Selasa, 16 Juni 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 RSS

Liputan6 : RSS2 Feed


Alasan Novel Baswedan Minta Terdakwa Teror Kasusnya Dibebaskan

Posted: 16 Jun 2020 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan sempat meminta kedua terdakwa kasus penyerangan air keras terhadap dirinya dibebaskan.

Novel mengaku sejak awal sudah menduga Rahmat Kadir Mahulette dan Ronny Bugis bukan pelaku yang menyiram wajahnya dengan air keras pada 11 April 2017, usai salat subuh. Novel mengetahui keduanya bukan pelaku berdasarkan keterangan saksi yang berada di lokasi, baik sebelum kejadian maupun setelah kejadian.

"Ketika saya tanya saksi-saksi yang melihat pelaku, dibilang bukan itu pelakunya," ujar Novel lewat akun Twitter pribadinya @nazaqistsha dikutip Rabu (17/6/2020).

Atas dasar itulah yang menjadi alasan Novel meminta para terdakwa yang merupakan anggota Brimob Polri dibebaskan. Novel tak mau hukum dipermainkan oleh pihak-pihak tertentu.

"Sudah dibebaskan saja daripada mengada-ada," kata Novel Baswedan.

Banyak Kejanggalan

Lagipula, sejak awal Polri mengungkap dua terduga pelaku penyerangan air keras terhadap dirinya, Novel merasakan kejanggalan. Apalagi disebutkan jika keduanya menyerang Novel dengan alasan dendam. Novel mengaku tak pernah mengenal Rahmat dan Ronny.

"Saya juga tidak yakin kedua orang itu pelakunya," kata Novel.

Novel menyebut, dirinya sempat bertanya lebih dalam kepada para penyidik Polri yang menangani kasusnya. Namun tak ada jawaban. Begitu juga saat kasus ini naik ke tingkat penuntutan, Novel tak mendapat jawaban yang pasti dari pihak penuntut umum.

"Ketika saya tanya penyidik dan jaksanya, mereka tidak ada yang bisa jelaskan kaitan pelaku dengan bukti," kata Novel.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dengan Rp 10 Ribu, Kebaikan Kecil Bermanfaat Besar Bagi Guru Anak Usia Dini

Posted: 16 Jun 2020 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nasib guru PAUD di berbagai daerah terbilang memprihatinkan setelah COVID-19 merebak di Indonesia. Beberapa bulan terakhir, mereka tak mendapatkan gaji di masa sulit ini.

Ketua Umum Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (HIMPAUDI) Netti Herawati menyebut 76,1 persen guru PAUD menerima penghasilan di bawah Rp250 ribu per bulan sebelum COVID-19.

Setelah pandemi, mereka tidak mendapatkan hak mereka. Terutama guru PAUD non formal yang tidak bisa mendapatkan tunjangan apapun.

Wali murid yang kehilangan pekerjaan tak mampu membayar iuran, pembelajaran dari rumah pun tidak efektif karena keterbatasan gawai, sinyal, dan kuota.

Ditambah, beberapa PAUD yang terdampak bencana alam seperti di Nusa Tenggara Barat hingga kini belum mendapat bantuan.

"Iya kemarin gempa dan kami tidak menerima tunjangan untuk rehab," ujar Mastul Hidayati perwakilan PAUD NTB.

"Persoalan guru PAUD non formal yang paling berat itu karena negara belum memberikan status profesi mereka sebagai guru. Sehingga akses untuk mendapatkan tunjangan seperti yang didapatkan guru (formal) tidak bisa mereka dapatkan. Datangnya pandemi memperparah kondisi mereka," ujar Netti kepada Liputan6.com, Kamis (14/5/2020).

Kebaikan Kecil Bantu Guru PAUD

Untuk membantu meringankan beban guru-guru PAUD Indonesia sebagai pahlawan pendidikan, Liputan6.com bekerja sama dengan Kitabisa.com.

Masyarakat dapat menyumbangkan sedikit rezekinya melalui platform tersebut. Donasi dapat diberikan mulai dari nominal Rp10 ribu. Karena kebaikan kecil akan berdampak besar jika dilakukan bersama-sama.

Cara Berdonasi

Klik "Donasi Sekarang"

Masukan nominal donasi

Pilih metode pembayaran (GO-PAY/Transfer VA BCA/ VA Mandiri/DANA)

Segera transfer dengan nominal yang sesuai.

 

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Haru Istri Dapat Kejutan Ultah Pernikahan dari Suami yang Sudah Meninggal

Posted: 16 Jun 2020 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Merayakan ulang tahun pernikahan memang sudah menjadi hal yang biasa dilakukan oleh banyak pasangan suami istri. Peringatan hari bahagia itu menjadi momen yang sering dinantikan. Ulang tahun pernikahan tidak selalu dirayakan dengan pesta berbiaya mahal, namun ada juga yang merayakannya secara sederhana.

Bahkan terkadang perayaan ulang tahun pernikahan tidak dapat dihadiri langsung oleh kedua orang dari pasangan. Hal itu terjadi karena ada berbagai penyebab, seperti karena salah satunya sedang sakit, karena pekerjaan hingga karena salah satunya sudah meninggal dunia. Seperti yang dialami oleh seorang wanita dari Filipina ini.

Ia tidak bisa merayakan hari ulang tahun pernikahan bersama pasangannya karena sang suami telah meninggal dunia. Namun ada sebuah cerita mengharukan di balik hari ulang tahun pernikahannya tersebut, yakni ia mendapat sebuah pesta perayaan yang direncanakan oleh almarhum suaminya ketika masih hidup.

Anak dari pasangan tersebut yang bernama Alyssa Mendoza menceritakan bagaimana ayahnya, Bing merencanakan pesta sebelum meninggal karena penyakit ginjal kronis pada tahun 2019 lalu. Sang suami bahkan memesan pengiriman bunga setahun sebelumnya. Berawal dari ketika putrinya menerima email dari ayahnya pada Mei 2020, sepuluh bulan setelah kematiannya.

Sebelum Meninggal, Sang Suami Mengirim Email pada Anaknya

Kisah Haru Istri Dapat Kejutan Ultah Pernikahan dari Suami yang Sudah Meninggal (Sumber:  Daily Mail)
Kisah Haru Istri Dapat Kejutan Ultah Pernikahan dari Suami yang Sudah Meninggal (Sumber: Daily Mail)

Dalam email tersebut almarhum merinci bagaimana perayaan ulang tahun pernikahan yang ia inginkan. Alyssa menjelaskan seperti apa ayahnya membayar seorang penjual bunga untuk mengirimi ibunya bunga setiap tahun pada hari ulang tahunnya 19 Agustus, Hari Valentine, dan ulang tahun pernikahannya pada 10 Juni.

Email tersebut ia jadwalkan sebelum kematiannya untuk dikirim beberapa minggu sebelum tanggal penting itu. Ayahnya meminta Alyssa untuk mengikuti instruksi pada surat itu sehingga ibunya akan mendapatkan ulang tahun pernikahan impiannya. 

"Awalnya, saya takut membukanya karena, siapa yang tidak takut untuk mendapatkan dan membuka email dari seseorang yang meninggal 10 bulan lalu?" kata Alyssa seperti dikutip oleh iputan6.com dari Daily Mail, Rabu (17/6/2020).

"Dua hari setelah saya melihat pemberitahuan, saya memutuskan untuk membuka email dan tidak percaya dengan apa yang saya baca. Cinta ayahku untuk ibuku jelas tak terukur," lanjut Alyssa.

Dia bahkan menghubungi dan membayar seorang penjual bunga untuk mengirimkan bunga kepada istrinya untuk beberapa tahun mendatang pada setiap hari khusus, seperti ulang tahun, Hari Valentine, dan ulang tahun pernikahan mereka. Alyssa tidak mengetahui berapa lama bunga akan terus dikirim, karena penjual bunga itu 'disumpah untuk menjaga kerahasiaan' yang dibuat ayahnya. 

"E-mail itu juga berisi surat yang dia tulis untuk ibuku yang memiliki semua kata yang perlu dia dengar darinya agar baik-baik saja," kata Alyssa.

Sang suami tersebut benar-benar memikirkan segalanya untuk membuat istrinya biasa merasakan semua cintanya. Pasangan ini seharusnya merayakan ulang tahun pernikahan ke 25 bersama-sama, tetapi Tuhan punya rencana lain.

Anaknya Melakukan Semua yang Diinginkan Sang Ayah

Kisah Haru Istri Dapat Kejutan Ultah Pernikahan dari Suami yang Sudah Meninggal (Sumber:  Daily Mail)
Kisah Haru Istri Dapat Kejutan Ultah Pernikahan dari Suami yang Sudah Meninggal (Sumber: Daily Mail)

Alyssa adalah anak perempuan yang berdedikasi, ia bekerja sepanjang malam untuk memastikan semua instruksi ayahnya dilaksanakan. Seperti meminta ia untuk membawa ibunya ke sebuah restoran pilihan, atau meminta apa pun yang ingin ia makan diantarkan ke rumah.

"Saya mengikuti semua instruksi ayah saya. Pembantu kami dan saya mulai menyiapkan kejutan untuk ibu pada jam 11 malam dan selesai pada jam 5:30 tepat pada waktunya untuk alarm harian ibu," tutur Alyss. 

"Meskipun aku kurang tidur, kegembiraan yang kulihat di wajah ibuku membuat semuanya sepadan," tambahnya.

Ibu Alyssa menangis haru menerima semua wasiat dari almarhum yang dilaksanakan oleh putrinya. Sebuah pesta penuh makna dan cinta yang direncanakan oleh suaminya ketika ia berjuang melawan penyakit ginjal.

"Tentu saja ibuku menangis karena dia merindukan cinta dalam hidupnya, tetapi aku bisa melihat betapa bahagianya dia, itu karena dia tahu bahwa semuanya sudah direncanakan oleh ayahku," ungkap Alyssa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MA Tolak Kasasi KPK, Mantan Dirut PLN Sofyan Basir Tetap Bebas

Posted: 16 Jun 2020 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mahkamah Agung (MA) menolak kasasi yang dilayangkan jaksa penuntut umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait vonis bebas mantan Direktur Utama PLN Sofyan Basir. MA menilai, vonis bebas Pengadilan Tipikor terhadap Sofyan Basir sudah sesuai.

"Permohonan kasasi penuntut umum ditolak, karena menurut Majelis Hakim Kasasi, putusan judex facti Pengadilan Tipikor pada PN Jakarta Pusat tidak salah dalam menerapkan hukum," ujar Juru Bicara MA Andi Samsan Nganro saat dikonformasi, Rabu (17/6/2020).

Andi menyebut, Majelis Hakim Pengadilan Tipikor sudah tepat dan benar dalam pertimbangan mengenai penerapan hukum.

Pengadilan Tipikor diketahui menyebut bahwa Sofyan Basir tidak terbukti terlibat membantu melakukan tindak pidana suap terkait kesepakatan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap Mulut Tambang Riau-1 (PLTU MT Riau-1).

"Lagi pula alasan kasasi penuntut umum sudah merupakan fakta dan penilaian hasil pembuktian. Atas dasar dan alasan tersebut Majelis Hakim Kasasi dengan suara bulat menyatakan permohonan kasasi penuntut umum harus ditolak. Perkara diputus pada Hari Selasa, 16 Juni 2020," kata Andi.

Sebelumnya, KPK mengajukan kasasi terhadap vonis Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat yang membebaskan mantan Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir pada Jumat, 15 November 2019.

Kasasi dilayangkan KPK kepada MA lantaran Sofyan Basir divonis bebas atas perkara dugaan pembantuan tindak pidana suap terkait kesepakatan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap Mulut Tambang Riau-1 (PLTU MT Riau-1).

"Kasasi terhadap putusan tingkat pertama SB telah kami ajukan Jumat kemarin," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Senin 18 November 2019.

Vonis Bebas Sofyan Basir

Mantan Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir memeluk kerabatnya usai sidang pembacaan putusan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (4/11/2019). Sofyan Basir divonis bebas dalam kasus dugaan suap proyek PLTU Riau-1. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Mantan Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir memeluk kerabatnya usai sidang pembacaan putusan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (4/11/2019). Sofyan Basir divonis bebas dalam kasus dugaan suap proyek PLTU Riau-1. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Diketahui, Pengadilan Tipikor memvonis bebas mantan Direktur Utama PT PLN (Persero) Sofyan Basir. Vonis dibacakan Majelis Hakim Ketua Hariono.

"Menyatakan terdakwa Sofyan Basir tidak terbukti secara bersalah sebagaimana yang didakwakan jaksa penuntut umum dalam dakwaan pertama dan kedua," kata Hakim Hariono membacakan putusan sidang, Senin 4 November 2019.

Kemudian, hakim juga memerintahkan agar Sofyan Basir segera dibebaskan dari tahanan.

"Kedua, membebaskan terdakwa dari segala dakwaan dan ketiga memerintahkan terdakwa agar dibebaskan dari tahanan," sambung Hariono.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alya Rohali Puji Tukang Sayur yang Pakai Masker dengan Tepat

Posted: 16 Jun 2020 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Alya Rohali senang melihat seorang pedagang sayur keliling memakai masker dengan tepat. Ia pun sengaja mengunggah potret pedagang sayur tersebut melalui akun Instagram pribadinya.

"Assalamu'alaikum bapak .... tadi pagi pas keluar rumah mau lari sekitar komplek , beliau lagi melayani pembeli dan pake masker dengan tepat !! Yeayyy seneng liatnya , sehat2 ya pak ...," tulis Puteri Indonesia 1996 ini, Selasa, 16 Juni 2020.

Alya mengajak untuk bersama-sama untuk mengingatkan dan jangan merasa bosan. Bagi Alya, itu semua dilakukan untuk kesehatan bersama.

"terlebih di fase yg katanya New Normal , virus masih berkeliaran tapi kita udh beraktivitas lagi keluar rumah. Stay Safe and healthy," imbuh Alya.

Alya pun membungkam komentar warganet yang menyindirnya agar tak hanya menyuruh untuk pakai masker, tapi juga seharusnya membeli sayurannya.

"Dibeli dong sayurnya jngan cuma suruh pake masker doang 😅😅😅🌷," kata warganet. "kata siapa sy gak beli ?" balas Alya. "Mantap Bu Alya," puji warganet tersebut.

Dalam potret yang diunggah Alya Rohali, tampak seorang pedagang sayur keliling yang dengan tepat mengenakan masker. Pria tersebut memakai masker yang menutupi dagu hingga hidungnya.

Lari Sambil Sosialisasi

Alya Rohali senang melihat pedagang sayur keliling memakai masker dengan tepat (Dok.Instagram/@arohali/https://www.instagram.com/p/CBeg3LMjelC/Komarudin)
Alya Rohali senang melihat pedagang sayur keliling memakai masker dengan tepat (Dok.Instagram/@arohali/https://www.instagram.com/p/CBeg3LMjelC/Komarudin)

Sebelumnya, Alya Rohali mengungkapkapkan bahwa dirinya mulai olahraga lari di sekitar rumahnya di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi. Ia juga tak segan-segan untuk menyosialisasikan agar orang patuh memakai masker.

"Lari 5 K sekitar rumah , sekalian kasih sosialisasi sm yg belum sepenuhnya patuh pake masker atau jaga jarak atau mungkin juga blm tersosialisasikan dengan baik . Lain kali kayaknya kudu bawa Toa biar lebih mantep 😂," kata Alya, baru-baru ini.

Alya mencontohkan video singkat seorang pedagang sayur yang belum tepat memakai masker. Ia pun berusaha untuk menegurnya.

"Sejauh 5 kilo lelarian mostly warga sdh paham protokol kesehatan yg harus dilakukan untuk menjaga diri sendiri dan orang lain . Seneng juga bisa saling mengingatkan dan menegur dengan manis untuk kesehatan kita bersama . So , Mari sama2 menjaga protokol kesehatan dengan disiplin supaya kita semua sehat," sambung Alya Rohali.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengunjung Nekat Meluncur Ala Bisbol, Kaca di Jembatan Gantung Terpanjang AS Retak

Posted: 16 Jun 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Tennessee - Seorang turis membuat jembatan gantung pejalan kaki terpanjang di Amerika retak. Gatlinburg SkyBridge yang berada di Tennessee ini akhirnya harus tutup pada Senin 15 Juni 2020 malam waktu setempat untuk perbaikan. 

Jembatan gantung ini memiliki panjang 600 kaki di sepanjang pegunungan Great Smokey Mountain. Terdapat tiga panel kaca yang membuat para pengunjung dapat melihat 140 kaki ke bawah.

Salah seorang pengunjung mengabaikan aturan "tidak berlari, melompat, atau memantulkan jembatan" dan berusaha melakukan "luncuran gaya bisbol" di panel kaca, menurut rilis berita dari Gatlinburg SkyLift Park.

"Saat tumbukan, benda logam pada pakaian tamu memecahkan kaca, mengakibatkan retakan nyata pada lapisan atas pelindung satu panel kaca," jelas pihak terkait dalam rilisnya.

Insiden itu terjadi pada hari Senin sekitar pukul 20.30 malam waktu setempat.

"Setelah ada benturan terjadi, benda logam pada pakaian pengunjung itu memecahkan kaca, mengakibatkan retakan pada lapisan pelindung salah satu panel," menurut rilis dari pihak Gatlinburg SkyLift Park seperti dikutip dari CNN, Rabu (17/6/2020).

Setelah perbaikan pada Senin semalam, jembatan tersebut sudah dibuka kembali pada Selasa 16 Juni pagi waktu setempat.

Kaca yang Retak Merupakan Pelapis

Foto yang diambil pada 4 Mei 2019 menunjukkan orang-orang mengunjungi jembatan berlantai kaca di Huaxi Adventure Park, Provinsi Jiangsu timur China. Jembatan kaca setinggi 518 meter ini menjadi tujuan wisata favorit di China. (Photo by STR / AFP)
Foto yang diambil pada 4 Mei 2019 menunjukkan orang-orang mengunjungi jembatan berlantai kaca di Huaxi Adventure Park, Provinsi Jiangsu timur China. Jembatan kaca setinggi 518 meter ini menjadi tujuan wisata favorit di China. (Photo by STR / AFP)

Pengunjung dapat memastikan bahwa tempat kaca yang mereka pijak sangat aman. Pasalnya, bagian yang retak dari jembatan kaca itu pelapisnya. Mengingat jembatan kaca ini memiliki tiga lapis, hanya lapis utamanya yang retak.

Christy Grimes, seorang karyawan di afiliasi CNN WVLT, sedang berlibur di Gatlinburg saat peristiwa itu terjadi.

"Seorang karyawan memberi tahu kami bahwa seseorang memecahkan lapisan atas kaca," kata Grimes kepada afiliasi WVLT. 

Menurut pihak keamanan, tidak ada seorang pun yang terluka. Para pengembang menggunakan lebih dari satu juta pon beton untuk fondasinya, 3 mil kabel dan 1.400 papan cedar untuk membangun jembatan, yang dibuka pada Mei 2019.

Reporter: Yohana Belinda 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meski Telah Buka, Warga Diminta Urus Izin Secara Online di Mal Pelayanan Publik

Posted: 16 Jun 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mal Pelayanan Publik Provinsi DKI Jakarta kembali membuka pelayanan publik secara langsung atau tatap muka mulai Senin 15 Juni 2020 lalu.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta, Benni Aguscandra mengemukakan dalam pelayanan harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Salah satu upayanya adalah dengan membatasi jumlah pemohon menjadi 50% atau setengah dari daya tampung ruang pelayanan. Bagi pemohon yang hendak datang ke Mal Pelayanan Publik, harus antrean daring terlebih dahulu melalui website http://ptsp.jakarta.go.id/antrian/ " terang Benni dalam keterangan, Rabu (17/6/2020).

PTSP DKI juga tetap mendorong agar pelayanan dilakukan secara daring untuk menghindari kerumunan.

"Meskipun pelayanan secara langsung telah dibuka namun DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta tetap mengimbau agar masyarakat mengoptimalkan pelayanan daring, untuk mengantispasi membludaknya antrean pemohon yang ingin bertemu langsung dengan petugas," terang Benni.

Pelayanan secara daring, lanjut Benni, dapat melalui aplikasi JakEVO dan memanfaatkan layanan penyuluhan daring melalui surat elektronik ke email komunikasiinformasi.dpmptsp@jakarta.go.id

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mau Naik Pesawat Terbang, Catat Aturan Terbaru di Berbagai Bandara

Posted: 16 Jun 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bepergian menggunakan pesawat terbang saat pandemi Corona Covid-19 berbeda dibanding kondisi sebelumnya. Hal ini bisa dilihat dari persyaratan dan ketentuan yang diperlukan bagi calon penumpang yang dikeluarkan oleh Lion Air Group.

"Dengan harapan agar setiap operasional dapat memenuhi unsur-unsur keselamatan, keamanan (safety first) dan dalam upaya tidak menyebabkan penyebaran Covid-19," ungkap Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com.

Penerbangan domestik sesuai Surat Edaran Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid19 Nomor 7 Tahun 2020 tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang Dalam Masa Adaptasi KebiasaanBaru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), menjelaskan mengenai metode tes kesehatan yang digunakan dan masa berlakunya adalah:

1. Jika tes kesehatan yang digunakan Rapid Test Covid-19, maka masa berlaku adalah 3 hari, atau

2. Jika tes kesehatan yang digunakan Reverse Transcription – Polymerase Chain Reaction (RT-PCRCovid-19), maka masa berlaku ialah 7 hari, atau

3. Apabila kedua metode tes di atas tidak tersedia di daerah asal, maka calon penumpang harus mendapatkan surat keterangan bebas gejala seperti influensa (influenza-like illness) dari dokterrumah sakit/ Puskesmas.

Persyaratan yang dibutuhkan untuk keluar masuk di kota / daerah atau wilayah tertentu:

1. SUMATERA BARAT (Peraturan Gubernur No. 38 Tahun 2020)

Keberangkatan melalui Bandar Udara Internasional Minangkabau (PDG), wajib:

a. Surat keterangan atau pengantar dari ketua RT domisili yang bersangkutan,

b. Menunjukkan surat keterangan uji tes PCRCovid-19 dengan hasil negatif berlaku 7 hari atau surat keterangan uji Rapid Test Covid-19 dengan hasil non-reaktif berlaku 3 hari pada saat keberangkatan.

Kedatangan dari kota/ daerah lain tujuan Bandar Udara Internasional Minangkabau (PDG), wajib:

a. Surat keterangan atau pengantar dari ketua RT domisili yang bersangkutan,

b. Menunjukkan surat keterangan uji tes PCR Covid-19 dengan hasil negatif berlaku 7 hari atau surat, keterangan uji Rapid Test Covid-19 dengan hasil non-reaktif berlaku 3 hari pada saat keberangkatan,

c. Wajib mengisi daftar isian yang siapkan petugas ketika tiba di bandar udara tujuan,

d. Membuat surat pernyataan kesediaan isolasi atau karantina mandiri,

e. Wajib melaporkan diri kepada RT ketika tiba di tempat tujuan.

2. JAKARTA, BOGOR, DEPOK, TANGERANG, BEKASI (JABODETABEK)

Keberangkatan dan kedatangan (perjalanan) melalui:

a. Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta (CGK) dan

b. Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma (HLP), Wajib:menunjukkan surat keterangan uji tes PCR Covid-19 dengan hasil negatif berlaku 7 hari atau surat keterangan uji Rapid Test Covid-19 dengan hasil non-reaktif berlaku 3 hari pada saat keberangkatan.

3. BALI (Surat Gubernur Bali No. 550/ 3563/ Dishub)

Kedatangan dari luar kota/ daerah Bali melalui Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Badung (DPS), wajib:

a. Menunjukkan hasil tes PCR Covid-19 negatif masa berlaku 7 hari (bukan Rapid Test Covid-19),

b. Mengisi formulir https://cekdiri.baliprov.go.id/

4. BALIKPAPAN (Surat Edaran Walikota Balikpapan No. 551.43/ 0293/ Dishub)

Kedatangan dari kota/ daerah lain melalui Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan (BPN) dengan tujuan akhir Balikpapan, wajib:

a. Bagi penumpang KTP non-Kalimantan Timur menunjukkan surat keterangan uji tes PCR Covid19 dengan hasil negatif berlaku 7 hari atau surat keterangan uji Rapid Test Covid-19 hasil nonreaktif sebanyak 2 kali pemeriksaan dalam waktu (H1 dan H7 sampai 10), yang masa berlaku Rapid Test kedua paling lama 3 hari sebelum keberangkatan, dengan kewajiban melakukan isolasi mandiri di Balikpapan,

b. Bagi yang memiliki KTP Kalimantan Timur wajib memiliki surat keterangan dari laboratorium rumah sakit yang teregister Kementerian Kesehatan RI dengan hasil non-reaktif Rapid Test Covid-19,

c. Menunjukkan surat keterangan bebas gejala influensa yang dikeluarkan oleh dokter, rumah sakit, puskesmas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas tes PCR Covid-19 dan atau Rapid Test Covid19, yang dibuktikan dengan surat keterangan tertulis Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten atau Kota setempat.

5. SULAWESI UTARA (Surat Edaran Gubernur 440/20.6465/Sekr-Ro.Hukum)

Keberangkatan melalui Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi, Manado (MDC) Calon penumpang mengikuti uji kesehatan di fasilitas layanan kesehatan yang ditunjuk (Surat Dinas Kesehatan Daerah Sulawesi Utara No. 440/Sekr/ 1644 /VI/2020):

a. Pemeriksa Rapid Test Covid-19 pelaku perjalanan masyarakat umum ke:

1) RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado

2) RSU Siloam Hospitals Manado

3) Laboratorium Klinik Prodia Manado

4) RSUP Ratatotok Buyat

5) RSUD Sam Ratulangi Tondano

6) RSUD Kota Kotamobagu

7) RSUD Noongan

8) RSUD Bitung

9) RSUD Maria Walanda Maramis

10) RSUD Datoe Binangkang

11) RSUD Bolaang Mongondow Utara

12) RSUD Bolaang Mongondow Selatan

13) RS Siloam Paal Dua Manado

14) RSUD Anugerah Tomohon

b. Pemeriksa Rapid Test Covid-19 pelaku perjalanan Anggota TNI/ POLRI ke:

1) RS Tk. II R.W. Mongisidi

Melaksanakan pemeriksaan Rapid Test untuk Anggota TNI dan PNS Kemhan serta keluarganya,

2) RS Bhayangkara Tk. III Manado

Melaksanakan pemeriksaan Rapid Test untuk Anggota POLRI, PNS POLRI serta keluarganya.

Kedatangan dari kota/ daerah lain melalui Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi, Manado (MDC):

a. Semua penumpang yang masuk/tiba wajib mengikuti Rapid Test Covid-19 kembali oleh petugas yang ditunjuk, walaupun sudah membawa surat keterangan uji kesehatan PCR atau Rapid Test Covid-19,

b. Apabila hasil uji kesehatan ketika tiba reaktif, maka akan dibawa ke rumah singgah untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

6. PAPUA (Surat Edaran Sekretariat Daerah No. 550/ 6501/ SET dan informasi terbaru)

Keberangkatan melalui Bandar Udara Internasional Sentani, Jayapura (DJJ), wajib:

a. Memiliki surat keterangan uji tes PCR Covid-19 dengan hasil negatif yang berlaku 10 hari atau surat keterangan Rapid Test Covid-19 dengan hasil non-rekatif yang berlaku 7 hari pada saat keberangkatan dari laboratorium kesehatan daerah,

b. Menyertakan Surat Persetujuan Keluar Masuk (SPKM) wilayah Provinsi Papua oleh Gubernur Papua.

Kedatangan dari kota/ daerah lain melalui Bandar Udara Internasional Sentani, Jayapura (DJJ)

a. Ber-KTP Papua, berdinas atau bekerja di Papua, termasuk suami/ istri/ anak,

b. Memiliki surat keterangan uji tes PCR Covid-19 dengan hasil negatif yang berlaku 10 hari atau surat keterangan Rapid Test Covid-19 dengan hasil non-rekatif yang berlaku 7 hari pada saat keberangkatan dari fasilitas layanan kesehatan yang dapat dipertanggungjawabkan. 

7. SORONG, PAPUA BARAT (Instruksi Walikota Sorong Nomor 443.1/294 dan Pemberitahuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19)

Kedatangan dari kota/ daerah lain melalui Bandar Udara Domine Eduard Osok (SOQ), wajib:

a. Memiliki izin masuk dan melengkapi persyaratan sesuai kriteria karantina wilayah dari tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sorong,

b. Menyertakan surat keterangan Rapid Test Covid-19 dengan hasil non-reaktif,

c. Persyaratan izin masuk TNI, POLRI, ASN, BUMN, BUMD sesuai surat tugas; orang sakit dengan surat rujukan; alasan kedukaan dengan surat keterangan kematian dari pemerintah setempat dan alasan pendidikan menunjukkan surat keterangan dari lembaga pendidikan.

8. MIMIKA, PAPUA (Kesepakatan Bersama No. 443.1/386 dan informasi terbaru)

Keberangkatan dari Bandar Udara Internasional Mozes Kilangin, Timika, Mimika (TIM), wajib:

a. Mengisi dan melengkapi Surat Permohonan Perjalanan yang berlaku 7 hari setelah diterbitkan, dapat diakses melalui http://covid19.mimikakab.go.id/page/test

b. Melampirkan Surat Keterangan Domisili dari Kelurahan,

c. Khusus bagi instansi/ PNS/ TNI/ POLRI wajib melampirkan surat tugas.

Kedatangan dari luar kota/ daerah melalui Bandar Udara Internasional Mozes Kilangin, Timika, Mimika (TIM), dengan ketentuan:

a. Dari luar kota/ daerah ke Timika, penumpang ber-KTP Mimika, wajib menunjukkan hasil Rapid Test Covid-19 dengan hasil non-reaktif,

b. Dari luar kota/ daerah ke Timika, penumpang ber-KTP non-Mimika, wajib menunjukkan hasil PCR Test Covid-19 dengan hasil negatif,

c. Persyaratan wajib lainnya yaitu memiliki Surat Izin Masuk yang dapat diakses melalui http://covid19.mimikakab.go.id/

9. GORONTALO (Pengumuman Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor: 360/BPBD/413/Vl/2020)

Kedatangan dari luar kota/ daerah melalui Bandar Udara Djalaludin, Gorontalo (GTO), wajib:

a. Memiliki surat keterangan uji tes Rapid Test Covid-19 dengan hasil non-rekatif yang berlaku 3 hari atau PCR Covid-19 dengan hasil negatif yang berlaku 7 hari,

b. Memenuhi dan menunjukkan Surat Izin Masuk yang berlaku 3 hari, dapat diakses melalui https://covid-19.gorontaloprov.go.id atau mengunduh (download) aplikasi "Sekitar Kita" https://bit.ly/sekitarkita

10. NUSA TENGGARA TIMUR (Surat Edaran Gubernur Nusa Tenggara Timur No. BU.550/08/DISHUB/2020)

Keberangkatan dan kedatangan (perjalanan dalam satu wilayah) intra Nusa Tenggara Timur (NTT), bahwa bebas dokumen kesehatan Covid-19.

Keberangkatan (perjalanan) dari NTT ke kota/ daerah lain, wajib: menunjukkan surat keterangan uji PCR Covid-19 dengan hasil negatif berlaku 7 hari atau uji Rapid Covid-19 hasil non-reaktif berlaku 3 hari, atau surat keterangan bebas gejala influensa (influenza-like illness) yang dikeluarkan oleh dokter rumah sakit/ puskemas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas test PCR dan/ atau Rapid-Test.

Kedatangan dari luar kota/ daerah lain menuju NTT, wajib: menunjukkan surat keterangan uji PCR Covid-19 dengan hasil negatif berlaku 7 hari atau uji Rapid Covid-19 hasil non-reaktif berlaku 3 hari, atau surat keterangan bebas gejala influensa (influenza-like illness) yang dikeluarkan oleh dokter rumah sakit/ puskemas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas test PCR dan/ atau RapidTest.

11. TARAKAN (Surat Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tarakan)

Kedatangan dari kota/ daerah lain melalui Bandar Udara Internasional Juwata, Tarakan (TRK), wajib:

a. Penumpang yang hanya memiliki surat keterangan uji Rapid Test Covid-19 atau surat keterangan bebas gejala seperti influensa, maka wajib menjalani uji tes PCR Covid-19 di RS Kota Tarakan atau RSUD Tarakan atau karantina di hotel/ penginapan/ mess yang telah mendapatkan sertifikasi penyelanggaraan akomodasi karantina Covid-19 dari Gugus Togas Covid-19 Kota Tarakan selama 14 hari yang dibiayai secara mandiri,

b. Penumpang yang hasil tes PCR Covid-19 dengan hasil negatif tidak wajib menjalani karantina.

Penerbangan Internasional

Wajib menunjukkan surat uji kesehatan PCR Covid-19 dengan hasil negatif.

1. Penumpang dari luar negeri tujuan Indonesia, informasi imigrasi https://www.imigrasi.go.id/berita/detail/informasi-terkini-kebijakan-imigrasi-terkait-covid-19

2. Penumpang dari domestik tujuan luar negeri, mengikuti persyaratan negara tujuan https://www.iatatravelcentre.com/international-travel-document-news/1580226297.htm

Ketentuan WAJIB yang lain:

1. Tiba lebih awal 4 jam sebelum keberangkatan. Penerbangan Lion Air Group domestik tetap di Terminal 2E dan internasional di Terminal 3 Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta. Bandar udara lainnya yang beroperasi tetap di terminal yang sama,

2. Menunjukkan kartu identitas diri yang sah (KTP atau tanda pengenal lainnya),

3. Mengenakan masker sebelum penerbangan, saat di dalam pesawat hingga mendarat dan saat kedatangan serta keluar dari bandar udara,

4. Mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan cairan pembunuh kuman (hand sanitizer),

5. Mengikuti aturan jarak aman (physical distancing) selama di terminal bandar udara,

6. Menjaga kebersihan selama berada di dalam pesawat,

7. Mengikuti petunjuk awak pesawat,

8. Mengisi kartu kewaspadaan kesehatan elektronik (e-HAC) yang dapat diakses (download) melalui aplikasi seluler e-HAC Indonesia (Android) atau http://sinkarkes.kemkes.go.id/ehac .

Sumber: Lifestyle Liputan6.com ditayangkan 16 Jun 2020, 08:08 WIB

Penulis:  Putu Elmira

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seorang Karyawan Reaktif Covid-19, Kantor BRI Masaran Sragen Sempat Ditutup

Posted: 16 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Sragen - Kantor BRI Unit Masaran Sragen sempat menutup layanan perbankan setelah salah satu karyawannya dinyatakan reaktif usai menjalani rapid test. Karyawan tersebut merupakan anak dari salah satu pasien positif Covid-19 yang kini menjalani isolasi di Rumah Sakit Darurat (RSD) Technopark Sragen.

Camat Masaran, Agus Winarno kepada Liputan6.com, Rabu (17/6/2020) mengatakan, Kantor BRI Unit Masaran menutup layanan perbankan pada Selasa kemarin, 16 Juni 2020. Penutupan tersebut dilakukan karena semua pegawai harus mengikuti rapid test.

"Tutupnya itu hanya satu hari kemarin karena seluruh karyawan rapid test di Solo. Hari ini sudah buka kembali," katanya.

Agus mengatakan, sempat ditutupnya layanan kantor BRI Unit Masaran untuk mengantisipasi penyebaran virus corona di lingkungan kantor.

"Jadi pihak bank mengantisipasinya dengan mengikutkan semua karyawannya rapid test. Hasilnya rapid test yang kemarin itu semuanya non reaktif," sebutnya.

Sementara itu, karyawannya yang merupakan keluarga dari pasien positif Covid-19 itu akan menjalani swab test. Swab test dilakukan untuk mengetahui status yang bersangkutan apakah negatif atau positif terpapar Covid-19.

 "Prosedurnya kan kalau reaktif harus mengikuti swab test, sedang yang non reaktif tidak perlu mengikuti swab," ucapnya.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Apple Raup Rp 7.353 Triliun dari Penjualan di App Store pada 2019

Posted: 16 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Apple mengumumkan hasil studi perusahaan konsultan ekonomi Analysis Group yang menyebut App Store menghasilkan pemasukan USD 519 miliar (setara Rp 7.353 triliun).

Mengutip The Verge, Rabu (17/6/2020), angka tersebut didapatkan dari total billing, penjualan produk, dan layanan fisik serta barang digital yang terjual lewat App Store pada 2019.

Dari jumlah tersebut, Apple mengatakan, "hanya" USD 61 miliar yang didapatkan dari barang digital. Termasuk di dalamnya kategori gim mobile, in-app purchase (pembelian dalam aplikasi), sejumlah langganan, dan penjualan unit aplikasi berbayar.

Studi ini juga menyebut, pemasukan tersebut bukanlah keseluruhan yang didapatkan dari billing App Store.

Analysis Group mengatakan, mereka menghitung sejumlah item seperti langganan video streaming yang bisa dibeli di tempat lain tetapi konsumsi medianya dilakukan di perangkat iOS.

Selain itu, ada pula layanan aplikasi milik Apple yang dibeli oleh perusahaan besar untuk dipakai para karyawannya (produk B2B).

Kontribusi pendapatan lainnya berasal dari iklan di dalam aplikasi, yang paling banyak didapatkan dari gim mobile, dengan total pendapatan iklan dari App Store ada USD 45 miliar.

Kontribusi Terbesar dari Toko Retail

Walmart pecat karyawannya setelah mengembalikkan uang yang ia temukan di parkiran. (News.com.au)
Walmart pecat karyawannya setelah mengembalikkan uang yang ia temukan di parkiran. (News.com.au)

Studi juga mengungkap, aplikasi milik Best Buy dan Target yang tersedia di App Store menghasilkan USD 413 miliar.

"Dari USD 519 miliar yang dihasilkan ekosistem App Store pada 2019, penjualan dari barang dan layanan fisik merupakan kontributor paling tinggi yakni USD 413 miliar. Pada kategori tersebut, aplikasi e-commerce menghasilkan penjualan paling banyak, di mana bisnis ritel menjadi tulang punggungnya," demikian ungkap penelitian Analysis Group.

Bisnis ritel yang dimaksud adalah adanya aplikasi milik toko-toko seperti Target dan Best Buy yang menjual barang-barang fisik.

Selain itu, aplikasi travel seperti Expedia dan United berkontribusi sebesar USD 57 miliar terhadap penjualan di App Store.

Demikian pula aplikasi ride-hailing seperti Uber dan Lyft yang menghasilkan USD 40 miliar. Begitu juga aplikasi pengiriman makanan seperti DoorDash dan Grubhub yang berkontribusi sebesar USD 31 miliar.

Terapkan Pajak 30 Persen

Apple Store. Kredit: Michael Gaida via Pixabay
Apple Store. Kredit: Michael Gaida via Pixabay

Apple sendiri selama bertahun-tahun dikritik lantaran menerapkan pajak yang cukup besar (30 persen) untuk tiap aplikasi yang dijual melalui platform App Store. Karena hal ini, Apple dianggap telah melakukan monopoli layanan.

Menjawab kritik tersebut, Apple bersikeras bahwa yang mereka lakukan adalah sebuah hubungan saling menguntungkan satu sama lain.

Uniknya lagi, jika dibedah berdasarkan wilayah, dari total pendapatan USD 519 miliar, Amerika Serikat hanya berkontribusi sebesar USD 138 miliar.

Sementara penjualan di Tiongkok malah lebih banyak, yakni sekitar USD 246 miliar. Sisanya berasal dari penjualan di region lainnya.

(Tin/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Unik, Dengan Benda Ini Kamu Bisa Buat Face Shield dari Bungkus Makanan

Posted: 16 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Di era new normal seperti saat ini, kita dihimbau untuk mengenakan masker ketika keluar rumah untuk menghindari penularan Corona atau Covid-19.

Tapi tak sedikit pula yang mengenakan pengaman ekstra seperti face shield ketika harus beraktivitas di tempat umum dan bertemu banyak orang.

Dengan mengenakan face shield memang dikatakan dapat lebih efektif mencegah penularan virus Covid-19. Tak heran banyak perusahaan yang kini mulai memproduksi face shield.

Namun, sebuah perusahaan desain grafis di Korea Selatan memiliki ide unik untuk membuat bingkai face shield yang berbeda dengan lainnya.

Bingkai face shield unik

foto: mmm design studio
foto: mmm design studio

Perusahaan bernama mmm design studio membuat sebuah bingkai yang memungkinkan seseorang untuk mendaur ulang plastik bungkus snack atau sejenisnya menjadi sebuah face shield.

Melansir dari Insider, Rabu (17/6/2020), bingkai tersebut dibuat menyerupai kacamata dengan klip pada bagian atas dan bawahnya.

Bekas bungkus makanan

foto: mmm design studio
foto: mmm design studio

Pada bingkai tersebut, kamu bisa memasukkan plastik atau kemasan transparan apapun untuk dijadikan face shield termasuk bekas bungkus makanan.

"Saya mendengar tentang kurangnya persediaan medis dan berpikir mungkin akan sangat membantu jika memiliki pelindung wajah yang dapat dengan mudah dicetak dan juga dapat dengan mudah diganti untuk mencegah kontaminasi," kata Pak Kitae, salah satu pembuat face shield unik itu.

Tak diproduksi secara masal

foto: mmm design studio
foto: mmm design studio

Sayangnya, Kitae mengatakan bahwa saat ini perusahaan tersebut tidak berencana untuk memproduksi bingkai face shield unik itu. Namun, jika ada orang yang merasa tertarik, mereka bisa menghubungi perusahaan untuk meminta file model 3Dnya.

Nantinya dengan file tersebut, seseorang bisa mencetak bingkai face shield-nya sendiri dengan menggunakan printer 3D. Setelah dicetak, orang tersebut bisa memotong, memasukkan benda berbahan plasik dan mengencangkannya.

Berharap ada yang mematenkan

Menurut Kitae kemasan transparan merupakan bahan terbaik yang bisa digunakan karena mudah dan murah didapatkan. Kitae berharap idenya ini dapat menginspirasi orang lain untuk memproduksinya secara masal bahkan mematenkannya.

"Orang yang mencoba ini berpikir bahwa ini adalah ide yang sangat bagus dan menyarankan agar kita mematenkannya," kata Kitae.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Mengenal Sosok Joelina Bee, Pedangdut Cantik Asal Amerika Serikat

Posted: 16 Jun 2020 10:00 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Joelina Bee adalah penyanyi dangdut asal Pittsburgh, Pennsylvania. Ia tergabung dalam NSR Entertainment yang merupakan label independen pertama untuk musik dangdut di Amerika Serikat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MU Siapkan Pemain Bundesliga Lainnya Sebagai Alternatif Sancho

Posted: 16 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Manchester- Manchester United (MU) kembali melirik pemain asal Bundesliga Jerman. Setan Merah kini dikaitkan dengan winger Bayer Leverkusen Leon Bailey.

Pemain 22 tahun itu masuk radar MU sebagai alternatif jika gagal mendapatkan buruan utama yang juga berasa dari Bundesliga, winger Borussia Dortmund Jadon Sancho.

MU memang sangat membutuhkan kehadiran winger baru di musim panas nanti. Setan Merah akan melepas Jesse Lingard yang tampil buruk sepanjang musim ini.

Buruan utama sebenarnya adalah Sancho. Namun butuh biaya sangat besar untuk mendapatkan Sancho. Dortmund hanya mau melepas Sancho di atas 100 juta pound.

Selain itu MU juga harus bersaing dengan banyak klub besar lain untuk mendapatkan Sancho. Peminat Sancho antara lain Juventus, Real Madrid, Chelsea hingga Barcelona.

 

Lebih Murah

Aksi pemain Leverkusen, Leon Patrick Bailey (kanan) berebut bola dengan pemain Bayern Munchen, Rafinha pada lanjutan Budesliga di Bay Arena, Laverkusen, (12/1/2018). Bayern Munchen menang 3-1. (AFP/Sascha Schuermann)
Aksi pemain Leverkusen, Leon Patrick Bailey (kanan) berebut bola dengan pemain Bayern Munchen, Rafinha pada lanjutan Budesliga di Bay Arena, Laverkusen, (12/1/2018). Bayern Munchen menang 3-1. (AFP/Sascha Schuermann)

Bailey jauh lebih mudah didapatkan oleh MU. Harga Bailey hanya 40 juta pound saja. Pesaing MU pun cuma Arsenal dan Liverpool.

Pemuda 22 tahun itu harga jualnya tak terlalu mahal karena pada musim 2019-2020 cuma 11 kali menjadi starter di Leverkusen. Bersinarnya Kai Havertz membuat Bailey mulai sering dicadangkan.

Klasemen Liga Inggris

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Konstruksi PLBN Yetetkun di Papua Ditargetkan Rampung Agustus 2021

Posted: 16 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah menyelesaikan pembangunan dua Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu di Papua yakni Skouw di Kota Jayapura dan Sota di Kabupaten Merauke, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah memulai pembangunan PLBN baru yakni Yetetkun yang berada di Distrik Ninati, Kabupaten Boven Digoel, Papua.

Wilayah Boven Digoel merupakan tempat bersejarah lantaran pernah menjadi tempat pengasingan bagi pejuang kemerdekaan seperti Mohammad Hatta pada masa kolonial Belanda yang berjarak sekitar 422 Km dari Kota Merauke. Kementerian PUPR telah meningkatkan kualitas jalan perbatasan (Trans Papua) pada ruas Merauke-Boven Digoel tersebut untuk memperkuat konektivitas kawasan perbatasan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan, pembangunan PLBN tidak hanya bertujuan untuk pos lintas batas negara, namun juga akan didorong menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru, salah satunya dengan dibangunnya pasar. Dengan demikian, kehadiran PLBN akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kawasan perbatasan.

"Pembangunan PLBN tidak hanya sebagai gerbang masuk namun menjadi embrio pusat pertumbuhan ekonomi wilayah yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat perbatasan," imbuh Menteri Basuki dalam keterangan tertulis, Rabu (17/6/2020).

PLBN Yetetkun mulai dibangun pada 25 Februari 2020 dan ditargetkan selesai tepat pada peringatan HUT RI 17 Agustus 2021, dengan progres konstruksi saat ini 11,20 persen. Total nilai kontrak pembangunannya sebesar Rp 115,8 miliar yang bersumber dari APBN tahun 2020-2021 (kontrak tahun jamak).

Pembangunan PLBN ini dilakukan oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Papua Ditjen Cipta Karya yang terbagi menjadi zona inti dan sub inti. Lingkup pekerjaan pada zona inti meliputi gedung utama PLBN, pos pemeriksaan, pos gerbang, power house, mekanikal elektrikal dan plumbing (MEP), pengadaan perlatan X-Ray dan Thermal Detection, dan portal.

Sedangkan untuk zona sub inti akan dibangun rumah pegawai dan zona pendukung seperti kios (pusat ekonomi), lansekap, dan infrastruktur lainnya seperti tempat pengolahan sampah dan penyediaan MCK.

Ke depan, pembangunan kawasan perbatasan oleh Kementerian PUPR tidak hanya PLBN saja, namun juga jalan paralel perbatasan, jalan akses menuju pos lintas batas dan pengembangan infrastruktur permukiman di kawasan perbatasan seperti pembangunan jalan lingkungan, drainase, pengelolaan sampah, hingga penyediaan sistem penyediaan air minum (SPAM).

 

Selanjutnya

Pembangunan PLBN Yetetkun yang berada di Distrik Ninati, Kabupaten Boven Digoel, Papua. (dok: PUPR)
Pembangunan PLBN Yetetkun yang berada di Distrik Ninati, Kabupaten Boven Digoel, Papua. (dok: PUPR)

Selain PLBN Yetetkun, Kementerian PUPR saat ini juga tengah melanjutkan pengembangan Zona Inti PLBN Skouw seluas 10,7 Ha dengan luas total bangunan 4.761 m2. Pembangunan Zona Sub Inti tersebut meliputi penataan kawasan, mess karyawan, bangunan pasar, kantor pengelola, renovasi masjid,renovasi gedung serbaguna, pembangunan jembatan penghubung, Patung Presiden RI pertama Soekarno, ornamen gerbang, video tron, dan fasilitas pendukung lainnya dengan biaya sebesar Rp 117,5 miliar.

Hingga akhir Mei 2020, progres konstruksi keseluruhan zona penunjang mencapai 86,5 persen. Terselesaikannya pembangunan zona penunjang seperti area komersial diharapkan dapat memberikan manfaat ekonomi yang nyata bagi masyarakat sekitar serta mendekatkan dunia usaha (UMKM) dengan konsumen untuk mempromosikan brand dan produk lokal, termasuk kuliner.

Pada zona sub Inti dibangun pasar sebanyak 304 kios di atas lahan seluas 3.600 m2. Pasar terdiri dari kios basah, kios kering serta kios terbuka yang tidak memakai atap penutup berjumlah 50 kios.

Sementara PLBN Sota menjadi pos lintas kedua yang berbatasan antara Indonesia dengan Papua Nugini setelah PLBN Skouw yang telah dilakukan perbaikan oleh Kementerian PUPR. Pembangunan kawasan perbatasan Sota terdiri dari Zona Inti yang meliputi gedung utama Pos Lintas Batas Negara, gudang sita, klinik, monumen Garuda, bangunan gerbang dan check point, serta didukung jalan akses menuju PLBN yang mulus dan tersedianya lahan parker.

Zona Sub Inti terdiri dari rumah pegawai dan wisma Indonesia serta Zona Pendukung berupa rest area, gereja, musola, parkir dan renovasi Pasar Sota yang dilengkapi fasilitas 13 kios dagang. Pelaksanaan pembangunan PLBN telah dimulai awal 2019 dengan biaya sebesar Rp 114 miliar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ulang Tahun di Penjara, Lucinta Luna Nangis Sampai Sesenggukan

Posted: 16 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lucinta Luna saat ini masih mendekam di Rumah Tahanan Pondok Bambu karena kasus narkoba. Lucinta Luna ditangkap polisi di apartemennya di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan.

Yang menyedihkan, di hari ulang tahunnya yaitu pada Selasa (16/6/2020), Lucinta Luna harus terpisah dari orang-orang tercintanya.

Kendati demikian, sang kekasih yakni Abash, mencoba menghibur Lucinta Luna dengan menghubunginya lewat video call. Saat video call itu, tampak jelas sekali raut kesedihan Lucinta Luna.

Sambil menangis, Lucinta Luna mengatakan bahwa ia merasa begitu kesepian di hari ulang tahunnya. Apalagi tidak bisa bertatap wajah langsung karena masih dalam masa pandemi Corona Covid-19.

 

 

Menangis

Abash, Kekasih Lucinta Luna (Sumber: Instagram/
Abash, Kekasih Lucinta Luna (Sumber: Instagram/

"Aku biasanya ulang tahun ditemenin kamu, tiup lilin. Sekarang aku ulang tahun, disamping aku nggak ada kamu. Sudah gitu nggak ada kue ulang tahun, aku nggak bisa tiup lilin, udah empat bulan aku nggak ketemu kamu," kata Lucinta Luna sambil menangis.

 

Menghibur

Potret Lucinta Luna Saat Berhijab, Curi Perhatian (sumber:Instagram/lucintaluna)
Potret Lucinta Luna Saat Berhijab, Curi Perhatian (sumber:Instagram/lucintaluna)

Mendengar kesedihan itu, sang kekasih pun mencoba untuk menghibur Lucinta Luna. Ia juga memberikan doa terbaik untuk Lucinta Luna.

"Pas banget ya kamu bisa video call pas hari ulang tahun ya. Selamat ulang tahun ya panjang umur, sehat selalu, dimurahkan rezekinya, disehatkan badannya, dimudahkan segala urusannya ya," kata Abash.

 

Diunggah

Momen tersebut diabadikan Abash dan diunggah ke Instagramnya pribadinya.

"Selamat Ulang Tahun Sayang @lucintaluna hanya do'a yg bs kuberikan tahun ini, semoga km selalu diberikan kesehatan, kebahagiaan, rezeki yg berkah, dimudahkan segala urusannya & dijauhkan dr marabahaya serta didekatkan dgn org2 yg baik, amin," tulis Abash menyertai unggahan tersebut.

 

Lebaran

Sebelumnya, hal yang sama juga dilakukan Abash saat Lucinta Luna harus merayakan Lebaran di tahanan. Meski hanya lewat video call, Lucinta Luna dan Abash saling bertukar ucapan selamat dan permohonan maaf.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketahui Tanda-Tanda Freon AC Rumah Bermasalah dan Perlu Diganti

Posted: 16 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seiring dengan pemakaiannya yang rutin dan intensif, kinerja AC untuk mendinginkan ruangan bisa menjadi tidak maksimal. Bahkan tidak jarang mesin AC yang menyala hanya menghembuskan angin, ruangan yang tertutup pun tidak terasa dingin dan sejuk. Dalam hal ini, AC yang tidak dingin bisa disebabkan oleh beberapa faktor mulai dari filter ac dan kompresor kotor, ruangan tidak tertutup, ukuran PK AC tidak sesuai ruangan hingga freon habis. Terakhir adalah salah satu faktor yang kerap dihubungkan jika AC rumah tidak dingin adalah freon.

Freon merupakan senyawa kimia atau gas yang bisa memberikan efek pendinginan dan juga pemanasan pada mesin refrigerasi. Berada dalam sistem tertutup tidak memungkinkan freon AC rumah berkurang atau habis. Jadi ketika melakukan aktivitas mencuci dan merawat AC rumah tidak ada keharusan untuk mengisi atau mengganti freon.

Menurut salah satu staf Polarin Xinindo, perusahaan distribusi perlengkapan pendingin yang berlokasi di Tangerang, sebagai salah satu komponen penting pada AC, freon termasuk komponen yang paling awet dan bisa tahan lama. Jika tidak ada masalah, freon bisa bertahan selama bertahun-tahun.

"Sejujurnya, tidak perlu isi ulang ataupun mengganti freon. Karena dalam sistem pendingin, gas freon berada dalam sistem tertutup. Kecuali jika ada kebocoran, maka perlu diganti freon setelah diperbaiki kebocoran tersebut," ujar Fadli, Staf Polarin.

Untuk mengetahui ada masalah pada freon maupun kebocoran Anda bisa cek tanda-tanda ini:

1. AC Tidak Dingin Meski Sudah Dicuci

Anda sudah mencuci AC rumah secara rutin, mengatur temperatur dengan benar, ukuran PK dan ruangan pun telah sesuai tapi masih belum dingin. Di sini, Anda bisa mulai mencurigai freon.

2. Muncul Bunga Es

Muncul bunga es pada saluran pipa AC. ©Shutterstock
Muncul bunga es pada saluran pipa AC. ©Shutterstock

Tanda AC tidak dingin karena freon adalah munculnya bunga es di bagian pipa instalasi maupun evaporator. Penyebab umum karena kotoran atau debu yang menghambat tekanan sirkulasi udara dalam pipa. Makanya Anda diminta untuk rutin merawat dan mencuci AC agar tidak ada kotoran atau debu yang tersumbat di pipa instalasi maupun evaporator.

3. Unit Outdoor Tidak Mengeluarkan Suhu Panas

Pada AC yang normal, bagian unit outdoor AC akan mengeluarkan suhu panas. Hal ini terjadi akibat dari proses pendinginan atau perubahan dari tekanan rendah menjadi tekanan tinggi. Jika suhu panas tidak muncul, bisa jadi tanda kurangnya tekanan gas freon sehingga proses pendinginan tidak terjadi. Masalah tersebut tidak bisa dibiarkan karena dapat merusak mesin kompresor. Pasanya, oli pelumas menjadi naik dan bersirkulasi ke pipa instalasi. Jika suhu kompresor naik bisa menyebabkan overheat. Kalau kompresor sudah rusak dan harus diganti, maka freon pun perlu diganti dengan yang baru.

4. Lampu Indikator Berkedip

Ilustrasi unit AC. ©Shutterstock
Ilustrasi unit AC. ©Shutterstock

Pada AC jenis inverter terdapat lampu indikator yang memberikan tanda jika ada masalah pada freon. Masing-masing merek bisa berbeda-beda warna dan penandanya. Jadi, Anda perlu cek di buku panduan.

Seperti halnya AC yang memiliki beragam jenis dan tipe, pada freon pun demikian. Umumnya untuk freon AC rumah ada freon tipe R22, R410A, R32 hingga R290. Masing-masing memiliki kelebihan, tipe R290 disebut-sebut memiliki tingkat ramah lingkungan paling tinggi. Sementara freon tipe R32 saat ini menjadi yang paling sering ditemukan pada AC-AC rumah tangga.

Untuk memenuhi kebutuhan freon AC rumah tangga maupun lingkup industri terkait freon, Anda bisa menghubungi PT. Polarin Xinindo. Perusahaan distribusi perlengkapan pendingin yang berlokasi di Tangerang, Banten ini menjual berbagai macam freon, yakni Freon Chemours, freon Honeywell Genetron, freon Refrigerant, freon Bailian, pure, freon Klea, dan lain sebagainya.

Selain freon AC, Polarin Xinindo juga menyediakan segala perlengkapan kompresor pendingin / AC, freon AC, pipa AC, insulasi pipa, oli kompresor, condensing unit, hicook, dan sparepart pendingin dengan kualitas baik dan harga yang kompetitif.

"Kami menjual berbagai macam jenis, merk serta harga freon AC murah, kompresor pendingin / AC, pipa AC, insulasi pipa, dan sparepart pendingin / AC yang asli dan memiliki kualitas tinggi, serta menjual berbagai macam jenis kebutuhan yang berkaitan dengan AC / Air Conditioning, sistem tata udara, cold storage (kamar pendingin) dan sistem refrigerasi (sistem pendingin)," ujar Fadli.

Informasi selengkapnya, Anda bisa langsung mengunjungi website https://polarin.co.id

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hadapi Era Normal Baru, Berpikir Positif dalam Takaran yang Benar

Posted: 16 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Motivator Merry Riana  menyebut bahwa berpikir positif saja tidak cukup dalam menghadapi COVID-19. Namun, pemikiran kritis juga diperlukan.

Ia menyinggung tentang pembukaan kembali beberapa fasilitas umum seperti mall dan perkantoran. Menurutnya waspada, hati-hati, dan disiplin masih diperlukan di era normal baru.

"Hal penting yang menurut saya harus diingat, ketika mall dan kantor mulai dibuka kembali itu bukan berarti pandemi ini berhasil kita lawan dan berhasil kita menangkan. Tapi karena roda ekonomi dan roda kehidupan harus terus berjalan, ujar Merry dalam siaran langsung YouTube BNPB, Selasa (16/6/2020).

"Positif thinking boleh tapi dalam takaran yang benar," imbuhnya.

Lebih Baik Parno Daripada Sembrono

Berbagai aturan yang harus diterapkan oleh seluruh masyarakat selama era normal baru memang sedikit merepotkan, kata Merry. Namun, hal tersebut tak lain adalah untuk kebaikan bersama.

"Sekarang mungkin barang bawaan kita lebih banyak seperti masker, hand sanitizer dan lain-lain. Tapi ingat, lebih baik parno daripada sembrono yang nantinya akan membahayakan orang-orang di sekitar."

Ia menegaskan bahwa berpikir positif harus dibarengi dengan aksi yang positif juga. "Ingat positif thinking hanya bisa berhasil jika dibarengi dengan positif action."

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Momen Mesra Aurelie Moeremans dengan Kekasih, Bikin Baper

Posted: 16 Jun 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Model sekaligus penyanyi Aurelie Moeremans baru-baru ini sedang jadi perbincangan netizen. Pasalnya, model yang pernah menjadi kekasih dari penyanyi Marcello Tahitoe alias Ello ini kini sudah memiliki kekasih baru.

Dari laman Instagram pribadinya, Aurelie kerap mengunggah potret manis dengan kekasih barunya ini. Kekasih dari Aurelie sendiri diketahui bernama Hanif Ramadhana. Ia adalah seorang YouTuber yang kerap membuat konten mengenai fashion streetwear dan sneaker.

Sebagai sepasang kekasih, keduanya kerap membuat konten di media sosial Instagram yang sukses bikin baper para penggemarnya. Tidak sedikit dari penggemar Aurelie pun membanjiri kolom komentar Instagramnya @aurelie.

Banyak diantaranya menyampaikan kegalauan karena telah patah hati, namun cukup banyak dari netizen tersebut memberikan komentar kocak. Berikut 7 momen mesra Aurelie Moeremans dengan kekasih yang Liputan6.com kutip dari Instagram @aurelie, Rabu (17/6/2020).

1. Begini momen kebersamaan Aurelie Moeremans dan kekasih yang bikin baper netizen.

View this post on Instagram