Minggu, 21 Juni 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 RSS

Liputan6 : RSS2 Feed


Mendagri Sebut New Normal Opsi Terbaik untuk Jaga Pertumbuhan Ekonomi

Posted: 21 Jun 2020 11:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan bahwa pemerintah tidak bisa terus menerus memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Oleh karena itu, pemerintah merancang skema new normal dan menerapkannya ke daerah yang sudah siap.

Tito menjelaskan, skema new normal ini sangat tepat dijalankan di Indonesia karena PSBB memiliki riisko yang besar. Dampak negatif dari pembatasan akan sangat terlihat di tatanan masyarakat, baik kesehatan, ekonomi, hingga psikologis sosial.

"Oleh karena itu, dunia menyiapkan diri untuk beradaptasi dengan pandemi ini. Sebab, berbagai negara melakukan inovasi untuk beradaptasi dengan tatanan kehidupan baru (new normal)," kata Tito dalam video conference Penganugerahan Lomba Inovasi Daerah Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 via YouTube, Senin (22/6/2020).

Menurutnya, keinginan pemerintah untuk menerapkan new normal juga dilandasi oleh berbagai pandangan para ahli kesehatan asal dalam negeri maupun luar negeri terkait riset soal waktu berakhirnya pandemi. Di mana, para ahli kompak menyatakan bahwa pandemi ini tidak berakhir dengan segera jika vaksin anti Covid-19 tidak segera ditemukan.

Tak ayal, sejumlah negara telah meramalkan bahwa pandemi akan terus berlangsung dalam beberapa tahun ke depan. Sehingga PSBB dan lockdown, disebutkannya bukan opsi terbaik untuk menjaga pertumbuhan ekonomi nasional di tengah kondisi sulit akibat Covid-19.

Untuk itu, pihaknya berharap masyarakat dapat kooperatif dalam menerapkan protokol kesehatan di era new normal. Alhasil, ekonomi nasional dapat kembali produktif dan terhindar dari dampak buruk pandemi Covid-19.

 

Simulasi

Petugas bermasker dan berpelindung wajah membersihkan lantai di Mal Central Park, Jakarta, Rabu (3/6/2020). Selain menerapkan protokol kesehatan, pusat perbelanjaan juga menyediakan fasilitas pendukung physical distancing sebagai persiapan operasional di era normal baru. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas bermasker dan berpelindung wajah membersihkan lantai di Mal Central Park, Jakarta, Rabu (3/6/2020). Selain menerapkan protokol kesehatan, pusat perbelanjaan juga menyediakan fasilitas pendukung physical distancing sebagai persiapan operasional di era normal baru. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Mendagri menambahkan, nantinya pemerintah akan aktif menyelenggarakan berbagai simulasi untuk mensosialisasikan panduan menjalankan protokol kesehatan di era new normal. Langkahstrategis ini bertujuan membuat masyarakat adaptif dalam menyongsong era kenormalan baru.

"Nantinya upaya prakondisi ini, diinisiasi oleh pemerintah pusat melalui kementerian dan lembaga. Sedangkan di pemerintah daerah pada semua tingkatan lembaga," tandasnya.

Reporter: sulaeman

Sumber: 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bawaslu DIY Bakal Awasi Pelaksanaan Protokol Kesehatan di Pilkada Yogyakarta

Posted: 21 Jun 2020 11:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta menyebutkan penerapan protokol kesehatan bakal menjadi salah satu fokus pengawasan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 di DIY.

"Pemenuhan fasilitas alat pelindung diri (APD) termasuk yang menjadi perhatian kami untuk diawasi juga," kata Ketua Bawaslu Provinsi DIY Bagus Sarwono di Yogyakarta, Minggu, 21 Juni 2020 dilansir Antara

Meski demikian, menurut dia, mekanisme pengawasan penerapan protokol kesehatan masih menunggu Peraturan KPU (PKPU) Pilkada Serentak 2020 yang mengatur tahapan pilkada pada masa pandemi.

"Sepanjang KPU mengatur bahwa aparat KPU harus memakai masker, bukan masyarakatnya, melainkan aparat KPU ketika menjalankan tugas di lapangan. Akan tetapi, sekarang masih menunggu aturan teknis KPU," jelas Bagus.  

Menurut dia, pilkada yang akan digelar pada masa pandemi Covid-19 membuat tugas pengawas pemilu makin berat.

Mereka tidak hanya konsentrasi mengawal agar pilkada berjalan demokratis, tetapi juga harus mengindahkan protokol pencegahan Covid-19.

"Pengawasan dilakukan dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 seperti memakai masker, physical distancing, dan menghindari kerumunan agar tidak menimbulkan kluster baru penyebaran Covid-19," ujarnya. 

 

Tantangan untuk Meyakinkan Masyarakat

Sebelumnya, Ketua KPU Provinsi DIY Hamdan Kurniawan mengatakan bahwa KPU Provinsi DIY bersama KPU kabupaten memiliki tantangan yang besar untuk meyakinkan masyarakat bahwa pemungutan suara pilkada di Kabupaten Sleman, Gunung Kidul, dan Bantul aman.

"Kami harus menyiapkan protokol kesehatan sedemikian rupa supaya masyarakat yakin bahwa kami mampu menyelenggarakan pemilu yang aman," kata Hamdan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lawan Kasus Baru Virus Corona COVID-19, Beijing Gelar 1 Juta Tes Per Hari

Posted: 21 Jun 2020 11:04 PM PDT

Liputan6.com, Beijing - Seorang pejabat mengatakan pada Minggu (21/6) bahwa Beijing telah mampu melakukan tes Virus Corona untuk hampir 1 Juta orang per hari, saat pengujian berlanjut di seluruh kota untuk mencoba menahan penyebaran wabah baru.

Dikutip dari VOA News, Senin (22/6/2020), dengan populasi yang mencapai 20 juta orang, Beijing telah memperluas pengujian untuk Corona COVID-19 sejak sekelompok infeksi terkait dengan pasar makanan mengalami kelonjakan lebih dari sepekan yang lalu.

Pengujian juga telah diperluas hingga mencakup penduduk di banyak bagian lain di kota tersebut, termasuk pekerja pengiriman makanan dan paket, yang pada awalnya difokuskan pada orang-orang yang bekerja atau berbelanja di pasar Xinfadi atau tinggal di dekatnya. 

Gao Xiaojun, juru bicara Komisi Kesehatan Beijing, mengatakan pada konferensi pers bahwa sejak wabah baru, kapasitas untuk pengujian telah meningkat lebih dari dua kali lipat menjadi lebih dari 230.000 tes setiap hari di 124 institusi. 

Ia juga menambahkan, bahwa tes dilakukan pada sampel yang dikumpulkan dari beberapa orang dalam satu tabung reaksi, yang berarti kota itu dapat memperoleh hasil dari hampir 1 juta orang setiap hari. 

 

Pengumpulan Sampel di Wuhan

Warga melewati terowongan dengan disinfektan sebagai perlindungan dari Virus Corona COVID-19 di pintu masuk bangunan di Tongzhou, Beijing Timur, Rabu (18/2/2020). Korban meninggal akibat terinfeksi virus corona COVID-19 di seluruh dunia hingga Rabu (19/2) mencapai 2.005 orang. (GREG BAKER/AFP)
Warga melewati terowongan dengan disinfektan sebagai perlindungan dari Virus Corona COVID-19 di pintu masuk bangunan di Tongzhou, Beijing Timur, Rabu (18/2/2020). Korban meninggal akibat terinfeksi virus corona COVID-19 di seluruh dunia hingga Rabu (19/2) mencapai 2.005 orang. (GREG BAKER/AFP)

Pada bulan lalu, pengumpulan sampel yang sama juga dilakukan di Wuhan, untuk dengan cepat meningkatkan kapasitas pengujian harian setelah sekelompok kasus baru di sana meningkatkan kekhawatiran tentang gelombang kedua infeksi.

Selain itu, provinsi termasuk Hubei dan Liaoning telah mengirim sekitar 200 orang ke Beijing untuk meningkatkan staf di laboratorium, yang selanjutnya agar membantu meningkatkan kapasitas pengujian, menurut Gao Xiaojun. 

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sedih tapi Lucu, Ikan Arwana Peliharaan Digoreng Bapak untuk Makan Siang

Posted: 21 Jun 2020 11:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - A [Arowana fish] (4278717 "") pet is suddenly no longer in the aquarium. The high-priced pet fish moves to a father's plate after frying.

The owner, Bayu, did not expect his father to have the heart to eat his favorite Arowana fish which has been maintained since four years ago. His brother then photographed the father's actions while he was scaling a fish's skin before frying it. The portrait was sent to Bayu on 7 June 2020.

[read: Read Also] (4075177 4285225 4285303)

Quoted from the Asia One page, Monday (6/22/2020), Bayu said [Arowana fish] (4255247 "") he bought the gold at the Jatinegara Market at a price of Rp800 thousand. He estimates that the fish is currently worth around Rp. 2 million.

When the scent grew so large that it could not be contained in his aquarium, he evacuated it to his parents' house. There, there is a larger fish pond.

In addition to requiring a large aquarium, carnivorous fish need adequate food, such as shrimp and crickets. He thinks both feeds are available at his parents' house. 

Over time, Bayu's father seemed tired of caring for fish. He also decided to fry it.

Bayu also can't do much. He accepted his fate. Even so, he was thankful that no other family members were involved in eating [Arowana] fish (4075177 "") fried other than his father.

 

 

 

Spesies Terancam Punah

Ikan arwana. (dok. Instagram @mas_bayu_oky/https://www.instagram.com/p/CBcpiSEJUkX/Dinny Mutiah)
Ikan arwana. (dok. Instagram @mas_bayu_oky/https://www.instagram.com/p/CBcpiSEJUkX/Dinny Mutiah)

Many relatives sympathized with Bayu after reading the news. Most ask Baby to be patient.

Arowana has always been known as an expensive fish. The fish is considered a symbol of wealth and prosperity in many countries, including China.

Before becoming an expensive pet fish, Arowana was once the food of poor people who were caught from the wild in Southeast Asia.

However, this fish is actually a threatened species based on the Nature Conservation Red List issued by the International Union. Not because of being eaten by humans, the main cause turns out to be the greed of people who capture arowana in the wild for economic gain.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Recall Mitsubishi Xpander Sudah Terjadi di Vietnam dan Filipina

Posted: 21 Jun 2020 11:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Melibatkan 139.111 unit Mitsubishi Xpander produksi 2017 sampai 2019, kampanye perbaikan atau recall resmi dikeluarkan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Sebelum recall dilakukan di Indonesia, pabrikan otomotif asal Jepang tersebut sudah lebih dulu melakukan recall di dua negara Asia, yakni Vietnam dan Filipina.

Terjadi di bulan Oktober dan Desember tahun lalu, kampanye perbaikan dilakukan karena keluhan yang diberikan beberapa konsumen terkait potensi Xpander mengalami mati mendadak sejak Mei 2019.

Setelah melakukan investigasi, Mitsubishi Motor Corporation (MMC) menemukan masalah pada pelampung pompa bahan bakar.

Dalam penjelasannya, fuel pump di dalam tangki dapat berhenti beroperasi, yang berpotensi mengakibatkan mesin tidak dapat dinyalakan atau berhenti bekerja.

Tak berbeda jauh dengan dua negara tersebut, PT MMKSI juga menemukan masalah pada komponen fuel pump atau pompa bahan bakar. Hal ini tak terlepas dari produk yang dijual untuk Filipina dan Vietnam diproduksi di Indonesia.

Seluruh produksi dilakukan di pabrik Mitsubishi yang terletak di daerah Cikarang, Jawa Barat.

Lama Perbaikan

Untuk Indonesia, kampanye perbaikan dilakukan untuk melakukan pemeriksaan pada label modul fuel pump dan melakukan pergantian unit fuel pump dengan yang sudah disempurnakan.

Estimasi pelaksanaan pemeriksaan sekitar satu jam/unit, dan proses pemeriksaan dan perbaikan sekitar dua jam/ unit.

 

Konsumen Akan Mendapat Informasi

PT MMKSI melalui dealer kendaraan penumpang Mitsubishi di seluruh Indonesia akan menginformasikan dan mengirimkan undangan kampanye perbaikan kepada konsumen yang kendaraannya terlibat.

Kampanye perbaikan akan dimulai pada 22 Juni 2020 di seluruh dealer kendaraan penumpang Mitsubishi di Indonesia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenali Perbedaan Gejala DBD dan COVID-19 serta Kapan Harus ke RS

Posted: 21 Jun 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dokter spesialis anak ahli infeksi dan pediatri tropik Mulya Rahma Karyanti menerangkan perbedaan gejala COVID-19 dan demam berdarah dengue (DBD).

"Kalau demam tinggi sampai 39 atau 40 (derajat Celsius) dan dua tiga hari tidak membaik, segera ke rumah sakit," ujar Mulya dalam konferensi pers BNPB, Senin (22/6/2020).

Menurutnya, gejala batuk pada DBD dapat terjadi namun dengan persentase yang kecil, sekitar 10 hingga 15 persen. Namun, gejala tidak disertai sesak atau distress seperti COVID-19 yang memengaruhi saluran pernapasan atas.

"DBD lebih ke demam dan pendarahan kulit yang harus diwaspadai, pendarahan pada apapun seperti mimisan, gusi berdarah, memar itu harus diwaspadai."

Usia Rentan DBD

Mulya menambahkan, penyakit DBD rentan bagi semua kelompok umur. Tidak seperti COVID-19 yang lebih condong pada lanjut usia dibanding kelompok usia muda.

"Tapi saat ini trennya banyak ke arah remaja, banyak sekali remaja yang datang dalam fase kritis. Remaja biasanya kalau mengalami muntah saat minum, pada akhirnya mereka jadi tidak mau minum, hal ini malah menyebabkan dehidrasi, lemas, tidur seharian."

"Apalagi yang ngekos sendirian, tidak ada yang mengingatkan, itu biasanya yang kita takutkan terjadi pada anak-anak remaja sekarang."

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lupakan Gula, 6 Bahan Makanan Ini Bisa Jadi Pemanis Alami

Posted: 21 Jun 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mengonsumsi gula secara berlebihan bisa mengakibatkan efek buruk bagi tubuh. Beberapa penyakit yang timbul juga bisa membahayakan seperti obesitas dan diabetes.

Sebagai solusinya Anda bisa menggantinya dengan gula alami. Gula alami atau pemanis alami dapat ditemukan pada buah-buahan. Gula alami ini tentu lebih sehat kalau dibandingkan dengan gula rafinasi.

Kalau Anda ingin mulai menerapkan pola hidup sehat, maka bisa mengganti gula yang ada di dapur maupun di meja makan. Seperti dilansir dari Boldsky, berikut beberapa bahan-bahan makanan yang bisa dijadikan pengganti gula.

1. Madu

Madu dianggap sebagai salah satu pemanis alami terbaik. Rasa manis ini diperoleh dari nektar bunga yang diambil oleh lebah madu. Sejak zaman dulu, madu telah digunakan sebagai pemanis alami karena memiliki fruktosa tingkat tinggi.

Madu lebih manis 25 persen dibandingkan gula pasir. Manfaat kesehatan dari madu mentah sangat banyak di antaranya memiliki efek antioksidan, antiinflamasi, antibakteri, anti-diabetes, pencernaan, pernapasan, dan sistem saraf.

Cara menggunakannya, daripada menambahkan gula ke dalam sereal, teh dan kopi, gunakanlah madu. Anda juga bisa menuangkan madu sebagai campuran yogurt dan salad.

2. Sirup maple

Sirup maple adalah pemanis alami lain yang biasa dikonsumsi. Ini adalah cairan kental yang dibuat dengan merebus getah yang dikumpulkan dari gula maple. Sirup maple mengandung sukrosa, oligosakarida, polisakarida, asam organik, asam amino, vitamin dan mineral.

Sirup maple dapat ditambahkan ke makanan manis dan gurih seperti oatmeal, panekuk, yogurt tawar, sayuran, ayam, saus salmon atau salad. Anda juga bisa menggunakan sirup maple untuk teh, kopi, dan adonan kue.

3. Kurma

Kurma manis dan rasanya seperti karamel dan bisa menjadi pengganti gula rafinasi yang sehat. Kurma adalah sumber nutrisi yang sangat baik seperti vitamin C, vitamin B kompleks, selenium, potasium, tembaga dan magnesium.

Gunakan pasta kurma untuk smoothie, makanan yang dipanggang, bumbu perendam, saus salad. Anda juga bisa membuat pasta kurma dengan merendam kurma dalam air panas sampai menjadi lunak. Lalu masukkan kurma yang direndam dalam blender bersama dengan satu sendok makan air dan blender sampai halus.

 

 

Bahan Alami Lain

Ilustrasi gula (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)
Ilustrasi gula (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

4. Gula kelapa

Gula kelapa diproduksi dari nira kelapa. Ini adalah pemanis alami yang punya sejumlah besar vitamin, mineral, dan antioksidan. Gula kelapa memiliki jumlah fruktosa dan glukosa yang tinggi dan jumlah sukrosa yang rendah.

Gula kelapa berwarna karamel dan sedikit lebih kasar dari gula halus. Anda bisa menggunakan gula kelapa di semua jenis makanan.

5. Pisang

Pisang dikemas dengan nutrisi seperti kalium, vitamin C, magnesium, serat, vitamin B6, tembaga dan mangan. Pisang matang memiliki manis yang alami dan dapat digunakan sebagai pemanis alami.

Kalau ingin membuat pemanis dari pisang, caranya masukkan pisang matang ke dalam blender dan tambahkan satu sendok makan air. Anda bisa mencampur pure pisang ini ke dalam oatmeal atau makanan yang akan dipanggang.

Selai Buatan Sendiri

6. Selai buatan sendiri

Selai buah buatan sendiri bisa digunakan sebagai alternatif alami dan sehat. Buah beri, apel, anggur, dan pir dapat dihaluskan untuk membuat pasta yang dapat digunakan sebagai pemanis dalam banyak resep.

Dengan menggunakan buah-buahan segar sebagai pengganti gula akan memberi Anda nutrisi yang cukup. Cara membuatnya, masukkan setengah cangkir air dan buah favorit Anda. Didihkan hingga buah menjadi lunak dan mulai mengental.

Disadur dari: Kanal Lifestyle Liputan6.com (penulis Henry, published 22/6/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: BIN Temukan 1.300 Kasus Positif COVID-19 Saat Tes Massal 19 Hari

Posted: 21 Jun 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berjubel, warga Surabaya, Jawa Timur mengikuti rapid test massal di Gedung Pandaan Sari, Jalan Raya Kandangan, Benowo, pada Rabu, 17 Juni 2020. Meski menggunakan masker, sayangnya mereka tak menjaga jarak.

Rapid test massal semakin gencar dilakukan setelah Surabaya tak lagi memperpanjang PSBB dan menerapkan masa transisi normal baru. Untuk warga yang hasil rapid testnya reaktif, langsung dilakukan uji swab dan harus menjalani karantina. Berikut seperti diberitakan pada Fokus, 18 Juni 2020.

"Kemudian nanti setelah reaktif kita langsung swab di sini dengan hasil PCR kita umumkan ke Gugus Percepatan Covid, sementara yang reaktif nanti akan diambil dari Dinas Kesehatan untuk dikarantina," dr Miya, Tim Dokter Rapid Test.

Rapid test yang digelar Pemkot Surabaya dan BIN ini akan diprioritaskan di tempat aktivitas publik serta permukiman padat penduduk hingga 20 Juni.

Rapid test marathon juga digelar di wilayah lainnya di Surabaya yakni di halaman Kecamatan Mulyorejo. Dari puluhan ribu warga yang mengikuti tes COVID-19, 1.300 orang dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil test swab.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Warner Bros Siapkan Gim Anyar Batman dan Suicide Squad?

Posted: 21 Jun 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Warner Bros disebut-sebut berencana untuk menghadirkan dua judul gim anyar yang mengangkat karakter DC Comics. Pertama, ada gim Batman terbaru dan judul kedua dikabarkan berhubungan dengan Suicide Squad.

Dikutip dari PC Gamer, Senin (22/6/2020), informasi ini pertama kali diketahui dari salah satu akun pengguna DriftingOrbit, yakni ResetEra. Dia menemukan ada domain baru yang didaftarkan dan berhubungan dengan Batman maupun Suicide Squad.

Adapun domain yang didaftarkan antara 16 hingga 19 Juni 2020 tersebut adalah suicidesquadgame, gothamknightsgame, dan suicidesquadkillthejusticeleague. Ketiga domain itu lantas disebut akan menjadi gim Batman terbaru dari Warner Bros.

Namun perlu diketahui, domain tersebut memang tidak menyertakan nama Warner Bros. di dalamnya. Meski tidak diungkap, akun lain menyebut bahwa pihak yang mendaftarkan domain itu merupakan karyawan dari Warner Bros.

Sayang, belum ada informasi lain mengenai gim Batman dan Suicide Squad ini. Hanya Warner Bros. memang telah mengumumkan akan menggelar event digital pada 22 Agustus 2020 dengan tajuk DC Fandome. 

Melalui event tersebut, beragam informasi terbaru mengenai DC Comics akan diungkap, termasuk salah satunya adalah gim. Karenanya, menarik untuk menunggu pengumuman resminya nanti. 

Teaser Gim Anyar Batman Kembali Muncul

ESRB mengungkap alasan mengapa game Batman: Arkham Knight diberi rating dewasa.
ESRB mengungkap alasan mengapa game Batman: Arkham Knight diberi rating dewasa.

Perlu diketahui, informasi soal gim anyar Batman ini sudah diketahui sejak awal 2020. Salah satu teaser bahkan diungkap oleh WB Games Montreal di akun Twitter-nya.

Dikutip dari Cnet, Sabtu (11/1/2020), WB Games Montreal mengubah sebuah simbol yang ditengarai sebagai lencana Gotham City Police Departement (GCPD).

Bersama dengan unggahan tersebut, pengembang juga menuliskan keterangan Cape sur la nuit/Capture the Knight. Unggahan itu pun disebut-sebut merujuk pada Batman.

Selain unggahan di Twitter, WB Games Montreal sebenarnya juga sempat beberapa kali mengungkap sejumlah logo yang berkaitan dengan gim anyar Batman ini. Selain GCPD, ada pula lambang League of Shadows.

Deretan logo itu dipajang di situs resmi WB Games Montreal. Berdasarkan gambar yang ditampilkan, ada delapan logo yang nantinya dipajang, sehingga masih ada enam lambang lain masih belum terungkap.

Meski belum banyak diungkap informasinya, sejumlah bocoran lain menyebut gim ini akan berhubungan dengan Court of Owls.

Adapun Courts of Owls merupakan kelompok rahasia yang ada di Gotham dan melatih banyak anak muda menjadi pembunuh. Berdasarkan kisah di komik, kelompok ini pun menjadi musuh Batman.

Informasi Soal Gim Anyar Batman

Bersiaplah, The Dark Knight akan kembali di seri Arkham terbaru di 2015
Bersiaplah, The Dark Knight akan kembali di seri Arkham terbaru di 2015

Sebelumnya, seperti Dikutip dari Softpedia, gim baru ini disebut-sebut akan mengambil judul Batman: Arkham Legacy. Menurut akun YouTube tersebut, gim ini akan diumumkan saat gelaran Game Award 2019 yang digelar 13 Desember 2019.

Meski masih sebatas rumor, akun tersebut mengatakan informasi ini didapat dari sumber yang sebelumnya pernah membocorkan tentang keberadaan gim tentang Damian Wayne, anak Bruce Wayne. Namun, gim tersebut dipastikan tidak berlanjut.

Mengingat laporan ini belum dikonfirmasi oleh Warner Bros. Games Montreal, tidak banyak informasi yang dapat digali. Kendati demikian, ada sejumlah analis yang membahas tentang gim Batman ini.

Salah satunya adalah kemungkinan untuk mengangkat kisah tentang Court of Owls. Untuk informasi, Court of Owls merupakan organisasi rahasia yang ternyata selama ini mengontrol Gotham.

Selain itu, ada yang menyebut dalam gim anyar ini, pemain dapat memainkan karakter lain dari Bat-family, bukan lagi Batman atau Bruce Wayne. Hal ini merujuk pada akhir di Arkham Knight, meski belum ada bukti yang mendukung.

(Dam/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asosiasi: Belum Ada Kenaikan Klaim Asuransi Jiwa di Kuartal II 2020

Posted: 21 Jun 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Budi Tampubolon, mengatakan bahwa pada perkembangan kuartal II 2020 mengenai asuransi jiwa selama memasuki masa transisi dari pandemi covid-19, belum terjadi peningkatan klaim maupun nasabah.

"Untuk data lengkapnya, dilaporkan para Anggota ke asosiasi setiap triwulanan. Jika terjadi kenaikan, baru akan terlihat setelah Q2 berlalu," kata Budi kepada Liputan6.com, Senin (22/6/2020).

Menurutnya data mengenai klaim asuransi jiwa baik penurunan dan peningkatan dari kuartal sebelumnya masih dalam proses, karena saat ini baru memasuki kuartal II.  Begitupun dengan klaim asuransi jiwa pada kuartal I juga tidak terjadi peningkatan.

Demikian ia menegaskan bahwa untuk kuartal II masih belum dihimpun informasi terkait asuransi jiwa apakah terjadi peningkatan klaim atau nasabah, masih membutuhkan waktu hingga kuartal II selesai, dan sampai setiap perusahaan asuransi menyampaikan laporannya.

"Data Q2 baru akan diterima asosiasi di akhir Juli," pungkasnya. 

Efek Corona, OJK Sebut Premi Asuransi Tumbuh Negatif

Ilustrasi Asuransi (iStockphoto)
Ilustrasi Asuransi (iStockphoto)

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membeberkan catatan premi asuransi jiwa yang tumbuh negatif pada triwulan pertama 2020 sebesar 13,8 persen imbas pandemi Covid-19.

"Tren pertumbuhan premi asuransi mengalami penurunan khususnya asuransi jiwa. Premi asuransi jiwa terkoreksi minus 13,8 persen, di mana Desember 2019 lalu hanya minus 0,38 persen. Tren asuransi umum tumbuh rendah di level 3,65 persen, dimana pada Desember lalu, tumbuhnya 15,65 persen. Ini terkoreksi betul di industri asuransi akibat Covid-19," ujar Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso, Senin (11/5/2020).

Selain premi, tanda pukulan Corona juga terlihat dari rasio modal atau Risk based capital (RBC). RBC merupakan tolak ukur yang dapat memberitahu tingkat keamanan finansial atau kesehatan perusahaan asuransi. RBC dikatakan sehat bila nilainya semakin besar.

Kendati demikian, Wimboh juga menyebutkan bahwa RBC asuransi jiwa masih terjaga dalam batas aman, yakni sebesar 642,7 persen, turun dari akhir tahun 2019 lalu yang mencapai 789 persen

Asuransi Umum

Ilustrasi Asuransi (Foto: Shutterstock)
Ilustrasi Asuransi (Foto: Shutterstock)

Sedangkan untuk asuransi umum, rasio kecukupan modalnya mencapai 297,3 persen dibandingkan posisi Desember 2019 yang mencapai 345 persen.

"Asuransi jiwa dan umum masih terjaga di threshold, namun menurun," kata Wimboh dalam konferensi pers Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) secara virtual.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Curhatan Pria yang Ketiduran di KRL dan Terkunci dalam Gerbong

Posted: 21 Jun 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Commuter line atau KRL menjadi salah satu transportasi umum yang banyak digunakan warga Ibu Kota dan sekitarnya. Tak hanya cepat dan murah, kenyamanan juga membuat KRL dijadikan transportasi umum favorit banyak orang.

Lantaran banyaknya orang yang menggunakan KRL tentu tak sedikit muncul cerita-cerita unik dan nyeleneh dari para penumpang. Salah satunya seperti cerita seorang penumpang yang baru-baru ini viral.

Ya, belum lama ini seorang warganet dengan akun Twitter @percyweasleyyy membagikan kisahnya ketika naik KRL beberapa hari lalu.

Penumpang yang diketahui bernama Abdul tersebut mengaku ketiduran ketika naik KRL hingga terkunci di dalam gerbong lantaran rangkaian KRL sudah berhenti beroperasi.

Ketiduran

Kereta commuter line melintas di Stasiun Manggarai, Jakarta, Kamis (13/2/2020). PT KCI melakukan rekayasa perjalanan KRL Bogor dan Bekasi terkait penggantian wesel atau persimpangan rel di stasiun Gambir dan Jakarta Kota. (merdeka.com/Magang/Muhammad Fayyadh)
Kereta commuter line melintas di Stasiun Manggarai, Jakarta, Kamis (13/2/2020). PT KCI melakukan rekayasa perjalanan KRL Bogor dan Bekasi terkait penggantian wesel atau persimpangan rel di stasiun Gambir dan Jakarta Kota. (merdeka.com/Magang/Muhammad Fayyadh)

Hal ini bermula ketika Abdul pulang dari sebuah pusat perbelanjaan pada Sabtu (20/6/2020) malam. Abdul pun menaiki KRL ke Stasiun Bekasi. Namun, ketika KRL sudah sampai di tujuan akhir, Abdul tak lekas turun lantaran ketiduran.

Ketika terbangun, Abdul tinggal seorang diri di dalam KRL yang telah selesai beroperasi. Saat kejadian, Abdul pun sempat meminta tolong pihak Commuter Line dengan membuat twit di Twitter.

"Min tolong saya ke kunci di gerbong 9 di stasiun bekasi. Ketiduran," tulis Abdul melalui Twitter.

Dibantu petugas

Petugas memakai pelindung wajah dan masker berdiri dalam gerbong KRL tujuan Jakarta di Stasiun Bogor, Jawa Barat, Kamis (11/6/2020). PT KCI membatasi jumlah penumpang 35- 40 persen dari kapasitas untuk jaga jarak aman antarpengguna KRL atau sekitar 74 penumpang per gerbong. (merdeka.com/Arie Basuki)
Petugas memakai pelindung wajah dan masker berdiri dalam gerbong KRL tujuan Jakarta di Stasiun Bogor, Jawa Barat, Kamis (11/6/2020). PT KCI membatasi jumlah penumpang 35- 40 persen dari kapasitas untuk jaga jarak aman antarpengguna KRL atau sekitar 74 penumpang per gerbong. (merdeka.com/Arie Basuki)

Melalui video yang diunggah, Abdul mengaku sempat panik lantaran terkunci dan tak ada orang sama sekali di dalam kereta. Selama 20 menit Abdul terkunci, dirinya mengaku sempat menelepon call center Commuter Line namun tak mendapat jawaban.

Dia juga mencoba memencet tombol darurat namun masinis sudah tak bertugas lantaran KRL sudah berhenti beroperasi. Beruntung ada seorang petugas controlling yang mengetahui keberadaan Abdul di dalam kereta.

"Tlp call center ga diangkat, pencet bel darurat masinisnya udh ga ditempat. Akhirnya ada petugas yg nyuruh gw jalan ke gerbong ujung tempat masinis,"

Petugas tersebut memberikan instruksi kepada Abdul untuk berjalan ke ujung gerbong dan keluar melalui pintu masinis.

Kisahnya viral

Tak butuh waktu lama untuk kisah Abdul mencuri perhatian warganet dan menjadi viral.

Tuai beragam komentar

Tak sedikit juga warganet yang memberikan komentarnya. Sebagian bertanya-tanya mengapa petugas tak melakukan pengecekan akhir sebelum KRL selesai beroperasi. Sebagian lagi membagikan juga membagikan kisahnya ketika ketiduran di dalam KRL, beruntung belum ada yang terkunci seperti yang Abdul alami.

"Yampuuun mas hahaha sabar ya mas. nyaman banget nih kayanya smp bablas gitu tidurnya. padahal kan biasanya ada petugas jg lho yg keliling di peron buat pemeriksaan atau petugas kebersihan gitu," komentar @deltaasurya.

"Gue juga pernah ketiduran dan lewat stasiun dong sampe st Bogor, malah udh malem juga.. untungnya dibangunin sama security walaupun malu, bangun langsung kaget refelek cari jalan keluar dan diketawain :( tapi setauku security selalu periksa sebelum pulang dipo," tulis akun @septiyaniY.

"Pernah juga ketiduran di krl untung tujuan akhir depok wkwk tapi petugasnya bener bener bangunin gua sampe bangun sampe nge gas gitu nadanya, sampe kaki gua di senggol senggol jugak wkwkwk emang bisa senyaman itu ya tidur di krl," timpal @Rosakamel.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Petuah Melly Goeslaw, soal Pasangan Hingga Kualitas Diri yang Kerap Dikalahkan Giveaway

Posted: 21 Jun 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Belakangan ada yang beda dengan unggahan Melly Goeslaw di akun Instagram terverifikasi miliknya. Nyonya Anto Hoed kerap membagikan petuah dengan tema beragam dari pasangan hingga kualitas diri.

Petuah Melly Goeslaw diunggah dengan latar hitam, ringkas, diakhiri huruf MG yang merupakan inisial namanya. Unggahan Melly Goeslaw disukai ribuan warganet termasuk rekan sesama artis.

Tak jarang, ujaran vokalis Potret memantik tawa. Showbiz Liputan6.com kali ini merilis enam petuah Melly Goeslaw. Siapa tahu salah satu di antaranya cocok untuk kondisi hidup Anda. Simaklah.

1. Tentang Rezeki dan Syukur

Unggahan Melly Goeslaw. (Foto: Instagram @melly_goeslaw)
Unggahan Melly Goeslaw. (Foto: Instagram @melly_goeslaw)

Yang langsung kebanjiran belasan ribu tanda hati yakni pemikiran Melly Goeslaw soal mensyukuri rezeki Sang Khalik. Pelantun "Jika" dan "Ada Apa Dengan Cinta" itu menulis, "Caramu mensyukuri rezeki akan menentukan rezekimu ke depan."

Diunggah pada 12 Juni 2020, petuah Melly Goeslaw disukai lebih dari 13 ribu orang. "Ican setuju Teh," tulis Chika Jessica di kolom komentar. "Powerful post, hatur nuhun Teh," cetus seorang warganet.

2. Kekasih Sejati Laksana Awan

Unggahan Melly Goeslaw. (Foto: Instagram @melly_goeslaw)
Unggahan Melly Goeslaw. (Foto: Instagram @melly_goeslaw)

Buat yang sedang mencari jodoh, ada dua petuah Melly Goeslaw yang layak dicamkan. Pertama, jodoh sejati seperti awan. "Kekasih sejati itu seperti awan. Di benua mana pun kamu ada, awan akan tetap ada," tulis ibunda Anakku Lelaki Hoed dan Pria Bernama Hoed.

"Siapa yang namanya Awan, pasti seneng, deh," cetus Melly Goeslaw menyertai unggahan ini. Perancang busana Didiet Maulana, menyahut, "Maukah kamu menjadi awanku?"

3. Perihal Mencari Pasangan

Unggahan Melly Goeslaw. (Foto: Instagram @melly_goeslaw)
Unggahan Melly Goeslaw. (Foto: Instagram @melly_goeslaw)

Kedua, Melly Goeslaw memberikan perspekstif soal kriteria pasangan ideal. "Carilah pasangan yang tidak akan baik-baik saja saat kamu tak ada untuknya," beri tahu Melly.

Reza Artamevia menyukai kutipan ini. Michelle Ziudith mengirim tanda hati di kolom komentar. Warganet malah menyangka ini bocoran lirik lagu baru Melly Goeslaw. "Bakalan jadi lirik lagu, nih," ia menduga.

4. Sukses Tidak Gratis

Unggahan Melly Goeslaw. (Foto: Instagram @melly_goeslaw)
Unggahan Melly Goeslaw. (Foto: Instagram @melly_goeslaw)

Petuah berikutnya untuk Anda yang sedang merintis karier. Atau tengah menata ulang karier di tengah pandemi. Melly Goeslaw mengingatkan, "Enggak ada kesuksesan yang gratis. Semua harus dibayar dengan proses." Yuni Shara menyukai pemikiran pencipta lagu "Menghitung Hari" dan "Tegar" itu.

Seorang warganet berkomentar, "Love the quotes, you should make more." Yang lain menambahi, "Bagaimana ceritanya orang sukses tanpa proses? Pasti semuanya ada prosesnya. Cuma kita enggak tahu jadi positive thinking saja."

5. Bahagia dan Keinginan

Unggahan Melly Goeslaw. (Foto: Instagram @melly_goeslaw)
Unggahan Melly Goeslaw. (Foto: Instagram @melly_goeslaw)

Sedang mencari kebahagiaan? Sebelum mencari, coba tanyakan pada diri sendiri apakah Anda benar menginginkannya atau iseng saja. Melly Goeslaw berpendapat, "Bahagia itu harus diinginkan. Atas dasar ingin itulah setiap insan berjuang menggapainya."

Alih-alih meresapi dan mengamalkan, seorang warganet malah curhat colongan, "Teh Melly Goeslaw, malam minggu (aku) bete enggak ada yang ngapelin." Ya ampun netizen +62… 

6. Kualitas Versus Giveaway

Unggahan Melly Goeslaw. (Foto: Instagram @melly_goeslaw)
Unggahan Melly Goeslaw. (Foto: Instagram @melly_goeslaw)

Yang ini bikin ngakak. Melly Goeslaw bersabda, "Tetaplah menjadi pribadi yang berkualitas, walaupun zaman sekarang kadang kualitas kalah sama giveaway." Sejumlah seleb ngakak membaca petuah penyanyi kelahiran Bandung, 7 Januari 1974 ini.

"Ya Allah," celetuk Robby Purba di kolom komentar sambil membubuhkan emotikon wajah terpingkal. Riri Riza mengirim emotikon wajah tertawa. Begitu pula Nia Daniaty.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Herry Nurhayat Jalani Sidang Kasus RTH Pemkot Bandung

Posted: 21 Jun 2020 11:00 PM PDT

Mantan Kadis DPKAD Pemkot Bandung Herry Nurhayat (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Senin (22/6/2020). Herry akan menjalani persidangan secara online terkait dugaan korupsi pengadaan tanah untuk ruang terbuka hijau di lingkungan Pemerintah Kota Bandung Tahun 2012-2013. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Mantan Kadis DPKAD Pemkot Bandung Herry Nurhayat (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Senin (22/6/2020). Herry akan menjalani persidangan secara online terkait dugaan korupsi pengadaan tanah untuk ruang terbuka hijau di lingkungan Pemerintah Kota Bandung Tahun 2012-2013. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Kadis DPKAD Pemkot Bandung Herry Nurhayat (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Senin (22/6/2020). Herry akan menjalani persidangan secara online terkait dugaan korupsi pengadaan tanah untuk ruang terbuka hijau di lingkungan Pemerintah Kota Bandung Tahun 2012-2013. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Kadis DPKAD Pemkot Bandung Herry Nurhayat (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Senin (22/6/2020). Herry akan menjalani persidangan secara online terkait dugaan korupsi pengadaan tanah untuk ruang terbuka hijau di lingkungan Pemerintah Kota Bandung Tahun 2012-2013. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Mantan Kadis DPKAD Pemkot Bandung Herry Nurhayat (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Senin (22/6/2020). Herry akan menjalani persidangan secara online terkait dugaan korupsi pengadaan tanah untuk ruang terbuka hijau di lingkungan Pemerintah Kota Bandung Tahun 2012-2013. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Kadis DPKAD Pemkot Bandung Herry Nurhayat (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Senin (22/6/2020). Herry akan menjalani persidangan secara online terkait dugaan korupsi pengadaan tanah untuk ruang terbuka hijau di lingkungan Pemerintah Kota Bandung Tahun 2012-2013. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Kadis DPKAD Pemkot Bandung Herry Nurhayat tiba di Gedung KPK, Jakarta, Senin (22/6/2020). Herry akan menjalani persidangan secara online terkait dugaan korupsi pengadaan tanah untuk ruang terbuka hijau di lingkungan Pemerintah Kota Bandung Tahun 2012-2013. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Mantan Kadis DPKAD Pemkot Bandung Herry Nurhayat tiba di Gedung KPK, Jakarta, Senin (22/6/2020). Herry akan menjalani persidangan secara online terkait dugaan korupsi pengadaan tanah untuk ruang terbuka hijau di lingkungan Pemerintah Kota Bandung Tahun 2012-2013. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Kadis DPKAD Pemkot Bandung Herry Nurhayat tiba di Gedung KPK, Jakarta, Senin (22/6/2020). Herry akan menjalani persidangan secara online terkait dugaan korupsi pengadaan tanah untuk ruang terbuka hijau di lingkungan Pemerintah Kota Bandung Tahun 2012-2013. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Kadis DPKAD Pemkot Bandung Herry Nurhayat tiba di Gedung KPK, Jakarta, Senin (22/6/2020). Herry akan menjalani persidangan secara online terkait dugaan korupsi pengadaan tanah untuk ruang terbuka hijau di lingkungan Pemerintah Kota Bandung Tahun 2012-2013. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Mantan Kadis DPKAD Pemkot Bandung Herry Nurhayat tiba di Gedung KPK, Jakarta, Senin (22/6/2020). Herry akan menjalani persidangan secara online terkait dugaan korupsi pengadaan tanah untuk ruang terbuka hijau di lingkungan Pemerintah Kota Bandung Tahun 2012-2013. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Kadis DPKAD Pemkot Bandung Herry Nurhayat tiba di Gedung KPK, Jakarta, Senin (22/6/2020). Herry akan menjalani persidangan secara online terkait dugaan korupsi pengadaan tanah untuk ruang terbuka hijau di lingkungan Pemerintah Kota Bandung Tahun 2012-2013. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Kadis DPKAD Pemkot Bandung Herry Nurhayat tiba di Gedung KPK, Jakarta, Senin (22/6/2020). Herry akan menjalani persidangan secara online terkait dugaan korupsi pengadaan tanah untuk ruang terbuka hijau di lingkungan Pemerintah Kota Bandung Tahun 2012-2013. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Mantan Kadis DPKAD Pemkot Bandung Herry Nurhayat tiba di Gedung KPK, Jakarta, Senin (22/6/2020). Herry akan menjalani persidangan secara online terkait dugaan korupsi pengadaan tanah untuk ruang terbuka hijau di lingkungan Pemerintah Kota Bandung Tahun 2012-2013. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Kadis DPKAD Pemkot Bandung Herry Nurhayat tiba di Gedung KPK, Jakarta, Senin (22/6/2020). Herry akan menjalani persidangan secara online terkait dugaan korupsi pengadaan tanah untuk ruang terbuka hijau di lingkungan Pemerintah Kota Bandung Tahun 2012-2013. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menyemai Telur-Telur Maleo Si Burung Langka Berjambul Unik

Posted: 21 Jun 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Palu - Di tengah pandemi Covid-19 burung-burung Maleo di Suaka Margasatwa (SM) Pinjan Tanjung Matop Tolitoli, Sulawesi Tengah masih "menikmati" musim bertelurnya. Maret hingga tengah Juni, 2020 ini, sebanyak 306 telur telah ditanam dalam kandang penetasan semi alami.

Musim bertelur burung endemik Sulawesi, Maleo, di SM Pinjan Tanjung Matop Tolitoli, Sulawesi Tengah mulai sejak bulan April lalu. Hingga pertengahan bulan Juni 2020 ini petugas BKSDA di suaka margasatwa itu telah mengumpulkan ratusan telur untuk dipindah dan ditetaskan di kandang semi alami, sebelum nantinya dilepasliarkan.

"Sampai 18 Juni 2020 kami telah menanam telur dalam kandang penetasan semi alami sebanyak 306 butir," kata Kasi Konservasi Wilayah I BKSDA Sulteng, Haruna, Sabtu (20/6/2020).

Telur-telur Maleo di kandang semi alami itu didapat petugas dari area nesting ground atau area bertelur alami maleo seluas 1,5 kilometer di pinggiran pantai di suaka marga satwa tersebut. Butuh waktu hampir tiga bulan lamanya telur-telur itu berada dalam kandang penetasan untuk menetas. Penjagaan juga dilakukan petugas untuk mencegah pencurian.

Dari jumlah ratusan telur yang telah dipindah dan ditanam kembali itu, Haruna bilang, sudah ada yang menetas dan terus dipantau perkembangannya oleh petugas.

"Baru tujuh ekor yang menetas dan sedang dipelihara di kandang pemeliharaan anakan Maleo. Telur yang ditanam dalam kandang penetasan membutuhkan waktu 65 sampai 85 hari untuk menetas," dia menceritakan.

 

Sehat-Sehat Burung Berjambul Hitam

Jumlah butir telur yang ditanam kembali dan menetas dalam kandang penetasan semi alami dimungkinkan akan terus bertambah. Sebab, musim bertelur bagi Maleo di SM Pinjan Tanjung Matop Tolitoli masih akan terjadi hingga tiga bulan ke depan.

"Kemungkinan masih akan terus bertambah, karena musim bertelur dari bulan April hingga September," katanya.

Burung berciri panjang sekitar 50 sentimeter dengan jambul hitam keras di kepalanya, serta bulu warna putih di dada dan hitam sebagai warna dominannya itu, di Indonesia dilindungi dengan PP Nomor 7 tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa.

Status endemik juga membuat upaya konservasi dan perlindungan terus dilakukan untuk menjaga populasinya, meski di tengah pandemi Covid-19.

Simak Video Pilihan Berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Ganteng Ahmad Titan At Tariq, Anak Sambung Angelica Simperler

Posted: 21 Jun 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Suasana gembira tengah menyelimuti artis cantik Angelica Simperer. Pada Sabtu (20/6/2020), ia resmi melepas masa lajangnya bersama seorang pengusaha bernama Rico Hidros Daeng.

Sontak pernikahan dari wanita kelahiran 9 Juli 1986 ini pun jadi sorotan publik. Tak hanya itu, masa lalu sang suami juga turut menjadi perbincangan hangat. Sebelum bersama dengan Angelica, Rico pernah menikah dengan mendiang aktris Saphira Indah.

Kini putra semata wayang mereka, yakni Ahmad Titan At Tariq pun jadi sorotan. Mewarisi wajah rupawan dari kedua orang tuanya, tak sedikit warganet yang terpesona dengan wajah ganteng remaja berusia 16 tahun ini.

Kira-kira seperti apakah potret ganteng Ahmad Titan At Tariq, putra sambung Angelica Simperer? Berikut selengkapnya dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Senin (22/6/2020).

 

1. Ahmad Titan At Tariq merupakan putra semata wayang dari Rico Hidros Daeng dan mendiang Saphira Indah.

Potret Ganteng Ahmad Titan At Tariq. (Sumber: Instagram/titan_attariq)
Potret Ganteng Ahmad Titan At Tariq. (Sumber: Instagram/titan_attariq)

2. Remaja yang akrab disapa Titan ini telah menginjak usia 16 tahun.

Potret Ganteng Ahmad Titan At Tariq. (Sumber: Instagram/titan_attariq)
Potret Ganteng Ahmad Titan At Tariq. (Sumber: Instagram/titan_attariq)

3. Mewarisi wajah rupawan dari kedua orang tuanya, tak sedikit warganet yang terpesona karena wajah ganteng Titan.

Potret Ganteng Ahmad Titan At Tariq. (Sumber: Instagram/titan_attariq)
Potret Ganteng Ahmad Titan At Tariq. (Sumber: Instagram/titan_attariq)

4. Ketika Angelica menikah dengan sang ayah, secara otomatis Titan menjadi anak sambungnya.

Potret Ganteng Ahmad Titan At Tariq. (Sumber: Instagram/titan_attariq)
Potret Ganteng Ahmad Titan At Tariq. (Sumber: Instagram/titan_attariq)

5. Potret gaya santai Titan saat berada di rumah, tetap tampan.

Potret Ganteng Ahmad Titan At Tariq. (Sumber: Instagram/titan_attariq)
Potret Ganteng Ahmad Titan At Tariq. (Sumber: Instagram/titan_attariq)

6. Momen kenangan Titan bersama ayahnya dan mendiang ibunya, Saphira Indah.

Potret Ganteng Ahmad Titan At Tariq. (Sumber: Instagram/titan_attariq)
Potret Ganteng Ahmad Titan At Tariq. (Sumber: Instagram/titan_attariq)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pasar Makanan Laut Beijing Positif Terkontaminasi Covid-19

Posted: 21 Jun 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta China menemukan kedai makanan laut dan daging di pasar makanan grosir Xinfadi, Beijing terkontaminasi virus corona. Dan untuk sementara, pasar ini ditutup.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani Prediksi Ekonomi Indonesia Bisa Balik ke 5 Persen di 2021

Posted: 21 Jun 2020 10:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa kembali menyentuh dikisaran 5 persen pada 2021 mendatang. Menurutnya pertumbuhan itu bisa menjadi titik balik bagi Indonesia pasca pandemi Covid-19 yang menyebabkan ekonomi RI anjlok di tahun ini.

"Kita bisa melihat proyeksi tahun 2021 di mana kami memperkirakan pertumbuhannya (pertumbuhan ekonomi) ada dikisaran 4,5-5,5 persen," kata Sri Mulyani di Ruang Komisi XI DPR RI, Jakarta, Senin (22/6).

Sri Mulyani menyebut terpenting saat ini adalah kerja keras pemerintah untuk mengejar ketertinggalan ekonomi di tahun ini. Di mana, seluruh bauran kebijakan nantinya akan dikeluarkan untuk memperbaiki ekonomi dikuartal ke III dan IV di 2020.

"Ini lah yang sekarnag menjadi fokus pemerintah dalam menggunakan instrumen kebijakannya dan tentunya pak gubernur akan terus mengawal agar minentum pemulihan di kuartal III dan IV bisa terealisasi dengan beban baik di APBN maupun moneter tetap terjaga secara bersama," katanya

Sri Mulyani meyakini, dengan berbagai upaya dan kerjakeras dilakukan pemerintah di tahun ini, maka akan memberikan optimisme bawha pertumbuhan ekonomi di 2021 menjadi titik balik perbaikan bagi ekonomo nasional.

"Ini kemudian bisa diharapkan menimbulkan confident bagi kita untuk bisa melihat proyeksi tahun 2021," katanya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2020 hanya 0,9 Persen

Gubernur BI Perry Warjiyo memberikan penjelasan kepada wartawan di Jakarta, Kamis (20/6/2019). RDG Bank Indonesia 19-20 Juni 2019 memutuskan untuk mempertahankan BI7DRR sebesar 6,00%, suku bunga Deposit Facility sebesar 5,25%, dan suku bunga Lending Facility sebesar 6,75%.(Liputan6.com/Angga Yuniar)
Gubernur BI Perry Warjiyo memberikan penjelasan kepada wartawan di Jakarta, Kamis (20/6/2019). RDG Bank Indonesia 19-20 Juni 2019 memutuskan untuk mempertahankan BI7DRR sebesar 6,00%, suku bunga Deposit Facility sebesar 5,25%, dan suku bunga Lending Facility sebesar 6,75%.(Liputan6.com/Angga Yuniar)

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memprakirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2020 menurun. Pada akhir tahun 2020 perekonomian nasional berada pada kisaran 0,9 persen sampai 1,9 persen pada 2020.

"Pertumbuhan ekonomi Indonesia diprakirakan menurun pada kisaran 0,9 persen-1,9 persen pada 2020," kata Perry di Gedung Bank Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (16/6/2020).

Perry melanjutakan pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal kedua tahun ini juga menurun. Meskipun berdasarkan perkembangan terkini menunjukkan berkurangnya berbagai tekanan.

"Pertumbuhan ekonomi nasional diprakirakan menurun pada triwulan II 2020, meskipun perkembangan terkini menunjukkan tekanan mulai berkurang,"

Perry menjabarkan kondisi ekspor menurun sejalan dengan kontraksi perekonomian global. Selain itu, konsumsi rumah tangga dan investasi juga menurun akibat pemberlakuan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang mengurangi aktivitas ekonomi.

Perkembangan bulan Mei 2020 mengindikasikan tekanan terhadap perekonomian domestik mulai berkurang. Kontraksi ekspor terlihat tidak sedalam prakiraan sebelumnya sejalan peningkatan permintaan dari China.

Indikator Lain

Pekerja tengah mengerjakan proyek pembangunan gedung bertingkat di Jakarta, Sabtu (15/12). Bank Indonesia (BI) memprediksi pertumbuhan ekonomi pada tahun 2019 mendatang tidak jauh berbeda dari tahun ini. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pekerja tengah mengerjakan proyek pembangunan gedung bertingkat di Jakarta, Sabtu (15/12). Bank Indonesia (BI) memprediksi pertumbuhan ekonomi pada tahun 2019 mendatang tidak jauh berbeda dari tahun ini. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Beberapa indikator dini permintaan domestik juga mengindikasikan perekonomian telah berada di level terendah dan mulai memasuki tahapan pemulihan. Hal ini tercermin dari penjualan semen, penjualan ritel, PMI, dan ekspektasi konsumen yang lebih baik dari capaian bulan sebelumnya.

Perry memprakirakan proses pemulihan ekonomi baru mulai menguat pada kuartal-III 2020 . Hal ini sejalan dengan relaksasi kebijakan PSBB sejak pertengahan Juni 2020 serta stimulus kebijakan yang ditempuh.

Pertumbuhan ekonomi nasional akan kembali meningkat pada kisaran 5 persen sampai 6 persen pada tahun 2021. Tentunya ini didorong dampak perbaikan ekonomi global dan stimulus kebijakan Pemerintah dan Bank Indonesia.

Ke depan, Bank Indonesia terus memperkuat sinergi dengan Pemerintah dan otoritas terkait agar berbagai kebijakan yang ditempuh dapat semakin efektif dalam mendorong pemulihan ekonomi selama dan pasca Covid-19.

Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masih Muda dan Bertalenta, Ini 5 Sumber Penghasilan Amanda Manopo

Posted: 21 Jun 2020 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak mengenali Amanda Manopo? Artis cantik yang memiliki banyak bakat dan bertalenta. Remaja kelahiran Desember 1999 ini sudah sering kali menghiasi layar kaca sebagai aktris di beberapa judul sinetron maupun FTV. 

Sosoknya bukan artis baru di dunia hiburan. Amanda sudah berkecimpung di industri hiburan sejak 2005 sejak masih usia belia. Dirinya kerap menjadi model iklan di berbagai produk.

Terlebih lagi sejak Amanda pernah membintangi salah satu peran dalam sinetron Mermaid in Love. Selain dunia hiburan, gadis cantik yang masih muda ini ternyata sudah pandai berbisnis. 

Berikut ini sumber penghasilan Amanda Manopo meski masih berusia muda, dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Senin (22/6/2020).

1. Aktris Sinetron

Berawal dari perannya sebagai Ariel dalam Mermaid In Love yang ditayangkan SCTV, ia pun dikenal pecinta sinetron. Tak hanya dalam sinetron, ia pun sudah cukup banyak berperan dalam layar lebar. (Liputan6.com/IG/@amandamanopo)
Berawal dari perannya sebagai Ariel dalam Mermaid In Love yang ditayangkan SCTV, ia pun dikenal pecinta sinetron. Tak hanya dalam sinetron, ia pun sudah cukup banyak berperan dalam layar lebar. (Liputan6.com/IG/@amandamanopo)

Secara luas, masyarakat memang mengenal Amanda Manopo adalah seorang aktris sinetron. Ia telah membintangi beberapa judul sinetron. Menjadi pemain sinetron inilah dara berusia 21 tahun ini mendapatkan sumber penghasilan.

Selain pemain sinetron, ia juga bermain sebagai pemeran film, dan FTV. Salah satu sinetron yang paling fenomenal dan terkenal adalah Mermaid in Love dan Mermaid in Love Season 2.

2. Penyanyi

Amanda Manopo (sumber: Instagram.com/11.11studiojakarta)
Amanda Manopo (sumber: Instagram.com/11.11studiojakarta)

Selain berkecimpung di dunia akting, Amanda juga seorang penyanyi. Bintang sinetron ini pernah merilis single pertamanya di tahun 2010 dengan judul Kesayangan Juragan.

Sejak single pertamanya itu rilis hingga sekarang, Amanda Manopo sudah memiliki banyak single lagu. Bintang film Surat Cinta untuk Starla the Movie ini tercatat telah merilis tujuh single.

3. Model

Model Amanda Manopo. (Liputan6.com/G/@amandamanopo)
Model Amanda Manopo. (Liputan6.com/G/@amandamanopo)

Punya paras yang cantik dan tubuh proporsional, tak heran jika dirinya menjadi model. Bahkan gaya pemotretan Amanda Manopo kerap mencuri perhatian karena  dinilai keren dan stylish.

Beberapa hasil pemotretannya pun sering ia unggah di media sosial pribadinya. Dari unggahannya, gadis yang tengah dikabarkan dekat dengan Billy Syahputra ini selalu cocok dengan konsep dan kostum berbeda.

4. Endorsement

Amanda Manopo (Liputan6.com/G/@amandamanopo)
Amanda Manopo (Liputan6.com/G/@amandamanopo)

Sebagai publik figur, Amanda Manopo juga tak lepas dari endorsment. Memiliki banyak pengikut di akun media sosial, remaja berambut pendek sebahu ini pun juga kerap mengunggah postingan endorse dari berbagai produk. 

Ia juga memanfaatkannya untuk membuka jasa promosi berbayar di akun instagram pribadinya. 

5. Bisnis Kosmetik

Amanda Manopo.Liputan6.com/G/@amandamanopo)
Amanda Manopo.Liputan6.com/G/@amandamanopo)

Bukan hanya berkarier di dunia hiburan, remaja berdarah Manado-Spanyol ini juga menggeluti dunia bisnis. Amanda diketahui memiliki memiliki bisnis Lugue Beauty. Bisnisnya ini merupakan bisnis kosmetik masker wajah yang sudah dirilis pada 2016 lalu.

Bermodal pengalaman sendiri dalam merawat kecantikan diri, Lugue Beauty dirintis karena pengalamannya menggunakan produk kecantikan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bank Dunia Sebut Subsidi Energi dan Pupuk di Indonesia Salah Sasaran

Posted: 21 Jun 2020 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bank Dunia menilai bahwa subsidi energi dan pupuk yang dianggarkan pemerintah Indonesia belum tepat sasaran. Hal ini menjadi salah satu penyebab rendahnya ruang fiskal pemerintah.

Ekonom Senior Bank Dunia untuk Indonesia Ralph Van Doorn menyatakan, lebih dari 50 persen subsidi energi masih dinikmati masyarakat kelas atas. Demikian juga dengan subsidi pupuk.

"Dari 60 persen subsidi pupuk, 30 persennya dinikmati oleh pihak yang bukan target penerima subsidi, termasuk 40 persen petani yang sejahtera," ujar Ralph dalam webinar peluncuran Public Expenditure Review Bank Dunia, Senin (22/6/2020).

Laporan publik ini juga menemukan bahwa masyarakat miskin dan rentan yang menerima subsidi minyak tanah dan LPG hanya berkisar di angka 21 persen. Lalu, subsidi solar hanya diterima sekitar 3 persen dan subsidi listrik 15 persen.

Oleh karenanya, Ralph mendorong agar pemerintah Indonesia segera melakukan realokasi anggaran subsidi energi dan pupuk agar tidak semakin membebani negara.

 

Potensi Penghematan

Herman Widiono mengatakan untuk pengiriman pupuk bersubsidi dari distributor ke kios, hingga kelompok tani masih sesuai prosedur.
Herman Widiono mengatakan untuk pengiriman pupuk bersubsidi dari distributor ke kios, hingga kelompok tani masih sesuai prosedur.

Jika realokasi dilakukan, terdapat potensi penghematan belanja negara sebesar 0,7 persen dari PDB Indonesia per tahun (menggunakan data tahun 2017).

"Menghapus (realokasi) subsidi pupuk akan menciptakan ruang untuk belanja yang lebih efisien, efektif dan berimbang di sektor pertanian karena subsidi ini memiliki opportunity cost yang besar," tulis laporan tersebut.

Tak hanya itu, reformasi subdisi yang berhasil bakal menurunkan fluktuasi harga komoditas terhadap belanja dan memberi manfaat secara lingkungan.

"Lebih sedikit menghasilkan polusi udara lokal dan lebih sedikit emisi gas rumah kaca, defisit neraca perdagangan yang menurun akibat berkurangnya impor-impor produk bensin olahan, dan kemungkinan perusahaan-perusahaan menjadi lebih produktif, karena perusahan-perusahaan tersebut akan terdorong untuk menggantikan modal fisik yang sudah tua menjadi peralatan baru yang lebih efisien," tulis Bank Dunia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Syuting Tertunda, Cheverly Amalia Sempat Rekaman dan Buka Bisnis Kuliner

Posted: 21 Jun 2020 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wabah virus corona membuat aktivitas Cheverly Amalia di dunia hiburan Tanah Air tertunda. Sineas satu ini terpaksa harus menunda proyek film yang akan dia sutradarai.

Menariknya, di tengah masalah yang ada, Cheverly Amalia sempat merampungkan single barunya yang berjudul "Ku Titip Doa" yang dinyanyikannya bersama Rara Cane.

"Banyak kerjaan yang tertahan akibat pandemi ini. Jadinya sekarang posisinya menunggu. Karena sambil nunggu itu bikin lagu religi yang ditulis sama Reza. Selain lagu religi ini, sama Rara juga ada bawain lagu Bubuy Bulan," ujar Cheverly Amalia kepada wartawan, baru-baru ini.

 

Kembali ke Amerika

Cheverly Amalia (Ist)
Cheverly Amalia (Ist)

"Setelah ini, aku bakal balik ke Amerika. Kalau untuk film, semoga bisa syuting tahun depan atau September atau Desember," lanjut Cheverly.

Fokus Bisnis Kuliner

Cheverly Amalia (Ist)
Cheverly Amalia (Ist)

Selama pandemi virus Corona, aktris sekaligus sutradara Cheverly Amalia tengah berfokus dengan bisnis kuliner barunya bernama Cheverly Amalia Pastry and Cookies.

Cheverly Amalia memang selama ini telah giat berbisnis kuliner dengan keluarga. Ia bahkan selalu memastikan makanan yang dijualnya sehat serta enak.

Kue Sehat

Cheverly Amalia (Ist)
Cheverly Amalia (Ist)

"Aku ingin buat kue yang sehat-sehat pokoknya. Bagaimana caranya orang kalau makan kue ini tapi tetap sehat, aman untuk yang punya diabetes. Bisa untuk orang diet," ujar Cheverly Amalia.

"Satu menu Sulthana Farhana itu cuma 50 kalori. Biasanya kue yang kecil itu bisa 150 kalori. Kue kita tidak ada gulanya. Kejunya, keju diet. Telurnya organik. Yang tidak kita pakai itu mentega," sambungnya.

Makanan Lain

Selain kue, Cheverly juga menyajikan makanan lain. Misalnya saja nasi kebuli. Ia juga masih menerima pesanan Cheverly Amalia Pastry and Cookies secara daring. Cheverly kini sedang menyiapkan gerai pertamanya di kawasan Senayan, Jakarta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Giliran Cortezian Indonesia yang Beraksi Sosial

Posted: 21 Jun 2020 10:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah sebelumnya Wuling Club Indonesia (WLCI) dan Wuling Almaz Indonesia (WALI) mendonasikan masker dan sembako, kini giliran Cortezian Indonesia yang melakukan aksi serupa. 1.000 masker non-medis dan 100 paket sembako disalurkan ke Balai Rehabilitasi Sosial Eks Gelandangan dan Pengemis 'Pangudi Luhur' di Bekasi, Jawa Barat.

Aksi sosial yang berkolaborasi dengan Wuling Motors (Wuling) ini sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat di tengah pandemi Corona Covid-19 serta jelang memasuki kenormalan baru alias new normal.

"Dalam situasi sekarang ini, kami menyadari pentingnya untuk saling membantu satu sama lain. Hal ini mendorong kami, Cortezian Indonesia yang didukung oleh Wuling, untuk membantu saudara-saudari kami, para penghuni serta segenap pengurus Balai Rehabilitasi Sosial Eks Gelandangan dan Pengemis 'Pangudi Luhur' di Bekasi melalui donasi masker non-medis dan paket sembako," terang Teddy Ichsam Arifin, Ketua Bidang Humas & Komunikasi Cortezian Indonesia dalam keterangan resminya.

"Bantuan ini diharapkan dapat mendukung mereka menjalankan aktivitas dalam memasuki kenormalan baru dengan ketentuan protokol kesehatan yang berlaku," Teddy menambahkan.

 

Diapresiasi

Dukungan yang diberikan oleh Cortezian Indonesia dan Wuling ini diterima dengan baik oleh pihak Balai Rehabilitasi Sosial Eks Gelandangan dan Pengemis 'Pangudi Luhur' Bekasi melalui perwakilannya, Kokom Komalawati.

"Kami berterima kasih atas langkah yang diambil oleh Cortezian Indonesia dan Wuling melalui bantuan masker dan paket sembako yang diberikan. Kami yakin bantuan ini sangat bermanfaat bagi segenap penghuni serta pengurus Balai Rehabilitasi Sosial," ujarnya.

"Semoga langkah ini dapat menginspirasi masyarakat untuk semakin peduli serta bahu-membahu sehingga dapat kembali bangkit di masa kenormalan baru," harap Kokom.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pembelian Gim di Steam Kena Pajak 10 Persen per Juli 2020

Posted: 21 Jun 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan mengumumkan akan mulai menarik pajak untuk setiap pembelian produk dan jasa digital dari pedagang atau penyelenggara Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE).

Peraturan tersebut sudah terbit melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 48/PMK.03/2020. Per 1 Juli 2020 di Indonesia, semua transaksi pembelian produk dan jasa digital akan dikenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 10 persen.

Adapun salah satu produk digital yang turut terkena kena pajak adalah platform jual beli gim PC buatan Valve, yakni Steam. Kabar ini dikonfirmasi oleh perusahaan bentukan Gabe Newell tersebut via laman web partner di Steam.

Dikutip dari situs web partner Steam, Senin (22/6/2020), pengguna di Indonesia akan mulai kena pajak 10 persen untuk setiap kali pembelian gim atau software digital per 1 Juli 2020.

Negara Lain yang Akan Kena Pajak di Masa Mendatang

Sebelumnya, gamer PC yang sering beli gim di Steam memang tidak pernah dihadapkan dengan biaya tambahan pajak saat membeli gim.

Kini, dengan PMK tersebut gamer harus rela untuk menyisihkan uang lebih sedikit untuk membeli gim di platform jual beli digital milik Valve tersebut.

Selain Indonesia, gamer di Jerman dan Arab Saudi pun juga akan dikenakan pajak untuk pembelian gim dan software di Steam. Adapun di Arab Saudi, gamer akan dikenakan pajak sebesar 15 persen per 1 Juli 2020, sedangkan Jerman sebesar 19 persen dan akan berlaku pada 1 Januari 2021.

Netflix hingga Spotify

Kementerian Keuangan sebelumnya mengumumkan bahwa mulai tanggal 1 Juli 2020, Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 10 persen akan dikenakan atas pembelian produk dan jasa digital dari pedagang atau penyelenggara Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE), baik dari luar maupun dalam negeri, yang mencapai nilai transaksi atau jumlah traffic dan pengakses tertentu dalam kurun waktu 12 bulan.

Melansir siaran pers Kementerian Keuangan, kebijakan ini disebut sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk menciptakan keadilan dan kesetaraan berusaha (level playing field) bagi semua pelaku usaha, di dalam maupun luar negeri, baik konvensional maupun digital.

Dengan demikian, melalui aturan ini maka produk digital antara lain layanan aliran (streaming) musik dan film seperti Netflix dan Spotify, kemudian aplikasi dan gim digital, serta jasa daring lainnya dari luar negeri yang memiliki kehadiran ekonomi signifikan dan telah mengambil manfaat ekonomi dari Indonesia melalui transaksi perdagangannya, akan diperlakukan sama seperti produk konvensional atau produk digital sejenis dari dalam negeri.

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Masih Punya Kesempatan Bangkitkan Ekonomi di 2020

Posted: 21 Jun 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan untuk tahun 2020 pemerintah melihat proyeksi ekonomi ada pada kisaran -0,4 persen  sampai dengan 1 persen.

"Hal ini upper end yang 2,3 persen kami revisi ke bawah dengan melihat kontraksi di Q2 (kuartal 2). Dengan kondisi covid dan pengaruhnya terhadap perekonomian kami mencoba untuk menyampaikan proyeksi dari indikator-indikator yang akan kita gunakan dalam perhitungan nota keuangan RAPBN 2021," kata Sri dalam Rapat kerja Komisi XI DPR membahas Asumsi Dasar dalam KEM PPKF RAPBN 2021, Senin (22/6/2020).

Sebelumnya, ia telah menyampaikan dalam sidang kabinet minggu lalu. Menurutnya sekarang fokus dari pemerintah adalah mengejar agar Q3 dan Q4 ekonominya bisa kembali pulih dari kontraksi di Q2.

"Kita juga berharap bahwa kondisi bulan April-Mei yang merupakan kondisi yang terburuk, sehingga Juni-Juli kita sudah bisa melihat sedikit perbaikan dan momentumnya bisa dijaga di Q3 dan Q4," ungkapnya.

Maka menjadi fokus pemerintah di dalam menggunakan instrumen kebijakannya dan tentunya dirinya bersama pihak terkait, akan terus mengawal agar pertumbuhan ekonomi di Q3 dan Q4 bisa terealisir dengan beban baik di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), maupun moneter bisa dijaga bersama.

 

Prediksi Dunia

Menteri Keuangan Sri Mulyani saat konferensi pers APBN KiTa Edisi Feb 2019 di Jakarta, Rabu (20/2). APBN 2019, penerimaan negara tumbuh 6,2 persen dan belanja negara tumbuh 10,3 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Menteri Keuangan Sri Mulyani saat konferensi pers APBN KiTa Edisi Feb 2019 di Jakarta, Rabu (20/2). APBN 2019, penerimaan negara tumbuh 6,2 persen dan belanja negara tumbuh 10,3 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sri menambahkan bahwa inilah yang diharapkan bisa menimbulkan kepercayaan diri bagi Indonesia untuk bisa melihat proyeksi 2021, di mana pihaknya memperkirakan proyeksi 2021 pertumbuhannya ada di kisaran 4,5-5,5 persen.

"Kalau dibandingkan dengan lembaga internasional yang melakukan estimasi terhadap perekonomian Indonesia, seperti bank dunia untuk 2020, mereka memperkirakan pertumbuhan ekonominya hanya 0 persen dan tahun depan akan pulih diangka 4,8 persen," ungkapnya.

Begitupun dengan Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) memperkirakan Indonesia akan negatif 3,9 persen hingga -2,8 persen, tergantung akan terjadi second hit atau tidak.

"Kalau terjadi second hit atau second wave maka kontraksi tahun ini diperkirakan akan -3,9 dan kalau tidak terjadi akan -2,8 persen. Tahun depan OECD membuat proyeksi yang range sangat luas 2,6 hingga 5,2 persen," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bertepatan dengan Hari Ayah, Gerhana Matahari Annular Lewati Sejumlah Negara

Posted: 21 Jun 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gerhana Matahari terjadi bertepatan pada Hari Ayah Sedunia, Minggu 22 Juni. Bagi seorang ayah yang berprofesi sebagai astronaut, tentu sulit menghabiskan waktu bersama keluarga.

Peristiwa gerhana matahari annular ini terjadi ketika bulan terletak di titik paling jauh dari Bumi pada orbitnya serta lewat di antara Bumi dan matahari.

Bulan kemudian menutupi sebagian matahari. Namun, karena ukurannya lebih kecil, tepi luar matahari tetap terlihat dan membuatnya mirip seperti cincin yang berwarna kemerahan.

Dikutip dari laman CNN, Senin (22/6/2020) para ahli menyebut ada sejumlah wilayah di beberapa negara yang bisa melihat fenomena ini.

Para ahli menyebut belahan Bumi bagian timur dapat melihat Gerhana Matahari berbentuk cincin pada titik yang sempurna.

Gerhana Matahari Annular dimulai pada pukul 12.47 waktu ET pada tanggal 21 Juni 2020 dan melintasi jalur yang dimulai di Afrika dan akhirnya pindah ke China sebelum berakhir saat matahari terbenam di Samudra Pasifik.

"Pandangan super keren dari Annular Solar Eclipse atau Gerhana Matahari yang melewati sisi kanan kami saat tim kami terbang di atas China pagi ini sekitar 07:10 GMT," kata Astronot NASA Chris Cassidy di Facebook.

"Hal yang benar-benar indah dan tepat waktu untuk bangun pagi bertempatan dengan Hari Ayah! Berharap semua ayah di dunia memiliki hari yang indah!"

Terlihat di Beberapa Negara Eropa

Bulan sebagian menutupi matahari selama gerhana matahari cincin (Annular Solar Eclipse) yang terlihat dari Kolombo, Sri Lanka, Minggu (21/6/2020). Sebagian penduduk Bumi bisa menyaksikan fenomena langka, Gerhana Matahari Cincin. (Photo by LAKRUWAN WANNIARACHCHI / AFP)
Bulan sebagian menutupi matahari selama gerhana matahari cincin (Annular Solar Eclipse) yang terlihat dari Kolombo, Sri Lanka, Minggu (21/6/2020). Sebagian penduduk Bumi bisa menyaksikan fenomena langka, Gerhana Matahari Cincin. (Photo by LAKRUWAN WANNIARACHCHI / AFP)

Mengutip Business Insider, mereka yang tinggal di sebagian wilayah Tiongkok, Republik Afrika Tengah, Kongo, Ethiopia, India, dan Pakistan bisa menyaksikan Gerhana Matahari Cincin ini.

Peristiwa ini berlangsung pertama di Afrika Tengah dan waktunya pada hari Minggu, 21 Juni pukul 04.47 waktu setempat.

Sementara, tempat terakhir yang kebagian gerhana matahari cincin adalah Tiongkok, yakni pada pukul 8.32 waktu setempat.

Fenomena gerhana tak hanya akan bisa diamati oleh orang-orang yang ada di lokasi-lokasi di atas.

Mereka yang ada di Eropa bagian selatan dan timur serta Australia bagian utara bisa menyaksikan gerhana.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jatim Pertahankan Predikat Opini WTP, Hal Ini Jadi Perhatian Pemprov

Posted: 21 Jun 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jawa Timur menerima opini wajar tanpa pengecualian (WTP) yang kesembilan kalinya dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas laporan keuangan pemerintahan setempat tahun anggaran 2019.

"Terima kasih kepada BPK dan seluruh aparatur sipil negara (ASN) Provinsi Jatim. Sebab keberhasilan ini tidak lepas dari kerja keras dan komitmennya mengawal pelaksanaan seluruh program pembangunan," ujar Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Surabaya, ditulis Senin, (22/6/2020), seperti dikutip dari Antara.

Pemberian opini WTP tersebut berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Provinsi Jatim Tahun Anggaran 2019.

Penyampaian opini WTP disampaikan secara virtual oleh anggota V BPK RI Prof Dr Bahrullah Akbar dari Gedung BPK RI, sedangkan Gubernur berada di Gedung DPRD Jatim di Jalan Indrapura Surabaya.

Dengan demikian, total sembilan predikat opini WTP diraih Jatim dengan catatan lima kali berturut-turut sejak tahun anggaran 2015.

Khofifah berharap, predikat ini menambah semangat seluruh jajaran Pemprov untuk bekerja dan melayani masyarakat lebih baik dan sebagai pelecut meningkatkan kinerja pengelolaan keuangan provinsi.

"Tidak hanya efektif, tapi juga efisien, akuntabel dan transparan. Uang ini milik rakyat dan kami akan gunakan kembali ke rakyat dalam bentuk kebijakan dan program yang pro rakyat," tutur dia.

Keberhasilan Jatim meraih Opini WTP, kata dia, karena dianggap memenuhi sejumlah kriteria, yaitu kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, efektivitas sistem pengendalian internal, penerapan standar akuntansi pemerintahan dan pengungkapan yang cukup.

Pengelolaan Dana BOS

Konferensi pers perkembangan kasus virus corona baru yang memicu COVID-19 di Gedung Grahadi, Kamis (23/4/2020) (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Konferensi pers perkembangan kasus virus corona baru yang memicu COVID-19 di Gedung Grahadi, Kamis (23/4/2020) (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Selain itu, salah satu upaya dan komitmen Pemprov Jatim yakni melakukan langkah-langkah penting dan strategis dalam rangka memantapkan komitmen aparatur, meningkatkan kapasitas aparat pengelola keuangan dan aset, meningkatkan sarana prasarana, menindaklanjuti seluruh temuan hasil pemeriksaan BPK RI serta mempedomani hasil temuan tahun-tahun sebelumnya.

"Tanggung jawab ini berat, tanpa diringi komitmen, integritas, profesionalitas dan transparansi tata kelola maka tidak mungkin penghargaan opini WTP diraih," tutur Khofifah.

Raihan opini WTP, lanjut dia, juga berkat pengawasan yang sangat berkualitas oleh DPRD Jatim, baik melalui public hearing maupun melalui kunjungan kerja pimpinan dan anggota DPRD Jatim.

Khofifah berharap kebersamaan ini terus diperkuat agar seluruh proses pelaksanaan keuangan APBD yang ada di dalam mandat pengelolaan Pemprov Jatim dapat terkawal dengan baik.

"Salah satu poin yang harus diperbaiki adalah penguatan payung regulasi lebih teknis, khususnya terkait pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Mengingat dana BOS sudah langsung ditransfer ke rekening kabupaten/kota," ujar dia.

Sementara itu, predikat opini WTP diserahkan langsung Kepala BPK RI Perwakilan Jatim Joko Agus Setyono kepada Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Ketua DPRD Jatim Kusnadi.

Penyerahan dilakukan di Gedung DPRD Provinsi Jatim dengan dihadiri Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak, Sekretaris Daerah Jatim Heru Tjahjono, para pimpinan OPD Pemprov Jatim, pimpinan Kanwil BPK RI Jatim dan para pimpinan serta anggota DPRD Jatim pada Kamis, 18 Juni 2020.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah John Kei Dikabarkan Mualaf di Lapas Nusakambangan

Posted: 21 Jun 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Cilacap - Nama John Refra Kei alis John Kei kembali menyita perhatian publik. Ia ditangkapkan lantaran kelompoknya diduga terlibat dalam dua aksi kekerasan dan penganiayaan sampai menyebabkan korban jiwa, Minggu, 21 Juni 2020.

Segala hal tentang John Kei memang banyak diulas. Dari kabar-kabar yang beredar itu, beberapa di antaranya bercampur dengan hoaks alias kabar bohong.

Seperti yang terjadi tiga tahun lalu, sewaktu John Kei menjadi Lapas Permisan, Pulau Nusakambangan, Jawa Tengah, John Kei dikabarkan mualaf.

Muasal isu itu adalah beredarnya foto John Kei mengenakan kopyah putih pada 13 September 2017 di Facebook. Dalam unggahannya, akun atas nama Hanny Kristianto bercerita bahwa John Kei, yang digambarkan sebagai 'God Father of Jakarta', telah berganti agama alias mualaf.

Ia juga menceritakan kebaikan John Kei, di luar tampang beringasnya sebagai preman yang memiliki ribuan anak buah. Unggahan itu sontak menjadi viral.

Terkait kabar itu, tak lama setelah kabar itu viral, Liputan6.com menghubungi Kepala Lapas Permisan Pulau Nusakambangan, Supriyanto.

Dan Supriyanto membantah kabar John Kei telah menjadi mualaf. Menurut dia, berita tersebut tak benar.

"Wah berita hoaks itu. Wong, mereka saja masih di gereja kok," ujar Supriyanto, Sabtu (16/9/2017) sore, dihubungi melalui telepon, dari Banyumas.

Menurut dia, pihak Lapas Permisan justru tak mengetahui kabar itu. Buktinya, John Kei masih beribadat dalam kegiatan kebaktian rutin seluruh napi Lapas Permisan. Bahkan dia menyebut, John Kei adalah penganut kristiani yang baik dan cukup rutin mengikuti kebaktian dan doa bersama.

 

Penjelasan Pembina Rohani Nusakambangan

Kepala Pembina Rohani Lapas Nusakambangan, KH Hasan Makarim, ketika kaluar dari Lapas Nusakambangan menjelang Eksekusi Mati Tahap III, Juli 2016 lalu. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo).
Kepala Pembina Rohani Lapas Nusakambangan, KH Hasan Makarim, ketika kaluar dari Lapas Nusakambangan menjelang Eksekusi Mati Tahap III, Juli 2016 lalu. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo).

"Di Lapas, kehidupan keagamaannya rajin ke gereja. Kalau ada kebaktian rutin dia selalu ikut. Kalau kebaktian atau kegiatan bersama-sama selalu ikut. Kalau kita ada hari Rabu, ada hari Sabtu. Tergantung dari pembina rohaninya kan, dari luar. Kalau yang berdoa tiap sore, kadang ikut kadang tidak," kata Supriyanto, waktu itu.

Namun, dia pun tak bisa memastikan, apakah ada niat John Kei masuk Islam. Yang jelas, hingga kini John Kei belum mengutarakan keinginannya.

"Kalau setau saya, saya kan di dalam, saya sering bersama dengan dia. Dia juga sering ke gereja. Dia juga tidak ikut kegiatan agama Islam," Supriyanto menerangkan.

Rupanya, kabar John Kei masuk Islam juga belum didengar oleh Kepala Pembina Rohani Islam Lapas Nusakambangan, KH Hasan Makarim. Ia juga belum menerima permintaan dari lapas atau mendengar niat John Kei menjadi mualaf.

Hal itu menurutnya juga sudah dikonfirmasi oleh Kepala Pembina Lapas Permisan, yang menyebut belum ada permintaan dari yang bersangkutan.

"Saya sempat bertemu dengan semua Kalapas dan tidak ada perbincangan yang menyinggung soal itu. Saya juga sempat telwpon bagian pembinaan, juga mereka tidak tahu. Senin besok saya ke NK dan coba akan saya tanyakan kebenaran kabarnya lagi," kata Hasan, ketika dihubungi wartawan.

Menurut Hasan, jika seorang napi ingin berpindah agama, maka ia mesti mengutarakan niatnya itu ke pihak lapas dan rohaniwan yang bertugas.

Selain itu, diperlukan keterangan resmi dari Kementerian Agama. Prosedur baku itu dilakukan lantaran tiap agama memiliki pembina rohani sendiri, dan terkait dengan pelayanan keagamaan.

"Sejauh ini saya katakan berita itu tidak benar," Hasan menegaskan.

Akhirnya kabar itu menguap tanpa bekas. Ada dugaan, seseorang telah mengedit foto lama John Kei dan menambahinya dengan kopyah putih.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diprediksi Melahirkan Awal Juli, Vanessa Angel Deg-degan

Posted: 21 Jun 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Vanessa Angel kini tengah hamil 8 bulan buah pernikahannya dengan Bibi Ardiansyah. Menurut prediksi dokter yang menangani kehamilannya, Vanessa Angel akan melahirkan pada awal Juli 2020.

Untuk persalinannya nanti, Vanessa Angel berharap bisa melahirkan secara normal. Oleh karenanya saat ini ia sedang rutin berolahraga untk mempermudahkan proses persalinannya nanti.

"Datenya sih pertengahan Juli, cuman bisa lebih cepat kan normal kan. makanya lagi banyak gerak biar cepat lahiran," kata Vanessa Angel ditemui di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Minggu (21/6/2020).

Deg-degan

Vanessa Angel (Sumber: Instagram/vanessaangelofficial)
Vanessa Angel (Sumber: Instagram/vanessaangelofficial)

Diakui Vanessa Angel ia tak sabar ingin bertemu dengan buah hatinya. Namun tak dipungkiri kalau ia merasa gugup jelang persalinannya.

"Rasanya campur aduk, sih, apalagi menjelang lahiran. Rasanya, tuh, deg-degan. Terus, ada excited, pengin cepat-cepat ketemu bayinya juga. Sedih juga, terharu. Ah, campur aduk, deh," ungkapnya.

Tak Merepotkan

7 Potret Isi Rumah Vanessa Angel, Elegan Serba Putih (YouTube Vanessa AngeL TV)
7 Potret Isi Rumah Vanessa Angel, Elegan Serba Putih (YouTube Vanessa AngeL TV)

Selama mengandung Vanessa Angel mengaku tidak menemui kendala berarti. Ia tidak mengalami mual dan muntah seperti kebanyakan wanita hamil.

"Alhamdulillah anak ini enggak pernah nyusahin aku, dari awal hamil enggak pernah yang kayak mabok , enggak bisa ngapa-ngapain, enggak sih biasa aja, aktivitas juga biasa aja, enggak ada mual-mual," kata Vanessa Angel.

Ngidam

7 Potret Isi Rumah Vanessa Angel, Elegan Serba Putih (YouTube Vanessa AngeL TV)
7 Potret Isi Rumah Vanessa Angel, Elegan Serba Putih (YouTube Vanessa AngeL TV)

Masalah ngidam Vanessa Angel juga tidak pernah meminta yang aneh-aneh. Yang pasti ia tidak pernah merepotkan suaminya.

"Ngidam ada, cuman maksudnya enggak yang nyusahin suami. tiba-tiba mangga di puncak, enggak mungkin ya gitu," kata Vanesa Angel

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jamie Foxx Perankan Mike Tyson di Film Biografi

Posted: 21 Jun 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aktor Jamie Foxx mengkonfirmasi dirinya akan memerankan petinju Mike Tyson dalam sebuah film biografi. Ide film ini muncul pada 2014, namun konfirmasi baru muncul saat ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

30 Kata-kata Happy Anniversary 1 Tahun Buat Pasangan, Romantis dan Menyentuh Hati

Posted: 21 Jun 2020 10:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kata-kata happy anniversary 1 tahun buat pasangan dapat membuat hubungan makin harmonis. Apalagi jika ucapan happy anniversary ini juga disertai dengan hadiah terindah yang sangat romantis. Tentunya hubungan kamu dengan dia makin lengket dan tak dapat dipisahkan.

Hubungan yang sedang datar-datar saja bisa makin erat dan mendapatkan nyawa baru dengan adanya ucapan anniversary ini. Bahkan, hubungan yang sedang renggang bisa kembali dekat dengan kata-kata happy anniversary ini.

Kata-kata happy anniversary 1 tahun yang romantis membuat pasangan makin sayang sama kamu. Tidak jarang peringatan 1 tahun jadian atau pernikahan menjadikan hubungan kamu dengan pasangan kembali hangat dan romantis.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (22/6/2020) tentang kata-kata happy anniversary 1 tahun.

Kata-kata Happy Anniversary 1 Tahun Buat Pasangan

Ilustrasi pasangan
Ilustrasi pasangan

Berikut beberapa kata-kata happy anniversary 1 tahun buat pasangan:

1. "Ku sematkan namamu di dalam do'a, ku ungkapkan khusus pada sang pencipta, terurai lembut syair makna, hanya untuk mu kekasih hatiku tercinta, hapyy anniversary!"

2. "Terimalah hadiah sederhana dariku, ucapan anniversary yang dibungkus dengan ketulusan, diikat dengan kepedulian, dan disegel dengan do'a untuk menjagamu agar tetap semangat serta bahagia sepanjang hari."

3. "Selamat hari jadi, pacarku sayang. Bertemu denganmu adalah takdir, menjadi temanmu adalah sebuah pilihan, tetapi jatuh cinta padamu, aku tidak bisa mengendalikannya."

4. "Setiap hari yang aku habiskan menjadi pasanganmu, aku menyadari betapa beruntungnya aku menjalani kehidupan yang luar biasa ini. Selamat hari jadi kesayanganku!"

5. "Hari ini merupakan hari jadi kita, aku tidak tahu kapan dunia ini akan berhenti berputar. Tapi satu hal yang aku tahu, yaitu setiap detik yang aku lewati bersamamu akan aku ingat dan aku akan selalu berusaha berikan yang terbaik untukmu."

6. "Selamat hari jadi hubungan kita, sayang. Semoga jalinan cinta kita tetap awet selamanya tanpa ada tanggal kedaluwarsa yang menjadi titik akhirnya."

7. "Aku tahu banyak orang, aku telah mengenal beragam karakter orang. Namun, tahukah kamu, bahwa dirimulah satu-satunya yang benar-benar penting dan teristimewa dalam hidupku. Selamat hari jadi, Cintaku"

8. "Tak akan pernah ada yang tahu betapa indahnya kebersamaan kita. Dan tak ada satupun orang di dunia ini yang bisa mengertikanku seperti dirimu. Aku mencintaimu. Happy Anniversary sayang!"

9. "Di antara sekian juta pertanyaan tak terpecahkan tentang alasan kenapa manusia tetap hidup. Aku menemukan jawaban versiku sendiri, kamulah alasannya. Happy anniversary."

10. "Happy Anniversary sayangku. Maafkanlah kekasihmu ini jika tanpa permisi harus merindukanmu. Salahmu sendiri yang tanpa permisi pula telah mencuri hati ini. Aku sayang kamu."

Kata-kata Happy Anniversary 1 Tahun Buat Pasangan

Ilustrasi pasangan (foto: shutterstock.com)
Ilustrasi pasangan (foto: shutterstock.com)

Berikut beberapa kata-kata happy anniversary 1 tahun buat pasangan:

1. "Kamu adalah sekarangku dan semua dari hari esokku. Happy aniversary kesayangan."

2. "Aku ingin menghabiskan sisa waktu hidupku hanya bersama dirimu, karena yang aku tahu, berada di sampingmu adalah kebahagiaan yang terbesar untukku. Selamat hari jadi, sayangku."

3. "Happy aniversary untuk janji suci dan cinta" kita yang terus bersemi. Long last! Tak pernah lelah untuk berbenah!"

4. "Selamanya adalah waktu yang lama, tapi tidak masalah jika aku menghabiskannya bersamamu. Happy anniversary and I love you!"

5. "Hari demi hari telah kita berdua lewati bersama, baik keadaan suka maupun duka, saling melengkapi dan saling mengasihi sebagai pasangan. Pada hari ini, yang merupakan hari istimewa untuk kita berdua, aku mau ngucapin, happy anniversary sayangku. Aku sayang kamu."

6. "Bersama telah kita lewati berbagai rintangan, dan rasa suka maupun duka. Saling melengkapi sebagai pasangan suami istri. Di hari yang spesial ini ingin sekali aku mengucapkan happy anniversary kekasihku dunia akhirat."

7. "Mungkin rumah yang kubangun ini tidak akan pernah nyaman untuk dihuni dan mungkin saat ini anak-anak kita tidak akan bisa menjadi hebat seperti saat ini jika semua bukan karenamu istriku. Happy anniversary istriku sayang, doaku hanya yang terbaik untukmu, untuk kita, dan untuk keluarga kecil kita."

8. "Diriku selalu bersyukur setiap kali terbangun dari tidur, Tuhan telah sangat baik kepadaku, karena memberikan istri terbaik dalam hidupku. Bukan karena kelebihannya semata, Tapi juga karena seluruh cinta yang tulus diberikan apa adanya untukku. Selamat hari jadi istriku tersayang."

9. "Waktu serasa berhenti semenjak hari kita menikah. Aku terjebak dalam keindahan, senyuman dan cinta abadi bersamamu. Happy Anniversary."

10. "Karena cintamu aku merasa bahagia, dan karena ketulusanmu aku mampu menjadikan hidup ini lebih bermakna. Terima kasih sayang telah ada di saat-saat sedih dan bahagia, selamat anniversary untuk kita berdua."

Kata-kata Happy Anniversary 1 Tahun Buat Pasangan Bahasa Inggris

ilustrasi jatuh cinta/copyright Shutterstock
ilustrasi jatuh cinta/copyright Shutterstock

Berikut beberapa kata-kata happy anniversary 1 tahun buat pasangan Bahasa Inggris:

1. "You are the only answer on every difficult question about my life. Happy anniversary, darling."

2. "Happy anniversay, honey. You are the end of my love story and you are the answer of my questions."

3. "Happy first anniversary my love. Wish we had an extra time to feel this joy more and more. I love you."

4. "In all the world, there is no heart for me like yours. In all the world, there is no love for you like mine." - Maya Angelou

5. "As we grow older together, as we continue to change with age, There is one thing that will never change … I will always keep falling in love with you." - Karen Clodfelder

6. "Let us celebrate the joys of today, the hopes of tomorrow, and the memories of yesterday. Happy Anniversary."

7. "Never knew what happiness was before you walked into my life. Now I am lucky enough to walk through life with you by my side. Happy Anniversary."

8. "My love for you will always be as endlessly infinite as the stars in the sky. Happy Anniversary."

9. We've done face all the trouble, tears, and joy together. And still, my love for you is getting stronger than before. Happy anniversary for us darling, I love you more than anything in this world.

10. "Today I cannot help but smile and thank the heavens, for today is our anniversary."

Itulah beberapa kata-kata happy anniversary 1 tahun dalam Bahasa Indonesia maupn Bahasa Inggris. Kata-kata ini dapat kamu ucapkan pada pasanganmu agar hubungan semakin romantis.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

CFD DKI, Mendagri: Masyarakat Ada yang Belum Siap, Masih Ada Penumpukan

Posted: 21 Jun 2020 10:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendapat sorotan, usai melakukan pelaksanaan kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau car free day (CFD), yang dibuka Minggu 21 Juni 2020. Sebab, masih ditemukan anak-anak dan lansia saat CFD.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyatakan, sudah berdiskusi dengan Kepala Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo dan Menteri Kesehatan Terawan bahwa masyarakat DKI ada yang belum siap untuk menerapkan protokol kesehatan.

"Tadi sudah diskusi dengan Kepala Gugus Tugas dan Menkes soal CFD yang dibuka, kita lihat masyarakat ada yang belum siap. Masih ada penumpukan," kata Tito, Senin (22/6/2020).

Dia menuturkan, hal ini perlu disosialisasikan secara lebih untuk mematuhi protokol kesehatan. "Saya kira ini harus disosialisasikan secara intens," ucapnya.

Sebelumnya, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan, pihaknya memantau pelaksanaan CFD di Jakarta.

"Hari ini kami melakukan pemantauan di beberapa tempat seperti pelaksanaan Car Free Day di Jakarta, masih kita lihat beberapa masyarakat lupa bahwa physical distancing penting, ini yang kami mohon untuk menjadi evaluasi kita bersama. Phyisical distancing menjaga jarak adalah sesuatu yang mutlak harus kita laksanakan," ungkap Yurianto Minggu 21 Juni 2020

Dia menuturkan, pihaknya masih melihat banyak masyarakat yang belum tertib untuk menjaga physical distancing, meskipun sebagian besar mengikuti anjurkan sesuai protokol kesehatan.

Banyak Anak-Anak dan Lansia, Anies Baswedan Evaluasi Pelaksanaan CFD

Warga berolahraga di area Car Free Day (CFD) kawasan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (21/6/2020). Kegiatan hari bebas kendaraan bermotor atau CFD Jakarta kembali dibuka pada Minggu (21/6) ini diiringi dengan sejumlah protokol kesehatan. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Warga berolahraga di area Car Free Day (CFD) kawasan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (21/6/2020). Kegiatan hari bebas kendaraan bermotor atau CFD Jakarta kembali dibuka pada Minggu (21/6) ini diiringi dengan sejumlah protokol kesehatan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Gubernur DKI Anies Baswdan akan menggelar rapat evaluasi terkait Hari Bebas Kendaran Bermotor (HBKB) atau car free day (CFD). Menurut dia, banyaknya ditemukan pelanggaran seperti anak di bawah umur dan lansia di area tersebut. Sehingga harus diperhatikan bagaimana cara menanganinya.

"Kegiatan HBKB kemarin kita akan review hari ini, kemudian dikumpulkan sudah datanya dan kita akan putuskan pendekatannya akan seperti apa," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Senin (22/6/2020).

Anies mengatakan, saat ini pemprov DKI tengah mempelajari aturan CFD dengan pendekaan protokol kesehatan.

"Apakah pendekatan yang masih seperti kemarin atau akan diubah pendekatannya tapi intinya adalah kita semua ini sedang dalam proses belajar. Belajar untuk mentaati protokol," jelas Anies.

Anies meyakini, semua kebijakan dan evaluasi yang diambil memiliki hikmah. Tujuannya agar menjadi lebih baik lagi.

"Mengelola suatu kegiatan dan setia pada proses untuk mengambil hikmahnya, lakukan koreksi lakukan perbaikan," tandas Anies.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Susah Payah Bungkam Sampdoria, Inter Milan Masih Optimistis Sabet Scudetto

Posted: 21 Jun 2020 10:24 PM PDT

Liputan6.com, Milan - Inter Milan harus susah payah membungkam Sampdoria di pekan ke-26 Serie A. Mereka hanya menang 2-1 atas Sampdoria, meski bermain di kandang sendiri, Giuseppe Meazza pada Senin (22/6/2020) dini hari WIB.

Kemenangan itu membuat Nerazzurri, sebutan Inter Milan, berada di posisi ketiga dalam klasemen Serie A dengan 57 poin. Mereka terpaut enam poin dari Juventus yang berada di puncak klasemen.

"Kami seharusnya memastikan hasil akhir laga lebih awal. Hari ini kami memiliki banyak peluang, tetapi gagal memastikan kemenangan secara meyakinkan. Kami harus lebih klinis," ucap pelatih Inter Milan, Antonio Conte di laman resmi klub.

Kendati harus susah payah membungkam Sampdoria, Conte masih optimistis Inter Milan mengejar Juventus. Dia tidak ragu Nerazzurri bisa meraih Scudetto musim ini.

"Kami masih punya 12 pertandingan tersisa. Kami tidak memiliki lagi ruang untuk kesalahan, sebab kami sedang mengejar (Juventus di puncak klasemen)," kata nakhoda Inter Milan berusia 50 tahun tersebut.

 

Permintaan Conte

Pelatih Inter Milan, Antonio Conte. (AFP/Miguel Medina)
Pelatih Inter Milan, Antonio Conte. (AFP/Miguel Medina)

Untuk mengejar ketertinggalan dari Juventus dan meraih Scudetto, Conte meminta Romelu Lukaku dan kawan-kawan lebih kejam di kotak penalti lawan. Dia tidak mau melihat banyak peluang yang terbuang.

"Jika kami ingin memenangkan trofi, maka kami harus lebih kejam, dilihat dari sudut pandang olahraga," ucap Conte yang pernah melatih Chelsea dan Timnas Inggris tersebut.

"Saya harap pertandingan seperti hari ini, dan juga laga semifinal melawan Napoli, mampu membuat kami memahami kesalahan yang dilakukan dan membantu kami berkembang," ujar Conte menegaskan.

Klasemen Serie A

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani Prediksi Rupiah di Kisaran 15.300 per Dolar AS pada 2021

Posted: 21 Jun 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani memperkirakan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) akan terus menunjukkan penguatan. Ia pun memperkirakan rupiah bakal berada di kisaran 14.500 per dolar AS hingga 15.500 per dolar AS di 2020 dan terus menguat ke 14.900 per dolar AS hingga 15.300 per dolar AS di 2021.

 Sri Mulyani menjelaskan, sejak awal tahun hingga hari ini nilai tukar rupiah sudah terdepresiasi 8,9 persen. Namun dalam catatan dia, gerak nilai tukar pada minggu kedua April ini masih lebih kuat jika dibandingkan dengan posisi Maret lalu.

"Tentu karena kita semua tahu bahwa kondisi ini masih sangat tidak pasti maka kisaran proyeksi akan terlihat akan sangat bervariasi dari institusi ke institusi untuk nilai tukar rupiah kami perkirakan untuk 2021 ada di kisaran 14.900 per dolar AS hingga 15.300 per dolar AS," kata Sri dalam Rapat kerja Komisi XI DPR membahas Asumsi Dasar dalam KEM PPKF RAPBN 2021, Senin (22/6/2020).

Lebih lanjut, ia mengatakan, jika pertumbuhan ekonomi Indonesia lebih baik dari negara-negara lain, maka nilai tukar rupiah akan cenderung menguat. Hal tersebut terjadi karena pemulihan ekonomi yang baik akan menarik arus modal masuk.

Namun, ia juga tak memungkiri bahwa pemulihan ekonomi negara maju khususnya Amerika Serikat akan menentukan likuiditas dolar AS di pasar global.

"Kondisi saat ini rupiah jauh lebih kondusif dibandingkan Februari-Maret 2020 ketika terjadi volatilitas yang sangat tinggi. Proyeksi nilai tukar dalam dokumen KEM PPKF perlu disesuaikan," ujarnya.

Rupiah Hari Ini

Teller menunjukkan mata uang rupiah di penukaran uang di Jakarta, Rabu (10/7/2019). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) ditutup stagnan di perdagangan pasar spot hari ini di angka Rp 14.125. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Teller menunjukkan mata uang rupiah di penukaran uang di Jakarta, Rabu (10/7/2019). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) ditutup stagnan di perdagangan pasar spot hari ini di angka Rp 14.125. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah pada perdagangan awal pekan ini.

Mengutip Bloomberg, Senin (22/6/2020), rupiah dibuka di angka 14.107 per dolar AS melemah jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.100 per dolar AS.

Menjelas siang, rupiah terus bergerak melemah ke level 14.165 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.107 per dolar AS hingga 14.165 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah masih melemah 2,16 persen. 

Sedangkan berdasarkan Kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.209 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan patokan sebelumnya yang ada di angka 14.242 per dolar AS.

Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Senin, terkoreksi dipicu kekhawatiran terjadinya gelombang kedua pandemi COVID-19.

Rupiah dibuka melemah 45 poin atau 0,32 persen menjadi Rp14.145 per dolar AS dari sebelumnya Rp14.100 per dolar AS.

"Berita penyebaran wabah COVID-19 yang terus meningkat seperti di AS, Jerman dan China sepanjang akhir pekan, bisa menjadi sentimen negatif ke aset berisiko hari ini." kata Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures Ariston Tjendra dikutip dari Antara, Senin (22/6/2020).

Padahal, lanjut Ariston, ketiga negara tersebut sudah membuka kembali perekonomiannya dan wabah kembali meningkat.

"Banyak kejadian peningkatan penyebaran dan pasar memang sedang memperhatikan efek-efek dari new normal atau pelonggaran lockdown," ujar Ariston.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harunya Ucapan Selamat Hari Ayah dari BCL untuk Ashraf Sinclair

Posted: 21 Jun 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bunga Citra Lestari atau BCL ikut merayakan hari ayah sedunia untuk suaminya, Almarhum Ashraf Sinclair. Seperti diketahui, hari ayah jatuh pada Minggu (21/6/2020).

Melalui akun Instagram Stories-nya, BCL mengucapkan selamat. Sampai kapan pun, posisinya sebagai ayah Noah Sinclair tak akan pernah tergantikan.

"Happy Father's Day kamu. You will forever be Noah's hero (Selamanya kamu akan menjadi pahlawannya Noah)," tulis pelantun lagu "Sunny" ini pada Minggu (21/6/2020).

Kebersamaan dengan Noah

[Foto: Instagram BCL]
[Foto: Instagram BCL]

Bersama keterangan itu, BCL menyertakan foto Ashraf Sinclair yang sedang duduk bersama putra semata wayangnya. Kala itu Noah masih terlihat sangat kecil.

Ashraf Sinclair meninggal dunia pada Februari 2020. Kepergian Ashraf tentu membuat BCL dan keluarga besarnya sangat terpukul.

Momen Tertentu

Bunga Citra Lestari bersama dengan ibunda Ashraf
Bunga Citra Lestari bersama dengan ibunda Ashraf

Sejak suaminya meninggal dunia, penyanyi berusia 38 tahun ini jarang aktif di media sosial. Ia hanya membuat unggahan pada saat-saat tertentu sja.

Seperti, momen saat merayakan Idul Fitri. Ia melewati momen lebaran bersama sanak keluarga, termasuk ibunda Ashraf Sinclair, yang memang sempat menemaninya sejak Ashraf meninggal.

Kerinduan

Pada 28 Mei 2020, BCL juga sempat membuat mengunggah foto sang suami. Dalam keterangannya, ia mengungkap rasa rindu yang tak pernah habis.

"Hey you. I miss you, each and everyday," tulis BCL kala itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

12 Macam-Macam Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Posted: 21 Jun 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sumber daya alam adalah segala yang berasal dari alam dan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Salah satu jenisnya, yakni sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Artinya sumber daya alam ini dapat dikembangbiakkan lagi. Misalnya saja seperti pohon, hewan, dan masih ada banyak sekali macam-macam sumber daya alam yang dapat diperbaharui.

Macam-macam sumber daya alam yang dapat diperbaharuhi bukan berarti harus dikembangkan lagi oleh manusia. Namun, sumber daya alam ini justru bisa mengembangkan/memperbaharuhi dirinya sendiri. Bahkan, ada pula yang memiliki kuantitas tidak terhingga dan bisa dipakai terus-menerus oleh manusia.

Macam-macam sumber daya alam yang dapat diperbaharuhi ini berasal dari berbagai ekosistem. Ada ekosistem darat seperti hutan, tanah, gurun, dan tundra. Ada pula ekosistem laut seperti rawa, danau, dan sungai. Segala ekosistem memiliki sumber daya yang sangat penting untuk menunjang kehidupan manusia.

Berikut Liputan6.com ulas macam-macam sumber daya alam yang dapat diperbaharui dari berbagai sumber, Senin (22/6/2020).

Macam-Macam Sumber Daya Alam

Ilustrasi Domba | iStockphoto
Ilustrasi Domba | iStockphoto

Hewan Darat

Hewan darat termasuk salah satu sumber daya alam yang dapat diperbaharuhi. Seperti tumbuhan, hewan darat bisa berkembang biak sendiri atau dikembangbiakkan oleh manusia. Hewan darat termasuk makhluk hidup yang keberadaannya sangat penting untuk menunjang kehidupan manusia. Selain berfungsi untuk sumber pangan, hewan darat juga membantu meringankan pekerjaan manusia.

Hewan Air

Hewan air adalah adalah salah satu sumber daya alam yang dapat diperbaharuhi. Hewan ini sudah pasti hidup di air. Keberadaan hewan air hampir sama pentingnya dengan hewan darat. Keduanya sangat dibutuhkan untuk kebutuhan pangan makhluk hidup seperti manusia. Ada hewan air tawar dan hewan air asin.

Ombak

Ombak adalah aliran air laut yang dipengaruhi tiupan angin dan perbedaan tekanan air laut. Ombak termasuk sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Keberadaanya sangat bermanfaat bagi manusia terutama nelayan. Ombak memiliki kuantitas yang tidak terhingga. Ada pula manusia yang menggunakannya sebagai sumber listrik mercusuar tebing.

Macam-Macam Sumber Daya Alam

Ilustrasi Mebel Kayu (Istimewa)
Ilustrasi Mebel Kayu (Istimewa)

Pasang dan Surut Air Laut

Pasang surut air laut bisa disebut sebagai naik dan turun permukaan air laut. Beberapa manusia menjadikannya sebagai sumber tenaga listrik. Sumber tenaga listrik ini sangat membantu pasokan listrik di desa sekitar pesisir pantai.

Biomassa

Biomassa disebut sebagai sisa mahkluk hidup yang sudah mati. Makhluk hidup yang sudah mati ini masih memiliki manfaat untuk kehidupan manusia. Misalnya saja seperti sisa serbuk kayu dan sisa kulit kayu. Bahan ini biasanya masih bisa di pakai kembali untuk mebel.

Ada pula sisa rumput kering yang bisa digunakan untuk bahan pupuk kompos. Kemudian sisa kotoran hewan yang bisa digunakan sebagai pengganti bahan bakar seperti biogas.

Geotermal

Geotermal dikenal sebagai energi yang berasal dari panas bumi. Energi dari geotermal juga bisa digunakan untuk pembangkit listrik. Berbeda dengan batu bara dan bensin. Geotermal lebih bersih dan ramah lingkungan. Energi ini memang belum banyak dipakai. Jadi, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Macam-Macam Sumber Daya Alam

Ilustrasi fasilitas nuklir | iStockphoto
Ilustrasi fasilitas nuklir | iStockphoto

Nuklir

Nuklir termasuk salah satu energi buatan dari proses pemecahan atom. Nuklir adalah salah satu sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Sumber daya alam ini juga kini kerap dipakai sebagai pembangkit listrik. Salah satunya yang sudah menerapkan adalah negara jepang. Nuklir menjadi alasan berhentinya perang dunia kedua.

Matahari

Sinar matahari termasuk sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Sumber daya alam ini bahkan bisa dipakai terus menerus. Matahari memiliki energi yang bisa digunakan dengan batas tidak terhingga. Matahari kerap disebut sebagai pusat galaksi bima sakti.

Sebagian manusia menjadikan matahari sebagai sumber energi untuk memenuhi kebutuhan listrik rumah tangga karena sangat ramah lingkungan. Sebagian lagi menggunakannya untuk menghidupkan pemanas air atau pemanas ruangan.

Angin

Angin disebut juga udara yang bergerak. Angin biasanya digunakan manusia untuk alternatif pembangkit listrik tenaga angin. Beberapa manusia juga menjadikannya sebagai alat pengairan. Sama seperti matahari, angin memiliki kuantitas yang tidak terhingga. Energi alternatif dari angin sangat murah dan ramah lingkungan.

Macam-Macam Sumber Daya Alam

Ilustrasi Baobab | unsplash.com
Ilustrasi Baobab | unsplash.com

Air

Air juga termasuk energi yang tidak terhingga. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui ini sangat penting keberadaannya bagi makhluk hidup. Air juga bisa dijadikan sebagai sumber energi alternatif seperti pembangkit listrik. Hampir seluruh makhluk hidup di bumi memerlukan air untuk kehidupannya.

Tanah

Tanah adalah sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Sumber daya alam ini juga bisa mengembangkan dirinya sendiri. Tanah memiliki kuantitas yang tidak terhingga. Tanah sangat bermanfaat untuk pertanian, perkebunan, dan pembangunan.

Terkadang, tanah di pakai untuk memasak. Beberapa juga mengganggapnya sebagai pengganti minyak untuk menggoreg kerupuk. Sebagian lagi menjadikannya sebagai tempat tidur karena dianggap lebih sehat dan nyaman.

Tumbuhan

Tumbuhan adalah sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Keberadaannya terkadang harus dikembangkan oleh manusia. Terkadang juga bisa berkembang dengan sendirinya. Tumbuhan juga termasuk makhluk hidup di bumi.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Teror Penusukan di Taman Reading Inggris, Tiga Tewas

Posted: 21 Jun 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah insiden penusukan terjadi di Taman Reading, Inggris. Akibat penusukan brutal tersebut tiga warga tewas. Korban diketahui adalah warga yang sedang menikmati suasan taman.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming SCTV Sinetron Ganteng Ganteng Serigala Episode Senin, 22 Juni 2020

Posted: 21 Jun 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sinetron Ganteng Ganteng Serigala drama favorit pemirsa beberapa tahun lalu.

Dan, kini SCTV menghadirkan kembali Ganteng Ganteng Serigala hadir lagi dalam kemasan rerun.

Anda seperti biasa juga bisa menyaksikan episode Ganteng Ganteng Serigala via live streaming dengan klik di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies: Animo Bersepeda Naik 10 Kali Lipat di Masa PSBB Transisi

Posted: 21 Jun 2020 10:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membenarkan tingginya animo bersepeda sejak pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masa transisi berlangsung.

"Animo masyarakat bersepeda luar biasa tinggi di Jalan Sudirman-Thamrin. Itu diukur oleh teman-teman di Dinas Perhubungan. Lompatannya tinggi sekali sampai 10 kali lipat," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Senin (21/6/2020).

Karena itu, dalam aturan PSBB transisi, sepeda diberi ruang parkir khusus di tiap gedung sebesar 10%. Jumlahnya itu akan dievaluasi dengan ditambah atau disesuaikan jika kebutuhan semakin meningkat.

"Parkir seluas untuk sepeda-sepeda sebanyak 10% saat ini, ke depan akan dipikirkan oleh teman Dinas Perhubungan," jelas Anies Baswedan.

Pengistimewaan bersepeda mulai dari jalur khusus dan lahan parkir memang baru digerakkan saat PSBB transisi. Namun Anies menyatakan tidak akan menutup kemungkinan kebijakan bersepeda bisa terus dilakukan hingga setelah berakhirnya PSBB.

"Kami sedang memikirkan untuk menerapkan kebijakan itu pascapandemi, sehingga masyarakat bisa meneruskan kebiasaan bersepeda ini, karena bagaimana pun sepeda adalah moda transportasi yang sehat bebas polusi aman dan bila itu jadi kebiasaan bersama akan baik untuk kota ini," Anies menandaskan.

Tak Ada Lonjakan Kasus

Gubernur DKI Anies Baswedan menyatakan kado terindah HUT DKI Jakarta ke-493 adalah tidak adanya lonjakan kasus Covid-19. Hal itu diketahui dari laporan yang diterima dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia.

"Pada 22 Juni ini kado untuk masyarakat Jakarta bahwa di saat kita memperingati ultah kota ini pada saat ini gelombang pandemi yang pernah besar di Jakarta saat ini sudah terkendali," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Senin (22/6/2020).

Anies mengatakan, data ini dia dapatkan pada pukul 06.30 WIB, bahwa dalam 2 minggu masa transisi wabah Covid-19 di Jakarta sudah terkendali. Bahkan, angka reproduksi virus sudah di bawah R1 atau menjadi R0,98.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daerah Mana yang Paling Siap Terapkan New Normal? Ini Juaranya

Posted: 21 Jun 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) resmi mengumumkan pemenang Lomba Inovasi Daerah Penyiapan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19. Lomba ini diadakan untuk menyosialisasikan penerapan skema new normal atau kenormalan baru bagi masyarakat di seluruh daerah.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyatakan, bahwa terdapat tujuh sektor yang dilombakan, di antaranya pasar tradisional, pasar modern atau minimarket dan supermarket, hotel, restoran, tempat pariwisata, transportasi umum, sampai Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Dengan jumlah itu, total pemenang lomba sebanyak 84.

"Lomba inovasi daerah ini bertujuan untuk mensosialisasikan new normal bagi masyarakat. Utamanya agar terbiasa untuk menerapkan protokol kesehatan di segala aktivitas kesehariannya," ujar Tito dalam konferensi pers via YouTube Kemendagri, Senin (22/6/2020).

Penilaian lomba dilakukan pada 16 - 19 Juni 2020. Tim penilai terdiri dari bidang terkait asal Kemendagri, Kementerian Keuangan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perdagangan, Badan Nasional Pengelola Perbatasan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana, serta Gugus Tugas Penanganan Covid-19.

Nantinya, para pemenang lomba berhak mendapatkan piagam penghargaaan dan Dana Insentif Daerah (DID) dengan nilai total Rp 164 miliar. Rinciannya, pemenang pertama berhak mendapatkan Rp 3 miliar, pemenang kedua Rp 2 miliar dan pemenang ketiga mendapatkan 1 Rp miliar pada setiap sektor dan masing-masing klaster.

Berikut ini rincian Pemenang Lomba Inovasi Daerah Penyiapan Tatanan Normal Baru (New Normal) Produktif dan Aman Covid-19:

1. Sektor Pasar Tradisional Covid-19

Klaster Provinsi

Juara 1 Bali

Juara 2 Sulawesi Selatan

Juara 3 Lampung

Klaster Kota

Juara 1 Bogor

Juara 2 Semarang

Juara 3 Palembang

Klaster Kabupaten

Juara 1 Banyumas

Juara 2 Lumajang

Juara 3 Semarang

Klaster Kabupaten Tertinggal

Juara 1 Lembata

Juara 2 Seram Bagian Barat

Juara 3 Pesisir Barat

 

2. Sektor Pasar Modern Covid-19

Pedagang menyortir ikan di Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru, Jakarta, Kamis (21/2). PIM Muara Baru memiliki berbagai fasilitas. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Pedagang menyortir ikan di Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru, Jakarta, Kamis (21/2). PIM Muara Baru memiliki berbagai fasilitas. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Klaster Provinsi

Juara 1 Jawa Timur

Juara 2 Lampung

Juara 3 Daerah Istimewa Yogyakarta -

Klaster Kota

Juara 1 Bogor

Juara 2 Sukabumi

Juara 3 Semarang

Klaster Kabupaten

Juara 1 Aceh Tamiang

Juara 2 Kebumen

Juara 3 Tulung Agung

Klaster Kabupaten Tertinggal

Juara 1 Seram Bagian Barat

Juara 2 Belu

Juara 3 Nias

 

3. Sektor Restoran Covid-19

Pengunjung makan di sela-sela pembatas plastik untuk mencegah penyebaran virus corona di restoran. (Lillian SUWANRUMPHA/AFP)
Pengunjung makan di sela-sela pembatas plastik untuk mencegah penyebaran virus corona di restoran. (Lillian SUWANRUMPHA/AFP)

Klaster Provinsi

Juara 1 Lampung

Juara 2 Daerah Istimewa Yogyakarta

Juara 3 Jambi

Klaster Kota

Juara 1 Bogor

Juara 2 Tangerang

Juara 3 Jambi

Klaster Kabupaten

Juara 1 Trenggalek

Juara 2 Tabalong

Juara 3 Lumajang

Klaster Kabupaten Tertinggal

Juara 1 Sumba Barat Daya

Juara 2 Sumba Barat

Juara 3 Seram Bagian Barat

 

4. Sektor Hotel Covid-19

kamar hotel | pexels.com/@pixabay
kamar hotel | pexels.com/@pixabay

Klaster Provinsi

Juara 1 Jambi

Juara 2 Kalimantan Utara

Juara 3 Sulawesi Selatan

Klaster Kota

Juara 1 Pekanbaru

Juara 2 Surabaya

Juara 3 Semarang

Klaster Kabupaten

Juara 1 Trenggalek

Juara 2 Kebumen

Juara 3 Sintang

Klaster Kabupaten Tertinggal

Juara 1 Sumba Barat Daya

Juara 2 Seram Bagian Barat

Juara 3 Tojo Una-Una

 

5. Sektor Tempat Wisata Covid-19

Pengunjung menikmati suasana Pantai Festival Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Sabtu (20/6/2020). Setelah ditutup selama dua bulan akibat pandemi COVID-19, Kawasan rekreasi Taman Impian Jaya Ancol kembali dibuka. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pengunjung menikmati suasana Pantai Festival Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Sabtu (20/6/2020). Setelah ditutup selama dua bulan akibat pandemi COVID-19, Kawasan rekreasi Taman Impian Jaya Ancol kembali dibuka. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Klaster Provinsi

Juara 1 Jawa Tengah

Juara 2 Jawa Timur

Juara 3 Sulawesi Selatan

Klaster Kota

Juara 1 Semarang

Juara 2 Bogor

Juara 3 Pare-Pare

Klaster Kabupaten

Juara 1 Sintang

Juara 2 Gunung Kidul

Juara 3 Trenggalek

Klaster Kabupaten Tertinggal

Juara 1 Sigi

Juara 2 Rote Ndao

Juara 3 Seram Bagian Barat

 

6. Sektor Transportasi Umum Covid-19

Petugas membersihkan fasilitas halte yang terletak di kawasan Tangerang, Senin (15/6/2020). Jelang penerapan tatanan kenormalan baru atau new normal, prasarana transportasi umum, seperti halte bus dipersiapkan agar bisa menjalankan protokol kesehatan dengan baik. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Dibersihkan-ANGGA-1.jpg

Klaster Provinsi

Juara 1 Jawa Tengah

Juara 2 Bali

Juara 3 Kalimantan Tengah

Klaster Kota

Juara 1 Bengkulu

Juara 2 Banda Aceh

Juara 3 Semarang

Klaster Kabupaten

Juara 1 Sintang

Juara 2 Tegal

Juara 3 Tapanuli Utara

Klaster Kabupaten Tertinggal

Juara 1 Jayawijaya

Juara 2 Seram Bagian Barat

Juara 3 Kepulauan Sula

 

7. Sektor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Covid-19

Konsumen saat melakukan pendaftaran layanan investasi 3 jam di kantor BKPM, Jakarta, Senin (26/10/2015). Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) merupakan komitmen pemerintah demi memberikan pelayanan prima kepada investor. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Konsumen saat melakukan pendaftaran layanan investasi 3 jam di kantor BKPM, Jakarta, Senin (26/10/2015). Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) merupakan komitmen pemerintah demi memberikan pelayanan prima kepada investor. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Klaster Provinsi

Juara 1 Sulawesi Tengah

Juara 2 Kalimantan Utara

Juara 3 Jawa Tengah

Klaster Kota

Juara 1 Bekasi

Juara 2 Bandung

Juara 3 Surabaya

Klaster Kabupaten

Juara 1 Trenggalek

Juara 2 Sinjai

Juara 3 Situbondo

Klaster Kabupaten Tertinggal

Juara 1 Nias

Juara 2 Seram Bagian Barat

Juara 3 Sumba Barat.

 

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Buka Kedutaan Besar di Kamerun

Posted: 21 Jun 2020 10:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah akan membuka Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kamerun, Afrika. Pembukaan kedutaan besar ini berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 69 Tahun 2020.

Perpres tersebut diteken yang diteken Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada 8 Juni 2020. Dalam Pasal 3 ayat (1) Perpres tersebut, KBRI akan berkedudukan du ibu kota Kamerun, Yaounde.

Adapun wilayah akreditasi KBRI Kamerun seperti yang dijelaskan dalam Perpres terdiri dari, Republik Chad, Republik Guinea Ekuatorial, Republik Gabon, Republik Kongo, dan Republik Afrika Tengah.

"Penetapan kebutuhan jumlah dan jenis jabatan pada Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Negara Republik Kamerun diatur dengan Peraturan Menteri Luar Negeri sesuai dengan ketentuan peraturanperundang-undangan," bunyi Perpres tersebut.

Susunan Organisasi Disusun Menlu

Sementara itu, ketentuan lebih lanjut mengenai susunan organisasi dan tata kerja serta tugas, fungsi, jenjang jabatan pada KBRI untuk Negara Republik Kamerun juga akan diatur dengan Peraturan Menteri Luar Negeri.

"Segala biaya yang diperlukan untuk Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Negara Republik Kamerun dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara," jelas Perpres ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gusur Barcelona di Puncak Klasemen, Pelatih Real Madrid Masih Bungkam soal Gelar La Liga

Posted: 21 Jun 2020 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane masih bungkam soal peluang meraih gelar La Liga musim ini, meski mereka sudah menggusur Barcelona di puncak klasemen. Kedua tim saat ini mengemas 65 poin, Real Madrid unggul selisih poin.

Los Blancos, sebutan Real Madrid, berada di puncak klasemen setelah mencatatkan kemenangan 2-1 atas Real Sociedad di Reale Arena, pekan ke-30. Sementara Barcelona bermain imbang tanpa gol di markas Sevilla.

Kendati sudah berada di puncak klasemen, Zidane belum berani bicara banyak soal gelar La Liga. Terlebih, masih ada delapan pertandingan yang harus dimainkan oleh Real Madrid dan Barcelona.

"Kemenangan atas Real Sociedad sangat memuaskan. Sebab, ini merupakan tempat yang sulit dan lawan yang sukar. Pertandingan berjalan tidak mudah, tapi kami memang pantas menang," ucap Zidane, seperti dikutip dari situs resmi klub.

"Saya juga tahu semua pemain ingin menang, tapi ini (posisi puncak klasemen) tidak bakal mengubah situasi. Sebab, La Liga bakal diputuskan pemenangnya hingga pekan terakhir," kata pelatih Real Madrid yang bulan ini genap 48 tahun itu, menambahkan.

 

Belum On Fire

Striker Real Madrid Karim Benzema dan rekan-rekannya merayakan gol ke gawang Real Sociedad dalam lanjutan Liga Spanyol di Anoeta stadium, San Sebastian, Senin (22/6/2020) dini hari WIB.(AP Photo/Alvaro Barrientos)
Striker Real Madrid Karim Benzema dan rekan-rekannya merayakan gol ke gawang Real Sociedad dalam lanjutan Liga Spanyol di Anoeta stadium, San Sebastian, Senin (22/6/2020) dini hari WIB.(AP Photo/Alvaro Barrientos)

Sejak La Liga bergulir kembali, Los Blancos mencatatkan tiga kemenangan dan berada di puncak klasemen. Namun, Zidane menyebut Real Madrid belum on fire.

"Kami belum mencapai apa-apa, meski mendapatkan tiga kemenangan, sembilan poin. Namun, kami tahu perjalanan menuju akhir bakal sangat sulit karena ada banyak tim bagus," ujar Zidane.

"Namun, kami memang sedang berada dalam performa bagus, para pemain juga merespons dengan baik dengan kondisinya. Sekarang kami harus fokus dan menjaga mental ntuk memenangkan pertandingan sampai akhir," katanya menegaskan.

Klasemen La Liga

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Bawaslu Indramayu Tidak Minta Tambahan Anggaran Tahapan Pilkada 2020

Posted: 21 Jun 2020 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Indramayu - Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Indramayu (Bawaslu Indramayu) tidak meminta tambahan anggaran untuk pengawasan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Indramayu 2020, pada 9 Desember 2020 mendatang.

Menurut Ketua Bawaslu Indramayu Nurhadi, anggaran dari hasil optimalisasi anggaran yang ada.

"Sisanya untuk penambahan petugas TPS, operasional, dan untuk APD. Nanti kita minta kepada Bawaslu daerah dalam bentuk barang, bukan uang," ujarnya Kamis, 18 Juni 2020.  

Nurhadi menjelaskan, jika Alat Pelindung Diri (APD) akan digunakan di setiap tahapan pilkada 2020.

Sedangkan untuk tiap APD yang digunakan tergantung dengan arahan yang diberikan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Indramayu.

"Setiap tahapan kami menyampaikan rangkaian kegiatan. Dan gugus tugas akan memberikan APD apa saja yang akan digunakan," ujarnya.

Dalam hal ini, teruntuk para calon, maupun tim sukses dalam pelaksanaan kampanye, Bawaslu akan memastikan mereka mengikuti protokol kesehatan.

 

Pengawas Pemilihan Perhatikan Protokol Kesehatan

Terkait hal ini, pimpinan Bawaslu Indramayu bersama Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Barat sudah melakukan koordinasi secara daring terkait kesiapan jajaran Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Indramayu dalam mengawasi tahapan Pilkada lanjutan yang terdekat.

"Jajaran pengawas pemilihan harus siap melakukan pengawasan secara maksimal dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan," ungkap Abdullah Dahlan, Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Barat.

Ketua Bawaslu Indramayu juga menambahkan, hasil dari optimalisasi anggaran, sisanya akan dialokasikan untuk penambahan petugas serta, Tempat Pemungutan Suara (TPS)

 

Simak berita Times Indonesia lainnya di sini

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ferdian Paleka Kembali Ungggah Video YouTube, Ini 5 Pernyataannya

Posted: 21 Jun 2020 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu lalu sempat viral dengan aksi prank membagikan box isi sampah kepada transpuan oleh YouTuber Ferdian Paleka. Akibat aksi tak terpujinya, Ferdian Paleka sempat mendekam di tahanan sebelum para korban mencabut pengaduan atas kasus prank video prank tersebut.

Bebasnya Ferdian Paleka pun mengundang perhatian publik. Banyak yang penasaran apakah Ferdian Paleka kapok dengan tingkah lakunya sampai mendekam di jeruji besi. Tak hanya itu, publik juga penasaran dengan apa yang akan dilakukan Ferdian Paleka ke depannya setelah kasus tersebut mereda.

Rasa penasaran netizen akhirnya terjawab setelah Ferdian Paleka muncul lagi di chanel YouTube nya, Ferdian Paleka. Dalam channel YouTube yang sudah miliki 178 ribu subscriber ini mengunggah video permintaan maafnya. Tak hanya itu, ia juga berjanji akan menjadi YouTuber yang baik dengan membuat konten positif dan menghibur.

Pada video berjudul 'Maafkan saya.' yang diunggah pada 14 Juni 2020 lalu, Ferdian Paleka mengungkapkan beberapa pernyataan penting. Berikut Liputan6.com rangkum dari YouTube Ferdian Paleka, pernyataan Ferdian Paleka setelah kembali unggah konten di YouTube, Senin (22/6/2020).

1. Akui Tak Pernah Pikir Panjang

Ferdian Paleka. (Foto: Instagram @ferdianpalekawibisana)
Ferdian Paleka. (Foto: Instagram @ferdianpalekawibisana)

Nama Ferdian Paleka pernah menjadi ramai diperbincangkan publik. Pasalnya, ia membuat prank dengan bagikan box isi sampah ke transpuan. Akibat prank tersebut, Ferdian harus menerima konsekuensi di penjara. Melalui video YouTube terbarunya, ia mengakui bahwa ia tak pikir panjang kalau perbuatannya bisa membuat gaduh satu negara.

"Yang ada di pikiran gue cuma bercanda aja gitu, gue enggak pikir panjang bisa masuk penjara, gue bikin ramai satu negara." ujar Ferdian Paleka.

2. Minta Maaf dengan Tulus

Ferdian Paleka. (Foto: Twitter @twitkabarjabar)
Ferdian Paleka. (Foto: Twitter @twitkabarjabar)

Selain mengakui bahwa ia salah karena tidak berpikir panjang dalam membuat prank, ia juga minta maaf dengan tulus ke masyarakat Indonesia. Ia juga berharap, kejadian ini bisa menjadi pelajaran berharga baginya.

"Gue mau minta maaf sedalam-dalamnya kepada semua masyarakat indonesia, ibu-ibu, bapak-bapak. Intinya gue mau minta maaf atas apa yang gue lakuin. Semoga ini menjadi pelajaran berharga gue ke depan." ujar Ferdian Paleka minta maaf.

3. Pesan untuk Subscriber

Ferdian Paleka. (Foto: Instagram @ferdianpalekaa)
Ferdian Paleka. (Foto: Instagram @ferdianpalekaa)

Pada video berdurasi 4:45 menit, Ferdian Paleka mengucapkan beberapa pesan untuk subscribernya yang sudah mencapai 178 ribu. Ia mengucapkan terimakasih sudah mendukungnya hingga saat ini.

"Buat yang sudah dukung gue dari pertama kasus ini, terima kasih banyak buat kalian. Yg udah ngedukung, dari pertama gue bikin chanel YouTube, gue berterima kasih pada kalian." kata Ferdian Paleka.

4. Pesan untuk Korban Prank

Tangkapan layar video Ferdian Paleka. (Dok. YouTube)
Tangkapan layar video Ferdian Paleka. (Dok. YouTube)

Seperti diketahui, Ferdian Paleka masuk penjara karena dilaporkan oleh korban yakni para transpuan terkena prank. Untuk para korban, Ferdian mengungkapkan pesan terima kasih karena sudah mencabut laporan mereka. Terlebih, karena laporan tersebut juga ia bisa mengambil amanah dari kejadian prank yang dilakukannya.

"Buat korban, gue sangat berterima kasih dan mohon supportnya dari kalian. Dan mungkin kalau gue enggak ketangkep, enggak ditegur kejadian ini, gue bisa bikin hal paling gila lagi, mungkin." terus terang Ferdian Palengka.

5. Akan Membuat Konten Positif

5 Pernyataan Ferdian Paleka Usai Kembali ke Youtube, Bocorkan Rencana Selanjutnya (sumber: YouTube ferdian paleka)
5 Pernyataan Ferdian Paleka Usai Kembali ke Youtube, Bocorkan Rencana Selanjutnya (sumber: YouTube ferdian paleka)

Setelah menerima konsekuensi di penjara, Ferdian Paleka akhirnya kembali lagi muncul di masyarakat melalui YouTube. Ferdian mengisyaratkan rencana ke depannya yakni mulai berkarya lagi di YouTube. Ia berjanji akan membuat konten yang positif, menghibur dan menarik.

"Ke depannya bakal bikin konten yang positif, yang menghibur, tentunya yang sangat menarik, semoga kalian menonton terus channel gue." pungkas Ferdian Paleka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saat Makanan Tradisional Betawi Tampil Lebih Modern, dari Biji Ketapang hingga Dodol

Posted: 21 Jun 2020 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menyambut ulang tahun Jakarta ke-493 yang jatuh pada hari ini, Senin (22/6/2020), tak lengkap rasanya mengulas makanan tradisionalnya. Beberapa jenis di antaranya sudah familiar bagi publik luas. Apa jadinya bila deretan makanan tradisional Betawi itu dikemas lebih modern?

Salah satu produsen yang menggarap bisnis makanan Betawi adalah Deni Ardini. Pria asli Betawi itu bersemangat untuk melestarikan budaya Betawi dengan mendirikan usaha oleh-oleh khas Betawi Mpok Nini pada awal Ramadan 2011.

"Saya mendirikan Mpok Nini ini karena melihat sangat jarang ditemukan tempat jualan oleh-oleh khas Betawi di Jakarta. Untuk menjangkau pasar yang lebih luas, saya mulai memanfaatkan kanal digital seperti Tokopedia," ujarnya dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Jumat, 19 Juni 2020.

Nama Mpok Nini terinspirasi dari nama panggilan sang ibu, Rohani, yang dikenal sebagai pembuat kue kering andal di lingkungan sekitarnya. Berawal dengan modal Rp300 ribu, kini Mpok Nini telah berhasil memproduksi berbagai macam makanan dan minuman khas Betawi, mulai dari kue kembang goyang, biji ketapang, dodol Betawi, kue akar kelapa hingga bir pletok.

Sejak 2012, Mpok Nini telah memiliki sertifikasi halal MUI dan juga dari Dinas Kesehatan P-IRT. Dengan demikian, bahan-bahan yang digunakan oleh Mpok Nini merupakan bahan yang halal.

Dengan misi untuk memberdayakan masyarakat sekitar, Deni selalu menggunakan bahan baku untuk pembuatan produknya dari petani atau pelaku usaha lainnya. "Sejak awal Mpok Nini didirikan, saya selalu berkeinginan untuk dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. Sehingga lewat usaha saya ini, semua bisa maju bersama-sama," kata Deni.

Lewat usahanya pula, ia mempekerjakan delapan karyawan yang bertanggung jawab dalam proses produksi hingga pengemasan. Deni mampu menjual sekitar 500-700 paket oleh-oleh khas Betawi per bulan, lebih dari 50 persen penjualan Mpok Nini berasal dari penjualan online. 

Namun, kondisi pandemi saat ini sangat memukul keras usaha Deni. Penjualan Mpok Nini secara keseluruhan mengalami penurunan yang signifikan hingga jumlah produksi terpaksa harus dibatasi. Meski demikian, Deni masih tetap mempertahankan karyawannya dengan menjalankan bisnis kuliner Betawi lebih gencar melalui kanal daring.

"Semoga para pegiat UMKM lainnya dapat terus beradaptasi dan berinovasi agar dapat bertahan melewati pandemi ini. Selain itu, saya juga berharap semakin banyak kreator lokal di Jakarta yang mengangkat budaya khas Betawi lewat berbagai kreasi produk sehingga budaya Betawi tetap lestari dan terus dikenal oleh masyarakat luas," ujarnya.

 

Dodol Premium

Dodol betawi premium. (dok. Tokopedia/Dinny Mutiah)
Dodol betawi premium. (dok. Tokopedia/Dinny Mutiah)

Sementara itu, Malvin Pangestu lebih fokus menggarap satu jenis camilan khas Betawi saja. Ia menamai jualannya Dodol Beko.

Usaha dodol Betawi tersebut berawal dari mengikuti ajang kompetisi tahunan meski ia bukan berdarah asli Betawi. Pada awal merintis bisnis, Malvin menghadapi beragam tantangan yang tak mudah, mulai dari proses pembuatan dodol yang membutuhkan waktu selama delapan jam hingga proses menemukan resep dodol yang sesuai. Ia butuh waktu dua tahun untuk mendapatkan resep tersebut

Dalam pembuatan Dodol Beko, Malvin menggunakan bahan baku premium, sehingga menghasilkan cita rasa yang berbeda dibandingkan dodol lainnya. Ia menciptakan beberapa varian rasa hingga bisa menghasilkan produk dodol yang berkualitas.

"Kami juga ingin membuat produk lokal yang lebih relevan dengan anak muda, karena itu kami menghadirkan berbagai varian produk yang dikemas secara premium dan kekinian," ujar Malvin seraya menyebut varian rasa tersedia, yakni almond, original dan wijen.

Dodol Beko kini mendapatkan sertifikat dari MUI dan juga Dinas Kesehatan P-IRT sehingga produk yang dihasilkan oleh Dodol Beko telah memenuhi persyaratan dan prosedur produk jaminan halal. Pada 2016, Malvin memutuskan untuk memanfaatkan platform digital untuk memasarkan produk dodol Betawinya.

"Sejak bergabung di Tokopedia, Dodol Beko kini sudah menjangkau seluruh Indonesia hingga Papua dengan omzet penjualan dominan sebesar lebih dari 50 persen," ujar Malvin.

Menanggapi kondisi pandemi saat ini, Malvin mengaku pejualan turun drastis, sampai 70 persen di awal masa pandemi. Namun, memasuki bulan suci Ramadan dan Idul Fitri, ia bisa kembali membangkitkan jumlah penjualan lewat kanal digital.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

53 Mahasiswa Indonesia di Wuhan Wisuda Online karena Pandemi Corona COVID-19

Posted: 21 Jun 2020 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Puluhan mahasiswa asal Indonesia di Wuhan, China, dari berbagai strata telah berhasil menyelesaikan studi dengan baik di tengah pandemi Virus Corona COVID-19. Sebanyak 53 mahasiswa pun menjalani wisuda secara online

"Mereka telah menjalani wisuda secara online," kata Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar RI di Beijing, Yaya Sutarya, Senin (22/6/2020).

Ke-53 mahasiswa asal Indonesia tersebut berhasil meraih gelar sarjana strata 1 hingga strata 3 dari tujuh perguruan tinggi yang tersebar di Wuhan dan Provinsi Hubei, daerah di wilayah China tengah yang terkena serangan terparah wabah corona jenis baru sejak akhir 2019.

Ketujuh perguruan tinggi yang meluluskan para mahasiswa asal Indonesia itu adalah Wuhan University sebanyak 10 orang, Wuhan University of Technology (10), China University of Geoscience (5), Central China Normal University (22), Huazhong University of Science and Technology (4), Zhongnan University of Economy and Law (1), dan Huazhong Agricultural University (1).

"Kami dan keluarga besar KBRI Beijing mengucapkan selamat dan sukses. Ini sebuah pencapaian yang sangat luar biasa karena terjadi di tengah pandemi," kata Duta Besar RI untuk China, Djauhari Oratmangun, seperti dilansir Antara.

 

Wuhan Award

Duta besar Indonesia untuk China dan Mongolia, Djauhari Oratmangun, berswafoto bersama para pemilih di halaman KBRI Beijing. (KBRI Beijing)
Duta besar Indonesia untuk China dan Mongolia, Djauhari Oratmangun, berswafoto bersama para pemilih di halaman KBRI Beijing. (KBRI Beijing)

Djauhari berharap ilmu yang didapat selama belajar di China dapat bermanfaat bagi bangsa dan negara Indonesia.

Para mahasiswa tersebut juga mendapatkan penghargaan tersendiri dari Perhimpunan Pelajar Indonesia di Tiongkok (PPIT) dan KBRI Beijing.

Penghargaan "Wuhan Award" tersebut terbagi dalam beberapa kategori, yakni Teladan Akademik, Teladan Non-Akademik, Terlucu, Tereksis, Terkece, Terasyik, dan Terdiam Tanpa Kata.

Para mahasiswa yang diwisuda tersebut kebanyakan pulang ke Indonesia pada 31 Januari 2020 melalui program repatriasi atas kerja sama Kementerian Luar Negeri RI, KBRI Beijing, Kementerian Kesehatan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana, dan TNI Angkatan Udara, tujuh hari setelah akses Wuhan ditutup total (lockdown). 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMKG Juanda: Surabaya Berpotensi Cerah Berawan hingga Malam Hari

Posted: 21 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda Surabaya memprediksi, Surabaya, Jawa Timur akan cerah berawan pada Senin (22/6/2020).

Mengutip instagram @infobmkgjuanda, Surabaya akan cerah berawan sejak siang hingga malam hari. Suhu di Surabaya akan berada di kisaran 25-34 derajat celsius dengan kecepatan angin 30 KM per jam. Kelembaban berada di kisaran 55-90 persen.

Di Sidoarjo, cuaca akan cerah berawan pada pukul 13.00 WIB dan 19.00 WIB. Sedangkan sore hari akan cerah pada pukul 16.00 WIB dan 22.00 WIB. Suhu di Sidoarjo berada di kisaran 24-33 derajat celsius dengan kecepatan angin 30 KM per jam. Kelembaban berada di kisaran 60-90 persen.

Di Lamongan, cuaca akan cerah berawan hingga sore hari. Pada pukul 19.00 WIB, cuaca di Lamongan akan cerah dan pukul 22.00 WIB akan cerah berawan. Suhu di Lamongan akan berada di kisaran 25-33 derajat celsius dengan kecepatan angin 30 KM per jam. Kelembaban berada di kisaran 55-90 persen.

Sedangkan di Gresik, cuaca juga akan cerah berawan. Pada pukul 22.00 WIB, cuaca akan cerah. Suhu di Gresik akan berada di kisarna 25-34 derajat celsius dengan kecepatan angin 30 KM per jam. Kelembaban berada di Gresik di kisaran 55-90 persen.

Waspadai Hujan Intensitas Sedang hingga Lebat

ilustrasi hujan. (Liputan6)
ilustrasi hujan. (Liputan6)

BMKG Juanda Surabaya pun merilis peringatan dini tiga harian untuk waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada siang hingga sore hari. Antara lain di Ngawi, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, dan Lumajang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Program Ini akan Jadi Acuan Bagi Pemerintah Kembangkan UMKM

Posted: 21 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki berharap program Kertas Kerja UMKM Policy Center yang diselenggarakan oleh Ikatan Alumni UI (ILUNI) ke depan, bisa memberikan sumbangsih pemikiran dan solusi bagi persoalan UMKM.

 "Kami sangat berharap program Kertas Kerja UMKM Policy Center yang nanti diusulkan dari teman-teman UI bisa membantu kami untuk menyusun strategi nasional pemberdayaan koperasi dan UMKM," kata Teten dalam keterangannya, Senin (22/6/2020).

Menurutnya, selama ini penanganan persoalan UMKM tidak mudah, karena masalahnya yang kompleks dan belum adanya konsolidasi pengembangan UMKM yang terarah.

Ia menambahkan, ke depannya pemberdayaan KUMKM akan dikonsolidasikan menjadi one gate policy sehingga menjadi acuan atau panduan untuk seluruh K/L serta BUMN termasuk Pemerintah Daerah dalam pengembangan KUMKM.

Lanjutnya, tercatat saat ini ada 18 kementerian/lembaga yang menangani KUMKM, namun belum ada panduan atau strategi nasional resmi yang menjadi acuan.

"Ini penting bagi kami; sekali lagi kami sangat memberikan apresiasi atas inistiatif peluncuran kebijakan UMKM dari teman-teman di UI, dan kami dengan senang hati menggunakan usulan kebijakan itu untuk diimplemetasikan dalam pembangunan UMKM di Indonesia," ujarnya.

Dirinya menegaskan seluruh pihak harus turut serta mendorong dan melakukan pengarusutamaan UMKM dan juga koperasi dalam pembangunan perekonomian nasional.

"Karena kita tahu mayoritas pelaku usaha kita adalah UMKM," katanya.

Dampak Corona

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

Meskipun saat ini UMKM terkena imbas pandemi COVID-19 dari sisi demand dan supply, namun Teten menegaskan bahwa pemerintah meyakini penyelamatan terhadap sektor UMKM akan menjadi langkah nyata untuk mengerem laju angka kemiskinan dan pengangguran.

"Saya kira koperasi dan UMKM bisa menjadi penopang ekonomi, tetap akan kita harapkan karena ini memang mayoritas di Indonesia; karena kita tahu UMKM saat ini merupakan penyedia lapangan kerja paling besar dan kontribusi terhadap PDB cukup besar," katanya.

Sejumlah kebijakan pun sedang terus diterapkan untuk menyelamatkan sektor KUMKM agar tetap bertahan di tengah pandemi COVID-19 melalui kebijakan pemulihan ekonomi nasional, dengan memberikan relaksaksi pembiayaan kepada pelaku usaha termasuk UMKM.

"Selain memberikan bantuan sosial kepada pelaku usaha ultra mikro, terdapat pula instruksi bagi BUMN agar memprioritaskan belanja ke UMKM, hingga kampanye gerakan belanja produk lokal Bangga Buatan Indonesia untuk mendorong konsumsi masyarakat agar membeli produk UMKM," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Doa dan Harapan Warganet di HUT DKI Jakarta ke-493

Posted: 21 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setiap tahunnya tanggal 22 Juni diperingati sebagai HUT DKI Jakarta. Hari ini pun 22 Juni 2020, diperingati sebagai HUT DKI Jakarta yang ke-493. Namun, HUT DKI Jakarta tahun cukup berbeda lantaran diperingati di tengah pandemi Covid-19.

Jika biasanya banyak rangkaian acara yang diadakan untuk memperingati HUT Ibu kota, deretan rangkain acara tersebut tak digelar tahun ini. Sebagai gantinya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyatakan, perayaan dan syukuran akan digelar secara virtual.

"Yuk, nonton bareng Konser Amal Virtual, 'Rayakan HUT Jakarta, Hidupkan Seni Kota Kita'," tulis Anies dalam akun Instagram pribadinya, Minggu (21/6/2020).

Meski tidak dimeriahkan dengan rangkaian acara seperti biasanya, bukan berarti warga Jakarta tak menyambut hari jadi kota tercinta dengan semarak. Melalui Twitter, warganet masih memeriahkan HUT DKI Jakarta dengan twitnya.

Melalui tagar #HUTDKI493 yang menjadi trending, tak sedikit pula yang memberikan doa dan harapannya untuk DKI Jakarta.

Deretan harapan warganet di HUT DKI Jakarta