Rabu, 17 Juni 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


20 Macam-Macam Bunga Anggrek yang Populer di Indonesia, Ada yang Dilindungi

Posted: 17 Jun 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam bunga anggrek terdiri dari beragam warna dan bentuk. Di Indonesia, macam-macam bunga anggrek bisa ditemukan dengan mudah. Anggrek merupakan jenis tanaman hias yang terkenal akan keindahan warna dan bentuknya.

Anggrek sering dipergunakan sebagai simbol dari rasa cinta, kemewahan, dan keindahan. Macam-macam bunga anggrek memiliki ciri khusus yang istimewa. Anggrek memiliki warna yang cerah, bentuk unik, dan punya waktu mekar yang lama.

Keistimewaan anggrek membuat banyak orang tertarik merawat macam-macam bunga anggrek. Indonesia juga punya macam-macam bunga anggreknya sendiri. Macam-macam bunga anggrek yang populer ini banyak dibudidayakan para pecinta anggrek.

Berikut 20 macam-macam bunga anggrek yang populer di Indonesia, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (18/6/2020).

Macam-macam bunga anggrek yang populer di Indonesia

Anggrek (sumber: Pixabay).
Anggrek (sumber: Pixabay).

Anggrek Bulan

Anggrek Bulan menjadi anggrek kebanggaan Indonesia bahkan dinobatkan sebagai puspa pesona. Anggrek bulan atau Phalaenopsis amabilis banyak ditemukan di Malaysia, Indonesia, Filiphina, Papua hingga Australia. Anggrek bulan biasanya berwarna ungu, putih, dan kuning.

Anggrek Bulan Bintang

Selain anggrek bulan, jenis yang populer di Indonesia lainnya adalah Anggrek Bulan Bintang. Anggrek ini memiliki lima kelopak mirip bintang dan bagian tengahnya terdapat kelopak tambahan berbentuk bulan. Warnanya berwarna putih dengan corak kekuningan hingga kecoklatan. Anggrek Bulan Bintang berasal dari Pulau Kalimantan.

Anggrek Hitam

Jika anggrek pada umumnya dikenal dengan warnanya yang cerah, anggrek satu ini justru berwarna hitam gelap. Anggrek hitam atau Coelogyne pandurate adalah jenis anggrek yang tumbuh di Semenanjung Malaya, Kalimantan, dan Sumatra. Anggrek Hitam juga termasuk dalam macam-macam bunga anggrek yang dilindungi.

Anggrek Selop

Anggrek Selop memiliki habitat asli di lereng Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur. Bentuk kelopak bunga ini cukup unik menyerupai kantung semar dan sepatu selop. Anggrek Selop biasanya berwarna warna ungu dan totol gelap pada bibir bunganya.

Macam-macam bunga anggrek yang populer di Indonesia

Anggrek (sumber: Pixabay).
Anggrek (sumber: Pixabay).

Anggrek Kebutan

Anggrek Kebutan atau Ascocentrum miniatum banyak ditemukan di Laos, Thailand, Vietnam, Jawa, Malaysia, Filipina, dan Sumatra. Anggrek kebutan memiliki kelopak bunga berwarna oranye cerah. Bunganya tergolong berukuran kecil dan bergerombol. Di Indonesia macam-macam bunga anggrek masih dilindungi.

Anggrek Hartinah

Anggrek ini dinamai sesuai dengan nama ibu negara Tien Soeharto atas jasa di dunia budidaya anggrek di Indonesia. . Anggrek Hartinah atau Cymbidium hartinahianum tumbuh Sumatera Utara dan pertama kali ditemukan pada 1976 silam. Jenis anggrek ini berwarna kuning hingga kecoklatan dan dan kelopaknya berbentuk bintang.

Anggrek Kantung Kolopaking

Anggrek kantung kolopaking atau Paphiopedilum kolopakingii Fowlie adalah anggrek endemik Kalimantan Tengah. Jenis anggrek ini memiliki bentuk bunga yang unik karena berbentuk kantung dan berwarna putih kehijauan dengan semburat coklat kemerahan.

Anggrek Serat

Anggrek Serat merupakan anggrek endemik Sulawesi Tenggara dan menjadi ikon provinsi tersebut. Anggrek ini memiliki kelopak putih kecil memanjang menyerupai serat. Selain itu, anggrek ini memiliki umbi yang mengandung serat. Serat ini biasanya digunakan masyarakat sekitar untuk membuat anyaman.

Macam-macam bunga anggrek yang populer di Indonesia

Anggrek macan (Grammatophyllum speciosum) yang mekar di Taman Sakat Lebung Panjang, Desa Jambi Tulo. (Liputan6.com / Gresi Plasmanto)
Anggrek macan (Grammatophyllum speciosum) yang mekar di Taman Sakat Lebung Panjang, Desa Jambi Tulo. (Liputan6.com / Gresi Plasmanto)

Anggrek Jamrud

Anggrek Jamrud atau Dendrobium macrophyllum adalah anggrek yang tersebar di pulau Jawa. Anggrek ini masih termasuk macam-macam bunga anggrek yang langka. Jenis anggrek ini memiliki diameter 2 sampai 5 sentimeter dan berwarna hijau hingga kekuningan.

Anggrek Tebu

Anggrek tebu merupakan anggrek terbesar dari macam-macam bunga anggrek lainnya. Ketinggian anggrek ini bisa mencapai 3 meter. Batangnya menyerupai batang tebu. Anggrek tebu atau Grammatophyllum speciosum memiliki kelopak berwarna kuning dengan totol-totol ungu gelap menyerupai macan.

Anggrek Monyet

Anggrek monyet atau Dracula Simia memiliki kelopak cokelat mirip dengan wajah monyet. Anggrek ini memiliki habitat pada ketinggian 2000 meter, dengan suhu 27° celcius.

Anggrek Ki Aksara

Anggrek Ki Aksara memiliki bunga berwarna hijau dengan corak seperti kilatan kecil. Anggrek ini terbilang mungil namun tetap banyak diburu para pecinta anggrek.

Macam-macam bunga anggrek yang populer di Indonesia

Anggrek (sumber: Pixabay).
Anggrek (sumber: Pixabay).

Anggrek Vanda Douglas

Anggrek Vanda Douglas merupakan anggrek yang menjadi ikon kota Tanggerang Selatan. Warnanya yang keunguan sangat indah apabila di tanam untuk perkotaan.

Anggrek Papua Paphiopedilum

Anggrek Papua Paphiopedilum merupakan salah satu jenis anggrek yang sangat di lindungi. Terdapat tiga spesies anggrek yang dilindungi di kawasan Papua. Jenis tersebut antara lain, yaitu Paphiopedilum glanduliferum, Paphiopedilum wilhelminae, dan Paphiopedilum violascens. Anggrek ini dikenal memiliki kelopak berbentuk kantung dengan bunga yang cantik, unik, besar dan usia mekar yang cukup lama.

Anggrek Jingga

Sesuai namanya, anggrek ini memiliki warna jingga yang cerah. Kelopak anggrek jingga memiliki motif tutul kecokelatan yang indah. Bunganya biasa berukuran kecil.

Anggrek Sendok

Anggrek Sendok memiliki kelopak lebar mirip dengan sendok. Bunga ini memiliki warna kuning cerah yang cantik. Di bagian terngah terdapat lidah yang menjulur seperti sendok.

Macam-macam bunga anggrek yang populer di Indonesia

(sumber: iStockphoto)
(sumber: iStockphoto)

Anggrek Pandan

Anggrek Pandan banyak ditemukan di Sumatera dan Kalimantan. Di Kalimantan anggrek ini dikenal dengan nama sakat lidah ulang tedung. Anggrek ini memiliki daun yang memanjang menyerupai daun pandan.

Anggrek Pensil

Anggrek Pensil atau Papilionanthe hookeriana memiliki bentuk yang unik dan cukup rumit. Habitat anggrek pensil berada di rawa-rawa dan biasa menumpang pada bunga bakung. Anggrek Pensil bisa ditemukan di Bengkulu. Anggrek pensil termasuk jenis yang hampir punah di Indonesia. Anggrek ini pada tahun 1882 dinobatkan sebagai Ratu Anggrek.

Anggrek Larat

Anggrek Larat merupakan salah satu macam-macam bunga anggrek yang berasal dari Pulau Larat, Maluku. Pemilik nama latin Dendrobium phalaenopsis memiliki kelopak berwarna ungu yang indah.

Anggrek Kasut Kumis

Anggrek Kasut kumis atau Paphiopedilum chamberlainianum merupakan salah satu jenis anggrek dengan kelopak berkantong. Sama seperti jenis Paphiopedilum yang ada di Papua, Anggrek Kasut Kumis juga termasuk anggrek yang dilindungi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Lakukan Protes, Warga India Bakar Produk China

Posted: 17 Jun 2020 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Warga India melakukan demonstrasi terhadap pemerintah China di berbagai kota. Mereka bahkan membakar sebagian produk China sebagai bentuk protes.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Rekor Kemenangan Beruntun di Liga Inggris, Liverpool Menyamai Manchester City

Posted: 17 Jun 2020 09:35 PM PDT

London - Liga Inggris disebut-sebut sebagai kompetisi paling kompetitif di dunia. Predikat tersebut diraih karena kekuatan klub-klub peserta bisa dibilang hampir merata. 

Hal itulah yang membuat laga Liga Inggris selalu menarik. Tim tangguh terkadang secara tiba-tiba bisa dibuat tak berdaya oleh tim gurem.

Situasi itulah yang membuat setiap laga Premier League terkadang sukar diprediksi dan menghadirkan kejutan setiap pekannya. Meski begitu, tetap ada tim yang mampu secara konsisten meraih kemenangan beruntun untuk periode panjang.

Tim-tim tersebut mampu mempertahankan kemenangan lebih dari 10 pertandingan. Meskipun ada rekor kemenangan yang diraih tak dalam satu musim.

Kemenangan beruntun dalam periode yang panjang membuka peluang mereka untuk meraih gelar. Meski demikian, hal itu tak melulu menjadi garansi prestasi.

Berdasarkan data dari Opta, ada lima rekor kemenangan terpanjang di Liga Inggris. Siapa saja tim yang pernah mencatatkan pencapaian gemilang tersebut? Berikut ini adalah perinciannya. 

Arsenal 2002

7. Tony Adams - Satu dari sekian pemain bintang Arsenal yang begitu melegenda. Sudah 19 tahun bek tengah tersebut membela the Gunners periode 1983 hingga pensiun pada tahun 2002. (AFP/Adrian Dennis)
7. Tony Adams - Satu dari sekian pemain bintang Arsenal yang begitu melegenda. Sudah 19 tahun bek tengah tersebut membela the Gunners periode 1983 hingga pensiun pada tahun 2002. (AFP/Adrian Dennis)

Arsenal pernah mencatatkan rekor kemenangan beruntun di Premier League. Pencapaian itu dilakukan Tim Meriam London setelah meraih kemenangan mulai 10 Februari 2002 sampai 18 Agustus 2002.

Arsenal tercatat mampu meraih 14 kemenangan beruntun. Rekor kemenangan Arsenal terhenti pada 24 Agustus 2002 setelah ditahan 2-2 oleh West Ham United.

Rekor kemenangan beruntun Arsenal bertahan cukup lama yakni 17 tahun. Rekor tersebut pecah oleh Manchester City pada Agustus 2019.

Manchester City 2019

Para pemain Manchester City merayakan gol yang dicetak oleh David Silva ke gawang Aston Villa pada laga Premier League 2019 di Stadion Etihad, Sabtu (26/10). Manchester City menang 3-0 atas Aston Villa. (AP/Rui Vieira)
Para pemain Manchester City merayakan gol yang dicetak oleh David Silva ke gawang Aston Villa pada laga Premier League 2019 di Stadion Etihad, Sabtu (26/10). Manchester City menang 3-0 atas Aston Villa. (AP/Rui Vieira)

Manchester City berhasil meraih kemenangan beruntun sebanyak 15 kali di Premier League. Pencapaian itu diraih The Citizens dalam periode 3 Februari sampai 10 Agustus 2019.

Pencapaian itu lebih baik dari rekor sebelumnya milik Arsenal pada 2002 yakni 14 kali. Rekor kemenangan City terhenti di tangan Tottenham Hotspur ketika memaksa bermain imbang 2-2 pada 17 Agustus 2019.

Liverpool 2019

Bek Liverpool, Virgil van Dijk (kiri), saat bersua Manchester City pada laga lanjutan Premier League 2018-2019 di Stadion Etihad, 3 Januari 2019. (AFP/Paul Ellis)
Bek Liverpool, Virgil van Dijk (kiri), saat bersua Manchester City pada laga lanjutan Premier League 2018-2019 di Stadion Etihad, 3 Januari 2019. (AFP/Paul Ellis)

Liverpool berhasil memecahkan rekor kemenangan beruntun terpanjang di Premier League pada 2019. The Reds berhasil meraih kemenangan beruntun sebanyak 17 kali.

Jumlah itu mampu mengalahkan pencapaian milik Manchester City yakni sebanyak 15 kali. Pencapaian tersebut diraih Liverpool mulai 10 Maret sampai 5 Oktober 2019.

Kemenangan beruntun milik Liverpool terhenti pada 20 Oktober 2019. Ketika itu, Liverpool ditahan 1-1 oleh Manchester United.

Manchester City 2017

Manajer Swansea City, Carlos Carvalhal, takjub dengan permainan Manchester City setelah membantai timnya dengan skor 0-5 pada pertandingan pekan ke-35 Premier League 2017-2018. (AFP/Oli Scarff)
Manajer Swansea City, Carlos Carvalhal, takjub dengan permainan Manchester City setelah membantai timnya dengan skor 0-5 pada pertandingan pekan ke-35 Premier League 2017-2018. (AFP/Oli Scarff)

Manchester City berhasil meraih kemenangan beruntun terpanjang di Premier League pada 2017. City ketika itu secara konsisten meraih kemenangan dalam 18 pertandingan.

Pencapaian itu ditorehkan City pada 26 Agustus sampai 27 Desember 2017. Rekor kemenangan City terhenti pada 31 Desember 2017.

The Citizens ketika itu ditahan 0-0 oleh Manchester United. Meski demikian, catatan kemenangan tersebut menjadi yang terpanjang di era Premier League.

Liverpool 2019-2020

Striker Liverpool, Sadio Mane, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Bournemouth pada laga lanjutan Premier League 2019-2020 di Anfield, Liverpool, Sabtu (7/3) malam WIB. Liverpool menang 2-1 atas Bournemouth. (AFP/Geoff Caddick)
Striker Liverpool, Sadio Mane, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Bournemouth pada laga lanjutan Premier League 2019-2020 di Anfield, Liverpool, Sabtu (7/3) malam WIB. Liverpool menang 2-1 atas Bournemouth. (AFP/Geoff Caddick)

Liverpool berhasil menyamai pencapaian Manchester City pada 2017 dengan meraih 18 kemenangan beruntun. Sejauh ini, rekor tersebut menjadi yang terpanjang di Premier League.

Pencapaian tersebut diraih Liverpool pada 27 Oktober 2019 - 24 Februari 2020. Rekor kemenangan beruntun Liverpool terhenti pada 29 Februari 2020.

Pasukan Jurgen Klopp menyerah 0-3 dari Watford. Meski begitu, saat ini Liverpool selangkah lagi mampu meraih gelar liga edisi 2019-2020, sekaligus yang perdana sejak era Premier League.

Sumber: OptaJoe

Disadur dari Bola.com (Penulis Zulfirdaus Harahap / Editor Rizki Hidayat, Published 18/6/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Serahkan Bansos, Bupati Anas: Ayo Optimistis Sambut New Normal

Posted: 17 Jun 2020 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengajak para pelaku seni dan pariwisata untuk bersiap menggiatkan kembali sektor tersebut untuk menyambut era new normal ini. Anas pun menegaskan jika pariwisata yang diusung Banyuwangi kini adalah pariwisata bersih, sehat, dan aman.

"Kami terus melakukan sosialisasi kepada pelaku wisata dan pelaku seni untuk terus menerapkan protokol kesehatan di sektor wisata. Termasuk kemarin dengan pelaku seni, saya mengajak merekabagaimana menampilkan atraksi yang menarik namun tetap bisa aman dari sisi kesehatan baik untuk pelaku maupun wisatawannya," kata Bupati Anas, Kamis (18/6/2020).

Sebelumnya, Bupati Anas bertemu dengan para seniman, budayawan dan pelaku wisata terdampak Covid 19 saat membagikan simbolis memberikan bantuan sosial tunai bagi mereka di Destinasi Wisata Hutan De Djawatan, Kecamatan Cluring. Bantuan sosial tersebut berasal dari Pemprov Jawa Timur, ada sekitar 900 pelaku wisata dan seni di Banyuwangi yang mendapat bantuan.

"Terima kasih kepada Pemprov Jatim yang memperhatikan para pelaku seni dan pariwisata Banyuwangi. Gubernur Ibu Khofifah titip salam kepada para pelaku seni dan pekerja pariwisata semuanya, beliau menyemangati kita semua untuk tidak menyerah. Tetap optimistis bahwa semua kondisi sulit ini bisa dipulihkan, dan kehidupan sosial-ekonomi masyarakat kembali membaik," ujar Anas.

Bupati Anas mengatakan, seniman dan budayawan merupakan stakeholder penting dalam kemajuan pariwisata di daerah. Karena seni dan budaya menjadi daya tarik utama pariwisata Banyuwangi selain pesona keindahan alamnya.

"Kami menyadari seni dan budaya menjadi identitas sekaligus nyawa bagi pariwisata Banyuwangi. Namun kini aktifitasnya terhenti, yang tentunya tentunya memberi dampak ekonomi yang berat bagi semua yang," kata Bupati Anas.

Akan dimulainya era new normal oleh pemerintah pusat tentu menjadi angin segar bagi banyak pihak di berbagai sektor ekonomi termasuk pariwisata. Namun di era ini protokol kesehatan ketat menjadi syarat yang harus dipatuhi semua orang termasuk seniman dan budayawan.

 

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengajak para pelaku seni dan pariwisata untuk bersiap menggiatkan kembali sektor tersebut untuk menyambut era new normal ini.
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengajak para pelaku seni dan pariwisata untuk bersiap menggiatkan kembali sektor tersebut untuk menyambut era new normal ini.

"Kita harus mulai bangkit kembali untuk menggeliatkan pariwisata. Maka, perlu diingat jika paradigma pariwisata kita sekarang adalah pariwisata sehat dan aman," ujar Bupati Anas.

Untuk menerapkan pariwisata sehat dan aman Anas pun membeber sejumlah strategi baru pariwisata new normal ala Banyuwangi. Anas lalu menyebut sejumlah hal, antara lain penekanan pada protokol kesehatan bagi pelaku wisata.

"Misalnya, para penampil seni harus memastikan dirinya dalam kondisi fit saat perform. Jaga jarak saat tampil, begitu pun jaga interaksi dengan penonton, jangan terlalu dekat. Itu nanti jadi jualan yang memikat wisatawan," ujarnya.

Lalu, pengaturan jam buka destinasi wisata. Semua pengelola bisnis akomodasi dilarang buka 24 jam nonstop.

"Perlu libur memberi waktu 'bernafas' untuk kesehatan dan kebersihan. Dalam sepekan libur dua hari misalnya, untuk evaluasi kesehatan dan kebersihannya," paparnya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dituding Teroris dan Penyebar Berita Palsu, Wartawan Terkemuka Mesir Ditangkap Polisi

Posted: 17 Jun 2020 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Kairo - Wartawan terkemuka bernama Mohamed Monir dituduh menyebar berita palsu. Pihak berwenang Mesir menangkapnya pada Senin, 15 Juni 2020.

Pengacara Nabeh el-Ganadi mengatakan, Monir yang berusia 65 tahun dibawa petugas keamanan berpakaian preman dari apartemennya di Giza, selatan Kairo, Mesir, demikian dikutip dari laman VOA Indonesia, Kamis (18/6/2020).

"Selain itu, jaksa keamanan nasional menuduh Monir bergabung dengan kelompok teroris dan menyalahgunakan media sosial," kata el-Ganadi.

Monir adalah pemimpin redaksi surat kabar al-Diyar dan mantan wakil redaktur beberapa media, antara lain Al-Youm Al-Sabae, harian yang pro-pemerintah, kata pengacaranya.

Pada akhir pekan Monir mengunggah rekaman CCTV pada laman Facebook-nya, memperlihatkan puluhan petugas polisi Mesir bersenjata lengkap menerobos rumahnya dan melakukan penggeledahan selagi ia tidak ada di sana.

Dua jam kemudian, petugas berpakaian preman menggeledah rumah itu lagi.

Wartawan Terjerat Kasus Sama

Ilustrasi penjara (AFP)
Ilustrasi penjara (AFP)

Menurut keluarganya, Monir baru-baru ini diwawancara stasiun televisi Al-Jazeera, yang dilarang di Mesir, tentang perselisihan antara majalah mingguan milik pemerintah Rose al-Yusuf dan Gereja Ortodoks Koptik.

Kantor berita Associated Press melaporkan, pengacaranya tidak mengomentari kaitan antara Monir dan Al-Jazeera.

Bulan lalu, Mesir menangkap empat wartawan, tiga dari mereka dituduh menyebar berita palsu. Berdasar data yang dikumpulkan Komisi Perlindungan Wartawan, Mesir adalah negara ketiga setelah China dan Turki yang paling banyak memenjarakan wartawan.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Situs PPDB Online Blora Tak Bisa Diakses, Orangtua Siswa Kelimpungan

Posted: 17 Jun 2020 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Blora - Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) online SMA dan SMK di Kabupaten Blora pada Rabu dan Kamis ini, (18/6/2020) masih mengalami gangguan. Akibatnya proses pendaftaran calon siswa tersendat. 

"Ini sistem operasi PPDB online macet, tadi kata guru-guru yang menjadi tutornya jaringan eror," kata Joko Mulyono (49), orangtua siswa kepada Liputan6.com

Padahal dirinya bersama orangtua siswa yang lain sudah sejak pagi hari berbondong-bondong datang untuk mendaftarkan anak-anaknya ke SMA maupun SMK di Blora. 

Di lokasi PPDB online SMA 1 Negeri Tunjungan, Blora, misalnya, para orangtua wali murid sebelum mendaftar, dikumpulkan dalam satu ruangan. Mereka diberi penjelasan pihak petugas sekolah soal pendaftaran melalui sistem PPDB online.

"Kita harus men-scan terlebih dahulu datanya, lalu dipindahkan ke flashdisk," kata ayah dari Wahyu Amelia itu.

Jika sudah melengkapi data, siswa dan wali murid masuk ke dalam ruang komputer dengan didampingi guru pembimbing, memasukkan data-data calon siswa-siswi ke dalam komputer.

"Baru 10 calon siswa-siswi belum sampai selesai memasukkan datanya sudah eror. Wali murid akhirnya pada balik tidak jadi mendaftarkan anaknya hari pertama," katanya.

Pihak sekolah juga sempat memberikan pengarahan bahwa pendaftaran PPDB online bisa diakses langsung menggunakan ponsel pintar. Namun sayang, website juga tidak bisa diakses.

"Ini cara-cara yang bikin susah banyak orang, PPDBnya dibuat online tapi kacau servernya" katanya.

"Susah Mas, kita datang niat mendaftarkan anak-anak tapi tidak bisa. Katanya tadi sih se-Jawa Tengah eror jaringannya. Kepastian sampai kapan erornya juga tidak dapat ditentukan. Tadi saya nanya soal itu," Joko menambahkan.

Hal senada disampaikan wali murid bernama Sunardi (50). Dirinya juga gagal mendaftarkan anaknya melalui PPDB online di hari pertama kemarin, lantaran tidak bisa mengakses website.

"Dikatakan kelimpungan ya pasti, anak-anak ini banyak yang bingung tidak bisa daftar, servernya down," katanya.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, Hendi Purnomo mengatakan, pihaknya tidak punya kewenangan untuk memberikan solusi atas problem yang terjadi terhadap pelaksanaan PPDB online

"Itu bukan kewenangan kami, itu semua Jawa Tengah yang urus," katanya saat dihubungi Liputan6.com.

 

PPDB Online di Jawa Tengah

Sebatas informasi, Pendaftaran PPDB SMA maupun SMK se-Jawa Tengah dilakukan secara online melalui laman http://ppdb.jatengprov.go.id.

Adapun jadwalnya berikut ini:

- Penetapan zonasi: 14 Mei 2020

- Pengumuman PPDB: 8-13 Juni 2020

- Pendaftaran dibuka: 17 Juni 2020 mulai pukul 08.00 WIB

- Pendaftaran ditutup 25 Juni 2020 pukul 16.00 WIB

- Evaluasi dan seleksi: 26-29 Juni 2020

- Pengumuman hasil: 30 Juni 2020 pukul 23.55 WIB

- Daftar ulang: 1-8 Juli 2020

- Hari pertama masuk sekolah: 13 Juli 2020

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Terbitkan Sukuk Global USD 2,5 Miliar

Posted: 17 Jun 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah kembali menerbitkan Sukuk Global di pasar internasional dengan denominasi US Dollar dalam format - 144A / Reg S Trust Certificate sebesar USD 2,5 miliar dengan tenor 5 tahun sebesar USD 750 juta, 10 tahun sebesar USD 1 miliar, dan tenor 30 tahun sebesar USD 750 juta dengan akad Wakalah melalui Perusahaan Penerbit SBSN Indonesia III, sebuah badan hukum yang dibentuk oleh Pemerintah Republik Indonesia khusus untuk melakukan penerbitan SBSN.

Melansir keterangan resmi Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan, Kamis (18/6/2020), penerbitan Sukuk Global kali ini akan dicatatkan di Singapore Stock Exchange dan NASDAQ Dubai (dual listing) serta akan dilaksanakan setelmen pada tanggal 23 Juni 2020, dengan imbal hasil (yield) sebesar 2,30 persen untuk tenor 5 tahun, 2,80 persen untuk tenor 10 tahun dan 3,80 persen untuk tenor 30 tahun.

Setiap seri telah diberikan peringkat Baa2 oleh Moody's Investor Service, BBB oleh S&P Global Ratings Services dan BBB oleh Fitch Ratings.

Di tengah kondisi pasar yang masih sangat volatile, penerbitan Sukuk Global kali ini mendapatkan respon yang sangat baik dari para investor global dan lokal yang menghasilkan orderbook sebesar USD 16.66 miliar atau sebesar hampir 6,7 kali di atas target Pemerintah sebesar USD 2,5 miliar.

Pemerintah kembali melanjutkan komitmen dalam pembiayaan berkelanjutan dengan mendedikasikan tenor 5 tahun sebagai Green Sukuk yang menunjukkan komitmen, leadership serta kontribusi Pemerintah di komunitas global terkait pembiayaan perubahan iklim.

Green Sukuk kali ini merupakan penerbitan yang ke tiga kalinya di pasar global, di samping penerbitan Green Sukuk Ritel di akhir tahun 2019 lalu. Transaksi dilaksanakan sejalan dengan rencana pembiayaan Pemerintah tahun 2020 termasuk untuk mengakomodir kebutuhan APBN dalam penanganan dampak pandemi Covid-19 sekaligus untuk memperkokoh posisi Indonesia di pasar keuangan syariah global dan mendukung pengembangan keuangan syariah di Kawasan Asia.

Beberapa capaian penting dari penerbitan ini antara lain:

1) pencapaian kupon terendah untuk tenor 5 dan 10 tahun untuk Sukuk Global,

2) merupakan penerbitan Sukuk Global Indonesia pertama untuk tenor 30 tahun dengan kupon terendah dalam penerbitan Sukuk di pasar keuangan global,

3) penerbitan Sukuk Global tenor 30 tahun terbesar di Asia,

4) Oversubscribe sebesar 6,7 kali. Dengan besarnya orderbook, Pemerintah dapat menekan harga sampai 70 bps dari harga penawaran awal (initial price guidance) dan di bawah indikatif fair value.

 

Akad Wakalah

Sukuk
Sukuk

Penerbitan Sukuk Global ini menggunakan struktur akad Wakalah dan telah mendapatkan opini syariah dari DSN MUI maupun dari International Islamic Scholars. Underlying Asset yang digunakan berupa (i) Barang Milik Negara (BMN) termasuk tanah dan bangunan (51 persen) dan (ii) proyek Pemerintah tahun 2020 (49 persen).

Transaksi ini mendapatkan permintaan yang luar biasa dari investor global yang qualified dan beragam, memperkokoh pasar sukuk yang semakin dalam, dan menunjukkan kepercayaan investor yang kuat terhadap Indonesia.

Adapun distribusi investor untuk tenor 5 tahun sebesar 32 persen investor syariah (Timur Tengah dan Malaysia), 5 persen investor Indonesia, 40 persen investor Asia (kecuali Indonesia), 12 persen investor Amerika Serikat dan 11 persen investor Eropa.

Tenor 10 tahun didistribusikan sebesar 31 persen investor syariah, 5 persen investor Indonesia, 34 persen investor Asia (kecuali Indonesia), 18 persen investor Amerika Serikat dan 12 persen investor Eropa. Sedangkan untuk tenor 30 tahun didistribusikan sebesar 10 persen untuk investor syariah, 5 persen investor Indonesia, 44 persen investor Asia (kecuali Indonesia), 8 persen investor Amerika Serikat dan 33 persen investor Eropa.

Selanjutnya, BNP Paribas, Dubai Islamic Bank, HSBC, Maybank dan Standard Chartered sebagai Joint Lead Manager dan Joint Bookrunners. BNP Paribas dan HSBC bertindak sebagai Joint Green Structuring Advisor. PT Danareksa Sekuritas dan PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk bertindak sebagai Co-Manager untuk transaksi ini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gojek Kini Terintegrasi dengan 4 Stasiun Terpadu di Jakarta

Posted: 17 Jun 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, Kementerian BUMN, dan Kementerian Perhubungan RI, Gojek kini terintegrasi dengan empat stasiun terpadu di Jakarta.

Gojek akan menjadi penghubung awal dan akhir perjalanan (first-mile-last-mile) di transportasi umum. Bentuk integrasi ini adalah hadirnya layanan GoRide Instan di Stasiun Juanda, Stasiun Sudirman, Stasiun Tanah Abang, dan segera menyusul di Stasiun Pasar Senen.

Berkat kolaborasi ini kamu bisa mendapatkan layanan GoRide langsung saat memesan karena terhubung dengan mitra driver melalui kode khusus. Kehadiran layanan ini diklaim dapat mengurai kemacetan di titik-titik jemput yang ramai di sekitar stasiun.

Kevin Aluwi, Co-CEO Gojek Group, mengatakan inovasi dan kolaborasi ini merupakan bentuk dukungan Gojek terhadap upaya pemerintah dalam menghadirkan layanan transportasi umum yang terintegrasi.

"Fitur GoRide Instan merupakan langkah nyata Gojek dalam berkolaborasi secara strategis dan jangka panjang untuk mendukung Program Penataan Kawasan Stasiun dengan menata penumpang dan mitra roda dua pada empat stasiun tersebut," ujar Kevin melalui keterangannya, Kamis (18/6/2020).

Ia menambahkan, berdasarkan data internal Gojek, GoRide Instan yang beroperasi di banyak pusat transportasi massal mengurangi waktu tunggu pengguna hingga 40 persen saat memesan layanan Gojek.

 

Perhatikan Aspek Kesehatan

Layanan GoRide Instan hadir di Stasiun Juanda, Stasiun Sudirman, Stasiun Tanah Abang, dan segera menyusul di Stasiun Pasar Senen.Dok: Gojek
Layanan GoRide Instan hadir di Stasiun Juanda, Stasiun Sudirman, Stasiun Tanah Abang, dan segera menyusul di Stasiun Pasar Senen.Dok: Gojek

Kevin menuturkan Gojek juga memperhatikan aspek kesehatan di titik jemput GoRide Instan. Titik tersebut menjadi Titik Pencegahan COVID-19 sebagai salah satu bentuk peningkatan standar keamanan dan kesehatan di layanan transportasi Gojek.

Di sini, terdapat pengukuran suhu tubuh bagi pelanggan dan mitra driver, pengelolaan antrian dengan prinsip physical distancing, penyediaan hand sanitizer dan hairnet, serta distribusi masker gratis untuk pengguna yang belum membawanya.

Ia menegaskan Gojek juga siap bekerja sama lebih lanjut dan ambil bagian dalam proses revitalisasi 72 stasiun di DKI Jakarta.

Sebelumnya, GoRide Instan juga telah hadir di puluhan stasiun serta pusat-pusat transportasi umum lainnya, tersebar di seluruh Indonesia.

 

Komentar Dishub DKI

Gojek Hadirkan GoRide Instan di Lebak Bulus. Liputan6.com/Keenan Pasha
Gojek Hadirkan GoRide Instan di Lebak Bulus. Liputan6.com/Keenan Pasha

Apresiasi pun disampaikan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta terhadap dukungan Gojek dalam menyiapkan layanan transportasi yang aman dan terintegrasi.

Kepala Dishub Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo, mengatakan, pihaknya mengapresiasi rangkaian inisiatif yang telah Gojek lakukan untuk memfasilitasi masyarakat beradaptasi dengan kebiasaan baru.

"Hadirnya GoRide Instan di empat Stasiun Terpadu dapat meningkatkan pengalaman bermobilitas dengan nyaman karena dapat mengurangi waktu tunggu masyarakat untuk mendapatkan pengemudi serta mengurai kemacetan yang disebabkan oleh penumpukan kendaraan," tuturnya.

Selain faktor kenyamanan, kata Syafrin, Gojek juga turut serta dalam menekan penyebaran Covid-19 melalui fasilitas yang ada.

(Isk/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kristen Stewart Perankan Putri Diana di Film Spencer, Warganet Perang Pendapat

Posted: 17 Jun 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Proyek terbaru Kristen Stewart kini telah diumumkan, yakni film bertajuk Spencer, dari sutradara Pablo Larrain yang sebelumnya menangani Jackie.

Diwartakan Variety, Kamis (18/6/2020), dalam film ini Kristen Stewart kebagian peran sebagai Putri Diana.

Proses produksi film terbaru Kristen Stewart ini diperkirakan dimulai pada awal 2021. Spencer akan fokus menceritakan salah satu liburan Natal terakhir Putri Diana bersama Keluarga Windsor di Sandringham pada awal 1990-an. 

Keputusan Bercerai

Putri Diana. (AP Files)
Putri Diana. (AP Files)

Dalam liburan ini, Diana akhirnya bertekad bulat untuk bercerai dari Pangeran Charles. Seperti diketahui, Pangeran Charles dan Putri Diana menikah pada 1981, tapi kemudian berpisah pada 1992 dan bercerai tahun 1996.

Setahun setelah perceraiannya, ia tewas dalam kecelakaan mobil di Paris.

Bikin Geger

Kristen Stewart. (AP Photo/Joel C Ryan)
Kristen Stewart. (AP Photo/Joel C Ryan)

Sementara itu, pengumuman pemilihan Kristen Stewart rupanya membuat warganet geger. Pendapat mereka terbelah, antara pro dan kontra dengan pemilihan ini.

Yang kontra, menggunakan alasan bahwa Kristen Stewart tak mirip dengan Putri Diana, sampai menyerang akting bintang Twilight ini.

Pendapat Kontra

Kristen Stewart. (AP Photo/Joel C Ryan)
Kristen Stewart. (AP Photo/Joel C Ryan)

Pengguna Twitter @heyjaeee mengunggah video singkat Whitney Houston yang menggeleng dan berkata "no way". Ia menyertakan twit, "Putri Diana di Surga kayak begini saat melihat Twitter dan melihat Kristen Stewart memainkan dirinya."

Ada pula yang merasa ibunda Pangeran Harry dan William ini seharusnya dimainkan aktris Inggris. "Kristen Stewart aktris yang bagus yang banyak melakoni film bagus, tapi bukannya lebih masuk akal memilih aktris Inggris/ Welsh untuk peran Lady Di?" twit @TheSeanyLlama.

Didukung

Aktris Kristen Stewart. (AFP/Jean-Baptiste Lacroix)
Aktris Kristen Stewart. (AFP/Jean-Baptiste Lacroix)

Meski begitu, tak sedikit pula yang mendukung Kristen Stewart. Apalagi ia adalah aktris kawakan yang telah diakui di sejumlah penghargaan besar.

"Pemenang BAFTA. Pemenang cesar award. Aktris dekade ini oleh asosiasi kritik hollywood. Kristen Stewart enggak peduli apa yang kamu pikirkan tentangnya," pemilik akun @riseoftwiIight datang membela.

"Aku mengerti sejumlah komentar dari Inggris. Ini adalah pemilihan pemain yang kontroversial. Tapi Kristen bukannya tidak memiliki kemampuan untuk memperlihatkan momen, karena dia hebat. Dan dia tak menganggap remeh [perannya]," kata @bellaxkristen.

Bagaimana menurutmu, cocok tidak Kristen Stewart berperan sebagai Putri Diana?

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

17 Pegawai Kampus Reaktif Covid-19, Unhas Jadi Klaster Baru di Makassar?

Posted: 17 Jun 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Makassar - Sebanyak 4 pegawai Universitas Hasanuddin Makassar, antara lain 3 orang dari Fakultas Kedokteran dan 1 orang dari Fakultas MIPA, dinyatakan positif Covid-19 dari hasil pemeriksaan swab test pada 6 Juni 2020. 

Demi mencegah penyebaran Covid-19, Universitas Hasanuddin menggelar rapid test massal yang berlangsung selama dua hari, Selasa dan Rabu (16 dan 17 Juni 2020). Rapid test digelar di 6 titik di lingkungan Kampus Unhas.

Prof Budu, Ketua Tim Satgas Covid-19 Unhas, yang juga merupakan Dekan FK Unhas mengatakan, jika mengetahui bahwa ada orang yang mempunyai gejala, segera lapaor untuk memutus penyebaran. Dirinya juga menginngatkan civitas akademika Unhas untuk tak perlu takut dengan Covid-19, karena dapat disembuhkan.

"Buktinya, 4 orang pegawai kami yang kita ketahui positif Covid-19, sekarang sudah sembuh. Mereka melakukan isolasi mandiri, dan dirawat dengan baik," katanya, menurut informasi yang diterima Liputan6.com.

Untuk keperluan test massal ini, Unhas meminta sebanyak 1.870 alat rapid test kepada Dinas Kesehatan. Namun dalam kenyataannya, antusiasme pegawai Unhas sangat tinggi, dan alat rapid test tidak mencukupi.

Namun hasil pelaksanaan tes massal itu ditemukan sebanyak 17 orang yang reaktif Covid-19. 

"Kita ketahui, kalau reaktif itu belum tentu positif. Bisa jadi mereka reaktif karena ada imun lain yang terbentuk," kata Budu.

Tapi yang terpenting, kata Budu, 17 orang itu segera melakukan isolasi mandiri, sambil menunggu test swab.

Terkait temuan itu, Rektor Unhas Dwia Aries Tina Pulubuhu langsung mengeluarkan Surat Edaran Nomor 12144/UN4.1/KP.00.04/2020, yang mengatur sistem kerja tenaga kependidikan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Dalam surat edaran ini, Unhas melakukan penyesuaian, dimana pegawai pada masing-masing unit kerja dibatasi. Setiap hari, hanya 50 persen atau setengahnya saja yang masuk kantor. Pimpinan unit diminta mengatur jadwal kerja pegawai, sehari kerja dari kantor dan sehari kerja dari rumah, secara berselang-seling.

Sementara itu, Sekretaris Universitas Hasanuddin, Nasaruddin Salam mengatakan, seluruh pegawai diminta untuk melakukan rapid test. Pada awalnya, banyak yang khawatir dan tidak mau, karena terpengaruh dengan isu-isu dan berita yang beredar di masyarakat.

"Yang penting, pegawai Unhas ini memberi contoh kepada masyarakat, jangan takut dan jangan menolak rapid test," kata Nasaruddin.

 

 

 

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Genap 43 Tahun, Ini 7 Gaya Penampilan Sarah Azhari Bak ABG

Posted: 17 Jun 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sarah Azhari mulai dikenal luas oleh publik sebagai seorang aktris serta model. Wanita kelahiran Jakarta ini pun baru merayakan ulang tahun ke-43. Hal ini diketahui dari unggahan di akun Instagram pribadinya.

Sarah Azhari juga mengunggah beberapa perayaan ulang tahun sederhananya di akun Instagram. Pada perayaan ulang tahun tersebut terlihat dihadiri oleh keluarga tercinta.

Meski telah berkepala empat, namun penampilan dari Sarah Azhari tetap terelihat memesona. Tak sedikit yang menganggap jika adik dari Ayu Azhari ini tetasp awet muda. Beberapa foto yang diunggah pada akun Instagram pribadinya pun memperlihatkan gaya penampilannya bak seorang ABG.

Gaya OOTD wanita yang pernah bermain dalam sinetron Senja Makin Merah ini juga cukup sering mencuri perhatian netizen. Enggak percaya? Dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram @sazarita, berikut ini beberapa potret penampilan Sarah Azhari yang tampak bak ABG, Kamis (18/6/2020).

1. Penampilan Sarah Azhari sendiri memang cukup sering curi perhatian.

Sarah Azhari (Sumber: Instagram/sazarita)
Sarah Azhari (Sumber: Instagram/sazarita)

2. Bak anak muda, penampilan Sarah dengan menggunakan repped jeans dipadukan dengan jaket berwarna merah membuat penampilannya tampak santai namun tetap stylish.

Sarah Azhari (Sumber: Instagram/sazarita)
Sarah Azhari (Sumber: Instagram/sazarita)

3. Ia pun diketahui cukup sering mengunggah foto OOTD di akun Instagram.

Sarah Azhari (Sumber: Instagram/sazarita)
Sarah Azhari (Sumber: Instagram/sazarita)

4. Gaya Sarah Azhari dengan jaket kulit yang senada dengan rok ini juga membuatnya terlihat boyish namun tetap menawan.

Sarah Azhari (Sumber: Instagram/sazarita)
Sarah Azhari (Sumber: Instagram/sazarita)

5. Sarah Azhari sendiri cukup sering memadukan warna hitam di beberapa penampilannya.

Sarah Azhari (Sumber: Instagram/sazarita)
Sarah Azhari (Sumber: Instagram/sazarita)

6. Bahkan, penampilan wanita kelahiran 16 Juni 1977 ini saat menggunakan syal sebagai aksesoris tetap memesona.

Sarah Azhari (Sumber: Instagram/sazarita)c
Sarah Azhari (Sumber: Instagram/sazarita)c

7. Ini dia salah satu momen perayaan ulang tahun Sarah Azhari bersama keluarga.

Sarah Azhari (Sumber: Instagram/sazarita)
Sarah Azhari (Sumber: Instagram/sazarita)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Risma Minta Pedagang Sentra Wisata Kuliner Patuh Protokol Kesehatan

Posted: 17 Jun 2020 09:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) meminta pedagang sentra wisata kuliner (SWK) untuk mematuhi protokol kesehatan.

Hal ini sesuai dalam Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 28 Tahun 2020 tentang Pedoman Tatanan Normal Baru Pada Kondisi Pandemi COVID-19.

"Bapak ibu, saya mohon kerja samanya untuk menjaga kesehatan panjenengan sedoyo (Anda semua). Saya berharap ini jadi Sentra PKL Tangguh," kata Risma, seperti dikutip dari laman Surabaya.go.id, ditulis Kamis (18/6/2020).

Risma mengungkapkan protokol kesehatan tersebut wajib dilaksanakan semua pedagang tanpa terkecuali. Di antaranya rajin mencuci tangan, jaga jarak dan mengenakan masker. Selain itu, wali kota perempuan pertama di Kota Surabaya ini menambahkan alangkah lebih baik jika pedagang juga menggunakan face shield.

"Kalau bisa pakai face shield. Itu bisa bikin sendiri kalau beli pun harganya tidak mahal," lanjut dia.

Tidak hanya itu, Presiden UCLG Aspac ini memaparkan ketika saat berjualan lalu terdapat pembeli yang melanggar protokol, pedagang wajib menegur. Tidak sekali Wali Kota Risma meminta agar ketika ditemukan hal semacam itu, pedagang wajib mengingatkan dengan cara yang sopan.

"Tidak perlu takut meskipun pembeli adalah raja kita wajib mengingatkan. Tapi dengan catatan dengan cara sopan dan halus. Jangan dibentak nanti lari orangnya," kata Risma.

Oleh karena itu, Presiden UCLG Aspac ini benar-benar meminta agar pedagang disiplin. Bahkan ia pun juga meminta agar pedagang dapat benar-benar menjaga makananan yang dijual itu. Termasuk memberikan batas plastik antara pedagang dan pembeli. Ia juga berharap agar makanan jualannya hanya dapat dipegang oleh penjual saja.

"Usahakan pembeli tidak menyentuh makanan yang bapak ibu jual. Jadi kita yang mengambilkan. Apalagi beberapa sentra PKL bayarnya sudah menggunakan single kasir," ujar dia.

Pedagang Siap Patuhi Protokol

Rupanya gayung bersambut, protokol yang dibuat oleh Wali Kota Risma didukung penuh oleh pedagang. Salah satunya adalah PKL Jalan Indrapura M Choirul, ia  berterima kasih kepada Wali Kota Risma yang selama ini selalu memberikan perhatian kepada pedagang.

"Saya siap mematuhi protokol tersebut. Sebenarnya sudah diterapkan namun akan terus saya tingkatkan," pungkasnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jika Tak Gunakan Jalur Khusus, Pesepeda Bakal Dipidana 15 Hari

Posted: 17 Jun 2020 09:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Condro mengingatkan para pesepeda menggunakan jalur khusus atau pop up bike line. Jika melanggar mereka terancam pasal pidana.

"Pesepeda yang tidak gunakan jalur sepeda yang sudah disediakan, ada ancaman hukuman yaitu Pasal 299 UU Lalu Lintas dan angkutan jalan, ancaman pidananya denda Rp 100 ribu atau kurungan 15 hari," kata Kombes Sambodo saat memberikan keterangannya di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, melalui siaran pers diterima, Kamis (18/7/2020).

Namun, lanjut Kombes Sambodo, ancaman pidana tidak berlaku jika tidak tersedia jalur sepeda.

"Jika memang di jalannya tidak ada marka sepeda dan pesepeda jalurnya di luar itu maka tidak terancaman pidana tersebut," terang dia.

Sambodo menegaskan, ancaman pidana dibuat bukan untuk menakuti masyarakat. Namun sebagai bentuk kewaspadaan agar tidak terjadi kecelakaan lalu lintas antar sesama sepeda atau kendaraan bermotor lainnya di jalan raya.

"Karena kalau kecelakaan terjadi di luar jalur yang sudah ada pop up bike line, belum tentu kendaaraan yang nabrak yang salah, kita lihat dulu siapa tahu pesepedanya yang salah, bisa saja, mohon ini jadi perhatian betul dalam memanfaatkan jalur khusus sepeda ini," Kombes Sambodo menandasi.

Berlaku di Sudirman-Thamrin

Sebagai informasi, pop up bike line saat ini sudah berlaku di ruas utama Jalan Jakarta, Sudirman - Thamrin dengan panjang jalur 7 KM di kedua arahnya.

Selain itu, Polda Metro Jaya juga telah menetapkan jam oprasional pop up bike line selama hari kerja, mulai pukul 06.00 hingga 08.00 WIB. Kemudian untuk sore hari pada pukul 16.00 hingga 18.00 WIB.

Sedangkan di hari Sabtu, pemberlakuaan hanya dilakukan mulai pukul 10.00 WIB dan sore harinya pukul 16.00 hingga 19.00 WIB malam.

Untuk hari Minggu, saat ini Polda Metro Jaya dan Dishub DKI Jakarta masih mengkaji, pemberlakuan waktu terkait, mengingat di pagi harinya sudah akan dimulai kembali Car Free Day.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Penerapan Physical Distancing di Pasar Perumnas Klender

Posted: 17 Jun 2020 09:20 PM PDT

Pedagang berjualan dekat tanda 'X' yang digunakan sebagai pembatas physical distancing di Pasar Perumnas Klender, Jakarta, Kamis (18/6/2020). Selain sistem ganjil genap kios, pengelola pasar menerapkan physical distancing antarlapak untuk mencegah penularan COVID-19. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroh
Pedagang berjualan dekat tanda 'X' yang digunakan sebagai pembatas physical distancing di Pasar Perumnas Klender, Jakarta, Kamis (18/6/2020). Selain sistem ganjil genap kios, pengelola pasar menerapkan physical distancing antarlapak untuk mencegah penularan COVID-19. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroh

Pedagang berjualan dekat tanda 'X' yang digunakan sebagai pembatas physical distancing di Pasar Perumnas Klender, Jakarta, Kamis (18/6/2020). Selain sistem ganjil genap kios, pengelola pasar menerapkan physical distancing antarlapak untuk mencegah penularan COVID-19. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroh

Pedagang berjualan dekat tanda 'X' yang digunakan sebagai pembatas physical distancing di Pasar Perumnas Klender, Jakarta, Kamis (18/6/2020). Selain sistem ganjil genap kios, pengelola pasar menerapkan physical distancing antarlapak untuk mencegah penularan COVID-19. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroh
Pedagang berjualan dekat tanda 'X' yang digunakan sebagai pembatas physical distancing di Pasar Perumnas Klender, Jakarta, Kamis (18/6/2020). Selain sistem ganjil genap kios, pengelola pasar menerapkan physical distancing antarlapak untuk mencegah penularan COVID-19. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroh

Pedagang berjualan dekat tanda 'X' yang digunakan sebagai pembatas physical distancing di Pasar Perumnas Klender, Jakarta, Kamis (18/6/2020). Selain sistem ganjil genap kios, pengelola pasar menerapkan physical distancing antarlapak untuk mencegah penularan COVID-19. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroh

Pedagang berjualan dekat tanda 'X' yang digunakan sebagai pembatas physical distancing di Pasar Perumnas Klender, Jakarta, Kamis (18/6/2020). Selain sistem ganjil genap kios, pengelola pasar menerapkan physical distancing antarlapak untuk mencegah penularan COVID-19. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroh
Pedagang berjualan dekat tanda 'X' yang digunakan sebagai pembatas physical distancing di Pasar Perumnas Klender, Jakarta, Kamis (18/6/2020). Selain sistem ganjil genap kios, pengelola pasar menerapkan physical distancing antarlapak untuk mencegah penularan COVID-19. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroh

Pedagang berjualan dekat tanda 'X' yang digunakan sebagai pembatas physical distancing di Pasar Perumnas Klender, Jakarta, Kamis (18/6/2020). Selain sistem ganjil genap kios, pengelola pasar menerapkan physical distancing antarlapak untuk mencegah penularan COVID-19. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroh

Aktivitas perdagangan dengan menerapkan physical distancing  di halaman Pasar Perumnas Klender, Jakarta, Kamis (18/6/2020). Selain sistem ganjil genap kios, pengelola pasar menerapkan physical distancing antarlapak untuk mencegah penularan COVID-19. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Aktivitas perdagangan dengan menerapkan physical distancing di halaman Pasar Perumnas Klender, Jakarta, Kamis (18/6/2020). Selain sistem ganjil genap kios, pengelola pasar menerapkan physical distancing antarlapak untuk mencegah penularan COVID-19. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Aktivitas perdagangan dengan menerapkan physical distancing di halaman Pasar Perumnas Klender, Jakarta, Kamis (18/6/2020). Selain sistem ganjil genap kios, pengelola pasar menerapkan physical distancing antarlapak untuk mencegah penularan COVID-19. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Aktivitas perdagangan dengan menerapkan physical distancing  di halaman Pasar Perumnas Klender, Jakarta, Kamis (18/6/2020). Selain sistem ganjil genap kios, pengelola pasar menerapkan physical distancing antarlapak untuk mencegah penularan COVID-19. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Aktivitas perdagangan dengan menerapkan physical distancing di halaman Pasar Perumnas Klender, Jakarta, Kamis (18/6/2020). Selain sistem ganjil genap kios, pengelola pasar menerapkan physical distancing antarlapak untuk mencegah penularan COVID-19. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Aktivitas perdagangan dengan menerapkan physical distancing di halaman Pasar Perumnas Klender, Jakarta, Kamis (18/6/2020). Selain sistem ganjil genap kios, pengelola pasar menerapkan physical distancing antarlapak untuk mencegah penularan COVID-19. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Perdagangan mengenakan masker saat penerapan physical distancing di Pasar Perumnas Klender, Jakarta, Kamis (18/6/2020). Selain sistem ganjil genap kios, pengelola pasar menerapkan physical distancing antarlapak untuk mencegah penularan COVID-19. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Perdagangan mengenakan masker saat penerapan physical distancing di Pasar Perumnas Klender, Jakarta, Kamis (18/6/2020). Selain sistem ganjil genap kios, pengelola pasar menerapkan physical distancing antarlapak untuk mencegah penularan COVID-19. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Perdagangan mengenakan masker saat penerapan physical distancing di Pasar Perumnas Klender, Jakarta, Kamis (18/6/2020). Selain sistem ganjil genap kios, pengelola pasar menerapkan physical distancing antarlapak untuk mencegah penularan COVID-19. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Aktivitas perdagangan dengan menerapkan physical distancing  di halaman Pasar Perumnas Klender, Jakarta, Kamis (18/6/2020). Selain sistem ganjil genap kios, pengelola pasar menerapkan physical distancing antarlapak untuk mencegah penularan COVID-19. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Aktivitas perdagangan dengan menerapkan physical distancing di halaman Pasar Perumnas Klender, Jakarta, Kamis (18/6/2020). Selain sistem ganjil genap kios, pengelola pasar menerapkan physical distancing antarlapak untuk mencegah penularan COVID-19. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Aktivitas perdagangan dengan menerapkan physical distancing di halaman Pasar Perumnas Klender, Jakarta, Kamis (18/6/2020). Selain sistem ganjil genap kios, pengelola pasar menerapkan physical distancing antarlapak untuk mencegah penularan COVID-19. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sinopsis Sinetron SCTV Pesantren Rock N' Dut: Nassar jadi Cameo di Episode Kamis, 17 Juni 2020

Posted: 17 Jun 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kamis malam ini, Pesantren Rock N' Dut bercerita tentang hari pengumpulan dana buat kesembuhan Aida tiba. Para santri dan donator kumpuldi aula. Mereka menyaksikan penampilan Sahur dan kawan kawan dalam grup bandrock dan dangdut.

Makin seru Pesantren Rock N' Dut masih berlangsung. Semua bergembira. Dana yang terkumpul juga lumayan banyak.

Di rumah sakit, Aida hanya bisa melihat itu semua dari siaran langsung melalui medsos. Dia gembira karena semua orang sangat sayang pada dia.

Bersamaan dengan itu, Aida langsung masuk ke ruang operasi. Tiba tiba acara yang sedang berlangsung meriah diganggu dengan kedatangan Bagja dan anak buahnya.

Mereka merusak pesantren dan meminta semua orang untuk keluar. Untungnya Yupi sudah lapor polisi duluan, mereka datang tepat waktu.

Pesantren Rock N' Dut selanjutnya...

Aida Dioperasi

Adegan sinetron Pesantren Rock N' Dut tayang di SCTV mulai Senin, 1 Juni 2020 (dok Screenplay Productions)
Adegan sinetron Pesantren Rock N' Dut tayang di SCTV mulai Senin, 1 Juni 2020 (dok Screenplay Productions)

Bagjadan anak bauhnya akhirnya ditahan polisi. Saat yang sama, Aida berhasil dioperasi. Aida selesai dioperasi. Tapi semua kaget karena sebagian memori Aida hilang.

Nayla Cemburu

Adegan sinetron Pesantren Rock N' Dut tayang di SCTV mulai Senin, 1 Juni 2020 (dok Screenplay Productions)
Adegan sinetron Pesantren Rock N' Dut tayang di SCTV mulai Senin, 1 Juni 2020 (dok Screenplay Productions)

Aida hanya mengenal bagian bagian tertentu saja dalam kehidupannya. Yang membuat Nayla cemburu, Aida mengenal Sahur dengan baik, sementara dia sama sekali tidak diingat oleh Aida.

Sahur yang Diingat

Adegan sinetron Pesantren Rock N' Dut tayang di SCTV mulai Senin, 1 Juni 2020 (dok Screenplay Productions)
Adegan sinetron Pesantren Rock N' Dut tayang di SCTV mulai Senin, 1 Juni 2020 (dok Screenplay Productions)

Menurut dokter, Sahur diingat Aida karena keberadaannya sangat penting di mata Aida.

Sudah Jadian

Adegan sinetron Pesantren Rock N' Dut tayang di SCTV mulai Senin, 1 Juni 2020 (dok Screenplay Productions)
Adegan sinetron Pesantren Rock N' Dut tayang di SCTV mulai Senin, 1 Juni 2020 (dok Screenplay Productions)

Walaupun Nayla dan Dimas sudah jadian, Nayla ternyata masihdekat dengan Sahur. Dimas juga tahu bahwa Nayla terpaksa menerimanya, padahal hatinya hanya untuk Sahur.

Dimas Kesal

Adegan sinetron Pesantren Rock N' Dut tayang di SCTV mulai Senin, 1 Juni 2020 (dok Screenplay Productions)
Adegan sinetron Pesantren Rock N' Dut tayang di SCTV mulai Senin, 1 Juni 2020 (dok Screenplay Productions)

Dimas kecewa dan menumpahkan kekesalannya d itempat lain. Iis coba menghiburnya tapi tidak mengurangi kekesalan Dimas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Fakta Menarik Clara Rossi, Adik Valentino Rossi yang Jarang Tersorot Kamera

Posted: 17 Jun 2020 09:20 PM PDT

Jakarta - Valentino Rossi dikenal punya adik yang kini berkiprah di Moto2, Luca Marini. Namun, mungkin tak banyak yang tahu jika pembalap Monster Energy Yamaha itu juga memiliki seorang adik perempuan bernama Clara Rossi.  

Valentino Rossi dikenal sebagai anak tunggal dari pernikahan Graziano Rossi dan Stefania Palma, yang kemudian bercerai pada 1996.

Graziano dan Stefania masing-masing menikah lagi dengan orang lain. Mereka masing-masing memberikan adik untuk The Doctor. Uniknya, kedua adik Rossi ini sama-sama lahir pada 1997.

Publik lebih mengenal Luca Marini, yakni adik Rossi dari sisi ibunya. Adik Rossi yang satu lagi bernama Clara Rossi, yakni anak dari pernikahan Graziano dengan istri keduanya, Lorena.

Clara tak terlalu dikenal publik karena tak mengikuti jejak sang kakak sebagai pembalap. Tapi ia punya profesi yang tak kalah menarik lho.

Berikut tujuh fakta unik Clara Rossi, adik Valentino Rossi yang jarang tersorot kamera.

 

1. Sempat Menimba Ilmu di Amerika Serikat

 
 
 
View this post on Instagram

Onesta non lo so soprattutto con sé stessa con sé stessa forse no

A post shared by Clara (@clararossi14) on

Clara pernah mengambil pendidikan di Wisconsin, Amerika Serikat saat masih belia. Ia baru kembali tinggal di Tavullia pada 2015. Melihat kemandiriannya karena tinggal di luar negeri, sang ayah merasa bangga.

"Saat kami mengunjunginya, kami sempat dapat masalah di bandara, kami terjebak di Chicago dan ia mengurus semuanya. Melihat anak saya bicara dengan logat Amerika, ia seperti orang Amerika sungguhan. Ia pergi ke sana saat masih kecil, kini saya melihatnya sebagai perempuan dewasa," ujar Graziano.

  

2. Punya Hobi Menyanyi

 
 
 
View this post on Instagram

🚦

A post shared by Clara (@clararossi14) on

Seperti Valentino yang punya hobi bermain gitar, Clara juga punya hobi menyanyi, bahkan pernah memenangi kompetisi lokal 'Gallo d'Oro' di Petriano, Italia.

Setiap kali ada ajang balap La 100km dei Campioni di flat track pribadi sang kakak di Motor Ranch, ia juga selalu dapat tugas menyanyikan lagu kebangsaan Italia sebelum start.

"Saat masih kecil, saya dan ibu saya terbiasa menyanyi di mana-mana. Mainan favorit saya adalah piano. Saya biasa main dan menyanyi. Baru-baru ini, saya mulai mempelajarinya lebih serius," ungkap Clara.

  

3. Sangat Disayangi Ayah

Clara juga sangat disayangi sang ayah, Graziano. Meski sudah dewasa, ia masih dipanggil 'La mia bimba' atau 'bayi kecilku' oleh pria yang juga mantan pembalap GP500 tersebut.

"Saat pergi ke Amerika Serikat, ayah dan ibu sangat mendukung, meski ayah sempat cemas. Beliau ayah yang biasa-biasa saja, seperti yang lain. Tapi jelas Anda takkan pernah bosan mendengarnya berceloteh, beliau selalu punya cerita yang membuat Anda penasaran," ujar Clara.

  

4. Pernah Geluti Gokart

 
 
 
View this post on Instagram

#claraditraverso

A post shared by Clara (@clararossi14) on

Seperti sang kakak, ternyata Clara juga pernah mencoba peruntungan dengan gokart saat masih kecil. Lagi-lagi, hal ini ditularkan oleh sang ayah, yang juga sempat mendampingi Valentino di ajang gokart lokal saat masih anak-anak.

  

5. Tak Pernah Tinggal Serumah dengan Valentino Rossi

 
 
 
View this post on Instagram

I tempi del motorino

A post shared by Clara (@clararossi14) on

Mengingat usia mereka yang terpaut sangat jauh, Clara tak pernah merasakan tinggal serumah dengan Valentino.

"Hubungan kami baik, mengingat ia kakak yang jauh lebih tua dan kami tak pernah tinggal serumah. Kadang-kadang saya pergi ke Ranch untuk bertemu dengannya," tutur Clara.

  

6. Lebih Akrab dengan Luca Marini

 
 
 
View this post on Instagram

Amichetti

A post shared by Clara (@clararossi14) on

Sama-sama lahir pada 1997, Clara tak memungkiri lebih dekat dengan adik Valentino dari pihak ibunya, Luca Marini. Mereka bahkan sempat belajar di sekolah yang sama.

"Vale tak pernah membawa saya naik motor, tapi Luca pernah, pada suatu hari di Ranch. Ia melaju sangat lamban, tapi menurut saya ia kelewat cepat! Saya dan Luca bersahabat, kami berteman di sekolah, sering berangkat sekolah bareng," kisah Clara.

"Hubungan kami lebih dekat ketimbang hubungan kami dengan Valentino. Saat kami bersama, kami bisa bicara soal banyak hal, tak cuma soal motor," lanjutnya.

 

  

7. Tak Iri pada Popularitas Sang Kakak

 
 
 
View this post on Instagram

When I was your man - Cover. •Questa è la storia che volevamo raccontare• http://www.youtube.com/watch?v=e4hxj-vFkPs&sns=em

A post shared by Clara (@clararossi14) on

Sebagai seorang musisi, Clara mengaku sama sekali tak iri pada popularitas kakaknya, yang juga kenal musisi-musisi besar Italia seperti Lorenzo Jovanotti dan Vasco Rossi.

"Saya tak iri pada apa pun yang ia miliki. Saya sangat mengaguminya. Saya kagum pada kemauannya untuk memperbaiki diri," ujarnya.

Meski begitu, Clara tak menutup-nutupi hal yang tak ia sukai dari kakaknya. "Rambutnya! Menurut saya cukup jelek!" ujarnya sembari tertawa. "Menjadi adik Vale sangatlah normal. Ia tak pernah membuat masalah, dan teman-teman tak peduli siapa saya," lanjutnya.

Sumber: dari berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Penulis Anindhya Danartikanya, published: 17/6/2020)

 

  

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendagri Pastikan Anggaran Pilkada 2020 Tidak Digunakan untuk Penanganan COVID-19

Posted: 17 Jun 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memastikan anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 tidak direalokasi untuk anggaran penanganan pandemi COVID-19.

Tito mengatakan saat ini terdapat sisa anggaran Pilkada 2020 senilai Rp 9,1 triliun dari total pagu anggaran Pilkada Rp 15 triliun. Sebanyak Rp 5,9 triliun sisanya sudah digunakan untuk lima tahapan Pilkada sebelum masa pandemi COVID-19.

:Mendagri dan Menteri Keuangan (Sri Mulyani Indrawati) langsung keluarkan peraturan untuk Rp 9,1 triliun, untuk tahapan selanjutnya itu di-freeze (dibekukan), tidak boleh digunakan, termasuk tidak boleh untuk COVID-19, karena masih ada (realokasi) pos-pos lain," ujar Tito.

Presiden Joko Widodo pada April 2020 telah memutuskan menunda pemungutan suara Pilkada 2020, dari September 2020 menjadi Desember 2020. Hal itu tertuang dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang ( Perppu) Nomor 2 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga Atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota.

Pemerintah, kata Tito, ingin menjaga ketersediaan anggaran Pilkada karena mengantisipasi pesta demokrasi itu dapat terlaksana pada Desember 2020. Sekalipun, nantinya Pilkada mesti tertunda hingga 2021 karena pandemi COVID-19, pemerintah masih memiliki kesiapan dana untuk pendanaan operasional Pilkada.

Dengan kesiapan dana itu, tahapan-tahapan Pilkada akan berjalan lancar tanpa ada hambatan. Tito menegaskan Pilkada tidak boleh terus terhambat karena pemilihan kepala daerah ini merupakan perhelatan politik penting untuk memfasilitasi suara rakyat dalam menentukan pemimpin di daerahnya.

"Jangan sampai kita tidak paham, dinamika anggaran seperti apa. Agenda politik ini harus berjalan karena 280 kepala daerah akan berakhir masa tugasnya. Kepala daerah yang terpilih adalah yang dipilih rakyat, legitimasinya kuat, bukan yang dipimpin oleh Pelaksana Tugas oleh Kemendagri," Tito seperti dikutip dari Antara.

KPUD Mulai Diaktifkan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah memulai kembali tahapan Pilkada Serentak pada 15 Juni 2020 lalu dengan mengaktifkan kembali kegiatan-kegiatan KPU Daerah (KPUD).

"Kami sudah keluarkan surat agar dana pilkada ini boleh dicairkan karena KPU keluarkan surat 15 Juni kemarin sudah memulai tahap lanjutan di antaranya pengaktifan KPUD," kata Tito.

Selain itu Tito juga mengatakan, pihaknya sudah menyetujui penambahan anggaran untuk Pilkada Serentak 2020 sebesar Rp 5,1 triliun yang akan digunakan untuk pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi penyelenggara pemilu dan pemegang hak suara.

"Memang ada permintaan tambahan dana untuk 276 ribu jadi 374 ribu TPS (Tempat Pemungutan Suara) ditambah APD dengan mengambil model Korea Selatan yang melakukan pemilu legislatif di puncak pandemi. Sebanyak Rp 5,1 triliun ini mungkin akan dipenuhi, Menkeu sementara akan eksekusi tahapan Rp 1,2 triliun," ujarnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertamina Tegaskan Masih Jual BBM Jenis Premium

Posted: 17 Jun 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) menegaskan saat ini masih menyediakan dan menyalurkan BBM Jenis Premium, sebagaimana penugasan Pemerintah yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 43 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 Tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak.

Pernyataan ini menjawab informasi yang beredar di media mengenai penghapusan Premium.

"Saat ini, sesuai ketentuan yang ada, Pertamina masih menyalurkan Premium di SPBU,"ujar Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman, di Jakarta (17/6/2020).

Menurutnya, informasi yang berkembang tersebut berawal dari pertanyaan peserta Webinar Rakyat Merdeka yang menanggapi rencana penyederhanaan produk kepada Direktur Utama Pertamina.

Dari pertanyaan tersebut, tercetus apakah Pertamina akan melakukan penghapusan BBM jenis Premium, Solar dan Pertalite yang dinilai tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Permen LHK) No 20 Tahun 2017.

Prioritaskan Produk Ramah Lingkungan

Aktivitas pengisian BBM di SPBU Cikini, Jakarta, Rabu (30/9/2015). Menteri ESDM, Sudirman Said menegaskan, awal Oktober tidak ada penurunan atau kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) baik itu bensin premium maupun solar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Aktivitas pengisian BBM di SPBU Cikini, Jakarta, Rabu (30/9/2015). Menteri ESDM, Sudirman Said menegaskan, awal Oktober tidak ada penurunan atau kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) baik itu bensin premium maupun solar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati menjelaskan mengenai filosofi penyederhanaan produk dimana sesuai regulasi Pemerintah dan kesepakatan dunia tentang lingkungan, seluruh negara harus berupaya menjaga ambang batas emisi karbon dan polusi udara dengan standar BBM minimal RON 91 dan CN minimal 51.

"Jadi sesuai ketentuan itu, Pertamina akan memprioritaskan produk-produk yang ramah lingkungan. Apalagi tentu juga kita telah merasakan di masa PSBB langit lebih biru dan udara lebih baik. Untuk itu, kita akan teruskan program yang mendorong masyarakat untuk menggunakan BBM yang ramah lingkungan dan mendorong produk yang lebih bagus," jawab Nicke.

Selain itu, terkait penyederhanaan produk tersebut, menurut Nicke, Pertamina sedang berkoordinasi dengan Pemerintah.

"Kita akan simplikasi produk, karena jumlah produk ini nanti akan memudahkan distribusi dan dengan harga yang lebih affordable," jelasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Timnas Indonesia: Menunggu Kinerja Shin Tae-yong

Posted: 17 Jun 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia belum bisa merasakan pengaruh dari cara melatih Shin Tae-Yong. Debut pelatih asal Korea Selatan itu terganggu karena pandemi virus corona covid-19.

Tugas Shin Tae-yong cukup berat. Selain Timnas Indonesia senior, ia juga diberi tanggung jawab untuk memimpin Timnas U-22 dan U-19, di mana kategori usia terakhir akan berlaga di Piala Dunia U-20 2021.

Hanya Timnas U-16 yang tak ditangani Shin Tae-yong. Jabatan tersebut diemban oleh Bima Sakti yang menggantikan Fachry Husaini.

"Awalnya, saya rasa tidak sulit untuk menangani tiga level Timnas Indonesia. Namun, saya merasa ternyata lebih sulit ketika sudah mengumpulkan pemain," kata Shin Tae-yong seperti dikutip KBS News.

Sayangnya, publik Indonesia harus menunda melihat racikan Shin Tae-yong. Sebab, laga-laga Timnas Indonesia senior di Kualifikasi Piala Dunia 2022 terpaksa ditunda akibat pandemi corona covid-19.

Jadwal

Suporter membentangkan bendera raksasa saat laga persahabatan antara Timnas Indonesia melawan Islandia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (14/1/2018). Timnas Indonesia kalah 1-4 dari Islandia. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Suporter membentangkan bendera raksasa saat laga persahabatan antara Timnas Indonesia melawan Islandia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (14/1/2018). Timnas Indonesia kalah 1-4 dari Islandia. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

8 Oktober 2020

Thailand vs Timnas Indonesia

13 Oktober 2020

Timnas Indonesia vs Uni Emirat Arab

12 November 2020

Vietnam vs Timnas Indonesia

Skuat Timnas

Kiper

1. Andritany Ardhiyasa (Persija Jakarta)

2. Muhammad Riyandi (Barito Putera)

3. Nadeo Argawinata (Bali United)

4. Muhammad Adi Satrio (PSMS Medan)

Bek

5. Fachruddin Aryanto (Madura United)

6. Bagas Adi Nugroho (Arema FC)

7. Andy Setyo Nugroho (Tira Persikabo)

8. Rudolf Yanto Basna (PT Prachuap)

9. Hansamu Yama (Persebaya Surabaya)

10. Alfeandra Dewangga (PSIS Semarang)

11. Ricky Fajrin (Bali United)

12. Gavin Kwan Adsit (Bali United)

13. Putu Gede Juni Antara (Bhayangkara FC)

14. Firza Andika (PSM Makassar)

15. Asnawi Mangkualam (PSM Makassar)

16. Pratama Arhan Alif (PSIS Semarang)

Gelandang

17. Sani Rizki Fauzi (Bhayangkara FC)

18. T.M. Ichsan (Bhayangkara FC)

19. Rachmat Irianto (Persebaya Surabaya)

20. Muhammad Tahir (Persipura Jayapura)

21. Bayu Pradana (Barito Putera)

22. Zulfiandi (Madura United)

23. Septian David Maulana (PSIS Semarang)

24. Stefano Lilipaly (Bali United)

25. Irfan Bachdim (PSS Sleman)

26. Rizky Rizaldi Pora (Barito Putera)

27. Febri Hariyadi (Persib Bandung)

28. Saddil Ramdani (Tanpa Klub)

29. Rizky Eka Pratama (PSM Makassar)

30. Osvaldo Haay (Tanpa Klub)

Penyerang

31. Ilija Spasojevic (Bali United)

32. Lerby Eliandry (Bali United)

33. Irfan Jauhari Bali United)

34. Muhammad Rafli (Arema FC)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Warga Maluku Utara yang Posting Guyonan Gus Dur hingga Dijemput Polisi

Posted: 17 Jun 2020 09:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kutipan Gus Dur yang berbunyi, "Hanya ada tiga polisi jujur di Indonesia: Patung Polisi, Polisi Tidur, dan Jenderal Hoegeng" berujung pada penjemputan seorang warga Maluku Utara bernama Ismail Ahmad oleh kepolisian setempat.

Saat dikonfirmasi, Kapolres Kepulauan Sula AKBP Muhammad Irvan menyatakan tidak terjadi penangkapan yang dilakukan anggotanya terhadap Ismali.

"Hanya kami panggil untuk klarifikasi tentang niat atau mens rea (sikap batin) maksud memposting hal tersebut," tutur Irvan saat dikonfirmasi, Rabu 17 Juni 2020 malam.

Belakangan Ismail pun telah meminta maaf kepada institusi Polri terkait postingannya tentang Gus Dur yang dianggap telah menyinggung.

Berikut sederet pengakuan Ismail yang memposting guyonan Gus Dur hingga membuat polisi berang: 

Memposting Sesaat Sebelum Salat Jumat

Jumat pekan lalu, 12 Juni 2020, sesaat sebelum menunaikan Salat Jumat, Ismail Ahmad (41) mengunggah salah satu guyonan tokoh bangsa yang juga Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur lewat media sosialnya. 

Kalimat tersebut adalah "Hanya ada tiga polisi jujur di Indonesia: patung polisi, polisi tidur, dan Jenderal Hoegeng" (Gus Dur)," tulis Ismail.

Awalnya dia membaca artikel di mesin pencarian google. Di dalam artikel tersebut rupanya adalah kalimat Gus Dur yang membuat dia tergelitik.

Artikel tersebut Gus Dur menyinggung mengenai sosok Jenderal Hoegeng seorang polisi yang dikenal jujur dan sederhana.

"Saya merasa bahwa guyonan Gus Dur itu kok bagus buat saya, enggak ada maksud yang lain sebenarnya sih. Saya kutip semua dari Google yang kalimat itu," jelas pegawai negeri sipil di Kabupaten Sula ini kepada merdeka.com, Rabu, 17 Juni 2020. 

Viral di Media Sosial hingga Dijemput Polisi

Setelah kalimat tersebut bertengger di timeling media sosialnya, dua jam kemudian beberapa polisi mendatangi rumahnya.

Mereka dari Polres Sula dan meminta Ismail ke kantor polisi untuk dimintai keterangan terkait unggahannya di Facebook. Saat itu, kata Ismail, keluarganya merasa takut mengetahui dirinya didatangi polisi.

"Awalnya mereka datang, mereka bilang ke kantor dulu untuk klarifikasi masalah saya punya postingan gitu," tutur Ismail.

Sesampainya di Polres Kepulauan Sula, Ismail ditanyai polisi selama dua jam terkait postingan-nya. Setelah itu, dia diperbolehkan pulang dengan syarat selalu wajib lapor setiap pukul 09.00 WIT, kecuali Sabtu dan Minggu. 

Polisi Menutup Kasus Tersebut

Ismail mengaku bahwa polisi telah menutup kasus terkait unggahannya tersebut. Berdasarkan penuturan polisi dengan permintaan maaf dirinya dinilai sudah cukup untuk tidak meneruskan kasus sampai ke persidangan. 

"Dengan permintaan maaf saya kemarin sudah mereka langsung tutup masalah ini. Dengan permintaan maaf saya kemarin di media kemarin," ucapnya.

Selain permintaan maaf, postingan yang merupakan kritik tersebut kini telah dihapus.

Ismail mengaku menyesali perbuatannya tersebut, dia meminta kepada masyarakat untuk bisa berpikir terlebih dahulu jika ingin berbuat sesuatu atau memposting segala sesuatu hal di media sosial.

Mengaku Hanya Iseng

Sementara itu, Kapolres Kepulauan Sula AKBP Muhammad Irvan membenarkan pihaknya memanggil Ismail Ahmad terkait unggahan ucapan Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur di akun Facebooknya.

"Yang bersangkutan minta maaf jika hal tersebut menyinggung institusi Polri, sehingga kami adakan press release untuk minta maaf dan bilang bahwa yang bersangkutan tidak ada niat apa-apa," tutur Irvan saat dikonfirmasi, Rabu, 17 Juni 2020. 

Menurut Irvan, Ismail mengaku biasa mengambil pernyataan atau kutipan para tokoh untuk konten media sosialnya. Motifnya pun hanya iseng dan memang biasa menggunakan pernyataan dan kalimat tokoh untuk unggahan sosial media.

"Cuma iseng-iseng saja," katanya.

"Yang bersangkutan minta maaf jika hal tersebut menyinggung institusi Polri, sehingga kami adakan press release untuk minta maaf dan bilang bahwa yang bersangkutan tidak ada niat apa-apa," jelas dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Maradona Ikut Merayakan Keberhasilan Napoli Rebut Coppa Italia 2019/2020

Posted: 17 Jun 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Diego Maradona ikut merayakan keberhasilan Napoli merebut gelar Coppa Italia musim ini. Tim berjuluk Partenopei sukses mengangkat trofi usai mengalahkan Juventus lewat adu penalti pada babak final yang berlangsung di Stadio Olimpico Roma, Kamis dini hari WIB (18/6/2020).

Ini adalah gelar Coppa Italia keenam yang berhasil dibawa pulang Napoli sepanjang sejarah.

Maradona yang menjadi 'dewa' di Napoli ikut merasakan kegembiraan atas torehan itu. Legenda hidup asal Argentina itu juga pernah merasakan gelar yang sama bersama Napoli pada tahun 1986/1987 lalu.

"Bangga pada kalian. Hidup Napoli," tulis Maradona sembari mengunggah fotonya mengenakan kostum Napoli di Instagram.

 

 
 
 
View this post on Instagram

Orgoglioso di voi. Forza Napoli!!! 🏆💙 #CoppaItalia

A post shared by Diego Maradona (@maradona) on

Bermain tanpa penonton di Olimpico, Napoli harus mati-matian menahan gempuran Juventus yang diperkuat mega bintang lapagan hijau, Cristiano Ronaldo. Namun hingga babak normal berakhir, Napoli berhasil menjaga kedudukan tanpa gol dan laga pun langsung dilanjutkan lewat drama adu penalti.

 

Ditentukan Lewat Adu Penalti

Pemain Napoli, Arkadiusz Milik, melepaskan tendangan penalti saat melawan Juventus pada laga final Coppa Italia di Stadion Olympic, Roma, Rabu (17/6/2020). Napoli menjadi juara setelah berhasil menang lewat adu penalti atas Juventus dengan skor 4-2.(AP/Andrew Medichini)
Pemain Napoli, Arkadiusz Milik, melepaskan tendangan penalti saat melawan Juventus pada laga final Coppa Italia di Stadion Olympic, Roma, Rabu (17/6/2020). Napoli menjadi juara setelah berhasil menang lewat adu penalti atas Juventus dengan skor 4-2.(AP/Andrew Medichini)

Napoli akhirnya keluar sebagai pemenang setelah unggul 4-2 di babak tostosan. Empat penendang Napoli, yakni Insigne, Politano, Maksimovic, dan Milik berhasil menjebol gawang Gianluigi Buffon.

Sebaliknya, dua penendang Juventus, yakni Paulo Dybala dan Danilo gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Si Nyonya Tua menyerah 2-4 di mana dua gol dicetak oleh Bonucci dan Ramsey. 

 

Jalannya Pertandingan

Seperti apa jalannya pertandingan Napoli vs Juventus? Selengkapnya bisa anda klik di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Chat Pembeli dan Penjual saat Pesan Barang Ini Bikin Geregetan

Posted: 17 Jun 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Diera serba praktis dan cepat ini, banyak masyarakat yang mulai memanfaatkan aplikasi online shop. Dengan aplikasi tersebut para konsumen tak perlulagi repot-repot keluar rumah dan menghabiskan tenaga serta waktu. 

Lewat aplikasi online shop, para konsumen tetap bisa berinteraksi dengan penjual. Mulai dari menanyakan ketersediaan barang hingga hanya sekadar berkonsultasi. Tentunya kemudahan ini membuat kegiatan jual-beli banyak diminati. 

Namun rupanya belanja dengan cara online tak selalu berjalan lancar. Ada saja tingkah jahil dan usil para penjual maupun pembeli saat berinteraksi lewat pesan singkat atau chat. Bahkan beberapa pembeli maupun penjual harus ekstra sabar saat meladeni satu sama lain.

Berikut ini 6 chat antara oenjual dan pembeli yang bikin geregetan dan bikin emosi, dirangkum dari Twitter @txtdarionlshop oleh Liputan6.com, Kamis (18/6/2020).

1. Jadi sebenarnya kejunya ada atau enggak nih?

Chat dari pembeli yang bikin sebal dan geregetan. (Sumber: Twitter/@txtdarionlshop)
Chat dari pembeli yang bikin sebal dan geregetan. (Sumber: Twitter/@txtdarionlshop)

2. Siapa nih yang kira-kira pernah chat ke penjual kayak gini gara-gara kehabisan barang?

Chat dari pembeli yang bikin sebal dan geregetan. (Sumber: Twitter/@txtdarionlshop)
Chat dari pembeli yang bikin sebal dan geregetan. (Sumber: Twitter/@txtdarionlshop)

3. Kayaknya si pembeli enggak punya uang dan minta si penjual buat pake uangnya dulu nih!

Chat dari pembeli yang bikin sebal dan geregetan. (Sumber: Twitter/@txtdarionlshop)
Chat dari pembeli yang bikin sebal dan geregetan. (Sumber: Twitter/@txtdarionlshop)

4. Harus ektra bersabar nih kalau dichat sama pembeli kayak gini!

Chat dari pembeli yang bikin sebal dan geregetan. (Sumber: Twitter/@txtdarionlshop)
Chat dari pembeli yang bikin sebal dan geregetan. (Sumber: Twitter/@txtdarionlshop)

5. Enggak jauh beda sama yang ini, sudah dibilangin enggak jual PC Jungwoo tapi masih nanya aja.

Chat dari pembeli yang bikin sebal dan geregetan. (Sumber: Twitter/@txtdarionlshop)
Chat dari pembeli yang bikin sebal dan geregetan. (Sumber: Twitter/@txtdarionlshop)

6. Ketika anak Twitter belanja online, hati-hati ya kak nanti dibikin thread!

Chat dari pembeli yang bikin sebal dan geregetan. (Sumber: Twitter/@txtdarionlshop)
Chat dari pembeli yang bikin sebal dan geregetan. (Sumber: Twitter/@txtdarionlshop)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Napoli Vs Juventus, Cristiano Ronaldo Gagal di Final Dua Kali Beruntun

Posted: 17 Jun 2020 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Turin- Cristiano Ronaldo mengalami pengalaman yang jarang terjadi dalam kariernya. Untuk pertama kali, Ronaldo gagal menang di dua laga final beruntun yang diikutinya.

Teranyar, Cristiano Ronaldo gagal membawa Juventus menang di final Coppa Italia melawan Napoli, Kamis (18/6/2020). Juventus kalah 2-4 lewat adu penalti di laga ini.

Juventus menjalani duel ketat lawan Napoli. Setelah 0-0 di waktu normal, pertandingan dilanjutkan lewat adu penalti.

Paulo Dybala dan Danilo gagal mengeksekusi penalti. Sedangkan Cristiano Ronaldo yang jadi eksekutor terakhir tak sempat untuk menendang penalti karena Juventus sudah tak berpeluang.

Cristiano Ronaldo tampil penuh di duel Napoli vs Juventus. Dia melepas tiga tembakan dan satu diantaranya mengarah ke gawang.

 

Kegagalan Lainnya

Striker Juventus, Cristiano Ronaldo, berusaha melewati pemain Napoli pada laga final Coppa Italia di Stadion Olympic, Roma, Rabu (17/6/2020). Napoli menjadi juara setelah berhasil menang lewat adu penalti atas Juventus dengan skor 4-2.(AP/Andrew Medichini)
Striker Juventus, Cristiano Ronaldo, berusaha melewati pemain Napoli pada laga final Coppa Italia di Stadion Olympic, Roma, Rabu (17/6/2020). Napoli menjadi juara setelah berhasil menang lewat adu penalti atas Juventus dengan skor 4-2.(AP/Andrew Medichini)

Ini menjadi kegagalan kedua beruntun bagi Cristiano Ronaldo. Sebelumnya, Ronaldo juga menelan pil pahit karena kalah lawan Lazio di Supercoppa Italiana atau Piala Super Italia.

Coppa Italia di musim ini menjadi yang pertama harus ditentukan lewat adu penalti dalam 11 tahun terakhir. Napoli meraih trofi ini untuk keenam kalinya.

Ini juga ketiga kalinya Napoli kalahkan Juventus di tempat netral. Sebelumnya, ini juga terjadi di Coppa Italia 2011-2012 dan Piala Super Italia 2014-2015.

 

Fokus Serie A

 

Kekalahan ini membuat klub asuhan Maurizio Sarri ini kini fokus ke serie A dan Liga Champions. Laga pertama Juventus bakal dilakoni pada 22 Juni melawan Bologna.

Juventus memimpin klasemen serie A dengan keunggulan satu poin dari Lazio. Cristiano Ronaldo masih tertinggal dari Ciro Immobile dalam perburuan gelar top skorer serie A.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peta Sebaran COVID-19 Surabaya 17 Juni 2020: Pasien Positif 4.262, Sembuh 1.376 Orang

Posted: 17 Jun 2020 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pasien positif Corona COVID-19 masih menunjukkan kenaikan di Surabaya, Jawa Timur pada Rabu, 17 Juni 2020. Ada tambahan pasien baru Corona COVID-19 sebanyak 81 orang di Surabaya, Jawa Timur.

Total pasien positif Corona COVID-19 pun menembus angka 4.262 orang hingga 17 Juni 2020. Mengutip peta sebaran Corona COVID-19 di laman lawancovid-19, Kamis (18/6/2020), berdasarkan sumber dinas kesehatan Kota Surabaya, rinciannya antara lain 4.164 orang dari Surabaya dan 98 orang dari luar Surabaya hingga 17 Juni 2020.

Total pasien terkonfirmasi positif COVID-19 dalam perawatan sebanyak 2.553 orang. Pasien sembuh dari Corona COVID-19 di Surabaya bertambah menjadi 1.346 orang dan dari luar Surabaya sebanyak 30 orang.

Pasien meninggal karena Corona COVID-19 sebanyak 327 orang dan dari luar Surabaya sebanyak enam orang.

Total pasien dalam pengawasan (PDP) terkait Corona COVID-19 mencapai 4.011 orang. Dari jumlah tersebut, PDP dalam pengawasan sebanyak 2.374 orang dan PDP sembuh mencapai 1.634 orang. PDP meninggal ada tiga orang.

Selain itu, total kumulatif ODP mencapai 4.171 orang. Rinciannya ODP dipantau sebanyak 524 orang dan ODP selesai dipantau ada 3.647 orang.

Peta Sebaran COVID-19 Surabaya pada 16 Juni 2020

Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sebelumnya, pasien positif Corona COVID-19 di Surabaya, Jawa Timur masih bertambah meski tak signifikan pada awal pekan. Ada tambahan pasien positif Corona COVID-19 sebanyak 62 orang pada Selasa, 16 Juni 2020.

Tambahan pasien baru itu mendorong total kasus terkonfirmasi positif Corona COVID-19 di Kota Pahlawan mencapai 4.181 orang.

Mengutip peta sebaran Corona COVID-19 di laman lawancovid-19, Rabu (17/6/2020), berdasarkan sumber dinas kesehatan Kota Surabaya, rinciannya antara lain 4.181 orang dari Surabaya dan 98 orang dari luar Surabaya hingga 16 Juni 2020.

Total pasien terkonfirmasi positif COVID-19 dalam perawatan sebanyak 2.517 orang. Pasien sembuh dari Corona COVID-19 di Surabaya bertambah menjadi 1.301 orang dan dari luar Surabaya sebanyak 30 orang.

Pasien meninggal karena Corona COVID-19 bertambah menjadi 327 orang dan dari luar Surabaya sebanyak enam orang.

Total pasien dalam pengawasan (PDP) terkait Corona COVID-19 mencapai 3.922 orang. Dari jumlah tersebut, PDP dalam pengawasan sebanyak 2.308 orang dan PDP sembuh mencapai 1.611 orang. PDP meninggal ada tiga orang.

Selain itu, total kumulatif ODP mencapai 4.150 orang. Rinciannya ODP dipantau sebanyak 541 orang dan ODP selesai dipantau ada 3.609 orang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setelah Kehilangan Pekerjaan Akibat Pandemi, Kakek 79 Tahun Pilih Jadi YouTuber

Posted: 17 Jun 2020 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seorang kakek 79 tahun menjadi terkenal setelah beralih profesi sebagai YouTuber usai dipecat dari pekerjaannya akibat pandemi corona Covid-19. Lelaki yang berasal dari Meksiko itu sempat bekerja sebagai pengepul di sebuah toko kelontong.

Dilansir dari Delish, Rabu, 17 Juni 2020, Carlos Elizondo yang lebih dikenal sebagai Tito Harly itu membuat konten memasak yang kemudian diunggah ke kanal YouTube.

Carlos membagikan sejumlah resep di antaranya keju panggang dengan bacon dan chorizo, daging kering dengan piloncillo, dan chilaca chiles yang diisi dengan udang dan chorizo.

Lelaki itu beralih profesi sebagai YouTuber sejak 25 Mei 2020 lalu. Untuk kelancaran pekerjaan baru itu, ia dibantu putrinya, Veronica, seperti dilansir dari People.

Dalam video yang beredar, kakek tersebut tampak terlihat  bugar dan sehat, meskipun tubuhnya sudah mulai keriput dan rambutnya sudah memutih. Tito Harly masih tetap sangat bersemangat dalam membagikan konten-konten memasak terbaiknya.

Buat Brand Sendiri

Kakek berusia 79 tahun beralih profesi  sebagai YouTuber setelah berhenti bekerja akibat pandemi corona Covid-19 (Dok. YouTube/Aztec Sonora)
Kakek berusia 79 tahun beralih profesi sebagai YouTuber setelah berhenti bekerja akibat pandemi corona Covid-19 (Dok. YouTube/Aztec Sonora)

Menjadi YouTuber, ternyata membawa keberuntungan tersendiri bagi Tito Charly. Ia membuat brand sendiri untuk keju, chroizo, dan daging kering yang dipakai selama membuat konten YouTube.

Produk Tito Charly dijual di Monterrey, Saltillo, San Luis Potosi, Chihuahua, Torreón, dan Guanajuato.

Istri Elizondo meninggal dan putrinya menikah dan pindah beberapa tahun yang lalu, tetapi salah satu putrinya berada di belakang kamera untuk membantunya mengambil gambar dan memenuhi pesanan para pembeli.

Sementara itu, anggota keluarga lainnya, seperti cucunya, memberikan bantuan untuk urusan teknologi. Mereka saling bahu-membahu untuk membuat konten memasak yang menarik untuk subscriber-nya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Riset: Dexamethasone Tak Tunjukkan Khasiat Signifikan ke Pasien COVID-19 Gejala Ringan

Posted: 17 Jun 2020 09:02 PM PDT

, Jakarta - Dexamethasone tengah ramai diperbincangkan. Sebab obat itu digadang-gadang mampu mengobati pasien dalam kondisi sakit parah akibat terinfeksi Virus Corona COVID-19

Mengutip DW Indonesia, Kamis (18/6/2020), Dexamethasone sudah ada di pasaran sejak 50 tahun, murah, gampang didapat dan hanya memiliki sedikit efek samping.

Obat yang biasanya digunakan memblokir peradangan dan sejumlah penyakit itu disebut dapat menolong pasien COVID-19 di ruang perawatan gawat darurat dan menyelamatkan nyawanya.

Dalam sebuah penelitian dengan sampel 2.100 pasien COVID-19, steroid Dexamethasone menunjukkan hasil positif. "

Dexamethasone dalam riset itu menjadi satu-satunya obat yang menunjukkan efek menurunkan kasus kematian pasien", kata pakar epidemiologi Peter Horby dari Universitas Oxford, yang jadi pimpinan penelitan itu.

"Ini terobosan besar", tegas Peter Horby.

Riset Tak Menunjukkan Khasiat Signifikan pada Pasien COVID-19 Gejala Ringan

Ilustrasi Foto Vaksin (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Vaksin (iStockphoto)

Pada pasien COVID-19 dengan gejala sakit berat, riset menunjukkan pemberian Dexamethasone dosis kecil menurunkan jumlah kematian sekitar sepertiganya. Hasil itu menunjukkan, obat ini hendaknya digunakan sebagai terapi standar bagi pasien COVID-19 dengan simptom berat yang dirawat di rumah sakit.

Dalam riset juga ditunjukkan obat ini tidak menunjukkan khasiat yang signifikan pada pasien COVID-19 dengan gejala sakit ringan. 

Selamatkan nyawa dengan obat murah"Hasil riset menunjukan Dexamethasone yang harganya sangat murah, bisa menyelamatkan nyawa pasien COVID-19 yang harus dibantu ventilator atau bantuan oksigen", ujar  ilmuwan Martin Landray dari Universitas Oxford.

"Sangat sulit menggantikannya dengan obat-obatan lain, karena obatnya mudah didapat dan harganya hanya sekitar 55 Euro untuk terapi delapan orang pasien dan bisa menyelamatkan nyawa mereka", tambah Landray dalam briefing online dengan para wartawan. Dia menambahkan, Dexamethasone bisa digunakan secepatnya secara global untuk selamatkan nyawa pasien COVID-19.

Saksikan Juga Video Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MU Ingin Tukar Smalling dengan Salah Satu Pemain Roma

Posted: 17 Jun 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Manchester- Manchester United (MU) dikabarkan bersedia melepas bek Chris Smalling ke AS Roma secara permanen. Setan Merah tertarik menukar Smalling dengan salah satu pemain Roma.

Smalling bermain di Roma musim ini dengan status pinjaman selama satu musim di MU. Smalling tampil sangat baik di Roma musim ini.

Pria Inggris itu menjadi salah satu bek terbaik di Liga Italia musim 2019-2020. Roma pun tertarik mempermanenkan Smalling akhir musim nanti.

Namun Roma menemui kendala untuk mempermanenkan Smalling. Mereka tak sanggup membayar sesuai permintaan MU. Untuk memiliki Smalling, Roma harus membayar 20 juta euro.

Corriere dello Sport melaporkan MU kini akan meminta Roma menyerahkan winger Cengiz Under sebagai bagian dari transfer permanen Smalling.

 

 

Alternatif Sancho

Pemain AS Roma, Chris Smalling. (AFP)
Pemain AS Roma, Chris Smalling. (AFP)

MU tertarik dengan Under. Pencari bakat MU sudah beberapa kali menyaksikan langsung aksi pemuda Turki berusia 22 tahun itu bersama Roma.

Pemain 22 tahun itu bisa menjadi alternatif jika MU tak bisa mendatangkan buruan utamanya Jadon Sancho dari Borussia Dortmund.

Mahal

Sancho jadi incaran utama MU untuk memperbaiki sektor sayap. Namun harga Sancho sangat mahal, di atas 100 juta pound.

MU belum juga berhasil merayu Dortmund untuk menurunkan harga Sancho. Pasalnya Sancho juga diminati banyak klub besar Eropa lainnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kabar Baik, Bayi Usia 50 Hari Pasien Positif Covid-19 Asal Cirebon Sembuh

Posted: 17 Jun 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Cirebon - Kondisi kesehatan bayi usia 50 hari yang sempat dirawat karena covid-19 menunjukkan hasil baik. Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon menyatakan bayi tersebut kini sudah diperbolehkan pulang.

Juru bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon, Nanang Ruhyana mengatakan secara keseluruhan ada dua pasien yang dirawat kemudian sembuh.

"Si bayi pasien nomor 14 dan satu lagi pasien nomor 18 hari ini sudah dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang," kata Nanang, Rabu (17/6/2020).

Dia menjelaskan, hasil tes seka yang dilakukan selama dua kali kepada bayi tersebut menunjukkan negatif. Sang bayi, lanjut Nanang, sudah tidak mengalami gejala klinis seperti batuk, suhu tubuh panas, sesak napas.

Untuk pasien nomor 18 sudah diperbolehkan pulang dan hasil tes seka negatif. Namun demikian, kata dia, kedua pasien tersebut masih dalam pemantauan selama 14 hari.

"Sesuai protokol ya dan sampai sekarang pasien positif covid-19 Kabupaten Cirebon yang masih menjalani perawatan intensif di rumah sakit ada dua orang," katanya.

Hingga saat ini, dia melanjutkan, pasien positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon yang masih menjalani perawatan intensif di rumah sakit tersisa sebanyak dua orang.

Dari data yang dihimpun, hingga Rabu, 17 Juni 2020, tidak ada penambahan pasien positif covid-19 di Kabupaten Cirebon. Dari keseluruhan kasus positif 18 orang, sebanyak 11 pasien dinyatakan sembuh.

"Sementara empat orang masih dalam perawatan, tiga orang meninggal dunia akibat covid-19," dia menyebutkan.

Diajak Kondangan

ilustrasi virus corona covid-19copyright by diy13 (Shutterstock)
ilustrasi virus corona covid-19copyright by diy13 (Shutterstock)

Seperti diberitakan sebelumnya, bayi perempuan di Kabupaten Cirebon ini dinyatakan reaktif Covid-19 setelah orangtuanya membawa si bayi berusia 50 hari ini menghadiri hajatan. Belakangan, bayi ini terkonfirmasi positif Covid-19.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon, Nanan Abdul Manan mengatakan, kasus itu terungkap dari laporan salah satu rumah sakit rujukan Covid-19. Pihak rumah sakit melaporkan ada bayi berusia 50 hari dan orangtuanya yang reaktif.

"Hasil rapid test (bayi) reaktif, bapaknya juga reaktif, sedangkan ibunya nonreaktif," kata Nanan, Sabtu (6/6/2020),

Nanan menjelaskan, bayi tertular Covid-19 tersebut memiliki gejala klinis berupa panas dengan suhu lebih dari 38 derajat Celsius, batuk, sesak, dan diare.

Dengan hasil rapid test reaktif, selanjutnya dilakukan penegakan diagnosis dengan pengambilan spesimen uji seka Kamis (4/6/2020) sore, baik kepada bayi maupun keduaorang tuanya.

Pemeriksaan swab dari bayi dan keduaorang tuanya itu dilakukan di laboratorium dari Fakultas Kedokteran Universitas Gunung Jati (UGJ) Cirebon. Hasil pemeriksaan itu keluar pada Jumat (5/6/2020) pukul 21.43 WIB.

"Hasilnya confirm positif (Covid-19) untuk bayinya, sedangkan kedua orangtuanya negatif. Bayi dan kedua orangtuanya saat ini di RS," terang Nanan.

Nanan menjelaskan, dari hasil penelusuran, mereka memiliki riwayat kontak dengan pamannya yang datang dari daerah episentrum penyebaran Covid-19. Mereka bertemu saat hajatan.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terminal 1 dan 2F Bandara Soetta Tutup Sementara, Ini Alasannya

Posted: 17 Jun 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Angkasa Pura II menutup sementara Terminal 1 (1A, 1B, 1C) dan Terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Namun bandara tersebut tetap melayani seluruh penerbangan di Terminal 2D dan 2E serta Terminal 3.

President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan keputusan ini didasari 3 pertimbangan.

Pertimbangan Pertama adalah penyesuaian pola operasional di tengah pandemi guna membuat Bandara Soekarno-Hatta beraktivitas secara efektif.

Terdapat 4 kategori pola operasional yang ditetapkan PT Angkasa Pura II yaitu Normal Operation, Slow Down Operation dan Minimum Operation Level I dan Minumum Operation Level II.

Adapun di Soekarno-Hatta telah ditetapkan pola operasional Minimum Operation Level I, menyesuaikan dengan lalu lintas penerbangan yang ada.

"Saat ini keseluruhan kapasitas terminal di Soekarno-Hatta (Terminal 1, 2 dan 3) dapat menampung hingga sekitar 45 juta penumpang per tahun. Kemudian, kami melakukan penyesuaian pola operasional agar Soekarno-Hatta dapat beroperasi secara efektif. Penyesuaian pola operasional dilakukan dengan menutup Terminal 1 dan Terminal 2F," kata Muhammad Awaluddin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (18/6/2020).

"Sementara itu Terminal 2D dan 2E serta Terminal 3 kami nilai yang paling mampu mengakomodir flow penumpang dengan dinamisnya prosedur keberangkatan dan kedatangan di tengah pandemi," lanjut dia.

Penutupan Terminal 1 dan Terminal 2F juga didasari pertimbangan Kedua yakni efektifitas operasional. Seluruh penerbangan kini dioperasikan Terminal 2D dan 2E serta Terminal 3.

"Dengan demikian, Bandara Soekarno-Hatta saat ini beroperasi secara efektif dan efisien, tetap siaga 24 jam," jelas Muhammad Awaluddin. 

Bersifat Sementara

Aktivitas petugas di Terminal 2F Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (24/4/2020). Pemerintah menghentikan sementara penerbangan komersil baik dalam maupun luar negeri untuk mencegah penyebaran COVID-19. (merdeka.com/Imam Buhori)
Aktivitas petugas di Terminal 2F Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (24/4/2020). Pemerintah menghentikan sementara penerbangan komersil baik dalam maupun luar negeri untuk mencegah penyebaran COVID-19. (merdeka.com/Imam Buhori)

Dia menuturkan penutupan Terminal 1 dan 2F bersifat sementara (temporer) dan sewaktu-waktu dapat dibuka kembali sesuai dengan perkembangan kondisi terkait pandemi COVID-19.

"Seluruh bandara PT Angkasa Pura II termasuk Soekarno-Hatta menerapkan konsep Agile Operation, Resilience Operation dan Lean Operation, sehingga dapat beroperasi mengikuti dinamisnya prosedur yang ditetapkan oleh regulator serta perkembangan dan dinamika operasi kebandarudaraan yang ada," jelas Muhammad Awaluddin.

Kemudian, pertimbangan Ketiga penutupan Terminal 1 dan 2F dilakukan dalam rangka percepatan program revitalisasi gedung terminal yang saat ini masih berlangsung di Terminal 1C dan Terminal 2F.

Revitalisasi Terminal 1C dan Terminal 2F bagian dari revitalisasi keseluruhan gedung Terminal 1 dan Terminal 2, di mana ini adalah yang pertama kali dilakukan sejak Bandara Soekarno-Hatta beroperasi perdana pada tahun 1985.

Setelah revitalisasi, kapasitas Terminal 1 dan Terminal 2 meningkat dari saat ini masing-masing hanya 9 juta pergerakan penumpang per tahun menjadi masing-masing 18 juta pergerakan penumpang per tahun.

"PT Angkasa Pura II melakukan evaluasi penggunaan belanja modal [Capex Disbursement] pada tahun ini. Capex antara lain hanya digunakan untuk proyek multiyears dan dinilai sangat penting. Revitalisasi Terminal 1C dan 2F ini termasuk ke dalam proyek prioritas, begitu juga dengan perumusan perencanaan/desain Terminal 4 di Bandara Soekarno-Hatta," jelas Muhammad Awaluddin.

Masksapai yang Beroperasi

Dalam waktu dekat, Citilink yang merupakan anak usaha Garuda Indonesia akan menggarap rute Balikpapan-Banyuwangi.
Dalam waktu dekat, Citilink yang merupakan anak usaha Garuda Indonesia akan menggarap rute Balikpapan-Banyuwangi.

Saat ini maskapai yang beroperasi di Soekarno-Hatta adalah:

- Terminal 2D: Citilink, Sriwijaya, Airfast, Trigana Air, NAM Air, Express Air

- Terminal 2E: AirAsia Indonesia (akan beroperasi 19 Juni 2020), Batik Air dan Lion Air

- Terminal 3: Garuda Indonesia (domestik & internasional), Cathay Pacific, Ethiopian Airlines, All Nippon Airlines, Japan Airlines, Lion Air (internasional), Korean Air, Qatar Airways, Thai Lion, Singapore Airlines.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Daerah di Jabar Akan Gelar Pilkada Serentak dengan Adaptasi Kebiasaan Baru

Posted: 17 Jun 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengatakan, pihaknya sepakat bahwa delapan daerah di Jabar akan menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Seluruh daerah yang hendak melaksanakan Pilkada Serentak tersebut adalah Kabupaten Bandung, Cianjur, Sukabumi, Karawang, Indramayu, Tasikmalaya, Pangandaran, dan Kota Depok. Teknisnya kata Kamil, kegiatan di setiap tahapan Pilkada serentak harus disesuaikan dengan protokol kesehatan dan level kewaspadaan COVID-19 di wilayah masing-masing untuk menghindari penularan kasus COVID-19.

"Protokol kesehatan diperhatikan. Dibuat aturan jika zona merah protokol kesehatan Pilkada serentak seperti apa, zona kuning dan zona hijau seperti apa. Jadi nanti kalau kenyataannya wilayah masih zona kuning, tentu berbeda dengan pelaksanaan kampanye di zona biru," kata Kamil dalam keterangan resminya ditulis Kamis, 18 Juni 2020.

Kamil menjelaskan bahwa petugas Pilkada Serentak akan menjalani rapid test terlebih dahulu untuk memastikan penyelenggaraan pemilihan lanjutan ini dilaksanakan dengan aman.

Rapid test itu lanjut Kang Emil, akan menyasar seluruh panitia penyelenggara di tingkat provinsi, kota dan kabupaten, hingga tingkat desa dan kelurahan.

"Petugas-petugas Pemilu akan dites dulu untuk memberikan kenyamanan dan rasa aman kepada masyarakat," ucap Kamil.

 

 

KPU dan Gugus Tugas Jabar akan Susun Panduan Pemilu

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar Rifqi Ali Mubarok menjelaskan otoritasnya dan Gugus Tugas Jabar akan menyusun panduan pemilihan di masa AKB. Panduan tersebut akan mengatur penerapan protokol kesehatan pada kegiatan-kegiatan tahapan Pilkada, seperti kampanye dan rapat umum.

"Jadi sekarang istilahnya Pemilihan dengan AKB. Nanti akan diatur bagaimana kampanye rapat umum dilakukan dengan protokol kesehatan, kampanye tatap muka terbatas, kampanye tertutup, dan lain sebagainya, termasuk juga rapat pleno terbuka sesuai dengan protokol kesehatan. Maka kita minta bantuan Gugus Tugas di tingkat provinsi yang kemudian nanti bisa menjadi panduan untuk tingkat kota dan kabupaten," jelas Rifqi.

Terkait mekanisme pemilihan kepala daerah di masa AKB ini, Rifqi mengemukaan beberapa alternatif yang bisa dipertimbangkan seperti menambah jumlah alat coblos hingga penggunaan sarung tangan sekali pakai bagi para pemilih untuk menghindari adanya penularan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Selain itu, Rifqi mengatakan bahwa pihaknya akan mengurangi kuota per TPS, mengatur durasi pemungutan suara, serta jarak antar bilik di TPS guna menghindari kerumunan masyarakat.

"Hal-hal seperti itu yang akan terus kita coba diskusikan mekanismenya. Yang jelas tidak boleh berkerumun, maka awalnya pemilih per-TPS itu 800 (orang), sekarang dikurangi jadi 500 (orang). Nanti diatur durasi waktunya, jaraknya, dan lain sebagainya," ujar Rifqi.

Gugus Tugas Jabar Akan Sediakan Rapid Test

Rifqi menuturkan pihak Gugus Tugas Jabar akan menyediakan alat rapid test dan memfasilitasi pelaksanaan tes di delapan wilayah yang menggelar Pilkada serentak. Selain itu, otoritasnya juga mengajukan permintaan Alat Pelindung Diri (APD) untuk menjamin keamanan petugas.

"Gugus Tugas tingkat provinsi bersedia untuk melakukan rapid test di semua (panitia) penyelenggara yang ada di delapan wilayah di Jawa Barat, (menyediakan) sekitar 7.000 (unit rapid test)," ujar Rifqi.

Rifqi menuturkan penyediaan APD seperti masker, hand sanitizer, sarung tangan, dan pelindung wajah juga disampaikan ke Gugus Tugas (Jabar) guna difasilitasi dengan tujuan keselamatan dan keamanan penyelenggara. (Arie Nugraha)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Deretan Tingkah Absurd Warga Saat Jalani New Normal

Posted: 17 Jun 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Meski pandemi Corona atau Covid-19 belum usai sepenuhnya, beberapa negara sudah menjalani kondisi new normal, termasuk di Indonesia. Pembatasan sosial di beberapa daerah di Tanah Air telah dilonggarkan.

Masyarakat pun kini telah menjalani aktivitas seperti biasa. Usai menjalani work from home selama kurang lebih tiga bulan, para pekerja telah kembali bekerja di kantor.

Selama menjalani aktivitas di luar rumah, masyarakat dihimbau untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, mulai dari mengenakan masker dan menjaga jarak.

Namun, tentunya kondisi new normal ini menjadi tantangan tersendiri, mengingat ini menjadi hal yang baru bagi kita semua.

Artikel tentang enam tingkah nyeleneh orang saat jalani new normal menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6 Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang lima zodiak yang super moody, bikin sulit dimengerti.

Sementara artikel terpopuler ketiga tentang inspiratif, berkat jual baju bekas pria 20 tahun bisa beli rumah dan mobil mewah.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 6 Tingkah Nyeleneh Orang Saat Jalani New Normal

foto: IG @sukijan.id/brilio
foto: IG @sukijan.id/brilio

 

Tak heran banyak orang yang masih 'kikuk' dengan kondisi ini dan melakukan hal-hal nyeleneh untuk menyesuaikan diri untuk menghadapi new normal. Seperti yang terlihat dalam deretan potret yang dirangkum dari akun Instagram @sukijan.id berikut ini.

Selengkapnya...

2. 5 Zodiak yang Super Moody, Bikin Sulit Dimengerti

Ilustrasi bad mood/copyright shutterstock
Ilustrasi bad mood/copyright shutterstock

Setiap orang memiliki sifat dan kepribadian yang berbeda, termasuk soal suasana hatinya. Ternyata segelintir orang memiliki suasana hati yang mudah berubah.

Suasana hati seseorang memang mudah berubah karena situasi tertentu. Namun, jika perubahan itu terlampau cepat, ternyata bukan jadi hal yang baik. Ternyata perubahan suasana hati semacam ini bisa terkait dengan zodiak seseorang.

Selengkapnya...

3. Inspiratif, Berkat Jual Baju Bekas Pemuda 20 Tahun Bisa Beli Rumah dan Mobil Mewah

Berawal dari berjualan baju bekas, pria ini berhasil sukses di usia 20 tahun.
Berawal dari berjualan baju bekas, pria ini berhasil sukses di usia 20 tahun.

Mendulang kesuksesan di usia muda menjadi impian bagi setiap individu. Faktanya, saat ini tak sedikit orang yang meraih kesuksesan di usia mudanya.

Salah satunya adalah Muhammad Asyraf Khairul Anuar, seorang pria yang banyak diperbincangkan karena meraih kemapanan materi di usianya yang terbilang masih muda.

Usianya yang masih 20 tahun, Asyraf berhasil membeli rumah dan mobil mewah yang nilainya tak sedikit.

Kesuksesannya ini berawal karena menjalani bisnis dengan berjualan baju bekas. Di Malaysia sendiri usaha baju bekas disebut sebagai bundle business karena baju bekas tersebut dipasok dalam jumlah yang besar bahkan dengan karung yang besar.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kekeyi Ingin Mirip Han So Hee

Posted: 17 Jun 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kehadiran Kekeyi di dunia hiburan selalu menarik perhatian publik. Ia sempat membuat heboh dengan berpacaran dengan pria berwajah ganteng.

Tak sampai situ saja, baru-baru ini Kekeyi juga membuat heboh dengan lagunya berjudul "Keke Bukan Boneka".

Kontroversial mengenai lagu ini membuat unggahan di YouTube sempat menghilang. Kekeyi pun kehilangan subcribers sebanyak satu juta.

 

Kembali

Unggahan Rahmawati Kekeyi. (Foto: Instagram @rahmawatikekeyiputricantikka23)
Unggahan Rahmawati Kekeyi. (Foto: Instagram @rahmawatikekeyiputricantikka23)

Namun, sekarang Kekeyi bisa kembali bahagia lantaran video musik miliknya kembali dapat dinikmati banyak orang.

 

Mirip Han So Hee

Han So Hee (Instagram/ xeesoxee untuk Loreal Paris)
Han So Hee (Instagram/ xeesoxee untuk Loreal Paris)

Kekeyi kembali membuat heboh dengan pernyataannya di YouTube, 12 Juni 2020 lalu. Ia mengaku ingin mirip Han So Hee, pemeran Da Kyung dalam drama Korea The World of The Married.

 

Ngefans Banget

Pada video Youtube tersebut, Kekeyi tampak berbicara dengan bahasa Korea untuk memperkenalkan dirinya. Selain itu, Kekeyi mengungkapkan bahwa dirinya sangat ngefans dengan Han So Hee.

"Nah sahabat kenapa barusan aku ngomongnya bahasa Korea, karena aku ngefans banget sama Drakor, siapa kah dia? Da Kyung," kata Kekeyi.

 

Ingin Memiliki Kulit Mulus

Saking ngefans banget, Kekeyi ingin dirinya mirip seperti Han So Hee atau Da Kyung nama di drama Korea. Kekeyi sendiri mengaku ingin mempunyai kulit seperti Han So Hee.

"Aku tuh ngefans banget sampai aku tuh pengin banget kulitnya tuh putih, cerah, mulus semulus kak Da Kyung. Gimana ya caranya bikin kulit aku putih? Kulit aku kan kusam terus gelap gitu lho, lihat deh ya nggak?" ucap Kekeyi. (Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manfaat Spion Motor yang Belum Anda Ketahui

Posted: 17 Jun 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Keberadaan spion motor terkadang masih dianggap sepele oleh pemiliknya. Kehadirannya dinilai mengurangi kelincahan sepeda motor saat bermanuver di kemacetan.

Sehingga, tidak sedikit pemilik motor yang mencopotnya atau diganti dengan spion yang tidak layak. Bahkan terkadang ditempatkan di bagian yang salah, terutama saat melakukan modifikasi.

Padahal spion adalah komponen vital saat berkendara agar terhindar dari risiko kecelakaan. Dengan spion pemotor bisa melihat obyek di belakang ketika ingin berbelok atau berpindah jalur.

Kaca spion sudah di desain dengan spesifikasi dan model tertentu untuk setiap tipe sepeda motornya. Rata-rata spesifikasi spion memiliki tinggi 75 - 80 mm dan lebar 130 - 140 mm sedangkan tinggi tangkai dari grip berkisar 10 - 13 cm.Selain itu jenis kaca pada spion juga dirancang sedemikian rupa agar objek yang terlihat lebih jelas nampak di spion.

"Tentunya kondisi yang baik pada kaca spion harus ada dari dua sisi, yaitu situasi sebelah kiri dan kanan," ujar Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora, Ludhy Kusuma.

 

  

Mencegah Kecelakaan

Fungsi dari kaca spion pada sepeda motor diantaranya untuk mencegah terjadinya tabrakan saat akan pindah jalur. "Dengan kita melihat spion sebelum berpindah jalur dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan dengan kendaraan lain," ujar Ludhy.

Sebaiknya mengatur kembali posisi kaca spion secara ideal sebelum berkendara. Adanya spion dapat berfungsi membantu menambah ruang pandang pengendara untuk melihat kondisi lalu lintas atau jalanan di samping atau belakang pengendara.

"Tentunya penyesuaian spion harus dilakukan setelah pengemudi mendapatkan posisi berkendara yang paling tepat dan baik untuk mengemudi," ujar Ludhy.

Cegah Kecelakaan

Selain itu fungsi dari kaca spion adalah untuk mencegah terjadinya tindak kriminalitas. Bagi yang sering berkendara malam atau melalui daerah yang rawan tindak kejahatan. Spion dapat menjadi alat pemantau bagian belakang kendaraan yang membuat Anda dapat selalu awas terhadap gerak-gerik mencurigakan.

Perlu diketahui bahwa saat berkendara diharuskan untuk saling menjaga jarak dengan kendaraan lain. Hal tersebut sudah pasti agar tidak terjadi gesekan atau senggolan.

Jika kita sadar harus jaga jarak berkendara maka menggunakan spion standar seharusnya bukan masalah lagi, karena spion standar sudah dirancang produsen sepeda motor sedemikian rupa supaya sesuai dengan fungsinya.

Sumber: Otosia.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Alasan Didi Kempot Minta Ayub Antoh Fokus Sebagai Pesepak Bola

Posted: 17 Jun 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Didi Kempot pernah berpesan kepada Ayub Antoh untuk terus fokus di dunia sepak bola. Meskipun sebelumnya Ayub seringkali diajak bernyanyi bareng dalam satu panggung oleh sang maestro tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesan Angkie Yudistia untuk Kawan Difabel Hadapi Pandemi COVID-19

Posted: 17 Jun 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Staf khusus milenial Presiden Angkie Yudistia memberikan pesan kepada seluruh masyarakat difabel Indonesia dalam menghadapi COVID-19. Menurutnya menjaga kebersihan sangat penting agar tidak terinfeksi.

"Bersama kita lawan COVID-19 dengan merawat kebersihan diri dan menjaga kesehatan setiap hari," ujar Angkie melalui pesan singkat kepada Liputan6.com (21/4/2020).

"Kalau kita bisa konsisten, maka kita telah membantu memutus rantai penyebaran virus ini."

 Ia juga mengimbau agar tetap di rumah saja. Upaya ini dapat mengurangi potensi terpapar virus. Ia berpendapat, banyak hal yang bisa dilakukan agar tetap produktif dari rumah masing-masing.

Jangan Lupa Pakai Masker

Pesan dari Angkie Yudistia untuk para difabel.
Pesan dari Angkie Yudistia untuk para difabel.

"Bagi teman disabilitas yang harus berada di luar, tetap jaga jarak dan jangan lupa pakai masker."

Sebelumnya Angkie telah membuat gerakan masker untuk semua. Ia dibantu rekannya membagikan masker kain untuk melindungi masyarakat dari paparan COVID-19.

Gerakan ini berlanjut pad aide pembuatan masker transparan. Berupa masker kain microfiber yang ditengahnya diberi mika.

Masker transparan ini diperuntukkan teman tuli/rungu yang perlu akses komunikasi dengan membaca bibir dan melihat ekspresi wajah.

Terakhir, ia pun mengingatkan untuk melakukan pembatasan sosial. "Jangan berkumpul ramai-ramai di ruang public yah!" pungkasnya.

 

 

 

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengguna iOS Kini Bisa Unggah Twit Suara

Posted: 17 Jun 2020 08:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Twitter kembali meluncurkan fitur baru untuk para penggunannya. Namun yang sedikit berbeda, fitur baru kali ini ditujukan untuk pengguna iOS.

Dikutip dari Phone Arena, Kamis (18/6/2020), lewat fitur anyar ini, pengguna Twitter di iOS bisa menggunggah twit dalam bentuk suara. Jadi, pengguna tidak perlu mengetik di perangkatnya.

Menurut Twitter, mengunggah twit lewat suara ini tidak ubahnya pengguna mengetik langsung apa yang ingin dituliskanya. Bedanya, unggahan yang ditampilkan berupa rekaman suara.

Oleh sebab itu, pengguna yang ingin mengunggah kicauan via suara tinggal membuka tombol twit dan pilih ikon gelombang. Selanjutnya, pengguna tinggal berbicara kata-kata yang ingin dibicarakannya.

Twitter membatasi satu kicauan dengan durasi 140 detik. Apabila pengguna sudah mencapai batasnya, rekaman suara yang berlanjut akan otomatis dibuat sebagai Thread.

Nantinya, kicauan berbentuk suara ini akan ditampilkan di linimasa bersama dengan twit lain yang berbentuk teks. Untuk mendengarkannya, pengguna tinggal mengetuk gambar di twit tersebut.

Twitter menyebut fitur ini baru tersedia secara terbatas untuk sejumlah pengguna iOS. Kendati demikian, situs microblogging itu menyebut dalam beberapa pekan ke depan, seluruh pengguna iOS dapat menjajal fitur ini.

Asyik, Sekarang Kamu Bisa Jadwalkan Postingan di Twitter

Aplikasi Twitter. Ilustrasi: Dailydot.com
Aplikasi Twitter. Ilustrasi: Dailydot.com

Sebelumnya, Twitter juga memberi pengguna kesempatan untuk menjadwalkan tweet mereka.

Artinya, jika kamu ingin men-tweet sesuatu dan tiba-tiba ada urusan lain yang mendesak, kamu dapat menulisnya terlebih dahulu dan menyimpannya di draft, lalu menjadwalkannya untuk nanti. Demikian seperti dikutip dari Ubergizmo, Minggu (31/5/2020)

Jika kamu berubah pikiran dan memutuskan untuk tidak mempostingnya, kamu bisa membatalkan jadwal atau mengeditnya menjadi sesuatu yang lebih ringkas.

Selain untuk pengguna Twitter pada umumnya, fitur ini juga sangat berguna untuk brand atau perusahaan yang ingin membuat sebuah pengumuman.

Bagaimana dengan Fitur Edit?

Twitter, Aplikasi Twitter. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Twitter, Aplikasi Twitter. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Mereka dapat menjadwalkan pengumuman untuk tanggal tertentu sebelumnya, ketimbang mengandalkan admin media sosial yang harus melakukannya sendiri secara manual.

Meskipun sejumlah pengguna meminta disediakan tombol edit, Twitter bersikeras untuk tidak memperkenalkan fitur tersebut. Alasannya karena tweet pada dasarnya adalah gagasan yang ditangkap dan harus dikeluarkan pada saat itu juga.

Pun demikian, Twitter menghadirkan berbagai cara untuk memberi pengguna jeda beberapa saat sebelum mereka menekan tombol send.

Fitur ini juga tersedia untuk aplikasi mobile, namun sementara ini fungsi draft belum tersinkronisasi antara aplikasi dengan versi web.

Jadi, ketika kamu membuat tweet dan disimpan di web, tweet yang disimpan belum bisa terbaca di aplikasi.

Selain fitur di atas, Twitter sebelumnya memperkenalkan fitur yang mencoba mendeteksi kata atau frasa--mungkin mengandung kata-kata berbahaya--dan menanyakan kepada pengguna apakah mereka yakin ingin melanjutkannya atau tidak.

(Dam/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polda Metro Berlakukan Jalur Khusus Sepeda di Ruas Jalan Utama, Catat Jamnya

Posted: 17 Jun 2020 08:55 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta - Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Condro meninjau jalur sepeda di ruas jalan utama Jakarta, Sudirman-Thamrin. Diketahui, jalur khusus sepeda ini dinamakan pop up bike line.

"Jalur sepeda merupakan upaya kita membentuk masyarakat sehat, produktif menuju era new normal," kata Sambodo saat di Sudirman, Jakarta Pusat, lewat keterangan tertulis, Kamis (18/7/2020).

Kombes Sambodo menerangkan, pop up bike line akan diatur terkait penggunaan jam berlakunya. Utamanya, pada pagi dan sore hari.

"Disepakati antara Ditlantas Polda Metro Jaya beserta Dishub DKI, kita atur ini, pertama jalur sepeda kita gelar pada pagi hari dan sore hari. Dari Senin-Jumat," jelas dia.

Kombes Sambodo merinci, untuk pemberlakuan pop up bike line di pagi hari pada pukul 06.00 hingga 08.00 WIB. Kemudian untuk sore hari pada pukul 16.00 hingga 18.00 WIB.

Dia menambahkan, pop up bike line juga berlaku di hari Sabtu. Namun pemberlakuan baru dimulai sejak pukul 10.00 WIB dan sore harinya dari pukul 16.00 hingga 19.00 WIB.

 

Pemberlakuan Hari Minggu

Terkait pemberlakuan di hari Minggu, pihaknya masih melakukan kajian. Khususnya untuk pekan ini, car free day sudah kembali diberlakukan, sehingga nantinya akan ada evaluasi terkait pemberlakuan pop up bike line di akhir pekan.

"Hari Minggu di ruas Jalan Sudirman-Thamrin bisa car free day tapi malam harinya itu juga kita gelar lagi sama dari jam 16.00 sampai 19.00 WIB," polisi berpangkat melati tiga ini menandasi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Klub Elite Serie A yang Berpeluang Dapatkan Pedro Rodriguez dari Chelsea

Posted: 17 Jun 2020 08:55 PM PDT

London - Pedro Rodriguez kabarnya akan hengkang dari Chelsea pada musim panas ini. Ia saat ini sedang diminati sejumlah klub Serie A.

Pedro Rodriguez sudah menjadi bagian dari Chelsea sejak 2015 silam. Pemain asal Spanyol tersebut diboyong dari Barcelona.

Selama lima tahun di Chelsea, Pedro mencatat 201 penampilan, 43 gol, dan 28 assist di semua ajang. Dia juga berhasil memenangkan Premier League, FA Cup dan Liga Europa.

Namun, kontrak Pedro di Stamford Bridge akan habis pada akhir musim ini. Mengingat sudah berusia 32 tahun, Pedro sepertinya tidak akan mendapat perpanjangan kontrak.

Dengan demikian, Pedro akan meninggalkan Chelsea secara cuma-cuma pada musim panas. Alhasil, Pedro pun mulai dikaitkan dengan sejumlah klub.

Namun, Pedro Rodriguez bisa berlabuh di Serie A pada musim depan. Sebab, beberapa klub Italia berminat merekrut sang pemain. Siapa Saja?  1 dari 3

AS Roma

Winger Chelsea, Pedro Rodriguez, berebut bola dengan pemaan Valencia, Geoffrey Kondogbia dan Valencia, Ezequiel Garay pada laga perdana Grup H Liga Champions melawan Valencia  di Stamford Bridge, Rabu (18/9/2019). Chelsea takluk 0-1 di tangan Valencia. (AP Photo/Frank Augstein)
Winger Chelsea, Pedro Rodriguez, berebut bola dengan pemaan Valencia, Geoffrey Kondogbia dan Valencia, Ezequiel Garay pada laga perdana Grup H Liga Champions melawan Valencia di Stamford Bridge, Rabu (18/9/2019). Chelsea takluk 0-1 di tangan Valencia. (AP Photo/Frank Augstein)

 Pedro bisa bergabung dengan AS Roma pada musim panas ini. Klub Ibukota Italia itu paling konsisten menginginkan jasa Pedro.

Sang pelatih Paulo Fonseca sangat menginginkan kehadirannya di Roma. Mantan pemain Barcelona itu bisa menjadi tambahan amunisi untuk menyongsong musim depan.

Roma sekarang punya kesempatan untuk mendapatkan Pedro secara gratis. Menurut laporan, kans Roma untuk mendapatkan Pedro cukup besar karena sang pemain tertarik untuk datang ke Olimpico.

Fiorentina

Winger Chelsea Pedro Rodriguez meninggalkan pertandingan melawan Burnley akibat cedera. (AP Photo/Rui Vieira)
Winger Chelsea Pedro Rodriguez meninggalkan pertandingan melawan Burnley akibat cedera. (AP Photo/Rui Vieira)

Usaha Roma untuk mendapatkan Pedro bisa terganjal oleh Fiorentina. Menurut laporan, Fiorentina juga tertarik untuk merekrut winger Chelsea itu.

Seperti dilansir FiorentinaNews.com, La Viola sudah satu bulan ini berbicara dengan pemain Chelsea itu. Dan, sepertinya Pedro sangat tertarik dengan proyek mereka.

Pedro saat ini berusia 32 tahun. Mantan pemain Barcelona itu masih bisa mengenakan seragam Fiorentina selama beberapa tahun lagi.

Juventus

Reaksi pemain Chelsea, Pedro Rodriguez (kanan) usai mencetak gol ke gawang Inter Milan, pada laga uji coba di Stadion Allianz Riviera, Nice, Prancis, Minggu (29/7/2018) dini hari WIB. (AFP / Valery Hache)
Reaksi pemain Chelsea, Pedro Rodriguez (kanan) usai mencetak gol ke gawang Inter Milan, pada laga uji coba di Stadion Allianz Riviera, Nice, Prancis, Minggu (29/7/2018) dini hari WIB. (AFP / Valery Hache)

Juventus juga ikut meramaikan perburuan Pedro Rodriguez. Juara Serie A itu bisa mendapatkan jasa Pedro secara gratis pada musim panas ini.

Pelatih Juventus Maurizio Sarri pernah bekerja sama dengan Pedro di Chelsea. Pada era Sarri, Pedro berhasil memenangkan Liga Europa.

Sarri ingin bereuni kembali dengan Pedro di Turin. Bianconeri butuh winger baru karena Federico Bernardeschi dirumorkan akan meninggalkan Allianz Stadium dalam waktu dekat.

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 17/6/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Fitur Stik PS5, Semakin Nyaman Digunakan

Posted: 17 Jun 2020 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Fitur stik PS5 ini sudah banyak bermunculan rumornya di jagat dunia maya. Meski begitu, kemungkinan benar atau tidaknya fitur stik PS5 sudah semakin jelas, sebab dari pihak Sony sebagai pengembang PlayStation pun juga telah melakukan rilis resmi mengenai teknologi terbaru dari stik PS5 ini.

Berbagai fitur stik PS5 ini seakan menjadi hal yang sangat ditunggu oleh masyarakat pecinta game, disamping dari PS5 secara keseluruhan pastinya. Sebab, stik atau yang juga disebut controller ini, memang menjadi alat utama dalam bermain sebuah game yang ada di PlayStation.

Tanpa sebuah stik, maka sudah pasti Anda tidak bisa bermain game yang ada di PlayStation tersebut. Akan tetapi, bukan berarti stik tersebut hanya untuk main game saja, bahkan performa dari stik yang baik akan sangat berpengaruh terhadap kelancaran bermain game di PlayStation. 

Sony tampaknya tidak ingin pengalaman bermain sebuah game dalam PlayStation menjadi sebuah pengalaman yang tidak menyenangkan, oleh sebab itu Sony melakukan inovasi yang cukup banyak dan memberi perubahan baik dari desain dan performa yang cukup signifikan pada stik PS5 ini.

Nah, mungkin Anda penasaran dengan apa saja fitur stik PS5 terbaru tersebut. Di bawah ini Liputan6.com telah merangkum berbagai fitur stik PS5 tersebut yang didapat dari berbagai sumber, Kamis (18/6/2020).

1. Desain Dua Warna dan Letak Pencahayaan Baru

Sony ungkap bentuk DualSense. (Doc: PlayStation Blog)
Sony ungkap bentuk DualSense. (Doc: PlayStation Blog)

Salah satu fitur stik PS5 yang mudah untuk dilihat yaitu adanya perubahan warna pada stik ini. Adanya perubahan pada warna stik PS5 memang menjadikan tampilan dari stik ini lebih sedap dipandang mata, apalagi jika melihat desain stik PlayStation dari tahun ke tahun yang didominasi warna gelao seperti abu-abu dan hitam. Selain itu, warna stik ini juga bermaksud agar serasi dengan warna yang diusung oleh PlayStation 5.

Lalu, tampilan pada stik ini juga semakin dipercantik dengan adanya pencahayaan yang letaknya di antara tombol stik. Adanya pencahayaan ini memang cukup membantu ketika dalam kondisi gelap.

2. Bentuk Tebal dan Ergonomis

PS5. (Doc: PlayStation)
PS5. (Doc: PlayStation)

Fitur stik PS5 selanjutnya akan membuat para pemain game semakin nyaman ketika bermain. Hal ini disebabkan bentuk dari stik PS5 ini yang lebih tebal jika dibandingkan dengan pendahulunya. Bentuk yang cukup tebal ini baru ini juga dianggap lebih ergonomis dan membuat para pemain game bisa lebih lama dalam memegang stik.

3. Penggunaan Port USB-C

DualSense (Doc: PlayStation blog)
DualSense (Doc: PlayStation blog)

USB-C memang sudah mulai merambah ke berbagai teknologi yang ada saat ini. Dan tampaknya Sony tidak mau ketinggalan dalam penggunaan teknologi terbaru ini. Beberapa teknologi yang telah menggunakan USB-C ini seperti smartphone salah satunya. Penggunaan USB-C di smartphone memang sudah diakui memiliki banyak sekali keuntungan, seperti pengisian daya dan transfer data yang lebih cepat.

Begitu juga dengan penyematan USB-C di stik PS5 ini, sebab penggunaan USB-C pada stik PS5 akan semakin mempercepat pengisian daya pada stik ini. Hal ini sangat diperlukan karena baterai pada stik ini memiliki kapasitas yang lebih besar.

4. Hilangnya Tombol Share

Penampakan konsol PS5. (Doc: PlayStation)
Penampakan konsol PS5. (Doc: PlayStation)

Fitur stik PS5 selanjutnya, yaitu dihilangkannya tombol 'share' pada stik PS5. Ternyata Sony memang sengaja membuang desain 'share' tersebut, akan tetapi tidak dengan konsepnya. Saat ini tombol 'share' tersebut berganti menjadi tombol 'create'.

Bukan tanpa alasan Sony mengganti desain tombol ini, sebab menurut pihak Sony para pemain game diharapkan tidak hanya 'share' atau berbagi pengalaman bermain sebuah game saja, namun juga ikut menciptakan konten unik dalam game yang sedang dimainkan dan berbagi konten unik yang telah dibuat tersebut.

5. Fitur Adaptive Triggers

PS5 serta beberapa aksesoris pelengkap. (Doc: PlayStation)
PS5 serta beberapa aksesoris pelengkap. (Doc: PlayStation)

Mungkin fitur stik PS5 ini menjadi yang cukup menarik bagi banyak pecinta game. Sebab fitur Adaptive Triggers ini akan memungkinkan pemain untuk merasakan bagaimana sensasi sesungguhnya yang sedang dilakukan oleh karakter dalam game tersebut.

Maksudnya, para pemain game akan sangat mungkin merasakan tegangan dari busur panah yang sedang di tarik. Atau para pemain juga dapat merasakan sensasi menarik pelatuk senapan pada game-game perang. Sudah pasti fitur ini sangat ditunggu-tunggu oleh banyak pemain game, karena dapat memberi pengalaman bermain game yang lebih menyenangkan layaknya di dunia nyata.

6. Memiliki Mic Internal

Sony umumkan logo konsol PS5 di CES 2020. (Doc: Sony)
Sony umumkan logo konsol PS5 di CES 2020. (Doc: Sony)

Fitur stik PS5 ini juga sangat membantu para pemain game, terutama saat bermain sebuah game bersama partner. Sebab fitur stik PS5 ini akan memberi kemudahan dalam berkomunikasi tanpa menggunakan headset tambahan. Sebenarnya pada stik generasi sebelumnya juga terdapat fitur mic internal ini, namun secara kualitas memang mic yang ada saat ini telah diperbaiki dan disempurnakan, sehingga kualitas yang dihasilkan tentunya akan semakin baik.

Jadi, bagaimana menurut Anda fitur stik PS5 di atas? Tentunya sangat menarik dan membuat tidak sabar untuk segera dicoba. Namun, masyarakat di seluruh dunia masih harus menunggu dalam waktu dekat rilis resmi serta informasi mengenai berapa harga yang dibanderol pada PlayStation 5 ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rupiah Menguat Jelang Pengumuman Suku Bunga Acuan BI

Posted: 17 Jun 2020 08:52 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat pada perdagangan Kamis pekan ini. Hal tersebut jelang pengumuman hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia.

Mengutip Bloomberg, Kamis (18/6/2020), rupiah dibuka di angka 14.062 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.082 per dolar AS.

Menjelas siang, rupiah terus bergerak menguat ke level 14.045 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.025 per dolar AS hingga 14.062 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah masih melemah 1,29 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.186 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan patokan sebelumnya yang ada di angka 14.186 per dolar AS.

"Saya lihat tadi pagi sentimen negatif membayangi pergerakan aset berisiko dengan sentimen kekhawatiran pasar terhadap meningginya wabah dan konflik di regional Asia antara Korut, Korsel, China, dan India," kata Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures Ariston Tjendra dikutip dari Antara, Kamis (18/6/2020).

Sementara itu, lanjut Ariston, sentimen positif masih datang dari stimulus bank sentral AS The Fed yang besar dan rencana stimulus pemerintah AS sebesar 1 triliun dolar AS untuk infrastruktur.

"Selain itu ekonomi new normal yang baru mulai aktif di Indonesia, berpotensi menahan penurunan ekonomi di tengah pandemi," ujarnya.

Prediksi Rupiah

Ilustrasi Pantau Rupiah (Liputan6.com/Andri Wiranuari)
Ilustrasi Pantau Rupiah (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Ia menuturkan rupiah juga bisa mendapatkan sentimen positif dari Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia hari ini bila terjadi pemangkasan. Kali ini konsensus analis memproyeksikan pemangkasan 25 basis poin.

"Kalau ini dilakukan, bisa memberikan sentimen positif untuk rupiah karena kebijakan ini bisa membantu meningkatkan aktivitas ekonomi," kata Ariston.

Ariston memperkirakan rupiah hari ini akan bergerak ke kisaran Rp14.000 per dolar AS dan potensi pelemahan ke Rp14.150 per dolar AS.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selama PSBB Transisi, Pemprov DKI Sediakan Jalur Sepeda di Sudirman-Thamrin

Posted: 17 Jun 2020 08:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyatakan bersama Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menyiapkan jalur sepeda sementara sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin. Untuk kedua arah jalan tersebut kurang lebih sepanjang 14 kilometer.

Dia menyebut jalur sepeda sementara itu akan dibatasi menggunakan traffic cone. Sebab jalur ini hanya disiapkan saat pelaksanaan pembatas sosial berskala besar (PSBB) masa transisi.

"Kita fokus di Sudirman-Thamrin untuk penyediaan jalur sepeda sementara. Tentu sementara kita atasi dengan traffic cone ditambah ada beberapa rambu yang menunjukkan jalur sepeda," kata Syafrin di FX Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis (18/6/2020).

Dia menyatakan traffic cone digunakan untuk pemisah jalur sepeda dengan jalur kendaraan bermotor. Sebab jalur sepeda sementara tersebut berada di jalur lalu lintas.

Syafrin mengatakan sebelumnya memang di design bersama jalur pejalan kaki di trotoar Jalan Sudirman-Thamrin. Pemisahan itu guna mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

"Otomatis ketika terjadi peningkatan volume angkutan umum maka akan ada pejalan kaki di sepanjang trotoar. Kita tidak inginkan papasan antara pesepeda dengan pejalan kaki itu jadi potensi penyebaran Covid-19," ucapnya.

Akan Dievaluasi

Sementara itu, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menyatakan jalur sepeda sementara itu akan dievaluasi kembali setelah berakhirnya masa PSBB transisi di Jakarta.

"Jadi ini memang tidak permanen. Bisa saja setela PSBB selesai, pandemi ini selesai, kita akan evaluasi apakah jalur sepeda ini masih dibutuhkan atau tidak," jelasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyaluran KUR Tembus Rp 534 Triliun, Terbanyak di Pulau Jawa

Posted: 17 Jun 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah terus memitigasi dampak pandemi Covid-19 sekaligus menggerakkan ekonomi rakyat. Upaya tersebut dilakukan melalui dukungan fiskal dalam APBN 2020, pemberdayaan UMKM, hingga program kemitraan umat.

Salah satu program pemberdayaan ekonomi rakyat adalah Kredit Usaha Rakyat (KUR). Realisasi dari program ini menunjukkan keberpihakan pemerintah terhadap pemerataan akses pembiayaan untuk usaha kecil.

"Total Realisasi penyaluran KUR dari Agustus 2015 sampai dengan 30 April 2020 sebesar Rp 534,07 triliun dengan outstanding sebesar Rp 172,5 triliun, jumlah debitur sebanyak 20,3 juta orang, dan Non Performing Loan (NPL) rendah sebesar 1,24 persen," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam siaran pers, Kamis (18/6/2020).

Sedangkan penyaluran KUR tahun 2020, lanjut Airlangga, sampai dengan 30 April 2020 sudah mencapai Rp 61,09 triliun atau 32,15 persen dari target tahun 2020 sebesar Rp190 triliun, dengan outstanding sebesar Rp 57,7 triliun, dan jumlah debitur sebanyak 1,7 juta orang.

"Berdasarkan provinsi, penyaluran KUR terbanyak di Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, dan Sumatera Utara," kata Airlangga.

Pembiayaan Usaha

Kisah Pelaku UMKM Shopee yang Mempertahankan Bisnisnya Berkat
Kisah Pelaku UMKM Shopee yang Mempertahankan Bisnisnya Berkat "Dukungan COVID-19 100M Shopee"

Mengenai pembiayaan usaha Ultra Mikro dan Kecil, ada program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) yang ditujukan untuk kelompok wanita.

Pembiayaan Mekaar meningkat dari tahun ke tahun dengan jumlah penyaluran sebesar Rp 17,5 triliun pada tahun 2019 dan diberikan untuk 6 juta nasabah. Sementara dana yang disediakan oleh Pemerintah untuk program Ultra Mikro (UMi) mencapai Rp 3 triliun di tahun 2019 dan terus meningkat dari tahun ke tahun.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Pesta Kemenangan Suporter Napoli Usai Juara Coppa Italia

Posted: 17 Jun 2020 08:45 PM PDT

Para suporter Napoli merayakan kemenangan atas Juventus pada final Coppa Italia di pusat Kota Napoli, Italia, Rabu (17/6/2020). Napoli menjadi juara Coppa Italia 2019-2020 setelah mengalahkan Juventus lewat drama adu penalti. (Carlo Hermann/AFP)
Para suporter Napoli merayakan kemenangan atas Juventus pada final Coppa Italia di pusat Kota Napoli, Italia, Rabu (17/6/2020). Napoli menjadi juara Coppa Italia 2019-2020 setelah mengalahkan Juventus lewat drama adu penalti. (Carlo Hermann/AFP)

Para suporter Napoli merayakan kemenangan atas Juventus pada final Coppa Italia di pusat Kota Napoli, Italia, Rabu (17/6/2020). Napoli menjadi juara Coppa Italia 2019-2020 setelah mengalahkan Juventus lewat drama adu penalti. (Carlo Hermann/AFP)

Para suporter Napoli merayakan kemenangan atas Juventus pada final Coppa Italia di pusat Kota Napoli, Italia, Rabu (17/6/2020). Napoli menjadi juara Coppa Italia 2019-2020 setelah mengalahkan Juventus lewat drama adu penalti. (Carlo Hermann/AFP)
Para suporter Napoli merayakan kemenangan atas Juventus pada final Coppa Italia di pusat Kota Napoli, Italia, Rabu (17/6/2020). Napoli menjadi juara Coppa Italia 2019-2020 setelah mengalahkan Juventus lewat drama adu penalti. (Carlo Hermann/AFP)

Para suporter Napoli merayakan kemenangan atas Juventus pada final Coppa Italia di pusat Kota Napoli, Italia, Rabu (17/6/2020). Napoli menjadi juara Coppa Italia 2019-2020 setelah mengalahkan Juventus lewat drama adu penalti. (Carlo Hermann/AFP)

Para suporter Napoli merayakan kemenangan atas Juventus pada final Coppa Italia di pusat Kota Napoli, Italia, Rabu (17/6/2020). Napoli menjadi juara Coppa Italia 2019-2020 setelah mengalahkan Juventus lewat drama adu penalti. (Carlo Hermann/AFP)
Para suporter Napoli merayakan kemenangan atas Juventus pada final Coppa Italia di pusat Kota Napoli, Italia, Rabu (17/6/2020). Napoli menjadi juara Coppa Italia 2019-2020 setelah mengalahkan Juventus lewat drama adu penalti. (Carlo Hermann/AFP)

Para suporter Napoli merayakan kemenangan atas Juventus pada final Coppa Italia di pusat Kota Napoli, Italia, Rabu (17/6/2020). Napoli menjadi juara Coppa Italia 2019-2020 setelah mengalahkan Juventus lewat drama adu penalti. (Carlo Hermann/AFP)

Para suporter Napoli merayakan kemenangan atas Juventus pada final Coppa Italia di pusat Kota Napoli, Italia, Rabu (17/6/2020). Napoli menjadi juara Coppa Italia 2019-2020 setelah mengalahkan Juventus lewat drama adu penalti. (Carlo Hermann/AFP)
Para suporter Napoli merayakan kemenangan atas Juventus pada final Coppa Italia di pusat Kota Napoli, Italia, Rabu (17/6/2020). Napoli menjadi juara Coppa Italia 2019-2020 setelah mengalahkan Juventus lewat drama adu penalti. (Carlo Hermann/AFP)

Para suporter Napoli merayakan kemenangan atas Juventus pada final Coppa Italia di pusat Kota Napoli, Italia, Rabu (17/6/2020). Napoli menjadi juara Coppa Italia 2019-2020 setelah mengalahkan Juventus lewat drama adu penalti. (Carlo Hermann/AFP)

Para suporter Napoli merayakan kemenangan atas Juventus pada final Coppa Italia di pusat Kota Napoli, Italia, Rabu (17/6/2020). Napoli menjadi juara Coppa Italia 2019-2020 setelah mengalahkan Juventus lewat drama adu penalti. (Carlo Hermann/AFP)
Para suporter Napoli merayakan kemenangan atas Juventus pada final Coppa Italia di pusat Kota Napoli, Italia, Rabu (17/6/2020). Napoli menjadi juara Coppa Italia 2019-2020 setelah mengalahkan Juventus lewat drama adu penalti. (Carlo Hermann/AFP)

Para suporter Napoli merayakan kemenangan atas Juventus pada final Coppa Italia di pusat Kota Napoli, Italia, Rabu (17/6/2020). Napoli menjadi juara Coppa Italia 2019-2020 setelah mengalahkan Juventus lewat drama adu penalti. (Carlo Hermann/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gokil, Bek Prancis Sering Bercinta dengan Pamela Anderson 12 Kali Semalam

Posted: 17 Jun 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Mantan pemain AC Milan Adil Rami sempat membuah heboh ketika berpacaran dengan aktris seksi Pamela Anderson. Meski tak lama, banyak cerita menarik mengenai hubungan asmara bek Prancis itu dengan Pamela.

Saat masih pacaran dengan Pamela Anderson, Rami punya pengalaman liar soal hubungan ranjang. Rami dan Pamela ternyata sering bercinta sampai 12 kali dalam semalam.

Pengalaman gila Rami ini dibeberkan mantan rekan setimnya, Aleksander Kokorin. Rami pernah menceritakan pengalaman seksnya dengan Pamela kepada Kokorin saat keduanya masih bermain untuk PFC Sochi.

"Rami memberi tahu kami banyak hal menarik tentang Pamela Anderson. Tentu saja semua orang tertarik dengan bagaimana hubungan mereka di tempat tidur," ujar Kokorin saat tampil di channel YouTube milik Alexander Aliyev.

"Rami mengatakan bahwa Pamela Anderson adalah wanita terbaik dalam hidupnya, dan bila dia dan Pamela berhubungan seks 12 kali per malam," lanjut Kokorin.

 

Dua Tahun

Adil Rami dan Pamela Anderson sempat menjalin hubungan asmara selama dua tahun. Namun, kisah cinta keduanya tak berlangsung lama. Rami putus dengan Pamela sejak 2019.

Setelah putus, Pamela langsung membeberkan sifat buruk Adil Rami. Mantan pemeran serial Baywatch ini menyebut Adil Rami seperti "monster".

Marahan

Pamela Anderson (STRINGER / BELGA / AFP)
Pamela Anderson (STRINGER / BELGA / AFP)

Wanita berusia 51 tahun ini merasa dibohongi mantan pemain AC Milan tersebut. Pamela juga merasa Adil Rami menderita gejala narsisis selama masih berhubungan.

Pamela Anderson mengaku patah hati dan menudung pemain asal Prancis itu selingkuh. Wanita berambut pirang yang dikenal sebagai model dan aktivis pencinta satwa ini menuliskan kekesalannya di media sosial Instagram pribadinya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hari Ini, Pengadilan Negeri Bandung Gelar Sidang Kasus Sunda Empire

Posted: 17 Jun 2020 08:42 PM PDT

Liputan6.com, Bandung Pengadilan Negeri Bandung pada hari ini (18/6/2020) bakal menggelar sidang perdana kasus dugaan penyebaran kabar bohong kelompok Sunda Empire. Sidang yang diagendakan berupa pembacaan dakwaan dari jaksa penuntut umum terhadap tiga orang tersangka.

"Benar, sidang disiarkan secara virtual. Dijadwalkan jam 10.00 WIB," kata pengacara salah satu tersangka, Erwin Syahruddin saat dikonfirmasi.

Para petinggi Sunda Empire yang menjadi tersangka adalah Nasri Bank, Raden Ratna Ningrum, dan Ki Ageng Rangga. Berkas perkara sudah diregistrasi dengan nomor 471/Pid.Sus/2020/PN.BDG.

Adapun majelis hakim yang memimpin sidang akan diketuai T Benny Eko Supriyadi, didampingi anggota hakim Mangapul Girsang, dan Asep Sumirat Danaatmaja. Ketiga pimpinan Sunda Empire dimungkinkan bakal didakwa dengan tiga pasal.

Ketiga pasal yaitu, Pasal 14 ayat (1) UU No 1 Tahun 1946, tentang Peraturan Hukum Pidana junto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. Lalu, Pasal 14 (2) UU No 1 Tahun 1946 junto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. Serta Pasal 15 UU No 1 Tahun 1946 junto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Erwin selaku pengacara Ageng Rangga menuturkan, sidang dilaksanakan dengan metode video telekonferensi. Rangga bersama dua tersangka lainnya akan berada di rumah tahanan (rutan) Mapolda Jawa Barat.

"Dari pihak pak Rangga dan dua lainnya secara prosedur tetap di Polda Jabar," ucap Erwin.

Persidangan di tengah pandemi Covid-19 secara virtual memang bukan sesuatu yang baru di Pengadilan Negeri Bandung. Hal demikian dilakukan untuk mencegah terjadinya penyebaran virus, sidang digelar melalui video telekonferensi.

Adapun pelaksanaan sidang kasus Sunda Empire tetap dilaksanakan di Pengadilan Negeri Bandung. Majelis hakim, jaksa penuntut umum (JPU), dan tim kuasa hukum akan berada di ruang persidangan.

"Nanti kita (pengacara) merapat. Sidang di PN sama JPU dan hakim," ujar Erwin.

Simak Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming SCTV FTV Kisah Nyata Spesial Episode Kamis, 18 Juni 2020

Posted: 17 Jun 2020 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setiap hari Anda bisa menyaksikan Kisah Nyata Spesial mulai pukul 11.30 WIB.

FTV Kisah Nyata Spesial dilanjutkan dengan Kisah Nyata Petang dan Kisah Nyata Sore ditayangkan berturut-turut.

Jangan lewatkan episode Kisah Nyata Spesial vial live streaming dengan klik di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Trailer Resmi Peninsula Buktikan Sekuel Train to Busan Lebih Seru dan Mendebarkan

Posted: 17 Jun 2020 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mengurangi rasa penasaran penggemar film Train to Busan, sekuelnya yang berjudul Peninsula, akhirnya telah memiliki trailer baru yang diunggah di sejumlah kanal YouTube.

Pada trailer ini, terlihat jelas bahwa Peninsula memiliki nuansa yang sangat berbeda dari Train to Busan. Film ini nantinya akan menampilkan banyak adegan laga ketimbang berlari dari kejaran zombie.

Selain itu, dua karakter yang selamat di film Train to Busan, tak diperlihatkan di film Peninsula ini. Sebagai gantinya, kita diperkenalkan oleh sejumlah karakter baru yang lebih mirip jagoan.

Adegan Mencekam

Poster Peninsula (Next Entertainment World dan RedPeter Film via Soompi)
Poster Peninsula (Next Entertainment World dan RedPeter Film via Soompi)

Namun begitu, bukan berarti film ini akan terus-terusan menampilkan unsur laga ala Resident Evil yang juga menyorot wabah zombie. Sejumlah adegan menegangkan ditampilkan sedikit melalui trailer ini.

Karakter Utama

Poster Peninsula (Next Entertainment World dan RedPeter Film via Soompi)
Poster Peninsula (Next Entertainment World dan RedPeter Film via Soompi)

Menyorot karakter utama bernama Jeong-seok (Gang Dong-won), Peninsula mengambil latar cerita empat tahun setelah munculnya wabah zombie pada film pertama.

Dikisahkan, Jeong-seok dan sejumlah anggota marinir, menelusuri sebuah tempat yang telah dipenuhi banyak zombie demi sebuah misi dengan bayaran yang besar.

Bertemu Para Penyintas

Mereka pun bertemu para penyintas yang memiliki perilaku aneh, yakni mengadu sejumlah manusia yang mereka jadikan tawanan dengan zombie-zombie yang mengerikan.

Trailer pun seolah memperlihatkan Jeong-seok tengah menjalani misi baru yang tampaknya lebih berbahaya bersama orang-orang dari daerah tersebut.

Bukan Sekuel Sepenuhnya

Menariknya, sutradara Yeon Sang-ho yang juga mengarahkan film Train to Busan, mengatakan bahwa film Peninsula bukan benar-benar sekuel kisah sebelumnya.

"Ini empat tahun setelah Train to Busan. Masih dalam jagat yang sama, tapi ceritanya tak berkesinambungan dan memiliki karakter yang berbeda," ujarnya dalam sebuah keterangan.

Tayang Tahun Ini

Syuting Peninsula berlangsung selama 62 hari sejak Juni 2019 dengan biaya yang leih besar dari Train to Busan. Rencananya, film ini akan tayang pada Juli 2020 di Korea Selatan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Dalami Kasus Korupsi di PT Dirgantara Indonesia Lewat 9 Saksi

Posted: 17 Jun 2020 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan memeriksa 9 saksi dalam kasus dugaan korupsi pemasaran dan penjualan pesawat dan helikopter di PT Dirgantara Indonesia. Delapan dari sembilan saksi akan diperiksa di Polrestabes Bandung, Jawa Barat.

Mereka adalah Kadiv Perbendaharaan PT DI Deddy Iriandy, Staf Departemen Project Manajer Office PT DI Achmad Senjaya, Manajer Keuangan Teknologi dan Pengembangan 2010-2013 PT DI Dedi Turmono, Staf Sales PT DI Kabul Rajarja, Divisi Sales Direktorat Niaga PT DI Djajang Tarjuki, Kadiv Produk Jasa dan Purna Jual PT DI Toto Pratondo, Divisi Sales Direktorat Niaga 2015-2015 PT DI Enang Suparman, Supervisor Sistem Senjata Utama PT DI Chairul Anwar.

"Mereka akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka IRZ (Irzal Rinaldi Zailani)," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Kamis (18/6/2020).

Sedangkan satu saksi yang akan diperiksa di Gedung KPK bernama Nurwasiah yang merupakan staf keuangan di tiga perusahaan, yakni PT Abadi Sentosa Perkasa, PT Angkasa Mitra Karya, dan PT Bumiloka Tegar Perkasa.

"Saksi Nurwasiah juga akan diperiksa untuk tersangka IRZ," kata Ali.

Dalam kasus ini, KPK menetapkan dua orang sebagai tersangka. Mereka adalah mantan Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia Budi Santoso dan mantan Asisten Direktur Utama bidang Bisnis Pemerintah PT Dirgantara Indonesia Irzal Rinaldi Zailani.

Kasus korupsi ini bermula pada awal 2008, saat Budi Santoso dan Irzal Rinaldi Zailani bersama-sama dengan Budi Wuraskito selaku Direktur Aircraft Integration, Budiman Saleh selaku Direktur Aerostructure, serta Arie Wibowo selaku Kepala Divisi Pemasaran dan Penjualan menggelar rapat mengenai kebutuhan dana PT Dirgantara Indonesia untuk mendapatkan pekerjaan di kementerian lainnya.

Kontrak Kerja Sama

Mantan Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia (PTDI) Budi Santoso berjalan keluar usai ditetapkan sebagai tersangka di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (12/6/2020). KPK menahan Budi Santoso dalam kasus dugaan korupsi kegiatan penjualan dan pemasaran pesawat PTDI tahun 2007-2017. (merdeka.com/Imam Buhori)
Mantan Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia (PTDI) Budi Santoso berjalan keluar usai ditetapkan sebagai tersangka di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (12/6/2020). KPK menahan Budi Santoso dalam kasus dugaan korupsi kegiatan penjualan dan pemasaran pesawat PTDI tahun 2007-2017. (merdeka.com/Imam Buhori)

Dalam rapat itu juga dibahas mengenai biaya entertainment dan uang rapat-rapat yang nilainya tidak dapat dipertanggungjawabkan melalui bagian keuangan.

Kemudian Budi Santoso mengarahkan agar tetap membuat kontrak kerja sama mitra atau keagenan sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan dana tersebut. Namun sebelum dilaksanakan, Budi meminta agar melaporkan terlebih dahulu rencana tersebut kepada pemegang saham yaitu Kementerian BUMN

Setelah sejumlah pertemuan, disepakati kelanjutan program kerja sama mitra atau keagenan dengan mekanisme penunjukkan langsung. Selain itu, dalam penyusunan anggaran pada rencana kerja dan anggaran perusahaan (RKAP) PT Dirgantara Indonesia, pembiayaan kerja sama tersebut dititipkan dalam 'sandi-sandi anggaran' pada kegiatan penjualan dan pemasaran.

Selanjutnya, Budi Santoso memerintahkan Irzal Rinaldi Zailani dan Arie Wibowo untuk menyiapkan administrasi dan koordinasi proses kerja sama mitra atau keagenan. Irzal pun menghubungi Didi Laksamana untuk menyiapkan perusahaan yang akan dijadikan mitra atau agen.

Kemudian, mulai Juni 2008 hingga 2018, dibuat kontrak kemitraan atau agen antara PT Dirgantara Indonesia yang ditandatangani oleh Direktur Aircraft Integration dengan Direktur PT Angkasa Mitra Karya, PT Bumiloka Tegar Perkasa, PT Abadi Sentosa Perkasa, PT Niaga Putra Bangsa, dan PT Selaras Bangun Usaha.

Atas kontrak kerja sama tersebut, seluruh mitra atau agen tidak pernah melaksanakan pekerjaan berdasarkan kewajiban yang tertera dalam surat perjanjian kerja sama.

PT Dirgantara Indonesia baru mulai membayar nilai kontrak tersebut kepada perusahaan mitra atau agen pada 2011 atau setelah menerima pembayaran dari pihak pemberi pekerjaan. Selama tahun 2011 sampai 2018, jumlah pembayaran yang telah dilakukan oleh PT Dirgantara Indonesia kepada enam perusahaan mitra atau agen tersebut sekitar Rp 205,3 milyar dan USD 8,65 juta, atau sekira Rp 330 M.

Setelah keenam perusahaan menerima pembayaran, terdapat permintaan sejumlah uang baik melalui transfer maupun tunai sekitar Rp 96 miliar yang kemudian diterima oleh pejabat di PT Dirgantara Indonesia (persero). Di antaranya Budi, Irzal, Arie Wibowo, dan Budiman Saleh.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Rekor Fantastis Cristiano Ronaldo di La Liga Spanyol

Posted: 17 Jun 2020 08:35 PM PDT

Madrid - Cristiano Ronaldoakan dianggap sebagai salah satu pemain terbaik dalam sejarah La Liga Spanyol. Dia menjalani karier sembilan tahun yang luar biasa di Negeri Matador.

Legenda Real Madrid itu dikenal sebagai pemain yang sangat produktif. Cristiano Ronaldo mencetak 450 gol dan 131 assist dalam 438 pertandingan.

CR7 memainkan peran penting dalam membantu Los Blancos mengakhiri dominasi Barcelona di La Liga yang dipimpin Lionel Messi. Bintang Juventus itu memenangkan La Liga dua kali.

Ronaldo menjadi pencetak gol terbanyak La Liga sebanyak tiga kali pada musim 2010–11, 2013–14 dan 2014–15. Mantan pemain Manchester United itu juga dinobatkan sebagai pemain terbaik La Liga musim 2013-2014.

Superstar Portugal itu mengakhiri kariernya di Madrid pada tahun 2018 untuk mencari tantangan baru di Juventus. Meski sudah dua tahun meninggalkan Spanyol, warisannya masih tetap hidup.

Berikut ini 5 rekor La Liga yang dipegang Cristiano Ronaldo seperti dilansir Ronaldo.com.

Pemain Tercepat yang Mencetak 150, 200 dan 300 Gol di La Liga

Penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo, tampak kecewa usai penaltinya gagal menghasilkan gol pada laga leg kedua semifinal Coppa Italia di Allianz Stadium, Sabtu (13/6/2020) dini hari WIB. Juventus bermain imbang 0-0 atas AC Milan. (AFP/Miguel Medina)
Juventus Lolos ke Final Coppa Italia

Setelah menuntaskan transfernya pada tahun 2009, Cristiano Ronaldo langsung menemukan ketajamannya di Real Madrid dan finis sebagai pencetak gol terbanyak La Liga pada musim keduanya. Dia mengalahkan Lionel Messi dengan selisih sembilan gol.

Ronaldo kemudian mencetak rekor setelah mencetak 150 gol di La Liga saat melawan Getafe pada pertandingan ke-140 di 2013.

Dia melanjutkannya dengan mencetak gol ke-200 di pertandingan ke-178 dan gol ke-300 di pertandingan ke-286.

Gol Penalti Terbanyak di La Liga - 61

Gelandang Real Madrid, Luka Modric bersama Cristiano Ronaldo usai pertandingan melawan Gremio pada Piala Dunia Antarklub 2017 distadion Zayed Sports City,Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, (16/12). Modric menjadi man of the match. (AFP Photo/Karim Sahib)
Gelandang Real Madrid, Luka Modric bersama Cristiano Ronaldo usai pertandingan melawan Gremio pada Piala Dunia Antarklub 2017 distadion Zayed Sports City,Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, (16/12). Modric menjadi man of the match. (AFP Photo/Karim Sahib)

Cristiano Ronaldo merupakan pemegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak dari titik penalti. Karena itulah para penggemar sepak bola di La Liga menjulukinya 'Penaldo'.

Bintang Portugal itu adalah eksekutor utama Real Madrid dalam tendangan bebas dan penalti. Dia selalu unggul dari titik putih dan mampu menghadapi tekanan dengan baik.

Ronaldo juga memegang rekor sebagai pengambil penalti terbanyak dalam sejarah La Liga setelah melakukannya 72 kesempatan.

Pemain Pertama yang Mencetak Gol dalam 6 Laga El Clasico Berturut-turut

Penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo, terlihat selama matchday kelima Grup D Liga Champions menghadapi Atletico Madrid di Allianz-Stadium, Turin, Selasa (26/11/2019). Meski gagal menyumbangkan gol, namun penampilan baru Ronaldo di laga tersebut menjadi sorotan. (Marco Bertorello / AFP)
Penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo, terlihat selama matchday kelima Grup D Liga Champions menghadapi Atletico Madrid di Allianz-Stadium, Turin, Selasa (26/11/2019). Meski gagal menyumbangkan gol, namun penampilan baru Ronaldo di laga tersebut menjadi sorotan. (Marco Bertorello / AFP)

El Clasico adalah pertandingan mempertemukan dua tim terbaik Spanyol, Real Madrid dan Barcelona. Duel ini bisa dibilang sarat gengsi mengingat rivalitas kedua tim yang sudah berlangsung sangat lama.

Ronaldo mampu bersinar di pertandingan sekelas El Clasico bersama Real Madrid. Dia berhasil mencetak 18 gol dalam 31 pertandingan.

CR7 memecahkan rekor dengan mencetak gol dalam enam El Clasico berturut-turut pada 2012. Bintang Juventus itu melewati rekor Ivan Zamorano.

Hattrick di Liga Terbanyak Dalam Satu Musim - 8

Penyerang Real Madrid Cristiano Ronaldo menggendong trofi sambil menunjukkan lima jarinya usai menjadi juara Liga Champions di Stadion NSK Olimpiyskiy, Ukraina (26/5). (AP/Pavel Golovkin)
Penyerang Real Madrid Cristiano Ronaldo menggendong trofi sambil menunjukkan lima jarinya usai menjadi juara Liga Champions di Stadion NSK Olimpiyskiy, Ukraina (26/5). (AP/Pavel Golovkin)

Pemenang Ballon d'Or lima kali ini tidak memiliki batasan dalam mencetak gol ke gawang lawan. Dia mencetak rekor 34 hattrick di La Liga sebelum meninggalkan Real Madrid, yang baru saja dipecahkan Messi.

Meskipun begitu, bintang Barcelona belum melewati Ronaldo untuk untuk hat-trick terbanyak dalam satu musim La Liga. Keduanya sama-sama mencetak delapan hat-trick.

Messi yang pertama mencetak rekor tersebut dengan mencetak delapan hat-trick di musim 2011/12 untuk Barcelona. Sementara itu, Ronaldo menyamai rekor Messi itu di musim 2014/15 setelah mencetak 48 gol dalam 35 pertandingan.

Cetak 20 Gol di Liga Tercepat dalam Satu Musim - 12 Laga

Pemain Real Madrid, Cristiano Ronaldo mengangkat jerseynya tinggi-tinggi di hadapan suporter Camp Nou pada leg pertama Piala Super Spanyol, Senin (14/8). Aksi selebrasi Ronaldo usai mencetak gol ke gawang Barcelona itu menjadi sorotan. (STRINGER/AFP)
Pemain Real Madrid, Cristiano Ronaldo mengangkat jerseynya tinggi-tinggi di hadapan suporter Camp Nou pada leg pertama Piala Super Spanyol, Senin (14/8). Aksi selebrasi Ronaldo usai mencetak gol ke gawang Barcelona itu menjadi sorotan. (STRINGER/AFP)

Musim 2014/15 adalah musim terbaik Cristiano Ronaldo di Real Madrid.

Di bawah asuhan Carlo Ancelotti, Real Madrid bersaing ketat dalam perebutan gelar La Liga dengan musuh bebuyutannya Barcelona. Namun pada akhirnya, Blaugrana yang berhasil memenangkan La Liga dengan keunggulan dua poin.

Meski Los Blancos kehilangan mahkota liga mereka, Ronaldo memenangkan banyak pujian dan rekor atas penampilan hebatnya.

Sumber asli: Ronaldo.com

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 17/6/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jarang Tersorot, Ini 6 Potret Ganteng Ardio Putra Sulung Andre Taulany

Posted: 17 Jun 2020 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak kenal dengan sosok Andre Taulany? Mantan personel band Stinky yang kini laris manis menjadi presenter sekaligus pelawak ini kerap menghiasi layar kaca. Sejak menikah dengan Rien Wartia Trigina atau akrab disapa Erin Taulany, rumah tangga keduanya pun harmonis dan jauh dari kabar miring.

Kini, di usia pernikahan yang sudah memasuki 15 tahun, Andre dan sang istri telah dikaruniai tiga orang anak. Yakni Ardio Raihansyah Taulany, Arkenzy Salmansyah Taulany, dan Arlova Carissa Taulany.

Jarang tersorot kamera, sang putra sulung yakni Ardio Taulany kini sudah beranjak remaja. Mewarisi wajah rupawan dari kedua orang tuanya, remaja yang akrab disapa Dio ini pun sudah memiliki penggemar sendiri. Akun Instagram pribadinya telah memiliki sebanyak 54 Ribu Followers.

Kira-kira seperti apakah potret ganteng dari Ardio Raihansyah Taulany, anak Andre Taulany? Berikut ulasan selengkapnya dilansir dari laman Instagram @ardiotaulany oleh Liputan6.com, Kamis (18/6/2020).

 

1. Ardio Raihansyah Taulany lahir pada 30 November 2006, kini ia telah berusia 13 tahun.

Potret Ganteng Ardio Putra Sulung Andre Taulany. (Sumber: Instagram/kenzy_taulany)
Potret Ganteng Ardio Putra Sulung Andre Taulany. (Sumber: Instagram/kenzy_taulany)

2. Beranjak remaja, Dio pun sudah pandai memilih sendiri style fashion yang ia sukai.

Potret Ganteng Ardio Putra Sulung Andre Taulany. (Sumber: Instagram/ardiotaulany)
Potret Ganteng Ardio Putra Sulung Andre Taulany. (Sumber: Instagram/ardiotaulany)

3. Mewarisi wajah rupawan dari kedua orang tuanya, Dio sudah miliki banyak penggemar. Akun Instagram pribadinya telah diikuti sebanyak 54 Ribu Followers.

Potret Ganteng Ardio Putra Sulung Andre Taulany. (Sumber: Instagram/ardiotaulany)
Potret Ganteng Ardio Putra Sulung Andre Taulany. (Sumber: Instagram/ardiotaulany)

4. Ini momen kedekatan Ardio bareng kedua adiknya, Kenzy dan Arlova. Tiga bersaudara ini nampak sangat akur.

Potret Ganteng Ardio Putra Sulung Andre Taulany. (Sumber: Instagram/andreastaulany)
Potret Ganteng Ardio Putra Sulung Andre Taulany. (Sumber: Instagram/andreastaulany)

5. Momen kebersamaan Dio dan Mama Erin. Kini setelah beranjak remaja, sang ibu pun tinggi badannya sudah tersalip.

Potret Ganteng Ardio Putra Sulung Andre Taulany. (Sumber: Instagram/erin_taulany)
Potret Ganteng Ardio Putra Sulung Andre Taulany. (Sumber: Instagram/erin_taulany)

6. Kompak pakai batik, ayah dan anak ini terlihat bak pinang dibelah dua.

Potret Ganteng Ardio Putra Sulung Andre Taulany. (Sumber: Instagram/andreastaulany)
Potret Ganteng Ardio Putra Sulung Andre Taulany. (Sumber: Instagram/andreastaulany)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: