Sabtu, 06 Juni 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Gugus Tugas: Warga Sumut Tidak Disiplin Jalankan Protokol Kesehatan

Posted: 06 Jun 2020 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumatera Utara, dr Aris Yudhariansyah menyebutkan, meningkatnya terus pasien positif mengindikasikan warga Sumut tidak disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.

"Jumlah pasien positif Covid-19 di Sumut per tanggal 6 Juni sudah menembus 605 orang," ujarnya di Medan, Sumut, Sabtu (6/6/2020).

Jumlah positif Covid-19 itu naik signifikan dari data tanggal 3 Juni yang masih 444 orang.

Aris menyebutkan, agar tidak bertambah terus jumlah pasien positif, warga diminta tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan.

Mulai dari tetap menghindari kerumunan atau bahkan tetap di rumah kalau tidak ada kepentingan mendesak.

Kemudian tetap menggunakan masker, sering mencuci tangan dan menjaga kebersihan dan gizi yang cukup.

"Walau jumlah pasien sembuh meningkat, tidak otomatis mengindikasikan virus corona melemah. Jadi warga harus tetap waspada," katanya seperti dikutip Antara.

 

Meninggal 47 Orang

Data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut mengungkapkan, pasien sembuh ada 178 orang. Kemudian pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 123 orang, orang dalam pemantauan (ODP) 553 orang serta meninggal 47 orang.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

WHO Rilis Panduan Terbaru Penggunaan Masker untuk Cegah COVID-19

Posted: 06 Jun 2020 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan panduan terbaru penggunaan masker untuk mencegah penularan COVID-19.

Namun, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menegaskan bahwa penggunaan masker saja tidak bisa melindungi seseorang dari COVID-19.

"Cara ini hanya boleh dilakukan sebagai bagian dari strategi komprehensif dalam memerangi COVID-19. Masker saja tidak akan melindungi Anda dari COVID-19," kata Tedros dalam konferensi persnya pada Jumat lalu, dikutip dari laman resmi WHO pada Minggu (7/6/2020).

"Masker bukan pengganti jaga jarak fisik, kebersihan tangan, dan tindakan kesehatan masyarakat lainnya."

Dalam panduan terbarunya, WHO masih meminta agar orang yang sakit dengan gejala COVID-19 harus tetap di rumah dan harus berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan.

Panduan yang Tidak Berubah

Calon penumpang kereta api mengenakan masker saat berada di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (31/01). Dalam rangka pencegahan Virus Corona, PT Kereta Api Indonesia (persero) melakukan sosialisasi kepada penumpang dengan membagi-bagikan masker di stasiun Gambir. (merdeka.com/Imam Buhori)
Calon penumpang kereta api mengenakan masker saat berada di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (31/01). Dalam rangka pencegahan Virus Corona, PT Kereta Api Indonesia (persero) melakukan sosialisasi kepada penumpang dengan membagi-bagikan masker di stasiun Gambir. (merdeka.com/Imam Buhori)

Sementara bagi mereka yang dikonfirmasi positif COVID-19, harus diisolasi dan dirawat di fasilitas kesehatan.

Bagi mereka yang berkontak dengan pasien positif COVID-19 juga harus dikarantina.

"Jika benar-benar perlu orang sakit atau kontak meninggalkan rumah, mereka harus mengenakan masker medis," kata Tedros.

Hal yang tidak berubah lainnya adalah saran agar orang yang merawat pasien terinfeksi di rumah harus menggunakan masker medis saat mereka berada di ruangan yang sama dengan orang sakit.

"Dan WHO terus menyarankan agar petugas kesehatan menggunakan masker medis dan peralatan pelindung lainnya ketika berhadapan dengan pasien COVID-19 yang dicurigai atau dikonfirmasi," ujarnya.

Panduan Terbaru

Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus. (Liputan6/AFP)
Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus. (Liputan6/AFP)

Ada beberapa panduan baru mengenai penggunaan masker dari WHO.

Tedros mengatakan, di daerah dengan tingkat penularan luas, WHO merekomendasikan penggunaan masker medis bagi semua orang yang bekerja di area klinis fasilitas kesehatan. Tidak hanya pekerja yang menangani pasien COVID-19.

"Itu berarti, misalnya, seorang dokter yang melakukan kunjungan reguler di unit kardiologi atau perawatan paliatif di mana tidak ada pasien COVID-19 yang dikonfirmasi, mereka harus tetap memakai masker medis," kata pria asal Ethiopia itu.

Selain itu, di daerah dengan transmisi lokal, WHO meminta agar orang yang berusia 60 tahun atau lebih, serta memiliki masalah kesehatan bawaan, untuk tetap mengenakan masker medis di saat jaga jarak fisik tidak dimungkinkan.

WHO juga memperbarui panduan penggunaan masker di wilayah publik di daerah transmisi lokal.

"Sehubungan bukti yang terus berkembang, WHO menyarankan bahwa pemerintah harus mendorong masyarakat umum untuk mengenakan masker di mana ada penyebaran yang meluas dan jarak fisik sulit diterapkan, seperti di angkutan umum, toko-toko, atau di lingkungan terbatas atau ramai lainnya," kata Tedros.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kelewat Kreatif, Pria Ini Buat Baby Walker dari Pipa dan Kaleng Bekas untuk Anaknya

Posted: 06 Jun 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setiap orangtua tentu senang melihat pertumbuhan sang buah hati. Salah satunya ialah ketika sang anak mulai belajar berjalan. Para orangtua biasanya akan membantunya sang anak belajar berjalan atau menggunakan baby walker untuk mempermudah sang anak.

Sebagian besar orangtua yang anaknya baru belajar berjalan tentu memilih untuk membeli baby walker.

Namun rupanya ada juga yang justru berinisiatif membuat baby walker sendiri menggunakan barang-barang bekas.

Sebuah unggahan akun Twitter @sambellbawang baru-baru ini viral. Pasalnya dalam unggahan tersebut sang pemilik akun mengunggah video seorang bayi sedang belajar berjalan menggunakan "baby walker" yang terbuat dari pipa dan kaleng bekas.

Pipa dan kaleng bekas

foto: Twitter/@sambellbawang
foto: Twitter/@sambellbawang

Dalam video berdurasi 12 detik tersebut terlihat seorang bayi belajar berjalan menggunakan sebuah benda yang serupa dengan baby walker. Namun berbeda dengan baby walker pada umumnya, benda tersebut dibuat dari bahan sederhana yaitu pipa air yang dibentuk sedemikian rupa sehingga menyerupai Baby Walker asli.

Tak hanya itu, rodanya pun terbuat dari kaleng bekas sebanyak empat buah yaitu dua di bagian depan dan sisanya dipasang dibelakang.

Viral

foto: Twitter/@sambellbawang
foto: Twitter/@sambellbawang

"Anaknya temenku, bapaknya kreatif banget," tulis akun tersebut pada Kamis (30/5/2020).

Unggahan tersebut sontak saja mencuri perhatian pengguna Twitter lain dalam waktu singkat. Bagaimana tidak, unggahan tersebut telah disukai lebih dari 20 ribu kali.

Videonya

Beragam komentar

Tak sedikit warganet yang lantas memberikan komentarnya, bahkan ada yang berinisiatif menghitung bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat baby walker tersebut.

"Setelah saya hitung rab-nya. Dibutuhkan: Pipa pvc 3/4" 4m harga 32rb, sambungan siku 8 x 2000= 16rb, sambungan T 8 x 2.500 = 20rb, kaleng bekas 4 x 1000= 4rb. Jadi dibutuhkan biaya sekitar 72rb untuk membuat mainan dorong semacam itu. Semoga bermanfaat," tulis akun @fanysasongko.

"Tak ada rotan paralon pun jadi," komentar @bukanpns.

"Expert dibilang perpipaan," timpal @ridyamusthofak.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Maman Abdurrahman: Piala Asia 2007 Momen Tak Terlupakan

Posted: 06 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bek Persija Jakarta, Maman Abdurrahman, pernah menjadi andalan lini belakang Timnas Indonesia pada era 2006-2010. Sebelumnya, pemain kelahiran 12 Mei 1982 ini juga menjadi pilar Timnas U-22 pada 2003-2005.

Di level senior, Maman Abdurrahman sempat bersaing dengan bek papan atas Indonesia lainnya seperti Hamka Hamzah, Charis Yulianto dan Nova Arianto. Namun, Maman hampir pasti menjadi pilihan utama karena kemampuannya yang kuat bola atas.

Empat tahun berseragam Timnas Indonesia senior membuat Maman merasakan sejumlah turnamen bergengsi. Namun gelaran Piala Asia 2007 menjadi momen spesial yang sulit dilupakan Maman hingga kini.

Pada turnamen tersebut Maman selalu menjadi pilihan utama bersama Charis Yulianto di jantung pertahanan.

Timnas Indonesia yang berada di grup neraka bersama Bahrain, Arab Saudi dan Korea Selatan menjadi perhatian karena penampilan spartan. Bahrain pun dilibas 2-1, meski akhirnya Maman Abdurrahman dan kawan-kawan kalah tipis dari Arab Saudi dan Korsel.

 

Komentar Maman

Pemain Persija Jakarta, Maman Abdurrahman, memegang bola saat latihan di Lapangan Sutasoma, Jakarta, Rabu (16/1) (Bola.com/Yoppy Renato)
Pemain Persija Jakarta, Maman Abdurrahman, memegang bola saat latihan di Lapangan Sutasoma, Jakarta, Rabu (16/1) (Bola.com/Yoppy Renato)

"Piala Asia 2007 merupakan momen spesial bagi saya. Di turnamen tersebut kali pertama saya dipercaya menjadi inti di saat usia saya masih 25 tahun," kata Maman di situs Persija.

"Saya ingat betul bagaimana atmosfer Gelora Bung Karno, meski akhirnya kita gagal lolos babak grup," ujar pemain terbaik Liga Indonesia 2006 ini.

 

Statistik Maman

Maman Abdurrahman. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Maman Abdurrahman. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Maman sendiri mencatatkan 27 caps bersama Timnas Indonesia.

Prestasi terbaiknya adalah saat mengantar Tim Garuda jadi runner up Piala AFF 2010.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Facebook Bakal Kedatangan Fitur Dark Mode

Posted: 06 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Facebook akhirnya dilaporkan bakal kedatangan fitur dark mode di aplikasinya. Informasi ini diketahui dari laporan 9to5Google beberapa waktu lalu yang sudah mencoba fitur anyar itu.

Dikutip dari GSM Arena, Minggu (7/6/2020), fitur dark mode ini dapat disetel secara manual atau mengikuti pengaturan sistem perangkat. Adapun tampilan dark mode di Facebook ini tampil dengan latar belakang hitam yang dipadu ikon abu-abu.

Namun perusahaan tetap menyertakan akses warna biru yang menjadi ciri khas aplikasi tersebut. Hanya untuk sekarang belum dapat dipastikan kapan fitur ini akan hadir bagi publik.

Sebagai informasi, fitur dark mode di Facebook memang terbilang lebih lambat dibandingkan aplikasi lain milik media sosial tersebut. Sebab, aplikasi WhatsApp dan Instagram sudah menerapkannya, Facebook Lite kini hadir dengan fitur tersebut.

Selain fitur dark mode, perusahaan juga diketahui akan mengubah desain fitur Time on Facebook di dalam aplikasi. Sesuai namanya, fitur ini akan memberikan informasi mengenai durasi yang dihabiskan pengguna mengakses media sosial tersebut.

Terakhir, Facebook itu juga dilaporkan tengah mengembangkan fitur untuk melacak penyebaran virus corona secara lokal. Fitur ini nantinya akan menampilkan data penyebaran di Amerika Serikat maupun global.

Pengguna Facebook Kini Bisa Transfer Foto ke Google Photos

Tampilan Google Photos di berbagai platform (sumber : BGR.com)
Tampilan Google Photos di berbagai platform (sumber : BGR.com)

Sebelumnya, Facebook akhirnya merilis secara global fitur yang memungkinkan pengguna memindahkan foto di platform media sosial tersebut ke Google Photos. Sebelumnya, fitur ini hanya tersedia untuk pengguna di beberapa negara.

Dikutip dari The Verge, Jumat (5/6/2020), fitur ini merupakan tools yang dapat digunakan pengguna untuk mengkopi foto atau video di akun Facebooknya, lalu ditransfer ke akun Google Photos yang sudah ditautkan.

Sebagai informasi, tools ini pertama kali diperkenalkan Facebook pada akhir 2019. Lalu dirilis secara bertahap di sejumlah negara, dan pada paruh pertama 2020 tools ini tersedia global.

"Selama hampir satu dekade, (Facebook) memungkinkan pengguna mengunduh informasi dari layanan media sosial," ungkap Steve Satterfield, Director of Privacy and Public Policy di Facebook saat pertama kali memperkenalkan tools ini.

Untuk diketahui, tools transfer foto ini dibuat berdasarkan kode open-source dari Data Transfer Project. Adapun Data Transfer Project ini juga mencakup beberapa partisipisan, seperti Apple, Google, Microsoft, Twitter dan lainnya.

Cara Transfer Foto dari Facebook ke Google Photos

Facebook (LOIC VENANCE / AFP)
Facebook (LOIC VENANCE / AFP)

Bagi kamu yang ingin mengetahui cara memindahkan foto atau video dari Facebook ke Google Photos, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Saat masuk ke akun Facebook, buka menu 'Settings'.
  2. Setelah itu, pilih tab 'Your Facebok Information'.
  3. Terakhir, klik 'Transfer a copy of your Photos or Video'.

Untuk sekarang, pengguna memang baru dimungkinkan untuk menyalin data ke Google Photos. Namun juru bicara Facebook mengatakan nantinya tools ini juga dapat mendukung layanan dari perusahaan lain yang tergabung dalam Data Transfer Project.

(Dam/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tak Pulang 4 Bulan, Pohon Bambu Tumbuh di Kamar Pria Ini

Posted: 06 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria terkejut melihat kamarnya yang tidak dikunjungi selama 4 bulan karena pandemi corona. Kepala ranjang kamarnya ditumbuhi batang bambu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Baru Keluar Penjara, Rio Reifan Sudah Jalani Syuting

Posted: 06 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabar mengejutkan datang dari pesinetron Rio Reifan. Rio sudah bebas dari tahanan terkait kasus narkoba.

Rio Reifan sudah menyapa penggemarnya melalui akun Instagram miliknya, Sabtu (6/6/2020). Ia juga menggungah fotonya mengenakan kemeja abu-abu dipadu kaus hijau army.

"Morning jekardahh... MISS ME????" sapa Rio Reifan sebagai keterangan gambar. Namun tak diketahui kapan pastinya Rio bebas dari tahanan.

 

Syuting Lagi

Rio Reifan (Foto: Instagram/@rioreifan)
Rio Reifan (Foto: Instagram/@rioreifan)

Sepertinya keberuntungan berpihak kepada Rio Reifan. Sehari keluar dari penjara, ia sudah mendapat pekerjaan di dunia hiburan.

"Otewe shooting lagi kita.......," tulisnya pada unggahan lain.

 

Pakai Masker

Rio Reifan (Foto: Instagram/@rioreifan)
Rio Reifan (Foto: Instagram/@rioreifan)

Dalam foto terbaru yang diperlihatkan, Rio Reifan mengenakan masker. Di dekatnya tampak sebuah kamera bersama tripod yang siap digunakan.

 

Bersyukur

Rio sangat bersyukur dengan kondisinya sekarang ini. "Nikmat Tuhan mana lagi yang kau dustakan.... YA ALLAH,..," tambahnya.

 

1 Tahun 8 Bulan

Seperti diketahui, Rio Reifan mendapat vonis hukuman 1 tahun 8 bulan setalah dinyatakan bersalah terkait kasus narkoba. Pengadilan memutuskan hal itu pada 10 Februari 2020 lalu.

Belum genap satu tahun, Rio Reifan sudah bisa menghirup udara bebas.

 

Tak Menjawab

Saat menghubungi sang istri, Henny Mona untuk dimintai keterangan terkait kebebasan sang suami belum mendapat jawaban hingga berita ini ditulis.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jenazah yang Diambil Paksa Keluarganya dari RS di Manado Ternyata Positif Covid-19

Posted: 06 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Manado - Masih ingat insiden yang terjadi di Rumah Sakit Pancaran Kasih Manado, Senin (1/6/2020) lalu? Jenazah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang diambil paksa oleh pihak keluarga dari rumah sakit tersebut ternyata positif Covid-19.

"Nantinya keluarga, dan seluruh pihak terkait yang sempat membawa dan memegang jenazah PDP yang telah dinyatakan positif Covid-19 akan langsung di-swab PCR. Tidak lagi melalui rapid test," ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulut, dr Steaven Dandel, Sabtu (6/6/2020).

Dalam laporan yang disampaikan Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulut pada Sabtu malam, ada 79 kasus baru positif Covid-19. Dalam daftar kasus baru itu, nomor kasus 469 adalah laki-laki berusia 52 tahun asal Manado, merupakan PDP yang meninggal pada 1 Juni 2020 di rumah sakit di Manado.

"PDP yang meninggal itu memiliki pneumonia, dan sejumlah penyakit penyerta lainnya," ujar Dandel.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada Senin (1/6/2020), warga Manado dihebohkan dengan kericuhan yang terjadi di RS Pancaran Kasih Manado.

Pihak direksi rumah sakit tersebut dituding menyogok keluarga PDP untuk menetapkan pasien tersebut sebagai penderita Covid-19. Pihak keluarga merasa jenazah tersebut tidak mengidap Covid-19.

Hal ini kemudian memicu kemarahan massa sehingga mereka mengambil paksa jenazah PDP itu dengan mendobrak pintu kamar jenazah, kemudian membawanya ke rumah duka.

"Kami tidak menyogok keluarga untuk menetapkan sebagai pasien Covid-19, tapi uang yang akan diberikan itu untuk biaya mensalatkan jenazah serta proses pemakaman," ungkap Direktur RS Pancaran Kasih Manado dr Franky Kambey.

Simak juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Korban Tewas Heli Penerbad Diotopsi di RS Bahyangkara

Posted: 06 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Korban tewas helikopter Penerbad di Kendal di otopsi di RS Bhayangkara. Tiga dari empat korban tewas dalam insiden jatuhnya Helikopter MI-17 milik TNI AD di Kawasan Industri Kendal akan dilakukan uji laboratorium forensik (labfor) melalui proses otopsi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ki Gendeng Pamungkas Meninggal Dunia, Ini 4 Fakta Perjalanan Hidupnya

Posted: 06 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Paranormal terkenal Indonesia yang dikenal dengan nama Ki Gendeng Pamungkas memiliki nama asli Imam Santoso. Paranormal tersebut dikabarkan telah mengembuskan napas terkahir usai menjalani perawataan intensif di ruang Intensive Care Unit (ICU) selama tiga hari di Rumah Sakit Mulia, Jalan Pajajaran, Kota Bogor, Sabtu (6/6/2020) sekira pukul 15.15 WIB.

Menjalani perawatan intensif, ternyata Ki Gendeng Pamungkas memiliki riwayat penyakit komplikasi. Ia pun memiliki penyakit diabetes dan jantung.

"Setahu saya memang sudah lama sakitnya. Tapi baru dibawa dan dirawat di ICU ini baru tiga hari lalu," kata Adang, besan dari Ki Gendeng Pamungkas.

Jenazah Ki Gendeng Pamungkas pun saat ini telah dibawa keluarga menuju Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat di kediamannya. Jenazanya pun disemayamkan pada hari ini, Minggu (7/6/2020).

Sebagai paranormal terkenal, nama Ki Gendeng Pamungkas pun kerap menjadi perbincangan. Ia pun pernah menyalonkan diri sebagai Wali Kota Bogor dan coba menyantet Presiden Amerika.

Berikut 4 fakta perjalanan hidup Ki Gendeng Pamungkas yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (7/6/2020).

1. Pernah ancam akan santet Presiden Amerika George B Bush.

Presiden Amerika Serikat George W Bush umumkan dimulainya invasi ke Irak 19 Maret 2003 (Public Domain)
Presiden Amerika Serikat George W Bush umumkan dimulainya invasi ke Irak 19 Maret 2003 (Public Domain)

Aksi Ki Gendeng Pamungkas kerap menjadi perhatian banyak media maupun media sosial. Salah satunya ialah aksinya yang ancam santet Presiden Amerika kala itu, George W Bush yang akan berkunjung ke Indonesia pada tahun 2006.

Kedatanga Presiden Amerika tersebut memang mendapat penolakan berbagai kalangan, termasuk Ki Gendeng Pamungkas dengan ancam akan santet orang nomor satu Amerika tersebut.

Namun usai lakukan ritual, ia pun sempat didatangi oleh orang-orang George W Bush yang memintanya untuk membatalkan penyantetan tersebut.

2. Ki Gendeng Pamungkas terjun ke dunia politik dan calonkan diri jadi Wali Kota Bogor.

Ki Gendeng Pamungkas (Foto : Youtube)
Ki Gendeng Pamungkas (Foto : Youtube)

Pada tahun 2008, Ki Gendeng Pamungkas sempat terjun ke dunia politik. Kala itu ia pun sempat mencalonkan diri menjadi Wali Kota Bogor dengan jalur independen.

Saat itu ia pun mencalonkan diri berpasangan dengan Ahmad Chusairi untuk periode 2008-2013. Namun dalam perjalanannya, ia pun gagal dan hanya mendapat 6,73 persen suara.

3. Sempat ditahan karena ujaran kebencian soal isu SARA.

Ki Gendeng Pamungkas (Sumber: Instagram/theramonpapana)
Ki Gendeng Pamungkas (Sumber: Instagram/theramonpapana)

Paranornal Ki Gendeng Pamungkas sempat menjadi seorang tahanan atas tuduhan melakukan tindakan diskriminatif SARA melalui sebuah video. Ia pun ditangkap pada Selasa Malam (9/5/2017).

Usai dibekuk di kediamannya dengan menyita berbagai barang bukti, Ki Gendeng Pamungkas pun akhirnya divonis oleh pengadilan Negeri Bogor dengan 8 bulan penjara pada Oktober 2017.

4. Gugat UU Pemilu dan calonkan diri sebagai Presiden 2024.

Ki Gendeng Pamungkas ditangkap karena ujaran kebencian (Liputan6.com/Nafis)
Ki Gendeng Pamungkas ditangkap karena ujaran kebencian (Liputan6.com/Nafis)

Sempat gagal calonkan diri sebagai Wali Kota Bogor pada tahun 2008. Ki Gendeng Pamungkas pun sempat ingin calonkan diri sebagai seorang Presiden pada Pemilu 2024.

Namun keinginannya tersebut terganjal oleh Undang-Undang Pemilu karena ia tidak memiliki tiket dari Partai Politik untuk ikut dalam kontestasi kekuasaan tersebut. Maka dari itu, ia pun menggugat Undang-Undang Pemilu kepada Mahkamah Konstitusi pada Mei 2020. Gugatan ini pun sampai saat ini masih berproses di MK.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Awas Macet, Jasa Marga Perbaiki Tol Jagorawi pada 8-14 Juni 2020

Posted: 06 Jun 2020 10:00 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta - Menghadapi new normal PT Jasa Marga (Persero) terus meningkatkan kulitas layanan guna memberi kenyamanan kepada pengguna jalan tol. Melalui Jasamarga Metropolitan Tollroad selaku pengelola Jalan Tol Jagorawi, bersama dengan PT Jasamarga Tollroad Maintenance (JMTM) sebagai service provider pemeliharaan jalan tol melakukan pelaksanakan pekerjaan rekonstruksi perkerasan di Ruas Tol Jagorawi.

"Dalam pekerjaan rekonstruksi Tol Jagorawi akan dimulai pada hari Senin tanggal 8 sampai dengan 14 Juni 2020 di Km 19+350 s.d Km 19+150 pada lajur 1 arah Jakarta mulai pukul 09.00 WIB sepanjang 200 m," kata Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad Irra Susiyanti, Minggu (7/6/2020).

Lebih lanjut Irra menjelaskan, selama pekerjaan berlangsung, semua lajur kecuali lajur 1 dapat digunakan sebagai jalur lalulintas, kecuali pada pukul 21.00 sampai dengan 06.00 WIB, bahu luar, lajur 1 dan sebagian lajur 2 akan ditutup untuk akses alat berat dan kegiatan pengecoran beton.

" Program rekonstruksi perkerasan yang dilaksanakan di Tol Jagorawi ini sebagai upaya untuk menjaga Standar Pelayanan Minimal (SPM) Jalan Tol Jagorawi," katanya.

 

Mohon Maaf

Kendaraan memadati jalan Tol Cawang Grogol di MT Haryono menuju Cikampek atau Jagorawi, Jakarta, (29/12). Mulai tanggal 30 Desember 2015 hingga 3 Januari pukul 24.00 WIB, semua truk angkutan barang dilarang masuk Tol Jakarta. (Liputan6.com/Yoppy Renato)
Kendaraan memadati jalan Tol Cawang Grogol di MT Haryono menuju Cikampek atau Jagorawi, Jakarta, (29/12). Mulai tanggal 30 Desember 2015 hingga 3 Januari pukul 24.00 WIB, semua truk angkutan barang dilarang masuk Tol Jakarta. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Kendati begitu, Jasamarga Metropolitan Tollroad memohon maaf atas ketidaknyamanan yang timbul akibat pekerjaan tersebut.

Maka untuk mengantisipasi penyempitan atau gangguan jalur yang terjadi akibat pekerjaan, Jasamarga Metropolitan Tollroad menyiapkan rambu-rambu untuk pengamanan, serta menyiagakan petugas pengaturan lalulintas di sekitar lokasi pekerjaan.

"Diimbau kepada pengguna jalan agar tetap berhati-hati, memperhatikan rambu-rambu dan arahan petugas, serta mengatur waktu perjalanannya," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

India Laporkan 10 Ribu Kasus Baru Corona COVID-19, Kini Posisi 6 Dunia

Posted: 06 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Delhi - India telah mencatat penambahan hampir 10.000 kasus baru COVID-19 dalam 24 jam terakhir pada Sabtu 6 Juni 2020, menjadikan akumulasi kasus positif di negara Asia itu melampaui Italia.

Negara ini sekarang memiliki jumlah kasus terkonfirmasi keenam di dunia, 246.622 orang dengan 6.946 kematian, menurut Worldometers pada Minggu 7 Juni 2020 pukul 09.05 WIB.

Sementara itu, seperti dilaporkan BBC, sistem kesehatan di Mumbai berada di ambang kehancuran sementara rumah sakit di ibukota, Delhi, dilaporkan kehabisan ruang.

Kendatipun, pusat perbelanjaan, tempat ibadah, restoran, dan kantor akan diizinkan dibuka kembali mulai Senin 8 Juni 2020.

Selama berminggu-minggu, angka kasus virus corona India yang relatif rendah telah membingungkan para pakar. Meskipun populasi padat, penyakit, dan rumah sakit umum yang kekurangan dana, tidak ada banjir infeksi atau kematian.

Meskipun India memiliki jumlah kasus keenam tertinggi, India adalah yang ke-12 dalam kematian, menurut statistik dari Universitas Johns Hopkins.

Tingkat pengujian yang rendah menjelaskan yang angka kasus positif yang relatif rendah untuk negara dengan populasi kedua terbanyak di dunia, tetapi tidak menjelaskan mengenai rendahnya angka kematian.

Harapannya --yang juga mendorong pemerintah untuk mencabut kebijakan lockdown-- adalah bahwa sebagian besar infeksi India yang tidak terdeteksi tidak akan cukup parah sehingga memerlukan rawat inap.

Tetapi jumlah kasus yang meningkat menunjukkan bahwa India akan menyaksikan puncak pandemi virus corona yang terlambat, kata para ahli.

 

Kewalahan?

Inspektur polisi Rajesh Babu mengenakan helm berbentuk virus corona saat mengimbau pengendara motor selama lockdown di pos pemeriksaan di Chennai, India, Sabtu (28/3/2020). Cara ini bertujuan agar warga menerapkan social distancing dan tetap berada di rumah selama pandemi Covid-19. (Arun SANKAR/AFP)
Inspektur polisi Rajesh Babu mengenakan helm berbentuk virus corona saat mengimbau pengendara motor selama lockdown di pos pemeriksaan di Chennai, India, Sabtu (28/3/2020). Cara ini bertujuan agar warga menerapkan social distancing dan tetap berada di rumah selama pandemi Covid-19. (Arun SANKAR/AFP)

Banyak orang India telah pergi ke media sosial untuk berbicara tentang pasien yang berjuang untuk mendapatkan perhatian medis, dengan beberapa rumah sakit mengatakan mereka bahkan tidak memiliki alat tes yang tersisa.

Kritikus mengatakan, lonjakan kasus baru-baru ini menunjukkan bahwa lockdown, yang dimaksudkan untuk memberi pemerintah waktu untuk meningkatkan fasilitas medis dan datang dengan biaya ekonomi yang besar, relatif tidak berhasil.

Tetapi Gautam Menon, seorang profesor dan peneliti pada model penyakit menular, sebelumnya mengatakan kepada BBC bahwa negara itu tidak punya pilihan lain.

"Melebihi satu titik, sulit untuk mempertahankan lockdown yang telah berlangsung begitu lama --secara ekonomi, sosial dan psikologis," katanya.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: [CERITA] Protes Meluas

Posted: 06 Jun 2020 10:00 PM PDT

Demonstran memprotes atas kematian George Floyd di dekat Gedung Putih di Washington, AS (4/6/2020). George Floyd, seorang pria kulit hitam meninggal setelah ditahan oleh petugas kepolisian Minneapolis pada 25 Mei. (AP Photo/Evan Vucci)
Demonstran memprotes atas kematian George Floyd di dekat Gedung Putih di Washington, AS (4/6/2020). George Floyd, seorang pria kulit hitam meninggal setelah ditahan oleh petugas kepolisian Minneapolis pada 25 Mei. (AP Photo/Evan Vucci)

Demonstran memprotes atas kematian George Floyd di dekat Gedung Putih di Washington, AS (4/6/2020). George Floyd, seorang pria kulit hitam meninggal setelah ditahan oleh petugas kepolisian Minneapolis pada 25 Mei. (AP Photo/Evan Vucci)

Para pengunjuk rasa berlutut di Flatbush Avenue di depan petugas kepolisian Kota New York selama unjuk rasa untuk George Floyd di wilayah Brooklyn di New York, AS (4/6/2020). (AP Photo/Frank Franklin II)
Para pengunjuk rasa berlutut di Flatbush Avenue di depan petugas kepolisian Kota New York selama unjuk rasa untuk George Floyd di wilayah Brooklyn di New York, AS (4/6/2020). (AP Photo/Frank Franklin II)

Para pengunjuk rasa berlutut di Flatbush Avenue di depan petugas kepolisian Kota New York selama unjuk rasa untuk George Floyd di wilayah Brooklyn di New York, AS (4/6/2020). (AP Photo/Frank Franklin II)

Seorang pengunjuk rasa yang ditangkap karena melanggar jam malam saat memprotes keadilan atas kematian George Floyd melihat keluar dari mobil polisi di New York, AS (4/6/2020). (AP Photo/Wong Maye-E)
Seorang pengunjuk rasa yang ditangkap karena melanggar jam malam saat memprotes keadilan atas kematian George Floyd melihat keluar dari mobil polisi di New York, AS (4/6/2020). (AP Photo/Wong Maye-E)

Seorang pengunjuk rasa yang ditangkap karena melanggar jam malam saat memprotes keadilan atas kematian George Floyd melihat keluar dari mobil polisi di New York, AS (4/6/2020). (AP Photo/Wong Maye-E)

Demonstran memprotes atas kematian George Floyd di dekat Gedung Putih di Washington, AS (4/6/2020). George Floyd, seorang pria kulit hitam meninggal setelah ditahan oleh petugas kepolisian Minneapolis pada 25 Mei. (AP Photo/Evan Vucci)
Demonstran memprotes atas kematian George Floyd di dekat Gedung Putih di Washington, AS (4/6/2020). George Floyd, seorang pria kulit hitam meninggal setelah ditahan oleh petugas kepolisian Minneapolis pada 25 Mei. (AP Photo/Evan Vucci)

Demonstran memprotes atas kematian George Floyd di dekat Gedung Putih di Washington, AS (4/6/2020). George Floyd, seorang pria kulit hitam meninggal setelah ditahan oleh petugas kepolisian Minneapolis pada 25 Mei. (AP Photo/Evan Vucci)

Demonstran memprotes atas kematian George Floyd di dekat Gedung Putih di Washington, AS (4/6/2020). George Floyd, seorang pria kulit hitam meninggal setelah ditahan oleh petugas kepolisian Minneapolis pada 25 Mei. (AP Photo/Alex Brandon)
Demonstran memprotes atas kematian George Floyd di dekat Gedung Putih di Washington, AS (4/6/2020). George Floyd, seorang pria kulit hitam meninggal setelah ditahan oleh petugas kepolisian Minneapolis pada 25 Mei. (AP Photo/Alex Brandon)

Demonstran memprotes atas kematian George Floyd di dekat Gedung Putih di Washington, AS (4/6/2020). George Floyd, seorang pria kulit hitam meninggal setelah ditahan oleh petugas kepolisian Minneapolis pada 25 Mei. (AP Photo/Alex Brandon)

Seorang anak mendongak ketika sekelompok rekan pengunjuk rasa berbaring di tengah persimpangan Dr. Martin Luther King, Jr. Blvd. dan Second Avenue ntuk protes atas kematian George Floyd di Memphis AS (4/6/2020). (Patrick Lantrip/Daily Memphian via AP)
Seorang anak mendongak ketika sekelompok rekan pengunjuk rasa berbaring di tengah persimpangan Dr. Martin Luther King, Jr. Blvd. dan Second Avenue ntuk protes atas kematian George Floyd di Memphis AS (4/6/2020). (Patrick Lantrip/Daily Memphian via AP)

Seorang anak mendongak ketika sekelompok rekan pengunjuk rasa berbaring di tengah persimpangan Dr. Martin Luther King, Jr. Blvd. dan Second Avenue ntuk protes atas kematian George Floyd di Memphis AS (4/6/2020). (Patrick Lantrip/Daily Memphian via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mal di Jakarta Buka Mulai 15 Juni, Bioskop dan Tempat Karaoke Tetap Tutup

Posted: 06 Jun 2020 09:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Asosiasi Persatuan Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta, Ellen Hidayat menyebut, berdasarkan Pergub No 51 Tahun 2020 dan juga keputusan Gubernur No 563 Tahun 2020, pusat perbelanjaan atau mal dijadwalkan mulai dibuka pada tanggal 15 Juni 2020.

Hal itu sesuai dengan penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masa transisi di Jakarta. Kendati, memang tidak semua tenant di mal dibuka.

"Kategori yang belum akan buka di tanggal 15 Juni dan sedang akan dipertimbangkan untuk buka di fase berikutnya adalah lebih ke arah leisure kategori antara lain, cinema, fitness, karaoke, arena permainan anak, dan tempat kursus anak," ujar Ellen dalam keterangannya, Minggu (7/6/2020).

Dia mengatakan, di masa transisi tahap satu ini, sudah ada beberapa penyewa pusat perbelanjaan yang diizinkan buka. Menurutnya, ini sudah dikaji secara matang oleh Pemerintah Provinsi (Pemrpov) DKI Jakarta.

"Saat ini sebenarnya pusat belanja di DKI masih diminta buka untuk beberapa kategori yang diwajibkan, antara lain bahan pangan, farmas,i dan juga F&B untuk delivery atau take away," kata dia.

Ellen mengatakan, jam operasional seluruh pusat perbelanjaan di DKI Jakarta akan dibatasi. Selain itu, kapasitas pengunjung mal juga harus 50 persen.

"Pada umumnya sebagian besar mal hanya akan buka dari jam 11.00 WIB sampai 20.00 WIB sembari melihat perkembangannya lebih lanjut," kata dia.

 

Terapkan Protokol Kesehatan

Pekerja memasang stiker saling menjaga jarak di depan lift Lippo Mall Puri, Jakarta, Rabu (3/6/2020). Lippo Malls Indonesia (LMI) menyiapkan prosedur dengan menerapkan protokol kesehatan menuju new normal di seluruh mal di 34 kota besar di Indonesia. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Pekerja memasang stiker saling menjaga jarak di depan lift Lippo Mall Puri, Jakarta, Rabu (3/6/2020). Lippo Malls Indonesia (LMI) menyiapkan prosedur dengan menerapkan protokol kesehatan menuju new normal di seluruh mal di 34 kota besar di Indonesia. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Selama beroperasi, pengelola pusat perbelanjaan tetap harus menerapkan protokol kesehatan seperti adanya pemeriksaan suhu karyawan dan pengunjung, pemakaian masker serta face shield bagi semua karyawan tenant maupun karyawan mal.

Kemudian tersedianya hand sanitizer atau juga wastafel. Pengaturan jarak sejak pengunjung masuk ke mal baik dari kapasitas lift yang dibatasi, demikian pula sampai eskalator yang juga diberikan tanda untuk berjarak.

Selain itu, disarankan pembayaran harus mengenakan transaksi digital untuk meminimalisir perpindahan fisik uang sebagai media penyebaran virus.

"Antrean kasir juga perlu dijaga," kata dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Momen Pernikahan Niken Anjani, Cantik Pakai Busana Adat Palembang

Posted: 06 Jun 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabar bahagia datang Niken Anjani dan Adimaz Pramono. Pemeran Ajeng dalam film Nanti Kita Cerita Hari Ini baru saja melangsungkan pernikahan pada 6 Juni 2020. Walaupun melangsungkan pernikahan di tengah pandemi, namun aura kebahagiaan artis 32 tahun ini tetap terpancar.

Acara pernikahan Niken Anjani dan Adimaz Pramono tetap mengikuti peraturan Menteri Kesehatan No. 9 tahun 2020 mengenai Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Kedua mempelai pun kompak menggunakan masker saat acara pernikahan berlangsung. Kendati demikian, tidak mengurangi kesakralan pernikahan kedua mempelai.

Pasangan ini melangsungkan akad nikah pada pukul 10.00 WIB dan dilanjutkan dengan makan siang bersama keluarga besar kedua mempelai. Walaupun pernikahannya hanya dilangsungkan secara sederhana dan dihadiri keluarga inti, pernikahan tetap berlangsung khidmat.

Dalam postingan di akun Instagram miliknya, Niken Anjani terlihat cantik dengan busana adat Palembang yang dikenakannya. Tak sedikit warganet dan kerabat selebriti yang membubuhkan ucapan selamat untuk istri Adimaz Pramono ini.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang 5 momen pernikahan Niken Anjani dengan busana adat Palembang, Minggu (7/6/2020).

1. Ini dia potret manis Niken Anjani dan Adimaz Pramono saat memamerkan buku nikah. Kedua mempelai ini tak bisa menyembunyikan aura kebahagiaannya.

Momen Manis Nikahan Niken Anjani. (Sumber: Instagram.com/nikenanjanii)
Momen Manis Nikahan Niken Anjani. (Sumber: Instagram.com/nikenanjanii)

2. Menikah di tengah pandemi, membuat kedua mempelai harus mematuhi protokol yang ditetapkan. Salah satunya menggunakan masker.

Momen Manis Nikahan Niken Anjani. (Sumber: Instagram.com/nikenanjanii)
Momen Manis Nikahan Niken Anjani. (Sumber: Instagram.com/nikenanjanii)

3. Artis berusia 32 tahun ini terlihat menawan dengan balutan pakaian adat Palembang, Sumatera Selatan.

Momen Manis Nikahan Niken Anjani. (Sumber: Instagram.com/dimazmotik)
Momen Manis Nikahan Niken Anjani. (Sumber: Instagram.com/dimazmotik)

4. Walaupun hanya dihadiri oleh keluarga inti, tidak melunturkan senyuman dan kebahagiaan Niken dan Adimaz.

Momen Manis Nikahan Niken Anjani. (Sumber: Instagram.com/mozapramita)
Momen Manis Nikahan Niken Anjani. (Sumber: Instagram.com/mozapramita)

5. Tak sedikit warganet dan kerabat selebriti yang membubuhkan ucapan selamat untuk pemeran Ajeng dalam film NKCTHI ini.

Momen Manis Nikahan Niken Anjani. (Sumber: Instagram.com/jasminelishava)
Momen Manis Nikahan Niken Anjani. (Sumber: Instagram.com/jasminelishava)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil Tes Covid-19 Liga Inggris Gelombang Keenam: Tak Ada Kasus Baru

Posted: 06 Jun 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, London - Kabar baik datang dari tes Covid-19 Liga Inggris gelombang keenam, setelah hasilnya tidak menunjukkan adanya kasus baru.

Tes dilakukan pada Kamis (4/6/2020)dan Jumat (5/6/2020), dan tidak ada dari sekuat tim-tim Liga Inggris yang positif Covid-19. Ini menjadi progres berarti sebelum dilanjutkannya Liga Inggris musim ini.

Situs resmi Liga Inggris pada Sabtu (6/6/2020), mengungkapkan bahwa mereka melakukan tes Covid-19 kepada 1.195 pemain dan staf klub peserta pada gelombang keenam kali ini.

Dengan demikian, jumlah temuan kasus positif dari seluruh rangkaian tes Covid-19 Liga Inggris yang sudah dilakukan tidak bertambah dari 11 orang.

Secara keseluruhan, sebanyak 6.274 pemain dan staf klub-klub Liga Inggris sudah menjalani tes Covid-19 dalam enam gelombang yang sudah dilakukan sejauh ini.

Dimulai 17 Juni 2020

ilustrasi liga inggris (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi liga inggris (Liputan6.com/Abdillah)

Tes Covid-19 tersebut menjadi bagian dari rencana Liga Inggris melanjutkan musim 2019-2020, yang sudah tertangguhkan sejak pertengahan Maret lalu. Rencananya, pada 17 Juni 2020 sudah digelar pertandingan lanjutan kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Negeri Ratu Elizabeth itu.

Terdapat dua pertandingan LigaInggris pada 17 Juni yakni Aston Villa vs Sheffield United dan Manchester City vs Arsenal sebagai penanda kembalinya kompetisi musim 2019-2020. Selanjutnya, putaran pertandingan penuh akan digelar pada akhir pekan 19-21 Juni 2020.

Dominasi Liverpool

Liverpool masih menduduki puncak klasemen sementara Liga Inggris dengan mengoleksi 82 poin dan unggul 25 poin dari Manchester City, yang berada di posisi kedua. The Reds hanya butuh dua kemenangan untuk menyegel gelar juara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Pesepak Bola Berdarah Indonesia yang Berkarier di Eropa, Hanya 2 yang Murni WNI

Posted: 06 Jun 2020 09:35 PM PDT

Jakarta - Apa benar para pesepak bola Indonesia dikenal hanya jago kandang? Jika mengacu kepada data, maka jawabannya adalah benar.

Hanya ada tiga pesepak bola berkewarganegaraan Indonesia yang bermain di luar negeri. Dua di Eropa dan satu di Asia, itu pun di Asia Tenggara.

Namun, kondisi tersebut bisa dimaklumi. Pasalnya, level para pemain Indonesia, khususnya, dan Asia Tenggara, umumnya, belum bisa mengimbangi kelas kompetisi di benua biru.

Indonesia boleh gagal melahirkan para pemain dengan kualitas Eropa. Namun, pesona para pemain keturunan terkadang bisa membanggakan.

Tengok saja Giovanni Van Bronckhorst, mantan kapten Timnas Belanda dan pemain Barcelona yang merupakan finalis Piala Dunia 2010. Mantan bek berusia 45 tahun itu punya darah Indonesia dari orang tuanya.

Lalu, siapa saja para peseak bola berdarah Indonesia yang tengah mencicipi kerasnya atmosfer sepak bola Eropa?

Egy Maulana Vikri (Lechia Gdansk, Polandia)

Pria berjuluk Egy Messi ini adalah pemain pertama dari Asia Tenggara yang merapat ke Lechia Gdansk. (Bola.com/M Iqbal Ichsan) (dok. Lechia Gdansk)
Pria berjuluk Egy Messi ini adalah pemain pertama dari Asia Tenggara yang merapat ke Lechia Gdansk. (Bola.com/M Iqbal Ichsan) (dok. Lechia Gdansk)

Egy Maulana Vikri adalah orang Indonesia tulen. Pemain berusia 19 tahun ini lahir di Medan, Sumatera Utata.

Egy telah berkancah di Polandia sejak 2018. Gelandang Timnas Indonesia U-22 itu bergabung dengan kontestan Ekstraklasa, Lechia Gdansk.

Saat ini, Egy masih berjuang meraih tempat utama di Lechia Gdansk. Selama dua musim, pemain bernomor punggung sepuluh ini baru tampil dalam tiga laga.

Witan Sulaeman (FK Radnik Surdulica, Serbia)

Gelandang Timnas Indonesia, Witan Sulaeman merayakan gelar juara Piala AFF U-22 2019 setelah mengalahkan Thailand pada laga final di Stadion National Olympic, Phnom Penh, Selasa (26/2). Indonesia menang 2-1 atas Thailand. (Bola.com/Zulfirdaus Harahap)
Gelandang Timnas Indonesia, Witan Sulaeman merayakan gelar juara Piala AFF U-22 2019 setelah mengalahkan Thailand pada laga final di Stadion National Olympic, Phnom Penh, Selasa (26/2). Indonesia menang 2-1 atas Thailand. (Bola.com/Zulfirdaus Harahap)

Jika Egy telah berkiprah di Eropa sejak 2018, Witan Sulaeman terhitung baru seumur jagung berkancah di benua biru. Pada Februari lalu, gelandang berusia 18 tahun ini bergabung dengan klub Liga Super Serbia, FK Radnik Surdulica.

Radnik Surdulica mengontrak Witan dengan durasi tiga setengah tahun. Baru juga meneken kontrak, mantan pemain PSIM Yogyakarta ini terpaksa kembali ke Indonesia karena kompetisi di Serbia ditangguhkan akibat pandemi virus corona.

Witan adalah rekan seangkatan Egy di Timnas Indonesia U-19. Setahun belakangan, keduanya mendapatkan promosi ke timnas U-22.

Radja Nainggolan (Cagliari, Italia)

Pemain Juventus, Alex Sandro, berebut bola dengan gelandang Cagliari, Radja Nainggolan, pada laga Serie A di Stadion Juventus, Turin, Senin (6/1/2020). Juventus menang 4-0 atas Cagliari. (AP/Marco Alpozzi)
Pemain Juventus, Alex Sandro, berebut bola dengan gelandang Cagliari, Radja Nainggolan, pada laga Serie A di Stadion Juventus, Turin, Senin (6/1/2020). Juventus menang 4-0 atas Cagliari. (AP/Marco Alpozzi)

Aman menganggap bahwa Radja Nainggolan adalah pemain keturunan Indonesia paling terkenal yang berkarier di Eropa. Ayah dari gelandang berusia 32 tahun itu berasal dari Sumatera Utara yang bernama Marianus Nanggolan.

Radja, yang lahir di Antwerp, Belgia, telah ditinggalkan Marianus sejak masih kanak-kanak. Kala itu, sang ayah memutuskan untuk pulang ke Indonesia.

Pada 2014, Radja sempat mengunjungi Indonesia. Pemain pinjaman Cagliari dari Inter Milan ini mencari ayahnya dan mencoba memaafkan Marianus.

Namun, bukan kasih sayang yang didapat Radja dari ayahnya. Perlakuan tak sopan malah diterima pemain yang memilih membela Timnas Belgia tersebut.

"Saya pulang ke Indonesia pada 2014. Saya ingin memberikan ayah kesempatan sekali lagi. Saya ingin bisa memaafkannya. Tapi dia mengabaikan saya dan malah meminta uang kepada saya," imbuh  Nainggolan.

Emil Audero (Sampdoria, Italia)

5. Emil Audero (Sampdoria) – 9 Clean Sheets (AFP/Miguel Medina)
5. Emil Audero (Sampdoria) – 9 Clean Sheets (AFP/Miguel Medina)

Emil Audero tercatat lahir di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada 18 Januari 1997. Namun, kiper Sampdoria itu lebih memilih untuk menjadi warga negara Italia dan memperkuat Timnas Italia kelompok usia.

Ayah Emil, Edy Mulyadi, adalah orang Indonesia tulen. Sementara sang ibu, Antonella Audero, merupakan warga Italia.

Saat usianya baru berumur setahun, atau pada 1998, Emil pindah ke Italia. Kiper dengan tinggi 192 cm ini membangun karier sepak bolanya bersama Juventus sebelum dijual ke Sampdoria pada 2019.

Pada tahun lalu, Emil mengunjungi Lombok, NTB untuk berlibur bersama kekasihnya.

"Kapan pun saya bisa kembali ke Indonesia, pasti akan ke sana. Walaupun jauh, itu sepadan. Ayah saya berasal dari Lombok. Saya juga lahir di sana. Tapi kami lebih lama menghabiskan hidup di Turin, tempat asal ibu saya, tepatnya daerah Cumiana. Budaya Indonesia dan Italia sama-sama mempengaruhi diri saya," ujar Audero dinukil dari Dugout.

"Biasanya, budaya Italia akan aktif dengan sendirinya saat saya sedang menjalani pekerjaan sebagai atlet. Menghadapi hal-hal kompleks yang perlu banyak persyaratan harus dibutuhkan kesabaran. Saat seperti itu, budaya Italia lebih mempengaruhi saya. Sementara untuk kehidupan sehari-hari, hal-hal yang lebih santai dan tenang, budaya Indonesia lebih kuat. Oleh karena itu, budaya Indonesia lebih kuat. Lebih sering saya terapkan," tutur Emil.

Sandy Walsh (Zulte Waregem, Belgia)

Sandy Walsh saat ini masih menunggu proses naturalisasinya rampung sehingga bisa membela Timnas Indonesia. (Instagram/@sandywalsh)
Sandy Walsh saat ini masih menunggu proses naturalisasinya rampung sehingga bisa membela Timnas Indonesia. (Instagram/@sandywalsh)

Pemain keturunan Indonesia lain yang merintis karier di Eropa adalah Sandy Walsh. Bek berusia 25 tahun itu saat ini memperkuat Zulte Waregem di Liga Belgia.

Darah Indonesia Sandy Walsh berasal dari ibunya, Brigitta Portier. Orang tua sang ibunda, atau kakek dan nenek Sandy Walsh, berasal dari Surabaya dan Purworejo.

Sandy Walsh juga berulang kali mengutarakan niatnya untuk dinaturalisasi dan membela Timnas Indonesia. Namun, keinginan pemain kelahiran Brussels, Belgia itu masih belum terwujud.

"Bukan soal Timnas Indonesia, saya juga cinta negaranya. Saya sudah berkunjung ke sana sebanyak 2-3 kali. Dan setiap kali saya ke sana, saya merasa ingin di Indonesia, bukan di Eropa. Karena setiap kali saya di Indonesia, saya merasa bahagia cuacanya juga bagus. Jadi bukan soal Timnas Indonesia. Timnas adalah bonus," ucap Sandy Walsh di YouTube BangBes. 

"Saya ingin menjadi Warga Negara Indonesia bukan karena uang. Memang saya bermain sepak bola karena uang, tapi untuk timnas beda cerita. Sebuah kebanggaan kalau bisa bermain untuk Timnas Indonesia. Untuk semua dukungan yang saya terima dari followers walaupun itu berasal dari tempat sangat jauh. Pesan penyemangat kalian, saya ingin membalas dukungan itu."

"Sebagai seorang pemain sepak bola, saya selalu memikirkan tim nasional. Saya selalu menonton Piala Dunia, Piala Eropa, bahkan Piala Asia, dan Piala Afrika. Saya diskusi banyak dengan kakek saya. Dia orang Indonesia. Dia Tinggal di Belgia dan bilang kalau kamu bisa bermain untuk Timnas Belanda, salah satu tim terbaik. Tapi juga harus diingat, kamu juga bisa bermain untuk Timnas Indonesia. Negara yang sangat mencintai sepak bola, sangat indah," terang Sandy Walsh.

Pemain Lainnya

Gelandang Belanda yang kini membela HNK Gorica di Liga Kroasia, Joey Suk. (Dokumentasi Joey Suk).
Gelandang Belanda yang kini membela HNK Gorica di Liga Kroasia, Joey Suk. (Dokumentasi Joey Suk).

Joey Suk (HNK Gorica, Kroasia)

Joseph Simatupang (Blackburn Rovers, Belanda)

Navarone Foor (Vitesse Arnhem, Belanda)

Benjamin van Leer (Ajax Amsterdam, Belanda)

Thom Haye (ADO Den Haag, Belanda)

Disadur dari Bola.com (Penulis Muhammad Adiyaksa / Editor Wiwig Prayugi, Published 7/6/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tagihan Listrik Naik saat COVID-19? Ini Cara Mengadu ke PLN Jatim

Posted: 06 Jun 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur menyiapkan saluran pengaduan untuk melayani banyaknya pelanggan yang tagihan listriknya mengalami kenaikan selama pandemi COVID-19.

PLN Jatim segera mengerahkan kembali petugas baca meter ke lapangan untuk melakukan pencatatan meter tagihan listrik.

"Bagi pelanggan yang mengalami kenaikan minimal 20 persen dan membutuhkan informasi terkait kemudahan ini, PLN Jatim menyiapkan saluran pengaduan melalui Contact Center PLN 123 dan aplikasi PLN Mobile," kata Senior Manager General Affairs PLN UID Jawa Timur A Rasyid Naja di Surabaya, Sabtu, 6 Juni 2020.

Ia berharap dengan saluran tersebut pelanggan dapat dilayani dan dijelaskan dengan baik, sebab dalam situasi yang sulit seperti sekarang, PLN terus mengupayakan pelayanan terbaik dan kemudahan bagi pelanggan, dilansir dari Antara.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PT PLN (Persero) Bob Saril mengakui, pengerahan petugas baca meter ke lapangan akan menimbulkan dampak kenaikan tagihan rekening bagi pelanggan yang selama dua bulan sebelumnya diberlakukan metode rata-rata pemakaian tiga bulan.

Mengatasi dampak tersebut, kata dia, PLN Jatim juga telah mengeluarkan skema perhitungan tagihan untuk melindungi pelanggan rumah tangga yang mengalami lonjakan pada tagihan listrik Juni 2020.

 

Tagihan Bisa Diakses Setelah 6 Juni

Dalam Promo Gemerlap Lebaran 2017, PLN memberikan potongan biaya penyambungan tambah daya listrik.
Dalam Promo Gemerlap Lebaran 2017, PLN memberikan potongan biaya penyambungan tambah daya listrik.

Pelanggan rumah tangga (R1M 900 VA, R1 1300 VA dan R1 2200 VA serta R2 dan R3) yang mengalami kenaikan tagihan pada Juni sebesar minimal 20 persen dibanding Mei 2020 akibat penagihan menggunakan rata-rata tiga bulan terakhir di periode sebelumnya, maka kenaikan itu bisa dibayar 40 persen terlebih dahulu dan sisanya dibagi rata dalam tagihan tiga bulan ke depan.

"Kami juga harus melakukan pemeriksaan data setiap pelanggan satu per satu untuk memastikan supaya kebijakan tersebut tepat sasaran. Oleh karena itu, tagihan pelanggan baru bisa diterbitkan dan bisa diakses setelah tanggal 6 Juni 2020," ujar dia.

Bob Saril meminta maaf akibat keterlambatan munculnya tagihan bagi sejumlah pelanggan, tetapi memastikan hal tersebut terjadi karena PLN berupaya memberikan jalan keluar terbaik bagi pelanggan yang tagihannya melonjak. 

"PLN juga masih terus melakukan pengecekan ulang terhadap pelaksanaan pemberian subsidi pembebasan tagihan listrik untuk pelanggan golongan rumah tangga, bisnis kecil, dan industri kecil berdaya 450 VA, serta diskon 50 persen bagi pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi," katanya.

"Pengecekan tersebut dilakukan dari bulan ke bulan untuk memastikan bahwa stimulus kelistrikan yang diberikan oleh pemerintah tersebut benar-benar tepat sasaran," tegasnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar FTV Kisah Nyata Spesial Episode Minggu, 7 Juni 2020

Posted: 06 Jun 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta FTV Kisah Nyata Spesial hadir setiap hari mulai pukul 11.30 WIB.

Kisah Nyata Spesial salah satu tontonan favorit pemirsa Indosiar.

Seperti biasa Kisah Nyata Spesial juga bisa disaksikan via live streaming dengan klik di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Annisa Pohan Bagikan Potret Kenangan Bersama Ani Yudhoyono di San Fransisco

Posted: 06 Jun 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Annisa Pohan tak jarang mengunggah deretan potret pada berbagai kesempatan melalui akun Instagram pribadi. Salah satunya momen bersama mendiang ibu mertua, Ani Yudhoyono ketika di Amerika Serikat.

Istri Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ini bernostalgia dalam sebuah potret yang diunggah pada Kamis, 4 Juni 2020. Potret itu mengabadikan kebersamaannya dengan sang suami, SBY, Ani Yudhoyono, dan putri semata wayangnya, Almira.

Mereka berlima berpose dan tampak tersenyum manis ke arah kamera. Adapun potret ini kian apik dengan latar belakang salah satu jembatan ikonik di San Francisco yakni Golden Gate Bridge.

Annisa Pohan tampil dalam balutan celana panjang, jaket, sepatu serba hitam, ia juga melengkapi penampilan dengan kacamata hitam. Rambut panjangnya dibiarkan tergerai indah.

"Mampir San Fransisco, sebelum kami sekeluarga pulang ke Indonesia setelah mas @agusyudhoyono selesai tugas pendidikan, ketemu Pepo & Memo di West Coast. (June 15, 2015) #ThrowBackJune," tulis Annisa Pohan.

Senyum Bahagia

Annisa Pohan membagikan potret kenangan bersama Ani Yudhoyono saat berkunjung ke San Fransisco, Amerika Serikat pada 15 Juni 2015 lalu.  (dok. Instagram @annisayudhoyono/https://www.instagram.com/p/CBBB_1nj-Et/?hl=en/Putu Elmira)
Annisa Pohan membagikan potret kenangan bersama Ani Yudhoyono saat berkunjung ke San Fransisco, Amerika Serikat pada 15 Juni 2015 lalu. (dok. Instagram @annisayudhoyono/https://www.instagram.com/p/CBBB_1nj-Et/?hl=en/Putu Elmira)

Pada potret setelahnya, Annisa Pohan menunjukkan potret tengah berada di momen kelulusan sang suami dari U.S. Army Command and General Staff College pada 11 Juni 2015.

Sementara pada potret kedua mengabadikan momen Ani Yudhoyono, SBY, dan Almira berpose bersama. Presiden ke-6 tersebut terlihat memegang tongsis dan mengarahkan kamera kepada dirinya, sang istri, dan cucu.

Ada pula potret Almira yang digandeng oleh AHY dan SBY. Sembari menoleh ke belakang, ketiganya kompak berhenti sejenak dan tersenyum.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingat, MRT Jakarta Tak Layani Single Trip Ticket Selama PSBB Transisi

Posted: 06 Jun 2020 09:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - MRT Jakarta kembali beroperasi normal sejak Pemprov DKI menerapkan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masa transisi mulai Jumat 5 Juni 2020 lalu.

Namun sejumlah pelayanan MRT Jakarta mengalami perubahan. Salah satunya penggunaan layanan kartu Single Trip Ticket atau STT.

Direktur Utama PT MRT Jakarta, William P Sabandar menyampaikan, layanan tersebut ditiadakan sebagai antisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19.

"Aktivitas transaksi kartu single trip ticket STT, baik penjualan maupun pengembalian dana untuk sementara ditiadakan," tutur William dalam keterangannya, Minggu (7/6/2020).

Menurut William, MRT Jakarta berupaya menegakkan transaksi tanpa kontak langsung, melalui aplikasi MRT-J dan Ticket Vending Machine.

Cara Beli Tiket Lewat MRT-J

Suasana sepi saat Lebaran di salah satu stasiun Moda Raya Terpadu (MRT) di Jakarta, Minggu (24/5/2020). Di tengah pandemi virus corona COVID-19, pengguna MRT terpantau sepi dan tak seperti libur Lebaran sebelumnya. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Suasana sepi saat Lebaran di salah satu stasiun Moda Raya Terpadu (MRT) di Jakarta, Minggu (24/5/2020). Di tengah pandemi virus corona COVID-19, pengguna MRT terpantau sepi dan tak seperti libur Lebaran sebelumnya. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Adapun untuk pembelian tiket melalui aplikasi MRT-J adalah sebagai berikut:

Pemesanan

1. Pilih Stasiun Keberangkatan

2. Pilih Stasiun Tujuan

3. Tekan tombol "Panah" untuk melanjutkan

4. Tekan tombol "Beli Tiket" berwarna hijau untuk melanjutkan ke laman pilihan pembayaran

Pembayaran Tiket Perjalanan

1. Pilih Stasiun Keberangkatan

2. Pilih Stasiun Tujuan

3. Tekan tombol "Panah" untuk melanjutkan

4. Tekan tombol "Beli Tiket" berwarna hijau untuk melanjutkan ke laman pilihan pembayaran

5. Pilih jenis pembayaran lalu tekan tombol "Bayar" untuk melanjutkan

6. Jika berhasil, Anda akan diarahkan ke laman Tiket

7. Anda akan dialihkan ke laman kanal pembayaran (jika belum mendaftarkan kanal pembayaran Anda di aplikasi ini)

 

Sementara untuk penggunaan tiket yang sudah dibeli melalui aplikasi MRT-J adalah sebagai berikut:

Tiket Perjalanan

1. Menu "Tiket Perjalanan" berada pada tab kedua pada aplikasi

2. Layar utama pada "Tiket Perjalanan" berisi daftar tiket yang berhasil dibeli pada hari ini

3. Riwayat "Tiket Perjalanan" Anda dapat diakses melalui tombol dibagian kanan atas pada laman ini

Penggunaan Tiket Perjalanan

1. Masuk ke laman "Tiket Perjalanan"

2. Tekan tombol "Masuk/Keluar" untuk menampilkan kode QR

3. Perlihatkan kode QR ke kamera yang berada di pintu tiket stasiun

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Strategi Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia Mirip dengan Luis Milla

Posted: 06 Jun 2020 09:20 PM PDT

Jakarta - Shin Tae-yongkini bertanggung jawab penuh terhadap performa Timnas Indonesia, mulai dari U-19 hingga senior. Namun, ada yang menarik. Juru taktik asal Korea Selatan itu punya strategi yang mirip dengan mantan pelatih Timnas Indonesia di SEA Games 2017 dan Asian Games 2018, Luis Milla.

Hingga kini, Shin Tae-yong masih mengalami kendala untuk mempersiapkan dan membangun skuat asuhannya. Pandemi corona Covid-19 membuatnya harus memantau anak-anak asuhnya dari jauh, terutama Timnas Indonesia U-19 yang dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 2021.

Namun, harapan pencinta sepak bola Indonesia tinggi terhadap mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu. Pendukung Tim Garuda berharap Shin bisa membawa Timnas Indonesia menjadi tim yang cukup diperhitungkan di level internasional.

Sayangnya, Timnas Indonesia U-19 di bawah Shin Tae-yong belum menunjukkan tajinya pada awal-awal kedatangannya. Tim Garuda Muda kalah dalam tiga laga uji coba terakhir, yakni melawan Busan IPark, Kyung Hee University, dan Seongnam FC.

Namun, itu masih laga uji coba. Hasil tersebut tak begitu membebani Shin Tae-yong. Menurut mantan pelatih Korea Selatan itu, hasil dalam laga uji coba itu bukan tujuan utamanya. Mengacu pada hal tersebut, Shin Tae-yong tidak tinggal diam.

Kini pelatih asal Korea Selatan itu tengah memantau pemusatan latihan virtual yang dilakukan Timnas Indonesia U-19. Tim ini memang yang akan cukup menjadi sorotan. Selain akan tampil di Piala AFC U-19 2020, tim ini akan dipersiapkan untuk tampil di Piala Dunia U-20 2021.

Satu hal yang menarik, ditemukan fakta tentang rencana Shin Tae-yong yang mulai terbaca. Ada setidaknya tiga strategi Shin Tae-yong yang hampir mirip dengan milik Luis Milla. Berikut perinciannya.

Regenerasi Pemain

Timnas Indonesia - Shin Tae-yong, Bagas dan Bagus Kafha (Bola.com/Adreanus Titus)
Timnas Indonesia - Shin Tae-yong, Bagas dan Bagus Kafha (Bola.com/Adreanus Titus)

Seperti halnya ketika Luis Milla baru tiba di Indonesia, Shin Tae-yong juga menerapkasn regenerasi pemain dalam skuatnya. Sebagai bukti, dalam daftar pemain yang dipanggil mengikuti TC Kualifikasi Piala Dunia 2022, yang kemudian harus ditunda karena pandemi COVID-19, cukup banyak pemain berusia muda.

Pada 2017, Luis Milla juga sempat menerapkan strategi yang sama ketika mempersiapkan tim senior. Luis Milla kerap memanggil lebih banyak pemain muda demi menyukseskan persiapannya untuk SEA Games 2017 dan Asian Games 2018. Namun, hal itu berubah setelah kedatangan Simon McMenemy.

Pelatih asal Inggris itu lebih mempercayakan pemain kaya pengalaman dalam skuatnya. Sebelum dirombak Shin Tae-yong, ada sembilan pemain di atas 30 tahun yang dipanggil Simon McMenemy untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Penguasaan Bola

Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memberikan arahan saat latihan Timnas U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Senin (13/1/2020). Pria asal Korsel ini menjalankan tugas perdananya dengan memantau dan memberikan arahan di seleksi timnas U-19. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memberikan arahan saat latihan Timnas U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Senin (13/1/2020). Pria asal Korsel ini menjalankan tugas perdananya dengan memantau dan memberikan arahan di seleksi timnas U-19. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Luis Milla menegaskan filosofi gaya permainan yang akan diterapkannya untuk Timnas Indonesia U-22 untuk SEA Games 2017 adalah sepak bola menyerang. Namun, tentunya bukan asal menyerang begitu saja.

Pelatih asal Spanyol itu terus melatih timnya dengan small side games saat menggelar pemusatan latihan. Metode latihan tersebut terbukti ampuh ketika dalam pertandingan, di mana para pemain Timnas Indonesia mampu mengalirkan bola dengan baik dengan umpan-umpan pendek dan jarak antarpemain yang begitu terjaga.

Ya, poinnya ada di penguasaan bola. Itu mirip dengan strategi Shin Tae-yong saat ini bukan? Shin juga berusaha agar pemainnya bisa cukup lama mengendalikan bola.

Itu sebabnya, Shin menyuruh pemain Timnas Indonesia U-19 berlatih teknik-teknik dasar terlebih dahulu ketimbang muluk-muluk berlatih skill kelas bintang.

Tak Perlu Banyak Striker

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memberikan arahan kepada anak asuhnya saat latihan di Lapangan G, Senayan, Jakarta, Rabu, (19/2/2020). Pada sesi latihan kali ini Timnas menjalani tes fisik dengan menggunakan alat Smart Gate. (Bola.com/M Iqbal Ich
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memberikan arahan kepada anak asuhnya saat latihan di Lapangan G, Senayan, Jakarta, Rabu, (19/2/2020). Pada sesi latihan kali ini Timnas menjalani tes fisik dengan menggunakan alat Smart Gate. (Bola.com/M Iqbal Ich

Masih pada tahun yang sama, Luis Milla tercatat hanya memanggil empat pemain yang berposisi sebagai striker, yakni Dendy Sulistyawan (Bhayangkara FC), Ahmad Nur Hardianto (Persela Lamongan), Muhammad Dimas Drajad (PS TNI), dan Marinus Mariyanto Wanewar (Persipura Jayapura) dalam skuatnya.

Luis Milla memang tak ingin punya banyak striker di skuat racikannya saat itu. Menurut Milla, tak seharusnya kewajban mencetak gol hanya dibebankan kepada penyerang.

Masih ada pemain di posisi lain yang juga bisa diandalkan, seperti pemain sayap atau geladang. "Jadi menyerang untuk mencetak gol itu bisa melalui penyerang dan sayap kanan serta kiri," ucap Milla.

Lagi-lagi, hal itu mirip dengan strategi Shin Tae-yong. Saat ini, pelatih asal Korea Selatan itu juga hanya merekrut empat striker ketika baru menggelar pemusatan latihan perdananya pada awal 2020, yakni Ilija Spasojevic, Lerby Eliandry, Irfan Jauhari Bali, dan Muhammad Rafli.

Sementara untuk posisi sayap dan gelandang, Shin Tae-yong memanggil setidaknya 14 orang.

Disadur dari Bola.com (Penulis Benediktus Gerendo Pradigdo dan Yus Mei Sawitri / Editor Benediktus Gerendo Pradigdo, Published 7/6/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Biang Keladi Juventus Gagal Dapatkan Sandro Tonali

Posted: 06 Jun 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Turin- Juventus hampir pasti gagal mendapatkan gelandang berbakat Italia Sandro Tonali. Pemain yang dijuluki sebagai titisan Andrea Pirlo itu bakal bergabung bersama Inter Milan.

Inter Milan saat ini berada di baris terdepan untuk mendapatkan jasa Tonali dari Brescia. Laporan media-media Italia menunjukkan La Beneamata mampu mengungguli Juventus, AC Milan dan Barcelona yang juga naksir pada Tonali.

Calciomercato bahkan mengklaim Tonali sudah mencapai kesepakatan personal dengan Inter Milan. Selain itu, Brescia juga tinggal selangkah lagi menyepakati nilai transfer Tonalo dengan Inter.

Kesuksesan Inter Milan menelikung Juventus ini tak lepas dari aksi tak kenal lelah yang dilakukan Giuseppe Marotta. Rupanya Inter Milan sudah bekerja mendatangkan Tonali dalam beberapa bulan terakhir.

Inter Milan telah melakukan pendekatan sejak Januari 2020. Saat itu Juventus masih sibuk mengurus transfer pemain muda Atalanta Dejan Kulusevski.

 

 

Tertinggal

Sandro Tonali (AFP/Timo Aalto)
Sandro Tonali (AFP/Timo Aalto)

Karena fokus mendapatkan Kulusevski, Juventus tertinggal dari Inter Milan dalam perburuan Tonali. Inter Milan sudah menetapkan Tonali sebagai prioritas utama sejak Januari lalu.

Kulusevski sendiri dibeli Juventus dari Atalanta senilai 35 juta euro pada Januari 2020. Namun Kulusevski baru akan bergabung ke Turin musim depan. Dia tetap dipinjamkan ke Parma di sisa musim 2019-2020.

Menakutkan

Kehadiran Tonali akan membuat lini tengah Inter Milan menakutnya. Mereka sebelumnya sudah punya pemain muda berbakat Stefano Sensi dan Nicolo Barella.

Untuk mendapatkan Tonali, Inter Milan harus menyerahkan mahar sekitar 40 juta euro. La Beneamata akan menyiasati dengan memberikan beberapa pemain muda kepada Brescia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Pemotretan Perjalanan Cinta Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie, Diabadikan Sejak 2014

Posted: 06 Jun 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie merupakan pasangan selebriti yang harmonis dan awet. Perjalanan cintanya pun sudah dimulai saat keduanya tampil dalam sinetron berjudul "Buku Harian Nayla" pada tahun 2007 silam.

Sama-sama cocok keduanya pun berpacaran hingga 7 tahun lamanya. Hingga akhirnya Glenn melamar Chelsea Olivia di atas kapal yacht saat keduanya berada di Hong Kong.

Nah pada tahun 2014 inilah, fotografer ternama Rio Motret sudah mengabadikan momen mesra keduanya hingga sampai saat ini. Melalui akun Instagramnya @riomotret, Selasa (2/6/2020) ia pun membagikan pemotretan perjalanan cinta Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie hingga sampai sekarang ini.

Mulai dari masa pacaran hingga sekarang akan dikaruniai anak kedua. Sungguh momen perjalanan cinta yang bikin netizen kagum terhadap keduanya.

Berikut 7 potret perjalanan cinta Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie yang Liputan6.com kutip dari Instagram @riomotret, Minggu (7/6/2020).

1. Masih dalam momen pacaran, Chelsea dan Glenn gelar pemotretan dengan latar belakang hutan bersama dengan kuda.

Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie (Sumber: Instagram/riomotret)
Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie (Sumber: Instagram/riomotret)

2. Menikah pada tahun 2015, keduanya pun ikat janji suci sehidup semati.

Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie (Sumber: Instagram/riomotret)
Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie (Sumber: Instagram/riomotret)

3. Selang berjalannya waktu, Chelsea pun mengandung anak pertamanya.

Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie (Sumber: Instagram/riomotret)
Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie (Sumber: Instagram/riomotret)

4. Nastusha Olivia Alinskie lahir pada 2016, selang setahun putrinya ini pun tampil memukau saat ikut pemotretan.

Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie (Sumber: Instagram/riomotret)
Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie (Sumber: Instagram/riomotret)

5. Rumah tangga Chelsea Olivia dan Glenn termasuk rumah tangga selebriti yang jarang ada gosip.

Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie (Sumber: Instagram/riomotret)
Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie (Sumber: Instagram/riomotret)

6. Keduanya pun saling kompak dan menunjukan kemesraannya melalui media sosial.

Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie (Sumber: Instagram/riomotret)
Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie (Sumber: Instagram/riomotret)

7. Kini Chelsea pun sedang mengandung anak keduanya, dan Nastusha pun sebentar lagi akan memiliki adik.

Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie (Sumber: Instagram/riomotret)
Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie (Sumber: Instagram/riomotret)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Update 7 Juni: Berkurang 20, Pasien Positif Corona di Wisma Atlet Tersisa 545 Orang

Posted: 06 Jun 2020 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Asisten Operasi Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Asops Kogabwilhan) Brigjen TNI Suhardi melaporkan perkembangan penanganan pasien terkait virus corona Covid-19 di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta.

Suhardi mengatakan, per Minggu (7/6/2020) pukul 07.00 WIB, jumlah pasien positif virus corona Covid-19 di RSD Wisma Atlet kembali berkurang 20 orang.

"Pasien Covid-19 berkurang 20 orang, semula 564 orang menjadi 544 orang," ujar Suhardi dalam keterangannya, Minggu (7/6/2020).

Saat ini, total pasien yang dirawat di RS Darurat Wisma Atlet berjumlah 545 orang, terdiri dari 323 pria dan 222 wanita. Ada penurunan sebanyak 24 pasien dari yang sebelumnya 569 orang.

"Pasien rawat inap berkurang 24 orang, semula 569 orang menjadi 545 orang," ucapnya.

 

PDP Tersisa 1 Orang

Petugas memeriksa alat pendukung perawatan pasien di Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/3/2019). RS Darurat Penanganan COVID-19 hampir 100 persen rampung. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Petugas memeriksa alat pendukung perawatan pasien di Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/3/2019). RS Darurat Penanganan COVID-19 hampir 100 persen rampung. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Sementara itu, jumlah pasien berstatus dalam pengawasan (PDP) yang dirawat di RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran, saat ini berjumlah satu orang. Ada penurunan sebanyak empat pasien PDP yang dirawat dari sebelumnya berjumlah lima orang.

"Pasien PDP berkurang 4 orang, semula 5 orang menjadi 1 orang. Pasien ODP tetap nihil," kata dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Ezviz C6N hingga Hacker Incar Lab Penelitian Vaksin Covid-19

Posted: 06 Jun 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Artikel tentang kamera pengawas baru Ezviz C6N yang berkemampuan merekam ruangan selama 24 dan beragam fitur canggih, bikin penasaran pembaca kanal Tekno Liputan6.com, Sabtu (6/6/2020).

Selain itu, pembaca juga penasaran dengan artikel dua Oppo Reno4 yang baru dirilis, dan kelompok hacker menargetkan lab penelitian vaksin Covid-19.

Lebih lengkapnya simak berita berikut ini.

1. Ezviz C6N, Kamera Pengawas Full HD dengan Ruang Pandang 360 Derajat

Ezviz kembali menghadirkan kamera pengawas terbaru untuk pasar Indonesia lewat seri C6N.

IP cam ini diklaim mampu merekam seluruh aktivitas dalam ruangan selama 24 jam, dengan fitur teknologi beragam dalam satu perangkat.

Beberapa inovasi fitur terbaru dalam smart camera C6N adalah auto tracking, smart IR, hingga motor penggerak yang dapat berputar hingga 360 derajat.

Baca Selengkapnya di Sini

 

2. Dua Oppo Reno4 Resmi Meluncur, Usung Snapdragon 765G dan Triple Kamera

Oppo Reno4 dan Reno4 Pro akhirnya resmi diperkenalkan. Sebelumnya, rumor mengenai dua smartphone ini sudah sempat ramai bereda di internet sejak beberapa waktu lalu.

Dikutip dari GSM Arena, Sabtu (6/6/2020), kedua smartphone ini sama-sama dipersenjatai chipset Snapdragon 765G, memiliki tiga kamera belakang, dan menggunakan layar OLED. Kendati demikian, keduanya masih memiliki beberapa perbedaan.

Salah satunya adalah kamera di Reno4 Pro lebih mumpuni ketimbang versi biasa. Reno4 Pro memiliki tiga kamera belakang yang masing-masing beresolusi 48MP (lensa utama), 12MP (ultrawide), dan 13MP (telephoto) dengan kemampuan 5x hybrid optical dan 20X digital zoom.

Baca Selengkapnya di Sini

 

3. Lab Penelitian Vaksin Covid-19 Jadi Target Serangan Hacker

Agensi-agensi intelijen Inggris berupaya keras untuk mencegah peretas dari berbagai negara, untuk mencuri rahasia vaksin potensial untuk mengobati Covid-19.

Informasi ini disampaikan oleh kepala Government Communication Headquarters (GCHQ), Jeremy Fleming, sebagaimana dikutip dari The Guardian, Sabtu (6/6/2020).

Fleming mengatakan, para hacker tengah menarget infrastruktur kesehatan Inggris beserta sejumlah laboratorium kelas dunia yang kini meneliti virus corona.

Baca Selengkapnya di Sini

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Shopee Liga 1: Kompetisi Mulai Bergulir Lagi September Atau Oktober

Posted: 06 Jun 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Shopee Liga 1 2020 akan dilanjutkan. PSSI mengklaim seluruh klub sepakat menggelar kembali kompetisi pada September atau Oktober 2020 berdasar pertemuan Selasa (2/6/2020), .

Saat ini kompetisi masih terhenti sejak pertengahan Maret. Sebelum dibekukan, Persib Bandung menunjukkan kehebatannya dengan menyapu tiga lawan.

Pada pekan ketiga Shopee Liga 1 2020, Persib meraih kemenangan 2-1 atas PSS Sleman di Stadion Si Jalak Harupat. Itu menjadi hadiah yang manis untuk HUT Persib yang ke-87.

Tempat milik Persib ditempel oleh Bali United. Sang juara bertahan sudah mengemas tujuh angka dalam tiga pertandingan awal.

Sebulan lalu, Serdadu Tridatu menang 3-1 atas Madura United di Stadion Kapten I Wayan Dipta. Tiga gol Bali United dicetak oleh Melvin Platje (dua gol) dan Willian Pachecho. Sedangkan gol balasan Madura United dicetak Alberto Goncalves.

Sementara itu, Persela menjadi satu-satunya tim yang selalu menelan kekalahan. Terbaru, mereka kalah 1-2 di kandang Borneo FC.

Lihat klasemen Shopee Liga 1 2020 di halaman selanjutnya.

Klasemen Shopee Liga 1

Top Skorer Shopee Liga 1

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anak Lulus, Yuni Shara Makan Malam Bareng Mantan Suami

Posted: 06 Jun 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu putra Yuni Shara, Cavin Obrient Salomo Siahaan, baru saja menyelesaikan pendidikannya. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, sang buah hati melakukan wisuda secara visual.

Maklum, waktu kelulusan anak Yuni Shara berbarengan dengan pandemi Corona Covid-19.

Dalam akun Instagram terverifikasi miliknya, Jumat (5/6/2020) Yuni Shara memperlihatkan foto sang anak mengenakan toga serta memegang piagam kelulusan.

Bahagia

Yuni Shara (Foto: Instagram/@yunishara36)
Yuni Shara (Foto: Instagram/@yunishara36)

Meski secara virtual, Yuni Shara tetap bersyukur dan bahagia putranya bisa menyelesaikan pendidikannya.

"Alhamdulillah.. Selamat untuk anakku Cavin Obrient Salomo Siahaan.Hari ini melakukan virtual Graduation," tulis Yuni Shara sebagai keterangan foto.

Cerita Tersendiri

Yuni Shara (Foto: Instagram/@yunishara36)
Yuni Shara (Foto: Instagram/@yunishara36)

Yuni Shara berbagi cerita prosesi Cavin hingga wisuda secara virtual.

"Akan menjadi cerita tersendiri di perjalanan hidupmu.Sekolah dirumah, Ujian dirumah, Wisuda dirumah.Alhamdulillah bisa merasakan semua hal yang berbeda di Tahun Istimewa ini,.....Maturnuwon Gusti," lanjutnya.

 

Makan Malam Bareng

Kebahagiaan Cavin tak hanya lulus dan wisuda saja, tapi juga hadirnya sang ayah, Henry Siahaan. Untuk merayakan kelulusan ini, mereka pun melakukan makan malam bersama.

Kakak kandung Krisdayanti ini membagikan foto kebersamaannya dengan mantan suami ke Instagram, Minggu (7/6/2020).

 

Merayakan Kebahagiaan

Bagi Yuni, perayaan ini sebagai bentuk kebahagiaan mereka kepada sang anak.

"Sekedar merayakan kebahagiaan atas tahapan yang dijalani putra kami @c_obrient .Saya, papany anak" @henry.siahaaan & @cello_shnMakan malam bersama.Alhamdulillah .#yunishara #wahyusetyaningbudi#henrysiahaan #cavinobrientsiahaan #celloobinsiahaan #familytime #dinner #6juni2020," tulisnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sekuntum Bunga Jadi Modus Pria Cirebon Cabuli Bocah 5 Tahun

Posted: 06 Jun 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Cirebon - Seorang warga berinisial AR (45) Kecamatan Ciwaringin Kabupaten Cirebon harus mendekami dibalik jeruji besi Polresta Cirebon. Menyesali perbuatannya, bapak anak tiga tersebut mengaku baru pertama kali mencabuli anak di bawah umur.

AR mengaku tidak tahu apa yang melatarbelakanginya untuk berbuat cabul kepada korban yang merupakan tetangganya sendiri. Rasa sesal menyelimuti AR saat ditanya polisi.

"Sehari-hari saya petani tukang arit. Waktu kejadian spontan saja saya mengajak," kata AR saat memberi pengakuan di hadapan petugas Polresta Cirebon, Sabtu (6/6/2020).

AR mengaku khilaf karena telah berbuat cabul kepada korban dan siap menerima hukuman. AR mengaku memiliki tiga anak yang pertama usia 30 tahun, paling kecil usia 20 tahun.

Dia mengaku berbuat cabul dengan spontan saat melihat si korban tengah bermain di rumah temannya. AR pun tidak berpikir dampak dan risiko yang terjadi saat mencabuli korban.

"Saya menyesal dan ini baru pertama kalinya saya tidak tahu kenapa saya melakukan itu. Istri masih ada," ujar AR.

Dalam aksinya, pelaku mengajak dua korban anak kecil yang tengah bermain di rumah temannya. Kedua anak tersebut diajak jalan-jalan ke sawah mencari bunga sebelum melakukan aksi cabul.

Cari Bunga

Tindak kriminal pencabulan anak dibawah umur dikabarkan mengalami peningkatan. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)
Tindak kriminal pencabulan anak dibawah umur dikabarkan mengalami peningkatan. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Sesampainya di lokasi kejadian, teman korban disuruh AR untuk mencarikan bunga. Di tengah proses pencarian bunga oleh teman korban, AR mencabuli korban berinisial A.

"Korban terkena bujuk rayu tersangka dengan bunga," kata Kapolresta Cirebon Kombes Pol M Syahduddi.

AR sempat membekap mulut korban sambil berkata agar tidak memberitahukan aksinya kepada ibu korban dan istri pelaku. Tak lama setelah mencabuli korban, teman AR kemudian datang membawa bunga.

Saat ini, kondisi korban baik-baik saja. Polresta Cirebon mengajak Komisi Perlindungan Anak (KPAI) Kabupaten Cirebon untuk mendapingi korban. Dari hasil visum yang dilakukan rumah sakit, ada petunjuk yang mengarah kepada aksi pencabulan.

"Tersangka kami jerat dengan Undang-undang perlindungananak dengan pidana hukuman penjara paling lima sampai 15 tahun," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kronologi Lengkap Pemicu Sebagian Warga Amerika Murka

Posted: 06 Jun 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setelah pemberlakuan jam malam 4 hari berturut-turut, daerah khusus ibukota AS, Washington, D.C. tidak memberlakukan jam malam pada Kamis waktu setempat. Sekitar 1600 tentara yang sempat dikerahkan mendukung polisi juga telah ditarik. Bagaimana pekan ini berubah menjadi pekan mencekam bagi warga AS?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Update 7 Juni: 6,8 Juta Kasus COVID-19 di Dunia, Demo AS Jadi Sorotan

Posted: 06 Jun 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Washington, D.C. - Tambahan kasus positif Virus Corona (COVID-19) di seluruh dunia masih fluktuatif secara tajam. Totalnya kini ada 6,8 juta kasus positif. 

Bila melihat kurva di situs Our World in Data (6/7/2020), angka kasus harian baru di dunia masih naik-turun sejak 31 Mei lalu. Kasus tertinggi masih berada di AS dengan total 1,9 juta kasus.

Protes anti-rasisme di AS yang diwarnai bentrokan dengan aparat memancing ribuan warga keluar rumah untuk berdemo. Pakar kesehatan di Gedung Putih, Dr. Anthony Fauci, mengaku resah atas aksi demo yang bisa menjadi tempat penularan COVID-19.

"Saya sangat khawatir, sama seperti kolega-kolega saya di bidang kesehatan masyarakat, ketika mereka melihat kerumunan massa ini," ujar Dr. Anthony Fauci seperti dilansir WTOP.

"Hal ini adalah situasi sempurna untuk penyebaran virus dalam artian bisa menciptakan blip (peningkatan sementara) yang bisa berubah menjadi lonjakan," ujarnya.

Beralih ke benua lain, kasus corona tertinggi kedua di dunia masih ada di Brasil dengan total 645 ribu kasus. Brasil disusul Rusia dengan 458 ribu kasus.

India turut berada di 5 besar kasus tertinggi dengan 246 ribu kasus.

Kasus di negara-negara maju seperti Jerman dan Prancis terlihat sudah melandai dibandingkan puncaknya pada Maret lalu. Italia sudah keluar dari 5 besar daftar negara dengan kasus tertinggi.

Secara global, totalnya ada 398 ribu pasien meninggat terkait Virus Corona dan 3 juta pasien sembuh. Jumlah pasien meninggal dan sembuh tertinggi berada di AS.

Berikut 10 negara dengan kasus Virus Corona tertinggi:

10 Negara dengan Kasus Corona Tertinggi

Inspektur polisi Rajesh Babu mengenakan helm berbentuk virus corona saat mengimbau pengendara motor selama lockdown di pos pemeriksaan di Chennai, India, Sabtu (28/3/2020). Cara ini bertujuan agar warga menerapkan social distancing dan tetap berada di rumah selama pandemi Covid-19. (Arun SANKAR/AFP)
Inspektur polisi Rajesh Babu mengenakan helm berbentuk virus corona saat mengimbau pengendara motor selama lockdown di pos pemeriksaan di Chennai, India, Sabtu (28/3/2020). Cara ini bertujuan agar warga menerapkan social distancing dan tetap berada di rumah selama pandemi Covid-19. (Arun SANKAR/AFP)

Negara dengan kasus positif COVID-19 tertinggi berdasarkan data Johns Hopkins University:

1. Amerika Serikat: 1.919.430 kasus

2. Brasil: 645.771 kasus

3. Rusia: 458.102 kasus

4. Inggris: 286.294 kasus

5. India: 246.622 kasus

6. Spanyol: 241.310 kasus

7. Italia: 234.801 kasus

8. Peru: 191.758 kasus

9. Prancis: 190.759 kasus

10. Jerman: 185.450 kasus Untuk kasus di China sebesar 84.181 kasus.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani: Ibu Bisa Ciptakan Surga Kecil di Rumah

Posted: 06 Jun 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa 2020 merupakan tahun yang penuh dengan cobaan. Mengingat di tahun ini seluruh dunia termasuk Indonesia harus menghadapi pandemi Corona. 

Pandemi tersebut membuat berbagai rencana yang dibuat umat manusia harus ditunda, seperti pernikahan, bepergian, dan bahkan ibadah ke tanah suci. 

Dalam situasi seperti ini, peran seorang ibu menjadi sangat penting. Ibu menjadi kompas, panutan, dan kekuatan hati keluarga karena sekarang hampir seluruh kegiatan berpusat di rumah.

Dikutip dari akun resmi instagram @smindrawati, Minggu (7/6/2020), berikut pesan Sri Mulyani dalam Acara Halal Bihalal Daring Idulfitri 1441 H Pengurus Dharma Wanita Persatuan Kementerian Keuangan:

 

Pesan Sri Mulyani

Menteri Keuangan Sri Mulyani saat konferensi pers APBN KiTa Edisi Feb 2019 di Jakarta, Rabu (20/2). APBN 2019, penerimaan negara tumbuh 6,2 persen dan belanja negara tumbuh 10,3 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Menteri Keuangan Sri Mulyani saat konferensi pers APBN KiTa Edisi Feb 2019 di Jakarta, Rabu (20/2). APBN 2019, penerimaan negara tumbuh 6,2 persen dan belanja negara tumbuh 10,3 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Tahun 2020 atau 20-20 seharusnya menjadi tahun yang indah. Banyak yang sudah menyiapkan rencana momen penting, seperti pernikahan, bepergian, dan ibadah ke tanah suci.

Ironisnya, tahun ini sama sekali berbeda. Umat manusia ternyata diberi ujian yang tidak mudah. Banyak orang kehilangan pegangan dan mudah sekali kehilangan harapan karena keresahan dan ketakutan.

Pada situasi seperti ini peran ibu menjadi sangat penting. Ibu menjadi kompas, panutan, dan kekuatan hati keluarga karena sekarang hampir seluruh kegiatan berpusat di rumah.

Begitu kita semua work from home maka pusat aktivitas sekarang berada di rumah. Disini peran Ibu sangat penting. Sikap seorang Ibu akan menentukan bagaimana suasana rumah tercipta. Ibu bisa menciptakan surga kecil di rumah sehingga inilah saatnya para Ibu berladang ibadah untuk saling menjaga. Tidak hanya menjaga keluarga dekat, tetapi juga orang-orang sekeliling kita maupun masyarakat umum, yaitu memberikan ketenangan, kedamaian, dan solusi dalam menghadapi pandemi ini.

Jika engkau seorang Ibu, baik dalam semua kapasitas selaku pribadi maupun bekerja di instansi tertentu, sudahkah engkau menjadi contoh dan solusi?

6 Juni 2020.

Acara Halal Bihalal Daring Idulfitri 1441 H

Pengurus Dharma Wanita Persatuan

Kementerian Keuangan

 
 
 
View this post on Instagram

Tahun 2020 atau 20-20 seharusnya menjadi tahun yang indah. Banyak yang sudah menyiapkan rencana momen penting, seperti pernikahan, bepergian, dan ibadah ke tanah suci. . Ironisnya, tahun ini sama sekali berbeda. Umat manusia ternyata diberi ujian yang tidak mudah. Banyak orang kehilangan pegangan dan mudah sekali kehilangan harapan karena keresahan dan ketakutan. . Pada situasi seperti ini peran ibu menjadi sangat penting. Ibu menjadi kompas, panutan, dan kekuatan hati keluarga karena sekarang hampir seluruh kegiatan berpusat di rumah. . Begitu kita semua work from home maka pusat aktivitas sekarang berada di rumah. Disini peran Ibu sangat penting. Sikap seorang Ibu akan menentukan bagaimana suasana rumah tercipta. Ibu bisa menciptakan surga kecil di rumah sehingga inilah saatnya para Ibu berladang ibadah untuk saling menjaga. Tidak hanya menjaga keluarga dekat, tetapi juga orang-orang sekeliling kita maupun masyarakat umum, yaitu memberikan ketenangan, kedamaian, dan solusi dalam menghadapi pandemi ini. . Jika engkau seorang Ibu, baik dalam semua kapasitas selaku pribadi maupun bekerja di instansi tertentu, sudahkah engkau menjadi contoh dan solusi? 6 Juni 2020 . Acara Halal Bihalal Daring Idulfitri 1441 H Pengurus Dharma Wanita Persatuan Kementerian Keuangan

A post shared by Sri Mulyani Indrawati (@smindrawati) on

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beda Kulit Kering dan Dehidrasi, Ketahui Perawatan Tepatnya

Posted: 06 Jun 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kulit kering dan dehidrasi merupakan masalah yang kerap ditemui. Kedua kondisi kulit ini kerap disamakan atau tertukar maknanya. Tak jarang orang belum bisa membedakan perbedaan antara kulit kering dan dehidrasi.

Kulit kering dan dehidrasi merupakan kondisi yang berbeda. Tanda-tanda kulit kering dan dehidrasi, sekilas tampak sama. Namun, keduanya memiliki perawatan yang berbeda pula. Mengetahui perbedaan kulit kering dan dehidrasi bisa membantumu mengenali kondisi kulit yang sedang kamu alami.

Kulit merupakan bagian tubuh yang dapat terpengaruh langsung akibat kekeringan dan dehidrasi. Perbedaan kulit kering dan dehidrasi bisa terletak pada penyebab, tanda khusus, dan perawatannya. Mengetahui perbedaan kulit kering dan dehidrasi juga bisa dilakukan dengan tes sederhana.

Berikut perbedaan kulit kering dan dehidrasi serta cara perawatannya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (7/6/2020).

Penyebab kulit kering

ilustrasi kulit kering/pexels
ilustrasi kulit kering/pexels

Kulit kering pada dasarnya merupakan kondisi di mana kulit tidak menghasilkan sebum yang cukup. Sebum merupakan minyak alami pada kulit yang berfungsi menjaga kelembapan kulit. Ketika memiliki kulit kering, kelenjar sebaceous tidak menghasilkan minyak alami yang cukup. Ketika kulit kekurangan lapisan sebum, kulit akan menjadi kering.

Kulit kering masuk dalam klasifikasi jenis kulit manusia. Jenis kulit diklasifikasikan menjadi normal, kering, kombinasi, dan berminyak. Seseorang bisa memiliki jenis kulit kering karena genetik, usia, atau musim. Faktor lain yang dapat menyebabkan kulit kering di antaranya hormon, konsumsi obat-obatan tertentu, dan kondisi kesehatan tertentu.

Penyebab kulit dehidrasi

ilustrasi kulit dehidrasi/pexels
ilustrasi kulit dehidrasi/pexels

Jika kulit kering disebabkan kekurangan minyak, kulit dehidrasi disebabkan kurangnya air dalam kulit. Kulit dehidrasi disebabkan oleh tubuh yang kekurangan air. Kulit dehidrasi dapat terlihat seperti kulit kering. Namun, masalah ini berbeda karena kulit kering didefinisikan sebagai jenis kulit, sedangkan dehidrasi dianggap sebagai suatu kondisi.

Selain tidak minum cukup air, dehidrasi dapat dikaitkan dengan peningkatan buang air kecil dari kafein atau diuretik. Dehidrasi juga bisa terjadi karena aktivitas fisik yang berat.

Perbedaan tanda kulit kering dan dehidrasi

ilustrasi kulit kering dan dehidrasi/pexels
ilustrasi kulit kering dan dehidrasi/pexels

Kulit kering dan dehidrasi dapat membuat kulit lebih sensitif. Ketika penghalang kelembaban kulit terganggu, ia tidak dapat melindungi dirinya dari stres eksternal. Dehidrasi dan kekeringan bisa membuat kulit mudah iritasi. Bakteri dan polusi dapat menembus lapisan terluarnya, gejala yang memburuk seperti kemerahan, gatal dan iritasi. Kulit kering dan dehidrasi juga bisa menyebabkan gatal pada kulit.

Pada kulit dehidrasi, kulit akan terasa kencang meski dalam keadaan berminyak. Kulit dehidrasi bisa dialami oleh jenis kulit apapun baik itu kering, berminyak, atau kombinasi. Sementara kulit kering, di sisi lain adalah jenis kulit, seperti kulit berminyak atau kombinasi, di mana kulit kekurangan minyak, atau lipid.

Kulit kering biasanya memiliki penampilan kering yang lebih bersisik. Kulit dehidrasi biasanya terlihat kusam dan dapat menunjukkan tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan permukaan dan hilangnya elastisitas.

Cara mengenali kulit dehidrasi

Ilustrasi kulit dehidrasi/copyright shutterstock
Ilustrasi kulit dehidrasi/copyright shutterstock

Selain mengenali tanda-tandanya, kamu bisa mengenali kulit dehidrasi dengan tes sederhana. Kamu dapat melakukan tes cubitan sederhana di rumah untuk menentukan tingkat hidrasi kulit.

Cubit sedikit kulit di pipi, perut, dada, atau punggung tangan dan tahan selama beberapa detik. Jika kulit kembali pada bentuk semula, kemungkinan kamu tidak mengalami dehidrasi. Namun, jika kulit tidak kembali pada bentuk semula, maka kamu mengalami dehidrasi.

Perawatan kulit kering

Ilustrasi pelembap wajah/copyright shutterstock
Ilustrasi pelembap wajah/copyright shutterstock

Kulit kering terutama yang disebabkan oleh faktor alami seperti genetik atau usia cukup sulit diatasi. Jika kamu memiliki tipe kulit kering, menjaga kelembapan kulit sangat penting terutama selama cuaca dingin dan kering. Kamu juga bisa menggunakan kosmetik yang mengandung pelembab.

Menggunakan pelembap merupakan kunci utama mengatasi kulit kering. Pelembab yang dibuat untuk kulit kering adalah kunci untuk melembabkan kulit tanpa membuatnya terlalu berminyak. Pelembap bisa mengunci kelembapan kulit, membuatnya terhindar dari kekeringan. Tak seperti dehidrasi, minum lebih banyak air tidak memperbaiki kulit kering.

Menghindari mandi air panas dalam waktu yang lama juga bisa mencegah kulit kering. Mandi yang lama atau mandi dan air panas bisa menghilangkan minyak dari kulit. Kamu juga bisa mengoleskan pelembab segera setelah mandi.

Perawatan kulit dehidrasi

ilustrasi mengonsumsi air putih/pexels
ilustrasi mengonsumsi air putih/pexels

Dehidrasi dapat diobati dengan perubahan gaya hidup. Memenuhi kebutuhan cairan dalam sehari adalah cara utama mengatasi dehidrasi pada kulit. Kamu bisa mulai dengan aturan delapan gelas air per hari untuk menghindari dehidrasi.

Konsumsi air juga tergantung pada berat badan dan aktivitas yang dilakukan. Penting juga untuk tidak minum terlalu banyak air, karena ini dapat menyebabkan hilangnya mineral. Makan sayuran dan buah-buahan yang kaya air juga dapat membantu meningkatkan asupan cairan dalam tubuh.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba produk perawatan kulit yang bersifat menghidrasi. Produk yang menghidrasi atau hydrating merupakan produk yang akan menarik lebih banyak air atau kelembapan dalam kulit.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Deretan Potret Lucu Kucing yang Bikin Senyum Melihatnya

Posted: 06 Jun 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kucing merupakan hewan yang banyak disukai orang. Pasalnya tingkahnya yang lucu bisa membuat siapa saja tersenyum dan terhibur melihatnya.

Artikel tentang deretan potret lucu kucing yang bisa bikin kalian senyum saat melihatnya menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel tentang deretan zodiak yang dikatakan paling tertarik dengan orang pintar.

Sementara itu artikel terpopuler ketiga tentang deretan cosplay low budget yang kocak tapi patut diacungi jempol.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 8 Potret Lucu Kucing Ini Bikin Senyum Saat Melihatnya

Potret lucu kucing membuat tersenyum
Potret lucu kucing membuat tersenyum

Tak sedikit orang yang gemar memelihara kucing. Hal tersebut karena kucing merupakan hewan jinak yang bisa bersahabat dengan manusia.

Kucing juga memiliki tingkah yang menggemaskan, ia kerap melakukan hal-hal yang tak bisa diduga oleh manusia. Seringkali karena kelincahannya, kucing tampak melakukan hal-hal lucu dengan benda sekitarnya. Seperti foto-foto berikut ini.

Selengkapnya…

2. 3 Zodiak Ini Paling Tertarik dengan Orang yang Pintar

ilustrasi perempuan/Photo by Humphrey Muleba from Pexels
ilustrasi perempuan/Photo by Humphrey Muleba from Pexels

Setiap orang memiliki sesuatu yang mereka anggap menarik sebagai pasangan. Bisa saja selera humor atau fisik yang menarik.

Zodiak-zodiak berikut ini lebih tertarik pada kecerdasan. Bila Anda memiliki IQ tinggi, Anda akan menjadi incaran mereka.

Selengkapnya…

3. Ada-Ada Saja, 7 Cosplay Low Budget Ini Bakal Bikin Kamu Ngakak

Doc: Instagram.com/lowcost_cosplay.
Doc: Instagram.com/lowcost_cosplay.

Cosplay bisa menghabiskan banyak uang, terutama jika Anda serius menekuninya. Namun hal itu tak berlaku untuk Anucha Saengchart.

Dia terkenal sebagai pembuat "Lowcost Cosplay" yang sering membuat orang geleng-geleng kepala dengan imajinasinya. Kreativitasnya dalam menciptakan sebuah cosplay patut diacungi jempol.

Selengkapnya…

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Petugas Kejar Pemotor Masuk Tol Ngawi Lewat Pintu Darurat

Posted: 06 Jun 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mengetahui ada pengendara motor masuk tol, Polisi Lalu Lintas Resort Ngawi mengejar dan memberhentikan sang pengendara motor di dalam tol. Pengendara motor masuk tol melalui pintu darurat yang biasa digunakan petugas Patroli Jalan Tol.

Edi Priyanto sang pengendara motor, warga Masaran, Sragen, Jawa Tengah, kemudian dibawa ke pos penyekatan arus balik mudik exit tol Ngawi di Desa Grudo, Ngawi. Berikut video pemberitaannya pada Liputan6, 5 Juni 2020.

Polisi kemudian memeriksa kelengkapan surat kendaraan, saat diperiksa, pria berumur 28 tahun ini mengaku dari Madiun dan berencana ke Sragen setelah mengantar temannya. Edi mengaku tidak tahu jika kendaraan roda dua tidak boleh masuk jalan tol. Meski demikian, polisi tetap memberikan sanksi kepada Edi, push up sebanyak 20 kali.

"Soalnya saya cuma nurut plang hijau itu, nggak lihat rambu-rambu kalau roda dua ndak boleh lewat," kata Edi Priyanto, pengendara motor.

Kemudian Iptu Nur Hidayat, Kanit Patroli Satlantas Polres Ngawi menyatakan, setelah ditanya yang bersangkutan menjelaskan baru saja mengantar temannya ke Madiun, jadi orang tersebut tidak hafal daerah Ngawi, akhirnya masuk ke jalan tol Ngawi.

Karena surat kendaraan lengkap, dan tidak ada indikasi lainnya, polisi akhirnya melepas Edi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips bagi Wanita Hamil yang Ngidam Makanan Tinggi Kalori

Posted: 06 Jun 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hampir semua wanita hamil, mungkin pernah mengalami rasa ngidam atau perasaan sangat menginginkan suatu makanan tertentu saat itu juga.

Menariknya, hal ini bukan hanya dialami oleh ibu hamil. Berdasarkan survei, hampir 100 persen wanita muda dan hampir 70 persen pria muda pernah mengalami ngidam setahun belakangan.

Menurut penelitian, keinginan tersebut sebenarnya berasal dari kepala kita, khususnya area otak. Area memori otak (seperti Hipocampus, insula, dan kaudatus) yang bertanggung jawab untuk menyimpan kepuasan diri, rupanya lebih berperan terhadap rasa ngidam dibandingkan area penghargaan pusat otak, dilansir dari WebMD.

Jika saraf reseptor opiat (yang merasakan kenikmatan) aktif, maka seseorang dapat memiliki keinginan untuk mengonsumsi makanan yang kaya lemak dan gula, menurut penelitian baru oleh Adam Drewnowski, PhD, dari University of Washington.

Selain merupakan respons fungsi alami tubuh, perasaan ngidam ini juga dapat diakibatkan stres jika berdasarkan sisi psikologis.

"Mengidam makanan muncul untuk memenuhi kebutuhan emosional, seperti menenangkan stres dan mengurangi kecemasan," kata Drewnowski, seorang peneliti rasa dan preferensi makanan. Karbohidrat meningkatkan kadar hormon serotonin kita, yang memiliki efek menenangkan. Dan penelitian terbaru menunjukkan bahwa kombinasi lemak dan gula mungkin juga memiliki efek menenangkan.

Pada percobaan tikus oleh peneliti dari University of California, San Francisco, mereka menemukan kalau tikus yang ditempatkan di lingkungan penuh tekanan stres lebih banyak mengonsumsi gula dan lemak dibandingkan biasanya.

Selain itu, manusia dianugerahi tubuh yang bisa menggemuk. Manusia bisa menyimpan banyak lemak untuk kebutuhan energi. Beberapa studi juga mengemukakan mengonsumsi makanan yang kurang beragam dapat memunculkan rasa ngidam dari memori yang pernah kita rasakan.

Namun, Anda sebaiknya tidak menyalahkan karbohidrat. Anda harus tahu jika Anda ngidam sesuatu yang manis, makanan tersebut tidak hanya mengandung gula. Tetapi mengandung juga lemak. Misalnya, cokelat panas, es krim, mac n' cheese, dan sebagainya.

Untuk membantu mengatasi ngidam makanan tidak sehat, ada 7 tips yang bisa diterapkan, dilansir dari WebMD.

1. Tak perlu membatasi makanan tertentu

Ketika seseorang membatasi makanan tertentu, hal ini justru membuat rasa ngidam semakin parah, jelas Drewnowski. Tapi, jika Anda bisa mengontrolnya, misalnya Anda sudah puas dengan mencium aromanya atau mencicipi sedikit, maka Anda tidak perlu penasaran lagi akan makanan tersebut.

Lain halnya jika Anda cenderung lepas kontrol. Jika Anda termasuk yang ini, maka sebaiknya Anda membeli sedikit bagian dari porsi utuhnya.

2. Pilih kalori yang terendah jika memungkinkan

Barbara Rolls, PhD, dan rekan dari Pennsylvania State University pernah membuat studi kecil dengan memberi makan 24 wanita muda di laboratorium universitas mereka. Mereka menemukan, wanita yang mengonsumsi makanan berkalori rendah dan porsi sedikit lebih kecil, tidak lebih lapar daripada mereka yang makan seperti biasa. Ini artinya, wanita hamil juga bisa memilih untuk makanan yang lebih sehat, setidaknya hal ini juga penting bagi janin yang dikandungnya.

 

3. Jauhi Lingkungan Toksik

Ilustrasi/copyright shutterstock.com
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

"Anda harus tanamkan dalam pikiran sekarang, bahwa makanan tidak sehat (seperti makanan cepat saji dan junk food) tidak enak dan mahal bila menilai dari investasi kesehatannya," kata Kelly D. Brownell , PhD, direktur Yale Center for Eating and Weight Disorders.

4. Jangan biarkan diri Anda terlalu lapar

Saat dalam kondisi lapar ekstrem, Anda akan makan berlebihan untuk menggantinya. 

5. Catat setiap kali Anda ngidam

Catat setiap perasaan atau emosi yang Anda rasakan saat rasa ngidam muncul, makanan apa yang Anda idam-idamkan, dan apa serta berapa banyak yang Anda makan. Setelah beberapa hari kemudian, saat melihat catatan Anda, temukan suatu pola atau situasi tertentu yang dapat memicu rasa ngidam.

6. Pilih karbohidrat 'Pintar'

Karbohidrat memang cukup ampuh menenangkan stres. Anda dapat memilih 'karbohidrat pintar' atau yang kita kenal sebagai karbohidrat kompleks seperti roti gandum, biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan dan sayur-sayuran. Makanan tersebut dapat memberi Anda nutrisi seperti serat, phytochemical, vitamin, dan mineral sekaligus menambah energi untuk kegiatan beraktivitas Anda.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PSBB Masa Transisi, Kawasan GBK Senayan Diserbu Warga yang Ingin Berolahraga

Posted: 06 Jun 2020 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta kembali dibuka. Ini setelah Pemprov DKI Jakarta menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masa transisi mulai 5 Juni 2020.

Kawasan GBK pun langsung diserbu warga ibu kota yang hendak berolahraga sejak Minggu pagi. Pintu masuk sempat dipadati antrean warga yang hendak berolahraga. 

Salah satu pengunjung yang ikut mengantre adalah DK Nena Tanda. Menurut dia, penumpukan antrean terjadi karena pengunjung yang hendak masuk harus membersihkan tangannya terlebih dulu sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan corona Covid-19.

"Sempat ada penumpukan di pintu masuk, itu karena pengunjung kudu cuci tangan. Kecuali pengunjung bawa handsanitizer, itu bisa langsung masuk," kata dia saat dihubungi Liputan6.com.

Nena megatakan situasi di kawasan GBK terpantau cukup ramai masyarakat yang berolahraga. "Ramai tapi tidak padat. Rata-rata mereka lari dan bersepeda," ujar dia.

Nena tiba di GBK pada pukul 6.30 WIB. Ia hendak lari di sekitar kawasan GBK bersama teman-temanya. Ia mengaku tidak takut tertular corona Covid-19 saat berolahrga.

Terapkan Protokol Kesehatan

Warga mencuci tangan sebelum masuk ke area Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (6/6/2020). SUGBK dibuka kembali untuk kegiatan olahraga masyarakat dengan menerapkan protokol kesehatan pasca keputusan Pemprov DKI Jakarta menerapkan PSBB transisi. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Warga mencuci tangan sebelum masuk ke area Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (6/6/2020). SUGBK dibuka kembali untuk kegiatan olahraga masyarakat dengan menerapkan protokol kesehatan pasca keputusan Pemprov DKI Jakarta menerapkan PSBB transisi. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Menurut Nena, pengelola telah menetapkan protokol kesehatan pencegahan corona Covid-19. Pengunjung terlebih dulu dicek suhu tubuhnya, harus cuci tangan sebelum masuk kawasan GBK, dan diwajibkan memakai masker.

"Enggak (takut tertular), karena sudah jelas ya sesuai protokol kesehatan. Tetap pakai masker, dan cuci tangan juga. Yang enggak pakai masker malah enggak boleh masuk," ujar warga Kedoya, Kebon Jeruk, Jakarta Barat itu.

(Ady Anugrahadi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Misi Real Madrid: Habis-habisan di Akhir Musim dan Salip Barcelona

Posted: 06 Jun 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Bek Real Madrid, Eder Militao, tak sabar menantikan kembalinya La Liga. Ia menegaskan Los Blancos siap kembali beraksi, meski tanpa kehadiran penonton.

Seperti kompetisi elite Eropa lainnya, La Liga juga dihentikan karena pandemi Corona Covid-19. Kompetisi tertinggi sepak bola Spanyol itu sudah vakum sejak Maret.

Namun, La Liga musim ini pun bakal kembali berlanjut. Pihak penyelenggara La Liga mengumumkan bahwa kompetisi akan kembali digelar pada 11 Juni 2020.

Meski demikian, pelaksanaan La Liga ini harus mengikuti protokol kesehatan yang ketat. Salah satunya adalah seluruh pertandingan yang digelar tidak boleh dihadiri oleh suporter dari kedua belah klub.

Militao percaya Real Madrid sudah siap untuk kembali bermain. Militao juga yakin kalau timnya akan baik-baik saja, meski tanpa kehadiran penonton.

"Kami kembali dengan baik dan berlatih dengan sangat baik. Kami siap untuk kembali ke La Liga. Kami akan membawa para pendukung dalam hati," kata Militao kepada Real Madrid TV.

Real Madrid saat ini berada di peringkat dua dan tertinggal dua angka dari Barcelona di puncak klasemen. Militao pun menegaskan timnya akan habis-habisan di sisa musim.

"Kami sudah berlatih bersama dan ini satu kebahagiaan bisa berlatih dengan intensitas baru. Real Madrid siap untuk menghadapi semuanya. Kontak dengan bola dan latihan fisik itu sangat penting."

Jadwal La Liga

Ilustrasi logo La Liga Spanyol
Ilustrasi logo La Liga Spanyol

Jumat, 12 Juni 2020

03.00 WIB: Sevilla vs Real Betis

Sabtu, 13 Juni 2020

00.30 WIB: Granada vs Getafe

03.00 WIB: Valencia vs Levante

18.00 WIB: Espanyol vs Alaves

22.00 WIB: Celta Vigo vs Villarreal

Minggu, 14 Juni 2020

00.30 WIB: Leganes vs Valladolid

03.00 WIB: Mallorca vs Barcelona

18.00 WIB: Athletic Bilbao vs Atletico Madrid

Senin, 15 Juni 2020

00.30 WIB: Real Madrid vs Eibar

03.00 WIB: Real Sociedad vs Osasuna

Klasemen La Liga

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kepanikan Warga Nias saat Diguncang Gempa Magnitudo 5,1

Posted: 06 Jun 2020 08:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati mengatakan, sempat terjadi kepanikan warga saat Nias diguncang gempa berkekuatan magnitudo 5,1.

Gempa yang terjadi pada Minggu (7/6/2020) pukul 06.50 WIB tadi membuat sejumlah warga berhamburan keluar rumah.

"Warga Nias Utara merasakan guncangan cukup kuat saat gempa terjadi. Mereka merasakan guncangan selama 5 detik hingga membuat panik," kata Raditya lewat siaran pers diterima, Minggu (7/6/2020).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nias melaporkan, saat ini petugas masih melakukan pemantauan di lapangan. Meski gempa dirasa cukup kuat, warga Gunung Sitoli dan Nias Barat tidak merasakan guncangan tersebut.

Menurut laporan Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di 38 km barat laut Nias Utara, Sumatera Utara.

"Gempa terjadi pada kedalaman 27 km. Gempa ini tidak berpotensi tsunami," kata Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono melalui pesan digital pada hari ini.

Selain itu, BMKG memonitor intensitas gempa yang diukur dengan MMI (Modified Mercalli Intensity), pada Lahewa Nias Utara III MMI dan Gunung Sitoli II MMI.

"Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktifitas subduksi," jelas Daryono.

 

Gempa di Zona Megathrust

Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)
Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)

BMKG merilis, bahwa hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan naik atau thrust fault.

"Gempa ini pusatnya tepat di bidang kontak antarlempeng di zona megathrust segmen Nias-Simeulue," terang Daryono.

Karenanya BNPB mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpicu oleh informasi palsu pascagempa.

"Informasi resmi dapat diperoleh pada laman BMKG maupun institusi pemerintah, seperti BPBD dan BNPB," Daryono menandasi.

Antisipasi Gempa Bumi

Ilustrasi gempa bumi (Photo: AFP/Frederick Florin)
Ilustrasi gempa bumi (Photo: AFP/Frederick Florin)

Ini yang harus dilakukan sebelum, sesaat, dan sesudah gempa bumi.

Sebelum:

- Pastikan bahwa struktur dan letak rumah Anda dapat terhindar dari bahaya yang disebabkan oleh gempa, seperti longsor atau likuefaksi. Evaluasi dan renovasi ulang struktur bangunan Anda agar terhindar dari bahaya gempabumi. 

- Kenali lingkungan tempat Anda bekerja: perhatikan letak pintu, lift, serta tangga darurat. Ketahui juga di mana tempat paling aman untuk berlindung. 

- Belajar melakukan P3K dan alat pemadam kebakaran. 

- Catat nomor telepon penting yang dapat dihubungi pada saat terjadi gempabumi. 

- Atur perabotan agar menempel kuat pada dinding untuk menghindari jatuh, roboh, bergeser pada saat terjadi gempabumi. 

- Atur benda yang berat sedapat mungkin berada pada bagian bawah. Cek kestabilan benda yang tergantung yang dapat jatuh pada saat gempabumi terjadi..

- Simpan bahan yang mudah terbakar pada tempat yang tidak mudah pecah agar terhindar dari kebakaran. 

- Selalu mematikan air, gas dan listrik apabila tidak sedang digunakan. 

- Siapkan alat yang harus ada di setiap tempat: Kotak P3K, senter/lampu baterai, radio, makanan suplemen dan air. 

Saat Terjadi Gempabumi:

- Jika Anda berada dalam bangunan: lindungi badan dan kepala Anda dari reruntuhan bangunan dengan bersembunyi di bawah meja, cari tempat yang paling aman dari reruntuhan dan guncangan, lari ke luar apabila masih dapat dilakukan. 

- Jika berada di luar bangunan atau area terbuka: Menghindar dari bangunan yang ada di sekitar Anda seperti gedung, tiang listrik, pohon. Perhatikan tempat Anda berpijak, hindari apabila terjadi rekahan tanah. 

- Jika Anda sedang mengendarai mobil: keluar, turun dan menjauh dari mobil hindari jika terjadi pergeseran atau kebakaran. 

- Jika Anda tinggal atau berada di pantai: jauhi pantai untuk menghindari bahaya tsunami. 

- Jika Anda tinggal di daerah pegunungan: apabila terjadi gempabumi hindari daerah yang mungkin terjadi longsoran.

Setelah Terjadi Gempabumi:

- Jika Anda berada di dalam bangunan: keluar dari bangunan tersebut dengan tertib; jangan menggunakan tangga berjalan atau lift, gunakan tangga biasa;periksa apa ada yang terluka, lakukan P3K; telepon atau mintalah pertolongan apabila terjadi luka parah pada Anda atau sekitar Anda. 

- Periksa lingkungan sekitar Anda: apabila terjadi kebakaran, apabila terjadi kebocoran gas, apabila terjadi hubungan arus pendek listrik. Periksa aliran dan pipa air, periksa apabila ada hal-hal yang membahayakan. 

- Jangan memasuki bangunan yang sudah terkena gempa,karena kemungkinan masih terdapat reruntuhan. 

- Jangan berjalan di daerah sekitar gempa, kemungkinan terjadi bahaya susulan masih ada. 

- Dengarkan informasi mengenai gempabumi dari radio (apabila terjadi gempa susulan). Jangan mudah terpancing oleh isu atau berita yang tidak jelas sumbernya. 

- Mengisi angket yang diberikan oleh instansi terkait untuk mengetahui seberapa besar kerusakan yang terjadi. 

- Jangan panik dan jangan lupa selalu berdoa kepada Tuhan demi keamanan dan keselamatan kita semuanya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Arrasya Anak Tasya Kamila dengan Gaya Rambut Baru, Gemas

Posted: 06 Jun 2020 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Keluarga selebriti memang kerap mencuri perhatian publik. Keluarga kecil Tasya Kamila dan Randi Bachtiar merupakan salah satu pasangan selebriti yang kerap terlihat membagikan potret manis keluarganya.

Arrasya Wardhana Bachtiar merupakan buah hati pertama pasangan yang menikah pada tahun 2018 ini, selalu membuat warganet merasa gemas. Bayi imut dan lucu yang lahir pada tanggal 13 Mei 2019 ini semakin aktif dan menjadi keponakan online kesayangan warganet.

Baru-baru ini, pelantun Libur Telah Tiba ini mengunggah potret baru sang buah hati dengan gaya rambut berbeda. Putra Tasya Kamila ini semakin tampan dan menggemaskan dengan gaya rambut barunya. Selain itu, tampilan Arrasya dengan gaya rambut baru ini disebut mirip dengan Randi Bachtiar.

Dalam kolom komentar postingan aktris berusia 27 tahun ini, tak sedikit warganet yang membubuhkan respon menggemaskan. Tumbuh kembang anak semata wayang Tasya dan Randi ini memang kerap dibagikan di akun Instagram masing-masing.

Berikut Liputan6.com merangkum dari Instagram @tasyakamila tentang 6 potret Arrasya anak Tasya Kamila dengan gaya rambut baru yang menggemaskan, Minggu (7/6/2020).

1. Ini potret Arrasya dengan gaya rambut barunya. Buah hati Tasya Kamila dan Randi Bachtiar ini semakin terlihat tampan dan menggemaskan.

Potret Arrasya Anak Tasya Kamila dengan Gaya Rambut Baru. (Sumber: Instagram.com/tasyakamila)
Potret Arrasya Anak Tasya Kamila dengan Gaya Rambut Baru. (Sumber: Instagram.com/tasyakamila)

2. Dengan gaya rambut baru yang dicukur oleh sang ayah, Arrasya disebut mirip Randi Bachtiar nih.

Potret Arrasya Anak Tasya Kamila dengan Gaya Rambut Baru. (Sumber: Instagram.com/tasyakamila)
Potret Arrasya Anak Tasya Kamila dengan Gaya Rambut Baru. (Sumber: Instagram.com/tasyakamila)

3. Buah hati pasangan yang menikah pada tahun 2018 ini semakin aktif dan curi perhatian karena tingkah lucunya.

Potret Arrasya Anak Tasya Kamila dengan Gaya Rambut Baru. (Sumber: Instagram.com/tasyakamila)
Potret Arrasya Anak Tasya Kamila dengan Gaya Rambut Baru. (Sumber: Instagram.com/tasyakamila)

4. Selain gaya rambut barunya yang curi perhatian, pipi tembam Arrasya ini juga berhasil menarik perhatian dan membuat warganet ingin mencubitnya.

Potret Arrasya Anak Tasya Kamila dengan Gaya Rambut Baru. (Sumber: Instagram.com/tasyakamila)
Potret Arrasya Anak Tasya Kamila dengan Gaya Rambut Baru. (Sumber: Instagram.com/tasyakamila)

5. Tak sedikit warganet yang membubuhkan respon menggemaskan di kolom komentar pelantun Libur Telah Tiba ini.

Potret Arrasya Anak Tasya Kamila dengan Gaya Rambut Baru. (Sumber: Instagram.com/tasyakamila)
Potret Arrasya Anak Tasya Kamila dengan Gaya Rambut Baru. (Sumber: Instagram.com/tasyakamila)

6. Tasya dan Randi kerap terlihat memosting tumbuh kembang dan potret terbaru sang buah hati di akun Instagram masing-masing.

Potret Arrasya Anak Tasya Kamila dengan Gaya Rambut Baru. (Sumber: Instagram.com/tasyakamila)
Potret Arrasya Anak Tasya Kamila dengan Gaya Rambut Baru. (Sumber: Instagram.com/tasyakamila)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Pesepak Bola Indonesia yang Banting Setir Jadi Artis, Peternak Lele, hingga Sopir Online

Posted: 06 Jun 2020 08:35 PM PDT

Jakarta - Menjadi pesepak bola profesional bisa memberikan manfaat dalam hal keuangan. Gaji besar yang didapat atlet si kulit bundar terbilang besar untuk ukuran Indonesia. Tapi, beberapa aktor lapangan hijau Tanah Air memutuskan untuk banting setir, mulai dari artis hingga petugas keamanan.

Sepak bola memang menjadi lahan yang potensial untuk menambah pundi-pundi harta. Kontrak bernilai puluhan juta, ratusan, bahkan miliaran rupiah tentunya sangat menggiurkan.

Tidak heran banyak orang yang bercita-cita menjadi pesepak bola terlepas awalnya merupakan hobi semata. Namun demikian, jalan panjang mesti dilewati untuk menjadi seorang profesional.

Modal bakat saja belum tentu menentukan masa depannya di ranah sepak bola. Kerja keras tanpa disertai bakat dan potensi terpendam juga tak lantas bisa membuat seseorang bisa menjadi pesepak bola profesional.

Tidak sedikit pesepak bola memutuskan untuk banting setir menekuni karier lain yang jauh dari profesi awalnya. Berikut 6 pesepak bola Indonesia yang menjadi artis, supir, satpam, hingga peternak lele.

Iko Uwais - Aktor Film

Potret Transformasi Iko Uwais yang Makin Keren di Usia 37 Tahun (sumber:Instagram/iko.uwais)
Potret Transformasi Iko Uwais yang Makin Keren di Usia 37 Tahun (sumber:Instagram/iko.uwais)

Mungkin tak ada yang menyangka Iko Uwais dulunya adalah seorang pesepak bola. Pemain film The Raid itu tercatat pernah membela klub divisi dua Indonesia, Persijatim Solo FC.

Bukan hanya itu, Iko Uwais juga pernah ikut Sekolah Sepak Bola (SSB) Bina Taruna sejak usia 13 tahun.

Rifky Alhabsy - Artis Sinetron

M Rifky Alhabsy (Sumber: Youtube)
M Rifky Alhabsy (Sumber: Youtube)

Bintang sinetron Tanah Air, M Rifky Alhabsy, merupakan mantan pesepak bola yang bantir setir ke dunia artis. Rifky pernah merumput bersama Persiba Balikpapan, Sriwijaya FC, Persikabo Bogor, dan PSIM Yogyakarta.

Syamsir Alam - Artis/Entertainer

Bunga Jelitha dan Syamsir Alam. (Foto: Instagram @bungajelitha66)
Bunga Jelitha dan Syamsir Alam. (Foto: Instagram @bungajelitha66)

Pesepak bola ganteng asal Kabupaten Agam ini sudah malang melintang di dunia pertelevisian Indonesia. Padahal, kiprah Syamsir Alam di sepak bola tak buruk-buruk amat.

Mantan penyerang Timnas Indonesia U-23 itu pernah menjadi bintang untuk Timnas Indonesia U-15, kemudian sempat juga merumput bersama DC United, Sriwijaya FC, Penarol, Pelita Bandung Raya, dan sebagainya.

Wahyu Wijiastanto - Peternak Lele

Wahyu Wijiastanto memilih istirahat dari dunia sepak bola dan beralih jadi peternak ikan serta burung di Salatiga, Jateng. (Bola.com/Romi Syahputra)
Wahyu Wijiastanto memilih istirahat dari dunia sepak bola dan beralih jadi peternak ikan serta burung di Salatiga, Jateng. (Bola.com/Romi Syahputra)

Wahyu Wijiastanto merupakan mantan pemain sepak bola yang pernah menjabat ban kapten Timnas Indonesia. Berposisi sebagai bek, ia memutuskan untuk gantung sepatu dan menekuni kesibukan baru sebagai peternak lele.

Dalam suatu kesempatan, Wahyu Wijiastanto menuturkan bisa mengantungi sedikitnya Rp10 juta tiap dua pekan sekali!

Anang Maruf - Sopir Online

Anang Ma'ruf saat pertama kali kenakan jaket Go-Jek (Ahmad Zaini/Liputan6.com)
Anang Ma'ruf saat pertama kali kenakan jaket Go-Jek (Ahmad Zaini/Liputan6.com)

Pencinta Persebaya Surabaya pasti tak akan pernah bisa melupakan Anang Ma'ruf, sosok pesepak bola lincah yang memberikan banyak kenangan buat tim berjulukan Bajul Ijo.

Usut punya usut, ternyata Anang Ma'ruf menjalani rutinitasnya sebagai driver salah satu perusahaan ojek online ini karena enggan bekerja kantoran. Ia mengaku pada saat bersamaan juga sedang mengurusi sekolah sepak bola.

Alexander Pulalo - Sopir

Pesepak bola legendaris, Alexander Pulalo, saat berada di rumahnya di Sawangan, Jawa Barat, Jumat (13/7/2018). Pemain kelahiran Papua ini merupakan mantan anggota PSSI Primavera. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)
Pesepak bola legendaris, Alexander Pulalo, saat berada di rumahnya di Sawangan, Jawa Barat, Jumat (13/7/2018). Pemain kelahiran Papua ini merupakan mantan anggota PSSI Primavera. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Satu lagi pemain yang dikenal akan kecepatannya yakni Alexander Pulalo. Eks pemain Timnas Indonesia dan Arema Malang ini diketahui menjadi sopir di salah satu perusahaan broadcasting ternama Indonesia.

Nasib kurang beruntung diterima pemain asal Papua tersebut. Usai pensiun, Alexander Pulalo mengalami kesulitan ekonomi hingga pekerjaan sebagai sopir pun dijalani.

Penulis sendiri beberapa kali pernah bermain futsal bersama Alexander Pulalo di tengah kesibukannya sebagai sopir pengantar untuk karyawan perusahaan televisi swasta tersebut.

Kabar terakhir menyebutkan kalau Alexander Pulalo kini sibuk melatih di sebuah sekolah sepak bola di daerah Sawangan, Depok, Jawa Barat.

Disadur dari Bola.com (Penulis / Editor Gregah Nurikhsani, Published 7/6/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sancho Kemahalan, MU Fokus ke Pemain Aston Villa

Posted: 06 Jun 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Manchester- Manchester United (MU) mulai melupakan sejenak winger Borussia Dortmund Jadon Sancho. Setan Merah kini memilih fokus untuk menyelesaikan transfer gelandang Aston Villa Jack Grealish.

Sancho memang merupakan salah satu pemain incaran MU. Namun sangat sulit mendapatkan pemuda Inggris itu. Banyak klub kaya yang juga berminat. Selain itu Dortmund mematok harga mahal di atas 120 juta pound.

Oleh karena itu, MU tak mau terlena hanya fokus mengejar Sancho. Mirror melaporkan MU kini memilih fokus untuk mendapatkan Grealish.

Grealish lebih mudah didapatkan MU. Pesaingnya hanya sedikit. Nilai transfer Grealish pun lebih murah, diperkirakan cuma 80 juta pound.

Manajer MU Ole Gunnar Solskjaer cukup yakin untuk membawa Grealish ke Old Trafford. Solskjaer tidak tergoyahkan dengan berita miring mengenai Grealish belum lama ini.

 

 

Indisipliner

Berkat penampilan apiknya Grealish juga dipanggil Gareth Southgate untuk memperkuat Timnas Inggris. (AFP/Ben Stansall)
Berkat penampilan apiknya Grealish juga dipanggil Gareth Southgate untuk memperkuat Timnas Inggris. (AFP/Ben Stansall)

Grealish menjadi sorotan karena sikap indisiplinernya. Pemuda Inggris itu tertangkap basah melanggar aturan lockdown di Inggris dengan berkunjung ke rumah temannya.

Yang lebih mengkhawatirkan, Grealish melanggar lockdown untuk kepentingan berpesta di rumah mantan rekan setimnya Ross McCormack.

Menawan

Pemuda 24 tahun itu mencuri perhatian MU setelah tampil menawan bersama Villa di musim 2019-2020. Meski Villa ada di papan bawah, Grealish mampu membuat tujuh gol di Liga Inggris.

MU berencana menduetkan Grealish dengan Bruno Fernandes di lini tengah musim depan. Selain sebagai gelandang, Grealish juga bisa bermain melebar ke sayap.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: PSBB Masa Transisi, CFD Jakarta Ditiadakan

Posted: 06 Jun 2020 08:30 PM PDT

Petugas Satpol PP berjaga saat CFD di Bunderan HI Jakarta, Minggu (7/6/2020). Sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta nomor 51 tahun 2020 tentang Pelaksanaan PSBB Pada Masa Transisi, pembukaan kegiatan sosial budaya dilakukan secara bertahap.   (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Petugas Satpol PP berjaga saat CFD di Bunderan HI Jakarta, Minggu (7/6/2020). Sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta nomor 51 tahun 2020 tentang Pelaksanaan PSBB Pada Masa Transisi, pembukaan kegiatan sosial budaya dilakukan secara bertahap. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Petugas Satpol PP berjaga saat CFD di Bunderan HI Jakarta, Minggu (7/6/2020). Sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta nomor 51 tahun 2020 tentang Pelaksanaan PSBB Pada Masa Transisi, pembukaan kegiatan sosial budaya dilakukan secara bertahap. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Warga berolahraga menggunakan sepeda di Bunderan HI Jakarta, Minggu (7/6/2020). Aturan itu tertuang dalam pasal 16 ayat 1 mengenai kegiatan sosial budaya.  (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Warga berolahraga menggunakan sepeda di Bunderan HI Jakarta, Minggu (7/6/2020). Aturan itu tertuang dalam pasal 16 ayat 1 mengenai kegiatan sosial budaya. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Warga berolahraga menggunakan sepeda di Bunderan HI Jakarta, Minggu (7/6/2020). Aturan itu tertuang dalam pasal 16 ayat 1 mengenai kegiatan sosial budaya. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Warga berolahraga di Bunderan HI Jakarta, Minggu (7/6/2020). Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) masih belom diberlakukan, sampai dengan waktu yang belum ditentukan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Warga berolahraga di Bunderan HI Jakarta, Minggu (7/6/2020). Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) masih belom diberlakukan, sampai dengan waktu yang belum ditentukan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Warga berolahraga di Bunderan HI Jakarta, Minggu (7/6/2020). Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) masih belom diberlakukan, sampai dengan waktu yang belum ditentukan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Warga berolahraga di Bunderan HI Jakarta, Minggu (7/6/2020). Sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta nomor 51 tahun 2020 tentang Pelaksanaan PSBB Pada Masa Transisi, pembukaan kegiatan sosial budaya dilakukan secara bertahap.   (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Warga berolahraga di Bunderan HI Jakarta, Minggu (7/6/2020). Sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta nomor 51 tahun 2020 tentang Pelaksanaan PSBB Pada Masa Transisi, pembukaan kegiatan sosial budaya dilakukan secara bertahap. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Warga berolahraga di Bunderan HI Jakarta, Minggu (7/6/2020). Sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta nomor 51 tahun 2020 tentang Pelaksanaan PSBB Pada Masa Transisi, pembukaan kegiatan sosial budaya dilakukan secara bertahap. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Warga berolahraga menggunakan sepeda di Bunderan HI Jakarta, Minggu (7/6/2020). Aturan itu tertuang dalam pasal 16 ayat 1 mengenai kegiatan sosial budaya.  (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Warga berolahraga menggunakan sepeda di Bunderan HI Jakarta, Minggu (7/6/2020). Aturan itu tertuang dalam pasal 16 ayat 1 mengenai kegiatan sosial budaya. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Warga berolahraga menggunakan sepeda di Bunderan HI Jakarta, Minggu (7/6/2020). Aturan itu tertuang dalam pasal 16 ayat 1 mengenai kegiatan sosial budaya. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Warga berolahraga menggunakan sepeda di Bunderan HI Jakarta, Minggu (7/6/2020). Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) masih belom diberlakukan, sampai dengan waktu yang belum ditentukan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Warga berolahraga menggunakan sepeda di Bunderan HI Jakarta, Minggu (7/6/2020). Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) masih belom diberlakukan, sampai dengan waktu yang belum ditentukan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Warga berolahraga menggunakan sepeda di Bunderan HI Jakarta, Minggu (7/6/2020). Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) masih belom diberlakukan, sampai dengan waktu yang belum ditentukan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Petugas Satpol PP berjaga saat CFD di Bunderan HI Jakarta, Minggu (7/6/2020). Sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta nomor 51 tahun 2020 tentang Pelaksanaan PSBB Pada Masa Transisi, pembukaan kegiatan sosial budaya dilakukan secara bertahap.   (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Petugas Satpol PP berjaga saat CFD di Bunderan HI Jakarta, Minggu (7/6/2020). Sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta nomor 51 tahun 2020 tentang Pelaksanaan PSBB Pada Masa Transisi, pembukaan kegiatan sosial budaya dilakukan secara bertahap. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Petugas Satpol PP berjaga saat CFD di Bunderan HI Jakarta, Minggu (7/6/2020). Sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta nomor 51 tahun 2020 tentang Pelaksanaan PSBB Pada Masa Transisi, pembukaan kegiatan sosial budaya dilakukan secara bertahap. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Cerita Seru di Balik Layar Space Force, Digarap Serius tapi Tetap Penuh Canda

Posted: 06 Jun 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Penggemar acara komedi seperti The Office, kini punya satu tontonan baru: Space Force. Dua dedengkot The Office, Steve Carell dan Greg Daniels, memang kembali bekerja sama untuk serial komedi yang tayang di Netflix ini.

Space Force sendiri berkisah tentang keinginan Presiden Amerika Serikat untuk mendominasi angkasa luar. Dibentuklah cabang baru dari militer Amerika Serikat, yakni Angkatan Luar Angkasa alias Space Force.

Jenderal bintang empat Mark Naird (Steve Carell) ditunjuk sebagai pemimpin, bekerja sama dengan ilmuwan Dr Mallory (John Malkovich) untuk menunaikan misi: mengantarkan Amerika kembali menginjak bulan.

Hanya saja ada banyak tantangan dan kejadian aneh yang mereka hadapi. Mulai dari persaingan angkasa luar dengan China hingga astronaut simpanse yang lepas kendali. Belum lagi putri semata wayang Mark Naird, Erin (Diana Silvers), yang mulai menunjukkan gejolak darah muda.

Ada banyak cerita seru yang tersisa dari proses produksi Space Force. Apa saja? Dilansir dari informasi tertulis dari Netflix Indonesia yang diterima Liputan6.com, berikut enam di antaranya:

 

1. Rekrut Astronaut

Space Force (Netflix)
Space Force (Netflix)

Meski Space Force adalah serial komedi, tapi kreator acara ini tetap tak mau main-main dalam menampilkan detail yang ada di kehidupan nyata.

Untuk itu, direkrut penasihat astronaut, penasihat sains, hingga penasihat militer Mark Vazquez, seorang pensiunan prajurit infanteri Angkatan Darat. Mark Vaquez mengajarkan banyak hal, mulai dari cara memberi hormat hingga kostum.

2. Steve Carell Terintimidasi

Space Force (Netflix)
Space Force (Netflix)

Aktor senior John Malkovich ternyata sejak awal memang telah diincar untuk tampil dalam Space Force.

Saat menulis serial ini, Greg Daniels mendengar dari agennya bahwa John Malkovich mungkin tertarik bergabung dengan para pemeran. Nama karakternya, Dr. Mallory, sengaja ditulis agar terdengar Malkovich.

Meski begitu, awalnya sebenarnya Steve Carell sempat terintimidasi dengan John Malkovich. Meski begitu, dalam minggu pertama syuting ia langsung merasa cocok dengan John Malkovich. Penyebabnya? Tak lain adalah karena Malkovich tertawa ngakak setelah mendengar lelucon mengenai (maaf) kentut dari Jimmy O Yang.

 

3. Aktris Pintar

Space Force (Netflix)
Space Force (Netflix)

Salah satu aktris yang tampil dalam serial ini, Tawny Newsome, rupanya berotak encer, sama seperti karakternya di layar. Ia jago matematika dan mengikuti ujian kalkulus tingkat lanjutan di sekolahnya.

 

4. Jejak James Bond

Space Force (Netflix)
Space Force (Netflix)

Kantor Mark Naird rupanya terinspirasi dari film-film James Bond saat diperankan oleh Sean Connery. Namun Greg Daniel malah merasa ruangannya jadi terlalu keren.

Alhasil, tim desain menambahkan beberapa furnitur yang kurang mencolok untuk menyeimbangkan estetika.

 

5. Panduan Militer

Space Force (Netflix)
Space Force (Netflix)

Tim tata rias dan rambut memikirkan detail penampilan para aktor dan aktris dalam Space Force. Mereka menggunakan panduan militer untuk semua penampilan karakter militer di serial ini.

Alhasil para pemain tidak boleh memperlihatkan tindik atau tato, dan harus mengikuti peraturan panjang rambut dan kuku yang ketat. Selama proses pembuatan film, tim tata rambut dan tata rias harus mendandani sekitar 50 aktor yang bermain di latar belakang setiap harinya.

 

6. Kostum Ilmuwan

Space Force (Netflix)
Space Force (Netflix)

Tak hanya tata rias dan rambut, tim kostum juga mendesain agar penampilan para aktor di layar bisa memperlihatkan dinamika karakter yang dimainkan. Contoh, meskipun menjabat sebagai Kepala Ilmuwan Angkatan Luar Angkasa, Dr. Adrian Mallory tidak pernah mengenakan jas lab putih.

Pakaiannya penuh dengan berbagai tekstur dan syal eksentrik. Hal ini dimaksudkan untuk membedakannya dari ilmuwan lain, dan agar terlihat kontras dengan kostum Naird yang rapi dan terkesan tegas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Perubahan Headway MRT Jakarta Selama PSBB Masa Transisi

Posted: 06 Jun 2020 08:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT MRT Jakarta mengubah jam operasional seiring dengan penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masa transisi menuju kehidupan normal baru atau new normal.

PT MRT Jakarta juga mengubah jarak kedatangan kereta atau headway mulai Senin (8/6/2020) besok. Perubahan itu juga terjadi saat jam sibuk di hari kerja (weekdays) dan nonsibuk.

Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar menyatakan, headway saat jam sibuk di hari kerja yakni 5 menit dan untuk jam non-sibuk pada hari kerja adalah 10 menit.

"Jam operasional weekdays atau hari kerja pukul 05.00 WIB sampai dengan pukul 21.00 WIB," kata William dalam keterangan tertulis, Minggu (7/6/2020).

Dia menjelaskan jam sibuk yang dimaksud yaitu pukul 07.00 WIB – 09.00 WIB dan 17.00 WIB – 21.00 WIB. Jam non-sibuk yaitu pukul 05.00 WIB – 07.00 WIB dan 09.00 WIB – 17.00 WIB.

Sementara untuk headway pada akhir pekan (weekend), kata William, juga berubah selama 20 menit sekali dengan jam operasional mulai pukul 06.00 WIB sampai 20.00 WIB.

"Untuk jumlah penumpang dibatasi 62 sampai 67 orang per kereta (gerbong) atau 390 orang per rangkaian kereta," ucapnya.

Lebih lanjut, William mengimbau agar penumpang tetap menerapkan protokol kesehatan saat memasuki kawasan Stasiun MRT Jakarta. Mulai dari menjalani pemeriksaan suhu tubuh saat masuk area stasiun, mengenakan masker, hingga selalu menjaga jarak.

 

Aturan Transportasi Selama PSBB Transisi

Personil TNI berjaga di Stasiun MRT Bundaraan HI, Jakarta, Selasa (26/5/2020). Pengerahan aparat TNI dan Polri ini akan dilakukan di objek keramaian seperti di tempat lalu lintas masyarakat, mal, pasar tradisional, tempat pariwisata, dan lain-lain. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Personil TNI berjaga di Stasiun MRT Bundaraan HI, Jakarta, Selasa (26/5/2020). Pengerahan aparat TNI dan Polri ini akan dilakukan di objek keramaian seperti di tempat lalu lintas masyarakat, mal, pasar tradisional, tempat pariwisata, dan lain-lain. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sebelumnya, Gubernur DKI Anies Baswedan menetapkan PSBB di Jakarta diperpanjang dan menetapkan bulan Juni sebagai masa transisi. Dia pun membeberkan aturan transportasi selama PSBB masa transisi ini.

Anies tetap berpedoman dengan kebijakan selama PSBB, yakni kapasitas kendaraan dikurangi sebanyak 50 persen. Namun untuk mereka yang berasal dari satu keluarga yang sama, maka aturan tersebut tidak berlaku lagi di masa transisi.

"Kendaraan pribadi sudah bisa sekarang digunakan, motor ataupun mobil itu beroperasi dengan 50 persen kecuali bila digunakan oleh suatu keluarga mobil dengan satu keluarga bisa digunakan 100 persen kapasitas motor silakan boncengan," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Kamis 4 Juni 2020.

Kemudian untuk kendaraan umum, seperti bus, kereta commuter, MRT, angkutan kota, taksi, Anies menegaskan masih mengikuti protokol kesehatan selama PSBB.

"Kemudian taksi dan lain-lain beroperasi dengan protokol angkutan umum seperti disampaikan 50 persen kapasitas. MRT, Transjakarta, akan beroperasi dengan jam normal dengan kapasitas per gerbongnya hanya 50 persen," tandas Anies.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Fase Transisi Ojol Angkut Penumpang dengan Protokol Kesehatan

Posted: 06 Jun 2020 08:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabar gembira untuk driver ojek online. Mulai tanggal 8 Juni 2020 sudah diperbolehkan mengangkut penumpang. Tetapi tetap harus mematuhi protokol kesehatan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Meme Beda Respon Orang Tua Kepada Anak saat Ada Tamu dan Tidak

Posted: 06 Jun 2020 08:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Momen orang bertamu ke rumah memang sebuah keadaan yang wajar. Bisa jadi karena alasan penting atau hanya teman orang tua yang sekedar berkunjung.

Pada saat seperti inilah, terkadang saat memiliki anak malah kadang bikin ulah. Salah satunya ialah malah usil, menangis atau malah meminta sesuatu yang bikin orang tua salah tingkah.

Dalam keadaan seperti ini tentu orang tua biasanya akan lunak dan bahkan menuruti anaknya. Namun saat sang tamu pergi, barulah sang anak dinasehati.

Kejadian kocak seperti ini memang cukup banyak terjadi pada beberapa keluarga. Namun namanya anak kecil memang tingkahnya susah ditebak dan memang selalu butuh perhatian.

Berikut 6 meme beda aksi orang tua kepada anak saat ada tamu yang Liputan6.com kutip dari Instagram @sejiwatinja, Minggu (7/6/2020).

1. Saat ada tamu, terkadang anak malah menggunakan kesempatan tersebut untuk meminta uang kepada orang tuanya.

Beda aksi orang tua kepada anak saat ada tamu (Sumber: Instagram/sejiwatinja)
Beda aksi orang tua kepada anak saat ada tamu (Sumber: Instagram/sejiwatinja)

2. Ada tamu malah enggak sopan, pasti nanti langsung diceramahin.

Beda aksi orang tua kepada anak saat ada tamu (Sumber: Instagram/sejiwatinja)
Beda aksi orang tua kepada anak saat ada tamu (Sumber: Instagram/sejiwatinja)

3. Dalam momen seperti ini orang tua pun terkadang jadi salah tingkah.

Beda aksi orang tua kepada anak saat ada tamu (Sumber: Instagram/sejiwatinja)
Beda aksi orang tua kepada anak saat ada tamu (Sumber: Instagram/sejiwatinja)

4. Bolak balik ke ruang tamu ambil makanan, padahal pas enggak ada tamu malah enggak dimakan.

Beda aksi orang tua kepada anak saat ada tamu (Sumber: Instagram/sejiwatinja)
Beda aksi orang tua kepada anak saat ada tamu (Sumber: Instagram/sejiwatinja)

5. Kayak gini nih, nagih janji pas ada tamu jadi bikin orang tua malu.

Beda aksi orang tua kepada anak saat ada tamu (Sumber: Instagram/sejiwatinja)
Beda aksi orang tua kepada anak saat ada tamu (Sumber: Instagram/sejiwatinja)

6. Lagi ada obrolan penting malah ganggu, tentu disuruh masuk.

Beda aksi orang tua kepada anak saat ada tamu (Sumber: Instagram/sejiwatinja)
Beda aksi orang tua kepada anak saat ada tamu (Sumber: Instagram/sejiwatinja)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Italia Serie A: Sengit Jelang Bergulir Lagi 20 Juni 2020

Posted: 06 Jun 2020 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Klub-klub Liga Italia Serie A akan kembali bertarung lagi setelah libur sekitar tiga bulan akibat pandemi corona Covid-19. Kompetisi akan dilanjutkan setelah kasus virus corona sudah mulai melandai.

Terdapat beberapa perubahan yang dibuat untuk mencegah penularan virus saat pertandingan. Perubahan itu antara lain menyangkut jam kick off yang dipindah ke malam hari, serta larangan menonton langsun di stadion.

Rata-rata baru 26 dari total 38 laga yang dimainkan klub-klub Liga Italia Serie A. Pengelola Liga Italia Serie A telah memutuskan akan memulai lagi kompetisi 20 Juni nanti.

Juara bertahan Juventus sejauh ini masih berada di puncak klasemen. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan mengoleksi 63 poin, unggul satu angka atas pesaing terdekatnya, Lazio.

Selain Lazio, persaingan merebut gelar juara juga diramaikan Inter Milan. Klub asuhan Antonio Conte itu mengantongi 54 poin dan duduk di peringkat ketiga.

Liga Italia Serie A akan dimulai lagi dengan lebih dahulu memainkan empat laga tunda. Baru kemudian menggelar laga-laga di pekan 27.

Klasemen Liga Italia

Serie A. (dok. Lega Calcio)
Serie A. (dok. Lega Calcio)
 

Top Skorer

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bos MotoGP Masih Bingung Jumlah Balapan Musim 2020

Posted: 06 Jun 2020 08:10 PM PDT

Jakarta - Dorna selaku penyelenggara MotoGP akan mengumumkan balapan musim 2020 yang diganggu pandemi corona Covid019. Sekitar 12 balapan akan dilangsungkan dan semua digelar di Eropa.

Balapan MotoGP pembuka sedang direncanakan digelar di Sirkuit Jerez, Spanyol, 19 Juli. Satu pekan berikutnya, Jerez bakal menghelat seri kedua.

Tapi dalam sebuah wawancara dengan situs MotoGP CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta menuturkan masih bingung soal jumlah lomba musim ini.

Singkatnya masih ada kemungkinan jumlah 12 lomba bertambah. Dan jika memang angka 12 putaran menggendut, Ezpeleta menyebut sirkuit yang akan masuk berstatus trek non Eropa.

"Setelah dua lomba di Jerez, kami akan melihat apakah kalender MotoGP 2020 berjumlah 12, 14 atau maksimal 16 putaran," kata Ezpeleta.

Kandidat 4 Lomba Tambahan

Peluang Indonesia menggelar seri balap MotoGP semakin mengecil setelah Dorna Sports mengumumkan Finlandia masuk kalender musim 2018, Minggu (17/7/2016). (Crash)
Peluang Indonesia menggelar seri balap MotoGP semakin mengecil setelah Dorna Sports mengumumkan Finlandia masuk kalender musim 2018, Minggu (17/7/2016). (Crash)

Pada kesempatan ini, Ezpeleta turut mengungkapkan empat balapan yang kemungkinan menambah jumlah 12 putaran MotoGP 2020.

Keempatnya adalah Sirkuit Austin (Texas), Termas de Rio Hondo (Argentina), Sepang (Malaysia), dan Buriram (Thailand).

"Ada empat lomba non Eropa yang belum dibatalkan yaitu Thailand, Malaysia, Amerika dan Argentina. Pada akhir Juli, semua orang akan kami informasikan apakah bisa berlomba di sana atau tidak," Ezpeleta menerangkan.

Dalam sebuah kesempatan, Ezpeleta juga pernah memberikan sinyal lomba di luar Eropa kemungkinan baru bisa berlangsung pertengahan November.

Sumber: MotoGP

Disadur dari Bola.com (Penulis / Editor Hendry Wibowo, Published 7/6/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masuk Era New Normal, Suzuki Prediksi Penjualan Mobil Tidak Naik Signifikan

Posted: 06 Jun 2020 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah terus berusaha agar roda ekonomi terus berjalan, di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19 yang masih terjadi. Salah satu langkahnya, adalah dengan mempersiapkan era new normal atau kenormalan yang baru agar masyarakat tetap bisa berkegiatan dengan kebiasaan yang berbeda dari sebelumnya, dengan tetap mengikuti protokoler kesehatan.

Dengan langkah tersebut, diharapkan mampu menjalankan kegiatan ekonomi sebelum virus yang berasal dari Wuhan, Cina ini mewabah di Indonesia. Salah satu yang diharapkan, adalah kembali meningkatnya penjualan kendaraan di pasar dalam negeri, setelah mengalami penurunan yang cukup signifikan dalam dua bulan terakhir tahun ini.

Dijelaskan Harold Donel, Head Product Development PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), dengan new normal ini, diharapkan memang jadi hal yang baik bagi industri otomotif. Dengan lebih bergeraknya ekonomi, maka akan berimbas untuk merek kendaraan di Tanah Air.

"Mesipun diakui, konsumen tidak akan banyak melakukan interaksi transaksi (pembelian mobil) di masa pemulihan pandemi," jelas Harold saat berbincang dengan wartawan di gelaran Ngobrol Virtual Dulu (Ngovid), yang diadakan Forum Wartawan Otomotif (Forwot), belum lama ini.

Namun, pria asal Medan ini melihat, tetap ada ceruk pasar dengan melihat ada konsumen yang ditargetkan seperti bulan sebelumnya, yang membutuhkan kendaraan. Terlebih, bagi beberapa orang yang memang masih tidak ingin bersentuhan dengan orang lain di angkutan umum saat menjalankan aktivitas, pasti membutuhkan kendaraan untuk proses mobilitasnya.

"Jenis kendaraan yang dipilih konsumen, akan disesuaikan dengan budget yang dimiliki," tegas pria ramah ini.

Sementara itu, pabrikan berlambang huruf S ini sendiri mengharapkan akan ada kenaikan penjualan secara nasional pada Juni 2020. Namun, memang sepertinya tidak akan terlalu signifikan.

"Naik sekitar lima persen sudah sangat bagus," pungkas Harold.

 

Mobil Buatan Indonesia Jadi 'Penyelamat' Suzuki di Masa Pandemi Corona

Wabah virus Corona atau Covid-19 yang terjadi di hampir seluruh belahan dunia, termasuk Indonesia memiliki dampak yang cukup besar. Salah satu yang terkena imbasnya, adalah industri otomotif dengan prediksi penurunan penjualan yang cukup signifikan tahun ini.

Bahkan, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) telah melakukan koreksi target penjualan roda empat, dari 1,1 juta unit hanya menjadi 600 ribu unit sepanjang 2020.

Berbagai jenama yang berbisnis di Tanah Air, tentu saja mengalami kesulitan yang sama dan salah satunya PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), agen pemegang merek (APM) Suzuki di Indonesia. Namun, pabrikan berlambang huruf S ini mengklaim, pangsa pasarnya justru naik di tengah pandemi.

"Dari Suzuki sendiri memang tidak akan keluar dari pakem yang sudah diberikan Gaikindo (revisi target), kita lihat bakal ada degradasi penjualan antara 40 sampai 50 persen akibat pandemi Corona yang kita alami ini," jelas Harold Donnel, Head of 4W Brand Development and Marketing Research PT SIS, dalam gelaran ngobrol virtual dulu (ngovid) yang diselenggarakan Forum Wartawan Otomotif (Forwot), Kamis (4/6/2020).

Lanjut Harold, jika dilihat dari pasarnya, beruntung tidak semuanya anjlok. Bahkan, menariknya ada beberapa market yang naik pada periode Januari hingga April tahun ini, dibanding periode yang sama tahun lalu.

"Kalau kita lihat sampai April, market retail  turun kurang lebih 29,5 persen, dan kalau kita genapkan 30 persen. Namun, kalau dari pasar yang turun, uniknya market share Suzuki naik. Januari-April 2019 performa kita 9,3 persen, sedangkan tahun 11,5 persen," tegasnya.

Strategi

Berbicara soal market share yang naik, pabrikan asal Jepang ini menjabarkan beberapa rahasianya. Pertama, Suzuki saat ini memang memiliki strategi dasar untuk mengedepankan produk yang diproduksi di Indonesia, dibanding model yang masih impor atau CBU.

"Jadi kalau kita lihat sampai April, komposisi produksi lokal kontribusinya sebanyak 88 persen, dan produksi CBU hanya 12 persen. Dari model lokal ini, kami terima kasih sekali karena kontribusi pikap atau yang menunjang ekonomi masih cukup besar, sekitar 50 persen, bonnet low seperti Ertiga 20 persen, SUV seperti XL7 dan S-Cross 15 sampai 20 persen, dan sisanya dinikmati citycar dan hatchback," jelasnya.

Sementara itu, jika dilihat dari modelnya, pikap low atau Carry memang mengalami penurunan kontribusi ke nasional dari 18 persen menjadi hanya 10 persen sepanjang Januari hingga April 2020. Tapi, market share model pikap bawah Suzuki ini justru naik dari 53 persen jadi 59 persen.

"Artinya, kita masih mampu menerapkan strategi kepada market sehingga bisa terdongkrak. Memang paket insentif yang kita berikan cukup beragam, dari gimik penjualan, kredit, dan leasing, serta penekanan penjualan di berbagai market terutama yang mengalami PSBB," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: