Sabtu, 07 April 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Top 3: Zodiak Tercepat dalam Mengejar Cinta, Pilih Batu Ungkap Kepribadian

Posted: 07 Apr 2018 09:31 PM PDT

Jatuh cinta merupakan perasan yang menyenangkan. Meski begitu, meluapkan perasaan cinta kepada orang yang kita suka bukanlah merupakan hal yang mudah. Beberapa orang justru merasa malu dan diam-diam memendam rasa cinta mereka, hingga waktu yang lama.

Meski begitu, ada sejumlah orang yang memiliki karakter kuat. Mereka biasanya berjuang keras untuk mencapai hasrat cinta. Sehingga tak jarang, mereka terkenal bergerak cepat untuk mengejar orang yang mereka sukai sampai dapat.

Ternyata zodiak seseorang mampu lo mempengaruhi karakter seseorang dalam mendapatkan cinta. Mulai dari virgo hingga scorpio, berikut merupakan zodiak yang tercepat dalam mengejar cinta.

Artikel tentang zodiak tercepat dalam mendapatkan cinta menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Sementara itu, artikel kedua terpopuler yakni pilih batu yang disuka untuk ungkap kepribadian. Disusul dengan artikel kasus serangan hiu yang terburuk sepanjang sejarah menempati ketiga terpopuler.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 4 Zodiak Ini Tercepat dalam Mengejar Cinta, Kamu Termasuk?

 

ilustrasi kekasih (Pixabay)

Jika punya orang yang disukai, apakah Anda tipikal yang berhasrat untuk mendapatkannya? Apapun yang terjadi? Jika ya, mungkin zodiak Anda ada dalam daftar di bawah ini.

Zodiak-zodiak ini dikenal sangat cepat dalam bergerak mengejar orang yang dia sukai. Ada positifnya, namun di sisi lain ada negatifnya juga. Salah satunya dianggap terlalu agresif. Nah, zodiak apa saja yang jago banget mengejar cintanya? Ini daftarnya, seperti dilansir dari laman Boldsky.

Selengkapnya..

2. Pilih Batu yang Paling Disuka, Temukan Maknanya di Sini

Luangkan waktu untuk melihat keenam batu di atas. Tanpa berpikir terlalu keras, pilih mana yang paling Anda sukai.

Kepribadian bisa diungkap melalui berbagai cara. Salah satunya yakni melalui tes kepribadian. Dalam tes tersebut, biasnaya kita disuruh memilih mana hal yang paling kamu suka saat melihatnya pertama kali.

Seperti gambar berikut ini misalnya, luangkan sedikit waktumu untuk melihat keenam batu di atas. Tanpa berpikir terlalu keras, pilih mana yang paling Anda sukai. Jika sudah, berikut penjelasan atas pilihan Anda, seperti dilansir dari Dailyoccupation.

Selengkapnya..

3. Kasus Serangan Hiu Paling Buruk dalam Sejarah

(Foto: Pixabay)

Mendengar nama hiu, pasti membuat banyak orang ketakutan. Hewan laut tersebut terkenal mematikan dan mampu mengoyak tubuh manusia. Munculnya sernagan hiu tentunya akan selalu mencennagkan banyak orang.

Namun dari banyaknya kasus serangan hiu di dunia, para awak kapal USS Indianapolis disebut sebagai yang paling parah. Terombang-ambing di laut setelah kapal mereka karam, di tambah lagi harus bertarung nyawa dengan hiu putih pemangsa yang ganas.

Selengkapnya..

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Calon Ditahan KPK, Debat Pilkada Malang Tak Adu Program Transparansi

Posted: 07 Apr 2018 09:31 PM PDT

Tiga peserta Pilkada Kota Malang, Jawa Timur, saling adu program dalam debat publik yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat. Ketiganya tampak saling menjaga beban psikologis masing-masing, tak mengungkit ketidakhadiran dua calon wali kota.

Dua calon Wali Kota Malang yang tak hadir dalam debat Pilkada Kota Malang 2018 adalah M Anton dan Ya'qud Ananda Gudban. Keduanya sedang ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan sangkaan dugaan suap pembahasan APBD-P 2015.

Ketua KPU Kota Malang, Zainuddin mengatakan debat publik didesain agar menciptakan rasa nyaman terhadap para calon dengan sebelumnya mengundang masing-masing tim sukses untuk duduk bersama.

"Kami tak masuk ke wilayah materi pertanyaan untuk para calon. Karena ada tim perumus yang menyusun materinya," kata Zainuddin usai debat publik di Malang, Sabtu, 7 April 2018 malam.

Tim perumus materi debat beranggotakan enam orang dari perguruan tinggi berbeda. Seluruhnya sudah menandatangani pakta integritas, tak membocorkan materi debat ke kandidat. "Kalau sampai bocor bisa dibawa ke ranah hukum," ujar Zainuddin.

Debat yang berlangsung selama 90 menit itu seharusnya diikuti tiga pasangan calon wali kota dan wakil wali kota yakni Ya'qud Ananda Gudban-Wanedi, M Anton-Samsul Mahmud dan Sutiaji-Sofyan Edi Jarwoko. Praktiks dua calon wakil wali kota yakni Wanedi dan Samsul Mahmud hadir tanpa pendamping.

Meski demikian, pasangan Sutiaji-Sofyan Edi sama sekali tak menyinggung persoalan hukum yang membelit M Anton dan Ya'qud Ananda Gudban. Hanya saja Wanedi menyempatkan diri menyampaikan permintaan maaf atas ketidakhadiran calon wali kota pasangannya.

"Mohon maaf karena Bu Ya'qud Ananda Gudban tak bisa hadir. Mari bersama hargai asas praduga tak bersalah dan hormati proses hukum," kata Wanedi membuka pernyataan.

Program Transparansi Tak Muncul

Para pendukung kandidat Pilkada Kota Malang mendukung jagoannya saat debat publik (Liputan6.com/Zainul Arifin)

Saling jaga psikologis itu membuat ketiga calon tetap fokus pada adu program masing – masing. Mereka menjawab materi yang disiapkan oleh tim perumus. Dalam debat Pilkada Kota Malang itu tak muncul pertanyaan atau adu program penyelenggaraan pemerintahan yang transparan.

Materi pertanyaan debat disusun oleh enam tim panelis. Mereka antara lain, Sukardi dari Universitas Merdeka Malang, Asep Nurzaman dari Universitas Muhammadiyah Malang, Ngesti D Presetyo dari Universitas Brawojaya, Nasikh dari Univesitas Negeri Malang, Syaifullah dari Universitas Islam Negeri Malang dan Noor Sodiq dari Universitas Islam Malang.

"Kita tahu, suasana debat publik seperti ini pasti memberikan beban psikologis tersendiri pada tiap kandidat," kata Sukardi, koordinator tim panelis.

Materi debat yang disusun itu bermuara pada tiga tema besar yakni meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memajukan daerah serta meningkatkan pelayanan pada masyarakat. Semua calon sudah diberi kesempatan untuk memaparkan visi misi masing – masing.

Sukardi menyatakan, tim panel berkomitmen menjaga asas praduga tak bersalah. Sehingga melindungi peserta debat dengan tak menghadirkan pertanyaan yang bisa memunculkan kondisi tak nyaman bagi mereka. Serta tetap menjaga keteduhan Kota Malang.

"Kita jaga. Semua kandidat memunyai irama yang sama bahwa debat ini bukan saling menjatuhkan tapi adu program. Masyarakat pasti sudah tahu apa yang terjadi di Kota Malang," ujar Sukardi.

Para Kandidat Puas

Para calon peserta Pilkada Kota Malang berfoto bersama usai debat publik (Liputan6.com/Zainul Arifin)

Para peserta debat Pilkada Kota Malang itu tampak saling berpelukan usai debat. Mereka juga berfoto bersama saat masih berada di atas panggung. Mereka menyerahkan pada masyarakat atas program yang disampaikan ataupun saat diuji oleh calon lain dalam debat.

Calon Wakil Wali Kota Malang nomor urut 1 Ahmad Wanedi mengatakan masyarakat berhak menilai sendiri apa yang disampaikannya selama debat berlangsung. "Saya pribadi puas dengan debat ini. Apakah berjalan fair atau tidak, silakan masyarakat nilai sendiri," ujar Wanedi.

Calon Wakil Wali Kota Malang nomor urut 2 Syamsul Mahmud tak memungkiri semapt grogi sebelum debat dimulai. Meski demikian ia bersyukur proses berlangsung lancar. "Saya tak tahu apakah debat ini bisa memengaruhi popularitas dan elektabilitas," ujarnya.

Sedangkan Calon Wali Kota nomor urut 3 Sutiaji mengatakan ketidahadiran dua calon wali kota tak memengaruhi pelaksanaan pilkada. Sebab, semua calon tetap memiliki peluang sama besar. "Semua tetap punya peluang. Tapi saya yakin tahapan debat ini bisa memengaruhi para pemilih," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingin Dipakai Persija, Berapa Tarif Sewa Pakansari?

Posted: 07 Apr 2018 09:30 PM PDT

Tarif sewa Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, jauh berada di bawah Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat. Selisih harga yang signifikan ini mengundang Persija Jakarta untuk memakai stadion berkapasitas 30 ribu penonton tersebut.

Untuk sekali memakai Pakansari, Persija tidak harus merogoh kocek dalam-dalam. Tim berjuluk Macan Kemayoran ini hanya perlu menyiapkan Rp 77 juta sebagai tarif sewa plus Rp 200 juta sebagai uang jaminan.

Bandingkan dengan tarif sewa SUGBK. Stadion yang baru selesai direnovasi ini mematok harga hingga Rp 450 juta sekali pertandingan. Jumlah ini belum ditambah uang jaminan sebesar Rp 1,5 miliar. Jadi, uang yang wajib disetorkan Persija mencapai Rp 1,9 miliar.

"Tarif sewanya Rp 77 juta di Pergub (Peraturan Gubernur) Jawa Barat yang lama. Tapi, mau direvisi di Pergub baru. Akan naik tarifnya. Uang jaminan harus ada, Pergub lama juga ada uang jaminan," ujar Kepala Bidang Sarana Dan Prasarana (Kabidsarpras) Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bogor, Rudy Achadiat ketika dihubungi Liputan6.com.

"Uang jaminan itu titipan saja, menyimpan sekitar Rp 200 juta. Jadi total Rp 277 juta, bisa dipulangkan kembali (uang jaminan) kalau tidak terjadi kerusakan saja," katanya menambahkan.

Renovasi Pakansari

Persija ingin digunakan Stadion Pakansari. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Inasgoc sebagai panitia penyelenggara Asian Games 2018 telah memilih Pakansari sebagai venue partai final cabang olahraga (cabor) sepak bola. Arena ini terus mempercantik diri sebelum perhelatan multievent itu dimulai pada Agustus 2018.

Renovasi terhadap Pakansari ternyata tidak tergolong besar. Pemugaran hanya mencakup beberapa infrastruktur yang tidak memakan waktu banyak.

"Di antara seluruh stadion Jawa Barat, kami paling siap. Cuma paling saya meminta penggantian bench pemain. Ada perbaikan di ruang media, ada penambahan kursi media, di ruang konferensi pers juga. Tidak terlalu signifikan jika dibandingkan dengan Patriot (Bekasi), Jalak Harupat (Bandung), dan Wibawa Mukti (Bekasi), yang perbaikannya lumayan besar," tutur Rudy.

"Kalau Pakansari memang termasuk paling siap. Di 2017 juga sudah renovasi lumayan besar. Orang-orang survei juga bilang ini (Pakansari) sudah siap, dipoles dikit saja," ujarnya menambahkan.

Renovasi Belum Selesai

Adapun, renovasi Pakansari ternyata belum rampung sepenuhnya. Jika jadi dipakai Persija, Rudy mengatakan bahwa pemugaran tidak akan terganggu. "Tapi tidak terlalu berpengaruh," ucap Rudy.

"Renovasi belum selesai. Pakansari akan ada penambahan lampu. Lampu baru mulai direnovasi. Sekarang lampu baru 1400 lux. Target selesai 18 Juli. Tapi Pak Wakil Presiden, Jusuf Kalla meminta, Juni sudah harus selesai. Tapi Pakansari kan tidak banyak pekerjaan."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Antusiasme Pengunjung CFD Tukar Botol Bekas dengan Hadiah

Posted: 07 Apr 2018 09:26 PM PDT

Antrean warga saat menukarkan botol bekas di stan ENVIRUN selama hari bebas kendaraan atau car free day (CFD) di Jakarta, Minggu (8/4). Tiga botol bekas bisa ditukar dengan hadiah seperti bibit tanaman, tumbler, dan handuk. (Liputan6.com/Iqbal Nugroho)

Antrean warga saat menukarkan botol bekas di stan ENVIRUN selama hari bebas kendaraan atau car free day (CFD) di Jakarta, Minggu (8/4). Tiga botol bekas bisa ditukar dengan hadiah seperti bibit tanaman, tumbler, dan handuk. (Liputan6.com/Iqbal Nugroho)

Warga mengisi data saat menukarkan botol bekas di stan ENVIRUN selama hari bebas kendaraan atau car free day (CFD) di Jakarta, Minggu (8/4). Kegiatan ini untuk mengurangi sampah botol plastik yang semakin mencemari lingkungan. (Liputan6.com/Iqbal Nugroho)

Warga mengisi data saat menukarkan botol bekas di stan ENVIRUN selama hari bebas kendaraan atau car free day (CFD) di Jakarta, Minggu (8/4). Kegiatan ini untuk mengurangi sampah botol plastik yang semakin mencemari lingkungan. (Liputan6.com/Iqbal Nugroho)

Warga menukarkan botol bekas dengan hadiah di stan ENVIRUN selama hari bebas kendaraan atau car free day (CFD) di Jakarta, Minggu (8/4). (Liputan6.com/Iqbal Nugroho)

Warga menukarkan botol bekas dengan hadiah di stan ENVIRUN selama hari bebas kendaraan atau car free day (CFD) di Jakarta, Minggu (8/4). (Liputan6.com/Iqbal Nugroho)

Warga menerima handuk setelah menukarkan tiga botol plastik bekas di stan ENVIRUN selama hari bebas kendaraan atau car free day (CFD) di Jakarta, Minggu (8/4). (Liputan6.com/Iqbal Nugroho)

Warga menerima handuk setelah menukarkan tiga botol plastik bekas di stan ENVIRUN selama hari bebas kendaraan atau car free day (CFD) di Jakarta, Minggu (8/4). (Liputan6.com/Iqbal Nugroho)

Warga membawa botol bekas untuk ditukarkan dengan hadiah di stan ENVIRUN selama hari bebas kendaraan atau car free day (CFD) di Jakarta, Minggu (8/4). (Liputan6.com/Iqbal Nugroho)

Warga membawa botol bekas untuk ditukarkan dengan hadiah di stan ENVIRUN selama hari bebas kendaraan atau car free day (CFD) di Jakarta, Minggu (8/4). (Liputan6.com/Iqbal Nugroho)

Antrean warga saat menukarkan botol bekas dengan hadiah di stan ENVIRUN selama hari bebas kendaraan atau car free day (CFD) di Jakarta, Minggu (8/4). (Liputan6.com/Iqbal Nugroho)

Antrean warga saat menukarkan botol bekas dengan hadiah di stan ENVIRUN selama hari bebas kendaraan atau car free day (CFD) di Jakarta, Minggu (8/4). (Liputan6.com/Iqbal Nugroho)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tengok Aksi Menteri Rini Bersih-Bersih Ciliwung Naik Perahu Karet

Posted: 07 Apr 2018 09:23 PM PDT

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menggelar operasi bersih-bersih kali Ciliwung pada Minggu pagi. Aksi tersebut merupakan bagian dari perayaan ulang tahun Kementerian BUMN ke-20 dan ulang tahun beberapa perusahaan BUMN pada Maret hingga April.

Dari pantauan Liputan6.com di lokasi, Minggu (8/4/2018), Menteri Rini hadir sekitar pukul 07.00 pagi. Setelah sampai, ia kemudian memberi arahan di depan para undangan yang hadir serta menyerahkan secara simbolis bantuan.

Acara dilanjutkan dengan aksi bersih-bersih bersama di kali Ciliwung.

Dengan menggunakan pelampung dan helm, Menteri Rini menaiki perahu karet bersama beberapa direktur utama Perusahaan BUMN di Rindam Jaya, Jakarta Timur.

Wanita kelahiran 9 Juni 1958 ini tampak antusias melakukan kegiatan bersih-bersih. Menteri Rini juga memegang jaring untuk mengambil sampah di bantaran sungai.

"Ayo semangat, kita bersih-bersih sungai dulu," kata Menteri Rini.

 

Bos BUMN Juga Ikut

Menteri BUMN Rini Soemarno menggelar operasi bersih-bersih kali Ciliwung pada Minggu (8/4/2018) pagi.

Dalam perahu tersebut, Rini didampingi Direktur Utama BTN, Maryono, Direktur Utama Askrindo, Asmawi Syam, dan Direktur Utama PT Waskita Karya, I Gusti Ngurah Putra.

Menteri BUMN dan rombongan mulai menaiki perahu sekitar pukul 07.20 WIB dan diperkirakan menyusuri Kali Ciliwung selama 2 jam hingga sekitar pukul 09.30 WIB. Panjang Kali Ciliwung yang dilewati rombongan adalah 11 kilometer.

Bedah Rumah

Menteri BUMN Rini Soemarno menggelar operasi bersih-bersih kali Ciliwung pada Minggu (8/4/2018) pagi.

Sebelum melakukan aksi bersih-bersih sungai, agenda Menteri Rini diawali dengan memberikan bantuan bedah rumah kepada pegawai Kementerian BUMN.

Pegawai yang diberi bantuan tersebut memiliki rumah yang terletak di Cikini, Jakarta Pusat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banjir Bandang di Bogor, 1 Nenek Tewas Terseret

Posted: 07 Apr 2018 09:23 PM PDT

Seorang Nenek Mari (68) hilang terseret banjir bandang pada Sabtu (7/4/2018) petang. Mari ditemukan dalam keadaan sudah tak bernyawa di Kampung Catang Malang Desa Sukawangi, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor.

Sedangkan korban selamat adalah Mista, Amir, Etos, Olih, Diman, dan Yanto. Banjir bandang juga menghanyutkan 13 unit kendaraan roda empat dan sepeda motor. Delapan unit rumah warga juga rusak.

Tak hanya itu, sebuah jembatan yang menjadi jalur alternatif Puncak dengan Cianjur roboh dihantam air bah. Banjir juga merusak sawah dan kebun milik warga.

"Sampai siang ini jembatan tersebut masih belum bisa dilalui," kata Dandim 0621 Kabupaten Bogor Letkol Inf. Fransisco, Minggu (8/4/2018).

Hingga Minggu siang, tim SAR gabungan masih melakukan evakuasi dan pendataan korban banjir bandang tersebut.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bogor Budi Pranowo mengatakan, petugas BPBD masih melakukan pendataan jumlah kerusakan rumah di Kecamatan Sukamakmur akibat banjir.

"Kami juga masih lakukan evakuasi warga ke rumah sanak saudaranya serta mengamankan warga lain yang ada di lokasi," kata Budi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

3 Bencana Alam

Banjir bandang porak-porandakan Desa Sukawangi, Bogor (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

BPBD mencatat ada tiga kejadian bencana alam di Kabupaten Bogor. Bencana longsor terjadi Kampung Baru, Desa Neglasari, Kecamatan Dramaga mengakibatkan jalan desa terputus.

Tak ada korban jiwa maupun luka, namun jalan desa itu amblas dengan kedalaman 25 meter dan menutupi sebagian aliran Sungai Cihideng Ilir.

Kemudian sebuah jembatan roboh di Desa Batu Layang, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Robohnya jembatan disebabkan meluapnya Sungai Ciliwung.

Selanjutnya, 13 unit kendaraan terseret dan delapan rumah rusak akibat diterjang banjir bandang diKecamatan Sukamakmur.

Kejadian tersebut menyebabkan seorang warga tewas dan sebuah jembatan roboh dihantam air bah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bulan Madu bersama Ahmad Dhani, Mulan Jameela Ketakutan

Posted: 07 Apr 2018 09:20 PM PDT

Banyak hal yang bisa dilakukan pasangan suami istri unuk memupuk keharmonisan dalam hubungan. Pasangan selebritas Ahmad Dhani dan Mulan Jameela misalnya. Meski telah bertahun-tahun menikah, mereka masih menyempatkan waktu untuk berbulan madu.

Hal ini diketahui dari unggahan terbaru di Instagram pribadi Ahmad Dhani. Dalam keterangannya, pasangan ini akan menginjakkan kaki di Yerusalem.

"Honeymoon ke JERUSALEM #IGADP," tulis mantan suami maia Estianty itu sebagai keterangan fotonya, Sabtu (7/4/2018).

Tak Mau Difoto

Ahmad Dhani - Mulan Jameela [Foto: Instagram]

Dalam fotonya sendiri, Ahmad Dhani memperlihatkan keakrabannya dengan sang istri di dalam pesawat. Pentolan Dewa 19 ini nampak memamerkan senyum semringah ke hadapan kamera.

Sementara Mulan Jameela sendiri menyembunyikan wajahnya di balik dua telapak tangan. Dia mengenakan outer berwarna kuning yang dipadukan dengan hijab bermotif.

Ketakutan

Mulan Jameela (Foto: Nurwahyunan/Bintang.com)

Ada cerita menarik di dalam pesawat saat mereka hendak landing. Mulan jameela dan Ahmad Dhani diliputi perasaan takut yang luar biasa. Hal itu diceritakan Mulan dalam Instagram Storiesnya.

"Pas tadi mau Landing angin kencang banget dan ngerasain ketakutan yang luar biasa. Langsung keinget anak-anak semuanya. Kami berdua berdoa terus sambil pegangan," tulis dia.

"Aku berusaha enggak takut tapi malah semakin takut saat tangan sebelah saya pegang makin kencang. Dan doa dia semakin kencang juga," lanjutnya. Tapi untunglah mereka bisa mendarat dengan selamat.

Reaksi

Mulan Jameela - Ahmad Dhani (Nurwahyunan/bintang.com)

Unggahan ini tentu saja memancing perhatian para warganet untuk meninggalkan komentar.

"Mantab Bang @ahmaddhaniprast Tetap Istiqomah & selalu membela agama Allah... Aamiin," tulis pemilik akun Intsgaram @andy_ramadhany_

"Selamat sampai tujuan ya pakdhe. Dan balik indonesia dgn selamat juga. Aamiin," ucap pgengguna akun @alikalike_.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Thunder Menang Dramatis di Kandang Rockets

Posted: 07 Apr 2018 09:15 PM PDT

Oklahoma City Thunder berhasil meraih kemenangan penting ketika dijamu Houston Rockets. Thunder menang dramatis 108-102 pada lanjutan NBA, Sabtu (7/4/2018) atau Minggu (8/4/2018) pagi WIB.

Russell Westbrook dan Paul George jadi bintang kemenangan Thunder. Keduanya sama-sama menyumbangkan 22 poin di pertandingan yang digelar di Toyota Center itu. 

Di kubu Rockets, James Harden menjadi pengumpul angka terbanyak dengan 26 poin dan sembilan assists.

Thunder nyaris kalah di laga ini jika tidak tampil cemerlang di kuarter empat. Pasukan Billy Donovan sempat tertinggal satu angka saat laga tersisa tujuh menit lagi.

Secara luar biasa Thunder mencetak 11 poin beruntun, lima diantaranya dibuat Westbrook, sehingga bisa berbalik unggul 10 poin.

Ketatnya defense Thunder membuat Rockets mati kutu. Rockets tak membuat angka sama sekali dalam empat menit lebih. Thunder memblok tiga tembakan pemain Rockets.

Rockets sempat bangkit dengan membuat lima poin beruntun dengan laga tersisa semenit. Akan tetapi dua lemparan bebas George memastikan kemenangan Thunder.

Playoff

Aksi James Harden (baju merah) saat Rockets kalah dari Thunder (AP)

Kemenangan ini membuat Thunder unggul rekor pertemuan dari Rockets 2-1. Ini juga sekaligus mengakhiri rentetan 20 kemenangan beruntun Rockets di kandang.

Thunder pun makin berpeluang mengamankan tiket ke babak play-off NBA. Rekor Thunder saat ini 46 kemenangan dan 34 kali kalah.

Saat ini Thunder ada di posisi tujuh klasemen Wilayah Barat. Mereka masih bersaing dengan Minnesota Timberwolves dan Denver Nuggets.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PT KAI Angkat Istri Almarhum Masinis KA Sancaka Sebagai Pegawai

Posted: 07 Apr 2018 09:11 PM PDT

Sepulang pemakaman masinis Kereta Api Sancaka yang gugur dalam tugas, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyatakan tak ingin memutus tali silaturahmi dengan keluarga almarhum masinis.  

Oleh karena itu, untuk menghargai jasa almarhum, PT KAI mengangkat istri Mustofa menjadi pegawai.

Saksikan berita selengkapnya di Liputan6 Siang SCTV, Minggu (8/4/2018), pukul 12.00 WIB di tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Studi: Puasa Facebook Bisa Kurangi Stres

Posted: 07 Apr 2018 09:01 PM PDT

Sejumlah ilmuwan dari University of Queensland melakukan penelitian tentang pengaruh Facebook terhadap terhadap kondisi kejiwaan. Eksperimen yang mengikutsertakan 138 pengguna Facebook yang aktif itu, dibagi dalam dua kelompok.

Kelompok pertama diminta untuk menghentikan aktivitas mereka di Facebook, sementara kelompok kedua diminta untuk tetap menggunakan Facebook seperti biasa selama lima hari. Untuk menguji tingkat stres, para partisipan memberikan sampel air liur mereka di awal dan akhir studi untuk mengukur perubahan tingkat kortisol mereka.

"Meninggalkan Facebook hanya selama hari bisa mengurangi tingkat hormon stres kortisol," ujar dosen senior di University of Queensland, Dr. Eric Vanman, seperti dikutip dari Deutsche Welle, Minggu (8/4/2018). 

Akan tetapi, meski menunjukkan kadar kortisol yang berkurang, penilaian pribadi partisipan yang puasa Facebook terhadap stres tidak berkurang. Menurut Dr. Eric Vanman, hal ini "mungkin karena mereka tidak sadar bahwa stress mereka telah berkurang."

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Hasil Studi Lainnya

Ilustrasi Facebook (iStockPhoto)

Penelitian ini juga menunjukkan, puasa Facebook hanya mampu mengurangi stres dalam jangka waktu yang tidak lama. Mereka yang terlalu lama meninggalkan media sosial juga berpotensi terserang depresi, karena merasa takut kehilangan kontak dengan teman.

Para peneliti mengatakan, orang lebih suka untuk istirahat sementara dari Facebook daripada menghapus akun mereka. "Facebook telah menjadi sarana sosial penting bagi jutaan pengguna dan memang memberikan banyak manfaat," dikatakan Dr. Eric Vanman. "Namun begitu, karena (Facebook) menyampaikan banyak  informasi sosial tentang banyak orang, ini juga bisa membebani."

Ditambahkan Dr. Vanman, "Orang cenderung berhenti sejenak karena mereka terlalu stres, lalu kembali menggunakan Facebook setiap kali mereka merasa tidak bahagia karena merasa hubungan terputus dengan teman mereka."

Hasil penelitian yang diterbitkan di Journal of Social Psychology ini juga menunjukkan bahwa mereka yang berpuasa Facebook telah menghabiskan lebih banyak waktu untuk bertemu teman-teman mereka secara langsung.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Menjajal Chopperland, Bakal Touring ke Luar Jawa?

Posted: 07 Apr 2018 09:00 PM PDT

Beberapa waktu lalu, Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo, membeli sebuah motor kustom dari builder lokal, Elders Garage. Motor bergaya chopper dengan kelir warna emas menyala tersebut dibeli orang nomor satu di Republik ini sekitar Rp 140 jutaan.

Setelah memiliki motor tersebut, Jokowi sempat terlihat menggunakan motornya tersebut untuk berkeliling di area Istana Negara, dan hanya menggunakan kaos oblong.

Nah, baru-baru ini, Jokowi kembali terlihat menggunakan Chopperland. Namun kali ini, sepertinya rute yang bakal jadi tujuan Jokowi akan lebih jauh.

Dilihat dari video yang diunggah di akun media sosialnya, Jokowi lengkap menggunakan jaket khas anak motor, sarung tangan, sepatu, dan juga helm,

Selain itu, masih dalam video tersebut, Jokowi juga memberikan pertanyaan kepada netizen, ke mana Jokowi bakal riding dengan menggunakan Chopperland.

 

Saksikan Videonya di Bawah Ini:

Selanjutnya

Untuk diketahui, Chopperland milik Jokowi ini memang dibuat oleh builder lokal. Namun, motor ini diklaim cocok untuk Jokowi, dan memiliki posisi duduk yang sangat nyaman saat berkendara jauh.

Punggawa Kickass Chopper, Veroland menduga, ketertarikan Presiden terhadap motor kustomnya itu karena posisi setang yang agak tinggi.

"Chopper itu memang posisi duduknya lebih rendah, lebih santai tapi setangnya agak tinggi. Mungkin wajar juga Pak Jokowi tertarik, karena melihat posisi duduknya lebih santai aja daripada motor-motor lain," jelas Vero.

Lanjut Vero, Chopperland sendiri memang dibangun dengan banyak menggunakan produk lokal, seperti rangka dan jok. "Rangka dibuat di sini (Jakarta), sementara jok kulit buatan Bandung," ucap Vero.

Untuk diketahui, Presiden Jokowi pertama kali melihat motor tersebut saat perayaan Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2017 silam. Saat itu, Presiden sempat mencoba duduk di motor tersebut, hingga akhirna jatuh hati dan langsung memesan motor tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Bakal Hadiri DBL 2018

Posted: 07 Apr 2018 09:00 PM PDT

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyambut baik pelaksanaan kompetisi bola basket usia dini Honda Developmental Basketball League (DBL) 2018. Jokowi bahkan berencana hadir menyaksikan langsung salah satu seri DBL 2018.

Pada Sabtu (7/4/2018), Jokowi bersama Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi serta Kepala Staf Presiden Moeldoko, menyambut rombongan PT DBL Indonesia yang terdiri atas Azrul Ananda (direktur utama), Masany Audri (direktur), dan Donny Rahardian (wakil direktur). Beberapa alumnus DBL yang telah berkiprah di tingkat nasional maupun internasional juga turut hadir dalam pertemuan dengan Jokowi. 

Dalam pertemuan itu, Azrul menyampaikan kepada presiden bahwa Honda DBL 2018 akan diselenggarakan di lebih banyak tempat di Indonesia. "Apabila sebelumnya diselenggarakan di 25 kota, maka pada 2018 akan merambah 30 kota. Dari Aceh hingga Papua," kata Azrul.

Azrul menegaskan bahwa DBL tetap akan mengusung konsep student athlete, di mana pemain harus tetap dituntut meraih nilai baik di sekolah.

Jokowi sangat antusias mendengar mendengar pelaksanaan DBL 2018 yang merambah semakin banyak kota. "Saya setidaknya akan hadir di satu atau dua kota penyelenggaraan," ucapnya.

Rombongan juga membahas rencana launching di Istana Bogor, yang tanggalnya akan segera ditetapkan. Nantinya, para perwakilan peserta dan alumni dari seluruh Indonesia akan diundang untuk bermain basket bersama presiden dan pejabat negara yang lain.

Sambil bercanda, Presiden Jokowi, Menpora, dan yang lain mengatakan perlunya latihan khusus sebelum acara tersebut. "Mungkin seminggu sebelum kita harus latihan," kata Presiden lantas tertawa.

Sejak 2004

Developmental Basketball League (DBL) adalah kompetisi basket pelajar terbesar di Indonesia yang diselenggarakan oleh PT DBL Indonesia sejak tahun 2004.

Para alumnus DBL yang hadir pun mengaku bangga, sekaligus iri, dengan dukungan Presiden ini. "Ini pasti akan bikin heboh. Kenapa zaman saya dulu belum seperti ini," tukas Kadek Pratita Citta Dewi, pemain SEA Games 2017, alumnus Honda DBL 2011 dan 2012 dari Bali.

Citta, panggilannya, mengaku takjub bisa bertemu langsung dan bersalaman dengan Presiden Jokowi. "Saya mungkin tidak ingin mencuci tangan lagi," ucapnya disambut tawa yang lain.

Ilustrasi Bola Basket (kentuckysportsradio.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Geliat Gemulai Industri Sari Konde di Purbalingga

Posted: 07 Apr 2018 09:00 PM PDT

 

Yang kutahu sari konde Ibu Indonesia sangatlah indah

Itulah penggalan sebaris puisi 'Ibu Indonesia' karya Sukmawati Soekarnoputri yang kontroversial. Anak sang proklamator itu sampai harus berurusan dengan polisi karena puisinya itu.

Salah satu yang ikut tenar dari pemberitaan viral puisi itu adalah sari konde.

Nah, di Purbalingga, Jawa Tengah tepatnya di Desa Karangbanjar, Kecamatan Bojongsari ada sentra industri rumah tangga produsen sari konde. Desa tersebut telah masyhur sebagai gudangnya para perajin rambut palsu sejak era 50-an.

Kini, hampir di setiap lingkup RT terdapat perajin, baik itu konde (sanggul), wig (rambut palsu), cemara, bulu mata, maupun pengolahan bahan baku. Di banyak beranda rumah terlihat tangan-tangan perempuan piawai merajut helai-helai rambut.

Sepintas dipandang, 'Gerai tekukan rambutnya suci'. Sesuci para perajin perempuan itu yang tabah menenun rambut untuk menafkahi keluarganya hingga 'Peluh tersentuh angin laut'.

Alm Nyonya Tarmawi adalah pionir yang membangun kejayaan rambut palsu di desa yang saat ini juga menjadi desa wisata itu. Usaha Ny Tarmawi saat ini diteruskan oleh cucunya dengan bendera Hair Wina.

Cucunya, Maryoto (77) meneruskan kelihaian Tarmawi sejak 1977. Dia dan delapan perajin di Hair Wina mampu membuat apa pun konde yang didesain oleh pelanggan.

'Rasa ciptanya sangatlah beraneka'. Meminjam baris lain puisi Sukmawati untuk menggambarkan kelihaian mereka menggelung konde.

Salah satu konde pesanan yang cukup populer bernama 'keong racun' untuk pagelaran busana. Lainnya, konde serupa candi yang melingkar tinggi di atas kepala.

"Apa pun itu, asalkan dari rambut kami sanggup membuatnya," kata Maryoto saat ditemui Liputan6.com akhir Maret 2018 lalu.

 

Dari Pengantin Hingga Pasar Rambut

‎Para perajin pemasok bahan baku rambut palsu untuk pabrik tengah bekerja merajut asa di bengkel rambut milik Agus Santoso. (Galoeh Widura/Liputan6.com)

Cerita Ny. Tarmawi merintis industri rambut palsu sebenarnya berawal dari kejadian tak terduga. Sekitar 1950, tetangganya bingung saat hendak menikah karena rambutnya tipis, padahal selayaknya pengantin perempuan rambutnya mesti digelung.

Nyonya Tarmawi lantas mencoba membantu tetangganya. Dia mengumpulkan rambut yang rontok milik warga desa.

Diuntainya jalinan rambut itu hingga membentuk cemara (jalinan rambut memanjang 50 - 100 cm). Lalu diserahkan kepada calon manten untuk berias diri.

"Cemara itu yang kemudian digelung, dijadikan konde bagi pengantin wanita," tutur Maryoto.

Keahlian Ny Tarmawi semakin dikenal, Ia sering mendapat permintaan membuatkan cemara. Awalnya, ia hanya mendapat upah 'ijol sirih' (ungkapan Jawa upah seadanya), barter kebutuhan pokok, hingga kelamaan mendapat upah yang setimpal.

Ramainya permintaan membuat Tarmawi rajin berkeliling mencari bahan baku hingga luar kota. Tetangganya pun banyak yang ketularan menjadi perajin rambut maupun pemasok bahan baku serta pemasar cemara dan konde.

Usaha rambut palsu kian berkembang, bahkan sempat muncul pasar rambut sekitar 1960-1970an. Bahan baku rambut asli, cemara, dan konde dijajar di lapak-lapak tak ubahnya seperti sayuran.

"Bahan baku rambut itu dijual di lapak pasar lama, pedagangnya banyak dari luar kota. Nanti mereka juga yang memasarkan konde Purbalingga ke luar kota," kata Maryoto mengenang.

Bertahun-tahun kemudian, usaha rambut palsu mengalami pasang surut. Hingga mengalami kejayaan lagi pada 1980-an dan masuknya investor asing sekitar 2000-an.

 

Berkah TVRI dan Konde Megawati

‎Para perajin pemasok bahan baku rambut palsu untuk pabrik tengah bekerja merajut asa di bengkel rambut milik Agus Santoso. (Galoeh Widura/Liputan6.com)

Pada 1980, rambut palsu telah memasuki pasar ekspor hingga ke Inggris kala itu. Berkat mahsyurnya Karangbanjar, kesempatan emas pun datang, Maryoto mendapat undangan tampil di TVRI pada 1984.

"Saat itu reporternya Joko Pitoyo, saya berutang budi, setelah tampil, banyak pembeli berdatangan mengaku tahu dari TVRI," katanya.

Hingga kini, pelanggan tetap Maryoto berasal dari Himpunan Ahli Rias Pengantin Indonesia (HARPI). Sekali setahun, ada waktu lebaran bagi para perajin sanggul, yaitu saat peringatan hari lahir RA Kartini.

Dalam satu bulan, rambut seberat 50 kilogram tuntas digarap para perajin Hair Wina. Harga jual konde bervariasi, dari Rp 50.000 hingga Rp 350.000 sedangkan wig seharga Rp 125.000 - Rp 300.000.

"Omzet lumayan, sekitar Rp 17 juta per bulan," katanya.

Jika sekali waktu Megawati Soekarnoputri tampil berkonde, barangkali konde itu dari Maryoto. Sebab pada 2004 silam, Maryoto berkesempatan memberikan sari konde kepadanya melalui Puan Maharani.

"Saat itu Ibu Megawati kunjungan ke Purwokerto, saya berkesempatan memberikan sanggul," ujarnya.

Sekali waktu saat pembaca ke Purbalingga, ambilah sari konde itu.

'...Supaya kau dapat mengingat kecantikan asli dari bangsamu..'

 

Gempuran Investor dan Cara Pengolahan

‎Para perajin pemasok bahan baku rambut palsu untuk pabrik tengah bekerja merajut asa di bengkel rambut milik Agus Santoso. (Galoeh Widura/Liputan6.com)

Memasuki abad 21, abad yang berlari, satu persatu investor berdatangan mendirikan pabrik. Mereka bergerak memproduksi secara masal bulu mata dan rambut palsu.

Banyak para perajin di Karangbanjar yang beralih profesi ke penyedia bahan baku. Beberapa, seperti Maryoto masih bertahan menghasilkan produk.

Meski, beberapa dari mereka juga memasok produk jadi ke pabrik-pabrik untuk di pasarkan. Tetapi gempuran itu tidak menyurutkan jayanya Karangbanjar sebagai sentra rambut palsu.

Salah satu pemasok bahan baku ialah Agus Santoso (50), tetangga seberang jalan Maryoto yang sudah menggeluti usaha rambut sejak tahun 1999. Dia mencari rambut dari berbagai kota di Indonesia kemudian diolahnya hingga menjadi bahan baku rambut semi jadi.

Industri rumahannya merupakan lahan garapan bagi 20 perajin. Mayoritas ibu rumah tangga yang merupakan tetangganya.

"Sebulan habis 2 kuintal rambut, makanya saya tiap hari jarang dirumah, karena saya harus cari bahan baku agar mereka disini tetap bisa bekerja," katanya.

Usai mendapatkan bahan, rambut tersebut harus dijemur dahulu agar tidak mudah rusak. Proses selanjutnya rambut di jewer (menggerai rambut agar tidak menggumpal).

Agar rambut bisa lurus, helaian itu direndam dalam minyak tanah selama satu malam. Setelah mengembang, rambut siap di sasak atau dipilah sesuai panjang rambut.

"Permintaan dari buyer dari 7, 8, 10 sampai 30 inci. Harga dari Rp 25 ribu sampai Rp 8 juta per kilogram tergantung panjang rambut," ujar Agus.

Sisa bahan baku yang pendek-pendek bukan tidak berarti. Bahan itu bisa dibuat untuk bulu mata. Bahkan, banyak yang mengantri untuk mendapatkan bahan itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Tewaskan 14 Orang, Begini Penampakan Bus Tim Hoki Kanada Usai Kecelakaan

Posted: 07 Apr 2018 09:00 PM PDT

Personel darurat bekerja di lokasi kecelakaan bus pembawa tim hoki Humboldt Broncos junior di luar Tisdale, Saskatchewan, Kanada, Sabtu, (7/4). Sebanyak 14 orang tewas dalam kecelakaan tersebut. (Jonathan Hayward/The Canadian Press via AP)

Personel darurat bekerja di lokasi kecelakaan bus pembawa tim hoki Humboldt Broncos junior di luar Tisdale, Saskatchewan, Kanada, Sabtu, (7/4). Sebanyak 14 orang tewas dalam kecelakaan tersebut. (Jonathan Hayward/The Canadian Press via AP)

Penampakan bus pembawa tim hoki Humboldt Broncos junior yang kecelakaan menabrak truk di luar Tisdale, Saskatchewan, Kanada, Sabtu, (7/4). Dari 28 orang di dalam bus tersebut, 14 di antaranya tewas. (Jonathan Hayward/The Canadian Press via AP)

Penampakan bus pembawa tim hoki Humboldt Broncos junior yang kecelakaan menabrak truk di luar Tisdale, Saskatchewan, Kanada, Sabtu, (7/4). Dari 28 orang di dalam bus tersebut, 14 di antaranya tewas. (Jonathan Hayward/The Canadian Press via AP)

Penampakan bus pembawa tim hoki Humboldt Broncos junior yang kecelakaan menabrak truk di luar Tisdale, Saskatchewan, Kanada, Sabtu, (7/4). Anggota tim tersebut berusia antara 16 hingga 21 tahun. (Jonathan Hayward/The Canadian Press via AP)

Penampakan bus pembawa tim hoki Humboldt Broncos junior yang kecelakaan menabrak truk di luar Tisdale, Saskatchewan, Kanada, Sabtu, (7/4). Anggota tim tersebut berusia antara 16 hingga 21 tahun. (Jonathan Hayward/The Canadian Press via AP)

Personel darurat bekerja di lokasi kecelakaan fatal di luar Tisdale, Saskatchewan, Kanada, Sabtu, (7/4). Dalam sebuah tweet, PM Kanada Justin Trudeau menulis ucapan bela sungkawanya atas kejadian tersebut. (Jonathan Hayward/The Canadian Press via AP)

Personel darurat bekerja di lokasi kecelakaan fatal di luar Tisdale, Saskatchewan, Kanada, Sabtu, (7/4). Dalam sebuah tweet, PM Kanada Justin Trudeau menulis ucapan bela sungkawanya atas kejadian tersebut. (Jonathan Hayward/The Canadian Press via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Makan Pasta Justru Bisa Bikin Kurus?

Posted: 07 Apr 2018 09:00 PM PDT

Membatasi karbohidrat masih menjadi salah satu cara yang umum dilakukan untuk menurunkan berat badan. Namun, berbeda dengan karbohidrat lainnya, penelitian terbaru menunjukkan, mengonsumsi pasta dapat menurunkan berat badan.

Dilansir dari Tech Times, Minggu (8/4/2018), sebuah studi yang diterbitkan pada BMJ Open menunjukkan jenis karbohidrat olahan ini tidak menaikkan berat badan, seperti yang diperkirakan sebelumnya. Peneliti dari RS St. Michael Toronto mempelajari kaitan antara makan pasta dan berat badan yang bertambah.

Pasta merupakan salah satu karbohidrat yang memiliki indeks glikemik, yaitu angka potensi peningkatan gula darah dari karbohidrat, yang rendah. Hal ini berbeda dengan karbohidrat olahan lainnya.

Makanan dengan indeks glikemik yang rendah meningkatkan glukosa darah dalam jumlah yang lebih rendah dibandingkan dengan yang memiliki indeks glikemik tinggi, seperti roti tawar.

Selanjutnya, para peneliti melakukan 30 percobaan dengan memberikan pasta pada 2.500 orang. Hasil penelitian menunjukkan berat badan bisa turun sebanyak setengah kilogram dalam kurun waktu 12 minggu usai mengonsumsi pasta atau karbohidrat olahan.

 

Saksikan juga video berikut ini :

Diet glikemik rendah

Selain pasta, kacang polong memiliki indeks glikemik rendah (iStock)

Penelitian ini tidak hanya menunjukkan konsumsi pasta yang justru menurunkan berat badan, akan tetapi juga konsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah lainnya yang dapat digunakan sebagai program diet.

Makanan dengan indeks glikemik rendah lainnya yang dapat Anda konsumsi yaitu gandum dan kacang polong. Agar berat badan tidak melonjak, sebaiknya hindari konsumsi gandum, sereal, dan kentang dengan kulit.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Presiden PKS Tanggapi Sindiran Jokowi soal Gerakan #2019GantiPresiden

Posted: 07 Apr 2018 09:00 PM PDT

Presiden PKS Sohibul Iman menanggapi santai atas ucapan Presiden Jokowi terkait beredarnya kaus gerakan 2019 Ganti Presiden. Menurut dia, respons Jokowi tak perlu dibesar-besarkan.

"Gerakan ganti presiden 2019 dihadapi biasa, bukan harus dihadapi berlebihan," ujarnya di acara Pelatihan Perempuan Siaga Dasar (Latansa) di Bukit Perkembangan Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (8/4/2018).

Sohibul pun menilai Jokowi menanggapi gerakan itu dengan proporsional. "Pak Jokowi bagus tanggapi santai," katanya.

Sebelumnya, koalisi Gerindra dan PKS kompak ingin menggagalkan Jokowi kembali memimpin Indonesia di Pilpres 2019. Kubu oposisi membuat gerakan #2019gantipresiden yang dibuat dalam bentuk gelang hingga kaus.

Jokowi ikut berkomentar tentang gerakan itu. Di hadapan relawan, Jokowi menyindir pihak yang ingin ganti presiden lewat kaos.

"Sekarang isu kaus ganti presiden 2019. Masa dengan kaos bisa ganti presiden," kata Jokowi saat memberikan sambutan dalam acara Konvensi Nasional Galang Kemajuan Tahun 2018 di Ballroom Puri Begawan, Bogor, Sabtu (7 April 2018).

Saksikan video pilihan di bawah ini

2 Hal yang Bisa Ganti Presiden

Presiden Jokowi bertemu penyintas kanker anak. (Foto: Youtube/Kementerian Sekretariat Negara RI)

Jokowi menegaskan, hanya dua hal yang bisa mendorong pergantian Presiden, yakni rakyat dan kehendak Tuhan. Kaus, tegas dia, tidak bisa mendorong pergantian Presiden.

"Masa pakai kaus bisa ganti Presiden, enggak bisa," ucap Jokowi disambut tepuk tangan para relawan Galang Kemajuan Jokowi.

Saat ini, Partai Gerindra yang bekerja sama dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) gencar menggalang dana dengan menjual kaus bertulisan #2019GantiPresiden'. Galang dana ini dilakukan guna mendukung pencapresan Prabowo Subianto di 2019.

 

Reporter : Ronald 

Sumber  : Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lama Absen, Lay Ikut Rayakan Ulang Tahun Keenam EXO

Posted: 07 Apr 2018 09:00 PM PDT

Salah satu anggota band K-Pop EXO, Lay, telah lama absen dari kegiatan grupnya. Ia tak muncul dalam beberapa single terbaru EXO, bahkan tak ikut tampil saat Baekhyun dkk manggung di acara penutupan Olimpiade Musim Dingin di Pyongyang beberapa waktu lalu.

Meski begitu, bukan berarti Lay telah melupakan grupnya ini. Ia bahkan mengingat salah satu momen penting EXO, yakni peringatan hari debut mereka pada 8 April. Tahun ini, EXO telah berusia enam tahun. 

Dilansir dari Soompi, Minggu (8/4/2018), Lay mengunggah satu foto spesial di Instagram pribadinya. Yakni saat sembilan anggota EXO tengah menggelar konsernya.

"Kita berlatih bersama Kita berjuang bersama Kita debut bersama Kita tertawa bersama Kita menangis bersaama Kita adalah satu Kita adalah Exo Selama enam tahun, Terima kasih saudara-saudaraku dan Exo L," tulis Lay EXO.

Ingin Bahagia dalam Waktu Lama

EXO. (Foto: soompi.com)

Tak hanya Lay, para anggota EXO yang lain pun merayakan hari jadi mereka ini dengan bahagia. Xiumin menyebut bahwa tak terasa bahwa waktu telah berjalan selama enam tahun. "Aku akan menjadi EXO seumur hidupku! EXO-L, mari berbahagia hingga waktu yang lama," tulisnya.

Suho mengucapkan terima kasih pada fans. "Mari bersama hingga 60 tahun ke depan!" tulisnya.

Ingin Terus Bersama

Boyband EXO (Instagram @weareone.exo)

"Rasanya kita sudah bersama dalam waktu yang lama! Tapi kita masih punya jalan yang panjang di hadapan kita! Mari bersama dalam waktu yang lama!" tulis Baekhyun.

Sementara Chanyeol membuat satu puisi untuk para EXO-L, sebutan bagi para penggemarnya. "Pada 8 April 2018. Semua yang mencintai EXO selamanya, bahkan setelah lewat 1000 tahun lamanya, jantung kami akan berdegup kencang selamanya....Aku berhenti di sini saja... Aku mencintai kalian."

 

Nostalgia

Boyband EXO (Instagram @weareone.exo)

Sementara Kai bernostalgia dengan masa lalunya. "Enam tahun telah berlalu. Aku masih saja gugup dan tertawa saat aku mengingat masa-masa itu," tulisnya. Adapun D.O, dan Sehun pun mengungkapkan rasa sukacita menyambut ulang tahun keenam EXO.

Selamat ulang tahun, EXO!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Zodiak Ini Punya Pendirian yang Teguh

Posted: 07 Apr 2018 09:00 PM PDT

Setiap orang memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Begitu juga dengan pendirian mereka. Ada yang memiliki pendirian teguh, ada juga yang memiliki pendirian mudah tergoyahkan. 

Sifat seperti itu mungkin diperlukan, tetapi dengan pemikiran matang tentunya, dan bukan karena tergoda omongan orang lain. Hmmm.. Konon, watak tersebut bisa saja dideteksi lewat zodiak seseorang, lho. Yap, sesederhana itu.

Seperti artikel yang akan dibahas kali ini, berikut ini ada sederet zodiak yang punya pendirian teguh sehingga mereka enggak mudah tergoda dengan tawaran ke-dua, ke-tiga dan seterusnya.

Buat kamu yang masih mudah tergoda nggak ada salahnya, nih, untuk belajar dari orang-orang dengan zodiak ini. Apa yang membuat mereka enggak mudah pindah haluan. Dihimpun dari Your Tango, berikut ulasannya.

Leo

Zodiak Leo fokus untuk mencapai sesuatu, mereka akan mengatakan "tidak" pada setiap godaan yang menyapa. Mereka bisa bersikap tegas tanpa bersikap kasar. Hal tersebut merupakan salah satu pesona alami yang mereka punya untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Selain itu, mereka memiliki komunikasi yang terbuka, jujur, dan mencoba untuk respect ketika mereka berbagi keinginan, kebutuhan, cita-cita, dan pendapat mereka. Mereka mencoba untuk tetap positif ketika berhadapan dengan seseorang yang mungkin mencoba untuk menolak mereka.

Capricorn

Capricorn. (Sumber foto: unsplash.com)

Capricorn mungkin enggak bisa menolak, tetapi mereka tampak baik untuk mengatakannya. Mereka tahu bagaimana mengatakan "enggak" dengan sopan dan penuh hormat sehingga mereka tetap bisa mendapatkan kebutuhannya tanpa melecehkan orang lain. Capricorn tahu bahwa mengatakan "enggak" ketika orang lain meminta bantuan itu bukan karena mereka nggak egois, melainkan peduli dengan diri sendiri. Capricorn sangat tegas, jadi jika penolakannya akan membuat ribet pekerjaannya, mereka akan menemukan cara untuk meyakinkan orang itu.

 

Aries

Aries. (Sumber foto: unsplash.com)

Jika kamu mengatakan "enggak" kepada Aries, itu artinya mereka akan menganggap bahwa kamu telah menemukan prioritas kamu atau kamu enggak tahu apa yang kamu bicarakan dan tetap melakukannya. Semua kata "enggak" yang Aries katakan adalah sebuah motivasi yang mendorong Aries untuk enggak mencoba mendapatkan izin di suatu hari nanti. Penolakan yang ia lakukan akan menambah langkah dan waktu dalam mencapai tujuannya.

Sumber: Bintang.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Intip Foto Kemeriahan Xiaomi dan Mi Fans Rayakan Ulang Tahun ke-8

Posted: 07 Apr 2018 09:00 PM PDT

Vendor smartphone Tiongkok Xiaomi merayakan ulang tahun ke-8 dan Mi Fan Festival di seluruh toko resmi Xiaomi di Jakarta, Sabtu 7 April 2018.

Mi Fan Festival merupakan ucapan terima kasih Xiaomi secara global kepada para fans Xiaomi, yang biasa disebut Mi Fans, mendukung Xiaomi mewujudkan visi menghadirkan inovasi kepada masyarakat luas.

Melalui keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com, Minggu (8/4/2018), Xiaomi juga menambah Authorized Mi Store di Gandaria City dan Roxy Mas, Jakarta. 

Dalam acara Mi Fan Festival di Authorized Mi Store Rox yang turut dihadiri Head of Xiaomi South Pasific Region and Xiaomi Indonesia Country Manager Steven Shi, Xiaomi dan Mi Fans mengadakan potong tumpeng.

Bahkan, Steven Shi memberikan potongan nasi tumpeng pada pelanggan dan Mi Fans yang hadir.

Steven Shi, Head of Xiaomi South Pacific Region and Xiaomi Indonesia Country Manager, memberikan potongan nasi tumpeng kepada para pelanggan serta Mi Fans yang hadir (Foto: Xiaomi Indonesia)

Kemeriahan Mi Fan Festival

Kemeriahan acara Mi Fan Festival dan Ultah ke-8 Xiaomi (Foto:Xiaomi Indonesia)

Mi Fan Festival digelar serentak di seluruh Authorized Mi Store di berbagai wilayah Jakarta, pada 6-8 April 2018.

Kemeriahan acara Mi Fan Festival dan Ultah ke-8 Xiaomi (Foto:Xiaomi Indonesia)

Pada kesempatan ini, Xiaomi juga menawarkan promo khusus untuk smartphone unggulan Xiaomi serta produk-produk Xiaomi lainnya.

Sebelumnya Buka Toko di MKG

Suasana keramaian pembukaan Authorized Mi Store di Emporium Pluit Mall, Jakarta, Minggu (21/1/2018). (Foto: Xiaomi)

Sebelum membuka Authorized Mi Store di Gandaria City dan Roxy Mas, Xiaomi lebih dahulu membuka toko resminya di Mall Kelapa Gading, Jakarta Utara awal Maret 2018. 

Lokasi Mi Store berada di Mall Kelapa Gading I, lantai 1 Unit F nomor 286.

Seperti pembukaan Mi Store sebelumnya yang berada di Mall Emporium Pluit, dalam pembukaan Mi Store Mall Kelapa Gading ratusan Mi Fans --sebutan untuk fans Xiaomi-- tampak mengantre di depan mal untuk bisa membeli produk-produk Xiaomi yang diincarnya. 

Bukan Xiaomi jika tak menghadirkan banyak fans ke tiap acaranya. Kali ini dalam pembukaan toko resmi Mi Store di Mall Kelapa Gading I pun demikian.

Dalam berita foto yang diterima Tekno Liputan6.com, ratusan Mi Fans dan calon pembeli produk Xiaomi mengantre sejak pagi, meskipun mal belum buka. 

Ratusan Mi Fans mengantre dari pagi sebelum toko buka untuk bisa masuk ke Mi Store Mal Kelapa Gading 1. (Foto: Dok Xiaomi Indonesia)

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Lahan Tol Balikpapan Samarinda Bebas Akhir 2018

Posted: 07 Apr 2018 09:00 PM PDT

Pembebasan lahan Tol Balikpapan Samarinda direncanakan rampung pada akhir 2018.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penugasan Pertamina untuk Kelola Blok Migas Perlu Dikaji Ulang

Posted: 07 Apr 2018 08:53 PM PDT

Penugasan yang diberikan pemerintah kepada PT Pertamina (Persero) untuk mengelola blok minyak dan gas bumi (migas) yang habis masa kontraknya dinilai perlu dikaji ulang.

Alasannya, keputusan untuk melibatkan Pertamina sebagai operator blok terminasi akan merugikan Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) sebelumnya, sekaligus berpotensi memberatkan BUMN migas itu sendiri.

Anggota Komisi VII DPR Kardaya Warnika mengatakan, sebagai contoh, nama China National Offshore Oil Corporation (CNOOC) dan PT Saka Energi Indonesia akan hilang dalam daftar pemegang hak partisipasi (PI) blok Southeast Sumatra (SES) karena kontraknya habis.

CNOOC sebelumnya memegang PI SES sebesar 65,54 persen dan bertindak selaku operator. Sementara Saka Energi Sumatra memiliki PI 8,91 persen. Namun, dalam daftar pemegang PI terbaru hanya ada nama Pertamina sebagai operator dan PT GHJ SES Indonesia sebagai mitranya.

"Bukan hanya itu, nama Saka Energi dan beberapa kontraktor lama juga tidak nampak sebagai pemegang hak partisipasi blok Sanga-sanga di Kalimantan Timur," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (8/4/2018).

Dia menjelaskan, Pertamina sebagai operator akan bermitra dengan PT Karunia Utama Perdana dan Opicoil Houston Inc. Sementara Vico sebagai operator terdahulu bersama Saka Energi, Virginia International Co, Universe Gas & Oil Company Inc, dan LASMO Sanga-sanga mengundurkan diri.

Kardaya menilai, ada yang salah dengan mekanisme penugasan Pertamina sebagai operator blok terminasi. Hal tersebut menurutnya akan mengganggu iklim investasi di sektor hulu migas. Terlebih Direktorat Jenderal Migas Kementerian ESDM melansir akan ada 26 blok migas yang akan habis kontraknya mulai tahun ini sampai 2026 mendatang.

"Mundurnya CNOOC karena mereka tidak tertarik untuk menjalin kerja sama dengan Pertamina. Selain itu, ada dua penyebab lain seperti kapasitas minyak yang sudah habis dan iklim investasi yang tidak menarik," kata dia.

 

Justru Bisa Merugikan Pertamina

Lokasi penampungan minyak dan gas di Terminal Senipah, Peciko, Blok Mahakam, Kalimantan. (Abelda/Liputan6.com)

Mantan Kepala Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) menyatakan, iklim investasi migas di Indonesia semakin tidak kondusif dengan ditetapkannya Pertamina secara otomatis sebagai operator blok migas terminasi.

Pasalnya, KKKS memerlukan kepastian hukum sebelum memutuskan untuk menanamkan investasi berjumlah besar yang baru akan balik modal dalam jangka panjang.

"Ini masih menjadi masalah ditambah lagi revisi Undang-Undang (UU) Migas masih belum jelas, akibatnya investor menunggu dan bisa beralih ke tempat lain," ungkap dia.

Selain itu, lanjut Karyada, penunjukkan Pertamina sebagai operator blok terminasi juga berpotensi merugikan BUMN tersebut.

"Kalau ternyata gagal mengelola blok tersebut, tentu akan mengganggu kinerja perseroan. Seharusnya mereka bisa menolak dan melakukan kajian dulu jika ditawarkan sebagai operator. Tapi kan sebagai BUMN, Pertamina mau tidak mau harus menerima perintah dari pemerintah," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

[Cek Fakta] Ikan Makarel Kaleng Mengandung Cacing

Posted: 07 Apr 2018 08:50 PM PDT

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menguji kandungan ikan makarel kaleng yang beredar di Indonesia. Hasilnya, dari 66 merek, 27 di antaranya positif mengandung cacing. 

Dari 27 merek tersebut, 16 di antaranya merupakan merek impor dan sisanya merek dalam negeri. BPOM sudah melarang produsen merek-merek tersebut mengimpor atau memproduksi untuk sementara.

"Kami sudah meminta untuk melakukan penarikan produk yang berdasarkan pengujian mengandung cacing," kata Kepala BPOM, Penny Kusumastuti Lukito, di Jakarta.

Penny menjelaskan bahwa BPOM sudah menelusuri asal-usul dan bahan baku ikan makarel kaleng yang diduga mengandung parasit cacing. Umumnya, ikan tersebut diimpor karena tidak ada di perairan Indonesia.

"Yang mengandung cacing, diimpor dari kawasan perairan Tiongkok dan sekitarnya," kata Penny.

 

Koordinasi dengan KKP

Dua puluh tujuh merek ikan makarel kalengan ditarik dari pasaran. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menemukan parasit cacing dalam produk-produk tersebut.  (iStockphoto)

Penny mengatakan, secara alami ikan makarel mengandung parasit cacing. Terkait hal itu, BPOM bakal berkoordinasi dengan pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan. Terutama, karena ikan makarel menjadi inang cacing di waktu tertentu.

"Karena kandungan cacing sudah mati, yang pasti ada efek berbahaya. Tapi, ada efek lain yang dikaitkan dengan alergi pada konsumen," ungkap Penny.

Penny menyatakan tidak menutup kemungkinan kasus ini hanya berlangsung sementara. 

Jangan Takut Makan Ikan

BPOM Provinsi Banten bersama Dinkes dan Disperindag Kota Tangsel mengecek makanan kaleng makarel saat sidak di pasar swalayan, Tangsel, Banten, Kamis (5/4). Sebanyak 27 produk ikan makarel ditarik karena diduga mengandung cacing. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Dengan ditemukannya cacing parasit Anasakis dalam kaleng ikan makarel, masyarakat diharapkan untuk tidak takut mengonsumsi produk ikan kalengan.

"Insiden ini hanya terjadi di ikan makarel. Sementara untuk jenis produk ikan dalam kaleng lainnya, semuanya masih aman. Tidak ada temuan apapun, seperti yang dijumpai di beberapa bets produksi ikan kaleng makarel," kata Direktur Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan Nilanto Perbowo.

Menurut Nilanto, masih banyak produk ikan dan makanan laut dalam kaleng lain yang aman untuk dikonsumsi.

"Masih ada dari cakalang, tuna, udang, ada juga sarden, yang berbeda dengan makarel," tambah Nilanto.

Fakta:

Hanya 27 merek ikan makarel kaleng positif mengandung parasit cacing. Pemerintah melalui BPOM pun menarik 27 merek itu dari pasaran.

Kesimpulan: TIDAK SEPENUHNYA BENAR

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gaya Jokowi Kunjungan Kerja ke Sukabumi Naik Kereta Api

Posted: 07 Apr 2018 08:46 PM PDT

Dampak kecelakaan kereta api di Ngawi nampaknya tak mempengaruhi perjalanan kereta ke arah Barat Jawa. Hal itu dibuktikan saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Sukabumi, dengan menumpang kereta api dari Stasiun Bogor, Jawa Barat.

Seperti ditayangkan Fokus Pagi Indosiar, Minggu (8/4/2018), kemunculan Presiden Jokowi di Stasiun Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu sore mengejutkan dan disambut antusias masyarakat atau para penumpang kereta Commuterline.

Presiden menumpang kereta api pariwisata kelas spesial dengan lokomotif cadangan untuk melakukan kunjungan kerja ke Sukabumi. Sebelum memasuki gerbong kereta, Presiden sempat melambaikan tangan kepada para calon penumpang kereta Commuterline di Stasiun Bogor.

Sementara di Sukabumi, Presiden dijadwalkan meninjau sejumlah proyek infrastruktur dan membagikan sertifikat tanah kepada warga.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Torino Vs Inter Milan: Demi Tiket Liga Champions

Posted: 07 Apr 2018 08:45 PM PDT

Inter Milan bakal dijamu Torino pada laga pekan ke-31 Serie A. Nerazzurri ingin melanjutkan tren bagus akhir-akhir ini demi bertahan di zona Liga Champions.

Inter Milan berada di peringkat keempat atau posisi terakhir zona Liga Champions dengan koleksi 59 poin. La Beneamata hanya unggul dua poin dari Lazio.

Kemenangan menjadi target mutlak Inter Milan untuk menjaga posisi mereka. Selain itu, Inter Milan berpeluang menyodok ke peringkat ketiga setelah kekalahan yang menimpa AS Roma.

Pelatih Inter Milan, Luciano Spalletti, diprediksi masih mengandalkan Antonio Candreva, Ivan Perisic dan Mauro Icardi di lini serang.

Meskipun begitu, Inter Milan wajib mewaspada Torino yang ditangani mantan pelatih mereka, Walter Mazzarri. Pada dua laga terakhir, Granata mencetak total delapan gol.

Perubahan formasi yang dilakukan Mazzarri membuat Torino tampil tajam dan membuat kepercayaan Andrea Belotti kembali. Selain itu, Torino juga masih menjaga harapan untuk finis di peringkat keenam agar bisa tampil di Liga Europa.

Pertemuan terakhir antara kedua klub berakhir tanpa pemenang. Saat itu, laga berakhir dengan skor 1-1.

Prakiraan Susunan Pemain

Torino: Salvatore Sirigu; Nicolas Burdisso, Nicolas N'Koulou, Emiliano Moretti; Lorenzo De Silvestri, Daniele Baselli, Joel Obi, Cristian Ansaldi; Adem Ljajic, Iago Falque; Andrea Belotti

Pelatih: Walter Mazzarri

Inter Milan: Samir Handanovic; Joao Cancelo, Milan Skriniar, Joao Miranda, Danilo D'Ambrosio; Roberto Gagliardini, Marcelo Brozovic; Antonio Candreva, Rafinha, Ivan Perisic; Mauro Icardi

Pelatih: Luciano Spalletti

Head to Head

Head to Head

08/11/2015 Torino 0-1 Inter Milan (Serie A)

04/04/2016 Inter Milan 1-2 Torino (Serie A)

27/10/2016 Inter Milan 2-1 Torino (Serie A)

19/03/2017 Torino 2-2 Inter Milan (Serie A)

05/11/2017 Inter Milan 1-1 Torino (Serie A)

Lima laga terakhir Torino

25/02/2018 Hellas Verona 2-1 Torino (Serie A)

10/03/2018 AS Roma 3-0 Torino (Serie A)

18/03/2018 Torino 1-2 Fiorentina (Serie A)

31/03/2018 Cagliari 0-4 Torino (Serie A)

04/04/2018 Torino 4-1 Torino (Serie A)

Lima laga terakhir Inter Milan

25/02/2018 Inter Milan 2-0 Benevento (Serie A)

12/03/2018 Inter Milan 0-0 Napoli (Serie A)

18/03/2018 Sampdoria 0-5 Inter Milan (Serie A)

31/03/2018 Inter Milan 3-0 Hellas Verona (Serie A)

04/03/2018 AC Milan 0-0 Inter Milan (Serie A)

Persentase Kemenangan

Torino 45-55 Inter Milan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bulan Madu Lagi, Mulan Jameela dan Ahmad Dhani Diberi Cobaan oleh Tuhan

Posted: 07 Apr 2018 08:40 PM PDT

Pasangan Mulan Jameela dan Ahmad Dhani sedang melakukan perjalanannya ke luar negeri. Hal itu diketahui lewat unggahan Instagram suami Mulan Jameela, Ahmad Dhani.

Malahan, Ahmad Dhani mengatakan perjalanannya tersebut adalah bulan madu bagi keduanya.

"Honeymoon ke JERUSALEM #igadp," tulis Ahmad Dhani pada Sabtu (7/4/2018).

Dalam unggahan tersebut, Mulan Jameela tampak sedang bersandar pada kursi pesawat sambil menutup wajahnya.

Apa yang terjadi pada Mulan Jameela?

 

Angin Kencang saat Landing

Mulan Jameela dan Ahmad Dhani (Nurwahyunan/bintang.com)

Rupanya perjalanan keduanya tidak terlalu lancar. Pasalnya, sebelum pesawat mendarat keduanya sempat mengalami hal kurang mengenakkan.

"Pas tadi mau landing angin kencang banget. Dan ngerasain ketakutan yg luar biasa. Langsung keinget anak2 semuanya," tulis Mulan Jameela pada Minggu (8/4/2018) waktu Indonesia.

Bikin Panik

Mulan Jameela (Instagram/@mulanjameela1)

Mendapati kondisi tersebut, Mulan Jameela langsung memanjatkan doa kepada Sang Pencipta agar ia tidak mengalami hal-hal buruk. Kondisi semakin membuatnya panik saat sang suami justru juga menunjukkan sikap yang sangat serius.

"Kami berdua berdoa terus sambil pegangan tangan.. aku berusaha ga takut, tp malah semakin takut saat tangan sebelah saya pegang semakin kenceng dan doa dia semakin kencang juga.. (selama ini ga pernah liat dia seperti Itu, artinya ini serius) ya Allah, hamba hanya secuil dari ciptaanMu..," lanjut Mulan Jameela.

Pesawat Mendarat

Mulan Jameela. (Instagram/mulanjameela1).

Dalam doanya, Mulan Jameela meminta kepada Tuhan agar diberikan keselamatan dan memiliki kesempatan untuk memperbaiki kehidupannya. 

"tak ada daya dan upaya selain Engkau yg Maha Agung. Hamba tau setiap manusia akan kembali kepadaMu. Entah kapan itu.. tapi hamba mohon berilah waktu hamba utk mengumpulkan bekal utk kehidupan berikutnya. Alhamdulillah Terimakasih ya Allah, Engkau masih memberi kami waktu," tutup Mulan Jameela.

Beruntung, pesawat bisa mendarat dengan baik-baik saja tanpa kendala yang berarti.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

DPS Disabilitas Pilkada Jabar 2018 Capai 50 Ribu Orang

Posted: 07 Apr 2018 08:32 PM PDT

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat menyatakan sebanyak 50 ribu disabilitas tercatat dalam daftar pemilih sementara (DPS) Pemilu Gubernur 2018 yang telah dimutakhirkan datanya. Dari jumlah keseluruhan itu, 9 ribu di antaranya adalah disabilitas netra.

Menurut Komisioner KPU Jawa Barat Ferdiman Bariguna data DPS Pemilu Gubernur 2018 untuk kelompok disabilitas itu merupakan hasil pencocokan dan penelitian (coklit). Ferdiman mengatakan adanya DPS untuk kelompok disabilitas, maka ketersediaan alat bantu di TPS saat pemilihan nanti tepat jumlahnya.

"Nyetak tuh enggak seperti dulu, jebret 75 ribu. Kita sekarang berapa jumlah yang dicetak untuk alat bantu ? Ya sesuai dengan jumlah maksimalnya yaitu 9 ribu. Ya ada efesiensi, ada ketepatgunaan," kata Ferdiman Bariguna di Bandung, ditulis Minggu (8/4/2018).

Dari data DPS Pilkada 2018 untuk kelompok disabilitas, kata Ferdiman, diketahui terdapat 9 ribu tempat pemungutan suara (TPS) yang memperoleh alat bantu.

Ferdiman menyebutkan penyisiran pemilih dari kelompok disabilitas itu dilakukan sebulan sejak 20 Januari-18 Februari dengan mengerahkan 75 ribu petugas verifikasi faktual. Teknis penyisirannya, satu petugas mendata 200 rumah.

 

Berbagai Kendala

Ilustrasi Pilkada Serentak

Dia menambahkan, dalam proses perbaikan data DPS Pemilu Gubernur Jawa Barat 2018, ditemui berbagai kendala pemilih yang belum terdaftar dalam sistem daftar pemilih (Sidalih). Sebagian besar kendalanya adalah belum melakukan perekaman kartu identitas elektronik dan salah memasukkan nomor induk kependudukan (NIK).

KPU Jawa Barat sebelumnya telah menyatakan jumlah DPS Pemilu Gubernur 2018 sebanyak 31.708.330 pemilih, terdiri 15.941.296 laki-laki dan 15.767.034 perempuan. Para pemilih tersebar di 627 kecamatan, 5.957 desa/kelurahan, dan akan memilih di 74.944 Tempat Pemungutan Suara (TPS). 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Wartawan Palestina Tewas Ditembak Tentara Israel

Posted: 07 Apr 2018 08:30 PM PDT

Pelayat membawa jasad seorang wartawan Palestina yang tewas ditembak tentara Israel saat meliput protes di perbatasan Gaza dengan Israel, Sabtu (7/4). Perusahaan media tempat Yasser Murtaja bekerja memastikan kematian wartawannya. (AP Photo/Khalil Hamra)

Pelayat membawa jasad seorang wartawan Palestina yang tewas ditembak tentara Israel saat meliput protes di perbatasan Gaza dengan Israel, Sabtu (7/4). Perusahaan media tempat Yasser Murtaja bekerja memastikan kematian wartawannya. (AP Photo/Khalil Hamra)

Demonstran membantu wartawan Palestina, Yasser Murtaja, usai ditembak tentara Israel saat meliput protes di perbatasan Gaza-Israel, Jumat (6/4). Sindikat Jurnalis Palestina menyatakan lima jurnalis lain juga ditembak saat meliput protes. (SAID KHATIB/AFP)

Demonstran membantu wartawan Palestina, Yasser Murtaja, usai ditembak tentara Israel saat meliput protes di perbatasan Gaza-Israel, Jumat (6/4). Sindikat Jurnalis Palestina menyatakan lima jurnalis lain juga ditembak saat meliput protes. (SAID KHATIB/AFP)

Suasana saat aksi protes warga Palestina di perbatasan Gaza dengan Israel, Jumat (6/4). Aksi ini merupakan protes warga Palestina untuk kembali ke rumah-rumah mereka di Jalur Gaza yang dikuasai militer Israel sejak 1948. (AP Photo/Tsafrir Abayov)

Suasana saat aksi protes warga Palestina di perbatasan Gaza dengan Israel, Jumat (6/4). Aksi ini merupakan protes warga Palestina untuk kembali ke rumah-rumah mereka di Jalur Gaza yang dikuasai militer Israel sejak 1948. (AP Photo/Tsafrir Abayov)

Para pengunjuk rasa Palestina berkumpul di depan ban yang terbakar saat aksi protes di perbatasan Gaza dengan Israel, Jumat (6/4). Tentara terus menembakkan gas air mata dan peluru tajam selama aksi berlangsung. (AP Photo/Adel Hana)

Para pengunjuk rasa Palestina berkumpul di depan ban yang terbakar saat aksi protes di perbatasan Gaza dengan Israel, Jumat (6/4). Tentara terus menembakkan gas air mata dan peluru tajam selama aksi berlangsung. (AP Photo/Adel Hana)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dituduh Nyinyir, Rina Nose Beri Tanggapan soal Unggahan Ibu Konde

Posted: 07 Apr 2018 08:30 PM PDT

Rina Nose buka suara soal unggahan Instagramnya yang dituduh menyindir masalah yang belakangan jadi pro kontra soal puisi Sukmawati Soekarnoputri yang berjudul "Ibu Indonesia".

Dalam unggahannya, Rina Nose tampak mengenakan baju berwarna merah, scarf leher dan mengenakan konde di rambutnya.

Tampil dengan model rambut khas wanita tradisional Indonesia ini membuat warganet ramai-ramai menjuluki Rina "Ibu Konde".

Unggahan tersebut kemudian ramai setelah para warganet mengaitkan hal tersebut dengan masalah puisi Sukmawati Soekarnoputri. Banyak yang menganggap kalau Rina Nose sengaja mengunggah itu untuk menyindir.

Gerah dengan kondisi seperti itu, Rina Nose akhirnya buka suara. Melalui unggahan Instagram Story-nya, Rina Nose memberikan klarifikasinya.

 

Menambahkan Keterangan

Rina Nose kembali dikomentari oleh warganet

Rina Nose mengunggah kembali fotonya yang menjadi bahan pembicaraan warganet, dengan menambahkan keterangan di dalam foto tersebut.

"Kondisi postingan saya yang ini adalah ketika pikiran orang2 sedang berada di satu situasi yang sama sedangkan pikiran saya tidak berada di sana," tulis Rina Nose pada Sabtu (7/4/2018).

Nggak Cocok

(Instagram/rinanose16)

Rina Nose juga mengatakan bahwa hal tersebut hanyalah ketidaksengajaan semata. Dan warganet lah yang justru mengait-kaitkan dengan masalah tersebut.

"Orang2 yg menuduh saya di postingan ini, mereka hanya senang "cocoklogi" meskipun tidak cocok!," sambung Rina Nose.

Memaafkan

Rina Nose kembali dikomentari oleh warganet

 

Di unggahan lain, Rina Nose menyatakan bahwa dirinya sudah memaafkan warganet yang sudah memberikan tuduhan tersebut kepadanya.

"Dan bagi kalian yang sudah menuduh saya dengan segala prasangkanya, saya memaafkan kalian," tutup Rina Nose.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga 1, Siaran Langsung 8 April 2018

Posted: 07 Apr 2018 08:30 PM PDT

Dua pertandingan dari pekan 3 Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak akan digelar hari ini, Minggu (8/4/2018). Persib Bandung dan Persebaya Surabaya akan bermain di kandang sendiri.

Persebaya akan menjamu Barito Putera di Stadion Gelora Bung Tomo pada pukul 15.30 WIB. Yang menarik dari laga ini adalah reuni pelatih Barito Jacksen F. Tiago. 

Pria asal Brasil itu merupakan legenda Persebaya. Jacksen sukses besar bersama Bajul Ijo sebagai pemain dan pelatih.

Malam harinya, Persib akan melakoni laga kandang. Maung Bandung menjamu Mitra Kukar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api mulai 18.30 WIB.

Kedua laga seru Liga 1 2018 itu akan disiarkan langsung oleh Indosiar. Pecinta bola juga bisa menyaksikannya lewat live streaming di Vidio.com dan Liputan6.com.

 

Jadwal Liga 1:

Ilustrasi

Minggu 8 April 2018

15.30 WIB: Persebaya vs Barito Putera

18.30 WIB: Persib vs Mitra Kukar

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harapan KPU untuk Bawaslu yang Masuki Usia 1 Dasawarsa

Posted: 07 Apr 2018 08:21 PM PDT

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) hari ini merayakan peringatan satu dasawarsa atau 10 tahun. Beragam acara pun diadakan untuk memeriahkan ulang tahunnya.

Dalam kegiatan yang diadakan di Kantor Bawaslu RI, hadir pula Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman. Ia juga mengucapkan selamat ulang tahun kepada Bawaslu.

"KPU mengucapkan dirgahayu untuk Bawaslu usianya sudah 10 tahun," kata Arief di Kantor Bawaslu RI, Jakarta Pusat, Minggu (8/4/2018).

Usia 10 tahun Bawaslu, menurut dia, bisa diumpamakan dengan penyelenggaraan Pemilu.

"Kalau diukur Pemilu itu kan sudah dua kali pemilu, maka memasuki yang ketiga, itu biasanya jadi titik lompatan, yang ketiga ini titik lompatan. Saya percaya teman-teman Bawaslu akan ikut mempersiapkan pijakan yang kuat," jelas Arief.

Ketua Bawaslu RI Abhan juga mengungkapkan harapannya di usia yang ke-10 ini.

"Harapan kami ulang tahun dasawarsa ini memberikan semangat bagi jajaran pengawas Pemilu, bagaimana nantinya mengawasi pemilu 2018 dan 2019 dengan maksimal," ujar Abhan.

 

Tema Ulang Tahun ke-10

Ketua Bawaslu Abhan menerima berita acara dari Ketua KPU Arief Budiman saat penetapan partai peserta Pemilu 2019 di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (6/3). (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Tema yang diangkat dalam perayaan ulang tahun hari ini adalah #1Dasawarsa Bersama Rakyat, Bawaslu Mengawasi.

Sementara kegiatan hari ini yaitu jalan sehat, donor darah, sosialisasi Gowaslu, dan menikmati kopi pagi di Festival Kopi Nusantara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mantan Trainee Agensi K-Pop Lakukan Percobaan Bunuh Diri

Posted: 07 Apr 2018 08:20 PM PDT

Seorang mantan trainee K-Pop salah satu agensi terkenal Korea Selatan, melakukan aksi bunuh diri dengan menenggelamkan diri di pantai Busan.

Untungnya polisi setempat sempat menyelamatkan mantan trainee K-Pop yang diketahui berusia 25 tahun tersebut. Dilansir dari Allkpop, Sabtu (7/4/2018) laporan yang diterima polisi pada 6 April pukul 8.27 malam waktu setempat mengungkap seseorang berusaha menenggelamkan diri di Pantai Gwangalli.

Setibanya di tempat kejadian, polisi dilaporkan menyelamatkan mantan trainee K-Pop itu tepat pada waktunya. Pihak berwenang yang bertugas langsung menuju perairan, untungnya pria tersebut selamat tanpa cedera tertentu.

Trainee Agensi Terkenal

(Ilustrasi: bes-reporter.com)

Terungkap bahwa, pria tersebut telah menjadi trainee selama 3 tahun di bawah agensi hiburan terkenal tetapi gagal untuk debut. Setelah itu ia ke Busan untuk kerja paruh waktu selama setahun.

Frustasi

Ilustrasi Foto Bunuh Diri (iStockphoto)

Polisi mengungkapkan, pria tersebut mulai frustasi ketika mendengar salah satu idola dari agensi tempatnya berlatih melakukan aksi bunuh diri. Hal tersebut menuntunnya membuat keputusan untuk mengakhiri hidupnya sendiri juga.

Antar ke Rumah Orang Tua

Ilustrasi Bunuh Diri (Istimewa)

Kabarnya, salah satu anggota polisi juga mengatakan kepadanya untuk tidak kehilangan harapan dalam mimpi mereka menjadi seorang penyanyi, dan anggota polisi tersebut akan memberikan pria tersebut kontak ke lembaga yang tepat untuk konseling profesional.

Setelah kejadian tersebut, setelah memeriksa kondisi pria tersebut polisi langsung mengantarnya ke rumah orang tuanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Siaran Langsung Liga Inggris Hari Ini

Posted: 07 Apr 2018 08:15 PM PDT

Liga Inggris telah memasuki pekan ke-33. Persaingan panas di papan atas dan bawah pun terus terjadi.

Pada Sabtu (7/4/2018) telah digelar delapan laga Liga Inggris. Sehingga pada Minggu (8/4/2018) tinggal dua laga yang tersisa.

Arsenal akan menjamu Southampton di Emirates Stadium. Kemenangan bakal membuat peluang mereka finis di lima besar tetap terjaga.

Saat ini The Gunners berada di posisi keenam klasemen. Mesut Ozil dan kawan-kawan mengoleksi 51 poin dari 31 laga.

Sementara Soton masih berada di zona degradasi. Mereka tertahan di posisi ke-18 Liga Inggris dengan koleksi 28 poin.

 

 

Derby London

Ilustrasi Logo Liga Inggris. (AFP/Jon Super)

Laga lain mempertemukan Chelsea kontra West Ham United. Derby London ini akan digelar di Stamford Bridge.

Chelsea berada di posisi kelima klasemen. Mereka mengoleksi 56 poin dari 31 laga.

Sementara The Hammers masih tertahan di posisi ke-14 dengan koleksi 33 poin. Berikut jadwal Liga Inggris hari ini:

Jadwal Liga Inggris

Logo Liga Inggris

Minggu (8/4/2018)

20.15 WIB: Arsenal vs Southampton (Bein Sports 1)

22.30 WIB: Chelsea vs West Ham (Bein Sports 1/ MNC TV)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Facebook, WhatsApp, dan Instagram Terancam Diboikot Selama 24 Jam

Posted: 07 Apr 2018 08:10 PM PDT

Skandal penyalahgunaan data Facebook oleh konsultan politik Cambridge Analytica berbuntut panjang. Setelah mengumumkan bahwa ada 87 juta data pengguna Facebook di seluruh dunia yang jadi korban, Facebook bakal diboikot.

Dalam laporan The Guardian yang Tekno Liputan6.com kutip pada Minggu (8/4/2018), kampanye pemboikotan Facebook yang bernama Faceblock ini bakal dilakukan bersamaan dengan pernyataan Mark Zuckerberg terkait penyalahgunaan data di depan Congress AS, Rabu 11 April 2018.

Para pemrotes yang tergabung dalam Faceblock mengajak semua orang untuk ikut protes dengan cara tidak menggunakan aplikasi Facebook, Messenger, WhatsApp, dan Instagram selama 24 jam.

Juru bicara kampanye Faceblock Laura Ullman mengatakan, kelompoknya begitu peduli dengan data pribadi dan bagaimana sebuah perusahaan harus mematuhi regulasi terkait data pribadi.

"Kami mengorganisasi aksi langsung yang melibatkan banyak pecinta Facebook tetapi ingin agar platform tersebut berbenah. Caranya dengan tidak menggunakan platform Facebook selama seharian. Ini merupakan demonstrasi virtual yang mudah dilakukan sekaligus menghadirkan pesan penting, bahwa kami menuntut platform yang lebih baik," kata Ullman.

Ullman menjelaskan, dirinya memilih protes terhadap Facebook dilangsungkan tepat saat Mark Zuckerberg memberi penjelasan di depan Congress AS.

"Merupakan tanggung jawab Facebook untuk memperbaiki platform mereka, tetapi juga merupakan tanggung jawab pemerintah untuk memastikan perusahaan media sosial melindungi data pengguna serta menerapkan regulasi," katanya.

Tuntut Facebook Jadi Platform yang Lebih Baik

Facebook (AP Photo/Thibault Camus)

Beberapa pengguna sebelumnya telah mempertimbangkan untuk menghapus akun Facebook mereka secara permanen.

Namun demikian menurut Ullman, hal tersebut tidak memungkinkan bagi semua orang, apalagi masih banyak yang menyukai Facebook dan platform-platform lain milik Facebook.

"Tidak semua orang berencana menghapus Facebook. Sejauh ini Facebook telah menciptakan monopoli dan di beberapa negara, satu-satunya upaya mengakses internet adalah lewat Facebook. Bahkan, di sejumlah tempat, seringkali sumber berita hanya berasal dari Facebook," ucap dia.

Menurut Ullman, Facebook juga menjadi platform untuk mengorganisasi komunitas.

"Jadi mengapa orang-orang harus menderita lantaran kebijakan yang buruk dari perusahaan? Mengapa mereka harus berhenti terlibat dengan komunitas karena perusahaan yang belum diatur dengan benar dan menyalahgunakan kepercayaan penggunanya?" kata Ullman.

Menurut Ullman, tidak seharusnya seseorang dipaksa berhenti dari perannya dalam komunitas, padahal kesalahan ada pada Facebook.

Ullman juga mengajak siapapun untuk bergabung dengan Faceblock melalui tagar #faceblock dan mengirim pesan ke Zuckerberg serta pada pemerintah.

Indonesia Turut Jadi Korban

Menkominfo Rudiantara saat ditemui di Kampus Universitas Al-Azhar Indonesia, Jakarta, Rabu (21/3/2018). (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Dalam keterangan resminya, Facebook mengungkap informasi dari sekira 87 juta pengguna telah digunakan secara tidak layak oleh perusahaan konsultan politik, Cambridge Analytica.

Sebagian besar merupakan data pengguna Facebook di Amerika Serikat (AS), dan Indonesia juga termasuk tiga besar yang menjadi korban.

Sebanyak 70,6 juta akun yang disalahgunakan berasal dari AS, Filipina berada di posisi ke dua dengan 1,2 juta dan Indonesia dengan 1 jutaan akun. Dari total jumlah akun yang disalahgunakan, 1,3 persen adalah milik pengguna di Indonesia.

Negara-negara lain yang juga menjadi korban adalah Inggris, Meksiko, Kanada, India, Brasil, Vietnam dan Australia. Namun, Facebook mengaku tidak tahu rincian data yang diambil dan jumlah pasti akun yang menjadi korban.

"Total, kami yakin informasi dari 87 juta orang di Facebook, sebagian besar di AS, telah dibagikan secara tidak layak dengan Cambridge Analytica," tulis Facebook dalam keterangan resminya, Kamis (5/4/2018).

Menanggapi soal itu, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan pihaknya tak segan untuk menutup Facebook apabila penanganan terkait hoaks tak juga dilakukan dengan serius.

Keputusan itu, menurut Rudiantara, tak terlepas dari pengakuan Facebook terkait kasus kekerasan di Rohingnya, Myanmar. Sebagai informasi, CEO Facebook Mark Zuckerberg baru-baru ini mengaku telah menemukan upaya untuk memperkeruh suasana di Rohingnya melalui platform-nya.

"Saya mengambil posisi dan tak punya keraguan untuk menutup Facebook apabila platform-nya menjadi bagian dari penyebaran hoaks ini. Kita tak ingin seperti yang terjadi di Rohingnya," tuturnya saat ditemui awak media di kantor Kemkominfo.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beli Rumah Pakai Agen Properti Lebih Menguntungkan

Posted: 07 Apr 2018 08:09 PM PDT

Untungnya beli rumah pakai agen properti apa sih?! Mungkin sebagian besar dari Anda akan mengajukan pertanyaan ini. Bahkan tak menutup kemungkinan jika ada yang berpikir sebaliknya, rugi karena harus bayar komisi buat agen properti.

Ketahuilah bahwa beli atau jual rumah bukanlah pekerjan yang mudah. Bahkan juga harus hati-hati. Salah beli rumah bisa bikin Anda menyesal di kemudian hari atau jual rumah bisa lama lakunya karena Anda bukan ahlinya. Jadi untuk mudahnya, baik mau jual atau beli rumah serahkan saja pada ahlinya, agen properti profesional yang tergabung di Rumah.com.

Nah, terutama bagi Anda yang tidak memiliki waktu atau pengalaman soal urusan membeli rumah, Anda bisa menggunakan jasa agen properti yang akan mengurus semua urusan Anda. Begitupun bagi Anda yang akan menjual rumah, agen properti bisa Anda andalkan sehingga rumah Anda cepat laku terjual.

Tinggal Duduk Manis

Masih penasaran untungnya beli rumah pakai agen properti? Simak penjelasannya berikut ini:

  • Mencari Penjual atau Pembeli

Cari rumah memang bisa Anda temukan di perumahan baru yang ada di Rumah.com dengan berbagai macam pilihan harga dan lokasi. Namun nilai plus menggunakan jasa agen properti adalah  Anda tak perlu repot-repot mencarinya karena agen properti akan membantu menemukan rumahnya dengan harga dan lokasi yang cocok dengan keinginan Anda.

Begitu pula ketika akan menjual rumah, Anda tak perlu repot-repot mencari pembeli dan memasarkannya, sebab agen properti yang akan melakukan semuanya untuk Anda. Anda cukup membayar  fee sesuai kesepakatan awal (biasanya berkisar 2% – 3%) setelah rumahnya laku terjual.

Andaikata Anda masih ragu dengan agen properti, lakukan perbandingan lewat review properti persembahan Rumah.com yang disajikan secara obyektif dan transparan sehingga Anda dapat menilai spesifikasi material hunian pilihan agen properti Anda, rencana pembangunan infrastruktur di sekitar lokasi, hingga perbandingan harga dengan hunian lain di sekitarnya.

Pengurusan Surat Lebih Aman

  • Mengurus Dokumen

Jika nilai transaksi sudah disepakati bersama antara pihak penjual dan pembeli, maka langkah selanjutnya adalah mengurus segala surat-surat yang terkait dengan rumah tersebut, mulai surat kepemilikan tanah, surat pajak bumi dan bangunan, dan sebagainya.

Ketika melakukan penggantian nama dan proses penandatanganan akta jual beli rumah, Anda harus mengurusnya di notaris atau PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah) agar memiliki kekuatan hukum. Nah, untuk proses pengurusan surat-suratnya juga akan dibantu oleh agen properti.

Itulah untungnya beli rumah pakai agen properti. Penasaran untuk tahu lebih jauh untungnya pakai agen properti? Simak artikel lengkapnya hanya di Rumah.com.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PDIP: Banyak Parpol Dukung Jokowi, Pemilu Berlangsung Kekeluargaan

Posted: 07 Apr 2018 08:08 PM PDT

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menyebut akan ada 2 partai yang bergabung ke koalisi pendukung Jokowi kembali maju Pilpres 2019 pada bulan ini. Bahkan kedua partai itu sudah mengadakan pembicaraan serius dengan Jokowi belum lama ini.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memandang langkah yang baik jika ada partai politik lain memberikan dukungan kepada Joko Widodo atau Jokowi. Saat ini, selain PDIP, ada PPP, Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai Hanura, PKPI, dan PSI yang sudah mendeklarasikan dukungan untuk Jokowi.

"Makin banyak dukung Pak Jokowi, makin bagus," ucap Wasekjen PDIP Ahmad Basarah di Jakarta, Minggu (8/4/2018).

Dia menilai, jika semakin banyak yang mendukung Jokowi, pemilu akan semakin berjalan secara kekeluargaan. "Pemilu akan semakin kekeluargaan satu sama lain," ungkap Basarah.

Saat ditegaskan siapa 2 parpol yang akan mendukung Jokowi, dia melemparkan ke Ketua Umum PPP Rommahurmuziy. "Tanya sama Romi. Kita enggak tahu," tutur Basarah.

Namun, dia berharap, 2 parpol yang akan mendukung Jokowi, adalah terbaik untuk demokrasi. "Prediksinya yang terbaik untuk demokrasi kita," pungkas Basarah.

2 Parpol

Sebagai teman koalisi, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto mengaku mengetahui 2 partai tersebut. Meskipun dia memilih bungkam.

"Ya tahu dong (2 parpol tersebut)," ucap Airlangga di Jakarta.

Saat ditegaskan, 2 parpol yang dimaksud? Dia hanya menuturkan, "Ya sama seperti yang disampaikan PPP. Kita ikutin saja."

Diketahui, sebelum menyebut 2 partai, Ketua Umum PPP Romahurmuziy atau Romi mengaku sempat bertemu Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Jombang.

Dalam pertemuan tersebut, SBY sempat memuji Jokowi. Yang dia yakini membuat peluang Demokrat merapat ke koalisi Jokowi. Romi pun mengungkapkan SBY sudah berulang kali bertemu Jokowi.

"Sebagai mantan Presiden, Pak SBY memiliki previlege yang lebih daripada Ketum yang lain, yang bisa setiap saat ketemu Pak Jokowi. Dan setahu saya, SBY sudah bertemu Jokowi beberapa kali dalam bulan terakhir ini," ungkap Romi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mau Beli Ban Motor, Perhatikan Kembangannya

Posted: 07 Apr 2018 08:06 PM PDT

Ban sepeda motor memiliki karakter dan spesifikasi yang berbeda-beda. Hal tersebut ditentukan oleh jenis bahan yang digunakan dan juga kembangannya.

Di pasaran ada beberapa varian yang ditawarkan. Semuanya bisa dipilih sesuai kebutuhan dan kecocokan jalan yang dilalui.

Menurut Ali Syahab, Technical Support PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) selaku produsen ban FDR, sedikitnya ada 6 jenis kembangan pada ban.

 

1. LUG

LUG (Otosia).

Model kembangan ini mempunyai keunggulan daya penarik (traction) dan braking (pengereman) yang baik. Cocok untuk kondisi hujan.

"Biasanya tipe ini traksinya bagus. Kalau tinggal di pinggiran kota atau pedesaan yang jalannya banyak kerikil-kerikil, cocoknya pilih kembangan ini, dengan catatan bukan berlumpur," jelas Ali Syahab.

2. RIB

RIB (Otosia).

Model RIB unggul untuk cornering (menikung), gesekan rendah dan kebisingan yang rendah. Cocok untuk jalan perkotaan

3. Kombinasi RIB dan LUG

Kombinasi RIB dan LUG (Otosia).

Kombinasi dua jenis pattern ini punya keunggulan cocok di segala medan yang normal.

"Nah ini buat yang suka kembangan rapat-rapat. Ban kembangan gabungan ini banyak beredar, artinya ban multi. Ini unsur garis tengahnya ada, pinggirnya juga ada. Kegunaannya untuk segala medan," beber Ali Syahab.

4. Blok

Blok (Otosia).

Model blok mempunyai daya tarik (traction) dan pengereman yang baik. Cocok untuk jalan berlumpur. Biasanya, jenis ini kerap disebut sebagai ban tahu.

"Kalau ini buat jalan offroad," tegasnya.

5. Modification

Modification (Otosia).

Kelima jenis ban yang juga banyak digunakan adalah tipe modification. Model kembangan ini untuk beragam traksi dan akselerasi, fungsi tetap baik. Cocok untuk jenis aspal atau beton di medan perkotaan.

"Di pasaran yang paling banyak beredar adalah jenis kembangan modifikasi. Kecenderungan fokus pemakaiannya adalah di kota-kota," ujar Ali Syahab.

Namun, kerap timbul pertanyaan, ban kategori ini kadang-kadang juga licin saat hujan? Sementara pada saat kondisi kering tidak masalah.

Karena itu, Ali Syahab menyarankan untuk pilih ban jenis modification yang punya kembangan lebih rapat. "Jadi dual purpose-nya juga jadi lumayan," imbuhnya

6. Slick

Slick (Otosia).

Model Slick tidak mempunyai kembangan, akan tetapi diimbangi dengan karet yang berbeda, alias soft. Penggunaan untuk balap. Tidak untuk harian.

"Ini model gundul atau slick. Ini tidak rekomendasikan untuk dipakai harian. Banyak ban ini kadang dipakai buat harian, padahal ini hanya digunakan untuk race only, untuk balapan saja," tukasnya.

"Jadi kalau dipakai licin atau kurang menggigit, itu bukan sepenuhnya salah ban, tetapi berarti kesalahan ada pada pemilihan jenis ban. Makanya saya sarankan pilih ban yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi jalan yang sering dilalui," tutup Ali Syahab.

Sumber : Otosia.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KBRI London Selamatkan TKI Terduga Korban Perbudakan di Inggris

Posted: 07 Apr 2018 08:04 PM PDT

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) London, Inggris, bekerja sama dengan kepolisian Brighton, Sussex, berhasil menyelamatkan TKI asal Banyumas, Jawa Tengah, yang hilang kontak dengan keluarga selama 18 tahun.

Penyelamatan itu terjadi usai KBRI menerima berita resmi mengenai Warga Negara Indonesia (WNI) bermasalah bernama Parinah pada tanggal 1 Maret 2018.

Seperti dikutip dari Antara (8/4/2018), Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI London Gulfan Afero mengatakan, berbekal informasi dari pihak keluarga, KBRI melakukan koordinasi intensif dengan Met Police (Modern Slavery Unit) yang kemudian menghubungkan dengan kepolisian setempat di Brighton, Sussex.

Pada tanggal 5 April 2018, atas permintaan KBRI London, kepolisian Brighton berhasil mengeluarkan Parinah dari rumah majikannya. Pada hari yang sama, pihak kepolisian telah menahan majikan dan keluarga berjumlah empat orang atas dugaan tindak perbudakan modern. Demikian seperti dikutip dari Antaranews.com pada Minggu (8/4/2018)

Sehari kemudian, KBRI London menjemput Parinah untuk dibawa di rumah tinggal KBRI London dan dijadwalkan segera dipulangkan ke Indonesia. Parinah tercatat berada di Inggris sejak 28 Mei 2001, setelah bekerja di Arab Saudi sejak tahun 1999. Selama bekerja dengan majikan, Parinah tidak diperkenankan keluar rumah, kecuali jika bersama salah seorang anggota keluarga.

TKI asal Banyumas itu juga tidak diperkenankan menghubungi keluarga dan tidak mendapatkan pembayaran gaji untuk dikirimkan ke keluarga, seperti lazimnya para pekerja migran.

KBRI London menerima berita resmi permintaan bantuan memulangkan Parinah kembali ke Indonesia pada 1 Maret 2018, atas dasar dua surat dari Parinah, yaitu pada tanggal 5 Maret 2005 dan 28 Januari 2018.

Selain kedua surat tersebut, pihak keluarga tidak dapat berhubungan dengan Parinah sama sekali. KBRI London kemudian menjalin kontak dengan unit kepolisian antibudak modern (Modern Slavery Ocer Met Police) sejak minggu pertama bulan Maret guna meminta bantuan penyelamatan Parinah dari majikannya, setelah sebelumnya majikan mengaku tidak mengenal yang bersangkutan ketika dihubungi KBRI London.

Berbekal dengan informasi dari KBRI London serta informasi tambahan yang disampaikan pihak keluarga kepada KBRI London, maka pihak Kepolisian Inggris meneruskan informasi kepada polisi di Brighton, Sussex. Dari informasi tersebut, KBRI mencatat pada 5 April, kepolisian Brighton berhasil mengeluarkan Parinah dari rumah majikan.

Pihak kepolisian juga menahan majikan dan keluarga (berjumlah 4 orang) atas dugaan tindak perbudakan modern. Segala macam bentuk perbudakan modern adalah kejahatan serius di Inggris. Hal itu dikuatkan dengan Akta Perbudakan Modern (Modern Slavery Act) yang disahkan pada 2015.

Kepolisian Brighton menegaskan keseriusan penyelesaian kasus itu, dan sejumlah hak Parinah yang belum terpenuhi selama bekerja selama 18 tahun di Inggris akan dilimpahkan ke pengadilan untuk memperoleh kompensasi.

Parinah berada dalam lindungan KBRI London untuk dipulangkan pada kesempatan pertama KBRI London akan terus berkoordinasi dengan Kepolisian Brighton untuk menyelesaikan permasalahan Parinah hingga tuntas, termasuk memperoleh hak-haknya melalui peradilan setempat.

Pihak kepolisian juga tengah membuat BAP kasus TKI Parinah dan akan kembali mendatangkan perempuan itu untuk menjadi saksi di pengadilan atas biaya kepolisian setempat.

 

Saksikan juga video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tupai Terbang Salah Lompat, Purworejo Gelap Gulita

Posted: 07 Apr 2018 08:01 PM PDT

Lagi-lagi jaringan PLN kembali mengalami gangguan Jumat, 6 April 2018 tengah malam. Selama hampir satu jam, listrik di wilayah Kecamatan Banyuurip, Purworejo dan Loano padam.

Kali ini, gangguan kembali disebabkan hewan liar. Adalah Walang Kopo atau Tupai Terbang yang menyebabkan gangguan itu. Hidup binatang imut itu pun ikut 'terbang' akibat sengatan listrik bertegangan tinggi.

Koodinator Yantek PLN Cabang Purworejo Agus Handayani mengatakan, hewan yang statusnya terancam punah itu diduga sedang melompat antarpohon. "Mungkin jaringan listrik dianggap dahan dan ranting, sehingga dihinggapi," ujarnya kepada KRJogja.com, Sabtu (7/4/2018).

Hubungan arus pendek memunculkan bunga api dan listrik padam. Petugas yang memantau lewat panel di PLN mendapati sumber gangguan berasal dari jaringan di wilayah Pangen Purworejo.

 

Baca berita menarik lainnya dari KRJogja.com di sini.

 

Gangguan Faktor Alam

Bangkai Walang Kopo penyebab gangguan listrik dan tiang listrik tempat bangkai ditemukan. (KRJogja.com/Dok. PLN Cabang Purworejo)

Petugas meluncur dan menyisir jaringan diduga sumber masalah. "Mereka menemukan ada binatang tersangkut di kabel jaringan, ternyata Walang Kopo.

Menurutnya, gangguan akibat faktor alam tersebut sulit dicegah. PLN baru bisa mengupayakan agar binatang seperti ular tidak naik ke atas jaringan dengan memasang ijuk.

Namun masyarakat, katanya, dapat membantu mengurangi risiko gangguan bersumber faktor alam. "Misalnya dengan melapor apabila ada dahan pohon yang tersangkut jaringan, biar nanti ditindaklanjuti petugas dengan perabasan," tandasnya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Arsenal Vs Soton: Menanti Aksi Aubameyang

Posted: 07 Apr 2018 08:00 PM PDT

Kiprah Pierre Emerick Aubameyang kembali dinanti Arsenal malam ini. Terlebih lawan yang dihadapi tidak terlalu sulit yakni Southampton.

Aubameyang baru didatangkan Arsenal dari Borussia Dortmund pada Januari 2018. Dia sudah terlibat dalam enam pertandingan tim Meriam London di Premier League.

Meski baru bergabung, striker asal Gabon itu terbukti bisa langsung beradaptasi dengan baik. Aubameyang sudah mengoleksi lima gol untuk Arsenal, termasuk empat gol yang dicetaknya dalam tiga laga terakhir Premier League.

Catatan itu bisa kembali diperpanjang Aubameyang pada akhir pekan ini. Arsenal berpeluang menang dengan skor besar karena hanya menjamu tim berperingkat ke-18, Southampton.

Apalagi, Aubameyang dipastikan dalam kondisi siap tampil. Dia tidak bisa didaftarkan tim untuk laga Liga Europa, yang membuatnya memiliki waktu istirahat lebih banyak ketimbang pemain lain.

"Kami fokus di dua kompetisi. Akan ada sedikit rotasi pemain untuk mengurangi risiko cedera. Kami mempertimbangkan pemain seperti Aubameyang yang tidak bisa bermain di Liga Europa, namun siap di Premier League," kata manajer Arsene Wenger. 

Ingin Curi Poin

Manajer Southampton, Mark Hughes. (AFP/Lindsey Parnaby)

Sementara itu, kubu tim tamu sedang terpuruk menyusul hasil tidak pernah menang dalam lima laga terakhir Premier League. Hal itu diperburuk catatan tidak pernah mencetak gol dalam tiga laga terbaru.

Manajer Mark Hughes sedikit kesulitan membangun kepercayaan diri para pemainnya. Hughes berusaha keras membawa The Saints lolos dari jurang degradasi ke Divisi Championship pada musim depan.

"Kadang, kepercayaan diri bisa berubah dengan cara lain. Anda harus kuat secara mental dan fisik untuk mencapai level itu," ujar Hughes yang juga mengantisipasi kekuatan Arsenal.

"Arsenal memiliki para pemain hebat dan berteknik tinggi. Namun, kami butuh hal lain untuk melalui situasi ini yang akan menjadi ujian para pemain. Saya melihat situasi di tim dan tahu siapa saja pemain yang siap atau tidak," lanjut Hughes.

Southampton memang hanya memiliki peluang tipis mencuri poin penuh di kandang Arsenal. Akan tetapi, segalanya bisa terjadi, seperti saat The Saints meraih kemenangan di tempat tersebut pada musim lalu.

Sumber: Bola.com

Prediksi pertandingan

Head to head

  • 10/12/2017 - Southampton 1-1 Arsenal (Premier League)
  • 10/5/2017 - Southampton 0-2 Arsenal (Premier League)
  • 28/1/2017 - Southampton 0-5 Arsenal (Piala FA)
  • 30/11/2016 - Arsenal 0-2 Southampton (Piala Liga Inggris)
  • 10/9/2016 - Arsenal 2-1 Southampton (Premier League)

Lima pertandingan terakhir Arsenal

  • 5/4/2018 - Arsenal 4-1 CSKA Moskva (Liga Europa)
  • 1/4/2018 - Arsenal 3-0 Stoke City (Premier League)
  • 15/3/2018 - Arsenal 3-1 AC Milan (Liga Europa)
  • 11/3/2018 - Arsenal 3-0 Watford (Premier League)
  • 8/3/2018 - AC Milan 0-2 Arsenal (Liga Europa)

Lima pertandingan terakhir Southampton

  • 31/3/2018 - West Ham United 3-0 Southampton (Premier League)
  • 18/3/2018 - Wigan Athletic 0-2 Southampton (Piala FA)
  • 10/3/2018 - Newcastle United 3-0 Southampton (Premier League)
  • 3/3/2018 - Southampton 0-0 Stoke City (Premier League)
  • 24/2/2018 - Burnley 1-1 Southampton (Premier League)

Perkiraan susunan pemain

Arsenal: Petr Cech; Hector Bellerin, Shkodran Mustafi, Calum Chambers, Sead Kolasinac; Mohamed Elneny, Aaron Ramsey; Danny Welbeck, Jack Wilshere, Mesut Ozil; Pierre-Emerick Aubameyang

Manajer: Arsene Wenger

Southampton: Alex McCarthy; Cedric Soares, Jack Stephens, Wesley Hoedt, Ryan Bertrand; Mario Lemina, Oriol Romeu; Dusan Tadic, Steven Davis, Nathan Redmond; Charlie Austin

Manajer: Mark Hughes

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diejek Gemuk, Gadis 19 Tahun Balas dengan Borong Cupcake

Posted: 07 Apr 2018 08:00 PM PDT

Perempuan 19 tahun asal Indiana, AS, ini memutuskan memborong semua cupcake di toko kue favoritnya setelah mendengar ejekan pelanggan lain.

Vega Blossom mendengar dua pelanggan yang antre di belakangnya berkata, "Berharap saja perempuan gemuk ini tak membeli semua cupcake itu."

Ya, tubuh Vega memang subur. Celoteh itu kontan membuat Vega kesal dan sedih. Dia lantas memikirkan cara  merespons perlakuan tak menyenangkan itu dengan lebih baik. Vega ingin reaksinya bisa memberi pelajaran pada keduanya agar lebih menghargai orang lain.

"Aku menelan rasa sakit itu dan memikirkan cara yang tidak buruk untuk membalas mereka, tapi bisa memberi pelajaran agar mereka lebih menghargai orang lain," ujarnya.

Vega yang semula hendak membeli enam cupcake, meningkatkan jumlahnya menjadi 20 dan memastikan kedua pelanggan itu tak mendapat satu pun yang tersisa.

"Tumbuh sebagai gadis yang lebih montok (dibandingkan gadis lainnya), aku selalu menerima komentar sinis tentang berat badanku dari orang-orang yang merasa berhak mengurusi hidupku," curhat Vega.

Vega berharap tindakannya itu bisa menjadi pelajaran agar seseorang lebih mampu memperlakukan orang lain dengan lebih baik. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

Diunggah ke media sosial

Vega berharap tindakannya itu bisa menjadi pelajaran agar orang lebih mampu memperlakukan orang lainnya dengan lebih baik.  (iStockphoto)

Melansir laman New York Post, Minggu (8/4/2018), pelayan di toko kue itu juga mendengar perkataan dua pelanggan wanita yang mengolok berat badan Vega. Itu sebabnya dia memberi tambahan cokelat dan kue-kue kering gratis untuk Vega.

Kedua pelanggan yang mengolok Vega itu kemudian mencibirnya ketika berjalan melewati mereka.

"Aku memandang tepat ke mata mereka dan berkata, `Boleh tolong bantu bukakan pintu untukku? Tanganku sedikit penuh`," cerita Vega pada laman Cater News.

Menurut Vega, salah seorang wanita itu kemudian membukakan pintu dengan ogah-ogahan sebelum mengikutinya ke luar. "Menurutku, jika kamu tak punya kata-kata baik untuk diucapkan, lebih diam," Vega berpendapat.

Vega kemudian mengunggah kisahnya di akun Facebooknya. Unggahan itu mendapat 66 ribu likes dan dibagikan 23 ribu kali.

Bagaimana dengan cupcakes yang diborongnya? Tentu saja tak Vega menghabiskan sendiri. Dia membaginya dengan teman, keluarga, dan rekan kerjanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Lifestyle: Zodiak Ini Dikenal Paling Setia

Posted: 07 Apr 2018 08:00 PM PDT

Setiap orang-orang memiliki karakter yang berbeda-beda. Begitu juga dengan tingktak kesetiaan mereka. Ternyata, zodiak mampu mengukur kadar kesetiaaan seseorang. Penasaran zodiak apa saja yang memiliki kadar kesetiaan tinggi menurut zodiak? Simak berita selengkapnya yang terangkum dalam Top 3 Lifestyle, Minggu (8/4/2018) berikut ini.

1. 5 Zodiak Ini Dikenal Paling Setia, Termasuk Anda?

Setiap zodiak memiliki sifat yang berbeda, termasuk soal kesetiaan. Setia merupakan hal yang bisa dilakukan dengan komitmen penuh. Tidak semua orang mampu berkomitmen untuk setia, kecuali mereka yang lahir di bawah lima zodiak ini. Baca di sini.

2. Cara Mudah Hilangkan Jerawat di Punggung

Jangan biarkan jerawat pada punggung membuat Anda tampil tak percaya diri. Berikut kiat untuk mencegahnya.

Jerawat merupakan permasalahan utama wajah yang membuat Anda kurang percaya diri. Namun tidak hanya pada wajah, jerawat juga bisa muncul di punggung. Jerawat di punggung ini dapat dirasakan pria ataupun wanita. Baca di sini.

3. Perut Rata Bebas Lemak dengan Konsumsi 5 Buah Ini

Ilustrasi Perut Rata Wanita (iStockphoto)

Punya badan yang perfeksionis tentu menjadi dambaan banyak orang. Namun tidak mudah mendapatkan bentuk badan yang ideal, perlu usaha dan kerja keras yang tidak mudah. Selain butuh olahraga yang tepat, lemak di perut juga dipengaruhi pola makan. Berikut 5 jenis buah yang bisa membantu menghilangkan lemak di perut. Baca di sini.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisruh Hak Cipta API, Oracle Akhirnya Kalahkan Google

Posted: 07 Apr 2018 08:00 PM PDT

Kisruh antara dua perusahaa besar Oracle dan Google, akhirnya mencapai titik temu. Google akhirnya menang dalam sengketa hukum melawan Google terkait tuduhan pelanggaran hak cipta penggunaan Java API (Application Programming Interace) pada Dalvik, yang menjadi bagian dari sistem operasi Android.

Sengketa ini memiliki dampak besar tidak hanya bagi kedua perusahaan yang berseteru, tapi juga bagi industri software terutama Open Source. Selain menjadi preseden buruk baik bagi Oracle maupun pemilik software propietary lainnya, ada banyak implementasi software Open Source yang berpotensi menjadi rujukan tuntutan hukum berikutnya.

Sengketa hukum yang telah berlangsung selama sekitar 8 tahun tersebut, dimulai kala pembelian perusahaan Sun Microsystem oleh Oracle pada 2009. Pada tahun berikutnya Oracle melayangkan tuntutan hukum terhadap Google.

Duduk perkara kasus bermula ketika Google ingin membesut platform sistem operasi Android agar kompatibel dengan aplikasi yang tengah dikembangkan.

Alih-alih membeli lisensi platform Java dari Sun Microsystems agar program yang dikembangkannya bisa perusahaan teknologi asal Mountain View, Amerika Serikat (AS) itu memilih untuk mengembangkan versi mereka sendiri yang memiliki kemiripan dengan bahasa pemrograman Java yang dijuluki Dalvik.

Sidang pertama kasus tersebut digelar pada 2012 yang diakhiri dengan kemenangan Google, tetapi upaya banding Oracle membuahkan kemenangan pada 2014.

Setelah kasus dimentahkan oleh Mahkamah Agung AS, Google dan Oracle kembali berhadapan dalam persidangan kedua pada 2016 yang dimenangkan oleh Google.

Namun pada 27 Maret 2018, upaya banding kembali berakhir dengan kemenangan Oracle. "Fakta bahwa Android tersedia secara gratis bukan berarti penggunaan paket Java API oleh Google bersifat nonkomersial," ucap tiga panel hakim Federal Circuit dalam putusannya yang mencatat bahwa Android telah menghasilkan pendapatan lebih dari US$ 42 miliar dari iklan.

"Pendapat Federal Circuit menegakkan prinsip hukum hak cipta dan menegaskan bahwa Google telah melanggar hak cipta," kata Dorian Daley, pengacara Oracle.

"Kami kecewa pengadilan membalikkan temuan juri bahwa Java adalah terbuka dan gratis bagi semua orang," kata Google dalam pernyataan resminya. "Keputusan seperti ini akan membuat aplikasi dan layanan online lebih mahal bagi para pengguna," tambahnya. 

Lebih Jeli Menggunakan Solusi Open Source

Open Source Software. Dok: irisns.com

Kemenangan Oracle ini menjadi berita besar di kalangan profesional pelaku TI (Teknologi Informasi), terutama bagi mereka yang berkecimpung dan menggunakan software berbasis Open Source.

Sebetulnya, ada banyak implementasi software Open Source yang bisa menjadi subjek tuntutan berikutnya baik oleh Oracle maupun pemilik software propietary lain seperti Microsoft, SAP, dan lainnya.

"Dari kasus tersebut kita semua bisa berkaca, meskipun diuntungkan oleh ketersediaan software Open Source yang memberikan alternatif solusi lebih baik dan efektif, tetapi kita juga harus jeli agar tidak salah memilih," kata Julyanto Sutandang, CEO PT. Equnix Business Solutions dalam keterangan yang diterima Tekno Liputan6.com.

Ia menambahkan, tidak semua software Open Source adalah Open Source murni atau tak ternoda hak cipta propietary yang terkait dengan lisensi komersial.

Pada umumnya, software Open Source dibuat untuk satu tujuan ideal sebagai bagian dari infrastruktur TI secara umum, seperti Sistem Operasi Linux, Database Relational PostgreSQL, Kannel SMPP Gateway, Apache Web Server, dan sebagainya.

Pun demikian, ada pula software yang didistribusikan dalam bentuk kode sumber dengan lisensi Open Source, tetapi juga memiliki lisensi komersial sehingga tidak bisa dikategorikan sebagai Open Source murni, salah satu contohnya MySQL, Jboss, dan masih banyak lagi.

Ada pula inisiasi awal pengembangan software yang dilakukan oleh komunitas dengan tujuan menggantikan fungsi software propietary. Upaya pengembangan software tersebut dalam perjalanannya berupaya meniru fitur, mekanisme, dan yang paling sering adalah antarmuka pengguna (UI).

Hal itu bisa berpotensi menjadi sengketa hukum di masa mendatang, terutama setelah adanya preseden kasus Oracle vs Google ini.

"Pelajaran yang harus kita petik dari kasus Oracle vs Google adalah perlunya kehati-hatian dalam mengadopsi teknologi berbasiskan Open Source. Sebab, tak ada yang menginginkan migrasi dan perubahan yang sudak dilakukan akan menjadi bumerang di masa mendatang," kata Julyanto.

 

Vendor Profesional Diperlukan

Julyanto Sutandang, CEO PT Equnix Business Solutions

Pada dasarnya, setiap software memiliki risiko, tanpa kecuali pengadopsian software Open Source.

Karena itu, perlu dilakukan langkah pendekatan dan metodologi yang baik yakni menggunakan vendor yang mumpuni, dan mengambil alih semua tanggung jawab legal terkait penggunaan software tersebut,.

Selain itu, vendor ini juga diharapkan bisa melaksanakan proses implementasi, migrasi, dan mengoperasikan dengan baik, serta tentunya ketersediaan portofolio lengkap yang membuktikan kemampuan vednor dalam memberikan layanan yang profesional dan terpercaya.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lakukan USG, Jenis Kelamin Anak Vicky Shu Terungkap

Posted: 07 Apr 2018 08:00 PM PDT

Vicky Shu dan sang suami, Ade Imam sedang menantikan kehadiran anak pertama. Sama seperti pasangan lainnya, Vicky Shu dan suami pun baru-baru ini terlihat memeriksakan perkembangan calon anaknya.

Seperti yang baru saja dilakukan pada hari ini, Sabtu (7/4). Dalam unggahan Instagram Storiesnya, Vicky Shu membagikan bagaimana saat-saat ia melakukan proses ultrasonografi (USG).

Dalam videonya tersebut ia juga menuliskan, "Assalamualaikum dedek. Anaknya pemalu mirip ibunya,"

Tidak hanya itu, Vicky Shu juga membagikan foto sang anak yang diambil pada saat melakukan USG.

Foto Sang Anak

Vicky Shu (Instagram/vickyshu)

Pada foto sang anak ia menuliskan, "Mirip siapa hayoo?? Hallo cintaku, sehat terus yah!! Ibu bapak tunggu selalu". Dalam unggahannya, Vicky Shu diketahui mengunjungi RSIA Bunda Menteng, Jakarta Pusat.

Jenis Kelamin

Vicky Shu (Instagram/vickyshu)

Anak Vicky Shu pun juga sudah diketahui berjenis kelamin laki-laki. Informasi tersebut didapatkan dari akun gosip @lambe_turah, baru-baru ini mengunggah foto Vicky Shu dan suami saat sedang melakukan pemeriksaan USG. Dalam foto unggahannya, ia juga menyisipkan tulisan "It's a boy" pada foto.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AWS Buka-bukaan soal Pasar Asia Tenggara yang Memikat

Posted: 07 Apr 2018 08:00 PM PDT

AWS atau Amazon Web Services, mungkin nama ini masih belum terdengar familier. Namun bagi para pelaku Teknologi Informasi di perusahaan besar, AWS sudah begitu menempel di telinga mereka.

Ya, AWS adalah anak usaha raksasa e-Commerce Amazon, yang berfokus pada bisnis Cloud Computing on-demand untuk perusahaan korporasi, startup, hingga pemerintah.

AWS sendiri memiliki banyak layanan, beberapa di antaranya yang sering digunakan pelanggan mulai dari komputasi, storage, jaringan, database, analisis, Artificial Intelligent (AI), Internet of Things alias IoT, mobile dan tool untuk developer.

Di Asia Tenggara, AWS cukup bergerilya. Head of Southeast Asia Amazon Web Services, Nick Walton, mengaku kalau Asia Tenggara memiliki karakteristik unik untuk dijadikan pasar baru AWS.

Menurutnya, lanskap bisnis teknologi dan lainnya di Asia Tenggara itu mirip dengan pasar lain, apalagi Cloud Computing. Ia berkata, preposisi nilainya bersifat reducing cost, mengurangi nilai.

"Customer di Asia Tenggara juga sama dengan customer di AS dan Eropa, mereka menginginkan good value. Cloud Computing dari AWS tentu memiliki good value," kata Nick kepada Liputan6.com dalam wawancara khusus di gelaran AWS Summit Singapore 2018, Singapore Expo, Rabu lalu (6/4/2018).

Nick berpendapat, customer AWS memiliki karakteristik ingin berinovasi. Customer di Asia Tenggara, kata dia, kebanyakan merupakan startup yang membangun bisnis baru. Mereka ingin bereksperimen, ingin berinovasi, dan mencoba hal-hal baru. Mereka mendambakan infrastruktur dan teknologi kelas dunia.

"Saya pikir, demand ini sama dengan Asia Tenggara, apalagi Indonesia. Inilah yang sangat menarik, di Asia Tenggara itu semakin banyak orang connected, mereka go online. Ada empat juta pengguna internet baru tercetak setiap bulannya di Asia Tenggara. Hal inilah yang mendorong para pengembang menciptakan inovasi baru yang setara dengan pengembang Silicon Valley," papar Nick menjelaskan.

"Toh, mereka memiliki akses yang sama untuk menciptakan AI dan Machine Learning. Cloud Computing memegang peran besar dalam pengembangan teknologi, hal inilah yang juga berdampak ke para pengembang Asia Tenggara sehingga menjadi peluang kami untuk berekspansi," tambahnya.

Di mata Nick, Asia Tenggara memiliki optimisme tentang masa depan, di mana mereka juga punya kreativitas, kemampuan, dan semangat entrepreneurship yang menjadikannya sebagai daya tarik di mata dunia.

Di Indonesia sendiri, banyak startup kesehatan yang tertarik untuk menggunakan layanan AWS, salah satunya HaloDoc. Ini menjadi bukti di mana mereka tentu bisa membantu mendorong aktivitas ekonomi dan mengendalikan inklusi finansial ke arah yang lebih baik.

Keunikan lain soal pasar Asia Tenggara, seperti yang Nick ungkap, adalah soal di mana mereka secara tipikal harus berhadapan dengan isu operasional operating dan keterbatasan.

"Nah, di Amazon kami suka dengan tantangan 'fragility' (keretakan). Pasalnya, keterbatasan mendorong inovasi dan kreativitas bagaimana kita bisa menyelesaikan sebuah masalah. Ini yang menjadi salah satu karakteristik pelanggan di Asia Tenggara. Asia Tenggara bisa dibilang agak sedikit tertinggal dengan pasar negara maju lain apalagi AS, tetapi salah satu kesempatan di Asia Tenggara untuk melompat lebih lain adalah dengan belajar dengan pasar negara maju," tandasnya.

Memanfaatkan Sumber Lokal

Suasana ajang AWS Summit Singapore 2018 yang diadakan di Singapore Expo, Singapura, Rabu (5/4/2018). Liputan6.com/Jeko I.R.

Nick menekankan, salah satu upaya yang dilakukan AWS untuk bisa berekspansi dengan baik di pasar Asia Tenggara adalah dengan memanfaatkan sumber lokal.

"Amazon adalah perusahaan yang berfokus dengan konsep Customer Focused. Kami sangat berkomitmen untuk membantu memenuhi kebutuhan customer," tutur Nick.

"Karenanya, kami ingin memiliki orang-orang atau SDM lokal yang mengerti konteks bisnis lokal dan hubungan dengan partner dan customer, contohnya dalam Indonesia, tentu ini akan memudahkan kami menciptakan bisnis dan memperkenalkan layanan AWS lebih gampang karena SDM lokal ini," lanjut Nick.

"Itulah kiranya, bisa dibilang kami memiliki filosofi untuk go local demi mengembangkan bisnis, kami juga ingin melihat lebih dalam pasar lokal dari suatu negara di mana kami bisa berekspansi, dan tentunya bisa memberikan manfaat kepada pelanggan baru berdasarkan dari jenis layanan yang kami punya," tambahnya.

Kalau di Jakarta, ungkap Nick, AWS punya banyak customer. Perusahaan juga memiliki peta bisnis yang baik di Indonesia. Memang, Nick mengakui customer lebih banyak di Jakarta, tetapi tidak semua berkumpul di sana, sisanya tersebar ke beberapa kota besar lain di Indonesia.

"Tentu akan ada banyak 'hotspot' yang datang dari kota-kota lain dari Indonesia, entah itu dari inovasi, smart developers, entrepreneurs, dan masih banyak lagi," tutupnya.

PetaBencana dan FinAccel

CEO dan pendiri FinAccel Akshay Garg di AWS Summit Singapore 2018 yang diadakan di Singapore Expo, Singapura, Rabu (5/4/2018). Liputan6.com/Jeko I.R.

Soal mitra dan customer, ada beberapa dari Indonesia yang menghadiri AWS Summit Singapore 2018, di antaranya seperti PetaBencana dan FinAccel. Kedua startup ini, menggunakan beberapa jenis layanan dari AWS.

PetaBencana, ambil contoh, adalah startup yang menyediakan platform untuk memberitahukan titik bencana (seperti banjir) lewat peta kepada penggunanya.

Pengguna bisa melaporkan titik bencana secara langsung lewat tagar di media sosial seperti Twitter, dan nantinya akan langsung di-update oleh PetaBencana. Untuk bisa merangkai upaya ini, PetaBencana menggunakan beberapa instrumen dari layanan AWS.

Dr. Matthew Berryman, Managing Director PetaBencana dan Across the Cloud Pty Ltd. Liputan6.com/Jeko I.R."Kami menggunakan beberapa jenis layanan AWS dari pertama kali berdiri, mulai dari Amazon CloudFront, Amazon API Gateway, AWS Lambda, serta Amazon Rekognition. Layanan ini memungkinkan kami merangkum data dan analisis lebih akurat dalam sebuah platform yang real time," kata Dr. Matthew Berryman, Managing Director PetaBencana dan Across the Cloud Pty Ltd.

Berryman mengambil contoh, pihaknya menggunakan AWS Lambda, yakni jenis layanan serverless yang bisa mengoperasikan kode khusus untuk merespons kejadian bencana dan mengatur sumber laporan secara otomatis. Proses pelaporan bencana pun lebih cepat dan bisa diterapkan di peta dalam waktu singkat.

Tak cuma itu, PetaBencana juga memanfaatkan layanan IoT dari AWS yang dilindungi oleh AWS Device Defender dan Shield. Mereka menciptakan perangkat IoT khusus yang diletakkan di kali-kali Jakarta, agar nantinya bisa mengecek ketinggian air saat hujan deras berlangsung.

Sementara untuk FinAcell yang merupakan perusahaan di balik layanan kartu kredit digital Kredivo, mengaku layanan AWS yang digunakan sangat membantu mereka. CEO dan pendiri FinAccel Akshay Garg, juga mengaku menggunakan AWS Lambda.

"AWS memiliki jenis layanan yang baik di pasaran untuk saat ini. Dengan beberapa jenis layanan yang kami gunakan, performa platform Kredivo itu bisa meningkat 30 persen setiap bulan," ujar Garg.

Dengan demikian, Garg menargetkan Kredivo ke depannya bisa menawarkan siklus pendaftaran kartu kredit digital yang seamless, sehingga dapat membantu mendorong Indonesia mencapai titik inklusi finansial yang diharapkan.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Adu Jotos karena Sawer Biduan Dangdut

Posted: 07 Apr 2018 08:00 PM PDT

Adu jotos terjadi di atas panggung saat sekolompok pria tengah menyawer biduan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Retakan Besar Muncul di Kenya, Tanda Afrika Terbelah?

Posted: 07 Apr 2018 08:00 PM PDT

Baru-baru ini warga Kenya di hebohkan dengan kemunculan retakan besar yang menyebabkan bagian jalan raya Nairobi-Narok dibagian barat daya Kenya runtuh. Dilansir dari Mirror.co.uk, retakan itu disertai dengan aktivitas seismik dan membuat para ahli khawatir bahwa Afrika akan benar-benar terbelah.

Dr. Lucia Perez Diaz, seorang peneliti postdoctoral, di Royal Holloway, Universitas London, telah menulis penjelasan bagaimana Afrika akan terbelah. Selama beberapa periode mendatang, air hujan yang turun di kawasan Afrika akan memenuhi retakan tersebut, sehingga beberapa negara seperti Ethiopia dan Somalia, termasuk Tanduk Afrika, akan menjadi sebuah pulau sendiri yang terpisah dari daratan Afrika.

Retakan di Kenya Melebar Setiap Tahunnya

Lempengan tektonik yang terdapat di kerak bumi dan mantel atas bisa menciptakan keretakan ketika pecah. Contoh nyatanya adalah East Rift Valley Afrika, dimana celah baru telah muncul di lembah tersebut. Menurut penelitian, retakan yang muncul di Kenya melebar beberapa millimeter setiap tahunnya.

Selain itu, keretakan yang terjadi di kawasan Afrika Timur telah membentang lebih dari 3.000 kilometer dari teluk Aden di utara menuju Zimbabwe di selatan. Retakan ini memecah lempeng Afrika menjadi dua bagian yang tidak sama, yaitu lempeng Somali dan Nubia, sehingga keretakan yang membentang di sepanjang Ethiopia, Kenya, dan Tanzania menjadi jelas.

Proses Terbelahnya Daratan

Retaknya daratan merupakan awal terpisahnya Amerika selatan dan Afrika pada 138 juta tahun yang lalu. Retaknya daratan yang digenangi air, semakin lama dapat membentuk cekungan laut baru. Proses ini disebut rifting continental dengan melibatkan magma plume di dalam bumi sehingga membuat kerak bumi naik ke atas dan pecah.

 

Penulis:

Latif Munawar

Reporter Sahabat Liputan6.com

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tim Sar Temukan Pendaki Asal Slovakia yang Hilang di Merbabu

Posted: 07 Apr 2018 07:57 PM PDT

Setelah dinyatakan hilang sejak 30 Maret lalu, Tim SAR akhirnya menemukan Andrey Voytech, yakni pendaki asal Slovakia di dasar jurang Gunung Merbabu, pada Sabtu siang.

Seperti ditayangkan Liputan6 Pagi SCTV, Minggu (8/4/2018), detelah melakukan pencarian selama tujuh hari, Tim SAR gabungan akhirnya menemukan tubuh Andrey Voytech di dasar jurang sedalam 14 meter, di area Kali Menek, Gunung Merbabu, Semarang.

Proses evakuasi berlangsung dramatis, lantaran dasar sungai yang cukup curam dari bibir tebing. Tim SAR harus menggunakan tali agar bisa turun mengevakuasi jasad korban.

Upaya pencarian berhasil, setelah sembilan personel Tim SAR gabungan menyusuri aliran Kali Menek dari bagian hulu. Saat ditemukan, pendaki asal Slovakia ini terluka parah di bagian kepala. diduga akibat benturan keras saat terjatuh.

Rencananya jasad korban akan dievakuasi ke Rumah Sakit Bahayangkara, Semarang untuk dilakukan visum dan di serahkan ke Kedutaan Besar Slovakia.

Sementara, Andrey Voytech yang sebelumnya diduga berasal dari Selandia Baru, dinyatakan hilang sejak sabtu 30 Maret lalu. Andrey dilaporkan belum turun, setelah mendaki Gunung Merbabu, melalui pos pendakian Cuntel Getasan, Kabupaten Semarang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cuplikan Hattrick Messi Saat Barcelona Gasak Leganes

Posted: 07 Apr 2018 07:45 PM PDT

Barcelona semakin kokoh di puncak klasemen La Liga. Blaugrana pada pekan 31 sukses menghajar tamunya Leganes 3-1 di Stadion Nou Camp, Minggu (8/4/2018) dini hari WIB.

Bermain di depan pendukung sendiri, Barcelona harus menunggu sampai menit 27 untuk bisa membuka keunggulan lewat tendangan bebas Lionel Messi. 

Lima menit kemudian, Messi menggandakan skor. Kali ini pemain asal Argentina itu memperdaya kiper Leganes lewat tendangan mendatar usai menerima umpan dari Philippe Coutinho.

Leganes memperkecil ketertinggalan melalui gol eks pemain Liverpool Nabil El Zhar di menit 68.

Akan tetapi, Barcelona kembali menjauh tiga menit sebelum bubaran. Messi mencetak hattrick. Kali ini Messi menyelesaikan umpan Ousmane Dembele.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rayakan 1 Dasawarsa, Bawaslu Ajak Warga Tingkatkan Partisipasi Pemilu

Posted: 07 Apr 2018 07:42 PM PDT

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) merayakan usia 1 dasawarsa atau 10 tahun. Lembaga itu menggelar beragam kegiatan untuk memperingatinya dengan mengusung tema #1Dasawarsa Bersama Rakyat, Bawaslu Mengawasi.

Kegiatan meliputi jalan sehat, donor darah, sosialisasi Gowaslu, dan menikmati kopi pagi di Festival Kopi Nusantara.

Ketua Bawaslu RI Abhan mengatakan rangkaian kegiatan ini melibatkan seluruh anggota Bawaslu dan partisipasi masyarakat.

"Ini tentunya partisipasi masyarakat tidak hanya pada even ini, tapi pada tahapan-tahapan pemilu. Kami mengundang masyarakat untuk partisipasi pemilu," ujar Abhan di Kantor Bawaslu, Jakarta Pusat, Minggu (8/4/2018).

Peringatan satu dasawarsa Bawaslu diawali dengan jalan sehat. Titik mulainya dari depan Kantor Bawaslu di Jalan Thamrin berputar hingga ke Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Usai jalan sehat, Abhan menuturkan perjalanan panjang Bawaslu hingga bisa mencapai usia satu dasawarsa.

"Perjalanan panjang Bawaslu sejak 2008, sampai hari ini ke 10 tahun," kata Abhan.

Dihadiri Elemen KPU

Masyarakat antusias mengikuti jalan sehat dalam rangkaian peringatan satu dasawarsa Bawaslu

Nampak hadir Ketua Bawaslu RI Abhan, Ketua KPU RI Arief Budiman, dan komisioner KPU Pramono.

Di dalam halaman Kantor Bawaslu RI sendiri ada festival kopi yang bisa dinikmati oleh seluru peserta, panggung hiburan, serta makanan, dan minuman.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dugaan Penyebab Terbakarnya Gedung SDM Polda Metro Jaya

Posted: 07 Apr 2018 07:40 PM PDT

Enam ruangan di lantai dasar Gedung Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Metro Jaya, pada Sabtu 7 April 2018, hangus terbakar. Api diduga berasal dari hubungan pendek arus listrik. Kemudian enam ruangan yang berada dilantai dasar, termasuk berkas penghargaan kepolisian yang tersimpan ludes terbakar.

Seperti ditayangkan Fokus Pagi Indosiar, Minggu (8/4/2018),Sejumlah petugas berusaha memadamkan api dengan selang air. Tak lama berselang, mobil Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta datang kelokasi dan langsung berusaha menjinakan api.

Api baru berhasil dipadamkan 90 menit kemudian, setelah petugas pemadam kebakaran mengerahkan 8 unit mobil pemadam.

Sementara Kabid Humas Polda Metro Jaya, yakni Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, kebakaran tersebut diakibatkan hubungan  pendek arus listrik dari salah satu ruangan yang menimbulkan percikan api dan mengakibatkan terdengar suara ledakan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: