Jumat, 12 Juni 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Sederet Pose Rose BLACKPINK di Sampul Majalah Elle Korea Selatan

Posted: 12 Jun 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dengan lebih mature bergaya chic, Rose BLACKPINK mejeng di sampul majalah Elle Korea Selatan edisi Juli 2020. Sederet pose perempuan 23 tahun ini pun dibagikan akun Instagram resmi Elle, baru-baru ini.

Dalam sebuah unggahan, tampak tiga foto yang semula jadi kandidat sambul majalah gaya hidup tersebut. Di salah satunya, tampak Rose mengenakan atasan lengan panjang hitam berpadan kalung sebagai aksesori. Rambut pirangnya dibiarkan tergerai dengan kesan agak messy.

Sementara di potret berbeda, penyanyi yang melakukan debut bersama BLACKPINK pada 2016 ini berbusana serba denim berkesan kasual ditambah tatanan rambut digerai bebas dengan menitikberatkan volumenya pada sisi kanan.

Rose BLACKPINK di sampul majalah Elle Korea Selatan edisi Juli 2020. (dok. Instagram @ellekorea/https://www.instagram.com/p/CBQIzJvgHPU/)
Rose BLACKPINK di sampul majalah Elle Korea Selatan edisi Juli 2020. (dok. Instagram @ellekorea/https://www.instagram.com/p/CBQIzJvgHPU/)

Kemudian, dalam pose berikutnya, pada foto hitam-putih, Rose BLACKPINK tampak berbusana gelap dengan lace sleeve sebagai aksen, ditambah pemakaian knee boots berhak tinggi. Kesan fierce dalam potret ini kian kentara. 

Dalam keterangan foto, pihak Elle meminta publik memilih salah satu foto untuk dijadikan sampul edisi Juli 2020. "Tolong pilih stu dan tinggalkan komentar kalian," begitu bunyi penggalan keterangan foto unggahan tersebut.

 

Hasil Voting

Rose BLACKPINK di sampul majalah Elle Korea Selatan edisi Juli 2020. (dok. screenshot Instagram @ellekorea/https://www.instagram.com/p/CBQIzJvgHPU/)
Rose BLACKPINK di sampul majalah Elle Korea Selatan edisi Juli 2020. (dok. screenshot Instagram @ellekorea/https://www.instagram.com/p/CBQIzJvgHPU/)

Tak butuh waktu lama bagi sederet pose Rose BLACKPINK menarik perhatian publik. Antusiasme yang diperlihatkan membuat pihak Elle memutuskan meluncurkan ketiga foto tersebut sebagai sampul majalah edisi Juli 2020.

"Kami sangat terkejut dengan antusisme tinggi yang diperlihatkan dalam pemungutan suara," ungkap pihak Elle di keterangan foto.

Mengutip laman Allkpop, Jumat (12/6/2020), dalam wawancara, Rose mengungkap rencana comeback BLACKPINK. "Belakangan, saya mulai merasa bahwa setiap panggung sangat penting dan harus diingat," katanya.

"Saya tak sabar (membuat comeback). Sudah jadi tugas saya untuk memperlihatkan energi baru pada publik saat nantinya kembali ke atas panggung. Saya ingin menunjukkan sisi saya sebagai penyanyi, penampil, bahkan lebih dari itu," imbuh perempuan yang sempat tinggal di Selandia Baru tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beda Penampilan, Kapten Tottenham Tebar Ancaman pada MU

Posted: 12 Jun 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hugo Lloris memperkirakan Tottenham Hotspur akan tampil berbeda ketika mereka memulai lagi kompetisi musim ini. Pasukan asuhan Jose Mourinho ini, sudah sepenuhnya dalam kondisi fit.

Kondisi Tottenham masih tertatih-tatih sebelum sepak bola dihentikan pada 13 Maret lalu. Ketika itu Harry Kane, Heung-min Son, Moussa Sissoko dan Steven Bergwijn absen karena cedera serius.

Enam pertandingan tanpa kemenangan membuat mereka tersingkir dari Piala FA dan Liga Champions. Mereka juga terpaut tujuh poin di belakang Chelsea yang berada di posisi keempat di papan atas.

Tottenham akan memulai kembali musim melawan saingan empat besar Manchester United Jumat depan. Dalam posisi membuntuti Setan Merah dengan empat poin, semua pemain utama mereka sudah kembali berlatih.

Terkait dengan itu, Lloris yakin dimulainya kembali pertandingan akan memberi Tottenham awal yang baru dan mengatakan penampilan suram mereka adalah sesuatu dari masa lalu.

"Kami harus jujur, kami tidak dalam posisi yang baik saat ini - empat poin ke Manchester United, tujuh poin ke Chelsea," kata kapten Tottenham ini.

Tak Boleh Kalah

Serge Gnabry ketika menaklukkan Hugo Lloris pada laga Bayern Munchen melawan Tottenham Hotspur di Tottenham Hotspur Stadium. (AFP/Daniel Leal-Olivas)
Serge Gnabry ketika menaklukkan Hugo Lloris pada laga Bayern Munchen melawan Tottenham Hotspur di Tottenham Hotspur Stadium. (AFP/Daniel Leal-Olivas)

"Kami tidak memiliki hak untuk kalah dalam pertandingan. Terlebih lagi ketika Anda menghadapi lawan langsung seperti Manchester United. Kami akan mulai lagi dengan pertandingan yang sangat penting, mungkin pertandingan yang menentukan untuk masa depan. Pertandingan ini akan dihitung," katanya.

"Kami kurang lebih fit dan ini perbedaan besar. Kami sangat tidak beruntung dalam hal pemain yang cedera musim ini. Ini memengaruhi seluruh skuad dan kinerja ketika Anda merindukan pemain utama Anda untuk waktu yang lama," ujar Lloris.

Situasi Aneh

Lloris juga menegaskan timnya saat ini akan terlihat berbeda dari beberapa bulan yang lalu.

"Selalu ada pemenang dan pecundang [dari setiap situasi]. Kami semua dalam bentuk yang berbeda dan sayangnya Covid datang entah dari mana. Memang benar bahwa pada saat ini kami tidak dalam kondisi terbaik. Adalah adil untuk mengatakan itu.

"Tapi itu milik masa lalu. Itu adalah keputusan yang diambil oleh Liga Premier tetapi kami semua ingin menyelesaikan musim ini dan sekarang kami semakin dekat. Semua tim telah memulihkan pemain dari cedera. Ini adalah musim yang sangat aneh. Tapi itu memiliki untuk mengakhiri," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Update 13 Juni: Kasus Corona COVID-19 WNI di Luar Negeri Capai 1.037 Orang

Posted: 12 Jun 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kasus Virus Corona COVID-19 di dunia yang menimpa WNI kini sudah mencapai 1.037 orang. 

Kasus tertinggi berasal dari para WNI yang bekerja di kapal pesiar yakni 177 orang, setelah itu disusul oleh kasus WNI di Malaysia yang jumlahnya mencapai 157 orang mengingat banyaknya WNI yang menetap di sana.

Menurut laporan yang diperbarui setiap harinya oleh Kementerian Luar Negeri melalui akun Twitter @Kemlu_RI, berikut adalah persebarannya di dunia per Sabtu (13/6/2020):

- Amerika Serikat: 79 WNI (40 sembuh, 23 stabil, 16 meninggal)

- Arab Saudi: 134 WNI (27 sembuh, 85 stabil, 22 meninggal)

- Australia: 2 WNI (stabil)

- Belanda: 8 WNI (3 sembuh, 1 stabil, 4 meninggal)

- Belgia: 2 WNI (2 sembuh)

- Brunei Darussalam: 5 WNI ( sembuh)

- Chile: 1 WNI (stabil)

- Ekuador: 1 WNI (sembuh)

- Filipina: 1 WNI (stabil)

- Finlandia: 1 WNI (sembuh)

- India: 75 WNI (sembuh)

- Inggris: 20 WNI (16 sembuh, 1 stabil, 3 meninggal dunia)

- Irlandia: 1 WNI (sembuh)

- Italia: 3 WNI (sembuh)

- Jepang: 2 WNI (1 sembuh, 1 stabil)

- Jerman: 12 WNI (7 sembuh, 4 stabil, 1 meninggal)

- Kamboja: 2 WNI (sembuh)

- Kanada: 1 WNI (stabil)

- Korea Selatan: 2 WNI (1 sembuh, 1 stabil)

- Kuwait: 29 WNI (1 sembuh, 28 stabil)

- Maladewa: 1 WNI (stabil)

- Meksiko: 1 WNI (stabil)

- Malaysia: 157 WNI (40 sembuh, 115 stabil, 2 meninggal dunia)

- Oman: 1 WNI (sembuh)

- Pakistan: 33 WNI (32 sembuh, 1 stabil)

- Prancis: 4 WNI (3 sembuh, 1 stabil)

- UEA: 49 WNI (33 sembuh, 12 stabil, 4 meninggal)

- Qatar: 69 WNI (54 sembuh, 14 stabil, 1 meninggal)

- RRT (Makau): 3 WNI ( sembuh)

- Singapura: 52 WNI (47 sembuh, 3 stabil, 2 meninggal dunia)

- Spanyol: 13 WNI (sembuh)

- Swedia: 1 WNI (stabil)

- Taiwan: 3 WNI (sembuh)

- Thailand: 1 WNI (sembuh)

- Turki: 2 WNI (1 sembuh, 1 meninggal dunia)

- Vatikan: 8 WNI (sembuh)

- Kapal Pesiar: 177 WNI (148 sembuh, 24 stabil, 5 meninggal dunia)

Secara keseluruhan, 658 WNI telah dinyatakan sembuh dari Virus Corona COVID-19 di luar negeri, dengan tingkat kesembuhan 63,4 %.

WNI Meninggal Dunia

Petugas menggotong peti jenazah pasien Covid-19 di TPU Tegal Alur, Jakarta, Rabu (15/4/2020). Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto menyampaikan per Rabu (15/4) jumlah pasien terkonfirmasi 5.136 dan meninggal 469 orang. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Petugas menggotong peti jenazah pasien Covid-19 di TPU Tegal Alur, Jakarta, Rabu (15/4/2020). Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto menyampaikan per Rabu (15/4) jumlah pasien terkonfirmasi 5.136 dan meninggal 469 orang. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Berdasarkan data tersebut, didapati sebanyak 63 orang WNI meninggal di luar negeri akibat Corona jenis baru itu. Berikut ini rinciannya: 

- 3 WNI di Inggris

- 2 WNI di Malaysia

- 2 WNI di Singapura

- 16 WNI di Amerika Serikat

- 4 WNI di Belanda

- 1 WNI di Turki

- 22 WNI di Arab Saudi

- 5 WNI di Kapal Pesiar

- 1 WNI di Jerman

- 4 WNI di UEA

- 2 WNI di Kuwait

- 1 WNI di Qatar

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengalaman Tak Mengenakkan Tyas Mirasih karena Memerankan Pelakor di Suara Hati Istri

Posted: 12 Jun 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tyas Mirasih memiliki jam terbang cukup tinggi dalam dunia akting. Tapi tetap saja ada kejadian tak mengenakkan terkait aktingnya. Apalagi kalau bukan karena FTV Suara Hati Istri yang diperankannya.

Sudah beberapa judul Suara Hati Istri memajang akting Tyas Mirasih, kebayakan peran antagonis. "Awalnya saya main di Suara Hati Istri kebagian peran jadi istri yang tersakiti (suami). Eh belakangan malahan Bu Sonya (Sonya Samtani-produser Mega Kreasi Films) kasih peran antagonis melulu," papar Tyas di sela konferensi pers virtual di Jakarta, Kamis (11/6/2020).

FTV yang ditayangkan Indosiar setiap hari itu kini memasuki produksi baru. Suara Hati Istri new episode tayang perdana, Senin (15/6/2020) mulai pukul 19.30 WIB. Dan, tentu Tyas masih memerankan karakter perempuan yang menyakiti sesama, kalau tak mau dibilang perebut suami orang alias pelakor. 

"Enggak tahu ya apa wajah saya dianggap cocok perankan itu ha ha ha. Tapi, saya sih senang saja," kata Tyas Mirasih yang sudah membintangi puluhan judul FTV Suara Hati Istri.

Marah-marah Dibayar

Potret kemesraan Tyas Mirasih dan Raiden Soedjono. (Sumber: Instagram/tyasmirasih)
Potret kemesraan Tyas Mirasih dan Raiden Soedjono. (Sumber: Instagram/tyasmirasih)

Karena tuntutan peran, Tyas Mirasih sering melakukan adegan marah-marah di sejumlah judul FTV Suara Hati Istri. "Kalau lihat akting saya, suami bilang, 'Sayang kok kamu banget ya, itu enggak akting?'" jelas Tyas sambil terkekeh. 

Raiden Soedjono, sang suami, tak mempermasalahkan peran antagonis yang dimainkan Tyas. "Enggaklah. Kan suami sudah tahu ini memang pekerjaan saya sejak dulu," katanya. "Soal akting marah-marah enggak masalah, yang penting bayaran aman. He he enak ya marah-marah tapi dibayar," tambahnya.

Penggemar Artis Lain

Ekspresi artis peran Tyas Mirasih usai membuat laporan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (21/3). (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Ekspresi artis peran Tyas Mirasih usai membuat laporan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (21/3). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Yang jadi masalah justru reaksi penggemar artis lain. Rupanya ada saja pemirsa atau warganet yang tak bisa membedakan akting dengan kehidupan nyata. Tyas Mirasih mengaku sempat di-bully penggemar artis lain yang menjadi lawan mainnya di sebuah judul FTV Suara Hati Istri

"Ada, tuh fans artis lain yang marah-marah nge-DM saya di IG. Dia enggak terima saya menyakiti artis idolanya. Lha itu, kan cuma akting dan tuntutan cerita Suara Hati Istri. Nyatanya sehari-hari saya enggak ngapa-ngapain artis idolanya," jelas Tyas. 

Mama Protes

Ada lagi kejadian unik lainnya. Belakangan skenario FTV Suara Hati Istri dibikin lebih soft untuk karakter antagonis. Inilah yang membuat para artis dituntut berakting lebih dalam, termasuk Tyas Mirasih.

Imbasnya, ibunda sang artis malah protes. "Pernah pas habis nonton Suara Hati Istri, Mama menghubungi saya. Eh, kamu kok enggak jahat lagi, sih aktingnya," kata Tyas.

Penonton Setia

Ibunda dan tante-tante Tyas Mirasih adalah penonton setia FTV Suara Hati Istri. Mereka terbiasa melihat Tyas Mirasih menjadi karakter wanita perebut suami orang atau yang tega menyakiti sesama perempuan. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

RSD Wisma Atlet Masih Rawat 576 Pasien, RSKI Pulau Galang 61 Orang

Posted: 12 Jun 2020 10:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perwira Penerangan Kogabwilhan-I Kolonel Marinir Aris Mudian menyampaikan data terbaru pasien corona Covid-19 di RS Darurat Wisma Atlet dan RS Khusus Infeksi Pulau Galang. Data per Sabtu (13/6/2020) pukul 08.00 WIB.

"Pasien rawat inap berkurang 8 orang, semula 584 orang menjadi 576 orang," ujar dia dalam keterangannya, Sabtu (13/6/2020).

Pasien yang positif berdasarkan hasil swab berkurang enam orang. Semula 556 menjadi 550 orang. Sementara pasien yang positif berdasarkan hasil rapid test berkurang 8 orang, semula 26 orang menjadi 18 orang.

"Pasien PDP bertambah 6 orang, semula 2 orang menjadi 8 orang. Pasien ODP nihil," kata dia.

Sementara itu, pasien yang dinyatakan reaktif dari hasil tes cepat sebanyak 18 orang, berkurang delapan orang dari hari sebelumnya berjumlah 26 orang.

Secara keseluruhan, jumlah pasien yang menjalani rawat inap di RSD Wisma Atlet berjumlah 576 orang, terdiri atas 342 pria dan 234 pasien wanita.

Pasien yang dirawat di RSD Wisma Atlet sejak 23 Maret hingga saat ini terdaftar 4.454 orang, sementara pasien yang dirujuk ke rumah sakit lainnya sebanyak 134 orang.

Pasien yang pulang atau telah dinyatakan sembuh tercatat 2.774 orang, sedangkan yang meninggal dunia sebanyak tiga orang.

 

Meninggal Nihil

Sementara pasien yang dirawat inap di RS Khusus Infeksi Pulau Galang sebanyak 61 orang terdiri dari 28 pria dan 33 wanita. Dari 61 orang yang dirawat, 50 di antaranya positif Covid-19, dan pasien ODP 11 orang.

"Pasien PDP nihil," kata dia.

Jumlah tersebut berkurang satu orang dari hari sebelumnya yakni 62 orang. Dari 61 pasien yang dirawat inap, 50 orang dinyatakan positif Covid-19. Sementara 11 orang lainnya berstatus ODP.

"Rekapitulasi pasien terdaftar di RSKI Pulau Galang terhitung sejak 12 April 2020 berjumlah 171 orang, pasien dirujuk ke RS lain satu orang, yang telah pulang atau menjalani isolasi mandiri sebanyak 109 orang, dan yang meninggal nihil," kata Aris.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

DPR RI dan DJSN Apresiasi LAPAK ASIK One to Many dari BPJAMSOSTEK

Posted: 12 Jun 2020 10:21 PM PDT

Liputan6.com, Tangerang Pandemi Covid-19 berdampak negatif bagi perekonomian Indonesia, khususnya dunia usaha, sehingga banyak pemberi kerja yang terpaksa harus mem-PHK tenaga kerjanya. Hal tersebut diperkirakan akan berdampak pada peningkatan klaim program Jaminan Hari Tua (JHT) yang dikelola BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK)

Menyikapi hal tersebut Direktur Utama BPJAMSOSTEK Agus Susanto mengungkapkan bahwa pada awal bulan Juni ini, secara nasional klaim telah mencapai angka di atas 921 ribu kasus dan akan terus meningkat. Namun dirinya menyatakan bahwa BPJAMSOSTEK telah siap untuk menghadapi gelombang PHK di tengah pandemi ini. BPJAMSOSTEK telah menyediakan berbagai kanal klaim yang dapat digunakan oleh peserta melalui protokol Layanan Tanpa Kontak Fisik (LAPAK ASIK), yang terdiri dari kanal online, offline dan kolektif.

Protokol LAPAK ASIK yang telah diperkenalkan sejak bulan Maret lalu melalui kanal online antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id, terus disempurnakan. Bahkan kini peserta yang mengalami kesulitan mengakses LAPAK ASIK online, dapat dilayani langsung di kantor cabang BPJAMSOSTEK di seluruh Indonesia, karena LAPAK ASIK juga memiliki kanal offline, namun dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Demi memastikan pelayanan LAPAK ASIK offline berjalan dengan baik, Agus melakukan peninjauan langsung ke lapangan bersama dengan pimpinan komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena, dan beserta anggota M. Yahya Zaini, anggota Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) Subiyanto Pudin, Indra Budi Sumantoro, dan Paulus Agung Pambudhi, serta perwakilan dari Kemenko PMK pada hari Jum'at di Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Cikokol, Tangerang (12/06).

Agus menyampaikan LAPAK ASIK offline ini tetap tidak mempertemukan petugas BPJAMSOSTEK dan peserta secara langsung. Kantor cabang BPJAMSOSTEK menyediakan bilik- bilik yang dilengkapi layar monitor yang terhubung dengan petugas secara video conference untuk kebutuhan komunikasi dan verifikasi data. Melalui metode ini, setiap petugas Customer Service Officer (CSO) melayani 4-6 orang sekaligus dalam waktu bersamaan, sehingga metode pelayanan ini disebut "One to Many".

"Dengan metode One To Many, Kemampuan produksi untuk menyelesaikan klaim meningkat lima kali lipat dan physical distancing tetap terjaga. Saat ini sudah kita implementasikan hampir di seluruh cabang BPJS Ketenagakerjaan seluruh Indonesia, terutama untuk kantor-kantor yang punya ruang memadai. Untuk kantor-kantor yang kecil masih dilakukan dengan cara one to one tapi tetap memperhatikan physical distancing", jelas Agus 

Selain itu BPJAMSOSTEK juga memberikan kemudahan klaim bagi peserta melalui kanal  LAPAK ASIK kolektif. Fasilitas ini ditujukan kepada perusahaan skala besar maupun menengah yang terpaksa melakukan PHK kepada minimal 30 persen tenaga kerjanya. Dengan adanya klaim kolektif ini pihak perusahaan dapat mengakomodir klaim seluruh karyawan yang ter-PHK dengan menunjuk satu orang perwakilan.

Dalam agenda tersebut, Wakil Ketua Komisi IX DRP Melki Laka Lena menghaturkan apresiasinya pada inovasi layanan BPJAMSOSTEK. Menurutnya, tiga kanal pengambilan JHT, termasuk metode "One to Many" bukan hanya memberikan keamanan bagi staf BPJAMSOSTEK dan peserta, tapi juga membuat proses pencairan dana lebih transparan karena proses verifikasi dapat dipantau dari kantor pusat.

"Kami mengapresiasi langkah BPJAMSOSTEK yang tetap memberikan pelayanan terbaik meski dalam kondisi terbatas. Saya juga melihat BPJAMSOSTEK mampu menjalankan protokol kesehatan dengan sangat baik dan detail. Kualitas dan komitmen layanan ini patut menjadi contoh bagi institusi lain yang melakukan pelayanan publik kepada masyarakat. Saya berharap kualitas pelayanan ini dapat terus dipertahankan, sehingga peserta tetap bisa mendapatkan haknya," ucap Melki.

Anggota DJSN Agung Pambudhi juga mengungkapkan kekagumannya, "Setelah melakukan tinjuan ini, saya sangat terkesan dengan para petugas yang memberikan pelayanannya dengan penuh simpati. Selain itu saya juga berharap BPJAMSOSTEK terus melakukan peningkatan pelayanan sehingga peserta dapat semakin terbantu".

Agung juga menambahkan bahwa BPJAMSOSTEK perlu lebih gencar melakukan sosialisasi dan edukasi terkait transformasi pelayanan ini, sehingga para peserta akan semakin memahami tata cara baru pelayanan BPJAMSOSTEK di era new normal.

Tak hanya mempersiapkan berbagai protokol layanan menyambut era new normal, BPJAMSOSTEK juga telah mempersiapkan beragam protokol kesehatan di internal yang mengatur interaksi dan aktivitas antar karyawan BPJAMSOSTEK.

"Meski kami menyediakan kanal klaim offline, namun saya mengimbau kepada seluruh peserta BPJAMSOSTEK untuk tetap sebisa mungkin berada di rumah dan menggunakan kanal online yang telah kami disediakan, jika ingin klaim. Karena prosesnya lebih mudah dan mengurangi potensi terpapar virus Covid-19. Selain itu peserta juga dapat memanfaatkan fasilitas tracking klaim untuk mengetahui perkembangan proses klaim yang sedang mereka ajukan. Semoga dengan kita mematuhi aturan pemerintah, pandemi ini bisa segera berakhir dan ekonomi Indonesia dapat kembali seperti sedia kala," tutup Agus.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Haris Azhar: Kedua Terdakwa Dipasang untuk Akhiri Polemik Kasus Novel Baswedan

Posted: 12 Jun 2020 10:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Direktur Kantor Hukum Lokataru Haris Azhar menilai persidangan perkara penyerangan air keras terhadap penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan merupakan rekayasa. Banyak kejanggalan yang dia temukan dalam persidangan.

"Nuansa rekayasa dalam persidangan sangat kental. Terbukti, sebagaimana ciri pengadilan rekayasa, banyak keanehan dalam persidangan," ujar Haris dalam keterangannya, Sabtu (13/6/2020).

Haris mengatakan, sejak awal Polri terlihat memaksa dalam menetapkan Rahmat Kadir Mahulette dan Ronny Bugis sebagai tersangka.

Berdasarkan investigasi yang dilakukan pihaknya, Haris menyatakan bukan kedua anggota Brimob aktif itu yang menyerang Novel Baswedan. Dia menduga, keduanya sengaja ditampilkan ke publik agar polemik kasus Novel yang tak kunjung terungkap bisa berakhir.

"Keduanya dipasang untuk mengakhiri polemik kasus Novel yang tidak kunjung jelas," kata dia.

Haris membeberkan kejanggalan-kejanggalan dalam persidangan tersebut. Pertama terkait dakwaan yang menyebut terdakwa menyiram Novel dengan air aki, bukan air keras.

"CCTV tidak dihadirkan dalam persidangan. Sejak awal penanganan, polisi klaim sudah mendapati hasil CCTV sekitar wilayah tempat tinggal. Ini hanya beberapa kejanggalan saja," ujarnya. 

 

Aneh Namun Wajar

Karena itu, menurut eks Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) ini tuntutan satu tahun bagi kedua terdakwa kasus Novel Baswedan aneh, namun wajar.

"Aneh, karena kejahatan yang kejam kok hanya dituntut rendah, jika mereka diyakini pelaku. Wajar, ya karena memang sekedar boneka saja," jelas Haris.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Juria Hartmans dengan Gaya Rambut Pendek, Pujian Gading Marten Jadi Sorotan

Posted: 12 Jun 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Juria Hartmans sedang jadi perbincangan karena kedekatannya dengan Gading Marten. Juria yang merupakan sahabat dari Pevita Pearce ini pun juga beberapa kali mengunggah momen kebersamaannya dengan ayah Gempi tersebut.

Berkarier sebagai model, Juria Hartmans pun memang memiliki paras cantik dan gaya yang menawan. Ia pun sebelumnya dikenal dengan gaya rambut panjangnya. 

Namun baru-baru ini ia pun mengubah gaya rambutnya dengan cukup mencolok. Yaitu menjadi memotongrambut menjadi pendek seleher. Penampilan terbarunya ini dipuji banyak orang. Selain itu Gading Marten pun juga memberi pujian dalam kolom komentar Instagramnya @milkshakesspeare.

"Love the new hair," ungkap Gading Marten dalam kolom komentarnya.

Berikut 6 potret Juria Hartmans dengan gaya rambut pendek yang Liputan6.com kutip dari Instagram @milkshakesspeare, Sabtu (13/6/2020).

1. Begini penampilan terbaru Juria Hartmans dengan gaya rambut pendeknya

Juria Hartmans (Sumber: Instagram/milkshakesspeare)
Juria Hartmans (Sumber: Instagram/milkshakesspeare)

2. Penampilan terbaru dengan rambut pendeknya ini pun buat para netizen memujinya di kolom komentarnya

Juria Hartmans (Sumber: Instagram/milkshakesspeare)
Juria Hartmans (Sumber: Instagram/milkshakesspeare)

3. Selain banyak netizen yang memuji, Gading Marten pun menyukai gaya rambut terbaru dari Juria

Juria Hartmans (Sumber: Instagram/milkshakesspeare)
Juria Hartmans (Sumber: Instagram/milkshakesspeare)

4. Sebagai seoarang model, gonta-ganti penampilan memang suatu hal yang sering dilakukan agar makin penampilan makin fresh

Juria Hartmans (Sumber: Instagram/milkshakesspeare)
Juria Hartmans (Sumber: Instagram/milkshakesspeare)

5. Dengan busana simpel, ia pun terlihat menawan dengan tampilan rambut barunya tersebut

Juria Hartmans (Sumber: Instagram/milkshakesspeare)
Juria Hartmans (Sumber: Instagram/milkshakesspeare)

6. Dari banyak netizen, ada pula yang mengaku terinspirasi untuk mengikuti gaya rambutnya tersebut

Juria Hartmans (Sumber: Instagram/milkshakesspeare)
Juria Hartmans (Sumber: Instagram/milkshakesspeare)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dukung Usaha Kecil Naik Kelas, Menteri Teten Sebut Perlu Alternatif Pembiayaan UMKM

Posted: 12 Jun 2020 10:07 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menegaskan, cukup banyak sumber pembiayaan bagi UMKM di pemerintah. Salah satunya adalah Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp190 trilun dengan bunga 6% dan plafon pinjaman hingga Rp500 juta. Namun sampai saat ini KUR belum terserap hingga sebesar Rp129 triliun. Belum lagi pembiayaan-pembiayaan yang disalurkan lewat BLU pemerintah yang ada di berbagai kementerian, sebesar Rp30 triliun.

"Problemnya, saya akui, masih belum mudah bagi UMKM untuk mengakses ke sana," ungkap Teten, dalam diskusi daring yang membahas akselerasi transformasi digital menghadapi The New Normal di Jakarta, Jumat (12/6).

"Sebelum Covid-19, Rapat Kabinet pernah membahas alternatif pembiayaan untuk UMKM, terutama untuk usaha mikro dan kecil, yang tidak memiliki aset sebagai modal investasi," jelas Teten. 

Teten mengakui, banyak perusahaan Fintech yang sudah membantu usaha mikro dan kecil yang unbankable. Pemerintah, melalui OJK, juga sudah banyak memberikan izin bagi perusahaan Fintech.

"Kalau ini disinergikan, yaitu seluruh sumber pembiayaan dari pemerintah dan swasta (Fintech), tentu akan sangat besar manfaatnya bagi UMKM Naik Kelas," ujar Teten.

Menurut Teten, krisis ekonomi akibat Covid-19 ini berbeda dengan krisis di medio 1998, di mana saat ini justru UMKM menjadi sektor yang paling terdampak, baik dari sisi pasokan maupun permintaan. 

Hanya saja, lanjut MenKop UKM, ketika sisi permintaan terpukul, lalu pembiayaan digelontorkan dan relaksasi pembiayaan dilakukan untuk meringankan cash flow UMKM, tapi masalah demand-nya tidak diciptakan, maka akan berpotensi menjadi kredit macet. Oleh karena itu, Teten menganggap langkah untuk menciptakan demand adalah sesuatu yang penting. 

 

Pintu Baru UMKM Akses Modal

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bobby Gafur menyatakan, masih banyak UMKM yang belum mampu mengakses dana perbankan dikarenakan sulitnya memenuhi persyaratan, terutama terkait agunan. 

"Dengan adanya perusahaan Fintech, seharusnya risk profile di perbankan akan terpotong. Di marketplace, kita bisa melihat kinerja UMKM dari trading history yang sudah dihasilkan", kata Bobby.

Jadi, bagi Bobby, dengan adanya analisa digital di marketplace, Fintech merupakan pintu baru bagi UMKM untuk dapat mengakses permodalan.

"Bahkan, saya mengusulkan, dengan masih sulitnya UMKM mengakses KUR, bank pelaksana KUR bisa bekerja sama dengan perusahaan Fintech," jelas Bobby.

Dalam kesempatan yang sama, COO KoinWorks Bernard Arifin menyatakan siap bekerjasama atau menjadi jalur untuk menyalurkan KUR.

"Selama ini juga kita sudah biasa dan sering membiayai UMKM," pungkas Bernard.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tiga Kesalahan Ini Bisa Bikin Performa Motor Menurun

Posted: 12 Jun 2020 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seperti halnya tubuh manusia, sepeda motor pun juga membutuhkan perawatan. Hal itu agar performanya selalu terjaga.

Namun dalam melakukan perawatan, tidak sedikit yang melakukan kesalahan penanganan atau perawatan sepeda motor, baik matik maupun kopling.

Menurut Oke Desiyanto, Safety Riding Supervisor Astra Motor Jateng, ada tiga hal yang sering dilupakan pemilik motor dalam melakukan perawatan kuda besinya.

Pertama, tidak teratur mengganti oli mesin, girboks (gardan), suspensi dan rem. Selain itu kualitas pelumas harus tetap terjaga agar komponen mesin tidak cepat aus dan tidak kotor karena siklus pergantian yang rutin, termasuk girboks.

Oli suspensi depan dan oli rem walau tidak habis juga harus diganti secara berkala karena umur pemakaian agar kinerja kembali normal dan kenyamanan kembali terasa.

Kedua, tidak teratur mengganti filter udara dan busi kendaraan. Hal ini penting karena filter udara bertugas agar udara yang masuk ke saluran pembakaran bersih, sehingga pembakaran optimal dan dinding silinder tidak baret.

"Selain itu harus mampu menyediakan sejumlah aliran udara yang dibutuhkan, jika kotor maka potensi udara kurang dan kotoran akan terjadi," jelasnya.

Sementara busi merupakan komponen utama untuk melahirkan tenaga yang optimal. Bisa dipastikan kinerja mesin menurun jika komponen itu tidak diganti.

 

Jarang Bersihkan CVT

Ketiga, tidak teratur membersihkan sistem penggerak. Untuk motor matic adalah sistem CVT, dan selain matic menggunakan rantai dan gear atau gardan.

Sistem CVT ini adalah multi fungsi, selain menghubungkan tenaga dari mesin ke roda belakang, tugas berikutnya sekaligus merubah rasionya tenaga dan torsi ke roda belakang. Sistem CVT menggunakan sabuk dan permukaan halus drive untuk bekerja.

Motor selain skutik, komponen transmisi yang bertugas merubah rasio tenaga dan kecepatan mesin tergabung di dalam mesin sekaligus koplingnya, sehingga tugas rantai hanya meneruskan putaran dari mesin ke roda, walaupun ada perbandingan gir tapi bersifat final atau fix. Dalam artian lain tidak bisa berubah setiap saat.

"Jika ada kotoran atau kurangnya perawatan maka sudah dipastikan kinerja mesin akan bertambah berat dan akhirnya terjadi boros," tutupnya.

Sumber: Otosia.com

Penulis: Nazarudin Ray

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemkab Bekasi Siapkan Skema Ganjil-Genap Operasional Mal

Posted: 12 Jun 2020 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menyiapkan skema ganjil genap pada pengoperasian mal yang rencananya akan dibuka mulai pekan depan setelah pengelola pusat perbelanjaan melengkapi persyaratan keamanan.

"Rencananya pekan depan dibuka sambil menunggu komitmen pengelola. Kita juga akan tingkatkan pengawasan terkait penerapan protokol kesehatan," kata Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja di Cikarang, Sabtu (13/6/2020).

Eka mengatakan, skema ganjil genap akan diterapkan bagi setiap gerai dengan cara memberikan nomor di setiap kiosnya.

Pemilik gerai yang mendapatkan nomor genap hanya diperbolehkan membuka kiosnya pada setiap tanggal genap begitu pula sebaliknya bagi pedagang yang mendapat nomor ganjil hanya diizinkan berdagang pada tanggal ganjil.

"Rencananya akan diatur dengan sistem ganjil genap. Misalkan hari ini yang boleh buka tenan ganjil seperti nomor satu, tiga, lima, dan seterusnya. Jadi nomor genap besoknya, bergantian begitu," katanya seperti dikutip Antara.

Eka menjelaskan, skema itu disiapkan guna mencegah penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dengan pembatasan jarak serta jumlah pengunjung sekaligus mengembalikan geliat perekonomian di wilayahnya.

"Makanya kita pastikan dulu protokol kesehatannya terpenuhi sebelum nantinya kembali beroperasi," ungkapnya.

Dia juga mengatakan pemerintah daerah sampai saat ini masih melakukan berbagai persiapan jelang beroperasinya kembali sejumlah pusat perbelanjaan termasuk pemeriksaan langsung kondisi di setiap lokasi.

"Masih terus dalam persiapan. Kami sedang membuat fase-fasenya," kata dia.

Protokol Kesehatan Harus Tegas

Persiapan itu termasuk memastikan sejauh mana kesanggupan pengelola pusat perbelanjaan untuk mengikuti protokol kesehatan seperti meminimalisir antrean pengunjung, menghindari kerumunan, serta penggunaan masker dan mencuci tangan.

"Anak balita juga belum diperkenankan memasuki mal. Pengelola harus tegas menerapkan aturan-aturan protokol kesehatan tadi," kata Eka.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Utamakan Kesehatan Jadi Alasan Singapura Batalkan Balapan Formula 1

Posted: 12 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Singapura- Singapura resmi membatalkan balapan jet darat Formula 1 musim 2020 di negaranya. GP Singapura seharusnya akan digelar di Sirkuit Jalan Raya Marina Bay pada 20 September nanti.

Keputusan pembatalan F1 GP Singapura diumumkan Jumat (12/6/2020). Pemerintah Singapura terpaksa mengambil langkah ini karena pandemi virus corona Covid-19 disana masih belum sepenuhnya dapat dikendalikan.

Meski jumlah korban jiwa akibat virus corona Covid-19 di Singapura sangat sedikit, 25 orang, negara pimpinan Lee Hsien Loong itu tak mau mengambil risiko menggelar balapan F1.

Singapura memilih membatalkan balapan F1 karena memperhatikan kesehatan dan keamanan semua pihak yang terlibat. Kebetulan penonton F1 Singapura sebanyak 40 persen berasal dari luar negeri.

Saat ini masih terjadi pembatasan penerbangan ke Singapura karena banyak negara yang masih berjuang mengalahkan virus corona Covid-19.

 

 

Komentar

Pembalap Ferrari Sebastian Vettel berselebrasi di atas mobilnya setelah memenangkan balapan F1 GP Singapura di Sirkuit Jalan Marina Bay, Singapura (22/9/2019). Vettel kini memegang rekor kemenangan terbanyak di Singapura (2011, 2012, 2013, 2015,2019). (AP Photo/Lim Yong Teck)
Pembalap Ferrari Sebastian Vettel berselebrasi di atas mobilnya setelah memenangkan balapan F1 GP Singapura di Sirkuit Jalan Marina Bay, Singapura (22/9/2019). Vettel kini memegang rekor kemenangan terbanyak di Singapura (2011, 2012, 2013, 2015,2019). (AP Photo/Lim Yong Teck)

"Beberapa bulan terakhir telah sangat menantang di semua lini, dan kami sekarang telah membuat keputusan sulit ini yang diterima Formula 1 dan para pemangku kepentingan," ujar wakil chairman GP Singapura, Colin Syn.

"Pada akhirnya, kesehatan dan keselamatan kontraktor dan pekerja mereka, penonton, kru Formula 1, staf dan sukarelawan adalah prioritas nomor satu kami dan kami berterima kasih kepada semua orang atas kesabaran dan dukungan mereka yang tak tergoyahkan sejauh ini."

Panitia juga menjanjikan kepada para pemegang tiket GP Singapura akan mendapatkan uan pengembalian tiket dalam waktu kurang dari 30 hari kerja. Pemilik tiket juga dapat menggantinya dengan tiket balapan tahun depan.

Dipahami

Langkah pembatalan F1 Singapura ini sendiri dapat diterima oleh pelaku bisnis pariwisata di negeri Singa. Pengelola hotel dan restoran selama ini banyak mengalami peningkatan saat F1 berlangsung.

"Ini keputusan yang bijaksana dan masuk akal. Situasi Covid-19 masih belum pasti," ujar Cinn Tan, kepala bagian penjualan dan pemasaran, Pan Pacific Hotels Group seperti dikutip dari Straits Times.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Mitos Salah tentang Buah yang Masih Dipercaya hingga Kini

Posted: 12 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mengonsumsi buah-buahan tentunya baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, buah-buahan juga bisa dinikmati menjadi berbagai jenis olahan, seperti jus, salad, asinan dan lainnya. Maka tak heran jika banyak orang yang suka mengonsumsi buah-buahan.

Namun, sampai saat ini masih saja banyak beredar mitos mengenai beberapa jenis buah yang membuat individu enggan untuk memakannya. Misalnya, buah melinjo yang bisa membuat asam urat atau buah stroberi yang harus dicuci dulu sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.

Beberapa buah yang biasa kita konsumsi ternyata memiliki mitos yang unik bahkan tak masuk akal, lo. Penasaran buah apa saja? Berikut ulasannya.

1. Pisang Ambon Bikin Keputihan

Ilustrasi pisang (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)
Ilustrasi pisang (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Pisang Ambon dianggap bisa membuat keputihan bagi perempuan yang belum menikah. Faktanya, Pisang Ambon memang tidak baik jika dikonsumsi terlalu banyak. Sebab, dapat meningkatkan libido seseorang.

Namun, hal tersebut sama sekali tidak ada hubungannya dengan keputihan pada seorang wanita.

2. Salak Memicu Sembelit

Ilustrasi salak (Sumber: Pixabay)
Ilustrasi salak (Sumber: Pixabay)

Mengonsumsi buah salak bisa memicu sembelit karena feses menjadi keras. Justru yang terjadi sebaliknya, semua jenis buah-buahan dapat memperlancar BAB.

Faktanya, salak tidak membuat kamu sembelit. Salak memiliki kulit ari salak yang tipis yang mengandung tanin dan serat. Jadi, kamu tak perlu takut lagi untuk mengonsumsi buah salak. 

3. Nanas Membuat Keguguran

ilustrasi buah nanas/copyright unsplash/Julien Pianetti
ilustrasi buah nanas/copyright unsplash/Julien Pianetti

Buah nanas terkenal dapat membuat keguguran janin. Faktanya, nanas justru memiliki nutrisi yang baik untuk ibu hamil.

Kandungan enzim bromelain di dalamnya dapat mencerna protein yang mudah diserap oleh tubuh. Maka dari itu, nanas baik untuk dikonsumsi ibu hamil.

Buah Mengandung Gula dan Kalori yang Rendah

Ilustrasi buah apel (iStock)
Ilustrasi buah apel (iStock)

Segala jenis buah mengandung kalori yang rendah sehingga baik untuk dikonsumsi sebanyak-banyaknya. Faktanya, tidak semua buah mengandung gula dan kalori yang rendah.

Tetap saja dalam mengonsumsi buah-buahan kamu harus mengetahui kandungan apa saja yang terdapat di dalamnya. Jangan sampai kamu justru tak mendapatkan manfaat dari buah yang kamu konsumsi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Sanksi untuk Calon Kepala Daerah Jika Janjikan Uang pada Pemilih

Posted: 12 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menyosialisasikan aturan tentang larangan menjanjikan atau memberikan uang dalam pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati Bantul 2020.

"Di Pasal 73 ayat 1 dalam Undang-Undang Pilkada, diatur bahwa calon dan atau tim kampanye dilarang menjanjikan dan atau memberikan uang. Atau materi lainnya untuk mempengaruhi penyelenggara pemilihan atau pemilih," kata Ketua Bawaslu Bantul Harlina di Bantul, Jumat, 12 Juni 2020. 

Menurut dia, aturan dalam UU Pilkada tersebut sudah disosialisasikan kepada bupati dan wakil Bupati beberapa waktu lalu, sebagai antisipasi dan pencegahan pelanggaran saat tahapan kampanye. Mengingat dalam kontestasi Pilkada Bantul 2020 dimungkinkan diikuti calon petahana.

Harlina mengatakan, sebab apabila pasal 73 dalam UU Pilkada tersebut dilanggar oleh calon dan tim kampanye, dan pelanggaran itu memenuhi persyaratan maka bisa berimplikasi pada pembatalan dari calon peserta pemilihan kepala daerah itu.

"Jadi ini lebih cenderung kepada politik uang, pemberian sesuatu, dan Pasal 73 ini juga bisa berimplikasi kepada pembatalan terhadap subjek yang ada, baik calon ataupun tim kampanye. Dan ini tentunya kalau nanti sudah masuk pada tahapan kampanye," katanya dilansir Antara.

 

Dikategorikan Sebagai Politik Uang Jika...

Namun demikian, kata dia, suatu perbuatan bisa disebut atau dikategorikan sebagai politik uang itu tidak hanya pada saat masuk tahapan kampanye, tapi juga ketika pada tahapan pra kampanye maupun jelang hingga pemungutan suara di tempat pemungutan suara (TPS).

"Sehingga yang perlu nanti kita antisipasi kalau tahapan sudah dilanjutkan, maka terkait dengan pemberian-pemberian memang harus hati-hati. Karena kalau sudah masuk tahapan dan sudah ada parameter indikator mengarah pada politik uang, bisa kita lakukan penegakan," katanya.

Dia juga mengatakan, dalam pasal 71 UU Pilkada juga menyatakan gubernur dan wakil gubernur, Bupati dan wakil bupati, wali kota dan wakil Wali kota dilarang melakukan penggantian pejabat dalam enam bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon sampai dengan akhir masa jabatan. Kecuali mendapat persetujuan dari Mendagri.

"Pada pasal 71 dan pasal 73 UU tentang Pilkada juga bisa masuk ranah pidana apabila unsur-unsur terpenuhi. Sehingga disamping bisa membatalkan, pelanggaran pasal itu juga bisa berimplikasi pada pidana," jelas Ketua Bawaslu Bantul Harlina. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

529 Pedagang Pasar Positif Corona, Terbanyak di Jawa Timur

Posted: 12 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) mencatat sebanyak 529 pedagang pasar di seluruh Indonesia positif Covid-19. Terbanyak di Jawa Timur dengan jumlah Positif sebanyak 136 orang.

Melansir data resmi IKAPPI, Sabtu (13/6/2020), persebaran paling banyak berada di pasar wilayah Surabaya, dengan rincian sebagai berikut:

- Pasar PPI 23 orang

- Pasar Kapasan 23 orang

- Pasar Keputran 9 orang

- Pasar PGS 4 orang

- Pasar Simo Gunung 4 orang

- Pasar SimoI 3 orang

- Pasar Kupang Gunung 2 orang

- Pasar Krian 2 orang

- Pasar Larangan 1 orang

- Pasar Asem Payung 1 orang

- Pasar JojoranI 1 orang

- Pasar Genteng Baru 1 orang

Menyusul setelahnya, persebaran juga terjadi di pasar wilayah Malang, yakni Pasar Induk Gadang 1 orang, Pasar Kaso 6 orang, Pasar Besar Kota Batu 2 orang, Pasar Oro-Oro Dowo 1 orang, dan Pasar Pujon 1 orang.

 

Pegadang Khawatir

Petugas pengelola pasar melakukan kampanye dengan membawa poster kepada pedagang di Pasar Jatinegara, Jakarta, Kamis (11/6/2020). Kampanye ini sebagai bentuk kepedulian terhadap pedagang dan pembeli pasar untuk saling mengingatkan guna menekan penyebaran Corona COVID-19. (merdeka.com/Imam Buhori)
Petugas pengelola pasar melakukan kampanye dengan membawa poster kepada pedagang di Pasar Jatinegara, Jakarta, Kamis (11/6/2020). Kampanye ini sebagai bentuk kepedulian terhadap pedagang dan pembeli pasar untuk saling mengingatkan guna menekan penyebaran Corona COVID-19. (merdeka.com/Imam Buhori)

Terkait hal ini, IKAPPI menyatakan kekhawatirannya apabila seluruh pelaku usaha di pasar akan terimbas lebih lanjut akibat persebaran Covid-19 ini.

"Dengan banyaknya temuan kasus positif Covid-19 di Pasar tersebut, maka kami sangat khawatir bila mata pencaharian 12 juta lebih pedagang pasar terganggu dan terancam hilang," ujar Ketua bidang keanggotaan DPP IKAPPI, Dimas Hermadiyansyah dikutip dari keterangan resmi, Sabtu (13/6/2020).

Untuk itu, IKAPPI meminta kepada pemerintah dan pihak terkait lainnya untuk turut andil dalam menangani permasalahan ini, baik dalam bentuk sosialisasi maupun tindakan preventif lainnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PPDB SMA/SMK Jatim, Calon Peserta Didik Ajukan PIN Capai 247.478 Siswa

Posted: 12 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Pendidikan Jawa Timur mencatat calon siswa yang mengajukan PIN atau personal identifaction number dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK Tahun 2020  sudah mencapai 247.478 siswa hingga Jumat, 12 Juni 2020 pukul 12.00 WIB.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Wahid Wahyudi mengatakan, dari jumlah calon siswa yang sudah mengajukan PIN sebanyak 247.478 siswa, yang PIN sudah terverifikasi mencapai 232.844 siswa.  Wahid menuturkan, ada sejumlah masalah yang banyak muncul ketika PPDB seperti dokumen surat keterangan lulus yang diupload salah.

"Di antaranya tidak ada tanda tangan kepala sekolah, " ujar Wahid, saat dihubungi Liputan6.com lewat pesan singkat, ditulis Sabtu, (13/6/2020).

Selain itu, kartu keluarga kurang dari satu tahun dan kartu keluarga yang diunggah berupa foto keluarga.

Meski demikian, ia menuturkan, orangtua tidak perlu gelisah karena pengajuan PIN masih punya waktu hingga 20 Juni 2020. "Jadi masih ada waktu, dijamin semua pendaftar yang memenuhi ketentuan akan mendapatkan PIN," kata dia.

Daya tampung SMA Negeri di Jawa Timur ada 423 sekolah dengan kapasitas 121.141 siswa. Sedangkan SMK Negeri ada 292 sekolah dengan kapasitas 127.845 siswa. Total daya tampung SMA/SMK sebanyak 248.986 siswa.

Seperti diketahui, dalam tahapan pendaftaran, calon peserta didik melakukan pra pendaftaran secara online untuk mendapatkan PIN yang dipergunakan untuk melakukan pendaftaran online

Adapun informasi penerimaan peserta didik baru SMA/SMK Provinsi Jawa Timur 2020/2021 dapat diakses di ppdbjatim.net

Untuk latihan pendaftaran jalur zonasi (SMA), jalur prestasi gabungan rerata nilai (SMA), jalur regular (SMK) dapat dilakukan selama 13-20 Juni pada halaman PPDB Kota/Kabupaten.

Dispendik Jatim: PPDB SMK, Surat Keterangan Sehat Diganti Surat Pernyataan Orangtua

Sejumlah siswa kelas XII mengerjakan soal Bahasa Indonesia saat mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMKN 50 Jakarta, Senin (25/3). Kemendikbud mengatur UNBK tingkat SMK dilaksanakan serentak dalam empat hari mulai 25 sampai 28 Maret 2019. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Sejumlah siswa kelas XII mengerjakan soal Bahasa Indonesia saat mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMKN 50 Jakarta, Senin (25/3). Kemendikbud mengatur UNBK tingkat SMK dilaksanakan serentak dalam empat hari mulai 25 sampai 28 Maret 2019. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Sebelumnya,  Dinas Pendidikan Jawa Timur memutuskan untuk mengganti kebijakan persyaratan surat keterangan sehat pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMK negeri dengan surat keterangan orang tua bermaterai. Hal ini akibat ada pandemi COVID-19.

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Wahid Wahyudi menuturkan, kebijakan ini diambil untuk tetap memfasilitasi persyaratan sejumlah jurusan di SMK yang mempertimbangkan tinggi badan dan tidak buta warna.

"Jadi siswa tidak perlu ke rumah sakit untuk membuat surat keterangan sehat. Sebab surat ini bisa diganti dengan keterangan orangtua bermaterai," tutur dia, seperti dikutip dari Antara, Kamis, 4 Juni 2020.

Wahid mengatakan, formulir surat keterangan ini bisa diambil di laman PPDBJatim.net. Setelah dibuat dan ditandatangani orangtua, siswa tidak perlu menyerahkan berkas asli ke sekolah, tetapi tinggal mengunggahnya di laman pendaftaran.

"Nanti verifikasinya setelah masuk sekolah, kalau memang nanti ditemukan yang tidak sesuai, misal buta warna maka sekolah bisa mengambil kebijakan memindahkan siswa ke jurusan yang tidak mensyaratkan buta warna," kata dia.

Selain ada yang mensyaratkan tinggi badan dan tidak buta warna, PPDB jenjang SMK negeri terbagi menjadi jalur afirmasi sebanyak 15 persen, jalur perpindahan tugas orangtua sebanyak lima persen, dan jalur prestasi hasil perlombaan dan/atau penghargaan sebanyak lima persen.

"Sisanya jalur reguler sebanyak 75 persen seleksinya memakai nilai rapor. Tahun lalu pakai UN, tahun ini pakai nilai rapor mulai semester satu sampai lima," kata mantan kepala dinas perhubungan Jatim tersebut.

 

Selanjutnya

Sejumlah siswa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri  (SMKN) 50 Jakarta, Senin (25/3). Sebanyak 69.407 siswa dari 578 SMK di DKI Jakarta mengikuti UNBK yang diselenggarakan pada 25-28 Maret 2019. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Sejumlah siswa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 50 Jakarta, Senin (25/3). Sebanyak 69.407 siswa dari 578 SMK di DKI Jakarta mengikuti UNBK yang diselenggarakan pada 25-28 Maret 2019. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Di sisi lain, pada PPDB SMA/SMK pada 2020 penentuan lokasi jarak rumah ke sekolah bisa dilakukan secara mandiri oleh siswa di rumahnya.

"Pada PPDB tahun ini, sistem yang dibuat dalam aplikasi sudah bisa dipahami dengan mudah oleh masyarakat awam sehingga tak perlu ke sekolah terdekat untuk menentukan titik lokasi rumahnya," ujar dia.

Aplikasi tersebut dibuat Dispendik Jatim bekerja sama dengan tim Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, bahkan jika masih kesulitan bisa menghubungi call center dan datang ke SMA/SMK negeri terdekat.

Tak itu saja, pihaknya telah meminta sekolah untuk menyiagakan petugas guna membantu pelaksanaan PPDB sejak 27 April 2020, yaitu membantu memasukkan nilai rapor bagi siswa yang lulus sebelum 2020.

Selain itu, untuk membantu siswa dari luar Jawa Timur dan siswa yang belum difasilitasi sekolah asalnya untuk memasukkan nilai rapornya ke laman PPDB.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenristek Sokong Dana 20 Proposal Penelitian COVID-19 FKUI

Posted: 12 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ada 20 proposal penelitian Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) terkait COVID-19 mendapatkan pendanaan Konsorsium Riset dan Inovasi tahap pertama dari Kemenristek/BRIN senilai Rp 6.950.435.000.

Proposal penelitian berjudul "Penggunaan Umbilical Cord Mesenchymal Stem Cell sebagai terapi pasien COVID-19" dengan peneliti utama adalah Dr. dr. Erlina Burhan, M.Sc, SpP(K) mendapatkan pendanaan terbesar senilai Rp1,9 miliar.

Pendanaan hibah terbesar lainnya diberikan untuk penelitian berjudul "Portable Device Sampling Virus Sars-Cov-2 dari Droplet dan Nafas Ekspirasi" dan "Studi Kohort Persepsi Risiko Penularan dan Tingkat kepatuhan Karantina Rumah, Rumah Sakit atau Fasilitas Rujukan COVID-19 di Indonesia".

"Total ada 20 proposal penelitian dari FKUI yang mendapatkan dukungan pendanaan dari Kemenristek/BRIN. Selain penelitian dokter Erlina Burhan, beberapa proposal penelitian lain adalah penelitian Pengembangan Vaksin Sars COV 2 dan penelitian tentang Pengaruh Terapi Klorokuin, Azitromisin dan Suplementasi Jambu Biji Terhadap Eliminasi Virus SARS-CoV-2,"ujar Dekan FKUI, Prof. Ari Fahrial Syam dalam keterangan pers.

 "Serta ada 15 penelitian lain yang hasil penelitiannya kelak diharapkan akan sangat bermanfaat bagi penanganan COVID-19, khususnya di Indonesia," lanjut Ari dalam rilis yang diterima Liputan6.com.

Terkait penelitian pengembangan vaksin, Ari mengungkapkan bahwa FKUI memiliki pengalaman dalam pengembangan vaksin Demam Berdarah Dengue (DBD).

Pembuatan vaksin dengan cara whole genome sequencing dapat dilakukan jika jumlah virology yang dimiliki besar. Namun, jika tidak memiliki, maka harus dilakukan kultur yang membutuhkan fasilitas Laboratorium Biosafety Level-3 (BSL-3). Selain Lembaga Biologi Molekuler Eijkman dan LIPI, FKUI sendiri memiliki pusat riset virus dimana terdapat fasilitas BSL-3 yang saat ini sedang direnovasi.

Penyerahan Dana

Penyerahan sdana riset dan inovasi COVID-19 dilakukan secara virtual pada Kamis, 11 Juni 2020 oleh Ketua Konsorsium Riset dan Inovasi COVID-19, Ali Gufron Mukti kepada Rektor UI, Ari Kuncoro dan turut disaksikan oleh Menristek/BRIN Republik Indonesia, Bambang P.S. Brodjonegoro.

"UI menerima pendanaan riset COVID-19 yang terbesar. Kami membagi program konsorsium riset dan inovasi COVID-19 menjadi lima klasifikasi, yaitu, Pencegahan; Skrining dan Diagnosa; Obat & Terapi; Alat Kesehatan & Pendukung; Sosial Humaniora," kata Bambang.

Menurutnya, UI merupakan salah satu anggota Konsorsium dengan kontribusi yang signifikan. Ini tampak dari proposal yang diajukan UI lengkap memenuhi kelima bagian riset dan inovasi tersebut, UI bisa masuk ke dalam semua kategori, semua aspek yang terkait dengan COVID-19, tidak hanya di bidang kesehatan, melainkan bidang Sosial Humaniora juga dicover oleh UI.

20 proposal penelitian FKUI tersebut adalah bagian dari 134 proposal riset yang diterima oleh Konsorsium Riset dan Inovasi COVID-19 Kemenristek/BRIN yang berasal dari berbagai perguruan tinggi maupun lembaga penelitian di Indonesia.

Proposal riset yang mendapatkan bantuan dana telah melalui seleksi ketat, review proposal dan presentasi secara daring oleh Kemenristek/BRIN dan termasuk dalam enam bidang prioritas antara lain (1) Pencegahan, (2) Skrining dan Diagnosis, (3) Alat Kesehatan dan Pendukungnya, (4) Obat-obatan dan Terapi, (5) Multicenter Clinical Trial, dan (6) Sosial Humaniora dan Public Health Modelling.

 

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengguna Kecewa, Smartphone Samsung Mulai Disisipi Iklan

Posted: 12 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa hari lalu beredar kabar kalau smartphone Samsung bakal mulai disisipi iklan melalui One UI versi terbarunya.

Kini, mengutip laman Ubergizmo, Sabtu (13/6/2020), banyak pengguna merasa kesal karena smartphone mereka mulai ada iklannya.

[bacajuga:Baca Juga](4274295 3933938)

Informasi ini diunggah oleh sejumlah pengguna Reddit. Para pengguna Reddit ini mengeluh karena user interface One UI mereka mulai disisipi oleh iklan.

Berdasarkan pencarian, memang di website Reddit cukup banyak pengguna Samsung yang menyebut, smartphone Samsung mereka kebagian iklan. Misalnya iklan mengenai promosi smartphone Samsung terbaru.

Ada juga yang mengeluh, Samsung seri M seperti M20 dan M30 kebagian cukup banyak iklan mengganggu.

Tak hanya itu, ada pengguna Galaxy S8 Plus yang menyebut dirinya mendapatkan iklan di smartphone-nya, padahal Galaxy S8 Plus tergolong merupakan perangkat premium meski dirilis beberapa tahun lalu.

Iklan Dinilai Mengganggu

Ilustrasi Smartphone Samsung. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Ilustrasi Smartphone Samsung. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Ubergizmo menyebut, iklan-iklan yang muncul juga bukan sekadar iklan kecil yang berbasis tulisan tetapi merupakan iklan dengan tampilan cukup besar dan mengganggu.

Pengguna kecewa karena ada di antara mereka yang sudah membayar lebih dari USD 1.500 untuk sebuah flagship smartphone Samsung tetapi malah tetap dapat iklan ketika mereka mengaktifkan "menerima informasi pemasaran" di bagian Setting.

Meski begitu, banyak juga pengguna yang mengaku tak mengaktifkan fitur menerima informasi pemasaran tetapi masih mendapatkan iklan.

Ubergizmo menyebut, iklan ini tampil berbasis wilayah. Di sejumlah negara, pengguna tak menerima iklan di layar smartphone mereka.

Rumor tentang Iklan di Samsung

Bocoran iklan di smartphone Samsung (Foto: Tizen Help)
Bocoran iklan di smartphone Samsung (Foto: Tizen Help)

Sebelumnya, sejumlah rumor yang beredar menyebut Samsung memiliki gagasan untuk menghadirkan iklan di One UI ke beberapa smartphone.

Pendapatan dari iklan ini diharapkan bisa membantu mengimbangi meningkatnya beban biaya smartphone.

Informasi ini berdasarkan pada sebuah gambar dari pembaca yang dibagikan oleh Tizen Help. Diduga, gambar tersebut berasal dari bocoran One UI 2.5.

One UI 2.5 sendiri merupakan antarmuka tampilan Android milik Samsung versi selanjutnya. Demikian dikutip dari Android Authority, Selasa (9/6/2020).

Pada gambar di atas, iklan di layar tersebut merupakan timer. Ppengguna perlu mengetuk iklan One UI atau menunggu selama 15 detik hingga timer habis, untuk bisa membuka kunci smartphone. Diduga, iklan juga terlihat di aplikasi bermerek Samsung.

(Tin/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: [FEATURE] Kenormalan yang Baru

Posted: 12 Jun 2020 10:00 PM PDT

Sejumlah warga berjalan di Pasar Baru, Jakarta, Selasa (9/6/2020). Meski masih dalam masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi, pusat perbelanjaan tersebut mulai dibuka kembali dengan menerapkan protokol kesehatan menjelang pelaksanaan kenormalan baru. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Sejumlah warga berjalan di Pasar Baru, Jakarta, Selasa (9/6/2020). Meski masih dalam masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi, pusat perbelanjaan tersebut mulai dibuka kembali dengan menerapkan protokol kesehatan menjelang pelaksanaan kenormalan baru. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sejumlah warga berjalan di Pasar Baru, Jakarta, Selasa (9/6/2020). Meski masih dalam masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi, pusat perbelanjaan tersebut mulai dibuka kembali dengan menerapkan protokol kesehatan menjelang pelaksanaan kenormalan baru. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Antrean calon penumpang memasuki stasiun Sudirman saat jam pulang kantor di Jakarta, Senin (8/6/2020). Aktivitas perkantoran dimulai kembali pada pekan kedua penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Antrean calon penumpang memasuki stasiun Sudirman saat jam pulang kantor di Jakarta, Senin (8/6/2020). Aktivitas perkantoran dimulai kembali pada pekan kedua penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Antrean calon penumpang memasuki stasiun Sudirman saat jam pulang kantor di Jakarta, Senin (8/6/2020). Aktivitas perkantoran dimulai kembali pada pekan kedua penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Petugas membersihkan lift yang dipasangi garis batas setiap pengguna di Senayan City, Jakarta, Selasa (9/6/2020). Senayan City siap menyambut pengunjung kembali pada 15 Juni 2020 dengan menyediakan sensor tanpa sentuh untuk lift hingga hand sanitizer di beberapa titik. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Petugas membersihkan lift yang dipasangi garis batas setiap pengguna di Senayan City, Jakarta, Selasa (9/6/2020). Senayan City siap menyambut pengunjung kembali pada 15 Juni 2020 dengan menyediakan sensor tanpa sentuh untuk lift hingga hand sanitizer di beberapa titik. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Petugas membersihkan lift yang dipasangi garis batas setiap pengguna di Senayan City, Jakarta, Selasa (9/6/2020). Senayan City siap menyambut pengunjung kembali pada 15 Juni 2020 dengan menyediakan sensor tanpa sentuh untuk lift hingga hand sanitizer di beberapa titik. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pengunjung menikmati sajian di di The Atjeh Connection Coffee and Resto, Jakarta, Senin (8/6/2020). Tempat ini siap menerapkan protokol kesehatan untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam menerapkan tatanan kehidupan baru atau new normal. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Pengunjung menikmati sajian di di The Atjeh Connection Coffee and Resto, Jakarta, Senin (8/6/2020). Tempat ini siap menerapkan protokol kesehatan untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam menerapkan tatanan kehidupan baru atau new normal. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pengunjung menikmati sajian di di The Atjeh Connection Coffee and Resto, Jakarta, Senin (8/6/2020). Tempat ini siap menerapkan protokol kesehatan untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam menerapkan tatanan kehidupan baru atau new normal. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aktivitas pedagang dan konsumen di Pasar Tradisonal Cempaka Putih, Jakarta, Kamis (11/6/2020). Pengelola pasar tradisional diwajibkan melaksanakan protokol kesehatan salah satunya dengan pembatasan jumlah konsumen hanya 50 persen kapasitas. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Aktivitas pedagang dan konsumen di Pasar Tradisonal Cempaka Putih, Jakarta, Kamis (11/6/2020). Pengelola pasar tradisional diwajibkan melaksanakan protokol kesehatan salah satunya dengan pembatasan jumlah konsumen hanya 50 persen kapasitas. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aktivitas pedagang dan konsumen di Pasar Tradisonal Cempaka Putih, Jakarta, Kamis (11/6/2020). Pengelola pasar tradisional diwajibkan melaksanakan protokol kesehatan salah satunya dengan pembatasan jumlah konsumen hanya 50 persen kapasitas. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Polisi mengatur antrean calon penumpang yang akan masuk ke dalam Stasiun Citayam, Depok, Jawa Barat, Senin (8/6/2020). Memasuki fase PSBB proporsional menuju new normal Kota Depok, stasiun ramai dipadati penumpang yang kini mulai beraktivitas kembali. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Polisi mengatur antrean calon penumpang yang akan masuk ke dalam Stasiun Citayam, Depok, Jawa Barat, Senin (8/6/2020). Memasuki fase PSBB proporsional menuju new normal Kota Depok, stasiun ramai dipadati penumpang yang kini mulai beraktivitas kembali. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Polisi mengatur antrean calon penumpang yang akan masuk ke dalam Stasiun Citayam, Depok, Jawa Barat, Senin (8/6/2020). Memasuki fase PSBB proporsional menuju new normal Kota Depok, stasiun ramai dipadati penumpang yang kini mulai beraktivitas kembali. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Tidar (46), mengayuh saat berjualan jamu di Pasar Baru, Jakarta, Kamis (11/06/2020). Penjual jamu tradisional keliling ini tampak mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19 dengan mengenakan masker, face shield, dan sarung tangan dalam melayani pelanggan setianya. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Tidar (46), mengayuh saat berjualan jamu di Pasar Baru, Jakarta, Kamis (11/06/2020). Penjual jamu tradisional keliling ini tampak mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19 dengan mengenakan masker, face shield, dan sarung tangan dalam melayani pelanggan setianya. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Tidar (46), mengayuh saat berjualan jamu di Pasar Baru, Jakarta, Kamis (11/06/2020). Penjual jamu tradisional keliling ini tampak mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19 dengan mengenakan masker, face shield, dan sarung tangan dalam melayani pelanggan setianya. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sejumlah penari tradisional sanggar seni Eschoda mengenakan masker dan pelindung wajah saat latihan di Kota Tangerang, Banten, Jumat (12/6/2020). Para penari menerapkan protokol kesehatan jelang penerapan kenormalan baru menghadapi virus corona COVID-19. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Sejumlah penari tradisional sanggar seni Eschoda mengenakan masker dan pelindung wajah saat latihan di Kota Tangerang, Banten, Jumat (12/6/2020). Para penari menerapkan protokol kesehatan jelang penerapan kenormalan baru menghadapi virus corona COVID-19. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sejumlah penari tradisional sanggar seni Eschoda mengenakan masker dan pelindung wajah saat latihan di Kota Tangerang, Banten, Jumat (12/6/2020). Para penari menerapkan protokol kesehatan jelang penerapan kenormalan baru menghadapi virus corona COVID-19. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Seorang pria berjalan di Senayan City, Jakarta, Selasa (9/6/2020). Senayan City siap kembali menyambut pengunjung pada 15 Juni 2020 dengan menerapkan berbagai protokol kesehatan COVID-19 seperti pengecekan suhu tubuh dan sensor tanpa sentuh untuk lift. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Seorang pria berjalan di Senayan City, Jakarta, Selasa (9/6/2020). Senayan City siap kembali menyambut pengunjung pada 15 Juni 2020 dengan menerapkan berbagai protokol kesehatan COVID-19 seperti pengecekan suhu tubuh dan sensor tanpa sentuh untuk lift. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Seorang pria berjalan di Senayan City, Jakarta, Selasa (9/6/2020). Senayan City siap kembali menyambut pengunjung pada 15 Juni 2020 dengan menerapkan berbagai protokol kesehatan COVID-19 seperti pengecekan suhu tubuh dan sensor tanpa sentuh untuk lift. (Liputan6.com/Johan Tallo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ditilang Polisi, Ria Ricis Dihukum Bantu Siapkan Makanan untuk Warga Terdampak Covid-19

Posted: 12 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lagi-lagi Ria Ricis, membuat heboh publik. Kali ini YouTuber kondang ini berpose dengan para polisi.

Dalam keterangan fotonya, Ria Ricis menyampaikan permintaan maaf. Melalui video yang diunggah di kanal YouTube-nya, diketahui Ria Ricis berurusan polisi lantaran mengendarai sepeda motor tidak memakai helm.

Padahal, Ria Ricis sekadar ingin jalan-jalan sore. Ia pun mengakui kesalahannya.

"Sore-sore ini aku pengin jalan-jalan sore. Kebetulan punya kendaraan baru jadi aku pengin jalan-jalan," kata Ria Ricis.

Ditilang Polisi

Ria Ricis (Foto: YouTube)
Ria Ricis (Foto: YouTube)

Ria Ricis kemudian ditilang polisi, dikarenakan Ricis tidak menggunakan helm saat berkendara.

"Sore, pak," kata Ria Ricis kepada polisi tersebut.

"Kok enggak pakai helm," tanya polisi kepada Ricis.

"Jangan ditilang pak," kata Ricis.

"Ini kamu mau kemana. Bawa surat-suratnya enggak?" tanya polisi tersebut.

Lagi Syuting

Ria Ricis (Foto: Instagram/@riaricis1795)
Ria Ricis (Foto: Instagram/@riaricis1795)

Ricis pun beralasan dirinya sedang syuting. Dia pun meminta untuk tidak ditilang.

"Bapak, saya lagi syuting, jangan ditilang," katanya.

"Kalau di jalan raya itu wajib pakai helm untuk keselamatan. Coba turun dulu," kata polisi kepada Ricis.

"Bapak memang enggak kenal saya? Saya... saya artis lho pak" ucap Ricis.

"Oh ini yang yang kemarin ramai itu ya," ucap polisi tersebut.

 

Tiga Kesalahan

Ria Ricis (FotoYouTube)
Ria Ricis (FotoYouTube)

Polisi itu pun menyebut kesalahan Ricis tak hanya tidak memakai helm, tetapi juga tidak punya SIM dan tidak membawa STNK.

"Mbaknya enggak punya SIM, enggak bawa STNK, enggak pakai helm," katanya.

"Di-cut (kamera) dulu ya," kata Ricis meminta kameramen menghentikan pengambilan gambar.

Sampaikan Imbauan

Ricis pun menyadari kesalahannya. Dia mengimbau kepada masyaraat untuk mengenakan helm dan membawa surat-surat lengkap meski berkendara dalam jarak dekat.

"Makanya kalian kalau bawa motor dekat pakai helm," ungkapnya.

Hukuman untuk Ria Ricis

Ria Ricis pun diberi 'hukuman' lantaran kesalahannya. Dia diminta untuk membantu ibu-ibu yang sedang menyiapkan makanan di dapur khusus anggota polisi dan TNI untuk warga terdampak Corona.

"Ikut bungkus nasi," kata Ricis. (Merdeka.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kronologi Insiden Keluarga Rebut Jenazah PDP Covid-19 yang Hendak Dimakamkan

Posted: 12 Jun 2020 10:00 PM PDT

Batam - Seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 dinyatakan meninggal dunia di Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam, Selasa (9/6/2020) malam.

Namun, terjadi keributan malam itu di rumah sakit karena pihak keluarga menolak proses pemulasaran jenazah dengan protokol Covid-19. Hal ini dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi.

"Pihak keluarga tidak terima kalau anggota keluarganya dilakukan pemulasaran jenazah dengan protokol Covid-19, keluarganya asal Makasar," ujar Didi melalui pesan singkat kepada Batamnews, Rabu (10/6/2020).

Pasien tersebut kata Didi memang baru dirujuk ke RSBP pada hari yang sama, sekitar siang atau sore hari, setelah sebelumnya sempat dirawat di Rumah Sakit Harapan Bunda (RSHB).

"Pasien ini punya penyakit penyerta, yaitu diabetes," katanya, dikutip Batamnews.co.id.

Kemudian dari hasil rontgen, juga diketahui pasien yang meninggal tersebut terlihat jelas ada pnuemonia. Sehingga ditetapkan statusnya sebagai PDP.

Lebih lanjut Didi menyampaikan bahwa sampel swab tenggorokan dari pasien juga telah diambil. "Hasilnya bisa diketahui sore ini jika dikebut," kata dia.

Pihaknya menyesalkan tindakan penolakan dari pihak keluarga untuk memulasarakan jenazah dengan protokol Covid-19. Karena sejak awal pasien berstatus PDP, walaupun hasil swabnya belum keluar dan dinyatakan meninggal dunia tetap dilakukan sesuai protokol Covid-19.

Detik-Detik Jenazah Direbut Ketika Hendak Dimakamkan Petugas

Petugas menggotong peti jenazah pasien Covid-19 di TPU Tegal Alur, Jakarta, Rabu (15/4/2020). Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto menyampaikan per Rabu (15/4) jumlah pasien terkonfirmasi 5.136 dan meninggal 469 orang. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Petugas menggotong peti jenazah pasien Covid-19 di TPU Tegal Alur, Jakarta, Rabu (15/4/2020). Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto menyampaikan per Rabu (15/4) jumlah pasien terkonfirmasi 5.136 dan meninggal 469 orang. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

"Makanya semalam minta tolong ke pihak berwajib," kata Didi.

Dalam protokolnya, pasien meninggal dunia dengan status PDP, jenazahnya akan dilapisi dengan plastik (wrapping). Lalu kemudian dimasukkan ke dalam peti, dan peti tersebut juga di wrapping.

Setiap proses tersebut, hanya dilakukan oleh petugas dengan pakaian Alat Pelindung Diri (APD) lengkap. Pihak keluarga juga tidak diperkenankan untuk melihat almarhum untuk terakhir kalinya, hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus.

Sebelumnya satu pasien Covid-19 di Kota Batam, Kepulauan Riau, meninggal dunia pada Selasa malam (7/6/2020) sekitar pukul 21.00 WIB. Sebelum penguburan, terjadi kericuhan antara keluarga dengan petugas medis yang hendak menguburkan.

Sejumlah keluarga mencoba merebut jenazah tersebut dari petugas medis yang hendak menguburkan setelah empat jam meninggal dunia. Tidak diketahui pasti apakah jenazah tersebut berhasil direbut atau tidak.

"Iya benar," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusmajadi, kepada Batamnews, Rabu (8/5/2020).

Menurut informasi yang di lapangan, jenazah tersebut sedianya akan dikuburkan setelah meninggal dunia berdasarkan protokol penguburan jenazah pasien Covid-19.

Dapatkan berita menarik Batamnews.co.id lainnya, di sini:

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Baru Terus Muncul, Korsel Perpanjang Masa Pedoman Sanitasi Virus Corona

Posted: 12 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Menteri Kesehatan Korea Selatan, Park Neung-hoo mengatakan akan memperpanjang masa untuk pedoman sanitasi dan pencegahan terhadap virus corona sampai angka kasus baru COVID-19 harian turun menjadi satu digit.

Hal itu, membatalkan rencana sebelumnya di mana pemerintah Korea Selatan memperingatkan akan kembali ke langkah-langkah ketat jaga jarak sosial.

Peringatan dibuat karena jumlah kasus baru harian COVID-19 tetap berada di angka dua digit setelah muncul serangkaian kasus baru di daerah sekitar ibukota Seoul, Reuters melaporkan, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (13/6/2020).

Dengan tambahan 56 kasus baru pada Kamis (11/6), Korsel mencatat total kasus COVID-19 nasional menjadi 12.003 kasus dan 277 kematian.

Pihak berwenang akan meninjau apakah Korea Selatan akan kembali ke langkah-langkah jarak sosial intensif jika tambahan kasus infeksi harian masih berada pada kisaran itu (dua digit), kata Menkes Park Neung-hoo.

"Pedoman ini bertujuan untuk memotong serangkaian kasus infeksi virus corona yang berpusat di wilayah Seoul yang dapat mengakibatkan kembalinya masyarakat kepada langkah pembatasan sosial," ujarnya.

 

Seoul Menyumbang Penambahan Kasus Baru

Sepasang kekasih mengenakan masker saat bersepeda  di sebuah taman di Seoul, Korea Selatan, 7 Maret 2020. Hingga Kamis (12/3/2020) pagi, jumlah kasus virus corona COVID-19 di Korea Selatan sebanyak 7.755 orang terinfeksi, 60 meninggal, dan 288 sembuh. (AP Photo/Ahn Young-joon)
Sepasang kekasih mengenakan masker saat bersepeda di sebuah taman di Seoul, Korea Selatan, 7 Maret 2020. Hingga Kamis (12/3/2020) pagi, jumlah kasus virus corona COVID-19 di Korea Selatan sebanyak 7.755 orang terinfeksi, 60 meninggal, dan 288 sembuh. (AP Photo/Ahn Young-joon)

Menurut Menkes Korsel Park Neung-hoo, lebih dari 96 persen kasus infeksi baru dalam dua pekan terakhir berada di wilayah metropolitan Seoul. Dari kasus-kasus baru yang dilaporkan pada Kamis, 42 berasal dari area Seoul.

Korea Selatan sejak 29 Mei telah membatasi kegiatan pertemuan atau perkumpulan dan mencatat setiap orang yang berkunjung ke delapan fasilitas yang dinilai berisiko tinggi, seperti klub malam dan bar, kata Menkes Park.

Aturan ketat jaga jarak sosial akan dipertimbangkan untuk diberlakukan kembali jika 50 angka tambahan infeksi harian terus terjadi selama lebih dari dua pekan, dan tergantung pada jumlah rangkaian wabah baru, ujar Park menambahkan.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bantaeng Terendam Banjir, Seorang Remaja Dinyatakan Hilang

Posted: 12 Jun 2020 09:54 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seorang remaja berusia 19 tahun menjadi korban dalam bencana banjir di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, yang terjadi sejak Jumat sore kemarin pukul 16.00 Wita.

Menurut laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantaeng, korban atas nama Haerul tersebut sementara ini masih dinyatakan hilang dan belum ditemukan. Selain itu, beberapa warga juga terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman.

"Berdasarkan kronologi, banjir terjadi karena dipicu oleh hujan dengan intensitas tinggi sejak pukul 15.00 Wita di daerah hulu yang berada di pegunungan," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati, Sabtu (13/6/2020).

Kata dia, curah hujan tinggi tersebut juga membuat debit air Sungai Calendu meluap dan Cekdam Balang Sikuyu jebol di sisi kanan. Akibatnya sejumlah wilayah dan permukiman warga serta fasilitas umum lainnya terendam banjir.

"Menurut laporan yang diperbarui BPBD Kabupaten Bantaeng, banjir dengan tinggi muka air (TMA) 20-150 sentimeter itu menggenangi 2 kecamatan dan 5 kelurahan," paparnya.

Adapun rinciannya adalah Kelurahan Bontosungguh, Kelurahan Bontowatu dan Kelurahan Bontorita di Kecamatan Bissappu. Kemudian Kelurahan Palantikang dan Kelurahan Tapanjeng di Kecamatan Bantaeng.

Dirikan Dapur Umum

BPBD Kabupaten Bantaeng telah berkoordinasi bersama Basarnas, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Kodim, TNI/Polri dan dinas terkait untuk pemberian bantuan logistik serta obat-obatan.

"Dapur umum telah didirikan di dua lokasi, yakni di Kecamatan Bantaeng dan Kecamatan Bissappu. Sementara itu, kebutuhan mendesak lain yang masih dibutuhkan adalah logistik dan makanan, pakaian, selimut, obat-obatan dan velbed atau kasur lipat," jelasnya.

Saat ini, banjir di Bantaeng sudah berangsur-angsur surut.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kejari Kudus Tangkap Karyawan PDAM Terkait Kasus Pungli Penerimaan Pegawai

Posted: 12 Jun 2020 09:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tim Pidana Khusus Kejaksaan Negeri (Kejari) Kudus melakukan tangkap tangan seorang karyawan PDAM Kabupaten Kudus yang diduga menerima uang terkait pungutan liar (pungli) penerimaan dan pengangkatan karyawan PDAM Kabupaten Kudus.

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung (Kejagung) Hari Setiyono menyampaikan, tersangka berinisial T menerima bukti uang tunai sebesar Rp 65 juta.

"Tangkap tangan pelaku pungli dilakukan hari Kamis tanggal 11 Juni 2020 pukul 14.40 WIB," tutur Hari dalam keterangan tertulis, Sabtu (13/6/2020).

Menurut Hari, Direktur Utama PDAM Kabupaten Kudus disinyalir telah menarik uang dari para calon karyawan dalam proses penerimaan dan pengangkatan karyawan. Jumlahnya bervariasi mulai Rp 25 juta hingga Rp 150 juta.

"Bekerja sama dengan Saudara O dari pihak swasta sebagai orang yang menerima uang pungli," jelas dia.

Modusnya, lanjut Hari, calon karyawan diarahkan untuk meminjam uang di koperasi milik O untuk membayar uang muka sebesar Rp 10 juta. Selebihnya calon karyawan diarahkan dan dibantu pengurusan kredit ke Bank Jateng dan bank pasar oleh T yang merupakan karyawan PDAM Kabupaten Kudus.

Upaya Penangkapan

"Selanjutnya pada saat pencairan, uang langsung diserahkan kepada O. Setelah dilakukan pemeriksaan, terungkap bahwa uang diterima oleh T atas perintah O dan sekarang sedang diupayakan menangkap yang bersangkutan," Hari menandaskan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Siaran Langsung La Liga: Real Mallorca vs Barcelona Malam Ini

Posted: 12 Jun 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Mallorca - Barcelona kembali ke panggung La Liga pada Sabtu (13/6/2020) atau Minggu dini hari WIB. Los Blaugrana, sebutan Barcelona akan menantang Real Mallorca di Estadi de Son Moix.

Dalam laga ini, pelatih Barcelona, Quique Setien mengandalkan Lionel Messi untuk meraih kemenangan setelah La Liga terhenti selama tiga bulan akibat virus corona covid-19.

Mallorca merupakan klub yang paling sering dikalahkan oleh pemain Barcelona asal Argentina itu. Tercatat, dari 11 pertandingan melawan Mallorca di La Liga, Lionel Messi mencatatkan sembilan kemenangan. Pemain yang genap berusia 32 tahun pada bulan itu sudah mencetak 14 gol ke gawang Mallorca.

"Kami tidak ragu dia bakal bermain melawan Mallorca. Mungkin dia bisa menambahnya (gol ke gawang Mallorca)," ucap Setien, seperti dikutip dari Sportskeeda.

"Namun, Lionel Messi sempat berhenti latihan beberapa waktu lalu. Itu karena kehati-hatian," ujar pelatih Barcelona berusia 61 tahun itu, melanjutkan.

 

Suarez Meragukan

Luis Suarez menyumbangkan gol kedua untuk Barcelona pada laga lanjutan La Liga yang berlangsung di stadion Camp Nou, Minggu (20/1). Barcelona menang 3-1 atas Leganes. (AFP/Josep Lago)
Luis Suarez menyumbangkan gol kedua untuk Barcelona pada laga lanjutan La Liga yang berlangsung di stadion Camp Nou, Minggu (20/1). Barcelona menang 3-1 atas Leganes. (AFP/Josep Lago)

Ketimbang memikirkan Lionel Messi, Setien malah meragukan penyerang Barcelona lainnya, Luis Suarez. Pemain asal Uruguay itu belum pulih sepenuhnya usai operasi lutut pada Januari lalu.

"Itu yang harus kita bicarakan. Saya yakin dia bisa bermain dari awal, tapi sangat tergesa-gesa bila dia bermain satu pertandingan penuh," kata pria berkebangsaan Spanyol tersebut.

"Saya harus menempatkanya dengan baik agar membantu dia (Suarez) terhindar dari risiko. Sebab, setiap pemain yang sudah absen dalam tiga atau empat pertandingan bisa terpukul," ujar Setien melanjutkan.

 

 

Jadwal Pertansingan

Minggu, 14 Juni 2020

Pukul: 03.00 WIB

Real Mallorca vs Barcelona

Venue: Estadi de Son Moix

Live di beIN Sports1

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bea Cukai Makassar Fasilitasi Percepatan Impor Penanggulangan Covid-19

Posted: 12 Jun 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bea Cukai Makassar dukung upaya percepatan penanganan COVID-19 di Sulawesi Selatan melalui berbagai kebijakan yang terkait kepabeanan dan cukai, seperti pemberian fasilitas pembebasan bea masuk dan pajak dalam rangka impor (PDRI) untuk importasi alat perlindungan COVID-19 sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan nomor 34/PMK.04/2020.

Salah satu perusahaan yang mendapatkan Surat Keputusan Pembebasan Bea Masuk dan PDRI, PT Huadi Nickel Alloy Indonesia, telah melakukan impor masker sejumlah 10.000 buah, 2500 buah kacamata keselamatan kerja, dan 2500 buah hasmat. Importasi ini merupakan bentuk kerja sama penanggulangan COVID-19 dengan negara Cina.

Kepala Kantor Bea Cukai Makassar, Eva Arifah Aliyah, pada Kamis (11/06) mewakili Direktorat Jenderal Bea dan Cukai sebagai pemberi fasilitas ikut hadir pada penyerahan hibah PT Huadi Nickel Alloy Indonesia kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, yang diterima langsung oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah.

Eva mengatakan bahwa importasi ini dilakukan untuk membantu penanganan penyebaran COVID-19 di Indonesia, khususnya di Sulawesi Selatan.

"Importasi tersebut dilakukan oleh perusahaan dan dihibahkan ke Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan guna disalurkan ke rumah sakit dan masyarakat," jelas Eva.

Adapun perwakilan PT Huadi Nickel Alloy Indonesia, Lili mengungkapkan apresiasinya terhadap kinerja Bea Cukai Makassar,

"Prosesnya sangat cepat, pemberiannya pun sangat mudah, hanya submit permohonan via website, dan tidak perlu menunggu lama Surat Keputusan Pembebasan sudah disetujui," kata Lili.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BukuKas, Solusi Atasi Kredit Macet Akibat Piutang Usaha

Posted: 12 Jun 2020 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Piutang kerap ada dalam suatu usaha. Hal itu dikarenakan adanya penjualan barang atau jasa yang pembayarannya dilakukan secara kredit. Dengan kata lain, piutang merupakan utang berupa uang dari pihak lain terhadap usaha Anda akibat mereka membeli produk atau jasa Anda tanpa membayar secara tunai.

Dengan demikian, piutang menjadi tuntutan pelaku usaha kepada pelanggan atau pihak lain yang bisa diselesaikan dengan cara penerimaan sejumlah uang tunai yang sesuai.

Namanya usaha terkadang naik dan turun. Nah, piutang seringkali tidak terhindarkan untuk tetap menjalankan usaha. Pada kenyataannya banyak pelaku usaha yang menerapkan pembayaran secara kredit, karena ternyata hal tersebut juga dapat meningkatkan keuntungan bisnis. Ada banyak alasan pelaku usaha menerapkan kebijakan piutang, salah satunya karena daya beli konsumen terbatas.

Dengan kebijakan tersebut, konsumen diharapkan tetap membeli atau mengkonsumsi produk atau jasa yang Anda tawarkan, sehingga penjualan terus berjalan.

Tetapi dalam praktiknya seringkali timbul permasalahan. Mulai dari tidak lancarnya pembayaran piutang, yang biasa disebut kredit macet atau piutang tidak tertagih. Hal ini menimbulkan risiko terhadap kelancaran arus kas suatu usaha, sehingga pelaku usaha perlu melakukan cara-cara tertentu untuk meminimalisir terhambatnya pembayaran piutang. 

Bagi suatu usaha, piutang di satu sisi bisa membuat penjualan tetap berjalan sehingga keuntungan bisa didapatkan, tetapi di sisi lain bisa pula berakibat buruk jika pelanggan terlambat melakukan pembayaran.

Terlebih jika modal usahanya tidak terlalu besar, maka akan mempengaruhi kelancaran arus kas dan performa usaha secara keseluruhan. Oleh karena itu, pelaku usaha perlu lebih selektif dalam memberikan piutang kepada pelanggan.

Masalah kredit macet akibat piutang sebenarnya bisa dihindari jika Anda sebagai pelaku usaha memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini. Menggunakan aplikasi digital BukuKas misalnya.

Dengan BukuKas, hal-hal tersebut tidak perlu terjadi karena aplikasi digital gratis yang bisa diunduh di Google Play ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang akan membantu melancarkan usaha Anda.

Khusus perihal manajemen utang piutang, BukuKas memiliki fitur Pencatatan Hutang Piutang yang memudahkan penggunanya untuk mencatat seluruh transaksi utang piutang secara detail dan membantu mengontrol pembayarannya. Fitur ini juga memungkinkan para pelaku usaha untuk mengirimkan Pengingat Pembayaran Hutang kepada pihak yang berhutang agar pelunasannya dilakukan tepat waktu. Pengingat tersebut dikirimkan melalui aplikasi pesan WhatsApp, sehingga mudah diakses oleh penerima pesan.

Dengan penggunaan fitur tersebut, pelaku usaha dapat menagih hutang 3 kali lebih efektif dan dapat mengelola utang piutangnya secara lebih baik, sehingga dapat menghindari terjadinya kredit macet atau piutang yang tidak tertagih yang membuat arus kas perusahaan menjadi terganggu.

Selain utang piutang, aplikasi BukuKas ini juga dapat membantu pelaku usaha mengelola keuangan usaha secara keseluruhan untuk mencegah terjadinya manajemen keuangan yang buruk, yang menjadi sumber masalah dari kegagalan suatu usaha.

BukuKas sebagai solusi digital bagi pembukuan usaha

BukuKas hadir sebagai solusi digital bagi pelaku usaha untuk dapat melakukan pembukuan keuangan usaha secara praktis dan GRATIS, serta dengan jaminan keamanan data.  

Cukup dengan mengunduh aplikasi BukuKas melalui PlayStore Android dan mengikuti petunjuk penggunaannya, pelaku usaha dapat memanfaatkan beragam fitur yang ditawarkan dalam aplikasi tersebut untuk melakukan segala hal yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan mereka.

Sudah saatnya para pelaku usaha di era digital ini melakukan perubahan dalam bisnis mereka dengan memanfaatkan aplikasi digital ini, sehingga mereka semakin mampu untuk bertahan di tengah persaingan bisnis yang ketat, bahkan bisa berkembang.

Dengan BukuKas, para pelaku bisnis dapat melakukan pengelolaan keuangan dengan praktis dan lancar, serta mudah untuk memonitor perkembangan usaha mereka dimana saja dan kapan saja, karena semua dapat dilakukan dalam genggaman perangkat mobile.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dorce Gamalama Kembali Bekerja Jadi Sopir Raffi Ahmad Usai Sakit, Ini 7 Potretnya

Posted: 12 Jun 2020 09:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dorce Gamalama selama beberapa waktu terakhir memang sempat menjadi sorotan publik. Hal ini dikarenakan video dirinya menginginkan menjadi sopir Raffi Ahmad viral di media sosial. Hingga akhirnya ia pun telah secara resmi menjadi sopir Raffi sejak beberapa hari terakhir. 

Namun pada hari pertama kerja, presenter kenamaan yang akrab disapa Bunda Dorce ini justru jatuh sakit. Meski tak diketahui dengan pasti sakit apa yang ia derita, namun Dorece menduga jika ada makanan yang tak cocok dengan perutnya saat bersantap bersama Raffi Ahmad.

Karena hal tersebut, Dorce Gamalama pun mendapatkan perawatan oleh dokter dan perawat yang kebetulan tengah berada di kediaman Raffi Ahmad untuk melakukan rapid test. Meski sempat mendapatkan infus serta obat, rupanya kini dirinya telah kembali bekerja dengan Raffi Ahmad.

Hal ini pun terlihat dari unggahan video di akun Instagram pribadinya. Bahkan, Dorce Gamalama turut menunggu Raffi Ahmad yang tengah melakukan meeting dengan santai sembari beristirahat.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (13/6/2020) berikut ini beberapa potret Dorce Gamalama saat kembali bekerja menjadi sopir untuk Raffi Ahmad.

1. Setelah sempat jatuh sakit, Dorce pun kembali menjadi sopir Raffi Ahmad dan mengantar kemana pun Raffi pergi termasuk saat meeting.

2. Ia pun mengaku jika saat menjadi sopir Raffi Ahmad menjaga kebersihan dan kerapian menjadi hal penting.

3. Resmi menjadi sopir, Dorce pun diketahui memilih bermalam selama dua hari di rumah Raffi Ahmad dan nagita Slavina.

Dorce Gamalama (Sumber: Instagram/raffinagita1717)
Dorce Gamalama (Sumber: Instagram/raffinagita1717)

4. Dirinya pun mulai bekerja menjadi sopir dengan mengantarkan Raffi dan Gigi ke lokasi syuting.

Dorce Gamalama (Sumber: YouTube/Rans Entertainment)
Dorce Gamalama (Sumber: YouTube/Rans Entertainment)

5. Sebelum perjalanan, Dorce juga terlihat berdoa terlebih dahulu serta sering memberikan nasihat.

Dorce Gamalama (Sumber: YouTube/Rans Entertainment)
Dorce Gamalama (Sumber: YouTube/Rans Entertainment)

6. Tak sedikit pula awak media yang cukup penasaran akan pilihan Dorce menjadi sopir Raffi Ahmad.

Dorce Gamalama (Sumber: YouTube/Rans Entertainment)
Dorce Gamalama (Sumber: YouTube/Rans Entertainment)

7. Saat Dorce jatuh sakit, Raffi dan Gigi pun cukup khawatir dengan keadaannya.

Dorce Gamalama (Sumber: YouTube/Rans Entertainment)
Dorce Gamalama (Sumber: YouTube/Rans Entertainment)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persija Jakarta dalam Angka: 11 Gelar Juara Liga Indonesia Tanpa Terdegradasi

Posted: 12 Jun 2020 09:35 PM PDT

Jakarta - Persija Jakarta adalah klub tersukses di Indonesia. Selain karena faktor jumlah trofi Liga Indonesia di lemari, tim kebanggaan Jakmania itu juga tidak pernah turun dari kasta teratas.

Di lemari trofinya, berderet 11 gelar juara Liga Indonesia milik Persija Jakarta. Tim berjuluk Macan Kemayoran itu mendapatkannya pada 1931, 1933, 1934, 1938, 1953-1954, 1962-64, 1971-1973, 1973-1975, 1978-1979, 2001, dan 2018.

Bersama PSM Makassar, Persib Bandung, dan Persipura Jayapura, Persija menjadi dua dari empat tim yang nihil degradasi sepanjang keikutsertaan di Liga Indonesia.

Label tim kaya dan bertabur bintang kerap menghiasi Persija di tiap musimnya. Maklum, Macan Kemayoran selalu mendapatkan kucuran dana APBD yang besar sebelum kebijakan ini dilarang.

Namun, Persija juga bukan tanpa masalah. Era kegelapan Macan Kemayoran terjadi pada 2011-2013. Kasus penunggakan gaji dan kering prestasi menghantam tim ibu kota.

Berikut angka-angka yang mengiringi perjalanan Persija Jakarta di Liga Indonesia:

22

Persija saat juara Liga Indonesia 2001. (Bola.com/Dok. Persija)
Persija saat juara Liga Indonesia 2001. (Bola.com/Dok. Persija)

Selama 22 tahun lamanya Persija Jakarta harus menunggu sebelum meraih trofi Liga Indonesia ke-10 pada 2001. Kala itu, kali terakhir Macan Kemayoran menjadi juara adalah musim 1978-1979.

4

Gelandang Persija Jakarta, Rohit Chand, berebut bola dengan pemain Persib Bandung laga pekan kedelapan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (10/7/2019). Persija dan Persib bermain imbang. (bola.com/Yoppy Renato)
Gelandang Persija Jakarta, Rohit Chand, berebut bola dengan pemain Persib Bandung laga pekan kedelapan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (10/7/2019). Persija dan Persib bermain imbang. (bola.com/Yoppy Renato)

Adalah selisih trofi Persija Jakarta dengan Persib Bandung dan Persis Solo, klub pengoleksi gelar terbanyak kedua di Liga Indonesia.

13

Pelatih Rahmad Darmawan (tengah) memimpin latihan perdana Persija Jakarta jelang Piala Presiden 2015 di Jakarta, Selasa (18/8/2015). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)
Pelatih Rahmad Darmawan (tengah) memimpin latihan perdana Persija Jakarta jelang Piala Presiden 2015 di Jakarta, Selasa (18/8/2015). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Kurun waktu sepuluh tahun terakhir, Persija berganti pelatih sebanyak 13 kali, termasuk caretaker. Mulai dari Rahmad Darmawan pada 2020 hingga Sergio Farias.

4

Pelatih Persija Jakarta, Ivan Kolev, mengamati permainan anak asuhnya saat melawan Shan United pada laga Piala AFC 2019 di SUGBK, Jakarta, Rabu (15/5). Persija menang 6-1 atas Shan United. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Pelatih Persija Jakarta, Ivan Kolev, mengamati permainan anak asuhnya saat melawan Shan United pada laga Piala AFC 2019 di SUGBK, Jakarta, Rabu (15/5). Persija menang 6-1 atas Shan United. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Jumlah pergantian pelatih Persija pada musim 2019. Awalnya, Macan Kemayoran dilatih oleh Ivan Kolev. Namun, arsitek asal Bulgaria itu dipecat di awal musim.

Persija sempat menunjuk Sudirman sebagai caretaker sebelum kedatangan Julio Banuelos. Menuju akhir musim, Banuelos lengser dan digantikan oleh Edson Tavares.

4

Persija saat menjuarai Liga Indonesia 2001. (Bola.com/Rep. Buku Gue Persija)
Persija saat menjuarai Liga Indonesia 2001. (Bola.com/Rep. Buku Gue Persija)

Babak empat kecil yang menyelamatkan Persija dari degradasi pada musim 1985. Kala itu, Macan Kemayoran harus tersingkir dari babak enam kecil yang diisi oleh masing-masing tiga tim terbawah di Wilayah Barat dan Timur.

Di babak empat kecil, Persija harus berkompetisi bersama Persema Malang, yang juga terlempar dari babak enam kecil, dan dua tim teratas Divisi 1, PSIM Yogyakarta dan Persiba Balikpapan.

Akhirnya, Persija berhasil melewati babak empat kecil bersama Persiba dan urung turun kasta ke Divisi 1.

Disadur dari Bola.com (Penulis Muhammad Adiyaksa / Editor Gregah Nurikhsani, Published 13/6/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengintip Isi Kamar Mandi Yuni Shara, Ada Lukisan dan Bathtub Klasik

Posted: 12 Jun 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Yuni Shara sudah pernah beberapa kali menunjukkan ruangan-ruangan di rumahnya. Awal tahun ini, ia bahkan sempat membagikan foto rumahnya yang terkena banjir.

Dalam foto yang diunggah pada 1 Januari 2020, ibu dua anak ini memakai baju garis-garus biru putih, celana pendek, serta sepatu bot dengan air yang menggenang di kediamannya.

Yuni dan kedua anaknya tinggal di hunian mewah bernuansa klasik di kawasan Jakarta Selatan. Baru-baru ini ia menunjukkan bagian rumahnya yang lain, yaitu kamar mandi.

Tiap orang biasanya punya atau ruang favorit masing-masing di rumahnya. Ada yang menyukai kamar tidurnya sendiri. Akan tetapi, ada juga yang memfavoritkan kamar mandi. Yuni termasuk salah satunya.

Mengintip Kamar Mandi Yuni Shara yang Sering Jadi Tempar Crembath. foto: Youtube @Yuni Shara Channel
Mengintip Kamar Mandi Yuni Shara yang Sering Jadi Tempar Crembath. foto: Youtube @Yuni Shara Channel

Hal itu diketahui dari unggahan di kanal YouTube miliknya 'Yuni Shara Channel'. Dalam unggahan pada 9 Juni 2020 itu, wanita berusia 48 tahun tersebut terlihat menempatkan sejumlah perabot yang sesuai dengan seleranya, mulai dari bathtub, guci, hingga bahkan lukisan di dalam kamar mandinya.

Menariknya, bathtub yang ada dalam kamar mandinya itu tak seperti bathtub pada umumnya. Pasalnya, di bagian kakinya terdapat sentuhan gaya klasik.

Begitu pula dengan sejumlah lukisan yang menghiasi dindingnya. Dalam video tersebut, kita juga bisa melihat Yuni Shara sedang melakukan creambath bersama seorang penata rambut langganannya.

Rak Buatan Sendiri

Mengintip Kamar Mandi Yuni Shara yang Sering Jadi Tempar Crembath. foto: Youtube @Yuni Shara Channel
Mengintip Kamar Mandi Yuni Shara yang Sering Jadi Tempar Crembath. foto: Youtube @Yuni Shara Channel

Meski tidak terlalu luas, kamar mandi Yuni Shara terlihat cantik, terang dan rapi. Tata warna ruangan dan perabotan tampak menyatu dan serasi dengan desain ruangan.

Di salah satu sisi kamar mandinya, terlihat sebuah bathtub putih yang bergaya klasik. Di sisi bathtub ada meja yang menghubungkan ke sisi satunya. Di meja ini tertata berbagai peralatan, salah satunya hair dryer yang diletakkan di dalam sebuah guci kecil.

Ada juga sejumlah produk penghapus make up hingga gunting dan tempat sampah. Di atas meja terdapat rak kecil. Rak ini menampung berbagai keperluan Yuni.

Mengintip Kamar Mandi Yuni Shara yang Sering Jadi Tempar Crembath. foto: Youtube @Yuni Shara Channel
Mengintip Kamar Mandi Yuni Shara yang Sering Jadi Tempar Crembath. foto: Youtube @Yuni Shara Channel

Uniknya, rak yang didesain sederhana ini ternyata adalah buatannya sendiri. Ada beberapa buku yang tertata rapi di sana. Ia memang suka membaca buku di ruangan favoritnya tersebut.

Yang tak ketinggalan adalah pembalut. Ia memnympan pembalut dalam kemasan plastik, Yuni memilih untuk menata pembalutnya di sudut rak.

Di dekat kamar mandi ada meja rias. Ruangan ini juga sekaligus walk in closet Yuni. Meja rias ini sendiri lengkap dengan lampu serta cermin yang bersih dan besar.  Terdapat pula sederet skincare dan produk kosmetik di meja tersebut.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tokyo Mulai Melonggarkan Pembatasan Sosial Pandemi Virus Corona

Posted: 12 Jun 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Tokyo - Pemerintah Metropolitan Tokyo memutuskan untuk menonaktifkan peringatan waspada terhadap Virus Corona COVID-19 dan mulai pindah ke tahap ketiga dan terakhir dari rencananya untuk memulai kembali bisnis dan membuka kembali kegiatan masyarakat.

Dikutip dari laman Japan Times, Sabtu (13/6/2020), fase ketiga dari rencana penanganan Virus Corona COVID-19 di kota ini mencakup permintaan pencabutan kebijakan penutupan bisnis untuk fasilitas hiburan dan rekreasi. Dalam hal ini termasuk tempat karaoke, bar, arcade serta taman hiburan.

Restoran dan bar akan diperbolehkan tetap buka hingga tengah malam, dan acara publik akan dibatasi hingga seribu orang.

"Dalam tahap ketiga dan terakhir ini, hampir semua permintaan penutupan bisnis di Tokyo akan dicabut," kata Gubernur Tokyo Yuriko Koike pada hari Kamis dalam pertemuan satgas Virus Corona baru di kota itu. 

"Ini akan menjadi waktu yang lama sampai pengobatan atau vaksinasi tersedia, jadi kita harus belajar untuk hidup dengan virus corona dan mempertahankan tindakan pencegahan yang diperlukan untuk mencegah gelombang kedua," jelasnya lagi.

45 Kasus Baru pada Kamis dan Jumat

Pejalan kaki terlihat di langit-langit cermin di pusat perbelanjaan di Tokyo (11/6/2020). Cuaca panas terus berlanjut di wilayah metropolitan karena suhunya diperkirakan akan naik menjadi 31 derajat Celsius (87,8 derajat Fahrenheit), menurut biro meteorologi Jepang. (AP Photo/Eugene Hoshiko)
Pejalan kaki terlihat di langit-langit cermin di pusat perbelanjaan di Tokyo (11/6/2020). Cuaca panas terus berlanjut di wilayah metropolitan karena suhunya diperkirakan akan naik menjadi 31 derajat Celsius (87,8 derajat Fahrenheit), menurut biro meteorologi Jepang. (AP Photo/Eugene Hoshiko)

Gubernur juga mengatakan bahwa para ahli yang meninjau data pemantauan baru-baru ini pada kasus COVID-19 Tokyo memberi tahu pemerintah Tokyo bahwa saat ini adalah waktu yang masuk akal untuk mencabut status Tokyo Alert, sebuah mekanisme alarm yang dimaksudkan untuk memperingatkan penduduk tentang perkembangan kasus baru dari Virus Corona baru, dan beralih ke fase tiga. 

Peringatan itu dinonaktifkan pada hari Kamis dan Tokyo akan memasuki fase tiga mulai hari Jumat 12 Juni 2020.

Koike mengatakan pemerintah metropolitan secara bertahap akan mengangkat penanggulangan virus jika rata-rata kasus mingguan tetap di bawah 20.

Pada hari Kamis 11 Juni, Tokyo mengkonfirmasi 22 kasus baru Virus Corona, dengan rata-rata 17,9 kasus mingguan baru --sekitar 48 persen di antaranya tidak dapat dilacak, dan sekitar 2 persen lebih sedikit kasus dari minggu sebelumnya.

Sementara pada Jumat 12 Juni, Ibu Kota Jepang itu melaporkan 25 penambahan kasus baru, the Asahi Shimbun melaporkan.

Pada tanggal 2 Juni, Koike mengaktifkan Tokyo Alert untuk pertama kalinya, setelah kota tersebut melaporkan 34 kasus baru Virus Corona baru pada hari itu. Sejak itu, walaupun angka-angkanya berfluktuasi, kasus-kasus baru tampaknya telah dijaga cukup rendah bagi pemerintah metropolitan untuk melanjutkan rencananya.

Ancaman gelombang kedua dari pandemi Virus Corona baru masih tampak besar ketika kota-kota di seluruh Jepang dan seluruh dunia berupaya membuka kembali masyarakat.

Status Tokyo Alert Bakal Dipertimbangkan Jika Kasus Naik

Seorang pria mengenakan masker melewati pohon sakura di taman Ueno, Tokyo, Jepang (12/3/2020). Di tengah kekhawatiran akan penyebaran virus corona COVID-19, Gubernur Tokyo Yuriko Koike menghimbau warga menghindari kerumunan saat pesta tradisional
Seorang pria mengenakan masker melewati pohon sakura di taman Ueno, Tokyo, Jepang (12/3/2020). Di tengah kekhawatiran akan penyebaran virus corona COVID-19, Gubernur Tokyo Yuriko Koike menghimbau warga menghindari kerumunan saat pesta tradisional

Koike mengatakan dia akan mempertimbangkan untuk mengeluarkan kembali permintaan penutupan bisnis jika rata-rata kasus baru melebihi 50.

Pejabat kota juga mengatakan bahwa sebagian besar kasus baru di Tokyo dapat ditelusuri kembali di Shinjuku Ward, pusat hiburan malam. Pekan lalu, kota itu mengirim staf ke daerah itu untuk mendesak warga agar mengambil tindakan pencegahan, mempraktikkan jarak sosial dan menghindari berada dalam ruang tertutup dan sirkulasi udara yang buruk.

Setelah mengeluarkan Tokyo Alert, Koike meminta penduduk untuk lebih berhati-hati dan tetap waspada. 

Pada saat yang sama, gedung Pemerintah Metropolitan Tokyo di Bangsal Shinjuku dan Jembatan Pelangi di Teluk Tokyo menyalakan lampu berwarna merah untuk mencerminkan urgensi peringatan gubernur.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penjelasan Krisdayanti Soal Tolak Ajakan Aurel Hermansyah Bikin Konten YouTube

Posted: 12 Jun 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Krisdayanti sempat membeberkan percakapan WhatsApp bersama anak sulungnya, Aurel Hermansyah. Dalam perbincangannya, Krisdayanti menolak permintaan Aurel untuk membuat konten YouTube bersama.

Namun Aurel Hermansyah protes saat ia melihat di YouTube bahwa Yuni Shara, membuat konten dengan Krisdayanti di rumahnya. Lewat YouTube Deddy Corbuzier, anggota dewan ini memberi penjelasan.

"Sudah dua minggu sebelumnya saya sudah jawab bahwa kalau bikin konten atau syuting suami saya risih," kata Krisdayanti , dalam video yang diunggah pada Jumat (12/6/2020) tersebut.

"Kenapa KD enggak mau tapi Yuni boleh? Namanya kakak datang ke rumah sama mama terus tiba-tiba adik videoin ya masa kita mau tolak. Karena Yuni kakak yang datang mau lihat adiknya, dia datang dadakan," lanjutnya.

Tidak Dilarang

Potret kompak juga terlihat dari mantan pasangan musisi Anang Hermansyah dan Krisdayanti. Azriel diapit oleh dua ibunya serta Ayah dan kakaknya, Aurel usai wisuda SMA. (Instagram/azriel_hermansyah)
Potret kompak juga terlihat dari mantan pasangan musisi Anang Hermansyah dan Krisdayanti. Azriel diapit oleh dua ibunya serta Ayah dan kakaknya, Aurel usai wisuda SMA. (Instagram/azriel_hermansyah)

Namun begitu, Raul Lemos sebenarnya akan mempersilahkan anaknya membuat video bila mereka datang ke rumah. Tak perlu izin terlebih dahulu.

"Kalau mereka datang enggak ada yang larang juga. Ini sering terjadi juga, kalau datang tiba-tiba bawa kamera ya datang aja, no problem. Masalahnya enggak datang," terang Raul Lemos dalam kesempatan yang sama.

Hubungan Kaku?

Yunsi Shara, Krisdayanti, Kartika Sary (Sumber: Instagram/@kartikasary)
Yunsi Shara, Krisdayanti, Kartika Sary (Sumber: Instagram/@kartikasary)

Krisdayanti dan Raul Lemos sebenarnya ingin hubungan dengan Aurel Hermansyah dan Azriel Hermansyah berjalan sedekat dan seluwes mungkin.

"Maunya om-nya gitu. Datang ya datang aja, anak-anak kami di Dili juga. Walau tantenya sama Papanya sibuk, tetap ini itu. Beliin apa, kita merasa diorangkan sama anak. Kekakuan itu mungkin karena anak-anak jarang dateng sih," terang Krisdayanti.

Tak Nyaman

Raul Lemos juga menuturkan bahwa sebenarnya ia tak nyaman dengan kamera. Namun untuk membuat konten bisa diwakilkan dengan Krisdayanti.

"Datang enggak perlu ada saya kan bisa sama mimi-nya. Kita oke-oke aja sih. Kalau lihat kamera seperti apa ya. Musuh terbesar saya kamera, benar. Makanya orang bilang foto saya hasilnya enggak ada yang bagus," tutur Raul Lemos.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masa Pandemi Covid-19, Program Korporasi Petani Siap Menjadi Penyangga Ekonomi Nasional

Posted: 12 Jun 2020 09:28 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menegaskan, saat krisis terjadi pada tahun 1998, sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi "pahlawan ekonomi", karena para pelakunya meningkatkan ekspor sebesar 350%. Untuk itu, di masa pandemi Covid-19 ini, menurut Teten, pemerintah akan kembali memainkan peran koperasi dan UMKM, sebagai buffer atau penyangga ekonomi nasional, sesuai arahan Presiden Joko Widodo. 

"Situasi Covid-19 ini dijadikan sebagai momentum untuk reformasi besar-besaran dalam kebijakan sektor pangan di Indonesia, dari aktivitas on farm menuju off farm, dengan memberikan nilai tambah aktivitas usaha tani melalui pengolahan produk pertanian maupun pengembangan usaha berbasis koperasi," tegas Menkop UKM Teten Masduki, saat menjadi keynote speaker webinar dengan tema "Peran Koperasi Pertanian Sebagai Wadah Peningkatan Produksi, Kesejahteraan dan Daya Tawar Petani Pada Masa COVID-19 dan Pasca COVID-19 Terhadap Ketahanan Pangan di Indonesia", Rabu (10/6/2020)

Pertanian merupakan salah satu sektor yang terdampak pandemi Covid-19. Direktur Pangan dan Pertanian BAPPENAS Anang Noegroho menyampaikan, bahwa pada Kuartal 1 2020 pertumbuhan sektor pertanian, kehutanan, dan perkebunan, menurun sebesar 1,17% (YoY); dalam hal produksi tanaman pangan menurun hingga 10,31%, sementara jasa pertanian hingga -1,39%. 

"Penurunan tersebut disebabkan oleh kekurangan tenaga kerja musiman di tingkat petani, karena berlakunya pembatasan pergerakan antar daerah, hambatan distribusi input (pupuk, bibit, dsb.) dan penurunan daya beli masyarakat karena banyaknya PHK," katanya. 

Menurutnya, banyak usaha sektor Food and Beverage (F&B) yang terpaksa tutup, sehingga menyebabkan anjloknya harga komoditas pangan dan rusaknya beberapa komoditas pertanian. Untuk itu, diperlukan adanya dukungan dari pemerintah dalam melindungi dan mensejahterakan petani, dan koperasi dipilih sebagai jalan untuk mewujudkan hal tersebut.

 

RPJMN Periode 2020-2024

Sementara itu, Kabag Perencanaan Wilayah Kementerian Pertanian, Hermanto, menyatakan, program korporasi petani telah resmi dimasukkan ke dalam RPJMN periode 2020–2024 dengan target terbentuknya minimum 350 korporasi petani, 5% peningkatan produktivitas setiap tahunnya, dan peningkatan penghasilan minimum Rp64 juta/petani/tahun.

"Namun, permasalahan yang menghambat perkembangan koperasi saat ini adalah integritas pengurus-pengelola, serta budaya sosio-ekonomi petani (kebiasaan menjual secara tebasan dan panen raya)," ujarnya. 

Hermanto mengatakan, tantangan terberat dalam korporasi petani adalah mengubah pola pikir semua pihak. Sehingga ke depannya, KemenKopUKM, Kementan dan BAPPENAS akan melaksanakan program Korporasi Petani, dengan tujuan mendirikan perusahaan–perusahaan profesional yang mayoritas dimiliki oleh petani, agar dapat meningkatkan kapasitas SDM dan kelembagaan, meningkatkan akses informasi, ilmu pengetahuan, teknologi, dan pembiayaan sektor pertanian, sehingga meningkatkan kesejahteraan petani. 

"Korporasi petani tidak hanya didanai melalui APBN, dan juga bukan proyek APBN. Namun, akan difasilitasi realisasinya dengan sumber pendanaan yang beragam, bukan hanya dari APBN. Sehingga diharapkan petani dapat menjadi investor di produk pertaniannya," ucapnya. 

Menurutnya, RKP Pemerintah tahun 2021 dalam sistem pangan juga akan terfokus pada penguatan sistem pangan nasional dalam menjamin keberlanjutan produksi petani/nelayan dan ketersediaan pangan di tingkat rumah tangga. 

"Guna mewujudkan Korporasi Petani menjadi wadah bagi modernisasi pertanian melalui penerapan smart farming, inovasi pertanian dan kelembagaan profesional, perlu adanya keterlibatan semua pihak termasuk LSM," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dishub DKI Kerahkan Puluhan Bus Gratis Antisipasi Kepadatan Penumpang KRL

Posted: 12 Jun 2020 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Perhubungan DKI Jakarta mengerahkan 50 unit bus sekolah untuk mengantisipasi kepadatan atau penumpukan penumpang KRL di stasiun khususnya pada akhir pekan di PSBB masa transisi ini.

Puluhan bus sekolah tersebut dikerahkan di lima stasiun di Jakarta untuk melayani antar-pulang penumpang KRL yang berdomisili di Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Bodetabek).

Adapun Kelima stasiun tersebut yakni Stasiun Juanda, Stasiun Sudirman, Stasiun Tanah Abang, Stasiun Manggarai, dan Stasiun Tebet.

Kepala Unit Pengelola Angkutan Sekolah (UPAS) Dinas Perhubungan DKI Jakarta Ali Murthadho mengatakan, setiap stasiun disiagakan 10 bus sekolah yang siap mengangkut penumpang dengan tujuan Terminal Baranangsiang, Terminal Depok, Terminal Bekasi, Terminal Cikarang, dan Pasar Modern BSD.

"50 bus sekolah tipe medium dengan pembatasan kapasitas 25 penumpang. Bus sekolah diberangkatkan apabila terjadi lonjakan atau penumpukan antrean di stasiun karena di dalam stasiun dan kereta juga dilaksanakan protokol kesehatan," ujarnya, Jumat (12/6/2020).

Ali menjelaskan, pihaknya mengerahkan 100 kru, 20 petugas lapangan, dan 10 Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk memastikan layanan tersebut berjalan dengan baik.

"Tiap bus sekolah diawaki dua petugas. Bus beroperasi mulai pukul 16.30 sampai 18.45," terangnya seperti dikutip BeritaJakarta.com.

Wajibkan Protokol Kesehatan

Ali menambahkan, penumpang yang menggunakan bus sekolah wajib mengikuti protokol keselamatan dan kesehatan yakni, mengenakan masker, menggunakan hand sanitizer yang disediakan awak bus, menjaga jarak dengan penumpang lain, dan menjaga kebersihan bus sekolah.

"Layanan ini gratis, kami berikan yang terbaik kepada masyarakat dan memberi kepastian kenyamanan serta keamanan kepada penumpang. Untuk itu, baik kru petugas dan penumpang wajib melaksanakan protokol keselamatan," tandasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Pemain Incaran Solskjaer yang Bisa Direkrut MU Musim Panas Ini

Posted: 12 Jun 2020 09:20 PM PDT

Manchester - Pekerjaan Ole Gunnar Solskjaer di Manchester United (MU) musim ini mengesankan. Pelan tapi pasti, Setan Merah stabil ada di jajaran papan atas.

Namun, itu belum cukup. Juru taktik MU asal Norwegia itu butuh amunisi baru untuk menantang gelar Liga Inggris musim 2020-2021.

Setan Merah sedang menjalani masa transisi. Mereka membutuhkan waktu untuk kembali bersaing dalam perebutan gelar Premier League

Meski uang selalu tersedia, Jose Mourinho seharusnya bisa menjadi orang yang menuntun kebangkitan mereka. Namun, pria asal Portugal itu justru dipecat.

Solskjaer kemudian ditunjuk sebagai manajer sementara di Old Trafford. Setelah serangkaian penampilan yang mengesankan, pria Norwegia itu diberikan kontrak tiga tahun untuk membangun kembali Manchester United.

Solskjaer sudah punya rencana dan mendapat dukungan besar di bursa transfer. Harry Maguire dan Aaron Wan-Bissaka bergabung dengan klub tahun lalu.

Setan Merah sudah dikaitkan dengan banyak pemain menjelang bursa transfer musim panas mendatang. Inilah empat pemain yang secara realistis bisa bergabung dengan MU seperti dilansir Ronaldo.com.

Jack Grealish

Kabarnya, Setan Merah siap mengeluarkan dana hingga 80 juta pound untuk mendapatkan tanda tangan pemain berusia 24 tahun tersebut. (AFP/Adrian Dennis)
Kabarnya, Setan Merah siap mengeluarkan dana hingga 80 juta pound untuk mendapatkan tanda tangan pemain berusia 24 tahun tersebut. (AFP/Adrian Dennis)

Aston Villa sedang mengalami kesulitan besar. Kembalinya mereka ke Premier League belum berjalan sesuai rencana dan terancam terdegradasi. Namun, dari penampilan buruk klub, Jack Grealish tampil menonjol.

Kapten Villa itu merupakan pemain yang paling banyak dilanggar di sepakbola kasta tertinggi Inggris. Dia membawa kegigihan di atas lapangan, sesuatu yang hilang di dalam skuad United saat ini.

Ben Chilwell

Gelandang serang West Ham United, Pablo Fornals berebut bola dengan pemain Leicester City, Caglar Soyuncu dan Ben Chilwell pada pekan 24 Liga Inggris 2019-2020 di Stadion King Power, Rabu (22/1/2020). Menjamu West Ham , Leicester City berhasil menang meyakinkan dengan skor akhir 4-1. (AP/Rui Vieira)
Gelandang serang West Ham United, Pablo Fornals berebut bola dengan pemain Leicester City, Caglar Soyuncu dan Ben Chilwell pada pekan 24 Liga Inggris 2019-2020 di Stadion King Power, Rabu (22/1/2020). Menjamu West Ham , Leicester City berhasil menang meyakinkan dengan skor akhir 4-1. (AP/Rui Vieira)

Chelsea sudah dikaitkan dengan Ben Chilwell dan sang pemain tertarik pindah ke London Barat. Namun, The Blues sudah punya banyak pemain di daerah tersebut. Ini memberi Manchester United peluang.

Setelah Antonio Valencia pergi dan Ashley Young pergi, Setan Merah kekurangan fullback. Chilwell cocok di Old Trafford dan sesuai dengan kebijakan transfer United.

Jadon Sancho

Pemain Borussia Dortmund, Jadon Sancho, menunjukan tulisan rasa simpati untuk mendiang George Floyd saat melawan SC Paderborn 07 pada laga Bundesliga di Stadion Benteler, Minggu (31/5/2020). Borussia Dortmund menang dengan skor 6-1 SC Paderborn 07. (AP/Lars Baron)
Pemain Borussia Dortmund, Jadon Sancho, menunjukan tulisan rasa simpati untuk mendiang George Floyd saat melawan SC Paderborn 07 pada laga Bundesliga di Stadion Benteler, Minggu (31/5/2020). Borussia Dortmund menang dengan skor 6-1 SC Paderborn 07. (AP/Lars Baron)

oManchester City menginginkan Sancho kembali, begitu juga dengan sang rival sekota Manchester United. Minat City tergantung pada kepergian Leroy Sane. Di sisi lain, minat dari Old Trafford tidak tergantung pada siapa pun.

Solskjaer sudah melihat Sancho tampil mengesankan dengan The Three Lions. Ia percaya duetnya dengan Marcus Rashford akan mendongkrak performa Setan Merah secara signifikan.

Kalidou Koulibaly

Bek Napoli, Kalidou Koulibaly mengontrol bola saat bertanding melawan Arsenal pada lanjutan leg kedua babak perempat final Liga Europa di stadion San Paolo di Naples, Italia (18/4). Dalam laga semifinal Liga Europa, The Gunners akan bersua Valencia yang berhasil menyingkirkan Villarreal. (AP Photo/L
Bek Napoli, Kalidou Koulibaly mengontrol bola saat bertanding melawan Arsenal pada lanjutan leg kedua babak perempat final Liga Europa di stadion San Paolo di Naples, Italia (18/4). Dalam laga semifinal Liga Europa, The Gunners akan bersua Valencia yang berhasil menyingkirkan Villarreal. (AP Photo/L

Liverpool menginginkan Kalidou Koulibaly untuk berduet dengan Vigil van Dijk di Anfield. Namun, kondisi finansial mereka tidak memungkinkannya. Selain itu, Napoli tidak akan memberikan diskon.

Manchester United memiliki keuangan yang sehat dan sudah mengajukan tawaran. Mereka sedang bernegosiasi dengan Partenopei dan kesepakatan bisa diselesaikan dalam beberapa minggu mendatang.

Sumber asli: Ronaldo.com

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 12/6/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Cara Membuat Akun TikTok untuk Pemula, Kenali Berbagai Fiturnya

Posted: 12 Jun 2020 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat akun TikTok tidak begitu sulit. Kamu bisa masuk menggunakan berbagai akun media sosial, ataupun nomor telepon dan alamat email. Dengan begitu, kamu bisa langsung menikmati berbagai fitur menarik yang ditawarkan oleh TikTok. 

Saat ini, aplikasi yang berasal dari China ini sudah menjadi salah satu media sosial yang sangat digemari, terutama oleh anak muda. Bahkan tidak jarang juga orang tua pun membuat video TikTok. Hal ini tidak terlepas dari mudahnya menggunakan aplikasi dengan format video pendek ini.

Cara membuat akun tiktok bisa menggunakan nomor telepon saja, alamat email, atau menggunakan akun media sosial lainnya. Perusahaan analitik Sensor Tower melaporkan, platform video kreatif tersebut telah diunduh lebih dari dua miliar kali secara global.

Berikut Liputan6.com rangkum dari TikTok Support, Sabtu (13/6/2020) tentang cara membuat akun TikTok

Cara Membuat Akun TikTok

Ilustrasi Aplikasi TikTok. Credit: freepik.com
Ilustrasi Aplikasi TikTok. Credit: freepik.com

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, cara membuat akun TikTok tidaklah sulit. Ada 8 cara membuat akun Tik Tok yang sangat mudah diterapkan, yaitu:

Menggunakan Nomor Telepon

Cara membuat akun TikTok yang pertama adalah dengan menggunakan nomor telepon. Caranya cukup mudah, tinggal pilih "Daftar menggunakan Nomor Telepon atau Email", lalu pilih "Telepon". Kemudian masukkan nomor telepon dan kode konfirmasi yang telah kamu terima.

Menggunakan Akun Facebook

Cara membuat akun TikTok berikutnya adalah menggunakan akun Facebook. Caranya dengan, pilih ikon "Facebook", lalu masukkan informasi kamu untuk menggunakan akun Facebook sebagai cara membuat akun TikTok.

Menggunakan Akun Instagram

Cara membuat akun TikTok berikutnya adalah menggunakan akun Instagram. Berbagai video TikTok juga kerap kali dibagikan ke Instagram. Tidak heran, kamu juga bisa mendaftar menggunakan akun Instagram. Caranya mudah, pilih ikon "Instagram", lalu masukkan informasi kamu untuk menggunakan akun Instagram.

Menggunakan Akun Twitter

Menggunakan akun Twitter juga bisa dijadikan sebagai cara membuat akun TikTok. Caranya juga sama, tinggal pilih ikon "Twitter", lalu masukkan informasi kamu untuk menggunakan akun Twitter.

Cara Membuat Akun TikTok

TikTok. Dok: money.com
TikTok. Dok: money.com

Alamat Email

Cara membuat akun TikTok berikutnya adalah dengan menggunakan alamat email. Caranya dengan pilih "Daftar menggunakan Nomor Telepon atau Email", lalu pilih "Email". Masukkan alamat email, kemudian buat nama pengguna dan kata sandi.

Perlu juga diketahui bahwa alamat email dan nomor telepon dapat digunakan untuk memperoleh kembali kata sandi, jadi sebaiknya gunakan email atau nomor telepon yang aktif kamu gunakan. Selain itu, periksa lagi informasi yang kamu masukkan agar tidak ada salah eja sebelum konfirmasi.

Menggunakan Akun Line

Cara membuat akun TikTok berikutnya adalah menggunakan akun Line. Caranya dengan, pilih ikon "Line", lalu masukkan informasi kamu untuk menggunakan akun Line.

Menggunakan Akun VK

Cara membuat akun TikTok berikutnya adalah menggunakan akun VK. Caranya dengan, pilih ikon "VK", lalu masukkan informasi kamu untuk menggunakan akun VK.

Menggunakan Akun KakaoTalk

Cara membuat akun TikTok berikutnya adalah menggunakan akun KakaoTalk. Caranya dengan, pilih ikon "KakaoTalk", lalu masukkan informasi kamu untuk menggunakan akun KakaoTalk.

Mengubah Foto Profil dan Nama Pengguna

TikTok. (Sumber: AFP)
TikTok. (Sumber: AFP)

Setelah memiliki akun TikTok, kamu tentunya ingin mengatur profil terlebih dahulu agar terlihat semenarik mungkin. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengubah foto profil dan nama pengguna.

Mengubah Foto atau Video Profil

Untuk mengubah gambar profil, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

- Buka halaman profil kamu dan pilih "Sunting Profil"

- Pilih "Foto Profil" atau "Video Profil"

- Kamu bisa ambil foto baru atau unggah gambar/video dari galeri.

Selain itu, di halaman yang sama kamu juga bisa mengubah nama pengguna, nama panggilan, ID Instagram, saluran YouTube, hingga deskripsi profil.

Mengubah Nama Pengguna

Untuk mengubah nama pengguna, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

- Buka halaman profil kamu, lalu pilih "Sunting Profil"

- Pilih nama pengguna.

- Masukkan nama pengguna yang kamu inginkan.

Kamu juga harus memperhatikan bahwa, kamu hanya bisa mengubah nama pengguna setiap 30 hari.

Tentang TikTok

ilustsrasi aplikasi TikTok. (iStockphoto)
ilustsrasi aplikasi TikTok. (iStockphoto)

Setelah membuat akun TikTok dan mengatur profil sedemikian rupa, kamu sudah bisa membuat berbagai video dengan fitur-fitur menariknya. Kamu bisa menambahkan berbagai efek pada videomu, berdut dengan teman tanpa harus berada di tempat yang sama, menggunakan filter wajah, hingga menggunakan filter warna yang tentunya sangat menarik.

Aplikasi dengan format video singkat ini memang ditujukan untuk pembuat konten generasi muda. Kamu bisa menggunakan berbagai efek unik, berimajinasi, dan berkereativitas dengan bebas, lalu mengirimkannya pada teman-teman dan dunia luar.

Namun, penggunaan aplikasi ini tentunya juga harus diawasi oleh orang tua, khususnya bagi pengguna yang masih muda. Dikutip Liputan6.com dari support.tiktok, aplikasi ini ditujukan untuk pengguna berusia 14 tahun ke atas. Jadi, anak yang berusia di bawah 14 tahun disarankan untuk tidak menggunakannya. Selain itu, remaja berusia 14 hingga 18 tahun juga harus memiliki izin terlebuh dahulu dari orang tua untuk menggunakannya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Coppa Italia: Gelandang AC Milan Marah, Wasit Untungkan Juventus

Posted: 12 Jun 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Milan - Juventus sukses melaju ke final Coppa Italia musim ini, usai mengandaskan perlawanan AC Milan pada leg kedua semifinal yang digelar di Allianz Stadium, Jumat (12/6/2020) atau Sabtu dinihari WIB.

AC Milan dan Juventus hanya bermain imbang 0-0. Artinya Juventus lolos karena pada pertemuan pertama mereka menahan imbang AC Milan dengan skor 1-1 di San Siro. Di final Juventus menunggu pemenanga laga Inter lawan Napoli.

Usai pertandingan salah seorang pemain AC Milan, Hakan Calhanoglu, mengungkapkan kemarahannya pada wasit Daniele Orsato. Wasit itu disebut tidak meninjau cuplikan insiden yang membuat Ante Rebic mendapat kartu merah.

Bianconeri seharusnya memimpin pada menit ke-16 ketika Orsato menghadiahkan penalti setelah bola menyentuh tangan Andrea Conti. Tapi, penalti gagal diselesaikan Cristiano Ronaldo.

Namun, hanya 17 detik kemudian pemain AC Milan lainnya, Rebic, mendapat kartu merah langsung karena sepak terjangnya yang berbahaya pada Danilo. Ia mengangkat kaki terlalu tinggi hingga menerjang dadanya.

Sangat Marah

Gelandang AC Milan, Hakan Calhanoglu memuji peran Gennaro Gattuso dalam kariernya. (MIGUEL MEDINA / AFP)
Gelandang AC Milan, Hakan Calhanoglu memuji peran Gennaro Gattuso dalam kariernya. (MIGUEL MEDINA / AFP)

Calhanoglu rupanya tak menerima dua keputusan tersebut, dan merasa frustrasi karena Orsato tidak mengikuti proses yang sama untuk kejadian itu.

"Kami sangat marah, karena jika wasit memeriksa VAR untuk penalti Ronaldo, ia harus memeriksanya untuk kartu merah Rebic," kata Calhangolu kepada Rai Sport.

"Kami bermain bagus dan satu-satunya yang hilang adalah gol," kata Calhanoglu mengomentari hasil pertandingan.

Jalur Lain

"Sulit untuk mengatakan siapa yang pantas untuk dilalui. Saya pikir jika kita memiliki [trio yang ditangguhkan] Zlatan [Ibrahimovic], Samu [Castillejo] dan Theo [Hernandez] di sini kita akan menjadi lebih kuat."

Satu-satunya jalan yang tersisa bagi Milan untuk kualifikasi Eropa adalah melalui Serie A. Posisi tim asuhan Stefano Pioli ada di posisi ketujuh.

"Sayang sekali karena ini adalah tujuan kami dan kami tidak mengelolanya, jadi sekarang kami harus lolos ke Eropa melalui Serie A," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemkot dan Polres Tangsel Bakal Hadirkan Kampung Tangguh di Tiap Kecamatan

Posted: 12 Jun 2020 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota Tangsel bersama Polres Kota Tangsel akan membuat Kampung Tangguh. Kampung ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dalam mewujudkan keamanan di Kota Tangsel.

Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany menjelaskan, untuk mewujudkan Kampung Tangguh ini, diperlukan koordinasi secara matang. Apalagi dilihat dari konsepnya, ada beberapa tupoksi kerja yang sebenarnya sudah diberikan kepada Gugus Tugas Tingkat RW.

"Jadi nantinya bakal dikolaborasi dengan keamanan, IT dan lainnya," kata Airin di Puspemkot Tangsel, Jumat (12/6/2020).

Untuk targetnya, saat ini dalam masa ujicoba, yaitu setiap kecamatan satu Kampung Tangguh di tingkat RW. Saat ini pelaksanaan akan terus berproses hingga targetnya terpenuhi.

Sementara Kapolres Tangsel AKBP Iman Setiawan menjelaskan, Kampung Tangguh merupakan wujud dari upaya Polres untuk mengingatkan peningkatan kesadaran terhadap kamtib di masyarakat. Diharapkan masyarakat bisa teredukasi mengenai cara membentuk lingkungan yang aman dan nyaman.

"Keberadaan kampung ini nantinya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat. Terutama di tengah wabah Covid-19 ini," kata Iman saat ditemui di Puspemkot Tangsel.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEOGRAFIS: Skema Pengurusan Biaya Haji 1441 H/2020 M

Posted: 12 Jun 2020 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah telah membatalkan Ibadah Haji 1441H/2020M. Bagi jemaah yang mendapatkan giliran berangkat dan telah melunasi, berikut tiga skema pilihan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anggaran Disetujui, Bamsoet Minta Pelaksanaan Pilkada Serentak Berjalan Lancar

Posted: 12 Jun 2020 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setelah penambahan anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) disetujui, Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta penyelenggara memastikan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 dapat berjalan lancar. 

"Saya meminta agar dengan adanya tambahan anggaran tersebut diharapkan dapat memastikan seluruh proses pelaksanaan pilkada berjalan lancar, khususnya untuk tahapan awal yang dijadwalkan mulai pada 15 Juni 2020," kata pria yang karib disapa Bamsoet ini dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, 12 Juni kemarin.

Hal itu terkait keputusan Menteri Keuangan yang resmi menyetujui penambahan anggaran pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 sebesar Rp 1,02 triliun dari APBN yang merupakan permohonan untuk tahapan pertama yang diajukan KPU untuk pemenuhan protokol kesehatan Covid-19 di Pilkada 2020.

Seperti dilansir Antara, Bamsoet juga meminta KPU segera mangajukan berbagai kelengkapan dokumen untuk memastikan tambahan anggaran tahap kedua dan ketiga kepada pemerintah yaitu Kementerian Keuangan agar dapat direalisasikan.

Dia juga meminta Kementerian Dalam Negeri bersama KPU dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) terus melakukan verifikasi dan koreksi anggaran tiap daerah. Sehingga dapat dipetakan daerah mana saja yang memerlukan penambahan anggaran untuk pelaksanaan pilkada.

Sebelumnya, dalam Rapat Kerja Komisi II DPR bersama Mendagri, Menkeu, KPU, Badan Pengawas Pemilu, DKPP, dan Kepala BNPB/Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kamis, 11 Juni 2020, menyetujui usulan kebutuhan tambahan anggaran untuk penyelenggara agar memenuhi protokol kesehatan Covid-19 dalam tahapan lanjutan Pilkada 2020.

"Menyetujui usulan kebutuhan tambahan anggaran untuk KPU sebesar Rp4.768.653.968 (Rp4,7 triliun), Bawaslu sebesar Rp478.923.004.000 (Rp478,9 miliar), dan DKPP sebesar Rp39.052.469.000 (Rp39,05 miliar) terkait penyelenggaraan tahapan lanjutan Pilkada 2020," kata Ketua Komisi II DPR, Ahmad D Kurnia, saat membacakan kesimpulan Rapat Kerja Komisi II DPR secara fisik dan virtual di Jakarta, Kamis, 11 Juni 2020.

Dia mengatakan, tambahan anggaran itu akan didukung dengan anggaran yang bersumber dari APBN dengan memperhatikan kemampuan APBD masing-masing daerah.

 

Realisasi Anggaran Tahap Berikutnya

Menurut Bamsoet, untuk merealisasikan pemenuhan kebutuhan tambahan anggaran tersebut, Menteri Keuangan telah berkomitmen akan merealisasikan anggaran tahap pertama sebesar Rp 1.024.645.673.000 atau Rp 1,02 triliun kepada KPU dan Badan Pengawas Pemilu pada Juni 2020.

"Sedangkan realisasi anggaran di tahap berikutnya akan diputuskan berdasarkan hasil rekonsiliasi kebutuhan riil anggaran antara Kemendagri, Kemenkeu, KPU, Bawaslu, DKPP, dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 selambat-lambatnya tanggal 17 Juni 2020," ujarnya.

Rapat yang berlangsung secara fisik dan virtual tersebut juga dihadiri Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, Menteri Keuangan, Sri Mulyani, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Munardo, para anggota KPU, Badan Pengawas Pemilu, dan DKPP.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Meme Beda Prestasi Anak Seumuran Ini Bikin Merenung

Posted: 12 Jun 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dalam masa pertumbuhan anak, memang semuanya memiliki bakat masing-masing. Selain itu tidak semua anak akan selalu berprestasi dalam bidang akademis. Meme-meme tentangnya pun banyak dibikin netizen.

Meski tidak terlalu berprestasi dalam bidang akademis, setiap anak pasti akan menemukan jalan hidupnya yang ia inginkan. Jadi meski tidak terlalu cemerlang dalam akademis, pasti setiap anak akan memiliki kelebihan dalam bidang lain. 

Tetapi namanya juga sebagai anak dan seorang pelajar, tentunya banyak yang memandang lebih prestasi dalam bidang akademis. Hal ini pun tentu menjadi salah satu kebanggan keluarga dan saudara.

Seperti halnya unggahan Instagram @sejiwatinja yang mengunggah beda prestasi anak yang seumuran. Banyak diantara berprestasi cemerlang dalam bidang akademis, namun di lain sisi ada pula anak yang malah sibuk dengan tingkah kocaknya yang salah satunya tampak lewat meme.

Berikut 7 meme beda prestasi anak seumuran yang Liputan6.com kutip dari Instagram @sejiwatinja, Sabtu (13/6/2020).

1. Di luar sana anak umur 16 tahun sudah tokoh terkenal, namun di lain sisi ada pula yang masih suka main-main

Meme beda prestasi anak seumuran (Suumber: Instagram/sejiwatinja)
Meme beda prestasi anak seumuran (Suumber: Instagram/sejiwatinja)

2. Menikmati rebahan memang enak, namun kalau bangkit dan berkarya bisa jadi orang berprestasi

Meme beda prestasi anak seumuran (Suumber: Instagram/sejiwatinja)
Meme beda prestasi anak seumuran (Suumber: Instagram/sejiwatinja)

3. Bisa jadi karena perbedaan lingkungan mempengaruhi tumbuh kembang pemikiran anak

Meme beda prestasi anak seumuran (Suumber: Instagram/sejiwatinja)
Meme beda prestasi anak seumuran (Suumber: Instagram/sejiwatinja)

4. Kalau anak sepuluh tahun dapat segitu banyak piala memang hebat sih, enggak ada yang ngalahin

Meme beda prestasi anak seumuran (Suumber: Instagram/sejiwatinja)
Meme beda prestasi anak seumuran (Suumber: Instagram/sejiwatinja)

5. Melihat meme ini tentunya banyak orang yang merenung dengan apa saja yang sudah ia lakukan selama ini

Meme beda prestasi anak seumuran (Suumber: Instagram/sejiwatinja)
Meme beda prestasi anak seumuran (Suumber: Instagram/sejiwatinja)

6. Karena dengan usia mudanya, ternyata banyak orang yang telah berprestasi menyumbang kemajuan untuk umat manusia

Meme beda prestasi anak seumuran (Suumber: Instagram/sejiwatinja)
Meme beda prestasi anak seumuran (Suumber: Instagram/sejiwatinja)

7. Namun terkadang, asiknya bermain dan rebahan bisa menunda keinginan untuk lebih giat belajar bagi anak-anak

Meme beda prestasi anak seumuran (Suumber: Instagram/sejiwatinja)
Meme beda prestasi anak seumuran (Suumber: Instagram/sejiwatinja)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Buah yang Tepat Dikonsumsi untuk Jaga Daya Tahan Tubuh Saat Situasi New Normal

Posted: 12 Jun 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menjaga daya tahan tubuh tetap kuat penting dilakukan, terutama dalam masa pandemi Corona COVID-19 seperti sekarang ini. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh adalah dengan mengonsumsi buah-buahan.

Buah pun menjadi salah satu makanan yang dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat. Sebab, buah-buahan memiliki vitamin C, A, folat, dan berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk tetap sehat.

Nah, dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa buah yang wajib dikonsumsi agar tidak mudah sakit saat new normal.

1. Jambu Biji

Jambu biji kaya akan vitamin C yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Sistem kekebalan yang kuat memberikan perlindungan alami terhadap infeksi dan penyakit. Kadar vitamin C yang rendah dikaitkan dengan peningkatan risiko infeksi dan penyakit.

 

Pepaya

Pepaya Susu Santan / Sumber: iStockphoto
Pepaya Susu Santan / Sumber: iStockphoto

2. Pepaya

Buah pepaya kaya akan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan dan melawan penyakit. Pepaya mengandung vitamin C yang dibutuhkan tubuh untuk sistem kekebalan. Pepaya juga memiliki enzim pencernaan yang disebut papain yang memiliki efek anti-inflamasi.

Pepaya memiliki jumlah kalium, vitamin B, dan folat cukup yang semuanya bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan. Pepaya juga memiliki efek antioksidan kuat yang dapat mengurangi stres oksidatif dan menurunkan risiko beberapa penyakit.

Jeruk

Jeruk / Sumber: iStockphoto
Jeruk / Sumber: iStockphoto

3. Jeruk

Berbagai jenis jeruk seperti, jeruk manis, lemon, jeruk nipis dan sebagainya merupakan sumber vitamin C. Buah ini memiliki sumber vitamin C yang sangat baik, nutrisi yang memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Vitamin C memiliki efek meningkatkan kekebalan yang dapat membantu tubuh melawan penyakit, seperti flu atau infeksi virus. Satu studi menemukan bahwa vitamin C membantu mencegah pneumonia.

Mangga

Ilustrasi Foto Jus Mangga (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Jus Mangga (iStockphoto)

4. Mangga

Mangga adalah sumber nutrisi penambah kekebalan tubuh yang baik. Mangga mengandung vitamin A yang sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat, karena membantu melawan infeksi. Satu cangkir mangga menyediakan sekitar seperempat dari target harian untuk vitamin A.

Kiwi

Buah kiwi bagi ibu hamil (Sumber: Istockphoto)
Buah kiwi bagi ibu hamil (Sumber: Istockphoto)

5. Kiwi

Kiwi penuh dengan nutrisi penting, termasuk di antaranya folat, kalium, vitamin K, dan vitamin C. Serta meningkatkan sel darah putih untuk melawan infeksi. Sementara nutrisi pada kiwi lainnya dapat membantu menjaga seluruh organ tubuh berfungsi dengan baik.

 

(Anisha Saktian Putri/Fimela.com)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lonjakan Kasus Virus Corona di Pasar Ancam Nasib 12 Juta Pedagang

Posted: 12 Jun 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Temuan kasus positif covid-19 di Pasar tradisional patut mendapat perhatian serius. Sebab, pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan dan pembeli dalam jumlah besar. Sehingga menimbulkan keramaian dan interaksi fisik yang intens.

Menurut catatan Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI), saat ini terdapat 13.450 pasar tradisional yang tersebar di seluruh penjuru tanah air.

Dari jumlah tersebut, menampung sebanyak 12,3 juta pedagang belum termasuk para pemasok barang, PKL, kuli panggul serta jejaring rantai di pasar tradisional.

"Kami DPP IKAPPI mencatat data kasus covid 19 di pasar seluruh indonesia adalah 529 ditambah laporan terbaru yang kami terima dari Sumatera Selatan ada 19 temuan baru kasus Covid di Pasar Kebun Semai Sekip Palembang. Jadi Total kami mencatat perhari ini Positif Covid-19 di Pasar sebanyak 529 orang dan yang meninggal sebanyak 29 orang," beber Ketua bidang keanggotaan DPP IKAPPI, Dimas Hermadiyansyah dalam keterangan yang diterima Liputan6.com, Sabtu (12/6/2020).

Dimas mengaku khawatir dengan banyaknya temuan kasus positif Covid-19 di Pasar ini dapat mengganggu mata pencaharian 12 juta lebih pedagang pasar, dan pelaku usaha lainnya.

Langkah Penanganan Corona

Petugas medis melakukan swab tes Covid-19 pemilik kios di pasar Perumnas Klender, Jakarta, Jumat (29/5/2020). Sebanyak, 50 pedagang pasar menjalani Rapid Test dan Swab Test untuk kedua kalinya yang mana sudah dilakukan sebelumnya ada hasil reaktif lima orang pedagang pasar. (merdeka.com/Imam Buhori)
Petugas medis melakukan swab tes Covid-19 pemilik kios di pasar Perumnas Klender, Jakarta, Jumat (29/5/2020). Sebanyak, 50 pedagang pasar menjalani Rapid Test dan Swab Test untuk kedua kalinya yang mana sudah dilakukan sebelumnya ada hasil reaktif lima orang pedagang pasar. (merdeka.com/Imam Buhori)

Ia berharap pemerintah lebih serius untuk melakukan program penanganan Covid-19 di pasar, baik itu melalui program sosialisasi bahaya Covid-19, Pelaksanaan Protokol Kesehatan yang baik, bantuan penyediaan Masker maupun sanitizer untuk pedagang serta penyemprotan disinfektan secara rutin saat pasar berhenti beroperasi.

"Kita berharap agar kita bisa bersama-sama menjaga agar psar aman dan nyaman untuk di kunjungi. Maka penting ada kerja sama dengan semua pihak. Tidak hanya pengelola pasar, pemda, IKAPPI dan semua pihak bisa ikut membantu Melawan Covid 19," ujar Dimas.

Selanjutnya, kata Dimas, DPP IKAPPI akan terus memantau perkembangan data kasus di Pasar Tradisional sambil terus melakukan penyadaran kepada pedagang agar memperhatikan protokol kesehatan di Pasar untuk menekan penyebaran Covid-19.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peneliti Unair Temukan Potensi Stem Cell Sebagai Obat COVID-19

Posted: 12 Jun 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Peneliti Universitas Airlangga (Unair) Surabaya menemukan potensi dua formula dalam penelitian Stem Cell yakni Haematopotic Stem Cells (HSCs) dan Natural Killer (NK) cells sebagai obat COVID-19.

"Dari hasil uji tantang HSCs ditemukan bahwa setelah 24 jam virus SARS CoV2 isolat Indonesia sudah dapat dieliminasi oleh stem cells tersebut," kata Rektor Unair Prof Mohammad Nasih di Surabaya, Jumat, 12 Juni 2020, seperti dikutip dari Antara.

Sedangkan hasil uji tantang NK cells terhadap virus, menurut Nasih, setelah 72 jam didapatkan sebagian virus dapat diinaktivasi oleh NK cells tersebut.

Dengan demikian keduanya memiliki potensi dan efektivitas yang cukup bagus sebagai pencegahan maupun pengobatan virus SARS CoV 2 yang merupakan sel COVID-19 asli Indonesia.

"Kedua pengobatan alternatif itu bisa menjadi rekomendasi bagi para dokter, industri obat dan masyarakat dalam menangani COVID-19 secara cepat," ujar dia.

Upaya Unair

Rektor Universitas Airlangga Prof Nasih. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Rektor Universitas Airlangga Prof Nasih. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Nasih mengatakan, Unair akan terus mendukung segala usaha untuk mempercepat penanganan COVID-19 di Indonesia. Hal itu merupakan bentuk ikhtiar yang dilakukan dalam bentuk pengabdian kepada bangsa dan negara.

"Kami akan mendukung penuh penelitian Unair terkait percepatan COVID-19 ini. Semoga ini menjadi langkah baik bagi riset Indonesia dengan untuk membuktikan penelitiannya dalam waktu singkat. Artinya Indonesia mampu jika kita semua bersatu dan melakukan ini bersama-sama," tutur dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesona Sanggar Bliran Sina Sikka, Warisan Leluhur yang Bikin Wisatawan Betah

Posted: 12 Jun 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Kupang- Sanggar Bliran Sina merupakan salah satu sanggar budaya yang terdapat di Kampung Watublapi, Kabupaten Sikka, NTT. Sanggar ini menjadi wadah generasi muda untuk menghidupkan dan melestarikan budaya.

Sanggar ini terkenal dengan tenun ikat tradisional dan tarian budayanya. Berkunjung ke Watublapi, anda dapat mengenal lebih dekat kearifan lokal dan warisan budaya masyarakat Desa Kajuwair, Kecamatan Hewakloang, Kabupaten Sikka.

Sanggar Bliran Sina ini berada sekitar 15 kilometer arah timur Kota Maumere. Kampung ini menawarkan pesona seni budaya daerah yang khas dan menakjubkan.

Ketua sanggar, Yosef Gervasius, mengatakan, sejak berdiri pada tahun 1988, hingga saat ini sanggar budaya Bliran Sina masih membuat kain tenun ikat secara tradisional.

Sanggar ini dirintis oleh pendahulu agar generasi penerus saat ini tidak melupakan warisan budaya leluhur. Didominasi kearifan lokal masyarakat setempat, sanggar ini berhasil membentuk kelompok tenun ikat tradisional.

"Bliran artinya sejuk dan segar sedangkan Sina yang artinya negeri Cina. Artinya, kesejukan dan kesegaran alam Watublapi sama seperti alam di negeri Cina," ujarnya kepada Liputan6.com, Rabu (10/6/2020).

Ia menuturkan, sebelum tahun 1988 almarhum Romanus Rego mendirikan sanggar budaya Bliran Sina untuk melestarikan tradisi tenun dan menjualnya melalui sebuah sebuah wadah.

Proses pembuatan tenun ikat tradisional milik sanggar Bliran Sina berasal dari bahan alam dan diproses menggunakan bahan tradisional.

"Ada dua jenis yaitu benang pintal tangan dari pohon kapas dan pewarnanya menggunakan pewarna alam seperti warna merah dari kulit akar mengkudu, warna hitam dari daun nila, warna coklat dari kayu mahoni dan warna kuning berasal dari kunyit dicampur dengan kulit pohon nangka," jelasnya.

Sejak tahun 1992, sanggar ini selalu menjadi incaran wisatawan, baik itu wisatawan domestik maupun mancanegara.

Banyak wisatawan berkunjung menyaksikan proses pembuatan kain tenun ikat tradisional. Saat berkunjung, wisatawan akan disuguhkan tarian dan musik tradisional masyarakat setempat.

 

Sanggar di Masa Pandemi Covid-19 dan Jelang Normal Baru

Selama pandemi corona, sanggar Bliran Sina terus berbenah dan memperbanyak kain tenun ikat menyambut masa new normal alias normal baru yang tetapkan oleh pemerintah pada tanggal 15 Juni 2020.

Pandemi Covid-19, sanggar ini sempat ditutup untuk wisatawan, baik wisatawan dalam negeri dan wisatawan luar negeri. Meski demikian, anggota sanggar tetap bekerja di rumah membuat kain tenun.

Saat ini sanggar Bliran Sina memiliki 35 anggota. Namun masih ada anggota cadangan penenun kain tenun ikat bila tamu yang datang berkunjung dalam jumlah yang lebih banyak.

Dia mengungkapkan, hampir semua anggota sanggar masih kesulitan bahan seperti benang pada masa pandemi Covid-19.

"Bisa produksi kain tenun ikat tetapi tidak ada yang beli, sehingga tidak bisa menghasilkan uang untuk membeli benang," dia mengungkapkan.

Mengantisipasi lonjakan tamu yang datang ke sanggar Bliran Sina jelang new normal, sanggar ini tengah mempersiapkan produksi kain tenun ikat, penataan lokasi sanggar, dan persiapan tarian-tarian penyambutan tamu.

"Selama dua bulan lebih ini persiapan sanggar sudah cukup matang menerima kedatangan tamu," katanya.

Ia berharap pemerintah daerah dalam hal ini dinas pariwisata kabupaten Sikka tetap melakukan promosi wisata dan membantu fasilitas penunjang bagi pelaku pariwisata.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Galaxy S20 Lite Bakal Hadir dengan One UI 2.5

Posted: 12 Jun 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Samsung dilaporkan sedang menyiapkan Galaxy S20 Lite. Kehadiran smartphone ini serupa dengan langkah Samsung ketika merilis varian Lite dari seri Galaxy S10.

Dilansir GSM Arena, Sabtu (13/6/2020), Samsung Galaxy S20 Lite akan hadir dengan memori internal 128GB. Selain itu juga akan menjalankan One UI 2.5.

Samsung diprediksi akan mendukung smartphone tersebut dengan chipset Snapdragon 865. Tidak semua pasar akan mendapatkan varian 5G.

Samsung Galaxy S20 Lite dengan nomor model SM-G780 akan hadir dengan dukungan 5G, sedangkan SM-G781 tanpa 5G.

Samsung Galaxy Z Flip 5G Hadir 5 Agustus?

Perbandingan Galaxy Z Flip dengan Galaxy Fold. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)
Perbandingan Galaxy Z Flip dengan Galaxy Fold. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Adapun Samsung dilaporkan akan mengumumkan sejumlah produk baru pada Agustus 2020. Salah satunya adalah Galaxy Z Flip 5G.

Samsung Galaxy Z Flip 5G akan diumumkan pada hari yang sama dengan seri Galaxy Note 20 dan Galaxy Fold 2. Mereka akan diumumkan pada 5 Agustus 2020.

Pre-order Smartphone Baru

Galaxy Z Flip yang ada saat ini menggunakan chipset Snapdragon 855 dan hanya mendukung jaringan LTE. Varian 5G dilaporkan akan hadir dengan memori internal 256GB dan pilihan warna cokelat.

Sementara pengumuman pada 5 Agustus, pre-order seri Samsung Galaxy Note 20, Fold 2, dan Galaxy Z Flip 5G akan digelar pada 20 Agustus 2020. Pihak Samsung sejauh ini belum mengonfirmasi waktu peluncuran ketiga produk tersebut di pasar.

(Din/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Puluhan Merek Mobil Mejeng di Pameran Otomotif China

Posted: 12 Jun 2020 09:00 PM PDT

Pengunjung melihat-lihat mobil dalam Pameran Otomotif Internasional China Tengah ke-9 di Zhengzhou, Ibu Kota Provinsi Henan, China tengah, Jumat (12/6/2020). Lebih dari 70 merek mobil dari China dan luar negeri berpartisipasi dalam pameran tersebut. (Xinhua/Zhu Xiang)
Pengunjung melihat-lihat mobil dalam Pameran Otomotif Internasional China Tengah ke-9 di Zhengzhou, Ibu Kota Provinsi Henan, China tengah, Jumat (12/6/2020). Lebih dari 70 merek mobil dari China dan luar negeri berpartisipasi dalam pameran tersebut. (Xinhua/Zhu Xiang)

Pengunjung melihat-lihat mobil dalam Pameran Otomotif Internasional China Tengah ke-9 di Zhengzhou, Ibu Kota Provinsi Henan, China tengah, Jumat (12/6/2020). Lebih dari 70 merek mobil dari China dan luar negeri berpartisipasi dalam pameran tersebut. (Xinhua/Zhu Xiang)

Pengunjung melihat-lihat mobil dalam Pameran Otomotif Internasional China Tengah ke-9 di Zhengzhou, Ibu Kota Provinsi Henan, China tengah, Jumat (12/6/2020). Lebih dari 70 merek mobil dari China dan luar negeri berpartisipasi dalam pameran tersebut. (Xinhua/Zhu Xiang)
Pengunjung melihat-lihat mobil dalam Pameran Otomotif Internasional China Tengah ke-9 di Zhengzhou, Ibu Kota Provinsi Henan, China tengah, Jumat (12/6/2020). Lebih dari 70 merek mobil dari China dan luar negeri berpartisipasi dalam pameran tersebut. (Xinhua/Zhu Xiang)

Pengunjung melihat-lihat mobil dalam Pameran Otomotif Internasional China Tengah ke-9 di Zhengzhou, Ibu Kota Provinsi Henan, China tengah, Jumat (12/6/2020). Lebih dari 70 merek mobil dari China dan luar negeri berpartisipasi dalam pameran tersebut. (Xinhua/Zhu Xiang)

Pengunjung melihat-lihat mobil dalam Pameran Otomotif Internasional China Tengah ke-9 di Zhengzhou, Ibu Kota Provinsi Henan, China tengah, Jumat (12/6/2020). Lebih dari 70 merek mobil dari China dan luar negeri berpartisipasi dalam pameran tersebut. (Xinhua/Zhu Xiang)
Pengunjung melihat-lihat mobil dalam Pameran Otomotif Internasional China Tengah ke-9 di Zhengzhou, Ibu Kota Provinsi Henan, China tengah, Jumat (12/6/2020). Lebih dari 70 merek mobil dari China dan luar negeri berpartisipasi dalam pameran tersebut. (Xinhua/Zhu Xiang)

Pengunjung melihat-lihat mobil dalam Pameran Otomotif Internasional China Tengah ke-9 di Zhengzhou, Ibu Kota Provinsi Henan, China tengah, Jumat (12/6/2020). Lebih dari 70 merek mobil dari China dan luar negeri berpartisipasi dalam pameran tersebut. (Xinhua/Zhu Xiang)

Pengunjung melihat-lihat mobil dalam Pameran Otomotif Internasional China Tengah ke-9 di Zhengzhou, Ibu Kota Provinsi Henan, China tengah, Jumat (12/6/2020). Lebih dari 70 merek mobil dari China dan luar negeri berpartisipasi dalam pameran tersebut. (Xinhua/Zhu Xiang)
Pengunjung melihat-lihat mobil dalam Pameran Otomotif Internasional China Tengah ke-9 di Zhengzhou, Ibu Kota Provinsi Henan, China tengah, Jumat (12/6/2020). Lebih dari 70 merek mobil dari China dan luar negeri berpartisipasi dalam pameran tersebut. (Xinhua/Zhu Xiang)

Pengunjung melihat-lihat mobil dalam Pameran Otomotif Internasional China Tengah ke-9 di Zhengzhou, Ibu Kota Provinsi Henan, China tengah, Jumat (12/6/2020). Lebih dari 70 merek mobil dari China dan luar negeri berpartisipasi dalam pameran tersebut. (Xinhua/Zhu Xiang)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Penyakit Ini Buatmu Lebih Rentan Tewas Akibat Infeksi Corona

Posted: 12 Jun 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Virus Corona telah menginfeksi jutaan orang di seluruh dunia. Beberapa orang mengalami gejala sementara yang lain tak menunjukkan tanda-tanda penyakit yang nyata.

Namun, ketika para peneliti terus mempelajari virus baru ini, mereka telah mengidentifikasi kondisi kesehatan tertentu yang membuat orang lebih rentan dengan komplikasi parah akibat virus Corona. Salah satunya adalah diabetes.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Infection pada tanggal 23 April, setelah meninjau 13 studi yang relevan, orang dengan diabetes hampir empat kali lebih mungkin terinfeksi virus Corona. 

Artikel tentang punya penyakit ini buatmu lebih mungkin tewas akibat infeksi virus Corona menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang tak bisa dipercaya, deretan zodiak ini dikenal tukang gosip.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang enam manfaat melon bagi tubuh, bantu lawan kolesterol hingga tingkatkan imunitas.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Waspada, Punya Penyakit Ini Buatmu Lebih Mungkin Tewas Akibat Infeksi Virus Corona

Ilustrasi/copyright shutterstock.com/fizkes
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/fizkes

Levelnya adalah parah bahkan fatal dibandingkan dengan pasien tanpa kondisi kesehatan yang mendasarinya.

"Ketika pasien memiliki penyakit komplikasi seperti diabetes dan hipertensi, tubuh berada dalam kondisi stres untuk waktu yang lama dan kekebalannya cenderung rendah," tulis para peneliti dalam penelitian itu.

Selengkapnya...

2. Tak Bisa Dipercaya, Deretan Zodiak Ini Dikenal Tukang Gosip

Ilustrasi nyinyir dan gosip (iStockphoto)
Ilustrasi nyinyir dan gosip (iStockphoto)

Gosip, baik positif ataupun negatif nampaknya lekat sekali dengan kehidupan kita sehari-hari. Akan sangat sulit sekali untuk menghindari gosip yang telah menjadi bentuk komunikasi untuk bersosialisasi dan bertukar informasi.

Tentu informasi yang dipertukarkan bisa jadi benar ataupun baru sekedar isu, boleh hal-hal baik tetapi seringkali juga hal-hal buruk.

Di balik gosip yang tersebar, tentunya ada sosok yang menyebarkan gosip, dan ternyata siapa pelakunya bisa diprediksi dari zodiak.

Selengkapnya...

3. 6 Manfaat Melon Bagi Tubuh, Bantu Lawan Kolesterol hingga Tingkatkan Imunitas

Ilustrasi melon (dok Unsplash/Ossid Duha Jussas Salma)
Ilustrasi melon (dok Unsplash/Ossid Duha Jussas Salma)

Melon menjadi salah satu buah yang banyak disukai individu. Selain enak dan memiliki aroma khas, melon ternyata mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, misalnya kalori, karbohidrat, serat, protein, magnesium, dan potassium.

Melon juga jaya akan vitamin C, vitamin B6, vitamin K, folat, dan yang tak kalah penting ialah melon tidak mengandung lemak sama sekali. 

Nah, penasaran apa saja manfaat mengkonsumsi melon bagi tubuh? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Jumat (12/6/2020).

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MU atau Chelsea Bakal Jadi Pilihan Mudah bagi Kai Havertz

Posted: 12 Jun 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, London- Eks Liverpool, Dietmar Hamann menilai gelandang Bayer Leverkusen, Kai Havertz bakal punya pilihan yang mudah untuk memilih antara Chelsea atau Manchester United (MU). Dia menilai Chelsea lebih berpeluang dapatkan Havertz.

Kai Havertz menjadi salah satu pemain bertalenta yang sedang diincar klub-klub Eropa. Semuanya memantau bagaimana kondisi Havertz saat ini.

Chelsea dan MU diantara beberapa klub yang naksir Havertz. Tapi kabarnya pelatih Liverpool, Jurgen Klopp juga akan mencoba rayu Havertz.

Chelsea saat ini di atas angin dalam hal beli pemain. The Blues misalnya kalahkan Liverpool saat berburu striker RB Leipzig, Timo Werner.

Sebelumnya Chelsea sudah mendapatkan Hakim Ziyech. Mereka juga berburu bek kiri Leicester, Ben Chilwell.

 

Serius

Gelandang remaja Bayer Leverkusen Kai Havertz. (AP Photo/Marius Becker)
Gelandang remaja Bayer Leverkusen Kai Havertz. (AP Photo/Marius Becker)

Hamann menilai Chelsea sudah memperlihatkan keseriusan kepada Havertz. Selain itu, MU juga kabarnya fokus mengejar Jadon Sancho dan Jack Grealish.

"Chelsea dan MU berebut posisi empat. Kalau MU gagal lagi lolos ke Liga Champions, mereka berpeluang makin ditinggalkan klub lain," kata eks gelandang Timnas Jerman itu seperti dikutip Goal.com.

"MU sudah kehilangan pesonanya di beberapa tahun terakhir. Mereka masih klub terbesar di Inggris, tapi punya masalah internal yang rumit."

Jangka Panjang

 

Hamann juga menilai pemain seperti Havertz akan memilih proyek jangka panjang. Liga Champions atau tidak bukan tujuan utama.

"Saat pemain seperti Kai Havertz ganti klub dan gabung klub anyar, tujua jangka panjang lebih penting ketimbang main di Liga Champions musim depan," ujarnya.

"Dia mungkin ambil keputusan pekan depan bukan di akhir musim."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Update 13 Juni: 7,6 Juta Kasus Corona COVID-19 di Dunia, Brasil Tertinggi Kedua

Posted: 12 Jun 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kasus Virus Corona COVID-19 di dunia sudah mencapai 7.620.750 dengan angka kematian global yang mencapai 424.775. Demikian data yang dilaporkan oleh Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE per Sabtu 13 Juni 2020.

Hingga saat ini, Amerika Serikat masih menjadi negara dengan angka kasus dan kematian tertinggi, yakni 2.044.572 kasus dan 114.613 kematian. 

Angka tersebut kemudian disusul oleh Brasil dengan 828.810 kasus, namun kematiannya berada di angka 41.828.

Negara-negara selanjutnya yang memiliki angka kasus tertinggi adalah Rusia (510.761 kasus), India (297.535 kasus) dan Inggris (294.402 kasus). 

WHO: Amerika Terdampak Paling Parah

Presiden AS Donald Trump bersama Dr. Anthony Fauci dan Dr. Deborah Birx yang menjadi penasihat Gedung Putih melawan Virus Corona (COVID-19). Dok: Gedung Putih
Presiden AS Donald Trump bersama Dr. Anthony Fauci dan Dr. Deborah Birx yang menjadi penasihat Gedung Putih melawan Virus Corona (COVID-19). Dok: Gedung Putih

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan pada Jumat 12 Juni, bahwa Amerika menanggung beban terbesar dari pandemi Virus Corona COVID-19 global saat ini, dengan Amerika Utara dan Selatan saat ini memiliki empat dari 10 negara yang paling parah dilanda di dunia.

Penyakit itu "sangat aktif" di Amerika Tengah dan Selatan, kata ahli darurat utama WHO Mike Ryan, menyoroti masalah di Brasil dan Meksiko. Situasi saat ini di Brasil, telah menjadi salah satu hot-spot global untuk virus, dan menjadi perhatian yang meningkat terutama di kota-kota berpenduduk padat, katanya dalam konferensi pers. Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Sabtu (13/6/2020). 

Sistem kesehatan negara itu "masih mengatasi" , meskipun beberapa unit perawatan intensif berada pada tahap kritis dan di bawah tekanan berat dengan lebih dari 90% tingkat hunian tempat tidur, kata Ryan.

Sementara itu Meksiko memiliki hampir 130.000 kasus COVID-19 yang dikonfirmasi, dan lebih dari 15.000 kematian, kata WHO.

Brasil adalah negara yang paling parah terpukul kedua di dunia, dengan lebih dari 800.000 kasus dan 41.000 kematian.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: