Jumat, 26 Juni 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Deretan Merek Ternama yang Ikut Setop Beriklan di Facebook

Posted: 26 Jun 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gelombang mundurnya sejumlah merek ternama yang berhenti beriklan di Facebook ternyata kian besar. Terbaru, ada Unilever yang menyatakan berhenti beriklan di platform media sosial terbesar itu.

"Kami memutuskan mulai sekarang hingga setidaknya akhir tahun ini, tidak akan memasang iklan di newsfeed Facebook, Instagram, dan Twitter untuk pasar Amerika Serikat," tutur Unilever seperti dikutip dari Livemint, Sabtu (27/6/2020).

Keputusan Unilever ini tidak lepas dari kekhawatiran Facebook tidak serius mengatasi ujaran kebencian dan misinformasi di platform-nya.

Keputusan Unilever ini juga disebut cukup berdampak pada Facebook sebagai perusahaan. Alasannya, Unilever masuk dalam daftar 30 perusahaan dengan jumlah iklan terbesar di platform tersebut.

Oleh sebab itu, pada Jumat 26 Juni 2020 waktu setempat, saham Facebook dan Twitter langsung turun lebih dari 7 persen. Facebook sendiri belum memberikan komentar mengenai kondisi ini.

Sebagai informasi, Unilever menambah daftar perusahaan yang bergabung dalam kampanya boikot beriklan di Facebook. Selain Unilever, ada pula North Face, REI, Patagonia, Dashlane, dan Upwork.

Lalu beberapa hari lalu, Rakuten pemilik aplikasi chatting Viber juga ikut menyatakan hal serupa. Bahkan, Viber juga menghentikan dukungan GIPHY yang baru saja dibeli Facebook.

Kendati ikut bergabung, beberapa perusahaan itu tidak langsung menyetop iklan dalam jangka panjang. Beberapa di antaranya hanya menghentikan iklan hingga Juli 2020. 

Keputusan Rakuten Setop Beriklan di Facebook

Viber (android-app.us)
Viber (android-app.us)

"Facebook terus saja memperlihatkan pemahamanan yang buruk mengenai peran mereka di dunia saat ini. Mulai dari kesalahan penanganan data dan kurangnya privasi dalam aplikasi mereka," tutur CEO Viber, Djamel Agaoua.

Dengan keputusan untuk menyingkirkan layanan Facebook, Rakuten juga menyadari dapat membuat pengguna kurang nyaman dan merusk strategi pemasaran. Namun, perusahaan masih yakin itu bukan akhir dari aplikasi Viber, meski mengakui keputusan ini sulit.

Selain sejumlah brand, agensi periklanan terkemuka 360i juga mendorong kliennya untuk bergabung dengan gerakan untuk memboikot Facebook Ad. 

Awal Mula Gerakan Ini Muncul

Ilustrasi Facebook (iStockPhoto)
Ilustrasi Facebook (iStockPhoto)

Praktik moderasi konten di platform Facebook disebut menjadi salah satu pemicu awal gerakan ini. Termasuk ke dalam gerakan ini adalah National Association for the Advancement of Colored People (NAACP), Color of Change, dan Anti-Defamation League.

Mereka mengatakan tidak akan mendukung perusahaan yang lebih mengutamakan keuntungan.

"Facebook tetap tidak mau mengambil langkah signifikan untuk menghapus propaganda politik dari platformnya," kata Presiden dan CEO di NAACP Derrick Johnson dikutip dari Forbes.

Dia menilai Zuckerberg dan perusahaannya tidak hanya sekadar lalai, tetapi juga berpuas diri dalam penyebaran misinformasi di platformnya.

"Tindakan semacam ini akan menjungkirbalikkan integritas Pemilihan Umum mendatang. Kami tidak akan mendukung hal ini," ujar Derrick. 

(Dam/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Helm INK Fullface dan Kategori Lainnya Tahun 2020

Posted: 26 Jun 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Harga helm INK fullface dan beberapa kategori lainnya yang ada di pasaran cukup terjangkau. Jika dilihat dari segi kualitas, harga helm INK fullface maupun jenis lain dapat dikatakan terlalu bagus. Bahkan bisa dijamin jika kualitas dari helm INK ini setara dengan helm dari merek-merek asal Eropa yang sudah pasti harganya lebih mahal. 

Mungkin karena lokasi produksi dari helm INK ini yang ada di Indonesia menjadi penyebab harga helm INK fullface maupun jenis lainnya menjadi sangat murah. Benar saja, merek helm INK sendiri ternyata merupakan merek dagang dari Tarakusuma Indah yang juga menjadi pemegang beberapa merek dagang helm berkualitas seperti KYT, MDS, BMC, dan HIU.

Maka tidak heran jika harga helm INK fullface dan varian lainnya dapat dikatakan cukup murah. Tarakusuma Indah selaku produsen helm INK tampaknya juga tidak setengah-setengah dalam menjaga kualitas produknya, sebab seluruh helm INK sudah dilengkapi dengan sertifikasi berupa SNI dan DOT.

Sertifikasi tersebut semakin menjamin, jika helm keluaran INK akan sangat aman dalam melindungi kepala dari benturan. Selain itu dari segi kenyamanan serta desain dari helm ini sangat menarik mata.

Berikut ini Liputan6.com telah merangkum informasi mengenai berbagai harga helm INK fullface dan berbagai jenis helm lainnya yang diperoleh dari berbagai marketplace di Indonesia, Sabtu (27/6/2020).

Harga Helm INK Fullface

Helm INK (tarakusuma.com)
Helm INK (tarakusuma.com)

Helm kategori ini memang dirancang untuk melindungi seluruh bagian wajah. Helm fullface sendiri merupakan jenis helm yang paling aman. Itulah mengapa pada ajang balap motor, para pembalapnya selalu menggunakan jenis helm ini.

Berikut daftar harga helm INK fullface tersebut:

Harga helm INK fullface CL-Primo Rp 500.000

Harga helm INK fullface CL-Max Rp 500.000                 

Harga helm INK fullface CL-Stealth Rp 530.000

Harga helm INK fullface CL-1 Rp 530.000

Harga helm INK fullface MF-1 Rp 560.000

Harga helm INK fullface Duke Rp 710.000

Harga helm INK fullface CBR-600 Rp 745.000

Harga Helm INK Touring

Helm INK (tarakusuma.com)
Helm INK (tarakusuma.com)

Helm ini memiliki tampilan yang hampir sama dengan helm fullface, akan tetapi terdapat perbedaan dari segi fitur. Pada helm ini, Anda dapat membuka bagian pelindung wajah depan dengan cara menekan tombol yang tersedia.

Helm ini juga biasa disebut dengan helm modular. Jenis helm ini sering digunakan sebagai helm touring. Fitur pembuka wajah depan tersebut berguna agar pengendara dapat menghirup udara segar, mengingat saat menggunakan jenis helm fullface akan cukup pengap.

Berikut ini daftar harga helm INK touring:

Harga helm INK touring Mirage Rp 1.170.000

Harga helm INK touring Top Gear 2 Rp 800.000

Harga helm INK touring Vector 2 Rp 575.000

Harga helm INK touring Adventure Rp 840.000

Harga Helm INK Half Face

Helm INK (tarakusuma.com)
Helm INK (tarakusuma.com)

Helm ini biasnya digunakan untuk berkendara di daerah perkotaan dengan kecepatan yang tidak terlalu tinggi. Helm ini sangat tidak di rekomendasikan jika Anda gunakan untuk menunggangi motor dengan mesin berkecepatan tinggi.

Jenis helm INK half face ini sebenarnya menjadi awal mula terkenalnya merek helm INK di masyarakat secara luas. Salah satu tipe helm hal face yang sangat laris yaitu INK Centro yang sempat digandrungi oleh anak muda pada masanya. Selain harganya yang memang sangat terjangkau berbagai kalangan, desain serta kualitas yang sangat baik dari helm INK half face ini tentu menambah laris jenis helm keluaran merek INK ini.

Di bawah ini merupakan harga helm INK half face pada tahun ini:

Harga helm INK half face CX 390 Rp 320.000

Harga helm INK half face CX-220 Sport Rp 330.000

Harga helm INK half face CTR 700 N Rp 340.000

Harga helm INK half face Centro Jet Rp 349.000

Harga helm INK half face Flash Rp 380.000

Harga helm INK half face Metro 2 Rp 380.000

Harga helm INK half face Dynamic Rp 390.000

Harga helm INK half face Enzo Rp 390.000

Harga helm INK half face T1 Rp 430.000

Harga helm INK half face T Max Rp 475.000

Harga helm INK half face Metalico Rp 500.000

Harga helm INK half face Stillo Rp 500.000

Harga helm INK half face Classico Rp 550.000

Nah, jadi bagaimana menurut Anda? Cukup terjangkau dan dapat dibilang sangat murah bukan harga helm INK fullface beserta kategori lainnya di atas. Tapi selalu ingat, untuk pastikan kenyaman dan ukuran helm sudah sesuai dengan kepala Anda.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenhub Siap Kawal TSS Selat Sunda dan Lombok 24 Jam Non-Stop

Posted: 26 Jun 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut memastikan kesiapan Bagan Pemisah Alur Laut atau Traffic Separation Schemes (TSS) di Selat Sunda dan Selat Lombok yang akan mulai berlaku 1 Juli 2020.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Agus H Purnomo mengatakan, segala sarana dan prasarana penunjang implementasi TSS semisal Vessel Traffic Service (VTS) dan kapal milik Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) telah siap.

Dengan begitu, ia menyatakan Kemenhub siap mengawal pelaksanaan TSS Selat Sunda dan Selat Lombok 24 jam non-stop.

"Kita memang 24 jam dalam seminggu siap. Ada VTS yang siap dioptimalkan, kapal patroli dan kapal KLPP pun di-stand by kan di sini full," kata Agus saat apel kesiapan dan simulasi patroli penegakan hukum TSS Selat Sunda dan Selat Lombok di Dermaga VII Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (27/6/2020).

Adapun Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah melakukan sejumlah persiapan pada aspek kenavigasian dan pengamanan jelang pemberlakuan TSS di Selat Sunda dan Selat Lombok pada 1 Juli 2020.

Direktorat Kenavigasian memastikan kesiapan sarana dan prasarana VTS, SBNP, peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) di VTS, penyiapan Navigation Guideline, sosialisasi implementasi TSS di Selat Sunda dan Selat Lombok, serta penyebaran informasi baik melalui AIS Broadcast dan SMS Blast yang bekerjasama dengan Kemenkominfo RI.

Begitu pula dengan aspek pengamanan, Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) juga telah menyiapkan Sistem Operasional Prosedur (SOP) Pengamanan dan Patroli di Selat Sunda dan Selat Lombok dengan menurunkan Kapal Patroli KPLP beserta personilnya untuk melakukan pengawasan juga pengamanan di kedua selat tersebut.

Kerahkan Kapal Patroli

Kapal patroli angkatan laut melakukan pencarian backpacker Inggris Amelia Bambridge yang hilang di pulau Koh Rong di barat daya Kamboja (30/10/2019). Otoritas Kamboja melakukan operasi pencarian dengan melibatkan sekitar 200 personel militer, polisi dan tim penyelam. (AP Photo/Heng Sinith)
Kapal patroli angkatan laut melakukan pencarian backpacker Inggris Amelia Bambridge yang hilang di pulau Koh Rong di barat daya Kamboja (30/10/2019). Otoritas Kamboja melakukan operasi pencarian dengan melibatkan sekitar 200 personel militer, polisi dan tim penyelam. (AP Photo/Heng Sinith)

Untuk di Selat Sunda, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut juga mengerahkan 6 unit Kapal Negara Patroli Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Kelas I Tanjung Priok, antara lain KN Trisula-P. 111, KN Alugara-P.114, KN Celurit–P 203, KN Cundrik–P.204, KN Belati–P.205, dan KN Jembio–P. 215.

Lalu ada bantuan dari dua Kapal Negara Navigasi dari Kantor Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok, yakni KN Enggano dan KN Edam, serta ditambah Kapal Patroli Polair KP. Bangau–5006 dan Kapal Badan SAR Nasional KN SAR Wisnu.

Persiapan lainnya, Agus melanjutkan, Kemenhub telah menyusun panduan bagi kapal-kapal yang akan melintas di Selat Sunda dan Selat Lombok, baik itu yang hanya melakukan lintas transit maupun yang akan menuju pelabuhan-pelabuhan yang ada di Indonesia, dengan menetapkan Keputusan Menteri (KM) Perhubungan Nomor KM 129 Tahun 2020 tentang Penetapan Sistem Rute di Selat Lombok, dan KM 130 Tahun 2020 tentang Penetapan Sistem Rute di Selat Sunda.

"Bahkan kita sudah menyiapkan alat-alat untuk persiapan kalau ada misalnya nanti pencemaran, oil spill misalnya. Kemudian nanti kalau ada mungkin kapal mogok atau kebakaran, kita siapin semua," pungkas Agus.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mau Menghemat Saat Liburan, Simak 3 Trik Menarik Ini

Posted: 26 Jun 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berlibur atau berwisata ke kota dan negara lain sudah menjadi prioritas bagi generasi milenial. Kebiasaan ini tentu sangat berbeda dengan generasi sebelumnya.

Kerap bepergian memiliki kelebihan dan kekurangan. Liburan bisa menciptakan pikiran lebih fresh namun juga bila tak disiapkan dengan cermat bisa sangat menguras kantong.

Namun tak perlu khawatir untuk tetap melakukan aktivitas ini. Bepergian melihat dunia tidak harus mahal. Berikut 4 cara mudah yang bisa ditiru untuk menghemat uang saat bepergian yang mungkin tidak Anda sadari. Berikut tipsnya seperti melansir laman CNBC, Sabtu (27/6/2020).

1. Hubungi hotel untuk menanyakan tarif yang terjangkau

Jika Anda menggunakan agen perjalanan online saat memesan hotel, mungkin akan sulit mendapatkan penawaran terbaik biaya hotel yang murah.

Lebih baik Anda menghubungi pihak hotel secara langsung dan menanyakan apakah mereka dapat atau menyediakan kamar dengan tarif terjangkau. Kadang hotel memberikan hal tersebut dan tentu bisa membuat Anda berhemat.

Satu lagi manfaat menelepon hotel secara langsung, yakni lebih mudah untuk membatalkan reservasi atau melakukan perubahan jika sesuatu terjadi, tanpa harus berurusan dengan pihak ketiga. Tetapi Anda tetap bisa memanfaatkan agen perjalanan online sebagai alat pencarian dan perbandingan harga.

 

2. Gunakan kartu kredit saat bepergian ke luar negeri

Ilustrasi Foto Gesek Kartu Kredit (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Gesek Kartu Kredit (iStockphoto)

Saat bepergian ke luar negeri, opsi terbaik untuk membayar adalah dengan menggunakan kartu kredit tanpa biaya transaksi.

Tetapi bahkan jika kartu Anda memiliki biaya, itu bisa menjadi kesepakatan yang lebih baik ketimbang melakukan penukaran mata uang. Ini merupakan penelitian terbaru dari WalletHub.

WalletHub menemukan bahwa kartu tanpa biaya transaksi luar membuat lebih hemat daripada Anda memakai layanan penukaran mata uang.

"Mengapa membuang-buang waktu menukar uang, belum lagi risiko membawanya kemana-mana, ketika kartu kredit akan menangani semuanya secara otomatis dan memberi Anda nilai tukar terbaik," tulis WalletHub.

"Plus, uang plastik memberikan jaminan pertanggungan USD 0 untuk transaksi yang tidak sah jika kartu Anda hilang atau dicuri," jelas WalletHub kembali.

jika Anda membayar dengan kartu di luar negeri dan pedagang bertanya apakah Anda ingin membayar dalam mata uang lokal atau dolar AS, selalu pilih mata uang lokal.

"Nilai tukar mata uang yang digunakan untuk konversi selalu lebih buruk daripada nilai yang akan diberikan bank kepada Anda," tulis Matt Kepnes, seorang blogger perjalanan. "Pilih mata uang lokal dan biarkan perusahaan kartu kredit Anda melakukan konversi. Anda akan mendapatkan nilai yang lebih baik. "

3. Minta uang tunai jika terkena delay penerbangan

Tips berikutnya berkaitan dengan penerbangan. Ini terjadi bila Anda mengalami delay atau penundaan penerbangan. Bila ini terjadi, beberapa negara menetapkan pemberian kompensasi.

Alih-alih meminta voucher penerbangan lebih baik menggantinya dengan uang tunai. Mendapatkan uang tunai memberikan dua manfaat.

Pertama,Anda dapat menggunakan uang tunai untuk apa pun. Kedua, uang tunai tidak kedaluwarsa, sementara voucher sebaliknya. Tentu nilai kompensasi yang Anda berhak dapatkan bergantung pada lamanya penundaan dan harga tiket.

Disadur dari: Kanal Bisnis Liputan6.com (penulis Nurmayanti, editor Arthur Gideon, published 27/6/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perkembangan Pengusutan Dugaan Penembakan Warga oleh Anggota Satgas Tinombala

Posted: 26 Jun 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Palu - Hingga dua bulan lebih pascapenembakan Qidam Alfarizki yang diduga dilakukan oknum anggota Satgas Tinombala di Poso, pihak keluarga korban terus menagih keadilan dari polisi. Apalagi keluarga merasa dirugikan lantaran korban sempat disebut sebagai jaringan MIT Poso.

Penembakan yang diduga dilakukan oknum Satgas Tinombala di Poso pada 9 April lalu, menewaskan Qidam Alfarizki. Pemuda berusia sekitar 20 tahun itu tewas dengan luka tembak saat berada di belakang Polsek Poso Pesisir Utara pada malam hari.

Dua bulan sejak itu, pihak keluarga korban terus menuntut pihak kepolisian mengungkap dan menindak tegas para pelaku. Apalagi, menurut pihak keluarga, polisi belum mampu menjelaskan keterkaitan anggota keluarganya yang kehilangan nyawa secara tragis itu dengan kelompok teroris yang jadi target Operasi Tinombala di Poso.

Dalam rentang dua bulan tersebut juga, pihak keluarga bersama Tim Pembela Muslim (TPM) yang jadi kuasa hukum telah mengadukan kasus dugaan penambakan oleh anggota Satgas Tinombala itu ke berbagai pihak. Polda Sulteng, Komnas HAM, DPRD Poso, dan DPRD Provinsi telah didatangi untuk meminta keadilan.

"Saya hanya minta keadilan dan pelaku dihukum sampai dipenjarakan sesuai hukum yang berlaku," ucap ayah korban penembakan, Irwan Mowance usai mengadu ke DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, Jumat sore (26/6/2020).

Polisi Akui Qidam Tidak Terkait Jaringan MIT Poso

Sejumlah personel Propam berjaga di pintu masuk Mapolda Suteng saat digelar acara di halaman Mapolda, Jumat (26/6/2020). (Foto: Liputan6.com/ Heri Susanto).
Sejumlah personel Propam berjaga di pintu masuk Mapolda Suteng saat digelar acara di halaman Mapolda, Jumat (26/6/2020). (Foto: Liputan6.com/ Heri Susanto).

Anggota TPM yang mendampingi keluarga, Andi Akbar menilai sejak awal polisi mengesankan sikap tidak profesional dengan menyebut korban termasuk bagian dari kelompok MIT.

"Tidak lama setelah penembakan Qidam, tiba-tiba Kabid Humas Polda Sulteng sudah menyebut korban sebagai anggota Ali Kalora (kelompok MIT). Kami tunggu penjelasan tentang itu tapi sampai sekarang tidak ada," kata Andi Akbar, anggota TPM Sulteng saat mendampingi ayak Qidam di DPRD Sulteng, Jumat (26/6/2020).

Upaya mengungkap dugaan salah sasaran yang mengorbankan warga tidak bersalah itu dilakukan polisi dengan melibatkan Mabes Polri dan Komnas HAM. Namun para pelaku belum juga terungkap.

Hingga 10 Juni lalu, pihak Polda Sulteng menyatakan sudah puluhan anggota polisi dalam kasus itu telah diperiksa, dengan status sebagai saksi.

"Untuk kasus penembakan Qidam ada 29 dari internal yang diperiksa dan 3 dari pihak keluarga. Semua sebagai saksi," Kabid Humas Polda Sulteng, Kombes Pol Didik Supranoto kepada jurnalis, Rabu (10/6/2020).

Penyelidikan yang dilakukan hingga akhir Juni dengan pemeriksaan saksi, olah TKP, dan rekontruksi terhadap kasus itu juga belum menemukan keterlibatan Qidam dengan kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) yang jadi target operasi Satgas Tinombala di Poso.

Penyelidikan dilakukan oleh Bidpropam dan Ditreskrimum dibantu penyidik dari Biro Provost Divpropam Polri.

"Sampai saat ini belum ditemukan keterkaitan Qidam dengan kelompok MIT Poso pimpinan Ali Kalora. Korban juga tidak termasuk dalam DPO pelaku tindak pidana terorisme yang selama ini sudah beredar," kata Didik dalam rilis yang dibagikan ke jurnalis di Palu, Jumat (26/6/2020).

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Selidiki Dugaan Penyelundupan Manusia pada 99 Pengungsi Rohingya di Aceh

Posted: 26 Jun 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia telah menyelamatkan 99 orang migran etnis Rohingya yang pada tanggal 24 Juni 2020 memasuki perairan Aceh Utara. Keputusan ini dilandasi oleh prinsip-prinsip kemanusiaan.

Para pengungsi berada dalam kondisi yang sangat memprihatinkan dan sangat membahayakan keselamatan jiwa mereka.

Para pengungsi saat ini ditampung di bekas Kantor Imigrasi Lhoksemauwe, Aceh. Fokus utama sekarang adalah pemenuhan kebutuhan dasar, pemberian penampungan sementara, dan pelayanan kesehatan.

Hal-hal tersebut dilakukan dengan memastikan berlakunya protokol kesehatan guna mencegah penularan virus COVID-19 di kalangan migran etnis Rohingya.

Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah setempat berkerja sama dengan UNHCR dan IOM akan segera melakukan upaya-upaya lebih lanjut terkait penanganan 99 orang migran etnis Rohingya tersebut.

Masyarakat Aceh Utara dan Lembaga Sosial Masyarakat Indonesia juga aktif memberikan bantuan kemanusiaan.

Otoritas Indonesia juga tengah menyelidiki kemungkinan adanya unsur penyelundupan manusia sehingga migran ireguler tersebut menjadi korban, demikian seperti dikutip dari laman resmi Kementerian Luar Negeri RI, Sabtu (27/6/2020).

Penyelundupan manusia adalah kejahatan yang harus dihentikan dan memerlukan kerja sama kawasan dan internasional.

Perjalanan laut yang tidak aman ini dipastikan akan terus terjadi sepanjang akar masalah tidak diselesaikan.

Bagi Indonesia, upaya menciptakan kondisi kondusif di Rakhine State penting untuk terus dilakukan agar etnis Rohingya dapat kembali secara sukarela, aman dan bermartabat di rumah mereka, di Rakhine State.

 

Amnesty International Dorong Indonesia Pimpin Tindakan Skala Regional

Pengungsi Rohingya saat menjalani prosedur identifikasi oleh kepolisian Aceh di pusat penampungan sementara bekas kantor Imigrasi Punteuet di Lhokseumawe, Aceh Utara (26/6/2020). (AFP Photo/CHAIDEER MAHYUDDIN)
Pengungsi Rohingya saat menjalani prosedur identifikasi oleh kepolisian Aceh di pusat penampungan sementara bekas kantor Imigrasi Punteuet di Lhokseumawe, Aceh Utara (26/6/2020). (AFP Photo/CHAIDEER MAHYUDDIN)

Direktur Eksekutif Amnesty Internasional Indonesia, Usman Hamid, menyebut bersandarnya 94 pengungsi Rohingya di pantai Aceh Utara hari ini menunjukkan kemenangan solidaritas antar sesama manusia.

"Kabar baik dari Aceh ini sangat melegakan. Ini menunjukkan betapa masyarakat Aceh sangat menjunjung tinggi nilai solidaritas, tetapi juga sangat menghormati hak asasi pengungsi Rohingya yang selama ini terabaikan," kata Usman melalui keterangan pers, Jumat (25/6/2020).

Namun, kata Usman, upaya ini seharusnya tak berhenti sampai di sini. Perlindungan resmi dan menyeluruh dari pemerintah pusat harus segera diberikan. Setelah perjalanan laut yang berbahaya dengan kondisi kelaparan, mereka membutuhkan tempat untuk berlindung.

"Pandemi Covid-19 harusnya menjadi faktor pendorong bagi Otoritas Indonesia untuk segera menyediakan kebutuhan dasar bagi para pengungsi seperti makanan, layanan kesehatan, dan tempat tinggal sementara. Kita harus ingat, mereka ini adalah kelompok rentan yang diperlakukan secara sadis oleh otoritas di negaranya," tegasnya.

Oleh karena itu, Usman memandang Pemerintah Indonesia harus segera mengaktifkan kembali dialog regional untuk menyelamatkan pengungsi Rohingya lainnya yang masih berada di lautan.

"Komunitas regional juga harus segera mengakhiri penderitaan mereka dengan melakukan langkah-langkah yang diamanatkan oleh hukum internasional," pintanya.

Seperti diketahui, Kamis, 25 Juni 2020, sebuah kapal yang mengangkut 94 pengungsi Rohingya bersandar di pantai Aceh Utara. Di antara para pengungsi, terdapat 30 anak-anak.

Masyarakat setempat mendesak otoritas berwenang untuk membiarkan para pengungsi bersandar di wilayah mereka dan berusaha mencegah aparat untuk mendorong kembali kapal pengungsi ke lautan lepas.

"Sehari sebelumnya, nelayan lokal menemukan kapal pengungsi ini di lepas pantai Seunuddon dengan kondisi kapal yang rusak," ucap Usman.

Baca selengkapnya...

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wulan Guritno Ungkap Sempat Dijodohkan dengan Baim Wong

Posted: 26 Jun 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wulan Guritno dan Baim Wong diketahui bersahabat. Keduanya dalam lingkaran pertemanan yang sama dengan Chicco Jerikho, Lukman Sardi, dll yang tergabung dalam geng Humble Glam.

Rupanya karena kedekatan itu, Wulan Guritno dan Baim Wong sering dijodoh-jodohkan oleh teman-temannya. Wulan Guritno menceritakan hal tesebut dalam vlog di kanal YouTube Baim Wong, beberapa waktu lalu.

"Dijodohin sering, semua orang pengin kita jadian. Karena lingkungan kita sama. Jadi dulu tuh kita sering dijodohin, kayak ini 'Sudah sama Baim saja'," cerita Wulan Guritno.

Namun hal itu tidak terjadi. Kala itu, Baim Wong malah menjalin hubungan dekat dengan sahabat Wulan Guritno. Dan Wulan sendiri akhirnya menikah dengan Adilla Dimitri.

Tak Berjodoh

Wulan Guritno bersama personel Humble Glam saat ditemui dikawasan Jakarta, Rabu (28/3). Humble Glam merupakan kelompok pertemanan yang berisi sejumlah selebritis seperti Wulan Guritno, Chicco Jerikho, Baim Wong, Lukman Sardi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Wulan Guritno bersama personel Humble Glam saat ditemui dikawasan Jakarta, Rabu (28/3). Humble Glam merupakan kelompok pertemanan yang berisi sejumlah selebritis seperti Wulan Guritno, Chicco Jerikho, Baim Wong, Lukman Sardi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

"Tapi akhirnya nggak. Tuh kalau nggak jodoh ya gitu. Tuh kuncinya. Kalau ternyata bukan jodoh, itu tidak akan terjadi mau semua orang selingkungan ngejodohin. Dia (Baim) akhirnya malah pacaran sama sahabat aku, Manda," ungkap Wulan Guritno.

 

Paula Verhoeven

Baim dan Paula (Instagram/baimwong)
Baim dan Paula (Instagram/baimwong)

Berbeda halnya dengan saat Baim Wong menjalin hubungan dengan Paula Verhoeven, Wulan Guritno langsung meyakini bahwa keduanya berjodoh.

"Kalau Paula tuh udah keliatan banget tuh dari awal tuh jodoh tuh, keliatan lah. Kan ada orang yang pacaran lama tapi gak jadi. Kalau Paula tuh sama kayak Chicco sama Putri tuh, kita melihat nyata kalau jodoh tuh begini ya," kata Wulan Guritno lagi.

 

Tak Enak Hati

Sadar tengah membahas masa lalu Baim Wong, Wulan Guritno merasa tidak enak hati dengan Paula Verhoeven. Namun Baim Wong memastikan bahwa Paula Verhoeven tidak masalah dengan masa lalunya.

"Ini kalau kayak gini-gini Paula ga pernah marah ya kalau bahas-bahas gini ya?" tanya Wulan Guritno.

"Nggak, gak pernah kita marah-marah gitu lagi," jawab Baim Wong.

"Karena lu udah tobat, kalau lu masih yang dulu?" sahut Wulan Guritno lagi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Lee Joon dan Jung So Min Putus Setelah Pacaran 3 Tahun

Posted: 26 Jun 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pasangan selebriti Lee Joon dan Jung So Min dikabarkan mengakhiri hubungan asmara mereka setelah berjalan selama 3 tahun. Hal ini pun dikonfirmasi oleh kedua manejemen agensi yang menaunginya, dan membenarkan berita tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Minibus Angkut BBM Hangus Terbakar di Tulungagung, Sopir Berhasil Selamat

Posted: 26 Jun 2020 10:52 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Peristiwa terbakarnya mobil minibus terjadi di Jalan Raya Sumbergempol, tepatnya di Desa Bendiljati Wetan, Kecamatan Sumbergempol, Tulungagung, Jawa Timur.

Menurut saksi mata, mobil yang meluncur dari arah timur tiba-tiba terbakar, kemudian menabrak pohon mahoni di pinggir jalan.

Kobaran api yang cukup besar membuat warga di lokasi tidak dapat berbuat banyak. Kobaran api yang besar disebabkan minibus tengah mengangkut bahan bakar minyak (BBM) dan juga gas elpiji.

Untungnya pengemudi mobil berhasil keluar dan hanya mengalami luka bakar di tangan. Tiga unit mobil pemadam milik Pemkab Tulungagung, langsung diterjunkan ke lokasi untuk memadamkan api.

Akibat peristiwa ini, arus lalu lintas dari dua arah di lokasi macet selama sekitar 1 jam. Berikut seperti dilansir pada Liputan6, 24 Juni 2020.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Petakan Sebaran Virus Corona, Bogor Terus Genjot Rapid dan Swab Test

Posted: 26 Jun 2020 10:51 PM PDT

Liputan6.com, Bogor - Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Jawa Barat gencar melakukan rapid test dan swab test terkait Corona di Bogor. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Siska Gerfianti mengatakan, Dinas Kesehatan menyiapkan 1.200 kit rapid test untuk pemeriksaan di tiga lokasi di Bogor pada Jumat 26 Juni 2020. Ketiga lokasi itu yakni di Stasiun Bogor (500 kit), Stasiun Bojonggede (500 kit), dan Pondok Pesantren Al Falakiyah Kota Bogor (200 kit).

Menurut dia, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menginstruksikan agar Dinas Kesehatan melakukan rapid test dan swab test secara periodik, untuk memetakan sekaligus mengantisipasi dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 akibat infeksi virus Corona.

"Dari beberapa kali hasil tes, bisa menjadi bahan pertimbangan kajian epidemiologi (ilmu tentang penyebaran penyakit menular) untuk menentukan tingkat kewaspadaan suatu daerah," kata Siska Gerfianti saat memantau pelaksanaan rapid test dan swab test di Stasiun Bogor, seperti dilansir Antara, Jumat.

Khusus rapid test di Stasiun Bogor dan Stasiun Bojonggede, Dinas Kesehatan Jawa Barat ingin memetakan sebaran virus Corona di moda transportasi commuterline atau kereta rel listrik (KRL).

"Dari hasil rapid test dan swab tes ini akan diketahui, apakah moda transportasi KRL sudah aman dan apakah sudah dapat ditingkatkan kapasitas angkutnya," kata Siska.

 

 

Pemetaan Jadi Lebih Akurat

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim menyatakan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang sudah memfasilitasi pelaksanaan rapid test dan swab tes di Stasiun Bogor.

Menurut dia, jumlah kit rapid testnya sudah signifikan untuk memetakan penyebaran Covid-19 di moda tranpsortasi massal KRL.

"Dari hasil rapid test dan swab tes ini akan dapat digunakan untuk pemetaan yang lebih akurat sehingga bisa merancang kebijakan yang lebih tepat," kata Dedie.

Pemerintah Kota Bogor, lanjut dia, sedang mempertimbangkan, jika penyebaran Covid-19 di moda transportasi sudah sangat landai atau bahkan nihil, maka dapat diusulkan untuk meningkatkan kapasitas penupang KRL.

"Kalau saat ini setiap gerbong diisi maksimal 70 orang, maka bisa kita usulkan untuk ditambah menjadi 100 orang, sehingga tidak ada penumpukan penupang lagi pada pagi hari," katanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komisi X: Kita sedang Menghadapi Darurat Pendidikan di Indonesia

Posted: 26 Jun 2020 10:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi X DPR RI Saiful Huda menyebut Indonesia sedang menghadapi darurat pendidikan. Menurutnya, di masa pandemi virus corona Covid-19 ini membuat sistem belajar mengajar tidak berjalan maksimal.

"Kita sedang menghadapi darurat pendidikan di Indonesia. Kenapa darurat pendidikan karena anak-anak tidak maksimal bisa belajar," ujar Saiful dalam diskusi Pemuda dan Pendidikan di Masa Pandemi, Sabtu (27/6/2020).

Saiful menjelaskan meski Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melarang kegiatan belajar mengajar tatap muka, namun persoalan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau belajar dari rumah tetap tidak efektif karena Kemendikbud belum menyiapkan adaptasi kurikulum.

"Yang kedua tidak semua sekolah bisa menyelenggarakan pendidikan jarak jauh, orangtua tidak punya pulsa, sekolah tidak punya kuota dan seterusnya," kata dia.

 

Banyak Sekolah Gulung Tikar

Bahkan, menurut Saiful, dampak dari pandemi virus corona Covid-19 ini mengakibatkan banyak sekolah swasta yang harus gulung tikar.

"Banyak sekolah swasta yang collapse. Dari sekian ribu sekolah banyak yang collapse, karena orang tua tidak bisa bayar SPP dan seterusnya," kata dia.

Atas dasar itu, Syaiful menyatakan bahwa kondisi pendidikan sudah gawat dan harus segera diantisipasi oleh pemerintah dalam hal ini Kemendikbud terkait dengan menyiapkan kurikulum adaptif tersebut.

"Kondisi objektif ini, saya menyebutnya darurat pendidikan Indonesia. Jadi resikonya besar terkait dengan ini," kata dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Live Stream Fest Vol. 4 Program Live Music Hari Pertama, Ada Ardhito Pramono dan Fourtwnty

Posted: 26 Jun 2020 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Live Stream Fest Vol. 4 hadir sebagai sarana hiburan masyarakat untuk memulai masa transisi The New Normal. Sama seperti tiga event sebelumnya, pelopor festival berbasis daring itu juga memberikan hiburan konser musik terbaik dari musisi ternama Tanah Air.

Live Stream Fest Vol. 4 bakal tayang selama dua hari, yaitu Sabtu dan Minggu, 27 - 28  Juni 2020. Penonton dapat menyaksikannya mulai pukul 10.00 - 22.00 WIB di aplikasi dan situs streaming Vidio, gratis.

Sejumlah tayangan unggulan juga masih dihadirkan dalam event ini, salah satunya adalah Live Music. Sama seperti Live Stream Fest sebelumnya, program Live Music hadir dalam dua platform. Penonton bebas ingin melihat penampilan dari musisi yang mana. 

Sesi Live Music ini bisa ditonton mulai pukul 19.30 - 22.00 WIB. Di hari pertama, akan ada penampilan seru dari grup band Fourtwnty, Kahitna, dan Merdi (Diskoria) yang bakal menyanyikan sejumlah lagu andalannya program Live Music 1.

Musisi Ardhito Pramono juga turut hadir dalam tayangan Saxy Night Hard Rock FM, D'Masiv, dan Pemuda Sinarmas di program Live Music 2.

Jadwal Program Live Music 1 dan 2

Live Stream Fest Vol. 4 Program Live Music Hari Pertama Channel 2. (Sumber: Vidio)
Live Stream Fest Vol. 4 Program Live Music Hari Pertama Channel 2. (Sumber: Vidio)

Berikut jadwal program Live Music 1 dan 2 selengkapnya:

Live Music 1

Sabtu, 27 Juni 2020

19.30 - 20.15 WIB Fourtwnty

20.15 - 21.00 WIB Kahitna

21.00 - 21.30 WIB FRA (TRIPO 3000)

21.30 - 22.00 WIB Merdi (Diskoria)

Live Music 2

Sabtu, 27 Juni 2020

19.30 - 20.15 WIB SAXY NIGHT Hard Rock FM with Ardhito Pramono

20.15 - 21.00 WIB D'Masiv

21.00 - 21.30 WIB Jidho (Pon Your Tone)

21.30 - 22.00 WIB Pemuda Sinarmas

Klik di sini untuk menonton seluruh tayangan Live Stream Fest Vol. 4 yang ada di aplikasi dan situs streaming Vidio, gratis!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mahfud Md Ungsikan Orangtua karena Tetangga Positif Covid-19

Posted: 26 Jun 2020 10:35 PM PDT

Liputan6.com, Sumenep - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud Md mengungsikan orangtuanya di Pamekasan, Jawa Timur. Hal ini dilakukan karena tetangga orangtuanya ada yang positif terjangkit Covid-19.

"Rumah orangtua saya ini kan di sini, di Kelurahan Bugih, dekat dari Pendopo ini, dan sekarang ditutup, karena ada tetangga yang positif Covid-19," kata Mahfud dalam acara silaturrahim dengan Pemkab dan tokoh masyarakat di Mandhapa Agung Ronggosukowati Pamekasan, Jatim, Jumat 26 Juni 2020 malam, seperti dilansir Antara.

Menurut dia, saat ini, orangtuanya tinggal di tempat lain yang lebih aman atas permintaan dari tim medis Gugus Tugas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Pemerintah Kabupaten Pamekasan.

Mahfud Md yang juga mantan Presidium Majelis Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) ini menjelaskan, Covid-19 menjadi perhatian pemerintah karena penularannya sangat cepat.

Sebenarnya, jika dibanding dengan jumlah kematian kasus lain seperti kanker dan demam berdarah dengue (DBD), warga yang meninggal akibat virus Corona ini lebih sedikit. Namun, karena penularan Covid-19 sangat cepat, maka mendapatkan perhatian serius dari pemerintah.

"Dan Covid-19 ini bukan rekayasa, tapi nyata," ujar Mahfud.

Virus Corona menyerang semua lapisan masyarakat, tak peduli mereka itu muslim atau tidak. Dia menuturkan, di Iran, ribuan orang meninggal dunia, begitupula di Mekkah juga sama, termasuk di sejumlah negara barat lainnya.

Selalu menggunakan masker, dan sering cuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir merupakan upaya yang harus dibiasakan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di samping selalu menjaga jarak fisik dengan orang lain.

"Ini yang disebut dengan normal baru," ucap Mahfud Md yang merupakan alumni Pondok Pesantren Al-Mardiyah, Pamekasan ini.

Dia pun menjelaskan tentang konsep normal baru. Pada era tersebut, lanjut dia, semua orang harus merasa normal dengan menggunakan masker, menjaga jarak fisik dan menghindari kerumunan.

 

Ajak Masyarakat

Pada kesempatan itu, Menkopolhukam mengajak agar semua masyarakat mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

Selain bersilaturahmi dengan tokoh masyarakat dan ulama di Kabupaten Pamekasan, Menkopolhukan Mahfud Md menyerahkan bantuan alat pelindung diri (APD) kepada pondok pesantren melalui Pemkab Pamekasan dan Sampang.

Bupati Pamekasan Baddrut Tamam dan Bupati Sampang Slamet Junaidi menerima secara simbolis bantuan alat pelindung diri yang diserahkan oleh Mahfud.

Sementara, Bupati Pamekasan menyampaikan terima kasih, karena bantuan alat pelindung diri itu memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Ia juga mengajak semua elemen mendukung program normal baru ini, agar penyebaran virus corona bisa segera teratasi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Protokol Kesehatan Bagi Pengelola, Pekerja, dan Pengunjung di Lokasi Daya Tarik Wisata

Posted: 26 Jun 2020 10:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Di era new normal, beberapa kawasan wisata sudah mulai dibuka secara bertahap. Namun tempat-tempat tersebut berpotensi menjadi lokus penyebaran wabah COVID-19. Karena itu, diperlukan protokol kesehatan dalam pelaksanaan kegiatan di tempat dan fasilitas umum untuk mencegah penularan COVID-19.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menerbitkan Keputusan Menteri Kesehatan nomor HK.01.07/MENKES/382/2020 tentang Protokol Kesehatan bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum yang disahkan pada 19 Juni 2020. Tempat dan fasilitas umum yang dimaksud dalam Keputusan Menteri Kesehatan tersebut, salah satunya adalah Lokasi Daya Tarik Wisata.

Kegiatan wisata dapat dilakukan di dalam gedung/ruangan atau di luar gedung pada lokasi daya tarik wisata alam, budaya, dan hasil buatan manusia. Dalam kondisi pandemi COVID-19 pembukaan lokasi daya tarik wisata harus berdasarkan ketentuan pemerintah daerah dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Dari keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, berikut protokol kesehatan yang harus dilakukann pihak pengelola, karyawan, dan pengunjung di lokasi daya tarik wisata.

1. Bagi Pengelola

Ada 17 poin utama yang harus diperhatikan para pengelola lokasi daya tarik wisata.

a. Memperhatikan informasi terkini serta imbauan dan instruksi pemerintah pusat dan pemerintah daerah terkait COVID-19 di wilayahnya.

b. Melakukan pembersihan dengan disinfeksi secara berkala (paling sedikit tiga kali sehari) terutama pada area, sarana dan peralatan yang digunakan bersama seperti pegangan tangga, pintu toilet, perlengkapan dan peralatan penyelenggaraan kegiatan daya tarik wisata, dan fasilitas umum lainnya.

c. Menyediakan fasilitas cuci tangan pakai sabun yang memadai dan mudah diakses oleh pengunjung.

d. Mengoptimalkan sirkulasi udara dan sinar matahari masuk area dalam gedung. Jika terdapat AC lakukan pembersihan filter secara berkala.

e. Memastikan ruang dan barang publik bebas dari vektor dan binatang pembawa penyakit.

f. Memastikan kamar mandi/toilet berfungsi dengan baik, bersih, kering, tidak bau, dilengkapi sarana cuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer, serta memiliki ketersediaan air yang cukup.

g. Memperbanyak media informasi wajib pakai masker, jaga jarak minimal 1 meter, dan cuci tangan di seluruh lokasi wisata.

h. Memastikan pekerja/SDM pariwisata memahami perlindungan diri dari penularan COVID-19 dengan PHBS.

Bagi Pengelola

Petugas mengenakan pakaian pelindung menyemprotkan disinfektan area Sea World, Ancol, Jakarta, Sabtu (14/3/2020). Pembersihan Sea World dan Ocean Samudera guna mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19). (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas mengenakan pakaian pelindung menyemprotkan disinfektan area Sea World, Ancol, Jakarta, Sabtu (14/3/2020). Pembersihan Sea World dan Ocean Samudera guna mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

i. Pemberitahuan informasi tentang larangan masuk ke lokasi daya tarik wisata bagi pekerja dan pengunjung yang memiliki gejala demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, dan/atau sesak napas.

j. Melakukan pemeriksaan suhu tubuh di pintu masuk gedung. Jika ditemukan pekerja atau pengunjung dengan suhu > 37,3 oC (2 kali pemeriksaan dengan jarak 5 menit) tidak diperkenankan masuk. Petugas pemeriksa suhu menggunakan masker dan pelindung wajah (faceshield). Pelaksanaan pemeriksaan suhu agar didampingi oleh petugas keamanan.

k. Mewajibkan pekerja/SDM pariwisata dan pengunjung menggunakan masker. Jika tidak menggunakan masker tidak diperbolehkan masuk lokasi daya tarik wisata.

l. Memasang media informasi untuk mengingatkan pekerja/SDM pariwisata, dan pengunjung agar mengikuti ketentuan pembatasan jarak fisik dan mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer serta kedisiplinan menggunakan masker.

m. Terapkan jaga jarak yang dapat dilakukan dengan berbagai cara, sepertipembatasan jumlah pengunjung yang masuk, pengaturan kembali jam operasional dan mengatur jarak saat antrian dan masih banyak lagi.

n. Mendorong penggunaan metode pembayaran non tunai (tanpakontakdantanpa alat bersama).

o. Jika memungkinkan, dapat menyediakan pos kesehatan yang dilengkapi dengan tenaga kesehatan dan sarana pendukungnyau ntuk mengantisipasi pengunjung yang mengalami sakit.

p. Jika ditemukan pekerja/SDM pariwisata dan pengunjung yang ditemukan yang suhu tubuhnya >37,3 oC dan gejala demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan, dan/atau sesak napas, diarahkan dan dibantu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.

q. Lokasi daya tarik wisata yang berisiko terjadinya penularan karena sulit dalam penerapan jaga jarak dan banyaknya penggunaan peralatan/benda-benda secara bersama/bergantian, agar tidak dioperasikan dahulu.

2. Bagi Pekerja

Para penunggang sepeda gunung tengah bersandar menikmati treck kawasan wisata alam Curug Candung, di tengah hutan pinus. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)
Para penunggang sepeda gunung tengah bersandar menikmati treck kawasan wisata alam Curug Candung, di tengah hutan pinus. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Ada 5 poin utama yang harus diperhatikan para pekerja lokasi daya tarik wisata.

a. Memastikan diri dalam kondisi sehat sebelum berangkat bekerja di lokasi daya tarik wisata. Jika mengalami gejala seperti demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, dan/atau sesak napas tetap di rumah dan periksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan apabila berlanjut, dan laporkan pada pimpinan tempat kerja.

b. Saat perjalanan dan selama bekerja selalu menggunakan masker, menjaga jarak minimal 1 meter, hindari menyentuh area wajah, jika terpaksa akan menyentuh area wajah pastikan tangan bersih dengan cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer.

c. Semua pekerja (pedagang, petugas keamanan, tukang parkir dan lain lain) harus selalu berpartisipasi aktif mengingatkan pengunjung untuk menggunakan masker dan menjaga jarak minimal 1 meter.

d. Saat tiba di rumah, segera mandi dan berganti pakaian sebelum kontak dengan anggota keluarga di rumah, serta membersihkan ponsel, kacamata, tas, dan barang lainnya dengan cairan disinfektan.

e. Meningkatkan daya tahan tubuh dengan menerapkan PHBS seperti mengonsumsi gizi seimbang, aktivitas fisik minimal 30 menit sehari dan istirahat yang cukup dengan tidur minimal 7 jam, serta menghindari faktor risiko penyakit.

3. Bagi Pengunjung

Rabbit Town, wisata kekinian di Bandung ini diduga plagiat. (Sumber Foto: Instagram/rabbittown.id)
Rabbit Town, wisata kekinian di Bandung ini diduga plagiat. (Sumber Foto: Instagram/rabbittown.id)

Ada 7 poin utama yang harus diperhatikan para pengunjung lokasi daya tarik wisata.

a. Memastikan diri dalam kondisi sehat sebelum melakukan kunjungan ke lokasi daya tarik wisata. Jika mengalami gejala seperti demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, dan/atau sesak napas tetap di rumah dan periksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan apabila berlanjut.

b. Selalu menggunakan masker selama berada di lokasi daya tarik wisata.

c. Menjaga kebersihan tangan dengan sering mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer.

d. Hindari menyentuh area wajah seperti mata, hidung, dan mulut.

e. Tetap memperhatikan jaga jarak minimal 1 meter.

f. Saat tiba di rumah, segera mandi dan berganti pakaian sebelum kontak dengan anggota keluarga di rumah.

g. Bersihkan handphone, kacamata, tas, dan barang lainnya dengan cairan disinfektan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Spanyol Malam Ini: Celta Vigo vs Barcelona

Posted: 26 Jun 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Barcelona bakal tandang ke markas Celta Vigo pada pekan ke-32 Liga Spanyol. Laga ini akan digelar di Abanca Balaidos, Sabtu (27/6/2020) malam WIB.

Bermain tandang, Barcelona wajib menang jika ingin menjaga persaingan dengan Real Madrid dalam perebutan gelar juara Liga Spanyol. Meski sama-sama memiliki 68 poin, Real Madrid lebih berhak di puncak klasemen karena unggul head to head dari Barcelona.

Pada pertemuan pertama musim ini, Barcelona mengalahkan Celta Vigo 4-1 di Camp Nou. Tapi, tidak mudah bagi Lionel Messi dan kolega untuk mengalahkan Celta Vigo di laga tandang.

Dari tiga laga kandang menghadapi Barcelona, Celta Vigo merebut satu kemenangan dan dua imbang. Kemenangan itu terjadi pada musim lalu dengan skor 2-0.

Selain itu, Celta Vigo juga dalam tren bagus sejak Liga Spanyol dilanjutkan di tengah pandemi corona Covid-19. Usai kalah 0-1 dari Villareal, tim asuhan Oscar Garcia ini menahan imbang Real Valladolid tanpa gol, menang 6-0 atas Deportivo Alaves, dan mengalahkan tuan rumah Real Sociedad 1-0.

Sementara itu, Barcelona berusaha terus bangkit setelah ditahan Sevilla 0-0. Klub Catalan ini mencoba melanjutkan tren kemenangan usai menang 1-0 atas Athletico Bilbao, 23 Juni lalu.

 

Jadwal Liga Spanyol

La Liga: Celta Vigo vs Barcelona. (Bola.com/Dody Iryawan)
La Liga: Celta Vigo vs Barcelona. (Bola.com/Dody Iryawan)

Sabtu, 27 Juni 2020

19.00 WIB, Athletic Bilbao vs Mallorca

22.00 WIB, Celta Vigo vs Barcelona

 

Minggu, 28 Juni 2020

00.30 WIB, Osasuna vs Leganes

03.00 WIB, Atletico Madrid vs Deportivo Alaves

Klasemen Liga Spanyol

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peta Sebaran COVID-19 Surabaya 26 Juni 2020: Pasien Positif 5.344, Sembuh 2.068 Orang

Posted: 26 Jun 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pasien positif Corona COVID-19 di Surabaya, Jawa Timur masih meningkat hingga Jumat, 26 Juni 2020. Ada tambahan 187 orang terkonfirmasi positif Corona COVID-19 di Surabaya pada Jumat, 26 Juni 2020.

Mengutip peta sebaran Corona COVID-19 di laman lawancovid-19, Sabtu (27/6/2020), total pasien positif COVID-19 tembus 5.344 orang. Berdasarkan sumber dinas kesehatan Kota Surabaya, rinciannya antara lain 5.246 orang dari Surabaya dan 98 orang dari luar Surabaya hingga 26 Juni 2020.

Total pasien terkonfirmasi positif COVID-19 dalam perawatan sebanyak 2.884 orang. Pasien sembuh dari Corona COVID-19 di Surabaya bertambah menjadi 2.038 orang dan dari luar Surabaya sebanyak 30 orang. Pasien meninggal karena Corona COVID-19 bertambah 10 orang menjadi 386 orang dan dari luar Surabaya sebanyak enam orang.

Total pasien dalam pengawasan (PDP) terkait Corona COVID-19 mencapai 4.769 orang. Dari jumlah tersebut, PDP dalam pengawasan sebanyak 2.491 orang dan PDP sembuh mencapai 1.976 orang. PDP meninggal ada 302 orang.

Selain itu, total kumulatif ODP mencapai 4.362 orang. Rinciannya ODP dipantau sebanyak 425 orang dan ODP selesai dipantau ada 3.901 orang.ODP meninggal sebanyak 36 orang.

Surabaya Barat

Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Surabaya Barat:

Pasien Positif: 647 orang

Konfirmasi sembuh: 247 orang

ODP:760 orang

ODP selesai dipantau: 677 orang

ODP dipantau: 77 orang

PDP: 876 Orang

PDP sembuh: 360 orang

PDP meninggal: 58

Konfirmasi meninggal: 37 orang

Surabaya Pusat:

Pasien positif: 753 orang

Konfirmasi sembuh: 247 orang

ODP: 510 orang

ODP selesai dipantau: 459 orang

ODP dipantau: 46 orang

PDP: 603 orang

PDP sehat: 231 orang

PDP meninggal: 51 orang

Konfirmasi meninggal: 79 orang

Surabaya Selatan:

Pasien positif: 1.179 orang

Konfirmasi sembuh: 467 orang

ODP: 1.217 orang

ODP selesai dipantau: 1.051 orang

ODP dipantau: 154 orang

PDP: 1.146 orang

PDP sembuh: 434 orang

PDP meninggal: 73 orang

Konfirmasi meninggal: 84 orang

Surabaya Timur

Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Surabaya Timur:

Pasien positif: 1.668 orang

Konfirmasi sembuh: 712 orang

ODP: 1.386 orang

ODP selesai dipantau: 1.270 orang

ODP dipantau: 109 orang

PDP: 1.298 orang

PDP sehat: 566 orang

PDP meninggal: 60

Konfimasi meninggal: 107 orang

Surabaya Utara:

Pasien positif: 1.097 orang

Konfirmasi sembuh: 395 orang

Konfirmasi meninggal: 85 orang

ODP: 489 orang

ODP selesai dipantau: 444 orang

ODP dipantau: 39 orang

PDP: 846 orang

PDP sehat: 385 orang

PDP meninggal: 60 orang

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mahasiswa Hilang Diterjang Ombak Saat Abadikan Sunset di Lokasi Wisata Sawarna

Posted: 26 Jun 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Lebak - Seorang mahasiswa asal Politeknik Akademi Kimia Analis (AKA) Bogor dinyatakan hilang diterjang ombak di kawasan wisata Pulomanuk, Sawarna, Kabupaten Lebak, Banten.

Kabar pilu itu berawal saat mahasiswa bernama Ferdianasfatan dan Muhammad Aulia Hidayat berfoto di atas karang. Namun tiba-tiba ombak besar menerjang keduanya.

Peristiwa itu terjadi Jumat sore, 26 Juni 2020, sekitar pukul 17.00 WIB. Saat itu para mahasiswa diduga kuat akan mengabadikan sunset atau momen matahari terbenam.

Dua temannya, Alfian Eka dan Muhammad Ja'far Asidik yang sedang bermain air di pantai bersama masyarakat setempat, berusaha menolong korban. Namun nahas, hanya Ferdian yang tertolong, sedangkan Aulia hilang.

Informasi kejadian didapatkan Basarnas Banten sekitar pukul 18.40 WIB dan diperkirakan baru sampai ke lokasi sekitar pukul 00.00 WIB dini hari tadi.

"Mahasiswa foto di atas karang di tempat wisata tersebut dan tiba-tiba ombak datang dan menyebabkan empat mahasiswa tersebut jatuh ke laut. Tiga orang dapat diselamatkan sedangkan satu orang hilang," kata Kepala Basarnas Banten, Muhammad Zaenal Arifin, melalui sambungan telepon.

Mahasiswa yang dinyatakan hilang bernama Muhammad Aulia Hidayat, berusia 21 tahun, asal Bandar Lampung. Sedangkan tiga mahasiswa yang jatuh dan berhasil selamat bernama Ferdianasfatan (20), Alfian Eka (19), dan Muhammad Ja'far Asidik.

"Lokasi wisata tersebut sebenarnya masih ditutup, mereka tidak masuk lewat pintu depan, tapi melalui pintu belakang," terangnya.

Karena pencarian orang hilang di tengah pandemi Covid-19, maka personil Basarnas Banten dilengkapi Alat Pelindung Diri (APD) dan pakaian hazmart.

"Kita kerahkan alur yang di gunakan berupa palsar air, alat medis, APD hazmart," jelasnya

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Kedekatan Ashanty dan Azriel, Beri Ucapan Manis saat Ulang Tahun

Posted: 26 Jun 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kebersamaan keluarga artis Anang Hermansyah dan Ashanty memang sering mencuri perhatian publik. Bukan hanya kemesraan dan kekompakan yang ditunjukkan keduanya. Akan tetapi juga kebersamaan pasangan yang menikah pada 12 Mei 2012 dengan anak-anak mereka. 

Bahkan, baru-baru ini unggahan dari Ashanty di akun Instagram pribadinya jadi sorotan. Pasalnya, wanita kelahiran 4 November 1984 ini mengunggah foto lawasnya dengan Azriel yang tepat hari ini (27/6/2020) genap berusia 20 tahun.

Ucapan manis serta doa Ashanty kepada anak sambungnya pun jadi sorotan. Kedekatan keduanya di foto lawas yang diketahui diambil pada 2012 ini pun langsung menarik perhatian.

Ashanty dan Azriel sendiri memang beberapa kali mengunggah foto kedekatan keduanya di akun Instagram masing-masing. Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa potret kebersamaan Ashanty dan Azriel Hermansyah, Sabtu (27/6/2020).

1. Ini dia unggahan Ashanty yang menjadi sorotan publik.

Ashanty dan Azriel Hermansyah (Sumber: Instagram/ashanty_ash)
Ashanty dan Azriel Hermansyah (Sumber: Instagram/ashanty_ash)

2. Saat tengah berlibur, Azriel beberapa kali terlihat sangat dekat dengan ibu sambungnya.

Ashanty dan Azriel Hermansyah (Sumber: Instagram/azriel_hermansyah)
Ashanty dan Azriel Hermansyah (Sumber: Instagram/azriel_hermansyah)

3. Kebersamaan Ashanty dengan putra sambungnya pun kerap mencuri perhatian.

Ashanty dan Azriel Hermansyah (Sumber: Instagram/azriel_hermansyah)
Ashanty dan Azriel Hermansyah (Sumber: Instagram/azriel_hermansyah)

4. Azriel juga diketahui beberapa kali mengunggah foto bersama Ashanty di akun Instagram pribadinya.

Ashanty dan Azriel Hermansyah (Sumber: Instagram/azriel_hermansyah)
Ashanty dan Azriel Hermansyah (Sumber: Instagram/azriel_hermansyah)

5. Bahkan, tak sedikit netizeng yang menganggap penampilan keduanya bak kakak dan adik.

Ashanty dan Azriel Hermansyah (Sumber: Instagram/azriel_hermansyah)
Ashanty dan Azriel Hermansyah (Sumber: Instagram/azriel_hermansyah)

6. Ucapan dan doa ulang tahun Ashanty kepada Azriel pun turut dibanjiri komentar oleh para netizen.

Ashanty dan Azriel Hermansyah (Sumber: Instagram/azriel_hermansyah)
Ashanty dan Azriel Hermansyah (Sumber: Instagram/azriel_hermansyah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Stream Fest Vol. 4 Kumpulkan Sumbangan Lewat Benihbaik.com

Posted: 26 Jun 2020 10:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setelah sukses dengan Live Stream Fest Vol. 1 - Live Stream Fest Vol. 3 sebagai pelopor The First Live Streaming Festival berbasis online, Live Stream Fest Vol. 4 persembahan dari Bank BRI yang diorganisir oleh Samara Live dan MRA Media kembali hadir pada 27 - 28 Juni 2020, pukul 10.00 – 22.00 WIB. 

 Live Stream Fest Vol. 4 kembali mengangkat bintang tamu yang lebih beragam, lebih menghibur, dan tentunya akan mengajak lebih banyak pihak untuk berpartisipasi dan bergerak bersama membantu masyarakat yang terdampak COVID-19.

Sejak berlakunya himbauan pembatasan kegiatan untuk mengurasi jumlah penyebaran virus COVID-19, masyarakat yang berpenghasilan harian seperti driver ojek online masih kehilangan order dari pengguna jasanya dan penjual makanan di kantin kantor, kampus, atau sekolah juga masih kehilangan pelanggan setianya karena lebih memilih membawa bekal dari rumah, dan masih banyak lagi orang-orang berpenghasilan harian lainnya yang terdampak epidemi COVID-19. Melihat hal ini, Live Stream Fest Vol. 4 kembali mengajak berdonasi melalui benihbaik.com dan membantu masyarakat kurang mampu agar kebutuhan sehari-hari mereka bisa terpenuhi karena pandemi COVID-19.

 

"Pandemi COVID-19 belum usai. Di tengah transisi The New Normal ini, mari kita lanjutkan berbuat baik, dan terus berbagi untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19 atau bisa juga disebut masyarakat rentan miskin, dan jangan pernah berhenti untuk berbagi, karena dengan berbagi ini kita bisa sama-sama melalui pandemi ini dengan baik," ujar Andy F Noya, Founder Benihbaik.com dalam keterangan tertulisnya, baru-baru ini.

 

Donasi

Andy F Noya akan hadir meramaikan Live Stream Fest Vol.2 dalam program Live Talks (FOTO: Samara)
Andy F Noya akan hadir meramaikan Live Stream Fest Vol.2 dalam program Live Talks (FOTO: Samara)

Ajakan itu disambut baik oleh penonton. Jumlah donasi yang berhasil dikumpulkan di Live Stream Fest Vol. 1 sampai jelang Live Stream Fest Vol. 2 berhasil terkumpul sebesar Rp. 330.000.000. Keberhasilan berlanjut di Live Stream Fest Vol. 2 yang memperoleh total Rp. 551.046.620 dan dilanjutkan di Live Stream Vol. 3 yang memperoleh sebesar Rp. 596.936.335. Donasi akan tetap dibuka hingga berakhirnya Live Stream Fest Vol. 4 yang akan diselenggarakan pada 27 - 28 Juni 2020. Cara berdonasi dapat melalui Scan QR Code dan link https://bit.ly/BenihbaikLSF-4 atau Scan QR Code di layar saat menonton untuk berdonasi.

 

Bintang Tamu

D'Masiv bakal tampil di Live Stream Fest Vol. 4
D'Masiv bakal tampil di Live Stream Fest Vol. 4

Live Stream Fest Vol. 4, telah siap menampilkan lebih dari 80 pembicara yang inspiratif, deretan selebritas, musisi, komedian dan pengisi acara lainnya dalam event Live Stream Fest Vol. 4, diantaranya pada Program Live Talks menghadirkan Abenk Alter & Andra Alodita, Adib Hidayat, Akbar Rais, Billy Boen, Handayani, Jovita Ayu, Kenny Santana, Marvin Sulistio, Rachmat Kaimuddin, Sunarso, Wibawa Prasetya, Raden Jane Berliana, Dino Hamid, dan Tina Meilina. 

Sementara program Live Music menghadirkan Kahitna, Padi Reborn, D'Masiv, Nidji, Saxy Night Hard Rock FM with Ardhito Pramono, Endah N Rhesa, Nadin Amizah, Fourtwnty, FRA (Tripo 3000), Jidho (Pon Your Tone), YES!, Radya (CUL DE SAC), Merdi (Diskoria), Pemuda Sinarmas, Agrikulture DJ SET, Winky Wiryawan, dan Kenny Gabriel.

Program Live Comedy juga menghadirkan Tretan Muslim, Coki Pardede, Ananta Rispo, Dustin Tiffani, Syahid Han Laksmana, Koko Yawo, Aan Papeda, Miftakhul Ilmy, Ade Indra, Rio Dumatubun, Putra Pattinama, Kang Kicuy, Kang Ripay, Falah Akbar, Aris, Guzman Sige, Tama Randy, Kuns Kurniawan, Michelle Wanda, dan Priska Baru Segu, dan masih banyak lagi.

 

Kangen

Seluruh pengisi acara menyampaikan semangat mereka dalam mengisi Live Stream Fest Vol. 4, terlihat dari berbagai pengisi acara dari program Live Talks, Live Music, dan Live Comedy yang melakukan live performance dari rumah masing-masing secara bergantian guna mengobati rasa kangen saat mengisi acara.  

"Setelah 3 bulan lebih akhirnya kita bisa menghibur kembali teman-teman yang rindu akan performance kami, walaupun sekarang mediumnya berbeda karena tidak bisa bertatap langsung dan berinteraksi, tapi buat kami ini menjadi bagian perjalanan adaptasi baru di era The New Normal," pungkas Andi Ariel, personil Nidji.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Bukan Sekedar Mural, Dinding Tua Disulap Jadi Instagramable

Posted: 26 Jun 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bangunan tua yang tertinggal dan tak terurus akan tampak seram. Namun di tangan seniman Prancis, sentuhan mural membuat kesan seram hilang. Karya lukisan yang tampak realistis dapat mengundang pengunjung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inter Milan Siap Boyong Bek Kanan Real Madrid

Posted: 26 Jun 2020 10:12 PM PDT

Jakarta Inter Milan melakukan gebrakan di bursa transfer. Klub berjulukan Il Nerazzurri itu siap memboyong bek kanan Achraf Hakimi yang dipinjamkan Real Madrid ke Borussia Dortmund di dua musim ini.

Sehari belakangan, jurnalis kenamaan Italia, Fabrizio Romano yang bekerja untuk Sky Sport dan The Guardian mengabarkan bahwa Hakimi makin dekat ke Inter Milan.

Hakimi akan kembali ke Real Madrid pada musim depan setelah disekolahkan selama dua tahun di Dortmund. Pemain asal Maroko itu dikabarkan tidak ingin menjadi pelapis sehingga pilihan pindah ke Inter Milan sangat menarik minatnya.

Andai memutuskan bertahan di Real Madrid, Hakimi diyakini akan banyak menghabiskan waktu di bangku cadangan mengingat Dani Carvajal masih menjadi prioritas utama di posisi bek sayap kanan.

Inter Milan, yang ingin meningkatkan kualitas pos bek sayap kananya, melempar tawaran sebesar 40 juta euro atau setara dengan Rp644 miliar kepada Real Madrid. Bak gayung bersambut, Hakimi menyambut pinangan Il Nerazzurri.

Kontrak 5 Tahun

Gelandang Dortmund, Achraf Hakimi berselebrasi menunjukkan tulisan di kaos dalam 'Justice for George Floyd' usai mencetak gol ke gawang SC Paderborn 07 di Benteler Arena, Jerman (1/6/2020). George Floyd meninggal 25 Mei setelah ia dijepit di leher oleh polisi Minneapolis. (Lars Baron / Pool via AP)
Gelandang Dortmund, Achraf Hakimi berselebrasi menunjukkan tulisan di kaos dalam 'Justice for George Floyd' usai mencetak gol ke gawang SC Paderborn 07 di Benteler Arena, Jerman (1/6/2020). George Floyd meninggal 25 Mei setelah ia dijepit di leher oleh polisi Minneapolis. (Lars Baron / Pool via AP)

The Guardian melaporkan, Hakimi juga sudah sepakat dengan sodoran kontrak berdurasi lima tahun dari Inter Milan.

Hakimi merupakan pemain idaman Antonio Conte untuk posisi bek sayap kanan. Bek berusia 21 tahun itu dianggap cocok untuk menggantikan Antonio Candreva dan Danilo D'Ambrosio yang mulai termakan usia.

Belum lagi, Inter Milan berencana untuk tidak mempermanenkan status Victor Moses, yang dipinjam dari Chelsea.

Romano meyakini, proses perpindahan Hakimi ke Inter Milan akan rampung dalam beberapa jam ke depan. Tekad pemain kelahiran Madrid, Spanyol, untuk hijrah ke Il Nerazzurri telah bulat.

Hakimi melejit menjadi andalan Dortmund di musim ini setelah mencatatkan 32 penampilan di Bundesliga Jerman. Posisinya pada musim depan akan digantikan oleh Thomas Meunier yang baru diboyong secara gratis dari Paris Saint-Germain.

Disadur dari Bola.com (Muhamad Adiyaksa/Hendry Wibowo,published 27/6/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Penerapan Salat Jumat di Turki dan Singapura pada Masa Pandemi Covid-19

Posted: 26 Jun 2020 10:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 215 negara di dunia tengah berjuang menghadapi pandemi Covid-19, tak terkecuali Turki dan Singapura. Meski demikian, negara-negara tersebut mulai menerapkan new normal secara bertahap.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Turki, Lalu Muhammad Iqbal mengatakan, new normal tempat ibadah di Turki mulai diterapkan pada 29 Mei 2020. Tetapi ada yang berbeda pelaksanaan ibadah di masa new normal dengan sebelumnya.

Di fase new normal, kata Lalu, salat Jumat misalnya, harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Para jemaah yang datang ke masjid harus menggunakan masker, membawa sajadah masing-masing dan menjaga jarak atau physical distancing.

"Saat di masjid tidak boleh dekat-dekat dan ada polisi yang menjaga. Ini untuk memastikan bahwa setiap yang datang ke masjid ini mengambil jarak," jelas Lalu dalam Talk Show Ibadah Jumat di Negara Sahabat yang disiarkan melalui YouTube BNPB Indonesia, Sabtu (27/6/2020).

Salat Jumat di Turki tidak dilakukan di dalam masjid. Melainkan di halaman masjid. Waktu khutbah Jumat juga dibatasi, maksimal lima menit.

Selain itu, jemaah juga tidak diperkenankan untuk melaksanakan salat sunah di masjid. Salat sunah harus dilakukan di rumah masing-masing.

Sementara, Wakil Kepala Perwakilan Republik Indonesia untuk Singapura, Didik Eko Pujianto menceritakan kondisi serupa. Dia menyebut, salat Jumat di Singapura itu dihentikan pada pertengahan bulan Maret lalu karena Covid-19.

"Baru dibuka pada bulan Juni. Itu fase pertama, belum boleh melakukan salat Jumat. Fase kedua tanggal 15 Juni baru kemarin salat Jumat pertama kalinya dengan standar yang cukup ketat," jelasnya.

Sedikit berbeda dengan Turki, waktu khutbah Jumat di Singapura maksimal 10 menit termasuk doa. Jumlah jemaah salat Jumat juga dibatasi paling banyak 50 orang dalam satu masjid.

Dilaksanakan Bergelombang

Jika lebih dari 50 orang, maka salat Jumat dilaksanakan dua kali atau dua gelombang.

"Ini juga ada beberapa orang yang sudah mengantre itu dilakukan pendataan secara online. Jadi sebelum memasuki masjid, daftar online," ujarnya.

Pendaftaran salat Jumat lewat online ini bertujuan untuk melakukan tracking terhadap para jemaah. Jika terjadi penyebaran Covid-19 di masjid, maka otoritas setempat bisa melakukan penelusuran dengan cepat.

"Ketika terjadi sesuatu bisa ditrack di masjid itu ada berapa orang, siapa saja, kemudian pada kloter keberapa kalau melakukan salat Jumat," pungkasnya.

Reporter: Titin

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buat yang Belum Tahu, Ini Perbedaan Mobil MPV dengan SUV

Posted: 26 Jun 2020 10:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beragam jenis mobil hadir di Indonesia, seperti sedan, citu car, hatchback, crossover, SUV dan MPV. Sama-sama memiliki bodi besar, apa perbedaan mobil di segmen SUV dan MPV?

Seperti dilansir Suzuki Indonesia, SUV merupakan singkatan dari Sport Utility Vehicle. Sesuai dengan namanya, mobil ini termasuk jenis kendaraan sport. Karena itu, bodi mobil, kekuatan, dan kapasitas mesin disesuaikan dengan kebutuhan kendaraan sport.

Jenis mobil sport pada umumnya didesain dengan rancangan yang kuat, tangguh, dan cocok digunakan di segala medan. 

Sementara itu, mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) adalah jenis mobil yang dirancang sebagai mobil keluarga. Sebagai kendaraan keluarga, MPV memiliki bodi yang tidak segarang mobil sport. Desain serta kapasitas mesinnya disesuaikan dengan kebutuhan.

Berbicara tentang perbedaan SUV dengan MPV, tentu akan banyak sekali ditemukan. Apa saja perbedaan antara SUV dengan MPV?

Bodi Mobil

Perbedaan yang langsung terlihat dari kedua jenis mobil tersebut adalah bodi kendaraan. Dilihat dari bodi mobil, SUV memiliki bodi yang lebih tangguh.

Mobil SUV juga memiliki ground clearance atau tinggi di atas 200 mm karena disematkan ban besar dan pelek minimal 15 inci. Kontur ban juga dibuat dengan alur kotak-kotak, sehingga mobil yang dipakai tidak gampang tergelincir di medan atau jalan licin.

Sedangkan mobil MPV, bodinya cenderung dirancang dengan desain sederhana namun elegan, sehingga pas dikendarai bersama keluarga.

Jenis ban maupun pelek yang dipakai juga dalam ukuran standar. Kontur ban juga tidak sekasar ban SUV, karena mobil ini tidak dirancang untuk medan sulit, melainkan untuk jalan halus di kota-kota.

Kapasitas Mesin

Sebagai mobil dengan karakter sport, mobil SUV memiliki kapasitas mesin yang cukup besar, yakni di atas 1.500 cc. Dengan kapasitas sebesar itu, SUV bisa digunakan di berbagai kondisi jalan.

Kapasitas dalam Mobil

Sebagai mobil sport, SUV memiliki kapasitas interior yang cukup luas. Dengan bagasi yang cukup luas, mobil ini bisa menampung 6 hingga 8 penumpang dengan dua baris tempat duduk. Di samping itu, bagasi yang luas juga memungkinkan pengendara membawa banyak barang.

MPV dirancang untuk 6 sampai 8 penumpang. Bagasi juga harus luas, sehingga bisa digunakan untuk membawa barang sesuai kebutuhan keluarga.

Fitur

Perbedaan antara SUV dengan MPV terletak pada fitur yang dimiliki oleh masing-masing. Fitur sendiri merupakan fasilitas yang ada pada mobil untuk tujuan kemudahan dan kenyamanan bagi pengendara.

Mobil SUV adalah kendaraan kelas menengah ke atas. Harganya pun rata-rata mencapai ratusan juta hingga milyaran rupiah. Karena itu, fasilitas atau fitur yang dimiliki mobil juga sangat canggih dan modern.

Fitur pertama terletak pada 4 airbag yang dimilikinya sebagai alat perlindungan keselamatan. Mobil ini juga menggunakan keyless system dengan tombol start-stop engine. LCD 8 hingga 10 inci tersedia sebagai sarana mendengarkan musik, video, dan sebagai monitor ruangan parkir.

Fitur pada mobil MPV juga sudah cukup canggih. Fitur utama berupa airbag untuk keselamatan penumpang juga tersedia di mobil itu. Demikian juga. kunci otomatis dan penempatan layar LCD di samping dashboard.

Bahan Bakar

Dalam penggunaan bahan bakar, SUV biasanya lebih boros. Hal itu sangat wajar karena mobil ini memiliki fitur canggih pada tiap komponennya. Penyebab lain borosnya bahan bakar ialah penggunaan penggerak 4 roda.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dirut BRI Yakin Manajemen Risiko Perbankan Siap Tangani Krisis Akibat Corona

Posted: 26 Jun 2020 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Krisis kesehatan yang diakibatkan corona virus disease 19 (Covid-19) yang menyebar hampir di seluruh dunia, menyebabkan krisia ekonomi akibat dihentikannya kegiatan ekonomi di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Berkaca dari krisis sebelumnya, Direktur Utama BRI, Sunarso menyebutkan bahwa krisis kali ini berbeda, karena diakibatkan oleh wabah, sementara krisis sebelumnya disebabkan oleh tata kesalahan tata kelola keuangan.

"Krisis kali ini disebabkan oleh wabah yang menyebabkan aktivitas ekonomi kita menurun, dimana orang masih konsumsi baarang dan jasa dalam keadaan tidak bekerja," ujarnya dalam talkshow Indonesian Consumers Outlook: Understanding the Market from Nation's Biggest Bank, Sabtu (27/6/2020).

Untuk mengatasi krisis kali ini yang juga memukul sektor perbankan, Sunarso menyebutkan dua langkah yang dapat diambill, diantaranya mempercepat berakhirnya wabah ini, sekaligus mempercepat pula pulihnya ekonomi.

Restrukturisasi Kredit

BRI memberikan bantuan ke UMKM dalam bentuk KUR.
BRI memberikan bantuan ke UMKM dalam bentuk KUR.

Sebelumnya pemerintah telah mengambil kebijakan restrukturisasi kredit bagi nasabah termasuk UMKM terdampak. Sementara BRI, restrukturisasi kredit sudah mulai mengalami ekspansi sejalan dengan pelonggaran PSBB.

"Mei seluruh aktivitas di perbankan untuk restrukturisasi UMKM sudah mulai ekspansi sejalan dengan pelonggaran PSBB," kata dia.

Selain itu, Sunarso menegaskan bahwa kondisi perbankan saat ini audah jauh lebih baik dan lebih siap dalam menghadapi situasi krisis seperti saat ini. Hal ini karena perbankan memiliki risk management yang bagus.

"Kondisi perbankan saat ini lebih baik dan sehat karena risk managemetnya bagus," tekannya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Mengatasi Rasa Takut Kehilangan Seseorang yang Dicintai

Posted: 26 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Takut kehilangan seseorang bisa dialami siapa pun, terutama mereka yang berpasangan. Rasa takut kehilangan pasangan cenderung membuat seseorang merasa sedih dan tak berdaya.

Merasa takut kehilangan orang yang dicintai sesungguhnya adalah hal yang wajar. Namun, terkadang rasa takut itu membuat individu yang merasakannya menjadi tertekan dan lupa betapa berharganya dirinya. Dan kehilangan adalah hal yang tak terelakkan.

Agar rasa takut kehilangan tidak menjadi berlebihan dan berdampak negatif, menemukan cara mengatasinya adalah hal yang bijaksana. Berikut beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasi takut kehilangan seseorang yang dicinta.

Ketakutan adalah Hal yang Normal

Ketakutan adalah sesuatu yang normal jika dirimu mencintainya. Reaksimu terhadap pikiran kehilangan dia dan kesedihan yang dirimu rasakan adalah reaksi normal. Ketika tidak bisa bahagia saat berada bersama pasangan, dirimu terjebak dengan pikiran itu dan tidak dapat melepaskannya. Ingatlah bahwa rasa takut kehilangan orang yang dicintai adalah hal yang normal dan semua orang tentu mengalaminya.

 

Habiskan Waktu Sendirian

Ilustrasi/copyright pexels.com/Simon Robben
Ilustrasi/copyright pexels.com/Simon Robben

Ketika dirimu menghabiskan lebih banyak waktu dengan diri sendiri, dirimu akan mendapatkan rasa kebebasan. Ketahuilah kebahagiaanmu bukan di tangan orang lain, tetapi di tanganmu sendiri. Cukup tenang dan berhentilah berlari mengejarnya.

Sadari Dirimu Tidak dapat Mengendalikan Segalanya

ilustrasi patah hati/copyright Pexels/Murilo Folgosi
ilustrasi patah hati/copyright Pexels/Murilo Folgosi

Jika seseorang akan memilih pergi, maka mereka akan pergi. Mungkin sulit dan mungkin membuatmu patah hati, tetapi dirimu tidak dapat mengendalikan keputusan orang lain. Sadarilah bahwa semuanya juga tidak dapat dipaksakan.

Percaya Kemampuan Menyembuhkan Patah Hati

Ilustrasi patah hati. (dok. Kelly Sikkema/Unsplash/Adhita Diansyavira)
Ilustrasi patah hati. (dok. Kelly Sikkema/Unsplash/Adhita Diansyavira)

Dirimu adalah perempuan yang kuat yang telah menghadapi banyak situasi di mana orang akan akan meninggalkanmu. Percayalah pada kemampuanmu untuk menghadapi semuanya dengan percaya diri dan tidak ada yang perlu di takutkan. Hidup terus berjalan maka akan dari waktu ke waktu dirimu akan segera sembuh dari ketakutan ini.

Percayalah pada kemampuanmu, semua orang mungkin merasakan hal yang sama, namun mereka tetap menerima kenyataan. Waktu terus berjalan, dirimu tidak dapat mengendalikan segalanya.

(Gayuh Tri Pinjungwati/Fimela.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terlihat Mesra, Ini 6 Potret Terbaru Rangga Azof Bersama Haico Van der Veken

Posted: 26 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pecinta sinetron Tanah Air sedang berbahagia setelah sinetron SCTV Samudra Cinta siap tayang kembali di layar kaca. Samudra Cinta akan mulai tayang besok Senin (29/6/2020) pukul 20.00 WIB. Kembalinya sinetron Samudra Cinta ini disambut antusias oleh publik. 

Tak hanya publik yang antusias, para pemeran pun tak sabar menantikan tayangnya sinetron Samudra Cinta seperti karakter Samudra yang diperankan Rangga Azof dan Cinta oleh Haico Van der Veken. Keduanya memang berhasil menciptakan chemistry yang mesra sebagai pasangan.

Saking antusiasnya menyambut sinetron Samudra Cinta, Rangga Azof sampai mengunggah fotonya dengan Haico pamer cincin nikah. Tak mau kalah dengan Azof, Haico pun juga mengunggah foto mesra keduanya yang saling melempar senyum manis.

Penasaran kan dengan potret terbaru Rangga Azof saat bersama dengan Haico? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, potret terbaru Rangga Azof saat bersama dengan Haico, Sabtu (27/6/2020).

1. Haico dan Rangga Azof kembali beradu akting sebagai pasangan mesra di sinetron Samudra Cinta yang segera tayang lagi.

Terlihat Mesra, Ini 6 Potret Terbaru Rangga Azof Bersama Haico Van der Veken (sumber: Instagram.com/ranggaazof)
Terlihat Mesra, Ini 6 Potret Terbaru Rangga Azof Bersama Haico Van der Veken (sumber: Instagram.com/ranggaazof)

2. Raut wajah bahagia pun tak bisa disembunyikan keduanya setelah akhirnya beradu akting kembali.

Terlihat Mesra, Ini 6 Potret Terbaru Rangga Azof Bersama Haico Van der Veken (sumber: Instagram.com/haico.vdv)
Terlihat Mesra, Ini 6 Potret Terbaru Rangga Azof Bersama Haico Van der Veken (sumber: Instagram.com/haico.vdv)

3. Keduanya memang terlihat begitu mesra sampai para pecinta sinetron baper melihat mereka.

Terlihat Mesra, Ini 6 Potret Terbaru Rangga Azof Bersama Haico Van der Veken (sumber: Instagram.com/haico.vdv)
Terlihat Mesra, Ini 6 Potret Terbaru Rangga Azof Bersama Haico Van der Veken (sumber: Instagram.com/haico.vdv)

4. Pemilik panggilan sayang 'Bucin dan Kusut' ini memang semakin terlihat lengket saja.

Terlihat Mesra, Ini 6 Potret Terbaru Rangga Azof Bersama Haico Van der Veken (sumber: Instagram.com/haico.vdv)
Terlihat Mesra, Ini 6 Potret Terbaru Rangga Azof Bersama Haico Van der Veken (sumber: Instagram.com/haico.vdv)

5. Dalam teaser terbaru sinetron Samudra Cinta, memperlihatkan Samudra dan Cinta yang berjanji selamanya tak akan berpisah.

Terlihat Mesra, Ini 6 Potret Terbaru Rangga Azof Bersama Haico Van der Veken (sumber: Instagram.com/sctv)
Terlihat Mesra, Ini 6 Potret Terbaru Rangga Azof Bersama Haico Van der Veken (sumber: Instagram.com/sctv)

6. Kemesraan keduanya di sinetron, membuat para penggemar mendoakan Rangga Azof dan Haico berjodoh.

Terlihat Mesra, Ini 6 Potret Terbaru Rangga Azof Bersama Haico Van der Veken (sumber: Instagram.com/ranggaazof)
Terlihat Mesra, Ini 6 Potret Terbaru Rangga Azof Bersama Haico Van der Veken (sumber: Instagram.com/ranggaazof)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hebat, Pupuk Batu Bara Karya Anak Bangsa Raih Hak Paten di Amerika Serikat

Posted: 26 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berita gembira datang dari Amerika Serikat (AS). Produk hasil pengembangan R. Umar Hasan Saputra, seorang wiraswastawan dan inventor bidang pertanian asal Indonesia, berupa teknologi produksi pupuk berbahan dasar batu bara mendapatkan pengakuan dari Pemerintah Amerika Serikat.

Ini ditandai dengan diterbitkannya hak paten dari United States Patent and Trademark Office (USPTO) pada 16 Juni 2020.

"Keberhasilan tersebut merupakan capaian besar mengingat teknologi produksi pupuk berbahan batu bara yang dikembangkannya saat ini satu-satunya yang berhasil memperoleh hak paten di AS," dikutip dari keterangan tertulis Konsulat Jenderal RI di Chicago, Sabtu (27/6/2020).

Dengan diterbitkannya paten tersebut, pupuk batu bara dengan merek dagang Glogens Organic Micro-Carbon Fertilizer nantinya selain dapat memasuki pasar industri pertanian di AS, yang saat ini merupakan pasar terbesar di dunia, juga dapat membuka peluang investasi berupa pendirian pabrikserta memperlancar pemasaran produk pupuk tersebut di tingkat global.

Menurut R. Umar Hasan Saputra, paten atas teknologi yang diraihnya memiliki beberapa keunggulan. Pupuk yang di Indonesia bermerek dagang Futura tersebut dihasilkan dari bahan dasar batu bara berkalori rendah yang banyak terdapat di berbagai negara.

Pupuk tersebut bersifatorganik dan juga eco-friendly karena dapat memperbaiki kondisi tanah serta dapat diproduksi secara lebih cepat dan masif sehingga lebih ekonomis dibandingkan dengan pupuk kimia, serta diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pupuk bagi petani dalam jumlah besar dalam rangka mendukung terwujudnya ketahanan pangan.

R. Umar Hasan Saputra juga menjelaskan bahwa pupuk hasil pengembangan selama 11 tahun tersebut telah melalui serangkaian ujicoba dan telah digunakan berbagai kelompok petani di dalam negeri.

Hasilnya, pupuk tersebut mampu meningkatkan produktifitas hasil panen secara signifikan pada berbagai jenis tanaman pertanian.

Telah Dipatenkan di Indonesia

Petani memupuk tanaman padi di Karawang, Jawa Barat, Senin (4/7). Untuk mencapai target swasembada pangan 2016, pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 20 triliun. (Liputan6.com/Gempur M Surya)
Petani memupuk tanaman padi di Karawang, Jawa Barat, Senin (4/7). Untuk mencapai target swasembada pangan 2016, pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 20 triliun. (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Selain itu juga berbiaya produksi lebih rendah serta mampu menurunkan penggunaan pestisida sehingga meminimalisir efek samping bagi tanaman maupun tanah. Pupuk batu bara ini telah dipatenkan di Indonesia sejak tahun 2013, sementara proses paten di AS dimulai sejak Oktober 2016.

Setelah melalui proses yang cukup panjang, R. Umar Hasan Saputra dan Davy Makimian, Direktur Utama perusahaan PT Saputra Global Harvest di Indonesia, bersama mitrabisnisnya Steve Budiono, Direktur Utama Global Green Energy Solutions Corporation (GLOGENS) yang berada di AS, akhirnya berhasil memperoleh hak paten dari AS pada tahun 2020.

Sebagai langkah tindak lanjut setelah diterbitkannya paten, GLOGENS akan memproses pengajuan perizinan dan lisensi ke pihak otoritas terkait di AS, sebelum masuk ke tahap upaya pemasaran secara lebih luas.

Untuk mendukung upaya tersebut, GLOGENS juga telah menyiapkan lahan di California untuk uji coba pupuk batu bara bagi tanaman padi, serta sedang menyiapkan lahan tambahan di Indiana untuk jenis tanaman jagung.

Guna mendukung penetrasi Glogens Organic Micro-Carbon Fertilizer ke pasar AS, Konsul Jenderal RI Chicago Meri Binsar Simorangkir menyatakan bahwa KJRI dan Indonesian Trade Promotion Center(ITPC) bersama perwakilan RI di AS selain akan membantu fasilitasi proses pengajuan sertifikasi standarisasi ke lembaga-lembaga terkait di AS, juga dalam hal upaya-upaya promosi dan pemasaran bekerjasama dengan pihak-pihak terkait di wilayah Midwest.

Wilayah ini dikenal sebagai salah satu pusat produksi pertanian dan perkebunan utama di AS, seperti kedelai, jagung dan gandum, sehingga Midwest AS merupakan salah satu kawasan yang sangat potensial untuk pemasaran pupuk Futura nantinya.Sampai dengan saat ini, PT. Saputra Global Harvest juga telah menjalin kerjasama dengan Zimbabwe di Afrika melalui penandatangana

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketum PSSI: Shin Tae-yong Tidak Singkirkan Danurwindo

Posted: 26 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, membantah pernyataan Yeyen Tumena bahwa manajer pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong menyingkirkan Danurwindo dari jabatan Direktur Teknik PSSI.

Iriawan menegaskan bahwa pencopotan Danurwindo dari kursinya, untuk kemudian digantikan oleh Indra Sjafri, dilakukan melalui rapat komite eksekutif (Exco) PSSI.

"Kalau ingin sepak bola kita maju, tolong teman-teman wartawan mengelola isu yang tidak baik. Pak Danurwindo usianya memang sudah cukup sepuh dan kesehatannya menurun," ujar purnawirawan Polri berpangkat akhir Komisaris Jenderal itu di Antara.

Pertimbangan lain terkait pergantian tersebut, Iriawan melanjutkan, adalah keinginan Shin Tae-yong agar Indra Sjafri, yang ketika itu menjadi asistennya, tidak lagi berada di tim nasional.

Kondisi tersebut membuat PSSI mencarikan posisi baru untuk Indra Sjafri. Kemudian, Indra pun didaulat sebagai calon direktur teknik baru PSSI dan namanya dibawa ke dalam rapat Exco.

Peserta rapat setuju dan PSSI pun secara resmi mengumumkan Indra Sjafri sebagai direktur teknik PSSI pada 18 Februari 2020.

"Saya pribadi cukup terbantu dengan keberadaan coach'Indra di sini. Untuk isu-isu di luar terkait Shin Tae-yong menggeser siapa, itu tidak ada," kata Iriawan.

 

Hubungan Indra Sjafri dan Shin Tae-yong

(Bola.com/M Iqbal)
(Bola.com/M Iqbal)

Sementara terkait hubungan Indra Sjafri dengan Shin Tae-yong, yang sempat memanas setelah keduanya berbalas komentar di media, Iriawan menegaskan semuanya baik-baik saja.

"Indra Sjafri itu bagian dari PSSI dan dia mendukung Shin Tae-yong," tutur dia.

 

Pernyataan Yeyen

Adapun yang menyebut bahwa Shin Tae-yong menyingkirkan Danurwindo adalah Ketua Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia (APSSI) Yeyen Tumena. Pernyataan Yeyen itu disebarkan secara tertulis kepada para pewarta.

"Saya melihat dari sisi etika, sejak awal kedatangan STY (Shin Tae-yong) sudah tidak baik. Mungkin dia tipe pria yang sulit percaya pada orang asing di luar rekan senegara. Begitu datang, STY menyingkirkan Danurwindo dari dirtek PSSI. Tapi, tiga hari kemudian duduk lagi bersama Danurwindo untuk membicarakan programnya. Terlihat tidak elok," ujar Yeyen.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aclima dan Google Terbitkan Data Kualitas Udara

Posted: 26 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aclima dan Google menerbitkan data kualitas udara secara terbuka kepada komunitas peneliti.

Data itu diyakini akan sangat bermanfaat bagi para peneliti untuk mempelajari polusi udara pada tingkat detail. Selain itu, ia juga akan sangat berguna dalam mengidentifikasi sumber polusi dan menyarankan metode yang tepat untuk mengurangi emisi.

Mengutip Venture Beat, Sabtu (27/6/2020), CEO Aclima Davida Herzl, dalam sebuah sesi di acara bertajuk "Carbon, Pollution, and the Current Pandemic", menyatakan kedua perusahaan selama empat tahun terakhir telah melakukan lebih dari 42 juta pengukuran kualitas udara di seluruh wilayah California.

Google, pada praktiknya, melakukan integrasi antara platform penginderaan dan analisis Aclima ke kendaraan Google Street View. Selain itu, kedua perusahaan juga menempatkan sensor di beberapa titik di wilayah California.

Adapun polutan yang dianalisis di pengukuran yang dilakukan kedua perusahaan termasuk karbon dioksida (CO2), ozon (O3), nitrogen dioksida (NO2), nitrat oksida (NO), metana (CH4), karbon hitam (BC), dan partikel-partikel halus.

MIT dan Toyota Rilis Dataset Untuk Penelitian Sistem Kemudi Otonomos

Sebelumnya MIT dan Toyota merilis dataset untuk penelitian terkait sistem kemudi otonomos. Melalui dataset terbuka bernama DriveSeg itu, MIT dan Toyota berupaya untuk memajukan penelitian di bidang ini.

"Dataset ini diharapkan dapat mendorong para peneliti, industri, dan inovator lainnya untuk mengembangkan wawasan dan arah baru ke dalam pemodelan temporal AI," kata Bryan Reimer, Peneliti di MIT dikutip dari rilis resmi MIT, Jumat (26/6/2020).

Bryan menekankan bahwa kemitraan antara MIT dan Toyota sejak lama telah memungkinkan upaya penelitian ini terwujud yang diharapkan dapat memengaruhi teknologi keselamatan di masa depan.

 

Kekuatan prediktif

Sementara itu, Rini Sherony, insinyur senior Toyota CSRC menyatakan bahwa kekuatan prediktif adalah bagian penting dari kecerdasan manusia.

"Setiap kali kita mengemudi, kita selalu melacak pergerakan lingkungan di sekitar kita untuk mengidentifikasi risiko potensial dan mengambil keputusan yang lebih aman. Dengan membagikan dataset ini, kami berharap dapat mempercepat penelitian tentang sistem kemudi otonomos dan fitur keselamatan canggih yang lebih selaras dengan kompleksitas lingkungan di sekitarnya," ujar Rini.

(Why/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menabung di Pipa Selama 3 Tahun, Pria Ini Berhasil Kumpulkan Uang Hingga Rp 200 Juta

Posted: 26 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sudah seharusnya kita menabung untuk masa depan. Biasanya orang menabung uangnya di bank untuk menjaga keamanannya. Terlebih di masa sekarang ini sudah jarang orang yang menyimpan uang sendiri di rumah.

Namun bukan berarti sudah tak ada yang melakukannya sama sekali. Seorang pria bernama Tang asal Yiyang, Hunan, Tiongkok memiliki cara unik dan tak biasa untuk menyimpan uangnya di rumah.

Bagaimana tidak, Tang memilih menyisihkan sedikit demi sedikit dari penghasilannya di sebuah tempat tersembunyi di rumahnya untuk keperluan mendesak keluarga.

Meski tetap menyimpan uangnya di bank, Tang juga menyimpan sebagian penghasilannya di dalam pipa di rumahnya tanpa sepengetahuan sang istri dan anggota keluarga lainnya.

Berjalan 3 tahun

foto: eva.vn
foto: eva.vn

Dilansir dari Eva.vn, Tang menyimpan uang tersebut di pegangan pipa tangga rumahnya yang terbuat dari stainless steel. Tang pun selalu memasukkan uangnya lewat sebuah lubang yang ada di pipa tersebut sedikit demi sedikit.

Tang melakukannya hingga berjalan selama 3 tahun. Barulah pada tanggal 18 Juni lalu Tang memutuskan untuk membongkar pipa tersebut.

Rp 200 Juta

foto: eva.vn
foto: eva.vn

Tentu saja istri dan anak-anak Tang sangat terkejut ketika mengetahui bahwa Tang selama ini menyimpan uang di pipa  itu. Terlebih lagi ketika melihat bahwa jumlah uang yang ada dalam pipa tersebut sangat banyak jumlahnya.

Tak tanggung-tanggung uang yang berhasil disisihkan oleh Tang tersebut totalnya mencapai 100.000 yuan atau sekitar Rp 200 juta. Keluarga Tang pun harus menghabiskan waktu selama 4 jam untuk menghitung semua uangnya. Tang sendiri mengaku sangat terkejut dengan jumlah uang yang ia kumpulkan setiap hari tersebut karena melebihi harapannya.

Untuk keluarga

foto: eva.vn
foto: eva.vn

Rupanya Tang memiliki niat tulus dibalik aksinya tersebut. Bukan ingin menggunakannya untuk keperluan pribadi, Tang mengatakan uang itu untuk keperluan mendesak keluarganya.

Namun Tang akhirnya terpaksa mengatakan yang sebenarnya dan membongkar rahasianya tersebut karena ingin membangun sebuah rumah untuk anak-anaknya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Derita Petani Rumput Laut di NTT Tergerus Pembangunan PLTU Timor 1

Posted: 26 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Kupang - Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Timor 1 di pantai Oesina, Desa Lifuleo, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) berdampak buruk bagi petani rumput laut di wilayah itu.

Para petani mengaku mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah akibat debu pembangunan proyek jetty perusahaan itu yang merusak budidaya rumput laut.

"Tahun ini kami tidak bisa panen, semua rumput laut yang kami budidaya rusak. Sudah tiga bulan hasilnya masih sedikit, karena kebanyakan rusak terkena abu," ungkap Sekretaris Kelompok Petani rumput laut Desa Lifuleo, MatheosLaka (49), saat ditemui sejumlah wartawan, di Pantai Oesina, Rabu (24/6/2020).

Menurut dia, sebelum ada pembangunan PLTU, para petani biasa memanen rumput laut sebulan sekali. Namun, saat ini, kata dia, untuk panen rumput laut membutuhkan waktu hingga tiga bulan lamanya.

"Itu pun rumput laut banyak yang rusak dan ukurannya tidak lagi seperti dulu. Pembangunan dermaga ini merusak rumput laut kami," tegas dia.

Debu pembangunan jetty terbawa arus air laut dan menempel di rumput laut. Akibatnya, warna rumput laut menjadi putih. Kalau tidak cepat dipanen, rumput laut akan hancur. Selain merusaki rumput laut, pembangunan Jetty itu juga merusak ekosistem laut yang lain.

Rusaknya rumput laut, lanjut Matheos, selain harga anjlok, produksi rumput laut juga merosot.

"Biasanya hasil panen rumput laut saya 200 kilogram, sejak terkena debu akibat, hanya bisa panen 30 kilogram saja. Kami rugi ratusan juta rupiah," ujar dia.

Ia mengaku para petani rumput laut sudah mengadu ke pihak perusahaan dan ditindaklanjuti dengan menyurvei lokasi pengembangan rumput laut warga. Namun, hingga saat ini, belum ada solusi.

Pihaknya mengancam akan menggelar aksi memblokade jalan menggunakan rumput laut, jika tuntutan mereka tidak dipenuhi. Tuntutan para petani, kata Matheos, yakni mengganti kerugian yang mereka alami.

Dia berharap, pihak perusahaan bisa segera memberikan kompensasi kepada para petani rumput laut.

Dihubungi terpisah, Manajemen Proyek PLTU TIMOR-1 PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk Dian Prihatianto Pamungkas, mengatakan, dalam pelaksanaan pembangunan, pihaknya selalu mengedepankan SOP yang baik, sesuai standar perusahaan dan aturan-aturan yang berlaku.

Pihaknya juga selalu bekerja di bawah pengawasan dan persetujuan tim pengawas dan PT PLN selaku pemilik proyek.

Dian mengatakan, lokasi pembangunan PLTU Timor 1 ini, berlokasi di Dusun Panaf, Desa Lifuleo, yang berjarak kurang lebih 650 meter dari permukiman warga terdekat dan sekitar hampir 1,5 kilometer dari lokasi pertanian rumput laut warga di Pantai Oesina.

"Dengan pertimbangan jarak lokasi yang cukup jauh antara temporary jetty dan lokasi budidaya rumput laut masyarakat sekitar, tentunya sangat minim sekali dampak negatif aktivitas proyek tersebut terhadap pertumbuhan rumput laut petani sekitar," ujar Dian, kepada wartawan Rabu (24/6/2020) malam.

Pihaknya akan tetap berkomitmen untuk selalu menjaga komunikasi dan koordinasi dengan warga sekitar, selama masa pembangunan pembangkit tersebut, serta berharap dukungan masyarakat.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Denada Curhat tentang Kesulitan Dapatkan Obat Kanker di Indonesia

Posted: 26 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Denada saat ini masih terus mengupayakan kesembuhan putrinya, Aisha, yang tengah berjuang melawan kanker. Denada dan Aisha menjalani pengobatan di Singapura untuk penyakit leukemia.

Selama ini, Denada kerap berbagi cerita dan pengalamannya sebagai orangtua pejuang kanker, melalui unggahan-unggahan di Instagram. Terkadang, ia juga berbagai pengalaman dari para pejuang kanker lain.

Seperti yang terbaru diunggah Denada, ia menceritakan kerisauan dari orangtua yang anaknya tengah berjuang melawan kanker di Indonesia, tapi kesulitan mendapat obat. Denada memulainya dengan menceritakan jenis-jenis obat yang harus dikonsumsi para pejuang kanker.

"Ini obat2an Aisha. Yes, ini buat sekali minum. Disitu ada 6MP dan MTX namanya. Obat yg biasanya dikasih ke mereka yg lagi ngejalanin treatment untuk kanker," tulis Denada pada Jumat (26/6/2020).

"Beberapa dr obat2an kanker itu ada yg musti diminum tiap hari, ada yg seminggu sekali. Ada yang diminum selama 2 minggu, kadang harus beberapa bulan, dan bahkan ada yg musti diminum setiap hari dalam periode taunan -> seperti 6MP," sambungnya.

 

Kesulitan

Denada (Instagram/denadaindonesia)
Denada (Instagram/denadaindonesia)

Rupanya, di Indonesia cukup sulit mendapatkan obat tersebut. Denada membuktikannya dengan meminta timnya untuk mencari ke beberapa rumah sakit besar tentang ketersediaan obat tersebut.

"Kemaren, aku dapet DM dari org tua yg anaknya lg chemo di Indonesia, yg ngeluh krn dia dan anak2 lain saat ini lg kesulitan buat dapetin obat chemo 6MP. Mereka udah nyari baik yg BPJS maupun yg berbayar. Kosong. Tadi pagi, aku minta tlg tim ku di Jakarta tlp beberapa apotik dan RS besar. Hasilnya: kosong," kata Denada lagi.

 

Sangat Dibutuhkan

Unggahan Denada. (instagram.com/denadaindonesia)
Unggahan Denada. (instagram.com/denadaindonesia)

Sebelumnya, Denada juga pernah mendapatkan keluhan serupa. Padahal menurut Denada, obat-obat tersebut sangat dibutuhkan untuk para pejuang kanker.

"Ini bukan pertama kali aku denger keluhan kaya gini. 😌 Obat kanker, sebagaimana obat2 bagian dari pengobatan kondisi kesehatan lain, adalah obat yg ga bisa nunggu, ga bisa minumnya entar2 aja kalo pas stok nya ada di apotik. Semua udah rapih dijadwalin sama dokter. Tanggal berapa sampe berapa minum apa, lalu habis itu masuk ke obat apa, chemo apa, dst. Bahkan beberapa ada yg diatur sampe ke jam nya," tambah Denada lagi.

 

Minta Bantuan

Terakhir, Denada meminta tolong kepada masyarakat yang memiliki informasi tentang ketersediaan obat tersebut untuk sudi membantu para orangtua yang tengah kesulitan mendapatkan obat tersebut.

"Aku ga kebayang perasaan para org tua yg lagi kesulitan dapet obat buat anaknya ini skrg. Masa pandemi ini udah pasti bikin semua lebih menantang buat para pejuang kanker. Harus ditambah lagi dengan kebingungan dan kekuatiran karena ga bs dapetin obat buat anaknya.Please buat yg bs kasih info, dimanakah bs dapetin obat 6MP saat ini di Indonesia? Terimakasih yaa," tutup Denada.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Virus Corona Melonjak, Swalayan di Australia Batasi Pembelian Tisu Toilet

Posted: 26 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Melbourne - Pada Jumat 26 Juni 2020, sejumlah jaringan toko swalayan di Australia kembali memberlakukan batasan pembelian tisu toilet dan beberapa barang lainnya setelah kasus positif virus corona di Negara Bagian Victoria naik sampai dua digit.

Kenaikan itu menyebabkan warga panik dan kembali membeli barang dengan jumlah berlebih di tengah kekhawatiran bahwa pemerintah akan menetapkan kembali aturan karantina, Reuters melaporkan, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (27/6/2020).

Woolworths Group Ltd dan Coles Group Ltd, dua perusahaan yang menguasai dua pertiga supermarket (toko swalayan) di Australia, mengatakan mereka akan membatasi pembelian tisu toilet dan kertas tisu jadi satu sampai dua karton per orang. Pembatasan itu dibuat setelah beberapa foto di media sosial menunjukkan persediaan tisu di beberapa supermarket habis.

Pembatasan itu, dan foto rak yang kosong, mengingatkan kembali aksi sejumlah warga Australia yang menimbun tisu dan barang-barang rumah tangga lainnya jelang karantina.

Sedikitnya, 7.500 orang di Australia dinyatakan positif virus corona. Dari jumlah itu, 104 di antaranya meninggal dunia. Laju penularan yang mulai melambat membuat Pemerintah Australia melonggarkan sejumlah pembatasan.

Namun, kenaikan kasus positif sampai dua digit di Victoria, negara bagian terpadat kedua di Australia, membuat otoritas setempat menunda pembukaan kembali wilayah.

Tidak hanya itu, peningkatan kasus positif virus corona mendorong warga untuk menimbun barang.

Cenderung Menimbun Barang

Salah satu barang yang wajib ada di tas perlengkapan bayi adalah tisu basah (Ilustrasi/iStockphoto)
Salah satu barang yang wajib ada di tas perlengkapan bayi adalah tisu basah (Ilustrasi/iStockphoto)

Kecenderungan menimbun barang terlihat di seluruh daerah Australia.

"Kami dengan menyesal mulai melihat tingginya permintaan terhadap tisu toilet di luar Victoria dalam waktu 24 jam terakhir," kata direktur pelaksana untuk supermarket Woolworths, Claire Peters, melalui pernyataan tertulis.

"Meskipun permintaannya tidak sebanyak di Victoria, kami mengambil langkah pencegahan untuk mencegah pembelian barang secara berlebih pada akhir pekan ini," tambah dia.

Perusahaan juga telah memesan 650.000 karton tisu toilet tambahan atau 30 persen lebih banyak dari jumlah pemesanan biasa.

Seorang juru bicara dari Coles mengatakan pihaknya juga membatasi pembelian tisu toilet dan kertas tisu jadi satu karton per orang di seluruh gerainya. Sementara itu di Victoria, perusahaan juga membatasi pembelian cairan sterilisasi tangan (hand sanitizer), pasta, telur, beras, dan kebutuhan pokok lainnya.

Meskipun kasus positif COVID-19 di Victoria naik, perdana menteri dan pejabat bidang kesehatan di Australia mengatakan virus tetap terkendali dan negara itu tetap meneruskan rencana membuka kembali perekonomiannya.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: [FEATURE] Penantian Panjang Tuntas

Posted: 26 Jun 2020 10:00 PM PDT

Penggemar Liverpool Emily Farley duduk di luar rumahnya, dihiasi dengan spanduk Liverpool dan cut out saat ia menunggu hasil pertandingan antara Manchester City dan Chelsea, di Liverpool, Inggris (25/6/2020). (AFP Photo/Oli Scarff)
Penggemar Liverpool Emily Farley duduk di luar rumahnya, dihiasi dengan spanduk Liverpool dan cut out saat ia menunggu hasil pertandingan antara Manchester City dan Chelsea, di Liverpool, Inggris (25/6/2020). (AFP Photo/Oli Scarff)

Penggemar Liverpool Emily Farley duduk di luar rumahnya, dihiasi dengan spanduk Liverpool dan cut out saat ia menunggu hasil pertandingan antara Manchester City dan Chelsea, di Liverpool, Inggris (25/6/2020). (AFP Photo/Oli Scarff)

Para fans merayakan Liverpool memenangkan gelar juara Liga Primer Inggris setelah kemenangan Chelsea 2-1 atas Manchester City, di luar stadion Anfield di Liverpoo (25/6/2020). Pasukan Jurgen Klopp memastikan gelar liga ke-19 untuk klub dengan rekor tujuh pertandingan tersisa. (AFP Photo/Oli Scarff)
Para fans merayakan Liverpool memenangkan gelar juara Liga Primer Inggris setelah kemenangan Chelsea 2-1 atas Manchester City, di luar stadion Anfield di Liverpoo (25/6/2020). Pasukan Jurgen Klopp memastikan gelar liga ke-19 untuk klub dengan rekor tujuh pertandingan tersisa. (AFP Photo/Oli Scarff)

Para fans merayakan Liverpool memenangkan gelar juara Liga Primer Inggris setelah kemenangan Chelsea 2-1 atas Manchester City, di luar stadion Anfield di Liverpoo (25/6/2020). Pasukan Jurgen Klopp memastikan gelar liga ke-19 untuk klub dengan rekor tujuh pertandingan tersisa. (AFP Photo/Oli Scarff)

Para fans merayakan Liverpool memenangkan gelar juara Liga Primer Inggris setelah kemenangan Chelsea 2-1 atas Manchester City, di luar stadion Anfield di Liverpoo (25/6/2020). Kekalahan City membuat mereka terpaut 23 poin dari Liverpool di puncak klasemen. (AFP Photo/Oli Scarff)
Para fans merayakan Liverpool memenangkan gelar juara Liga Primer Inggris setelah kemenangan Chelsea 2-1 atas Manchester City, di luar stadion Anfield di Liverpoo (25/6/2020). Kekalahan City membuat mereka terpaut 23 poin dari Liverpool di puncak klasemen. (AFP Photo/Oli Scarff)

Para fans merayakan Liverpool memenangkan gelar juara Liga Primer Inggris setelah kemenangan Chelsea 2-1 atas Manchester City, di luar stadion Anfield di Liverpoo (25/6/2020). Kekalahan City membuat mereka terpaut 23 poin dari Liverpool di puncak klasemen. (AFP Photo/Oli Scarff)

Para fans merayakan Liverpool memenangkan gelar juara Liga Primer Inggris di luar stadion Anfield di Liverpoo (25/6/2020). Liverpool meraih mahkota juara Liga Premier Inggris setelah mengakhiri gelar selama 30 tahun penantian.  (AFP Photo/Oli Scarff)
Para fans merayakan Liverpool memenangkan gelar juara Liga Primer Inggris di luar stadion Anfield di Liverpoo (25/6/2020). Liverpool meraih mahkota juara Liga Premier Inggris setelah mengakhiri gelar selama 30 tahun penantian. (AFP Photo/Oli Scarff)

Para fans merayakan Liverpool memenangkan gelar juara Liga Primer Inggris di luar stadion Anfield di Liverpoo (25/6/2020). Liverpool meraih mahkota juara Liga Premier Inggris setelah mengakhiri gelar selama 30 tahun penantian. (AFP Photo/Oli Scarff)

Para fans merayakan Liverpool memenangkan gelar juara Liga Primer Inggris setelah kemenangan Chelsea 2-1 atas Manchester City, di luar stadion Anfield di Liverpoo (25/6/2020). Pasukan Jurgen Klopp memastikan gelar liga ke-19 untuk klub dengan rekor tujuh pertandingan tersisa. (AFP Photo/Oli Scarff)
Para fans merayakan Liverpool memenangkan gelar juara Liga Primer Inggris setelah kemenangan Chelsea 2-1 atas Manchester City, di luar stadion Anfield di Liverpoo (25/6/2020). Pasukan Jurgen Klopp memastikan gelar liga ke-19 untuk klub dengan rekor tujuh pertandingan tersisa. (AFP Photo/Oli Scarff)

Para fans merayakan Liverpool memenangkan gelar juara Liga Primer Inggris setelah kemenangan Chelsea 2-1 atas Manchester City, di luar stadion Anfield di Liverpoo (25/6/2020). Pasukan Jurgen Klopp memastikan gelar liga ke-19 untuk klub dengan rekor tujuh pertandingan tersisa. (AFP Photo/Oli Scarff)

Para fans merayakan Liverpool memenangkan gelar juara Liga Primer Inggris setelah kemenangan Chelsea 2-1 atas Manchester City, di luar stadion Anfield di Liverpoo (25/6/2020). Kekalahan City membuat mereka terpaut 23 poin dari Liverpool di puncak klasemen. (AFP Photo/Oli Scarff)
Para fans merayakan Liverpool memenangkan gelar juara Liga Primer Inggris setelah kemenangan Chelsea 2-1 atas Manchester City, di luar stadion Anfield di Liverpoo (25/6/2020). Kekalahan City membuat mereka terpaut 23 poin dari Liverpool di puncak klasemen. (AFP Photo/Oli Scarff)

Para fans merayakan Liverpool memenangkan gelar juara Liga Primer Inggris setelah kemenangan Chelsea 2-1 atas Manchester City, di luar stadion Anfield di Liverpoo (25/6/2020). Kekalahan City membuat mereka terpaut 23 poin dari Liverpool di puncak klasemen. (AFP Photo/Oli Scarff)

Para fans merayakan Liverpool memenangkan gelar juara Liga Primer Inggris di luar stadion Anfield di Liverpoo (25/6/2020). Liverpool meraih mahkota juara Liga Premier Inggris setelah mengakhiri gelar selama 30 tahun penantian.  (AFP Photo/Paul Ellis)
Para fans merayakan Liverpool memenangkan gelar juara Liga Primer Inggris di luar stadion Anfield di Liverpoo (25/6/2020). Liverpool meraih mahkota juara Liga Premier Inggris setelah mengakhiri gelar selama 30 tahun penantian. (AFP Photo/Paul Ellis)

Para fans merayakan Liverpool memenangkan gelar juara Liga Primer Inggris di luar stadion Anfield di Liverpoo (25/6/2020). Liverpool meraih mahkota juara Liga Premier Inggris setelah mengakhiri gelar selama 30 tahun penantian. (AFP Photo/Paul Ellis)

Seorang penggemar Liverpool berfoto di bawah layar digital baru merayakan Liverpool menyegel gelar Liga Premier malam sebelumnya, di luar stadion Anfield di Liverpool, Inggris (26/6/2020). (AFP Photo/Oli Scarff)
Seorang penggemar Liverpool berfoto di bawah layar digital baru merayakan Liverpool menyegel gelar Liga Premier malam sebelumnya, di luar stadion Anfield di Liverpool, Inggris (26/6/2020). (AFP Photo/Oli Scarff)

Seorang penggemar Liverpool berfoto di bawah layar digital baru merayakan Liverpool menyegel gelar Liga Premier malam sebelumnya, di luar stadion Anfield di Liverpool, Inggris (26/6/2020). (AFP Photo/Oli Scarff)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Dalam 24 Jam Ditemukan Hampir 9 Ribu Kasus Corona di Florida

Posted: 26 Jun 2020 09:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wilayah Florida Amerika Serikat cetak rekor dalam penambahan harian jumlah kasus corona. Hampir 9 ribu kasus baru corona dilaporkan dalam sehari.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendikbud Belum Adaptasi Kurikulum, Komisi X DPR Sebut Belajar Jarak Jauh Tak Efektif

Posted: 26 Jun 2020 09:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda menilai pembelajaran jarak jauh di tengah pandemi Covid-19 yang diterapkan Kemendikbud tidak akan berjalan efektif. Karena, Kemendikbud hingga saat ini belum mengeluarkan kurikulum yang adaptif terhadap situasi Covid-19.

Pemerintah melalui Kemendikbud telah menetapkan hanya sekolah di zona hijau yang dapat belajar tatap muka. Sementara, di luar itu siswa tetap belajar dari rumah. Namun, Syaiful mengatakan, tidak semua sekolah dapat menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh.

"Persoalannya, ketika pembelajaran jarak jauh tidak efektif karena Kemendikbud belum menyiapkan adaptasi kurikulum tidak semua sekolah bisa menyelenggarakan sekolah jarak jauh," ujarnya dalam diskusi daring, Sabtu (27/6/2020).

Karena itu juga, Syaiful menilai saat ini Indonesia sedang menghadapi situasi darurat pendidik.

Tidak hanya metode belajar mengajar, sekolah-sekolah swasta mengalami ancaman tutup sebagai dampak dari Covid-19. Sekolah swasta kesulitan uang operasional karena orangtua siswa tak bisa menjawab biaya sekolah.

"Dari sekian ribu sekolah banyak yang kolaps karena orangtua tidak bisa bayar SPP," kata Syaiful.

 

Tak Ada Terobosan

Sementara, PP Pemuda Muhammadiyah menyadari beratnya beban pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam menghadapi situasi pandemi virus corona Covid-19.

Meski demikian, menurut Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Sunanto atau karib disapa Cak Nanto, Kemendikbud tetap harus mengeluarkan terobosan baru di masa pandemi ini. Namun menurut Cak Nanto, hingga kini belum ada inovasi yang dikeluarkan Kemendikbud.

"Saya kira terlalu berat beban pemerintah apalagi Mendikbud, apalagi sampai sekarang saya belum menemukan terobosan baru," ujar dia dalam diskusi Pemuda dan Pendidikan Kita di Masa Pandemi, Sabtu (27/6/2020).

Tak hanya saat pandemi Covid-19, Menurut Cak Nanto, di masa normal sebelum pandemi pun tidak ada hal baru yang ditawarkan Kemendikbud untuk perbaikan strategi pendidikan nasional. Termasuk dalam hal ini menyangkut pendidikan budaya, dan penanaman karakter bagi peserta didik.

"Di masa normal saja tidak ada terobosan, hanya berwacana tentang kampus merdeka dan sebagainya. Kita tidak pernah melihat postur budaya dan karakter kita saat ini. Dan tidak hanya budayanya, terus nanti seperti apa," kata Cak Nanto.

Di sisi lain, ia memahami bahwa dampak pandemi Covid-19 ini sangat luar biasa menyentuh berbagai sektor. Termasuk yang paling berat adalah sektor pendidikan. Tidak hanya pendidikan negeri, pendidikan swasta pun menjadi hal serius yang juga masih menyisakan sejumlah peroalan.

"Tidak hanya pendidikan negeri, dan saya sebagai otokritik, saya kira pemerintah, menyelesaikan sekolah negerinya saja enggak beres, apalagi sekolah swasta," kata dia.

Cak Nanto menilai salah satu akar masalah pendidikan nasional antara lain diakibatkan oleh kebijakan dari kementerian terkait yang kerap berubah-ubah secara periodik. Padahal, kata dia, jika setiap kebijakan dilakukan secara simultan dengan mengacu pada cita-cita nasional maka output pendidikan itu sendiri diyakini akan membuahkan hasil.

"Selama ini kita berdebat tentang wacana beberapa tahun terakhir ini. Saya kira setiap kebijakan selalu berubah-ubah. Itu menjadi suatu catatan dan bisa dipastikan tidak akan menemukan solusi output pendidikan yang kita cita-citakan. Karena setiap periode selalu punya model baru dan periode kan hanya lima tahun," kata dia.

"Pendidikan itu tidak hanya dibangun pada porsi lima tahun. Seharusnya memang ada konsistensi satu gagasan dan cita-cita harapan terhadap pembangunan pendidikan ke depan. Maka, satu hal dampak dari pandemi ini sebenarnya pendidikan harus dipahami secara utuh dan konsisten," tandas Cak Nanto.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

New Normal, Pengelola Siapkan Protokoler Kesehatan di Lingkungan Apartemen

Posted: 26 Jun 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - emasuki New Normal, perusahaan konsultan pengelolaan properti, Inner City Management (ICM) melalui Tim Waspada Covid-19 menegaskan komitmennya dalam mendukung Pemerintah untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran virus khususnya di lingkungan apartemen yang dikelola ICM sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku.

COO ICM Krisdiarto Adi Pranoto mengatakan kebijakan Pemerintah yang memperbolehkan masyarakat usia di bawah 45 tahun untuk kembali menjalankan aktivitasnya membuat Tim Waspada Covid-19 bentukan ICM harus mengambil langkah lanjutan. Tim tersebut akan menerapkan atur protokol kesehatan lebih ketat.

Dalam hal ini, penghuni wajib menerapkan new normal, yakni perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun ditambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19.

"Kami menugaskan setidaknya enam orang di setiap site sejak PSBB ditetapkan Maret lalu untuk memastikan semua prosedur operasi standar (SOP) pencegahan Covid-19. Seluruh Tim Waspada Covid-19 ini, telah diberikan pelatihan penggunaan alat serta prosedur penanganan di lapangan," kata Krisdiarto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (27/6/2020).

Krisdiarto menegaskan protokol kesehatan sesuai arahan Kementerian Kesehatan dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang harus ditaati masyarakat, meliputi menjaga kebersihan tangan dengan cairan pencuci tangan atau hand sanitizer, dilarang menyentuh area wajah dalam kondisi tangan yang belum bersih, menerapkan etika batuk dan bersin dengan cara menutup mulut dan hidung menggunakan lengan atas bagian dalam.

Kemudian, memakai masker kemana pun penghuni keluar unit apartemen atau berinteraksi dengan orang lain, menjaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter, isolasi mandiri bagi Anda yang merasa tidak sehat, serta memastikan kesehatan fisik tetap terjaga dengan berjemur sinar matahari pagi juga melakukan olahraga ringan.

Saat ini ada sekitar 35 site apartemen di Jakarta dan kota-kota lain di Indonesia yang pengelolaannya dipercayakan kepada ICM.

"Kami memastikan semua Standard Operating Procedure (SOP) berjalan dengan baik dan lancar. Ini semua dilakukan agar aktivitas penghuni dan pemilik kios tetap berjalan dengan baik," ucap Krisdiarto.

SOP Pencegahan Corona

Ilustrasi Protokol Kesehatan Covid-19 Credit: pexels.com/ready
Ilustrasi Protokol Kesehatan Covid-19 Credit: pexels.com/ready

Sementata itu, SOP Manager ICM, Hidayat menerangkan beberapa SOP yang harus dijalankan oleh penghuni guna mencegah penyebaran Covid-19. Diantaranya, memastikan pengukuran suhu badan baik pengunjung maupun penghuni yang keluar masuk site dengan digital infrared thermometer.

Lalu, memastikan setiap orang yang berlalu lalang di kawasan site kelolaan ICM memakai masker. Menyediakan cairan antiseptik di setiap site terutama di lobi apartemen, pintu lift, toilet dan titik-titik krusial lainnya yang banyak disentuh oleh penghuni dan pengunjung.

"Secara bertahap, kami telah membuka fasilitas-fasilitas yang ada di setiap site apartemen namun tetap sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku dari Pemerintah Pusat juga Daerah, yakni seperti tempat makan atau tempat usaha lainnya juga sarana olahraga dan lain -lain," ujar Hidayat.

Hidayat juga menerangkan untuk memudahkan pemantauan Tim Waspada Covid-19, pihaknya mengurangi akses keluar masuk gedung. Begitu juga dengan sterilisasi dengan penyemprotan disinfektan di titik-titik krusial dilakukan secara berkala.

Para penghuni maupun pengunjung apartemen juga tidak lupa untuk tetap menjalankan program social distancing atau physical distancing dengan baik.

Pihaknya berharap segala aturan yang telah ditetapkan dapat diterapkan dengan baik oleh pengunjung apartemen maupun penghuni sendiri agar tercipta lingkungan yang sehat dan terbebas dari Covid-19.

"Kami akan dengan tegas menindak para pengunjung maupun penghuni yang tidak menuruti SOP yang telah kami terapkan. Apabila ada yang tidak dapat bekerja sama dengan baik, tentu kami akan langsung menindaknya," tutup Hidayat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Membuat Celengan dari Botol Bekas Air Mineral, Ikuti 4 Langkah Mudah Berikut

Posted: 26 Jun 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat celengan dari botol bekas air mineral biasanya menjadi metode pembelajaran bagi anak agar mulai secara bertahap gemar menabung. Tapi, di sisi lain mempraktikkannya juga dapat berguna untuk mengurangi jumlah sampah dari plastik bekas yang tersebar di sekitar lingkungan tempat tinggal, yang mana apabila dibiarkan saja akan menjadi penyebab pencemaran lingkungan. 

Bagi Anda yang ingin mengasah kreatifitas, mungkin cara membuat celengan dari botol bekas air mineral ini dapat dikatakan efektif. Sebab, cara membuat celengan dari botol bekas air mineral ini membutuhkan ketelitian, kesabaranm serta inspirasi agar tampilan dari celengan yang dibuat dapat semenarik mungkin.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk menunjang cara membuat celengan dari botol bekas air mineral juga cukup mudah didapatkan dan murah. Bahan utama seperti botol air mineral bekas bisa menggunakan jenis apa saja dan dari merek apa saja. Seperti yang Anda mungkin ketahui, tiap merek memiliki bentuk botol yang berbeda, dengan begitu akan memberi keragaman dari hasil karya seni berupa celengan yang Anda buat nanti.

Mungkin tidak perlu panjang lebar untuk mulai mempraktikkan cara membuat celengan dari botol bekas air mineral, karena di bawah ini Liputan6.com telah merangkumnya untuk Anda, Sabtu (27/6/2020).

Alat dan Bahan untuk Membuat Celengan dari Botol Air Mineral Bekas

ILustrasi botol bekas (Sumber: Istockphoto)
ILustrasi botol bekas (Sumber: Istockphoto)

a. Botol Bekas Air Mineral

Sebelum mulai mempraktikkan cara membuat celengan dari botol bekas air mineral, Anda tentunya perlu menyiapkan salah satu bahan utama dalam pembuatan celengan ini, yaitu botol bekas air mineral. Untuk membuat celengan dari botol bekas air mineral tersebut, Anda bisa menggunakan botol bekas air mineral baik ukuran 600 ml atau 1 liter. Tentunya, semakin besar ukuran botolnya akan semakin banyak pula jumlah uang yang bisa dikumpulkan.

b. Pisau atau Cutter

Pisau atau cutter ini sudah pasti akan berfungsi dalam mempermudah cara membuat celengan dari botol bekas air mineral. Sebab ada beberapa tahap yang memerlukan proses memotong dan membuat lubang. Fungsi lubang tersebut tentu untuk tempat masuk uang.

Usahakan pisau atau cutter yang digunakan harus tajam. Sebab, tajamnya pisau atau cutter tersebut akan mempengaruhi kerapian dari hasil akhir, serta mempengaruhi kecepatan ketika membuat celengan dari botol air mineral bekas tersebut.

c. Lem atau Lakban

Lem atau lakban ini berfungsi sebagai perekat yang akan membantu untuk menyatukan dan mengunci tutup botol agar tidak mudah terbuka. Sebenarnya lebih disarankan menggunakan lem, seperti jenis lem Alteco yang memiliki daya rekat kuat. Mengapa harus ditutup rapat? Sebab, keinginan untuk mengambil uang dari celengan bisa saja muncul ketika sedang 'kepepet' ingin beli sesuatu.

d. Kertas Kado atau Sisa Kain

Kertas kado atau sisa kain ini akan menjadi hiasan bagi bagian luar botol air mineral. Seperti yang Anda ketahui, botol air mineral biasanya memiliki warna transparent yang kurang menarik untuk dilihat jika dijadikan sebuah karya, terutama celengan. Maka dari itu, pilih dan siapkan kertas kado atau sisa kain yang menurut Anda paling baik dan paling bagus.

e. Cat Semprot (Opsi)

Adanya cat semprot ini sebenarnya menjadi opsi ketika Anda tidak mendapatkan kertas kado atau sisa kain yang menurut Anda menarik. Penggunaan cat semprot ini sebenarnya akan membuat warna dari botol bekas air mineral lebih tahan lama. Namun, hati-hati dalam penggunaannya agar tidak terkena anggota tubuh.

Cara Membuat Celengan dari Botol Bekas Air Mineral

Botol air mineral bekas pakai
Botol air mineral bekas pakai

1. Dimulai dari langkah pertama, yaitu dengan mengeringkan botol menggunakan lap kering dan bersih. Pastikan tidak ada sisa kotoran yang menempel.

2. Langkah selanjutnya yaitu dengan mengunci atau menyegel tutup botol agar tidak mudah dibuka terbuka dan dilepas dengan menggunakan lem yang tadi telah di siapkan. Seperti yang sempat dijelaskan sebelumnya, alasan mengunci tutup botol ini agar Anda tidak 'gatal' untuk membuka celengan ketika butuh membeli sesuatu.

3. Lalu, tahap berikutnya adalah dengan membuat lubang tempat memasukkan uang. Pada tahap ini diperlukan bantuan dari pisau atau cutter agar dapat melubangi plastik botol bekas air mineral yang cukup tebal. Untuk lokasi lubangnya bisa disesuaikan dengan selera Anda.

4. Lanjut ke langkah terakhir dalam membuat celengan dari botol air mineral bekas, yaitu dengan melakukan finishing. Tahapan ini dimaksudkan untuk mempercantik bagian luar dari celengan. Anda bisa menggunakan bahan yang sudah disiapkan tadi seperti kertas kado atau sisa kain. Jika tidak ada bisa menggunakan opsi terakhir yaitu cat semprot.

Tahap ini dapat dibilang merupakan tahap yang benar-benar menuntut kretivitas Anda, karena harus menciptakan sebuah tampilan yang menarik serta unik dari celengan yang Anda buat. Jadi, cukup mudah bukan cara membuat celengan dari botol bekas air mineral di atas? Selamat mencoba ya!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tolak Permintaan Shin Tae-yong, Ketum PSSI: Terlalu Berisiko Gelar TC di Luar Negeri

Posted: 26 Jun 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengatakan bahwa pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia di Korea Selatan seperti yang diminta Shin Tae-yong, terlalu berisiko karena pandemi penyakit virus corona (COVID-19) masih melanda seluruh dunia.

"Berkaitan dengan TC ini, saya menyampaikan, bukannya kami tidak mau memberikan izin untuk berlatih di Korea Selatan seperti permintaan manajer pelatih timnas Shin Tae-yong. Justru kami mendukung TC di mana pun. Namun ini kan, masih dalam situasi COVID-19," ujar Iriawan di Antara.

Menurut Iriawan, dirinya sudah menjelaskan situasi tersebut kepada Shin Tae-yong pada pertemuan empat mata mereka secara virtual pada Jumat (26/6) malam.

Andai TC di luar negeri dilakukan di tengah pandemi, Iriawan menegaskan bahwa tidak ada yang bisa menjamin keselamatan dan kesehatan para pemain timnas, yang jumlahnya bisa puluhan orang.

"Kita tidak bisa menjamin para pemain akan selamat di luar negeri. Rentan sekali untuk kesehatan mereka. Jadi, lebih aman kalau Shin Tae-yong yang ke Indonesia," tutur Iriawan.

 

Mudah Dipantau di Indonesia

(Bola.com/M Iqbal Ichsan)
(Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Jika Shin Tae-yong yang datang ke Indonesia, kondisi kesehatannya lebih mudah terpantau dan terawasi.

Shin dan empat koleganya di staf pelatih timnas Indonesia yaitu Kim Hae-woon, Kim Woo-jae, Lee Jae-hong serta Gong Oh-kyun yang kini masih berada di Korea Selatan hanya perlu dites usap (swab test) sebelum berangkat ke Indonesia dan saat tiba di Tanah Air.

"Kalau hasilnya tidak ada indikasi positif COVID-19, kan, kami sudah tenang," kata Iriawan.

 

Kembali Awal Juli

Shin Tae-yong sendiri disebut Iriawan sudah setuju untuk kembali ke Indonesia pada awal Juli 2020 dan menggelar TC di Tanah Air. Selain itu, juru taktik asal Korea Selatan itu juga akan memaparkan program terbarunya untuk timnas Indonesia di hadapan PSSI.

"Nanti tanggalnya akan ditetapkan oleh PSSI," kata dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kawinkan Dunia Pendidikan dan Industri, Siapa yang Diuntungkan?

Posted: 26 Jun 2020 09:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menjelaskan keuntungan kerjasama erat atau menurut istilahnya perkawinan massal antara dunia industri dengan pendidikan memiliki keuntungan tersendiri bagi dunia industri.

Kata Nadiem, dorongan untuk mengawinkan dunia pendidikan dengan industri pada dasarnya yang amat diuntungkan adalah pelaku industri.

"Esensi daripada program ini sebenarnya ya paling diuntungkan ya mereka, adalah industri tentunya. Karena sekarang saja cost yang para industri ini harus membayar untuk melatih staf-staf mereka, untuk mendapatkan talenta-talenta banyak sekali yang mesti diimpor, perlu dari luar kota, dari tempat lain dan itu perlu mengeluarkan banyak cost," ucap Nadiem dalam sesi diskusi daring bersama Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto pada Sabtu (27/6/2020).

Kalau misalnya, lanjut Nadiem dunia industri tak bisa mendapatkan talenta-talenta yang mereka butuhkan maka dampak terhadap bisnis mereka akan buruk. Misalnya bisa saja mereka mesti menunda proyek-proyek yang telah direncanakan.

"Jadi kita lihat banyak sekali, jenis-jenis project-project baru, membangun pabrik-pabrik baru yang akhirnya tertunda-tunda karena tidak ada spesialis-spesialis, tidak cukup staf dari vokasi yang bisa mengakselerasi timeline mereka," ujar Nadiem.

Nadiem mengatakan bahwa industri mesti melihat SMK-SMK ataupun vokasi sebagai lembaga pelatihan para pekerjanya. Keuntungan lainnya juga bahwa lulusan dari SMK maupun vokasi memiliki harga yang kompetitif sehingga industri tak dibebani dengan biaya yang besar untuk merekrut dan memperkerjakan mereka.

"Karena masih mudah belum prakarir ya," ucapnya.

 

Perkawinan Pendidikan-Industri

Mendikbud menjelaskan bahwa perkawinan dunia industri dengan dunia pendidikan penting dilakukan. Pasalnya, menurut Nadiem permintaan dunia industri akan tenaga kerja yang terampil dan siap kerja begitu besar.

Namun ironisnya, lanjut Nadiem kendati banyak talenta-talenta potensial yang dibutuhkan dalam dunia industri, namun justru banyak pula lulusan SMK misalnya yang menjadi pengangguran.

"(Ini) tidak ada matching daripada apa yang kualifikasi dari lulusan itu terhadap demand yang ada. Padahal itu demand-nya besar sekali, jadi itu ada miss-match," jelas Nadiem.

Mendikbud juga menjelaskan kriteria suatu lembaga pendidikan bisa disebut sudah menikah dengan dunia industri, misalnya kurikulum yang digunakan mesti datang dari mitra industrinya. Selain juga praktisi atau pengajarnya mesti sebagian besar dari industri.

"Dan yang ketiga adalah kita harus lihat hasilnya mana, surat pernikahannya mana. Surat pernikahan itu gak aji kalau gak ada perjanjian rekrutmen. Kalau gak ada perjanjian 'saya akan meng-hire atau merekrut lulusan-lulusannya' artinya saya belum percaya mengenai kualitas kurikulum itu. Kalau saya (industri) sudah teken tanda tangan saya akan menerima lulusan, itu baru namanya pernikahan yang sah," tandas Mendikbud.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Vince Carter Putuskan Pensiun Usai Berkarier 22 Tahun di NBA

Posted: 26 Jun 2020 09:35 PM PDT

Atlanta- Pebasket Atlanta Hawks, Vince Carter akhirnya memilih pensiun dari NBA usai berkarier selama 22 tahun. Shooting guard yang dijuluki Vinsanity itu memang sudah berniat gantung sepatu pada musim ini.

Sejak awal musim 2019-2020, Vince Carter sudah berencana pensiun. Itu ditunjukkan dengan kontrak jangka pendek hingga NBA musim ini berakhir.

Namun, karena adanya pandemi corona, rencana tersebut berubah. Tak mau berlama-lama, Vince akhirnya memutuskan pensiun sebelum NBA berakhir pada Juli nanti.

"22 musim telah engkau jalani. Selamat pensiun Vince Carter!" bunyi pernyataan resmi Atlanta Hawks di akun Twitter mereka.

Vince Carter disorot ketika masih membela Toronto Raptors pada 1998 hingga 2004. Ia banyak memecahkan rekor NBA selama periode tersebut.

Setelah itu, Vince Carter melanjutkan karier NBA-nya di New Jersey Nets, Dallas Mavericks, Sacramento Kings, dan Atlanta Hawks. Sebanyak lebih dari 25ribu poin dan 4.700-an assist telah ia bukukan selama kariernya.

 

Sudah Saatnya Pensiun

Pemain Atlanta Hawks, Vince Carter (kanan). (AP Photo/R Brent Smith)
Pemain Atlanta Hawks, Vince Carter (kanan). (AP Photo/R Brent Smith)

Rasa berat terpancar betul dari Vince Carter ketika memutuskan untuk gantung sepatu dari NBA. Menurutnya, saat ini adalah waktu yang tepat untuk pensiun dari dunia yang membesarkan namanya.

"Saya tidak bilang saat itu (11 Maret) akan pensiun kapan, saya hanya bilang waktunya sudah dekat. Saya dan klub sudah bicara, dan inilah saat yang tepat," kata Vince Carter disadur dari The Sportster.

Sumber: The Sporster

Disadur dari Bola.com (Gregah Nurikhsani,published 27/6/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar FTV Kisah Nyata Spesial: Aku Suami Di Atas Kertas, Tayang Sabtu 27 Juni 2020

Posted: 26 Jun 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seperti biasa Kisah Nyata Spesial hadir setiap hari mulai pukul 11.30 WIB.

Sabtu siang ini episode Kisah Nyata Spesial yang hadir berjudul Aku Suami Di Atas Kerta.

Pastikan Anda menyaksikan Kisah Nyata Spesial via live streaming dengan klik di sini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yuswohady Kasih Solusi Bangkitkan Ekonomi Terdampak Covid-19

Posted: 26 Jun 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pakar Marketing Yuswohady menilai sedekah, salah satu instrumen ekonomi yang diajarkan Islam, turut menjadi solusi universal yang bisa diterapkan dalam membangkitkan ekonomi saat maupun setelah pandemi. Kondisi multikrisis ini seharusnya dimanfaatkan menjadi momentum emas umat untuk bergerak. Hal ini disampaikan pakar marketing Yuswohady saat acara ACT Fest di Jakarta lalu. 

Upaya pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat miskin merupakan hal penting yang dapat menjadi solusi permasalahan kemiskinan di Indonesia. Islam sebagai agama yang menyeluruh, memiliki instrumen khusus yang bertujuan untuk menciptakan keadilan dalam bidang ekonomi sehingga dapat berfungsi untuk mengurangi tingkat kemiskinan di masyarakat. Kondisi tatanan normal baru saat ini menjadi stimulan untuk kembali ke jalan-jalan kebaikan sedekah.

Hal ini diawali dengan pandemi Covid-19 yang menjadi korektor masyarakat. Keadaan itu menciptakan pergantian mega (mega shift) saat ini.

"Covid-19 itu menjadi great corrector, yang semakin menghadirkan spiritual, peran digital, dan empati di masyarakat," jelas Yuswohady.

Ia pun menambahkan, empati semakin menemukan momentum saat pandemi. Kegiatan ekonomi didasari empati, yakni kepedulian sesama. Lebih lanjut, kini empati menjadi penggerak utama sedekah. Di era keterbatasan fisik, sedekah tetap bisa dilakukan jarak jauh dengan bantuan teknologi.

"Pandemi menuntut lembaga pengelola zakat bertransformasi ke ranah digital. Hal ini seharusnya membuat kebermanfaatan menjadi lebih luas," lanjut Yuswohady.

Ia mengatakan, apa yang dilakukan ACT di masa pandemi, yakni mengajak masyarakat untuk bersedekah sebagai jalan menolong sesama akan menjadi kebiasaan.

"Sekarang orang mikirnya movement untuk empati sosial. Akan jadi kebiasaan. Dan ketika empati muncul dapat mengalahkan kapitalisme dan selfish. Empati mengajak masyarakat memahami orang selain diri sendiri," terangnya.

Yuswohady mengatakan, sedekah dan zakat seharusnya tidak lagi asing bagi masyarakat dunia. Islam di Indonesia pun sudah memulainya sejak tahun 2010. Saat itu gaya hidup muslim menjadi perhatian, seperti perbankan syariah, hijab, dan halal. Ia pun yakin, gaya hidup sedekah akan menjadi kebiasaan masyarakat saat bahkan setelah pandemi.

"Proses edukasi sedekah sebagai habit, lama kelamaan akan natural, momentumnya saat pandemi ini," kata Yuswohady.

Kala krisis multidimensi melanda dunia dan kondisi tatanan normal baru yang kian tidak rasional mengharuskan masyarakat untuk melakukan usaha ekstra untuk bertahan. Saling bahu-membahu dalam kehidupan sosial adalah keniscayaan. Indonesiadermawan.id hadir sebagai situs penggalangan dana untuk menjalankan berbagai program kemanusiaan dengan sedekah dari tiap individu yang kemudian berkembang menjadi ikhtiar nasional. Melalui www.indonesiadermawan.id, masyarakat dapat menyebarkan nilai dan membagikan manfaat semangat ke semua kalangan. Tanpa memandang agama, suku, ras, dan warna kulit.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Digratiskan Mulai 1 Juli, Kemenhub Pantau Bagan Pemisah Alur Laut di Selat Sunda

Posted: 26 Jun 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut meninjau kesiapan penetapan Bagan Pemisah Alur Laut atau Traffic Separation Schemes (TSS) di Selat Sunda. Ketetapan itu akan mulai diberlakukan pada 1 Juli 2020, dimana kapal yang melintasi perairan tersebut tidak akan dikenai biaya alias gratis.

Dalam pelaksanaan apel kesiapan dan simulasi patroli penegakan hukum traffic separation scheme tersebut, hadir Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Agus H Purnomo, beserta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang memberi sambutan lewat sambungan video.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam sambutannya mengatakan, Indonesia merupakan negara kepulauan pertama di dunia yang akan memiliki Bagan Pemisah Alur Laut atau TSS di Selat Sunda dan Selat Lombok.

"Dengan ketetapan tersebut, maka pelayaran dan lingkungan maritim di selat Sunda dan Selat Lombok bisa terjaga dengan baik. Dan bisa mendukung cita-cita Indonesia sebagai poros maritim," kata dia di Dermaga VII Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (27/6/2020).

Adapun kegiatan simulasi patroli tersebut merupakan akhir dari rangkaian persiapan intensif yang dilakukan dari 23-27 Juni 2020, dalam rangka persiapan implementasi TSS Selat Sunda dan Selat Lombok yang akan diberlakukan 1 Juli 2020.

Penetapan tersebut diadopsi oleh International Maritime Organization (IMO) melalui ketentuan IMO Circular Nomor COLREG.2/Circ.337 perihal Routeing Measures other than Traffic Separation Schemes, serta berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 5 Tahun 2010 tentang Kenavigasian.

Berkaitan dengan itu, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah menyusun suatu panduan bagi kapal-kapal yang akan melintas, baik itu yang hanya melakukan lintas transit maupun yang akan menuju pelabuhan-pelabuhan yang ada di Indonesia dengan menetapkan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 130 Tahun 2020 tentang Penetapan Sistem Rute di Selat Sunda.

Jalur Transportasi

Pemandangan pantai Tanjung Lesung setelah tsunami menerjang daratan, Senin (24/24). Sebanyak 20 hotel rusak ringan dan berat akibat tsunami Tanjung Lesung. (AP Photo/Achmad Ibrahim)
Pemandangan pantai Tanjung Lesung setelah tsunami menerjang daratan, Senin (24/24). Sebanyak 20 hotel rusak ringan dan berat akibat tsunami Tanjung Lesung. (AP Photo/Achmad Ibrahim)

Saat ini, jalur transportasi laut bagi kapal-kapal niaga di wilayah Asia Timur selain melalui Selat Malaka yakni melalui Selat Sunda dan Selat Lombok.

Ketiga zelat tersebut merupakan jalur transportasi yang sangat vital dan strategis bagi pelayaran internasional, khususnya bagi negara-negara Asia Timur seperti China dan Jepang. Bilamana terjadi hambatan pelayaran di kawasan Selat Malaka, maka jalur alternatifnya melalui Selat Sunda dan Selat Lombok.

Di sisi lain, Selat Sunda dan Selat Lombok merupakan bagian dari Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI), yang menghubungkan perairan Samudera Hindia melewati Perairan Indonesia.

Penetapan ALKI merupakan konsekuensi Indonesia sebagai Negara Kepulauan setelah Pemerintah Indonesia meratifikasi Hukum Laut Internasional UNCLOS 1982 melalui Undang-Undang RI Nomor 17 Tahun 1985 tentang Pengesahan Negara Kepulauan (Archipelago State) oleh Konvensi PBB.

Sementara itu, Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub Agus Purnomo mengatakan, dengan perjuangan yang telah ditunjukan di kancah internasional dalam penetapan TSS, pemerintah yakin bahwa Indonesia telah siap mengawal pelaksanaan TSS di Selat Sunda dan Selat Lombok.

"Kita dukung bagaimana Selat Sunda (dan Selat Lombok) ini bisa dilalui kapal-kapal internasional dengan aman dan nyaman. Kita tunjukan pada dunia, bahwa kita layak dan bisa melakukan itu," seru Agus.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pekerja Keras, 8 Artis Muda Ini Miliki Rumah Bernilai Miliaran Rupiah

Posted: 26 Jun 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menjadi seorang artis tentu saja bukan hal yang mudah. Mereka pun dituntut untuk memiliki bakat agar bisa bersaing di industri hiburan Tanah Air. Persaingan di dunia entertain juga cukup ketat.

Meski begitu, faktor usia pun tak mempengaruhi kesuksesan para artis. Pasalnya, tak sedikit pula artis dengan usia muda mampu meraih kesuksesan. 

Tentu saja, kesuksesan yang diraih tersebut berkat kerja keras yang ditekuni dalam berkarier. Mulai dari akting, bernyanyi, ataupun model.

Salah satu bentuk kesuksesan para artis muda ini ialah dengan memiliki rumah bernilai miliaran rupiah. Hal ini pun menjadi sebuah kebanggan tersendiri. Pasalnya tak mudah untuk membangun sebuah rumah impian di usia yang terbilang cukup muda, yaitu awal 20-an.

Penasaran siapa saja para artis muda Tanah Air yang telah memiliki rumah sendiri? Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa artis muda di usia 20-an yang telah memiliki rumah bernilai miliaran rupiah, Sabtu (27/6/2020).

1. Penyanyi jebolan Indonesia Idol, Brisia Jodie pun diketahui telah memiliki rumah sendiri di usia 23 tahun. Rumah minimalis yang ia miliki pun ditaksir berharga Rp 1,8 miliar.

(Instagram/brisiajodie96)
(Instagram/brisiajodie96)

2. Masih dari penyanyi muda, Fatin Shidqia Lubis juga diketahui telah memiliki rumah sendiri di usia ke-23 dengan harga sekitar Rp 2 miliar.

(Instagram/fatin30)
(Instagram/fatin30)

3. Aktris muda Natasha Wilona membeli sebuah rumah impian dengan harga Rp 3 miliar berkat kerja kerasnya.

(Instagram/natashawilona12)
(Instagram/natashawilona12)

4. Verrel Bramasta yang sempat menginginkan nikah muda juga diketahui memiliki sebuah rumah impian yang dibangun pada usia 23 tahun seharga Rp 3 miliar.

Aktor Verrell Bramasta berpose saat difoto di rumah barunya di kawasan Ciganjur, Jakarta, Senin (22/05). Verrel juga menggelar acara pengajian dengan memberikan bingkisan kecil-kecilan kepada tamu yang hadir. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Aktor Verrell Bramasta berpose saat difoto di rumah barunya di kawasan Ciganjur, Jakarta, Senin (22/05). Verrel juga menggelar acara pengajian dengan memberikan bingkisan kecil-kecilan kepada tamu yang hadir. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

5. Prilly Latuconsina baru-baru ini menempati rumah impiannya dengan konsep minimalis ala Amerika. Rumah yang dibangun berkat kerja kerasnya ditaksir bernilai Rp 5 miliar.

Prilly Latuconsina kini sudah mencapai puncak kesuksesannya dalam berkarier. Namun meski kini usianya masih terbilang muda, tak jarang ia mendapat pertanyaan tentang pasangan hidup. Lalu bagaimana tanggapan Prilly? (Instagram/prillylatuconsina96)
Prilly Latuconsina kini sudah mencapai puncak kesuksesannya dalam berkarier. Namun meski kini usianya masih terbilang muda, tak jarang ia mendapat pertanyaan tentang pasangan hidup. Lalu bagaimana tanggapan Prilly? (Instagram/prillylatuconsina96)

6. Aktris sekaligus YouTuber Ria Ricis juga diketahui memiliki rumah yang dibangun berkat kerja kerasnya. Rumah tersebut pun ditaksir bernilai Rp 10 Miliar.

(Nurwahyunan/Fimela.com)
(Nurwahyunan/Fimela.com)

7. Aktris muda Nikita Willy memang telah lama malang melintang di dunia akting. Ia pun diketahui memiliki sebuah rumah impian bernilai Rp 10 miliar.

Nikita Willy. (Foto: Instagram @nikitawillyofficial94)
Nikita Willy. (Foto: Instagram @nikitawillyofficial94)

8. YouTuber Atta Halilintar diketahui memiliki sebuah rumah mewah dengan nilai cukup fantastis. Rumah tersebut ditaksir memiliki harga Rp 25 miliar.

Atta Halilintar. (Foto: Instagram @attahalilintar)
Atta Halilintar. (Foto: Instagram @attahalilintar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Secuil Cerita Keji di Balik Bendera Setengah Tiang Peringati Peristiwa Mandor di Kalbar

Posted: 26 Jun 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Pontianak - Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengimbau kepada masyarakat untuk mengibarkan bendera setengah tiang pada hari Minggu (28/6/2020) besok untuk memperingati hari berkabung daerah (HBD) atau yang dikenal dengan Peristiwa Mandor di masa penjajahan Jepang.

"Hal itu sebagai bentuk penghormatan dan memberikan penghargaan terhadap pengorbanan serta melestarikan nilai-nilai perjuangan para tokoh dan rakyat Kalimantan Barat pada masa pendudukan fasisme Jepang," kata Edi Rusdi Kamtono di Pontianak, Sabtu (27/6/2020).

Sebagaimana yang tertuang dalam Surat Edaran Wali Kota Pontianak Nomor 460/37/Umum/2020 tentang Hari Berkabung Daerah, pengibaran bendera setengah tiang mulai pukul 06.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB.

"Hari Berkabung Daerah juga telah ditetapkan dalam Peraturan Daerah Nomor 5 tahun 2007 tentang Peristiwa Mandor pada 28 Juni sebagai Hari Berkabung Daerah Provinsi Kalbar," katanya.

Pada 76 tahun silam atau bertepatan tanggal 28 Juni 1944, terjadi peristiwa Mandor yang memakan banyak korban berasal dari berbagai kalangan masyarakat Kalbar akibat keganasan penjajahan Jepang kala itu.

"Kita turut prihatin dengan peristiwa tersebut. Oleh sebab itu, mari kita bersama-sama mengibarkan bendera setengah tiang sebagai bentuk penghormatan kepada para korban Peristiwa Mandor," katanya, dilansir Antara.

Menurut catatan sejarah, tahun 1942-1944 pendudukan Jepang di Kalbar, telah terjadi peristiwa pembunuhan besar-besaran secara keji dan kejam oleh tentara Jepang terhadap tokoh-tokoh masyarakat, pemuka masyarakat, kaum cendekiawan dan para pejuang yang tidak berdosa, atau tepatnya pada tanggal 28 Rokugatsu 2604 atau tanggal 28 Juni 1944.

Berdasarkan data surat kabar Jepang yang terbit di Pontianak Borneo Shinbun terbitan hari Sabtu tanggal 1 Sigatsu 2604 atau tanggal 1 Juli 1944, disebutkan sebanyak 21.037 jiwa korban pembunuhan massal yang dikuburkan di 10 makam Juang Mandor yang kini berada di Kabupaten Landak, Kalbar.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara 6 Selebritas Dunia Turunkan Berat Badan yang Bisa Jadi Inspirasi

Posted: 26 Jun 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Robbie Williams jauh lebih segar daripada hari-hari sebelumnya. Ia bukan hanya berhenti minum dan mengonsumsi obat-obatan yang membuatnya langsing.

Penyanyi 46 tahun ini hanya makan satu kali sehari saat menjalani diet. Ia hanya makan malam dan tak mengonsumsi gula.

Ayah tiga anak ingin mengungkapkan bahwa banyak orang yang menganggapnya ia puasa, padahal tidak. Meski begitu, ia tetap sangat produktif dalam menjalani aktivitasnya.

"Aku punya banyak pekerjaan dan aku bangun di siang hari. Lalu, aku akan makan jam lima sore dan aku merasa kenyang," kata Robbie, seperti kutip dari The Sun, Kamis, 25 Juni 2020.

Berikut sejumlah diet selebritas papan atas dunia dalam menurunkan berat badan. Siapa saja mereka?

Robbie Williams - Makan Sekali Sehari

Robbie Williams makan sekali sehari untuk menurunkan berat badannya (Dok.Instagram/@robbiewilliams)
Robbie Williams makan sekali sehari untuk menurunkan berat badannya (Dok.Instagram/@robbiewilliams)

Menurut ahli nutrisi, Amanda Ursell, makan sehari sekali tentu makan besar. Jika itu Robbie hanya makan sekali selama enam hari dari tujuh hari, tentu akan mempertahankan berat badannya saat ini.

Ellie Goulding - Puasa 40 Jam

Puasa 40 Jam, Cara Ekstrem Ellie Goulding Pertahankan Berat Badan. (dok.Instagram @elliegoulding/https://www.instagram.com/p/B_iVEM5jxNr/Henry)
Puasa 40 Jam, Cara Ekstrem Ellie Goulding Pertahankan Berat Badan. (dok.Instagram @elliegoulding/https://www.instagram.com/p/B_iVEM5jxNr/Henry)

Ia kadang-kadang pergi dua hari tanpa makanan dan membatasi diri mengonsumsi teh, kopi, dan air dengan elektrolit tambahan.

Amanda mengatakan kehilangan dua hari nutrisi dengan mengikuti puasa 40 jam sangat berat karena tubuh membutuhkan vitamin dan mineral lainnya. "Ini terasa seperti cara ekstrem menjaga kebugaran tubuh. Saya akan menghindari ini," katanya.

Simon Cowell - Tidak Makan Daging Mentah

Simon Cowell (Instagram/@simoncowell)
Simon Cowell (Instagram/@simoncowell)

Pinggangnya lebih ramping dengan tak mengonsumsi daging mentah, gula, dan memilih bir ringan. Amanda mengatakan bahwa jika langkah diet ini dilakukan dengan perbaikan gaya hidup secara keseluruhan, cara bisa membantu menurunkan berat badan.

"Mengurangi daging merah akan mengurangi kadar zat besi, tetapi Anda dapat menebusnya mineral vital ini dengan gandum, sayuran berdaun hijau, telur, aprikot kering, dan kacang-kacangan," kata Amanda.

Kim Kardashian - Pola Makan Nabati

Kim Kardashian (Dimitrios Kambouris / AFP)
Kim Kardashian (Dimitrios Kambouris / AFP)

Kim tetap mengonsumsi makanan yang berasal dari sumber nabati, serta melakukan latihan intensitas tinggi.

Amanda mengatakan pola makan nabati sangat bergizi jika dilakukan secara seimbang. Pastikan Anda memiliki cukup protein jika melakukan latihan rutin, dan sertakan protein nabati seperti kacang-kacangan dan tahu.

 

Gwyneth Paltrow - Diet Ketogenik

Gwyneth Paltrow mengungkapkan fakta mengejutkan saat pernah berkencan dengan Ben Affleck (AP Photo)
w

Aktris berusia 47 tahun ini mengikuti diet "keto", yang memungkinkan hanya mengonsumsi 50 gram karbohidrat sehari (idealnya di bawah 20 g), tetapi tidak ada pembatasan asupan lemak.

Amanda mengatakan: "Diet ekstrem ini telah memperlihatkan hasil positif ketika dilakukan di bawah pengawasan ahli gizi. Selebritas menggunakan cara ini ntuk menurunkan berat badan dengan cepat."

Adele - Diet Sirtfood

Adele menjalani sirtfood diet agar tubuhnya tetap langsing dan sehat (Dok.Instagram/@adele/https://www.instagram.com/p/B4A3cg4ASSV/Komarudin)
Adele menjalani sirtfood diet agar tubuhnya tetap langsing dan sehat (Dok.Instagram/@adele/https://www.instagram.com/p/B4A3cg4ASSV/Komarudin)

Adele menjalani sirtfood fiet, diet berbasis tanaman, tetapi memungkinkan ia masih mengonsumsi cokelat hitam dan anggur merah.

"Makanan yang direkomendasikan pada Sirtfood Diet dikatakan untuk menstimulasi protein dalam tubuh kita yang dikenal sebagai sirtulin," jelas Amanda.

Ia menyarankan rencanakan makanan sehat, makanan bergizi, sehingga akan membantu menurunkan berat badan dan merasa sehat.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tingkatkan Utilisasi Gas Bumi Industri Baja, PGN dan PT Krakatau Stell Teken Perjanjian Jual Beli Gas

Posted: 26 Jun 2020 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) dan PT Krakatau Steel sepakat menandatangani Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG). Hal ini dilakukan dalam rangka sinergi BUMN mewujudkan sinergi BUMN dalam mendukung kemajuan industri dalam negeri, serta implementasi Kepmen ESDM 89K/2020

Penandatangan dilakukan oleh Direktur Komersial PGN Faris Aziz dan Direktur Utama PT Krakatau Steel Silmy Karim disaksikan oleh Direktur Utama PGN, Suko Hartono, Jumat (26/06/2020). Berdasarkan perjanjian ini, PT Krakatau Steel menyerap gas bumi dari PGN sebesar 300.000 - 450.000 per bulan atau setara dengan 10-15 BBTUD untuk Kawasan Industri Krakatau Industrial Estate Cilegon (KIEC), Banten.

Direktur Komersial PGN Faris Aziz mengungkapkan bahwa perjanjian ini juga bagian dari realisasi implementasi Kepmen ESDM 89K/2020. PT Krakatau Steel bergerak di sektor produksi dan pengelolaan baja, sehingga mendapatkan manfaat dari harga gas yang khusus berdasarkan Kepmen ESDM tersebut. Fariz berharap, manfaat dari Kepmen ESDM 89K/2020 dapat menunjang kegiatan bisnis dan meningkatkan daya saing PT Krakatau Steel.

"PGN sangat berharap, PT Krakatau Steel dapat memaksimalkan volume pemakaian gas pada kegiatan bisnisnya sesuai kontrak yang telah disepakati.  Dengan menggunakan gas bumi, PT Krakatau Steel akan mendapatkan nilai lebih dari pemakaian energi yang efisien. Menurut saya, sejalan dengan visi dan misi PT Krakatau Steel sebagai perusahaan baya terkemuka yang menyediakan produk baja bermutu untuk kemakmuran bangsa," ujar Faris, (26/06/2020).

 

Berlaku Sampai Desember 2024

Penandatangan kerja sama dilakukan oleh Direktur Komersial PGN Faris Aziz dan Direktur Utama PT Krakatau Steel Silmy Karim dan disaksikan oleh Direktur Utama PGN, Suko Hartono, Jumat (26/06/2020).
Penandatangan kerja sama dilakukan oleh Direktur Komersial PGN Faris Aziz dan Direktur Utama PT Krakatau Steel Silmy Karim dan disaksikan oleh Direktur Utama PGN, Suko Hartono, Jumat (26/06/2020).

Faris mengatakan bahwa sesuai kesepakatan, perjanjian ini berlaku efektif sejak tanggal penandatanganan sampai dengan 31 Desember 2024.

"Ada hal yang menjadi perhatian bahwa pemakaian bisa berbeda tiap bulannya atau ketika di luar kontrak minimum atau maksimum. Maka disepakati penggunaan formulasi-formulasi pembayaran yang disesuaikan dengan pemakaian gasnya," lanjut Faris.

PGN sampai saat ini berkomitmen dalam melayani kebutuhan pelanggan logam termasuk baja. Sebagai bagian dari industri strategis nasional, secara keseluruhan jumlah pelanggan PGN di sektor industri logam sekitar 460 pelanggan, dengan volume total penyaluran gas sekitar 67 BBTUD. Persebaran pelanggan di sektor logam ini ada di 9 area yaitu Jakarta, Tangerang, Bekasi, Karawang, Bogor, Cilegon, Surabaya, Sidoarjo, Medan.

PGN Siap Pasok Gas ke Berbagai Sektor Industri

Doc. PT Perusahaan Gas Negara Tbk.
Doc. PT Perusahaan Gas Negara Tbk.

PT Krakatau Steel termasuk sebagai produsen baja terbesar di Indonesia dan menjadi pemain penting di Kawasan Asia Tenggara. Kiprah perusahaan yang berpusat di Cilegon ini, telah berkontribusi besar pada proyek-proyek pembangunan strategis nasional dan swasta di berbagai wilayah. Kesempatan ini menjadi peluang penting bagi PGN sebagai Subholding gas dalam memperkuat layanan gas bumi pada sektor industri baja.

Faris mengungkapkan, PGN sesungguhnya telah memasok kebutuhan gas bumi pada sektor industri baja yang tergolong ke dalam tujuh pemakai gas bumi terbesar. Sebelumnya, PGN juga pernah kerja sama dengan PT Krakatau Steel untuk alokasi gas di PT Krakatau Daya Listrik (PT KDL). Kemudian, kerja sama dapat dilaksanakan kembali. Faris juga berharap, potensi lainnya dapat semakin berkembang untuk pertumbuhan sektor industri baja di Indonesia.

"Pada prinsipnya, PGN membuka kesempatan yang besar bagi semua sektor industri untuk menggunakan gas bumi. Mengingat benefitnya dapat meningkatkan kemajuan industri dalam negeri berkat pemanfaatan energi yang efisien, serta menjadi bentuk dukungan nyata dari PGN terhadap perekonomian nasional. PT Krakatau Steel dan industri baja yang lain menjadi salah satu prioritas pemerintah untuk didorong produktivitasnya. Jadi kami rasa, PGN juga harus mendukungnya," tutup Fariz.

PGN sebagai Subholding gas, berkomitmen menjadikan industri sebagai salah satu bagian dari program utama PGN. Dari segi volume, memang segmen industri memiliki porsi penyaluran gas bumi paling besar. Namun hal itu sepadan dengan peran industri yang memiliki kontribusi besar terhadap perekonomian negara. Oleh karena itu, PGN terus termotivasi melakukan pengambangan infratruktur dan meningkatkan kualitas layanan gas bumi agar menjamin pemenuhan kebutuhan gas bumi sebagai energi baik demi pertumbuhan perekonomian nasional.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Lazio Vs Fiorentina: Terus Tempel Juventus

Posted: 26 Jun 2020 09:20 PM PDT

Jakarta Lazio wajib menang saat menghadapi Fiorentina pada laga lanjutan Serie A 2019-2020 di Stadio Olimpico, Roma, Minggu (28/6/2020) dini hari WIB.

Lazio harus melakukan itu karena saat ini terus tertinggal dari Juventus yang saat ini berada di posisi teratas klasemen. Lazio sudah tertinggal tujuh poin dari Juventus yang menang 4-0 atas Lecce dini hari tadi.

Pasukan Simone Inzaghi bersemangat menyambut laga pertama mereka di Olimpico setelah sejak Februari. Olimpico merupakan tempat yang angker, di mana Lazio belum merasakan kekalahan selama musim 2019-20.

Sementara itu, Fiorentina bermain imbang untuk ketiga kali secara berturut-turut setelah kembalinya Serie A.

Lazio sedang on fire. Bukan hanya Immobile, lini depan Lazio juga memiliki Felipe Caicedo. Penyerang asal Ekuador itu yang sudah mencetak 8 gol untuk tim asuhan Simone Inzaghi.

Jika ditotal, keduanya sudah mencetak 35 gol untuk Biancocelesti. Ketajaman Immobile dan Caicedo mampu membuat Lazio membayangi Juventus di puncak klasemen.

 

Prediksi Susunan Pemain

Striker Lazio Ciro Immobile merayakan golnya ke gawang Genoa dalam lanjutan Liga Italia di Stadio Comunale, Italia, Minggu (23/2/2020). Lazio menang 3-2. (Tano Pecoraro / Lapresse via AP)
Striker Lazio Ciro Immobile merayakan golnya ke gawang Genoa dalam lanjutan Liga Italia di Stadio Comunale, Italia, Minggu (23/2/2020). Lazio menang 3-2. (Tano Pecoraro / Lapresse via AP)

Lazio (3-5-2): Strakosha; Patric, Acerbi, Bastos; Lazzarri, Milinkovic-Savic, Parolo, Alberto, Jordan Lukaku; Immobile, Caicedo

Pelatih: Simone Inzaghi

Fiorentina: Lirola, Milenkovic, Pezzella, Dalbert; Duncan, Pulgar, Castrovilli; Ghezzal, Vlahovic, Ribery

Pelatih: Diego Lopez

Data dan Fakta

Striker Juventus Paulo Dybala dikepung pemain Lazio pada laga Serie A di Stadio Olimpico, Sabtu (7/12/2019) atau Minggu dini hari WIB. (Alberto Pizzoli)
Striker Juventus Paulo Dybala dikepung pemain Lazio pada laga Serie A di Stadio Olimpico, Sabtu (7/12/2019) atau Minggu dini hari WIB. (Alberto Pizzoli)

5 pertandingan terakhir Lazio di Serie A

Atalanta Vs Lazio 3-2

Lazio Vs Bologna 2-0

Genoa Vs Lazio 2-3

Lazio Vs Inter Milan 2-1

Parma Vs Lazio 0-1

 

5 pertandingan terakhir Fiorentina di Serie A

Fiorentina Vs Brescia 1-1

Udinese Vs Fiorentina 0-0

Fiorentina Vs AC Milan 1-1

Sampdoria Vs Fiorentina 1-5

Fiorentina Vs Atalanta 1-2

Disadur dari Bola.com (Wiwig Prayugi,published 27/6/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pakar Kesehatan Masyarakat Unair Dorong Sanksi Tegas untuk Disiplin Protokol Kesehatan

Posted: 26 Jun 2020 09:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pakar Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga Dr Windhu Purnomo menilai, perlu penerapan sanksi tegas sehingga masyarakat dapat meningkatkan kedisiplinan menjalankan protokol kesehatan. Hal ini untuk menekan kasus positif Corona COVID-19 di Jawa Timur.

Apalagi Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta jajarannya untuk menekan penyebaran COVID-19 dalam dua minggu di Jawa Timur (Jatim).

"Menurut saya yang dikerjakan oleh pemerintah untuk meningkatkan kepatuhan warga. Ada tantangan dua minggu harus turun. Harus secara membuat aturan dengan punishment," ujar Windhu saat dihubungi Liputan6.com, ditulis Sabtu (27/6/2020).

Ia menuturkan, bisa saja menggunakan peraturan gubernur, peraturan wali kota dan peraturan bupati yang sudah ada tetapi diamendemen dengan menambahkan sanksi tegas. Misalkan ada penerapan denda sehingga membuat warga berpikir ulang untuk melanggar protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun.

"Di dalam aturan bisa amendemen dengan tambahan punishment sanksi tegas. Itu saja dijalankan sehingga dapat dapat memenuhi target yang diberikan pak Jokowi," ujar dia.

Windhu menuturkan, tingkat kepatuhan masyarakat menerapkan protokol kesehatan rendah. Hal itu ditunjukkan dalam survei yang dilakukan Ikatan Alumni Sarjana Kesehatan Masyarakat (IKA-FKM Unair) dan Perhimpunan Sarjana dan Profesional Kesehatan Masyarakat Indonesia (Persakmi) kepada sekitar 3.800 responden yang dilakukan pada 30 Mei 2020.

"Jelang PSBB tahap dua berakhir, evaluasi PSBB tahap dua ke tahap tiga disampaikan berdasarkan survei 30 Mei yang dilakukan IKA FKM Unair dan Persaksmi, tingkat kepatuhan masyarakat memakai masker rendah," kata dia.

Ia menambahkan, pasien positif Corona COVID-19 di Jawa Timur mencapai 10.901 orang hingga 26 Juni 2020 juga menunjukkan penularan COVID-19 masih terjadi di tengah masyarakat. Oleh karena itu, ia mengingatkan ada sanksi tegas agar masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Punishment dilakukan untuk disiplinkan agar masyarakat patuh," kata dia.

 

 

Testing Harus Terus Dilakukan

Ilustrasi coronavirus, virus corona, koronavirus, Covid-19. Kredit: Fernando Zhiminaicela via Pixabay
Ilustrasi coronavirus, virus corona, koronavirus, Covid-19. Kredit: Fernando Zhiminaicela via Pixabay

Selain itu, Windhu juga mengharapkan testing atau tes COVID-19 dapat terus dilakukan sehingga dapat menemukan kasus positif COVID-19 di bawah permukaan.

Di satu sisi, Windhu juga mengingatkan untuk meningkatkan kapasitas rumah sakit (RS). Ia berharap ada salah satu rumah sakit di Surabaya, Jawa Timur yang khusus menangani COVID-19. "Pemkot ada dua rumah sakit, saya berharap salah satu rumah sakit COVID-19 sehingga meningkatkan kapasitas, dan tidak over capacity," ujar dia.

Meningkatkan kapasitas rumah sakit untuk menekan kasus pasien meninggal karena Corona COVID-19. Windhu menuturkan, angka kematian karena Corona COVID-19 di Jawa Timur tinggi mencapai angka 7,3 persen. Sedangkan secara nasional 5,2 persen. Angka kematian tinggi karena Corona COVID-19 di Jawa Timur , menurut Windhu didorong rumah sakit sudah kelebihan kapasitas. "Karena penularan dari hulu lari ke hilir," ujar dia.

"Angka kematian 7,3 persen di Jawa Timur. Dari 100 terkonfirmasi positif, tujuh orang meninggal. Secara nasional 5,2 persen. Itu lebih tinggi dua persen. Hal itu tidak boleh. Setidaknya lebih rendah atau sama," ia menambahkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: