Sabtu, 27 Juni 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Ribuan Warga Penuhi Jalan di Cipayung Sejak Pagi untuk Berolahraga

Posted: 27 Jun 2020 09:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan warga tumpah ruah di Jalan Bina Marga Cipayung, Jakarta Timur, Minggu (28/6/2020) pagi. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa tampak antusias berolahraga di ruas jalan tersebut.

Sejak pukul 05.30 WIB, warga sudah memadati kawasan ini. Padahal ruas jalan tersebut baru dibuka pada pukul 06.00 WIB. Tampak sebagian warga begitu menikmati sejuknya udara pagi dengan berjalan santai bersama keluarga.

Sementara sebagian lain juga tampak asyik menggowes sepedanya sambil sesekali meneguk air yang dibawa dalam botol minuman ramah lingkungan.

Camat Cipayung Fajar Eko Satrio mengatakan, ruas Jalan Bina Marga yang dapat dinikmati warga untuk aktivitas berolahraga sepanjang 1,1 kilometer atau mulai dari simpang Mc Donald hingga depan Pintu Air Cipayung.

"Penutupan ruas jalan ini untuk olahraga dan didukung semua pihak. Masyarakat sangat gembira dan antusias mengikuti kegiatan ini," ujar Fajar Eko di lokasi seperti dikutip BeritaJakarta.id.

Setelah melihat keseruan serta hasil dari pengamatannya, dia mengaku warga ingin kegiatan seperti rutin ini digelar setiap Minggu pagi. Untuk itu, ia berjanji akan membawa aspirasi masyarakat ini ke tingkat pimpinan agar bisa direalisasikan.

"Hari ini terlihat antusiasme warga sangat tinggi dan mereka membutuhkan sarana olahraga seperti ini," kata Fajar Eko.

Siapkan Tim Medis

Untuk memberikan keamanan dan kenyamanan, sambung Fajar, pihaknya juga meminta warga untuk menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Bahkan, pihaknya menyiapkan enam tempat cuci tangan portabel. Posko kesehatan berikut anggota tim medis dan satu unit ambulans juga disiagakan di lokasi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AC Milan Vs AS Roma: Pioli Siapkan Strategi Serangan Balik

Posted: 27 Jun 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Milan - AC Milan akan menjamu AS Roma dalam lanjutan Liga Italia, Minggu (28/6/2020) WIB di San Siro. Pelatih AC Milan, Stefano Pioli menyadari, laga itu krusial bagi nasib AC Milan di pentas Eropa.

Maka dari itu, Pioli pun meminta timnya bermain maksimal di laga nanti. "Kami punya kesempatan menunjukkan kualitas kami di atas lapangan, itulah yang kami harus manfaatkan," katanya seperti dilansir situs resmi klub.

AC Milan dan AS Roma diprediksi tampil sama-sama ngotot. Pasalnya, kedua tim tengah bersaing untuk bisa finis di posisi empat besar klasemen demi masuk ke zona Eropa musim depan.

AS Roma untuk sementara berada di atas angin. Serigala Ibukota -julukan AS Roma- menempati posisi kelima dengan 48 poin, hasil dari 14 kali menang, 6 imbang, dan 7 kekalahan.

Sementara itu, AC Milan tertinggal di peringkat ke-8 dengan 39 poin. Dari 27 pertandingan, AC Milan menang 11 kali, imbang 6 kali, dan kalah 10 kali.

"Saya kira kami dan Roma tidak terlalu berbeda dalam hal kualitas. Tetapi dalam hal peringkat, kami ada di bawah mereka," ujarnya.

 

 

Bermain Agresif

AC MILAN VS AS ROMA (Liputan6.com/Abdillah)
AC MILAN VS AS ROMA (Liputan6.com/Abdillah)

Lebih lanjut, Pioli mengatakan AC Milan akan mencoba bermain agresif di laga nanti. Eks pelatih Fiorentina itu juga tak ragu menerapkan strategi serangan balik.

"Roma itu punya kualitas ketika mereka memegang bola, tetapi mereka bisa meninggalkan celah. Saya suka pemain yang menyerang celah itu, yang membuat barisan pertahanan ragu," kata Pioli mengakhiri.

Jadwal Liga Italia

Minggu (28/6/2020)

22.15 WIB, AC Milan vs AS Roma

Senin (29/6/2020)

00.30 WIB, Udinese vs Atalanta

00.30 WIB, Sampdoria vs Bologna

00.30 WIB, Sassuolo vs Hellas Verona

00.30 WIB, Napoli vs SPAL

02.45 WIB, Parma vs Inter Milan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingat Mamat di Sinetron "Si Mamat Anak Pasar Jangkrik"? Ini 6 Potret Terbarunya

Posted: 27 Jun 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Masih ingat dengan sinetron "Si Mamat Anak Pasar Jangkrik"? Sinetron yang pertama kali tayang pada 5 Oktober 2009 silam ini menjadi salah satu tontonan yang banyak diganderungi masyarkat. 

Sinetron yang memiliki total 130 epsidoe ini banyak diperankan oleh aktor dan aktris cilik. Salah satu pemeran utamanya yakni Ilham Aji Santoso yang berperan sebagai Mamat. Didapuk menjadi pemeran utama, tentunya wajah Ilham Aji sudah begitu familiar di layar kaca.

Berselang 11 tahun, kini pemeran Mamat sudah beranjak dewasa. Aktor kelahiran 20 Februari 1999 ini masih aktif membintangi sejumlah sinetron. Penampilan Ilham Aji Santoso sukses membuat publik menjadi pangling padanya. 

Penasaran seperti apa penampilnnya lini? Berikut ini 6 potret terbaru pemeran Mamat di sinetron "Si Mamat Anak Pasar Jangkrik", dirangkum dari Instagram @ilhamajisantoso oleh Liptuan6.com, Minggu (28/6/2020).

1. Inilah potret terbaru pemeran si Mamat di sinetron 'Si Mamat Anak Pasar Jangkrik' yang tayang 11 tahun silam.

Penampilan terbaru pemeran Mamat di sinetron
Penampilan terbaru pemeran Mamat di sinetron

2. 11 tahun berlalu, penampilan Mamat yang diperankan oleh Ilham Aji Santoso bikin pangling.

Penampilan terbaru pemeran Mamat di sinetron
Penampilan terbaru pemeran Mamat di sinetron

3. Berbeda saat berperan sebagai Mamat, pria yang akrab disapa Ilham kini memiliki penampilan yang lebih macho

Penampilan terbaru pemeran Mamat di sinetron
Penampilan terbaru pemeran Mamat di sinetron

4. Dilihat dari Instagram pribadinya, Ilham banyak membagikan kegiatannya di media sosial.

Penampilan terbaru pemeran Mamat di sinetron
Penampilan terbaru pemeran Mamat di sinetron

5. Aktor muda yang kini berusia 21 tahun tersebut masih disibukkan dengan membintangi sejumlah sinetron.

Penampilan terbaru pemeran Mamat di sinetron
Penampilan terbaru pemeran Mamat di sinetron

6. Kini ia tengah sibuk menjadi salah satu pemeran sinetron Pesantren Rock N' Dut.

Penampilan terbaru pemeran Mamat di sinetron
Penampilan terbaru pemeran Mamat di sinetron

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Piala FA Sheffield United Vs Arsenal: Berebut Tiket ke Semifinal

Posted: 27 Jun 2020 09:35 PM PDT

Jakarta Sheffield United akan bertemu Arsenal pada laga perempat final Piala FA di Bramall Lane, Minggu (28/6/2020). Kedua tim dipastikan bakal bertarung ketat untuk mendapatkan satu tempat di semifinal.

Pertandingan antara Sheffield United dan Arsenal dipastikan ketat. Satu alasannya, karena performa mereka di Premier League pun tak berbeda jauh. Keduanya kini berada di papan tengah klasemen Premier League, di mana Sheffield United berada di peringkat kedelapan, persis di atas Arsenal dengan hanya terpaut satu poin saja.

Namun, dalam perjalanannya di Piala FA musim ini, Sheffield memang baru kali ini harus berhadapan dengan klub dari kasta yang sama. Sebelumnya Sheffield memastikan langkah sampai perempat final dengan menang 2-1 atas Fylde 2-0 atas Sheffield United.

Sementara Arsenal mencapai perempat final setelah menang 1-0 atas Leeds United dan menang 2-1 atas Bournemouth di fase sebelumnya. Artinya, The Gunners pun tidak akan dengan mudah bisa melangkah ke fase selanjutnya jika tak tampil maksimal dan menang di kandang Sheffield United.

Tak ada satu pun dari kedua tim ini bisa benar-benar diunggulkan dalam laga ini. Sheffield United yang menjadi tuan rumah melewati tiga pertandingan terakhirnya setelah sepak bola berjalan lagi dengan meraih satu kemenangan, satu hasil imbang, dan satu kekalahan.

Sheffield United menang 4-0 di kandang atas Hull City. Namun, setelah itu, Sheffield hanya bermain imbang tanpa gol dengan Aston Villa dan kalah 0-3 dari Newcastle United saat menjalani laga tandang. Melanjutkan kemenangan di laga kandang terakhir menjadi satu-satunya harapan bagi Sheffield untuk bisa termovitasi menang dalam laga kali ini.

Sementara itu, Arsenal baru memainkan dua pertandingan setelah sepak bola Inggris kembali bergulir. Sayangnya, dalam dua laga berstatus tim tamu itu, Arsenal harus merasakan kekalahan, mulai dari 0-3 saat bertandang ke markas Manchester City dan 1-2 di kandang Brighton.

Data dan Fakta

  • Perkiraan susunan pemain

Sheffield United (3-5-2): Dean Henderson; Chris Basham, Phil Jagielka, John Egan; George Baldock, Oliver Norwood, Muhamed Besic, Luke Freeman, Ben Osborn; Billy Sharp, Oliver McBurnie

Manajer: Chris Wilder

Arsenal (4-2-3-1): Emiliano Martinez; Hector Bellerin, Shkodran Mustafi, Rob Holding, Bukayo Saka; Matteo Guendouzi, Granit Xhaka; Ainsley Maitland-Niles, Joseph Willock, Reiss Nelson; Eddie Nketiah

Manajer: Mikel Arteta

  • Head to head

5 Pertemuan Terakhir

18/01/20 Arsenal 1 - 1 Sheffield United

22/10/19 Sheffield United 1 - 0 Arsenal

24/09/08 Arsenal 6 - 0 Sheffield United

01/11/07 Sheffield United 0 - 3 Arsenal

31/12/06 Sheffield United 1 - 0 Arsenal

5 pertandingan terakhir Sheffield United

21/06/20 Newcastle United 3 - 0 Sheffield United

18/06/20 Aston Villa 0 - 0 Sheffield United

10/06/20 Sheffield United 4 - 0 Hull City

07/03/20 Sheffield United 1 - 0 Norwich City

04/03/20 Reading 1 - 1 Sheffield United

5 pertandingan terakhir Arsenal

20/06/20 Brighton 2 - 1 Arsenal

18/06/20 Manchester City 3 - 0 Arsenal

07/03/20 Arsenal 1 - 0 West Ham United

03/03/20 Portsmouth 0 - 2 Arsenal

28/02/20 Arsenal 0 - 1 Olympiakos Piraeus

 

Disadur dari: Bola.com (penulis/editor, Benediktus Gerendo Pradigdo, published 28/6/2020)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

20 Tahun Berlalu, Ini 7 Momen Dulce Maria dan Tante Rambut Palsu Reuni Bareng

Posted: 27 Jun 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Carita da Angel tentu sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Telenovela yang menghiasai layar kaca pada tahun 2000an ini tentu sudah tidak asing di telinga generasi 90an. Telenovela yang bertajuk anak-anak ini berasal dari Meksiko dan diperankan oleh Daniela Aedo sebagai Dulce Maria.

 

Telenovela ini disiarkan di salah satu stasiun televisi pada tahun 2003. Tingkah gemas Dulce Maria dalam cerita telenovela ini berhasil mengundang tawa. Telenovela tersebut menceritakan tentang Dulce Maria yang berusaha untuk mencarikan ayahnya seorang istri.

Selain itu, Carita da Angel identik dengan Tante Rambut Palsu yang kerap menemani Dulce Maria. Tante Rambut Palsu atau Estefanía Larios yang merupakan adik ayah Dulce Maria. Kehadiran Tante Rambut Palsu yang diperankan oleh Nora Salinas menjadi bumbu pemanis dalam cerita.

20 tahun berlalu semenjak telenovela ini tayang di Indonesia, tentunya kerinduan menghampiri masyarakat yang sudah tak asing dengan telenovela tersebut. Baru-baru Dulce Maria atau Daniela Aedo mengunggah momen kebersamaannya saat membuat video TikTok bersama Tante Rambut Palsu. Walaupun tidak bertemu dalam satu waktu, namun kebersamaan bintang Carita da Angel ini berhasil mengobati kerinduan para pecintanya.

Penasaran bagaimana momen Dulce Maria dan Tante Rambut Palsu Bikin Video TikTok bareng? Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang momen Dulce Maria dan Tante Rambut Palsu reuni bareng, Minggu (28/6/2020).

1. Ini momen Dulce Maria dan Tante Rambut Palsu buat video TikTok bersama. Meski tak bersama dalam satu tempat, namun keduanya terlihat kompak.

Momen Dulce Maria dan Tante Rambut Palsu Bikin TikTok Bareng. (Sumber: TikTok/lacicatrizte)
Momen Dulce Maria dan Tante Rambut Palsu Bikin TikTok Bareng. (Sumber: TikTok/lacicatrizte)

2. Dalam momen tersebut, Daniela Aedo terlihat mengenakan topi yang identik dengan Dulce Maria dalam Carita de Angel.

Momen Dulce Maria dan Tante Rambut Palsu Bikin TikTok Bareng. (Sumber: TikTok/lacicatrizte)
Momen Dulce Maria dan Tante Rambut Palsu Bikin TikTok Bareng. (Sumber: TikTok/lacicatrizte)

3. Tante Rambut Palsu juga tampil dengan dirinya yang identik dengan rambut pendek. Namun pada momen ini Tante Rambut Palsu tampil dengan rambut berwarna hitam.

Momen Dulce Maria dan Tante Rambut Palsu Bikin TikTok Bareng. (Sumber: TikTok/lacicatrizte)
Momen Dulce Maria dan Tante Rambut Palsu Bikin TikTok Bareng. (Sumber: TikTok/lacicatrizte)

4. Momen keduanya saat membuat video TikTok ini sukses membuat masyarakat kilas balik Carita de Angel yang pernah populer pada tahun 2000an.

Momen Dulce Maria dan Tante Rambut Palsu Bikin TikTok Bareng. (Sumber: TikTok/lacicatrizte)
Momen Dulce Maria dan Tante Rambut Palsu Bikin TikTok Bareng. (Sumber: TikTok/lacicatrizte)

5. Walaupun sudah 20 tahun berlalu, namun dua bintang Carita de Angel ini selalu dirindukan oleh pecinta telenovela tahun 2000an ini.

6. Begini penampilan terbaru pemeran Daniela Aedo. Gadis 24 tahun ini sudah menjadi wanita yang cantik dan dewasa. Ia kini lebih aktif dalam dunia musik.

Daniela Aedo (Sumber: Instagram/danaedo)
Daniela Aedo (Sumber: Instagram/danaedo)

7. Tante Rambut Palsu kini menikmati hidupnya menjadi seorang ibu dua anak. Tak berubah, penampilan Nora Salinas terlihat awet muda.

Tante Rambut Palsu di Dulce Maria (Sumber: Instagram/norasalinastv)
Tante Rambut Palsu di Dulce Maria (Sumber: Instagram/norasalinastv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tantri Comeback, Kotak Luncurkan Lagu Baru Berjudul Hoax

Posted: 27 Jun 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kotak sedang mempersiapkan album baru sebagai penanda eksistensi mereka di panggung musik. Rencananya, album baru Kotak meluncur ke pasar musik Indonesia pada September 2020.

Mengawali rencana besar meluncurkan album baru, Kotak memperkenalkan single anyar dari album bertajuk Identitas itu. Kotak yang beranggotakan Chua, Cella, dan Tantri memperkenalkan "Hoax," lagu yang menceritakan penyebaran berita bohong.

Meski beraliran rok, Kotak juga menyumbang banyak hit bertema percintaan dan asmara. Sementara lirik tentang penyebaran berita bohong sendiri menjadi hal baru bagi Kotak.

Meresahkan

Kotak Band (Deki Prayoga/bintang.com)
Kotak Band (Deki Prayoga/bintang.com)

Penyebaran berita bohong atau hoaks meresahkan banyak orang, termasuk para personel Kotak. 

"Alasannya mungkin berasal dari gerahnya kita dapatin berita, bukan berita bahkan mungkin kita sendiri atau keluarga kita gampang banget nyebarin hoaks melalui chat yang belum dicek segala macam," kata Tantri dalam jumpa pers virtual melalui aplikasi Zoom, Jumat (26/6/2020).

 

Bahaya Hoaks

(Bambang E.Ros/Fimela.com)
(Bambang E.Ros/Fimela.com)

Hoaks, kata Tantri, memiliki pengaruh buruk serta berbahaya bagi persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Ia mencontohkan penyebaran berita bohong mengenai isu agama dan kemanusiaan.

"Kalau enggak salah kan dua tahun lalu isu hoaks lagi gempur-gempurnya. Lagi yang pemecah belah membawa-bawa agama segala macam," sambung Tantri.

Lagu Berbeda

Kotak Band (ist)
Kotak Band (ist)

Kotak merasa "Hoaks" menjadi pembeda dari lagu-lagu sebelumnya. Kendati demikian, nuansa rok yang menjadi ciri khas mereka sama sekali tak hilang di lagu tersebut.

"Dari pertama kali jamming kita kebayang, lagu ini harus anthemic dari lirik sampai lagunya, yang membedakan sama lagu sebelumnya. Saya mau menonjolkan sound hybrid yang kekinian. Jadi kita tetap ngikutin era tapi enggak menghilangkan benang merah. Tetap rok, tapi ikuti sound kekinian," Cella menjelaskan.

 

Tantri Comeback

Band Kotak
Band Kotak

"Hoaks" sekaligus menandai kembalinya Tantri sebagai vokalis Kotak. Saat rehat hamil dan melahirkan, posisi Tantri digantikan oleh Melly Mono.

"Tadinya kita sudah siapkan sebelum Tantri cuti itu album selesai dan alhamdulillah ternyata selesai setelah pandemi ini. Berubah planning, jadi keluar September ke sana nanti tiap bulan ada beberapa single yang akan kita rilis buat bridging ke album," tutup Cella. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bikin Steak Bersama Maia Estianty, Dul Jaelani Kaget Lihat Harga Daging

Posted: 27 Jun 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Maia Estianty mengajak putranya, Dul Jaelani, membuat steak. Dul sengaja minta diajari memasak steak di dapur oleh ibundanya itu yang kemudian diunggah ke kanal YouTube.

Selama ini Maia Estianty dikenal suka memasak. Namun, perhatian mereka justru tertuju pada harga sekerat daging beku yang diambil dari dalam kulkas yang mencapai Rp1,8 juta.

Melihat nominal harga yang tertera, Dul kaget dan seperti tak percaya dan menanyakan harga itu pada Maia. "Ini beneran harganya? Mahal banget Rp 1,8 juta," tanya Dul.

Maia yang langsung menoleh ke arah putranya itu dan memastikan harga yang tertera pada kemasan plastik. Daging dari Jepang itu berbobot 556 gram yang dibanderol dengan harga Rp1.853.148.

"Aku nggak beli ini, dibeliin. Kalo aku beli sendiri nggak segini nih. Beneran dibeliin sama yang ono," ujar Maia meyakinkan.

Ternyata, Maia Estianty tak membeli daging itu, melainkan dibelikan oleh sang suami, Irwan Mussry. Dul yang tak mengerti harga daging langsung melemparkan guarauan pada daddy-nya itu.

"Dad, mahal banget ini mending mentahannya. Ini katanya daging dibeliin Daddy ya? Minta mentahannya aja Dad, mentahannya," bujuk Dul Jaelani.

Tak Pernah Masak

Maia Estianty mengajari Dul Jaelani membuat steak dengan bahan daging yang harganya mahal (Dok.YouTube/Maia Estianty)
Maia Estianty mengajari Dul Jaelani membuat steak dengan bahan daging yang harganya mahal (Dok.YouTube/Maia Estianty)

]Setelah soal harga, acara Maia Estianty mengajari Dul masak terus berlanjut. Dalam video itu, terlihat proses memasak steak itu tak sulit karena hanya memanggang daging di atas wajan hingga matang.

"Dul nggak pernah masuk dapur ini," canda Maia tergelak.

Dul kemudian menaburkan garam dan merica serta mengusapnya hingga merata. Maia membantu hingga proses memanggang daging itu hingga disajikan di atas piring untuk disantap.

Maia kemudian memanggil Wasti, asisten rumah tangganya yang juga pengasuh Dul, untuk mencicipi steak olahan ibu dan anak itu. Tanpa sungkan Dul menyuapi Wasti.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

LPSK Dorong Kasus Pemalsuan Sertifikat ABK Dikembangkan ke Perdagangan Orang

Posted: 27 Jun 2020 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polres Metro Jakarta Utara mengungkap sindikat penjual sertifikat keterampilan pelaut palsu untuk digunakan para pekerja yang ingin menjadi Anak Buah Kapal (ABK), beberapa waktu lalu.

Terkait hal ini, Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) berharap, penyidik memproses hukum 11 tersangka tidak sebatas pada pemalsuan atau Undang-Undang ITE karena melakukan illegal acces saja, tetapi juga mengaitkannya dengan tindak pidana perdagangan orang (TPPO).

Wakil Ketua LPSK Edwin Partogi Pasaribu mengatakan, indikasi perdagangan orang dimulai sejak proses perekrutan. Korban dijanjikan pekerjaan legal, majikan yang baik dan penghasilan yang cukup. Bahkan, bagi keluarga korban, perekrut memberikan sejumlah uang tali asih.

"Mereka (korban) kemudian dibekali dokumen identitas palsu, KTP, dan paspor," kata Edwin, Minggu (27/6/2020).

Dia mengingatkan, perbudakan di sektor perikanan biasanya melibatkan banyak negara.

"Perbudakan pada sektor perikanan ini melibatkan banyak negara sehingga masuk ke dalam kategori kejahatan lintas negara," jelas Edwin.

Berdasarkan data yang dimiliki pihaknya, sepanjang 2015 sampai 2019 terdapat 122 korban TPPO yang dibekali dokumen palsu.

"Khusus ABK sektor perikanan, LPSK telah memberikan perlindungan kepada 232 korban mulai dari tahun 2013 hingga Juni 2020. Angka ini bukan merupakan jumlah keseluruhan dari korban peristiwa serupa," tutur Edwin

Sementara itu, Wakil Ketua LPSK Antonius PS Wibowo menambahkan, korban TPPO yang menjadi terlindung LPSK berasal dari berbagai profesi, jenis kelamin dan usia, termasuk anak.

Mereka ada yang bekerja sebagai pekerja hiburan, nikah kontrak, pekerja seks komersial, perkebunan, penjualan organ tubuh, ABK dan lainya, yang terjadi di dalam dan luar negeri.

"LPSK siap bekerja sama dengan Polri untuk mengkaji keterkaitan antara pemalsuan sertifikat pelaut dengan kasus-kasus TPPO sektor perikanan lain, yang korbannya menjadi terlindung LPSK," pungkasnya.

 

Pekerja Honorer Kemenhub

Sebelumya, Pengungkapan kasus ini dilakukan bersama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Polres Metro Jakarta Utara ini bersama dengan tim satgas Kemenhub berhasil mengungkap sindikat pemalsuan sertifikat keterampilan pelaut dengan melakukan ilegal akses atau hacking pada web resmi Kemenhub RI," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana di Mapolda Metro Jaya, Kamis (25/6/2020).

Nana menyebut, dalam mengungkap kasus ini anggotanya juga menangkap 11 orang atas nama inisial DT, JA, IJ, SP, SH, S, IS, GJM, RR, RA dan RAS. Mereka ditangkap di lokasi yang berbeda antara lain di Koja, Jakarta Utara, Pekanbaru Riau dan Bogor, Jawa Barat.

Dalam melancarkan aksinya itu, para pelaku telah bekerja sama dengan oknum pekerja honorer di Kemenhub untuk meretas situs Kemenhub agar bisa mengeluarkan sertifikat yang bisa diperjualbelikan.

Untuk peran oknum pekerja honorer tersebut adalah mengambil blanko asli dari sertifikat milik Kemenhub yang kemudian dicetak oleh para pelaku tersebut.

"Jadi ada petugas gudang yang dia honorer bisa ditembus dapat blanko ini. Jadi, untuk sertifikat asli dan dia dapat dari gudang makanya dia honorer ini kita tetapkan tersangka," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar FTV Kisah Nyata Spesial: Pernikahanku Hancur Karena Perilaku Adik Tiriku, Minggu 28 Juni 2020

Posted: 27 Jun 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seperti biasa Kisah Nyata Spesial ditayangkan mulai pukul 11.30 WIB setiap hari.

FTV Kisah Nyata Spesial kali ini berjudul: Pernikahanku Hancur Karena Perilaku Adik Tiriku.

Jangan lewatkan FTV Kisah Nyata Spesial via live streaming dengan klik di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelatih Barcelona Doakan Real Madrid Juga Terpeleset

Posted: 27 Jun 2020 09:20 PM PDT

Jakarta Barcelona gagal mendulang poin penuh saat bertamu ke markas Celta Vigo pada hari Sabtu (27/6/2020). Sekarang, klub asuhan Quique Setien itu hanya bisa mengharapkan keajaiban datang dan menjegal Real Madrid.

Seperti yang diketahui, Barcelona hanya mampu meraih satu poin lantaran ditahan imbang Celta Vigo dengan skor 2-2. Dua gol Barcelona berasal dari Luis Suarez, sementara Celta Vigo membalas lewat Fedor Smolov dan Iago Aspas.

Hasil ini membuat Barcelona naik ke posisi puncak dalam klasemen sementara La Liga. Mereka mengungguli sang rival bebuyutan, Real Madrid, yang menempati peringkat kedua dengan jarak satu poin.

Namun, perlu diketahui bahwa Real Madrid belum menjalani laga pekan ke-32. Mereka baru berhadapan dengan Espanyol pada hari Senin (29/6/2020) mendatang di RCDE Stadium. Jika menang, maka posisi puncak akan direbut Madrid.

Keberuntungan

Duel Antoine Griezmann dan Sergio Ramos dalam laga Barcelona vs Real Madrid di Camp Nou (19/12/2019). (AFP/Jose Jordan)
Duel Antoine Griezmann dan Sergio Ramos dalam laga Barcelona vs Real Madrid di Camp Nou (19/12/2019). (AFP/Jose Jordan)

Di atas kertas, seharusnya Real Madrid tidak menemui kesulitan berarti kala bertemu Espanyol. Sebab tim asuhan Abelardo Fernandez tersebut sedang menduduki posisi paling dasar dalam klasemen La Liga.

Wajar kalau Barcelona khawatir posisinya akan terebut. Sehingga, Setien hanya bisa pasrah dan berdoa agar klub berjuluk Los Merengues tersebut tergelincir.

"Benar bahwa kami memiliki keunggulan dua poin pada 11 pertandingan yang lalu dan sekarang, selama rival kami menang, mereka akan memiliki keuntungan itu," ujar Setien usai pertandingan, dikutip dari Marca.

"Kami memiliki kesalahan kecil sekarang dan, secara teori, kami harus memenangkan semua pertandingan dan berharap rival kami terpeleset," lanjutnya.

Coba Meraih Poin Maksimal

Striker Barcelona, Lionel Messi, melepaskan tendangan ke gawang Athletic Bilbao pada laga La Liga di Stadion Camp Nou, Selasa (23/6/2020). Barcelona menang 1-0 atas Athletic Bilbao. (AP/Joan Monfort)
Striker Barcelona, Lionel Messi, melepaskan tendangan ke gawang Athletic Bilbao pada laga La Liga di Stadion Camp Nou, Selasa (23/6/2020). Barcelona menang 1-0 atas Athletic Bilbao. (AP/Joan Monfort)

Sekarang, Barcelona memiliki enam pertandingan yang tersisa. Salah satunya melawan Atletico Madrid pada hari Rabu (1/7/2020) mendatang di markas kebanggaannya, Camp Nou.

Atletico Madrid bukan lawan yang mudah untuk ditangguhkan. Apalagi Los Rojiblancos berada dalam kondisi terbaiknya dengan catatan tanpa terkalahkan dalam lima pertandingan terakhir.

"Kami akan mencoba untuk meraih poin maksimal. Kami akan lihat nanti apakah kami punya sedikit solvabilitas dalam beberapa aspek yang bisa membuat kami jadi lebih mudah," pungkasnya.

Sumber asli: Marca

Disadur dari: Bola.com (penulis/editor, Hendry Wibowo, published 28/6/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pekerja Oil Company dari Vietnam Jalani Protokol Kesehatan usai Mendarat

Posted: 27 Jun 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penerbangan carter internasional tiba di Bandara Hang Nadim Batam, pada Jumat (26/6/2020) kemarin sore. Maskapai Bamboo Airways asal Saigon, Vietnam, membawa penumpang berjumlah 20 orang.

Kedatangan pesawat asal Saigon, Vietnam ke Batam yang dicarter oleh salah satu perusahaan di Batam. Pesawat ini berangkat pada Jumat, 26 Juni 2020 pukul 15:05 WIB dan tiba di Batam pukul 17:10 WIB.

Setelah tiba di Bandara Hang Nadim Batam, penumpang harus melalui proses pendataan dan pengecekan kesehatan oleh petugas Kementerian Kesehatan dan mengisi kartu kewaspadaan kesehatan (Health Alert Card) dan melewati pengecekkan imigrasi.

Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim dan TIK BP Batam, Suwarso, menyampaikan, Bandara Internasional Hang Nadim kedatangan satu pesawat carter dengan tipe Boeing 787 seri 900. Pesawat dari Saigon ini membawa 20 orang penumpang dan kembali ke Saigon, Vietnam pada Jumat petang pukul 18.20 WIB, dengan membawa tiga orang penumpang.

"Penerbangan ini memang sudah direncanakan dan baru bisa terbang pada Jumat kemarin. Tim CIQP yang terdiri dari Custom (Bea dan Cukai), Immigration (Imigrasi) dan Quarrantine (Karantina), serta Port Master (Syahbandar) telah siap menerima kedatangan penumpang," kata Suwarso.

 

(Foto:Dok.BP Batam)
(Foto:Dok.BP Batam)

Prosedur protokol kesehatan tatanan normal baru (new normal) pada masa pandemi Covid-19 diterapkan dalam penerbangan tersebut.

"Para penumpang adalah para pekerja oil company, dan tetap menjalankan protokol Kesehatan. Para pekerja sebelum terbang dari Saigon telah menjalani isolasi di Saigon dan setibanya di Batam juga akan diisolasi terlebih dahulu," ungkap Suwarso.

Tatanan kehidupan baru atau new normal yang diberlakukan sejak 15 Juni 2020 lalu untuk memulihkan produktivitas masyarakat dan menjadikan kondisi perekonomian kembali membaik. New normal merupakan salah satu opsi untuk menjadi tonggak kebangkitan ekonomi Indonesia.

Suwarso berharap dengan adanya penerbangan internasional di masa new normal ini dapat berjalan lancar dan dapat mengembalikan kondisi perekonomian dan sosial masyarakat. Namun, di sisi lain semua pihak diharapkan tetap berupaya untuk menghentikan penyebaran virus Corona dengan melaksanakan protokol kesehatan sesuai dengan ketentuan pemerintah.

 

(*)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Solskjaer Beber Kunci Sukses MU ke Semifinal Piala FA

Posted: 27 Jun 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) memastikan satu tempat di semifinal Piala FA setelah mengalahkan Norwich City 2-1, Minggu (28/6/2020) dinihari WIB. Namun tiket semifinal harus diraih MU dengan kerja keras.

Dalam pertandingan melawan Norwich, MU dipaksa memeras keringat. Bagaimana tidak, MU baru dapat menjebol gawang Norwich pada menit ke-51.

Sontekan Odion Ighalo bersarang ke gawang Norwich City. Namun tuan rumah menyamakan kedudukan di menit ke-75 melalui Todd Cantwell.

MU seperti mendapat berkah ketika Timm Klose diusir wasit. Akan tetapi, MU ternyata tetap butuh babak tambahan untuk menyegel kemenangan.

Kapten MU, Harry Maguire pun muncul sebagai pahlawan dengan golnya di menit 118. MU lolos ke babak semifinal dan akan mungkin berhadapan dengan tim besar seperti Arsenal, Chelsea, atau Manchester City.

 

Jangan Panik

Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer (AFP Photo/Glyn Kirk)
Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer (AFP Photo/Glyn Kirk)

Manajer MU, Ole Gunnar Solskjaer mengungkapkan rahasia kesuksesan timnya di laga itu. Manajer asal Norwegia itu menyebut, MU menang karena tidak panik.

"Ketika kalian melawan 10 peain, kami mendiskusikan soal itu usai waktu normal bahwa kami masih punya 30 menit. Kami tidak perlu panik," kata Solskjaer seperti dilansir Sportskeeda.

"Kami hanya perlu menyerang dan kesempatan akan datang. Kami harus mengambil itu semua. Dan semua pemain pengganti ikut berperan," katanya mengakhiri.

Jadwal Sisa Piala FA

Minggu 28 Juni 2020

19.00 WIB, Sheffield United vs Arsenal

22.00 WIB, Leicester City vs Chelsea

Senin 29 Juni 2020

00.30 WIB, Newcastle United vs Manchester City

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MenkopUKM Sosialisasikan Program Restrukturisasi Pinjaman LPDB-KUMKM di KPS Bogor

Posted: 27 Jun 2020 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Bogor Pandemi Covid-19 sangat berdampak pada berbagai sektor kehidupan sosial ekonomi. Karena itu, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki turun ke lapangan untuk memantau langsung perkembangan pelaku usaha koperasi dan UKM di Indonesia.

Salah satunya dengan mengunjungi Koperasi Produksi Susu dan Peternakan Sapi Perah (KPS) Bogor di Kawasan Usaha Peternak Sapi Perah, Desa Pemijahan, Kecamatan Pemijahan, Kabupaten Bogor, Sabtu, (27/06/2020). Dalam kunjungan itu, Teten Masduki yang didampingi Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) Supomo dan jajarannya, mensosialisasikan program restrukturisasi pinjaman/pembiayaan LPDB-KUMKM.

Menurut MenkopUKM, koperasi dan UKM menjadi prioritas pembangunan. Akibat Covid-19 ini harus diakui tak sedikit pelaku UMKM tedampak yang kesulitan mengembangkan usahanya. Karena itu, pihaknya mencoba melakukan terobosan baru demi berputarnya roda ekonomi masyarakat, khususnya pelaku usaha koperasi dan UKM di Indonesia. Salah satunya berupa kelonggaran atau relaksasi pembayaran, berupa restrukturisasi pinjaman/pembiayaan kepada mitra penerima dana bergulir program pembiayaan KemenKopUKM.

"Saya diminta pak Presiden Jokowi untuk menghidupkan kembali koperasi dan UMKM di sektor riil," kata Teten.

Kunjungan MenkopUKM dan jajarannya merupakan wujud perhatian dan silahturahmi secara langsung kepada mitra koperasi, sekaligus rangkaian acara menyambut Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-73 pada tanggal 12 Juli 2020 mendatang. Menurut MenkopUKM, KPS Bogor merupakan salah satu mitra penerima dana bergulir yang usahanya mendapat restrukturisasi pinjaman/pembiayaan dampak penyebaran Covid-19.

 

(Foto:Dok. Kementerian Koperasi dan UKM)
(Foto:Dok. Kementerian Koperasi dan UKM)

KPS Bogor menjadi mitra penerima dana bergulir sejak 2011 silam dan telah mendapatkan pinjaman/pembiayaan sebanyak 2 kali. Pinjaman pertama telah lunas, dan kini pinjaman kedua yang diterima tahun 2016, sebesar Rp5 Miliar, mendapat fasilitas restrukturisasi karena memiliki track record pembayaran lancar.

"Jadi, KPS Bogor ini kita masukkan ke program restrukturisasi pinjaman dan pembiayaan. Katanya mereka sekarang sedang kesulitan membayar sisa cicilan yang jumlahnya Rp 1,9 miliar lagi. Makanya, beban sisa cicilannya bisa ditunda setahun, atau tidak mesti dibayarkan dulu, agar mereka bisa menghidupkan usahanya dan menyejahterakan para angotanya," kata Teten.

"Nah, setelah hidup kembali, kita berkomitmen untuk meningkatkan usahanya dengan mengabulkan pinjaman baru secara bertahap," tambah Teten.

Kedatangan MenkopUKM yang disambut warga sekitar, juga secara simbolis memberikan restrukturisasi pinjaman/pembiayaan KPS Bogor, berupa penundaan pembayaran angsuran pokok selama jangka waktu 12 bulan, diserahkan kepada Ketua KPS Bogor Zamroni Burhan di hadapan seluruh pengurus dan anggota koperasi.

Di hadapan Sekda Kabupaten Bogor Burhanudin, MenkopUKM juga meminta pemerintah daerah membatu kelancaran bagi para pelaku koperasi dan UKM di wilayahnya. Contohnya, seperti di kawasan produksi susu dan peternakan sapi perah, untuk dibangunkan atau diperbaiki fasilitas infrastruktur jalan.

"Kedatangan saya juga untuk memantau program tersebut (restrukturisasi pinjaman/pembiayaan). Mudah-mudahan program ini bisa membantu membangkitkan koperasi dan UKM di Indonesia. Nah, kita punya LPDB yang permodalannya Insya Allah akan diperbesar. Semoga nanti bisa membantu memulihkan para pelaku koperasi dan UKM agar tetap bertahan menjalankan bisnisnya," ucapnya.

KemenkopUKM telah mengantisipasi dampak ekonomi terburuk dengan dikeluarkannya SK Menkop Nomor 15 Tahun 2020 pada bulan April 2020 lalu, tentang Restrukturisasi Pinjaman/Pembiayaan Kepada Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Penerima Dana Bergulir Lembaga Pengelola Dana Bergulir, Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

 

(Foto:Dok. Kementerian Koperasi dan UKM)
(Foto:Dok. Kementerian Koperasi dan UKM)

Harapannya, walaupun dalam keadaan darurat pandemi Covid-19 telah menghantam sebagian besar sektor usaha di berbagai daerah, KemenkopUKM tetap fokus dalam upaya memulihkan dan mendukung perekonomian nasional, khususnya demi keberlangsungan usaha koperasi di Indonesia.

Sementara itu, Zamroni Burhan selaku Ketua KPS Bogor mengatakan, anggota yang 100 persen peternak sapi sangat merasakan dampak Covid-19. Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah wilayah menyebabkan terbatasnya akses masuk ke daerah, sehingga distribusi pakan pun terhambat.

"Pakan ternak ada yang berupa ampas tahu dan ampas tempe, ada juga yang berasal dari bungkil kelapa sawit dan bungkil kopi yang merupakan bahan baku konsentrat yang berasal dari Pulau Sumatra. Terbatasnya persediaan konsentrat protein sapi berpengaruh langsung pada volume susu yang dihasilkan. Meskipun permintaan (demand) pembeli tinggi, namun supply sangat rendah," jelas Burhan.

Burhan memaparkan, misalnya rata-rata produksi susu yang dihasilkan sapi pada bulan Januari-Maret sebanyak 12 ton, namun dalam kondisi pandemi yang menyebabkan berkurangnya satu jenis menu pakan, berdampak pula pada menurunnya produksi susu. Hal ini terlihat pada bulan April-Juni, produksi susu hanya mencapai delapan ton. Meskipun ada pakan sapi yang berupa ampas, namun kandungan proteinnya cukup tinggi dan berpengaruh pada volume susu yang dihasilkan sapi. Sampai sejauh ini, suplemen atau konsentrat tersebut belum ada penggantinya.

Berbicara tentang pendapatan, sebelumnya peternak memperoleh Rp10 juta per bulan, dengan cicilan pinjaman sebesar Rp3-4 juta per bulan. Namun dengan kondisi saat ini, pendapatan mereka menurun hingga Rp5 juta per bulan. Adanya restrukturisasi pinjaman dari LPDB-KUMKM selama 1 tahun berupa penangguhan pembayaran, berdampak pada menurunnya jumlah cicilan anggota, sehingga mereka dapat fokus melanjutkan usahanya.

"Namun besar harapan dengan adanya restrukturisasi ini, anggota mampu bertahan dan tetap optimis melanjutkan usahanya," tutur Burhan.

Terkait restrukturisasi pinjaman, Burhan mengatakan sudah sejak Bulan April mengirimkan surat permohonan ke LPDB-KUMKM.

"Hampir dua bulan sejak Mei dan Juni ini, kami tidak melakukan kewajiban pembayaran angsuran ke LPDB-KUMKM, hal ini disebabkan pembayaran dari anggota pun tidak ada. Meskipun sejak penyebaran Covid-19 unit simpan pinjam tidak menyalurkan pinjaman ke anggota, namun dengan adanya relaksasi pembayaran, setidaknya anggota memiliki nafas tambahan untuk melanjutkan usaha mereka," kata Burhan.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2.000 Orang Dikenai Sanksi Kerja Sosial Selama PSBB Transisi di Jakpus

Posted: 27 Jun 2020 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 2.000 orang yang melanggar protokol kesehatan terkait penggunaan masker telah dikenai sanksi kerja sosial oleh Satpol PP Jakarta Pusat selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi.

"Selama masa transisi ini saja, kami sudah memberikan sanksi kerja sosial kepada 2.000 orang yang tidak pakai masker," kata Kasatpol PP Jakarta Pusat Bernard Tambunan saat dihubungi, Sabtu (27/6/2020).

Menurut dia, protokol kesehatan berupa penggunaan masker selama pandemi Covid-19 seharusnya sudah menjadi kebiasaan, namun tetap saja banyak yang melanggar aturan itu.

"Setiap hari ada saja kita memberi sanksi. Apalagi orang-orang yang nggak pakai masker jumlahnya banyak," kata Bernard seperti dikutip Antara.

Mereka yang dikenai sanksi kerja sosial itu biasanya tidak memiliki uang untuk membayar denda sebesar Rp 250 ribu sehingga mereka memilih menggunakan rompi dan membersihkan fasilitas umum.

Pada saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) minggu lalu, dari 40 orang yang terjaring tidak memakai masker hanya tiga orang yang mau membayar denda, sisanya menjalani sanksi kerja sosial.

"Mereka kadang nggak punya uang (untuk bayar denda). Jadi memilih melakukan sanksi kerja sosial sesuai pergub," ujar Bernard.

Pengawasan Tetap Ketat

Meski di masa PSBB transisi sudah banyak kegiatan di luar ruangan yang diperbolehkan, Bernard mengatakan pihaknya tetap mengupayakan pengawasan ketat untuk penerapan protokol kesehatan.

"Kita tetap upayakan usaha maksimal penjagaan. Mulai dari penerapan protokol kesehatan, berjaga di pos pantau, berjaga untuk pemeriksaan SIKM," katanya.

Di pasar juga tiap hari ada tiga petugas. "Lalu di mal-mal juga kita jaga. Jadi ya masyarakat tetap harus jaga protokol kesehatan," ujar Bernard.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Cara Mengobati Luka Memar Agar Cepat Sembuh

Posted: 27 Jun 2020 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cara mengobati luka memar perlu diperhatikan setiap orang. Tentunya kondisi memar pada tubuh merupakan masalah yang cukup sering terjadi, terutama pada anak-anak yang aktif bergerak. Luka memar ini biasanya muncul karena benturan dengan benda keras, yang menyebabkan pecahnya pembuluh darah kapiler.

Selain itu, memar juga bisa disebabkan oleh aktivitas fisik atau olahraga yang berat, terjatuh, hingga keseleo. Tak hanya tampak perubahan warna pada kulit, memar juga sering kali menimbulkan nyeri. Walaupun luka memar bisa sembuh dengan sendirinya, kamu bisa melakukan beberapa cara agar luka tersebut lebih cepat sembuh.

Cara mengobati luka memar agar cepat sembuh bisa dilakukan secara mandiri di rumah. Umumnya, memar ringan akibat terbentur benda keras dapat hilang dalam waktu dua hingga tiga minggu. Cepat lambatnya penyembuhan luka memar ini tergantung pada seberapa parah benturan yang terjadi dan di mana letak luka berada.

Tingkat keparahan luka memar ini bisa kamu kenali dari tahapan perubahan warnanya. Kulit akan berwarna merah sesaat setelah terbentur. Sehari atau dua hari setelahnya luka tersebut akan berubah menjadi kebiruan atau ungu gelap. Setelah seminggu, biasanya luka memar akan berwarna hijau pucat, yang menandakan proses penyembuhan sedang berlangsung. Setelah itu, luka memar akan berwarna kuning kecokelatan yang menandakan luka akan segera sembuh dan hilang.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (28/6/2020) tentang cara mengobati luka memar.

Istirahat dan Kompres Es

ilustrasi memar/ copyright By Boyloso from Shutterstock
ilustrasi memar/ copyright By Boyloso from Shutterstock

Istirahat

Cara mengobati luka memar agar cepat sembuh yang pertama adalah dengan beristirahat. Istirahatkan bagian tubuh yang mengalami luka memar. Kurangi atau hentikan aktivitas yang melibatkan anggota tubuh yang cedera hingga cedera pulih.

Hal ini berguna untuk mengurangi aliran darah di bagian tubuh yang memar dan juga peradangan. Jadi, hal ini juga berguna agar bengkak dan nyeri pada luka memar tidak semakin parah.

Kompres Es

Cara mengobati luka memar selanjutnya bisa dilakukan dengan kompres es. Suhu dingin akan meredakan proses pembengkakan dan peradangan. Selain itu, es juga membantu mengurangi jumlah darah yang keluar dari pembuluh darah kecil ke jaringan sekitar.

Hindari menempelkan langsung es ke kulit, disarankan untuk membungkus es dengan handuk terlebih dahulu. Lalu, kompres luka memar selama 20 sampai 30 menit.

Memberikan Balutan yang Menekan dan Meninggikan Bagian Tubuh yang Memar

ilustrasi menyembuhkan memar/shutterstock
ilustrasi menyembuhkan memar/shutterstock

Memberikan Balutan yang Menekan

Memberikan balutan yang agak menekan juga bisa dijadikan cara mengobati luka memar agar cepat sembuh selanjutnya. Bebat bagian tubuh yang mengalami memar dengan perban elastis, namun jangan terlalu kencang. Tujuannya adalah untuk mencegah memar bertambah parah dan mengurangi rasa nyeri.

Meninggikan, mengistirahatkan, memberikan balutan tekanan rendah, dan memberi kompres es selama 20 menit per jam bisa mengurangi aliran darah dan peradangan.

Meninggikan Bagian Tubuh yang Memar

Cara mengobat luka memar agar cepat sembuh berikutnya adalah dengan meninggikan bagian tubuh yang mengalami memar tersebut. Posisikan bagian tubuh yang mengalami memar lebih tinggi dari dada.

Caranya bisa dengan menggunakan bantal untuk mengganjal bagian tubuh yang cedera tersebut. Ini berguna untuk mengurangi aliran darah ke area luka sehingga membantu meredakan bengkak dan mencegah memar melebar.

Melakukan istirahat, kompres es, memberikan balutan tekanan rendah, dan meninggikannya segera setelah terjadi cedera dan selama proses penyembuhan memar juga dapat mengurangi rasa nyeri.

Kompres Air Hangat dan Menggunakan Salep atau Gel

ilustrasi menyembuhkan memar
ilustrasi menyembuhkan memar

Kompres Air Hangat

Selain menggunakan kompres es, kamu juga bisa menggunakan kompres air hangat sebagai cara mengobati luka memar agar cepat sembuh. Hal ini bisa kamu lakukan setelah sekiat dua hari menerapkan kompres dengan es.

Suhu panas dapat memperlancar aliran darah, sekaligus mempercepat perubahan warna kulit kambali seperti semula. Gunakan kain yang sudah direndam air hangat. Lalu, kompres bagian tubuh yang mengalami luka memar selama 10 menit. Lakukan ini dua sampai tiga kali sehari secara rutin.

Menggunakan Salep atau Gel

Cara mengobati luka memar selanjutnya bisa dilakukan dengan menggunakan obat oles dalam bentuk salep maupun gel. Hal ini terutama dengan menggunakan obat oles yang mengandung heparin. Heparin bekerja dengan cara melarutkan gumpalan darah yang berada di bawah permukaan kulit akibat memar, membantu mengurangi peradangan, serta melancarkan peredaran darah untuk mempercepat penyembuhan.

Efek samping penggunaan obat ini umumnya minimal dan jarang terjadi, namun terkadang dapat menimbulkan alergi. Namun, heparin gel tidak dianjurkan untuk dipakai pada luka terbuka dan pada anak berusia di bawah 5 tahun. Selain itu, heparin yang halal apabila diekstrak dari protein bovine. Jadi, dalam penggunaan obat ini kamu perlu benar-benar memperhatikan deskripsi pada kemasan.

Biasanya, luka memar karena benturan bisa sembuh dengan sendirinya, namun cara mengobati luka memar tersebut bisa mempercepat proses penyembuhan. Segera konsultasikan kepada dokter jika luka memar disertai gejala yang parah, atau jika memar tidak kunjung membaik setelah lebih dari 2-3 minggu.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Rahasia Negara-Negara yang Belum Ada Kasus Covid-19

Posted: 27 Jun 2020 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hingga kini, belum ada laporan dari 5 negara terkait kasus corona virus disease 2019 atau Covid-19. Padahal banyak negara di dunia sedang berjuang menekan laju penyebaran Covid-19.

WHO telah menetapkan Covid-19 sebagai pandemi. Wabah yang berjangkit serempak di mana-mana dan meliputi daerah geografi yang luas.

Covid-19 yang kian merajalela benar-benar telah membuat sebagian besar negara di dunia, termasuk negara industri maju, sibuk mengendalikannya. Sebaliknya, sejumlah negara di Samudra Pasifik sejauh ini tampaknya mampu hadang virus SARS-CoV-2.

Artikel tentang deretan negara yang tak ada kasus Covid-19 menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang foto-foto kocak masker bergambar wajah.

Sementara itu artikel terpopuler ketiga tentang hal yang dilakukan pria ketika putus cinta.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 5 Negara Ini Tidak Ada Kasus Covid-19, Kok Bisa?

Ilustrasi Virus Corona 2019-nCoV (Public Domain/Centers for Disease Control and Prevention's Public Health Image)
Image)

Covid-19 yang kian merajalela benar-benar telah membuat sebagian besar negara di dunia, termasuk negara industri maju, sibuk mengendalikannya. Sebaliknya, sejumlah negara di Samudra Pasifik sejauh ini tampaknya mampu hadang virus SARS-CoV-2.

5 negara hingga saat ini belum melaporkan infeksi Covid-19. Negara apa saja?

Selengkapnya...

2. Bikin Terkecoh, 6 Masker dengan Gambar Ekspresi Wajah Ini Kocak Banget

foto: Facebook Kementrian Humor Indonesia
foto: Facebook Kementrian Humor Indonesia

Tak hanya keren, ada juga loh yang buat masker dengan gambar nyeleneh. Salah satu jenis masker nyeleneh yang saat ini banyak digunakan orang ialah masker bergambar ekspresi wajah manusia.

Tak jarang gambar-gambar masker tersebut membuat orang terkecoh sekaligus tertawa. 

Selengkapnya...

3. Tak Banyak yang Tahu, Ini 4 Hal yang Dilakukan Pria Ketika Putus Cinta

Cowok terlihat lebih tenang saat patah hati karena putus cinta. Kok bisa ya? (Foto: pexels.com)
Cowok terlihat lebih tenang saat patah hati karena putus cinta. Kok bisa ya? (Foto: pexels.com)

Tak sedikit wanita yang merasa penasaran dengan apa yang biasanya dilakukan para pria ketika putus cinta. Untuk wanita sendiri sangat mudah diprediksi. Biasanya mereka akan merasakan patah hati berlarut-larut usai putus cinta.

Mereka akan mengekspresikannya melalui berbagai cara, seperti mengurung diri, bercerita dengan sahabat hingga meluapkannya melalui media sosial.

Lantas bagaimana dengan pria?

Selengkapnya...

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

APBN Terbatas, Proyek Infrastruktur Jalan di Sumatera Selatan Dibiayai Sukuk Negara

Posted: 27 Jun 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kemampuan dana pemerintah yang terbatas membuat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memilih Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) atau Sukuk Negara sebagai alat pembiayaan pembangunan infrastruktur.

Salah satu proyek yang dibiayai SBSN adalah Jalan Lintas Timur Sumatera Selatan dari Palembang - Betung hingga Batas Jambi.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengakui jika kemampuan pendanaan pemerintah melalui APBN sangat terbatas. Sehingga diperlukan berbagai inovasi pembiayaan lain, seperti SBSN.

"SBSN untuk mengurangi kesenjangan antara kebutuhan dengan kemampuan pembiayaan APBN dalam pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur," jelas dia dalam keterangan tertulisnya, Minggu (28/6/2020).

Adapun fokus pelaksanaan proyek jalan dan jembatan dengan pembiayaan sukuk negara, meliputi peningkatan kemantapan jalan lintas utama. Kebijakan ini sebagi penguatan daya saing bangsa serta mendukung Sistem Logistik Nasional (SISLOGNAS).

SBSN diprioritaskan pada ruas yang sudah berfungsi dan bisa memacu percepatan konektivitas jalan yang sudah ada sekaligus juga mempercepat atau mengurangi waktu tempuh pada jalan lintas utama. Misalnya di ruas Jalan Bts Provinsi Jambi-Peninggalan sepanjang 90,15 km dengan total anggaran Rp 193 miliar.

Saat ini progres fisik preservasi jalan tersebut sudah sebesar 85,47 persen. Diharapkan dengan selesainya preservasi, akan meningkatkan waktu tempuh pada ruas tersebut dari 3,5 jam menjadi 2 jam perjalanan.

Selain ruas jalan tersebut, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional PUPR Provinsi Sumatera Selatan dengan dana SBSN 2019-2020 juga tengah melakukan preservasi ruas Jalan Peninggalan-Sei Lilin-Betung sepanjang 77,74 km dengan progres fisik sebesar 81,35 persen dan total nilai kontrak preservasi jalan tersebut Rp 209,6 miliar.

Diharapkan dengan selesainya preservasi, akan mempercepat waktu tempuh pada ruas tersebut dari 4 jam menjadi 3,5 jam perjalanan.

 

Proyek Lain

Ilustrasi sukuk.
Ilustrasi sukuk.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Palembang Saiful Anwar menegaskan bahwa ruas jalan selanjutnya yang tengah ditingkatkan kualitas layanannya adalah Jalan Betung-Bts, Kota Palembang sepanjang 56,16 km dengan pendanaan sebesar Rp 124 miliar.

Saat ini progres fisiknya sudah mencapai 67,31 persen dan diharapkan akan mempercepat waktu tempuh rata-rata pada ruas tersebut dari 5 jam menjadi 2 jam perjalanan.

"Preservasi juga dilakukan hingga ruas Jalan Bts. Kota Palembang - Sp. Indralaya - Sp. Meranjat - Bts. Kota Kayu Agung (49,55 km) dengan nilai kontrak Rp 118 miliar, saat ini progres fisik pekerjaannya sudah mencapai 79,8 persen. Diharapkan dengan peningkatan kualitas layanan, akan mempercepat waktu tempuh pada ruas tersebut dari 2,5 jam menjadi 1,5 jam perjalanan" ujarnya.

Saiful menyebutkan keunggulan SBSN sebagai sumber pendanaan dari dalam negeri berdampak pada kemandirian pembangunan infrastruktur dimana kontraktor dan konsultan yang terlibat sepenuhnya merupakan orang Indonesia. Hal ini berbeda dengan pinjaman bilateral maupun multilateral yang umumnya mensyaratkan keterlibatan kontraktor dan konsultan dari negara donor.

Sementara itu, ruas terakhir yang juga tengah dilakukan peningkatan kualitas layanan adalah Celikah - Kayu Agung -Bts. Kota Kayu Agung - Sp. Penyandingan - Bts. Lampung sepanjang 109,6 km dengan nilai kontrak Rp 199,9 miliar. Saat ini progres fisik pekerjaannya sudah mencapai 73,2 persen.

"Diharapkan dengan peningkatan kualitas layanan, akan mempercepat waktu tempuh pada ruas tersebut dari 3,5 jam menjadi 2,5 jam perjalanan," tukasnya.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemohon Surat Bebas Narkoba di BNN Kota Kediri Tinggi

Posted: 27 Jun 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Narkotika Nasional (BBN) Kota Kediri, Jawa Timur mencatat jumlah warga yang mencari Surat Keterangan Hasil Pemeriksaan Narkotika (SKHPN) atau surat bebas narkoba cukup tinggi. Permintaan SKHPN itu mencapai 304 pemohon pada 2020.

Ada sejumlah alasan permohonan surat bebas narkoba tersebut, salah satunya untuk syarat masuk kerja.

"Untuk pemohon SKHPN, walaupun kondisi seperti ini surat keterangan bebas narkoba tetap kami berikan layanan," ujar Kepala BNN Kota Kediri AKBP Bunawar ditemui dalam peringatan Hari Antinarkoba Internasional 2020 di Kediri, Sabtu malam, 27 Juni 2020, seperti dikutip dari Antara.

Ia menuturkan, warga yang hendak mencari surat bebas narkoba bisa datang langsung ke kantor BNN Kediri. Warga juga harus mematuhi protokol kesehatan dengan mencuci tangan, diukur suhu tubuhnya dengan thermogun, mengenakan masker, dan setelahnya baru dilakukan pemeriksaan.

Jumlahnya juga cukup tinggi yakni hingga 24 Juni 2020 ada sebanyak 304 pemohon, padahal saat ini juga masih dalam pandemi COVID-19.

Alasan Permohonan Surat Bebas Narkoba

Antrian ratusan warga dan guru honorer saat hendak membuat surat keterangan bebas narkoba di Balai Laboratorium BNN Cawang, Jakarta, Senin (28/12/2015). (Liputan6.com/Yoppy Renato)
Antrian ratusan warga dan guru honorer saat hendak membuat surat keterangan bebas narkoba di Balai Laboratorium BNN Cawang, Jakarta, Senin (28/12/2015). (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Kepala Seksi Rehabilitasi BNN Kota Kediri, Dwiya Rosida menambahkan, dari warga yang mencari surat bebas narkoba tersebut ada berbagai macam alasan seperti untuk memenuhi syarat masuk kerja (administrasi pekerjaan) maupun pendaftaran sekolah. Ada juga warga yang mengurus untuk pendaftaran TNI/polri hingga pengajuan beasiswa.

Ia menambahkan dari BNN juga sudah melakukan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/ MoU) dengan Kementerian Agama Jawa Timur terkait dengan pengurusan surat bebas narkoba.

"Calon pengantin itu disyaratkan untuk mencari SKHPN (surat bebas narkoba) tapi di Kediri ini belum. Kemenag (di Kediri) belum syaratkan mutlak, jadi baru dua yang mencari surat sebagai syarat untuk pernikahan," kata dia.

Sementara itu, BNN Kota Kediri dalam rangkaian peringatan Hari Antinarkoba Internasional 2020 menyelenggarakan berbagai acara. Puncak peringatan HANI 2020 diselenggarakan pada Jumat, 26 Juni 2020 di kantor BNN Kota Kediri, mengikuti peringatan BNN Pusat secara virtual.

Kasus Narkoba

BNN Kota Kediri juga mengadakan kegiatan menonton pagelaran konser amal Slank yang juga diikuti secara virtual dengan bersamaan rilis terkait dengan kegiatan BNN Kota Kediri.

Konser tersebut diselenggarakan di salah satu televisi swasta nasional. Kegiatan yang diselenggarakan di kantor BNN Kota Kediri tersebut juga dihadiri para tamu sesuai dengan protokol kesehatan demi mencegah pandemi COVID-19.

Sedangkan kegiatan lain dalam rangkaian peringatan HANI 2020 di Kota Kediri akan diselenggarakan sepada santai pegawai BNN Kota Kediri pada 3 Juli 2020 dan donor darah pada 10 Juli 2020.

Untuk rekapitulasi data klien pecandu narkotika mulai Januari hingga Juni 2020 di BNN Kota Kediri ada tujuh orang, dengan rentang usia produktif mulai 25 tahun hingga 39 tahun. Untuk rekapitulasi jumlah kasusnya ada 12 dengan narkotika jenis sabu-sabu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebulan Beroperasi, Lab BSL-2 Bandung Periksa 5.000 Spesimen COVID-19

Posted: 27 Jun 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung Sebulan beroperasi, Laboratorium Biosafety Level-2 (BSL-2) Kota Bandung telah memeriksa sekitar 5.000 sampel COVID-19. Keberadaan Laboratorium (BSL-2) mempercepat upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dalam melakukan pengujian virus SARS-CoV-2.

Menurut Manajer Laboratorium BSL-2, Tati Sutarti, saat ini kapasitas pemeriksaan sudah dimaksimalkan di angka 200 sampel per hari. Semua pemeriksaan spesimen terkait COVID-19 dilakukan dengan teliti.

"Jadi sudah kita validasi. Waktu itu hasil dari sini diperiksa lagi di Labkesda Provinsi (Jawa Barat) dan di Litbangkes Kemenkes itu sama. Jadi bisa dipertanggungjawabkan hasilnya," kata Tati dalam keterangan resmi ditulis Minggu 928/6/2020)

Tati menuturkan, selama penanganan COVID-19, Lab BSL-2 beroperasi setiap hari. Sekalipun untuk pengiriman dan penerimaan sampel hanya dibatasi dari Senin hingga Jumat, namun di akhir pekan para petugas tetap mengujinya.

Keseluruhan petugas yang bertugas ucap Tati, terdapat 12 petugas yang menjalankan Laboratorium BSL-2. Ditambah dengan dirinya sebagai kepala dan seorang tenaga ahli dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Husna Nugrahapraja.

"Delapan orang itu analis yang memeriksa di dalam lab. Ada yang ekstraksi, ada yang deteksi PCR (Polymerase Chain Reaction). Kemudian admin dua orang dan dua orang lagi cleaning service," ujar Tati.

Tati mengklaim keunggulan Laboratorium BSL-2 tidak hanya ditunjang perlengkapan memadai, tetapi juga didukung ruangan bertekanan negatif yang aman bagi lingkungan sekitar. Fungsinya untuk menetralisir virus atau bakteri di udara baik di dalam ruangan maupun udara yang keluar dari laboratorium.

Artinya sebut Tati, tidak ada pencemaran dari virus yang masuk dan keluar. Udaranya sudah bersih oleh penyaringan.

"Untuk pemeriksaan COVID-19 ini ada BSL-2 ada dilengkapi dengan BSC 2 dengan alat ekstraksi yang manual dengan otomatis. Kemudian ada alat PCR untuk menunjang pemeriksaan COVID-19," jelas Tati.

 

Bandung Mandiri Lakukan Pengujian Sampel terkait COVID-19

Tenaga ahli asal ITB, Husna Nugrahapraja menyebutkan kehadiran Laboratorium BSL-2 merupakan bentuk keseriusan Pemkot Bandung melacak pandemi COVID-19. Hal ini sangat penting untuk memutus mata rantai penyebaran virus.

Sebelumnya, sebut Husna, seluruh sampel COVID-19 hanya diperiksa di Labkesda Jabar. Akhirnya yang terjadi, seluruh sampel di kabupaten/kota menumpuk.

"Dengan kemandirian yang dimiliki Kota Bandung bisa berinovasi perluasan dan pelacakan. Salah satunya untuk menyaring potensi penyebaran yang ada di Kota Bandung," ungkap Husna.

Hanya saja, lanjut Husna, sekarang ini Lab BSL-2 sedang dihadapkan pada antrean sampel pemeriksaan yang cukup banyak. Meski demikian, tim laboratorium berkomitmen untuk bisa memberikan pelayanan secepat mungkin dengan target antara 3-7 hari.

"Kalau misalkan per sampel satu spesimen itu keluar hasilnya bisa 4-5 jam. Tapi saat COVID ini kita berbicara jumlah spesimen yang banyak, dengan kapasitas 200 spesimen per hari itu dengan tidak memprtimbangkan antrean. Dalam satu hari kita pernah sampai menerima 700 sampel," jelas Husna.

Saksikan juga video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Celta Vigo Vs Barcelona, Luis Suarez Frustrasi Gagal Beri Kemenangan

Posted: 27 Jun 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona- Luis Suarez merasa frustrasi usai mencetak dua gol untuk Barcelona namun gagal menang saat imbang 2-2 lawan Celta Vigo di Balaidos, Sabtu (27/6/2020). Dua gol yang dicetaknya seperti sia-sia saja.

Ini juga jadi awal kebangkitan bagi Luis Suarez yang sudah lama dirundung cedera. Sempat diprediksi tak bisa membela Barcelona lagi musim ini, jeda pandemi virus corona membuatnya bisa kembali main.

Dengan hasil imbang ini, Real Madrid berpeluang untuk menjauh dari Barcelona. Dini hari nanti, Madrid bakal menghadapi Espanyol.

"Perasaan yang saya rasakan sangat negatif. Kami buang dua poin untuk mengejar gelar juara La Liga," kata Luis Suarez seperti dikutip Marca.

"Seharusnya ini di tangan kami tapi sekarang kami menunggu Real Madrid buang poin."

 

Laga Sulit

Barcelona kembali membuang poin saat menghadapi Celta Vigo (AFP)
Barcelona kembali membuang poin saat menghadapi Celta Vigo (AFP)

Beberapa laga sulit masih menanti Barcelona. Begitu juga dengan Real Madrid meski saat ini mereka lebih konsisten.

"Kami merasa frustrasi karena buang dua poin. Masih ada laga sulit lagi yang akan datang untuk kami dan real Madrid," ujar Suarez.

"Laga melawan Celta akan menjadi duel tandang yang sulit. Begitu juga dengan Villarreal, laga Atletico ju

Analisis

ga akan segera hadir."

Luis Suarez berharap pelatih bisa menganalisis apa yang terjadi dengan Barcelona. Saat ini mereka sudah dua kali buang poin di laga tandang.

"Itulah fungsi pelatih untuk menganalisis situasi. Kami akan memberi yang terbaik di lapangan," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Klaster Penularan Covid-19 di Banyumas, Mana Paling Gawat?

Posted: 27 Jun 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Banyumas - Sebanyak tiga klaster penyebaran COVID-19 di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, masih harus diselesaikan karena dua klaster lainnya telah dianggap selesai, kata Bupati Banyumas Achmad Husein.

"Sebelumnya di Banyumas masih menyisakan lima klaster yang harus diselesaikan, yakni Gowa, Tanggeran, Sokaraja Kulon, Kober, dan Bancarkembar," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jumat.

Dari lima klaster tersebut, kata dia, untuk klaster Gowa sebelumnya ada 36 orang yang dinyatakan positif COVID-19 dan berdasarkan hasil tes usap (swab) yang diterima Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Banyumas pada hari Kamis (25/6) terdapat dua orang yang dinyatakan sembuh.

Dengan demikian, kata dia, klaster Gowa dapat dianggap selesai karena 34 orang lainnya telah lebih dulu dinyatakan sembuh dari COVID-19.

"Sementara klaster Tanggeran, Kecamatan Somagede, yang pertama kali diketahui positif COVID-19 sebanyak satu orang, kemudian kami melakukan tes usap terhadap 12 tetangga terdekatnya dan hasilnya sudah keluar. Alhamdulillah negatif semuanya, sehingga klaster Tanggeran dianggap sudah selesai dan dapat ditutup," katanya, dikutip Antara.

Bupati Banyumas mengatakan untuk klaster Sokaraja Kulon, Kecamatan Sokaraja, terdapat tambahan tiga orang yang dinyatakan positif COVID-19 berdasarkan hasil tes usap yang dilakukan terhadap lima kontak dekat dari orang yang pertama kali terpapar virus corona jenis baru di desa itu.

 

Laju Penularan 3 Klaster Covid-19 Banyumas

Nenek 72 tahun di Banyumas mengakhiri masa isolasi di RSUD Margono, Senin (20/4/2020). Ia sembuh Covid-19. (Foto: Liputan6.com/tangkapan layar-Rudal afgani)
Nenek 72 tahun di Banyumas mengakhiri masa isolasi di RSUD Margono, Senin (20/4/2020). Ia sembuh Covid-19. (Foto: Liputan6.com/tangkapan layar-Rudal afgani)

Menurut dia, tiga orang tersebut terdiri atas istri dari warga Sokaraja Kulon yang dinyatakan positif COVID-19 beserta anaknya yang berusia 14 tahun dan adiknya yang tinggal di Desa Kaliori, Kecamatan Kalibagor, Banyumas.

"Istri yang bersangkutan tinggal di Sokaraja Lor, sehingga kami melakukan tes usap terhadap kurang lebih enam orang kontak dekatnya yang kemungkinan masih ditindaklanjuti. Kami juga melakukan tes usap terhadap lima orang kontak dekat dari pasien yang tinggal di Kaliori," katanya.

Menurut dia, pihaknya juga telah melakukan tes usap terhadap enam orang di klaster Kober, Kecamatan Purwokerto Barat, dan 10 orang di klaster Bancarkembar, Kecamatan Purwokerto Utara, yang selanjutnya dikirim ke laboratorium di Yogyakarta namun sampai saat sekarang belum mendapatkan hasil.

Terkait dengan hal itu, dia mengatakan hingga saat ini di Banyumas masih menyisakan tiga klater penyebaran COVID-19, yakni klaster Sokaraja Kulon beserta percabangannya di Sokaraja Lor dan Kaliori, klaster Kober, serta klaster Bancarkembar.

"Jadi masih harus kami tekuni satu per satu, kami telusuri satu per satu, sehingga nanti betul-betul tidak ada ranting-ranting atau cabang-cabang yang tersisa dari yang ada sekarang ini," katanya.

Ia mengatakan dalam menangani COVID-19 harus dilakukan dengan tekun, sabar, teliti, tidak boleh menyerah, dan tidak boleh mengenal lelah.

"Kami akan kerjakan terus semuanya secermat mungkin, secepat mungkin, seteliti mungkin, sehingga tidak ada yang tersisa menjadi masalah yang timbul kemudian. Insya Allah, kami akan tetap bekerja keras untuk masyarakat," demikian Achmad Husein.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Video Baru Blackpink How You Like That Populer di Youtube

Posted: 27 Jun 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berita tentang video terbaru Blackpink yang mencatat rekor dan trending di YouTube, menjadi perhatian pembaca kanal Tekno Liputan6.com, Sabtu (27/6/2020).

Tak hanya itu, pembaca juga menaruh perhatian besar terhadap artikel deretan merek ternama yang setop beriklan di Facebook dan harga iPhone 12 model 4G.

Lebih lengkapnya simak berita berikut ini.

1. Video Blackpink How You Like That Cetak Rekor di YouTube

Blackpink baru saja mencatat rekor baru melalui video terbarunya di Youtube, Video dari lagu terbaru girl band itu yang berjudul 'How You Like That' berhasil menjadi video paling banyak ditonton usai dirilis pertama kali di YouTube.

Dikutip dari BBC, Sabtu (27/6/2020), tidak lama setelah dirilis, video dari Blackpink itu langsung mencatatkan 1,65 juta views. Perlu diketahui, How You Like That merupakan lagu pertama girl band asal Korea Selatan itu di 2020.

Jumlah itu juga diketahui terus naik hingga saat ini. Dalam kurun waktu sekitar 15 jam saja, video itu sudah mencetak 60 juta views di YouTube.

Baca Selengkapnya di Sini

 

2. Deretan Merek Ternama yang Ikut Setop Beriklan di Facebook

Gelombang mundurnya sejumlah merek ternama yang berhenti beriklan di Facebook ternyata kian besar. Terbaru, ada Unilever yang menyatakan berhenti beriklan di platform media sosial terbesar itu.

"Kami memutuskan mulai sekarang hingga setidaknya akhir tahun ini, tidak akan memasang iklan di newsfeed Facebook, Instagram, dan Twitter untuk pasar Amerika Serikat," tutur Unilever seperti dikutip dari Livemint, Sabtu (27/6/2020).

Keputusan Unilever ini tidak lepas dari kekhawatiran Facebook tidak serius mengatasi ujaran kebencian dan misinformasi di platform-nya.

Baca Selengkapnya di Sini

 

3. iPhone 12 Model 4G Akan Dijual Seharga Rp 7,8 Jutaan?

Apple direncanakan bakal meluncurkan sejumlah seri iPhone baru pada 2020 ini. Tidak seperti tahun lalu, kali ini perusahaan akan mengumumkan empat model iPhone.

Adapun model yang akan diungkap termasuk dari model standar hingga paling tinggi (high-end).

Walau rumornya perusahaan akan merilis varian 5G, tampaknya deretan seri iPhone tahun ini tidak akan ada yang mendukung teknologi jaringan data anyar tersebut.

Baca Selengkapnya di Sini

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Cegah Kerumunan, Pemprov DKI Jakarta Gelar Hari Bebas Kendaraan Bermotor di 32 lokasi

Posted: 27 Jun 2020 09:00 PM PDT

Warga bersepeda saat Car Free Day (CFD) di Jalan Layang Non Tol Antarasari, Jakarta, Minggu (28/6/2020). Pemprov DKI Jakarta menggelar HBKB atau CFD di 32 lokasi baru untuk menggantikan HBKB yang ditiadakan di Jalan Sudirman-Thamrin. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Warga bersepeda saat Car Free Day (CFD) di Jalan Layang Non Tol Antarasari, Jakarta, Minggu (28/6/2020). Pemprov DKI Jakarta menggelar HBKB atau CFD di 32 lokasi baru untuk menggantikan HBKB yang ditiadakan di Jalan Sudirman-Thamrin. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Warga bersepeda saat Car Free Day (CFD) di Jalan Layang Non Tol Antarasari, Jakarta, Minggu (28/6/2020). Pemprov DKI Jakarta menggelar HBKB atau CFD di 32 lokasi baru untuk menggantikan HBKB yang ditiadakan di Jalan Sudirman-Thamrin. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Warga bersepeda saat Car Free Day (CFD) di Jalan Layang Non Tol Antarasari, Jakarta, Minggu (28/6/2020). Digantikannya HBKB atau CFD di 32 lokasi baru dengan alasan menghindari terjadinya kerumunan warga untuk mencegah penyebaran COVID-19. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Warga bersepeda saat Car Free Day (CFD) di Jalan Layang Non Tol Antarasari, Jakarta, Minggu (28/6/2020). Digantikannya HBKB atau CFD di 32 lokasi baru dengan alasan menghindari terjadinya kerumunan warga untuk mencegah penyebaran COVID-19. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Warga bersepeda saat Car Free Day (CFD) di Jalan Layang Non Tol Antarasari, Jakarta, Minggu (28/6/2020). Digantikannya HBKB atau CFD di 32 lokasi baru dengan alasan menghindari terjadinya kerumunan warga untuk mencegah penyebaran COVID-19. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Warga bersepeda saat Car Free Day (CFD) di Jalan Layang Non Tol Antarasari, Jakarta, Minggu (28/6/2020). Pemprov DKI Jakarta menggelar HBKB atau CFD di 32 lokasi baru untuk menggantikan HBKB yang ditiadakan di Jalan Sudirman-Thamrin. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Warga bersepeda saat Car Free Day (CFD) di Jalan Layang Non Tol Antarasari, Jakarta, Minggu (28/6/2020). Pemprov DKI Jakarta menggelar HBKB atau CFD di 32 lokasi baru untuk menggantikan HBKB yang ditiadakan di Jalan Sudirman-Thamrin. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Warga bersepeda saat Car Free Day (CFD) di Jalan Layang Non Tol Antarasari, Jakarta, Minggu (28/6/2020). Pemprov DKI Jakarta menggelar HBKB atau CFD di 32 lokasi baru untuk menggantikan HBKB yang ditiadakan di Jalan Sudirman-Thamrin. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Warga bermain sepatu roda saat Car Free Day (CFD) di Jalan Layang Non Tol Antarasari, Jakarta, Minggu (28/6/2020). Digantikannya HBKB atau CFD di 32 lokasi baru dengan alasan menghindari terjadinya kerumunan warga untuk mencegah penyebaran COVID-19. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Warga bermain sepatu roda saat Car Free Day (CFD) di Jalan Layang Non Tol Antarasari, Jakarta, Minggu (28/6/2020). Digantikannya HBKB atau CFD di 32 lokasi baru dengan alasan menghindari terjadinya kerumunan warga untuk mencegah penyebaran COVID-19. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Warga bermain sepatu roda saat Car Free Day (CFD) di Jalan Layang Non Tol Antarasari, Jakarta, Minggu (28/6/2020). Digantikannya HBKB atau CFD di 32 lokasi baru dengan alasan menghindari terjadinya kerumunan warga untuk mencegah penyebaran COVID-19. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Warga bersepeda saat Car Free Day (CFD) di Jalan Layang Non Tol Antarasari, Jakarta, Minggu (28/6/2020). Pemprov DKI Jakarta menggelar HBKB atau CFD di 32 lokasi baru untuk menggantikan HBKB yang ditiadakan di Jalan Sudirman-Thamrin. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Warga bersepeda saat Car Free Day (CFD) di Jalan Layang Non Tol Antarasari, Jakarta, Minggu (28/6/2020). Pemprov DKI Jakarta menggelar HBKB atau CFD di 32 lokasi baru untuk menggantikan HBKB yang ditiadakan di Jalan Sudirman-Thamrin. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Warga bersepeda saat Car Free Day (CFD) di Jalan Layang Non Tol Antarasari, Jakarta, Minggu (28/6/2020). Pemprov DKI Jakarta menggelar HBKB atau CFD di 32 lokasi baru untuk menggantikan HBKB yang ditiadakan di Jalan Sudirman-Thamrin. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Warga bersepeda saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di Jalan Layang Non Tol Antarasari, Jakarta, Minggu (28/6/2020). (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Warga bersepeda saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di Jalan Layang Non Tol Antarasari, Jakarta, Minggu (28/6/2020). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Warga bersepeda saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di Jalan Layang Non Tol Antarasari, Jakarta, Minggu (28/6/2020). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Warga berolahraga saat Car Free Day (CFD) di Jalan Layang Non Tol Antarasari, Jakarta, Minggu (28/6/2020). Pemprov DKI Jakarta menggelar HBKB atau CFD di 32 lokasi baru untuk menggantikan HBKB yang ditiadakan di Jalan Sudirman-Thamrin. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Warga berolahraga saat Car Free Day (CFD) di Jalan Layang Non Tol Antarasari, Jakarta, Minggu (28/6/2020). Pemprov DKI Jakarta menggelar HBKB atau CFD di 32 lokasi baru untuk menggantikan HBKB yang ditiadakan di Jalan Sudirman-Thamrin. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Warga berolahraga saat Car Free Day (CFD) di Jalan Layang Non Tol Antarasari, Jakarta, Minggu (28/6/2020). Pemprov DKI Jakarta menggelar HBKB atau CFD di 32 lokasi baru untuk menggantikan HBKB yang ditiadakan di Jalan Sudirman-Thamrin. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Warga bersepeda saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di Jalan Layang Non Tol Antarasari, Jakarta, Minggu (28/6/2020). (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Warga bersepeda saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di Jalan Layang Non Tol Antarasari, Jakarta, Minggu (28/6/2020). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Warga bersepeda saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di Jalan Layang Non Tol Antarasari, Jakarta, Minggu (28/6/2020). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Warga beristirahat saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di Jalan Layang Non Tol Antarasari, Jakarta, Minggu (28/6/2020). (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Warga beristirahat saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di Jalan Layang Non Tol Antarasari, Jakarta, Minggu (28/6/2020). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Warga beristirahat saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di Jalan Layang Non Tol Antarasari, Jakarta, Minggu (28/6/2020). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Azriel Hermansyah Sebut Keluarga Yang Baik Dipelihara Dengan Kesetiaan, Sindir Siapa?

Posted: 27 Jun 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tanggal 27 Juni 2020 hari tak terlupakan bagi Azriel Hermansyah. Putra Anang Hermansyah dari pernikahan dengan Krisdayanti itu merayakan ulang tahun ke-20.

Pesta ulang tahun Azriel Hermansyah dihadiri keluarga inti dan sahabat terdekat saja. Menilik sejumlah foto yang diunggah Azriel Hermansyah di akun Instagram terverifikasi miliknya kemarin, pesta ulang tahun itu menggunakan kode busana hitam.

Dalam sebuah sesi foto keluarga, Azriel Hermansyah, Anang, Ashanty, Arsya, Arsyi, dan Aurel kompak mengenakan baju hitam. Kue tar yang bertengger di meja berwarna putih polos.

Krisdayanti Tak Tampak

Azriel Hermansyah. (Foto: Instagram @azriel_hermansyah)
Azriel Hermansyah. (Foto: Instagram @azriel_hermansyah)

Mereka berdiri dengan latar dekorasi warna turangga bertuliskan "Happy Birthday Azriel." Di sayap kanan dan kiri dekorasi itu berhiaskan rangkaian kembang putih.

Sayang, Krisdayanti tak tampak dalam momen bahagia ini. Foto keluarga itu diunggah Azriel Hermansyah disertai status teks yang membuat warganet terperenyak.

Keluarga Yang Baik

Unggahan Azriel Hermansyah. (Foto: Instagram @azriel_hermansyah)
Unggahan Azriel Hermansyah. (Foto: Instagram @azriel_hermansyah)

"Keluarga yang baik dibagun dengan cinta, dimulai dengan kasih sayang, dan dipelihara dengan kesetiaan," cuit Azriel Hermansyah sembari membubuhkan emotikon hati hitam.

Setelah menulis status teks ini, Azriel Hermansyah menyenggol akun Anang, Ashanty, Aurel, Arsyi, dan Arsya. Akun Instagram Krisdayanti tak disenggol sama sekali.

Hati Seluas Samudra

Azriel Hermansyah dan Ashanty (Instagram/azriel_hermansyah)
Azriel Hermansyah dan Ashanty (Instagram/azriel_hermansyah)

Hingga artikel ini disusun, 250 ribuan orang menyukai foto keluarga ini. Tak kurang dari 5 ribu komentar menggenangi kolom. Mayoritas menyelamati momen pertambahan usia Azriel Hermansyah.

Aurel Hermansyah berkicau, "Love You Bro." Ia menyematkan emotikon hati merah. Seorang wargnanet menulis, "Happy birthday Jiel. Semoga bisa menjadi anak kebanggaan dan dikasih hati seluas samudra, amin."

Kesetiaan Adalah Fondasi

Azriel Hermansyah. (Foto: Instagram @azriel_hermansyah)
Azriel Hermansyah. (Foto: Instagram @azriel_hermansyah)

Yang lain menambahkan, "Selamat ulang tahun anak baik. Tetap menjadi baik hingga ujung usia." Ada pula warganet yang menyindir. Akun @niaherawati23 menulis, "Bentar lagi ada yang panas nih gara-gara enggak ke-tag. Ah sudah saya lebih suka keluarga A6 asli, nyata, apa adanya. Tidak fake."

Yang lain menimpali, "Cinta, kasih sayang, dan kesetiaan adalah fondasi dari sebuah keluarga yang sebenarnya. By the way happy birthday ya Le Azriel Hermansyah wish you all the best."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Infeksi Virus Corona COVID-19 di India Lampaui Setengah Juta Kasus

Posted: 27 Jun 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Delhi - Kasus akumulasi virus corona di India kini melampaui angka 500 ribu, setelah mereka melaporkan lebih dari 17,000 infeksi baru (selama 24 jam terakhir) pada Sabtu 27 Juni 2020.

Lonjakan infeksi terbesar dilaporkan terjadi di kota-kota besar India, termasuk ibukota New Delhi, Reuters melaporkan, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (28/6/2020).

Total kasus COVID-19 di India merupakan wabah virus corona terbesar keempat di dunia setelah Amerika Serikat, Brasil dan Rusia dalam kasus yang dikonfirmasi.

Infeksi diperkirakan akan terus meningkat di India. Para ahli memperingatkan negara bagian untuk memprioritaskan pengurangan angka kematian dan menanggulangi penyebaran virus.

"Fokus harus pada pencegahan kematian. Jumlahnya akan meningkat," kata Dr Manoj Murhekar, anggota gugus tugas penanggulangan virus corona di India serta direktur Institut Epidemiologi Nasional.

 

Bisa Mencapai 900 Ribu Kasus

Inspektur polisi Rajesh Babu mengenakan helm berbentuk virus corona saat mengimbau pengendara motor selama lockdown di pos pemeriksaan di Chennai, India, Sabtu (28/3/2020). Cara ini bertujuan agar warga menerapkan social distancing dan tetap berada di rumah selama pandemi Covid-19. (Arun SANKAR/AFP)
Inspektur polisi Rajesh Babu mengenakan helm berbentuk virus corona saat mengimbau pengendara motor selama lockdown di pos pemeriksaan di Chennai, India, Sabtu (28/3/2020). Cara ini bertujuan agar warga menerapkan social distancing dan tetap berada di rumah selama pandemi Covid-19. (Arun SANKAR/AFP)

Ketika infeksi meningkat dengan cepat dan rumah sakit menjadi penuh sesak, beberapa kota seperti New Delhi berjuang untuk membangun fasilitas sementara dengan ribuan tempat tidur untuk karantina dan merawat pasien COVID-19.

Kota berpenduduk sekitar 20 juta orang hanya memiliki sekitar 13.200 tempat tidur untuk pasien COVID-19 dan akan menambah sedikitnya 20.000 dalam beberapa minggu mendatang, dengan beberapa fasilitas diawaki oleh tentara dan dokter paramiliter.

Kekurangan staf cenderung menjadi perhatian karena rumah sakit dibanjiri pasien dan lebih banyak fasilitas sementara dibuka, para ahli memperingatkan, meskipun otoritas kesehatan di beberapa kota di India mendorong peningkatan kategorisasi pasien berdasarkan risiko.

"Kami harus memastikan mereka yang benar-benar membutuhkan perawatan tidak ditolak layanannya," kata Dr Giridhar R. Babu, seorang ahli epidemiologi di Yayasan Kesehatan Masyarakat India yang memberikan nasihat kepada negara bagian selatan Karnataka.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementan Dorong Pelaku Usaha Pasarkan Hasil Ternak lewat Tani Hub

Posted: 27 Jun 2020 08:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) terus berupaya memberikan akses mudah untuk para pelaku usaha di tengah pandemi covid-19 dalam memasarkan hasil ternaknya. Salah satunya lewat kerja sama dengan perusahaan e-commerce PT. Tani Hub Indonesia.

Kemajuan teknologi informasi ini harus dimanfaatkan dalam memberi peluang yang besar bagi pelaku usaha kecil, mikro dan menengah bidang peternakan untuk pengembangan akses dan jaringan pemasaran yang lebih efisien dan dapat diakses oleh siapapun berbasis digital.

"Peluang ini harus dimanfaatkan oleh seluruh pelaku usaha peternakan. Di samping itu, perbaikan kualitas produk dan pelayanan tentu menjadi hal utama dalam persaingan pasar online tersebut," ujar Direktur Jenderal PKH, I Ketut Diarmita, Jumat (26/6).

Sebagai catatan, pertumbuhan e-commerce di Indonesia cukup tinggi, berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) pada tahun 2019, pertumbuhan e-commerce mencapai 59 persen dan masuk dalam 10 besar negara pertumbuhan tinggi didunia.

Ditambah, pemakaian internet di Indonesia juga mencapai 82 juta orang, dan menempati peringkat 8 di dunia. Dengan rincian 80 persen di antaranya adalah usia 15-19 tahun atau generasi millennial. Tercatat transaksi e-commerce menurut Bank Indonesia mencapai Rp11 sampai Rp13 triliun pada tahun 2019.

Pada masa pandemi covid-19 ini juga dilaporkan terdapat indikasi belanja secara online yang meningkat sampai 3 kali lipat, terutama untuk kebutuhan bahan pangan termasuk hasil peternakan berupa daging, telur, susu dan produk olahannya.

"Memperhatikan begitu besarnya potensi pasar digital untuk domestik dan ekspor, serta memberikan kemudahan akses bagi konsumen, maka Ditjen PKH mendorong para pelaku usaha untuk mengoptimalkan potensi digital untuk memasarkan produknya," ujar I Ketut.

Oleh karena itu, Ditjen PKH melakukan MoU dengan startup digital dan perusahaan e-commerce dalam upaya pengembangan pemasaran hasil peternakan berbasis digital. Sebelum dengan PT Tani Hub Indonesia, Ditjen PKH juga melakukan kerja sama dengan beberapa market place pada 14 April 2020, salah satunya adalah Tokopedia.

Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan, Fini Murfiani, menyampaikan, sebagai tindak lanjut dari MoU pada tanggal 14 April, Ditjen PKH melalui Direktorat Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan menggelar Rapat koordinasi Pengembangan Pemasaran Hasil Peternakan dengan PT. Tani Hub Indonesia.

Fini Murfiani menyebutkan, para pelaku usaha yang hadir dalam pertemuan koordinasi ini terlihat antusias untuk bekerjasama dengan Tani Hub. Di antaranya Peternak Puyuh di Sukabumi, Peternak Kambing Perah di Yogyakarta, Juragan Ayam serta Eksportir Telur Asin.

Seperti diketahui, PT. Tani Hub Indonesia adalah sebuah startup Agritech yang didesain sebagai ekosistem terintegrasi untuk pertanian. PT. Tani Hub Indonesia membawahi tiga unit bisnis, di antaranya Tani Hub sebagai platform awal mereka di bidang marketplace.

Lalu ada di platform fintech dengan Tani Fund melalui layanan pembiayaan dengan peer-to-peer lending bidang pertanian serta ada Tani Supply yang khusus nenangani rantai pasok Pertanian dan peternakan.

Salah satu isu yang didiskusikan pada pertemuan tersebut adalah aspek pembiayaan. Head of Trade Procurement Tani Hub, Abednego menerangkan, untuk menjamin kelancaran pemasaran produk dan usaha pertanian dan peternakan, PT. Tani Hub Indonesia menyediakan Layanan pembiayaan Investasi dan Pengembangan Usaha kepada petani dan peternak melalui platform Tani Fund.

Pembiayaan ini diberikan kepada petani atau peternak yang sudah melakukan pemasaran sebagai mitra di Tani Hub dan ingin meningkatkan skala usahanya. Selanjutnya akan menjalani visiability study.

Abednego juga menjelaskan, hingga saat ini, setiap Tani Hub melaksanakan pembelian kepada petani atau peternak, selanjutnya 1TaniHub melakukan grading, packaging, sampai pemasaran. Untuk mekanisme pembayaran kepada mitra, umumnya disepakati bersama dengan rata-rata 7-14 hari kerja.

"Sejauh ini terdapat 200.000 user yang terdaftar di TaniHub dan terus bertambah setiap waktunya serta telah menyerap lebih dari 3.000 ton produk peternakan yakni unggas dan telur," tutup Abednego.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ladeni AS Roma, Pelatih AC Milan Tak Persoalkan Absennya Ibrahimovic

Posted: 27 Jun 2020 08:55 PM PDT

Jakarta Pelatih AC Milan, Stefano Pioli menegaskan timnya akan tetap garang tanpa Zlatan Ibrahimovic. Ibra kemungkinan bakal absen ketika AC Milan meladeni AS Roma pada laga lanjutan Serie A, Minggu (28/6/2020). 

Zlatan Ibrahimovic mengalami cedera Achilles saat berlatih bulan lalu. Ia bahkan dikabarkan akan absen hingga akhir musim. 

"Zlatan telah bekerja keras dan baik. Kemarin dia berlatih dengan teman satu timnya, tapi dia belum fit," kata Pioli dikutip dari Football Italia.

"Dia tidak akan ambil bagian nanti. Dia akan bersama kami, tetapi dia tidak akan berada di bangku cadangan," imbuhnya.

AC Milan akan kembali mengandalkan Ante Rebic sebagai penyerang tunggal.

"Dia memiliki karakteristik yang sangat baik. Dia dapat bermain dengan baik dalam posisi menyerang apa pun," katanya.

"Dia bermain dengan intensitas mental dan fisik yang hebat melawan Lecce. Ia menjadi pemain yang berharga bagi kami, dengan kekuatan fisik yang hebat bahkan dalam hal menekan.

AC Milan tengah on fire setelah meraih kemenangan telak di kandang Lecce.

Perbaiki Posisi

Pemain AC Milan, Rafael Leao, mencetak gol ke gawang Lecce pada laga Serie A di Stadion Via del Mare, Senin (22/6/2020). AC Milan menang 4-1 atas Lecce. (Spada/LaPresse via AP)
Pemain AC Milan, Rafael Leao, mencetak gol ke gawang Lecce pada laga Serie A di Stadion Via del Mare, Senin (22/6/2020). AC Milan menang 4-1 atas Lecce. (Spada/LaPresse via AP)

AC Milan bakal mati-matian untuk memperbaiki posisi di klasemen.

"Tim akan memberikan segalanya pada 11 pertandingan tersisa ini. Mereka adalah para profesional hebat" kata Pioli.

Saat ini, AC Milan berada di posisi ketujuh dengan 39 poin.

"Kami sudah banyak berkembang. Kami memiliki banyak kesempatan untuk menunjukkannya."

"Persaingan memang sulit, tetapi itu juga memotivasi kami. Kami akan memaksimalkan setiap laga. Melawan Roma, ini akan menjadi tantangan yang sulit dan penting.

 

Sumber: Football Italia

Disadur dari: Bola.com (penulis/editor, Wiwig Prayugi, published 28/6/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Makam Warna-Warni Buatan Warga di Madiun, Ini 6 Potret Penampakannya

Posted: 27 Jun 2020 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Makam dikenal menjadi salah satu tempat yang menyeramkan bagi kebanyakan orang. Makam atau Tempat Pemakaman Umum begitu identik dengan nuansa sepi, gelap dan seram. Namun hal itu tak nampak pada salah satu pemakaman di Madiun, Jawa Timur. 

Berawal dari lomba kebersihan, warga di Dusun Nguwot, RW 5, Tawangrejo, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun ini menyulap kawasan makam menjadi tempat yang penuh warna. Mulai dari pintu masuk makam hingga area makam seluruhnya di cat menggunakan warna-warna cerah. 

Berubah menjadi tempat yang penuh warna, area TPU ini pun mendadak menjadi wisata baru bagi warga sekitar. Tampak beberapa juru kunci TPU ditugaskan untuk menjaga kebersihan area tersebut.

Jadi daya tarik unik dan wisata bagi warga sekitar, berikut ini 6 potret makam warna-warni yang mendadak viral di media sosial, dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Minggu (28/6/2020). 

1. Makam di kawasan Dusun Nguwot, RW 5, Tawangrejo, Madiun mendadak ramai diperbincangkan publik.

Lomba jaga kebersihan, warga sulap area makam jadi lebih menarik. (Sumber: Liputan6)
Lomba jaga kebersihan, warga sulap area makam jadi lebih menarik. (Sumber: Liputan6)

2. Pasalnya area makam ini disulap oleh warga sekitar dengan cat beargam warna-warna cerah.

Lomba jaga kebersihan, warga sulap area makam jadi lebih menarik. (Sumber: Liputan6)
Lomba jaga kebersihan, warga sulap area makam jadi lebih menarik. (Sumber: Liputan6)

3. Dengan cat berwarna-warni, makam pun tak lagi seram dan jadi menarik.

Lomba jaga kebersihan, warga sulap area makam jadi lebih menarik. (Sumber: Liputan6)
Lomba jaga kebersihan, warga sulap area makam jadi lebih menarik. (Sumber: Liputan6)

4. Bahkan makam ini justru menjadi tempat wisata baru bagi penduduk sekitar.

Lomba jaga kebersihan, warga sulap area makam jadi lebih menarik. (Sumber: Liputan6)
Lomba jaga kebersihan, warga sulap area makam jadi lebih menarik. (Sumber: Liputan6)

5. Warga juga menghias area makam dengan lampion yang digantung di pepohonan area makam.

Lomba jaga kebersihan, warga sulap area makam jadi lebih menarik. (Sumber: Liputan6)
Lomba jaga kebersihan, warga sulap area makam jadi lebih menarik. (Sumber: Liputan6)

6. Bukan hanya makam saja, warga juga menghiasi dinding-dinding dengan beragam gambar.

Lomba jaga kebersihan, warga sulap area makam jadi lebih menarik. (Sumber: Liputan6)
Lomba jaga kebersihan, warga sulap area makam jadi lebih menarik. (Sumber: Liputan6)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Satpol PP Beri Sanksi Pungut Sampah kepada Pelanggar CFD di Rawamangun

Posted: 27 Jun 2020 08:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jakarta Timur memberi sanksi berupa kegiatan memungut sampah kepara para pelanggar protokol kesehatan saat pelaksanaan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau CFD di Jalan Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur, Minggu pagi.

"Kita kerahkan seluruh anggota, Satpol PP dan Dishub. Kalau tertangkap tidak pakai masker, langsung kita tindak," kata Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Lingkungan Hidup Pemkot Jaktim, Kusmanto, di Jakarta, Minggu (28/6/2020).

Petugas disebar ke berbagai penjuru kawasan mulai dari lokasi penyekatan di Simpang Velodrome hingga Simpang Jalan Raya Bekasi. Pada area CFD sepanjang 1,6 kilometer itu tampak ramai dengan aktivitas warga yang berolahraga lari, berjalan kaki, hingga bersepeda.

Petugas Satpol PP secara rutin mengumumkan protokol kesehatan menggunakan alat pengeras suara agar warga waspada terhadap penularan Covid-19.

Terhadap warga yang datang ke lokasi tanpa menggunakan masker, langsung dilarang oleh petugas di titik penyekatan. Sementara peserta yang kedapatan tanpa masker di area CFD diberikan saksi berupa memungut sampah dan menyapu jalanan.

"Rata-rata yang kena ini tidak bermasker. Komunitas olahraga kita larang berkerumun, sebab hanya boleh olahraga mandiri saja," kata Kusmanto seperti dikutip Antara.

Menyapu Jalan 15 Menit

Salah satu peserta CFD Tarsilah (41) mengaku tidak membawa masker karena beranggapan situasi Covid-19 di Jakarta telah aman.

"Saya tidak tahu kalau ternyata Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) itu masih ada di Jakarta. Kukira sudah aman," katanya.

Warga Kecamatan Duren Sawit itu diberi sanksi menyapu jalan selama 10-15 menit dengan diawasi petugas. Selanjutnya Tarsilah diarahkan oleh petugas untuk pulang ke rumahnya mengambil masker.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inginkan Milot Rashica, AC Milan Menanti Durian Runtuh

Posted: 27 Jun 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Bremen- AC Milan dikabarkan tertarik untuk merekrut Milot Rashica. Gelandang Werder Bremen ini jadi salah satu incaran kalau Ralf Rangnick jadi menahkodai AC Milan musim depan.

Meski begitu, seperti dilansir sempremilan, transfer Rashica sangat bergantung dengan nasib Bremen. Saat ini Bremen harus memperjuang nasib tetap atau tidak di La Liga lewat playout.

Kepastian ini didapatkan setelah Bremen kalahkan Koln 6-1. Mereka terbantu kekalahan Fortuna Dusseldorf sehingga terhindar dari degradasi langsung.

Di laga Playout, Werder Bremen bakal melawan Hamburg atau Heidenheim. Lalu apa hubungannya dengan AC Milan.

AC Milan bisa dapatkan durian runtuh kalau Bremen degradasi. Soalnya, harga 38 juta euro Rashica di klausul kontrak bakal turun 15 juta euro kalau Bremen degradasi.

 

Pantau

Milot Rashica (kiri) saat beraksi di laga Werder Bremen vs RB Leipzig (AFP)
Milot Rashica (kiri) saat beraksi di laga Werder Bremen vs RB Leipzig (AFP)

Karena itu, AC Milan bakal pantau duel playout Bundesliga nanti. Degradasi atau tidak, Rangnick tetap akan boyong Rashica.

Hanya saja, AC Milan bakal petik untung kalau Bremen degradasi. Mereka bisa dapatkan Rashica dengan harga murah.

AC Milan mengalami musim yang sulit pada 2019/2020 ini. Pada awal musim, ada Marco Giampaolo yang menjadi pelatih.

Posisinya kemudian digantikan Stefano Pioli yang masih bertahan hingga saat ini.Stefano Pioli diyakini bukan rencana jangka panjang Milan.

 

Jangka Panjang

Namanya mungkin tidak akan menghiasi barisan tim pelatih Milan lagi. Rossoneri disebut punya rencana jangka panjang dengan Ralf Rangnick.

Ralf Rangnick punya reputasi yang bagus di Jerman bersama Hoffenheim dan RB Leipzig. Milan dilaporkan bakal memberi kontrak tiga tahun untuk Ralf Rangnick dan kewenangan penuh.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi AC Milan Vs AS Roma: Lanjutkan Tren Positif

Posted: 27 Jun 2020 08:35 PM PDT

Jakarta AC Milan akan bertemu AS Roma pada pekan ke-28 Serie A 2019-2020 di Giuseppe Meazza, Minggu (28/6/2020). Laga ini sepertinya bakal berlangsung ketat.

AC Milan dan Roma sama-sama meraih kemenangan di laga sebelumnya. Milan menang 4-1 di kandang Lecce lewat gol-gol Samu Castillejo, Giacomo Bonaventura, Ante Rebic, dan Rafael Leao.

Sementara itu, menang 2-1 menjamu Sampdoria. Sempat tertinggal oleh gol Manolo Gabbiadini di babak pertama, Roma berbalik menang lewat sepasang gol Edin Dzeko di babak kedua.

Milan saat ini memiliki 39 poin, sama dengan Parma. Milan tertinggal tiga poin di belakang Napoli dan sembilan poin di belakang Roma.

Milan, meski belum diperkuat Zlatan Ibrahimovic yang cedera, tetap mengincar kemenangan demi berusaha memperbaiki posisi di klasemen sementara. Namun, Roma juga membidik hasil terbaik demi coba mengejar selisih enam poin dari peringkat empat Atalanta.

Pada pertemuan pertama di Serie A musim ini, AC Milan menyerah 1-2 di kandang Roma. Dzeko membuka keunggulan Roma di menit 38, kemudian Milan menyamakan skor lewat Theo Hernandez pada menit 55'. Kemenangan Roma ditentukan gol Nicolo Zaniolo menit 59.

Prediksi Susunan Pemain

Pemain AC Milan, Rafael Leao, mencetak gol ke gawang Lecce pada laga Serie A di Stadion Via del Mare, Senin (22/6/2020). AC Milan menang 4-1 atas Lecce. (Spada/LaPresse via AP)
Pemain AC Milan, Rafael Leao, mencetak gol ke gawang Lecce pada laga Serie A di Stadion Via del Mare, Senin (22/6/2020). AC Milan menang 4-1 atas Lecce. (Spada/LaPresse via AP)

AC Milan  (4-2-3-1): G Donnarumma; Conti, Gabbia, Romagnoli, Theo Hernandez; Kessie, Bennacer; Castillejo, Calhanoglu, Bonaventura; Rebic.

Pelatih: Stefano Pioli.

Info skuat: Zlatan Ibrahimovic (cedera), Mateo Musacchio (cedera), Simon Kjaer (cedera).

 

Roma (4-2-3-1): Mirante; Zappacosta, Smalling, Mancini, Kolarov; Veretout, Cristante; Under, Pellegrini, Mkhitaryan; Dzeko.

Pelatih: Paulo Fonseca.

Info skuat: Pau Lopez (cedera), Zaniolo (cedera).

Data dan Fakta

Pemain AC Milan, Samu Castillejo, melakukan selebrasi usai membobol gawang Lecce pada laga Serie A di Stadion Via del Mare, Senin (22/6/2020). AC Milan menang 4-1 atas Lecce. (Spada/LaPresse via AP)
Pemain AC Milan, Samu Castillejo, melakukan selebrasi usai membobol gawang Lecce pada laga Serie A di Stadion Via del Mare, Senin (22/6/2020). AC Milan menang 4-1 atas Lecce. (Spada/LaPresse via AP)

Head-to-Head (Serie A)

Pertemuan: 169

AC Milan menang: 74

Gol AC Milan: 239

Imbang: 50

AS Roma menang: 45

Gol AS Roma: 185.

 

5 Pertemuan Terakhir 

28-10-2019 AS Roma 2-1 AC Milan (Serie A)

04-02-2019 AS Roma 1-1 AC Milan (Serie A)

01-09-2018 AC Milan 2-1 AS Roma (Serie A)

26-02-2018 AS Roma 0-2 AC Milan (Serie A)

01-10-2017 AC Milan 0-2 AS Roma (Serie A).

 

5 Laga Terakhir AC Milan (M-S-K-S-M) 

18-02-2020 AC Milan 1-0 Torino (Serie A)

23-02-2020 Fiorentina 1-1 AC Milan (Serie A)

08-03-2020 AC Milan 1-2 Genoa (Serie A)

13-06-2020 Juventus 0-0 AC Milan (Coppa Italia)

23-06-2020 Lecce 1-4 AC Milan (Serie A).

 

5 Laga Terakhir AS Roma (M-M-S-M-M) 

21-02-2020 AS Roma 1-0 Gent (UEL)

24-02-2020 AS Roma 4-0 Lecce (Serie A)

28-02-2020 Gent 1-1 AS Roma (UEL)

02-03-2020 Cagliari 3-4 AS Roma (Serie A)

25-06-2020 AS Roma 2-1 Sampdoria (Serie A).

Statistik

Striker AS Roma Justrin Kluivert bersama rekannya, Edin Dzeko dan Henrikh Mkhitaryan, merayakan golnya ke gawang Sassuolo dalam lanjutan Liga Italia di Stadion Olimpico, Minggu (15/9/2019) malam WIB. AS Roma menang 4-2.(AP Photo/Gregorio Borgia)
Striker AS Roma Justrin Kluivert bersama rekannya, Edin Dzeko dan Henrikh Mkhitaryan, merayakan golnya ke gawang Sassuolo dalam lanjutan Liga Italia di Stadion Olimpico, Minggu (15/9/2019) malam WIB. AS Roma menang 4-2.(AP Photo/Gregorio Borgia)

AC Milan selalu mencetak 1 gol dalam 3 laga kandang terakhirnya di Serie A: AC Milan 1-1 Verona, AC Milan 1-0 Torino, AC Milan 1-2 Genoa.

AC Milan tanpa clean sheet dalam 6 laga kandang terakhirnya melawan Roma di Serie A.

AC Milan menang 2 kali dan kalah 3 kali dalam 5 laga kandang terakhirnya melawan Roma di Serie A.

Roma selalu kebobolan minimal 2 gol dalam 3 laga tandang terakhirnya di Serie A.

Selalu tercipta minimal 3 gol dalam 5 laga tandang terakhir Roma di Serie A.

 

Prediksi skor akhir: AC Milan 2-1 AS Roma.

 

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.com (penulis/editor, Wiwig Prayugi, published 28/6/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Update 28 Juni: Kasus Virus Corona COVID-19 di Dunia Hampir Capai 10 Juta

Posted: 27 Jun 2020 08:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kasus Virus Corona COVID-19 di dunia hampir mencapai 10 juta. 

Mengutip laman Channel News Asia, Minggu (28/6/2020), angka ini menandai tonggak utama dalam penyebaran penyakit yang sejauh ini telah menewaskan hampir setengah juta orang dalam tujuh bulan.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), angka itu kira-kira dua kali lipat dari jumlah penyakit influenza parah yang dicatat setiap tahun. 

Tonggak sejarah ini akan datang karena banyak negara yang dilanda kesulitan mengurangi penutupan sementara dan membuat perubahan besar pada pekerjaan serta kehidupan sosial yang dapat berlangsung selama satu tahun atau lebih sampai vaksin tersedia.

Sejauh ini, beberapa negara ada yang mengalami kenaikan angka infeksi, yang menyebabkan pihak berwenang memulihkan kembali sebagian kuncian, dalam apa yang dikatakan para ahli bisa menjadi pola berulang dalam beberapa bulan mendatang dan hingga 2021.

Negara dengan Kasus Terbanyak

Patung The Fearless Girl yang dipasangi masker terlihat di depan Bursa Efek New York selama pandemi COVID-19 di New York, Amerika Serikat, Senin (27/4/2020). Menurut Center for Systems Science and Engineering di Universitas Johns Hopkins, kasus COVID-19 di AS melampaui 1 juta. (Xinhua/Michael Nagle)
Patung The Fearless Girl yang dipasangi masker terlihat di depan Bursa Efek New York selama pandemi COVID-19 di New York, Amerika Serikat, Senin (27/4/2020). Menurut Center for Systems Science and Engineering di Universitas Johns Hopkins, kasus COVID-19 di AS melampaui 1 juta. (Xinhua/Michael Nagle)

Amerika Utara, Amerika Latin dan Eropa masing-masing menyumbang sekitar 25 persen kasus global, sementara Asia dan Timur Tengah masing-masing memiliki sekitar 11 persen dan 9 persen.

Sejauh ini, ada lebih dari 497.000 kematian terkait dengan penyakit ini, yang kira-kira sama dengan jumlah kematian akibat influenza yang dilaporkan setiap tahun.

Pandemi kini telah memasuki fase baru, dengan India dan Brasil memerangi lebih dari 10.000 kasus sehari.

Kedua negara menyumbang lebih dari sepertiga dari semua kasus baru dalam seminggu terakhir. 

Beberapa peneliti mengatakan jumlah kematian di Amerika Latin bisa meningkat menjadi lebih dari 380.000 pada Oktober mendatang, dan sekitar 100.000 kasus muncul pada minggu ini.

Jumlah total kasus terus meningkat pada tingkat antara 1-2 persen per hari dalam seminggu terakhir, turun dari tingkat di atas 10 persen pada bulan Maret.

Negara-negara termasuk China, Selandia Baru dan Australia telah mengalami wabah baru dalam sebulan terakhir, meskipun sebagian besar merupakan  transmisi lokal.

Di Beijing, di mana ratusan kasus baru dikaitkan dengan pasar pertanian, kapasitas pengujian kini telah ditingkatkan hingga 300.000 sehari.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Timnas Indonesia U-19 di Piala AFC 2020: Misi Raih Target Tinggi

Posted: 27 Jun 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 dipastikan tampil di Uzbekistan dalam putaran final Piala AFC U-19. Turnamen tersebut bakal berlangsung pada 14 hingga 31 Oktober 2020.

Di ajang ini, Timnas Indonesia U-19 tergabung di Grup A. Tim asuhan Shin Tae-yong harus berhadapan dengan  Kamboja, Iran, dan Uzbekistan selaku tuan rumah.

Pada laga pertama, Garuda Nusantara, julukan Timnas Indonesia U-19, bermain melawan Kamboja. Duel tersebut berlangsung pada 14 Oktober mendatang.

Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri mengatakan bahwa ia yakin Timnas U-19 dapat meraih hasil terbaik dia ajang ini. Apalagi persiapan yang matang tentunya akan mendapat hasil yang positif.

"Saya pikir karena saya sudah coba dua kali di ajang Piala AFC U-19, karena itu grupnya kita yakin bisa lolos grup. Setelah itu kita lihat babak selanjutnya," kata Indra Sjafri, seperti dikutip laman PSSI.

Lihat jadwal pertandingan Timnas Indonesia U-19 di Piala AFC U-19 pada halaman berikutnya.

Jadwal Timnas U-19

Pemain Timnas Indonesia U-19 berpose bersama jelang melawan Korea Utara pada kualifikasi Grup K Piala AFC U-19 2020 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (10/11/2019). Laga berakhir imbang 1-1. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Pemain Timnas Indonesia U-19 berpose bersama jelang melawan Korea Utara pada kualifikasi Grup K Piala AFC U-19 2020 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (10/11/2019). Laga berakhir imbang 1-1. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

14 Oktober 2020: Indonesia vs Kamboja

14 Oktober 2020: Uzbekistan vs Iran

17 Oktober 2020: Iran vs Indonesia

17 Oktober 2020: Kamboja vs Uzbekistan

20 Oktober 2020: Uzbekistan vs Indonesia

20 Oktober 2020: Kamboja vs Iran.

Pembagian Grup

Grup A: Uzbekistan, Indonesia, Kamboja, Iran.

Grup B: Korea Selatan, Jepang, Irak, Bahrain.

Grup C: Arab Saudi, Australia, Vietnam, Laos.

Grup D: Qatar, Tajikistan, Malaysia, Yaman.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rio Ramadhan Blak-blakan Soal Lagu Balasan untuk Kekeyi

Posted: 27 Jun 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hubungan asmara antara Rio Ramadhan dan  YouTuber Kekeyi diketahui hanyalah bagian dari settingan alias rekayasa untuk publik. Kini, keduanya tak lagi menjadi pasangan settingan.

Rio Ramadhan dan Kekeyi kini sudah menjalani kehidupan masing-masing. Meskipun sempat saling unfollow dan block media sosial, hubungan Rio dan Kekeyi kini malah jadi lebih baik.

Rio Ramadhan pun berencana untuk membuat single balasan lagu "Keke Bukan Boneka". Bahkan, Kekeyi sudah mengetahui rencana yang hendak diwujudkan Rio itu.

 

Sering Ditanya

Potret transformasi Kekeyi dari kecil hingga jadi YouTuber hits. (Sumber: Instagram/@rahmawatikekeyiputricantikka23)
Potret transformasi Kekeyi dari kecil hingga jadi YouTuber hits. (Sumber: Instagram/@rahmawatikekeyiputricantikka23)

"Dia tahunya gua mau bikin lagu buat dia. Sampai sering ditanya, 'Mana, mana, mana?'" ujar Rio Ramadhan, ditemui di kawasan Cipayung, Jakarta Timur, Jumat, (26/6/2020), melansir dari Kapanlagi.com.

Sengaja Ciptakan Lagu Balasan

Rio Ramadhan balas lagu Kekeyi (Sumber: Instagram/ekomandomanagementartis_musik)
Rio Ramadhan balas lagu Kekeyi (Sumber: Instagram/ekomandomanagementartis_musik)

Rio pun tak membantah dirinya punya motivasi kuat untuk membalas lagu ciptaan Kekeyi yang liriknya ditujukan kepadanya.

"Pas dia bikin lagu itu dan gua tahu lagu itu buat gua, ya sudah. Kita ciptain juga," ujarnya.

Bukan Pansos

Namun, Rio membantah bahwa lagu yang ia ciptakan ini hanya untuk sekadar pansos serta memanfaatkan momentum untuk menaikkan namanya.

"Enggak sih. Karena niatnya ciptain lagu ini buat Si Boneka itu," ujarnya.

Mantan Tercantik

Sepanjang wawancara berlangsung, Rio sangat jarang menyebut nama Kekeyi. Ia selalu menyebut selebgram dan Youtuber asal Nganjuk itu dengan panggilan 'Boneka'. Ia pun menjelaskan alasannya.

"Ya, boneka itu maksudnya mantan Rio yang tercinta dan tercantik. Nah kalau misalkan dia boneka atau bukan, nanti (jawabannya) dari single ini," terangnya.

Masih Berhubungan Baik

Rio pun menegaskan bahwa hubungannya saat ini dengan Kekeyi baik-baik saja. Mereka sudah tidak lagi bertengkar seperti sebelumnya yang sering dibicarakan publik.

"Sampai sekarang hubungannya masih baik-baik. Sering chat," tukasnya. (KapanLagi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Salon Berpotensi Tularkan Covid-19, Dokter Reisa Ingatkan Protokol Kesehatan

Posted: 27 Jun 2020 08:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dokter Reisa Broto Asmoro mengingatkan pengelola jasa kesehatan kecantikan seperti salon, barbershop, atau tukang cukur rambut menerapkan protokol kesehatan. Pasalnya, salon berkontak langsung dengan pelanggan sehingga berpotensi menularkan virus corona.

Untuk itu, dia meminta pengelola jasa kesehatan dan kecantikan menjaga fasilitas dan pelayanan jasa tersebut tetap aman dari Covid-19. Salah satunya, dengan menyedikan sarana cuci tangan.

"Bisa memakai sabun atau hand sanitizer di pintu masuk dan tempat lain yang mudah diakses oleh pelanggan atau pengunjung, dan mewajibkan semua orang yang akan masuk harus mencuci tangan terlebih dahulu," ujar dokter Reisa dikutip dari siaran pers, Minggu (28/6/2020).

Reisa juga meminta pengelola salon, barbershop dan jasa perawatan kecantikan lainnya melakukan pemeriksaan suhu tubuh baik kepada pelanggan ataupun pekerja di pintu masuk. Hal ini untuk mencegah penularan virus corona.

"Kalau ditemukan pekerja, atau pelanggan, atau pengunjung dengan suhu diatas 37,3 derajat Celcius, dan sudah diperiksa sebanyak 2 kali dengan jarak 5 menit di antara pemeriksaan, dan mereka memiliki gejala penyakit, maka tidak diperkenankan untuk masuk," jelasnya.

Selain itu, pekerja wajib menggunakan alat pelindung diri, berupa masker, pelindung wajah atau face shield, pelindung mata, dan juga celemek saat melayani pelanggan. Pengunjung juga diminta tetap memakai masker selama perawatan berlangsung.

"Selanjutnya dianjurkan tidak ada peralatan yang digunakan secara bersamaan, seperti handuk, celemek, atau alat potong rambut, dan lain sebagainya," ucap dia.

Apabila alat dipakai berulang, maka harus dicuci menggunakan deterjen atau disterilkan dengan desinfektan. Dokter Reisa juga mengingatkan kepada para pelaku usaha jasa perawatan dan kecantikan agar selalu menjaga kualitas udara di tempat bekerja.

"Termasuk pembersihan filter AC dengan rutin, seperti pesan saya beberapa hari yang lalu," katanya.

Dia juga menyarankan agar transaksi menggunakan pembayaran non-tunai atau cashless dengan memperhatikan desinfeksi untuk mesin pembayaran. Apabila harus menggunakan uang tunai, maka disarankan mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer.

"Nah, kalau harus bertransaksi dengan uang tunai, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, atau minimal menggunakan hand sanitizer setelahnya itu harus dibudayakan," tutur dokter Reisa.

Budayakan Jaga Jarak

Hal lain yang harus diperhatikan yakni lingkungan jasa perawatan kecantikan atau rambut serta peralatan yang digunakan harus dibersihkan dan disinfeksi secara berkala setiap sebelum dan setelah digunakan. Khususnya, pada bagian-bagian permukaan meja, kursi, pegangan pintu, dan peralatan lain yang sering disentuh oleh orang.

"Yang paling penting, kita mesti budayakan juga kalau di dalam salon, atau barbershop, atau tempat perawatan kecantikan lainnya, kita harus menerapkan jaga jarak minimal 1 meter," jelas dia.

"Nah, ini perlu kita budayakan, agar pengelola dan pelanggan sama-sama terbiasa mengatur jadwal harian, dan akan sangat bermanfaat," sambung dokter Reisa.

Menurut dia, jasa perawatan kesehatan dan kecantikan turut menyumbang pertumbuhan ekonomi dari sektor jasa dengan nilai yang cukup besar. Bukan hanya itu, dibukanya kembali industri tersebut di masa pandemi corona juga mendorong tumbuhnya industri manufaktur di dalam negeri.

"Jadi, kembalinya produktifnya saudara-saudari kita di bidang ini, sangat penting, karena bermanfaat bagi diri kita dan juga orang banyak," pungkas dokter Reisa.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Penyebab Jari Tangan Bengkak dan Cara Mengatasinya yang Tepat

Posted: 27 Jun 2020 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyebab jari tangan bengkak sering kali disepelekan. Padahal kondisi ini bisa jadi adalah tanda kamu mengalami suatu penyakit. Oleh karena itu, kamu perlu benar-benar mengenali penyebab jari tangan bengkak ini dan cara mengatasinya yang tepat.

Walaupun bisa jadi merupakan gejala suatu penyakit, kamu tidak perlu panik dalam mengatasi masalah ini. Jari tangan bengkak juga bisa disebabkan oleh peradangan, pembesaran otot, hingga penumpukan cairan di dalam jari tangan.

Penyebab jari tangan bengkak dan cara mengatasinya perlu diketahui. Ketika otot-otot atau jaringan di dalam jari tangan membesar, tentunya jari tangan akan tampak bengkak. Walaupun biasanya jari tangan bengkak bisa sembuh sendiri, kamu bisa mempercepat penyembuhannya dengan beberapa cara.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (28/6/2020) tentang penyebab jari tangan bengkak dan cara mengatasinya.

Cedera Tangan dan Asam Urat

Cedera Tangan
Cedera Tangan

Cedera Tangan

Penyebab jari tangan bengkak yang paling sering terjadi adalah cedera. Patah tulang jari, terkilir, terjepit, atau tulang jari mengalami pergeseran (dislokasi) adalah beberapa jenis cedera tangan yang dimaksud.

Biasanya kondisi ini juga disertai dengan memar, jari tampak membiru, dan terasa nyeri ketika disentuh. Jika cedera yang terjadi cukup parah, kondisi ini juga bisa menimbulkan luka terbuka di permukaan kulit.

Jari yang bengkak akibat cedera biasanya akan sembuh dalam waktu 7–10 hari. Jika cederanya tidak terlalu buruk, kompres es, istirahat, dan obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas mungkin sudah cukup untuk mengatasi gejalanya.

Asam Urat

Penyebab jari tangan bengkak selanjutnya adalah asam urat. Asam urat bisa menyerang semua persendian di seluruh tubuh, tapi paling sering terjadi di sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Pembengkakan sangat mungkin terjadi akibat proses peradangan di sendi yang terasa sakit. Peradangan tersebut terjadi ketika penumpukan kristal asam urat pada persendian diserang oleh sel darah putih sebagai mekanisme pertahanan tubuh.

Infeksi dan Penyakit Raynaud

Ilustrasi jari tangan (Liputan6.com / Teddy S.)
Ilustrasi jari tangan (Liputan6.com / Teddy S.)

Infeksi

Infeksi juga merupakan salah satu penyebab jari tangan bengkak yang cukup sering terjadi. Pada banyak kasus yang terjadi, jari tangan bengkak disebabkan infeksi bakteri Staphylococcus dan Streptococcus.

Bakteri tersebut tumbuh di jaringan-jaringan yang ada di dalam jari tangan yang terluka, bisa karena sengatan serangga, luka tusuk, atau karena luka potong. Infeksi yang mendasari terjadinya jari bengkak dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya jika tidak diobati lebih awal.

Penyakit Raynaud

Penyebab jari tangan bengkak berikutnya adalah Penyakit Raynaud. Ini adalah kondisi langka yang memengaruhi pembuluh darah di jari tangan dan kaki. Penyakit Raynaud menyebabkan pembuluh darah di bagian tubuh tersebut menyempit, khususnya saat penderitanya merasa kedinginan atau stres.

Sebagai akibat dari proses penyempitan pembuluh darah, pasokan darah ke jari akan terhambat. Alhasil, jari akan terasa sakit, "membeku", berubah warna menjadi putih atau biru. Lalu, saat pembuluh darah terbuka dan jari kembali mendapatkan pasokan darah, maka jari-jari akan terasa berdenyut-denyut dan membengkak.

Penyakit Ginjal, Scleroderma, dan Konsumsi Obat

Ilustrasi jari tangan. (Liputan6.com / Teddy S.)
Ilustrasi jari tangan. (Liputan6.com / Teddy S.)

Penyakit Ginjal

Penyebab jari tangan bengkak selanjutnya adalah penyakit ginjal. Ginjal kamu membuang limbah dan cairan ekstra dari dalam tubuh. Salah satu tanda pertama bahwa ada sesuatu yang salah pada ginjal adalah bengkak di jari tangan, kaki, dan di sekitar mata.

Scleroderma

Scleroderma merupakan salah satu penyakit yang juga bisa menjadi penyebab jari tangan bengkak. Scleroderma adalah penyakit langka, dimana terjadi pengerasan kulit dan jaringan penghubung. Tangan akan menjadi kaku, dan jari-jari menjadi bengkak seperti sosis.

Obat

Penyebab jari tangan bengkak selanjutnya adalah konsumsi obat. Terdapat jenis obat-obatan yang dapat menyebabkan efek samping jari bengkak, di antaranya, Obat antinyeri yang dijual bebas, seperti aspirin, ibuprofen, dan naproxen, Steroid, Obat-obatan tertentu untuk diabetes atau tekanan darah tinggi, Obat sakit saraf, seperti gabapentin dan pregabalin, hingga terapi hormonal dengan estrogen atau testosterone.

Jari bengkak akibat pengobatan biasanya bukan kondisi yang serius. Akan tetapi, jangan sungkan jika Anda ingin berkonsultasi lebih lanjut pada dokter terkait hal ini.

Itulah beberapa penyebab jari tangan bengkak yang perlu kamu ketahui. Selain itu, kehamilan juga bisa menjadi salah satu penyebab jari tangan bengkak menjelang waktu persalinan.

Cara Mengatasi Jari Tangan Bengkak Secara Mandiri

Kamu bisa menerapkan beberapa cara mengatasi jari tangan bengkak secara mandiri di rumah, yaitu:

- Mengompres jari tangan yang bengkak dengan es batu. Cara ini bisa membantu mengurangi pembengkakan dan meredakan rasa sakit.

- Membersihkan jari tangan dengan air hangat secara berkala, khususnya jika kondisi ini disebabkan oleh infeksi.

- Meletakkan atau mengangkat tangan sampai posisinya lebih tinggi dari jantung. Cara ini mampu membantu meredakan jari tangan bengkak karena cedera.

- Jari tangan bengkak karena cedera sebaiknya tidak banyak digerakkan. Jika perlu, gunakan alat bantu seperti pulpen atau kayu yang kecil, agar membantu jari tetap lurus.

- Jika terjadi perdarahan karena ada luka yang terbuka, bersihkan luka dan segera tutup luka tersebut dengan menggunakan perban.

Berkonsultasilah lebih lanjut pada dokter jika jari tangan bengkak tak kunjung membaik dalam waktu beberapa hari.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Guardiola Janji Manchester City Beri Penghormatan ke Liverpool

Posted: 27 Jun 2020 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Manchester City memastikan diri akan memberi penghormatan kepada Liverpool di pertemuan kedua klub dalam lanjutan Liga Inggris, Jumat (7/3/2020). Hal tersebut disampaikan Manajer Manchester City, Pep Guardiola.

"Kami akan melakukan penghormatan itu, tentu saja karena mereka layak," kata Guardiola seperti dilansir Sportskeeda.

Seperti diketahui, Liverpool baru saja menjuarai Liga Inggris 2019/20. Pasukan Jurgen Klopp menjadi kampiun dengan torehan 86 poin, hasil dari 28 kali menang, 2 imbang, dan 1 kalah hingga pekan ke-31.

Kepastian Liverpool juara diperoleh setelah pesaing terdekatnya, Manchester City kalah 1-2 dari Chelsea. Hal tersebut membuat Man City mustahil mengejar torehan poin Liverpool.

Bagi Liverpool, gelar juara Liga Inggris musim ini menjadi yang petama sejak 30 tahun. Terakhir kali mereka juara Liga Inggris (waktu itu bernama Divisi Utama, red) pada musim 1989/90.

 

 

Tak Ingin Diulangi

Seorang pendukung Liverpool merayakan gelar juara Liga Premier di luar Stadion Anfield, Kamis (25/6/2020). Trofi juara Liga Primer musim 2019-2020 Trofi juara Liga Primer musim 2019-2020 tersebut dimenangkan Liverpool setelah Manchester City takluk 1-2 dari Chelsea. (AP/Jon Super)
Seorang pendukung Liverpool merayakan gelar juara Liga Premier di luar Stadion Anfield, Kamis (25/6/2020). Trofi juara Liga Primer musim 2019-2020 Trofi juara Liga Primer musim 2019-2020 tersebut dimenangkan Liverpool setelah Manchester City takluk 1-2 dari Chelsea. (AP/Jon Super)

Guardiola menambahkan, sulit untuk menyangkal dominasi Liverpool di Liga Inggris musim ini. Di saat bersamaan, ia juga menampik jika Man City kalah dalam soal semangat dari Liverpool untuk merebut trofi juara Liga Inggris.

Manajer asal Spanyol itu pun menegaskan, Manchester City bakal berusaha lebih maksimal di musim depan. "Saya kira kami tahu alasan kami menderita di musim in dan kami akan menyelesaikannya di musim depan," kata Guardiola mengakhiri.

Liga Champions dan Piala FA

Manchester City sendiri masih berpeluang meraih trofi Piala FA dan Liga Champions. Di Piala FA, Man City dijadwalkan bertemu Newcastle pada babak perempat final.

Sementara di Liga Champions, The Citizens akan menjamu Real Madrid pada leg kedua babak 16 besar. Pada leg pertama, Man City menang 2-1.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Marquez Bisa Gagal Jadi Juara Dunia MotoGP 2020 Gara-Gara Faktor Ini

Posted: 27 Jun 2020 08:10 PM PDT

Jakarta MotoGP 2020 hampir sebulan lagi akan memainkan putaran pertama di Sirkuit Jerez, Spanyol. Prediksi terkait siapa kandidat juara dunia mulai bermunculan.

Seperti prediksi dari Jorge Lorenzo. Juara dunia MotoGP tiga kali itu menyebut sosok Marc Marquez masih berstatus favorit utama.

Dia mencontohkan fakta, Marquez hanya sekali gagal juara dunia sejak naik kelas ke MotoGP pada musim 2013. "Hanya sekali ia gagal saat saya jadi juara dunia (MotoGP 2015)," kata Lorenzo.

"Dia itu Toni Bou-nya (juara dunia motor trial) MotoGP. Dia sangat superior dibandingkan semua lawan dan sangat sulit untuk mengalahkannya," tambahnya.

Meskipun begitu, ada satu faktor yang bisa membuat Marquez berpotensi tersandung dan kalah bersaing melawan pembalap lain.

Faktor Apa Itu?

Dua pembalap Repsol Honda, Marc Marquez dan Jorge Lorenzo. (AFP/Karim Jaafar)
Dua pembalap Repsol Honda, Marc Marquez dan Jorge Lorenzo. (AFP/Karim Jaafar)

Lorenzo menyebut jika Honda gagal memberikan motor RC213V yang kompetitif, Marquez masih bisa tersandung. Karena menurutnya, faktor motor masih sangat krusial di MotoGP.

"Jika Marc punya masalah (dengan motor), sangat sulit untuk mengalahkan pembalap Yamaha. Karena Fabio Quartararo dan Maverick Vinales telah menemukan keseimbangan mental sangat kuat," Lorenzo memberikan analisa.

Pembalap asal Spanyol ini juga mewaspadai sepak terjang pembalap senior seperti Andrea Dovizioso atau Valentino Rossi.

"Jika Honda kompetitif, Marc masih favorit. Andai motornya payah, ia bisa kehilangan gelar," Lorenzo menuturkan.

Sumner: Tuttomotoriweb

Disadur dari: Bola.com (penulis/editor, Hendry Wibowo, published 28/6/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indahnya Bak Negeri Dongeng, 5 Kota Ini Patut Kamu Kunjungi

Posted: 27 Jun 2020 08:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang menyangka kalau kota cantik bak negeri dongeng bukan hanya ada di dalam cerita dongeng. Kota cantik bak di negeri dongeng menggambarkan indahnya suasana pedesaan yang dikelilingi dengan arsitektur yang unik.

Warna-warni dari bangunan dan tanaman yang asri ternyata bisa ditemui di dunia nyata.

Jika kamu penasaran kota-kota mana saja yang menjadi sumber inspirasi dari kisah dongeng masa kecil, berikut adalah beberapa potret kota yang bisa kamu datangi.

Frankenmuth, Michigan terkenal dengan arsitektur Bavaria

5 kota ini memiliki arsitektur dan pemandangan seperti di negeri dongeng.
5 kota ini memiliki arsitektur dan pemandangan seperti di negeri dongeng.

Frankenmuth memiliki nuansa dan tampilan ala Bavaria, yaitu ciri khas Jerman dalam arsitektur kotanya. Kota ini tampak berhasil membawa animo Jerman ke Michigan.

Dijuluki sebagai The Muth, kota ini sering dikunjungi oleh berbagai latar belakang petualang. Setidaknya, setiap tahunnya kota yang berada di sebelah Detroit ini dikunjungi lebih dari tiga juta petualang.

Frankenmuth juga menjadi tuan rumah dari dua festival, yaitu Oktoberfest dan festival musim panas setiap bulan Agustus. Uniknya, masyarakat bisa langsung merasakan sensasi berada di Jerman.

Solvang, California tampak seperti Disneyland

5 kota ini memiliki arsitektur dan pemandangan seperti di negeri dongeng.
5 kota ini memiliki arsitektur dan pemandangan seperti di negeri dongeng.

Kota ini identik dengan kebudayaan Denmark. Pasalnya, kota ini penuh dengan arsitektur Denmark. Mulai dari toko roti, restoran, dan toko peralatan lainnya.

Bahkan di kota ini terdapat salinan patung Little Mermaid yang terletak di Kopenhagen. Tumbuhnya kebudayaan Denmark di kota ini bermula ketika sekelompok imigran dari Denmark mendirikan Solvang lebih dari 100 tahun yang lalu untuk menciptakan rumah Denmark yang jauh dari rumah mereka sendiri.

Montpellier, Vermont dengan arsitektur yang menawan

5 kota ini memiliki arsitektur dan pemandangan seperti di negeri dongeng.
5 kota ini memiliki arsitektur dan pemandangan seperti di negeri dongeng.

Kota ini memiliki semua pesona dan karakter kota kecil dan desa. Ibukota Vermont ini menawarkan suasana budaya yang semarak dengan sesuatu untuk pecinta sejarah, alam, seni, dan musik.

Di kota ini kamu juga bisa mengunjungi Vermont Historical Society Museum, TW Wood Art Gallery dan Vermont State House, kelilingi Hubbard Park dan Perpustakaan Kellogg-Hubbard, dan teliti pasar petani dan toko-toko kuno. 

Chimayo, New Mexico desa kecil yang dikelilingi Pegunungan Sangre de Cristo.

5 kota ini memiliki arsitektur dan pemandangan seperti di negeri dongeng.
5 kota ini memiliki arsitektur dan pemandangan seperti di negeri dongeng.

Kota yang terletak di kaki bukit Pegunungan Sangre de Cristo di New Mexico. Chimayo merupakan salah satu destinasi yang bisa dikunjungi saat liburan musim dingin.

Di sana, Anda bisa mengunjungi The Museum Chimayo yang hanya dibuka pada hari Jumat selama musim dingin saja.

Chimayo juga memiliki toko kerajinan tangan yang banyak sehingga Anda bisa sekaligus berbelanja sambil berjalan menikmati pemandangannya.

Sintra, Portugal

5 kota ini memiliki arsitektur dan pemandangan seperti di negeri dongeng.
5 kota ini memiliki arsitektur dan pemandangan seperti di negeri dongeng.

Kota ini masuk ke dalam daftar UNESCO World Heritage Sites. Di kota ini terdapat berbagai kastil yang bisa Anda kunjungi.

Terdapat Istana Pena yang sangat instagrammable. Dengan arsitektur bak kastil di film kartun Disney, istana ini seringkali dijadikan sebagai objek foto.

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Helm Ini Bisa Jadi Referensi Buat yang Suka Model Klasik

Posted: 27 Jun 2020 08:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Shoei merilis helm terbaru dengan mengusung desain klasik, yang diberi nama Glamster. Kesan jadul dituangkan dalam desain cangkang yang membulat. Simple, namuan tetap mendapatkan sentuhan modernitas.

Shoei Glamster tak bisa disamakan dengan lini seperti X-Fourteen kepunyaan Marc Marquez. Dapat dikatakan, Glamster memiliki bentuk paling sederhana dibanding helm full face Shoei lain.

Tanpa ada embel-embel spoiler bahkan aerokit sekalipun. Kendati begitu, unsur kenyamanan dari sebuah helm tetap diberikan lewat ketersediaan lubang angin. Fitur tersebut menghuni bagian muka, utamanya di area dahi dan dagu.

Memang Glamster tidak memakai bubble visor yang mencirikan helm klasik. Kacanya justru mengikuti bentukan helm modern Shoei kebanyakan. Bahkan di situ pun sudah terdapat dudukan pinlock untuk memasangkan antifog.

Dengan begitu, pengguna tak perlu khawatir visibilitas terganggu karena embun di kaca. Dan menariknya, terdapat sistem bukaan visor di sebelah kiri. Cukup geser tuas tersebut ke arah depan, jika ingin membuka kacanya.

Dari keterangan Young Machine, bagian dalam helm juga bisa dibongkar pasang untuk memudahkan pembersihan. Lantas mengenai keamanan, Shoei Glamster sudah menggunakan sistem penguncian double D-ring.

Bahkan terdapat pula EQRS (Emergency Quick Release System). Berfungsi untuk melepaskan helm ketika penggunanya berada dalam keadaan darurat seperti kecelakaan.

 

Harga

Paduan desain helm modern klasik yang menarik, meski harga jualnya cukup mahal yaitu 47.300 Yen (sekitar Rp 6,2 jutaan) untuk pasar Jepang.

Sementara di negara lain seperti Inggris, banderolnya menyentuh Rp 7 jutaan. Itupun berlaku untuk warna dasar seperti putih, hitam, matte black, abu-abu dan biru.

Lebih mahal lagi jika pembeli memilih tipe Glamster Ressurection. Harganya mencapai Rp 8,8 jutaan. Sementara untuk ukuran yang disediakan mulai dari XS hingga XXL.

 

Bukan Model Klasik Pertama

Shoei Glamster sendiri bukan lini klasik pertama yang ditawarkan pabrikan. Beberapa model serupa pernah dirilis. Sebut saja Shoei Ex-Zero dengan model cakilnya. Lalu Shoei J.O yang punya desain half face.

Helm model klasik sekarang ini memang tengah jadi kegemaran. Beriringan dengan menjamurnya motor-motor bernuansa serupa. Ini pula yang sudah dilakukan beberapa produsen helm.

Semisal Arai melalui model Classic Mod atau Rapid Neo. Lalu Nolan dan yang paling baru adalah HJC. Beberapa waktu lalu pabrikan Prancis baru saja merilis HJC V90 sebagai line up perdana mereka di segmen klasik.

Sumber: Oto.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Amankan 32 Titik CFD, Polda Metro Jaya Kerahkan 500 Personel Gabungan

Posted: 27 Jun 2020 08:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan pihaknya mengerahkan 500 personel gabungan. Mereka disebar di 32 titik lokasi gelaran hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau CFD di Jakarta.

"500 personel gabungan ditlantas, polres, polsek, dan TNI untuk menjaga 32 titik CFD. Mereka bergabung bersama personel Dishub dan Satpol PP," kata Kombes Sambodo dalam keterangan tertulis, Minggu (28/6/2020).

Selain itu, Kombes Sambodo mengingatkan warga di lokasi HBKB mentaati aturan waktu yang ditetapkan. Diketahui, penylenggaraan HBKB diperketat hanya sampai pukul 9.00 WIB.

"HBKB dari pukul 6.00 WIB sampai pukul 9.00 WIB, Kebijakan ini merupakan hasil rapat koordinasi antara Ditlantas Polda Metro Jaya dan Dishub DKI yang diselenggarakan pada Jumat kemarin," tegas Sambodo.

Seperti diketahui, Pemprov DKI meniadaan HBKB di sepanjang Jalan Sudirman hingga Thamrin, Jakarta Pusat.

Hal ini disebabkan hasil evaluasi HBKB pekan lalu yang menyedot massa di luar perkiraan dan mencipakan potensi kerumunan yang bisa berakibat penularan Covid-19.

Namun demikian, Pemprov DKI bukannya meniadakan 100 persen HBKB. Hasil evaluasi menyatakan, giat mingguan tersebut hanya dialihkan ke 32 titik yang disebar ke seluruh penjuru Jakarta.

Berikut 32 lokasi pengganti, terdiri dari tujuh lokasi HBKB, dengan 25 ruas jalan sebagai tempat berolahraga:

Lokasi HBKB:

1. Jalan Suryo Pranoto

2. Sisi Danau Sunter Selatan

3. Jalan Gajah Mada

4. Jalan Hayam Wuruk

5. Jalan Pemuda

6. Jalan Layang Non Tol (JLNT) Antasari

7. Jalan Percetakan Negara 2

 

Jalan untuk Olahraga

Kategori Lokasi Jalan untuk Olahraga:

1. Jalan Pejagalan Raya

2. Jalan Paseban Raya

3. Jalan Zamrud Raya

4. Jalan Pramuka Sari I

5. Jalan Danau Tornado

6. Jalan Amir Hamzah

7. Sisi Inspeksi Kali Sunter Rawa Badak Selatan

8. Jalan Kelapa Hibrida Sukapura

9. Jalan Pulau Maju Bersama

10. Jalan Benyamin Sueb

11. Jalan Arteri Pegangsaan Dua

12. Jalan RA Fadillah

13. Jalan Inspeksi Kanal Banjir Barat (KBT)

14. Jalan Raden Inten

15. Jalan Bina Marga

16. Jalan Sultan Iskandar Muda-Arteri Pondok Indah

17. Jalan Tebet Barat Dalam Raya

18. Jalan Kesehatan Raya

19. Jalan Cipete Raya

20. Jalan Puri Harum

21. Jalan Puri Ayu

22. Jalan Puri Elok

23. Jalan Puri Molek

24. Jalan Puri Ayu 1

25. Jalan Puri Molek 1

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Potret Kompak 6 Anak Selebriti Ini Bikin Gemas, Sibling Goals

Posted: 27 Jun 2020 08:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Industri hiburan Tanah Air memang kerap mencuri perhatian publik. Kebersamaan dan kekompakan keluarga selebriti tak jarang menjadi sorotan. Tingkah lucu buah hati selebriti selalu membuat warganet merasa gemas. Walaupun masih kecil, momen hangat anak selebriti ini terlihat kompak dalam berbagai momen.

Salah satu anak selebriti yang terlihat kompak dan hangat bersama saudaranya adalah buah hati Donny Michael dan Aryani Fitriana. Dua buah hati pemeran sinetron Istri Kedua ini terlihat kompak. Walaupun masih berusia 3 tahun dan 1 tahun namun keduanya sudah bisa memperlihatkan kasih sayang kepada saudaranya.

Selain Donny Michael dan Aryani Fitriana ada beberapa selebriti lainnya yang kerap mengunggah portet hangat buah hati mereka. Walaupun masih berusia kurang lebih 5 tahun, namun anak selebriti ini sudah bisa menunjukkan bentuk kasih sayang kepada saudaranya. Sikap tersebut pun berhasil mencuri perhatian dan menuai pujian warganet.

Sibling goals biasa ditujukan kepada selebriti yang selalu terlihat kompak dengan saudaranya. Namun, hal tersebut biasanya terlihat diantara selebriti yang sudah beranjak remaja. Rupanya julukan ini juga bisa ditujukan kepada buah hati selebriti yang masih berusia balita namun kerap terlihat kompak dengan saudaranya.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang potret kompak 6 anak selebriti yang bikin gemas, Minggu (28/6/2020).

1. Ryshaka dan Sea. Buah hari Ryan Delon dan Sharena ini memang selalu terlihat kompak dalam berbagai momen. Ryshaka baru berusia 5 tahun, dan Sea yang berusia 1 tahun 9 bulan.

Potret Kompak 6 Anak Selebriti Ini Bikin Gemas. (Sumber: Instagram.com/mrssharena)
Potret Kompak 6 Anak Selebriti Ini Bikin Gemas. (Sumber: Instagram.com/mrssharena)

2. Isco dan Aleia. Anak Donny Michael dan Aryani Fitriana ini selalu berhasil membuat warganet gemas. Kebersamaan kakak adik yang terpaut usia 2 tahun ini memang selalu terlihat hangat.

Potret Kompak 6 Anak Selebriti Ini Bikin Gemas. (Sumber: Instagram.com/aryanifitriana24)
Potret Kompak 6 Anak Selebriti Ini Bikin Gemas. (Sumber: Instagram.com/aryanifitriana24)

3. James dan Rose. Kebersamaan buah hati Fandy Christian dan Dahlia Poland ini memang kerap diunggah di akun Instagram pasangan yang menikah pada 2015 ini.dan selalu membuat warganet gemas.

Potret Kompak 6 Anak Selebriti Ini Bikin Gemas. (Sumber: Instagram.com/dahliachr)
Potret Kompak 6 Anak Selebriti Ini Bikin Gemas. (Sumber: Instagram.com/dahliachr)

4. Uta dan Uti. Buah hati Rizky Kinos dan Nycta Gina ini juga selalu terlihat kompak. Uta yang berusia 4 tahun dan Uti yang baru berusia 2 tahun ini sudah bisa menunjukkan rasa sayang kepada saudaranya.

Potret Kompak 6 Anak Selebriti Ini Bikin Gemas. (Sumber: Instagram.com/missnyctagina)
Potret Kompak 6 Anak Selebriti Ini Bikin Gemas. (Sumber: Instagram.com/missnyctagina)

5. Adam dan Hawwa. Keponakan Zaskia Sungkar ini juga selalu terlihat hangat dalam berbagai kesempatan. Baik Shireen maupun Teuku Wisnu kerap mengunggah kebersamaan buah hatinya dalam akun Instagram.

Potret Kompak 6 Anak Selebriti Ini Bikin Gemas. (Sumber: Instagram.com/shireensungkar)
Potret Kompak 6 Anak Selebriti Ini Bikin Gemas. (Sumber: Instagram.com/shireensungkar)

6. Arsy dan Arsya. Buah hati Anang Hermansyah dan Ashanty ini memang selalu terlihat kompak dalam berbagai kesempatan. Senyum manis keduanya sukses membuat warganet merasa gemas.

Potret Kompak 6 Anak Selebriti Ini Bikin Gemas. (Sumber: Instagram.com/ashanty_ash)
Potret Kompak 6 Anak Selebriti Ini Bikin Gemas. (Sumber: Instagram.com/ashanty_ash)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mahasiswa Diminta Gencarkan Riset Pangan Atasi Dampak Covid-19

Posted: 27 Jun 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Generasi muda didorong untuk melakukan riset pangan sebagai upaya membantu mengatasi dampak pandemi Covid-19. Tak hanya saat pandemi tetapi juga mengatasi pangan secara umum.

Ini diungkapkan Pakar ekonomi pertanian dari Universitas Negeri Lampung Prof Dr Ir Bustanul Arifin, saat peluncuran IRN 2020 di Jakarta, Sabtu (27/6/2020).

"Penelitian di bidang pangan sangat dibutuhkan pada saat ini, terutama dalam mengatasi dampak pandemi ini. Penelitian di bidang pangan apapun itu silakan kirim ke Indofood Riset Nugraha (IRN). Misalnya penelitian bidang ekonomi pangan, ketahanan pangan dan gizi, COVID-19 dan rantai nilai, sistem produksi pangan, panen maupun pascapanen, hingga digitalisasi pangan," ujar Bustanul seperti melansir Antara, Minggu (28/6/2020).

Dia menjelaskan FAO dan IFPRI sudah memperingatkan akan adanya krisis pangan yang terjadi bukan karena lonjakan harga pangan, tetapi karena ekonomi anjlok dan daya beli terganggu.

Krisis pangan dipicu oleh persoalan akses pangan terganggu. Kondisi itu akan lebih parah lagi jika ketersediaan pangan turun.

"Pemerintah menyediakan dana Rp 405 triliun untuk penanggulangan COVID-19 dan Rp 641 triliun untuk skema pemulihan ekonomi nasional," terang dia.

Oleh karena itu, riset di bidang pangan sangat dibutuhkan pada era normal baru. Untuk penelitiannya, lanjut Bustanul, bisa dengan menggunakan data sekunder maupun terjun langsung ke lapangan dengan menerapkan protokol kesehatan.

 

Program IRN

Ilustrasi pangan. Dok Unsplash
Ilustrasi pangan. Dok Unsplash

Program IRN tahun akademik 2020/2021 kembali dibuka bagi mahasiswa S1 tingkat akhir semua jurusan untuk memperoleh bantuan dana riset.

Program tersebut mengangkat tema "Milenial dan Penelitian Pangan Era Kenormalan Baru Menuju Indonesia Maju".

"Kami terus berupaya mendukung agar mahasiswa S1 dapat menyelesaikan riset atau tugas akhirnya sebagai syarat kelulusan. Tetapi kami percaya, mahasiswa sebagai generasi milenial yang tanggap teknologi akan mampu beradaptasi dan melakukan berbagai penyesuaian di era kenormalan baru," ujar Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk, Axton Salim.

Selain memberikan bantuan dana riset, mahasiswa juga akan mendapatkan bimbingan langsung dari Dewan Pakar IRN. Sehingga dengan perpaduan kreativitas milenial dan bimbingan dari para pakar, memungkinkan semakin banyak riset yang aplikatif, mudah dan menjadi solusi bagi masyarakat seperti untuk mengatasi pandemi COVID-19.

Axton menjelaskan program IRN terus mendorong penelitian pangan berbasis pada kearifan lokal yang dimiliki Indonesia.

"Pangan lokal Indonesia sangat beragam dan memiliki potensi untuk dikembangkan. Di sinilah diperlukan inovasi-inovasi dari berbagai sisi baik teknologi, nilai gizi, pengembangan sistem, kreativitas kemasan, marketing hingga sistem distribusinya. Pada akhirnya riset pangan yang unggul dapat mendukung kemandirian pangan nasional," terang Axton.

Program IRN diperuntukkan bagi mahasiswa S1 yang tengah menyelesaikan tugas akhirnya dan berasal dari berbagai jurusan. Objek penelitiannya mulai sumber daya pangan lokal baik berasal dari darat maupun laut, aneka pangan sumber karbohidrat (seperti serelia jagung, sorgum, gandum, aneka umbi, dan lainnya), kelapa dan kelapa sawit, rempah-rempah, hasil ternak, hasil laut dan perikanan serta produk pangan lokal unggul lainnya.

Adapun bidang penelitiannya meliputi bidang produksi (agro teknologi), teknologi (pasca panen dan pengolahan), kesehatan dan gizi masyarakat, serta bidang sosial ekonomi dan budaya.

Untuk mendapatkan dana penelitian, mahasiswa perlu mendaftarkan proposal penelitiannya melalui website www.indofoodrisetnugraha.com atau mengirimkan email ke indofoodrisetnugraha@indofood.co.id mulai 27 Juni hingga 30 Juli 2020. Syarat lainnya adalah jangka waktu penelitian paling lama satu tahun.

 

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPU Jatim: Tak Satupun Petugas PPS/PPK Mundur Akibat Pandemi di Pilkada Serentak

Posted: 27 Jun 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur Choirul Anam memastikan tak ada satu pun petugas pemilihan umum di tingkat desa atau kelurahan (PPS) dan kecamatan (PPK) yang mengundurkan diri akibat pandemi Corona atau Covid-19.

"Tak ada satupun mundur karena pandemi ini. Artinya, di seluruh daerah di Jatim, terutama yang menggelar Pilkada serentak 2020, semuanya siap digelar," ujarnya ketika dikonfirmasi di Surabaya, Sabtu, 27 Juni 2020. 

Di Jatim total ada 19 kabupaten/kota akan menggelar Pilkada Serentak yang dijadwalkan pada 9 Desember 2020. Yaitu Kota Surabaya, Blitar, Pasuruan, Kabupaten Sumenep, Trenggalek, Banyuwangi, Blitar, Malang, Ngawi, Mojokerto, Tuban, Lamongan, Ponorogo, Pacitan, Sidoarjo, Jember, Situbondo, Gresik dan Kediri.

"Meski di beberapa daerah tersebut saat ini masuk zona merah, namun sumber daya manusia (SDM) yang bertugas tetap siap melakukan tahapan pilkada dengan tetap mematuhi protokol kesehatan," lanjut Anam dilansir Antara.

Saat ini tahapan Pilkada memasuki verifikasi faktual untuk dukungan calon perseorangan yang sesuai jadwal dilaksanakan 24 Juni 2020 hingga 13 Juli 2020.

Verifikasi faktual digelar di enam daerah, yaitu Kabupaten Jember, Sidoarjo, Surabaya, Lamongan, Malang dan Kota Blitar.

"Sejak awal pandemi sampai sekarang, ada empat tahapan Pilkada yang tertunda. Nah, saat ini masuk tahapan kedua setelah yang pertama adalah pelantikan petugas di tingkat kelurahan/desa dan kecamatan selesai digelar," ucapnya.

 

Pemutakhiran Data Pemilih

Tahapan berikutnya, atau mulai 15 Juli 2020 adalah kegiatan pencocokan dan penelitian (coklit), yaitu kegiatan yang dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dalam pemutakhiran data pemilih dengan cara mendatangi pemilih secara langsung.

Tahapan lainnya, lanjut dia, yaitu pendaftaran pasangan calon kepala daerah yang diagendakan pada 4-6 September 2020.

"Seluruh tahapan sudah kami komunikasikan ke semua pihak terkait, khususnya para pemangku kepentingan," kata Anam.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hamil, Vanessa Angel Rewel dan Minta Perhatian

Posted: 27 Jun 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Vanessa Angel menikmati kesehariannya sebagai ibu hamil. Saat ini, usia kandungannya pun semakin besar. Meski begitu, Vanessa Angel tetap melakukan kegiatan lain daripada yang lain. Seperti yang sebelumnya jadi sorotan saat melakukan pemotretan dengan outfit serba ketat. 

Sebagai ibu hamil, Vanessa Angel mengaku memang banyak merasakan hal baru. Salah satunya perilaku aktris cantik kelahiran 21 Desember 1991 ini kepada sang suami, Bibi Ardiansyah. Hal itu ia ungkap sendiri lewat story Instagramnya pada Sabtu (27/6/2020).

Menurut Vanessa Angel, di masa kehamilan yang sudah lebih dari 30 minggu ini ia merasakan banyak hal yang tak menyenangkan. Mulai dari encok hingga migrain.

"Pinggang encok, bangun susah, tiduran susah, tulang linu, kaki keram, migrain," tulis Vanessa Angel.

 

Aji Mumpung

Vanessa Angel meminta perhatian suami.
Vanessa Angel meminta perhatian suami.

Kendati begitu, ia ikhlas menjalani itu semua demi sang buah hati. Di sisi lain, ada sang suami yang harus selalu sabar menghadapi Vanessa yang rewel dan minta diperhatikan terus. 

"Sabar ya papi ngadepin bumil yang rewel terus minta diperhatiin terus, wkwkwk. Mumpung hamil ya kan, papi. Kapan lagi dimanjain terus kayak gini. Love you!" lanjut Vanessa.

 

Berat Badan

7 Potret Isi Rumah Vanessa Angel, Elegan Serba Putih (YouTube Vanessa AngeL TV)
7 Potret Isi Rumah Vanessa Angel, Elegan Serba Putih (YouTube Vanessa AngeL TV)

Selain jadi semakin manja, hal lain yang berubah dari Vanessa adalah berat badan. pada Selasa (2/6) lalu, Bibi iseng merekam Vanessa yang sedang menimbang berat badannya. Diketahui berat badan si bumil cantik mencapai 62,5 kilogram. 

Bibi pun langsung berkomentar. "Tuh kan naik lagi. Oh my god," katanya.

 

Tertawa

Mendengar ucapan sang suami, bukannya marah, Vanessa malah tertawa. Meski memakai masker, kebahagiaan di rona wajahnya tak bisa ditutupi. Vanessa pastinya tak masalah berat badannya naik demi anak yang dikandungnya. Begitu pula dengan Bibi yang tetap sayang istri.

Sehat selalu buat Vanessa dan bayi di kandungan. Sehat juga buat Bibi biar siap dan siaga terus buat mendampingi istri.

Sumber: Kapanlagi.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Respons Risma Terkait Warga Belum Disiplin Pakai Masker

Posted: 27 Jun 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) mengaku telah bekerja keras menurunkan angka kasus penyebaran Corona COVID-19 di wilayahnya.

Saat dikonfirmasi apakah benar warga Surabaya, 70 persen tidak patuh protokol kesehatan atau tidak memakai masker, Risma pun meresponsya.

"Hahahaha. Eh mosok yo, deloken ta (Ah masa iya, lihat saja) 70 masker 70 persen. Kamu di jalan saja, lihat," ujar Risma dan langsung meninggalkan wartawan usai acara usai menghadiri rapat pengarahan percepatan penanganan COVID-19 bersama Menkopolhukam, Mendagri dan Gubernur Jatim di Surabaya, ditulis Minggu (28/6/2020).

Sebelumnya, Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa memaparkan laporannya mengenai kondisi dan penanganan Corona COVID-19 di wilayah yang dipimpinnya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Khofifah mengungkapkan, rendahnya tingkat kepatuhan di Surabaya Raya itu berdasarkan survei Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga (FKM Unair). 

"Hanya 30 persen masyarakat yang mau memakai masker di tempat ibadah dan masih ada 70 persen yang tidak menggunakan masker. Kemudian mereka 84 persen tidak physical distancing," ujar Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis, 25 Juni 2020.

Selanjutnya

Menanggapi hal tersebut, Presiden Jokowi meminta Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto atau Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo untuk segera mendistribusikan masker dalam jumlah yang banyak ke Surabaya Raya (Surabaya, Sidoarjo, Gresik) atau ke Jawa Timur (Jatim).

"Tadi yang disampaikan gubernur, 70 persen tidak menggunakan masker. Itu angka yang gede. Tolong Pak Menkes atau BNPB segera kirim masker ke Surabaya atau Jatim ya," tutur Jokowi.

Sementara itu, berdasarkan data dari Dinas Kominfo Jatim pada Sabtu 27 Juni 2020 pasien positif Corona COVID-19 di Kota Surabaya bertambah 70 orang sehingga totalnya mencapai 5.414 orang.

Sedangkan pasien yang terkonfirmasi negatif atau sembuh di Kota Pahlawan ini bertambah 50 orang sehingga totalnya secara keseluruhan menjadi 2.118 orang.

Berikutnya adalah kasus meninggal dunia akibat Corona COVID-19 di wilayah yang dipimpin wali kota perempuan pertama tersebut bertambah delapan orang sehingga totalnya menjadi 400 orang. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Celta Vigo Vs Barcelona Bisa Jadi Laga Terakhir untuk Arthur Melo

Posted: 27 Jun 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona- Arthur Melo hanya main empat menit saat Barcelona imbang 2-2 lawan Celta Vigo di stadion Balaidos, Sabtu (27/6/2020). Arthur menggantikan Riqui Puig yang secara mengejutkan jadi starter.

Setelah pertandingan, Arthur langsung terbang ke Turin untuk menjalani tes medis dengan Juventus. Seperti diketahui, Barcelona sudah sepakat barter Arthur dengan Miralem Pjanic.

Harga Arthur sendiri berkisar 70 juta euro plus bonus 5 juta euro. Seperti dilansir Marca, duel lawan Celta bisa jadi laga terakhir Arthur untuk Barcelona.

Soalnya saat ini belum jelas apakah Arthur akan terus memperkuat Barcelona hingga akhir musim atau lebih dari 30 Juni. Soalnya, ini harus ditentukan saat teken kontrak dengan Juventus.

Barcelona dan Arthur harus bicarakan ini dengan Juventus.

 

Diantisipasi

Striker Barcelona, Lionel Messi, melepaskan tendangan ke gawang Athletic Bilbao pada laga La Liga di Stadion Camp Nou, Selasa (23/6/2020). Barcelona menang 1-0 atas Athletic Bilbao. (AP/Joan Monfort)
Striker Barcelona, Lionel Messi, melepaskan tendangan ke gawang Athletic Bilbao pada laga La Liga di Stadion Camp Nou, Selasa (23/6/2020). Barcelona menang 1-0 atas Athletic Bilbao. (AP/Joan Monfort)

Paling mungkin, Arthur tak lagi main untuk Barcelona di Liga Champions pada Agustus nanti. Ini terjadi kepada Timo Werner yang tak memperkuat RB Leipzig usai gabung Chelsea.

Meski begitu, Quique Setien sudah mengantisipasi masalah ini. Buktinya dia hanya memainkan Arthur selama empat menit saja saat lawan Celta Vigo.

Sejak La Liga berlanjut pasca pandemi Virus Corona, Setien memang lebih banyak merotasi pemainya. Hampir setiap laga diisi pemain yang tidak sama.

Klasemen La Liga

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

75 Persen Pasangan Usia Subur di Bandung Sudah Pakai Alat Kontrasepsi

Posted: 27 Jun 2020 08:00 PM PDT

 

Liputan6.com, Bandung Kepala Bidang Keluarga Berencana DPPKB Kota Bandung Sri Erna Puspita Sitepu menuturkan, hingga saat ini penggunaan alat kontrasepsi di Kota Bandung Jawa Barat sudah cukup baik. Setidaknya, 75 persen dari 365 ribu pasangan usia subur telah menggunakannya.

Dengan penggunaan alat kontrasepsi di atas setengah populasi, Sri berharap angka kelahiran di Kota Bandung bisa terkendali. "Kalau di Kota Bandung bagus. Penerapan KB sudah baik, dilihat dari penggunaan KB oleh pasangan usia subur," ujar Sri dalam keterangan resmi ditulis Minggu (28/6/2020).

Selain itu, angka kelahiran total atau Total Fertility Rate (TFR) Kota Bandung berada di angka 1,97. Artinya, bahwa rata-rata seorang perempuan melahirkan di masa suburnya adalah dua anak saja.

Dalam masa pandemi ini, tren kehamilan juga menunjukkan angka yang menurun. Namun, Sri tidak ingin cepat menyimpulkan sebab data tersebut dinilai belum lengkap. Pada bulan Mei lalu, angka kehamilan di Kota Bandung mencapai 2.210 kehamilan.

"Tren untuk kehamilan memang turun. Tetapi kami menganalisa, kemungkinan karena datanya belum semua masuk. Karena kita banyak petugas puskesmas yang WFH, atau Posyandunya tidak jalan. Karena ibu hamil biasanya datang ke Posyandu," jelas Sri.

18 Ribu Akseptor KB

Sosialisasi penggunaan alat kontrasepsi juga ditingkatkan jelang puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) tanggal 29 Juni 2020. Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Bandung menargetkan 18 ribu akseptor Keluarga Berencana (KB) pada Harganas. Target ini merupakan bagian dari gerakan nasional 1 juta akseptor se-Indonesia.

Menurut Kepala DPPKB Kota Bandung Andri Darusman, dalam memenuhi target tersebut otoritasnya sudah memulai menerima kembali akseptor KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP), usai lama ditutup layanannya karena pandemi COVID-19. Selama wabah ini, DPPKB hanya membuka layanan kontrasepsi pil dan kondom.

"Kami sementara tidak menerima pemasangan kontrasepsi jangka panjang. Kalau tidak ada keluhan, pil dan kondom saja yang kita fasilitasi secara langsung. Kalau ada keluhan baru kita rekomendasi untuk dilayani," kata Andri.

Jelang Harganas, DPPKB membuka kesempatan bagi pasangan usia subur untuk memasang alat kontrasepsi guna mendukung program KB. Pasangan yang ingin mengikuti program ini bisa mendaftarkan diri kepada para kader Posyandu. Setelah itu, mereka akan mendapatkan layanan di fasilitas kesehatan terdekat.

"Kami sudah mendistribusikan alat kontrasepsi ke semua faskes, jadi insyaallah kalau warga ingin ber-KB tidak terkendala," ucap Andri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ojol Bandung Boleh Angkut Penumpang, Car Free Day Nanti Dulu

Posted: 27 Jun 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bandung sekaligus Wali Kota Bandung Oded M. Danial memberikan lampu hijau kepada ojek online (ojol) untuk bisa kembali mengangkut penumpang.

"Kalau saya lihat, dari sisi kesiapan protokol kesehatan sudah cukup bagus. Namun, secara formal mereka melayangkan surat pengusulan kepada gugus tugas. Setelah itu akan ditindaklanjuti. Saya sudah memberikan rekomendasi," kata Oded usai menerima Grab di Pendopo Kota Bandung, Sabtu (27/6/2020).

Kota Bandung saat ini sudah memasuki fase adaptasi kebiasaan baru (AKB) atau 'new nornal'. Pada fase ini, Pemkot Bandung memberikan relaksasi kepada jasa angkutan sepeda motor (ojek) untuk kembali mengangkut penumpang.

Bukan hanya ojek berbasis daring atau online, tetapi juga ojek pangkalan. Untuk itu, Oded mengajak semua pihak bekerja sama di masa AKB ini.

Tak hanya membangkitkan kembali geliat perekonomian, tetapi juga tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan. Hal itu agar Kota Bandung bisa memutus penyebaran virus Corona.

"Oleh karena itu, aspek kehati-hatian harus terus dijaga. Jangan sampai aspek ekonomi bergerak tetapi kurva juga ikut naik," ucap Oded.

Car Free Day Belum Diizinkan

Sejumlah warga mengikuti Hari Bebas Kendaraan (Car Free Day) di sepanjang Jalan Dago, Bandung, Minggu (26/4/2015). CFD dimanfaatkan warga untuk menikmati suasana Bandung bebas dari asap kendaraan bermotor. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Sejumlah warga mengikuti Hari Bebas Kendaraan (Car Free Day) di sepanjang Jalan Dago, Bandung, Minggu (26/4/2015). CFD dimanfaatkan warga untuk menikmati suasana Bandung bebas dari asap kendaraan bermotor. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyatakan Pemkot Bandung belum mengizinkan penyelenggaraan Car Free Day (CFD) meski sudah dam fase AKB atau new normal. Keputusan tersebut untuk mencegah kerumunan orang yang dapat memicu penyebaran Covid-19.

"Lokasi favorit masyarakat Kota Bandung itu Dago. Tanpa CFD saja kerumunannya luar biasa, sepeda, orang berolahraga masih euforia seolah-olah ini sudah normal," ucap Yana.

Yana menegaskan, Pemkot Bandung masih harus menutup sejumlah jalan agar tidak terjadi kerumunan orang. "Makannya kita tutup jalan, ini memberikan pesan meski sudah AKB tetapi masih di tengah pandemi. Terpenting jaga standar protokol kesehatan," katanya.

Untuk pelaksana pengawasan, Yana menuturkan pihaknya akan menyiagakan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Dinas Perhubungan.

"Dishub dan Satpol PP turun. Untuk tindakan tegas tidak ada, kita mengimbau saja," ujarnya.

Sedangkan, sarana olahraga outdoor diperbolehkan beroperasi. Namun belum untuk kompetisi atau perlombaan.

"Sarana outdoor sepak bola, itu boleh. Yang belum boleh kompetisi atau pertandingan, karena ada peluang penonton," ucapnya.

Namun Yana menyarankan agar dilakukan simulasi terlebih dahulu untuk keaman dan kenyaman selama berolahraga atau berlatih. "Kita minta untuk simulasi dan menerapkan standar protokol," tuturnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Xiaomi Filipina Ungkap Spesifikasi Redmi 9A

Posted: 27 Jun 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi Filipina merilis katalog produk baru dan salah satunya adalah Redmi 9A yang belum diumumkan. Spesifikasi smartphone tersebut pun ada pada katalog itu.

Dilansir dari GSM Arena, Minggu (28/6/2020), berdasarkan keterangan yang ada, Redmi 9A dilengkapi chipset MediTek Helio G25, layar HD+ berukuran 6,53 inci, dan kamera depan 5MP.

Selain itu, juga terdapat kamera utama 13MP dan baterai 5.000mAh.

Selain Redmi 9A, katalog tersebut juga memberikan rincian tentang berbagai produk baru lain dari keluarga Xiaomi untuk pasar Filipina. Beberapa di antaranya termasuk Poco F2 Pro, seri Black Shark 3, dan Mi Smart Band 5.

Pengapalan Seri Redmi 8 Tembus 19 Juta Unit Secara Global

Kantor Xiaomi di Maofanglu Road, Beijing. Tempat Vice President International Xiaomi Hugo Barra beraktivitas. Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani
Kantor Xiaomi di Maofanglu Road, Beijing. Tempat Vice President International Xiaomi Hugo Barra beraktivitas. Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani

Xiaomi mengumumkan pencapaian baru untuk seri smartphone Redmi 8. Pengapalan smartphone tersebut di pasar global telah mencapai 19 juta unit.

Pencapaian ini didapatkan dalam waktu kurang dari setahun berkat empat varian perangkat. Anggota Redmi 8 yang pertama hadir adalah Redmi 8A pada September tahun lalu. Setelah itu, Redmi 8 hadir disusul 8A Dual dan 8A Pro pada awal tahun ini.

Perkuat Pasar

Pencapaian Xiaomi disebut semakin memperkuat seri ini di segmen entry-level. Sejauh ini, Redmi 8 dikenal dengan harga kompetitif dengan spesifikasi yang sesuai, sehingga memberikan kontribusi penting untuk Xiaomi.

Tahap selanjutnya adalah seri Redmi 9, yang sudah memulai debutnya di Eropa pada awal bulan ini. Smartphone ini dijadwalkan hadir di Tiongkok dan berbagai wilayah Asia Tenggara secepat mungkin. Seri ini diharapkan dapat menyamai keberhasilan para pendahulunya.

(Din/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: