Selasa, 09 Juni 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Menjanjikan, Investasi di Sektor Perikanan Bisa Untung Hingga Rp 30 Juta Sebulan

Posted: 09 Jun 2020 11:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim Kemenko Marves, Safri Burhanuddin membeberkan kisaran investasi yang menjanjikan di sektor perikanan, diantaranya bisa sebagai pembudidaya atau pengelola.

Sebagai contoh, Safri menyebut budidaya udang. Dalam permodalan investasi membutuhkan biaya bervariatif mulai dari Rp 1 miliar, tergantung besaran diameter penampungan (tambak).

Dalam perhitungannya, dengan kisaran modal tersebut, maka pembudidaya perikanan akan mendapatkan keuntungan sekitar Rp 5 juta sampai dengan Rp 10 juta per orang per bulan.

"Udang itu mulai dari Rp 1 miliar, tergantung diameter," ujar Safri dalam diskusi daring Perikanan sebagai budidaya penggerak ekonomi nasional bersama Liputan6.com, Rabu (10/6/2020).

"Tapi dari perhitungan yang saya lihat, itu dia bisa menghasilkan kurang lebih antara Rp 5 juta-10 juta per orang per bulan keuntungannya," sambung dia.

Hal yang lebih menjanjikan daripada menjadi nelayan yang penghasilan per bulan ditaksir Rp 3 juta sampai Rp 4 juta jka melaut.

"Itu lebih menjanjikan dibandingkan jadi nelayan, nelayan itu dia dapat antara Rp 3 juta-Rp 4 juta kalau dia melaut. Nelayan bukan perusahaan besar, ya," jelas Safri.

 

Dukungan Pendingin

Peternak Kelompok Pembudidaya Ikan Maju Bersama memberikan pakan lele dengan metode pemeliharaan probiotik, Ciluar, Bogor, Jawa Barat, Selasa (6/8/2019). Kelompok Pembudidaya Ikan Maju Bersama teridiri dari 15 peternak lokal yang didirkan sejak tahun 2014. (merdeka.com/Arie Basuki)
Peternak Kelompok Pembudidaya Ikan Maju Bersama memberikan pakan lele dengan metode pemeliharaan probiotik, Ciluar, Bogor, Jawa Barat, Selasa (6/8/2019). Kelompok Pembudidaya Ikan Maju Bersama teridiri dari 15 peternak lokal yang didirkan sejak tahun 2014. (merdeka.com/Arie Basuki)

Sementara yang lebih menggiurkan lagi, adalah sebagai pengelola, yang bisa mendapatkan Rp 10 hingga Rp 20 juta per bulan melalui pemangkasan distribusi.

Dia menuturkan, guna memperkuat demand program gemar ikan, pihaknya memberikan setiap kelurahan 1 pendingin (freezer). Nantinya sang pengelola langsung berhubungan dengan penangkap ikan, langsung ke pengepul besar, langsung.

"Jadi dia butuh cuma 3 kali (proses), ini akan bisa lebih murah, terus ikannya jauh lebih fresh. Nah, pengelolanya ini dia sehari bisa menjual 100 kilo, itu sebulan dia bisa dapat Rp 20 juta-Rp 30 juta," jelas Safri.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sejumlah Tentara Garda Nasional AS Positif COVID-19 Usai Tangani Demo George Floyd

Posted: 09 Jun 2020 11:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Garda Nasional Amerika Serikat dikerahkan ke Washington D.C. untuk menangani unjuk rasa besar-besaran terkait kematian pria Amerika keturunan Afrika George Floyd. Kini, sejumlah tentara Garda Nasional yang mengamankan demonstrasi itu dinyatakan positif terjangkit Virus Corona COVID-19.

Pihak berwenang badan militer tersebut dalam sebuah pernyataan menyatakan jumlah pasti tentara yang terinfeksi tidak akan diungkapkan demi "keamanan operasional."

Seluruh anggota Garda Nasional telah menjalani tes Virus Corona COVID-19 sebelum dikerahkan ke ibu kota Amerika Serikat itu, dan akan kembali menjalani tes setelah pengerahan, papar pernyataan itu, seperti dilansir Xinhua, Rabu (10/6/2020).

Sejumlah video yang beredar di media sosial menunjukkan banyak tentara Garda Nasional tidak mengenakan masker saat merespons aksi unjuk rasa nasional tersebut, dan hampir tidak memungkinkan untuk menerapkan jaga jarak sosial atau social distancing.

Media setempat melaporkan ribuan tentara Garda Nasional dikerahkan untuk menanggapi kerusuhan yang semakin meningkat saat unjuk rasa kasus George Floyd.

Pemakaman George Floyd

Seorang pria menyentuh kereta kuda yang membawa jenazah George Floyd saat menuju pemakaman Houston Memorial Gardens di Houston, Texas, Amerika Serikat, Selasa (9/6/2020). Floyd akan dimakamkan di samping makam ibunya, Larcenia Floyd. (Joe Raedle/etty Images/AFP)
Seorang pria menyentuh kereta kuda yang membawa jenazah George Floyd saat menuju pemakaman Houston Memorial Gardens di Houston, Texas, Amerika Serikat, Selasa (9/6/2020). Floyd akan dimakamkan di samping makam ibunya, Larcenia Floyd. (Joe Raedle/etty Images/AFP)

George Floyd yang menjadi korban aksi represif polisi Minneapolis dimakamkan di Houston, Texas. Kematian Floyd memancing demo anti-rasisme besar-besaran di Amerika Serikat.

Rangkaian upacara pemakaman George Floyd dimulai pada Selasa 9 Juni waktu setempat di Houston. Ia dimakamkan di samping ibunya.

Kerabat George Floyd bersama ratusan tamu lainnya termasuk anggota kongres, atlet, dan aktor berkumpul di Gereja Fountain of Praise untuk ibadah yang dimulai dengan sejumlah pelayat mendekati peti jenazah yang dibuka, untuk mengucapkan selamat tinggal kepada seorang pria yang menjadi lambang penghitungan terbaru Amerika dengan ketidakadilan rasial.

"Kami mungkin menangis, kami bisa berduka, kami akan dihibur dan kami akan menemukan harapan," kata Mia Wright, salah seorang pendeta gereja tersebut.

Sementara itu, Joe Biden mengatakan waktu untuk mengakhiri ketidakadilan rasial di Amerika adalah "sekarang," ketika berbicara melalui video pemakaman George Floyd.

"Sekarang saatnya untuk keadilan rasial," kata penantang Demokrat terhadap Presiden Donald Trump dalam Pemilu November mendatang, lebih lanjut menambahkan "jutaan" pengunjuk rasa turun ke jalan-jalan dalam beberapa pekan terakhir menyampaikan pesan yang sama.

"Kita tidak boleh berpaling," kata Biden lebih jauh. "Kita tidak dapat meninggalkan momen ini dengan pikiran kita sekali lagi dapat berpaling dari rasisme yang menyengat jiwa kita."

Polisi yang menindih George Floyd telah dipacat dan dijerat pasal pembunuhan. Tiga polisi lain di TKP juga dipecat.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Macam-Macam Diet Sehat yang Ampuh Menurunkan Berat Badan

Posted: 09 Jun 2020 11:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam diet bisa dijadikan pilihan untuk ampuh untuk menurunkan berat badan. Namun, tidak semua diet dapat memberikan manfaat penurunan badan yang stabil dan tetap menjaga kesehatan. Kamu perlu memilih jenis diet yang sehat dan tepat untuk tubuhmu.

Beberapa jenis diet mungkin dapat memengaruhi perubahan berat badan, tapi berdampak kepada menurunnya kondisi kesehatan akibat penurunan berat badan drastis. Karena itulah, pemilihan jenis diet yang tepat sangat penting dilakukan.

Macam-macam diet yang ampuh menurunkan berat badan bisa kamu terapkan sesuai anjuran. Jenis diet yang baik tentunya yang tidak hanya menurunkan berat badan, namun juga dapat dijadikan pola makan sehari-hari yang sehat dan nyaman untuk diikuti.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang macam-macam diet dari berbagai sumber, Rabu (10/6/2020).

Macam-Macam Diet Sehat

Ilustrasi (iStock)
Ilustrasi (iStock)

Diet Paleo

Macam-macam diet yang pertama adalah diet paleo yang dikenal juga dengan the caveman diet atau diet manusia gua. Diet Paleo ini mengharuskan kamu untuk mengonsumsi makanan yang dulunya dikonsumsi oleh manusia purba seperti daging-dagingan dan makanan yang berasal dari tanaman (sayur dan buah).

Hal ini berkaitan dengan tubuh manusia yang diprogram hanya untuk mencerna jenis makanan tersebut. Kamu bisa mengonsumsi berbagai jenis makanan seperti daging, seafood, ikan, telur, sayur, buah, dan kacang-kacangan. Lebih disarankan juga mengonsumsi sayur dan buah organik, ikan yang ditangkap di alam liar (bukan hasil tambak atau kolam) dan daging dari hewan yang dibiarkan tumbuh sewajarnya (tidak diberi pakan khusus untuk mempercepat pertumbuhan).

Diet Paleo sebagai macam-macam diet yang cukup terkenal ini tidak tidak menganjurkan konsumsi garam dan makanan olahan yang tinggi garam, sehingga menurunkan risiko hipertensi. Selain itu, konsumsi daging rendah lemak, banyak sayur dan buah dapat mengontrol kadar gula darah sekaligus menurunkan risiko diabetes. Jenis makanan yang didominasi sayur dan buah dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

Diet Alkali

Macam-macam diet berikutnya adalah diet alkali. Diet yang bertujuan untuk menjaga pH tubuh Anda agar tetap basa atau alkali ini menyarankan kamu untuk mengonsumsi makanan di mana 70% bersifat basa dan 30% nya bersifat asam. Hal ini untuk menjaga kisaran pH darah pada kisaran 7,35-7,45 agar sel-sel tubuh bekerja dengan maksimal dalam pH yang agak sedikit basa.

Makanan yang menghasilkan sifat basa dalam tubuh adalah yang mengandung banyak mineral seperti sayur, buah, kacang, kentang. Sementara jenis makanan yang menciptakan kondisi asam dalam tubuh adalah makanan yang mengandung banyak protein dan fosfor seperti daging merah, daging unggas, ikan, makanan olahan, susu dan olahannya, nasi, serta roti.

Walaupun macam-macam diet ini belum dapat dibuktikan secara ilmiah, diet alkali ini menyarankan untuk mengonsumsi sayur, buah, dan kacang-kacangan. Ini dapat memberi efek positif bagi kesehatan terlepas dari sifat asam atau basa yang dihasilkan.

Macam-Macam Diet Sehat

Ilustrasi diet Mediterania (Dok.Unsplash)
Ilustrasi diet Mediterania (Dok.Unsplash)

Diet Golongan Darah

Macam-macam diet berikutnya adalah diet golongan darah. Diet ini sesuai namanya, menyarankan kamu berolahraga dan mengonsumsi makanan sesuai golongan darah. Kamu tinggal mengikuti berbagai saran makanan dan olahraga sesuai dengan golongan darah.

Untuk golongan darah O, makanan yang cocok adalah makanan jaman purba seperti daging rendah lemak, daging unggas, dan ikan. Hindari makanan yang berasal dari biji-bijian (padi, gandum, dan olahannya). Selain itu, tipe olahraga yang sesuai adalah olahraga dengan intensitas sedang cenderung berat.

Golongan darah A lebih mengarah kepada jenis diet vegetarian seperti sayur, buah, dan biji-bijian. Aktivitas fisik yang disarankan adalah yang intensitasnya rendah.

Golongan darah B memiliki sistem pencernaan yang lebih toleran sehingga dapat memasukkan produk daging dan susu beserta olahannya ke dalam menu makan sehari-hari, tetapi disarankan untuk menghindari gandum, jagung, dan kacang-kacangan. Tipe olahraga yang disarankan adalah olahraga intensitas sedang.

Golongan darah AB memiliki pencernaan yang sensitif, disarankan untuk menghindari daging. Tipe olahraga yang disarankan adalah olahraga yang menenangkan seperti yoga.

Diet Mediterania

Sesuai namanya, macam-macam diet ini berasal dari negara-negara yang berada di sekitar laut mediterania. Diet ini menyarankan konsumsi makanan yang didominasi oleh sayuran, buah-buahan, kacang-kacang, gandum utuh, dan minyak zaitun. Hal inilah yang menyebabkan diet ini terkenal dengan manfaat kesehatannya.

Diet mediterania menyarankan kebiasaan makan rendah lemak, rendah kolesterol, dan tinggi serat. Makanan dalam diet mediterania bukanlah makanan yang mengalami banyak proses (seperti makanan olahan), menyiapkannya juga cukup mudah karena jarang sekali harus digoreng.

Diet mediterania termasuk jenis diet yang paling banyak diteliti manfaatnya bagi kesehatan. Mengurangi risiko penyakit jantung, menurunkan kadar kolesterol, menurunkan berat badan, hingga mencegah kanker termasuk manfaat kesehatan dari diet mediterania.

Macam-Macam Diet Sehat

Diet (sumber: Pixabay)
Diet (sumber: Pixabay)

Diet Mayo

Macam-macam diet selanjutnya adalah diet mayo. Diet mayo ini menyarankan kamu untuk membatasi konsumsi karbohidrat dan garam. Kamu yang mengikuti diet mayo akan diminta untuk mematuhi aturan dan larangan yang ada selama 13 hari. Diet ini menjanjikan penurunan berat badan hingga 7 kg selama siklus 13 hari tersebut.

Biasanya jenis menu yang disajikan pada diet mayo ini diolah dengan cara dikukus atau dipanggang. Tidak ada nasi, menu didominasi oleh sayur dan sumber protein. Tentunya makanan tersebut juga diolah tanpa garam.

Diet Keto

Diet keto atau ketogenik adalah macam-macam diet yang menerapkan pola makan rendah karbohidrat dan tinggi lemak. Beberapa studi yang mendukung metode ini mengatakan diet ketogenik dapat menurunkan berat badan dalam waktu singkat namun tetap meningkatkan energi. 

Diet Intermittent Fasting

Macam-macam diet berikutnya yang juga terkenal adalat diet intermittent fasting atau lebih dikenal dengan OCD. Diet ini cukup mudah dilakukan, karena berbeda dengan diet-diet yang sebelumnya, diet ini bisa dilakukan dengan makan makanan apapun, dengan catatan hanya bisa makan pada jendela makan yang diatur berdasarkan program OCD ini. 

Itulah macam-macam diet sehat yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Agar lebih aman, sebaiknya selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi tentang diet yang akan kamu jalankan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hadir di Indonesia, Ini Harga Sharp Aquos Zero 2 dan R3

Posted: 09 Jun 2020 11:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sharp membuktikan komitmennya di pasar smartphone dengan merilis dua produknya di Indonesia, Aquos Zero 3 dan Aquos R3. Kedua produk ini ditagergetkan untuk para penggemar gim hingga kalangan profesional.

Sharp mengumumkan kedua smartphone tersebut pada hari ini, Rabu (10/6/2020), secara online. Sharp Aquos Zero 3 dan Aquos R3 merupakan produk premium yang dibanderol dengan harga di atas Rp 10 juta.

Aquos Zero 3 dijual dengan harga ritel Rp 12.999.000, dan Aquos R3 Rp 10.999.000. Sharp bekerja sama dengan Shopee untuk menggelar pre-order keduanya pada 25 Juni 2020.

Sharp akan cukup agresif mempromosikan kedua smartphone baru tersebut di pasar Indoensia.

"Kami akan ada banyak promosi. Tanpa promosi, konsumen akan kurang mendapatkan informasi bahwa Sharp sudah mulai masuk di bisnis smartphone," kata Product Strategy Assistant General Manager PT Sharp Electronics Indonesia, Ardy.

Sharp Aquos Zero 2

Sharp Aquos Zero 2 (screenshot YouTube Sharp Indonesia)
Sharp Aquos Zero 2 (screenshot YouTube Sharp Indonesia)

Sharp Aquos Zero 2 memiliki layar OLED berukuran 6,4 inci (1.080 x 2.340 piksel) dengan refresh rate 240Hz, chipset Snapdragon 855, GPU Adreno 640, dan berbasis pada OS Android 10.

Untuk mendukung performanya, smartphone ini juga dilengkapi RAM 8GB dan memori internal 256GB.

Sharp membekali Aquos Zero 2 dengan dua kamera belakang. Keduanya memiliki resolusi 12.2MP f/1.7,dan 20MP yang dilengkapi dengan LED flash. Sementara kamera depan dengan resolusi 8MP f/2.2.

Spesifikasi lainnya termasuk baterai 3.130mAh dengan fast charging, serta fitur pemindai sidik jari di bawah layar.

Sharp Aquos R3

Aquos R3 pertama kali diumumkan pada tahun lalu. Smartphone ini memiliki layar Pro IGZO berukuran 6,2 inci dengan resolusi 3.120 x 1.440 piksel dan refresh rate 120Hz. Layar Aquos R3 mendukung HDR 10.

Sama seperti Aquos Zero 2, R3 juga dilengkapi dua kamera belakang. Resolusinya adalah 12.MP f/1.7, dan 20MP f/2.4. Sementara kamera depannya dengan resolusi 16.3MP.

Smartphone ini juga memiliki fitur kamera berbasis AI seperti AI Live Story dan AI Live Shutter.

Untuk mendukung performanya, Aquos R3 disokong chipset Snapdragon 855, RAM 6GB, memori internal 128GB, dan berbasis OS Android Pie. Smartphone ini memiliki baterai 3.200mAh dengan dukungan Qi wireless charging 11W.

(Din/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Sektor Usaha Dibuka Secara Bertahap, Tidak Langsung 100 Persen

Posted: 09 Jun 2020 11:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta agar sektor usaha yang sempat ditutup karena pandemi virus corona Covid-19 dibuka secara bertahap. Dia ingin ada prioritas sektor-sektor mana saja yang harus dibuka terlebih dahulu saat penerapan new normal.

"Tidak semua langsung kita buka, sektor dan aktivitas apa yang dimulai dibuka secara bertahap, itu secara bertahap tidak langsung buka 100 persen," ujar Jokowi saat berkunjung ke Kantor Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Rabu (10/6/2020).

Menurut dia, sejumlah daerah sudah mulai membuka secara bertahap rumah ibadah dengan protokol kesehatan Covid-19. Kemudian, ada pula daerah yang mulai membuka kegiatan perekonomi yang memiliki risiko penularan minim.

"Beberapa daerah sudah melakukan dibuka dulu 50 persen, dibuka dulu separuh. Saya kira contoh-contoh beberapa daerah yang sudah melakukan akan kita evaluasi dan sangat bagus," ucapnya.

"Sebagai contoh, persiapan pembukaan tempat ibadah dengan protokol kesehatan saya lihat bagus, sektor ekonomi yang penularannya rendah tapi memiliki dampak ekonomi yang tinggi didahulukan," sambung Jokowi.

Dia menegaskan bahwa setiap daerah yang hendak masuk ke tahapan new normal atau tatanan kehidupan baru di masa pandemi corona harus melalui tahapan yang ketat. Misalnya, kurva penularan kasus corona di daerah tersebut harus sudah menurun dengan R0 dibawah 1.

"Jangan sampai ada kesalahan kita memutuskan sehingga terjadi kenaikan kasus di sebuah daerah karena tahapan-tahapan tidak kita kerjakan secara baik," jelas Jokowi.

Jangan Ada Gelombang Kedua Covid-19

Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat membuka rapat kerja Kementerian Perdagangan 2020 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (4/3/2020). Jokowi mengingatkan jajaran Kemendag agar segera mencari jalan keluar dari krisis yang disebabkan oleh virus corona (covid-19). (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat membuka rapat kerja Kementerian Perdagangan 2020 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (4/3/2020). Jokowi mengingatkan jajaran Kemendag agar segera mencari jalan keluar dari krisis yang disebabkan oleh virus corona (covid-19). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali mengingatkan ancaman gelombang kedua virus corona Covid-19. Jokowi menilai, hingga kini penyebaran virus corona masih ada meski sejumlah daerah tidak memiliki penambahan kasus baru.

"Saya ingatkan tugas besar kita belum berakhir, ancaman Covid masih ada," ujar Jokowi saat berkunjung ke Kantor Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Rabu (10/6/2020).

"Ada daerah yang kasus barunya turun, ada daerah yang kasus barunya meningkat, ada daerah yang kasus barunya nihil. Perlu saya ingatkan, jangan sampai terjadi gelombang kedua second wave," sambungnya.

Jokowi meminta kepala daerah, gugus tugas, serta para menteri untuk mewaspasdai lonjakan kasus virus corona. Dia mengakui bahwa situasi tersebut akan terus terjadi hingga ditemukannya vaksin penangkal virus corona.

"Saya ingatkan kepada kita semua, situasi seperti ini akan kita hadapi terus sampai vaksin kita temukan dan bisa kita pergunakan secara efektif karena vaksin ketemu harus uji klinis, uji lapangan yang membutuhkan waktu," katanya.

Karenanya, mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta masyarakat untuk mulai beradaptasi dengan kebiasaan baru. Dia menekankan pentingnya disiplin mengikuti protokol kesehatan di masa pandemi virus corona.

"Adaptasi itu bukan berarti kita menyerah apalagi kalah, ndak. Tapi kita harus memulai kebiasaan-kebiasaan baru sesuai protokol kesehatan sehinga masyarakat produktif tapi aman dari Covid," jelas Jokowi.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bintang AC Milan Jadi Sasaran Aksi Perampok Bersenjata Api

Posted: 09 Jun 2020 11:20 PM PDT

Liputan6.com, Milan - Pemain sayap AC Milan Samu Castillejo mengaku jadi korban perampokan. Castillejo ditodong dua perampok dengan senjata api di Milan, Selasa (9/6/2020).

Castillejo dilaporkan jadi sasaran kejahatan di lampu lalu lintas dan arlojinya dicuri. Ia kemudian mengkonfirmasi kejadian tersebut melalui Instagram.

Pemain AC Milan asal Spanyol berusia 25 tahun itu menulis: "Apakah semuanya baik-baik saja di Milan? Dua orang telah merampok saya sambil mengarahkan pistol ke wajah saya."

"Tapi bagaimanapun juga, hanya mengambil arloji. Aku baik-baik saja terima kasih," tambah Castillejo.

Castillejo dan AC Milan sedang mempersiapkan untuk memulai kembali sepakbola Italia setelah pandemi virus Corona.

Lawan Juventus

Samuel Castillejo (kiri) mencetak gol ke gawang Sassuolo dan membantu AC Milan menang 4-1. (Serena Campanini/ANSA via AP)
Samuel Castillejo (kiri) mencetak gol ke gawang Sassuolo dan membantu AC Milan menang 4-1. (Serena Campanini/ANSA via AP)

Setelah COVID-19 menangguhkan musim 2019-20 di bulan Maret, Milan akan bertandang ke Turin untuk melakoni pertandingan leg kedua semifinal Coppa Italia melawan Juventus pada hari Jumat.

Milan dan Juventus bermain imbang 1-1 di leg pertama pada pertandingan yang digelar di San Siro pada bulan Februari lalu.

Kembali Berlaga

Milan asuhan Stefano Pioli akan kembali ke laga Seri A melawan Lecce pada 22 Juni mendatang. Rossoneri kini ada di posisi ketujuh di klasemen sementara.

Castillejo, yang tiba dari Villarreal pada 2018, telah membuat 19 penampilan di semua kompetisi musim ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dirut BCA: Krisis Akibat Corona Mirip Sakit Stroke, Pulihnya Lama

Posted: 09 Jun 2020 11:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja bercerita soal krisis ekonomi yang telah dan tengah dihadapi oleh Indonesia dari waktu ke waktu. Ia menjabarkan kondisi yang terjadi pada krisis moneter 1998, krisis keuangan global 2008 dan krisis akibat pandemi Corona di 2020. 

Jahja mengibaratkan krisis ini dengan penyakit yang biasa diidap manusia. "Mudahnya, saya bandingkan dengan orang yang kena penyakit. Tahun 1998 itu orang yang kena serangan jantung, lalu ditolong, ada program recovery, dan dia bisa back to normal," jelas Jahja dalam diskusi online, Rabu (10/6/2020).

Kemudian, krisis keuangan 2008 dianalogikan seperti orang yang terkena migrain. Dia hanya perlu beberapa obat untuk bisa segera sembuh. Terakhir, krisis ekonomi di 2020 diibaratkannya seperti orang yang terkena troke.

"Recovery akan jauh lebih lama. Stroke memang nggak mematikan langsung, tapi pemulihannya akan lama," katanya.

 

BCA Kenal Rush

Presiden Direktur PT BCA Tbk, Jahja Setiaatmadja (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Presiden Direktur PT BCA Tbk, Jahja Setiaatmadja (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Jahja juga bercerita, saat krisis moneter 1998 mulai mencuat, IMF memberi saran untuk menutup 16 bank, tepatnya pada November 1997. Saat itu, program penjaminan belum ada.

Akhirnya, penutupan 16 bank ini menimbulkan kepanikan di masyarakat. Mereka kemudian memindahkan dana mereka ke bank-bank besar yang dianggap lebih aman.

"Tapi di awal 1998, ada gejolak politik dan bank swasta kena rumor politik, begitu juga BCA. Orang-orang yang tadinya pindahkan dana ke bank besar langsung panik. Kita rush, lebih dari 35 persen DPK kita ditarik mereka yang panik," kenangnya.

 

Tidak Terlalu Mematikan

Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja saat memberi paparan kinerja kerja Bank BCA di Jakarta, (3/3). (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja saat memberi paparan kinerja kerja Bank BCA di Jakarta, (3/3). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Berbeda dengan kondisi tahun 1998, menurut Jahja, saat ini krisis ekonomi yang ditimbulkan akibat dampak Corona tidak terlalu mematikan, apalagi program penjaminan sudah terbentuk dengan baik.

"Saat baru dikenalkan program penjaminan, masyarakat yang dananya Rp 2 miliar ke bawah harusnya lebih tenang dan tidak rush," katanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tingkah Laku Pemain Hospital Playlist di Balik Layar Bikin Sutradara Terharu

Posted: 09 Jun 2020 11:20 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Hospital Playlist musim perdana memang telah tamat, tapi banyak penggemar yang tampaknya susah move on dari drama Korea ini. Rasanya sulit berpisah dengan Angkatan '99 sampai musim kedua drama ini pada tahun mendatang.

Sutradara Hospital Playlist, Shin Won Ho, rupanya juga memiliki banyak kesan manis tentang para pemain drama ini. Hal ini lantas ia sampaikan saat wawancara dengan Sports Chosun, baru-baru ini.

Ia menceritakan kesannya tentang masing-masing anggota di Angkatan '99 Hospital Playlist, dimulai dari Jo Jung Suk.

"Dia adalah seorang aktor yang belum pernah kutemui sebelumnya. Aktingnya tidak klise, dan dia selalu menambahkan nuansa dan tone yang mengejutkan. Dia adalah seseorang yang membuatku sadar, "Kamu bisa melakukannya dengan cara yang baru," kata dia, seperti diwartakan Soompi.

 

Yoo Yeon Seok

ilustrasi Hospital Playlist (2020)/tvn
ilustrasi Hospital Playlist (2020)/tvn

Sementara itu Yoo Yeon Seok rupanya memiliki hati yang lembut. Ia juga senang dengan anak-anak sehingga gampang saat syuting bersama para aktor cilik.

"Walau dia yang termuda dari Angkatan '99, dia secara mengejutkan menjadi tenaga pendorong," tutur sang sutradara.

Jung Kyung Ho

Hospital Playlist. (Instagram/ tvndrama.official)
Hospital Playlist. (Instagram/ tvndrama.official)

Jung Kyung Ho yang memerankan karakter judes Kim Joon Wan, rupanya jago menyampaikan emosi dalam adegan melankolis. Ia bahkan mendapat julukan "melo-starter."

"Saat kami syuting adegan melodrama, dia tidak menggunakan teknik khusus, tapi anehnya semua terasa berbeda. Bahkan dalam adegan pendek, dia menyampaikan emosi itu dengan baik," tuturnya.

Kim Dae Myung

Kim Dae Myung adalah pemain pertama yang bergabung dalam produksi drama ini. Oleh sang sutradara, ia disebut sebagai pilar yang tak hanya menopang cerita drama, tapi juga kondisi di lokasi syuting.

"Kim Dae Myung yang memerankan Yang Seok Hyung, benar-benar menikmati kerja dengan para rekannya. Dia selalu menyebut betapa bahagianya saat ia minum-minum, dan setiap dia bicara seperti itu, entah mengapa terasa emosional. Kebahagiaannya membuat atmosfer di grup berlima itu, juga dalam drama, menjadi hidup."

 

Jeon Mi Do

Sementara perempuan satu-satunya dalam grup ini, Jeon Mi Do, ia sebut sebagai "anak perempuan tertua yang pintar dan bisa diandalkan."

"Jeon Mi Do benar-benar (seperti) murid panutan," tuturnya. Salah satu contohnya, adalah aktris yang belum pernah bermain bas sebelumnya ini bisa memainkan lagu "Canon" bahkan "Met You by Chance" yang sulit.

"Tapi bukan cuma itu, aktingnya selalu mengejutkan. Dia sangat pandai dan aku berkali-kali terkejut," tuturnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dukung New Normal, Kapolri Tegaskan Keselamatan Rakyat Hukum Tertinggi

Posted: 09 Jun 2020 11:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengajak masyarakat untuk bersiap memulai tatanan kehidupan normal yang baru atau new normal di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19. Kapolri Jenderal Idham Azis pun menyatakan kesiapan Polri mendukung kebijakan tersebut.

Idham menegaskan, jajarannya turut siap menerapkan new normal dalam setiap pelaksanaan tugas.

"Dalam menghadapi new normal, Polri mengedepankan Salus Populi Suprema Lex Esto atau keselamatan rakyat merupakan hukum tertinggi," tutur Idham dalam keterangannya, Rabu (10/6/2020).

"Polri siap melaksanakan tatanan new normal bersama masyarakat," sambungnya.

Idham berharap seluruh masyarakat Indonesia dapat disiplin dan berkomitmen menerapkan protokol kesehatan yang telah dianjurkan oleh pemerintah. Seperti wajib gunakan masker, cuci tangan dengan sabun selama 20 detik, hindari kerumunan, menjaga jarak, dan bijak untuk memutuskan keluar rumah.

"Polri juga mengajak masyarakat untuk disiplin mematuhi protokol kesehatan," kata Idham.

 

 

 

Jokowi: Ancaman Covid-19 Masih Ada, Jangan Sampai Terjadi Gelombang Kedua

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan ketika memimpin Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Kamis (3/10/2019). Topik Sidang Kabinet Paripurna tersebut  yakni Evaluasi Pelaksanaan RPJMN 2014-2019 dan Persiapan Implementasi APBN 2020. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan ketika memimpin Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Kamis (3/10/2019). Topik Sidang Kabinet Paripurna tersebut yakni Evaluasi Pelaksanaan RPJMN 2014-2019 dan Persiapan Implementasi APBN 2020. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali mengingatkan ancaman gelombang kedua virus Corona Covid-19. Jokowi menilai, hingga kini penyebaran virus Corona masih ada meski sejumlah daerah tidak memiliki penambahan kasus baru.

"Saya ingatkan tugas besar kita belum berakhir, ancaman Covid masih ada," ujar Jokowi saat berkunjung ke Kantor Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Rabu (10/6/2020).

"Ada daerah yang kasus barunya turun, ada daerah yang kasus barunya meningkat, ada daerah yang kasus barunya nihil. Perlu saya ingatkan, jangan sampai terjadi gelombang kedua second wave," sambungnya.

Jokowi meminta kepala daerah, gugus tugas, serta para menteri untuk mewaspasdai lonjakan kasus virus Corona. Dia mengakui bahwa situasi tersebut akan terus terjadi hingga ditemukannya vaksin penangkal virus Corona.

"Saya ingatkan kepada kita semua, situasi seperti ini akan kita hadapi terus sampai vaksin kita temukan dan bisa kita pergunakan secara efektif karena vaksin ketemu harus uji klinis, uji lapangan yang membutuhkan waktu," katanya.

Karenanya, mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta masyarakat untuk mulai beradaptasi dengan kebiasaan baru. Dia menekankan pentingnya disiplin mengikuti protokol kesehatan di masa pandemi virus Corona.

"Adaptasi itu bukan berarti kita menyerah apalagi kalah, ndak. Tapi kita harus memulai kebiasaan-kebiasaan baru sesuai protokol kesehatan sehinga masyarakat produktif tapi aman dari Covid," jelas Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kecombrang Asal Sumut Tembus Pasar Malaysia

Posted: 09 Jun 2020 11:15 PM PDT

Liputan6.com, Medan Bunga kecombrang asal Sumatera Utara (Sumut) menembus pasar Malaysia, diekspor melalui Pelabuhan Belawan, Kota Medan. Kabar baik ini merupakan yang pertama kecombrang tembus pasar Negeri Jiran.

Kepala Karantina Pertanian Belawan, Hasrul mengatakan, kecombrang sering digunakan sebagai campuran makanan khas dengan kandungan nutrisi dan serat tinggi. Ekspor bunga kecombrang ke Malaysia yang pertama dilakukan CV SP, senilai Rp 6 juta.

"Kementerian Pertanian melalui kita memfasilitasi sertifikasi ekspor untuk komoditas asal sub sektor hortikultura ini," kata Hasrul, Rabu (10/6/2020).

Dijelaskannya, pada pengiriman kecombrang perdana ini, persyaratan teknisnya dikawal ketat pihak Karantina Pertanian Belawan, agar dapat diterima dengan baik di negara tujuan, yaitu Malaysia. Mengingat komoditas ini baru pertama kali dikirim.

Kemudian untuk mengantisipasi kerusakan berupa kisut dan layu akibat karakteristik bunga, serta jarak sentra ke negara tujuan, pihak Karantina Pelabuhan Belawan meminta pelaku untuk menambahkan pendingin.

"Sederhana saja, agar terjaga, kantongan es batu di setiap kemasan dan mengatur suhu container cold storage di kisaran 1 hingga 4 derajat celcius," ucapnya.

 

Tambahan Komoditas Baru

Ekspor kecombrang ke Malaysia
Ekspor kecombrang ke Malaysia

Selain kecombrang, berdasarkan data klinik ekspor yang berada di kantor layanan Karantina Pertanian Belawan, setidaknya ada tambahan dua komoditas ekspor baru, labu beku dan gula kelapa.

Pada awal tahun 2020 hingga Mei, gula kelapa membukukan 2 kali pengiriman sebanyak 58,3 ton senilai Rp 1,03 miliar, tujuan Brasil dan Yunani. Labu beku 3 kali ekspor ke Cina dan Malaysia sebanyak 8,4 ton, dengan nilai Rp 228,9 juta.

Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan) Ali Jamil menjelaskan, sejalan dengan gerakan tiga kali ekspor yang digagas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, pihaknya melakukan sinergisitas dengan seluruh pihak, baik instansi di pusat, daerah, dan pelaku usaha.

"Kita tidak hanya menyiapkan bimbingan teknis sanitari dan fitosanitari, kita juga membuka layanan klinik ekspor," jelasnya.

Disebutkan Ali, masyarakat dapat langsung datang ke kantor layanan karantina pertanian terdekat untuk mendapatkan akses informasi peta potensi ekspor pertanian. Bagi eksportir produk pertanian diprioritaskan.

"Harapan kami, dapat mendorong bertumbuhnya ragam komoditas dan ekspotir baru," tandasnya.

Saksikan juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Puluhan Pelanggar PSBB di Pasar Senen Disanksi Bersihkan Jalan

Posted: 09 Jun 2020 11:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat menertibkan para pelanggar aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Pasar Senen dalam rangka penegakan Pergub 51/2020 saat PSBB transisi.

"Ini terjaring ada sekitar 30 orang. Mereka tidak menggunakan masker. Ini kita bawa ke pos, kemudian kita tanya, ternyata mereka melanggar. Nah akhirnya kita beri sanksi," kata Asisten Pemerintah Kota Jakarta Pusat Denny Ramdhany di Pasar Senen, Jakarta, Rabu (10/6/2020).

Dari jumlah tersebut pelanggaran paling banyak ditemukan dari pengunjung, namun tidak sedikit juga pelanggar aturan PSBB adalah pedagang.

Denny mengatakan, pelanggaran yang paling banyak ditemukan adalah penggunaan masker. Sebagian pelanggar mengaku membawa masker, namun tak menggunakannya sehingga tetap dianggap sebagai pelanggaran.

"Jadi sebetulnya mereka bawa, tapi tidak dipakai. Alasannya, agar bisa lebih praktis berkomunikasi secara lancar. Setelah kita cek mereka bawa, tapi berarti ada kelalaian. Ya tetap kita kenakan sanksi," kata Denny seperti dikutip Antara.

Sanksi yang diberikan pada para pelanggar itu adalah kerja sosial membersihkan jalan di dekat Pasar Senen dengan sapu dan menggunakan rompi oranye bertuliskan 'Pelanggar PSBB'.

 

Tidak Dikenakan Denda

Sanksi denda menurut Denny tidak diberlakukan karena pengunjung yang datang hanya membawa uang pas-pasan untuk belanja di Pasar Senen.

"Ini paling banyak terjaring pengunjung yang mau belanja dengan anggaran pas-pasan sehingga kita berikan sanksi yaitu membersihkan lingkungan di sekitar sini," kata Denny.

Selain di Pasar Senen, penertiban serupa dilakukan oleh jajaran Pemkot Jakarta Pusat di Pasar Nangka di Kemayoran.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

LPS Pastikan Jamin Simpanan Nasabah di Bank Syariah

Posted: 09 Jun 2020 11:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memberikan ruang khusus bagi bank syariah di tengah pandemi Covid-19. LPS tetap memberikan jaminan dengan mekanisme sendiri karena bank syariah tidak menggunakan bunga dalam praktik sistem perbankan.

"Khusus untuk LPS kami memberikan ruang khusus bagi bank syariah karena mereka tidak menggunakan bunga," kata Ketua Dewan Komisioner LPS, Halim Alamsyah dalam Webinar bertajuk 'New Normal dan Mitigasi Bisnis Perbankan Saat Wabah Covid-19' di akun YouTube LPS_IDIC Official, Jakarta, (10/6/2020).

LPS akan memberikan jaminan kepada nasabah bank syariah sepanjang jumlah simpanan di bank sebesar Rp 2 miliar. Kata Halim, kebijakan ini bukan sesuatu yang baru.

Sudah ada fatwa dari MUI dan Dewan Syariah Nasional sebagai dasar LPS untuk melakukan kebijakan ini. Bahkan LPS juga sudah menyiapkan skema penanganan jika ada bank syariah yang gagal.

Namun sampai saat ini hal ini masih belum ada. "Tapi kalau sekarang belum ada," sambung Halim.

Sementara itu, berbagai kebijakan yang dikeluarkan Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga tetap berlaku bagi bank syariah.

"Untuk perbankan syariah langkah yang ditempuh BI, OJK dan LPS kebijakannya sama," kata Halim mengakhiri.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

LPS Likuidasi BPRS Gotong Royong di Subang

Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS) mencanangkan tahun 2017 ini sebagai tahun Transformasi.
Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS) mencanangkan tahun 2017 ini sebagai tahun Transformasi.

Sebelumnya, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) melakukan proses pembayaran klaim simpanan dan likuidasi PT BPRS Gotong Royong, Kabupaten Subang, Jawa Barat (Jabar).

Proses pembayaran klaim dan likuidasi dilakukan setelah izin usaha BPRS Gotong Royong dicabut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 5 Juni 2020.

Sekretaris Lembaga LPS Muhamad Yusron, Jumat (5/6/2020), mengatakan dalam rangka pembayaran klaim simpanan nasabah PT BPRS Gotong Royong, LPS akan memastikan simpanan nasabah dapat dibayar sesuai ketentuan yang berlaku.

Ia mengatakan LPS akan melakukan rekonsiliasi dan verifikasi atas data simpanan dan informasi lainnya untuk menetapkan simpanan yang akan dibayar.

"Rekonsiliasi dan verifikasi dimaksud akan diselesaikan LPS paling lama 90 hari kerja sejak tanggal pencabutan izin usaha, yakni paling lambat tanggal 13 Oktober 2020," kata dia.

Dia menuturkan Pembayaran dana nasabah akan dilakukan secara bertahap selama kurun waktu tersebut.

Selain itu, dalam pelaksanaan proses likuidasi PT BPRS Gotong Royong, LPS mengambil alih dan menjalankan segala hak dan wewenang pemegang saham, termasuk hak dan wewenang RUPS bank.

Untuk selanjutnya, hal-hal yang berkaitan dengan pembubaran badan hukum dan proses likuidasi PT BPRS Gotong Royong akan diselesaikan oleh Tim Likuidasi yang dibentuk LPS. Pengawasan pelaksanaan likuidasi PT BPRS Gotong Royong dilakukan oleh LPS.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Gas Air Mata Dapat Perparah Penyebaran Virus Corona

Posted: 09 Jun 2020 11:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu ini di Amerika sering terjadi demo akibat kematian George Floyd. Polisi disana sering menggunakan gas air mata untuk membubarkan massa. Dan ternyata gas air mata dapat perparah penyebaran virus Corona.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pilkada di Tengah Pandemi Covid-19, KPU Boyolali Tambah 485 TPS

Posted: 09 Jun 2020 11:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, menyebutkan bakal menambah 485 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 22 kecamatan pada pilkada 2020, yang digelar 9 Desember 2020.

"Penambahan TPS itu, supaya tidak terjadi kerumunan massa saat pelaksanaan pilkada, di tengah pandemi Covid-19, sehingga tetap memperhatikan sesuai aturan protokol kesehatan," kata Ketua KPU Boyolali Ali Fahrudin di Boyolali, Rabu (10/9/2020), seperti dikutip dari Antara.

Menurut Ali, dengan penambahan TPS tersebut pelaksanaan pilkada tetap sesuai protokol kesehatan di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19. Pemilih setiap TPS sebelumnya maksimal 800 pemilih, tetapi di tengah pandemi Covid-19 ini, dikurangi maksimal 500 pemilih.

Oleh karena itu, jumlah TPS untuk Pilkada 2020 di Boyolali harus ditambah yang sebelumnya diperkirakan 1.779 TPS bertambah menjadi 2.264 TPS. Jadi penambahan TPS ini, sekitar 485 TPS.

"Jumlah pemilih di setiap TPS harus dikurangi untuk mencegah kerumunan massa saat pelaksanaan," kata Ali.

 

Refocusing anggaran pilkada

Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) saat akan mendistribusikan kotak suara menuju TPS di desa Cidokom, Bogor, Selasa (16/4). Pada 17 April 2019, masyarakat dapat menunaikan haknya mencoblos, baik untuk memilih caleg maupun presiden-wakil presiden. (Merdeka.com/Arie Basuki)
Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) saat akan mendistribusikan kotak suara menuju TPS di desa Cidokom, Bogor, Selasa (16/4). Pada 17 April 2019, masyarakat dapat menunaikan haknya mencoblos, baik untuk memilih caleg maupun presiden-wakil presiden. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Ali mengatakan penambahan TPS tersebut tentunya akan menambah anggaran yang dibutuhkan, sehingga KPU harus melakukan refocusing anggaran Pilkada.

Hal tersebut, kata Ali , supaya anggaran sebesar Rp28,15 miliar dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali yang diberikan melalui Naskah perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dapat mencukupi kebutuhan pelaksanaan Pilkada Desember mendatang.

Menurut dia jika refocusing anggaran masih tidak cukup, KPU Boyolali bakal mengajukan tambahan anggaran seperti untuk penambahan TPS, pengadaan alat atau alat pelindung diri (APD) untuk petugas di lapangan.

Dia mengatakan KPU Boyolali untuk tahapan pertama bakal mengaktifkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS). Setelah itu, tahapa berikutnya pelaksanaan pencocokan penelitian (Coklit) daftar pemilih tetap (DPT).

"Jumlah DPT Pemilu 2019 di Boyolali sebanyak 808.469 pemilih, pelaksanaan Coklit itu, untuk mengecek langsung pemilih di setiap TPS," katanya.

Terpisah, Ketua DPRD Boyolali S Paryanto meminta penyelenggaran pemilu, KPU, dan Bawaslu Boyolali untuk melakukan rasionalisasi anggaran Pilkada.

"Kami dalam waktu dekat bakal mengundang penyelenggara pemilu untuk melakukan evaluasi anggaran," kata Paryanto.

Hal tersebut, kata Paryanto agar anggaran yang tersedia cukup untuk membiayai Pilkada 2020. Penyelenggaraan Pemilu harus ada evaluasi, melakukan pergeseran anggaran yang semula dipersiapkan untuk dua pasangan Calon (Paslon), tetapi Boyolali hanya satu atau lawan kotak kosong.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Jika Ada Kenaikan Kasus Baru Corona, Pengetatan Bakal Dilakukan Kembali

Posted: 09 Jun 2020 11:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi meminta agar penerapan new normal atau kenormalan baru di masa pandemi virus corona (Covid-19) dievaluasi secara rutin. Jokowi menegaskan bahwa apabila terjadi lonjakan kasus baru di suatu daerah, maka akan dilakukan pengetatan kembali.

"Perlu saya ingatkan, jika dalam perkembangan ditemukan kenaikan kasus baru, kenaikan kasus, maka langsung akan kita lakukan pengetatan atau penutupan kembali," jelas Jokowi saat berkunjung ke Kantor Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Rabu (10/6/2020).

Untuk itu, dia meminta gugus tugas juga memperhatikan daerah-daerah yang kasus baru Covid-19 sudah menurun. Pasalnya, penyebaran virus corona masih mungkin terjadi.

"Meskipun misalnya sebuah daerah kasus barunya sudah menurun, hati-hati jangan sampai lengah karena di lapangan masih sangat dinamis," ucapnya.

Menurut dia, keberhasilan pengendalian Covid-19 ini ditentukan oleh kedisplinan semua pihak dalam mengikuti protokol kesehatan. Jokowi menekankan perlunya rasa optimis agar virus corona dapat segera terkendalikan.

"Saya kira kita semua harus optmis bahwa tantangan yang kita hadapi bisa dikendalikan dengan baik dengan harapan kita bisa menyelesaikan dalam waktu sesingkat-singkatnya sehingga kita bisa beraktivitas kembali," tutur Jokowi.

 

 

Lalui Tahapan Ketat

Jokowi menegaskan bahwa setiap daerah yang hendak masuk ke tahapan new normal atau tatanan kehidupan baru di masa pandemi corona harus melalui tahapan-tahapan yang ketat.

Misalnya, kurva penularan kasus corona di daerah tersebut sudah menurun dengan R0 dibawah 1.

"Jangan sampai ada kesalahan kita memutuskan sehingga terjadi kenaikan kasus di sebuah daerah karena tahapan-tahapan tidak kita kerjakan secara baik," ujar Jokowi.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tekan Pencemaran Laut, Pemerintah Bakal Edukasi Warga di Pesisir

Posted: 09 Jun 2020 11:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tingginya pencemaran laut yang mempelopori lahirnya gerakan sosial oleh masyarakat guna mendukung kebersihan dan kelestarian area laut, dibenarkan oleh Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim Kemenko Marves, Safri Burhanuddin.

Hal ini, kata Safri, salah satunya disebabkan kebiasaan masyarakat utamanya daerah pesisir yang nilainya kurang bersih.

"Hampir semua daerah kumuh, khususnya kawasan nelayan, mereka di sekitarnya itu sangat jorok, anak-anaknya itu terbiasa lihat sesuatu yang kotor. Kalau dia terbiasa lihat yang kotor, maka yang kotor itu adalah sesuatu yang lumrah, karena tiap hari melihat. Tapi kalau tiap hari melihat yang bersih, maka kotor itu dianggap sesuatu yang tidak baik," beber Safri, Rabu (10/6/2020).

Untuk itu, Safri mengaku bahwa Kemenko Marves bersama dengan beberapa Kementerian/Lembaga terkait lainnya, menargetkan edukasi melalui mindset masyarakat, termasuk melalui kurikulum pendidikan.

"Jadi target kita teman-teman dari Kemenko maritim dan teman-teman dari LHK dan KKP bagaimana melakukan aksi bersih melalui mindset dia, melalui pendidikan dia, masuk di kurikulum," kata Safri.

Kebiasaan

Nelayan mengumpulkan tumpahan limbah minyak (oil spill) yang mencemari Pantai Muara Beting, Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (28/7/2019). Nelayan Muara Gembong memilih untuk menjadi pengepul oil spill karena tidak mungkin melaut dalam kondisi air tercemar. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Nelayan mengumpulkan tumpahan limbah minyak (oil spill) yang mencemari Pantai Muara Beting, Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (28/7/2019). Nelayan Muara Gembong memilih untuk menjadi pengepul oil spill karena tidak mungkin melaut dalam kondisi air tercemar. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Lebih lanjut, Safri mengungkapkan apabila kebiasaan ini tak kunjung berubah, dan volume sampah di laut semakin meningkat, maka akan merusak keseimbanagn ekosistem laut. Smentara laut juga merupakan sumber absorpsi karbondioksida paling tinggi selain hutan.

"Karena kalau kita tidak merawat laut kita, dampaknya ikan kita habis. kalau nggak kita kelola itu jumlah sampahnya makin banyak daripada jumlah ikannya kan kita nggak mau nanti," ucap dia.

"Laut itu sumber absorpsi karbondioksida paling tinggi, jadi bukan cuma hutan," imbuh Safri.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pamer Bule Tampan, Ini 6 Potret Ari Qurosh Teman Curhat Elly Sugigi

Posted: 09 Jun 2020 11:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Elly Sugigi salah satu artis yang memiliki banyak teman. Baik dari kalangan para selebriti maupun non selebriti. Baru-baru ini wanita yang kini tampil berhijab itu mengunggah foto bule tampan yang ia sebut sebagai sahabat sekaligus teman curhat.

Unggahan Elly Sugigi di Instagram pribadinya pada Selasa (9/6/2020) itu pun dibanjiri komentar para netizen. Wanita kelahiran 1971 ini mengatakan bahwa ia sering bertukar pikiran mengenai banyak hal termasuk soal pekerjaan dengan pria yang diketahui bernama Ari Qurosh.

"Punya sahabat bule baik banget jadi teman curhat dan temen sharing kerja....salam hebat buat semua... @qurosh10," tulis Elly Sugigi di Instagram @ellysugigi_real_.

Unggahannya itu pun disukai oleh ribuan pengikut Elly dan juga mendapat banyak komentar dari netizen. Berparas tampan, berikut ini 6 potret Ari Qurosh, pria bule yang disebut sebagai teman curhat Elly Sugigi yang dirangkum dari Instagram keduanya oleh Liputan6.com, Rabu (10/6/2020).

1. Unggahan Elly Sugigi bersama Ari Qurosh yang menyebut jika pria bule ini adalah sahabat dan teman curhatnya.

Elly Sugigi unggah pria bule sebut teman curhat. (Sumber: Instagram/@ellysugigi_real_)
Elly Sugigi unggah pria bule sebut teman curhat. (Sumber: Instagram/@ellysugigi_real_)

2. Lewat Instagramnya, pria yang disapa Qurosh ini juga beberapa kali unggah kebersamaannya dengan wanita berusia 48 tahun tersebut.

Elly Sugigi unggah pria bule sebut teman curhat. (Sumber: Instagram/@qurosh1)
Elly Sugigi unggah pria bule sebut teman curhat. (Sumber: Instagram/@qurosh1)

3. Elly mengatakan bahwa ia sering bertukar pikiran mengenai banyak hal termasuk soal pekerjaan.

Elly Sugigi unggah pria bule sebut teman curhat. (Sumber: Instagram/@qurosh1)
Elly Sugigi unggah pria bule sebut teman curhat. (Sumber: Instagram/@qurosh1)

4. Unggahan Instagram Stories Elly tampak Qurosh menemaninya berbelanja kebutuhan seperti sayur dan kerupuk.

Elly Sugigi unggah pria bule sebut teman curhat. (Sumber: Instagram/@ellysugigi_real_)
Elly Sugigi unggah pria bule sebut teman curhat. (Sumber: Instagram/@ellysugigi_real_)

5. Pelawak sekaligus aktris itu menegaskan bahwa Qurosh sudah memiliki anak dan ia hanya berteman saja.

Elly Sugigi unggah pria bule sebut teman curhat. (Sumber: Instagram/@qurosh1)
Elly Sugigi unggah pria bule sebut teman curhat. (Sumber: Instagram/@qurosh1)

6. Meski jarang tersorot, Ari Qurosh beberapa kali unggah foto bersama teman artis seperti Kris Hatta.

Elly Sugigi unggah pria bule sebut teman curhat. (Sumber: Instagram/@qurosh1)
Elly Sugigi unggah pria bule sebut teman curhat. (Sumber: Instagram/@qurosh1)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

36 Lokasi Check Point PSBB dan Pemeriksaan SIKM di Perbatasan Jakarta

Posted: 09 Jun 2020 11:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Perhubungan DKI Jakarta terus melakukan pembatasan dan penyekatan di sejumlah titik perbatasan Ibu Kota dengan Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Bodetabek) selama pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di masa transisi.

Pembatasan itu dilakuan dengan mengecek surat izin keluar masuk (SIKM).

"Pemeriksaan tersebar di 36 pos check point di wilayah Jakarta, satu pos di Bandara Soekarno-Hatta, Stasiun Gambir, Pelabuhan Tanjung Priok, dan di Terminal Pulogebang," kata Syafrin dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Rabu (10/6/2020).

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta memperpanjang pemberlakuan PSBB di tengah pandemi Corona. Pemprov DKI juga menetapkan Jakarta memasuki masa transisi mulai 5 Juni 2020. Hal itu disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Menetapkan PSBB di Jakarta diperpanjang dan menetapkan bulan Juni sebagai masa transisi," ujar Anies dalam jumpa pers di Balai Kota Jakarta, Kamis siang 4 Juni 2020.

PSBB sendiri di DKI Jakarta berakhir hari ini, Kamis 4 Juni 2020. PSBB tahap ke-3 sebelumnya diharapkan Anies sebagai yang terakhir kalinya sebelum memasuki era new normal atau normal baru.

 

Rincian 36 Check Point

Berikut rincian 36 titik pos check point dan pemeriksaan SIKM selama PSBB masa transisi: 

1. Jalan KH. Ahmad Dahlan

2. Jalan Husein Sastranegara

3. Jalan Kukusan Raya

4. Jalan Pemuda I

5. Jalan Tanah Baru

6. Jalan Brigif

7. Jalan Manggis

8. Jalan Andara

9. Jalan Merawan

10. Jalan Pangkalan Jati 1

11. Jalan Pangkalan Jati 2

12. Jalan Pahlawan

13. Jalan Bintaro Utama 3

14. Jalan Pesanggrahan Indah

15. Jalan H. Muchtar Raya (Gang Sewo)

16. Jalan H. Muchtar Raya (Jalan Kedaung 2)

17. Jalan I Gusti Ngurah Rai

18. Jalan Bintara

19. Jalan Raya Pondok Gede

20. Jalan Pagelarang

21. Jalan Jambore

22. Jalan Buperta

23. Jalan Taman Bunga

24. Jalan Putri Tunggal

25. Jalan Marunda Makmur

26. Jalan Inspeksi Kanal Utara

27. Jalan Irigasi

28. Pos Polisi Kalideres

29. Pos Joglo Raya

30. Pos Polisi Karang Tengah (Raden Saleh 

31. Jalan Raya Bogor (Panasonic)

32. Jalan Raya Bekasi (Kolong Fly Over Cakung)

33. Jalan Raya Kalimalang (Traffic Light Lampiri) 

34. Simpang atau layang UI 

35. Perempatan Pasar Jumat

36. Jalan Ciledug Raya (Depan Universitas Budi Luhur)

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terpicu Komentar Negatif, Lelaki di India Berhasil Turunkan Berat Badan hingga 37 Kg

Posted: 09 Jun 2020 11:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kelebihan berat badan sering jadi bahan olok-olokan orang. Hal itu juga dialami pria asal India, Sushant Srivastava, yang berusia 22 tahun.

Namun, ia menggunakan komentar negatif tersebut sebagai pemicu untuk mengubah keadaan dirinya. Ia bekerja keras dan berhasil menurunkan berat badan 37 kilogram dari 115 kilogram.

"Aku secara bertahap harus keluar dari zona nyaman dan kembali bugar. Banyak orang yang memberi nasihat, tanpa cara bagaimana menurunkan berat badan," ujarnya, seperti dilansir dari Time of India, Selasa, 9 Juni 2020.

Biasanya, Sushant hanya minum secangkir kopi hitam pada pagi hari. Namun, saat dirinya lapar, ia memiliki semangkuk gandum dan empat butir telur rebus. 

Untuk makan siang, ia mengonsumsi empat chapatis, semangkuk dal, dan sebagian sayuran hijau. Sementara makan malam, ia memilih empat chapatis dengan telur orak-arik, berupa empat putih telur dan dua telur utuh, atau 200-250 gram ayam bakar.

Sebelum berolahraga, ia memilih mengonsumsi bullet coffee, sedangkan setelah latihan ia memilih smoothie protein.

Tutorial Online

Ilustrasi CrossFit (Dok.Pixabay)
Ilustrasi CrossFit (Dok.Pixabay)

Seminggu sekali, Sushant makan apa saja yang ia suka yang berguna untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Hal itu juga berguna agar ia tetap pada dietnya.

Urusan olahraga, ia hanya mendapat bimbingan dari temannya. Namun, lebih banyak bergantung pada tutorial online. Olahraganya di antaranya latihan beban dan favoritnya Crossfit.

"Aku bersumpah selalu makan yang rendah kalori, seperti ayam bakar, gandum, dan yoghurt Yunani," katanya.

Selain menjalani gaya hidup sehat dengan mengonsumi makanan sehat, hal penting lain adalah makan dalam jumlah yang tepat.

"Penting untuk dipahami bahwa menurunkan berat badan adalah tentang mengganti hasrat yang tidak sehat dengan makanan yang tepat. Aku menjadikan kebugaran sebagai bagian dari rutinitas harianku dan juga mulai minum tiga liter air setiap hari," tuturnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hore, Masa Dispensasi Perpanjangan SIM Diperpanjang

Posted: 09 Jun 2020 11:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejak kembali dibuka, layanan Satuan Pelayanan Administrasi (Satpas) langsung dipadati masyarakat yang hendak melakukan perpanjangan SIM (Surat Ijin Mengemudi) yang habis masa berlakunya.

Tak perlu terburu-buru, bila awalnya pengurusan bisa dilakukan hingga akhir Juni 2020, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya kembali memberikan dispensasi hingga akhir Agustus mendatang.

Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kerumunan masyarakat di Satpas SIM. Pemberitahuan itu disampaikan melalui media sosial resminya.

"Masa berlaku SIM yang habis antara tanggal 17 Maret smpai dengan 29 Mei, dapat diperpanjang pada tanggal 2 Juni sampai 31 Agustus 2020," tulis akun Instagram @tmcpoldametro.

Selain itu, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus menjelaskan, terdapat tiga wilayah yang mendapatkan dispensasi perpanjangan SIM.

"Polda yang di berikan dispensasi perpanjangan SIM adalah Polda Metro Jaya, Polda Kaltim, dan Polda jatim khusus untuk Polrestabes Surabaya," ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa (10/6/2020).

Tetap Memperhatikan Protokol Kesehatan

 

Protokol kesehatan tetap dilakukan untuk mencegah penularan virus Corona Covid-19 di wilayah Satpas, salah satunya wajib menggunakan masker dan selalu menjaga jarak aman.

Sebelumnya, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya berencana akan menambah masa dispensasi perpanjangan SIM. Sebab, beberapa waktu terakhir terjadi antrean perpanjangan SIM di beberapa Samsat di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Antrean mengular karena warga mengejar dispensasi perpanjangan SIM yang berakhir pada 30 Juni 2020.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pedagang Positif Covid-19, Pemkot Bandung Tutup Tiga Pasar Tradisional

Posted: 09 Jun 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Menyusul ditemukannya kasus positif Covid-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melalui PD Pasar Bermartabat telah menutup Pasar Sadang Serang selama 14 hari ke depan. Menyusul kemudian Pasar Haurpancuh dan Leuwipanjang yang akan ditutup.

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan, kebijakan menutup ketiga pasar tradisional itu disebabkan adanya empat kasus positif Covid-19 dari para pedagang. Mereka berasal dari Pasar Haurpancuh sebanyak satu orang, Leuwipanjang (satu orang), dan Sadang Serang (dua orang).  

"Info terkini dari PD Pasar bahwa, Pasar Leuwipanjang satu pedagang positif, hasil dari uji seka juga sudah kami laporkan dan ditangani oleh camat beserta tempat tinggalnya. Perlu diketahui yang terpapar itu warga Cibiru," kata Oded di Pendopo Kota Bandung, Selasa (9/6/2020).

Oded mengatakan, setelah ada kasus baru, PD Pasar langsung berkoordinasi dengan gugus tugas dan mengurus masalah penyebarannya bersama Dinas Kesehatan. "Namun perintah Sekda (Sekretaris Daerah) untuk segera ditutup dan sekarang dikoordinasikan dengan pedagang terlebih dahulu," ucapnya.

Terkait pedagang di Pasar Haurpancuh, Oded menegaskan bahwa yang terpapar positif Covid-19 adalah pedagang kaki lima (PKL). 

"Itu PKL, saat ini sedang dikondisikan dengan kecamatan dan pihak tertentu. Penegasannya, semua area pasar akan ditutup total. Prosesnya tidak semudah itu. Dinkes masih berkoordinasi," kata Oded.

Sementara itu, Direktur Operasional dan Komersil PD Pasar Bermartabat, Panca Saktiadi membenarkan Pasar Sadang Serang ditutup untuk sementara waktu.

Panca menuturkan, temuan dua orang didapat setelah mengikuti rapid test pada minggu lalu. Kemudian didapati hasil reaktif dan dilanjutkan pada pemeriksaan swab test hingga akhirnya diketahui dua orang dinyatakan positif Covid-19. Saat itu juga keduanya langsung menjalani isolasi mandiri.

"Pak wali kota sudah menginstruksikan PD Pasar untuk menutup pasar Sadang Serang. Itu sudah mulai disosialisasikan kepada para pedagang," kata Panca.

Dalam rentan dua pekan ke depan pihaknya berharap bisa melakukan rapid test massal kepada para pedagang di Pasar Sadang Serang. Selain itu, Panca juga tengah menunggu hasil uji seka kedua kepada dua orang yang terpapar Covid-19.

"Kita sambil menunggu hasil swab test kedua, mudah-mudahan negatif. Kita harapkan semua pedagang di-rapid test, kemarin baru 45 orang. Semua bahu-membahu bahwa ini adalah kepentingan bersama, bukan hanya pedagang tapi kepentingan masyarakat luas," katanya.

 

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terapkan Protokol New Normal, Perusahaan Minuman Atur Waktu Kerja Karyawan

Posted: 09 Jun 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kantor menjadi sentral perekonomian masyarakat. Namun, kemungkinan untuk penyebaran virus Covid-19 ini juga terbilang besar. Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan mulai Jumat 5 Juni 2020 sudah memasuki masa transisi atau new normal.  

Begitupun yang dilakukan oleh PT Suntory Garuda Beverage (SGB) yang merupakan perusahaan minuman di Indonesia, sejak 8 Juni juga sudah menerapkan pola kerja baru Work From Offiec (WFO) bagi karyawannya sesuai dengan anjuran Pemerintah.

"New normal di SGB diterapkan dalam bentuk pengaturan waktu dan kelompok kerja, pengaturan layout ruangan sesuai dengan implementasi physical distancing, sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan secara ketat melalui poster, spanduk, e-mail dan WA," kata Head of Corporate Relation and Communication Suntory Garuda Beverage Evelyn Indriani, kepada Liputan6.com, Rabu (10/6/2020).

Selanjutnya, ia mengatakan di kantor juga diberikan Health Kit bagi seluruh karyawan yang berisi Vitamin, Masker Kain, Leaflet Protokol, dan Hand Sanitizer yang juga diberi label informasi rujukan Rumah Sakit Covid-19 dan web Covid-19.

Selain itu, pihaknya juga menyusun Buku Edukasi Karyawan dan Video Edukasi Karyawan, serta penerapan wajib isi formulir self-screening bagi seluruh karyawan.

Lebih lanjut Evelyn menyampaikan tentunya protokol kesehatan lainnya seperti pemberian hand sanitizer, pengukuran suhu tubuh, penggunaan masker, bilik disinfektan bagi amplop dan  kiriman barang, skrining bagi tamu bisnis, larangan pertemuan langsung, sudah dilakukan sejak masa pandemi.

Pengaturan Waktu Kerja

Pemberitahuan penggunaan alat salat pribadi di mushala Suntory Garuda, Jakarta, Senin (8/8/2020). Suntory Garuda menerapkan protokol kesehatan, seperti kapasitas karyawan hanya dibolehkan 50 persen, meniadakan absensi sidik jari dan menggunakan alat makan pribadi. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Pemberitahuan penggunaan alat salat pribadi di mushala Suntory Garuda, Jakarta, Senin (8/8/2020). Suntory Garuda menerapkan protokol kesehatan, seperti kapasitas karyawan hanya dibolehkan 50 persen, meniadakan absensi sidik jari dan menggunakan alat makan pribadi. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Dalam pola kerja yang baru, ia menyampaikan ada pengaturan waktu kelompok kerja bagi karyawan, yakni dibagi menjadi dua tim. Team A bekerja Senin dan selasa, sedangkan tim B bekerja Kamis-Jumat, untuk Rabu dilakukan penyemprotan disinfektan seluruh ruangan kantor, baik meja dan peralatan kantor.

"Waktu bekerja harian disesuaikan, ada yang lebih pagi dan ada yang lebih siang, untuk menghindari peak commuting time," ujarnya.

Demikian  juga  ada pengaturan jam makan siang, dan karyawan diminta membawa bekal makan siang, tempat duduk berselang seling saat makan, serta penambahan ruangan untuk makan siang dengan penerapan physical distancing.

Tak lupa "Untuk mushola, pemasangan marka untuk physical distancing," pungkasnya.   

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Maksimal Dipakai 4 Jam, Dokter Reisa Broto Asmoro Sarankan Masyarakat Bawa Lebih dari 1 Masker

Posted: 09 Jun 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dokter Reisa Broto Asmoro menyarankan masyarakat untuk membawa lebih dari satu masker ketika harus berkegiatan di luar rumah selama masa pandemi COVID-19.

Dalam konferensi persnya dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Jakarta, dokter yang tergabung dalam Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas COVID-19 itu mengatakan bahwa masker memiliki maksimal waktu penggunaan.

"Penggunaan masker disarankan maksimal hanya 4 jam dan harus diganti dengan yang baru atau yang bersih," kata Reisa kemarin sore, ditulis Rabu (10/6/2020).

"Tetapi apabila maskernya basah atau lembap harus segera diganti. Oleh karena itu, masyarakat disarankan untuk membawa beberapa buah masker ketika harus pergi keluar rumah untuk beraktivitas," kata dr Reisa Broto Asmoro yang juga terkenal sebagai pembawa acara kesehatan di televisi tersebut.

Minta Masyarakat Gunakan Masker

Dokter Reisa Broto Asmoro dalam konferensi persnya pada Selasa (10/6/2020) (Tangkapan Layar BNPB)
Dokter Reisa Broto Asmoro dalam konferensi persnya pada Selasa (10/6/2020) (Tangkapan Layar BNPB)

Reisa mengatakan, masker kain bisa digunakan lebih dari sekali. Untuk itu, penggunaan, penyimpanan, dan pencuciannya harus dilakukan dengan tepat agar benda itu awet dan bisa digunakan berulang kali.

Dalam kesempatan tersebut, Reisa mengatakan bahwa penggunaan masker bisa melindungi orang lain dari penularan COVID-19.

"Kita sudah tahu virus COVID-19 menular melalui droplet atau percikan air liur yang dapat terpercik keluar ketika seseorang itu berbicara, bersin, atau batuk," ujarnya.

"Maka masker dapat menjadi penghalang agar percikan air liur tidak menyebar ke lingkungan sekitar," tambah dokter kelahiran Malang, Jawa Timur ini menambahkan.

Reisa mengatakan, di masa pandemi COVID-19, masyarakat sangat disarankan untuk menggunakan masker selama berkegiatan di luar rumah. "Terutama apabila berada di lingkungan yang penuh sesak atau berjumpa dengan orang lain," ujarnya.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wajib Tahu, 4 Cara Mudah Tingkatkan Imun Tubuh

Posted: 09 Jun 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Di saat seperti ini, menjaga imunitas tubuh menjadi hal yang sangat penting. Sistem kekebalan tubuh seseorang sangat berperan untuk melawan virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

Sebaliknya, sistem kekebalan tubuh yang lemah dapat menyebabkan seseorang lebih mudah terserang penyakit karena tubuh tidak dapat melawan virus atau bakteri yang masuk dalam tubuh dengan baik.

Maka itu, kamu disarankan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tak sulit kok ada 4 cara sederhana yang bisa membantumu meningkatkan imun tubuh, berikut ulasannya.

Konsumsi buah dan sayur

Mengonsumsi banyak sayuran dapat membantu diet dan memiliki manfaat kesehatan lainnya. (iStock)
Mengonsumsi banyak sayuran dapat membantu diet dan memiliki manfaat kesehatan lainnya. (iStock)

Jika ingin meningkatkan imun tubuhmu, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan bergizi. Kamu juga penting untuk mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan.

Antioksidan memiliki karakteristik protektif yang baik untuk tubuh dan sistem kekebalan tubuh. Sumber terbaik untuk berbagai antioksidan adalah buah dan sayur segar, berry, biji-bijian dan kacang-kacangan. Secara umum semakin berwarna buah dan sayuran, maka semakin banyak pula kandungan antioksidannya.

Komponen antioksidan dari makanan ini melindungi sel-sel dengan mengubah atau menetralkan radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang sangat tidak stabil yang merusak tubuh pada tingkat sel dan melemahkan sistem kekebalan tubuh.

 

Olahraga

Ilustrasi olahraga (iStockphoto)
Ilustrasi olahraga (iStockphoto)

Olahraga yang cukup kuat dapat meningaktkan detak jantung serta kecepatan dan kedalaman pernapasan. Aliran darah yang keluar masuk dengan ekstra dari udara ini mungkin merupakan bantuan tambahan yang dibutuhkan tubuh untuk menghilangkan bakteri dan virus.

Sirkulasi darah yang lebih cepat, dapat menggerakkan sistem kekebalan tubuh, antibodi dan sel darah putih. Antibodi dan sel darah merah ini menggunakan aliran darah sebagai sistem transportasi untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh.

Olahraga teratur dapat mengurangi kadar stres stres yang dapat merusak tubuh dan melemahkan sistem kekebalan tubuh, jika berada pada proporsi yang salah.

Tidur cukup

Agar lebih produktif dan sehat, ini sederet kebiasaan buruk pagi hari yang patut untuk ditinggalkan. (Sumber Foto: Shutterstock/The List)
Agar lebih produktif dan sehat, ini sederet kebiasaan buruk pagi hari yang patut untuk ditinggalkan. (Sumber Foto: Shutterstock/The List)

Tak hanya makan makanan bergizi dan olahraga, kamu juga dianjurkan untuk tidur yang cukup. Diperlukan kualitas tidur yang baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh kita berfungsi dengan baik.

Sebuah penelitian bahkan menunjukkan bahwa seseorang akan lebih mudah jatuh sakit jika terkena virus ketika kurang tidur. Usahakan untuk tidak begadang di malam hari dan tidur setidaknya 7-8 jam.

Berhenti merokok

Ilustrasi Foto Stop atau Berhenti Merokok (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Stop atau Berhenti Merokok (iStockphoto)

Menjaga sistem kekebalan tubuh juga dapat dilakukan dengan mengatur gaya hidup. Ya, gaya hidup yang tidak sehat secara umum dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh seseorang. Contohnya saja seperti merokok.

Merokok dapat merusak kemampuan tubuh untuk untuk menyerang virus. Merokok juga dapat menyerang dua senjata paling kuat dalam sistem kekebalan tubuh yakni sel-sel pembunuh alami yang menghancurkan virus dengan racun khusus dan makrofag.

Menghilangkan kebiasaan merokok akan membuat sistem kekebalan tubuh meningkat dalam melawan infeksi virus.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BIN Temukan 651 Kasus Positif Corona COVID-19 di Surabaya

Posted: 09 Jun 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Intelijen Negara (BIN) mencatat 16.101 warga Surabaya ikut sebagai peserta uji cepat tes COVID-19, di Surabaya, Jawa Timur.

Staf Khusus Kepala BIN, Mayor Jenderal TNI Suyanto menuturkan, BIN telah menggelar uji cepat sebanyak 22 kali di 13 lokasi selama 12 hari sejak 29 Mei-9 Juni 2020. 

Uji cepat itu merupakan arahan langsung dari Kepala BIN, Jenderal Polisi (Purnawirawan) Budi Gunawan, untuk memutus rantai penularan COVID-19.

Uji cepat diiringi uji usap sejak 29 Mei dan direncanakan berakhir sampai 15 Juni 2020. Dari tes COVID-19, BIN juga mendapatkan hasil sebanyak 651 orang positif Corona COVID-19. 

"Untuk yang reaktif sampai 9 Juni ini sudah 2.150 orang, mereka lalu melanjutkan dengan menjalani uji usap. Artinya angka reaktif ini sekitar 13,35 persen dari jumlah peserta uji cepat, hasilnya sebanyak 651 orang dinyatakan positif Covid-19," ujar dia, seperti dikutip dari Antara, Rabu (10/6/2020).

Total yang positif Covid-19 hasil dari tes jika dipersentasekan maka didata sekitar 27,5 persen dari jumlah yang sudah diuji usap dinyatakan positif COVID-19.

Gelaran uji cepat massal COVID-19 secara maraton di Surabaya itu, kata dia, mendapat sambutan hangat dari berbagai kalangan di Surabaya.

Tes COVID-19 untuk Putus Rantai Penularan COVID-19

ilustrasi virus corona covid-19/photo copyright by Shutterstock
ilustrasi virus corona covid-19/photo copyright by Shutterstock

Ketua PC NU Surabaya, KH Muhibbin Zuhri, menyebut uji cepat ini bermanfaat luar biasa untuk warga di tengah angka kasus positif yang terus meninggi dan masuk dalam zona merah.

"Kami menyampaikan terima kasih sebanyak-banyaknya khususnya kepada BIN dan seluruh jajaran yang bekerjasama dengan Pemerintah Kota Surabaya menyelenggarakan uji cepat di beberapa tempat di Surabaya," ucap Zuhri.

Zuhri berharap dengan adanya rapid test itu, maka Pemerintah Kota Surabaya bisa lebih cepat dan tepat untuk memutus rantai penularan Covid-19. Zuhri juga berharap dengan rapid test, Surabaya dapat cepat keluar dari Covid-19 dan kembali ke kehidupan normal.

"Saya yakin manfaatnya luar biasa yakni memetakan kasus Covid-19 di Surabaya, sehingga Pemerintah Kota Surabaya bisa melakukan penanganan secara cepat dan tepat, semuanya tentu demi kesehatan dan kesejahteraan semuanya," kata dia.

Ia juga berharap sinergi BIN dengan Pemerintah Kota Surabaya serta masyarakat tentunya bertujuan agar segera mewujudkan Surabaya bebas COVID-19.

Ketua DPRD Surabaya, Adi Sutarwijono, juga menyambut baik gelaran uji cepat massal Covid-19 oleh BIN secara maraton di Surabaya. Menurut dia, uji cepat ini memang sangat dibutuhkan untuk memutus rantai penularan Covid-19. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bagaimana Pandemi Covid-19 Berdampak terhadap UMKM di Indonesia?

Posted: 09 Jun 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dalam empat bulan terakhir pandemi Covid-19 telah berdampak pada banyak sektor, tak terkecuali sektor bisnis, termasuk industri UMKM di Indonesia.

Menurut laporan BukuWarung, startup penyedia aplikasi pembukuan untuk UMKM, industri restoran, olahraga & hobi, serta toko bangunan paling terdampak oleh pandemi Covid-19.

Laporan BukuWarung menyebut jumlah transaksi di industri restoran anjlok hingga 70 persen dengan pendapatan turun hingga 80 persen. Kondisi yang sama juga dirasakan oleh industri olahraga & hobi, serta toko bangunan. Industri olahraga & hobi mengalami penurunan hingga 90 persen dari segi pendapatan, sementara industri toko bangunan turun sebesar 65 persen.

Pendiri BukuWarung, Abhinay menyatakan pandemi Covid-19 telah mendorong masyarakat secara umum mengubah kebiasaan mereka.

"Penurunan di berbagai sektor harus segera ditindaklanjuti dengan inovasi agar bisnis tetap relevan dengan tatanan kehidupan baru," ujar Abhinay dalam keterangan tertulis.

Namun, ada pula beberapa industri yang justru mengalami dampak sebaliknya. Usaha penjualan pulsa dan paket data mengalami peningkatan pendapatan hingga 1.000 persen. Sementara pendapatan pelaku usaha kecantikan/kesehatan, logistik, dan laundry meningkat 800, 400, 300 persen.

"Sejak ramai tentang [virus] Corona ini, makin banyak [orang] yang beli paket data, terutama anak-anak sekolah. Mungkin karena sekarang sekolahnya [berlangsung] online, kali ya," kata Ikhsan, salah seorang pemilik usaha penjualan pulsa dan paket data.

Abhinay menyebut, pelaku usaha yang meraup keuntungan dari perubahan kebiasaan ini harus dapat bersikap lebih baik dalam hal pengelolaan.

"Jangan sampai bisnis tidak siap menghadapi lonjakan yang terjadi dalam kurun waktu yang singkat," tutur Abhinay.

Pelaku usaha perlu berdaptasi

BukuWarung melihat penurunan transaksi di UMKM bisa disikapi dengan sedikit adaptasi. Salah satunya adalah mulai masuk ke ranah digital atau online.

Pebisnis UMKM di bidang makanan, misalnya, bisa mulai memikirkan untuk menjual makanan secara online, baik itu masuk ke dalam sistem aplikasi pengantaran atau menjajakan sendiri melalui akun media sosial.

Kondisi yang terjadi di industri UMKM sekarang ini, menurut BukuWarung, perlu disikapi dengan bijak oleh UMKM.

Abhinay berharap pemilik usaha menjalankan pencatatan dan pengelolaan usahanya menggunakan aplikasi BukuWarung. Selain pencatatan keuangan dan utang pelanggan, aplikasi inijuga memiliki fitur pengingat melalui SMS.

Multipembukuan

Ada pula Multipembukuan yang memungkinkan pelaku usaha mengelola catatan banyak bisnis sekaligus dalam satu akun. Fitur ini cocok bagi mereka yang menjajal peluang bisnis baru di tengah pandemi ini .

"Salah satu tatanan kehidupan baru atau New Normal adalah pemanfaatan teknologi digital. UMKM harus sadar bahwa pemanfaatan teknologi, di mana pun tempatnya, sudah tak terelakkan lagi. Adopsi tersebut bisa dimulai dengan hal kecil, seperti pencatatan keuangan dan manajemen internal bisnis," kata Abhinay menutup pernyataannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Trisula Maut Paling Mengerikan di Liga Inggris Musim Depan

Posted: 09 Jun 2020 11:00 PM PDT

London - Premier League atau Liga Inggris musim depan dijamin bakal berjalan lebih seru. Indikasinya dari ramainya gosip-gosip yang berseliweran mendekati bursa transfer.

Peta persaingan Liga Inggris diprediksi juga bakal berubah. Terutama di papan atas. Liverpool dan Manchester City diyakini tak akan mendominasi lagi.

Saat Liverpool dan City masih pasif, Chelsea malah mulai agresif. Tim berjulukan The Blues itu telah mendatangkan satu pemain dan disebutkan tinggal meresmikan dua pemain lagi.

Satu pemain yang akan bergabung dengan Chelsea pada musim depan adalah gelandang Ajax Amsterdam, Hakim Ziyech. Adapun, dua pemain yang tinggal selangkah lagi merapat ialah penyerang RB Leipzig, Timo Werner dan bek Leicester City, Ben Chilwell.

Manchester United juga tidak mau kalah. Armada Ole Gunnar Solskjaer itu terus dikait-kaitkan dengan dua pemain muda, Jadon Sancho dari Borussia Dortmund dan Federico Chiesa dari Fiorentina. Jika satu di antara dua pemain itu dapat bergabung, maka kekuatan tim berjulukan The Reds Devils ini akan menyeramkan.

Umumnya, para klub langganan papan atas di Liga Inggris tersebut bermanuver untuk memperkukuh lini depannya. Berikut ini lima trio yang akan membuat kompetisi makin seru musim depan:

Chelsea (Werner, Ziyech, Pulisic)

Gelandang Chelsea, Christian Pulisic, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Burnley pada laga Premier League di Stadion Turf Moor, Burnley, Sabtu (26/10). Burnley kalah 2-4 dari Chelsea. (AP/Anthony Devlin)
Gelandang Chelsea, Christian Pulisic, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Burnley pada laga Premier League di Stadion Turf Moor, Burnley, Sabtu (26/10). Burnley kalah 2-4 dari Chelsea. (AP/Anthony Devlin)

Jika Timo Werner jadi datang, lini depan Chelsea bakal menakutkan. Dalam formasi 4-2-3-1 Frank Lampard, penyerang asal Jerman ini akan ditopang Hakim Ziyech di sebelah kanan dan Christian Pulisic di sebelah kiri.

Liverpool (Firmino, Salah, Mane)

Liverpool saat ini mempunyai trio penyerang hebat yang telah terbukti kemampuannya. Mereka begitu kompak dan tajam di depan gawang lawan. Trio racikan Jurgen Klopp ini terdiri dari Roberto Firmino, Sadio Mane, dan Mohamed Salah.
Liverpool saat ini mempunyai trio penyerang hebat yang telah terbukti kemampuannya. Mereka begitu kompak dan tajam di depan gawang lawan. Trio racikan Jurgen Klopp ini terdiri dari Roberto Firmino, Sadio Mane, dan Mohamed Salah.

Liverpool masih akan mempertahankan trisula Roberto Firmino, Mohamed Salah, dan Sadio Mane pada musim depan. Ketiganya menyumbangkan 38 gol di Premier League musim ini.

Manchester City (Aguero, Sterling, Silva)

Pemain Manchester City Sergio Aguero (kiri) dan Riyad Mahrez (kanan) merayakan gol Raheem Sterling ke gawang Arsenal pada laga Liga Inggris di Emirates Stadium, Minggu (12/8/2018). (AP Photo/Tim Ireland)
Pemain Manchester City Sergio Aguero (kiri) dan Riyad Mahrez (kanan) merayakan gol Raheem Sterling ke gawang Arsenal pada laga Liga Inggris di Emirates Stadium, Minggu (12/8/2018). (AP Photo/Tim Ireland)

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, konsisten mengandalkan trio Sergio Aguero, Bernardo Silva, dan Raheem Sterling di musim ini. Ketiganya diprediksi masih mengisi barisan depan tim berjulukan The Citizens itu pada musim 2020-2021.

Manchester United (Martial, Rashford, Sancho/Chiesa)

Pemain Manchester United Anthony Martial (kanan) berdiri di samping Marcus Rashford yang mengalami cedera saat menghadapi Wolverhampton Wanderers pada putaran ketiga Piala FA di Old Trafford, Manchester, Inggris, Rabu (15/1/2020). Manchester United menang 1-0.(AP Photo/Rui Vieira)
Pemain Manchester United Anthony Martial (kanan) berdiri di samping Marcus Rashford yang mengalami cedera saat menghadapi Wolverhampton Wanderers pada putaran ketiga Piala FA di Old Trafford, Manchester, Inggris, Rabu (15/1/2020). Manchester United menang 1-0.(AP Photo/Rui Vieira)

Manchester United tentu akan menggaransi Anthony Martial dan Marcus Rashford untuk musim depan. Satu tempat lagi masih lowong. Namun, The Reds Devils disebut-sebut bakal mendatangkan satu di antara Jadon Sancho atau Federico Chiesa.

Tottenham Hotspur (Harry Kane, Son Heung-min, Dele Alli)

Dua bintang Tottenham Hotspur, Harry Kane dan Heung-Min Son, saat menghadapi Arsenal pada pertandingan pekan ke-26 Premier League, di Wembley, Sabtu (10/2/2018). (AP/Matt Dunham).
Dua bintang Tottenham Hotspur, Harry Kane dan Heung-Min Son, saat menghadapi Arsenal pada pertandingan pekan ke-26 Premier League, di Wembley, Sabtu (10/2/2018). (AP/Matt Dunham).

Tottenham Hotspur dikenal sebagai tim yang tidak sembarangan membeli pemain depan. Oleh sebab itu, trio Harry Kane, Son Heung-min, dan Dele Alli masih akan menjadi andalan untuk musim 2020-2021.

Berbagai Sumber

Disadur dari Bola.com (Muhammad Adiyaksa/Wiwig Prayugi, published 10/6/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Eks Sekretaris MA Nurhadi Kembali Diperiksa KPK

Posted: 09 Jun 2020 11:00 PM PDT

Mantan Sekretaris MA, Nurhadi (rompi oranye) berjalan akan menjalani pemeriksaan perdana pasca penahanan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (10/06/2020). (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Mantan Sekretaris MA, Nurhadi (rompi oranye) berjalan akan menjalani pemeriksaan perdana pasca penahanan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (10/06/2020). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Sekretaris MA, Nurhadi (rompi oranye) berjalan akan menjalani pemeriksaan perdana pasca penahanan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (10/06/2020). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Sekretaris MA, Nurhadi (rompi oranye) berjalan akan menjalani pemeriksaan perdana pasca penahanan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (10/06/2020). (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Mantan Sekretaris MA, Nurhadi (rompi oranye) berjalan akan menjalani pemeriksaan perdana pasca penahanan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (10/06/2020). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Sekretaris MA, Nurhadi (rompi oranye) berjalan akan menjalani pemeriksaan perdana pasca penahanan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (10/06/2020). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Sekretaris MA, Nurhadi (rompi oranye) diperiksa suhu tubuh saat akan menjalani pemeriksaan perdana pasca penahanan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (10/06/2020). (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Mantan Sekretaris MA, Nurhadi (rompi oranye) diperiksa suhu tubuh saat akan menjalani pemeriksaan perdana pasca penahanan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (10/06/2020). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Sekretaris MA, Nurhadi (rompi oranye) diperiksa suhu tubuh saat akan menjalani pemeriksaan perdana pasca penahanan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (10/06/2020). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Sekretaris MA, Nurhadi (rompi oranye) berjalan akan menjalani pemeriksaan perdana pasca penahanan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (10/06/2020). (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Mantan Sekretaris MA, Nurhadi (rompi oranye) berjalan akan menjalani pemeriksaan perdana pasca penahanan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (10/06/2020). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Sekretaris MA, Nurhadi (rompi oranye) berjalan akan menjalani pemeriksaan perdana pasca penahanan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (10/06/2020). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Sekretaris MA, Nurhadi (rompi oranye) berjalan akan menjalani pemeriksaan perdana pasca penahanan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (10/06/2020). (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Mantan Sekretaris MA, Nurhadi (rompi oranye) berjalan akan menjalani pemeriksaan perdana pasca penahanan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (10/06/2020). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Sekretaris MA, Nurhadi (rompi oranye) berjalan akan menjalani pemeriksaan perdana pasca penahanan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (10/06/2020). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Putri dari Pilot Helikoper Jatuh, Menangis di Peti Jenazah Sang Ayah

Posted: 09 Jun 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Putri dari Kapten I Kadek Udi Sudiarsa, pilot helikopter yang jatuh di Kendal, Jawa Tengah, saat sedang melakukan misi latihan. Sang putri pun menangis di atas peti jenazah sang Ayah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nikita Mirzani Didatangi Penderita HIV yang Hidup di Jalan karena Rumahnya Terbakar

Posted: 09 Jun 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta "Dia mau mengembalikan anak saya, kalau saya mengembalikan uang dia yang (dipakai) untuk merawat anak saya dua bulan dan mengurusi BPJS saya di rumah sakit," cerita seorang ibu kepada Nikita Mirzani. Pertemuan ibu ini dengan Nikita Mirzani terjadi di depan rumah sang artis.

Usai syuting, jelang malam, Nikita Mirzani mendapati seorang ibu bersimpuh di depan rumahnya. Tergerak rasa iba, Nikita Mirzani menemuinya. Rupanya, ibu ini menunggui Nikita Mirzani sejak siang. Bintang sinetron Jodoh Wasiat Bapak syok berat mendapati ibu ini ternyata penderita HIV.

"Saya sudah minum ARV sudah dari 2017. Saya kena virus, jadi mantan suami saya pemakai narkoba. Saya kena, ikut namanya suami-istri," keluh ibu tersebut dengan mata berkaca.

Minum Obat Seumur Hidup

Unggahan Nikita Mirzani. (Foto: YouTube Crazy Nikmir REAL)
Unggahan Nikita Mirzani. (Foto: YouTube Crazy Nikmir REAL)

"HIV?" tanya Nikita Mirzani. "Kayak gitu seperti itu, saya harus minum (obat seumur hidup). Ada nih surat-suratnya," jawab ibu yang identitasnya dirahasiakan. Kaget, bintang film Comic 8 dan Taman Lawang, mengonfirmasi ulang, "Jadi ibu HIV?" Ibu ini menjawab, "Ho oh."

Momen ini diabadikan dalam format video dan dipublikasikan di kanal YouTube Crazy NikMir Real, Senin (8/6/2020). Untuk menghormati privasi penderita HIV, wajahnya kami samarkan. Ia memohon Nikita Mirzani menjadi donatur untuk menebus bayinya yang diasuh tetangga.

Fakta Menyesakkan Dada

Nikita Mirzani. (Foto: Instagram @nikitamirzanimawardi_17)
Nikita Mirzani. (Foto: Instagram @nikitamirzanimawardi_17)

Si tetangga bersedia mengembalikan bayi asal biaya perawatan selama dua bulan diganti. Tetangga itu juga minta uang pengganti atas biaya iuran BPJS untuk si ibu. "Cuma saya ke sini itu mau minta tolong kakak buat jadi donatur pengambilan anak saya," katanya.

Usai melihat berkas-berkas yang dibawa sang ibu, perhatian Nikita Mirzani tertuju pada kantong plastik merah berisi pakaian yang tergeletak di dekatnya. "Ini ibu kenapa bawa-bawa pakaian?" tanya Nikita Mirzani. Lalu terkuaklah kisah yang menyesakkan dada.

Rumah Kontrakan yang Terbakar

Nikita Mirzani. (Foto: Instagram @nikitamirzanimawardi_17)
Nikita Mirzani. (Foto: Instagram @nikitamirzanimawardi_17)

"Saya tadinya ngontrak Kak, kontrakan saya kebakaran. Jadi selama takbiran kemarin, saya luntang-lantung di jalanan," akunya seraya menjelaskan, ia telah cerai dengan suami yang mencandu narkoba. Tak lama setelahnya, mantan suami meninggal. Mantan mertua bersedia merawat bayi ibu ini.

Kepada Nikita Mirzani, ibu ini berkomitmen menggunakan sisa umur untuk menghidupi bayinya. "Saya bisa nyuci gosok saja bukan di perumahan tapi di kampung-kampung. Sekali nyuci gosok bisa 50 ribu. (Bayi) titip mantan mertua, dibiayai oleh saya," beri tahunya. 

Donatur Rp 7 Juta

Nikita Mirzani. (Foto: Instagram @nikitamirzanimawardi_17)
Nikita Mirzani. (Foto: Instagram @nikitamirzanimawardi_17)

Nikita Mirzani diminta menjadi donatur untuk menggelontorkan uang sebesar 7 juta rupiah. "Saya benar-benar butuh, Kak. Saya sebenarnya malu banget karena enggak kenal banget sama Kak Nikita," imbuhnya.

Nikita Mirzani lantas memberinya sejumlah uang untuk pegangan hidup. Terkait permintaan menjadi donatur, seleb kelahiran Jakarta, 17 Maret 1986, akan mengecek fakta dan data bersama timnya sebelum memberi pertolongan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming SCTV Sinetron Ganteng Ganteng Serigala Episode Rabu, 10 Juni 2020

Posted: 09 Jun 2020 10:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Anda bisa menyaksikan Ganteng Ganteng Serigala mulai pukul 13.00 WIB.

Sinetron Ganteng Ganteng Serigala ini kemasan tayang ulang.

Episode Ganteng Ganteng Serigala juga bisa disaksikan via live streaming dengan klik di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Warga Beradaptasi Hadapi Normal Baru, Ada Face Shield Atribut Sekolah

Posted: 09 Jun 2020 10:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bberbagai wilayah di Indonesia kini sudah berlakukan New Normal atau normal baru di tengah pandemi. Masyarakat pun kembali beraktifitas meski tidak sama dengan waktu sebelum ada pandemi Corona Covid-19.

Karena tidak sama keadaannya seperti sebelum pandemi, masyarakat pun harus beradaptasi saat berada di luar rumah. Mereka harus mengikuti protokol kesehatan Covid-19, seperti physical distancing, rajin cuci tangan, pakai masker hingga mengenakan Jaket Pelindung Diri (JPD) yang baru-baru ini diperkenalkan oleh artis-artis. 

Tentunya adaptasi ini dilakukan untuk menghadapi New Normal atau normal baru agar tidak ada jumlah kasus positif baru yang bekembang di masyarakat. Tentunya hal ini memerlukan kerjasama seluruh masyarakat dan pemerintah agar kurva infeksi Corona Covid-19 berangsur turun.

Sampai saat ini di media sosial pun sudah banyak potret adaptasi yang dilakukan oleh masyarakat. Seperti yang diunggah oleh akun Twitter @Bandungfess, Minggu (7/6/2020) dimana angkot pun kini memberikan sekat di tempat duduk penumpangnya.

Berikut 6 potret adaptasi untuk hadapi New Normal atau normal baru di Indonesia yang Liputan6.com kutip dari berbagai sumber, Rabu (10/6/2020).

1. Dalam fasilitas umum, masyarakat harus melakukan physical distancing seperti saat naik eskalator

Adaptasi untuk New Normal (Sumber: Instagram/dishubsurabaya)
Adaptasi untuk New Normal (Sumber: Instagram/dishubsurabaya)

2. Kini selebriti mulai memperkenalkan Jaket Pelindung Diri (JPD) untuk digunakan saat beraktivitas di luar rumah

Ayu Ting Ting dan Bilqis pakai JPD (Sumber: Instagram/ayutingting92)
Ayu Ting Ting dan Bilqis pakai JPD (Sumber: Instagram/ayutingting92)

3. Terlihat bahwa atribut sekolah pun kini ada produsen yang membuatnya dilengkapi dengan face shield

Adaptasi untuk New Normal (Sumber: Instagram/awreceh.id)
Adaptasi untuk New Normal (Sumber: Instagram/awreceh.id)

4. Potret angkot yang memberi sekat pada tempat duduk penumpang ini untuk menjaga jarak

Adaptasi untuk New Normal (Sumber: Twitter/Bandungfess)
Adaptasi untuk New Normal (Sumber: Twitter/Bandungfess)

5. Lampu merah di Tuban menerapkan jaga jarak untuk kendaraan roda dua yang dianggap seperti start MotoGP

Foto: Twitter/@dugonggembul
Foto: Twitter/@dugonggembul

6. Mulai banyak orang melakukan akad nikah, kini atribut pengantin pun dilengkapi dengan masker yang menyesuakan dengan baju pengantin

Pengantin Wanita Pakai Masker Unik di Tengah Corona
Pengantin Wanita Pakai Masker Unik di Tengah Corona

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyebab Gempa Mukomuko Bengkulu Menurut BMKG

Posted: 09 Jun 2020 10:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gempa berkekuatan M 5.7 mengguncang Mokumoku, Bengkulu, pukul 11.35 WIB, Rabu (10/6/2020). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kemudian memuktahirkannya menjadi magnitudo 5,5.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono menjelaskan, lindu tersebut merupakan jenis gempa dangkal. Gempa ini diakibatkan adanya aktivitas subduksi.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," kata Rahmat dalam siaran tertulis BMKG, Jakarta, Rabu (10/6/2020).

Pusat gempa ini berada di 28 kilometer barat barat daya Mokumoku, Bengkulu. Lokasi gempa berada di titik koordinat 2.73 Lintang Selatan (LS), 100.91 Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 24  kilometer.

"Gempa dirasakan di pesisir selatan Kota Padang," tulis BMKG dalam laman resminya. 

Selain Kota Padang, gempa bumi dirasakan hingga Lubuk Basukng, Padang Pariaman, Padang Panjang dan Bukittinggi. 

Sementara itu, ketika ada gempa bumi, berikut ini yang harus dilakukan sebelum, sesaat, dan sesudah lindu: 

Sebelum

- Pastikan bahwa struktur dan letak rumah Anda dapat terhindar dari bahaya yang disebabkan oleh gempa, seperti longsor atau likuefaksi. Evaluasi dan renovasi ulang struktur bangunan Anda agar terhindar dari bahaya gempabumi. 

- Kenali lingkungan tempat Anda bekerja: perhatikan letak pintu, lift, serta tangga darurat. Ketahui juga di mana tempat paling aman untuk berlindung. 

- Belajar melakukan P3K dan alat pemadam kebakaran. 

- Catat nomor telepon penting yang dapat dihubungi pada saat terjadi gempabumi. 

- Atur perabotan agar menempel kuat pada dinding untuk menghindari jatuh, roboh, bergeser pada saat terjadi gempabumi. 

- Atur benda yang berat sedapat mungkin berada pada bagian bawah. Cek kestabilan benda yang tergantung yang dapat jatuh pada saat gempa terjadi.

- Simpan bahan yang mudah terbakar pada tempat yang tidak mudah pecah agar terhindar dari kebakaran. 

- Selalu mematikan air, gas dan listrik apabila tidak sedang digunakan. 

- Siapkan alat yang harus ada di setiap tempat: Kotak P3K, senter/lampu baterai, radio, makanan suplemen dan air. 

Saat Terjadi Gempa

- Jika Anda berada dalam bangunan: lindungi badan dan kepala Anda dari reruntuhan bangunan dengan bersembunyi di bawah meja, cari tempat yang paling aman dari reruntuhan dan guncangan, lari ke luar apabila masih dapat dilakukan. 

- Jika berada di luar bangunan atau area terbuka: Menghindar dari bangunan yang ada di sekitar Anda seperti gedung, tiang listrik, pohon. Perhatikan tempat Anda berpijak, hindari apabila terjadi rekahan tanah. 

- Jika Anda sedang mengendarai mobil: keluar, turun dan menjauh dari mobil hindari jika terjadi pergeseran atau kebakaran. 

- Jika Anda tinggal atau berada di pantai: jauhi pantai untuk menghindari bahaya tsunami. 

- Jika Anda tinggal di daerah pegunungan: apabila terjadi gempabumi hindari daerah yang mungkin terjadi longsoran.

Setelah Terjadi Gempa

- Jika Anda berada di dalam bangunan: keluar dari bangunan tersebut dengan tertib; jangan menggunakan tangga berjalan atau lift, gunakan tangga biasa;periksa apa ada yang terluka, lakukan P3K; telepon atau mintalah pertolongan apabila terjadi luka parah pada Anda atau sekitar Anda. 

- Periksa lingkungan sekitar Anda: apabila terjadi kebakaran, apabila terjadi kebocoran gas, apabila terjadi hubungan arus pendek listrik. Periksa aliran dan pipa air, periksa apabila ada hal-hal yang membahayakan. 

- Jangan memasuki bangunan yang sudah terkena gempa,karena kemungkinan masih terdapat reruntuhan. 

- Jangan berjalan di daerah sekitar gempa, kemungkinan terjadi bahaya susulan masih ada. 

- Dengarkan informasi mengenai gempabumi dari radio (apabila terjadi gempa susulan). Jangan mudah terpancing oleh isu atau berita yang tidak jelas sumbernya. 

- Mengisi angket yang diberikan oleh instansi terkait untuk mengetahui seberapa besar kerusakan yang terjadi. 

- Jangan panik dan jangan lupa selalu berdoa kepada Tuhan demi keamanan dan keselamatan kita semuanya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Curi Tas LV dan Barang Mewah Senilai Rp 500 Juta, WNI Ditangkap di Melbourne

Posted: 09 Jun 2020 10:55 PM PDT

Melbourne - Polisi di kota Melbourne, Australia menangkap seorang warga negara Indonesia (WNI), perempuan berusia 21 tahun, dengan dugaan mencuri tas mewah dan barang lainnya senilai hampir Rp 500 juta.

WNI itu ditangkap di bandar udara Tullamarine pada Minggu 7 Juni 2020, ketika hendak naik pesawat ke Indonesia.

Mengutip ABC Australia, Rabu (10/6/2020), awal kejadiannya pada 19 Mei, sekitar pukul 12.50 di kompleks pertokoan Whiteman Street yang merupakan bagian dari Hotel dan Casino Crown di Southbank.

Menurut rilis yang dikeluarkan Kepolisian Victoria pada Selasa 9 Juni, perempuan tersebut pada awalnya masuk sebuah butik desainer untuk mencoba beberapa tas sebelum meminta untuk juga mencoba beberapa sepatu.

Staf toko tersebut kemudian masuk ke gudang untuk mengambil sepatu yang hendak dicoba perempuan tersebut, namun ketika staf kembali, perempuan tersebut diduga memasukan tas yang dicobanya ke tas lainnya dan melarikan diri.

Rekaman CCTV WNI itu yang terkait pencurian tas mewah Louis Vuitton (LV) di Melbourne kemudian disebarkan polisi.

Ditangkap Bersama Barang Curian di Bandara

Ilustrasi bandara. (dok. Jeshoot-com/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)
Ilustrasi bandara. (dok. Jeshoot-com/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)

Ketika ditangkap di bandara udara, perempuan tersebut memiliki barang dan aksesoris yang diduga hasil curian dengan perkiraan keseluruhannya bernilai sekitar AU$ 50 ribu, sekitar Rp 500 juta.

Setelah ditangkap, polisi kemudian melakukan penggeledahan di sebuah alamat di daerah Carlton, Melbourne, lokasi di mana barang-barang mewah yang diduga hasil curian berada.

Perempuan tersebut sekarang sudah dikenai tuduhan pencurian dan dibebaskan dengan jaminan, sebelum menghadap ke Pengadilan Magistrat Melbourne pada tanggal 2 Oktober mendatang.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gempa Mukomuko Bengkulu Terasa hingga ke Padang

Posted: 09 Jun 2020 10:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bumi mengguncang wilayah Mokumoku, Bengkulu, pukul 11.35 WIB, Rabu (10/6/2020). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa bumi itu berkekuatan magnitudo 5,7. 

Pusat gempa berada di 28 kilometer barat barat daya Mokumoku, Bengkulu. Lokasi gempa berada di titik koordinat 2.73 Lintang Selatan (LS), 100.91 Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 24  kilometer.

"Gempa dirasakan di pesisir selatan Kota Padang," tulis BMKG dikutip Liputan6.com dari laman resminya, Rabu (10/6/2020). 

Selain Kota Padang, gempa bumi dirasakan hingga Lubuk Basukng, Padang Pariaman, Padang Panjang dan Bukittinggi. 

Sementara itu, ketika ada gempa bumi, berikut ini yang harus dilakukan sebelum, sesaat, dan sesudah lindu: 

Sebelum

- Pastikan bahwa struktur dan letak rumah Anda dapat terhindar dari bahaya yang disebabkan oleh gempa, seperti longsor atau likuefaksi. Evaluasi dan renovasi ulang struktur bangunan Anda agar terhindar dari bahaya gempabumi. 

- Kenali lingkungan tempat Anda bekerja: perhatikan letak pintu, lift, serta tangga darurat. Ketahui juga di mana tempat paling aman untuk berlindung. 

- Belajar melakukan P3K dan alat pemadam kebakaran. 

- Catat nomor telepon penting yang dapat dihubungi pada saat terjadi gempabumi. 

- Atur perabotan agar menempel kuat pada dinding untuk menghindari jatuh, roboh, bergeser pada saat terjadi gempabumi. 

- Atur benda yang berat sedapat mungkin berada pada bagian bawah. Cek kestabilan benda yang tergantung yang dapat jatuh pada saat gempa terjadi.

- Simpan bahan yang mudah terbakar pada tempat yang tidak mudah pecah agar terhindar dari kebakaran. 

- Selalu mematikan air, gas dan listrik apabila tidak sedang digunakan. 

- Siapkan alat yang harus ada di setiap tempat: Kotak P3K, senter/lampu baterai, radio, makanan suplemen dan air. 

 

Saat Terjadi Gempa

- Jika Anda berada dalam bangunan: lindungi badan dan kepala Anda dari reruntuhan bangunan dengan bersembunyi di bawah meja, cari tempat yang paling aman dari reruntuhan dan guncangan, lari ke luar apabila masih dapat dilakukan. 

- Jika berada di luar bangunan atau area terbuka: Menghindar dari bangunan yang ada di sekitar Anda seperti gedung, tiang listrik, pohon. Perhatikan tempat Anda berpijak, hindari apabila terjadi rekahan tanah. 

- Jika Anda sedang mengendarai mobil: keluar, turun dan menjauh dari mobil hindari jika terjadi pergeseran atau kebakaran. 

- Jika Anda tinggal atau berada di pantai: jauhi pantai untuk menghindari bahaya tsunami. 

- Jika Anda tinggal di daerah pegunungan: apabila terjadi gempabumi hindari daerah yang mungkin terjadi longsoran.

 

Setelah Terjadi Gempa

- Jika Anda berada di dalam bangunan: keluar dari bangunan tersebut dengan tertib; jangan menggunakan tangga berjalan atau lift, gunakan tangga biasa;periksa apa ada yang terluka, lakukan P3K; telepon atau mintalah pertolongan apabila terjadi luka parah pada Anda atau sekitar Anda. 

- Periksa lingkungan sekitar Anda: apabila terjadi kebakaran, apabila terjadi kebocoran gas, apabila terjadi hubungan arus pendek listrik. Periksa aliran dan pipa air, periksa apabila ada hal-hal yang membahayakan. 

- Jangan memasuki bangunan yang sudah terkena gempa,karena kemungkinan masih terdapat reruntuhan. 

- Jangan berjalan di daerah sekitar gempa, kemungkinan terjadi bahaya susulan masih ada. 

- Dengarkan informasi mengenai gempabumi dari radio (apabila terjadi gempa susulan). Jangan mudah terpancing oleh isu atau berita yang tidak jelas sumbernya. 

- Mengisi angket yang diberikan oleh instansi terkait untuk mengetahui seberapa besar kerusakan yang terjadi. 

- Jangan panik dan jangan lupa selalu berdoa kepada Tuhan demi keamanan dan keselamatan kita semuanya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri Teten: Lawan Ritel Modern, Pedagang Tradisional Perlu Modernisasi Warung

Posted: 09 Jun 2020 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengapresiasi program wirausaha Pintar yakni Kios Warga yang diinisiasi oleh PT Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen). Program Program ini dalam rangka mensejahterakan Aparatur Sipil Negara (ASN) ketika memasuki masa pensiun agar bisa tetap berkarya.

"Ini sangat baik untuk ASN dan pensiunan untuk mereka nanti memiliki usaha, jadi ini saya kira satu yang langkah yang sangat penting dan barangkali mungkin bisa menjadi model baru dan patut ditiru oleh kementerian lain, dan lembaga untuk menyiapkan para ASN mereka yang mau masuk ke masa pensiun untuk diberikan kesempatan dan pembiayaan," kata Teten dalam peresmian Kios Warga, Rabu (10/6/2020).

Menurutnya saat ini banyak model-model bisnis seperti Kios Warga yang bisa memberikan kesempatan luas bagi masyarakat, termasuk juga ASN yang masih bekerja maupun pensiun untuk memulai usaha baru, dengan lebih mudah.

"Saya kira apalagi kalau pemberian modal usaha sudah di-backup oleh BRI, Saya kira akan semakin memperkuat dalam perputaran usaha di awal-awal pendirian, sehingga saya kira harapan kami nanti akan memperkuat usaha UMKM sehingga ada dapat memberikan efek bagi masyarakat di sekitar," kata Teten Masduki.

 

Modernisasi Warung

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

Teten menambahkan, saat ini sangat penting untuk melakukan modernisasi warung. Alasannya, selama ini banyak warung tradisional yang merupakan kekuatan ekonomi harus bersaing dengan jaringan ritel modern.

"Kita melihat kesempatan ini yang dibuat oleh program Taspen dengan Kios Warga ini, bisa memberikan kesempatan usaha yang lebih luas kepada mereka yang bermodal kecil untuk memulai usaha. Jadi saya kira usaha mikro ini dapat memiliki kios ritel yang modern dan berbasis digital melalui pemanfaatan teknologi, menjadi solusi untuk menghadapi masalah teman-teman warung-warung kecil dan tradisional," ujarnya.

Maka pelaku usaha warung kecil akan sangat terbantu untuk mendapatkan suplai barang dagangan mereka yang bisa bersaing dengan siapapun, termasuk juga sektor manajemen pembayaran digital dan lain sebagainya.

 

Serap Produk UMKM

Kementerian Koperasi dan UKM sejak awal membuka kerja sama seluas-luasnya dengan berbagai pihak dengan prinsip transparan, akuntabel, dan semata-mata demi memajukan koperasi dan UMKM di Tanah Air.
Kementerian Koperasi dan UKM sejak awal membuka kerja sama seluas-luasnya dengan berbagai pihak dengan prinsip transparan, akuntabel, dan semata-mata demi memajukan koperasi dan UMKM di Tanah Air.

Ia juga berharap jaringan ritel kios modern ini bisa menyerap produk-produk unggulan UMKM, sehingga market mereka menjadi semakin besar. Oleh karena itu, Teten sangat mendukung dan mendorong terus kebanggaan terhadap produk lokal, baik itu produk koperasi maupun dengan menyediakan pemasaran bagi mereka dan membeli produk mereka.

lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa saat ini Pemerintah memang sedang gencar mendorong agar produk-produk koperasi dan UMKM melalui gerakan Bangga Buatan Indonesia. Ia juga berharap kios warga ini bisa menjadi bagian dari gerakan koperasi tersebut dengan menyediakan ruang bagi penjualan produk-produk UMKM.

"Saya menegaskan pentingnya jaringan ritel modern ini untuk bisa menyerap dan memasarkan produk UMKM supaya mereka tidak tersaingi tapi bisa terbantu untuk terus berkembang. Saya rasa sinergitas dan kolaborasi dengan berbagai pihak harus kita optimalkan, untuk memperluas jaringan pemasaran dan kesempatan berusaha untuk koperasi dan UMKM," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Ada Payung Hukum untuk Media Baru, KPI Anggap UU Penyiaran saat Ini Tak Relevan

Posted: 09 Jun 2020 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Komisioner KPI Pusat, Yuliandre Darwis menilai Undang-undang (UU) Nomor 32 tahun 2002 tentang Penyiaran sudah tidak relevan dengan kondisi saat ini.

Menurut dia, aturan dalam Undang-undang Penyiaran sekarang tidak dapat mengakses dan menindak tegas jika ada permasalahan di media baru yang banyak dipertanyakan publik dan dikeluhkan media penyiaran atau media mainstream.

"Rasanya tidak adil jika siaran media penyiaran diperlakukan ketat atau berbeda karena ada pengawasan dan naungan regulasi yang memayungi. Sedangkan media baru yang belum ada payung hukum justru bebas bergerak tanpa pengawasan," kata Andre dalam diskusi daring yang digelar Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI), Selasa (9/6/2020).

Andre menegaskan, KPI siap melakukan pengawasan terhadap media baru jika diamanahkan dalam UU Penyiaran baru nanti. Selain terlebih dahulu diberi penguatan pada kelembagaan KPI dan KPID secara sistematis, utuh dan tegas.

KPI juga akan mengalami perubahan menjadi AI (artificial intelligence) ketika masuk dalam teknologi baru tersebut.

Menurutnya, pengawasan terhadap media baru sangatlah krusial, selain memberi perlakuan yang sama dengan media yang sudah ada, konten dalam media baru belum sepenuhnya aman, yang dikhawatirkan justru berdampak lebih buruk terhadap publik, khususnya anak dan remaja.

"Kita tahu ada layanan tontonan streaming yang menyediakan film-film berkualitas, tapi apa sudah sesuai dan pantas dengan budaya dan adat kita. Apa yang mereka sampaikan belum disaring sesuai dengan kultur bangsa kita. Kami apresiasi Komisi 1 DPR yang sudah menstimulasi perkembangan RUU Penyiaran," kata dia.

Karenanya, lanjut Andre, jika KPI diberi kewenangan oleh UU baru, pihaknya bakal membuat batasan untuk konten asing terhadap konten lokal. "Batasan ini agar tidak terjadi dominasi siaran asing. Minimal 60 persen untuk ketersediaan konten lokal dalam siaran," ujarnya.

Terkait produksi konten ini, Andre memandang penting keterlibatan pemerintah terhadap usaha-usaha pembuat konten lokal. Menurutnya, konten agregrator atau penyedia diberikan dukungan berupa subsidi berkesinambungan dari pemerintah.

"Kami sangat peduli dengan urusan konten. The King is Konten. Ini menjadi konklusi industri ke depan," paparnya.

 

 

Iklim Kompetisi Ketat

Sementara itu, kalangan industri penyiaran saat ini sangat bergantung dengan akselerasi proses pembahasan kembali revisi Undang-Undang Penyiaran di DPR agar dapat bersaingan secara adil dengan media baru dan memberi perlindungan terhadap usaha mereka.

Harapan itu disampaikan Ketua Umum Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Syafril Nasution. ATVSI bahkan meminta pemerintah dalam menyusun RUU Penyiaran memasukkan aturan untuk menjamin keberlangsungan industri televisi yang sudah lama eksis.

"Dengan banyaknya televisi tentunya iklim kompetisi di televisi ini sangat ketat. Nah kami berharap dengan UU yang baru nanti, televisi-televisi eksisting ini tidak menjadi seperti kata Pak Menteri menjadi sunset atau menjadi suatu bisnis yang mati karena begitu besarnya investasi ditanamkan di televisi ini," tutur Syafril dalam ruang diskusi yang sama.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johhny G Plate, mendukung upaya revisi dan pengesahan UU Penyiaran baru agar dipercepat. Dia mengatakan, RUU Penyiaran mendorong percepatan digitalisasi di Indonesia.

"Digital itu harus karena untuk kepentingan bangsa dan negara," katanya.

Anggota Komisi I DPR, Utut Adianto, mengatakan revisi UU Penyiaran memang diperlukan. Dia menggambarkan, substansi RUU ini akan sangat berkaitan dengan hal yang bermanfaat bagi berbagai pihak.

"Akan adanya perlindungan hukum bagi pelaku industri dan juga masyarakat. RUU ini harus membuat dan menumbuhkan lapangan kerja baru," katanya. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyebab Penyakit Sifilis dan Cara Mengobatinya, Kenali Tahapannya

Posted: 09 Jun 2020 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyebab penyakit sifilis umunya diketahui berasal dari kontak seksual yang tidak sehat. Selain itu, penyebab penyakit sifilis tersebut juga dikenal bisa berasal dari kebiasaan berganti-ganti pasangan dalam berhubungan seksual. Namun, ternyata ada penyebab penyakit sifilis lainnya yang patut diwaspadai. 

Sifilis sendiri merupakan salah satu jenis penyakit menular seksual yang memang disebabkan oleh infeksi bakteri. Penyakit sifilis ini juga umum menjangkiti orang-orang yang memiliki kebiasaan dalam berhubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan. Selain itu, bisanya penyakit ini juga menjangkiti orang-orang yang berhubungan sesama jenis, terutama homoseksual.

Sebenarnya, apabila ditangani dengan benar, berbagai penyebab penyakit sifilis ini dapat segera sembuh dan mencegah timbulnya dampak yang lebih parah. Namun, apabila masih saja sulit dalam merubah berbagai kebiasaan tersebut. Sempat disinggung di awal tadi, jika penyebab penyakit sifilis tidak hanya dari hubungan seksual.

Sebenarnya dari mana saja penyebab penyakit sifilis ini bisa menjangkiti tubuh? Berikut ini Liputan6.com telah merangkum berbagai penyebab penyakit sifilis yang tidak hanya dapat menular lewat kontak seksual, dan berbagai informasi tambahan mengenai penyakit sifilis ini, Rabu (10/6/2020).

Penyebab Penyakit Sifilis

Syphilis - Sifilis
highlights_sifilis.jpg

1. Dari Ibu Hamil ke Janin

Salah satu penyebab penyakit sifilis karena ditularkan dari ibu hamil ke bayi selama kehamilan. Dan apabila ibu hamil telah terinfeksi sifilis maka akan sangat berpotensi menularkan bakteri penyebab sifilis tersebut ke janin yang sedang dikandung.

2. Pengguanaan Jarum Suntik Bergantian

Penggunaan jarum suntik bergantian, selain dapat menyebabkan HIV, hepatitis A, hingga hepatitis B, kebiasaan tersebut dapat menjadi media penularan sifilis. Hal tersebut karena darah merupakan salah satu cairan tubuh yang bisa menjadi penghantar bakteri treponema pallidum yang menjadi penyebab sifilis. Risiko penularan tersebut akan semakin besar apabila penderita sifilis berbagi jarum suntik dengan orang lain. Hal tersebut biasanya dialami oleh orang-orang yang menggunakan narkoba dengan media jarum suntik, atau penggunaan jarum tato atau tindik yang tidak steril.

3. Luka pada Kulit

Salah satu penyebab penyakit sifilis juga bisa dikarenakan adanya luka pada kulit di bagian tubuh, ruam pada kulit, atau lecet. Memang kasus penularan ini cukup jarang, namun bakteri treponema pallidum ini dapat melewati celah atau luka terbuka pada kulit ketika menyentuh orang yang terinfeksi sifilis.

Tahapan Penyakit Sifilis

Hal yang Dilakukan Jika Terkena Sifilis
Hal yang Dilakukan Jika Terkena Sifilis

Penyakit sifilis dibagi menjadi beberapa tahapan, yaitu:

1. Sifilis Stadium Primer

Pada tahap awal ini gejalanya yaitu berupa ulkus durum yang merupakan luka dangkal di daerah penis, vagina, atau mulut namun tidak terasa nyeri.  Ulkus ini akan hilang sendirinya dalam beberapa minggu.

Gejala ini merupakan gejala yang tidak disadari para penderita sifilis, padahal meski sudah hilang gejalanya bakteri treponema pallidum tetap ada di dalam tubuh dan menyebabkan kerusakan organ secara bertahap.

2. Sifilis Stadium Sekunder

Gejalanya berupa nyeri tenggorokan, demam, pembesaran kelenjar getah bening, serta nyeri otot. Akan timbul juga berupa kemerahan di kulit atau benjolan yang berbentuk jengger ayam di daerah kemaluan. Dan umumnya, para penderita pada tahap ini bisa mengalami penurunan berat badan yang drastis.

3. Sifilis Stadium Laten

Tahap ini merupakan lanjutan dari tahap sekunder yang muncul apabila tidak diobati dengan baik. Pada tahap ini, penderita sifilis tidak menunjukkan gejala apa pun akan tetapi bakterinya terus berkembang dan akan menimbulkan kerusakan organ dalam. Yang paling parah, pada tahap ini bisa menimbulkan kerusakan pada jantung, pembuluh darah, hati, tulang, dan saraf. Selain itu, terjadi destruksi jaringan lunak hampir di seluruh bagian tubuh.

Pengobatan Penyakit Sifilis

Penyakit Sifilis - KlikDokter.com (Icedmocha/Shutterstock)
Penyakit Sifilis - KlikDokter.com (Icedmocha/Shutterstock)

Untuk mengobati sipilis hanya boleh dilakukan oleh dokter. Pada sifilis stadium primer, sekunder, dan laten biasanya diobati dengan antibiotik Benzhatine Penicillin yang disuntikkan ke dalam otot. Dan jika semakin parah maka akan semakin sering juga penyuntikkan tersebut. Para penderita sifilis juga tidak diperbolehkan untuk melakukan hubungan seksual sama sekali hingga tahap pengobatan selesai dan dinyatakan sembuh oleh dokter.

Diagnosis Penyakit Sifilis

ilustrasi cek kesehatan/Photo by rawpixel.com from Pexels
ilustrasi cek kesehatan/Photo by rawpixel.com from Pexels

Agar dapat memastikan ada atau tidaknya penyakit sifilis, ada beberapa pemeriksaan yang dapat dilakukan, yaitu:

1. Pemeriksaan Darah

Hal ini dilakukan untuk mendeteksi adanya antibodi terhadap bakteri penyebab sifilis. Jenis pemeriksaan darah yang dilakukan yaitu pemeriksaan VDRL (venereal disease research laboratory) dan TPHA (treponema pallidum haemagluttination).

2. Pemeriksaan Cairan Ulkus Durum

Cara pemeriksaan dengan mengambil sampel cairan dari ulkus durum dan melakukan pengecekan di bawah mikroskop. Penyakit sifilis ini hanya dapat dipastikan apabila dokter menemukan bakteri treponema pallidum dari pemeriksaan pada mikroskop yang telah dilakukan.

Apabila dari beberapa tahap pemeriksaan tersebut seseorang dipastikan menderita sifilis, maka pasangan seksualnya juga wajib diperiksa dan harus diobati meskipun tidak ditemukan gejala apa pun. Maka dari itu, ada baiknya untuk selalu mewaspadai penyebab penyakit sifilis dan selalu melakukan kontak seksual yang aman.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Baru Bisa Masak, Tantri Kotak Mulai Bisnis Makanan

Posted: 09 Jun 2020 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Selama pandemi Corona Covid-19, Tantri Kotak tetap berkarya. Tapi kali ini bukan di bidang musik, apalagi menyanyi.

Meski begitu, Tantri Kotak menyebut kegiatannya ini tak jauh dari seni juga. Apa sih yang jadi hobinya sekarang?

Tantri Kotak mengaku lagi senang memasak. Ia pun mengunggah fotonya tengah duduk dekat kompor di akun Instagram terverifikasi miliknya, Selasa (9/6/2020).

 

Beri Sentuhan

Tantri Kotak (Foto: Instagram/@tantrisyalindri)
Tantri Kotak (Foto: Instagram/@tantrisyalindri)

Bagi Tantri Kotak memasak menjadi hal yang menyenangkan saat ini.

"Salah satu hobby yang menyenangkan selain nyanyi, masak tuh sama aja seni buat gw. bisa kasih sentuhan rasa di setiap masakan," tulis Tantri Kotak sebagai keterangan gambar.

 

Lihat Resep Tiap Malam

Tantri Kotak (Instagram/tantrisyalindri)
Tantri Kotak (Instagram/tantrisyalindri)

Diakui ibu dua anak ini, ia kerap mantengin resep sebelum tidur malam. "Seneng aja setiap malam liat2 resep yang seliweran di IG atau youtube. recook trs kembangin," tambahnya.

 

Diberi Masukan

Usai memasak, Tantri Kotak pun menyajikan untuk keluarga dan juga teman-teman.

"Punya kebahagiaan rasanya ngeliat ekspresi puas yang nyobain masakan, ada beberapa temen yang kasih masukan untuk jualan, kemarin masih ragu jual masakan sendiri. SEKARANG GW BERANI!" imbuhnya.

 

Buka Pesanan

Kini, Tantri Kotak pun mulai berjualan hasil masakannya sendiri.

"Yang mau cobain masakan gw boleh banget, udah bisa dipesen 😂😂😂 tapi baru PD 1 resep doang. follow @kulinerbundarocker ya buat infonya. Duh nulis caption ini aja malu2 kuciang 😂😂😂😂 ⁣#kulinerbundarocker⁣#Ayamkencotrocker," tuturnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dirut BCA Jahja Setiaatmadja Buka-bukaan soal Dampak Corona ke Industri Perbankan

Posted: 09 Jun 2020 10:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja membeberkan pandangannya soal dampak pandemi Corona ke industri perbankan.

Ketika pandemi Corona menghantam, pemerintah langsung menginstruksikan agar perbankan melakukan beberapa langkah menyelamatkan ekonomi masyarakat, mulai dari memberi penundaan cicilan kredit hingga melakukan restrukturisasi.

Jahja menyatakan, sebenarnya sempat muncul rasa khawatir jika seluruh nasabah memanfaatkan kesempatan untuk menunda cicilan. Seperti yang diketahui, Dana Pihak Ketiga (DPK) sedikit banyak berpengaruh terhadap kelangsungan hidup perbankan.

"Ada positif negatifnya, awalnya kami khawatir, wah, bagaimana kalau semua nasabah enggak mau bayar, kan bank juga menggunakan dana masyarakat," kata Jahja dalam diskusi online, Rabu (10/6/2020).

Namun ternyata, di BCA, Jahja menghitung hanya ada 14 persen nasabah, yang didominasi nasabah korporasi, yang butuh restrukturisasi hingga akhir tahun nanti. Artinya, sebagian besar nasabah BCA tidak mengalami kesulitan berarti dalam membayar cicilan kredit mereka.

"Hingga akhir tahun, hanya 14 persen yang butuh restrukturisasi, dan itu banyak yang enggak masuk kategori. Tapi dengan pengurangan bunga 1, 2, 3 persen mereka sudah oke," lanjutnya.

 

Disesuaikan Kemampuan

Presiden Direktur PT BCA Tbk, Jahja Setiaatmadja (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Presiden Direktur PT BCA Tbk, Jahja Setiaatmadja (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pembayaran cicilan kredit nasabah di BCA, lanjut Jahja, berjalan secara tailormade. Artinya, kemampuan bayar nasabah disesuaikan dengan kondisi keuangannya saat ini. Ada yang jangka waktu pembayarannya diperpanjang dan cicilannya diringankan, ada yang disetop dan dilanjutkan di kemudian hari dengan ketentuan bunga dan lainnya.

"Kecuali untuk KPR dan KKB, itu sesuai ketentuan, awalnya memang belum jelas, semua mengharap bisa dapat pengurangan cicilan, apakah kena (dampak Corona) atau enggak," katanya.

Jahja juga bilang, restrukturisasi membuat pihak perbankan harus mendalami kondisi keuangan nasabah yang lebih personal.

"Restrukturisasi ini kan jadi mengkamuflase yang enggak sanggup bayar, jadi tetap lancar sehingga sebagai perbankan, internal kami harus mendalami keadaan nasabah, apakah mereka ini sulit tapi akan surviving, atau ada serious problem," katanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemendagri: Pilkada di Tengah Pandemi COVID-19 Jadi Ujian Konsistensi Berdemokrasi

Posted: 09 Jun 2020 10:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyebutkan, penyelenggaraan Pilkada Serentak pada 9 Desember 2020 sebagai sebuah ujian konsistensi berdemokrasi bagi Indonesia di tengah pandemik COVID-19.

Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri, Akmal Malik, mengatakan, Indonesia perlu membuktikan diri sebagai bangsa yang kuat, seperti Korea Selatan yang tetap melaksanakan pemilu walaupun di tengah perang maupun di tengah pandemik COVID- 19.

"Korea Selatan adalah negara yang tetap melaksanakan pesta demokrasinya di masa puncak pandemik. Negara yang sangat konsisten berdemokrasi. Dalam perang pun melaksanakan pemilu. Ini menunjukkan spirit sebuah negara berdemokrasi. Ini baik sebagai contoh bagi Indonesia. Kita tetap memperjuangkan demokrasi dengan mengedepankan keselamatan dan kesehatan warga negara," kata Akmal alam webinar bertajuk "Pilkada Aman COVID-19 dan Demokratis," yang diselenggarakan oleh Kemendagri dan PB IDI.

Selain Dirjen Otda, pembicara pada webinar ini antara lain Stafsus Menteri Dalam Negeri Kastorius Sinaga, Ketua Umum PB IDI Daeng M Faqih, Wakil Ketua Umum PB IDI Slamet Budiarto, dr. Ramlan Sitompul, dan lainnya.

Dirjen Otda mengatakan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian pada Senin (8/6/2020) mengundang Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia guna berdiskusi dan mempelajari keberhasilan negara itu melaksanakan pemilu di tengah pandemik COVID-19. Dari pertemuan tersebut, menurut dia, Mendagri sangat terkesan.

Akmal menegaskan bahwa keputusan pemerintah bersama dengan DPR dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk melaksanakan Pilkada Serentak pada 9 Desember 2020, sudah melalui pertimbangan yang matang.

Dia mengatakan agenda Pilkada seyogyanya dilaksanakan pada 23 September 2020. Namun, pada 31 Maret KPU secara sepihak menunda beberapa tahapan Pilkada karena pandemik COVID-19.

"Kami dapat memahami keputusan KPU, yaitu karena adanya kejadian luar biasa yaitu pandemik COVID-19. Dan menyikapi keputusan KPU ini, bersama dengan DPR Komisi II, sudah beberapa kali rapat untuk mempertimbangkan yang kemudian melahirkan Perppu No. 2 tahun 2020 tentang pelaksanaan Pilkada Serentak pada 9 Desember," tutur Dirjen Otda seperti dikutip dari Antara.

Karena terkait dengan bencana nonalam COVID-19, maka telah diadakan beberapa kali diskusi dengan Gugus Tugas COVID-19. Dari pembahasan tersebut, Gugus Tugas COVID-19 memberikan ruang bagi pelaksanaan Pilkada dengan protokol kesehatan yang ketat.

Pengalaman Pertama di Tengah Pandemi

Menurut Akmal, Pilkada serentak 9 Desember 2020 merupakan pengalaman pertama bagi Indonesia sejak merdeka melaksanakan pencoblosan di tengah pandemik.

"Belajar dari berbagai negara di dunia, ada 65 pemerintahan yang menunda pemilu, tetapi ada juga negara yang menunjukkan spirit luar biasa. Mereka membangun demokrasinya dalam keadaan berat. Pilkada 9 Desember 2020 ini nanti dapat menjadi sebuah legacy bagi negara ini, bahwa kita bangsa Indonesia adalah bangsa yang tidak menyerah dalam kondisi apa pun," ujarnya menegaskan.

Alasan lain dari urgensi pelaksanaan Pilkada 9 Desember 2020, menurut dia, adalah demi efektifitas pemerintahan di daerah.

Dikatakannya, jika Pilkada tidak dilaksanakan tahun ini, sebanyak 224 daerah yang termasuk dalam 270 daerah yang melaksanakan Pilkada Serentak pada 9 Desember, akan mengalami kekosongan kepemimpinan pada 17 Februari 2021 karena masa jabatan kepala daerahnya berakhir. Artinya akan ada kekosongan massal akan kepemimpinan yang definitif.

"Kepemimpinan yang definitif dan legitimate saja belum dapat bekerja optimal. Apalagi ketika daerahnya dipimpin Plt. Yang kewenangannya relatif terbatas. Padahal, diperlukan pemimpin daerah yang siap bertarung menghadapi COVID-19 dan mendapat legitimasi masyarakat. Sehingga nanti pada bulan Maet 2021, kita sudah memiliki pemimpin daerah yang legitimate. Mereka yang akan bersama masyarakat melawan COVID-19," papar Akmal Malik.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bupati di Sumut Jadi Tersangka Suap? Ini Kata KPK

Posted: 09 Jun 2020 10:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seorang bupati di Sumatera Utara berinisial KSS disebut-sebut menjadi tersangka dugaan suap yang ditangani Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri tak membenarkan, juga tidak membantah kabar tersebut.

"Masih periksa seluruh saksi," kata Ali Fikri saat dikonfirmasi, Jakarta, Rabu (10/6/2020).

Dia hanya mengatakan, tim penyidik tengah mengembangkan kasus dari fakta terpidana Yaya Purnomo. Yaya Purnomo adalah selaku Kasie Pengembangan Pendanaan Kawasan Perumahan dan Pemukiman Ditjen Perimbangan Keuangan, Kementerian Keuangan (Kemkeu). 

Yaya divonis bersalah menerima suap dan gratifikasi terkait pembahasan Dana Alokasi Khusus dan Dana Insentif Daerah di delapan Kabupaten-Kota.

"Tim penyidik KPK sedang melakukan penyidikan terkait kasus pengembangan perkara berdasarkan fakta-fakta hukum dari perkara atas nama terpidana Yaya Purnomo yang perkaranya telah selesai ditangani oleh KPK," lanjut Ali.

Menurut dia, pengembangan dilakukan dengan mengumpulkan sejumlah alat bukti, termasuk memeriksa sejumlah saksi dalam kasus yang terjadi di Kabupaten Labuhan Batu Utara tersebut. 

Terkait KSS, ada dugaan bupati tersebut bersama seorang bawahannya memberikan suap kepada Yaya dan Kasie Perencanaan DAK Fisik Kemkeu, Rifa Surya.

Suap itu diberikan terkait pengurusan Dana Alokasi Khusus bidang kesehatan dan jalan tahun anggaran 2018 untuk daerah yang dipimpin sang Bupati. Lagi-lagi, Ali masih enggan membenarkan soal dugaan tersebut.

"Kami saat ini belum dapat menyampaikan detail kasus dan tersangkanya karena sebagaimana telah kami sampaikan bahwa kebijakan Pimpinan KPK terkait ini adalah pengumuman tersangka akan dilakukan saat penangkapan atau penahanan telah dilakukan. Kami berharap rekan-rekan media memahami kebijakan ini dan memberikan waktu tim penyidik KPK menyelesaikannya tugasnya lebih dahulu," ujar Ali.

 

Pernah Diperiksa KPK

Sebelumnya, penyidik KPK pernah memeriksa KSS pada tahun 2018. KPK memeriksa KSS terkait usulan dana perimbangan keuangan daerah pada RAPBN-P 2018 untuk melengkapi berkas penyidikan Yaya Purnomo.

"Saya ditanya mengenai pengajuan proposal proyek pembangunan infrastruktur di daerahnya yang bersumber dari dana perimbangan daerah RAPBN-P TA 2018," kata KSS kepada awak media usai pemeriksaan pada waktu itu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Ancaman Covid-19 Masih Ada, Jangan Sampai Terjadi Gelombang Kedua

Posted: 09 Jun 2020 10:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali mengingatkan ancaman gelombang kedua virus corona Covid-19. Jokowi menilai, hingga kini penyebaran virus corona masih ada meski sejumlah daerah tidak memiliki penambahan kasus baru.

"Saya ingatkan tugas besar kita belum berakhir, ancaman Covid masih ada," ujar Jokowi saat berkunjung ke Kantor Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Rabu (10/6/2020).

"Ada daerah yang kasus barunya turun, ada daerah yang kasus barunya meningkat, ada daerah yang kasus barunya nihil. Perlu saya ingatkan, jangan sampai terjadi gelombang kedua second wave," sambungnya.

Jokowi meminta kepala daerah, gugus tugas, serta para menteri untuk mewaspasdai lonjakan kasus virus corona. Dia mengakui bahwa situasi tersebut akan terus terjadi hingga ditemukannya vaksin penangkal virus corona.

"Saya ingatkan kepada kita semua, situasi seperti ini akan kita hadapi terus sampai vaksin kita temukan dan bisa kita pergunakan secara efektif karena vaksin ketemu harus uji klinis, uji lapangan yang membutuhkan waktu," katanya.

Karenanya, mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta masyarakat untuk mulai beradaptasi dengan kebiasaan baru. Dia menekankan pentingnya disiplin mengikuti protokol kesehatan di masa pandemi virus corona.

"Adaptasi itu bukan berarti kita meneyrah apalagi kalah, ndak. Tapi kita harus memulai kebiasaan-kebiasaan baru sesuai protokol kesehatan sehinga masyarakat produktif tapi aman dari Covid," jelas Jokowi.

 

Kasus Positif Tembus 33.076 Orang

Petugas menunjukan penyebaran virus corona (COVID-19) pada layar pemantau di Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Senin (9/3/2020). Sampai hari ini, Posko COVID-19 DKI Jakarta terlah dihubungi 3.580 orang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas menunjukan penyebaran virus corona (COVID-19) pada layar pemantau di Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Senin (9/3/2020). Sampai hari ini, Posko COVID-19 DKI Jakarta terlah dihubungi 3.580 orang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Juru Bicara Pemerintah untuk Percepatan Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto mengungkapkan, jumlah kasus positif Covid-19 terbaru di Tanah Air menyentuh angka 33.076.

Terjadi penambahan sebanyak 1.043 kasus per hari Selasa (9/6/2020). Data ini berdasarkan hasil pemantauan sejak hari Senin (8/6/2020) pukul 12.00 WIB hingga Selasa pukul 12.00 WIB atau selama 24 jam terakhir.

"Ini sebarannya tidak merata di Indonesia. Sebagai contoh sebaran terbanyak yang kita dapatkan hari ini adalah di Provinsi DKI Jakarta," kata Yurianto dalam Konferensi Pers Perkembangan Penanganan Covid-19 di Gedung BNPB, Jakarta Timur.

Dia melanjutkan, jumlah kasus sembuh bertambah sebanyak 510 kasus hari ini. Dengan demikian, total akumulatif kasus sembuh dari Covid-19 sebanyak 11.414 kasus.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengembang Tanjung Bunga dan Siloam Gelar Rapid Test untuk Air Crew Lanud Sultan Hasanudin

Posted: 09 Jun 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pengembang kawasan Tanjung Bunga yaitu PT Goa Makassar Tourism Development Corp Tbk bersama dengan RS Siloam Makassar melakukan rapid test massal kepada seluruh personil awak pesawat (air crew) yang bertugas di pangkalan TNI AU Lanud Sultan Hasanudin, Makassar.

Pangkalan Lanud TNI AU Sultan Hasanudin berperan besar dan menghadapi tantangan berat di garda depan dalam kelancaran pelayanan penerbangan, dan logistik udara di Sulawesi Selatan dan sekitarnya. Pihak swasta memiliki kesempatan berbagi dalam sumber daya dan pengetahuan berbeda sebagai wujud kerja sama di lapangan.

Dengan adanya pandemi Corona dan penyebaran infeksi di Sulawesi Selatan, dan demi mempertahankan pelayanan Pangkalan TNI AU  Lanud Sultan Hasanuddin serta upaya pemutusan mata rantai penyebaran infeksi, Pangkalan TNI AU Lanud Sultan Hasanudin membutuhkan dan hendak melakukan rapid test Covid-19 terhadap 250 personel.

 

Komandan Pangkalan Lanud TNI AU Sultan Hasanudin, Marsekal Pertama TNI  H. Haris Haryanto, mengatakan, kerja sama Pengembang Tanjung Bunga dan Siloam ini sangat mendukung pengendalian penyebaran virus Corona "Apabila ada tindakan medis yang diperlukan pasca tes, akan dapat segera dilakukan dan dengan demikian dapat memutus rantai penyebaran Covid-19," jelas dia seperti dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (10/6/2020).

Wakil Direktur Utama Siloam, Caroline Riady menyatakan, kunci dari upaya melawan Covid-19 adalah testing dengan cepat, luas dan efektif. Dengan demikian bisa diambil keputusan tepat waktu untuk mengisolasi dan merawat pasien, serta dengan cepat melakukan kontak tracing untuk menurunkan dan memutuskan rasio penularan.

"Dampaknya juga lebih menjamin keselamatan dan keamanan para dokter, perawat dan pekerja medis di rumah sakit dan fasilitas kesehatan," kata dia. 

 

Tingkatkan Kapasitas

Direktur RS Siloam Makassar Herry Bertus menambahkan, dalam ikut berpartisipasi mendukung pemerintah menangani Corona, Siloam telah meningkatkan tiga puluh persen dalam kapasitas jumlah tempat tidur dan sepenuhnya mengoperasikan RS Darurat Rujukan Khusus Covid-19 yaitu RS Siloam Makassar"

"Selain itu Laboratori RS Siloam juga mendukung dorongan pemerintah meningkatkan kapasitas RT-PCR (Real Time Polymerase Chain Reaction) Testing dengan menjalankan empat mesin PCR dengan kapasitas berjalan sampai dengan 576 sampel pasien per hari dengan tujuan utama testing para dokter, perawat dan pekerja medis di lapangan," tutup dia. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menlu Retno Tekankan Pentingnya Kemudahan Akses Vaksin Corona COVID-19

Posted: 09 Jun 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menlu RI Retno L.P Marsudi, kembali mengikuti pertemuan Ministerial Coordination Group on COVID-19 (MCGC) dengan tema "The Importance of Vaccine Development to Fight COVID-19 Pandemic" pada 9 Juni 2020.

Pertemuan tersebut dilaksanakan secara virtual conference dan dihadiri oleh Indonesia, Singapura, Filipina, Republik Korea, Australia, Kanada, Peru, dan Maroko.

Dalam pertemuan MCGC, Menlu Retno menyampaikan tiga hal utama terkait kolaborasi pengembangan vaksin.

Pertama, perlunya menciptakan mekanisme yang adil berdasarkan kajian ilmiah dalam rangka penyaluran vaksin (apabila vaksin sudah ditemukan), terutama perhatian bagi negara-negara tertentu untuk dapat memperoleh kesetaraan akses terhadap vaksin. Demikian juga pertimbangan terhadap resiko penyebaran kembali virus, jika terdapat negara yang tidak memiliki jangkauan untuk vaksin.

Kedua, perlunya memastikan transfer of knowledge dari para produser vaksin kepada negara-negara untuk kelancaran peningkatan kapasitas produksi, termasuk penyesuaian aturan terdapat pada TRIPs (Trade Related Intellectual Property Rights) dan kebijakan hak paten terhadap tanggung jawab sosial.

"Diperlukan fleksibilitas dalam aturan kekayaan intelektual, termasuk pengaturan dalam TRIPs, untuk mendorong pengembangan vaksin yang terjangkau. Kebijakan hak paten harus mempertimbangkan tanggung jawab sosial, khususnya dalam situasi pandemi", tegas Menlu Retno.

Pentingnya Sinergi Antar-Negara

Ilustrasi Foto Vaksin (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Vaksin (iStockphoto)

Selanjutnya, Menlu Retno juga menegaskan akan pentingnya mendorong lebih banyak kerja sama internasional dalam rangka pengembangan dan produksi vaksin.

Menlu Retno menyampaikan pentingnya sinergi di tingkat nasional dan internasional. "Politisasi terhadap vaksin harus dihindari", tegas Menlu Retno.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa Indonesia telah memiliki suatu konsorsium nasional dengan kemitraan multi-pemangku kepentingan dan tim nasional pengkajian vaksin di Indonesia sebagai upaya mempercepat pengembangan vaksin.

Selain itu, saat ini Indonesia tengah mengembangkan kerja sama potensial dengan sejumlah mitra internasional dengan penggunaan DNA dan platform virus tidak aktif. Indonesia juga mengundang kerjasama kolaborasi untuk mitigasi pandemi dengan mitra internasional lainnya.

"Kami amat mendorong kolaborasi global dari mulai manufaktur, penelitian, dan lainnya dari para pemangku kepentingan untuk mempercepat pengembangan vaksin COVID-19", pungkas Menlu Retno.

Pertemuan MCGC merupakan pertemuan tingkat Menteri yang dilaksanakan berkala dalam rangka kerja sama internasional dalam penanganan pandemi COVID-19. Melalui MCGC diharapkan dapat memperkuat kerjasama inklusif, kepercayaan antar negara, dan semangat multilateralisme dalam menghadapi tantangan bersama pandemi COVID-19.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wika Gedung Cetak Laba Bersih Rp 82,8 Miliar di Kuartal I 2020

Posted: 09 Jun 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk atau Wika Gedung meraup laba bersih Rp 82,88 miliar pada kuartal I 2020. Catatan tersebut naik 6,64 persen dari capaian laba bersih di periode yang sama tahun lalu Rp 77,71 miliar. 

Peningkatan laba bersih tersebut ditopang oleh kenaikan pendapatan lainnya pada laba ventura bersama yang meningkat Rp 2,86 miliar atau tumbuh 20,69 persen dari Rp 13,81 miliar pada triwulan I 2019 menjadi Rp 16,67 miliar pada triwulan I 2020. 

Adapun kas dan setara kas per 31 Maret 2020 sebesar Rp 877,04 miliar, total ekuitas senilai Rp 2,24 triliun, dan total aset sebesar Rp 5,96 triliun.

Direktur Utama Nariman Prasetyo menyampaikan, perolehan tersebut didasari komitmen untuk fokus pada peningkatan laba perusahaan.

Salah satunya melalui pengelolaan keuangan terutama biaya dengan baik serta mampu mengendalikan kontrak-kontrak yang diperoleh lewat efisiensi pengendalian secara berjenjang dan sentralisasi.

Menurut dia, wabah pandemi virus corona (Covid-19) telah menyebabkan perlambatan di hampir seluruh sektor usaha di Indonesia, termasuk di bisnis konstruksi gedung yang berimbas pada penurunan dan mundurnya tender-tender di awal tahun ini. 

"Namun bisnis kami saat ini tetap berjalan dan tumbuh karena kami fokus pada pengerjaan proyek-proyek carry over yang telah kami peroleh di tahun sebelumnya," kata Nariman dalam keterangan resminya, Rabu (10/6/2020).

Sebagai catatan, capaian kontrak baru perseroan hingga Mei 2020 mencapai Rp 874,69 miliar. Capaian kontrak baru berasal dari BI Palangkaraya, Gedung Mandiri Denpasar, RS Pertamina Simprug Corona, RS Antam Medika, The Park Mall Kendari (PSA), RSPJ Darurat Corono PT Pertamedika DKI Jakarta, RS Airlangga Surabaya Corona, RS Corona Lamongan, RSCM Darurat Corona RSCM DKI Jakarta, dan Interior Gedung BUMN.

Terkait bisnis modular, Nariman melanjutkan, Wika Gedung pada awal tahun ini mendapatkan penugasan untuk mendukung penuh program pemerintah dalam menanggulangi pandemi Covid-19, yakni dengan membangun Rumah Sakit (RS) Corona.

 

Proyek RS untuk Pasien Corona

Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan fasilitas observasi, penampungan, dan karantina untuk pengendalian infeksi penyakit menular, utamanya virus Corona Pulau Galang, Kepulauan Riau. (Dok Kementerian PUPR)
Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan fasilitas observasi, penampungan, dan karantina untuk pengendalian infeksi penyakit menular, utamanya virus Corona Pulau Galang, Kepulauan Riau. (Dok Kementerian PUPR)

Adapun sejak awal Maret 2020, Wika Gedung telah membangun beberapa RS rujukan untuk pasien corona, seperti:

- Pusat Observasi dan Karantina Corona Modular serta merenovasi bangsal eks Kamp Pengungsian Vietnam sebagai hunian dokter, perawat dan sarana umum di Pulau Galang, Kepulauan Riau.

- Alih Kelola RS Pertamina Jaya menjadi RS Khusus Covid-19 (Tahap 1) dan RS Lapangan Modular (Tahap 2) Jakarta

- Renovasi RS Penyakit Tropik Infeksi Universitas Airlangga Surabaya

- Renovasi Gedung Kiara RSCM Jakarta

- RS Modular Simprug Jakarta

- RS Corona Lamongan

Nariman menjelaskan, terkait mutu dan waktu pengerjaan, pihaknya berharap dapat memenuhi harapan pemerintah. Menurutnya, hal tersebut lantaran mampu mengaplikasikan teknologi modular yang telah dimiliki melalui modular pembangunan RA dapat dikerjakan sangat cepat dengan mutu lebih baik.

"Selama proses pembangunan, kami tetap komitmen pada protok kesehatan Covid-19 yang mengacu pada Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 4 tahun 2020, tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), dan Surat Edaran Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Nomor 14/SE/2020 tentang Protokol Pencegahan Covid-19 di Proyek Konstruksi," tutupnya.   

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kabar Baik, Ayah Khabib Nurmagumedov Mulai Merespons usai Terjangkit Covid-19

Posted: 09 Jun 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Moskow - Kabar gembira datang dari Khabib Nurmagomedov. Kondisi sang ayah Abdulmanap membaik setelah sempat kritis akibat komplikasi dari Covid-19.

Abdulmanap masuk rumah sakit dan menjalani operasi jantung awal bulan lalu. Sempat koma, dia kemudian menjalani pemulihan di rumah sakit di Moskow.

"Dia sudah membuka mata dan memberi respon. Sebuah pertanda bagus. Ini kehendak Allah. Kita yakin dia Abdulmanap bakal terus membaik," kata manajer Khabib Nurmagomedov, Ali Abdelaziz.

"Pada akhirnya semua kembali kepada kesehatan tubuhnya menghadapi cobaan. Tapi dia meningkat dan kami gembira," sambungnya, dilansir ESPN.

Virus Corona menyerang keluarga Khabib Nurmagomedov. Selain sang ayah, lebih dari 20 kerabat juara kelas ringan UFC ini terjangkit Covid-19.

Terima Kasih dari Khabib

Khabib Nurmagomedov. (AFP/Ethan Miller)
Khabib Nurmagomedov. (AFP/Ethan Miller)

Khabib mengucapkan terima kasih kepada tenaga medis yang sudah berjuang melawan virus Corona. Dia juga memberi apresiasi kepada orang-orang yang sudah memberikan dukungan kepada Abdulmanap.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang atas dukungan, harapan, dan doa Anda. Saya juga berharap yang terbaik. Aman dan sehat. Terima kasih banyak," ujarnya.

Bertarung Akhir Tahun?

Khabib terakhhir kali bertarung melawan Dustin Poirier pada UFC 242 di Abu Dhabi, September 2019. Semula dia dijadwalkan menghadapi Tony Ferguson, April lalu.

Namun duel dibatalkan karena pandemi Covid-19. Dia tidak bisa datang ke Amerika Serikat karena larangan perjalanan.

Ferguson kemudian meladeni Justin Gaethje dan tumbang. Alhasil, Khabib dijadwalkan bertemu Gaethje akhir tahun ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gedung Ambruk di Pakistan, 13 Orang Tewas

Posted: 09 Jun 2020 10:30 PM PDT

Tim penyelamat mengevakuasi lokasi reruntuhan sebuah bangunan di Karachi, Pakistan (8/6/2020). Korban tewas akibat runtuhnya gedung permukiman lima lantai di Karachi bertambah menjadi 13 orang pada Selasa (9/6) pagi waktu setempat. (Xinhua/Str)
Tim penyelamat mengevakuasi lokasi reruntuhan sebuah bangunan di Karachi, Pakistan (8/6/2020). Korban tewas akibat runtuhnya gedung permukiman lima lantai di Karachi bertambah menjadi 13 orang pada Selasa (9/6) pagi waktu setempat. (Xinhua/Str)

Tim penyelamat mengevakuasi lokasi reruntuhan sebuah bangunan di Karachi, Pakistan (8/6/2020). Korban tewas akibat runtuhnya gedung permukiman lima lantai di Karachi bertambah menjadi 13 orang pada Selasa (9/6) pagi waktu setempat. (Xinhua/Str)

Tim penyelamat mengevakuasi lokasi reruntuhan sebuah bangunan di Karachi, Pakistan (8/6/2020). Korban tewas akibat runtuhnya gedung permukiman lima lantai di Karachi bertambah menjadi 13 orang pada Selasa (9/6) pagi waktu setempat. (Xinhua/Str)
Tim penyelamat mengevakuasi lokasi reruntuhan sebuah bangunan di Karachi, Pakistan (8/6/2020). Korban tewas akibat runtuhnya gedung permukiman lima lantai di Karachi bertambah menjadi 13 orang pada Selasa (9/6) pagi waktu setempat. (Xinhua/Str)

Tim penyelamat mengevakuasi lokasi reruntuhan sebuah bangunan di Karachi, Pakistan (8/6/2020). Korban tewas akibat runtuhnya gedung permukiman lima lantai di Karachi bertambah menjadi 13 orang pada Selasa (9/6) pagi waktu setempat. (Xinhua/Str)

Tim penyelamat mengevakuasi lokasi reruntuhan sebuah bangunan di Karachi, Pakistan (8/6/2020). Korban tewas akibat runtuhnya gedung permukiman lima lantai di Karachi bertambah menjadi 13 orang pada Selasa (9/6) pagi waktu setempat. (Xinhua/Str)
Tim penyelamat mengevakuasi lokasi reruntuhan sebuah bangunan di Karachi, Pakistan (8/6/2020). Korban tewas akibat runtuhnya gedung permukiman lima lantai di Karachi bertambah menjadi 13 orang pada Selasa (9/6) pagi waktu setempat. (Xinhua/Str)

Tim penyelamat mengevakuasi lokasi reruntuhan sebuah bangunan di Karachi, Pakistan (8/6/2020). Korban tewas akibat runtuhnya gedung permukiman lima lantai di Karachi bertambah menjadi 13 orang pada Selasa (9/6) pagi waktu setempat. (Xinhua/Str)

Tim penyelamat mengevakuasi lokasi reruntuhan sebuah bangunan di Karachi, Pakistan (8/6/2020). Korban tewas akibat runtuhnya gedung permukiman lima lantai di Karachi bertambah menjadi 13 orang pada Selasa (9/6) pagi waktu setempat. (Xinhua/Str)
Tim penyelamat mengevakuasi lokasi reruntuhan sebuah bangunan di Karachi, Pakistan (8/6/2020). Korban tewas akibat runtuhnya gedung permukiman lima lantai di Karachi bertambah menjadi 13 orang pada Selasa (9/6) pagi waktu setempat. (Xinhua/Str)

Tim penyelamat mengevakuasi lokasi reruntuhan sebuah bangunan di Karachi, Pakistan (8/6/2020). Korban tewas akibat runtuhnya gedung permukiman lima lantai di Karachi bertambah menjadi 13 orang pada Selasa (9/6) pagi waktu setempat. (Xinhua/Str)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Lautan Manusia di Jalanan Oxford, Ada Apa?

Posted: 09 Jun 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemandangan tak biasa tampak di jalanan sekitar Univeritas Oxford London Inggris. Ribuan warga berjalan memenuhi ruas jalan. Ada apa?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yuni Shara Ternyata Punya Uban: Saya Bukan Menolak Tua, Tapi...

Posted: 09 Jun 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rambut memutih karena faktor usia rupanya dialami pula oleh Yuni Shara. Padahal, selama ini ia disebut awet muda alias tak bisa menua. Bahkan, warganet di Twitter menggelari Yuni Shara Highlander Indonesia.

Persoalan uban rupanya membuat ibunda Yuni Shara, Rachma Widadiningsih, gelisah. Cerita bermula saat baru-baru ini, Yuni Shara berbenah sekaligus membersihkan rumahnya.

"Kemarin saya lagi beres-beres rumah nurunin gorden buat dicuci, nurunin bantal-bantal buat ditambah dakron terus dicuci, bikin sarung bantal dan Mama lihat rambut saya," ujar Yuni Shara

Rahasia Awet Muda

Unggahan Yuni Shara. (Foto: YouTube Yuni Shara Channel)
Unggahan Yuni Shara. (Foto: YouTube Yuni Shara Channel)

Rachma menyarankan Yuni Shara untuk menyamarkan uban. Pelantun "Mengapa Tiada Maaf" dan "Pelangi" itu pun menyanggupi. Yuni Shara lantas mengundang penata rambut langganannya, Mabora, untuk membereskan persoalan uban di mahkotanya.

Momen mengecat rambut diabadikan Yuni Shara dalam sebuah video bertajuk "Rahasia Awet Muda Dari Mama" lalu dipublikasikan di kanal YouTube Yuni Shara Channel, Selasa (9/6/2020).

Mama Protes

(Instagram/yunishara36)
(Instagram/yunishara36)

"Pagi ini saya mau mengecat rambut saya, karena Mama sudah protes. Dia kaget sebenarnya, pas rambut saya giniin (menyibak), dia bilang, 'Yo opo seh, ubane kok wis akeh?'" cerita Yuni Shara.

"Aku bilang biarin aja Ma, ini kan anaknya Mama juga sudah tua ini maksudnya sudah 48 tahun," imbuhnya.

Rachma tak setuju. Untuk membahagiakan ibunda, Yuni Shara menghitamkan rambut. "Pagi ini saya memutuskan untuk mengecat rambut. Jadi sebenarnya bukan menolak tua (tapi memperbaiki kekurangan kita)," cetus Yuni Shara diiyakan Mabora.

Dimana-mana Kacamata

Yuni Shara. (Foto: Instagram @yunishara36)
Yuni Shara. (Foto: Instagram @yunishara36)

Hal lain yang terungkap dari Yuni Shara, belakangan ia tak lagi mengenakan kuteks. Ini bukan perkara takut terinfeksi Covid-19 atau terpapar bahan kimia.

"Saya enggak pakai kuteks sudah tiga tahunan. Kemarin saja pas Aik nikah saya baru pakai kuteks," ia memaparkan.

Cantik fisik saja rupanya tidak cukup. Penyanyi kelahiran Batu, Malang, Jawa Timur, 3 Juni 1972 juga mempercantik otak dengan membaca.

"Itu sebabnya di mana-mana saya selalu ada kacamata, di sudut-sudut (rumah) karena saya suka baca," beri tahu Yuni Shara.

Ketularan Gen Highlander

Yuni Shara. (Foto: Instagram @yunishara36)
Yuni Shara. (Foto: Instagram @yunishara36)

Ia memperlihatkan salah satu kacamata yang tergeletak di sudut kamar mandi. Kakak kandung Krisdayanti ini ingin cantik sesuai usia dan memperkaya batin dengan bacaan sehat. Seperti diketahui, Yuni Shara selama ini dijuluki seleb yang tak bisa menua.

Saat Jakarta dilanda banjir awal 2020, misalnya, fotonya memakai sepatu bot viral di Twitter.

"Mbak Yuni Shara kayaknya habis ketularan gen Highlander. Umurnya 47, kayak anak 20-an," seorang warganet mengomentari foto itu.

Yang lain menimpali, "Yuni Shara ini salah satu highlander selain Titiek Puspa."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: