.

Sejahterakan Warga

Lebih lanjut, anggota DPR RI daerah pemilihan Jawa Timur 1 yang meliputi Surabaya-Sidoarjo ini mengatakan, duet Eri-Armudji memiliki program yang bisa menyejahterakan rakyat Surabaya dan menjaga keberagaman di kota Pahlawan.

"Surabaya adalah kota yang penuh keberagaman, dan itu akan dijaga oleh kepemimpinan Eri-Armudji ke depan," kata Indah.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Spanyol: Kans Real Madrid Rebut Posisi Teratas, Barcelona Membuntuti

Posted: 03 Oct 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Barcelona dan Real Madrid berpeluang untuk memperbaiki posisi di klasemen Liga Spanyol.. Real Madrid utamanya bisa rebut posisi teratas kalau menang lawan Levante malam nanti.

Real Madrid saat ini berada di posisi keempat klasemen Liga Spanyol dengan poin 7. Mereka hanya terpaut 2 poin dari Real Betis yang berada di posisi satu.

Sedangkan Barcelona baru bertanding dua laga. Kemenangan terakhir diraih Barcelona saat mengalahkan Celta Vigo 3-0 di stadion Balaidos.

Kemenangan ini sekaligus mengakhiri kutukan tak pernah menang di lima laga tandang terakhir Barcelona. Tiga gol Barcelona dicetak Ansu Fati, Sergi Roberto dan gol bunuh diri Olaza.

Barcelona terpaut tiga poin dari Real Betis dan berpeluang membuntuti Madrid kalau menang lawan Sevilla. Seperti apa klasemen Liga Spanyol? 

Klasemen Liga Spanyol

ilustrasi La Liga (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi La Liga (Liputan6.com/Abdillah)

Hasil Liga Spanyol

ilustrasi La Liga (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi La Liga (Liputan6.com/Abdillah)

Jumat 2 Oktober 2020

Athletic Bilbao 0-1 Cadiz

Sevilla 1-0 Levante

Celta Vigo 0-3 Barcelona

 

Sabtu (3/10/2020)

Real Valladolid 1-2 Eibar

Atletico Madrid 0-0 Villarreal

Real Sociedad 3-0 Getafe

Elche 0-0 Huesca

Valencia 0-2 Real Betis

Jadwal Liga Spanyol

Minggu (4/10/2020)

17.00 WIB Osasuna vs Celta Vigo

19.00 WIB Alaves vs Athletic Bilbao

21.00 WIB Levante vs Real Madrid

23.30 WIB Cadiz vs Granada

 

Senin (5/10/2020)

02.00 WIB Barcelona vs Sevilla

Saksikan Video Barcelona di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ayah Meninggal Dunia, Nino RAN Tulis Kalimat Menyentuh

Posted: 03 Oct 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi Nino RAN sedang berduka. Agung Setyawicaksono ayahnya, meninggal dunia, Sabtu (3/10/2020) malam. Sebelum mengembuskan napas terakhirnya, ayah Nino RAN sempat menjalani perawatan selama dua pekan di rumah sakit.

Melalui Instagram Story-nya, Nino RAN menuliskan kalimat menyentuh tentang sang ayah yang pergi meninggalkan dirinya dan keluarga untuk selama-lamanya.

"Dulu aku diangkat dibahu bapak. Besok gantian bahu aku angkat bapak menuju tempat istirahat terakhir ya pak," tulis Nino RAN.

Juara di Hati

Instagram @ninokayam
Instagram @ninokayam

Melalui feed Instagramnya, Nino juga menuliskan tentang rasa kehilangan yang mendalam atas kepergian ayahnya. Ia juga mengenang sosok sang ayah yang sangat berarti bagi dirinya dan keluarga.

"Kita mungkin kalah bertarung, tapi Bapak juara di hati aku selamanya," tulis Nino.

Terima Kasih Nino

Instagram @ninokayam
Instagram @ninokayam

Semasa hidup, Nino RAN selalu diberikan kesempatan dan kepercayaan oleh ayahnya. Ia pun merasa bersyukur punya ayah seperti Agung Setyawicaksono.

"Terima kasih udah ngebolehin aku jadi apa aja ya pak. Aku bersyukur dipilih tuhan untuk dibesarkan & dibimbing oleh manusia paling baik yang pernah aku kenal," tulis Nino.

Doa dan Cinta

Preskon Hatiku Indonesia (Bambang E. Ros/Fimela.com)
Preskon Hatiku Indonesia (Bambang E. Ros/Fimela.com)

Doa dan cinta dituliskan Nino RAN diakhir tulisannya. Ia berharap sang ayah mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya.

"Tenang disana ya pak. Love you. Sulungmu, Nok," tulis Nino RAN.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Kata Jokowi soal Penanganan Covid-19, Dari Lockdown hingga Titah ke Menteri

Posted: 03 Oct 2020 08:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - 7 bulan lamanya pemerintah dalam hal ini Presiden Joko Widodo atau Jokowi terus mencari formula yang tepat untuk menangani pandemi Corona. 

Namun, tak sedikit setiap langkah atau kebijkan yang diambilnya menuai beragam komentar miring. 

"Penyesuaian kebijakan itu, jangan dianggap pemerintah mencla-mencle, Covid-19 ini masalah baru," kata Jokowi dalam sebuah video yang diunggah di Youtube di Sekretariat Presiden, Sabtu 3 Oktober 2020.

Menurut Jokowi, di saat negara tengah menghadapi pandemi Covid-19, maka setiap keputusan disesuaikan pada kondisi terkini. Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) dinilai pemerintah saat ini sangat penting untuk menekan laju kasus positif Covid-19 di Tanah Air.

Kebijakan yang baik juga harus mampu dieksekusi oleh jajaran pemerintah pusat dan daerah. Oleh karena itu kepada para menterinya, Jokowi meminta mencari program yang lebih tepat sasaran agar membantu warga yang terdampak.

Dia pun menyatakan, belum ada negara yang berani mengklaim telah menemukan solusi terbaik melawan Covid-19. 

"Jadi kita pun harus terus menyesuaikan diri, mencari cara terbaik yang paling cocok dengan situasi kita," ucap Jokowi.

Berikut sederet pernyataan Jokowi terkait penanganan Covid-19 di Tanah Air hingga pesannya untuk para menteri di tengah pandemi: 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Jangan Berpolemik dan Bikin Kegaduhan

Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat membuka rapat kerja Kementerian Perdagangan 2020 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (4/3/2020). Jokowi mengingatkan jajaran Kemendag agar segera mencari jalan keluar dari krisis yang disebabkan oleh virus corona (covid-19). (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat membuka rapat kerja Kementerian Perdagangan 2020 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (4/3/2020). Jokowi mengingatkan jajaran Kemendag agar segera mencari jalan keluar dari krisis yang disebabkan oleh virus corona (covid-19). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Jokowi mengakui mengatasi pandemi Covid-19 memang sulit dan diperlukan kerja keras bersama semua elemen masyarakat. Dia pun menyadari bahwa penanganan Covid-19 di Indonesia memang belum sempurna.

"Tapi bisa kita perbaiki bersama-sama. Mengatasi pandemi ini memang sulit, memerlukan kerja keras bersama, dan saya yakin kita akan dapat melakukannya," ujar Jokowi dalam sebuah video yang di Youtube Sekretariat Presiden, Sabtu, 3 Oktober kemarin. 

"Yang penting dalam situasi seperti ini, jangan ada yang berpolemik dan jangan ada yang membuat kegaduhan-kegaduhan," sambungnya.

Terus Taati Protokol Kesehatan

Presiden Jokowi meminta jajarannya bekerja lebih keras dalam penanganan pandemi, utamanya menyeimbangkan gas dan rem antara penanganan  saat memimpin ratas di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (24/8/2020). (Kementerian Sekretariat Negara)
Presiden Jokowi meminta jajarannya bekerja lebih keras dalam penanganan pandemi, utamanya menyeimbangkan gas dan rem antara penanganan saat memimpin ratas di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (24/8/2020). (Kementerian Sekretariat Negara)

Dia pun mengapresiasi dokter, perawat, tenaga medis, TNI/Polri, ASN, dan para relawan yang telah berupaya keras membantu pemerintah menangani pandemi corona selama tujuh bulan ini. Namun, yang terpenting adalah peran masyarakat dalam menaati protokol kesehatan.

Jokowi mengingatkan masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan kondisi pandemi dengan disiplin terhadap protokol kesehatan. Mulai dari, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak aman untuk mencegah penularan virus corona.

"Saya percaya jika kita saling melindungi, saling membantu, saling mengingatkan satu sama lain, kita akan mampu melalui masa-masa sulit ini," jelasnya.

Lockdown Bukan Opsi Tepat

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyerahkan bantuan modal kerja (BMK) kepada 60 pengusaha mikro dan kecil masing-masing Rp 2,4 juta di halaman Istana Kepresidenan Bogor.Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyerahkan bantuan modal kerja (BMK) kepada 60 pengusaha mikro dan kecil masing-masing Rp 2,4 juta di halaman Istana Kepresidenan Bogor.Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Jokowi juga menekankan bahwa lockdown bukanlah opsi tepat untuk menekan penyebaran Covid-19 di Tanah Air.

"Tidak, tidak perlu sok-sokan akan me-lockdown provinsi, me-lockdown kota, atau me-lockdown kabupaten. Karena akan mengorbankan kehidupan masyarakat," kata Jokowi dalam sebuah video yang diunggah di Youtube Sekretariat Presiden.

Dia mengatakan, strategi pemerintah sejak awal dalam penanganan Covid-19 adalah mencari keseimbangan antara kesehatan dan ekonomi. Kendati begitu, Jokowi menegaskan penanganan di sektor kesehatan tetap yang diprioritaskan.

"Saya tegaskan kembali bahwa kesehatan masyarakat, kesehatan publik tetap nomor satu, tetap yang harus diutamakan. Inilah prioritas, tetap memprioritaskan," ujarnya.

Di samping kesehatan, Jokowi mengakui pemerintah juga tak bisa mengabaikan penanganan Covid-19 dari sektor ekonomi. Pasalnya, ada puluhan juta masyarakat yang kehidupannya bergantung pada ekonomi.

Oleh sebab itulah, pemerintah tidak bisa mengambil opsi lockdown. Jika lockdown, maka sama saja harus mengorbankan ekonomi dan kehidupan masyarakat.

"Memprioritaskan kesehatan bukan berarti mengorbankan ekonomi. Karena jika kita mengorbankan ekonomi, itu sama saja dengan mengorbankan kehidupan puluhan juta orang," jelas Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi sendiri menekankan pentingnya intervensi berbasis lokal dalam mengendalikan penyebaran Covid-19. Dia menyebutnya sebagai mini lockdown.

Menteri Diminta Kerja Lebih Baik Lagi

Presiden Jokowi berbincang dengan dr Faisal Rizal Matondang, seorang dokter paru, melalui panggilan video. (Foto: Kris - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi berbincang dengan dr Faisal Rizal Matondang, seorang dokter paru, melalui panggilan video. (Foto: Kris - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Presiden Jokowi juga meminta para menterinya untuk bekerja lebih baik lagi dalam mencari program yang lebih tepat sasaran di tengah pandemi Covid-19.

Saat ini, pemerintah memang telah memiliki sejumlah program perlindungan sosial untuk masyarakat terdampak pandemi.

"Saya ingin menteri-menteri lebih baik lagi bekerja mencari program yang lebih tepat sasaran. Semua harus terus kita perbaiki," ujar Jokowi dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Minggu (4/10/2020).

Dia menyampaikan, pemerintah telah mengalokasikan Rp 239,53 triliun untuk program-program perlindungan sosial.

Mulai dari PKH (Program Keluarga Harapan), BPNT (Bantuan Pangan Nontunai), Sembako, bantuan sosial tunai, Kartu Prakerja, BLT (Bantuan Langsung Tunai) Dana Desa, Banpres Produktif untuk Modal Kerja, Subsidi Gaji, hingga Diskon Listrik.

Namun, Jokowi mengaku belum puas terhadap upaya dan sejumlah program yang telah digulirkan. Dia menilai program tersebut dapat ditingkatkan lagi sehingga benar-benar bermanfaat untuk masyarakat.

"Masih banyak kerja keras yang perlu dikerjakan. Kita harus terus melakukan penyesuaian kebijakan, mencari yang lebih baik," kata dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Chat Murid Tanya Tugas Ini Nyeleneh, Bikin Geregetan

Posted: 03 Oct 2020 08:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Zaman modern ini serba mudah dan cepat termasuk untuk melakukan komunikasi jarak jauh. Ya, komunikasi jarak jauh bisa menggunakan pesan chat untuk bertanya kabar atau hal-hal lainnya. Kemudahan berkirim pesan chat ini nyatanya dimanfaatkan oleh para murid untuk bertanya tugas ke guru.

Namun terkadang pertanyaan murid tanya tugas ke guru ini bikin geregetan. Banyak chat nyeleneh yang bikin guru menjadi bingung untuk membalasnya. Kepolosan para murid ini sangat curi perhatian hingga tangkap layar chat murid ke guru tanya tugas ini viral di media sosial.

Mulai dari tanya apa sudah mengerjakan tugas hingga spam chat ke guru, menjadi bukti nyelenehnya chat murid ke guru tanya tugas ini. Chat tanya tugas ini pun viral hingga banyak mendapatkan respon dari netizen. Banyak netizen tak menyangka ada chat nyeleneh seperti itu.

Penasaran kan membaca chat murid tanya tugas ke guru? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, chat murid tanya tugas ke guru yang bikin geregetan, Minggu (4/1/2020).

1. Ya ampun, chat murid ini bikin geregetan aja.

6 Chat Murid Tanya Tugas Ini Nyeleneh, Bikin Geregetan (sumber: Twitter.com/txtdaripelajar)
6 Chat Murid Tanya Tugas Ini Nyeleneh, Bikin Geregetan (sumber: Twitter.com/txtdaripelajar)

2. Jawaban pak guru kok enggak nyambung gitu ya?

6 Chat Murid Tanya Tugas Ini Nyeleneh, Bikin Geregetan (sumber: Twitter.com/alprizqi)
6 Chat Murid Tanya Tugas Ini Nyeleneh, Bikin Geregetan (sumber: Twitter.com/alprizqi)

3. Begini jadinya jika bangun tidur tidak cuci muka dulu.

6 Chat Murid Tanya Tugas Ini Nyeleneh, Bikin Geregetan (sumber: Instagram/receh.id)
6 Chat Murid Tanya Tugas Ini Nyeleneh, Bikin Geregetan (sumber: Instagram/receh.id)

4. Kucingnya ikutan narsis dong.

6 Chat Murid Tanya Tugas Ini Nyeleneh, Bikin Geregetan (sumber: Instagram/receh.id)
6 Chat Murid Tanya Tugas Ini Nyeleneh, Bikin Geregetan (sumber: Instagram/receh.id)

5. Ibu guru harap bersabar menghadapi murid seperti ini.

6 Chat Murid Tanya Tugas Ini Nyeleneh, Bikin Geregetan (sumber: Twitter.com/allmanenda)
6 Chat Murid Tanya Tugas Ini Nyeleneh, Bikin Geregetan (sumber: Twitter.com/allmanenda)

6. Astaga sampai spam chat lho.

6 Chat Murid Tanya Tugas Ini Nyeleneh, Bikin Geregetan (sumber: Twitter.com/aaqiaa)
6 Chat Murid Tanya Tugas Ini Nyeleneh, Bikin Geregetan (sumber: Twitter.com/aaqiaa)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pastikan Proyek Startegis Berjalan Lancar, Pertamina Bersinergi dengan KPK

Posted: 03 Oct 2020 08:24 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina (Persero) terus memastikan program dan proyek strategis berjalan lancar dengan dukungan dari institusi penegak hukum termasuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Upaya ini ditandai dengan kunjungan Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati ke Kantor KPK Jakarta didampingi Direktur Penunjang Bisnis M. Haryo Yunianto, CEO Commercial & Trading Subholding Mas'ud Khamid dan CEO Upstream Subholding Budiman Parhusip.

Kunjungan diterima langsung oleh Ketua KPK Firli Bahuri beserta jajaran pejabat KPK di antaranya Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar dan Deputi Bidang Pencegahan Pahala Nainggolan.

"Kami telah memaparkan seluruh isu strategis yang dihadapi Pertamina, program strategis dan solusinya serta dukungan yang kami perlukan dari KPK, agar seluruh program-program strategis ini dapat kami jalankan dengan baik dan sesuai dengan target yang telah dicanangkan oleh Pemerintah," ungkap Nicke Widyawati pada Press Conference di Gedung KPK, Jl. HR Rasuna Said, Jakarta, Jumat (2/10).

Nicke melanjutkan, beberapa hal yang telah disampaikan kepada KPK terkait penugasan dan tanggung jawab Pertamina sebagai BUMN sekaligus perusahaan migas Nasional dalam penyediaan energi di Indonesia. "Kami menyampaikan isue strategis di bidang hulu migas dan upaya strategis dan berkelanjutan yang dilakukan Pertamina untuk meningkatkan cadangan atau produksi migas," imbuhnya.

Hal lain yang disampaikan pada kesempatan tersebut adalah proyek kilang Pertamina yang saat ini sedang dalam progress pembangunan untuk menambah kapasitas kilang agar kebutuhan dalam negeri dapat dipenuhi. Nicke juga menyampaikan upaya Pertamina menyiapkan energi baru dan terbarukan untuk menggantikan fossil fuel, termasuk menjalankan program Biodisel, yakni B30 hingga B100.

"Ini sangat strategis karena Indonesia memiliki sumber sawit melimpah sehingga kita harus gunakan dan menjadi salah satu sumber energi andalan bagi Indonesia. Sehingga kami dapat meningkatkan ketahanan energy supply dari Biodiesel secara berkelanjutan dan ekonomis,"ujarnya.

Begitu pula dengan dukungan untuk kebijakan Domestik Market Obligation terkait volume dan harga batubara, dalam rangka pengembangan DME untuk mengurangi impor LPG. Pada kesempatan tersebut, Nicke juga menyinggung mengenai upaya Pertamina dalam peningkatan distribusi BBM, hingga dapat menjangkau 77 ribu desa diseluruh Indonesia.

"Oleh karena itu, kita harus membangun lebih banyak outlet di seluruh desa di Indonesia agar masyarakat bisa menikmati aksesibilitas energi dan memiliki hak yang sama untuk mendapatkan energi yang terjangkau,"katanya.

Terkait sinergi dengan KPK, Nicke menjelaskan bahwa selama ini komunikasi dan koordinasi dengan KPK sudah berjalan sangat baik. Khususnya dengan Deputi Bidang Pencegahan dalam rangka penyelamatan aset negara yang dikelola Pertamina di seluruh daerah dan selanjutnya akan dioptimalkan untuk sebesar besarnya kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.

Sebelumnya, dengan dukungan KPK, Pertamina berhasil menyelamatkan potensi kerugian negara atas aset senilai Rp9,5 triliun yang berlokasi di Sumatera Selatan dan Kalimantan Barat. Asset tersebut, kata Nicke, akan dioptimalkan dan diberdayakan untuk menambah Pendapatan Daerah dan menyerap tenaga kerja di daerah tersebut.

"Apa yang kami paparkan tadi, Alhamdullilah mendapat respon baik dari jajaran KPK. Kami berharap langkah selanjutnya masuk ke perjanjian yang dapat dikerjasamakan antara Pertamina dan KPK," tegasnya.

Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar menyambut baik rencana kerja sama tersebut karena Pertamina sebagai BUMN dan KPK mempunyai tugas dalam hal Program Pencegahan terjadinya tindak korupsi

"Kerja sama ini nanti akan dibahas lebih detail dibawah naungan Deputi Pencegahan karena target kami adalah bagaimana memastikan bahwa BUMN ini juga bekerja dengan baik dan tugas KPK juga bisa berjalan," jelasnya. 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bahas Izin Usaha hingga UMKM, Disimak Ringkasan Isi dari RUU Cipta Kerja

Posted: 03 Oct 2020 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah bersama Badan Legislasi DPR (Baleg) dalam Panitia Kerja RUU Cipta Kerja sepakat membawa RUU Cipta Kerja ke pembahasan tingkat rapat paripurna. Hal ini ditetapkan dalam rapat pengambilan keputusan Tingkat I RUU Cipta Kerja yang dilaksanakan Sabtu, 3 Oktober 2020 malam.

Sebelumnya, pemerintah telah berjanji akan mempercepat pengerjaan RUU Cipta Kerja karena dianggap membuat izin usaha lebih mudah dan lapangan kerja yang lebih luas.  Kendati, penyusunan RUU ini mendapat beragam pro dan kontra dari berbagai kalangan.

Sebenarnya, seperti apa isi RUU Cipta Kerja ini? Simak rangkuman Liputan6.com, Minggu (4/10/2020):

1. Kluster Penyederhanaan Perizinan Berusaha, meliputi:

a. penerapan perizinan berbasis risiko dari tinggi ke rendah

b. kesesuaian tata ruang

c. persetujuan lingkungan melalui integrasi. AMDAL (Analisis Dampak Lingkungan) tetap ada untuk kegiatan yang berisiko tinggi

d. persetujuan bangunan gedung dan Sertifikat Laik Fungsi (SLF)

e. penataan kewenangan perizinan usaha baik di tingkat pusat dan daerah

2. Kluster Peningkatan Ekosistem Investasi

a. sektor pertanian, berupa perubahan 4 UU UU Pangan, UU Peternakan dan Kesehatan Hewan, UU Hortikultura, dan UU Perlindungan dan pemberdayaan Petani

b. sektor kelautan dan perikanan, berupa integrasi izin usaha kapal

c. sektor ESDM, berupa regulasi terkait sektor minerba dan pencabutan ketentuan BUMN khusus untuk melaksanakan kegiatan hulu migas karena akan diatur dalam perubahan UU Migas (sudah masuk dalam Prolegnas)

d. kemudahan penerbitan sertifikasi halal dan keringanan biaya

e. perumahan, mencakup pembentukan Badan Percepatan Penyelenggaraan Perumahan untuk mengelola dana pembangunan rumah umum terutama bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

f. sektor pendidikan dan kebudayaan meliputi izin usaha pendidikan, pelaksanaan pendidikan asing hingga pencabutan 5 UU pendidikan (UU Pendidikan Nasional, UU Nomor Pendidikan Tinggi, UU Guru dan Dosen, UU Pendidikan Kedokteran, UU Kebidanan) serta pengaturan pendidikan nirlaba

g. sektor penyiaran, berupa kewajiban migrasi dari TV teresterial ke digital dalam 2 tahun

h. sektor pertahanan, berupa pengawasan menyeluruh Kemenhan terhadap industri alutsista mulai dari produksi hingga penjualan. Kepemilikan modal mengacu ketentuan penanaman modal

i. kawasan hutan, berupa pengaturan besaran minimal kawasan hutan dan ketentuan pelaksanaan Dampak Penting, Cakupan Luas Serta Bernilai Strategis (DPCLS)

j. penyelesaian keterlanjuran kawasan hutan dan penetapan sanksinya

k. persyaratan investasi (bidang usaha tertutup dan terbuka)

l. pencabutan UU pers dari RUU Cipta kerja karena tidak relevan dalam mendorong investasi

3. Kluster Ketenagakerjaan

a. Pemberian jaminan kompensasi terhadap pekerja Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT)

b. pengaturan tenaga alih daya/outsourcing

c. pengaturan upah minimum

d. kemudahan RPTKA (untuk TKA ahli)

e. perubahan besaran pesangon dari 32 kali gaji menjadi 26-28 kali gaji

f. pengaturan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP)

g. pengaturan waktu kerja untuk pekerja paruh waktu, ekonomi digital, dan pekerjaan khusus yang dapat melebihi 8 jam per hari.

 

4. Kluster UMKM dan Koperasi

a. perizinan tunggal bagi UMK melalui pendaftaran

b. insentif dan kemudahan bagi Usaha Menengah dan Besar yang bermitra dengan UMK

c. pengelolaan terpadu UMK

d. insentif fiskal dan pembiayaan. Pemerintah memprioritaskan penggunaan DAK untuk mendanai kegiatan pengembangan dan pemberdayaan UMKMe. pemberian fasilitasi layanan bantuan dan perlindungan hukum bagi UMK

f. prioritas produk/jasa UMK dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah

g. kemitraan UMK: tempat istirahat dan pelayanan (rest area), stasiun, dan terminal (angkutan, Pelabuhan dan bandara) melakukan pemasaran produk UMK dengan pola kemitraan

h. kemudahan koperasi, mencakup pembentukan koperasi primer minimal 9 orang, dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) dapat diwakilkan, buku daftar anggota berbentuk tertulis atau elektronik dan dapat melaksanakan usaha berdasarkan prinsip Syariah

5. Kluster Riset dan Inovasi serta Kemudahan Berusaha

a. penugasan BUMN untuk riset dan inovasi serta pembentukan lembaga riset dan inovasi di daerah

b. kemudahan berusaha mencakup imigrasi, paten, pendirian PT perseorangan, penghapusan izin gangguan, serta aturan terkait BUMDes

6. Kluster Perpajakan

a. pengaturan pajak penghasilan

b. pengaturan pajak pertambahan nilai barang dan jasa dan pajak penjualan atas barang mewah

c. ketentuan umum dan tata cara perpajakan

d. pajak daerah dan retribusi daerah (PDRD)

7. Kluster Kawasan Ekonomi dan Pengadaan Lahan

a. pengaturan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)

b. pengaturan Kawasan Perdagangan Bebas dan Perlabuhan Bebas (KPBPB)

c. pengaturan pengadaan lahan dan bank tanah

8. Kluster Administrasi Pemerintahan

a. pengaturan kewenangan menteri

b. penerapan standar administrasi pemerintah

c. diskresi Presidend. penerapan keputusan elektronik

e. aturan pengawasan izin

f. aturan penetapan NSPK (Norma, Standar, Prosedur, Kriteria)g. kewenangan kepala daerah menerbitkan obligasi daerah atau sukuk daerah atas persetujuan Menteri Keuangan

h. penyederhanaan pelayanan perizinan dan dilakukan secara elektronik sesuai NSPK

i. ketentuan Perda dan Perkada

9. Kluster Investasi Pemerintah dan Kemudahan Proyek Strategis Nasional (PSN)

a. membentuk Lembaga Pengelola Investasi Pemerintah Pusat (Sovereign Wealth Fund) untuk mengelola dan menempatkan sejumlah dana dan/atau aset negara

b. pemerintah menyediakan lahan (tanah atau kawasan hutan) dan seluruh perizinan yang diperlukan dalam pelaksanaan proyek strategis nasional dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, BUMN, BUMD. Dapat disediakan swasta jika tidak tersedia anggaran

Saksikan Video Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tokyo Motorcycle Show ke-48 Ditunda, Deretan Motor Ini Gagal Pamer Diri

Posted: 03 Oct 2020 08:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tokyo Motorcycle Show Association (TMSA) memutuskan untuk menunda penyelenggaraan Tokyo Motorcycle Show ke-48 yang dijadwalkan Maret 2021. Dengan begitu, pupus sudah harapan para pabrikan otomotif roda dua untuk memamerkan produk barunya di pameran otomotif berskala internasional tersebut.

Sebut saja Honda. Sejak pandemi COVID-19 menyebar, pabrikan sayap kepak sudah merilis beberapa produk. Baik dari kategori sport maupun moped (bebek). Tak ada seremoni offline demi mengurangi risiko penyebaran wabah.

Sebaliknya, peresmian jajaran motor baru Honda itu hanya dilakukan via daring. Rasanya, banyak khalayak penasaran menilik sosok Honda CBR 1000 RR-R Fireblade maupun CBR 600 RR secara langsung. Dengan penambahan inisial, kedua produk hadir dengan fasad kental aura balap.

Tentu saja berkat terapan winglet ala pacuan MotoGP mereka, Honda RC213V. Tak cuma edisi jalanan, Honda pun menyertakan versi balap terhadap masing-masing model.

Belum lagi CBR 400 R yang sudah mengalami penyegaran rupa. Seperti halnya varian di atas, perkenalan pemangku mesin 400 cc pun berlaku sama. Termasuk pula dengan CBR 250 RR terbaru. Motor seperempat liter buatan PT Astra Honda Motor (AHM) mestinya lebih menggoda.

Bukan hanya dari segi harga - jauh lebih murah daripada tiga mode CBR itu. Melainkan karena dia kini datang dengan beberapa pembaruan. Ia ketambahan perangkat anyar berupa Assist & Slipper Clutch dan Quick Shifter - di Indonesia dinamai Honda CBR 250 RR SP Quick Shifter.

Tak cuma itu, pengembangan jua dilakukan terhadap jantung mekanik. Meski tetap mengandalkan mesin DOHC dua silinder, outputnya terdongkrak menjadi 40,2 Hp/13.000 rpm dan 25 Nm di putaran mesin 11.000 rpm. Meningkat dari CBR250RR biasa yang bertenaga 38,2 Hp/12.500 rpm dan 23,3 Nm/11.000 rpm.

Tak cuma itu, rasio kompresinya pun turut dinaikan dari 11,5:1 menjadi 12:1. Otomatis pula mendongkrak catatan akselerasinya dibanding versi pandahulu. PT AHM mengklaim CBR250RR 2020 hanya butuh waktu 8,65 detik untuk mencapai jarak 0-200 meter. Sementara kecepatan puncak adalah 172 km/jam. Sayang, kuda besi asal Indonesia pun batal manggung di pameran tersebut.

Setali tiga uang, keputusan yang baru diketahui lusa (30/9) itu otomatis membatalkan aksi pamer produk lain. Baik itu Honda Super Cub series, Honda CT 125 Hunter, CRF 450 R dan CRF 450 RX, CRF 1100 L Africa Twin atau skutik garapan PT AHM lain yaitu Honda ADV 150.

Sebagai salah satu antisipasi, mereka sudah lebih dulu menggelar pameran virtual bertajuk Honda Virtual Motorcycle Show, Maret lalu. Semestinya pula ajang Tokyo Motorcycle Show menjadi debut bagi Honda CB-F. Pascarilis sebagai sebuah konsep, logikanya itulah momen bagi Honda untuk membangkitkan memorabilia enam dekade silam.

Histori dijadikan latar perancangan CB-F Concept, lantaran menginspirasi desain bak Honda CB 900 F atau CB 750 F. Mengedepankan bodi serbakotak dengan batok lampu bulat sebagai ciri khas.

Keduanya pernah diproduksi di 1981 sampai 1983, lalu dilanjutkan pada 2004 sampai 2007. CB empat silinder itu juga pernah sukses dikancah balap terkemuka di Amerika Utara. Terpampang DNA klasik di sini, walau kenyataannya tersemat ragam modernitas.

Sebutlah usungan lampu jenis LED, panel instrumen kotak digital, berikut pemilihan struktur kaki-kaki padu padan fork upside down (USD) dan monoshock. Semestinya pula diikuti oleh pengaplikasian fitur serta mesin baru.

 

Produk Lain

Realiasi Honda CB-F menjadi produk massal pun besar, mengingat pabrikan sendiri sudah membuka beberapa detil seperti kapasitas mesin maupun dimensi. Lagi-lagi, harapan khalayak untuk melihat bentuk aslinya urung terjadi, setidaknya sampai 2022 nanti.

Aktivitas demikian - melakukan pameran online, jua dilakoni Suzuki melalui konsep Suzuki WEB Motorcycle Show. Sekiranya, inilah booth mereka jika Tokyo Motor Show dilangsungkan. Penyajian pastilah spesial karena tahun ini Suzuki merayakan ulang tahun ke-100.

Paling penting, tentu saja memamerkan produk terbaru yang kini terpampang di situs resmi. Dari barisan motor besar misalnya, ada Suzuki GSX-R 1000 R ABS dan GSX-R 1000 R ABS 100th Anniversary.

Kemudian duo petarung jarak jauh, V-Strom 1050 dan V-Strom 1050 XT. Lalu lini penggaruk tanah RM Z-250, RM-Z450 beserta DR-Z50 yang belum lama ini mendapat penyegaran.

Ada pula produk Hamamatsu paling dinanti. Suzuki menambah dua produk baru yakni Gixxer 250 dan Gixxer SF 250, untuk menambah daya kompetisinya di segmen sport 250 cc. Diferensiasi keduanya terletak dari fasad.

Tipe SF berpelengkap fairing, sementara satunya naked bike. Itu kenapa ada perbedaan mengenai impresi berkendara di mana Gixxer SF 250 punya posisi berkendara condong ke depan. Sebaliknya, versi telanjang membuat tubuh pengendara tegak.

 

Performa

Meski begitu, duet anyar ini menggunakan jantung mekanik sejenis. Sama-sama berbekal mesin SOHC satu silinder berkapasitas total 249 cc, pengabutan bahan bakar injeksi. Pun mengenai racikan bore x stroke (76 x 54,9 mm) dan rasio kompresi (10,7:1).

Translasi output ke roda belakang ditorehkan setara yaitu 25,4 Hp/9.000 rpm dan 22 Nm pada putaran 7.300 rpm. Faktanya, konfigurasi mesin itu punya performa lebih baik ketimbang Suzuki GSX 250 R. Penggendong mesin SOHC dua silinder mencatat daya maksimal 24,1 Hp/8.000 rpm. Sementara torsi tertulis adalah 22 Nm/6.500 rpm.

Tentu lebih nyaman membandingkannya melalui pameran offline, bukan? Selain menatap si produk, proses menggaet konsumen pun lebih cepat karena umumnya di lokasi tersedia unit test ride.

Kendati begitu, dimundurkannya TMS hingga 2020 bisa jadi kesempatan bagi peserta lain untuk lebih mematangkan produknya.

Besar kemungkinan merek seperti Yamaha, BMW Motorrad, KTM, Kawasaki atau Kymco punya terobosan saat pameran fisik TMS terealisasi.

Sumber: Oto.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Irman Gusman: Mulyadi Sosok yang Perhatian pada Sumbar

Posted: 03 Oct 2020 08:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Ketua Dewan Perwakilah Daerah RI (DPD) Irman Gusman menyebut, sosok Calon Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mulyadi disebut sangat kuat perhatiannya terhadap tanah kelahirannya.

Menurutnya, sudah banyak infrastruktur di Ranah Minang yang telah beliau bangun selama menjabat sebagai anggota DPR RI selama tiga periode ini.

"Tak bisa kita pungkiri berbagai banyak infrastruktur disana adalah hasil dari pak mulyadi. Artinya bukan sepenuhnya beliau, dia kan bukan eksekutif, pak Mulyadi lah yang melobikan segala macam dan saling berkordinasi dengan pusat," kata Irman di Bintaro, Jumat (2/10/2020).

Selain itu, Irman mengungkapkan, Mulyadi adalah orang yang aktif, sangat peduli terhadap pemilihan padahal sesungguhnya anggota DPR tidak perlu memprioritaskan dapil.

"Dari sedikit banyak orang yang saya lihat, yang cukup perhatian pak Mulyadi salah satunya. Coba kita lihat, banyak anggota DPR tidak begitu aktif, ada juga tapi tidak terlalu banyak melakukan kontribusi," ujarnya

Sudah Terbukti

Irman memuji sosok Mulyadi yang berpengalaman, mempunyai kapasitas, kapabilitas yang artinya memiliki kemampuan atau kecakapan dalam melakukan sesuatu.

"Pengalamannya sudah terbukti bekerja menjadi anggota DPR selama tiga periode, di tambah lagi telah banyak membantu tanah kelahirannya,"tutur Irman.

Menaggapi hal tersenut, Mulyadi mengucapkan terima kasih, mudah-mudahan masyarakat memberikan kepercayaan terhadap pasangan calon nomor 01.

"Saya ucapkan terima kasih banyak atas, komitmen saya tidak pernah berubah untuk terus berjuang demi kepentingan masyarakat Sumbar," kata Mulyadi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Jangan sampai suara kamu malah tidak sah, begini cara nyoblos di Pilkada Serentak 2018 yang benar. (Ilustrasi: Liputan6.com)
Jangan sampai suara kamu malah tidak sah, begini cara nyoblos di Pilkada Serentak 2018 yang benar. (Ilustrasi: Liputan6.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Akhir Pekan: Lebih Dekat dengan Pembatik Muda dari Yogyakarta

Posted: 03 Oct 2020 08:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Turut ambil bagian dalam memperpanjang napas pelestarian batik memang bukan perkara mudah. Dibutuhkan aksi nyata, komitmen, ketekunan, hingga konsistensi untuk terjun di dalamnya, guna tiada henti menggaungkan kekayaan warisan budaya, baik di negeri sendiri hingga ke kancah dunia.

Indonesia patut berbangga memiliki segudang talenta yang melahirkan karya-karya apik, termasuk generasi muda yang setia membatik. Salah satu pembatik muda itu adalah Nuri Ningsih Hidayati asal Sleman, Yogyakarta. Pada 2015, Nuri, begitu ia akrab disapa, merintis sebuah label batik yang diberi nama Marenggo Natural Dyes Batik.

Kala itu, Nuri baru menginjak usia 23 tahun. Namun jauh sebelumnya, kisah perkenalan dengan batik telah dimulainya sejak masa kecil. Ketika duduk di bangku Sekolah Dasar, Nuri kerap menyaksikan dan membantu sang ibunda membatik.

Kecintaannya pada batik kian mendalam dan tertuang dalam desain-desain batik yang ia kerap gambar saat memasuki Sekolah Menengah Pertama. Ia tertarik mendesain dan mengasah kemampuan gambar dengan masuk ke sekolah kejuruan tekstil.

"Dari situ, masih tertarik lagi sama pengolahan kain, tidak hanya batik, ada macam-macam pengolahan tekstil, tapi fokusnya memang menggambar batik," kata Nuri saat dihubungi Liputan6.com, Jumat, 2 Oktober 2020.

Besarnya rasa ingin belajar lantas mengantarkan Nuri melanjutkan studi ke Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Selain menimba ilmu, ia juga tak jarang mengikuti lomba mendesain tingkat daerah. Nuri turut ambil bagian dalam lomba tingkat nasional di Jakarta dan hasilnya berbuah manis dengan meraih juara.

Dikatakan Nuri, pencapaian itu bertepatan dengan momen dirinya merancang tugas akhir. Sembari mencoba mengekplorasi dan juga bereksperimen, perempuan berusia 28 tahun ini juga menemukan sebuah buku yang mencuri atensinya.

"Buku yang menyebutkan warna-warna alam, dulunya batik masuk Indonesia, awal mulanya batik menggunakan bahan baku yang dicarinya di hutan, aku tertarik. Aku coba eksperimen pakai daun-daun dan kayu di daerahku, apakah bisa digunakan," lanjut sang pembatik muda.

Proses Kreatif

Sederet batik karya pembatik muda dari Sleman, Yogyakarta, Nuri Ningsih Hidayati yang ditampilkan lewat merek batik yang ia dirikan, Marenggo Natural Dyes Batik. (dok. Instagram @marenggo_batik/https://www.instagram.com/p/BD8eEqkGtts/)
Sederet batik karya pembatik muda dari Sleman, Yogyakarta, Nuri Ningsih Hidayati yang ditampilkan lewat merek batik yang ia dirikan, Marenggo Natural Dyes Batik. (dok. Instagram @marenggo_batik/https://www.instagram.com/p/BD8eEqkGtts/)

Nuri mengungkapkan, motif desainnya adalah kolaborasi desain tradisional Tanah Air dengan budaya Jepang yang kala itu jadi kesukaannya. Ia terinspirasi dari motif tradisional truntum dan kawung yang dipadu dengan bunga sakura.

"Aku menciptakan delapan karya dan semua pakai warna alam dan total eksperimen benar-benar belum tahu hasilnya seperti apa karena explore teknik juga. Tapi ibu mengerti tentang warna alam dari instansi karena ibu pembatik di salah satu instansi pemerintah. Jadi digabungkan dengan info dari ibu, berhasil membuat delapan karya itu," jelas Nuri.

Bersama karya-karya tersebut, ia pun mendapat kesempatan pameran di Jakarta. Yayasan Batik Indonesia turut mengapresiasi karya Nuri dengan memberi penghargaan kepadanya sebagai pembatik muda. Perlahan-lahan, kain batik karyanya makin dilirik banyak pihak.

"Lalu karya dibeli kolektor dari Brazil dan dapat dana untuk bikin usaha batik. Awal mulanya dulu ketika merintis saya bikin sendiri semuanya dari proses awal sampai selesai. Lalu bagaimana bisa orang lain ikut terlibat dan bermanfaat, sekarang ada yang membantu," lanjutnya.

Sementara, proses awal hingga akhir pembuatan batik tulis, dikatakan Nuri memakan waktu sekitar seminggu. Namun, lama pembuatan sendiri tergantung dengan motif. Tahap pertama dimulai dengan mendesain.

"Proses mendesain, dari desain bisa sketch bisa langsung besar di kain. Kalau sketch di kertas ditransfer ke kain namanya memola. Setelah itu sudah dapat gambar pada kain langsung dicanting atau membatik, lalu isen-isen. Batik tidak hanya gambar, di dalamnya ada isiannya titik-titik, itu pakemnya," ungkap Nuri.

Ditambahkannya, saat ini ada begitu banyak model baru yang dieksplorasi tanpa menggunakan isen-isen. Kendati demikian, tak sedikit pula yang menerapkan penggunaan desain sesuai pakem.

Pameran Dalam dan Luar Negeri

Sederet batik karya pembatik muda dari Sleman, Yogyakarta, Nuri Ningsih Hidayati yang ditampilkan lewat merek batik yang ia dirikan, Marenggo Natural Dyes Batik. (dok. Instagram @marenggo_batik/https://www.instagram.com/p/B0NIEt2Ak3D/)
Sederet batik karya pembatik muda dari Sleman, Yogyakarta, Nuri Ningsih Hidayati yang ditampilkan lewat merek batik yang ia dirikan, Marenggo Natural Dyes Batik. (dok. Instagram @marenggo_batik/https://www.instagram.com/p/B0NIEt2Ak3D/)

Kecintaan dan ketekunan Nuri dalam membatik kian menambah panjang daftar pencapainnya. Ia memamerkan batik-batik karyanya di sederet pameran di Tanah Air, seperti di Inacraft, Adiwastra Nusantara, Pameran Warisan, Jogja Fashion Week, hingga Gelar Batik Nusantara.

Tak hanya di dalam negeri, karya Nuri juga telah dipamerkan di luar negeri. Sebut saja ketika ia mengikuti pameran di Kuala Lumpur International Craft Festival 2016, pameran di Equarius Hotel, Sentosa, Singapura pada Mei 2017 lalu. Dua tahun setelah Marenggo berdiri, tepatnya 2017 lalu, Nuri juga bertolak ke Melbourne, Australia.

"Saya ikut program Australia Awards dan ternyata lolos. Kita ke sana belajar untuk market Australia, pelatihan skill bagaimana produk bisa masuk pasar sana sekaligus pengenalan," katanya.

Tak hanya itu, Nuri juga sempat pameran di Moskow, Rusia di Festival Indonesia Moscow 2019 pada Agustus 2019 lalu. Ia menjadi salah satu partisipan dalam Jogja Premium Export oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY.

"Di sana untuk pembelian retail itu oke, tapi buyer di sana untuk mengoleksi dan bisa perbanyak memang susah, belum mendapat secara langsung, semoga bisa berlanjut," harap Nuri.

Batik-batik Berbagai Negara
Batik-batik Berbagai Negara

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Obama Hingga Xi Jinping, 7 Tokoh Dunia Harapkan Donald Trump Pulih dari COVID-19

Posted: 03 Oct 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden AS Donald Trump dan istrinya, Melania Trump telah dinyatakan positif Virus Corona COVID-19 beberapa hari lalu.

Ia mengumumkan hal tersebut lewat akun resmi Twitternya @realDonaldTrump dengan menuliskan: "Kami akan segera memulai proses karantina dan pemulihan. Kita akan melewati ini bersama!"

Saat ini Donald Trump harus menjalani isolasi mandiri selama 10 hari yang menyebabkan ia harus menunda sejumlah agendanya, termasuk jadwal kampanye menjelang pemilu pada 3 November mendatang.

Walaupun berita ini mengundang pandangan skeptis dari sejumlah pihak yang menilai hal ini sebagai bagian dari strategi politiknya, Trump pun tetap menerima ucapan dan doa kesembuhan dari para pemimpin negara dan tokoh dunia.

Mengutip berbagai sumber, berikut adalah 7 tokoh dunia yang mendoakan kesembuhan Trump:

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

1. Kim Jong-un

Keakraban Presiden AS Donald Trump (kiri) dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un saat berjalan di taman Hotel Capella, Pulau Sentosa, Singapura, Selasa (12/6). Trump dan Kim bertemu untuk membicarakan upaya denuklirisasi Korut. (Anthony Wallace/Pool/AFP)
Keakraban Presiden AS Donald Trump (kiri) dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un saat berjalan di taman Hotel Capella, Pulau Sentosa, Singapura, Selasa (12/6). Trump dan Kim bertemu untuk membicarakan upaya denuklirisasi Korut. (Anthony Wallace/Pool/AFP)

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un pada Sabtu, 3 Oktober 2020 mengirim pesan simpati kepada Presiden Donald Trump dan istrinya Melania, berharap mereka segera pulih dari Corona COVID-19, media pemerintah melaporkan.

"Ia sangat berharap agar mereka pulih secepatnya. Dia berharap mereka pasti akan mengatasinya," lapor Kantor Berita Pusat Korea."

"Dia (Kim Jong-un) mengirim salam hangat kepada mereka."

Berita selengkapnya di sini...

2. Vladimir Putin

Presiden AS Donald Trump bersalaman dengan Presiden Rusia Vladimir Putin (AP/Martinez Monsivais)
Presiden AS Donald Trump bersalaman dengan Presiden Rusia Vladimir Putin (AP/Martinez Monsivais)

Presiden Rusia Vladimir Putin mengirim telegram ke Gedung Putih usai Presiden Amerika Serikat Donald Trump dinyatakan positif COVID-19. Putin optimistis bahwa Trump bisa sembuh. 

"Saya harap vitalitas yang inheren, semangat yang baik, dan optimisme milik Anda akan menolong Anda mengatasi virus berbahaya ini," tulis Presiden Putin seperti dikutip AP News, Jumat (2/10/2020).

Baca berita lengkapnya...

3. Narendra Modi

Melania Trump, Presiden Amerika Serikat Donald Trump, dan Perdana Menteri India Narendra Modi di Hyderabad House, New Delhi, India, Selasa (25/2/2020) (Prakash SINGH / AFP)
Melania Trump, Presiden Amerika Serikat Donald Trump, dan Perdana Menteri India Narendra Modi di Hyderabad House, New Delhi, India, Selasa (25/2/2020) (Prakash SINGH / AFP)

Perdana Menteri India, Narendra Modi mengirimkan doa dan beri dukungan kepada Presiden AS Donald Trump dan Ibu Negara Melania Trump, yang dinyatakan positif COVID-19 pada Jumat (2/10/2020). 

Dalam postingannya via Twitter, PM Modi menuliskan, "Saya mengucapkan harapan pada teman saya @POTUS @realDonaldTrump dan @FLOTUS untuk kesembuhan mereka dengan segera dan kesehatan yang baik". 

Berita selengkapnya di sini...

4. Xi Jinping

Presiden AS Donald Trump didampingi Presiden China Xi Jinping saat upacara penyambutannya di Beijing  (AP Photo/Andrew Harnik)
Presiden AS Donald Trump didampingi Presiden China Xi Jinping saat upacara penyambutannya di Beijing (AP Photo/Andrew Harnik)

Presiden China Xi Jinping mengirim pesan kepada Presiden AS Donald Trump dan istrinya Melania pada Sabtu 3 Oktober 2020. Ia berharap mereka segera pulih dari virus corona.

Dalam pesan itu, Xi berkata: "Setelah mengetahui bahwa Presiden dan Melania terinfeksi virus corona baru, istri saya Peng Liyuan dan saya menyampaikan simpati kami dan berharap Anda dan istri Anda cepat sembuh."

 

5. Barack Obama

Donald Trump dan Barack Obama (AP)
Donald Trump dan Barack Obama (AP)

Mantan Presiden Barack Obama juga mengirimkan doa untuk Presiden Donald Trump dan ibu negara, Melania Trump agar mendapatkan perawatan yang baik dan kesembuhan pada Jumat 2 Oktober 2020, setelah mereka didiagnosis dengan COVID-19 .

"Izinkan saya memulai, dengan hanya menyatakan bahwa kita berada di tengah pertarungan politik besar. Dan kami menanganinya dengan sangat serius," kata Obama saat penggalangan dana virtual dengan calon wakil presiden dari Partai Demokrat Kamala Harris untuk Biden-Harris.

"Kami juga ingin menyampaikan harapan terbaik kami kepada Presiden Amerika Serikat, ibu negara ... Michelle dan saya berharap mereka dan orang lain yang telah terinfeksi oleh COVID-19 di seluruh negeri mendapatkan perawatan yang mereka butuhkan, bahwa mereka akan berada di jalan menuju pemulihan yang cepat," kata Obama.

6. Bill dan Hillary Clinton

Presiden AS Donald Trump bersama mantan presiden Barack Obama, mantan presiden Bill Clinton dan mantan presiden Jimmy Carter menghadiri prosesi pemakaman kenegaraan George HW Bush di Katedral Nasional Washington, Rabu (5/12). (AP/Alex Brandon, Pool)
Presiden AS Donald Trump bersama mantan presiden Barack Obama, mantan presiden Bill Clinton dan mantan presiden Jimmy Carter menghadiri prosesi pemakaman kenegaraan George HW Bush di Katedral Nasional Washington, Rabu (5/12). (AP/Alex Brandon, Pool)

Mantan Presiden Bill Clinton berharap Presiden Trump dan Melania Trump "cepat pulih" setelah pasangan itu mengumumkan sebelumnya pada hari Jumat bahwa mereka berdua dites positif terkena virus corona baru.

"Kami berharap Presiden dan Ibu Negara segera pulih, dan berharap keselamatan staf Gedung Putih, Dinas Rahasia, dan lainnya mempertaruhkan nyawa mereka," tulisnya. 

"Pandemi ini telah mempengaruhi begitu banyak orang. Kita harus terus melindungi diri kita sendiri, keluarga kita, dan komunitas kita."

 Mantan Menteri Luar Negeri dan calon dari Partai Demokrat, Hillary Clinton berbagi pesan yang sama pada hari Jumat di Twitter.

7. Boris Johnson

PM Boris Johnson bersalaman dengan Presiden Donald Trump pada Sidang Umum PBB tahun 2017. (Source: AP/ Evan Vucci)
PM Boris Johnson bersalaman dengan Presiden Donald Trump pada Sidang Umum PBB tahun 2017. (Source: AP/ Evan Vucci)

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan bahwa dia yakin Presiden AS Donald Trump akan menjalani pemulihan yang sangat kuat dari COVID-19, dengan menyebutnya sebagai "karakter yang sangat tangguh".

Johnson, yang juga sebelumnya pernah dirawat di rumah sakit karena virus corona pada bulan April, berbicara kepada wartawan menjelang panggilan tentang Brexit dengan Uni Eropa pada Sabtu malam.

"Saya tidak ragu dia akan melaluinya, dia akan menjalani pemulihan yang sangat kuat," kata Johnson.

"Dia secara alami memiliki karakter yang sangat tangguh dan saya yakin dia akan melewatinya dengan sangat baik."

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Kesalahan yang Membuat Kulit Wajah Lebih Berminyak

Posted: 03 Oct 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki wajah berminyak memang sangat mengganggu penampilan. Terlebih jika terjadi pada wanita yang bekerja bertatap muka langsung dengan orang lain. Agar tidak merasa terganggu, sebaiknya wajah berminyak harus segera diatasi.

Jenis kulit berminyak berarti kelenjar sebaceous terlalu aktif. Kondisi tersebut membuat kulit berminyak sehingga dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. Sementara pori-pori kulit wajah yang tersumbat menjadi komedo dan bintik-bintik. 

Kondisi itu makin diperparah jika produksi minyak pada kulit tak kunjung mereda. Ternyata, ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan sehingga memunculkan minyak berlebih di wajahmu. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya seperti melansir dari Times of India, Minggu (4/10/2020).

 

1. Sering Mencuci Wajah

Apakah selama ini Anda merasa sudah benar dalam melakukan ritual mencuci wajah? Ternyata ada kesalahan yang sering terjadi saat mencuci muka
Apakah selama ini Anda merasa sudah benar dalam melakukan ritual mencuci wajah? Ternyata ada kesalahan yang sering terjadi saat mencuci muka

Banyak individu beranggapan dengan sering mencuci wajah menjamin kulit jadi sehat dan bersih. Hal ini perlu diperhatikan jika Anda memiliki masalah kulit berminyak, frekuensi mencuci yang berlebihan akan menyebabakan kandungan minyak semakin banyak.

Segala sesuatu yang serba berlebihan tentu tidak akan baik bagi Anda, begitu pula dengan tahapan perawatan kulit. 

2. Kulit Kurang Terhidrasi

Ilustrasi Meminum Air Putih Credit: pexels.com/Daria
Ilustrasi Meminum Air Putih Credit: pexels.com/Daria

Ketika tubuhmu tidak terhidrasi dengan baik, hal ini membuat kulit Anda semakin kering. Untuk menyikapi masalah tersebut, sel-sel pada tubuh mengirimkan sinyal ke kelenjar minyak. Tujuannya untuk menyeimbangkan kelembaban kulit, tetapi tak bisa dipungkiri memungkinkan kulit Anda memproduksi minyak berlebih.

Nantinya, kelenjar minyak berperan untuk melumasi kulit jika tidak ada air di tubuh Anda.

3. Tidak Menggunakan Pelembab

Ilustrasi kulit wajah berminyak | pexels.com/@olly
Ilustrasi kulit wajah berminyak | pexels.com/@olly

Jika Anda berpikir tidak memakai pelembap akan menghindari potensi kulit berminyak, Anda salah besar. Kondisi ini malah sebaliknya, produk pelembap sangat membantu kulit Anda tetap terhidrasi.

Alhasil, laju produksi minyak dapat dikendalikan. Oleh karena itu, setiap melakukan rangkaian perawatan wajah produk pelembab merupakan elemen terpenting yang tidak boleh terlewatkan.

Untuk memulainya Anda bisa menggunakan pelembab yang ringan untuk melihat apakah produk tersebut bekerja dengan baik untuk kulit Anda.

4. Menggunakan Produk Kecantikan dengan Kandungan Berat

Ilustrasi Penggunaan Makeup Credit: pexels.com/Adrienn
Ilustrasi Penggunaan Makeup Credit: pexels.com/Adrienn

Penting bagi Anda mengetahui jenis kulit Anda. Dengan mengenalinya, Anda dapat memilah produk kecantikan yang cocok untuk kulit Anda. Misalnya saja produk kecantikan berupa krim dengan kandungan berat.

Hal ini dikarenakan, pengaplikasian krim pada kulit berminyak menyumbatkan pori-pori dan produk minyak berlebih. Untuk mengakalinya, Anda bisa gunakan bahan asam salisilat pada pencuci muka atau toner untuk mengontrol produksi minyak.

Tidak semua krim dilarang pada kulit berminyak, kandungan adapalene atau asam azelaic pada krim malam turut berperan mengurangi produksi minyak.

5. Stres Berlebih

Terlalu banyak hormon kortisol dalam otak bisa menyebabkan kegilaan (Sumber foto: outlookaub.com)
Terlalu banyak hormon kortisol dalam otak bisa menyebabkan kegilaan (Sumber foto: outlookaub.com)

Saat kaum hawa melewati proses pubertas, kehamilan, dan menopause, ketiganya termasuk momen tepat bagi hormon-hormon produksi minyak berfluktuasi dengan pesat.

Pada masa-masa itu, tak jarang individu merasa stres menghadapinya, ditambah lagi dengan keberadaan kortisol menyebabkan produksi sebum.

Mengapa bisa terjadi? Karena pada kondisi ini fungsi kapiler Anda menurun yang memicu aliran darah meninggalkan kulit dan menuju ke organ dalam dan otak. Hal ini pada akhirnya menyebabkan lebih banyak produksi sebum.

Penulis:

Ignatia Ivani 

Universitas Multimedia Nusantara

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Presiden Donald Trump Jalani Pengobatan Eksperimental COVID-19

Posted: 03 Oct 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Amerika Serikat Donald Trump menjalani pengobatan campuran antibodi eksperimental COVID-19. Hal tersebut disampaikan dokter kepresidenan AS, Sean Conley.

Conley mengatakan Donald Trump menerima dosis antibodi ganda obat dari Regeneron Pharmaceuticals melalui intravena. Lalu, ia juga mengonsumsi multivitamin seperti zinc, vitamin D, famotidine, melatonin, serta aspirin.

Melansir Antara, obat Regeneron, REGN-COV2, merupakan bagian dari kelas obat COVID-19 eksperimental yang dikenal sebagai antibodi monoklonal. Obat ini membuat salinana buatanantibodi manusia terhadap virus.

Teknik ini memang masih terbatas digunakan tapi menjanjikan seperti disampaikan Kepala Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Anthony Fauci.

Pekan ini, Regeneron melaporkan hasil uji klinis bahwa obat antibodi buatannya memperlihatkan hasil positif. Bisa mengobati gejala pada pasien rawat jalan COVID-19 tanpa efek samping serius.

 

Soal Donald Trump Positif COVID-19

Presiden AS, Donald Trump didampingi istrinya Melania tiba pada hari pertama KTT G-20 di Hamburg, Jerman utara, Jumat, (7/7). Sejumlah pemimpin negara berkumpul dalam KTT G20 pada 7-8 Juli 2017. (AP Photo/Markus Schreiber)
Presiden AS, Donald Trump didampingi istrinya Melania tiba pada hari pertama KTT G-20 di Hamburg, Jerman utara, Jumat, (7/7). Sejumlah pemimpin negara berkumpul dalam KTT G20 pada 7-8 Juli 2017. (AP Photo/Markus Schreiber)

Sebelumnya, Trump mengatakan bahwa dirinya terkena virus corona COVID-19 bersama sang istri, Melania. Pengumuman ini ia sampaikan lewat akun Twitternya.

"Kami akan segera memulai prsoes karantina dan pemulihan. Kami akan melewati ini BERSAMA," kata Donald Trump pada Jumat (2/10/2020).

Menurut AP News, Trump positif COVID-19 beberapa jam usai penasehatnya Hope Hicks, juga dilaporkan terkonfirmasi atas penyakit tersebut.

Dokter kepresidenan Sean Conley mengatakan bahwa saat ini Trump dan Melania baik-baik saja meski dinyatakan positif COVID-19. Namun, ia tidak mengungkapkan gejala yang dialaminya.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Momen Kocak Bapak-Bapak Main Catur Ini Bikin Tepuk Jidat

Posted: 03 Oct 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bukan rahasia lagi kalau bapak-bapak selalu curi perhatian di setiap kelakuannya. Seperti saat bapak-bapak sedang melepas penat dengan bermain catur. Namun permainan catur terkadang dilakukan dengan nyeleneh dan mengundang gelak tawa.

Mulai bermain catur bersama kucing hingga bermain catur di papan karambol, menjadi bukti permainan catur yang dilakukan bapak-bapak ini bikin tepuk jidat. Banyak yang tak menyangka, bapak-bapak bisa bermain catur dengan kocak seperti itu.

Saking kocaknya kelakuan bapak-bapak saat main catur ini sampai viral di media sosial. Banyak netizen mengomentari dengan berbagai komentar kocak terkait bapak-bapak main catur yang nyeleneh. Nyelenehnya bapak-bapak ini cukup menghibur banyak netizen setelah melihat foto kocak tersebut.

Penasaran kan dengan momen kocak bapak-bapak saat main catur? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, momen kocak bapak-bapak saat main catur, Minggu (4/1/2020).

1. Ketika pengen main catur namun juga pengen main karambol.

6 Momen Kocak Bapak-Bapak saat Main Catur Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber: Instagram.com/sukijan.id)
6 Momen Kocak Bapak-Bapak saat Main Catur Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber: Instagram.com/sukijan.id)

2. Tak cukup main catur di dunia nyata, di dunia maya pun juga bermain.

6 Momen Kocak Bapak-Bapak saat Main Catur Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber: Instagram.com/sukijan.id)
6 Momen Kocak Bapak-Bapak saat Main Catur Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber: Instagram.com/sukijan.id)

3. Definisi sebenarnya pertarungan antar raja.

6 Momen Kocak Bapak-Bapak saat Main Catur Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber: 1cak.com)
6 Momen Kocak Bapak-Bapak saat Main Catur Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber: 1cak.com)

4. Main catur papan kebalik memang antimainstream.

6 Momen Kocak Bapak-Bapak saat Main Catur Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber: 1cak.com)
6 Momen Kocak Bapak-Bapak saat Main Catur Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber: 1cak.com)

5. Emang kucingnya bisa main ya?

6 Momen Kocak Bapak-Bapak saat Main Catur Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber: 1cak.com)
6 Momen Kocak Bapak-Bapak saat Main Catur Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber: 1cak.com)

6. Enggak papa, yang penting bisa melepas penat.

6 Momen Kocak Bapak-Bapak saat Main Catur Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber: 1cak.com)
6 Momen Kocak Bapak-Bapak saat Main Catur Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber: 1cak.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Berita Bola: Kabar Baik dari Sevilla untuk MU

Posted: 03 Oct 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Manchester United (MU) masih belum menambah pemain baru yang akan diboyong musim ini. Padahal bursa transfer akan ditutup besok, Senin 5 Oktober.

Fans MU masih bertanya-tanya siapa gerangan pemain yang akan datang lagi ke Old Trafford. Sejauh ini, beberapa nama sudah menyeruak ke permukaan seperti Edinson Cavani, Ousmane Dembel dan Luka Jovic.

Namun menjelang bursa transfer ditutup, kabar baik itu justru datang dari Sevilla? Seperti apa kabar baiknya, langsung aja cek beritanya di kanal bola.

Soalnya berita transfer Manchester United ini jadi yang paling banyak dibaca hingga pagi ini. Selain soal transfer dari Sevilla, MU juga masih menanti kabar dari Jadon Sancho yang dikabarkan ingin hengkang dari Borussia Dortmund.

AC Milan juga masuk dalam daftar berita yang paling banyak dibaca. Berikut Top 3 Berita Bola hingga pagi ini:

 

1. MU Dapat Kabar Baik dari Sevilla di Penghujung Bursa Transfer

Suasana di luar kandang Manchester United (MU), Old Trafford. (AFP/Oli Scarff)
Suasana di luar kandang Manchester United (MU), Old Trafford. (AFP/Oli Scarff)

Manchester United (MU) sedang sangat sibuk jelang penutupan bursa transfer pemain musim panas 2020. MU membutuhkan beberapa pemain baru lagi untuk memperkuat tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer. Baca selengkapnya di sini.

 

2. Jadon Sancho Memberi Tahu Dortmund Ingin Pindah ke Manchester United

Jadon Sancho - Jadon Sancho disebut-sebut sebagai target utama Manchester United di bursa transfer. Manchester United pun masih terus melobi Borussia Dortmund untuk bisa melepas Jadon Sancho pada bursa transfer musim panas ini. (AFP/Ina Fassbender)
Jadon Sancho - Jadon Sancho disebut-sebut sebagai target utama Manchester United di bursa transfer. Manchester United pun masih terus melobi Borussia Dortmund untuk bisa melepas Jadon Sancho pada bursa transfer musim panas ini. (AFP/Ina Fassbender)

Manchester United (MU) dikabarkan sudah mengajukan tawaran 91,3 juta pound atau sekitar Rp 1,75 triliun untuk Jadon Sancho pada pekan lalu. Setan Merah belum mau menyerah mendapatkan pemain sayap Borussia Dortmund itu, dengan hanya tiga hari tersisa sebelum bursa transfer musim panas ditutup. Baca selengkapnya di sini.

 

3.Dapat Dana Tambahan, AC Milan Malah Kebingungan Beli Pemain

Crotone vs AC Milan: Brahim Diaz Menangkan I Rossoneri (AP)
Crotone vs AC Milan: Brahim Diaz Menangkan I Rossoneri (AP)

 

Hasil fantastis diraih AC Milan pada playoff Liga Europa yang berlangsung Jumat (2/10/2020) dini hari WIB. Milan menang adu penalti dramatis 9-8 atas Rio Ave setelah sebelumnya kedua tim bermain imbang 2-2. Baca selengkapnya di sini.

Saksikan Video MU di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Saran dari Apple untuk Atasi iOS 14 yang Boros Baterai

Posted: 03 Oct 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Update sistem operasi kerap kali dibarengi dengan sejumlah kekurangan yang tidak diinginkan. Tampaknya, pembaruan OS terbaru Apple, yakni iOS 14 dan WatchOS 7 juga tidak terbebas dari cela.

Mengutip laman The Verge, Minggu (4/10/2020), ada pengguna yang mengeluhkan berbagai hal sejak mereka memperbarui sistem operasi perangkatnya.

Keluhan yang diungkap pengguna antara lain adalah kehilangan data fitness, tak bisa membuka aplikasi kesehatan, laporan yang tidak akurat, dan yang paling parah adalah baterai iPhone dan Apple Watch yang cepat habis.

Para pengguna mencuitkan baterai perangkatnya sangat cepat habis setelah update ke iOS 14. Salah satu pengguna menyebut, baterainya berkurang drastis dari 90 persen ke 3 persen dalam satu jam.

Apple telah menghadirkan satu perbaikan bug di versi 14.0.1, namun tidak ada solusi untuk memperbaiki baterai yang cepat habis itu.

Saran Apple

Salah satu fitur keamanan yang ada di iOS 14. (Doc. Apple)
Salah satu fitur keamanan yang ada di iOS 14. (Doc. Apple)

Apple pun menyarankan pengguna yang mengalami satu atau dua masalah di atas untuk meng-unpair iPhone dan Apple Watch, kemudian mem-backup data ke iCloud.

Selanjutnya Apple menyarankan pengguna untuk menghapus semua konten dari iPhone mereka, lalu pengguna diminta memulihkan kembali data iPhone dan Apple Watch dari iCloud.

Apple pun menyarankan pengguna untuk mengikuti instruksi di atas untuk mencegah kehilangan data di masa mendatang.

Sementara, pengguna yang belum memperbarui sistem operasi ke iOS 14 disarankan untuk tidak meng-update perangkat mereka hingga Apple menghadirkan perbaikan atas masalah-masalah di atas.

Adopsi iOS 14 Tinggi

(Foto: stevepb/Pixabay) Ilustrasi Iphone.
(Foto: stevepb/Pixabay) Ilustrasi Iphone.

Beberapa minggu lalu, Apple menggulirkan update sistem operasi terbaru iOS 14. Rupanya hanya dalam waktu 5 hari hingga angka adopsi iOS 14 telah menyentuh 26,8 persen dari jumlah perangkat yang ada. Demikian berdasarkan data dari Mixpanel.

Mengutip laman Apple Insider, Selasa (22/9/2020), Mixpanel menyebut angka adopsi ini tampaknya melampaui adopsi iOS 13 setelah 5 hari digulirkan pada tahun lalu. Saat itu, dalam lima hari kehadirannya, iOS 13 dipasang di 20 persen iPhone yang ada di dunia.

Perlu diketahui, pada 16 September lalu, Apple resmi merilis iOS 14 untuk iPhone dan iPod Touch, serta iPadOS 14 untuk iPad.

Disebutkan, yang membuat iOS 14 lebih cepat diadopsi karena kehadiran berbagai fitur barunya. Misalnya, opsi kustomisasi Home Screen yang baru serta kemampuan untuk mengatur email dan browser pihak ketiga sebagai sistem default di iPhone.

Data Mixpanel sendiri memasukkan adopsi iPadOS 14 yang diestimasi berdasarkan analisis penggunaan website dan aplikasi.

Biasanya selain dari perusahaan riset, pihak Apple juga merilis angka adopsi iOS terbaru. Namun perilisan angka adopsi ini dilakukan sekitar 1 bulan setelah perilisan iOS 14.

(Tin/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rachmat Gobel Dorong Bahan Baku Berkualitas bagi Perajin Kulit

Posted: 03 Oct 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua DPR RI bidang industri dan pembangunan, Rachmat Gobel mendorong, para perajin kulit yang ada di Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur, untuk tampil di pasar global dengan memanfaatkan situasi pandemi COVID-19 seperti saat ini.

"Pandemi seperti ini adalah momentum untuk mengisi pasar global dunia. Untuk itu, kepada Kementerian Perindustrian untuk bisa memberikan terobosan," katanya saat berdialog dengan perajin kulit di Tanggulangin, Sidoarjo, Jatim, Sabtu, 3 Oktober 2020.

Ia mengatakan, untuk menuju pasar dunia itu juga diperlukan standardisasi seperti kondisi bahan baku kulit yang berkualitas bagus dengan standar nasional Indonesia (SNI), dilansir dari Antara.

"Jangan sampai industri penyamakan kulit itu hasil yang bagus diekspor semuanya keluar negeri. Sedangkan untuk perajin dapat jatah bahan baku yang kurang bagus," ujar dia.

Ia mengatakan, pihaknya mendorong supaya ada pasokan bahan baku, terutama aksesoris yang dapat menunjang hasil produksi perajin.

"Kalau pengadaan aksesoris memang menjadi masalah klasik dan harus dicarikan jalan tengahnya," katanya di Sidoarjo.

 

Susah Pasarkan Produk

Pusat kerajinan kulit Cibaduyut, Bandung. | via: ragamtempatwisata.com
Pusat kerajinan kulit Cibaduyut, Bandung. | via: ragamtempatwisata.com

Sementara itu, Ketua Koperasi Intako Djunaidi saat dikonfirmasi pada kesempatan yang sama mengatakan saat ini memang terjadi penurunan produksi hingga 95 persen.

"Kalau dulu saat ada semburan lumpur tidak seperti ini karena waktu itu hasil produksi kami masih bisa dipasarkan ke tempat lain. Beda dengan pandemi ini kami susah untuk memasarkan produk kami," katanya.

Sebelum melakukan kunjungan ke perajin kulit di Tanggulangin dirinya bersama rombongan dari DPR RI melakukan kunjungan ke perusahaan pembuatan mebel PT Integra dan juga pabrik sepeda Polygon di Sidoarjo.

Hadir mendampingi kunjungan itu, anggota DPR RI Mufti Anam, Charles Meikiansyah, dan juga Sulaiman.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Momen Haru Kapolda NTT Pakaikan Kaki Palsu ke Bocah Difabel Yesi Ndun

Posted: 03 Oct 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Kupang - Stenly Yesi Ndun, bocah difabel asal desa Tuapanaf, Kecamatan Takari, Kabupaten Kupang, NTT, kini bisa tersenyum lega karena sudah mempunyai kaki palsu.

Kaki palsu yang saat ini dipakai Yesi merupakan pemberian dari Kapolda Nusa Tenggara Timur, Irjen Pol Lotharia Latif. Kaki palsu itu langsung dipakaikan ke kaki Stenly Yesi Ndun oleh Irjen Pol Lotharia Latif, di halaman Mapolsek Takari, Jumat (2/10/2020).

Menurut Irjen Pol Lotharia Latif, kondisi Yesi Ndun diketahuinya melalui media. Setelah membaca pemberitaan tentang bocah itu, hatinya tergerak untuk harus membantu.

"Terimakasih teman-teman media, momen ini merupakan kebahagiaan tersendiri bagi saya dan Polda Nusa Tenggara Timur karena bisa bertemu langsung dengan anak Stenly Yesi Ndun," ucapnya.

Ia menambahkan, setelah mendapat biodata dan alamat sang bocah difabel ini, ia kemudian memerintahkan Kabiddokes untuk menemui Yesi.

"Setelah mengetahui informasi ini, saya langsung merespons dan kepada Kabiddokes, saya bilang ini adalah anak kita (Yesi Ndun) yang perlu mendapat perhatian," dia menegaskan.

 

Cita-Cita Tinggi Yesi Ndun

Semangat dan kesungguhan Yesi dalam meraih cita-cita yang cukup tinggi, membuat ia tergerak membantu Yesi. Ia berharap dengan kaki palsu itu, Yesi Ndun bisa melakukan aktivitas apa pun setiap hari, layaknya anak-anak normal lainnya.

"Kekurangan itu bukan satu halangan untuk mencapai kesuksesan, banyak orang-orang yang mungkin dengan keterbatasan justru lebih hebat dari orang-orang yang memiliki kesempurnaan. Kita doakan Yesi agar kedepannya menjadi orang hebat dari Takari," katanya.

Yesi yang bercita-cita menjadi anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) itu hanya bisa tersipu malu ketika disuruh untuk mencoba berjalan menggunakan kaki palsunya. Karena baru pertama memakai, Yesi tertatih-tatih berjalan.

"Terimakasih banyak Bapak Kapolda sudah berkenan memberikan kaki palsu kepada saya," ucap Yesi sambil menunduk.

Selain menyerahkan kaki palsu untuk Yesi, Kapolda yang didampingi Ketua Bhayangkari Daerah Nusa Tenggara Timur Evi Lotharia Latif, Kabiddokes Kombes Pol dr.Sudaryono dan Kabidhumas Kombes Pol. Jo Bangun, juga menyerahkan bantuan sosial berupa sembako kepada masyarakat, serta APD kepada Personel Polsek Takari.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Pakai Masker Jadi Kelaziman Baru di Roma

Posted: 03 Oct 2020 08:00 PM PDT

Orang-orang memakai masker saat mereka berjalan di pusat kota Roma pada Sabtu (3/10/2020). Mulai Sabtu, masker wajah harus dipakai setiap saat di luar rumah di ibu kota Italia, Roma dan wilayah sekitar Lazio untuk meredam infeksi Covid-19 yang meningkat. (AP Photo/Andrew Medichini)
Orang-orang memakai masker saat mereka berjalan di pusat kota Roma pada Sabtu (3/10/2020). Mulai Sabtu, masker wajah harus dipakai setiap saat di luar rumah di ibu kota Italia, Roma dan wilayah sekitar Lazio untuk meredam infeksi Covid-19 yang meningkat. (AP Photo/Andrew Medichini)

Orang-orang memakai masker saat mereka berjalan di pusat kota Roma pada Sabtu (3/10/2020). Mulai Sabtu, masker wajah harus dipakai setiap saat di luar rumah di ibu kota Italia, Roma dan wilayah sekitar Lazio untuk meredam infeksi Covid-19 yang meningkat. (AP Photo/Andrew Medichini)

Orang-orang memakai masker untuk mencegah penyebaran COVID-19 saat mereka berjalan di pusat kota Roma pada Sabtu (3/10/2020). Masker wajah harus dipakai setiap saat di luar rumah di ibu kota Italia, Roma dan wilayah sekitar Lazio mulai Sabtu, 3 Oktober. (AP Photo/Andrew Medichini)
Orang-orang memakai masker untuk mencegah penyebaran COVID-19 saat mereka berjalan di pusat kota Roma pada Sabtu (3/10/2020). Masker wajah harus dipakai setiap saat di luar rumah di ibu kota Italia, Roma dan wilayah sekitar Lazio mulai Sabtu, 3 Oktober. (AP Photo/Andrew Medichini)

Orang-orang memakai masker untuk mencegah penyebaran COVID-19 saat mereka berjalan di pusat kota Roma pada Sabtu (3/10/2020). Masker wajah harus dipakai setiap saat di luar rumah di ibu kota Italia, Roma dan wilayah sekitar Lazio mulai Sabtu, 3 Oktober. (AP Photo/Andrew Medichini)

Orang-orang memakai masker untuk mencegah penyebaran COVID-19 saat mereka berjalan-jalan di pusat kota Roma pada Sabtu (3/10/2020). Masker wajah harus dipakai setiap saat di luar rumah di ibu kota Italia, Roma dan wilayah sekitar Lazio mulai Sabtu, 3 Oktober. (AP Photo/Andrew Medichini)
Orang-orang memakai masker untuk mencegah penyebaran COVID-19 saat mereka berjalan-jalan di pusat kota Roma pada Sabtu (3/10/2020). Masker wajah harus dipakai setiap saat di luar rumah di ibu kota Italia, Roma dan wilayah sekitar Lazio mulai Sabtu, 3 Oktober. (AP Photo/Andrew Medichini)

Orang-orang memakai masker untuk mencegah penyebaran COVID-19 saat mereka berjalan-jalan di pusat kota Roma pada Sabtu (3/10/2020). Masker wajah harus dipakai setiap saat di luar rumah di ibu kota Italia, Roma dan wilayah sekitar Lazio mulai Sabtu, 3 Oktober. (AP Photo/Andrew Medichini)

Orang-orang memakai masker saat berjalan keluar dari stasiun subway di Roma pada Sabtu (3/10/2020). Mulai Sabtu, masker wajah harus dipakai setiap saat di luar rumah di ibu kota Italia, Roma dan wilayah sekitar Lazio untuk meredam infeksi Covid-19 yang meningkat. (AP Photo/Andrew Medichini)
Orang-orang memakai masker saat berjalan keluar dari stasiun subway di Roma pada Sabtu (3/10/2020). Mulai Sabtu, masker wajah harus dipakai setiap saat di luar rumah di ibu kota Italia, Roma dan wilayah sekitar Lazio untuk meredam infeksi Covid-19 yang meningkat. (AP Photo/Andrew Medichini)

Orang-orang memakai masker saat berjalan keluar dari stasiun subway di Roma pada Sabtu (3/10/2020). Mulai Sabtu, masker wajah harus dipakai setiap saat di luar rumah di ibu kota Italia, Roma dan wilayah sekitar Lazio untuk meredam infeksi Covid-19 yang meningkat. (AP Photo/Andrew Medichini)

Seorang perempuan memakai masker saat dia mengendarai skuter di Forum Romawi di Roma pada Sabtu (3/10/2020). Masker wajah harus dipakai setiap saat di luar rumah di ibu kota Italia, Roma dan wilayah sekitar Lazio mulai Sabtu, 3 Oktober. (AP Photo/Andrew Medichini)
Seorang perempuan memakai masker saat dia mengendarai skuter di Forum Romawi di Roma pada Sabtu (3/10/2020). Masker wajah harus dipakai setiap saat di luar rumah di ibu kota Italia, Roma dan wilayah sekitar Lazio mulai Sabtu, 3 Oktober. (AP Photo/Andrew Medichini)

Seorang perempuan memakai masker saat dia mengendarai skuter di Forum Romawi di Roma pada Sabtu (3/10/2020). Masker wajah harus dipakai setiap saat di luar rumah di ibu kota Italia, Roma dan wilayah sekitar Lazio mulai Sabtu, 3 Oktober. (AP Photo/Andrew Medichini)

Seorang perempuan memakai masker saat dia berjalan di dekat Forum Romawi di Roma pada Sabtu (3/10/2020). Mulai Sabtu, masker wajah harus dipakai setiap saat di luar rumah di ibu kota Italia, Roma dan wilayah sekitar Lazio untuk meredam infeksi Covid-19 yang meningkat. (AP Photo/Andrew Medichini)
Seorang perempuan memakai masker saat dia berjalan di dekat Forum Romawi di Roma pada Sabtu (3/10/2020). Mulai Sabtu, masker wajah harus dipakai setiap saat di luar rumah di ibu kota Italia, Roma dan wilayah sekitar Lazio untuk meredam infeksi Covid-19 yang meningkat. (AP Photo/Andrew Medichini)

Seorang perempuan memakai masker saat dia berjalan di dekat Forum Romawi di Roma pada Sabtu (3/10/2020). Mulai Sabtu, masker wajah harus dipakai setiap saat di luar rumah di ibu kota Italia, Roma dan wilayah sekitar Lazio untuk meredam infeksi Covid-19 yang meningkat. (AP Photo/Andrew Medichini)

Orang-orang memakai masker saat mereka berjalan melewati Air Mancur Trevi, di Roma pada Sabtu (3/10/2020). Masker wajah harus dipakai setiap saat di luar rumah di ibu kota Italia, Roma dan wilayah sekitar Lazio mulai Sabtu, 3 Oktober. (AP Photo/Andrew Medichini)
Orang-orang memakai masker saat mereka berjalan melewati Air Mancur Trevi, di Roma pada Sabtu (3/10/2020). Masker wajah harus dipakai setiap saat di luar rumah di ibu kota Italia, Roma dan wilayah sekitar Lazio mulai Sabtu, 3 Oktober. (AP Photo/Andrew Medichini)

Orang-orang memakai masker saat mereka berjalan melewati Air Mancur Trevi, di Roma pada Sabtu (3/10/2020). Masker wajah harus dipakai setiap saat di luar rumah di ibu kota Italia, Roma dan wilayah sekitar Lazio mulai Sabtu, 3 Oktober. (AP Photo/Andrew Medichini)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

DJ Winfred Tampil Memukau Hibur Penggemar Meski Idap Cerebral Palsy

Posted: 03 Oct 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menjadi penyandang disabilitas tak menyurutkan semangat Winfred Wanjiku untuk menghibur penggemarnya. Bintang hiburan Kenya ini bahkan tak pernah menyangka ia bisa terkenal di negaranya.

Seperti dimuat africa.cgtn, Winfred terlahir dengan cerebral palsy, suatu kelainan yang memengaruhi kemampuan seseorang untuk bergerak dan menjaga keseimbangan serta postur tubuh. Dalam kasusnya, gerakan lengannya tidak terkoordinasi sebagaimana mestinya.

Namun, terlepas dari besarnya tantangan yang dia hadapi, Winfred memanfaatkan sebaik-baiknya apa yang dia miliki, yaitu tekadnya.

Sebagai seorang gadis muda, Winfred bersekolah di Central Province of Kenya, meskipun sering mengalami kesulitan. Namun kecintaannya pada musik sangat dalam. Ia juga tidak pernah ragu untuk mencoba berkontribusi dalam pekerjaan keluarga.

Setelah menyelesaikan pendidikan menengahnya, dia memutuskan untuk melanjutkan kursus di bidang manajemen perjalanan dan pariwisata.

Kondisinya membuat Winfred cukup sulit mendapat pekerjaan. Namun ia memberanikan diri memulai bisnis dengan menjajakan dagangannya. Selama berbulan-bulan, dia menjual aksesori wanita di kota Thika, sekitar 40 kilometer dari ibu kota, Nairobi.

Di sebagian besar tahun 2017, dia terus memberanikan diri dalam bisnis menjajakan yang sulit untuk mencari nafkah dan membantu keluarganya.

Tumbuh dengan disabilitas, Winfred dekat dengan ibunya, yang dia anggap sebagai pilar terkuat dalam hidupnya.

Ibunya percaya bahwa dia bisa mencapai lebih banyak hal meskipun ada tantangan yang muncul dari kondisinya. Ibunya secara khusus mencatat kecintaannya pada musik, dan berpikir mungkin dia bisa mengubah gairah itu menjadi sumber pendapatan.

"Saya menyukai musik. Saat itu saya sedang berada di rumah dan ibu menanyakan, 'Winnie, saya lihat kamu menyukai musik. Tidak bisakah kamu melakukan DJ?". Saat itu Winfred hanya menertawakannya dengan mengira itu hanya lelucon ibunya. Tapi kemudian saya memikirkannya dan merasa mampu menjadi seorang DJ. Sejak saat itu ia memutuskan terjun ke dunia DJ, tentunya setelah menyelesaikan kursus Pariwisatanya, kata Winfred.

"Ibuku melihat bakatku sebelum aku melakukannya." Sehingga Winfred memutuskan untuk melakukannya.

 

Kelahiran DJ Wiwa

Pada tahun 2018, Winfred mendaftar untuk kursus DJ, Dia melatih dirinya untuk mengoperasikan dek DJ menggunakan kakinya, sama seperti DJ lain menggunakan tangan mereka.

Dia menciptakan nama panggungnya DJ WIWA, singkatan dari Winfred Wanjiku. Kondisinya membedakannya dari disk jockey lainnya, tetapi itu tidak memuaskan ambisinya. Tekadnya telah membuatnya menjadi bintang di industri hiburan saat ini dan semoga seterusnya.

Beberapa orang masih terkejut setiap kali dia muncul di acara sebagai disk jockey utama dan itu Winfred gunakan untuk memotivasi dirinya.

"Saat saya dipekerjakan untuk sebuah pertunjukan, penontonnya terkejut. Mereka bertanya, 'Bisakah DJ ini melakukannya?' Mereka terkejut pada awalnya, jadi saya melakukan yang terbaik untuk menunjukkan kepada mereka bahwa saya bisa, "katanya.

Kini ceritanya telah menginspirasi banyak orang dan perlahan-lahan menjadi bersinar dengan caranya sendiri.

"Saat saya berjalan di jalanan, orang mengenali saya. Mereka mengatakan 'DJ Wiwa, Anda melakukan pekerjaan dengan baik.' Beberapa mengatakan kepada saya bahwa saya adalah inspirasi bagi anak-anak mereka. Itu membuatku merasa baik. Ketika saya dilatih menjadi DJ, saya tidak menyangka akan menjadi inspirasi. Saya melakukannya karena passion/hasrat yang saya miliki untuk musik. Saya senang passion saya menjadi inspirasi bagi orang lain," kata Winfred.

Sayangnya, Winfred kehilangan ibunya pada tahun 2019, pukulan besar baginya karena dia telah merencanakan banyak hal untuknya.

Meskipun kematian ibunya membuatnya merasakan kesedihan yang mendalam, namun ia terus membawa semangat dari ibunya yang membuatnya bangkit dan menjadi inspirasi banyak orang.

"Tahun lalu, impian saya adalah membangun rumah untuk ibu saya. Untuk memberinya kehidupan yang lebih baik. Tapi dia meninggal pada bulan Desember. Sekarang, impian saya adalah memastikan bahwa saya tidak mengecewakannya. Saya harus menjadi seseorang yang sangat berharga," katanya.

Seperti setiap penghibur di Kenya, Winfred terpengaruh oleh wabah COVID-19. Tindakan pemerintah yang dimaksudkan untuk mengekang penyebaran penyakit lebih lanjut berarti tempat hiburan ditutup dan pertemuan publik dilarang.

Tetapi masa kini memiliki pilihan hiburan online. Tak melepaskan kesempatan itu, Winfred memindahkan aksinya ke media sosial (Winnie Daniel - Dj Wiwa) tempat ribuan penggemarnya masih menghubunginya dan menikmati musiknya.

Infografis Polusi Udara di Dunia Menurun

Infografis Polusi Udara di Dunia Menurun saat Pandemi Corona. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Polusi Udara di Dunia Menurun saat Pandemi Corona. (Liputan6.com/Trieyasni)

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebelum Meninggal Dunia, Ayah Nino RAN Dirawat Dua Pekan karena Komplikasi

Posted: 03 Oct 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Duka tengah menyelimuti penyanyi Nino RAN. Ayahnya, Agung Setyawicaksono, meninggal dunia pada Sabtu (3/10/2020) malam sekitar pukul 19.30.

Kabar meninggalnya ayah Nino RAN pertama kali diumumkan Asri Welas melalui akun Instagramnya.

Saat dikonfirmasi, Lutfi manajer Nino RAN membenarkan kabar tersebut.

"Iya betul (meninggal dunia)," kata Lutfi saat dihubungi, Sabtu, (3/10/2020).

Dua Pekan Dirawat

Terbentuk pada 2006, RAN tak butuh waktu lama untuk merintis eksistensinya di industri musik Indonesia sampai saat ini. (Foto: Bintang.com/Bambang E.Ros, Digital Imaging: Bintang.com/Nurman Abdul Hakim, Wardrobe: @earlyadopter)
Terbentuk pada 2006, RAN tak butuh waktu lama untuk merintis eksistensinya di industri musik Indonesia sampai saat ini. (Foto: Bintang.com/Bambang E.Ros, Digital Imaging: Bintang.com/Nurman Abdul Hakim, Wardrobe: @earlyadopter)

Sebelum mengembuskan napas terakhirnya, Agung Setyawicaksono sempat mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit.

"Sudah dirawat selama dua minggu," kata Lutfi.

Penyakit

Preskon Hatiku Indonesia (Bambang E. Ros/Fimela.com)
Preskon Hatiku Indonesia (Bambang E. Ros/Fimela.com)

Meski tak mengetahui secara detail penyakit yang diderita ayah Nino RAN, namun Lutfi menjelaskan bahwa komplikasi penyakit menjadi penyebab meninggalnya Agung Setyawicaksono.

"Sakitnya sih komplikasi, memang sudah tua juga kan gitu, umurnya memang sudah di atas 60 tahun kalau enggak salah. Memang sudah penyakit komplikasi sih banyak," jelas Lutfi.

Diskusi Keluarga

Nino Kayam atau Nino Ran (ist)
Nino Kayam atau Nino Ran (ist)

Lutfi tak bisa berbicara banyak tentang sakit yang diderita ayah Nino. Ia mengaku harus membicarakan hal itu terlebih dahulu kepada Nino, sebelum menginformasikannya kepada media.

"Memang ada penyakit bawaan sih. Cuma penyakit apa, aku kurang bisa sebutin di sini. Nanti aku diskusikan dulu dengan Nino, apakah boleh diberitahukan," kata Lutfi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar Pakai Baju Couple, Curi Perhatian

Posted: 03 Oct 2020 07:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pasangan selebriti muda, Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar memang kerap menjadi sorotan netizen. Pasalnya, keduanya sering memerlihatkan momen mesra bersama di media sosial. Tak jarang pula potret kebersamaan putri Anang Hermansyah ini dan Atta menjadi perhatian.

Bukan hanya sering mengunggah momen mesra bersama saja, akan tetapi Aurel Hermansyah juga beberapa kali terlihat berlibur bersama Atta dengan keluarganya. Bahkan, melalui akun Instagram masing-masing, kedunya kerap terlihat menggunakan busana senada.

Potret keduanya saat menggunakan busana senada ini juga menjadi sorotan publik. Tak haya saat berlibur saja, akan tetapi Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar beberapa kali terlihat menggunakan busana couple saat melakukan pemotretan.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa potret Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar saat menggunakan busana couple, Minggu (4/10/2020).

1, Ini dia salah satu penampilan Aurel dan Atta saat menggunakan busana senada dalam sebuah pemotretan.

Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar (Sumber: Instagram/aurelie.hermansyah)
Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar (Sumber: Instagram/aurelie.hermansyah)

2.Pemotretan keduanya saat menggunakan busana senada pun berhasil mencuri perhatian netizen.

Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar (Sumber: Instagram/attahalilintar)
Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar (Sumber: Instagram/attahalilintar)

3. Aurel Hermansyah juga terlihat begitu menawan saat menggunakan simple dress dengan motif kembar seperti yang digunakan oleh Atta.

Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar (Sumber: Instagram/aurelie.hermansyah)
Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar (Sumber: Instagram/aurelie.hermansyah)

4. Saat berlibur di Bali, pasangan satu ini juga beberapa kali menggunakan outfit senada.

Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar (Sumber: Instagram/attahalilintar)
Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar (Sumber: Instagram/attahalilintar)

5. Potret pelantun lagu Calon Bojo dengan Aurel di beberapa kesempatan kerap menjadi sorotan.

Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar (Sumber: Instagram/attahalilintar)
Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar (Sumber: Instagram/attahalilintar)

6. Aurel Hermansyah juga beberapa kali memadupadankan busana couple yang digunakan.

Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar (Sumber: Instagram/aurelie.hermansyah)
Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar (Sumber: Instagram/aurelie.hermansyah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh Meninggal Dunia Setelah Positif Covid-19

Posted: 03 Oct 2020 07:43 PM PDT

Liputan6.com, Bangka Belitung - - Bupati Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung, Ibnu Saleh meninggal dunia pada Minggu dinihari pukul 03.17 WIB di RSBT Kota Pangkalpinang. Dia pun dinyatakan meninggal dalam kondisi positif Covid-19.

Kabar duka itu disampaikan langsung oleh Wakil Bupati Bangka Tengah, Yuliyanto, Minggu (4/10/2020) pagi.

"Beliau sudah tiada, sudah mendahului kita dan sekarang kami sedang mempersiapkan proses pemakaman," ujar Yuliyanto seperti dikutip Antara.

Ia mengatakan, Ibnu Saleh yang merupakan calon bupati petahana yang kembali maju dalam Pilkada 2020, mengalami sakit pada 27 September 2020 dan setelah dilakukan uji swab, almarhum dinyatakan positif terpapar virus corona.

"Sempat dinyatakan negatif setelah tiga kali swab, namun swab ke empat dinyatakan positif," ujarnya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Kondisi Memburuk

Kondisinya sudah sempat membaik, namun pada Sabtu (3/10/2020) sekitar pukul 10:00 WIB kesehatannya kembali menurun dan semakin memburuk, hingga menghembuskan napas terakhir.

"Kami mohon doa seluruh masyarakat Bangka Tengah untuk almarhum," ujar Yuliyanto.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manchester United Segera Dapatkan Edinson Cavani, Berikut Rincian Gaji dan Kontraknya

Posted: 03 Oct 2020 07:40 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) dikabarkan akan mendapatkan mantan striker Paris Saint-Germain Edinson Cavani. Ini setelah upaya imtil merekrut winger Borussia Dortmund Jadon Sancho dan Ousmane Dembele dari Barcelona gagal.

Manchester United membutuhkan penyerang andal dan Cavani memenuhi persyaratan itu. Meski usianya sudah 33 tahun, pemain asal Uruguay itu merupakan mesin gol.

Cavani adalah salah satu pemain paling produktif dalam dekade terakhir. Tujuh musim bermain untuk Paris Saint-Germain, catatan golnya selalu dua digit di setiap.

Hanya di musim 2019/20, Cavani cuma mencetak empat gol untuk PSG. Ini tidak lepas dari minimnya waktu bermain, yakni 14 laga dimana tujuh di antaranya sebagai pemain pengganti.

Masuk dalam jajaran striker top dunia, Cavani tentu punya permintaan gaji yang tinggi. Faktor ini yang menghalanginya bergabung Real Madrid, Atletico Madrid, dan Juventus.

Tapi, Manchester United tampaknya sudah putus asa dan menyetujui apa yang diminta mantan pemain Napoli itu.

 

Gaji dan Kontrak Cavani

Striker Uruguay, Edinson Cavani, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Portugal pada laga 16 besar Piala Dunia di Stadion Fisht, Sabtu (30/6/2018). Uruguay menang 2-1 atas Portugal. (AP/Darko Vojinovic)
Striker Uruguay, Edinson Cavani, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Portugal pada laga 16 besar Piala Dunia di Stadion Fisht, Sabtu (30/6/2018). Uruguay menang 2-1 atas Portugal. (AP/Darko Vojinovic)

Menurut pakar transfer Fabrizio Romano di akun Twitter miliknya, Manchester United setuju membayar Cavani 10 juta euro atau sekitar Rp 174,4 miliar per musim. Ia akan menandatangani kontrak satu tahun dan opsi perpanjangan untuk setahun lagi dengan gaji yang sama.

Namun, ada satu masalah yang menghalangi kedua belah pihak untuk mencapai kesepakatan. Masalah itu adalah biaya agen Cavani.

Manchester United dilaporkan menolak membayar 10 juta euro lagi kepada agennya. Tetapi, sepertinya masalah itu dapat diatasi dalam beberapa jam mendatang.

 

Segera Diumumkan

Pemain Paris Saint-Germain (PSG), Edinson Cavani melambaikan tangan kepada penggemarnya setelah bertanding melawan Real Madrid di Stadion Parc des Princes, Paris, Prancis, Selasa (6/3). Real Madrid melenggang ke perempat final. (AP Photo/Francois Mori)
Pemain Paris Saint-Germain (PSG), Edinson Cavani melambaikan tangan kepada penggemarnya setelah bertanding melawan Real Madrid di Stadion Parc des Princes, Paris, Prancis, Selasa (6/3). Real Madrid melenggang ke perempat final. (AP Photo/Francois Mori)

Jika semuanya berjalan lancar, transfer Cavani ke Manchester United bakal diumumkan Minggu (4/10/2020) atau Senin dini hari. Cavani menjadi pemain kedua yang direkrut MU di bursa transfer musim panas ini.

Sebelumnya, MU sudah mendatangkan Donny van de Beek dari Ajax. Gelandang timnas Belanda itu bahkan sudah memperkuat Setan Merah di ajang Liga Inggris dan Piala Liga Inggris.

Klasemen Liga Inggris

 

Saksikan Video Manchester United di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming SCTV FTV Pagi: Gula-Gula Bikin Gila Cinta, Minggu 4 Oktober 2020

Posted: 03 Oct 2020 07:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jangan lewatkan episode FTV Pagi kali ini mulai pukul 10.00 WIB.

Selalu ada kisah drama segar di setiap episode FTV Pagi.

Anda bisa menyaksikan FTV Pagi di SCTV via live streaming dengan klik tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Ratusan Juta Warga China Pergi Liburan dan Tak Lagi Takut COVID-19 Jadi Sorotan

Posted: 03 Oct 2020 07:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan juta warga China kembali memulai hal lama yang sempat berhenti total akibat pandemi COVID-19 yaitu berlibur. Warga China kembali mulai berlibur lantaran sudah merasa tak takut lagi dengan virus corona baru.

Terlebih China saat ini sedang memasuki pekan Hari Nasional yang menjadi waktu dimana warganya berlibur dari satu daerah ke daerah lainnya. Berita ini pun menjadi yang terpopuler di kanal Global Liputan6.com edisi Minggu, 4 Oktober 2020.

Berita selanjutnya mengenai Presiden Donald Trump yang diterbangkan ke rumah sakit usai dinyatakan positif COVID-19.

Donald Trump diterbangkan menggunakan helikopter ke Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed.

Masih berkaitan dengan Presiden Trump, berita terpopuler selanjutnya mengenai pengadilan di Yaman yang menjatuhkan vonis mati kepada orang-orang ternama dunia termasuk Trump hingga Raja Saudi Salman bin Abdulaziz, dan putranya Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman.

Baca ketiga berita paling populer di kanal Global Liputan6.com edisi Minggu, 4 Oktober 2020:

1. Sudah Tak Takut COVID-19, Ratusan Juta Warga China Liburan

Corona Berlalu, Warga Wuhan Pesta di Kolam: Orang-orang menonton pertunjukan musik sambil bermain air di sebuah taman air atau water park di Wuhan, provinsi Hubei, China, 15 Agustus 2020. Mereka berpesta saat Wuhan kembali ke kehidupan normal setelah sempat terdampak parah oleh COVID-19. (STR/AFP)
Corona Berlalu, Warga Wuhan Pesta di Kolam: Orang-orang menonton pertunjukan musik sambil bermain air di sebuah taman air atau water park di Wuhan, provinsi Hubei, China, 15 Agustus 2020. Mereka berpesta saat Wuhan kembali ke kehidupan normal setelah sempat terdampak parah oleh COVID-19. (STR/AFP)

Industri travel sangat terpukul akibat COVID-19. Maskapai United Airines dan American Airlines di Amerika Serikat baru-baru ini bahkan merumahkan 32 ribu karyawan akibat pandemi ini. 

Namun, semua itu berbeda di China. Ratusan juta orang di negara itu mulai semangat jalan-jalan pada pekan Hari Nasional. 

Baca berita lengkapnya di sini...

2. Donald Trump Diterbangkan ke Rumah Sakit Usai Dinyatakan Positif COVID-19

Presiden AS, Donald Trump turun dari helikopter Marine One setibanya di Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed, Maryland, Senin (14/5). Melania Trump, istri Donald Trump, menjalani operasi untuk menyembuhkan kondisi ginjalnya. (AP/Carolyn Kaster)
Presiden AS, Donald Trump turun dari helikopter Marine One setibanya di Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed, Maryland, Senin (14/5). Melania Trump, istri Donald Trump, menjalani operasi untuk menyembuhkan kondisi ginjalnya. (AP/Carolyn Kaster)

Presiden AS Donald Trump telah diterbangkan ke rumah sakit kurang dari 24 jam setelah dinyatakan positif terinfeksi COVID-19.

Gedung Putih mengatakan keputusan untuk membawanya ke Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed "karena sangat berhati-hati" dengan kondisi sang presiden, demikian seperti dikutip dari BBC, Sabtu (3/10/2020).

Simak berita selengkapnya di sini...

3. Pengadilan di Yaman Vonis Mati Donald Trump, Raja Salman dan Putra Mahkota Saudi

Presiden AS Donald Trump tersenyum saat berbicara di telepon pada malam natal di Palm Beach, AS (24/12). Donald Trump dan istrinya sibuk berbicara di telepon dengan anak-anak saat mengiktui NORAD Tracks Santa. (AFP Photo/Nicholas Kamm)
Presiden AS Donald Trump tersenyum saat berbicara di telepon pada malam natal di Palm Beach, AS (24/12). Donald Trump dan istrinya sibuk berbicara di telepon dengan anak-anak saat mengiktui NORAD Tracks Santa. (AFP Photo/Nicholas Kamm)

Pengadilan Houthi di Yaman menjatuhi hukuman mati pada 10 orang, termasuk Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Raja Saudi Salman bin Abdulaziz, dan putranya Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman.

Dikutip dari laman english.alaraby, Sabtu (3/10/2020) Pengadilan Kriminal Khusus yang dikelola Houthi di Saada memutuskan terhadap terdakwa pada Kamis 1 Oktober 2020, menurut kantor berita Saba yang berafiliasi dengan Houthi.

Berita selengkapnya di sini...

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi AC Milan vs Spezia: Jaga Momentum di Tengah Ancaman Kelelahan

Posted: 03 Oct 2020 07:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta AC Milan bakal kedatangan tamu, Spezia, di laga pekan ke-3 Liga Italia 2020/21, Minggu malam WIB (4/10/20) malam WIB di San Siro. Bermain di kandang Rossoneri tentu ingin meraih hasil semurna.

Bisa meraih tiga poin dari Spezia, itu berarti AC Milan sukses melanjutkan tren kemenangan di Liga Italia dan kompetisi Eropa. Milan sejauh ini sudah mencatat 5 kemenangan.

Skuat asuhan Stefano Pioli mengawali kompetisi domestik dengan performa impresif. Mereka mampu menyapu bersih dua laga dengan kemenangan.

Ditambah AC Milan baru saja berhasil menembus turnamen Liga Europa usai menyingkirkan Rio Ave secara dramatis lewat adu penalti dengan skor 9-8.

Namun, laga sengit di babak play-off kualifikasi Liga Europa itu, tentu sangat memforsir tenaga dan mental AC Milan. Karena itu Franck Kessie dkk harus tetap fokus dan waspada menghadapi tim debutan di Liga Italia ini.

Kelelahan

Crotone vs AC Milan: Brahim Diaz Menangkan I Rossoneri (AP)
Crotone vs AC Milan: Brahim Diaz Menangkan I Rossoneri (AP)

Milan memang akan menghadapi risiko kelelahan setelah pertandingan epik melawan Rio Ave, hingga akhirnya memastikan kemenangan melalui 24 tendangan penalti.

"Anda muncul dari situasi ini dengan lebih dewasa, lebih kuat dan siap untuk tantangan berikutnya. Ini perjalanan panjang di depan kami dan kami harus membiasakan diri bermain dua kali seminggu. Kita tidak bisa berhenti begitu saja jika kita lelah," kata Pioli.

Kepercayaan Diri

AS Roma vs Spezia (twitter)
AS Roma vs Spezia (twitter)

Di sisi lain, Spezia juga punya kepercayaan diri tinggi. Sebab di pekan sebelumnya, Spezia sukses menumbangkan Udinese dengan skor 2-0, sekaligus mencatatkan kemenangan pertama mereka di Serie A Italia.

Jadi, walaupun berstatus sebagai tim promosi, Spezia bakal berusaha sekuat mungkin untuk memberikan kekalahan perdana bagi Rossoneri di musim ini.

Pertemuan Terakhir

Milan sebelumnya bertemu dengan Spezia di babak 16 besar Coppa Italia musim 2013/14. Main kandang, Milan menang 3-1 lewat gol-gol Robinho (28'), Giampaolo Pazzini (31'), dan Keisuke Honda (47'). Satu gol Spezia dicetak Nicola Ferrari (90').

Perkiraan Susunan Pemain

Milan (4-2-3-1): G Donnarumma; Calabria, Kjaer, Gabbia, Hernandez; Tonali, Kessie; Brahim Diaz, Calhanoglu, Saelemaekers; Colombo.

Pelatih: Stefano Pioli.

Info skuad: Romagnoli (cedera), Musacchio (cedera), Conti (meragukan), Ibrahimovic (meragukan), Duarte (meragukan), Rebic (meragukan).

Spezia (4-3-3): Rafael; Ferrer, Erlic, Chabot, Sala; Bartolomei, M Ricci, Mora; Verde, Galabinov, Gyasi.

Pelatih: Vincenzo Italiano.

Info skuad: Terzi (skorsing), Ismajili (cedera), Mattiello (cedera), Mastinu (cedera), Acampora (cedera), Marchizza (cedera), Zoet (meragukan).

Simak Video AC Milan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ade Londok Santap Steak Pakai Tangan, Sule: Jangan Kayak Makan Nasi Rames

Posted: 03 Oct 2020 07:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ade Londok tak pernah bermimpi namanya viral di masyarakat karena menggambarkan kelezatan kue odading buatan Mang Oleh di kawasan Bandung, Jawa Barat. Apa yang diucapkannya terkait enaknya kue odading, kata Ade Londok, murni ungkapannya secara jujur.

Gaya Ade Londok saat membahas makanan juga diperhatikan oleh Sule. Komedian yang baru saja melamar kekasihnya, Nathalie Holscher, berniat mengajak Ade Londok mencicip makanan dan menggambarkan makanan yang disantapnya.

Pertemuan Sule dengan Ade Londok terjadi. Bintang film Hong Kong Kasarung ini mengajak Ade Londok makan di restoran mahal. Ade Londok juga ditawari Sule berbagai makanan yang tak pernah dilihatnya, bahkan dicicipinya.

"Jadi hari ini ada Mang Ade. Mang Ade saya ajak dan review makanan orang luar. Kita hari ini mau ngajak Mang Ade makan steak," kata Sule.

 

Belum Pernah Makan Steak

Ade Londok diajak makan steak oleh Sule (YouTube/ SuleChannel)
Ade Londok diajak makan steak oleh Sule (YouTube/ SuleChannel)

Ade Londok sendiri mengaku belum pernah makan steak. "Belum pernah," kata Ade Londok menjawab pertanyaan Sule soal makanan steak.

Usai pesanan tiba, Ade Londok mengulas makanan dengan gaya bicaranya yang khas. Setelah itu dia kemudian memakan steak yang ada di hadapannya.

Makan Steak Pakai Tangan

Ade Londok. (Foto: Instagram @m.adelondok)
Ade Londok. (Foto: Instagram @m.adelondok)

Ade Londok justru menggunakan tangan saat makan steak. Sontak hal ini membuat Sule tertawa. "Mang Ade beda atuh makannya, jangan kayak makan nasi rames kumaha," kata Sule tertawa.

Diajari Sule

Ade Londok makan steak bareng Sule (YouTube/ SuleChannel)
Ade Londok makan steak bareng Sule (YouTube/ SuleChannel)

Sule kemudian mengajari Ade Londok makan steak dengan pisau dan garpu. Usai makan, salah satu kru Sule melakukan prank kepada Ade Londok. Kepada pelayan restoran dia meminta untuk menyerahkan bill kepada Ade Londok dengan total Rp 4.850.000.

Ade Londok Bingung

Ade Londok. (Foto: Instagram @m.adelondok)
Ade Londok. (Foto: Instagram @m.adelondok)

"Permisi Pak ini tagihannya," kata pelayan restoran kepada Ade Londok. Ade Londok kemudian terkejut melihat tagihan mencapai hampir Rp 5 juta. "Kan saya mah ngajak makan aja. Kan enggak bicara saya yang bayar. Mang Ade bayar," kata Sule dengan nada bercanda. 

"Dikira ditraktir. Mau nitip KTP saya pulang ke Bandung dulu," imbuh Ade Londok. Sule kemudian mengakhiri aksi pranknya. Mereka tertawa melihat reaksi Ade Londok. (Merdeka.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: