Senin, 29 Juni 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Inul Daratista Dinafkahi Suami Hanya Rp 1 Juta per Bulan

Posted: 29 Jun 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bahtera rumah tangga Inul Daratista dan Adam Suseno sudah diarungi selama lebih dari 25 tahun. Selama itu, bukan tanpa ombak keduanya menjalani kehidupan bersama dengan buah hati mereka.

Apalagi Inul Daratista mengaku, sang suami sekarang ini tak lagi seganteng dulu. Keriput pun sudah tampak di wajah Adam.

Gaya suami Inul Daratista juga tak seperti saat pertama mereka menikah. Hal itu diceritakan Inul di akun Instagram terverifikasi miliknya, Senin (29/6/2020).

"Kamu itu dulu cakep yank ❤️Sekarang tuwek😂ndut,keriputmu byk,makin botak dan gayamu tak segagah dulu.Kok bs aku bertahan dgnmu ?" tulis Inul Daratista dengan memperlihatkan foto kebersamaannya dengan Adam.

Bahagia?

Inul Daratista (Foto: Instagram/@inul.d)
Inul Daratista (Foto: Instagram/@inul.d)

Saat ditanya apakah Inul Daratista bahagia hidup berumah tangga dengan Adam? Pemilik 'Goyang Ngebor' ini pun memberi jawabannya.

Ia menulis, "25thn lebih aku bersamamu.Bahagia ?? Oh tentu tidak konsisten... bayangkan mengarungi hidup bersamamu bukan hal yg mudah.Riak gelombang badai petir sdh aku hadapi😭😇Takdir?? Jodoh ?? Bisa jadi ..."

Hanya Rp 1 Juta

Inul Daratista (Foto: Instagram/@inul.d)
Inul Daratista (Foto: Instagram/@inul.d)

Bagi ibu satu anak ini, menjalani rumah tangga bersama sang suami menjadi sekolah hidup yang sesungguhnya. Mereka menjalani kehidupan mulai susah hingga senang bersama-sama.

Meski memiliki karier cemerlang di panggung hiburan Tanah Air dengan bayaran tinggi, namun dalam kehidupan rumah tangganya ia hanya diberi nafkah sedikit.

"Menerimamu dlm susah dan senang.Dalam kaya dan miskin .Setia dlm cinta kasih sampe mati.Walaupun aku tdk kau nafkahi buanyak... wlaupun cuma sejuta kdg lebih dikit 🤣aku anggap itu berkah... aku anggap diriku istri org biasa yg sejuta cukup buat sbln 😘😇ikhlas neriman," sambungnya.

Makin Cantik

Diakui wanita kelahiran Pasuruan, 21 Januari 1979 ini sang suami sekarang tak lagi sehebat masa mudanya, dan kerap sakit-sakitan, ia menerimanya dengan tulus. Sementara, Inul yang kini berusia 41 tahun justru semakin cantik.

Inul memberi pesan khusus pada suaminya, "Smua kejelekanmu aku mau terima ... ❤️ jgn kau minder lihat aku makin tambah umur makin cantik, tapi percayalah tak sesenpun timbangan cinta ini buat yg lain."

Rezeki Cari Berdua

Pemilik nama asli Ainur Rokhimah ini menyakini bahwa rezeki bisa dicari berdua. Asalkan ada rida dari suami untuk istri mencari nafkah.

"Klo duitmu dikit izinkan aku nambahin biar kita bs bertahan hidup bersama.Yg penting doamu kau peruntukkan buatku,agar dlm bekerja selamat dari godaan setan dan diberikan limpahan rezeki yg byk," tuturnya.

 

Tak Heboh Harta

Kerja keras yang kini dilakukan Inul Daratista bukan untuk dirinya sendiri maupun suami, tapi justru untuk anak semata wayang mereka. Ia tak ingin anaknya merasakan susahnya hidup seperti Inul masa muda.

"Suamiku.... kita sdh tuwir, mengejar mimpi nyatanya buat si kecil sj.Aku tdk heboh kemewahan,sbb mati aku ga bw apa2.Hanya buat ivan biar hidupnya ga susah kyk jaman kita ini dulu," imbuhnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Warga Aceh Selamatkan Pengungsi Rohingya Jadi Sorotan Dunia

Posted: 29 Jun 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Aceh - Warga Desa Lancok menolong sekitar 100 pengungsi Rohingya yang terombang-ambing di atas perahu mereka di perairan Aceh Utara pekan lalu. Para pengungsi meminta disiapkan perahu yang bagus karena mereka sebenarnya ingin ke Australia.

Hingga saat ini, para pengungsi telah mendapatkan bantuan makanan dari warga yang berada di Kecamatan Syamtalira Bayu, Kabupaten Aceh Utara. Namun sebagian di antara mereka masih memerlukan bantuan medis setelah berada di lautan selama lima bulan.

Insiden penyelamatan yang viral ini ternyata juga menjadi sorotan dunia dan media asing. Al Jazeera misalnya. Dalam artikel bertajuk 'Best of humanity': Indonesian fishermen rescue stranded Rohingya dituliskan bahwa warga Aceh dengan sigap menjulurkan tangan mereka saat menolong para pengungsi.

"Ini murni karena alasan kemanusiaan," kata nelayan Aples Kuari.

"Kami sedih melihat anak-anak dan wanita hamil terdampar di laut," tambahnya.

Selain itu, situs Amnesty International dalam media press-nya menyebutkan bahwa ini adalah bentuk optimisme dari sikap solidaritas.

Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia, Usman Hamid, mengatakan, penyelamatan pengungsi Rohingya ini adalah momen optimisme dan solidaritas.

"Ini merupakan penghargaan bagi masyarakat di Aceh yang mendorong dan mengambil risiko sehingga anak-anak, perempuan dan laki-laki dapat dibawa ke pantai. Mereka telah menunjukkan yang terbaik dari segi kemanusiaan," demikian dituliskan dalam artikel berjudul Indonesia: Aceh community shows 'best of humanity' in pushing for Rohingya rescue.

Tak ketinggalan, dalam situs Dhakatribune dengana artikel bertajuk Nearly 100 Rohingya rescued off Indonesia menulis; Malaysia dan Indonesia adalah tujuan favorit bagi Muslim Rohingya yang melarikan diri dari kekerasan di Myanmar, dengan ribuan orang mencoba melarikan diri melalui penyelundup melintasi laut setiap tahun.

Media ABC News juga mengangkat kisah penyelamatan ini. Media itu melaporkan tentang kekhawatiran para pengungsi yang membawa virus ke Indonesia.

"Menurut Rima Shah Putra dari LSM Yayasan Geutanyoe di Aceh, sejumlah pengungsi perempuan mengalami masalah higienis dan gatal-gatal."

"Pihak berwenang juga telah melakukan tes virus corona dan dari hasilnya dipastikan tidak ada yang tertular. Sebanyak 79 pengungsi di antaranya kaum perempuan dan anak-anak yang kini ditampung sementara di salah satu fasilitas imigrasi."

 

ASEAN Harus Terima Pengungsi Rohingya

Pengungsi Rohingya menunggu di pusat penampungan sementara bekas kantor Imigrasi Punteuet di Lhokseumawe, Aceh Utara (26/6/2020). Dari hasil tes tersebut, mereka semua dinyatakan non reaktif. (AFP Photo/CHAIDEER MAHYUDDIN)
Pengungsi Rohingya menunggu di pusat penampungan sementara bekas kantor Imigrasi Punteuet di Lhokseumawe, Aceh Utara (26/6/2020). Dari hasil tes tersebut, mereka semua dinyatakan non reaktif. (AFP Photo/CHAIDEER MAHYUDDIN)

Koalisi LSM di Indonesi telah mendesak negara-negara anggota ASEAN agar lebih serius menekan Myanmar untuk menghentikan "kejahatan kemanusiaan yang terus berlangsung di negara itu".

"Negara-negara anggota ASEAN harus menerima para pengungsi Rphingya dan bukannya menolak sehingga mereka menjadi terombang-ambing di tengah laut," kata koalisi tersebut.

Namun dalam Pertemuan ke-36 ASEAN yang digelar secara online pekan lalu, masalah pengungsi Rohingya tidak menjadi pembahasan utama karena negara-negara ini fokus pada pemulihan ekonomi akibat pandemi COVID-19.

PM Malaysia, Muhyiddin Yassin dalam kesempatan itu menyatakan, "kami tak bisa lagi menampung pengungsi tambahan karena sumberdaya dan kemampuan kami sudah terkuras oleh pandemi COVID-19".

"Malaysia secara tidak adil diminta untuk berbuat lebih banyak untuk menampung para pengungsi yang datang," ujarnya.

Sejak beberapa bulan terakhir, PBB telah memperingatkan Asia Tenggara akan menghadapi terulangnya krisis Laut Andaman tahun 2015, ketika ribuan orang Rohingya terombang-ambing di laut akibat penolakan sejumlah negara.

Akibatnya, sekitar 370 orang tewas saat itu.

Pandemi COVID-19 kini memperburuk kondisi di tempat pengungsian terbesar di dunia di Cox's Bazar, Bangladesh, mendorong banyak penghuninya mencari suaka ke tempat lain.

Bulan lalu, PBB menyatakan prihatin dengan adanya perahu-perahu yang dijejali kaum perempuan, pria dan anak-anak terombang-ambing di perairan yang sama. Mereka tak bisa mendarat, kekurangan makanan, air tawar, dan obat-obatan.

Australia memainkan peran sentral bersama dengan AS dan pemerintah setempat dalam menyelesaikan krisis 2015 tersebut.

Usman Hamid dari Amnesty Internasional menyatakan, Indonesia dan Australia dapat mencari solusi atas permasalahan ini melalui mekanisme 'Bali Process', yang secara historis berfokus pada perdagangan manusia.

"Pemerintah Indonesia harus memulai komunikasi intensif dengan para pemimpin negara di ASEAN dan Bali Process untuk menyelamatkan semua orang yang terjebak di perahu-perahu tersebut," katanya.

"Banyak sekali orang meninggal dalam perjalanan ini. Kini waktunya bagi para pemimpin untuk menyelamatkan nyawa manusia," ujar Usman.

Sementara itu Human Rights Watch menyatakan jika negara-negara Asia Tenggara "tanpa memiliki perasaan, menyerah begitu saja dalam melindungi pengungsi Rohingya."

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Tidak Benar Suntik KB Sebabkan Penyakit Kista Ovarium?

Posted: 29 Jun 2020 10:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Klaim tentang suntik KB dapat menyebabkan kista ovarium beredar di media sosial. Klaim ini disebarkan oleh akun Facebook Mayang Sari pada 26 Juni 2020.

Akun Facebook Mayang Sari mengunggah foto seorang pekerja medis yang sedang mengeluarkan kista ovarium. Foto itu kemudian dikaitkan dengan suntik KB sebagai penyebab penyakit tersebut.

"Serem ya liat nya...😱 Ada yg tau apa ini..??Saya bakal jawab..👉 ini KISTA OVARIUMBobot sdh mencapai 2kg lebih,jika ini pecah dalam perut anda,apa yg akan terjadi 15% Anda mendekati kemati'an..🙏

Hanya sekedar mengingatkan buat para ibu2 khususnya yg sdh punya suami,di anjurkan untuk Program KB krna menunda masa kehamilan.dn perlu ibu2 ketahui kista Ovarium ini di sebabkan dari penimbunan DARAH KOTOR(DARAH HAID)dalam jangka panjang.

Kista OVARIUM ini di sebab'kn dari KB suntik 3bln, di mana darah HAID tidak normal bisa di bilang berhenti total🙏krna efek suntik'kn nya.

Khodrat kita sebagai perempuan sdh di jadwalkan untk mengeluarkan darah kotor di setiap bulan,yg di namakan MENSTRUASI,

Coba ibu2 bayang'kan🤔 kemana'kah lari nya darah kotor(haid) jika tidak keluar mana pada waktunya. Serem ya makk..😁 Darah kotor bakal berhenti di dinding RAHIM,terus dan terus menumpuk,jika sdh menumpuk darah haid bisa berlari ke sel-sel darah aktif. penyakit ini (KISTA OVARIUM) akan di rasakn pada jangka panjang nanti.

Ciri-Ciri penyakit(KISTA OVARIUM) mirip org ngidam👉mual2/muntah2,makan gak nafsu,pengen nya ini Ono,persis org ngidam,pinggang terasa sakit dasyat,perut melilit,jika berhubungan intim terasa sakit sekali😱🙏 di tambah kita doyan 👉makan,makan'an yg mengandung banyak penyedap,👉 makan'an yg kadar lemak berlebihan👉Sering minum air Es,jajan-jajan'an di luar.itu akan lebih cepat memproses KISTA bertumbuh besar😱Masa Allah ngeri...

Hanya sekedar mengingatkn dn berbagi pengalaman yaa.. khususnya bagi kaum Wanita,tdk ada mksd dn tujuan apa2 ya ukhti,😉krna saya jg 2thun yg lalu pernh sakit diagnosa 👉TTG(TUMOR TROPLOBLUS GANAS) yg di awali HAMIL ANGGUR, dan harus menjalani KEMOTERAPI 5 SERI lebih seremnya 25xKEMOTERAPI🙏🙏😊😊Alhamdulilah atas Muzizat dn izin Allah saya puli kembali🤲🙏 Hampir mirip dengan KISTA OVARIUM, tpi masih serem'man dkit skit yg dlu saya derita 2thun yg llu😁😁

Utamakan kesehatan😍... cari solusi lebih baik lagi," tulis akun Facebook akun Facebook Mayang Sari.

Konten yang disebarkan akun Facebook Mayang Sari telah 368 kali dibagikan dan mendapat 93 komentar warganet.

 

 

 

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim tentang suntikan KB dapat menyebabkan kista ovarium. Penelusuran dilakukan dengan menghubungi dokter Spesialis Ginekologi Onkologi Rumah Sakit Kanker Dharmais, dokter Muhammad Yusuf, SpOG.

Menurut Yusuf, klaim itu tidak benar. Justru, katanya, KB merupakan salah satu cara untuk mengurangi risiko kista ovarium.

"Tidak sama sekali. Bahkan KB sebagai salah satu cara untuk mengurangi risiko kista ovarium. Penelitian menunjukkan risikonya sangat rendah dibandingkan dengan wanita yang bukan KB," kata dokter Yusuf kepada Liputan6.com, Senin (29/6/2020).

Dilansir dari artikel berjudul "Ketahui Ini Tentang Kista Ovarium" dari situs Liputan6.com, kista ovarium merupakan cairan penuh busa yang muncul di dalam atau di atas ovarium Anda, bukanlah komplikasi yang umum seperti endometriosis. Tapi, Anda masih bisa berisiko memilikinya bahkan jika Anda tidak memiliki endometriosis.

"Banyak wanita memilikinya saat menstruasi dan sama sekali tidak menyadarinya," kata Alyssa Dweck, M.D., asisten profesor klinis di Mount Sinai School of Medicine, seperti dilansir dari Women's Health, Minggu (13/3/2016)

Kista menjadi isu ketika ukuran mereka jadi terlalu besar (yang biasa disebut torsi ovarium dan bisa berujung hilangnya ovarium Anda) atau ketika mereka pecah, seperti yang dialami Lena. "Mereka bisa bocor atau pecah atau terpelintir, dan hal ini bisa menimbulkan rasa sakit yang parah," lanjut Dweck.

Setiap kali Anda berovulasi, hal ini bisa memicu terbentuknya kista, kata Dweck lagi. "Hal ini mungkin lebih umum dibanding yang kita tahu, karana tak selalu ada simptom," katanya. Jadi, banyak wanita yang bahkan tak akan menyadari mereka memilikinya sampai terjadi sesuatu.

Untuk lebih memahami kemungkinan Anda memiliki kista ovarium, dokter Anda akan melakukan diagnosis menggunakan ultrasound, kecuali Anda mengembangkan suatu simptom - dan tak banyak yang bisa Anda lakukan untuk mencegah pecah atau kebocorannya.

"Satu-satunya hal yang telah terbukti bisa mencegah kista adalah pil KB," ujar Dweck. Jadi, jika ternyata Anda rentan memiliki kista, pil KB adalah kontrasepsi terbaik bagi Anda. Hormon yang ditemukan dalam kontrasepsi IUD (spiral) bisa sedikit meningkatkan formasi kista, kata Dweck.

Hal lainnya yang berisiko besar membuat kista pecah? Seks. "Jadi jika Anda berhubungan seks saat ovulasi dan Anda memiliki kista yang besar, ada risiko kista Anda pecah," ujar Dweck.

Perawatan kista sangat beragam. Beberapa wanita bisa melaluinya hanya dengan obat penghilang rasa sakit atau kompres panas, sementara wanita lain membutuhkan operasi.

Jika Anda merasa memiliki atau berisiko menghadapi kista ovarium, bicarakan pada dokter Anda mengenai cara penanganan yang paling baik.

 

Kesimpulan

Klaim tentang suntikan KB dapat menyebabkan kista ovarium ternyata tidak benar. Spesialis Ginekologi Onkologi dari Rumah Sakit Kanker Dharmais, Dr. Muhammad Yusuf, SpOG telah membantah klaim tersebut. Menurut Yusuf, suntikan KB sebenarnya bisa mengurangi risiko kista ovarium.

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Tidak Benar Hanya Tv One yang Meliput Demo Tolak RUU HIP di DPR

Posted: 29 Jun 2020 10:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Klaim hanya Tv One yang meliput dan menayangkan demo menolak RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) beredar di media sosial.

Klaim ini disebarkan akun Facebook Lutfi MDj pada 29 Juni 2020. Akun Facebook Lutfi MDj mengunggah gambar tangkapan layar video demo tolak RUU HIP yang ditayangkan Tv One.

Akun Facebook Lutfi MDj kemudian menambahkan narasi dalam konten yang diunggahnya.

"YANG SEPERTI INI TIDAK ADA DI TIVI~TIVI, TAPI ADA DIMASING-MASING HP RAKYAT DAN UMAT ISLAM DIBERBAGAI DAERAH, HANYA TV~ONE YANG IKUT MELIPUTNYA:

Lautan Rakyat Dan Umat Islam Dari Berbagai Penjuru Indonesia TUMPAH RUAH Dijalan-jalan Maupun Dilokasi DPR.

Adapun Tuntutan Rakyat Dan Umat Islam Dalam Aksinya Adalah Menolak Rancangan Undang Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU_HIP) Dan Selanjutnya Buka VIDEO RAKYAT DAN UMAT ISLAM Dari Berbagai Daerah Dibawah ini:," tulis akun Facebook Lutfi MDj.

Konten yang disebarkan akun Facebook Lutfi MDj telah 2.900 kali dibagikan dan mendapat 481 komentar warganet.

Penelusuran Fakta

Gambar Tangkapan Layar Penelusuran dengan Situs Berbagi Video YouTube
Gambar Tangkapan Layar Penelusuran dengan Situs Berbagi Video YouTube

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim hanya Tv One yang meliput dan menayangkan demo menolak RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP). Penelusuran dilakukan menggunakan situs berbagi video dengan memasukkan kata kunci "demo tolak RUU HIP".

Hasilnya terdapat beberapa video yang juga menayangkan aksi menolak RUU HIP di depan gedung DPR/MPR, Jakarta pada 24 Juni 2020.

Di antaranya video bertajuk "Sejumlah Ormas Gelar Aksi Tolak RUU HIP" yang diunggah Channel YouTube CNN Indonesia pada 24 Juni 2020.

Selain itu ada juga SCTV, Kompas Tv, dan i News TV yang turut menayangkan peristiwa demonstrasi tersebut. Video tayangan unjuk rasa tolak RUU HIP bisa dilihat di channel YouTube milik masing-masing stasiun televisi.

Kesimpulan

Klaim hanya Tv One yang meliput dan menayangkan demo menolak RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) ternyata tidak benar. Beberapa stasiun televisi juga turut meliput dan menayangkan demo menolak RUU HIP.

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan video pilihan berikut ini:

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Naik 10 Persen, Uang Beredar di Mei 2020 Capai Rp 6.468 Triliun

Posted: 29 Jun 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia BI) mencatat likuiditas perekonomian atau uang beredar dalam arti luas (M2) tumbuh meningkat pada Mei 2020.

Posisi M2 tercatat Rp 6.468,2 triliun pada Mei 2020 atau tumbuh 10,4 persen (yoy), lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan bulan sebelumnya sebesar 8,6 persen (yoy).

"Akselerasi pertumbuhan M2 disebabkan oleh peningkatan seluruh komponennya, baik uang beredar dalam arti sempit (M1), uang kuasi, maupun surat berharga selain saham," terang Kepala Departemen Komunikasi BI, Onny Widjanarko dalam keterangan resmi, Selasa (30/6/2020).

Adapun pertumbuhan M1 ini, meningkat dari 8,4 persen (yoy) pada April 2020 menjadi 9,7 persen (yoy) pada Mei 2020, disebabkan oleh peningkatan giro Rupiah.

Selain itu, pertumbuhan uang kuasi tercatat sebesar 10,5 persen (yoy) pada Mei 2020, meningkat dari pertumbuhan bulan sebelumnya sebesar 8,5 persen (yoy).

Surat berharga selain saham juga tumbuh 37,5 persen (yoy) pada Mei 2020, lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan pada bulan sebelumnya 20,6 persen (yoy).

Faktor Pendorong

Petugas menata tumpukan uang kertas di Cash Center Bank BNI di Jakarta, Kamis (6/7). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada sesi I perdagangan hari ini masih tumbang di kisaran level Rp13.380/USD. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Petugas menata tumpukan uang kertas di Cash Center Bank BNI di Jakarta, Kamis (6/7). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada sesi I perdagangan hari ini masih tumbang di kisaran level Rp13.380/USD. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Berdasarkan faktor yang mempengaruhi, peningkatan M2 pada Mei 2020 disebabkan oleh peningkatan aktiva luar negeri bersih serta ekspansi operasi keuangan pemerintah.

"Aktiva luar negeri bersih pada Mei 2020 meningkat sebesar 18,2 persen (yoy), lebih tinggi dibandingkan dengan kenaikan pada April 2020 sebesar 15,8 persen (yoy)," beber Onny.

Selain itu, lanjut dia, keuangan pemerintah tercatat ekspansi sejalan dengan peningkatan tagihan bersih kepada Pemerintah Pusat, dari 1,7 persen (yoy) pada April 2020 menjadi 11,0 persen (yoy) pada Mei 2020. Sementara itu, penyaluran kredit pada Mei 2020 tumbuh 2,4 persen (yoy), melambat dibandingkan dengan pertumbuhan bulan sebelumnya sebesar 5,1 persen (yoy).

Uang Beredar di Masyarakat Capai Rp 6.238 Triliun hingga April 2020

Tumpukan uang di ruang penyimpanan uang BNI, Jakarta, Senin (2/11/2015). Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mencatat jumlah rekening simpanan dengan nilai di atas Rp2 M pada bulan September mengalami peningkatan . (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Tumpukan uang di ruang penyimpanan uang BNI, Jakarta, Senin (2/11/2015). Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mencatat jumlah rekening simpanan dengan nilai di atas Rp2 M pada bulan September mengalami peningkatan . (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Likuiditas perekonomian atau uang beredar dalam arti luas (M2) tumbuh melambat pada April 2020. Posisi M2 April 2020 tercatat Rp6.238,3 triliun atau tumbuh 8,6 persen (yoy), lebih rendah dibandingkan dengan pertumbuhan bulan sebelumnya sebesar 12,1 persen (yoy).

Perlambatan pertumbuhan M2 tersebut disebabkan oleh perlambatan seluruh komponennya, baik uang beredar dalam arti sempit (M1), uang kuasi, maupun surat berharga selain saham.

Dikutip dari laporan Bank Indonesia, Rabu (3/6/2020), M1 tumbuh melambat dari 15,4 persen (yoy) pada Maret 2020 menjadi 8,4 persen (yoy) pada April 2020 disebabkan oleh perlambatan giro rupiah.

Selain itu, uang kuasi pada April 2020 tumbuh melambat, dari 10,8 persen (yoy) pada Maret 2020 menjadi 8,5 persen (yoy). Perlambatan juga terjadi pada surat berharga selain saham, dari 44,6 persen (yoy) pada bulan sebelumnya menjadi 20,6 persen (yoy) pada April 2020.

Berdasarkan faktor yang memengaruhi, perlambatan pertumbuhan M2 pada April 2020 disebabkan oleh kontraksi operasi keuangan pemerintah dan perlambatan penyaluran kredit.

Selanjutnya

Tumpukan uang kertas rupiah rusak yang akan ditukarkan di Gedung Bank Indonessia, Jakarta (4/4). Adapun syarat penukaran uang rusak adalah minimal 2/3 bagian uang masih utuh dan masih ada nomor seri. (Merdeka.com/Arie Basuki)
Tumpukan uang kertas rupiah rusak yang akan ditukarkan di Gedung Bank Indonessia, Jakarta (4/4). Adapun syarat penukaran uang rusak adalah minimal 2/3 bagian uang masih utuh dan masih ada nomor seri. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Tagihan bersih kepada Pemerintah Pusat melambat, dari 14,5 persen (yoy) pada Maret 2020 menjadi 1,7 persen (yoy). Penyaluran kredit juga mengalami perlambatan pada April 2020, dari 7,2 persen (yoy) pada bulan sebelumnya menjadi 4,9 persen (yoy).

Sementara itu, aktiva luar negeri bersih pada April 2020 tumbuh sebesar 15,8 persen (yoy), lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan pada Maret 2020 sebesar 13,9 persen (yoy), sehingga menahan perlambatan uang beredar.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

WHO: Penularan Corona Covid-19 Bisa Mencapai 20 Juta Orang

Posted: 29 Jun 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah enam bulan wabah Virus Corona COVID-19 pertama dilaporkan muncul di kota Wuhan, China, kini lebih dari 10 juta orang di dunia tertular virus mematikan tersebut.

Mengutip ABC Indonesia, Senin (29/6/2020), WHO mengatakan angka penularan belum melambat, dengan jumlah penularan yang bisa mencapai 20 juta orang di bulan September.

Pandemi global Virus Corona COVID-19 sekarang sudah dilaporkan terjadi di 210 negara dan kawasan, kecuali benua antartika.

Virus Corona baru juga sudah resmi dinyatakan sebagai penyebab kematian lebih dari 500 ribu orang di seluruh dunia.

Virus ini dengan cepat menyebar setelah China melaporkan ke WHO tanggal 31 Desember 2019 soal kasus radang paru-paru yang tidak biasanya di Wuhan.

Bulan Januari, COVID-19 dengan cepat menyebar ke berbagai kawasan di China hingga akhirnya mencapai seluruh 31 provinsi di negara tersebut.

China mengalami puncak kasus dengan adanya 6.500 kasus dalam masa 24 jam pada pertengahan Februari 2020.

Angka penularan bisa dikendalikan setelah kota Wuhan, dengan penduduk lebih dari 10 juta orang, ditutup sepenuhnya atau 'lockdown', ditambah kebijakan 'social distancing' dan peningkatan jumlah tes.

Pada Minggu 28 Junu, kasus aktif virus corona di China berada di bawah angka 1.000.

4.641 orang di China meninggal akibat virus corona, namun sejak akhir Februari korban kematian terbanyak berada di luar China.   

Menyebar Cepat di Luar China

Kasus pertama di luar China dilaporkan terjadi di Thailand, tanggal 15 Januari, kemudian dengan cepat menyebar ke Jepang, Korea Selatan, Taiwan dan Amerika Serikat.

Menariknya, Thailand selama ini hanya mencatat 58 kematian akibat virus tersebut.

Di bulan Maret, pusat penyebaran virus berada di kawasan Eropa.

Tanggal 5 Maret 2002, Eropa mencatat separuh dari kasus virus corona di dunia terjadi di kawasannya.

Ratusan juta warga Eropa harus menjalani karantina dilarang keluar rumah, di saat pemerintah berusaha menghentikan penyebaran virus.

Dua kluster besar yang merepotkan pemerintah adalah yang terjadi di Italia Utara.

Di pertengahan bulan Maret, dengan 'lockdown' yang ketat, Italia mengalami masa puncak penyebaran virus.

Dalam dua bulan terakhir angka penularan di Italia mulai menurun dan di awal bulan Juni lalu negara tersebut kembali dibuka dengan pelonggaran pembatasan perjalanan di dalam negeri.

Hari Sabtu, hanya ada 8 kematian akibat COVID-19 yang dilaporkan di Italia, pertama kalinya angka kematian berada di bawah angka 10 sejak 1 Maret 2020.

Angka penularan di Eropa sudah mencapai titik puncak, meski Rusia kini disebut sebagai daerah penularan baru. Angka kematian di Inggris, Italia, Spanyol dan Prancis dilaporkan terus menurun.

Virus corona tidak mengenal perbatasan negara. Di bulan April, Amerika Serikat menjadi pusat penyebaran baru dan sampai sekarang masih berjuang untuk mengatasinya.

Angka penularan di Amerika Serikat sudah lebih tinggi dari seluruh jumlah kasus di Eropa.

Lebih dari satu bulan, 30 persen kasus COVID-19 di seluruh dunia terjadi di Amerika Serikat. 

Lokasi Penyebaran di Dunia

Jika awalnya penyebaran COVID-19 di luar China terjadi di negara-negara maju, seperti di Eropa dan Amerika Serikat, kini negara berkembang yang menjadi pusat penyebaran.

Banyak negara di lokasi yang disebut 'hotspot' di Amerika Latin, Asia Selatan dan Afrika tampaknya masih akan lama berjuang untuk bisa mengatasi penyebaran virus tersebut.

WHO menyatakan Amerika Selatan sebagai pusat penyebaran baru di akhir bulan Mei, dengan angka penularan setiap harinya di Brasil sudah melampaui Amerika Serikat.

Brazil mencatat lebih dari 1,3 juta kasus, lebih dari 50 ribu kematian, sementara Peru dan Chile masing-masing melaporkan adanya 250 ribu kasus penularan.

Penularan COVID-19 di Afrika dilaporkan sudah menurun, namun WHO memperingatkana virus ini sekarang sudah ditemukan di luar ibukota masing-masing negara di Afrika.

Kurangnya kemampuan tes dan pasokan lainnya telah dianggap bisa memperlambat penanganan virus corona di kawasan ini.

Mesir, Afrika Selatan dan Nigeria melaporkan angka penularan tertinggi di benua Afrika, dimana Afrika Selatan memiliki 30 persen dari sekitar 350 ribu kasus di Afrika.

Di Asia Selatan, India sejauh ini yang paling parah terkena dengan 500 ribu kasus, keempat terbesar di dunia.  

Angka Penularan Belum Menurun

Angka penularan virus corona masih terus meningkat di seluruh dunia.

Hanya dalam 45 hari penularan kasus virus corona meningkat dari angka dua juta menjadi enam juta orang.

Kemudian dalam waktu 28 hari angka tersebut meningkat kembali mencapai 10 juta.

Bila virus ini tidak melambat penyebaran, maka angka kasus COVID-19 bisa mencapai 20 juta di bulan September.

Angka kematian juga diperkirakan akan lebih tinggi lagi.

Jumlah angka penularan dan kematian sebenarnya diperkirakan jauh lebih tinggi dari angka yang dilaporkan secara resmi.

Tingkat kematian di masing-masing negara akan tergantung bagaimana sistem layanan kesehatan di sana.

Di Yemen, misalnya, dimana penyebaran kasus tidak bisa dilacak, mengalami tingkat kematian tertingi di dunia.

Sebelumnya, jumlah kematian tertinggi di awal pandemi terjadi di negara-negara Eropa, seperti Italia, Spanyol, Prancis, dan Inggris.

Angka kematian juga tinggi di negara yang tidak bisa melakukan tes dalam jumlah besar untuk melacak kasus yang ada.

Sementara di Australia, angka kematian sejauh ini adalah 1,3 persen dari mereka yang tertular virus corona. 

Sumber: Global Liputan6.com ditayangkan 29 Jun 2020, 18:35 WIB

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Kamar Kos Berjamur karena Ditinggal Mudik Ini Bikin Miris

Posted: 29 Jun 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pandemi Corona Covid-19 berdampak pada berbagai sektor. Salah satu yang paling terkena imbas adalah pendidikan. Semenjak adanya pandemi global ini, berbagai instansi publik melangsungkan kegiatan secara vitual. Bahkan Sekolah dan Universitas harus menjalani sistem pembelajaran daring agar sistem belajar mengajar tetap berlangsung.

Maka sebelum diberlakukannya lockdown tiap daerah, banyak mahasiswa perantauan yang memilih untuk pulang kampung. Akibatnya kamar kos yang dihuni selama merantau ditinggalkan hingga waktu yang belum ditentukan. Hal itu membuat kamar kos yang biasanya biasa diisi oleh para mahasiswa menjadi sepi dan tak berpenghuni.

Namun baru-baru ini media sosial diramaikan dengan sejumlah foto kamar kos yang telah ditinggalkan selama berbulan-bulan. Dalam foto tersebut memperlihatkan kamar kos yang berantakan dan barang-barangnya menjadi rusak serta tumbuh jamur. Awalnya akun Twitter @collegemenfess mengunggah sebuah foto kamar kos yang ditinggal mudik oleh seorang mahasiswa.

Melalui twitnya akun tersebut menyebutkan bahwa barang-barang dikamar kosnya habis dimakan oleh rayap. Unggahan tersebut menjadi viral dan disambut oleh pengguna Twitter lainnya yang juga memperlihatkan kondisi kamar kosnya setelah ditinggal berbulan-bulan. Berikut potret penampakan kamar kos yang kotor dan berantakan dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (30/6/2020).

1. Terlihat sebuah kardus yang berada di kamar kos ini habis dimakan rayap.

Kamar Kos (Sumber: Twitter/@collegemenfess)
Kamar Kos (Sumber: Twitter/@collegemenfess)

2. Ditinggal beberapa bulan, hampir semua barang-barang di kamar kos ini ditumbuhi oleh jamur dan menjadi sarang ulat.

Kamar Kos (Sumber: TikTok/l_e_o89)
Kamar Kos (Sumber: TikTok/l_e_o89)

3. Usai kamar kosnya ditinggal selama masa pandemi, lemari baju nampak dipenuhi oleh jamur sedangkan beras persediaannya dihinggapi kutu dan mulai menghitam.

Kamar Kos (Sumber: Twitter/@shakura_chan48)
Kamar Kos (Sumber: Twitter/@shakura_chan48)

4. Tak hanya kotor, salah satu kamar kos juga tampak berantakan karena ulah tikus yang masuk ke dalam kamar.

Kamar Kos (Sumber: Twitter/@Jafdhalia)
Kamar Kos (Sumber: Twitter/@Jafdhalia)

5. Berjamur dan dimakan rayap, pemilik kos ini mengeluarkan berbagai barang yang tidak dapat diselamatkan lagi.

Kamar Kos (Sumber: Twitter/@beruang_sibuk)
Kamar Kos (Sumber: Twitter/@beruang_sibuk)

6. Kondisi kamar yang tertutup rapat, lembap memang memungkinkan adanya pertumbuhan jamur di lemari.

Kamar Kos (Sumber: Twitter/@PetrichorPCY)
Kamar Kos (Sumber: Twitter/@PetrichorPCY)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mobil Via Vallen Dibakar, Ada Bensin hingga Jenglot di Tas Terduga Pelaku

Posted: 29 Jun 2020 10:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Polisi menangkap seorang pria yang diduga membakar mobil mewah pedangdut Via Vallen. Polres Sidoarjo menyita sejumlah barang bukti saat menangkapnya.

Kapolresta Sidoarjo, Kombes Sumardji mengatakan, polisi menyita botol air mineral yang tercium bau bensin, milik terduga pelaku pembakar mobil Via Vallen.

Selain itu, penyidik menyita tas yang dipakai oleh pria itu. Saat membukanya, isi tas itu membuat polisi terkejut.

Sumardji mengatakan, polisi menemukan jenglot atau benda mirip boneka berambut yang dipercaya memiliki kekuatan mistis. Penyidik juga menemukan bambu kuning yang dipercaya bertuah serta alat perdukunan lainnya.

"Kita juga mengamankan tas, berisi buku BCA dan ada jengglot, intinya kayak perdukunan gitulah. Termasuk ada kayak bambu kuning yang dipotong sekian sentimeter," ujar Sumardji soal kasus pembakaran mobil Via Vallen, Selasa (30/6/2020).

 

Motif

Sebelumnya, seorang laki-laki yang diduga pembakar mobil mewah pedangdut Via Vallen ditangkap polisi. Hal itu dibenarkan oleh Kasat Reskrim Polres Sidoarjo AKP Ambuka Yudha Hardi Putra.

"Iya benar, sudah diamankan satu orang, terduga pelaku pembakaran," ujar Ambuka, Selasa (30/6/2020).

Namun, dia masih belum bisa membuka identitas maupun motif terduga pembakar mobil Alphard Via Vallen. Sebab, lanjut dia, penyidik masih menggali keterangan dari yang bersangkutan.

"Masih didalami (motif pembakaran). Yang jelas saat ini kita juga masih mencari keterangan dari saksi lainnya," ucap Ambuka.

 

Diunggah di Sosial Media

Sebelumnya, pedangdut Via Vallen melalui instastory akun Instagramnya @viavallen mengunggah video mobil mewahnya terbakar. Mobil putih itu terparkir di samping rumahnya saat terbakar.

Via Vallen menduga mobilnya dibakar oleh seseorang tak dikenal sekitar pukul 03.00 WIB. Kobaran api membakar bodi atas mobil tersebut.

Pada video juga terdapat suara Via Vallen yang terdengar panik, lantaran api yang membakar mobilnya kian membesar. Apalagi, pemadam kebakaran yang sudah dihubungi, tak kunjung datang.

"Tolong pemadam kebakaran di daerah Sidoarjo tolong cepet ke Tanggulangin. Tafi sudah di telepon tapi nggak kesini-sini. Itu ada kebakaran di samping rumah. Kalau nggak segera dipadamin takutnya kena ke sebelah-sebelah rumah," ujar suara dalam video.

"Ini pemadam kebakaran tolong cepat ke sini po'o. Aku takut nyebar ke rumah dan ke tetangga sebelah juga. Ini katae tadi ada yang bakar. Awas kamu yang bakar tak laporin ke polisi," tambah Via Vallen.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Jenglot di Dalam Tas Terduga Pelaku Pembakar Mobil Via Vallen

Posted: 29 Jun 2020 10:07 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Sumardji menyampaikan, pihaknya telah menyita sejumlah barang bukti di antaranya botol air mineral yang tercium bau bensin milik terduga pelaku pembakaran mobil pedangdut Via Vallen.

Selain itu, pihaknya juga sempat menyita barang bukti tas yang dipakai oleh terduga pelaku. Yang sempat membuat polisi agak terkejut, didalam tas itu ditemukan jenglot (benda mirip boneka yang dipercaya memiliki kekuatan mistis), bambu kuning yang di percaya bertuah, dan alat perdukunan lainnya.

"Kita juga mengamankan tas, berisi buku BCA dan ada jengglot, intinya kayak perdukunan begitu. Termasuk ada kayak bambu kuning yang dipotong sekian centimeter," ujar dia, Selasa (30/6/2020).

Sebelumnya, Kasat Reskrim Polres Sidoarjo AKP Ambuka Yudha Hardi Putra membenarkan, pihaknya telah mengamankan seorang laki-laki yang diduga sebagai pelaku pembakaran mobil mewah jenis Alphard milik penyanyi dangdut Via Vallen.

"Iya benar, sudah diamankan satu orang, terduga pelaku pembakaran," kata dia, Selasa, 30 Juni 2020.

Ambuka masih belum bisa menjelaskan terkait identitas maupun motif terduga pelaku pembakaran mobil Via Vallen. Hal ini karena pihaknya masih menggali keterangan dari yang bersangkutan.

"Masih didalami (motif pembakaran). Yang jelas saat ini kita juga masih mencari keterangan dari saksi lainnya," ujar dia.

Mobil Mewah Via Vallen Terbakar

Kondisi mobil Via Vallen. (Foto: Instagram @viavallen)
Kondisi mobil Via Vallen. (Foto: Instagram @viavallen)

Sebelumnya, Pedangdut Via Vallen melalui instastory akun instagramnya @viavallen mengunggah video mobil mewah warna putih yang terlihat terparkir di samping rumahnya diduga dibakar oleh orang tak dikenal sekitar pukul tiga dini hari. Kobaran api terlihat membakar bodi atas mobil tersebut.

Dalam video juga terdapat suara Via Vallen yang terdengar panik, lantaran api yang membakar mobilnya kian membesar. Apalagi, pemadam kebakaran yang sudah dihubungi, tak kunjung datang.

"Tolong pemadam kebakaran di daerah Sidoarjo tolong cepet ke Tanggulangin. Tadi sudah di telepon tapi enggak ke sini-sini. Itu ada kebakaran di samping rumah. Kalau enggak segera dipadamin takutnya kena ke sebelah-sebelah rumah," ujar suara dalam video.

"Ini pemadam kebakaran tolong cepat ke sini po'o. Aku takut nyebar ke rumah dan ke tetangga sebelah juga. Ini katae tadi ada yang bakar. Awas kamu yang bakar tak laporin ke polisi," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komisi IX: Penyerapan Anggaran Kemenkes Jauh dari 1,53 Persen

Posted: 29 Jun 2020 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay menyatakan, pihaknya telah memanggil Menteri kesehatan (Menkes) untuk memberikan klarifikasi terkait simpang siurnya informasi rendahnya penyerapan anggaran kementerian kesehatan (Kemenkes).

Namun, Saleh menyebut apa yang disampaikan di publik tersebut berbeda dengan apa yang dipaparkan di Komisi IX DPR.

"Benar bahwa penyerapan anggaran di Kemenkes belum maksimal. Tetapi bukan sebesar 1,53 persen. Penyerapannya, jauh di atas angka tersebut. Komisi IX juga mempersoalkan penyerapan anggaran kemenkes. Tetapi data yang dipaparkan kepada kami, jauh berbeda dari apa yang disebutkan presiden." katanya di Jakarta, Selasa (30/6/2020).

Wakil Ketua Fraksi PAN itu menyatakan, dari data yang ada, anggaran Kementerian Kesehatan awalnya adalah sebesar Rp 57,3 triliun. Setelah penyesuaian dan tambahan anggaran untuk peserta BPJS JKN, anggarannya menjadi Rp 76,5 triliun.

"Dalam paparan yang disampaikan kepada kami, serapan anggaran kemenkes per 18 Juni 2020 sudah mencapai 47,49 persen," katanya.

Beri Penjelasan ke Masyarakat

Menkes Terawan Agus Putranto memberikan keterangan terkait dua WNI yang terjangkit virus corona di Kemenkes, Jakarta, Senin (2/3/2020). Diketahui, keduanya tertular virus corona dari warga negara Jepang yang berkunjung ke rumah mereka di Depok, beberapa waktu lalu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Menkes Terawan Agus Putranto memberikan keterangan terkait dua WNI yang terjangkit virus corona di Kemenkes, Jakarta, Senin (2/3/2020). Diketahui, keduanya tertular virus corona dari warga negara Jepang yang berkunjung ke rumah mereka di Depok, beberapa waktu lalu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Selain anggaran yang disebutkan di atas, Kemenkes, lanjut Saleh, juga mendapatkan alokasi anggaran untuk penanggulangan covid-19. Dari anggaran yang disebut sebesar Rp 75 triliun, sampai sejauh ini yang disetujui oleh kementerian keuangan hanya Rp 25,7 T. Dengan demikian, alokasi akhir anggaran kemenkes adalah Rp 102,2 T.

"Perlu diketahui, bahwa dari alokasi anggaran sebesar 25,7 T tersebut, yang terealisasi baru sebesar Rp 345 miliar. Sisanya, masih dalam proses revisi DIPA. Bahkan ada yang masih proses pembahasan. Nah, kalau masih proses revisi DIPA, lalu apakah kesalahannya ada pada kementerian kesehatan? Ini yang menurut saya perlu diklarifikasi agar tidak simpang siur" ucapnya.

Saleh menilai Menteri Kesehatan sepantasnya memberikan penjelasan kepada masyarakat. Sebab, anggaran penanganan covid-19 yang ada jauh dari yang diusulkan oleh Kemenkes. Selain itu, proses realisasinya juga sangat lambat. Lambatnya realisasi ini dikhawatirkan akan berdampak langsung bagi masyarakat. Sebab, penyebaran covid-19 sampai saat ini masih tinggi.

"Menkes perlu juga melaporkan hal ini kepada presiden secara langsung. Dengan begitu, presiden bisa mendapatkan informasi yang berimbang dari berbagai kementerian yang ada," tandasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kiat Memulai Bisnis Kuliner ala Chef Arnold

Posted: 29 Jun 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menjalankan bisnis memang membutuhkan sederet persiapan matang dan memikirkan banyak hal. Namun selain itu, ada beberapa kiat jitu yang dibagikan Chef Arnold bagi mereka yang mau merintis usaha terutama di bidang kuliner.

"Sekarang banyak orang bilang bisnis sulit, yes, kenyataan memang gitu tapi untuk kesempatan memulai kecil-kecilan itu sangat banyak dan besar," kata Chef Arnold dalam bincang daring bersama GoFood, Senin, 29 Juni 2020.

CEO Digitarasa ini melanjutkan, langkah awal dapat dari membuat pre-order (PO) di rumah. Sebagai sarana pendukung, juga bisa menggunakan platform digital, baik aplikasi jasa antar-makanan online hingga media sosial.

"Mau mulai bisnis, mulai aja yang penting ingat produknya harus bagus jangan takut-takut. Pakai semua opportunity dan platform digital yang ada. Promosi sekarang gratis di sosial media, Instagram banyak stiker-stiker yang supportable bisnis," tambahnya.

Bicara soal penjualan, ada langkah awal yang perlu diperhatikan. Dikatakan Chef Arnold dapat dimulai dari orang-orang terdekat terlebih dahulu.

"Yang paling dekat mulai jual dengan ring 1 kita, orang-orang terdekat untuk mensupport," ungkap Chef Arnold.

Digitalisasi

Chef Arnold Poernomo. (Foto: Instagram @arnoldpo)
Chef Arnold Poernomo. (Foto: Instagram @arnoldpo)

Chef Arnold juga menambahkan alasan bisnis kulinernya juga ikut bermigrasi ke online. "Karena memang dari awal, arahnya sudah seperti itu. Semenjak ada internet, nertwork makin dekat," kata juri MasterChef Indonesia ini.

"Realita jadi poin platform delivery, ingin melayani customer di rumah dan senyaman mereka, itu sebelum Covid. Setelah Covid, mau enggak mau tetap survive untuk penjualan, dengan menggunakan platform-platform digital yang ada," tambahnya.

Era digitalisasi, disebut Chef Arnold, memang mau tidak mau akan mengarah ke sana. "Dengan adanya pandemi, sebagai pemilik bisnis, solusi sudah di depan mata," katanya.

"Bertahan di situasi ini bisa melayani mereka di rumah juga memposisikan bisnis kita di marketplace," jelas Chef Arnold.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemandangan Desa atau Gajah, Apa yang Dilihat Pertama Kali Ungkap Kepribadian Mendalam Anda

Posted: 29 Jun 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang memiliki sesuatu yang mereka sembunyikan dan tak ingin terlihat di permukaan. Sayangnya, hal tersebut bisa memengaruhi hidup mereka dan cara mereka menjalani hidup.

Jika Anda ingin mengetahui sisi terdalam diri Anda, cobalah mengikuti tes kepribadian ini. Caranya cukup lihat gambar di atas, kemudian pikirkan apa yang pertama kali Anda lihat.

Berikut ini penjabarannya seperti dilansir dari Buzz Quiz.

 

1. Pemandangan pedesaan

(Sumber Wikimedia/Larry Lamb)
(Sumber Wikimedia/Larry Lamb)

Jika yang pertama kali Anda lihat adalah ilustrasi bak pemandangan pedesaan, ini berarti Anda adalah orang yang fokus pada kebebasan dan tak suka bergantung pada orang lain. Bagi Anda, tak perlu orang lain untuk merasa bahagia.

Saat menginginkan sesuatu, Anda akan melakukannya untuk diri sendiri. Ini terjadi karena Anda kadang sulit untuk memercayai orang lain.

Di sisi lain, Anda adalah orang yang berbakat, menarik, dan menarik perhatian saat di manapun Anda berada. Anda hampir selalu percaya diri dan berpikiran positif.

 

2. Gajah

Ilustrasi gajah (AFP)
Ilustrasi gajah (AFP)

Bila gajah adalah hal yang pertama kali Anda lihat, ini berarti Anda sedang merasa rentan sehingga Anda memiliki kepedulian terhadap hal lain. Ada kalanya Anda merasa tak percaya diri terhadap kemampuan Anda sendiri, namun Anda tak perlu takut karena di luar itu Anda adalah orang yang baik, jujur, dan suka menjaga hubungan baik.

Anda memiliki sikap rendah hati dan tak suka mengomentari kebaikan yang pernah Anda lakukan. Meski berkali-kali merasa mandek, cobalah untuk tetap bergerak maju dan melakukan apa yang sedang Anda lakukan dengan percaya diri.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wisata Dibuka, Karyawan Hotel di Sumbar Ikuti PCR Corona Gratis

Posted: 29 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Padang - Setelah penerapan normal baru, Pemerintah Sumatera Barat secara bertahap sudah mulai membuka objek wisata sebagai upaya pemulihan ekonomi masyarakat.

Untuk mendukung hal tersebut, setidaknya 1.000 karyawan hotel berbintang di Ranah Minang difasilitasi Polymerase Chain Reaction (PCR) corona.

"Jumlah pasien virus corona di Sumbar dari hari ke hari semakin turun, ini kabar baik bagi kita semua," kata Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno kepada Liputan6.com, Senin (29/6/2020).

Mendeteksi virus corona Covid-19 dengan metode PCR ini, lanjutnya memang diberikan secara gratis ditanggung oleh pemerintah provinsi, hal itu untuk mendukung pelaku usaha memulihkan ekonominya kembali.

Geliat dunia pariwisata di Sumbar, kata gubernur, satu bulan terakhir sejak diterapkan normal baru menunjukkan tren positif.

"Jika pariwisata mulai menggeliat, maka otomatis hotel-hotel akan kembali ada tamu," ujarnya.

Irwan menyebut saat ini selain wisatawan domestik, turis asing juga sudah mulai datang. Pihaknya mengingatkan pelaku usaha khususnya sektor wisata agar selalu menerapkan protokol kesehatan.

Kemudian, untuk wisatawan yang datang ke Sumbar, pemerintah setempat juga mewajibkan pendatang untuk uji seka yang juga difasilitasi pemerintah provinsi.

"Itu gratis kita fasilitasi, untuk memastikan pendatang yang masuk ke Sumbar tidak terjangkit corona," jelasnya.

Sementara data jumlah pasien corona di Sumbar hingga Senin, 29 Juni 2020, sebanyak 725 kasus terkonfirmasi, 588 di antaranya dinyatakan sembuh, 31 orang meninggal, dan sisanya masih diisolasi.

Selanjutnya, Pasien Dalam Pengawasan totalnya 1.326 orang, 1.303 di antaranya dinyatakan negatif dan 23 orang masih menunggu hasil pemeriksaan.

"Untuk Orang Dalam Pengawasan (ODP) totalnya 9.639 jiwa, 9.549 di antaranya sudah selesai di pantau dan sisanya masih dalam pantauan petugas," kata juru bicara Percepatan Penanganan Corona Sumbar, Jasman Rizal.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Merugi Akibat Corona, Industri Penyiaran Minta Tambahan Iklan dari Pemerintah

Posted: 29 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, pelaku bisnis terkait industri olahraga nasional telah terdampak parah akibat pandemi Covid-19. Diantaranya sektor broadcasting yang tengah merugi akibat penundaan sejumlah pertandingan berbagai cabang olahraga.

"Sektor ini (broadcasting) juga telah meminta bantuan pemerintah. Akibat penundaan olahraga," ujar dia dalam webinar via YouTube, Selasa (30/6).

Menurutnya bantuan yang diusulkan oleh pelaku industri broadcasting dalam negeri, ialah masuknya tambahan iklan oleh pemerintah. Sebab iklan dari swasta telah mengalami penurunan jumlah akibat penundaan siaran pertandingan sejumlah cabang olahraga di saat pandemi ini.

Tak hanya broadcasting, kerugian juga dialami oleh pelaku usaha pembuatan jersey dan sepatu olahraga lokal. Hal ini dikarenakan adanya pembatalan pesanan dari sejumlah negara akibat penundaan pertandingan olahraga di tahun ini.

"Jadi industri terkait olahraga kita. Seperti garmen untuk pembuatan jersey maupun sepatu olahraga ini telah terpukul," ujarnya.

Hak Siar

(ilustrasi)
(ilustrasi)

Oleh karenanya, ia mendorong industri broadcasting harus mengeksplorasi aliran pendapatan selain hak siar dan aliran iklan. Antara lain melalui fitur kepemirsaan premium.

Pun pelaku industri garmen domestik juga diharapkan dapat memanfaatkan layanan penjualan secara daring. Mengingat di masa pandemi ini mayoritas orang akan lebih sering menggunakan internet untuk menunjang pekerjaan atau aktivitas lainnya.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

Industri Olahraga Anjlok 50 Persen, E-Sports Berjaya di Masa Pandemi

Kane menjadi penyerang yang bisa beradaptasi dengan sepakbola modern. Kane penyerang yang rajin menjemput bola, rajin bergerak untuk menciptakan ruang dan mencari ruang kosong untuk menembus lini pertahanan lawan.(AFP/Adrian Dennis)
Kane menjadi penyerang yang bisa beradaptasi dengan sepakbola modern. Kane penyerang yang rajin menjemput bola, rajin bergerak untuk menciptakan ruang dan mencari ruang kosong untuk menembus lini pertahanan lawan.(AFP/Adrian Dennis)

Pandemi Covid-19 membuat pendapatan industri olahraga global diproyeksikan terpangkas hingga 50 persen atau menjadi USD 73,3 miliar di tahun ini. Padahal traget pra-pandemi di industri ini mencapai USD 135,3 miliar.

Hal ini disampaikan Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. "Industri olahraga global sangat terdampak. Olahraga sebagai penyumbang kegiatan ekonomi hampir mencapai USD 140 miliar mengalami penurunan," kata dia dalam webinar via YouTube, Selasa 30/6).

Airlangga menjelaskan terpangkasnya penerimaan industri olahraga global disebabkan oleh penundaan sejumlah pertandingan dari berbagai cabang olahraga lumbung uang. Diantaranya liga-liga sepakbola dunia yang digeser pelaksanaannya ke tahun 2021.

Namun, apabila terpaksa digelar pada tahun ini. Sejumlah negara mewajibkan penyelenggaraa pertandingan tanpa penonton yang artinya klub elite dunia bakal kehilangan penerimaan dari keuntungan penjualan tiket.

Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) ini juga menyebut turunnya pendapatan industri olahraga juga dipengaruhi oleh penundaan pelaksanaan Olimpiade 2020 di Jepang.

Imbasnya industri tersebut mengalami kerugian hingga USD 13,4 miliar akibat biaya yang telah di keluarkan panitia untuk perbaikan prasarana dan sarana penunjang.

E-Sports

Fortnite Battle Royale, cabang e-sports pertama yang dilirik pihak militer Amerika Serikat.
Fortnite Battle Royale, cabang e-sports pertama yang dilirik pihak militer Amerika Serikat.

Meski begitu, cabang olahraga e-sports justru mencatatkan torehan positif selama pandemi global ini berlangsung. Hal ini diakibatkan oleh meningkatnya penggunaan akses internet di sejumlah negara.

"Tapi kan e-sports ini belum se-familiar olahraga lainnya. Dan harus diakses melalui gadget untuk melakukannya," tukasnya.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Wajib Bermasker di Tempat Umum Iran

Posted: 29 Jun 2020 10:00 PM PDT

Seorang pria dengan masker memasuki stasiun kereta bawah tanah di Teheran, 28 Juni 2020. Presiden Iran Hassan Rouhani pada Minggu (28/6) mengatakan mengenakan masker di tempat umum akan menjadi wajib mulai pekan depan di tengah meningkatnya kasus dan kematian akibat COVID-19 (Xinhua/Ahmad Halabisaz)
Seorang pria dengan masker memasuki stasiun kereta bawah tanah di Teheran, 28 Juni 2020. Presiden Iran Hassan Rouhani pada Minggu (28/6) mengatakan mengenakan masker di tempat umum akan menjadi wajib mulai pekan depan di tengah meningkatnya kasus dan kematian akibat COVID-19 (Xinhua/Ahmad Halabisaz)

Seorang pria dengan masker memasuki stasiun kereta bawah tanah di Teheran, 28 Juni 2020. Presiden Iran Hassan Rouhani pada Minggu (28/6) mengatakan mengenakan masker di tempat umum akan menjadi wajib mulai pekan depan di tengah meningkatnya kasus dan kematian akibat COVID-19 (Xinhua/Ahmad Halabisaz)

Seorang wanita dengan masker menaiki bus di pusat Kota Teheran, 28 Juni 2020. Presiden Iran Hassan Rouhani pada Minggu (28/6) mengatakan mengenakan masker di tempat umum akan menjadi wajib mulai pekan depan di tengah meningkatnya kasus dan kematian akibat COVID-19. (Xinhua/Ahmad Halabisaz)
Seorang wanita dengan masker menaiki bus di pusat Kota Teheran, 28 Juni 2020. Presiden Iran Hassan Rouhani pada Minggu (28/6) mengatakan mengenakan masker di tempat umum akan menjadi wajib mulai pekan depan di tengah meningkatnya kasus dan kematian akibat COVID-19. (Xinhua/Ahmad Halabisaz)

Seorang wanita dengan masker menaiki bus di pusat Kota Teheran, 28 Juni 2020. Presiden Iran Hassan Rouhani pada Minggu (28/6) mengatakan mengenakan masker di tempat umum akan menjadi wajib mulai pekan depan di tengah meningkatnya kasus dan kematian akibat COVID-19. (Xinhua/Ahmad Halabisaz)

Seorang pria dengan masker mengendarai motor di sebuah jalan di Teheran, 28 Juni 2020. Presiden Iran Hassan Rouhani pada Minggu (28/6) mengatakan mengenakan masker di tempat umum akan menjadi wajib mulai pekan depan di tengah meningkatnya kasus dan kematian akibat COVID-19. (Xinhua/Ahmad Halabisaz)
Seorang pria dengan masker mengendarai motor di sebuah jalan di Teheran, 28 Juni 2020. Presiden Iran Hassan Rouhani pada Minggu (28/6) mengatakan mengenakan masker di tempat umum akan menjadi wajib mulai pekan depan di tengah meningkatnya kasus dan kematian akibat COVID-19. (Xinhua/Ahmad Halabisaz)

Seorang pria dengan masker mengendarai motor di sebuah jalan di Teheran, 28 Juni 2020. Presiden Iran Hassan Rouhani pada Minggu (28/6) mengatakan mengenakan masker di tempat umum akan menjadi wajib mulai pekan depan di tengah meningkatnya kasus dan kematian akibat COVID-19. (Xinhua/Ahmad Halabisaz)

Seorang pria dengan masker menyeberangi jalan di pusat Kota Teheran, 28 Juni 2020. Presiden Iran Hassan Rouhani pada Minggu (28/6) mengatakan mengenakan masker di tempat umum akan menjadi wajib mulai pekan depan di tengah meningkatnya kasus dan kematian akibat COVID-19. (Xinhua/Ahmad Halabisaz)
Seorang pria dengan masker menyeberangi jalan di pusat Kota Teheran, 28 Juni 2020. Presiden Iran Hassan Rouhani pada Minggu (28/6) mengatakan mengenakan masker di tempat umum akan menjadi wajib mulai pekan depan di tengah meningkatnya kasus dan kematian akibat COVID-19. (Xinhua/Ahmad Halabisaz)

Seorang pria dengan masker menyeberangi jalan di pusat Kota Teheran, 28 Juni 2020. Presiden Iran Hassan Rouhani pada Minggu (28/6) mengatakan mengenakan masker di tempat umum akan menjadi wajib mulai pekan depan di tengah meningkatnya kasus dan kematian akibat COVID-19. (Xinhua/Ahmad Halabisaz)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPOM Jelaskan Alasan Indonesia Masih Pakai Hidroksiklorokuin untuk Penanganan COVID-19

Posted: 29 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengatakan bahwa meski World Health Organization (WHO) dan Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat telah menghentikan penggunaan darurat hidroksiklorokuin untuk penanganan COVID-19. Meski begitu Indonesia tetap menggunakan obat ini untuk pasien COVID-19.

Rizka Andalucia, Direktur Registrasi Obat BPOM mengatakan bahwa keputusan penghentian hidroksiklorokuin yang diambil oleh WHO dan FDA memang didasarkan dari penelitian.

"Tetapi kan kondisinya berbeda (dengan di Indonesia). Kondisi pasien berbeda, dosis yang digunakan juga berbeda," kata Rizka dalam konferensi pers dari Graha BNPB pada Senin kemarin, ditulis Selasa (30/6/2020).

"Oleh karena itu untuk sementara waktu kami masih memberlakukan emergency use authorization. Masih diberikan perizinan penggunaan dalam kondisi darurat," kata Rizka.

Dia menambahkan, nantinya data akhir dari hasil penelitian yang dilakukan oleh perhimpunan profesi dokter akan menjadi rujukan oleh BPOM apakah klorokuin dan hidroksiklorokuin disetujui dalam penanganan COVID-19 di Indonesia.

Data Awal, Masih Aman Digunakan di Indonesia

Ilustrasi orang pakai masker saat wabah Virus Corona COVID-19 di Indonesia. (Liputan6.com/Tanti Yulianingsih)
Ilustrasi orang pakai masker saat wabah Virus Corona COVID-19 di Indonesia. (Liputan6.com/Tanti Yulianingsih)

Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Agus Dwi Susanto mengungkapkan bahwa berdasarkan kajian awal sementara para dokter, klorokuin dan hidroksiklorokuin masih cukup aman untuk digunakan dalam penanganan COVID-19 di Indonesia.

"Hasil evaluasi awal bahwa hidroksiklorokuin dan klorokuin masih cukup aman digunakan pada populasi di Indonesia," kata Agus pada kesempatan yang sama.

Agus mengatakan bahwa studi terhadap penggunaan klorokuin dan hidroksiklorokuin pada pasien COVID-19 masih berjalan.

"Preliminary study atau data awal dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia menunjukkan penggunaan klorokuin dan hidroksiklorokuin itu risiko kematiannya lebih sedikit dibanding tidak menggunakannya, artinya dia tidak meningkatkan risiko kematian," kata Agus.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa lama rawat lebih sebentar dibandingkan yang tidak menggunakan obat ini.

Walau begitu, Agus mengatakan bahwa penelitian dua obat tersebut masih dilakukan. Sehingga terlalu dini untuk mengatakan bahwa mereka benar-benar efektif digunakan untuk penanganan COVID-19 di Indonesia.

Saksikan juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Rumah Mewah Bella Shofie di Pinggir Pantai

Posted: 29 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejak Corona Covid-19 melanda Indonesia, Bella Shofie dan suami serta anak semata wayangnya memilih untuk tinggal di Maluku, tempat kelahiran sang suami. Rupanya, Bella jatuh cinta dengan suasana di sana.

Bella Shofie memutuskan untuk menetap di sana di rumahnya yang luas.

Tak hanya luas, rumah Bella Shofie juga mewah dengan pemandangan pantai yang cantik.

Maklum, rumah Bella Shofie berada di pinggir pantai yang menawarkan pemandangan yang sangat indah.

Dua Lantai

Bella Shofie (Foto: Instagram/@bellashofie_rigan)
Bella Shofie (Foto: Instagram/@bellashofie_rigan)

Ternyata, Bella Shofie membangun rumah baru di Pulau Buru, Maluku. Rumah megah dengan dua lantai. 

Nah, penasaran melihat hunian Bella kini di Maluku? Yuk simak enam potretnya berikut ini.

 

1. Ruang Tamu

Bella Shofie (Foto: Instagram/@bellashofie_rigan)
Bella Shofie (Foto: Instagram/@bellashofie_rigan)

Ini adalah potret rumah yang kini dihuni oleh Bella. Ruang tamu yang luas dengan sofa nan empuk berwarna merah.

 

2. Material Kayu

Bella Shofie (Foto: Instagram/@bellashofie_rigan)
Bella Shofie (Foto: Instagram/@bellashofie_rigan)

Sentuhan material kayu terlihat di rumah Bella sehingga kesan natural begitu terasa di sana.

 

3. Tanpa Sekat

Bella Shofie (Foto: Instagram/@bellashofie_rigan)
Bella Shofie (Foto: Instagram/@bellashofie_rigan)

Tak ada sekat membuat ruangan terasa sangat luas, membuat anak semata wayangnya bisa leluasa bermain di sana.

 

4. Kamar Mewah

Bella Shofie (Foto: Instagram/@bellashofie_rigan)
Bella Shofie (Foto: Instagram/@bellashofie_rigan)

Potret kamarnya begitu mewah, tak heran Bella Shofie begitu betah di rumahnya ini.

 

5. Dikelilingi Kaca

Bella Shofie (Foto: Instagram/@bellashofie_rigan)
Bella Shofie (Foto: Instagram/@bellashofie_rigan)

Di momen ulang tahun sang suami, Bella sempat membuat dekorasi di salah satu ruangan rumahnya.

Ruangan ini dikelilingi kaca, sehingga setiap orang yang berada di sana bisa menikmati pemandangan indah di luar rumah.

 

6. Bagian Luar

Tampak luar rumah Bella Shofie, luas banget. (Merdeka.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Big Match La Liga Musim 2019/2020 Antara Barcelona vs Atletico Madrid di Vidio

Posted: 29 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - La Liga 2019/2020 memasuki pekan ke-33. Awal pekan nanti akan tersaji pertandingan yang bakal menyedot perhatian lebih dari yang lain. Yaitu, pertandingan yang mempertemukan Barcelona dengan Atletico Madrid.

Partai ini akan dihelat di Stadion Camp Nou, Rabu (01/07/2020) dini hari WIB. Barcelona harus meraih poin penuh saat menjamu Atletico Madrid guna menjaga asa menjuarai kompetisi La Liga musim 2019/2020.

Atletico sendiri bukan lawan yang mudah untuk ditangguhkan. Apalagi Los Rojiblancos berada dalam kondisi terbaiknya dengan catatan tanpa terkalahkan dalam lima pertandingan terakhir.

Untuk Anda yang ingin menyaksikan salah satu partai panas La Liga antara Barcelona vs Atletico Madrid tidak usah khawatir, pasalnya layanan streaming vidio akan menyiarkan pertandingan tersebut.

Saksikan live streaming La Liga musim 2019/2020 pekan ke-33 dengan klik tautan ini.

Saksikan Videonya di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: GNC Live Well Dilaporkan Bangkrut dan akan Tutup Ribuan Gerai

Posted: 29 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan multivitamin GNC Live Well dilaporkan mengalami kebangkrutan di tengah pandemi Covid-19. Mereka berencana akan menutup 1.374 gerai di beberapa negara, termasuk Amerika Serikat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

59 Aplikasi Tiongkok Kena Blokir di India, Ini Daftarnya

Posted: 29 Jun 2020 09:57 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah India memblokir 59 aplikasi asal Tiongkok. Dari jumlah tersebut, aplikasi terkenal juga ikut diblokir, misalnya TikTok, WeChat, ShareIt, dan UC Browser.

Mengutip laman India Times, Selasa (30/6/2020), aplikasi-aplikasi Tiongkok ini diblokir untuk melawan ancaman terhadap kedaulatan dan keamanan negara yang ditimbulkan oleh aplikasi-aplikasi itu.

Ke-59 aplikasi Tiongkok ini dilarang beroperasi di tengah meningkatnya ketegangan antara India dan Tiongkok, usai bentrokan di perbatasan, sekitar dua pekan lalu.

Pemerintah India mengatakan, aplikasi-aplikasi tersebut terlibat dalam kegiatan "merugikan kedaulatan, integritas, dan pertahanan India." Aplikasi yang dimaksud juga dianggap melanggar ketertiban umum.

Adapun dasar hukum pemblokiran aplikasi-aplikasi Tiongkok di India adalah Undang-Undang Teknologi Informasi India, khususnya ayat 69A.

Pemerintah juga menyebut, ada sejumlah keluhan mengenai data-data pengguna India yang ditransfer ke luar negeri tanpa izin dari pengguna ataupun pemerintah.

Sudah Pertimbangkan Sejak Lama

UC Browser bagi-bagi voucher diskon gratis. (Trak)
UC Browser bagi-bagi voucher diskon gratis. (Trak)

Seorang sumber mengatakan, pemerintah sudah mempertimbangkan berbagai aspek sebelum mengambil keputusan pemblokiran.

"Aplikasi-aplikasi ini sudah diamati sejak lama dan ada sejumlah masalah keamanan dan privasi, termasuk risiko data-data pengguna ditransfer ke negara lain," tutur sumber yang tak disebutkan namanya.

TikTok dan Alibaba selaku pemilik UC Browser pun belum memberikan komentarnya atas pemblokiran ini.

Berikut adalah ke-59 aplikasi Tiongkok yang diblokir penggunaannya di India:

Daftar Aplikasi Tiongkok yang Diblokir India

Ilustrasi TikTok, Aplikasi TikTok.  Kredit: antonbe via Pixabay
Ilustrasi TikTok, Aplikasi TikTok. Kredit: antonbe via Pixabay

1. TikTok

2. Shareit

3. Kwai

4. UC Browser

5. Baidu map

6. Shein

7. Clash of Kings

8. DU battery saver

9. Helo

10. Likee

11. YouCam makeup

12. Mi Community

13. CM Browers

14. Virus Cleaner

Selanjutnya, Daftar Aplikasi

Ilustrasi: Alibaba (Sumber: Ubergizmo)
Ilustrasi: Alibaba (Sumber: Ubergizmo)

15. APUS Browser

16. ROMWE

17. Club Factory

18. Newsdog

19. Beutry Plus

20. WeChat

21. UC News

22. QQ Mail

23. Weibo

24. Xender

25. QQ Music

26. QQ Newsfeed

27. Bigo Live

28. SelfieCity

29. Mail Mast

30. Parallel Space

Selanjutnya, Daftar Aplikasi

Kantor Xiaomi di Maofanglu Road, Beijing. Tempat Vice President International Xiaomi Hugo Barra beraktivitas. Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani
Kantor Xiaomi di Maofanglu Road, Beijing. Tempat Vice President International Xiaomi Hugo Barra beraktivitas. Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani

31. Mi Video Call – Xiaomi

32. WeSync

33. ES File Explorer

34. Viva Video – QU Video Inc

35. Meitu

36. Vigo Video

37. New Video Status

38. DU Recorder

39. Vault- Hide

40. Cache Cleaner DU App studio

41. DU Cleaner

42. DU Browser

43. Hago Play With New Friends

44. Cam Scanner

45. Clean Master – Cheetah Mobile

Selanjutnya, Daftar Aplikasi

Game Mobile Legend (Liputan6.com / Nefri Inge)
Game Mobile Legend (Liputan6.com / Nefri Inge)

46. Wonder Camera

47. Photo Wonder

48. QQ Player

49. We Meet

50. Sweet Selfie

51. Baidu Translate

52. Vmate

53. QQ International

54. QQ Security Center

55. QQ Launcher

56. U Video

57. V fly Status Video

58. Mobile Legends

59. DU Privacy

(Tin/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Masih Dalami Keterangan dari Pria yang Diduga Bakar Mobil Via Vallen

Posted: 29 Jun 2020 09:56 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mobil mewah Via Vallen dibakar seseorang tak dikenal pada Selasa dini hari, 30 Juni 2020. Ia menyampaikan hal itu lewat akun media sosial instagramnya.

Polisi pun sudah menangkap terduga pembakar mobil Toyota Alphard milik Via Vallen pada Selasa pagi, (30/6/2020). Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Sumardji menuturkan, petugas sudah amankan terduga pembakar mobil Toyota Alphard milik Via Vallen  sekitar pukul 04.00 WIB. Terduga diamankan di dekat tempat kejadian perkara (TKP).

"Terduga dari pagi sudah diamankan. Satu orang laki-laki. Polisi masih dalami dan proses penyelidikan," ujar Sumardji saat dihubungi Liputan6.com.

Sumardji menuturkan, saat ini belum dapat menyampaikan kesimpulan dan motifnya apa. "Terduga masih belum ngomong. Bicara enggak jelas," ujar dia.

Sumardji menambahkan, pihaknya juga menyita paspor, dan barang-barang terkait perdukunan saat menangkap terduga pembakar mobil Alphard milik Via Vallen. "Disita paspor, jenglot,r ambut, seperti perdukunan," tutur dia.

Mobil Via Vallen Terbakar

Momen mobil Via Vallen terbakar orang tak dikenal. (Sumber: Instagram/@viavallen)
Momen mobil Via Vallen terbakar orang tak dikenal. (Sumber: Instagram/@viavallen)

Pedangdut Via Vallen terkejut ketika terjadi kebakaran pada mobilnya. Lewat instagram stories, ia mengunggah video terbakarnya mobil tersebut. Ia pun telah menghubungi pihak pemadam kebakaran untuk memadamkan api karena khawatir api akan merembet ke rumah lain

"Tolong pemadam kebakaran, di Sidoarjo, Tanggulangin, ada kebakaran di samping rumah, takut kena ," ujar dia.

Via Vallen pun akan melaporkan terkait kebakaran mobilnya tersebut.

Tolong pemadam kebakaran, api, ada tetangga juga.  Ada  yang bakar, yang bakar saya laporkan polisi. Lihat polisi sedang jalan ke sini, lihat siapa yang bakar," tutur dia.

Ketika hari sudah terang, Via Vallen bersyukur hanya mobil yang terbakar dan tak merembet kemana-mana. "Yo selamat, alhamdullilah tidak apa-apa. Tak sampai rumah, hanya mobil tok. Tersangkanya sudah di kantor polisi," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ramai Wacana Pajak Sepeda, Ini 4 Klarifikasi dari Kementerian Perhubungan

Posted: 29 Jun 2020 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sepeda kembali menjadi hits di tengah pandemi Corona Covid-19 ini. Di tengah pandemi seperti saat ini, masyarakat diminta untuk menjaga kesehatan sehingga banyak yang menjatuhkan pilihan dengan berolahraga dengan bersepeda.

Akibatnya demam gowes pun menyebar ke beberapa daerah di Indonesia. Hampir setiap hari bahkan animonya semakin terasa di akhir pekan. Terlebih lagi kini era new normal mulai diterapkan sehingga semakin banyak orang untuk bersepeda. Baik di pagi hari bahkan di malam hari.

Namun kegiatan yang tengah tren dikalangan masyarkat tersebut baru-baru ini menyita perhatian. Lantaran munculnya wacana pemerintah bakal menerapkan pajak sepeda. Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Budi Setiyadi pun menjadi sorotan lantaran dianggap mengeluarkan wacana bahwa pemerintah bakal menarik pajak sepeda.

Meski sudah ramai dibicarakan, rupanya kabar tersebut masih simpang siur. Berikut ini Liputan6.com rangkum dari brebagai sumber, 4 klarifikasi dari Kementerian Perhubungan soal pajak sepeda, Selasa (30/6/2020).

1. Wacana Pajak Sepeda

Warga bersepeda saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di Jalan Layang Non Tol Antarasari, Jakarta, Minggu (28/6/2020). (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Warga bersepeda saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di Jalan Layang Non Tol Antarasari, Jakarta, Minggu (28/6/2020). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Kabar ini muncul setelah berbedarnya isu beberapa saat lalu, Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Budi Setiyadi,  dianggap mengeluarkan wacana bahwa pemerintah bakal menarik pajak sepeda.

Menurut kabar yang beredar, kabar tersebut heboh setelah diketahui Budi Setiyadi melontarkan pernyataan pajak sepeda saat diskusi virtual pada Jumat (26/6/2020) lalu, dikutip dari Antara oleh Liputan6.com.

2. Penjelasan Kementerian Perhubungan

Ilustrasi bersepeda
Ilustrasi bersepeda

Beredarnya kabar tersebut, Kementerian Perhubungan pun langsung membantah dugaan wacana pajak sepeda. Melalui juru bicaranya, Kemenhub menegaskan tak benar jika pihaknya tengah menggodok aturan tentang penarikan pajak sepeda.

"Tidak benar Kemenhub sedang menyiapkan regulasi terkait pajak sepeda. Yang benar adalah kami sedang menyiapkan regulasi untuk mendukung keselamatan para pesepeda. Hal ini juga untuk menyikapi maraknya penggunaan sepeda sebagai sarana transportasi oleh masyarakat," kata Jubir Kemenhub Adita Irawati, Jakarta, Selasa (30/6/2020).

3. Pajak Sepeda: Hoax

Warga bersepeda saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di Jalan Layang Non Tol Antarasari, Jakarta, Minggu (28/6/2020). (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Warga bersepeda saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di Jalan Layang Non Tol Antarasari, Jakarta, Minggu (28/6/2020). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Dikutip dari Antara, berikut ini kutipan keterangan tertulis Kemenhub nomor 75/SP/VI/HMS/2020:

"Sehubungan dengan pemberitaan di beberapa media online yang menyebutkan bahwa Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sedang menyiapkan regulasi terkait pajak sepeda, maka dengan ini disampaikan bahwa hal tersebut *TIDAK BENAR*."

Maka dari keterangan yang tertulis tersebut, Kemenhub menegaskan jika tidak ada wacana regulasi pajak sepeda.

4. Bahas Keselamatan Pesepeda

Warga bersepeda saat Car Free Day (CFD) di Jalan Layang Non Tol Antarasari, Jakarta, Minggu (28/6/2020). (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Warga bersepeda saat Car Free Day (CFD) di Jalan Layang Non Tol Antarasari, Jakarta, Minggu (28/6/2020). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Jubir Kemenhub Adita Irawat menambahkan regulasi yang tengah dibahas yakni mengatur keselamatan para pesepeda. Salah satunya soal jalur sepeda dan perlengkapan keselamatan bersepeda. 

"Dalam masa transisi adaptasi kebiasaan baru memang ada peningkatan jumlah pesepeda, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta. Oleh karena itu, regulasi ini nanti akan mengatur hal-hal seperti alat pemantul cahaya bagi para pesepeda, jalur sepeda serta penggunaan alat keselamatan lainnya oleh pesepeda," tutur Adita.

Dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, sepeda dikategorikan sebagai kendaran tidak bermotor. Oleh karena itu, pengaturannya dapat dilakukan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. 

"Pada prinsipnya kami sangat setuju adanya aturan penggunaan sepeda mengingat animo masyarakat yang sangat tinggi harus dibarengi dengan perlindungan terhadap keselamatan pesepeda. Kami akan mendorong pemerintah daerah untuk mengatur penggunaan sepeda ini minimal dengan menyiapkan infrastruktur jalan maupun ketentuan lain yang mengatur khusus para peseda ini di wilayahnya masing-masing," pungkas Adita.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rekor Tertinggi Iran, 162 Kematian Akibat Corona COVID-19 dalam 24 Jam

Posted: 29 Jun 2020 09:51 PM PDT

Liputan6.com, Teheran - Angka resmi dari Kementerian Kesehatan Iran menunjukkan bahwa negara tersebut mencatat jumlah kematian tertinggi karena Corona COVID-19 dalam 24 Jam.

Pada Senin 29 Juni 2020, sebanyak 162 kematian yang dilaporkan karena Virus Corona di Iran, dan melampaui rekor sebelumnya pada 4 April, ketika Kementerian Kesehatan negara itu melaporkan 158 kematian dalam sehari.

Juru bicara Kementerian Kesehatan Iran, Sima Sadat Lari, mengatakan dalam sebuah pernyataan di stasiun TV pemerintah bahwa secara total Iran telah mencatat 10.670 kematian dan 225.205 infeksi dari Virus Corona. Selain itu, delapan provinsi di negara itu juga telah menjadi zona merah. 

Iran juga telah mencatat 186.180 pemulihan, menurut Sima Sadat Lari. 

Setelah pencabutan pembatasan secara bertahap yang dimulai pada pertengahan April 2020, jumlah infeksi harian baru dan kematian di Iran karena Virus Corona COVID-19 telah meningkat tajam dalam sepekan terakhir. 

Pihak berwenang juga telah memperingatkan bahwa pembatasan akan diberlakukan kembali, jika peraturan kesehatan untuk menghindari infeksi tidak dipatuhi, demikian seperti dikutip dari Channel News Asia, Selasa (30/6/2020).

 

Penggunaan Maker Secara Wajib

Warga Iran terlihat memakai masker sebagai upaya perlindungan dari Virus Corona yang telah menyebar luas di negara tersebut. (AP/ Vahid Salemi)
Warga Iran terlihat memakai masker sebagai upaya perlindungan dari Virus Corona yang telah menyebar luas di negara tersebut. (AP/ Vahid Salemi)

Mulai 5 Juli 2020, Kementerian Kesehatan Iran juga akan mewajibkan penggunaan masker di tempat umum atau tempat perkumpulan yang ditentukan, kata Presiden Iran Hassan Rouhani, menurut situs resminya.

Sedangkan untuk penentuan bila kebijakan tersebut bakal diperpanjangan, Pemerintah Iran akan menentukannya pada 22 Juli mendatang.

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pintar Melihat Peluang, Ini 5 Zodiak yang Cocok Jadi Pebisnis

Posted: 29 Jun 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dalam memulai usaha, banyak aspek yang harus dipertimbangkan. Selain modal dan target pasar, jiwa kewirausahaan juga tak kalah penting harus dimiliki untuk memulai bisnis.

Jika sudah memiliki jiwa kewirausahaan, langkah-langkah apa saja yang harus ditempuh untuk merintis usaha tentu lebih jelas karena memiliki kemampuan untuk membidik peluang.

Beberapa orang ternyata terlahir dengan kemampuan ini. Mereka di kenal sebagai zodiak yang telaten, pintar melihat peluang, serta cenderung disiplin dan ulet.

Kira-kira siapa sajakah zodiak yang cocok sebagai pebisnis? Apakah kamu termasuk? Berikut ulasan selengkapnya dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Selasa (30/6/2020).

1. Capricorn (22 Desember - 19 Januari)

ilustrasi Foto Wanita Karir (iStockphoto)
ilustrasi Foto Wanita Karir (iStockphoto)

Capricorn dikenal memiliki cara kerja yang sistematis. Mereka biasa disiplin dan mampu menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu. Zodiak ini juga dikenal tak suka menunda-nunda pekerjaan. Dengan sifat tersebut, Capricorn dinilai sangat cocok untuk menjadi pebisnis.

2. Virgo (23 Agustus - 22 September)

ilustrasi Foto Wanita Karir (iStockphoto)
ilustrasi Foto Wanita Karir (iStockphoto)

Virgo memiliki kemampuan baik sebagai seorang pebisnis, mereka analitis dan sangat detail terhadap banyak hal kecil yang cenderung dilewatkan oleh banyak orang. Ketika Virgo memberikan umpan balik, mereka mengaggap hal tersebut dengan serius dan akan mencoba memasukkannya ke dalam tindakan mereka. Mereka mempelajari orang-orang yang sukses dan mencoba mencari tahu apa yang telah mereka lakukan dan akan mencoba menirunya.

3. Taurus (20 April - 20 Mei)

ilustrasi Foto Wanita Karir (iStockphoto)
ilustrasi Foto Wanita Karir (iStockphoto)

Memiliki kepribadian yang sabar dan telaten, Taurus sangat cocok jadi pebisnis karena tidak mudah menyerah. Mereka juga mudah terbuka pada banyak hal baru. Taurus juga dikenal sangat cermat dalam mengelola uang.

4. Libra (23 September - 22 Oktober)

Menjalankan bisnis salon./Copyright shutterstock.com/g/Pumtek
Menjalankan bisnis salon./Copyright shutterstock.com/g/Pumtek

Memiliki kemampuan untuk membuat keputusan yang cermat, Libra memiliki potensi menjadi pebisnis sejak lahir. Mereka dengan mudah menangani masalah yang kadang sulit bagi orang lain. Ia juga ahli mencari solusi terhadap permasalahan yang dihadapi. Hal inilah yang membuat zodiak satu ini sangat cocok menjadi pebisnis.

5. Gemini (21 Mei - 20 Juni)

Ilustrasi Wanita Karir Credit: freepik.com
Ilustrasi Wanita Karir Credit: freepik.com

Gemini pandai dalam bisnis, karena mereka tahu cara berbicara dengan orang dan cara mengatakan hal-hal yang perlu didengar orang tanpa berbohong. Orang cenderung merespon komunikator dengan baik. Gemini juga dapat keluar dari zona nyaman mereka. Mereka cenderung kuat ketika didahapkan pada masalah bisnis yang cukup rumit.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Hadapan Jokowi, Ganjar Pranowo Sebut Kasus Baru COVID-19 di Jateng Turun

Posted: 29 Jun 2020 09:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membuka data mengenai penanganan Corona di Jawa Tengah kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi). 

Di hadapan orang nomor satu di Indonesia itu, Ganjar membeberkan alasan di balik angka kasus positif di sana yang relatif tinggi akhir-akhir ini.

Ganjar mencontohkan kasus positif COVID-19 pada minggu ke-26 yang tembus 922 kasus. Menurut dia, hal ini disebabkan Kota Semarang aktif melakukan pemeriksaan PCR.

"Kota Semarang sangat aktif melakukan pemeriksaan, bukan rapid tapi PCR dan sudah melebihi dari target," kata Ganjar seperti dikutip dari siaran langsung kanal Youtube Sekretariat Presiden, Selasa, 30 Juni 2020.

Ganjar Pranowo juga melaporkan soal tren harian pemeriksaan PCR di Jawa Tengah. Berdasarkan data dari corona.jatengprov.go.id---sebagaimana yang dia paparkan---jumlah spesimen terakhir (29 Juni 2020) mencapai 2.366.

Dari angka tersebut, diketahui 634 negatif dan 62 positif COVID-19.

"Alhamdulillah tren menurun," katanya.

 

 

Kasus Positif Corona di Jawa Tengah Menurun

Terhitung dari 23 Juni 2020, jumlah spesimen yang diperiksa mengalami kenaikkan dan penurunan. Akan tetapi kasus positif Corona di Jawa Tengah terus mengalami penurunan.

23 Juni 2020 : 197

24 Juni 2020 : 197

23 Juni 2020 : 223

26 Juni 2020 : 182

27 Juni 2020 : 154

28 Juni 2020 : 72

29 Juni 2020 : 62

Oleh sebab itu, Ganjar Pranowo meminta kepada seluruh laboratorium agar pemeriksaan PCR tidak lebih dari dua hari. Kepada Jokowi, Ganjar mengatakan akan menambah pegawai apabila memang dibutuhkan.

"Kalau kemudian mereka membutuhkan pegawai tambahan, kami tambahin," kata Ganjar.

"Sekarang, per besok pagi, kami sudah selesai melatih untuk rekruitmen para petugas untuk membantu lab-lab ini," ujarnya.

 

Klaster Penularan Corona Paling Menonjol

Ada pun klaster penularan paling menonjol di Jawa Tengah, terdiri dari:

1. ASN Pemerintah Provinsi

2. Pegawai PLTU dan pasar tradisional (Kota Semarang)

3. Panti Lansia dan Polres (Kabupaten Rembang)

4. Nakes dan Pegawai PLTU (Jepara)

5. Klaster ijtima Goa dan Temboro di semua kabupaten kota sebelum lebaran.

"ASN Pemprov ini bermula dari keluarganya yang bertemu positif, dan ini membawa kepada teman-teman sekitarnya. Sudah kita isolasi semuanya," kata Ganjar.

"Selebihnya, yang selalu masih terus kami ajak bicara dan lakukan tes adalah klaster ijtima yang rasanya di semua tempat ada," Ganjar Pranowo menekankan.

Simak Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil Tes Terbaru Liga Inggris: Tambah Satu, Total Positif Covid-19 Jadi 19 Kasus

Posted: 29 Jun 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, London - Liga Premier kembali mengkonfirmasikan ada satu kasus positif Corona Covid-19 setelah dilakukan putaran pengujian terbaru.

Dengan begitu jumlah kasus virus corona Covid-19 yang sudah dikonfirmasi di Liga Premier meningkat menjadi 19.

Sebanyak 2.250 pemain dan staf klub sudah diuji antara 22 Juni dan 28 Juni. Demikian pengumuman operator liga, Senin (29/6/2020).

Ini berarti ada 19 hasil positif dari 14.307 tes yang sudah dilakukan sejak 17 Mei.

Namun, promotor Liga Premier tidak mengungkapkan klub atau nama individu yang diketahui telah terjangkit Covid-19.

Jadwal

Seperti diketahui, kompetisi papan atas Inggris kembali bergulir pada 17 Juni, setelah dihentikan sementara selama tiga bulan di tengah pandemi Corona.

Musim Liga Premier rencananya akan berakhir pada 26 Juli, dengan final Piala FA dijadwalkan berlangsung pada 1 Agustus.

Pencegahan

Sebelumnya, FA dan promotor Liga Inggris sudah melakukan beberapa cara untuk penanggulangan virus corona covid-19.

Langkah penting yang mereka lakukan untuk mencegah virus corona di Liga Inggris adalah tes covid-19 hingga melakukannya sebanyak enam kali.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

APBN jadi Kunci Pemerintah Merespons Pandemi Covid-19

Posted: 29 Jun 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Krisis yang terjadi karena pandemi Covid-19 saat ini, dipandang sangat berbeda dengan krisis sebelumnya, yakni krisis keuangan Asia pada 1998 maupun krisis keuangan global pada 2008. Dalam masa yang penuh ketidakpastian ini, pemerintah memiliki peran sangat penting karena hampir semua sektor publik hingga swasta terkena imbas Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati saat menjadi salah satu panelis dalam acara Toronto Centre Live Webinar dengan tema "Post Covid-19 Crisis: Implications for Financial Stability, Financial Inclusion, Gender Equality and International Development, pada Senin kemarin.

"Krisis kali ini berbeda sekali karena kita harus melindungi manusia dan perekonomiannya sekaligus. Untuk membendung penyebaran virus, kita harus membatasi pergerakan manusia. Itu salah satu shock besar karena tidak pernah terjadi sebelumnya, jadi kita harus memikirkan dua sampai tiga langkah ke depan. Inilah mengapa Pemerintah berperan sangat penting," kata Sri Mulyani seperti dikutip pada Selasa (30/6/2020).

"Pemerintah langsung merespons dengan cepat yaitu dengan melakukan penyesuaian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)," sambungnya.

Di Indonesia, pandemi Covid-19 ini memukul perekonomian masyarakat secara luas, termasuk rumah tangga dan pelaku usaha. Selain perlindungan sosial, dukungan bagi pelaku usaha, khususnya UMKM sangat penting.

Salah satu langkah penting adalah restrukturisasi kredit UMKM, dibarengi dengan subsidi bunga dan memberikan kemudahan untuk mendapatkan kredit modal kerja baik melalui penempatan dana murah pada perbankan maupun penjaminan kredit.

Menurut Sri Mulyani  banyak pelaku UMKM adalah wanita, sehingga dukungan ini juga sekaligus berdampak pada inklusi keuangan dan kesetaraan gender yang menjadi topik webinar ini.

"Satu hal yang berbeda pada krisis kali ini adalah adanya pembatasan sosial, dan beruntung kita punya teknologi sehingga banyak transaksi dilakukan secara online. Banyak orang beralih menggunakan transaksi dengan teknologi digital. Hal ini mengakselerasi penggunaan teknologi yang (selanjutnya) mentransformasi ekonomi ke digital," kata dia.

 

Pendalaman Pasar

Menteri Keuangan Sri Mulyani saat konferensi pers APBN KiTa Edisi Feb 2019 di Jakarta, Rabu (20/2). Kemenkeu mencatat defisit APBN pada Januari 2019 mencapai Rp45,8 triliun atau 0,28 persen dari PDB. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Menteri Keuangan Sri Mulyani saat konferensi pers APBN KiTa Edisi Feb 2019 di Jakarta, Rabu (20/2). Kemenkeu mencatat defisit APBN pada Januari 2019 mencapai Rp45,8 triliun atau 0,28 persen dari PDB. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Di tengah pandemi yang menyebabkan gejolak pasar keuangan, lanjut Menkeu, pendalaman pasar dan mengandalkan pembiayaan domestik menjadi sangat penting. Di Indonesia, peningkatan defisit terjadi secara dramatis menjadi di atas 6 peraen

"Kami pertama melihat sumber pembiayaan yang kita miliki sendiri. Selanjutnya Pemerintah juga memanfaatkan pasar surat berharga dalam negeri. Di samping itu, dimungkinkannya bank sentral untuk membeli dan berpartisipasi di pasar primer juga menjadi satu hal kritikal. Terakhir, peran lembaga keuangan multilateral dan bilateral juga sangat penting dalam memberikan pinjaman dengan bunga yang rendah," bebernya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4.308 Warga Ikut SIM Gratis, Kejar Hadiah Handphone sampai Sepeda

Posted: 29 Jun 2020 09:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 4.308 warga yang lahir tanggal 1 Juli akan mengikuti program Surat Izin Mengemudi (SIM) gratis bertepatan dengan Hari Bhayangkara ke-74.

Kebijakan SIM gratis ini tertuang dalam Surat Telegram Rahasia (TR) Kapolri Jenderal Idham Azis bernomor ST/1671/VI/YAN.1.1./2020 tanggal 12 Juni 2020 yang ditandatangani oleh Kakorlantas Irjen Pol Istiono. 

Dalam telegram itu disebutkan pelayanan penerbitan SIM di Satpas setiap wilayah di seluruh Indonesia diminta untuk memberikan pelayanan khusus dalam rangka Hari Bhayangkara ke-74.

Dalam pembuatan SIM gratis, masyarakat tidak akan dikenai biaya pembuatan SIM atau Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

"Pemberian pelayanan bebas biaya pembuatan SIM ini hanya untuk warga yang lahir di tanggal 1 Juli atau bertepatan dengan Hari Bhayangkara," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono ketika dikonfirmasi, Selasa (30/6/2020).

Sementara itu, Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirregident) Korlantas Polri Brigjen Pol Yusuf mengatakan, layanan SIM gratis ini hanya untuk SIM A dan SIM C. Syaratnya membawa e-KTP asli dan fotokopi, lulus tes kesehatan, lulus ujian teori dan praktik, serta membawa SIM asli untuk proses perpanjangan.

"Sampai saat ini jumlah warga yang sudah mendaftar program SIM gratis ini sebanyak 4.308 orang di seluruh Indonesia," kata Yusuf.

Seluruh satpas di lingkungan polres bersiap menjalankan program tersebut. Seperti yang dilakukan Polres Kobar, Kalimantan Tengah. Satuan Lalu Lintas Polres Kobar menyiapkan doorprize menarik berupa dua unit handphone bagi pendaftar SIM gratis.

"Untuk masyarakat yang telah mendaftar dan mengikuti program layanan SIM Gratis dan telah memenuhi syarat akan kami berikan doorprize berupa handphone, bagi pendaftar yang beruntung," kata Kasatlantas Polres Kobar AKP Marsono.

Pihaknya berharap dengan adanya pelayanan dan doorprize ini lebih banyak menarik minat masyarakat agar selalu tertib dalam berlalu lintas dijalan raya.

"Ayok tertib berlalu lintas dimulai dengan melengkapi surat menyurat kendaraan dan pengguna," ujarnya.

Polres Pandeglang, Banten juga menyiapkan undian berhadiah menarik berupa sepeda. Jika tidak beruntung, pemohon SIM yang sudah terdaftar mendapatkan souvenir menarik.

"Mereka langsung mengambil kertas undian di tempat yang sudah kami sediakan, jadi setelah membuat SIM baru mereka langsung mengambil kertas tadi. Jika kurang beruntung tetap mendapatkan souvenir," kata Kasatlantas Polres Pandeglang Iptu Riska Tri Arditia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Hal soal Vonis 7 Tahun Penjara untuk Mantan Menpora Imam Nahrawi

Posted: 29 Jun 2020 09:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Sidang vonis di Pengadilan Tipikor Jakarta untuk mantan Menteri Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi digelar Senin, 29 Juni 2020. Ketua majelis hakim di Pengadilan Tipikor Jakarta mengetuk vonis 7 tahun penjara untuk Imam Nahrawi.

Hakim menilai, Imam Nahrawi terbukti bersalah karena melakukan praktek korupsi suap dan grartifikasi.

"Menyatakan terdakwa Imam Nahrawi telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan beberapa tindak pidana korupsi secara bersama-sama. Dan menjatuhkan pidana terhadap terdakwa berupa pidana penjara selama 7 tahun penjara," ujar Ketua Majelis Hakim di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Jalan Bungur Besar Raya, Senin, 29 Juni 2020.

Rupanya, Imam Nahrawi tak hanya mendapatkan hukuman 7 tahun penjara. Ketua Majelis Hakim juga mencabut hak politiknya selama 4 tahun.

7 Tahun Penjara dan Denda

Ketua majelis hakim di Pengadilan Tipikor Jakarta, mengetuk palu vonis 7 tahun penjara terhadap Eks Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi.

Hakim menilai, Imam terbukti bersalah melakukan praktek korupsi suap dan grartifikasi.

"Menyatakan terdakwa Imam Nahrawi telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan beberapa tindak pidana korupsi secara bersama-sama," kata Ketua Majelis Hakim di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Jalan Bungur Besar Raya, Jakpus, Senin, 29 Juni 2020.

"Dan menjatuhkan pidana terhadap terdakwa berupa pidana penjara selama 7 tahun penjara," tok! bunyi palu hakim.

Selain pidana bui, Imam Nahrawi juga didenda sebesar Rp 400 juta, subsider 3 bulan kurungan.

Hak Politik Dicabut

Mantan Menpora Imam Nahrawi usai menjalani sidang dakwaan kasus suap dana hibah KONI di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Jumat (14/2/2020). Imam didakwa menerima suap sebesar Rp 11,5 miliar dari mantan Sekjen KONI Ending Fuad Hamidy dan mantan Bendahara KONI Johnny E Awuy. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Mantan Menpora Imam Nahrawi usai menjalani sidang dakwaan kasus suap dana hibah KONI di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Jumat (14/2/2020). Imam didakwa menerima suap sebesar Rp 11,5 miliar dari mantan Sekjen KONI Ending Fuad Hamidy dan mantan Bendahara KONI Johnny E Awuy. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Usai menjatuhkan vonis 7 tahun penjara, Ketua Majelis Hakim di Pengadilan Tipikor Jakarta, juga mencabut hak politik Eks Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, selama 4 tahun.

"Menjatuhkan pidana tambahan berupa pencabutan hak untuk dipilih dalam jabatan publik selama 4 tahun yang setelah terdakwa selesai menjalani pidana pokok," kata Ketua Majelis Hakim.

Ganti Rugi Kerugian Negara  

Selain vonis tersebut, vonis ganti rugi terhadap kerugian negara disebabkan tindak korupsi Imam juga lebih ringan daripada tuntutan Jaksa KPK, yakni senilai Rp 18,1 M dan wajib dibayarkan dalam kurun satu bulan sejak putusan berkekuatan hukum tetap.

"Menjatuhkan pidana tambahan kepada terdakwa Imam Nahrawi untuk membayar uang pengganti kepada negara sejumlah Rp ‪18.154.230.882‬. Dalam hal terpidana tidak punya harta yang cukup untuk membayar uang pengganti, terdakwa dipidana penjara selama 2 tahun," jelas ketua majelis hakim.

Vonis Lebih Rendah dari Tuntutan  

Ekspresi mantan Menpora Imam Nahrawi usai menjalani sidang dakwaan kasus suap dana hibah KONI di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Jumat (14/2/2020). Imam didakwa menerima suap sebagai pemulus pencairan dana hibah pemerintah terhadap KONI. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Ekspresi mantan Menpora Imam Nahrawi usai menjalani sidang dakwaan kasus suap dana hibah KONI di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Jumat (14/2/2020). Imam didakwa menerima suap sebagai pemulus pencairan dana hibah pemerintah terhadap KONI. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Jaksa KPK Budhi Sarumpaet menjelaskan, terdakwa Imam Nahrawi dituntut 10 tahun penjara, denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan, dan pencabutan hak politik terdakwa selama lima tahun.

"Terdakwa terbukti menerima suap dan gratifikasi," jelas Budhi.

Selain itu, lanjut Budhi, terdakwa juga dituntut membayar uang pengganti sebesar Rp 19,1 M dalam waktu satu bulan.

Jika tidak, KPK akan menyita harta benda Imam Nahrawi dan dilelang untuk menutupi uang tersebut, ditambah hukuman pidana penjara selama 3 tahun.

 Imam Nahrawi Angkat Bicara

Imam Nahrawi bersyukur usai divonis 7 tahun penjara. Kepada majelis hakim, Imam meminta kepada pihak berwenang untuk terus mendalami aliran dana Rp 11 miliar yang namanya masuk dalam BAP.

"Terima kasih majelis hakim yang mulia. Kami sudah mendengarkan segala perrtimbangan dan putusan. Kami memohon izin yang mulia tetap melanjutkan pengusutan aliran dana Rp 11 M dari KONI ke pihak yang nyatanya tertera di BAP yang tak diungkap dalam forum mulia ini," kata Imam.

Imam Nahrawi melanjutkan, semua hal dalam persidangan yang menempatkan dirinya sebagai terdakwa, agar dapat didengar dan dibongkar KPK dan juga dapat ditelusuri awak media kebenarannya.

"Kami mohon izin kepada yang mulia untuk menindaklanjuti. Hari ini KPK mendengar, dan wartawan juga. Fakta hukum sudah pernah terungkap kami mohon tidak didiamkan," pinta Imam.

Desakan Imam untuk membongkar dana Rp 11 miliar tersebut dikarenakan dirinya tidak menerima sama sekali uang tersebut.

"Karena saya demi Allah dan demi Rasulullah, saya tidak menerima itu," tegas Imam Nahrawi.

Terkait upaya banding, Imam mengaku ingin merenung sejenak meminta pentunjuk-Nya.

"Beri kesempatan saya melakukan perenungan, sekaligus pendalaman sesuai fakta persidangan. Tentu saya harus beristighfar kepada Allah untuk mendapat pertolongan Allah," ujar Imam.

Terakhir Imam berjanji akan terus mengingat seluruh rangkaian kasus yang mencoreng nama baiknya.

Dia pun bertekad untuk membongkar dalang sesungguhnya dari aliran dana hibah KONI Rp 11 M tersebut.

"Kami tidak pernah lupakan apa yang terjadi, ini pelajaran saya dan keluarga untuk jaga kehormatan. Kami akan berusaha keras Rp 11 miliar dana KONI bisa kita bongkar bersama. Rakyat menyaksikan pernyataan saya sebagai terdakwa, silakan membuat tipu daya. Allah akan membalas tipu daya setiap manusia. Allah sebaik-baik pembalas tipu daya," Imam memungkasi.

Latar Belakang Kasus

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi (rompi oranye) tiba di gedung KPK untuk menjalani pemeriksaan perdana pascapenahanan, Jakarta, Selasa (15/10/2019). Imam Nahrawi sebagai saksi dalam kasus suap dana hibah pemerintah melalui Kemenpora kepada KONI. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi (rompi oranye) tiba di gedung KPK untuk menjalani pemeriksaan perdana pascapenahanan, Jakarta, Selasa (15/10/2019). Imam Nahrawi sebagai saksi dalam kasus suap dana hibah pemerintah melalui Kemenpora kepada KONI. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Diketahui, eks Menpora Imam diduga melakukan praktek korupsi dengan menerima suap Rp 11,5 M bersama asistennya, Miftahul Ulum. Suap itu dimaksud untuk mempercepat proses dana hibah KONI tahun 2018.

Selain suap, masih bersama Miftahul Ulum, Imam juga diduga menerima gratifikasi Rp 8,64 M. Uang ini didapat mereka dari berbagai sumber.

Dalam kasus ini, Ulum diketahui berperan sebagai perantara antara Imam dengan pemberi.

Akibatnya, Ulum juga dijearat KPK. Ulum disidangkan terpisah dan telah dijatuhi vonis 4 tahun penjara, denda Rp 200 juta subsider 6 bulan kurungan.

(Devira Prastiwi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nycta Gina Shock Suhu Badan Anak Pertamanya 40,4 Derajat Celcius

Posted: 29 Jun 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Meski Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai dilonggarkan, namun pandemi Corona Covid-19 belum juga pergi. Tak sedikit masyarakat yang masih menjaga kesehatan termasuk Nycta Gina.

Apalagi Nycta Gina memiliki dua anak yang masih kecil. Bila ia sakit, bakal kerepotan mengurus mereka.

Namun, justru kebalikan. Belum lama ini putra pertama Nycta Gina yang jatuh sakit.

 

40,4 Derajat Celcius

Nycta Gina (Foto: Instagram/@missnyctagina)
Nycta Gina (Foto: Instagram/@missnyctagina)

Bahkan suhu badan Uta, sampai 40,4 derajat. Hal itu diungkapkan Nycta Gina di akun Instagram terverifikasi miliknya, Senin (29/6/2020).

"Alhamdulillah anak ganteng ibun udh sembuh... kemaren ga ada angin ga ada ujan tiba2 demam... diukur 40,4 derajat...," tulisnya.

 

Shock

Nycta Gina (Foto: Instagram/@missnyctagina)
Nycta Gina (Foto: Instagram/@missnyctagina)

Mengetahui suhu anak yang cukup tinggi, membuat Nycta Gina shock. "syoookk bgt emaknya...," tambahnya.

 

Hilang

Istri Rizky Kinos ini senang melihat perubahaan pada putranya itu.

"Eeeh tau2 hari ini udah aja gt alhamdulillah ilang demamnya," imbuhnya.

 

Dibawa ke Dokter

Nycta belum sempat membawa putra pertamanya ke dokter. Ia bersyukur dengan kesembuhan Uta.

"Pdhal tdnya mau dibawa ke dokter🙈 knp lah kamu mayuta," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ungkap Keinginan Cerai, Ini 6 Potret Angga Wijaya Suami Dewi Perssik

Posted: 29 Jun 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kehidupan rumah tangga pedangdut Dewi Perssik dan Angga Wijaya menjadi sorotan publik. Pasalnya wanita asal Jember itu mengungkapkan ingin bercerai dengan suaminya. Hal itu terbongkar ketika Dewi Perssik dihipnotis oleh Denny Darko di sebuah tayangan YouTube bertajuk "Depe Jujur Ingin Cerai!!!", Selasa (23/6/2020). Saat menghipnotis, Denny terus bertanya kepada Dewi mengenai rumah tangganya.

Siapa sangka jika pedangdut sekaligus pesinetron ini ternyata memiliki keinginan bercerai dengan sang suami, Angga Wijaya. Padahal sebelum dihipnotis oleh Denny, Dewi mengatakan bahwa ia sangat harmonis dan sang suami sangat mendukungnya. Ia juga menyebut bahwa Angga adalah suami yang kurang bertanggung jawab kepada istrinya.

Megenai hal tersebut, Angga Wijaya sendiri memang membenarkan. Sebagai suami, Angga juga sangat malu ketika semua kebutuhan rumah tangga dipenuhi oleh sang istri bukan dirinya. Suaminya pun merasa takut dan khawatir saat mendengar keinginan wanita yang akrab disapa Depe ini untuk bercerai. Akhirnya Angga meminta maaf pada Dewi Perssik karena hanya bisa menjadi beban.

Kemudian sebagai penebusan, ia meminta waktu kepada istrinya itu untuk berubah. Terlepas dari itu, sosok Angga Wijaya tentunya sudah tak asing lagi di kalangan masyarakat. Angga sendiri merupakan manajer dari Dewi Perssik. Tak heran jika ia selalu bersama wanita 34 tahun itu di berbagai kesempatan. Berikut potret Angga Wijaya suami Dewi Perssik dirangkum Liputan.com dari berbagai sumber, Selasa (30/6/2020).

1. Angga Wijaya merupakan suami sekaligus manajer Dewi Perssik.

Angga Wijaya (Sumber: Instagram/@anggawijaya88)
Angga Wijaya (Sumber: Instagram/@anggawijaya88)

2. Sebelum menjadi manajer, diketahui kalau suami Dewi Perssik ini pernah membintangi beberapa sinetron.

Angga Wijaya (Sumber: Instagram/@anggawijaya88)
Angga Wijaya (Sumber: Instagram/@anggawijaya88)

3. Angga atau yang akrab disapa Aang ini merupakan seorang pria berdarah Palembang.

Angga Wijaya (Sumber: Instagram/@anggawijaya88)
Angga Wijaya (Sumber: Instagram/@anggawijaya88)

4. Angga dan Depe sendiri terpaut usia dua tahun. Meski usia Angga dua tahun lebih muda, namun hal tersebut tidak menjadi masalah bagi keduanya.

Angga Wijaya (Sumber: Instagram/@anggawijaya88)
Angga Wijaya (Sumber: Instagram/@anggawijaya88)

5. Melaui akun Instagramnya, ternyata Angga punya hobi naik Motor Gede (Moge).

Angga Wijaya (Sumber: Instagram/@anggawijaya88)
Angga Wijaya (Sumber: Instagram/@anggawijaya88)

6. Angga Wijaya ternyata juga sangat dekat dengan anak angkat Dewi Perssik.

Angga Wijaya (Sumber: Instagram/@anggawijaya88)
Angga Wijaya (Sumber: Instagram/@anggawijaya88)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Tangkap Pria yang Diduga Bakar Mobil Via Vallen

Posted: 29 Jun 2020 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Sidoarjo - Seorang laki-laki yang diduga pembakar mobil mewah pedangdut Via Vallen ditangkap polisi. Hal itu dibenarkan oleh Kasat Reskrim Polres Sidoarjo AKP Ambuka Yudha Hardi Putra.

"Iya benar, sudah diamankan satu orang, terduga pelaku pembakaran," ujar Ambuka, Selasa (30/6/2020).

Namun, dia masih belum bisa membuka identitas maupun motif terduga pembakar mobil Alphard Via Vallen. Sebab, lanjut dia, penyidik masih menggali keterangan dari yang bersangkutan.

"Masih didalami (motif pembakaran). Yang jelas saat ini kita juga masih mencari keterangan dari saksi lainnya," ucap Ambuka.

Sebelumnya, pedangdut Via Vallen melalui instastory akun Instagramnya @viavallen mengunggah video mobil mewahnya terbakar. Mobil putih itu terparkir di samping rumahnya saat terbakar.

Via Vallen menduga mobilnya dibakar oleh seseorang tak dikenal sekitar pukul 03.00 WIB. Kobaran api membakar bodi atas mobil tersebut.

 

Panik

Pada video juga terdapat suara Via Vallen yang terdengar panik, lantaran api yang membakar mobilnya kian membesar. Apalagi, pemadam kebakaran yang sudah dihubungi, tak kunjung datang.

"Tolong pemadam kebakaran di daerah Sidoarjo tolong cepet ke Tanggulangin. Tafi sudah di telepon tapi nggak kesini-sini. Itu ada kebakaran di samping rumah. Kalau nggak segera dipadamin takutnya kena ke sebelah-sebelah rumah," ujar suara dalam video.

"Ini pemadam kebakaran tolong cepat ke sini po'o. Aku takut nyebar ke rumah dan ke tetangga sebelah juga. Ini katae tadi ada yang bakar. Awas kamu yang bakar tak laporin ke polisi," tambah Via Vallen.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waduh, Banyak Penduduk Tokyo Tolak Olimpiade Digelar 2021

Posted: 29 Jun 2020 09:35 PM PDT

Tokyo- Hasil polling terbaru menunjukkan lebih dari setengah warga Tokyo berpendapat Olimpiade 2020 yang tertunda tidak harus digelar tahun depan. Bahkan, mereka mendukung jika ajang empat tahunan itu ditunda lebih jauh atau langsung dibatalkan karena kecemasan akan virus corona covid-19.

Seperti dilansir AFP, Senin (29/6/2020), survei itu dilakukan oleh dua organisasi berita Jepang. Mereka hanya menggunakan poin data tunggal. 

Jajak pendapat yang dilakukan selama akhir pekan itu menemukan 51,7 persen responden mengharapkan Olimpiade pada 2021 ditunda lagi atau dibatalkan, sementara 46,3 persen ingin Olimpiade yang dijadwal ulang dilanjutkan.

Di antara yang menentang Olimpiade 2021, 27,7 persen mengatakan ingin dibatalkan semuanya, sementara 24,0 persen memilih penundaan kedua.

Menurut Antara, jajak pendapat melalui telepon, yang dilakukan oleh Kyodo News dan televisi Tokyo MX antara 26-28 Juni itu, menerima 1.030 balasan.

Di antara mereka yang mengatakan ingin menyaksikan Olimpiade digelar tahun depan, 31,1 persen mengatakan event tersebut harus dalam bentuk dipertimbangkan ulang, termasuk tanpa penonton. Sementara 15,2 persen mengatakan mereka ingin melihat Olimpiade yang lengkap.

Penundaan Olimpiade 2020 diumumkan pada Maret lalu karena penyebaran virus corona di seluruh dunia. Olimpiade dijadwalkan akan dimulai pada 23 Juli 2021, meskipun masih akan dilabeli sebagai Olimpiade Tokyo 2020.

 

Tidak Mungkin Ditunda Lagi

Seorang pria mengenakan masker pelindung berjalan di terowongan sebuah stasiun metro di Tokyo, Jepang, 11 Maret 2020. Pandemi virus corona COVID-19 membuat Jepang dilema untuk tetap menggelar Olimpiade 2020. (Photo by Philip FONG/AFP)
Seorang pria mengenakan masker pelindung berjalan di terowongan sebuah stasiun metro di Tokyo, Jepang, 11 Maret 2020. Pandemi virus corona COVID-19 membuat Jepang dilema untuk tetap menggelar Olimpiade 2020. (Photo by Philip FONG/AFP)

Para pejabat dari Jepang dan Komite Olimpiade Internasional telah mengingatkan Olimpiade tidak mungkin ditunda lagi. Bahkan penundaan selama setahun telah menimbulkan kepusingan finansial dan logistik yang signifikan.

Jajak pendapat tersebut dilakukan menjelang pemilihan gubernur Tokyo pada 5 Juli, juga mendapati petahana Yuriko Koike memimpin atas lawannya "dengan selisih yang besar".

Keunggulan persisnya tidak dirinci, untuk mempertahankan tradisi media yang tidak mempublikasikan angka polling pada hari-hari menjelang pemilihan.

Koike telah banyak terlibat dalam persiapan Olimpiade, hadir di Rio untuk upacara serah terima setelah Olimpiade musim panas yang lalu.

Pada awal bulan ini ia mengatakan kepada AFP bahwa Olimpiade yang dijadwal ulang akan aman walaupun ada pandemi virus corona. Ia menjanjikan upaya 120 persen untuk memastikan Olimpiade yang untuk pertama kalinya ditunda itu bisa berlangsung.

Sumber: Antara 

Disadur dari Bola.com (penulis Yus Mei, Published 30/6/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Genap Berusia 26 Tahun, Ini 6 Potret Perayaan Ulang Tahun Nikita Willy

Posted: 29 Jun 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Industri hiburan Tanah Air memang kerap mencuri perhatian publik. Momen bahagia selebriti kerap dibagikan kepada khalayak dan diunggah di akun media sosial. Nikita Willy baru saja merayakan hari ulang tahunnya yang ke-26 pada 29 Juni 2020 lalu.

Nama Nikita Willy tentu sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Artis sudah terjun ke industri hiburan sejak tahun 2000 ini sudah malang melintang di industri hiburan Tanah Air. Nama kakak Winona Willy ini sudah membintangi sejumlah judul sinetron hingga FTV. Artis berusia 26 tahun ini juga terjun ke dunia tarik suara dan sudah merilis beberapa single lagu.

Dalam akun Instagram miliknya, baru-baru ini artis kelahiran 1994 ini mengunggah momen perayaan ulang tahunnya yang ke-26 tahun. Keluarga dan kerabat pemeran Amira di sinetron Putri Yang Ditukar ikut memeriahkan perayaan ulang tahun sulung dari dua bersaudara ini.

Para penggemar hingga kerabat selebriti pun ramai membubuhkan ucapan sekamat dan doa ulang tahun untuk aktris sekaligus penyanyi ini. Walaupun perayaannya sederhana, aura kebahagiaan tak henti dipancarkan artis pemilik nama lengkap Nikita Purnama Willy ini.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang 6 momen perayaan ulang tahun Nikita Willy yang ke-26 tahun, Selasa (30/6/2020).

1. Pada 29 Juni 2020, Nikita Willy genap berusia 26 tahun. Kejutan pun berdatangan dari kerabat hingga penggemarnya.

Momen Perayaan Ulang Tahun Nikita Willy. (Sumber: Instagram.com/nikilovers_)
Momen Perayaan Ulang Tahun Nikita Willy. (Sumber: Instagram.com/nikilovers_)

2. Rona kebahagiaan tak henti dipancarkan pemeran Aulia dalam sinetron Cinta Buta ini di usianya yang baru ini.

Momen Perayaan Ulang Tahun Nikita Willy. (Sumber: Instagram.com/nikitawillyofficial94)
Momen Perayaan Ulang Tahun Nikita Willy. (Sumber: Instagram.com/nikitawillyofficial94)

3. Dalam akun Instagramnya, artis kelahiran 1994 ini pun menuliskan caption sederhana namun memiliki makna yang cukup dalam.

Momen Perayaan Ulang Tahun Nikita Willy. (Sumber: Instagram.com/nikitawillyofficial94)
Momen Perayaan Ulang Tahun Nikita Willy. (Sumber: Instagram.com/nikitawillyofficial94)

4. Walaupun sederhana, namun perayaan ulang tahun artis berusia 26 tahun tetap seru dan penuh kebahagiaan.

Momen Perayaan Ulang Tahun Nikita Willy. (Sumber: Instagram.com/miss.put)
Momen Perayaan Ulang Tahun Nikita Willy. (Sumber: Instagram.com/miss.put)

5. Para kerabat dan penggemar pun mengunggah potret kebersamaan bersama sulung dari dua bersaudara ini.

Momen Perayaan Ulang Tahun Nikita Willy. (Sumber: Instagram.com/chachathaib)
Momen Perayaan Ulang Tahun Nikita Willy. (Sumber: Instagram.com/chachathaib)

6. Tak sedikit juga para selebriti yang mengucapkan selamat dan doa di kolom komentar Nikita Willy.

Momen Perayaan Ulang Tahun Nikita Willy. (Sumber: Instagram.com/fansstars_nikita_willy)
Momen Perayaan Ulang Tahun Nikita Willy. (Sumber: Instagram.com/fansstars_nikita_willy)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Maju Pilgub Kalsel, Denny Indrayana Klaim Didukung Prabowo dan SBY

Posted: 29 Jun 2020 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mendukung Mantan Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana sebagai Calon Gubernur Kalimantan Selatan. Dukungan itu diberikan setelah Denny bertemu Prabowo di kediaman Kertanegara, Jakarta, Senin (29/6/2020) malam.

"Alhamdulillah, tadi malam memang bertemu dengan Pak Menhan, yang juga Ketum Gerindra di kediaman. Saya dipanggil Pak Prabowo, dan meminta izin Ketua DPD Gerindra Kalsel Haji Abidin, untuk hadir ke kediaman Kertanegara," kata Denny lewat keterangannya, Selasa (30/6/2020).

"Kita dukung Denny. Beliau bantu kita di Pilpres, jadi sekarang wajar kita bantu di Pilgub Kalsel," tambah Denny menirukan ucapan Prabowo.

Selain dukungan Prabowo dan Gerindra,  Denny Indrayana juga mendapatkan dukungan dari partai Demokrat setengah Minggu lalu dirinya bertemu dengan Ketum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Dengan begitu, ia tinggal memastikan pendaftaran ke KPU sebagai calon gubernur.

"Demokrat mendukung penuh Prof Denny sebagai Cagub Kalsel. Dengan kapasistas dan integritas Beliau, Insya Allah kami memenangkan Pilgub Kalsel 2020," kata Denny menirukan ucapan AHY.

Denny menambahkan, dukungan penuh AHY itu makin ditegaskan dengan pertemuannya dengan Presiden Ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono pada minggu sore (28/6). Dia bilang, dalam pertemuan itu SBY sambil tersenyum mendoakannya menang Pilgub Kalsel.

"Selamat berjuang di Kalsel, insya Allah menang," kata Denny lagi menirukan SBY.

Penuhi Syarat Pencalonan

Denny melanjutkan, gabungan 8 kursi Gerindra dan 3 kursi Demokrat sudah memenuhi syarat untuk maju sebagai Cagub Kalsel 2020. Dengan total 55 kursi DPRD Provinsi Kalsel, maka 11 kursi Gerindra-Demokrat sudah memenuhi syarat minimal 20% kursi pencalonan.

Namun, dirinya terus berkeliling dan memastikan mendapatkan dukungan partai lainnya. Denny tidak mau mengungkapkan partai mana saja yang telah ditemuinya.

"Saya terus membangun komunikasi dengan partai lain untuk berkoalisi. Insya Allah dalam waktu dekat partai koalisi kami akan mendeklarasikan dukungannya. Bismillah, dengan izin Allah, insya Allah menang," ucap Denny. 

Reporter: M Genantan

Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rhoma Irama Manggung di Bogor, Tak Enak Hati hingga Segera Dipanggil Polisi

Posted: 29 Jun 2020 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Raja dangdut Rhoma Irama menyita perhatian masyarakat lantaran Rhoma manggung pada Minggu, 28 Juni 2020 di Bogor, Jawa Barat.

Kenekatan Rhoma Irama untuk tetap manggung menuai kontroversi karena saat ini Indonesia masih berjuang melawan pandemi Corona.

Rhoma Irama pun angkat bicara. Ia memberikan klarifikasi usai tampil dalam acara khitanan salah satu rekannya pada Minggu, 28 Juni 2020 di Desa Cibunian, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Rhoma menjelaskan, sebenarnya telah membatalkan tawaran bernyanyi bersama grupnya, Soneta dalam acara itu.

"Kami sepakati tidak ada Soneta. Tuan rumah menyatakan kepada saya bahwa sudah ada pelonggaran dari Kapolri dan Gubernur Jawa Barat maka tetap melaksanakan hajatan itu. Cuman saya bilang, Soneta tidak bisa tampil sebelum betul-betul (selesai) PSBB murni, gitu," tutur Rhoma Irama, saat dihubungi melalui telepon, Senin, 29 Juni 2020.

Menerima keputusan Rhoma, rekannya tetap mengundang Rhoma Irama sebagai tamu. Rhoma akhirnya memenuhi undangan ini.

Meski sudah memberikan klarifikasi, Polres Bogor segera memanggil dan memproses hukum Rhoma Irama.

Berikut 3 hal usai Rhoma Irama dikabarkan melakukan pementasan di Bogor dihimpun Liputan6.com:

 

Tak Enak Hati

Pedangdut Rhoma Irama saat tampil dalam acara Indonesian Dangdut Awards 2018 di Studio 5 Indosiar, Jakarta, Jumat (12/10). Rhoma Irama membawakan lagu Euphoria dan Musik. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Pedangdut Rhoma Irama saat tampil dalam acara Indonesian Dangdut Awards 2018 di Studio 5 Indosiar, Jakarta, Jumat (12/10). Rhoma Irama membawakan lagu Euphoria dan Musik. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Rhoma Irama memberi klarifikasi. Ia menjelaskan, sebenarnya, telah membatalkan tawaran bernyanyi bersama grupnya, Soneta, dalam acara itu.

"Kami sepakati tidak ada Soneta. Tuan rumah menyatakan kepada saya bahwa sudah ada pelonggaran dari Kapolri dan Gubernur Jawa Barat maka tetap melaksanakan hajatan itu," tutur Rhoma Irama, saat dihubungi melalui telepon, Senin, 29 Juni 2020.

"Cuman saya bilang, Soneta tidak bisa tampil sebelum betul-betul (selesai) PSBB murni, gitu," sambung ayah Ridho Rhoma tersebut.

Menerima keputusan Rhoma, rekannya akhirnya tetap mengundang Rhoma Irama sebagai tamu. Sang Raja Dangdut pun akhirnya memenuhi undangan ini.

"Terus 'Kalau gitu bang Haji kondangan aja deh'. Saya pun kondangan jadi sampai di sana saya lihat orang banyak dan beberapa artis ibu kota tampil, ada musiknya," kata Rhoma.

Sesampainya di sana, dia diminta untuk memberikan ceramah kepada tamu undangan. Pedangdut 73 tahun ini menyanggupi permintaan itu.

"Istilahnya menyumbangkan lagu atau tausiyah gitu. Maka tuan rumah minta, kan khitanan tuh, berikan tausyiah. Maka saya sampaikan tausiyah singkat," papar Rhoma.

Setelah memberi tausiyah, tamu undangan langsung memintanya bernyanyi. Tak enak hati menolak, ia pun menyumbang beberapa buah lagu tanpa Soneta.

"Saya pun nyanyi, itu aja sih. Dan saya selama di sana di dampingi oleh aparat, selama di lokasi di dampingi aparat maupun di ruang tunggu, ruang tamu sampe dikawal pentas," tutup Rhoma.

 

Segera Diproses Hukum

Ketum Partai Idaman, Rhoma Irama saat tampil menghibur pendukung selama kampanye akbar Partai Amanat Nasional (PAN) di Sawangan, Depok, Kamis (27/3). Partai Amanat Nasional mengambil tema Doa dan Dendang Kemenangan.  (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Ketum Partai Idaman, Rhoma Irama saat tampil menghibur pendukung selama kampanye akbar Partai Amanat Nasional (PAN) di Sawangan, Depok, Kamis (27/3). Partai Amanat Nasional mengambil tema Doa dan Dendang Kemenangan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Polres Bogor segera memproses hukum penyanyi legendaris Rhoma Irama setelah tampil di acara khitanan di Kampung Salak, Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor pada Minggu, 28 Juni 2020.

"Ya, semua kami periksa sesegera mungkin," ucap Kapolres Bogor, AKBP Roland Ronaldy di Pendopo Bupati, Cibinong, Kabupaten Bogor, Senin 29 Juni 2020.

Dikutip dari Antara, polisi akan memeriksa para saksi untuk mengetahui pasal-pasal apa saja yang dilanggar pada penampilan Rhoma Irama saat kondangan di Bogor.

"Baik itu penyelanggaranya, atau mungkin dari tamu-tamu yang tadi disampaikan ibu bupati, kita semua akan periksa. Nah nanti setelah itu baru nanti bisa kita tentukan kira-kira mereka melanggar di pasal berapa," kata Roland.

 

Rapid Test Massal akan Dilakukan

Penampilan Rhoma Irama saat konser Happy New Year 2020 di Bundaran HI, Jakarta, Selasa (31/12/2019). Raja Dangdut Rhoma Irama dan Soneta Group menjadi band utama yang mengiringi musik legendarisnya di konser tersebut. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Penampilan Rhoma Irama saat konser Happy New Year 2020 di Bundaran HI, Jakarta, Selasa (31/12/2019). Raja Dangdut Rhoma Irama dan Soneta Group menjadi band utama yang mengiringi musik legendarisnya di konser tersebut. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mengagendakan rapid test atau tes cepat massal setelah Rhoma Irama tampil.

"Rencananya kami akan melaksanakan tes cepat bagi masyarakat sekitar sana dan kami akan mulai pendataan siapa saja yang hadir dan kami akan melakukan pengecekan," kata Bupati Bogor Ade Yasin.

Ia khawatir lokasi acara khitanan di Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, akan menjadi klaster penularan Covid-19 setelah menghadirkan Rhoma Irama dan sejumlah penyanyi lainnya dalam sebuah hajatan.

Ade Yasin yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor itu menyatakan, sejak awal pihaknya sudah melarang konser si raja dangdut itu di acara khitanan warga Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan.

"Rhoma Irama sudah mengumumkan tidak akan melaksanakan (konser), kami percaya itu. Kami sebetulnya marah karena Rhoma melanggar komitmennya sendiri," kata Ade Yasin.

Menurut dia, Rhoma Irama maupun warga Bogor yang mengundangnya akan diproses hukum karena sudah melanggar Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 35 Tahun 2020 yang mengatur berbagai macam ruang lingkup, yaitu level kewaspadaan daerah, penetapan pembatasan sosial bersakala besar (PSBB) proporsional secara parsial sesuai kewaspadaan daerah, serta protokol kesehatan dalam rangka adaptasi kebiasaan baru (AKB).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

OPINI: Tetap Siaga di HUT Bhayangkara

Posted: 29 Jun 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tahun ini, tepatnya 1 Juli 2020, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) genap berusia 74 tahun. Berbagai penghargaan, termasuk pula kritik dan saran perbaikan, untuk kinerja Polri telah memompa institusi ini terus meningkatkan pelayanannya terhadap bangsa dan negara. Salah satunya dengan tak pernah lengah dalam memerangi terorisme yang telah menghantui bangsa ini sekian lama.

Sejumlah fakta terkait serangan teror di Indonesia menunjukkan bahwa anggota polri termasuk target serangan, salah satu sebabnya adalah karena polri dianggap sebagai Ansharut Thogut. Sejak Januari 2020 saja, kita mencatat 3 kasus penyerangan terhadap anggota Polri oleh kelompok teroris. Pertama, penembakan dan upaya perampasan senjata api oleh kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) di Poso pada 15 April 2020, disusul dengan penyerangan menggunakan senjata tajam (samurai) terhadap petugas SPKT Mapolsek Daha Selatan, Kalimantan Selatan pada 1 Juni 2020.

Serangan ketiga dilakukan oleh eks narapidana terorisme terhadap anggota polisi di depan pos pendakian Gunung Lawu Cemoro Kandang, si Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu ketika yang bersangkutan akan melaksanakan susur gunung Lawu dalam rangka HUT Bhayangkara ke 74.

Fakta ini menegaskan bahwa terorisme masih menjadi ancaman serius yang harus segera ditanggulangi. Dan untuk melakukan ini, Polri tentu tak bisa sendiri, sinergi dengan institusi lain, termasuk pula dengan masyarakat, harus terus ditingkatkan. Kasus penyerangan terhadap anggota Polri harus dimaknai sebagai perlawanan terhadap negara sebab Polri adalah simbol negara dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Mengamankan HUT Bhayangkara

Dalam "Targeting Blue: Why We Should Study Terrorist Attack on Police" yang terbit di International Police Executive Symposium Working Paper No.45, Jennifer C. Gibbs menjelaskan latar penargetan anggota polisi oleh kelompok teroris. Menurutnya, ada empat alasan kenapa anggota polisi menjadi salah satu target utama teroris, yakni: (1) alasan simbolik; polisi adalah wakil atau bagian dari pemerintah, (2) alasan praksis, polisi memiliki banyak hal yang dibutuhkan oleh teroris (senjata api, informasi, dll) atau karena polisilah yang paling gencar melawan teroris, (3) alasan demonstartif, menyerang polisi adalah bagian dari upaya pamer kekuatan, sekaligus untuk menunjukkan keseriusan mereka dalam melawan negara beserta aparaturnya, (4) karena polisi sangat mudah dijangkau; mereka ada di mana-mana.

Empat alasan di atas bisa jadi hanya terbatas pada polisi, namun bisa juga tidak, anggota institusi lain, termasuk masyarakat sipil, bisa pula menjadi target teroris. Hal ini menjadikan terorisme sebagai ancaman yang perlu terus diwaspadai. Terkait dengan pelaksanaan perayaan HUT Bhayangkara yang telah menjadi agenda rutin tahunan, potensi ancaman terorisme tetap ada, baik menjelang maupun selama perayaan berlangsung. Bukan tak mungkin, gelaran perayaan ini justru menjadi daya tarik bagi kelompok teroris untuk melangsungkan serangan, sebab di kondisi ini, kelompok teroris dapat memanen 4 alasan di atas sekaligus; simbolik, praksis, demonstratif dan aksesibel.

Itu sebabnya, sekali lagi, anggota Polri tak boleh lengah. Perayaan HUT Bhayangkara harus pula disertai dengan peningkatan koordinasi pengamanan, baik dengan personil yang ada di dalam markas maupun yang ada di lapangan. Sebabnya, serangan teror tak hanya bisa dilakukan oleh kelompok teror, tetapi juga oleh para Serigala Tunggal (lone wolf) dan orang-orang dari kelompok tanpa pimpinan (leaderless terror)

 

 

Meredam Dendam

Polri gelar Apel Pasukan Operasi Ketupat 2014 untuk mengamankan jelang dan pasca lebaran di Lapangan Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin, (21/7/14) (Liputan6.com/ Faizal Fanani)
Polri gelar Apel Pasukan Operasi Ketupat 2014 untuk mengamankan jelang dan pasca lebaran di Lapangan Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin, (21/7/14) (Liputan6.com/ Faizal Fanani)

Hal lain yang menempatkan anggota Polri sebagai target serangan teror adalah faktor dendam, terutama kepada anggota satuan Detasemen Khusus (Densus) 88 yang dianggap telah menyakiti pimpinan/amir kelompok mereka. Kebencian terhadap Densus 88 terus digodok dan disebarkan dalam berbagai bentuk propaganda. Salah satunya melalui sebuah artikel berjudul, "Wahai Bidadari Surga, Kupinang Engkau dengan Kepala Densus" yang penuh sesak dengan ajakan untuk bersiap mati demi membalas dendam kepada Densus 88.

Meski begitu, tak mudah untuk melihat peta pergerakan anggota Densus, karenanya serangan balas dendam ini bisa dilakukan secara acak, yakni dengan menyerang anggota polisi tanpa peduli dari satuan mana mereka berasal. Padahal, jika polisi yang diserang bukan elemen terpenting atau terkuat di institusinya, maka serangan ini gagal dalam hal simbolik dan show of force.

Sejak 2010, target serangan teror memang mengalami pergeseran, yakni dengan tidak lagi mengutamakan serangan ke simbol-simbol yang dianggap berkaitan dengan "Barat" seperti hotel, pub, café, dll. Target utama serangan kelompok teroris bukan lagi far enemy atau musuh jauh, tetapi siapa saja yang dianggap menghalangi ilusi mereka, termasuk aparat polisi yang dikategorikan musuh dekat (near enemy).

Pergeseran sasaran ini didasari oleh menguatnya dorongan untuk melakukan jihad fardiyah, yakni jihad yang dilakukan secara mandiri. Para pelaku juga tak selalu memiliki kaitan dengan kelompok teroris tertentu; siapapun yang merasa memiliki ideologi yang sama dengan kelompok teroris memiliki potensi untuk menjadi pelaku teror. Orang-orang ini menganggap pemerintah sebagai thogut lantaran menolak ide-ide brutal mereka. Polisi, yang menjadi aparat keamanan negara, dituding sebagai ansharut taghut atau tentaranya thagut, yang karenanya harus diperangi.

Untuk menyikapi tantangan ini, aparat polisi wajib bertindak cermat, yakni dengan tidak hanya melumpuhkan pelaku penyerangan, tetapi juga mengurai ancaman ini secara cermat, termasuk dengan memadamkan dendam. Masyarakat, utamanya yang belum terpapar radikalisme dan terorisme, harus tahu bahwa pihak polisi bekerja sesuai aturan hukum yang berlaku, karenanya orang-orang yang ditangkap oleh polisi dalam kasus terorisme harus dilihat sebagai pelaku kejahatan, bukan orang-orang yang berjuang demi Tuhan.

HUT Bhayangkara yang ke-74 ini harus disongsong dengan kepala tegap agar terus bisa mengutamakan kesiapsiagaan. Terorisme harus dilawan hingga ke akar-akarnya, sebab keamanan dan ketertiban masyarakat adalah yang utama.

 

AKBP Dr. Didik Novi Rahmanto M.H., Kasatgaswil Gorontalo Densus 88/Antiteror  Polri

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Redmi 8 Kini Cicipi Android 10

Posted: 29 Jun 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi terus merilis OS Android 10 untuk berbagai smartphone miliknya. Kali ini yang bisa mencicipi OS tersebut adalah Redmi 8.

Dilansir dari GSM Arena, Selasa (30/6/2020), peluncuran Android 10 untuk Redmi 8 tidak bersamaan dengan MIUI 12. Smartphone tersebut masih menggunakan MIUI 11, atau tepatnya versi 11.0.1.0 QCNCNXM.

Redmi 8 sendiri pertama kali dirilis pada Oktober lalu dengan berbasis pada Android 9 Pie. Pembaruan ke Andrid 10 saat ini baru tersedia di Tiongkok.

Xiaomi diprediksi akan merilis Android 10 untuk Redmi 8 ke berbagai wilayah lain dalam waktu dekat ini. Pembaruan OS ini juga dilengkapi dengan patch keamanan dan peningkatan performa.

Pengapalan Seri Redmi 8 Tembus 19 Juta Unit Secara Global

Kantor Xiaomi di Maofanglu Road, Beijing. Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani
Kantor Xiaomi di Maofanglu Road, Beijing. Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani

Xiaomi beberapa waktu lalu mengumumkan pencapaian baru untuk seri smartphone Redmi 8. Pengapalan smartphone tersebut di pasar global telah mencapai 19 juta unit.

Pencapaian ini didapatkan dalam waktu kurang dari setahun berkat empat varian perangkat. Anggota Redmi 8 yang pertama hadir adalah Redmi 8A pada September tahun lalu. Setelah itu, Redmi 8 hadir disusul 8A Dual dan 8A Pro pada awal tahun ini.

Perkuat Pasar

Pencapaian Xiaomi disebut semakin memperkuat seri ini di segmen entry-level. Sejauh ini, Redmi 8 dikenal dengan harga kompetitif dan spesifikasi yang sesuai, sehingga memberikan kontribusi penting untuk Xiaomi.

Tahap selanjutnya adalah seri Redmi 9, yang sudah memulai debutnya di Eropa pada awal bulan ini. Smartphone ini dijadwalkan hadir di Tiongkok dan berbagai wilayah Asia Tenggara secepat mungkin. Seri ini diharapkan dapat menyamai keberhasilan para pendahulunya.

(Din/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri Teten Jadikan Obor Mas Koperasi Percontohan Nasional

Posted: 29 Jun 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM mengapresiasi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Koperasi Kredit (Kopdit) Obor Mas, yang menunjukkan pengelolan yang baik, meskipun di tengah pandemi covid-19.

"Saya sebagai Menteri Koperasi selalu menyampaikan kepada beberapa teman di daerah bahwa di NTT ada Kopdit Obor Mas yang cukup sehat, cukup besar, dan cukup berwibawa. Kami senang sekali selalu menggunakan Obor Mas sebagai model koperasi yang sehat yang tumbuh dengan baik dan punya program pembinaan ekonomi kepada anggotanya yang luar biasa salut untuk Obor Mas," kata Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, dalam acara Pembukaan RAT KSP Kopdit Obor Mas, Selasa (30/6/2020).

Kata Menteri Teten, dirinya sudah membaca laporan pertanggungjawaban pengurus kinerja keuangan KSP kopdit Obor Mas, yang menunjukkan kondisi yang sangat baik.

Ia pun berharap apabila semua koperasi simpan pinjam seperti kopdit Obor Mas, dirinya optimis bahwa masa depan ekonomi Indonesia ada ditangan koperasi.

"Maka kita harus terus memperbanyak Koperasi Obor Mas ini, kalau ke depan saya sudah mengusulkan ada pembiayaan untuk UMKM, dan mungkin lebih mudah disalurkan lewat koperasi simpan pinjam karena koperasi lebih dekat dengan masyarakat," ujarnya.

 

Moratorium Izin

ilustrasi-koperasi
ilustrasi-koperasi

Selain itu, Kementerian Koperasi dan UKM saat ini juga sedang melakukan moratorium penerbitan perizinan usaha simpan pinjam koperasi, yang beroperasi melintasi wilayah keanggotaan lintas provinsi, demi menjaga kelangsungan usaha simpan pinjam oleh koperasi.

"Belakang mulai juga ada Koperasi simpan pinjam yang gagal bayar, dan kami mengevaluasi ini pasti ada kesalahan di investasi dalam pengelolaan koperasi, sehingga terjadi gagal bayar Kami ingin melindungi koperasi dan masyarakat yang terhubung dengan koperasi, supaya nama baik koperasi juga tidak rusak," ungkapnya.

Oleh karena itulah, Kementerian Koperasi dan UKM melakukan moratorium itu. Teten sadar, Kementerian Koperasi dan UKM belum memiliki sistem dan kemampuan yang cukup untuk melakukan pengawasan terhadap koperasi simpan pinjam dalam skala besar.

"Kami sudah koordinasi dengan OJK untuk sama-sama mengembangkan sistem pengawasan bagi koperasi simpan pinjam, yang belakangan mulai muncul koperasi-koperasi yang menyerupai bank," ujarnya.

Lebih jelas, Teten  mengatakan moratorium ini bukan untuk melemahkan koperasi tapi justru pihaknya ingin koperasi tetap tumbuh.

"Tetapi ini terbatas selama 3 bulan saja, jadi kita akan percepat perbaikan sistem pengawasan di Kementerian Koperasi dan UKM, juga ikatan kapasitas dan kompetensi SDM pengawasan koperasi simpan pinjam," jelasnya.

 

Pengawasan

Kementerian Koperasi dan UKM sejak awal membuka kerja sama seluas-luasnya dengan berbagai pihak dengan prinsip transparan, akuntabel, dan semata-mata demi memajukan koperasi dan UMKM di Tanah Air.
Kementerian Koperasi dan UKM sejak awal membuka kerja sama seluas-luasnya dengan berbagai pihak dengan prinsip transparan, akuntabel, dan semata-mata demi memajukan koperasi dan UMKM di Tanah Air.

Karena menurutnya, apabila dilihat di sisi pengawasan memang memerlukan kapasitas dan kompetensi yang tidak boleh kalah dengan perbankan.

Sistem pengawasan dan perlindungan simpanan di koperasi juga harus disiapkan sedemikian rupa, tidak boleh kalah seperti sistem pengawasan dan perlindungan di nasabah perbankan.  Supaya kalau ekosistem Koperasi ini baik maka sebenarnya pihaknya sedang mempersiapkan koperasi juga menjadi kekuatan ekonomi yang besar.

"Memang koperasi ini akuntabilitas standar transparansi lebih rendah dari korporasi, justru kita harus mencapai itu agar kita bisa tumbuh besar, tentu kita berbeda dengan korporasi dalam hal pemanfaatan jasa maupun kepemilikan, dan bagi hasilnya. Tapi sistem usaha kita tidak boleh kalah dengan swasta," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Sembuh dari COVID-19, Warga Irak Donorkan Plasma

Posted: 29 Jun 2020 09:30 PM PDT

Pasien yang telah sembuh dari COVID-19 mendonorkan plasma di Pusat Transfusi Darah Nasional, Baghdad, Irak, Minggu (28/6/2020). Kementerian Kesehatan Irak pada 29 Juni 2020 mengatakan bahwa kasus COVID-19 di Irak sebanyak 47.151, sementara pasien sembuh mencapai 1.852. (Xinhua/Khalil Dawood)
Pasien yang telah sembuh dari COVID-19 mendonorkan plasma di Pusat Transfusi Darah Nasional, Baghdad, Irak, Minggu (28/6/2020). Kementerian Kesehatan Irak pada 29 Juni 2020 mengatakan bahwa kasus COVID-19 di Irak sebanyak 47.151, sementara pasien sembuh mencapai 1.852. (Xinhua/Khalil Dawood)

Pasien yang telah sembuh dari COVID-19 mendonorkan plasma di Pusat Transfusi Darah Nasional, Baghdad, Irak, Minggu (28/6/2020). Kementerian Kesehatan Irak pada 29 Juni 2020 mengatakan bahwa kasus COVID-19 di Irak sebanyak 47.151, sementara pasien sembuh mencapai 1.852. (Xinhua/Khalil Dawood)

Pasien yang telah sembuh dari COVID-19 mendonorkan plasma di Pusat Transfusi Darah Nasional, Baghdad, Irak, Minggu (28/6/2020). Kementerian Kesehatan Irak pada 29 Juni 2020 mengatakan bahwa kasus COVID-19 di Irak sebanyak 47.151, sementara pasien sembuh mencapai 1.852. (Xinhua/Khalil Dawood)
Pasien yang telah sembuh dari COVID-19 mendonorkan plasma di Pusat Transfusi Darah Nasional, Baghdad, Irak, Minggu (28/6/2020). Kementerian Kesehatan Irak pada 29 Juni 2020 mengatakan bahwa kasus COVID-19 di Irak sebanyak 47.151, sementara pasien sembuh mencapai 1.852. (Xinhua/Khalil Dawood)

Pasien yang telah sembuh dari COVID-19 mendonorkan plasma di Pusat Transfusi Darah Nasional, Baghdad, Irak, Minggu (28/6/2020). Kementerian Kesehatan Irak pada 29 Juni 2020 mengatakan bahwa kasus COVID-19 di Irak sebanyak 47.151, sementara pasien sembuh mencapai 1.852. (Xinhua/Khalil Dawood)

Pasien yang telah sembuh dari COVID-19 mendonorkan plasma di Pusat Transfusi Darah Nasional, Baghdad, Irak, Minggu (28/6/2020). Kementerian Kesehatan Irak pada 29 Juni 2020 mengatakan bahwa kasus COVID-19 di Irak sebanyak 47.151, sementara pasien sembuh mencapai 1.852. (Xinhua/Khalil Dawood)
Pasien yang telah sembuh dari COVID-19 mendonorkan plasma di Pusat Transfusi Darah Nasional, Baghdad, Irak, Minggu (28/6/2020). Kementerian Kesehatan Irak pada 29 Juni 2020 mengatakan bahwa kasus COVID-19 di Irak sebanyak 47.151, sementara pasien sembuh mencapai 1.852. (Xinhua/Khalil Dawood)

Pasien yang telah sembuh dari COVID-19 mendonorkan plasma di Pusat Transfusi Darah Nasional, Baghdad, Irak, Minggu (28/6/2020). Kementerian Kesehatan Irak pada 29 Juni 2020 mengatakan bahwa kasus COVID-19 di Irak sebanyak 47.151, sementara pasien sembuh mencapai 1.852. (Xinhua/Khalil Dawood)

Pasien yang telah sembuh dari COVID-19 mendonorkan plasma di Pusat Transfusi Darah Nasional, Baghdad, Irak, Minggu (28/6/2020). Kementerian Kesehatan Irak pada 29 Juni 2020 mengatakan bahwa kasus COVID-19 di Irak sebanyak 47.151, sementara pasien sembuh mencapai 1.852. (Xinhua/Khalil Dawood)
Pasien yang telah sembuh dari COVID-19 mendonorkan plasma di Pusat Transfusi Darah Nasional, Baghdad, Irak, Minggu (28/6/2020). Kementerian Kesehatan Irak pada 29 Juni 2020 mengatakan bahwa kasus COVID-19 di Irak sebanyak 47.151, sementara pasien sembuh mencapai 1.852. (Xinhua/Khalil Dawood)

Pasien yang telah sembuh dari COVID-19 mendonorkan plasma di Pusat Transfusi Darah Nasional, Baghdad, Irak, Minggu (28/6/2020). Kementerian Kesehatan Irak pada 29 Juni 2020 mengatakan bahwa kasus COVID-19 di Irak sebanyak 47.151, sementara pasien sembuh mencapai 1.852. (Xinhua/Khalil Dawood)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Banjir Hebat Genangi China, Mobil Hampir Tenggelam

Posted: 29 Jun 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Banjir akibat hujan deras melanda beberap wilayah di China. Selain putusnya jalan, banjir juga membuat sejumlah mobil hampir tenggelam.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Raffi Ahmad ke Rumah Istana Aleta Molly, Bingung di Halamannya Ada Pesawat Terbang

Posted: 29 Jun 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Raffi Ahmad dan Billy Syahputra berkesempatan untuk berkunjung ke rumah penyanyi Aleta Molly. Di rumah tersebut, keduanya dibuat terheran-heran dengan kondisi rumah Aleta Molly yang megah seperti istana.

Seperti ditayangkan kanal YouTube Trans TV Official, Raffi Ahmad dan Billy Syahputra terpukau kala memasuki halaman depan rumah Aleta Molly.

Saat memasuki gerbang rumahnya, tampak air mancur menyambut Raffi Ahmad dan Billy Syahputra. Halaman depan tampak begitu asri dihiasi beragam tanaman hijau. Aleta Molly menghuni rumah tersebut sejak tahun 2000. Kedua orangtua Aleta Molly pengusaha berlian.

 

Raffi dan Billy Terkejut

Raffi Ahmad dan Billy Syahputra berkesempatan untuk berkunjung ke rumah penyanyi Aleta Molly (YouTube/ Trans TV Official)
Raffi Ahmad dan Billy Syahputra berkesempatan untuk berkunjung ke rumah penyanyi Aleta Molly (YouTube/ Trans TV Official)

"Waduh rumah gede amat ini," kata Billy Syahputra terkejut.

Raffi Ahmad dan Billy Syahputra kemudian melihat koleksi mobil keluarga Aleta Molly. Tampak deretan mobil mewah terparkir di garasi rumahnya seperti Bentley, Mercy, Hummer, hingga Mini Cooper. "Ini mobil mahal nih," kata Raffi Ahmad.

 

Anak Sultan

Raffi Ahmad dan Billy Syahputra berkesempatan untuk berkunjung ke rumah penyanyi Aleta Molly (YouTube/ Trans TV Official)
Raffi Ahmad dan Billy Syahputra berkesempatan untuk berkunjung ke rumah penyanyi Aleta Molly (YouTube/ Trans TV Official)

Yang mengejutkan, di halaman rumah Aleta Molly tampak ada pesawat. "Wah Aa (panggilan Raffi Ahmad) di rumahnya ada pesawat," kata Billy Syahputra sembari menunjuk pesawat.

"Ada pesawat," kata Raffi Ahmad.

"Ini bukan kaleng-kaleng, nih. Anak-anak sultan," imbuh Raffi Ahmad.

 

Kucing Seharga Rp 20 Juta

Billy Syahputra bertanya ke Raffi Ahmad
Billy Syahputra bertanya ke Raffi Ahmad

Aleta Molly mengajak Raffi Ahmad dan Billy Syahputra untuk jalan-jalan di rumahnya. Aleta Molly diketahui memelihara puluhan kucing. Kucing yang dipelihara pun tak sembarangan. Kucing di rumah Aleta bahkan ada yang seharga 20 juta rupiah.

"Bikin rumah kucing. Aku sama mamaku lagi senang kucing," beri tahu Aleta Molly kepada Raffi Ahmad dan Billy Syahputra.

 

Lapangan Golf

Aleta Molly
Aleta Molly

Di halaman rumahnya tampak ada lahan yang biasa digunakan untuk main golf. "Rumahnya luas banget Aa, ada lapangan golf," ucap Billy Syahputra.

Aleta Molly kemudian mengajak Raffi Ahmad dan Billy Syahputra masuk ke dalam rumahnya. Raffi Ahmad sampai melongo melihat rumah Aleta Molly seperti istana. (Merdeka.com)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Minta Pemda Segera Ajukan APBD-P Jika Perlu dan Cepat Belanjakan Anggaran

Posted: 29 Jun 2020 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi meminta pemerintah daerah segera menggelontorkan anggaran yang dimiliki. Oleh karena itu, jika ingin mengajukan APBD perubahan, pemda harus segera melakukannya. Jangan sampai anggaran belanja daerah hanya mengendap di bank.

"Untuk APBD perubahan apabila kabupaten/kota menginginkan ya segera dikerjakan seperti disampaikan pak gubernur (Ganjar)," tutur Presiden Jokowi saat kunjungan kerja di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (30/6/2020).

Menurut dia, desakan belanja daerah ini untuk mendorong geliat perekonomian masyarakat dengan cara memperbanyak peredaran uang. Dia percaya penggunaan APBD maksimal akan memberi stimulus positif ke perekonomian rakyat.

"Yang namanya ekonomi di masyarakat juga peredaran uang itu sekarang ini yang bisa memberikan stimulus adalah dari APBD, baik itu kabupaten, kota, provinsi dan juga APBN yang bisa men-trigger ekonomi," kata Jokowi.

Oleh karena itu, Jokowi meminta pemerintah daerah mempercepat pengajuan anggaran perubahan bila diperlukan. 

 

Persiapkan Protokol Kesehatan

Jokowi mengingatkan, bila perekonomian bergerak, pemerintah daerah harus memperhatikan protokol kesehatan. Jangan sampai masyarakat lengah di tengah pandemi Corona.

Presiden memberi contoh di Karang Anyar yang hendak membuka sektor pariwisatanya. Juga di Tawang Mangu untuk meyakini betul kesiapan.

"Protokol kesehatan sudah siap benar di lapangan, dicek. jangan sampai pengunjung, wisatawan lokalnya membludak penuh, protokol kesehatan tidak siap," wanti Presiden Jokowi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Bahan Kain Jas Almamater yang Umum Digunakan

Posted: 29 Jun 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bahan kain jas almamater di pasaran saat ini sangat beragam jenisnya. Harga dari bahan kain jas almamater juga sangat beragam tergantung dari kualitas bahan yang digunakan. Sehingga sangat penting untuk memilih bahan kain jas almamater yang benar sesuai kebutuhan, agar kenyamanan ketika menggunakan almamater dapat terjaga.

Biasanya almamater identik dengan dunia perkuliahan. Almamater seakan menjadi identitas dari setiap jurusan yang ada di sebuah Universitas. Namun, almamater saat ini mulai banyak digunakan oleh anak sekolah baik SMP atau SMA. Penggunaan almamater memang biasanya hanya pada acara atau kegiatan tertentu, dan biasanya penggunaannya hingga berjam-jam.

Oleh sebab itu, agar aktivitas juga tidak terganggu perlu untuk memilih bahan kain jas almamater yang benar. Akan tetapi, sebelum memilih bahan kain jas almamater yang nyaman untuk dikenakan, Anda perlu menimbang perihal budget yang akan digunakan dalam membuat almamater, supaya Anda bisa mendapatkan bahan kain jas almamater terbaik pada budget yang dimiliki.

Nah, jika Anda sedang mempertimbangkan bahan kain jas almamater yang cocok bagi kebutuhan Anda, di bawah ini Liputan6.com telah merangkum berbagai jenis bahan kain jas almamater yang umum ada di pasaran, Selasa (30/6/2020).

1. Kain American Drill

Ilustrasi Jas (kisscc0.com)
Ilustrasi Jas (kisscc0.com)

Jenis bahan kain jas almamater yang pertama yaitu kain American drill. Jenis bahan kain jas almamater ini memiliki ukuran serat kain yang tidak besar dan juga tidak kecil. Keuntungan serat kain ini tentu dari segi kenyamanan dan kekuatan kain yang seimbang. Sebab jika serat kain terlalu lebar akan berisiko timbulnya sobek.

Kain American drill ini memiliki permukaan bahan yang lembut dan karakter dari kain yang cukup kaku. Karakter kain yang kaku tersebut disebabkan bahan dasar dari kain American drill yang terbuat dari campuran katun dan polyester. Meningat karakter dari kain ini cukup kaku, maka akan sangat baik jika digunakan untuk membuat jas almamater yang kuat namun tetap nyaman dikenakan.

2. Kain Japan Drill

Ilustrasi Jas (kisscc0.com)
Ilustrasi Jas (kisscc0.com)

Salah satu jenis bahan kain jas almamater yang juga umum digunakan yaitu kain Japan drill. Kain ini memiliki ukuran serat yang besar, kuat, dan juga tebal.  Sebab, komposisi campuran bahan katun pada kain Japan drill lebih banyak jika dibandingkan bahan polyester, itulah mengapa kain ini cukup terkenal dan menjadi favorit dalam membuat jas almamater, sebab sudah pasti sangat nyaman, sejuk, lembut, serta mudah dalam menyerap keringat ketika dikenakan.

3. Kain Twist Drill

Ilustrasi Jas (kisscc0.com)
Ilustrasi Jas (kisscc0.com)

Bahan selanjutnya adalah kain twist drill. Jenis kain twist dril memiliki serat kain yang cukup kecil sehingga memberikan tampilan kain kaku dan juga mengkilap. Pada jenis kain jas almamater twist drill karakternya termasuk lebih kaku dibanding American drill. Namun, keuntungan dari penggunaan kain ini adalah membuat jas almamater yang dikenakan muncul kesan berwibawa. Jadi tidak heran, jika bahan kain jas almamater ini salah satu yang sering direkomendasikan.

4. Kain Taipan Drill

Mix and match busana dengan warna khaki. (pinterest)
Mix and match busana dengan warna khaki. (pinterest)

Jenis kain ini mungkin akan sangat familiar bagi Anda. Benar saja, jenis kain jas almamater ini memiliki warna yang mirip dengan seragam PNS, ya warnanya cokelat muda atau khaki. Karakter kain yang dimiliki bahan taipan drill memang terkenal sangat lembut dan nyaman dikenakan. Sebabnya, bahan yang digunakan untuk membuat kain taipan drill berupa campuran katun 70% serta tetoron 30%. Campuran bahan tersebut yang turut membuat jas almamater yang terbuat dari kain taipan drill selalu memiliki kesan mewah serta berkelas ketika dikenakan.

5. Kain Hisofy Drill

Ilustrasi Jas (kisscc0.com)
Ilustrasi Jas (kisscc0.com)

Bahan kain jas almamater hisofy drill memiliki kualitas yang ada di atas American drill. Penyebabnya adalah kandungan bahan berupa katun yang lebih dominan dalam campuran bahan untuk membuat kain hisofy drill ini. Dan, karena lebih dominan penggunaan  katun di dalamnya, maka karakter dari kain hisofy drill sangat lemas serta lembut. Bahkan kelembutan dari kain hisofy drill akan semakin terasa setelah dicuci.

Dengan kandungan katun yang banyak di dalamnya, membuat kain hisofy drill ini terbilang lebih mahal dari segi harganya jika dibandingkan jenis kain lainnya. Sehingga, kain hisofy drill ini sangat direkomendasikan apabila ingin Anda buat jas almamater yang berkualitas unggulan.

6. Kain High Twist

Sacco hadirkan 12 warna pilihan light weight blazer yang nyaman dan stylish
Sacco hadirkan 12 warna pilihan light weight blazer yang nyaman dan stylish

Bahan kain jas almamater terakhir yang biasanya dijadikan pilihan yaitu jenis kain high twist. Secara tampilan, kain high twist memiliki tampilan yang sedikit mengkilap, rapi, tidak mudah kusut, serta sangat mudah untuk dirawat. Akan tetapi, kekurangan jas yang dibuat dari bahan kain high twist yaitu dari segi kenyamann untuk dikenakan.

Sebab, penggunaan kain hight twist memang cenderung membuat badan menjadi gerah dan panas, sebab kain high twist lebih banyak menggunakan jenis bahan kain sintetis. Itulah mengapa, bagi anggaran pembuatan jas almamater yang terbatas, sangat disarankan untuk memilih kain high twist, sebab harganya cukup murah jika dibandingkan jenis bahan kain jas almamater lainnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapal Feri Tabrakan di Bangladesh, 32 Penumpang Tewas dan Belasan Hilang

Posted: 29 Jun 2020 09:23 PM PDT

Liputan6.com, Dhaka- 32 orang ditemukan tewas setelah sebuah kapal feri di sebuah sungai di Dhaka, Bangladesh, tenggelam akibat tabrakan pada Senin 29 Juni, menurut tim penyelamat setempat. Sedangkan belasan orang lainnya masih terdaftar hilang.

A. Zahidul Islam, yang merupakan salah satu seorang penyelam dalam pemadam kebakaran, mengatakan kepada AFP, "Kami telah menemukan 32 jenazah... Kami menemukan feri dari kedalaman lebih dari 50 kaki (15 meter) di sungai."

Ia juga menambahkan "Saya pikir kami telah menemukan sebagian besar jenazah. Sisanya hanya dapat dievakuasi jika kapal feri dapat diselamatkan dan diangkat ... yang tampaknya terjebak dalam lumpur di dasar sungai."

Namun tim penyelamat telah menemukan satu penumpang yang selamat, belasan jam setelah insiden tersebut. 

Juru bicara pemadam kebakaran setempat, Kamrul Islam, melaporkan kepada AFP bahwa seorang pria berusia 35 tahun ditemukan tengah mengambang di sungai, saat tim penyelamat tengah berusaha mengangkat kapal.

Kamrul mengungkapkan, "Dia berada di kapal yang tenggelam ... selama 13 jam ini. Kami tidak tahu caranya. Tapi itu keajaiban."

Tabrakan yang terjadi pada kapal feri The Morning Bird itu terjadi sekitar pukul 9.30 pagi waktu setempat, ketika pelabuhan sungai terbesar di Bangladesh penuh dengan kapal, demikian seperti dikutip dari AFP, Selasa (30/6/2020).

Kapasitas Kapal untuk Ratusan Penumpang

Warga menyaksikan proses evakuasi korban kecelakaan kapal feri di Sungai Buriganga, Dhaka, Bangladesh, Senin (29/6/2020). Kapal feri yang tenggelam mengangkut hingga 60 penumpang. (AP Photo/Al-emrun Garjon)
Warga menyaksikan proses evakuasi korban kecelakaan kapal feri di Sungai Buriganga, Dhaka, Bangladesh, Senin (29/6/2020). Kapal feri yang tenggelam mengangkut hingga 60 penumpang. (AP Photo/Al-emrun Garjon)

Komandan Hayet Ibne Siddique, juru bicara coastguard, mengatakan sebelumnya bahwa setidaknya 50 orang diyakini telah menaiki kapal feri itu, yang memiliki kapasitas hingga 150 penumpang.

Feri itu telah berangkat dari distrik Munshiganj pusat dan tenggelam saat akan berlabuh di Sadarghat yang merupakan pelabuhan sungai utama Dhaka yang digunakan oleh ratusan kapal untuk melakukan perjalanan ke selatan negara itu. 

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tangis dan Sujud Risma di Hadapannya, Dokter Sudarsono Sebut Rasa Tanggung Jawab Beliau Besar

Posted: 29 Jun 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) kembali melakukan aksi spontan menangis sambil bersujud di Balai Kota Surabaya, pada Senin, 29 Juni 2020.

Aksi spontan tersebut terjadi pada saat acara audiensi dengan para dokter yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) Jawa Timur.

Saat audiensi, Risma mendengarkan berbagai keluhan dari para dokter dan pimpinan rumah sakit rujukan di Surabaya terkait penanganan COVID-19. Ketika itu, seorang dokter ahli paru senior dari RSUD Dr Soetomo, dr Sudarsono menceritakan, rumah sakit penuh karena COVID-19.

Risma tiba-tiba menuju kursi yang diduduki oleh para dokter dan kemudian memegang salah satu kaki dokter sambil bersujud dan menyampaikan kata maaf.

"Kami ini sudah bekerja keras, berat. Apa dikira saya rela warga saya mati karena COVID-19 atau mati karena tidak bisa makan?.Pak semalam saya dan Linmas sekitar pukul 03.00 WIB, masih ngurusi warga bukan Surabaya, warga bukan Surabaya saja kami masih urus, apalagi warga Kota Surabaya, saya mohon maaf," ujar dia.

Risma pun menanggapi, kalau pihaknya sudah berusaha menjalin komunikasi yang baik dengan pihak RSUD Dr Soetomo. Namun, ketika hendak mengirimkan bantuan alat pelindung diri (APD), pihak RSUD Dr Soetomo menolaknya.

"Saya tidak bisa bantu ke sana pak, padahal rumah sakit lain kami bisa," ujar dia.

Menanggapi Risma sujud tersebut, dokter Sudarsono menuturkan, tindakan Risma yang bersujud itu menunjukkan sosok yang istimewa dan punya tanggung jawab besar.

"Bu Risma itu bagus, sangat istimewa, justru karena kebaikan beliau itu di situ karena merasa tanggung jawab besar, tapi saya ngomong apa adanya karena saya turun langsung, saya di poli, kadang UGD, merawat langsung pasien di ruang isolasi," ujar dia.

Ia menuturkan, ada salah paham dan Pemerintah Kota Surabaya sudah bekerja maksimal. "Beliau salah paham saja, padahal usahanya sudah maksimal, belum match, itu saja," ujar dia.

Wali Kota Risma Sujud Sambil Menangis di Balai Kota Surabaya, Ada Apa?

Wali Kota Surabaya Tri Rismahari (Risma) berkunjung ke Lembaga Penyakit Tropik (LPT) dan Rumah Sakit Pendidikan Unair pada Selasa (3/3/2020).
Wali Kota Surabaya Tri Rismahari (Risma) berkunjung ke Lembaga Penyakit Tropik (LPT) dan Rumah Sakit Pendidikan Unair pada Selasa (3/3/2020).

Sebelumnya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) kembali melakukan aksi spontan menangis sambil bersujud di Balai Kota Surabaya, Senin, 29 Juni 2020.

Aksi yang menyita perhatian banyak orang tersebut terjadi pada saat acara audiensi dengan para dokter yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Surabaya dan Jawa Timur.

Dalam audiensi tersebut Risma mendengarkan berbagai keluhan dari para dokter dan para pimpinan rumah sakit rujukan di Surabaya, terkait penanganan kesehatan COVID-19.

Risma tiba-tiba menuju kursi yang diduduki oleh para dokter dan kemudian memegang salah satu kaki dokter sambil bersujud dan menyampaikan kata maaf. Peristiwa ini terjadi setelah seorang dokter ahli paru senior dari RSUD Dr Soetomo, dr Sudarsono menceritakan, penuhnya rumah sakit-rumah sakit karena COVID-19.

"Saya mohon maaf pak, mohon maaf," kata Risma dengan suara lirih.

Risma menyampaikan, selama ini pihaknya kesulitan untuk berkoordinasi dengan RSUD Dr. Soetomo Surabaya bahkan untuk sekadar komunikasi.

Sembari bersujud, Risma menjelaskan sudah menyediakan 200 tempat tidur di RS Husada Utama jika RS Dr Soetomo penuh."Kenapa saya selalu disalahkan, padahal bantuan saya ditolak," kata Risma sembari menangis.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Juventus Mungkin Rebut Sandro Tonali dari Inter Milan

Posted: 29 Jun 2020 09:20 PM PDT

Turin- Juventus mendapat sedikit kabar baik di akhir Juni ini. Juara bertahan Serie A itu disebut masih bisa mendapatkan Sandro Tonalli dari Brescia pada bursa transfer musim panas nanti.

Tonali memang diprediksi bakal menjadi rebutan banyak klub di musim panas nanti. Gelandang berusia 19 tahun itu punya gaya bermain yang mirip dengan Andrea Pirlo sehingga banyak tim tertarik untuk menggunakan jasanya.

Tonali sendiri belakangan diberitakan mulai merapat ke Inter Milan. Tim berjuluk La Beneamata itu disebut tengah intens melakukan pendekatan dengan gelandang muda tersebut.

Gazzetta Dello Sport mengklaim Juventus masih berpeluang untuk mendapatkan jasa Tonali. Pasalnya Inter belum mampu meyakinkan Brescia untuk melepas sang gelandang.

Menurut laporan tersebut, Inter Milan saat ini sudah memasuki proses nego harga dengan Brescia. Kubu Nerrazurri diberitakan sudah melepaskan beberapa tawaran kepada Brescia. Tawaran terakhir mereka dikabarkan bernilai sekitar 35 juta Euro.

Namun, pihak Brescia menilai tawaran itu terlalu rendah sehingga mereka masih membuka pintu bagi klub lain termasuk Juventus untuk mendapatkan Tonali.

Menikung Inter Milan

Pemain Brescia, Sandro Tonali saat menghadiri 'Gran Gala del Calcio' Italian Football Association (Associazione Italiana Calciatori - IAC) di Milan, Italia, 2 Desember 2019. (Miguel MEDINA/AFP)
Pemain Brescia, Sandro Tonali saat menghadiri 'Gran Gala del Calcio' Italian Football Association (Associazione Italiana Calciatori - IAC) di Milan, Italia, 2 Desember 2019. (Miguel MEDINA/AFP)

\ diberitakan bisa menikung Inter Milan jika mereka bersedia membayar mahar transfer yang ditetapkan Brescia.

Presiden Brescia, Massimo Cellino menetapkan harga sang gelandang berada di angka 50 juta Euro. Ia tidak tertarik menjual Tonali di bawah harga itu.

Jika Juventus menebus mahar tersebut, maka Brescia dengan senang hati akan menyerahkan sang gelandang ke tim yang bermarkas di Turin tersebut.

Juventus baru-baru ini dikonfirmasi akan mendapatkan tambahan gelandang baru. Mereka menukarkan Miralem Pjanic dengan gelandang milik Barcelona, Arthur Melo plus 10 juta Euro.

Sumber: Gazzetta Dello Sport

Disadur dari: Bola.net (Serafin Unus Pasi, published 29/6/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar FTV Kisah Nyata Spesial: Salah Pilih Suami Gara-gara Cinta Buta,Selasa, 30 Juni 2020

Posted: 29 Jun 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seperti biasa FTV Kisah Nyata Spesial ditayangkan setiap siang.

FTV Kisah Nyata Spesial hadir mulai pukul 11.30 WIB.

Dan Anda juga bisa menyaksikan FTV Kisah Nyata Spesial via live streaming dengan klik di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPU Badung Koordinasikan Pemuktahiran Data Pemilih dengan Lapas Kerobokan

Posted: 29 Jun 2020 09:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Badung mengoordinasikan pemutakhiran data pemilih dan perekrutan warga yang ditugasi melakukan pencocokan dan penelitian di Lapas Kelas II A Kerobokan, Kabupaten Badung, Bali. Ini dilakukan untuk persiapan pelaksanaan Pilkada 2020.

"Pemilih di lapas akan disediakan TPS khusus," kata Ketua KPU Badung I Wayan Semara Cipta saat menemui Kalapas Kelas II A Kerobokan di Mangupura, Kabupaten Badung, seperti dilansir dari Antara, Selasa (30/6/2020).

Meskipun di lapas ada TPS khusus, lanjut dia, pemilih harus penduduk yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih dan tentu saja memiliki KTP Badung.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada Kepala Lapas Kelas II A Kerobokan karena selama ini selalu dibantu berkaitan dengan koordinasi, komunikasi, dan terkhusus pada setiap proses pemutakhiran data pemilih yang ada di lapas.

Wayan Semara didampingi anggota KPU Kabupaten Badung Ni Luh Nesia Padma Gandi dan I GKG Yusa Arsana Putra juga menyampaikan perihal pelaksanaan tahapan lanjutan Pilkada Badung 2020 pada masa pandemi Covid-19. Ini untuk menindaklanjuti PKPU Nomor 5 Tahun 2020 tentang tahapan lanjutan pemilihan kepada daerah.

 

Lapas Dukung KPU

Kalapas Klas IIA Kerobokan Yulius Sahruzah dan Kalapas Perempuan Klas IIA Denpasar Lili menegaskan siap bersinergi dengan KPU Badung dalam menyukseskan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung pada 9 Desember 2020.

"Secara prinsip Lapas Kerobokan mendukung secara penuh apa yang dilakukan oleh KPU Badung guna menyukseskan pemilihan kepala daerah tahun 2020" ujar Yulius Sahruzah.

I GKG Yusa Arsana Putra selaku anggota KPU Badung yang menangani data pemilih juga menyampaikan rincian data awal yang sudah diberikan, untuk di lapas laki-laki terdapat perkiraan pemilih awal sejumlah 172 orang dan di lapas perempuan terdapat 83 orang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Industri Olahraga Anjlok 50 Persen, E-Sports Berjaya di Masa Pandemi

Posted: 29 Jun 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 membuat pendapatan industri olahraga global diproyeksikan terpangkas hingga 50 persen atau menjadi USD 73,3 miliar di tahun ini. Padahal traget pra-pandemi di industri ini mencapai USD 135,3 miliar.

Hal ini disampaikan Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. "Industri olahraga global sangat terdampak. Olahraga sebagai penyumbang kegiatan ekonomi hampir mencapai USD 140 miliar mengalami penurunan," kata dia dalam webinar via YouTube, Selasa 30/6).

Airlangga menjelaskan terpangkasnya penerimaan industri olahraga global disebabkan oleh penundaan sejumlah pertandingan dari berbagai cabang olahraga lumbung uang. Diantaranya liga-liga sepakbola dunia yang digeser pelaksanaannya ke tahun 2021.

Namun, apabila terpaksa digelar pada tahun ini. Sejumlah negara mewajibkan penyelenggaraa pertandingan tanpa penonton yang artinya klub elite dunia bakal kehilangan penerimaan dari keuntungan penjualan tiket.

Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) ini juga menyebut turunnya pendapatan industri olahraga juga dipengaruhi oleh penundaan pelaksanaan Olimpiade 2020 di Jepang.

Imbasnya industri tersebut mengalami kerugian hingga USD 13,4 miliar akibat biaya yang telah di keluarkan panitia untuk perbaikan prasarana dan sarana penunjang.

E-Sports

Fortnite Battle Royale, cabang e-sports pertama yang dilirik pihak militer Amerika Serikat.
Fortnite Battle Royale, cabang e-sports pertama yang dilirik pihak militer Amerika Serikat.

Meski begitu, cabang olahraga e-sports justru mencatatkan torehan positif selama pandemi global ini berlangsung. Hal ini diakibatkan oleh meningkatnya penggunaan akses internet di sejumlah negara.

"Tapi kan e-sports ini belum se-familiar olahraga lainnya. Dan harus diakses melalui gadget untuk melakukannya," tukasnya.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

Intip Kebijakan Berbagai Negara Atasi Dampak Corona ke Ekonomi

Seorang pria mengenakan masker pelindung berjalan di terowongan sebuah stasiun metro di Tokyo, Jepang, 11 Maret 2020. Pandemi virus corona COVID-19 membuat Jepang dilema untuk tetap menggelar Olimpiade 2020. (Photo by Philip FONG/AFP)
Seorang pria mengenakan masker pelindung berjalan di terowongan sebuah stasiun metro di Tokyo, Jepang, 11 Maret 2020. Pandemi virus corona COVID-19 membuat Jepang dilema untuk tetap menggelar Olimpiade 2020. (Photo by Philip FONG/AFP)

Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Heru Kristiyana mengatakan seluruh negara di dunia mengeluarkan berbagai kebijakan untuk menyelamatkan ekonomi negara dari pandemi Virus Corona.

Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan melakukan restrukturisari kredit agar pelaku usaha tetap bisa menjalankan usahanya tanpa terbebani pembayaran pinjaman.

"Semua negara merespon pandemi ini dengan berbagai kebijakan. Kita melihat negara tetangga kita melakukan relaksasi," ujar Heru dalam Video Conference, Jakarta, Selasa (19/5).

Setidaknya dalam catatan Heru, ada 5 negara di dunia yang melakukan pelonggaran kredit sama seperti Indonesia. Pertama, Hongkong melakukan penurunan kewajiban minimum pemenuhan countercyclical buffer (CCyB) dari 2 persen menjadi 1 persen. Kemudian untuk debitur Usaha Menengah Kecil (UMK) dan individu yang terkena dampak perbankan melakukan relaksasi.

"Hongkong misalnya melskukan penundaan pembayaran dan perpanjangan waktu dan atau penurunan bunga kemudian juga menyediakan pinjaman tanpa agunan dan atau cerukan," jelas Heru.

Kedua adalah Malaysia. Malaysia melakukan penundaan sementara atau hanya 6 bulan untuk debitur yang memenuhi kriteria tidak perlu melakukan pembayaran dan keterlambatan pembayaran tidak dikenakan denda.

"Malaysia juga menurunkan NSFR minimum menjadi 80 persen, kemudian LCR diperbolehkan kurang dari 100 persen," jelasnya.

Negara ketiga adalah Filipina. Langkah pertama yang dilakukan Filipina adalah eksposur kepada debitur yang terdampak dikecualikan dari rasio NPLs.

Kedua, memperbolehkan penundaan pencatatan cadangan kerugian kredit kepada debitur yang terdampak maksimal selama lima tahun dengan persetujuan BSP.

"Filipina juga menerapkan tidak ada sanksi denda untuk keterlambata pelaporan prudensial selama 6 bulan. Keempat, bank didorong untuk meniadakan fee atas online banking atau electronic money," jelas Heru. 

Singapura dan Jepang

Ilustrasi Singapura (AP/Wong Maye-E)
Ilustrasi Singapura (AP/Wong Maye-E)

Selanjutnya, negara Singapura. Singapura mengeluarkan 5 kebijakan untuk menahan gempuran pandemi Virus Corona. Pertama dengan penundaan pembayaran pokok dan bunga untuk kredit properti. Kedua, konversi kartu kredit menjadi term loan dengan suku bunga yang dicapping dengan jangka waktu 5 tahun.

Ketiga penundaan pembayaran pokok kartu kredit. Lalu keempat, penyesuaian batas permodalan dan likuiditas. Kemudian terakhir, negara tersebut juga melakukan penundaan penerapan penuh Basel III reforms.

Negara terakhir adalah Jepang. Jepang menginstruksikan bank agar menyiapkan kredit untuk membantu debitur dengan spesial bunga atau tanpa agunan. Bank juga diharuskan melakukan pendampingan kepada debitur untuk melanjutkan usaha. Lalu bank diwajibkan melakukan restrukturisasi kredit. Kemudian, menggunakan buffer modal dan likuiditas.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: