Senin, 15 Juni 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


PSBB Transisi Bakal Pulihkan Bisnis Kendaraan Bermotor

Posted: 15 Jun 2020 11:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Astra International Tbk memproyeksikan bisnis kendaraan bermotor, baik roda empat maupun roda dua bisa kembali bergeliat di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi saat ini.

"Diharapkan dengan adanya PSBB transisi yang diterapkan oleh gubernur, mudah-mudahan kita akan cepat pulih," kata Presiden Direktur Astra International Djony Bunarto Tjondro dalam sesi teleconference, Selasa (16/6/2020).

Djony mengatakan, optimisme itu terbangun lantaran dirinya melihat adanya pertumbuhan kinerja bisnis kendaraan bermotor khususnya roda empat pada bulan ini.

"Kita sudah melihat di bulan Mei kendaraan bermotor roda empat cuman 14 ribu secara ritel, dan di Juni kita melihat pergerakan yang cukup baik. Sudah naik dibandingkan dengan bulan Mei," bebernya.

Menurut catatannya, portfolio Astra saat ini sebenarnya tidak hanya kendaraan bermotor. Perseroan disebutnya telah melakukan diversifikasi bisnis yang cukup banyak selama 10 tahun terakhir.

"Kalau kita lihat kendaraan bermotor baik dua roda maupun empat roda mengkontribusi sekitar 45-50 persen (bisnis Astra). Ditambah dengan turunannya termasuk di jasa keuangan tentunya lebih besar dari itu," jelasnya.

"Jadi yang terdampak kalau bisa saya sampaikan terhadap pandemi ini bukan hanya kendaraan bermotor, tapi juga bisnis-bisnis lain. Memang kalau kita lihat yang paling cepat, paling instan kenanya memang kendaraan bermotor," tandasnya.

Astra International Angkat Djony Bunarto Tjondro Jadi Presiden Direktur

Menara Astra International. ©2019 Merdeka.com
Menara Astra International. ©2019 Merdeka.com

PT Astra International Tbk menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2020 pada Selasa (16/6/2020). Perseroan resmi mengangkat Djony Bunarto Tjondro sebagai Presiden Direktur (Presdir) menggantikan Prijono Sugiarto. 

Djony Bunarto Tjondro menjelaskan, lepas dari jabatan Presiden Direktur, posisi Prijono Sugiarto bergeser menjadi Presiden Komisaris Astra International.

"Berdasarkan hasil RUPST 2020, kami mengangkat Djony Bunarto Tjondro sebagai Presiden Direktur, Prijono Sugiarto sebagai Presiden Komisaris," kata Djony dalam sesi teleconference, Selasa (16/6/2020).

Berdasarkan hasil RUPST tersebut, perseroan juga menerima pengunduran diri Muhamad Chatib Basri dan Bapak Akihiro Murakami, keduanya selaku Komisaris Independen.

Sebagai pengganti, Astra International mengangkat Rahmat Waluyanto sebagai Komisaris Independen dan Apinont Suchewaboripont sebagai Komisaris Independen.

Susunan Komisaris dan Direksi

Gedung PT Astra International Tbk (Foto: Dokumen PT Astra International Tbk)
Gedung PT Astra International Tbk (Foto: Dokumen PT Astra International Tbk)

Berikut susunan Direksi dan Dewan Komisaris Astra International terhitung sejak ditutupnya RUPST 2020 sampai dengan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan 2023:

Direksi

Presiden Direktur : Djony Bunarto Tjondro

Direktur : Johannes Loman

Direktur : Suparno Djasmin

Direktur : Chiew Sin Cheok

Direktur : Gidion Hasan

Direktur : Henry Tanoto

Direktur : Santosa

Direktur : Gita Tiffani Boer

Direktur : FXL Kesuma

Dewan Komisaris

Presiden Komisaris : Prijono Sugiarto

Komisaris Independen : Sri Indrastuti Hadiputranto

Komisaris Independen : Rahmat Waluyanto

Komisaris Independen : Apinont Suchewaboripont

Komisaris : Anthony John Liddell Nightingale

Komisaris : Benjamin William Keswick

Komisaris : Mark Spencer Greenberg

Komisaris : John Raymond Witt

Komisaris : Stephen Patrick Gore

Komisaris : Benjamin Birks.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar FTV Kisah Nyata Petang Episode Selasa, 16 Juni 2020

Posted: 15 Jun 2020 11:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jangan lewatkan penayangan FTV Kisah Nyata Petang mulai pukul 13.30 WIB.

Kisah Nyata Petang salah satu tontonan favorit pemirsa Indosiar.

Anda bisa menyaksikan Kisah Nyata Spesial via live streaming dengan klik di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nadhira Afifa Cerita Pengalaman Jadi Mahasiswa Muslim di Harvard University

Posted: 15 Jun 2020 11:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nama Nadhira Nuraini Afifa belakangan jadi perbincangan hangat publik setelah membawakan pidato kelulusan di Harvard University, beberapa waktu lalu. Fakta ini kemudian membuat sosoknya dinilai sangat inspiratif.

Lewat sesi live Instagram yang kemudian diunggah ke akun YouTube Billy Mambrasar, Sabtu, 13 Juni 2020, perempuan berdarah Minang itu bercerita berbagai pengalaman selama menjalani studi di salah satu universitas top dunia tersebut.

Tak ditampik Nadhira bahwa beradaptasi adalah tantangan terberat yang ia lalui selama studi di Harvard. "Aku minder karena merasa semua orang di sana hebat. Lalu, secara kultur juga kan di US beda. Itu aku alami sekitar satu atau dua minggu," tuturnya.

Setelah berani memulai perbincangan dengan orang-orang yang ia temui, Nadhira mendapati bahwa perasaan tersebut juga dirasakan tak hanya olehnya.

"Mereka ternyata minder juga. Dari situ, aku tahu bahwa sebetulnya sama saja. Mereka juga orang biasa kayak aku," ucap lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia tersebut.

Nadhira mengatakan, soal jadi Muslim dengan penampilan notabene berhijab, ia merasa beruntung kuliah di Harvard yang berlokasi di Boston. Pasalnya, kota di negara bagian Massachusetts itu merupakan tujuan tak sedikit pendatang.

"Jadi, agama minoritas di sana tak cuma Islam. Dari situ, aku tahu banyak orang yang juga merasakan tantangan yang sama," tuturnya.

Ia menambahkan, di lingkungan Harvard sendiri terdapat musala yang membuatnya bisa bertemu mahasiswa Muslim lain. "Dari situ ngobrol dan akhirnya punya komunitas sendiri. Ikatan seperti ini menimbulkan rasa percaya diri," katanya.

Kegiatan Sosialisasi

Nadhira Afifa, mahasiswa Indonesia yang terpilih memberikan pidato kelulusan di Harvard. (dok. YouTube/Harvard T.H. Chan School of Public Health)
Nadhira Afifa, mahasiswa Indonesia yang terpilih memberikan pidato kelulusan di Harvard. (dok. YouTube/Harvard T.H. Chan School of Public Health)

Nadhira mengatakan, ia pun tak pernah jadi korban rasisme. "Balik lagi mungkin karena aku di Boston, lebih ke kota pendatang dengan segala keberagaman. Jadi, lebih biasa sama perbedaan," ucapnya.

Dengan segala keterbatasan, perempuan yang menjalani studi setahun setelah menikah tersebut berusaha tetap bersosialisasi. "Aku memang tidak bisa minum (alkohol). Tapi, semisal ada kumpul di bar, aku tetap ikut," ujarnya.

Kegiatan sosialiasi dalam membangun pertemanan dan networking ini dijalani dengan tetap memegang teguh prinsipnya. "Mereka pun menghargai itu (Nadhira tak minum alkohol). Aku pun berusaha terbuka dengan lingkungan," kata Nadhira.

Soal sistem pendidikan secara praktik di Harvard, Nadhira mengatakan, nuansa persaingan sama sekali tak terasa.

"Karena mereka sebenarnya juga sudah pintar-pintar banget. Kayaknya semakin pintar, orang jadi tidak punya jiwa buat mengalahkan orang lain. Justru mencari apa yang bisa mereka bantu," tuturnya.

Karenanya, diskusi dan bertukar pengetahuan jadi sistem belajar yang akrab dengan alumni School of Public Health Harvard University tersebut. "Lebih ke kumpul bareng dan bikin sesuatu bersama," imbuh Nadhira.

Menikah Bukan Alasan Berhenti

Nadhira Afifa, mahasiswa Indonesia yang terpilih memberikan pidato kelulusan di Harvard. (dok. Instagram @nadhiraafifa/https://www.instagram.com/p/B9Fr61UHdmo/)
Nadhira Afifa, mahasiswa Indonesia yang terpilih memberikan pidato kelulusan di Harvard. (dok. Instagram @nadhiraafifa/https://www.instagram.com/p/B9Fr61UHdmo/)

Nadhira menuturkan, kebanyakan orang berpikir untuk menyelesaikan semua hal sebelum menikah. Padahal, mewujudkan keinginan dan meraih bayak hal pun bisa dilakukan setelah mengucap janji suci.

"Selama studi, aku LDR dengan suami. Aku bersyukur juga kami fokus pada keinginan masing-masing. Ia di karier, aku di pendidikan. Semisal suami ikut, mungkin jadi serba terbatas karena tidak enak pulang terlambat dan sebagainya," ucap Nadhira.

Kendati demikian, ia punya jadwal ketat kapan harus belajar dan menghubungi rumah. "Aku juga berbagi pengetahuan ke suami dan kasih pengertian kalau lagi sibuk," ucapnya.

Nadhira mengatakan, masih sangat sedikit orang Indonesia yang berani daftar ke sejumlah sekolah top dunia. "Jangan takut daftar. Bermimpi setinggi mungkin, tapi harus dibarengi dengan persiapan matang," katanya.

Bagi para perempuan Indonesia, Nadhira mengatakan, peran perempuan dan lelaki di bidang pendidikan tak ada bedanya. Maka dari itu, jangan takut untuk studi setinggi mungkin.

"Karena berkembang bersama (suami) malah jadi lebih baik. Tidak ada yang lebih tinggi atau rendah. Jadi perempuan pintar akan melahirkan anak dengan IQ tinggi. Tapi, semua itu dilakukan tanpa melupakan tanggung jawab sebagai istri," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penjualan Mobil di Indonesia Terjun 95 Persen Selama Bulan Mei

Posted: 15 Jun 2020 11:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kembali mengalami penurunan, penjualan mobil secara retail di Indonesia hanya mencapai 17.083 unit di bulan Mei 2020 berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Bila dibandingkan periode yang sama tahun lalu, angka yang berhasil diperoleh mengalami penurunan hingga 81,8 persen. Tercatat penjualan Mei 2019 berhasil menyentuh angka 93.881 unit.

Hal tersebut tak terlepas dari pandemi Corona Covid-19 yang mengharuskan masyarakat tetap berada di rumah. Tak hanya itu, beberapa kebijakan pencegahan juga membuat aktivitas dealer tak lagi maksimal.

Khusus penjualan wholesale (pabrik ke dealer), angka penjualan yang berhasil ditorehkan mengalami penurunan hingga 95 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Tercatat distribusi kendaraan ke dealer di bulan Mei hanya menyentuh 3.551 unit selama Mei 2020. Sedangkan periode yang sama tahun lalu berhasil mengukuhkan angka penjualan hingga 84.109.

Penghentian produksi kendaraan yang dilakukan beberapa pabrikan otomotif di Indonesia saat pembatasan sosial berskala besar (PSBB) menjadi penyebab utamanya.

Target Penjualan

Beberapa merek otomotif bahkan tak mengirimkan kendaraan ke dealer selama bulan Mei, karena pabrik tak melakukan produksi untuk pasar domestik.

Sebelumnya, Gaikindo telah mengoreksi target penjualan sepanjang tahun 2020 menjadi 600 ribu kendaraan.

Angka tersebut turun 40 persen dibanding target awal penjualan kendaraan bermotor roda empat yang mencapai 1,1 juta.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ajak Warga Bersepeda, Anies Baswedan: Bukan Sekadar Olahraga Tapi Transportasi

Posted: 15 Jun 2020 11:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak warga untuk menggunakan sepeda sebagai alat transportasi, apalagi di masa pandemi seperti saat ini.

Menurut dia, bersepeda bukanlah sekadar olahraga atau hobi.

"Saya mengajak kepada seluruh masyarakat, mari lihat sepeda bukan sekadar sebagai alat olahraga, tapi sebagai alat transportasi. Jadi kalau mau pergi ke warung, bisa naik sepeda. Mau pergi ke toko, bisa naik sepeda. Mau pergi ke rumah ibadah, sepeda. Mau ke kantor bisa naik sepeda," kata Anies Baswedan di Jakarta, Selasa (16/6/2020).

Anies mengingatkan bahwa bersepeda adalah alat transportasi sederhana. Artinya tidak perlu mengeluarkan uang tambahan untuk aksesori yang bertujuan untuk gaya.

"Jadi sepeda ini alat transportasi dan tidak perlu pakaian khusus, sepatu khusus. Cukup sepeda, helm, pakai pakaian yang kita biasa pakai, dan jalan. Saya sering pakai batik, sering pakai seragam (saat bersepeda), ya memang karena sepeda sebagai alat transportasi. Jadi, itu yang kita dorong sama-sama," jelasnya.

Hari ini, Anies mengaku berangkat kerja dengan bersepeda dari rumahnya di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, menuju Balai Kota di Jakarta Pusat.

Bersepeda 19 Km

Jarak yang cukup jauh, menurut Anies, bukan halangan untuk bersepeda.

"Tadi saya naik sepeda dari Lebak Bulus ke Kantor itu kira-kira 19 km. Mungkin kalau orang sepintas merasa waduh 19 km itu kan jauh ya. Sesungguhnya kalau naik sepedanya santai, lalu rodanya atau giginya dipasang di gigi normal, berjalan rileks saja," tandasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kabel 60 Cm Ditemukan dalam Kandung Kemih Pria Ini, Buat Kepuasan Seksual?

Posted: 15 Jun 2020 11:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria berusia 30 tahunan datang ke sebuah rumah sakit di Guwahati, India dengan keluhan sakit perut yang parah. Ia mengaku kalau tanpa sengaja menelan kabel charger ponsel dan meminta dokter menemukannya.

Pemeriksaan pun dilakukan namun petugas medis tak menemukan apa-apa di saluran pencernaan pria tersebut. Barulah setelah hasil X-ray diambil, tampak jelas bahwa kabel tersebut justru terdapat di dalam kandung kemih pria itu.

"Kita bisa menyelesaikannya dengan operasi kalau saja dia mengatakan yang sebenarnya sedari awal," tutur Walliul Islam, dokter bedah yang terlibat dalam operasi tersebut seperti dilaporkan oleh Mirror.

 

Selanjutnya

Doc: Mirror
Doc: Mirror

Menurut Islam, kemungkinan pasien merasa malu mengatakan yang sebenarnya sehingga mencoba membohongi dokter dengan mengklaim bahwa dia telah menelannya.

"Kami melakukan endoskopi, tapi tak dapat menemukan kabelnya. Ketika kami melakukan operasi, tak ada apapun di saluran pencernaannya."

 

Selanjutnya

Kanker Kandung Kemih
Kanker Kandung Kemih

Dokter itu mengatakan bahwa itu adalah salah satu jenis masturbasi yang disebut uretra sounding. Ini merupakan praktik memasukkan benda atau cairan ke dalam uretra.

Lebih jauh, Islam menjelaskan bahwa pria yang identitasnya disembunyikan itu datang ke rumah sakit lima hari setelah dia memasukan kabel. Pria itu berulang kali mengatakan kepada dokter bahwa dia menelannya lewat mulut padahal faktanya tidak.

"Kami tak pernah membayangkan orang dewasa akan berbohong tentang hal seperti itu."

 

Selanjutnya

Jika berniat menggunakan alat untuk meningkatkan kehidupan seksual Anda dan pasangan, pilihlah yang tidak memiliki efek samping.
Jika berniat menggunakan alat untuk meningkatkan kehidupan seksual Anda dan pasangan, pilihlah yang tidak memiliki efek samping.

Menurut Islam, pria itu melakukan uretra sounding namun terlalu ekstrem. Tak heran jika kabel tersebut mencapai kandung kemihnya.

"Untungnya, operasi mengeluarkan kabel dari kandung kemihnya sukses dan pasien berangsur pulih."

 

Selanjutnya

Ilustrasi penis (iStockphoto)
Ilustrasi penis (iStockphoto)

Setelah dikeluarkan, diketahui bahwa kabel itu panjangnya 60 cm. Salah satu ujungnya tak lagi terbungkus plastik.

"Apapun bisa terjadi di bumi ini. Termasuk kasus seperti meski sangat langka," pungkas Islam.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sidang Perdana Kasus Sunda Empire Digelar Virtual 18 Juni 2020

Posted: 15 Jun 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Sidang perdana kasus informasi bohong Sunda Empire akan digelar Pengadilan Negeri Bandung pada Kamis, 18 Juni 2020.

Pengadilan Negeri Bandung telah menerima berkas perkara kasus berita bohong dengan tiga tersangka kelompok Sunda Empire yakni Nasri Bank, Raden Ratna Ningrum, dan Ki Ageng Rangga.

"Sidang pertama digelar Kamis, 18 Juni 2020 secara virtual," kata Humas Pengadilan Negeri Bandung Wasdi Permana, Senin (15/6/2020).

Wasdi menjelaskan, perkara kelompok Sunda Empire sudah diregistrasi dengan nomor 471/Pid.Sus/2020/PN.BDG.

Adapun Majelis Hakim akan diketuai T Benny Eko Supriyadi, didampingi anggota hakim Mangapul Girsang, dan Asep Sumirat Danaatmaja.

Ketiga tersangka Sunda Empire didakwa dengan tiga pasal. Ketiga tersangka didakwa Pasal 14 ayat (1) UU No 1 Tahun 1946, tentang Peraturan Hukum Pidana junto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. Lalu, Pasal 14 (2) UU No 1 Tahun 1946 junto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. Serta Pasal 15 UU No 1 Tahun 1946 junto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Berkas Sudah Dilimpahkan

Ki Ageng Rangga atau Ragga Sasana ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penyebaran kabar bohong. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)
Ki Ageng Rangga atau Ragga Sasana ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penyebaran kabar bohong. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Sebelumnya, berkas kasus kelompok Sunda Empire atas dugaan penyebaran kabar bohong sudah dilimpahkan penyidik Polda Jawa Barat ke Kejaksaan Tinggi (Kejati).

Para tersangka yakni Nasri Bank, Raden Ratna Ningrum, dan Ki Ageng Rangga masih menunggu jadwal persidangan.

Sebelumnya, Kepala Bidang Humas Polda Jabar Komisaris Besar Saptono Erlangga mengatakan, penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jabar telah melengkapi berkas kasus tersebut atau P21 pada 20 April 2020.

"Untuk pelimpahan berkas sudah dilakukan dan dilimpahkan penyidik ke Kejati Jabar pada 20 April," kata Erlangga, Rabu (13/5/2020).

Selain berkas, lanjut dia, pelimpahan ketiga tersangka dan barang bukti sebagai tahap kedua sudah dilakukan pada 21 April 2020.

"Tersangka berikut barang buktinya juga sudah dilimpahkan juga ke jaksa penuntut umum," ujarnya.

Dalam kasus Sunda Empire, penyidik sudah menetapkan tiga tersangka, yakni Nasri Bank selaku Perdana Menteri, Raden Ratna Ningrum selaku Kaisar, dan Sekretaris Jenderal Ki Ageng Rangga.

Simak Video PIlihan di Bawah Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jatim Cetak Kenaikan Ekspor dan Impor Alat Kesehatan pada Mei 2020

Posted: 15 Jun 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur mencatat kenaikan nilai ekspor dan impor alat kesehatan pada Mei 2020 akibat masih tingginya kasus COVID-19.

Kepala BPS Jatim Dadang Hardiwan menuturkan, untuk peningkatan impor alat kesehatan utamanya terjadi pada barang jadi. Demikian seperti mengutip dari Antara, Selasa (16/6/2020).

Kenaikan impor yang paling signifikan terjadi pada alat tes cepat mencapai 1.648 persen, yakni dari USD 126.828 pada April menjadi USD 2.217.360 pada Mei 2020.

Selanjutnya kenaikan impor alat pelindung diri (APD) yang meningkat 493 persen, yakni dari USD 146.184 menjadi USD 866.234, serta media atau alat virus transfer yang meningkat 251 persen dari USD 9.508 menjadi USD 33.380

Berikutnya, kaca mata pelindung kesehatan yang naik 187 persen dari USD 68.104 menjadi USD 195.189 dan penyanitasi tangan atau hand santizer naik 141 persen dari USD 293.812 menjadi USD 709.350.

Peningkatan Ekspor Alat Kesehatan

Aktivitas bongkar muat barang ekspor impor di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin (17/7). Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan kinerja ekspor dan impor Indonesia mengalami susut signifikan di Juni 2017. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Aktivitas bongkar muat barang ekspor impor di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin (17/7). Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan kinerja ekspor dan impor Indonesia mengalami susut signifikan di Juni 2017. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sedangkan peningkatan ekspor alat kesehatan terjadi pada sarung tangan sebesar 734 persen, yakni dari USD 52.486 pada April menjadi USD 437.515 pada bulan selanjutnya.

"Kenaikan juga terjadi pada ekspor bahan baku penyanitasi tangan yang meningkat 114 persen, yakni dari 1.941.078 dolar AS menjadi 4.159.651 dolar AS," kata dia.

Selanjutnya ekspor termometer yang meningkat 107 persen, yakni dari USD 2.916 menjadi 6.023 dolar AS dan bahan baku masker yang meningkat 106 persen dari USD 212.963 menjadi USD 439.098.

Secara umum, akibat ada COVID-19, nilai impor yang dibukukan Provinsi Jawa Timur pada Mei 2020 mencapai USD 1,26 miliar atau turun sebesar 30,21 persen dibandingkan April 2020.

Sedangkan nilai ekspor pada Mei 2020 turun sebesar 8,25 persen dibandingkan April 2020, yakni dari USD 1,37 miliar dolar AS menjadi USD 1,25 miliar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Restoran Vegetarian Menjadi Tempat Makan Populer di Kunming

Posted: 15 Jun 2020 11:00 PM PDT

Para pelanggan makan di sebuah restoran vegetarian di Kunming, Provinsi Yunnan, China barat daya, pada 14 Juni 2020. Dalam beberapa tahun terakhir, hidangan vegetarian menjadi populer di kalangan konsumen karena semakin banyak restoran vegetarian bermunculan di Kunming. (Xinhua/Chen Xinbo)
Para pelanggan makan di sebuah restoran vegetarian di Kunming, Provinsi Yunnan, China barat daya, pada 14 Juni 2020. Dalam beberapa tahun terakhir, hidangan vegetarian menjadi populer di kalangan konsumen karena semakin banyak restoran vegetarian bermunculan di Kunming. (Xinhua/Chen Xinbo)

Para pelanggan makan di sebuah restoran vegetarian di Kunming, Provinsi Yunnan, China barat daya, pada 14 Juni 2020. Dalam beberapa tahun terakhir, hidangan vegetarian menjadi populer di kalangan konsumen karena semakin banyak restoran vegetarian bermunculan di Kunming. (Xinhua/Chen Xinbo)

Pelanggan memotret hidangan di sebuah restoran vegetarian di Kunming, Provinsi Yunnan, China barat daya, pada 14 Juni 2020. Dalam beberapa tahun terakhir, hidangan vegetarian menjadi populer di kalangan konsumen karena semakin banyak restoran vegetarian bermunculan di Kunming. (Xinhua/Chen Xinbo)
Pelanggan memotret hidangan di sebuah restoran vegetarian di Kunming, Provinsi Yunnan, China barat daya, pada 14 Juni 2020. Dalam beberapa tahun terakhir, hidangan vegetarian menjadi populer di kalangan konsumen karena semakin banyak restoran vegetarian bermunculan di Kunming. (Xinhua/Chen Xinbo)

Pelanggan memotret hidangan di sebuah restoran vegetarian di Kunming, Provinsi Yunnan, China barat daya, pada 14 Juni 2020. Dalam beberapa tahun terakhir, hidangan vegetarian menjadi populer di kalangan konsumen karena semakin banyak restoran vegetarian bermunculan di Kunming. (Xinhua/Chen Xinbo)

Hidangan vegetarian yang disajikan sebuah restoran vegetarian di Kunming, Provinsi Yunnan, China barat daya pada 14 Juni 2020. Dalam beberapa tahun terakhir, hidangan vegetarian menjadi populer di kalangan konsumen karena semakin banyak restoran vegetarian bermunculan di Kunming. (Xinhua/Chen Xinbo)
Hidangan vegetarian yang disajikan sebuah restoran vegetarian di Kunming, Provinsi Yunnan, China barat daya pada 14 Juni 2020. Dalam beberapa tahun terakhir, hidangan vegetarian menjadi populer di kalangan konsumen karena semakin banyak restoran vegetarian bermunculan di Kunming. (Xinhua/Chen Xinbo)

Hidangan vegetarian yang disajikan sebuah restoran vegetarian di Kunming, Provinsi Yunnan, China barat daya pada 14 Juni 2020. Dalam beberapa tahun terakhir, hidangan vegetarian menjadi populer di kalangan konsumen karena semakin banyak restoran vegetarian bermunculan di Kunming. (Xinhua/Chen Xinbo)

Para koki memasak hidangan di sebuah restoran vegetarian di Kunming, Provinsi Yunnan, China barat daya, pada 14 Juni 2020. Dalam beberapa tahun terakhir, hidangan vegetarian menjadi populer di kalangan konsumen karena semakin banyak restoran vegetarian bermunculan di Kunming. (Xinhua/Chen Xinbo)
Para koki memasak hidangan di sebuah restoran vegetarian di Kunming, Provinsi Yunnan, China barat daya, pada 14 Juni 2020. Dalam beberapa tahun terakhir, hidangan vegetarian menjadi populer di kalangan konsumen karena semakin banyak restoran vegetarian bermunculan di Kunming. (Xinhua/Chen Xinbo)

Para koki memasak hidangan di sebuah restoran vegetarian di Kunming, Provinsi Yunnan, China barat daya, pada 14 Juni 2020. Dalam beberapa tahun terakhir, hidangan vegetarian menjadi populer di kalangan konsumen karena semakin banyak restoran vegetarian bermunculan di Kunming. (Xinhua/Chen Xinbo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Pemain yang Moncer Setelah Pindah Posisi: Dari Schweinsteiger Hingga Ronaldo

Posted: 15 Jun 2020 11:00 PM PDT

Turin - Pemain yang punya talenta istimewa banyak juga yang gagal jadi bintang besar. Ada berbagai faktor yang mungkin menjadi penyebabnya. 

Bisa jadi, beberapa dari mereka gagal karena tidak bermain pada posisi yang seharusnya. Para pemain muda kerap memilih posisi sesuai dengan idolanya, dan terus bertahan di sana.

Padahal terkadang mereka tidak memiliki bakat yang cukup untuk bermain pada posisi tersebut.

Kasus seperti ini tidak terjadi kepada mereka yang sedang menimba ilmu di akademi. Bahkan, beberapa pemain juga baru menyadari posisi terbaiknya saat sudah menembus pentas yang lebih profesional.

Benar kata banyak orang, meninggalkan zona nyaman ternyata besar kegunaannya.

Dilansir dari Planet Football, berikut ini lima pesepak bola yang bersinar di pentas sepak bola dunia setelah memutuskan berganti posisi.

1. Thierry Henry

(AFP/Odd Andersen)
(AFP/Odd Andersen)

Thierry Henry gagal menunjukkan kualitasnya sewaktu memperkuat Juventus, sehingga hanya bertahan selama satu musim di sana. Di klub raksasa Italia itu, ia dimainkan sebagai penyerang sayap.

Beruntung buat Henry, Arsene Wenger tahu dirinya tidak seharusnya dimainkan pada posisi tersebut. Lantas, ia memindahkan Henry ke posisi penyerang yang membuatnya menjadi seorang legenda di The Gunners.

"Pada satu waktu, saya ingin bertemu Wenger dan meminta untuk dikembalikan ke posisi yang lebih melebar. Lalu, saya berkata kepada diri sendiri bahwa saya harus bereaksi, saya tidak boleh gagal untuk kedua kalinya hanya beberapa bulan setelah mengalami hal negatif di Turin," ucap Henry.

 

2. Bastian Schweinsteiger

(AFP/Patrik Stollarz)
(AFP/Patrik Stollarz)

Final Piala Dunia 2014 menjadi salah satu panggung terbaik Bastian Schweinsteiger di pentas internasional. Ia sukses membuat fans Jerman melupakan Sami Khedira dan Toni Kroos yang mengalami kesulitan.

Schweinsteiger bertarung melawan para pemain Argentina yang menjadi lawan Jerman. Padahal, Schweinsteiger kala itu sedang bermain sebagai gelandang tengah yang bukan tempatnya sebenarnya.

Selama delapan tahun, Schweinsteiger menjalani kariernya sebagai gelandang yang bermain lebih melebar. Sementara, waktu masih di Bayern Munchen, sektor tengah sering diisi oleh Michael Ballack, Jens Jeremies, dan Owen Hargreaves.

 

3. Cristiano Ronaldo

(AFP/Paul Ellis)
(AFP/Paul Ellis)

Ronaldo tiba di Old Trafford sebagai seorang penyerang sayap. Ia sudah beroperasi di posisi tersebut saat masih memperkuat klub lamanya, Sporting Lisbon.

Namun, pada suatu waktu, Sir Alex Ferguson selaku pelatih Manchester United menaruhnya sebagai penyerang sentral. Sementara Carlos Tevez dan Wayne Rooney diposisikan lebih melebar untuk menunjang performa Ronaldo.

Sekarang, Ronaldo dikenal sebagai salah satu penyerang terbaik di dunia. Ia membukukan total 450 gol dari 438 pertandingan di semua kompetisi bersama Real Madrid sebelum memutuskan pindah ke Juventus tahun 2018.

 

4. Andrea Pirlo 

(AFP/Paco Serinelli)
(AFP/Paco Serinelli)

Saat berbicara soal pengatur serangan terbaik di dunia sepak bola, jelas nama Andrea Pirlo tidak boleh dilupakan. Bisa dibilang, dia adalah salah satu deep-lying playmaker terbaik dalam sejarah.

Perlu diketahui bahwa Pirlo baru menjalani peran tersebut saat bersama AC Milan. Sebelumnya, saat masih bermain untuk Brescia, Inter, dan Reggina, Pirlo dikenal sebagai seorang trequartista.

Perbedaan posisi ini terbilang mencolok, walau sama-sama memiliki peran sebagai gelandang. Seorang trequartista beroperasi di belakang striker, sementara deep-lying midfielder bermain tepat di depan kedua bek.

 

5. Gianluca Zambrotta

(AFP/Filippo Monterforte)
(AFP/Filippo Monterforte)

Pada 1999, Juventus resmi merekrut Zambrotta dari Bari. Kala itu ia dikenal sebagai penyerang sayap potensial di negara Pizza tersebut.

Namun Piala Dunia 2002 membuat semuanya jadi berubah. Zambrotta mengalami cedera pasca kompetisi tersebut dan Juventus telah menemukan sosok penggantinya, yakni Mauro Camoranesi dari Verona.

Marcello Lippi jelas tidak ingin pemain seperti Zambrotta hanya menjadi penghias bangku cadangan. Oleh karena itu, ia memberikan tugas sebagai bek sayap untuk Zambrotta yang terus dimainkan sampai ia memutuskan pensiun.

Sumber: Planet Football

Disadur dari: Bola.net (Penulis Yaumil Azis, published: 15/6/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manguji Kebolehan Kamera Redmi Note 9 Pro yang Mulai Dijual Hari Ini

Posted: 15 Jun 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi hari ini memulai penjualan perdana smartphone kelas menengah terbarunya, Redmi Note 9 series.

Perangkat ini mengunggulkan performa, dukungan baterai bongsor, dan juga kameranya. Terutama untuk Redmi Note 9 Pro yang didukung dengan empat kamera, salah satunya dengan sensor 64MP.

Berikut adalah spesifikasi lengkap kamera Xiaomi Redmi Note 9 Pro:

- kamera wide-angle 64MP lensa 6P dengan ukuran sensor 1/1/72", 1.6mikron pixel 4-in-1 super pixel dan bukaan kamera f/1.89.

- kamera 8MP, ultra wide-angle 119 derajat lensa 5P dengan bukaan kamera f/2.2 dan ukuran piksel 1.12 mikron piksel

- kamera 5MP makro

- kamera 2MP depth sensor

sementara kamera selfie-nya memiliki sensor 16MP lensa 5P dengan bukaan f/2.48.

Lantas, bagaimana hasil foto menggunakan Redmi Note 9 Pro, simak foto-foto berikut!

Foto Resolusi Tinggi

Tampilan Redmi Note 9 Pro yang baru diperkenalkan. (Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani)
Tampilan Redmi Note 9 Pro yang baru diperkenalkan. (Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani)

Karena Redmi Note 9 Pro memboyong kamera beresolusi 64MP, foto yang dihasilkan pun memiliki ukuran file yang cukup besar. Dalam sebuah percobaan, kami menjepret objek dengan resolusi tinggi. 

Hasilnya, foto-foto tersebut memiliki ukuran file 20MB bahkan hingga 33MB (hasil foto di bawah ini ukurannya dikompres ketika diunggah). 

Berdasarkan pengalaman kami, ketika dikrop pada bagian tertentu, hasilnya masih cukup tajam. 

Foto lainnya, diambil dengan kamera lensa 64MP:

Ketika dicrop:

Foto lainnya:

Hasil foto ketika dicrop:

Hasil Zoom dan Portrait

Redmi Note 9 Pro | dok. Xiaomi Indonesia
Redmi Note 9 Pro | dok. Xiaomi Indonesia

Kami juga menjajal sejumlah mode lainnya di Redmi Note 9 Pro. Misalnya foto zoom dan portrait. Berikut adalah hasil fotonya:

Perhatikan foto di bawah ini, buah nangka ketika di-zoom 3x lipat.

Hasil foto menggunakan depth sensor/ bokeh:

Perhatikan, hasil foto bokeh menggunakan Redmi Note 9 Pro cukup rapi. Selain itu kita juga bisa memilih efek bokeh yang ingin diterapkan beserta tingkat keburaman background fotonya. 

Percobaan Lensa Wide-angle

Kami juga mencoba mode ultra wide-angle 119 derajat dengan sensor 8MP milik Xiaomi Redmi Note 9 Pro. Berikut adalah hasilnya:

Bandingkan dengan hasil foto tanpa kamera ultra wide angle berikut ini:

Hasil foto dengan kamera ultra-wide angle:

Bandingkan dengan hasil foto berikut yang tanpa kamera ultra-wide angle:

Foto Malam Hari dan Selfie

Kami menguji kemampuan kamera Redmi Note 9 Pro untuk memotret kondisi malam hari. Hasilnya cukup memuaskan, berikut adalah beberapa hasil fotonya:

Berikut adalah hasil jepretan Redmi Note 9 Pro saat malam hari. Foto di sebelah kanan, tanpa menggunakan mode Malam. Sementara foto di sebelah kiri, menggunakan mode Malam.

Selanjutnya, hasil foto selfie menggunakan kamera 16MP milik Redmi Note 9 Pro:

Bagaimana menurut kamu hasil foto-foto dengan Redmi Note 9 Pro?

(Tin/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Alasan Anies Memberlakukan Ganjil Genap Kios di Pasar

Posted: 15 Jun 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemprov DKI tetap menerapkan sistem buka ganjil genap terhadap kios-kios di pasar selama pandemi Corona. Cara tersebut menurut gubernur adalah yang paling efektif mencegah corona

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pusat Perbelanjaan beroperasi Pemerintah Minta Protokol Kesehatan Dipatuhi

Posted: 15 Jun 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Telah dibukanya kembali pusat perbelanjaan di masa new normal Covid-19. Membuat pemerintah mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Foto Lawas Dokter Reisa Broto Asmoro, Bukti Cantik Sedari Dulu

Posted: 15 Jun 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa sih yang tidak mengenal Reisa Broto Asmoro? Dokter cantik yang ditunjuk sebagai juru bicara penanganan COVID-19 dan bertugas sebagai Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas. Gaya penampilan dokter berusia 34 tahun ini selalu mencuri perhatian sejak dulu.

Reisa Broto Asmoro mulai dikenal publik setelah mengikuti kontes Puteri Indonesia pada 2010. Nama perempuan kelahiran Malang, 28 Desember 1985 mulai meroket usai menjadi pembawa acara di progam kesehatan Dr. Oz Indonesia.

Sejak mengawali karier sebagai kontestan Putri Indonesia, gaya penampilan Reisa sudah mencuri perhatian publik. Parasnya yang cantik serta pembawaan yang kalem, membuat dokter yang pernah mendapatkan gelar Puteri Indonesia Lingkungan 2010 ini selalu dinantikan publik penampilannya.

Penasaran kan bagaimana foto dokter Reisa yang sudah cantik sedari dulu? Berikut Liputan6.com rangkum dari Instagram @reisabrotoasmoro, foto lawas dokter Reisa Broto Asmoro, Selasa (16/6/2020).

 

1. Momen wisuda Reisa Broto Asmoro, wanita 34 tahun ini menyelesaikan pendidikan kedokteran di Universitas Pelita Harapan.

5 Foto Lawas Dokter Reisa Broto Asmoro, Bukti Cantik Sedari Dulu (sumber: Instagram.com/reisabrotoasmoro)
5 Foto Lawas Dokter Reisa Broto Asmoro, Bukti Cantik Sedari Dulu (sumber: Instagram.com/reisabrotoasmoro)

2. Sedari dulu, paras dokter sekaligus model ini sudah mencuri perhatian dengan kecantikannya.

5 Foto Lawas Dokter Reisa Broto Asmoro, Bukti Cantik Sedari Dulu (sumber: Instagram.com/reisabrotoasmoro)
5 Foto Lawas Dokter Reisa Broto Asmoro, Bukti Cantik Sedari Dulu (sumber: Instagram.com/reisabrotoasmoro)

3. Ia juga pernah mewakili Indonesia dalam kontes Miss International 2011. Sebelumnya ia mengikuti Puteri Indonesia 2010.

5 Foto Lawas Dokter Reisa Broto Asmoro, Bukti Cantik Sedari Dulu (sumber: Instagram.com/reisabrotoasmoro)
5 Foto Lawas Dokter Reisa Broto Asmoro, Bukti Cantik Sedari Dulu (sumber: Instagram.com/reisabrotoasmoro)

4. Perempuan kelahiran Malang, 28 Desember 1985 selalu eksis mengikuti tren kekinian seperti 10 years challenge.

5 Foto Lawas Dokter Reisa Broto Asmoro, Bukti Cantik Sedari Dulu (sumber: Instagram.com/reisabrotoasmoro)
5 Foto Lawas Dokter Reisa Broto Asmoro, Bukti Cantik Sedari Dulu (sumber: Instagram.com/reisabrotoasmoro)

5. Sedari dulu, peraih gelar Puteri Indonesia Lingkungan 2010 ini memang sudah terlihat cantik menawan.

5 Foto Lawas Dokter Reisa Broto Asmoro, Bukti Cantik Sedari Dulu (sumber: Instagram.com/reisabrotoasmoro)
5 Foto Lawas Dokter Reisa Broto Asmoro, Bukti Cantik Sedari Dulu (sumber: Instagram.com/reisabrotoasmoro)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aturan Baru Naik AirAsia, di Kabin Cuma Boleh Bawa Tas Kecil

Posted: 15 Jun 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - AirAsia Indonesia mengeluarkan protokol keselamatan dan kesehatan bagi kru penerbangan, penumpang dan karyawan  di periode new normal ini. Langkah AirAsia ini merupakan bagian dari penanganan dan pengendalian pandemi Corona. 

Direktur Keselamatan Penerbangan AirAsia Indonesia Achmad Sadikin mengatakan, sebagai salah satu moda transportasi dengan standar keamanan tertinggi, AirAsia terus berupaya melindungi dan memastikan kesehatan penumpang dan staf AirAsia sesuai dengan kebijakan kesehatan dari pemerintah serta otoritas penerbangan sipil dan badan kesehatan setempat dan global, termasuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Selama masa hibernasi, seluruh staf kami termasuk pilot dan awak kabin AirAsia telah menjalani pelatihan intensif terkait prosedur keselamatan penerbangan yang senantiasa diperbarui sesuai dengan perkembangan kebijakan terbaru sebagai persiapan menjelang pengoperasian kembali penerbangan kami," kata dia dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (16/6/2020).

Berikut sejumlah protokol keselamatan dan kesehatan AirAsia Indonesia:

1. Protokol kenormalan baru untuk tamu atau penumpang

- Semua tamu wajib menjalankan pemeriksaan suhu tubuh, memperhatikan marka jaga jarak aman dan menggunakan masker sebelum, selama, dan sesudah penerbangan. Tamu disarankan membawa masker cadangan dan membersihkan tangan secara rutin.

- AirAsia memperkenalkan kebijakan baru terkait barang bawaan penumpang untuk meminimalisir sentuhan dengan penumpang lainnya. Penumpang hanya diperbolehkan membawa 1 tas kecil ke dalam pesawat berupa tas laptop atau tas jinjing dengan ukuran 40cm (Tinggi) x 30cm (Lebar) x 10cm dengan berat tidak lebih dari 7Kg.

Barang bawaan yang di luar ketentuan tersebut akan dibagasikan. AirAsia menyediakan jatah bagasi gratis sebesar 15 Kg untuk penerbangan domestik.

- Sesuai peraturan terbaru, AirAsia akan membatasi penjualan makanan dan cinderamata saat penerbangan. Penumpang diharapkan telah memesan makanan dan minuman melalui fitur 'Pembelian Saya' di airasia.com atau aplikasi AirAsia setidaknya 24 jam sebelum jadwal keberangkatan.

- AirAsia akan menjalankan manajemen pergerakan tamu selama proses naik dan turun pesawat untuk kenyamanan semua tamu.

- Informasi lebih lengkap mengenai prosedur keselamatan dan persyaratan perjalanan untuk tamu AirAsia dapat diakses melalui Panduan Terbang Bersama AirAsia Selama Masa Kewaspadaan COVID-19 yang diperbarui secara berkala.

 

2. Protokol kenormalan baru untuk staf yang bertugas

AirAsia
AirAsia

- Selama penerbangan awak kabin wajib menggunakan alat pelindung, seperti masker, sarung tangan, kacamata pelindung, dan rutin membersihkan tangan. Celemek berbahan plastik atau pakaian hazmat akan digunakan pada kondisi tertentu.

- Saat melayani tamu, semua petugas darat wajib menggunakan alat pelindung, seperti masker, sarung tangan, pelindung wajah, dan cairan pembersih tangan.

- Semua staf akan menjalani program monitoring kesehatan mandiri, termasuk pemeriksaan suhu tubuh secara rutin serta melaporkan kondisi kesehatan secara digital.

- Awak kabin akan menyapa tamu yang masuk ke dalam pesawat dengan salam khusus yaitu "ASEAN greeting" untuk meminimalkan kontak langsung.

- Awak kabin akan melakukan desinfeksi secara rutin pada saat penerbangan di beberapa area kabin pesawat, seperti lavatory (termasuk pintu, pegangan pintu, wastafel dan tempat sampah) dan galley atau dapur (termasuk meja, tempat penyimpanan, alas makan dan pegangannya).

 

3. Protokol kenormalan baru untuk perkantoran/ruang usaha

Pesawat AirAsia. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Pesawat AirAsia. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

- Selama berada di lingkungan kantor AirAsia, staf dan tamu wajib menggunakan masker atau alat pelindung lainnya seperti sarung tangan sesuai ketentuan perusahaan.

- Pemeriksaan suhu badan akan dilakukan di pintu masuk. Seluruh pengunjung diharuskan mengisi formulir kesehatan sebelum memasuki lingkungan kerja AirAsia. Absen sidik jari untuk sementara ditiadakan bagi para staf AirAsia.

- Perusahaan memberlakukan penjadwalan kerja khusus bagi staf yang bekerja di kantor (work from office) dengan ketentuan jumlah yang bekerja dari kantor maksimal 50 persen dari kapasitas masing-masing departemen.

- Seluruh area gedung akan selalu dibersihkan dengan melakukan penyemprotan desinfektan atau metode lainnya sesuai dengan protokol kesehatan.

- Perusahaan telah membentuk satuan tugas khusus yang akan melakukan pemantauan rutin di setiap ruang kerja secara berkala untuk memastikan diterapkannya protokol kenormalan baru.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selandia Baru Laporkan 2 Kasus Baru Setelah 24 Hari Bebas Dari COVID-19

Posted: 15 Jun 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Selandia Baru mengkonfirmasi dua kasus baru COVID-19 setelah melewati 24 hari tanpa kasus positif.

Kedua orang yang mengawali kasus baru ini dilaporkan sempat bepergian ke Inggris. Sebelumnya, mereka telah diberi pengecualian khusus untuk masuk ke Selandia Baru karena kepentingan menghadiri pemakaman.

Pekan lalu, Selandia Baru mencabut semua pembatasan domestik dan menyatakan bahwa negara itu bebas virus.

Namun, pembatasan perbatasan yang ketat tetap ada dengan hanya warga negara dan pekerja penting yang diizinkan masuk.

Semua kedatangan orang ke Selandia Baru harus melalui pengujian COVID-19 terlebih dahulu dan harus melaksanakan periode isolasi atau karantina selama 14 hari.

Virus Dapat Kembali

Pekan lalu, kasus COVID-19 di Selandia Baru sudah mencapai titik terendah. Hal tersebut  menjadikannya salah satu dari sedikit negara di dunia yang memungkinkan untuk kembali ke normalitas pra-pandemi.

Dengan demikian, jarak sosial tidak diberlakukan lagi dan tidak ada batasan pada pertemuan publik.

Perdana Menteri Jacinda Ardern mengumumkan bahwa kasus COVID-19 di negaranya telah reda, namun tetap memperingatkan masyarakat bahwa virus tersebut "dapat kembali lagi," ujar Jacinda mengutip BBC.

Selandia Baru telah dipuji atas kisah sukses dalam penanganan virusnya karena dengan cepat menutup perbatasan dan menerapkan karantina ketat secara nasional.

Kasus-kasus terbaru ini menambah jumlah total COVID-19 di Selandia Baru sejak wabah dimulai yaitu sebanyak 1.506 kasus dengan korban tewas tetap pada angka 22.

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Vicky Prasetyo dan Zaskia Gotik Bertemu Lagi, Ini yang Selanjutnya Terjadi

Posted: 15 Jun 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Cerita cinta Vicky Prasetyo dan Zaskia Gotik sempat ramai diperbincangkan saat keduanya masih memadu kasih. Selepas itu, Vicky Prasetyo dan Zaskia Gotik menjalani hidup masing-masing.

Sekian lama, Vicky Prasetyo dan Zaskia Gotik tak bertemu dan saling menyapa. Aktivitas keduanya di panggung hiburan yang sibuk, membuat keduanya tak pernah berpapasan ataupun bertemu secara langsung.

Hingga akhirnya Vicky Prasetyo dan Zaskia Gotik kembali bertemu setelah sekian lama. Saat bertemu dengan Vicky Prasetyo, Zaskia Gotik sudah resmi menjadi istri Sirajuddin Mahmud.

Lantas, apa yang terjadi dalam momen pertemuan Vicky Prasetyo dan Zaskia Gotik?

Ucapkan Selamat

Zaskia Gotik. (Bambang E. Ros/Bintang.com)
Zaskia Gotik. (Bambang E. Ros/Bintang.com)

Vicky Prasetyo mengaku mengucapkan selamat atas pernikahan Zaskia Gotik dan Sirajuddin Mahmud.  "Ngucapin (selamat) waktu terlibat di program berbuka dan sahur kemarin. Komunikasi sebatas itu," aku Vicky Prasetyo saat ditemui di kawasan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, pekan lalu.

Diberi Pesan

Vicky Prasetyo. (Bambang E.Ros/Bintang.com)
Vicky Prasetyo. (Bambang E.Ros/Bintang.com)

Meski begitu, Zaskia Gotik sempat memberikan sebuah pesan untuk komedian serta pembawa acara tersebut. Yakni agar selalu bahagia dengan pasangan yang dimiliki. 

"Dia pernah ngasih tahu aku: 'Kamu juga bahagia ya Vick dengan pasangan kamu'," tutur Vicky Prasetyo menirukan ucapan Zaskia Gotik.

 

Pantau Kabar Zaskia Gotik

(dok. Instagram)
(dok. Instagram)

Vicky Prasetyo mengaku sudah lama move on dari Zaskia Gotik. Namun dia sering tahu kabar terbaru sang mantan dari warganet yang kerap menandainya di sosial media. 

Di-tag Warganet

Zaskia Gotik. (Adrian Putra/Bintang.com)
Zaskia Gotik. (Adrian Putra/Bintang.com)

"Setiap ada foto dia, berita dia, di-tag ke gue mulu sama orang. Jadi mau enggak mau tahu perkembangannya (kisah cinta Zaskia)," tutup mantan suami Angel Lelga tersebut. (Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PM Morrison Tegaskan Australia Tak Akan Tunduk Ancaman China

Posted: 15 Jun 2020 10:57 PM PDT

, Canberra - Perdana Menteri Australia Scott Morrison menegaskan negaranya tidak akan tunduk pada ancaman yang dilontarkan China terkait perdagangan, pariwisata dan pendidikan.

Ketegangan diplomatik kedua negara kian memanas setelah Australia mendesak digelarnya penyelidikan mengenai asal-usul penyebaran Virus Corona COVID-19, yang mendapat kecaman keras dari China. Demikian seperti mengutip laman ABC Indonesia, Selasa (16/6/2020).

Organisasi World Health Assembly bulan lalu telah menyetujui penyelidikan independen atas pandemi COVID-19 setelah mendapat lobi dari Australia dan Uni Eropa.

China berada di bawah tekanan internasional terkait penyelidikan asal-usul penyebaran Virus Corona COVID-19, namun tampaknya telah mengambil langkah-langkah untuk "menghukum" Australia yang memulai usulan tersebut.

Pemerintah Australia kembali harus merespons ancaman China pekan lalu, yang menyarankan mahasiswanya mempertimbangkan kembali untuk kuliah di Australia karena tidak aman akibat meningkatnya serangan rasis.

Hubungan Panas China dan Australia

Bendera negara Australia - AFP
Bendera negara Australia - AFP

China sebelumnya telah mengenakan tarif impor untuk gandum Australia, melarang impor daging sapi dari sejumlah rumah potong hewan, serta melarang turis ke Australia.

Menanggapi hal ini, PM Morrison pekan lalu menegaskan, pihaknya tidak akan tunduk atau terintimidasi oleh negara lain.

"Kita negara perdagangan terbuka, kawan. Tapi saya tak akan pernah mengorbankan nilai-nilai kita dalam menanggapi tekanan dari siapa pun," ujar PM Morrison kepada stasiun radio 2GB.

Ia menambahkan, terserah pada mahasiswa China sendiri untuk memutuskan datang kuliah ke Australia atau tidak.

"Australia menawarkan produk pendidikan dan pariwisata terbaik di dunia," katanya.

"Kemampuan warga China untuk memilih datang ke Australia selama ini merupakan keputusan mereka sendiri," kata PM Morrison.Menanggapi alasan China yang menuding Australia tak aman bagi turis dan mahasiswa asal China, PM Morrison menyebut alasan itu sebagai "sampah".

"Itu penilaian konyol dan terbantahkan. Pernyataan itu bukan berasal dari pemimpin China," ujarnya dalam wawancara terpisah dengan stasiun radio 3AW.

Menurut dia, kekhawatiran yang dilontarkan oleh pemerintah China terkait keamanan warganya di Australia adalah urusan pemerintah China sendiri.

"Kami tak melakukan kesalahan apa-apa, tidak bertindak yang menyaalahi nilai-nilai kami, atau melakukan sesuatu yang merusukan kemitraan kami dengan China," ujarnya.

Juru bicara urusan pendidikan dari pihak oposisi Australia, Tanya Plibersek menyatakan Australia menawarkan sistem pendidikan tinggi terbaik di dunia dan pihaknya menunggu para mahasiswa China kembali memulai kuliah mereka di sini.

Departemen Luar Negeri Australia secara terpisah menyatakan telah melayangkan protes resmi ke Departemen Luar Negeri China di Beijing serta Kedutaan Besar mereka di Canberra terkait peringatan perjalanan bagi turis dan mahasiswa China tersebut.

China merupakan mitra dagang terbesar Australia dengan nilai perdagangan kedua negara mencapai AU$235 miliar per tahun.

China Minta Australia Tangani Rasisme

Ilustrasi (iStock)
Ilustrasi (iStock)

Menanggapi perkembangan hubungan kedua negara, juru bicara Deplu China, Hua Chunying menuding Australia "takut dan tak mau" mengatasi masalah rasisme yang dihadapinya.

Ia mempertanyakan bagaimana bisa PM Morrison begitu percaya diri menawarkan pariwisata dan layanan pendidikan bagi mahasiswa asing bila terjadi banyak serangan rasis dan diskriminatif.

"Kami menyarankan agar Australia mengatasi masalahnya, coba merenung dan mengambil langkah nyata untuk melindungi keamanan, hak dan kepentingan warga China di Australia," ujar Hua.Hua dalam kesempatan itu mengesampingkan penelitian tim Harvard dan Boston University atas data satelit yang menunjukkan penyebaran virus corona dari rumah sakit di Wuhan terjadi lebih awal daripada yang dilaporkan Pemerintah China.

Laporan penelitian yang belum melalui proses 'peer-review' ini menganalisis foto-foto tempat parkir rumah sakit di Wuhan serta trend yang ditunjukkan mesin pencari elektronik Baidu.

Tim peneliti yang dipimpin Elaine Nsoesie dari Boston University menemukan adanya "peningkatan tajam" sejak Agustus 2019 soal volume kegiatan di area parkir rumah sakit di Wuhan dan "mencapai puncaknya" pada Desember 2019.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jika Ditemukan Kasus Positif Corona Covid-19, Sekolah Akan Kembali Dihentikan

Posted: 15 Jun 2020 10:54 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Proses pembelajaran tatap muka di sekolah akan langsung dihentikan jika ditemukan adanya siswa yang positif terinfeksi virus corona Covid-19. Hal itu diungkap Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto.

Terawan menyatakan, pihaknya akan melakukan tracing atau penelusuruan agar penyebaran virus corona Covid-19 di sekolah tak meluas.

"Aktivitas sekolah akan dihentikan sementara dan terus juga lakukan tracing," kata Terawan dalam video conference, Senin (15/6/2020).

Menurut Terawan, Puskesmas dan Dinas Kesehatan akan berkoordinasi dengan sekolah untuk mencegah penyebaran virus corona. Dia menjelaskan, pembukaan kembali sekolah setelah ditemukan kasus positif nantinya mengikuti kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

 

Terus Pantau

Menkes Terawan Agus Putranto memberikan keterangan terkait dua WNI yang terjangkit virus corona di Kemenkes, Jakarta, Senin (2/3/2020). Diketahui, keduanya tertular virus corona dari warga negara Jepang yang berkunjung ke rumah mereka di Depok, beberapa waktu lalu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Menkes Terawan Agus Putranto memberikan keterangan terkait dua WNI yang terjangkit virus corona di Kemenkes, Jakarta, Senin (2/3/2020). Diketahui, keduanya tertular virus corona dari warga negara Jepang yang berkunjung ke rumah mereka di Depok, beberapa waktu lalu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Terawan mengatakan, pihaknya akan terus memantau sekolah-sekolah di zona yang dapat dibuka kembali. Hal ini untuk memastikan agar proses pembelajaran di sekolah berjalan aman di masa pandemi corona.

"Kami akan terus memantau ke sekolah itu. Betul-betul menjadi hijau, tidak ada kasus lagi dan bisa dibuka. Sehingga berjalannya pendidikan bisa lancar," dia menjelaskan.

 

Keselamatan dan Kesehatan Murid yang Utama

Dia menuturkan bahwa keselamatan dan kesehatan para murid menjadi prioritas utama pemerintah. Untuk itu, Kementerian Kesehatan akan melakukan pendampingan bagi sekolah-sekolah yang kembali dibuka di zona hijau.

"Juga di dalam konsultatif memonitor kegiatan sekolah itu akan kami lakukan terus-menerus. Mudah-mudahan prioritas untuk keselamatan dan kesehatan dari para murid bisa berjalan dengan baik, kegiatan belajar mengajar bisa berjalan dengan lancar," tutur Terawan.

 

Sekolah Dibuka Bertahap

Nadiem Makarim (Sumber: Kemdikbud.go.id)
Nadiem Makarim (Sumber: Kemdikbud.go.id)

Seperti diketahui, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim akan membuka kembali sekolah di zona hijau atau aman dari penyebaran virus corona secara bertahap. Tahap pertama, SMP, SMA/SMK dan setingkatnya dapat melakukan proses pembelajaran tatap muka pada tahun ajaran baru Juli mendatang.

Tahap selanjutnya atau dua bulan kemudian, SD baru diperbolehkan dibuka. Dua bulan setelah SD dibuka, barulah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dapat melakukan proses pembelajaran tatap muka.

Zona Merah, Kuning, Oranye Masih di Rumah

Sementara itu, Nadiem menegaskan untuk 94 persen peserta didik yang berada di zona merah, oranye, dan kuning masih harus menjalani proses pembelajaran dari rumah. Hal ini lantaran penyebaran virus corona di zona tersebut masih tinggi.

"Untuk daerah dengan zona kuning, orange dan merah yaitu zona-zona yang telah didefinisikan oleh Gugus Tugas yang punya resiko dan penyebaran Covid dilarang saat ini melakukan pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan," ujar Nadiem.

(Lizsa Egeham)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Realisasi Penyaluran Bansos Capai Rp 61,4 Trilin hingga Akhir Mei 2020

Posted: 15 Jun 2020 10:54 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan mencatat realisasi bantuan sosial (bansos) hingga 31 Mei 2020 sebesar Rp 61,4 triliun. Realisasi tersebut melonjak 30 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya yang tercatat sebesar Rp 54 triliun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, penyaluran bantuan sosial yang lebih besar dilakukan untuk memberi bantalan ekonomi akibat dampak pandemi Virus Corona. Sebab, akibat pandemi banyak masyarakat kehilangan mata pencarian.

"Bansos naik 30,7 persen. Ini menggambarkan upaya kita untuk memberikan bantalan sosial akibat berbagai kontraksi ekonomi dan bahkan terjadinya PHK atau orang dirumahkan," ujar Sri Mulyani melalui diskusi online, Jakarta, Selasa (16/6).

Sri Mulyani mengatakan, pada saat ekonomi tertekan, belanja pemerintah banyak yang sudah refocusing atau dialihkan. Hal tersebut bisa menjadi sarana untuk sedikit mengurangi tekanan ekonomi.

"Kita lihat belanja negara juga alami tantangan tidak mudah. Belanja KL kontraksi 6,2 persen, karena refocusing, belanja pegawai kontraksi 4,2 persen, bansos naik 30,7 persen," jelasnya.

 

Belanja Barang

Menteri Keuangan Sri Mulyani saat konferensi pers APBN KiTa Edisi Feb 2019 di Jakarta, Rabu (20/2). APBN 2019, penerimaan negara tumbuh 6,2 persen dan belanja negara tumbuh 10,3 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Menteri Keuangan Sri Mulyani saat konferensi pers APBN KiTa Edisi Feb 2019 di Jakarta, Rabu (20/2). APBN 2019, penerimaan negara tumbuh 6,2 persen dan belanja negara tumbuh 10,3 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Belanja barang tercatat kontraksi sangat dalam karena perjalanan dinas, pertemuan merosot dan tidak ada, semua jadi video conference jadi memicu adanya efisiensi. Sementara itu, belanja modal kontraksi.

"Namun ini karena belanja modal kita minta supaya di multiyears kan. Jadi kalau dari sisi komposisi belanja, ini komposisi yang diinginkan yakni belanja untuk non essential di luar bansos dikendalikan dan sebagian besar fokusnya bantu masyarakat dalam bentuk bansos," tandasnya.

 

Anggun P. Situmorang

Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani Sebut Realisasi Stimulus Fiskal Masih Tersendat

Posted: 15 Jun 2020 10:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Program stimulus fiskal untuk penanganan Corona Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) banyak menghadapi tantangan. Salah satunya di level operasional dan proses administrasi.

"Awal Juni ini kita mulai melakukan monitoring dari pelaksanaan program-program penanganan covid-19 ini," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam APBN Kita, Selasa (26/6/2020)

Di bidang kesehatan, Sri Mulyani membeberkan bahwa implementasi masih sangat kecil meskipun anggarannya sudah dinaikkan menjadi Rp 87,5 triliun.

Menurutnya, masih banyak yang perlu untuk diperbaiki, baik itu untuk insentif tenaga kesehatan, biaya klaim perawatan pasien juga dari sisi proses verifikasi dan dari sisi proses penanganan kasus, baik itu di BNPB sebagai gugus tugas, di Kementerian Kesehatan, maupun di daerah.

"Jadi ada gap antara realisasi keuangan dan fisik, dengan anggaran yang disediakan, maupun dari sisi pelaksanaannya. KIta harap ini dapat segera diakselerasikan baik oleh gugus tugas, Kementerian Kesehatan, maupun daerah," kata Sri Mulyani.

 

Perlindungan Sosial

Menteri Keuangan Sri Mulyani saat konferensi pers APBN KiTa Edisi Feb 2019 di Jakarta, Rabu (20/2). Kemenkeu mencatat defisit APBN pada Januari 2019 mencapai Rp45,8 triliun atau 0,28 persen dari PDB. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Menteri Keuangan Sri Mulyani saat konferensi pers APBN KiTa Edisi Feb 2019 di Jakarta, Rabu (20/2). Kemenkeu mencatat defisit APBN pada Januari 2019 mencapai Rp45,8 triliun atau 0,28 persen dari PDB. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sementara itu, Menkeu menyebutkan bahwa program perlindungan sosial mengalami kemajuan sangat signifikan, yakni terealisasi sebanyak 28,63 persen.

"Sampai saat ini sudah 28,63 persen dari keseluruhan alokasi belanja di bidang bansos yang senilai Rp 203,9 triliun," kata dia.

"Namun ini masih perlu untuk dilakukan perbaikan dan sudah cukup memberi banyak manfaat di masyarakat," sambung Sri Mulyani.

 

Insentif Dunia Usaha

Menteri Keuangan Sri Mulyani saat konferensi pers APBN KiTa Edisi Feb 2019 di Jakarta, Rabu (20/2). Kemenkeu mencatat defisit APBN pada Januari 2019 mencapai Rp45,8 triliun atau 0,28 persen dari PDB. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Menteri Keuangan Sri Mulyani saat konferensi pers APBN KiTa Edisi Feb 2019 di Jakarta, Rabu (20/2). Kemenkeu mencatat defisit APBN pada Januari 2019 mencapai Rp45,8 triliun atau 0,28 persen dari PDB. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Untuk insentif dunia usaha sudah terealisasikan 6,8 persen dengang jumlah penerima insentif yang belum maksimal. Menurut Menkeu, dalam implementasi ke depannya, diperlukan sosialisasi yang lebih masif dan melibatkan stakeholders terkait.

Sementara lainya, termasuk UMKM, Pembiayaan Korporasi, dan Sektoral & Pemda, masing-masing realisasinya yakni 0,06 persen, 0 persen, dan 3,65 persen. "Yang melalui perbankan maupun lembaga keuangan lain kita masih perlu untuk bekerja sama dengan OJK dari sisi penyiapan data dan infrastruktur IT-nya agar operasionalnya bisa berjalan secara cepat dan tetap akuntabel," pungkas Menkeu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming SCTV Sinetron Gantang Ganteng Serigala Episode Selasa, 16 Juni 2020

Posted: 15 Jun 2020 10:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siang ini episode Ganteng Gateng Serigala kembali hadir.

Sinetron Ganteng Ganteng Serigala dibintangi Jessica Mila dan pesinetron top lainnya.

Jangan lewatkan penayangan Ganteng Ganteng Serigala via live streaming dengan klik di sini.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

9 Penyebab Kurang Darah atau Darah Rendah, Salah Satunya Dehidrasi

Posted: 15 Jun 2020 10:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kurang darah atau darah rendah biasanya ditandai dengan tubuh yang lemas dan lesu. Napas pengidap darah rendah juga akan lebih pendek dan detak jantungnya lebih cepat. Gejala yang sangat nampak adalah sakit kepala, kaki dan tangan dingin, serta kulitnya pucat. Banyak yang sudah mengalami tetapi tidak memahami penyebab kurang darah atau darah rendah ini.

Penyebab kurang darah atau darah rendah bisa dilihat dari jumlah hemoglobin (HB) tubuh. Jumlah HB pria dan wanita ini berbeda. Pria memiliki HB normal 13.5 gm/dL. Wanita memiliki HB normal 12.0 gm/dL. Jika jumlah HB kurang dari batas normal berarti orang tersebut sedang mengalami kurang darah atau darah rendah.

Penyebab kurang darah atau darah rendah ini tidak boleh disepelekan. Sebab, ketika tekanan darah turun maka asupan darah untuk otak tidak akan tercukupi. Agar dapat terhindar dari kondisi ini, sebaiknya terapkan pola hidup sehat. Seperti halnya menghindari konsumsi kafein di malam hari, minum air putih cukup, dan tidak berbaring usai makan.

Berikut Liputan6.com ulas penyebab kurang darah atau darah rendah dari berbagai sumber, Selasa (16/6/2020).

Penyebab Kurang Darah atau Darah Rendah

Ilustrasi Darah Rendah
Ilustrasi Darah Rendah

Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal kronis bisa menjadi penyebab kurang darah atau darah rendah. Sebab, ginjal akan mengeluarkan hormon untuk membantu sumsum tulang memproduksi sel darah merah. Jika seseorang mengalami penyakit ginjal kronis maka produksi sel darah merah akan terganggu. Hormon yang dibutuhkan oleh sel darah merah menjadi lebih sulit dikeluarkan dalam jumlah banyak.

Sel Darah Sabit

Anemia sel sabit merupakan penyakit keturunan yang menyebabkan kurang darah. Kondisi ini bisa terjadi pada orang keturunan Afrika, Timur Tengah, dan Mediterania. Penderita akan mengalami masalah pada produksi molekul hemoglobin yang abnormal. Kondisi ini akan sangat memengaruhi struktur sel darah merahnya 

Jika sel darah merah umumnya berbentuk bulat seperti huruf O, sel darah sabit berbentuk huruf C. Sehingga sel darah ini akan lebih sulit mengangkut oksigen dan lebih sulit bergerak dalam pembuluh darah. Kondisi sel darah yang demikian akan membuat sel sabit mengelompok dan menggumpal.

Sel darah sabit ini juga akan hancur dalam waktu 20 hari. Durasi waktu kehancuran sel darah sabit dengan normal jauh berbeda. Sebab, sel darah normal akan hancur dalam waktu 120 hari. Kondisi ini tentu mengakibatkan pengidapnya sangat rentan terkena anemia. 

Cuaca

Kekurangan darah atau darah rendah bisa disebabkan karena cuaca atau suhu yang terjadi di lingkungan sekitar. Cuaca udara yang lebih panas bisa menjadi salah satu faktor penyebab darah rendah pada seseorang. Bahkan, darah rendah juga bisa menyerang seseorang yang sering beraktivitas di bawah sinar matahari. Sebab, sinar matahari ini akan menyebabkan suhu tubuh meningkat dan tekanan darah menurun.

 

Penyebab Kurang Darah atau Darah Rendah

Ilustrasi/copyright shutterstock.com
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Hormon Kehamilan

Kehamilan membuat peredaran darah tubuh berkembang lebih cepat. Kondisi ini sangat berbeda dengan kondisi ketika tidak hamil. Perubahan hormonal penyebabnya.

Perubahan ini yang menyebabkan pembuluh darah membesar, dan tekanan darah menurun. Kondisi ini biasanya akan timbul pada trimester pertama kehamilan. Selalu memeriksakan kesehatan sangat dianjurkan jika ibu hamil mengalaminya.

Kekurangan Vitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral sangat diperlukan untuk melakukan produksi sel darah merah oleh tubuh. Vitamin dan mineral ini berupa zat besi, vitamin B12, dan asam folat/vitamin B9. Zat ini sangat penting untuk membantu proses pembentukan hemoglobin. Jika asupan ini tidak terpenuhi dengan baik, maka produksi sel darah merah juga akan terganggu. Tubuh yang kekurangan asam folat dan vitamin B12 biasanya disebabkan karena pola makan yang tidak seimbang. 

Penyakit Jantung

Penyakit jantung termasuk penyebab dari kurang darah atau darah rendah. Penderita penyakit jantung akan lebih mudah terserang darah rendahkarena darah tidak dapat dipompa dengan baik oleh jantung. Kondisi jantung yang  bermasalah inilah penyebabnya. Begitu juga otot jantung yang lemah lebih berisiko menyebabkan darah rendah.

Penyebab Kurang Darah atau Darah Rendah

ilustrasi dehidrasi/pexels
ilustrasi dehidrasi/pexels

Defisiensi Zat Besi

Sumsum tulang sangat membutuhkan zat besi. Zat besi ini akan digunakan untuk memroduksi sel darah merah dengan struktur hemoglobin yang sempurna. Jika proses produksi ini tidak sempurna maka akan mengakibatkan anemia. Penyebab umumnya adalah pola makan yang tidak seimbang.

Kondisi ini bisa terjadi pada orang yang mengalami luka dengan pendarahan kronis. Pendarahan akibat penyakit kanker, polip usus, dan wasir. Hal ini tetap berlaku meskipun jumlah darah yang keluar tidak banyak. Sebab, kandungan zat besi akan ikut terbawa darah yang terus mengalir.

Dehidrasi

Dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh bisa sebabkan kurang darah. Komposisi tubuh dan darah manusia yang utama adalah air. Jika terjadi dehidrasi maka volume darah juga akan mengalami penurunan. Kondisi ini akan semakin parah jika sampai terjadi tekanan darah rendah secara tiba-tiba.  Darah rendah karena dehidrasi ditandai dengan pusing, lemas, dan pingsan.

Perdarahan 

Perdarahan bisa menjadi penyebab kurang darah atau darah rendah. Perdarahan ini berupa mestruasi atau luka. Tidak hanya luka yang terjadi di bagian luar. Luka ini bisa terjadi karena pengidap tukak lambung dan kanker usus besar. Hal ini akan semakin diperparah jika darah tidak kunjung berhenti. Hingga membuat tubuh benar-benar kekurangan darah secara serius.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Berbelanja Aman dan Nyaman di Bandara saat New Normal

Posted: 15 Jun 2020 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah lama tak beroperasi, akhirnya pengelola Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta) yaitu PT Angkasa Pura II, mulai memperbolehkan tenant ritel, makanan dan minuman, kembali membuka layanan.

Meski begitu, Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, meminta agar tenant komersial harus memenuhi ketentuan. Antara lain penyemprotan disinfektan secara berkala di area tenant, kewajiban penggunaan masker bagi karyawan tenant, serta memonitor kesehatan karyawan.

"Bagi pengunjung bandara dan penumpang pesawat, ada baiknya memperhatikan tips ketika berbelanja makanan dan minuman atau produk lainnya di area komersial Bandara Internasional Soekarno-Hatta," kata Awaluddin, Selasa (16/6/2020).

Misalnya, selalu mengutamakan aspek kebersihan dan kesehatan. Penumpang pesawat atau pengunjung bandara wajib menggunakan masker ketika berada di salah satu tenant, dan menggunakan hand sanitizer setelah menyentuh barang-barang.

Kemudian, bertransaksi secara cashless. Misalnya dengan menggunakan dompet digital, uang elektronik, kartu debit, atau kartu kredit. Perhatikan juga jam naik pesawat, penumpang pesawat di bandara harus memperhitungkan betul apakah masih memiliki waktu yang cukup untuk berbelanja.

"Saat ini aspek kebersihan dan kesehatan dikedepankan, sehingga mungkin membutuhkan waktu lebih untuk memproses segalanya di tenant komersial misalnya dalam hal pembayaran dilakukan secara cashless, serta lalu lalang di dalam tenant juga tidak bebas seperti halnya dalam keadaan normal,"kata Awaluddin.

 

Makanan dan Minuman

Calon penumpang menggunakan face shield di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (10/6/2020). PT Angkasa Pura II selaku pengelola mulai menjalankan skenario protokol penerapan tatanan normal baru. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Calon penumpang menggunakan face shield di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (10/6/2020). PT Angkasa Pura II selaku pengelola mulai menjalankan skenario protokol penerapan tatanan normal baru. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Lalu, memilih take away ketika memesan makanan di restoran. Meskipun di dalam restoran meja dan kursi sudah diatur sedemikian rupa untuk jaga jarak, manajemen AP II menyarankan, penumpang pesawat sebaiknya memesan makanan dan minuman untuk dibawa, atau tidak makan di tempat.

Makanan yang dibawa tersebut dapat dinikmati di kursi yang tersedia di boarding lounge atau area lainnya, dimana di jajaran kursi tersebut sudah terdapat rambu-rambu physical distancing.

 

Jangan Langsung Pakai

Petugas memeriksa suhu tubuh penumpang di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (10/6/2020). Skenario protokol mulai dari pemeriksaan kesehatan, penggunaan fasilitas bandara, tramsaksi tanpa uang cash disejumlah tenant bisnis yang ada di bandara. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas memeriksa suhu tubuh penumpang di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (10/6/2020). Skenario protokol mulai dari pemeriksaan kesehatan, penggunaan fasilitas bandara, tramsaksi tanpa uang cash disejumlah tenant bisnis yang ada di bandara. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kemudian, penumpang juga disarankan untuk tidak langsung menggunakan barang yang baru dibeli. Sebab, di bandara seringkali penumpang pesawat membeli barang untuk mendukung penerbangan, seperti kabel charger, powerbank, tas, hingga travel pillow.

"Sebelum langsung digunakan sebaiknya barang-barang tersebut terlebih dahulu dibersihkan menggunakan cairan disinfektan, atau apabila tidak memungkinkan maka sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu di kota tujuan sebelum digunakan, "ujarnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sering Cover Lagu Didi Kempot, Pria Korea Ini Belum Pernah ke Indonesia

Posted: 15 Jun 2020 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Selain di Tanah Air, nama mendiang Didi Kempot rupanya sudah harum di luar negeri. Ini tak lepas dari peran sejumlah warga negara asing yang kerap mempopulerkan musik campursari di dunia maya.

Salah satu sosok yang memperkenalkan lagu Didi Kempot di luar negeri adalah warga Korea Selatan bernama Kanzi. Melalui YouTube, Kanzi sudah banyak mengunggah lagu-lagu Indonesia dalam bahasa Korea yang ia terjemahkan dan rekam sendiri.

Salah satu tembang Indonesa yang dinyanyikan oleh Kanzi adalah "Pamer Bojo" dari Didi Kempot. Penata suara di stasiun televisi KBS ini pun melantunkan bagian 'Cendol Dawet' dengan sangat fasih.

Tahu dari Teman

Kanzi, fans Didi Kempot asal Korea Selatan. (Liputan6.com/Vidio)
Kanzi, fans Didi Kempot asal Korea Selatan. (Liputan6.com/Vidio)

Pria yang juga berprofesi sebagai komposer dan guru vokal ini pun mengaku bahwa dirinya mengenal Didi Kempot melalui seorang temannya yang berasal dari Indonesia.

"Saya tahu dari teman di Indonesia. Lalu saya cari tahu tentang Didi Kempot, dan mengetahui bahwa ia adalah penyanyi yang merepresentasikan suara hati," terang Kanzi dalam wawancara bersama Liputan6.com di program Inspirato bertema 'Konser 3 Negara Ambyar Mengenang Didi Kempot', Senin (15/6/2020) malam.

Menyanyikan Pamer Bojo

(Bambang E.Ros/Fimela.com)
(Bambang E.Ros/Fimela.com)

Kanzi pun mengutarakan alasannya memilih lagu "Pamer Bojo" untuk dinyanyikan ulang ketimbang lagu-lagu Didi Kempot yang lainnya.

"'Pamer Bojo' adalah lagu yang sangat menyentuh yang pernah saya dengar. Saya menulis lirik yang terjadi pada diri saya sehari-hari dan melodinya langsung cocok di telinga saya. Saya sudah cinta lagu ini pada pandangan pertama," terangnya.

Tak Mudah

Tentunya, bukan perkara mudah dalam menyanyikan lagu berbahasa Jawa bagi warga negara asing, terutama Korea Selatan. Hal itulah yang menjadi tantangan untuk Kanzi.

"Sangat sulit karena saya tidak begitu mengerti bahasa Jawa dan arti kata 'cendol dawet'. Awalnya saya kesulitan sekali. Namun setelah mendengar musiknya terus-terusan, saya sangat menyukainya," ujarnya.

"Memakan waktu sekitar dua hari untuk meng-cover lagu ini ke dalam bahasa Korea. Saya mengatur musik dan mengubah liriknya ke bahasa Korea, sampai akhirnya saya bisa mendapatkan melodinya dan bisa merekamnya," lanjutnya.

Belum Pernah ke Indonesia

Menariknya, Kanzi hingga hari ini sama sekali belum menapakkan kakinya ke Indonesia.

"Sampai sekarang, saya belum sempat ke Indonesia, tapi banyak mendengar tentang Indonesia," ungkap Kanzi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Sita Tas dan Sepatu Mewah Istri Nurhadi

Posted: 15 Jun 2020 10:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita puluhan tas dan sepatu mewah milik staf ahli bidang hukum Kemenpan RB, Tin Zuraida. Penyitaan berkaitan dengan kasus dugaan suap dan gratifikasi penanganan perkara di MA yang menjerat suami Tin, yakni mantan Sekretaris MA Nurhadi.

"Iya benar, terkait perkara dengan tersangka NHD dan kawan-kawan, penyidik telah melakukan penyitaan terkait beberapa barang yang diduga ada kaitannya dengan perbuatan para tersangka, di antaranya berupa tas dan sepatu," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Selasa (16/6/2020).

Ali tak menjelaskan detail total tas dan sepatu mewah yang disita tim penyidik. Namun dia memastikan bahwa barang-barang tersebut cukup bernilai.

"Yang cukup bernilai," kata Ali.

Dalam kasus ini, KPK menetapkan mantan Sekretaris MA Nurhadi, Riezky Herbiono yang merupakan menantu Nurhadi, dan Direktur PT Multicon Indrajaya Terminal (PT. MIT) Hiendra Soenjoto sebagai tersangka.

Hiendra dijerat sebagai pihak yang menyuap Nurhadi. Hiendra melalui Rezky Herbiono diduga memberi suap dan gratifikasi dengan nilai total mencapai Rp 46 miliar.

Tercatat ada tiga perkara sumber suap dan gratifikasi Nurhadi, pertama perkara perdata PT MIT vs PT Kawasan Berikat Nusantara, kedua sengketa saham di PT MIT, dan ketiga gratifikasi terkait dengan sejumlah perkara di pengadilan.

Diketahui Rezky diduga menerima sembilan lembar cek atas nama PT MIT dari Direkut PT MIT Hiendra Soenjoto untuk mengurus perkara itu. Cek itu diterima saat mengurus perkara PT MIT vs PT KBN.

Nurhadi Sempat Jadi Buron

Menantu mantan Sekretaris Mahkamah Agung Nurhadi, Rezky Hebriyono (kiri) saat akan menjalani pemeriksaan pascapenahanan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (10/6/2020). Rezky diperiksa sebagai saksi untuk Nurhadi terkait dugaan suap pengurusan perkara di MA tahun 2011-2016. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Menantu mantan Sekretaris Mahkamah Agung Nurhadi, Rezky Hebriyono (kiri) saat akan menjalani pemeriksaan pascapenahanan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (10/6/2020). Rezky diperiksa sebagai saksi untuk Nurhadi terkait dugaan suap pengurusan perkara di MA tahun 2011-2016. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Ketiganya diketahui sempat menjadi buronan dan masuk dalam daftar pencarian orang (DPO). Selama kurang lebih empat bulan menghilang, Nurhadi dan Rezky akhirnya ditangkap tim penindakan KPK di sebuah rumah mewah di kawasan Simprug, Jakarta Selatan.

Tak ada perlawanan berat yang diterima tim penindakan dari Nurhadi dan Rezky. Tim hanya kesulitan untuk masuk ke dalam rumah tersebut lantaran pintunya digembok.

Tim awalnya berusaha masuk secara baik-baik, dengan mengetuk pagar dan pintu rumah, namun tak ada itikada baik dari Nurhadi. Tim kemudian memutuskan untuk membobol pagar dan pintu rumah dengan disaksikan ketua RW setempat.

Nurhadi dan Rezky pun digelandang tim ke lembaga antirasuah untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Tim juga sempat membawa istri Nurhadi, Tin Zuraida untuk dimintai keterangan secara paksa. Sebab, Tin kerap mangkir dalam panggilan pemeriksaan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Niantic Gelar Pokemon Go Fest 2020 secara Virtual

Posted: 15 Jun 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Niantic memutuskan untuk menggelar Pokemon Go Fest 2020 secara virtual.

Mengutip Venture Beat, Selasa (16/6/2020), pandemi Covid-19 yang berdampak pada larangan dan/atau imbauan untuk melakukan kegiatan bersama, menjadi salah satu pertimbangan Niantic.

Alih-alih mengumpulkan orang-orang di sebuah taman, perusahaan berharap Pokemon Go Fest 2020 tetap dapat menyatukan para pemain, meski secara virtual.

Pemain di seluruh dunia dapat turut serta di dalam acara tersebut pada 25 hingga 26 Juli mulai pukul 10 pagi hingga 8 malam waktu setempat.

"Kami ingin menghadirkan kesenangan, dan kami ingin membuat petualangan yang aman bagi orang-orang, seperti yang kami lakukan di tahun lalu," ujar CEO Niantic, John Hanke.

Tantangan tahun ini, kata John, adalah "membawa sebanyak mungkin kesenangan itu, dan khususnya perasaan nyata komunitas, ke sebuah acara di mana para Trainer dapat mengalaminya di mana pun mereka berada."

Niantic Ubah Fitur Raid di Pokemon Go Selama Pandemi Virus Corona

Niantic Labs persiapkan uji coba tahap beta untuk Pokemon Go (Gamerant)
Niantic Labs persiapkan uji coba tahap beta untuk Pokemon Go (Gamerant)

Berhubung pandemi virus corona Covid-19 masih belum diketahui kapan berakhir, gamer setia Pokemon Go pun harus mengurunkan niat main gim tersebut.

Agar pemain setianya tetap aktif dan bersosialisasi satu sama lain dengan aman, Niantic Labs akan meluncurkan pembaruan untuk Pokemon Go.

Pengembang gim fokus pada peningkatan pengalaman bermain di dalam rumah--termasuk melakukan aktivitas raid.

Dikutip dari blog resmi Niantic Labs, Kamis (2/4/2020), perusahaan menambahkan fitur baru agar gamer Pokemon Go bisa menyelesaikan raid bersama teman tanpa harus keluar dari rumah. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pembukaan Mal Bisa Angkat Kinerja Emiten Pusat Perbelanjaan

Posted: 15 Jun 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah mal dan pusat belanja kembali diperbolehkan beroperasi mulai 15 Juni 2020, seiring masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi. Pembukaan pusat perbelanjaan diyakini akan menjadi pendorong positif bagi emiten ritel.

Salah satunya saham PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) yang pada penutupan Senin kemarin, naik 2 persen menjadi Rp 174 dibanding penutupan sebelumnya.

Direktur Lippo Karawaci, John Riady memastikan, mal milik perusahaan akan memberlakukan aturan ketat untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19. 

Adapun mal kelolaan perusahaan antara lain Cibubur Junction, Gajah Mada Plaza, Lippo Mall Kemang, Lippo Mall Puri, Lippo Plaza Kramat Jati, Plaza Semanggi, Pluit Village, dan juga Tamini Square.

Aturan seperti beroperasi dengan membatasi pengunjung maksimal 50 persen. Di mana, setiap orang yang masuk terhitung melalui teknologi smart counter demi mengetahui kepastian kapasitas.

Ketika angka pengunjung telah mencapai batas maksimal 50 persen, nantinya akses masuk akan ditutup sementara hingga pengunjung yang didalam keluar. Kemudian, kapasitas akan dimonitor setiap saat dengan teknologi komputerisasi.

"Mall Lippo semaksimal mungkin mengurangi kontak fisik dan sentuh seperti dengan mengupayakan uang elektronik," jelas dia dalam keterangannya, Selasa (16/6/2020).

Adapun untuk tenant seperti bioskop, tempat bermain anak, pusat kebugaran, spa & reflexology, bar/lounge, klinik kecantikan, salon & barbershop, dan waxing belum beroperasi dan menunggu keputusan lebih lanjut dari pemerintah.

Selama masa penutupan mall dalam 3 bulan terakhir, pendapatan perusahaan mengalami fluktuasi akibat operasional berhenti mengikuti ketentuan pemerintah terkait aturan PSBB.

Namun demikian masih banyak tenant yang bertahan akan kembali membuka usaha. John berharap, pengunjung dapat melakukan aktifitas di dalam mall dengan tetap mengikuti prosedur protokol kesehatan.

Lippo Malls juga akan melakukan pengawasan secara ketat agar pengunjung menjalankan tahapan prosedur dengan baik.

Lippo Malls melakukan persiapan secara detail pada setiap mal yang dikelolanya menjelang pembukaan kembali. Hal itu mencakup pembersihan secara berkala agar area mal higienis.

"Aspek kesehatan menjadi prioritas kami, Lippo Group komitmen mendukung pemerintah dalam memutus mata rantai Covid-19," tegas John.

 

Prediksi

Pekerja membersihkan dan menyusun sepatu di salah outlet di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (2/6/2020). Pengelola mal di DKI Jakarta akan membuka mal-mal pada 5 Juni 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan. (merdeka.com/Arie Basuki)
Pekerja membersihkan dan menyusun sepatu di salah outlet di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (2/6/2020). Pengelola mal di DKI Jakarta akan membuka mal-mal pada 5 Juni 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan. (merdeka.com/Arie Basuki)

Analis Oso Sekuritas Sukarno Alatas menilai LPKR yang memiliki bisnis inti di sektor properti dan juga kesehatan akan memiliki kinerja positif dalam jangka panjang.

Animo di kedua bisnis sektor itu saat ini cukup baik. Sektor kesehatan dianggap menarik karena merupakan segmen bisnis yang saat ini benar-benar dibutuhkan masyarakat.

Sementara, pelonggaran pembatasan sosial serta berlakunya kenormalan baru, akan menimbulkan optimisme dan memungkinkan kinerja operasional mal dan sektor properti berangsur pulih.

Hal ini sejalan dengan membaiknya konsumsi masyarakat. Sukarno optimis, kinerja sektor ritel dan emiten mal properti akan semakin membaik dan pulih di kuartal tiga nanti.

Sebagai informasi, LPKR mengelola 51 mal dengan gross floor area mencapai 3,4 juta meter persegi. Tahun lalu perseroan membukukan pendapatan sebesar Rp 12,32 triliun naik 7,88 persen dibandingkan dengan 2018.

Berdasarkan laporan keuangan perseroan, segmen operasi real estate development menyumbang Rp 3,09 triliun, real estate management Rp 9,22 triliun dan fund management Rp 125,17 miliar.

Selain mall, beberapa hotel juga ikut ditutup sebagai bagian dari upaya mengurangi beban operasional. Parkir yang dikelola sebagian besar dihentikan kegiatan operasionalnya mengikuti Mall atau Hotel.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Negara Ini Pernah Mengalami Perubahan Nama, Sejarahnya Bikin Kagum

Posted: 15 Jun 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setiap negara tentunya memiliki sejarah unik yang menarik perhatian masyarakat dunia. Asal usul nama negara juga memiliki sejarah yang menarik untuk ditelaah. Rupanya, beberapa nama negara yang saat ini kita kenal bukan nama pertama negara tersebut. Sebelumnya, beberapa negara ini pernah mengalami perubahan nama.

Setiap negara tentunya memiliki sejarah uniknya masing-masing. Perubahan nama tentunya menjadi salah satu sejarah unik dari setiap negara. Nama negara yang kini dikenal rupanya bukan menjadi nama utama dari negara tersebut.

Salah satu negara yang pernah mengalami perubahan nama adalah Myanmar. Sebelumnya, nama negara yang terletak di Asia Tenggara ini adalah Burma. Tentunya nama Burma sudah tidak asing di telinga hampir seluruh masyarakat dunia. Jika mempelajari tentang sejarah, nama Burma kerap digunakan dalam beberapa tulisan tentang sejarah.

Selain Myanmar yang nama sebelumnya adalah Burma, terdapat beberapa negara lainnya yang pernah mengubah nama negaranya. Banyak hal yang menyebabkan beberapa negara ini harus mengubah nama negara mereka. Beberapa diantaranya adalah karena pembagian tanah, perubahan nama pemerintah, perang, dan lain sebagainya.

Berikut Liputan6.com merangkum dari Bright Side tentang sejarah 6 negara yang pernah mengalami perubahan nama, Selasa (16/6/2020).

1. Ceylon Menjadi Sri Lanka

6 Negara Ini Pernah Mengalami Perubahan Nama. (Sumber: brightside.me)
6 Negara Ini Pernah Mengalami Perubahan Nama. (Sumber: brightside.me)

Sebelumnya, nama Negara Sri Lanka adalah Ceylon. Ceylon mengubah nama negara yang sebelumnya diberikan oleh Portugis ketika ditemukan pada tahun 1505. Kemudian Ceylon menjadi bagian dari Kerajaan Inggris dan memperoleh kemerdekannya pada tahun 1948. Setelah bertahun-tahun, pemerintah Ceylon memutuskan untuk melakukan perubahan. Pada tahun 2011, nama lama badan resmi ke perusahaan hingga negara dihapuskan dan diganti menjadi nama baru.

2. Holland Menjadi The Netherlands

6 Negara Ini Pernah Mengalami Perubahan Nama. (Sumber: brightside.me)
6 Negara Ini Pernah Mengalami Perubahan Nama. (Sumber: brightside.me)

Belanda atau kini dikenal sebagai The Netherland rupanya bukan nama pertama dari negara kincir angin tersebut. Hal tersebut dilakukan sebagai cara untuk menyatukan semua provinsi yang merupakan bagian dari Belanda. Dua daerah yang menyandang nama 'Belanda' tidak lagi disebut sebagai Belanda Selatan dan Belanda Utara. Pergantian nama ini baru saja dilakukan, yakni pada Januari 2020.

3. Burma Menjadi Myanmar

6 Negara Ini Pernah Mengalami Perubahan Nama. (Sumber: brightside.me)
6 Negara Ini Pernah Mengalami Perubahan Nama. (Sumber: brightside.me)

Pada tahun 1989, pemerintah militer terkemuka negara Myanmar bertekad untuk mengubah nama dari Burma ke Myanmar. Hal tersebut dilakukan dalam upaya untuk melestarikan cara menulis dalam bahasa lokal yakni Myanma. Namun, tidak semua orang setuju dengan keputusan tersebut. Alasan inilah yang membuat beberapa negara bagian masih menyebut negara Myanmar dengan sebutan Burma.

Alasan Myanmar mengubah nama adalah agar lebih mudah dipahami dalam penulisan bahasa lokal negara tersebut. Penggantian Burma menjadi Myanmar juga sudah diakui oleh organisasi PBB.

4. Siam Menjadi Thailand

6 Negara Ini Pernah Mengalami Perubahan Nama. (Sumber: brightside.me)
6 Negara Ini Pernah Mengalami Perubahan Nama. (Sumber: brightside.me)

Nama negara satu ini tentunya sudah tidak asing di telinga seluruh masyarakat dunia. Namun tahukah kamu jika sebelumnya nama Negara Thailand adalah Siam. Salah satu negara yang terletak di Asia Tenggara ini tentunya memiliki sejarah yang menarik untuk ditelaah, salah satunya yakni terkait perubahan namanya.

Perubahan nama Siam ke Thailand tidak terjadi baru-baru ini. Didirikan pada tahun 1939 oleh raja yang memerintah negara pada saat itu. Dalam bahasa lokal, Thailand diucapkan dengan sebutan Prathet Thai, yang berarti "negara orang merdeka".

5. Czech Republic Menjadi Czechia

6 Negara Ini Pernah Mengalami Perubahan Nama. (Sumber: brightside.me)
6 Negara Ini Pernah Mengalami Perubahan Nama. (Sumber: brightside.me)

Cezch Republic atau Republik Ceko mengubah nama negaranya menjadi Czechia. Perubahan nama tersebut dilakukan untuk mempersingkat nama sehingga pelafalan akan lebih muda. Republik Ceko menyingkat nama menjadi Czechia pada bulan April 2016.

Seperti yang diketahui, Republik Ceko memiliki 6 bahasa resmi yakni Inggris, Prancis, Rusia, Cina, Spanyol, dan Arab. Oleh sebab itu, perubahan nama ini untuk memudahkan pelafalan setiap bahasa di negara tersebut. Meskipun nama resmi akan tetap Republik Ceko, Czechia telah menjadi nama resmi singkat negara.

6. Negara Bebas Irlandia Menjadi Irlandia

6 Negara Ini Pernah Mengalami Perubahan Nama. (Sumber: brightside.me)
6 Negara Ini Pernah Mengalami Perubahan Nama. (Sumber: brightside.me)

Pada tahun 1937, Negara Bebas Irlandia mengubah namanya menjadi Irlandia. Hal tersebut dilakukan dengan maksud untuk menghapus semua ikatan dengan Inggris. Oleh sebab itu, ketika semua sudah berakhir, Negara Bebas Irlandia mengubah nama menjadi Irlandia, atau Éire, dalam bahasa Irlandia lokal.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cetak 45 Gol, Lewandowski: Ini Baru Pemanasan

Posted: 15 Jun 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Munchen - Striker Bayern Munchen, Robert Lewandowski, mengaku tak pernah memikirkan trofi individu seperti Ballon d'Or. Ia juga merasa kemampuan terbaiknya belum keluar.

Selama ini bomber Munchen itu tidak pernah menembus tiga besar di Ballon d'Or. Pencapaian terbaiknya hanyalah finis keempat pada 2015.

Namun, Lewandowski punya kesempatan besar untuk memenangi Ballon d'Or 2020 usai mengemas 45 gol bahkan sebelum musim ini berakhir.

"Saya menghadiri upacara penghargaan Ballon d'Or Desember lalu. Kita akan lihat. Apa yang saya coba lakukan adalah selalu menunjukkan yang terbaik dari diri saya sendiri, memenangkan piala dan mencetak lebih banyak gol. Tetapi, ini adalah sesuatu yang datang dengan kolektif. Itu hal yang paling penting," kata Lewandowski kepada France Football.

"Saya bahkan tidak memikirkan Ballon d'Or, bahkan jika dalam hidup, saya percaya bahwa segala sesuatu mungkin terjadi. Saya belum berada dalam periode terbaik. Tapi semua ini hanya angka. Saya yakin bahwa momen terbaik dalam karier saya akan datang. Saya tahu ini bukan kontrak terakhir saya. Saya ingin bermain lebih lama dan tetap bugar," ucap Lewandowski.

Masih Ingin Lama Bermain

(AFP PHOTO / Christof Stache)
(AFP PHOTO / Christof Stache)

Sang bomber belum berpikiran untuk pensiun. Ia masih ingin lama bermain sebagai striker haus gol.

"Saya memiliki semua waktu di depan saya untuk memikirkan masa depan, tetapi saya merasa sangat baik. Saya akan merayakan ulang tahun ke-32 Agustus mendatang, tetapi itu tidak berarti bahwa saya merasa tua."

"Apa yang saya inginkan bukan hanya tetap di level atas selama dua atau tiga tahun ke depan, tapi saya ingin jangka panjang," ia menambahkan.

Klasemen Liga Jerman

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ada 36 Peradaban Alien Hidup di Galaksi Kita, Serius?

Posted: 15 Jun 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Adanya kehidupan selain manusia di luar planet bumi masih menjadi misteri. Sejumlah peneliti ungkap adanya puluhan peradaban alien hidup di planet-planet galaksi Bima Sakti. Benarkah?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hotman Paris Cerita ke Ustaz Abdul Somad tentang Kebiasaan Bangun Subuh

Posted: 15 Jun 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, Hotman Paris berkesempatan untuk berbincang dengan Ustaz Abdul Somad (UAS). UAS pun tertarik dengan kebiasaan Hotman Paris yang kerap bangun subuh.

Kepada UAS, Hotman Paris memberikan penjelasan mengenai aktivitasnya yang selalu dimulai saat subuh. Bahkan, kata Hotman Paris, sudah menjadi rutinitasnya bangun pagi saat subuh.

Hotman Paris memang sempat mengunggah video ceramah Ustaz Abdul Somad di Instagram pribadinya. Dalam video tersebut, berisi tentang ceramah atau pembahasan mengenai bangun di waktu subuh.

Hotman Paris dalam Instagram-nya mengaku menyukai ceramah UAS. Dia tertarik dengan satu kalimat yang diucapkan UAS.

UAS Bertanya ke Hotman Paris

UAS bertanya ke Hotman Paris (YouTube/ HotmanParisOfficial)
UAS bertanya ke Hotman Paris (YouTube/ HotmanParisOfficial)

"Hayati kalimatnya: berawal dari keterpaksaan lama lama jadi kebutuhan!!! Bravo," tulis Hotman Paris dalam keterangan videonya.

Dalam kesempatan berbincang lewat video jarak jauh, UAS bertanya tentang hal tersebut kepada Hotman Paris. Dia kemudian bertanya tentang alasan Hotman Paris bangun subuh.

Bangun Subuh

Unggahan Hotman Paris. (Foto: Instagram @hotmanparisofficial)
Unggahan Hotman Paris. (Foto: Instagram @hotmanparisofficial)

"Pernah saya intip IG bang Hotman itu abang posting video saya tentang bangun subuh. Saya katakan berawal dari keterpaksaan kemudian menjadi kebiasaan. Abang posting itu di IG abang. Apa yang menarik bagi Abang tentang bangun Subuh?" tanya UAS kepada Hotman Paris.

 

Jawaban Hotman Paris

Syahrini dan Hotman Paris Hutapea (Adrian Putra/Bintang.com)
Syahrini dan Hotman Paris Hutapea (Adrian Putra/Bintang.com)

Hotman Paris pun memberikan jawaban. Da menyebut bangun Subuh sudah menjadi kebiasaannya.

"Karena itulah yang saya alami tiap hari karena terpaksa kita harus mencari solusinya akhirnya menjadi kebiasaan. Kalau saya kan selalu real case tiap hari. Setiap hari tambah satu, besoknya tambah satu, sementara ada ratusan perkara, pending di Mahkamah Agung, pending di sini. Sehingga otak kita itu seperti legal mind. Bahkan kalau saya renang subuh hari itu," ungkap Hotman Paris.

Bangun Jam 4 Subuh

Hotman Paris di dalam mobil mewahnya. (Instagram hotmanparisofficialf)
Hotman Paris di dalam mobil mewahnya. (Instagram hotmanparisofficialf)

Hotman menyebut setiap hari dia biasa bangun jam 4 subuh. Di pun bahkan kerap renang saat subuh.

"Makanya saya selalu bangun jam 4 subuh. Saya di kolam renang itu tidak mikirin artis cantik tapi di pikiran saya itu adalah 'Bagaimana memenangkan ini, perkara ini masih banding', otomatis itu berpikir terus. Karena apa? Terpaksa, kita sudah terima honor, tanggung jawab, akhirnya otak itu lama lama jadi terbiasa," katanya. (Merdeka.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua Bappilu: Golkar Sudah Final Dukung Gibran dan Bobby di Pilkada 2020

Posted: 15 Jun 2020 10:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Partai Golkar sudah memutuskan mendukung Gibran Rakabuming Raka di Pilwalkot Solo dan Bobby Nasution di Pilwalkot Medan. Pernyataan itu disampaikan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Golkar Maman Abdurrahman.

"Kita sudah final 100 persen mendukung Gibran dan Bobby," ujar Maman kepada merdeka.com, Selasa (16/6/2020).

Maman menjelaskan, sikap Golkar itu didasarkan pada elektabilitas Gibran dan Bobby menunjukkan tren apik dalam survei. Dukungan tersebut juga menjadi aspirasi dari bawah.

"Golkar sudah dari awal dan jauh-jauh hari mendukung karena melihat survei dan tren kenaikannya cukup bagus. Di sisi lain merespons aspirasi dari bawah," jelasnya.

Menurut Maman, Golkar juga memberikan keleluasaan bagi Gibran dan Bobby dalam menentukan pendamping di Pilkada.

"Usulan pendamping kita serahkan kepada calonnya namun tetap berdasarkan hasil survei siapa yang berpotensi," kata Maman.

Sudah Beri Rekomendasi Dukungan

Dia menambahkan, partai beringin telah memberikan surat rekomendasi dukungan sementara kepada Gibran dan Bobby. Surat tersebut sekaligus meminta putra dan menantu Presiden Jokowi untuk mencari dukungan ke partai lain.

"Kita sudah berikan surat penetapan sementara agar bisa menjadi alat pembicaraan untuk membangun koalisi dukungan partai," jelasnya.

Reporter : Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tanpa Pengawalan, Foto Raja Malaysia Makan Roti Ini Tuai Pujian

Posted: 15 Jun 2020 10:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Yang di-Pertuan Agong Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah mengesampingkan protokol dan tetap menikmati roti tempayan atau roti naan di toko lokal di Pekan, Malaysia.

Dikutip dari laman The Star, Selasa (16/6/2020), Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah memang terkenal karena kerendahan hatinya.

Ia mampir ke toko kue itu saat dalam perjalanan ke Kompleks Asnaf Agama Islam dan Melayu Pahang (MUIP) di Asnaf Complex di Sungai Soi, Malaysia.

Tiga foto sang Raja, mengenakan baju hijau dan celana hitam, menikmati waktunya sendirian sambil makan, diunggah di akun resmi Facebook dan Instagram Istana Negara (@istana_negara) pada Senin, 15 Juni 2020 sore.

Tampilan kasual Yang Mulia menuai reaksi positif dari pengguna media sosial dan pujian kepada Raja, memuji atas keramahan dan kerendahan hatinya.

 

Komentar Warganet

Ilustrasi Instagram. (via: istimewa)
Ilustrasi Instagram. (via: istimewa)

Di Instagram, unggahan itu mengumpulkan lebih dari puluhan ribu likes atau respons suka dalam beberapa jam. Mayoritas komentar menyampaikan pujiannya.

Akun @rohani_abdullah menulis "berorientasi pada orang" di bagian komentar, sementara @hamidahcemari menulis "Tersentuh melihat seorang Penguasa yang memiliki hati baik."

Pengguna lain @janetteyip menulis: "Seandainya saya ada di sana untuk bertemu dan membayar makan siangnya sebagai tanda penghargaan kecil karena menjadi YDPA yang peduli (Yang di-Pertuan Agong) kepada rakyat".

Simak video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ikatan Guru Apresiasi PPDB DKI Akomodasi Siswa Kurang Mampu dan Kurang Pintar

Posted: 15 Jun 2020 10:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ikatan Guru Indonesia (IGI) mengapresiasi langkah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang memberikan kuota khusus bagi siswa yang masuk dalam kelompok ekonomi kurang mampu dan secara kecerdasan kurang atau kuadran ke-4 dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020.

"Nah, dalam PPDB 2020 DKI Jakarta, kami melihat sesuatu yang berbeda dari apa yang dijalankan di tempat lain. Di sana ada satu jalur yang mengakomodir mereka yang miskin meskipun berkemampuan rendah serta usianya lebih tua," ujar Ketua Umum IGI Muhammad Ramli Rahim melalui keterangan tertulis, Selasa (16/6/2020).

Kebijakan kuota khusus tersebut adalah untuk anak asuh panti, pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP) atau Kartu Jakarta Pintar Plus (KJP Plus), anak dari pemegang Kartu Pekerja Jakarta, anak dari Pengemudi Jak Lingko, anak Pembinaan Olahraga Prestasi Berkelanjutan, anak yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Dinas Sosial, dan anak para tenaga kesehatan yang meninggal dunia dalam penanganan Covid-19 di DKI Jakarta.

"Kuotanya pun lumayan besar bahkan sampai 35 persen dan dilakukan proses seleksinya lebih awal," ucap dia.

Ramli memandang, kelompok siswa ini ini sebenarnya bukan 100 persen kesalahan mereka. Jika mereka bisa memilih, maka memilih lahir dari rahim orangtua yang kaya dan cerdas.

Ramli juga memandang, kemiskinan ini terstruktur, tidak banyak orang yang mampu bangkit dan menjadi orang kaya tapi berasal dari keluarga miskin sekeras apa pun dia bekerja. Namun hal ini terkecualikan pada mereka yang punya kesempatan mendapatkan pendidikan yang lebih baik atau karena keberuntungan.

Ramli mengatakan, dengan alokasi siswa khusus di PPDB tersebut, menunjukkan keseriusan Pemprov DKI Jakarta menjadikan pendidikan sebagai eskalator menaikkan taraf hidup anak didik dari kalangan tidak mampu ke arah yang lebih baik.

Dia juga mengapresiasi perlakukan khusus bagi anak-anak tenaga kesehatan yang meninggal dalam penanganan Covid-19 di PPDB 2020.

"Menjadikan usia sebagai penentu akhir jalur afirmasi dan zonasi juga perlu mendapat apresiasi, mengingat mereka yang berada pada kuadran ke-4 ini boleh jadi usianya lebih tua karena tidak mampu melanjutkan pendidikan sementara waktu di masa lalu karena faktor ekonomi dan faktor keterbatasan kemampuan akademik," tandas Ramli.

 

Alasan PPDB Jakarta Pakai Kriteria Usia

Calon peserta didik baru saat menunggu orangtua mereka melakukan pendaftaran PPDB DKI Jalur Zonasi di SMA Negeri 21, Jakarta, Senin (24/6/2019). Pendaftaran PPDB DKI Jakarta Jalur Zonasi SMP-SMA dibuka pada 24-26 Juni 2019 mulai pukul 08.00-16.00 WIB. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Calon peserta didik baru saat menunggu orangtua mereka melakukan pendaftaran PPDB DKI Jalur Zonasi di SMA Negeri 21, Jakarta, Senin (24/6/2019). Pendaftaran PPDB DKI Jakarta Jalur Zonasi SMP-SMA dibuka pada 24-26 Juni 2019 mulai pukul 08.00-16.00 WIB. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana menjelaskan alasan masuknya kriteria usia dalam sistem penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2020/2021 bagi calon murid yang mendaftar melalui jalur zonasi.

Nahdiana menyebut, kriteria usia dalam PPDB bertujuan agar semua anak dari berbagai kalangan mendapatkan kesempatan bersekolah yang sama.

"Fakta di lapangan, masyarakat miskin tersingkir di jalur zonasi lantaran tidak dapat bersaing nilai akademik dengan masyarakat yang mampu. Karena itu kebijakan usia sebagai kriteria seleksi diterapkan, setelah siswa tersebut harus berdomisili zonasi yang ditetapkan," katanya saat dikonfirmasi, Selasa (16/6/2020).

Nahdiana menyebut, pendidikan di Jakarta harus merata atau tak terbatas hanya bagi yang berprestasi. Oleh karena itu, PPDB DKI tahun ini tidak hanya menggunakan satu kriteria seperti prestasi akademik.

"Prestasi akademik sering sekali mencerminkan kondisi sosial ekonomi, misalnya ketersediaan fasilitas belajar di rumah, kegiatan les tambahan, buku-buku tambahan. Padahal, pendidikan harus terjangkau oleh semua, tidak terbatas bagi mereka yang berprestasi tinggi saja," jelasnya.

Nahdia menyebut, sistem sekolah dirancang sesuai dengan tahap perkembangan anak. Karena itu, disarankan agar anak-anak tidak terlalu muda ketika masuk suatu jenjang sekolah.

Meski demikian, lanjutnya, Pemprov DKI Jakarta juga tidak mengabaikan prestasi siswa, yakni dengan menyediakan Jalur Prestasi untuk menyeleksi siswa berdasarkan prestasi akademik maupun non-akademik.

"Prinsipnya, Pemprov DKI Jakarta berupaya menjamin keseimbangan antara variabel prestasi dengan kesempatan bagi masyarakat miskin untuk menikmati pendidikan yang berkualitas di sekolah negeri. Dengan begitu, masyarakat dari keluarga miskin tidak langsung tersingkir di Jalur Zonasi," imbuhnya

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sushant Singh Rajput Curhat soal Bayar Gaji Karyawan Sebelum Bunuh Diri

Posted: 15 Jun 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Banyak hal terjadi sebelum Sushant Singh Rajput mengakhiri hidup dengan cara bunuh diri di apartemennya. Salah satunya, soal depresi yang diderita bintang Archana Mencari Cinta sejak beberapa bulan terakhir.

Sushant Singh Rajput didiagnosa mengalami depresi sejak 5 atau 6 bulan terakhir. Ia dirawat oleh dokter dari rumah sakit Hinduja Hospital, Mumbai dan mendapatkan obat-obatan anti depresi. 

Tak banyak yang tahu mengenai depresi yang dialami oleh pemeran Sarfaraz di film PK ini. Hanya orang terdekatnya, termasuk adik dan pelayannya, yang mengetahui Sushant Singh Rajput  depresi. 

Dilansir dari Indiatvnow.com, pelayan Sushant Singh Rajput mengungkap bahwa 10 hari terakhir sang aktor merasa cemas.

Lebih Pendiam

Aktor Sushant Singh Rajput. (AFP)
Aktor Sushant Singh Rajput. (AFP)

Ia gelisah dengan kondisinya saat ini, namun tak mau bicara banyak kepada orang lain. Sushant Singh Rajput disebut jadi lebih pendiam daripada biasanya dan tampak murung.

Bahkan ia tak mau banyak bicara kepada sahabatnya, Mahesh Shetty ketika telepon kali terakhir.

 

 

Lunasi Utang

Sushant Singh Rajput
Sushant Singh Rajput

Tiga hari terakhir, kondisi Sushant Singh Rajput lebih parah daripada sebelumnya. Ia lebih pendiam dan tertutup pada orang lain.

Sang pelayan juga mengisahkan bahwa Sushant Sushant Singh Rajput baru saja melunasi seluruh utangnya. Ia melakukannya beberapa hari lalu, dan kemudian membayar gaji para karyawan yang bekerja dengannya. 

 

Curhat ke Pelayan

Sushant Singh Rajput. (AFP)
Sushant Singh Rajput. (AFP)

Kala membayar gaji inilah, Sushant Singh Rajput sempat curhat kepada pelayannya. Ia mengaku lega karena bisa membayar semua utangnya tapi khawatir bagaimana nanti membayar gaji karyawan untuk bulan berikutnya.

Sebelum akhirnya memutuskan gantung diri, Sushant Singh Rajput menelepon adik perempuannya. Itu adalah panggilan terakhir, namun sang adik tak menyangka bahwa kakaknya akan bertindak nekat. 

 

Gelar Upacara Kremasi

Sushant Singh Rajput
Sushant Singh Rajput

Mahesh Shetty yang ditelepon Sushant Singh Rajput pun tak menyangka bahwa aktor 34 tahun itu akan bunuh diri. Ia tak curiga kala Sushant menghubunginya dan mengira semua baik-baik saja. 

Kini Sushant Singh Rajput telah tiada. Rencananya hari ini keluarga akan menggelar upacara kremasi untuk mendiang yang dilaksanakan di Mumbai. (Kapanlagi.com)

Informasi Call Center

Simak juga informasi berikut ini:

KONTAK BANTUAN

Bunuh diri bukan jawaban apalagi solusi dari semua permasalahan hidup yang seringkali menghimpit. Bila Anda, teman, saudara, atau keluarga yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit, dilanda depresi dan merasakan dorongan untuk bunuh diri, sangat disarankan menghubungi dokter kesehatan jiwa di fasilitas kesehatan (Puskesmas atau Rumah Sakit) terdekat.

Bisa juga mengunduh aplikasi Sahabatku: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tldigital.sahabatku

Atau hubungi Call Center 24 jam Halo Kemenkes 1500-567 yang melayani berbagai pengaduan, permintaan, dan saran masyarakat.

Anda juga bisa mengirim pesan singkat ke 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat surat elektronik (surel) kontak@kemkes.go.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Program Bedah Rumah Tahap II di Sumatera Barat Sasar 1.228 Keluarga

Posted: 15 Jun 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menambah alokasi program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah tahap II untuk 1.228 unit rumah tidak layak huni di Sumatera Barat (Sumbar).

Kepala Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Sumatera Barat, Nursal mengatakan, pembiayaan program BSPS tahap II ini terbagi menjadi dua sumber, yaknk dana rupiah murni dan Pinjaman dan Hibah Luar Negeri National Affordable Housing Program (PHLN-NAHP)

"Provinsi Sumatera Barat mendapatkan alokasi bantuan sebanyak 228 init dari dana rupiah murni dan 1.000 unit dari dana PHLN-NAHP," jelas Nursal dalam keterangan tertulis, Selasa (16/6/2020).

Nursal menyampaikan, pelaksanaan program bedah rumah dari dana PHLN-NAHP disalurkan di 5 Kabupaten, yakni Kabupaten Agam (160 unit), Kabupaten Tanah Datar (140 unit), Kabupaten Pasaman Barat (100 unit), Kabupaten Pesisir Selatan (390 unit), dan Kabupaten Solok Selatan (210 unit).

Sedangkan untuk dana yang bersumber dari rupiah murni dilaksanakan di dua Kabupaten yaknk Kabupaten Padang Pariaman (180 unit) dan Kabupaten Solok Selatan (48 unit).

"Sebelumnya jumlah alokasi program bedah rumahdi Provinsi Sumatera Barat Tahap I sebanyak 3.772 unit, Tahap II sebanyak 1.228 unit. Dengan adanya tambahan ini maka total keseluruhan program BSPS menjadi 5.000 unit rumah," sambung Nursal.

 

Stimulan

Kementerian PUPR tambah alokasi program bedah rumah tahap II untuk 1.228 unit rumah tidak layak huni di Sumatera Barat. (Dok Kementerian PUPR)
Kementerian PUPR tambah alokasi program bedah rumah tahap II untuk 1.228 unit rumah tidak layak huni di Sumatera Barat. (Dok Kementerian PUPR)

Program BSPS, imbuh Nursal, pada dasarnya hanya bersifat stimulan untuk merangsang masyarakat agar dapat memiliki rumah yang layak huni. Jumlah bantuan yang diberikan adalah peningkatan kualitas rumah sebesar Rp 17,5 juta per unit rumah.

Penyaluran dana ini dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama disalurkan sebesar Rp 7,5 juta untuk pembelian bahan material di toko bahan bangunan dan Rp 1,25 juta disalurkan untuk upah tukang.

 

Didampingi

Kementerian PUPR tambah alokasi program bedah rumah tahap II untuk 1.228 unit rumah tidak layak huni di Sumatera Barat. (Dok Kementerian PUPR)
Kementerian PUPR tambah alokasi program bedah rumah tahap II untuk 1.228 unit rumah tidak layak huni di Sumatera Barat. (Dok Kementerian PUPR)

Sedangkan untuk tahap kedua disalurkan setelah progress pembangunan mencapai 30 persen dengan rincian Rp 7,5 juta untuk pembelian bahan bangunan dan Rp 1,25 disalurkan untuk upah tukang.

"Kami juga menugaskan Koordinator Fasilitator dan Tenaga Fasilitator Lapangan serta Tim Teknis dari masing-masing kabupaten/kota untuk mendampingi masyakat dalam pelaksanaan Program BSPS sehingga penyalurannya tepat sasaran," tukas Nursal.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Catatan Kelam Pesawat Tempur TNI di Riau

Posted: 15 Jun 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Pekanbaru - Pesawat tempur TNI AU jenis Hawk TT-0209 jatuh di Perumahan Sialang Indah, Desa Kubang Jaya, Kabupaten Kampar, Riau. Dalam kejadian pada Senin pagi itu, (15/6/2020), pilot Lettu Pnb Apriyanto Ismail berhasil selamat setelah keluar dari kursi lontar.

Pesawat tempur jatuh di Pekanbaru bukan pertama kali. Data yang berhasil dirangkum Liputan6.com menunjukkan, sudah ada tiga kali pesawat yang bermarkas di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru mengalami insiden sejak 2012.

Pertama terjadi pada 16 Oktober 2012. Lokasinya masih di Kecamatan Siakhulu, tapi terjadi di Desa Pasir Putih. Pesawat jatuh di perkarangan rumah warga dan meledak begitu sampai di darat.

Beruntung dalam kejadian Pesawat Hawk 200 ini tak ada korban jiwa, baik itu dari warga sekitar ataupun pilot karena berhasil meloloskan diri memakai kursi pelontar.

Seperti biasa, pihak TNI langsung mengamankan lokasi kejadian dengan super ketat. Tak ada satu orangpun diperbolehkan mendekat, kecuali pihak yang berkepentingan melakukan investigasi.

Pengamanan berlapis itu sempat memicu keributan antara petugas dan sejumlah wartawan. Beberapa jurnalis yang sempat mengambil foto dan video bahkan dipukul petugas.

Tak hanya itu, kamera beberapa jurnalis diambil paksa. Kamera akhirnya dikembalikan setelah isinya diperiksa dan beberapa foto serta video dihapus.

Peristiwa ini menyeret seorang perwira menengah di Lanud Roesmin Nurjadin ke pengadilan militer. Perwira bermelati dua di punduknya juga dicopot dari jabatan dan dipindahkan ke Lanud lain.

 

Pesawat Tempur F-16 Tergelincir

Selanjutnya pada 14 Maret 2014, pesawat tempur F-16 tergelincir di landasan setelah gagal mendarat. Pesawat itu tergelincir dengan posisi terbalik dan keluar beberapa meter dari perlintasan.

Usai kejadian, aktivitas penerbangan militer di Lanud Roesmin Nurjadin berhenti. Penerbangan kembali normal setelah Mabes TNI usai melakukan investigasi terhadap pesawat dengan nomor ekor TS 1603 itu.

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin kala itu, Marsekal Pertama Henri Alfiandi menyatakan, perlu ada recovery psikis terhadap pilot lain, walaupun penerbang F-16 nahas itu selamat.

Henri menyatakan posisi pesawat tergelincir itu tidak membahayakan penerbangan sipil di Bandara Sultan Syarif Kasim II karena berada pada ujung landasan.

"Tidak menggangu meskipun sempat ada penerbangan sipil delay. Itu sudah prosedurnya, sekarang penerbangan di bandara sudah berlangsung normal," kata Henri.

Pesawat yang tergelincir itu diterbangkan Lettu Penerbang Marco Anderson. Dia merupakan siswa konversi dan saat pelatihan berlangsung didampingi penerbang senior, Mayor‎ Andri.

Pada awalnya pesawat mendarat dengan sempurna. Tak lama kemudian terjadi malfungsi sehingga pilot berusaha menghentikan pesawat. Hanya saja tidak berhasil dan membuatnya tergelincir serta berhenti dengan posisi terbalik.

"Ada kerusakan pada bagian ekor dan bagian hidung. Pilot sendiri meski tidak terluka dirawat di Rumah Sakit Lanud untuk recovery," kata Henri.‎

 

Tabrakan Pesawat Hawk TT-0209

Pada 15 Juni 2020 pagi, menurut penuturan warga di lokasi, Pesawat Hawk TT-0209 ini jatuh setelah berbenturan dengan pesawat lainnya di udara.

Warga menyebut ada ledakan di udara, sebelum pesawat jatuh menimpa dua rumah warga. Setelah jatuh, warga juga mendengar adanya ledakan keras beberapa kali.

Adanya benturan dan ledakan di udara ini dibantah Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Madya Fadjar Prasetyo. Dia menyatakan pesawat layak terbang karena sudah dicek pagi harinya.

Fadjar menjelaskan, pesawat ini terbang bersama dua pesawat lainnya dari Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru. Ketiga pesawat menjalani latihan tempur di daerah Siabu.

"Ada latihan penembakan di sana, ada daerah latihan," kata Fadjar di Ruang Arjuna Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Senin petang.

Satu jam usai latihan, tiga pesawat memutuskan balik ke Lanud. Sekitar dua kilometer dari landasan dengan ketinggian 500 meter, Apriyanto melaporkan keanehan pada mesin.

Pilot melaporkan ada suara aneh di bagian belakang dan ikuti hidupnya lampu peringatan. Saat itu, komunikasi Apriyanto dengan dua pilot pesawat lainnya masih normal.

"Kemudian ada pertanda tidak benar terjadi (pada pesawat), lalu lost power atau pesawat kehilangan tenaga," kata Fadjar.

Dalam kondisi itu, Apriyanto melaporkan ke Lanud akan melakukan eject atau keluar menggunakan kursi lontar. Setelah laporan itu, Lanud kehilangan komunikasi dengan Apriyanto.

Menurut Fadjar, Apriyanto selamat setelah keluar memakai kursi lontar, sementara pesawat jatuh menimpa dua rumah warga. Kursi lontar juga menimpa atap rumah warga lainnya.

"Tidak ada orang di dua rumah itu, lagi kosong," kata Fadjar.

Atas kejadian ini, Fadjar atas nama TNI AU meminta maaf kepada masyarakat, khususnya bagi warga yang rumahnya tertimpa. Dia juga berterimakasih kepada warga yang menolong pilot.

"Begitu juga dengan petugas lainnya dari Koramil dan Polsek," kata Fadjar. 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Status Kocak Bapak-Bapak di Facebook Ini Bikin Geleng Kepala

Posted: 15 Jun 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gaya bercandaan orang memang berbeda-beda, ada yang garing ada pula yang receh banget hingga bikin tertawa terpingkal-pingkal. Seperti halnya bapak-bapak yang kerap bikin status di media sosial mengenai sebuah topik yang lucu.

Menjadi bapak-bapak selain menjadi orang tua, ternyata juga menjadi orang yang semakin lucu dalam wawasan humornya. Hal ini pun diketahui melalui media sosial, bila cukup banyak yang melabeli guyonan ala bapak-bapak ini selalu kocak.

Mengutip dari cuitan sebuah akun bernama @_mardial_, ia pun mengunggah tangkapan layar status Facebook dari bapak-bapak, Senin (15/6/2020). Dalam cuitannya tersebut, ternyata banyak dari bapak-bapak tersebut yang tergabung dalam grup Facebook Menjadi Bapak-Bapak: Bagian Pengantar.

Membaca status Facebook kocak tersebut, banyak dari netizen pun terhibur dan viral. Cuitan tersebut pun sampai saat ini telah mendapat 2 ribu retweet dan 6 ribu like dari netizen. Selain itu banyak sekali yang membalas cuitan tersebut dengan status bapak-bapak yang tak kalah kocak.

Berikut 7 status Facebook kocak bapak-bapak  yang Liputan6.com kutip dari berbagai sumber, Selasa (16/6/2020)

1. Guyonan bapak-bapak memang khas, layaknya memainkan sebuah logika namun tetap kocak.

Status kocak bapak-bapak (Sumber: Facebook/Yan Barqih)
Status kocak bapak-bapak (Sumber: Facebook/Yan Barqih)

2. Bisa ditiru nih, cara elegan memuji diri sendiri khas bapak-bapak. Bisa sombong tapi tetap terlihat elegan.

Status kocak bapak-bapak (Sumber: Twitter/fhaziefer)
Status kocak bapak-bapak (Sumber: Twitter/fhaziefer)

3. Mau dicari sampai keujung dunia, enggak akan nemu deh pak!

Status kocak bapak-bapak (Sumber: Twitter/babasbass)
Status kocak bapak-bapak (Sumber: Twitter/babasbass)

4. Guyonan sederhana seperti ini awalnya buat befikir, usai paham barulah bikin nyengir.

Status kocak bapak-bapak (Sumber: Facebook/DiKa Kun)
Status kocak bapak-bapak (Sumber: Facebook/DiKa Kun)

5. Biar enggak bangun, jangan lupa dinyanyikan lagu Nina Bobo ya pak!

Status kocak bapak-bapak (Sumber: Facebook/Adam Ardiansyah)
Status kocak bapak-bapak (Sumber: Facebook/Adam Ardiansyah)

6. Khas bapak-bapak nih, suka kasih tebak-tebakan dan jawabannya receh banget.

Status kocak bapak-bapak (Sumber: Facebook/Kandar Tamira)
Status kocak bapak-bapak (Sumber: Facebook/Kandar Tamira)

7. Selain itu, bapak-bapak ini pun kerap membagikan foto absurd sekalian memberikan pertanyaan kocak.

Status kocak bapak-bapak (Sumber: Facebook/Ilham Setiawan)
Status kocak bapak-bapak (Sumber: Facebook/Ilham Setiawan)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Inggris: Serunya Duel Manchester City vs Arsenal

Posted: 15 Jun 2020 10:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Liga Inggris 2019/20 kembali digelar setelah dihentikan hampir tiga bulan karena pandemi corona covid-19. Sebagai "pembuka" ada dua pertandingan yang akan digelar besok.

Berdasarkan Liga Inggris, dua laga itu adalah Aston Villa kontra Sheffield United dan Mancester City vs Arsenal. Tentunya duel yang paling ditunggu adalah Manchester City vs Arsenal di Etihad Stadium.

Tercatat, dari enam pertemuan terakhir, Manchester City selalu menang atas Arsenal. Sementara sudah lama tidak menang di Etihad Stadium.

Terakhir kali Meriam London, sebutan Arsenal, menang di Etihad Stadium pada 18 Januari 2015. Saat itu, Arsenal menang 2-0.

Lihat jadwal bola Liga Inggris selengkapnya di halaman berikut:

 

Jadwal Liga Inggris

Prediksi Manchester City Vs Arsenal (Trie Yas/Liputan6.com)
Prediksi Manchester City Vs Arsenal (Trie Yas/Liputan6.com)

Kamis (18/6/2020)

00.00 WIB Aston Villa v Sheffield United (Mola TV)

02:15 WIB Man City v Arsenal (Mola TV)

Sabtu (20/6/2020)

00.00 WIB Norwich City v Southampton (Mola TV)

02:15 WIB Tottenham Hotspur v Manchester United (Mola TV)

18:30 WIB Watford v Leicester City (Mola TV)

21:00 WIB Brighton & Hove Albion v Arsenal (Mola TV)

23:30 WIB West Ham v Wolves (Mola TV)

Klasemen Liga Inggris

Minggu (21/6/2020)

01:45 WIB AFC Bournemouth v Crystal Palace (Mola TV)

20:00 WIB Newcastle United v Sheffield United (Mola TV)

22:15 WIB Aston Villa v Chelsea (Mola TV)

23:00 WIB Everton v Liverpool (Mola TV)

Klasemen Liga Inggris

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lewat Webinar, Puluhan Pejabat Eselon II Sharing Kiat Solutif Pemimpin Saat Krisis Bersama Bupati Anas

Posted: 15 Jun 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Model kepemimpinanan yang dilakukan Bupati Abdullah Azwar Anas saat memimpin Banyuwangi terus menjadi benchmark bagi banyak kalangan. Tak ketinggalan bagi 54 pejabat eselon II dari sejumlah instansi pemerintahan yang menyerap ilmu Bupati Anas dalam video conference Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II.

Acara tersebut digelar secara virtual oleh Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Manajemen Pemerintahan, Lembaga Administrasi Negara (Puslatbang KMP LAN) RI.

Kelas virtual bertajuk "Isu Strategis: Kepemimpinan Kewirausahaan" tersebut, dipimpin langsung Kepala Puslatbang KMP LAN Dr. Andi Taufik, yang diikuti puluhan pejabat eselon II dari sejumlah instansi pemerintah pusat maupun daerah di Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Anas membeberkan sederet strategi kepemimpinannya selama hampir sepuluh tahun memimpin Banyuwangi. Termasuk saat bagaimana melakukan terobosan di situasi krisis, seperti pandemi covid 19 saat ini.

"Pandemi covid yang melanda hampir seluruh dunia ini, benar-benar semua pemimpin di segala level, termasuk seorang bupati. Bagaimana tidak, semua sektor kehidupan terdampak, dan ini memaksa seorang pemimpin mencari jalan keluar dari krisis ini," kata Anas saat webinar tersebut.

 Anas lalu mencontohkan tentang bantuan sosial untuk warga terdampak covid. Di lapangan, masih ditemukan warga miskin yang belum tercover skema bantuan apapun. Permaslahan ini banyak terjadi di daerah Indonesia lainnya.

"Kami memilih opsi tidak saling menyalhkan siapapun, Gantinya kami justru mencari solusi, yakni dengan membuka pelaporan bansos online. Mereka yang belum tercover bansos bisa melaporkan dirinya lewat aplikasi Smart Kampung.

"Dan ini mendapat respon baik dari warga. Dengan cara seperti ini, penyaluran bansos bagi warga terdampak pandemi covid-19 bisa merata dan tepat sasaran," imbuhnya.

Begitu halnya dengan kebijakan new normal yang diambil pemerintah pusat. Anas mencontohkan bagaimana Banyuwangi secara bertahap merumuskan dan banyak melakukan simulasi untuk kebiasaan baru ke depan.

"Di awal kami melibatkan banyak pihak untuk mendapatkan masukan tentang new normal. Mulai dari tenaga medis, tokoh agama, hingga pelaku pariwisata. Semua dilibatkan agar bila benar-benar dilaksanakan bisa berjalan dengan baik," beber Anas. 

Sementara itu, Kepala Puslatbang KMP LAN RI Andi Taufik mengapresiasi berbagai kebijakan dan pola kepemimpinan yang dilakukan Bupati Anas. Menurutnya, kepemimpinan berbasis kreativitas seperti yang dilakukan Bupati Anas menjadi kunci kesuksesannya memimpin Banyuwangi, termasuk dalam menghadapi pandemi covid-19. 

"Ini patut dicontoh. Kreativitas dan inovasi Banyuwangi telah terbukti nyata bisa menembus segala keterbatasan daerah. Termasuk saat pandemi covid-19 melanda, Banyuwangi mampu membuat inovasi cemerlang untuk menanggulanginya. Salah satunya, mengintegrasikan data penyaluran bansos ke program smart kampung," ujarnya. 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Defisit APBN Tembus Rp 179,6 Triliun pada Mei 2020

Posted: 15 Jun 2020 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat defisit Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) hingga Mei 2020 mencapai Rp179,6 triliun. Angka tersebut naik hingga 42,8 persen jika dibandingkan dengan posisi yang sama tahun lalu.  

"Posisi Mei, defisit mencapai Rp 179,6 triliun atau 21,1 persen dari total defisit yang ada di Perpres 54 dan ini terjadi berarti kenaikan defisit dari tahun lalu 42,8 persen seluruh penerimaan negara kontraksi," ujar Menteri Keuangan, Sri Mulyani di Jakarta, Selasa (16/6/2020).

Adapun pendapatan negara hingga akhir Mei mencapai Rp 664,3 triliun atau 37,7 persen dari target Perpres 54 perubahan APBN 2020. Dalam hal ini dibandingkan Mei tahun lalu, pendapatan negara kontraksi 9,0 persen.

"Kalau dari sisi penerimaan perpajakan Rp 526,2 atau 36 persen dari target Perpes 54, kontraksinya dari sisi perpajakan 7,9 persen dibanding tahun lalu. Pajak sendiri sampai akhir Mei mengumpulkan Rp444,6 triliun," paparnya.

 

Belanja Negara

Tumpukan uang kertas pecahan rupiah di ruang penyimpanan uang
Tumpukan uang kertas pecahan rupiah di ruang penyimpanan uang

Sementara itu, dari sisi belanja telah dikeluarkan sebesar Rp 843,9 triliun atau 32,3 persen dari alokasi belanja yang ada di Perpers 54, berlanja Kementerian Lembaga Rp 270,4 triliun atau 32,3 persen. Lalu belanja non Kementerian Lembaga sebesar Rp267 triliun, naik 10 persen dbanding tahun lalu.

"Transfer ke daerah Rp300,6 triliun, atau 40 persen dari Perpres 54 atau kontraksi 5,7 persen dibanding tahun lalu, di mana dana desa Rp28,9 triliun atau 40 persen dari alokasi. Kenaikan sangat tinggi karena dalam dana desa kita ada transfer langsung untuk membantu masyarakat dalam bentuk BLT itu berita positif," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mahasiswa Asal Manado Jalan 2 Km ke Pantai demi Dapat Sinyal untuk Ujian Skripsi

Posted: 15 Jun 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hingga saat ini pandemi Covid-19 masih melanda sebagian negara sehingga memaksa orang lain untuk tetap berada di dalam rumah dan tak bisa melakukan aktivitas seperti biasanya. Salah satunya adalah terhambatnya kegiatan belajar dan mengajar.

Saat ini, sekolah dan kampus masih berjalan secara online. Bahkan, bukan hanya pembelajaran jarak jauh saja, sejumlah perguruan tinggi juga telah melakukan ujian skripsi secara online. Hal ini dilakukan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Namun, hal tersebut tidaklah mudah untuk dilakukan. Pasalnya, ada sebagian mahasiswa yang wilayah tempat tinggalnya tidak bisa mendapatkan sinyal yang bagus. Alhasil, mereka harus pergi ke suatu tempat mencari sinyal agar bisa mengikuti jalannya perkuliahan atau sidang tersebut. Hal ini juga dialami oleh seorang mahasiswi asal Manado.

Pulang ke rumah setelah kampus diliburkan

Seorang mahasiswi asal Manado mencari sinyal hingga ke tepi pantai agar bisa melaksanakan ujian skripsi dengan lancar.
Seorang mahasiswi asal Manado mencari sinyal hingga ke tepi pantai agar bisa melaksanakan ujian skripsi dengan lancar.

Jessica Debora Daud, seorang mahasiswi Universitas Teknologi Sulawesi Utara (UTSU) Manado memiliki pengalaman unik nan berkesan ketika mengikuti ujian secara daring. Pasalnya, ia sampai harus mencari sinyal ke pantai agar bisa mengikuti ujian skripsi.

Mahasiswi jurusan Ilmu Administrasi Negara ini memang memutuskan pulang ke rumahnya di Desa Santombolang, Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Sumatera Utara sejak kampusnya diliburkan.

Jessica sendiri mengaku bahwa tempat tinggalnya memang masih sulit untuk mendapatkan jaringan internet.

"Kampus menerapkan sistem ujian online, sementara di daerah saya masih kesulitan jaringan internet," ungkap mahasiswi angkatan 2016 tersebut.

Memilih pantai sebagai tempat untuk ujian skripsi

Seorang mahasiswi asal Manado mencari sinyal hingga ke tepi pantai agar bisa melaksanakan ujian skripsi dengan lancar.
Seorang mahasiswi asal Manado mencari sinyal hingga ke tepi pantai agar bisa melaksanakan ujian skripsi dengan lancar.

Khawatir ujiannya terganggu karena jaringan internet, Jessica memutuskan untuk mencari tempat dengan sinyal yang bagus. Ia pun memilih menjalani sidang skripsi di sebuah pantai.

"Jangan sampai ujian skripsi terkendala jaringan internet. Saya mencari lokasi yang sinyalnya kencang, yaitu di tepi pantai. Takutnya, listrik padam, dan jaringan pun ikut hilang. Maka di pantai selain sinyal kencang juga tidak hilang saat listrik padam," ungkap Jessica. 

Untuk menuju pantai Desa Apengsembeka, Bolmut, Jessica harus berjalan kaki sejauh dua kilometer dari rumahnya. Selain itu, ia telah mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian skripsi tersebut dengan menyediakan kuota data internet yang cukup agar tidak habis ketika proses ujian berlangsung.

"Perlengkapan lainnya yang juga dibawa ke pantai saat ujian, yaitu power bank, dan makanan agar tidak kelaparan," tuturnya. 

Ia juga sengaja membawa payung untuk menahan sengatan sinar matahari di siang hari.

Sedih karena tak bisa merayakan bersama teman-teman

Ilustrasi wisuda (dok. Pixabay.com/McElspeth/Putu Elmira)
Ilustrasi wisuda (dok. Pixabay.com/McElspeth/Putu Elmira)

Dengan kondisi yang terbatas itu, ia berhasil menyelesaikan ujian skripsi dan menyandang gelar sarjana. Terdapat tiga dosen yang menguji dirinya, yaitu Ahnes Tumbelaka, Frangky Robial, dan Hendri Rumengan.

Meskipun begitu, ia juga merasa sedih karena melewatkan momen penting tersebut tanpa kenang-kenangan bersama dosen dan teman-temannya.

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPU Surakarta Targetkan Tingkat Partisipasi Pemilih di Pilkada 2020 Capai 77,5 Persen

Posted: 15 Jun 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Surakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surakarta, Jawa Tengah, menargetkan tingkat partisipasi pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di tengah masa pandemi Covid-19 mencapai 77,5 persen. 

"Bahkan, target tingkat pastisipasi pemilih pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta 2020 sebanyak 77,5 persen itu melebihi tingkat kehadiran pemilih pada pemilihan umum (pemilu) yang pertama pada tahun 2004 sebesar 76 persen," kata Ketua KPU Kota Surakarta Nurul Sutarti di Solo, Selasa (16/6/2020). 

Nurul Sutarti menjelaskan bahwa tingkat partisipasi pemilih pada Pilkada Surakarta 2010 hanya 71 persen, sedangkan pada tahun 2015 meningkat menjadi 74 persen. Namun, belum bisa melebihi pemilu langsung pertama hingga 76 persen.

Menyinggung soal tingkat partisipasi pemilih di tengah pandemi Covid-19, apakah bakal memengaruhi kehadiran masyarakat ke tempat pemungutan suara (TPS), Nurul Sutarti mengatakan bahwa pihaknya akan belajar dari pengalaman pemilu di Korea Selatan.

"Kami akan berlajar pengalaman pemilu di Korsel, justru di tengah pandemi tingkat partisipasi pemilih paling tinggi daripada tahun-tahun sebelumnya," jelasnya. 

Nurul menegaskan bahwa pelaksanaan Pilkada 2020 akan menerapkan protokol kesehatan, yakni menjaga jarak, mengenakan masker, cuci tangan dengan sabun, dan mengecek suhu badan calon pemilih sebelum memberikan hak suaranya.

 

Ajukan Tambahan Anggaran

Dia juga mengatalan bahwa pihaknya akan melakukan sosialisasi secara daring dan tetap menerapkan protokol kesehatan sehingga tingkat partispasi pemilih mencapai target 77,5 persen.

Sebelumnya, KPU Kota Surakarta mengajukan tambahan anggaran penyesuaian pandemi Covid-19 sebesar Rp 10,64 miliar untuk pelaksanaan pilkada, 9 Desember mendatang.

Menurut dia, tambahan anggaran itu untuk 242 TPS baru sebesar Rp 1,634 miliar dan pengadaan alat pelindung diri (APD) protokol kesehatan Covid019 sebesar Rp 9.005.234.000.

Nurul menyebut, jumlah TPS di Solo sebelumnya sebanyak 1.016. Kini TPS bertambah 242 TPS, maka totalnya menjadi 1.258 TPS. karena pandemi Covid-19 yang mengharuskan maksimal 500 pemilih per TPS.

Dengan adanya tambahan anggaran tersebut, kata dia, total anggaran pilkada sebesar Rp 25,64 miliar dari sebelumnya sebesar Rp 15 miliar.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Risiko Virus Corona, PM Kanada Bahas Perpanjang Penutupan Perbatasan Kanada-AS

Posted: 15 Jun 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Kanada dan Amerika Serikat masih membahas perpanjangan penutupan perbatasan kedua negara. Menurut Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, saat ini masih ada kekhawatiran mengenai penyebaran Virus Corona COVID-19.

Setelah berkonsultasi dengan para pemimpin provinsi di Kanada, Trudeau menyatakan, ada konsensus luas di seluruh provinsi bahwa pihaknya perlu terus menjaga perbatasan saat ini.

"Kita akan terus berdiskusi dengan pemerintah Amerika tentang cara-cara ke depan," katanya.

"Prioritas kita dalam hal ini adalah memastikan kita menjaga warga Kanada tetap aman sambil memastikan aliran barang dan jasa yang penting," ujar Trudeau, seperti dikutip dari VOA Indonesia, Selasa (16/6/2020).

Perbatasan Internasional Terpanjang

Warga berjalan melewati lingkaran putih di Taman Trinity Bellwoods, Toronto, Kanada, Kamis (28/5/2020). Taman Trinity Bellwoods digambari lingkaran-lingkaran putih sebagai proyek uji coba untuk mendorong warga melakukan jaga jarak fisik (physical distancing) selama pandemi COVID-19. (Xinhua/Zou Zhen
Warga berjalan melewati lingkaran putih di Taman Trinity Bellwoods, Toronto, Kanada, Kamis (28/5/2020). Taman Trinity Bellwoods digambari lingkaran-lingkaran putih sebagai proyek uji coba untuk mendorong warga melakukan jaga jarak fisik (physical distancing) selama pandemi COVID-19. (Xinhua/Zou Zhen

Perbatasan sepanjang 8.900 kilometer tersebut yang merupakan perbatasan internasional terpanjang di dunia, telah ditutup untuk semua wisatawan yang tidak memiliki kepentingan dari kedua sisi pada 21 Maret.

Penutupan perbatasan tersebut berperan sebagai tanggapan terhadap krisis Virus Corona COVID-19. 

Awalnya, pada bulan April, perbatasan itu akan dibuka kembali, namun penutupan itu telah dua kali diperpanjang, sampai setidaknya 21 Juni.

Menurut Statistik Kanada, lalu lintas lintas batas menurun hingga 95 persen akibat penutupan ini. Namun, perdagangan terus berlanjut.

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keluhan Para Calon Kepala Daerah Ketika Pilkada Dilaksanakan di Tengah Pandemi

Posted: 15 Jun 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Para calon kepala daerah mengeluhkan pelaksanaan pilkada yang dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 pada 9 Desember 2020. Sebab, akan menambah biaya yang semakin besar bagi penyelenggara pemilu dan pasangan calon. Karena harus menyiapkan perangkat kesehatan, seperti sanitizer, tempat cuci tangan, masker hingga kampanye yang dibatasi.

Tak hanya itu, saat melakukan kampanye, tentu akan lebih banyak membutuhkan panitia untuk mengatur jarak aman antar massa kampanye.

"Mengenai pilkada ditengah-tengah kondisi Covid-19 dirasakan memang cukup terkendala. Biaya juga akan bertambah, minimal untuk perlengkapan kesehatan bagi penyelenggara pemilihan," kata bakal calon bupati Kabupaten Serang, Eki Baihaqi, Selasa (16/06/2020).

Meski begitu, dia mengaku siap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19 saat kampanye dan debat publik.

"Menyebabkan perubahan yang signifikan diantaranya adalah terkait sosialisasi dan kampanye harus dilakukan sesuai protokol kesehatan. Tentu kita akan menerima saja sesuai keputusan pemerintah pelaksanaan pilkada," jelasnya.

Bahkan beberapa calon kepala daerah di Banten, berharap pelaksanaan Pilkada serentak yang akan berlangsung pada 9 Desember 2020 ditengah pandemi Covid-19 dapat di tunda hingga keadaan membaik. Karena jika tetap dipaksakan, bisa menimbulkan kerumunan dan bisa menularkan Corona.

"Melihat pandemi yang semakin banyak, apa tidak sebaiknya di evaluasi ulang. Kalau boleh usul, di undur sampai kondisi memungkinkan, kita kedepankan kepentingan masyarakat umum," kata bakal calon wali kota Cilegon, Helldy Agustian, melalui pesan singkatnya, Selasa (16/6/2020).

Meski begitu, pihaknya mengaku siap menjalankan aturan KPU jika memang tetap dilaksanakan pada 9 Desember 2020. Karena dia pun menyadari posisi saat ini dalam kondisi sulit, terutama masalah kesehatan. Dimana, semua pihak belum mengetahui kapan ditemukannya vaksin Corona.

"Kalau untuk kepentingan negara kita paham, kita ikuti aturan negara. Kita tidak bisa memaksakan kehendak. Mau dilaksanakan Desember atau mundur, kita siap," jelasnya.

Begitupun bakal calon kepala daerah Kabupaten Pandeglang, Hendra Pranova mengusulkan pilkada serentak di undur hingga pandemi Corona berakhir atau paling tidak, hingga ditemukannya obat dan vaksinnya.

Sehingga saat kampanye, semua pasangan calon dan masyarakat bisa melakukan dengan rasa aman dan nyaman.

"Kalau boleh usul sih baiknya diundur, biar semua peserta pilkada dan pelaksana dan partisipan pemilu ada dalam kondisi aman, nyaman dan matang dalam persiapan nya," kata bakal calon wakil Bupati Pandeglang, Hendra Pranova, melalui pesan singkatnya, Selasa (16/6/2020).

Pria yang akrab disapa Bonjovi oleh rekan-rekannya ini maju melalui jalur independen bersama Krisyanto. Dia mengaku kesulitan jika nantinya ada aturan kampanye menggunakan media sosial (medsos). Karena jaringan seluler dan internet di Kabupaten Pandeglang belum cukup baik.

Ditambah, belum semua lapisan masyarakat di Banten Selatan itu menggunakan smartphone untuk mengakses medsos.

"Kurang leluasa ya untuk bersosialisasi nya, bagaimanapun kami ini pendatang baru pasti kesulitan untuk bersosialisai ditengah pandemi ini. Kami belum banyak menyentuh seluruh lapisan masyarakat secara langsung. Itu akan semakin jadi sulit jika (kampanye) harus dilakukan secara virtual," jelasnya.

KPU Tetapkan Pilkada pada 9 Desember 2020

Perlu diketahui bahwa KPU telah menetapkan pilkada serentak 2020 akan dilaksanakan pada 9 Desember nanti. Hal itu tertuang dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No. 5 tahun 2020 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pilkada Tahun 2020.

KPU membuka pendaftaran calon kepala daerah yang akan berlaga di 270 wilayah dalam Pilkada serentak 2020 pada 4-6 September mendatang. Verifikasi dilakukan pada 4-22 September.

Kemudian pemeriksaan kesehatan para calo dilaksanakap pada 4-11 September 2020 dan di umumkan hasilnya pada 11-12 September. Selanjutnya penetapan pasangan calon pada 23 September dan pengundian nomor urut pada 24 September. Dilanjutkan massa kampanye pada 26 September hingga 5 Desember 2020. Kemudian pemungutan suara dilaksanakan pada 9 Desember.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perusahaan Desain Kenalkan Alat Penghalang Virus dan Modus di Kursi Pesawat

Posted: 15 Jun 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menjaga jarak alias physical distancing merupakan protokol kesehatan yang wajib ditaati di tengah pandemi corona Covid-19, termasuk di pesawat terbang. Untuk itu, sejumlah inovasi dan kreasi pun dilakukan.

Ada yang meniadakan kursi tengah, ada juga yang mempromoskan kursi pesawat dengan desain berbeda dan bahkan memakai pembatas. Alat yang baru diperkenalkan ini terlihat sederhana, tampak murah dan mungkin kurang efektif mencegah penyebaran virus Corona.

Alat ini diperkenalkan oleh sebuah perusahaan interior pesawat asal Inggris. Seperti dilansir dari CNN, alat ini dibuat oleh RAS Completions. Pelindung itu diklaim mampu menekan penyebaran wabah Corona. Pelindung atau penyekat ini dirancang untuk dipasang di antara tempat duduk.

Alat bernama Personal Protection Window (PPW) ini sudah diminta persetujuan Badan Keamanan Penerbangan Uni Eropa (EASA). Bila disetujui, bisa digunakan maskapai dalam beberapa minggu ke depan. Alat ini dirancang untuk melindungi penumpang dari risiko terkena tetesan air liur dan sejenisnya. Penyekat transparan itu terbuat dari bahan polikarbonat.

Penyekat ini dianggap cocok digunakan di setiap pesawat komersial. Alat ini diutamakan untuk menyekat bagian atas kursi ekonomi karena penumpang duduk berdekatan.

PPW ini akan dipasang di dua sisi kursi tengah. Benda transparan ini akan melindungi penumpang dari kepala hingga ke lengan. Sehingga penumpang tidak akan bersentuhan meski duduk bersebelahan. Meski begitu, PPW juga dianggap akan jadi hambatan buat penumpang yang ingin modus dengan pura-pura tidur di bahu penumpang lain,

Menurut RAS Completions, pelindung tersebut tidak akan menghalangi penumpang pesawat jika ada keadaan evakuasi darurat. Dengan mengusung konsep sederhana, perusahaan akan menjualnya dengan harga yang terjangkau.

Mudah Dilepas dan Dipasang

Perusahaan Desain Kenalkan Alat Penghalang Virus dan Modus di Bangku Pesawat. (dok.Twitter @RunwayGirl/https://twitter.com/RunwayGirl/status/1271176486154915847/Henry)
Perusahaan Desain Kenalkan Alat Penghalang Virus dan Modus di Bangku Pesawat. (dok.Twitter @RunwayGirl/https://twitter.com/RunwayGirl/status/1271176486154915847/Henry)

Fokus produk RAS ini adalah menjaga kesehatan penumpangnya meski penampilannya tidak meyakinkan. Hemat jadi faktor utama karena maskapai telah menderita secara finansial akibat pandemi.

Ditambah lagi, Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) tidak menyarankan pengosongan kursi tengah pesawat karena itu bukan langkah pencegahan terbaik.  RAS Completions mengakui bahwa sekat pelindung di kursi pesawat ini tidak benar-benar melindungi penumpang.

Namun, traveler harus diyakinkan agar nyaman terbang kembali. Pelindung ini mudah dipasang dan dilepas, sehingga jadi solusi yang cukup baik dan paling bisa menyesuaikan keadaan saat ini yang selalu berubah. Meski begitu, penumpang tetap harus memakai masker dan pembersih tangan.

RAS Completions telah menghubungi beberapa maskapai dan mereka menunjukkan minatnya. Ada pula maskapai yang masih berhati-hati melihat perkembangan situasi dahulu. Setidaknya alat ini bisa jadi solusi jangka menengah, untuk jangka waktu selama enam sampai 12 bulan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peneliti Inggris Uji Coba Ibuprofen untuk Pasien COVID-19

Posted: 15 Jun 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Peneliti di London, Inggris telah melakukan uji klinis penggunaan ibuprofen dalam perawatan pasien COVID-19 yang dirawat di rumah sakit. Obat ini sebelumnya sempat tidak direkomendasikan beberapa pihak untuk digunakan dalam pengobatan penyakit akibat virus SARS-CoV-2 ini.

Para peneliti dari King's College London dan Guy's & St. Thomas Hospital percaya, obat penghilang rasa sakit anti-inflamasi dapat mengobat masalah pernapasan terkait COVID-19.

Percobaan yang dilakukan menggunakan "libid ibuprofen" yang merupakan formulasi spesifik dengan melarutkan ibuprofen menjadi lemak, ketimbang menggunakan tablet pereda nyeri yang umumnya dijual di toko-toko.

Tim peneliti berharap agar obat ini akan mengurangi penggunaan ventilator pada pasien yang dirawat di rumah sakit.

"Kita perlu melakukan percobaan untuk menunjukkan bahwa bukti benar-benar cocok terhadap apa yang kita harapkan terjadi," kata salah satu peneliti dari King's College, Mitul Mehta seperti dikutip dari WebMD pada Selasa (16/6/2020).

Sempat Timbulkan Perdebatan

Ilustrasi Foto Peneliti (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Peneliti (iStockphoto)

Dalam uji coba yang disebut dengan LIBERATE ini, setengah dari pasien akan menerima ibuprofen sebagai tambahan dari perawatan standar untuk COVID-19. Ini bertujuan untuk mengevaluasi bagaimana tiga dosis obat mempengaruhi perkembangan penyakit seperti kegagalan paru dan waktu penggunaan ventilator pada pasien virus corona.

Para peneliti juga melihat waktu perawatan pada pasien kritis, lamanya menetap di rumah sakit, serta keberlangsungan hidup secara menyeluruh. Beberapa pasien yang tidak diikutkan dalam studi ini adalah mereka yang sensitif terhadap ibuprofen, memiliki riwayat pendarahan gastrointestinal, serta mempunyai masalah pada hati, ginjal, dan jantung

Studi ini sudah dimulai pada pekan terakhir bulan Mei.

Sebelumnya penggunaan ibuprofen untuk merawat pasien COVID-19 menimbulkan perdebatan di beberapa pihak. Menteri Kesehatan Prancis Oliver Veran menyebut, obat tersebut dan anti-inflamasi lainnya, dapat memperburuk infeksi.

Namun, CDC, FDA dan beberapa organisasi lain mengatakan bahwa ibuprofen aman untuk digunakan pada pasien yang mengalami gejala akibat virus corona.

"Tidak ada bukti kuat bahwa ibuprofen dan obat lain seperti itu bisa membuat Anda lebih sakit," kata John Brooks, kepala petugas medis COVID-19 CDC dalam sebuah pernyataannya.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mau Sulap Sepeda Biasa Jadi Sepeda Listrik, Perhatikan Hal Ini

Posted: 15 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tren penggunaan sepeda kembali meningkat saat masa PSBB transisi. Toko sepeda pun dipenuhi oleh konsumen, dan harga sepeda melambung akibat permintaan yang tinggi.

Nah, bagi Anda yang sudah mendapatkan sepeda idaman dan masih belum terbiasa bersepeda jarak jauh. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah menyulap sepeda kesayangan menjadi sepeda listrik.

Sebelum Anda melakukan hal tersebut, Anda perlu mengenal berbagai jenis motor elektrik sepeda listrik. Jenis motor elektrik sepeda listrik bisa dibagi dalam beberapa kategori.

Setidaknya ada 3 jenis motor elektrik yang disematkan ke dalam roda (hub drive) sepeda, motor elektrik yang menggerakkan crank ( mid drive), dan motor elektrik menggesek/menggerakkan roda secara langsung (friction drive).

 

Hub Drive

Menggunakan motor elektrik yang disematkan dalam roda memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Kelebihannya, motor jenis ini tidak banyak memakan tempat. Pemasangannya bisa di roda depan maupun belakang, bahkan keduanya yang membuatnya menjadi all-wheel drive.

Kekurangan dari motor elektrik jenis ini adalah Anda tidak bisa menggunakan multi speed yang dimiliki oleh sepeda drivetrain.

Mid Drive

Sepeda listrik mid drive (Amal/Liputan6.com)
Sepeda listrik mid drive (Amal/Liputan6.com)

Motor elektrik yang menggerakkan crank dapat mengoptimalkan sprocket gear yang dimiliki oleh sepeda. Jika Anda menggunakan sprocket gear 10 - percepatan. Maka Anda memiliki 10 percepatan yang bisa digunakan oleh motor elektrik. Sehingga beban kerja motor elektrik akan disesuaikan dengan medan yang dihadapi.

Keuntungan lainnya adalah penempatannya di tengah, sehingga pengendaraan akan terasa lebih natural berkat distribusi bobot yang lebih baik. Kekurangannya adalah harga yang relatif mahal dibanding motor elektrik jenis lain.

Friction Drive

Sepeda listrik dengan friction drive (Amal/Liputan6.com).
Sepeda listrik dengan friction drive (Amal/Liputan6.com).

Cara kerja friction drive adalah menggerakkan roda belakang secara langsung. Di Indonesia sendiri, sudah ada produsen lokal dengan produk bernama Mini-On (sekarang Goes-On). Kelebihannya adala bentuknya yang mungil dan berbobot ringan, cocok bagi Anda yang ingin bersepeda tanpa terlihat menggunakan motor elektrik. Kekurangannya, karena cara kerja yang menggesek roda secara langsung, sistem ini biasanya menghabiskan permukaan roda belakang jika pengaturannya kurang tepat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Warga Padang Jadi 'Penyelamat' Bisnis Nelayan Pasie Nan Tigo

Posted: 15 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Padang - Nelayan Pasie Nan Tigo Kota Padang Sumatera Barat, tidak perlu risau lagi jika hasil tangkapan tak habis terjual, sebab, saat ini di lokasi tersebut sudah ada tempat pembekuan ikan.

Tempat pembekuan ikan yang diberi nama UD Halwa itu dicetuskan oleh Man Idris. Dia membuat tempat itu dengan uang pribadinya.

Man Idris kepada Liputan6.com, Senin (15/6/2020), menyebut pembuatan tempat pembekuan ikan dilatarbelakangi karena dia sering melihat ikan hasil tangkapan nelayan tak terjual habis pada hari yang sama.

"Bahkan kadang ada ikan yang terbuang sia-sia," katanya.

Oleh karena itu, ia berinisiatif mendirikan tempat pembekuan ikan ini, sekaligus juga bisa dijadikan tempat pengolahan ikan.

Dengan tempat pembekuan ikan yang bisa menampung 20 ton tersebut, Man Indris berharap nelayan bisa terbantu dan menjaga hasil tangkapannya agar bisa dijual lagi jika tak habis.

"Tak hanya untuk ikan, namun juga cumi-cumi, udang, kepiting dan hasil tangkapan nelayan lainnya bisa dibekukan di sini," jelasnya.

Sementara Pemerintah Kota Padang mengapresiasi dan menyambut baik hadirnya sebuah tempat pembekuan ikan di kawasan Muaro Panjalinan, Kelurahan Pasie Nan Tigo, Kecamatan Koto Tangah tersebut.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang Amasrul, megatakan dengan adanya tempat pembekuan ikan ini tentunya juga dapat mendukung penjualan ekspor ikan dan sejenisnya ke luar daerah.

Selain itu, nelayan-nelayan yang ada di Pasie Nan Tigo khususnya, kata Amasrul, dapat terbantu dalam menata ikan hasil tangkapannya agar tetap awet dan tidak ada yang terbuang sia-sia.

"Ikan adalah bahan pokok yang mudah rusak, apalagi di daerah tropis seperti Indonesia khususnya Kota Padang yang suhunya relatif tinggi," katanya.

Namun, umur penyimpanan ikan bisa diperpanjang dengan penurunan suhu. Bahkan ikan beku bisa disimpan selama beberapa waktu dan saat dibutuhkan ikan tersebut bisa dicairkan dan diproses lebih lanjut.

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: