Selasa, 02 Juni 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Penumpang AirAsia Bisa Ubah Jadwal Penerbangan Gratis, Simak Caranya

Posted: 02 Jun 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menyusul perpanjangan masa berlaku Akun Kredit menjadi dua tahun, AirAsia menawarkan fleksibilitas tambahan bagi tamu yang bepergian hingga 31 Desember 2020 dengan meniadakan biaya perubahan jadwal penerbangan.

Fleksibilitas ini berlaku untuk setiap pemesanan tiket baru yang dilakukan antara 3 Juni hingga 31 Oktober 2020. Para tamu dapat mengubah tanggal penerbangan tidak terbatas melalui menu Pembelian Saya di airasia.com atau aplikasi AirAsia, dan dapat memindahkan jadwal penerbangannya hingga 31 Desember 2020, sesuai ketersediaan kursi dan selisih harga.

"Melihat situasi krisis kesehatan saat ini dan pembatasan perjalanan yang belum pernah terjadi sebelumnya, kami memahami bahwa rencana perjalanan dapat berubah setiap saat, khususnya sepanjang tahun ini," kata Direktur Utama AirAsia Indonesia, Veranita Yosephine Sinaga dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (3/6/2020).

"Kami memberikan fleksibilitas lebih untuk pembelian tiket baru demi menghadirkan pengalaman pemesanan tiket yang terpercaya dan terjamin bagi pelanggan. Ketentuan ini pun merupakan upaya lanjutan dari perpanjangan masa berlaku Akun Kredit kami hingga 730 hari untuk menghadirkan fleksibilitas dan kenyamanan lebih bagi seluruh pelanggan setia kami," ungkap dia.

Ikuti langkah-langkah mudah berikut untuk melakukan pengubahan jadwal penerbangan melalui menu Pembelian Saya:

- Klik menu 'Pembelian Saya 'Masuk ke akun Anggota BIG Anda

- Pilih penerbangan yang ingin diubah

- Pilih tanggal penerbangan baru 

- Pilih jadwal penerbangan yang baru

- Periksa kembali produk tambahan Anda (jika ada)

- Lakukan pembayaran bila terdapat selisih harga

- Anda berhasil mengubah penerbangan Anda!

Pemindahan Jadwal Penerbangan

Pesawat AirAsia. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Pesawat AirAsia. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pemindahan tanggal atau waktu penerbangan dapat dilakukan paling lambat 48 jam sebelum waktu keberangkatan semula (khusus AirAsia India hingga empat jam sebelumnya).

Produk tambahan seperti bagasi, makanan, dan kursi akan diteruskan ke penerbangan baru, namun pelanggan dapat memilih kembali menu makanan atau kursi bila tidak tersedia pada penerbangan baru.

Pilihan kompensasi fleksibilitas ini berlaku untuk seluruh penerbangan domestik di Indonesia (kode penerbangan QZ), Malaysia (kode penerbangan AK), Thailand (kode penerbangan FD), Filipina (kode penerbangan Z2), dan India (kode penerbangan i5) dengan pembelian melalui airasia.com atau aplikasi AirAsia.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ikuti Masa PSBB, Penerapan Ganjil Genap di Jakarta Akan Dievaluasi

Posted: 02 Jun 2020 10:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sistem ganjil-genap akan mulai diterapkan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya setelah pembatasan sosial berskala besar (PSBB) berakhir. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi peningkatan volume arus lalu lintas di wilayah DKI Jakarta.

"Ganjil – genap nanti berlaku setelah PSBB berakhir pada 4 Juni," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes. Pol. Sambodo Purnomo Yogo, S.I.K., M.T.C.P dilansir NTMC Polri.

Selain itu, Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Fahri Siregar mengatakan, Ditlantas Polda Metro Jaya akan berkoordinasi dengan Dishub DKI Jakarta untuk mengevaluasi pemberlakuan sistem ganjil – genap setelah PSBB berakhir.

"Kami observasi lagi terakhir karena fluktuatif (volume lalu lintas), terkadang naik, terkadang menurun. Minggu kemarin dibanding minggu kemarinnya lagi turun, tetapi dibanding 2 hingga 3 minggu lalu naik. Jadi masih fluktuatif," jelasnya.

Observasi

Ia menegaskan, Ditlantas Polda Metro Jaya dan Dishub DKI Jakarta akan melakukan observasi terkait ganjil-genap. Sebab, mengurai kemacetan bisa menggunakan manajemen rekayasa lalu lintas seperti buka-tutup, dan pengalihan arus kendaraan.

Sebelumnya, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya dan Dishub DKI Jakarta, mengeluarkan kebijakan peniadaan sementara sistem pembatasan kendaraan bermotor ganjil-genap. Hal ini berkaitan dengan pandemi yang terjadi.

 

Kebijakan Diperpanjang

Awalnya kebijakan peniadaan sistem ganjil – genap dilakukan selama 14 hari, yakni Senin 16 Maret 2020 hingga Minggu 29 Maret 2020.

Namun, kebijakan tersebut diperpanjang hingga masa PSBB berakhir karena kendaraan bermotor mengalami penurunan akibat penerapan work from home (WFH) dan liburnya sekolah.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Makanan yang Harus Dihindari Saat Diare Agar Pulih Lebih Cepat

Posted: 02 Jun 2020 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Makanan yang harus dihindari saat diare dapat membuatmu pulih lebih cepat. Masalah pencernaan satu ini memang dapat menyerang siapa saja dan kapan saja. Penyebab seseorang menderita diare pun bisa beragam, mulai dari faktor makanan hingga kondisi kesehatan. 

Menurut World Health Organization (WHO), diare adalah keadaan buang air besar dengan konsistensi cair (mencret) dengan frekuensi sebanyak tiga kali atau lebih, dalam waktu satu hari atau 24 jam. Tentunya hal ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari yang kamu jalankan.

Makanan yang harus dihindari saat diare perlu benar-benar diperhatikan agar segera mereda. Walaupun diare dapat menghilang sendiri tanpa harus diobati, namun masalah pencernaan ini akan mengganggu kegiatan sehari-hari. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menghindari makanan yang membuat diare semakin parah agar bebas beraktivitas seperti biasa.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (3/6/2020) tentang makanan yang harus dihindari saat diare

Produk Olahan Susu dan Makanan Pedas

Makanan Pedas (Ilustrasi/iStockphoto)
Makanan Pedas (Ilustrasi/iStockphoto)

Beberapa Produk Olahan Susu

Makanan yang harus dihindari saat diare salah satunya adalah produk olahan susu, seperti es krim, mentega, hingga keju. Makanan produk olahan susu tersebut dapat memperparah diare. Diare membuat usus kesulitan memproduksi enzim laktase yang diperlukan tubuh untuk mencerna laktosa (gula yang ditemukan dalam produk susu).

Namun, konsumsi yoghurt yang mengandung probiotik justru dianjurkan saat diare. Produk olahan susu satu ini dapat meredakan diare.

Makanan Pedas

Makanan yang harus dihindari saat diare selanjutnya adalah makanan pedas. Hal ini karena kandungan capsaicin pada makanan pedas yang merupakan sumber rasa pedas pada cabai. Capsaicin ini dapat mengiritasi saluran pencernaan sehingga memperparah diare.

Meskipun nikmat, makanan pedas perlu dihindari saat diare. Jika diare menetap hingga beberapa minggu, semakin parah, atau disertai gejala lainnya, seperti warna tinja yang lebih gelap, muncul darah dan lendir pada tinja, mual, muntah, demam yang tidak kunjung hilang, dan lemas, segera periksakan diri ke dokter.

Makanan yang Memproduksi Gas di Usus dan Pemanis Buatan

Ilustrasi minuman soda. (dok. pexels.com/rawpixel)
Ilustrasi minuman soda. (dok. pexels.com/rawpixel)

Makanan yang Memproduksi Gas di Usus

Makanan yang memproduksi gas di usus juga merupakan salah satu makanan yang harus dihindari saat diare. Kamu harus menghindari makanan yang dapat meningkatkan pembentukan gas di usus, seperti kol, kubis, brokoli, dan kacang-kacangan. Semua makanan tersebut dapat menimbulkan efek kembung yang mengganggu perut saat diare.

Sayuran dan buah-buahan memang baik untuk kesehatan, tetapi saat diare sebaiknya kedua sumber makanan ini kamu hindari untuk sementara. Beberapa sayuran cenderung meningkatkan gas di usus, misalnya kembang kol, kacang polong, brokoli, buncis, sayuran berdaun hijau, paprika, plum, jagung, dan kubis. Buah-buahan yang perlu dihindari saat diare yaitu nanas, anggur, ceri, dan buah ara.

Tetapi kamu masih dapat mengonsumsi jenis sayuran yang aman dan baik dikonsumsi saat diare, seperti wortel, kacang hijau, jamur, asparagus, dan zucchini.

Makanan Mengandung Gula dan Pemanis Buatan

Makanan yang harus dihindari saat diare berikutnya adalah makanan mengandung gula dan pemanis buatan. Gula yang melewati usus dapat mengganggu bakteri di dalam usus. Hal ini dapat memperburuk gejala diare yang sudah ada. Gula yang terkandung di dalam buah juga dapat memberikan efek serupa.

Pemanis buatan pun dapat menimbulkan efek laksatif pada saluran pencernaan, yang dapat menimbulkan hasrat ingin buang air besar. Pemanis buatan juga dapat menyebabkan perut kembung sehingga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat diare. Pemanis buatan dapat ditemukan di dalam berbagai jenis makanan dan minuman bebas gula, seperti permen karet dan minuman soda.

Makanan Tinggi Serat, Digoreng, dan Tidak Bersih

Ilustrasi Diare Credit: freepik.com
Ilustrasi Diare Credit: freepik.com

Makanan Tinggi Serat

Kamu juga harus menghindari makanan yang mengandung serat tinggi. Makanan yang harus dihindari saat diare ini dapat merangsang usus menjadi lebih aktif dan dapat memperburuk gejala diare. Untuk membantu meredakan diare, kamu hanya dapat mengonsumsi makanan berserat seperti apel dan pisang.

Kamu juga harus menghindari beberapa sayuran seperti brokoli, kembang kol, dan kubis karenang mengandung serat tak larut yang dapat memperburuk kondisi diare. Sayuran tersebut juga dapat menyebabkan kembung karena mengandung gas.

Makanan Digoreng

Makanan berminyak dan berlemak dapat memperburuk keluhan diare dan memperberat kerja usus. Menurut penelitian, makanan berminyak dan berlemak dapat menegangkan otot dinding saluran cerna, sehingga menyebabkan diare semakin parah.

Makanan berminyak dan berlemak bisa memperlambat pengosongan lambung yang membuat kamu terasa kembung. Bila mengalami diare, kamu disarankan untuk mengonsumsi makanan yang direbus atau dikukus.

Makanan yang Tercemar atau Tidak Bersih

Salah satu makanan yang harus dihindari saat diare adalah makanan yang tidak bersih. Hal ini merupakan penyebab diare yang mungkin paling sering terjadi. Kamu harus mengonsumsi makanan yang terjamin bersih, saat diare.

Kamu juga perlu memastikan kebersihannya, mulai dari proses pembuatan hingga penyajian. Hindari juga makanan mentah dan tidak melewati proses masak.

Itulah beberapa makanan yang harus dihindari saat diare agar masalah pencernaan tersebut cepat pulih. Selalu perhatikan konsumsi makanan agar kesehatan tetap terjaga.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dukungan bagi Desainer Kulit Hitam Sebagai Respons Tragedi George Floyd

Posted: 02 Jun 2020 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rent the Runway, sebuah perusahaan penyewaan busana dan aksesori asal New York, Amerika Serikat, menyatakan dukungan pada para desainer kulit hitam sebagai respons tragedi George Floyd berujung protes besar-besaran di seantero Negeri Paman Sam.

Lewat sebuah unggahan di akun Instagram-nya, Selasa, 2 Juni 2020, bisnis yang berdiri sejak 2009 tersebut menyatakan detail tiga cara pihaknya berkontribusi pada perlawanan melawan rasisme yang tengah berlangsung berawal dari kematian tragis George Floyd.

"Kami ingin aksi kami tampak dari sisi bisnis. Karenanya, kami melakukan perubahan secara perlahan sebagai strategi jangka panjang melawan rasisme dan membuat Rent the Runway lebih beragam, serta antirasis," begitu keterangan yang tertulis di sana.

Mengutip laman People, Rabu (3/6/2020), label ini juga berencana mendonasikan 100 ribu dolar Amerika atau sekitar Rp1,4 miliar dalam aksi #BlackOutTuesday, sebuah kampanye media sosial digagas industri musik sebagai upaya menyoroti kebrutalan polisi dan rasisme di Amerika Serikat.

Donasi tersebut dijelaskan bakal digunakan untuk mewadahi para desainer kulit hitam dalam pengadaan bahan baku fesyen, data, pelatihan, dan dukungan finansial untuk menciptakan koleksi yang nantinya bisa disewakan di RTR.

Baru Langkah Awal

Aksi unjuk rasa oleh warga Minneapolis atas kematian George Floyd, pria kulit hitam yang meninggal akibat ulah polisi AS. (Twitter: @kmohanty99)
Aksi unjuk rasa oleh warga Minneapolis atas kematian George Floyd, pria kulit hitam yang meninggal akibat ulah polisi AS. (Twitter: @kmohanty99)

Rent the Runway juga dilaporkan bakal mengalokasikan dana satu juta dolar Amerika atau setara Rp14 miliar untuk mendukung para desainer kulit hitam mendapat porsi yang sama dalam merilis label fesyen milik mereka sendiri.

Juga, Rent the Runway akan memberi proporsi platform pada model, brand ambassador, stylist, fotografer, dan videografer kulit hitam. "Sampai hari ini, setidaknya sudah ada 15 persen bakat dari komunitas kulit hitam yang turut bergabung bersama kami," ungkap pihaknya.

"Kami sangat sadar bahwa komunitas kulit hitam sangat lelah menghadapi kekerasan ras yang sudah berlangsung terlalu lama. Kami juga menyadari benar bagaimana lingkaran sosial mengarahkan isu ini ke arah tak adil," paparnya.

"Jadi, langkah penting dalam jangka waktu panjang bakal kami ambil dengan detail yang bakal terus kami bagikan. Ini hanya permulaan," tandasnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kamp Pengungsi Rohingya Laporkan Kematian Pertama pada Lansia Karena Corona

Posted: 02 Jun 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Para pejabat mengatakan bahwa seorang pengungsi lansia Rohingya telah menjadi orang pertama yang meninggal akibat Virus Corona COVID-19 di kemah di Bangladesh Selatan.

Pada Minggu 31 Mei 2020, pria yang berusia 71 tahun itu meninggal saat menjalani perawatan di pusat isolasi kemah, kata Bimal Chakma, seorang pejabat senior Refugee Relief and Repatriation Commission, pada Selasa 2 Juni 2020.

 Bimal Chakma mengatakan "Hari ini kami mendapat konfirmasi bahwa ia dinyatakan positif COVID-19".

Lebih dari satu juta pengungsi Rohingya tinggal di kemah-kemah di Cox's Bazar, distrik pantai di Bangladesh tenggara. Kematian karena Virus Corona COVID-19 tersebut terjadi di kemah pengungsi terbesar di dunia, yaitu tempat penampungan Kutupalong, dan merupakan rumah bagi sekitar 600.000 orang, seperti dikutip dari Aljazeera, Rabu (3/6/2020).

Penyakit yang Disertai

Bocah-bocah Rohingya mengenakan pakain baru selama perayaan Idul Adha di kamp pengungsi Thangkhali, Bangladesh, Rabu (22/8). Hampir setahun mereka menghuni kamp ini usai kabur menghindari represi militer di Negara Bagian Rakhine. (Dibyangshu SARKAR / AFP)
Bocah-bocah Rohingya mengenakan pakain baru selama perayaan Idul Adha di kamp pengungsi Thangkhali, Bangladesh, Rabu (22/8). Hampir setahun mereka menghuni kamp ini usai kabur menghindari represi militer di Negara Bagian Rakhine. (Dibyangshu SARKAR / AFP)

Seorang guru sekolah Rohingya dan seorang tetangga di kemah itu, Mohammad Shafi, mengatakan pria tersebut telah lama menderita tekanan darah tinggi dan penyakit ginjal.

"Tidak ada yang menyadari bahwa dia mengalami Virus Corona. Berita itu mengejutkan kami," kata Mohammad Shafi kepada AFP

Ia menambahkan, "Dalam beberapa minggu terakhir, banyak orang di kemah-kemah menderita demam, sakit kepala, dan sakit badan. Tetapi sebagian besar berpikir mereka sakit karena perubahan cuaca. Mereka berpikit untuk tidak repot-repot diuji untuk Virus Corona."

Sejak kasus pertama terdeteksi pada 14 Mei 2020 di kemah-kemah, setidaknya ada 29 pengungsi Rohingya yang telah dites positif untuk virus sejauh ini. 

Sebanyak 339 tes telah dilakukan di antara para pengungsi sejauh ini, menurut pernyataan para pejabat setempat.

Juga dilaporkan ada sekitar 15.000 pengungsi pada pekan lalu yang ditempatkan di karantina karena jumlah kasus Virus Corona meningkat.

Louise Donovan, juru bicara badan pengungsi PBB di Cox's Bazar mengatakan "Kami semua bekerja sepanjang waktu untuk memastikan bahwa pengujian tersedia untuk para pengungsi".

Alejandro Agustin Cuyar, direktur program Relief International's Cox's Bazar. mengatakan "Ini adalah bom waktu." Ia juga menyampaikan, "Begitu virus mulai menyerang, akan sangat sulit untuk meratakan lekukannya, jadi kami sangat khawatir jumlah yang membutuhkan pengobatan akan segera luar biasa."

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berbagai Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia, Ada yang Minus 0,69 Persen

Posted: 02 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Disituasi pandemi dan ketidakpastian yang tinggi, mengharuskan Pemerintah untuk mempersiapkan beberapa skenario perkembangan ekonomi ke depan. Bahkan pertumbuhan ekonomi kuartal I hanya sebesar 2,97 persen menunjukkan telah terjadi koreksi yang cukup tajam.

Selain itu, Menteri Keuangan, Sri Mulyani sempat menyampaikan dalam rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Selasa (12/5/2020), menjelaskan bahwa hal tersebut mengindikasikan tekanan lebih berat akan dialami sepanjang tahun 2020.

"Artinya, pertumbuhan ekonomi terancam bergerak dari skenario berat sebesar 2,3 persen menuju skenario sangat berat yaitu kontraksi -0,4 persen," ujarnya.

Melihat hal tersebut, tentunya mengundang banyak prediksi atau ramalan, karena urusan meramal ekonomi bukan hal sulit ketika dunia didera krisis. Berikut  telah dirangkum dari berbagai sumber terkait prediksi tersebut oleh Liputan6.com, Rabu (3/6/2020).

1. Bank Dunia

Ekonom senior Bank Dunia Ralph van Doorn memproyeksikan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2020 ini akan menurun hingga 0 persen akibat dampak penyebaran Covid-19.

Perkiraan itu muncul dengan bersandar pada penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang diterapkan pemerintah selama dua bulan, terhitung sejak April dan Mei 2020.

"Pertumbuhannya diproyeksikan akan 0 persen di 2020 sebagai efek dari Covid-19, lantaran adanya pembatasan sosial berskala besar," kata Van Doorn dalam sesi teleconference, Selasa (2/6/2020).

Lanjut Van Doorn mengatakan, prediksi tersebut dibuat berdasarkan beberapa indikator. Seperti perlambatan di sektor konsumsi oleh pihak swasta akibat aksi Pemutusan Hubungan kerja (PHK) besar-besaran, serta turunnya aktivitas ekonomi dan kepercayaan konsumen.

Selain itu, investasi yang melambat juga disebutnya turun berpengaruh. Menurut dia, wabah pandemi telah menimbulkan ketidakpastian pada investor, harga komoditas menurun, hingga perlambatan ekonomi global.

2. International Monetary Fund (IMF)

Proyeksi sebelumnya yakni dari Dana Moneter Internasional atau Internasional Monetary Fund (IMF), yang merilis ekonomi global (World Economic Outlook) chapter 1 seri April 2020. IMF memperingatkan bahwa pemulihan ekonomi dunia akan mengarah ke skenario terburuk dari yang diperkirakan, apabila  wabah covid-19 masih bertahan lama atau kembali berkembang dalam fase kedua.

IMF memperkirakan bahwa produk domestik bruto global akan menyusut 3 persen tahun 2020 ini. Prediksi itu tentunya berbanding terbalik dengan proyeksi ekspansi sebesar 3 persen yang disampaikan pada Januari 2020.

"Untuk pertama kalinya sejak The Great Depression baik negara maju dan negara berkembang berada dalam resesi," kata Kepala Ekonom IMF Gita Gopinath (14/4/2020).

Kendati begitu, IMF menyebutkan prediksi untuk Indonesia sendiri kemungkinan akan tumbuh 0,5 persen, dari sebelumnya 5,0 persen di 2019. Namun pertumbuhan diproyeksi bisa membaik di 2021, dengan perkiraan 8,2 persen. 

3. Asian Development Bank (ADB)

Asian Development Bank (ADB) memperkirakan perekonomian Indonesia tahun 2020 tumbuh 2,5 persen. Angka tersebut turun tajam jika dibanding dengan realisasi 2019 yang di angka 5 persen. Penyebab turunnya angka pertumbuhan ekonomi tersebut karena dampak wabah virus covid-19.

ADB menilai, meski Indonesia memiliki landasan makroekonomi yang kuat, wabah Covid-19 mengubah arah perekonomian Indonesia. Ini akibat memburuknya kondisi lingkungan eksternal dan melemahnya permintaan dalam negeri.

Namun perekonomian Indonesia bakal kembali pulih di 2021 jika pemerintah melakukan tindakan tegas dan efektif untuk menanggulangi dampak kesehatan dan ekonomi. Khususnya melindungi kelompok miskin dan rentan.

"Perekonomian Indonesia diperkirakan dapat kembali secara bertahap ke jalur pertumbuhannya tahun depan" kata Direktur ADB, Winfried Wicklein, dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Jumat, (3/4/2020).

Lebih lanjut, Asian Development Outlook (ADO) 2020, pandemi Covid-19 bersamaan dengan penurunan harga komoditas dan gejolak pasar keuangan. Hal ini akan berimplikasi buruk bagi perekonomian dunia dan Indonesia tahun ini.

Terlebih dengan memburuknya perekonomian sejumlah mitra dagang utama Indonesia. Permintaan dalam negeri diperkirakan akan melemah seiring dengan menurunnya sentimen bisnis dan konsumen.

Namun, sejalan dengan pulihnya perekonomian dunia tahun depan, pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan akan memperoleh momentum. Dibantu dengan reformasi di bidang investasi yang dikeluarkan baru-baru ini.

 

Selanjutnya

Pekerja tengah mengerjakan proyek pembangunan gedung bertingkat di Jakarta, Sabtu (15/12). Bank Indonesia (BI) memprediksi pertumbuhan ekonomi pada tahun 2019 mendatang tidak jauh berbeda dari tahun ini. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pekerja tengah mengerjakan proyek pembangunan gedung bertingkat di Jakarta, Sabtu (15/12). Bank Indonesia (BI) memprediksi pertumbuhan ekonomi pada tahun 2019 mendatang tidak jauh berbeda dari tahun ini. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

4. Bank Indonesia

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi sepanjang 2020 berada di angka 2,3 persen.

"Sehingga secara keseluruhan semula prediksi kami 2,3 persen, tentu saja akan sedikit lebih rendah dari 2,3 persen dari realisasi di kuartal I yang ternyata lebih rendah," kata Perry di Gedung Bank Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (6/5/2020).

Namun hal tersebut tidak akan berlanjut di tahun berikutnya. Pada 2021, pertumbuhan ekonomi Indonesia akan membaik.

Kendati begitu Perry menjelaskan, Bank Indonesia memperkirakan puncak penyebaran virus Corona ada di bulan April, Mei dan pertengahan Juni. Maka kebijakan pemerintah seperti Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hanya berlaku di bulan tersebut. Penerapan PSBB ini juga akan berlangsung di 70 persen wilayah ekonomi Indonesia.

Namun Perry optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2021 sebesar 6,6 persen, maka dalam dua tahun pertumbuhan ekonomi menjadi 8,9 persen. Padahal sebelum Covid-19 pertumbuhan ekonomi tahun ini diangka 5,1-5,2 persen dan pada tahun 2021 sebesar 5,3 persen. Jika dijumlahkan dalam dua tahun pertumbuhan ekonomi tanpa Covid-19 sebesar 10,4 persen.

"Perbedaan 2 tahun ini menunjukkan dampak Covid-19 pada 2022 akan kembali kepada tren jangka panjang karena faktor base efek sudah hilang dan bisa tumbuh 5,4 persen," kata Perry.

5. Institute For Development of Economics and Finance (INDEF)

Melihat pertumbuhan ekonomi Indonesia untuk kuartal I 2020 hanya sebesar 2,97 persen. Institute for Development of Economics and Finance (Indef) memprediksikan untuk kuartal II dan seterusnya akan terkontraksi atau tumbuh negatif.

Kepala Center of Macroeconomics and Finance Indef M Rizal Taufikurahman mengatakan apabila penanganan covid-19 tidak selesai dalam waktu tiga bulan, maka pertumbuhan ekonomi di kuartal II 2020 akan mencapai -0,15 persen.

Tapi jika hingga bulan Juni kurva Covid-19 belum melandai, maka pertumbuhan ekonomi kuartal II 2020 diproyeksikan akan berada di angka -0,69 persen atau memasuki skenario sangat berat sekali.

Kendati begitu, Rizal mengatakan pertumbuhan negatif itu diprediksi akan berbalik positif pada tahun 2021 dengan pertumbuhan sebesar 5,77 persen. 

Tentunya proyeksi 2021 tersebut mengasumsikan stimulus fiskal dapat berjalan dengan baik, disertai dengan kebijakan moneter yang saling memperkuat dan berkontribusi ke pertumbuhan ekonomi yang semakin prudent. Apabila tak terjadi demikian, proyeksi tersebut bisa jadi berubah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pandemi Corona Covid-19 Belum Berakhir, Komisi X DPR: Sekolah Jangan Dibuka Dulu

Posted: 02 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Komisi X DPR RI meminta pemerintah berhitung secara cermat dan hati-hati sebelum memutuskan kembali membuka sekolah untuk Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka saat pandemi corona covid-19 belum berakhir. Hal ini diungkap Wakil Ketua Komisi X, Dede Yusuf.

Dede menyebut, hal tersebut demi memastikan keamanan dan keselamatan peserta didik. "Jadi pandemi corona covid-19 belum berakhir, PSBB belum diangkat, jangan coba-coba. Jika ada daerah yang memang sudah zona hijau maka itu bisa dibuka dengan uji coba dengan simulasi," kata dia, kepada Merdeka.com, Selasa 2 Juni 2020.

Sebab, tidak semua daerah dan sekolah mempunya kemampuan yang sama dalam menerapkan protokol kesehatan dalam proses belajar dan mengajar. Selain itu, bervariasinya tingkat ketersediaan fasilitas maupun alat kesehatan untuk menangani corona Covid-19 juga mesti dipertimbangkan.

"Tidak semua sekolah semua daerah yang paham protokol kesehatan maupun memiliki sarana prasarana untuk menjaga fasilitas-fasilitas tersebut. Tidak ada rapid test, sarana kebersihan. Kita juga belum tahu apakah orang tua paham atau tidak membawa anaknya," ujar dia.

 

 

Cegah Gelombang Kedua

Yusuf Macan Effendi atau yang dikenal Dede Yusuf  (Liputan6.com/Johan Tallo)
Yusuf Macan Effendi atau yang dikenal Dede Yusuf (Liputan6.com/Johan Tallo)

Jangan sampai dibukanya sekolah-sekolah justru akan mendatangkan gelombang kedua serangan Covid-19. Seperti yang terjadi di negara- tetangga yang melakukan pelonggaran kebijakan terkait kegiatan masyarakat.

Dia pun menyampaikan ada kabar bahwa sekolah belum akan dibuka pada Juli ini. Bahkan menurut Mendikbud Nadiem Makarim, kegiatan belajar mengajar secara daring akan terus berlangsung hingga akhir tahun.

"Katanya presiden memutuskan bahwa sampai akhir tahun. Mendikbud juga mengatakan tidak ada pembukaan bulan Juli, semua berjalan daring sampai akhir Desember. Ini kan semua masih simpang siur karena belum diputuskan juga dengan kita," kata dia.

 

Konsultasi DPR

Dede menyebut, apapun keputusan yang menyangkut kebijakan publik, perlu, minimal kita masih reses ini, konsultasi dengan DPR. "Sehingga kita bisa juga mengatakan bahwa oke kita menyetujui, kita sepakat dengan catatan apa pun namanya itu sudah keputusan yang sifatnya bersama. Kalau darurat minimal kasih tahu kita," ujar mantan aktor tersebut.

 

Siapkan Program

Ilustrasi sekolah (dok. Pixabay.com/Wokandapix/Putu Elmira)
Ilustrasi sekolah (dok. Pixabay.com/Wokandapix/Putu Elmira)

Menurut politikus Demokrat ini, ada sejumlah hal yang mesti dilakukan, jika memang pemerintah akan meneruskan program belajar mengajar secara daring hingga akhir tahun.

Program-program tersebut dia sebut dengan crash program untuk mendukung sektor pendidikan selama pandemi covid-19. "Crash program itu, program cepat yang beda dari biasanya, Dibuat hanya untuk menghadapi kondisi ini," terang dia.

Program pertama, kata dia, yakni menyediakan kuota internet gratis bagi sarana pendidikan, bagi guru dan siswa sehingga proses belajar mengajar daring tidak malah membebani orang tua. Sebab patut diakui, tidak semua orang tua murid mampu secara ekonomi untuk terus membeli kuota internet. "Kuota itu buat guru dan murid dan hanya bisa membuka aplikasi atau web tertentu saja. Jadi itu bisa kerja sama dengan provider," ungkapnya.

 

Antisipasi Kesenjangan Materi

Pemerintah juga perlu menyiapkan satu program ajar yang disepakati dan diterapkan oleh semua sekolah. Hal ini untuk mengantisipasi kesenjangan materi ajar. Juga untuk memberikan panduan kepada sekolah terkait penyampaian bahan ajar kepada siswa.

"Kedua, harus dibuat segera crash program materi yang mau diberikan. Tidak bisa semua materi. Anak saya ini sekarang udah bengkak belajar tiap hari sampai pagi, dijejali. Ini tidak boleh juga. Jangan memaksakan (bahan ajar) satu semester di pool dalam 2-3 bulan ini," tegas Dede.

"Ada sekolah yang gurunya asal kasih tugas. ada yang gurunya bahkan tidak terlibat sama sekali. Suruh bikin kelompok diskusi saja terus dia tidak mengawasi. Ini nanti malah membuat tidak sinkronnya semua jenis proses belajar mengajar. Jadi harus ada bentukan program yang disepakati bersama dalam kondisi seperti ini," lanjut dia.

 

Infrastruktur Telekomunikasi Diperkuat

ilustrasi sekolah/unsplash element-digital
ilustrasi sekolah/unsplash element-digital

Selanjutnya dari sisi infrastruktur telekomunikasi di sekolah-sekolah juga harus diperkuat. Dalam melaksanakan program ini, Kemendikbud bisa bekerja sama dengan Kemenkominfo. "Ketiga, infrastruktur. Bisa tidak pemerintah bersama kementerian lain seperti Kominfo membuat jaringan-jaringan lebih mudah dijangkau. Misalnya belum ada, ya segera bikin," papar dia.

"Tapi untuk daerah-daerah yang memang tidak ada sarana prasarana sama sekali dan ternyata daerahnya zona hijau, ya harus ada pendekatan lain. Dengan simulasi, bertahap tidak semuanya masuk, protokol kesehatan dijaga. Karena masih banyak daerah yang boleh dikatakan sebetulnya tidak ada penyebaran. Praktis kecil sekali penyebaran di dalam situ," tandas dia.

Disadur dari Merdeka.com (Wilfridus Setu Embu)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral, Wanita Labrak Pelakor dengan Order Minuman Lewat Ojek Online

Posted: 02 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tak ada wanita yang rela melihat suaminya berselingkuh. Tak heran berbagai cara akan dilakukan untuk membuat suaminya menjauh dari wanita lain.

Baru-baru ini aksi seorang wanita melabrak selingkuhan suaminya dengan cara unik pun viral. Jika biasanya istri sah akan secara langsung menemui selingkuhan suaminya berbeda dengan wanita ini.

Wanita tersebut mencoba melabrak selingkuhan suami dengan memanfaatkan jasa pengiriman makanan dan minuman online.

Lewat pesan yang ditulis pada gelas minuman, dirinya meminta agar si pelakor tak mengganggu kehidupan rumah tangganya.

Labrak Pelakor Lewat Minuman

foto: IG/@lambe.ojol
foto: IG/@lambe.ojol

Sebuah unggahan di akun Instagram @lambe_ojol belum lama ini menunjukkan seorang wanita tengah memesan sebuah minuman secara online di Go-Food untuk dikirimkan ke sebuah alamat.

Menariknya, ia memesan minuman sembari memberikan catatan khusus berisikan pesan menohok dalam orderannya dengan tujuan melabrak seorang pelakor.

"Jangan ganggu suami saya dan rumah tangga saya lagi, pelakor!!, dari istri sahnya," tulis pesan tersebut.

Penjelasan Driver

foto: IG/@lambe.ojol
foto: IG/@lambe.ojol

Menurut penjelasan dari driver yang menerima orderan tersebut, sI wanita tengah memesan sebuah minuman kopi Americano di salah satu kafe ternama. Kemudian, ia meminta agar digelasnya ditulisi catatan yang sudah diberikan kepada si driver.

Wanita itu juga meminta agar driver mengirimkan gelas minuman yang sudah dipesan tersebut langsung kepada selingkuhan suami wanita itu.

Curi Perhatian Warganet

Foto yang diunggah pada Selasa (2/6/2020) tersebut tentu mencuri perhatian publik dalam waktu singkat.

"Perangnya pake Go Food, yang begini nih keren," tulis akun sebagai keterangan

Viral

 
 
 
View this post on Instagram

Perangnya pake Go Food anjay 🤣🤣🤣 yang begini nih Keren 😁😆

A post shared by lambe_ojol (@lambe_ojol) on

Komentar warganet

Tak sedikit yang lantas memberikan komentar terhadap aksi wanita tersebut. Banyak dari mereka yang memberikan reaksi kocak pada kolom komentar.

"Ga akan diminum itu... Disangka dikasih racun.. Wkwkwk," tulis akun @gojekcilegon.

"Amerikano pait cuyy," lanjut komentar @ampaskopi69.

"Saya suka saya suka heuheuheu," timpal abialza. "Seharusnya ngirim ke suaminya juga ya," tulis akun @erdybagger7 memberi usul.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Toko Dijarah Perusuh, Apple Ingatkan iPhone Curian Bakal Dilacak

Posted: 02 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aksi protes atas kasus kematian George Floyd meluas di berbagai negara bagian di Amerika Serikat. Tak hanya protes, kini toko-toko juga dijarah, salah satunya adalah Apple Store.

Gara-gara aksi protes ini, CEO Apple, Tim Cook, mengirimkan pesan ke karyawan. Ia memutuskan untuk menutup kembali Apple Store di seantero Amerika Serikat karena aksi protes ini. Padahal Apple baru saja membuka tokonya setelah sempat tutup karena pandemi Covid-19.

Kini tokonya malah jadi sasaran penjarahan massa. iPhone dan berbagai produk pun diambil. Demikian dikutip dari Forbes, Rabu (3/6/2020).

Di antara berbagai toko, yang jadi sasaran penjarahan adalah Apple Store di Washington DC, Los Angeles, San Francisco, New York, serta Philadelphia.

Namun demikian, Apple tidak tinggal diam. Karena keamanan adalah salah satu faktor penting buat perusahaan besutan Steve Jobs ini, Apple pun 'membuntuti' mereka yang mengambil iPhone dari toko-toko di atas.

Rupanya, Apple mengoperasikan sejumlah software proximity yang akan mengunci iPhone jika perangkat tersebut diambil secara ilegal dari toko.

Perangkat Dinonaktifkan

Apple Store dijarah seiring dengan meluasnya aksi protes yang terjadi di Amerika Serikat (Foto: AFP via Getty Image)
Apple Store dijarah seiring dengan meluasnya aksi protes yang terjadi di Amerika Serikat (Foto: AFP via Getty Image)

Teknologi ini dipakai ketika ada toko Apple yang jadi target pencurian. Dengan begitu, si pencuri iPhone tak bisa menggunakan atau menjual hasil curiannya kepada orang lain.

Berkat media sosial, kini sebuah foto yang memperlihatkan perangkat Apple terkunci software proximity pun beredar. Di mana, ketika diaktifkan, pada layar iPhone akan ada tulisan:

"Perangkat ini telah dinonaktifkan dan telah dilacak. Otoritas lokal akan diberitahu," kata Apple melalui pesan di layar iPhone hasil jarahan.

Komitmen Apple

iPhone 8 Plus dipajang di Apple Store, Sydney, Australia. (Ian Knighton/CNET)
iPhone 8 Plus dipajang di Apple Store, Sydney, Australia. (Ian Knighton/CNET)

Tampaknya Apple tidak berharap iPhone hasil jarahan itu bakal kembalikan lagi ke asalnya. Namun, komitmen Apple untuk membuat perangkat tak bisa dipakai secara ilegal memang patut diacungi jempol.

Gara-gara peringatan itu, mungkin juga ada penjarah yang langsung membuang iPhone curiannya karena tak ingin dipantau Apple dan dikejar pihak berwenang.

(Tin/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kemendikbud 'Tidak Ada Kenaikan Uang Kuliah Saat Pandemi'

Posted: 02 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dirjen Perguruan Tinggi Kemendikbud menjelaskan tidak ada kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) selama Pandemi Covid-19. Jika ada kenaikan, kebijakan itu disetujui sebelum pandemi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Per 3 Juni 2020, Ini Tiga Negara dengan Kasus COVID-19 Tertinggi di Dunia

Posted: 02 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Amerika Serikat, Brasil, dan Rusia hingga hari ini menjadi tiga negara dengan kasus terkonfirmasi COVID-19 terbanyak di dunia.

Hingga Rabu (3/6/2020) pukul 10.45, data dari laman Worldometer maupun Center for Systems Science and Engineering (CSSE) Johns Hopkins University sama-sama menunjukkan temuan tersebut meskipun angka yang mereka dapatkan sedikit berbeda.

Amerika Serikat masih menjadi negara dengan kasus positif COVID-19 terbanyak di dunia. 1,8 orang di negeri Paman Sam tersebut dinyatakan terinfeksi virus corona SARS-CoV-2.

CSSE melaporkan kasus di Amerika Serikat mencapai 1.831.821 dengan jumlah kesembuhan mencapai 463.868 dan yang meninggal dunia sebanyak 106.180.

Sementara Worldometer mencatat di AS, kasus positif berjumlah 1.881.205 dengan kesembuhan mencapai 645.974 dan yang kematian sebanyak 108.059.

Data Brasil dan Rusia

Presiden Rusia, Vladimir Putin dengan alat pelindung diri lengkap mengunjungi rumah sakit tempat pasien positif corona dirawat di Kommunarka, Moskow, Selasa (24/3/2020). Putin memberikan apresiasi kepada para dokter dan tenaga medis dalam menangani pasien COVID-19. (Alexey DRUZHININ/SPUTNIK/AFP)
Presiden Rusia, Vladimir Putin dengan alat pelindung diri lengkap mengunjungi rumah sakit tempat pasien positif corona dirawat di Kommunarka, Moskow, Selasa (24/3/2020). Putin memberikan apresiasi kepada para dokter dan tenaga medis dalam menangani pasien COVID-19. (Alexey DRUZHININ/SPUTNIK/AFP)

Brasil menjadi negara dengan kasus COVID-19 tertinggi kedua di dunia. Worldometer mencatat terjadi penambahan kasus di negara Amerika Latin tersebut sebanyak 1.569 sehingga secara total, kasus positif di sana menjadi 558.237. Untuk kasus sembuh mencapai 253.570 dan yang meninggal dunia sebanyak 31.309.

Sementara data dari CSSE menyebutkan bahwa kasus positif COVID-19 di Brasil masih mencapai 555.383 dengan kematian sebanyak 31.199 dan kesembuhan mencapai 223.638.

Untuk Rusia, hingga hari ini Worldometer mengungkapkan ada 423.741 kasus positif virus corona yang tercatat di sana. Sebanyak 5.037 jiwa dinyatakan meninggal dunia dan 186.985 dinyatakan sembuh.

Berdasarkan laporan CSSE, kasus Rusia hari ini mencapai 423.186 dengan 186.602 dinyatakan sembuh dan 5.031 orang meninggal dunia.

Saksikan juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yuni Shara dan 6 Artis Ini Unggah Blackout Tuesday untuk Peringati Tewasnya George Floyd

Posted: 02 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Selain wabah Covid-19, dunia diguncang isu rasialisme. Ini dipicu video polisi Derek Chauvin menindih leher warga Afrika-Amerika, George Floyd, hingga tewas. Sejumlah artis dunia termasuk Indonesia mengecam. Yuni Shara, misalnya.

Lewat akun Instagram terverifikasinya, Yuni Shara mengunggah foto hitam polos disertai tagar #blackouttuesday. Blackout Tuesday bentuk protes warganet seluruh dunia atas tewasnya George Floyd, 25 Mei 2020. Menyertai unggahan ini, Yuni Shara tak memberi keterangan apa pun selain emotikon hati hitam.

Sejumlah warganet mempertanyakan maksud unggahan Yuni Shara. "Kenapa gelap, Bun?" cetus salah satu warganet di kolom komentar. Ada banyak seleb Tanah Air yang menggemakan tagar #blackouttuesday. Selain Yuni Shara, Showbiz Liputan6.com mencatat enam selebritas lain. Siapa saja mereka?

1. Nikita Mirzani

Nikita Mirzani. (Foto: Instagram @nikitamirzanimawardi_17)
Nikita Mirzani. (Foto: Instagram @nikitamirzanimawardi_17)

Mengunggah warna hitam polos, pelantun "Selalu Salah" ini menyertakan dua tagar yakni #blackday2020 dan #blacklivesmatter. Tak hanya itu, Nikita Mirzani menyuarakan persatuan dalam keragaman dengan membubuhkan emotikon tiga tangan beda warna mengepal.

Yakni, warna kuning langsat, cokelat, dan hitam. Seorang warganet merespons unggahan bintang film Comic 8 dan Taman Lawang, "Hitam bukan kotor #blacklivesmatter."

2. Luna Maya

Luna Maya. (Foto: Instagram @lunamaya)
Luna Maya. (Foto: Instagram @lunamaya)

Pada hari yang sama, Selasa (2/6/2020), Luna Maya mengunggah warna hitam polos dengan tagar #blackouttuesday. Bedanya, Luna Maya menyertakan emotikon hati putih.

Tampaknya, pelantun "Suara (Kuberharap)" hendak mengingatkan warga kulit putih untuk mencintai ras berwarna. Sebuah pesan lembut tanpa menggurui dari bintang film Suzzanna: Bernapas Dalam Kubur. Aksi Luna Maya kebanjiran puluhan ribu tanda hati.

3. Aaliyah Massaid

Aaliyah Massaid. (Foto: Instagram @aaliyah.massaid)
Aaliyah Massaid. (Foto: Instagram @aaliyah.massaid)

Putri almarhum Adjie Massaid dan Reza Artamevia bergabung dalam aksi menghargai perbedaan warna kulit. Mengunggah warna hitam tanpa motif di Instagram, ia menulis status teks ringkas, "Black lives matter #blackouttuesday."

Di kolom komentar, beberapa penggemar Aaliyah Massaid melengkapi unggahan tersebut dengan empat emotikon tangan berjejer dengan warna kulit berbeda.

4. Giorgino Abraham

Unggahan Giorgino Abraham. (Foto: Instagram @giorgino_abraham)
Unggahan Giorgino Abraham. (Foto: Instagram @giorgino_abraham)

Pesan persatuan dalam keragaman turut disuarakan Giorgino Abraham. Pemilik single "Seperti Cokelat" itu mengunggah warna hitam polos dengan tagar #blackouttuesday. Hingga artikel ini disusun, tagar ini telah digunakan lebih dari 24 juta kali di Instagram.

Sejumlah seleb Hollywood seperti Rihanna bahkan menggemakan tagar #TheShowMustBePaused. Mereka berhenti mencari uang untuk menyatakan belasungkawa atas kepergian George Floyd.

5. Anggun

Anggun. (Foto: Instagram @anggun_cipta)
Anggun. (Foto: Instagram @anggun_cipta)

Pelantun "Snow on the Sahara" dan "Kembali" menempuh langkah serupa, menghitamkan feed akun Instagram terverifikasi miliknya, Selasa (2/6/2020), ia mengunggah dua tagar yakni #TheShowMustBePaused (pertunjukkan harus dijeda) dan #BlackoutTuesday.

Anggun juga menyuarakan keragaman dengan mengunggah tangan dengan gradasi warna dari hitam, sawo matang, cokelat, cokelat muda, putih, dan kuning.

6. Rossa

Unggahan Rossa. (Foto: Instagram @itsrossa910)
Unggahan Rossa. (Foto: Instagram @itsrossa910)

Pelantun "Terlalu Cinta" punya cara unik. Ia mengunggah foto hati hitam dan menulis pesan terbuka. "Let's say NO to racism , as We're all Allah's creatures. Be kind, to love and to be loved (katakan tidak pada rasialisme, karena kita semua makhluk Allah. Jadilah baik, mengasihi dan dikasihi)" ungkap Rossa.

Di pengujung pesan, ia menulis, "Jangan lagi memandang rendah orang lain berdasarkan warna kulit, suku. atau strata sosial, karena pastinya di mata Allah semua sama. Spread love, starting from me sending you doa and virtual hugs (tebarkan cinta, dimulai dari aku kirim doa dan pelukan virtual buat kalian).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PSBB Palembang Diperpanjang Seiring Bertambahnya Angka Kematian Pasien Covid-19

Posted: 02 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Palembang - Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Palembang , Sumatera Selatan (Sumsel) kembali diperpanjang. Di periode pertama, PSBB Palembang sudah dijalankan dari tanggal 21 Mei 2020 hingga 2 Juni 2020.

Karena angka penularan virus Corona Covid-19 di Palembang belum mencapai 0,5 persen, penerapan PSBB pun kembali diperpanjang. Yaitu dari tanggal 3 Juni 2020 hingga 16 Juni 2020 mendatang.

Keputusan memperpanjang PSBB di Kota Palembang ini, seiring dengan bertambahnya angka kematian pasien Corona Covid-19. Sebelumnya pada hari Minggu (31/5/2020), angka kematian pasien positif Covid-19 sebanyak 13 orang berasal dari Kota Palembang.

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Penanggulangan dan Pencegahan Covid-19 Sumsel Yusri mengungkapkan, pada tanggal 2 Juni 2020, total pasien positif Covid-19 di Sumsel sebanyak 1.019 kasus. Dimana ada 24 kasus yang bertambah.

"Puluhan kasus positif Covid-19 tersebut, berasal dari 19 kasus di Palembang, Kabupaten Musi Rawas, Musi Rawas Utara (Muratara) dan Banyuasin masing-masing 1 kasus dan Ogan Komering Ulu (OKU) 2 kasus," katanya.

Bahkan ada penambahan satu orang pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia, asal Kota Palembang. Dengan total kematian pasien Covid-19 di Sumsel sebanyak 34 orang.

Wali Kota (Wako) Palembang Harnojoyo mengatakan, PSBB Palembang dilanjutkan dengan evaluasi dari Peraturan Wali Kota (Perwali) PSBB Palembang periode awal. Hal ini dilakukan, sebagai upaya memaksimalkan pencegahan penyebaran Covid-19 di Palembang.

"Kalau selama ini hanya sosialisasi dan edukasi ke masyarakat. Sekarang lebih penekanan nanti ke tempat-tempat tertentu," ucapnya, saat menggelar Konferensi Pers di rumah dinas (rumdin) Wako Palembang di Jalan Tasik Palembang.

"Terutama di 13 check point yang sudah kita laksanakan. Kita maksimalkan dengan melibatkan unsur keamanan TNI dan Polri, jemput bola di tengah masyarakat," ujarnya.

Selama menjalani PSBB periode pertama, Wako Palembang mengklaim bahwa sudah 99,7 persen warganya yang sadar akan memakai masker saat beraktivitas di luar rumah.

Bahkan berdasarkan penelitian dari Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sriwijaya (Unsri), angka penularan Covid-19 di Palembang sudah berkurang jauh.

"Sebelum PSBB awal, kasus penularan Covid-19 di Palembang sebanyak 1,29 persen. Angkanya menurun hingga 0,92 persen di tanggal 31 Mei 2020. Kita terus tekan hingga angkanya 0,5 persen ke bawah," ucapnya.

 

Tetap Jaga Jarak

Pengunjung makan di sela-sela pembatas plastik untuk mencegah penyebaran virus corona di restoran hotpot Penguin Eat Shabu di Bangkok, 5 Mei 2020. Restoran kembali dibuka setelah Thailand memperlonggar lockdown dengan mengizinkan tempat makan menerapkan social distancing. (Lillian SUWANRUMPHA/AFP)
Pengunjung makan di sela-sela pembatas plastik untuk mencegah penyebaran virus corona di restoran hotpot Penguin Eat Shabu di Bangkok, 5 Mei 2020. Restoran kembali dibuka setelah Thailand memperlonggar lockdown dengan mengizinkan tempat makan menerapkan social distancing. (Lillian SUWANRUMPHA/AFP)

Ada beberapa peraturan yang akan diterapkan di PSBB periode ke dua. Yaitu memperbolehkan rumah makan, restoran atau kafe membuka layanan makan di tempat.

Padahal di PSBB periode awal, Wako Palembang dengan tegas hanya memperbolehkan tempat usaha makanan melayani pemesanan take away.

"Diperbolehkan,tapi ada pembatasan sesuai protokol kesehatan. Yang penting (konsumen) jaga jarak," katanya.

Namun untuk pembatasan jam operasional mal yang sebelumnya hanya 5 jam. Wako Palembang akan kembali merapatkan revisi Perwali PSBB Palembang tersebut.

Sedangkan terkait aktivitas ibadah, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang masih berpedoman dengan keputusan Kementrian Agama (Kemenag) dan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI). Sama halnya dengan kebijakan aktivitas pendidikan, yang masih akan dijalani dari rumah atau via virtual online.

"Sekolah tetap berlaku belajar di rumah, sesuai dengan kebijakan Kementrian Pendidikan. Jadi tanggal 15 Juni 2020 yang dijadwalkan masuk, akan kembali diundur," ucapnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Minta Jaksa Agung hingga KPK Awasi Pemulihan Ekonomi Nasional

Posted: 02 Jun 2020 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta agar pemulihan ekonomi nasional dilakukan secara hati-hati. Jokowi pun meminta Jaksa Agung hingga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dilibatkan untuk mengawasi program pemulihan ekonomi.

"Saya minta Jaksa Agung, BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan), pada LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah) dari awal sudah melakukan pendampingan," kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas melalui video conference, Rabu (3/6/2020).

"Jika diperlukan, KPK juga bisa dilibatkan untuk memperkuat sistem pencegahan. Ini Penting," sambungnya.

Pemerintah sendiri telah merancang sejumlah skema pemulihan ekonomi. Menurut Jokowi, dilibatkannya Jaksa Agung hingga KPK dalam program pemulihan ekonomi untuk mencegah terjadinya hal-hal yang menyimpang.

"Saya ingatkan agar pemulihan ekonomi harus dilakukan secara hati-hati, transparan, akuntabel, serta mampu mencegah risiko terjadinya moral hazard," jelasnya.

Sejumlah skema pemulihan ekonomi yang disiapkan pemerintah antara lain, subsidi bunga untuk UMKM, penempatan dana untuk bank-bank yang terdampak restrukturisasi. Kemudian, penjaminan kredit modal kerja, penyertaan modal negara untuk BUMN, dan investasi pemerintah untuk modal kerja.

Mencegah PHK Masif

Jokowi meminta agar program pemulihan tersebut segera dieksekusi agar pertumbuhan ekonomi di kuartal II, III, dan IV tahun ini tidak merosot lebih dalam lagi. Dia juga mengingatkan program pemulihan ekonomi nasional harus dapat memberikan manfaat nyata kepada pelaku usaha, khususnya di sektor padat karya.

"Agar mereka mampu beroperasi, ini penting. Dan mencegah PHK yang masif dan mampu mempertahankan daya beli para karyawannya," ucap Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Lupa Wisata Alam Biar Mental Sejahtera dan Sehat Jasmani

Posted: 02 Jun 2020 09:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Para peneliti dari University of Plymouth di Inggris menemukan bahwa orang yang melakukan wisata alam mingguan memiliki kesejahteraan mental dan fisik yang lebih baik dibanding orang yang tidak berwisata alam.

Para peneliti juga menemukan bahwa orang yang berwisata alam lebih cenderung mempromosikan kesehatan lingkungan, seperti kegiatan daur ulang dan konservasi.

Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Environmental Psychology itu menunjukkan bahwa berhubungan kembali dengan alam bisa menjadi kunci untuk mencapai perbaikan sinergis terhadap kesehatan manusia dan planet.

"Ini adalah studi pertama yang menganalisis kontribusi dari kontak alam dan hubungan dengan kesehatan manusia, kesejahteraan dan perilaku pro-lingkungan," kata Leanne Martin, pemimpin penulis dari University of Plymouth seperti dikutip dari The Week.

Wawasan Baru

Tim melihat keterlibatan orang dengan alam dari banyaknya akses ke ruang hijau, kegiatan wisata alam yang dilakukan, dan sejauh mana mereka merasa terhubung secara psikologis dengan alam bebas.

"Dalam konteks peningkatan urbanisasi, penting untuk memahami bagaimana keterlibatan sumber daya alam dengan kesehatan dan perilaku manusia," kata Leanne.

"Hasil kami menunjukkan bahwa berhubungan kembali secara fisik dengan alam dapat bermanfaat bagi kesehatan dan kesejahteraan manusia. Pada saat yang sama juga mendorong individu untuk bertindak melindungi kesehatan planet ini," kata Martin.

Temuan ini memberikan wawasan baru yang vital tentang perlunya meningkatkan kontak dengan alam. Serta, jenis pengalaman yang benar-benar membantu orang membangun hubungan emosional, kata Marian Spain, Kepala Eksekutif Natural England, penasihat pemerintah Inggris untuk lingkungan alam.

"Ini adalah kunci untuk membuka manfaat kesehatan serta menginspirasi orang untuk mengambil tindakan dalam membantu lingkungan mereka," kata Spain.

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Corona Bikin Penumpang Pesawat Turun hingga 80 Persen di Seluruh Dunia

Posted: 02 Jun 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pakar pesawat terbang putra alm. B.J Habibie, Ilham Akbar Habibie mengatakan supaya maskapai penerbangan bisa beroperasi kembali dengan aman dan memperoleh pendapatan kembali, dengan menerapkan protokol kesehatan saja tidak cukup, melainkan harus mengembangkan inovasi baru.

"Bagaimana kita melihat masa depan di era pasca covid-19, maskapai penerbangan kita ini berminggu-minggu bermulan-bulan tidak ada pendapatan tentunya sulit. Ini yang kita alami kelihatan di sini tolak ukur beberapa bulan dengan adanya covid-19 kurva pendapatan yang menukik ke bawah sekali, dalam 3 bulan kapasitas 100 persen maskapai terjun bebas ke 20 persen, jadi 80 persen kapasitas airlines yang ada tidak digunakan," kata Ilham dalam satu diskusi online Membangun Kedirgantaraan di tengah pandemi covid-19, Rabu (3/6/2020).

Menurut Putra pertama almarhum BJ Habibie ini, menjelaskan jika dibandingkan dengan keadaan sulit terdahulu, misalnya adanya virus sejenis covid-19 seperti SAR pada 10 tahun yang lalu, tidak memberikan dampak yang signifikan pada penurunan load factor pesawat terbang. Hanya wabah covid-19 saja yang menyebabkan penurunan sampai 80 persen dari semua kapasitas maskapai sedunia.

"Nah ini tentunya adalah bencana yang luar biasa dan sudah beberapa maskapai udara yang sehat dia sudah menyatakan bangkrut, yang terkemuka di Asia Tenggara mungkin maskapai udara dari Mueang thai airlines  sudah dinyatakan bangkrut," ujarnya.

Oleh karena itu, ia mengatakan jika maskapai penerbangan ingin terus beroperasi dan mencari eksimbangan antara pendapatan dengan keadaan covid-19 ini, maka diperlukan inovasi. Menerapkan physical distancing saja tidak cukup menekan penyebaran covid-19, dan tentunya akan sulit menerapkan hal itu.

"Kalau kita lihat maskapai airlines tetap ingin mencetak laba dengan adanya peraturan macam-macam PSBB di semua negara karena berbeda-beda, karena dibuat analisa oleh  IATA (Asosiasi Pengangkutan Udara Internasional), diperkirakan kalau load factor itu faktor kepenuhan pesawat terbang kalau semua tempat duduk itu semua digunakan maka load factor adalah 100 persen kalau setengah 50 persen," jelasnya.

 

Terapkan Teknologi Baru

Ilham Akbar Habibie pada acara Indonesia Education Forum di Jakarta, Jumat (18/10/2019). Liputan6.com/Keenan Pasha
Ilham Akbar Habibie pada acara Indonesia Education Forum di Jakarta, Jumat (18/10/2019). Liputan6.com/Keenan Pasha

Sementara jika menerapkan sebuah inovasi dengan memanfaatkan teknologi baru yang disesuaikan dengan bisnis, maka maskapai penerbangan akan memperoleh laba penghasilan.

Misalnya ia menyebut ada suatu perusahaan di Italia yang sudah menggagas inovasi membuat pelindung tempat duduk di dalam pesawat, yang bentuknya seperti kapsul, yang di atasnya dikelilingi oleh lapisan bening yang berfungsi untuk memproteksi antar penumpang saat duduk bersampingan.

 "Jadi perlu adanya inovasi, jadi kita bisa menerbangkan pesawat terbang dengan cara yang sudah kita kenal, jadi ekonomi class dipenuhkan semaksimal mungkin, kemudian kita tetap memperhatikan PSBB baik di Indonesia dan negara lain, itu suatu hal yang sulit sekali kita menemukan, kecuali kita berinovasi, kan manusia itu mahluk kreatif," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Debut Timnas Indonesia di Bawah Tangan Dingin Shin Tae-yong

Posted: 02 Jun 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PSSI menunjuk Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia menggantikan Simon McMenemy yang dicap gagal. Tidak hanya itu, Shin Tae-yong juga diberi mandat untuk menjadi manajer pelatih Timnas Indonesia.

Shin Tae-yong juga diberi tanggung jawab untuk memimpin Timnas Indonesia U-22 dan U-19, di mana kategori usia terakhir akan berlaga di Piala Dunia U-20 2021. Hanya Timnas U-16 yang tak ditangani Shin Tae-yong dan tetap diasuh oleh Bima Sakti.

"Awalnya, saya rasa tidak sulit untuk menangani tiga level Timnas Indonesia. Namun, saya merasa ternyata lebih sulit ketika sudah mengumpulkan pemain," kata Shin Tae-yong seperti dikutip KBS News, Selasa (2/6/2020).

Meski demikian, Shin Tae-yong berpendapat lebih mudah untuk membentuk tim yang dihuni pemain muda. Hal itu dilakukan untuk mengembangkan sepak bola Indonesia.

"Untuk mengembangkan sepak bola Indonesia dalam jangka panjang, tentu saja saya memiliki keuntungan karena membentuk pemain sejak dini," ujar Shin Tae-yong.

Namun, hingga sekarang, Shin Tae-yong belum mendapat debutnya memimpin Timnas Indonesia akibat virus corona. Berikut jadwal debut Shin Tae-yong.

Jadwal

Pelatih baru Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, bersama Muhammad Iriawan saat diperkenalkan kepada publik pada jumpa pers di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (28/12). Dirinya dikontrak selama empat tahun oleh PSSI. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)
Pelatih baru Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, bersama Muhammad Iriawan saat diperkenalkan kepada publik pada jumpa pers di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (28/12). Dirinya dikontrak selama empat tahun oleh PSSI. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

8 Oktober 2020

Thailand vs Timnas Indonesia

13 Oktober 2020

Timnas Indonesia vs Uni Emirat Arab

12 November 2020

Vietnam vs Timnas Indonesia

Skuat Timnas

Kiper

1. Andritany Ardhiyasa (Persija Jakarta)

2. Muhammad Riyandi (Barito Putera)

3. Nadeo Argawinata (Bali United)

4. Muhammad Adi Satrio (PSMS Medan)

Belakang

5. Fachruddin Aryanto (Madura United)

6. Bagas Adi Nugroho (Arema FC)

7. Andy Setyo Nugroho (Tira Persikabo)

8. Rudolf Yanto Basna (PT Prachuap)

9. Hansamu Yama (Persebaya Surabaya)

10. Alfeandra Dewangga (PSIS Semarang)

11. Ricky Fajrin (Bali United)

12. Gavin Kwan Adsit (Bali United)

13. Putu Gede Juni Antara (Bhayangkara FC)

14. Firza Andika (PSM Makassar)

15. Asnawi Mangkualam (PSM Makassar)

16. Pratama Arhan Alif (PSIS Semarang)

Tengah

17. Sani Rizki Fauzi (Bhayangkara FC)

18. T.M. Ichsan (Bhayangkara FC)

19. Rachmat Irianto (Persebaya Surabaya)

20. Muhammad Tahir (Persipura Jayapura)

21. Bayu Pradana (Barito Putera)

22. Zulfiandi (Madura United)

23. Septian David Maulana (PSIS Semarang)

24. Stefano Lilipaly (Bali United)

25. Irfan Bachdim (PSS Sleman)

26. Rizky Rizaldi Pora (Barito Putera)

27. Febri Hariyadi (Persib Bandung)

28. Saddil Ramdani (Tanpa Klub)

29. Rizky Eka Pratama (PSM Makassar)

30. Osvaldo Haay (Tanpa Klub)

Depan

31. Ilija Spasojevic (Bali United)

32. Lerby Eliandry (Bali United)

33. Irfan Jauhari Bali United)

34. Muhammad Rafli (Arema FC)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

DKI Awali Tahun Ajaran Baru 13 Juli, Pembelajaran di Rumah

Posted: 02 Jun 2020 09:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana mengatakan, tahun ajaran baru sekolah 2020/2021 akan dimulai pada 13 Juli mendatang.

"Awal tahun ajaran baru dimulai 13 Juli," ucap Nahdiana kepada Liputan6.com, Rabu (3/6/2020).

Menurut Nahdiana, pihaknya tak akan memulai kegiatan belajar mengajar secara tatap muka  di sekolah bilamana situasi pandemi belum dinyatakan aman.

"Jika kondisi belum dinyatakan aman maka pembelajaran dilakukan dari rumah," papar dia.

Nahdiana menyatakan, indikator aman bilamana dinyatakan oleh Tim Gugus Tugas daerah masing-masing.

"Dengan kewenangan masing masing dalam Gugus Penanganan pandemi ini," tandasnya.

Sementara itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) saat ini tengah menggodok aturan kegiatan belajar mengajar selama masa pandemi Covid-19. Hal ini menyusul penerapan new normal yang akan diterapkan pemerintah.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (PAUD Dikdasmen) Hamid Muhammad saat dikonfirmasi Liputan6.com, enggan menyebut garis besar isi dari aturan tersebut.

Ia mengatakan bahwa nanti saja setelah diputuskan oleh Mendikbud Nadiem Makarim. Ia juga tidak memastikan kapan aturan itu diputuskan.

"Nanti setelah diputuskan oleh Mendikbud," ungkapnya.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Haji 2020 Batal, Ini Prosedur Pengembalian Setoran Lunas BPIH Reguler

Posted: 02 Jun 2020 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Agama (Kemenag) membatalkan pemberangkatan jemaah haji tahun 2020 pada Selasa 2 Juni 2020. Untuk itu, bagi yang sudah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH), dapat mengajukan permohonan pengembalian setoran pelunasan.

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Muhajirin Yanis menyampaikan, dalam Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kemenag, tercatat ada 198.765 jemaah haji reguler yang sudah melunasi BPIH 2020.

"Jemaah yang batal berangkat tahun ini, dapat mengajukan permohonana pengembelian setoran pelunasannya. Meski diambil setoran pelunasannya, jemaah tidak kehilangan statusnya sebagai calon jemaah haji yang akan berangkat pada tahun 2021," tutur Muhajirin dalam keterangannya, Rabu (03/06/2020).

Muhajirin menyebut, jemaah dapat mengajukan permohonan pengembalian setoran pelunasan Bipih secara tertulis kepada Kepala Kankemenag Kabupaten Kota, tempat mendaftar haji.

Sementara jika jemaah haji yang batal berangkat tersebut meninggal dunia, nomor porsinya dapat dilimpahkan ke suami, istri, ayah, ibu, anak kandung, atau saudara kandung yang ditunjuk dan atau disepakati secara tertulis oleh keluarga.

"Pengganti porsi itu bisa menjadi jemaah haji 2021 selama kuota haji Indonesia masih tersedia," kata Muhajirin.

Dalam mengajukan pengembalian dana haji, jemaah harus menyertakan bukti asli setoran lunas Bipih yang dikeluarkan oleh Bank Penerima Setoran (BPS) Bipih, fotokopi buku tabungan yang masih aktif atas nama jemaah haji dan memperlihatkan aslinya, fotokopi KTP dan memperlihatkan aslinya, dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

Permohonan jemaah tersebut selanjutnya akan diverifikasi dan divalidasi oleh Kepala Seksi yang membidangi urusan Penyelenggaraan Haji dan Umrah pada Kankemenag Kabupaten Kota. Jika dokumen dinyatakan lengkap dan sah, Kasi Haji akan melakukan input data pembatalan setoran pelunasan Bipih pada aplikasi Siskohat.

 

Tahapan

Adapun tahapan berikutnya adalah sebagai berikut:

1. Kepala Kankemenag Kabupaten Kota mengajukan permohonan pembatalan setoran pelunasan Bipih secara tertulis dan dikirimkan secara elektronik kepada Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri dengan tembusan kepada Kepala Kanwil Kemenag Provinsi.

2. Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri menerima surat pengajuan permohonan pembatalan setoran pelunasan Bipih dan melakukan konfirmasi pembatalan setoran pelunasan Jemaah Haji pada aplikasi Siskohat.

3. Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri atas nama Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah mengajukan permohonan pengembalian setoran pelunasan Bipih secara tertulis kepada Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) c.q. Badan Pelaksana BPKH.

4. BPS Bipih setelah menerima Surat Perintah Membayar (SPM) dari BPKH, segera melakukan transfer dana pengembalian setoran lunas Bipih ke rekening Jemaah Haji dan melakukan konfirmasi transfer pengembalian setoran pelunasan pada aplikasi Siskohat.

Seluruh tahapan tersebut diperkirakan berlangsung selama sembilan hari dengan rincian dua hari di Kankemenag Kabupaten Kota, tiga hari di Ditjen PHU, dua hari di Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), dan dua hari proses transfer dari Bank Penerima Setoran ke rekening jemaah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Pasang Seleb Ini Ternyata Seumuran, Cantik Meski Beda Penampilan

Posted: 02 Jun 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Berbicara kehidupan selebriti memang tak ada habisnya. Selain karier di dunia hiburan, segala gerak-geriknya selalu jadi sorotan. Tak terkecuali dengan penampilannya di berbagai kesempatan. Setiap selebriti memiliki gaya dan ciri khasnya masing-masing. 

Meski para seleb cantik ini memiliki umur yang sama, namun pemilihan gaya penampilannya sangat berbeda. Ada beberapa yang tampak awet muda namun ada juga yang terlihat lebih dewasa dari usia sebenarnya karena makeup yang ia kenakan.

Sebut saja Dian Sastrowardoyo dan Syahrini. Kedua seleb cantik ini ternyata lahir di tahun yang sama. Syahrini diketahui lahir pada 1 Agustus 1982, sedangkan Dian Sastrowardoyo 16 Maret 1982. Meski seumuran, Dian Sastro dan Syahrini punya gaya yang berbeda dalam berbagai momen.

Masih banyak lagi seleb cantik seumuran, namun memiliki penampilan yang jauh berbeda dan tidak menduga mereka lahir di tahun yang sama. Berikut beda gaya 6 pasang selebriti cantik yang seumuran dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (3/6/2020).

1. Maudy Ayunda dan Arumi Bachsin lahir pada tahun 1994. Namun pelantun Cinta Datang Terlambat terlihat lebih muda dari Arumi.

Seumuran, 6 Pasang Seleb Cantik Ini Punya Gaya Penampilan yang Berbeda (Sumber: Instagram/maudyayunda  /arumi_arumi_94)
Seumuran, 6 Pasang Seleb Cantik Ini Punya Gaya Penampilan yang Berbeda (Sumber: Instagram/maudyayunda /arumi_arumi_94)

2. Ayu Ting Ting dan Pevita Pearce ternyata seumuran, namun keduanya punya gaya yang berbeda, Ayu kerap tampil dengan makeup dan Pevita jarang dengan riasan. Keduanya tetap terlihat sama-sama cantik.

Seumuran, 6 Pasang Seleb Cantik Ini Punya Gaya Penampilan yang Berbeda (Sumber: Instagram/ayutingting92/pevpearce)
Seumuran, 6 Pasang Seleb Cantik Ini Punya Gaya Penampilan yang Berbeda (Sumber: Instagram/ayutingting92/pevpearce)

3. Dua wanita cantik ini sama-sama berusia 21 tahun. Aurel telah terlihat lebih dewasa dari Cut Syifa dari segi penampilan.

Seumuran, 6 Pasang Seleb Cantik Ini Punya Gaya Penampilan yang Berbeda (Sumber: Instagram/aurelie.hermansyah  /cutsyifaa)
Seumuran, 6 Pasang Seleb Cantik Ini Punya Gaya Penampilan yang Berbeda (Sumber: Instagram/aurelie.hermansyah /cutsyifaa)

4. Tasya lahir 22 november 1992 dan Manohara Odelia Pinot lahir tanggal 28 Februari 1992. Meski memiliki usia yang sama, namun keduanya memiliki penampilan yang berbeda.

Seumuran, 6 Pasang Seleb Cantik Ini Punya Gaya Penampilan yang Berbeda (Sumber: Instagram/tasyakamila/manodelia)
Seumuran, 6 Pasang Seleb Cantik Ini Punya Gaya Penampilan yang Berbeda (Sumber: Instagram/tasyakamila/manodelia)

5. Kedua artis ini sama-sama lahir pada 1982, namun Syahrini dan Dian tampak berbeda dari segi fashion.

Seumuran, 6 Pasang Seleb Cantik Ini Punya Gaya Penampilan yang Berbeda (Sumber: Instagram/princessyahrini/therealdisastr)
Seumuran, 6 Pasang Seleb Cantik Ini Punya Gaya Penampilan yang Berbeda (Sumber: Instagram/princessyahrini/therealdisastr)

6. Sama-sama lahir 2002, keduanya terlihat berbeda. Haico memang memiliki wajah lebih dewasa, sementara Tissa terbilang imut.

Seumuran, 6 Pasang Seleb Cantik Ini Punya Gaya Penampilan yang Berbeda (Sumber: Instagram/haico.vdv/tissabiani)
Seumuran, 6 Pasang Seleb Cantik Ini Punya Gaya Penampilan yang Berbeda (Sumber: Instagram/haico.vdv/tissabiani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anggita Sari Berhijab Usai Melahirkan

Posted: 02 Jun 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Anggita Sari baru saja melahirkan buah hatinya yang pertama. Kini ada yang berbeda dari penampilannya setelah menyandang status sebagai seorang ibu.

Melihat akun Instagram pribadinya, Anggita Sari mulai mengenakan hijab. Dalam unggahannya, ia menyambangi rumah sakit mengenakan busana muslimah.

"Schedule check up Laktasi hari ini, Bismillah semoga hasil nya membaik & ASI nya cukup buat baby A," tulisnya pada tiga hari yang lalu.

Dalam fotonya ia mengenakan busana berwarna pastel yang dipadukan dengan hijab yang berwarna senada. Wajahnya terlihat sangat cantik.

Bersama Anak

[Foto: Instagram Anggita Sari]
[Foto: Instagram Anggita Sari]

Yang terbaru, ia mengunggah foto siluet dirinya yang berpose bersama bayi dan juga suaminya. Anggita Sari juga mengenakan hijab.

"Inilah yang dikehendaki Allah, semoga Allah memberkahimu," tulisnya sebagai keterangan.

Hapus Foto Tanpa Hijab

[Foto: Instagram Anggita Sari]
[Foto: Instagram Anggita Sari]

Anggita Sari juga banyak menghapus foto-fotonya dan hanya menyisakan penampilannya yang sudah berhijab. Tampaknya, ia memang serius memperbaiki diri dan penampilannya.

Warganet pun memuji Anggita Sari. Mereka berharap agar ia dapat istikamah.

"Dari dulu orangnya ga sombong ka Anggi masyaallah semoga Istiqomah ya ka," kata salah satu warganet. 

"Alhamdulillah tetap istiqomah ya mbak," tambah yang lainnya. 

 

Kelahiran

Anggita Sari melahirkan bayi bernama Axel Putra Akbar di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta Selatan. Kabar bahagia ini ia umumkan lewat Instagram pribadinya. 

Anggita Sari menikah dengan seorang pengusaha tambang sekaligus kontraktor pada 17 November 2019. Sang artis memilih untuk menutup rapat identitas suami agar tak terekspos media.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ibadah Haji 2020 Dibatalkan, Ini 5 Rukun Islam yang Wajib Diketahui

Posted: 02 Jun 2020 09:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Agama telah membatalkan pemberangkatan jemaah haji asal Indonesia tahun 2020. Penyebabnya tentu saja pandemi virus corona covid-19.

"Pihak Arab Saudi tak kunjung membuka akses bagi jemaah haji dari negara manapun. Akibatnya pemerintah tidak mungkin lagi memiliki cukup waktu untuk melakukan persiapan utamanya dalam pelayanan dan perlindungan jemaah," kata Menteri Agama Fachrul Razi dalam konferensi pers secara virtual, Senin (2/6/2020).

"Berdasarkan kenyataan tersebut, pemerintah memutuskan untuk tidak memberangkatkan jemaah haji pada tahun 2020 atau tahun 1441 Hijriah ini," ucap Menteri Agama melanjutkan.

Keputusan pembatalan keberangkatan ibadah haji ke tanah suci Mekkah ini dituangkan melalui Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 494 tahun 2020. Bagi jemaah haji yang sudah melunasi biaya keberangkatan, mereka akan berangkat ke Mekkah di tahun 2021 atau 1442 Hijriah.

Bagi umat Muslim, pergi haji merupakan salah satu rukun Islam. Untuk lebih mengerti rukun Islam lihat di halaman selanjutnya.

 

 

5 Rukun Islam

Suasana dari luar Masjid Cologne saat Hari Masjid Terbuka di Cologne, Jerman, Selasa (3/10). Setiap tanggal 3 Oktober komunitas Muslim ingin warga Jerman lainnya mengenal islam dengan cara membuka semua masjid untuk umum. (AP Photo/Martin Meissner)
Suasana dari luar Masjid Cologne saat Hari Masjid Terbuka di Cologne, Jerman, Selasa (3/10). Setiap tanggal 3 Oktober komunitas Muslim ingin warga Jerman lainnya mengenal islam dengan cara membuka semua masjid untuk umum. (AP Photo/Martin Meissner)

1. Mengucapkan Dua Kalimat Syahadat

Bagi umat Islam, rukun yang pertama adalah mengucapkan dua kalimat syahadat. Kalimatnya yakni:

"Asy-hadu allaa ilaaha illallaahu wa asy-hadu anna muhammadarrasuulullahi".

Arti kalimat syahadat:

"Aku bersaksi tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah".

Di dalam dua kalimat syahadat tersebut yang patut disembah hanyalah Allah, tidak ada yang lain. Dan tidak ada Tuhan selain Allah dan Allah yang menguasai seluruh isi alam semesta.

2. Mendirikan Salat

Sebagai seorang Muslim, salah merupakan sebuah kewajiban dan ini berada di dalam rukun Islam yan kedua. Salat wajib dilakukan setiap hari dalam 5 waktu, yakni:

- Salat Subuh: Salat yang dikerjakan sebelum terbitnya fajar (antara jam 04.00). Salat ini berjumlah 2 raka'at.

- Salat Dzuhur: Salat yang dikerjakan siang hari (sekitar pukul 12.00) dan berjumlah 4 raka'at.

- Salat Ashar: Salat yang dikerjakan sore hari (sekitar jam 15.30) dengan jumlah 4 raka'at.

- Salat Maghrib: Salat yang dikerjakan saat matahari terbenam sampai masuk waktu Isya. Raka'atnya ada 3.

- Salat Isya: Salat yang dikerjakan sekitar pukul 19.00 dengan jumlah 4 raka'at.

 

 

Rukun Islam yang Ketiga

Ilustrasi Masjid Credit: pexels.com/David
Ilustrasi Masjid Credit: pexels.com/David

3. Berpuasa di Bulan Ramadan

Puasa pada bulan Ramadan yaitu bulan kesembilan dari bulan hijriyah.

Sifat puasa:

Seorang muslim berniat puasa sebelum waktu shubuh (fajar) terang. Kemudian menahan makan, minum dan jima' (mendatangi istri) hingga terbenamnya matahari kemudian berbuka. Ia kerjakan hal itu selama hari bulan Ramadan. Dengan itu ia menghendaki ridho Allah dan beribadah kepada-Nya.

Dalam puasa terdapat beberapa manfaat tak terhingga. Di antara yang terpenting:

- Merupakan ibadah kepada Allah dan menjalankan perintah-Nya. Seorang hamba meninggalkan syahwatnya, makan dan minumnya demi Allah. Hal itu di antara sarana terbesar mencapai taqwa kepada Allah ta'ala.

- Adapun manfaat puasa dari sudut kesehatan, ekonomi, sosial maka amat banyak. Tidak ada yang dapat mengetahuinya selain mereka yang berpuasa atas dorongan akidah dan iman.

 

Rukun Islam Keempat

Ilustrasi Zakat Fitrah Credit: freepik.com
Ilustrasi Zakat Fitrah Credit: freepik.com

4. Membayar Zakat

Allah telah memerintahkan setiap muslim yang memilki harta mencapai nisab untuk mengeluarkan zakat hartanya setiap tahun. Ia berikan kepada yang berhak menerima dari kalangan fakir serta selain mereka yang zakat boleh diserahkan kepada mereka sebagaimana telah diterangkan dalam Al Qur'an.

Nishab emas sebanyak 20 mitsqal. Nishab perak sebanyak 200 dirham atau mata uang kertas yang senilai itu. Barang-barang dagangan dengan segala macam jika nilainya telah mencapai nishab wajib pemiliknya mengeluarkan zakatnya manakala telah berlalu setahun.

Nishab biji-bijian dan buah-buahan 300 sha'. Rumah siap jual dikeluarkan zakat nilainya. Sedang rumah siap sewa saja dikeluarkan zakat upahnya. Kadar zakat pada emas, perak dan barang-barang dagangan 2,5 persen setiap tahunnya.

Pada biji-bijian dan buah-buahan 10 persen dari yang diairi tanpa kesulitan seperti yang diairi dengan air sungai, mata air yang mengalir atau hujan. Sedang 5 persen pada biji-bijian yang diairi dengan susah seperti yang diairi dengan alat penimba air.

Di antara manfaat mengeluarkan zakat menghibur jiwa orang-orang fakir dan menutupi kebutuhan mereka serta menguatkan ikatan cinta antara mereka dan orang kaya.

 

Rukun Islam Kelima

Umat Muslim melaksanakan salat dengan menghadap Kakbah di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Kamis (16/8). Jutaan umat Islam dari berbagai negara semakin memadati Masjidil Haram menjelang puncak pelaksanaan ibadah haji. (AP Photo/Dar Yasin)
Umat Muslim melaksanakan salat dengan menghadap Kakbah di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Kamis (16/8). Jutaan umat Islam dari berbagai negara semakin memadati Masjidil Haram menjelang puncak pelaksanaan ibadah haji. (AP Photo/Dar Yasin)

5. Pergi Haji Jika Mampu

Pergi Haji ke Mekkah adalah kewajiban umat muslim yang mampu secara fisik dan finansial. Pergi haji wajibnya dilakukan satu kali seumur hidup.

Allah berfirman dalam surat Ali-Imran: 97, yangartinya:

"...mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam."

Nabi Muhammad melakukan haji (ziarah) ke Baitullah Mekkah sekali seumur hidup. Adapun lebihnya maka merupakan sunnah. Dalam ibadah haji terdapat manfaat tak terhingga.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemohon Membludak di Hari Pertama Pembukaan Perpanjangan SIM di Bekasi

Posted: 02 Jun 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hari pertama pembukaan pelayanan perpanjangan SIM secara online di Polres Metro Bekasi Kota, dipadati pemohon yang membludak. Hal ini dikarenakan pelayanan SIM yang sempat terhenti akibat pandemi Covid-19.

Para pemohon tak hanya datang dari Bekasi, tapi juga Jakarta dan Depok. Kebanyakan dari mereka khawatir masa berlaku SIM habis karena pelayanan yang sempat diliburkan. Saat mendengar pelayanan perpanjangan SIM telah dibuka kembali, warga pun beramai-ramai mendatangi lokasi.

Namun, sejumlah pemohon terpaksa menelan kekecewaan lantaran tak bisa dilayani usai mengantre lama. Hal ini disebabkan pembatasan kuota serta banyaknya pemohon yang tidak mengetahui pembukaan layanan SIM, membuat pemohon membludak.

Selain itu, beberapa pemohon juga mengalami kesulitan dalam mengakses pendaftaran perpanjangan SIM secara online.

"Error, susah diaksesnya. Sekalipun bisa, harus nunggu antrean," kata Junaedi, seorang pemohon SIM di Bekasi, Rabu (3/6/2020).

Menurutnya, ada pemohon yang meski sudah mendapat akses dan mendaftar di bagian kesehatan dan asuransi, terpaksa gigit jari karena kuota telah habis.

"Ya pastinya kesel, udah ngantre lama-lama, tahunya kuotanya habis," ujarnya.

Alvin, seorang pemohon SIM lainnya juga menyampaikan hal serupa. Ia mengaku telah cukup lama menanti layanan perpanjangan SIM dibuka kembali. Namun saat hendak mendaftar secara online, dirinya mengalami kendala dalam mengakses layanan.

"Ya lumayan lama aksesnya, nggak bisa-bisa. Udah ngantre lama juga," keluh Alvin.

Polres Percontohan

Sekadar diketahui, Polres Metro Bekasi Kota merupakan percontohan bagi Polres lain di Indonesia, dalam penerapan pelayanan SKCK dan perpanjangan SIM secara online pada malam hari.

Polres Metro Bekasi Kota telah menyiapkan sejumlah fasilitas pelayanan publik yang ada di mal-mal, di antaranya Bekasi Trade Center (BTC), Harapan Indah dan Mega Hypermart Bekasi. Mobil SIM keliling juga dioperasikan setiap hari untuk melayani warga. Perpanjangan SIM akan berlangsung hingga 29 Juni 2020 mendatang.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manchester United Rencanakan Transfer Sensasional Bajak Striker Klub Rival

Posted: 02 Jun 2020 09:35 PM PDT

Manchester - Manchester United merencanakan membuat transfer sensasional dengan mengincar striker Manchester City, Raheem Sterling.

Manchester United siap melakukan manuver itu jika  City benar-benar dilarang tampil di Liga Champions musim depan. 

Manchester City dijatuhi larangan tampil di kompetisi Eropa selama dua tahun pada Februari 2020 karena melanggar aturan Financial Fair Play. Namun, The Citizen akan mengajukan banding ke Pengadilan Arbitrase Olahraga untuk kasus tersebut. 

Seperti dilansir The Sun, Selasa (2/6/2016), Manchester United terus memantau situasi yang dialami Manchester City dan siap mengambil keuntungan. Incarannya adalah Sterling. 

Masa depan Sterling memang sudah memancing spekulasi tak lama setelah City menerima hukuman dari UEFA. Sterling langsung dikaitkan dengan kepindahan ke klub raksasa La Liga, Real Madrid. Menurut media Spanyol, El Real siap merogoh kocek senilai 180 juta pounds demi memboyong Sterling. 

Namun, media Inggris The Independent mengklaim pihak Manchester United meyakini Sterling tak akan hijrah ke Spanyol. 

Manchester United berencana mengambil langkah cepat jika Raheem Sterling memberikan isyarat ingin meninggalkan Etihad. Setan Merah rela membobol kantong untuk menggaet Sterling yang diyakini akan menjadi tambahan amunisi yang mumpuni untuk lini depan Manchester United. 

 

Bahagia di Manchester City

Raheem Sterling - Sterling juga memiliki kemungkinan besar untuk hengkang dari Manchester City. Pemain sayap yang cukup diperhitungkan ini banyak diminta klub-klub eropa. (AFP/Oli Scarff)
Raheem Sterling - Sterling juga memiliki kemungkinan besar untuk hengkang dari Manchester City. Pemain sayap yang cukup diperhitungkan ini banyak diminta klub-klub eropa. (AFP/Oli Scarff)

Meski banyak spekulasi beredar, agen Sterling, Aidy Ward, pernah menegaskan sang pemain lebih suka bertahan di Manchester City. 

"Raheem benar-benar fokus ke Manchester City dan tak akan terganggu dengans segala rumor transfer dengan klub manapun," kata Ward. 

Pada Februari 2020, Sterling juga pernah ditanya tentang kemungkinan gabung Real Madrid pada masa mendatang. Dia menjawab saat ini bahagia di City. 

"Saat ini saya berada di City dan saya sangat bahagia. Real Madrid klub yang fantastis. Tapi saat ini saya masih punya kontrak dengan City dan saya menghormatinya," ujar Sterling. 

Sumber: The Sun  

Disadur dari: Bola.com (penulis/editor, Yus Mei Sawitri, published 3/6/2020)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dwi Sasono Ditahan, Widi Mulia: Ada yang Kangen Diajak Main Bapaknya...

Posted: 02 Jun 2020 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sudah sepekan Dwi Sasono menghabiskan hari-harinya di sel tahanan Rutan Polres Metro Jakarta Selatan. Dwi Sasono ditangkap polisi pada 26 Mei 2020 karena kedapatan memiliki narkotika berjenis ganja.

Di tahanan, Dwi Sasono tak hanya menjalani proses hukum karena kasus narkoba. Ia juga harus berjuang mendapatkan persetujuan menjalani rehabilitasi narkoba.

Tak berada di rumah seperti biasa, jelas membuat keluarga Dwi Sasono kehilangan. Biasanya, sosok Dwi Sasono menjadi figur yang menghangatkan keakraban di tengah-tengah keluarga.

Terutama, aktivitas bercengkerama bersama ketiga anaknya: Dru Prawiro Sasono, Widuri Putri Sasono, dan Den Bagus Satrio Sasono. 

Dirindukan

Keluarga Dwi Sasono-Widi Mulia. (dok.Instagram @thesasonofam/https://www.instagram.com/p/BwmQ7uVF8eu/Henry
Keluarga Dwi Sasono-Widi Mulia. (dok.Instagram @thesasonofam/https://www.instagram.com/p/BwmQ7uVF8eu/Henry

Widi Mulia, istri Dwi Sasono, menuturkan kehadiran suaminya begitu dirindukan di rumah. Apalagi selama masa pandemi, keluarga Dwi Sasono kerap menghabiskan waktu di rumah saja.

Anjing Peliharaan

Anjing peliharaan Dwi Sasono (Instagram Stories)
Anjing peliharaan Dwi Sasono (Instagram Stories)

Widi Mulia juga menggambarkan kerinduan anjing peliharaan Dwi Sasono. Melalui fitur Instagram Stories, personel grup vokal Be3 ini menuliskan rasa rindu anjing tersebut.

Diajak Bermain

Dwi Sasono dan Widi Mulia (Sumber: Instagram/dwisasono)
Dwi Sasono dan Widi Mulia (Sumber: Instagram/dwisasono)

Widi Mulia mengunggah potret anjing peliharaannya yang tengah santai di kursi. Dalam keterangan foto, ia mengatakan ada yang merindukan Dwi Sasono untuk diajak bermain. 

"Ada yang kangen diajak main bapaknya," tulis Widi Mulia.

Berbeda

Aktor berinisial DS atau Dwi Sasono saat dirilis terkait kasus kepemilikan narkoba di Polres Metro Jakarta Selatan, Senin (1/6/2020). DS ditangkap pada 26 Mei lalu di rumahnya di kawasan Pondok Labu Jakarta Selatan.  (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Aktor berinisial DS atau Dwi Sasono saat dirilis terkait kasus kepemilikan narkoba di Polres Metro Jakarta Selatan, Senin (1/6/2020). DS ditangkap pada 26 Mei lalu di rumahnya di kawasan Pondok Labu Jakarta Selatan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Beberapa momen kebersamaan Dwi Sasono bersama anjing peliharaannya itu kerap ia unggah di Instagram pribadinya. Tentunya, tanpa kehadiran Dwi Sasono di rumah, anjing peliharaan kesayangannya pun merasa ada yang berbeda.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tanggapan Warga Surabaya Terkait Rencana Penerapan New Normal

Posted: 02 Jun 2020 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Empat provinsi dan 25 kabupaten/kota akan bersiap memasuki new normal atau tatanan hidup baru. Dari 25 kabupaten/kota tersebut, Surabaya, Jawa Timur termasuk salah satu wilayah yang akan menerapkan new normal.

Sejumlah warga Surabaya pun menyampaikan tanggapannya mengenai new normal tersebut. Warga menilai, penerapan new normal tersebut belum bisa diterapkan di Surabaya, Jawa Timur. Hal ini mengingat jumlah pasien positif Corona COVID-19 di Surabaya, Jawa Timur. Berdasarkan data infocovid.jatimprov.go.id, total pasien positif Corona COVID-19 di Surabaya mencapai 2.748 orang hingga 2 Juni 2020.

Akan tetapi, sisi lain, roda perekonomian juga mesti bergerak. Oleh karena itu, warga juga berharap protokol kesehatan dapat dilakukan ketat sehingga saling beriringan.

"Saya cukup khawatir karena Indonesia khusus Surabaya masih banyak ditemukan kasus positif, dan bertambah terus. Jika nantinya diberlakukan new normal tak menutup kemungkinan kasus positif Corona makin meningkat," ujar salah satu warga Surabaya, Rahmad Adi saat dihubungi Liputan6.com, ditulis Rabu (3/6/2020).

Rahmad mengkhawatirkan kalau jumlah pasien Corona COVID-19 bertambah apalagi masyarakat juga masih ada yang belum disiplin terapkan protokol kesehatan.

Ia pun berharap penerapan new normal tersebut dapat dilakukan bertahap. Dengan demikian masyarakat juga perlu diedukasi mengenai hal-hal yang nantinya diterapkan dalam new normal atau tatanan hidup baru.

"Jika tidak mengubah perilaku maka tidak ada proses yang lebih maju. Sehingga kita tetap hidup normal dengan cara baru untuk menghindari virus tersebut. Semua mau selesai harus sadar dan patuh sama pemerintah," kata dia.

Lebih lanjut ia menuturkan, jika tidak melakukan apa-apa juga akan memperburuk ekonomi. Rahmad pun ingin masyarakat tetap mematuhi protokol dari pemerintah dengan menerapkan jaga jarak dan memakai masker. Ia pun siap untuk menerapkan new normal.

"Ya tetap jaga jarak dan mematuhi protokol pemerintah seperti jaga jarak, pakai masker, cuci tangan dan makan bergizi," tutur dia.

Sebelum new normal ini diterapkan, Rahmad mengakui dirinya tetap latihan di rumah, menjaga kondisi fisik, dan makan vitamin.

Beradaptasi

Jalan MERR IIC Surabaya, Jawa Timur. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Jalan MERR IIC Surabaya, Jawa Timur. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Hal senada dikatakan oleh warga Surabaya yang juga seorang desainer Diana Putri. Diana menilai menjalani new normal tersebut berdamai dengan Corona COVID-19 hingga ditemukan vaksin dan obatnya. Namun, hal itu bukan berarti menyerah. Diana menuturkan, menjalani new normal itu ada sejumlah hal yang dilakukan untuk mencegah penyebaran Corona COVID-19.

"Jadi beradaptasi. Di new normal ada hal-hal yang dilakukan seperti pakai masker, semprot disinfektan, terapkan social distancing, menerapkan sistem online misalkan bisnis, belanja, dan terapkan protokol kesehatan," tutur dia.

Meski demikian, penerapan new normal di Surabaya, menurut Diana memang harus bertahap. Hal ini mengingat kondisi jumlah pasien positif COVID-19 di Surabaya masih tinggi. Diana juga mengkhawatirkan jika nanti ada pelonggaran jumlah pasien COVID-19 akan bertambah. "Iya harus dilakukan bertahap," ujar Diana.

Diana menuturkan, penerapan new normal dilakukan bertahap juga mempertimbangkan kondisi ekonomi. Diana menilai, perputaran perekonomian menjadi tersendat akibat COVID-19. Setiap orang, menurut dia harus punya ketahanan untuk hadapi dampak Corona COVID-19. Sisi lain, ekonomi juga bergerak.  Diana mengatakan, harus siap hadapi new normal dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Harus siap, ready untuk babak baru kehidupan, enggak akan sama seperti dulu,jangan berharap kembali ke tatanan hidup lama, harus berdampingan dengan corona," kata dia.

Masyarakat Harus Pahami Protokol Kesehatan

Jalan MERR IIC Surabaya, Jawa Timur. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Jalan MERR IIC Surabaya, Jawa Timur. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sementara itu, warga Surabaya lainnya, Karolin Rista menuturkan ketika mendengar kata new normal deg-degan. Ia belum paham pasti mengenai new normal menurut pemerintah seperti apa.

"Kalau physical distancing dianggap new normal okelah, kalau bermasker new normal itu oke, tetapi tidak semua aktivitas itu dapat dilakukan physical distancing dan sekadar bermasker. Jadi kalau bilang new normal deg-degan," kata dia.

Ia menambahkan, ini seperti buah simalakama. Kalau tidak menerapkan ada masyarakat yang terimbas ekonomi sehingga berbahaya.

"Tetapi menurut saya new normal diterapkan ketika semua masyarakat sudah memahami protokol kesehatan, kalau belum paham, new normal itu seperti ajang kuat-kuatan, siapa yang kuat akan bertahan, dan yang tidak kuat akan tersisih," kata dia.

Ia menilai, masih banyak masyarakat yang masih nongkrong di warung dan tidak memakai masker. Sedangkan kalau memasuki new normal protokol kesehatan sudah benar dijalankan. Karolin menambahkan, jika semua berkomitmen menjalankan protokol kesehatan maka bisa segera memulai new normal.

"Saran new normal setuju, hal mendasar memastikan aturan dan sanksi tegas sehingga protokol kesehatan dipahami masyarakat, sesudah itu baru bahas new normal," kata dia.

Sementara itu, Tim Advokasi PSBB dan Survailans, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga, Windhu Purnomo menuturkan, new normal dapat dilakukan asal memakai protokol kesehatan yang ketat.  Lebih lanjut ia menuturkan, suatu daerah dapat menerapkan new normal jika tingkat penularannya juga di bawah satu dalam 10 hari. "Selain itu tingkat penularan atau rt di bawah satu, dan bertahan lebih dari 10 hari," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waskita Karya Garap Ruang Isolasi RSUP Fatmawati

Posted: 02 Jun 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Waskita Karya (Persero) Tbk (Kode Saham: WSKT) telah merampungkan pembangunan Ruang Rawat Isolasi RSUP Fatmawati, Jakarta Selatan.

Ruang rawat isolasi yang telah dibangun berada di Gedung Anggrek Lantai VI RSUP Fatmawati sebagai tindak lanjut dalam meningkatkan perlindungan dan pelayanan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. Pembangunan dilaksanakan selama 30 hari kalender, yaitu sejak 22 April sampai dengan 21 Mei 2020.

Sebelumnya, Waskita Karya telah menyelesaikan pembangunan fasilitas observasi dan karantina pengendalian Covid-19 di Pulau Galang, Batam, dan Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran.

Sebagaimana halnya pembangunan ruang rawat isolasi RSUP Fatmawati, kedua bangunan terdahulu dikerjakan Waskita Karya dalam waktu yang relatif singkat sesuai jadwal yang ditetapkan owner.

Ruang rawat isolasi RSUP Fatmawati memiliki 26 kamar dengan 43 tempat tidur. Menurut Project Manager Pembangunan Ruang Rawat Isolasi RSUP Fatmawati, Marco Sulistyo, ada sekitar 5 fasilitas penunjang dalam ruang rawat tersebut yang akan dibangun Waskita Karya.

"Ada laboratorium, nurse station, ruang farmasi, ruang dokter, dan ruang ganti staff. Ruang ini dibangun dengan standar ruang isolasi yang memiliki clean room dengan sistem negative pressure sesuai ketentuan Permenkes," ungkap Marco.

 

Lingkup Pekerjaan

Waskita Karya pembangunan Ruang Rawat Isolasi RSUP Fatmawati, Jakarta Selatan (dok: Waskita)
Waskita Karya pembangunan Ruang Rawat Isolasi RSUP Fatmawati, Jakarta Selatan (dok: Waskita)

Adapun lingkup pekerjaan yang dilaksanakan Waskita meliputi pekerjaan perencanaan, arsitek, mekanikal & elektrikal, dan pekerjaan interior. Pada pekerjaan arsitek terdapat sandwich panel dan vinyl.

Dalam pekerjaan elektrikal terdapat panel, kabel, dan armature. Kemudian pada pekerjaan elektronika terdapat FA, SS, CCTV, MATV, Data, Telephone, dan Nurse Call. Sedangkan pada pekerjaan mekanikal terdapat pekerjaan Air Conditioning, Fire Fighting, Plumbing, Medical Gas & Bedhead.

Menurut Marco Sulistyo, spesifikasi khusus di proyek ini terdapat pada pekerjaan dinding dan pintu, lantai, serta HVAC. Pekerjaan dinding dan pintu menggunakan bahan sandwich panel PIR dengan anti bacterial coating.

Pekerjaan lantai menggunakan vinyl jenis homogeneous dan antibacterial coating, dan pada pekerjaan HVAC terdapat sistem AC di ruang isolasi dengan negative pressure yang dilengkapi dengan HEPA filter dan UV lamp.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Blackout Tuesday Viral di Media Sosial Jadi Sorotan

Posted: 02 Jun 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai bentuk solidaritas terhadap aksi demo kematian pria kulit hita di Minnesota, George Floyd, karena tercekik lutut polisi, warganet ramaikan tagar #BlackoutTuesday di media sosial.

Berita tentang viralnya aksi #BlackoutTuesday di media sosial, khususnya di Instagram menjadi sorotan pembaca kanal Tekno Liputan6.com, Selasa (2/6/2020).

Artikel yang menjadi sorotan lainnya, termasuk kabar Realme X3 SuperZoom yang segera dirilis di Indonesia, dan tiga seri Vivo X50 resmi diungkap.

Lebih lengkapnya simak berita berikut ini.

1. Viral di Instagram, Apa Itu Blackout Tuesday?

Kamu mungkin sudah melihat tagar Blackout Tuesday (#BlackoutTuesday) yang hari ini lagi viral di media sosial, terutama Instagram.

Pantauan Tekno Liputan6.com, Selasa (2/6/2020) malam, ada sekitar 12,8 juta postingan dengan tagar Blackout Tuesday di Instagram.

Baca Selengkapnya di Sini

 

2. Realme X3 SuperZoom Siap Melantai ke Pasar Indonesia dengan Kamera 60X Zoom

Realme X3 SuperZoom akan diluncurkan pada 16 Juni di Indonesia melalui sebuah acara yang berlangsung secara virtual. Smartphone ini dilengkapi dengan kamera 60X Super Zoom, Starry Mode, dan 120Hz Ultra Smooth Display.

"Ketika kami meluncurkan produk flagship killer (Realme seri X) pada tahun lalu, kami menerima respons sangat baik dari anak muda di Indonesia," ujar Palson Yi, Marketing Director, Realme Indonesia dalam keterangan tertulis.

"Indonesia merupakan pasar penting bagi Realme, sehingga kami terus mendengarkan permintaan pasar dan mencoba mewujudkannya dengan menghadirkan flagship smartphone."

Baca Selengkapnya di Sini

 

3. Vivo Akhirnya Resmi Umumkan Kehadiran Trio X50

Vivo akhirnya memperkenalkan smartphone terbarunya melalui lini X50. Ada tiga ponsel sekaligus yang diperkenalkan, yakni X50, X50 Pro, dan X50 Pro Plus.

Dikutip dari GSM Arena, Selasa (2/6/2020), seluruh produk anyar Vivo ini sudah mendukung teknologi jaringan 5G. Sesuai namanya, Vivo X50 Pro Plus menjadi varian paling tinggi untuk lini smartphone ini.

Smartphone ini menjadi yang pertama menggunakan sensor ISOCELL GN1 50MP besutan Samsung. Tidak hanya itu, Vivo X50 Pro Plus juga perangkat pertama yang menggabungkan ISOCELL dan Tetracell.

Baca Selengkapnya di Sini

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral Disemprot Disinfektan

Posted: 02 Jun 2020 09:30 PM PDT

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI melakukan penyemprotan disinfektan di Gereja Katedral, Jakarta, Rabu (3/6/2020). Langkah ini sebagai upaya preventif mendukung kebijakan pemerintah yang akan segera menerapkan kenormalan baru di tengah pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI melakukan penyemprotan disinfektan di Gereja Katedral, Jakarta, Rabu (3/6/2020). Langkah ini sebagai upaya preventif mendukung kebijakan pemerintah yang akan segera menerapkan kenormalan baru di tengah pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI melakukan penyemprotan disinfektan di Gereja Katedral, Jakarta, Rabu (3/6/2020). Langkah ini sebagai upaya preventif mendukung kebijakan pemerintah yang akan segera menerapkan kenormalan baru di tengah pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI bersiap menyemprotkan disinfektan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (3/6/2020). Langkah ini sebagai upaya preventif mendukung kebijakan pemerintah yang akan segera menerapkan kenormalan baru di tengah pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI bersiap menyemprotkan disinfektan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (3/6/2020). Langkah ini sebagai upaya preventif mendukung kebijakan pemerintah yang akan segera menerapkan kenormalan baru di tengah pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI bersiap menyemprotkan disinfektan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (3/6/2020). Langkah ini sebagai upaya preventif mendukung kebijakan pemerintah yang akan segera menerapkan kenormalan baru di tengah pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI melakukan penyemprotan disinfektan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (3/6/2020). Langkah ini sebagai upaya preventif mendukung kebijakan pemerintah yang akan segera menerapkan kenormalan baru di tengah pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI melakukan penyemprotan disinfektan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (3/6/2020). Langkah ini sebagai upaya preventif mendukung kebijakan pemerintah yang akan segera menerapkan kenormalan baru di tengah pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI melakukan penyemprotan disinfektan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (3/6/2020). Langkah ini sebagai upaya preventif mendukung kebijakan pemerintah yang akan segera menerapkan kenormalan baru di tengah pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI melakukan penyemprotan disinfektan di Gereja Katedral, Jakarta, Rabu (3/6/2020). Langkah ini sebagai upaya preventif mendukung kebijakan pemerintah yang akan segera menerapkan kenormalan baru di tengah pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI melakukan penyemprotan disinfektan di Gereja Katedral, Jakarta, Rabu (3/6/2020). Langkah ini sebagai upaya preventif mendukung kebijakan pemerintah yang akan segera menerapkan kenormalan baru di tengah pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI melakukan penyemprotan disinfektan di Gereja Katedral, Jakarta, Rabu (3/6/2020). Langkah ini sebagai upaya preventif mendukung kebijakan pemerintah yang akan segera menerapkan kenormalan baru di tengah pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI melakukan penyemprotan disinfektan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (3/6/2020). Langkah ini sebagai upaya preventif mendukung kebijakan pemerintah yang akan segera menerapkan kenormalan baru di tengah pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI melakukan penyemprotan disinfektan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (3/6/2020). Langkah ini sebagai upaya preventif mendukung kebijakan pemerintah yang akan segera menerapkan kenormalan baru di tengah pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI melakukan penyemprotan disinfektan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (3/6/2020). Langkah ini sebagai upaya preventif mendukung kebijakan pemerintah yang akan segera menerapkan kenormalan baru di tengah pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI melakukan penyemprotan disinfektan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (3/6/2020). Langkah ini sebagai upaya preventif mendukung kebijakan pemerintah yang akan segera menerapkan kenormalan baru di tengah pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI melakukan penyemprotan disinfektan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (3/6/2020). Langkah ini sebagai upaya preventif mendukung kebijakan pemerintah yang akan segera menerapkan kenormalan baru di tengah pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI melakukan penyemprotan disinfektan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (3/6/2020). Langkah ini sebagai upaya preventif mendukung kebijakan pemerintah yang akan segera menerapkan kenormalan baru di tengah pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI melakukan penyemprotan disinfektan di Gereja Katedral, Jakarta, Rabu (3/6/2020). Langkah ini sebagai upaya preventif mendukung kebijakan pemerintah yang akan segera menerapkan kenormalan baru di tengah pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI melakukan penyemprotan disinfektan di Gereja Katedral, Jakarta, Rabu (3/6/2020). Langkah ini sebagai upaya preventif mendukung kebijakan pemerintah yang akan segera menerapkan kenormalan baru di tengah pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI melakukan penyemprotan disinfektan di Gereja Katedral, Jakarta, Rabu (3/6/2020). Langkah ini sebagai upaya preventif mendukung kebijakan pemerintah yang akan segera menerapkan kenormalan baru di tengah pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sempat Sembuh, Warga Banjarnegara Positif Covid-19 Lagi

Posted: 02 Jun 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang pasien sembuh covid-19, dinyakatakan positif lagi setelah jalani tes swab ke-2. Ia terpaksa dites ulang karena setelah sembuh dan pulang ke rumah, berinteraksi dengann dua orang kerabat yang positif covid-19

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Video Ini Bukan Bukti Rumah Sakit Jadikan Covid-19 Sebagai Lahan Bisnis

Posted: 02 Jun 2020 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beredar rangkaian video yang diklaim sebagai bukti terbongkarnya lahan bisnis rumah sakit dengan modus 'memvonis' pasien terkait virus corona baru (Covid-19).

Video tersebut diunggah akun Facebook Andi Baso Ryadi Mappasulle, pada 2 Juni 2020. Unggahan tersebut diberikan keterangan sebagai berikut:

"Kejadian ini membuktikan kalau Tim medis/dokter menjadikan pandemik covid 19 sebagai Lahan Mata pencaharian, biar bukan penyakit covid 19 dipaksakan untuk memvonis PDP covid 19, atau positive covid 19, malah sampai mau menyogok anak korban agar setuju Almarhum bapaknya untuk di jadikan positive covid 19.Sama halnya dengan almarhumah Istri saya yang meninggal karena strok dan pecah pembuluh darah tapi divonis oleh dokter PDP covid 19, dan akhirnya hasil swabnya menyatakan negatief covid 19, dan sampai sekarang jenazah almarhumah Istri saya masih dipekuburan Khusus orang covid padahal almarhumah Istri saya tidak covid yang dibuktikan dengan hasil swab yang resmi. Ada apa sebenarnya dibalik semua ini, kecurigaan saya mulai terbuktikan kalau semua ini hanya skenario untuk anggaran Semata. Tidak ada yang Boleh menahan kekuasaan Allah SWT untuk membongkar kebenaran yang sebenarnya."

Rangkaian video tersebut menunjukkan sejumlah orang sedang mencoba menerobos masuk ke dalam sebuah ruangan, rekaman lain pun menunjukkan beberapa orang sedang berdialog.

Dalam salah satu video terdapat narasi sebagai berikut:

"Ini adalah salah satu anak dari almarhum yang menyatakan sikap bahwa akan disogok uang untuk agar pasien ini dikuburkan secara corona. Ini pernyataan langsung dari anak yang telah ditinggal orang tuanya. Pemirsa sekalian ini adalah bentuk suatu pembodohan, di mana kita dipaksa.

Sangat janggal sekali kejadia ini, ini seluruh Indonesia akan tau kejadian ini di kota manado, tepatnya di kelurahan ketangbaru dan ternate baru, bahwa pernyataan ini dari anak almarhum sendiri, di rumah sakit Pancaran Kasih di kota di Manado, bahwa dokter menyogok anak dengan beberapa uang tapi anaknya tolak tolong diviralkan ke seluruh Indonesia agar tebongkarkan kasus seperti ini.

Jelaskan berarti ada dana di corona, ada dana kan berati masa rakyat dipaksa kalau ODP ditangkap seperti kejahatan kriminal padahal pasien tidak kriminal, ternyata kenyatan seperti ini.

kasian kan itu rakyat ditakut-takuti kenapa si seperti ini seharunya jangan dong rakyat ditakut-takuti seperti ini. Nah ini kan kasus. Allah tunjukan kebesaran Allah bahwa ada kejadian seperti ini, Allah kasih lihat kebohongan ini, seharusnya aparat seharusnya penegak hukum harus berpihak kepada rakyat berpihak kepada kita semua jangan berpihak kepada orang orang yang tidak melakukan kebenaran, ini sudah viral ini kira-kira sudah dibagikan 3 ribu di seluruh Indonesia"

Benarkah video tersebut bukti terbongkarnya lahan bisnis rumah sakit dengan menetapkan pasien Covid-19? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video terbongkarnya lahan bisnis rumah sakit dengan menetapkan pasien Covid-19, dengan menangkap layar video untuk dijadikan bahan penelusuran menggunakan Google Reverse Image dan Yandex. Namun mesin pencari tersebut tidak menampilkan gambar yang identik dengan video pada klaim.

Cek Fakta Liputan6.com kemudian mengunakan narasi pada video sebagai petunjuk untuk melakukan penelusuran menggunakan Google Search, dengan kata kunci 'video viral pasien corona di rumah sakit Pancaran Kasih'.

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Isu Corona Menyeruak, Viral Video Keluarga Pasien Datangi RS di Manado" yang dimuat situs kumparan.com, pada 2 Juni 2020.

Artikel tersebut mencantumkan salah satu cuplikan video yang terdapat pada klam terbongkarnya bisnis penetapan korban virus Covid-19 yang dilakukan rumah sakit.

Artikel menjelaskan, beredar video di media sosial berdurasi 53 detik memperlihatkan sejumlah orang mendatangi Rumah Sakit Pancaran Kasih, Manado, Senin (1/6) sore.

Dalam video tersebut tampak, tampak warga memprotes pelayanan tenaga medis di rumah sakit Pancaran Kasih. Massa kemudian mencoba merangsek masuk ke dalam rumah sakit, namun dihalangi petugas.

Salah satu perwakilan massa mengaku mendapat tawaran uang Rp 50 ribu untuk memberi izin jenazah diurus dengan protokol COVID-19. Hal itu pun dianggap sebagai upaya suap.

"Saya buka ada gulungan Rp 50 ribu," kata salah satu perwakilan massa seperti di video.

 

Terkait dengan dugaan suap yang dilakukan dokter di rumah sakit Pancaran Kasih Manado, Cek Fakta Liputan6.com telah mengulasnya dalam artikel "Cek Fakta: Viral Dokter RS di Manado Sogok Keluarga Pasien PDP Covid-19, Ini Faktanya".

Dalam artikel tersebut, Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara Sulut (Sulut) Steaven Dandel mengatakan, terkait isu pemberian uang dalam kasus tersebut, dalam SOP tidak ada kebijakan pemberian uang kepada keluarga. Yang dia tangkap di dari penjelasan dokter rumah sakit Pancaran Kasih, uang diserahkan kepada imam yang dipanggil pihak RS untuk memandikan dan mensalatkan jenazah. Bukan kepada keluarga.

Direktur Utama (Dirut) RS Pancaran Kasih dr Frangky Kambey menyatakan, isu menawarkan uang sogok kepada keluarga pasien, tidak benar.

"Saya atas nama direksi dan seluruh karyawan RS GMIM Pancaran Kasih, turut berbelasungkawa atas kepergian almarum yang meninggal di rumah sakit kami siang tadi (kemarin)," katanya.

Setiap pasien yang masuk RS, baik ODP, PDP, dan positif Covid-19, langsung dinotifikasi ke Gugus Tugas Kota Manado dan Pemprov Sulut. Apabila pasien meninggal, juga diberi tahu ke Gugus Tugas. Ada protokol yang dilakukan jika pasien meninggal. Yakni protokol jenazah, karena situasi wabah.

"Di RS kami, yang meninggal ada pasien yang beragama Kristen Protestan, Katolik, Muslim, Budha, dan Hindu. Masing-masing ada penanganan sesuai agamanya. Kebetulan pasien ini beragama Muslim. Jadi kami menggunakan fatwa MUI nomor 18 tahun 2020 tentang pedoman pengurusan jenazah muslim yang terinfeksi Covid-19," jelasnya.

Di pasal 7 katanya, disebutkan jenazah bisa dimandikan, dikafani, dan disalatkan oleh pemuka agama yang beragama muslim. Biasanya pihak rumah sakit memberikan insentif kepada yang memandikan, mengkafani, dan mensalatkan jenazah Rp 500 ribu per orang. Mengingat mereka menanggung resiko yang besar, dalam hal tertular, maka juga harus menggunakan APD level 3.

Lanjut Kambey, kebetulan yang terjadi adalah yang memandikan, mengkafankan dan mensalatkan hanya satu orang, biasanya tiga. Sehingga petugas RS melaporkan, ada dua insentif yang tertinggal. Sehingga dia menginstruksikan, berikan saja ke siapa saja yang disitu. Kebetulan yang ada di situ keluarga.

"Menurut petugas, keluarga tidak menerima. Jadi sebenarnya ada kesalahpahaman. Kalaupun kami salah, kami minta maaf. Tapi dari lubuk hati yang terdalam, kami hanya menjalankan kebijakan. Misalnya pun kalau diterima, anggaplah itu sebagai ungkapan belasungkawa kami, bukan seperti yang diisukan bahwa kami menyogok untuk mengatakan pasien ini positif Covid-19," urainya, sembari mengatakan, pasien tersebut terdiagnosa sebagai PDP. Karena itu, protokol yang digunakan adalah penanganan jenazah Covid-19.

Kambey juga mengklarifikasi, pihaknya tidak pernah membolehkan jenazah pasien dibawa pulang. "Kalau kami membolehkan, kami bisa diproses karena melanggar protokol. Semua pasien yang meninggal, baik statusnya ODP, PDP, dan positif, harus dinotifikasi ke Gugus Tugas Manado. Jadi kami sudah melakukan tugas dan kewajiban kami, yakni menangani dan melaksanakan apa yang menjadi protokol. Prinsip kami adalah menjalankan tugas, dan menunaikan misi kemanusiaan tenaga kesehatan. Kalaupun ada kesalahan, mungkin miskomunikasi antara dua belah pihak, kami mohon maaf," tukasnya.

Hasil kesimpulan penelusuran pada artikel tersebut adalah klaim dokter rumah sakit di Manado menyogok keluarga pasien agar setuju meninggal karena Covid-19 tidak didukung bukti kuat.

Direktur Utama (Dirut) RS Pancaran Kasih dr Frangky Kambey telah membatantah kabar tersebut, uang yang diberikan ke pihak keluarga adalah insentif memandikan jenazah. Pasien yang meninggal tersebut berstatus PDP, sehingga jenazahnya harus ditangani dengan mengacu pada protokol Covid-19.

 

Soal Klaim Dana Covid RS

Dikutip dari situs resmi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bpjs-kesehatan.go.id, kriteria pasien yang dapat diklaim biaya perawatannya adalah Pasien yang sudah terkonfirmasi positif Covid-19, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang berusia di atas 60 tahun dengan atau tanpa penyakit penyerta serta ODP usia kurang dari 60 tahun dengan penyakit penyerta, baik itu WNI ataupun WNA yang dirawat pada rumah sakit di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, baik itu peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)- Kartu Indonesia Sehat (KIS) maupun belum terdaftar, atau rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan atau tidak, dapat dilakukan klaim pelayanan.

Alur pengajuan klaim Covid-19 dimulai dari rumah sakit mengajukan permohonan pengajuan klaim secara kolektif melalui email ke Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan cq. Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan Kementerian Kesehatan, ditembuskan ke BPJS Kesehatan untuk verifikasi dan Dinas Kesehatan. Adapun berkas pendukung verifikasi diajukan melalui aplikasi Eklaim INA-CBGs.

Kementerian Kesehatan dapat memberikan uang muka paling banyak 50 persen dari jumlah klaim yang diajukan. Berkas klaim pasien Covid 19 yang dapat diajukan adalah yang dirawat sejak tanggal 28 Januari 2020.

Selanjutnya BPJS Kesehatan akan melakukan verifikasi terhadap klaim sesuai dengan ketentuan yang ada dalam petunjuk teknis klaim penggantian biaya perawatan. Setelah melakukan verifikasi BPJS Kesehatan akan menerbitkan Berita Acara Verifikasi pembayaran tagihan klaim pelayanan kepada Kementerian Kesehatan. BPJS Kesehatan diberi waktu tujuh hari kerja dalam proses verifikasi klaim tersebut.

Selanjutnya, setelah diserahkan berita acara verifikasi, Kementerian Kesehatan akan membayarkan klaim kepada rumah sakit setelah dikurangi uang muka yang telah diberikan sebelumnya. Biaya klaim akan ditransfer ke rekening instansi pemohon (rumah sakit) oleh Kementerian Kesehatan dalam kurun waktu 3 (tiga) hari kerja.

Kesimpulan

Klaim rangkaian video terbongkarnya lahan bisnis rumah sakit dengan menetapkan pasien Covid-19 tidak didukung bukti kuat. 

Video yang viral memperlihatkan warga memprotes pelayanan tenaga medis di rumah sakit Pancaran Kasih sebab diduga menyogok keluarga pasien yang sudah meninggal agar mau ditetapkan sebagai pasien Covid-19. Namun, dugaan tersebut tidak terbukti.

Direktur Utama (Dirut) RS Pancaran Kasih dr Frangky Kambey telah membantah kabar tersebut. Ia mengatakan, uang yang diberikan ke pihak keluarga adalah insentif memandikan jenazah. Pasien yang meninggal tersebut berstatus PDP, sehingga jenazahnya harus ditangani dengan mengacu pada protokol Covid-19.

 

 

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Nyeleneh Orang Bawa Barang di Motor Ini Kocak

Posted: 02 Jun 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bukan rahasia lagi kalau di jalanan banyak sekali pengemudi yang berkelakuan kocak. Seperti saat membawa barang bawaan yang bikin geleng kepala. Mulai dari orang membawa peralon hingga ibu-ibu membawa mainan pedang. Kocak banget deh.

Potret nyeleneh membawa barang bawaan di jalan ini viral di berbagai media sosial. Banyak yang tidak menyangka, orang-orang ini membawa barang bawaan seperti itu saat di jalan. Wajar saja jika barang bawaan yang nyeleneh tersebut berhasil mengundang gelak tawa. 

Barang bawaan yang susah dibawa seperti peralon malah dipakai layaknya helm. Tak cuma itu, ibu-ibu yang bawa mainan pedang juga bikin geleng kepala. Pasalnya, ibu-ibu tersebut layaknya seorang pendekar di serial anime.

Penasaran kan apa saja kelakuan nyeleneh saat orang bawa barang di jalanan? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, kelakuan nyeleneh saat orang bawa barang di jalanan, Rabu (3/6/2020). Kocak banget.

1. Karena enggak bisa bawanya, yaudah deh dipakai kayak helm.

6 Potret Nyeleneh Orang Bawa Barang di Motor Ini Kocak (sumber: Instagram.com/wkwkland_real)
6 Potret Nyeleneh Orang Bawa Barang di Motor Ini Kocak (sumber: Instagram.com/wkwkland_real)

2. Astaga, ibu-ibu ini mau cosplay anime ya?

6 Potret Nyeleneh Orang Bawa Barang di Motor Ini Kocak (sumber: Instagram.com/wkwkland_real)
6 Potret Nyeleneh Orang Bawa Barang di Motor Ini Kocak (sumber: Instagram.com/wkwkland_real)

3. Pasti driver ojeknya otw pochinki nih.

6 Potret Nyeleneh Orang Bawa Barang di Motor Ini Kocak (sumber: Instagram.com/wkwkland_real)
6 Potret Nyeleneh Orang Bawa Barang di Motor Ini Kocak (sumber: Instagram.com/wkwkland_real)

4. Enggak habis pikir deh, masak motor lagi bawa motor.

6 Potret Nyeleneh Orang Bawa Barang di Motor Ini Kocak (sumber: 1cak.com)
6 Potret Nyeleneh Orang Bawa Barang di Motor Ini Kocak (sumber: 1cak.com)

5. Itu yang diboncengin kok kasihan banget.

6 Potret Nyeleneh Orang Bawa Barang di Motor Ini Kocak (sumber: 1cak.com)
6 Potret Nyeleneh Orang Bawa Barang di Motor Ini Kocak (sumber: 1cak.com)

6. Ya ampun, naik motor serasa mau renang ya pak.

6 Potret Nyeleneh Orang Bawa Barang di Motor Ini Kocak (sumber: 1cak.com)
6 Potret Nyeleneh Orang Bawa Barang di Motor Ini Kocak (sumber: 1cak.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beroperasi Diam-Diam, Sisha Bar Jadi Klaster Baru Corona COVID-19 Jerman

Posted: 02 Jun 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Niedersachsen - Sebuah sisha bar di Kota Göttingen, negara bagian Niedersachsen, Jerman menjadi klaster baru infeksi Corona COVID-19 negara tersebut. Para petugas penelusuran kontak dari dinas kesehatan kemudian melakukan pelacakan.

Mengutip DW Indonesia, Rabu (3/6/2020), hingga kini mereka berhasil melakukan pelacakan dan mengidentifikasi 310 kontak yang berpotensi tertular atau menularkan COVID-19.

Kendati demikian, masih belum jelas apa yang terjadi di sisha bar itu. Menurut keterangan pemerintahan setempat, sisha bar itu ternyata beroperasi diam-diam, sekalipun masih ada larangan terkait wabah Corona COVID-19.

Beberapa orang belakangan diketahui tertular COVID-19. Penelusuran petugas dinas kesehatan kemudian menunjukkan, sumber penularan berasal dari sisha bar itu. 

"Bar itu sekarang ditutup, dan proses sanksi denda sedang diteliti", kata Cordula Dankert, juru bicara pemerintah kota.

Hingga kini sudah 68 orang yang dikonfirmasi tertular Corona COVID-19 dari klaster sisha bar itu. Para petugas penelusuran kontak sedang bekerja keras mengidentifikasi semua kontak, tambahnya. 

Sisha bar itu diketahui telah menerima ratusan tamu, saat larangan operasi masih berlaku. Namun masih belum jelas, apakah orang-orang menggunakan pipa sisha yang sama.

Sebuah gedung dengan 700 penghuni harus dikarantina. Sejauh ini dinas kesehatan sudah mengidentifikasi 310 orang yang kontak dengan orang yang terinfeksi, termasuk lusinan anak dan remaja. Mereka semua kini berada di bawah karantina yang ketat, jelas Cordula Dankert. 

"Mereka tidak boleh meninggalkan apartemen mereka, juga tidak untuk berbelanja," katanya menekankan.

Terinfeksi Selama Pesta Keluarga? 

Gambar ilustrasi Virus Corona COVID-19 ini diperoleh pada 27 Februari 2020 dengan izin dari Centers For Desease Control And Prevention (CDC). (AFP)
Gambar ilustrasi Virus Corona COVID-19 ini diperoleh pada 27 Februari 2020 dengan izin dari Centers For Desease Control And Prevention (CDC). (AFP)

Puluhan orang yang terinfeksi COVID-19 tinggal di sebuah gedung kompleks apartemen dengan 700 penghuni, sehingga seluruh gedung kini dikarantina. Petugas dinas kesehatan meyakini, beberapa keluarga telah mengadakan pesta pribadi di rumahnya akhir pekan lalu dan menyebabkan penularan berantai. 

Juga di sisha bar yang menjadi sumber penularan baru diketahui ada beberapa kali perayaan pesta keluarga. Ketua tim manajemen krisis COVID-19 di Göttingen, Petra Broistedt menerangkan, beberapa pesta keluarga juga diikuti oleh orang-orang yang datang dari luar kota. 

Jerman kini memang menerapkan pelonggaran lockdown secara bertahap, namun pertemuan keluarga baru diizinkan untuk maksimal dua keluarga. 

Panggilan untuk Tes COVID-19 

Kasus infeksi dari klaster sisha bar pertama kali diketahui hari Selasa 27 Mei. Petugas dinas kesehatan segera melakukan penelusuran kontak dan tes COVID-19. Hingga kini, masih ada lebih seratus kontak yang belum melakukan tes COVID-19.

Pada panggilan pertama melalui telepon untuk tes massal akhir pekan ini, hanya beberapa orang yang datang. Kini dilakukan panggilan kedua secara tertulis dengan ancaman sanksi denda jika tidak muncul. 

Pemerintahan negara bagian Niedersachsen mengatakan, sekalipun ada klaster baru sisha bar di Göttingan, secara keseluruhan angka penularan COVID-19 menurun dan kebijakan pelonggaran secara bertahap akan dilanjutkan. 

Situasi di kota Göttingen sendiri akan dievaluasi setelah tes dilakukan. "Bagi kami, ini situasi yang sangat serius, dan kelanjutannya akan tergantung dari hasil tes nanti", kata juru bicara kota Göttingen Cordula Dankert. 

Saksikan juga Video Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yuk Ikut Lomba Vlog dan Rebut Hadiah Belasan Juta Rupiah

Posted: 02 Jun 2020 09:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka merayakan Hari Lahir Pancasila, Pemkab Banyuwangi menggelar lomba vlog (video blog) tentang Pancasila dan Bung Karno. Lomba itu berhadiah total Rp12,5 juta ditambah piala dan piagam.

"Bung Karno menyampaikan pidato tentang rumusan dasar negara di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan pada 1 Juni 1945, dan tanggal itulah yang ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila," ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Ada dua tema yang diangkat, yaitu Bung Karno dan Aku dan Pancasila dan Gotong Royong Hadapi Covid-19. Tema "Bung Karno dan Aku" diangkat untuk menggambarkan bagaimana para peserta lomba vlog mengambil inspirasi dari Bung Karno.

"Pemikiran dan tindakan Bung Karno untuk Indonesia telah menginspirasi banyak anak muda, itulah yang nanti diekspresikan dalam vlog," ujar Anas.

Adapun tema kedua, "Pancasila dan Gotong Royong Hadapi Covid-19", mengekspresikan gotong royong sebagai intisari Pancasila untuk menghadapi pandemi Covid-19.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi Suratno menambahkan, lomba vlog ini terbagi ke dalam empat kategori, yaitu SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA, dan mahasiswa/umum. Masing-masing kategori akan ditentukan pemenang I, II, dan III.

"Mekanisme detail terkait lomba vlog ini dipublikasikan di media sosial Pemkab Banyuwangi dan Dinas Pendidikan, juga di website," ujar Suratno.

Suratno menambahkan, penyelenggaraan lomba vlog ini adalah bagian dari pendidikan kebangsaan untuk kaum muda, khususnya pelajar. "Pancasila sebagai dasar negara perlu dipelajari sejak dini, bukan hanya dalam kelas, tapi juga melalui kreativitas seperti vlog," ujarnya.

"Vlog para peserta diunggah di media sosial. Para peserta bisa individu maupun kelompok," jelas Suratno.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Disebut Tak Mengetahui Penangkapan Nurhadi, Ini Kata Ketua KPK Firli Bahuri

Posted: 02 Jun 2020 09:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri buka suara terkait kabar dirinya tak mengetahui akan adanya penangkapan terhadap mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi dan menantunya, Rezky Herbiono.

Firli menyebut, seluruh pimpinan lembaga antirasuah ikut mengawal kegiatan penangkapan terhadap Nurhadi dan Rezky yang buron selama kurang lebih empat bulan.

"Pimpinan mengikuti seluruh kegiatan mulai dari terdeteknya posisi tersangka sampai tertangkapnya tersangka," ujar Ketua KPK Firli Bahuri kepada Liputan6.com, Rabu (3/6/2020).

Firli mengatakan, kabar soal hanya Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango saja yang memerintahkan tim penyidik di bawah pimpinan Novel Baswedan untuk menangkap Nurhadi adalah tidak benar. Firli menegaskan, kinerja pimpinan KPK bersifat kolektif kolegial.

"Semua pihak memainkan peran sesuai tataran kewenangan. Mulai dari kelengkapan administrasi, surat perintah, minta bantuan personil Polri, karena hal ini penting supaya bisa dipertanggungjawabkan secara hukum dan sosial," kata Firli.

Firli menyebut, seluruh pimpinan KPK termasuk dirinya ikut memantau mulai dari penangkapan, penggeledahan, hingga Nurhadi dan Rezky digelandang ke markas antirasuah. Firli berterimakasih kepada masyarakat karena memberikan informasi terkait keberadaan Nurhadi.

"Hal penting, tidak ada orang bisa meraih sukses tanpa orang lain. Kita kerja sesuai dengan tugas pokok, peran, fungsi, kewenangan KPK. Apa yang dicapai pastilah karena semua pihak memberi andil," kata Firli Bahuri.

Nurhadi Ditangkap di Rumah Mewah

Diberitakan sebelumnya, tim penindakan menangkap Nurhadi dan menantunya, Rezky Herbiono di sebuah rumah mewah di kawasan Simprug, Jakarta Selatan.

Tak ada perlawanan berat yang diterima tim penindakan dari Nurhadi dan Rezky. Tim hanya kesulitan untuk masuk ke dalam rumah tersebut lantaran pintunya digembok.

Tim awalnya berusaha masuk secara baik-baik, dengan mengetuk pagar dan pintu rumah, namun tak ada itikada baik dari Nurhadi. Tim kemudian memutuskan untuk membobol pagar dan pintu rumah dengan disaksikan ketua RW setempat.

Nurhadi dan Rezky pun digelandang tim ke lembaga antirasuah untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Tim juga sempat membawa istri Nurhadi, Tin Zuraida untuk dimintai keterangan secara paksa. Sebab, Tin kerap mangkir dalam panggilan pemeriksaan.

Dikabarkan, dalam proses penangkapan terhadap Nurhadi tak diketahui keempat pimpinan KPK lainnya, yakni Firli Bahuri, Alexander Marwata, Lili Pintauli Siregar, dan Nurul Ghufron. Yang memerintahkan tim untuk menangkap Nurhadi hanya Nawawi Pomolango.

Nurhadi dan Rezky dijerat sebagai tersangka suap dan gratifikasi terkait penanganan perkara di MA. Nurhadi melalui Rezky diduga menerima Rp 46 miliar dari Direktur PT Multicon Indrajaya Terminal (PT. MIT) Hiendra Soenjoto. Hiendra hingga kini masih buron.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Blackout Tuesday Jadi Viral, Apa Artinya?

Posted: 02 Jun 2020 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Belakangan tagar Blackout Tuesday (#BlackoutTuesday) menjadi viral di media sosial, terutama Instagram.

Pantauan Tekno Liputan6.com, Selasa (2/6/2020) malam, ada sekitar 12,8 juta postingan dengan tagar Blackout Tuesday di Instagram.

Lalu, apa itu Blackout Tuesday?

Mengutip laman USA Today, gerakan ini dimulai oleh eksekutif musik Jamila Thomas dan Brianna Agyemang, yang menulis di sebuah situs bahwa Selasa, 2 Juni 2020, akan menjadi hari di mana semua industri berhenti, termasuk industri musik, untuk menentang 'rasisme dan ketidaksetaraan'.

Gerakan ini dilakukan sebagai tanggapan atas kematian seorang warga kulit hitam di Minneapolis, Amerika Serikat, George Floyd, yang menjadi korban kekerasan polisi.

Blackout Tuesday menyerukan semua orang untuk mem-posting gambar hitam ke Instagram dan platform media sosial lainnya.

Siapa Saja yang berpartisipasi?

Mick Jagger (Photo by Rob Grabowski/Invision/AP)
Mick Jagger (Photo by Rob Grabowski/Invision/AP)

Musisi dari Quincy Jones hingga Mick Jagger, bersama perusahaan musik dan studio, semuanya mengumumkan akan berpartisipasi sebelum tanggal 2 Juni.

Mereka mem-posting kotak hitam di media sosial, seperti yang dilakukan sejumlah perusahaan, tim olahraga, dan selebritas, dengan tagar #BlackoutTuesday atau #TheShowMustBePaused.

Perusahaan musik Columbia Records adalah yang pertama yang secara terbuka mengutuk ketidaksetaraan dan ketidakadilan.

Daftar Perusahaan yang Meramaikan Blackout Tuesday

Beyonce ternyata mengalami kejadian tak menyenangkan saat menggelar konser. ( Andrew Harmik/AP Photo)
Beyonce ternyata mengalami kejadian tak menyenangkan saat menggelar konser. ( Andrew Harmik/AP Photo)

Columbia Records sendiri merupakan rumah bagi Beyonce, Lil Nas X, Tyler the Creator, dan Polo G.

Perusahaan lain yang meramaikan gerakan ini adalah UMPG, Interscope Records, Motown, Caroline, Kobalt, Electric Feel Management, LVRN, Warner Music Group, dan Sony/ATV.

Diikuti pebisnis Ebro Darden yang memiliki program khusus di Apple Music, BMG, eks direktur pemrograman musik Hot 97 Karlie Hustle, label rekaman asal Inggris Dirty Hit, distributor independen Empire, dan masih banyak lagi.

 

Agnez Mo Ikut Ramaikan

Agnes Monica alias Agnez Mo tampil dalam
Agnes Monica alias Agnez Mo tampil dalam

Sementara itu, dari Indonesia, penyanyi Agnez Mo turut menyuarakan keragaman dalam ikatan cinta di akun Instagram terverifikasi miliknya.

Agnez Mo mengunggah foto tokoh legendaris yang juga korban politik pembedaan warna kulit, Nelson Mandela. Bersama foto hitam putih Nelson Mandela, Agnez Mo mengingatkan dunia pentingnya cinta kasih tanpa memandang warna kulit.

 

Warna Kulit dan Agama

Bersama foto Nelson Mandela, Agnez Mo mengutip pernyataan sang tokoh. "No one is born hating another person because of the color of his skin, or his background, or his religion (Tak ada seorang pun yang dilahirkan untuk membenci orang lain karena warna kulit, latar belakang atau agamanya)," tulisnya.

Pelantun "Cinta Di Ujung Jalan" dan "Tanpa Kekasihku" melanjutkan pernyataan Nelson Mandela dari buku monumental Long Walk To Freedom.

(Iskandar/Yus/Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Virus Corona Bikin Pembahasan Kontrak Ter Stegen di Barcelona Tertunda

Posted: 02 Jun 2020 09:20 PM PDT

Barcelona - Marc-Andre ter Stegen menjelaskan dirinya sudah menemui petinggi Barcelona membahas kontrak baru. Akan tetapi, pandemi virus corona membuat pembahasan kontrak tersebut harus tertunda.

Kiper Timnas Jerman itu mulai membela Barcelona pada Mei 2014. Sejak saat itu, Marc-Andre ter Stegen menjadi sosok penting di bawah mistar gawang skuat Catalan.

Sejauh ini, kiper berusia 27 tahun tersebut telah mencatatkan 224 pertandingan bersama Blaugrana, dan menorehkan 94 clean sheet serta kebobolan 206 gol. Dia juga turut membantu Barcelona meraih 13 titel juara.

Akan tetapi, durasi kerja Ter Stegen di Barca akan berakhir pada 30 Juni 2022. Tak ingin kehilangan satu di antara aset berharganya di lini belakang, Barcelona bakal memperpanjang kontrak sang kiper.

Seperti dilansir SPORT, manajemen Barcelona dan agen Marc-Andre ter Stegen telah menggelar lima kali pertemuan. Akan tetapi, kedua kubu masih belum mencapai kata sepakat.

 

Pastikan Bertahan

Kiper Barcelona FC, Marc-Andre Ter Stegen, saat mengikuti sesi latihan di Ciutat Esportiva Joan Gamper, Sant Joan Despi, Senin (18/5/2020). Barcelona terus matangkan latihan jelang kembali bergulirnya kompetisi La Liga.(AFP/Handout/FC Barcelona/Miguel Ruiz)
Kiper Barcelona FC, Marc-Andre Ter Stegen, saat mengikuti sesi latihan di Ciutat Esportiva Joan Gamper, Sant Joan Despi, Senin (18/5/2020). Barcelona terus matangkan latihan jelang kembali bergulirnya kompetisi La Liga.(AFP/Handout/FC Barcelona/Miguel Ruiz)

Ter Stegen memastikan tidak akan pergi dari Barcelona pada musim panas tahun ini. Dia menyebut pembahasan kontraknya masih berjalan, meskipun terhenti akibat dampak dari pandemi virus corona.

"Tidak mungkin bagi saya untuk meninggalkan Barcelona pada musim panas ini. Sudah ada pertemuan pertama antara agen saya dan klub (mengenai perpanjangan kontrak), namun masalah virus corona muncul dan belum waktunya untuk membahas kontrak," ujar Ter Stegen.

"Pada saat banyak orang khawatir tentang kehidupan mereka, kami memutuskan untuk menunda itu. Saya merasa nyaman di Barcelona, ​​juga karena keluarga saya merasa nyaman," tuturnya.

Sumber: Sportskeeda

Disadur dari: Bola.com (penulis/editor, Rizki Hidayat, published 3/6/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jaksa Agung hingga KPK Diminta Ikut Kawal Pemulihan Ekonomi

Posted: 02 Jun 2020 09:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pemulihan ekonomi Indonesia dapat dilakukan dengan hati-hati, mencegah moral hazard dan melibatkan aparat penegak hukum.

"Saya ingatkan program pemulihan ekonomi harus dilakukan secara hati-hati, transparan, akuntabel, mampu mencegah terjadinya moral hazard, ini penting sekali," kata Presiden Joko Widodo dikutip dari Antara, Rabu (3/6/2020).

Jokowi menyampaikan hal itu dalam rapat terbatas dengan tema Penetapan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan Perubahan Postur APBN Tahun 2020 yang dihadiri Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan para menteri kabinet Indonesia Maju.

Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2020 pada 9 Mei 2020 tentang Program Pemulihan Ekonomi Nasional untuk untuk Penanganan Pandemi COVID-19 sebagai tindak lanjut dari amanat Perppu Nomor 1 tahun 2020 untuk menjalankan program pemulihan ekonomi nasional sebagai upaya melakukan penyelamatan ekonomi nasional.

"Karena itu saya minta pada Jaksa Agung, BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan), LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah) dari awal sudah melakukan pendampingan, dan jika diperlukan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) bisa dilibatkan untuk memperkuat sistem pencegahan," tambah Presiden.

Sedangkan terkait perubahan postur APBN 2020, Presiden menyatakan berbagai perkembangan dalam penanganan COVID-19 dan berbagai langkah strategis pemulihan ekonomi membawa konsekuensi adanya tambahan belanja yang berimplikasi pada meningkatnya defisit APBN.

"Untuk itu saya minta Menteri Koordinator Perekonomian, Menteri Keuangan, Kepala Bappenas, melakukan kalkulasi lebih cermat, detail, matang terhadap risiko fiskal kita ke depan. Saya ingin tekankan lagi, agar perubahan postur perubahan APBN dilakukan hati-hati, transparan, akuntabel, sehingga APBN 2020 bisa dijaga, dipercaya dan tetap kredibel," ungkap Presiden.

Presiden Jokowi mengakui tantangan terbesar pemerintah adalah menyiapkan pemulihan ekonomi yang tepat, dieksekusi dengan cepat agar laju pertumbuhan ekonomi Indonesia kita tidak terkoreksi lebih dalam lagi.

"Kita tahu kuartal pertama ekonomi kita hanya mampu tumbuh 2,97 persen. Kuartal kedua, ketiga dan keempat kita harus mampu menahan agar laju pertumbuhan ekonomi tidak merosot lebih dalam lagi, tidak sampai minus, dan bahkan kita harapkan kita pelan-pelan mulai bisa rebound," ungkap Presiden.

Skema Pemulihan Ekonomi

Presiden Joko Widodo saat melakukan pertemuan dengan pimpinan KPK di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (4/7). Pertemuan tersebut untuk membahas Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP). (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Presiden Joko Widodo saat melakukan pertemuan dengan pimpinan KPK di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (4/7). Pertemuan tersebut untuk membahas Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden pun meminta agar semua skema pemulihan ekonomi yang sudah dirancang seperti subsidi bunga untuk UMKM, penempatan dana untuk bank-bank terdampak restrukturisasi, penjaminan kredit modal kerja, Penyertaan Modal Negara (PMN) untuk BUMN dan investasi pemerintah untuk modal kerja dapat dipastikan segera operasional di lapangan.

"Selain itu program pemulihan ekonomi nasional memberikan manfaat nyata pada pelaku usaha, utamanya sektor industri padat karya agar mereka tetap mampu beroperasi, ini penting dan mencegah PHK yang massif, dan mampu mempertahankan daya beli para karyawannya, pekerjanya," ungkap Presiden.

Presiden mengingatkan agar sektor padat karya mendapat perhatian khusus karena sektor tersebut menampung tenaga kerja yang sangat banyak sehingga goncangan pada sektor tersebut akan berdampak pada para pekerja dan tentu bagi ekonomi keluarganya.

"Saya minta konsep berbagi beban, sekali lagi saya minta konsep berbagi beban, sharing the pain, harus menjadi acuan bersama antara pemerintah, BI, OJK (Otoritas Jasa Keuangan), perbankan dan pelaku usaha harus betul-betul bersedia memikul beban, bergotong royong, bersama-sama menanggung resiko secara proporsional dan dilaksanakan dengan prinsip kehati-hatian," tambah Presiden.

Tujuannya adalah agar pelaku usaha, korporasi tetap mampu berjalan, PHK masif dapat dicegah, sektor keuangan stabil, pergerakan roda ekonomi terus bisa terjaga.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Uang Beredar di Masyarakat Capai Rp 6.238 Triliun hingga April 2020

Posted: 02 Jun 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Likuiditas perekonomian atau uang beredar dalam arti luas (M2) tumbuh melambat pada April 2020. Posisi M2 April 2020 tercatat Rp6.238,3 triliun atau tumbuh 8,6 persen (yoy), lebih rendah dibandingkan dengan pertumbuhan bulan sebelumnya sebesar 12,1 persen (yoy).

Perlambatan pertumbuhan M2 tersebut disebabkan oleh perlambatan seluruh komponennya, baik uang beredar dalam arti sempit (M1), uang kuasi, maupun surat berharga selain saham.

Dikutip dari laporan Bank Indonesia, Rabu (3/6/2020), M1 tumbuh melambat dari 15,4 persen (yoy) pada Maret 2020 menjadi 8,4 persen (yoy) pada April 2020 disebabkan oleh perlambatan giro rupiah.

Selain itu, uang kuasi pada April 2020 tumbuh melambat, dari 10,8 persen (yoy) pada Maret 2020 menjadi 8,5 persen (yoy). Perlambatan juga terjadi pada surat berharga selain saham, dari 44,6 persen (yoy) pada bulan sebelumnya menjadi 20,6 persen (yoy) pada April 2020.

Berdasarkan faktor yang memengaruhi, perlambatan pertumbuhan M2 pada April 2020 disebabkan oleh kontraksi operasi keuangan pemerintah dan perlambatan penyaluran kredit.

 

Selanjutnya

Karyawan menghitung uang kertas rupiah yang rusak di tempat penukaran uang rusak di Gedung Bank Indonessia, Jakarta (4/4). Selain itu BI juga meminta masyarakat agar menukarkan uang yang sudah tidak layar edar. (Merdeka.com/Arie Basuki)
Karyawan menghitung uang kertas rupiah yang rusak di tempat penukaran uang rusak di Gedung Bank Indonessia, Jakarta (4/4). Selain itu BI juga meminta masyarakat agar menukarkan uang yang sudah tidak layar edar. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Tagihan bersih kepada Pemerintah Pusat melambat, dari 14,5 persen (yoy) pada Maret 2020 menjadi 1,7 persen (yoy). Penyaluran kredit juga mengalami perlambatan pada April 2020, dari 7,2 persen (yoy) pada bulan sebelumnya menjadi 4,9 persen (yoy).

Sementara itu, aktiva luar negeri bersih pada April 2020 tumbuh sebesar 15,8 persen (yoy), lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan pada Maret 2020 sebesar 13,9 persen (yoy), sehingga menahan perlambatan uang beredar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Serie A Dilanjutkan, Inter Milan Berpeluang Besar Kejar Juventus

Posted: 02 Jun 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Milan- Kompetisi Liga Italia Serie A telah dipastikan akan dilanjutkan kembali mulai 20 Juni 2020. Inter Milan diprediksi akan bisa mengejar pemuncak klasemen sementara Juventus.

Serie A telah dihentikan sementara sejak Maret lalu menyusul semakin parahnya pandemi virus corona Covid-19. Saat disetop, Juventus masih berkuasa di puncak klasemen.

Juventus unggul satu poin dari peringkat dua Lazio dan sembilan poin dari Inter Milan yang ada di urutan tiga. Namun Inter masih menyimpan satu laga tunda.

Meski banyak kalangan memperkirakan persaingan meraih Scudetto musim ini tinggal Juventus dan Lazio, Arrigo Sacchi punya pendapat lain. Mantan pelatih AC Milan itu menjagokan Inter Milan untuk bisa mengejar ketertinggalan.

Sacchi punya alasan tersendiri menjagokan Inter Milan. Pasalnya jadwal tersisa La Beneamata jauh lebih mudah dibandingkan Juventus dan Lazio.

 

 

Komentar

Arrigo Sacchi (AFP)
Arrigo Sacchi (AFP)

"Saya melihat daftar pertandingan dan menurut saya jalan Inter cukup mudah. Saya pikir Conte dapat membawa mereka kembali untuk bertarung di puncak, bahkan jika Juve, untuk skuad yang tersedia, dan Lazio, untuk motivasi yang hebat, akan mulai dengan keuntungan," tutur Sacchi seperti dikutip dari Tribal Football.

Di mata Sacchi, akan ada perbedaan besar saat kompetisi Serie A dilanjutkan usai pandemi virus corona Covid-19. Faktor persiapan akan sangat penting.

Tak Terkena Corona

Klub-klub Serie A sendiri sudah mulai berlatih sejak 18 Mei lalu. Juventus memiliki kendala besar ketimbang Inter. Tiga pemain Juventus sempat terjangkit virus corona Covid-19.

Ketiga pemain Juve yang sempat positif adalah bek Daniele Rugani, gelandang Blaise Matuidi dan striker Paulo Dybala. Sedangkan penggawa Inter Milan tak ada yang terjangkit virus corona Covid-19.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Indah Siwa Oasis, 'Kolam Renang' Alami di Tengah Gurun Mesir

Posted: 02 Jun 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pernah mendengar nama tempat Oasis Siwa? Oasis Siwa merupakan salah satu permukiman paling terpencil di Mesir dekat perbatasan Libya. Selain itu, lokasi ini juga merupakan tujuan wisata yang populer berkat adanya kolam-kolam kecil garam yang indah dengan air biru dan tampak dapat mengapung. 

Bagi penduduk asli Mesir, garam adalah berkah sekaligus "kutukan" bagi mereka. Bertahun-tahun yang lalu, orang-orang mulai menyadari bahwa ada uang yang dapat dihasilkan dari perdagangan garam. Operasi penambangan garam menciptakan danau garam yang sekarang terkenal dengan oasis.

Garam botol dan suvenir batu-batu seperti lampu juga sangat populer di kalangan wisatawan yang mengunjungi tempat-tempat yang indah ini. Namun, kolam garam alami di lokasi ini yang paling mendapat perhatian. Terutama bagi para wisatawan yang ingin mendapatkan foto bagus di Instagram mereka. 

Jadi pencarian paling populer di Instagram, berikut ini 6 potret Oasis Siwa di Mesir yang merupakan "kolam renang" alami di gurun Mesir yang dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Rabu (3/6/2020).

1. Kolam-kolam garam ini merupakan bekas galian garam yang dulu sangat populer di Mesir.

Penampakan Siwa Oasis sukses bikin takjub. (Sumber: Instagram/@brendonohue)
Penampakan Siwa Oasis sukses bikin takjub. (Sumber: Instagram/@brendonohue)

2. Siwa Oasis menjadi salah satu tempat wisata yang sangat populer dan banyak wisatawan asing yang datang.

Penampakan Siwa Oasis sukses bikin takjub. (Sumber: Instagram/@greatbigearthclub)
Penampakan Siwa Oasis sukses bikin takjub. (Sumber: Instagram/@greatbigearthclub)

3. Penampakannya yang indah dan memukau, tak heran jika lokasi ini populer di pencarian media sosial.

Penampakan Siwa Oasis sukses bikin takjub. (Sumber: Instagram/@showmeegypt)
Penampakan Siwa Oasis sukses bikin takjub. (Sumber: Instagram/@showmeegypt)

4. Mengandung banyak garam, 'kolam renang' alami ini terlihat menakjubkan bak mengapung.

Penampakan Siwa Oasis sukses bikin takjub. (Sumber: Instagram/@curlytalesdubai)
Penampakan Siwa Oasis sukses bikin takjub. (Sumber: Instagram/@curlytalesdubai)

5. Di sekitar lokasi ini dikelilingi gurun pasir dan di tumbuhi beberapa pohon kurma serta pohon zaitun.

Penampakan Siwa Oasis sukses bikin takjub. (Sumber: Instagram/@snapit.hk)
Penampakan Siwa Oasis sukses bikin takjub. (Sumber: Instagram/@snapit.hk)

6. Di dekat lokasi ini juga terdapat reruntuhan kekaisaran Persia, seperti kuil Oracle yang masih bisa dikunjungi.

Penampakan Siwa Oasis sukses bikin takjub. (Sumber: Oddity)
ools-750x544.jpg

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Kita Harus Mampu Tahan Laju Pertumbuhan Ekonomi Agar Tak Minus

Posted: 02 Jun 2020 09:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta jajarannya untuk menahan laju pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal II, III, dan IV tahun ini. Hal ini untuk agar laju pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak terkoreksi lebih dalam lagi.

"Kita tahu bahwa kuartal pertama ekonomi kita hanya mampu tumbuh 2,97 persen. Kuartal II, III, IV, kita harus mampu menahan agar laju pertumbuhan ekonomi tidak merosot lebih dalam lagi, tidak sampai minus dan bahkan kita arahkan kita pelan-pelan mulai bisa rebound," kata Jokowi dalam rapat terbatas melalui video conference, Rabu (3/6/2020).

Jokowi mengatakan, bahwa tantangan terbesar pemerintah saat ini yakni, menyiapkan program pemulihan ekonomi yang tepat. Menurut dia, pemerintah telah merancang berbagai skema pemulihan ekonomi.

Mulai dari, subsidi bunga untuk UMKM, penempatan dana untuk bank-bank yang terdampak restrukturisasi, penjaminan kredit modal kerja, penyertaan modal negara untuk BUMN, dan investasi pemerintah untuk modal kerja.

Segera Dieksekusi

Jokowi meminta agar program pemulihan tersebut segera dieksekusi agar pertumbuhan ekonomi tidak merosot di kuartal II, III, dan IV. Dia juga mengingatkan program pemulihan ekonomi nasional harus dapat memberikan manfaat nyata kepada pelaku usaha, khususnya di sektor padat karya.

"Agar mereka mampu beroperasi, ini penting. Dan mencegah PHK yg masif dan mampu mempertahankan daya beli para karyawannya," kata Jokowi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Live Streaming dengan Captain Marvel Indonesia Siang Ini

Posted: 02 Jun 2020 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Captain Marvel Indonesia telah lahir. Di antara 42 penerbang TNI Angkatan Udara yang dilantik Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna pada Senin 18 Mei lalu, terdapat nama Letda Pnb Ajeng Tresna Dwi Wijayanti.

Ini adalah pertama kalinya TNI AU memiliki seorang penerbang tempur wanita atau fighter. Perwira lulusan AAU tahun 2018 ini memulai pengabdiannya di Skadron Udara 15 Wing Udara 3 Lanud Iswahjudi Magetan yang mengoperasikan pesawat tempur T50i Golden Eagle.

Lantas, bagaimana awal mula Ajeng tertarik menjadi penerbang tempur? Bagaimana pula dia menjalani pendidikan di lingkungan yang mayoritas diisi para pria itu?

 

Saksikan bincang-bincang Ajeng dalam live streaming Liputan6.com dan Vidio.com hari ini, Rabu 3 Juni 2020 pukul 14.00 WIB.

Sharing session ini akan dipandu host Nadya Laras via Zoom Meeting https://us02web.zoom.us/j/83322402768.

Jangan lupa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar Kisah Nyata Spesial Episode Rabu, 3 Juni 2020

Posted: 02 Jun 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kisah Nyata Spesial ditayangkan mulai pukul 11.30 WIB.

Setiap hari episode drama khas Kisah Nyata Spesial bisa bikin baper pemirsa.

Jangan lewatkan penayangan Kisah Nyata Spesial via live streaming dengan klik di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Minta Konsep Berbagi Beban Diterapkan Selama Pandemi, Seperti Apa?

Posted: 02 Jun 2020 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo meminta agar konsep berbagi beban atau sharing the pain diterapkan terutama di sektor ekonomi selama pandemi corona (Covid-19).

"Saya minta konsep berbagi beban, sekali lagi konsep berbagi beban, 'sharing the pain', harus menjadi acuan bersama," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat terbatas yang membahas Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan perubahan postur APBN 2020 dari Istana Merdeka Jakarta, dikutip dari Antara, Rabu (3/6/2020).

Presiden ingin agar konsep tersebut diacu oleh pemerintah, Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), perbankan, dan pelaku usaha.

Seluruhnya kata dia, diharapkan untuk bersama-sama bersedia memikul beban dan bergotong royong di tengah pandemi corona. 

"Bersedia bersama-sama menanggung risiko secara proposional, dan dengan prinsip kehati-hatiannya, agar pelaku usaha, korporasi mampu berjalan, agar PHK masif dicegah, dan sektor keuangan stabil, dan pergerakan roda ekonomi mampu kita jaga," katanya.

Presiden juga meminta jajarannya agar menyiapkan program pemulihan ekonomi yang tepat dan dieksekusi dengan cepat.

"Dengan kecepatan, agar laju pertumbuhan ekonomi kita tidak terkoreksi lebih dalam lagi," katanya.

Ke depan program pemulihan ekonomi nasional diharapkan Presiden akan memberikan manfaat nyata bagi pelaku usaha, utamanya sektor padat karya agar mampu beroperasi dan mencegah terjadinya PHK yang masif.

Bahkan lebih jauh mampu mempertahankan daya beli para pekerja dan karyawannya.

 

Jokowi Minta Pertumbuhan Ekonomi Jangan Sampai Minus

Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat membuka rapat kerja Kementerian Perdagangan 2020 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (4/3/2020). Jokowi meminta dalam raker ini dapat mempercepat prosedur-prosedur yang sebelumnya sangat lama dan berbelit-belit. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat membuka rapat kerja Kementerian Perdagangan 2020 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (4/3/2020). Jokowi meminta dalam raker ini dapat mempercepat prosedur-prosedur yang sebelumnya sangat lama dan berbelit-belit. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta berbagai program pemulihan ekonomi nasional (PEN) segera diterapkan agar pertumbuhan ekonomi pada kuartal II, III, dan IV 2002 tidak merosot lebih dalam, apalagi hingga ke level negatif (minus).

Presiden, dalam rapat terbatas melalui telekonferensi dari Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, mengharapkan dengan berbagai program PEN, kegiatan ekonomi domestik dapat segera pulih dari tekanan pandemi virus corona baru (COVID-19) dan terakselerasi.

"Kita tahu kuartal I 2020, ekonomi kita hanya tumbuh 2,97 persen (year on year/yoy), dan kuartal II dan III dan IV kita harus mampu menahan agar laju pertumbuhan ekonomi tidak merosot lebih dalam lagi, tidak sampai minus, dan bahkan kita harapkan pelan-pelan bisa 'rebound'," ujar Jokowi dikutip dari Antara, Rabu (3/6/2020).

Presiden pada Rabu pagi ini, memimpin rapat terbatas Penetapan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan Perubahan Postur APBN Tahun 2020 yang diikuti Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Menteri Kabinet Indonesia Maju, Gubernur Bank Indonesia Perry Wardjiyo, dan Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso.

Beberapa PEN yang telah dirancang pemerintah antara lain pemberian subsidi bunga untuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), penempatan dana pemerintah untuk bank yang terdampak restrukturisasi, pemberian keringanan kredit modal kerja.

Kemudian, penyertaan modal negara untuk BUMN, hingga investasi pemerintah untuk modal kerja.

"Saya harapkan, saya minta, saya ingin pastikan, harus segera operasional di lapangan, harus segera dilaksanakan," ujar Presiden.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jam Operasional dan Usia Karyawan Jadi Pertimbangan New Normal Tempat Hiburan

Posted: 02 Jun 2020 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sektor hiburan menjadi yang terakhir beroperasi jika masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berakhir. Menuju tatanan hidup normal baru, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta saat ini masih mengkaji pedoman apa saja bagi tempat hiburan, salah satu kriterianya adalah pembatasan jam operasional.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, Cucu Ahmad Kurnia mengatakan pihaknya masih melakukan pembahasan bersama pelaku industri hiburan, asosiasi hiburan dan pihak terkait.

Dia menyebut, usia karyawan dan pengunjung yang rentan terpapar virus menjadi pertimbangan penting oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta pelaku industri.

"Kita lagi susun sama-sama protokol covid-nya apa ketika mereka dibuka. Nanti ada pembatasan-pembatasan misalnya dari sisi kapasitas jam buka tutupnya, terus usia karyawan ataupun pengunjung yang berisiko, ini masih kita bahas bersama dengan pelaku industri dan asosiasi terkait," ujar Cucu menerangkan, Rabu (3/6/2020).

Mengenai tempat hiburan mana saja yang secara bertahap dibuka, Cucu mengaku masih memilah terlebih dahulu. Sebab, tempat hiburan menurutnya merupakan tempat berisiko penularan virus. Sehingga ini menjadi alasan utama tempat hiburan menjadi sektor yang terakhir operasionalnya.

Cucu menuturkan, selama menyusun kajian pedoman, pihaknya dan peserta terkait mempertimbangkan situasi penularan di Jakarta, dan juga mengadopsi kebijakan-kebijakan sejumlah negara ketika membuka tempat-tempat hiburan.

"Karena kita kan juga adopt dari berbagai literatur, dari negara lain, dari WHO, terus juga kondisi internal di sini," rinci Cucu.

Tim Gugus Tugas

Dia juga menuturkan keputusan satu jenis tempat hiburan dibuka tidak dikeluarkan oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, melainkan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 DKI.

"Yang menentukan nanti mereka boleh mulai beroperasi bukan dari kami, tapi dari Tim Gugus Tugas Covid-19. Nanti dirasa sudah aman baru boleh dibuka," tuturnya.

 

Reporter: Yunita Amalia/Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lawan Corona, MG Motor Indonesia Sumbang 10 Ribu APD dan Sembako

Posted: 02 Jun 2020 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi virus Corona atau Covid-19 yang masih terjadi di Indonesia berdampak sangat luas. Tidak hanya pelaku bisnis, masyarakat kelas pekerja pun ekonominya mulai terpengaruh.

Melihat hal tersebut, MG Motor mendonasikan lebih dari 10.000 paket bantuan berupa APD serta bahan makanan kepada warga serta tenaga medis yang berada di sekitar Jabodetabek. Penyerahan bantuan dilakukan secara bertahap menjelang perayaan Idul Fitri 1441 H pada 20-21 Mei 2020 lalu.

Sekitar 80 paket bahan makanan telah dibagikan kepada warga yang membutuhkan di area ini, berdasarkan pendataan ketua RT setempat. Paket yang berisi beras, minyak goreng, ikan kaleng, gula, mie instan, kecap, susu kental manis, teh celup, tepung terigu, sirup, kue kaleng.

Sebagai bentuk kepedulian MG Motor Indonesia akan keselamatan tenaga medis, puluhan paket berisi baju hazmat, surgical mask, pelindung wajah, pelindung sepatu, sarung tangan, dan masker N95 telah diserahkan secara langsung oleh perwakilan dari RS Amanda yang berlokasi di Cikarang Selatan & RSKD Duren Sawit di Jakarta Timur.

Bogor dan Bekasi

"MG Motor Indonesia yang membawa hampir seratus bantuan bahan makanan untuk warga setempat yang masih tinggal di area kontrakan dan menggantungkan kesehariannya sebagai penjual makanan keliling," tulis rilis MG, Selasa (2/6/2020).

Bantuan juga diberikan di wilayah Bogor dan Bekasi, Jawa Barat. Marketing & PR Director MG Motor Indonesia mengunjungi pemukiman warga yang terletak di Jalan Duren Baru, Bojong Gede, Bogor. Sembari menyampaikan kepedulian perusahaan terhadap kondisi masyarakat di sana dan juga di Jatiasih, Bekasi. 

Bantuan

"Dengan niat tulus bantuan ini kami berikan agar masyarakat di seluruh daerah tersebut benar-benar terbantu dalam kondisi berat seperti saat ini," katanya.

Bantuan serupa juga turut diterima langsung oleh bapak Samsul Arifin, Ketua RW 15 di Tanah Tinggi, Tangerang, serta Ketua RT 02 di Cipayung, Ciputat.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Penyebab Bau Mulut Saat Gunakan Masker

Posted: 02 Jun 2020 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Disaat pandemi Covid-19 ini sering sekali kita menggunakan masker. Apalagi disaat melakukan aktivitas di luar rumah. Tetapi kadang kita merasakan bau nafas lebih mudah terasa saat menggunakan masker. Ini dia penyebabnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Intip Momen Pernikahan Fitria Yusuf yang Sempat Batal Digelar 2 Bulan Lalu

Posted: 02 Jun 2020 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Fitria Yusuf, sosialita sekaligus CEO of PT Citra Marga Nusaphala Persada yang mengelola jalan tol, resmi menikah dengan Wakid Khalid pada Sabtu sore, 30 Mei 2020. Perempuan berusia 37 tahun itu menggelar akad nikah secara sederhana yang hanya dihadiri keluarga.

Momen bahagia itu seakan membayar rencana yang urung dilakukan pada 11 April 2020. Saat itu, ia memilih menundanya karena kondisi pandemi Covid-19.

Sebulan lebih berlalu, akad nikah akhirnya berhasil dilangsungkan di Rumah Lembang. Sang ayah, Jusuf Hamka, bertindak sebagai wali nikah di depan penghulu yang duduk bersama di meja transparan. Pernikahan itu juga disaksikan oleh adik-adik Fitria, Farid dan Faisal, serta sang ibu.

"Dikarenakan PSBB, sy mohon maaf kpd Teman2, handai taulan dan Keluarga besar, krn tdk mengundang kalian, mohon dimaklumi Dan mohon doa restunya utk ananda Fitria dan Wakid, smg mereka rukun2 dan langgeng sampe akhir hayat amin yra," tulis Jusuf dalam unggahan di akun Instagramnya, 31 Mei 2020.

Fitria juga menyampaikan hal senada lewat unggahan di akun Instagramnya. Perempuan yang baru mengucapkan syahadat pada awal Maret 2020 lalu itu terlihat anggun dalam balutan kebaya off white yang dipadukan dengan kain batik keemasan. Ia menambahkan kerudung panjang yang menutupi rambutnya yang dicepol.

"Alhamdullilah sah. Kami mengadakan akad nikah hanya didepan keluarga. Mohon maaf karena social distancing dan aturan psbb kami tidak dapat mengundang siapa-siapa. Mohon doa dan restunya agar pernikahan kami langgeng dan bahagia sampai akhir hayat nanti," tulis Fitria.

Ucapan selamat pun mengalir dari sejumlah teman yang tak bisa menyaksikan langsung pernikahan Fitria itu. Di antaranya adalah desainer kebaya Vera Kebaya, pemilik brand kosmetik ESQA Kezia Toemion, dan Lizzie Parra.

Hampir Batal

Fitria Yusuf menikah. (dok. Instagram @fitriayusuf_official/https://www.instagram.com/p/CA2rkSeBsTj/Dinny Mutiah)
Fitria Yusuf menikah. (dok. Instagram @fitriayusuf_official/https://www.instagram.com/p/CA2rkSeBsTj/Dinny Mutiah)

Di balik kebahagiaan itu, sempat terselip kecemasan di hati Fitria. Pasalnya, ia mengaku penghulu hampir membatalkan pernikahan tersebut.

"Alhamdullilah ya say. Maap ga bisa undang2. Wish u were there. Dibatasin ama penghulu dan hampir dicancel ama doi," tulisnya di kolom komentar.

Meski tanpa undangan, momen tersebut terbilang meriah. Pasangan baru itu sempat berdansa sesuai akad nikah dengan diiringi lagu Sempurna milik Andra and The Backbone yang dinyanyikan langsung oleh live band.

Sementara, tempat akad nikah didekorasi cantik dengan tema anggrek bulan. Bahkan, patung berwujud anggrek bulan berwarna putih berukuran besar menghiasi latar saat Wakid menjalani akad nikah.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saat Corona COVID-19 Melanda Dunia, Ini Cara China Lancarkan Perdagangan ke RI

Posted: 02 Jun 2020 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Dalam sebuah konferensi pers secara virtual pada Selasa, 2 Juni 2020, Kedutaan Besar Republik Rakyat China di Indonesia membagikan bagaimana kerja sama Tanah Air kita dengan negara mereka untuk menangani Virus Corona COVID-19, dan relasi antara kedua negara tersebut juga dengan isu-isu terkait. 

Pada kesempatan tersebut, Konselor Politik Kedutaan Besar China untuk Indonesia Qiu Xinli menjelaskan bagaimana China dan Indonesia akan menindaklanjuti kerjasamanya pasca pandemi Corona COVID-19. 

Qiu Xinli juga mengatakan bahwa "Di bidang pertukaran politik, pimpinan kedua negara akan terus menjaga kontak mengenai hubungan bilateral dan masalah-masalah yang menjadi perhatian bersama melalui pembicaraan telepon dan saling kirim surat."

Mengintensifkan komunikasi antar instansi secara virtual juga dikatakan Qiu Xinli akan dilakukan oleh kedua pihak (China dan Indonesia), dan mengadakan diskusi untuk mengembalikan kunjungan timbal balik yang telah direncanakan setelah pandemi telah diatasi.

"Untuk peringatan 70 tahun hubungan diplomatik China dan Indonesia, kedua pihak akan mendiskusikan untuk penggelaran berbagai acara yang diantaranya adalah Seminar Peringatan 70 Tahun Hubungan Diplomatik RRT-RI, dan Short Film Competition Cerita China-Indonesia pada Era Baru dengan tujuan menciptakan suasana kondusif bagi perkembangan hubungan antara kedua negara," tutur Qiu Xinli. 

Selain itu, Qiu Xinli juga membagikan bahwa pihak China telah bersedia bekerjasama dengan pihak Indonesia untuk menindaklanjuti proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung, Koridor Ekonomi Komprehensif dan sebagainya, untuk kerjasama di bidang pragmatis mereka, demikian sepeti dikutip dari sesi tanya jawab Online Press Conference dengan Qiu Xinli, Political Counselor, Rabu (3/6/2020). 

 

Penerbangan Kargo dan Perdagangan

Pengunjung mengenakan masker saat berpose di Kota Terlarang, Beijing, China, Jumat (1/5/2020). Kota Terlarang kembali dibuka setelah ditutup lebih dari tiga bulan karena pandemi virus corona COVID-19. (AP Photo/Mark Schiefelbein)
Pengunjung mengenakan masker saat berpose di Kota Terlarang, Beijing, China, Jumat (1/5/2020). Kota Terlarang kembali dibuka setelah ditutup lebih dari tiga bulan karena pandemi virus corona COVID-19. (AP Photo/Mark Schiefelbein)

Sedangkan mengenai penerbangan, Qiu Xinli, Konselor Politik Kedutaan Besar China untuk Indonesia, menyampaikan bahwa China mendukung penambahan jumlah penerbangan kargo maupun charter flight, untuk menjamin kelancaran perdagangan antara kedua negara.

Menurut pernyataan Qiu Xinli, Expo Impor Internasional China ke-3 akan digelar pada bulan November mendatang, dan pihak Indonesia disampaikan telah mengkonfirmasi kehadiran mereka. 

Pihak China juga ia sampaikan bersedia mengundang Indonesia untuk berpartisipasi dalam berbagai pameran ekonomi dan perdagangan yang diantaranya termasuk China-ASEAN Exposition, Canton Fair, dan China International Fair for Investment &Trade. 

Undangan untuk berpartisipasi itu, menurut Qiu Xinli, diberikan dengan harapan agar pihak Indonesia dapat mengoptimalkan acara-acara tersebut untuk memperluas ekspornya ke China.

"Dalam hal kerjasama multilateral, pihak China sangat mementingkan peranan penting Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB dan G20," kata Qiu Xinli. 

Selain itu, Qiu Xinli menambahkan, "Kami bersedia terus menjaga komunikasi dan koordinasi intensif dalam urusan global maupun regional, serta memperdalam sinergi dalam berbagai mekanisme multilateral termasuk PBB, G20 dan WHO agar menyumbangkan kontribusi semestinya kepada kedua negara sekaligus seluruh komunitas internasional untuk memenangi COVID-19 dan memulihkan kembali perkembangan ekonomi dan sosial."

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: