Senin, 01 Juni 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Mengintip Persiapan Jakarta Hadapi New Normal

Posted: 01 Jun 2020 10:56 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta masyarakat bersiap menjalani new normal atau kehidupan normal yang baru.

Dengan kondisi ini, masyarakat dapat kembali hidup normal namun harus menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran virus Corona Covid-19.

"Bapak Presiden juga menekankan pentingnya kita harus bersiap siaga untuk menghadapi era normal baru, kehidupan normal baru. Di mana kita akan berada dalam situasi yang beda dengan normal sebelumnya," kata Menko PMK Muhadjir Effendy dalam video conference usai rapat terbatas bersama Presiden Jokowi, Senin 18 Mei 2020.

Pemberlakuan new normal salah satunya mungkin akan terjadi di Jakarta. Pasalnya, Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB di Ibu Kota akan berakhir pada Kamis, 4 Juni 2020.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun menyampaikan, perpanjangan PSBB Provinsi DKI Jakarta hingga 4 Juni 2020 tersebut menjadi fase penentu masa transisi menuju kenormalan baru atau new normal.

"Perpanjangan ini adalah masa menentukan. Mengapa? Karena apabila di hari-hari ini, penularan di Jakarta menurun, angka kasus baru menurun," ujar Anies di Graha BNPB, Jakarta, Senin, 25 Mei 2020.

Jelang pemberlakuan new normal di Jakarta, penyedia transportasi bersiap. Salah satunya dilakukan PT MRT Jakarta.

PT MRT Jakarta tengah menyiapkan sejumlah strategi protokol untuk para pelanggan menjelang pelaksanaan tatanan baru atau new normal.

"Kami kenalkan dan mendorong waktu kerja yang fleksibel sehingga penumpukan penumpang tidak terjadi di jam sibuk yang biasanya terjadi pukul 07.00-09.00 atau 17.00-19.00," kata William saat dikonfirmasi, Senin, 1 Juni 2020.

Berikut sejumlah persiapan new normal Jakarta usai berakhirnya masa PSBB pada 4 Juni 2020 mendatang dihimpun Liputan6.com:

 

Siapkan Protokol Kesehatan

Sejumlah kendaraan terjebak kepadatan arus lalu lintas di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (27/5/2020). Empat provinsi di Indonesia termasuk DKI Jakarta akan mulai melakukan persiapan menuju new normal atau tatanan kehidupan baru menghadapi COVID-19. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Sejumlah kendaraan terjebak kepadatan arus lalu lintas di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (27/5/2020). Empat provinsi di Indonesia termasuk DKI Jakarta akan mulai melakukan persiapan menuju new normal atau tatanan kehidupan baru menghadapi COVID-19. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tengah mempersiapkan sejumlah protokol kesehatan untuk masyarakat menjalani aktivitas normal baru atau new normal.

Sebab perpanjangan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB Jakarta fase tiga berakhir pada 4 Juni 2020.

Dia menyebut protokol tersebut guna mencegah penularan virus corona atau Covid-19 di masyarakat.

"Nanti akan kita umumkan protokol-protokol di setiap sektor, dari mulai protokol kegiatan perekonomian, peribadatan, sosial, budaya," kata Anies dalam keterangan pers Pemprov DKI, Selasa, 26 Mei 2020.

Selain itu, dia menyebut saat ini sejumlah ahli tengah mengumpulkan data yang ada. Hasil tersebut akan menjadi landasan perpanjangan atau berakhirnya PSBB Jakarta.

"Jadi yang menentukan PSBB ini diperpanjang atau tidak itu sebenarnya bukan pemerintah bukan para ahli, yang menentukan adalah perilaku seluruh masyarakat di wilayah PSBB," ucap Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyatakan apa pun hasilnya akan disampaikan kepada masyarakat.

Bila masyarakat tidak mematuhi aturan yang telah ditetapkan, akan ada kemungkinan PSBB Jakarta dapat diperpanjang.

"Khusus di wilayah DKI Jakarta, dua pekan ini adalah dua pekan penentuan. Kami berkepentingan seluruh masyarakat menaati secara disiplin sehingga pada saat siklus 14 hari terakhir PSBB tidak perlu diperpanjang," jelas Anies.

 

LRT Jakarta

Dua rangkaian kereta LRT melintas dari dan menuju Stasiun Velodrome, Jakarta, Minggu (1/12/2019). Kereta LRT Jakarta rute Velodrome-Kelapa Gading beroperasi secara komersial mulai hari ini (1/12) dengan tarif Rp5.000 flat untuk sekali perjalanan. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Dua rangkaian kereta LRT melintas dari dan menuju Stasiun Velodrome, Jakarta, Minggu (1/12/2019). Kereta LRT Jakarta rute Velodrome-Kelapa Gading beroperasi secara komersial mulai hari ini (1/12) dengan tarif Rp5.000 flat untuk sekali perjalanan. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

General Manager Corporate Secretary LRT Jakarta Bintang Kemal mengatakan pihaknya telah mempersiapkan sejumlah protokol guna menyambut tatanan baru atau new normal.

Salah satunya yakni dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada, seperti penggunaan tombol footswitch (pedal kaki) untuk mengatur elevator.

"Kita sudah menerapkan footswitch dan sedang mengembangkan ke voice command (perintah suara) untuk mengurangi sentuhan," kata Bintang dalam keterangan tertulis, Senin, 1 Juni 2020.

Dia menjelaskan saat ini terdapat 11 footswitch, dua di antaranya berada di elevator Gedung Manajemen Control Center(MCC) di area depo LRT, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Lalu kata Bintang, sembilan sisanya ada di elevator setiap stasiun LRT. Selain itu dia juga mengimbau agar masyarakat terus menerapkan protokol kesehatan di kawasan stasiun, mulai dari jaga jarak hingga penggunaan masker.

Direktur Utama LRT Jakarta, Wijanarko menyatakan pihaknya juga telah mengembangkan cara agar pengguna dapat mengurangi kontak fisik dengan yang lainnya.

"Kita sedang mengembangkan untuk tap in gate LRT Jakarta hanya dengan menggunakan handphone melalui aplikasi link aja. Jadi, tidak perlu menggunakan kartu lagi. Social distancing tetap diterapkan," kata Wijarnako.

 

MRT Jakarta

Ilustrasi bagian dalam MRT. (dok. pixabay.com/@quinntheislander)
Ilustrasi bagian dalam MRT. (dok. pixabay.com/@quinntheislander)

PT MRT atau Moda Raya Terpadu Jakarta tengah mempersiapkan diri untuk menghadapi fase new normal. Kini, aturan baru bagi pengguna MRT tengah digodok.

Humas PT MRT Jakarta Muhammad Kamaluddin mengatakan, selama new normal, pengguna MRT wajib menggunakan masker. Mereka juga diwajibkan menjalani pengecekan suhu tubuh sebelum memasuki stasiun MRT.

"Di setiap stasiun ada pengecekan suhu. Tidak ada kompromi lagi, semua harus dicek," kata Kamaluddin.

Bila dalam proses pengecekan ditemukan ada penumpang yang mengalami demam atau suhu tubuh di atas 37,5 derajat Celcius, maka dia dilarang masuk stasiun. Penumpang tersebut akan dipulangkan atau dibawa ke rumah sakit terdekat.

"Kalau suhu lebih tinggi tidak boleh masuk," ujar Kamaluddin.

Sementara, untuk ketentuan bagi penumpang dalam kereta MRT saat new normal, wajib menjaga jarak fisik. Antara satu kursi penumpang dengan lainnya akan dibatasi.

Selain itu menurut Kamaluddin, pihaknya akan menambah jadwal operasional MRT pada jam sibuk selama new normal.

"Sekarang kan frekuensinya 30 menit sekali, mungkin nanti pola operasinya kemungkinan di jam sibuk itu lima menit sekali," kata Kamaluddin, Selasa.

Meski demikian, PT MRT belum menentukan secara spesifik rentang waktu jam sibuk. Dia hanya memperkirakan jam sibuk pada pagi mulai sekitar pukul 05.00 WIB. Sementara jam sibuk pada sore hari mulai sekitar pukul 16.00 WIB.

"Ini masih dalam pembahasan (penentuan jam sibuk)," kata dia.

Sementara itu, Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar menyatakan salah satu persiapan new normal yaitu mendorong sejumlah perusahaan agar menerapkan waktu kerja yang fleksibel.

"Kami kenalkan dan mendorong waktu kerja yang fleksibel sehingga penumpukan penumpang tidak terjadi di jam sibuk yang biasanya terjadi pukul 07.00-09.00 atau 17.00-19.00," kata William saat dikonfirmasi.

Selain itu, dia menyatakan pihaknya juga menyiapkan dan mengenalkan kampanye #JAKARTABANGKIT, yang mendorong pada penerapan budaya bersih, aman, nyaman, green, kolaborasi, inovasi, dan tata kelola yang baik.

William juga menyebut saat ini sejumlah protokol kesehatan juga sudah dilaksanakan guna pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19. Mulai dari menyiapkan tes temperature tubuh hingga pembatasan penumpang.

"Setiap kereta maksimal diisi oleh 60 orang dan kita akan siapkan marka (penanda) di stasiun dan di dalam kereta bagaimana melakukan antrean," jelas William.

 

Masjid Istiqlal

Petugas memasang tanda silang antar saf di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Selasa (2/6/2020). Masjid Istiqlal merupakan salah satu sarana ibadah yang dipersiapkan menerapkan prosedur standar new normal atau kenormalan baru. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas memasang tanda silang antar saf di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Selasa (2/6/2020). Masjid Istiqlal merupakan salah satu sarana ibadah yang dipersiapkan menerapkan prosedur standar new normal atau kenormalan baru. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Presiden Jokowi mengunjungi Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat pada Selasa (2/6/2020). Jokowi mengecek kesiapan penerapan new normal atau tatanan kehidupan baru di masjid tersebut.

Jokowi tiba di Masjid Istiqlal sekitar pukul 09.15 WIB. Dia didampingi oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu sempat masuk ke area dalam Masjid Istiqlal untuk melihat persiapan apakah dapat dibuka kembali untuk umum. Jokowi juga terlihat meninjau area perkembangan renovasi Masjid Istiqlal yang dibangun sejak Mei 2019.

Seperti diketahui, Menteri Agama Fachrul Razi mengizinkan rumah ibadah kembali digunakan untuk kegiatan keagamaan di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19. Dia menyebutkan, syaratnya harus mengantongi surat keterangan aman Covid-19.

Hal itu sesuai dengan Surat Edaran tentang Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Keagamaan di Rumah Ibadah Dalam Mewujudkan Masyarakat Produktif dan Aman Covid di Masa Pandemi.

Fachrul Razi mengatakan, rumah ibadah yang diperbolehkan untuk menyelenggarakan kegiatan berjemaah dengan berbagai pertimbangan, di antaranya tak ditemukan kasus Covid-19 di lingkungan tersebut.

"Bukan hanya berdasarkan status zona yang berlaku di daerah. Meskipun daerah berstatus zona kuning, namun bila di lingkungan rumah ibadah tersebut terdapat kasus penularan Covid-19, maka rumah ibadah dimaksud tidak dibenarkan menyelenggarakan ibadah berjemaah," ujar dia saat Konferensi Pers di Gedung BNPB, Sabtu, 30 Mei 2020.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tiket Pesawat Mahal Jadi Penyumbang Angka Inflasi Mei 2020

Posted: 01 Jun 2020 10:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengumumkan angka inflasi Mei 2020 sebesar 0,07 persen. Menurut kelompok pengeluarannya, inflasi Mei ini disebabkan oleh kenaikan tarif angkutan udara, harga bawang merah dan daging ayam ras.

Secara rinci, tarif angkutan udara mengalami kenaikan dan menyebabkan sub sektor transportasi mengalami inflasi sebesar 0,87 persen dengan andil inflasi secara keseluruhan sebesar 0,10 persen.

Adapun, naiknya tarif angkutan udara disebabkan meningkatnya perjalanan masyarakat meski larangan mudik dan pemberlakuan PSBB pemerintah masih berlangsung.

"Komoditas dengan andil terbesar di sub sektor transportasi ialah tarif angkutan umum yang naik, meskipun pemerintah sudah melarang mudik, masyarakat masih banyak yang melakukan perjalanan," ujar Suhariyanto dalam paparannya, Selasa (2/6/2020).

Suhariyanto melanjutkan, tarif angkutan udara sendiri memberi andil 0,08 persen terhadap inflasi, demikian pula dengan tarif angkutan kereta api yang memberi andil 0,02 persen.

Lalu, kenaikan tarif angkutan udara tertinggi terjadi di Gunung Sitoli yang mencapai 38 persen.

"Meskipun begitu, jika dibandingkan dengan posisi Lebaran, ini masih sangat rendah," lanjutnya.

Sementara untuk komoditas penyebab inflasi lainnya, bawang merah menyumbang 0,06 persen dan daging ayam ras sebesar 0,03 persen dikarenakan pemenuhan kebutuhan Idul Fitri 2020.

Naik Tipis, Inflasi Mei 2020 Sebesar 0,07 persen

Aktivitas jual beli beli di pasar kawasan Glodok, Jakarta, Selasa (28/1/2020). Bank Indonesia memproyeksikan terjadi inflasi di Januari 2020 bersumber dari beberapa komoditas pangan yang mengalami tekanan harga, di antaranya telur ayam akan berkontribusi juga ke inflasi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Aktivitas jual beli beli di pasar kawasan Glodok, Jakarta, Selasa (28/1/2020). Bank Indonesia memproyeksikan terjadi inflasi di Januari 2020 bersumber dari beberapa komoditas pangan yang mengalami tekanan harga, di antaranya telur ayam akan berkontribusi juga ke inflasi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Untuk diketahui, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat angka inflasi bulan Mei 2020 sebesar 0,07 persen, angka ini lebih rendah dari inflasi bulan April 2020 yang sebesar 0,08 persen.

Kepala BPS Suhariyanto mengungkapkan, pada bulan Mei 2020, inflasi tahun kalender tercatat 0,90 persen dan inflasi tahun ke tahun tercatat 2,19 persen.

"BPS memantau di 90 kota pada Mei 2020, secara umum menunjukkan kenaikan tipis sekali sebesar 0,07 persen," ujar Suhariyanto saat mengumumkan angka inflasi di kantornya, Selasa (2/6/2020).

 

 

 

Lanjut Suhariyanto, dari 90 kota yang menjadi objek penilaian Indeks Harga Konsumen (IHK), sebanyak 67 kota mengalami inflasi dan 23 kota mengalami deflasi.

Untuk inflasi tertinggi terjadi di Tanjungpandan sebesar 1,2 persen, disebabkan oleh kenaikan harga daging ayam ras, ikan dan bawang merah. Untuk inflasi terendah terjadi di Tanjungpinang, Bogor dan Madiun sebesar 0,01 persen.

Sementara untuk deflasi tertinggi tercatat di Luwuk yaitu -0,39 persen dan deflasi terendah di Manado sebesar -0,01 persen.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Indonesia, Negara Ini Juga Tidak Berangkatkan Jemaah Haji 2020 karena Corona

Posted: 01 Jun 2020 10:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Akibat pandemi Corona COVID-19, ibadah haji 2020 terganggu. Bahkan, pemerintah Indonesia lewat Menteri Agama Fachrul Razie memutuskan untuk membatalkan pemberangkatan jemaah haji Indonesia ke Arab Saudi.

"Keputusan ini diambil dikarenakan Arab Saudi tak kunjung membuka akses bagi jemaah haji dari negara manapun, akibatnya pemerintah tidak mungkin lagi memiliki cukup waktu untuk melakukan persiapan utamanya dalam pelayanan dan perlindungan jemaah," kata Menag Fachrul Razie, Selasa (2/6/2020).

"Berdasarkan pernyataan tersebut pemerintah memutuskan untuk tidak memberangkatkan jamaah haji pada 2020 atau 1441 Hijriah," tegasnya.

Dia menambahkan, keputusan pembatalan ini sudah dipikirkan dan dipertimbangkan sebaik-baiknya dan telah dituangkan dalam surat keputusan menteri.

"Keputusan ini saya sampaikan melalui keputusan Menteri Agama Republik Indonesia tentang pembatalan keberangkatan jamaah haji pada pembatalan ibadah haji tahun 1441 Hijriah atau tahun 2020 masehi."

Selain Indonesia, negara yang juga memilih untuk membatalkan keberangkatan Haji 2020 akibat Corona COVID-19 adalah Singapura, demikian dikutip dari laman Free Malaysia Today, Selasa (2/6/2020).

Singapura telah memutuskan untuk menunda keberangkatan jemaah haji 2020 untuk 900 orang hingga 2021, menurut Dewan Agama Islam Singapura (Muis).

Muis dalam sebuah pernyataan hari ini mengatakan keputusan itu dibuat dengan persetujuan Komite Fatwa Singapura dan melalui konsultasi dengan Departemen Kesehatan.

Muis mencatat bahwa Komite Fatwa telah bersidang untuk membahas masalah ini dan mendukung keputusan untuk penangguhan haji bagi para peziarah Singapura ke tahun berikutnya demi kesehatan dan keselamatan mereka.

"Komite berpendapat bahwa dalam konteks saat ini, tidak semua prasyarat untuk haji yang aman terpenuhi, dan oleh karena itu, mereka merekomendasikan agar delegasi Singapura menunda rencana haji untuk menghindari potensi bahaya," kata Muis.

Jauhi Risiko

Umat muslim mengelilingi Kabah saat melakukan ibadah haji di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi (28/8). Umat Muslim dari berbagai negara setiap tahunnya melaksanakan ibadah haji pada tanggal 8-12 Dzulhijjah. (AP Photo / Khalil Hamra)
Umat muslim mengelilingi Kabah saat melakukan ibadah haji di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi (28/8). Umat Muslim dari berbagai negara setiap tahunnya melaksanakan ibadah haji pada tanggal 8-12 Dzulhijjah. (AP Photo / Khalil Hamra)

Muis berharap bahwa keputusan awal ini akan membantu meringankan kecemasan para peziarah dan keluarga mereka.

Muis menyatakan, keyakinan penuhnya pada manajemen pandemi di Arab Saudi, dan bahwa langkah-langkah yang tepat akan diberlakukan di haji dilanjutkan.

Namun, Singapura memiliki pertimbangan sendiri untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan peziarah Singapura, kata Muis.

Muis mencatat bahwa lebih dari 80 persen orang Singapura yang dijadwalkan melakukan haji tahun ini berusia di atas 50 tahun.

Kementerian (Kementrian Kesehatan) menyarankan bahwa kategori individu ini menghadapi risiko komplikasi dan kematian yang lebih besar jika mereka terjangkit virus Covid-19, kata dewan tersebut.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siapa Minat, BPS Buka Lowongan 247 Ribu Petugas Sensus

Posted: 01 Jun 2020 10:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto, berencana membuka lowongan sebanyak 247 ribu untuk petugas sensus penduduk tahun ini.

Petugas tersebut nantinya bekerja menyebarkan formulir dan mendata masyarakat yang belum melakukan sensus penduduk secara online.

"BPS akan melakukan penyempurnaan tata kelola. Kita akan merekrut 247 ribu orang yang akan melibatkan pengurus RT," ujar Suhariyanto melalui diskusi online, Jakarta, Selasa (2/6).

Dia mengatakan, sensus tatap muka akan dilakukan apabila Virus Corona berlalu pada September 2020. Petugas nantinya akan mendatangi masyarakat dengan membawa kuesioner didampingi oleh petugas RT setempat.

"Pada September 2020, nanti petugas sensus akan didampingi oleh ketua RT berkeliling ke rumah tangga untuk membagikan kuesioner secara offline. Jadi tidak akan ada wawancara tetapi kita minta masyarakat mengisi kuesioner yang dibagikan dan akan diambil kembali petugas sensus," jelasnya.

Sensus Online Hanya Diikuti 51,6 Juta Orang

Petugas BPS menunjukan jumlah masyarakat yang telah melakukan sensus penduduk online di Gedung BPS, Jakarta, Senin (17/2/2020). BPS telah memulai pendataan Sensus Penduduk pada 15 Februari hingga 31 Maret 2020 yang dapat diakses dengan perangkat yang terhubung internet. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas BPS menunjukan jumlah masyarakat yang telah melakukan sensus penduduk online di Gedung BPS, Jakarta, Senin (17/2/2020). BPS telah memulai pendataan Sensus Penduduk pada 15 Februari hingga 31 Maret 2020 yang dapat diakses dengan perangkat yang terhubung internet. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Lebih lanjut, Suhariyanto menjelaskan, sensus penduduk secara online yang diselenggarakan beberapa waktu lalu hanya diikuti oleh 51,6 juta jiwa dari total 270 juta penduduk Indonesia. Jumlah tersebut hanya sekitar 19,05 persen.

"Sensus penduduk online hingga 30 mei 2020 pukul 12.12 diikuti oleh 51,6 juta jiwa yang melakukan sensus online. Dengan mempertimbangkan ini adalah sensus online pertama di Indonesia saya harus bilang bahwa kepedulian masyarakat Indonesia ke data sangat luar biasa," paparnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Manfaat Membaca Surat Al-Kahfi di Hari Jumat, Diterangi Cahaya Kebaikan

Posted: 01 Jun 2020 10:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hari Jumat erat kaitannya dengan amalan sunnah. Salah satunya, yakni membaca Al-Quran pada hari Jumat. Seperti membaca surat Yassin dan surat Al-Kahfi. Keutamaan membaca kedua surat ini pada hari Jumat ada banyak sekali, terutama surat Al-Kahfi. Agar lebih semangat mengamalkannya, kenali manfaat membaca surat Al-Kahfi ini.

Surat Al-Kahfi termasuk dalam golongan surat Makiyyah. Sebab, diturunkan di kota Mekkah. Manfaat membaca surat Al-Kahfi berkaitan erat dengan sabda Rasulullah SAW yang sangat menganjurkannya. Membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat dapat hindarkan umat Islam dari fitnah Dajjal.

Dari Abu Darda', Rasulullah SAW bersabda: "Barang siapa menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al Kahfi, maka ia akan terlindungi dari (fitnah) Dajjal." (HR. Muslim)

Selain itu, manfaat membaca surat Al-Kahfi juga dapat membuat seseorang menjadi lebih bercahaya. Diterangi cahaya di antara dua hari Jumat. Serta diliputi cahaya dari kepala hingga ujung kakinya, bagi yang membaca secara keseluruhan.

Berikut penjelasan mengenai manfaat membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (2/6/2020).

Diterangi Cahaya Kebaikan

Ilustrasi Membaca Al Qur'an Credit: freepik.com
Ilustrasi Membaca Al Qur'an Credit: freepik.com

Seorang muslim yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat atau hari yang lain, akan diberikan pahala berlimpah. Disinari cahaya kebaikan dan diberkahi dengan syafaat di hari pembalasan. Sama seperti ketika seorang muslim membaca surat Ar-Rahman.

Manfaat membaca surat Al-Kahfi ini akan diberikan Allah SWT pada hari kiamat. Cahaya tersebut akan memancar dari kedua telapak kakinya hingga sampai ke langit. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Surat Al-Hadid ayat 12 yang berbunyi:

Yauma taral-mu'miniina wal-mu'minaati yas'aa nuruhum baina aidiihim wa bi'aimaanihim busyraakumul-yauma jannaatun tajrii min tahtihal-an-haaru khaalidiina fiihaa, zaalika huwal-fauzul-'aziim

Artinya:

"(yaitu) pada hari ketika kamu melihat orang mukmin laki-laki dan perempuan, sedang cahaya mereka bersinar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, (dikatakan kepada mereka): "Pada hari ini ada berita gembira untukmu, (yaitu) surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, yang kamu kekal di dalamnya. Itulah keberuntungan yang besar."

Terhindar dari Fitnah Dajjal

Ilustrasi Membaca Al Qur'an Credit: freepik.com
Ilustrasi Membaca Al Qur'an Credit: freepik.com

Dari Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma, berkata Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

"Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jumat." (HR. Abu Bakr bin Mardawaih)

Nabi Muhammad SAW bersabda jika seorang manusia rajin membaca surat Al-Kahfi tidak hanya di hari Jumat saja, maka dia akan terhindar dari fitnah Dajjal yang keji. Manfaat membaca surat Al-Kahfi ini juga akan diberikan bagi yang bisa membaca surat Al-Kahfi dalam satu hari Jumat saja.

Imam Nawawi menjelaskan bahwa pada awal surat Al-Kahfi terdapat keajaiban-keajaiban dan tanda-tanda kebesaran Allah SWT. Sebagaimana yang disebutkan dalam Al-Kahfi ayat 102 berbunyi:

A fa hasiballaziina kafaruu ay yattakhizu 'ibaadii min dunii auliyaa', innaa a'tadnaa jahannama lil-kaafiriina nuzulaa

Artinya:

"Maka apakah orang-orang kafir menyangka bahwa mereka (dapat) mengambil hamba-hamba-Ku menjadi penolong selain Aku? Sesungguhnya Kami telah menyediakan neraka Jahannam tempat tinggal bagi orang-orang kafir."

Diampuni Allah SWT

Ilustrasi membaca Al-Quran
Ilustrasi membaca Al-Quran

Manfaat membaca surat Al-Kahfi akan membuat seseorang diampuni segala dosanya oleh Allah SWT. Sebab, setiap manusia pasti memiliki dosa. Setan akan selalu berusaha merusak iman dan mengajak manusia kejalan kesesatan.

Diriwayatkan dalam sebuah hadits bahwa Rasullulah SAW bersabda, "Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jumat."

Dijauhkan dari Godaan Setan

Ilustrasi Membaca Al Qur'an Credit: freepik.com
Ilustrasi Membaca Al Qur'an Credit: freepik.com

Setan akan selalu merusak iman dan mengajak manusia kejalan kesesatan. Setan adalah musuh terbesar manusia, terutama dalam melakukan perbuatan baik dan beribadah. Membaca surat Al-Kahfi dapat membuat seseorang terhindar dari godaan setan ini.

Sebuah hadits oleh Ibnu Mardawaih dari Abdullah bin Mughaffal, bahwa "Sebuah rumah yang selalu dibacakan surat Al-Khafi dan surat Al-Baqarah maka rumah itu tidak akan dimasuki setan sepanjang malam tersebut. Dengan demikian, bacalah surat Al-Kahfi agar terhindar dari gangguan setan yang terkutuk."

Pengingat Hari Kiamat

Ilustrasi Membaca Al Qur'an Credit: freepik.com
Ilustrasi Membaca Al Qur'an Credit: freepik.com

Dalam surat Al-Kahfi ayat 47 diingatkan akan datangnya hari kiamat suatu hari nanti. Manusia akan diperlihatkan dengan gunung-gunung yang terbang. Seluruh manusia akan dikumpulkan dan tidak ada seorang manusia pun yang tersisa di bumi.

Wa yauma nusayyirul-jibaala wa taral-arda barizataw wa hasyarnahum fa lam nugaadir min-hum ahadaa

Artinya:

"Dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) Kami perjalankan gunung-gunung dan kamu akan dapat melihat bumi itu datar dan Kami kumpulkan seluruh manusia, dan tidak kami tinggalkan seorangpun dari mereka."

Mendapat Rida Allah SWT

Ilustrasi Membaca Al Qur'an Credit: pexels.com/Tayeb
Ilustrasi Membaca Al Qur'an Credit: pexels.com/Tayeb

Membaca surat Al Kahfi dapat memudahkan mendapat rida Allah SWT. Manfaat membaca surat Al-Kahfi akan membuat seseorang mendapat cahaya keberkahan. Juga menghindarkan seseorang dari perasaan gelisah.

Sebagaimana diriwayatkan dalam sebuah hadits bahwa Rasullullah SAW bersabda:

"Siapa yang membaca surat Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi." (HR Ahmad)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siemens Pasok Alat Kompresi dan Pembangkit untuk Kilang Balikpapan

Posted: 01 Jun 2020 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Siemens Gas and Power telah terpilih untuk memasok berbagai peralatan kompresi dan pembangkit listrik untuk Kilang Balikpapan, Kalimantan Timur. Fasilitas ini dimiliki dan dioperasikan oleh PT Pertamina (Persero).

Alat kompresi dan pembangkit listrik akan dipasang sebagai bagian dari Refinery Development Master Project (RDMP). Pembangunan RDMP ini melibatkan pembangunan unit residual fluid catalytic cracker (RFCC) yang di desain dengan kapasitas 90.000 barel per hari (bpsd); LPG sulfur removal unit (SRU); propylene recovery unit (PRU); dan middle distillate hydrotreater 80.000 bpsd.

Siemens Gas dan Power akan menyuplai 17 kompresor piston (reciprocating compressor), bersama dengan hot gas expander single step. Sementara itu, model kompresor khusus yang akan disuplai termasuk delapan kompresor HHE-VL, dua kompresor HHE-FB, empat kompresor HHE-VG, dan tiga kompresor HSE. Selain itu, Siemens Gas and Power juga akan menyuplai empat turbin gas industri SGT-800 dan lima turbin uap SST-600 untuk pembangkit listrik Balikpapan.

"Siemens Gas and Power merasa bangga bermitra dengan Pertamina dalam proyek ini," ungkap Executive Vice President New Equipment Solutions for Siemens Energy Oil & Gas Division Matthew Chinn dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (2/6/2020).

Matthew melanjutkan, kinerja yang bagus dari armada kompresor Siemens Gas and Power di seluruh kawasan serta kemampuan layanan dalam negeri yang kuat menjadi faktor utama dari kemenangan strategis ini.

"Kedua faktor ini, ditambah dengan kinerja, efisiensi, dan keandalan turbin gas SGT-800, memungkinkan adanya penghematan biaya dalam peluasan kilang Balikpapan dan juga berkontribusi dalam keberhasilan RDMP Pertamina, hal ini tentunya berperan penting dalam meningkatkan ketahanan energi Indonesia." tutur dia.

 

Pengujian 2022

Siemens Gas and Power telah terpilih untuk memasok berbagai peralatan kompresi dan pembangkit listrik untuk Kilang Balikpapan. (Dok Siemens)
Siemens Gas and Power telah terpilih untuk memasok berbagai peralatan kompresi dan pembangkit listrik untuk Kilang Balikpapan. (Dok Siemens)

Proyek peluasan akan meningkatkan output kilang Balikpapan dari 240.000 bpsd menjadi 360.000 bpsd. Proyek ini juga akan memungkinkan kilang menghasilkan bahan bakar berkualitas tinggi sesuai dengan standar Euro V.

Semua kompresor piston akan diproduksi di pabrik Siemens Gas dan Power Naroda Gujarat yang berlokasi di India. Hot gas expander akan dibangun di Olean, New York, AS, turbin uap akan diproduksi di Görlitz, Jerman, dan turbin gas akan diproduksi di Finspong, Swedia.

Instalasi dan pengujian peralatan dijadwalkan pada tahun 2022.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming SCTV Sinetron Monyet Cantik 2 Episode Selasa, 2 Juni 2020

Posted: 01 Jun 2020 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jangan lewatkan drama Monyet Cantik 2 mulai pukul 13.00 WIB.

Drama remaja Monyet Cantik 2 dibintangi sejumlah pesinetron muda.

Anda bisa menyaksikan episode Monyet Cantik 2 via live streaming dengan klik di sini.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Donald Trump Sebut AS Keluar dari WHO, Ini Dampaknya

Posted: 01 Jun 2020 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan keluar dari WHO. Ternyata ini dia dampaknya jika terjadi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sidang Penyidik KPK Novel Baswedan Hadirkan Saksi Ahli, Siapa Dia?

Posted: 01 Jun 2020 10:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sidang kasus penyerangan terhadap penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan kembali digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Selasa (2/6/2020).

Jaksa penuntut umum (JPU) dan penasihat hukum kedua terdakwa berencana menghadirkan saksi ahli.

"Hari ini agenda sidang pemeriksaan ahli. Jaksa dan penasihat hukum terdakwa memanggil ahli," kata Jaksa Penuntut Umum Fredik Adhar Syaripuddin saat dikonfirmasi, Selasa (2/6/2020).

JPU sendiri rencananya juga bakal memanggil ahli dalam bidang Toksikologi Forensik. Dia adalah Dr I Made Agus Gelgel Wirasuta.

"Kami datangkan ahli dari Denpasar," ujar dia.

Sebelumnya, Rahmat Kadir Mahulette dan Ronny Bugis didakwa telah melakukan penyerangan ke penyidik senior KPK, Novel Baswedan. Keduanya merupakan anggota Polri aktif.

Salah satu pelaku menyiramkan cairan asam sulfat (H2SO4) ke wajah Novel. Akibat insiden ini, Novel Baswedan mengalami luka berat di bagian mata kanan dan kiri yang berpotensi menyebabkan kebutaan atau hilangnya panca indera penglihatan.

Keduanya pun dijerat Pasal 355 ayat (1) KUHP Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP Subsider Pasal 353 ayat (2) KUHP Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP, Lebih Subsider Pasal 351 ayat (2) KUHP Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Kesaksian Dokter Spesialis Bedah Plastik

Sebelumnya, seorang dokter spesialis bedah plastik mengungkap kondisi luka yang dialami penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan pascadisiram air keras 11 April 2017 lalu. Dia adalah R Yefta A Moenadjat.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) memanggil Yefta untuk bersaksi dalam kasus penyerangan Novel Baswedan di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Rabu, 20 Mei 2020.

Pada kesaksiannya, saat kejadian, Yefta sedang bertugas di RSCM. Namun, seorang rekannya yang juga seorang dokter memintanya untuk datang ke Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading.

Rekannya menginformasikan, ada seorang pasien yang mengalami luka di bagian wajah akibat disiram air keras oleh orang tidak dikenal.

"Sekitar 07.30 WIB, saya diberitahukan lewat sambungkan oleh dr Sendi. Informasi awal ada seorang terkena bahan kimia. Saya Instruksi langsung lewat telepon tolong kasih air untuk menetralkannya. Pikir saya, kalau carian asam dinetralkan jadi netral, begitu pun cairan sifatnya basa dinetralkan jadi netral," kata Tefta, Jakarta, Rabu (20/5/2020).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cover Lagu “Euphoria” Milik Jungkook BTS, Suara Fenly UN1TY Bangun Suasana Positif

Posted: 01 Jun 2020 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Single dari salah satu anggota boyband ternama Korea Selatan, yakni Jungkook BTS yang berjudul "Euphoria", tak hanya enak didengar. Berkat lagu itu, Jungkook mampu membuat para Army (sebutan untuk penggemar BTS) bangga. 

Pasalnya, "Euphoria" tak hanya merajai platform musik digital di berbagai negara, tetapi yang lebih menggembirakan adalah single solo itu dijadikan sebagai soundtrack serial televisi HBO.

Kesuksesan  Jungkook dalam membawakan "Euphoria" ternyata menginspirasi Fenly UN1TY untuk membawakan ulang lagu populer tersebut. Dalam proyek musik bertajuk "UN1TY Cover Project", cowok pemilik suara powerful ini bisa membangun suasana yang bagus saat meng-cover lagu dari maknae BTS itu.

Single cover "Euphoria" versi Fenly juga dirilis dalam sebuah video klip. Cowok penyuka musik rock itu terlihat sedang berada di sebuah tanah lapang, di antara rimbunnya alang-alang. Ia tampak menyatu dengan alam.

"Euphoria" sendiri merupakan lagu yang dirilis oleh Big Hit Entertainment untuk single solo Jungkook BTS. Masuk ke dalam album Love Yourself: Answer, lagu tersebut memiliki makna tentang perasaan yang sangat bahagia saat bisa bersama orang tersayang.

Bagi yang penasaran bagaimana Fenly UN1TY membawakan ulang lagu "Euphoria" milik Jungkook BTS, bisa menontonnya di channel One ID yang ada di aplikasi streaming Vidio

Saksikan videonya berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Potret Masa Kecil Tiara Anugrah, Pipi Tembemnya Bikin Gemas

Posted: 01 Jun 2020 10:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kesuksesan Tiara di panggung Indonesian Idol membuatnya jadi idola baru di dunia musik Tanah Air. Meski tak keluar sebagai juara, namun popularitas Tiara tak kalah dari Lyodra. Berbagai kabar mengenai gadis asal Jember ini selalu jadi yang ditunggu-tunggu oleh para penggemar.

Sosoknya kian tenar setelah tampil bersama Dul Jaelani di atas panggung. Bahkan Tiara dan anak bungsu Maia Estianty itu sempat dijodohkan. Tak hanya bersuara emas, gadis kelahiran 23 September 2001 ini juga punya paras yang cantik dan memesona.

Maka tak heran jika banyak orang yang terpikat saat melihat Tiara Anugrah. Kini banyak orang yang penasaran akan penampilan juara kedua Indonesian Idol ini. Ternyata Tiara sudah punya paras cantik sedari dulu.

Saat masih kecil, ia terlihat menggemaskan dengan pipi tembembnya. Berikut potret masa kecil Tiara Anugrah yang bikin gemas dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (2/6/2020).

1. Sejak kecil, aura bintang pemilik nama lengkap Tiara Anugrah Eka Setyoandini ini sudah terpancar.

Tiara Anugrah (Sumber: Instagram/@tiaraandini)
Tiara Anugrah (Sumber: Instagram/@tiaraandini)

2. Pipi tembem Tiara Idol saat masih kecil ini berhasil bikin warganet gemas.

Tiara Anugrah (Sumber: Instagram/@mootiara_hatiku)
Tiara Anugrah (Sumber: Instagram/@mootiara_hatiku)

3. Tak sedikit orang memuji kecantikan gadis asal Jember ini, ia tampak memesona dari kecil.

Tiara Anugrah (Sumber: Instagram/@mootiara_hatiku)
Tiara Anugrah (Sumber: Instagram/@mootiara_hatiku)

4. Gaya penampilannya juga tampak berbeda dari masa ke masa, namun ia tetap cantik.

Tiara Anugrah (Sumber: Instagram/@mootiaranium)
Tiara Anugrah (Sumber: Instagram/@mootiaranium)

5. Saat masih kecil, penyanyi jebolan Indonesian Idol ini terlihat lebih tomboi daripada sekarang.

Tiara Anugrah (Sumber: Instagram/@mootiara_garis_keras)
Tiara Anugrah (Sumber: Instagram/@mootiara_garis_keras)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

DPR: Bagaimana Kalau Arab Saudi Tiba-Tiba Membolehkan Ibadah Haji Tahun Ini?

Posted: 01 Jun 2020 10:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Agama memutuskan membatalkan keberangkatan jamaah haji 2020. Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto menyayangkan keputusan itu lantaran Menag Fachrul Rozi tidak membahas dan memutuskan bersama Komisi VIII yang menaungi Kemenag.

"Iya ada kekeliruan Pak Menteri, harusnya itu segala sesuatu tentang haji itu diputuskan bersama DPR, termasuk hal yang sangat penting seperti ini, harus bersama-sama DPR untuk memutuskan batal atau tidak," kata Yandri di Jakarta, Selasa (2/6/2020).

Dia menyebut belum mengetahui kepastian apakah Arab Saudi akan terus menutup akses jemaah haji atau akan kembali membuka akses.

"Kita kan belum tahu laporan Arab Saudi bagaimana? Gimana kalau Arab Saudi tiba-tiba minggu depan membolehkan berangkat jemaah haji kita, gimana?" tanya Yandri.

"Berarti kan pemerintah nggak bertanggung jawab dong, oleh karena itu kita sudah mengagendakan rapat kerja hari Kamis lusa tangga 4 Juni jam 10 atas izin pimpinan DPR," tambahnya.

Pengumuman Menag menurut Yandri menandakan yang bersangkutan tidak paham undang-undang.

"Tapi kan Menteri Agama umumkan hari ini, mungkin Menag nggak tahu undang-undang. Undang-undang Nomor 8 Tahun 2019 jelas itu. Ada tata aturannya tentang haji dan umrah. Jadi haji dan umrah ini bukan sepihak diputuskan oleh pemerintah," terangnya.

Keputusan yang terburu-buru dinilai Yandri tanda ketidaksiapan pemerintah mengelola haji tahun ini.

"Tapi kalau Pak Menteri begini, saya nggak tahu Pak Menteri ngerti nggak tata aturan bernegara. Sekarang kan kelihatannya pemerintah buang badan, emang nggak siap," ucapnya.

"Kemenag baca undang-undanglah. Jangan grasak-grusuk," ia menandaskan.

 

Haji Tahun Ini Batal

Menteri Agama Fachrul Razie mengumumkan keputusan dalam penyelenggaraan haji di tahun 1441 H atau 2020 Masehi. Menurut dia, pemerintah memutuskan untuk membatakalkan pemberangkatan jemaah haji Indonesia ke Arab Saudi.

"Keputusan ini diambil dikarenakan Arab Saudi tak kunjung membuka akses bagi jemaah haji dari negara manapun, akibatnya pemerintah tidak mungkin lagi memiliki cukup waktu untuk melakukan persiapan utamanya dalam pelayanan dan perlindungan Jemaat," kata Menag Fahchrul Razie dalam jumpa pers, Selasa (2/6/2020).

"Berdasarkan pernyataan tersebut pemerintah memutuskan untuk tidak memberangkatkan jamaah haji pada tahun 2020 atau tahun 1441 Hijriah," tegas Menag Fachrul.

Dia menambahkan, keputusan pembatakan ini sudah dipikirkan dan dipertimbangkan sebaik-baiknya dan telah dituangkan dalam surat keputusan menteri.

"Keputusan ini saya sampaikan melalui keputusan Menteri Agama Republik Indonesia tentang pembatalan keberangkatan jamaah haji pada pembatalan ibadah haji tahun 1441 Hijriah atau tahun 2020 masehi," Menag menandasi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Timnas Indonesia di Kualifikasi PD 2022

Posted: 01 Jun 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia sejatinya masih menyisakan pertandingan di babak kualifikasi Piala Dunia 2022. Di laga-laga itulah, Shin Tae-yong seharusnya memulai debut sebagai pelatih timnas Indonesia

Namun debut pelatih asal Korea Selatan itu sebagai nakhoda Timnas Indonesia harus tertunda akibat pandemi virus Corona Covid-19. 

Terkait dengan itu, tugas Shin Tae-yong sebagai pelatih baru Timnas Indonesia sedikit tersendat. Skuat Garuda harus bersabar untuk merasakan sentuhan pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Pandemi Corona Covid-19 yang melanda dunia membuat FIFA mengubah jadwal semua pertandingan internasional. Walhasil, pertandingan Timnas Indonesia digeser ke Oktober dan November mendatang.

Laga Timnas Indonesia usai pandemi virus Corona juga akan terasa spesial. Pasalnya, laga tersebut akan menjadi debut bagi jersey anyar timnas Indonesia yang dibuat apparel lokal, Mills.

Lihat jadwal Timnas Indonesia di halaman selanjutnya. 

Jadwal Timnas Indonesia

8 Oktober 2020

Thailand vs Timnas Indonesia

13 Oktober 2020

Timnas Indonesia vs Uni Emirat Arab

12 November 2020

Vietnam vs Timnas Indonesia

Skuat Timnas Indonesia

Kiper

1. Andritany Ardhiyasa (Persija Jakarta)

2. Muhammad Riyandi (Barito Putera)

3. Nadeo Argawinata (Bali United)

4. Muhammad Adi Satrio (PSMS Medan)

Belakang

5. Fachruddin Aryanto (Madura United)

6. Bagas Adi Nugroho (Arema FC)

7. Andy Setyo Nugroho (Tira Persikabo)

8. Rudolf Yanto Basna (PT Prachuap)

9. Hansamu Yama (Persebaya Surabaya)

10. Alfeandra Dewangga (PSIS Semarang)

11. Ricky Fajrin (Bali United)

12. Gavin Kwan Adsit (Bali United)

13. Putu Gede Juni Antara (Bhayangkara FC)

14. Firza Andika (PSM Makassar)

15. Asnawi Mangkualam (PSM Makassar)

16. Pratama Arhan Alif (PSIS Semarang)

Tengah

17. Sani Rizki Fauzi (Bhayangkara FC)

18. T.M. Ichsan (Bhayangkara FC)

19. Rachmat Irianto (Persebaya Surabaya)

20. Muhammad Tahir (Persipura Jayapura)

21. Bayu Pradana (Barito Putera)

22. Zulfiandi (Madura United)

23. Septian David Maulana (PSIS Semarang)

24. Stefano Lilipaly (Bali United)

25. Irfan Bachdim (PSS Sleman)

26. Rizky Rizaldi Pora (Barito Putera)

27. Febri Hariyadi (Persib Bandung)

28. Saddil Ramdani (Tanpa Klub)

29. Rizky Eka Pratama (PSM Makassar)

30. Osvaldo Haay (Tanpa Klub)

Depan

31. Ilija Spasojevic (Bali United)

32. Lerby Eliandry (Bali United)

33. Irfan Jauhari Bali United)

34. Muhammad Rafli (Arema FC)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Corona Bikin Kunjungan Turis ke Indonesia Merosot 87 Persen di April 2020

Posted: 01 Jun 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengatakan, penyebaran Virus Corona di seluruh negara menyebabkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia turun sebesar 87,44 persen sepanjang April 2020. Penurunan tersebut jika dibandingkan dengan kedatangan wisatawan pada April 2019.

"Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara atau wisman ke Indonesia April 2020 mengalami penurunan sebesar 87,44 persen dibanding jumlah kunjungan pada April 2019 atau hanya sekitar 160.000," ujar Suhariyanto melalui diskusi online, Jakarta, Selasa (2/6).

Selain itu, jika dibandingkan dengan Maret 2020, jumlah kunjungan wisman pada April 2020 juga mengalami penurunan sebesar 66,02 persen. Adapun kunjungan wisatawan pada April 2020 didominasi oleh kedatangan turis dari Timor Leste.

"Dampak Covid ke pariwisata sudah terjadi sejak bulan Februari. Jadi pada April 2020 ini jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia hanya tinggal 160.000 orang. Ini didominasi oleh wisatwan mancanegara dari Timor Leste," jelas Suhariyanto.

Suhariyanto mengatakan, penurunan kunjungan turis harus diantisipasi agar tak berdampak luas pada sektor pendukungnya seperti tingkat hunian kamar, sektor transportasi, industri kreatif dan perdagangan.

"Kalau kita bandingkan posisi ini pergerakan grafik sangat tidak biasa ini menunjukkan bahwa dampak Covid ke pariwisata sangat sangat besar dan kiita perlu hati hati karena ini akan berdampak pada sektor pendukungnya baik tingkat hunian kamar, sektor transportasi, industri kreatif dan perdagangan," jelasnya.

Penurunan kunjungan ini, terjadi hampir di semua pintu masuk besar, ada yang mencapai 95 persen bahkan ada yang mencapai penurunan 100 persen. Bandara Soekarno Hatta penurunan secara yoy itu hampir 100 persen. Demikian juga Ngurah Rai hampir 100 persen dan di Juanda hampir 100 persen.

"Jadi dampaknya betul betul luar biasa karena semua negara menerapkan protokol kesehatan yang harus dipatuhi. Jumlah wisman melalui laut dan darat itu juga mengalami penurunan tajam. Jadi dampaknya betul betul luar biasa. Kita perlu memikirkan terobosan baru supaya sektor ini kembali pulih ke depan," jelasnya.

Tingkat Hunian Kamar

Ilustrasi kamar hotel. (dok. pexels.com/Pixabay)
Ilustrasi kamar hotel. (dok. pexels.com/Pixabay)

BPS juga mencatat Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel klasifikasi bintang di Indonesia pada April 2020 mencapai rata-rata 12,67 persen atau turun 41,23 poin dibandingkan dengan TPK April 2019yang tercatat sebesar 53,90 persen. Selain itu, jika dibanding TPK Maret 2020, TPK hotel klasifikasi bintang pada April 2020 juga mengalami penurunan sebesar 19,57 poin.

"Rata-rata lama menginap tamu asing dan Indonesia pada hotel klasifikasi bintang selama April 2020 tercatat sebesar 1,93 hari, terjadi kenaikan sebesar 0,10 poin jika dibandingkan keadaan April 2019," tandasnya.

Anggun P. Situmorang

Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Presiden Jokowi Tinjau Renovasi Masjid Istiqlal

Posted: 01 Jun 2020 10:30 PM PDT

Presiden Joko Widodo (kiri) meninjau perkembangan renovasi Masjid Istiqlal di Jakarta, Selasa (2/6/2020). Menurut Presiden Jokowi, renovasi Masjid Istiqlal kini sudah mencapai 90 persen dan rencananya akan dibuka pada Juli mendatang.  (Warta Kota/Pool-Alex Suban)
Presiden Joko Widodo (kiri) meninjau perkembangan renovasi Masjid Istiqlal di Jakarta, Selasa (2/6/2020). Menurut Presiden Jokowi, renovasi Masjid Istiqlal kini sudah mencapai 90 persen dan rencananya akan dibuka pada Juli mendatang. (Warta Kota/Pool-Alex Suban)

Presiden Joko Widodo (kiri) meninjau perkembangan renovasi Masjid Istiqlal di Jakarta, Selasa (2/6/2020). Menurut Presiden Jokowi, renovasi Masjid Istiqlal kini sudah mencapai 90 persen dan rencananya akan dibuka pada Juli mendatang. (Warta Kota/Pool-Alex Suban)

Presiden Joko Widodo (tengah) meninjau perkembangan renovasi Masjid Istiqlal di Jakarta, Selasa (2/6/2020). Menurut Presiden Jokowi, renovasi Masjid Istiqlal kini sudah mencapai 90 persen dan rencananya akan dibuka pada Juli mendatang.  (Warta Kota/Pool-Alex Suban)
Presiden Joko Widodo (tengah) meninjau perkembangan renovasi Masjid Istiqlal di Jakarta, Selasa (2/6/2020). Menurut Presiden Jokowi, renovasi Masjid Istiqlal kini sudah mencapai 90 persen dan rencananya akan dibuka pada Juli mendatang. (Warta Kota/Pool-Alex Suban)

Presiden Joko Widodo (tengah) meninjau perkembangan renovasi Masjid Istiqlal di Jakarta, Selasa (2/6/2020). Menurut Presiden Jokowi, renovasi Masjid Istiqlal kini sudah mencapai 90 persen dan rencananya akan dibuka pada Juli mendatang. (Warta Kota/Pool-Alex Suban)

Presiden Joko Widodo (tengah depan) didampingi Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Danis Sumadilaga meninjau perkembangan renovasi Masjid Istiqlal di Jakarta, Selasa (2/6/2020). (Warta Kota/Pool-Alex Suban)
Presiden Joko Widodo (tengah depan) didampingi Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Danis Sumadilaga meninjau perkembangan renovasi Masjid Istiqlal di Jakarta, Selasa (2/6/2020). (Warta Kota/Pool-Alex Suban)

Presiden Joko Widodo (tengah depan) didampingi Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Danis Sumadilaga meninjau perkembangan renovasi Masjid Istiqlal di Jakarta, Selasa (2/6/2020). (Warta Kota/Pool-Alex Suban)

Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar (kiri) dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau perkembangan renovasi Masjid Istiqlal di Jakarta, Selasa (2/6/2020). (Warta Kota/Pool-Alex Suban)
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar (kiri) dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau perkembangan renovasi Masjid Istiqlal di Jakarta, Selasa (2/6/2020). (Warta Kota/Pool-Alex Suban)

Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar (kiri) dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau perkembangan renovasi Masjid Istiqlal di Jakarta, Selasa (2/6/2020). (Warta Kota/Pool-Alex Suban)

Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar (kiri) dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau perkembangan renovasi Masjid Istiqlal di Jakarta, Selasa (2/6/2020). (Warta Kota/Pool-Alex Suban)
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar (kiri) dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau perkembangan renovasi Masjid Istiqlal di Jakarta, Selasa (2/6/2020). (Warta Kota/Pool-Alex Suban)

Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar (kiri) dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau perkembangan renovasi Masjid Istiqlal di Jakarta, Selasa (2/6/2020). (Warta Kota/Pool-Alex Suban)

Presiden Joko Widodo (depan) memberikan keterangan pers usai meninjau perkembangan renovasi Masjid Istiqlal di Jakarta, Selasa (2/6/2020). Menurut Presiden Jokowi, renovasi Masjid Istiqlal kini sudah mencapai 90 persen dan rencananya akan dibuka pada Juli mendatang.  (Warta Kota/Pool-Alex Suban)
Presiden Joko Widodo (depan) memberikan keterangan pers usai meninjau perkembangan renovasi Masjid Istiqlal di Jakarta, Selasa (2/6/2020). Menurut Presiden Jokowi, renovasi Masjid Istiqlal kini sudah mencapai 90 persen dan rencananya akan dibuka pada Juli mendatang. (Warta Kota/Pool-Alex Suban)

Presiden Joko Widodo (depan) memberikan keterangan pers usai meninjau perkembangan renovasi Masjid Istiqlal di Jakarta, Selasa (2/6/2020). Menurut Presiden Jokowi, renovasi Masjid Istiqlal kini sudah mencapai 90 persen dan rencananya akan dibuka pada Juli mendatang. (Warta Kota/Pool-Alex Suban)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Bocoran Spesifikasi Trio Smartphone Redmi 9

Posted: 01 Jun 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi pertama kali meluncurkan smartphone seri Redmi 8 ke pasar Indonesia pada Desember 2019.

Setelah meluncurkan Redmi 8A Pro pada awal tahun ini, Xiaomi dikabarkan bakal meng-update lini smartphone dengan harga terjangkau dengan produk baru.

Beberapa bocoran di internet menyebutkan, perusahaan asal Tiongkok tersebut dengan bersiap untuk meluncurkan seri penerus Redmi 8.

Seperti seri sebelumnya, perusahaan akan mengumumkan tiga varian smartphone, termasuk versi standar, pro, dan paling murah--biasanya pakai label "A" dalam penamaannya.

Kali ini, produk ramah dikantong yang akan diumumkan adalah Redmi 9, Redmi 9A, dan Redmi 9C.

Berdasarkan bocoran leakster di Twitter via Gizchina, Selasa (2/6/2020), berikut adalah spesifikasi masing-masing seri Redmi 9 tersebut.

 

Redmi 9A

Tampil sebagai seri paling murah, Redmi 9A akan tampil dengan layar IPS berukuran 6,53 inci beresolusi 720p.

Untuk prosesor, Xiaomi akan menyematkan MediaTek Helio G25 dengan GPU Mali-G31 dan didukung RAM 3GB dan memori internal 32GB (bisa ditambah via microSD).

Dalam hal kamera, smartphone ini akan mengusung lensa utama dengan sensor 13MP (megapiksel) dan 5MP untuk keperluan selfie.

Salah satu daya jual seri Redmi 9A ini adalah kapasitas baterai yang diusungnya, yakni 5000mAh. Tak hanya itu, ponsel kelas bawah ini juga sudah mengusung port USB C.

 

Redmi 9C

Ini merupakan varian baru di lini produk Redmi ini. Perbedaan seri 9C dengan 9A pun tidak terlalu besar. Mereka berdua sama-sama mengusung layar berukuran 6,53 inci dengan resolusi 720p.

Redmi 9C juga akan mengusung prosesor Helio G25 dan dipadukan dengan RAM 3GB. Beda dari 9A, seri ini tampil dengan memori sebesar 64GB.

Redmi 9C juga mengusung pengaturan dua kamera berkemampuan 13MP dan 2MP, sementara kamera selfie-nya hanya 5MP.

 

Redmi 9

Sementara itu, versi Redmi 9 akan hadir dengan layar FHD+ berukuran 6,53 inci.

Smartphone ini juga tampil dengan pengaturan empat kamera berkemampuan 13MP, 8MP, 5MP, dan 2MP. Sementara untuk kamera selfie-nya sebesar 5MP.

Dalam hal performa, Redmi 9 akan menggunakan prosesor MediaTek Helio G7p didukung RAM 4GB dan memori internal sebesar 64GB.

Seperti dua seri Redmi di atas, Redmi 9 juga sudah dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000mAh dan port USB C.

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jokowi Sebut Istiqlal Rencananya Dibuka Kembali Bulan Juli

Posted: 01 Jun 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi meninjau renovasi serta persiapan new normal di Masjid Istiqlal. Ia juga menjelaskan ada rencana pembukaan kembali Istiqlal di bulan Juli 2020.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Raffi Ahmad Panas Lihat Garasi Andre Taulany Penuh Mobil Mewah

Posted: 01 Jun 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Raffi Ahmad dan Nagita Slavina dikenal sebagai selebritis papan atas. Koleksi barang dan pakaian pun mereka miliki. Bahkan, Raffi Ahmad diketahui telah memiliki sejumlah mobil mewah di garasi rumahnya. 

Dikenal dengan kekayaan yang berlimpah, siapa sangka koleksi mobil mewah milik Raffi Ahmad ternyata masih kalah dengan Andre Taulany. Saat berkunjung ke garasi Andre, Raffi Ahmad mengaku panas melihat semua koleksi mobil mewahnya.

Setelah berkunjung ke rumah Raffi Ahmad, kali ini gantian Raffi dan Nagita yang berkunjung ke rumah Andre Taulany. Kunjungannya kali ini secara khusus bermaksud untuk melihat koleksi mobil mewah milik mantan vokalis band Stinky. Tidak disangka sebelumnya, Raffi Ahmad begitu terkejut melihat koleksi mobil Andre saat pintu pagar dibuka.

"Hah? Gila, sayang," kata Raffi Ahmad takjub kepada Nagita Slavina seperti yang dilansir dari akun YouTube Rans Entertainment, Senin (1/5/2020).

"Lu ganti semua bro?" tanya Raffi masih terkejut.

"Ya lu lihat saja sendiri, gua enggak ngomong bohong kan? Gua ajak lu kemari biar lu lihat bahwa gua cuma enggak ngomong doang, tetapi gua buktiin," jawab Andre Taulany.

 

Mobil Klasik 

Raffi Ahmad mendatangi kediaman Andre Taulany
Raffi Ahmad mendatangi kediaman Andre Taulany

Masih begitu terkejut, Raffi Ahmad menanyakan keberadaan koleksi mobil klasik milik Andre Taulany. Dengan santai Andre pun memberi tahu bila mobil-mobil klasiknya masih ada dan berada di rumah utamanya. 

"Kok bisa sih? Mobil-mobil yang klasik lu mana?" tanya Raffi Ahmad masih takjub.

"Mobil klasik gua ada di rumah depan. Mobil klasik tetap ada, gua tambahin lagi mobil sport sekarang," jawab Andre Taulany.

 

Mobil Mantan Pacar Nagita Slavina

Raffi Ahmad mendatangi kediaman Andre Taulany
Raffi Ahmad mendatangi kediaman Andre Taulany

Memasuki garasi, Raffi Ahmad beserta Andre dan Nagita berhenti di mobil berwarna orange. Salah satu koleksi mobil mewah milik perusahaan Jepang ini ternyata mengingatkan Nagita Slavina pada kenangan masa lalu. Secara gamblang, Nagita mengungkapkan bila mobil tersebut sama seperti milik mantan pacarnya. 

"Oh, dulu pacar aku yang ini mobilnya," ungkap Nagita sambil tersenyum kepada Raffi dan Andre. 

 

Mobil Rolls Royce

Raffi Ahmad mendatangi kediaman Andre Taulany
Raffi Ahmad mendatangi kediaman Andre Taulany

Saat melihat-lihat koleksi, Nagita Slavina tiba-tiba berkata jika Andre Taulany memiliki mobil Rolls Royce. Mendengar hal tersebut, Raffi Ahmad langsung menghampiri sang istri dan melihat-lihat koleksi tersebut. 

"Wah dia punya Rolls Royce," kata Nagita Slavina saat berjalan ke belakang garasi. 

"Lah ini ada Rolls Royce nih. Ada Rolls Royce, ada Lamborghini, semuanya ada," kata Raffi Ahmad saat melangkah lebih dalam di garasi Andre.

"Lu bilang berapa kemarin Rolls Royce?" tanya Andre kepada Raffi.

"15 (miliar)," jawab Raffi.

"Itu Rolls Royce yang biasa kan? Ini Art Ceko, beda, tuh lihat lambangnya beda," kata Andre Taulany memamerkan mobil Rolls Roycenya.

 

Raffi Gerah dan Panas 

Saat melihat mobil Rolls Royce tersebut, Raffi dibuat diam tak berkutik. Mobil itu pun juga mencuri perhatian Nagita Slavina. Saat Nagita masih bertanya-tanya, Raffi Ahmad mengatakan jika dirinya gerah dan panas melihat isi garasi mobil milik Andre Taulany. 

"Wah, gua sudah mulai panas, gerah ini," kata Raffi Ahmad.

"Makanya gua bilang ini yang langka, ini di atas mobil Rolls Royce lu," kata Andre kepada Raffi dan Nagita.

Belum berhenti sampai di situ, Andre Taulany kembali memperlihatkan mobil mewah Lamborghini-nya. Tak hanya satu, mantan vokalis band Stinky ini memiliki beberapa mobil Lamborghini. Melihat hal tersebut, Raffi Ahmad langsung sedih dan panas. Namun, tingkah laku Raffi Ahmad tersebut rupanya menyedot perhatian Nagita Slavina.

"Kamu panas sama kayak gitu doang? cuma harta-harta, mobil-mobil doang mulu, harta-harta mobil-mobil doang aja. Awas, awas," omel Nagita Slavina melihat reaksi Raffi Ahmad.

 

Total 

Saat bergerak ke salah koleksi mobil Lamborghini Andre, Raffi Ahmad berbangga hati karena mobilnya masih berada di tingkat lebih atas. Saat mendengarnya, Andre tak berkecil hati bahkan secara spontan Andre meminta Raffi untuk menghitung total Rupiah dari semua koleksinya.  

"Kita totalin ya, ini Rp15 M, Rolls Royce-nya juga Rp15 M, sama lah kayak punya lu, Rp30 M. G63-nya itu lebih mahal, itu kurang lebih sekitar Rp M lah, Rp38 M. Ini yang kuning Rp9 M, berarti Rp47 M. Ini juga sama Rp9 M juga, Rp47 M tambah Rp9 M berapa? Rp56M. Ini sekitar Rp4M," ungkap Andre Taulany menyebutkan harga satu per satu koleksi mobil mewahnya.

 

Alasan 

Ternyata ada alasan tersendiri Andre Taulany mengajak Raffi Ahmad melihat koleksi mobilnya. Dikatakan dalam akun YouTube Rans Entertainment, Andre ingin mengajak Raffi sebab sebelumnya dia dengan bangga mengatakan isi garasi mobilnya hingga Rp50 miliar. 

"Jadi lu telepon gua cuma mau ngasih lihat isi garasi lu?" tanya Andre Taulany.

"Bukan, kemarin kan lu songong di depan gua Rp50 M, Rp50 M. Ini lebih dari Rp50 M kan, lu sudah lihat sendiri kan? Berarti gua enggak ngomong bullshit kan, lebih ke bulldog oke. Sudah terbukti ya sekarang, sorry ya Gi, bukan maksudnya. Aku tuh bukan orang yang suka pamer sebenarnya, tetapi dia yang selalu panas-panasin gua," jawab Andre.

 

Test Drive 

Tidak diambil pusing, Raffi Ahmad justru ingin mencoba mengendarai salah satu koleksi mobil Andre. Nissan R35 GT-R, mobil mantan kekasih Nagita sekaligus menjadi mobil impian Raffi sejak dulu yang menjadi pilihannya kala itu. 

"Ya sudah, tetapi gua boleh enggak cobain? Gua mau coba yang ini (Nissan) sama yang itu, jadi dua mobil deh gua cobain," kata Raffi Ahmad.

 

Kemauan Nagita 

Saat ditinggal Raffi untuk test drive, Nagita berbincang-bincang dengan Andre Taulany. Siapa sangka, salam pembicaraan tersebut secara tersirat Nagita menunjukkan kesukaannya dengan mobil Mercy AMG GTR Roadster Cabrio. Terlebih mobil yang didominasi warna kuning tersebut memiliki kelebihan cap yang bisa dibuka. 

"Kita lihat yang kuning, gimana pak?" tanya Nagita sembari makan jajanan yang sudah disediakan.

"Boleh, boleh. Yuk Sini," ajak Andre Taulany.

"Enggak cuma lihat doang, penasaran. Kalau yang pink kayak gini bagus dong?" elak Nagita Slavina.

"Ya terserah bu Gigi mau yang pink atau yang apa kek, yang penting ibu beli aja dulu," kata Andre

 

Ditawar Rp8 Miliar

Usai mencoba test drive, Nagita Slavina terlihat semakin ingin memiliki mobil tersebut. Padahal awalnya ibu satu anak ini hanya mengatakan penasaran saja. Hingga akhirnya, Nagita mencapai kesepakatan dengan Andre membeli mobil tersebut seharga Rp8 M. Nantinya, Nagita Slavina akan memberikan mobil Mercedes-AMG G63 miliknya seharga Rp6,5 M dan sisanya dibayar setelahnya. 

"Jadi gimana ngomong ke Raffi, tolong dong Pak. Tetapi, aku enggak mau bagi-bagi sama dia (Raffi), aku maunya warna pink," kata Nagita Slavina.

"Nanti gua bilang aja, mobil G63 ditinggal dulu karena mau di review. Saya mau bikin konten YouTube," rencana Andre dan Nagita.

"Besok saya anterin (mobil baru Nagita) ke rumah. Saya rapihin dulu semua, surat-surat saya siapin, saya anter ke rumah Gigi, oke," kata Andre Taulany.

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Protes Kasus Kematian George Floyd Meluas, Kondisi WNI di AS Dipastikan Aman

Posted: 01 Jun 2020 10:26 PM PDT

Liputan6.com, Washington, D.C - Gelombang protes terhadap kasus kematian George Floyd saat ditangkap polisi meluas hampir seantero Amerika Serikat sejak 26 Mei 2020. Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Washington D.C. bersama dengan seluruh Konsulat Jenderal RI (KJRI) di Amerika Serikat terus memonitor dan memastikan keselamatan Warga Negara Indonesia (WNI) yang tersebar di berbagai kota dan wilayah.

"Seluruh WNI di AS yang berjumlah 142.441 orang saat ini berada dalam kondisi aman dan baik-baik. Tidak ada laporan terkait WNI yang terdampak akibat demo," ujar Iwan Freddy Hari Susanto, Kuasa Usaha Ad-Interim/Wakil Duta Besar RI untuk AS.

Dalam keterangan pers yang diterima Liputan6.com, pihak KBRI Washington D.C. pada Selasa (2/6/2020) menyebut aksi unjuk rasa yang terjadi di berbagai negara bagian di Amerika Serikat, mulai dari wilayah Pantai Timur hingga Pantai Barat, telah memasuki hari ketujuh. Sebagian telah menerapkan peraturan jam malam dan status darurat.

"Keselamatan dan keamanan WNI di AS menjadi prioritas utama dan perhatian khusus KBRI Washington D.C. dan KJRI-KJRI se-AS," ujar Iwan.

"Sebagai salah bentuk perlindungan kepada WNI, semua Perwakilan RI di AS telah mengeluarkan himbauan kepada WNI agar tetap tenang, hati-hati dan tidak keluar rumah kecuali untuk kepentingan atau kebutuhan yang mendesak, seperti membeli kebutuhan rumah tangga sehari-hari atau pergi ke dokter."

"WNI juga kita wanti-wanti agar menjauhi tempat-tempat terjadinya aksi unjuk rasa karena akan membahayakan keselamatan dan keamanan mereka. Patuhi setiap instruksi, kebijakan dan peraturan yang dikeluarkan oleh otoritas setempat," ungkap Iwan.

Dia juga mengatakan, seluruh Perwakilan RI di AS terus menjalin kontak dengan simpul-simpul masyarakat Indonesia, termasuk mahasiswa, di berbagai wilayah di AS untuk membantu memantau dari dekat dan memastikan keselamatan WNI dalam situasi saat ini.

KBRI Washington D.C. dan KJRI-KJRI se-Amerika Serikat juga membuka layanan nomor hotline bagi masyarakat Indonesia di AS jika membutuhkan bantuan atau pertolongan.

Efek Demo

Seorang pria berteriak dengan emosi ketika polisi berlutut saat aksi protes memprotes kematian George Floyd di sebelah Gedung Putih di Washington pada 31 Mei 2020. George Floyd, tewas tak bisa bernafas karena tercekik lutut polisi saat ditangkap pada (25/5/2020) lalu. (ROBERTO SCHMIDT/AFP)
Seorang pria berteriak dengan emosi ketika polisi berlutut saat aksi protes memprotes kematian George Floyd di sebelah Gedung Putih di Washington pada 31 Mei 2020. George Floyd, tewas tak bisa bernafas karena tercekik lutut polisi saat ditangkap pada (25/5/2020) lalu. (ROBERTO SCHMIDT/AFP)

Gedung Putih gelap gulita di tengah unjuk rasa kasus kematian George Floyd. Tak jelas apa alasan mematikan lampu ini. 

Insider melaporkan pada Senin (1/6/2020) bahwa Gedung Putih mematikan lampu eksternalnya pada Minggu malam.

Sebuah video dari akun @_Crypto_Maniac_ menunjukan situasi Gedung Putih ketika mati lampu:

Pada video yang di akun Twitter New York Times, suasana di depan Gedung Putih mendadak gelap gulita di tengah demo yang masih berlangsung.

Foto-foto Gedung Putih mati lampu juga tersebar di Twitter. Para warganet menyindir kepemimpinan Presiden Donald Trump yang mematikan lampu.

Spekulasi lain yang berkembang adalah lampu sengaja dimatikan agar memudahkan petugas Gedung Putih memantau situasi lewat night vission google.

Preiden AS Donald Trump sempat dibawa ke bunker di bawah tanah selama kurang-lebih satu jam pada Jumat kemarin akibat demo di depan Gedung Putih. 

Pada akhir pekan, Trump beberapa kali sempat aktif di Twitter. Ia memberi selamat ke Garda Nasional yang berhasil mengendalikan situasi di Minneapolis dan meminta para kepala daerah agar tegas.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bayinya Sehat, Ini 6 Momen Chelsea Olivia Periksa Kandungan

Posted: 01 Jun 2020 10:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini, Glenn Alinskie dan Chelsea Olivia membagikan kabar bahagia bahwa keluarga kecil mereka akan segera dikaruniai anggota baru. Kabar bahagia ini diunggah di akun YouTube milik Alinskie Family pada 27 Mei 2020 lalu. Tidak sedikit warganet dan selebriti Tanah Air yang mengucapkan selamat dan mendoakan keluarga yang selalu terlihat hangat ini.

Kebersamaan dan kehangatan pasangan yang terpaut usia 4 tahun ini selalu berhasil mencuri perhatian publik. Tingkah gemas buah hati pertama mereka juga kerap kali membuat warganet merasa gemas. Tak jarang keluarga kecil ini mengunggah momen manis keluarga mereka saat menghabiskan waktu liburan bersama.

Baru-baru ini, Alinskie Family memosting video saat momen Chelsea Olivia periksa kandungan. Video yang bertajuk 'SUSAHNYA CHECK UP HAMIL SAAT PANDEMI COVID' ini diunggah pada 1 Juni 2020 di YouTube Channel Alinskie Family. Dalam video yang berdurasi 5 menit ini memperlihatkan kondisi calon adik Nastusha ketika di USG.

Selain itu, dalam video tersebut juga dijelaskan jika video tersebut diambil sebelum adanya himbauan pemerintah terkait PSBB. Walaupun hamil di tengah pandemi Covid 19, aura kebahagiaan pasangan yang akan dikaruniai buah hati kedua ini tetap terpancar.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang 6 momen Chelsea Olivia periksa kandungan, Selasa (2/6/2020).

 

1. Saat pergi periksa kandungan, keluarga Alinskie ini pun menggunakan alat pelindung diri yang lengkap agar tetap terlindungi.

Momen Chelsea Olivia Periksa Kandungan. (Sumber: YouTube/ Alinskie Family)
Momen Chelsea Olivia Periksa Kandungan. (Sumber: YouTube/ Alinskie Family)

2. Ini kondisi kandungan Chelsea Olivia saat berusia 8 minggu. Chelsea akui jika dirinya mengetahui bahwa dirinya hamil anak kedua ketika usia kandungannya 3 minggu.

Momen Chelsea Olivia Periksa Kandungan. (Sumber: YouTube/ Alinskie Family)
Momen Chelsea Olivia Periksa Kandungan. (Sumber: YouTube/ Alinskie Family)

3. Dokter pun menjelaskan seluruh anggota tubuh sang janin yang sudah mulai terlihat. Dokter juga mengatakan jika detak jantung buah hati kedua pasangan yang menikah pada tahun 2015 ini baik dan sehat.

Momen Chelsea Olivia Periksa Kandungan. (Sumber: YouTube/ Alinskie Family)
Momen Chelsea Olivia Periksa Kandungan. (Sumber: YouTube/ Alinskie Family)

4. Kondisi calon adik Nastusha yang sehat ini tentunya membuat keluarga ini semakin bahagia.

Momen Chelsea Olivia Periksa Kandungan. (Sumber: YouTube/ Alinskie Family)
Momen Chelsea Olivia Periksa Kandungan. (Sumber: YouTube/ Alinskie Family)

5. Namun, jenis kelamin sang bayi belum bisa diketahui. Menurut dokter, jenis kelamin sang bayi bisa diketahui ketika usia kandungan sudah menginjak 14 minggu.

Momen Chelsea Olivia Periksa Kandungan. (Sumber: YouTube/ Alinskie Family)
Momen Chelsea Olivia Periksa Kandungan. (Sumber: YouTube/ Alinskie Family)

6. Agar tetap aman, aktris kelahiran 1992 ini pun melakukan Non Invasive Prenatal Test (NIPT) tes di rumah.

Momen Chelsea Olivia Periksa Kandungan. (Sumber: YouTube/ Alinskie Family)
Momen Chelsea Olivia Periksa Kandungan. (Sumber: YouTube/ Alinskie Family)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Sepeser pun APBN Mengalir ke Garuda Indonesia

Posted: 01 Jun 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menegaskan, pemerintah tidak mengeluarkan anggaran sepeser pun untuk memberikan dana talangan sebesar Rp 8,5 triliun kepada PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.

Arya menyatakan, pemerintah dalam hal ini hanya berposisi sebagai pihak penjamin utang kepada Garuda yang memiliki utang sukuk global dengan nilai penerbitan sebesar USD 496,84 juta yang jatuh tempo pada 3 Juni 2020.

"Pemerintah hanya menjadi penjamin, dana didapat dari Garuda. Bisa dari mana-mana, bisa dari bank, permodalan, dan sebagainya. Tapi itu bukan dana APBN. Perlu diluruskan, bahwa dana talangan bukan APBN," tegasnya dalam sesi diskusi online, Selasa (2/6/2020).

"Jadi pemerintah fungsinya hanya sebagai penjamin, bukan sebagai pemberi dana," dia menambahkan.

Lebih lanjut, Arya menjelaskan, Garuda tidak mungkin menerima dana berupa Penyertaan Modal Negara (PMN) dari pemerintah lantaran maskapai pelat merah tersebut sebagian sahamnya sudah dimiliki oleh pihak swasta.

"Karena yang bisa terima APBN itu adalah perusahaan yang 100 persen dimiliki pemerintah. Jadi, Garuda 60 persen dimiliki pemerintah, sisanya swasta dan sebagainya. Jadi, tidak boleh Garuda terima dana dari pemerintah," tuturnya.

"Pemerintah tidak mungkin bisa masukkan dananya langsung ke Garuda Indonesia, dan dana talangan itu bukan APBN yang diberikan kepada Garuda. Tapi pemerintah menjamin Garuda beri pinjaman," dia menandaskan.

 

Garuda Indonesia hingga KAI Peroleh Modal Talangan Pemerintah Rp 32,6 Triliun

Pesawat Terbang Garuda Indonesia (Liputan6.com/Fahrizal Lubis)
Pesawat Terbang Garuda Indonesia (Liputan6.com/Fahrizal Lubis)

Pemerintah siap menyuntik dana talangan investasi kepada BUMN yang ditunjuk sebagai langkah pemulihan ekonomi nasional (PEN) imbas menyebarnya virus Corona.

Adapun, secara keseluruhan dana yang disiapkan ialah sebesar Rp 32,65 triliun. Dalam materi yang disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani kepada Komisi XI DPR RI, tercatat ada 6 BUMN yang akan menerima suntikan dana ini dengan besaran yang berbeda-beda.

Perum Bulog mendapatkan dana paling besar, yaitu Rp 13 triliun. PT Garuda Indonesia mendapatkan Rp 8,5 triliun, dan PT Krakatau Steel mendapatkan Rp 3 triliun.

Sementara, BUMN lainnya, PTPN mendapatkan dana sebesar Rp 4 triliun, PT Kereta Api Indonesia sebesar Rp 3,5 triliun dan Perum Perumnas sebesar Rp 650 miliar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Idolakan Hotman Paris, Bopak Castello Pilih Kuliah Hukum

Posted: 01 Jun 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Meski usianya sudah tak muda lagi, namun pendidikan dirasa penting buat komedian Bopak Castello. Di usianya yang sudah menginjak 53 tahun, Bopak Castello mengaku tengah menempuh pendidikan di salah satu perguruan tinggi di Jakarta.

Mengambil jurusan hukum, Bopak Castello bercita-cita ingin menjadi seorang pengacara.

"Kalau jurusan hukum ini pas, Bopak masuk ke dalam lebih global yah, kita lebih ke masalah sosial doang. Kedua kita bisa tahu perangkat hukum di Indonesia yang baik dan yang tidak baik kan kita dalami, jadi paling minim secara akademisnya kita bisa bertanggung jawab dengan hal-hal yang kita ucapkan tentang hukum gitu aja," kata Bopak Castello ditemui di kawasan Kapten P Tendean, Jakarta Selatan, Senin (1/6/2020).

Idolakan Hotman Paris

Hotman Paris (Adrian Putra/bintang.com)
Hotman Paris (Adrian Putra/bintang.com)

Pemilik nama asli Indrayana Bidwy ini mengaku punya alasan tersendiri mengapa memilih jurusan hukum dan ingin menjadi seorang pengacara. Sebab Bopak Castello mengaku sangat mengidolakan pengacara kondang Hotman Paris Hutapea.

"Hotman dong. Hotman is the best," kata Bopak.

Kejujuran

Bopak Castello (ist)
Bopak Castello (ist)

Menurut Bopak Castello, Hotman Paris mengajarkan banyak hal salah satunya yang paling utama adalah kejujuran. Setiap menangani kasus, kejujuran selalu dikedepankan oleh Hotman Paris.

"Dia (Hotman Paris) gue demen itu karena kejujuran dalam hal apa pun. Kalau kita enggak usah munafik ajaran inti dari Hotman memberikan statement seperti itu. 'Lu jangan munafik, kalau kaya bilang kaya, jangan pura-pura enggak kaya', gitu. Kalau lo kaya lo mampu, nah itu kan masalah dunia realistis kan. Nah Hotman mengajarkan seperti itu kejujuran," tutur Bopak Castello.

Ingin Bertemu

Bopak Castello.  (M. Akrom Sukarya/bintang.com)
Bopak Castello. (M. Akrom Sukarya/bintang.com)

Bopak Castello ingin sekali berbincang langsung dengan Hotman Paris. Sebab selama ini ia tidak pernah bertatapan langsung dengan idolanya itu.

"Pengen banget kita ketemu Bang Hotman, pengen ngobrol-ngobrol kok Bang Hotman ini bisa berani memproklamirkan dirinya itu dengan bendera realistis tidak munafik," kata Bopak Castello.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menag: Jemaah yang Batal Berangkat Haji Otomatis Jadi Peserta Tahun Depan

Posted: 01 Jun 2020 10:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama Fachrul Razi membatalkan pemberangkatan jemaah haji tahun 2020. Namun, dia memastikan semua yang telah melunasi pembayaran baik reguler dan khusus tahun ini akan menjadi jemaah haji 1442H/2021M.

"Setoran pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) yang dibayarkan akan disimpan dan dikelola secara terpisah oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH)," jelas Menag Fachrul dalam jumpa pers, Selasa (2/6/2020).

Menag melanjutkan, nilai manfaat dari setoran pelunasan itu juga akan diberikan oleh BPKH kepada jemaah paling lambat 30 hari sebelum pemberangkatan kloter pertama penyelenggaraan haji 1442H/2021M.

"Setoran pelunasan BPIH juga dapat diminta kembali oleh jemaah haji," sambungnya.

Bersamaan dengan terbitnya keputusan ini, lanjut Menag, Petugas Haji Daerah (PHD) pada penyelenggaraan ibadah haji tahun ini juga dinyatakan batal. Nantinya, gubernur setempat dapat mengusulkan kembali nama PHD pada haji tahun depan,

"Hal sama berlaku bagi pembimbing dari unsur Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) pada penyelenggaraan haji tahun ini," terang dia.

Terakhir, Menag Fachrul mengatakan, semua paspor jemaah haji, petugas haji daerah, dan pembimbing dari unsur KBIHU pada penyelenggaraan ibadah haji 1441H/2020M akan dikembalikan kepada pemilik masing-masing.

 

 

Haji Tahun Ini Batal

Menteri Agama Fachrul Razie mengumumkan keputusan dalam penyelenggaraan haji di tahun 1441 H atau 2020 Masehi. Menurut dia, pemerintah memutuskan untuk membatakalkan pemberangkatan jemaah haji Indonesia ke Arab Saudi.

"Keputusan ini diambil dikarenakan Arab Saudi tak kunjung membuka akses bagi jemaah haji dari negara manapun, akibatnya pemerintah tidak mungkin lagi memiliki cukup waktu untuk melakukan persiapan utamanya dalam pelayanan dan perlindungan Jemaat," kata Menag Fahchrul Razie dalam jumpa pers, Selasa (2/6/2020).

"Berdasarkan pernyataan tersebut pemerintah memutuskan untuk tidak memberangkatkan jamaah haji pada tahun 2020 atau tahun 1441 Hijriah," tegas Menag Fachrul.

Dia menambahkan, keputusan pembatakan ini sudah dipikirkan dan dipertimbangkan sebaik-baiknya dan telah dituangkan dalam surat keputusan menteri.

"Keputusan ini saya sampaikan melalui keputusan Menteri Agama Republik Indonesia tentang pembatalan keberangkatan jamaah haji pada pembatalan ibadah haji tahun 1441 Hijriah atau tahun 2020 masehi," Menag menandasi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Editan Foto Nyeleneh Cowok Bak Pemeran Film Ini Bikin Geleng Kepala

Posted: 01 Jun 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Berbicara soal ide nyeleneh netizen memang tak ada abisnya. Ada saja ide nyeleneh sekaligus kreatif dari para netizen yang sukses membuat kagum banyak orang. Ada banyak hasil karya mereka yang bisa ditemukan di media sosial. Salah satunya adalah edit foto.

Mengedit foto dengan kemampuan mumpuni serta didukung Photoshop, cowok ini sukses membuat netizen lainnya berdecak kagum. Lewat akun Instagram @srdesignart, ia membagikan hasil editan foto yang membuat kagum. Cowok yang diketahui bernama Syahril Ramadan ini menghasilkan karya bak dirinya masuk dalam adegan seperti di berbagai film. 

Mulai dari poster film Jumanji: The Next Level hingga film terkenal Tanah Air yakni Habibie & Ainun 3. Tak hanya itu saja, ia juga sukses mengedit dirinya dengan para artis terkenal lainnya.

Berikut ini 7 potret editan foto nyeleneh cowok bak pemeran film ini dirangkum dari Instagramnya @srdesignart oleh Liputan6.com, Selasa (2/6/2020).

1. Biar ikut eksis, si abang ajak foto Aladdin dulu nih!

Editan foto. (Sumber: Instagram/@srdesignart)
Editan foto. (Sumber: Instagram/@srdesignart)

2. Kira-kira si abang cocok enggak menggantikan posisi Diego?

Editan foto. (Sumber: Instagram/@srdesignart)
Editan foto. (Sumber: Instagram/@srdesignart)

3. Kuat dan jago banget, Hoobs ternyata bisa babak belur juga nih!

Editan foto. (Sumber: Instagram/@srdesignart)
Editan foto. (Sumber: Instagram/@srdesignart)

4. Ikut main film di Jumanji jadi bos nih ceritanya?

Editan foto. (Sumber: Instagram/@srdesignart)
Editan foto. (Sumber: Instagram/@srdesignart)

5. Waduh, kira-kira Maudy Ayunda mau enggak ya kalau Jefri Nichol diganti sama abang ini?

Editan foto. (Sumber: Instagram/@srdesignart)
Editan foto. (Sumber: Instagram/@srdesignart)

6. Gimana udah cocok belum jadi tambatan hatinya Jisoo?

Editan foto. (Sumber: Instagram/@srdesignart)
Editan foto. (Sumber: Instagram/@srdesignart)

7. Maaf ya Bima, ternyata Dara lebih memilih abang tampan ini daripada kamu.

Editan foto. (Sumber: Instagram/@srdesignart)
Editan foto. (Sumber: Instagram/@srdesignart)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meski Mudik Dilarang, Transportasi Sumbang Inflasi Terbesar di Mei 2020

Posted: 01 Jun 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi dari 90 kota pada Mei 2020 sebesar 0,07 persen. Dengan angka ini maka inflasi tahun kalender dari Januari sampai dengan Mei 2020 juga sangat rendah yaitu sebesar 0,90 persen.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, inflasi pada Mei 2020 disumbang oleh sektor transportasi yang memberi sumbangan kepada inflasi sebesar 0,87 persen. Inflasi transportasi tetap terjadi meskipun pemerintah melarang adanya mudik Lebaran.

"Transportasi, di mana disana mengalami inflasi paling tinggi yaitu 0,87 persen dan sumbangannya paling besar 0,10 persen. Komoditas yang memberikan andil kepada inflasi ini adalah tarif angkutan udara meskipun sudah diimbau tak mudik masih ada penumpang yang melakukan perjalanan," ujarnya, Selasa (2/6).

Kenaikan tarif angkutan udara, kata Suhariyanto terjadi di 39 kota di Indonesia. Dari 39 kota tersebut Gunung Sitoli di Sumatera Utara mengalami kenaikan harga tiker pesawat paling tinggi yang mencapai 35 persen dari harga normal.

"Kalau kita lihat tarif angkutan udara itu memberikan andil kepada inflasi 0,08 persen tipis dan tarif kereta api yang memberikan andil sebesar 0,02 persen. Kenaikan tarif angkutan udara terjadi di 39 kota misalnya tertinggi terjadi di Gunung Sitoli sebesar 35 persen," jelasnya.

Rokok Filter

Rokok
Rokok

Sementara itu, BPS juga mencatat beberapa komoditas makanan mengalami kenaikan harga selama Ramadan 2020. Tidak hanya makanan, ada juga kenaikan harga pada sektor tembakau yaitu rokok filter.

"Pada bulan ini juga masih ada beberapa komoditas yang masih mengalami peningkatan harga sehingga memberikan sumbangan inflasi di antaranya bawang merah harganya masih naik. Dan memberikan sumbangan kepada infasi 0,06 persen," jelasnya.

"Daging ayam ras karena kebutuhan Idulfitri itu memberikan andil inflasi 0,03 persen. Kemudian juga daging sapi dan rokok filter memberikan inflasi masing-masing 0,01 persen," paparnya.

Meskipun demikian, secara umum untuk makanan dan minuman serta tembakau itu mengalami deflasi 0,32 persen. Pada Mei 2020 ini banyak sekali komoditas yang mengalami penurunan harga sehingga menyebabkan deflasi.

"Misalnya cabai merah, sumbangannya kepada deflasi adalah 0,07 persen mengalami pengurangan harga. Kemudian telur ayam ras sumbangannya 0,06 persen, bawang putih karena mengalami pengurangan harga memberikan deflasi 0,05 persen. Cabai rawit memberikan andil deflasi 0,03 persen. Sementara bawang bombay dan gula pasir masing masing 0,1 persen."

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Spiderman Tak Lagi Pakai Audi, Ini Mobil Penggantinya

Posted: 01 Jun 2020 10:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dalam film superhero, mobil-mobil canggih kerap ambil bagian. Contohnya seperti dalam film Avengers: End Game dan sequel Spiderman.

Pada Avengers: End Game, Tony Stark menggunakan Audi e-Tron GT. Lalu pada Spiderman: back Home ada Audi A8, Spiderman: Away from Home ada Audi e-Tron, A7, dan Q8.

Tapi pada sequel Spiderman terbaru nanti, Audi tak akan lagi mobil Audi. Itu karena Spiderman secara resmi meninggalkan Marvel Cinematic Universe (MCU) dan beralih ke Sony Pictures Entertainment.

Selama ini, MCU bekerja sama denga Audi. Sehingga film-filmnya pun mendapat sponsor dari produsen mobil Jerman itu.

Sedangkan Sony Pictures Entertainment bekerja sama dengan pabrikan mobil asal Korea Selatan, Hyundai. Dilansir dari Zing, kemungkinan pada sequel Spiderman nanti, Hyundai akan memamerkan model baru dan teknologi baru.

 

Mobil Hyundai Muncul Dibanyak Film

Disebutkan, bahwa setidaknya Hyundai akan memunculkan produk-produk andalannya ke setidaknya 5 film Sony Pictures Entertainment. Termasuk sequel film Spiderman yang akan rilis pada November 2021.

Sebelumnya, pada Ant Man dan Bee Warrior, Hyundai sudah menampilkan Veloster untuk adegan kejar-kejaran mobil yang dramatis.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Bahan Alami Penumbuh Brewok, Mudah Ditemukan

Posted: 01 Jun 2020 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bahan alami penumbuh brewok sangat banyak dan beragam jenisnya. Namun, bukan berarti semua bahan alami penumbuh brewok tersebut cocok untuk Anda. Bisa saja, cara aplikasi bahan alami penumbuh brewok tersebut berbeda antara satu orang dengan lainnya. Maka, perlu bagi Anda untuk memahami secara lebih jauh mengenai jenis-jenis bahan alami penumbuh brewok tersebut.

Tidak dapat dipungkiri, memang memiliki brewok yang tebal dapat menjadi salah satu pemikat bagi kaum hawa. Sehingga tidak jarang para pria berusaha untuk menumbuhkan brewoknya. Bahkan tren saat ini, brewok tidak lagi hanya identik dengan pria yang memiliki umur dewasa, usia remaja pun kini memiliki obsesi yang cukup besar untuk memiliki brewok tesebut.

Namun, salah satu permasalahan yang menjadi faktor tumbuh atau tidaknya brewok terletak pada faktor genetika yang ada pada tubuh seseorang. Apabila seseorang memang tidak memiliki gen yang mempengaruhi tumbuhnya brewok, maka bisa saja akan sulit muncul brewok tersebut walau sudah menggunakan obat oles sekalipun.

Orang-orang dengan keuntungan dalam menumbuhkan brewok umumnya ada pada orang-orang Arab atau Amerika Latin. Memang, para pria keturunan dari negara tersebut identik dengan bulu tubuh yang lebat. Dan sangat berbanding terbalik dengan orang Indonesia yang memiliki kumis tipis dan bulu tubuh tidak terlalu lebat.

Tapi, tidak ada salahnya bukan untuk berusaha menumbuhkan brewok tersebut? Setidaknya Anda bisa mencoba bahan alami penumbuh brewok yang tersedia di sekitar Anda untuk mengusahakan tumbuhnya brewok. Memang tidak cepat, namun banyak yang mendapatkan hasil cukup memuaskan dengan mengaplikasikan bahan alami penumbuh brewok tersebut.

Di bawah ini Liputan6.com telah merangkum apa saja bahan alami penumbuh brewok yang bisa digunakan dalam menumbuhkan brewok. Selain itu, Anda bisa mendapatkan bahan alami penumbuh brewok ini dengan mudah dan murah. Yuk, simak dengan seksama, Selasa (2/6/2020).

1. Lidah Buaya

Lidah buaya untuk dapatkan bibir pink alami. (via: stylecraze.com)
Lidah buaya untuk dapatkan bibir pink alami. (via: stylecraze.com)

Bahan alami penumbuh brewok yang pertama yaitu lidah buaya. Jenis tumbuhan ini juga terbukti efektif dalam menyuburkan rambut. Selain itu, untuk mendapatkan lidah buaya juga sangatlah mudah. Selain itu, untuk mengolah lidah buaya agar dapat digunakan menjadi bahan alami penumbuh brewok cukup dengan mengoleskannya ke wajah saja. Anda bisa mengoleskan lidah buaya tersebut dengan rutin ketika sedang bersantai di rumah.

2. Minyak Kemiri

Ilustrasi minyak kemiri. (Sumber foto: Boldsky.com)
Ilustrasi minyak kemiri. (Sumber foto: Boldsky.com)

Salah satu bahan alami penumbuh brewok yang sudah terkenal yaitu minyak kemiri. Minyak kemiri sendiri merupakan bahan yang terbukti bermanfaat bagi merangsang pertumbuhan rambut bagi bayi dan orang dewasa. Selain itu minyak kemiri juga mampu mencegah kerontokan rambut. Dan dengan menggunakan minyak kemiri secara rutin, maka sangat diyakini akan menumbuhkan brewok yang pria inginkan.

Untuk mendapatkan minyak kemiri sendiri sebenarnya sangat mudah. Anda bisa membeli secara online atau langsung ke apotek terdekat. Namun, selalu pastikan jika minayk kemiri yang akan digunakan merupakan minyak kemiri asli.

3. Mentega

Ilustrasi Foto Mentega (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Mentega (iStockphoto)

Mungkin sedikit aneh dan kurang masuk di akal, tapi jangan salah ternyata sudah banyak pria yang mencoba menggunakan mentega sebagai bahan alami dalam menumbuhkan brewok dan terbukti sangat efektif. Mentega sendiri memang berasal produk turunan susu. Susu diketahu memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Kandungan protein inilah yang akan memberi nutrisi baik bagi pertumbuhan rambut dan bulu yang sehat

Tapi jangan sampai salah dalam membelinya, karena orang Indonesia memang umumnya kesulitan membedakan dalam membedakan mentega dengan margarin. Padahal mentega dibuat dari sumber hewani, sedangkan margarin dari lemak nabati.

4. Telur

Ilustrasi telur (sumber: iStockphoto)
Ilustrasi telur (sumber: iStockphoto)

Rambut membutuhkan vitamin B agar dapat tumbuh dengan baik dan kuat. Telur sendiri merupakan jenis bahan alami yang memiliki kandungan vitamin B yang sangat baik bagi rambut. Selain itu, telur juga memiliki kandungan biotin, dimana kandungan biotin ini bermanfaat dalam merangsang pertumbuhan bulu daan brewok pada wajah.

5. Biji-bijian

Simak sejumlah biji-bijian yang baik bagi kesehatan. (Foto: Unsplash)
Simak sejumlah biji-bijian yang baik bagi kesehatan. (Foto: Unsplash)

Bahan alami penumbuh brewok selanjutnya yaitu jenis biji-bijian. Biji-bijian merupakan jenis bahan alami yang memiliki berbagai kandungan baik seperti zat besi, silica, dan zat seng yang menjadi pemacu dalam mempercepat pertumbuhan brewok serta rambut. Selain itu, biji-bijian memiliki kandungan vitamin B7 yang sangat kaya dan dapat mencegah rambut dari kerontokan. Bijian-bijian tersebut bisa dari jenis gandum yang biasa ada di roti dengan gandum utuh dan oat meal.

6. Sarden

Sarden /copyright: shutterstock
Sarden /copyright: shutterstock

Jenis makanan dari jenis ikan ini ternyata menjadi salah satu sumber protein yang baik bagi tubuh. sumber protein yang baik dan dikonsumsi dengan porsi yang tepat akan berguna bagi pertumbuhan brewok. Selain bermanfaat bagi pertumbuhan brewok, jenis ikan sarden dapat ditemukan di berbagai toko di sekitar Anda. Harga sekaleng sarden ini juga sangat murah.

7. Hati

Hati sapi (sumber: iStock)
Hati sapi (sumber: iStock)

Ada beberapa jenis makanan yang baik bagi pertumbuhan brewok, salah satunya hati. Hati terutama yang ada pada jenis sapi, memiliki kandungan protein yang sangat besar. Selain itu hati sapi memiliki kandungan vitamin A dan B. vitamin B yang ada pada hati ayam merupakan jenis vitamin B kompleks yang terdiri dari vitamin B2, B12, biotin, dan asam folat. Hati juga memiliki kandungan mineral seperti zat besi dan zinc.

Jadi, dengan mengkombinasikan beberapa bahan alami penumbuh brewok di atas akan efektif dalam mempercepat pertumbuhan brewok Anda.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Live Streaming Persiapan SBMPTN di Tengah Pandemi Covid-19

Posted: 01 Jun 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Meski di tengah pandemi Covid-19, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tetap akan digelar. Namun, cara dan prosedurnya tentu tak lagi sama dan harus mengikuti standar serta protokol kesehatan yang ada.

Untuk itu, Liputan6.com dan Vidio.com akan menayangkan sharing session yang mengangkat tema Persiapan Pelaksanaan SBMPTN di Tengah Pandemi Covid-19, Selasa (2/6/2020).

Pembahasan seputar seluk beluk persiapan SBMPTN ini akan menghadirkan pembicara Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Prof Budi Prasetyo Widyobroto dengan dipandu presenter Liputan6.com Istiarto Sigit.

Perbincangan menarik ini bisa disaksikan secara live streaming pada pukul 14.00-15.00 WIB via Zoom Meeting https://us02web.zoom.us/j/89437170333.

 

Selamat menyaksikan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Makna Spesial di Balik Deretan Bros yang Dikenakan Ratu Elizabeth II

Posted: 01 Jun 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Koleksi perhiasan Ratu Elizabeth II adalah salah satu yang paling mengesankan di dunia. Sebut saja dari berlian hingga mutiara, Ratu berusia 94 tahun ini kerap mengenakannya pada acara-acara tertentu.

Dilansir dari laman Express, Senin, 1 Juni 2020, perhiasan ini tak hanya bernilai dari segi uang, tetapi juga memiliki nilai sentimental dan ada historis yang besar di baliknya. Maka dari itu, banyak dari bros Ratu yang istimewa.

Sebut saja Scarab Brooch, Ratu memiliki banyak koleksi bros dan ia kerap mengenakan bros dengan pakaiannya pada berbagai kesempatan dan kunjungan. Salah satunya bros emas rubi dan berlian yang diberi oleh suaminya, Pangeran Philip pada 1996.

Bros yang dirancang oleh Andrew Grima ini terus dipakainya selama bertahun-tahun setelah pertama kali menerimanya. Ratu Elizabeth II bahkan mengenakan bros ini untuk potret hari jadi pernikahan platinum dengan Pangeran Philip.

Ada pula Prince Albert Brooch, adalah bros pernikahan Ratu Victoria yang berasal dari 1840-an. Bros safir dan berlian yang menakjubkan telah dikenakan dalam berbagai penampilan selama bertahun-tahun.

Yang terbaru adalah resepsi untuk sekretaris di The Queen's Gallery pada Februari di mana Ratu memakai bros dengan gaun renda biru dan putih. Hadiah ini diberikan kepada nenek buyutnya Ratu Victoria dari calon suaminya Pangeran Albert pada malam pernikahan mereka. Ratu Victoria mengenakan bros ini di gaun pengantinnya dan telah menjadi favorit Ratu Elizabeth.

Berlanjut dengan Centenary Rose Brooch, bros ini dibuat oleh Ratu Elizabeth sebagai hadiah ulang tahun ke-100 untuk Queen Mother. Bros ini dibingkai oleh 100 berlian itulah sebabnya itu dinamai bros 'seratus tahun'.

Bros dibuat oleh Collins dan Sons dan menampilkan Ratu Elizabeth Grandiflora Rose yang dilukis dengan tangan pada kristal batu. Mawar ini sangat istimewa karena bunga yang ditanam untuk penobatan Ratu tahun 1953.

Ratu Elizabeth II terlihat mengenakan ini di berbagai kesempatan termasuk siaran Natal pada 2002 yang berlangsung hanya sembilan bulan setelah kematian ibunya.

Bros Istimewa

Ratu Elizabeth II menyampaikan pidato tentang krisis corona COVID-19.(dok. foto Buckingham Palace/AFP)
Ratu Elizabeth II menyampaikan pidato tentang krisis corona COVID-19.(dok. foto Buckingham Palace/AFP)

Berikutnya, Braemar Feather Brooch. Pada 2002 saat Peringatan Emas Ratu, Braemar Royal Highland Society memberi Elizabeth bros ini untuk memperingati 50 tahun hidupnya di atas takhta. Terbuat dari platinum, emas putih, dan emas 24 karat pada perak dalam bentuk bulu elang, ia memiliki cap jubilee di bagian belakang. Setiap tahun sejak itu, Ratu telah mengenakan bros untuk pertandingan tahunan Highland.

Lalu ada pula Chelsea Iris Brooch, dibuat oleh Royal Horticultural Society, penyelenggara Chelsea Flower Show yang terkenal di dunia, bros yang sangat istimewa ini diciptakan untuk mengenang Diamond Jubilee Ratu Elizabeth.

Bros ini berbentuk Iris Unguicularis, bunga populer yang dikaitkan dengan pertunjukan. Ratu sering mengenakan bros ini saat mengunjungi pertunjukan.

Bros dibuat oleh desainer Kristjan Eyjolfsson menggunakan 100 persen emas putih Inggris daur ulang dengan campuran berlian dan batu lainnya. Secara total, ada satu berlian kuning besar di tengah, 30 turmalin, 20 amethyst, 15 berlian, dan 60 batu safir, satu untuk setiap tahun masa pemerintahan Ratu.

Tak ketinggalan, Queen Mary's Turquoise Brooch, Ratu Elizabeth II baru-baru ini mengenakan bros ini dalam pidatonya kepada bangsa tentang pandemi corona Covid-19. Bros turquoise dan berlian ini pertama kali diberikan kepada neneknya Mary, yang menerima bros pada 1893 sebagai hadiah pernikahan dari mertuanya, calon Raja Edward VII dan Ratu Alexandra.

Kemungkinan besar bros tersebut diturunkan dari Ratu Mary ke Ratu Elizabeth. Namun, Ratu tidak memakainya di depan umum hingga 2014, dan itu tidak dalam putarannya dari bros yang paling sering dipakai seperti yang lainnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Persiapan New Normal di Masjid Istiqlal

Posted: 01 Jun 2020 10:00 PM PDT

Petugas memasang tanda silang antar saf di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Selasa (2/6/2020). Masjid Istiqlal merupakan salah satu sarana ibadah yang dipersiapkan menerapkan prosedur standar new normal atau kenormalan baru. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas memasang tanda silang antar saf di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Selasa (2/6/2020). Masjid Istiqlal merupakan salah satu sarana ibadah yang dipersiapkan menerapkan prosedur standar new normal atau kenormalan baru. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas memasang tanda silang antar saf di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Selasa (2/6/2020). Masjid Istiqlal merupakan salah satu sarana ibadah yang dipersiapkan menerapkan prosedur standar new normal atau kenormalan baru. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas memasang tanda silang antar saf di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Selasa (2/6/2020). Masjid Istiqlal merupakan salah satu sarana ibadah yang dipersiapkan menerapkan prosedur standar new normal atau kenormalan baru. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas memasang tanda silang antar saf di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Selasa (2/6/2020). Masjid Istiqlal merupakan salah satu sarana ibadah yang dipersiapkan menerapkan prosedur standar new normal atau kenormalan baru. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas memasang tanda silang antar saf di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Selasa (2/6/2020). Masjid Istiqlal merupakan salah satu sarana ibadah yang dipersiapkan menerapkan prosedur standar new normal atau kenormalan baru. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas memasang tanda silang pada bangku di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat,, Selasa (2/6/2020). Masjid Istiqlal merupakan salah satu sarana ibadah yang dipersiapkan menerapkan prosedur standar new normal atau kenormalan baru. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas memasang tanda silang pada bangku di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat,, Selasa (2/6/2020). Masjid Istiqlal merupakan salah satu sarana ibadah yang dipersiapkan menerapkan prosedur standar new normal atau kenormalan baru. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas memasang tanda silang pada bangku di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat,, Selasa (2/6/2020). Masjid Istiqlal merupakan salah satu sarana ibadah yang dipersiapkan menerapkan prosedur standar new normal atau kenormalan baru. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas memasang tanda silang antar saf di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Selasa (2/6/2020). Masjid Istiqlal merupakan salah satu sarana ibadah yang dipersiapkan menerapkan prosedur standar new normal atau kenormalan baru. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas memasang tanda silang antar saf di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Selasa (2/6/2020). Masjid Istiqlal merupakan salah satu sarana ibadah yang dipersiapkan menerapkan prosedur standar new normal atau kenormalan baru. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas memasang tanda silang antar saf di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Selasa (2/6/2020). Masjid Istiqlal merupakan salah satu sarana ibadah yang dipersiapkan menerapkan prosedur standar new normal atau kenormalan baru. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas memasang tanda silang antar saf di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Selasa (2/6/2020). Masjid Istiqlal merupakan salah satu sarana ibadah yang dipersiapkan menerapkan prosedur standar new normal atau kenormalan baru. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas memasang tanda silang antar saf di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Selasa (2/6/2020). Masjid Istiqlal merupakan salah satu sarana ibadah yang dipersiapkan menerapkan prosedur standar new normal atau kenormalan baru. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas memasang tanda silang antar saf di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Selasa (2/6/2020). Masjid Istiqlal merupakan salah satu sarana ibadah yang dipersiapkan menerapkan prosedur standar new normal atau kenormalan baru. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas memasang tanda silang antar saf di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Selasa (2/6/2020). Masjid Istiqlal merupakan salah satu sarana ibadah yang dipersiapkan menerapkan prosedur standar new normal atau kenormalan baru. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas memasang tanda silang antar saf di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Selasa (2/6/2020). Masjid Istiqlal merupakan salah satu sarana ibadah yang dipersiapkan menerapkan prosedur standar new normal atau kenormalan baru. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas memasang tanda silang antar saf di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Selasa (2/6/2020). Masjid Istiqlal merupakan salah satu sarana ibadah yang dipersiapkan menerapkan prosedur standar new normal atau kenormalan baru. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Demonstran Ngamuk di Jalan Tol, Serbu Mobil Truk

Posted: 01 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah truk menerobos massa yang menggelar aksi terkait insiden tewasnya George Floyd. Massa yang tak terim akemudian menyerang truk tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Rencananya Masjid Istiqlal Dibuka Juli

Posted: 01 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Masjid Istiqlal Jakarta kemungkinan akan dibuka kembali untuk kegiatan ibadah pada Juli 2020.Hal ini disampaikan Presiden Joko Widodo, menurutnya masjid ini kemungkinan akan dibuka setelah seluruh renovasi selesai.

"Tadi saya sudah mendapat informasi dari Prof Nasaruddin, Imam Besar Masjid Istiqlal bahwa direncanakan masjid akan dibuka bulan Juli tapi keputusan di Imam Besar," kata Jokowi mengutip Antara (2/6/2020).

Presiden menyampaikan hal tersebut saat melakukan peninjauan kesiapan penerapan prosedur standar new normal di sarana ibadah Masjid Istiqlal Selasa (2/6/2020) pagi.  Hingga kini, perkembangan renovasi masjid yang dipantau presiden sudah rampung lebih dari 90 persen.

Rencananya, renovasi yang tenah dilakukan masjid tersebut akan selesai pada awal Juli 2020. "Memang agak mundur karena adanya pandemi COVID-19. Apakah setelah selesai akan dibuka, belum kita putuskan."

Protokol Kesehatan

Berdasarkan informasi kesiapan yang disampaikan Imam Besar Istiqlal, tambah Jokowi, kemungkinan masjid akan mulai dibuka untuk aktivitas ibadah pada Juli 2020.

"Tapi tadi saya titip disiapkan protokol kesehatan sehingga nanti saat melaksanakan salat semuanya aman dari COVID-19."

"Semua memakai data keilmuan yang ketat sehingga kita harapkan akan berjalan dari tahap ke tahap, dari sektor ke sektor, dari provinsi ke provinsi sesuai dengan angka-angka yang tadi saya sampaikan," pungkasnya.

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral, Potret Ayah Ajak Anak Saat Antar Pesanan Makanan Sampai Terkantuk-kantuk

Posted: 01 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Taiwan - Seorang kurir pengantar makanan sekaligus seorang ayah tunggal harus bekerja di tengah pandemi Corona atau COVID-19 agar bisa menghidupi putranya. Bahkan ia rela ikut serta membawa putranya berkeliling sampai kelelahan.

Di masa pandemi seperti saat ini, tak sedikit orang yang kehilangan pekerjaannya. Sementara, mereka yang menjadi tulang punggung keluarga harus menghasilkan uang agar bisa menghidupi istri dan anaknya di rumah.

Hal itu juga dialami seorang ayah tunggal asal Taiwan. Ia harus bekerja dua pekerjaan sekaligus dalam sehari untuk bisa menghidupi putra semata wayangnya.

Seorang ayah tunggal

Seorang ayah terpaksa membawa putranya berkeliling antar pesanan makanan karena tak ada yang menjaga bocah tersebut di rumah.
Seorang ayah terpaksa membawa putranya berkeliling antar pesanan makanan karena tak ada yang menjaga bocah tersebut di rumah.

Pria bernama Lin tersebut bekerja sebagai pekerja konstruksi pada siang hari mulai pukul 08.30 sampai 17.30. Kemudian, ia bekerja sebagai kurir pengantar makanan paruh waktu, mulai pukul 18.00 sampai pukul 22.00. Jika dihitung dalam sehari, Lin bekerja selama lebih dari 13 jam.

Kondisinya sebagai ayah tunggal membuat ia terpaksa membawa putranya yang masih berusia tiga tahun lantaran tak ada seorang pun di rumah yang bisa merawatnya.

Ia mengaku telah berpisah dengan istrinya sejak lama, melansir dari World of Buzz (2/6/2020). Sejak saat itulah ia harus merawat putranya seorang diri.

Putranya terkantuk-kantuk saat ikut ayahnya bekerja

Seorang ayah terpaksa membawa putranya berkeliling antar pesanan makanan karena tak ada yang menjaga bocah tersebut di rumah.
Seorang ayah terpaksa membawa putranya berkeliling antar pesanan makanan karena tak ada yang menjaga bocah tersebut di rumah.

Kisah ini diunggah akun Twitter @KAMIcomphnews hingga menjadi perbincangan viral. Dalam unggahannya terdapat foto dirinya yang sedang mengantar makanan sambil membawa putranya.

Dalam foto tersebut juga terlihat anak itu terkantuk-kantuk di atas motor dengan menggunakan helm dan kotak makanan yang diikat di punggungnya agar ia tak terjatuh.

Respons Warganet

Seorang ayah terpaksa membawa putranya berkeliling antar pesanan makanan karena tak ada yang menjaga bocah tersebut di rumah.
Seorang ayah terpaksa membawa putranya berkeliling antar pesanan makanan karena tak ada yang menjaga bocah tersebut di rumah.

Namun, terkadang Lin menempatkan anaknya di depan agar dapat mengawasinya. Ia juga menceritakan, putranya sering membantu dirinya seperti membawakan pesanan makanan untuk kustomernya.

Foto-foto yang beredar luas di media sosial tersebut pun menuai berbagai macam respons warganet. Tak sedikit dari mereka yang kasihan dan tak tega melihat kondisi anak itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapten Juventus Ikut Kecam Kematian George Floyd

Posted: 01 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Turin- Kecaman atas kematian pria kulit hitam George Floyd di Minneapolis, Amerika Serikat, terus bermunculan. Para insan olahraga turut mengecam tindakan keji kepolisian Amerika Serikat yang menyebabkan George Floyd wafat.

Yang terbaru, kapten Juventus Giorgio Chiellini mengutarakan kegeramannya atas kepergian George Floyd yang sangat tragis akhir Mei lalu. Lewat media sosial, Chiellini kembali menekankan pentingnya membuang jauh-jauh sikap rasisme.

"Saya sudah melihat gambar dan melihatnya lagi. Dan saya perlu waktu. Untuk berpikir. Untuk pulih dari goncangan kekerasan sebesar ini. Bagaimana saya bisa menjelaskan kepada putri saya apa yang terjadi? Kata-kata apa yang saya katakan kepada mereka? Yang benar adalah, saya belum menemukannya. Tidak ada jawaban," tulis Chiellini di Twitter.

"Hanya satu pertanyaan, sekuat kehidupan yang diambil dari George Floyd: Mengapa? Bagaimana itu bisa terjadi? Mengapa sejarah berulang?"

Seperti diketahui, George Floyd meninggal dunia dengan tragis setelah tidak bisa bernafas akibat lehernya ditekan dengan lutut oleh petugas kepolisian Derek Chauvin. Selama delapan menit dan 46 detik, Chauvin berlutut di leher Floyd.

 

 

Komentar

Giorgio Chiellini (AFP/Marco Bertorello)
Giorgio Chiellini (AFP/Marco Bertorello)

"Saya sudah membaca tagar #BlackLivesMatter. Seharusnya tidak perlu untuk menulisnya. Karena semua kehidupan itu penting. Setiap manusia. Setiap anak, anak laki-laki, pria, wanita dan orang di dunia," lanjut Chiellini.

"Tetapi jika mengulang itu membantu, jika masih belum jelas bagi seseorang: kehidupan hitam itu penting. Sekarang dan selalu," pungkas pria 35 tahun itu.

Protes

Kematian George Floyd menimbulkan gelombang protes di Negeri Paman Sam serta mengundang aksi solidaritas dari berbagai pelaku olahraga profesional.

Aksi protes di berbagai kota di Amerika Serikat berujung pada kerusuhan dan penjarahan. Sejumlah toko-toko barang mewah ludes dijarah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bisnis Moncer, Induk TikTok Akan Bikin Perusahaan Baru di India?

Posted: 01 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - ByteDance, perusahaan di balik aplikasi video kreator terpopuler TikTok, kabarnya berencana membangun entitas perusahaan baru di India.

Ini merupakan upaya kedua ByteDance di India, apalagi tujuannya adalah hendak memperluas bisnisnya di negara-negara Asia.

Terlepas dari rencana bisnis di Asia Tenggara, bagi ByteDance, India merupakan salah satu pasar utamanya. Pasalnya banyak pengguna TikTok yang berasal dari negara ini.

Mengutip Gizmochina, Selasa (2/6/2020), seorang sumber yang dekat dengan isu ini mengklaim, perusahaan tengah mencari cara untuk memperluas sektor IT.

Caranya adalah dengan menyediakan teknologi dan informasi terkait layanan-layanan serupa milik platform ByteDance di seluruh dunia serta India.

Masukkan Seluruh Konten

TikTok. Dok: money.com
TikTok. Dok: money.com

ByteDance sendiri memiliki dua platform media sosial populer, termasuk aplikasi TikTok dan Helo.

Perusahaan juga memiliki platform penemuan konten seperti Toutiao dan Douyin yang merupakan TikTok versi Tiongkok.

Disebutkan sumber tersebut, ke depannya entitas perusahaan baru ini bertanggung jawab memasukkan konten yang dihasilkan dari semua platform milik ByteDance.

Transfer Teknologi

Ilustrasi TikTok, Aplikasi TikTok.  Kredit: antonbe via Pixabay
Ilustrasi TikTok, Aplikasi TikTok. Kredit: antonbe via Pixabay

"Akan ada transfer data dan teknologi India dengan ByteDance untuk meningkatkan jumlah tenaga kerjanya di India," kata sumber tersebut.

Dengan begitu, ByteDance akan melakukan ekspansi di pasar India, di mana jumlah unduhan TikTok oleh pengguna negara ini mencapai 600 juta kali unduh.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMKG Juanda: Surabaya Bakal Berawan hingga Malam Hari

Posted: 01 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memperkirakan, Surabaya, Jawa Timur akan berawan hingga malam hari pada Selasa, (2/6/2020).

Prakirawan BMKG Juanda, Arif Krisna menuturkan, Surabaya, Jawa Timur akan berawan dari sore hingga malam hari. Suhu di Surabaya akan berada di kisaran 26-32 derajat celsius dengan kecepatan angin 5-30 KM per jam. Kelembaban berada di kisaran 65-95 persen.

Sementara itu,, di Sidoarjo akan cerah hingga cerah berawan pada sore hingga malam hari. "Suhu udara akan berada di kisaran 25-32 derajat celsius dengan kelembaban berada di kisaran 65-95 persen, dan kecepatan angin dari timur pada 5-30 KM," ujar dia saat dihubungi Liputan6.com.

Lebih lanjut ia menuturkan, di Gresik, cuaca akan cerah berawan. Suhu di Gresik akan berada di kisaran 26-33 derajat celsius. Kelembaban berada di kisaran 65-95 persen. Kecepatan angin 5-30 KM.

"Di Lamongan akan cerah hingga cerah berawan dengan suhu di kisaran 25-32 derajat celsius. Kelembaban di kisaran 65-95 persen, kecepatan angin 5-30 KM per jam," ujar dia.

 

Waspadai Hujan Intensitas Sedang hingga Lebat

Ilustrasi Hujan (iStockphoto)
Ilustrasi Hujan (iStockphoto)

Selain itu, BMKG Juanda juga merilis peringatan dini tiga harian. BMKG Juanda mengimbau untuk mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada siang hingga sore hari di Kabupaten Malang, Batu, Situbondo, Bangkalan, Pamekasan, dan Sampang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Singapura Berencana Kembali Buka 80 Persen Kegiatan Ekonomi di Juni

Posted: 01 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Singapura berencana menjalankan kembali sebagian besar kegiatan ekonominya pada Juni ini. Negara ini memberlakukan pembatasan sejak awal April untuk mencegah penyebaran Virus Corona sementara waktu, dengan menutup sekolah dan menerapkan kerja dari rumah.

Rencananya, Singapura akan mengatur langkah-langkah pelonggaran dalam tiga fase, mulai Selasa ini. "Pada fase satu, kita akan membuat 80 persen ekonomi semua kembali ke jalurnya. Kemudian sektor terakhir yang tersisa adalah ritel dan F&B (makanan dan minuman), yang kami harap akan dibuka kembali pada akhir Juni," kata Menteri Perdagangan Chan Chun Sing, seperti melansir laman CNBC, Selasa (2/6/2020).

Singapura merupakan salah satu negara dengan jumlah kasus Virus Corona terbanyak di Asia, dengan lebih dari 34.800 orang terinfeksi sejauh ini, menurut data Johns Hopkins University.

Sebagian besar kasus dikaitkan dengan kluster infeksi asrama yang menampung pekerja asing yang melakukan pekerjaan konstruksi.

Dilaporkan, beberapa orang akan diizinkan untuk kembali bekerja pada fase pertama. Meskipun pebisnis masih didorong untuk tetap mempekerjakan pekerjanya dari rumah bila memungkinkan. Sekolah juga akan dibuka kembali, meskipun siswa akan tetap belajar dari rumah beberapa hari.

Chan mengatakan jika pemerintah telah bekerja dengan perusahaan dan pekerja untuk menerapkan langkah-langkah yang diperlukan di lingkungan kerja, transportasi dan pengaturan jarak sosial.

 

Fase Kedua

Ilustrasi bendera Singapura - Portrait (Wikimedia Commons)
Ilustrasi bendera Singapura - Portrait (Wikimedia Commons)

Singapura akan memantau dampak pembukaan aktivitas pada fase pertama. Jika tingkat infeksi di masyarakat tetap rendah selama minggu-minggu berikutnya, maka fase kedua akan kembali dijalankan.

Chan mengaku penularan virus di masyarakat dalam kondisi stabil dalam beberapa pekan terakhir. Namun, akan membutuhkan waktu lebih lama bagi Singapura untuk membersihkan asrama pekerja dan mengidentifikasi semua kasus, termasuk yang tanpa gejala.

Singapura merupakan salah satu negara paling awal di luar China yang melaporkan kasus infeksi. Chan mengatakan, negaranya harus melampaui standar ukuran dan kebersihan di asrama-asrama pekerja migran, di mana pemerintah terus mengevaluasi situasi yang ada.

"Lingkungan kerja, pencampuran kegiatan sosial di luar jam kerja juga perlu diperhatikan untuk memastikan kembali masyarakat bisa bekerja dengan aman," tambah dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dwi Sasono Tertangkap Kasus Narkoba, Lulu Tobing: Laki-Laki Ini Orang Baik

Posted: 01 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aktor Dwi Sasono diamankan polisi atas kasus penyalahgunaan narkoba pada 26 Mei 2020. Suami Widi Mulia itu ditangkap di kediamannya di kawasan Pondok Labu, Jakarta Selatan, dengan barang bukti ganja seberat 16 gram yang disimpan dalam guci di rumah pribadinya.

Mengetahui Dwi Sasono ditangkap polisi, tak sedikit selebritas Tanah Air yang memberikan dukungan kepada aktor 40 tahun itu, salah satunya Lulu Tobing. Mengunggah foto kebersamaannya dengan Dwi Sasono, Lulu Tobing menuliskan bahwa bintang film Dua Garis Biru itu adalah orang yang baik.

"Laki- laki ini orang baik," tulis Lulu Tobing dalam keterangan foto unggahannya, Senin (1/6/2020).

Teman Baik

Foto Instagram/ lutob
Foto Instagram/ lutob

Lulu Tobing yang pernah satu frame dengan Dwi Sasono dalam film Dua Garis Biru ini juga menuliskan, selama kenal ia menilai kalau Dwi Sasono adalah teman yang baik meskipun harus berurusan dengan polisi karena terjerat narkoba.

"Dia teman yang baik," kata Lulu Tobing.

Doakan Dwi Sasono

Aktor berinisial DS atau Dwi Sasono saat dirilis terkait kasus kepemilikan narkoba di Polres Metro Jakarta Selatan, Senin (1/6/2020). Dalam penggeledahan, polisi berbasil menemukan barang bukti ganja seberat 16 gram.  (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Aktor berinisial DS atau Dwi Sasono saat dirilis terkait kasus kepemilikan narkoba di Polres Metro Jakarta Selatan, Senin (1/6/2020). Dalam penggeledahan, polisi berbasil menemukan barang bukti ganja seberat 16 gram. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tak lupa, Lulu Tobing mendoakan dan memberikan dukungan bagi Dwi Sasono dan Widi Mulia beserta anak-anak mereka agar tabah menjalani cobaan ini.

"Doa terbaik buat kalian sekeluarga @dwisasono @widimulia," tulisnya mengakhiri.

Ditahan

Aktor berinisial DS atau Dwi Sasono saat dirilis terkait kasus kepemilikan narkoba di Polres Metro Jakarta Selatan, Senin (1/6/2020). Dalam penggeledahan, polisi berbasil menemukan barang bukti ganja seberat 16 gram.  (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Aktor berinisial DS atau Dwi Sasono saat dirilis terkait kasus kepemilikan narkoba di Polres Metro Jakarta Selatan, Senin (1/6/2020). Dalam penggeledahan, polisi berbasil menemukan barang bukti ganja seberat 16 gram. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Dwi Sasono telah ditetapkan sebagai tersangka dan kini ditahan di Rutan  Polres Metro Jakarta Selatan. Apalagi tes urine menunjukan bapak tiga anak itu positif menggunakan ganja selama satu bulan belakangan ini.

Menurut pengkauan Dwi Sasono, ia menggunakan ganja lantaran sulit tidur selama pandemi Corona Covid-19 dan juga untuk mengisi kekosongan waktu selama di rumah saja.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pergerakan Penumpang di Bandara Soetta pada Mei 2020 Cuma 76 Ribu Orang

Posted: 01 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Angkasa Pura (AP) II sebagai pengelola Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta), Cengkareng, Tangerang, Banten mencatat terdapat lebih dari 76 ribu pergerakan penumpang selama Mei 2020. Pergerakan tersebut terhitung mulai 7 Mei sampai dengan 31 Mei.

"Selama 25 hari, pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta sebanyak 76.716 datang dan pergi, domestik maupun internasional," ungkap Direktur Utama Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, Selasa (2/6/2020).

Jumlah tersebut, menurutnya sangat jauh di bawah batas normal sebelum adanya pandemi. Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Bandara Soetta pun, juga mampu menekan dan memperketat jumlah orang yang hendak bepergian dengan rute domestik.

Sementara, untuk rute internasional, angka pergerakan penumpang masih didominasi oleh para WNI yang repatriasi.

Menurunnya angka pergerakan penumpang, juga dibarengi dengan pergerakan pesawat. Tercatat di tanggal yang sama, pergerakan pesawat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) hanya 3.480, sementara untuk kargo sebanyak 20.861 ton.

 

Bandara yang Dikelola Angkasa Pura II

Selama bulan Mei 2020, lebih dari 76 ribu pergerakan penumpang di bandara Soekarno Hatta (Soetta) Tangerang, Banten.
Selama bulan Mei 2020, lebih dari 76 ribu pergerakan penumpang di bandara Soekarno Hatta (Soetta) Tangerang, Banten.

Sementara di 18 Bandara Angkasa Pura II yang lain pada priode yang sama hanya sebanyak 1.572 pergerakan penumpang dengan 27.091 penumpang dan 5.495 ton kargo.

"Sangat kecil dibandingkan dengan kondisi normal. Artinya, pembatasan dengan pengawasan, pengendalian pergerakan orang sangat efektif di 19 Bandara Angkasa Pura II," ujar Awaluddin.

Awaluddin juga mengatakan, pembatasan penumpang dengan kriteria khusus tetap akan dilakukan sejalan dengan Surat Edaran nomor 5 tahun 2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan COVID-19.

"Kami akan tetap mengawal sampai penetapan pemerintah di tanggal 7 Juni selesai. Kalau ada hal-hal yang harus disesuaikan akan kami sampaikan lagi," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suasana Haru Penyambutan Santri di Polman Usai Sembuh dari Covid-19

Posted: 01 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Polman - Suasana haru menyelimuti penjemputan NA (22), santri Klaster Temboro yang sembuh dari Covid-19 asal Desa Rea, Kecamatan Binuang, Polman, Sulawesi Barat. NA dijemput langsung oleh Pemerintah Kecamatan dan Puskesmas Binuang di tempat karantina RS Pratama Wonomulyo, Senin (1/6/2020).

NA dinyatakan sembuh pada 31 Mei 2020 kemarin, setelah dua kali hasil tes swabnya negatif. Saat tiba di kediamannya, ia langsung disambut pengalungan sorban oleh Camat Binuang, yang diiringi salawat dari petugas puskesmas, pemerintah desa dan warga setempat. Ia juga mendapatkan bingkisan parsel sebagai bentuk syukur atas kesembuhan pasien.

"Allahu akbar, Allahummassalli ala Muhammad," teriak warga yang diikuti oleh tepuk tangan.

Saat tiba di halaman rumah, pasien sempat memimpin doa bersama yang diikuti oleh warga dan keluarganya. Isak tangis pecah, saat pasien tiba di depan pintu rumah, di mana ayah, ibu, dan adik pasien, langsung memeluknya dengan berurai air mata, warga yang menyaksikan momen itu ikut merasa haru dan meneteskan air mata.

"Alhamdulillah, hari ini saya dinyatakan sembuh, ini berkat dari pertolongan Allah, doa dari orangtua, keluarga, sahabat, dan warga semuanya," kata NA.

Nasrullah juga menyampaikan permohonan maaf, karena ia sempat membuat masyarakat menjadi panik dan resah saat dinyatakan positif Covid-19. Ia juga mengucapkan rasa terima kasih atas dukungan yang ia terima selama menjalani masa karantina hingga sembuh.

"Semua ini bukan karena kehendak saya, tetapi ini karena kehendak Allah. Alhamdulillah atas kuasa Allah SWT, telah memberi saya kesehatan," ujar NA.

Camat Binuang, Andi Idrus berterima kasih atas dukungan seluruh warga atas kesembuhan NA. Ia berharap, warga tetap waspada dan menaati imbauan pemerintahan, utamanya mengenai penerapan protokol kesehatan.

"Kalau ada warga pendatang, wajib melapor dan periksa kesehatan, kalau perlu dikarantina dulu," kata Idrus.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Binuang Nurhayati mengatakan, meski NA dinyatakan sembuh, tetapi, pihaknya akan terus memantau perkembangan NA selama 14 hari. Ia juga menyarankan agar pasien tetap menjaga kontak dengan keluarga lainnya.

"Kita harapkan, keluarga bisa bekerjasama dengan baik saat pasien karantina mandiri. Ini artinya mereka betul-betul disiplin menjalankan protokol kesehatan karantina mandiri," tuturnya.

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Vaksin Virus COVID-19 Buatan China Diprediksi Siap Dipasarkan Akhir 2020

Posted: 01 Jun 2020 09:57 PM PDT

Liputan6.com, Beijing - Akhir 2020 atau awal 2021, vaksin Virus Corona COVID-19 nonaktif buatan China diprediksi akan siap dipasarkan.

"China diperkirakan akan merampungkan uji klinis vaksin Corona COVID-19 nonaktif buatannya," demikian diungkapkan oleh pihak pengembang China National Biotec Group (CNBG), seperti dikutip dari Xinhua, Selasa (2/6/2020).

Sebagai anak perusahaan dari China National Pharmaceutical Group (Sinopharm), CNBG memiliki dua vaksin COVID-19 nonaktif yang sedang dalam uji klinis Fase 2 dan telah meningkatkan kapasitas produksi vaksinnya.

Perusahaan itu memaparkan lebih dari 2.000 orang telah menerima vaksin tersebut dan data klinis sudah memverifikasi keamanan serta kemanjurannya, yang menunjukkan bahwa efek samping merugikan pada vaksin ini jauh lebih rendah dibandingkan produk serupa lainnya.

Demi meningkatkan kapasitas produksi, perusahaan tersebut telah membangun sebuah unit produksi besar di Beijing yang dapat memenuhi tingginya persyaratan perlindungan keselamatan biologi (biosafety). Unit ini akan mampu memproduksi 100 hingga 120 juta vaksin COVID-19 nonaktif setiap tahun begitu produksi massal dimulai.

Fasilitas produksi vaksin lainnya di Wuhan diprediksi akan selesai pada akhir Juni atau awal Juli. Kedua unit produksi tersebut diperkirakan dapat memproduksi 200 juta vaksin Corona COVID-19 nonaktif setiap tahun secara gabungan, yang akan membantu memastikan jumlah pasokan memadai.

3 Negara Tunjukkan Hasil Positif Vaksin Corona

Ilustrasi Foto Vaksin (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Vaksin (iStockphoto)

Para ilmuwan di seluruh dunia sedang bekerja keras mencari obat dan vaksin untuk Virus Corona COVID-19. Targetnya tahun depan sudah ada vaksin yang berhasil.

Setidaknya, penelitian di tiga negara -- termasuk China-- sudah menunjukan sinyal positif dalam pencarian vaksin Virus Corona COVID-19. Vaksin mereka sudah memasuki tahap pengujian yang lebih lanjut.

Dua negara lainnya adalah Inggris dan Thailand.

Selengkapnya di sini...

Saksikan Juga Video Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Putar Arah 54 Ribu Lebih Kendaraan Selama Arus Balik Lebaran

Posted: 01 Jun 2020 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hingga 1 Juni 2020, tercatat  sudah sebanyak 54 ribu lebih kendaraan yang diputar arah selama arus balik Lebaran.

"Arus balik sebanyak 54.127 kendaraan," tutur Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan saat dikonfirmasi, Selasa (2/6/2020).

Di hari ke 39 sendiri, ada 8.224 kendaraan pemudik yang diminta kembali ke titik awal perjalanan saat arus balik. Jumlah tersebut merupakan kalkulasi dari hasil giat sejumlah polda.

"Polda Metro Jaya 4.208 kendaraan, Polda Jabar 1.659 kendaraan, Polda Jateng 714 kendaraan, Polda Jatim 311 kendaraan, Polda Banten 1.312 kendaraan, dan Polda Lampung 20 kendaraan. Sementara, Polda Daerah Istimewa Yogyakarta tidak ada kendaraan yang diputar balik," jelas dia.

Adapun total seluruh kendaraan yang diputar balik selama operasi arus mudik dan arus balik adalah 132 ribu lebih kendaraan. Dengan rincian arus mudik sebanyak 78.455 kendaraan dan arus balik sebanyak 54.127 kendaraan.

"Jumlah total ranmor yang diputar balik selama 39 hari sebanyak 132.582 kendaraan," Ahmad menandaskan.

Situasi Arus Balik di Tol Cikupa

Sebelumnya, arus lalu lintas kendaraan pada arus balik Lebaran 2020 di ruas Tol Cikupa-Tanggerang, Banten, Minggu, 31 Mei 2020, terpantau ramai lancar.

Petugas gabungan dari kepolisian, dinas perhubungan, dan Satpol PP memeriksa kendaraan yang melintas dari arah Merak menuju wilayah Jabodetabek.

Dilansir Antara, Minggu (31/5/2020), para pengendara wajib menunjukkan Surat Izin Keluar atau Masuk (SKIM) Jakarta. Hal tersebut dilakukan demi mencegah orang masuk ke wilayah episentrum Covid-19 selama arus mudik Lebaran.

Apabila pengendara itu tidak dapat menunjukkan surat tersebut, maka petugas akan meminta pengemudi memutarbalikkan kendaraan ke arah Merak atau ke arah Jabodetabek.

Kendaraan yang diizinkan melintas jalan tol tanpa SKIM hanya kendaraan logistik, kendaraan darurat, truk pengangkut bahan bakar dan sembako, serta ambulans.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Bukti Siwon 'Super Junior' Semakin Lokal, dari Meme hingga Nama Indonesia

Posted: 01 Jun 2020 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aktor, model sekaligus Idol K-Pop Choi Siwon kembali menjadi sorotan netizen. Member dari grup Super Junior ini tengah menjadi trending topik di media sosial. Hal ini dikarena Siwon Super Junior kembali mengunggah foto serta caption menggunakan bahasa Indonesia.

Tak sedikit pula netizen yang menyatakan jika pria kelahiran 10 Februari 1987 ini terlihat semakin lokal. Bahkan, pada unggahan terbarunya di akun Twitter ia juga memperlihatkan sebuah meme 'Maju Lo Sini'. Tentu saja meme tersebut langsung curi perhatian netizen.

Berbagai komentar kocak yang menyatakan jika pria yang pernah masuk dalam jajaran 30 Under 30 Asia versi Majalah Forbes ini semakin lokal juga terlihat di akun Twitter pribadinya. Bahkan, nama Siwon pun menjadi trending nomor 1 di Twitter Indoensia.

Bukan satu atau dua kali saja Siwon memperlihatkan kelihaian serta kedekatannya dengan masyarakat Indonesia. Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (2/6/2020) berikut ini beberapa bukti jika Choi Siwon Super Junior semakin lokal di mata masyarakat Indonesia.

1. Banyak yang bilang Bahasa Indonesia Siwon semakin lama mirip bahasa yang digunakan oleh anak tongkrongan.

2. Siwon yang tengah merambah dunia YouTube juga mempromosikan channelnya denga Bahasa Indonesia.

3. Ia semakin memperlihatkan kelokalannya setelah menjadi brand ambassador salah satu produk mi instan.

4. Ia juga terlihat tengah mempromosikan projek No Challenge, No Change selama masa pandemi dengan bahasa Indonesia di akun Instagram pribadinya.

5. Beberapa waktu lalu setelah bulan Ramadhan usai, pria yang menjadi duta UNICEF ini juga merekomendasikan kurma atau Jujube dari negara asalnya.

6. Siwon juga sempat mengucapkan terima kasih kepada penggemar yang telah memberikan perhatian dan kasih sayang kepadanya.

7. Member Super Junior sendiri memiliki nama lokal Indonesia, dan nama lokal Siwon sendiri ialah Agung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Viral Dokter RS di Manado Sogok Keluarga Pasien PDP Covid-19, Ini Faktanya

Posted: 01 Jun 2020 09:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Viral informasi yang mengklaim dokter di rumah sakit Manado menyogok keluarga pasien agar setuju meninggal karena virus corona baru (Covid-19).

Informasi tersebut diunggah akun Facebook Reza Abdullah, disertai dengan foto dan video. Berikut keterangan unggahan tersebut:

"Kejadian di Manado Tadi siang Ada orang yang meninggal Karena Penyakit jantung Tetapi dokter memberikan uang kepada keluarga (menyogok) agar Di beritakan bahwasanya Pasien tersebut meninggal Karena covid 19 Keluarga tidak Terima Alhasil seluruh keluarga beserta rekan rekan nya mengambil jenazah secara paksa. Waw Ada apa dengan indonesiaku."

Unggahan pada 2 Juni 2020 tersebut telah memperoleh 15 komentar dan 305 kali dibagikan.

Benarkah klaim dokter rumah sakit di Manado menyogok keluarga pasien agar setuju meninggal karena Covid-19? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim dokter rumah sakit di Manado menyogok keluarga pasien agar setuju meninggal karena Covid-19?, menggunakan Google Search dengan kata kunci 'video rumah sakit Manado menyogok keluarga pasien'.

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Viral Keluarga PDP 'Disogok' RS, Ini Kata Gugus Tugas Pemprov Sulut" yang dimuat situs manadopost.jawapos.com, pada 1 Juni 2020.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara Sulut (Sulut) Steaven Dandel mengatakan, terkait isu pemberian uang dalam kasus tersebut, dalam SOP tidak ada kebijakan pemberian uang kepada keluarga. Yang dia tangkap di dari penjelasan dokter rumah sakit Pancaran Kasih, uang diserahkan kepada imam yang dipanggil pihak RS untuk memandikan dan mensalatkan jenazah. Bukan kepada keluarga.

Situs tersebut menerangkan, video massa yang melakukan perusakan fasilitas RS Pancaran Kasih Manado.

Dari informasi yang dikumpulkan, massa ini memprotes tindakan protokol pemakaman Covid-19 yang akan diberlakukan pada jenazah pasien. Bahkan dengan berteriak-teriak, massa menerobos masuk ke RS dan mengambil jenazah yang sudah dibungkus dengan kafan. Masih dengan teriakan, massa memboyong jenazah masuk ke mobil ambulans.

Dalam video lain yang juga viral, anak pasien menerangkan bahwa pada saat selesai memandikan jenazah ayahnya, pihak RS dalam hal ini dokter yang menangani memberikan uang kepadanya agar jenazah tidak lagi dibawa ke rumah dan langsung dibawa ke lokasi pemakaman.

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul "Ini Penjelasan Dirut RS Pancaran Kasih Terkait Tudingan 'Uang Sogok'" yang dimuat situs manadopost.jawapos.com, pada 2 Juni 2020.

Dalam situs tersebut, Direktur Utama (Dirut) RS Pancaran Kasih dr Frangky Kambey menyatakan, isu menawarkan uang sogok kepada keluarga pasien, tidak benar. "Saya atas nama direksi dan seluruh karyawan RS GMIM Pancaran Kasih, turut berbelasungkawa atas kepergian almarum yang meninggal di rumah sakit kami siang tadi (kemarin)," katanya.

Setiap pasien yang masuk RS, baik ODP, PDP, dan positif Covid-19, langsung dinotifikasi ke Gugus Tugas Kota Manado dan Pemprov Sulut. Apabila pasien meninggal, juga diberi tahu ke Gugus Tugas. Ada protokol yang dilakukan jika pasien meninggal. Yakni protokol jenazah, karena situasi wabah.

"Di RS kami, yang meninggal ada pasien yang beragama Kristen Protestan, Katolik, Muslim, Budha, dan Hindu. Masing-masing ada penanganan sesuai agamanya. Kebetulan pasien ini beragama Muslim. Jadi kami menggunakan fatwa MUI nomor 18 tahun 2020 tentang pedoman pengurusan jenazah muslim yang terinfeksi Covid-19," jelasnya.

Di pasal 7 katanya, disebutkan jenazah bisa dimandikan, dikafani, dan disalatkan oleh pemuka agama yang beragama muslim. Biasanya pihak rumah sakit memberikan insentif kepada yang memandikan, mengkafani, dan mensalatkan jenazah Rp 500 ribu per orang. Mengingat mereka menanggung resiko yang besar, dalam hal tertular, maka juga harus menggunakan APD level 3.

Lanjut Kambey, kebetulan yang terjadi adalah yang memandikan, mengkafankan dan mensalatkan hanya satu orang, biasanya tiga. Sehingga petugas RS melaporkan, ada dua insentif yang tertinggal. Sehingga dia menginstruksikan, berikan saja ke siapa saja yang disitu. Kebetulan yang ada di situ keluarga.

"Menurut petugas, keluarga tidak menerima. Jadi sebenarnya ada kesalahpahaman. Kalaupun kami salah, kami minta maaf. Tapi dari lubuk hati yang terdalam, kami hanya menjalankan kebijakan. Misalnya pun kalau diterima, anggaplah itu sebagai ungkapan belasungkawa kami, bukan seperti yang diisukan bahwa kami menyogok untuk mengatakan pasien ini positif Covid-19," urainya, sembari mengatakan, pasien tersebut terdiagnosa sebagai PDP. Karena itu, protokol yang digunakan adalah penanganan jenazah Covid-19.

Kambey juga mengklarifikasi, pihaknya tidak pernah membolehkan jenazah pasien dibawa pulang. "Kalau kami membolehkan, kami bisa diproses karena melanggar protokol. Semua pasien yang meninggal, baik statusnya ODP, PDP, dan positif, harus dinotifikasi ke Gugus Tugas Manado. Jadi kami sudah melakukan tugas dan kewajiban kami, yakni menangani dan melaksanakan apa yang menjadi protokol. Prinsip kami adalah menjalankan tugas, dan menunaikan misi kemanusiaan tenaga kesehatan. Kalaupun ada kesalahan, mungkin miskomunikasi antara dua belah pihak, kami mohon maaf," tukasnya.

 

Kesimpulan

Klaim klaim dokter rumah sakit di Manado menyogok keluarga pasien agar setuju meninggal karena Covid-19 tidak didukung bukti kuat.

Direktur Utama (Dirut) RS Pancaran Kasih dr Frangky Kambey telah membatantah kabar tersebut, uang yang diberikan ke pihak keluarga adalah insentif memandikan jenazah. Pasien yang meninggal tersebut berstatus PDP, sehingga jenazahnya harus ditangani dengan mengacu pada protokol Covid-19.

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Diminta Pastikan Dunia Usaha Patuhi Protokol Kesehatan Saat New Normal

Posted: 01 Jun 2020 09:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah berencana berlakukan new normal guna menghindari berlarutnya dampak pandemi Covid-19 terhadap ekonomi.

Menyikapi hal itu Sekretaris Fraksi PPP DPR yang juga Anggota Komisi VI DPR RI, Achmad Baidowi meminta pemerintah untuk memastikan pihak-pihak yang terlibat dalam dunia usaha mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan selama new normal diterapkan. 

"Yakni jaga jarak, memakai masker dan sering cuci tangan. Untuk itu dibutuhkan ketegasan regulasi dan kedisiplinan menjalankan regulasi tersebut," tegas pria yang akrab disapa Awiek ini melalui keterangan tulisnya, Selasa (2/6/2020).

Selain itu, Awiek juga meminta agar pemerintah melakukan simulasi dan sosialisasi yang masif kepada masyarakat terkait new normal agar terbiasa.

"Selain itu, pemenuhan terhadap infrastruktur, fasilitas kesehatan serta kecukupan tenaga medis harus mendapat perhatian khusus. Mengingat kondisi setiap daerah tidak sama,"pintanya. 

Di luar itu, Awiek juga mengingatkan pemerintah bahwa new normal tetap ada pembatasan orang dalam beraktivitas sebagai konsekuensi jaga jarak, hal ini dikhawatirkan akan terjadi pengurangan tenaga kerja yang berimbas pada PHK.

 

Jangan PHK Meluas

Oleh karenanya negara diminta hadir untuk melindungi pekerja dan jangan sampai terjadi PHK yang meluas.

"Adanya pembatasan orang dalam bekerja sebagai konsekuensi jaga jarak, maka perlu alternatif lain seperti membuat jam operasional diperpanjang dan pekerja bergiliran sehingga PHK bisa diminimalisir," ujarnya. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wapres Ma'ruf Amin: Sertifikasi Produk Halal Jadi Acuan Kemajuan Pasar Syariah

Posted: 01 Jun 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma'ruf Amin mengatakan sertifikasi halal untuk Indonesia sebagai negara berpenduduk mayoritas muslim, adalah sebuah kondisi untuk memaslahatkan umat. Karenanya, peran LPPOM MUI dalam mengeluarkan sertifikasi halal sangatlah penting.

"Menjaga umat supaya jangan sampai bermuamalah dengan sesuatu yang tidak syariah, salah satunya dengan sertifikasi halal, juga dengan ekonomi syariah," kata Wapres Ma'ruf lewat siaran pers diterima, Selasa (2/6/2020).

Menurut Wapres, sejauh ini sertifikasi halal yang dikeluarkan LPPOM MUI ini selain diakui di Indonesia juga diakui dunia. Caranya dengan menggabungkan komisi fatwa yakni fatwa ulama, dengan komisi audit yakni penelitian yang dilakukan LPPOM.

"Sistem kerja kita telah diakui dan diterapkan secara global. Hal ini membuat MUI menjadi acuan dan standar sertifikasi halal bagi hampir 50 lembaga sertifikasi di dunia," papar Wapres.

 

Membangun Industri Halal

Wapres Ma'ruf Amin memberikan pidato sekaligus menutup Rakornas Indonesia Maju antara Pemerintah Pusat dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah di Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/11/2019). Kegiatan tersebut untuk mensinergikan program-program pemerintah pusat dengan daerah. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Wapres Ma'ruf Amin memberikan pidato sekaligus menutup Rakornas Indonesia Maju antara Pemerintah Pusat dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah di Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/11/2019). Kegiatan tersebut untuk mensinergikan program-program pemerintah pusat dengan daerah. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Ke depan, Wapres ingin, bagaimana Indonesia tidak hanya berperan dalam mengeluarkan sertifikasi halal tetapi juga membangun industri halal. Hal ini mengingat potensi yang dimiliki, Indonesia berpeluang besar menjadi produsen halal terbesar di dunia.

"Cita-cita kita, yaitu produk halal Indonesia dapat digunakan di seluruh dunia, tidak hanya konsumsi dalam negeri tapi juga konsumsi luar negeri," Wapres menandasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Wallpaper Ini Bisa Smartphone Crash dan Tak Bisa Nyala

Posted: 01 Jun 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pengguna melaporkan smartphone mereka crash dan tidak bisa lagi menyala setelah men-download dan pasang sebuah wallpaper.

Berita tentang masalah wallpaper yang dialami sejumlah pengguna di berbagai negara ini, menjadi sorotan pembaca kanal Tekno Liputan6.com, Senin (1/6/2020).

Artikel lain yang juga bikin penasaran, sejumlah fitur unggulan di Galaxy A11 dan hacker sebar ribuan email dan password usai meretas server layanan penyedia hosting situs dark web.

Lebih lengkapnya simak berita berikut ini.

1. Hati-Hati, Wallpaper Ini Bisa Bikin Smartphone Android Crash dan Tak Mau Menyala

Hati-hati, sebuah wallpaper bisa membuat sejumlah smartphone Android tertentu mengalami soft brick dan crash.

Soft brick dalam istilah Android adalah kondisi ketika smartphone mengalami kegagalan booting, namun masih bisa diatasi.

Smartphone yang soft brick biasanya memiliki ciri-ciri mau hidup tetapi hanya menampilkan tulisan merek. Selanjutnya, beberapa detik kemudian smartphone mati atau crash terus menerus.

Baca Selengkapnya di Sini

 

2. Dijual Rp 2 Juta, Ini Deretan Fitur Unggulan Samsung Galaxy A11

Samsung Galaxy A11 baru saja diluncurkan dan diklaim sebagai teman setia Gen Z untuk menjalani aktivitas digital, karena dilengkapi dengan beragam fitur esensial untuk tetap selalu terhubung.

Fitur unggulan Galaxy A11 antara lain prosesor Snapdragon 450, layar Infinity-O display seluas 6,4 inci, dan triple camera 13MP.

Irfan Rinaldi, Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia mengatakan bagi Gen Z ada beberapa fitur esensial yang diinginkan ada di smartphone pilihannya. Pertama kamera, baterai berkapasitas besar, fast charging, dan layar yang luas.

Baca Selengkapnya di Sini

 

3. Hacker Bobol Situs Penyedia Hosting Dark Web, Ribuan Email dan Password Bocor

Seorang hacker dikabarkan telah membocorkan database milik Daniel's Hosting (DH). Daniel's Hosting merupakan penyedia hosting terbesar untuk layanan situs dark web.

Data yang bocor diperoleh setelah hacker tersebut membobol DH awal tahun ini, tepatnya pada 10 Maret 2020.

Saat itu, pemilik DH, Daniel Winzen mengatakan kepada ZDnet, hacker telah membobol hosting, mencuri database, kemudian menghapus semua server.

Baca Selengkapnya di Sini

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Biaya yang Dikeluarkan MU untuk Perpanjang Peminjaman Ighalo

Posted: 01 Jun 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Manchester- Manchester United (MU) telah berhasil mempertahankan penyerang Odion Ighalo. Pria Nigeria itu akan tetap bermain di Old Trafford sampai Januari 2021.

Pemain berusia 30 tahun itu bergabung dengan MU pada Januari 2020. Setan Merah meminjamnya dari klub Tiongkok Shanghai Shenhua hingga akhir Mei 2020.

Ighalo tampil menjanjikan sebelum kompetisi sepak bola di seluruh dunia terganggu dan harus setop akibat pandemi virus corona Covid-19 pada Maret lalu. Eks pemain Watford itu berhasil membuat empat gol dalam delapan penampilan bersama MU di berbagai ajang.

MU pun akhirnya mempertahankan Ighalo. Namun karena berada dalam situasi keuangan yang sulit akibat pandemi virus corona Covid-19, MU tak memakai opsi mempermanenkan Ighalo.

Setan Merah cuma memperpanjang masa peminjaman Ighalo hingga Januari 2021. Untuk meminjam Ighalo lebih lama, MU sudah menghabiskan biaya cukup besar sekitar 10,5 juta pound.

 

Gaji

Odion Ighalo  (AFP/Oli Scarff)
Odion Ighalo (AFP/Oli Scarff)

Menurut laporan media Inggris Daily Mail, MU membayar uang peminjaman sebesar enam juta pound kepada Shenhua. Selain itu, MU menangggung gaji Ighalo sebesar 130.000 pound per pekan.

Total gaji Ighalo seminggu 300.000 pound. Sisanya dibayarkan oleh Shenhua. Ighalo kini bisa bermain saat Liga Inggris 2019-2020 dilanjutkan kembali Juni 2020 ini.

Klasemen Liga Inggris

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dipuji Awet Muda, Ini 6 Potret Terbaru Saipul Jamil di Penjara

Posted: 01 Jun 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sudah hampir empat tahun lamanya penyanyi dangdut Saipul Jamil mendekam di Rutan Cipinang, Jakarta Timur. Ia dipenjara terkait kasus asusila serta suap terhadap panitera pengadilan. Kendati demikian, sejumlah dukungan serta doa pun terus mengalir dari sahabat dan rekan-rekannya sesama selebriti.

Banyak selebriti yang menyempatkan diri untuk menjenguk Saipul Jamil serta memberi dukungan. Sebut saja Inul Daratista, beberapa waktu yang lalu ia tampak mengunjungi sahabatnya itu di penjara. Saipul Jamil pun tampak ceria dan bahagia ketika bertemu Inu.

Baru-baru ini hal serupa juga dilakukan oleh penyanyi cantik, Irma Darmawangsa. Bukan hanya sekedar berkunjung untuk bertemu sang sahabat, Irma Darmawangsa juga turut menghibur dengan mengajak Saipul Jamil bermain aplikasi video TikTok. Ia juga mengunggah video tersebut di akun Instagramnya.

Dalam video TikTok, pelantun lagu Yank Ayank ini tampak menyemangati sang sahabat dengan memeluknya. Sontak postingan Irma dibanjiri komentar warganet yang merindukan Saipul Jamil. Beberapa juga menyoroti postur tubuh Saipul Jamil yang terlihat lebih kurus dan makin tampan.

Ada juga yang menyebut jika mantan suami Dewi Perssik ini terlihat awet muda. Berikut potret terbaru Saipul Jamil di penjara dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (6/5/2020).

1. Sudah hampir empat tahun mendekam di penjara, mantan istri Dewi Perssik ini terlihat ceria.

Saipul Jamil (Sumber: Instagram/@jeryh_imuct)
Saipul Jamil (Sumber: Instagram/@jeryh_imuct)

2. pelantun lagu Ratu Hatiku ini juga selalu mendapat dukungan dari sahabat sesama selebriti.

Saipul Jamil (Sumber: Instagram/@inul.d)
Saipul Jamil (Sumber: Instagram/@inul.d)

3. Beberapa waktu lalu Inul Daratista juga tampak menjenguk Saipul Jamil di Lapas Cipinang. Ia memuji penampilan sang sahabat terlihat lebih tampan.

Saipul Jamil (Sumber: Instagram/@inul.d)
Saipul Jamil (Sumber: Instagram/@inul.d)

4. Baru-baru ini, Irma Darmawangsa juga megunjunginya. Pria yang akrab disapa Bang Ipul ini terlihat awet muda.

Saipul Jamil (Sumber: Instagram/@irmadarmawangsa)
Saipul Jamil (Sumber: Instagram/@irmadarmawangsa)

5. Penyanyi cantik tersebut menghibur Saipul Jamil dengan bermain TikTok bersama.

Saipul Jamil (Sumber: Instagram/@irmadarmawangsa)
Saipul Jamil (Sumber: Instagram/@irmadarmawangsa)

6. Sebagai sahabat, tak lupa Irma Darmawangsa memberikan dukungan pada Saipul dengan memeluknya.

Saipul Jamil (Sumber: Instagram/@irmadarmawangsa)
Saipul Jamil (Sumber: Instagram/@irmadarmawangsa)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapolda Jatim Minta Kapolrestabes Surabaya Baru Bantu Penanganan COVID-19

Posted: 01 Jun 2020 09:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Mohammad Fadil Imran meminta Kapolrestabes Surabaya baru Kombes Pol Johnny Eddizon Isir ikut membantu memutus mata rantai COVID-19 di Surabaya, Jawa Timur.

Kombes Pol Johnny Eddizon Isir resmi menjabat Kapolrestabes Surabaya menggantikan Brigjen Pol Sandi Nugroho yang kini menjabat sebagai Penyidik Tindak Pidana Utama TK II Bareskrim Polri melalui upacara serah terima jabatan di Mapolda Jatim, Surabaya.

Usai pelantikan, Kapolda Jatim ingin Kapolrestabes Surabaya segera berkoordinasi dengan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dalam membantu memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Surabaya hingga terkait permasalahan kamtibmas.

"Jangan lupa selalu berkoordinasi dengan Wali Kota Surabaya dan harus menyelesaikan permasalahan kamtibmas di Surabaya yang humanis dan solutif, utamanya permasalahan di akar rumput," ujar Fadil, seperti dikutip dari Antara, Selasa (2/6/2020).

Pada kesempatan itu, Fadil memberikan apresiasi yang mendalam atas pengabdian mantan Wakapolda Jatim, Irjen  Pol Djamaludin selama ini.  Dia juga turut bergembira atas promosi jabatan yang didapat Irjen Pol Djamaludin.

Apresiasi dan ucapan selamat atas promosi jabatan yang telah diraih juga diberikan kepada mantan Kapolrestabes Surabaya, Brigjen Pol Sandi Nugroho dan mantan Irwasda Polda Jatim Brigjen Pol Awi Setiyono. 

"Saya memberikan apresiasi karena pengabdiannya selama ini di Polda Jatim telah membantu mensukseskan program kampung tangguh Semeru di tengah pandemi COVID-19 di Jawa Timur," ujar dia.

Kepada para pejabat baru, Fadil menyampaikan sejumlah pesan. Salah satunya, Fadil ingin para pemimpin baru ini bisa langsung tancap gas dalam melaksanakan tugasnya. "Para pejabat baru harus siap tancap gas karena banyak tugas yang harus dikerjakan," tutur Fadil.

Pejabat yang Resmi Diganti

Berikut nama pejabat yang resmi diganti :

1. Wakapolda Jatim dari Irjen Pol Djamaludin sekarang diganti Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo yang sebelumnya menjabat Karobinopsnal Baharkam Polri. Sementara berdasarkan ST/1383/IV/KEP/2020 tanggal 1 Mei 2020, Brigjen Pol Djamaludin kini mengemban tugas sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama TK I Sespim Lemdiklat Polri.

2. Irwasda Polda Jatim dari Brigjen Pol Awi Setiyono sekarang berganti menjadi Kombes Pol Sungkono. Sedangkan Brigjen Pol Awi kini menjabat sebagai Karopenmas Divhumas Polri.

3. Jabatan Kapolrestabes Surabaya Brigjen Pol Sandi Nugroho kini diemban Kombes Pol Johnny Eddizon Isir. Sedangkan Brigjen Pol Sandi Nugroho kini sebagai Penyidik Tindak Pidana Utama TK II Bareskrim Polri.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: