Sabtu, 20 Juni 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Perkuat Ketahanan Pangan di Kediri, BRI Dukung Peternak Sapi Perah dengan KUR dan CSR BRI Peduli

Posted: 20 Jun 2020 10:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta BRI terus memperkuat program ketahanan pangan bagi para pelaku usaha UMKM di Indonesia. Setelah sebelumnya BRI melakukan penetrasi program tersebut kepada kelompok petani  jeruk di Malang, kali ini BRI mengunjungi peternak sapi perah di Desa Medowo, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri.

Kunjungan tersebut dilakukan secara langsung oleh Direktur Bisnis Mikro Supari ke desa yang terletak di bawah gunung Arjuno, Jawa Timur ini untuk mendengar aspirasi dan memberikan dukungan kepada para peternak untuk tetap konsisten dalam mempertahankan kualitas susu perah asli Kediri tersebut. 

"Di sini kami mengunjungi 691 peternak sapi perah dengan pemilikan sapi sebanyak 2.200 ekor sapi perah. Susu perah merupakan salah satu hasil unggulan yang juga ikut menopang perekonomian masyarakat Kediri, " ungkap Supari. 

Setiap harinya para peternak mampu menghasilkan 20.000 liter susu dengan omzet sebesar Rp 112 juta per hari. Pengelolaan susu sapi hingga sampai ke pasar ikut dibantu oleh keberadaan koperasi Kerta Jaya, yang memiliki peran penting dalam mengumpulkan susu dari peternak, mengangkut susu, menyediakan pakan, bibit dan obat-obatan bagi sapi serta berperan untuk merekomendasikan peternak anggotanya saat membutuhkan tambahan modal ke Bank BRI. 

"Geliat bisnis peternakan sapi perah di klaster ini tak bisa dipisahkan dari peran BRI di dalamnya. Sampai dengan Mei 2020, Bank BRI telah menyalurkan kredit kepada 127 orang peternak susu dengan outstanding yang mencapai Rp 2,83 Milyar,"imbuh Supari. 

Di klaster sapi perah ini, supari kembali menyalurkan CSR BRI Peduli berupa bantuan genset listrik dan cold storage yang dapat dimanfaatkan oleh para peternak untuk menjaga kualitas susu sapi agar tetap terjaga. 

"Kunjungan BRI kepada klaster jeruk dan sapi ini, untuk menunjukkan kehadiran dan dukungan BRI terhadap ketahanan pangan di republik ini. BRI berkomitmen untuk terus mendukung para petani dan peternak dengan berbagai macam produk perbankan unggulan, " tutupnya. 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Penyebab Napas Mulut Bau Busuk yang Sering Diabaikan

Posted: 20 Jun 2020 10:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Napas mulut yang berbau busuk disebut dengan istilah halitosis. Kondisi ini biasanya disebabkan adanya sisa makanan dan bakteri dalam mulut. Namun, sebenarnya masih ada banyak penyebab napas mulut bau busuk yang sering diabaikan.

Memang benar, sisa makanan yang berada dalam mulut terlalu lama akan dihancurkan bakteri dan menyebabkan bau mulut. Bahkan, 80 persen bau busuk mulut juga biasanya disebabkan karena masalah kesehatan gigi dan mulut. Kondisi ini harus lebih diwaspadai, jika sebenarnya penyebab napas mulut bau busuk bukan disebabkan masalah dalam mulut.

Salah satu penyebab napas mulut bau busuk yang bukan disebabkan masalah dalam mulut adalah kenaikan asam lambung. Asam lambung yang naik ke kerongkongan akan membuat napas menjadi berbau busuk. Kondisi ini menandakan, masalah pada organ dalam manusia bisa menjadi penyebab napas mulut bau busuk.

Berikut Liputan6.com ulas penyebab napas mulut bau busuk dari berbagai sumber, Minggu (21/6/2020).

Diabetes dan Gagal Ginjal

Ilustrasi Gagal Ginjal
Ilustrasi Gagal Ginjal

Diabetes

Penyebab napas mulut bau busuk bisa karena diabetes. Hal ini disebabkan karena adanya produksi insulin yang tidak seimbang. Kondisi ini akan mengarahkan tubuh membakar lemak yang disebut ketoasidosis. Ketoasidosis termasuk jenis komplikasi akut Diabetes Melitus. Komplikasi akut karena kadar glukosa darah sangat tinggi.

Kondisinya juga akan semakin diperparah jika terjadi pada penderita darah rendah. Sebab, kadar insulin pada darah rendah akan semakin memicu kadar glukosa darah menjadi tinggi. Ketoasidosis bisa terjadi kapan saja terutama pada penderita Diabetes Melitus tipe 1.

Peningkatan keton (produk dari metabolisme lemak) akan terjadi. Tubuh juga akan mengeluarkannya melalui urin dan paru-paru. Kondisi inilah yang juga akan menjadi penyebab bau mulut karena napas bau busuk seperti aseton (dimetil keton).

Gagal Ginjal

Gagal ginjal termasuk salah satu penyebab napas mulut bau busuk. Beberapa peneliti juga berspekulasi adanya perubahan metabolisme. Perubahan inilah yang nantinya dapat menyebabkan mulut kering, kurangnya air liur, dan menurunnya indra pengecap. Gagal ginjal akan menjadi penyebab halitosis/bau mulut karena air liur gagal membersihkan mulut. Beberapa penyakit penyebab gagal ginjal adalah diabetes, tekanan darah tinggi, dan asam urat.

Kanker dan Alergi

Ilustrasi Kanker Paru | iStockphoto
Ilustrasi Kanker Paru | iStockphoto

Kanker

Kanker bisa menjadi salah satu penyebab napas mulut bau busuk. Bau napas juga dapat menandakan adanya kanker pada tahap awal. Cleveland Clinic sudah menguji perangkat untuk mendeteksi kanker paru dari 80% pasien, hanya dari tes napas.

Selain itu, kemoterapi dan terapi radiasi juga menyebabkan mulut menjadi kering. Hal ini juga dapat memengaruhi produksi air liur. Aliran air liur yang tidak normal akan membuat bakteri meningkatkan pelepasan gas sulfur. Pelepasan gas inilah yang kemudian membuat napas mulut bau busuk.

Alergi

Alergi termasuk salah satu penyebab napas mulut bau busuk. Napas yang bau menjadi salah satu pertanda alergi selain tenggorokan gatal, hidung tersumbat, dan mata berair. Kondisi ini biasanya disebabkan lendir dan ingus. Keduanya akan membuat kuman jahat berkembang menjadi penyebab bau mulut.

Selain itu, mulut kering juga bisa menjadi salah satu penyebabnya ketika sedang alergi. Salah satu solusinya, cobalah untuk menghilangkan ingus. Termasuk menjaga kebersihan dan kesegaran mulut. Sebab, hal ini dapat membantu seseorang terbebas dari alergi dan bau mulut.

Candida Albicans dan Sindrom Sjogren

Ilustrasi Tindik Lidah
Ilustrasi Tindik Lidah

Candida Albicans

Candida albicans juga termasuk penyebab napas mulut bau busuk. Jamur ini akan menjadi semakin berkembang dalam mulut bagi mereka yang memiliki tindik di lidah. Termasuk bagi yang menggunakan gigi palsu atau kawat gigi.

Kondisi ini ditandai dengan:

- Bercak putih atau kuning di lidah, bibir, gusi, langit-langit mulut, dan pipi bagian dalam

- Kemerahan di mulut dan tenggorokan

- Kulit pecah-pecah di sudut mulut

- Rasa nyeri saat menelan

Sindrom Sjogren

Sindrom sjogren merupakan kondisi ketika sistem kekebalan tubuh justru melakukan penyerangan pada kelenjar penghasil cairan. Kelenjar ini meliputi kelenjar air liur atau air mata (autoimun). Kondisi seperti ini akan membuat mulut menjadi kering dan memicu bau mulut yang busuk.

Sindrom sjogren dibagi menjadi dua kelompok, yaitu primer dan sekunder. Sindrom primer terjadi muncul pada penderita tanpa diawali kemunculan penyakit autoimun. Sindrom sekunder muncul pada penderita yang mengalami penyakit lupus, skleroderma, atau rheumatoid arthritis.

Refluks Asam Lambung dan Helicobacter Pylori

Ilustrasi Sendawa | youtube.com
Ilustrasi Sendawa | youtube.com

Refluks Asam Lambung

Refluks asam lambung adalah salah satu penyebab napas mulut bau busuk. Kondisi ini akan membuat rasa seperti terbakar dada semakin bertambah parah setelah makan/berbaring.

Penderita biasanya akan sering bersendawa, mual dan muntah, serta maag dan sesak napas. Penderita juga akan menyebabkan mulut terasa lebih asam. Rasa asam ini biasanya ditimbulkan oleh asam lambung yang naik ke kerongkongan. Hingga menyebabkan halitosis.

Helicobacter Pylori

Helicobacter pylori termasuk salah satu penyebab napas mulut bau busuk. Sebab, bakteri ini dapat hidup dalam asam, sehingga asam lambung tidak efektif membunuhnya. Infeksi Helicobacter pylori memang tidak menimbulkan gejala. Namun, jika terjadi terus menerus akan menyebabkan gastritis dan tukak lambung.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming SCTV Sinetron Ganteng Ganteng Serigala Episode Minggu, 21 Juni 2020

Posted: 20 Jun 2020 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setiap Sabtu-Minggu, Ganteng Ganteng Serigala ditayangkan mulai pukul 1330 WIB.

Sinetron Ganteng Ganteng Serigala dibintang Jessica Mila, Kevin Julio dan pesinetron top lainnya.

Pastikan Anda menyaksikan episode Ganteng Ganteng Serigala via live streaming dengan klik di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Satpol PP Adu Mulut Dengan PKL Warnai CFD Perdana Jakarta

Posted: 20 Jun 2020 10:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Warga Jakarta mulai kembali menikmati car free day (CFD) di sejumlah ruas jalan ibu kota di tengah pandemi corona hari Minggu (21/6). Sempat terjadi ketegangan antara Satpol PP dan pedagang terkait masih dilarangnya aktivitas berjualan saat CFD berlangsung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Unjuk Bakat Para Difabel dalam Divya Heroes yang Cerminkan Sentimen Kesetaraan

Posted: 20 Jun 2020 10:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta 'Divya Heroes' adalah ajang unjuk gigi bagi para difabel di Ahmedabad, India. Sebuah LSM pemberdaya difabel, Narayan Seva Sanstha (NSS), menjadi tuan rumah acara ini.

Lebih dari 40 penyandang disabilitas menampilkan bakat mereka. Tim NSS siap untuk menyelenggarakan lebih banyak acara seperti itu untuk memberikan wadah bagi penyandang disabilitas yang berbakat.

Menurut newzhook.com, penyandang disabilitas masih sering dipinggirkan. Mereka tidak diberi kesempatan untuk datang ke masyarakat arus utama dan banyak talenta di seluruh India tidak diperhatikan.

Pertunjukan 'Divya Heroes' bertujuan untuk mencerminkan sentimen kesetaraan, aksesibilitas, dan menyatukan semua orang.

Disabilitas Berbakat

Aktor India, Dilip Joshi menjadi tamu utama di acara yang digelar pada 1 Maret tersebut. Menurut Joshi, "acara ini merupakan inisiatif yang baik untuk menunjukkan inspirasi dan tren."

Selain Joshi, para penonton juga benar-benar kagum dengan kepercayaan diri yang diperlihatkan oleh para peserta. Mereka menampilkan tarian, peragaan busana, hingga aksi akrobatik di atas kursi roda.

"Penyandang disabilitas memiliki peran penting dalam membentuk India baru. Menghancurkan stereotip kekurangan fisik. Perlu perhatian lebih untuk mengeluarkan yang terbaik di dalamnya. Memanfaatkan potensi mereka, menginspirasi masyarakat dan mendorong mereka untuk menjadi makmur menuju masa depan yang lebih baik," ujar Joshi pada newzhook.com.

Selama bertahun-tahun, NSS telah berupaya menyediakan peluang bagi para penyandang disabilitas. Pekerjaan mereka telah dipuji oleh banyak pihak.

Prashant Agarwal, President, NSS mengatakan, "Fokus kami adalah memperkuat potensi para penyandang disabilitas dan membantu mereka melayani masyarakat dengan lebih baik."

Ia menambahkan, "yang mereka butuhkan adalah kesempatan untuk mewakili diri mereka sendiri."

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waspada Ancaman Lahar Ketika Hujan di Sekitar Puncak Gunung Merapi

Posted: 20 Jun 2020 10:37 PM PDT

Liputan6.com, Magelang - Hujan abu terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, setelah terjadi erupsi Gunung Merapi di perbatasan wilayah Provinsi Jawa Tengah dengan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Merapi Babadan, Yulianto mengatakan, erupsi Gunung Merapi terjadi pukul 09.13 WIB dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 6.000 meter di atas puncak Merapi.

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat, Minggu (21/6/2020).

Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 75 mm dan durasi 5 menit 28 detik.

Ia menyampaikan, saat ini Gunung Merapi berada pada status Level II (Waspada) dengan rekomendasi potensi ancaman bahaya saat ini berupa luncuran awan panas dari runtuhnya kubah lava dan jatuhan material vulkanik dari letusan eksplosif.

Area dalam radius 3 kilometer dari puncak Gunung Merapi agar tidak ada aktivitas manusia, dilansir Antara.

Masyarakat agar mengantisipasi bahaya abu vulkanik dari kejadian awan panas maupun letusan eksplosif. Masyarakat agar mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di sekitar puncak Gunung Merapi.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang Edy Susanto menyebutkan sebaran hujan abu vulkanik erupsi Gunung Merapi, antara lain di wilayah Kecamatan Srumbung di Desa Kaliurang, Desa Kemiren, Desa Srumbung, Desa Banyuadem, Desa Kalibening, dan Ngargosoko. Kemudian di Kecamatan Dukun meliputi Desa Ngargomulyo dan Desa Keningar.

Ia menyampaikan hujan abu di wilayah Kecamatan Srumbung agak deras, namun aktivitas masyarakat masih berjalan normal.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perusahaan di Turki Mulai Transaksi Gunakan Yuan China

Posted: 20 Jun 2020 10:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bank Sentral Turki menyatakan bahwa pihaknya telah menggunakan fasilitas pendanaan yuan China untuk pertamakalinya. Penggunaan fasilitas ini berdasarkan perjanjian swap yang telah ditandatangani sebelumnya dengan Bank Sentral China.

Dalam transaksi ini, Perusahaan Turki dari berbagai sektor akan membayar tagihan impor dari China menggunakan mata uang yuan. Langkah penggunaan yuan ini untuk memperkuat kerja sama antara Turki dengan China.

"Pemanfaatan perjanjian swap ini sangat penting dalam hal memfasilitasi penggunaan mata uang lokal dalam pembayaran perdagangan internasional dan akses mudah perusahaan Turki ke likuiditas internasional," jelas pejabat Bank Sentral Turki, seperti dikutip dari kantor berita Anadolu, Minggu (21/6/2020).

Perjanjian swap ini ditandatangani antara Bank Sentral Turki dan Bank Sentral China pada tahun 2019. Dalam kesepakatan ini, bank-bank komersial di Turki akan menambah produk yang berkaitan dengan perdagangan dan keuangan berdasarkan dengan perjanjian swap tersebut.

Cadangan Devisa

Buruh memasang bendera di tiang listrik menuju perbatasan Oncupinar di Kota Kilis, Turki, Senin (29/1). Bentrokan sempat meletus di puncak bukit strategis di Suriah karena milisi Kurdi mencoba mendapatkan kembali kontrol. (AP Photo/Lefteris Pitarakis)
Buruh memasang bendera di tiang listrik menuju perbatasan Oncupinar di Kota Kilis, Turki, Senin (29/1). Bentrokan sempat meletus di puncak bukit strategis di Suriah karena milisi Kurdi mencoba mendapatkan kembali kontrol. (AP Photo/Lefteris Pitarakis)

Cadangan devisa Turki terus mengalami penurunan untuk melakukan intervensi guna menjaga nilai tukar lira. Tentu saja jika hal ini terus dilakukan maka membuat kekuatan moneter negara dalam tekanan. 

Dikutip dari Reuters, pada bulan Mei lalu Bank Sentral Turki melakukan upaya untuk membangun kerja sama swap dengan bank sentral Inggris dan Jepang dan memperluas jalur swap yang telah dibangun dengan Qatar dan China.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pendaftaran UTBK-SBMPTN Resmi Ditutup, Pendaftar Capai 707.588 Siswa

Posted: 20 Jun 2020 10:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama  Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) resmi ditutup Sabtu, 20 Juni 2020. Hingga akhir, jumlah pendaftar UTBK-SBMPTN mencapai 707.588 siswa. 

Menurut akun resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) di @ltmptofficial, jumlah tersebut merupakan akumulasi antara peserta yang sudah menyelesaikan pendaftaran dengan mereka yang belum.

Jumlah pendaftar yang telah menyelesaikan pendaftaran sendiri mencapai 692.126 peserta.

"Di hari terakhir pendaftaran UTBK 2020, tercatat sudah ada 707.588 siswa yang memilih pusat pelaksanaan ujian, dan 692.126 siswa diantaranya sudah menyelesaikan proses pendaftaran sampai cetak kartu," tulis @ltmptofficial.

Peserta yang telah menyelesaikan pendaftaran akan diminta untuk mencetak kartu peserta yang akan digunakan sebagai syarat mengikuti ujian UTBK. Dari jumlah yang telah menyelesaikan pendaftaran, sebanyak 547.759 siswa merupakan peserta reguler. Dan 144.367 merupakan peserta KIP Kuliah.

Mereka yang sudah selesai melakukan registrasi akan mendapatkan kartu peserta ujian yang bisa dicetak. Kartu peserta UTBK-SBMPTN dapat dicetak bilamana para pendaftar telah menyelesaikan mengisi data diri.

Tak Bisa Ubah Data

Gambar menunjukkan informasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019 di Jakarta, Jumat (22/3). Peserta yang tidak lulus SNMPTN 2019 juga dapat mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Gambar menunjukkan informasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019 di Jakarta, Jumat (22/3). Peserta yang tidak lulus SNMPTN 2019 juga dapat mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pihak LTMPT mengimbau para peserta agar senantiasa memperhatikan data yang dimasukkan dalam kolom pendaftaran supaya tak terjadi salah input.

Hal ini mengingat jika peserta sudah memfinalisasi pendaftaran dan mencetak kartu peserta, maka mereka tak bisa mengubah datanya.

"Pastikan isian data anda sudah benar, termasuk pilihan Pusat UTBK dan data disabilitas (tunanetra/tunadaksa). Jika sudah simpan pernaman (cetak kartu), dan sudah tidak dapat diubah lagi," tulis akun itu.

Sebagai informasi, pendaftaran UTBK-SBMPTN dibuka sejak 2 Juni hingga 20 Juni pukul 22.00 WIB mendatang. Sementara tes UTBK akan digelar pada 5 hingga 12 Juli nanti. Dan akan diumumkan kelulusan pada 25 Juli 2020.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Aman Melihat Gerhana Matahari Cincin

Posted: 20 Jun 2020 10:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Beberapa wilayah di Indonesia akan bisa melihat gerhana matahari cincin pada hari ini, Minggu, 21 Juni 2020. Terutama Sahabat Liputan6.com yang berada di Indonesia bagian utara.

Gerhana matahari diperkirakan akan muncul sekitar pukul 13.00 WIB. Saat itu, matahari, bulan, dan bumi berada dalam garis sejajar. Piringan bulan yang terlihat dari bumi akan lebih kecil dibandingkan matahari, karenanya menyerupai cincin.

Namun para ahli sangat tidak menyarankan untuk melihat Gerhana Matahari secara langsung. Dikutip dari Time pada Sabtu (20/6/2020) melihat Gerhana Matahari secara langsung bisa berakibat fatal bagi kesehatan mata.

Mata seseorang bisa mengalami cedera jika melihat Gerhana Matahari tanpa perlindungan yang tepat. Bahkan pada risiko yang paling parah, seseorang bisa kehilangan penglihatan secara permanen.

Dr. B. Ralph Chou, Presiden Royal Astronomical Society of Canada menjelaskan bahwa tidak ada rasa sakit secara langsung ketika mata mengarah ke gerhana matahari. Hal ini dikarenakan retina mata tidak memiliki reseptor rasa sakit. Sehingga sulit mengetahui apakah mata benar-benar mengalami cedera.

 

 

Cara Melihat Gerhana Matahari dengan Aman

Umumnya, gejala mulai terjadi 12 jam setelah melihat gerhana. Ketika bangun di pagi hari, terjadi perubahan pada penglihatan seseorang. Tidak ada cara untuk menyembuhkannya, kecuali menunggu beberapa saat apakah penglihatan bisa kembali normal apa tidak. Jika cedera terlalu parah, bisa mengalami kebutaan permanen.

Ada beberapa cara aman yang bisa kamu terapkan jika terlalu penasaran dengan nampak gerhana matahari. NASA merekomedasikan untuk menggunakan kamera lubang jarum untuk melihat gerhana matahari.

Selain itu, BMKG juga merekomendasikan menggunakan penapis cahaya untuk bisa menikmati fenomena alam ini. Penapis cahaya merupakan kacamata khusus untuk melihat gerhana yang dilapisi oleh filter khusus agar melindungi mata ketika melihat ke arah matahari

Berbeda dengan kacamata hitam, kacamata gerhana ini memiliki filter yang tidak dimiliki kacamata hitam. Tanpa filter matahari, kacamata hitam segelap apapun tidak bisa melindungi mata.

Cara lainnya untuk melihat gerhana matahari adalah dengan menggunakan peralatan, seperti binokular, teleskop, maupun kamera DSLR.

 

(Vinsensia Dianawati/Fimela.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ulang Tahun Jokowi dan Pangeran William Bertepatan dengan Hari Ayah Sedunia

Posted: 20 Jun 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini, Minggu (21/62020) tak hanya diperingati sebagai Hari Ayah Sedunia. Ada tokoh Indonesia dan dunia yang merayakan ulang tahun ini hari ini. Di antaranya ada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Pangeran William.

Di hari ulang tahunnya ke-59, mantan Walikota Solo itu mendapatkan banyak ucapan selamat dari sejumlah tokoh dan warganet. Di Twitter, tagar #HBD59Jokowi menjadi trending topic di Indonesia.

Sementara itu, di beberapa negara, Hari Ayah Sedunia diperingati setiap hari Minggu pada pekan ke-tiga bulan Juni. Artinya, Hari Ayah Sedunia atau Father's Day tahun ini jatuh pada 21 Juni 2020.

Pada hari spesial tersebut, banyak yang merayakannya bersama buah hati tercinta. Peringatan Hari Ayah Internasional di tahun ini juga bertepatan dengan ulang tahun Pangeran William ke-38.

Sang istri, Kate Middleton, membagikan potret kekompakan William dengan ketiga buah hatinya. Kate memang sengaja mengunggah foto tersebut, karena ulang tahun sang suami bersamaan dengan Hari Ayah Sedunia.

Bersama George, Charlotte, dan Louis, Pangeran William terlihat dikerumuni oleh ketiga anaknya saat bermain di taman rumah mereka di Norfolk dan ketika berada di ayunan kayu. Senyum bahagia dan tawa riang terlihat di wajah para anggota keluarga kerajaan ini.

Foto-foto tersebut diambil dengan apik oleh Kate pada awal bulan ini, dan kemudian dibagikan di akun Instagram @kensingtonroyal menjelang ulang tahun sang pangeran. Dengan mengenakan celana chino dan sweater, Pangeran William duduk di ayunan yang menjadi hadiah pernikahan mereka.

Ultah Terakhir di Masa Lockdown

Pangeran William bersama ketiga anaknya. (dok.Instagram @kensingtonroyal/https://www.instagram.com/p/CBrAw7GFOv6/Henry)
Pangeran William bersama ketiga anaknya. (dok.Instagram @kensingtonroyal/https://www.instagram.com/p/CBrAw7GFOv6/Henry)

 

Pangeran George berdiri di belakangnya, Putri Charlotte di sampingnya sambil merangkul sang ayah, dan Pangeran Louis berada di pangkuannya. Ulang tahun Pangeran William menjadi perayaan ulang tahun anggota keluarga kerajaan yang terakhir dirayakan selama lockdown di Inggris.

Sang Ratu sendiri sudah merayakan ulang tahunnya bersama Pangeran Louis pada April lalu, sedangkan ulang tahun Putri Charlotte pada Mei lalu bersamaan dengan ulang tahun Pangeran Philip yang ke-99 tahun.

Ratu Elizabeth telah meminta fotografer kerajaan untuk memotret William bersamanya, namun William lebih memilih foto yang lebih informal dan menunjukkan bahwa ia adalah lelaki sekaligus ayah yang cinta keluarga.

Selama lockdown, William dan Kate telah bekerja keras untuk mendukung yayasan dan sekolah di Inggris dan melakukan pekerjaan sukarelawan.

Baru-baru ini Kate menyebut bahwa dirinya belum menemui siapapun selama lockdown, tapi kemungkinan besar akan ada reuni keluarga dalam waktu dekat. Tentu saja hal ini bisa menjadi hadiah ulang tahun terbaik bagi Pangeran William.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Konflik dengan PSSI, Shin Tae-yong Diyakini Punya Alasan Berani Blak-blakan

Posted: 20 Jun 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perseteruan antara PSSI dan Shin Tae-yong selaku manajer pelatih Timnas Indonesia kini sudah menjadi konsumsi publik. Kedua belah pihak terlibat perang terbuka di media.

Shin Tae-yong dalam wawancara dengan media di Korea Selatan mengaku sudah tidak tahan dengan perubahan sikap PSSI. Sebaliknya, PSSI mulai menyangkutkan konflik ini dengan harga diri bangsa.

Situasi ini menimbulkan keprihatian tersendiri. Antara federasi dan Shin Tae-yong terlibat friksi secara terbuka. Banyak pengamat sepak bola Tanah Air menyayangkan fakta ini.

Tommy Welly atau lebih dikenal dengan nama Bung Towel menjadi salah satu pengamat yang prihatin dengan kondisi ini. Ia mengatakan, situasi sekarang adalah pengelolaan timnas yang amburadul dan memalukan.

Bung Towel mengatakan pada awal PSSI mengontrak Shin Tae-yong, disebutkan itu adalah harapan publik untuk menaikkan prestasi Timnas Indonesia. Oleh karena itu, ia diberi kewenangan luas di timnas, mulai timnas senior sampai kelompok umur.

"Tapi dalam hitungan bulan berubah," ujar Bung Towel.

 

 

Bukan Perang Dingin

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, kritik PSSI di media Korea Selatan. (AFP/Jung Yeon-je)
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, kritik PSSI di media Korea Selatan. (AFP/Jung Yeon-je)

Menurut Bung Towel ketika Shin Tae-yong yang bukan pelatih kaleng-kaleng berani bicara terang-terangan seperti itu, berarti memang ada sesuatu. "Ini bukan lagi perang dingin, tapi sudah naik ke permukaan," katanya.

Apalagi Shin Tae-yong berasal dari negara dengan kultur dan tradisi sepak bola di Asia yang kuat. Reputasinya sebagai pelatih juga tidak remeh.

Ketidaknyamanan

"Tentu ada alasan tersendiri mengapa ia berani bicara seperti itu. Saat ia bicara ada rasa sudah saatnya mengungkapkan ada ketidaknyamanan dengan situasi yang terjadi," imbuh Bung Towel.

(Bola.net/Fitri Apriyani, published 20/6/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Malam Hari Lalu Lintas Kawasan Puncak Macet

Posted: 20 Jun 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kemacetan di kawasan puncak Bogor masijh terjadi di Malam Hari. Banyak kendaraan dari Jakarta yang menuju lokasi wisata di Puncak malam hari sehingga menambah kemacetan. Kemacetan dari pintu tol Ciawi hingga kawasan Gadog sepanjang 3 km.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Fakta Sementara, Selamanya: Miniseri Karya Reza Rahadian Dibintangi Laura Basuki Tayang di Vidio

Posted: 20 Jun 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Miniseri Sementara, Selamanya karya Reza Rahadian yang mengudara di Vidio memasuki episode kelima, Sabtu (20/6/2020) kemarin. Tayang mulai 6 Juni 2020 setiap Sabtu dan Minggu, Sementara, Selamanya memasuki babak akhir pada Minggu (21/6/2020) ini.

Episode kelima menuai reaksi positif warganet lantaran dinilai paling emosional dan meremas hati. Selain dibintangi Reza Rahadian dan Laura Basuki, Sementara, Selamanya diperkuat Christine Hakim serta Ruth Marini.

Naskahnya ditangani Ika Natassa, yang kita kenal lewat novel laris Critical Eleven dan Antologi Rasa. Sebelum berpisah dengan Sementara, Selamanya, kami ajak Anda menyimak enam fakta menariknya dari lokasi syuting.

1. Beda Naskah dan Novel

Ika Natassa. (Foto: Instagram @ikanatassa)
Ika Natassa. (Foto: Instagram @ikanatassa)

Ika Natassa menyebut menulis naskah miniseri berbeda dengan bikin novel. "Menulis novel itu sejujurnya suka-suka aku. Alur cerita dan pengembangan karakter terserah aku. Saat menulis novel bisa saja saya mengetik cerita untuk halaman pertama, halaman berikutnya belum ketahuan gimana," ujarnya.

Menulis naskah butuh outline dan struktur yang jelas. "Kita tidak bisa menulis naskah tanpa mengetahui ending-nya. Ide diekskusi dalam kalimat demi kalimat detail," imbuhnya.

2. Awalnya Judul Berbahasa Inggris

Reza Rahadian di lokasi syuting Sementara Selamanya. (Foto: Dok. Spasi Moving Image)
Reza Rahadian di lokasi syuting Sementara Selamanya. (Foto: Dok. Spasi Moving Image)

Banyak yang memuji Sementara, Selamanya miniseri berkonsep kuat. Salah satunya, terasa dari pemilihan judul per episode. Terdiri dari tiga kata dan selalu berawalan "Yang Dia."

Ika Natassa mengaku, semula judul di setiap episode berbahasa Inggris. Pemilihan judul mengacu pada tiga aspek yakni singkat, menarik, dan tidak membocorkan inti cerita.

3. Naskah Tidak Per Episode

Ika Natassa. (Foto: Instagram @ikanatassa)
Ika Natassa. (Foto: Instagram @ikanatassa)

Meski mengudara dalam enam episode, Ika Natassa tidak menulis naskahnya per babak melainkan dalam format cerita panjang.

"Karena saat itu belum terbayang akan tayang di patform digital. Setelah resmi jadi miniseri dengan durasi pendek, naskah dijadikan pegangan untuk syuting per episode. Proses pengambilan gambarnya sesuai kronologi," Ika mengingat.

4. Kinerja Reza Sebagai Sineas

Reza Rahadian di lokasi syuting Sementara Selamanya. (Foto: Dok. Spasi Moving Image)
Reza Rahadian di lokasi syuting Sementara Selamanya. (Foto: Dok. Spasi Moving Image)

Jam terbang Reza Rahadian sebagai sutradara belum setinggi yang lain. Meski demikian, Ika Natassa menyanjung kinerjanya di lokasi syuting efektif. Per hari mengeksekusi dua episode.

"Selama syuting, Reza tidak buang-buang adegan, kinerjanya magic dan efektif. Kenal Reza Rahadian sejak syuting Critical Eleven. Setiap berkolaborasi dengannya terasa inklusif, orangnya berdedikasi, dan senang menantang diri sendiri," Ika berbagi pendapat.

5. Aktris Utama Peraih Citra

Laura Basuki. (Foto: Instagram @laurabas)
Laura Basuki. (Foto: Instagram @laurabas)

Banyak penggemar menyebut tokoh utama cewek dalam cerita buatan Ika Natassa keramat dan tak bisa dimainkan sembarang aktris. Karenanya butuh peraih Piala Citra. Anya di Critical Elevel dihidupkan Adinia Wirasti. Twivortiare jatuh ke tangan Raihaanun. The Architecture of Love kabarnya merekrut Putri Marino. Sementara, Selamanya merangkul Laura Basuki. Disinggung soal ini, Ika Natassa tertawa.

"Ha ha ha, enggak semua pemeran utama wanitanya peraih Piala Citra. Carissa Perusset (di Antologi Rasa) kan wajah baru dan fresh untuk layar lebar kita. Pemeran dan karakter itu jodoh-jodohan. Terpilihnya Adinia Wirasti untuk Critical Eleven misalnya. Itu melalui proses audisi. Hasilnya, performa dia paling oke," beri tahu dia saat berbincang dengan Showbiz Liputan6.com lewat ponsel, baru-baru ini.

6. Tiga Kata Buat Reza

Reza Rahadian. (Foto: Instagram @ikanatassa)
Reza Rahadian. (Foto: Instagram @ikanatassa)

Sementara, Selamanya menandai kolaborasi kali kesekian Ika Natassa dan Reza Rahadian. Ada tiga kata dari Ika yang menggambarkan aktor peraih 4 Piala Citra itu. Pertama, versatile. Istilahnya Reza Rahadian bisa jadi siapa saja di depan kamera. Kini ia menunjukkan skill sebagai sutradara.

Kedua, generous. Ia memberi effort lebih untuk menghidupkan peran. "Di miniseri ini Reza menjadikan rumahnya sebagai lokasi syuting. Terakhir, passionate, berani mengambil risiko lalu mengerjakan bagiannya dengan penuh cinta," pungkas Ika.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

SPBU 3T Didirikan di Pulau Maya, Masyarakat Nikmati BBM 1 Harga

Posted: 20 Jun 2020 10:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat di Pulau Maya dan sekitarnya menyambut antusias Kehadiran BBM 1 Harga di wilayah mereka. Kini, mereka tidak lagi kesulitan untuk mendapatkan Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan harga yang sama dengan wilayah lainnya. Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) berjenis kompak diresmikan oleh Bupati Kabupaten Kayong Utara, Drs. Citra Duani ; Kepala BPH Migas, M. Fanshrullah Asa ; Sales Area Manager, Weddy Surya Windrawan, dan beberapa pejabat daerah setempat lainnya (17/6).

SPBU Kompak bernomor 66.788.004 berlokasi di Desa Tanjung Satai merupakan salah satu bentuk realisasi dari BBM 1 Harga. Pada tahun 2020, Pemerintah menargetkan 26 titik SPBU 1 Harga untuk wilayah Kalimantan Barat. Sejak program BBM 1 Harga dicanangkan pada tahun 2017, tercatat 36 titik SPBU 1 harga atau dikenal dengan SPBU 3 T (terdepan, terluar dan tertinggal) telah beroperasi di seluruh Kalimantan.

"Sebagai BUMN yang bergerak dibidang energi, tentunya kami dukung penuh program pemerintah apalagi dalam mewujudkan kemandirian energi dan pemerataan harga BBM ke pelosok negeri" ujar Frans Boy J. Lapian, GM Pertamina Marketing Operation Region VI.

Pada SPBU 3T berjenis Kompak ini, terdapat fasilitas penyimpanan total 400 KL untuk 3 produk yaitu produk premium, solar, dan pertalite.

Adanya penambahan SPBU 3T di Pulau Maya, sangat membantu perekonomian masyarakat yang dominan bermata pencaharian sebagai nelayan. Masyarakat tidak lagi merogoh kocek sebanyak Rp 15.000/liter untuk Solar dan premium. Sekarang, masyarakat dapat menikmati harga premium dan solar dengan harga yang sama yaitu premium Rp 6.450/liter dan solar Rp. 5.150/liter.

Demi memenuhi kebutuhan masyarakat akan BBM, 12 jam perjalananan menggunakan kapal ditempuh untuk mengangkut BBM dari titik suplai Terminal BBM Pontianak.

Frans Boy J. Lapian menambahkan," Meski terkadang ada hambatan pada saat distribusi BBM ke SPBU 3T yaitu apabila kondisi gelombang tinggi ataupun cuaca buruk sehingga kapal kesulitan untuk menyuplai BBM ke SPBU tersebut, namun, hal ini tidak menjadi alasan bagi Pertamina untuk terus mendistribusikan BBM ke lokasi."

Bupati Kabupaten Kayong Utara, Citra Duani mengatakan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pertamina dan BPH Migas dan seluruh pihak terkait, yang telah mewujudkan SPBU BBM satu harga bagi masyarakat Pulau Maya.

"Diharapkan Pertamina terus menjamin pasokan dan ketersedian BBM ke dalam wilayah Kabupaten Kayong Utara dan koordinasi kita terus terjalin baik," Citra Duani. 

 

(*)

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gugus Tugas Jabar Gelar Tes Masif Covid-19 di Kawasan Puncak

Posted: 20 Jun 2020 10:24 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengatakan, pihaknya akan menggelar tes masif di kawasan puncak, akhir pekan ini. Tujuannya mencegah penularan COVID-19.

Kerumunan dan kepadatan terjadi di sejumlah titik di kawasan puncak, meski destinasi wisata belum resmi dibuka. Hal itu berpotensi memperluas sebaran COVID-19.

"Kajian dari kami, banyaknya kasus impor yang datang (berasal) dari orang yang datang dari zona merah," kata Kang Emil -sapaan Ridwan Kamil usai menyambut Menteri PMK RI dan Menteri Kesehatan RI di RSUP Dr. Hasan Sadikin, Sabtu (20/6/2020).

Mobile COVID-19 Test yang dilengkapi dengan alat rapid test dan Alat Pelindung Diri (APD) bagi petugas yang mengambil spesimen disiapkan.

Menurut Kang Emil, pembukaan sejumlah sektor harus disertai dengan peningkatan kewaspadaan. Supaya sebaran SARS-CoV-2, virus penyebab COVID-19, bisa dikendalikan, dan kegiatan ekonomi mulai bergerak.

"Inilah cara kami agar Adaptasi Kebiasaan Baru (berjalan), kewaspadaan tetap dijaga dan kasus bisa dikendalikan," ucapnya.

Selain sebagai upaya pencegahan penularan COVID-19, pengetesan masif akan mendapatkan peta persebaran yang komprehensif, melacak kontak terpapar virus, mendeteksi keberadaan virus, dan memastikan status pasien.

Sebelumnya, Ketua Divisi Komunikasi Publik Hermansyah meminta warga Jabar tidak takut mengikuti tes masif COVID-19.

Sebab, pelaksanaan tes masif di Jabar mematuhi semua prosedur yang telah ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

"Masyarakat tidak perlu takut melaksanakan rapid test ini, karena ini upaya kita untuk mencegah yang lebih besar terhadap penularan.Kemudian juga kita jangan ada lagi stigma orang-orang yang positif COVID-19," kata Hermansyah.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Layani Energi Negeri, Pertamina Perluas Akses BBM hingga Pelosok

Posted: 20 Jun 2020 10:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina (Persero) terus memperluas jangkauan penyaluran layanan Bahan Bakar Minyak (BBM) hingga ke pelosok negeri. Selain penambahan lembaga penyalur baik SPBU maupun SPBN (untuk nelayan), pada tahun 2019 Pertamina juga mampu menyelesaikan pembangunan 48 Pertashop serta konsisten menyalurkan BBM di wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar) di seluruh Indonesia, melalui pembangunan 161 titik BBM 1 Harga.

BBM Satu Harga yang telah dioperasikan Pertamina tersebar mulai dari wilayah 3T di Papua, Maluku, Nusa Tenggara, Sulawesi, Kalimantan, Sumatera, Jawa dan Bali. Walaupun penyaluran BBM di wilayah 3T penuh tantangan karena kondisi geografis yang sulit, namun ini merupakan bentuk pelayanan Pertamina agar masyarakat mendapatkan BBM dengan kualitas pasti dan harga resmi.

Dengan bertambahnya jaringan di seluruh wilayah tersebut menyebabkan meningkatnya volume penjualan BBM Pertamina dari 49,62 juta kiloliter (KL) menjadi 51,31 juta KL. Selain itu tercatat sepanjang 2019, penjualan LPG ekuivalen 13,75 juta KL, Petrokimia 3,15 juta KL, BBM untuk Aviasi 5,82 juta KL dan BBM untuk Industri 13,96 juta KL.

"Dari penjualan seluruh produk Pertamina seperti BBM ritel, industri, dan aviasi serta LPG dan Petrokimia, secara total konsolidasi mencapai ekuivalen 87,98 Juta KL di 2019," ujar Fajriyah Usman, VP Corporate Communication Pertamina di Jakarta, Jumat (19/6).

"Untuk memastikan pemenuhan kebutuhan BBM di masyarakat, Pertamina terus memperkuat ketahanan pasokan,"ungkapnya. Untuk itu, Pertamina membangun penambahan 21 lokasi storage TBBM, 8 Lokasi storage LPG, 7 lokasi storage Avtur dan 2 Kapal General Purpose untuk memastikan kehandalan supply dan distribusi BBM di seluruh Indonesia.

Untuk terus meningkatkan layanan kepada masyarakat, Pertamina juga mencatat capaian positif dalam program digitalisasi SPBU. Sampai akhir tahun 2019, sebanyak 2.601 SPBU di Indonesia telah menerapakan digitalisasi dan ditargetkan seluruhnya atau 5.518 SPBU rampung pada tahun 2020.

"Capaian yang cukup menggembirakan terkait layanan digital juga terlihat dengan adanya 1,4 juta pengunduh baru MyPertamina sebagai digital channel Pertamina,"ujarnya Fajriyah.

Dengan berbagai capaian tersebut, Pertamina tetap mampu mencatat laba bersih di 2019 sebesar USD 2,53 miliar atau setara Rp 35,8 Triliun. Pertamina pun mampu memberikan setoran dividen tunai sebesar Rp8,5 Triliun.

"Total kontribusi Pertamina ke Negara sepanjang 2019 mencapai Rp181,5 triliun yang terdiri dari Dividen, Pajak, Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) kegiatan hulu migas dan geothermal serta Signature Bonus," pungkas Fajriyah.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Kepribadian Berdasarkan Hari Lahir, Kamu yang Mana?

Posted: 20 Jun 2020 10:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setiap manusia memiliki kepribadiannya masing-masing. Meskipun seringkali ada kemiripan antara satu dengan yang lainnya, namun belum tentu sama persis. Banyak orang percaya bahwa kepribadian dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Seperti Zodiak, keturunan, lingkungan hingga didikan orangtua.

Namun ternyata kepribadian seseorang juga dapat dipengaruhi oleh hari lahirnya. Banyak orang yang beranggapan bahwa hari lahir itu memiliki arti yang sangat penting. Tujuh hari dalam seminggu pun bisa dibedakan menjadi tujuh kepribadian.

Menurut peneliti Hartwick college di New York, mulai dari Senin sampai Minggu, hari-hari tersebut memilki nama mengikuti dewa Romania dan planet yaitu Matahari, Bulan, Merkurius, Mars, Jupiter, Venus dan Saturnus. Dari ketujuh hari tersebut, banyak yang percaya bahwa itu dapat mempengaruhi sifat seseorang.

Penasaran seperti apa kepribadian seseorang berdasar hari lahirnya? Berikut 7 kepribadian berdasarkan hari Lahir, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (21/6/2020).

1. Senin

Ilustrasi Kepribadian Berdasarkan Hari Lahir (Sumber: pexels.com/Elly)
Ilustrasi Kepribadian Berdasarkan Hari Lahir (Sumber: pexels.com/Elly)

Berdasarkan ilmu astrologi, orang yang lahir pada hari Senin berada di bawah pengaruh bulan yang membuat seseorang berdedikasi pada kebaikan dan keluarga. Karakter berdasarkan hari lahir yang jatuh pada hari Senin adalah seseorang yang baik, sensitif, dan mudah beradaptasi dengan lingkungan.

Selain itu, ia juga adalah orang yang kreatif tapi terkadang suka menyimpan ide untuk diri sendiri. Ia juga selalu mengutamakan keluarga dan sahabat dekatnya.

2. Selasa

Ilustrasi Kepribadian Berdasarkan Hari Lahir (Sumber: pexels.com/LukasHartman)
Ilustrasi Kepribadian Berdasarkan Hari Lahir (Sumber: pexels.com/LukasHartman)

Orang yang lahir pada hari selasa dipengaruhi oleh planet Mars. Dalam mitologi Yunani dan Romania, Mars juga dikenal sebagai Ares, sang Dewa Perang sehingga orang yang memiliki hari kelahiran Selasa punya semangat juang tinggi. Ia dikenal pemberani, energik dan aktif.

Selain itu, ia juga memiliki sifat mudah stress terhadap sesuatu yang tidak bisa dikontrol olehnya. Saat menyampaikan sesuatu ia sangat jujur dan apa adanya. Hanya saja, ketika marah mereka akan membuat orang-orang di dekatnya ketakutan. Ia juga mudah emosi untuk hal-hal yang bisa saja sangat sepele.

3. Rabu

Ilustrasi Kepribadian Berdasarkan Hari Lahir (Sumber: pexels.com/Helena)
Ilustrasi Kepribadian Berdasarkan Hari Lahir (Sumber: pexels.com/Helena)

Orang yang lahir pada hari rabu dipengaruhi oleh Merkurius yang merupakan dewa keuangan, travel dan komunikasi. Orang yang memiliki hari lahir Rabu adalah individu yang terbuka dan sedikit tidak peduli walaupun sangat komunikatif, mudah belajar tentang hal baru dan baik dalam mengerjakan tugas.

Selain itu, ia juga adalah orang yang easy going dan menyukai belajar dari sekitarnya. Ia adalah pribadi yang tenang dan bijaksana. Namun ketika sakit hati, ia akan sangat mengerikan dan pendendam.

4. Kamis

Ilustrasi Kepribadian Berdasarkan Hari Lahir (sumber: iStockphorto)
Ilustrasi Kepribadian Berdasarkan Hari Lahir (sumber: iStockphorto)

Thur adalah Thursday atau Kamis dalam mitologi Yunani berasal dari Dewa Thor. Orang yang lahir pada hari Kamis memiliki kepribadian yang seru, optimis dan lucu. Ia juga dihargai oleh orang disekitarnya dan merupakan seorang pemimpin yang baik.

Selain itu, ia juga mudah menarik perhatian karena berkarisma dan menyenangkan. Ia pun sering tertarik oleh beberapa hal namun mudah bosan. Tak hanya menyenangkan, orang yang lahir di hari Kamis merupakan pribadi yang apa adanya dan tak suka menyembunyikan sesuatu. Ia juga sangat sensitif dan mudah termakan bujuk rayu orang di sekitarnya.

5. Jumat

Ilustrasi Kepribadian Berdasarkan Hari Lahir (Sumber: krochetkids-wpengine.netdna-ssl.com)
Ilustrasi Kepribadian Berdasarkan Hari Lahir (Sumber: krochetkids-wpengine.netdna-ssl.com)

Orang yang lahir pada hari Jumat dipengaruhi oleh Venus, planet penuh cinta, romantis, elegan dan kesenangan. Orang yang lahir hari Jumat adalah pecinta binatang, seni dan terobsesi dengan hal-hal berkaitan dengan cinta asmara.

Ia juga memiliki sifat sensitif jika berbicara tentang hubungan asmara.Orang tersebut juga cenderung bijak tentang dunia dan bersikap dewasa. Orang yang lahir Jumat dikatakan adalah pribadi yang ramah, menyenangkan dan jarang marah. Mereka juga senang mengalah demi kebahagiaan orang lain.

6. Sabtu

Ilustrasi Kepribadian Berdasarkan Hari Lahir (Sumber: shutterstock/Olena Yakobchuk)
Ilustrasi Kepribadian Berdasarkan Hari Lahir (Sumber: shutterstock/Olena Yakobchuk)

Orang yang lahir pada hari Sabtu berada di bawah pengaruh Saturnus, dewa kekayaan, kebebasan dan agrikultur. Meski begitu bukan berarti bahwa ia akan kaya, tetapi rendah hati, bijak dan tegas. Selain itu, ia adalah orang yang dipercaya dan bertanggung jawab atas banyak tugas.

Namun ia kerap terjebak pada masa lalu atau terlalu memikirkan masa depan, sehingga seakan tidak pernah berada di waktu yang sekarang. Ia juga mudah cemburu dan salah sangka ke pasangannya.

7. Minggu

Ilustrasi Kepribadian Berdasarkan Hari Lahir (Sumber: Unsplash)
Ilustrasi Kepribadian Berdasarkan Hari Lahir (Sumber: Unsplash)

Menurut astrologi, orang-orang yang lahir di hari Minggu merupakan orang yang sangat beruntung. Biasanya ia adalah orang yang ceria, berpikiran maju dan dermawan. Ia juga orang yang berbakat menjadi pemimpin karena penampilannya yang positif. Namun ia memiliki sifat yang sensitif pada pendapat orang lain. Ia juga mudah frustasi dan sering meninggalkan pekerjaan jika bosan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Update 21 Juni: RSD Wisma Atlet Rawat 644 Pasien Corona, RSKI Pulau Galang 64 Orang

Posted: 20 Jun 2020 10:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perwira Penerangan Kogabwilhan-I Kolonel Marinir Aris Mudian menyampaikan perkembangan pasien terkait virus corona Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta.

Data per Minggu (21/6/2020) pukul 08.00 WIB, jumlah pasien terkait corona Covid-19 yang dirawat di RSD Wisma Atlet Kemayoran berjumlah 644 orang.

"Total rawat inap ada 644 orang," kata Aris dalam keterangan tertulisnya, Minggu (21/6/2020).

Mayoritas pasien rawat inap, kata Aris , berjenis kelamin pria yakni sebanyak 331 orang. Sementara pasien perempuan tercatat sebanyak 313 orang.

Dari total 644 orang rawat inap, Aris merinci, 628 di antaranya merupakan pasien positif corona Covid-19 setelah tes swab. Sedangkan 16 orang sisanya reaktif corona melalui rapid tes. Sementara pasien dalam pengawasan (PDP) dan orang dalam pemantauan (ODP) adalah nihil.

 

RSKI Pulau Galang

Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan fasilitas observasi, penampungan, dan karantina untuk pengendalian infeksi penyakit menular, utamanya virus Corona Pulau Galang, Kepulauan Riau. (Dok Kementerian PUPR)
Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan fasilitas observasi, penampungan, dan karantina untuk pengendalian infeksi penyakit menular, utamanya virus Corona Pulau Galang, Kepulauan Riau. (Dok Kementerian PUPR)

Selain itu, Aris juga merilis data teranyar untuk RSKI Pulau Galang, Kepulauan Riau. Diketahui, jumlah pasien yang dirawat inap di RSKI Pulau Galang hari ini, Minggu (21/6/2020) berjumlah 64 orang.

Mayoritas pasien rawat inap, kata Aris, berjenis kelamin pria yakni mencapai 34 orang. Sementara pasien perempuan tercatat hari ini sebanyak 30 orang.

Aris juga menyebutkan, jumlah 64 orang tersebut terdiri dari 47 orang pasien positif corona. Sedangkan 10 orang berstatus PDP dan 7 orang ODP.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Spanduk Terima Kasih pada Tim Medis COVID-19 Mengudara di Langit Jakarta

Posted: 20 Jun 2020 10:20 PM PDT

Anggota Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) bersiap menerbangkan pesawat Microlight Trike yang membawa spanduk ucapan
Anggota Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) bersiap menerbangkan pesawat Microlight Trike yang membawa spanduk ucapan

Anggota Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) bersiap menerbangkan pesawat Microlight Trike yang membawa spanduk ucapan

Anggota Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) bersiap menerbangkan pesawat Microlight Trike yang membawa spanduk ucapan
Anggota Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) bersiap menerbangkan pesawat Microlight Trike yang membawa spanduk ucapan

Anggota Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) bersiap menerbangkan pesawat Microlight Trike yang membawa spanduk ucapan

Anggota Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) bersiap menerbangkan pesawat Microlight Trike yang membawa spanduk ucapan
Anggota Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) bersiap menerbangkan pesawat Microlight Trike yang membawa spanduk ucapan

Anggota Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) bersiap menerbangkan pesawat Microlight Trike yang membawa spanduk ucapan

Anggota Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) bersiap menerbangkan pesawat Microlight Trike yang membawa spanduk ucapan
Anggota Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) bersiap menerbangkan pesawat Microlight Trike yang membawa spanduk ucapan

Anggota Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) bersiap menerbangkan pesawat Microlight Trike yang membawa spanduk ucapan

Anggota FASI, organisasi ordirga berbasis komunitas binaan TNI AU, menerbangkan pesawat Microlight Trike yang membawa spanduk
Anggota FASI, organisasi ordirga berbasis komunitas binaan TNI AU, menerbangkan pesawat Microlight Trike yang membawa spanduk "Terimakasih pada Tim Medis COVID-19" di kawasan RS darurat penanganan Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Sabtu (20/6/2020). (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Anggota FASI, organisasi ordirga berbasis komunitas binaan TNI AU, menerbangkan pesawat Microlight Trike yang membawa spanduk "Terimakasih pada Tim Medis COVID-19" di kawasan RS darurat penanganan Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Sabtu (20/6/2020). (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peugeot Andalkan Desain Jok Guna Tingkatkan Kenyamanan Berkendara

Posted: 20 Jun 2020 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jok atau kursi menjadi salah satu komponen yang mempengaruhi kenyamanan pengemudi dan penumpang selama perjalanan di dalam mobil. Begitu juga dengan Peugeot, yang juga terkenal dengan teknologi i-Cockpit untuk interiornya.

Salah satu yang menjadi perhatian pabrikan asal Prancis ini tentu saja jok. Sepintas simpel, namun perlu ketelitian dan detail.Tidak heran, kalau kursi menjadi salah satu bagian sangat kompleks dan berteknologi tinggi.

Kursi di kendaraan menjadi hal krusial saat mengemudi ataupun menjadi penumpang. Postur si penggunanya pun berbeda-beda antara satu sama lain. Untuk itu, desain dan lekuk dari sebuah kursi menjadi hal yang sangat vital dari kenyamanan dan keamanan berkendara.

Pengguna akan merasakan kursi setiap saat berkendara. Maka dari itu Peugeot sangat memperhatikan beberapa hal, yaitu resistance atau ketahanan dari sebuah kursi menopang penggunanya yang memiliki beragam postur dan bobot tubuh.

Selain itu, wear and tear, yaitu keawetan dari material-material yang digunakan pada kursi tanpa meninggalkan aspek kenyamanan. Dan juga temperatur, pengalaman perbedaan suhu menempati kursi saat cuaca panas maupun dingin. Sebuah kursi Peugeot terdiri lebih dari 150 suku cadang yang berbeda.

"Bagi Peugeot, sisi customer harus merasakan kursi yang ditawarkannya memiliki posisi yang tepat, ergonomis, dinamis, aman, dan nyaman," tulis Peugeot dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Minggu (21/6/2020).

Topangan Maksimal

Sementara itu, kursi juga mesti memberikan topangan yang maksimal saat berada di dalam perjalanan. Di masa depan, kursi kendaraan akan sangat dipengaruhi oleh dunia fashion. Warna dan materi yang digunakan dipengaruhi sesuai dengan trend yang berkembang.

Apalagi pada masa era mobil otonom atau mobil tanpa sopir berkembangdan pada masa tersebut, kursi akan menjadi salah satu pusat dan tolak ukur utama dari interior kendaraan.

Bentuk dan fungsi kursi yang selama ini sederhana,ternyata memiliki ruang transformasi lebih jauh dengan berbagai konfigurasi yang belum terpikirkan sama sekali.

Mengenal Fitur Sensor Automatic Wiping

Astra International Peugeot sebagai agen pemegang merek (APM) Peugeot di Indonesia, mengandalkan dua model untuk menggenjot penjualan, yaitu 3008 dan 5008. Dua mobil tersebut, hadir tidak hanya bermodal tampilan yang gaya, tapi juga didukung fitur dan teknologi terkini seperti sensor automatic wiping (SAW).

Fitur SAW pada Peugeot, merupakan komponen pendukung kala turun hujan. Fungsinya, untuk mengaktifkan tuas wiper secara otomatis, terutama di saat mobil terkena terpaan air hujan. Alhasil fitur SAW akan berfungsi jika saklar wiper di tuas sebelah kiri kemudi sudah di posisi auto.

"Untuk sensor automatic wiping, pengemudi cukup mengatur posisi saklar pada tuas sebelah kanan di balik setir. Pastikan posisinya sudah di auto saat mesin mobil dinyalakan," terang Samsudin, Aftersales Support PT Astra International – Peugeot, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com.

Bila sudah mengaktifkan fungsi SAW, maka pengemudi tidak perlu lagi mengatur kecepatan wiper, meskipun curah hujan semakin deras.

Pasalnya, dengan fitur SAW ini, kecepatan wiper sudah disesuaikan dengan curah hujan yang turun, juga kecepatan kendaraan saat melaju di bawah rintikan hujan sehingga jarak padang ke depan tetap sempurna.

Namun perlu diingat, fitur ini juga harus dirawat. Pasalnya, jika SAW sudah tidak bekerja dengan sempurna, maka jarak pandang jadi tidak jelas karena masih ada air hujan di kaca depan meskipun sudah diseka wiper. Dan jika terus diabaikan, efek buruknya karet wiper akan menggores kaca depan mobil.

"Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, pastikan selalu ganti karet wiper setelah mobil menempuh jarak 20 ribu km atau dua tahun berjalan idealnya. Aturan ini biasanya dipakai buat mobil yang sering parkir di area indoor, seperti garasi. Tapi kalau jarang otomatis waktunya dimajukan," tegas Samsudin.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Hari Kiamat Yang Dikaitkan Kalender Suku Maya, MUI Minta Umat Tak Percaya

Posted: 20 Jun 2020 10:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Isu kiamat yang dikaitkan dengan Tafsir Kalender Suku Maya, yang jatuh hari ini 21 Juni 2020, menjadi trending topic di twitter, dan ramai diperbincangkan oleh warganet.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) pun angkat bicara. Adapun, disebut tanda-tanda kiamat tersebut belum ada.

"Saya tidak percaya besok kiamat. Karena tanda-tanda untuk itu (kiamat) belum ada," kata Sekjen MUI Anwar Abbas kepada Liputan6.com, Minggu (21/6/2020).

Dia menuturkan, dalam salah satu hadis, di mana Nabi menyebutkan ada beberapa tanda kiamat.

"Asap, Dajjal, binatang besar, terbit matahari dari tempat tenggelamnya, turunnya Isa bin Maryam Alaihissalam, Ya'juj dan Ma'juj, tiga kali gempa bumi, sekali di timur, sekali di barat dan yang ketiga di Semenanjung Arab yang akhir sekali adalah api yang keluar dari arah negeri Yaman yang akan menghalau manusia ke Padang Mahsyar mereka," ungkap Anwar. 

Karena itu, masih kata dia, tanda-tanda tersebut tidak ada. Sehingga kabar kiamat hari ini jangan dipercaya. 

"Karena tanda seperti yang ada dalam hadis nabi tersebut belum ada, maka umat islam diharap untuk tidak terpengaruh oleh berita-berita tersebut," pungkasnya. 

Tafsir Kiamat Suku Maya

Ilustrasi matahari meledak pemicu kiamat (NASA)
Ilustrasi matahari meledak pemicu kiamat (NASA)

Pandemi virus corona telah menjadikan 2020 sebagai tahun yang mengerikan. Di tengah itu semua, informasi keliru dan hoaks tentang penyakit COVID-19 juga menimbulkan kecemasan berlebihan yang tidak perlu di masyarakat.

Kini, untuk memperkeruh dan menambah kesimpangsiuran informasi, muncul 'ahli teori konspirasi' yang mengklaim bahwa kiamat akan terjadi pada 21 Juni 2020, berdasarkan 'tafsir' atau prediksi kalender Suku Maya kuno.

Mayoritas orang di seluruh dunia saat ini mengikuti kalender Gregorian tetapi kalender ini muncul pada 1582 dan sebelum ini orang menggunakan kalender yang berbeda untuk melacak tanggal. Dua dari kalender yang paling populer adalah kalender Maya dan kalender Julian.

Menurut para ahli, kalender Gregorian diperkenalkan untuk lebih mencerminkan waktu yang dibutuhkan Bumi untuk mengorbit Matahari. Namun, diyakini oleh banyak orang bahwa sebanyak 11 hari hilang dari tahun yang pernah ditentukan oleh kalender Julian.

Seiring waktu, hari-hari yang hilang ini bertambah dan sekarang sebuah teori konspirasi telah muncul yang menyatakan bahwa kita sebenarnya ada di tahun 2012, bukan tahun 2020. Dan, tahun 2012 telah dikenal sebelumnya sebagai nubuat kiamat yang diklaim oleh Suku Maya kuni.

Klaim itu juga turut digaungkan oleh Paolo Tagaloguin yang pada akun Twitternya mengklaim sebagai 'sarjana Fulbright, biologis'.

Dalam tweet yang sekarang dihapus, ia dilaporkan mengatakan, "Mengikuti Kalender Julian, kita secara teknis berada pada 2012. Jumlah hari yang hilang dalam satu tahun karena peralihan ke Kalender Gregorian adalah 11 hari. Selama 268 tahun menggunakan Kalender Gregorian (1752-2020) kali 11 hari = 2.948 hari. 2,948 hari/365 hari (per-tahun) = 8 tahun."

Mengikuti teori ini, 21 Juni 2020, sebenarnya adalah 21 Desember 2012. Dapat diingat bahwa pada 2012, tanggal 21 Desember diusulkan oleh beberapa orang sebagai akhir dunia oleh para ahli teori konspirasi.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meletus 2 Kali, BPPTKG Sebut Status Gunung Merapi Masih Waspada

Posted: 20 Jun 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) tetap mempertahankan status Gunung Merapi pada Level II atau Waspada.

Akun twitter BPPTKG menyebutkan untuk sementara tidak merekomendasikan kegiatan pendakian, kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian yang berkaitan dengan mitigasi bencana, Minggu (21/6/2020).

BPPTKG juga mengimbau warga untuk tidak melakukan aktivitas dalam radius tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi.

Sebelumnya Gunung Merapi yang berada di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah mengalami erupsi sebanyak dua kali pada Minggu pagi, dilansir Antara.

BPPTKG menyebutkan letusan Gunung Merapi pertama terjadi pada pukul 09.13 WIB.

Erupsi tercatat di seismogram dengan amplitudo 75 mm dan durasi 328 detik.

"Teramati tinggi kolom erupsi ± 6.000 meter dari puncak. Arah angin saat erupsi ke barat," demikian cuit akun @BPPTKG.

Sementara erupsi kedua terjadi pada pukul 9.27 WIB dengan amplitudo 75 mm dan durasi 100 detik. "Tinggi kolom erupsi tidak teramati," tulis akun BPPTKG.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Tren Bersepeda Ramaikan CFD Pertama di Masa PSBB Transisi

Posted: 20 Jun 2020 10:05 PM PDT

Warga berolahraga saat kegiatan Car Free Day (CFD) di Kawasan Sudirman, Jakarta, Minggu (21/6/2020). Pada CFD pertama di masa PSBB Transisi, warga Ibu Kota terlihat lebih memilih bersepeda sebagai sarana olahraga dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Warga berolahraga saat kegiatan Car Free Day (CFD) di Kawasan Sudirman, Jakarta, Minggu (21/6/2020). Pada CFD pertama di masa PSBB Transisi, warga Ibu Kota terlihat lebih memilih bersepeda sebagai sarana olahraga dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Warga berolahraga saat kegiatan Car Free Day (CFD) di Kawasan Sudirman, Jakarta, Minggu (21/6/2020). Pada CFD pertama di masa PSBB Transisi, warga Ibu Kota terlihat lebih memilih bersepeda sebagai sarana olahraga dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Warga mengendarai sepeda saat kegiatan Car Free Day (CFD) di Kawasan Sudirman, Jakarta, Minggu (21/6/2020). Pada CFD pertama di masa PSBB Transisi, warga Ibu Kota terlihat lebih memilih bersepeda sebagai sarana olahraga dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Warga mengendarai sepeda saat kegiatan Car Free Day (CFD) di Kawasan Sudirman, Jakarta, Minggu (21/6/2020). Pada CFD pertama di masa PSBB Transisi, warga Ibu Kota terlihat lebih memilih bersepeda sebagai sarana olahraga dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Warga mengendarai sepeda saat kegiatan Car Free Day (CFD) di Kawasan Sudirman, Jakarta, Minggu (21/6/2020). Pada CFD pertama di masa PSBB Transisi, warga Ibu Kota terlihat lebih memilih bersepeda sebagai sarana olahraga dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Warga berolahraga saat kegiatan Car Free Day (CFD) di Kawasan Sudirman, Jakarta, Minggu (21/6/2020). Pada CFD pertama di masa PSBB Transisi, warga Ibu Kota terlihat lebih memilih bersepeda sebagai sarana olahraga dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Warga berolahraga saat kegiatan Car Free Day (CFD) di Kawasan Sudirman, Jakarta, Minggu (21/6/2020). Pada CFD pertama di masa PSBB Transisi, warga Ibu Kota terlihat lebih memilih bersepeda sebagai sarana olahraga dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Warga berolahraga saat kegiatan Car Free Day (CFD) di Kawasan Sudirman, Jakarta, Minggu (21/6/2020). Pada CFD pertama di masa PSBB Transisi, warga Ibu Kota terlihat lebih memilih bersepeda sebagai sarana olahraga dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Warga mengendarai sepeda saat kegiatan Car Free Day (CFD) di Kawasan Sudirman, Jakarta, Minggu (21/6/2020). Pada CFD pertama di masa PSBB Transisi, warga Ibu Kota terlihat lebih memilih bersepeda sebagai sarana olahraga dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Warga mengendarai sepeda saat kegiatan Car Free Day (CFD) di Kawasan Sudirman, Jakarta, Minggu (21/6/2020). Pada CFD pertama di masa PSBB Transisi, warga Ibu Kota terlihat lebih memilih bersepeda sebagai sarana olahraga dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Warga mengendarai sepeda saat kegiatan Car Free Day (CFD) di Kawasan Sudirman, Jakarta, Minggu (21/6/2020). Pada CFD pertama di masa PSBB Transisi, warga Ibu Kota terlihat lebih memilih bersepeda sebagai sarana olahraga dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Warga berolahraga saat kegiatan Car Free Day (CFD) di Kawasan Sudirman, Jakarta, Minggu (21/6/2020). Pada CFD pertama di masa PSBB Transisi, warga Ibu Kota terlihat lebih memilih bersepeda sebagai sarana olahraga dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Warga berolahraga saat kegiatan Car Free Day (CFD) di Kawasan Sudirman, Jakarta, Minggu (21/6/2020). Pada CFD pertama di masa PSBB Transisi, warga Ibu Kota terlihat lebih memilih bersepeda sebagai sarana olahraga dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Warga berolahraga saat kegiatan Car Free Day (CFD) di Kawasan Sudirman, Jakarta, Minggu (21/6/2020). Pada CFD pertama di masa PSBB Transisi, warga Ibu Kota terlihat lebih memilih bersepeda sebagai sarana olahraga dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Warga mengendarai sepeda saat kegiatan Car Free Day (CFD) di Kawasan Sudirman, Jakarta, Minggu (21/6/2020). Pada CFD pertama di masa PSBB Transisi, warga Ibu Kota terlihat lebih memilih bersepeda sebagai sarana olahraga dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Warga mengendarai sepeda saat kegiatan Car Free Day (CFD) di Kawasan Sudirman, Jakarta, Minggu (21/6/2020). Pada CFD pertama di masa PSBB Transisi, warga Ibu Kota terlihat lebih memilih bersepeda sebagai sarana olahraga dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Warga mengendarai sepeda saat kegiatan Car Free Day (CFD) di Kawasan Sudirman, Jakarta, Minggu (21/6/2020). Pada CFD pertama di masa PSBB Transisi, warga Ibu Kota terlihat lebih memilih bersepeda sebagai sarana olahraga dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Warga berolahraga saat kegiatan Car Free Day (CFD) di Kawasan Sudirman, Jakarta, Minggu (21/6/2020). Pada CFD pertama di masa PSBB Transisi, warga Ibu Kota terlihat lebih memilih bersepeda sebagai sarana olahraga dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Warga berolahraga saat kegiatan Car Free Day (CFD) di Kawasan Sudirman, Jakarta, Minggu (21/6/2020). Pada CFD pertama di masa PSBB Transisi, warga Ibu Kota terlihat lebih memilih bersepeda sebagai sarana olahraga dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Warga berolahraga saat kegiatan Car Free Day (CFD) di Kawasan Sudirman, Jakarta, Minggu (21/6/2020). Pada CFD pertama di masa PSBB Transisi, warga Ibu Kota terlihat lebih memilih bersepeda sebagai sarana olahraga dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fakta-Fakta Gunung Merapi Meletus 21 Juni 2020: Sudah Terjadi Hujan Abu

Posted: 20 Jun 2020 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Magelang - Minggu (21/6/2020) pagi, Gunung Merapi yang berada di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta meletus. Gunung ini mengalami erupsi hingga dua kali.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melaporkan tinggi kolom erupsi Gunung Merapi mencapai 6.000 meter atau 6 kilometer. Erupsi terjadi mulai jam 09.13.

"Teramati tinggi kolom erupsi ± 6.000 meter dari puncak," demikian disampaikan BPPTKG melalui akun twitter resminya @BPPTKG, Minggu (21/6/2020).

Sementara itu daerah-daerah akibat letusan Merapi ini di Kabupaten Magelang dilaporkan mulai hujan abu. Di Kecamatan Srumbung hujan abu justru terlibat tipis dibandingkan dengan Kecamatan lain.

Berikut fakta-fakta Gunung Merapi meletus yang dikutip Liputan6.com dari BPPD Kabupaten Magelang dan Twitter BPPTKG.

Durasi Letusan

Erupsi Gunung Merapi, Minggu, 21 Juni 2020. (Foto: Liputan6.com/BPPTKG/Wisnu Wardhana)
Erupsi Gunung Merapi, Minggu, 21 Juni 2020. (Foto: Liputan6.com/BPPTKG/Wisnu Wardhana)

Mengutip dari Twitter BPPTKG, erupsi pertama Gunung Merapi terjadi pada pukul 09.13. Durasi erupsinya selama 328 detik dangan tinggi kolom kurang lebih 6 ribu dari puncak.

"Terjadi erupsi di Gunung #Merapi tanggal 21 Juni 2020 pukul 09.13 WIB. Erupsi tercatat di seismogram dengan amplitudo 75 mm dan durasi 328 detik. Teramati tinggi kolom erupsi ± (kurang lebih) 6.000 meter dari puncak. Arah angin saat erupsi ke barat," tulis BPPTKG.

Sedangkan Erupsi yang kedua terjadi pada 09.27 WIB dengan durasi 100 detik. Tinggi kolom erupsinya tidak teramati oleh BPPTKG.

 

Jarak Bahaya

Gunung Merapi. (HO/Merapi Observation/AFP)
Gunung Merapi. (HO/Merapi Observation/AFP)

BPPTKG juga menginformasikan bahwa saat ini jarak bahaya berada dalam radius 3 kilometer dari puncak Gunung Merapi. BPPTKG mengimbau masyarakat untuk tetap tenang, tidak panik berlebih dan tetap cermat memilih informasi yang benar.

Gunung Merapi hingga saat ini masih berstatus waspada, status tersebut ditetapkan sejak 21 Mei 2018 lalu.

"Masyarakat diimbau utk tetap tenang. Jarak bahaya dalam radius 3 km dari puncak. #statuswaspada sejak 21 Mei 2018," bunyi Twitter BPPTKG.

 

Daerah yang Terkena Hujan Abu

Abu tipis terdistribusi di beberapa wilayah sekitar lereng Gunung Merapi. (Foto: Humas BNPB)
Abu tipis terdistribusi di beberapa wilayah sekitar lereng Gunung Merapi. (Foto: Humas BNPB)

Mengutip dari keterangan BPBD Kabupaten Magelang yang dikeluarkan pada 10.40 WIB, sudah ada hujan abu yang terjadi akibat Gunung Merapi meletus. Hujan abu ini cukup tebal hingga ringan di Kecamatan Srumbung hingga Kecamatan Borobudur.

Berikut wilayah yang sudah terkena hujan abu

Kecamatan Srumbung (hujan abu cukup tebal)

1. Desa Kaliurang, Kecamatan Srumbung

2. Desa Kemiren, Kecamatan Srumbung

3. Desa Srumbung, Kecamatan Srumbung

4. Desa Banyuadem, Kecamatan Srumbung

5. Desa Kalibening, Kecamatan. Srumbung

6. Desa Ngargosoko, Kecamatan Srumbung

7. Desa Kradenan, Kecamatan Srumbung

Kecamatan Dukun (hujan abu ringan)

1. Desa Ngargomulyo, Kecamatan Dukun

2. Desa Keningar, Kecamatan Dukun

3. Desa Sumber, Kecamatan Dukun

4. Desa Sengi, Kecamatan Dukun

5. Desa Banyudono, Kecamatan Dukun

Wilayah yang Terkena Hujan Abu

Kecamatan Sawangan (hujan abu ringan)

1. Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan

2. Desa Krogowanan, Kecamatan Sawangan

Kecamatan Salam (hujan abu ringan)

1. Desa Gulon, Kecamatan Salam

2. Desa Seloboro, Kecamatan Salam

3. Desa Tirto, Kecamatan Salam

4. Desa Sucen, Kecamatan Salam

5. Desa Kadiluwih, Kecamatan Salam

6. Desa Tersan Gede, Kecamatan Salam

7. Desa Pucungrejo, Kecamatan Salam

 

 

Wilayah yang Terkena Hujan Abu

Kecamatan Muntilan (hujan abu ringan)

1. Desa Gunungpring, Kecamatan Muntilan

2. Desa Sedayu, Kecamatan Muntilan

3. Desa Adikarto, Kecamatan Muntilan

4. Desa Tamanagung, Kecamatan Muntilan

5. Kelurahan Muntilan, Kecamatan Muntilan

Kecamatan Ngluwar (hujan abu ringan)

1. Desa Plosogede, Kecamatan Ngluwar

2. Desa Blongkeng, Kecamatan Ngluwar

3. Desa Jamus Kauman, Kecamatan Ngluwar

4. Desa Ngluwar, Kecamatan Ngluwar Kecamatan

Wilayah yang Terkena Hujan Abu

Mungkid (hujan abu ringan)

1. Kelurahan Mungkid, Kecamatan Mungkid

2. Desa Pabelan, Kecamatan Mungkid

Kecamatan Borobudur (hujan abu ringan)

1. Desa Sambeng, Kecamatan Borobudur

2. Desa Kenalan, Kecamatan Borobudur

3. Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur

4. Desa Ngargogondo, Kecamatan Borobudur

5. Desa Tuksongo, Kecamatan Borobudur

6. Desa Wringinputih, Kecamatan Borobudur

7. Desa Bumiharjo, Kecamatan Borobudur

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Spanyol Real Sociedad vs Real Madrid, Habis-habisan di Reale Arena

Posted: 20 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Sociedad - Real Madrid akan tandang ke markas Real Sociedad pada lanjutan pertandingan Liga Spanyol di Stadion Reale Arena, Senin (22/6/2020) dini hari WIB. Jika menang, Los Blancos bisa menyamai poin Barcelona di singgasana. 

Real Madrid saat ini menempati peringkat kedua klasemen Liga Spanyol dengan 62 poin. Pasukan Zinedine Zidane hanya tertinggal tiga angka dari rival abadinya, Barcelona.

Melihat rekor pertemuan, Real Madrid tak akan mudah menang lawan Real Sociedad. Sebab, klub asal Basque ini sebelumnya yang menjungkalkan Sergio Ramos dan kolega di 16 besar Copa del Rey.

Karena itu, tidak aneh jika duel nanti bisa menjadi ancaman bagi Real Madrid. Meski saat ini, Real Madrid sedang dalam tren bagus usai menang 3-1 atas Eibar dan membungkam Valencia 3-0.

Namun dilihat dari rekor pertemuan, Real Sociedad tidak disangka memenangkan tiga dari empat pertemuan terakhir. Ini tentu jadi ancaman yang tak bisa diremehkan Zidane.

Sebelum duel Real Sociedad vs Real Madrid, ada beberapa laga Liga Spanyol lainnya yang menarik untuk dinanti. Berikut rinciannya:

Jadwal Liga Spanyol

(PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)
(PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

Minggu, 21 Juni 2020

19.00 WIB, Celta Vigo vs Deportivo Alaves

 

Senin (22/6/2020)

00.30 WIB, Valencia vs Osasuna

03.00 WIB, Real Sociedad vs Real Madrid (Live di vidio)

Klasemen Liga Spanyol

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alat Deteksi COVID-19 Unpad-ITB Masuki Validasi Sampel Virus

Posted: 20 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - a Dua alat deteksi SARS-CoV-2, virus penyebab COVID-19, yang dikembangkan perguruan tinggi di Jawa Barat (Jabar), yakni Unpad dan ITB, sedang divalidasi ke sampel virus sebenarnya. Kedua alat itu adalah Deteksi CePAD atau Rapid Test 2.0, dan Surface Plasmon Resonance (SPR).

Koordinator Peneliti Rapid Test COVID-19 Unpad dari Fakultas MIPA, Muhammad Yusuf mengatakan, validasi ke sampel virus dilakukan setelah kedua alat tersebut tervalidasi di laboratorium.

"Kami bekerja sama dengan beberapa pihak dalam validasi ini. Saat ini, formulasi dan uji CePAD di skala laboratorium terhadap protein virus sudah menunjukkan hasil yang baik, jadi bisa dilanjutkan ke validasi di lapangan" kata Yusuf dalam keterangan resminya ditulis Sabtu, 20 Juni 2020.

Yusuf menjelaskan, perbedaan rapid test 2.0 dengan rapid test yang umum digunakan saat ini adalah molekul yang dideteksi.

Rapid test COVID-19 yang umum mendeteksi antibodi, dan rapid test 2.0 ini mendeteksi antigen. Sehingga, kata Yusuf, rapid test 2.0 dapat mendeteksi virus lebih cepat, karena tidak perlu menunggu pembentukan antibodi saat tubuh terinfeksi virus.

"Konsep deteksi antibodi maupun antigen keduanya bagus dan berdasar pada teknologi yang benar. Deteksi antibodi saat ini keunggulannya pada samplingnya yang lebih mudah, dari darah. Namun, deteksi antibodi pada COVID-19 lebih tepat untuk tracing, ingin tahu virus sudah menyebar di mana saja," ucap Yusuf.

"Deteksi antigen bisa digunakan untuk mengetahui penyebab orang sakit ketika sedang menunjukkan gejala seperti demam dan batuk. Jika orang baru terpapar virus beberapa hari, deteksi antibodi kemungkinan besar negatif atau nonreaktif karena antibodi terhadap virusnya belum terbentuk," tambah Yusuf.

 

 

Sedang Melengkapi Produksi 5.000 kit untuk Validasi

Yusuf mengatakan, pihaknya bersama mitra industri sedang melengkapi fasilitas assembly rapid test dan produksi 5.000 kit pada Mei-Juni untuk keperluan validasi.

Setelah validasi menunjukkan hasil yang baik, pada Juli 2020, pihaknya akan produksi 10.000 kit, kemudian dilanjutkan 50.000 kit per bulan sesuai dengan kapasitas produksi mitra saat ini. Jika diperlukan lebih banyak, kata Yusuf, pihaknya mengajak partisipasi berbagai pihak untuk meningkatkan kapasitas produksi tersebut.

"Cara kerja rapid test 2.0 ini, sampel swab dicampurkan ke larutan khusus, kemudian diteteskan ke alatnya. Sama dengan rapid test yang sekarang, 10-15 menit hasilnya keluar. Selain swab nasofaring, kami juga sedang mengembangkan sampling dari air liur," kata Yusuf.

Adapun SPR atau Surface Plasmon Resonance, kata Yusuf, dikembangkan bersama-sama oleh ITB dan Unpad yang tergabung dalam Task Force Riset dan Inovasi Penanganan COVID-19 (TFRIC-19), yang diinisiasi dan dikoordinasi oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan Kemenristek/BRIN.

SPR dikembangkan untuk bisa berfungsi sebagai alat detektor COVID-19. Alat seukuran aki mobil itu dapat mendeteksi interaksi antara biosensor dan virus SARS-CoV-2.

"Cara kerjanya, sampel biologis yang diambil dari pasien atau dalam VTM (viral transport medium) akan dicampur dengan pelarut kemudian dialirkan pada alat SPR. Jika ada virus dalam sampel, maka nanti akan ada perubahan sinyal yang dapat dibaca pada alatnya," ucap Yusuf.

"SPR ini dikembangkan sebagai metode alternatif (pendeteksi COVID-19) yang diharapkan memiliki akurasi yang baik setara dengan PCR. ITB mengembangkan metode SPR-nya, dan Unpad mengembangkan biosensornya, yakni molekul yang bisa menangkap virusnya," tutur Yusuf.

Pengumpulan Spesimen

Kepala Pusat Studi Infeksi Fakultas Kedokteran Unpad Bachti Alisjahbana mengatakan, validasi bertujuan untuk meyakinkan atau menilai kualitas rapid test 2.0 dan SPR. Salah satunya membandingkan tingkat akurasi dengan metode teknik reaksi rantai polimerase (polymerase chain reaction/PCR) yang sudah terbukti baik.

"Kami ambil spesimen yang sama, swab juga, tapi kemudian pasien diperiksa PCR. Kami ambil spesimen 30 pasien yang COVID-19-nya positif PCR, dan 30 pasien yang COVID-19-nya negatif PCR," kata Bachti.

"Spesimen yang sama, Kami periksakan dengan alat uji cepat Pak Yusuf dan kawan-kawan. Nanti, kita bisa lihat seberapa besar tingkat ketepatan atau kesamaannya," lanjut Bachti.

Menurut Bachti, sejauh ini, validasi masih dalam tahap pengumpulan spesimen. Jika hasil validasi kurang memuaskan, maka akan ada evaluasi dan perbaikan. Setelah itu, validasi dilakukan kembali.

"Tapi, kalau sudah cukup oke, sesuai harapan kita, itu bisa langsung registrasi Depkes. Lalu, digunakan layanan-layanan kesehatan," kata Bachti.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jabar Berli Hamdani mengatakan, jika telah divalidasi, rapid test 2.0 dan SPR dapat digunakan untuk diagnosa ataupun penapisan, karena akurasi setara PCR.

Tes masif dengan menggunakan rapid test 2.0 dan SPR akan menemukan peta sebaran COVID-19 yang lebih komprehensif, dan mendeteksi virus lebih dini. Dengan begitu, sebaran COVID-19 dapat diputus dan angka kematian bisa di-nol-kan.

"Setelah produksi pertama ini dipergunakan dan bisa dievaluasi manfaat dan kendala-kendalanya (selama validasi). Sewaktu presentasi dari ITB-UNPAD disampaikan rencana produksi masal di akhir bulan Juli 2020," kata Berli. (Arie Nugraha)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Warganet Pamer Durasi Teleponan Bareng Pasangan

Posted: 20 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komunikasi intens tentu sangat dibutuhkan setiap individu yang mejalani hubungan asmara. Selain mengirim kabar melalui pesan singkat, berbincang melalui telepon juga banyak dilakukan bahkan hanya sekedar melepas kangen.

Baru-baru ini lini masa Twitter diramaikan dengan unggahan warganet yang pamer durasi ketika tengah teleponan bersama pasangannya. Namun uniknya, durasinya pun beragam, ada yang hitungan menit bahkan ratusan jam.

Nah, penasaran seperti apa? Berikut potretnya seperti merangkum dari Twitter. 

1. Yah, sabar ya..

(@veliaberliana/twitter.com)
(@veliaberliana/twitter.com)

2. Waduh, ngobrolin apa saja ya?

(@kelomang_bacot/twitter.com)
(@kelomang_bacot/twitter.com)

3. Pukpuk sini

(@vinatyss/twitter.com)
(@vinatyss/twitter.com)

4. Salah nelpon kali ya..

(@miftakhulhidaa/twitter.com)
(@miftakhulhidaa/twitter.com)

5. Enggak ngerti lagi deh

(@punyakhlak/twitter.com)
(@punyakhlak/twitter.com)

6. Kuat ya kupingnya

(@Perdz_/twitter.com)
(@Perdz_/twitter.com)

7. Ini juaranya si

(@afriantaaa/twitter.com)
(@afriantaaa/twitter.com)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMKG Juanda: Surabaya Bakal Cerah Berawan hingga Malam Hari

Posted: 20 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda prediksi Surabaya, Jawa Timur akan cerah berawan hingga Minggu, (21/6/2020).

Mengutip instagram @infobmkgjuanda, Surabaya akan cerah berawan dari siang hari hingga malam hari. Pada pukul 22.00 WIB, Surabaya akan berawan. Suhu di Surabaya akan berada di kisaran 25-33 derajat celsius dengan kecepatan angin 30 KM per jam. Kelembaban berada di kisaran 55-90 persen.

Sidoarjo, Jawa Timur juga akan cerah berawan pada Minggu ini. Suhu di kisaran 25-32 derajat celsius dengan kecepatan angin 30 KM per jam. Kelembaban berada di kisaran 55-90 persen.

Sedangkan di Lamongan akan cerah berawan pada siang hari. Kemudian malam hari akan berawan. Suhu di Lamongan akan berada di kisaran 25-33 derajat celsius dengan kecepatan angin 30 KM per jam. Kelembaban berada di kisaran 55-90 persen.

Di Gresik, cuaca akan cerah berawan. Malam hari juga akan berawan. Suhu di Gresik akan berada di kisaran 25-33 derajat celsius dengan kecepatan angin 30 KM per jam. Kelembaban berada di kisaran 55-85 persen.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nasib Tragis Gadis Belia Berkali-kali Dicabuli Pria Paruh Baya di Rumah Kosong

Posted: 20 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Manado - Timsus Maleo Polda Sulut dipimpin Ipda Firman Rinaldi menangkap seorang pria berinisial AK (49), warga Bahu, Kecamatan Malalayang, Manado, Jumat (19/6/2020), sekitar pukul 23.00 Wita. dia diduga telah mencabuli seorang gadis belia.

AK diduga telah menyetubuhi seorang gadis berusia belasan tahun, sejak Januari lalu. Hal ini sesuai laporan keluarga korban di Polresta Manado.

Dalam laporan disebutkan, AK telah menyetubuhi korban lebih dari satu kali. Perbuatan tersebut terjadi di sebuah rumah kosong di wilayah Kecamatan Malalayang, Manado.

Laporan direspons oleh Timsus Maleo dengan melakukan penyelidikan. Saat mengetahui pelaku berada di rumahnya, tim segera meluncur dan berhasil menangkap AK.

Katimsus Maleo Polda Sulut, Kompol Prevly Tampanguma membenarkan adanya penangkapan tersebut.

"AK (tersangka pencabulan) kemudian diserahkan ke Polresta Manado untuk diperiksa lebih lanjut," ujarnya.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Semarak HUT DKI Jakarta ke-493, Yuk Jalan-Jalan Virtual Keliling Ancol hingga Ragunan

Posted: 20 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hari Ulang Tahun alias HUT DKI Jakarta ke-493 tahun ini berlangsung dengan cara yang berbeda dari biasa. Maklum, wabah Corona COVID-19 masih belum juga sirna dari Tanah Air.

Meski begitu, bukan berarti HUT DKI Jakarta kali ini ini akan lewat begitu saja tanpa kemeriahan apa pun. Selebrasi tahun ini akan dilangsungkan dengan cara yang berbeda dari biasanya.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyusun serangkaian acara virtual, agar warga dapat merasakan HUT DKI Jakarta ke-493 meski hanya dari rumah.

Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Saefullah, selaku Ketua Panitia HUT Ke-493 Kota Jakarta, menjelaskan perbedaan selebrasi tahun ini adalah pada tata caranya saja. Bila sebelumnya lebih banyak dilakukan di ruang terbuka dengan menghadirkan kerumunan massa, kini dilakukan secara virtual.

"Berbagai kebiasaan baru tersebut tidak mengurangi substansi dari HUT Kota Jakarta, yaitu mensyukuri sekaligus merefleksi kemajuan kita. Kita pun bisa tetap menemukan suka ria dalam bentuk baru melalui berbagai kegiatan yang baru familiar di masa pandemi ini," tuturnya, pada Sabtu (20/6/2020).

Jakarta Tangguh

Kawasan Bundaran HI, Jakarta. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Kawasan Bundaran HI, Jakarta. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Tema perayaan tahun ini pun selaras dengan kondisi saat ini, yakni Jakarta Tangguh. Dengan konsep tersebut, Pemprov maupun warga Jakarta diharap tak pantang menyerah menghadapi wabah.

Lantas, apa saja acara yang bisa dinikmati masyarakat?

"Untuk masyarakat, kami menyiapkan beragam acara yang diadakan secara virtual, agar tetap dapat dinikmati meski dari rumah. Ragam acara tersebut, di antaranya Festival Jakarta Great Online Sale, Tur Virtual di beberapa tempat menarik di Jakarta, hingga beragam program seru yang bisa ditonton secara streaming di Beritajakarta.tv," kata Saefullah.

Great Sale

(Liputan6.com/Fery Pradolo)
(Liputan6.com/Fery Pradolo)

Akan diadakan Jakarta Great Sale online, berkolaborasi dengan delapan platform e-commerce. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 22 – 30 Juni 2020. Tapi sejumlah platform akan mulai pada 20 Juni 2020, agar masyarakat dapat membantu UMKM Jakarta pada masa pandemi melalui platform belanja online.

 

Jalan-Jalan

Ada pula tur virtual yang dapat dinikmati mulai 20-22 Juni 2020 di Beritajakarta.tv dan akun media sosial Pemprov DKI Jakarta.

Pemirsa diajak jalan-jalan secara virtual ke Taman Margasatwa Ragunan, Sea World Ancol, Planetarium, 5 Museum di Jakarta, Air Mancur Menari, dan melihat indahnya kota Jakarta dari ketinggian.

Digelar pula Gubernur Menyapa Warga. Ini adalah kegiatan ngobrol santai lewat Zoom antara Guberbur Jakarta beserta jajarannya dengan perwakilan RW/RT, FKDM, PKK, Tokoh Masyarakat, Karang Taruna, dan Tokoh Agama.

Program Menarik

Tak ketinggalan, ada pula sejumlah program menarik dari Berita Jakarta TV yang bisa disaksikan via situsnya. Acaranya antara lain Virtual Pensi Band SMA, Tik Tok Topeng Betawi, Live Report dari Balai Kota dan DPRD.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lewat Instagram, Para Menteri Ekonomi Ini Ucapkan Selamat Ulang Tahun ke Jokowi

Posted: 20 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Para menteri memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada presiden Joko Widodo (Jokowi). Pada Minggu 21 Juni 2020 ini, Presiden Jokowi memang sedang merayakan ulang tahun yang ke-59.

Beberapa menteri yang memberikan ucapan tersebut antara lain Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri BUMN Erick Thohir dan juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

"Selamat ulang tahun ke-59 Presiden RI Bapak Joko Widodo. Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan kesehatan dan segala kebaikan kepada Bapak dalam memimpin Indonesia menghadapi masa sulit ini," tulis Sri Mulyani seperti dikutip dari laman instagram @smindrawati yang terverifikasi, Minggu (21/6/2020).

Menurut bendahara negara tersebut, Presiden Jokowi merupakan sosok pemimpin negara yang amanah memperjuangkan Indonesia Maju. Jokowi merupakan seorang pribadi yang ramah, terbuka, namun tegas mengawal anak bangsa dalam keberagaman.

Sedangkan Erick Thohir mengatakan bahwa Presiden Jokowi adalah sosok yang tegas, pekerja keras, dan selalu dekat dengan rakyatnya. "Semoga Bapak selalu diberikan kekuatan dan kesehatan dalam memimpin dan membangun Indonesia," tulis @erickthohir.

"Selamat Ulang Tahun ke-59 Bapak Presiden Ir. H. Joko Widodo @jokowi. Semoga senantiasa diberikan perlindungan, kesehatan, kekuatan, kesuksesan, dan keberkahan dalam memimpin bangsa menuju Indonesia maju dan sejahtera," tulis @airlanggahartarto_official.

Jokowi Ultah ke-59 Hari Ini, Jubir: Tidak Ada Perayaan

Presiden Jokowi saat menghadiri KTT Luar Biasa G20 secara virtual di Istana Bogor, Jawa Barat. (Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi saat menghadiri KTT Luar Biasa G20 secara virtual di Istana Bogor, Jawa Barat. (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Presiden Jokowi merayakan hari ulang tahun ke-59, Minggu (21/6/2020).  Juru bicara Presiden RI Fadjroel Rachman mengatakan, tidak ada perayaan di hari ulang tahun kali ini.

"Ya, tidak ada perayaan ultah seperti sebelumnya," kata Fadjroel dikutip dari Antara, Sabtu malam (20/6/2020).

Selama menjabat sebagai Presiden, Jokowi memang tidak pernah merayakan ulang tahun melalui perhelatan pesta khusus.

Hal itu juga telah disampaikan Jokowi di hari ulang tahun ke-58, 21 Juni tahun 2019 silam. Pada saat itu Jokowi menekankan ulang tahunnya tidak pernah dirayakan. Yang dilakukannya hanya memanjatkan rasa syukur kepada Allah SWT.

Adapun Fadjroel dalam akun Instagram @fadjroelrachman menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada Presiden.

Fadjroel juga mendoakan agar Presiden selalu dalam bimbingan Allah SWT dalam memimpin bangsa Indonesia.

"Selamat ulang tahun ke-59 Minggu (21 Juni 2020), Presiden Jokowi panjang umur, selalu sehat & berbahagia bersama keluarga, selalu dalam bimbinganNYA memimpin bangsa yang besar ini Republik Indonesia menuju kemajuan & kejayaannya di dunia," tulis Fadjroel dalam akun Instagramnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kalender Suku Maya dan Tafsir Kiamat 21 Juni 2020, Ini Kata NASA dan Astronom

Posted: 20 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi virus corona telah menjadikan 2020 sebagai tahun yang mengerikan. Di tengah itu semua, informasi keliru dan hoaks tentang penyakit COVID-19 juga menimbulkan kecemasan berlebihan yang tidak perlu di masyarakat.

Kini, untuk memperkeruh dan menambah kesimpangsiuran informasi, muncul 'ahli teori konspirasi' yang mengklaim bahwa kiamat akan terjadi pada 21 Juni 2020, berdasarkan 'tafsir' atau prediksi kalender Suku Maya kuno.

Mayoritas orang di seluruh dunia saat ini mengikuti kalender Gregorian tetapi kalender ini muncul pada 1582 dan sebelum ini orang menggunakan kalender yang berbeda untuk melacak tanggal. Dua dari kalender yang paling populer adalah kalender Maya dan kalender Julian.

Menurut para ahli, kalender Gregorian diperkenalkan untuk lebih mencerminkan waktu yang dibutuhkan Bumi untuk mengorbit Matahari. Namun, diyakini oleh banyak orang bahwa sebanyak 11 hari hilang dari tahun yang pernah ditentukan oleh kalender Julian.

Seiring waktu, hari-hari yang hilang ini bertambah dan sekarang sebuah teori konspirasi telah muncul yang menyatakan bahwa kita sebenarnya ada di tahun 2012, bukan tahun 2020. Dan, tahun 2012 telah dikenal sebelumnya sebagai nubuat kiamat yang diklaim oleh Suku Maya kuni.

Klaim itu juga turut digaungkan oleh Paolo Tagaloguin yang pada akun Twitternya mengklaim sebagai 'sarjana Fulbright, biologis'. Dalam tweet yang sekarang dihapus, ia dilaporkan mengatakan, "Mengikuti Kalender Julian, kita secara teknis berada pada 2012. Jumlah hari yang hilang dalam satu tahun karena peralihan ke Kalender Gregorian adalah 11 hari. Selama 268 tahun menggunakan Kalender Gregorian (1752-2020) kali 11 hari = 2.948 hari. 2,948 hari/365 hari (per-tahun) = 8 tahun."

Mengikuti teori ini, 21 Juni 2020, sebenarnya adalah 21 Desember 2012. Dapat diingat bahwa pada 2012, tanggal 21 Desember diusulkan oleh beberapa orang sebagai akhir dunia oleh para ahli teori konspirasi.

Bantahan NASA dan Astronom

Seperti dikutip dari Zeenews.India pada Minggu (21/6/2020), NASA menjelaskan, "Cerita dimulai dengan klaim bahwa Nibiru, sebuah planet yang seharusnya ditemukan oleh bangsa Sumeria, menuju Bumi. Bencana ini awalnya diperkirakan untuk Mei 2003, tetapi ketika tidak ada yang terjadi, tanggal kiamat dipindahkan ke Desember 2012 dan dikaitkan dengan akhir dari salah satu siklus dalam kalender Maya kuno di titik balik matahari musim dingin tahun 2012 --maka tanggal kiamat di mana dunia diprediksi akan berakhir jatuh pada 21 Desember 2012."

Badan antariksa Amerika Serikat itu kemudian menambahkan penjelasannya terkait klaim kiamat 21 Desember 2012, "Untuk setiap klaim bencana atau perubahan dramatis pada 2012, di mana sains-nya? Di mana buktinya? Tidak ada, dan untuk semua pernyataan itu, semuanya hanya fiksi --apakah itu dibuat dalam buku, film, dokumenter atau melalui Internet. Tidak ada bukti yang dapat dipercaya atas pernyataan apa pun yang dibuat untuk mendukung peristiwa tidak biasa yang terjadi pada Desember 2012."

Sementara itu, matematika konversi yang tampaknya mengarah pada anggapan bahwa hari Minggu 21 Juni 2020 sebagai 21 Desember 2012 di kalender Julian juga salah, menurut astronom Amerika Serikat Phil Plait, yang memeriksa fakta klaim, seperti dilaporkan oleh Syfy.com.

"Pertama, orang Maya tidak pernah meramalkan akhir dunia. Seluruh hal 2012 itu salah sejak awal. Kalender Maya, dikatakan oleh penjual malapetaka, berakhir pada 21 Desember 2012, dan Maya percaya bahwa dunia akan berakhir pada tanggal itu."

"Kecuali kalendar mereka tidak berakhir saat itu. Mereka memiliki satuan waktu yang mereka hitung, sama seperti kita. Mereka tidak menggunakan minggu dan bulan dan tahun, tetapi itu adalah ide yang sama. Ternyata pada tanggal 21 Desember 2012 salah satu unit besar mereka terguling, mirip dengan tanggal kita tahun 1999 yang berubah menjadi tahun 2000. Jadi seperti satu dekade atau abad baru, itu saja. Ada beberapa interpretasi bahwa mereka merayakan hal-hal seperti itu (seperti yang kita lakukan pada tengah malam 31 Desember setiap tahun), tetapi tidak ada yang menunjukkan mereka berpikir dunia akan berakhir secara fisik."

"Kedua, itu tidak masalah, karena tanggal 21 Desember 2012 diubah dari kalender Maya ke kalender Gregorian," tambah Plait. "Jadi tidak ada alasan untuk membawa kalender Julian ke sini. Itu tidak masuk akal."

Bukan yang Pertama

Ilustrasi Hari Kiamat (iStock)
Ilustrasi Hari Kiamat (iStock)

Ini bukan prediksi hari kiamat pertama yang datang dari peradaban pra-kolonial atau sumber lainnya. Dan jangan terkejut, setiap tahun selalu muncul klaim-klaim serupa seperti ini, Forbes melaporkan. Sejauh ini tidak ada yang benar, menunjukkan betapa buruknya klaim-klaim tersebut.

Selain itu, ada banyak alasan untuk meyakini bahwa bangsa Maya tidak pernah benar-benar memprediksi akhir dunia, tetapi bahwa titik batas pada kalender mereka hanyalah akhir dari sebuah siklus. Sama seperti orang tua kita membuang kalender lama setiap bulan Desember. Ini bukan sinyal apa pun selain awal tahun baru dan daur ulang sistem ketepatan waktu.

Jadi, cukup jelas rasanya bahwa klaim-klaim itu hanya akan menjadi angin lalu belaka. Lanjutkan semua rencana dan aktivitas Anda (di tengah pandemi ini) seperti biasa. Dan berhati-hatilah dengan apa yang Anda baca (dan bersikap bijak untuk tidak menyebarkannya, jika bacaan tersebut hanyalah omong kosong belaka).

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Rekaman Wanita Ludahi Tombol Lift Berkali-Kali

Posted: 20 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wanita tertangkap kamera CCTV meludahi tombol lift di China. Manajemen memastikan wanita tersebut bukan penghuni properti dan telah mendesinfeksi lift tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ramai dan Meriah, Ini 6 Potret Perayaan Ulang Tahun ke-28 Ayu Ting Ting

Posted: 20 Jun 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pedangdut cantik Ayu Rosmalina atau yang biasa dikenal dengan Ayu Ting Ting pada Sabtu (20/6/2020) baru saja merayakan pertambahan usianya yang ke-28. Dikelilingi oleh orang-orang terkasih, ulang tahun dari ibunda Bilqis Khumairah ini pun nampak meriah.

Hal ini nampak dari postingan yang diunggah oleh Ayu Ting Ting, artis asal Depok, Jawa Barat ini mengunggah potret perayaan ulang tahunnya yang dirayakan bersama keluarga, sahabat, dan sejumlah kerabat dekat. Ia pun menuliskan caption penuh syukur. "Alhamdulillah ya allah makasih banyak semua keluarga. My everything, makasih ayah, ibu, adek-adik teteh terutama anak bunda iqis," tulis Ayu pada Sabtu (20/6/2020).

Tak hanya itu saja, klub penggemar Ayu Ting Ting yang menamakan diri sebagai AYTINGLICIOUS pun mengirimkan karangan bunga papan untuk memperingati ulang tahun sang idola.

Kira-kira seperti apakah momen meriah perayaan ulang tahun Ayu Ting Ting yang ke-28? Berikut Ulasan selengkapnya dilansir dari laman Instagram @ayutingting92 oleh Liputan6.com, Minggu (21/6/2020).

1. Dikelilingi oleh keluarga, sahabat, dan kerabat dekat, Ayu Ting Ting nampak sangat sumringah menyambut pertambahan usianya.

Potret Perayaan Ulang Tahun ke-28 Ayu Ting Ting. (Sumber: Instagram/ayutingting92)
Potret Perayaan Ulang Tahun ke-28 Ayu Ting Ting. (Sumber: Instagram/ayutingting92)

2. Nampak sang sahabat yakni Ivan Gunawan turut hadir untuk merayakan hari spesial Ayu Ting Ting.

Potret Perayaan Ulang Tahun ke-28 Ayu Ting Ting. (Sumber: Instagram/ayutingting92)
Potret Perayaan Ulang Tahun ke-28 Ayu Ting Ting. (Sumber: Instagram/ayutingting92)

3. Pemilik nama asli Ayu Rosmalina ini kini genap berusia 28 tahun.

Potret Perayaan Ulang Tahun ke-28 Ayu Ting Ting. (Sumber: Instagram/ayutingting92)
Potret Perayaan Ulang Tahun ke-28 Ayu Ting Ting. (Sumber: Instagram/ayutingting92)

4. Ibunda dari Bilqis Khumaira ini nampak sangat sumringah merayakan ulang tahunnya pada Sabtu (20/6/2020).

Potret Perayaan Ulang Tahun ke-28 Ayu Ting Ting. (Sumber: Instagram/ayutingting92)
Potret Perayaan Ulang Tahun ke-28 Ayu Ting Ting. (Sumber: Instagram/ayutingting92)

5. Meski masih berstatus single, namun mantan istri dari Henry Baskoro ini nampak tak kesepian di hari ulang tahunnya.

Potret Perayaan Ulang Tahun ke-28 Ayu Ting Ting. (Sumber: Instagram/ayutingting92)
Potret Perayaan Ulang Tahun ke-28 Ayu Ting Ting. (Sumber: Instagram/ayutingting92)

6. Di hari spesialnya, pedangdut kelahiran 20 Juni 1992 ini juga mendapatkan hadiah berupa karangan bunga dari para penggemarnya.

Potret Perayaan Ulang Tahun ke-28 Ayu Ting Ting. (Sumber: Instagram/ayutingting92)
Potret Perayaan Ulang Tahun ke-28 Ayu Ting Ting. (Sumber: Instagram/ayutingting92)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Erupsi Merapi 21 Juni, Magelang Diguyur Hujan Abu Vulkanik

Posted: 20 Jun 2020 09:49 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta - Gunung Merapi di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, kembali erupsi. Dua kali letusan dilaporkan oleh Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta pada Hari Minggu (21 Juni 2020).

Erupsi Merapi pertama terjadi pada pukul 09.13 WIB. Erupsi tercatat di seismogram dgn amplitudo 75 mm dan durasi? detik. Teramati tinggi kolom erupsi ± 6.000 meter dari puncak. Arah angin saat erupsi ke barat.

14 menit berselang terjadi erupsi kembali dengan durasi amplitudo selama 100 detik dengan ketinggian kolom tidak terpantau, erupsi kedua ini terjadi pada pukul 09.27 WIB.

Status Gunung Merapi sendiri tetap pada level Waspada yang telah ditetapkan sejak 21 Mei 2018, dimana zona bahaya ditetapkan pada radius tiga kilometer dari puncak. Dua kali erupsi ini mengakibatkan turunnya hujan abu di wilayah kabupaten Magelang Jawa Tengah.

BPBD Magelang merilis bahwa hingga pukul 10.40 WIB, Sebaran hujan abu vulkanik erupsi Gunung Merapi Minggu, 21 Juni 2020, di Kabupaten Magelang, antara lain di wilayah Kecamatan Srumbung yang mengalami hujan abu cukup deras di Desa Kaliurang, Desa Kemiren, Desa Srumbung, Desa Banyuadem, Desa Kalibening, Desa Ngargosoko, dan Desa Kradenan.

Sedang hujan abu ringan dilaporkan di Kecamatan Dukun, Kecamatan Sawangan, Kecamatan Salam, Kecamatan Muntilan, Kecamatan Ngluwar, Kecamatan Mungkid dan Kecamatan Borobur.

BPBD mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik meski Gunung Merapi erupsi. Selalu ikuti informasi dari sumber yang terpercaya. Informasi aktivitas Gunung Merapi sendiri dapat diakses melalui radio komunikasi, telepon, media sosial BPPTKG, dan aplikasi MAGMA Indonesia

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polri Gelar Tes Corona di Tengah Keramaian CFD Sudirman-Thamrin

Posted: 20 Jun 2020 09:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pihak Kepolisian menggelar pemeriksaan tes cepat (rapid test) dan usap (swab) gratis di area Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) untuk mencegah penyebaran virus corona (COVID-19).

Pantauan di lapangan, kegiatan digelar di sekitar area Gelora Bung Karno (GBK) Senayan mendapatkan respon cukup baik dari masyarakat.

"Senang, karena ada pemeriksaan gratis," kata Yuli, Minggu (21/6/2020). 

Menurut dia, jika pemeriksaan serupa dilakukan pihak swasta, masyarakat bisa mengeluarkan uang hingga ratusan ribu rupiah.

"Program ini sekaligus membatu warga untuk mengetahui apakah terpapar virus corona atau tidak," ujar Yuli.

Program pemeriksaan Covid-19 itu merupakan bagian dari peringatan Hari Bhayangkara Polri ke 74 tahun. Kapusdokkes Polri Brigjen Rusdianto di lokasi kegiatan mengatakan pihaknya menyediakan 1.000 kit perangkat rapid test untuk warga.

"Kegiatan serupa juga dilaksanakan di seluruh Indonesia," ujar Rusdi seperti dlansir dari Antara.

Masyarakat yang bersedia mengikuti uji cepat mengambil nomor antrian untuk mengisi formulir identitas diri.

Selanjutnya mereka menunggu panggilan untuk dilakukan pemeriksaan rapid test. Jika ditemukan ada yang reaktif, maka langsung dilakukan uji usap oleh tim dokter Polri.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Pedagang Positif Corona, Begini Suasana Lapak Pasar Minggu

Posted: 20 Jun 2020 09:40 PM PDT

Spanduk penutupan terpasang di Pasar Minggu, Kawasan Jakarta Selatan, Minggu (21/6/2020). Penutupan dilakukan menyusul ditemukannya tiga pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19 setelah dilakukan uji usap oleh puskesmas kecamatan beberapa pekan lalu. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Spanduk penutupan terpasang di Pasar Minggu, Kawasan Jakarta Selatan, Minggu (21/6/2020). Penutupan dilakukan menyusul ditemukannya tiga pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19 setelah dilakukan uji usap oleh puskesmas kecamatan beberapa pekan lalu. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Spanduk penutupan terpasang di Pasar Minggu, Kawasan Jakarta Selatan, Minggu (21/6/2020). Penutupan dilakukan menyusul ditemukannya tiga pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19 setelah dilakukan uji usap oleh puskesmas kecamatan beberapa pekan lalu. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Suasana Pasar Minggu yang tutup dan sepi dari aktivitas jual beli di Jakarta Selatan, Minggu (21/6/2020). Penutupan dilakukan menyusul ditemukannya tiga pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19 setelah dilakukan uji usap oleh puskesmas kecamatan beberapa pekan lalu. (Liputan6.com/Immanuel Antoni
Suasana Pasar Minggu yang tutup dan sepi dari aktivitas jual beli di Jakarta Selatan, Minggu (21/6/2020). Penutupan dilakukan menyusul ditemukannya tiga pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19 setelah dilakukan uji usap oleh puskesmas kecamatan beberapa pekan lalu. (Liputan6.com/Immanuel Antoni

Suasana Pasar Minggu yang tutup dan sepi dari aktivitas jual beli di Jakarta Selatan, Minggu (21/6/2020). Penutupan dilakukan menyusul ditemukannya tiga pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19 setelah dilakukan uji usap oleh puskesmas kecamatan beberapa pekan lalu. (Liputan6.com/Immanuel Antoni

Petugas kebersihan terlihat di Pasar Minggu yang tutup di Kawasan Jakarta Selatan, Minggu (21/6/2020). Penutupan dilakukan menyusul ditemukannya tiga pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19 setelah dilakukan uji usap oleh puskesmas kecamatan beberapa pekan lalu. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Petugas kebersihan terlihat di Pasar Minggu yang tutup di Kawasan Jakarta Selatan, Minggu (21/6/2020). Penutupan dilakukan menyusul ditemukannya tiga pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19 setelah dilakukan uji usap oleh puskesmas kecamatan beberapa pekan lalu. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Petugas kebersihan terlihat di Pasar Minggu yang tutup di Kawasan Jakarta Selatan, Minggu (21/6/2020). Penutupan dilakukan menyusul ditemukannya tiga pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19 setelah dilakukan uji usap oleh puskesmas kecamatan beberapa pekan lalu. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Suasana Pasar Minggu yang tutup dan sepi dari aktivitas jual beli di Jakarta Selatan, Minggu (21/6/2020). Penutupan dilakukan menyusul ditemukannya tiga pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19 setelah dilakukan uji usap oleh puskesmas kecamatan beberapa pekan lalu. (Liputan6.com/Immanuel Antoni
Suasana Pasar Minggu yang tutup dan sepi dari aktivitas jual beli di Jakarta Selatan, Minggu (21/6/2020). Penutupan dilakukan menyusul ditemukannya tiga pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19 setelah dilakukan uji usap oleh puskesmas kecamatan beberapa pekan lalu. (Liputan6.com/Immanuel Antoni

Suasana Pasar Minggu yang tutup dan sepi dari aktivitas jual beli di Jakarta Selatan, Minggu (21/6/2020). Penutupan dilakukan menyusul ditemukannya tiga pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19 setelah dilakukan uji usap oleh puskesmas kecamatan beberapa pekan lalu. (Liputan6.com/Immanuel Antoni

Suasana Pasar Minggu yang tutup dan sepi dari aktivitas jual beli di Jakarta Selatan, Minggu (21/6/2020). Penutupan dilakukan menyusul ditemukannya tiga pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19 setelah dilakukan uji usap oleh puskesmas kecamatan beberapa pekan lalu. (Liputan6.com/Immanuel Antoni
Suasana Pasar Minggu yang tutup dan sepi dari aktivitas jual beli di Jakarta Selatan, Minggu (21/6/2020). Penutupan dilakukan menyusul ditemukannya tiga pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19 setelah dilakukan uji usap oleh puskesmas kecamatan beberapa pekan lalu. (Liputan6.com/Immanuel Antoni

Suasana Pasar Minggu yang tutup dan sepi dari aktivitas jual beli di Jakarta Selatan, Minggu (21/6/2020). Penutupan dilakukan menyusul ditemukannya tiga pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19 setelah dilakukan uji usap oleh puskesmas kecamatan beberapa pekan lalu. (Liputan6.com/Immanuel Antoni

Seorang pria terlihat di Pasar Minggu yang tutup di Kawasan Jakarta Selatan, Minggu (21/6/2020). Penutupan dilakukan menyusul ditemukannya tiga pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19 setelah dilakukan uji usap oleh puskesmas kecamatan beberapa pekan lalu. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Seorang pria terlihat di Pasar Minggu yang tutup di Kawasan Jakarta Selatan, Minggu (21/6/2020). Penutupan dilakukan menyusul ditemukannya tiga pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19 setelah dilakukan uji usap oleh puskesmas kecamatan beberapa pekan lalu. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Seorang pria terlihat di Pasar Minggu yang tutup di Kawasan Jakarta Selatan, Minggu (21/6/2020). Penutupan dilakukan menyusul ditemukannya tiga pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19 setelah dilakukan uji usap oleh puskesmas kecamatan beberapa pekan lalu. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Petugas kebersihan terlihat di Pasar Minggu yang tutup di Kawasan Jakarta Selatan, Minggu (21/6/2020). Penutupan dilakukan menyusul ditemukannya tiga pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19 setelah dilakukan uji usap oleh puskesmas kecamatan beberapa pekan lalu. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Petugas kebersihan terlihat di Pasar Minggu yang tutup di Kawasan Jakarta Selatan, Minggu (21/6/2020). Penutupan dilakukan menyusul ditemukannya tiga pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19 setelah dilakukan uji usap oleh puskesmas kecamatan beberapa pekan lalu. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Petugas kebersihan terlihat di Pasar Minggu yang tutup di Kawasan Jakarta Selatan, Minggu (21/6/2020). Penutupan dilakukan menyusul ditemukannya tiga pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19 setelah dilakukan uji usap oleh puskesmas kecamatan beberapa pekan lalu. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Suasana Pasar Minggu yang tutup dan sepi dari aktivitas jual beli di Jakarta Selatan, Minggu (21/6/2020). Penutupan dilakukan menyusul ditemukannya tiga pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19 setelah dilakukan uji usap oleh puskesmas kecamatan beberapa pekan lalu. (Liputan6.com/Immanuel Antoni
Suasana Pasar Minggu yang tutup dan sepi dari aktivitas jual beli di Jakarta Selatan, Minggu (21/6/2020). Penutupan dilakukan menyusul ditemukannya tiga pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19 setelah dilakukan uji usap oleh puskesmas kecamatan beberapa pekan lalu. (Liputan6.com/Immanuel Antoni

Suasana Pasar Minggu yang tutup dan sepi dari aktivitas jual beli di Jakarta Selatan, Minggu (21/6/2020). Penutupan dilakukan menyusul ditemukannya tiga pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19 setelah dilakukan uji usap oleh puskesmas kecamatan beberapa pekan lalu. (Liputan6.com/Immanuel Antoni

Suasana Pasar Minggu yang tutup dan sepi dari aktivitas jual beli di Jakarta Selatan, Minggu (21/6/2020). Penutupan dilakukan menyusul ditemukannya tiga pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19 setelah dilakukan uji usap oleh puskesmas kecamatan beberapa pekan lalu. (Liputan6.com/Immanuel Antoni
Suasana Pasar Minggu yang tutup dan sepi dari aktivitas jual beli di Jakarta Selatan, Minggu (21/6/2020). Penutupan dilakukan menyusul ditemukannya tiga pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19 setelah dilakukan uji usap oleh puskesmas kecamatan beberapa pekan lalu. (Liputan6.com/Immanuel Antoni

Suasana Pasar Minggu yang tutup dan sepi dari aktivitas jual beli di Jakarta Selatan, Minggu (21/6/2020). Penutupan dilakukan menyusul ditemukannya tiga pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19 setelah dilakukan uji usap oleh puskesmas kecamatan beberapa pekan lalu. (Liputan6.com/Immanuel Antoni

Seekor kucing terlihat di dalam Pasar Minggu, Jakarta Selatan, yang tutup, Minggu (21/6/2020). Penutupan dilakukan menyusul ditemukannya tiga pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19 setelah dilakukan uji usap oleh puskesmas kecamatan beberapa pekan lalu. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Seekor kucing terlihat di dalam Pasar Minggu, Jakarta Selatan, yang tutup, Minggu (21/6/2020). Penutupan dilakukan menyusul ditemukannya tiga pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19 setelah dilakukan uji usap oleh puskesmas kecamatan beberapa pekan lalu. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Seekor kucing terlihat di dalam Pasar Minggu, Jakarta Selatan, yang tutup, Minggu (21/6/2020). Penutupan dilakukan menyusul ditemukannya tiga pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19 setelah dilakukan uji usap oleh puskesmas kecamatan beberapa pekan lalu. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Suasana Pasar Minggu yang tutup dan sepi dari aktivitas jual beli di Jakarta Selatan, Minggu (21/6/2020). Penutupan dilakukan menyusul ditemukannya tiga pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19 setelah dilakukan uji usap oleh puskesmas kecamatan beberapa pekan lalu. (Liputan6.com/Immanuel Antoni
Suasana Pasar Minggu yang tutup dan sepi dari aktivitas jual beli di Jakarta Selatan, Minggu (21/6/2020). Penutupan dilakukan menyusul ditemukannya tiga pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19 setelah dilakukan uji usap oleh puskesmas kecamatan beberapa pekan lalu. (Liputan6.com/Immanuel Antoni

Suasana Pasar Minggu yang tutup dan sepi dari aktivitas jual beli di Jakarta Selatan, Minggu (21/6/2020). Penutupan dilakukan menyusul ditemukannya tiga pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19 setelah dilakukan uji usap oleh puskesmas kecamatan beberapa pekan lalu. (Liputan6.com/Immanuel Antoni

Sejumlah kucing terlihat di Pasar Minggu yang tutup di Kawasan Jakarta Selatan, Minggu (21/6/2020). Penutupan dilakukan menyusul ditemukannya tiga pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19 setelah dilakukan uji usap oleh puskesmas kecamatan beberapa pekan lalu. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Sejumlah kucing terlihat di Pasar Minggu yang tutup di Kawasan Jakarta Selatan, Minggu (21/6/2020). Penutupan dilakukan menyusul ditemukannya tiga pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19 setelah dilakukan uji usap oleh puskesmas kecamatan beberapa pekan lalu. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sejumlah kucing terlihat di Pasar Minggu yang tutup di Kawasan Jakarta Selatan, Minggu (21/6/2020). Penutupan dilakukan menyusul ditemukannya tiga pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19 setelah dilakukan uji usap oleh puskesmas kecamatan beberapa pekan lalu. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Kebocoran 230 Ribu Data Tes Covid-19 Warga RI Jadi Sorotan

Posted: 20 Jun 2020 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 230 ribu data tes Covid-19 warga Indonesia ditawarkan di forum online RaidForums. Berita ini pun menjadi sorotan para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Sabtu (21/6/2020).

Berita lain yang juga jadi sorotan datang dari fitur last seen dan keterangan typing WhatsApp yang sempat tak berfungsi.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Duh, 230 Ribu Data Covid-19 Indonesia Dijual di Forum Online

Sebanyak 230 ribu data Covid-19 Indonesia ditawarkan di forum online RaidForums.

Sebagaimana dilihat oleh Tekno Liputan6.com di laman forum online RaidForums, Sabtu (20/6/2020), penjual database Covid-19 Indonesia adalah akun Database Shopping. Database ini diunggah pada 18 Juni 2020.

Dalam deskripsi disebutkan, isinya adalah 230 ribu data Covid-19 Indonesia yang bocor pada 20 Mei 2020.

Baca selengkapnya di sini

2. Pengamat: Peretasan Database Covid-19 Serang Pasien Secara Personal

Sebanyak 230 ribu data tes Covid-19 warga Indonesia ditawarkan di forum online RaidForums pada 18 Juni 2020.

Data tersebut diduga kuat merupakan hasil peretasan oleh hacker terhadap sistem data milik pemerintah. Berdasarkan bocoran atau spoiler yang disampaikan oleh si penjual data, isi database bermacam-macam.

Data pribadi seperti nama, alamat, nomor telepon, kantor, hingga riwayat positif atau negatif Covid-19 ada di dalamnya.

Baca selengkapnya di sini 

 

3. Warganet Heboh, Fitur Last Seen dan Keterangan Typing WhatsApp Tak Berfungsi

WhatsApp, Logo WhatsApp. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
WhatsApp, Logo WhatsApp. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Linimasa Twitter diramaikan dengan topik mengenai WhatsApp yang menjadi salah satu trending topic, Sabtu (20/6/2020).

Rupanya, kicauan para pengguna ini berisi keluhan pengguna karena hilangnya fitur last seen dan keterangan typing pada WhatsApp.

Last seen merupakan fitur WhatsApp yang memberitahukan ke pengguna, kapan seseorang terakhir terlihat di WhatsApp.

Baca selengkapnya di sini

(Isk/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dilarang Ikut CFD, Lansia Protes ke Satpol PP: Saya Masih Kuat Lari 20 KM

Posted: 20 Jun 2020 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin menyatakan gelaran Hari Bebas Kendraan Bermotor atau car free day (CFD) perdana, usai ditutup karena Covid-19, akan dievaluasi.

Menurutnya, masih ada beberapa pelanggaran seperti warga tak beramasker, anak di bawah usia dan lansia yang ikut berolahraga.

"Tadi ada yang bermasker tidak boleh masuk area CFD, yang bawa anak, juga orangtua di atas 60 tahun," kata Arifin di area CFD Jakarta, Minggu (21/6/2020).

Arifin mengatakan ada kasus ditemukan seorang lanjut usia yang diminta untuk tidak berolahraga di areal CFD, sesuai aturan protokol. Namun bapak tersebut menolak dan mengatakan dalam kondisi yang baik.

"Ketika dilarang dan kami memohon maaf, bapak itu membalikkan dengan mengatakan fisiknya masih kuat lari 10 km 20 km, jadi kita harus evaluasi," jelas Arifin.

Suasana Kondusif

Suasana aktivitas warga di area Car Free Day (CFD) kawasan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (21/6/2020). Kegiatan hari bebas kendaraan bermotor atau CFD Jakarta kembali dibuka pada Minggu (21/6) ini diiringi dengan sejumlah protokol kesehatan. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Suasana aktivitas warga di area Car Free Day (CFD) kawasan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (21/6/2020). Kegiatan hari bebas kendaraan bermotor atau CFD Jakarta kembali dibuka pada Minggu (21/6) ini diiringi dengan sejumlah protokol kesehatan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Lebih dari itu, lanjut Arifin, semuanya berjalan kondusif. Menurutnya personel diterjunkan dan bantuan TNI-Polri juga masyarakat turut koperatif dalam mendukung kelancaran CFD Jakarta hari ini.

"Tapi semua tadi sudah baik, pengawasan cukup banyak melibatkan unsur, apresiasi untu warga patuh juga semoga ini bisa kita tingkatkan," Arifin menandasi.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Arsenal Masukkan Mesut Ozil ke Daftar Jual Musim Depan

Posted: 20 Jun 2020 09:35 PM PDT

London - Spekulasi mengenai masa depan Mesut Ozil di Arsenal nampaknya akan segera berakhir. Playmaker asal Jerman itu diberitakan akan dijual pada musim panas nanti.

Pemain berusia 31 tahun itu sudah memasuki musim keempatnya di Arsenal. Namun performanya cenderung menurun dalam dua musim terakhir.

Ozil sempat kembali mendapatkan jam bermain yang stabil di bawah Mikel Arteta. Namun baru-baru ini ia tidak dibawa sang pelatih saat menghadapi Manchester City.

ESPN mengklaim bahwa Mikel Arteta sudah mengambil keputusan terkait masa depan sang playmaker. Ia diberitakan akan menjual Ozil di musim panas nanti.

Menurut laporan tersebut, Mikel Arteta sudah memutuskan untuk tidak menggunakan Ozil. Sang pelatih diberitakan sudah memberikan kesempatan yang cukup banyak untuk Ozil. Namun, ia masih belum memberikan kemampuan terbaiknya untuk Arsenal.

Karena itu, ia merasa lebih baik untuk menjual sang playmaker dan mencari penggantinya untuk musim depan.

Kurangi Beban Gaji

7. Mesut Ozil (28,7 juta dolar) - Ozil memperoleh 28,7 juta dolar dari 23,2 juta dolar gaji dan bonus serta 5,5 juta dolar dari iklan. (AFP/Ian Kington)
7. Mesut Ozil (28,7 juta dolar) - Ozil memperoleh 28,7 juta dolar dari 23,2 juta dolar gaji dan bonus serta 5,5 juta dolar dari iklan. (AFP/Ian Kington)

Menurut laporan tersebut, Arteta juga ingin menjual Ozil untuk mengurangi beban gaji timnya.

Seperti yang diketahui, Ozil saat ini merupakan pemain dengan gaji tertinggi di Arsenal. Ia dibayar sekitar 350 ribu pounds per pekan.

Arteta menilai performa Ozil tidak sepadan dengan gaji mahalnya itu. Untuk itu ia semakin mantap menjual sang playmaker.

Namun, Ozil enggan untuk meninggalkan Arsenal pada musim panas nanti. Gelandang berdarah Turki itu bertekad untuk mempertahankan tempatnya di skuat The Gunners musim depan.

Sumber: ESPN

Disadur dari: Bola.net (Serafin Unus Pasi, published 20/6/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Berlatih Hip Hop secara Virtual Selama Pandemi Covid-19

Posted: 20 Jun 2020 09:32 PM PDT

Instruktur mengajar murid street dance genre hip hop secara virtual di O2dance School, BSD Nusa Loka, Tangerang Selatan, Sabtu (20/6/2020). Selama pandemi Covid-19 murid-murid berlatih setiap hari Sabtu sekitar 1 jam yang dibagi beberapa kelas. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Instruktur mengajar murid street dance genre hip hop secara virtual di O2dance School, BSD Nusa Loka, Tangerang Selatan, Sabtu (20/6/2020). Selama pandemi Covid-19 murid-murid berlatih setiap hari Sabtu sekitar 1 jam yang dibagi beberapa kelas. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Instruktur mengajar murid street dance genre hip hop secara virtual di O2dance School, BSD Nusa Loka, Tangerang Selatan, Sabtu (20/6/2020). Selama pandemi Covid-19 murid-murid berlatih setiap hari Sabtu sekitar 1 jam yang dibagi beberapa kelas. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Murid-murid berlatih street dance genre hip hop secara virtual di O2dance School, BSD Nusa Loka, Tangerang Selatan, Sabtu (20/6/2020). Sebanyak 150 murid dari level basic hingga advance berlatih di rumah guna mencegah penyebaran virus Covid-19. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Murid-murid berlatih street dance genre hip hop secara virtual di O2dance School, BSD Nusa Loka, Tangerang Selatan, Sabtu (20/6/2020). Sebanyak 150 murid dari level basic hingga advance berlatih di rumah guna mencegah penyebaran virus Covid-19. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Murid-murid berlatih street dance genre hip hop secara virtual di O2dance School, BSD Nusa Loka, Tangerang Selatan, Sabtu (20/6/2020). Sebanyak 150 murid dari level basic hingga advance berlatih di rumah guna mencegah penyebaran virus Covid-19. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Instruktur mengajar murid street dance genre hip hop secara virtual di O2dance School, BSD Nusa Loka, Tangerang Selatan, Sabtu (20/6/2020). Sejak bulan Maret murid-murid berlatih di rumah secara vitual guna mencegah penyebaran virus Covid-19. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Instruktur mengajar murid street dance genre hip hop secara virtual di O2dance School, BSD Nusa Loka, Tangerang Selatan, Sabtu (20/6/2020). Sejak bulan Maret murid-murid berlatih di rumah secara vitual guna mencegah penyebaran virus Covid-19. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Instruktur mengajar murid street dance genre hip hop secara virtual di O2dance School, BSD Nusa Loka, Tangerang Selatan, Sabtu (20/6/2020). Sejak bulan Maret murid-murid berlatih di rumah secara vitual guna mencegah penyebaran virus Covid-19. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Instruktur mengajar murid street dance genre hip hop secara virtual di O2dance School, BSD Nusa Loka, Tangerang Selatan, Sabtu (20/6/2020). Selama pandemi Covid-19 murid-murid berlatih setiap hari Sabtu sekitar 1 jam yang dibagi beberapa kelas. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Instruktur mengajar murid street dance genre hip hop secara virtual di O2dance School, BSD Nusa Loka, Tangerang Selatan, Sabtu (20/6/2020). Selama pandemi Covid-19 murid-murid berlatih setiap hari Sabtu sekitar 1 jam yang dibagi beberapa kelas. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Instruktur mengajar murid street dance genre hip hop secara virtual di O2dance School, BSD Nusa Loka, Tangerang Selatan, Sabtu (20/6/2020). Selama pandemi Covid-19 murid-murid berlatih setiap hari Sabtu sekitar 1 jam yang dibagi beberapa kelas. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Instruktur mengajar murid street dance genre hip hop secara virtual di O2dance School, BSD Nusa Loka, Tangerang Selatan, Sabtu (20/6/2020). Sebanyak 150 murid dari level basic hingga advance berlatih di rumah guna mencegah penyebaran virus Covid-19. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Instruktur mengajar murid street dance genre hip hop secara virtual di O2dance School, BSD Nusa Loka, Tangerang Selatan, Sabtu (20/6/2020). Sebanyak 150 murid dari level basic hingga advance berlatih di rumah guna mencegah penyebaran virus Covid-19. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Instruktur mengajar murid street dance genre hip hop secara virtual di O2dance School, BSD Nusa Loka, Tangerang Selatan, Sabtu (20/6/2020). Sebanyak 150 murid dari level basic hingga advance berlatih di rumah guna mencegah penyebaran virus Covid-19. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Instruktur berinteraksi dengan murid secara virtual saat latihan street dance genre hip hop di O2dance School, BSD Nusa Loka, Tangerang Selatan, Sabtu (20/6/2020). Sejak bulan Maret murid-murid berlatih di rumah secara vitual guna mencegah penyebaran virus Covid-19. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Instruktur berinteraksi dengan murid secara virtual saat latihan street dance genre hip hop di O2dance School, BSD Nusa Loka, Tangerang Selatan, Sabtu (20/6/2020). Sejak bulan Maret murid-murid berlatih di rumah secara vitual guna mencegah penyebaran virus Covid-19. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Instruktur berinteraksi dengan murid secara virtual saat latihan street dance genre hip hop di O2dance School, BSD Nusa Loka, Tangerang Selatan, Sabtu (20/6/2020). Sejak bulan Maret murid-murid berlatih di rumah secara vitual guna mencegah penyebaran virus Covid-19. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Murid-murid berlatih street dance genre hiphop secara virtual di O2dance School, BSD Nusa Loka, Tangerang Selatan, Sabtu (20/6/2020). Selama pandemi Covid-19 murid-murid berlatih setiap hari Sabtu sekitar 1 jam yang dibagi beberapa kelas. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Murid-murid berlatih street dance genre hiphop secara virtual di O2dance School, BSD Nusa Loka, Tangerang Selatan, Sabtu (20/6/2020). Selama pandemi Covid-19 murid-murid berlatih setiap hari Sabtu sekitar 1 jam yang dibagi beberapa kelas. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Murid-murid berlatih street dance genre hiphop secara virtual di O2dance School, BSD Nusa Loka, Tangerang Selatan, Sabtu (20/6/2020). Selama pandemi Covid-19 murid-murid berlatih setiap hari Sabtu sekitar 1 jam yang dibagi beberapa kelas. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Instruktur mengajar murid street dance genre hip hop secara virtual di O2dance School, BSD Nusa Loka, Tangerang Selatan, Sabtu (20/6/2020). Sebanyak 150 murid dari level basic hingga advance berlatih di rumah guna mencegah penyebaran virus Covid-19. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Instruktur mengajar murid street dance genre hip hop secara virtual di O2dance School, BSD Nusa Loka, Tangerang Selatan, Sabtu (20/6/2020). Sebanyak 150 murid dari level basic hingga advance berlatih di rumah guna mencegah penyebaran virus Covid-19. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Instruktur mengajar murid street dance genre hip hop secara virtual di O2dance School, BSD Nusa Loka, Tangerang Selatan, Sabtu (20/6/2020). Sebanyak 150 murid dari level basic hingga advance berlatih di rumah guna mencegah penyebaran virus Covid-19. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Big Match Liga Inggris: Everton vs Liverpool

Posted: 20 Jun 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Liverpool - Liga Inggris akan menyajikan duel seru antara Everton vs Liverpool. Laga bertajuk Derby Merseyside ini akan dimainkan di markas The Toffees, Goodison Park, Minggu (21/6/2020) malam WIB.

Bagi Liverpool, laga ini bisa menjadi jalan untuk mempermulus langkah mengukuhkan diri sebagai juara Liga Inggris. The Reds saat ini memuncaki klasemen dengan 82 poin, memimpin 22 poin dari rival terdekat, Manchester City.

Laga Liga Inggris lainnya yang tak kalah menarik adalah Aston Villa kontra Chelsea. Duel tersebut akan digelar di markas Aston, Villa Park.

Berada di peringkat empat klasemen dengan 48 poin, Chelsea berupaya mempertahankan posisinya untuk merebut tiket Liga Champions musim depan. Pasalnya, The Blues hanya unggul dua poin dari Manchester United.

Sementara Aston Villa trerus berjuang agar lolos dari zona degradasi Liga Inggris, Aston Villa hanya tertinggal satu poin dari West Ham United yang berada di peringkat 17.

Berikut jadwal Liga Inggris pekan ke-30:

Jadwal Liga Inggris Malam Ini

(AP/Jon Super)
(AP/Jon Super)

Minggu (21/6/2020)

20:00 WIB Newcastle United v Sheffield United (Mola TV)

22:15 WIB Aston Villa v Chelsea (Mola TV)

23:00 WIB Everton v Liverpool (Mola TV)

Klasemen Liga Inggris

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Paket Wisata Andalan untuk Kembali Bangkitkan Pariwisata Thailand

Posted: 20 Jun 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sudah beberapa minggu lalu sejak warga Thailand dizinkan keluar rumah dengan tetap mempraktikkan protokol kesehatan demi mencegah transmisi COVID-19. Berbagai sektor pun mulai hidup lagi, sementara sisanya, termasuk pariwisata, tengah melakukan persiapan untuk nantinya bisa kembali.

Dalam rencananya, Wachira Wichauwatana selaku Vice President Thai Travel Agents Association menjelaskan, terdapat tiga paket wisata yang bakal jadi andalan dalam memulai pergerakan wisata Negeri Gajah Putih.

Pertama, paket wisata untuk para pahlawan. "Penawaran ini berlaku untuk semua tenaga medis yang sudah berjuang menanggulangi dampak pandemi," katanya dalam webinar bertajuk "The Impact of COVID-19 and the New Normal: the Southeast Asia Travel and Tourism Industry's Perspective", Kamis, 18 Juni 2020.

Periode paket ini tercatat pada 1 Juli--31 Oktober 2020 dengan perkiraan 1,2 juta tenaga kesehatan, beserta para relawan, sebagai target. Dana yang dikeluarkan untuk paket ini mencapai 2,4 miliar bath atau setara Rp11 triliun.

Subsisi paket pariwisata di Thailand ini maksimal dua ribu bath atau Rp908 ribu per turis dengan prediksi bakal membantu 13 ribu agen perjalanan.

Dukung Hotel dan Pelaku Bisnis Transportasi

Phuket, Thailand | unsplash.com/@biczobence
Phuket, Thailand | unsplash.com/@biczobence

Kemudian, paket kedua dengan tujuan membantu pelaku bisnis hotel dengan periode sama, yakni 1 Juli--31 Oktober 2020. Dana yang disisihkan untuk paket ini mencapai 18 miliar bath atau Rp8 triliun yang bakal digunakan untuk mensubsidi pengeluaran akomodasi, makanan, dan sektor pendukung lain di destinasi wisata.

"Subsidi ini maksimal 40 persen dari total pengeluaran turis. Selebihnya mereka harus membayar sendiri biaya perjalanan tersebut," ucap Wichauwatana. Paket ini diperkirakan akan membantu tak kurang dari 24 ribuan hotel di seluruh Thailand, sekaligus 36 ribu restoran.

Terakhir, paket yang sengaja disusun untuk mendukung penerbangan domestik. Biaya penerbangan pelancong akan disubsidi dan total dana program ini menyentuh angka dua miliar bath atau setara Rp907 miliar.

Selain penerbangan, subsidi turis domestik ini juga bakal mencakup tarif bus antarprovinsi dan sewa kendaraan. Penutupan biayanya hingga 40 persen dengan maksimal seribu bath (Rp454 ribu) per turis.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Presiden Jokowi Ulang Tahun, Iwan Fals: Tambah Sabarnya Tambah Ikhlasnya

Posted: 20 Jun 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi, hari ini tengah berulang tahun yang ke-59, Minggu (21/6/2020). Di hari jadinya itu, tak sedikit yang mengucapkan selamat kepada Presiden Jokowi termaksuk musisi legendaris Tanah Air, Iwan Fals.

Melalui akun Twitter-nya, Iwan Fals mengucapkan tiga kali selamat dan mendoakan agar Presiden Jokowi semakin sabar dan ikhlas terutama dalam memimpin negeri ini.

"Oiii...Jokowi ulang taun, Selamat Selamat Selamaaatt, tambah Sabarnya, tambah Ikhlas dan Rasa Syukurnya," tulis pelantun Oemar Bakrie di Twitter-nya Minggu (21/6/2020).

Corona Berakhir

tangkapan layar Twitter
tangkapan layar Twitter

Tak hanya mendoakan untuk Jokowi, di hari ulang tahun presiden ke-7 Indonesia itu Iwan Fals juga berharap pandemi Corona Covid-19 segera musnah dari bumi pertiwi.

"Semoga dunia segera pulih dari corona," tulis Iwan Fals lagi.

Tak Ada Lagi Koruptor

Iwan Fals. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Iwan Fals. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Masalah lingkungan juga menjadi doa Iwan Fals di ulang tahun mantan Gubernur DKI Jakarta itu. Serta tak ada koruptor yang menjamur di Indonesia.

"Indonesia semakin terjaga hutan & lautnya, semakin HAM, semakin susah koruptornya," tulis Iwan Fals.

Sehat Jasmani dan Rohani

Iwan Fals tampak menjabat erat tangan Jokowi. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Iwan Fals tampak menjabat erat tangan Jokowi. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Di akhir doanya, Iwan Fals tak lupa mendoakan kesehatan Presiden Jokowi agar bisa terus memimpin Indonesia semakin maju lagi dalam segala hal.

"Pokoknya semakin sehatlah jasmani dan rohaninya," imbuh Iwan Fals

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gunung Merapi Meletus Lagi, Tinggi Kolom Erupsi Mencapai 6.000 Meter

Posted: 20 Jun 2020 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gunung Merapi meletus lagi, Minggu (21/6/2020). Berdasar laporan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), tinggi kolom erupsi gunung yang berada di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan DIY itu mencapai 6.000 meter atau 6 kilometer. Erupsi terjadi mulai jam 09.13.

"Teramati tinggi kolom erupsi ± 6.000 meter dari puncak," demikian disampaikan BPPTKG melalui akun Twitter resminya @BPPTKG, Minggu (21/6/2020).

Erupsi Gunung Merapi tercatat di seismogram dengan amplitudo 75 mm dan durasi 328 detik.

"Arah angin saat erupsi ke barat," lanjut BPPTKG.

Sementara itu daerah-daerah akibat letusan Gunung Merapi ini di Kabupaten Magelang dilaporkan mulai hujan abu. Di Kecamatan Srumbung hujan abu justru terlibat tipis dibandingkan dengan Kecamatan lain.

"Ini masih hujan abu, tapi nggak deras," kata Risty, salah satu warga Srumbung.

Di Kec Salam Hujan Abu Lebih Deras

Sementara di kecamatan Salam hujan abu justru lebih deras. Di daerah Jumoyo kendaraan yang melintas jalur Magelang-Yogyakarta banyak yang menepikan kendaraannya menunggu situasi tak banyak debu.

Di kecamatan Muntilan, hujan abu tebal akibat letusan Merapi terjadi di desa Gunungpring. Hingga berita ini ditulis hujan abu masih berlangsung dan semakin deras. Masyarakat berharap usai hujan abu akan turun hujan agar tak terlalu berdebu.

 

Sebaran Hujan Abu

Berikut data sebaran hujan abu vulkanik erupsi Gunung Merapi Minggu, 21 Juni 2020, sampai dengan pukul 10.17 WIB.

1. Kec.Srumbung

-Desa Kaliurang

-Desa Kemiren (cukup deras)

-Desa Srumbung (cukup deras)

-Desa Banyuadem (cukup deras)

-Desa Kalibening

-Desa Ngargosoko

-Desa Kradenan

2. Kec. Dukun

-Desa Ngargomulyo

-Desa Keningar

-Desa Ngadipuro

-Desa Sumber

3. Kec. Muntilan

-Desa Muntilan (tipis)

-Desa Gunungpring-

Desa Sedayu (tipis)

(Edhie Prayitno Ige)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sejak All England 2020, Jonatan Christie Belum Pulang ke Rumah

Posted: 20 Jun 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jonatan Christie mengaku dirinya belum pulang ke rumah usai tampil di ajang All England 2020. Ajang yang berlangsung di Birmingham, Inggris ini terjadi pada 11 hingga 15 Maret 2020.

Di ajang All England 2020, Jonatan Christie hanya mampu tampil hingga babak pertama. Dia dihentikan oleh tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia, meski berstatus sebagai unggulan keenam.

Jonatan Christie dan atlet Indonesia lainnya yang tampil di All England 2020 tidak diizinkan PBSI untuk kembali ke rumah. PBSI sendiri memberlakukan aturan lockdown di area pelatnas yang berada di Cipayung, Jakarta selama pandemi virus corona.

"PBSI mengadakan lockdown di area asrama, tidak ada yang boleh masuk dan keluar. Sejak All England, saya belum pulang ke rumah. Kalau ada yang masuk asrama, cuma sampai pos satpam," kata pria berusia 22 tahun tersebut.

Sejak pulang dari Birmingham, PBSI memang mengawasi para atletnya dengan sangat ketat. Bahkan, atlet bulu tangkis Indonesia harus menjalani rapid tes virus corona.

"Kami sudah tiga sampai empat kali melakukan rapid tes selama tiga bulan ini," ucap Jonatan Chirstie saat melakukan wawancara online bersama BNPB Indonesia, Minggu (21/6/2020).

 

Belum Tahu Kelanjutan Kompetisi

(Bola.com/M Iqbal Ichsan)
(Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Lebih lanjut, Jonatan Christie mengatakan, dirinya tidak tahu kelanjutan dari turnamen bulu tangkis, meski BWF sudah membuat jadwal ulangnya.

"Untuk protokolnya, pertandingan dihentikan sejak Maret, All England yang terakhir, sampai sekarang belum tahu kapan dimulai lagi," ujar peraih medali emas Asian Games 2018 tersebut.

Dalam jadwal terbaru BWF, turnamen yang terdekat baru digelar pada 11 hingga 16 Agustus 2020, yakni Hyderabad Open.

 

Jadwal Terbaru BWF

Hyderabad Open 2020 11-16 Agustus 2020

Lingshui China Masters 2020 25-30 Agustus 2020

Taipei Open 2020 1-6 September 2020

Korea Open 20208-13 September 2020

China Open 202015-20 September 2020

Japan Open 202022-27 September 2020

Piala Thomas dan Uber 2020Aarhus, Denmark, 3-11 Oktober 2020

Dutch Open 20206-11 Oktober 2020

Denmark Open 202013-18 Oktober 2020

French Open 202020-25 Oktober 2020

New Zealand Open 202020-25 Oktober 2020

Macau Open 202027 Oktober - 1 November 2020

SaarLorLux Open 202027 Oktober - 1 November 2020

Fuzhou China Open 20203-8 November 2020

Hong Kong Open 202010-15 November 2020

Blibli Indonesia Open 202017-22 November 2020

Syed Modi India International 202017-22 November 2020

Malaysia Open 202024-29 November 2020

Korea Masters 202024-29 November 2020

Thailand Open 20201-6 Desember 2020

India Open 20208-13 Desember 2020

BWF World Tour FinalsGuangzhou, Tiongkok, 16-20 Desember 2020

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Angelica Simperler, 7 Seleb Cantik Ini Menikah di Usia 30an Tahun

Posted: 20 Jun 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menikah merupakan suatu proses yang selalu dinantikan oleh banyak pasangan. Membina biduk rumah tangga dan menjalin kasih bersama orang tersayang adalah hal yang selalu diimpikan oleh setiap orang. Namun menikah bukanlah urusan mudah, butuh kesiapan mental dan finansial yang dirasa sudah cukup.

Ada beberapa yang siap menikah di usia 20 tahunan, namun tak sedikit pula yang baru memantapkan diri untuk hidup bersama pasangan di usia matang. Seperti para seleb cantik ini yang melepas masa lajangnya di usia 30 tahun lebih. Seleb cantik yang baru-baru ini melepas masa lajangnya di usia 30 tahun lebih adalah Angelica Simperler.

Pada Sabtu (20/6/2020), seleb cantik tersbut resmi dipersunting oleh seorang pengusaha bernama Rico Hidros Daeng, yang tak lain adalah mantan suami almarhumah Saphira Indah. Akad nikah keduanya digelar secara tertutup di Hotel Alana, Bogor. Diketahui, Angelica Simperler resmi menikah di usianya yang ke 33 tahun.

Namun tak hanya Angelica, deretan seleb cantik ini juga baru menikah di usia 30 tahun lebih. Penasaran siapa saja? Berikut tujuh seleb cantik yang menikah di usia 30 tahun lebih dikutip Liputan6.com dari dari berbagai sumber, Sabtu (21/6/2020).

1. Sandra Dewi

Sandra Dewi (Instagram/harveysandrawedding)
Sandra Dewi (Instagram/harveysandrawedding)

Sandra Dewi resmi dipersunting pengusaha muda bernama Harvey Moeis di usia yang 33 tahun. Pernikahan keduanya digelar secara mewah bak negeri dongeng di Disneyland, Jepang. 

2. Nadine Chandrawinata

Nadine Chandrawinata. (Adrian Putra/Bintang.com)
Nadine Chandrawinata. (Adrian Putra/Bintang.com)

Setelah melalui banyak hal, Nadine Chandrawinata akhirnya menemukan sosok pendamping hidup yang pas dalam diri Dimas Anggara. Tak mau kisah cintanya menjadi konsumsi publik, keduanya resmi melangsungkan pernikahan di Nepal pada Mei 2018 lalu. Nadine resmi dipersunting Dimas Anggara saat usianya genap 34 tahun. Doa dan ucapan selamat terus mengalir dari pasangan selebriti ini.

3. Syahrini

Momen resepsi pernikahan Syahrini dan Reino Barack (Sumber: KapanLagi.com)
Momen resepsi pernikahan Syahrini dan Reino Barack (Sumber: KapanLagi.com)

Penyanyi kondang, Syahrini melepas masa lajangnya di usia 36 tahun dengan pria tampan bernama Reino Barack. Keduanya menggelar pernikahan di Masjid Camii Tokyo Jepang dengan menggunakan beberapa adat Indonesia pada Februari 2019 lalu. Kini Syahrini dan suami tercinta tengah menikmati masa-masa menjadi pasangan baru. Momen manis dan romantis keduanya kerap dibagikan di akun Instagram pribadi masing-masing.

4. Marsha Timothy

Marsha Timothy (Instagram/vinogbastian__)
Marsha Timothy (Instagram/vinogbastian__)

Seleb cantik, Marsha Timothy resmi melepas masa lajang di usia 33 tahun setelah dipersunting Vino G Bastian pada Oktober 2012 lalu. Pertemuan Marsha Timothy dan Vino G. Bastian bermula saat keduanya sering terlibat dalam satu pekerjaan bareng.

Hingga akhirnya Marsha dan Vino mantap membawa hubungan asmara mereka ke jenjang pernikahan. Kini pasangan selebriti ini telah dikaruniai buah hati cantik bernama Jizzy Pearl Bastian pada tahun 2013. Biduk rumah tangga keduanya juga terlihat adem ayem dan jauh dari gosip miring.

5. Tara Basro

Tara Basro (Instagram/danieladnan)
Tara Basro (Instagram/danieladnan)

Selebriti cantik Tara Basro baru-baru ini juga tengah menghebohkan publik. Lewat unggahannya di Instagram, ia menunjukkan sebuah foto tangan pria dan wanita yang mengenakan cincin di bagian jari manis sebelah kanan. Dalam unggahan itu, Tara Basro juga menyertakan caption dengan ungkapan bahwa alam semesta telah menyatukan mereka berdua.

Diketahui, seleb cantik itu telah dipersunting oleh aktor tampan Daniel Adnan. Di usia 30 tahun Tara Basro memantapkan hati menerima pinangan aktor tampan Daniel Adnan. Meski tak menjelaskan kapan tanggal resmi keduanya menikah, sederet seleb dan penggemar memberikan ucapan atas pernikahannya itu. Melalui Instagram Story, Tara Basro juga tampak menemani Daniel di berbagai kesempatan. Ia juga menyebutnya sebagai 'husband'.

6. Yuanita Christiani

Yuanita Chiristiani. (Sumber: Instagram/yuanitachrist)
Yuanita Chiristiani. (Sumber: Instagram/yuanitachrist)

Presenter ternama, Yuanita Christiani juga menikah saat usianya menginjak 32 tahun. Setelah penantian panjang, ia akhirnya menerima pinangan Indra Wiguna Tjipto. Pernikahan Yuanita berlangsung pada Maret 2019 lalu. Kini kebahagiaan Yuanita Christiani semakin bertambah dengan hadirnya seorang anak cantik yang diberi nama Ariella Lenora Wiguna beberapa bulan lalu.

7. Angelica Simperler

Angelica Simperler dan suami [Foto: Robby Fotografer]
Angelica Simperler dan suami [Foto: Robby Fotografer]

Kabar bahagia juga datang dari seleb cantik, Angelica Simperler. Wanita yang disebut sebagai Ratu FTV ini akhirnya melepas status lajang di usia 33 tahun. Ia telah resmi dinikahi oleh seorang pengusaha bernama Rico Hidros Daeng, yang tak lain adalah mantan suami almarhumah Saphira Indah.

Akad nikah keduanya dilangsungkan mengikuti protokol pencegahan Covid-19, di Hotel Alana, Bogor, pada Sabtu (20/6/2020). Perkenalan Angelica dan Rico sebenarnya baru terjadi tahun ini. Keduanya rupanya memiliki ketertarikan satu sama lain dan mantap menjalin hubungan serius. Pasangan ini hanya butuh waktu yang singkat untuk mempersiapkan pernikahan, yakni sekitar 3 bulan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar FTV Kisah Nyata Spesial Episode Minggu, 21 Juni 2020

Posted: 20 Jun 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Anda kembali bisa menyaksikan Kisah Nyata Spesial Minggu siang ini.

Drama memikat selalu menjadi sajian FTV Kisah Nyata Spesial.

Anda juga bisa mneyaksikan Kisah Nyata Spesial via live streaming dengan klik di sini.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenhub Jamin Distribusi Logistik Lewat Tol Laut Lancar di Tengah Pandemi Corona

Posted: 20 Jun 2020 09:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan pengiriman logistik tetap lancar meski adanya pembatasan transportasi di masa pandemi virus corona (Covid-19).

Salah satu cara yang dilakukan Kemenhub yakni, dengan mengoptimalkan layanan tol laut untuk distribusi logistik ke seluruh daerah.

"Tol Laut di tengah Pandemi ini diharapkan mampu menjaga berlangsungnya pasokan logistik ke seluruh wilayah Indonesia," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangan persnya, Minggu (21/6/2020).

Dia mengatakan industri pelayaran berperan penting untuk mendukung program tersebut, mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan yang dihubungkan melalui jalur laut. Budi Karya berharap pelayaran swasta nasional juga dapat terlibat aktif dalam program Tol Laut dengan melayani beberapa trayek yang diselenggarakan Kemenhub.

"Saat ini kami telah berupaya semaksimal mungkin agar Tol Laut dapat lebih baik memberikan layanan kepada masyarakat di seluruh Indonesia, khususnya bagi saudara-saudara kita di Timur Indonesia," kata dia.

"Untuk memaksimalkan Tol Laut butuh peran semua pihak agar benar-benar dapat memaksimalkan kapasitas angkut yang ada di dalam kapal sehingga dapat menurunkan disparitas harga," sambung Budi Karya.

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub Wisnu Handoko menjelaskan untuk mencapai disparitas harga yang proporsional maka harus dilakukan perbaikan semua aspek secara simultan oleh seluruh lembaga terkait.

Dia menilai apabila disparitas harga dijadikan parameter, maka tidak akan dapat diselesaikan hanya dengan program Tol Laut.

"Untuk menyelesaikan masalah disparitas harga, hal yang harus dilakukan diantaranya adalah dengan memperkuat supervisi perdagangan antar pulau. Lalu menerapkan digitalisasi salah satunya dengan National Logistik Ekosistem dan yang terakhir yaitu pengembangan sarana prasarana infrastruktur pelabuhan secara terus menerus mengikuti kebutuhan jumlah dan jenis komoditi," jelas dia.

 

Perbaiki Layanan Tol Laut

Salah satu program Pemerintah untuk menjamin keberlangsungan logistik di tengah masa pandemi Covid-19 adalah dengan mengoptimalkan program Tol Laut. (DOk Kemenhub)
Salah satu program Pemerintah untuk menjamin keberlangsungan logistik di tengah masa pandemi Covid-19 adalah dengan mengoptimalkan program Tol Laut. (DOk Kemenhub)

Wisnu menyebut program Tol Laut merupakan respon atas permintaan pemerintah daerah. Dia menuturkan bahwa pemerintah daerah ingin wilayahnya disinggahi kapal-kapal tol laut.

Misalnya, kata Wisnu, Bupati Pulau Morotai, Benny Laos yang meminta tambahan rute untuk menjual hasil laut mereka ke Pulau Jawa.

Permintaan ini pun direspon dengan menambah jumlah rute kapal tol laut, yang sebelumnya satu menjadi dua. "Kami berharap tambahan rute ini dapat meningkatkan kegiatan perekonomian masyarakat, sebab kita ketahui kalau Pulau Morotai sangat bagus hasil lautnya," tuturnya.

Wisnu menekankan pihaknya juga terus memperbaiki layanan Tol Laut dengan mengupdate platform Logistic Communication System (LCS). Hal ini dilakukan untuk mengakomodir Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No. 53 tahun 2020.

Dalam peraturan itu, diatur jenis muatan atau barang yang boleh diangkut. Untuk mempermudah pengguna jasa, maka layanan LCS akan dilengkapi dengan pilihan jenis barang yang ingin diangkut.

"Kita terus melakukan perbaikan, peningkatan dan mengoptimalkan pelayanan pada Tol Laut ini. Hal ini kami lakukan agar pengiriman logistik menjadi mudah dan lancar, khusus bagi saudara-saudara kita di Timur Indonesia," ucap Wisnu.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liga 1 Bakal Dilanjutkan, APPI Minta Pemain Asing Lakukan Ini saat Balik ke Indonesia

Posted: 20 Jun 2020 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PSSI telah memastikan bakal melanjutkan Shopee Liga 1 dan Liga 2 2020 pada bulan September atau Oktober. Kepastian ini setelah dilakukan rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI pada Rabu (17/6/2020) secara virtual.

Kabar ini sudah terdengar hingga telinga General Manajer Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI), Ponaryo Astaman. Sebagai mantan pemain, dia menyambut gembira dengan keputusan PSSI melanjutkan Liga 1 2020.

Namun, sebagai petinggi APPI, Ponaryo meminta 18 klub peserta Liga 1 2020 melakukan pengawalan ketat kepada pemain asing yang memilih pulang ke negaranya selama pandemi virus corona covid-19.

"Yang direncanakan dari PSSI pertama adalah perkiraan pelaksanaan kompetisi pada September atau Oktober. Kemungkinan latihannya agustus," kata Ponaryo membuka obrolan bersama Kolonel Inf. Kristomei Sianturi, Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Minggu (21/6/2020).

"Kalau (penggunaan) pemain asing (di sisa kompetisi Liga 1) belum ada regulasinya. Namun, beberapa klub akan tetap menggunakan pemain asing. Saat ini, mereka ada di negaranya masing-masing, mereka harus di karantina dulu (untuk menghindari penularan virus corona)," ujar mantan kapten Timnas Indonesia itu.

Adopsi Protokol Sepak Bola Eropa

General Manager APPI, Ponaryo Astaman, saat memperlihatkan kartu anggota APPI yang didukung Fisik Football. (Bola.com/Benediktus Gerendo Pradigdo)
General Manager APPI, Ponaryo Astaman, saat memperlihatkan kartu anggota APPI yang didukung Fisik Football. (Bola.com/Benediktus Gerendo Pradigdo)

Lebih lanjut, Ponaryo berharap PSSI meniru protokol kesehatan di liga-liga Eropa ketika Liga 1 dilanjutkan lagi. Bahkan, bila perlu kelanjutan Liga 1 2020 tidak digulirkan tanpa penonton di stadion.

"Kalau diperhatikan sekarang, kita harus jalankan protokol kesehatan, pakai masker, hingga cuci tangan. Namun yang tidak bisa dihindari adalah jumlah orang yang terlibat dalam setiap pertandingan. Harus lebih sadar lagi."

"Kita harus mengadopsi peraturan di liga-liga Eropa yang sudah bergulir, seperti salam siku, tidak berpelukan saat selebrasi, hingga menjaga jarak di bench pemain," kata Ponaryo menegaskan.

Akibat Covid-19

Seperti diketahui, kompetisi Liga 1 dan 2 2020 terpaksa dihentikan PSSI pada pertengahan Maret lalu karena pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia bahkan dunia.

Selain melakukan koordinasi dengan klub Liga 1 dan Liga 2, PSSI juga melakukan koordinasi dengan Asosiasi Pelatih Sepak bola Indonesia (APSSI) serta APPI dan mereka pun sepakat ingin kompetisi dilanjutkan. PSSI juga melakukan koordinasi dengan Kemenpora, Kemenkes, tim Gugus Tugas Covid-19 terkait lanjutan kompetisi ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: