Kamis, 18 Juni 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Menghibur dan Lucu, Yuk Streaming Kartun Anak Oops I-Kooo untuk Sambut Akhir Pekan

Posted: 18 Jun 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menonton kartun di akhir pekan adalah salah satu kegiatan yang bisa dilakukan orangtua bersama anak. 

Selain sebagai penghilang stres, menonton tayangan kartun juga dianggap mampu mempererat hubungan anak dengan orangtua. Tentu saja, pemilihan tayangan kartun juga harus disesuaikan dengan usia anak.

Karakter lucu dari kartun yang ditonton anak-anak, bisa membuat mereka tertawa lepas. Pasalnya, saat menonton, mereka akan diajak untuk menyaksikan cerita yang penuh imajinasi namun tetap ringan.

Salah satu kartun yang bisa ditonton dengan si kecil ketika akhir pekan adalah  Oops I-Kooo ini. Serial hiburan tersebut bercerita tentang seorang pangeran bernama I-Kooo dari Planet Peas.

Bersama robot butler-nya, BB mencoba beradaptasi dengan kehidupan di bumi dengan bantuan gadis bernama Rami. Tapi, I-Kooo merasa jika bumi adalah planet yang mengerikan.

Penasaran dengan ceritanya? Saksikan selengkapnya dengan menonton tayangan Oops I-Kooo bersama buah hati pada saat akhir pekan tiba. Kartun tersebut bisa disaksikan di aplikasi streaming Vidio.

Saksikan videonya berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sempat Terhambat Corona, Iran Kirim Kotak Hitam Pesawat yang Ditembak Jatuh ke Ukraina

Posted: 18 Jun 2020 09:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Menteri Jalan dan Pembangunan Perkotaan Iran, Mohammad Eslami, mengatakan, pihaknya akan mengirim kotak hitam atau blackbox pesawat komersial Ukraina yang jatuh di negara itu kembali ke Ukraina, menurut kantor berita Tasnim.

Menewaskan 176 orang, penerbangan Ukraine International Airlines ditembak jatuh pada 8 Januari 2020 oleh rudal darat-ke-udara Iran, dalam apa yang disebut Teheran sebagai "kesalahan bencana" pada saat ketegangan yang meningkat dengan AS.

Menurut Mohammad Eslami, Ukraina awalnya tidak memiliki kemampuan teknis untuk membaca kotak-kotak tersebut tetapi sekarang mereka mengatakan memiliki kemampuan itu.

Selain itu, Mohammad Eslami juga mengatakan bahwa "orang-orang Amerika" mungkin memberi Ukraina perangkat lunak dan dokumen yang diperlukan untuk membaca kotak hitam pesawat 737-800 yang dibuat Boeing Co. yang berbasis di AS.

Pembacaan kotak-kotak tersebut akan dilakukan berkoordinasi dengan International Civil Aviation Organization (ICAO) PBB.

"Koordinasi yang diperlukan adalah dengan cara ini bahwa pembacaan kotak hitam dilakukan di negara Ukraina di hadapan perwakilan ICAO. Dan jika kondisinya tidak tersedia maka pada saat itu pembacaan akan dilakukan bersama di Prancis," ungkap Mohammad Eslami seperti dikutip dari CGTN, Jumat (19/6/2020). 

 

Penyelidikan Tertunda Karena Virus Corona

Suasana saat tim penyelamat mencari korban pesawat Boeing 737 milik maskapai Ukraina yang jatuh di Shahedshahr, Iran, Rabu (8/1/2020). Seluruh penumpang beserta kru yang berada dalam pesawat tersebut dilaporkan tewas. (AP Photo/Ebrahim Noroozi)
Suasana saat tim penyelamat mencari korban pesawat Boeing 737 milik maskapai Ukraina yang jatuh di Shahedshahr, Iran, Rabu (8/1/2020). Seluruh penumpang beserta kru yang berada dalam pesawat tersebut dilaporkan tewas. (AP Photo/Ebrahim Noroozi)

Nasib suara kokpit dan data "kotak hitam" perekam telah menjadi subyek kebuntuan internasional yang dikalahkan oleh krisis Virus Corona COVID-19. 

Krisis yang disebabkan wabah virus tersebut adalah yang Iran katakan juga berkontribusi terhadap keterlambatan penyelidikan oleh Badan Investigasi Kecelakaan Udara Iran.

Pada pekan lalu, utusan Iran untuk ICAO mengatakan bahwa BEA, badan kecelakaan udara Prancis, telah diminta oleh penyidik ​​Iran untuk membaca kotak hitam jika BEA dapat mengakomodasi itu.

Sementara itu, seorang juru bicara BEA juga mengatakan telah bertukar pesan dengan Iran yang menawarkan dukungan teknis dan membahas logistik karena krisis Virus Corona, tetapi menambahkan bahwa negara tersebut belum menyampaikan keputusan resmi tentang cara membaca kotak hitam. 

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jaga Pegawai Tetap Bugar, Menpora Ajak Instansi Pemerintah dan Swasta untuk Senam di Hari Jumat

Posted: 18 Jun 2020 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Di tengah kondisi Pandemi Covid-19 sekarang ini dan memasuki kondisi normal baru, Menpora Zainudin Amali terus mengajak masyarakat untuk hidup sehat dengan berolahraga. Salah satunya, Menpora mengeluarkan surat No. S.6.17.1 / MENPORA / VI / 2020 yang isinya menghimbau semua instansi pemerintah atau swasta untuk melakukan olahraga dengan senam bersama di setiap hari Krida (Jumat).

Menurutnya, surat himbauan Menpora ini sudah dikirimkan ke kementerian, lembaga non kementerian, pemerintah provinsi, kabupaten, BUMN dan perusahaan swasta. 

"Kami dari Kemenpora sudah melayangkan surat berupa himbauan kepada kementerian, lembaga non kementerian, pemerintah provinsi, kabupaten, BUMN dan perusahaan swasta. Dalam surat itu, kami menghimbau pada setiap hari Jumat, kita kembali lagi melakukan aktivitas fisik yakni senam kebugaran dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan," jelasnya. 

Menpora sendiri hari ini Jumat (18/6) pagi melakukan senam bersama dengan seluruh pegawai Kemenpora yang sedang WFO. Senam bersama dengan mengikuti protokol Covid-19 tersebut banyak diikuti oleh pegawai. Menpora yang menggunakan pakaian olahraga lengkap mengikuti setiap gerakan senam yang dilakukan instruktur senam diikutinya. Menpora terlihat sangat menikmati kegiatan senam pagi ini dan tetap mengikuti irama musik. 

"Kita lakukan senam bersama ini tujuannya agar para pegawai di perkantoran agar selalu bugar. Kalau pegawainya bugar maka daya tahan tubuhnya bagus dan juga imunnya bagus. Dulu kita juga sudah melakukan senam bersama ini di hari Jumat pagi, dan sekarang kita kembalikan lagi setiap hari jumat untuk melakukan senam bersama ini," ujar Menpora. 

Pada kesempatan tersebut, Menpora juga meminta kepada Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta agar senam bersama ini bisa dilombakan antar unit.

"Pak Deputi kayaknya ini harus ada tambahan variasi, di perlombaan antar unit. Karena apa, karena kita sudah membuat himbauan kepada seluruh kementerian dan lembaga, pemerintah provinsi, kabupaten/kota bahkan perusahaan BUMN dan swasta untuk setiap hari Jumat jam 7: 00 WIB sampai jam 8:00 melakukan senam bersama," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tottenham Hotspur Vs Manchester United, Solskjaer: Duel Sulit

Posted: 18 Jun 2020 09:35 PM PDT

Manchester- Manajer Manchester United Ole Gunnar Solskjaer mengungkapkan pasukannya sudah siap mental dan fisik untuk menghadapi Tottenham Hotspur dini hari nanti. Meski begitu, Solskjaer akui ini bakal jadi duel sulit.

Setelah tiga bulan ditangguhkan, Premier League sudah mulai digelar pada pekan ini. Ke-20 klub Premier League akan mulai memainkan pertandingan pekan ke-30 pada akhir pekan ini.

Manchester United adalah satu di antara tim pertama yang akan bertanding. Tim Setan Merah bakal bersua Tottenham Hotspur di Tottenham Stadium, Jumat (19/6/2020) malam waktu setempat.

Solskjaer mengaku antusias untuk menghadapi pertandingan ini. Akan tetapi, dia menegaskan timnya sama sekali tidak akan menyepelekan Tottenham.

"Ini adalah pertandingan yang sangat luar biasa. Pertandingan ini adalah pertandingan besar, karena kami akan menghadapi salah satu tim terbaik di Premier League," beber Solskjaer yang dikutip Manchester Evening News.

"Mereka (Tottenham Hotspur) adalah finalis Liga Champions kurang dari satu tahun yang lalu, sehingga ini akan menjadi pertandingan yang sulit," lanjut legenda Manchester United tersebut.

Siap Ladeni Tottenham Hotspur

Penyerang Tottenham Hotspur, Son Heung-min saat dilanggar dua pemain Manchester United, Fred dan Daniel James  pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Old Trafford, Rabu (4/12/2019). MU menang tipis atas Tottenham 2-1. (AP Photo/Rui Vieira)
Penyerang Tottenham Hotspur, Son Heung-min saat dilanggar dua pemain Manchester United, Fred dan Daniel James pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Old Trafford, Rabu (4/12/2019). MU menang tipis atas Tottenham 2-1. (AP Photo/Rui Vieira)

Meski dianggap sulit, Ole Gunnar Solskjaer cukup optimistis timnya bisa bicara banyak saat berkunjung ke London Utara nanti. Solskjaer menyebut Manchester United telah bekerja keras dalam beberapa pekan terakhir, sehingga siap untuk menghadapi Tottenham.

"Sebelum pertandingan ini kami melakukan beberapa kali pertandingan internal 11 vs 11 dan juga kami melakukan uji coba melawan West Brom," kata Solskjaer.

"Saya rasa kondisi kami bagus jelang laga ini, kami masih muda, dan para pemain kami masih fit dan kami siap untuk bertanding besok malam." ujarnya.

Baik Tottenham dan MU sama-sama membutuhkan poin penuh untuk pekan ke-30 ini. Tiga poin tersebut akan sangat krusial bagi Setan Merah untuk mengamankan satu tempat di Liga Champions musim depan.

Sumber: Manchester Evening News

Disadur dari: Bola.net (Penulis: Serafin Unus Pasi/Published: 18/6/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sarana Belum Siap, Masjid Istiqlal Belum Gelar Salat Jumat

Posted: 18 Jun 2020 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Kepala Bidang Penyelenggaraan Peribadatan Masjid Istiqlal Abu Hurairah menyatakan, salat Jumat belum akan diadakan hari ini.

"Belum ada hari ini," tulis dia dalam pesan singkat, Jumat (19/6/2020).

Abu mejelaskan, ada sarana dan fasilitas di masjid terbesar se-Asean itu yang belum dapat dijalankan usai direnovasi.

"Sarana fasilitas belum siap pascarenovasi," lanjut dia.

Sebagai informasi, pekan lalu Masjid Istiqlal sempat mewancanakan menggelar Salat Jumat. Namun hal itu belum bisa terlaksana dikarenakan kesiapan yang belum memadai.

 

Taati Protokol Kesehatan

Diketahui, menggelar salat Jumat di sejumlah masjid di DKI sudah mulai dilakukan. Hal itu seiring dimulainya masa transisi pembatasan sosial berskala besar.

Meski demikian, salat berjamaah wajib menaati protokol kesehatan dengan saling jaga jarak antar jemaah.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lamongan Kini Memiliki Fasilitas Ruang Isolasi Modern untuk Penanganan COVID-19

Posted: 18 Jun 2020 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan berharap keberadaan ruang isolasi atau observasi penyakit infeksi emerging di wilayah tersebut dapat menurunkan angka penularan dan meningkatkan kesembuhan di rumah sakit terkait ada COVID-19.

"Rumah sakit isolasi ini sekarang telah dibuka, lebih steril, dan modern. Nantinya secara bertahap pasien terkonfirmasi yang dirawat di rumah sakit akan dipindahkan ke sini," ujar Bupati Lamongan, Fadeli seperti dikutip dari Antara, ditulis Jumat (19/6/2020).

Fadeli ingin dengan keberadaan ruang isolasi angka penularan di rumah sakit akan menurun dan angka kesembuhan meningkat.

Sementara itu, fasilitas ruang isolasi yang berada di RSUD dr Soegiri selayaknya infrastruktur modern yang memiliki fasilitas bangunan screening, bangunan karantina yang berkapasitas 75 tempat tidur, bangunan isolasi yang dapat memuat tujuh tempat tidur, dan beberapa bangunan pelengkap lainnya.

Fasilitas isolasi/observasi itu hanya terdapat di tiga daerah di Indonesia, yakni Rumah Sakit Umum Daerah di Lamongan, Rumah Sakit Darurat di Rumah sakit Akademik UGM Yogyakarta dan Rumah Sakit Darurat di Biak Numfor, Papua.

Ruang itu berdiri pada lahan seluas 6.810 meter persegi di Jalan Kusuma Bangsa, Tumenggungan Kecamatan Lamongan, dan dilengkapi ruang bertekanan negatif dan filter bakteri dan virus.

Sementara dalam peresmiannya dilaksanakan secara virtual dengan penerapan protokol kesehatan, seperti membatasi peserta peresmian, menghindari kerumunan dan kewajiban mengenakan masker.

Langkah Antisipasi Penanganan COVID-19

Ilustrasi Rumah Sakit (pixabay.com)
Ilustrasi Rumah Sakit (pixabay.com)

Wakil Menteri PU PR John Wempi Weitipo dan Kepala BNPB Doni Monardo hadir secara virtual. John Wempi Weitipo mengatakan, pembangunan fasilitas isolasi di Lamongan sebagai salah satu langkah antisipasi terhadap kebutuhan penanganan penyakit yang terdampak COVID-19.

"Pembangunan ruang isolasi khusus ini dalam upaya meningkatkan kuantitas dan kualitas pelayanan isolasi dan observasi terhadap penyakit infeksi virus corona di Kabupaten Lamongan yang memiliki nilai strategis, dan akan memberikan manfaat besar, yaitu sebagai salah satu langkah antisipasi terhadap kebutuhan penanganan penyakit yang terdampak COVID-19," ujar dia.

Sementara itu, berdasarkan data COVID-19 Center Kabupaten Lamongan terkini, pasien positif di wilayah itu bertambah 29, sehingga total menjadi 204 orang positif, dengan rincian 72 pasien sembuh, 27 pasien meninggal dunia, sisanya masih menjalani perawatan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berdayakan Masyarakat, PLN Banten Kembangkan Program Domba Listrik

Posted: 18 Jun 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PLN UID Banten melalui CSR PLN, kucurkan Rp 200 juta untuk memberdayaan masyarakat usaha berkelanjutan yang dimulai dengan peternakan domba. Domba Listrik (Dolis) adalah nama dari program pemberdayaan tersebut.

Bantuan diberikan kepada masyarakat di empat lokasi, yaitu di Desa Dangdeur Kecamatan Jayanti, Desa Pasir Ampo Kecamatan Kresek, Desa Tamiang Kecamatan Gunung Kaler, dan Desa Lembangsari Kecamatan Rajeg.

"Semua ada di wilayah Kabupaten Tangerang, bantuan senilai Rp 200 juta dalam bentuk kandang dan 20 domba setiap kandangnya,"ungkap Manager Komunikasi PLN UID Banten, Eman, pada peresmian program di Desa Pasir Ampo.

Eman juga mengatakan, program Dolis adalah program perdana yang dicetuskan PLN Banten. Sehingga, diharapankan bantuan ini bisa berkembang dengan baik dan bisa di tularkan ke masyarakat yang lebih luas lagi.

"Khairunnas anfa uhum linnas, kita berusaha untuk menjadi orang-orang yang banyak memberi manfaat. Dombanya bisa berkembang biak dan bisa sebagian dibagikan untuk masyarakat sekitarnya lagi," kata Eman.

Dirut PLN: Tidak Ada Kenaikan Tarif Listrik sejak Januari 2017

Pekerja memperbaiki kabel listrik Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Banten 3 Lontar, di Kabupaten Tangerang, Rabu (29/4/2020). PLN (Persero) memutuskan untuk menunda sejumlah proyek listrik meski berpotensi mengganggu jalannya program 35.000 MW. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Pekerja memperbaiki kabel listrik Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Banten 3 Lontar, di Kabupaten Tangerang, Rabu (29/4/2020). PLN (Persero) memutuskan untuk menunda sejumlah proyek listrik meski berpotensi mengganggu jalannya program 35.000 MW. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Sebelumnya, PT PLN (Persero) memastikan tidak ada kenaikan tarif listrik selama periode Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal ini menanggapi banyaknya keluhan warga yang mengaku tagihan listrik mereka membengkak saat PSBB.

Dalam Rapat DEngar Pendapat (RDP) Komisi VII DPR dengan Direktur Utama PLN hari ini, Rabu (17/6/2020), Dirut PLN, Zulkifli Zaini, menjelaskan bahwa lonjakan kenaikan tarif listrik tidak disebabkan adanya kenaikan tarif listrik ataupun adanya subsidi silang.

"Sebagaimana telah diputuskan antara pemerintah dan DPR kenaikan tarif list adalah ranah dan kemewangan pemerintah dan PLN dalam posisi dalam posisi untuk menjalankan kebijakan tersebut," jelas Zulkifli.

Pemerintah telah memutuskan sejak Januari 2017 bahwa tarif listrik tidak mengalami kenaikan meskipun berdasarkan perhitungan operasional harga keekonomian produksi listrik tersebut sudah mengalami perubahan dalam 3,5 tahun terakhir.

Adapun perubahan yang dimaksudkan merupakan akibat dari adanya perubahan kurs terhadap dollar, harga BBM di pasar Indonesia, dan inflasi sepanjang waktu tersebut yang rata-rata per tahunnya berkisar 3 sampai 4 persen berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS).

Mekanisme Penagihan

Petugas PLN melakukan penyambungan penambahan daya listrik di Jakarta, Rabu (21/6). Menyambut lebaran, PLN memberikan bebas biaya penyambungan untuk rumah ibadah dan potongan 50 persen untuk pengguna selain rumah ibadah. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Petugas PLN melakukan penyambungan penambahan daya listrik di Jakarta, Rabu (21/6). Menyambut lebaran, PLN memberikan bebas biaya penyambungan untuk rumah ibadah dan potongan 50 persen untuk pengguna selain rumah ibadah. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Lonjakan tagihan tersebut, kata Zulkifli, karena mekanisme penagihan penggunaan rata-rata tagihan 3 bulan terakhir akibat kebijakan PSBB.

"PLN telah memutuskan pada bulan april dan Mei tidak dilakukan pencatatan meter pada rumah-rumah pelanggan dengan tujuan untuk melindungi pelanggan dari resiko penularan virus karena proses pencatatan harus dilakukan dari setiap rumah pelanggan," kata dia.

Selain itu, petugas juga tidak melakukan catat meter karena di beberapa tempat menutup total akses keluar masuk bagi yang bukan warga daerah mereka untuk menghindari penularan virus Covid-19.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Huawei Setop Produksi Komponen Mate 40 Sementara

Posted: 18 Jun 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Huawei dilaporkan meminta para penyuplai komponen sementara waktu menghentikan produksi untuk Mate 40. Hal ini diperkirakan akan membut produksi massal seri Huawei Mate 40 tertunda satu hingga dua bulan.

Dilansir GSM Arena, Jumat (19/6/2020), Huawei kemungkinan masih akan mengumumkan seri Mate 40 sesuai jadwal. Namun, peluncuran di pasar akan tertunda karena penundaan produksi komponennya.

Huawei disebut sedang mengambil waktu untuk mengevaluasi persediaan chip miliknya. Hal ini terkait dengan tekanan Amerika Serikat (AS) terhadap bisnis Huawei yang memengaruhi produksi chipset.

Pemblokiran AS terhadap Huawei termasuk menggunakan produk-produk negara tersebut, seperti Google Play Services.

Larangan menggunakan berbagai layanan Google memperlambat ekspansi Huawei, tapi perusahaan sejauh ini berhasil memperkuat penjualan di pasar Tiongkok.

Adapun Huawei dilaporkan telah mengurangi pesanan komponen tertentu sebesar 20 persen untuk mengantisipasi permintaan yang lebih rendah. Hal yang sama diprediksi juga akan memengaruhi merek Honor.

Huawei Mate 40 Akan Dibekali Kamera 108MP?

Huawei Mate 30 Series. Liputan6.com/Ilyas Praditya
Huawei Mate 30 Series. Liputan6.com/Ilyas Praditya

Huawei sedang menyapkan seri flagship Mate 40. Informasi mengenai smartphone tersebut sudah banyak beredar di ranah internet.

Berdasarkan laporan baru, seri Huawei Mate 40 kemungkinan akan memiliki kamera utama dengan resolusi 108MP.

Informasi dari Sumber

Menurut sumber dari rantai suplai Huawei, akan ada kamera 108MP dengan optik lebih baik pada Mate 40 dan Mate 40 Pro.

Hasil gambar disebut akan lebih bagus dibandingkan sensor 108MP lain yang sudah ada di pasar. Huawei juga disebut melakukan berbagai perbaikan dan optimalisasi lain untuk kamera seri Mate 40.

Sejauh ini belum ada rincian informasi mengenai kemampuan kamera Huawei Mate 40. 

(Din/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sampah Plastik di DKI Jakarta Meningkat saat Pandemi Corona

Posted: 18 Jun 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Volume sampah plastik di DKI Jakarta naik selama masa pandemi Corona dan pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Meskipun, jumlah sampah yang dihasilkan secara keseluruhan mengalami penurunan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta H Andono Warihm menjelaskan, ada tiga periode penting dalam masa penanganan Covid-19 di Ibu Kota, yaitu dimulainya seruan beraktivitas di rumah oleh Pemprov DKI Jakarta pada 16 Maret, berlakunya PSBB sejak 10 April dan dimulainya PSBB transisi pada 4 Juni.

"Dari ketiga milestone itu kita melihat jumlah sampah berkurang," kata Andono dalam diskusi online yang diadakan Greenpeace Indonesia di Jakarta, seperti yang dilansir dari Antara, Jumat (19/6/2020).

Dia memberi contoh, pada periode 1-15 Maret 2020, sampah yang dihasilkan rata-rata 9.300 ton per hari. Setelah dimulainya seruan beraktivitas di rumah pada 16 Maret-9 April 2020 jumlah sampah mencapai sekitar 8.400 ton per hari dan periode 10 April-4 Juni turun menjadi 6.300 ton per hari.

 

Tak Ada Penimbunan

Menurut Andono, dari data tersebut dapat diambil kesimpulan, selama periode tindakan menekan infeksi Covid-19 seperti PSBB membuat tren jumlah sampah yang dihasilkan dan ditimbun di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu Bantargebang mengalami pengurangan.

"Namun, sekali lagi ternyata komposisi plastiknya meningkat," kata Andono.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Prabawati Sukarta, Pengisi Suara Shizuka Meninggal

Posted: 18 Jun 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka datang dari dunia pengisi suara Indonesia, Prabawati Sukarta, pengisi suara karakter Shizuka pada serial Doraemon edisi pertama dikabarkan meninggal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Penyebab Penyakit Gastritis, Waspadai Gejalanya

Posted: 18 Jun 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyebab penyakit gastritis harus diwaspadai, sebab akan sangat berbahaya bagi kesehatan apabila terlambat dalam penanganannya. Penyebab penyakit gastritis sendiri biasanya dapat semakin parah apabila penderita memiliki gaya hidup yang tidak sehat dan cenderung asal-asalan, terutama dalam mengonsumsi makanan dan minuman.

Mengapa penyebab penyakit gastritis tersebut wajib diketahui dan diwaspadai? Penyakit gastritis sebenarnya merupakan penyakit peradangan pada dinding lambung. Dan memang, penyakit ini sebenarnya bukan penyakit yang terlalu serius dan bisa dengan mudah diobati. Tapi, jika penyebab penyakit gastritis dibiarkan, maka dapat berkembang menjadi tukak lambung serta meningkatkan risiko kanker lambung.

Biasanya, orang yang sedang menderita penyakit gastritis sering tidak memunculkan gejala apa pun. Sebabnya, gejala radang lambung biasanya tampak samar dan sering dikira penyakit pencernaan lainnya. Sebenarnya gejala dari gastritis yang paling umum dirasakan seperti, hilangnya nafsu makan, rasa ingin mual dan muntah meningkat, serta adanya rasa nyeri pada perut di bagian atas.

Dan ketika penyakit tersebut menyebabkan dinding lambung sampai mengalami perdarahan, maka biasanya akan timbul juga gejala seperti, feses berwarna hitam, muntah darah, atau muntah cairan berwarna pekat seperti kopi. Dan jika sudah dalam tahap tersebut, ada baiknya Anda segera konsultasi ke dokter. Terutama jika gejala-gejala yang dialami tersebut masih belum hilang juga dan justru dirasa semakin parah.

Lalu, apa saja penyebab penyakit gastritis tersebut? Untuk mengetahui menganai penyebab penyakit gastritis maka di bawah ini Liputan6.com telah merangkum informasi tersebut dari berbagai sumber. Tentunya agar Anda lebih waspada dan hati-hati dalam menjalankan gaya hidup sehari-hari, Jumat (19/6/2020).

1. Infeksi Bakteri

Penyebab Gastritis Kronis Pada Usia Dewasa Muda
Penyebab Gastritis Kronis Pada Usia Dewasa Muda

Penyebab penyakit gastritis yang pertama dikarenakan adanya infeksi bakteri. Bakteri yang dapat menginfeksi tersebut bernama bakteri H. Pylori. Bakteri tersebut sebenarnya dapat dikatakan bisa saja menginfeksi semua orang. Akan tetapi, pada akhirnya hanya ada sebagian orang yang berlanjut pada timbulnya penyakit gastritis atau yang bisa disebut juga sebagai gangguan pada saluran cerna atas.

Orang-orang akan semakin rentan terkena infeksi dari bakteri ini, apabila memang sudah bawaan dari genetik. Namun, tingginya risiko orang untk terkena bakteri ini juga bisa karena gaya hidup yang tidak sehat, seperti kebiasaan merokok, serta konsumsi makanan yang tidak teratur dan jenisnya tidak baik.

2. Menggunakan Obat Pereda Nyeri

Obat pereda nyeri dan sakit kepala, aspirin, ternyata memiliki kemampuan untuk mencegah kanker.
Obat pereda nyeri dan sakit kepala, aspirin, ternyata memiliki kemampuan untuk mencegah kanker.

Ternyata, penggunaan obat pereda nyeri seperti ibuprofen, aspirin, naproxen dan asam mefenamat juga semakin meningkatkan risiko terkena penyakit gastritis baik dalam level akut maupun kronis. Obat pereda nyeri tersebut, jika dikonsumsi berlebihan atau dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang, maka obat-obatan dalam golongan ini dapat menurunkan kadar zat yang mampu dalam menjaga lapisan mukosa yang berfungsi melindungi dinding lambung.

3. Usia

Kenali Gejala Gastritis Akut
Kenali Gejala Gastritis Akut

Selain kedua penyebab di atas, faktor usia ternyata juga usia menjadi salah satu penyebab tingginya risiko untuk terkena penyakit gastritis. Hal tersebut memang disebabkan oleh dinding lambung yang cenderung menipis karena adanya pertambahan usia.

Dan, pada orang yang sudah lanjut usia, peluang terfinfeksi bakteri H. Pylori juga akan semakin meningkat. Maka dari itu, ada baiknya bagi para orang lanjut usia untuk lebih mejaga kesehatan agar terhindar dari penyakit gastritis ini.

4. Autoimun

5 Penyakit Autoimun yang Sering Menyerang Perempuan (Nelzajamal/Shutterstock)
5 Penyakit Autoimun yang Sering Menyerang Perempuan (Nelzajamal/Shutterstock)

Lalu, penyakit gastritis ini juga bisa disebabkan oleh adanya faktor pemicu lainnya, yaitu penyakit autoimun. Ketrika tubuh mengalami penyakit autoimun, maka sistem imun pada tubuh akan menyerang sel-sel yang berguna dalam membentuk dinding lambung.

Itulah mengapa, pada akhirnya lapisan pelindung inding lambung dapat rusak. Biasanya, gastritis autoimun berhubungan dengan kurangnya asupan vitamin B12 dan akan lebih banyak ditemukan di orang-orang yang mengalami penyakit autoimun lain, seperti jenis diabetes tipe 1.

Penyabab penyakit gastritis yang lain juga bisa dikarenakan adanya berbagai penyakit atau kondisi medis lainnya, seperti HIV/AIDS, penyakit Crohn, dan infeksi parasit. Dan ketika penyakit gastritis tersebut tidak terdeteksi serta tidak terobati, maka dapat berkembang menjadi tukak lambung juga perdarahan lambung. Sebenarnya hal ini cukup jarang terjadi, namun pada sebagian kasus, gastritis kronis juga menjadi penyebab meningkatkannya risiko terkena kanker lambung.

5. Stres Fisik dan Psikologis

Ilustrasi Sedang Mengalami Stres Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio
Ilustrasi Sedang Mengalami Stres Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Penyebab penyakit gastritis selanjutnya bisa dikarenakan oleh stres fisik serta psikologis. Biasanya stres fisik tersebut dapat disebabkan oleh operasi besar, cedera berat, luka bakar, atau infeksi berat yang menjadi penyebab timbulnya gastritis akut. Lalu, kondisi penyakit gastritis tersebut akan semakin parah ketika tubuh mengalami stres psikologis sebab produksi asam lambung akan meningkat dengan cepat.

6. Konsumsi Alkohol

Ilustrasi Foto Minuman Keras Vodka (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Minuman Keras Vodka (iStockphoto)

Dan salah satu penyebab gastritis yang terakhir yaitu disebabkan oleh kebiasaan konsumsi alkohol. Sebabnya, alkohol dapat mengiritasi dan melukai dinding lambung, lalu hal tersebut akan menyebabkan lambung terpapar cairan asam. Dan kondisi tersebut akan diperparah jika konsumsinya terlalu berlebihan.

Setelahh mengatahui penyebab penyakit gastritis di atas, maka ada baiknya untuk segara merubah gaya hidup dan menjaga pola makan sehari-hari, tentu agar tubuh selalu sehat dan tidak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Andre Taulany Teriak di Depan Rumah Prabowo Subianto

Posted: 18 Jun 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Andre Taulany merasa terhormat saat bertamu ke rumah Sandiaga Uno. Pertemuan ini direkam dalam video bertajuk "Tawarin Mobil Sporty Ke Bang Sandi, Andre Kaget Ternyata Dia Juga Koleksi."

Dalam video yang dipublikasikan di kanal YouTube TaulanyTV, Rabu (17/6/2020), itu Andre Taulany dan Sandiaga Uno mengitari sejumlah ruas jalan di Ibu Kota dengan mobil.

Di dalam mobil, Andre Taulany dan Sandiaga Uno berbincang seputar perkembangan YouTube dan podcast yang kini jadi tren. Di tengah obrolan Sandiaga Uno menyela dan berujar, "Nih Bro setiap kali kita lewat rumah sini, lo mesti buka kaca."

Buka Kaca Jendela

Unggahan Andre Taulany. (Foto: YouTube Taulany TV)
Unggahan Andre Taulany. (Foto: YouTube Taulany TV)

Andre Taulany yang tak paham maksud Sandiaga Uno balik bertanya, "Kenapa memang?"

Usai membuka kaca jendela mobil, tiba-tiba Sandiaga berujar, "Lo teriak nih, Prabowooo!"

Rupanya, mobil yang mereka tumpangi tengah melintas di kediaman Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto. "Oh, ini rumah Pak Prabowo, ya?" ujar Andre Taulany.

Pak Prabowo Apa Kabar?

Andre Taulany. (Foto: Instagram @andreastaulany)
Andre Taulany. (Foto: Instagram @andreastaulany)

"Ya, ini rumah Pak Prabowo. Pak Prabowooo!" pekik Sandiaga kemudian. "Pak Prabowo apa kabar!" teriak Andre. Puas meneriaki rumah Prabowo, keduanya melanjutkan perjalanan.

Andre Taulany baru sadar rumah Sandiaga Uno berdekatan dengan sejumlah politikus dan Menteri. "Tetanggaan, ya? Ternyata dekat banget," kata mantan vokalis band Stinky ini.

Rumah Menteri Keuangan

Sandiaga Uno. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Sandiaga Uno. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

"Sayang dia enggak ada lagi kerja Bro, kan Menteri," Sandiaga mengabari seraya berujar, "Dia enggak punya channel YouTube tapi, kan ada channel YouTube Gerindra. Sudah ada Facebook-nya, 9 juta pengikut happy banget." Yang terjadi berikutnya tak kalah seru.

Sandiaga Uno mengajak Andre Taulany melintas di depan kediaman Menteri Keuangan Sri Mulyani. "Nanti kita teriak di rumahnya Bu Sri Mulyani. Kalau lo waktunya banyak Bro, kan banyak (rumah) Menteri di sini bisa kita teriak-teriakin nanti. Ada Bambang Brojo," cetus Sandiaga.

Salam Buat Bu Sri Mulyani

Unggahan Sandiaga Uno. (Foto: YouTube Sandiuno TV)
Unggahan Sandiaga Uno. (Foto: YouTube Sandiuno TV)

Andre Taulany tampak syok dengan ide pengusaha ini. "Terus di sebelah kanan, kita buka nih kaca. Tuh nomor 14," seloroh Sandiaga Uno. "Bu Sri Mulyani, apa kabar Bu Sri Mulyani, ini Andre Taulany nih salam buat Bu Sri Mulyani," seru Sandiaga beberapa detik usai membuka kaca mobil.

"Taulany TV subscribe dan Sandiuno TV!" timpal Andre Taulany. "Pencet tombol merah, ha ha ha," sambar Sandiaga. Keduanya tertawa puas. Dalam kesempatan itu, Andre Taulany mengaku tak menyangka Sandiaga Uno bisa sesantai dan sekocak ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MA Kabulkan PK Eks Dirut Century Robert Tantular, Vonis Nihil

Posted: 18 Jun 2020 09:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mahkamah Agung (MA) mengabulkan upaya hukum peninjauan kembali (PK) mantan Direktur Utama Bank Century Robert Tantular. Majelis Hakim PK memvonis hukuman nihil terhadap Robert.

"Permohonan PK Pemohon/Terpidana Robert Tantular dikabulkan dengan membatalkan putusan judex juris-putusan yang dimohonkan PK," ujar Juru Bicara MA Andi Samsan Nganro, Jumat (19/6/2020).

Majelis Hakim PK menyatakan, Robert Tantular terbukti bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 6 Ayat (1) huruf a Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

"Meski Pemohon PK atau terpidana tetap dipersalahkan, akan tetapi pemohon PK atau terpidana tidak dijatuhi pidana atau dipidana Nihil," ucap Andi.

Andi menyebut, vonis nihil diberikan kepada Robert Tantular lantaran hukuman yang diterima Robert sudah melampaui hukuman maksimal 20 tahun penjara.

"Dipidana nihil maksudnya tidak dijatuhi pidana, karena pemohon PK sudah melebihi 20 tahun pidananya apabila digabung dengan pidana yang sudah dijatuhkan kepadanya," kata Andi.

 

Total Hukuman

Robert Tantular sebelumnya divonis dalam empat putusan pengadilan dengan total hukuman 21 tahun penjara. Berikut adalah empat kasus yang menjerat Robert:

1. Perkara Nomor 1059/Pid.B/2009/PN.Jkt.Pst dihukum 9 tahun penjara.

2. Perkara Nomor 666/Pid.B/2011/PN.Jkt.Pst dihukum 10 tahun penjara.

3. Perkara Nomor 1631/Pid.B/2012/PN.Jkt.Pst dihukum 1 tahun penjara.

4. Perkara Nomor 210/Pid.B/2013/PN.JKT.PST dihukum 1 tahun penjara.

Meski secara akumulasi Robert divonis 21 tahun penjara, namun Robert hanya menjalani pidana setengahnya, yakni 10 tahun lebih. Robert yang ditahan sejak 2008 sudah bebas dari Lapas Cipinang pada Juli 2018.

Robert disebut menerima program pembebasan bersyarat dan mendapat remisi 77 bulan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar FTV Kisah Nyata Spesial Episode Jumat, 19 Juni 2020

Posted: 18 Jun 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setiap siang FTV Kisah Nyata Spesial hadir mulai pukul 11.30 WIB.

Bukan sekedar bikin baper tapi drama Kisah Nyata Spesial juga bisa diambil hikmah.

FTV Kisah Nyata Spesial juga bisa disaksikan via live streaming dengan klik di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Premier League Bergulir Kembali, Satu Kasus Positif Covid-19 Ditemukan

Posted: 18 Jun 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, London- Premier League sudah resmi bergulir sejak 17 Juni lalu. Namun ada kabar buruk karena ditemukan satu kasus positif Covid-19 di kompetisi kasta tertinggi Inggris tersebut.

Pada Senin dan Selasa kemarin, Premier League mengadakns tes putaran kesembilan kepada 1.541 pemain, pelatih, dan staf klub dari 20 konstestan liga.

Sejak beberapa waktu lalu, Premier League memang rutin menggelar tes Covid-19 dua kali dalam sepekan. Dari delapan tes sebelumnya, terdapat total 14 kasus positif.

Kamis (18/6/2020), Premier League mengumumkan bahwa dari hasil tes putaran kesembilan, ditemukan satu kasus positif Covid-19 baru.

Sama seperti sebelumnya, satu orang yang positif Covid-19 ini diwajibkan menjalani masa isolasi mandiri selama tujuh hari.Tak hanya itu, Premier League juga lagi-lagi tetap merahasiakan identitas dan klub asal dari orang yang positif Covid-19 ini.

 

Premier League Sudah Kembali Bergulir

ilustrasi liga inggris (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi liga inggris (Liputan6.com/Abdillah)

 

Setelah terhenti selama tiga bulan, lanjutan Premier League musim 2019-20 akhirnya bisa kembali digelar mulai Kamis (18/6/2020) dini hari WIB kemarin.

Kembalinya Premier League ini ditandai dengan dua pertandingan, diawali dengan pertemuan Aston Villa versus Sheffield United yang berakhir imbang tanpa gol.

Selanjutnya, Manchester City sukses mengalahkan tim top lainnya, Arsenal dengan skor telak 3-0.

Sumber: Premier League

Disadur dari Bola.net (Ari Prayoga,published 19/6/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menag Sampaikan 14 Protokol Kesehatan di Pesantren dan Sekolah Keagamaan

Posted: 18 Jun 2020 09:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Agama menerbitkan panduan protokol kesehatan untuk penyelenggaraan belajar mengajar tahun ajaran baru di masa pandemi Covid-19. Dalam panduan itu, Menag Fachrul Razi menyampaikan 14 protokol kesehatan yang wajib diterapkan.

Panduan itu berlaku untuk pesantren, pendidikan keagamaan tidak berasrama, dan pendidikan keagamaan berasrama.

Pendidikan keagamaan tidak berasrama mencakup Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) dan Lembaga Pendidikan Al-Qur'an (LPQ), SD Teologi Kristen (SDTK), SMP Teologi Kristen (SMPTK). Lalu Sekolah Menengah Teologi Kristen (SMTK), dan Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen (PTKK), Sekolah Menengah Atas Katolik (SMAK) dan Perguruan Tinggi Katolik (PTK).

Kemudian Pendidikan Keagamaan Hindu, Lembaga Sekolah Minggu Buddha, Lembaga Dhammaseka, Lembaga Pabajja, serta Sekolah Tinggi Agama Khonghucu dan Sekolah Minggu Konghucu di Klenteng.

Berikut kesehatan bagi pesantren dan pendidikan keagamaan pada masa pandemi Covid-19:

1. Ketentuan protokol kesehatan yang berlaku pada pendidikan keagamaan yang tidak berasrama, berlaku juga untuk pesantren dan pendidikan keagamaan yang berasrama.

2. Membersihkan ruangan dan lingkungan secara berkala dengan desinfektan, khususnya handel pintu, saklar lampu, komputer dan papan tik, meja, lantai dan karpet masjid atau rumah ibadah, lantai kamar/asrama, ruang belajar, dan fasilitas lain yang sering terpegang oleh tangan.

3. Menyediakan sarana CTPS (cuci tangan pakai sabun) dengan air mengalir di toilet, setiap kelas, ruang pengajar, pintu gerbang, setiap kamar/asrama, ruang makan dan tempat lain yang sering di akses. Bila tidak terdapat air, dapat menggunakan pembersih tangan (hand sanitizer).

4. Memasang pesan kesehatan cara CTPS yang benar, cara mencegah penularan Covid-19, etika batuk/bersin, dan cara menggunakan masker di tempat strategis seperti di pintu masuk kelas, pintu gerbang, ruang pengelola, dapur, kantin, papan informasi masjid/rumah ibadah, sarana olahraga, tangga, dan tempat lain yang mudah di akses.

5. Membudayakan penggunaan masker, jaga jarak, CTPS, dan menerapkan etika batuk/bersin yang benar.

6. Bagi yang tidak sehat atau memiliki riwayat berkunjung ke negara atau daerah terjangkit dalam 14 hari terakhir untuk segera melaporkan diri kepada pengelola pesantren dan pendidikan keagamaan.

7. Mengimbau agar menggunakan kitab suci dan buku/bahan ajar pribadi, serta menggunakan peralatan ibadah pribadi yang dicuci secara rutin.

8. Menghindari penggunaan peralatan mandi dan handuk secara bergantian bagi lembaga pesantren dan pendidikan keagamaan yang berasrama.

 

Selanjutnya...

9. Melakukan aktivitas fisik, seperti senam setiap pagi, olahraga, dan kerja bakti secara berkala dengan tetap menjaga jarak, dan menganjurkan untuk mengonsumsi makanan yang sehat, aman, dan bergizi seimbang.

10. Melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan warga satuan pendidikan paling sedikit 1 kali dalam 1 minggu dan mengamati kondisi umum secara berkala:

11. Apabila suhu lebih dari 37,3°c, maka tidak diizinkan untuk memasuki ruang kelas dan/atau ruang asrama, dan segera menghubungi petugas kesehatan pada fasilitas pelayanan kesehatan setempat:

a. Apabila disertai dengan gejala batuk, pilek, sakit tenggorokan, dan/atau sesak nafas disarankan untuk segera menghubungi petugas kesehatan pada fasilitas pelayanan kesehatan setempat;

b. Apabila ditemukan peningkatan jumlah dengan kondisi sebagaimana dimaksud dalam huruf a dan huruf b segera melaporkan ke fasilitas pelayanan kesehatan atau dinas kesehatan setempat.

12. Menyediakan ruang isolasi yang berada terpisah dengan kegiatan pembelajaran atau kegiatan lainnya.

13. Menyediakan sarana dan prasarana untuk CTS (cuci tangan dengan sabun) termasuk sabun dan pengering tangan (tisu) di berbagai lokasi strategis.

14. Menyediakan makanan gizi seimbang yang dimasak sampai matang dan disajikan oleh penjamah makanan (juru masak dan penyaji) dengan menggunakan sarung tangan dan masker.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Italia: Persaingan Panas di Papan Atas

Posted: 18 Jun 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Liga Italia musim 2019/20 akan bergulir lagi pekan ini. Juventus selaku juara bertahan masih di urutan terdepan dalam merebut predikat juara.

Namun, tim berjuluk Bianconeri itu tampaknya harus lebih gigih untuk mempertahankan gelar juaranya. Pasalnya, ada Lazio dan Inter Milan yang siap menyalip mereka di tikungan.

Lazio saat ini duduk di peringkat kedua klasemen Liga Italia dengan 62 poin. Tim asuhan Simone Inzaghi itu hanya terpaut satu poin dari Juventus di posisi puncak.

Sementara itu Inter Milan berada di posisi ketiga. Nerazzurri yang saat ini dilatih Antonio Conte baru mengantongi 54 poin.

Liga Italia musim ini bakal bergulir lagi setelah terhenti karena pandemi virus corona covid-19 selama tiga bulan. Pemerintah Italia telah memberi restu kepada operator untuk menjalankan kompetisi, meski ada protokol ketat yang harus diterapkan.

Klasemen Liga Italia

ilustrasi logo Seri A liga italia (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi logo Seri A liga italia (Liputan6.com/Abdillah)
 

Jadwal Liga Italia

Sabtu, 20 Juni 2020

23.30 WIB: Torino vs Parma

Minggu, 21 Juni 2020

01.45 WIB: Verona vs Cagliari

23.30 WIB: Atalanta vs Sassuolo

Senin, 22 Juni 2020

01.45 WIB: Inter Milan vs Sampdoria

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Curhat Sri Mulyani, Ingin Istirahat Setengah Hari Ketemu Cucu

Posted: 18 Jun 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Keuangan Sri Mulyani terus memutar otak dalam mengelola keuangan negara di tengah pandemi Corona ini. Bendahara negara ini harus mengatur keuangan negara yang terbatas untuk bisa memberikan jaminan kehidupan yang layak kepada warga negara.

Kondisi tersebut membuat Sri Mulyani Indrawati berpikir keras bahkan sampai bekerja 24 jam sehari selama satu minggu penuh. Dia bercerita terkadang, meminta waktu kepada Sekretariat Jenderal untuk memberi waktu untuk beristirahat sejenak.

"Saya kadang minta ke Pushaka (Sekjen), Saya bisa tidak setengah hari di Sabtu ini jangan diganggu. Saya hanya ingin duduk, kosongkan pikiran dan berdiam," ujarnya dalam town hall meeting dengan pegawai Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (19/6/2020).

"Saya bisa nggak setengah hari di Sabtu ini (bekerjanya) saya ingin ketemu cucu saya. Saya merasakan bekerja 7 hari 24 jam penuh," sambung Sri Mulyani.

 

Lebih Ekstra

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyapa Wakil Ketua KPK Saut Situmorang saat menghadiri peringatan Hari Anti Korupsi Dunia (Hakordia) 2019 di Gedung Penunjang KPK, Jakarta, Senin (9/12/2019). KPK kembali menggelar Hari Antikorupsi Sedunia yang jatuh setiap 9 Desember. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Menteri Keuangan Sri Mulyani menyapa Wakil Ketua KPK Saut Situmorang saat menghadiri peringatan Hari Anti Korupsi Dunia (Hakordia) 2019 di Gedung Penunjang KPK, Jakarta, Senin (9/12/2019). KPK kembali menggelar Hari Antikorupsi Sedunia yang jatuh setiap 9 Desember. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Semenjak pandemi Virus Corona, Sri Mulyani mengatakan, pemerintah harus bekerja ekstra dibandingkan dengan kondisi normal. Meski bekerja dari rumah namun tetap saja harus menyiapkan berbagai strategi ekonomi dengan melakukan rapat-rapat.

"Karena orang menganggap kalau dari satu meeting ke meeting lain nggak perlu travelling time, cuma pindah dari satu zoom to another zoom, padahal di Kemenkeu harus menyediakan bahan karena ada konsekuensi keuangan negara," jelasnya.

 

Keuangan Negara Berat

(ki-ka) Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah menjadi pembicara dalam acara 'KPK Mendengar' di Gedung KPK, Jakarta, Senin (9/12/2019). (Liputan6.c
(ki-ka) Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah menjadi pembicara dalam acara 'KPK Mendengar' di Gedung KPK, Jakarta, Senin (9/12/2019). (Liputan6.c

Dalam kesempatan itu, dia juga mengatakan, saat ini Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) menghadapi tantangan yang sangat berat. Salah satunya defisit yang mendekati 1,76 persen.

"APBN berubah luar biasa, bayangkan 2020 tadinya kita ini berharap APBN itu primary balance mendekati 0, sudah mulai sangat sehat di mana penerimaan dan belanja sudah mulai mendekat dan memiliki defisit hanya 1,76 persen dengan keseimbangan primer mendekati 0," jelasnya.

Peningkatan defisit tersebut, tak lain disebabkan oleh penggelontoran dana penanganan Covid-19 hingga Rp700 triliun sendiri. "Kemudian ada Covid-19 menyebabkan pengeluaran belanja, hampir Rp 700 triliun sendiri. Artinya keuangan negara mengalami tekanan sangat berat," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Adik Sembuh dari Covid-19, Ini 6 Momen Via Vallen dan Keluarga Gelar Syukuran

Posted: 18 Jun 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kebahagiaan tengah dirasakan oleh keluarga Via Vallen. Setelah sang adik sempat dinyatakan positif terjangkit Corona Covid-19 beberapa waktu lalu, kini Via mengabarkan jika sang adik sudah sembuh. Kabar tersebut ia sampaikan lewat Instagram pribadinya.

"Alhamdulillahh hasil swab kedua dan ketiganya adekku udh NEGATIF dan sudah bebas karantinanyaa 😍Jd tadi siang di rumah abis ngadain syukuran ( tumpengan ) dann sekarang ngademm sambil barbequean tipiss tipiss" tulisnya pada unggahan Instagram, Kamis (18/6/2020).

Bahagia telah bebas dan tak lagi di karantina, pedangdut kelahiran Surabaya 1991 itu pun mengajak keluarga beasrnya untuk mengadakan syukuran. Dalam unggahan Instagram storiesnya, Via beserta anggota keluarga lainnya menggelar acara dengan tumpengan dan barbeque.

Kabarnya acara tersebut dilakukan di kawasan Batu, Malang. Ungkap rasa syukur dengan kumpul bersama keluarga, berikut ini 6 momen syukuran Via Vallen dan keluarga dirangkum dari Instagram @viavallen dan @mellross_08 oleh Liputan6.com, Jumat (19/6/2020).

1. Via Vallen bagikan kabar bahagia jika adiknya kini telah sembuh dan dinyatakan negatif Corona Covid-19.

Adik Via Vallen, Mella Rossa, dinyatakan sembuh Corona Covid-19. (Sumber: Instagram/@viavallen)
Adik Via Vallen, Mella Rossa, dinyatakan sembuh Corona Covid-19. (Sumber: Instagram/@viavallen)

2. Sembuh dari virus tersebut, Via Vallen kemudian mengajak keluarganya untuk gelar tumpengan di rumah dan barbeque di malam hari.

Adik Via Vallen, Mella Rossa, dinyatakan sembuh Corona Covid-19. (Sumber: Instagram/@viavallen)
Adik Via Vallen, Mella Rossa, dinyatakan sembuh Corona Covid-19. (Sumber: Instagram/@viavallen)

3. Keseruan barbeque sebagai perayaan kesembuhan sang adik, ia bagikan di media sosial Instagram Storiesnya.

Adik Via Vallen, Mella Rossa, dinyatakan sembuh Corona Covid-19. (Sumber: Instagram/@viavallen)
Adik Via Vallen, Mella Rossa, dinyatakan sembuh Corona Covid-19. (Sumber: Instagram/@viavallen)

4. Pelantun lagu 'Bojo Galak' ini mengajak seluruh anggota keluarganya untuk menikmati makan malam bersama.

Adik Via Vallen, Mella Rossa, dinyatakan sembuh Corona Covid-19. (Sumber: Instagram/@viavallen)
Adik Via Vallen, Mella Rossa, dinyatakan sembuh Corona Covid-19. (Sumber: Instagram/@viavallen)

5. Tak hanya Via Vallen, keluarganya bernama Mella Rossa juga bagikan keseruan acara syukuran tersebut di Instagramnya.

Adik Via Vallen, Mella Rossa, dinyatakan sembuh Corona Covid-19. (Sumber: Instagram/@mellross_08)
Adik Via Vallen, Mella Rossa, dinyatakan sembuh Corona Covid-19. (Sumber: Instagram/@mellross_08)

6. Postingan Via Vallen langsung banyak dikomentari warganet yang turut senang mendengar kabar kesembuhan adik Via.

Adik Via Vallen, Mella Rossa, dinyatakan sembuh Corona Covid-19. (Sumber: Instagram/@mellross_08)
Adik Via Vallen, Mella Rossa, dinyatakan sembuh Corona Covid-19. (Sumber: Instagram/@mellross_08)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Golkar Masih Tunggu Keputusan DPP soal Pilkada Solo

Posted: 18 Jun 2020 09:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - DPD Partai Golkar Solo masih menunggu surat rekomendasi resmi dari DPP untuk mendukung Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wali kota di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Solo 2020.

"Kalau yang ke Solo kami belum dapat tembusan [surat rekomendasi]. Mungkin masih di atas. Kami secara resmi belum terima," ujar Ketua DPD Partai Golkar Solo, Maria Sri Sumarni, Kamis, 18 Juni 2020.

Menurut Maria, dukungan kepada Gibran memang sudah menjadi keputusan dalam rapat-rapat pengurus DPP Partai Golkar. Begitu juga saat rapat koordinasi (rakor) di Jawa Tengah (Jateng) sudah ada sinyal-sinyal itu.

Tapi secara organisasi, lanjut dia tetap harus menunggu surat resmi mengenai sikap Partai Golkar di Pilkada Solo. Bila sudah menjadi keputusan partai pasti akan ada hitam di atas putih atau surat untuk didelegasikan ke pengurus di daerah.

"Keputusan rapat-rapat itu nanti ditindaklanjuti dengan hitam di atas putih. Itu kebijakan dari DPP. Nanti turun ke tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Sudah jelas kemarin dari pusat seperti itu. Kami menunggu," jelasnya.

Maria menjelaskan semula Partai Golkar Solo ingin mengusung kader muda Evandra RP Subagyo untuk meramaikan bursa cawali-cawawali Solo. Tapi gerakan itu berhenti karena pandemi Covid-19.

DPD Partai Golkar Solo belum sempat mengusulkan sosok Evandra, DPP Partai Golkar memutuskan untuk mendukung Gibran di Pilkada Solo.

"Secara garis partai kami akan ikuti apa yang menjadi keputusan DPP," tegas dia.

Sosok Ideal Pemimpin Solo

Di tempat terpisah, Ketua DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Solo, Antonius Yogo Prabowo, menyatakan konsisten mendukung Gibran Rakabuming Raka sebagai cawali di Pilkada Solo 2020.

Putra sulung Presiden Jokowi dinilai sebagai sosok ideal pemimpin Solo ke depan. Kendati sedari awal mendukung Gibran, menurutnya PSI menyerahkan sepenuhnya pemilihan figur cawawali kepada PDI Perjuangan.

"PSI mendukung penuh Gibran tanpa syarat. Kami murni berorientasi kepada figur yang sekiranya bisa membawa Solo melompat lebih baik. Tapi bila boleh berharap, kami ingin duet pasangan muda visioner," ujar dia.

 

Simak berita Solopos.com lainnya di sini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penampakan Menawan Kawah Gunung Tambora yang Meletus 205 Tahun Lalu

Posted: 18 Jun 2020 09:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - 205 tahun lalu, pada April 1815, Gunung Tambora di Sumbawa mengalami erupsi dengan kekuatan letusan mencapai level 7 Volcanic Explosivity Index (VEI). Saking dahsyatnya, dampak letusan bukan hanya di Indonesia, tapi hingga ke Eropa.

Kala itu, Tambora menyemburkan abu panas dan gas ke atmosfer, menggelapkan langit. Mahatari pun menghilang dari pandangan. Lebih dari 90 ribu jiwa tewas akibat aliran piroklastik, tsunami, dan debu yang menyesakkan jalan napas. Juga akibat kelaparan dan wabah yang terjadi selama beberapa bulan kemudian.

Tatkala awan abu menebal, lava panas yang tumpah ke lereng gunung memanaskan udara di atasnya. Suhu mencapai ribuan derajat Celsius. Udara panas dengan cepat naik, meninggalkan ruang hampa yang memungkinkan terciptanya angin puyuh yang kemudian menumbangkan pepohonan, meratakan rumah-rumah, menyapu manusia, ternak, dan kuda.

Hampir setiap rumah di sanggar binasa. Desa Tambora, yang lebih dekat, lenyap di bawah timbunan batu apung yang masih membara. Lava dalam jumlah besar tumpah ke laut, memicu tsunami setinggi hampir 4,5 meter, yang menerjang apa pun yang ada dalam jangkauannya.

Ledakan hebat dari reaksi lahar dengan air laut yang dingin melemparkan abu dalam jumlah yang lebih besar ke atmosfer. Ladang batu serpihan apung tercipta di sepanjang garis pantai yang mengganggu lalu lintas kapal selama beberapa tahun kemudian.

Kapal Inggris Fairlie menjumpainya di Samudra Hindia Selatan pada Oktober 1815, yang jauhnya lebih dari 3.218 km. Para awak sempat mengiranya sebagai rumput laut.

Di Fort Marlborough atau Bengkulu, para tetua desa menyimpulkan asal muasalnya adalah dari alam gaib. "Disimpulkan bahwa asalnya adalah tarung antar-jin...," demikian dilaporkan aparat yang ada di sana.

Sementara, di Gresik, warga di sana menduga ledakan itu adalah 'artileri supernatural' milik Ratu Pantai Selatan atau Nyi Roro Kidul, yang dilepaskan untuk merayakan pernikahan salah satu anaknya. 

Mereka tak sadar, malapetaka sedang menimpa di kaki Gunung Tambora.

Kini, setelah ratusan tahun berlalu, kawah Gunung Tambora terlihat menawan. Seperti dalam foto yang diunggah akun Twitter @infomitigasi.

"#Tambora Crater June,13 2020 @CopernicusLand Sulit dibayangkan bahwa dahulunya letusan Tambora pernah mengguncang dunia, berbanding terbalik dengan kondisi saat ini yang terlihat indah dan menawan kawahnya."

Orang Eropa Terpaksa Makan Kucing

Gunung Tambora (ISS-Digital Camera)
Gunung Tambora (ISS-Digital Camera)

Efek dari letusan Gunung Tambora bahkan hingga Eropa. Masyarakat Barat tak menyangka Bumi seakan-akan berubah dan seolah-olah menunjukkan tanda akhir dunia.

Kekuatan letusan Tambora pada 10-12 April 1815 adalah yang terbesar yang pernah tercatat dalam sejarah. Empat kali lipat dari amuk Krakatau pada 1883 dan 10 kali lipat dari erupsi Gunung Pinatubo di Filipina pada 1991.

Erupsi diiringi halilintar sambung-menyambung, bunyinya menggelegar bagaikan ledakan bom atom, terdengar hingga ratusan kilometer. Sir Stamford Raffles, pendiri Singapura modern, mengira bunyi memekakkan telinga itu berasal dari meriam.

Vulkanolog dari Cambridge University, Clive Oppenheimer, dalam bukunya "Eruptions that Shook the World" memperkirakan 60.000-120.000 nyawa terenggut, baik secara langsung--oleh awan panas, tsunami-- maupun tak langsung, akibat kelaparan dan wabah penyakit yang berjangkit berbulan-bulan kemudian.

Kabar pertama meletusnya Tambora mencapai Inggris pada November 1815. Media The Times mempublikasikan secarik surat dari seorang pedagang di Hindia Belanda. "Kita baru mengalami letusan paling luar biasa yang mungkin belum pernah terjadi di mana pun di muka Bumi," tulisnya, seperti dimuat situs sains NewScientist.

Lautan sejauh mata memandang dipenuhi batang pohon, batu yang mengapung, juga jasad manusia gembung, yang menghalangi laju kapal.

Dua hari setelah letusan dahsyat, Sumbawa gelap gulita. "Tanaman padi sama sekali rusak, tak ada yang tersisa. Manusia dalam jumlah besar tewas seketika, lainnya meregang nyawa setiap harinya."

Erupsi Tambora juga berdampak global. Abu dan panas sulfur dioksida menyembur melubangi atmosfer, suhu rata-rata global merosot 2 derajat Celsius atau sekitar 3 derajat Fahrenheit.

Di belahan dunia lain, efek Tambora juga merenggut ribuan nyawa. Bukan karena letusannya, melainkan akibat epidemi tifus dan kelaparan merata di wilayah Eropa. Rusuh tak terelakkan, rumah-rumah dan toko dibakar dan dijarah.

Badai salju melanda New England Juli tahun itu, panen gagal. Eropa pun mengalami kondisi yang sama parahnya. "Bahan makanan berkurang, orang-orang terpaksa makan kucing dan tikus. Warga Eropa dan sisi timur Amerika Utara mengalami kesulitan tak terbayangkan," kata Stephen Self, dosen ilmu bumi dan planet di University of California, Berkeley, seperti dimuat situs Imperial Valley News.

Demikian pula di Yunan, Daratan Tiongkok, orang-orang terpaksa memakan tanah liat, karena cuaca yang buruk menggagalkan panen padi.

Penyair Li Yuyang dalam puisinya mengisahkan tentang rumah-rumah yang tersapu banjir. Para orangtua terpaksa menjual anak-anak mereka, ditukar dengan sekantung gandum. Suami menyaksikan istri dan buah hatinya mati perlahan akibat kelaparan.

Tambora bahkan mengubah peta sejarah, 18 Juni 1815, cuaca buruk yang diakibatkan Tambora konon ikut membuat Napoleon Bonaparte kalah perang di Waterloo. Hari terpedih dalam sejarah gilang-gemilang Sang Kaisar Prancis.

Kegelapan yang menyelimuti Bumi menginspirasi novel-novel misteri legendaris, misalnya, Darkness atau Kegelapan karya Lord Byron, The Vampir atau Vampir karya Dr John Palidori dan novel Frankenstein karya Mary Shelley.

Pada tahun 2004, para ilmuwan menemukan sisa-sisa peradaban kuno dan kerangka dua orang dewasa yang terkubur abu erupsi Gunung Tambora di kedalaman 3 meter. Diduga, itu adalah sisa-sisa Kerajaan Tambora yang tragisnya "diawetkan" oleh dampak letusan dahsyat itu.

Penemuan situs itu membuat Tambora punya kesamaan dengan letusan Gunung Vesuvius di abad ke-79 Masehi. Peradaban di Tambora lantas dijuluki sebagai "Pompeii di Timur."

 

Melahirkan Sepeda

Dampak letusan Tambora: sepeda (Wikipedia)
Dampak letusan Tambora: sepeda (Wikipedia)

Musim panas 1816 tak berlangsung seperti biasa. Salju turun di New England, hujan rajin mengguyur. Dingin, badai, dan gelap. Suasana serba muram. Pada tahun itu Eropa dan Amerika Utara mengalami 'The Year Without a Summer'.

Akibatnya, tanaman pangan mati karena beku maupun kekurangan sinar matahari. Makanan jadi barang langka.

Panen yang gagal membuat kelaparan merajalela. Para pemilik kuda tak mampu memberi pakan hewan peliharaannya. Hewan-hewan itu bahkan disembelih untuk dimakan manusia.

Kalaupun nekat bepergian menggunakan kuda, niscaya biayanya makin mahal. Hanya segelintir orang tajir yang mampu.

Kondisi itu pun melahirkan alat transportasi sebagai cikal bakal sepeda. Pada 12 Juni 1817, Baron Karl von Drais memamerkan sebuah bingkai kayu, dengan dua roda dan bangku berlapis kain di depan warga Kota Mannheim, Jerman barat daya.

Saat orang bertanya-tanya apa gerangan benda tersebut, sang bangsawan menaiki barang ciptaannya itu. Ia meluncur dari Mannheim ke Schwetzinger Relaishaus, lalu kembali lagi ke titik awal. Jarak 14 kilometer ia tempuh dalam waktu kurang dari satu jam.

"Itu kuda! Kuda yang tak makan apa-apa dan bukan binatang," seru seorang pemeran pembantu rumah tangga, dalam drama musikal di Capitol Theater di Mannheim, menggambarkan momentum tersebut, seperti dikutip dari situs Irish Times.

Drais menyebut temuannya sebagai laufmaschine atau mesin yang bisa berjalan. Belakangan, benda itu dijuluki 'dandyhorse' atau 'draisine' -- yang adalah cikal bakal sepeda yang kita kenal saat ini.

Pada dasarnya, laufmaschine adalah sepeda tanpa pedal yang bergerak dengan cara didorong. Sang baron menempatkan dua roda sejajar dalam bingkai kayu yang menyeimbangkan laju roda dengan dynamic steering.

Memang lebih lambat dari versi saat ini, tapi masih jauh lebih cepat daripada berjalan kaki.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menag Pastikan Belum Ada Penularan Corona Covid-19 dari Pesantren

Posted: 18 Jun 2020 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Agama Fachrul Razi menerbitkan panduan penyelenggaraan pesantren dan pendidikan agama saat pandemi. Untuk pesantren yang tak tutup meski berada di zona merah, akan didatangi untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan.

Namun, Fachrul mengatakan, sampai hari ini tidak pernah ada terdengar pesantren menjadi klaster penyebaran Covid-19.

"Sejauh ini belum kita dengar adanya penularan di pesantren-pesantren yang masih buka," ujar Fachrul saat konferensi pers di DPR, Jakarta, Kamis (19/6) malam.

Fachrul memastikan akan segera mengecek pesantren-pesantren yang tetap menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar meski berada di zona merah. Agar dipastikan tidak terjadi penyebaran Covid-19.

"Itu memang kita lakukan pengecekan kalau sekarang kita tidak mendengar ada sesuatu yang klaster di sana tapi mudah-mudahan betul-betul tidak ada nanti kita cek lagi," kata dia.

Menurut Fachrul, pesantren-pesantren sudah dilakukan tes Covid-19 berupa rapid test. Pemerintah akan menjamin kesehatan peserta didik di pesantren sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo.

"Kita semua peduli dengan mereka karena pak Jokowi menggarisbawahi, hati-hati buka pesantren jangan jadi klaster nanti anak-anak kita bukan jadi pinter malah nanti jadi sakit," ujarnya.

Siap Jalani Protokoler Kesehatan

Ponpes Modern Darussalam Gontor Putri, Ngawi, Jawa Timur (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)
Ponpes Modern Darussalam Gontor Putri, Ngawi, Jawa Timur (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)

Sementara itu, Ponpes Modern Gontor Darussalam, Ponorogo, mengaku telah siap membuka aktivitas belajar mengajarnya. Misalnya, lewat penyiapan tempat isolasi mandiri jika ada kasus baru Corona.

Direktur Kuliyatul Mualimin Al Islamiyah Ponpes Gontor Darussalam, Masyhudi Subari, menyebut pihaknya juga mewajibkan para santri untuk menyerahkan surat bebas Virus Corona melalui rapid test ataupun pemeriksaan PCR swab serta menjalani karantina lebih dulu selama 14 hari.

"Santri harus memiliki surat tanda bukti keterangan yang ditandatangani wali bermaterai, untuk diisolasi 10-14 hari sebelum mereka berangkat," terang dia.

"Pada H-3 atau H-2 mereka melakukan rapid test di daerah masing-masing," imbuhnya.

Ponpes Al-Falah Ploso, Kediri, rencananya baru akan memulai proses pembelajaran awal Juli. Pihak ponpes juga akan bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kediri untuk membahas hal itu hingga Agustus.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Dalami Kasus Korupsi di PT Dirgantara Indonesia Lewat 7 Saksi

Posted: 18 Jun 2020 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan memeriksa tujuh saksi dalam kasus dugaan korupsi pemasaran dan penjualan pesawat dan helikopter di PT Dirgantara Indonesia (PT DI).

Enam dari tujuh saksi tersebut akan diperiksa di Polrestabes Bandung, Jawa Barat.

Mereka adalah Kepala Divisi Perbendaharaan PT DI, Muhammad Fikri; Staf Ahli Keuangan PT DI, Lamanda; Staf Sales Administrasi PT DI, Fitri Angdiani; Pjs Manager Sales Operation PT DI, Ibnu Bintarto; Kadiv Akuntansi PT DI, Sumarsono; dan seorang pihak swasta bernama Michelle Evana Selvia. Mereka akan diperiksa di Bandung.

"Mereka akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka IRZ (Irzal Rinaldi Zailani)," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Jumat (19/6/2020).

Sedangkan satu saksi yang akan diperiksa di Gedung KPK yakni Direktur Utama PT Selaras Bangun Usaha Ferry Santosa Subrata.

"Saksi Ferry Santosa Subrata juga akan diperiksa untuk tersangka IRZ," kata Ali.

Dalam kasus ini, KPK baru menetapkan dua orang sebagai tersangka. Mereka adalah mantan Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia Budi Santoso dan mantan Asisten Direktur Utama bidang Bisnis Pemerintah PT Dirgantara Indonesia Irzal Rinaldi Zailani.

Kasus korupsi ini bermula pada awal 2008, saat Budi Santoso dan Irzal Rinaldi Zailani bersama-sama dengan Budi Wuraskito selaku Direktur Aircraft Integration, Budiman Saleh selaku Direktur Aerostructure, serta Arie Wibowo selaku Kepala Divisi Pemasaran dan Penjualan menggelar rapat mengenai kebutuhan dana PT Dirgantara Indonesia untuk mendapatkan pekerjaan di kementerian lainnya.

Dalam rapat itu juga dibahas mengenai biaya entertaintment dan uang rapat-rapat yang nilainya tidak dapat dipertanggungjawabkan melalui bagian keuangan.

Kemudian Budi Santoso mengarahkan agar tetap membuat kontrak kerjasama mitra atau keagenan sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan dana tersebut. Namun sebelum dilaksanakan, Budi meminta agar melaporkan terlebih dahulu rencana tersebut kepada pemegang saham yaitu Kementerian BUMN.

Permintaan Pejabat PT DI

Setelah sejumlah pertemuan, disepakati kelanjutan program kerjasama mitra atau keagenan dengan mekanisme penunjukkan langsung.

Selain itu, dalam penyusunan anggaran pada rencana kerja dan anggaran perusahaan (RKAP) PT Dirgantara Indonesia, pembiayaan kerjasama tersebut dititipkan dalam 'sandi-sandi anggaran' pada kegiatan penjualan dan pemasaran.

Selanjutnya, Budi Santoso memerintahkan Irzal Rinaldi Zailani dan Arie Wibowo untuk menyiapkan administrasi dan koordinasi proses kerjasama mitra atau keagenan. Irzal pun menghubungi Didi Laksamana untuk menyiapkan perusahaan yang akan dijadikan mitra atau agen.

Kemudian, mulai Juni 2008 hingga 2018, dibuat kontrak kemitraan atau agen antara PT Dirgantara Indonesia yang ditandatangani oleh Direktur Aircraft Integration dengan Direktur PT Angkasa Mitra Karya, PT Bumiloka Tegar Perkasa, PT Abadi Sentosa Perkasa, PT Niaga Putra Bangsa, dan PT Selaras Bangun Usaha.

Atas kontrak kerjasama tersebut, seluruh mitra atau agen tidak pernah melaksanakan pekerjaan berdasarkan kewajiban yang tertera dalam surat perjanjian kerjasama.

PT Dirgantara Indonesia baru mulai membayar nilai kontrak tersebut kepada perusahaan mitra atau agen pada 2011 atau setelah menerima pembayaran dari pihak pemberi pekerjaan. Selama tahun 2011 sampai 2018, jumlah pembayaran yang telah dilakukan oleh PT Dirgantara Indonesia kepada enam perusahaan mitra atau agen tersebut sekitar Rp 205,3 milyar dan USD 8,65 juta, atau sekira Rp 330 M.

Setelah keenam perusahaan menerima pembayaran, terdapat permintaan sejumlah uang baik melalui transfer maupun tunai sekitar Rp 96 miliar yang kemudian diterima oleh pejabat di PT Dirgantara Indonesia (persero). Di antaranya Budi, Irzal, Arie Wibowo, dan Budiman Saleh.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ulang Tahun ke-25, Kawasaki Berikan Diskon untuk Ninja 250SL dan KXL 150L

Posted: 18 Jun 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka merayakan hari ulang tahun ke-25 di Indonesia, Kawasaki Motor Indonesia (KMI) berikan potongan harga khusus untuk Ninja 250SL dan KLX 150L.

Informasi ini pertama kali tersiar lewat unggahan Instagram @kawasaki_indonesia. Di situ terdapat judul bertuliskan 'Screaming power sale' pada program yang digelar. Lebih lanjut mereka menjelaskan, memberikan diskon khusus untuk kedua produk tersebut dan hanya berlaku untuk wilayah diler Kawasaki di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Serang saja.

Untuk Kawasaki Ninja 250SL dilabeli Rp 29,9 juta saja. Sedang buat KLX 150L, KMI tidak mencantumkan harga diskon atau banderolnya. Namun perlu diingat, motor sport satu silinder itu dijual masih berstatus off the road. Sehingga konsumen perlu mempertimbangkan tambahan budget untuk Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) hingga menjadi on the road.

Sementara jika ditilik ke website resmi KMI, promo untuk Ninja 250SL varian standar (hitam) masih dibanderol Rp 36,9 juta OTR Jakarta. Sementara untuk KRT Livery (hijau) dilepas dengan harga Rp 38,5 juta OTR Jakarta (harga normal Rp 42,4 juta). Jika ingin informasi lebih detail, dalam unggahannya itu konsumen yang berminat dapat langsung menghubungi beberapa kontak sales Kawasaki di berbagai daerah.

 

 

Kawasaki Ninja 250SL

Sebagai tambahan informasi, Kawasaki Ninja 250SL merupakan motor sport berkapasitas 250 cc berkonfigurasi 1 silinder DOHC berpendingin cairan. Jantung pacunya diklaim mampu mengeluarkan tenaga sebesar 28 hp di 9.700 rpm dan torsi puncak 22,6 Nm di putaran 8.200 rpm. Dayanya disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual enam percepatan.

Tak seperti sang kaka, ia punya dimensi lebih kecil. Tercatat 1.935 x 685 x 1.075 mm (PxLxT). Model lampu depannya pun berbeda dengan yang dua silinder, ia pakai headlamp tunggal dan masih pakai lampu bohlam biasa. Meski bodinya ramping, kesan racy khas motor sport Kawasaki tetap dipertahankan. Untuk kapasitas penampung bahan bakar disediakan 11 liter dan bobotnya cuma 151 kg.

Ia menggunakan setang model triple calm, membuat posisi riding lebih rasional kala dipakai harian. Aura sportnya terpancar dari jok model split atau terpisah. Bagian buritan meruncing dan tidak ada handgrip untuk pembonceng. Paling mencolok yang ada pada dirinya yaitu pemakaian rangka model teralis yang terpampang jelas. Ditambah dengan warna yang eye catching, kontras dengan bodi. Komponen itu berbahan dasar high-tensile steel yang diklaim ringan dan kuat.

 

KLX 150L

Elemen modern pada dirinya setara dengan sport 150 cc lain. Panel instrumen pakai model serbadigital, elegan dan informatif. Selain menunjukkan kecepatan dan perihal fundamental, tertera informasi posisi gigi/gear, tripmeter, dan jam digital.

Sedangkan untuk KLX 150L merupakan motor tualang dengan grafis bernuansa retro. Menggendong mesin berkapasitas 144 cc SOHC berkonfigurasi satu silinder. Tenaga yang mampu dikail mencapai 11,8 hp di 8.000 rpm dan torsinya 11,3 Nm pada putaran 6.500 rpm. Dayanya disalurkan dari transmisi 5-percepatan manual. Sistem bahan bakar masih menggunakan karburator, dan sistem pengapian DC-CDI.

Mengusung suspensi depan teleskopik dan monoshock di belakang. Beda dengan varian standar, ia dipasangkan pelek 21 inci depan dan 18 di belakang. Dibungkus ban 'pacul' berukuran 2.75/100 depan, dan 4.10/100 belakang. Dalam keadaan normal, motor ini dibanderol dengan harga Rp 31,4 juta OTR Jakarta.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inspirasi Gaya Teknik Tumpuk untuk Pengguna Hijab ala Ayudia Bing Slamet

Posted: 18 Jun 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ayudia Bing Slamet baru-baru ini meluncurkan katalog panduan gaya pertamanya yang berkolaborasi dengan label fesyen asal Jepang Uniqlo. Terdapat 50 gaya padu-padan yang mudah ditiru oleh para pengguna hijab. Antara satu gaya dan gaya lainnya dirajut dalam benang merah teknik tumpuk alias layering.

Ibu satu anak mengaku teknik tumpuk bisa diandalkan untuk menghasilkan tampilan yang simpel dan elegan. Dengan teknik tumpuk, sambung Ayudia, seseorang tak perlu sampai menyingkirkan koleksi pakaian tanpa lengan milknya saat memutuskan berhijab. Tentu, padu-padannya harus apik.

"Awalnya aku memutuskan berhijab, berarti harus say good bye dengan baju yang sleeveless. Setelah kupikir enggak perlu. Ada solusinya dengan teknik layering. Sleeveless bisa ditutupi dengan outer atau jaket. Hampir sama dengan sleeveless, rok yang jatuhnya 7/8, Uniqlo punya legging yang bisa dipadupadankan," tutur Ayudia dalam launching Exclusive Modest Wear Manual, Kamis malam, 18 Juni 2020.

Saat menerapkan teknik tumpuk, ia mengingatkan untuk tak melupakan beberapa faktor, yakni warna, pola atau tekstur, dan hijab. Warna cerah, kata Ayudia, sebaiknya dipadankan dengan busana dengan warna yang lebih kalem agar tampilan tak terkesan berlebihan.

Anda juga bisa memadukannya dengan warna cerah lainnya asalkan tidak lebih dari tiga warna berbeda. Kalaupun menggunakan warna monokromatik, Anda bisa memadukan pakaian dengan warna sama tetapi berbeda bahan.

Sementara, dari pola atau tekstur, Anda bisa mengombinasikan motif garis-garis dengan luaran polos. "Hijabnya juga pilih yang simpel sehingga jadi makin elegan," sambung dia.

Material bahan juga penting diperhatikan agar layering tidak membuat Anda sesak. Dengan kondisi di Indonesia yang cenderung lembap dan panas, material yang tebal tentu akan membuat pengguna hijab tak nyaman bila memakai baju bertumpuk-tumpuk.

"Heattech adalah must have item yang harus diambil karena bahannya adem. Kayak yang aku pakai saat ini, turtleneck, hijab aku masukin ke dalem sehingga tetap terlihat sleek," ujarnya.

Tiga Bulan

Uniqlo Indonesia x Ayudia C
Uniqlo Indonesia x Ayudia C

Ayudia menerangkan pengerjaan proyek penyusunan manual book tersebut dimulai sejak awal tahun ini. Butuh sekitar tiga bulan untuk menyelesaikannya lantaran ia harus menyeleksi sekitar 400 item yang akan ditampilkan dalam manual book tersebut.

"Dipakai semua untuk menjadi 50 style," kata dia.

Salah satu yang menarik perhatian adalah memadukan jaket warna kuning terang dengan gaun 7/8 tanpa lengan serta celana jeans. Penampilannya secara keseluruhan terlihat kasual tetapi tetap stand out. Buku panduan itu kini bisa didapatkan di toko maupun secara online

"Misi saya dan UNIQLO Indonesia di kolaborasi ini adalah menginspirasi setiap perempuan untuk merasa nyaman dengan dirinya sendiri, agar dapat terus berkarya dan bermimpi," tulis Ayudia dalam buku tersebut.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Beli Tank Top Super Murah, Barang yang Datang Tak Sesuai Ekspetasi

Posted: 18 Jun 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang tentu akan tergiur dengan harga murah. Tak heran siapa saja akan tertarik membeli barang yang dibanderol dengan harga murah.

Namun, ada baiknya kamu berhati-hati sebelum memutuskan untuk membeli barang dengan harga 'miring' ya. Barang tersebut banyak yang ternyata tak sesuai dengan ekspektasi.

Hal ini seperti yang dialami seorang pembeli di sebuah toko online yang kena zonk usai membeli sebuah tank top dengan harga sangat murah.

Artikel tentang beli tank top seharga Rp 7 ribu, barang yang datang bikin tepuk jidat menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6 Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang punya selera humor tinggi, lima zodiak ini sosok yang menyenangkan.

Sementara artikel terpopuler ketiga tentang tujuh potret anjing duduk dengan pose tak biasa, bikin heran melihatnya.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Beli Tank Top Seharga Rp 7 Ribu, Barang yang Datang Bikin Tepuk Jidat

foto: Twitter/@txtdarionlshop
foto: Twitter/@txtdarionlshop

 

Dari foto yang diunggah oleh akun @txtdarionlshop, terlihat ulasan seorang pembeli di toko online yang buat siapapun tepuk jidat.

Selengkapnya...

2. Punya Selera Humor Tinggi, 5 Zodiak Ini Sosok Menyenangkan

Ilustrasi./Copyright shutterstock
Ilustrasi./Copyright shutterstock

Rasa humor menjadi salah satu sifat yang dimiliki setiap individu. Namun, tiap orang tentu memiliki selera humor yang berbeda.

Astrologi mengatakan bahwa ciri-ciri kepribadian ditentukan oleh tanda zodiak seseorang. Nah, ada beberapa zodiak yang dikenal memiliki selera humor tinggi.

Nah, penasaran zodiak apa saja? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Kamis (18/6/2020).

Selengkapnya...

3. 7 Potret Anjing Duduk dengan Pose Tak Biasa, Bikin Heran Melihatnya

foto: Boredpanda
foto: Boredpanda

Anjing menjadi salah satu hewan peliharaan yang digemari banyak orang. Anjing dikenal sebagai hewan yang setia kepada pemiliknya.

Makanya tak sedikit yang memelihara anjing untuk dijadikan teman di rumah. Tak sedikit pula yang memelihara anjing untuk menjaga keamanan rumah mereka.

Selain itu, tingkah anjing yang lucu dan pintar juga menjadi alasan banyak orang menyukainya. Bahkan tak sedikit yang dibuat takjub dengan tingkah anjing yang kelewat pintar dan suka meniru manusia.

Salah satu contohnya seperti deretan potret anjing yang duduk dengan pose tak biasa ini. Dari foto-foto yang dilansir dari Boredpanda, Rabu (17/6/2020) ini kamu pasti dibuat tak habis pikir.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pulih dari Cedera Panjang, Bintang Real Madrid Langsung Cetak Gol Spektakuler

Posted: 18 Jun 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Marco Asensio telah kembali setelah abse dari cedera ligamen lutut yang membekapnya sejak 24 Juli 2019. Dia terlibat dalam kemenangan Real Madrid di pekan ke-29.

Pemain asal Spanyol itu bermain untuk Real Madrid sejak menit ke-74 kala melawan Valencia di Estadio Alfredo Di Stefano, Jumat (19/6/2020) dini hari WIB. Pelatih Los Blancos, Zinedine Zidane memasukkan Asensio sebagai pengganti Federico Valverde.

Tak butuh waktu lama untuk Asensio mencetak gol. Di menit yang sama, pemain berusia 24 tahun itu langsung mencetak gol yang spektakuler ke gawang Valencia.

Mendapat umpan dari Ferland Mendy, dengan satu sentuhan, Asensio langsung menyepak bola dengan tendangan voli. Itu merupakan gol kedua Real Madrid di laga melawan Valencia.

Tidak hanya mencetak gol, Asensio juga terlibat dalam gol ketiga Real Madrid. Di menit ke-86, dia memberikan assist kepada Karim Benzema yang membuat timnya menang tiga gol tanpa balas.

 

Komentar Asensio

2. Marco Asensio (Real Madrid) – Mampu bermain apik di laga penting membuatnya menjadi pilihan utama Zidane. Pria berusia 21 tahun itu diharapkan bisa meneruskan status Real Madrid sebagai peraih trofi terbanyak Liga Champions. (AFP/Javier Soriano)
2. Marco Asensio (Real Madrid) – Mampu bermain apik di laga penting membuatnya menjadi pilihan utama Zidane. Pria berusia 21 tahun itu diharapkan bisa meneruskan status Real Madrid sebagai peraih trofi terbanyak Liga Champions. (AFP/Javier Soriano)

Asensio sendiri merasa senang dengan performanya. Bahkan, dia tidak menyangka sentuhan pertamanya di laga melawan Valencia langsung menjadi gol.

"Saya senang bisa bermain dan mencetak gol lagi serta membantu tim meraih kemennagan. Saya sudah lama menunggu ini," katanya, dikutip dari Football Espana.

"Saya ingin ucapkan terima kasih kepada semua orang yang sudah mendukung dalam sesi pemulihan, para pemain, manajer, dan tim medis Real Madrid," ucap Asensio menegaskan.

 

Hasil La Liga Pekan 29

Levante 1-1 Sevilla

Real Betis 2-2 Granada

Getafe 0-0 Espanyol

Villarreal 1-0 Real Mallorca

Barcelona 2-0 Leganes

Eibar 2-2 Bilbao

Real Valladolid 0-0 Celta Vigo

Osasuna 0-5 Atletico Madrid

Deportivo Alaves 2-0 Real Sociedad

Real Madrid 3-0 Valencia

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyidik Polda NTT Diduga Peras Tersangka Korupsi Bawang Merah

Posted: 18 Jun 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Kupang - Joao Meco selaku kuasa hukum tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan bibit bawang di Kabupaten Malaka, Baharuddin Tony, menyebut, kliennya diperas oleh penyidik polisi dengan angka mencapai Rp700 juta.

"Ada transfer ke nomor rekening dan nama orang yang menerima itu serta bank-nya jelas. Penyerahan uang kepada para polisi itu ada saksi, ada rekaman pelat mobil yang mereka pakai di mana lokasinya. Saksinya dua orang," ungkap Joao saat menggelar konferensi pers di Kupang, Rabu (17/6/2020).

Joao merinci, transfer melalui rekening ke anggota polisi itu sebanyak dua kali dan dua kali penyerahan langsung di orang yang berbeda di momen yang berbeda.

"Sehingga total keseluruhan klien kami kasih uangnya sebanyak Rp700 juta lebih," kata Joao.

Joao berharap, pimpinan polisi bisa menindak tegas oknum anggota polisi yang telah memeras kliennya.

Kabid Humas Polda NTT Kombes Johannes Bangun mengatakan, pihak Propam Polda Nusa Tenggara Timur (NTT), saat ini tengah menyelidiki dan memeriksa keterlibatan enam orang penyidik Direktorat Reskrim Khusus Polda NTT yang diduga memeras Baharuddin Tony, tersangka kasus korupsi pengadaan benih bawang merah di Kabupaten Malaka.

"Ada dugaan pemerasaan oleh penyidik terhadap tersangka kasus benih bawang ini. Paminal Polda yang telah membuat laporan polisi," kata Johannes kepada wartawan, Rabu (17/6/2020).

Ia menjelaskan, Propam telah menyelidiki dan memeriksa enam orang penyidik Polda NTT setelah mendapat informasi dari masyarakat terkait adanya dugaan penyidik menerima sejumlah uang dari tersangka pelaku tindak pidana korupsi.

Setelah menerima informasi dugaan pemerasan itu, Paminal Polda NTT kemudian membuat laporan polisi pada 5 Mei 2020 lalu.

"Dari penyelidikan Propam sudah ada enam orang saksi dan telah ditetapkan satu orang anggota penyidik menjadi terperiksa, karena diduga menerima sejumlah uang dari tersangka pelaku tindak pidana korupsi," ujar dia.

Dia juga berharap, jika ada bukti pendukung berupa video dan sebagainya oleh korban pemerasan, bisa disampaikan ke pihak Polda NTT. Sebab, Kapolda NTT telah berkomitmen bahwa penyidik tidak boleh memeras para saksi maupun tersangka kasus apapun.

Jika terbukti memeras, kata Johannes, pimpinan akan menindak tegas anggota polisi tersebut.

"Untuk sanksi, jika berkas pemeriksaan sudah lengkap dan kemungkinan paling berat akan dipecat, karena sudah melanggar profesi kita sebagai anggota Polri," Johannes menegaskan.

Diketahui, tim Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Nusa Tenggara Timur (NTT), menangkap dan menahan sembilan orang terduga pelaku yang terlibat kasus dugaan korupsi benih bawang merah dengan anggaran Rp9,6 miliar.

Pengadaan benih bawang merah itu di Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Malaka, NTT, pada tahun anggaran 2018. Dalam kasus ini, penyidik kriminal khusus Polda NTT telah menetapkan sembilan tersangka yakni YN, EPMM, SDS, YKB, AKA, KAK, MB dan SB serta BT.

Simak Video Pilihan Berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kembali Dibuka, Disneyland Hong Kong Terapkan Protokol Kesehatan COVID-19

Posted: 18 Jun 2020 09:00 PM PDT

Pegawai yang mengenakan masker untuk mencegah penyebaran COVID-19 menyambut pengunjung di Disneyland Hong Kong, Kamis (18/6/2020). Disneyland Hong Kong kembali beroperasi pada 18 Juni 2020 dengan menerapkan sejumlah protokol kesehatan baru. (AP Photo/Kin Cheung)
Pegawai yang mengenakan masker untuk mencegah penyebaran COVID-19 menyambut pengunjung di Disneyland Hong Kong, Kamis (18/6/2020). Disneyland Hong Kong kembali beroperasi pada 18 Juni 2020 dengan menerapkan sejumlah protokol kesehatan baru. (AP Photo/Kin Cheung)

Pegawai yang mengenakan masker untuk mencegah penyebaran COVID-19 menyambut pengunjung di Disneyland Hong Kong, Kamis (18/6/2020). Disneyland Hong Kong kembali beroperasi pada 18 Juni 2020 dengan menerapkan sejumlah protokol kesehatan baru. (AP Photo/Kin Cheung)

Karakter Minnie dan Mickey Mouse melambai kepada pengunjung di Disneyland Hong Kong, Kamis (18/6/2020). Disneyland Hong Kong kembali beroperasi pada 18 Juni 2020 dengan menerapkan sejumlah protokol kesehatan baru untuk mencegah penyebaran COVID-19. (AP Photo/Kin Cheung)
Karakter Minnie dan Mickey Mouse melambai kepada pengunjung di Disneyland Hong Kong, Kamis (18/6/2020). Disneyland Hong Kong kembali beroperasi pada 18 Juni 2020 dengan menerapkan sejumlah protokol kesehatan baru untuk mencegah penyebaran COVID-19. (AP Photo/Kin Cheung)

Karakter Minnie dan Mickey Mouse melambai kepada pengunjung di Disneyland Hong Kong, Kamis (18/6/2020). Disneyland Hong Kong kembali beroperasi pada 18 Juni 2020 dengan menerapkan sejumlah protokol kesehatan baru untuk mencegah penyebaran COVID-19. (AP Photo/Kin Cheung)

Pegawai yang mengenakan masker untuk mencegah penyebaran COVID-19 menjual balon di Disneyland Hong Kong, Kamis (18/6/2020). Disneyland Hong Kong kembali beroperasi pada 18 Juni 2020 dengan menerapkan sejumlah protokol kesehatan baru. (AP Photo/Kin Cheung)
Pegawai yang mengenakan masker untuk mencegah penyebaran COVID-19 menjual balon di Disneyland Hong Kong, Kamis (18/6/2020). Disneyland Hong Kong kembali beroperasi pada 18 Juni 2020 dengan menerapkan sejumlah protokol kesehatan baru. (AP Photo/Kin Cheung)

Pegawai yang mengenakan masker untuk mencegah penyebaran COVID-19 menjual balon di Disneyland Hong Kong, Kamis (18/6/2020). Disneyland Hong Kong kembali beroperasi pada 18 Juni 2020 dengan menerapkan sejumlah protokol kesehatan baru. (AP Photo/Kin Cheung)

Para pengunjung yang mengenakan masker untuk mencegah penyebaran COVID-19 berswafoto di Disneyland Hong Kong, Kamis (18/6/2020). Disneyland Hong Kong kembali beroperasi pada 18 Juni 2020 dengan menerapkan sejumlah protokol kesehatan baru. (AP Photo/Kin Cheung)
Para pengunjung yang mengenakan masker untuk mencegah penyebaran COVID-19 berswafoto di Disneyland Hong Kong, Kamis (18/6/2020). Disneyland Hong Kong kembali beroperasi pada 18 Juni 2020 dengan menerapkan sejumlah protokol kesehatan baru. (AP Photo/Kin Cheung)

Para pengunjung yang mengenakan masker untuk mencegah penyebaran COVID-19 berswafoto di Disneyland Hong Kong, Kamis (18/6/2020). Disneyland Hong Kong kembali beroperasi pada 18 Juni 2020 dengan menerapkan sejumlah protokol kesehatan baru. (AP Photo/Kin Cheung)

Direktur Pengelola Disneyland Hong Kong Stephanie Young (tengah) saat upacara pembukaan kembali Disneyland Hong Kong di Disneyland Hong Kong, Kamis (18/6/2020). Disneyland Hong Kong kembali beroperasi pada 18 Juni 2020 dengan menerapkan sejumlah protokol kesehatan baru. (AP Photo/Kin Cheung)
Direktur Pengelola Disneyland Hong Kong Stephanie Young (tengah) saat upacara pembukaan kembali Disneyland Hong Kong di Disneyland Hong Kong, Kamis (18/6/2020). Disneyland Hong Kong kembali beroperasi pada 18 Juni 2020 dengan menerapkan sejumlah protokol kesehatan baru. (AP Photo/Kin Cheung)

Direktur Pengelola Disneyland Hong Kong Stephanie Young (tengah) saat upacara pembukaan kembali Disneyland Hong Kong di Disneyland Hong Kong, Kamis (18/6/2020). Disneyland Hong Kong kembali beroperasi pada 18 Juni 2020 dengan menerapkan sejumlah protokol kesehatan baru. (AP Photo/Kin Cheung)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PMI Kota Tangerang Manfaatkan Teknologi Ultravilolet untuk Sterilisasi Ruangan

Posted: 18 Jun 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Palang Merah Indonesia (PMI) berupaya memastikan pelayanan donor darah aman selama pandemi COVID-19. Di Unit Donor Darah PMI Kota Tangerang, sterilisasi rutin dilakukan setiap empat jam sekali dengan memanfaatkan teknologi sinar ultraviolet.

Kepala UDD PMI Kota Tangerang dr. David Sidabutar menjelaskan, tempat serta alat di UDD PMI rutin dibersihkan secara berkala setiap hari. Selain menggunakan cara konvensional, PMI Kota Tangerang juga memanfaatkan teknologi UV untuk mensterilkan alat kesehatan. Hal itu, kata David, dilakukan untuk menghindari efek merusak dari cairan disinfektan.

"Kita melakukan sterilisasi di massa pandemi itu cukup sering, kami lakukan berulang-ulang dalam 1 hari, 24 jam. Kalau kita basahi terus dengan menggunakan disinfektan, rentan alat-alat tersebut akan mengalami kerusakan, sehingga kami memilih untuk menggunakan metode lain," kata David

Tidak hanya untuk alat kesehatan, UV juga digunakan untuk membersihkan ruangan tunggu pendonor dan ruangan donor darah. Menurutnya, UV terbukti ampuh membasmi kuman, virus serta bakteri yang menempel di ruangan . Dia juga menyebut, keefektifan teknologi ini bisa mencapai 99 persen.

"Dari semua sterilisasi yang ada, tidak ada metode yang bisa menjamin 100 persen. Jadi, kami kombinasi dengan cara mensterilkan ruangan dengan menggunakan disinfektan," kata David.

Pembersihan juga dilakukan pada permukaan-permukaan yang setiap hari digunakan saat bekerja, misalnya meja, alat tulis dan lain sebagainya, petugas tidak menggunakan UV, melainkan menggunakan desinfektan.

Sterilisasi menggunakan teknologi UV rutin dilakukan PMI Kota Tangerang belakangan ini. Bahkan, metode ini, kata David, sudah ditetapkan sebagai standar operasional UDD-nya.

Pangkas Biaya

Diakui David, efektif membasmi virus, penggunaan teknologi UV juga dapat memangkas biaya sterilisasi. Bila sebelumnya pengeluaran untuk pembuatan atau pembelian disinfektan besar, kini pengeluaran itu berkurang berkat teknologi UV.

Namun, dibalik manfaatnya, David mengatakan, UV memiliki dampak negatif berupa resiko kanker kulit. Untuk itu, penggunaan teknologi ini dilakuan dengan standar yang ketat agar terhindar dari resiko tersebut.

"Kita harus berhati-hati dalam menggunakan ultraviolet ini karena kalau terlalu sering terpapar melalui kulit maka cenderung untuk mengakibatkan penyakit kanker kulit. Kami tidak mau itu terjadi dan kalau kena mata bisa mengalami kerusakan pada mata. Untuk itu kita lakukan dengan cara yang baik yang benar untuk menghilangkan resiko-resiko tadi," jelasnya.

Sedikitnya PMI Kota Tangerang memiliki tujuh alat sterilisasi UV ini. Alat dengan beragam ukuran ini biasa dioperasikan pada malam hari seusai pelayanan selain donor darah tutup atau setiap pukul 22.00 Wib.

Teknologi UV sendiri bekerja dengan cara merusak bagian tertentu pada virus, kuman, ataupun bakteri. Saat bagian itu dirusak UV, potensi penularannya pun berkurang.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dukung Ekosistem AIoT, Xiaomi Boyong Pengering Rambut Mi Ionic

Posted: 18 Jun 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Selain smartphone, sejak awal 2020, Xiaomi rajin memboyong produk cerdas dan internet of things (IoT) untuk mendukung gaya hidup terkoneksi penggunanya di Indonesianya.

Terbaru, perusahaan teknologi asal Tiongkok ini membawa pengering rambut (hair dryer) Mi Ionic untuk pasar Indonesia.

Mi Ionic hair dryer dijual mulai, Kamis (18/6/2020) kemarin di Mi.com, Authorized Mi Store, Mi Store from Home, serta toko resmi Xiaomi yang ada di Lazada, Shopee, Blibli, dan segera di Tokopedia. Hair dryer ini dibanderol Rp 650 ribuan.

Xiaomi mengklaim, pengering rambut Mi Ionic ini didukung fitur rotasi udara panas dan dingin untuk menjaga kelembaban rambut dan dilengkapi nozel udara untuk pengeringan rambut yang lebih terfokus.

Xiaomi merilis produk ini di Indonesia untuk mendorong ekosistem bersama produk smartphone dalam strategi 'smartphone + AIoT".

Bantu Pasar Bergeliat saat Covid-19

Pengering rambut Mi Ionic (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)
Pengering rambut Mi Ionic (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Beberapa produk gaya hidup lain yang sudah diperkenalkan di Indonesia antara lain adalah wireless charging pad, Mi Motion-Activated Night Light 2, Mi Portable Electric Air Compressor, Mi TV 4 4K, Air Purifier 2H, dan Robot Vacuum-Mop.

"Kami senang dapat menambah jajaran produk ekosistem di Indonesia untuk mendukung mendukung gaya hidup penggguna dan tetap berpegang pada misi kami untuk menghasilkan produk inovatif dengan harga sebenarnya," kata Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse.

Dikutip dari laporan Kuartal I 2020, strategi "Smartphone+AIoT" merupakan faktor kunci yang memungkinkan Xiaomi terus bergeliat di pasar yang tertekan akibat pandemi Covid-19.

(Tin/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mal Pelayanan Publik Akan Diperkuat dengan Peraturan Presiden

Posted: 18 Jun 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) melalui Kedeputian Pelayanan Publik berencana memperkuat penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik (MPP) di daerah dengan Peraturan Presiden (Perpres).

Rencana tersebut dimaksudkan untuk memberikan perlindungan dan kepastian hukum kepada masyarakat, serta memberikan akses yang lebih luas untuk memperoleh pelayanan yang cepat, mudah, murah, transparan, pasti, dan terjangkau.

Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa menyampaikan, selama ini dasar hukum yang digunakan dalam penyelenggaraan MPP adalah Peraturan Menteri PANRB Nomor 23/2017 tentang Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik.

Dalam peraturan tersebut, tertulis bahwa MPP diselenggarakan oleh organisasi perangkat daerah yang melaksanakan tugas dan fungsi di bidang penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu yang dikenal dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP).

"Sebagai upaya mengatur Mal Pelayanan Publik melalui payung hukum yang lebih tinggi, Kementerian PANRB telah membuat Rancangan Peraturan Presiden tentang Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik," jelas Diah dalam keterangan tertulis, Jumat (19/6/2020).

Dijelaskan Diah, upaya memperkuat payung hukum MPP ini telah dilakukan dengan menyelenggarakan Seminar Penguatan Regulasi Mal Pelayanan Publik yang dihadiri pejabat dari Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Hukum dan HAM, serta instansi pemerintah lain yang terkait. Pada seminar tersebut menghasilkan beberapa kesepakatan, diantaranya kebijakan Menteri PANRB sejalan dengan kebijakan PMPTSP di daerah.

Kesepakatan lain yang tercapai yakni penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik merupakan bagian dari pengelolaan PMPTSP di daerah, penyelenggaraan MPP merupakan terobosan pelayanan publik yang diharapkan tidak berpotensi menimbulkan kelembagaan baru, dan dasar hukum yang paling memungkinkan disarankan adalah dalam bentuk Peraturan Presiden.

 

Mendukung Ekonomi Daerah

Pemohon melakukan pengajuan administrasi di mal pelayanan publik, Jakarta,Rabu (17/6/2020). Mal Pelayanan Publik (MPP) Provinsi DKI Jakarta kembali melayani masyarakat dengan tatap muka dengan tetap mengikuti protokol kesehatan pencegahan Virus Corona.  (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pemohon melakukan pengajuan administrasi di mal pelayanan publik, Jakarta,Rabu (17/6/2020). Mal Pelayanan Publik (MPP) Provinsi DKI Jakarta kembali melayani masyarakat dengan tatap muka dengan tetap mengikuti protokol kesehatan pencegahan Virus Corona. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Lebih lanjut, Diah mengatakan pembentukan MPP di berbagai daerah di Indonesia yang dimulai telah mendukung tercapainya pertumbuhan ekonomi daerah.

Pada 2019, bersama dengan Universitas Indonesia, pihaknya telah melakukan survei tentang efektivitas MPP dalam mendongkrak pertumbuhan perekonomian Daerah. Hasil survei yang dilaksanakan di 11 daerah itu menunjukkan bahwa MPP mendukung pertumbuhan ekonomi daerah.

Hingga 2020, telah dibentuk 24 MPP di 1 provinsi, 12 kabupaten, dan 11 kota. "Selanjutnya pada tahun 2020 ini, akan dibentuk 33 MPP, dengan rincian dibentuk di 2 Provinsi, 25 Kabupaten dan 6 Kota," sambung Diah.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ahli Virologi Sebut Mutasi Virus Corona COVID-19 Tak Secepat HIV dan Influenza

Posted: 18 Jun 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ahli virologi Profesor I Gusti Ngurah Kade Mahardika dari Universitas Udayana, Bali mengatakan bahwa virus corona penyebab COVID-19 di Indonesia belum memperlihatkan tanda-tanda mutasi.

Hal tersebut disampaikan Mahardika dalam siaran dari Graha BNPB pada Kamis kemarin, ditulis Jumat (19/6/2020).

Pada kesempatan tersebut, Mahardika sempat mengira bahwa virus corona penyebab COVID-19 ini memiliki daya mutasi yang tinggi. Namun, hal itu belum terlihat sampai saat ini meski memang, ada sedikit perbedaan antara SARS-CoV-2 di Indonesia dengan di Wuhan, China.

"Perbedaan itu nampaknya belum pada fungsional yang menyebabkan dia semakin ganas atau antibodi atau vaksin kehilangan manfaatnya kalau dipakai di Indonesia," kata Mahardika.

"Mestinya sebagai virus RNA, itu mutasinya luar biasa. Bayangkan HIV atau influenza misalnya itu mutasinya jauh lebih cepat dari ini. Saya amazing juga dengan ini. Jadi dengan pola itu artinya apa, mutasi yang minimum," ujarnya.

Tetap Harus Cegah Penularannya

Gambar menggunakan mikroskop elektron yang tak bertanggal pada Februari 2020 menunjukkan virus corona SARS-CoV-2 (oranye) muncul dari permukaan sel (hijau) yang dikultur di laboratorium.  Sampel virus dan sel diambil dari seorang pasien yang terinfeksi COVID-19. (NIAID-RML via AP)
Gambar menggunakan mikroskop elektron yang tak bertanggal pada Februari 2020 menunjukkan virus corona SARS-CoV-2 (oranye) muncul dari permukaan sel (hijau) yang dikultur di laboratorium. Sampel virus dan sel diambil dari seorang pasien yang terinfeksi COVID-19. (NIAID-RML via AP)

Namun, Mahardika tetap meminta masyarakat untuk mencegah penularan virus corona SARS-CoV-2 ini. Hal ini demi mencegah virus tersebut bermutasi.

"Artinya setiap orang punya tugas untuk membuat virus ini tidak begitu bebas bermutasi, mengurangi peluangnya dengan perilaku yang aman dari COVID-19," ujarnya.

Sementara bagi orang yang sudah terinfeksi virus corona, Mahardika meminta agar mereka tetap menjaga dirinya untuk tidak menularkannya ke orang lain.

"Kalau untuk yang tertular usahakan tidak menulari orang lain dan untuk kita yang belum tertular jangan sampai tertular dari orang lain. Ini kerja dua pihak," katanya.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Cara Menyimpan Pisang Agar Tahan Lama dan Tidak Cepat Busuk

Posted: 18 Jun 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cara menyimpan pisang agar tahan lama perlu dilakukan dengan tepat. Hal ini karena kerap kali saat kamu membeli pisang yang sudah matang, buah ini tidak tahan lama. Sehingga kamu harus segera mengonsumsinya agar tidak terlalu cepat matang dan busuk.

Buah pisang bukan hanya murah meriah dan mudah didapat, tapi juga buah yang kaya nutrisi dan bisa dimakan setiap hari. Dengan berbagai manfaat kesehatan dan rasanya yang enak, tidak heran banyak yang menggemari buah berwarna kuning ini.

Cara menyimpan pisang agar tahan lama bisa dilakukan sejak kamu membelinya. Kamu bisa membeli pisang yang masih belum matang ataupun yang sudah matang. Untuk yang sudah matang bsia langsung dimakan, dan yang masih belum matang bisa disimpan terlebih dahulu.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang cara menyimpan pisang agar tahan lama dari berbagai sumber, Jumat (19/6/2020).

Bungkus Batang Pisang dengan Plastik

ilustrasi buah pisang/Photo by alleksana from Pexels
ilustrasi buah pisang/Photo by alleksana from Pexels

Cara menyimpan pisang agar tahan lama yang pertama adalah bungkus batang pisang dengan plastik. Hal ini karena buah pisang melepaskan gas etilen, yang dapat mempercepat proses pematangan dari batangnya.

Membungkus batang dalam plastik dapat memperlambat pelepasan etilen ini. Kamu bisa membungkus batang pisang sekaligus saat berada dalam jumlah banyak atau, jika kamu ingin memperlambat pelepasan etilen lebih jauh, bungkus batang masing-masing buah.

Jadi, jika kamu membeli pisang satu sisir, kamu bisa langsung membungkus batangnya sekaligus dalam satu sisir tersebut. Kamu juga bisa memisahkan pisang, dan bungkus satu per satu tiap batangnya dengan plastik.

Simpan dengan Cara Digantung

Pisang / Sumber: commons.wikimedia.org
Pisang / Sumber: commons.wikimedia.org

Cara menyimpan pisang agar tahan lama berikutnya adalah menyimpannya dengan cara digantung. Pisang akan mengeluarkan gas yang menyebabkan ia cepat matang, tapi dengan cara seperti ini, gas tersebut tidak membuat pisang cepat matang sehingga pisang bisa tahan dalam keadaan segar lebih lama.

Cara ini tentunya akan efektif untuk mencegah munculnya bercak hitam dan memungkinkan oksigen mengalir di sekitar pisang, yang membuat gas etilen tidak berkumpul di sekitar buah. Kamu juga bisa menggantung dengan tali agar pisang bisa diangin-anginkan.

Simpan Pisang Berjauhan dengan Buah Lain

Ilustrasi pisang (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)
Ilustrasi pisang (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Cara menyimpan pisang agar tahan lama selanjutnya adalah dengan menjauhkannya dari buah lainnya. Setiap buah memiliki perbedaan waktu kematangan. Agar tidak mudah matang, pisahkan pisang dengan buah-buahan lainnya, seperti alpukat, apel, pir, dan tomat, yang juga memproduksi etilen.

Ketika disimpan bersama-sama, buah-buahan ini bisa cepat matang dan cepat rusak. Jadi agar pisang tidak cepat busuk, jauhkanlah penyimpanannya dari beragam buah tersebut.

Namun, jika kamu perlu mematangkan alpukat dengan cepat, kamu bisa menyimpannya ke dalam kantong kertas dengan pisang atau apel matang untuk mempercepat prosesnya.

Saat Sudah Matang, Masukkan ke Lemari Es

buah pisang./Copyright pixabay.com
buah pisang./Copyright pixabay.com

Jika kamu ingin menyimpan pisang yang sudah matang, kamu bisa menggunakan kulkas. Cara menyimpan pisang agar tahan lama satu ini ditujukan agar pisang tetap enak dimakan. Kulitnya mungkin berubah menjadi cokelat, tetapi karena suhu dingin kulkas, pisang di dalamnya masih akan enak dimakan selama beberapa hari.

Simpan dengan Mengirisnya

pisang. (Foto: iStockphoto)
pisang. (Foto: iStockphoto)

Cara menyimpan pisang agar tahan lama berikutnya adalah mengirisnya terlebih dahulu. Sebelum menyimpan irisan pisang tersebut, kamu harus berikan sedikit perasan jeruk lemon, air nanas, atau cuka yang bisa menjaga kesegaran pisang lebih lama.

Asam dalam jeruk memperlambat oksidasi. Kemudian, simpan potongan pisang di lemari es dalam wadah kedap udara untuk disajikan nanti. Hal ini akan sangat berguna jika kamu ingin menggunakan pisang untuk dijadikan salad buah yang lezat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kim Soo Hyun Sapa Penggemar Lewat Drama Terbaru

Posted: 18 Jun 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Serial drama korea 'It's Okay To Not Be Okay' akan tayang di Netflix pada 20 Juni mendatang. Para pemain menyapa penggemar Indonesia dan menjelaskan tentang sinopsi drama tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Mayangsari Arisan Era New Normal Covid-19, Semarak Meski Pakai Masker

Posted: 18 Jun 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bukan rahasia lagi jika Mayangsari mengikuti sejumlah arisan. Salah satunya, arisan Kepompong dengan peserta beragam dari sosialita hingga selebritas. Mayangsari ditetapkan sebagai ketua dan kerap dipanggil Buketu oleh para anggota arisan.

Semenjak wabah Corona Covid-19 meluas dan kebijakan social maupun physical distancing diterapkan, kegiatan arisan Mayangsari beralih ke jalur virtual. Juni 2020, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerapkan fase transisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Transisi ini sekaligus menandai persiapan new normal atau kenormalan baru. Mayangsari mengalihkan arisan virtual ke kediamannya. Nyonya Bambang Trihatmojo memamerkan momen arisan ini di medsos. Seperti apa? 

1. Mayang Membelakangi Kamera

Mayangsari. (Foto: Instagram @mayangsaritrihatmodjoreal)
Mayangsari. (Foto: Instagram @mayangsaritrihatmodjoreal)

Berpose membelakangi cermin yang bertengger di dinding, Mayangsari tampak cantik dengan gaun terusan pendek motif batik warna cokelat. Rambutnya dibiarkan tergerai dan tatapan matanya menghindari kamera.

Tampaknya, penyanyi kelahiran Purwokerto, Jawa Tengah, 23 Agustus 1972, ini tengah menanti kedatangan para sahabat anggota arisan Kempompong. Kurang dari sejam, ribuan warganet mengirim tanda hati.

2. Melly Goeslaw dan Iis Dahlia

Unggahan Mayangsari. (Foto: Instagram @mayangsaritrihatmodjoreal)
Unggahan Mayangsari. (Foto: Instagram @mayangsaritrihatmodjoreal)

Geng arisan Kempompong salah satu yang paling hit di kalangan selebritas. Anggotanya tak main-main. Ini dua di antaranya, yakni Iis Dahlia dan Sang Ratu Soundtrack Melly Goeslaw. Berpose bersama dua sahabat, Mayangsari tampil dengan rambut dicepol.

"New normal, new rules, new habbit, and new experience (kenormalan baru, aturan baru, gaya hidup baru, dan pengalaman baru)," tulis pelantun "Menunggu Keajaiban" serta "Tiada Lagi" menyertai foto ini.

3. Pose Dengan masker

Unggahan Mayangsari. (Foto: Instagram @mayangsaritrihatmodjoreal)
Unggahan Mayangsari. (Foto: Instagram @mayangsaritrihatmodjoreal)

Di sela arisan, Mayangsari mengajak para sahabat foto bareng. Memilih pose duduk di tangga di depan pintu rumah, anggota arisan Kepompong kompak mengenakan masker.

Lewat foto ini, Mayangsari dan kawan-kawan hendak mengirim pesan bahwa selama wabah, masker menjadi barang mode yang tak boleh ketinggalan. Foto ini panen pujian. "Ah, selalu cantik dirimu sayangku," cetus seorang sahabat di kolom komentar.

4. Rossa Tak Datang

Unggahan Mayangsari. (Foto: Instagram @mayangsaritrihatmodjoreal)
Unggahan Mayangsari. (Foto: Instagram @mayangsaritrihatmodjoreal)

Usai pose di tangga, Mayangsari mengajak sejumlah sahabat berdiri di salah satu ruangan. Tampak megah sekaligus mewah lantaran mereka "dipayungi" lampu gantung dari untaian kristal bening.

Kebersamaan Mayangsari dan geng kepompong membuat Rossa yang tak bisa hadir sedih. Di kolom komentar, pelantun "Tegar" dan "Terlalu Cinta" mencuit, "Hiks, aku enggak ada. Semoga bulan depan."

5. Kepompong Bercorak Floral

Unggahan Mayangsari. (Foto: Instagram @mayangsaritrihatmodjoreal)
Unggahan Mayangsari. (Foto: Instagram @mayangsaritrihatmodjoreal)

Layaknya geng arisan pada umumnya, Kepompong punya dress code saat berkumpul. Mencermati motif busana yang dikenakan pada hari itu, tampaknya Mayangsari dan para kolega mengusung kode busana motif floral warna bebas.

Iis Dahlia misalnya, tampil dengan gaun merah lengan panjang bercorak tangkai kembang yang tersebar. Batik yang dikenakan Mayangsari pun menyerupai dahan dan daun membentuk pola tertentu. Tak hanya busana, cupcake yang disiapkan Mayangsari pun berbentuk kembang mekar warna biru. Wow!

6. Pose Buketu

Mayangsari. (Foto: Instagram @mayangsaritrihatmodjoreal)
Mayangsari. (Foto: Instagram @mayangsaritrihatmodjoreal)

Lihat dong, pose Buketu alias Ibu Ketua Arisan Kepompong. Kali ini di sofa. Mayangsari dikenal jago mengombinasikan warna dan motif baru dengan aksesoris yang dikenakan.

Terusan yang digunakan didominasi warna cokelat pudar kekuningan, ungu, dan semburat hijau serta biru. Coba Anda cocokkan dengan warna kalung yang mengitari leher Buketu. Cocokkan pula dengan masker yang dipakainya? Klik, bukan?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Tottenham Hotspur Vs Manchester United: 3 Poin Demi Jaga Harapan

Posted: 18 Jun 2020 08:55 PM PDT

Jakarta Manchester United bakal mencoba untuk jaga harapan lolos ke Liga Champions musim depan saat tandang ke markas Tottenham Hotspur pada pekan ke-30 Premier League. Tak hanya MU, Tottenham pun ingin memetik angka penuh di era New Normal saat tampil di Tottenham Hotspur Stadium, Jumat (19/6/2020).

Sama seperti kompetisi di sejumlah negara Eropa, Premier League harus mengalami penundaan sejak Maret lalu akibat pandemi virus corona. Setelah tiga bulan terhenti, kompetisi kasta teratas sepak bola di Inggris itu resmi bergulir pada pertengahan Juni tahun ini.

Namun berbeda dari sebelumnya, pertandingan Premier Legue musim ini berlangsung dengan protokol kesehatan yang ketat, demi terhindar dari paparan virus corona.

Beberapa aturan kesehatan pada era new normal yang harus dipenuhi klub-klub peserta adalah, laga berlangsung tanpa penonton, setiap pemain dan staf diminta untuk melakukan dua kali tes COVID-19, serta tidak ada berjabat tangan.

Meski bertanding dengan suasana yang sangat berbeda, Tottenham Hotspur bertekad untuk membungkam Manchester United. Apalagi, Tottenham akan tampil di kandangnya sendiri.

Hasil positif bakal membuat Spurs menyudahi tren minor dalam enam laga terakhir di seluruh ajang. Sebelumnya, mereka hanya meraih dua hasil imbang dan menelan empat kekalahan dari enam pertandingan tersebut.

Namun, Tottenham Hotspur diprediksi tidak akan begitu saja mudah mengalahkan Manchester United. Saat ini, Tim Setan Merah belum menelan kekalahan dalam 11 laga terakhir di seluruh ajang, dengan perincian delapan kemenangan dan tiga hasil imbang.

Manchester United juga bertekad memetik tiga poin demi menjaga asa berlaga di Liga Champions musim depan. MU kini menempati posisi lima klasemen sementara Premier League dengan nilai 45, tertinggal tiga poin dari Chelsea di urutan keempat.

 

Prakiraan susunan pemain:

Penyerang Tottenham Hotspur, Son Heung-min saat dilanggar dua pemain Manchester United, Fred dan Daniel James  pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Old Trafford, Rabu (4/12/2019). MU menang tipis atas Tottenham 2-1. (AP Photo/Rui Vieira)
Penyerang Tottenham Hotspur, Son Heung-min saat dilanggar dua pemain Manchester United, Fred dan Daniel James pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Old Trafford, Rabu (4/12/2019). MU menang tipis atas Tottenham 2-1. (AP Photo/Rui Vieira)

Tottenham Hotspur (4-3-3): Hugo Lloris; Serge Aurier, Davinson Sanchez, Toby Alderweireld, Ben Davies; Moussa Sissoko, Harry Winks, Tanguy Ndombele; Lucas Moura, Harry Kane, Son Heung-min.

Manajer: Jose Mourinho (Portugal)

Manchester United (4-2-3-1): David De Gea; Aaron Wan-Bissaka, Victor Lindelof, Harry Maguire, Luke Shaw; Fred, Nemanja Matic; Daniel James, Bruno Fernandes, Marcus Rashford; Anthony Martial.

Manajer: Ole Gunnar Solskjaer (Norwegia)

Statistik dan Catatan Pertemuan Kedua Tim

Gelandang Tottenham Hotspur, Dele Alli (kiri) berusaha merebut bola yang dibawa gelandang Manchester United, Scott McTominay pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Old Trafford, Rabu (4/12/2019). MU menang tipis atas Tottenham 2-1. (AP Photo/Rui Vieira)
Gelandang Tottenham Hotspur, Dele Alli (kiri) berusaha merebut bola yang dibawa gelandang Manchester United, Scott McTominay pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Old Trafford, Rabu (4/12/2019). MU menang tipis atas Tottenham 2-1. (AP Photo/Rui Vieira)

Head to head kedua tim:

  • 05/12/19 Manchester United 2 - 1 Tottenham Hotspur (Premier League)
  • 13/01/19 Tottenham Hotspur 0 - 1 Manchester United (Premier League)
  • 28/08/18 Manchester United 0 - 3 Tottenham Hotspur (Premier League)
  • 21/04/18 Manchester United 2 - 1 Tottenham Hotspur (Piala FA)
  • 01/02/18 Tottenham Hotspur 2 - 0 Manchester United (Premier League)

Lima pertandingan terakhir Tottenham Hotspur:

  • 11/0/20 RB Leipzig 3 - 0 Tottenham Hotspur (Liga Champions)
  • 08/03/20 Burnley 1 - 1 Tottenham Hotspur (Premier League)
  • 05/03/20 Tottenham Hotspur 1 - 1 Norwich City (Piala FA)
  • 01/03/20 Tottenham Hotspur 2 - 3 Wolverhampton Wanderers (Premier League)
  • 22/02/20 Chelsea 2 - 1 Tottenham Hotspur (Premier League)

Lima pertandingan terakhir Manchester United:

  • 12/03/20 LASK Linz 0 - 5 Manchester United (Liga Europa)
  • 08/03/20 Manchester United 2 - 0 Manchester City (Premier League)
  • 06/03/20 Derby County 0 - 3 Manchester United (Piala FA)
  • 01/03/20 Everton 1 - 1 Manchester United (Premier League)
  • 28/02/20 Manchester United 5 - 0 Club Brugge (Liga Europa)

Persentase menang:

Tottenham Hotspur 45 - 55 Manchester United

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari Bola.com (Rizki Hidayat,published 19/6/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fenomena Matahari Cincin Minggu 21 Juni, Indonesia Hanya Lihat Gerhana Sebagian

Posted: 18 Jun 2020 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia hanya bisa melihat gerhana matahari sebagian saat negara lain menyaksikan gerhana matahari cincin pada Minggu, 21 Juni 2020 mendatang.

Hal ini disampaikan oleh Peneliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Rhorom Priyatikanto.

"Akan terjadi gerhana matahari cincin pada 21 Juni 2020, tapi tak terlihat dari wilayah Indonesia. Indonesia hanya bisa menyaksikan gerhana matahari sebagian dari wilayah utara Indonesia," ujar Rhorom, seperti dikutip dari Antara, Jumat (19/6/2020).

Dia mengatakan, gerhana matahari cincin yang akan terjadi itu bisa disaksikan di negara Arab Saudi, Pakistan, India, Tiongkok, dan Taiwan.

"Gerhana matahari sebagian di Indonesia bisa diamati sekitar pukul 15.00 WIB," ucap Rhorom.

Dia memaparkan, di Sumatera, gerhana berlangsung pukul 14.30-15.30 WIB, sedangkan di Sulawesi sekitar 30 menit setelahnya.

"Wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, kepulauan Maluku dapat menyaksikan gerhana matahari sebagian," kata Rhorom.

 

Cara Lihat Gerhana Matahari

Pengunjung mengamati gerhana matahari cincin menggunakan teleskop di Planetarium Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Kamis (26/12/2019). Planetarium menyediakan sekitar 10 teleskop dan kacamata khusus agar pengunjung bisa menyaksikan gerhana matahari cincin dengan aman. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Pengunjung mengamati gerhana matahari cincin menggunakan teleskop di Planetarium Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Kamis (26/12/2019). Planetarium menyediakan sekitar 10 teleskop dan kacamata khusus agar pengunjung bisa menyaksikan gerhana matahari cincin dengan aman. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menurut Rhorom, gerhana matahari bisa dilihat menggunakan filter khusus yang dapat menepis 99,999 persen cahaya matahari yang membahayakan mata. Kacamata las juga dapat dipakai untuk mengamati gerhana matahari.

"Yang paling aman adalah melihatnya dari layar HP (handphone) atau komputer dengan cara mencari pengamat yang melakukan video streaming, melalui YouTube misalnya," tutur Rhorom yang juga merupakan Peneliti Astronomi dan Astrofisika pada Pusat Sains Antariksa Lapan itu.

Dia menegaskan, agar aman saat mengamati gerhana matahari, maka dapat menggunakan beragam peralatan.

Peralatan itu seperti kamera pinhole atau kamera lubang jarum, kacamata matahari, binokular atau teleskop, dan kamera DSLR.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peta Sebaran COVID-19 Surabaya 18 Juni 2020: Pasien Positif Tembus 4.383 Orang

Posted: 18 Jun 2020 08:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Surabaya, Jawa Timur masih mencatatkan tambahan pasien positif Corona COVID-19 yang signifikan pada Kamis, 18 Juni 2020. Tercatat tambahan pasien Corona COVID-19 sebanyak 121 orang di Kota Pahlawan.

Mengutip peta sebaran Corona COVID-19 di laman lawancovid-19, Jumat (19/6/2020), total pasien positif COVID-19 tembus 4.383 orang. Berdasarkan sumber dinas kesehatan Kota Surabaya, rinciannya antara lain 4.285 orang dari Surabaya dan 98 orang dari luar Surabaya hingga 18 Juni 2020.

Total pasien terkonfirmasi positif COVID-19 dalam perawatan sebanyak 2.619 orang. Pasien sembuh dari Corona COVID-19 di Surabaya bertambah menjadi 1.396 orang dan dari luar Surabaya sebanyak 30 orang.

Pasien meninggal karena Corona COVID-19 sebanyak 332 orang dan dari luar Surabaya sebanyak enam orang.

Total pasien dalam pengawasan (PDP) terkait Corona COVID-19 mencapai 4.104 orang. Dari jumlah tersebut, PDP dalam pengawasan sebanyak 2.442 orang dan PDP sembuh mencapai 1.659 orang. PDP meninggal ada tiga orang.

Selain itu, total kumulatif ODP mencapai 4.196 orang. Rinciannya ODP dipantau sebanyak 504 orang dan ODP selesai dipantau ada 3.692 orang.

Surabaya Barat

Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Surabaya Barat:

Pasien Positif: 489 rang

Konfirmasi sembuh: 180 orang

ODP:734 orang

ODP selesai dipantau: 651 orang

ODP dipantau: 83 orang

PDP: 750 Orang

PDP sembuh: 310 orang

PDP meninggal: -

Konfirmasi meninggal: 32 orang

Surabaya Pusat:

Pasien positif: 628 orang

Konfirmasi sembuh: 155 orang

ODP: 486 orang

ODP selesai dipantau: 429 orang

ODP dipantau: 57 orang

PDP: 528 orang

PDP sehat: 176 orang

PDP meninggal: satu orang

Konfirmasi meninggal: 73 orang

Surabaya Selatan:

Pasien positif: 944 orang

Konfirmasi sembuh: 355 orang

ODP: 1.165 orang

ODP selesai dipantau: 994 orang

ODP dipantau: 171 orang

PDP: 945 orang

PDP sembuh: 381 orang

PDP meninggal: 1 orang

Konfirmasi meninggal: 70 orang

Surabaya Timur

Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Surabaya Timur:

Pasien positif: 1.400 orang

Konfirmasi sembuh: 475 orang

ODP: 1.337 orang

ODP selesai dipantau: 1.199 orang

ODP dipantau: 138 orang

PDP: 1.121 orang

PDP sehat: 478 orang

PDP meninggal: -

Konfimasi meninggal: 87 orang

Surabaya Utara:

Pasien positif: 922 orang

Konfirmasi sembuh: 261 orang

Konfirmasi meninggal: 76 orang

ODP: 474 orang

ODP selesai dipantau: 419 orang

ODP dipantau: 55 orang

PDP: 760 orang

PDP sehat: 314 orang

PDP meninggal: 1 orang

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Italia Akhir Pekan Ini, Persaingan Berlanjut

Posted: 18 Jun 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Liga Italia 2019/2020 dipastikan mulai lagi akhir pekan ini. Kompetisi berlangsung setelah terhenti tiga bulan akibat pandemi virus Corona Covid-19.

Operator kompetisi sudah mencari cara agar pertandingan tidak menjadi sarana penularan virus. Salah satunya adalah mengatur jam kick-off.

Tidak akan ada pertandingan Liga Italia yang berlangsung siang hari karena Eropa sudah memasuki musim panas. Selain itu, operator juga membagi jam kick-off ke dalam tiga waktu.

Pertandingan rencananya dimulai pukul 16.15, 18.30, dan 20.45 waktu setempat. Jika dikonversi ke WIB, pertandingan dilangsungkan mulai 21.15, 23.30, dan 01.45 (keesokan harinya).

Dari kalender yang sudah keluar, nyaris bakal ada pertandingan di setiap hari dalam periode 20 Juni hingga 23 Juli. Pengecualian ada pada 25, 29 Juni serta 3, 10, 17 Juli.

Seperti diberitakan sebelumnya, kompetisi menghadirkan empat partai tertunda Liga Italia untuk memulai kembali persaingan. 

Jadwal Liga Italia

ilustrasi liga italia (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi liga italia (Liputan6.com/Abdillah)

Sabtu, 20 Juni 2020

23.30 WIB: Torino vs Parma

Minggu, 21 Juni 2020

01.45 WIB: Verona vs Cagliari

23.30 WIB: Atalanta vs Sassuolo

Senin, 22 Juni 2020

01.45 WIB: Inter Milan vs Sampdoria

Klasemen Liga Italia

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seberapa Pentingkah Investor Asing untuk Ekonomi Indonesia?

Posted: 18 Jun 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Industri perbankan di Indonesia tengah menjadi incaran sejumlah investor asing. Terbukti, bank asal Korea Selatan, Kookmin Bank mengambil alih kepemilikan saham mayoritas Bank Bukopin.

Anggota komisi XI DPR RI Hendrawan Supratikno menilai masuknya investor asing di industri perbankan Tanah Air justru bisa membawa keuntungan untuk kepentingan perekonomian nasional karena membuat industri perbankan semakin kuat dari sisi permodalan dan bisnis.

Menurutnya, kehadiran grup finansial asal Korea Selatan tersebut akan membuat industri perbankan nasional menjadi semakin menarik.

"Industri perbankan jadi tambah menarik karena kehadiran pemain-pemain yang datang dari banyak negara seperti AS, Eropa, Jepang, Tiongkok, Singapura, Malaysia, Korsel, India, dan Thailand," ujar Hendrawan kepada wartawan di Jakarta, Kamis (18/6/2020).

Lebih jauh, Hendrawan menuturkan, masuknya Kookmin Bank pertanda bahwa investor global semakin percaya dengan kondisi perbankan dan ekonomi Indonesia. "Dari perspektif investasi tentu bagus. Artinya Indonesia dinilai sebagai pasar yang menarik," tukasnya.

Sebagaimana diketahui, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menerima pernyataan Kookmin Bank, yang saat ini memiliki 22 persen saham Bank Bukopin telah siap menjadi Pemegang Saham Pengendali Mayoritas dengan mengambil alih kepemilikan sekurang-kurangnya 51 persen saham Bank Bukopin.

Regulator menyatakan Kookmin Bank telah melakukan penempatan dana di escrow account sebesar USD200 juta per tanggal 11 Juni 2020 sesuai komitmen Kookmin Bank.

 

Tingkatkan Kepercayaan Global

Ilustrasi Bank Dunia (Liputan6.com/Andri Wiranuari)
Ilustrasi Bank Dunia (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Setali tiga uang, pengamat ekonomi dari Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah menuturkan, langkah Kookmin Bank mengakuisisi Bank Bukopin akan meningkatkan kepercayaan investor global terhadap kinerja industri perbankan dan kondisi ekonomi yang semakin baik.

"Perbankan kita memang menarik, bank-bank asing semuanya ingin masuk, nggak masalah walaupun ada pandemi Covid-19, itupun tidak selamanya," kata Piter.

Piter menilai masuknya bank asal Korea Selatan tersebut akan memperbaiki likuiditas Bank Bukopin yang sebelumnya mengalami tekanan.

"Dari sisi banknya scara individu kan banknya dalam kondisi tekanan likuiditas memang dbutuhkan sekali suntikan modal agar supaya bank itu memperbaiki kondisi likuiditasnya. Jadi kita bersyukur selain investor asing, investor dalam negerinya juga siap mnambah modalnya, nah ini kan sebuah hal yang positif," jelasnya.

Selain itu, masuknya Kookmin Bank juga akan mendorong sektor UMKM nasional yang menjadi andalan sektor kredit dari Bukopin, sehingga perekonomian nasional akan sangat terbantu. Bank Bukopin juga akan bisa meningkatkan kontribusinya dalam pemberian kredit produktif di sejumlah proyek strategis nasional yang padat karya sehingga sangat menguntungkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Momen Kedekatan Adelia Pasha dan Shakiena Putri Sambungnya, Curi Perhatian

Posted: 18 Jun 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini diketahui jika Pasha Ungu memberikan sebuah gitar kepada sang putri tercinta sebagai kado ulang tahun. Bukan kado yang menjadi sorotan netizen, akan tetapi kedekatan sang putri, Shakiena dengan Adelia Pasha sebagai ibu sambunglah yang mencuri perhatian.

Adelia Pasha pun tak hanya turut merayakan pesta ulang tahun sederhana putri sambungnya. Sebelumnya ia juga mengunggah foto bersama putri sambungnya dan memberikan ucapan manis di akun Instagram.

"Happy milad cici sayaang....Gak berasa udah 14 tahun sayang....Waktu mommy kenal daddy sampai nikah selalu ditemenin cici kemana2..." tulis Adelia Pasha di akun Instagram pribadinya.

Meski Adelia bukanlah ibu kandung dari Shakiena, akan tetapi dirinya bersyukur serta berterima kasih karena hadir dan menjadi bagian hidupnya. Kedekatan antara Adelia dengan putri sambungnya ini memang berhasil curi perhatian publik.

Bukan hanya satu atau dua kali saja, akan tetapi keduanya juga beberapa kali menghabiskan waktu bersama di rumah atau saat bepergian. Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa momen kebersamaan Adelia Pasha dengan Shakiena putri sambungnya, Jumat (19/6/2020).

1. Ini dia unggahan Adelia Pasha bersama Shakiena dan sang putri yang masih balita.

Adelia Pasha dan Shakiena (Sumber: Instagram/adeliapasha)
Adelia Pasha dan Shakiena (Sumber: Instagram/adeliapasha)

2. Wanita 31 tahun ini beberapa kali mengunggah foto bersama putri sambungnya di akun Instagram.

Adelia Pasha dan Shakiena (Sumber: Instagram/adeliapasha)
Adelia Pasha dan Shakiena (Sumber: Instagram/adeliapasha)

3. Bahkan, dirinya juga akrab dengan anak-anak sambungnya dari sang suami.

Adelia Pasha dan Shakiena (Sumber: Instagram/adeliapasha)
Adelia Pasha dan Shakiena (Sumber: Instagram/adeliapasha)

4. Lama tak berjumpa, Adelia dan Pasha pun terlihat melepaskan rindu bersama putri-putrinya.

Adelia Pasha dan Shakiena (Sumber: Instagram/adeliapasha)
Adelia Pasha dan Shakiena (Sumber: Instagram/adeliapasha)

5. Bahkan, wanita yang memiliki nama lengkap Adelia Wilhelmina mengaku sangat rindu dengan Shakiena loh.

Adelia Pasha dan Shakiena (Sumber: Instagram/adeliapasha)
Adelia Pasha dan Shakiena (Sumber: Instagram/adeliapasha)

6. Meski bukan ibu kandung, akan tetapi kedekatan keduanya jadi sorotan netizen.

Adelia Pasha dan Shakiena (Sumber: Instagram/anneputrisaid)
Adelia Pasha dan Shakiena (Sumber: Instagram/anneputrisaid)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gerhana Matahari Cincin Akan Hiasi Langit Sebagian Bengkulu Minggu 21 Juni

Posted: 18 Jun 2020 08:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Langit sebagian wilayah Bengkulu bakal dihiasi gerhana matahari cincin pada Minggu, 21 Juni 2020.

Ada delapan kabupaten dan kota di provinsi Bengkulu yang diperkirakan bisa melihat fenomena langka gerhana matahari cincin ini, seperti dilansir Antara, Jumat (19/6/2020).

Menurut Kepala Stasiun Geofisika Kelas III Kepahiang, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu Litman, durasi fenomena gerhana matahari cincin yang teramati di Bengkulu ini hanya sekitar 0,55 jam.

"Fenomena gerhana matahari cincin ini mulai teramati sekitar pukul 14.29 WIB, sedangkan puncak gerhana matahari cincin terjadi pada pukul 14.59 WIB dan berakhir pada pukul 15.21 WIB," ujar Litman.

Dia menyebut, delapan kabupaten dan kota di Bengkulu yang bisa mengamati gerhana matahari cincin adalah Kota Bengkulu, Kabupaten Lebong, Kabupaten Rejang Lebong, dan Kabupaten Kepahiang.

Kemudian Kabupaten Mukomuko, Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Bengkulu Tengah, serta Kabupaten Seluma.

"Gerhana matahari cincin ini tidak teramati di dua kabupaten, yakni Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kabupaten Kaur," ucap Litman.

 

Hanya Gerhana Matahari Sebagian

Bulan bergerak menutupi matahari saat fase gerhana matahari cincin di Fuyang, Provinsi Anhui, China, Kamis (26/12/2019). Gerhana matahari yang terjadi pada hari ini dapat diamati dari sejumlah wilayah mulai Afrika timur, seluruh Asia, Samudera India, dan Australia utara. (STR/AFP)
Bulan bergerak menutupi matahari saat fase gerhana matahari cincin di Fuyang, Provinsi Anhui, China, Kamis (26/12/2019). Gerhana matahari yang terjadi pada hari ini dapat diamati dari sejumlah wilayah mulai Afrika timur, seluruh Asia, Samudera India, dan Australia utara. (STR/AFP)

Meski begitu, Litman menuturkan, gerhana yang teramati dari Bengkulu berupa gerhana matahari sebagian dan tidak penuh seperti di daerah lain.

"Gerhana matahari cincin itu dengan magnitudo antara 0,002 di Kecamatan Tais, Kabupaten Seluma, hingga 0,030 di Kabupaten Mukomuko," kata dia.

Litman mengatakan, masyarakat di delapan kabupaten dan kota di Bengkulu bisa mengamati fenomena gerhana matahari cincin itu dengan menggunakan kaca mata.

"Bisa diamati dengan mata telanjang tapi sebaiknya menggunakan kacamata pelindung, sebab GMC di Bengkulu tertutup sedikit," terang Litman.

Menurut dia, BMKG Kepahiang nantinya akan mengamati di Kantor Stasiun Geofisika Kelas III Kepahiang.

 

Durasi Gerhana Matahari Cincin

Gerhana Matahari Cincin. (Liputan6.com)
Gerhana Matahari Cincin. (Liputan6.com)

Di Kota Bengkulu, lanjut Litman, durasi fenomena gerhana matahari cincin ini dapat diamati sekitar 23 menit. Sedangkan di Kabupaten Bengkulu Tengah dengan durasi gerhana 26 menit dan 12,6 detik.

"Selanjutnya di Kabupaten Rejang Lebong dengan durasi 38 menit dan 29,7 detik, Kabupaten Kepahiang dengan durasi 34 menit dan 3,3 detik," papar Litman.

Di Kabupaten Seluma dengan durasi 11 menit dan 47,7 detik, Kabupaten Mukomuko dengan durasi 51 menit dan 23,9 detik, serta Kabupaten Lebong dengan durasi gerhana 44 menit, 27,1 detik.

"Selanjutnya Kabupaten Bengkulu Utara dengan durasi gerhana 36 menit dan 27,1 detik," pungkas Litman.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Potensi Penguatan Rupiah Masih Terbuka Lebar

Posted: 18 Jun 2020 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah pada perdagangan Jumat ini. Namun analis memperkirakan potensi penguatan masih terbuka lebar.

Mengutip Bloomberg, Jumat (19/6/2020), rupiah dibuka di angka 14.062 per dolar AS, menguat tipis jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.077 per dolar AS. Namun menjelang siang, rupiah melemah ke 14.135 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.062 per dolar AS hingga 14.135 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 1,94 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.242 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 14.186 per dolar AS.

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada akhir pekan diprediksi akan menguat tipis di tengah variasi sentimen eksternal dan domestik.

"Sesuai ekspektasi, BI memangkas suku bunga acuannya yang tentunya memberikan sentimen positif untuk rupiah, karena pemangkasan bisa membantu meningkatkan aktivitas ekonomi Indonesia," kata Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures Ariston Tjendra dikutip dari antara.

Namun, lanjut Ariston, faktor penggerak rupiah bukan hanya terkait penurunan suku bunga BI saja. Rupiah dinilai masih sangat rentan dengan faktor dari luar.

"Saat ini dari luar masih ada tarik menarik antara sentimen positif dan negatif sehingga rupiah belakangan ini bergerak tipis," kata dia

 

Ketegangan Geopolitik

Beberapa pecahan uang baru yang sudah dikeluarkan oleh Bank Indonesia yang dapat ditukarkan di Blok M, Jakarta, Senin (19/12). Sedangkan uang rupiah logam terdiri atas pecahan Rp 1.000, Rp 500, Rp 200, dan Rp 100. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Beberapa pecahan uang baru yang sudah dikeluarkan oleh Bank Indonesia yang dapat ditukarkan di Blok M, Jakarta, Senin (19/12). Sedangkan uang rupiah logam terdiri atas pecahan Rp 1.000, Rp 500, Rp 200, dan Rp 100. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ariston menambahkan, pembukaan ekonomi kembali di tengah pandemi memberikan sentimen positif ke pasar, termasuk ekonomi new normal di Indonesia.

Namun di sisi lain, pasar masih mewaspadai peningkatan penyebaran virus covid-19 dan gelombang kedua yang bisa menurunkan kembali aktivitas ekonomi.

"Ketegangan geopolitik regional di Asia antara dua Korea serta China dan India, juga bisa menahan penguatan rupiah terhadap dolar AS," ujar Ariston.

Ariston memperkirakan rupiah hari ini akan bergerak menguat tipis lagi ke kisaran 14.000 per dolar AS dan potensi pelemahan ke 14.100 per dolar AS.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sinopsis Sinetron SCTV Pesantren Rock N' Dut Episode Jumat, 19 Juni 2020

Posted: 18 Jun 2020 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Saksikan episode Pesantren Rock N' Dut hari ini. Sahur memberikan kejutan kepada Nayla naik sampan keliling danau sekitar pesantren. Setelah selesai Sahur memberikan kalung untuk Nayla bertanda keseriusan cintanya pada Nayla.

Kisah Pesantren Rock N' Dut main seru. Sahur terus kepikiran permintaan Kyai Sobri supaya dia mau ta'arufan dengan Aida. Dia bingung menentukan apakah menerima tawaran itu atau menolaknya.

Jika menerima, dia tidak bisa membohongi hati cintanya sebenarnya hanya untuk Nayla. Tapi kalau menolak, dia merasa tidak enak dengan Kyai Sobri.

Apalagi Aida sakit sedikit banyak karena kecelakaan akibat ulahnya. Sementara Nayla sangat berat hati untuk melepaskan Sahur. Tapi juga dia tidak tega melihat Aida menderita.

Bagaimana Pesantren Rock N' Dut selanjutnya...

Kalung Pemberian Sahur

Adegan sinetron Pesantren Rock N' Dut tayang di SCTV mulai Senin, 1 Juni 2020 (dok Screenplay Productions)
Adegan sinetron Pesantren Rock N' Dut tayang di SCTV mulai Senin, 1 Juni 2020 (dok Screenplay Productions)

Apalagi Nayla tahu, Aida akan cepat sembuh jika Sahur ada di samping Aida. Makanya Nayla membuang kalung pemberian Sahur di depan orangnya langsung. Dia minta Sahur untuk melupakan dirinya.

Sahur Sedih

Adegan sinetron Pesantren Rock N' Dut tayang di SCTV mulai Senin, 1 Juni 2020 (dok Screenplay Productions)
Adegan sinetron Pesantren Rock N' Dut tayang di SCTV mulai Senin, 1 Juni 2020 (dok Screenplay Productions)

Dia tidak mau lagi ada bayang-bayang Sahur di hatinya. Sahur sedih. Dia kecewa sama Nayla. Tapi pada akhirnya Nayla nyesel telah membuang kalung pemberian Sahur.

Di Danau

Adegan sinetron Pesantren Rock N' Dut tayang di SCTV mulai Senin, 1 Juni 2020 (dok Screenplay Productions)
Adegan sinetron Pesantren Rock N' Dut tayang di SCTV mulai Senin, 1 Juni 2020 (dok Screenplay Productions)

Dia kembali mencari kalung itu walaupun harus becek becekan di danau. Dimas yang membantunya akhirnya berhasil menemukan kalung itu.

Dimas Tahu

Adegan sinetron Pesantren Rock N' Dut tayang di SCTV mulai Senin, 1 Juni 2020 (dok Screenplay Productions)
Adegan sinetron Pesantren Rock N' Dut tayang di SCTV mulai Senin, 1 Juni 2020 (dok Screenplay Productions)

Dimas tahu kalung itupemberian Sahur pada Nayla. Dimas makin yakin cinta Nayla sebenarnya hanya kepada Sahur.

Berusaha Dekat

Adegan sinetron Pesantren Rock N' Dut tayang di SCTV mulai Senin, 1 Juni 2020 (dok Screenplay Productions)
Adegan sinetron Pesantren Rock N' Dut tayang di SCTV mulai Senin, 1 Juni 2020 (dok Screenplay Productions)

Sahur yang masih kecewa sama Nayla, akhirnya mulai berusaha dekat pada Aida. Dia membawakan makanan kesukaan Aida, lalu menghiburnya supaya Aida lebih ceria.

Cemburu

Adegan sinetron Pesantren Rock N' Dut tayang di SCTV mulai Senin, 1 Juni 2020 (dok Screenplay Productions)
Adegan sinetron Pesantren Rock N' Dut tayang di SCTV mulai Senin, 1 Juni 2020 (dok Screenplay Productions)

Kyai Sobri senang melihatkesehatan Aida yang semakin membaik. Walaupun ingatannya masih belum pulih benar. Nayla yangmelihat ini sebenarnya senang, tapi dia juga tidak bisa membohongi dirinya kalau dia cemburu

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Naby Keita Bakal Tinggalkan Liverpool?

Posted: 18 Jun 2020 08:35 PM PDT

Liverpool- Naby Keita dikabarkan ingin meninggalkan Liverpool pada akhir musim ini.  Dia merasa kesulitan untuk beradaptasi dengan sepak bola Inggris sehingga ingin pindah ke klub lain.

Pemain berusia 25 tahun tersebut bergabung dengan Liverpool pada 2018 lalu. Dia ditebus dari RB Leipzig dengan bayaran yang cukup mahal yaitu 60 juta euro (Rp 950 miliar).

Liverpool berani membayar harga semahal itu karena Keita dianggap punya kemampuan di atas rata-rata. The Reds menilai gelandang asal Guinea itu bisa menjadi suksesor Steven Gerrard di lini tengah.

Namun, Keita tidak akan melanjutkan kariernya bersama Liverpool pada musim depan. Dia diberitakan sudah pamit untuk pergi dari Anfield pada musim panas nanti.

Menurut laporan Milan Live, Keita sudah menyerah untuk bermain di Premier League. Sang gelandang disebut sangat kesulitan untuk beradaptasi dengan sepak bola Inggris.

Alhasil, jam bermain yang dia dapatkan dalam dua musim terakhir tergolong sangat minim. Sejauh ini, Naby Keita baru bermain dalam 51 laga dan mencetak enam gol.

Naby Keita menilai situasi tersebut tidak bagus untuk perkembangan kariernya. Pilihan hengkang dari Liverpool akhirnya diambil oleh Keita.

 

Dilirik AC Milan

Gelandang Liverpool Naby Keita bereaksi saat menghadapi Bayern Munchen pada pertandingan Liga Champions di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, 19 Februari 2019. Pemain asal Ghana ini akan membela Liverpool menghadapi Tottenham Hotspur di final Liga Champions 2019. (Photo by Christof STACHE / AFP)
Gelandang Liverpool Naby Keita bereaksi saat menghadapi Bayern Munchen pada pertandingan Liga Champions di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, 19 Februari 2019. Pemain asal Ghana ini akan membela Liverpool menghadapi Tottenham Hotspur di final Liga Champions 2019. (Photo by Christof STACHE / AFP)

Laporan tersebut mengklaim Naby Keita bakal pindah ke Italia pada musim panas nanti. Dia diberitakan akan bergabung dengan AC Milan.

Keita memilih Milan karena sosok Ralf Rangnick yang dirumorkan akan menjabat sebagai juru taktik I Rossonerri pada musim depan. Rangnick dikabarkan berani memberikan jaminan bermain kepada sang gelandang.

Akan tetapi, AC Milan harus siap keluar banyak uang untuk mengamankan jasa Keita. Pasalnya, sang gelandang masih terikat kontrak bersama Liverpool hingga 30 Juni 2023.

Sumber: Milan Live

Disadur dari: Bola.net (Penulis: Serafin Unus Pasi/Published: 18/6/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemohon SIM di Polresta Tangerang Dibatasi 200 Orang per Hari

Posted: 18 Jun 2020 08:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan pandemi Covid-19, Satlantas Polres Kota (Polresta) Tangerang melakukan pembatasan permohonan pembuatan Surat Izin Mengendarai (SIM). Hal dilakukan untuk menghindari adanya antrean atau kerumunan para pemohon.

Kasat Lantas Polresta Tangerang Kompol I Ketut Widiarto mengatakan, pihaknya hanya menyediakan kuota sebanyak 200 pemohon pembuatan SIM setiap harinya.

"Kami hanya menyediakan kuota sebanyak 200 yang dibagi menjadi dua, yaitu 100 untuk pembuatan SIM baru dan 100 untuk pembuatan perpanjang SIM," kata Widiarto, Jumat (19/6/2020).

Namun terkadang, minat untuk pembuatan perpanjangan SIM lebih banyak. Untuk itu, agar tetap terlayani, kuota perpanjangan SIM ditambah 20 persen.

"Dalam pembuatan SIM ini, lebih banyak yang melakukan perpanjangan, makanya untuk menyiasati agar dapat terlayani,, terkadang kuotanya kita tambah 20 untuk perpanjangan SIM, dan penambahan itu diambil dari jatah kuota pembuatan SIM yang tidak terpakai," ujar Widiarto.

Terapkan Protokol Kesehatan

Layanan SIM di Satlantas Polres Kota (Polresta) Tangerang. (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)
Layanan SIM di Satlantas Polres Kota (Polresta) Tangerang. (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)

Selama pembuatan permohonan SIM itu, pihaknya pun turut memberlakukan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran yang diberikan oleh pemerintah.

"Kami tetap lakukan pengecekan suhu tubuh sebelum masuk ke area Satlantas Polresta Tangerang, menyediakan ruang tunggu dengan memperhatikan jarak, mengurangi kapasitas peserta ujian agar jarak tetap aman dan menyediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer," ungkapnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Update 19 Juni: 8,4 Juta Orang di Dunia Positif Corona COVID-19, Sembuh Terbanyak di AS

Posted: 18 Jun 2020 08:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini infeksi Virus Corona COVID-19 di seluruh dunia telah mencapai 8.463.533 kasus. 4.142.111 di antaranya telah dinyatakan sembuh berdasarkan Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE

Jumlah kesembuhan pasien Corona COVID-19 paling besar kini tercatat di Amerika Serikat, yang mencapai 599.115 dan Brasil dengan 534.215 orang pulih.

Amerika Serikat tercatat sebagai negara yang memiliki kasus infeksi terbesar mencapai 2.189.128. 

Saat ini, Brasil, Rusia, India dan Inggris tercatat sebagai negara dengan kasus infeksi terbesar setelah Amerika Serikat, menurut data Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE yang dikutip Jumat (19/6/2020). 

Jumlah kasus infeksi Virus Corona COVID-19 terbesar kedua tercatat di Brasil, mencapai 978.142 kasus. 

Pasien Corona COVID-19 terbesar ketiga tercatat di Rusia, sebanyak 560.321 kasus dengan 313.409 orang pulih.

Jumlah terbesar keempat sekarang tercatat di India, dengan 366.946 orang dinyatakan positif mengidap Virus SARS-CoV-2, dan 194.325 pulih. 

Pasien positif Virus Corona COVID-19 di Inggris kini tercatat sebagai kelima terbesar, yakni sebanyak 301.935 kasus dengan 1.313 orang pulih. 

Kematian Akibat Corona COVID-19 di Dunia Tercatat 453.268 Jiwa

Gambar ilustrasi ini dengan izin dari National Institutes of Health pada 27 Februari 2020. Menunjukkan mikroskopis elektron transmisi SARS-CoV-2 juga dikenal sebagai 2019-nCoV, virus yang menyebabkan Corona COVID-19. (AFP/National Institutes of Health).
pada 27 Februari 2020. Menunjukkan mikroskopis elektron transmisi SARS-CoV-2 juga dikenal sebagai 2019-nCoV, virus yang menyebabkan Corona COVID-19. (AFP/National Institutes of Health).

Mengutip dari gisanddata.maps.arcgis.com, jumlah kematian karena Virus Corona COVID-19 secara global tercatat sebanyak 453.268 jiwa. Terus bertambah setiap hari.

Dalam data peta penyebaran Virus Corona COVID-19 tersebut kini ada 188 negara dan wilayah yang terjangkit. Sementara menurut worldometers .info/coronavirus/#countries  sudah mencapai 213 negara -- termasuk dua international conveyances.

Angka kematian karena Virus Corona COVID-19 paling besar tercatat di Amerika Serikat, yang mencapai 118.421 jiwa. 

Total kematian terbesar selanjutnya kini berada di Brasil, sebanyak 47.748 jiwa, lalu Inggris mencatat kematian sebanyak 42.373 jiwa.

Sementara di Italia tercatat 34.514 kematian. Pasien meninggal karena Virus Corona COVID-19 di Prancis tercatat 29.606 jiwa. 

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jasa Marga Kebut 2 Proyek Jalan Tol

Posted: 18 Jun 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui dua anak usahanya yakni PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC) dan PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) berkomitmen untuk mengebut pembangunan dua ruas jalan tol yang masuk ke dalam jaringan Jalan Tol JORR II, yakni ruas Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran dan ruas Tol Cinere-Serpong.

Di tengah pandemi virus corona (Covid-19), pekerjaan konstruksi di kedua ruas jalan tol tersebut tetap berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Direktur Utama PT JKC Agus Suharjanto menyampaikan, bahwa pembangunan konstruksi Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran hingga 16 Juni 2020 telah mencapai 83,79 persen, dan progres pembebasan lahan mencapai 84,74 persen.

"Saat ini, pembayaran 67 bidang tanah bisa dilaksanakan di akhir bulan Juni 2020 dan sisanya sebanyak 200 bidang tanah harus dilakukan konsinyasi," ujar Agus dalam keterangan tertulis, Jumat (19/6/2020).

Agus menambahkan, proses konstruksi diharapkan dapat diselesaikan pada November 2020 sehingga di akhir tahun ini sudah siap untuk dioperasikan.

Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran sendiri terbagi menjadi empat seksi, yakni Seksi I Simpang Susun Kunciran-Underpass Tirtayasa (2,04 km), Seksi II Underpass Tirtayasa-Underpass Benteng Betawi (3,52 km), Seksi III di Underpass Benteng Betawi-Underpass Husein Sastranegara (6,57 km), dan Seksi IV Underpass Husein Sastranegara-Simpang Susun Benda (2,05 km).

 

Tol Cinere-Serpong

Suasana pembangunan Jalan Tol Serpong-Cinere yang melintasi wilayah Serpong (Jombang), Serua, Ciputat, Pamulang, dan Pondok Cabe/Cinere di Tangerang Selatan, Selasa (31/3/2020). (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Suasana pembangunan Jalan Tol Serpong-Cinere yang melintasi wilayah Serpong (Jombang), Serua, Ciputat, Pamulang, dan Pondok Cabe/Cinere di Tangerang Selatan, Selasa (31/3/2020). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Sementara itu, Direktur Utama PT CSJ Ayu Widya Kiswari mengungkapkan, pembangunan konstruksi Jalan Tol Cinere-Serpong hingga 16 Juni 2020 mencapai 82,28 persen dengan progres pembebasan lahan sebesar 91,08 persen.

"Jalan Tol ini nantinya akan tersambung dengan ruas Tol Serpong-Kunciran yang telah lebih dahulu beroperasi, serta Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran," ungkapnya.

Adapun Jalan Tol Serpong-Cinere memiliki total panjang 10,14 km, terdiri dari dua seksi, yakni Seksi 1 Serpong-Pamulang (6,59 km) dan Seksi 2 Pamulang-Cinere (3,55 km). Ruas Jalan Tol Serpong-Cinere akan melintasi wilayah Serpong (Jombang), Serua, Ciputat, Pamulang, dan Pondok Cabe/Cinere.

Mulanya, pengerjaan ruas tol ini ditargetkan dapat rampung dan beroperasi sebelum Lebaran 2020 atau pada akhir Mei. Namun kini belum ditentukan kapan Jalan Tol Cinere-Serpong akan selesai.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP 2020 Terbaru: Balapan Hanya di Eropa

Posted: 18 Jun 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dorna terus memutar otak agar MotoGP 2020 tetap dapat digelar. Seperti diketahui, jadwal musim ini berantakan akibat pandemi corona covid-19.

Hingga kini, sudah ada delapan seri MotoGP 2020 yang dibatalkan. Terbaru, MotoGP Mugello di Italia yang sedianya akan digelar 31 Mei lalu.

Kamis (11/6/2020) lalu, Dorna kembali mengeluarkan jadwal MotoGP terbaru musim ini. Tapi, jadwal ini bakal terus dievaluasi, tergantung kondisi di masing-masing negara.

Rencananya, MotoGP musim 2020 digelar mulai 19 Juli hingga 15 November 2020. Menariknya, seluruh seri akan dipusatkan di Eropa.

Berikut jadwal sementara MotoGP 2020:

 

 

Jadwal MotoGP

ilustrasi motogp (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi motogp (Liputan6.com/Abdillah)

19 Juli - MotoGP Spanyol (Sirkuit Jerez)

26 Juli - MotoGP Andalusia (Sirkuit Jerez)

9 Agustus - MotoGP Rep Ceska (Sirkuit Brno)

16 Agustus - MotoGP Austria (Sirkuit Red Bull Ring)

23 Agustus - MotoGP Styria (Sirkuit Red Bull Ring)

13 September - MotoGP San Marino (Sirkuit Misano)

20 September - MotoGP Emilia Romagna (Sirkuit Misano)

27 September - MotoGP Catalunya (Sirkuit Catalunya)

11 Oktober - MotoGP Prancis (Sirkuit Le Mans)

18 Oktober - MotoGP Aragon (Sirkuit Motorland Aragon)

25 Oktober - MotoGP Teruel (Sirkuit Motorland Aragon)

8 November - MotoGP Eropa (Sirkuit Ricardo Tormo Valencia)

15 November - MotoGP Comunitat Valenciana (Sirkuit Ricardo Tormo)

 

 

Opsi Tambahan

Jadwal: 22 November - 13 Desember

- MotoGP Amerika Serikat

- MotoGP Argentina

- MotoGP Thailand

- MotoGP Malaysia

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: