Selasa, 23 Juni 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


KPK Akan Temui Para Calon Kepala Daerah yang Ikut Pilkada 2020

Posted: 23 Jun 2020 11:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengatakan, pihaknya akan menemui para calon kepala daerah yang akan maju pada Pilkada 2020. Firli menyatakan, pertemuan dengan para calon kepala daerah sebagai bagian dari program pencegahan.

"Kami dari KPK sudah berjanji kepada kawan-kawan di daerah bahwa kita nanti akan bertemu seluruh calon kepala daerah, tingkat provinsi dan kabupaten. Misalnya provinsi A ada 7 calon kepala daerah yang akan mengikuti pilkada, maka kita akan hadir," kata Firli dalam diskusi interaktif dengan Gubernur Se-Indonesia: Sinergi dan Efektifitas Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi yang disiarkan di kanal Youtube KPK, Rabu (24/6/2020).

Dalam diskusi tersebut Firli juga menyebut, ada tiga faktor yang menyebabkan terjadinya tindak pidana korupsi. Menurut Firli, pertama yakni memiliki kekuasaan, kedua kesempatan, dan ketiga tak memiliki integritas.

"Sesungguhnya korupsi itu terjadi pertama karena ada kekuasaan, kedua karena ada kesempatan, dan yang ketiga adalah minusnya integritas," ujar Firli.

Pantau Kepala Daerah

Firli menegaskan, dirinya akan terus memantau dan mengingatkan para kepada daerah tentang pentingnya menjalankan pakta integritas.

"Kita akan menyampaikan, dan kita juga ikut mengawasi bagaimana wujudnya pakta integritas," kata dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengapa Pangeran Harry dan Meghan Markle Tetap Gunakan Logo Mahkota di Surat Mereka?

Posted: 23 Jun 2020 11:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ada yang bikin salah fokus pada surat kiriman Pangeran Harry dan Meghan Markle pada StreetGames, di mana pasangan Sussex kedapatan berterima kasih atas bantuan mengirimkan makanan di London.

Mengutip laman Hello, Rabu (24/6/2020), sementara Pangeran Harry dan Meghan menandatangani surat itu dengan catatan 'Harry & Meghan', beberapa penggemar mempertanyakan alasan Duke dan Duchess of Sussex tetap menggunakan logo mahkota di atas monogram mereka.

Logo tersebut identik dengan keluarga kerajaan, sedangkan keduanya telah secara resmi mundur sebagai anggota senior Kerajaan Inggris pada akhir Maret lalu.

Terlepas dari status Harry dan Meghan, penggunaan logo mahkota ternyata tetap harus ada karena adik Pangeran William tersebut merupakan anak dari pewaris takhta. Dalam hal ini, figur yang dimaksud adalah Pangeran Charles.

Setelah Pangeran Harry dan Meghan Markle menikah pada Mei 2018, desain mahkota ini dibuat sebagai bagian dari identitas pasangan. "Logo mahkota ini sebagaimana diturunkan Surat Perintah Kerajaan pada anak lelaki maupun perempuan pewaris takhta," begitu bunyi pernyataan resmi kala itu.

 

Sama dengan Pangeran William-Kate Middleton

Pangeran Harry dan Meghan Markle. (CHRIS J RATCLIFFE / POOL / AFP)
Pangeran Harry dan Meghan Markle. (CHRIS J RATCLIFFE / POOL / AFP)

Logo mahkota yang digunakan Pangeran Harry dan Meghan Markle sama seperti pelengkap monogram yang dipakai Pangeran William dan Kate Middleton, mengingat keduanya punya status sama sebagai putra pewaris takhta.

Di antara detail kesepakatan antara Pangeran Harry-Meghan dengan Ratu Elizabeth II saat memutuskan mundur sebagai anggota senior kerjaan adalah menanggalkan gelar His Royal Highness atau Her Royal Highness (HRH).

Seperti pasangan Sussex, Sarah, Duchess of York, dan mendiang Putri Diana pun tetap menggunakan logo didesain untuk mereka setelah bercerai, walau seperti Meghan dan Pangeran Harry, mereka tak lagi menggunakan gelar HRH.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Pakai Obat Kumur Segera Setelah Berolahraga, Ini Sebabnya

Posted: 23 Jun 2020 11:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menyikat gigi dan flossing adalah dua praktik menjaga kebersihan mulut harian yang penting. Anda mungkin bahkan menambahkan obat kumur antibakteri untuk menambah kebersihan mulut.

Meski demikian, pernahkah Anda mempertimbangkan bagiamana bahan kimia yang Anda gunakan untuk membersihkan mulut dapat memengaruhi mikroorganisme lain yang ada di tubuh Anda? Berikut ini penjelasannya seperti dilansir dari Times of India.

 

Mengganggu fungsi tubuh

Ilustrasi obat kumur (iStockPhoto)
Ilustrasi obat kumur (iStockPhoto)

Sesuai penelitian, obat kumur antibakteri tak hanya terbatas pada mulut Anda. Akan tetapi ini juga dapat mengganggu fungsi lain dari tubuh Anda.

Percobaan yang dilakukan oleh para peneliti dari Inggris dan Spanyol mengungkapkan bahwa menggunakan obat kumur segera setelah berolahraga dapat menghambat proses menurunkan tekanan darah. Padahal ini adalah salah satu manfaat kesehatan dari berolahraga secara teratur.

 

Bagaimana kaitan keduanya?

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/BaanditStudio
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/BaanditStudio

Saat berolahraga, tubuh kita memproduksi nitric oxide yang mengarah pada pembukaan pembuluh darah dan peningkatan diameternya. Ini membantu meningkatkan aliran darah di berbagai bagian tubuh, termasuk otot-otot yang diaktifkan selama sesi latihan Anda.

Telah ditemukan bahwa sirkulasi darah tetap tinggi (berarti tekanan darah tetap rendah) untuk beberapa saat bahkan setelah berolahraga. Ini terjadi karena bakteri berinteraksi dengan senyawa yang disebut nitrat.

 

Memusnahkan bakteri baik

Obat kumur Listerine dinilai ampuh mengobati penyakit menular seksual di mulut (Ilustrasi: The Huffington Post)
Obat kumur Listerine dinilai ampuh mengobati penyakit menular seksual di mulut (Ilustrasi: The Huffington Post)

Beberapa bakteri yang ada di mulut menggunakan nitrat dan mengubahnya menjadi nitrit, yang dapat meningkatkan produksi oksida nitrat. Ketika oksida nitrat ini ditelan dengan air liur, ia diserap oleh pembuluh darah dan dikembalikan ke oksida nitrat yang membantu menurunkan tekanan darah.

Namun, ketika Anda menggunakan obat kumur segera setelah berolahraga, semua bakteri baik musnah dari mulut. Anda pun tak dapat lagi menuai manfaat dari berolahraga secara teratur.

 

Penelitiannya

Setelah Menekuni Olahraga Lari Selama Satu Tahun, Banyak Perubahan ke Arah yang Lebih Baik Dirasakan Dewi (Ilustrasi/iStockphoto)
Setelah Menekuni Olahraga Lari Selama Satu Tahun, Banyak Perubahan ke Arah yang Lebih Baik Dirasakan Dewi (Ilustrasi/iStockphoto)

Percobaan dilakukan pada 23 orang dewasa yang sehat yang dibuat untuk menjajal treadmill selama 30 menit. Setelah latihan, para peserta diminta untuk membilas mulut mereka dengan obat kumur antibakteri atau plasebo rasa mint.

Selain itu, para peneliti juga mencatat tekanan darah para peserta selama percobaan, setelah latihan, dan selama masa istirahat mereka.

 

Hasil akhir

ilustrasi olahraga bisa membuat pipi tirus/pexels
ilustrasi olahraga bisa membuat pipi tirus/pexels

Pada akhir penelitian ditemukan bahwa tekanan darah orang dalam kelompok plasebo adalah -5,2 mmHg, sedangkan tekanan darah kelompok yang menggunakan obat kumur adalah -2,0 mmHg.

Ini membuktikan hipotesa tersebut. Jadi, lain kali jangan menggunakan obat kumur segera setelah berolahraga ya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Mobil Lelang yang Paling Dicari Selama Pandemi Corona Covid-19

Posted: 23 Jun 2020 11:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi salah satu alternatif mencari kendaraan bekas dengan harga miring, sistem lelang banyak diminati konsumen Tanah Air hingga saat ini.

Meski mengalami penurunan penjualan karena terdampak pandemi Corona Covid-19, penjualan mobil dengan sistem lelang masih bisa berjalan.

Presiden Direktur PT Balai Lelang Serasi (Ibid), Daddy Doxa Manurung menurunnya daya beli masyarakat membuat kendaraan yang banyak dicari saat ini berada di segmen LCGC.

"Sekarang trennya menurun. Mungkin karena memang daya belinya juga menurun. Jadi mobil yang banyak dicari saat ini itu kendaraan di segmen LCGC," kata Daddy kepada Liputan6.com.

Walau berada di segmen Low MPV, konsumen yang menginginkan segmen ini juga memilih tahun yang lebih tua karena harga yang ditawarkan lebih terjangkau.

"Kalau untuk Avanza masih ada yang beli juga cuma tahunnya agak tua. Sekarang ini, mobil di bawah Rp100 juta yang paling banyak dicari konsumen. Jadi memang turun," ujar Daddy.

Berikut langkah mengikuti lelang secara online:

1. Cari kendaraan dan cek jadwal lelang via website. Daftar lot kendaraan dan jadwal lelang bisa dicek via website.

2. Cek detail kendaraan via website.

3. Registrasi dan beli Nomor Peserta Lelang (NPL). Isi data diri dan lakukan pembelian NPL secara online di website resmi. Pembayaran NPL bisa melalui Virtual Account dan kartu kredit.

4. Pilih jadwal lelang online yang sedang berlangsung. Peserta dapat langsung memilih kendaraan yang diinginkan. Tenggat waktu lelang tertera pada bagian informasi kendaraan.

 

Berikutnya

5. Ikuti proses lelang online. Peserta dapat langsung melakukan penawaran atau bidding secara online. Tawar harga kendaraan sesuai keinginan.

6. Pelunasan atau pengembalian biaya. Jika peserta memenangkan lelang, pelunasan sisa pembayaran wajib dilakukan selambatnya 5 hari kerja setelah lelang. Namun jika kalah, biaya pembelian NPL akan kembali 100 persen ke nomor rekening terdaftar, selambatnya 3 hari kerja setelah lelang.

7. Ambil kendaraan. Peserta dapat mengambil kendaraan beserta dokumennya setelah melunasi pembayaran selambatnya 5 hari kerja setelah lelang.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil Survei, Elektabilitas Gibran Salip Sang Rival Purnomo

Posted: 23 Jun 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Solo - Lembaga survei Solo Raya Polling merilis hasil survei terkait tingkat elektabilitas calon Wali Kota Solo yang bakal maju dalam Pilkada Solo 2020. Adapun tingkat elektabilitas Gibran Rakabuming Raka sebagai salah satu bakal calon wali kota yang mendaftar melalui PDIP telah berhasil menyalip elektabilitas Achmd Purnomo, bakal calon wali kota hasil penjaringan DPC PDIP Solo.

Survei tersebut digelar pada 14-20 Juni 2020 dengan melibatkan 1.008 responden yang tersebar di 126 titik. Masing-masing titik diambil sebanyak 8 responden yang namanya terdaftar dalam DPT Pemilu 2019.

"Ini riset yang ketiga kalinya, pertama survei pada Januari 2020 dan ketiga pada Juni 2020," kata Direktur Solo Raya Polling, Suwardi kepada wartawan di Solo, Selasa, 23 Juni 2020.

Menurut dia, pada survei pertama, tingkat elektabilitas Purnomo unggul 38 persen sedangkan Gibran 13 persen. Kemudian pada survei awal tahun lalu, elektabilitas Purnomo meningkat menjadi 46,6 persen dan Gibran 40,4 persen. Dan hasil survei terakhir, tingkat elektabilitas Gibran Rakabuming Raka menyalip menjadi 55 persen dan Purnomo 36 persen.

"Tren elektabilitas Gibran tumbuh dengan cepat antara Juni ke Januari 2020 dan berlanjut meningkat hingga Juni 2020. Sedang Purnomo cenderung menurun lebih rendah pada Juni 2020," sebutnya.

Menurut Suwardi, menurunnya angka elektabilitas Purnomo dampak isu mundurnya Purnomo dari bursa pencalonan wali kota beberapa waktu lalu. Dari hasil survei diketahui bahwa respon masyarakat atas pernyataan mundurnya itu ditanggapi negatif.

"Manuver politik inilah yang diduga menjadi faktor penyebab turunnya elektabilitas Purnomo dalam survei Juni 2020 dibanding survei Januari 2020," ungkapnya.

Lantas, Suwardi mengatakan meskipun dua nama tersebut saling bersaing namun jika keduanya dipasangkan berdasarkan hasil survei bisa menang dengan mutlak. "Bila Gibran-Purnomo dipasangkan bisa menang 91 persen karena baik pendukung Gibran maupun Purnomo menghendaki mereka bersatu," ujarnya.

Seperti diketahui persaingan Gibran Rakabuming Raka dengan Purnomo sebagai bakal calon Wali Kota Solo melalui PDIP memang cukup panas. Pasalnya, Purnomo bersama Teguh Prakosa merupakan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota hasil penjaringan DPC PDIP Solo. Sedangkan, Gibran mendaftar sebagai calon wali kota melalui DPD PDI Jawa Tengah.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini 4 Pemain Incaran MU di Bursa Transfer Musim Panas, Ada Vinicius

Posted: 23 Jun 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Manajer Manchester United (MU), Ole Gunnar Solskjaer telah menegaskan bakal belanja pemain di bursa transfer. MU punya banyak waktu untuk belanja pemain karena UEFA memberikan deadline hingga 5 Oktober 2020.

"Saya senang dengan tim ini. Namun, jika ada kesepakatan bagus yang harus dilakukan dan pemain yang membuat kami lebih baik, tentu saja kami harus mengeluarkan uang," ucapnya, dikutip dari situs resmi MU.

Mendatangkan pemain baru menjadi prioritas Solsjaer. Terlebih, Setan Merah masih tertinggal sangat jauh dari Liverpool dan Manchester City, yang dalam dua musim terakhir selalu berada di posisi teratas Premier League.

"Kami masih berada dalam posisi yang tidak diinginkan. Bahkan, tidak cukup dekat untuk menantang gelar Premier League," kata manajer MU berusia 47 tahun tersebut menegaskan.

Lalu, siapa saja pemain yang menjadi target MU di bursa transfer musim panas? Simak di halaman selanjutnya.

 

Moussa Dembele

Penyerang Olympique Lyon, Moussa Dembele, melakukan latihan di Decines-Charpieu Groupama, Prancis, Rabu (10/6/2020). Olympique Lyon melakukan persiapan Jelang leg kedua babak 16 besar Liga Champions melawan Juventus. (AFP/Jeff Pachoud)
Penyerang Olympique Lyon, Moussa Dembele, melakukan latihan di Decines-Charpieu Groupama, Prancis, Rabu (10/6/2020). Olympique Lyon melakukan persiapan Jelang leg kedua babak 16 besar Liga Champions melawan Juventus. (AFP/Jeff Pachoud)

Harian The Express mengklamin Manchester United sudah mendekati kesepakatan untuk mendatangkan Moussa Dembele dari Lyon. Pemain muda Prancis itu memiliki banderol 61,8 juta pound sterling (Rp 1,1 triliun).

Dembele akan jadi tambahan bagus bagi lini depan MU. Musim ini, Ia mencetak 16 gol dalam 27 tampilan liga untuk Lyon. Pemain ini sempat menjadi incaran Chelsea.

Namun Chelsea diperkirakan mundur. Sebab, tim asuhan Frank Lampard itu sudah mendapatkan tiga pemain baru, yakni Hakim Ziyech, Timo Werner, dan Kai Havertz.

 

Carlos Vinicius

Manchester United juga dikatikan dengan pemain asal Brasil, Carlos Vinicius. Menurut media Portugal, A Bola, MU bersaing dengan Liverpool dan Wolverhampton.

Striker 25 tahun itu kini bermain untuk Benfica. Harga pelepasannya (release clause) mencapai 100 juta euro (Rp 1,6 triliun). Menurut TodoFichajes, Man United sudah menawar 40 juta euro.

Carlos Vinicius tampil 36 laga di musim ini. Ia mencetak 20 gol dan 12 assist buat Benfica. Ia disebut-sebut akan menjadi salah satu primadona di bursa transfer mendatang.

 

Jadon Sancho

Gelandang Borussia Dortmund, Emre Can, berebut bola dengan penyerang Mainz, Karim Onisiwo, pada laga lanjutan Bundesliga di Signal Iduna Park, Dortmund, Kamis (18/6/2020) dini hari WIB. Borussia Dortmund menyerah 0-2 atas Mainz. (AFP/Guido Kirchner/pool)
Gelandang Borussia Dortmund, Emre Can, berebut bola dengan penyerang Mainz, Karim Onisiwo, pada laga lanjutan Bundesliga di Signal Iduna Park, Dortmund, Kamis (18/6/2020) dini hari WIB. Borussia Dortmund menyerah 0-2 atas Mainz. (AFP/Guido Kirchner/pool)

Manchester United dalam beberapa bulan terakhir disebut tertarik dengan winger Borussia Dortmund, Jadon Sancho. Pemain ini merupakan jebolan dari akademi Manchester City.

Winger berusia 20 tahun itu memang digosipkan bakal bergabung dengan Setan Merah, sebutan MU. Manajer MU, Ole Gunnar Solskjaer tertarik dengan kualitas Sancho yang mampu mencetak 17 gol dan 17 assist dari 31 pertandingan di Bundesliga musim ini.

Harganya, menurut Transfermarkt, berada di angka 105,3 juta pound sterling pada bursa transfer musim panas mendatang.

 

Jack Grealish

Gelandang Leicester City, Wilfred Ndidi dan pemain Aston Villa, Jack Grealish jatuh saat berebut bola pada lanjutan Liga Inggris di King Power Stadium, Selasa (10/3/2020) dinihari WIB. Leicester City menang telak empat gol tanpa balas. (AP /Rui Vieira)
Gelandang Leicester City, Wilfred Ndidi dan pemain Aston Villa, Jack Grealish jatuh saat berebut bola pada lanjutan Liga Inggris di King Power Stadium, Selasa (10/3/2020) dinihari WIB. Leicester City menang telak empat gol tanpa balas. (AP /Rui Vieira)

Gelandang serang milik Aston Villa, Jack Grealish juga masuk dalam daftar pemain incaran MU. Performanya di Premier League musim ini sangat menegsankan.

Pria berusia 24 tahun itu tercatat sudah mencetak tujuh gol dan tujuh assist dari 28 penampilan di Premier League. Grealish juga melepaskan 1.094 umpan ke rekan setimnya.

Untuk mendapatkan mantan pemain Notts County ini, MU perlu merogoh koceh hingga 27,5 juta pound sterling. Grealish menjadi pemain termurah yang berada dalam incaran Setan Merah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMKG Juanda: Surabaya Berpeluang Cerah hingga Malam Hari

Posted: 23 Jun 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda memperkirakan, Surabaya, Jawa Timur cerah pada Rabu, (24/6/2020).

Mengutip instagram @infobmkgjuanda, Surabaya akan cerah sepanjang hari. Suhu di Surabaya akan berada di kisaran 26-33 derajat celsius dengan kecepatan angin 30 KM per jam. Kelembaban 55-90 persen.

Di Sidoarjo, cuaca akan cerah pada siang hari. Sedangkan sore hingga malam hari, cuaca akan cerah berawan. Suhu di Sidoarjo akan berada di kisaran 25-32 derajat celsius dengan kecepatan angin 30 KM per jam. Kelembaban berada di kisarna 55-90 persen.

Cuaca di Lamongan juga akan cerah. Pada sore hari, cuaca di Lamongan akan cerah berawan. Suhu di Lamongan akan berada di kisaran 25-33 derajat celsius dengan kecepatan angin 20 KM per jam. Kelembaban berada di kisaran 55-90 persen.

Di Gresik, cuaca juga cenderung cerah sepanjang hari. Suhu di Gresik akan berada di kisaran 25-33 derajat celsius dengan kecepatan angin 30 KM per jam. Kelembaban berada di kisaran 55-90 persen.

Waspadai Hujan Intensitas Sedang hingga Lebat

ilustrasi hujan. (Liputan6)
ilustrasi hujan. (Liputan6)

BMKG Juanda juga merilis peringatan dini tiga harian di Jawa Timur untuk waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada siang hingga sore hari di Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Malang, Batu dan Bondowoso.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasien COVID-19 Bergejala Ringan di Riau Tetap Jalani Perawatan di RS

Posted: 23 Jun 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Demi mencegah penularan COVID-19, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Riau menerapkan aturan tetap merawat pasien positif terinfeksi virus SARS-CoV-2 di rumah sakit.

"PDP (Pasien Dalam Pengawasan) walaupun itu tidak bergejala kami rawat di ruang isolasi rumah sakit," kata Juru Bicara Gugus Tugas Provinsi Riau dokter Indra Yopi dalam diskuri ruang digital BNPB ditulis Rabu (24/5/2020).

Dengan melakukan perawatan di rumah sakit, pasien tersebut tidak akan menularkan ke orang lain. "Semua pasien-pasien Covid tersebut betul-betul dirawat sampai dinyatakan sembuh dengan dua kali negatif PCR baru kita bolehkan pulang ke rumah dan tambahan isolasi tujuh hari di rumah," kata Indra lagi mengutip rilis dari Gugus Tugas Nasional.

Tracing secara agresif dilakukan oleh Gugus Tugas Riau. Dengan cara itu bisa menekan penularan yang lebih luas lagi.

 

Mayoritas Imported Case

Pada Selasa, 23 Juni 2020 terdapat penambahan 27 kasus positif sehingga data akumulasi menunjukkan ada 193 kasus di Riau. Menurut Indra banyaknya kasus di wilayah Riau lebih didominasi oleh kasus dari luar atau imported case.

Sejak dibukanya perjalanan oleh pemerintah dan hanya mengandalkan tes cepat ini menjadi kelemahan.

"Imported case bisa kami kelola, tapi agak sulit. Kalau memang pemeriksaannya diwajibkan swab itu lebih aman," tutur Indra.

Kabupaten Rokan Hilir hingga kini masih bebas dari penularan virus SARS-CoV-2. Menurut Indra kekuatan pada pos-pos perbatasan yang mewajibkan semua kendaraan keluar-masuk wajib memiliki surat negatif tes cepat dan wajib mematuhi segala protokol kesehatan jadi kuncinya.

Saksikan juga video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bisnis Penjaminan LPEI Dorong Kinerja Ekspor dan Jaga Kualitas Kredit Perbankan

Posted: 23 Jun 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) terus memperkuat bisnis pembiayaan dan penjaminan sebagai bagian implementasi regulasi yang diamanatkan oleh pemerintah dan otoritas.

Direktur Eksekutif LPEI, D. James Rompas menyampaikan bahwa LPEI turut memperkuat bisnis penjaminan sebagai kontrobusi untuk mendorong peningkatan ekspor sehingga mengakselerasi pertumbuhan ekonomi.

LPEI berperan sebagai credit enhancer dan fill the market gap. Sebagai lembaga yang memiliki sovereign status, LPEI dapat memberikan penjaminan bagi bank dengan sejumlah ketentuan.

Beberapa diantaranya adalah pembobotan ATMR (aset tertimbang menurut risiko) sebesar 0 persen, aset yang dijamin berkualitas lancar, dan pengecualian perhitungan batas maksimum pemberian kredit (BMPK).

Ruang lingkup dalam penjaminan kredit oleh LPEI adalah pembiayaan dalam bentuk modal kerja. Selain itu juga kredit investasi, seperti untuk ekspansi usaha.

D. James Rompas menyebutkan, ditengah pandemi Covid-19 ini, ekspor nonmigas menghadapi tantangan salah satunya penurunan perdagangan global, sehingga turut memukul kinerja ekspor. Selain itu, eksportir juga terkendala oleh daya dukung pembiayaan, dan juga risiko terhadap kualitas kredit bagi perbankan.

Meski demikian, masih ada ruang bagi bank-bank memberikan pinjaman kepada nasabah eksportirnya. Ruang besar itu, selain potensi permodalan bank, tapi juga daya dukung dari Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI).

Kerja sama bank dengan LPEI dalam program penjaminan kredit dapat meningkatkan daya dorong ekspor nonmigas.

"Selain pembiayaan ekspor, LPEI dapat memberikan penjaminan kredit bank. Jadi, LPEI mempertegas posisinya sebagai credit enchancer," kata D. James Rompas dalam keterangan resmi yng diteima Liputan6.com, Rabu (24/6/2020).

Kredit Bagi Pelaku Usaha Ekspor

Ilustrasi bank (Sumber: Istockphoto)
Ilustrasi bank (Sumber: Istockphoto)

Langkah LPEI ini bertujuan mendorong perluasan share perbankan untuk memberikan kredit kepada sektor berorientasi ekspor.

Tidak hanya itu, program penjaminan kredit ekspor dari bank-bank memiliki banyak keuntungan. Pertama, bagi eksportir, penjaminan kredit ini diharapkan dapat meningkatkan akses eksportir pada sumber pendanaan. Dengan demikian, dapat meningkatkan kapasitas usaha dan pada akhirnya dapat meningkatkan ekspor nasional.

Kedua, keuntungan bagi bank, karena LPEI sebagai lembaga yang memiliki sovereign status, maka kredit yang dijamin LPEI bobot Aktiva Tertimbang Menurut Risiko (ATMR) sebesar 0 persen. Juga, aset yang dijamin memiliki kualitas lancar, dan sekaligus pengecualian perhitungan Batas Maksimum Pemberikan Kredit (BMPK). Sehingga, bank yang menyalurkan kredit ekspor, dan jika dijamin LPEI mempunyai keleluasaan untuk ekspansi dan sekaligus meminimalkan risiko kredit.

Sementara bagi LPEI, penjaminan ini dapat meningkatkan fee sebagai penjamin sekaligus sharing risiko dengan bank. Dengan demikian, tidak perlu ada kesan persaingan bank dengan LPEI. Keduanya dapat membentuk ekosistem baru, yaitu LPEI, bank dan nasabah eksportir.

"Kita sama-sama meningkatkan kapasitas usaha dan pada akhirnya dapat meningkatkan ekspor nasional," tambah James.

Langkah strategis tersebut akan memperkuat LPEI ke depan, menjadi LPEI yang baru dengan pangsa pasar kredit ekspor yang terus membesar. Peran strategis LPEI dalam pembiayaan dan penjaminan kredit ekspor ini, pada akhirnya mendorong ekspor nonmigas yang penting bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masuk Kantor, Krisdayanti Pamer Perubahan di Gedung DPR

Posted: 23 Jun 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Krisdayanti yang kini sedang aktif sebagai anggota DPR, mulai bekerja di kantornya. Istri Raul Lemos in pun terlihat mengikuti protokol normal baru di tengah pandemi Covid-19.

Tampilan Krisdayanti saat sedang bekerja di Gedung DPR untuk pertama kali setelah PSBB, dipamerkan olehnya sendiri. Ia mengunggah rangkaian foto-foto terbarunya di Instagram.

Dalam rangkaian fotonya, Krisdayanti tampak mengenakan dress dengan motif batik. Protokol kesehatan dipatuhinya dengan cara mengenakan masker.

Menyusun RAPBN 2021

Krisdayanti mulai bekerja di Gedung DPR. (Instagram @krisdayantilemos)
Krisdayanti mulai bekerja di Gedung DPR. (Instagram @krisdayantilemos)

Membaca keterangan fotonya, Krisdayanti rupanya saat itu sedang bertugas untuk mengawal penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) 2021.

Berdiskusi

Krisdayanti mulai bekerja di Gedung DPR. (Instagram @krisdayantilemos via KapanLagi)
Krisdayanti mulai bekerja di Gedung DPR. (Instagram @krisdayantilemos via KapanLagi)

Krisdayanti juga mengatakan bahwa ia sempat berdiskusi dengan pimpinan maupun anggota DPR lainnya dari Komisi IX dalam rangka membantu mengatasi dampak Covid-19 di masyarakat.

Membantu Rakyat

"Bismillahirahmanirahim @dpr_ri tetap bekerja, mengawal penyusunan RAPBN 2021 agar Indonesia tahun depan memiliki fondasi yang kokoh dalam menggerakkan ekonomi. Sekaligus membantu rakyat dalam mengatasi dampak dari pandemi Covid-19," tulis Krisdayanti melalui keterangan foto di Instagram, Selasa (23/6/2020).

Kursi yang Berubah

Pada slide kedua di rangkaian foto tersebut, Krisdayanti tampak mengikuti rapat. Rupanya kursi di ruang DPR ini dibuat berjarak dalam rangka mematuhi aturan pembatasan sosial.

Beberapa kursi diberi tanda untuk tak diduduki. Sehingga suasana pun jadi lebih sepi dari biasanya. Semua yang hadir di dalam gedung terlihat mengenakan masker, termasuk Krisdayanti.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Enam Warga Banjarnegara Tersambar Petir, Satu Tewas

Posted: 23 Jun 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Enam warga di Banjarnegara, Jawa Tengah tersambar petir secara bersamaan saat sedang istirahat setelah menebang kayu. Satu di antara keenamnya dilaporkan tewas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Momen Seru Irish Bella dan Ammar Zoni Saat Asuh Anak Kembar Syahnaz

Posted: 23 Jun 2020 10:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pasangan Irish Bella dan Ammar Zoni memang diketahui tengah menantikan kelahiran momongan. Irish pun saat ini tengah berbahagia menikmati masa-masa kehamilan. Kurang lebih tiga bulan lagi dirinya pun diprediksi akan melahirkan.

Tapi sebelum resmi menyandang status sebagai ayah dan ibu, rupanya Ammar Zoni dan Irish Bella menginginkan belajar menjadi orang tua. Bahkan, saat sang sahabat Syahnaz dan Jeje berkunjung, pasangan yang menikah pada 28 April 2019 ini menginginkan belajar mengasuh anak kembar dari adik Raffi Ahmad tersebut.

Ammar Zoni dan Irish Bella pun terlihat sangat telaten saat mengasuh anak kembar Syahnaz, Zayn Sadavir Ezhilan Ismail; Zunaira Alessia Safaraz Ismai. Bahkan, keduanya turut mendapat tugas untuk mengganti popok Zayn dan Zunaira.

Kehebohan sempat terjadi saat Ammar Zoni tengah mengganti popok Zunaira. Meski begitu, keduanya tetap telaten dan bersabar mengasuh anak kembar Syahnaz.

Dirangkum Liputan6.com dari channel YouTube Aish Tv, Rabu (24/6/2020) berikut ini beberapa momen keseruan saat Ammar Zoni dan Irish Bella mengasuh anak kembar Syahnaz dan Jeje.

1. Ini dia momen kebersamaan Ammar Zoni dan Irish Bella dengan keluarga kecil Syahnaz.

Ammar Zoni dan Irish Bella asuh anak kembar Syahnaz (Sumber: YouTube/Aish TV)
Ammar Zoni dan Irish Bella asuh anak kembar Syahnaz (Sumber: YouTube/Aish TV)

2. Ammar Zoni merasa tak sabar untuk menggendong sang buah hatinya sendiri.

Ammar Zoni dan Irish Bella asuh anak kembar Syahnaz (Sumber: YouTube/Aish TV)
Ammar Zoni dan Irish Bella asuh anak kembar Syahnaz (Sumber: YouTube/Aish TV)

3. Pasangan selebriti ini mendapat tugas untuk menggati popok Zayn dan Zunaira oleh Syahnaz.

Ammar Zoni dan Irish Bella asuh anak kembar Syahnaz (Sumber: YouTube/Aish TV)
Ammar Zoni dan Irish Bella asuh anak kembar Syahnaz (Sumber: YouTube/Aish TV)

4. Suami Irish Bella ini sempat terlihat panik saat Zunaira mulai menangis nih.

Ammar Zoni dan Irish Bella asuh anak kembar Syahnaz (Sumber: YouTube/Aish TV)
Ammar Zoni dan Irish Bella asuh anak kembar Syahnaz (Sumber: YouTube/Aish TV)

5. Berbeda dengan sang suami, Irish Bella sangat tenang saat mengganti popok Zayn.

Ammar Zoni dan Irish Bella asuh anak kembar Syahnaz (Sumber: YouTube/Aish TV)
Ammar Zoni dan Irish Bella asuh anak kembar Syahnaz (Sumber: YouTube/Aish TV)

6. Syahnaz dan Jeje juga memuji Irish Bella yang terlihat sangat keibuan saat mengurus anak kembar mereka.

Ammar Zoni dan Irish Bella asuh anak kembar Syahnaz (Sumber: YouTube/Aish TV)
Ammar Zoni dan Irish Bella asuh anak kembar Syahnaz (Sumber: YouTube/Aish TV)

7. Ammar Zoni dan Irish Bella juga dianggap netizen cukup telaten dan bersabar saat mengasuh anak.

Ammar Zoni dan Irish Bella asuh anak kembar Syahnaz (Sumber: YouTube/Aish TV)
Ammar Zoni dan Irish Bella asuh anak kembar Syahnaz (Sumber: YouTube/Aish TV)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Transaksi Nontunai di Kepri Meningkat Selama Pandemi Corona

Posted: 23 Jun 2020 10:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Selama mewabahnya Covid-19 di Provinsi Kepulauan Riau transaksi tunai atau yang menggunakan uang kartal terpantau mengalami penurunan. Hal ini terlihat dari menurunnya neto penarikan uang kartal oleh perbankan dari Bank Indonesia Kepulauan Riau sebesar -77,1persen (yoy).

Kepala Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Kepulauan Riau (Kepri), Musni Hardi Kusuma Atmaja menyampaikan pada Mei 2020, di mana berlangsung Idul Fitri penarikan uang kartal oleh perbankan dari BI Provinsi Kepri tercatat lebih rendah, dibandingkan periode yang sama dari tahun sebelumnya

Hal ini disebabkan oleh rendahnya kebutuhan uang kartal di masyarakat pada periode Ramadhan dan Idul Fitri.

"Realisasi outflow pada periode tersebut, tercatat sebesar Rp 1,16 triliun, atau jauh di bawah perkiraan sebesar Rp2,4 Triliun maupun outflow pada periode Ramadhan dan Idul Fitri tahun sebelumnya sebesar Rp 2,5 Triliun," kata Musni.

Lebih lanjut, kata dia, penurunan outflow didorong oleh adanya pergeseran cuti lebaran, larangan mudik, penurunan pendapatan masyarakat, pembatasan sosial dan seiring meningkatnya penggunaan transaksi digital di masa pandemi COVID-19.

Selain itu, sebagai bentuk kelancaran transaksi tunai dan memastikan hygienitas uang tunai pada masa pandemi COVID-19, Bank Indonesia Provinsi Kepri menerapkan karantina dan penyemperotan desinfektan terhadap uang setoran yang diterima sebelum dilakukan pengolahan.

"Terhitung merebaknya Covid- 19 di Indonesia hingga 18 Juni 2020, jumlah uang setoran bank yang diterima oleh BI Prov. Kepri berjumlah Rp1,4 Triliun. Dimana dari jumlah tersebut sebanyak Rp 295 Miliar telah diolah. Sementara sisanya masih menunggu untuk dilakukan pengolahan/karantina," jelasnya.

Dorong Penggunaan Transaksi Nontunai

Ilustrasi Bank Indonesia.
Ilustrasi Bank Indonesia.

Bank Indonesia sebagai otoritas dibidang Sistem Pembayaran terus mendorong penggunaan transaksi secara nontunai menggunakan kartu debit, kartu kredit, mobile banking, dan Uang Elektronik (UE) termasuk penggunaan QRIS (QR Code Indonesian Standard) di masa pandemi COVID-19.

Jumlah nominal transaksi menggunakan UE pada April 2020 tercatat sebesar Rp128,3 miliar meningkat 34 persen dari transaksi UE pada Maret 2020.

"Seiring dengan peningkatan tersebut, jumlah merchant QRIS di Kepri hingga 19 Juni 2020 telah mencapai 35,343 unit yang sebagian besar berada di Kota Batam, disusul Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan," ungkap Musni.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita WNI Tinggal di Melbourne yang Jadi Hotspot Corona COVID-19 Australia

Posted: 23 Jun 2020 10:50 PM PDT

, Melbourne - Dalam hitungan waktu kurang sepekan, penularan Virus Corona COVID-19 di negara bagian Victoria telah meningkat menjadi puluhan di enam wilayah.

Mengutip ABC Australia, Rabu (24/6/2020), enam wilayah (council) di pinggiran pusat kota Melbourne yang disebut sebagai 'hotspot' penularan Virus Corona COVID-19 saat ini adalah Hume, Casey, Brimbank, Moreland, Cardinia dan Darebin.

Diketahui ada lebih dari sejuta orang tinggal di enam wilayah tersebut dan membuat otoritas kesehatan di negara bagian Victoria sedang memantau ketat 1.000 orang yang pernah berinteraksi yang mereka yang dinyatakan positif Virus Corona COVID-19.

Ros Fiyani WNI asal Jakarta menceritakan pengalamannya tinggal di kisaran wilayah tersebut. Ia adalah salah satu warga yang tinggal di Narree Warren, sekitar 38 km dari pusat kota Melbourne, yang masuk dalam wilayah (council) Casey.

Ros baru saja pindah ke Australia sekitar tiga bulan lalu dan sudah melewati masa karantina wajib bagi mereka yang datang dari luar negeri.

Kepada ABC Indonesia ia mengaku kalau sempat berharap untuk bisa lebih banyak beraktivitas setelah Australia secara nasional melonggarkan aturan.

"Tentu menjadi tidak leluasa, berbeda dengan kemarin, sebelum kemudian diperketat lagi," kata Ros kepada Erwin Renaldi dari ABC Indonesia.

"Untuk belanja sehari-hari sekarang harus lebih berhati-hati, apalagi bawa anak-anak," ujarnya.

Saat pertama kali mendengar jika wilayah ia dan keluarganya tinggal masuk kategori 'hotspot' Virus Corona COVID-19, Ros mengaku merasa khawatir.

"Pastinya khawatir dan kaget juga … tadinya kita mulai lega karena penularan di Melbourne turun, sekarang keluar lagi imbauan untuk berhati-hati."Ros mengaku kecewa, tapi bukan karena tidak bisa bebas berjalan ke taman, katanya tapi juga soal mencari pekerjaan.

"Kecewa … lowongan pekerjaan juga menjadi susah, yang tadinya saya harapkan terbuka luas, sekarang jadi tertutup kembali.

Harus Waspada Saat Angka Bertambah

Gambar ilustrasi diperoleh pada 27 Februari 2020 dengan izin dari Food and Drug Administration AS menunjukkan Virus Corona COVID-19. (US Food and Drug Administration/AFP)
Gambar ilustrasi diperoleh pada 27 Februari 2020 dengan izin dari Food and Drug Administration AS menunjukkan Virus Corona COVID-19. (US Food and Drug Administration/AFP)

Redya Febrianto, adalah warga Indonesia yang tinggal di kawasan Brunswick West dan masuk ke wilayah Moreland.

Sama seperti Ros, Redya juga mengaku jika dirinya kaget karena sebelumnya ia dan keluarganya mulai santai setelah kasus penularan di Melbourne turun.

Ia mengatakan meskipun khawatir, tapi peningkatan kasus tidak membuat dirinya panik.

"Tidak ada larangan yang baru, kita tetap bisa kemana-mana, hanya mungkin sebagai pencegahan, kita akan … ke supermarket seminggu sekali," ujar Redya.

"Kita sekeluarga akan menambah porsi diam di rumah dan lebih berhati-hati dengan apa yang diperbolehkan [untuk dilakukan]."

Pria yang sudah dua tahun tinggal di Melbourne ini mengaku jika kekhawatirannya saat ini adalah jika sekolah kembali ditutup.

Salah satu alasannya adalah karena menyekolahkan anak dari rumah sebagai sebuah pilihan yang berat, seperti dialami orangtua lainnya di Australia.

Menanggapi jumlah penularan di Melbourne yang masih sedikit dibandingkan di kota-kota di Indonesia, Redya berpendapat bukan angka yang jadi tolak ukurnya.

"Saya tidak terlalu peduli dengan jumlahnya, tapi yang jelas harusnya ketika angkanya bertambah, orang semakin waspada."

 

Pentingnya Menjaga Jarak

Albert Park di Melbourne, Victoria, Australia. (Liputan6.com/Tanti Yulianingsih)
Albert Park di Melbourne, Victoria, Australia. (Liputan6.com/Tanti Yulianingsih)

Kepala negara bagian, Premier Daniel Andrews mengatakan pandemi Virus Corona COVID-19 belum berakhir.

Karenanya ia kembali mengingatkan pentingnya untuk menjaga jarak aman antara individu, atau 'physical distancing', tidak bersalaman, atau berpelukan dan memberikan kecupan.

"Jika sakit, jangan keluar. Jika ada gejala meski ringan, harus dites dan jika diminta dikarantina maka harus melakukannya," ujar Premier Andrews."Jika warga tidak melakukan hal yang benar … dan menghabiskan waktu dengan lainnya, maka kemungkinan akan menularkan virus."

Akhir pekan lalu, Premier Andrews mengatakan pertemuan keluarga besar telah menjadi pemicu mengapa penularan Virus Corona COVID-19 kembali terjadi di sejumlah wilayah.

Kembali ke Narree Warren, Ros mengaku yakin jika Pemerintah Victoria akan bisa menangani penularan yang tiba-tiba bertambah ini.

"Tetap tenang dan pasti bisa diatasi karena penanganannya selama ini juga cukup baik," kata Ros.

"Ikuti aturannya saja biar pandemi ini cepat hilang dan kita bisa ketemuan lagi, kumpul-kumpul lagi sesama warga Indonesia," kata Ros.

Jumlah peningkatan penularan antara warga di Victoria telah membuat otoritas kesehatan di Victoria untuk lebih banyak membuka tempat tes Virus Corona COVID-19 di wilayah 'hotspots'.

Diantaranya adalah dengan menyediakan layanan tes 'drive through', meski menyebabkan kemacetan seperti di pusat perbelanjaan Chadstone.

Mulai hari Rabu (24/06), 'drive-through' testing akan dilakukan di Highpoint Shopping Centre, Pacific Werribee Shopping Centre dan Pacific Epping Shopping Centre, mulai dari 8 pagi hingga 7 malam.

Bagi anda yang tinggal di negara bagian Victoria, bisa temukan tempat-tempat tes Virus Corona COVID-19 di situs Department of Health and Human Services (DHHS) website.

Saksikan Juga Video Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Google Cloud Region Jakarta Resmi Beroperasi

Posted: 23 Jun 2020 10:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Google Cloud Region Jakarta hari ini, Rabu (24/6/2020) resmi beroperasi. 

Dirancang untuk mendukung pelanggan dan pengguna akhir Indonesia, Jakarta menjadi region pertama untuk Google Cloud Platform (GCP) di Indonesia dan kesembilan di Asia Pasifik. 

"Dengan akses latensi lebih rendah ke data dan aplikasi, perusahaan yang melakukan bisnis di Indonesia dapat mempercepat transformasi digital mereka," ujar Rick Harshman, Asia Pacific Managing Director, Google Cloud dikutip dari keterangan resmi perusahaan.

Layanan ini, kata Rick, juga akan membantu pelanggan memenuhi persyaratan peraturan dan kepatuhan tertentu, serta menyediakan lebih banyak opsi pemulihan bencana untuk pelanggan di seluruh Asia Pasifik.

Rick menyebut Google Cloud Region Jakarta akan membantu pelanggan baru dan lama di Indonesia memanfaatkan teknologi Google Cloud untuk memberikan pengalaman lebih baik bagi pengguna lokal.

"Google Cloud sudah membantu kami menjalankan strategi perbankan digital kami, yang mempercepat inklusi keuangan, dan untuk menyediakan layanan perbankan yang lebih baik bagi masyarakat Indonesia," kata Indra Utoyo, Direktur Digital, Teknologi Informasi, dan Operasi di BRI .

Saat ini, ujar Indra, BRI menggunakan Apigee, Google Maps Platform APIs, dan Cloud Vision. Menggunakan pendekatan hybrid, BRI dan Google menempatkan keamanan data sebagai prioritas tertinggi.

"Peluncuran wilayah Jakarta memperkuat komitmen Google dan membantu kami menjangkau pelanggan kami dengan lebih baik," tutur Indra.

 

XL Axiata

Ilustrasi Startup, Perusahaan Teknologi, Cloud, Komputasi Awan. Kredit: Freepik
Ilustrasi Startup, Perusahaan Teknologi, Cloud, Komputasi Awan. Kredit: Freepik

Sementara itu, operator seluler XL Axiata telah mengadopsi Anthos untuk melakuan automatisasi dan tata kelola, serta meningkatkan kapasitas beban kerja di seluruh lingkungan hybrid dan multi-cloud.

"XL Axiata berkomitmen terhadap modernisasi infrastruktur. Anthos cocok karena memungkinkan kami mengadopsi kontainer sambil membiarkan Google mengelola infrastruktur kontainer," kata Yessie D Yosetya, Chief Information and Digital Officer di XL Axiata.

Adapun Tahir Hashmi, VP of Engineering di Tokpoedia mengatakan Google Cloud telah memungkinkan perusahaan untuk terhubung dengan lebih dari tujuh juta pedagang dan sembilan puluh juta pengguna aktif bulanan di lebih dari 97 persen kabupaten di Indonesia.

"Kolaborasi ini memberi kami peluang menarik untuk membantu orang Indonesia meraih lebih banyak pencapaian dan untuk membuat perdagangan melalui teknologi menjadi lebih akrab bagi mereka," ujar Tahir.

Standar layanan

Google Cloud Region Jakarta diluncurkan dengan serangkaian standar layanan perusahaan, termasuk Compute Engine, Google Kubernetes Engine, Cloud SQL, Cloud Storage, Cloud Spanner, Cloud Bigtable, dan BigQuery.

Selain itu, pengembang, ilmuwan data, dan insinyur data juga dapat memanfaatkan alat Machine Learing dan Artifical Intelligence perusahaan dengan cepat dan hemat biaya. 

(Why/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Live Streaming Inspirato: Hiburan Berkualitas di Era Pandemi Itu Penting

Posted: 23 Jun 2020 10:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sehubungan dengan masih berlangsungnya pandemi virus corona Covid-19 di Indonesia, banyak masyarakat di Tanah Air harus mengadopsi gaya hidup yang baru.

Salah satunya adalah cara menikmati beragam konten hiburan berkualitas yang saat ini terbatas di rumah saja, mengingat sejumlah bioskop masih belum ada yang buka.

Alhasil, banyak warga beralih ke layanan streaming video di internet untuk dapat menikmati hiburan, baik secara personal atau pun bersama dengan keluarga.

Sebagai layanan streaming buatan lokal, bagaimana Vidio.com memberikan hiburan berkualitas di era pandemi?

Saksikan acara live streaming INSPIRATO #sharingsession via Zoom, juga Live FB, Twitter, dan Instagram. 

Hari/Tanggal: Rabu 24 Juni 2020

Jam: 15.00-16.00 WIB

Tema: "Hiburan Berkualitas di Era Pandemi Itu Penting"

Narsum: Rezki, VP Brand Marketing Vidio.com

Jangan lupa, kamu bisa menyaksikan live streaming via Zoom: https://us02web.zoom.us/j/88004205476

Silahkan menyaksikan sajian spesial Liputan6.com kali ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Cetak Sawah Baru Seluas 295 Ribu Hektare di Pinggir Sungai Barito

Posted: 23 Jun 2020 10:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pemerintah akan fokus mengembangkan kawasan produsen pangan dengan mencetak sawah baru atau food estate di daerah endapan (aluvial) yang berada di Kalimantan Tengah (Kalteng).

Dia menyampaikan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya memutuskan untuk memilih tiga lokasi alternatif kawasan food estate, yakni Sumatera Selatan, Merauke, dan Kalimantan Tengah.

"Kemudian diputuskan untuk dipilih di Kalimantan Tengah di eks lahan gambut. Tapi ini yang tidak ada gambutnya, ini adalah aluvial," kata Basuki saat menggelar rapat bersama Komisi V DPR RI di Jakarta, Rabu (24/6/2020).

Menurut pemaparannya, terdapat sekitar 165 ribu ha lahan aluvial di pinggiran Sungai Barito, dengan potensi wilayahnya sekitar 295.500 ha. Namun yang sudah dicetak sawah dan memiliki jaringan irigasi seluas 165 ribu ha.

Dari 165 ribu ha tersebut, ada sekitar 85.500 ha fungsional yang telah diolah oleh petani setiap tahunnya. Dari 85.500 ha, ada sekitar 57 ribu ha lahan yang sudah dipelihara Kementerian PUPR setiap tahunnya.

 

 

Jaringan Irigasi

Petani mulai memanfaatkan lahan persawahan untuk tanam padi. (Dok Kementan)
Petani mulai memanfaatkan lahan persawahan untuk tanam padi. (Dok Kementan)

Catatan lainnya, Basuki menyoroti beberapa kendala dalam menjadikan Kalteng sebagai food estate, salah satunya seputar kondisi jaringan irigasi yang bermasalah. Pada lahan seluas 57 ribu ha, kondisi irigasi yang baik hanya untuk 28.300 ha, sehingga hasil produksinya cuman sekitar 1,7-2,9 ton per ha saja.

"Tiga hal yang menjadi masalah, satu irigasinya karena airnya tidak mengalir, sehingga zat besinya itu kepermukaan, berwarna merah kekuningan. Kemudian pupuk, karena dia tidak mengalir airnya menggenang jadi pupuknya tidak efektif," paparnya.

"Ketiga sering banjir karena memang daerah rawa, tidak dipelihara airnya meluap," tegas Menteri Basuki.

 

Kapuas

Aktivitas petani di persawahan Desa Pasir Kaliki, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Rabu (7/8/2019). (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Aktivitas petani di persawahan Desa Pasir Kaliki, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Rabu (7/8/2019). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Basuki lantas membandingkannya dengan kondisi lahan di Palingkau, Kabupaten Kapuas, Kalteng yang telah sukses ditanami padi lokal. Dia mengutarakan, jaringan irigasi pada daerah tersebut seluruhnya tergenang, sehingga hasil produksinya bisa mencapai 1,9-2,9 ton per ha.

"Ini tinggal direhabilitasi sedikit dengan pupuk. Dia bisa naik 1 ha, naik 2 ton saja bisa dapat 300 sekian ribu ha dengan harga dan cost yang lebih murah daripada buka baru," pungkas Menteri Basuki.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Masyarakat yang Berperan Besar Menekan Kasus Covid-19

Posted: 23 Jun 2020 10:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan ancaman virus corona (Covid-19) hingga kini belum berakhir meski pelonggaran pembatasan sudah dilakukan di sejumlah daerah. Untuk itu, dia meminta agar masyarakat proaktif menekan angka penyebaran corona di daerah.

"Satu dua tiga provinsi masih tinggi angka positifnya. Masyarakat lah yang berperan besar dalam menekan jumlah kasus dan mencegah penyebaran Covid-19," ujar Jokowi dalam video conference di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (24/6/2020).

Dia pun kembali mengajak masyarakat untuk disiplin mengikuti protokol kesehatan Covid-19. Mulai dari menggunakan masker, sering mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak aman, dan menghindari kerumunan.

"Saya minta juga agar masyarakat saling mengingatkan untuk disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Ini yang harus terus kita lakukan," kata Jokowi.

Kasus Positif di Indonesia Mencapai 47.896

Sebagai informasi, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengumunkan kasus positif corona di Indonesia mencapai 47.896, hingga Selasa 23 Juni 2020. Adapun total pasien yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 19.241 orang dan pasien meninggal dunia akibat virus corona yakni, 2.535 orang.

Berdasarkan laporan media harian COVID-19, tambahan kasus baru Corona di Jawa Timur mencapai 258 orang. Sehingga, total pasien positif Corona COVID-19 mencapai 10.115 orang.

Provinsi lainnya yang sumbang kasus corona baru terbanyak antara lain, DKI Jakarta 160 kasus dan Sulawesi Selatan mencatat 154 kasus. Kemudian, Sumatera Utara mencatat 117 kasus baru dan tiga sembuh serta Papua 55 kasus konfirmasi positif Covid-19.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polda Metro Ungkap Pejabat Bea Cukai yang Tertangkap Diduga Kasus Narkoba

Posted: 23 Jun 2020 10:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menerangkan ada 11 orang yang ditangkap diduga terkait kasus narkoba. Salah satunya adalah Kepala Pangkalan dan Sarana Operasional Bea Cukai Pelabuhan Tanjung Priok, Agus Purnady.

Dia ditangkap Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Pusat pada Minggu (21/6/2020) di sebuah kawasan di Jakarta.

"Iya salah satunya inisal A pegawai Bea Cukai," kata dia, Rabu (24/6/2020).

Yusri menerangkan, pihaknya juga telah melakukan tes urine terhadap 11 orang tersebut. Namun, tak ada satupun yang hasilnya positif narkoba.

"Setelah pengecekan urine ke-11 orang tersebut negatif," ucap dia.

 

Ditemukan Ekstasi 20 Butir

Kendati begitu, saat penangkapan, Yusri menerangkan pihaknya menemukan ekstasi sejumlah 20 butir.

"Sekarang ini masih dalam proses penyelidikan oleh Narkoba Polres Metro Jakarta Pusat dan Narkoba Polda Metro Jaya. Tadi malam kita gelar untuk ini masih berjaln terus, masih ada 4 kali 24 jam. Sabar saja dulu penyidik masih memeriksa," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pandemi Corona Paksa Industri Keuangan Bertransformasi ke Sistem Digital

Posted: 23 Jun 2020 10:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK)  Nurhaida mengatakan revolusi industri 4.0 menggambarkan perubahan mendasar dalam cara hidup dan berkomunikasi satu sama lain. Fenomena ini mengkolaborasikan siber dengan teknologi otomatisasi.

Dalam teknologi yang baru ini memungkinkan tidak terlalu banyak menggunakan tenaga kerja manusia dalam pengaplikasiannya.

"Kita tahu dalam perkembangannya terjadi disrupsi teknologi baik artifisial intelijen, block change teknologi, kolaborasi ekosistem dan kriptokaransi," kata Nurhaida dalam webinar bertajuk 'Business Transformation In Digital Era: Strategy & Actions', Jakarta, Rabu, (24/6/2020).

Semua hal itu kata Nurhaida mempengaruhi industri jasa keuangan. Munculnya teknologi digital ini mempercepat laju disrupsi dan ambiguitas yang terjadi pada industri jasa keuangan.

Pandemi Covid-19 membuat semua proses transformasi menjadi lebih cepat di semua negara. Sebagaimana diketahui, virus corona mengubah cara manusia berhubungan dan beraktivitas. Kebijakan PSBB dinilai merubah cara berkomunikasi.

"Ini sangat penting karena yang biasanya tatap muka jadi komunikasi jarak jauh," kata Nurhaida.

 

Tekanan di Indonesia

Ilustrasi OJK
Ilustrasi OJK

Kondisi ini juga memberikan berbagai tekanan bagi Indonesia. Khususnya para pelaku UMKM dan pelaku usaha mikro.

Maka dari itu, para pelaku usaha perlu diberikan ilmu dan pengetahuan secara khusus tentang cara menghadapi transformasi digital. Para pelaku industri jasa keuangan perlu memahami ini agar bisa menyikapi perkembangan disrupsi yang terjadi.

"Sehingga perlu untuk meningkatkan pengetahuan pelaku industri jasa keuangan untuk menyikapi perkembangan disrupsi yang terjadi," kata Nurhaida.

Beberapa hal yang perlu diketahui para pelaku industri jasa keuangan dan pelaku usaha diantaranya, pemahaman strategi dan inovasi model bisnis. Cara menghadapi transformasi bisnis digital dan masa normal baru. Serta cara memimpin transformasi bisnis menuju sistem digital.

"Terakhir, bagaimana memimpin transformasi bisnis yang mengarah ke sistem digital," katanya mengakhiri.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Murah, Impor Minyak China Catat Level Tertinggi Dalam Sejarah

Posted: 23 Jun 2020 10:40 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta - Impor minyak mentah China pada bulan Mei melonjak ke tingkat tertinggi dalam sejarah, yaitu 11,34 juta barel per hari.

Dikutip dari Bloomberg, Rabu (24/6/2020), peningkatan kepadatan kapal tanker di perairan sekitar pelabuhan minyak China karena banyak pembeli bergegas untuk mengambil keuntungan dari harga minyak yang rendah dalam beberapa bulan terakhir. Namun di sisi lain kapasitas penyimpanan darat tidak cukup untuk menampung pasokan tersebut.

Mengutip data dari Kpler, Bloomberg mengatakan bahwa pada bulan ini saja, sebanyak 200 kapal tanker minyak diperkirakan akan tiba di pelabuhan China.

Data bea cukai pada awal bulan ini menunjukan bahwa impor minyak mentah China di bulan Mei melonjak ke tingkat tertinggi dalam sejarah, yaitu sebesar 11,34 juta barel per hari.

Data tersebut memastikan bahwa ekonomi China berada pada jalur yang cepat menuju pemulihan dari krisis virus corona, dengan rata-rata harian impor minyak pada bulan Mei meningkat 15 persen dari April dan 150 ribu barel per hari lebih dari catatan impor sebelumnya yang dicatat pembeli China pada November lalu.

Bulan ini dapat terjadi rekor baru impor minyak, dengan Kpler memperkirakan rata-rata harian sebanyak 14 juta barel per hari atau lebih akan diimpor, yang mana ini 20 persen lebih banyak dari rata-rata untuk bulan Mei.

 

Impor Akan Terus Bertambah

Ilustrasi tambang migas (iStockPhoto)
Ilustrasi tambang migas (iStockPhoto)

Awal tahun ini, sebuah lembaga think-tank yang berafiliasi dengan CNPC mengatakan bahwa mereka mengharapkan impor minyak China mencatat kenaikan tahunan sebesar 2 persen tahun ini karena kondisi harga minyak yang rendah.

Namun, ada keraguan tentang berapa lama China bisa terus membeli minyak pada tingkat harga ini. Di satu sisi, ada keraguan atas data mengenai tingkat pemulihan permintaan minyak yang sebenarnya.

Di sisi lain, kurangnya data yang pasti tentang kapasitas penyimpanan minyak di negara tersebut juga memicu ketidakpastian.

Berita tentang kepadatan kapal tanker di sekitar Pelabuhan minyak China, akan memperkuat keraguan-keraguan ini karena menunjukkan bahwa kapasitas penyimpanan semakin penuh.

Perkiraan dari IHS Markit menunjukkan bahwa persediaan minyak mentah China akan melonjak sebesar 440 juta barel pada semester pertama tahun ini. Dimana ini akan menjadi peningkatan persediaan terbesar dalam enam bulan di manapun, di seluruh dunia. Jika impor terus meningkat pada tingkat rekor, penyimpanan terapung mungkin menjadi satu-satunya pilihan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming SCTV Sinetron Ganteng Ganteng Serigala Episode Rabu, 25 Juni 2020

Posted: 23 Jun 2020 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ganteng Ganteng Serigala adalah sinetron yang ditayangkan rerun.

Setiap siang mulai pukul 13.00 WIB Anda bisa menyaksikan akting Jessica Mila dkk pemeran Ganteng Ganteng Serigala.

Jangan lewatkan penayangan episode Ganteng Ganteng Serigala via live streaming dengan klik di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Momen Ulang Tahun Shandy Aulia, Dapat Kejutan Mewah dari Suami

Posted: 23 Jun 2020 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Rasa bahagia tengah menyelimuti aktris cantik Shandy Aulia. Tepat pada 23 Juni 2020, pemain film Eiffel I'm in Love ini genap berusia 33 tahun. Momen pertambahan usia Shandy Aulia ini tampak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Di usianya yang ke-33 tahun, ia merasa lebih istimewa karena sudah menyandang status sebagai seorang ibu.

Sejumlah rekan seleb dan para penggemarnya memberikan ucapan selamat dan doa agar Shandy serta keluarga kecilnya selalu diberi kebahagiaan. Dalam momen ulang tahunnya ini, Shandy Aulia juga mendapat kejutan dari sang suami. Melalui akun Instagram pribadinya, wanita kelahiran 23 Juni 1987 ini mendapat klappertaart yang di atasnya sudah dipasang lilin.

Tak hanya itu, ternyata David Herbowo juga telah menyiapkan pesta ulang tahun untuk Shandy Aulia. Perayaan ulang tahun ibu satu anak ini pun tampak mewah dengan dekorasi yang cantik. Sahabat Shandy Aulia pun turut hadir memeriahkan ulang tahunnya.

Penasaran seperti apa perayaan ulang tahun seleb cantik ini? Berikut potret ulang tahun Shandy Aulia yang ke-33 tahun dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (24/6/2020).

1. Tepat di malam harinya, Shandy Aulia mendapat kejutan dari sang suami. Ia diberi klappertaart yang diatasnya sudah dipasang lilin.

Shandy Aulia (Sumber: Instagram/@shandyaulia)
Shandy Aulia (Sumber: Instagram/@shandyaulia)

2. Tak hanya itu, David ternyata sudah menyiapkan kejutan pesta ulang tahun untuk sang istri.

Shandy Aulia (Sumber: Instagram/@shandyaulia)
Shandy Aulia (Sumber: Instagram/@shandyaulia)

3. Kue ulang tahun Shandy Aulia pun tampak elegan dengan tema bunga berwarna putih.

Shandy Aulia (Sumber: Instagram/@shandyaulia)
Shandy Aulia (Sumber: Instagram/@shandyaulia)

4. Dengan dibantu sahabat, suami Shandy Aulia memberikan kejutan ulang tahun mewah dengan dekorasi cantik.

Shandy Aulia (Sumber: Instagram/@shandyaulia)
Shandy Aulia (Sumber: Instagram/@shandyaulia)

5. Terdapat papan dihiasi bunga bertuliskan nama Shandy Aulia yang berulang tahun ke-33 tahun.

Shandy Aulia (Sumber: Instagram/@shandyaulia)
Shandy Aulia (Sumber: Instagram/@shandyaulia)

6. Rekan seleb dan para penggemarnya juga turut mengucapkan selamat serta doa untuk aktris cantik ini.

Shandy Aulia (Sumber: Instagram/@shandyaulia)
Shandy Aulia (Sumber: Instagram/@shandyaulia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Kita Lihat Data Jika Ada Daerah Ingin Masuk New Normal

Posted: 23 Jun 2020 10:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan pemerintah terus memantau fluktuasi data Covid-19 di masing-masing daerah. Menurut dia, data itu digunakan sebagai acuan bagi tiap daerah yang ingin masuk ke era new normal atau normal yang baru.

"Data-data kita miliki sangat komplit, dari data-data memutuskan kebijakan-kebijakan. Sebuah daerah yang ingin masuk new normal juga melalui data yang kita lihat," kata Jokowi saat jumpa pers di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (24/6/2020).

Dia menegaskan, pemerintah akan memperhatikan betul bagaimana capaian daerah yang akan menerapkan new normal, mulai dari prakondisi dan prioritas apa yang hendak mereka jalankan saat penerapan normal baru.

"Kita akan lihat seperti apa prakondisi daerah tersebut, kemudian setelah prakondisi, timingnya kapan dan prioritas di sektor apa, semua berdasarkan data-data yang kita miliki," jelas Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menambahkan, berdasarkan data terintegrasi Bersatu Lawan Covid (BLC), pemerintah semakin optimistis mengentaskan pandemi Covid-19.

"Kita semakin optimis, karena datanya semakin baik, tapi juga tetap waspada. Indonesia adalah bangsa besar berjaya, dengan gotong royong, kekompakan, dan solidaritas antarmasyarakat sebagai modal utama, bersama kita saling menjaga dan bersatu kita bisa," tandas Jokowi.

 

Jokowi Apresiasi Kepala Daerah yang Berhasil Tekan Kasus Covid-19

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau kesiapan penerapan prosedur standar New Normal di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Selasa (26/5/2020). Jokowi melakukan peninjauan kesiapan penerapan prosedur standar new normal di stasiun tersebut. (Tribunnews/Irwan Rismawan/Pool)
Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau kesiapan penerapan prosedur standar New Normal di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Selasa (26/5/2020). Jokowi melakukan peninjauan kesiapan penerapan prosedur standar new normal di stasiun tersebut. (Tribunnews/Irwan Rismawan/Pool)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan bahwa saat ini kasus positif virus corona (Covid-19) di sejumlah daerah masih meningkat. Di sisi lain, Jokowi juga mengapresiasi kepala daerah yang berhasil menekan angka penyebaran virus corona di wilayahnya.

"Saya sangat apresiasi Gubernur, Bupati, Wali Kota, Satuan Gugus Tugas di daerah yang telah berhasil menekan kasus di daerahnya, menekan angka kematian di daerahnya," kata Jokowi melalui video conference dari Istana Merdeka Jakarta, Rabu (24/6/2020).

Dia mengatakan pemerintah telah memiliki sistem informasi terintegrasi yang dinamai 'Bersatu Lawan Covid-19'. Melalui sistem ini, pemerintah dapat mengetahui data-data serta daerah-daerah rawan penyebaran virus corona.

"Dengan sistem ini juga kita bisa mengetahui berapa kabupaten, kota, provinsi, yang berubah statusnya dari hijau menjadi kuning, dari hijau menjadi oranye, dari hijau menjadi merah," jelasnya.

Jokowi memastikan bahwa setiap kebijakan yang diambil pemerintah dalam menangani Covid-19 selalu berdasarkan data-data sains. Selain itu, dia menyebut pemerintah juga selalu meminta saran kepada para pakar dan ahli sehingga tak salah dalam mengambil keputusan.

"Dengan sistem informasi yang terintegrasi tadi, kita memiliki data-data dan setiap kebijakan-kebijakan yang kita lakukan selalu berdasarkan pada data sains. Selalu juga meminta saran kepada para scientist, para ahli ilmu pengetahuan," tuturnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nelayan di Padang Pariaman Dapat Bantuan 36 Rumah Khusus

Posted: 23 Jun 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan telah menyelesaikan pembangunan 36 unit rumah khusus untuk para nelayan di Kecamatan Batang Gasan, Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat.

Rumah khusus yang dibangun dengan anggaran sekitar Rp 4,6 miliar tersebut telah dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti jalan lingkungan, drainase, listrik dan air bersih, serta diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan nelayan di Indonesia.

"Kami telah menyelesaikan pembangunan dan melakukan serah terima kunci rumah khusus kepada Dinas Lingkungan Hidup Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Padang Pariaman sebanyak 18 kopel atau 36 unit rumah di Kecamatan Batang Gasan, Padang Pariaman," papar Kepala Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Sumatera Barat, Nursal, Rabu (24/6/2020).

Nursal menjelaskan, bantuan rumah khusus tersebut diperuntukkan bagi nelayan yang ada di daerah tersebut. Rumah khusus yang dibangun oleh Kementerian PUPR memiliki bangunan tipe 28 ini disebutnya sudah dalam kondisi siap huni.

"Rumah khusus nelayan ini telah dilengkapi dengan jalan lingkungan, saluran drainase, listrik dan air bersih. Kami berharap dengan menempati rumah yang layak huni untuk kelangsungan hidup mereka dan tempat yang nyaman untuk keluarganya dan kesejahteraan para nelayan di Padang Pariaman bisa lebih ditingkatkan lagi," katanya.

 

Anggaran Rp 4,6 Miliar

Rumah Khusus Nelayan di Sumbawa, NTB. Dok Kementerian PUPR
Rumah Khusus Nelayan di Sumbawa, NTB. Dok Kementerian PUPR

Berdasarkan data yang ada di SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Sumatera Barat, pembangunan 36 unit rumah khusus tersebut dilaksanakan oleh kontraktor pelaksana PT Sumber Alam Sejahtera dan menggunakan anggaran senilai Rp 4,6 miliar.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Padang Pariaman, Yuniswan menyampaikan bahwa nelayan di Kecamatan Batang Gasan Kabupaten Padang Pariaman sangat bersyukur dengan adanya bantuan rumah khusus untuk para nelayan di daerahnya.

Menurut dia, rumah merupakan salah satu kebutuhan nelayan yang harus dipenuhi sehingga mereka bisa lebih fokus bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari harinya.

"Kami harap rumah khusus nelayan ini dijaga dan dirawat dengan baik. Jaga keamanan sehingga tercipta suasana yang kondusif karena bantuan rumah ini adalah wujud nyata perhatian pemerintah untuk kesejahteraan nelayan Indonesia," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Inggris: Siaran Langsung MU Vs Sheffield United Malam Ini

Posted: 23 Jun 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) bakal menghadapi Sheffield United di Old Trafford pada pekan ke-31 Premier League. MU sedikit diuntungkan lantaran Sheffield akan tampil tanpa kiper utamanya, Dean Henderson.

Ya, Henderson dilarang tampil lantaran ada kesepakatan antara Sheffield dan MU. Saat ini, Henderson masih berstatus pinjaman dari MU

Absennya Henderson sangat merugikan Sheffield. Pasalnya, Henderson adalah salah satu tulang punggung tim di musim ini.

Menurut catatan statistik, mampu mencetak 11 clean sheet dan melakukan 81 penyelamatan dari 29 penampilan di Premier League musim ini. Tim asuhan Chris Wilder itu pun nangkring di peringkat ke-8, meski berstatus tim promosi.

Selain itu, Sheffield United punya catatan buruk kala melawan MU. Dari tujuh pertemuan mereka tidak pernah menang. Setan Merah, sebutan MU, enam kali mencatatkan kemenangan dan sekali imbang melawan Sheffield United.

Lihat jadwal pertandingan MU vs Sheffield United dan laga lainnya di halaman selanjutnya.

 

 

Jadwal MU

Prediksi Manchester United Vs Sheffield United (Trie Yas/Liputan6.com)
Prediksi Manchester United Vs Sheffield United (Trie Yas/Liputan6.com)

Kamis, 25 Juni 2020

00.00 WIB, Manchester United vs Sheffield United (Mola TV)

00.00 WIB, Newcastle United vs Aston Villa (Mola TV)

00.00 WIB, Norwich City vs Everton (Mola TV)

00.00 WIB, Wolverhampton vs Bournemouth (Mola TV)

02.15 WIB, Liverpool vs Crystal Palace (Mola TV)

 

Jumat, 26 Juni 2020

00.00 WIB, Burnley vs Watford (Mola TV)

00.00 WIB, Southampton vs Arsenal (Mola TV)

02.15 WIB, Chelsea vs Manchester City (Mola TV)

Klasemen Liga Inggris

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PANDI Gelar Asistensi untuk Peserta Lomba Pembuatan Situs Web Aksara Sunda

Posted: 23 Jun 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) bersama Melsa ISP dan Pusat Digitalisasi dan Pengembangan Budaya Sunda Universitas Padjajaran (PDP-BS UNPAD) telah melakukan asistensi bagi peserta yang mengalami kendala untuk berpartisipasi dalam lomba membuat situs web dengan konten Aksara Sunda.

Chief Registry Officer PANDI, Mohamad Shidiq Purnama, mengatakan latar belakang diadakannya asistensi ini adalah untuk mengurangi kendal yang mungkin ditemukan para peserta.

"Harapannya agar lomba pembuatan situs web berdomain Aksasa Sunda bisa berjalan lancar tanpa ada hambatan," tutur Shidiq dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (24/6/2020).

Shidiq menuturkan, PANDI akan memberikan asistensi dan sarana konsultasi bagi peserta lomba membuat situs web dengan konten aksasa sunda. Selain itu, peserta juga dibuatkan satu grup diskusi di aplikasi chatting.

"Bagi peserta yang mengalami kendala teknis terkait teknologi, atau bagi mereka yang tidak pernah mengetahui soal hosting atau domain, dapat berkonsultasi langsung ke kantor PANDI atau via daring," tutur Shidiq.

Selain di PANDI, kegiatan asistensi ini juga dilakukan di kantor Melsa ISP yang berlokasi di Paskal Hyper Square, Bandung, Jawa Barat. CTO Melsa ISP Iman Budiman juga mengaku siap memfasilitasi kegiatan tersebut.

"Karena kebetulan kami (Melsa ISP) berlokasi di Bandung, mayoritas peserta lomba berdomisili di Bandung, kami siap membantu PANDI dan peserta agar bisa memangkas jarak jika lokasi peserta jauh dari kantor PANDI, bisa datang ke Melsa ISP," tuturnya.

Konsultasi untuk Peserta Situs Web Aksara Sunda

PANDI Siap Gelar Kompetisi Pembuatan Website dengan Aksara Jawa. Dok: PANDI
PANDI Siap Gelar Kompetisi Pembuatan Website dengan Aksara Jawa. Dok: PANDI

Imam mengatakan, peserta yang ingin berkonsultasi mengenai aspek teknis bisa mendatangan kantor Melsa ISP. Sementara peserta yang ingin berkonsultasi soal konten bisa mengunjungi PDP-BS UNPAD.

Menanggapi kegiatan asistensi ini, Sekretaris Yayasan Kebudayaan Rancage Dadan Sutisna, mengatakan workshop hingga pembuatan video tutorial bagi peserta lomba memang perlu dilakukan untuk memudahkan mereka.

"Workshop ini akan sangat membantu peserta yang masih kesulitan beradapatasi dengan kemajuan teknologi, juga sebagai literasi Aksara Sunda. Selain itu, kami akan buatkan video tutorialnya, sehingga peserta bisa langsung mempraktikkannya," tutur Dadan.

Lebih lanjut Dadan juga berharap dengan lomba ini, Aksara Sunda dapat dikenal masyarakat luas. Perlu diketahui, antusias masyarakat dalam lomba ini juga sangat besar, tercatat sudah ada 65 peserta terdaftar dari 100 kuota yang disediakan PANDI.

PANDI dan Unpad Gelar Lomba Pembuatan Situs Web dengan Aksara Sunda

Untuk diketahui, PANDI bersama PDP-BS Unpad memang tengah menggelar lomba pembuatan situs web berdomain Aksara Sunda. Sebagian atau seluruh isi konten situs web itu mesti menggunakan Aksara Sunda.

Chief Registry Operator (CRO) PANDI, Mohamad Shidiq Purnama menyatakan lomba ini diselenggarakan untuk kedua kalinya, mengikuti lomba serupa dengan domain Aksara Jawa (Hanacaraka).

"Lomba ini merupakan rangkaian acara lanjutan, dalam rangka pelestarian Aksara Nusantara yang memang menjadi concern PANDI," ujar Shidiq dalam keterangan tertulis.

Shidiq menyebut program ini merupakan salah satu cara pelestarian budaya Aksara Nusantara yang lambat laun semakin ditinggalkan generasi sekarang.

"Kami berkomitmen untuk bisa ikut berpartisipasi dalam rangka pelestarian budaya Aksara Nusantara, agar bisa terdigitalisasi sehingga dapat digunakan sebagai alamat (domain name) di internet," kata Shidiq.

Shidiq menekankan bahwa pendaftaran lomba ini akan dimulai pada pertengahan bulan Juni dan akan ditutup pada 14 Agustus 2020. Tenggat waktu pendafataran situs web pada 13 November dan pengumuman pemenang akan berlangsung pada 11 Desember mendatang.

"Untuk pendaftaran peserta bisa langsung submit di tautan s.id/lombaaksarasunda, untuk informasi lebih lanjut bisa didapat di semua platform media sosial PANDI," tutur Shidiq.

(Dam/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Bocah Lihai Atraksi Masak Bak Chef Profesional

Posted: 23 Jun 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah video memperlihatkan bocah laki-laki sedang masak di dapur melakukan aktraksi masak bak chef profesional. Ia mengulangi atraksinya berkali-kali sambil memutar teflon.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Luna Maya Siap Tinggalkan Rumah Mewahnya Bila Menikah, Asalkan...

Posted: 23 Jun 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Boy William berkolaborasi dengan Luna Maya di saluran YouTube-nya. Dalam kesempatan ini mereka berdua membahas tentang berbagai hal termasuk soal masa depan.

Saat ini, Luna Maya telah menempati rumah mewah di bilangan Jakarta Selatan. Boy William lantas bertanya, apakah bila sudah menikah, ia akan meninggalkan rumah tersebut dan tinggal bersama suaminya?

Sebagai seorang istri, tentu bintang film Filosofi Kopi ini bersedia untuk tinggal dengan suaminya. Namun, ada persyaratan yang harus dipenuhi oleh sang suami.

"Kalau dia bisa kasih rumah yang lebih bagus dari rumah gue, gue keluarlah hahaha," ungkap Luna Maya dalam video yang diunggah pada Selasa (23/6/2020) tersebut.

Tinggal di Rumahnya

Luna Maya (Adrian Putra/Fimela.com)
Luna Maya (Adrian Putra/Fimela.com)

Namun apabila rumah sang suami tak lebih bagus daripada miliknya, ia tentu akan mengizinkan sang suami tinggal di rumahnya tersebut.

"Kalau ternyata rumahnya lebih bagus rumah gue, enggak apa-apa dia pindah ke sini aja," ucap bintang film berusia 36 tahun ini.

Ruangan Favorit

Luna Maya (Liputan6.com/IG/@lunamaya)
Luna Maya (Liputan6.com/IG/@lunamaya)

Menurutnya, rumahnya saat ini merupakan hunian impiannya, karena menurutnya sangat nyaman. Luna juga membocorkan ruangan favorit dan rumahnya itu.

"Di kamar sama di pojokan antara dapur yang kayak tempat kerja. Jadi paling sering kalau enggak di kamar ya di situ," paparnya.

Game

Jika berada di rumah, Luna Maya terkadang juga bermain game. Mungkin ini adalah hal yang tak banyak diketahui oleh orang-orang.

"Iya Nintendo Switch gue cuma bisa main Nintendo Switch doang. Abis yang lain susah. Gue enggak suka yang mikir," kata mantan kekasih Reino Barack ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Corona Paksa Pebisnis untuk Kreatif Alih Produksi

Posted: 23 Jun 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Felix Wijaya dan istrinya merintis bisnis berbagai keperluan pameran melalui perusahaan "Chrome Imaging". Perintah tinggal di rumah membatalkan berbagai event, sehingga Felix memanfaatkan peralatan yang dimilikinya untuk membuat produk lain yang dibutuhkan pasar, yaitu membuat alat pelindung diri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komitmen Indonesia Tingkatkan Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina pada 2020

Posted: 23 Jun 2020 10:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia akan meningkatkan bantuan kemanusiaan untuk Palestina pada 2020. Komitmen itu disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam Extraordinary Ministerial Pledging Conference for UNRWA (United Nations Relief and Works Agency for Palestine Refugees in the Near East) yang diselenggarakan secara virtual pada Selasa 23 Juni malam.

Dalam keterangan tertulis dari Kementerian Luar Negeri yang diterima di Jakarta, Rabu (24/6/2020), Retno menjelaskan, komitmen itu adalah wujud kepedulian Indonesia atas penderitaan bangsa Palestina dalam menghadapi pandemi COVID-19 dan ancaman perluasan aneksasi Israel.

Bantuan kemanusiaan Indonesia rencananya akan disalurkan langsung kepada Pemerintah Palestina, dan juga melalui Badan Pekerjaan dan Pemulihan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) dan Komite Palang Merah Internasional (International Committee for Red Cross/ICRC).

Pada kesempatan itu, Retno menegaskan kembali dukungan politik Indonesia bagi perjuangan bangsa Palestina untuk merdeka secara penuh dan berdaulat. Dalam hal ini, dukungan terhadap UNRWA berarti dukungan terhadap perjuangan bangsa Palestina.

 

Penguatan Kembali Dukungan untuk Palestina

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Palestina Riyad Al Maliki dalam pertemuan bilateral di Amman, Yordania (11/12/2017). Keduanya membahas isu seputar Yerusalem dan Palestina (Sumber: Kemlu RI)
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Palestina Riyad Al Maliki dalam pertemuan bilateral di Amman, Yordania (11/12/2017). Keduanya membahas isu seputar Yerusalem dan Palestina (Sumber: Kemlu RI)

Sebelum penyelenggaraan konferensi itu, Retno telah berkomunikasi langsung melalui telepon dengan Komisaris Jenderal UNRWA yang baru, Filippe Lazarini, untuk menyampaikan dukungan terhadap upaya revitalisasi UNRWA, dan menekankan pentingnya organisasi UNRWA yang akuntabel dan efisien.

Extraordinary Virtual Ministerial Pledging Conference for UNRWA diikuti deputi perdana menteri, menteri, wakil menteri dan duta besar dari 60 negara, dan juga Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres serta Komisaris Jenderal UNRWA, Filippe Lazarini.

Tujuan utama Konferensi itu adalah untuk penguatan kembali dukungan politis terhadap perjuangan bangsa Palestina dan menggalang dana bagi UNRWA.

UNRWA merupakan badan PBB yang didirikan 70 tahun lalu dan saat ini menangani 5,5 juta pengungsi Palestina yang berada di Gaza, Tepi Barat, Yarusalem Timur, Yordania, Lebanon dan Suriah.

Pelayanan UNRWA, antara lain mencakup layanan pendidikan, kesehatan, bantuan darurat, micro finance, perlindungan, pembangunan dan berbagai pelayanan sosial lainnya.

Pada sidang Majelis Umum PBB pada Desember 2019 lalu, Indonesia bersama 168 negara anggota PBB lainnya mendukung perpanjangan mandat UNRWA hingga 2023.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Baru Terungkap, Ini 6 Potret Renaldi Mantan Pacar Pertama Ayu Ting Ting

Posted: 23 Jun 2020 10:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kisah asmara seleb memang menarik untuk dibahas, baik itu yang masih terjalin saat ini ataupun yang sudah kandas di tengah jalan. Baru-baru ini, sosok mantan pacar pertama Ayu Ting Ting akhirnya terungkap.

Melalui sebuah talkshow di stasiun televisi swasta pada Senin (22/6/2020), pelantun tembang 'Sambalado' ini mendapatkan kejutan dari tim kreatif. Ia dipertemukan kembali dengan mantan pujaan hatinya sewaktu masih sekolah dulu.

Sosok tersebut yakni Renaldi Ardiansyah, salah satu teman sekolah Ayu Ting Ting ketika mengenyam pendidikan di SMP Negeri 2 Depok. Menurut Ayu, jalinan cinta keduanya kandas karena saat itu diminta untuk mengakhiri hubungan oleh sang ibu. 

Pemilik nama lengkap Ayu Rosmalina ini diminta untuk tidak pacaran karena usianya masih terlalu muda. Meski putus, namun Ayu dan Renaldi tetap menjalin hubungan baik sebagai teman.

Kira-kira seperti apakah potret Renaldi Ardiansyah mantan pacar Ayu Ting Ting? Berikut selengkapnya dilansir dari laman Instagram @ardiansyahrenaldi oleh Liputan6.com, Rabu (24/6/2020).

1. Sudah lama tak bertemu, Ayu nampak sumringah menyambut kawan sekaligus mantan pacar pertamanya.

Potret Renaldi Mantan Pacar Pertama Ayu Ting Ting. (Sumber: Instagram/ayutingting92)
Potret Renaldi Mantan Pacar Pertama Ayu Ting Ting. (Sumber: Instagram/ayutingting92)

2. Bahkan pelantun tembang 'Alamat Palsu' ini masih mengingat nama sapaan Renaldi, yakni Todoy.

Potret Renaldi Mantan Pacar Pertama Ayu Ting Ting. (Sumber: Instagram/ardiansyahrenaldi)
Potret Renaldi Mantan Pacar Pertama Ayu Ting Ting. (Sumber: Instagram/ardiansyahrenaldi)

3. Renaldi dan Ayu menjalin hubungan cinta di bangku SMP.

Potret Renaldi Mantan Pacar Pertama Ayu Ting Ting. (Sumber: Instagram/ardiansyahrenaldi)
Potret Renaldi Mantan Pacar Pertama Ayu Ting Ting. (Sumber: Instagram/ardiansyahrenaldi)

4. Kini, pria yang akrab disapa Todoy ini sudah menemukan tambatan hatinya.

Potret Renaldi Mantan Pacar Pertama Ayu Ting Ting. (Sumber: Instagram/ardiansyahrenaldi)
Potret Renaldi Mantan Pacar Pertama Ayu Ting Ting. (Sumber: Instagram/ardiansyahrenaldi)

5. Ia pun kini berstatus sebagai seorang suami sekaligus ayah.

Potret Renaldi Mantan Pacar Pertama Ayu Ting Ting. (Sumber: Instagram/ardiansyahrenaldi)
Potret Renaldi Mantan Pacar Pertama Ayu Ting Ting. (Sumber: Instagram/ardiansyahrenaldi)

6. Potret harmonis keluarga Renaldi Ardiansyah dan sang istri, Afrah Nuran.

Potret Renaldi Mantan Pacar Pertama Ayu Ting Ting. (Sumber: Instagram/ardiansyahrenaldi)
Potret Renaldi Mantan Pacar Pertama Ayu Ting Ting. (Sumber: Instagram/ardiansyahrenaldi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sejak 2015, Kemenkop Fasilitasi 10.484 UMKM Daftar Hak Kekayaan Intelektual

Posted: 23 Jun 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koperasi UKM (MenKop UKM) Teten Masduki mengatakan, agar daya saing UMKM meningkat dan menghadapi kekuatan bisnis lain, diperlukan perlindungan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) terhadap inovasi dan kreativitas UMKM.

Namun sayangnya, pelaku UMKM belum memiliki kesadaran untuk melindungi hasil inovasi kreativitasnya sebagai aset kekayaan intelektual.

"Masih sedikit yang mengajukan permintaan untuk dapatkan HKI, baik hak cipta, hak merek, indikasi geografis, rahasia dagang, dan desain. Padahal ini penting untuk daya saing UMKM. Kekuatan UMKM bukan hanya pada kekuatan modalnya, tapi juga pada inovasi dan kreativitasnya. Kalau ini dilindungi, akan jadi kekuatan daya saing UMKM dalam menghadapi kekuatan pebisnis lain," tegas Teten Masduki dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (24/6).

Untuk itu, Kementerian Koperasi dan UKM bersama Kementerian Hukum dan HAM akan terus melakukan sosialisasi, edukasi dan pendampingan, tentang pentingnya melindungi hak intelektual.

Sekaligus kerja sama dengan justika.com dan Hukum Online akan menyadarkan semua pihak tentang pentingnya melindungi kekayaan intelektual yang dimiliki UMKM.

"Kami juga mempermudah prosedur akses pendaftaran HKI. Masalah tarif bisa dibicarakan, agar harganya terjangkau bagi UMKM," ujarnya.

Ia menjelaskan, melalui program tiga pilar strategis, pihaknya mendorong pengembangan program perlindungan hak intelektual koperasi dan UKM, pengembangan kapasitas usaha dan kompetensi sumber daya manusia (SDM), kemudahan akses pembiayaan, dan terhubung dengan ekosistem usaha, agar menjadi kekuatan ekonomi di Indonesia.

Teten mengaku, sejak tahun 2015 KemenKopUKM telah memfasilitasi 10.484 UMKM untuk mendapatkan HKI, baik hak cipta, hak merek, indikasi geografis, hak sita, dan desain industri. Selain itu, juga memberikan pendampingan teknis, melalui klinik konsultasi, pendampingan pemberkasan formulir pendaftaran, hingga surat sanggahan, dan mendorong UMKM menyusun strategi bisnis.

"Yang harus dioptimalkan adalah kerja sama pendampingan UMKM untuk mendapatkan hak cipta," tegasnya.

 

Beri Perhatian ke UMKM

25 Produk UMKM di Banyumas memasuki toko retail modern. (Foto: Liputan6.com/Galoeh Widura)
25 Produk UMKM di Banyumas memasuki toko retail modern. (Foto: Liputan6.com/Galoeh Widura)

Sementara itu, Dirjen Kekayaan Intelektual KemenkumHAM, Freddy Harris mengatakan, pemerintah harus memberikan perhatian khusus bagi UMKM. Karena menurutnya, dalam setiap krisis yang terjadi, UMKM terbukti menjadi pondasi ekonomi Indonesia.

"Saya tahu dalam 2-3 kali krisis ekonomi, pada akhirnya UMKM-lah yang jadi pondasi ekonomi. Pemerintah harus berikan perhatian spesial kepada UMKM. Istilahnya, tidak lekang oleh badai," tegasnya.

Menurutnya, banyak UMKM yang tidak tahu tentang pentingnya HKI. Ia berjanji akan memberikan kemudahan bagi UMKM yang mendaftarkan hak cipta, hak merek, indikasi geografis, hak sita, dan desain industri. Bahkan kini pendaftaran, permohonan, keluhan bisa dilakukan secara online

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Adnil Eks Base Jam Mantap Jadi Solois, Luncurkan Single Sumarah

Posted: 23 Jun 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sosok Adnil Farsal yang namanya dikenal sejak menjadi gitaris Base Jam pada era 1990-an, kini telah memulai karier solonya. Adnil pun meluncurkan sebuah single perdananya yang berjudul "Sumarah".

Single "Sumarah" dirilis pada 20 Juni 2020 lalu seperti diumumkan melalui Instagram pribadinya, @adnilfaisal. Tak hanya bermain gitar, Adnil Farsal juga bernyanyi di lagu itu.

Bahkan, penulisan lirik, aransemen, hingga proses produksinya dikerjakan sendiri oleh Adnil. Gitaris yang pernah bergabung dengan The Bangor (band pengiring Nicky Astria) ini memang sedang melaju untuk merampungkan album solo perdananya.

Komposisi Musik

Adnil Farsal eks Base Jam. (Ist)
Adnil Farsal eks Base Jam. (Ist)

Komposisi musik "Sumarah" dibuka dengan riff gitar lincah dibarengi dentuman bass kuat dan pukulan drum yang menderu. Vokal natural Adnil di sepanjang lagu sangat terasa dengan iringan gitar berdistorsi.

Adnil pun tidak terkesan memaksakan diri sat bernyanyi dengan gaya rock. Pada bagian reffrain, emosi Adnil menggelegar.

Sound yang dipilihnya memberi kesan lantang. Hingga bagian interlude dan coda, Adnil berhasil menghidupkan telinga pendengar.

Diluncurkan pada Era Normal Baru

"Sumarah" diluncurkan bertepatan dengan era normal baru di tengah pandemi Covid-19 yang belum jinak. Adnil mengajak semua pihak untuk bangkit dan melanjutkan hidup ketimbang berdiam diri dan meratapi kondisi saat ini.

Pada bagian verse lagunya ini, Adnil menggambarkan bagaimana setiap individu akan merasa berat ketika harus menjalani sebuah tatanan baru. Awalnya kita mungkin tak berdaya, namun ia memotivasi untuk selalu siap menghadapi semua tantangan.

Berbalut Musik Rock

Berbalut komposisi musik rock yang penuh distorsi, "Sumarah" diharapkan mampu menambah semangat setiap individu yang mendengarkan lagu ini.

"Kita harus bersikap realistis dengan kondisi ini. Pasrah bukan berarti menyerah," ujar Adnil dalam keterangan kepada wartawan, baru-baru ini.

Karier Adnil

Setelah Base Jam, Adnil sempat menjalani karier sebagai gitaris session dari band panggung Bunga Citra Lestari (BCL) sejak 2010.

Menengok lebih ke belakang, tepatnya pada pertengahan 2000-an, Adnil merupakan gitaris yang lekat dengan stigma musik rock.

Adnil membentuk band EVO bersama Didit Saad (gitar), Erwin Prast (bass), Ronald (drum), Angga (kibor), dan Elda (vokal). Ia memperlihatkan sisi 'pemberontaknya' melalui musik mengentak dengan guyuran gitar berdistorsi.

 

Karya Selama di Base Jam dan EVO

Sebelum meninggalkan Base Jam pada tahun 1999, Adnil sempat ikut merampungkan album ketiga band bernuansa pop itu.

Melalui satu-satunya album EVO yang bertajuk Evolution (2007), Adnil mulai melepaskan energi yang sebelumnya tidak pernah ia lakukan bersama Base Jam.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liverpool vs Crystal Palace: Jurgen Klopp Berharap Tuah Anfield

Posted: 23 Jun 2020 10:17 PM PDT

Liputan6.com, Liverpool - Manajer Liverpool, Jurgen Klopp berharap tuah Anfield Stadium kala menjamu Crystal Palace dalam lanjutan Premier League, Kamis (25/6/2020) dini hari WIB.

Klopp berharap magis Anfield mampu membantu Liverpool kian dekat dengan gelar Premier League. Sebab, di pertandingan sebelumnya, The Reds hanya meraup satu poin di kandang Everton, Goodison Park.

Akibat hasil imbang tersebut, The Reds membutuhkan lima poin lagi untuk mengunci gelar. Andai mereka menang di Derby Merseyside, Liverpool bisa saja juara malam inil

"Ini menjadi pertandingan pertama di Anfield. Jadi kita harus melakukan yang terbauk. Duel melawan Everton (imbang 0-0) adalah contoh agar kita lebih baik dari itu," ucap Klopp seperti dikutip dari situs resmi klub.

Namun, Klopp menyadari, laga di Anfield kali ini berbeda. The Reds, sebutan Liverpool, tidak mendapat dukungan penuh dari para suporter akibat virus corona covid-19.

"Ini pertandingan kandang, kami tahu semua di mana tempatnya. Namun pada akhirnya, tidak ada penonton, tidak ada atmosfer, dan kami tetap harus melakukannya," kata manajer Liverpool asal Jerman tersebut.

 

Crystal Palace Musuh Berbahaya

ilustrasi Jurgen Klopp (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi Jurgen Klopp (Liputan6.com/Abdillah)

Sejak kedatangan Jurgen Klopp, Liverpool belum pernah menelan kekalahan sejak April 2017. Namun, Crystal Palace bukanlah lawan yang patut di pandang sebelah mata.

Pasalnya, Crystal Palace merupakan tim terakhir yang pernah mengalahkan Liverpool di Anfield. Ketika itu, mereka menang 2-1 di Anfield pada 23 April 2017.

"Saya masih bisa merasakan kekalahan itu. Jadi artinya, hari ini bukan hari yang baik buat kami," ucap Klopp mengatakan.

 

Jadwal Pertadingan Premier League Malam Ini

Kamis, 25 Juni 2020

00.00 WIB, Manchester United vs Sheffield United (Mola TV)

00.00 WIB, Newcastle United vs Aston Villa (Mola TV)

00.00 WIB, Norwich City vs Everton (Mola TV)

00.00 WIB, Wolverhampton vs Bournemouth (Mola TV)

02.15 WIB, Liverpool vs Crystal Palace (Mola TV)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Apresiasi Kepala Daerah yang Berhasil Tekan Kasus Covid-19

Posted: 23 Jun 2020 10:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan bahwa saat ini kasus positif virus corona (Covid-19) di sejumlah daerah masih meningkat. Di sisi lain, Jokowi juga mengapresiasi kepala daerah yang berhasil menekan angka penyebaran virus corona di wilayahnya.

"Saya sangat apresiasi Gubernur, Bupati, Wali Kota, Satuan Gugus Tugas di daerah yang telah berhasil menekan kasus di daerahnya, menekan angka kematian di daerahnya," kata Jokowi melalui video conference dari Istana Merdeka Jakarta, Rabu (24/6/2020).

Dia mengatakan pemerintah telah memiliki sistem informasi terintegrasi yang dinamai 'Bersatu Lawan Covid-19'. Melalui sistem ini, pemerintah dapat mengetahui data-data serta daerah-daerah rawan penyebaran virus corona.

"Dengan sistem ini juga kita bisa mengetahui berapa kabupaten, kota, provinsi, yang berubah statusnya dari hijau menjadi kuning, dari hijau menjadi oranye, dari hijau menjadi merah," jelasnya.

Jokowi memastikan bahwa setiap kebijakan yang diambil pemerintah dalam menangani Covid-19 selalu berdasarkan data-data sains. Selain itu, dia menyebut pemerintah juga selalu meminta saran kepada para pakar dan ahli sehingga tak salah dalam mengambil keputusan.

"Dengan sistem informasi yang terintegrasi tadi, kita memiliki data-data dan setiap kebijakan-kebijakan yang kita lakukan selalu berdasarkan pada data sains. Selalu juga meminta saran kepada para scientist, para ahli ilmu pengetahuan," tuturnya.

Total Kasus di Indonesia Mencapai 47.896

Sebagai informasi, kasus positif corona di Indonesia saat ini sudah mencapai 47.896. Adapun total pasien yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 19.241 orang dan pasien meninggal dunia akibat virus corona yakni, 2.535 orang.

Berdasarkan laporan media harian COVID-19, tambahan kasus baru Corona di Jawa Timur mencapai 258 orang. Sehingga, total pasien positif Corona COVID-19 mencapai 10.115 orang.

Provinsi lainnya yang sumbang kasus corona baru terbanyak antara lain, DKI Jakarta 160 kasus dan Sulawesi Selatan mencatat 154 kasus. Kemudian, Sumatera Utara mencatat 117 kasus baru dan tiga sembuh serta Papua 55 kasus konfirmasi positif Covid-19.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

New Normal, PNS Harus Cepat Sesuaikan Diri dengan Cara Kerja Baru

Posted: 23 Jun 2020 10:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mendorong aparatur sipil negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk bersiap menjalankan sistem kerja baru pada era new normal atau kenormalan baru. Sebab, sistem kerja konvensional tidak cocok diterapkan di tengah pandemi Corona.

"Sekarang kita akan bekerja dengan sistem kerja baru di era new normal. Sebaliknya yang berbeda dengan cara kerja sebelumnya," ujar Bima dalam diskusi virtual BKN via YouTube, Rabu (24/6/2020).

Untuk itu, saat ini PNS harus mempunyai kesadaran diri untuk melakukan penyesuaian dengan cara bekerja yang baru. Salah satunya meningkatkan ketrampilan penggunaan teknologi yang dapat menunjang pekerjaan di era new normal.

Kemudian, Bima menjelaskan sistem kerja baru perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas layanan terhadap masyarakat. Langkah strategis ini juga diyakini efektif untuk menekan penyebaran pandemi Covid-19 di Tanah Air.

Sehingga pada saat memasuki era new normal, pihaknya berharap para PNS mampu bersaing serta memahami kemajuan teknologi informasi yang berkembang dengan cepat. Maka, PNS di seluruh instansi pemerintah baik di pusat maupun daerah harus adaptif terhadap proses bisnis baru yang berbasis digitalisasi.

"Standar kompetensi harus berbasis digital. Mengingat kemajuan negara karena jabatan fungsional, ini pentingnya pemanfaatan teknologi," tandasnya.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

Menteri PANRB Minta Instansi Terapkan Sistem Kerja Fleksibel Bagi PNS

Aktivitas pegawai pada hari pertama kerja di tengah pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masa transisi di Badan Kepegawaian Daerah, Balai Kota DKI Jakarta, Senin (8/6/2020). PNS di lingkungan Pemprov DKI kembali mulai bekerja di kantor dengan sistem shifting. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)
Aktivitas pegawai pada hari pertama kerja di tengah pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masa transisi di Badan Kepegawaian Daerah, Balai Kota DKI Jakarta, Senin (8/6/2020). PNS di lingkungan Pemprov DKI kembali mulai bekerja di kantor dengan sistem shifting. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo mengimbau kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS untuk tetap menjaga produktivitas di tengah wabah pandemi virus Corona (Covid-19).

Penyelenggaraan pemerintah dan pelayanan publik dituntut tetap berjalan dengan baik walaupun sistem kerja berbeda dengan sebelum pandemi.

"Jangan sampai pandemi Covid-19 menurunkan produktivitas kerja kita semua," seru Menteri Tjahjo dalam keterangan tertulis, pada Selasa 23 Juni 2020.

Selain itu, Tjahjo juga mengajak seluruh instansi pemerintah untuk mulai melakukan pengaturan kerja buat PNS secara fleksibel (flexible working arrangement/FWA). "Instansi pemerintah harus mulai mengatur pembagian pegawai yang bekerja di kantor atau bekerja di rumah," imbuhnya.

Dalam tatanan normal baru ini, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mereka yang bekerja di kantor. Penataan ruangan perlu dipertimbangkan karena diharuskan untuk menjaga physical dan social distancing. Untuk itu perlu untuk mengatur ulang tata letak dalam ruang rapat, ruang kerja, dan ruang pelayanan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rabu 24 Juni, KPU Mulai Bentuk PPDP Pilkada 2020

Posted: 23 Jun 2020 10:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum mulai membentuk petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) untuk Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2020 pada Rabu (24/6/2020).

"Hai #TemanPemilih Rabu 24 Juni 2020, KPU memulai tahapan pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) #Pemilihan2020," tulis KPU pada akun Twitter resminya, Jakarta.

Proses rekrutmen dan pelaksanaan tugas PPDP tersebut nantinya tetap memperhatikan standar dan prosedur protokol kesehatan COVID-19.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan ada sekitar 300 ribu orang yang akan terlibat dalam proses pemutakhiran data pemilih yang akan mulai digelar pada 15 Juli 2020 mendatang.

Menurut dia, KPU daerah memiliki waktu yang cukup untuk melakukan pengadaan barang pelindung diri sesuai standar protokol kesehatan sebelum tahapan dimulai. Sehingga ketika pemutakhiran semua petugas dapat menggelarnya dengan protokol COVID-19.

"Untuk pemutakhiran data pemilih melibatkan jumlah orang yang cukup banyak, APD-nya (alat pelindung diri) juga cukup banyak karena melibatkan PPDP yang jumlahnya berbasis TPS, jadi kalau ada TPS 300 ribu lebih maka yang terlibat sekurang-kurangnya juga 300 ribu," katanya seperti dikutip dari Antara.

Berharap Tahapan Berjalan dengan Baik

Dia berharap upaya koordinasi yang dilakukan di tingkat pusat dalam merealisasikan pilkada tepat waktu dan sesuai protokol kesehatan juga ditindaklanjuti oleh KPU daerah dan jajaran pemerintahan daerah.

"Komunikasi bisa berlangsung cepat KPU, Bawaslu, pemerintah daerah dan kepolisian, mudah-mudahan tahapan berjalan dengan baik dan bisa kita jalankan sesuai jadwal yang sudah disusun dan pelaksanaannya bisa terpenuhi sebagaimana syarat protokol kesehatan yang sudah diatur," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertengahan Juni 2020, Program Padat Karya Serap 144.163 Tenaga Kerja

Posted: 23 Jun 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mempercepat penyaluran program Padat Karya Tunai (PKT/cash for work) guna mengurangi angka pengangguran di tengah ketidakpastian perekonomian pada masa pandemi virus corona (Covid-19).

Selain mengalokasikan anggaran program PKT rutin tahun 2020 sebesar Rp 11,44 triliun dengan target penerima manfaat 613.513 orang, Kementerian PUPR juga melakukan perubahan skema pada program atau kegiatan infrastruktur yang semula bersifat reguler menjadi dilaksanakan dengan pola Padat Karya, dengan alokasi anggaran Rp 654,4 miliar dan target penerima manfaat sebanyak 80.888 orang.

Tercatat hingga pertengahan Juni 2020, seluruh program PKT baik yang rutin maupun program reguler dengan pola padat karya telah menyerap tenaga kerja sebanyak 144.163 orang, dengan total anggaran yang telah disalurkan sebesar Rp 2,16 triliun atau sebesar 17,9 persen dari total alokasi sebesar Rp 12,01 triliun.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, program PKT dilaksanakan melalui pembangunan infrastruktur yang melibatkan warga setempat sebagai pelaku pembangunan, khususnya infrastruktur berskala kecil atau pekerjaan sederhana yang tidak membutuhkan teknologi. Tujuan utama Padat Karya untuk mempertahankan daya beli masyarakat di perdesaan atau mendistribusikan dana pembangunan ke desa-desa.

"Selain untuk menpercepat pemulihan ekonomi dan meningkatkan daya beli masyarakat, PKT juga bertujuan mendistribusikan dana hingga ke desa/ pelosok. Pola pelaksanaan PKT nanti juga harus memperhatikan protokol physical & social distancing untuk pencegahan penyebaran Covid-19,"ujar Menteri Basuki dalam keterangan tertulis, Rabu (24/6/2020).

Sementara itu, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Lukman Hakim mengungkapkan, program PKT di Direktorat Jenderal Cipta Karya akan terdapat tambahan alokasi anggaran sebesar Rp 10,6 miliar dengan penambahan target penerima manfaat sebanyak 350 orang.

Anggaran program padat karya utamanya digunakan untuk Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI), Pemeliharaan Rutin Jalan & Jembatan, Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW), penataan Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU), Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS 3R), Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas), Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas), serta Pembangunan Baru dan Peningkatan Kualitas Rumah Swadaya.

 

18 Kegiatan Diubah Jadi Padat Karya

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mempercepat realisasi Program Padat Karya Tunai (PKT) 2020. (Dok Kementerian PUPR)
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mempercepat realisasi Program Padat Karya Tunai (PKT) 2020. (Dok Kementerian PUPR)

Sedangkan terdapat 18 kegiatan atau program infrastruktur yang pelaksanaannnya diubah dengan metode padat karya selama durasi kerja 30-100 hari.

Kegiatan tersebut diantaranya di Bidang Sumber Daya Air (SDA) seperti dukungan manajemen BBWS/BWS, operasi dan pemeliharaan sarana prasarana SDA, pengelolaan bendungan, danau, dan bangunan penampung air lainnya, pengembangan/rehabilitasi jaringan irigasi seperti DI Rentang dan DI Slinga, pengendalian banjir, lahar, pengelolaan drainase utama perkotaan, dan pengaman pantai, peningkatan tatakelola pengelolaan SDA terpadu, serta penyediaan dan pengelolaan air tanah dan air baku.

Bidang Bina Marga seperti preservasi jalan di 282 lokasi, pembangunan jalan di 51 lokasi, pembangunan jembatan di 69 lokasi, dan OP Jalan Bebas Hambatan & Perkotaan (JBHP) sebanyak 36 lokasi.

Lalu bidang Cipta Karya di 274 lokasi, meliputi kegiatan pengembangan kawasan permukiman, pembangunan dan rehabilitasi prasarana pendidikan, pengembangan sarana prasarana olahraga, dan pasar, pembinaan dan pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), penataan bangunan dan lingkungan. Salah satu contohnya yakni rehabilitasi dan renovasi sarana prasarana sekolah.

Terakhir di bidang Perumahan, melalui kegiatan peningkatan kualitas Prasarana dan Sarana Umum (PSU) di komplek perumahan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) untuk 303 penerima manfaat yang tersebar di 69 lokasi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Penyemprotan Disinfektan di Pasar Anyar Jakarta

Posted: 23 Jun 2020 10:10 PM PDT

Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) melakukan spraying pasar Karang Anyar dengan cairan disinfektan, Jakarta Pusat, Rabu (24/6/2020). Penyemprotan cairan disinfektan yang dilakukan tesebut untuk memutus penyebaran virus corona (COVID-19) pada PSBB Transisi new normal. (merdeka.com/Imam Buhori)
Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) melakukan spraying pasar Karang Anyar dengan cairan disinfektan, Jakarta Pusat, Rabu (24/6/2020). Penyemprotan cairan disinfektan yang dilakukan tesebut untuk memutus penyebaran virus corona (COVID-19) pada PSBB Transisi new normal. (merdeka.com/Imam Buhori)

Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) melakukan spraying pasar Karang Anyar dengan cairan disinfektan, Jakarta Pusat, Rabu (24/6/2020). Penyemprotan cairan disinfektan yang dilakukan tesebut untuk memutus penyebaran virus corona (COVID-19) pada PSBB Transisi new normal. (merdeka.com/Imam Buhori)

Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) melakukan spraying pasar Karang Anyar dengan cairan disinfektan, Jakarta Pusat, Rabu (24/6/2020). Penyemprotan cairan disinfektan yang dilakukan tesebut untuk memutus penyebaran virus corona (COVID-19) pada PSBB Transisi new normal. (merdeka.com/Imam Buhori)
Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) melakukan spraying pasar Karang Anyar dengan cairan disinfektan, Jakarta Pusat, Rabu (24/6/2020). Penyemprotan cairan disinfektan yang dilakukan tesebut untuk memutus penyebaran virus corona (COVID-19) pada PSBB Transisi new normal. (merdeka.com/Imam Buhori)

Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) melakukan spraying pasar Karang Anyar dengan cairan disinfektan, Jakarta Pusat, Rabu (24/6/2020). Penyemprotan cairan disinfektan yang dilakukan tesebut untuk memutus penyebaran virus corona (COVID-19) pada PSBB Transisi new normal. (merdeka.com/Imam Buhori)

Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) melakukan spraying pasar Karang Anyar dengan cairan disinfektan, Jakarta Pusat, Rabu (24/6/2020). Penyemprotan cairan disinfektan yang dilakukan tesebut untuk memutus penyebaran virus corona (COVID-19) pada PSBB Transisi new normal. (merdeka.com/Imam Buhori)
Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) melakukan spraying pasar Karang Anyar dengan cairan disinfektan, Jakarta Pusat, Rabu (24/6/2020). Penyemprotan cairan disinfektan yang dilakukan tesebut untuk memutus penyebaran virus corona (COVID-19) pada PSBB Transisi new normal. (merdeka.com/Imam Buhori)

Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) melakukan spraying pasar Karang Anyar dengan cairan disinfektan, Jakarta Pusat, Rabu (24/6/2020). Penyemprotan cairan disinfektan yang dilakukan tesebut untuk memutus penyebaran virus corona (COVID-19) pada PSBB Transisi new normal. (merdeka.com/Imam Buhori)

Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) melakukan spraying pasar Karang Anyar dengan cairan disinfektan, Jakarta Pusat, Rabu (24/6/2020). Penyemprotan cairan disinfektan yang dilakukan tesebut untuk memutus penyebaran virus corona (COVID-19) pada PSBB Transisi new normal. (merdeka.com/Imam Buhori)
Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) melakukan spraying pasar Karang Anyar dengan cairan disinfektan, Jakarta Pusat, Rabu (24/6/2020). Penyemprotan cairan disinfektan yang dilakukan tesebut untuk memutus penyebaran virus corona (COVID-19) pada PSBB Transisi new normal. (merdeka.com/Imam Buhori)

Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) melakukan spraying pasar Karang Anyar dengan cairan disinfektan, Jakarta Pusat, Rabu (24/6/2020). Penyemprotan cairan disinfektan yang dilakukan tesebut untuk memutus penyebaran virus corona (COVID-19) pada PSBB Transisi new normal. (merdeka.com/Imam Buhori)

Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) melakukan spraying pasar Karang Anyar dengan cairan disinfektan, Jakarta Pusat, Rabu (24/6/2020). Penyemprotan cairan disinfektan yang dilakukan tesebut untuk memutus penyebaran virus corona (COVID-19) pada PSBB Transisi new normal. (merdeka.com/Imam Buhori)
Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) melakukan spraying pasar Karang Anyar dengan cairan disinfektan, Jakarta Pusat, Rabu (24/6/2020). Penyemprotan cairan disinfektan yang dilakukan tesebut untuk memutus penyebaran virus corona (COVID-19) pada PSBB Transisi new normal. (merdeka.com/Imam Buhori)

Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) melakukan spraying pasar Karang Anyar dengan cairan disinfektan, Jakarta Pusat, Rabu (24/6/2020). Penyemprotan cairan disinfektan yang dilakukan tesebut untuk memutus penyebaran virus corona (COVID-19) pada PSBB Transisi new normal. (merdeka.com/Imam Buhori)

Suasana pasar Karang Anyar saat penyemprotan cairan disinfektan, Jakarta Pusat, Rabu (24/6/2020). Penyemprotan cairan disinfektan yang dilakukan tesebut untuk memutus penyebaran virus corona (COVID-19) pada PSBB Transisi new normal. (merdeka.com/Imam Buhori)
Suasana pasar Karang Anyar saat penyemprotan cairan disinfektan, Jakarta Pusat, Rabu (24/6/2020). Penyemprotan cairan disinfektan yang dilakukan tesebut untuk memutus penyebaran virus corona (COVID-19) pada PSBB Transisi new normal. (merdeka.com/Imam Buhori)

Suasana pasar Karang Anyar saat penyemprotan cairan disinfektan, Jakarta Pusat, Rabu (24/6/2020). Penyemprotan cairan disinfektan yang dilakukan tesebut untuk memutus penyebaran virus corona (COVID-19) pada PSBB Transisi new normal. (merdeka.com/Imam Buhori)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Cara Memilih Sepeda Lipat, Perhatikan agar Lebih Nyaman

Posted: 23 Jun 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cara memilih sepeda lipat kelihatannya cukup mudah dan kadang kurang diperhatikan oleh sebagian besar orang. Hingga akhirnya ketika cara memilih sepeda lipat tersebut salah, justru membuat pengalaman mengendarai sepeda tersebut kurang nyaman. Padahal bersepeda pada hakikatnya merupakan olahraga yang seharusnya dapat dimaksimalkan untuk memberi dampak sehat pada tubuh.

Namun ketika sepeda yang digunakan tidak nyaman digunakan, maka akan membuat tidak maksimalnya manfaat dari olahraga bersepeda tersebut. Sebab, mengendarai sepeda yang tidak nyaman justru akan membuat otot dan beberapa bagian tubuh menjadi sakit, dan intensitas olahraga bersepeda tersebut justru terganggu. Itulah mengapa, cara memilih sepeda lipat yang benar sangat krusial.

Selain untuk tujuan berolahraga, cara memilih sepeda lipat juga perlu diperhatikan dengan sungguh bagi Anda yang memang menjadikan sepeda lipat sebagai kendaraan sehari-hari. Sebab jika sepeda lipat yang digunakan tidak memiliki posisi yang ergonomis, maka akan berisiko menyebabkan penyakit tulang belakang serta otot, yang tentunya akan sangat berbahaya jika dibiarkan terus menerus.

Sebenarnya tidak melulu sepeda lipat yang nyaman memiliki harga yang mahal. Seiring perkembangan zaman, teknologi yang digunakan dalam memproduksi sepeda lipat juga semakin mumpuni. Bahkan, berbagai merek sepeda yang berasal dari luar negeri, saat ini telah banyak yang memutuskan untuk memproduksi produk sepeda lipat mereka di Indonesia.

Jika Anda masih bingung bagaimana sebenarnya cara memilih sepeda lipat dengan benar, maka di bawah ini Liputan6.com telah merangkum informasi tersebut, Rabu (24/6/2020).

Perhatikan Bobot Sepeda dan Pilih Frame dengan Material yang Bagus

Sumber : bukalapak.com
Sumber : bukalapak.com

1. Perhatikan Bobot Sepeda

Salah satu cara memilih sepeda lipat yang mungkin paling mudah dilakukan yaitu dengan menimbang atau memperhatikan perbandingan bobot sepeda dari tiap merek dan tipe. Kembali kepada esensi dari sepeda lipat itu sendiri, yaitu alat transportasi yang ringkas dan mudah dibawa ke mana saja. Tentu Anda tidak mau bukan jika sepeda yang Anda bawa sehari-hari memiliki bobot berlebihan, yang justru akan merepotkan Anda.

Namun, memang untuk bobot sepeda ini biasanya dipengaruhi oleh harga dan kualitas bahan. Semakin ringan bobot dari sepeda lipat, biasanya harga dan bahan frame sepeda tersebut juga semakin mahal.

2. Pilih Frame dengan Material yang Bagus

Langkah selanjutnya dengan memilih frame atau rangka sepeda yang memiliki material atau bahan yang bagus. Selain faktor bobot seperti yang disinggun pada poin sebelumnya, biasanya harga dan baik atau buruknya kualitas sepeda juga ditentukan dari material atau bahan baku pembuatan frame sepeda lipat tersebut.

Sebagai contoh, pada sepeda dengan frame besi sewajarnya memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan frame sepeda lipat yang dibuat dari aluminium atau karbon. Bahan besi memiliki bobot yang cukup berat dan juga mengurangi performa sepeda ketika digunakan.

Performa seperti apa yang dimaksudkan? Performa ini maksudnya ketika Anda menggunakan sepeda lipat, jika bobotnya semakin berat akan cepat membuat lelah Anda ketika berkendara. Itulah mengapa sepeda balap biasanya terbuat dari bahan ringan seperti karbon.

Tentukan Spesifikasi Kecepatan dan Pilih Ukuran Ban yang Sesuai

/usa.dahon.com
/usa.dahon.com

3. Tentukan Spesifikasi Kecepatan

Ada beberapa jenis spesifikasi kecepatan yang digunakan pada sepeda lipat. Fitur merubah kecepatan ini akan berguna ketika Anda melewati jalan naik atau turun.

Beberapa jenis spesifikasi kecepatan tersebut yaitu single speed dan internal atau eksternal gear. Pada jenis single speed Anda akan menemukan spesifikasi layaknya sepeda fixie, yang memang sama sekali tidak memiliki gear pergantian kecepatan.

Sedangkan pada jenis sepeda yang menggunakan internal atau eksternal gear dapat ditemukan pada jenis sepeda gunung atau sepeda balap, yang memang memiliki beberapa pilihan kecepatan yang dapat diatur. Perbedaan spesifikasi kecepatan ini juga berpengaruh pada tingakt harga dari sepeda lipat tersebut. Sepeda internal gear memiliki harga yang lebih mahal, sedangkan single speed seperti fixie merupakan jenis spesifikasi kecepatan yang lebih murah, dan itu juga berlaku pada sepeda lipat.

4. Pilih Ukuran Ban yang Sesuai

Memang, semakin kecil ukuran ban sepeda lipat akan semakin memudahkan Anda untuk membawanya ke mana-mana. Mengingat esensi sepeda lipat yaitu mudah dan praktis.

Tapi, ukuran ban yang terlalu kecil juga tidak dapat menjamin kenyaman ketika dikendarai. Hal ini juga akan dipengaruhi oleh berat badan Anda.

Sebisa mungkin Anda menyesuaikan berat badan ketika akan memilih ukuran ban dari sepeda lipat tersebut. Ketika berat Anda terlalu berlebih dan menggunakan ban kecil, ban menjadi lebih rentan mengalami kerusakan, terutama jika digunakan untuk melewati jalanan berlubang.

Perhatikan Cara Melipat Sepeda dan Ukuran Frame

Sumber : makassar.tribunnews.com
Sumber : makassar.tribunnews.com

5. Perhatikan Cara Melipat Sepeda

Beda tipe dan merek ternyata juga berpengaruh pada perbedaan cara melipat sepeda yang dikeluarkan. Sebelum membeli sepeda lipat, usahakan Anda memahami betul mengenai cara melipat sepeda tersebut sebelum membelinya. Hal ini bisa mempengaruhi kenyamanan dan efisiensi waktu ketika Anda harus dalam waktu cepat melipat sepeda Anda.

6. Perhatikan Ukuran Frame

Layaknya cara melipat yang berbeda, tiap merek memiliki produk dan tipenya masing-masing. Perbedaaan pada produk yang dikeluarkan ini akan sangat mempengaruhi ukuran dari masing-masing frame.

Jika memang Anda bertujuan untuk menggunakan sepeda lipat sebagai transportasi sehari-hari, pilih ukuran frame yang tidak terlalu panjang dan besar. Dan akan semakin baik lagi jika ketika dilipat, ukuran sepeda tersebut dapat menjadi sekecil mungkin.

Cari Informasi Sepeda yang Diincar lalu Sesuaikan Budget

Ini sepeda lipat elektrik paling anyar dari Xiaomi (sumber: engadget.com)
Ini sepeda lipat elektrik paling anyar dari Xiaomi (sumber: engadget.com)

7. Cari Informasi Sepeda yang Diincar

Jika Anda sudah memiliki pilihan mana sepeda lipat yang diinginkan, langkah selanjutnya coba Anda mencari review tentang sepeda lipat tersebut di kanal sosial media atau bisa juga di YouTube. Coba cari review pengguna sepeda tersebut. Hal ini untuk meyakinkan Anda bahwa sepeda yang akan dibeli merupakan produk yang baik.

8. Sesuaikan Budget

Cara memilih sepeda lipat yang terakhir adalah bagaiman Anda menyesuaikan budget yang ada. Jangan terlalu memaksakan diri untuk memiliki sepeda lipat yang mahal dan berpikiran bahwa semakin mahal sepeda lipat maka akan semakin nyaman ketika digunakan.

Padahal, saat ini sepeda lipat murah justru banyak yang diproduksi oleh pabrik sepeda yang juga memproduksi sepeda lipat merek ternama. Salah satu pabrik tersebut berada di kawasan Kendal, Jawa Tengah.

Jadi, maksimalkan budget yang ada, dan pilih sepeda dengan sepesifikasi serta kualitas terbaik, dengan budget yang Anda miliki. Selamat mempraktikkan cara memilih sepeda lipat di atas, dan semoga berhasil!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sistem Rekrutmen PNS Bakal Lebih Fleksibel di Era New Normal

Posted: 23 Jun 2020 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sistem manajemen kerja PNS di era penyesuaian terhadap pandemi atau New Normal akan mengalami perubahan. Tidak cuma cara kerja yang mengandalkan teknologi, namun perekrutan PNS nantinya bakal dirancang lebih fleksibel dan berbasis talenta.

Plt Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Teguh Wijinarko menyatakan, sistem perencanaan dan pengadaan PNS perlu diubah menyesuaikan kondisi New Normal.

"Apakah perlu pegawai (PNS) ini sedemikian banyak, atau dengan adanya pandemi kita butuh sedikit saja? Kita perlu ubah sistem perencanaan dan pengadaan ASN. Kita butuh orang spesifik untuk membangun digital government," ujar Teguh dalam Seminar Nasional BKN, Rabu (24/6/2020).

Nantinya, sistem perekrutan PNS tidak akan kaku dan berpatok setiap tahun saja, namun lebih luwes sepanjang tahun. Bahkan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sudah mulai mengusulkan sistem perekrutan ini.

"Sistem ini bahkan sudah mulai diusulkan Kemendikbud. Saya kira kita juga coba akomodir terobosan yang mereka lakukan, tentu kita harus utamakan sistem rekrutmen berbasis talenta," kata Teguh.

 

Peningkatan Kompetensi PNS

Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemprov DKI Jakarta melakukan tugas dinasnya di Balaikota, Jakarta, Senin (10/6/2019). PNS kembali berdinas di masing-masing instansinya pada hari pertama kerja usai libur nasional dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemprov DKI Jakarta melakukan tugas dinasnya di Balaikota, Jakarta, Senin (10/6/2019). PNS kembali berdinas di masing-masing instansinya pada hari pertama kerja usai libur nasional dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Namun begitu, Teguh tidak menjelaskan lebih detail bagaimana sistem rekrutmen berbasis talenta yang dimaksud. Yang jelas, selain sistem seleksi PNS yang berubah, peningkatan kompetensi PNS juga perlu dilakukan.

"Kita butuh ASN yang literasi teknologi informasinya tinggi meskipun kualifikasinya tidak di situ," lanjutnya.

Kemudian, sistem kepelatihan PNS juga akan lebih terinci dan berbasis kemampuan (skill) yang dibutuhkan untuk menunjang pelayanan publik. Demikian pula dengan sistem kompensasi, manajemen talenta dan integrasi data PNS.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BI Siapkan 4 Program Selamatkan UMKM dari Pandemi Corona

Posted: 23 Jun 2020 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Semakin semarak penggunaan uang elektronik, maka Mei tahun 2019 Bank Indonesia telah meluncurkan blue print sistem pembayaran Indonesia 2025.

Karena saat ini perkembangan teknologi digital di sektor keuangan berkembang sangat pesat. Kebijakan sistem pembayaran pun difokuskan pada penguatan instrumen dan infrastruktur publik berbasis digital.

Untuk melengkapi Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025, Bank Indonesia juga menerbitkan kebijakan pengembangan UMKM serta strategi ekonomi dan keuangan inklusif.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, menyebutkan ada tiga pilar kebijakan pengembangan UMKM Bank Indonesia, yakni korporatisasi, kapasitasi, dan pembiayaan.

"Potensi digital itu sangat cepat untuk menginklusi keuangan dan ekonomi UMKM. Kita sering membuat inklusi keuangan melalui bank, tapi tidak semua masyarakat membuka akun, dengan digital bisa lebih cepat," kata Perry dalam webinar Transaksi Sehat Menggunakan QR Code Indonesian Standart (QRIS) di Masa Pandemi COVID-19 dan New Normal, Rabu (24/6/2020).

Lebih lanjut ia menyampaikan empat program Bank Indonesia untuk penyelamatan UMKM dalam mendukung paket kebijakan darurat Pemerintah, terdapat dalam Perppu no 1 tahun 2020, yakni pertama, mengomunikasikan kebijakan darurat covid-19. Kedua, meningkatkan kapasitas UMKM melalui pelatihan virtual.

Ketiga, sinergi aksi mempercepat akses pembiayaan atau permodalan. Dan keempat, mendorong digitalisasi pembayaran dan pemasaran.

4 Aksi Strategi

Aktivitas jual beli beli di pasar kawasan Glodok, Jakarta, Selasa (28/1/2020). Bank Indonesia memproyeksikan terjadi inflasi di Januari 2020 bersumber dari beberapa komoditas pangan yang mengalami tekanan harga, di antaranya telur ayam akan berkontribusi juga ke inflasi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Aktivitas jual beli beli di pasar kawasan Glodok, Jakarta, Selasa (28/1/2020). Bank Indonesia memproyeksikan terjadi inflasi di Januari 2020 bersumber dari beberapa komoditas pangan yang mengalami tekanan harga, di antaranya telur ayam akan berkontribusi juga ke inflasi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dari paket kebijakan darurat itu, Perry mengatakan bahwa terdapat empat aksi strategi Bank Indonesia pada strategi nasional inklusi ekonomi dan keuangan, yakni sinergi kebijakan, integrasi ekonomi dan keuangan digital, prioritisasi, dan edukasi serta literasi.

Menurutnya, inklusi keuangan saja tidak cukup maka diperlukan inklusi ekonomi, agar ekonomi Indonesia lebih maju, khususnya bagi UMKM.

"Kita digital kan sehingga mengintegrasi ekonomi dan keuangan digital secara nasional, momentum inilah yang sebetulnya tahun lalu kita percepat, kita sudah sepakat dari perbankan dan non bank waktu melauncing blue print sistem pembayaran Indonesia pada Mei 2019, dan QRIS Agustus 2019 kita sudah sepakat ayo perbankan dan fintech bagaimana membangun ekosistem ekonomi dan keuangan digital,"ujarnya.

Demikian Perry menegaskan bahwa tujuannya bukan hanya masuk ke inklusi keuangan saja. Tapi bagaimana ekonomi Indonesia tambah maju dan bisnis model usaha-usaha di Indonesia lebih modern kedepannya.   

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Reaksi Menggelikan PM Singapura Tanggapi Tamu Tak Diundang yang Masuk Istana Kepresidenan

Posted: 23 Jun 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Istana Kepresidenan Singapura kedatangan tamu tak diundang. Alih-alih diusir, Perdana Menteri (PM) Lee Hsien Loong membiarkan mereka begitu saja. Ia bahkan mengunggah potret tamu tersebut ke Facebook miliknya.

Ternyata, tamu yang dimaksud adalah keluarga berang-berang. Sejenis hewan pengerat itu kelihatan sangat leluasa berkeliaran di masa pandemi Covid-19.

Dikutip dari laman AsiaOne, Rabu (24/6/2020), berang-berang sempat terlihat di sebuah rumah sakit ibu dan anak, serta Taman Bishan-Ang Mo Kio sebelum akhirnya menjejakkan kaki di kediaman Presiden Singapura. Mereka sepertinya akan menjalani staycation di Istana.

PM Lee pertama kali mengunggah foto keluarga berang-berang pada Senin, 22 Juni 2020. Ada tujuh berang-berang yang terlihat sedang melintasi taman berselimut rumput yang dipotong rapi. Mereka berlari menuju kolam di taman.

"Sudah lama sejak Istana tak menerima pengunjung ataupun tamu negara karena Covid-19. Tapi, itu tak menghentikan keluarga tujuh berang-berang untuk berkunjung," tulis sang perdana menteri.

PM Lee mengatakan berang-berang tersebut sudah enam hari menjelajahi istana. Mereka terlihat acuh meski diawasi petugas keamanan.

"Benar-benar mengabaikan aturaan jaga jarak, makhluk yang mengenakan ini cukup tenang untuk berkeliaran di taman, bermain-main di kolam, dan berjemur di bawah sinar matahari," sambung PM Lee.

Masuki Fase 2

PM Singapura Lee Hsien Loong (AFP)
PM Singapura Lee Hsien Loong (AFP)

Unggahan PM Lee tentang keluarga berang-berang ini sontak mendapat banyak komentar. Hingga hari ini, sudah ada 30 ribu likes didapat dan nyaris 900 komentar yang masuk.

Kebanyakan warganet menyambut baik kedatangan berang-berang di Istana Presiden. Salah satunya bahkan berharap agar pemerintah mengurangi aktivitas pemotongan rumput agar Singapura jadi lebih hijau dari sebelumnya.

Singapura saat ini sudah memasuki Fase 2 post-circuit breaker. Meski begitu, PM Lee mengingatkan warga untuk tetap menaati protokol kesehatan yang berlaku, seperti memakai masker dan menjaga jarak aman.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Aksi Bocah Goreng Telur dengan Cara Tak Biasa, Bak Chef Profesional

Posted: 23 Jun 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Memasak bukanlah hal yang mudah bagi sebagian besar orang. Tak hanya soal rasa, memasak juga memerlukan keahlian khusus seperti cara menyajikan masakan atau skill ketika memasak makanan.

Jika bagi orang dewasa saja sulit apalagi bagi anak-anak bukan? Namun rupanya tak sedikit loh anak-anak yang memiliki keahlian masak tak kalah jago dengan orang dewasa.

Baru-baru ini sebuah video yang menunjukkan bocah laki-laki memasak telur goreng mencuri perhatian warganet.

Pasalnya bocah tersebut memiliki skill menggoreng telur yang tak biasa. Bahkan orang dewasa saja belum tentu bisa melakukannya loh.

Aksinya tak biasa

foto: twitter/@shitmemeexe
foto: twitter/@shitmemeexe

Awalnya sebuah akun Twitter @shitmemeexe mengunggah video berdurasi 24 detik. Pada video itu terlihat seorang bocah yang hanya mengenakan celana pendek sedang menggoreng telur di atas teflon.

Namun hal mengejutkan terjadi, dia melempar telur tersebut ke atas kepalanya lalu menangkapnya kembali dengan teflon yang dipegangnya. Tak hanya sekali, aksinya ini dilakukan berkali-kali dan selalu berhasil.

Videonya viral

Tuai pujian

foto: twitter/@shitmemeexe
foto: twitter/@shitmemeexe

"Chef Juna pun menangis melihat ini," tulis akun tersebut pada Senin (22/6/20) kemarin.

Rupanya aksi bocah tersebut mencuri perhatian warganet dan menjadi viral. Video tersebut bahkan telah ditonton lebih dari 900 ribu kali. Tak sedikit pula warganet yang memberikan pujian.

"Jgn ditiru!! ini hanya dilakukan oleh yg profesional," tulis akun @Sylvier_.

"Gordon ramsay tak pernah tunjukkan skill seperti ini," timpal @syahmiaanuar.

"Skill dewa," komentar @KunaifiAji.

 

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Protokol Kesehatan Pemotongan Hewan Kurban Saat COVID-19

Posted: 23 Jun 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pertanian mengeluarkan protokol kesehatan pemotongan hewan kurban di tengah pandemi COVID-19. Hal ini tercantum dalam Surat Edaran Nomor 0008/SE/PK.320/F/06/2020 Tentang Pelaksanaan Kegiatan Kurban dalam Situasi Wabah Bencana Nonalam COVID-19.

Pada surat edaran tersebut, Kementerian Pertanian menekankan pelaksanaan kurban dengan memerhatikan protokol kesehatan. Surat edaran yang ditandatangani pada 8 Juni 2020 bertujuan mencegah penularan atau penyebaran COVID-19.

Hari Raya Idul Adha 1441 H tahun ini akan jatuh pada akhir Juli 2020. Namun, penularan COVID-19 masih terjadi, sehingga Kementerian Pertanian mengeluarkan rekomendasi terkait pelaksanaan kurban.

Dari keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com, ditulis Rabu (24/6/2020), Kementan juga merekomendasikan kegiatan penjualan hewan kurban dan pemotongan hewan kurban yang aman COVID-19.

Mitigasi risiko terhadap kegiatan kurban, seperti pada saat penjualan hewan kurban serta dan pemotongannya harus sesuai protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

 

Pernotongan Hewan Kurban

Nampak para panitia kurban masjid Jami Ar-Ridwan, Ciawitali, Tarogong Garut, tengah melakukan penyisitan kulit hewan kurban sapi (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)
Nampak para panitia kurban masjid Jami Ar-Ridwan, Ciawitali, Tarogong Garut, tengah melakukan penyisitan kulit hewan kurban sapi (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Berikut ini Protokol kesehatan pemotongan hewan kurban saat COVID-19 sesuai isi surat edaran Kementerian Pertanian:

Pernotongan hewan kurban dilakukan di Rumah Potong Hewan Ruminansia (RPH-R). Dalam hal keterbatasan jumlah dan kapasitas RPHR pemotongan hewan kurban dapat dilakukan di luar RPH-R.

a. Pemotongan Hewan Kurban di RPH-R

Pernotongan hewan kurban dapat dilakukan di RPH-R Pemerintah dan swasta dan masa pemotongan hewan kurban disesuaikan dengan kapasitas pemotongan hewan kurban di tiap RPH-R. Dalam melakukan kegiatan pemotongan hewan kurban di RPH-R harus memenuhi persyaratan, sebagai berikut:

1. Jaga Jarak Fisik (Physical Distancing)

a) Pekerja menjaga jarak minimal 1 meter pada setiap aktivitas;

b) Manajemen RPH-R mengatur kepadatan pekerja selama aktivitas dengan mengurangi kepadatan paling kurang pada saat absen, makan siang, dan istirahat serta membuat shift kerja,

c) Manajemen RPH-R membuat jadwal pengelompokan pekerja menurut shift dengan memastikan kelompok tersebut beranggotakan pekerja yang sama;

d) Jika memungkinkan, menyediakan transportasi khusus pekerja untuk perjalanan pulang pergi dari mess/perumahan ke tempat kerja sehingga pekerja tidak menggunakan transportasi publik dan

e) Meminimalkan penggunaan kipas angin berdiri/dinding untuk mengurangi potensi penyebaran melalui udara.

2. Penerapan Higiene Personal

a) Manajemen RPH-R menyediakan APD seperti masker, faceshield, sarung tangan sekali pakai, apron atau wearpack dan sepatu kerja untuk pekerja setiap kali akan memasuki area

b) Manajemen RPH-R mengedukasi pekerja agar menghindari menyentuh muka termasuk mata, hidung, telinga dan mulut sampai dengan mencuci tangan serta setelah melepaskan APD atau gunakan tisu bersih jika terpaksa; dan

c) Pekerja menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) seperti mencuci tangan, menggunakan APD, dan tidak meludah/merokok serta memperhatikan etika meludah/bersin/batuk.

 

Pemotongan di RPH-R

3. Pemeriksaan Kesehatan Awal (Screening)

a) Melakukan pengukuran suhu tubuh (screening) di setiap pintu masuk RPH dengan alat pengukur suhu non kontak (thermogun) oleh petugas/pekerja dengan memakai alat pelindung diri (masker dan faceshield); dan

b) Setiap orang yang memiliki gejala demam/nyeri tenggorokan/batuk/pilek/sesak nafas dilarang masuk ke RPH-R.

4. Penerapan Higiene dan Sanitasi

a) Manajemen RPH-R menyediakan fasilitas desinfeksi pada titik masuk tempat produksi;

b) Manajemen RPH-R menyediakan fasilitas CTPS atau handsanitizer dengan kandungan alkohol paling kurang 70% di setiap akses masuk atau tempat yang mudah dijangkau,

c) Melakukan pembersihan dan desinfeksi terhadap peralatan sebelum dan setelah digunakan serta selalu memastikan seluruh area kerja bersih dan higienis dengan melakukan pembersihan secara berkala (4 jam sekali), handle pintu dan tangga, peralatan yang digunakan bersama dan area fasilitas umum lainnya;

d) Setiap orang dari RPH-R harus segera membersihkan diri (mandi dan mengganti pakaian) sebelum kontak langsung dengan keluarga/orang lain.

e) Hindari penggunaan alat pribadi secara bersama seperti alat sholat, alat makan, dan lain lain; dan

f) Setiap orang menghindari berjabat tangan atau kontak langsung lainnya, dan memperhatikan etika batuk/bersin/meludah.

 

Pemotongan Hewan Kurban di luar RPH-R

Panitia memotong daging kurban sebelum dibagikan ke warga sekitar Masjid  Al-Kahfi, Griya Pamulang 2, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (22/8). Semarak Idul Adha 1439 H membuat warga gotong royong mendistribusikan daging kurban. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)
Panitia memotong daging kurban sebelum dibagikan ke warga sekitar Masjid Al-Kahfi, Griya Pamulang 2, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (22/8). Semarak Idul Adha 1439 H membuat warga gotong royong mendistribusikan daging kurban. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Pelaksanaan pemotongan hewan kurban di luar RPH-R harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

1. Jaga Jarak Fisik (Physical Distancing)

a) Pemotongan hewan kurban dilakukan di fasilitas pemotongan hewan kurban yang sudah mendapat ijin dari Pemerintah daerah kabupaten/kota setempat melalui dinas yang membidangi fungsi kesehatan masyarakat veteriner,

b) Mengatur kepadatan dengan membatasi jumlah panitia dalam pelaksanaan pemotongan hewan kurban

c) Melakukan pembatasan di fasilitas pemotongan hewan kurban yang hanya dihadiri oleh panitia;

d) Pengaturan jarak minimal 1 meter dan tidak saling berhadapan antar petugas pada saat melakukan aktivitas pengulitan, pencacahan, penanganan, dan pengemasan daging; dan

e) Pendistribusian daging kurban dilakukan oleh panitia ke rumah mustahik.

2. Penerapan Higiene Personal

a) Petugas yang berada di area penyembelihan dan penanganan daging dan jeroan harus dibedakan

b) Setiap orang harus menggunakan alat pelindung diri paling kurang menggunakan masker sejak perjalanan dari/ke rumah, dan selama di fasilitas pemotongan;

c) Petugas yang melakukan pengulitan, penanganan dan pencacahan karkas/daging dan jeroan harus menggunakan alat pelindung diri paling kurang seperti masker, faceshield, sarung tangan sekali pakai, apron, dan penutup alas kaki/sepatu (cover shoes);

d) Penanggungjawab kegiatan kurban mengedukasi setiap orang untuk menghindari menyentuh muka termasuk mata, hidung, telinga dan mulut, serta menyediakan fasilitas CTPS/hand sanitizer,

e) Setiap orang melakukan CTPS/hand sanitizer sesering mungkin;

f) Setiap orang menghindari berjabat tangan atau kontak langsung lainnya, dan memperhatikan etika batuk/bersin/meludah;

g) Setiap orang melakukan pembersihan tempat pemotongan dan peralatan yang akan maupun yang telah digunakan dengan disinfektan, membuang kotoran dan/atau limbah pada fasilitas penanganan kotoran/limbah; dan

h) Setiap orang di tempat pemotongan harus segera membersihkan diri (mandi dan mengganti pakaian) sebelum kontak langsung dengan keluarga/orang lain pada saat tiba di rumah;

Pemotongan di Luar RPH-R

3. Pemeriksaan Kesehatan Awal (Screening)

a) Melakukan pengukuran suhu tubuh (screening) di setiap pintu masuk tempat pemotongan dengan alat pengukur suhu non kontak (thermogun) oleh petugas/pekerja dengan memakai alat pelindung diri (masker dan faceshield);

b) Setiap orang yang memiliki gejala demam/nyeri tenggorokan/batuk/pilek /sesak nafas dilarang masuk ke tempat pemotongan; dan

c) Panitia berasal dari lingkungan tempat tinggal yang sama dan tidak dalam masa karantina mandiri.

4. Pelaksanaan Higiene dan Sanitasi

a) Menyediakan fasilitas cuci tangan sabun cair atau hand sanitizer dengan kandungan alkohol paling kurang 70% di setiap akses masuk atau tempat yang mudah dijangkau,

b) Melakukan pembersihan dan disinfeksi terhadap peralatan sebelum dan setelah digunakan serta selalu memastikan seluruh area kerja bersih dan higienis dengan melakukan pembersihan secara berkala (4 jam sekali), peralatan yang digunakan bersama dan area fasilitas umum lainnya;

a) Petugas harus segera membersihkan diri (mandi dan mengganti pakaian) sebelum kontak langsung dengan keluarga/orang lain;

b) Setiap orang di tempat pemotongan harus menggunakan perlengkapan milik pribadi seperti alat sholat, alat makan, dan lain lain; dan

c) Setiap orang menghindari berjabat tangan atau kontak langsung lainnya, dan memperhatikan etika batuk/bersin/meludah.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menakar Efektivitas Pos Kesehatan di Batas Kota Manado untuk Cegah Covid-19

Posted: 23 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Manado Hampir sebulan sudah Pemkot Manado membangun pos-pos kesehatan di 16 pintu masuk Kota Manado. Tujuan utamanya adalah membatasi pergerakan manusia untuk mencegah penularan Covid-19. Apakah kebijakan ini efektif menekan laju penularan?

"Tidak setiap hari pos ini beroperasi dengan maksimal, bagaimana bisa mendeteksi kesehatan warga jika kerjanya setengah-setengah," ujar Hesty, warga Kecamatan Kawangkoan, Kabupaten Minahasa, Sulut.

Untuk bisa masuk ke Manado, Hesty harus memenuhi beberapa persyaratan yakni mengenakan masker, suhu tubuh di bawah 38 derajat Celsius, menggunakan kendaraan yang tidak melebihi 50 persen dari kapasitas, serta menunjukkan Surat Keterangan Perjalanan.

"Kami sudah mengurus surat keterangan itu di kantor kelurahan, namun ternyata tidak ditanyakan atau diperiksa di pos tersebut," ujarnya.

Dia mengatakan, keberadaan pos-pos kesehatan itu tak lebih sekadar formalitas saja. Karena tidak efektif dan tidak pengaruh signifikan untuk mencegah Covid-19.

"Logikanya orang dengan suhu tubuh di atas 38 derajat Celsius tidak mungkin lagi melakukan perjalanan," ujarnya.

Dalam video conference yang dilakukan Gugus Tugas Covid-19 Kota Manado, disebutkan bahwa akan dilakukan evaluasi keberadaan pos pemeriksaan kesehatan yang ada di perbatasan Kota Manado.

"Pos kesehatan tersebut akan beroperasi sampai tanggal 24 Juni 2020. Kemungkinan besar akan dibuka (ditiadakan) selama 2 minggu," beber Jubir Gugus Tugas Covid-19 Kota Manado Marentek, Selasa (23/6/2020).

Dia juga menjelaskan, pihaknya akan mengkaji kembali setelah diberlakukannya pemeriksaan kesehatan di perbatasan masuk Kota Manado selama 1 bulan ini.

"Kami akan melihat apakah efektif atau tidak keberadaan pos di batas Kota Manado ini, sehingga kami bisa memutuskan apakah dilanjutkan atau di tiadakan," tandas Marentek.

Simak juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Iklan Jadul Ini Ungkap Teknologi Canggih Kawasaki Binter

Posted: 23 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Iklan merupakan sarana pabrikan untuk menyantumkan kelebihan suatu produk yang dipromosikan. Misalkan saja iklan Kawasaki Binter Merzy dan GTO asal tahun 1980-an ini.

Iklan cetak lawas ini merupakan milik Harry Boxer, kolektor sekaligus penjual brosur-brosur iklan dan buku-buku otomotif lawas. Beberapa waktu lalu Harry menjual selembar iklan cetak ini Rp 50 ribu.

Kendaraan roda dua di bawah lisensi Kawasaki ini menjadi salah satu pilihan "motor laki" yang dipasangi berbagai teknologi unggul di masanya.

"Dirancang oleh para ahli dari Kawasaki Heavy Industries, pencipta mesin terbaik di dunia. Dengan teknologi tertinggi, Merzy adalah sepeda motor superior yang benar-benar dapat diandalkan dan terpercaya," demikian potongan kalimat di advertorial untuk Merzy.

 

Binter Merzy

Memang untuk masanya, Binter Merzy diunggulkan dengan memakai mesin 4-tak manakala pada masa itu, di kisaran 1980-an, yang banyak justru sepeda motor 2-tak.

Aspek yang 'diandalkan' di sini selain ber-cc lumayan yakni 200 cc berdaya 18 P. Dia juga lebih hemat bahan bakar karena hanya mengonsumsi bensin murni, tidak dengan oli samping.

Iklan Binter Merzy ini juga berisi informasi lengkap lainnya, layaknya iklan-iklan lain di masa tersebut. Contohnya kaca pengamat untuk cek isi oli mesin.

 

Keunggulan Lain

Keunggulan lain juga ditonjolkan sebagai isu di masa itu, seperti nyala lampu yang terang karena memanfaatkan listrik 12 volt. Bisa jadi ini menarik di tengah masih berkembangnya infrastruktur termasuk penerangan di era tersebut.

Keunggulan lainnya yang menyuguhkan rasa nyaman adalah adanya starter listrik supaya lebih mudah saat menyalakan mesin, dan juga sadel atau tempat duduk yang lebar agar nyaman.

Lampu dim darurat pun sudah disematkan, sementara ukuran ban ajaib untuk ukuran kendaraan harian, yakni besar di depan dengan ukuran depan-belakang 18 inci dan 17 inci.

Binter GTO

Seperti terlihat di iklan, Binter dipasarkan di bawah bendera PT Tunas Bekasi Motor Company, dan sudah juga menggaet Bajaj Motor untuk dealer Jakarta.

Lain lagi dengan Binter GTO. Ini adalah versi kompak dan sport-nya, dan karenanya iklannya pun menggaet tokoh balap Indonesia pada eranya, Beng Soeswanto.

Fitur-fitur unggulan dituliskan di sana, termasuk kemampuan daya mesin 15,2 PK yang terbilang lumayan untuk motor dengan postur kompak, serta kecepatan maksimal 135 km/jam. Kalau masih ada, keduanya sudah pasti jadi barang buruan kolektor.

Sumber: Otosia.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Lepas Isaiah Hartenstein, Houston Rockets Rekrut David Nwaba

Posted: 23 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Klub NBA, Houston Rockets, merekrut David Nwaba yang tengah cedera. Sang pemain dikontrak selama dua tahun.

Nwaba yang absen musim lalu setelah mengalami cedera achilles saat bermain untuk Brooklyn Nets mengumumkan kepindahannya ke Rockets. Ia menyatakan senang dan berterima kasih kepada Rockets yang telah memberinya kesempatan.

Dia dikontrak selama dua tahun. Terkait dengan kepindahan itu, Rockets juga melepas Isaiah Hartenstein ke Brooklyn Nets.

Hartenstein (22) memiliki rata-rata 3,1 poin dan 2,7 rebound dari 51 pertandingan selama dua musim bersama Rockets.

Nwaba sendiri memainkan 20 pertandingan bersama Nets dengan mencatat rata-rata 5,2 poin dan 2,3 rebound. Dia berstatus free agent sejak Juli 2019.

 

Pernah Perkuat Bulls

David Nwaba (kanan) (AP Photo/Charles Rex Arbogast)
David Nwaba (kanan) (AP Photo/Charles Rex Arbogast)

Nwaba sudah bermain untuk empat tim selama empat musim di NBA. Sebelumnya, ia pernah membela Los Angeles Lakers, Chicago Bulls dan Cleveland Cavaliers.

Nwaba terkenal dengan kemampuan bermainnya yang eksplosif serta keuletannya dalam menjaga pemain lawan. Dua faktor itu yang membuat Rockets tertarik memberikan kontrak kerjasama kepada Nwaba.

Bursa transfer membolehkan tim-tim memperkuat lineup mereka sebagai persiapan untuk restart musim reguler NBA di Florida bulan depan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Intip Harta Terkini 5 Orang Terkaya Dunia asal Indonesia, Siapa Saja?

Posted: 23 Jun 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bloomberg merilis Indeks Bloomberg Billionaires pada Juni ini. Ini merupakan peringkat harian orang terkaya di dunia, yang mengacu pada jumlah kekayaan mereka.

Melansir laman Bloomberg, Rabu (24/6/2020), indeks ini menunjukkan perhitungan dan analisis kekayaan bersih masing-masing miliarder serta sektor yang mereka geluti. Angka-angka diperbaharui mengacu pada penutupan perdagangan harian di New York.

Dari 500 miliarder dunia yang dirilis Bloomberg, tercatat ada 5 orang Indonesia yang masuk dalam daftar. Mereka yakni Hartono bersaudara (Budi Hartono dan Michael Hartono), Tan Siok Tjen, Prajogo Pangestu dan Prakash Lohia.

Berikut rincian harta 5 orang terkaya dunia asal Indonesia dan posisinya:

1. Budi Hartono

Dalam Indeks Bloomberg Billionaires, Budi Hartono masuk peringkat 113. Dengan nilai kekayaan USD 14 miliar (Rp 198,8 triliun). Sumber kekayaan antara lain berasal dari Grup Djarum dan PT Bank Central Asia.

2. Michael Hartono

Posisi berikutnya masih dipegang keluarga Hartono. Tepatnya, Michael Hartono yang berada pada posisi 118. Dilaporkan nilai kekayaannya mencapai USD 13,1 miliar (Rp 184,7 triliun). Sumber kekayaan antara lain berasal dari Grup Djarum dan PT Bank Central Asia.

3. Tan Siok Tjien

Posisi berikutnya adalah Tan Siok Tjien. Nilai kekayaannya mencapai USD 6,82 miliar (Rp 96,8 triliun). Istri dari mendiang pendiri Gudang Garam, Surya Wonowidjojo ini berada pada posisi 261. 

4. Prajogo Pangestu

Pendiri Barito Group ini masuk peringkat 294 dari daftar. Nilai kekayaannya mencapai USD 6,35 miliar (Rp 90,1 triliun). 

5. Prakash Lohia

Tercatat memiliki kekayaan USD 6,0 miliar (Rp 85,2 triliun), Prakash Lohia masuk peringkat 312. Sri Prakash Lohia adalah pendiri dan Ketua Indorama Corporation. Indorama Corporation adalah perusahaan petrokimia dan tekstil.

 

Akhirnya, Miliarder Asia Mukesh Ambani Masuk Jajaran 10 Top Orang Terkaya Dunia

Mukesh Ambani
Mukesh Ambani

Kekayaan Miliarder terkaya di Asia yang juga Direktur Utama Relliance Industries Ltd, Mukesh Ambani, menyentuh USD 64,5 miliar (Rp 909,4 triliun).

Kepemilikan harta ini menjadikan Ambani satu-satunya miliarder dari Asia yang berhasil masuk ke jajaran top 10 miliarder terkaya dunia, menurut laporan Bloomberg Billionaire Index.

Mengutip laman Bloomberg, Selasa (23/6/2020), dia mengalahkan miliarder pemilik Oracle, Larry Ellison, dan Francoise Bettencourt Meyers, wanita terkaya di dunia, yang berada pada urutan ke-9.

Ambani memiliki saham 42 persen di perusahaan yang dia pimpin. Dirinya meraih keuntungan dari investasi Jio Platform Ltd, yang mana membuat Relliance bebas utang hingga 2021. Saham konglomerat India ini naik 1,2 persen dari kondisi terendahnya di Maret 2020.

"Meskipun ekonomi India tergerus gegara pandemi, kekayaan dan kesejahteraan keluarga Ambani meningkat secara substansial," ujar Jayati Ghosh, ketua Centre of Economic Studies and Planning di Universitas Jawaharlal Nehru.

Ambani sendiri tinggal di rumah mewah 27 tingkat di Mumbai, India. Hunian ini memiliki 3 lapangan helipad, tempat parkir untuk 168 kendaraan, bioskop berkapasitas 50 kursi, grand ballroom mewah dengan lampu gantung mewah, taman rumah yang terinspirasi arsitektur kebun Babylonia, studio yoga dan fitness centre yang lengkap.

Ketika harga minyak sedang mengalami volatilitas beberapa waktu lalu, Jio Platform Ltd membuat kesepakatan investasi senilai USD 15 miliar. Diperkirakan, Jio bakal mengincar 48 persen saham Relliance per 2025 mendatang.

Sementara, disebutkan Reliance hampir mendapatkan saham di beberapa unit Future Group, yang sudah memiliki kemitraan dengan Amazon.com Inc.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: