Senin, 08 Juni 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Doni Monardo Umumkan 136 Wilayah Masuk Zona Kuning Covid-19, Ini Daftarnya

Posted: 08 Jun 2020 10:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPPC19) Doni Monardo, merilis 136 kabupaten dan kota masuk kategori zona kuning. Diketahui, zona kuning adalah sebutan bagi wilayah yang hampir dapat dinyatakan aman dari penyebaran Covid-19.

"Definisi zona kuning yang ditetapkan oleh GTPPC19 merupakan wilayah dengan tingkat risiko rendah," kata Doni lewat siaran pers diterima, Selasa (9/6/2020).

Dikarenakan sudah masuk zona kuning Covid-19, lanjut Doni, 136 kabupaten dan kota tersebut mulai dapat menyiapkan pelaksanaan aktivitas masyarakat aman dan produktif.

"Hal ini berdasarkan hasil evaluasi tim pakar epidemiologi, kesehatan masyarakat, sosial, budaya, ekonomi kerakyatan dan keamanan," jelas Doni.

Sebelumnya, Doni Monardo telah mengumumkan 102 kabupaten dan kota berada pada zona hijau pada Sabtu (30/5/2020). Data itu tercatat di data based (GTPPC19).

Namun seiring perkembangan dan pemantauan, data teranyar merilis bahwa wilayah administratif setingkat kabupaten dan kota yang masih bertahan di zona hijau Covid-19 berjumlah 92.

 

 

Daftar 136 Wilayah Zona Kuning

Petugas menunjukan penyebaran virus corona (COVID-19) pada layar pemantau di Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Senin (9/3/2020). Sampai hari ini, Posko COVID-19 DKI Jakarta terlah dihubungi 3.580 orang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas menunjukan penyebaran virus corona (COVID-19) pada layar pemantau di Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Senin (9/3/2020). Sampai hari ini, Posko COVID-19 DKI Jakarta terlah dihubungi 3.580 orang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Berikut 136 kabupaten dan kota zona kuning sesui data (GTPPC19):

1. Provinsi Aceh, 9 kabupaten/kota (Aceh Barat Daya, Aceh Tamiang, Kota Lhokseumawe, Pidie, Simeulue, Kota Banda Aceh, Aceh Utara, Gayo Lues, Bener Meriah)

2. Provinsi Sumatera Utara, 1 kabupaten dan 1 kota (Kota Padang Sidempuan, Tapanuli Utara)

3. Provinsi Sumatera Selatan, 3 kabupaten (Lahat, Ogan Komering Ulu Timur, Ogan Komering Ilir)

4. Provinsi Sumatera Barat, 2 Kota (Kota Pariaman, Kota Solok) 

5. Provinsi Jambi, 7 kabupaten/kota (Tanjung Jabung Barat, Sarolangun, Batang Hari, Bungo, Tanjung Jabung Timur, Kota Jambi, Tebo)

6. Provinsi Lampung, 10 kabupaten/kota (Lampung Tengah, Lampung Barat, Tulang Bawang, Tanggamus, Pringsewu, Tulang Bawang Barat, Kota Metro, Lampung Selatan, Lampung Utara, Pesawaran)

7. Provinsi Bengkulu, 6 kabupaten/kota (Bengkulu Selatan, Kaur, Mukomuko, Rejang Lebong, Kepahiang, Bengkulu Tengah)

8. Provinsi Riau, 10 kabupaten/kota (Indragiri Hulu, Indragiri Hilir Kepulauan Meranti, Kota Pekanbaru, Pelalawan, Rokan Hulu, Siak, Kota Dumai, Kampar, dan Bengkalis)

9. Provinsi Kepulauan Riau, 3 kabupaten/kota (Karimun, Bintan, Kota Tanjung Pinang)

10. Provinsi Bangka Belitung, 3 kabupaten (Belitung, Bangka Tengah, Bangka Barat)

11. Provinsi Kalimantan Timur, 6 kabupaten/kota (Paser, Berau, Kutai Kartanegara, Kota Bontang, Penajam Paser Utara, dan Kutai Timur)

12. Provinsi Kalimantan Selatan, 1 Kabupaten (Hulu Sungai Selatan)

13. Provinsi Kalimantan Barat, 9 kabupaten/kota (Sanggau, Ketapang, Sekadau, Landak, Kota Singkawang, Kayong Utara, Sambas, Mempawah, Sintang)

14. Provinsi Kalimantan Tengah, 1 Kabupaten (Barito Utara)

 

Jawa Barat hingga Papua

Petugas melewati layar pemantau yang menunjukan penyebaran virus corona (COVID-19) di Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Senin (9/3/2020). Dari 3.580 orang yang menghubungi Posko COVID-19 DKI Jakarta, ada 64 kasus kategori Orang Dalam Pantauan dan 56 Pasien Dalam Pengawasan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas melewati layar pemantau yang menunjukan penyebaran virus corona (COVID-19) di Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Senin (9/3/2020). Dari 3.580 orang yang menghubungi Posko COVID-19 DKI Jakarta, ada 64 kasus kategori Orang Dalam Pantauan dan 56 Pasien Dalam Pengawasan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

15. Provinsi Jawa Barat, 11 kabupaten/kota (Cianjur, Ciamis, Kota Banjar, Sukabumi, Sumedang, Tasikmalaya, Cirebon Majalengka, Kuningan, Pangandaran, dan Indramayu)

16. Provinsi Jawa Tengah, 10 kabupaten/kota (Kota Pekalongan, Wonogiri, Karanganyar, Grobogan, Kendal, Pekalongan, Boyolali, Blora, Sragen, Lembang) 

17. Provinsi Jawa Timur, 4 kabupaten/kota (Ponorogo, Kota Blitar, Trenggalek, Kota Pasuruan)

18. Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, 1 kabupaten (Sleman)

19. Provinsi Nusa Tenggara Timur, 6 kabupaten/kota (Flores Timur, Sumba Timur, Manggarai, Ende, Manggarai Barat, Nagekeo)

20. Provinsi Sulawesi Utara, 4 kabupaten (Minahasa Tenggara, Kepulauan Sangihe, Kepulauan Talaud, Bolaang Mongondow Utara)

21. Provinsi Sulawesi Barat, 1 kabupaten (Mamuju)

22. Provinsi Sulawesi Tengah, 7 kabupaten/kota (Kota Palu, Morowali, Sigi, Poso, Toli Toli, Banggai Kepulauan, Banggai Laut)

23. Provinsi Sulawesi Selatan, 5 kabupaten/kota (Barru, Kepulauan Selayar, Tana Toraja, Bulukumba, Kota Palopo)

24. Provinsi Sulawesi Tenggara, 3 kabupaten (Konawe Selatan, Konawe, Kolaka)

25. Provinsi Maluku Utara, 4 kabupaten (Halmahera Barat, Halmahera Selatan, Pulau Taliabu, Halmahera Utara)

26. Provinsi Maluku, 5 Kabupaten (Seram Bagian Barat, Maluku Tengah, Maluku Barat Daya, Buru Selatan, Maluku Tenggara)

27. Provinsi Papua Barat, 2 kabupaten (Kaimana, Fakfak)

28. Provinsi Papua, 1 kabupaten (Nabire)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendag: 60 Persen Industri di Indonesia Terpuruk Akibat Corona

Posted: 08 Jun 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita memetakan tiga kategori industri yang mendapatkan pukulan keras atau menderita dampak covid-19. Namun disisi lain permintaan akan alat kesehatan juga meningkat sehingga membantu neraca perdagangan industri surplus.

"Hasil pemetaan menunjukkan bahwa kami dari Kementerian Perindustrian memetakan tiga hal kategori yaitu kategori industri yang kita sebut hard hit atau suffer (menderita), kemudian juga ada moderat, dan ada demand tinggi tentu ini dari hari kehari sangat dinamis pergerakannya. Intinya kami mengumpulkan dan mengelompokkan dalam tiga kategori kondisi yang dihadapi industri," kata Menteri Agus dalam Webinar Bersama Lawan covid-19, Selasa (9/6/2020).

Lebih lanjut Agus menjelaskan hasil dari pemetaan itu, diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa 60 persen industri yang terdampak sangat tinggi akibat penyebaran covid-19, sehingga perlu diberi perhatian dan insentif. Hal itu seperti industri logam, semen, otomotif, mesin, tekstil, meubel, peralatan listrik dan lainnya. Sedangkan yang moderat sebesar 40 persen.

"Jadi untuk mempertahankan kinerja, disisi lain industri dengan demand tinggi seperti Alat Perlindungan Diri (APD), alat kesehatan dan etanol, masker dan sarung tangan, farmasi dan fitomarfaka serta industri makanan dan minuman dapat dioptimalkan untuk memperkuat neraca perdagangan," ujarnya.

Sementara salah satu industri yang terdampak cukup berat adalah industri tekstil dan produk tekstil yang ditandai dengan penurunan laju pertumbuhan industri menjadi -1,24 persen pada triwulan I 2020. Penurunan ekspor di sektor ini sebesar 14,2 persen menjadi USD 3,77 miliar pada bulan Januari-April 2020. Ia pun menilai penurunan ekspor itu termasuk sangat rendah.

 

Industri Tekstil

Mendag Agus Suparmanto (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Mendag Agus Suparmanto (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Selain itu, industri tekstil dan produk tekstil atau TPT ini berupaya mempertahankan kinerja industrinya dengan melakukan disertivikasi produk dan membantu kebutuhan APD dan masker untuk tenaga medis serta memproduksi masker dari kain. Akibatnya terjadi peningkatan signifikan pada coverall, surgical gown, dan surgical mask.

Hal itu berdasarkan data yang disusun oleh Kementerian Perindustrian dan Kementerian Kesehatan diperoleh data bahwa terjadi surplus  produksi sampai Desember 2020 sebanyak 1,9 miliar pcs untuk masker bedah, 377,7 juta untuk masker kain, 13,2 pcs untuk pakaian bedah atau surgical gown, kemudian 356,6 juta  pcs pakaian pelindung medis atau coverall. Kecuali untuk masker N95 yang masih mengalami defisit sebesar 5,4 juta pcs, karena saat ini hanya terdapat satu produsen.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banyak yang Hujat Video Klip Kekeyi, Ernest Prakasa: Jangan Ganggu Kesenangan Orang

Posted: 08 Jun 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lagu "Keke Bukan Boneka" dari Kekeyi hingga saat ini masih ramai dibicarakan masyarakat, termasuk kalangan selebritas Indonesia. Kali ini giliran Ernest Prakasa menanggapi fenomena lagu tersebut.

Seperti diketahui, video klip "Keke Bukan Boneka" milik Kekeyi menuai respons beragam dari masyarakat. Tak sedikit yang bernada negatif. Saking ramai dibahas, Ernest Prakasa akhirnya menyaksikan video klip terbaru Kekeyi.

Usai menonton, Ernest Prakasa mengakui video klip Kekeyi tidak indah secara estetika. Hal itu disampaikan melalui unggahan di fitur Instagram TV pada Minggu (7/6/2020). 

Secara Estetika

Kekeyi (Sumber: YouTube/rahmawati kekeyi putri cantikka)
Kekeyi (Sumber: YouTube/rahmawati kekeyi putri cantikka)

"Karena penasaran akhirnya lihat video Kekeyi trending ke-2 dengan 22 juta views. Hal pertama yang terlintas di benak gua ketika nonton video itu adalah, ternyata untuk bikin video klip dan lagu, tidak harus bisa nyanyi," ulas bintang film Cek Toko Sebelah dan Susah Sinyal.

Ernest Prakasa melanjutkan, "Apakah menurut gua Kekeyi bisa nyanyi? Tentu tidak. Apakah menurut gua, video itu secara estetika indah, tidak." Namun hal tersebut tidak lantas membenarkan sikap masyarakat untuk menghujat Kekeyi.

 

Tidak Harus Menghujat

Rahmawati Kekeyi. (Foto: Instagram @rahmawatikekeyiputricantikka23)
Rahmawati Kekeyi. (Foto: Instagram @rahmawatikekeyiputricantikka23)

"Itulah menariknya internet dan media sosial, bahwa kita, tuh enggak bisa mematok sesuatu berdasarkan selera kita. Dan janganlah (menurut gue) kita ganggu-ganggu kesenangan orang," beri tahu ayah dua anak ini.

Ernest Prakasa menyatakan, "Orang-orang sekarang banyak yang mengganggu kesenangan orang, iya enggak sih? Kayak 'Apaan, sih lu begitu aja ditontonin' Ya biarin aja kali. Kuota-kuota dia, bikinnya juga enggak ngerugiin lo, enggak minta modal sama lo. Ya udah biarin aja gitu."

 

Kriminalitas Estetika

Ernest Prakasa. (Adrian Putra/Bintang.com)
Ernest Prakasa. (Adrian Putra/Bintang.com)

Terlepas dari isu plagiarisme yang sempat beredar, Ernest Prakasa beranggapan Kekeyi tidak menyalahi apapun. Ia membandingkan Kekeyi dengan kasus Ferdian Paleka.

"Padahal yang dilakukannya itu tidak melanggar hukum, tidak melanggar etika. Beda, kecuali kayak kemarin misalnya kasus Ferdian Paleka. Itu jelas kelewatan. Tapi kalau untuk kejahatan-kejahatan yang levelnya hanya sebatas di estetika, kriminalitas estetika. Jelek-bagus itu relatif," ia membeberkan.

Dilandasi Sifat Iri

Ernest Prakasa. (Foto: Instagram @ernestprakasa)
Ernest Prakasa. (Foto: Instagram @ernestprakasa)

Sutradara film Ngenest dan Imperfect: Karier, Cinta, dan Timbangan menduga, orang-orang yang memberikan hujatan maupun hinaan kepada Kekeyi itu dilandasi sikap iri.

"Menurut gua penghinaan itu didrive oleh salah satu unsur terbesarnya adalah iri hati, dengki gitu. Kayak 'Gue tuh berusaha bikin yang keren banget tapi enggak bisa sesukses ini. Ini apaan kenapa bisa sukses' Kenapa gue bisa ngomong gini karena gua pernah ada di posisi itu," tutupnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Fenomena Baby Boom di Masa Pandemi Corona Pukul 14.00 WIB

Posted: 08 Jun 2020 10:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pandemi COVID-19 yang melanda dunia, juga Indonesia, menyebabkan sebagian besar pasangan usia subur di Tanah Air menunda memasang alat KB. Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo menyebut, penurunan peserta KB mulai meningkat pada Maret 2020 ketika COVID-19 mulai meluas di sejumlah wilayah di Indonesia.

"Terlihat sekali penurunannya selama COVID-19 bila dibandingkan dengan Februari 2020. Pemakaian IUD pada Februari 2020 sejumlah 36.155 turun menjadi 23.383," ungkap Hasto, Maret 2020 lalu.

Hasto merinci penurunan penggunanan alat kontrasepsi tersebut sebagai berikut: implan turun dari 81.062 menjadi 51.536, suntik KB dari 524.989 menjadi 341.109. Lalu pil KB turun 251.619 menjadi 146.767, kondom dari 31.502 menjadi 19.583, MOP (vasektomi) dari 2.283 menjadi 1.196, dan MOW (tubektomi) dari 13.571 menjadi 8.093.

Menurunnya pengguna kontrasepsi tentu berimbas pada meningkatnya kehamilan. Sebuah media luar pernah memperkirakan jika pengguna kontrasepsi di Indonesia menurun 10 persen, risiko kehamilan bisa mencapai sekitar 400 ribu. Hasto Wardoyo tak menampik estimasi itu. Meski untuk perhitungan pastinya, Hasto mengatakan perlu ditunjang data dari Kementerian Kesehatan RI.

 

Fenomena Baby Boom di Masa Pandemi Corona
Fenomena Baby Boom di Masa Pandemi Corona

Estimasi terjadinya penambahan kehamilan sebanyak 400 ribu itu perlu diwaspadai atau diantisipasi agar fenomena baby boom tidak terjadi.

Menurut Hasto, berdasarkan data dalam setahun terjadi kehamilan sekitar 4,8 sampai lima juta. Kalau ketambahan 400 ribu, kira-kira terjadi penambahan delapan persen dari angka per tahun tersebut.

"Ketika tambahan delapan persen, baik pemerintah maupun keluarga akan terbebani," katanya. 

Saksikan bincang-bincang seputar fenomena baby boom bersama Hasto Wardoyo dalam live streaming Liputan6.com dan Vidio.com hari ini, Selasa 9 Juni 2020 pukul 14.00 WIB.

Sharing session ini akan dipandu host Istiarto Sigit via Zoom Meeting 

Https://us02web.zoom.us/j/89963069545

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Terlena, Ini 6 Tipe Pria yang Tampak Idaman Tapi Bisa Bikin Sengsara

Posted: 08 Jun 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dalam sebuah hubungan, tak sedikit orang yang terjebak dalam ilusi kisah cinta sempurna. Padahal hubungan tersebut tak sehat dan biasanya terdapat relasi kuasa yang timpang antara orang yang terlibat didalamnya.

Meski tak banyak disadari, namun, 6 tipe pria di bawah ini benar-benar cukup sering ditemui. Jika dalam proporsi yang pas, sebenarnya peran tersebut bisa dibilang idaman dan dapat membuat hubungan sehat.

Namun, sering kali yang terjadi, 6 tipe pria ini malah mendominasi dalam hubungan. Jika terjadi dominasi, akan mengarah ke hubungan yang tak sehat dan cenderung toxic.

Kira-kira seperti apakah 6 tipe pria yang tampak idaman tapi bisa bikin menderita? Berikut ulasan selengkapnya dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Selasa (9/6/2020).

1. Tipe 'ayah'

ilustrasi/copyright pexels.com/Edwin Ariel Valladares
ilustrasi/copyright pexels.com/Edwin Ariel Valladares

Sama seperti peran seorang ayah, pria dengan tipe ini juga akan menyediakan dukungan, rasa aman, serta kasih sayang bagaikan seorang ayah. Berada didekatnya seolah dunia terasa baik-baik saja karena ada sosoknya yang memberikan perlindungan. Terdengar menarik? Tentu saja.

Namun, pada realitanya, pria dengan tipe ini tidak melihat partner mereka sebagai sosok yang setara. Mereka memperlakukan pasangan sebagai sosok yang menggantikan anak mereka. Sehingga ia perlu untuk bertindak seperti orang tua, ketika pasangannya salah ia merasa memiliki hak lebih untuk memberikan 'hukuman'.

Hal yang akan jadi masalah dari berhubungan dengan pria tipe ini adalah membuat wanitanya tak dewasa. Biasa diperlakukan sebagai anak-anak, maka ia akan benar-benar bersikap semakin kekanakan.

2. Tipe Bad Boy

ilustrasi pasangan/copyright Shutterstock
ilustrasi pasangan/copyright Shutterstock

Sosok pria tipe bad boy tentunya sudah sering kita jumpai di film komedi romantis atau bahkan di kehidupan nyata. Sosoknya yang penuh petualangan dan misterius dengan ciri khas tampilan anak nakal seolah selalu sukses mengundang rasa penasaran kaum hawa.

Pria tipe ini tampak menarik karena ia selalu tampil apa adanya. Ia jujur dengan segala kelakuan buruk yang ia miliki, dan banyak wanita yang terpikat atas pesonanya ini. Namun, tentu saja yang terlihat berkilauan belum tentu berlian.

Tampak bak pemberontak yang jujur dengan jati dirinya, maka bisa dikatakan pria tipe ini memiliki ego yang sangat tinggi. Ia hidup dalam dunianya sendiri dan bukan tipe pria yang ingin menjalin hubungan yang serius.

 

3. Tipe Patsy

Ilustrasi/copyrightshutterstock/Kzenon
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Kzenon

 Pria tipe ini merupakan tipe yang biasa diidam-idamkan oleh orang tua. Sosoknya penuh kasih sayang, pengertian, dapat diandalkan, dan punya sopan santun. Ia jelas bisa mengorbankan banyak hal hanya untuk memenangkan hati orang lain.

Namun tentu saja pria tipe ini juga memiliki kekurangan. Biasanya ia sangat datar, kaku, dan memiliki kepribadian yang membosankan. Hal inilah yang membuat banyak wanita mencampakkan pria ini.

Banyak kaum hawa yang terjebak dalam hubungan jangka panjang dengan pria tipe ini dan sulit untuk mengakhirinya. Hal ini karena ia benar-benar nampak sempurna di luar, sehingga wanita yang mencampakkannya akan terlihat seperti perempuan jahat.

Pria tipe ini terbiasa untuk menyenangkan orang lain, sehingga ia sering kali kesulitan untuk mengungkapkan perasaannya yang sesungguhnya. Ini yang membuat banyak wanita tak nyaman berhubungan dengan pria tipe ini, sifatnya yang sulit untuk mengungkapkan emosi membuatnya terlihat tidak jujur.

4. Tipe Kesatria Berkuda Putih

Ilustrasi hubungan cinta pasangan bahagia (iStockphoto)
Ilustrasi hubungan cinta pasangan bahagia (iStockphoto)

Pria tipe ini biasa kita lihat dalam film Disney dimana ada sosok pria yang berjasa sebagai pahlawan dan menyelamatkan sang putri. Ia memiliki daya tarik berupa romantisme, karisma, dan rasa percaya diri yang tinggi.

Namun, tentu ia tak bisa bersikap demikian setiap saat. Ada kalanya ia bersikap egois untuk dirinya sendiri namun sang wanita sudah terlanjur memiliki ketergantungan untuk 'diselamatkan' meskipun untuk hal sepele tersebut.

Hal ini menimbulkan relasi kuasa yang timpang dimana pria ini bisa lebih mendominasi dalam sebuah hubungan. Tentu saja hal ini tidak sehat untuk hubungan jangka panjang.

5. Tipe Pebisnis

Ingin Membangun Bisnis tapi Masih Bingung Mulai dari Mana? Yuk, Coba Lima Tips Ini!
Ingin Membangun Bisnis tapi Masih Bingung Mulai dari Mana? Yuk, Coba Lima Tips Ini!

Pria tipe ini adalah sosok pria yang dikenal dengan sikapnya yang rasional, tak banyak kejutan, dan perhitungan yang tepat. Sekilas bagi seorang wanita yang sedang mencari pria untuk komitmen jangka panjang, mungkin ia akan terlihat sangat idaman, namun tentu saja tetap ada celahnya.

Memiliki sifat seperti yang telah disebutkan di atas, membuat pria tipe ini memiliki karir yang bagus. Namun, belum tentu hal yang sama akan berlaku untuk kehidupan cintanya. Sikapnya yang terlalu kikir sering kali mengganggu bagi beberapa wanita. 

Pria tipe ini akan mempermasalahkan banyak hal kecil karena ia ingin semuanya adil, tanpa pandang bulu. Misalkan saja, ia akan mempermasalahkan siapa yang terakhir bayar makanan, siapa yang terakhir cuci piring, ia benar-benar tak mau rugi karena segala sesuatunya diibaratkan bagaikan sebuah bisnis.

Sikap tersebut tentu membuat romantisme dalam hubungan bisa menghilang dengan sendirinya. Terlalu perhitungan membuat pasangan akan kehilangan rasa tulus dalam hubungan.

6. Tipe Perayu/Penggoda

Pria Hanya Akan Lakukan 6 Hal Ini pada Wanita yang Dicintainya (iStockphoto)
Pria Hanya Akan Lakukan 6 Hal Ini pada Wanita yang Dicintainya (iStockphoto)

Memiliki mulut yang manis, pria ini selalu memiliki hal indah untuk dikatakan kepada wanitanya. Ia akan membuat pasangannya seolah menjadi sosok wanita paling beruntung dan paling menarik sedunia.

Ia hanya mengatakan hal-hal yang ingin anda dengar. Meskipun hal tersebut belum tentu nyata adanya. Pria tipe ini seringkali menganggap wanita seolah sebagai sebuah tropi untuk dimenangkan.

Hal tersebut ia lakukan hanya untuk memenuhi egonya. Seolah-olah ialah sang penakluk wanita. Namun, jika sudah berhasil lantas apa selanjutnya? Biasanya ia hanya akan berputar-putar mengalihkan pembicaraan jika sudah ditanyai tentang komitmen.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kabar Baik, 867 Pasien Corona COVID-19 di Surabaya Dinyatakan Sembuh

Posted: 08 Jun 2020 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pasien sembuh dari Corona COVID-19 terus bertambah di Surabaya, Jawa Timur. Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya, sebanyak 867 pasien terkonfirmasi dinyatakan sembuh hingga Senin, 8 Juni 2020. 

Koordinator Bidang Pencegahan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Surabaya, Febria Rachmanita, mengatakan hingga Senin, 8 Juni 2020, pasien COVID-19 yang telah sembuh berjumlah 55 orang. Mereka terdiri dari pasien rawat inap rumah sakit dan rawat jalan isolasi mandiri.

"Ada 40 orang yang (sebelumnya) rawat inap rumah sakit. Dan 15 lainnya dari rawat jalan isolasi mandiri," kata Febria Rachmanita di Balai Kota, seperti dikutip dari laman Surabaya.go.id, ditulis Selasa, (9/6/2020).

Sementara itu pada Minggu, 7 Juni 2020, tren kesembuhan COVID-19 di Kota Pahlawan ini sebanyak 46 orang. Mereka terdiri dari pasien Hotel Asrama Haji Surabaya, pasien rawat inap rumah sakit dan rawat jalan isolasi mandiri. Menurut dia, pasien sembuh ini lebih didominasi oleh pasien rawat inap dan rawat jalan isolasi mandiri.

"Rinciannya 3 pasien dari Hotel Asrama Haji, 43 lainnya dari rawat inap rumah sakit dan rawat jalan isolasi mandiri," kata Feny sapaan akrab Febria Rachmanita.

Sedangkan, pada 31 Mei – 6 Juni 2020, sebagian besar pasien sembuh merupakan tamu dari Hotel Asrama Haji. Mengacu data Dinkes, tercatat sebanyak 236 orang dinyatakan sembuh selama tujuh hari tersebut.

Mulai 2 Juni pasien sembuh ada 1 orang. Kemudian pada 3 Mei 2020, bertambah secara signifikan menjadi 188 orang. Pada 4 Juni 2020, pasien sembuh ada 11 orang. "Berikutnya tanggal 5-6 Juni pasien yang sembuh ada 36 orang," ujar dia.

Rincian Pasien Sembuh

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Febria Rachmanita (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Febria Rachmanita (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Kemudian, Kepala Dinkes Surabaya ini juga merinci jumlah pasien sembuh dari rawat inap rumah sakit. Mulai 31 Mei – 6 Juni 2020, total sebanyak 195 orang dinyatakan sembuh.

Rinciannya, ada 15 orang sembuh pada 31 Mei 2020, kemudian 8 orang sembuh pada 1 Juni 2020, selanjutnya ada 39 sembuh pada keesokan harinya dan 21 orang sembuh pada 3 Juni 2020. Tepat pada 4 Juni 2020, pasien sembuh yang seblumnya rawat inap di rumah ada 42 orang.

"Tanggal 5 Juni ada 56 dan 6 Juni ada 14. Jadi totalnya mulai 31 Mei - 6 Juni 2020, ada 195 pasien sembuh," ujar dia.

Tidak hanya itu, Feny menyebut, pada 31 Mei - 6 Juni 2020, jumlah pasien sembuh yang sebelumnya rawat jalan atau isolasi mandiri ada 135 orang. Pertama pada 31 Mei 2020, ada sekitar 8 orang yang dinyatakan sembuh.

Kedua, pada 1 Juni 2020, meningkat menjadi 9 orang. Pada 2 Juni 2020, ada tambahan 20 orang. Selanjutnya pada 3 Juni 2020, ada 31 orang sembuh. Pada 5 Juni 2020, ada 43 orang dinyatakan sembuh. "Untuk tanggal 6 Juni 2020, ada sebanyak 7 orang sembuh," terangnya.

Feny menambahkan, hingga Senin, 8 Juni 2020, jumlah pasien yang masih dirawat dengan status terkonfirmasi berjumlah 644 orang. Kemudian untuk pasien dalam pengawasan (PDP) ada 1.287.

"Untuk ODP (orang dalam pemantauan) ada 85 orang. Sedangkan anak-anak yang sembuh sekitar 15 orang," tutur dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Mencoba Kabur 3 Napi Rutan Tanjung Gusta Digagalkan Warga

Posted: 08 Jun 2020 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Medan Tiga orang narapidana (napi) mencoba kabur dari Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Medan, Jalan Pemasyarakatan, Tanjung Gusta, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut). Ketiganya diketahui kabur pada Senin, 8 Juni 2020, malam.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Sumut, Muhammad Jahari Sitepu mengatakan, tiga tahanan masing-masing berinisial HE, SMJ, dan AR. Ketiganya merupakan warga binaan dari Aceh.

"Mereka mencoba kabur dan melarikan diri dari Klinik Rutan Kelas I Medan, dengan cara lompat tembok," kata Jahari, Selasa (9/6/2020).

Dijelaskannya, ketiga napi tersebut melompat tembok yang tingginya sekitar 8 meter. Dari tiga napi tersebut, seorang diantaranya sedang menjalani hukuman 7 tahun penjara karena kasus narkoba.

"Dua lainnya masih proses persidangan, juga kasus narkoba dan dituntut hukuman penjara seumur hidup," jelasnya.

Diterangkan Jahari, aksi ketiga napi terlihat oleh pegawai Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kantor Wilayah (Kanwil) Sumut. Saat itu pegawai melihat ketiganya mencoba kabur dengan memanjat tembok Rutan.

"Mereka terlihat pegawai Kemenkumham yang tinggal di kompleks sekitar Rutan," terangnya.

 

Dibantu Warga

Ketika menangkap napi, pegawai berteriak meminta bantuan
Ketika menangkap napi, pegawai berteriak meminta bantuan

Pegawai yang sedang berkendara bersama anaknya tersebut kemudian menangkap salah satu napi yang mencoba kabur saat baru saja melompat turun dari tembok. Ketika menangkap napi, pegawai berteriak meminta bantuan.

Warga yang mendengar teriakan pegawai, yang bermukim di sekitar kompleks Rutan langsung menangkap napi lainnya. Seorang napi yang mencoba kabur ditangkap di atas becak bermotor (bentor) bersama seorang perempuan.

"Infonya, perempuan itu kakak tirinya. Kejadian ini kita koordinasikan dengan Polsek Helvetia dan Kodim setempat," Jahari menandaskan.

Saksikan juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Pengamat Politik UNS tentang Calon Pendamping Gibran di Pilkada Solo

Posted: 08 Jun 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa sosok yang akan menjadi pendamping Gibran Rakabuming Raka dalam Pilkada Solo nanti, masih menjadi tanda tanya. Pengamat pun memprediksi sejumlah kriteria sosok pendamping putra sulung Presiden Jokowi itu jika direstui PDIP untuk maju Pilkada Solo.

Pengamat politik dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Agus Riewanto, memprediksi sosok pendamping Gibran.

Dia menyebut, Gibran akan meniru langkah sang ayah, Joko Widodo atau Jokowi dalam mencari pasangan politik. Salah satunya, Gibran diprediksi bakal mencari figur yang lebih senior.

"Bila dilihat, patron dari Gibran itu ya Pak Jokowi. Kalau menilik langgam Pak Jokowi itu selalu ambil senior, tidak merupakan kompetitor, punya legitimasi memperkuat basis kekuasaan. Langgam ini akan dipakai Gibran," urai Agus seperti dilansir dari Solopos, Selasa (9/6/2020).

Namun, dia mengaku tidak memiliki gambaran tentang tokoh yang memenuhi kriteris tersebut untuk menjadi pendamping Gibran.

Sementara, soal langkah DPP Partai Golkar yang mengeluarkan rekomendasi cawali Solo kepada Gibran, dia menilai hal itu sebagai manuver politik untuk mencari kawan koalisi, utamanya dari PDI Perjuangan (PDIP).

Sebab, selama ini Partai Golkar yang selalu berada di lingkaran kekuasaan, baik nasional maupun daerah.

Sementara, dalam konteks rekomendasi untuk Gibran, Agus menilai Partai Golkar sedang mencari panggung di Pilkada Solo.

"Dalam politik boleh-boleh saja. Tapi rekomendasi itu tidak cukup punya arti bagi Gibran karena hanya tiga kursi. Berarti itu kan rekomendasi karena koalisi. Bagian dari mencari koalisi. Tapi maukah PDIP berkoalisi," kata dia.

Menunggu Rekomendasi dari PDIP

Disinggung soal rekomendasi dari DPP Partai Golkar untuk dirinya, Gibran menyambut baik hal itu. Namun, putra sulung Presiden Joko Widodo itu menegaskan dirinya sudah mencalonkan diri sebagai Cawali Solo dari PDIP.

Pengusaha muda yang bergerak di bidang kuliner itu pun akan tetap menunggu keputusan rekomendasi dari DPP PDIP.

"Saya baru sebatas baca di media tentang adanya dukungan dari beberapa pengurus Partai Golkar. Prinsipnya saya sangat berterima kasih. Ini akan menambah dukungan warga Solo kepada saya di pilkada," ujar Gibran, Sabtu, 6 Juni 2020. 

Gibran mengaku masih fokus dengan kegiatan sosial-kemanusiaan selama masa pandemi Covid-19. Seperti pembagian masker, baju hazmat, hand sanitizer, disinfektan dan paket bahan kebutuhan pokok (sembako) untuk warga.

 

Simak berita Solopos.com lainnya di sini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengusaha Yakin Rupiah Bakal Menguat ke 12.000 per Dolar AS

Posted: 08 Jun 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Para pengusaha yakin nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) masih akan terus menguat hingga ke level 12.000 per dolar AS. Penguatan itu terjadi seiring dengan AS yang terus menerus mencetak uang hingga USD 2,5 triliun.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P Roeslani menjelaskan, semakin besar AS mencetak uang maka kondisi rupiah akan terus mengalami penguatan. Begitu juga dengan kondisi mata uang negara-negara lainnya.

Menurut Roshan Kejadian ini pernah terjadi pada 2008 hingga 2009. Di mana Amerika Serikat mencetak uang dengan jumlah besar dan membuat mata uang Garuda berada di level 9.000 per dolar AS.

"InsyaAllah mata uang kita atau rupiah akan berada di 12.000 per dolar AS. Jadi saya optimistis akan menguat," kata Rosan di DPR Jakarta, Selasa (9/6/2020).

Dia menambahkan, kondisi penguatan tersebut juga terjadi seiring dengan berbagai kebijakan dilakukan pemerintah. Baik dari sisi fiskal maupun non-fiskal lainnya. "Jadi kita akan masih saksikan ke  12.000 per dolar AS," tandas dia.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Rupiah Hari Ini

Teller menunjukkan mata uang rupiah di Jakarta, Selasa (15/10/219). Rupiah di pasar spot ditutup di level Rp 14.166 per dolar AS. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Teller menunjukkan mata uang rupiah di Jakarta, Selasa (15/10/219). Rupiah di pasar spot ditutup di level Rp 14.166 per dolar AS. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah pada perdagangan di Selasa pekan ini.

Mengutip Bloomberg, Selasa (9/6/2020), rupiah dibuka di angka 13.897 per dolar AS, melemah tipis jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 13.885 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 13.885 per dolar AS hingga 13.901 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 0,26 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 13.973 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan patokan sebelumnya yang ada di angka 13.956 per dolar AS.

Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures Ariston Tjendra di Jakarta, Selasa, mengatakan meskipun rupiah sedikit melemah kemarin terhadap dolar AS tapi belum menghilangkan potensi penguatan hari ini.

"Sentimen positif terkait pembukaan ekonomi kembali di tengah pandemi masih membayangi pergerakan harga aset berisiko," ujar Ariston seperti dikutip dari Antara

Selanjutnya

Teller menunjukkan mata uang rupiah di penukaran uang di Jakarta, Rabu (10/7/2019). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) ditutup stagnan di perdagangan pasar spot hari ini di angka Rp 14.125. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Teller menunjukkan mata uang rupiah di penukaran uang di Jakarta, Rabu (10/7/2019). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) ditutup stagnan di perdagangan pasar spot hari ini di angka Rp 14.125. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pada Senin (8/6) kemarin, lanjut Ariston, bursa saham global menguat karena sentimen positif tersebut.

Menurut Ariston, pasar berekspektasi ekonomi akan segera pulih dengan pembukaan ekonomi. Data tenaga kerja AS yang positif Jumat (5/6) lalu menjadi salah satu bukti awal.

"Apalagi perekonomian saat ini juga masih didukung oleh stimulus bank sentral dan pemerintahan," katanya.

Ariston memperkirakan rupiah hari ini berpotensi bergerak menguat di kisaran Rp13.700 per dolar AS dan potensi resisten Rp14.000 per dolar AS.

Pada Senin (8/6) lalu rupiah melemah tujuh poin atau 0,05 persen menjadi Rp13.885 per dolar AS dari sebelumnya Rp13.878 per dolar AS. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tolak Pembubaran Kepolisian, Donald Trump: 99 Persen Polisi Adalah Orang Hebat

Posted: 08 Jun 2020 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Washington, D.C. - Kasus kematian warga kulit hitam George Floyd di kota Minneapolis memunculkan wacana pembubaran polisi. Dewan Kota Minneapolis sepakat agar polisi segera dibubarkan. 

Aktivis Black Lives Matter juga mendorong agar ada pengalihan anggaran (defunding) kepolisian untuk diberikan ke sektor-sektor lain. 

Presiden AS Donald Trump langsung pasang badan. Ia menuding wacana pembubaran polisi berasal dari kalangan radikal partai oposisi. Donald Trump mengklaim tahun ini angka kejahatan berhasil ditekan ke angka terendah berkat polisi.

"Tidak akan ada pengalihan anggaran. Tidak akan pelucutan polisi kita. Dan tidak akan ada pembubaran polisi kita. Polisi kita telah membuat kita hidup dalam damai," ujar Presiden Trump di Gedung Putih dalam diskusi meja bundar bersama penegak hukum, seperti dikutip Selasa (9/6/2020).

Posisi Donald Trump terhadap kasus George Floyd adalah turut mengecam, tetapi ia menuduh ada penjarah dan perusuh dalam demo anti-rasisme.

Dalam konferensi pers di Gedung Putih, Presiden Trump mengakui ada polisi yang tidak baik, tetapi ia berkata 99 persen polisi adalah baik. 

"Terkadang kamu melihat hal mengerikan, seperti yang kita saksikan baru-baru ini. Tetapi 99, saya bilang 99,9, tapi marilah sebut 99 persen dari mereka (polisi) adalah orang yang betul-betul hebat," kata Donald Trump.

Di Twitter, Donald Trump berulang kali mengatakan dirinya ingin "Law & Order" (Hukum dan Ketertiban) dan ingin para penegak hukum digaji dengan baik.

Polisi yang menjadi pelaku utama pembunuhan George Floyd sudah dipecat dan kini sedang diadili. Tiga rekannya yang berada di TKP juga mengalami hal yang sama.

Cegah Kasus George Floyd Terulang, Minneapolis Larang Polisi Cekik Tahanan

Seorang demonstran merusak mobil polisi saat unjuk rasa di dekat Gedung Putih di Washington (31/5/2020). Demonstran turun ke jalan-jalan di New York City memprotes kematian George Floyd pada (25/5) setelah dijepit di leher oleh seorang petugas kepolisian Minneapolis. (AP Photo/Alex Brandon)
Seorang demonstran merusak mobil polisi saat unjuk rasa di dekat Gedung Putih di Washington (31/5/2020). Demonstran turun ke jalan-jalan di New York City memprotes kematian George Floyd pada (25/5) setelah dijepit di leher oleh seorang petugas kepolisian Minneapolis. (AP Photo/Alex Brandon)

 Pada Jumat 5 Juni 2020, kota Minneapolis, AS, sepakat untuk melarang metode penahanan dalam bentuk cekikan (chokehold) oleh petugas berwenang, menyusul insiden seorang pria keturunan Afrika-Amerika bernama George Floyd, meninggal dunia dalam tahanan polisi, dan memicu hampir dua pekan protes di seluruh negeri Paman Sam.

Larangan untuk tindakan penahanan dalam bentuk cekikan telah disetuju oleh negosiator kota dengan negara bagian Minnesota, dan meminta kepolisian untuk berkontribusi dan melaporkan setiap penggunaan kekuatan yang tidak sah oleh petugas polisi lainnya.  

Selain itu, Dewan Kota Minneapolis juga menyetujui kesepakatan dengan suara bulat setelah Departemen Hak Asasi Manusia Minnesota memulai penyelidikan hak-hak sipil pada pekan ini sebagai tanggapan atas kematian George Floyd.

Pada Jumat 5 Juni 2020, yang merupakan hari ke-11 terjadinya protes, demonstran di seluruh AS berkumpul. Pada awalnya, demonstrasi ini berlangsung dengan pembakaran dan penjarahan, namun kini aksi tersebut telah beralih menjadi suara damai untuk perubahan. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Profil Nadhira Afifa, Mahasiswa Indonesia yang Terpilih Berpidato Kelulusan di Harvard

Posted: 08 Jun 2020 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia boleh berbangga hati atas pencapaian seorang Nadhira Nuraini Afifa. Mewakili angkatannya, ia terpilih sebagai commencement student speaker dalam wisuda daring Harvard 2020 yang berlangsung pada 28 Mei 2020 lalu.

Nadhira Afifa telah merampungkan pendidikan Strata 2 di Departement of Global Health and Population, Harvard TH Chan School of Public Health dengan berfokus pada topik yang mengulas perihal nutrisi.

Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini sebelumnya bertolak ke Tanzania, Afrika Timur. Ia bersama para mahasiswa Harvard lainnya ambil bagian menangani masalah gizi buruk di kalangan remaja sekolah.

Tahun ini, Nadhira terpilih sebagai perwakilan mahasiswa di wisuda Harvard School of Public Health 2020 setelah lolos seleksi. Melalui channel YouTube pribadinya, ia sempat berbagi sepenggal kisah terkait pengalaman tersebut.

"Ini merupakan satu kesempatan yang sangat berharga bagi aku, sangat membanggakan juga buat aku, sebuah kejutan yg luar biasa untuk mengakhiri journey aku di Harvard," kata Nadhira dalam video yang diunggah pada 1 Juni lalu.

Nadhira menjelaskan, Harvard mengadakan seleksi bagi semua mahasiswa, termasuk di Harvard School of Public Health. Tahap pertama adalah pengiriman teks pidato. Ia mengakui mengalami kesulitan dalam menyusun teks pidato.

"Sebenarnya membuat pidato ternyata susah banget karena aku enggak pernah lihat pidato di wisuda sebelumnya, enggak pernah nonton juga, jadi aku kurang ada acuan kayak harus apa bikin teks pidato," tambahnya.

Ia menambahkan tak ada guideline dalam pembuatan, hanya dengan kriteria 500--750 kata atau sekitar 5--6 menit ketika dibacakan. Kendati demikian, setelah menjalani serangkaian revisi, ia mengirimkan pidatonya.

Cerita Nadhira

Nadhira Afifa, mahasiswa Indonesia yang terpilih memberikan pidato kelulusan di Harvard. (dok. YouTube/Harvard T.H. Chan School of Public Health)
Nadhira Afifa, mahasiswa Indonesia yang terpilih memberikan pidato kelulusan di Harvard. (dok. YouTube/Harvard T.H. Chan School of Public Health)

Baru dua hari kemudian, ia dinyatakan lolos ke seleksi selanjutnya yakni seleksi melalui video. Kala itu, ia menyebut mendapat keuntungan karena mendapat coaching dari seorang CEO perusahaan komunikasi yang telah biasa memberi coaching pidato formal.

Berlanjut keesokan harinya Nadhira dijadwalkan Zoom Call dengan juru kamera Harvard. Kala itu, ia diberi satu kali kesempatan untuk membacakan pidato secara utuh yang mana video itu akan diberi kepada panelis.

Tiga hari kemudian, Nadhira menerima email yang menyatakan ia berkesempatan untuk coaching kembali sebelum pidato final.

Pidato Nadhira berisi perihal kesannya pada awal masa orientasi, rasa takut dan gugup masih begitu menyelimuti dirinya. Ia juga menyebut soal kesetaraan, inklusivitas, juga persatuan.

Selain itu, Nadhira juga berkisah bagaimana sang ibunda menjadi sosok yang begitu menginspirasinya. Ia ingat betul pelajaran penting yang ibunya sampaikan. "Bermimpilah yang tinggi karena satu-satunya batasan kita adalah pikiran kita," ujarnya

Ditambahkannya, kesehatan masyarakat memberi hak istimewa untuk menyelamatkan kehidupan jutaan orang dan meningkatkan kesehatan juga umur panjang generasi kini dan mendatang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lalu Lintas Tol Dalam Kota Meningkat, Polisi Terapkan Contra Flow

Posted: 08 Jun 2020 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki hari kedua penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masa transisi, arus lalu lintas di wilayah DKI Jakarta mulai ramai. Hal itu terlihat dari laporan Traffic Management Center Polda Metro Jaya.

Mengantisipasi hal tersebut, polisi menyiapkan rekayasa lalu lintas akibat peningkatan volume kendaraan. Salah satunya menerapkan sistem contra flow di Tol Dalam Kota Jakarta.

Meski kendaraan terpantau ramai lancar, Contra flow Tol Dalam Kota, Halim arah Semanggi telah dibuka sejak pukul 06.19 WIB, seperti dilansir akun Twitter @TMCPoldaMetro.

Sebelumnya, Ditlantas Polda Metro mencatat kenaikan 13 persen kepadatan lalu lintas terjadi di hari pertama penerapan PSBB masa transisi.

"Iya ada peningkatan, hari ini (8/6) lebih padat dari hari biasanya," kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo dilansir Korlantas Polri.

Rekayasa Lalu Lintas

Terjadi di sejumlah titik, kepadatan terjadi karena aktivitas perkantoran di DKI Jakarta sudah mulai berjalan normal.

"Belum saya hitung pastinya, perkiraan saya peningkatan ini sampai 8 hingga 13 persen," tutur Sambodo.

Untuk menghadapi peningkatan kepadatan lalu lintas, Sambodo menyebut pihaknya telah melakukan sejumlah rekayasa, salah satunya memberlakukan kembali contra flow di Tol Dalam Kota.

"Contra flow di toll kota dari arah Cawang menuju Semanggi diaktifkan lagi, (untuk jalur arteri) penempatan personel lalu lintas tetap ada di lapangan, tidak pernah ditarik," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenkumham Gelar Drive Thru Rapid Test Deteksi Covid-19

Posted: 08 Jun 2020 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) mengadakan "drive thru rapid test Covid-19" bagi masyarakat untuk mendeteksi dini penyebaran Covid-19. Tes tersebut digelar mulai Senin 8 Juni 2020 sampai Jumat 12 Juni 2020 di lapangan upacara Gedung Kemenkumham, Jakarta.

Menkumham Yasonna Laoly mengatakan, acara itu dilakukan sebagai sarana untuk mendeteksi dini Covid-19 sehingga apabila ada yang terpapar segera memperoleh penanganan secara cepat dan tepat.

"Tentu saja sebagai screening awal. Rapid test (tes cepat) adalah pilihan yang sangat rasional untuk dilakukan sehingga apabila ditemukan hasilnya yang reaktif dapat dilanjutkan dengan swab test," ucap Yasonna dalam sambutannya di gedung Kemenkumham, Jakarta, Selasa (9/6/2020).

Dilansir dari Antara, dia mengatakan, tujuan drive thru rapid test tersebut juga untuk memudahkan masyarakat.

"Ini untuk memudahkan sambil kerja atau sambil mau jalan, masyarakat dapat datang untuk tes di sini dan jika seandainya, kita berdoa jangan sampai. Jika seandainya ada yang reaktif maka secepat itu juga kami meminta kirimkan yang bersangkutan ke lab untuk swab test," ucap Yasonna.

Untuk pelaksanaan swab test tersebut, juga disediakan mobil laboratorium milik Badan Intelijen Negara (BIN).

"Untuk itu, kami sangat mengapresiasi kehadiran dari mobil lab swab test dari BIN. Kerja sama ini sangat baik sekali lagi kami sangat mengapresiasi, mohon disampaikan salam hormat kami kepada Kepala BIN yang telah membantu kami untuk melakukan program drive thru," kata Yasonna.

Dukung program tes massal

Menkumham Yasonna Laoly mengikuti Rapat Kerja dengan Badan Legislasi (Baleg) DPR dalam rapat kerja di Kompleks Parlemen, Senayan, Kamis (16/1/2020). Rapat membahas 50 rancangan undang-undang (RUU) yang masuk Program Legislasi Nasional (Prolegnas) prioritas tahun 2020. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Menkumham Yasonna Laoly mengikuti Rapat Kerja dengan Badan Legislasi (Baleg) DPR dalam rapat kerja di Kompleks Parlemen, Senayan, Kamis (16/1/2020). Rapat membahas 50 rancangan undang-undang (RUU) yang masuk Program Legislasi Nasional (Prolegnas) prioritas tahun 2020. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Selain itu, kata Yasonna, drive thru rapid test juga untuk mendukung program pemerintah melakukan tes secara massal bagi masyarakat untuk mendeteksi Covid-19.

"Bapak Presiden telah menginstruksikan Gugus Tugas dan seluruh jajaran agar kita mampu melakukan tes sebanyak 20 ribu dalam satu hari. Bahkan dalam rapat yang lalu, Presiden menaikkan target supaya kita mampu untuk sampai 30 ribu per hari," ucap Yasonna.

Dalam kesempatan itu, Yasonna pun sempat meninjau dan bertanya kepada seorang pengendara motor yang tengah mengikuti tes cepat tersebut.

"Bagaimana kesannya pak?" tanya Yasonna.

"Simpel, tidak ribet pak," jawab pengendara motor tersebut.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Musikus Senior Benny Likumahuwa Meninggal Dunia

Posted: 08 Jun 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Musikus jazz senior, Benny Likumahuwa meninggal dunia. Ayah dari Barry Likumahuwa itu meninggal pada usia 73 tahun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

JPPI Sebut Mayoritas Masyarakat Tak Sepakat PPDB Dibuka Saat Pandemi Corona

Posted: 08 Jun 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jaringan Pemantau Pendidikan Indonesia (JPPI) mengaku banyak mendapat keluhan dari masyarakat soal diberlangsungkannya Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) sekolah selama pandemi virus Corona Covid-19.

Koordinator Nasional JPPI, Ubaid Matraji, menyebut 59 persen masyarakat yang mengadu ke pihaknya tak setuju PPDB dan tahun ajaran baru dilaksanakan di saat pandemi Corona Covid-19 belum berakhir.

"Dari semua pengaduan yang terkumpul, hanya ada 24 persen yang setuju dengan PPDB dan tahun ajaran baru pada Juli 2020. Sisanya, sebanyak 59 persen setuju diundur sampai situasi pandemi berakhir, dan 17 persen yang setuju diundur pada Januari 2021," papar Ubaid melalui keterangan tertulis, Senin (8/6/2020).

Ubaid mengatakan, ada beragam alasan dari orangtua mengapa mereka menolak PPDB dan tahun ajaran baru dibuka saat pandemi, salah satunya menyangkut ekonomi. Banyak masyarakat yang mengeluhkan kondisi ekonomi menurun akibat pandemi.

"Banyak uang yang harus dikeluarkan oleh orangtua saat PPDB. Karena kenyataannya proses PPDB tetap berbayar, apalagi di jenjang SMA/SMK/MA, dan juga sekolah-sekolah swasta. Ini sangat memberatkan orangtua," jelas dia.

Alasan lainnya, lanjut Ubaid, PPDB online tidak akan berjalan efektif jika dijalankan pada situasi pandemi. Menurut dia, pada situasi normal saja seperti tahun-tahun sebelumnya, PPDB online menuai banyak masalah, apalagi sekarang situasi pandemi tentu sangat tidak efektif.

"Tahun lalu, PPDB online saja harus antre datang ke sekolah dari Subuh untuk bisa masukkan data, bagaimana dengan sekarang? Kemungkinan besar kekacauan akan kembali terulang," kata Ubaid.

Selain itu, Ubaid menjelaskan, pelaksanaan PPDB saat pandemi dikhawatirkan oleh orangtua karena anak-anaknya berpeluang besar terpapar Covid-19. Hal ini mengingat banyak sekolah yang belum siap menerapkan protokol Covid-19 karena keterbatasan sarana dan juga sumber daya.

"Selama pandemi, pembelajaran dilakukan di rumah dengan menggunakan cara online. Ini berjalan tidak efektif, karena keterbatasan sarana dan juga akses," ungkapnya.

Ditambah lagi saat ini banyak guru dan tenaga kependidikan yang terdampak Covid-19. Banyak di antara mereka juga terkendala dalam memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran.

"Tentu saja jika ini dipaksakan, pembelajaran tidak akan optimal," tegas Ubaid.

 

Gratiskan Biaya Sekolah

Ilustrasi sekolah (dok. Pixabay.com/Wokandapix/Putu Elmira)
Ilustrasi sekolah (dok. Pixabay.com/Wokandapix/Putu Elmira)

Melihat berbagai risiko tersebut, JPPI memminta agar PPDB ditunda dan tahun ajaran baru diundur. Menunda proses PPDB dan mengundur tahun ajaran baru sampai pandemi usai, atau paling cepat Januari 2021, kata Ubaid, harus dilakukan supaya pembukaan sekolah tidak sekedar kembali dibuka, tapi segala sesuatunya harus dipersiapkan dengan matang.

Selain itu, pihaknya juga mendesak Kemendikbud agar menggratiskan biaya sekolah bagi anak yang terdampak Covid-19. "Banyak orangtua yang terdampak secara ekonomi, mereka harus mendapatkan kebijakan afirmasi supaya anaknya tidak putus sekolah. Ini peran yang perlu dukungan pemerintah daerah," pinta Ubaid.

Selama pandemi, Ubaid melanjutkan, pemerintah harus mengoptimalkan pembelajaran via daring dan juga non-daring bagi masyarakat yang tidak punya akses internet. Supaya optimal, pemerintah harus menyiapkan kurikulum dalam situasi pandemi (kurikulum pandemi).

"Jadi, bukan seperti sekarang yang sedang berjalan, kurikulum normal dipraktikkan di kala pandemi," katanya.

Ubaid juga meminta agar melakukan capacity building bagi para guru dan orangtua. Mengingat dalam situasi pandemi, peran guru dan orangtua sangat penting dalam proses pembelajaran.

"Banyak guru dan orangtua yang belum siap mendampingi anak belajar dalam situasi pandemi, mereka harus dibekali dengan berbagai kemampuan dan juga keterampilan secara kreatif dan inovatif," terangnya.

Terakhir JPPI meminta agar menerapkan protokol kesehatan di sekolah. "Sambil menunggu pandemi usai, sekolah dan institusi pendidikan lain perlu mempersiapkan diri untuk dapat menerapkan protokol kesehatan. Ini langkah pencegahan supaya tidak terjadi penyebaran Covid-19 di sekolah jika sewaktu-waktu sekolah dibuka kembali," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Reisa Broto Asmoro Diperkenalkan Sebagai Jubir Gugus Tugas COVID-19, Netizen Heboh

Posted: 08 Jun 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- dr Reisa Broto Asmoro diperkenalkan sebagai juru bicara baru percepatan penanganan Corona COVID-19. Dia diperkenalkan oleh Juru Bicara Presiden RI Fadjroel Rachman.

Tugasnya adalah mendampingi Achmad Yurianto menyampaikan informasi perkembangan ke masyarakat.

"Ada dua jubir Covid-19 sekarang: Pak Dokter Yurianto dan Mbak Dokter Reisa: Ajak Masyarakat Beradaptasi dengan Kebiasaan Baru," kata Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman lewat Twitter resminya, Selasa (9/6/2020).

Tidak dimungkiri, Reisa Broto Asmoro menjadi sosok menyegarkan setelah selama tiga bulan Yurianto menjadi juru bicara tunggal yang menghiasi layar kaca setiap harinya.

Beragam komentar warganet bermunculan. Membalas twit Fadjroel, mereka mengaku sepakat dengan langkah pemerintah memilih Reisa Broto Asmoro sebagai juru bicara kedua, setelah Yurianto.

Tanggapan Netizen

Seorang warganet alias netizen mengaku kasihan dengan Yurianto yang tampak kelelahan saat konferensi pers, sehingga dengan adanya Reisa maka dapat menjadi penyegar saat mengumumkan tentang update COVID-19.

"Baguslah... saya kasian sekali lihat wajah Dr. Yurianto setiap konpers, sangat lelah sehingga kadang² kurang menarik untuk disimak. Beda sekali saat pertama kali dia tampil selaku jubir pemerintah bidang Corona," tulis akun @kapuyuak_24285

"Harusnya jubir itu yg kyk gini. Selain isi, penyampai jg penting," tulis "TARYOKOLANJAR

"Selamat bekerja buat dokter Reisa Broto Asmoro @Reisa_BA yg telah ditunjuk sebagai Jubir Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional Covid19," tulis akun Twitter @Widyarenee

Setuju

Banyak pula warganet yang setuju lantaran dokter Reisa terlihat cantik. Sebagian lagi, memberikan selamat pada Reisa untuk menjalankan tugas barunya.

"Jubir cantik satgas Corona nih... Smiling face with heart-shaped dr. Reisa Broto Asmoro," tulis akun Twitter @goodsinaga28

"Sekarang jadi mbak Reisa Broto Asmoro ya..Hmm. Kayak ada manis-manisnya~," tulis akun Twitter @Rindawan_

 

Ucapan Selamat

Warganet juga memberikan ucapan selamat kepada dr. Reisa untuk tugas barunya itu. "Selamat bertugas bu dokter cantikehhhh,...," tulis akun @iwandjola.

Sebagai informasi, twit Fadjroel diunggah pagi ini pukul 5.43 WIB dengan mendapat 118 likes dan 23 retwit dari pengguna Twitter.

(Giovanni Dio Prasasti)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengunjung Positif Covid-19, Sungai Hijau Kabupaten Kampar Kembali Ditutup

Posted: 08 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Pekanbaru - Mulai dibuka usai Lebaran Idul Fitri lalu, objek wisata Sungai Hijau di Kabupaten Kampar kembali tutup. Hal ini menyusul salah satu pengunjung yang dinyatakan positif Covid-19 usai melakukan uji seka mandiri.

Pasien inisial HW itu pernah berkunjung dua kali di lokasi tersebut, yaitu tanggal 26 dan 28 Mei 2020. Saat ini, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 tengah melacak siapa saja yang pernah kontak dengan pasien tersebut.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Riau Raja Yoserizal Zein menjelaskan, penutupan dilakukan setelah dirinya menghubungi dinas pariwisata setempat dan Satpol PP.

"Penutupan sementara setelah pasien positif mengaku pernah ke sana dua kali," kata Yoserizal di Pekanbaru.

Objek wisata Sungai Hijau begitu populer di Riau, khususnya Kampar, dalam beberapa tahun terakhir. Dalam sehari, ratusan pengunjung memadati lokasi ini.

Biaya murah menjadi pilihan karena masyarakat cukup membayar uang parkir kendaraan sebagai karcis masuk. Selanjutnya, pengunjung bisa bebas berendam di sungai dangkal itu.

Penelusuran Dinas Pariwisata Riau, lokasi ini sejak dibuka tidak maksimal menerapakan protokol kesehatan.

"Masih banyak masyarakat ataupun wisatawan belum pakai masker, menyediakan tempat cuci tangan, termasuk menjaga jarak," sebut Yoserizal.

Yoserizal menyarankan agar objek wisata yang dikelola masyarakat menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Misalnya objek wisata Danau Buatan Rumbai dan Bukit Bintang.

"Jangan tidak peduli, ikuti aturan protokol kesehatan," imbau Yoserizal.

Penelusuran Kontak Pasien

Objek Wisata Sungai Hijau di Kabupaten Kampar ketika masih buka sebelum pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Istimewa)
Objek Wisata Sungai Hijau di Kabupaten Kampar ketika masih buka sebelum pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Istimewa)

Sementara itu, juru bicara Gugus Tugas Covid-19, Indra Yovi, mengatakan, pasien ini merupakan pasien rujukan dari salah satu rumah sakit swasta di Pekanbaru.

Pasien ini melakukan rapid test mandiri dan hasilnya reaktif. Kemudian, pasien melakukan uji seka mandiri atau berbayar dan ternyata terkonfirmasi positif.

"Kemudian dirawat di RSUD Arifin Achmad Riau. Ini pasien positif ke 118, warga Natuna yang berkunjung ke Riau," sebut Yopi.

Menurut Yovi, pasien positif tersebut belum tentu hanya berkontak dengan keluarga inti saja. Bisa jadi yang bersangkutan sempat kontak dengan tetangga, saudara, ataupun pengunjung objek wisata tersebut.

"Semua ditelusuri, tidak hanya keluarga inti saja, semua yang kontak dengan pasien wajib dilakukan uji swab" kata Yopi.

Yovi mengatakan, pasien HW berada di Pekanbaru sejak April 2020 karena anaknya sekolah di Pekanbaru. Barulah pada akhir Mei kemarin, pasien ingin kembali ke Natuna.

"Dia lakukan rapid test untuk syarat administrasi perjalanan," sebut Yopi.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengguna Dapat Sebarkan Tautan Panggilan Grup di Google Duo

Posted: 08 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Google Duo baru saja dipastikan kehadiran fitur anyar. Kali ini, aplikasi video call itu mendukung tautan undangan yang dapat dibagikan dengan orang lain saat ingin membuat panggilan grup.

Kehadiran fitur ini membuat layanan Google Duo kian kompetitif dengan layanan serupa, seperti Zoom. Meski perlu diketahui, aplikasi Duo saat ini lebih ditujukan untuk perangkat mobile dan konsumen biasa.

Dikutip dari The Verge, Selasa (9/6/2020), kehadiran fitur ini sebenarnya udah diungkap sejak bulan lalu. Fitur tautan undangan ini diperkenalkan bersama dengan rencana Google Duo mendukung tampilan web lebih optimal, yang saat ini masih dalam tahap pengembangan.

Dengan fitur ini, pengguna yang ingin mengundang orang lain bergabung dalam sebuah panggilan grup tinggal membagi tautan yang tersedia. Hanya perlu diingat, tautan itu baru tersedia setelah grup dibuat.

Untuk sekarang, fitur ini hanya mendukung pemakaian di aplikasi mobile, seperti Android dan iOS. Karenanya, pengguna yang membuka tautan itu melalui situs web tidak dapat mengaksesnya.

Dalam beberapa bulan terakhir, Google memang tengah meningkatkan kemampuan Duo secara bertahap. Hal itu tidak lepas dari meningkatnya pemakaian layanan video call selama pandemi Covid-19 sekarang ini.

Sebelumnya, Google Duo hadir dengan peningkatan kualitas audio panggilan melalui codec AV1. Selain itu, aplikasi video call ini juga sudah mendukung panggilan grup hingga 12 orang.

Google Duo Siap Dukung Panggilan Grup Hingga 32 Orang

Ilustrasi Google Duo (Sumber: XYZTimes.com)
Ilustrasi Google Duo (Sumber: XYZTimes.com)

Sebelumnya, Google Duo juga dilaporkan berencana menambah jumlah orang yang dapat berpartisipasi dalam panggilan grup melalui layanannya. Menurut informasi, Google kini sedang mempersiapkan kehadiran fitur ini.

Dikutip dari Android Police, Senin (11/5/2020), Google mengatakan dengan penambahan ini, jumlah partisipan yang dapat bergabung di Duo menjadi 32 orang. Jumlah ini jauh meningkat dari kemampuan yang dimilikinya sekarang.

Pada Maret 2020, Google memang menambah jumlah partisipan Duo dari 8 menjadi 12 orang. Lalu akhir April 2020, perusahaan sempat mengatakan akan menambahkan jumlah kembali.

Oleh sebab itu, penambahan jumlah partisipan ini disebut adalah rencana Google meningkatkan kemampuan Duo yang diumumkan akhir bulan lalu. Namun Google belum mengungkapkan kapan fitur ini akan mulai digulirkan.

Keputusan untuk menambah jumlah partisipan hingga 32 orang ini menyusul informasi yang sebelumnya menyebut Google Duo kini memungkinkan pengguna melakukan pangilan video grup dari peramban Chrome.

Dengan kombinasi tersebut, kemampuan Google Duo jelas jauh meningkat dan dapat menjadi pesaing kuat layanan serupa, seperti Zoom dan Skype.

Google Duo Izinkan Pengguna Lakukan Group Call dari Browser Chrome

Google Duo. (Liputan6.com/ Andina Librianty)
Google Duo. (Liputan6.com/ Andina Librianty)

Tidak hanya itu, Google Duo juga mengizinkan pengguna melakukan group video call melalui browser Chrome. Demikian sebagaimana diumumkan oleh Google.

Kemampuan group video call dari peramban Chrome ini bakal memudahkan pengguna saling terhubung satu sama lain di tengah pandemi Covid-19 ini.

Meski pengguna melakukan group video call dari browser, mereka tetap harus login ke akun Google untuk bisa saling terhubung dalam panggilan.

Mengutip laman The Verge, Minggu (10/5/2020), fitur ini bakal segera hadir di Chrome dalam beberapa minggu ke depan.

Tidak hanya kemampuan group video call lewat browser, Google juga memberikan update family mode versi baru di Google Duo. Modus ini memungkinkan pengguna untuk menggambar di layar dan bisa disaksikan bersama oleh seluruh partisipan.

"Duo akan menghilangkan tombol-tombol untuk mute dan mematikan panggilan ketika pengguna sedang berada di family mode. Dengan begitu, para pengguna bisa menggambar bersama, tanpa perlu terpencet tombol matikan panggilan," kata Google.

Family mode tersedia ketika pengguna memakai Duo dan signin pada akun Google mereka.

(Dam/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Serie A: Siapa yang Mampu Hentikan Juventus di Puncak?

Posted: 08 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Turin - Juventus memuncaki klasemen Serie A musim 2019/20. Kompetisi akan dilanjutkan mulai pekan depan setelah kasus virus corona sudah mulai melandai.

Meskipun demikian, ada beberapa peraturan yang dibuat untuk mencegah penularan virus. Perubahan itu antara lain menyangkut jam kick off yang dipindah ke malam hari, serta larangan menonton langsung di stadion.

Juara bertahan Juventus sejauh ini masih berada di puncak klasemen. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan mengoleksi 63 poin, unggul satu angka atas pesaing terdekatnya, Lazio.

Selain Lazio, persaingan merebut gelar juara juga diramaikan Inter Milan. Klub asuhan Antonio Conte itu mengantongi 54 poin dan duduk di peringkat ketiga.

Rata-rata baru 26 dari total 38 laga yang dimainkan klub-klub Serie A. Pengelola Liga Italia Serie A telah memutuskan akan memulai lagi kompetisi 20 Juni nanti.

Serie A Serie A akan dimulai lagi dengan lebih dahulu memainkan empat laga tunda. Baru kemudian menggelar laga-laga di pekan 27.

Klasemen Liga Italia

 

Top Skorer

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Mengintip Satwa Liar di Cagar Alam Uighur Xinjiang

Posted: 08 Jun 2020 10:00 PM PDT

Seekor kelinci terlihat di Cagar Alam Kalamayli, Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China barat laut, pada 4 Juni 2020. (Xinhua/Ding Lei)
Seekor kelinci terlihat di Cagar Alam Kalamayli, Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China barat laut, pada 4 Juni 2020. (Xinhua/Ding Lei)

Seekor kelinci terlihat di Cagar Alam Kalamayli, Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China barat laut, pada 4 Juni 2020. (Xinhua/Ding Lei)

Seekor domba argali terlihat di Cagar Alam Kalamayli, Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China barat laut, pada 5 Juni 2020. (Xinhua/Ding Lei)
Seekor domba argali terlihat di Cagar Alam Kalamayli, Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China barat laut, pada 5 Juni 2020. (Xinhua/Ding Lei)

Seekor domba argali terlihat di Cagar Alam Kalamayli, Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China barat laut, pada 5 Juni 2020. (Xinhua/Ding Lei)

Kawanan kuda Przewalski terlihat di Cagar Alam Kalamayli, Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China barat laut, pada 3 Juni 2020. (Xinhua/Ding Lei)
Kawanan kuda Przewalski terlihat di Cagar Alam Kalamayli, Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China barat laut, pada 3 Juni 2020. (Xinhua/Ding Lei)

Kawanan kuda Przewalski terlihat di Cagar Alam Kalamayli, Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China barat laut, pada 3 Juni 2020. (Xinhua/Ding Lei)

Foto dari udara yang diabadikan pada 4 Juni 2020 ini menunjukkan kawanan onager, spesies dari keluarga kuda asal Asia, berlari di Cagar Alam Kalamayli, Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China barat laut. (Xinhua/Ding Lei)
Foto dari udara yang diabadikan pada 4 Juni 2020 ini menunjukkan kawanan onager, spesies dari keluarga kuda asal Asia, berlari di Cagar Alam Kalamayli, Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China barat laut. (Xinhua/Ding Lei)

Foto dari udara yang diabadikan pada 4 Juni 2020 ini menunjukkan kawanan onager, spesies dari keluarga kuda asal Asia, berlari di Cagar Alam Kalamayli, Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China barat laut. (Xinhua/Ding Lei)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Selamatkan Usaha Bakal Bangkrut Gara-Gara Covid-19

Posted: 08 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dalam setiap usaha tak selamanya berjalan mulus. Banyak rintangan dan hambatan yang ditemui. Apalagi sekarang ditambah dengan adanya wabah pandemi covid-19, kadang semua itu membawa Anda menuju kebangkrutan.

Tetapi jangan panik dulu, berikut tips mengatasi usaha Anda yang di ambang kebangkrutan, dilansir dari Laman Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB KUMKM), lpdb.id, Selasa (9/6/2020).

1. Atur Kembali Keuangan Anda

Anda tak perlu belajar manajemen secara mendalam, tetapi Anda harus cukup teliti dan tekun untuk membuat laporan keuangan setiap harinya. Catatlah pengeluaran dan pemasukan walau sekecil apapun. Jangan tunda untuk melakukan hal tersebut karena akan sangat berbahaya jika menjadi kebiasaan yang pada akhirnya membuat Anda kebingungan karena kehilangan catatan cash flow Anda.

2. Jangan Cepat Tergoda Usaha Lain

Apabila Anda memperoleh keuntungan yang besar di awal usaha Anda, jangan berpuas diri dan menganggap sudah menguasai pasar. Usaha yang baru muncul itu biasanya baru memancing perhatian masyarakat luas sehingga keuntungan tersebut adalah pembelian pertama dari pelanggan Anda.

3. Jangan Tergoda untuk Membelanjakan Keuntungan Anda.

Tunggulah sampai keuntungan usaha Anda stabil dan usaha Anda mempunyai pelanggan tetap. Ingatlah bahwa keuntungan yang Anda kejar yakni untuk jangka panjang.

 

Selanjutnya

Pekerja menyelesaikan produksi kulit lumpia di rumah industri Rusun Griya Tipar Cakung, Jakarta, Kamis (28/11/2019). Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM terus mendongkrak UMKM dengan menyediakan Kredit Usaha Rakyat (KUR) berbunga cukup rendah, yakni 6 persen. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Pekerja menyelesaikan produksi kulit lumpia di rumah industri Rusun Griya Tipar Cakung, Jakarta, Kamis (28/11/2019). Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM terus mendongkrak UMKM dengan menyediakan Kredit Usaha Rakyat (KUR) berbunga cukup rendah, yakni 6 persen. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

4.Buat Dua Dompet yang Berbeda

Ini menjadi kesalahan umum para pebisnis pemula, yaitu mencampur keuangan pribadi dengan uang usaha. Ini memang terdengar sepele tetapi akan menjadi tidak sehat jika Anda sudah menggantungkan seluruh kebutuhan Anda kepada keuntungan usaha Anda. Akibatnya, keuntungan yang seharusnya bisa diputar menjadi modal usaha habis untuk memenuhi kebutuhan Anda.

5. Siapkan Strategi yang Efektif dan Efisien

Jik Anda telah memiliki keleluasaan modal, jangan buru-buru membuka cabang baru atau mengembangkan usaha Anda. Cabang baru berarti butuh dana promosi baru. Lebih baik pastikan dulu keuntungan yang Anda raih ini sudah stabil dan berlangsung untuk jangka panjang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Potret Angkot di Era New Normal, Warganet: Mirip Bilik Warnet

Posted: 08 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Meski pandemi Corona atau Covid-19 belum berakhir, banyak pihak yang telah mempersiapkan diri menyambut kenormalan baru atau new normal.

Ya, tentunya kita tak bisa terus berdiam diri di rumah. Oleh karena itu, banyak individu saat ini mulai kembali beraktifitas di luar rumah seperti bekerja, namun dengan menaati protokol kesehatan.

Salah satunya dengan mengenakan masker dan menjaga jarak satu sama lain. Hal ini rupanya harus diterapkan tak hanya ditempat umum tapi juga di transportasi umum.

Baru-baru ini viral sebuah foto yang diunggah akun Twitter @Bandungfess yang memperlihatkan sebuah potret angkot di era new normal saat ini.

Kamu mungkin berpikir bagaimana bisa penumpang di dalam angkot saling menjaga jarak satu sama lain? Nah, angkot yang viral ini punya jawabannya.

Dilengkapi sekat transparan

foto: Twitter/@bdgfess
foto: Twitter/@bdgfess

Angkot tersebut dilengkapi dengan sekat pembatas untuk menjaga jarak antar penumpangnya yang terbuat dari plastik transparan.

Memberi jarak antar penumpang

foto: Twitter/@bdgfess
foto: Twitter/@bdgfess

Pada foto yang diunggah Minggu (7/6/2020), tersebut bisa dilihat dengan adanya sekat membuat penumpang tak saling berdempetan dengan penumpang lainnya.

Potretnya Viral

Beragam komentar warganet

Potret tersebut sontak mencuri perhatian warganet dan mendapat beragam komentar.

"Lama-lama kayak bilik warnet," tulis akun @fckinlimit.

"Yah gabisa nyender lagi," keluh akun @pratamap5011.

"Prestasi copet bandung akan menurun lagi kalo gini caranya bandung akan tertinggal," timpal @kataupiapa.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Disebut Mirip Justin Bieber, Ini 6 Foto Masa Kecil Dikta Yovie & Nuno

Posted: 08 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa sih yang tidak tahu Yovie & Nuno? Grup musik band Indonesia yang didirikan pada 2004. Yovie & Nuno masih eksis sampai sekarang. Bahkan salah satu personelnya yakni Pradikta Wicaksono juga melebarkan kariernya di dunia akting.

Pradikta Wicaksono atau akrab disapa Dikta memang terkenal sebagai penyanyi sekaligus aktor multitalenta. Tak hanya serba bisa, Dikta juga selalu berpenampilan menarik baik di atas panggung maupun saat berakting. Hal tersebut membuat pria berusia 34 tahun ini memiliki banyak penggemar.

Para penggemarnya selalu mengikuti kehidupan Dikta melalui Instagram. Ia selalu mengunggah segala aktivitasnya di sana. Terbaru, Dikta mengunggah potret masa kecilnya. Dalam foto tersebut, banyak netizen berkomentar paras putih Dikta disebut mirip dengan Justin Bieber.

Penasaran kan dengan potret masa kecil Dikta Yovie & Nuno? Berikut Liputan6.com rangkum dari Instagram @dikta, potret masa kecil Dikta Yovie & Nuno, Selasa (9/6/2020).

1. Ini dia foto masa kecil Pradikta Wicaksono yang terlihat menggemaskan.

Disebut Mirip Justin Bieber, Ini 6 Foto Masa Kecil Dikta Yovie & Nuno (sumber: Instagram.com/dikta)
Disebut Mirip Justin Bieber, Ini 6 Foto Masa Kecil Dikta Yovie & Nuno (sumber: Instagram.com/dikta)

2. Netizen menyebut vokalis Yovie & Nuno ini memang sudah tampan sedari kecil.

Disebut Mirip Justin Bieber, Ini 6 Foto Masa Kecil Dikta Yovie & Nuno (sumber: Instagram.com/dikta)
Disebut Mirip Justin Bieber, Ini 6 Foto Masa Kecil Dikta Yovie & Nuno (sumber: Instagram.com/dikta)

3. Bila diperhatikan, Dikta kecil memang berkulit putih dan saat tersenyum manis sekali.

Disebut Mirip Justin Bieber, Ini 6 Foto Masa Kecil Dikta Yovie & Nuno (sumber: Instagram.com/dikta)
Disebut Mirip Justin Bieber, Ini 6 Foto Masa Kecil Dikta Yovie & Nuno (sumber: Instagram.com/dikta)

4. Parasnya saat kecil juga dibanding-bandingkan netizen mirip dengan Justin Bieber.

Disebut Mirip Justin Bieber, Ini 6 Foto Masa Kecil Dikta Yovie & Nuno (sumber: Instagram.com/dikta)
Disebut Mirip Justin Bieber, Ini 6 Foto Masa Kecil Dikta Yovie & Nuno (sumber: Instagram.com/dikta)

5. Saat masih kecil ini, paras lucu pria berusia 34 tahun ini sukses menyita perhatian ya.

Disebut Mirip Justin Bieber, Ini 6 Foto Masa Kecil Dikta Yovie & Nuno (sumber: Instagram.com/dikta)
Disebut Mirip Justin Bieber, Ini 6 Foto Masa Kecil Dikta Yovie & Nuno (sumber: Instagram.com/dikta)

6. Apalagi saat tersenyum, pria kelahiran 1986 ini semakin terlihat tampan dan menggemaskan.

Disebut Mirip Justin Bieber, Ini 6 Foto Masa Kecil Dikta Yovie & Nuno (sumber: Instagram.com/dikta)
Disebut Mirip Justin Bieber, Ini 6 Foto Masa Kecil Dikta Yovie & Nuno (sumber: Instagram.com/dikta)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jenazah Covid-19 Diambil Paksa Keluarga dari Kamar Mayat

Posted: 08 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ratusan pengemudi ojel online mendatangi rumah sakit mengambil paksa jenazah rekan mereka yang merupakan PDP Covid-19.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yuni Shara Imbau Jangan Urusi Keluarga Orang Lain, Soal Raul Lemos Versus Azriel Hermansyah?

Posted: 08 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pekan ini hubungan Aurel dan Azriel Hermansyah dengan pasangan Krisdayanti-Raul Lemos kembali memanas di jagat maya. Beberapa jam setelahnya, Yuni Shara mengunggah cuplikan video persiapan wisuda salah satu putranya, Cavin Obrient Salomo Siahaan.

Video berdurasi 43 detik itu menampilkan sejumlah aktivitas dari wisuda daring hingga aksi Yuni Shara memberikan buket bunga buat Cavin. Yuni Shara mempromosikan video ini lalu mengajak warganet mampir ke kanal YouTube-nya.

Yang menarik perhatian, status teks yang dibuat Yuni Shara, menyertai video itu. Yuni Shara mengajak khalayak untuk memahami bahwa setiap rumah tangga punya masalah atau romantikanya sendiri.

Setahap Demi Setahap

Unggahan Yuni Shara. (Foto: Instagram @yunishara36)
Unggahan Yuni Shara. (Foto: Instagram @yunishara36)

Alangkah baiknya jika kita tak mencampuri urusan rumah tangga orang lain. "Setiap keluarga mempunyai tanggung jawab dan kebiasaan masing-masing dalam menjalankan hidup. Berbagai persoalan dan masalah dilalui setahap demi setahap," tulis Yuni Shara, Senin (8/6/2020) kemarin.

"Yang pasti urusan rumah tangga kita sendiri saja sudah banyak, jadi harusnya kita tidak punya waktu untuk mengurusi keluarga orang lain," pelantun "Mengapa Tiada Maaf" dan "Desember Kelabu" berbagi pendapat.

Menghakimi Keluarga Lain

Yuni Shara. (Foto: Instagram @yunishara36)
Yuni Shara. (Foto: Instagram @yunishara36)

Lebih lanjut, penyanyi kelahiran Batu, Malang, Jawa Timur, 3 Juni 1972 mengingatkan, "Sibuklah dengan keluarga masing-masing, yang mungkin masih benyak yang perlu dibenahi daripada harus mencampuri, berkomentar bahkan menghakimi keluarga lain."

Menurutnya, orang-orang yang bemain medsos termasuk mereka yang terkenal sekalipun adalah manusia biasa. Wajar jika sesekali berbuat kesalahan di jagat maya.

Kekurangan dan Kelemahan

Yuni Shara merayakan ulang tahunnya yang-48 bersama kedua putranya. (dok. Instagram @yunishara36/https://www.instagram.com/p/CA-hu2uJ8nJ/Putu Elmira)
Yuni Shara merayakan ulang tahunnya yang-48 bersama kedua putranya. (dok. Instagram @yunishara36/https://www.instagram.com/p/CA-hu2uJ8nJ/Putu Elmira)

"Yang wajar punya kekurangan dan kelemahan. Berilah waktu pada orang lain menyelesaikan masalah dalam hidupnya. Jangan campuri dan memeperkeruhnya," paparnya, panjang. Di pengujung status teksnya, Yuni Shara mengajak semua pihak berbenah.

Salah satunya dengan menjaga jari dan lisan masing-masing. "Mari kita terus membenahi diri kita, mata kita, jari kita, sikap dan lisan kita masing-masing. Selamat meneruskan hidup. Have a nice Monday," ia mengakhiri. Sejumlah seleb menyelamati Cavin di antaranya Maia Estianty dan Rossa.

 

Sedikit Masukan Buat KD

Yuni Shara. (Foto: Instagram @yunishara36)
Yuni Shara. (Foto: Instagram @yunishara36)

Di sisi lain, warganet menduga status teks itu salah satu cara Yuni Shara merespons konflik Raul Lemos dengan dua anak Krisdayanti dari pernikahan sebelumnya. "Setuju, tapi mungkin bisa kasih sedikit masukan untuk KD janganlah terlalu bela RL berlebihan. Gimana pun juga anak-anak pasti punya kerinduan yang sangat dalam dengan ibu kandungnya. Mungkin sekali-kali ingin jalan bertiga," cetus warganet @bwe.hwa9.

Akun @elishedeva menambahi, "Tapi sebagai seorang ibu dan anak, saya juga tahu apa yang dirasakan anak-anak KD. Mereka cuma ingin dimengerti."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polres Jakarta Selatan Serahkan Dwi Sasono ke RSKO Cibubur

Posted: 08 Jun 2020 09:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Satuan Rerserse Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan telah menyerahkan aktor Dwi Sasono untuk menjalani proses rehabilitasi di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur, Jakarta Timur, Selasa (9/6/2020) pagi.

"Telah kami sampaikan, pukul 10.00 WIB kita menyerahkan DS ke RSKO. Itu adalah hasil asesmen yang dikeluarkan oleh BNNK dan kita harus menitipkan ke RSKO," kata Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan, Komisaris Polisi Vivick Tjangkung seperti dikutip dari Antara, Selasa (9/6/2020)

Vivick menjelaskan Dwi Sasono diputuskan untuk direhabilitasi karena masalah ketergantungan ganja dan tidak ada indikasi terlibat dalam jaringan pengedar narkotika.

"Karena ketergantungan ganja dan memang hasil dari penyelidikan kami jika dikuatkan dengan asesmen bahwa DS tidak terlibat jaringan narkotika dalam hal ini, tidak terlibat dalam pengedar ataupun hal lain," ujarnya.

Dia juga mengatakan Dwi Sasono dalam keadaan sehat saat berangkat dari Mako Polres Metro Jakarta Selatan. Dwi berangkat ke RSKO dengan didampingi oleh pengacaranya.

"Saya kira, teman-teman sudah melihat sendiri kondisi dari DS, terlihat sehat dan diantar pengacaranya saat ini dalam proses ke RSKO," ujarnya.

 

Terancam Hukuman 5 Tahun

Dwi Sasono ditangkap oleh Satnarkoba Polres Metro Jakarta Selatan di kediamannya di daerah Pondok Labu, Cilandak, pada 26 Mei 2020 pukul 20.00 WIB.

Dari hasil penggeledahan, petugas menemukan 15,6 gram ganja disimpan di atas lemari di dalam rumahnya suami Widi Mulia tersebut.

Dwi Sasono alias DS terjerat Pasal 114 ayat 1 subsider Pasal 111 UU Narkotika Nomor 35 Tahun 2009 dengan ancaman hukuman paling singkat adalah lima tahun penjara.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dengan Rp 10 Ribu, Kebaikan Kecil Bermanfaat Besar Bagi Guru Anak Usia Dini

Posted: 08 Jun 2020 09:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nasib guru PAUD di berbagai daerah terbilang memprihatinkan setelah COVID-19 merebak di Indonesia. Beberapa bulan terakhir, mereka tak mendapatkan gaji di masa sulit ini.

Ketua Umum Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (HIMPAUDI) Netti Herawati menyebut 76,1 persen guru PAUD menerima penghasilan di bawah Rp250 ribu per bulan sebelum COVID-19.

Setelah pandemi, mereka tidak mendapatkan hak mereka. Terutama guru PAUD non formal yang tidak bisa mendapatkan tunjangan apapun.

Wali murid yang kehilangan pekerjaan tak mampu membayar iuran, pembelajaran dari rumah pun tidak efektif karena keterbatasan gawai, sinyal, dan kuota.

Ditambah, beberapa PAUD yang terdampak bencana alam seperti di Nusa Tenggara Barat hingga kini belum mendapat bantuan.

"Iya kemarin gempa dan kami tidak menerima tunjangan untuk rehab," ujar Mastul Hidayati perwakilan PAUD NTB.

"Persoalan guru PAUD non formal yang paling berat itu karena negara belum memberikan status profesi mereka sebagai guru. Sehingga akses untuk mendapatkan tunjangan seperti yang didapatkan guru (formal) tidak bisa mereka dapatkan. Datangnya pandemi memperparah kondisi mereka," ujar Netti kepada Liputan6.com, Kamis (14/5/2020).

Kebaikan Kecil Bantu Guru PAUD

Untuk membantu meringankan beban guru-guru PAUD Indonesia sebagai pahlawan pendidikan, Liputan6.com bekerja sama dengan Kitabisa.com.

Masyarakat dapat menyumbangkan sedikit rezekinya melalui platform tersebut. Donasi dapat diberikan mulai dari nominal Rp10 ribu. Karena kebaikan kecil akan berdampak besar jika dilakukan bersama-sama.

Cara Berdonasi

Klik "Donasi Sekarang"

Masukan nominal donasi

Pilih metode pembayaran (GO-PAY/Transfer VA BCA/ VA Mandiri/DANA)

Segera transfer dengan nominal yang sesuai.

 

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kejagung Periksa Tersangka Jiwasraya Heru Hidayat di Gedung KPK

Posted: 08 Jun 2020 09:50 PM PDT

Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk Heru Hidayat (kanan) saat akan menjalani pemeriksaan penyidik Kejaksaan Agung di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (9/6/2020). Heru Hidayat diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk Heru Hidayat (kanan) saat akan menjalani pemeriksaan penyidik Kejaksaan Agung di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (9/6/2020). Heru Hidayat diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk Heru Hidayat (kanan) saat akan menjalani pemeriksaan penyidik Kejaksaan Agung di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (9/6/2020). Heru Hidayat diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk Heru Hidayat (kanan) saat akan menjalani pemeriksaan penyidik Kejaksaan Agung di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (9/6/2020). Heru Hidayat diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk Heru Hidayat (kanan) saat akan menjalani pemeriksaan penyidik Kejaksaan Agung di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (9/6/2020). Heru Hidayat diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk Heru Hidayat (kanan) saat akan menjalani pemeriksaan penyidik Kejaksaan Agung di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (9/6/2020). Heru Hidayat diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk Heru Hidayat (kanan) saat akan menjalani pemeriksaan penyidik Kejaksaan Agung di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (9/6/2020). Heru Hidayat diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk Heru Hidayat (kanan) saat akan menjalani pemeriksaan penyidik Kejaksaan Agung di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (9/6/2020). Heru Hidayat diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk Heru Hidayat (kanan) saat akan menjalani pemeriksaan penyidik Kejaksaan Agung di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (9/6/2020). Heru Hidayat diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk Heru Hidayat diperiksa suhu tubuhnya saat akan menjalani pemeriksaan penyidik Kejaksaan Agung di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (9/6/2020). Heru Hidayat diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk Heru Hidayat diperiksa suhu tubuhnya saat akan menjalani pemeriksaan penyidik Kejaksaan Agung di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (9/6/2020). Heru Hidayat diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk Heru Hidayat diperiksa suhu tubuhnya saat akan menjalani pemeriksaan penyidik Kejaksaan Agung di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (9/6/2020). Heru Hidayat diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk Heru Hidayat (kanan) saat akan menjalani pemeriksaan penyidik Kejaksaan Agung di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (9/6/2020). Heru Hidayat diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk Heru Hidayat (kanan) saat akan menjalani pemeriksaan penyidik Kejaksaan Agung di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (9/6/2020). Heru Hidayat diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk Heru Hidayat (kanan) saat akan menjalani pemeriksaan penyidik Kejaksaan Agung di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (9/6/2020). Heru Hidayat diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapolri Terbitkan Telegram Terkait Maraknya Pengambilan Paksa Jenazah Covid-19

Posted: 08 Jun 2020 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kasus pengambilan paksa jenazah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) atau bahkan pasien positif virus Corona (Covid-19) yang belakangan marak terjadi di masyarakat menjadi perhatian serius Polri.

Kapolri Jenderal Idham Azis pun mengeluarkan Surat Telegram Nomor ST/1618/VI/Ops.2/2020 tanggal 5 Juni 2020. Isinya agar para pimpinan Polri dapat segera berkoordinasi dan bekerja sama untuk mendorong pihak rumah sakit melakukan uji swab terhadap pasien yang dirujuk.

"Terutama pasien yang sudah menunjukkan gejala Covid-19, memiliki riwayat penyakit kronis, atau dalam keadaan kritis," tutur Kabaharkam Polri Komjen Agus Andrianto dalam keterangan, Selasa (9/6/2020).

Agus menyampaikan, instruksi tersebut diharapkan dapat mempercepat kepastian status pasien yang dirujuk apakah positif atau negatif Corona.

"Sehingga tidak timbul keraguan dari pihak keluarga kepada pihak rumah sakit terkait tindak lanjut penanganan pasien," kata Kepala Operasi Terpusat Kontijensi Aman Nusa II Penanganan Covid-19 Tahun 2020 itu.

Surat Telegram tersebut juga memerintahkan para Kasatgas, Kasubsatgas, Kaopsda atau Kapolda, dan Kaopsres atau Kapolres Opspus Aman Nusa II 2020, untuk berkoordinasi dan bekerja sama dengan pihak rumah sakit rujukan Covid-19 agar dapat secara akurat memastikan penyebab kematian pasien.

"Jika jenazah yang dimaksud telah dipastikan positif Covid-19, maka proses pemakamannya harus dilakukan sesuai prosedur Covid-19. Namun jika jenazah terbukti negatif Covid-19, proses pemakamannya dapat dilakukan sesuai dengan syariat atau ketentuan agama masing-masing," kata Agus.

 

Patuhi Protokol Kesehatan

Petugas saat pemakaman pasien Covid-19 di TPU Tegal Alur, Jakarta, Rabu (15/4/2020). Pemprov DKI Jakarta menyediakan dua Tempat Pemakaman Umum yang dijadikan lokasi pemakaman pasien meninggal akibat Covid-19, yakni TPU Pondok Ranggon dan Tegal Alur. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Petugas saat pemakaman pasien Covid-19 di TPU Tegal Alur, Jakarta, Rabu (15/4/2020). Pemprov DKI Jakarta menyediakan dua Tempat Pemakaman Umum yang dijadikan lokasi pemakaman pasien meninggal akibat Covid-19, yakni TPU Pondok Ranggon dan Tegal Alur. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Meski begitu, Agus meminta kepada pihak keluarga atau kerabat agar tetap menerapkan protokol kesehatan saat melakukan proses pemakaman. Baik itu menggunakan masker dan menjaga jarak aman.

"Terus berikan edukasi dan sosialisasi secara masif kepada masyarakat terkait proses pemakaman jenazah Covid-19, sehingga tidak terulang kembali kejadian seperti dalam video yang viral kemarin. Termasuk jangan sampai ada lagi penolakan pemakaman pasien Covid-19 oleh masyarakat," Agus menandaskan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian PUPR Bangun 34 Rusun Pesantren dan Pendidikan Tinggi di 2020

Posted: 08 Jun 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan pada 2020 ini mengalokasikan anggaran sebesar Rp 101 miliar untuk membangun 34 tower rumah susun (rusun). Rencananya, rusun tersebut untuk pondok pesantren dan pendidikan tinggi yang tersebar di 31 kabupaten dan kota.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 10 tower senilai Rp 42,7 miliar telah terkontrak, sementara sisanya masih dalam tahap lelang.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pihaknya telah diberikan tugas oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memperhatikan infrastruktur pendukung pendidikan seperti hunian santri dan mahasiswa. Itu dimaksudkan agar mereka bisa lebih fokus belajar untuk prestasi.

"Dengan dibangunnya rusun tersebut diharapkan bisa membantu para santri untuk mendapatkan asrama yang layak selama proses belajar mengajar sehingga diharapkan akan mencetak sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berakhlak mulia," kata Menteri Basuki dalam keterangan tertulis, Selasa (9/6/2020).

Setiap unit rusun yang diibangun telah dilengkapi dengan fasilitas yang layak seperti listrik, air bersih, dan meubelair seperti meja, kursi makan, kursi tamu, tempat tidur, dan lemari pakaian. Selain itu juga rusun dibangun dengan sarana dan prasarana serta utilitas (PSU) seperti tempat parkir dan saluran air.

 

Rusun untuk Aceh

Rusun Universitas Siliwangi Jadi Tempat Karantina Perawat di Tasikmalaya. (Dok. Kementerian PUPR)
Rusun Universitas Siliwangi Jadi Tempat Karantina Perawat di Tasikmalaya. (Dok. Kementerian PUPR)

Salah satu rusun pesantren dan pendidikan tinggi yang dibangun pada tahun ini yakni Rusun Pondok Pesantren Mu'Jizatul Qur'an Al'Hasanie Asy-Syafi'ei di Kota Subulussalam, Aceh. Kementerian PUPR membangun satu tower sebanyak 21 unit dengan anggaran Rp 4,6 miliar, dimana progresnya mencapai 51,1 persen.

Kemudian juga Rusun Yayasan Nurul Huda di Lampung sebanyak 1 tower berjumlah 43 unit dengan anggaran Rp 8,3 miliar. Saat ini progres konstruksinya mencapai 70,5 persen.

 

Tingkatkan Kenyamanan

Rusun di RSUD Sintang Kalbar. (Dok Kementerian PUPR)
Rusun di RSUD Sintang Kalbar. (Dok Kementerian PUPR)

Pembangunan rusun untuk meningkatkan kenyamanan belajar para santri dan mahasiswa pada lembaga pendidikan keagamaan berasrama terus dilakukan Kementerian PUPR.

Sebelumnya pada periode 2005-2014, telah dibangun sebanyak 537 tower 3.850 unit dengan total biaya sekitar Rp 1,7 triliun. Pembangunan rusun dilanjutkan pada periode 2015-2019, dengan jumlah lebih banyak yakni 263 tower dan total 5.743 unit.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mallorca Vs Barcelona: Lionel Messi Siap Tempur

Posted: 08 Jun 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Lionel Messi absen saat Barcelona menggelar latihan pada Rabu (3/6/2020) lalu. Dua hari kemudian, klub asal Catalan itu mengungkapkan jika Messi mengalami cedera ringan.

Lionel Messi kemudian berlatih sendiri di Camp Nou pada Sabtu lalu. Ia tak ambil bagian dalam laga latihan Barcelona antara dua Barca XIs.

Pelatih Barcelona Quique Setien mengatakan keputusan itu diambil sebagai tindakan pencegahan atas cedera Messi. Ia memberi garansi jika bintang asal Barcelona siap dimainkan menghadapi Mallorca, 13 Juni 2020.

"Dia bukan satu-satunya pemain yang belum berlatih," kata Setien kepada acara TV El Partidazo de Vamos seperti dikutip AS. "Sebagai tindakan pencegahan, seperti yang terjadi pada banyak orang."

"Ini adalah kontraktur otot yang tidak penting dan kami telah mengendalikannya dengan cara lain," ucap Setien menambahkan. "Dia benar-benar [baik] dan dia tidak akan memiliki masalah bermain."

 

 

Jadwal Padat

2. Lionel Messi (104 juta dolar) - Messi memperoleh penghasilan 104 juta dolar yang terbagi menjadi 72 juta dolar dari gaji dan 32 juta dolar dari pendapatan iklan. (AFP/Gabriel Bouys)
2. Lionel Messi (104 juta dolar) - Messi memperoleh penghasilan 104 juta dolar yang terbagi menjadi 72 juta dolar dari gaji dan 32 juta dolar dari pendapatan iklan. (AFP/Gabriel Bouys)

Barcelona punya jadwal yang cukup padat saat Liga Spanyol kembali dimainkan di tengah pandemi corona Covid-19. Barcelona akan memainkan tiga laga di minggu pertama lantaran 11 pertandingan sisa akan dimainkan dalam waktu 39 hari.

Terkait jadwal padat , apakah Messi bisa memainkan semua laga? "Seperti pesepak bola lainnya. Kita harus melihat kebutuhan yang kita miliki, keadaan dan [memperhitungkan] bahwa kita tak memiliki pasukan besar," kata Setien.

"Tapi saya lebih suka Messi untuk selalu berada di lapangan. Kita akan lihat bagaimana hasilnya."

Klasemen Liga Spanyol

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar FTV Kisah Nyata Spesial Episode Selasa, 9 Juni 2020

Posted: 08 Jun 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kisah Nyata Spesial ditayangkan mulai pukul 11.30 WIB.

Dalam penayangannya setiap hari Kisah Nyata Spesial selalu ada drama memikat pemirsa.

Jangan lupa Kisah Nyata Spesial juga bisa disaksikan via live streaming dengan klik di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selama Pandemi Corona, Angka Kehamilan di Bekasi Turun

Posted: 08 Jun 2020 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Bekasi - Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) tidak berpengaruh terhadap angka kehamilan di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Bahkan, angka ibu hamil menurun dibanding periode sama tahun lalu.

"Ada penurunan angka kehamilan sekitar 8,4 persen dibanding tahun lalu. Bisa dibilang pandemi virus tidak berpengaruh besar terhadap angka kehamilan di Bekasi," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Sri Enny Mainiarti di Cikarang, seperti dilansir Antara, Selasa (9/6/2020).

Menurut dia, sepanjang Maret 2020, ada 6.551 ibu hamil yang datang ke fasilitas pelayanan kesehatan untuk kunjungan pertamanya. Sementara di bulan berikutnya sebanyak 6.400 orang. Sedangkan pada Maret dan April tahun lalu jumlahnya masing-masing 7.075 dan 7.052.

Jumlah ini berdasarkan data kunjungan pertama ibu hamil ke fasilitas pelayanan kesehatan yang terhimpun di database Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi.

"Kalau ditotal di dua bulan tahun lalu angka kehamilan mencapai 14.127 orang, sementara dua bulan kemarin (Maret dan April) ada 12.951 ibu hamil," ungkap Sri.

Dia mengatakan, Dinas Kesehatan melakukan upaya untuk meningkatkan kesehatan ibu hamil di masa pandemi Corona, seperti pemetaan fasilitas kesehatan dalam rangka optimalisasi pelayanan kesehatan ibu hamil.

Selain itu, pihaknya melakukan kunjungan rumah oleh tenaga kesehatan puskesmas di masing-masing kecamatan terhadap ibu hamil dan bayi berkategori risiko tinggi.

"Kunjungan rumah ibu hamil dan bayi dilakukan dengan perjanjian lewat telepon genggam bekerja sama dengan ibu kader posyandu. Selain itu, kami juga membuat WA (Whats App) grup ibu hamil dengan membahas materi yang ada di buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA)," ucap Sri.

Pemerintah pertama kali mengumumkan kasus Corona di Indonesia pada 2 Maret 2020. Saat itu, Presiden Jokowi mengonfirmasi dua orang di Indonesia positif terinfeksi Virus Corona.

 

Ada Kaitan dengan Kebijakan di KUA dan Corona

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Supria Dinata mengatakan penurunan angka kehamilan disebabkan sejumlah faktor. Salah satunya kebijakan penundaan pernikahan oleh Kantor Urusan Agama (KUA).

Selain itu, sejumlah ibu memutuskan untuk menunda pemeriksaan kehamilan di fasilitas pelayanan kesehatan karena kondisi pandemi Covid-19.

"Ada juga warga yang sengaja menunda kehamilan karena khawatir jika melahirkan di masa Covid-19. Karena jika bulan ini mulai program, akan ketahuan hamil pada dua bulan mendatang. Untuk data bulan Mei belum masuk. Paling Juli dan Agustus kita baru bisa lihat meningkat apa tidak. Kalau sekarang masih naik turun," kata Supria.

Data kehamilan didapat dari setiap fasilitas kesehatan seperti puskesmas, klinik swasta, serta rumah sakit. Bidan koordinator di 44 puskesmas memberikan laporan berkala kepada Dinas Kesehatan sementara klinik dan rumah sakit melaporkan ke puskesmas di masing-masing wilayah kerjanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bekerja di Tengah Wabah COVID-19, KPU Bengkulu Usul Beri Asuransi ke Penyelenggara Pilkada 2020

Posted: 08 Jun 2020 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu mengusulkan pemberian asuransi untuk penyelenggara adhoc seperti KPPS, PPK dan PPS saat Pilkada 2020.

Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra mengatakan usulan itu untuk mengantisipasi terulangnya kejadian pada Pemilu 2019 lalu, dimana banyak penyelenggara yang meninggal dunia karena kelelahan.

Terlebih, katanya, penyelenggaraan Pilkada 2020 kemungkinan dilakukan di tengah pandemi virus corona jenis baru atau COVID-19, sehingga diperlukan upaya antisipasi penularan.

"Saat ini itulah yang sedang dibahas, yakni pemberian asuransi bagi panitia ad hoc seperti di TPS untuk petugas KPPS serta PPK dan PPS di kelurahan atau desa," kata Irwan di Bengkulu, seperti dikutip dari Antara, Selasa (9/6/2020).

Selain itu, kata Irwan, pihaknya juga tengah membahas usulan pemberian santunan untuk penyelenggara Pilkada yang meninggal dunia saat menjalankan tugas.

Ia menambahkan, upaya lainnya yang dilakukan untuk mengantisipasi terulangnya kejadian pada Pemilu 2019 dimana banyak penyelenggara meninggal dunia, KPU akan memperketat proses rekrutmen anggota KPPS.

Syarat Ketat

Dalam rekrutmen itu, KPU akan mengedepankan persyaratan kesehatan bagi calon anggota KPPS yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari Puskesmas.

"Kita tidak suruh general check up kesehatan, hanya melampirkan surat keterangan sehat dari Puskesmas setempat, karena kalau general check up biayanya cukup besar sementara honor petugas KPPS sendiri juga tidak seberapa," demikian Irwan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Perpanjang Kontrak di PSG, Thiago Silva Mendekat ke AC Milan

Posted: 08 Jun 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Milan - AC Milan terus memantau situasi Thiago Silva di Paris Saint-Germain (PSG). Rossoneri tertarik untuk memulangkan bek asal Brasil tersebut.

Silva pernah menjadi sosok penting di AC Milan pada 2009-2012. Ia bahkan ikut mempersembahkan Scudetto bagi Rossoneri.

Lalu, pada musim panas 2012, Silva bersama Zlatan Ibrahimovic memilih merapat ke PSG. AC Milan harus melepas keduanya karena krisis keuangan.

Silva kemudian menjadi andalan di lini belakang PSG selama bermusim-musim. Sederet trofi pun sudah diberikan Silva bagi klub ibu kota Prancis tersebut.

Namun, menurut L'Equipe, PSG dan Silva tak sepakat soal perpanjangan kontrak yang akan habis Juni ini. Bek 35 tahun itu tak rela gajinya dipotong. AC Milan pun langsung siaga satu memantau situasi ini.

 

Everton Juga Tertarik

(AFP/Franck Fife)
(AFP/Franck Fife)

Keinginan Milan merekrut Silba bukannya tanpa saingan. Klub Premier League, Everton kabarnya juga tertarik memboyongnya ke Inggris.

Manajer Everton, Carlo Ancelotti bukanlah sosok yang asing bagi Thiago Silva. Keduanya pernah bekerja sama di PSG pada musim 2012-13 silam.

Klasemen Liga Italia

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Ojek Online Gunakan Pelindung Pembatas Antar Penumpang

Posted: 08 Jun 2020 09:34 PM PDT

Driver Grab Bike membawa Grab Protect pelindung yang membatasi antara pengemudi dan penumpang di Jakarta, Selasa (9/6/2020). Grab memberikan pengamanan dengan Grab Protect bagi pengemudi yang membatasi antara driver dan penumpang untuk meminimalisir penyebaran COVID-19.  (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Driver Grab Bike membawa Grab Protect pelindung yang membatasi antara pengemudi dan penumpang di Jakarta, Selasa (9/6/2020). Grab memberikan pengamanan dengan Grab Protect bagi pengemudi yang membatasi antara driver dan penumpang untuk meminimalisir penyebaran COVID-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Driver Grab Bike membawa Grab Protect pelindung yang membatasi antara pengemudi dan penumpang di Jakarta, Selasa (9/6/2020). Grab memberikan pengamanan dengan Grab Protect bagi pengemudi yang membatasi antara driver dan penumpang untuk meminimalisir penyebaran COVID-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Driver Grab Bike menunjukkan Grab Protect pelindung yang membatasi antara pengemudi dan penumpang saat diluncurkan di Jakarta, Selasa (9/6/2020). Penumpang ojek online (ojol) kini tak perlu khawatir menggunakan transportasi ini di tengah pandemi Corona. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Driver Grab Bike menunjukkan Grab Protect pelindung yang membatasi antara pengemudi dan penumpang saat diluncurkan di Jakarta, Selasa (9/6/2020). Penumpang ojek online (ojol) kini tak perlu khawatir menggunakan transportasi ini di tengah pandemi Corona. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Driver Grab Bike menunjukkan Grab Protect pelindung yang membatasi antara pengemudi dan penumpang saat diluncurkan di Jakarta, Selasa (9/6/2020). Penumpang ojek online (ojol) kini tak perlu khawatir menggunakan transportasi ini di tengah pandemi Corona. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Driver Grab Bike mengenakan Grab Protect pelindung yang membatasi antara pengemudi dan penumpang saat diluncurkan di Jakarta, Selasa (9/6/2020). (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Driver Grab Bike mengenakan Grab Protect pelindung yang membatasi antara pengemudi dan penumpang saat diluncurkan di Jakarta, Selasa (9/6/2020). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Driver Grab Bike mengenakan Grab Protect pelindung yang membatasi antara pengemudi dan penumpang saat diluncurkan di Jakarta, Selasa (9/6/2020). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Driver Grab Bike mengenakan Grab Protect pelindung yang membatasi antara pengemudi dan penumpang saat diluncurkan di Jakarta, Selasa (9/6/2020). (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Driver Grab Bike mengenakan Grab Protect pelindung yang membatasi antara pengemudi dan penumpang saat diluncurkan di Jakarta, Selasa (9/6/2020). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Driver Grab Bike mengenakan Grab Protect pelindung yang membatasi antara pengemudi dan penumpang saat diluncurkan di Jakarta, Selasa (9/6/2020). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Driver Grab Bike mengenakan Grab Protect pelindung yang membatasi antara pengemudi dan penumpang saat diluncurkan di Jakarta, Selasa (9/6/2020). (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Driver Grab Bike mengenakan Grab Protect pelindung yang membatasi antara pengemudi dan penumpang saat diluncurkan di Jakarta, Selasa (9/6/2020). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Driver Grab Bike mengenakan Grab Protect pelindung yang membatasi antara pengemudi dan penumpang saat diluncurkan di Jakarta, Selasa (9/6/2020). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Angka Kasus Virus Corona COVID-19 Masih Tinggi, WHO: Ini Jauh dari Selesai

Posted: 08 Jun 2020 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Jenewa - Kasus-kasus baru dari Virus Corona COVID-19 mengalami peningkatan harian terbesarnya, ketika pandemi kian memburuk secara global dan belum mencapai puncaknya di Amerika Tengah. Hal ini secara resmi disampaikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sambil mendesak negara-negara untuk melanjutkan upaya dalam mengatasi virus.

"Lebih dari enam bulan menjadi pandemi. Ini bukan saatnya bagi negara mana pun untuk mengambil langkah," ujar Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Selasa (9/6/2020). 

Lebih dari 136.000 kasus baru Virus Corona COVID-19 dilaporkan di seluruh dunia pada hari Minggu, angka yang paling banyak dalam satu hari sejauh ini katanya. Hampir 75 persen dari mereka dilaporkan berasal dari 10 negara, di mana sebagian besar berada di Amerika dan Asia Selatan.

Menanggapi pertanyaan tentang China, ahli darurat utama WHO, Dr Mike Ryan, mengatakan studi retrospektif tentang bagaimana wabah telah ditangani bisa menunggu, menambahkan: "Kita perlu fokus sekarang pada apa yang kita lakukan hari ini untuk mencegah puncak kedua."

Ryan juga mengatakan infeksi di negara-negara Amerika Tengah, termasuk Guatemala, masih meningkat, dan mereka adalah epidemi "kompleks".

"Saya pikir ini adalah saat yang sangat memprihatinkan," katanya, menyerukan kepemimpinan pemerintah yang kuat dan dukungan internasional untuk kawasan itu.

Brasil Jadi Salah Satu Pusat Pandemi

Petugas medis dari Provinsi Jiangsu bekerja di sebuah bangsal ICU Rumah Sakit Pertama Kota Wuhan di Wuhan, Provinsi Hubei, 22 Februari 2020. Para tenaga medis dari seluruh China telah mengerahkan upaya terbaik mereka untuk mengobati para pasien COVID-19 di rumah sakit tersebut. (Xinhua/Xiao Yijiu)
Petugas medis dari Provinsi Jiangsu bekerja di sebuah bangsal ICU Rumah Sakit Pertama Kota Wuhan di Wuhan, Provinsi Hubei, 22 Februari 2020. Para tenaga medis dari seluruh China telah mengerahkan upaya terbaik mereka untuk mengobati para pasien COVID-19 di rumah sakit tersebut. (Xinhua/Xiao Yijiu)

Brasil sekarang menjadi salah satu titik panas pandemi, dengan jumlah kasus terkonfirmasi kedua tertinggi, di belakang hanya Amerika Serikat, dan jumlah kematian yang pekan lalu melampaui Italia.

Setelah mengeluarkan angka kumulatif untuk kematian akibat Virus Corona baru di Brasil dari situs web nasional, Departemen Kesehatan menebarkan kebingungan dan kontroversi lebih lanjut dengan merilis dua set angka yang saling bertentangan untuk penghitungan terbaru kasus infeksi dan kematian.

Ryan mengatakan data Brasil telah "sangat rinci" sejauh ini, tetapi menekankan pentingnya bagi Brasil untuk memahami di mana virus itu berada dan bagaimana mengelola risiko, serta bahwa WHO berharap adanya komunikasi yang "konsisten dan transparan".

Maria van Kerkhove, seorang ahli epidemiologi WHO, mengatakan bahwa "pendekatan komprehensif" sangat penting di Amerika Selatan.

Lebih dari 7 juta orang telah dilaporkan terinfeksi Virus Corona baru secara global dan lebih dari 400.000 telah meninggal.

"Ini masih jauh dari selesai," kata van Kerkhove.

Van Kerkhove mengatakan bahwa banyak negara yang melakukan pelacakan kontak telah mengidentifikasi kasus tanpa gejala tetapi tidak menemukan bahwa mereka menyebabkan penyebaran virus lebih lanjut.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Xiaomi Siapkan Smarpthone dengan RAM 16GB

Posted: 08 Jun 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Informasi tentang smartphone baru Xiaomi kembali menghiasi ranah internet. Perusahaan kini dilaporkan sedang menyiapkan smartphone dengan RAM 16GB.

Dilansir dari GSM Arena, Selasa (9/6/2020), Xiaomi pada awal tahun ini juga dilaporkan akan merilis varian baru Mi Mix dengan RAM 16GB. Namun, hal itu tidak dapat terealisasi.

Xiaomi bekerja sama dengan Micron untuk chip LPDDR5 pada Mi 10. Pihak Micron memperkirakan akan ada ponsel dengan RAM 16GB pada semester II tahun ini. Perangkat yang dimaksud diprediksi sebagai smartphone Xiaomi.

Pihak Xiaomi sejauh ini belum memberikan bocoran soal rencana kehadiran smartphone RAM 16GB tersebut. Selain itu, waktu peluncuran smartphone Mi Mix terbaru juga belum diketahui.

Xiaomi Siapkan Ponsel Lipat Mirip Huawei Mate Xs?

Huawei Mate Xs. Liputan6.com/Andina Librianty
Huawei Mate Xs. Liputan6.com/Andina Librianty

Sebelumnya Xiaomi juga dilaporkan tertarik dengan desain smartphone lipat seperti Huawei Mate Xs. Hal ini terungkap dari paten yang diajukan oleh perusahaan pada 5 Januari 2020.

Dilansir daro Phone Arena, Xiaomi melalui paten tersebut menggambarkan smartphone lipat dengan layar yang bisa dibentangkan dari arah kiri. Berbekal desain ini, tampak smartphone lipat tersebut bisa berubah bentuk menjadi sebuah tablet kecil.

Gambaran Desain

Selain itu, tampak ada bagian lebih tebal di salah satu tepi perangkat yang merupakan tempat untuk empat kamera, flash, dan sebuah tombol. Desain ini mirip seperti Mate Xs.

Di sisi lain bagian yang tebal tersebut juga terdapat tombol volume dan power. Kemudian port USB Type-C berada di bagian bawah smartphone lipat tersebut.

(Din/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sudah Siapkah Masyarakat Indonesia Masuk New Normal?

Posted: 08 Jun 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian BUMN menyusun skenario penerapan New Normal di BUMN-BUMN seluruh Indonesia. Dalam penyusunannya, setidaknya terdapat 4 variabel yang dibentuk dalam satu matriks untuk menentukan posisi kondisi penyebaran virus Corona di Indonesia.

Deputi Bidang SDM, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN Alex Denni menjelaskan, Indonesia berada di antara posisi skenario New Normal dan Death Zone.

New Normal artinya ketika vaksin belum ditemukan, masyarakat dapat melakukan perilaku disiplin sesuai dengan protokol kesehatan untuk menekan penyebaran virus.

Sedangkan skenario Death Zone artinya, ketika vaksin belum ditemukan, namun perilaku masyarakat tidak berubah menjadi lebih sehat sehingga virus mudah menjangkit dan menyebabkan wabah hingga kematian.

"Mungkin kita masih berada di tepi (baik New Normal maupun Death Zone), karena masyarakat sebagian sudah ada yang disiplin dan sebagian masih ada yang belum," ujar Alex dalam acara Webinar: Restart your Business with SIBV, and Embrace the New Normal yang diinisiasi Surveyor Indonesia, Selasa (9/6/2020).

Skenario lainnya ialah Donkey Man, yaitu kondisi ketika vaksin ditemukan tapi perilaku masyarakat masih tidak bersih, sehingga meskipun ada vaksin, virus bisa menginfeksi dan menyebar dengan luas.

 

Skenario Lanjutan

masker untuk menghindari virus corona | pexels.com/@cottonbro
masker untuk menghindari virus corona | pexels.com/@cottonbro

Sementara di skenario lainnya, Longer Life Hope, vaksin sudah ditemukan ditambah dengan perilaku masyarakat yang disiplin dan taat dalam menjalankan protokol kesehatan, sehingga hidup yang lebih sehat dan lama bisa terjadi.

Dengan demikian, saat ini masyarakat tengah didorong agar selalu disiplin untuk menerapkan protokol kesehatan supaya posisi kondisi penyebatan virus Corona di Indonesia berada di New Normal. Kementerian BUMN juga aktif menginstruksikan BUMN-BUMN untuk membentuk task force khusus yang menangani pencegahan Corona ini.

"Beberapa bulan yang lalu kita sudah menginstruksikan seluruh BUMN untuk menyusun protokol kesehatan. Kami punya dashboardnya, 100 persen BUMN sudah siap menjalankan protokol New Normal ini," ujar Alex.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Baekhyun EXO Bakal Gelar Fan Meeting 13 Juni

Posted: 08 Jun 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Member EXO, Baekhyun dikonfirmasi akan menggelar fanmeeting pada tanggal 13 Juni 2020. Hal ini dilakukan dalam rangka perayaan mini album 'Delight.'

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Cara Ampuh Mengatasi Wastafel Mampet, Mudah Dipraktikkan

Posted: 08 Jun 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cara ampuh mengatasi wastafel mampet bisa menggunakan bahan alami maupun beberapa peralatan praktis. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan produk pembersih berbahan kimia yang biasanya dijual di toko-toko.

Masalah wastafel dapur mampet mungkin sudah menjadi masalah yang kerap terjadi di rumah. Hal ini bisa terjadi karena berbagai penyebab seperti, sisa makanan, sayur, hingga buah yang menyumbat saluran air. Sehingga menyebabkan wastafel mampet.

Cara ampuh mengatasi wastafel mampet tidak begitu sulit dipraktikkan. Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah dengan beberapa peralatan praktis. Selain itu, bahan-bahan seperti soda kue, cuka, hingga air panas juga bisa dijadikan cara mengatasi wastafel mampet.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (9/6/2020) tentang cara ampuh mengatasi wastafel mampet.

Menggunakan Plunger atau Penyedot

Cara Ampuh Mengatasi Wastafel Mampet (Sumber: Pixabay)
Cara Ampuh Mengatasi Wastafel Mampet (Sumber: Pixabay)

Cara ampuh mengatasi wastafel mampet yang pertama tentunya dengan menggunakan plunger atau penyedot. Cara menggunakannya cukup mudah, kamu tinggal mengisi wastafel dengan air sampai setengah penuh, lalu langsung gunakan penyedot pada lubang wastafel.

Gerakkan penyedot secara naik-turun hingga airnya meluap dan kotorannya terbawa. Ulangilah cara ini hingga wastafel tidak mampet lagi. Cara ampuh mengatasi wastafel mampet dengan menggunakan plunger atau penyedot ini memang membutuhkan tenaga agar berhasil.

Sabun Cuci Piring dan Air Panas

Cara ampuh mengatasi wastafel mampet selanjutnya adalah dengan menggunakan sabun cuci piring dan air panas. Bahan alami yang tentunya aman ini dapat mengatasi sumbatan pada wastafel yang disebabkan oleh lemak atau minyak.

Cara menerapkannya pun cukup mudah, tuang sedikit sabun cuci piring pada saluran pembuangan air, lalu tuangkan air mendidih untuk menghilangkan sumbatan berminyak di saluran pembuangan.

Untuk mencegah masalah tersebut kembali terulang, kamu bisa melakukan cara ampuh mengatasi wastafel mampet ini setidaknya sekali dalam seminggu.

Soda Kue

Soda Kue
Soda Kue

Menggunakan soda kue juga merupakan salah satu cara ampuh mengtasi wastafel mampet. Caranya cukup mudah, kamu tinggal menyiramkan air panas ke dalam pipa saluran wastafel lalu diamkan selama 20 menit. Setelah itu, taburkanlah soda kue dan diamkan semalam.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan sedikit cairan cuka setelah menaburkan soda kue. Keesokan harinya baru siram lagi dengan air panas. Agar hasilnya maksimal, tambahkan air perasan jeruk nipis atau lemon setelah menaburkan baking soda. 

Cairan Cuka

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan cairan cuka saja sebagai cara ampuh mengatasi wastafel mampet. Cara ini bisa kamu lakukan jika setelah menggunakan penyedot, wastafel masih mampet.

Caranya dengan meneteskan cairan cuka ke dalam lubang aliran air pada wastafel dan diamkan kurang lebih 25 menit. Setelah itu siramlah lubang saluran air dengan air panas. Kemudian gunakan plunger untuk menarik kotoran-kotoran yang menyumbat pipa saluran wastafel.

Terakhir, siram pipa saluran wastafel dengan air panas. Kamu bisa melakukan cara ini beberapa kali hingga wastafel benar-benar bersih.

Pembersih Wastafel Berbahan Kimia

Wastafel (Sumber: Pixabay)
Wastafel (Sumber: Pixabay)

Selain dengan menggunakan bahan-bahan alami tersebut, kamu juga bisa mengikuti cara ampuh mengatasi wastafel mampet dengan produk pembersih berbahan kimia. Ada berbagai produk pembersih yang dibuat khusus untuk melonggarkan kotoran yang menyumbat di saluran pembuangan air.

Ketika dituangkan langsung ke dalam saluran yang tersumbat, pembersih dengan bahan kimia ini bekerja menghancurkan timbunan lemak dan kotoran pada dinding pipa. Kandungannya juga mampu membunuh kuman penyebab bau tak sedap. Jika penyumbat tidak hilang setelah tuangan pertama, ulangi tanpa perlu memakai alat untuk menyodok kotoran di dalam pipa.

Dalam menerapkan cara ampuh mengatasi wastafel mampet dengan pembersih berbahan kimia ini, kamu perlu mengikuti aturan pakai pada kemasan. Hal ini untuk menghindari berbagai efek buruk yang ditimbulkan zat kimia tersebut.

Itulah beberapa cara ampuh mengatasi wastafeL mampet yang mudah dipraktikkan. Dengan mengetahui berbagai cara ini, kamu bisa kembali menggunakan wastafel yang telah bersih dan normal kembali.  

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aurel Hermansyah Doa Usai Konflik dengan Raul Lemos, Atta Halilintar: Bersama Kita Mampu

Posted: 08 Jun 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pekan ini, dibuka dengan memanasnya kembali hubungan Aurel Hermansyah dan Azriel dengan sang ayah tiri, Raul Lemos. Ini bermula dari komentar Aurel Hermansyah di akun Instagram Krisdayanti.

Tak lama setelahnya, Raul Lemos membahas cewek bernama Maria gemar pansos. Tidak berhenti sampai di situ, Raul Lemos melontar sindiran tentang anak yang tak hormat kepada yang lebih tua.

Warganet menduga, Raul Lemos menyindir Aurel Hermansyah. Dugaan menguat saat Aurel Hermansyah konsultasi ke psikolog dan Azriel menyebut kakaknya stres usai dimaki Raul Lemos lewat telepon.

Semoga Allah Membimbing

Unggahan Aurel Hermansyah. (Foto: Instagram @aurelie.hermansyah)
Unggahan Aurel Hermansyah. (Foto: Instagram @aurelie.hermansyah)

Ramai dibahas warganet, Aurel Hermansyah mencoba menyikapi konflik dengan lebih tenang. Senin (8/6/2020), sang pelantun "Susah Jatuh Cinta" melantun doa dan harapan di akun Instagram terverifikasi miliknya.

Di fitur Instagram Stories, ia mengutip doa yang mewakili kondisi batinnya saat ini, dari akun @nasehatcinta_. "Bismilah, semoga Allah membimbing setiap langkah sehingga apapun yang kulakukan menjadi berkah," unggahnya.

Semoga Berbuah Indah

Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar. (Foto: Instagram @aurelie.hermansyah)
Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar. (Foto: Instagram @aurelie.hermansyah)

"Dan apapun yang kuusahakan berbuah indah," sambung seleb kelahiran Jakarta, 10 Juli 1998, dilatari gambar cangkir yang tergeletak di permukaan tembok dan panorama alam. 

Pada hari yang sama, Aurel Hermansyah mengunggah foto bersama Atta Halilintar, dan kedua adiknya yakni Arsyi dan Arsya Hermansyah. Mereka berfoto dengan latar tembok bermotif persegi. Bahagia, Aurel Hermansyah meminta warganet memberi keterangan bebas untuk foto tersebut.

Bersama Kita Mampu

Aurel Hermansyah. (Foto: Instagram @aurelie.hermansyah)
Aurel Hermansyah. (Foto: Instagram @aurelie.hermansyah)

"Kasih caption yang cocok buat foto ini dong guys," tulisnya disertai emotikon wajah penuh cinta dan tangan menjura. Belum genap 12 jam, lebih dari 650 ribu orang mengirim tanda hati. Tak kurang dari 13 ribu komentar membanjiri kolom.

Atta Halilintar menyemangati Aurel Hermansyah yang mencoba bangkit dari pusaran konflik. "Bersama kita mampu! Mushhh…" cetusnya di kolom komentar. Lebih dari 14 ribu orang menyukai dukungan Atta Halilintar.

Kapan Mau Kencan Ganda?

Atta Halilintar. (Foto: Instagram @attahalilintar)
Atta Halilintar. (Foto: Instagram @attahalilintar)

Aurel Hermansyah menyahut sambil membubuhkan emotikon pelukan, "Uuwwtayangggg." Sejumlah seleb memberi dukungan untuk jalinan cinta Aurel dan Atta. Gading Marten misalnya, berkicau, "A SAH Halilintar. Lapor Om @AnangHijau."

Verrell Bramasta ikut menimpali, "Menua bersama A Team." Di luar dugaan, Aurel Hermansyah menawarkan kencan ganda kepada putra Venna Melinda itu. "Kapan mau double date, nih?" celoteh Aurel Hermansyah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perkuat Tugas Achmad Yurianto, Reisa Broto Asmoro Wajah Baru Jubir Covid-19

Posted: 08 Jun 2020 09:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Juru bicara penanganan percepatan penanganan Covid-19 punya juru bicara baru, dr Reisa Broto Asmoro. Dia mendampingi Achmad Yurianto yang setiap hari menyampaikan informasi perkembangan mengenai virus Corona kepada masyarakat.

"Ada 2 Jubir Covid-19 sekarang: Pak Dokter Yurianto dan Mbak Dokter Reisa: Ajak Masyarakat Beradaptasi dengan Kebiasaan Baru," kata Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman lewat Twitter resminya, Selasa (9/6/2020).

Perkenalan Reisa ke publik pada Senin 8 Juni 2020 sontak menyedot perhatian, usai hampir tiga bulan penyampaian informasi dilakukan oleh dokter militer, Achmad Yurianto.

Reisa mengatakan, sebagai juru bicara, akan memperkuat tugas Yurianto dalam menyampaikan pesan edukasi ke masyarakat terkait pencegahan dan pemutusan mata rantai Covid-19. Khususnya dalam era masa transisi menuju kenormalan baru.

"Kebiasaan untuk hidup lebih sehat, lebih disiplin menjalankan protokol kesehatan agar bisa tetap produktif dan aman dari Covid-19. Sebab disiplin penting agar kehidupan kita semua tetap produktif dan terhindar senantiasa dari Covid," kata Reisa dalam pesan edukasinya saat konferensi pers harian, Senin 8 Juni 2020.

Selain pesan edukasi, Reisa juga menyampaikan hal teknis terkait persebaran pasien Covid-19 dan jumlah orang diperiksa.

"Kami bekerja sesuai arahan Presiden, melacak persebaran Covid dengan lebih agresif dan memanfaatkan telekomunikasi. Indonesia memeriksa lebih dari 10 ribu spesimen dan akan ditingkatkan jadi 20 ribu spesimen, ada 195 laboratorium yang disiapkan" ujar Reisa.

Update Corona 8 Juni

Juru Bicara Pemerintah Untuk Penanganan Virus Corona atau COVID-19, Achmad Yurianto saat konferensi pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Selasa (24/3/2020). (Dok Badan Nasional Penanggulangan Bencana/BNPB)
Juru Bicara Pemerintah Untuk Penanganan Virus Corona atau COVID-19, Achmad Yurianto saat konferensi pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Selasa (24/3/2020). (Dok Badan Nasional Penanggulangan Bencana/BNPB)

Jumlah pasien positif Corona Covid-19 di Indonesia masih terus bertambah. Hal ini disampaikan Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto.

Yurianto membeberkan, pada Senin (8/6/2020), ada penambahan 847 orang yang dinyatakan terkonfirmasi positif Corona Covid-19.

"Ada penambahan sebanyak 847 orang kasus positif. Dengan demikian total kasus positif berjumlah 32.033 orang," ujar Yurianto melalui konferensi pers daring di Graha BNPB Jakarta, Senin (8/6/2020).

Sedangkan jumlah pasien sembuh, menurut Yurianto juga masih terus bertambah. Sebanyak 406 pasien positif Corona Covid-19 dinyatakan sembuh sehingga total akumulatif sampai 10.904 orang.

Sementara itu, ada penambahan 32 orang yang meninggal dunia akibat terinfeksi virus Corona Covid-19. Dengan begitu, total akumulatif sebanyak 1.883 pasien Corona Covid-19 meninggal dunia sampai dengan saat ini.

Data update pasien virus Corona Covid-19 ini tercatat sejak Minggu, 7 Juni 2020 pukul 12.00 WIB hingga hari Senin 8 Juni pukul 12.00 WIB.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wali Kota Bogor: Meski Masih Panjang, Antrean Penumpang KRL Sudah Lebih Baik

Posted: 08 Jun 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Bogor - Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menyebut antrean calon penumpang Kereta Rel Listrik (KRL) di Stasiun Bogor pada Selasa (9/6/2020) lebih cair dari hari sebelumnya. Meskipun, kata dia, tetap ramai.

"Saya melihat antrean calon penumpang KRL masih tetap panjang. Tapi petugas di Stasiun Bogor bisa mengaturnya dengan baik, sehingga pengantre tidak menunggu terlalu lama," kata Bima Arya di Stasiun Bogor, di Kota Bogor, seperti dilansir Antara, Selasa.

Antrean calon penumpang KRL cukup panjang terjadi di Stasiun Bogor mulai pukul 05.30 WIB sampai sekitar pukul 07.00 WIB. Namun, petugas Stasiun Bogor membagi antrean tersebut menjadi tiga bagian, mulai dari pelataran luar stasiun, di tengah stasiun, dan di peron kereta, sehingga antrean tersebut bisa bergerak lebih cepat.

Menurut Bima Arya, antrean calon penumpang pada Senin, 8 Juni 2020 kemarin dan Selasa hari ini baru sekitar 40 persen dari normal, meski sudah ramai.

"Bagaimana kalau pada pekan depan mal sudah dibuka? Pasti akan lebih ramai lagi," kata Bima Arya.

Bima Arya mengingatkan, ketika new normal sudah berlangsung dan pusat keramaian dan perkantoran kembali dibuka, yang penuh tidak hanya di stasiun KRL. Tapi juga di dalam kereta atau gerbong.

"Ini harus diantisipasi," ujar Bima Arya.

 

Pengaturan Jam Kerja

Oleh karena itu, Bima Arya mengusulkan pengaturan jam kerja kantor di Jakarta. Caranya, dengan menerapkan sistem kerja secara sif, yakni ada karyawan yang berangkat kerja pukul 08.00 WIB dan ada yang berangkat kerja pukul 13.00 WIB.

Pada Senin, 8 Juni malam, Bima Arya mengikuti konferensi video yang juga dihadiri oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dan Menteri Perhubungan Budi Karya. Dia pun telah menyampaikan usulan tersebut.

"Kepada Pak Menteri saya sudah menyampaikan usulan sistem sif tersebut," kata Bima Arya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

12 Pemain Top yang Berutang Budi kepada Jurgen Klopp

Posted: 08 Jun 2020 09:20 PM PDT

Liverpool - Sejak mendarat di Anfield pada 2015, Jurgen klopp menyuntikkan banyak perubahan di tubuh Liverpool. Klub raksasa Premier League tersebut perlahan tapi pasti bangkit menggapai kembali kejayaannya. 

Efek tangan dingin Jurgen klopp telah terbukti di level Eropa. Liverpool musim lalu merengkuh trofi Liga Champions setelah menumbangkan sesama klub Inggris, Tottenham Hotspur, di partai puncak. 

Musim lalu, The Reds juga terlibat pacuan juara Premier League melawan Manchester City, meski akhirnya terpaksa puas menempati posisi runner up. 

Kans Liverpool menuntaskan dahaga meraih titel liga pertama di era Premier League kembali terbuka lebar pada musim ini. The Reds berdiri kukuh di puncak klasemen sementara dengan keunggulan 10 poin atas peringkat dua, Manchester City. Asal tidak ceroboh dan bernasib sial di sisa musim, Liverpool tampaknya bakal bisa menggapai trofi Premier League. 

Semua itu tak lepas dari pengaruh Klopp. Dia dikenal sebagai pelatih yang punya pengaruh besar, di segala aspek. Baik di Liverpool atau saat di Jerman (Borussia Dortmund), Klopp punya pengaruh besar terhadap pemain-pemain hebat yang jadi anak asuhnya. 

Klopp merupakan sosok yang disukai, di mana pun dia berada. Pemain bukan hanya menghormatinya, tapi juga memujanya. 

Berikut ini 12 pemain yang mengaku performanya atau kepribadiannya jadi lebih baik selama bekerja sama dengan Jurgen Klopp, seperti dilansir Planet Football

Sadio Mane

(AFP/Oli Scarff)
(AFP/Oli Scarff)

"Rahasia Jurgen, saya rasa, adalah dia menjadi ayah bagi pemain-pemainnya. Di antara kami, semuanya langsung klik. Kami semua mencintainya seperti seorang ayah dan kadang kami juga takut kepadanya," kata Sadio Mane. 

"Dia memberi saya banyak ruang dalam kehidupan, dan bukan hanya di sepak bola. Saya sangat memercayainya, seperti juga hampir semua pemain lainnya." 

Roberto Firmino

(AP Photo/Emrah Gurel)
(AP Photo/Emrah Gurel)

"Saya merasa berkembang banyak di setiap sisi: fisik, taktik, mental. Saya belajar di setiap aspek," kata Roberto Firmino. 

"Saya tak pernah lelah memuji Klopp. Dia memiliki banyak sisi bagus di dalam dan luar lapangan. Dia benar-benar membantu kami setiap hari. Kami belajar banyak darinya." 

Ilkay Gundogan

(AP/Efrem Lukatsky)
(AP/Efrem Lukatsky)

"Saya datang ke Borussia Dortmunda dari tim yang relatif kecil dan kesulitan selama enam bulan pertama untuk menemukan tempat di tim. Saya sedikit pemalu, dan sejujurnya tak cukup berani melakukan beberapa hal," ujar Ilkay Gundogan. 

"Tapi, terima kasih atas bantuan rekan-rekan setim dan Jurgen serta stafnya, penampilan saya bisa meningkat."  

Virgil van Dijk

(Dok. Liverpool FC)
(Dok. Liverpool FC)

"Saya punya koneksi yang mirip dengan Jurgen Klopp di Liverpool seperti sebelumnya dengan Ronald Koeman di Southampton. Seperti Koeman, Klopp tahu benar mengeluarkan kemampuan terbaik saya," kata Virgil Van Dijk. 

"Ketika media heboh tentang saya dan bersikap sangat positif, dia akan menurunkan keriuhan itu, dan seringkali dengan kedipan. Ketika saya terpilih menjadi Pemain Terbaik Eropa dan harus berangkat ke acara penghargaan, Jurgen bilang ke semua pemain bahwa saya mengambil trofi mewakili tim."

"Saya tahu apa artinya itu. Di saat bersamaan, bos memberikan respek dan tanggung jawab yang besar kepada saya."

Ivan Perisic

(AP/Hannibal Hanschke)
(AP/Hannibal Hanschke)

"Saya tak terbiasa bertahan sejak dari depan. Saya bahkan tak tahu apa itu permainan two-way. Jurgen mengajari saya tentang sepak bola modern," kata Ivan Perisic

Henrikh Mkhitaryan

(Twitter AS Roma)
(Twitter AS Roma)

"Saya sangat berterima kasih kepada Klopp. Dia memperbaiki kepribadian saya dan sisi psikologisnya. Klopp menunjukkan jalan untuk saya. Dia mendukung saya dan bilang supaya saya mengangkat kepala dengan tegak karena hal-hal bagus akan datang," kata Henrikh Mkhitaryan.

Pierre-Emerick Aubameyang

(AP Photo/Kirsty Wigglesworth)
(AP Photo/Kirsty Wigglesworth)

"Dia mengajari saya bagaimana memiliki kepribadian yang kuat dan bagaimana meningkatkan level saya. Saya sangat menghormati pria ini," kata Aubameyang. 

 

Philippe Coutinho

(AFP Photo/Christof Stache)
(AFP Photo/Christof Stache)

"Dia pelatih hebat, salah satu yang terbaik di dunia. Pemimpin sejati. Saya belajar banyak darinya, terutama soal mental," kata Philippe Coutinho.

Mario Gotze

(AFP/Patrik Stollarz)
(AFP/Patrik Stollarz)

"Dia mengajari saya segalanya tentang sepak bola profesional. Saat itu, saya baru berusia 17 tahun dan baru naik dari tim junior. Dia memperkenalkan saya segalanya. Dia membiarkan saya bermain," ujar Mario Gotze. 

 

Robert Lewandowski

(Twitter Munchen)
(Twitter Munchen)

"Saya gembira bisa mengenal pelatih dan sosok seperti Jurgen Kloop, karena dia luar biasa, sebagai pelatih maupun individu. Saya belajar banyak darinya dan itu sangat berarti," kata Lewandowski.

Divock Origi

(AFP/Oli Scarff)
(AFP/Oli Scarff)

"Banyak tim yang memiliki kualitas, tapi ketika Anda memiliki manajer bagus, yang punya taktik kuat, serta didukung fans bagus, maka tak ada rahasia lagi. Anda bisa meraih hal-hal hebat," kata Divock Origi.

Marco Reus

(AFP/Guido Kirchner)
(AFP/Guido Kirchner)

"Jika Jurgen duduk di depan Anda dengan auranya, yang memancar bahkan ketika bicara, itu benar-benar mengesankan. Dia jelas satu di antara alasan saya gabung Dortmund. Jurgen dapat membuat pemain berkembang dan membuat pemain menjadi baik. Ada hal spesial dalam dirinya," kata Marco Reus.

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari Bola.com (Ario Yosia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Musikus Benny Likumahuwa Meninggal Dunia, Indra Lesmana: Banyak Kenangan Indah Bersamanya

Posted: 08 Jun 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabar duka datang dari dunia musik Indonesia. Musikus jaz senior, Benny Likumahuwa, meninggal dunia pada Selasa (9/6/2020).

Kabar tersebut dibenarkan oleh pihak manajemen Barry Likumahuwa, putra Benny Likumahuwa, melalui pesan percakapan. Dalam pesannya tersebut, diinfokan juga bahwa saat ini jenazah disemayamkan di rumah duka di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan.

"BERITA DUKA CITA. RIP. Benny Likumahuwa meninggal dunia. Ayah dari Barry Likumahuwa pada jam 8.30 WIB. Hari Selasa, 9 Juni 2020," tulisnya dalam pesan tersebut seraya menyertakan alamat lengkap.

Meninggalnya Benny Likumahuwa meninggalkan duka mendalam bagi banyak musikus di Tanah Air. Tak terkecuali, Indra Lesmana.

 

Kenangan Bersama Almarhum

Unggahan Indra Lesmana. (instagram.com/indralesmana)
Unggahan Indra Lesmana. (instagram.com/indralesmana)

Melalui unggahan di Instagram Stories, Indra Lesmana mengatakan bahwa ia memiliki banyak kenangan bersama Benny Likumahuwa.

"Sangat berduka atas meninggalnya Benny Likumahuwa. Terlalu banyak cerita dan kenangan indah yang saya miliki bersamanya dari sejak saya masih kecil," tulis Indra Lesmana.

 

Belasungkawa

Benny Likumahuwa (https://www.instagram.com/p/CBMuz9lDTFC/)
Benny Likumahuwa (https://www.instagram.com/p/CBMuz9lDTFC/)

Indra Lesmana juga memberikan ucapan belasungkawa kepada keluarga yang ditinggalkan. "May you rest in peace mas Ben.. Bless your soul. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan dan ketabahan," lanjut Indra Lesmana. 

The Rollies

Di era 60-an, Benny Likumahuwa bergabung dengan grup The Rollies. Bersama The Rollies, Benny Likumahuwa banyak memberikan warna baru. Salah satu gagasannya adalah dengan memasukkan instrumen-instrumen tiup dalam musik The Rollies. 

Lahir di Kediri

Lahir di Kediri, Jawa Timur, 18 Juni 1946, Benny Likumahua melahirkan sejumlah album apik di belantika musik Indonesia. Salah satu peninggalannya, album Like Father Like Son. Selain itu, bersama Jack dan Indra Lesmana, almarhum mendirikan sebuah sekolah musik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hadapi New Normal, Kemenperin Gelar Bimtek Buat Aparatur Perindustrian

Posted: 08 Jun 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk menyiapkan aparatur industri agar mampu beradaptasi dengan baik dalam menghadapi era new normal atau kenormalan baru. Salah satu langkah yang dilakukan melalui penyelenggaraan bimbingan teknis (bimtek) bagi aparatur industri di seluruh daerah kabupaten dan kota se-Indonesia secara virtual.

"Kemenperin menyelenggarakan bimtek itu dalam rangka sinkronisasi persepsi antara aparatur pusat dan daerah terkait kebijakan, pengembangan dan pembinaan industri dalam tatanan pola hidup new normal," kata Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Industri Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin, Dadi Marhadi melalui keterangan tertulis, Selasa (9/6/2020).

Pada kesempatan ini, bimtek diselenggarakan melalui tujuh Balai Diklat Industri (BDI) milik Kemenperin, dengan diikuti oleh aparatur industri daerah. Mencakup kepala dinas dan kepala bidang perindustrian di tingkat kabupaten dan kota.

Dalam bimtek tersebut, para aparatur industri daerah memperoleh materi mengenai situasi perekonomian dan industri pada masa new normal dengan adanya pandemi Covid-19. Selanjutnya, materi mengenai kebijakan pembinaan dan pengembangan industri untuk masing-masing sektor yang dibina Kemenperin.

"Melalui bimtek ini, diharapkan kemampuan aparatur industri daerah dalam memahami konsep dan kebijakan ekonomi dapat meningkat. Begitu pula dengan kemampuan analisis terkait posisi sektor industri dalam kebijakan makro dan kebijakan sektoral, evaluasi dampak kebijakan nasional maupun internasional terhadap sektor industri, serta penyusunan kebijakan dan menganalisis kebijakan publik," tegasnya.

Aparatur industri daerah diharapkan juga mampu mendampingi pelaku industri menghadapi situasi dunia usaha yang terus berkembang. Aparatur di daerah merupakan pendorong kinerja industri daerah agar produktif dan berkembang.

"Untuk itu, diharapkan mampu berinovasi dalam implementasi kebijakan, serta memberikan nilai tambah bagi masyarakat industri di daerah," imbuh dia.

 

Peserta

Bimtek bagi aparatur industri di tingkat kabupaten dan kota di Indonesia diselenggarakan 8 Juni hingga 30 Juni 2020 dengan melibatkan tujuh BDI Kemenperin. Kegiatan pertama diselenggarakan oleh Balai Diklat Industri Medan pada 8 -9 Juni 2020 yang dikuti oleh kepala dinas dan kepala bidang perindustrian kabupaten dan kota dari Provinsi Aceh, Provinsi Sumatera, Utara, Provinsi Riau, serta Provinsi Kepulauan Riau.

"Peserta bimtek dalam kesempatan ini berasal dari kabupaten dan kota di Aceh sebanyak 46 orang, Sumatera Utara 66 orang, Riau 24 orang, serta Kepulauan Riau 16 orang peserta," jelas Kepala BDI Medan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Industri BPSDMI Kemenperin Indra Amin.

Bimtek tersebut diikuti juga oleh satuan kerja (Satker) Kemenperin di Aceh, yakni SMK-SMTI Banda Aceh, Balai Riset dan Standardisasi (Baristand) Industri Banda Aceh, Baristand Industri Medan, Politeknik Kimia Industri Medan, serta Balai Pengembangan dan Standarisasi Industri Pekanbaru.

Selanjutnya, kegiatan juga akan diselenggarakan oleh BDI Jakarta pada 11-12 Juni 2020, diikuti kepala dinas dan kepala bidang perindustrian kabupaten dan kota dari Provinsi DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat dan Lampung. Kemudian, BDI Denpasar menyelenggarakan pada 15-16 Juni 2020 dengan diikuti aparatur industri dari kabupaten dan kota dari Provinsi Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, dan Papua Barat.

 

Selanjutnya

Pada 18-19 Juni 2020, BDI Yogyakarta akan menyelenggarakan bimtek yang diikuti perwakilan dari Provinsi Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Sedangkan BDI Padang menggelar kegiatan serupa pada 22-23 Juni 2020 diikuti kepala dinas dan kepala bidang dari kabupaten dan kota dari Provinsi Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bengkulu, Jambi, dan Bangka Belitung.

Kemudian, diselenggarakan BDI Makassar pada 25-26 Juni 2020 dengan peserta dari Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Gorontalo, Maluku dan Maluku Utara. Terakhir, bimtek diselenggarakan BDI Surabaya pada 29-30 Juni 2020, diikuti peserta dari Provinsi Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Utara.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketimbang Barca, Striker Inter Milan Disarankan Pilih Real Madrid

Posted: 08 Jun 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Milan - Wesley Sneijder memberikan saran menarik bagi striker Inter Milan, Lautaro Martinez. Ia diminta untuk pindah ke Real Madrid ketimbang pesaingnya, Barcelona.

Martinez menjadi incaran Barcelona untuk bursa transfer mendatang. Ia diplot menggantikan Luis Suarez yang mulai menua.

Kabarnya Barcelona dan Martinez sendiri sudah menyepakati soal kontrak pribadi. Kini tinggal bernegosiasi soal harga dengan Inter Milan.

Maklum, Inter Milan tak mau melepasnya dengan harga murah. Mereka meminta dana hingga 100 juta euro untuk klub peminat Martinez.

Inter Milan sendiri kini punya dua striker yang tak kalah tajam, yakni Alexis Sanchez dan Romelu Lukaku.

 

Komentar Sneijder

7. Lautaro Martinez (Inter Milan)- 5 gol.(AFP/Isabella Bonotto)
7. Lautaro Martinez (Inter Milan)- 5 gol.(AFP/Isabella Bonotto)

"Saya merekomendasikan Martinez untuk pindah ke Real Madrid saja. Tetapi dia harus menghabiskan banyak waktu dulu di Inter Milan," ujar Sneijder dilansir Evening Standard.

"Saya pikir Martinez kuat secara mental dan fisik. Dia cocok untuk Real Madrid."

Martinez bergabung ke Inter Milan sejak tahun 2018. Sejauh ini ia sudah mencetak 25 gol dari 66 penampilan.

Klasemen Serie A

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banting Stir Jadi Softskills Trainer, Ini 6 Potret Terbaru Leo AFI 3

Posted: 08 Jun 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa sih yang tidak tahu ajang pencarian bakat menyanyi Akademi Fantasi Indosiar (AFI)? Saking populernya ajang tersebut, AFI sampai dibuat 6 musim. Setiap musimnya selalu menelurkan banyak bakat hebat seperti bernama Edwin Haluoleo Agus Mokodompit atau akrab disapa Leo AFI.

Leo merupakan peserta dari AFI 3 yang berhasil tembus 5 besar pada 2004. 16 tahun berselang, Leo kini memilih jalur karier berbeda selain bernyanyi. Ia memilih menjadi pekerja kantoran yang fokus di bidang Youth and Social Movement dan Softskills Trainer.

Gaya penampilan pria yang berasal dari Makassar ini bikin pangling. Pasalnya Leo kini semakin terlihat gagah saja. Penampilan kesehariannya saat di kantor pun menyita perhatian dengan selalu terlihat rapi. Di Instagram, ia kerap mengunggah berbagai aktivitas kerjanya.

Penasaran kan dengan gaya penampilan terbaru Leo AFI? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, gaya penampilan terbaru Leo AFI, Selasa (9/6/2020).

1. Ini dia penampilan terbaru Leo AFI 3 yang banting stir jadi softskills trainer.

Banting Stir Jadi Softskills Trainer, Ini 6 Potret Terbaru Leo AFI 3 (sumber: Instagram.com/leo.moko)
Banting Stir Jadi Softskills Trainer, Ini 6 Potret Terbaru Leo AFI 3 (sumber: Instagram.com/leo.moko)

2. Gaya penampilan Leo kini semakin gagah dan keren.

Banting Stir Jadi Softskills Trainer, Ini 6 Potret Terbaru Leo AFI 3 (sumber: Instagram.com/leo.moko)
Banting Stir Jadi Softskills Trainer, Ini 6 Potret Terbaru Leo AFI 3 (sumber: Instagram.com/leo.moko)

3. Sebagai pekerja kantoran, Leo fokus pada Youth and Social Movement Enthusiast dan Softskills Trainer.

Banting Stir Jadi Softskills Trainer, Ini 6 Potret Terbaru Leo AFI 3 (sumber: Instagram.com/leo.moko)
Banting Stir Jadi Softskills Trainer, Ini 6 Potret Terbaru Leo AFI 3 (sumber: Instagram.com/leo.moko)

4. Saat memakai jas dan berpenampilan formal, penampilan pria asal Makassar ini bikin pangling.

Banting Stir Jadi Softskills Trainer, Ini 6 Potret Terbaru Leo AFI 3 (sumber: Instagram.com/leo.moko)
Banting Stir Jadi Softskills Trainer, Ini 6 Potret Terbaru Leo AFI 3 (sumber: Instagram.com/leo.moko)

5. Gaya penampilan Leo saat di kantor memang selalu terlihat rapi.

Banting Stir Jadi Softskills Trainer, Ini 6 Potret Terbaru Leo AFI 3 (sumber: Instagram.com/leo.moko)
Banting Stir Jadi Softskills Trainer, Ini 6 Potret Terbaru Leo AFI 3 (sumber: Instagram.com/leo.moko)

6. Ini dia gaya Leo AFI saat bersama dengan rekan kerjanya di kantor. Ia terlihat sangat gagah dan keren.

Banting Stir Jadi Softskills Trainer, Ini 6 Potret Terbaru Leo AFI 3 (sumber: Instagram.com/leo.moko)
Banting Stir Jadi Softskills Trainer, Ini 6 Potret Terbaru Leo AFI 3 (sumber: Instagram.com/leo.moko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terseret Arus Saat Berenang, Bocah 9 Tahun di Merak Tewas Tenggelam

Posted: 08 Jun 2020 09:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seorang bocah 9 tahun meninggal setelah tenggelam di Perairan Batu Bolong, Merak, Banten. A terseret arus air ketika berenang bersama 14 temannya pada Minggu, 7 Juni 2020 lalu.

Dir Polairud Polda Banten, Kombes Heri Sulistya Budi Santosa menerangkan, orangtua A mengabarkan anaknya hilang pukul 22.00 WIB. Saat itu, teman-temannya tidak menyadari korban terpisah dari rombongan.

"Pihak keluarga menuju ke lokasi perairan dan menemukan baju dan sandal milik korban," kata Heri dalam keterangan tertulis soal bocah tenggelam, Selasa (9/6/2020).

Menurut dia, keluarga dibantu warga sekitar sempat mencoba mencari keberadaan korban dengan menyisir perairan tersebut. Namun, tak membuahkan hasil.

"Pihak keluarga tidak menemukan dan akhirnya melaporkan peristiwa itu kepada pihak kepolisian pada Senin pagi jam 09.00 WIB," ucap Heri soal bocah tenggelam itu.

Pencarian Korban

Heri menjelaskan, pencarian dilanjutkan pada Senin siang oleh Tim SAR Ditpolairud dibantu Kodim 0623 dan PMI Kota Cilegon. Korban kemudian berhasil ditemukan. Namun nahas, korban ditemukan dalam keadaan tidak bernyawa.

"Dari upaya yang kami lakukan, akhirnya pihak kami dibantu pihak terkait berhasil menemukan korban tidak jauh dari lokasi kejadian pukul 13.31 WIB. Korban sudah dalam kondisi meninggal dunia," ujar Heri.

Kabid Humas Polda Banten, Kombes Edy Sumardi, menambahkan jenazah korban diserahkan kepada pihak keluarga untuk dilakukan pemakaman.

"Untuk korban A sudah diserahkan kepada pihak keluarganya untuk proses pemakaman," pungkas Heri.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: