Jumat, 19 Juni 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


7 Macam-Macam Hidroponik untuk Berkebun, Mudah untuk Pemula

Posted: 19 Jun 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam hidroponik merupakan solusi bagi Anda yang ingin berkebun. Hidroponik adalah metode menanam tanaman dalam larutan kaya nutrisi berbasis air. Kata hidroponik berasal dari "hidro", yang berarti air, dan "ponos", yang berarti kerja.

Macam-macam hidroponik tidak menggunakan tanah melainkan sistem nutrisi berbasis air. Tujuan utama hidroponik adalah menghilangkan sebanyak mungkin hambatan antara akar tanaman dan air, oksigen, dan nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh.

Sistem hidroponik dilakukan dengan sejumlah cara. Macam-macam hidroponik ini meliputi teknik yang digunakan dalam sistem ini. Macam-macam hidroponik ini terdiri mulai dari teknik sederhana hingga teknik canggih.

Macam-macam hidroponik bisa Anda coba untuk memulai bertanam hidroponik. Dengan mengetahui macam-macam hidroponik Anda akan bisa menentukan teknik mana yang sesuai dengan kebutuhan. Berikut macam-macam hidroponik dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (20/6/2020).

Hidroponik NFT

Tanaman hidroponik berupa sayuran yang ditanam warga di kawasan Mangga Besar, Jakarta, Selasa (13/11). Warga sekitar memanfaatkan lahan alternatif untuk bercocok tanam sayur mayur. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Tanaman hidroponik berupa sayuran yang ditanam warga di kawasan Mangga Besar, Jakarta, Selasa (13/11). Warga sekitar memanfaatkan lahan alternatif untuk bercocok tanam sayur mayur. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Hidroponik NFT atau Nutrient Film Technique merupakan salah satu dari macam-macam hidroponik yang cukup sederhana. Dengan sistem hidroponik NFT, larutan nutrisi dipompa ke saluran yang dapat menampung beragam tanaman. Saluran sedikit miring, sehingga larutan nutrisi mengalir melalui saluran, melewati akar tanaman, menggantung akar, dan kembali ke reservoir hidroponik.

Jenis sistem ini bekerja sangat baik karena akar tanaman menyerap lebih banyak oksigen dari udara. Karena hanya ujung akar yang bersentuhan dengan larutan nutrisi, tanaman dapat memperoleh lebih banyak oksigen yang memudahkan laju pertumbuhan yang lebih cepat. Karena ukuran saluran, sistem hidroponik NFT paling cocok untuk tanaman yang memiliki sistem akar kecil, seperti sayuran berdaun hijau.

Hidroponik DFT

Ilustrasi hidroponik (sumber: Pixabay)
Ilustrasi hidroponik (sumber: Pixabay)

Hidroponik DFT atau Deep Flow Technique merupakan variasi dari hidroponik NFT. lih-alih lapisan tipis nutrisi, tanaman dikelilingi oleh larutan nutrisi setinggi sekitar 4 cm. Teknik deep flow membuat sistem hidroponik jenis ini lebih aman, karena akar masih disuplai jika terjadi kegagalan pompa.

Namun, metode ini tidak terlalu sering diterapkan, karena terutama dalam sistem yang lebih panjang atau lebih besar, pasokan oksigen ke tanaman bervariasi sehingga menghasilkan pertumbuhan tanaman yang tidak merata.

Hidroponik drip

Ilustrasi hidroponik (sumber: Pixabay)
Ilustrasi hidroponik (sumber: Pixabay)

Hidroponik drip atau hidroponik tetes merupakan salah satu macam-macam hidroponik yang mudah digunakan, diatur, dan dapat disesuaikan dengan beberapa teknik. Sistem hidroponik tetes sangat cocok untuk berbagai jenis tanaman.

Dengan sistem ini, larutan nutrisi dipompa melalui tabung langsung ke pangkal tanaman. Ujung tabung akan menghasilkan tetesan memungkinkan larutan nutrisi menetes pada aliran yang bisa diatur, memenuhi media tumbuh.

Sistem hidroponik tetes dapat berupa sistem yang tidak bersirkulasi atau bersirkulasi. Sistem yang tidak bersirkulasi menetes perlahan untuk memberi tanaman nutrisi yang cukup pada tingkat yang konsisten. Sistem sirkulasi menetes lebih sering, dengan nutrisi berlebih mengalir kembali ke reservoir.

Hidroponik pasang surut

Ilustrasi hidroponik (sumber: Pixabay)
Ilustrasi hidroponik (sumber: Pixabay)

Hidroponik pasang surut atau ebb and flow bekerja sangat baik untuk hampir semua jenis tanaman termasuk beberapa sayuran akar. Jenis sistem ini berfungsi dengan membanjiri area yang tumbuh dengan larutan nutrisi pada interval tertentu.

Solusi nutrisi kemudian perlahan-lahan mengalir kembali ke reservoir. Pompa terhubung ke pengatur waktu, sehingga proses berulang dengan sendirinya pada interval tertentu sehingga tanaman mendapatkan jumlah nutrisi yang diinginkan.

Sistem hidroponik pasang surut sangat ideal untuk tanaman yang terbiasa dengan periode kekeringan. Tanaman tertentu tumbuh subur ketika mereka melewati periode kering sedikit karena menyebabkan sistem akar tumbuh lebih besar untuk mencari kelembaban. Ketika sistem akar tumbuh lebih besar, tanaman tumbuh lebih cepat karena dapat menyerap lebih banyak nutrisi.

Hidroponik kultur air

Ilustrasi hidroponik (sumber: Pixabay)
Ilustrasi hidroponik (sumber: Pixabay)

Hidroponik kultur air atau water culture system merupakan teknik yang cukup sederhana dari macam-macam hidroponik. Platform yang menampung tanaman biasanya terbuat dari Styrofoam dan mengapung langsung pada larutan nutrisi.

Kultur air adalah sistem pilihan untuk menanam selada yang merupakan tanaman yang sangat menyukai air. Sangat sedikit tanaman selain selada yang dapat bekerja dengan baik dalam sistem jenis ini.

Hidroponik sumbu

Ilustrasi hidroponik (sumber: Pixabay)
Ilustrasi hidroponik (sumber: Pixabay)

Sistem sumbu adalah jenis sistem hidroponik yang paling sederhana yang tidak memerlukan listrik, pompa, atau aerator. Di antara berbagai jenis sistem hidroponik, ini adalah satu-satunya yang dapat menjadi sistem yang sepenuhnya pasif, yang berarti tidak diperlukan listrik. Sistem sumbu baik untuk tanaman kecil yang tidak menggunakan banyak air atau nutrisi.

Nutrisi dan air dipindahkan ke zona akar tanaman melalui sumbu, yang seringkali merupakan sesuatu yang sederhana seperti tali atau sepotong kain. Salah satu kunci sukses dengan sistem sumbu adalah menggunakan media tumbuh yang mengangkut air dan nutrisi dengan baik. Pilihan yang baik termasuk sabut kelapa, perlite, atau vermiculite.

Aeroponik

Ilustrasi hidroponik (sumber: Pixabay)
Ilustrasi hidroponik (sumber: Pixabay)

Aeroponik bukanlah metode termudah untuk berkebun hidroponik, tetapi ini adalah konsep yang sederhana. Dengan teknik ini, tanaman ditangguhkan di udara dan larutan nutrisi disemprotkan ke sistem akar tanaman.

Solusi nutrisi dipompa ke pipa yang dilengkapi dengan nozel kabut. Saat tekanan terbentuk, semprotan akan menyemprot akar tanaman dan solusinya kembali ke reservoir.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tim Pembela Kebebasan Pers Sayangkan Banding Pemerintah soal Blokir Internet di Papua

Posted: 19 Jun 2020 09:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah yang mengajukan banding terhadap Putusan Pengadilan Tata Usaha Negara Jakarta Nomor: 230/G/TF/2019/PTUN-Jakarta, 3 Juni 2020 atas kasus blokir internet di Papua dan Papua Barat. Tim Pembela Kebebasan Pers menyayangkan sikap pemerintah tersebut.

Pada putusan itu, majelis hakim telah menyatakan tindakan Kementerian Kominfo dan Presiden RI yang memperlambat dan memutus akses internet di Papua dan Papua Barat pada Agustus serta September 2019 lalu sebagai perbuatan melanggar hukum.

Hakim juga menghukum tergugat membayar biaya perkara.

Salah satu perwakilan dari LBH Pers Ade Wahyudin menjelaskan, informasi tentang banding ini diketahui Tim Pembela Kebebasan Pers melalui surat pemberitahuan pernyataan banding dari PTUN Jakarta dengan tanggal 16 Juni 2020.

Dia menyatakan, Tim Pembela Kebebasan Pers siap menghadapi banding pemerintah.

"Kami meyakini putusan majelis hakim di pengadilan tinggi akan kembali memenangkan atau menguatkan putusan PTUN Jakarta," kata Ade dalam keterangan tertulis, Sabtu (20/6/2020).

Menurut dia, pada bandingnya atas putusan PTUN Jakarta, pemerintah bersikukuh blokir internet di Papua dan Papua Barat merupakan hak Presiden RI serta Menteri Komunikasi dan Informatika.

 

Melukai Hati

Namun, Tim Pembela Kebebasan Pers menyayangkan karena pemerintah tidak mau belajar dari putusan majelis hakim yang dengan gamblang memutus perkara ini dengan berbagai pertimbangan.

"Pemerintah juga tidak belajar dari gugatan-gugatan lainnya seperti gugatan kebakaran hutan di Kalimantan, gugatan Ujian Nasional dan lainnya yang justru terus kalah dan malah membuat semakin buruk bagi pemerintah," ucap Ade.

Ade menyebut pengajuan banding ini akan melukai hati dan rasa keadilan bagi masyarakat Papua dan Papua Barat yang menjadi korban perlambatan dan pemutusan akses internet Papua karena memperpanjang pengadilan dengan pengajuan banding.

"Pengajuan banding ini juga semakin menegaskan pemerintah tidak memahami fungsi dan peran peradilan, serta tidak mau menerima partisipasi dan koreksi dari masyarakat. Ini juga sesuai dengan kekhawatiran kami, bahwa pemerintah menganggap langkah-langkah hukum yang diambil masyarakat dan dihargai konstitusi dianggap sebagai lawan dan gangguan," papar Ade.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Update Corona di Jakarta, 20 Juni: 9.703 Pasien Positif, 4.821 Sembuh, 630 Meninggal

Posted: 19 Jun 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jumlah kasus positif Corona di DKI Jakarta pada Sabtu (20/6/2020) bertambah 178 kasus. Sehingga, total kasus Covid-19 di Ibu Kota menjadi 9.703 kasus.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia Tatri Lestari Handayani menyatakan, dari jumlah tersebut, 4.821 orang dinyatakan telah sembuh, sedangkan 603 orang meninggal dunia akibat Corona.

"Sampai dengan hari ini kami laporkan, 1.340 pasien masih menjalani perawatan di rumah sakit dan 2.939 orang melakukan self isolation di rumah," kata Dwi dalam keterangan pers, Jakarta, Sabtu (20/6/2020).

Sementara, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) terkait Corona sebanyak 23.605 dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ada 16.597 orang.

 

Data Jumat 19 Juni 2020

Sebelumnya, kasus positif Covid-19 di DKI Jakarta meningkat 140 kasus pada Jumat 19 Juni 2020. Data tersebut berdasarkan situs corona.jakarta.go.id pasein positif Covid-19 sebanyak 9.525 orang.

Sementara untuk jumlah kesembuhan juga terus bertambah. Sebelumnya, tercatat 4.592 orang sembuh dari infeksi virus Corona, saat ini bertambah 90 orang sehingga total pasien sembuh sebanyak 4.682.

Kemudian, sebanyak 1.794 pasien masih menjalani perawatan di rumah sakit dan 2.822 orang melakukan isolasi mandiri.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pimpinan Komisi X Apresiasi Putusan Kemendikbud soal Keringanan Uang Kuliah

Posted: 19 Jun 2020 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kemendikbud mengumumkan 5 kebijakan keringanan uang kuliah mahasiswa yang terkena dampak pandemi Covid-19. Keringanan ini tak hanya diberikan kepada mahasiswa di perguruan tinggi negeri, tapi juga swasta.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian mengapresiasi perhatian Kemendikbud dengan memberikan keringanan uang kuliah tersebut.

"Dikotomi antara negeri dan swasta ini memang sudah menjadi masalah yang berlarut-larut. Di masa pandemi ini, justru institusi swastalah yang keberjalanannya paling rentan, karena dana operasionalnya mayoritas dari UKT dan SPP. Kalau negeri masih ada biaya yang ditanggung pemerintah. Kebijakan Kemendikbud sudah tepat dengan memprioritaskan mereka," ujar Hetifah, Jumat (20/6/2020).

Hetifah berharap, kedepannya kesenjangan antara institusi pendidikan negeri dan swasta dapat terus dijembatani dengan kebijakan yang tepat.

"Pelan-pelan keadilan itu harus terus kita perjuangkan. Kemendikbud dengan program-programnya, dan kami dari sisi regulasi dan anggaran. Kemarin juga kami baru saja menerima Badan Musyawarah Perguruan Swasta di Komisi X. Banyak sekali masukan konkrit terkait revisi UU Sisdiknas," pungkas dia soal keringanan uang kuliah.

 

5 Skema Keringanan Uang Kuliah

Jumat 19 Juni 2020, Mendikbud Nadiem Makarim mengumumkan kebijakan keringanan uang kuliah tunggal (UKT) bagi mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang terdampak pandemi Corona.

"Kami mendapat berbagai tanggapan dan masukan dari grup mahasiswa, dosen. Mereka menceritakan besarnya beban mahasiswa dengan adanya belajar di rumah. Krisis ekonomi yang dialami orangtua dari sisi penghasilan dan tidak bisa mengakses berbagai fasilitas. Mereka minta arahan kepada Kemendikbud, apakah ada kebijakan meringankan UKT mereka. Ini adalah jawaban bagi mahasiswa tersebut," ujar Nadiem.

Pemerintah, lanjut dia, menawarkan lima jenis keringanan bagi mahasiswa terdampak pandemi Corona. Kelima jenis keringanan itu yakni:

1. Cicilan UKT

Nadiem menyebut mahasiswa dapat mengajukan cicilan UKT bebas bunga.

2. Penundaan UKT

Pada pilihan ini, tanggal pembayaran UKT disesuaikan dengan kemampuan ekonomi mahasiswa.

3. Penurunan UKT

Opsi ini dapat diambil jika mahasiswa tetap membayar UKT pada waktu sesuai ketentuan, namun dapat mengajukan penurunan biaya. "Jumlah UKT baru dengan kemampuan ekonomi mahasiswa," ujar Nadiem.

4. Beasiswa

Semua mahasiswa berhak mengajukan diri untuk beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) atau skema beasiswa lain yang disediakan perguruan tinggi.

5. Bantuan infrastruktur

Pilihan ini berlaku untuk semua mahasiswa. Mereka dapat mengajukan bantuan dana untuk jaringan internet dan pulsa.

Adapun 5 skema keringanan uang kuliah ini masuk dalam Permendikbud Nomor 25 tahun 2020.

Bagi PTS

Kemendikbud juga menggelontorkan dana sebesar Rp 1 triliun untuk meringankan uang kuliah tunggal bagi mahasiswa perguruan tinggi swasta (PTS) yang terdampak pandemi Covid-19.

Mendikbud Nadiem Makarim menyatakan, dana itu adalah sisa anggaran beasiswa pendidikan tinggi pada 2020 sebesar Rp 4,1 triliun.

"Untuk meringankan beban UKT mereka sehingga masih bisa lulus atau melanjutkan kuliah mereka dan tidak rentan drop out," kata Nadiem, Jumat 19 Juni 2020.

Nadiem menyebut mahasiswa PTS juga banyak yang mengalami kendala biaya akibat pandemi Covid-19.

"Kami merasa banyak sekali mahasiswa swasta yang sangat rentan tidak lulus atau tidak mamou membayar UKT mereka," ujar dia.

Selain itu, mantan CEO Gojek tersebut menjelaskan alasan mengapa PTS juga mendapat bantuan dari pemerintah.

"Kami di Kemendikbud adalah kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, bukan kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sekolah dan perguruan tinggi negeri. Ruang lingkup kami adalah dua-duanya, swasta dan negeri, karena dua-duanya mitra pendidikan nasional," kata Nadiem.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Simak Jadwal Gerhana Matahari Cincin di 31 Provinsi Indonesia

Posted: 19 Jun 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Fenomena alam gerhana matahari cincin akan terjadi Minggu 21 Juni 2020. Gerhana ini bisa disaksikan di 31 provinsi Indonesia. Namun, waktu awal dan akhir di setiap provinsi berbeda-beda.

Peristiwa ini terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi berada dalam garis yang sejajar. Pada saat itu, piringan bulan yang teramati dari bumi lebih kecil daripada batahari.

Saat puncak dari fenomena alam ini, batahari bakal terlihat seperti cincin. Gelap di bagian tengah, tapi terang di bagian pinggirnya.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gerhana matahari cincin tidak hanya bisa disaksikan di Indonesia. Fenomena alam ini juga bisa diamati di Kongo, Sudan Selatan, Ethiopia, Yaman, Oman, Pakistan, India, China, dan Samudera Pasifik.

Selain itu, gerhana matahari cincin juga bisa terlihat di sedikit wilayah Aftrika pada bagian utara dan timur, Samudera Hindia, sebagian negara Eropa, dan Australia bagian Utara.

BMKG menyebutkan, gerhana matahari cincin yang dapat diamati di Indonesia hanya sebagian. Kecuali di sebagian besar Jawa dan sebagian kecil Sumatera bagian Selatan.

Berawal di Aceh

Menyambut Gerhana Matahari Cincin.
Menyambut Gerhana Matahari Cincin.

Waktu mulai gerhana matahari cincin di Indonesia paling awal adalah di Sabang, Aceh pukul 13.16 WIB. Kota yang waktu mulai gerhananya paling akhir adalah di Kepanjen, Jawa Timur, yaitu pukul 15.19 WIB.

Selain waktu mulai, BMKG mencatat waktu puncak gerhana juga akan berbeda-beda di setiap daerah. Waktu saat puncak gerhana paling awal di Sabang, Aceh pukul 14.34 WIB. Waktu puncak paling akhir di Agats, Papua pukul 17.37 WIT.

Sedangkan waktu kontak akhir paling awal di Tais, Bengkulu pukul 15.06 WIB. Waktu kontak akhir paling akhir akan terjadi di Melonguane, Sulawesi Utara pukul 17.31 Wita.

BMKG merilis daftar 31 provinsi yang akan menjadi tempat mengamati gerhana matahari cincin pada 21 Juni 2020, berikut jadwalnya. Simak daftarnya: 

Jadwal di Provinsi 1-10

Gerhana Matahari Cincin. (Liputan6.com)
Gerhana Matahari Cincin. (Liputan6.com)

1. Aceh (puncak gerhana pukul 14.40 WIB)

2. Sumatera Utara (puncak gerhana pukul 14.48 WIB)

3. Sumatera Barat (puncak gerhana pukul 14.54 WIB)

4. Riau (puncak gerhana pukul 14.57 WIB)

5. Bengkulu (puncak gerhana pukul 14.59 WIB)

6. Jambi (puncak gerhana pukul 15.00 WIB)

7. Kepulauan Riau (puncak gerhana pukul 15.06 WIB)

8. Sumatera Selatan (puncak gerhana pukul 15.04 WIB)

9. Lampung (puncak gerhana pukul 15.07 WIB)

10. Kepulauan Bangka Belitung (puncak gerhana pukul 15.10 WIB)

Jadwal di Provinsi 11-20

Ilustrasi Gerhana Matahari Cincin Credit: pexels.com/Alex
Ilustrasi Gerhana Matahari Cincin Credit: pexels.com/Alex

11. Jawa Barat (puncak gerhana pukul 15.14 WIB)

12. Jawa Tengah (puncak gerhana pukul 15.18 WIB)

13. Jawa Timur (puncak gerhana pukul 15.21 WIB)

14. Kalimantan Barat (puncak gerhana pukul 15.17 WIB)

15. Kalimantan Tengah (puncak gerhana pukul 15.22 WIB)

16. Kalimantan Selatan (puncak gerhana pukul 16.25 WITA)

17. Kalimantan Timur (puncak gerhana pukul 16.26 WITA)

18. Kalimantan Utara (puncak gerhana pukul 16.25 WITA)

19. Bali (puncak gerhana pukul 16.24 WITA)

20. Nusa Tenggara Barat (puncak gerhana pukul 16.27 WITA)

Jadwal di Provinsi 21-31

Burung camar terbang di pantai saat gerhana matahari parsial di Kuwait City, Kuwait, Kamis (26/12/2019). Gerhana matahari yang terjadi pada hari ini dapat diamati dari sejumlah wilayah mulai Afrika timur, seluruh Asia, Samudera India, dan Australia utara. (YASSER AL-ZAYYAT/AFP)
Burung camar terbang di pantai saat gerhana matahari parsial di Kuwait City, Kuwait, Kamis (26/12/2019). Gerhana matahari yang terjadi pada hari ini dapat diamati dari sejumlah wilayah mulai Afrika timur, seluruh Asia, Samudera India, dan Australia utara. (YASSER AL-ZAYYAT/AFP)

21. Nusa Tenggara Timur (puncak gerhana pukul 16.27 WITA)

22. Sulawesi Barat (puncak gerhana pukul 16.29 WITA)

23. Sulawesi Selatan (puncak gerhana pukul 16.30 WITA)

24. Sulawesi Tengah (puncak gerhana pukul 16.30 WITA)

25. Sulawesi Tenggara (puncak gerhana pukul 16.32 WITA)

26. Gorontalo (puncak gerhana pukul 16.31 WITA)

27. Sulawesi Utara (puncak gerhana pukul 16.32 WITA)

28. Maluku Utara (puncak gerhana pukul 17.34 WIT)

29. Maluku (puncak gerhana pukul 17.35 WIT)

30. Papua Barat (puncak gerhana pukul 17.36 WIT)

31. Papua (puncak gerhana pukul 17.37 WIT)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Meme Susah Senangnya Orang Sedang Chat Ini Kocak Bikin Tepuk Jidat

Posted: 19 Jun 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mengobrol atau chat melalui aplikasi obrolan di smartphone memang menyenangkan. Apalagi jika sedang chat dengan gebetan atau pacar.

Terkadang karena terlalu senang sampai bingung mencari bahan obrolan untuk tetap saling kirim pesan chat. Bahkan sampai mikir keras biar obrolannya makin lama.  Tak sedikit ada bumbu drama saat sedang chat.

Kejadian kocak saat sedang chat seperti ini tentu banyak dialami oleh orang-orang yang kasmaran. Sampai berhari-hari pun betah membahas sebuah topik receh namun dianggap menyenangkan.

Berikut 7 meme susah senangnya orang sedang chat yang Liputan6.com kutip dari berbagai sumber, Sabtu (20/6/2020).

1. Ingin menarik perhatian gebetan, tapi enggak punya topik yang nyambung hingga enggak bisa tidur.

Meme chatingan (Sumber: Instagram/ciyeah)
Meme chatingan (Sumber: Instagram/ciyeah)

2. Sudah ngetik panjang-panjang, ujungnya cuma dibalas OK.

Meme chatingan (Sumber: Instagram/ciyeah)
Meme chatingan (Sumber: Instagram/ciyeah)

3. Baru ditinggal bentar, kayak sudah ketahuan selingkuh saja.

Meme chatingan (Sumber: Instagram/ciyeah)
Meme chatingan (Sumber: Instagram/ciyeah)

4. Biasanya chatting sama pacar enaknya sambil rebahan tapi ngakunya sibuk bantuin ibu.

Meme chatingan (Sumber: Instagram/ciyeah)
Meme chatingan (Sumber: Instagram/ciyeah)

5. Sama-sama saling nunggu chat yang enggak ada ujungnya tentu bikin nyesek.

Meme chatingan (Sumber: memecomic.id)
Meme chatingan (Sumber: memecomic.id)

6. Masih ingin lanjut chatting tapi enggak punya topik sampai mikir keras.

Meme chatingan (Sumber: Instagram/mrci.id)
Meme chatingan (Sumber: Instagram/mrci.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Monas Batasi Pengunjung hingga 5.000 Orang saat Beroperasi Kembali

Posted: 19 Jun 2020 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Monas Isa Sanuri menyatakan, pihaknya telah mempersiapkan sejumlah skenario bila kawasan tersebut kembali beroperasi.

Salah satunya, membatasi jumlah pengunjung hingga 25 persen. Sebelum wabah Corona, kawasan Monas dapat dikunjungi hingga 20 ribu pengunjung setiap hari.

"Kalau di dalam kawasan hari biasa itu 10 ribu sampai 20 ribu, itu hari biasa, sekarang 5 ribu," kata Isa saat dihubungi, Jakarta, Sabtu (20/6/2020).

Selain itu, waktu operasional akan dibatasi. Untuk kawasan Monas dibatasi pada pukul 06.00-17.00 WIB dan untuk tugu monumen pukul 08.00-17.00 WIB.

"Kami himbau dulu, kami akan sampaikan dan sebelum pukul 17.00 WIB juga akan kami himbau," ucap Isa.

 

Pintu Keluar Masuk

Pengelola juga akan menerapkan sejumlah skenario di pintu masuk pengunjung. Dia menyebut pintu masuk dan keluar akan dibedakan saat buka kembali nanti.

Menurut dia, pintu masuk Monas akan diberlakukan di gerbang barat daya Indosat, lenggang Jakarta dan seberang Pertamina.

"Tapi keluarnya kami buat satu arah, dari arah Gambir dengan pintu barat laut dekat istana. Nanti orang berputarnya berlawanan dengan arah jarum jam," tutur Isa.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Duh, 230 Ribu Data Covid-19 Indonesia Dijual di Forum Online

Posted: 19 Jun 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 230 ribu data Covid-19 Indonesia ditawarkan di forum online RaidForums.

Sebagaimana dilihat oleh Tekno Liputan6.com di laman forum online RaidForums, Sabtu (20/6/2020), penjual database Covid-19 Indonesia adalah akun Database Shopping. Database ini diunggah pada 18 Juni 2020.

 

Dalam deskripsi disebutkan, isinya adalah 230 ribu data Covid-19 Indonesia yang bocor pada 20 Mei 2020.

"I sell it to the enthusiast," tulis si penjual data Covid-19 Indonesia.

 

Data Pribadi dan Riwayat Kesehatan di Dalamnya

Ilustrasi Pandemi Covid-19 Credit: pexels.com/cottonbro
Ilustrasi Pandemi Covid-19 Credit: pexels.com/cottonbro

Berdasarkan bocoran atau spoiler yang dilampirkan oleh penjual, data-data di dalamnya mencakup NIK, nama, kewarganegaraan, usia, jenis kelamin, nomor telepon, kontak tracing, tanggal kirim sampel, hingga ke hasil tes Covid-19 milik warga yang sudah dites Covid-19.

Informasi ini belum bisa dibuktikan kebenarannya. Namun, jika benar ada kebocoran data kesehatan warga Indonesia yang terpapar Covid-19, tentu perlu segera ditangani.

Apalagi kini pemerintah juga tengah fokus menangani pandemi ini. 

 

Total Pasien Covid-19

Ilustrasi coronavirus, virus corona, koronavirus, Covid-19. Kredit: Fernando Zhiminaicela via Pixabay
Ilustrasi coronavirus, virus corona, koronavirus, Covid-19. Kredit: Fernando Zhiminaicela via Pixabay

Sekadar informasi, per Jumat, 19 Juni 2020, total akumulatif pasien Covid-19 di Indonesia sebanyak 43.803 orang.

Data di hari yang sama, sebanyak 2.372 orang meninggal dunia akibat Covid-19.

(Tin/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Italia: Juventus Masih di Puncak

Posted: 19 Jun 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Liga Italia musim 2019/20 akan bergulir lagi pekan ini. Juventus selaku juara bertahan masih di urutan terdepan dalam merebut predikat juara.

Namun, tim berjuluk Bianconeri itu tampaknya harus lebih gigih untuk mempertahankan gelar juaranya. Pasalnya, ada Lazio dan Inter Milan yang siap menyalip mereka di tikungan.

Lazio saat ini duduk di peringkat kedua klasemen Liga Italia dengan 62 poin. Tim asuhan Simone Inzaghi itu hanya terpaut satu poin dari Juventus di posisi puncak.

Sementara itu Inter Milan berada di posisi ketiga. Nerazzurri yang saat ini dilatih Antonio Conte baru mengantongi 54 poin.

Liga Italia musim ini bakal bergulir lagi setelah terhenti karena pandemi virus corona covid-19 selama tiga bulan. Pemerintah Italia telah memberi restu kepada operator untuk menjalankan kompetisi, meski ada protokol ketat yang harus diterapkan.

Klasemen Liga Italia

ilustrasi liga Italia (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi liga Italia (Liputan6.com/Abdillah)
 

Jadwal Liga Italia

Sabtu, 20 Juni 2020

23.30 WIB: Torino vs Parma

Minggu, 21 Juni 2020

01.45 WIB: Verona vs Cagliari

23.30 WIB: Atalanta vs Sassuolo

Senin, 22 Juni 2020

01.45 WIB: Inter Milan vs Sampdoria

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sinopsis Sinetron SCTV Pesantren Rock N' Dut: Ada Jefri Nichol di Episode Sabtu, 20 Juni 2020

Posted: 19 Jun 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sabtu malam ini drama Pesantren Rock N' Dut seru. Sahur akhirnya mengajak Nayla ketemuan. Dia menunggu Nayla di danau. Kalau Nayla tidak datang, maka Sahur pergi. Nayla cuek dan membiarkan Sahur pergi kalau memang mau pergi.

Ternyata Nayla benar benar datang. Tapi dia panik saat Sahur beneran pergi. Nayla yang khawatir akhirnya cari Sahur. Ketika ketemu, Sahur dan Nayla makin yakin mereka sebenarnya sudah saling cinta dan tidak bisa dipisahkan. 

Kisah Pesantren Rock N' Dut masih berlanjut. Nayla mendapatkan sebuah surat misterius. Dia diminta datang ke danau. Nayla yakin surat itu dari Sahur. Makanya dia mau datang ke sana.

Pada saat yang sama, Sahur justru mencari Nayla. Tapi tidak berhasil ketemu. Sahur justru yakin ada seseorang yang menculik Nayla.

Ikuti Pesantren Rock N' Dut sampai habis...

Hasil Kerajinan

Adegan sinetron Pesantren Rock N' Dut tayang di SCTV mulai Senin, 1 Juni 2020 (dok Screenplay Productions)
Adegan sinetron Pesantren Rock N' Dut tayang di SCTV mulai Senin, 1 Juni 2020 (dok Screenplay Productions)

Di saat yang sama, beberapa santri termasuk Dimas dan yang lain dagang hasil kerajinan pesantren kepada warga. Ternyata mereka malah terlibat dalam sebuah musibah.

Tanah Longsor

Adegan sinetron Pesantren Rock N' Dut tayang di SCTV mulai Senin, 1 Juni 2020 (dok Screenplay Productions)
Adegan sinetron Pesantren Rock N' Dut tayang di SCTV mulai Senin, 1 Juni 2020 (dok Screenplay Productions)

Tempat jualan mereka hampir saja kejatuhan tanah longsor. Semua santri yang sedang dagang menolong penduduk yang rumahnya kena tanah longsor.

Untung Selamat

Adegan sinetron Pesantren Rock N' Dut tayang di SCTV mulai Senin, 1 Juni 2020 (dok Screenplay Productions)
Adegan sinetron Pesantren Rock N' Dut tayang di SCTV mulai Senin, 1 Juni 2020 (dok Screenplay Productions)

Bahkan Dimas hampir saja kejatuhan rumah yang runtuh. Untung berhasil selamat.

Teman SMA

Adegan sinetron Pesantren Rock N' Dut tayang di SCTV mulai Senin, 1 Juni 2020 (dok Screenplay Productions)
Adegan sinetron Pesantren Rock N' Dut tayang di SCTV mulai Senin, 1 Juni 2020 (dok Screenplay Productions)

Nayla yang mendatangi danau ternyata malah ketemu dengan Jefri, temannya semasa SMA.

Suka Nayla

Adegan sinetron Pesantren Rock N' Dut tayang di SCTV mulai Senin, 1 Juni 2020 (dok Screenplay Productions)
Adegan sinetron Pesantren Rock N' Dut tayang di SCTV mulai Senin, 1 Juni 2020 (dok Screenplay Productions)

Jefri yang pernah suka sama Nayla, sudah dari beberapa bulan yanglalu mencari keberadaan Nayla. Ternyata Nayla ada di Pesantren Tsurayya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Unik Influencer Ekspos Fakta di Balik Foto Sempurna Instagram

Posted: 19 Jun 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rianne Meijer sudah pernah jadi sampul majalah Cosmopolitan dan telah muncul di poster H&M. Tak heran bila banyak mata mulai tertuju pada pemilik akun Instagram dengan ratusan ribu pengikut tersebut.

Di tengah popularitas sebagai influencer, Meijer malah mengambil tindakan tak biasa dengan mengungkap fakta di balik foto sempurna Instagram. Ia mengaku berusaha menjaga interaksi di jejaring sosial dengan sejujur mungkin.

"Saya merasa mengunggah hanya foto sempurna ke Instagram sebagai sebuah kebohongan. Upaya mencari angle yang tepat bisa jadi pesan kejujuran yang baik untuk follower saya," ungkap sang influencer seperti dilansir dari Bored Panda, Jumat, 19 Juni 2020.

Influencer ungkap fakta di balik foto sempurna Instagram. (dok. Instagram @rianne.meijer/https://www.instagram.com/p/CBbFlpbBGSA/)
Influencer ungkap fakta di balik foto sempurna Instagram. (dok. Instagram @rianne.meijer/https://www.instagram.com/p/CBbFlpbBGSA/)

Tindakan ini kemudian jadi panggilan yang baik dan Meijer turut senang berada dalam satu gerakan positif di dunia maya. Ia pun tak jadi satu-satunya orang yang melawan filter dan standarisasi media sosial.

Bersama sang influencer, ada pula seorang aktivis sekaligus Founder #freethepimple, Louisa Northcote, yang juga percaya bahwa unggahan Instagram telah memberi perspektif yang salah tentang defisini cantik.

"Payudara besar, rambut panjang, makeup, bulu mata palsu, saya tak bisa merasa terhubung dengan kategori itu. Makanya saya mau memberi perspektif lain agar tak ada keseragaman persepsi di situ," tuturnya pada Vice.

Tak Lagi Menilai Hidup Lewat Akun Media Sosial

Influencer ungkap fakta di balik foto sempurna Instagram. (dok. Instagram @rianne.meijer/https://www.instagram.com/p/CBBORDDBdJE/)
Influencer ungkap fakta di balik foto sempurna Instagram. (dok. Instagram @rianne.meijer/https://www.instagram.com/p/CBBORDDBdJE/)

Meijer dan Northcote kemudian jadi figur yang mendorong orang untuk angkat suara tentang keresahan, entah itu soal berat badan, strech mark, atau hal serupa yang membuat mereka tak cukup menarik.

Berbicara tentang topik tersebut dikatakan bisa membawa diri ke dalam perspektif sesungguhnya. Juga, tak lagi menilai hidup orang dan menyukai mereka hanya karena foto yang diperlihatkan di akun media sosial.

Karena sebagaimana diperlihatkan Meijer dalam sederet foto, angle salah bisa memperlihatkan double chin, foto dengan pasangan pun tak selalu bagus, dan saat berpose bersama hewan peliharaan, ada perjuangan tersendiri untuk membuat gambar tersebut menarik.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wali Kota: Penutupan Pasar Kramat Jati Bisa Pengaruhi Suplai Pangan Jabodetabek

Posted: 19 Jun 2020 09:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengungkap 49 pedagang Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur positif Corona. Pasar induk tersebut terancam ditutup.

Wali Kota Jakarta Timur M Anwar mengingatkan, penutupan Pasar Induk Kramat Jati dapat mempengaruhi pasokan pangan di Jabodetabek.

"Pasar Induk Kramat Jati ini berbeda dengan pasar tradisional lainnya. Kalau kita tutup, maka akan berdampak besar pada pasokan pangan, khususnya sayur mayur di Jabodetabek," kata Anwar di Jakarta, seperti dilansir Antara, Sabtu (20/6/2020).

 

Menurut dia, menghentikan operasional Pasar Kramat Jati demi memutus penyebaran virus Corona berpotensi menimbulkan permasalahan lain dalam ekosistem distribusi pangan masyarakat.

"Saya berpesan kepada jajaran Perumda Pasar Jaga untuk tegas menerapkan protokol kesehatan di lingkungan pasar," tegas Anwar.

Dia mengatakan, Pemkot Jakarta Timur tidak memiliki wewenang menutup operasional Pasar Induk Kramat Jati meski ancaman terhadap penularan masih cukup tinggi.

"Ya memang, penularan Covid-19 di lingkungan pasar sampai saat ini masih menjadi masalah serius yang harus kita hadapi," kata Anwar.

Tertinggi

Sebelumnya, Dinas Kesehatan DKI Jakarta menyebutkan ada 49 pedagang di Pasar Induk Kramat Jati positif Covid-19. Ini berdasarkan hasil tes usap kepada 200 dari total 600 pedagang pada Rabu 17 Juni 2020.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti, dalam rapat kerja bersama Komisi E DPRD DKI Jakarta, Kamis 18 Juni, menyebutkan kasus tersebut merupakan yang tertinggi pada klaster pasar tradisional di Jakarta.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Barcelona Memang Tidak Layak Menang di Markas Sevilla

Posted: 19 Jun 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Sevilla - Kiper Barcelona, Marc-Andre ter Stegen menyebut timnya memang tidak pantas menang di kandang Sevilla, Estadio Ramon Sanchez Pijzuan. Pertandingan yang berlangsung pada Sabtu (20/6/2020) itu berakhir imbang tanpa gol.

Hasil tersebut sangat mengejutkan. Sebabnya, Barcelona menguasai jalannya pertandingan sebanyak 64 persen. Lionel Messi dan kawan-kawan juga mempunyai 10 peluang mencetak gol ke gawang Sevilla, empat di antaranya on target.

Sementara Sevilla, yang bertindak sebagai tuan rumah, lebih banyak di tekan. Namun, mereka punya delapan peluang, dengan catatan empat sepakan mengancam gawang Ter Stegen.

Melihat pertandingan yang sengit, Ter Stegen memang menyebut Barcelona tidak layak menang. Satu poin merupakan hasil yang imbang untuk kedua tim.

"Itu adalah pertandingan yang intens dan saling serang. Kedua tim memiliki peluang dan tidak ada kubu yang layak menang. Hasil imbang ini adil," ujar kiper Barcelona asal Jerman itu, dikutip dari Marca.

Dihantui Real Madrid

Gelandang Barcelona, Arturo Vidal menendang bola saat berhadapan dengan Sevilla pada lanjutan La Liga Spanyol, Sabtu (20/6/2020) dini hari WIB. (Dok. Twitter/FC Barcelona)
Gelandang Barcelona, Arturo Vidal menendang bola saat berhadapan dengan Sevilla pada lanjutan La Liga Spanyol, Sabtu (20/6/2020) dini hari WIB. (Dok. Twitter/FC Barcelona)

Kegagalan mengamankan tiga poin di kandang Sevilla membuat Barcelona dihantui Real Madrid. Barcelona masih berada di puncak klasemen La Liga dengan 65 poin.

Namun mereka terancam karena Real Madrid, yang mengemas 62 poin, baru memainkan pertandingan pekan ke-30 pada hari Minggu (21/6/2020).

"Kami kehilangan dua poin dan sekarang kami harus berjuang untuk tiga poin di laga berikutnya," kata kiper berusia 29 tahun tersebut.

"Kami harus tetap positif." Kami harus berkonsentrasi pada diri kami sendiri. Ambisi besar kami telah tercermin di laga ini. Kami akan berjuang demi setiap poin, well, kita liat saja nanti," ujarnya menegaskan.

Klasemen Liga Spanyol

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar FTV Kisah Nyata Spesial Episode Sabtu, 20 Juni 2020

Posted: 19 Jun 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Anda kembali bisa menyaksikan Kisah Nyata Spesial mulai pukul 11.30 WIB seperti biasa.

FTV Kisah Nyata Spesial salah satu tontonan favorit di Indosiar.

Jangan lewatkan Kisah Nyata Spesial via live streaming dengan klik di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Pesona Nadya Arina, Pemeran Aida dalam Sinetron Pesantren Rock N’ Dut

Posted: 19 Jun 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Industri hiburan Tanah Air memang kerap mencuri perhatian publik. Kini, banyak artis berbakat yang hadir untuk menemani para pecinta sinetron Indonesia. Salah satunya adalah Nadya Arina, pemeran Aida dalam sinetron Pesantren Rock N' Dut.

Nama Nadya Arina tentu sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Bagi pecinta sinetron Indonesia, nama ini sudah malang melintang di Industri hiburan Tanah Air. Pemilik nama lengkap Nadya Arina Pramudita ini mulai aktif di industri hiburan pada tahun 2014.

Artis kelahiran 1997 ini sudah membintangi ragam judul sinetron hingga FTV. Kini, Nadya Arina bermain dalam sinetron Pesantren Rock N' Dut. Dalam sinetron tersebut, artis cantik berusia 22 tahun ini beradu akting dengan Indah Permatasari, Kevin Ardillova, dan sederet artis papan atas lainnya. Sinetron yang tayang perdana pada 1 Juni 2020 ini berhasil memikat hati masyarakat Indonesia dengan jalan ceritanya yang menarik.

Kepiawaiannya para seleb yang bermain dalam sinetron tersebut sukses membuat pecinta sinetron terbawa alur cerita. Salah satunya adalah Nadya Arina, pemeran Aida dalam sinetron Pesantren Rock N' Dut ini pun sukses menarik perhatian dan menjadi idola baru.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang 6 pesona Nadya Arina pemeran Aida dalam sinetron Pesantren Rock N' Dut, Sabtu (20/6/2020).

1. Ini dia Nadya Arina, pemeran Aida dalam sinetron Pesantren Rock N' Dut yang berhasil mencuri perhatian pecinta sinetron Indonesia.

Pesona Nadya Arina. (Sumber: Instagram.com/nadyaarina)
Pesona Nadya Arina. (Sumber: Instagram.com/nadyaarina)

2. Dalam sinetron tersebut, artis cantik berusia 22 tahun ini beradu akting bersama Indah Permatasari dan Kevin Ardillova. Nadya juga mengenakan hijab loh dalam sinetron ini.

Pesona Nadya Arina. (Sumber: Instagram.com/nadyaarina)
Pesona Nadya Arina. (Sumber: Instagram.com/nadyaarina)

3. Rupanya, artis kelahiran 1997 ini sudah malang melintang di industri hiburan Tanah Air. Dirinya pernah membintangi film Magic Hour dan menjadi film pertamanya pada tahun 2015.

Pesona Nadya Arina. (Sumber: Instagram.com/nadyaarina)
Pesona Nadya Arina. (Sumber: Instagram.com/nadyaarina)

4. Selain sinetron dan film, Nadya Arina sudah membintangi FTV dengan ragam judul.

Pesona Nadya Arina. (Sumber: Instagram.com/nadyaarina)
Pesona Nadya Arina. (Sumber: Instagram.com/nadyaarina)

5. Kini, nama artis kelahiran Jakarta ini semakin bersinar dalam sinetron Pesantren Rock N' Dut.

Pesona Nadya Arina. (Sumber: Instagram.com/nadyaarina)
Pesona Nadya Arina. (Sumber: Instagram.com/nadyaarina)

6. Nadya Arina semakin memiliki banyak penggemar karena kepiawaiannya dalam berakting.

Pesona Nadya Arina. (Sumber: Instagram.com/nadyaarina)
Pesona Nadya Arina. (Sumber: Instagram.com/nadyaarina)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gerindra Bakal Dukung Bobby dan Gibran di Pilkada 2020?

Posted: 19 Jun 2020 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyiratkan Gerindra akan mendukung putra dan menantu Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution di Pilkada 2020.

Dasco mengatakan, rekomendasi Pilkada untuk Kota Solo dan Medan sudah hampir final.

"Solo sudah hampir final, Medan sudah hampir final," ujar Dasco kepada wartawan, Jumat (19/6/2020).

Saat ditanya apakah arah dukungan itu untuk Gibran dan Bobby, Dasco membenarkan.

"Kira-kira begitu (rekomendasi untuk Gibran dan Bobby)," ucapnya.

Untuk pengumuman resmi, Gerindra akan mengumumkan dukungan bakal calon di Pilkada pada bulan Juli. Sementara, saat ini proses penjaringan dan finalisasi masih berjalan.

"Ini diumumkan oleh Gerindra mulai dari awal Juli hingga pertengahan Juli," kata dia. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Media Australia Sebut Indonesia Calon Hotspot Corona COVID-19

Posted: 19 Jun 2020 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Surat kabar Australia, The Sydney Morning Herald, menyebut bahwa Indonesia kalah dari Virus Corona (COVID-19). Tak hanya itu, Indonesia juga dinilai sebagai hotspot corona selanjutnya.

Headline tersebut muncul ketika pemerintahan Joko Widodo sedang membawa Indonesia membawa ke tahap new normal, meski kasus di Indonesia masih terus meningkat tiap harinya. 

"Sebagian besar negara-negara Asia Tenggara telah sukses meratakan tingkat infeksi Virus Corona mereka, tetapi Indonesia sedang kalah dalam pertempurannya melawan COVID-19," tulis koresponden The Sydney Morning Herald, James Massola, dalam artikel analisis berjudul 'The world's next coronavirus hotspot is emerging next door' yang dipublikasikan pada 19 Juni 2020, dikutip pada Sabtu (20/6/2020).

Situasi itu diperburuk karena pemerintahan Jokowi dianggap kurang tegas.

"Pemerintah nasional menunjukan sedikit tanda bahwa mereka mau membuat keputusan-keputusan sulit yang dibutuhkan untuk meredam tingkat infeksi yang berkembang cepat," tulis SMH.

Media Australia itu juga menyorot fakta bahwa kasus di Indonesia masih terus meningkat tiap harinya. Selain itu, tingkat tes di Indonesia juga masih rendah, sementara angka kematian tinggi.

Jika melihat data pemerintah, kasus di Indonesia sudah mencapai yang tertinggi di Asia Tenggara, baik itu total kasus maupun kasus kematian. Kamis kemarin, kasus baru Indonesia mencapai 1.331 kasus. 

Respons Pemerintah Mengerikan

Respons pemerintahan Joko Widodo juga dinilai "mengerikan" oleh The Sydney Morning Herald. Hal itu karena ucapan Menteri Kesehatan Terawan yang berkata corona bisa dihalau dengan doa.

Transparansi yang buruk dan kebijakan larangan mudik yang telat juga menjadi sorotan. 

"Respons Virus Corona pemerintah Indonesia sejauh ini mengerikan. Pada awalnya, Menteri Kesehatan mendeklarasikan bahwa kekuatan doa akan melindungi negara. Kemudian Presiden Joko Widodo mengaku informasi sempat ditahan dari publik demi menghindari keresahan," tulis SMH.

Pemerintah Pernah Bilang Corona Tak Kuat Cuaca Indonesia

Presiden Jokowi saat menghadiri KTT Luar Biasa G20 secara virtual di Istana Bogor, Jawa Barat. (Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi saat menghadiri KTT Luar Biasa G20 secara virtual di Istana Bogor, Jawa Barat. (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Pada April lalu, pemerintah sempat menyatakan Virus Corona (COVID-19) tidak kuat cuaca Indonesia. Hal itu disampaikan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. 

"Dari hasil modelling, cuaca Indonesia yang panas dan humidity tinggi maka untuk COVID-19, itu nggak kuat," ujar Menko Luhut. 

Sementara itu, Menko Mahfud MD menyampaikan bahwa corona itu seperti istri. Ucapan itu ia dapatkan dari meme yang diberikan Menko Luhut. 

Retorika itu lantas mengundang kontroversi dan turut disorot media asing, mulai dari media Singapura hingga Turki. 

"Corona is like your wife. Initially, you try to control it. Then you realize that you can't. Then you learn to live with it," kutip Mahfud pada akhir Mei kemarin.

Berdasarkan data terkini CoronaTracker, total kasus Virus Corona di Indonesia adalah 43.803 kasus. Tingkat persentase kematian mencapai 5,4 persen dan jumlah sembuh mencapai 17.349 orang.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BRI Dukung Keberlanjutan Usaha Petani Jeruk di Malang

Posted: 19 Jun 2020 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Direktur Bisnis Mikro Bank BRI Supari melakukan penetrasi ke pelaku mitro, dengan mengunjungi klaster petani jeruk petik di Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, pada Sabtu (13/6). 

Kunjungan Supari tersebut merupakan dukungan BRI terhadap ketahanan pangan nasional di Indonesia. 

"Kehadiran Bank BRI di tengah-tengah para pelaku UMKM ini untuk memberikan dukungan bagi para petani untuk tetap bertahan dan terus tumbuh di tengah ketidakpastian yang saat ini kita hadapi bersama," ujar Supari. 

Kunjungan tersebut dilaksanakan kepada klaster jeruk yang membudidayakan sejumlah komoditas jeruk, yakni Jeruk Batu, Jeruk Keprok, dan Jeruk Siyam di areal seluas 260 Ha dengan jumlah petani jeruk sebanyak 120 petani. 

"Dengan kapsitas lahan seluas itu, para petani disini mampu memproduksi hingga 2,400 ton jeruk pertahunnya, hal ini merupakan potensi yang luar biasa untuk menggerakkan ekonomi sektoral di wilayah Malang dan sekitarnya," tambah Supari. 

Supari mengungkapkan, bahwa Bank BRI juga telah ikut berpartisipasi dalam  keberlangsungan usaha para petani dan anggota ekosistem klaster jeruk yang menjadi debitur BRI. Sebanyak lebih dari 139 orang telah menjadi nasabah peminjam BRI dengan total penyaluran kredit mikro sebesar Rp16,39 miliar sampai dengan Mei 2020.

Tidak hanya itu, BRI juga mendorong keberlanjutan bisnis jeruk dengan menyalurkan bantuan CSR BRI Peduli kepada kelompok petani jeruk dalam bentuk bantuan pembangunan hangar/rumah sortir Jeruk di wilayah tersebut, dengan total bantuan sebesar Rp.335 juta. Pembangunan hangar ini, nantinya difungsikan untuk pemilahan kualitas/grading jeruk yang layak ekspor dan dipasarkan pada pasar domestik. 

"Jeruk dipisahkan berdasarkan grade super sampai dengan jeruk yang afkir. Jeruk grade super diharapkan dapat menembus pasar ekspor, sedangkan jeruk afkir dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku produk olahan jeruk. Dengan metode pasca panen seperti ini, value dari produk jeruk diharapkan menjadi meningkat," kata Supari

Di sisi lain, sampai dengan Mei 2020, secara nasional BRI telah menyalurkan KUR lebih dari 47,4 triliun kepada lebih dari 1,7 juta pelaku UMKM atau lebih dari 39,35% dari target yang telah ditetapkan pemerintah. 

"BRI sebagai bank yang fokus memberdayakan UMKM akan terus mendorong pelaku usaha kecil yang terdampak Covid-19, sekaligus memperkuat ketahanan pangan nasional. Salah satunya adalah 139 petani jeruk di Desa Wisata Petik Jeruk Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur ini." tutup Supari.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sah, Angelica Simperler Menikah dengan Rico Hidros Daeng

Posted: 19 Jun 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Angelica Simperler menikah hari ini, Sabtu (20/6/2020) dengan mantan suami almarhumah Saphira Indah, Rico Hidros Daeng. Akad nikah disiarkan secara live melalui Zoom pukul 10.00 WIB.

Karena akad nikah dilangsungkan dengan mengikuti protokol pencegahan Covid-19, maka momen sakral ini hanya disaksikan oleh beberapa orang saja, dari pihak keluarga.

Rico Hidros Daeng tampak gagah dengan mengenakan beskap berwarna putih, serta memakai masker. Sementara Angelica Simperler mengenakan busana pengantin berwarna senada.

Ijab Kabul

[Foto: Suasana Akad Nikah Angelica Simperler via Zoom Meeting]
[Foto: Suasana Akad Nikah Angelica Simperler via Zoom Meeting]

Rico Hidros Daeng menikahi Angelica Simperler dengan maskawin berupa seperangkat alat salat serta emas berlian seberat 20 gram. Ijab Kabul diucapkan dengan satu tarikan napas.

"Saya terima nikahnya Angelica Simperler Binti Gustav Simperler dengan maskawin tersebut, tunai," kata Rico sambil menjabat tangan wali hakim.

Nasihat

[Foto: Suasana Akad Nikah Angelica Simperler via Zoom Meeting]
[Foto: Suasana Akad Nikah Angelica Simperler via Zoom Meeting]

Setelah akad nikah, Agelica Simperler dan Rico Hidros Daeng diberi nasihat pernikahan yang dilanjutkan dengan acara tukar cincin. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dinas Kesehatan Kota Palu Sebar Foto Pasien Covid-19 Kabur

Posted: 19 Jun 2020 09:09 PM PDT

Liputan6.com, Palu - Dinas Kesehatan Kota Palu, Sulawesi Tengah, mengerahkan tim petugas untuk menemukan pasien COVID-19 yang kabur saat menjalani perawatan di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Anutapura pada Jumat malam (19/6).

"Semua petugas kesehatan di puskesmas, posko Satuan Tugas Penanganan dan Pencegahan COVID-19 Kota Palu di setiap kelurahan, kecamatan, dan perbatasan keluar masuk Palu sudah bergerak mencari dia," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu Husaema di Palu, Sabtu (20/6/2020).

Dia menjelaskan, tim petugas Dinas Kesehatan dengan dukungan aparat Polri dan TNI, berupaya sesegera mungkin menemukan pasien COVID-19 yang kabur, dilansir Antara.

"Kita tidak tahu dia kemana, berinteraksi dengan siapa apalagi kalau dia menyamar. Kalau tim di posko perbatasan masuk dan keluar Kota Palu sudah siap dan kalau dia mau keluar Palu pasti ditemukan," katanya.

Dinas Kesehatan sudah menyebar foto pasien tersebut dan mengimbau warga segera melapor ke kepolisian atau petugas kesehatan jika mengetahui keberadaan pasien bernama Syahrir asal Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, tersebut.

​​​​​​Husaema menjelaskan, Syahrir masuk ke Palu bersama 18 rekannya untuk bekerja membangun Masjid Agung Darussalam Palu.

"Di posko perbatasan kami inisiatif lakukan rapid test COVID-19 kepada 19 orang itu, hasilnya tiga orang reaktif, maka mereka kami rawat di pondok perawatan OTG( orang tanpa gejala) dan ODP (orang dalam pemantauan) di Asrama Haji Transit Palu," katanya.

Ia menambahkan, ketiga orang tersebut kemudian menjalani pemeriksaan lanjutan dan hasilnya menunjukkan satu orang di antaranya positif COVID-19 sehingga harus diisolasi di RSU Anutapura sejak pekan lalu.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peta Sebaran COVID-19 Surabaya 19 Juni 2020: Pasien Positif 4.467, Sembuh 1.487 Orang

Posted: 19 Jun 2020 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah pasien positif Corona COVID-19 bertambah di Surabaya, Jawa Timur. Tercatat tambahan pasien baru Corona COVID-19 di Kota Pahlawan sebanyak 84 orang pada 19 Juni 2020.

Mengutip peta sebaran Corona COVID-19 di laman lawancovid-19, Sabtu (20/6/2020), total pasien positif COVID-19 mencapai 4.467 orang. Berdasarkan sumber dinas kesehatan Kota Surabaya, rinciannya antara lain 4.369 orang dari Surabaya dan 98 orang dari luar Surabaya hingga 19 Juni 2020.

Total pasien terkonfirmasi positif COVID-19 dalam perawatan sebanyak 2.634 orang. Pasien sembuh dari Corona COVID-19 di Surabaya bertambah menjadi 1.457 orang dan dari luar Surabaya sebanyak 30 orang.Pasien meninggal karena Corona COVID-19 sebanyak 340 orang dan dari luar Surabaya sebanyak enam orang.

Total pasien dalam pengawasan (PDP) terkait Corona COVID-19 mencapai 4.196 orang. Dari jumlah tersebut, PDP dalam pengawasan sebanyak 2.514 orang dan PDP sembuh mencapai 1.679 orang. PDP meninggal ada tiga orang.

Selain itu, total kumulatif ODP mencapai 4.211 orang. Rinciannya ODP dipantau sebanyak 503 orang dan ODP selesai dipantau ada 3.708 orang.

Surabaya Barat

Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Surabaya Barat:

Pasien Positif: 499 rang

Konfirmasi sembuh: 195 orang

ODP:736 orang

ODP selesai dipantau: 653 orang

ODP dipantau: 83 orang

PDP: 762 Orang

PDP sembuh: 315 orang

PDP meninggal: -

Konfirmasi meninggal: 34 orang

Surabaya Pusat:

Pasien positif: 640 orang

Konfirmasi sembuh: 161 orang

ODP: 489 orang

ODP selesai dipantau: 435 orang

ODP dipantau: 54 orang

PDP: 541 orang

PDP sehat: 177 orang

PDP meninggal: satu orang

Konfirmasi meninggal: 74 orang

Surabaya Selatan:

Pasien positif: 959 orang

Konfirmasi sembuh: 368 orang

ODP: 1.169 orang

ODP selesai dipantau: 999 orang

ODP dipantau: 170 orang

PDP: 971 orang

PDP sembuh: 384 orang

PDP meninggal: 1 orang

Konfirmasi meninggal: 73 orang

Surabaya Timur

Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Surabaya Timur:

Pasien positif: 1.431 orang

Konfirmasi sembuh: 491 orang

ODP: 1.343 orang

ODP selesai dipantau: 1.202 orang

ODP dipantau: 141 orang

PDP: 1.150 orang

PDP sehat: 487 orang

PDP meninggal: -

Konfimasi meninggal: 87 orang

Surabaya Utara:

Pasien positif: 938 orang

Konfirmasi sembuh: 272 orang

Konfirmasi meninggal: 78 orang

ODP: 474 orang

ODP selesai dipantau: 419 orang

ODP dipantau: 55 orang

PDP: 772 orang

PDP sehat: 316 orang

PDP meninggal: 1 orang

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Aturan Baru di Ragunan, Mulai Tak Terima Warga Non-Jakarta hingga soal Tiket

Posted: 19 Jun 2020 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Taman Margasatwa Ragunan dibuka kembali, Sabtu (20/6/2020) ini, setelah selama beberapa waktu ditutup karena pandemi Covid-19. Namun, sementara, pengelola membatasi pengunjung.

Hanya warga ber-KTP DKI Jakarta lah yang bisa masuk ke area wisata tersebut.

Itupun, warga Jakarta harus mendaftarkan diri terlebih dahulu pada satu hari sebelum kunjungan melalui laman pembelian tiket daring.

Pemesanan tiket tidak bisa dilakukan seminggu atau untuk beberapa hari sebelumnya, seperti dilansir Antara, Sabtu.

Selain itu, ada pembatasan pengunjung yang boleh memasuki area Taman Margasatwa Ragunan.

Ada sejumlah orang yang dilarang berkunjung, antara lain anak berusia di bawah 9 tahun, ibu hamil, orang dewasa yang berumur di atas 60 tahun dan orang yang memiliki penyakit bawaan (diabetes, jantung, TBC, gagal ginjal atau penyakit komplikasi lainnya).

Jika pengunjung sudah daftar tapi tidak bisa hadir, maka pendaftaran hangus untuk hari itu. Saat berkunjung pastikan pengunjung membawa bukti pendaftaran yang ada di handphone atau menunjukkan KTP.

Pengelola akan memberlakukan protokol kesehatan di area pintu masuk. Pengunjung diperiksa suhu tubuh, melakukan verifikasi pendaftaran dengan KTP atau bukti pendaftaran.

Kendaraan masuk melintasi karpet disinfektan, begitu juga dengan pejalan kaki walaupun jalur masuknya berbeda. Pengunjung yang berjalan kaki nantinya melakukan tapping tiket mandiri.

Pengunjung wajib mengenakan masker dan mencuci tangan sebelum masuk ke area Taman Margasatwa Ragunan. Sebaiknya bawalah barang-barang keperluan pribadi seperti alat ibadah, hand sanitizer untuk digunakan kapan saja. Penggunaan tikar untuk tempat duduk di taman dilarang.

 

Live IG

Petugas di dalam area akan melakukan pengaturan rute perjalanan agar tidak terjadi kerumunan di satu tempat serta pemberlakuan aturan jaga jarak di area TMR termasuk area kandang hewan.

Anda yang belum bisa berkunjung ke TMR bisa menonton live Instagram di laman TMR. Minggu 21 Juni besok, rencananya ada live Instagram bersama burung unta sekitar pukul 10.00 WIB.

Acara semacam ini sebenarnya sudah dilakukan pihak TMR beberapa kali antara lain pada 14 Juni lalu, bersama jerapah, lalu pada 7 Juni bersama buaya dan 31 Mei 2020 bersama orangutan Sumatera.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Kisah Pria yang Nikahkan Mantan Istri dengan Teman Sendiri

Posted: 19 Jun 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Belum lama ini viral kisah seorang pria yang nikahkan mantan istri dengan temannya sendiri. Pria tersebut diketahui merupakan petugas KUA, yang menikahkan pria dan wanita yang merupakan mantan istri dan temannya.

Artikel tentang kisah seorang petugas KUA yang menikahkan mantan istri dengan temannya sendiri menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel tentang deretan cara nyeleneh orang saat lakukan physical distancing di tengah pandemi.

Sementara itu artikel terpopuler ketiga tentang lansia penyintas Covid-19 yang dapat tagihan pengobatan sebesar Rp 15,6 Miliar.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Viral Kisah Pria yang Nikahkah Mantan Istri dengan Temannya Sendiri

foto: TikTok @m030610r
foto: TikTok @m030610r

Jodoh memang tak ada yang tahu. Hal ini nampaknya memang benar adanya. Kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi dengan hubungan asmara atau bahkan pernikahan yang dijalani.

Ini bisa dengan jelas terlihat dari sebuah kisah yang baru-baru ini viral. Belum lama ini sebuah video di TikTok viral dan menjadi perbincangan warganet.

Selengkapnya…

2. 6 Cara Nyeleneh Orang Lakukan Physical Distancing di Tengah Pandemi

foto: berbagai sumber
foto: berbagai sumber

Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga jarak dengan orang lain atau physical distancing. Pemerintah pun mengimbau masyarakat untuk melakukan physical distancing ketika beraktifitas di luar rumah.

Terlebih lagi saat ini kita telah memasuki era new normal. Di mana kita harus mematuhi peraturan tersebut ketika keluar rumah.

Selengkapnya...

3. Dirawat 2 Bulan karena COVID-19, Lansia Ini Kaget Tagihannya Capai Rp 15,6 M

'Kesehatan itu mahal', mungkin Anda sering mendengar kata-kata itu. Namun, ironisnya, masih banyak masyarakat yang baru sadar ketika sakit
'Kesehatan itu mahal', mungkin Anda sering mendengar kata-kata itu. Namun, ironisnya, masih banyak masyarakat yang baru sadar ketika sakit

Bagi pasien terinfeksi COVID-19 tentu taka da yang diinginkan selain untuk bisa sembuh. Nampaknya segala hal akan dilakukan agar bisa kembali sehat.

Namun bagaimana jadinya jika kalian harus mendapatkan tagihan rumah sakit dengan jumlah fantastis usai dinyatakan sembuh dari virus tersebut?

Selengkapnya…

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenkeu Pastikan Rencana Penambahan Biaya Tangani Covid-19 Tetap Kredibel

Posted: 19 Jun 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan rencana penyesuaian biaya penanganan virus corona (Covid-19) dari Rp 677 triliun menjadi Rp 695,2 triliun telah diperhitungkan secara tepat dan kredibel.

Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis Yustinus Prastowo mengatakan, peningkatan tersebut terjadi seiring dengan meningkatnya kebutuhan untuk menangani dampak kesehatan, jaminan sosial, dan stimulus dunia usaha.

"Melengkapi pernyataan dalam akun media sosial Menteri Keuangan Ibu Sri Mulyani, kami sampaikan bahwa pemerintah terus menyiapkan dan menjalankan langkah-langkah penanganan dampak pandemi Covid-19 secara komprehensif," ungkapnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (20/6/2020).

Menurut rinciannya, sebesar Rp 87,55 triliun untuk anggaran kesehatan, anggaran perlindungan sosial Rp 203,9 triliun, insentif usaha sebesar Rp 120,61 triliun sebesar Rp 123,46 triliun disiapkan untuk sektor UMKM, pembiayaan korporasi menjadi Rp 53,57 triliun, dan untuk dukungan sektoral kementerian/lembaga dan pemda sebesar Rp 106,11 triliun.

Yustinus melanjutkan, sebagai konsekuensi penambahan biaya untuk menangani Covid-19 ini, defisit APBN 2020 pun diperkirakan melebar dari semula defisit sebesar 1,76 persen atau sebesar Rp 307,2 trilihn menjadi 5,07 persen atau Rp 852 triliun dalam Perpres 54/2020. Lalu ada defisit baru diperkirakan sebesar 6,34 persen atau Rp 1.039,2 triliun.

 

Naik

Paket bansos terlihat di Gudang Food Station Cipinang, Jakarta, Rabu (22/4/2020). Pemerintah menyalurkan paket bansos sebesar Rp 600 ribu per bulan selama tiga bulan untuk mencegah warga mudik dan meningkatkan daya beli selama masa pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Paket bansos terlihat di Gudang Food Station Cipinang, Jakarta, Rabu (22/4/2020). Pemerintah menyalurkan paket bansos sebesar Rp 600 ribu per bulan selama tiga bulan untuk mencegah warga mudik dan meningkatkan daya beli selama masa pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Dengan kata lain, ia menambahkan, terdapat kenaikan kebutuhan pembiayaan yang diperkirakan sebesar Rp 905,2 triliun yakni dari semula Rp 741,8 triliun menjadi Rp 1.647,1 triliun.

"Perubahan ini dimaksudkan untuk menyerap kebutuhan masyarakat yang dinamis dan mengantisipasi dampak pandemi, dan terus dibahas di internal lemerintah dan bersama-sama dengan Badan Anggaran dan Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat. Perubahan final akan dituangkan dalam revisi Perpres Nomor 54/2020," jelasnya.

"Pemerintah melalui Kementerian Keuangan terus berkomitmen mencermati setiap perubahan yang terjadi, menyerap dan mendengarkan aspirasi publik, dan mendiskusikan rencana dan langkah-langkah yang akan diambil dengan seluruh pemangku kepentingan. APBN 2020 dipastikan disusun dan diimplementasikan secara kredibel, transparan, dan akuntabel, serta diabdikan untuk kepentingan rakyat," tegasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Tips Sebelum Berkunjung ke Tempat Wisata di Tengah Masa Transisi

Posted: 19 Jun 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa tempat wisata di Indonesia mulai dibuka secara bertahap. Misalkan saja Taman Safari yang berlokasi di Bogor sudah mulai dibuka sejak 15 Juni 2020.

Tentu harus ada langkah-langkah yang dilakukan untuk mencegah penularan Corona Covid-19. Berikut 7 tips berwisata seperti yang dikutip dari Auto2000.

1. Pelajari Lokasi Tujuan Wisata

Cek informasi seputar lokasi wisata yang akan didatang, termasuk apakah perlu membawa surat kesehatan. Pastikan tempat tersebut telah menerapkan protokol kesehatan seperti membatasi jumlah pengunjung, menyediakan tempat cuci tangan, mewajibkan penggunaan masker, dan menerapkan aturan physical distancing. Kalau ragu, sebaiknya tunda mendatangi lokasi tersebut.

2. Bawa Dokumen Penting dan Siapkan Tas Siaga COVID-19

Selain KTP, Anda harus membawa fotokopi kartu keluarga untuk berjaga-jaga jika ada check-point atau kebutuhan lain di tujuan berlibur. Pastikan pengemudi membawa SIM A dan asuransi mobil masih berlaku. Serta, bawalah juga tas siaga COVID-19 yang berisi perlengkapan pribadi seperti masker cadangan, hand sanitizer, sabun cuci cair, tisu basah, kantong penyimpan masker kotor, serta perlengkapan shalat dan makan pribadi. Pastikan setiap anggota keluarga membawa satu tas tersebut.

3. Jalankan Protokol Kesehatan

Anda dan keluarga akan berada di tempat umum sehingga pastikan untuk selalu disiplin menjalankan protokol kesehatan. Yakni pakai masker, cuci tangan sesering mungkin, dan jaga jarak aman. Walaupun dalam satu mobil hanya berisi 1 keluarga, tetap terapkan aturan physical distancing yaitu 2 orang untuk setiap baris bangku.

4. Jaga Kebersihan Mobil

Usahakan mobil selalu bersih dengan mencucinya sebelum dan sesudah perjalanan, termasuk jika harus menginap. Bawa perlengkapan mencuci mobil supaya praktis dan menutupnya dengan selimut mobil yang dapat dibeli.

5. Persiapkan Dukungan Berkendara

Isi penuh bahan bakar dan kartu etoll agar tidak perlu banyak berhenti. Pakai gagang saat menempelkan kartu etoll di gerbang tol otomatis. Gunakan peta digital untuk memudahkan perjalanan. Siapkan makanan dan minuman ringan dalam usaha mengurangi singgah ke minimarket atau restoran. Kalaupun harus singgah, pastikan tempat tersebut menjalankan protokol kesehatan. Jika tidak, sebaiknya mencari lokasi yang lebih aman.

6. Catat Kontak ERA

Hafalkan atau catat nomor Emergency Road Assistance (ERA). Jika sewaktu-waktu mobil mengalami kendala, layanan tersebut bisa dihubungi 24 jam.

7. Periksa Kondisi Mobil

Agar liburan dengan keluarga tidak terganggu, jangan lupa cek mobil ke bengkel resmi. "AutoFamily diharapkan tetap waspada dan harus disiplin menjalankan protokol kesehatan saat pergi berlibur, baik di jalan maupun di lokasi tujuan, termasuk mempersiapkan kendaraan dengan seksama untuk melindungi keluarga tercinta. Supaya lebih mudah dan nyaman, segera manfaatkan promo Kembali Ke Auto2000 dengan melakukan booking service terlebih dahulu, karena di Auto2000 Urusan Toyota Lebih Mudah" terang Ricky Martawijaya, Aftersales Division Head Auto2000, Jumat (19/6/2020).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Italia Akhir Pekan Ini: Ada 4 Pertandingan Seru

Posted: 19 Jun 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Liga Italia 2019/2020 dipastikan mulai lagi akhir pekan ini. Kompetisi berlangsung setelah terhenti tiga bulan akibat pandemi virus Corona Covid-19.

Operator kompetisi sudah mencari cara agar pertandingan tidak menjadi sarana penularan virus. Salah satunya adalah mengatur jam kick-off.

Tidak akan ada pertandingan Liga Italia yang berlangsung siang hari karena Eropa sudah memasuki musim panas. Selain itu, operator juga membagi jam kick-off ke dalam tiga waktu.

Pertandingan rencananya dimulai pukul 16.15, 18.30, dan 20.45 waktu setempat. Jika dikonversi ke WIB, pertandingan dilangsungkan mulai 21.15, 23.30, dan 01.45 (keesokan harinya).

Dari kalender yang sudah keluar, nyaris bakal ada pertandingan di setiap hari dalam periode 20 Juni hingga 23 Juli. Pengecualian ada pada 25, 29 Juni serta 3, 10, 17 Juli.

Seperti diberitakan sebelumnya, kompetisi menghadirkan empat partai tertunda Liga Italia untuk memulai kembali persaingan. 

Jadwal Liga Italia

ilustrasi logo liga italia (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi logo liga italia (Liputan6.com/Abdillah)

Sabtu, 20 Juni 2020

23.30 WIB: Torino vs Parma

 

Minggu, 21 Juni 2020

01.45 WIB: Verona vs Cagliari

23.30 WIB: Atalanta vs Sassuolo

 

Senin, 22 Juni 2020

01.45 WIB: Inter Milan vs Sampdoria

Klasemen Liga Italia

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usia Kandungan Irish Bella 24 Minggu, Bobot Naik 10 Kilogram

Posted: 19 Jun 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Artis cantik Irish Bella sedang berbahagia dengan masa kehamilannya. Saat ini usia kandungannya sudah menginjak 24 Minggu dan sudah semakin membesar.  

Istri Ammar Zoni ini mengaku bahwa berat badannya kini telah naik 10 kg. Berat badan Irish Bella lebih berat dari berat badannya saat hamil pertama kali. Irish Bella pun sempat mengaku tidak percaya diri.

Hal itu terungkap dari salah satu postingan terbaru Irish Bella di Instagram. Dia mengunggah foto dirinya sedang memegang perutnya. Tampak latar foto dengan suasana alam. Irish Bella melempar senyum ke arah kamera.

 

Tidak Percaya Diri

Irish Bella (Instagram/_irishbella_)
Irish Bella (Instagram/_irishbella_)

Irish Bella mengaku bahwa dirinya sempat tidak percaya diri dengan berat badannya. 

"Naik 10 kg lagi dari kehamilan sebelumnya, memang tidak mudah, jujur saya telah kehilangan percayaan diri karena masalah berat badan," tulis Irish Bella di Instagram.

 

Prioritas

Ammar Zoni dan Irish Bella. (Foto: Leander Gemilang)
Ammar Zoni dan Irish Bella. (Foto: Leander Gemilang)

Namun demikian, Irish Bella mengesampingkan soal berat badannya. Baginya, yang lebih penting adalah kesehatan sang calon buah hati. 

"Tetapi mengesampingkan semua itu dan memprioritaskan pada kesehatan keajaiban bayi kecil kami, yang kaki kecilnya yang terus menendang perut ibu setiap kali ibu akan tidur," ujarnya.

 

Foto USG

Sebelumnya, Irish Bella mengunggah foto USG sang jabang bayi. Tampak anggota tubuhnya sudah terlihat.

"Hellooo mommy's little angel.. You have brought me and daddy happiness beyond words. Every night I sing to you the lullaby (Asmaul Husna) hoping you can hear mommy and daddy's voice outside the womb," tulis Irish Bella.

 

Menyentuh

Kehamilan ini begitu sangat berarti bagi Irish Bella dan Ammar Zoni. Apalagi sebelumnya Irish Bella dan Ammar sempat syok setelah kehilangan anak kembarnya beberapa waktu lalu 

"You are the definition of unconditional love, cause even though we haven't seen or hold you, you are my world and I will love you till my very dying breath," katanya.

 

Sampaikan Doa

Irish Bella tak lupa menyampaikan doa untuk anak yang sedang dikandungnya.

"Oh Allah, Ya Waliyy, lindungilah buah hati kami.. Ya Samii.. Ya Mujiib," katanya. 

Irish Bella pun berharap dirinya dan sang jabang bayi diberikan kesehatan hingga proses persalinan nanti.

"Semoga diberikan kesehatan terus," kata Irish Bella.

Sumber: merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Rumor iPhone iOS Bikin Penasaran

Posted: 19 Jun 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu bocoran terkait gelaran WWDC 2020 meyebutkan Apple bakal mengganti nama iOS jadi iPhone OS. Informasi ini pun bikin penasaran para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Jumat (19/6/2020).

Berita lain yang juga populer datang dari Realme Narzo yang ludes terjual sebanyak 1.500 unit hanya dalam waktu empat menit.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Apple Bakal Kembali Pakai Nama iPhone OS?

Gelaran WWDC 2020 dari Apple akan digelar sebentar lagi. Sejumlah bocoran maupun prediksi mengenai informasi yang akan diungkap oleh Apple pun mulai berseliweran di internet.

Salah satu bocoran yang cukup menarik perhatian publik adalah kabar mengenai Apple bakal mengganti nama iOS. Informasi ini pertama kali diungkap oleh seorang analis teknologi dengan akun @jon_prosser.

Dikutip dari Tech Radar, Jumat (19/6/2020), dalam kicauannya di Twitter, Jon Prosser hanya menuliskan iPhone OS. Namun dari kicauan itu, banyak warganet berspekulasi hal itu merupakan indikasi Apple akan mengganti nama iOS menjadi iPhone OS.

Baca selengkapnya di sini

2. 1.500 Unit Realme Narzo Ludes dalam Waktu 4 Menit

Realme mengumumkan smartphone terbarunya, Realme Narzo, habis terjual dalam waktu 4 menit. Jumlah total Realme Narzo yang terjual sebanyak 1.500 unit di penjualan perdananya.

Tidak hanya smartphone Realme Narzo, dalam keterangan resminya, Realme menyebut jam tangan pintar Realme Watch dan TWS Realme Buds Air Neo juga mendapatkan sambutan dari konsumen.

Sampai-sampai, keduanya dinobatkan sebagai peringkat 1 untuk penjualan kategori jam tangan pintar dan perangkat audio di Shopee.

Baca selengkapnya di sini 

 

3. Twitter Rilis Fitur Mirip Instagram Story

Dok: Twitter.com
Dok: Twitter.com

Mengekor Snapchat dan , Twitter baru saja menggulirkan fitur baru yang mirip dengan Story. Fitur anyar bernama Fleets itu baru tersedia di India.

Mengutip laman The Verge via Merdeka.com, Jumat (19/6/2020), setelah India fitur ini disebut-sebut melenggang bertahap secara global.

Sebelumnya, fitur ini diluncurkan di Brasil dan Italia. Menurut Twitter, India adalah pasar penting.

Baca selengkapnya di sini 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berawal dari Kebohongan, Klaster Baru Corona di Pekanbaru Melonjak

Posted: 19 Jun 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Pekanbaru - Sebanyak sebelas karyawan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Pasar Pusat Pekanbaru positif terjangkit Virus Corona atau Covid-19. Satu di antaranya dirawat di Batam, Kepulauan Riau dan sisanya di Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Ahmad.

Kasus ini merupakan klaster baru Corona dalam dua hari terakhir, setelah hampir sebulan di Kota Bertuah tidak ada penambahan. Pemerintah Kota Pekanbaru bersama Pemerintah Provinsi Riau tengah melacak siapa saja yang pernah kontak dengan pasien.

Sejak kasus ini, operasional bank di Jalan Jenderal Sudirman itu diberhentikan. Ratusan karyawan sudah dirapid tes dan hasil puluhan di antaranya reaktif sehingga diteruskan dengan tes swab.

"Masih menunggu hasil, nonaktif sementara. Betul karyawan BUMN yaitu BRI Pasar Pusat," kata Wali Kota Pekanbaru Firdaus, Jum'at siang, 19 Juni 2020.

Firdaus mengimbau nasabah atau pun teman-teman pasien positif untuk melakukan rapid tes. Bisa dilakukan secara mandiri ataupun ke Satuan Gugus Tugas Covid-19 Pekanbaru serta Riau.

Menurut Firdaus, kesadaran sendiri ini penting agar Covid-19 yang penyebarannya berhasil ditekan selama PSBB lalu tidak meluas. Firdaus menekankan arti penting sebuah kejujuran dalam menangani virus ini.

"Selain untuk diri sendiri, ini juga untuk keluarga, teman dan masyarakat luas, kejujuran menyelamatkan masyarakat," ucap Firdaus.

Firdaus menyebut klaster baru ini berawal dari tidak jujurnya seorang karyawan. Saat itu, karyawan yang diketahui berumur 46 tahun ingin pulang ke Kota Batam, tempat keluarganya tinggal.

Saat menjalani rapid tes sebagai syarat penerbangan, hasilnya reaktif. Petugas di bandara meminta pria inisial DH ini untuk melakukan swab dan dirawat di rumah sakit.

"Dia tidak jujur, sudah disarankan agar dirawat tapi meminta isolasi mandiri," kata Firdaus.

Dengan ragam pertimbangan, petugas mempersilahkannya isolasi mandiri kemudian merencanakan swab. Namun entah bagaimana caranya, DH lolos dari pantauan petugas dan sudah sampai di Batam.

Saat ingin pulang ke Pekanbaru, dia menjalani rapid tes lagi dan hasilnya reaktif sehingga dilakukan swab. Petugas di Batam menyatakan positif Covid-19 sehingga langsung dirawat di rumah sakit.

"Kemudian dilakukan rapid tes seluruh karyawan, 25 reaktif dan sudah diswab. Nanti semua karyawan akan diswab," sebut Firdaus.

Agar tidak menyebar luas, Pemko Pekanbaru dan Pemprov Riau tengah melakukan tracing hingga ke tetangga pasien. Begitu juga dengan teman-teman pasien di luar karyawan.

"Dibutuhkan kejujuran untuk menyelamatkan semua," kata Firdaus.

Simak Video Pilihan Berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Pandemi Covid-19, Warga Austria Gunakan Sepeda untuk Bepergian

Posted: 19 Jun 2020 09:00 PM PDT

Sejumlah pesepeda terlihat di sebuah jalan di Wina, Austria, pada 19 Juni 2020. Semakin banyak warga di Wina yang memilih bepergian dengan sepeda selama pandemi COVID-19, dengan jumlah pesepeda meningkat 45 persen pada Mei 2020 dibandingkan dengan periode yang sama pada 2019. (Xinhua/Guo Chen)
Sejumlah pesepeda terlihat di sebuah jalan di Wina, Austria, pada 19 Juni 2020. Semakin banyak warga di Wina yang memilih bepergian dengan sepeda selama pandemi COVID-19, dengan jumlah pesepeda meningkat 45 persen pada Mei 2020 dibandingkan dengan periode yang sama pada 2019. (Xinhua/Guo Chen)

Sejumlah pesepeda terlihat di sebuah jalan di Wina, Austria, pada 19 Juni 2020. Semakin banyak warga di Wina yang memilih bepergian dengan sepeda selama pandemi COVID-19, dengan jumlah pesepeda meningkat 45 persen pada Mei 2020 dibandingkan dengan periode yang sama pada 2019. (Xinhua/Guo Chen)

Sejumlah pesepeda terlihat di sebuah jalan di Wina, Austria, pada 19 Juni 2020. Semakin banyak warga di Wina yang memilih bepergian dengan sepeda selama pandemi COVID-19, dengan jumlah pesepeda meningkat 45 persen pada Mei 2020 dibandingkan dengan periode yang sama pada 2019. (Xinhua/Guo Chen)
Sejumlah pesepeda terlihat di sebuah jalan di Wina, Austria, pada 19 Juni 2020. Semakin banyak warga di Wina yang memilih bepergian dengan sepeda selama pandemi COVID-19, dengan jumlah pesepeda meningkat 45 persen pada Mei 2020 dibandingkan dengan periode yang sama pada 2019. (Xinhua/Guo Chen)

Sejumlah pesepeda terlihat di sebuah jalan di Wina, Austria, pada 19 Juni 2020. Semakin banyak warga di Wina yang memilih bepergian dengan sepeda selama pandemi COVID-19, dengan jumlah pesepeda meningkat 45 persen pada Mei 2020 dibandingkan dengan periode yang sama pada 2019. (Xinhua/Guo Chen)

Sejumlah pesepeda terlihat di sebuah jalan di Wina, Austria, pada 19 Juni 2020. Semakin banyak warga di Wina yang memilih bepergian dengan sepeda selama pandemi COVID-19, dengan jumlah pesepeda meningkat 45 persen pada Mei 2020 dibandingkan dengan periode yang sama pada 2019. (Xinhua/Guo Chen)
Sejumlah pesepeda terlihat di sebuah jalan di Wina, Austria, pada 19 Juni 2020. Semakin banyak warga di Wina yang memilih bepergian dengan sepeda selama pandemi COVID-19, dengan jumlah pesepeda meningkat 45 persen pada Mei 2020 dibandingkan dengan periode yang sama pada 2019. (Xinhua/Guo Chen)

Sejumlah pesepeda terlihat di sebuah jalan di Wina, Austria, pada 19 Juni 2020. Semakin banyak warga di Wina yang memilih bepergian dengan sepeda selama pandemi COVID-19, dengan jumlah pesepeda meningkat 45 persen pada Mei 2020 dibandingkan dengan periode yang sama pada 2019. (Xinhua/Guo Chen)

Sejumlah pesepeda terlihat di sebuah jalan di Wina, Austria, pada 19 Juni 2020. Semakin banyak warga di Wina yang memilih bepergian dengan sepeda selama pandemi COVID-19, dengan jumlah pesepeda meningkat 45 persen pada Mei 2020 dibandingkan dengan periode yang sama pada 2019. (Xinhua/Guo Chen)
Sejumlah pesepeda terlihat di sebuah jalan di Wina, Austria, pada 19 Juni 2020. Semakin banyak warga di Wina yang memilih bepergian dengan sepeda selama pandemi COVID-19, dengan jumlah pesepeda meningkat 45 persen pada Mei 2020 dibandingkan dengan periode yang sama pada 2019. (Xinhua/Guo Chen)

Sejumlah pesepeda terlihat di sebuah jalan di Wina, Austria, pada 19 Juni 2020. Semakin banyak warga di Wina yang memilih bepergian dengan sepeda selama pandemi COVID-19, dengan jumlah pesepeda meningkat 45 persen pada Mei 2020 dibandingkan dengan periode yang sama pada 2019. (Xinhua/Guo Chen)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ini Penyebab Angka Positif Covid-19 di Sulsel Tertinggi

Posted: 19 Jun 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Angka positif Covid-19 tertinggi  ada di Sulawesi Selatan, di Kota Makassar angka positif Covid mencapai 132 kasus penyebabnya adalah testing agresif covid-19 kepada masyarakat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dibantu Kemenkes, Perusahaan Penyedia Nutrisi Serahkan Ratusan APD untuk Nakes COVID-19

Posted: 19 Jun 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan penyedia nutrisi global, Herbalife Nutrition Indonesia pada Kamis (11/6) menyalurkan donasi berupa 600 paket Alat Pelindung Diri (APD) yang akan disalurkan kepada Rumah Sakit dan tenaga medis untuk penanganan COVID-19 di Indonesia.

Bantuan ini diserahkan oleh Senior Director and General Manager Herbalife Nutrition Indonesia Andam Dewi kepada Kementerian Kesehatan RI yang diwakili oleh Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan dr. Budi Sylvana.

"Perusahaan menyalurkan donasi ini untuk dapat berkontribusi serta bentuk komitmen perusahaan untuk membantu tenaga medis dan masyarakat dalam menahan penyebaran pandemi ini. Donasi APD ini berupa 600 paket Hazmat/Coverall Unit, 600 unit Safety Goggles, 600 paket Safety Boots, sarung tangan medis dan masker KN95," ujar Senior Director and General Manager Herbalife Nutrition Indonesia Andam Dewi dalam rilis.

Didistribusikan Kemenkes

Menurut Andam, bantuan ini akan didistribusikan oleh Kemenkes kepada Rumah Sakit yang membutuhkan. Donasi ini sekaligus menjadi rangkaian dari penyaluran donasi sebelumnya oleh Herbalife Nutrition berupa dana tunai serta berbagai kebutuhan untuk mendukung penanganan COVID-19 di tujuh negara Asia Pasifik.

Tujuh negara tersebut termasuk Indonesia, Jepang, Malaysia, Singapura, Korea Selatan, Thailand dan Vietnam. Sebelumnya, pada Mei lalu, Herbalife Nutrition telah menyalurkan bantuan senilai US$ 1,79 juta untuk penanganan COVID-19. Selain itu, perusahaan telah menggalang sumber daya dan keahlian nutrisi dari perusahaan serta menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga eksternal, distributor independen.

Perusahaan ini juga menggalang dukungan dari karyawan, baik untuk memperkuat kampanye gaya hidup sehat dan membantu komunitas masyarakat terdampak di sekitar mereka agar dapat mengatasi tantangan sosial dan ekonomi selama pandemi COVID-19.

"Herbalife Nutrition ingin dapat berkontribusi dalam membantu menahan penyebaran pandemi COVID-19 ini. Semangat sosial yang menjadi dasar kami melakukan berbagai gerakan baik yang diinisiasi perusahaan ataupun member independen secara keseluruhan," tutup Andam Dewi.

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming MPL Invitational 4 Nation Cup, Sabtu 20 Juni 2020

Posted: 19 Jun 2020 08:55 PM PDT

Jakarta - Turnamen MPL Invitational 4 Nation Cup memasuki hari kedua, Sabtu (20/6/2020). Ajang ini menghadirkan empat laga seru yang seluruhnya bisa disaksikan melalui live streaming di Vidio.

Pada hari pertama MPL Invitational 4 Nation Cup, wakil Indonesia yakni Aura Fire dan ONIC Esports belum menemui hambatan berarti. Hari ini, hal serupa diharapkan kembali terulang.

Dua wakil Indonesia yang hari ini akan bertanding yakni EVOS Legend dan Alter Ego. Lawan-lawannya yakni Geek Fam, EVOS SG dan Notorious Villains.

Berikut ini jadwalnya:

  • EVOS Legend vs Geek Fam 11.00 WIB
  • EVOS SG vs Team Bosskurr 13.00 WIB
  • Alter Ego vs Notorious Villains 15.00 WIB
  • Team Bosskurr vs Notorious Villains 17.00 WIB

Setelah menyelesaikan babak qualifier minggu pertama, selruh tim peserta MPL Invitational 4 Nation Cup akan menyelesaikan sesi qualifier minggu kedua pada 26-28 Juni 2020 untuk lolos ke babak playoff pada 3-5 Juli mendatang.

 

Link Live Streaming

Saksikan live streaming MPL Invitational 4 Nation Cup dengan mengklik tautan ini.

 

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Gregah Nurikhsani/Editor: Gregah Nurikhsani, published 20/6/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Petugas KUA Nikahkan Mantan Istri dengan Temannya Ini Jadi Sorotan

Posted: 19 Jun 2020 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menjadi seorang pegawai di Kantor Urusan Agama (KUA) memang pekerjaannya berhubungan dengan prosesi pernikahan mempelai yang berada di wilayahnya. Namun bagaimana jadinya bila yang dinikahkan adalah mantan istri dengan temannya sendiri.

Kejadian seperti ini benar-benar terjadi seperti dikutip dari akun TikTok @m030610r yang bernama Rahma. Pengguna akun TikTok ini mengunggah momen pernikahan seorang mempelai wanita yang ternyata adalah mantan istri dari petugas KUA yang menikahkannya. Video yang diunggah pada Selasa, (16/6/2020) ini pun viral dan banyak akun media sosial lainnya mengunggah ulang video tersebut.

Netizen pun membanjiri kolom komentar dari akun TikTok Rahma. Bahwa sang petugas KUA begitu profesional dengan tetap tenang menikahkan mantan istrinya dengan temannya.

Selain itu banyak yang memujinya, karena memang hubungan yang sudah berlalu harusnya sudah tidak diungkit dan tetap menjaga hubungan pertemanan yang baik. Berikut ulasan petugas KUA nikahkan mantan istri dengan temannya yang Liputan6.com kutip dari akun TikTok @m030610r, Sabtu (20/6/2020).

1. Momen petugas KUA menikahkan mantan istri dengan temannya.

@m030610r

#viral#pengantin#wanita#diakad#mantansuaminya#nikah#dg#tmnya#sndri

♬ harusnya aku - diniie242

Seperti dalam sebuah cerita sinetron menikahkan mantan istri dengan temannya sendiri. Namun kejadian ini benar terjadi seperti yang diunggah oleh Rahma yang merupakan teman dari mempelai wanita dalam video tersebut.

"Kisah nyata yang menikahan petugas KUA adalah mantan suami, pengantin mempelai wanita. Pengantinnya bekas istrinya. Calon suaminya temannya mantan suami. Yang nikah teman aku mempelai wanita," tulis akun TikTok @m030610r pada videonya.

 

2. Rahma mengunggah kisah sahabatnya karena terharu.

Petugas KUA nikahkan mantan istri dengan temannya (Sumber: TikTok/m030610r)
Petugas KUA nikahkan mantan istri dengan temannya (Sumber: TikTok/m030610r)

Rahma dengan akun TikToknya @m030610r mengunggah video pernikahan sahabatnya karena terharu dan memang kisahnya unik. Namun karena viral, video yang diunggahnya pun dibanjiri komentar dari netizen.

"Penghulu ku adalah mantan suamiku," kata @linnpratama.

"Cinta dan pertemanan seiring sejalan," ujar pemilik akun @tito_samhadianto.

"Saya nikahkan engkau dengan mantan istriku...," komentar @anna_reezky.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tata Cara dan Waktu Pelaksanaan Salat Gerhana Matahari

Posted: 19 Jun 2020 08:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gerhana matahari cincin akan menyapa dunia pada Minggu 21 Juni 2020. Sebagian wilayah di Indonesia dapat menyaksikan fenomena tersebut, meski hanya berupa gerhana matahari sebagian.

Berdasarkan data astronomis, ada 31 provinsi di Indonesia yang dapat mengamatinya, Minggu besok.

Kementerian Agama pun mengimbau agar umat Islam di wilayah yang mengalami gerhana dan aman Covid-19 untuk menggelar salat gerhana matahari atau salat kusuf.

"Kami imbau kaum muslim pada daerah yang mengalami gerhana dan aman Covid-19, untuk menggelar salat sunah gerhana sesuai tuntunan syariah. Tapi tetap memperhatikan protokol kesehatan," kata Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin, Jakarta, dalam siaran tertulisnya, Sabtu (20/6/2020).

Salat kusuf atau salat gerhana matahari dilakukan dua rakaat.

Adapun rangkaian tata cara salat sebagai berikut:

1. Berniat di dalam hati (misalnya, Usalli sunnatan likusuufis-syamsi ma'muuman/imaaman lillaahi ta'aala);

2. Takbiratul ihram seperti salat biasa;

3. Membaca doa iftitah dan berta'awudz, kemudian membaca surat Al-Fatihah dan membaca surat yang panjang dengan di-jahr-kan (perdengarkan) suaranya.

4. Kemudian rukuk sambil memanjangkannya;

5. Bangkit dari rukuk (i'tidal);

6. Setelah i'tidal ini tidak langsung sujud, namun dilanjutkan dengan membaca surat Al-Fatihah dan surat yang panjang (berdiri yang kedua lebih singkat dari pertama).

7. Rukuk kembali (rukuk kedua) yang panjangnya lebih pendek dari rukuk sebelumnya;

8. Bangkit dari rukuk (i'tidal);

9. Sujud yang panjangnya sebagaimana rukuk, lalu duduk di antara dua sujud kemudian sujud kembali;

10. Bangkit dari sujud lalu mengerjakan rakaat kedua sebagaimana rakaat pertama (bacaan dan gerakan-gerakannya lebih singkat dari sebelumnya);

11. Tasyahud;

12. Salam.

Dia mengatakan salat gerhana matahari dilakukan di masjid secara berjamaah.

"Akan tetapi boleh juga dilakukan seorang diri," kata Kamarudddin mengutip Kitab Al-Mughni, karya Ibnu Qudamah.

 

Waktu Pelaksanaan

 

Menurut Kamaruddin, pelaksanaan Salat Kusuf menyesuaikan waktu gerhana matahari di wilayah masing-masing. Berdasarkan data astronomis, berikut data terjadinya Gerhana Matahari Sebagian pada 31 Provinsi di Indonesia:

1. Aceh, mulai 13.16 WIB, puncak gerhana 14.40 WIB, dan gerhana berakhir 15.48 WIB.

2. Sumatera Utara, mulai 13.37 WIB, puncak gerhana 14.48 WIB, dan gerhana berakhir 15.48 WIB.

3. Sumatera Barat, mulai 14.03 WIB, puncak gerhana 14.54 WIB, dan gerhana berakhir 15.37 WIB.

4. Riau, mulai 13.53 WIB, puncak gerhana 14.57 WIB, dan gerhana berakhir 15.50 WIB.

5. Bengkulu, mulai 14.29 WIB, puncak gerhana 14.59 WIB, dan gerhana berakhir 15.21 WIB.

6. Jambi, mulai 14.16 WIB, puncak gerhana 15.00 WIB, dan gerhana berakhir 15.44 WIB.

7. Kepulauan Riau, mulai 14.00 WIB, puncak gerhana 15.06 WIB, dan gerhana berakhir 16.12 WIB.

8. Sumatera Selatan, mulai 14.31 WIB, puncak gerhana 15.04 WIB, dan gerhana berakhir 15.36 WIB.

9. Lampung, mulai 14.41 WIB, puncak gerhana 15.07 WIB, dan gerhana berakhir 15.33 WIB.

10. Bangka Belitung, mulai 14.25 WIB, puncak gerhana 15.10 WIB, dan gerhana berakhir 15.51 WIB.

11. Indramayu Jawa Barat, mulai 15.11 WIB, puncak gerhana 15.14 WIB, dan gerhana berakhir 15.16 WIB.

12. Jawa Tengah, mulai 14.59 WIB, puncak gerhana 15.18 WIB, dan gerhana berakhir 15.38 WIB.

13. Jawa Timur, mulai 14.57 WIB, puncak gerhana 15.21 WIB, dan gerhana berakhir 15.48 WIB.

14. Kalimantan Barat, mulai 14.13 WIB, puncak gerhana 15.17 WIB, dan gerhana berakhir 16.14 WIB.

15. Kalimantan Tengah, mulai 14.26 WIB, puncak gerhana 15.22 WIB, dan gerhana berakhir 16.14 WIB.

16. Kalimantan Selatan, mulai 15.32 WITA, puncak gerhana 16.25 WITA, dan gerhana berakhir 17.11 WITA.

17. Kalimantan Timur, mulai 15.20 WITA, puncak gerhana 16.26 WITA, dan gerhana berakhir 17.23 WITA.

18. Kalimantan Utara, mulai 15.15 WITA, puncak gerhana 16.25 WITA, dan gerhana berakhir 17.25 WITA.

19. Bali, mulai 16.03 WITA, puncak gerhana 16.24 WITA, dan gerhana berakhir 16.44 WITA.

20. Nusa Tenggara Barat, mulai 15.59 WITA, puncak gerhana 16.27 WITA, gerhana berakhir 16.56 WITA.

21. Nusa Tenggara Timur, mulai 15.53 WITA, puncak gerhana 16.27 WITA, dan gerhana berakhir 17.10 WITA.

22. Sulawesi Barat, mulai 15.31 WITA, puncak gerhana 16.29 WITA, dan gerhana berakhir 17.20 WITA.

23. Sulawesi Selatan, mulai 15.35 WITA, puncak gerhana 16.30 WITA, dan gerhana berakhir 17.19 WITA.

24. Sulawesi Tengah, mulai 15.26 WITA, puncak gerhana 16.30 WITA, dan gerhana berakhir 17.25 WITA.

25. Sulawesi Tenggara, mulai 15.38 WITA, puncak gerhana 16.32 WITA, dan gerhana berakhir 17.18 WITA.

26. Gorontalo, mulai 15.28 WITA, puncak gerhana 16.31 WITA, dan gerhana berakhir 17.26 WITA.

27. Sulawesi Utara, mulai 15.24 WITA, puncak gerhana 16.32 WITA, dan gerhana berakhir 17.31 WITA.

28. Maluku Utara, mulai 16.29 WIT, puncak gerhana 17.34 WIT, dan gerhana berakhir 18.30 WIT.

29. Maluku, mulai 16.39 WIT, puncak gerhana 17.35 WIT, dan gerhana berakhir 18.26 WIT.

30. Papua Barat, mulai 16.34 WIT, puncak gerhana 17.36 WIT.

31. Papua, mulai 16.36 WIT, puncak gerhana 17.37 WIT.

Perbanyak Zikir

Menurut Kamaruddin, masyarakat juga dianjurkan membaca takbir, memperbanyak zikir, istighfar, sedekah, dan amal-amal kebajikan lainnya. 

"Setelah salat, Imam lalu menyampaikan khutbah kepada para jama'ah yang berisi anjuran untuk berzikir, berdoa, beristighfar, sedekah, dan hal baik lainnya," ujar Kamaruddin.

"Jangan lupa berdoa agar wabah Covid-19 segera berakhir dan juga doa untuk keselamatan bangsa dan Negara," sambung dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gagal Curi 3 Poin di Kandang Spurs, Roy Keane Muak dengan 2 Pemain MU

Posted: 19 Jun 2020 08:41 PM PDT

Liputan6.com, London - Legenda Manchester United (MU), Roy Keane geram dengan dua anak asuh Ole Gunnar Solskjaer. Dia kesal dengan dua pemain bertahan Setan Merah, sebutan MU, David De Gea dan Harry Maguire.

MU hanya bermain imbang 1-1 melawan Tottenham Hotspur pada pekan ke-30 Liga Inggris yang berlangsung Sabtu (20/6/2020) dini hari WIB. Dalam laga itu, Spurs mencetak gol lebih dahulu melalui Steven Bergwijn.

Setan Merah baru bisa membalas di babak kedua setelah Eric Dier menjatuhkan Paul Pogba di kotak penalti. Bruno Fernandes yang menjadi algojo sukses menjalankan tugasnya dengan baik.

Usai pertandingan berakhir, Keane menyebut De Gea dan Maguire menjadi penyebab utama MU gagal membawa pulang tiga poin dari London. De Gea tidak sempurna mengandisipasi seakan Bergwijn.

"Mereka seharusnya jangan pulang bareng tim naik bus. Naik taksi sendiri saja sana ke Manchester!" kata mantan kapten MU itu, dikutip dari BBC.

 

Terperangah

Gelandang Manchester United, Bruno Fernandes mencetak gol ke gawang Tottenham Hotspur yang dijaga Hugo Lloris, Sabtu (20/6/2020) WIB. (Dok. Twitter/Premier League)
Gelandang Manchester United, Bruno Fernandes mencetak gol ke gawang Tottenham Hotspur yang dijaga Hugo Lloris, Sabtu (20/6/2020) WIB. (Dok. Twitter/Premier League)

Keane juga tidak percaya De Gea bisa salah antisipasi sepakan Bergwijn. Bahkan, sebelum melepaskan sepakan, Bergwijn bisa dengan mudah melewati Maguire.

"Saya terperangah melihat gol Spurs. Bagaimana bisa Harry Maguire bek timnas Inggris berlari seperti itu tidak bisa menghentikan Bergwijn. Kemudian De Gea yang tangkapannya sangat buruk," ujar Keane, yang memenangkan tujuh gelar Liga Inggris bersama MU.

Lebih lanjut, Keane menyebut MU seharusnya bisa memenangkan duel melawan Spurs. Terlebih, Setan Merah mengincar posisi empat besar di akhir musim.

"Manchester United mau masuk empat besar dan masih bisa memenangi piala-piala. Tapi mereka (De Gea dan Maguire) begitu mengejutkan penampilannya, saya jijik," ucap pria asal Irlandia tersebut.

Klasemen Liga Inggris

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Virus Corona Bermutasi, Vaksin Covid-19 Masih Efektif?

Posted: 19 Jun 2020 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kekhawatiran adanya mutasi virus Corona membesar menyusul kabar dari Beijing. Varian yang muncul di ibu kota Tiongkok itu berbeda dari tempat asal virus merebak di Wuhan.

Lantas, patutkah kita cemas menghadapi mutasi terbaru virus Corona yang sebelumnya sudah membuat dunia kelimpungan?

Peneliti biologi molekuler Ahmad Utomo menjelaskan, kita harus tahu terlebih dahulu definisi mutasi. Definisi mutasi bisa berbeda bagi orang awam dan orang yang berkecimpung sebagai ilmuwan.

"Definisi mutasi bisa berbeda antara orang awam dan ilmuwan. Saya tidak mengatakan sebagai mutasi virus Corona, melainkan lebih kepada variasi. Kalau kita bicara mutasi memang harus melihat lebih spesifik lagi. Gambarannya, apakah spesiesnya sama atau punya fungsi berbeda," jelas Ahmad melalui sambungan telepon kepada Health Liputan6.com, Jumat (19/6/2020).

"Pada virus Sars-CoV-2 secara genom, kekerabatannya yang paling dekat dengan virus dari kelelawar sebanyak 96 persen. Kalau kita kelompokkan semua genom yang sudah di-sequence (diurutkan), termasuk genom dari Lembaga Molekuler Eijkman dan Universitas Airlangga ada 13 genom, total sekitar 20.000 genom. Itu kesamaan genomnya 99,9 persen. Dari segi genom virus Corona, variasinya termasuk banyak."

Genom dan Vaksin COVID-19

Gambar menggunakan mikroskop elektron yang tak bertanggal pada Februari 2020 menunjukkan virus corona SARS-CoV-2 (kuning) muncul dari permukaan sel (merah muda) yang dikultur di laboratorium.  Sampel virus dan sel diambil dari seorang pasien yang terinfeksi COVID-19. (NIAID-RML via AP)
Gambar menggunakan mikroskop elektron yang tak bertanggal pada Februari 2020 menunjukkan virus corona SARS-CoV-2 (kuning) muncul dari permukaan sel (merah muda) yang dikultur di laboratorium. Sampel virus dan sel diambil dari seorang pasien yang terinfeksi COVID-19. (NIAID-RML via AP)

Dilihat dari sisi virus Corona, mungkin dia hanya ingin mereplikasi dan memperbanyak diri. Pada pandangan manusia, Ahmad menjelaskan, hal itu disebut mutasi, yang dapat memperparah gejala. Hal itulah yang kemudian menimbulkan kecemasan, khawatir vaksin Covid-19 tidak berpengaruh.

Untuk target pembuatan vaksin Covid-19, pada umumnya menyasar protein yang kerap disebut Crown atau tanduk pada SARS-CoV-2. Ini karena tanduk yang menyelimuti virus Corona merupakan lokasi transmisi untuk menempel pada sel-sel tubuh manusia.

"Sars-CoV-2 ini punya protein spike (protein yang menempel pada tubuh manusia dan menginfeksi tubuh) yang ada pada 'tanduknya' (Seperti diketahui, bentuk virus Corona ini seperti memiliki tanduk pada setiap sisinya). Biasanya publik khawatir kalau ada mutasi, jadi vaksinnya enggak berpengaruh lagi. Tapi so far, dari puluhan ribu genom SARS-CoV-2 belum ada mutasi yang signifikan di daerah tersebut (protein spike)," Ahmad melanjutkan.

"Kembali lagi ke pertanyaan, vaksin Covid-19 nanti kira-kira ampuh enggak? So far, selama enggak ada mutasi yang berarti ya enggak ada masalah. Adanya variasi SARS-CoV-2 juga belum dilaporkan menemukan suatu kekhawatiran terhadap pengembangan vaksin Covid-19."

Dalam hal ini, variasi virus Corona yang dilaporkan, belum ada satupun yang menunjukkan bisa memengaruhi efek jenis vaksin yang akan dikembangkan. Terkait dampak variasi SARS-CoV-2 terhadap penyakit, hingga saat ini belum ada data yang jelas.

"Kita sudah ada data genom, tapi tidak ditautkan dengan data pasien. Untuk mengetahui, seberapa makin parah atau ganas virus, ya harus tahu dong, virus dengan sequence ini berkaitan (dengan) gejala pasien seperti apa. Selama ini, data di GISAID hanya sequence genom saja," lanjut Ahmad.

"Tidak ada laporan variasi sequence genom tertentu yang mana membuat pasien kondisinya lemah, parah, berat, kritis, dan meninggal. Yang mana itu (genom) kita enggak tahu. Lalu dari variasi sequence genom, pasien mana saja yang diabetes, hipertensi, dan penyakit komorbid lain juga enggak tercatat. Secara keseluruhan, pola mutasi (variasi) yang ada, belum ada bukti genom mana yang lebih berbahaya dan bikin gejala parah."

Beda dari SARS-CoV Terdahulu

Ilustrasi coronavirus, virus corona, koronavirus, Covid-19. Kredit: Fernando Zhiminaicela via Pixabay
Ilustrasi coronavirus, virus corona, koronavirus, Covid-19. Kredit: Fernando Zhiminaicela via Pixabay

Yang menjadi salah satu fokus ilmuwan, SARS-CoV-2 ini berbeda dari genom sebelumnya. SARS-CoV-2 punya kemampuan menyembunyikan diri sampai mendekat ke sel target.

"Secara genom pun berbeda jauh. Beda 20 persen. Ibarat kata kita berbicara spesies yang berbeda sama sekali. SARS-CoV-2 punya intensitas ikatan virus kepada sel manusia jauh lebih kuat. Ikatannya 10 kali lipat lebih kuat. Kalau bicara lem, dia mengikatnya lebih kencang dan enggak gampang lepas," Ahmad menjelaskan.

"Yang menarik juga, dia enggak hanya bisa mengikat dengan kuat. SARS-CoV-2 itu pintar menyelinap. Ada protein di bagian tanduk. Tanduk inilah yang mengikat AC2 reseptor sel manusia. Titik ikatan dengan protein tanduk pun enggak gampang dikenali sistem imun. Lebih susah dideteksi sel imun."

Ahmad menggambarkan, seandainya SARS-CoV dan SARS-CoV-2 menginfeksi orang yang sama, maka daya tahan tubuh lebih cepat mengenali yang Sars-CoV. Lebih susah mengenali Sars-CoV-2 karena tonjolan 'tanduk' yang berperan sebagai pintu masuk ke sel manusia masih disembunyikan oleh Sars-CoV-2.

"Dia mengeluarkan taring ketika sudah mendekati target. Masalahnya target ini kan punya banyak enzim, begitu enzim mendekat, dia secara enggak sengaja akan mengaktifkan tonjolan tanduk pada virus. Yang tadinya kelihatan (terdeteksi) menjadi kelihatan," terang Ahmad.

"Artinya, sudah dekat untuk menginfeksi. SARS-CoV-2 secara keseluruhan punya kemampuan jauh lebih cepat dan susah dikenali. Makanya, masa inkubasinya lama."

Variasi Virus dan Gejala Klinis

Petugas memeriksa alat pendukung perawatan pasien virus corona COVID-19 di Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/3/2020). RS Darurat Penanganan COVID-19 dilengkapi dengan ruang isolasi, laboratorium, radiologi, dan ICU. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Petugas memeriksa alat pendukung perawatan pasien virus corona COVID-19 di Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/3/2020). RS Darurat Penanganan COVID-19 dilengkapi dengan ruang isolasi, laboratorium, radiologi, dan ICU. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

SARS-CoV-2 memang susah dideteksi sistem imun. Sistem imun tidak mudah melihat dari awal kehadiran SARS-CoV-2. Masa inkubasi lebih lama, sehingga orang menampakkan gejala cukup lama. Berbeda dengan SARS-CoV, ketika seseorang terinfeksi, beberapa hari kelihatan gejala.

"Variasi genom ada sekitar 20.000, kita masih belum mengetahui variasi mana yang berkorelasi dengan gejala ringan, sedang, dan berat. Sebagian penelitian di luar negeri ada yang mengklaim, varian SARS-CoV-2 tertentu berkorelasi pada tingkat keparahan. Tapi mereka penelitiannya dengan jumlah pasien terbatas dan fokus pada modelling," Ahmad menjelaskan.

"Untuk mengetahui dampak mutasi, misalnya, apakah pengikatan virus lebih kuat atau ringan, kita juga harus mengumpulkan data pasien. Kita sudah ada 13 genom virus, sementara kasus Covid-19 di Indonesia sudah 40.000 lebih. Kalau kita mau studi variasi SARS-CoV-2 berpengaruh pada gejala klinis pasien, ya harus men-sequence genom 40.000-an dari kasus Covid-19 itu."

Di sisi lain, Ahmad menyebut, penyebab kematian pasien SARS-CoV-2 banyak terjadi akibat penggumpalan darah pada paru-paru. "Pembuluh darah paru-paru itu tipis sekali. Bila ada sumbatan darah, pertukaran oksigen tidak berjalan lancar. Kondisi ini terjadi secara masif."

"Dampaknya hanya pada pasien Covid-19 yang kritis. Terjadi inflamasi terjadi penggumpalan darah serta akibat efek badai sitokin," tutup Ahmad.

Badai sitokin merupakan kondisi tubuh mengalami infeksi dan peradangan akibat serangan virus Corona. Virus tersebut menginfeksi sel-sel tubuh yang sehat, yang mengakibatkan kerusakan organ.

 

Disadur dari: Kanal Health Liputan6.com (Penulis: Fitri Haryanti Harsono, Editor: Fitri Syarifah, published 19/6/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

9 Warna Lidah yang Tidak Sehat, Tunjukkan Masalah Kesehatan

Posted: 19 Jun 2020 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Lidah tidak hanya berperan sebagai indera pengecap manusia. Warna lidah juga bisa menggambarkan kondisi kesehatan seseorang. Dokter biasanya memeriksa warna dan bentuk lidah saat memeriksa pasiennya.

Salah satu gejala pertama dari lidah yang tidak sehat adalah perubahan warna yang signifikan. Umumnya, lidah yang sehat akan berwarna merah muda dengan lapisan putih tipis. Ketika lidah berubah warna, ia dapat mengindikasikan adanya sebuah masalah.

Lidah bisa berubah merah, kuning, ungu, atau warna lainnya. Warna lidah yang tidak sehat bisa dikenali dari warnanya. Tanda-tanda lain yang mengkhawatirkan dapat mencakup rasa sakit saat makan, minum, menelan, serta adanya benjolan.

Warna lidah yang tidak sehat cukup beragam. Mengenali warna lidah yang tidak sehat bisa membantu Anda mengetahui masalah yang terjadi. Berikut 9 warna lidah yang tidak normal, dirangkum Liputan6.com dari Medical News Today, Sabtu (20/6/2020).

Warna lidah yang tidak sehat

Ilustrasi lidah (Pixabay)
Ilustrasi lidah (Pixabay)

Merah

Lidah yang berwarna merah (bukan pink gelap) dapat menandakan adanya masalah seperti kekurangan vitamin B, penyakit Kawasaki, geographic tongue, atau scarlet fever. Lidah merah dan bergelombang bisa menunjukkan glositis atau radang lidah. Perubahan warna ini huga dapat terjadi sebagai bagian dari reaksi alergi terhadap obat atau makanan.

Lidah berwarna merah ini juga kerap disebut lidah stroberi. Lidah bisa terlihat merah, bengkak, dan bergelombang seperti permukaan stroberi.

Jingga

Lidah yang berwarna jingga atau oranye bisa menandakan adanya masalah kebersihan mulut yang buruk atau mulut kering. Antibiotik dan makanan tertentu juga bisa mengubah lidah menjadi oranye. Makanan yang bisa menyebabkan lidah berwarna jingga adalah makanan tinggi beta karoten seperti wortel.

Warna lidah yang tidak sehat

ilustrasi lidah/copyright Shutterstock
ilustrasi lidah/copyright Shutterstock

Kuning

Lidah berwarna kuning bisa jadi hasil dari pertumbuhan bakteri. Kebersihan mulut yang buruk dan mulut kering masing-masing dapat menyebabkan pertumbuhan berlebih bakteri di lidah. Dalam kasus yang jarang terjadi, kondisi kesehatan yang lebih serius menyebabkan lidah menjadi kuning. Kondisi ini seperti penyakit kuning dan diabetes.

Hijau

Infeksi atau pertumbuhan berlebih kuman-kuman tertentu sering menjadi penyebab lidah berwarna hijau. Lidah bisa berubah menjadi hijau karena penumpukan bakteri. Penyebabnya mungkin sama dengan lidah yang berwarna kuning, jingga atau putih. Lidah berwarna hijau bisa menandakan adanya sariawan, leukoplakia, geographic tongue, lichen planus, sifilis, dan kanker lidah.

Warna lidah yang tidak sehat

ilustrasi jantung/pexels
ilustrasi jantung/pexels

Biru

Semburat biru pada lidah dapat mengindikasikan kurangnya oksigen dalam darah. Kondisi ini terjadi karena kekurangan oksigen dari paru-paru, kelainan darah, penyakit pembuluh darah, penyakit ginjal, dan oksigen yang rendah dalam darah. Selain kekurangan oksigen, eksim juga bisa membuat lidah berubah menjadi biru.

Ungu

Lidah bisa berubah ungu karena sirkulasi darah yang buruk atau kondisi jantung. Lidah yang berwarna ungu juga bisa menandakan penyakit kawasaki. Penyaki ini membuat peradangan pada pembuluh darah.

Warna lidah yang tidak sehat

Lidah (Sumber Foto: Healthline)
ine.jpg

Putih

Jika lidah memucat dan timbul bercak putih, ini bisa terjadi akibat infeksi jamur seperti sariawan oral. Sariawan oral bisa terasa sakit dan menyebabkan bercak tebal, putih atau merah di lidah. Seseorang mungkin mengalami kesulitan menelan atau makan.

Penyebab lain yang mungkin adalah leukoplakia. Kondisi ini menyebabkan bercak putih atau plak terbentuk di lidah, dan itu sering terjadi akibat merokok.

Abu-abu

Suatu kondisi langka yang disebut lidah geografis atau geographic tongue dapat menyebabkan bintik-bintik putih keabu-abuan pada lidah. Garis-garis putih kemudian terbentuk di antara titik-titik ini, membuat lidah tampak seperti peta.

Terkadang masalah pencernaan juga dapat menyebabkan lidah menjadi abu-abu. Eksim juga dapat menyebabkan lidah berubah menjadi abu-abu.

Hitam

Penumpukan keratin dapat menyebabkan lidah menjadi hitam dan berbulu. Keratin adalah protein di kulit, rambut, dan kuku. Lidah mungkin terlihat kuning gelap, cokelat, atau hitam. Selain itu, papilla dapat berkembang, memberikan penampilan berbulu pada lidah.

Penumpukan dapat dihasilkan dari kebersihan mulut yang burukobat-obatan, seperti beberapa antibiotik, penggunaan tembakau, terapi radiasi, dan minum minuman yang membuat lidah menghitam. Dalam kasus yang jarang terjadi, lidah hitam dihasilkan dari kondisi kesehatan yang lebih serius, seperti diabetes atau HIV.

Warna lidah yang sehat

Ilustrasi Lidah (iStockphoto)
Ilustrasi Lidah (iStockphoto)

Biasanya, seseorang memiliki lidah merah muda dengan lapisan putih tipis. Warna merah muda bisa terang atau gelap. Lidah yang sehat memiliki banyak papila di bagian atas dan samping. Papila adalah benjolan kecil dan berdaging yang memberikan tekstur kasar pada bagian atas lidah.

Warna lidah yang sehat bisa sedikit bervariasi dalam rona gelap dan terang. Warna merah muda yang cerah pada lidah paling sering disebabkan oleh kekurangan zat besi, asam folat, atau vitamin B-12. Reaksi alergi terhadap gluten juga dapat menyebabkan hal ini.

Lidah mungkin terlihat sedikit lebih gelap atau lebih terang dari hari ke hari. Jika menemukan perubahan signifikan pada warna lidah, segera periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Inggris Nanti Malam: Brighton vs Arsenal

Posted: 19 Jun 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, London - Arsenal akan tandang ke markas Brighton & Hove Albion FC pada lanjutan pertandingan Liga Inggris di Falmer Stadium, Sabtu (20/6/2020) malam WIB. The Gunners membidik laga ini sebagai momen kebangkitan.

Arsenal baru saja main tandang ke markas Manchester City, dan dipukul 0-3. The Gunners juga kehilangan David Luiz yang mendapatkan kartu merah. Sementara itu, laga kontra Arsenal akan menjadi laga pertama Brighton di periode New Normal.

Pada pertemuan pertama di Premier League musim ini, Arsenal juga dikalahkan Brighton 1-2 di kandang sendiri. Satu gol Arsenal dicetak Alexandre Lacazette, sedangkan dua gol Brighton diciptakan Adam Webster dan Neal Maupay.

Rasanya cukup sulit melihat Arsenal bakal pulang membawa tiga angka. Meski demikian, itu bukan berarti pasukan Mikel Arteta tak punya peluang.

Jika lini belakang diperbaiki dan Pierre-Emerick Aubameyang menemukan ketajamannya, maka Arsenal bisa pulang dengan poin penuh.

Jadwal Liga Inggris Nanti Malam

(AP Photo/Frank Augstein)
(AP Photo/Frank Augstein)

Sabtu, 20 Juni 2020

18:30 WIB, Watford v Leicester City

21:00 WIB, Brighton & Hove Albion v Arsenal

23:30 WIB, West Ham v Wolves

 

Minggu, 21 Juni 2020

01:45 WIB, AFC Bournemouth v Crystal Palace

 

Klasemen Liga Inggris

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lola Amaria Jualan Nasi saat Pandemi Corona Covid-19

Posted: 19 Jun 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Artis, sutradara dan juga produser Lola Amaria berusaha untuk tetap aktif di masa pandemi Corona Covid-19 ini. Sejak menghentikan produksi film layar lebar terbarunya, Lola Amaria berusaha untuk tetap aktif selama di rumah saja. 

Terbaru, Lola Amaria tidak meracik film dan skenario. Untuk sementara, dirinya mengalihkan kesibukannya dengan meracik sendiri Paket Nasi Cimit Lola's Cooking yang menjadi bisnis barunya. Menurut sutradara film "Kisah 3 Titik" ini, dirinya  terjun langsung meracik bumbu dan memasaknya dengan dibantu beberapa orang. 

"Dari PSBB berlaku kita stop dulu produksi. Dan resto kita kan juga ditutup akibat situasi ini. Jadi saya coba untuk bikin Lolas Cooking dengan nasi cimet dan ada 5 paket menu yang kami siapkan. Ordernya lewat online," ujar Lola Amaria saat jumpa pers secara virtual, Jumat, (19/6/2020).

 

Varian

Lola Amaria jualan nasi
Lola Amaria jualan nasi

Ditambahkan Lola Amaria, di 5 varian paket tersebut secara keseluruhan diisi dengan nasi jeruk istimewa. Namun untuk lauknya berbeda-beda sesuai selera. Paket pertama berisikan ayam kecombrang dan telur, lalu yang kedua diisi lauk caking suwir dan telur, ketiga diisi ayam woku dan telur, keempat cumi hitam dan telur, sedangkan paket kelima diisi lauk paru ketumbar dan telur.  

"Sementara ini 5 paket dulu. Harganya murah meriah terjangkau, hanya Rp 20 ribu sepaketnya. Minimum order 1 pun kita layani. Untuk  ongkirnya ditanggung pemesan. Dan kita memasaknya tetap mengikuti protokol kesehatan dan proporsional kesehatan. Ini penting untuk jaga kualitas dan kesehatan makanan. Tapi ordernya H-1 ya," jelas Lola. 

 

Makan Bersama

Lola Amaria jualan nasi
Lola Amaria jualan nasi

Untuk kantoran, meeting, gedung pertunjukan atau acara di rumah, ulang tahun sampai dengan makan bersama dengan nasi liwet, Lola Amaria dan teamnya tetap akan melayani setiap pemesanan. Rasa tidak pedas, sedang dan pedas serta kegurihannya ada di setiap menu yang disajikan.  

"Kita kerjakan sendiri semuanya di rumah. Jadi yang lagi malas masak atau yang lagi di kantor dan lainnya, bisa order langsung lewat Lolas Cooking. Kita akan antar tepat waktu sesuai dengan waktu yang ditentukan," tandas produser film "Labuan Hati" ini.

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Gerhana Matahari, Kemenag Imbau Daerah Aman Covid-19 Gelar Salat Kusuf

Posted: 19 Jun 2020 08:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gerhana matahari akan terjadi pada Minggu 21 Juni 2020 dan sebagian wilayah di Indonesia dapat melihat fenomena tersebut.

Berdasarkan data astronomis, ada 31 provinsi di Indonesia yang dapat mengamati gerhana matahari sebagian Minggu besok.

Kementerian Agama pun mengimbau agar umat Islam di wilayah yang mengalami gerhana dan aman Covid-19 untuk menggelar salat gerhana matahari atau salat kusuf.

"Kami imbau kaum muslim pada daerah yang mengalami gerhana dan aman Covid-19, untuk menggelar salat sunah gerhana sesuai tuntunan syariah. Tapi tetap memperhatikan protokol kesehatan," kata Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin, Jakarta, dalam siaran tertulisnya, Sabtu (20/6/2020).

 

 

Tata Cara Salat Gerhana Matahari

Salat kusuf atau salat gerhana matahari dilakukan dua rakaat dengan rangkaian sebagai berikut:

1. Berniat di dalam hati (misalnya, Usalli sunnatan likusuufis-syamsi ma'muuman/imaaman lillaahi ta'aala);

2. Takbiratul ihram seperti salat biasa;

3. Membaca doa iftitah dan berta'awudz, kemudian membaca surat Al-Fatihah dan membaca surat yang panjang dengan di-jahr-kan (perdengarkan) suaranya.

4. Kemudian rukuk sambil memanjangkannya;

5. Bangkit dari rukuk (i'tidal);

6. Setelah i'tidal ini tidak langsung sujud, namun dilanjutkan dengan membaca surat Al-Fatihah dan surat yang panjang (berdiri yang kedua lebih singkat dari pertama).

7. Rukuk kembali (rukuk kedua) yang panjangnya lebih pendek dari rukuk sebelumnya;

8. Bangkit dari rukuk (i'tidal);

9. Sujud yang panjangnya sebagaimana rukuk, lalu duduk di antara dua sujud kemudian sujud kembali;

10. Bangkit dari sujud lalu mengerjakan rakaat kedua sebagaimana rakaat pertama (bacaan dan gerakan-gerakannya lebih singkat dari sebelumnya);

11. Tasyahud;

12. Salam.

Menurut Kamaruddin, masyarakat juga dianjurkan membaca takbir, memperbanyak zikir, istighfar, sedekah, dan amal-amal kebajikan lainnya. 

"Setelah salat, Imam lalu menyampaikan khutbah kepada para jama'ah yang berisi anjuran untuk berzikir, berdoa, beristighfar, sedekah, dan hal baik lainnya," ujar Kamaruddin.

"Jangan lupa berdoa agar wabah Covid-19 segera berakhir dan juga doa untuk keselamatan bangsa dan Negara," sambung dia.

 

Boleh Jamaah dan Sendiri

Dia mengatakan salat gerhana matahari dilakukan di masjid secara berjamaah.

"Akan tetapi boleh juga dilakukan seorang diri," kata Kamarudddin mengutip Kitab Al-Mughni, karya Ibnu Qudamah.

Menurut Kamaruddin, pelaksanaan Salat Kusuf menyesuaikan waktu gerhana matahari di wilayah masing-masing. Berdasarkan data astronomis, berikut data terjadinya Gerhana Matahari Sebagian pada 31 Provinsi di Indonesia:

1. Aceh, mulai 13.16 WIB, puncak gerhana 14.40 WIB, dan gerhana berakhir 15.48 WIB.

2. Sumatera Utara, mulai 13.37 WIB, puncak gerhana 14.48 WIB, dan gerhana berakhir 15.48 WIB.

3. Sumatera Barat, mulai 14.03 WIB, puncak gerhana 14.54 WIB, dan gerhana berakhir 15.37 WIB.

4. Riau, mulai 13.53 WIB, puncak gerhana 14.57 WIB, dan gerhana berakhir 15.50 WIB.

5. Bengkulu, mulai 14.29 WIB, puncak gerhana 14.59 WIB, dan gerhana berakhir 15.21 WIB.

6. Jambi, mulai 14.16 WIB, puncak gerhana 15.00 WIB, dan gerhana berakhir 15.44 WIB.

7. Kepulauan Riau, mulai 14.00 WIB, puncak gerhana 15.06 WIB, dan gerhana berakhir 16.12 WIB.

8. Sumatera Selatan, mulai 14.31 WIB, puncak gerhana 15.04 WIB, dan gerhana berakhir 15.36 WIB.

9. Lampung, mulai 14.41 WIB, puncak gerhana 15.07 WIB, dan gerhana berakhir 15.33 WIB.

10. Bangka Belitung, mulai 14.25 WIB, puncak gerhana 15.10 WIB, dan gerhana berakhir 15.51 WIB.

11. Indramayu Jawa Barat, mulai 15.11 WIB, puncak gerhana 15.14 WIB, dan gerhana berakhir 15.16 WIB.

12. Jawa Tengah, mulai 14.59 WIB, puncak gerhana 15.18 WIB, dan gerhana berakhir 15.38 WIB.

13. Jawa Timur, mulai 14.57 WIB, puncak gerhana 15.21 WIB, dan gerhana berakhir 15.48 WIB.

14. Kalimantan Barat, mulai 14.13 WIB, puncak gerhana 15.17 WIB, dan gerhana berakhir 16.14 WIB.

15. Kalimantan Tengah, mulai 14.26 WIB, puncak gerhana 15.22 WIB, dan gerhana berakhir 16.14 WIB.

16. Kalimantan Selatan, mulai 15.32 WITA, puncak gerhana 16.25 WITA, dan gerhana berakhir 17.11 WITA.

17. Kalimantan Timur, mulai 15.20 WITA, puncak gerhana 16.26 WITA, dan gerhana berakhir 17.23 WITA.

18. Kalimantan Utara, mulai 15.15 WITA, puncak gerhana 16.25 WITA, dan gerhana berakhir 17.25 WITA.

19. Bali, mulai 16.03 WITA, puncak gerhana 16.24 WITA, dan gerhana berakhir 16.44 WITA.

20. Nusa Tenggara Barat, mulai 15.59 WITA, puncak gerhana 16.27 WITA, gerhana berakhir 16.56 WITA.

21. Nusa Tenggara Timur, mulai 15.53 WITA, puncak gerhana 16.27 WITA, dan gerhana berakhir 17.10 WITA.

22. Sulawesi Barat, mulai 15.31 WITA, puncak gerhana 16.29 WITA, dan gerhana berakhir 17.20 WITA.

23. Sulawesi Selatan, mulai 15.35 WITA, puncak gerhana 16.30 WITA, dan gerhana berakhir 17.19 WITA.

24. Sulawesi Tengah, mulai 15.26 WITA, puncak gerhana 16.30 WITA, dan gerhana berakhir 17.25 WITA.

25. Sulawesi Tenggara, mulai 15.38 WITA, puncak gerhana 16.32 WITA, dan gerhana berakhir 17.18 WITA.

26. Gorontalo, mulai 15.28 WITA, puncak gerhana 16.31 WITA, dan gerhana berakhir 17.26 WITA.

27. Sulawesi Utara, mulai 15.24 WITA, puncak gerhana 16.32 WITA, dan gerhana berakhir 17.31 WITA.

28. Maluku Utara, mulai 16.29 WIT, puncak gerhana 17.34 WIT, dan gerhana berakhir 18.30 WIT.

29. Maluku, mulai 16.39 WIT, puncak gerhana 17.35 WIT, dan gerhana berakhir 18.26 WIT.

30. Papua Barat, mulai 16.34 WIT, puncak gerhana 17.36 WIT.

31. Papua, mulai 16.36 WIT, puncak gerhana 17.37 WIT.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Potret Kompak 6 Seleb Cantik Bersama Saudara Perempuannya, Sister Goals

Posted: 19 Jun 2020 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Industri hiburan Tanah Air memang kerap mencuri perhatian publik. Kebersamaan dan kekompakan seleb bersama saudaranya pun tak jarang menjadi sorotan, baik saudara perempuan ataupun laki-laki. Kehangatan seleb bersama saudaranya ini pun kerap terlihat seperti sepasang kekasih ataupun saudara kembar.

Kebersamaan seleb bersama saudara perempuannya kerap disebut sister goals oleh warganet. Pasalnya, dalam berbagai momen kekompakan dua saudara ini selalu berhasil menarik perhatian. Tak sedikit juga seleb dan saudaranya yang sama-sama terjun dalam industri hiburan.

salah satu seleb dan saudara perempuannya yang kerap mencuri perhatian adalah Hasya Kyla dan Adhisty Zara. Kakak adik yang hanya terpaut usia 1 tahun ini adalah eks personel JKT 48. Keduanya sama-sama terjun ke industri hiburan dan saling dukung satu sama lainnya.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang potret kompak 6 seleb bersama saudara perempuannya yang sering disebut sister goals, Sabtu (10/6/2020).

1. Zoe Jackson dan Laura Jackson, tak jarang warganet mengira kakak adik yang terpaut usia 2 tahun ini adalah saudara kembar.

Potret Kompak Selebriti Bersama Saudara Perempuannya. (Sumber: Instagram.com/laurabbasjackson)
Potret Kompak Selebriti Bersama Saudara Perempuannya. (Sumber: Instagram.com/laurabbasjackson)

2. Alyssa dan Annissa Soebandono, walaupun sudah sama-sama membangun biduk rumah tangga, namun keduanya kerap mengahabiskan waktu dalam berbagai kesempatan.

Potret Kompak Selebriti Bersama Saudara Perempuannya. (Sumber: Instagram.com/ichasoebandono)
Potret Kompak Selebriti Bersama Saudara Perempuannya. (Sumber: Instagram.com/ichasoebandono)

3. Hasya Kyla dan Adhisty Zara, kakak adik yang merupakan eks personel JKT 48 ini selalu terlihat kompak dan saling mendukung.

Potret Kompak Selebriti Bersama Saudara Perempuannya. (Sumber: Instagram.com/zaraadhsty)
Potret Kompak Selebriti Bersama Saudara Perempuannya. (Sumber: Instagram.com/zaraadhsty)

4. Sissy Priscilla dan Vanesha Prescilla, terlihat seperti saudara kembar, walaupun keduanya terpaut usia 15 tahun.

Potret Kompak Selebriti Bersama Saudara Perempuannya. (Sumber: Instagram.com/sysiio)
Potret Kompak Selebriti Bersama Saudara Perempuannya. (Sumber: Instagram.com/sysiio)

5. Zaskia dan Shireen Sungkar, kakak adik yang sudah lama melintang di industri hiburan Tanah Air memang kerap mencuri perhatian.

Potret Kompak Selebriti Bersama Saudara Perempuannya. (Sumber: Instagram.com/zaskiasungkar15)
Potret Kompak Selebriti Bersama Saudara Perempuannya. (Sumber: Instagram.com/zaskiasungkar15)

6. Nagita Slavina dan Caca Tengker, selalu terlihat hangat dalam berbagai momen. Keduanya hanya terpaut usia 15 bulan loh.

Potret Kompak Selebriti Bersama Saudara Perempuannya. (Sumber: Instagram.com/cacatengker)
Potret Kompak Selebriti Bersama Saudara Perempuannya. (Sumber: Instagram.com/cacatengker)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Fakta Fenomena Gerhana Matahari Cincin Minggu 21 Juni

Posted: 19 Jun 2020 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gerhana matahari cincin akan terjadi Minggu, 21 Juni 2020. Sayang tak seluruh wilayah Indonesia bisa menikmatinya.

Menurut Peneliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Rhorom Priyatikanto, Indonesia hanya bisa melihat sebagian fenomena alam ini saat negara lain menyaksikan gerhana matahari cincin.

"Akan terjadi gerhana matahari cincin pada 21 Juni 2020, tapi tak terlihat dari wilayah Indonesia. Indonesia hanya bisa menyaksikan gerhana matahari sebagian dari wilayah utara Indonesia," ujar Rhorom.

Melansir informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), di Indonesia, Aceh akan mengalami gerhana lebih dulu. Di Sabang, Aceh bisa terjadi pada pukul 13.16 WIB.

Waktu puncak fenomena gerhana matahari sebagian ini akan berbeda-beda pada setiap daerahnya.

Gerhana matahari cincin terjadi ketika bulan terlalu jauh dari bumi sehingga tidak sepenuhnya menutupi Matahari. Ini menghasilkan cincin cahaya di sekitar Bulan yang gelap. Korona Matahari tidak terlihat selama gerhana cincin.

Berikut sejumlah hal terkait gerhana matahari cincin yang akan terjadi pada Minggu, 21 Juni 2020 dihimpun Liputan6.com:

Indonesia Hanya Lihat Gerhana Matahari Sebagian

Gerhana Matahari Cincin. (Liputan6.com)
Gerhana Matahari Cincin. (Liputan6.com)

Indonesia hanya bisa melihat gerhana matahari sebagian saat negara lain menyaksikan gerhana matahari cincin pada Minggu, 21 Juni 2020 mendatang.

Hal ini disampaikan oleh Peneliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Rhorom Priyatikanto.

"Akan terjadi gerhana matahari cincin pada 21 Juni 2020, tapi tak terlihat dari wilayah Indonesia. Indonesia hanya bisa menyaksikan gerhana matahari sebagian dari wilayah utara Indonesia," ujar Rhorom

Negara yang Bisa Lihat Gerhana Matahari Cincin

Burung camar terbang di pantai saat gerhana matahari parsial di Kuwait City, Kuwait, Kamis (26/12/2019). Gerhana matahari yang terjadi pada hari ini dapat diamati dari sejumlah wilayah mulai Afrika timur, seluruh Asia, Samudera India, dan Australia utara. (YASSER AL-ZAYYAT/AFP)
Burung camar terbang di pantai saat gerhana matahari parsial di Kuwait City, Kuwait, Kamis (26/12/2019). Gerhana matahari yang terjadi pada hari ini dapat diamati dari sejumlah wilayah mulai Afrika timur, seluruh Asia, Samudera India, dan Australia utara. (YASSER AL-ZAYYAT/AFP)

Rhorom mengatakan, gerhana matahari cincin yang akan terjadi itu bisa disaksikan di negara Arab Saudi, Pakistan, India, Tiongkok, dan Taiwan.

Melansir informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), wilayah yang terlewati jalur cincin pada gerhana matahari cincin pada Minggu, 21 Juni 2020 itu antara lain Kongo, Sudan Selatan, Ethiopia, Yaman, Oman, Pakistan, dan Samudera Pasifik.

"GMC 21 Juni 2020 ini juga dapat diamati di sedikit Afrika bagian Utara dan Timur, Asia (termasuk Indonesia), Samudra India, sebagian negara Eropa, Australia bagian Utara, dan Samudera Pasifik berupa Gerhana Matahari Sebagian," jelas BMKG dalam keterangan tertulisnya dalam laman www.bmkg.go.id.

Wilayah di Indonesia yang Beruntung

Ilustrasi Gerhana Matahari Cincin Credit: pexels.com/Joonas
Ilustrasi Gerhana Matahari Cincin Credit: pexels.com/Joonas

Menurut penjelasan BMKG, gerhana matahari cincin ini akan melewati 432 pusat kota dan kabupaten di 31 provinsi berupa gerhana matahari sebagian.

Dengan magnitudo terentang antara 0,000 di Kepanjen, Jawa Timur sampai dengan 0,522 di Melonguane, Sulawesi Utara.

"Adapun di 83 pusat kota lainnya, yaitu dua kota di Bengkulu, tujuh kota di Lampung, sepuluh kota Jawa Tengah, dan tujuh kota di Jawa Timur, serta semua kota di Jawa Barat (terkecuali Indramayu), Banten, DKI Jakarta, dan DI Yogyakarta tidak akan dilalui gerhana ini, karena nilai magnitudo gerhananya kurang dari 0. Karena itu seluruh fase gerhana di kota-kota ini tidak akan teramati," papar BMKG.

Sementara itu, tujuh kota di Papua, tidak dapat mengamati puncak gerhana dan kontak akhir mengingat saat kedua fase ini terjadi, mataharinya sudah terbenam.

"50 kota yang tersebar di Papua, Papua Barat, dan sebagian besar Maluku tidak akan mengamati kontak akhir," tulis BMKG.

Waktu Gerhana Matahari di Indonesia

Menyambut Gerhana Matahari Cincin September 2016
Menyambut Gerhana Matahari Cincin September 2016

Di Indonesia, Aceh akan mengalami gerhana matahari cincin lebih dulu. Di Sabang, Aceh, bisa terjadi pada pukul 13.16 WIB. Perlu diketahui, puncak gerhana di beberapa daerah akan berbeda waktunya.

Adapun kota yang akan mengalami waktu puncak paling akhir yaitu Agats, Papua pada pukul 17.37 WIT.

Kontak akhir paling awal akan terjadi di Tais, Bengkulu yang terjadi pukul 15.06 WIB dan waktu kontak akhir paling akhir akan terjadi di Melonguane, Sulawesi Utara, pada pukul 17.31 WITA.

Berikut 31 provinsi di Indonesia yang alami gerhana matahari cincin:

1. Aceh (puncak gerhana pukul 14.40 WIB)

2. Sumatera Utara (puncak gerhana pukul 14.48 WIB)

3. Sumatera Barat (puncak gerhana pukul 14.54 WIB)

4. Riau (puncak gerhana pukul 14.57 WIB)

5. Bengkulu (puncak gerhana pukul 14.59 WIB)

6. Jambi (puncak gerhana pukul 15.00 WIB)

7. Kepulauan Riau (puncak gerhana pukul 15.06 WIB)

8. Sumatera Selatan (puncak gerhana pukul 15.04 WIB)

9. Lampung (puncak gerhana pukul 15.07 WIB)

10. Kepulauan Bangka Belitung (puncak gerhana pukul 15.10 WIB)

11. Jawa Barat (puncak gerhana pukul 15.14 WIB)

12. Jawa Tengah (puncak gerhana pukul 15.18 WIB)

13. Jawa Timur (puncak gerhana pukul 15.21 WIB)

14. Kalimantan Barat (puncak gerhana pukul 15.17 WIB)

15. Kalimantan Tengah (puncak gerhana pukul 15.22 WIB)

16. Kalimantan Selatan (puncak gerhana pukul 16.25 WITA)

17. Kalimantan Timur (puncak gerhana pukul 16.26 WITA)

18. Kalimantan Utara (puncak gerhana pukul 16.25 WITA)

19. Bali (puncak gerhana pukul 16.24 WITA)

20. Nusa Tenggara Barat (puncak gerhana pukul 16.27 WITA)

21. Nusa Tenggara Timur (puncak gerhana pukul 16.27 WITA)

22. Sulawesi Barat (puncak gerhana pukul 16.29 WITA)

23. Sulawesi Selatan (puncak gerhana pukul 16.30 WITA)

24. Sulawesi Tengah (puncak gerhana pukul 16.30 WITA)

25. Sulawesi Tenggara (puncak gerhana pukul 16.32 WITA)

26. Gorontalo (puncak gerhana pukul 16.31 WITA)

27. Sulawesi Utara (puncak gerhana pukul 16.32 WITA)

28. Maluku Utara (puncak gerhana pukul 17.34 WIT)

29. Maluku (puncak gerhana pukul 17.35 WIT)

30. Papua Barat (puncak gerhana pukul 17.36 WIT)

31. Papua (puncak gerhana pukul 17.37 WIT).

Fase Kemunculan Gerhana Matahari Cincin

Banner Infografis Gerhana Matahari Cincin. (Liputan6.com/Abdillah)
Banner Infografis Gerhana Matahari Cincin. (Liputan6.com/Abdillah)

Gerhana dimulai saat kontak pertama atau kontak awal terjadi, yaitu ketika piringan bulan, yang ditampilkan berupa lingkaran abu-abu, mulai menutupi piringan matahari, yang ditampilkan berupa lingkaran berwarna kuning.

Seiring berjalannya waktu, piringan matahari yang tergerhanai akan semakin besar hingga akhirnya seluruh Bulan mulai menutupi piringan Matahari.

Waktu saat peristiwa ini terjadi disebut Kontak Kedua dan akan berakhir saat seluruh piringan bulan terakhir kali menutupi piringan matahari, yaitu saat kontak ketiga.

Setelah kontak ketiga dilalui, piringan matahari yang tampak tergerhanai akan semakin kecil hingga akhirnya bulan terakhir kali menutupi piringan matahari, yaitu saat kontak keempat atau kontak akhir.

Lama waktu dari kontak kedua hingga kontak ketiga di atas tersebut disebut sebagai durasi cincin atau fase cincin, yang lama waktunya bervariasi dari satu kota ke kota lainnya.

Sementara waktu dari kontak awal hingga kontak akhir disebut sebagai durasi gerhana dan lama waktunya juga bervariasi dari satu kota ke kota lainnya.

Berbeda dengan durasi cincin yang hanya ada di lokasi yang terlewati jalur cincin, durasi gerhana akan ada di semua lokasi, baik yang terlewati antumbra Bulan maupun yang hanya terkena penumbranya.

Cara Lihat Gerhana Matahari

Gerhana Matahari Cincin sempurna di langit Tanjung Pinang, mengulang sejarah 135 tahun lalu. (foto: Liputan6.com/ajang nurdin)
Gerhana Matahari Cincin sempurna di langit Tanjung Pinang, mengulang sejarah 135 tahun lalu. (foto: Liputan6.com/ajang nurdin)

Peneliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Rhorom Priyatikanto menuturkan, gerhana matahari bisa dilihat menggunakan filter khusus yang dapat menepis 99,999 persen cahaya matahari yang membahayakan mata. Kacamata las juga dapat dipakai untuk mengamati gerhana matahari.

"Yang paling aman adalah melihatnya dari layar HP (handphone) atau komputer dengan cara mencari pengamat yang melakukan video streaming, melalui YouTube misalnya," tutur Rhorom yang juga merupakan Peneliti Astronomi dan Astrofisika pada Pusat Sains Antariksa Lapan itu.

Dia menegaskan, agar aman saat mengamati gerhana matahari, maka dapat menggunakan beragam peralatan.

Peralatan itu seperti kamera pinhole atau kamera lubang jarum, kacamata matahari, binokular atau teleskop, dan kamera DSLR.

Cara tidak aman melihat gerhana yaitu dengan melihat matahari secara langsung, melihat langsung melalui pantulan air dan cermin, dan melihat menggunakan kacamata biasa, kacamata baca, serta kacamata 3D.

 

Disadur dari: Kanal News Liputan6.com (Penulis: Devira Prastiwi, Editor: Rita Ayuningtyas, published 19/6/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Pembelaan Eks Menpora Imam Nahrawi Usai Dituntut 10 Tahun Penjara

Posted: 19 Jun 2020 08:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mantan menteri olahraga (Menpora) Imam Nahrawi dituntut 10 tahun penjara atas kasus suap dana hibah KONI dari pemerintah melalui Kemenpora.

Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga meminta hakim mencabut hak politik Imam Nahrawi setelah 5 tahun menjalani masa pidana pokok.

Jaksa meyakini Imam secara sah dan meyakinkan telah melakukan tindak pidana korupsi suap Rp 11,5 miliar bersama mantan asisten pribadinya, Miftahul Ulum.

Mantan Menpora Imam Nahrawi juga dinilai telah menerima gratifikasi.

"Menjatuhkan pidana tambahan terhadap terdakwa Imam Nahrawi untuk membayar uang pengganti kepada negara sebesar Rp 19.154.203.882," ujar jaksa KPK Ronald Worotikan, di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Jumat, 12 Juni 2020.

Imam Nahrawi lantas mengajukan pleidoi atas tuntutan jaksa tersebut, Jumat 19 Juni 2020.

Pada nota pembelaannya, Imam merasa dikorbankan. Dia kemudian berusaha menjelaskan sejumlah aliran dana dalam kasus itu, termasuk menyebut penerimaan uang oleh mantan pebulu tangkis Taufik Hidayat.

Imam juga mengajukan diri sebagai justice collaborator. Berikut sederet pembelaan Imam Nahrawi dalam pleidoinya:

Singgung Kembali soal Taufik Hidayat

Menpora, Imam Nahrawi, menyaksikan pertandingan hari ketiga Indonesia Open 2017 di JCC, Senayan, Rabu (14/6/2017). Menpora didampingi staf khusus bidang olahraga Taufik Hidayat yang juga legenda bulu tangkis Indonesia. (Bola.com/ M Iqbal Ichsan)
Menpora, Imam Nahrawi, menyaksikan pertandingan hari ketiga Indonesia Open 2017 di JCC, Senayan, Rabu (14/6/2017). Menpora didampingi staf khusus bidang olahraga Taufik Hidayat yang juga legenda bulu tangkis Indonesia. (Bola.com/ M Iqbal Ichsan)

Imam Nahrawi sebut Taufik Hidayat pernah menerima uang Rp 7 miliar dan Rp 800 juta. Uang tersebut untuk pengurusan perkara di Kejaksaan Agung.

"Untuk pengurusan perkara di Kejaksaan Agung," ungkap Imam saat membacakan pleidoi di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jumat, 19 Juni 2020.

Imam tak merinci lebih jauh terkait penerimaan Rp 7,8 miliar oleh Taufik. Menurut dia, dirinya sudah menyampaikan hal tersebut kepada penyidik. Namun Imam heran hal tersebut tak diungkap lebih jauh oleh penyidik.

"Entah ke mana dan mengapa itu hilang tanpa kejelasan. Itu hilang seolah-olah tenggelam, entah mengapa dan ke mana," kata Imam.

Imam mengatakan seharusnya Taufik juga harus dijerat sebagai tersangka. Apalagi, Taufik sudah mengakui sebagai perantara.

Dengan pengakuannya tersebut, Imam menyebut sejatinya pihak lembaga antirasuah bisa menjerat Taufik Hidayat. Imam mempertanyakan cara pandang yang digunakan lembaga antikorupsi untuk menjerat seorang sebagai tersangka.

"Seharusnya bila ini dipaksakan menjadi perkara suap, secara logika Taufik Hidayat juga menjadi tersangka suap sebagai perantara, tidak pandang beliau mengerti atau tidak uang itu harus diapakan dan dikemanakan," kata Imam.

 

Merasa Dikorbankan

JPU KPK menuntut Imam agar divonis selama 10 tahun penjara ditambah denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan karena dinilai terbukti menerima suap senilai Rp 11,5 miliar dan gratifikasi sebesar Rp 8,648 miliar dari sejumlah pejabat Kemenpora dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Dia pun merasa dikorbankan.

"Sesungguhnya siapa yang bersengkokol untuk mensangkakan dan mendakwakan saya menjadi pesakitan. Apakah untuk menutup hal lain, hal yang lebih besar dengan mengorbankan saya sebagai terdakwa. Sangat jelas di fakta sidang menyebut ada instiusi kejaksaan yang dialiri dana dari KONI dan bukti rekaman menyebut oknum-oknum BPK, Kementerian Keuangan yang sama sekali tidak ditanya dan diungkap," tambah Imam seperti dikutip dari Antara.

Selain vonis penjara dan denda, JPU KPK juga mewajibkan Imam Nahrawi membayar uang pengganti sebesar Rp 19.154.203.882 yaitu sejumlah suap dan gratifikasi yang dinikmati Imam yang bila tidak dibayar diganti pidana penjara selama 3 tahun.

Selanjutnya JPU KPK meminta pencabutan hak politik Imam selama 5 tahun setelah selesai menjalani pidana pokoknya.

 

Ajukan Diri sebagai Justice Collaborator

Terdakwa mantan Menpora Imam Nahrawi saat sidang pembacaan pledoi atau pembelaan secara online di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (19/6/2020). Sebelumnya, Imam Nahrawi dituntut 10 tahun penjara dan denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan terkait dugaan suap dana hibah KONI. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Terdakwa mantan Menpora Imam Nahrawi saat sidang pembacaan pledoi atau pembelaan secara online di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (19/6/2020). Sebelumnya, Imam Nahrawi dituntut 10 tahun penjara dan denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan terkait dugaan suap dana hibah KONI. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Untuk membantu KPK dalam mengungkap kasus dana hibah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) atau disebut justice collaborator (JC), Imam Nahrawi mengajukan diri sebagai justice collaborator (JC)..

"Demi Allah demi Rasulullah, saya akan membantu majelis hakim yang mulia, jaksa penuntut umum dan KPK untuk mengungkap perkara duit Rp 11 miliar itu, kabulkanlah saya sebagai JC," kata Imam saat membacakan nota pembelaan (pledoi) di gedung KPK Jakarta, Jumat, 19 Juni 2020.

Sidang dilakukan melalui sarana video conference, Imam Nahrawi berada di gedung KPK sedangkan jaksa penuntut umum (JPU) KPK, majelis hakim dan sebagian penasihat hukum berada di pengadilan Tipikor Jakarta.

Bersumpah Tak Tahu soal Suap

Imam dalam nota pembelaannya mengaku tidak pernah melakukan persengkongkolan jahat untuk mendapat uang suap dan gratifikasi. Dia pun berani bersumpah atas pengakuannya tersebut.

"Saya sudah bersumpah di atas Alquran bahwa saya tidak tahu menahu, tidak meminta, tidak memerintahkan, tidak menerima bahkan demi Allah saya tidak terlibat dalam persekongkolan jahat ke mana duit Rp 11 miliar itu," ungkap Imam.

Menurut Imam, mantan asisten pribadinya Miftahul Ulum sudah membuka ke mana arah uang Rp 11 miliar itu mengalir tapi tidak dijadikan dasar mengungkap fakta yang jujur dan sebenarnya.

"Apakah ini tidak lanjut dari istilah persekongkolan jahat yang harus dan wajib disematkan pada pundak Imam Nahrawi? Sebagai terdakwa saya mohon berulang kali dikonfritir dengan saksi Hamidy, Johnny, Lina Nurhasanah, Miftahul Ulum untuk mengungkap aliran dana Rp11,5 miliar agar suap KONI terang benderang tapi JPU tidak mengabulkan dengan alasan waktu," tambah Imam.

Imam pun minta dibebaskan dari semua tuntutan JPU KPK. Dia juga meminta agar majelis hakim memulihkan nama baik dan harga dirinya.

"Saya mohon dibebaskan dari semua tuntutan jaksa penuntut umum KPK dan tuntutan jaksa penuntut umum KPK dan saya memohon dengan sangat agar dipulihkan nama baik dan harga diri saya untuk saya bisa bebas kembali ke tengah-tengah hangatnya keluarga, melanjutkan pengabdian di medan juang dan terus mengupayakan prestasi tanah air semakin menjulang tinggi dan mengharumkan nama Indonesia menjadi macan Asia," kata Imam.

 

Minta KPK Ungkap Persekongkolan Jahat di KONI

Sedangkan untuk nama-nama yang terungkap di persidangan yang menerima dana suap yang bersumber dari dana hibah KONI Pusat, Imam meminta untuk segera ditindaklanjuti.

"Saya memohon kepada penyidik KPK dan JPU untuk segera menindaklanjuti persekongkolan jahat yang ada di KONI Pusat agar tidak ada lagi muncul korban seperti saya," tambah Imam.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Pemotretan Caesar Hito dan Felicya Angelista Pakai Busana Korea

Posted: 19 Jun 2020 08:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pasangan selebriti Caesar Hito dan Felicya Angelista belakangan ini kerap melakukan berbagai pemotretan. Dalam pemotretan tersebut tentunya dalam rangka prewedding.

Akibat pandemi Corona Covid-19 keduanya pun harus menunda pernikahan hingga saat ini dan keduanya masih melakukan berbagai tema pemotretan. Baru-baru ini pun keduanya melakukan pemotretan bersama FD Photography.

Momen ini pun diunggah oleh Felicya Angelista dalam channel YouTubenya Felicya Angellista, Rabu (17/6/2020). Kali ini pasangan seleb ini lakukan pemotretan dengan busana Korea.

Dikarenakan belum bisa ke Korea, saat ini keduanya melakukan pemotretan dahulu di Pantai Indah Kapuk bersama FD Photography dengan busana Korea.

Berikut 7 pemotretan Caesar Hito dan Felicya Angelista yang Liputan6.com kutip dari YouTube Felicya Angelista, Sabtu (20/6/2020).

1. Bagi potret Caesar Hito dan Felicya Angelista usai makeup dan siap untuk pemotretan.

Caesar Hito dan Felicya Angelista (Sumber: YouTube/Felicya Angellista)
Caesar Hito dan Felicya Angelista (Sumber: YouTube/Felicya Angellista)

2. Keduanya pun nampak luwes saat mengenakan busana tradisional Korea.

Caesar Hito dan Felicya Angelista (Sumber: YouTube/Felicya Angellista)
Caesar Hito dan Felicya Angelista (Sumber: YouTube/Felicya Angellista)

3. Meski belum bisa ke Korea karena pandemi, keduanya pun putuskan untuk lakukan pemotretan dengan busana Korea dahulu.

Caesar Hito dan Felicya Angelista (Sumber: YouTube/Felicya Angellista)
Caesar Hito dan Felicya Angelista (Sumber: YouTube/Felicya Angellista)

4. Momen pemotretan ini pun terlihat kocak, karena dalam pengambilan gambarnya keduanya saling bercanda.

Caesar Hito dan Felicya Angelista (Sumber: YouTube/Felicya Angellista)
Caesar Hito dan Felicya Angelista (Sumber: YouTube/Felicya Angellista)

5. Pose-pose romantis dan lucu pun dilakukan oleh pasangan pesinetron ini.

Caesar Hito dan Felicya Angelista (Sumber: YouTube/Felicya Angellista)
Caesar Hito dan Felicya Angelista (Sumber: YouTube/Felicya Angellista)

6. Tanggal menikah saja diundur, Caesar Hito malah pengen foto maternity shoot.

7. Banyak dari netizen yang memuhi kolom komentar YouTube agar keduanya bisa lancar pada hari pernikahannya

Caesar Hito dan Felicya Angelista (Sumber: YouTube/Felicya Angellista)
Caesar Hito dan Felicya Angelista (Sumber: YouTube/Felicya Angellista)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gibran: Saya Yakin Bu Megawati Bakal Pilih Calon yang Elektabilitasnya Tinggi

Posted: 19 Jun 2020 08:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gibran Rakabuming Raka mengaku belum mengetahui kabar terkait turunnya rekomendasi bakal calon wali kota maupun wakil wali kota untuk Pilkada Solo 2020. Putra sulung Presiden Joko Widodo itu memilih fokus pada kegiatan kemanusiaan di tengah pandemi covid-19.

Kendati demikian, ia yakin jika Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri akan memilih bakal calon wali kota yang mempunyai elektabilitas tinggi dan sesuai hasil survei.

"Saya yakin dan saya garis bawahi juga, nanti yang dipilih Ibu Ketua Umum (DPP PDIP) pasti adalah calon yang menurut survei elektabilitasnya tinggi," ujar Gibran di sela kegiatan blusukan di Kecamatan Laweyan, Solo, Jumat (19/6/2020).

"Jadi bukan karena ini, karena itu, pasti ada angka-angkanya. Yang dipilih pasti yang terbaik, pasti sesuai survei, elektabilitasnya berapa," katanya lagi.

Gibran menyampaikan, dirinya terus menjalin komunikasi dengan petinggi DPP PDIP. Namun komunikasi tersebut bukan terkait rekomendasi.

"Kalau komunikasi saya intens, tapi bukan soal rekomendasi. Biasanya hanya laporan-laporan kegiatan atau apa. Kalau komunikasi intens terus. Tapi kalau membahas rekomendasi, membahas Pilkada, nanti dulu lah. Itu nanti saya serahkan kepada Ibu Ketua Umum," tandasnya.

 

Gibran Belum Tahu

Terkait beredarnya kabar di sejumlah media yang menyebutkan bahwa Megawati sudah menandatangani surat rekomendasi untuk dirinya, Gibran mengaku belum mengetahuinya.

"Kata siapa? Kita tunggu saja berita resmi dari Ibu Ketua Umum. Saya nggak berani mendahului. Yang jelas kita sekarang masih fokus kegiatan kemanusiaan," jelas Gibran.

Reporter : Arie Sunaryo

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Akhir Pekan: Mal vs Pasar Tradisional, Mana Lebih Aman?

Posted: 19 Jun 2020 08:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sekian banyak mal mulai kembalii beroperasi di sejumlah daerah sebagai adaptasi new normal. Mereka sudah mempersiapkan diri dengan tetap memerhatikan serangkaian protokol kesehatan.

Mal mewajibkan pengunjung menggunakan masker, di samping menyiapkan tempat cuci tangan, serta melakukan pengecekan suhu tubuh pengunjung. Pihaknya juga mempersiapkan petugas di setiap pintu dan mengimbau pengunjung menjalankan protokol kesehatan.

"Protokol ini wajib dijalankan dengan kedisiplinan, lho! Mulai dari pintu masuk, saat berada di dalam mall hingga keluar dari area mall," tulis akun Summarecon Mall Bekasi (SMB), Kamis, 18 Juni 2020.

Dalam video yang dibagikan melalui akun Instagram @summareconmal.bekasi, ada aturan yang harus diterapkan pada pengunjung, seperti scan QR code terlebih dahulu sebelum masuk ke mal menggunakan kamera pengunjung. Hal tersebut juga berlaku saat keluar dari mal.

Di samping itu, pengunjung harus menjaga jarak dengan pengunjung lain dan harus menggunakan masker saat berada di area mal. Aturan jaga jarak juga berlaku di dalam mal, termasuk di area makan maupun ibadah.

Protokol kesehatan juga diberlakukan bagi semua yang bekerja di Summarecon Mall Bekasi. Untuk keamanan dan kenyamanan, SMB juga melakukan pembersihan dan penyemprotan disinfektan secara rutin dan berkala, tak hanya di dalam mal, tapi juga area outdoor.

Selain membatasi jumlah pengunjung, pembayaran juga disarankan untuk melakukan secara nontunai.

Bagaimana dengan Pasar?

Ilustrasi – Suasana pasar tradisional Karangpucung, Cilacap, Jawa Tengah. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)
Ilustrasi – Suasana pasar tradisional Karangpucung, Cilacap, Jawa Tengah. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Seperti mal, pengunjung pasar sebenarnya juga harus disiplin menjalankan protokol kesehatan.

"Kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan sangat penting agar tetap aman. Namun, hal itu tidak sepenuhnya dilakukan para pengunjung, seperti banyak yang tidak menggunakan masker," kata Wakil Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI), Ngadiran, saat dihubungi Liputan6.com, Jumat, 19 Juni 2020.

"Lihat saja di pasar-pasar, banyak orang yang bandel tidak pakai masker," imbuhnya. 

Berbeda dengan mal, tempat-tempat para pedagang pasar berjualan pun saling berdekatan dan sempit. Begitu pun dengan ruas jalan antara pedagang satu dengan yang lain.

"Kalau mal kan ruangan-ruangannya segede gaban (sangat besar), kalau pasar sempit. Ya, apakah dengan kondisi itu, pasar harus dibongkar? Kan, tidak, karena kondisinya memang seperti itu," ucap Ngadiran.

Selain itu, jumlah pengurus pasar tidak sebanyak mal. Dengan begitu, tidak mudah untuk membatasi jumlah pengunjung pasar.

"Pintu masuk dan pintu keluar harus diatur dan dijaga, bukan hanya pengelola dan pedagang, tapi dari Pemda terkait, seperti Satpol PP dan satuan lain harus saling bekerja sama," ujar Ngadiran.

Dengan kondisi seperti itu, Ngadiran menolak pasar dijadikan kambing hitam sebagai lokasi tak aman akibat adanya kasus positif Covid-19. Bagi Ngadiran, transmisi virus corona baru bisa terjadi di mana saja, tak hanya pasar, tapi juga bisa di mal, rumah ibadah, dan tempat lain.

"Kan banyak mereka yang sudah menggunakan APD, masker, dan berada di tempat yang bersih, seperti dokter, tapi mereka positif Covid-19," tandas Ngadiran.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Satlantas Polres Bogor Siap Terjunkan 100 Personel di Jalur Puncak

Posted: 19 Jun 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menerjunkan 100 personel, Satlantas Polres Bogor siap mengatur arus lalu lintas di Jalur Puncak. Hal ini tak terlepas dari wisatawan asal Jakarta dan daerah sekitar yang diprediksi akan memadati daerah wisata.

Kasat Lantas Polres Bogor AKP Fitra Zuanda mengatakan, pengamanan di Jalur Puncak akan diperketat karena beberapa tempat wisata seperti Taman Safari Indonesia (TSI) telah dibuka.

"Sabtu Minggu tetap ya 2/3 personel sekitar seratusan. Kami tetap melakukan pengamanan di Jalur Puncak, soalnya informasi tempat wisata seperti Taman Safari sudah buka. Kita siapkan pengamanan dengan mengedepankan SOP protokol kesehatan," kata Fitra dilansir Korlantas Polri.

Selain jalan utama, jalur tikus di kawasan Puncak juga akan menjadi perhatian, terlebih video yang memperlihatkan kepadatan di akhir pekan lalu sempat viral.

"Kita siapkan pengamanan supaya tidak terjadi lagi seperti viral kemarin. Kita upayakan supaya tidak terjadi lagi. Jalur tikus kita lakukan penyekatan personel tetapi tentatif melihat situasi di lapangan seperti juga sistem oneway," jelas Fitra.

Tempat Wisata

Selain itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan pengelola hotel, restoran dan tempat wisata untuk mengatur wisatawan agar lebih teratur dan menerapkan protokol kesehatan.

"Kita koordinasi (tempat wisata) dengan protokol kesehatan supaya diatur dengan baik," tandasnya.

Tetap Terapkan Protokol Kesehatan Saat Naik Ojek Online

Sesuai keputusan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, ojek online sudah bisa mengangkut penumpang di masa PSBB transisi mulai hari ini, 8 Juni 2020.

Melihat aplikasi, layanan angkut penumpang pada Gojek dan Grab Bike sudah bisa diakses seperti biasanya. Meski demikian ada beberpa imbauan yang harus diperhatikan penumpang di tengah Pandemi saat ini.

 

Seperti dilansir laman resmi Gojek, penumpang diimbau untuk menggunakan helm sendiri untuk meminimalisasi terjadinya penularan virus Corona Covid-19.

Namun, pengemudi tetap menyediakan helm apabila penumpang tak memilikinya.

"Jika menggunakan helm Go-Ride, sanitasi tangan dengan pembersih mengandung alkohol minimal 60 persen sebelum dan sesudah pemakaian," tulis anjuran tersebut.

Penumpang dan pengemudi juga harus menggunakan masker saat berkendara, menutup mulut dan hidung dengan siku bagian dalam saat batuk, tak menyentuh wajah selama perjalanan, cuci tangan dengan air dan sabun minimal 20 detik sesudah berkendara, serta melakukan pembayaran cashless untuk meminimalisasi kontak langsung dengan orang lain.   

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deretan Direksi dan Komisaris Milenial BUMN, Siapa Saja?

Posted: 19 Jun 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ikrar Menteri BUMN Erick Thohir dalam meremajakan perusahaan pelat merah semakin terbukti dengan mengangkat Fajrin Rasyid ke dalam jajaran direksi PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk.

Pria yang baru berusia 34 tahun tersebut dilantik sebagai Direktur Digital Telkom dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) perseroan, Jumat 19 Juni 2020.

Fajrin Rasyid terpilih lantaran ia merupakan sosok yang tak asing lagi di industri digital Tanah Air. Dirinya bersama Achmad Zaky dan Nugroho telah mendirikan Bukalapak sejak 2010. Posisinya semakin dipertegas kala menjabat Presiden Bukalapak pada Juni 2018.

Atas dasar tersebut, Erick Thohir pun mantap akan pilihannya. "Saya sangat percaya perubahan ini dari usia muda. Telkom sendiri salah satunya, saya bocorkan salah satu direksinya usianya di bawah 40 tahun," ucap dia sebelum pengangkatan, seperti dikutip Sabtu (20/6/2020).

Sebelumnya, mantan pemilik Inter Milan ini juga telah menarik sejumlah kelompok milenial untuk masuk ke dalam jajaran komisaris perusahaan BUMN. Seperti Fadli Rahman, pemuda 33 tahun yang didapuk sebagai Komisaris di PT Pertamina Hulu Energi sejak 20 Januari 2020.

Fadli Rahman bukan satu-satunya komisaris BUMN yang berasal dari generasi muda. Erick juga mengangkat Adrian Zakhary (32 tahun) sebagai Komisaris PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII.

Kemudian ada M Arief Rosyid Hasan (33 tahun) yang kini menjadi Komisaris Independen Bank Mandiri Syariah, serta Septian Hario Seto (36) selaku Komisaris PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Sebelumnya, Septian merupakan mantan Staf Khusus Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan periode 2018-2020.

 

Tak Tebang Pilih

Menteri BUMN Erick Thohir saat rapat bersama DPR di Ruang Pansus B Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (13/5/2020). Rapat membahas antisipasi skema penyelamatan perbankan akibat COVID-19 ini juga diikuti Gubernur BI, Pimpinan BIN, hingga Pimpinan KPK. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Menteri BUMN Erick Thohir saat rapat bersama DPR di Ruang Pansus B Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (13/5/2020). Rapat membahas antisipasi skema penyelamatan perbankan akibat COVID-19 ini juga diikuti Gubernur BI, Pimpinan BIN, hingga Pimpinan KPK. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Tapi, Erick ternyata tidak tebang pilih dalam mengajak kaum milenial masuk ke perusahaan BUMN. Sebab, ia juga pernah mencopot seorang pemuda dari posisi direksi di sebuah perusahaan pelat merah besar.

Pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk 2020, dia menurunkan Ario Bimo yang sempat dielukan sebagai direktur milenial pertama di BNI.

Rentang masa jabatannya juga terhitung pendek. Ario diangkat sebagai Direktur Keuangan BNI melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 30 Agustus 2019. Kala itu, usia Ario pun masih 38 tahun.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jubir COVID-19: Disiplin Cegah Virus Corona, Penularan Penyakit Lain Juga Bisa Ditekan

Posted: 19 Jun 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Juru Bicara Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto mengatakan bahwa penerapan prokotokol kesehatan demi mencegah virus corona juga akan mencegah penyakit-penyakit lainnya.

Hal itu disampaikan Yuri dalam konferensi pers perkembangan penanganan COVID-19 dari Graha BNPB, Jakarta pada Kamis sore kemarin.

"Kami meyakini apabila ini menjadi sebuah kebiasaan yang baik dan terus terpelihara, maka bukan hanya COVID-19 yang bisa kita tekan penularannya," kata Yur, ditulis Jumat (19/6/2020).

"Penyakit-penyakit lan yang menginfeksi kita melalui saluran napas semisal influenza, TBC, pun bisa kendalikan dengan mekanisme ini. Difteri pun bisa kita kendalikan dengan cara ini," kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan itu menambahkan.

Cegah Penyakit di Saluran Pencernaan

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 di Indonesia, Achmad Yurianto saat konferensi pers Corona di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (28/5/2020). (Dok Badan Nasional Penanggulangan Bencana/BNPB)
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 di Indonesia, Achmad Yurianto saat konferensi pers Corona di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (28/5/2020). (Dok Badan Nasional Penanggulangan Bencana/BNPB)

Selain itu, selalu menjaga kebersihan tangan yang termasuk dalam salah satu cara mencegah COVID-19 juga bisa mencegah penyakit pada saluran pencernaan.

"Ini juga akan mengurangi kemungkinan terjadinya penularan penyakit yang masuk melalui saluran pencernaan yang menyebabkan diare, hepatitis, A, tifus, dan lain-lainnya," kata Yuri.

Maka dari itu, ia kembali meminta masyarakat untuk tetap mematuhi dan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan demi mencegah COVID-19.

Beberapa strategi yang selalu disosialisasikan adalah menjaga jarak saat berada di tempat umum, rutin mencuci tangan menggunakan air dan sabun, serta mengenakan masker ketika harus berkegiatan di luar rumah.

Saksikan juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: