Minggu, 01 April 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Dandan Begini, Ayu Ting Ting Dibilang Mirip Lucinta Luna

Posted: 01 Apr 2018 09:40 PM PDT

Ayu Ting Ting, lagi-lagi menjadi pilihan salah satu fotografer artis, Rio Motret untuk menjadi modelnya. Dan kali ini, Ayu pun berdandan sporty.

Tak mengenakan riasan tebal, Ayu Ting Ting membiarkan rambut panjangnya terurai dan terbang tertiup angin. Ia memakai tanktop warna hijau yang dipadu dengan jaket bomber coklat susu.

Ayu Ting Ting pun menutupi sebagian rambutnya dengan topi. Matanya tajam menatap kamera.

Menyukai hasil jepretan Rio, Ayu Ting Ting pun mengunggah fotonya itu di akun Instagram-nya, Senin (2/4/2018).

 

Salah Fokus

Ayu Ting Ting (Foto: Instagram)

Walau tampak santai, Ayu Ting Ting tetap terlihat cantik. Namun, tak sedikit warganet yang justru menjadi salah fokus.

 

 

Mirip Lucinta Luna

Lucinta Luna (Foto: Instagram)

Mereka mengira foto tersebut bukanlah Ayu Ting Ting, melainkan Lucinta Luna. Hal itu disampaikan di kolom komentar.

Seperti akun @manysachi.id menulis, "Ai kira lucinta lunah."

"Kok kya lucinta luna Wkwk," lanjut akun @ekayuniartwidianing.

Begitu juga dengan akun @puri_susa menambahkan, "Kok mirip cinta luna y."

 

Di-bully

Ayu Ting Ting dan Lucinta Luna (Instagram: @lucintaluna)

Sebelumnya, Lucinta Luna sempat memperlihatkan kedekatannya dengan Ayu Ting Ting. Mereka kompak menjalani perawatan di dokter yang sama.

Bukannya mendapat pujian, Lucinta Luna justru menjadi sasaran empuk penggemar berat Ayu Ting Ting.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tren Perampokan Toko Perhiasan Mewah Menghantui Hong Kong

Posted: 01 Apr 2018 09:35 PM PDT

Sebuah jaringan toko perhiasan besar di Hong Kong, Chow Sang Sang, telah meningkatkan sistem keamanannya, pasca-perampokan besar-besaran terjadi di banyak cabangnya di seantero kota.

Hal tersebut di lakukan sebagai tanggapan terhadap aksi perampokan besar -- dilakukan oleh tiga orang perampok bertopeng -- yang menghancurkan jendela pajang di cabang Tsim Sha Tsui pada September lalu.

Perampokan tersebut memicu kerugian hingga 24 juta dolar Hong Kong, atau sekitar Rp 42 miliar.

Sementara itu, dikutip dari South China Morning Post pada Senin (2/4/2018), sebanyak enam perampokan besar terjadi tahun lalu, menyebabkan kerugian senilai total 70 juta dollar Hong Kong, atau sekitar Rp 122 miliar.

Hal itu mendorong dua aosiasi industri perhiasan setempat, mengeluarkan peringatan dan saran keamanan yang lebih ketat.

Lau Hak-bun, ketua Asosiasi Pengusaha Emas dan Perhiasan Hong Kong, telah mengeluarkan surat imbauan, yang mendesak pemilik toko untuk tidak meletakkan banyak barang berharga di jendela pajangan

"Memang jadinya toko terlihat kurang menggoda. Namun, kami menyarankan untuk membawa konsumen potensial langsung ke ruang pamer eksklusif, jika diperlukan," kata Hak-bun.

Selain itu, Hak-bun juga melarang pengelompokkan perhiasan di dalam satu etalase, melainkan disebar secara acak. Hal ini bertujuan, jika terjadi perampokan, maka pelakunya akan memiliki lebih banyak jendela untuk dihancurkan.

"Semakin lama mereka tinggal, semakin tinggi risiko tertangkap," lanjut Hak-bun.

Hak-bun, yang juga merupakan seorang direktur operasional Chow Sang Sang, juga mengingatkan agar seluruh toko perhiasan di Hong Kong, turut memasang alarm senyap yang terhubung dengan kontak darurat dari kantor polisi terdekat.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Patroli Keamanan Dinilai Sedang 'Lesu'

Kota dengan Properti Termahal di Dunia (iStockphoto)

Dalam dua bulan terakhir, kepolisian setempat berhasil menguak rentetan aksi perampokan toko perhiasan, yang menimbulkan kerugian hingga lebih dari 4,1 juta dollar Hong Kong, atau sekitar Rp 7,1 miliar.

Nilai kerugian tersebut berasal dari pencurian terhadap tiga toko emas, dan sebuah toko jam tangan di kawasan Kowloon dan Causeway Bay.

Sementara itu, yang paling baru terjadi, tiga pria berkebangsaan Kolombia dilaporkan merampok perhiasan senilai 40 juta dolar Hong Kong (sekitar Rp 70 miliar) hanya dalam waktu kurang dari dua menit. Para perampok memecah jendela pajang di sebuah toko perhiasan di kawasan elit Central di Pulau Hong Kong pada Minggu, 1 April 2018.

Beruntung, polisi segera bertindak, dan berhasil menangkap seluruh perampok di hari yang sama. Meski begitu, beberapa hasil curian masih belum ditemukan hingga berita ini diturunkan, yang menurut polisi, kemungkinan telah dipindahkan ke tangan lain.

Konsultan keamanan dan mantan inspektur polisi, Clement Lai Ka-chi, memperingatkan akan ada lebih banyak perampokan, karena keamanan kota Hong Kong dinilai tengah 'lesu'.  Dia mendesak polisi untuk meningkatkan patroli guna mencegah ancaman perampokan di kemudian hari.

Selain itu, Lai Ka-chi juga mengingatkan para pengelola toko perhiasan merevisi ulang sistem keamananya, temasuk penggunaan kaca anti-pecah pada jendela pajang.

"Kota Hong Kong, termasuk masyarakatnya, tidak lagi waspada terhadap potensi bahaya perampokan, karena telah terbiasa dengan lingkungan yang aman dan damai dalam dua puluh tahun terakhir." kata Lau Ka-chi.

"Mereka pikir perampokan dengan cara kuno tidak akan terjadi di era cybercrime yang canggih. Hal ini memberikan kesempatan pelaku kejahatan beraksi," lanjutnya.

Ditambahkan oleh Lai Ka-chi, patroli polisi saat ini lebih santai dibandingkan dua dekade lalu, ketika perampokan bersenjata menjadi ancaman sehari-hari.

Pensiunan pejabat keamanan tersebut mengatakan ada risiko perampolan akan kian banyak terjadi di kawasan komersial yang ramai, seperti di Central, Tsim Sha Tsui, Sham Shui Po dan Yuen Long.

Seluruh wilayah tersebut merupakan sekumpulan titik komersial, yang juga menjadi pusat kunjungan turis, sehingga arus perputaran uangnya sangat besar. Inilah, yang menurut Lai Ka-chi, menjadi sasaran empuk para perampok.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kompresor AC juga Bisa Bunyi Ngorok, Ini Penyebabnya

Posted: 01 Apr 2018 09:34 PM PDT

Pada umumnya pemilik mobil hanya melakukan servis atau perawatan mobil dengan cara rutin mengganti oli mesin. Namun, ternyata ada juga yang harus diganti selain oli mesin, yaitu oli kompresor AC mobil.

Menurut Technical Service Departement PT Denso Sales Indonesia, Nur Indra, alasan oli kompresor AC mobil perlu diganti tak lain karena akan membuat fungsi kompresor tidak optimal dan sering disebut ngorok.

"Biasanya, usia pakai kompresor umumnya 5.000 jam untuk kompresor AC passanger car. Saat sudah 5.000 jam atau sekitar 1,5-3 tahun wajib melakukan pengecekan, seperti overhaul check, yaitu pengecekan keseluruhan kompresor seperti medical check up untuk kompresor," ungkap Nur Ida dalam keterangan tertulisnya kepada Liputan6.com, Senin (2/4/2018).

Indra juga menyatakan, ada yang perlu diperhatikan lagi agar oli kompresor AC mobil tetap bekerja optimal,yaitu pada saat penggantian dryer, oli tidak ditambah, maka hasilnya oli berkurang atau habis sama sekali.

Selain itu, ketika melakukan proses penggantian part kompresor AC, tapi tidak disertai dengan prosedur yang benar, maka jumlah oli yang ada di dalam kompresor berkurang.

"Hal tersebut bisa menyebabkan berkurangnya usia pakai kompresor karena proser pelumasan pada kompresor berkurang. Biasanya, ditandai dengan (kompresor) menimbulkan suara ngorok atau kompresor panas," kata dia.

 

Karakteristik Oli

Oli memiliki karakteristik tertentu. Salah satunya adalah oli kompresor. Salah satu karakteristik dari oli kompresor yaitu oli kompresor ikut bersirkulasi di dalam kompresor AC.

"Artinya ketika refrigerant berbentuk gas, oli kompresor juga harus berbentuk gas. Ketika refrigerant berbentuk cair, maka oli kompresor harus berbentuk cair," ungkap Indra.

"Ketika kembali ke kompresor, wujud oli harus berbentuk gas, kalau cair, maka kompresor bisa rusak. Ini beda dengan oli mesin yang karakteristiknya hanya pelumas aja, melumasi mesin kendaraan," tambahnya.

Dia juga menjelaskan, oli pada kompresor sangat krusial. Terutama pada takaran dan jenis atau spesifikasinya. Jika oli motor dapat dicampur minyak tanah, solar, atau bensin.

Maka untuk oli kompresor tidak. Fungsinya pun bukan melumasi, namun  menjadi seperti material keras. "Nanti jadi kerikil dan bisa bikin baret dan jadi noise di kompresor. Dan itulah yang bikin kompresor menimbulkan suara ngorok," tutupnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Air Mata Polisi bagi Bayi yang Tinggal di Balik Bilik Bambu

Posted: 01 Apr 2018 09:33 PM PDT

Namanya Aska Salah Kai. Bayi lelaki berusia dua bulan itu merupakan anak pasangan Asura Kai dan Asna Djafar, warga Desa Botumoputi, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo.

Sejak lahir, ia tinggal ruangan seluas 2x2 meter persegi itu. Aska sering sakit lantaran dinding bambu di kamarnya sudah tipis habis dimakan rayap.

Pekerjaan sang bapak sebagai penjual martabak keliling tak cukup memodali keluarga kecil itu untuk menempati rumah yang lebih layak. Uang hasil berjualan hanya cukup untuk makan sehari-hari.

Seorang anggota polisi berpangkat brigadir bernama Abdul Rahim seringkali mendengar tangisan getir Aska saat berpatroli di desa itu. Penasaran, ia pun singgah di rumah Aska.

"Sekitar tanggal 7 Maret 2018, pagi itu karena penasaran, singgahlah di rumah itu, karena saya sering mendengar tangisan bayi yang seakan mengeluh sakit. Setelah saya masuk ke dalam, ternyata benar bahwa di dalam rumah kecil itu ada seorang bayi yang sedang sakit perut," ujarnya.

 

Berawal dari Beras

Bayi lelaki bernama Aska Salah Kai tinggal di balik bilik bambu tipis yang habis dimakan rayap. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Dalam kunjungan pertamanya, Abdul Rahim sempat meneteskan air mata. Ia tak tahan membayangkan kondisi kamar tempat Aska dirawat. Seusai kunjungan itu, ia rutin mengantarkan beras ke keluarga kecil tersebut.

"Alhamdulillah pada Jumat 30 Maret, saya mendapat rezeki dan langsung merenovasi meskipun hanya kamar tempat tidur bayi tersebut dan mudah-mudahan bayi itu tidak akan kepanasan dan kedinginan lagi," ungkapnya.

Asura merasa senang dengan uluran tangan Anggota Bhabinkamtibmas itu. Ia berterima kasih atas uluran tangan Abdul Rahim yang membantu demi kenyamanan buah hatinya.

"Dengan kondisi yang sebelumnya, siang hari bayi kami kepanasan dan malam kedinginan ... dan saat ini sudah lebih baik berkat bantuan anggota Bhabinkamtibmas," ucapnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Niat Setrum Hama Babi, Malah Kena Cucu Sendiri

Posted: 01 Apr 2018 09:32 PM PDT

Seorang ibu rumah tangga di Desa Matombura, Kecamatan Bone, Kabupaten Muna, tak pernah menyangka jerat listrik buatannya akan salah sasaran. Usai melilitkan kabel tanpa pelindung di sekeliling kebunnya beberapa minggu lalu, kabel beraliran listrik itu ternyata bukan mengenai babi.

Lilitan kabel itu ternyata menyetrum dan menewaskan seorang bocah bernama Afdar (8), Minggu, 1 April 2018, sekitar pukul 17.30 Wita. Afdar diketahui merupakan cucu dari pelaku pemasang kabel listrik tanpa pelindung itu.

Diduga karena tidak mampu bertahan dari aliran listrik bertegangan tinggi, Afdar tewas di tempat kejadian. Saat ditemukan, kondisi tubuh Afdar sudah menghitam. Keluarga yang menemukan, mengaku sempat mengira Afdar hilang usai tidak pulang ke rumah sekitar setengah jam.

"Dia sempat tidak pulang, setelah dicari, ternyata terlihat di samping pagar sudah meninggal dunia," ujar Irfan, salah seorang warga Desa Matombura.

Pemilik kebun, diketahui bernama Wa Ode Molo (42). Ibu rumah tangga itu mengakui memasang jerat yang dialiri listrik karena kebun miliknya sering dirusak babi dan monyet.

Pengakuan wanita yang memiliki dua anak perempuan itu, babi dan monyet sangat mengganggu kebun miliknya. Jika sudah dimasuki kedua jenis hewan ini, tanaman jagung, ubi kayu, dan pisang miliknya sering rusak.

"Dia punya anak, tapi perempuan. Jadi, tidak mungkin mau diberi tugas jaga kebun," kata Irfan lagi.

Dari keterangan Kepala Desa Matombura, Alias, luas kebun Wa Ode Molo sekitar setengah hektare. Suaminya adalah seorang PNS yang bertugas di ibu kota kabupaten yang berjarak sekitar 70 kilometer dari kampungnya.

"Tempat tugas suaminya jauh, sementara dia hanya tinggal bersama satu orang anaknya, karena salah seorang anaknya yang lain sementara berkuliah di Kota Kendari," kata Alias.

 

 

Larangan Pasang Jerat

Cucu yang tersetrum jerat listrik untuk babi itu diketahui sering bermain di kebun  neneknya. (Liputan6.com/Ahmad Akbar Fua)

Setengah jam sebelum dinyatakan hilang, sekitar pukul 17.00 Wita, Afdar sempat bermain di pinggiran kebun. "Biasa dia juga main di situ, tapi mungkin karena terlalu merapat ke pagar, dia kena setrum itu," ujar Alias.

Dari pantauan lokasi, kabel tanpa pelindung ini ternyata dililitkan menyelip di antara rumput yang tumbuh di samping pagar. Ditambah hari yang mulai gelap, besar kemungkinan korban tidak melihat kabel yang membentang.

"Keluarganya sempat mencari dan memanggil-manggil, tapi ternyata saat ditemukan sudah tidak bernyawa," ucapnya.

Sekitar empat tahun sebelumnya, sekitar 2014 lalu, polisi sudah melarang watga memasang jerat babi. Namun, Kapolsek Bone, AKP Wahab mengatakan masih saja warga yang berani memasang dengan alasan banyak babi yang masuk dan merusak lahan perkebunan.

"Kita sempat proses hukum pelaku, namun mereka sepakat atur secara kekeluargaan. Kita bersyukur mereka mau berdamai, tapi kita akan kembali sebar peringatan kepada warga," ujar Wahab.

Surat edaran pihak kepolisian ini, melarang warga menggunakan jerat listrik karena mengancam jiwa. Saat itu, surat edaran dibagi-bagikan kepada warga desa.

Alasan keluarnya surat edaran karena salah seorang warga di Desa Matombura juga pernah menjadi korban. Seorang laki-laki saat itu terkena aliran listrik yang dipasang petani di sekitar kebun.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ungkap 5 Perbedaan Wajah Personel Boyband dan Aktor Korea

Posted: 01 Apr 2018 09:31 PM PDT

Belakangan ini, boyband dan aktor Korea menjadi trend baru di kalangan muda Indonesia. Selain aksi panggung dan akting yang memikat, paras yang menawan juga menjadi faktor utama yang membuat mereka menjadi idola kaum hawa.

Tapi tahukah kamu, jika diperhatikan ternyata ada perbedaan visual antara wajah personel boyband dengan aktor korea. Apa saja? Berikut perbedaannya.

1. Boyband biasa menggenakan make up tebal sedangkan aktor tidak

Perbedaan antara Chanyeol personel boyband EXO (kanan) dan aktor Lee Min Ho (kiri) (Sumber foto: pinterest)

Ketika diperhatikan, ternyata wajah personel boyband korea sering mengenakan make up tebal saat tampil dihadapan publik. Tidak jarang mereka juga menggunakan eye make up agar terlihat lebih tampan. Sedangkan aktor korea biasanya tidak mengenakan make up tebal, bahkan saat ada acara bergengsi sekalipun.

2. Aura Boyband Bersinar, Sementara Aktor Berwibawa

Sadar atau tidak, wajah setiap personel boyband seolah memiliki aura bintang yang bersinar, sedangkan aktor justru memiliki aura yang sangat berwibawa dan bertanggung jawab. Entah karena pengaruh make up atau personal branding mereka saat di atas panggung dan memerankan tokoh dalam drama korea, yang jelas, hal ini menjadi perbedaan yang sangat mencolok antara boyband dan aktor korea.

3. Boyband Terlihat Pretty sedangkan Aktor Tampak Manly

Perbedaan antara aktor Gong Yoo (kanan) dan Chanyeol personel boyband EXO (kiri) (Sumber foto: sbs.com.au)

Biasanya personel boyband memiliki wajah yang cantik atau biasa disebut flower boy. Bukan karena make up, namun pada dasarnya wajah yang mereka miliki memang cantik. sedangkan aktor korea memiliki wajah yang manly dan berwibawa mulai dari cara tersenyum hingga menatap.

4. Tipe Wajah Boyband Serupa, Sementara Aktor Beragam

Jika diperhatikan, wajah para personel boyband korea memiliki struktur yang sama dan satu tipe. Bisa jadi hal ini merupakan kebijakan agensi yang mencari Idol dengan patokan tertentu. Sedangkan aktor, visual mereka cenderung beragam, Setiap aktor memiliki ciri khas masing-masing bahkan dalam satu agensi pun tidak ada ciri khusus yang membuat mereka terlihat mirip.

5. Fitur Wajah Boyband Awet Muda, Sedangkan Aktor Lebih Kuat dan Dewasa

Personel boyband biasanya identik dengan wajah baby face dan tampak awet muda. Sementara itu, wajah para aktor biasanya lebih kuat dan tampak dewasa meskipun usia mereka masih terbilang muda.

 

Penulis:

Latif Munawar

Reporter Sahabat Liputan6.com

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Mitra Kukar Vs Borneo FC: Dejan Siap Debut di Liga 1

Posted: 01 Apr 2018 09:30 PM PDT

Duel sengit dipastikan terjadi di Derby Mahakam saat tuan rumah Mitra Kukar menjamu Borneo FC di lanjutan Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak, sore ini. Laga ini akan digelar di Stadion Aji Imbut.

Dalam tiga pertemuan terakhir, Mitra Kukar selalu menelan kekalahan dari Borneo FC, termasuk kalah menyakitkan 0-4 di pentas Liga 1 musim lalu yang berlangsung di Tenggarong.

Pelatih Mitra Kukar, Rafael Berges Marin, memastikan pemain dalam motivasi tinggi menatap pertandingan ini. Apalagi, mereka bermain di kandang sendiri. Meraih poin penuh, wajib hukumnya.

"Kami sudah bersiap dengan matang setelah kembali dari Malang. Semua sudah dirancang dengan baik tinggal nanti pelaksanaan di pertandingan," ujar Rafael.

Dibandingkan tim tamu, untuk saat ini Mitra Kukar memiliki modal yang lebih baik. Hasil 2-2 saat dijamu Arema FC di pekan perdana Liga 1 melecut semangat Bayu Pradana dkk. untuk tampil lebih apik.

Di sisi lain, bagi Borneo FC, laga ini akan jadi debut pelatih Dejan Antonic di Liga 1. Pelatih asal Serbia itu didatangkan untuk menggantikan Iwan Setiawan.

 

Aura Positif Borneo FC

Dejan Antonic akan melakukan debut bersama Borneo FC. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Borneo FC sendiri sudah melupakan hasil imbang 0-0 lawan Sriwijaya FC. Mereka akan hadir di Tenggarong dengan kepercayaan diri tinggi. Hal ini menyusul sejarah manis tim berjulukan Pesut Etam jika berhadapan dengan Mitra Kukar.

Belum lagi kehadiran pelatih baru, Dejan Antonic, diyakini membawa aura positif. Pelatih asal Serbia itu sudah memiliki strategi khusus meski baru memimpin latihan Borneo FC selama beberapa hari terakhir.

"Saya ingin kemenangan pada debut nanti. Melawan Mitra Kukar , pemain harus benar-benar fokus karena lawan memiliki striker dan gelandang yang berkualitas," ucap Dejan.

Prakiraan Susunan Pemain

Mitra Kukar (4-3-3): Yoo Jae-hoon (kiper); Wiganda Pradika, Saepuloh, Mauricio Leal, Rendi Siregar (belakang); Bayu Pradana, Danny Guthrie, Anindito Wahyu, Hendra Bayaw, Dedi Hartono (tengah), Fernando Rodriguez (depan)

Pelatih: Rafael Berges Marin

Borneo FC (4-2-3-1): M. Ridho (kiper), Abdul Rahman, Alhadji, Leonard Tupamahu, Diego Michiels (belakang); Julien Faubert, Sultan Samma, Wahyudi, Srdjan Lopicic, Ambrizal Umanailo (tengah); Lerby Eliandry (depan)

Pelatih: Dejan Antonic

Sumber: www.Bola.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Mandi Suci Panganut Voodoo Pada Akhir Pekan Perayaan Paskah

Posted: 01 Apr 2018 09:30 PM PDT

Sejumlah pengikuti Voodoo Haiti melakukan ritual saat mandi di kolam suci selama upacara voodoo di Souvenance, Haiti (4/1). Mereka datang ke Souvenance pada akhir pekan Paskah untuk memberikan penghormatan kepada para roh. (AFP/Hector Retamal)

Sejumlah pengikuti Voodoo Haiti melakukan ritual saat mandi di kolam suci selama upacara voodoo di Souvenance, Haiti (4/1). Mereka datang ke Souvenance pada akhir pekan Paskah untuk memberikan penghormatan kepada para roh. (AFP/Hector Retamal)

Seorang wanita pengikut Voodoo Haiti mandi di kolam suci selama upacara voodoo di Souvenance, Haiti (4/1). Voodoo dibawa ke Haiti oleh para budak dari Afrika Barat. (AFP/Hector Retamal)

Seorang wanita pengikut Voodoo Haiti mandi di kolam suci selama upacara voodoo di Souvenance, Haiti (4/1). Voodoo dibawa ke Haiti oleh para budak dari Afrika Barat. (AFP/Hector Retamal)

Pengikut Voodoo Haiti mandi di kolam suci selama upacara Voodoo di Souvenance, Haiti (4/1). Hingga kini Voodoo adalah salah satu dari tiga agama yang diakui di Haiti. (AFP/Hector Retamal)

Pengikut Voodoo Haiti mandi di kolam suci selama upacara Voodoo di Souvenance, Haiti (4/1). Hingga kini Voodoo adalah salah satu dari tiga agama yang diakui di Haiti. (AFP/Hector Retamal)

Seorang wanita pengikut Voodoo Haiti mandi di kolam suci selama upacara Voodoo di Souvenance, Haiti (4/1). Sejumlah ritual digelar para pengikuti Voodoo Haiti ini selam akhir pekan perayaan Paskah. (AFP/Hector Retamal)

Seorang wanita pengikut Voodoo Haiti mandi di kolam suci selama upacara Voodoo di Souvenance, Haiti (4/1). Sejumlah ritual digelar para pengikuti Voodoo Haiti ini selam akhir pekan perayaan Paskah. (AFP/Hector Retamal)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dua Kali Mangkir Sidang First Travel, Syahrini: Alhamdulillah Sehat

Posted: 01 Apr 2018 09:30 PM PDT

Setelah dua kali mangkir sebagai saksi dalam sidang kasus dugaan penipuan jemaah umrah First Travel, penyanyi Syahrini akhirnya memenuhi panggilan jaksa penuntut umum (JPU).

Syahrini mendatangi Kejaksaan Negeri Depok, Jawa Barat, Senin (2/4/2018), sekitar pukul 09.30 WIB.

Pelantun "Sesuatu" itu datang didampingi kuasa hukumnya, Hotman Paris, dan adik sekaligus manajernya, Aisyahrani. Syahrini terlihat mengenakan baju berwarna hitam, jaket biru, serta kacamata hitam. Namun, saat dimintai keterangan, ia tak banyak bicara.

"Alhamdulillah sehat, nanti saja ya saya jelaskan," ucap Syahrini singkat.

Dikerubuti Awak Media

Artis Syahrini menjadi saksi dalam sidang First Travel di Pengadilan Negeri Depok. (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Sekitar pukul 10.30 WIB, Syahrini pun keluar dari ruang Kejaksaan Negeri Depok dan langsung dikerubuti awak media, sehingga menimbulkan kericuhan. Tanpa banyak kata yang diucapkan, Syahrini langsung memasuki mobil dan langsung menuju Pengadilan Negeri Depok yang persis berada di sebelah Kejaksaan Negeri.

Tiga Terdakwa

Syahrini terdaftar sebagai salah satu saksi yang dihadirkan JPU untuk terdakwa Andika Surachman, Anniesa Hasibuan dan Siti Nuraidah Hasibuan alias Kiki. Sebelumya, penyanyi Vicky Shu sudah lebih dulu menjadi saksi dugaan penipuan jemaah umrah First Travel pada tanggal 14 Maret 2018.

(Kapanlagi/ Nuzulur Rakhmah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Autisme Kerap Dijadikan Bahan Lelucon, Simak Kegetiran Hati Anji

Posted: 01 Apr 2018 09:30 PM PDT

Autisme jangan diolok-olok apalagi dibuat sebagai bahan lelucon untuk bullying. Demikian pesan Anji kepada seluruh masyarakat Indonesia, terutama buat mereka yang aktif di media sosial.

Dalam memperingati World Autism Awareness Day atau Hari Peduli Autis Sedunia yang jatuh pada hari ini, 2 April, penyanyi bernama lengkap Erdian Aji Prihartanto itu menunjukkan kepeduliannya terhadap anak-anak autisme yang berkebutuhan khusus. 

"Pesan paling sederhana dari saya, jangan memakai kata autis dalam bercandaan sehari-hari," terang pelantun hits "Kekasih Terhebat", "Dia", "Bidadari Tak Bersayap", dan "Menunggu Kamu" saat dihubungi Health-Liputan6.com, Senin (2/4/2018).

Terkait soal autisme, masih banyak orang yang keliru dalam menilai apakah seorang anak menyandang autisme atau tidak. Tidak sedikit orang yang menyamaratakan kondisi autisme, padahal sebenarnya tidak demikian. Ada anggapan bahwa semua anak dengan gangguan komunikasi dan gangguan interaksi adalah autisme.

Celakanya, menurut Anji, anak atau remaja yang mengaku kekinian, belum paham sepenuhnya apa itu autisme.

"Misalnya orang yang terlalu (sering) lihat handphone dibilang autis. Orang yang lagi enggak merhatiin apa-apa gitu dibilang autis," sesal Anji.

 

Simak juga video menarik berikut:

 

[vidio:Keluarga Terpaksa Pindah Demi Terapi Autisme Pada Anak]()

Please, jangan bikin remuk hati orang tua penderita autisme

Autisme

Seperti mengutip laman Health, di Swedia ada 2 juta lebih anak yang menderita autisme. Demikian sebuah studi yang dilakukan Profesor dari Departemen Ilmu Psikologi dan Otak di Indiana University, Brian D' Onofrio. Ia mengatakan, anak yang lahir dari ayah dengan usia lebih dari 45 tahun berisiko menderita autisme atau gangguan autism spectrum disorder (ASD).

Jadi perlu adanya sikap untuk saling menjaga perasaan, terutama untuk keluarga yang hidup berdampingan dengan autisme.

"Karena kalau sampai orang tua atau yang punya saudara autis, bisa merasa sedih mendengar itu (ejekan dan lelucon)," papar Anji.

Penyanyi solo bersuara merdu itu berharap dunia kedokteran bisa memberi angin sejuk untuk menyembuhkan anak dengan autisme.

"Semoga pengembangan terapi untuk teman-teman dengan autis ke depan lebih canggih," harap pria yang ultah setiap 5 Oktober ini.

Konser Energi Asian Games 2018 (Daniel Kampua/bintang.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kebakaran Gudang Bantuan Pangan Dunia

Posted: 01 Apr 2018 09:30 PM PDT

Gudang pasokan pangan dunia yang dikelola PBB hangus terbakar. Insiden diduga karena arus pendek listrik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Aksi Penipuan Berkedok Missed Call Jadi Sorotan

Posted: 01 Apr 2018 09:30 PM PDT

Artikel soal sejumlah pengguna seluler yang mendapatkan panggilan tak terjawab atau missed call dari luar negeri berujung penipuan, menjadi artikel terpopuler kanal Tekno Liputan6.com.

Berita lain yang tak kalah populernya juga tentang informasi Lindsay Lohan yang gagal menuntut pengembang gim GTA V karena diklaim memakai "dirinya" tanpa izin, dan himbauan pakar digital forensik Ruby Alamsyah soal aksi missed call yang marak terjadi.

Untuk lebih lengkap, berikut tiga berita terpopuler Tekno Liputan6.com, Minggu (2/4/2018).

1. Missed Call dari Luar Negeri Jangan Ditelepon Balik, Itu Penipuan

Ilustrasi penggunaan smartphone. (Doc: Mashable)

Beberapa hari belakangan ini sejumlah warganet di Tanah Air dibuat bingung oleh nomor luar negeri yang tak dikenal, dan melakukan panggilan tak terjawab atau missed call.

Tak tanggung-tanggung, nomor misterius tersebut melakukan lebih dari satu kali missed call dan dari negara yang berbeda-beda.

Mencari solusi, warganet pun mem-posting kejadian tersebut ke media sosial, Twitter. Salah satu warganet yang mengaku mendapat panggilan dari nomor misterius tersebut adalah akun @ashfinzul.

Baca selengkapnya di sini

 

2. Lindsay Lohan Gagal Tuntut Grand Theft Auto V

Lindsay Lohan mengunggah fotonya yang telah diedit. Sayang, editannya tak semulus itu dan ia malah jadi bulan-bulanan netizen. (graziadaily.co.uk)

Aktris kontroversial Lindsay Lohan merasa tidak terima karena melihat salah satu karakter di gim Grand Theft Auto V (GTA V) terlihat mirip dengan dirinya.

Dilansir CNET, Minggu (1/4/2018), Lindsay Lohan mengaku GTA V telah memakai penampilannya tanpa izin sehingga mengusik privasinya.

Karakter tersebut bernama Lacey Jones, seorang wanita berambut pirang yang muncul di GTA V agar diselamatkan oleh pemain dari kejaran paparazzi.

Baca selengkapnya di sini

3. Pakar: Jangan Keburu Senang Terima Missed Call dari Luar Negeri

Ilustrasi pengguna smartphone. Dok: androidauthority.com

Baru-baru ini, beberapa warganet mengeluhkan sejumlah missed call atau panggilan tak terjawab ke nomor mereka.

Dari angka awal (prefix) nomor yang melakukan missed call, ternyata nomor pelaku berasal dari Kongo.

Dalam aksinya, pelaku akan melakukan panggilan secara acak dan langsung menutup panggilan tanpa meninggalkan pesan. Korban yang tanpa sadar akan menelepon balik.

Baca selengkapnya di sini

(Ysl/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Syahrini: Tahu First Travel Seperti Ini, Naudzubillah Saya Tak Mungkin Pakai Mereka

Posted: 01 Apr 2018 09:29 PM PDT

Penyanyi Syahrini menjadi saksi di persidangan lanjutan kasus penipuan dan penggelapan First  Travel, di Pengadilan Negeri Depok, Jawa Barat, Senin (2/4/2018). Kepada majelis hakim persidangan, pelantun "Sesuatu" ini mengaku tidak tahu menahu dengan manajemen First Travel.

Syahrini mengungkapkan, dia berangkat ke Tanah Suci untuk umrah bersama 12 keluarganya pada 26 Maret 2016 selama sembilan hari. Dia mengenal jasa pemberangkatan umrah First Travel melalui seorang make up artist. 

"Fisrt Travel yang bisa mengakomodir perjalanan VVIP," kata Syahrini.

Lalu, Syahrini pun mengurus keperluan pemberangkatan kepada manajernya yang tidak lan adalah adiknya sendiri.

"Yang berurusan adik saya, saya artis tinggal berangkat saja. Jadi yang harus ditanya detail adik saya," ucap Syahrini.

Kepada hakim, Syahrini juga mengungkapan bahwa dirinya tidak mengetahui rekam jejak perjalanan umrah First Travel.

Namun, setelah ramai menjadi bahan pembucaraan di media massa dan mencuat kasus penipuan dan penggelapan, Syahrini mengaku terkejut.

"Yang saya ketahui saya berangkat umrah 26 Maret. Kalau saja saya mengetahui manajemen kredibilitas (Firsrt Travel) seperti ini, naudzubillah, saya tidak mungkin memakai jasa First Travel ini," kata Syahrini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Solusi Perhiasan Pernikahan Premium dengan Harga Terjangkau

Posted: 01 Apr 2018 09:24 PM PDT

Perhiasan pernikahan sudah menjadi salah satu aksesori pelengkap yang biasanya digunakan para pengantin di hari spesial. Tapi seringkali, harga yang mahal membuat seseorang mengurungkan diri untuk memiliki perhiasan indah di hari bahagianya tersebut. Tak hanya itu saja, kualitas yang kurang mumpuni juga menjadi salah satu permasalahan yang membuat tampilan Anda jadi tak maksimal.

Kini tak perlu khawatir lagi, pasalnya YT Utama Putra meluncurkan brand terbarunya Ardelia sebagai premium wedding line brand pertama di Indonesia yang merupakan hasil kerjasama IB (Ingredient Branding) Project dengan Swarovski Gemstones TM.

Koleksi yang dihadirkan pun cukup beragam, yaitu mulai dari wedding ring, kalung, antingm gelang, dan aneka perhiasan lainnya. Bentuk kerjasama ini merupakan komitmen dari YT Utama Putra untuk menghadirkan lini wedding berkualitas premiun yang terjangkau bagi semua kalangan.

Solusi Perhiasan Pernikahan Premium dengan Harga Terjangkau

Ardelia hadir sebagai solusi perhiasan pernikahan premium dengan harga terjangkau.

Ardelia sendiri unggul dengan penggunaan Swarovski Zirconia Pure Villiance Stimulated Diamond dari Swarovski Gemstone TM, merupakan jenis produk zirconia terbaik saat ini.

Swarovski jenis ini memiliki 57 facets dengan tekning cutting sesuai standar parameter dari GIA (Gemological Institute of America) Sehingga memiliki kualitas setara dengan natural diamond grade IF-D yang memiliki tingkat clarity dan warna tertinggi.

Ardelia hadir sebagai solusi perhiasan pernikahan premium dengan harga terjangkau.

Ardelia juga memiliki proses produksi menggunakan produk manufakturing perhiasan terkini asal Italia dan Jepang. Sehingga setiap item perhiasan dari Ardelia telah melalui proses produksi dengan standar yang tinggi serta pengendalian kualitas yang beragam. Sehingga Ardelia siap menjamin setiap perhiasan yang diproduksinya memiliki kilau abadi yang tepat dijadikan aksesori pelengkap pesta pernikahan Anda.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPS: Inflasi Maret 2018 Sebesar 0,2 Persen

Posted: 01 Apr 2018 09:23 PM PDT

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, inflasi Maret 2018 sebesar 0,2 persen. Angka ini lebih tinggi dibanding inflasi Februari 2018 yang sebesar 0,17 persen dan berbanding terbalik dibanding Maret 2017 yang terjadi deflasi 0,02 persen.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, inflasi ini didorong oleh kenaikan sejumlah harga komoditas pada Maret lalu.‎ "Perkembangan harga sejumlah komoditass pada Maret 21018 secara umum mengalami kenaikan," ujar dia di Kantor BPS, Jakarta, Senin (2/4/2018).

Dia menjelaskan, inflasi tahun kalender 2018 yaitu Maret 2018 terhadap Desember 2017 sebesar 0,99 persen. Sedangkan inflasi tahun ke tahun yaitu Maret 2018 terhadap Maret 2017 sebesar 3,4 persen. "Dengan memperhatikan dalam APBN, angka 3,4 persen ini relatif terkendali‎," kata dia.

Menurut Suhariyanto, dari 82 kota IHK, 57 kota mengalami inflasi, sedangkan sisanya sebanyak 25 kota mengalami deflasi. Inflasi tertinggi terjadi di Jayapura sebesar 2,1 persen dan inflasi terendah terjadi di Sumenep yaitu 0,01 persen.

"Sedangkan deflasi tertinggi terjadi di Tual sebesar 2,3 persen dan deflasi terendah di Bulukumba sebesar 0,01 persen," ujar dia.

 

 

Prediksi Ekonom

Pedagang menata telur di pasar, Jakarta, Jumat (6/10). Dari data BPS inflasi pada September 2017 sebesar 0,13 persen. Angka tersebut mengalami kenaikan signifikan karena sebelumnya di Agustus 2017 deflasi 0,07 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, inflasi Maret 2018 diperkirakan berada pada kisaran 0,15 persen-0,2 persen atau 3,4 persen (year on year). Inflasi ini cenderung lebih tinggi dibanding Maret 2017 lalu yang tercatat deflasi.

Pengamat Ekonomi Institute fo Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira mengatakan, pada Maret 2018, komponen inflasi dari administered price disumbang kenaikan bahan bahar minyak (BBM) nonsubsidi.‎

"Sementara dari inflasi volatile food karena ada pergeseran panen jadi penurunan harga beras dipasar belum optimal. Impor beras juga baru dilakukan Bulog 50 persen dari komitmen 500 ribu ton beras," ujar dia di Jakarta, Senin (2/3/2018).

Dia menjelaskan, harga beras medium secara bulanan turun tipis Rp 150 per kg menjadi Rp 12.100 per kg. Daging ayam turun Rp 300 per kg menjadi Rp 31.850 per kg.

Namun, lanjut Bhima, komoditas cabai merah mencatat inflasi bulanan 7,16 persen menjadi Rp 43.350 per kg. Daging sapi juga naik 0,17 persen menjadi Rp 114.150 per kg.

"Tren inflasi pangan pada bulan Maret hingga Juni mendatang akan naik seiring faktor musiman jelang Lebaran," kata dia.

Sedangkan untuk inflasi inti, trennya masih akan rendah. Ini terlihat dari Januari-Februari 2018 di mana inflasi intinya hanya 0,31 persen dan 0,26 persen, lebih rendah dari inflasi Januari-Februari 2017 yakni 0,56 persen dan 0,37 persen.

"Rendahnya inflasi inti jadi cerminan dorongan inflasi dari sisi permintaan (demand pull inflation) masih rendah. Efeknya nanti ke konsumsi rumah tangga di kuartal I prediksinya hanya 4,7 persen-4,9 persen (yoy), tidak sampai 5 persen," jelas dia.

Menurut Bhima, inflasi inti yang rendah ini karena daya beli kelas menengah dan bawah melemah akibat kenaikan inflasi pangan, dan terlambatnya penyaluran bansos.

‎"Memang kalau dilihat secara porsi distribusi pengeluaran 20 persen kelompok teratas menguasai 46 persen total pengeluaran nasional. Artinya kelas atas yang berpengaruh signifikan dari konsumsi rumah tangga. Tapi dorongan untuk menunda belanja kelompok atas kelihatannya mulai turun," tandas dia.

 

 Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Para Diplomat Rusia yang Diusir AS Tiba di Moskow

Posted: 01 Apr 2018 09:21 PM PDT

Pesawat membawa para diplomat Rusia yang diusir dari Amerika Serikat dan keluarga mereka mendarat di bandara Vnukovo, Moskow, Minggu (1/4). Pengusiran terkait serangan racun terhadap mantan agen mata-mata Rusia di Inggris. (AP/Alexander Zemlianichenko)

Pesawat membawa para diplomat Rusia yang diusir dari Amerika Serikat dan keluarga mereka mendarat di bandara Vnukovo, Moskow, Minggu (1/4). Pengusiran terkait serangan racun terhadap mantan agen mata-mata Rusia di Inggris. (AP/Alexander Zemlianichenko)

Bus membawa para diplomat Rusia yang diusir dari Amerika Serikat dan keluarga mereka, meninggalkan bandara Vnukovo, Moskow, Minggu (1/4). Pengusiran terkait kasus serangan dengan racun mantan agen mata-mata Rusia di Inggris. (AP/Alexander Zemlianichenko)

Bus membawa para diplomat Rusia yang diusir dari Amerika Serikat dan keluarga mereka, meninggalkan bandara Vnukovo, Moskow, Minggu (1/4). Pengusiran terkait kasus serangan dengan racun mantan agen mata-mata Rusia di Inggris. (AP/Alexander Zemlianichenko)

Bus membawa para diplomat Rusia yang diusir dari Amerika Serikat dan keluarga mereka, meninggalkan bandara Vnukovo, Moskow, Minggu (1/4). 60 diplomat Rusia diusir karena kebuntuan diplomatik antara Rusia dan Inggris. (AP/Alexander Zemlianichenko)

Bus membawa para diplomat Rusia yang diusir dari Amerika Serikat dan keluarga mereka, meninggalkan bandara Vnukovo, Moskow, Minggu (1/4). 60 diplomat Rusia diusir karena kebuntuan diplomatik antara Rusia dan Inggris. (AP/Alexander Zemlianichenko)

Bus membawa para diplomat Rusia yang diusir dari Amerika Serikat dan keluarga mereka, meninggalkan bandara Vnukovo, Moskow, Minggu (1/4). Pengusiran terkait kasus serangan dengan racun mantan agen mata-mata Rusia di Inggris. (AP/Alexander Zemlianichenko)

Bus membawa para diplomat Rusia yang diusir dari Amerika Serikat dan keluarga mereka, meninggalkan bandara Vnukovo, Moskow, Minggu (1/4). Pengusiran terkait kasus serangan dengan racun mantan agen mata-mata Rusia di Inggris. (AP/Alexander Zemlianichenko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kantor Sekretariat Lembaga Audit ASEAN Resmi Berdiri

Posted: 01 Apr 2018 09:20 PM PDT

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI meresmikan ASEAN Supreme Audit Institutions (ASEANSAI) Secretariat Office. Hal ini merupakan kelanjutan dari penetapan BPK RI sebagai Sekretariat ASEANSAI periode 2018-2023 pada ASEANSAI Summit ke empat yang berlangsung di Laos, November 2017 lalu.

Ketua BPK RI Moermahadi Soerja Djanegara mengatakan pihaknya akan memfasilitasi pelaksanaan semua kegiatan ASEANSAI, serta menjembatani kerja sama antara ASEANSAI dengan stakeholders dan lembaga donor.

"Kami juga akan mendukung negara-negara ASEAN dalam meningkatkan peran perangkat pemerintahan untuk mewujudkan kemakmuran rakyat," kata Moermahadi di Kantor Pusat BPK RI, Jakarta, Senin, (2/4).

Dia menambahkan, ASEANSAI juga akan menyelenggarakan Seminar on Sustainable Development Goals (SDGs), untuk meningkatkan awareness pada Pimpinan lembaga pemeriksa (SAI) atas pentingnya SDGs dalam mendorong transparansi, akuntabilitas, dan antikorupsi.

"Sebagai lembaga pemeriksa, kita perlu merekomendasikan implementasi dari 17 tujuan SDGs. Pada masing-masing tujuan tersebut, kita harus menghubungkan dampak suatu proyek dengan pendekatan pemerintah dan masyarakat, seperti dampak ekonomi, sosial, dan lingkungan dalam tahap perencanaan, agar dalam tahapan implementasi dapat terus berkesinambungan," imbuhnya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh President of State Audit Organization of Lao PDR, Viengthong Siphandone, para Ketua lembaga pemeriksa anggota ASEANSAI, serta Pimpinan BPK RI.

Sumber: Merdeka.com

Reporter: Dwi Aditya Putra

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ayahanda Menangis Tersedu-sedu di Pernikahan Baby Margaretha

Posted: 01 Apr 2018 09:20 PM PDT

Bahagia sekaligus lega dirasakan Baby Margaretha. Model majalah pria dewasa ini akhirnya resmi dinikahi kekasihnya, Christian Bradach, pada Minggu (1/4/2018) di salah satu hotel di Bandung, Jawa Barat.

Melalui Instagram Story-nya, wanita 34 tahun itu memperlihatkan rangkaian acara pernikahannya, mulai dari proses merias hingga akad nikah berlangsung.

Meski asli warga negara Austria, Christian cukup fasih melafalkan ijab kabul. Dia pun berhadapan langsung dengan ayahanda Baby Margaretha.

Suasana haru begitu terasa setelah Baby Margaretha dan Christian Bradach dinyatakan sah sebagai suami istri. Baby dan Christian sebelumnya sudah berpacaran selama kurang lebih satu tahun.

 

Tangisan Ayah

Baby Margaretha resmi dinikahi Christian Bradach, Minggu (1/4/2018) [foto: instagram.com]

Ayahanda Baby Margaretha tampak tidak kuasa menahan tangis setelah prosesi ijab kabul selesai. Ia menangis tersedu-sedu sambil terus mengusap tisu ke matanya.

Di sampingnya terlihat seorang wanita yang berusaha menenangkan ayah Baby Margaretha tersebut.

 

Kebahagiaan Orangtua

Baby Margaretha resmi dinikahi Christian Bradach, Minggu (1/4/2018) [foto: instagram.com/belinaanggia]

Kini Baby Margaretha dan Christian membuka lembaran baru sebagai suami istri. Pernikahan mereka juga disambut bahagia oleh kedua orangtua Baby.

"Terkadang kalian harus membuat orangtua kalian bahagia.." ungkap Christian di akun Instagram pribadinya.

 

Tetap Tradisional

Baby Margaretha resmi dinikahi Christian Bradach, Minggu (1/4/2018) [foto: instagram.com/chrisconsul]

Walau menikah dengan bule, Baby memilih tetap menggunakan adat tradisional. Baby Margaretha tampak cantik dalam balutan gaun berwarna krem.

Bintang film Tragedi Penerbangan 574 itu melengkapi penampilannya dengan siger, mahkota yang khas dikenakan pengantin adat Sunda. Sementara Christian memakai beskap berwarna senada.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Tanda Jalani Hubungan Asmara Tidak Sehat, Sadari dan Perbaiki

Posted: 01 Apr 2018 09:15 PM PDT

Kita tentu ingin menjalani hubungan asmara yang sehat, berjalan mulus tanpa ada masalah yang berarti. Padahal permasalahan adalah ujian bagi Anda dan pasangan dapat menentukan apakah hubungan yang dijalani sehat atau tidak.

Dari masalah tersebut, Anda bisa lihat pertandanya, walau terkadang tidak terlalu jelas tersirat. Berikut adalah 6 tanda Anda berada di hubungan asmara yang tidak sehat, seperti melansir dari sheknows.com, Senin (2/4/2018):

1. Menolak disalahkan Jika selalu menghadapi masalah yang sama dengan mantan, bisa jadi Anda sumber masalahnya. Penasihat keluarga dan Pernikahan Jessica Wade mengatakan, jika selalu menyalahkan pasangan atas masalah yang terjadi, maka Anda menyangkal peran atas masalah tersebut.

2. Emosional saat marah

Kata-kata yang terlontar ketika marah tidak akan pernah bisa ditarik kembali. Seperti dijelaskan oleh Terapis Keluarga dan Pernikahan, Lisa Bahar, perkataan seperti "Kamu gila" atau "Ada Apa denganmu?" akan menciptakan suasana yang tidak nyaman.

Dalam kejadian tersebut, biasanya akar permasalah adalah terlalu cepat dalam bereaksi. "Teliti dulu fakta-fakta yang memicu reaksi tersebut dan bandingkan jika benar-benar memahami keadaannya", kata Lisa.

 

 

Egois dan Bergantung

Ilustrasi Foto Bertengkar dengan Pasangan (iStockphoto)

3. Egois

Pertanda yang sering muncul adalah menolak pengaruh pasangan. Hal ini lebih dari keras kepala. Menurut Jessica Wade, ini akan berbahaya jika pasangan Anda berpikir pendapatnya tidak dihargai. Untungnya berkomitmen untuk benar-benar mendengar pasangan Anda, dapat mengatasi hal ini.

4. Sangat tergantung di dalam hubungan

Hubungan tidak sehat tercipta bukan hanya dari bagaimana Anda memperlakukan pasangan, tapi diri sendiri. Wade menjelaskan kalau Anda mengandalkan hubungan untuk melarikan diri dari masalah, maka harus diperbaiki.

Ketergantungan bisa berbentuk ancaman menyakiti diri sendiri. Jika Anda pernah mengatakan atau terpikir untuk menyakiti diri sendiri jika putus, waktunya berhenti dari hubungan tersebut dan carilah bantuan.

Sengaja Hukum Pasangan

Ilustrasi Foto Bertengkar dengan Pasangan (iStockphoto)

5. Sengaja menghukum pasangan

"Mendiamkan pasangan (silent treatment) atau menolak seks karena kesalahan kecil adalah pertanda manipulasi," ujar Jessica Wade. Mungkin Anda berdalih kalau itu menyampaikan pesan, tapi ada cara yang lebih baik sebenarnya.

Sebagai contoh, jika pasangan Anda selalu lupa untuk membeli susu dari toko swalayan, jelaskanlah kepadanya jika terus begitu, akan menghambat makan malam. Jessica menambahkan, "Memarahi, meneriaki, dan menghukum jarang berhasil kepada anak kecil, maka hindari pula dalam hubungan Anda".

6. Sindiran pedas ketika menghadapi masalah

Sebuah studi di tahun 2017 mengungkapkan, terdapat lebih dari 5 juta pria menjadi korban sindiran pedas pasangannya. Menurut Lisa Bahar, 'tamparan halus' adalah gejala ketidakmampuan mengekspresikan perasaan dengan seharusnya.

Jika 6 tanda di atas muncul, kuncinya adalah menerima jika hubungan Anda bermasalah atau tidak sehat. Dengan mengakui masalah, akan memberi kesempatan bagi hubungan untuk bisa berlanjut dan mendapatkan pelajaran.

Ia mengakhiri pernyatannya dengan "Kebanyakan orang tak menyadari jika perilaku mereka bisa berbahaya atau menyakiti pasangan. Tapi begitu menyadarinya, mereka langsung ingin berubah".

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dua Gol Cepat Sriwijaya FC Rusak Konsentrasi Persib

Posted: 01 Apr 2018 09:15 PM PDT

Persib Bandung harus menyerah di kandang Sriwijaya FC dengan skor 1-3, Minggu (1/4/2018) di Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang dalam laga pekan kedua GO-Jek Liga 1 2018 bersama Bukalapak. Gol cepat Sriwijaya FC jadi penyebab kekalahan Persib.

Menurut winger Persib, Ghozali Siregar, timnya bermain bagus di babak pertama. Tim berjulukan Maung Bandung itu bahkan unggul lebih dulu lewat Ezechiel N'Douassel pada menit ke-27.

"Menurut saya, di pertandingan tadi kami semua para pemain sudah bermain dengan bagus. Kami main menyerang di babak pertama, hasilnya juga banyak peluang yang tercipta," kata Ghozali, seperti dilansir situs resmi Persib.

Tapi, Sriwijaya FC langsung menggebrak di babak kedua dengan permainan ofensif. Dua gol cepat Sriwijaya FC terjadi di awal babak kedua melalui Esteban Vizcarra pada menit ke-47 dan Marckho Sandi pada menit ke-48.

Konsentrasi Febri Hariyadi dan kawan-kawan langsung buyar seusai dua gol cepat itu. Persib kesulitan mendapatkan peluang bagus untuk menyamakan skor.

Gol Beruntun

Bukannya menyamakan kedudukan, gawang Persib malah kebobolan lagi. Kali ini, bintang anyar Laskar Wong Kito, Manuchekhr Jalilov menjebol gawang I Made Wirawan pada menit ke-66.

"Untuk di babak kedua, kami cukup kaget dengan gol cepat‎ di awal babak, dan terjadilah gol secara beruntun yang masuk ke gawang kami," ‎tutur pemilik nomor 77 di Persib itu.

Dengan hasil ini, Persib belum sekalipun meraih kemenangan dari dua laga perdana Liga 1 2018. Pada pertandingan pertama, Maung Bandung harus puas bermain imbang 1-1 dengan PS Tira di Stadion Gelora Bandung Lautan Api. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Syahrini Unggah Ini Sebelum ke Sidang First Travel

Posted: 01 Apr 2018 09:15 PM PDT

Syahrini didampingi Hotman Paris mengunggah video ketika mereka dalam perjalanan menuju sidang First Travel.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Peringatkan Zumi Zola agar Kooperatif dalam Pemeriksaan, Ada Apa?

Posted: 01 Apr 2018 09:14 PM PDT

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memeriksa Gubernur Jambi Zumi Zola. Dia akan diperiksa sebagai tersangka kasus dugaan penerimaan gratifikasi terkait sejumlah proyek di Jambi.

"Hari ini dijadwalkan pemeriksaan terhadap ZZ (Zumi Zola) sebagai tersangka," kata juru bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Senin (2/4/2018).

Febri mengigatkan Zumi Zola untuk memenuhi panggilan penyidik KPK. 

"Kami ingatkan, datang memenuhi panggilan tersebut merupakan kewajiban hukum. Sikap koperatif akan lebih membantu dalam proses hukum ini," Febri menambahkan.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan mengaku pihaknya mempertimbangkan segera menahan Gubernur Jambi Zumi Zola.

"Ya, masukan ini kita terima, sudah barang tentu menjadi pertimbangan bagi kita untuk segera melakukan penahanan. Itu mungkin yang bisa kita nanti akan kita bicarakan dulu dengan penyidik," ujar Basaria Pandjaitan.

KPK telah menetapkan Gubernur Jambi Zumi Zola dan Plt Kadis PUPR Arfan sebagai tersangka dalam kasus dugaan penerimaan gratifikasi sejumlah proyek di Dinas PUPR Provinsi Jambi.

 

Kasus Jerat Zumi Zola

Zumi Zola mengultimatum perusahaan batu bara di Jambi agar mengikuti aturan yang berlaku, jika tidak maka akan diusir dari Jambi. (Foto: B Santoso/Liputan6.com)

Dalam kasus tersebut, Zumi Zola dan Arfan diduga menerima gratifikasi Rp 6 miliar dari beberapa kontraktor. Uang itu disinyalir diberikan sebagai "uang ketok palu" kepada anggota DPRD Jambi.

Kasus yang menjerat Zumi Zola ini merupakan pengembangan dari kasus suap pengesahan APBD 2018. Dalam kasus pengesahan APBD Jambi ini, KPK lebih dulu menetapkan empat orang tersangka.

Keempat tersangka itu yakni anggota DPRD Provinsi Jambi Supriyono, Plt Sekda Jambi, Erwan Malik, Plt Kadis PUPR Jambi Arfan, dan Asisten Daerah III Syaifuddin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Opick Absen Lagi di Sidang Cerai, Mediasi Kembali Gagal

Posted: 01 Apr 2018 09:10 PM PDT

Opick kembali mangkir di sidang perceraiannya. Maka, agenda mediasi yang harusnya dilakukan Senin (2/4/2018) pagi ini, gagal. Seperti diketahui pemilik nama lengkap Aunur Rofiq Lil Firdaus ini digugat cerai istrinya, Dian Rositaningrum, di Pengadilan Agama Jakarta Timur, beberapa waktu lalu. 

Herwinsyah, kuasa hukum Opick, datang ke Pengadilan Agama Jakarta Timur untuk memberitahukan kepada majelis hakim terkait absennya Opick ke sidang cerai Senin ini. "Iya, absen Mas Opick," katanya. 

"Sidang hari ini enggak ada. Tadi kami ke Pengadilan Agama karena menyampaikan ke hakim mediasinya minta tunda sampai tanggal 10, pesan langsung dari Mas Opick. Biar bisa dijadwalkan ulang," tambah kuasa hukum penyanyi religi itu saat ditemui di PA Jakarta Timur, Senin pagi.

Manggung Padat

Menengok ke belakang,  penyanyi religi Aunur Rofiq Lil Firdaus alias Opick setidaknya tiga kali melamar Dian. Opick yang dulu berambut gondrong dua kali lamaran ditolak oleh ayah Dian. (dok. Pribadi)

Aktivitas manggung off air Opick memang sangat padat. Hari ini misalnya, Opick sedang berada di Pekalongan untuk manggung di acara peringatan hari jadi di salah satu kota di Jawa Tengah tersebut.

Koordinasi dengan Pengacara Dian

Sidang ketiga Opick dan Dian Rositaningrum (Deki Prayoga/bintang.com)

"Soalnya beliau (Opick) lagi di Pekalongan. Acara ulang tahun Kota Pekalongan. Makanya kan saya udah koordinasi dengan pengacara Dian untuk minta ditunda tanggal 10. Dari Mas Opick bisanya tanggal 10," lanjut Herwinsyah.

Pengacara Dian Bicara

Sidang ketiga Opick dan Dian Rositaningrum (Deki Prayoga/bintang.com)

Sementara itu, dihubungi secara terpisah, Ina Rahman, kuasa hukum Dian membenarkan bahwa pihaknya sudah mengetahui absennya Opick kemabli di persidangan. "Agendanya hari ini harusnya mediasi, tapi Pak Opick tidak bisa hadir," ujarnya.

"Beliau minta di-reschedule tanggal 10. Berdasarkan hasil komunikasi antara klien saya dengan Pak Opick, katanya Pak Opick minta ditunda ke tanggal 10 April. Jadi tidak ada agenda apa-apa dan mediasi batal (hari ini)," tukas Ina Rahman.

(Anto Kribo/Bintang.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Strategi BI Bantu Petani Karet di Kalteng Lepas dari Tengkulak

Posted: 01 Apr 2018 09:09 PM PDT

Bank Indonesia (BI) menyatakan ratusan petani karet di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng) masih tergantung kepada tengkulak. Oleh karena itu, BI pun membantu petani karet dengan buat rumah bahan olahan karet (Bokar).

Dari data BI Kalteng, jumlah warga transmigrasi di Desa Purwodadi, Desa Bontoi di Kecamatan Maliku dan Desa Garong, Kecamatan Garong, Kabupaten Pulang Pisau mencapai 700 kepala keluarga (KK) atau setara 1.400 jiwa. Dari jumlah itu hampir 75 persen, masyarakat merupakan petani karet.

Kepala BI Kalteng Wuryanto menuturkan, petani karet masih bergantung kepada tengkulak membuat kehidupannya sulit berkembang. Apalagi hal itu terjadi selama bertahun-tahun. "Akibatnya mereka inilah yang mengatur harga jual para petani," ujar dia, seperti ditulis Senin (2/4/2018).

Para tengkulak ini kata dia sudah masuk ke dalam masyarakat petani hingga pedalaman dan menguasai hasil bumi petani.

 

 

Selanjutnya

Karet menjadi salah satu komoditi unggulan non migas di Jambi. (Bangun Santoso/Liputan6.com)

Untuk mengurangi ketergantungan petani terhadap tengkulak, BI Kalteng membantu petani karet dengan membuat rumah bahan olahan karet (Bokar). Bangunan seharga Rp 70 juta itu untuk menjemur hasil karet petani hingga hingga mencapai jumlah 2 ton  selama satu minggu.

"Dengan tingkat kekeringan maksimal sehingga bisa meningkatkan harga jual karet petani," ujar dia.

Apalagi  saat ini para petani yang bergabung dalam Kelompok Usaha Bersama Karet ( KUBK) sudah bekerjasama  dengan sebuah perusahaan karet setempat sehingga harga jual  karet naik dari semula Rp 5 ribu per kg meningkat jadi Rp 13 ribu per kg.

"Saat ini kami baru membantu satu unit Bokar, namun ke depannya kami akan membantu membuat 1 unit lagi,"kata Wuryanto.

Wuryanto menuturkan, pihaknya juga membantu pengadaan alat transportasi berupa sepeda motor angkut roda tiga. Ini untuk membantu mengangkut hasil karet rakyat dari kebun ke bokar.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Imbauan Kemkominfo soal Jeratan Missed Call dari Luar Negeri

Posted: 01 Apr 2018 09:06 PM PDT

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) angkat bicara mengenai maraknya penipuan berupa missed call dari nomor-nomor luar negeri.

Plt Kepala Biro Humas Kemkominfo Noor Iza mengimbau masyarakat yang mendapati missed call dari nomor luar negeri untuk tidak menghubungi kembali nomor tersebut.

"Agar apabila ada telepon dari luar negeri yang sifatnya hanya memancing keingintahuan kita untuk menelepon kembali, jangan tekan nomor mereka yang missed call. Misalnya mereka menelepon hanya satu kring saja, berharap kita menghubungi kembali," kata Noor Iza saat dihubungi Tekno Liputan6.com, Senin (2/4/2018).

Menurut Noor Iza, pengguna seluler Indonesia perlu mewaspadai jika penipunya men-charge panggilan dengan tarif internasional atau tarif premium call.

Untuk itu, Noor Iza meminta agar pengguna seluler selalu mencari tahu terkait nomor-nomor yang mengganggu, terutama nomor luar negeri yang memanggil hanya satu kali kring.

Beberapa hari belakangan ini sejumlah warganet di Tanah Air dibuat bingung oleh nomor luar negeri yang tak dikenal, dan melakukan panggilan tak terjawab atau missed call.

Tak tanggung-tanggung, nomor misterius tersebut melakukan lebih dari satu kali missed call dan dari negara yang berbeda-beda.

Mencari solusi, warganet pun mengunggah kejadian tersebut ke media sosial, Twitter. Salah satu warganet yang mengaku mendapat panggilan dari nomor misterius tersebut adalah akun @ashfinzul.

Dalam akun Twitter-nya, ia mengaku mendapatkan panggilan dari nomor +242 801130490 dan +242 801130442 yang ternyata berasal dari Kongo.

Curiga, ia memutuskan untuk melaporkan panggilan tersebut kepada operator. Tak hanya @ashfinzul, pengguna dengan akun Twitter @adidaen pun mengaku ia dan istrinya juga mendapatkan panggilan serupa.

Cara Pelaku Jerat Korban

Ilustrasi Foto Telepon Genggam atau Handphone (iStockphoto)

Missed call atau panggilan tak terjawab misterius dari nomor luar negeri ramai dikeluhkan oleh pengguna seluler di Indonesia.

Belakangan diketahui kalau panggilan tersebut adalah scam alias upaya penipuan yang berasal dari negara asing seperti Kongo dan Kenya.

Pakar Digital Forensik Ruby Alamsyah mengatakan, teknik panggilan dari luar negeri itu bernama Call-back Scam. Di mana, penipu akan terus-terusan menelepon ke nomor-nomor korban yang didapatkannya secara acak.

Bila korban terjebak dan melakukan panggilan balik, pulsa mereka pun bakal tersedot.

Kasus serupa sebelumnya pernah terjadi di Australia. Menurut Ruby, para penipu bisa saja mendapatkan nomor telepon korban dari internet, sebab ada saja orang yang ceroboh menuliskan nomornya di internet.

"Oknum ini melakukannya secara terorganisir dengan mengambil nomor lewat internet, ada software-nya juga, tapi ini bukan kebocoran dari pihak operator," tutur Ruby saat dihubungi Tekno Liputan6.com.

Dia mengungkap, bagaimana kurangnya kesadaran seseorang menuliskan informasi telepon di internet justru dapat membahayakan dirinya dan orang lain.

Dapat Nomor dari Internet

Ilustrasi Foto Telepon Genggam atau Handphone (iStockphoto)

Misalnya, kata Ruby, seseorang menuliskan nomor teleponnya di situs jual beli atau platform lainnya di internet. Sang penipun pun akan mudah menganalisis nomor tersebut lalu mengubah-ubah sedikit nomornya.

Oleh karena itu, walaupun yang menuliskan nomor ponsel di internet hanya satu orang, jumlah korbannya pun akan berlipat ganda.

Ruby mengatakan, pelaku juga bisa menggunkaan berbagai perangkat lunak untuk melakukan panggilan scam. Kendati demikian, dia enggan menyebut nama software tersebut lantaran berpotensi untuk disalahgunakan.

Untuk itu, Ruby berpesan, sebaiknya siapapun tidak asal mencantumkan nomor teleponnya di internet karena bisa merugikan dirinya sendiri dan orang lain.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPJS Ketenagakerjaan Pastikan Penempatan Investasi Ikuti Aturan

Posted: 01 Apr 2018 09:06 PM PDT

BPJS Ketenagakerjaan memastikan jika penempatan investasi perseroan sudah sesuai ketentuan. Ini juga dengan memperhatikan kepentingan peserta.

Perusahaan melaporkan jika pengelolaan dana BPJS Ketenagakerjaan periode Februari 2018 dinilai cukup menggembirakan. Total realisasi hasil investasi mencapai sebesar Rp 6,68 triliun, per 28 Februari 2018. Hasil ini hampir mencapai dua kali hasil pengembangan di periode yang sama tahun 2017 sebesar Rp 3,44 triliun.

"Kami selalu mengutamakan kepentingan peserta, setiap investasi yang dilakukan pasti telah melalui proses kajian fundamental, teknikal, manajemen risiko dan compliance yang komprehensif. Namun peserta juga harus memahami, hasil pengembangan dapat fluktuatif sesuai dengan kondisi pasar," ujar Deputi Direktur Bidang Humas dan Antar Lembaga BPJS Ketenagakerjaan, Irvansyah Utoh Banja.

Dia juga menuturkan jika kinerja tersebut diperoleh dari penambahan iuran, strategi pengelolaan dana yang tepat dan kondisi pasar yang sangat mendukung.

"Strategi Investasi yang kami lakukan selalu berorientasi pada hasil yang optimal untuk peserta, dengan risiko yang terukur, serta tentu saja mengutamakan aspek kepatuhan dan kehati-hatian," dia menambahkan, Senin (2/4/2018).

Utoh menyampaikan penempatan dana yang dilakukan BPJS Ketenagakerjaan hanya diperbolehkan pada instrumen dan batasan investasi yang ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2013 dan Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2015.

Kemudian ada beberapa Peraturan OJK yang mengatur batasan penempatan pada Surat Berharga Negara, seperti POJK Nomor 1 Tahun 2016, POJK 36 Tahun 2016 dan POJK 56 Tahun 2017.

Total dana yang dikelola BPJS Ketenagakerjaan saat ini sebesar Rp 324,9 Triliun, dengan rincian aset alokasi sebagai berikut : deposito (10 persen), surat utang (60 persen), saham (19 persen), reksadana (10 persen), dan investasi langsung (1 persen).

Dana kelolaan tersebut diinvestasikan pada berbagai segmentasi sektor, seperti: sektor keuangan, pertambangan, aneka industri, transportasi, dan infrastruktur.

Segmentasi penempatan pengelolaan dana pada instrumen terkait sektor infrastruktur per 28 Februari 2018 sebesar Rp 73,25 triliun. Investasi ini bersifat tidak langsung, melalui instrumen surat utang (obligasi) dan saham.

Dari jumlah tersebut, paling besar ditempatkan pada Surat Berharga Negara mencapai 45 persen, Obligasi dan Saham BUMN terkait sektor infrastruktur sebesar 55 persen.

Dari pengelolaan investasi diatas, BPJS Ketenagakerjaan memberikan hasil pengembangan Jaminan Hari Tua (JHT) periode Februari 2018 kepada peserta sebesar 9.59%. Hasil pengembangan tersebut lebih baik dari tingkat suku bunga counter rate deposito bank pemerintah periode yang sama.

 

 

 

 

Investasi di Obligasi

Direktur Perencanaan Strategis dan TI BPJS Ketenagakerjaan, Sumarjono, meninjau pelayanan di Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Salemba, Jakarta, Rabu (4/5). Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka memperingati hari buruh.(Liputan6.com/Fery Pradolo)

Terkait investasi, kebijakan Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto yang telah menyisihkan sekitar Rp 73 triliun untuk mendukung program pembangunan infrastruktur melalui penerbitan surat utang  sempat menuai kritik. 

Namun menurut Pengamat Jaminan Sosial Hotbonar Sinaga menilai selama ini dalam melakukan investasi, BPJS Ketenagakerjaan terikat pada aturan yang ada. Salah satunya Peraturan OJK (POJK) No 1 tahun 2016. Begitu juga dengan investasi di sektor infrastruktur tentunya juga mengikuti aturan tersebut. 

"Kalau saya lihat investasi sebesar Rp 73 triliun di obligasi masih sesuai aturan yakni POJK No 1 tahun 2016," ujar Hotbonar.

Pola investasi yang selama ini dijalankan oleh BPJS Ketenagakerjaan ternyata telah sesuai dengan regulasi yang ditetapkan pemerintah dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain itu imbal hasil yang diberikan selama ini dinilai juga sangat menguntungkan pekerja.

Mantan Direktur Utama PT Jamsostek (Persero) itu juga menilai kinerja direksi BPJS Ketenagakerjaan saat ini sangat baik karena mampu meningkatkan hasil investasi mencapai Rp 6,68 Triliun pada periode Februari 2018 lalu.

"Sejauh ini sangat baik. Sepanjang tidak ada regulasi yang dilanggar sah-sah saja dan tidak ada risiko," kata Hotbonar.

Senada diungkapkan Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan, Irgan Chairul Mahfiz yang menilai tidak ada yang salah terkait pola investasi yang dilakukan BPJS Ketenagakerjaan.

"Saya kira selama tidak melanggar aturan tidak masalah, karena dana yang ada di BPJS Ketenagakerjaan juga harus diinvestasikan agar bisa menghasilkan untung bagi pekerja. Kalau tidak diinvestasikan justru akan mandeg," tegasnya.

Irgan percaya bahwa Direksi BPJS Ketenagakerjaan akan secara profesional menginvestasikan dana sesuai aturan yang berlaku. "Kalau tidak sesuai aturan maka tidak profesional. Kalau itu sampai terjadi baru kita harus pertanyakan," ujarnya.

Dia juga menyarankan agar dana kelolaan BPJS Ketenagakerjaan bisa berkembang, tetapi tetap bisa memajukan perekonomian bangsa dan menguntungkan pekerja, sebaiknya investasi bisa dilakukan kepada hal yang menyentuh kebutuhan pekerja seperti membangun apartemen bagi pekerja dengan sistem beli atau sewa.

"Inikan sangat membantu pekerja tetapi juga bisa menguntungkan BPJS Ketenagakerjaan," katanya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Kata Sama Makna Berbeda di Indonesia dan Malaysia, Tanda Pasangan Tulus Mencintaimu

Posted: 01 Apr 2018 09:04 PM PDT

Indonesia dan Malaysia, merupakan dua bangsa yang serumpun. Sehingga bukan menjadi hal yang aneh jika masih ditemukan banyak persamaan di antara keduanya. Salah satu kesamaan dari kedua negara tersebut yakni bahasa.

Ternyata ada kesamaan bahasa yang sering digunakan pada kedua negara. Biasanya persamaan itu terlihat dari kata yang digunakan oleh masyarakatnya.

Meski kata yang kerap digunakan kedua negara memiliki pelafalan yang sama, namun ada maknanya bisa berbeda. Contohnya seperti kata 'senang', Di Indonesia kata itu menunjukan emosi yang bahagia. Sedangkan di Malaysia, senang artinya mudah.

Masih ada sembilan kata lainnya yang punya kesamaan pelafalan tapi memiliki arti yang berbeda, dari kedua negara baik Indonesia dan Malaysia.

Artikel tentang 10 kata Indonesia dan Malaysia yang mirip namun berbeda arti, menjadi terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Sementara itu, artikel tentang lima tanda pasangan cinta dnegan tulus menempati kedua terpopuler. Disusul dengan zodiak yang tak pernah berharap menikah.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 10 Kata Indonesia dan Malaysia yang Mirip tapi Maknanya Berbeda

Foto: Brilio.net/says.id

 

Dua negara bertetangga yang berada di Asia Tenggara, yakni Indonesia dan Malaysia ini memang seolah tak dapat dipisahkan. Meski berbeda pemerintahan, kedua negara ini terbilang masih serumpun, karena masih terdapat beberapa persamaan.

Persamaan tersebut meliputi dalam segi bahasa.  Budaya Melayu yang ada di Indonesia dan Malaysia ini juga hampir menggunakan aksen yang sama, bahkan beberapa di antara kata yang digunakan, juga sangat familiar. Namun, meski pengucapannya sama, kata yang sama tersebut memiliki makna berbeda di kedua negara ini.

Selengkapnya..

2. Jangan Salah Mengartikan Rasa, Ini 5 Tanda Pasangan Cinta dengan Tulus

Ilustrasi jatuh cinta (iStock).

Setiap orang, khususnya kaum hawa tentu ingin memiliki pasangan yang benar-benar mencintaimu dengan tulus. Namun, ada saja seseorang yang cinta hanya berlandaskan kasihan atau simpati terhadap lawan jenisnya. Tentu itu akan sangat menyakitkan ya?

Tapi ada beberapa tanda yang bisa kamu jadikan patokan untuk mengetahui dia cintanya dari hati. Berikut merupakan sejumlah tandanya.

Selengkapnya..

3. 4 Zodiak yang Tak Pernah Berharap Menikah, Anda Salah Satunya?

Ilustrasi pasangan tak mau menikah (Pixabay)

Lama berpacaran tidak lantas membuat pasangan kekasih akan mudah melenggang ke jenjang selanjutnya yang lebih serius yaitu pernikahan. Terkadang, ada pasangan yang malah 'kabur' jika ditanya soal pernikahan.

Apakah Anda punya masalah yang sama? Jangan-jangan zodiak kekasih Anda masuk daftar di bawah ini.

Selengkapnya..

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Danang D'Academy Gebrak Kampanye Akbar Khofifah - Emil di Jombang

Posted: 01 Apr 2018 09:02 PM PDT

Juara D'Academy Asia, Danang Pradana Dieva menggebrak kampanye akbar pasangan Khofifah Indar Parawansa - Emil Dardak di Jombang, Jawa Timur, Minggu 1 April 2018. Dia membawakan lima lagu.

Danang mengajak puluhan ribu massa pendukung Khofifah-Emil berjoget dengan sejumlah lagu yang dibawakannya.

"Ku tak bisa.. jauh..jauh dari Khofifah," ucap Danang menguba lirik lagu Slank berjudul Ku Tak Bisa, diikuti ribuan orang.

Dia meminta masyarakat untuk tetap mendukung Khofifah sebagai Gubernur Jatim periode 2019-2014.

"Kalian harus menyerukan kepada orang di daerah kalian untuk memilih Khofifah-Emil. Saya juga di Banyuwangi akan memenangkan Khofifah-Emil juga," kata pria asal Banyuwangi ini sambil mengikuti alunan musik.

Magnet Danang memang cukup besar, bahkan setelah turun panggung, ratusan penggemar pedanggut ini menunggu di pagar meminta tanda tangan dan berswafoto. Dengan telaten Danang meladeni permintaan fansnya di kampanye akbar Khofifah-Emil itu.

 

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Dihadiri Ketum Partai

Kampanye akbar di Jombang juga dimeriahkan Bang Haji Rhoma Irama dan Soneta Group. Hadir pula para kiai dan ketua umum Parpol pengusung.

Kampanye akbar ini juga dihadiri para Ketua Umum (Ketum) partai pengusung hadir, Di antaranya Ketum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) didampingi oleh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ketua Umum PPP Romahurmuziy.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

91 Calon Umrah Asal Sumatera Barat Telantar di Malaysia

Posted: 01 Apr 2018 09:02 PM PDT

Sebanyak 91 calon jemaah umrah asal Sumatera Barat telantar di Malaysia setelah dijanjikan akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada 26 Maret 2018. Calon jemaah umrah itu berangkat melalui biro perjalanan umrah PT Bumi Minang Pertiwi (BMP).

Pimpinan biro perjalanan umrah PT Rindu Baitulah, Epi Santoso, menerangkan pihaknya bekerja sama dengan PT BMP untuk memberangkatkan 91 orang jemaah. Mereka sudah membayar lunas paket senilai Rp 1,7 miliar atau Rp 19 juta per orang, tetapi batal berangkat.

Atas kejadian itu, Direktur Utama BMP Edi Kurniawan menjanjikan akan memulangkan jemaah umrah dari Malaysia paling lambat pada 5 April 2018.

"Beberapa hari ini kami akan lakukan pemulangan jemaah di Malaysia yang dibagi dalam beberapa grup," kata Edi di Padang, Minggu, 1 April 2018, usai dipanggil oleh Kementerian Agama Sumbar, dilansir Antara.

Ia menyebutkan pada Senin (2/4/2018) akan dipulangkan satu grup dari Malaysia, menyusul kemudian tiga grup dipulangkan pada Selasa, 3 April 2018 dan satu grup lagi pada Kamis, 5 April 2018.

Ia berjanji angoota jemaah yang tertunda keberangkatannya akan dijadwalkan ulang pada Oktober, November, dan Desember 2018.

Permasalahan yang membuat angoota jemaah telantar bermula dari proses konfirmasi deposit atas tiket yang terkendala. Pihak BMP mengklaim sudah menyerahkan deposit untuk pembayaran tiket pesawat jemaah kepada sebuah biro perjalanan di Malaysia.

Namun, pihak biro perjalanan di Malaysia tidak mengonfirmasi pembayaran tiket tersebut. Akibatnya, perjalanan jemaah umrah ke Tanah Suci tidak dapat dilanjutkan.

"Kami sudah menjelaskan ini kepada jemaah," ujar dia.

 

 

Belum Ada Sanksi

Ilustrasi payung terbesar yang akan dipasang di Masjid Agung Mekah atau Masjidil Haram. (SPA)

Sementara, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumbar, Hendri, mengatakan pihaknya masih harus mempelajari hasil pertemuan Kemenag dan PT BMP sebelum menjatuhkan tindakan kepada biro umrah itu.

Meski begitu, ia menyampaikan bahwa ada niat baik yang ditunjukkan BMP untuk bertanggung jawab atas pemulangan dan penjadwalan ulang bagi jemaah umrah yang sudah menyelesaikan pembayaran.

"Hasil klarifikasi ini kami pelajari dulu, apa akar masalahnya dari sana, baru kami ambil kesimpulan," ujarnya.

Kanwil Kemenag, ucapnya akan menjatuhkan sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku bila memang BMP terbukti lalai dalam mengakomodasii hak para anggota jemaah umrah.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Bangunan Penduduk Terbakar Akibat Bentrokan di Srinagar

Posted: 01 Apr 2018 09:00 PM PDT

Sejumlah wanita Kashmir berusaha menyelamatkan diri saat terjadi bentrokan antara kelompok militan dan pasukan keamanan India di Shopian, Srinagar (4/1). Sering terjadi bentrokan antara kelompok separatis dan pasukan India. (AP Photo / Dar Yasin)

Sejumlah wanita Kashmir berusaha menyelamatkan diri saat terjadi bentrokan antara kelompok militan dan pasukan keamanan India di Shopian, Srinagar (4/1). Sering terjadi bentrokan antara kelompok separatis dan pasukan India. (AP Photo / Dar Yasin)

Tentara India berlindung di belakang bajaj saat mengejar warga Kashmir yang memprotes pembunuhan kelompok militan di Srinagar (4/1). Sebelumnya, 12 orang dari kelompok militan tewas saat bentrok dengan pasukan pemerintah India. (AP Photo / Dar Yasin)

Tentara India berlindung di belakang bajaj saat mengejar warga Kashmir yang memprotes pembunuhan kelompok militan di Srinagar (4/1). Sebelumnya, 12 orang dari kelompok militan tewas saat bentrok dengan pasukan pemerintah India. (AP Photo / Dar Yasin)

Pemuda Kashmir melempari batu ke arah tentara India saat merekam yang memprotes pembunuhan kelompok militan di Srinagar (4/1). (AP Photo / Dar Yasin)

Pemuda Kashmir melempari batu ke arah tentara India saat merekam yang memprotes pembunuhan kelompok militan di Srinagar (4/1). (AP Photo / Dar Yasin)

Sejumlah bangunan tempat tinggal terbakar akibat pertempuran senjata antara kelompok militan dan pasukan keamanan India di Shopian, Srinagar (4/1). (AP Photo / Mukhtar Khan)

Sejumlah bangunan tempat tinggal terbakar akibat pertempuran senjata antara kelompok militan dan pasukan keamanan India di Shopian, Srinagar (4/1). (AP Photo / Mukhtar Khan)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Saksi di Sidang First Travel, Begini Gaya Syahrini

Posted: 01 Apr 2018 09:00 PM PDT

Hari ini, Senin (2/4/2018), Syahrini akhirnya hadir di Pengadilan Negeri Depok sebagai saksi dalam sidang kasus First Travel. Ia hadir pada pukul 9.30 ditemani sang kuasa hukum, Hotman Paris Hutapea.

Bukan Syahrini namanya bila tak tampil penuh gaya. 

Ia mengenakan pakaian hitam dibalut jaket bomber biru. Wajahnya ditutupi dengan kacamata hitam yang terlihat mencolok dengan taburan kristal di permukaan frame-nya. Syahrini juga muncul bersama Hotman dengan mobil mewah Bentley, dengan nomor polisi B 666 ANE.

Tak Banyak Bicara

Artis Syahrini menjadi saksi dalam sidang First Travel di Pengadilan Negeri Depok. (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Syahrini tidak banyak bicara ketika ditanya awak media terkait kehadirannya sebagai saksi sidang kasus First Travel. "Alhamdulilah sehat. Nanti saja ya saya jelaskan," ujar Syahrini saat masuk ke ruang Kejaksaan.

Fasilitas VIP

Artis Syahrini menjadi saksi dalam sidang First Travel di Pengadilan Negeri Depok. (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Syahrini terseret dalam kasus First Travel, sebagai salah satu artis yang diminta mempromosikan agensi perjalanan tersebut. Namanya, masuk dalam surat dakwaan No Reg Perkara PDM-226/Depok/12/2017.

Dalam surat dakwaan ini, artis bernama lengkap Rini Fatimah Jaelani disebut diberangkatkan umrah oleh First Travel dengan fasilitas VIP. (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Heboh, Warga Inggris Temukan Ikan Piranha di Selokan

Posted: 01 Apr 2018 09:00 PM PDT

Apa yang terlintas dalam pikiran Anda ketika mendengar kata ikan piranha? Kebanyakan dari Anda tentu berpendapat bahwa ikan ini sangat menyeramkan.

Hal menyeramkan semacam inilah yang dialami oleh warga di Chichester, Inggris. Pasalnya, ikan yang banyak ditemui di Sungai Amazon, Brasil ini ditemukan di saluaran pembuangan air di kota tersebut.

Mulanya, hewan jenis karnivora itu ditemukan oleh seorang staf kebersihan yang sedang melakukan pemeriksaan, demikian dikutip dari laman Telegraph.co.uk, Senin (2/4/2018).

Menurut petugas kebersihan tersebut, ikan piranha adalah hewan yang berbahaya dan dapat memakan mangsanya dalam hitungan menit.

Sejauh ini, pihak kebersihan saluran air Inggris mengatakan bahwa hewan ini sengaja dibuang oleh seorang warga yang memelihara ikan piranha, meski belum diketahui secara pasti pelakunya.

"Jelas seseorang telah membuang hewan ini ke dalam saluran pembuangan di kamar mandi. Jadi hewan ini ditemukan di dalam selokan," kata juru bicara Southern Water, Nicola Crichton.

"Orang-orang akan menyiram apapun ke dalam toilet. Sebab, kami pernah menemukan banyak benda-benda aneh," tambahnya.

Meski ikan piranha ditemukan dalam kondisi mati, pihak petugas menyebut bahwa hal ini sungguh berbahaya. Bukan hanya menjadi ancaman bagi warga atau petugas kebersihan, namun hal ini juga menyalahi aturan.

Ikan piranha sendiri dapat tumbuh hingga memiliki ukuran tubuh mencapai 12 hingga 50 sentimeter, tergantung jenisnya. Hewan ini memang dikenal buas, terlebih ia kerap tinggal secara bergerombol.

[vidio:Wanita Cantik Taklukan Ikan Piranha]()

Piranha Bergigi Manusia

Ilustrasi piranha mutan (wikipedia)

Pada tahun 2014, seorang pemancing bernama Aleks Korobov asal Rusia tak pernah menyangka bahwa ikan yang ia tangkap bukan ikan sembarangan.

Pemancing itu baru saja menemukan ikan yang merupakan salah satu jenis teraneh di dunia. Ikan dengan gigi yang sangat mirip dengan gigi manusia.

Awalnya Aleks sedang memancing di Sungai Dvina bagian utara, yang letaknya berada di barat laut Rusia. Seperti biasa, ia memancing menggunakan kail dan menanti ikan memakan umpan.

Tali pancing pun mengeras, dan ditariklah segera oleh Aleks pada momem yang dirasa pas. Ia berhasil mendapatkan ikan. Tapi ikan itu sudah mati. Saat mulutnya dibuka, giginya besar seperti gigi manusia.

"Saat itu sudah mati, tapi baunya masih segar. Aku pun mengambilnya dan membuka rahangnya. Dan aku sangat kaget melihatnya," ujar Aleks.

Pria 50 tahun asal Oblast, Arkhangelsk, Rusia itu pun kemudian membawa ikan itu dan memberitahu ke rekan dan penduduk setempat.

Anton (60), teman Aleks, juga mengaku tak percaya ketika diberitahu si Aleks mendapat ikan aneh tersebut. Dia pun mengira Aleks bergurau. Tapi setelah ia melihat langsung, Anton sungguh terkejut. "Belum ada yang pernah melihat apapun seperti ikan itu sepanjang umur ini," ujar Anton.

Aleks kemudian menghubungi ilmuwan dari Institute of Fisheries and Oceanography untuk menanyakan jenis hewan tersebut.

Seorang ahli biologi Gennady Dvorykankin mengatakan pihaknya akan melakukan otopsi terlebih dahulu untuk menguak jenis dari gigi tersebut. Tapi sejauh ini, ikan itu diyakini sebagai Piranha.

"Itu Piranha herbivora (pemakan tumbuhan laut), yang tidak makan daging seperti yang kalian lihat di film," ujar Gennady, seperti dilansir Mirror.co.uk. "Dan tidak mungkin hewan jenis itu bisa hidup di sungai itu. Kemungkinan besar ikan itu dibuang oleh pemiliknya," imbuh dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cuplikan Video Arsenal Gilas Stoke City

Posted: 01 Apr 2018 09:00 PM PDT

Arsenal menang telak 3-0 atas tamunya Stoke City dalam lanjutan Liga Inggris, Minggu (2/4/2018) di Emirates Stadium. Pertandingan tersebut diwarnai dua penalti bagi tim tuan rumah.

Arsenal sempat kesulitan membobol gawang Stoke yang tengah berjuang terhindar dari degradasi. Meriam London baru bisa mencetak gol ke gawang Stoke lewat penalti pada menit ke-75.

Wasit memberikan penalti setelah menganggap Bruno Martins Indi melanggar Mesut Ozil di kotak terlarang. Pierre Emerick Aubameyang yang menjadi algojo tak menyia-nyiakan kesempatan.

Aubameyang kembali menjadi mimpi buruk bagi Stoke pada menit ke-86. Bola sepak pojok Mesut Ozil disundul oleh Nacho Monreal. Bola kemudian mengarah ke Aubameyang yang langsung melesatkan tendangan voli ke gawang Stoke.

Aubameyang sebetulnya bisa mencetak hattrick pada menit 89. Namun striker asal Gabon itu merelakan Alexandre Lacazette mencetak gol lewat penalti.

Penalti kedua diberikan kepada Arsenal usai Lacazette dilanggar di kotak penalti. Dipercaya menjadi eksekutor, Lacazette sukses mengecoh kiper Stoke, Jack Butland.

 

Menjaga Persaingan

Pemain Arsenal merayakan gol yang diciptakan Pierre-Emerick Aubameyang saat melawan Stoke City dalam pertandingan Liga Inggris di Stadion Emirates, London (4/1). Arsenal 3-0 menang atas Stoke City. (AFP Photo/Oliver Greenwood)

Tambahan 3 poin yang diraih Arsenal menjaga mereka untuk bersaing memperebutkan satu tempat di zona Eropa. Pasukan Arsene Wenger kini hanya terpaut lima poin dari Chelsea di peringkat kelima

Namun untuk lolos ke Liga Champions, Arsenal maish harus berjuang keras. Pasalnya, mereka tertinggal 13 poin dari Tottenham Hotspur di peringkat keempat yang mengoleksi 64 poin.

 

Cuplikan Video Kemenangan Arsenal atas Stoke City

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Autisme pada Anak Dapat Dikenali Melalui 10 Tanda Ini

Posted: 01 Apr 2018 09:00 PM PDT

Tepat pada hari ini, Senin (2/4/2018), seluruh masyarakat dari berbagai belahan dunia memperingati World Autism Awareness Day. Momen yang tepat untuk meningkatkan kesadaran, memberi perhatian, dan mencurahkan kasih sayang kepada teman maupun saudara kita dengan autisme atau autis.

Seorang dokter anak asal Amerika Serikat, dr. Harvey Karp yang juga menulis buku The Happiest Baby, mengungkap pemicu autisme yang kerap tidak disadari banyak orang, yaitu paparan zat kimia yang berlebihan.

Terlepas dari apa pun penyebab gejala autis, orangtua harus ekstra hati-hati dan setia mengawasi perkembangan si Kecil. Secara global, jumlah kasus autisme terus meningkat dengan signifikan.

Statistik menunjukkan, satu dari lima puluh anak didiagnosis autisme sebelum usia delapan tahun. Bahkan, menurut American Academy of Pediatrics, gejala dini autisme sudah bisa diketahui sejak usia 18 bulan.

Menurut dr. Karin Wiradarma, autisme merupakan suatu kelompok kelainan pada anak yang terdiri dari gangguan interaksi sosial, kesulitan dalam komunikasi verbal dan nonverbal, perilaku repetitif, dan ketertarikan terhadap hal-hal tertentu yang tidak lazim, seperti dikutip dari laman KlikDokter, Senin (2/4/2018).

Penyebab autisme hingga kini masih abu-abu. Para ahli terus mengupayakan berbagai penelitian untuk menemukan berbagai risiko yang mendasari autisme. Meski demikian, para pakar telah menyimpulkan beberapa hal yang diduga menjadi penyebab autisme.

1. Kelainan genetik dan kromosom.

2. Infeksi rubela (campak jerman) selama kehamilan.

3. Usia ibu saat hamil di atas 40 tahun.

 

Simak juga video menarik berikut: 

 

 

 

Mengenal gejala autisme sejak dini

Belajar Menggambar untuk Anak Autis

Waspada itu perlu. Orangtua sebaiknya juga perlu mencari tahu lebih dalam soal autisme. Berikut tanda-tanda anak yang menderita autisme, menurut American Academy of Pediatrics. Apa saja? 

1. Si Kecil tidak menoleh ketika dipanggil namanya.

2. Si Kecil tidak menoleh ketika Bunda dan Ayah memintanya untuk melihat ke arah suatu benda yang menarik.

3. Si Kecil jarang mengoceh atau belum mengoceh setelah usia 12 bulan.

4. Si Kecil tidak pernah menunjuk ke arah suatu benda setelah usia 12 bulan.

5. Si Kecil terlambat tersenyum.

6. Si Kecil belum mengucapkan sepatah katapun setelah usia 16 bulan.

7. Si Kecil belum dapat menyusun dua kata setelah usia 24 bulan.

8. Si Kecil tidak suka menjalin kontak mata dengan orang lain.

9. Si Kecil suka benda keras secara berlebihan macam pulpen senter, kunci–ketimbang yang lembut: boneka, selimut, dan bantal.

10. Si Kecil tampak kurang tertarik dengan interaksi sosial, baik dengan teman sebaya, maupun orang dewasa.

Apabila orang tua merasa ada kejanggalan atau tanda-tanda tersebut pada sang Buah Hati, jangan sungkan untuk segera membawanya kepada dokter anak untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kelebihan Muatan, Becak Motor Jatuh Terbalik

Posted: 01 Apr 2018 09:00 PM PDT

Mengangkut banyak penumpang, becak motor di India jatuh terbalik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Canggih, Helm Pintar Go-Jek Dilengkapi AC dan Headphone

Posted: 01 Apr 2018 08:53 PM PDT

Ada-ada saja ulah perusahaan teknologi merayakan April Mop. Kali ini, giliran Go-Jek berhasil mengecoh masyarakat dengan 'inovasi' terbarunya.

Ya, perusahaan teknologi unicorn tersebut baru saja merilis helm terbaru untuk pengemudi dan penumpang layanan ojek online Go-Ride. Sayangnya, helm itu hanya sebuah konsep dan dipastikan tak akan hadir di dunia nyata.

Go-Jek sendiri memamerkan helm bernama "Headgear 2.0" ini lewat akun Twitter-nya, @gojekindonesia. Helm tersebut mengusung desain futuristik dan sejumlah fitur canggih.

"Segera hadir Headgear 2.0! Paduan desain helm terkini dengan teknologi Gojek Dynamic Glass yang dapat menampilkan data digital dan holographic ke kaca helm," tulis Go-Jek.

Go-Jek mengklaim, helm pintarnya ini juga hadir dengan fitur entertainment on the go yang membuat pengguna tetap menikmati sajian hiburan digital dari dalam helm saat naik motor.

Fitur yang dimaksud antara lain seperti AC pendingin kepala, pengeras suara, headphone untuk mendengarkan musik, hingga fitur menonton video dalam resolusi 5K.

Wajar saja Go-Jek membuat lelucon April Mop seperti ini, mengingat helm tersebut kelewat canggih dan tak masuk akal.

Walau cuma sebatas guyonan April Mop, inovasi ala-ala Go-Jek tersebut patut diapresasi, barangkali kelak terjadi di masa depan. Jika memang kejadian, yang pasti para penumpang akan dimanjakan dengan ragam teknologi yang keren di helm ini.

Ekspansi ke Empat Negara Asia Tenggara

Nadiem Makarim, Founder dan CEO Go-Jek Indonesia

Terlepas dari helm pintar palsu Go-Jek tersebut, perusahaan ini baru saja dikabarkan segera mengumumkan ekspansi bisnis mereka ke negara lain di Asia Tenggara.

Mengutip laporan Reuters, Rabu (28/3/2018), Go-Jek disebut-sebut bakal mengumumkan langkah masuk ke pasar luar negeri dalam beberapa minggu ke depan.

Hal ini berdasarkan sebuah email di kalangan internal Go-Jek yang sempat dilihat oleh Reuters.

Perusahaan rintisan Indonesia yang telah menyandang gelar Unicorn (startup dengan nilai valuasi minimal US$ 1 miliar) ini kabarnya berencana untuk melakukan ekspansi bisnis ke empat negara Asia Tenggara tahun ini, begitu bunyi pernyataan CEO Go-Jek, Nadiem Makarim dalam email internal.

Nadiem dalam email internal itu tidak menyebut negara-negara mana saja yang akan disasar oleh layanan Go-Jek. Namun, beberapa waktu lalu, Chief Technology Officer Go-Jek Ajay Gore menyebut, Go-Jek berupaya menghadirkan layanan di Filipina pada 2018.

"Persiapan sedang berjalan, dalam beberapa minggu ke depan peluncuran negara baru pertama kali akan diumumkan," demikian yang dikatakan Nadiem dalam email tersebut.

Diikuti Tiga Negara Lainnya

CEO Go-Jek Nadiem Makariem. Liputan6.com/Agustin Setyo W.

"Selanjutnya akan diikuti oleh tiga negara lain di Asia Tenggara pada pertengahan tahun ini," kata Nadiem.

Mengutip partner finansial Go-Jek yang tak disebut namanya, "Go-Jek percaya diri bahwa pihaknya memiliki dukungan untuk mengambil salah satu kisah pertumbuhan paling sukses di seluruh dunia, dari fenomenal di Indonesia hingga global."

Nadiem sebelumnya menyebut, Go-Jek telah mendapatkan suntikan modal dalam jumlah besar yang bisa mendukung perusahaan melakukan ekspansi ke negara lainnya.

Kabar ini datang setelah Uber menyerahkan operasional bisnisnya di Asia Tenggara kepada Grab melalui akuisisi yang diumumkan beberapa hari lalu. Grab sendiri menjadi rival besar Go-Jek di Tanah Air.

Bergabungnya operasional Uber dengan Grab merupakan konsolidasi terbesar pertama di Asia Tenggara yang dihuni oleh 640 juta orang.

Hal ini pun dianggap memberi tekanan kepada Go-Jek yang belum ini mendapatkan suntikan dana dari Alphabet (induk usaha Google) dan Tencent Holdings dari Tiongkok.

Selain Google dan Tencent, investor Singapura Temasek dan Meituan-Dianping dari Tiongkok juga menjadi investor dalam pendaaan yang diterima Go-Jek pada putaran ini.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rapat Pemilihan Ketua MK yang Baru Berlangsung Tertutup

Posted: 01 Apr 2018 08:53 PM PDT

Mahkamah Konstitusi menggelar Rapat Permusyawaratan Hakim (RPH). Rapat berlangsung sejak pukul 08.30 WIB, untuk memilih Ketua MK yang baru.

"Sekarang sedang RPH musyawarah mufakat untuk mencapai aklamasi," kata juru bicara MK Fajar Laksono saat, Senin (2/4/2018).

RPH berlangsung secara tertutup untuk mencapai aklamasi. "Jika aklamasi tidak tercapai, dilanjutkan dengan pemungutan suara dalam Rapat Pleno terbuka di Ruang Sidang Panel Lantai 4," jelas Fajar.

Dalam RPH tersebut, para hakim Konstitusi akan memilih calon ketua baru. Siapa yang mendapat suara paling banyak, akan dinyatakan sebagai Ketua MK.

"Hakim Konstitusi yang memperoleh suara lebih dari setengah hakim konstitusi yang hadir, dinyatakan terpilih sebagai Ketua MK," ucap Fajar.

Rapat Permusyawaratan Hakim ini digelar untuk mencari ketua MK yang baru periode 2018-2020, menggantikan ketua sebelumnya, Arief Hidayat.

"Pak Arief tidak dapat melanjutkan periode kepemimpinannya sebagai ketua MK yang terakhir kali terpilih pada Juli 2017," kata Fajar.

Pemilihan ketua baru MK ini berdasarkan PMK Nomor 3 Tahun 2012 tentang Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi. Pemilihan ketua MK dipilih dari dan oleh para hakim konstitusi yang dimusyawarahkan secara tertutup oleh sembilan hakim konstitusi.

"Dalam pemilihan ini, setiap hakim konstitusi berhak mencalonkan dan dicalonkan sebagai Ketua MK," terang Fajar.

 

Syarat Pemilihan

Rapat Pemilihan Ketua MK yang Baru Berlangsung Tertutup. (Merdeka.com/Nur Habibie)

Pemilihan ketua MK dilakukan sekurang-kurangnya oleh tujuh hakim konstitusi. Jika tidak memenuhi kuorum tersebut, rapat permusyawaratan ditunda selama dua jam. Namun, jika setelah dua jam masih tidak memenuhi kuorum, rapat pemilihan tetap dilakukan berapapun hakim konstitusi yang hadir.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2011 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2003 Tentang Mahkamah Konstitusi, masa jabatan Ketua MK terpilih adalah selama dua tahun enam bulan (2018-2020).

Terdapat delapan orang hakim konstitusi yang memiliki hak untuk memilih dan dipilih sebagai Ketua MK. Mereka adalah Anwar Usman, Aswanto, Maria Farida lndrati, Wahiduddin Adams, l Dewa Gede Palguna, Suhartoyo, Manahan Sitompul, dan Saldi Isra.

Sedangkan Arief Hidayat tidak lagi mempunyai hak dipilih sebagai ketua MK, karena sudah dua kali terpilih, yakni pada 7 Januari 2015 menggantikan Hamdan Zoelva, dan pada 14 Juli 2017.

Reporter: Nur Habibie

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setop Merokok, Hadiah Ulang Tahun Tya Ariestya dari Suami

Posted: 01 Apr 2018 08:50 PM PDT

Kado ulang tahun yang didapat Tya Ariestya dari sang suami baru-baru ini mencuri perhatian warganet. Bukan hadiah mewah atau berharga mahal, Muhammad Irfan Ratinggang, suami Tya, justru memberikan hadiah berupa sebuah tindakan yang spesial.

Melalui akun Instagramnya, Tya Ariestya mengunggah foto dirinya dan sang suami sedang saling bertatapan. Dalam foto, suami Tya Ariestya terlihat memasang ekspresi cemberut, sedangkan dirinya tersenyum menatap suaminya.

Dalam unggahan tersebut, Tya Ariestya juga menceritakan tentang suaminya yang memberi hadiah berupa keputusan untuk berhenti merokok.

Di unggahannya, Tya menuliskan, "Coba perhatiin muka Ayah yg kurang sumringah dan aku yg sumringah sekali, keliatan gak?"

Berhenti Merokok

Tya Ariestya (Instagram/tya_ariestya)

Tya menjelaskan ekspresi suaminya tersebut merupakan efek dari usahanya untuk berhenti merokok.

"Ini bukan krn Ayah gak happy, tp efek baru berhenti total merokok! Ayah jd kurang semangat, masih nyari kebiasaan baru, dan sedikit cranky" jelasnya.

Keinginannya

Tya Ariestya (Instagram/tya_ariestya)

Diakui oleh Tya sendiri, keputusan sang suami untuk berhenti merokok itu juga berdasarkan keinginan dirinya. Jadi, ia juga harus sabar mengahadapi perubahan suasana hati suaminya.

"Gpp, semua itu proses.. aku sebagai org yg coba minta Ayah utk stop merokok harus bs terima, krn pasti ada sedikit atau banyak efek ketergantungan nikotin yg Ayah butuhin," tulisnya.

Menikmati

Tya Ariestya (Liputan6.com/Sapto Purnomo)

"Jadi, selamat menikmati cranky nya ayah dengan senyuman 😊, semoga aku sebagai istri jg bs buat Ayah nyaman utk gak kepikiran pengen pengen pengen ngeROKOK lagi," tambahnya lagi.

Rahasia

Tya Ariestya (Instagram/tya_ariestya)

Tya juga menambahkan sedikit catatan di bawah ceritanya bagi yang menanyakan bagaimana rahasia dirinya meyakinkan sang suami untuk berhenti merokok. Ia berjanji akan menyampaikannya. Namun, itu akan dilakukan jika sang suami benar-benar sudah sukses berhenti merokok.

"Buat yg nanya rahasia nya apa bs sampe bikin Ayah berenti ngerokok, nanti klo memang Ayah udah bener2 gak kepengen ngerokok dan gak cranky aku pasti bakal share kok (demi kebaikan org banyak) tp skrg Ayah masih tahap 2hari total berhenti merokok jd blm mau bilang sukses." tulisnya.

Didoakan Warganet

Tya Ariestya (Instagram/tya_ariestya)

Unggahan hadiah ulang tahun yang didapatkan Tya ini pun menjadi sorotan warganet yang mengikuti akun Instagramnya. Banyak warganet yang mendoakan agar ayah Kanaka ini sukses berhenti merokok.

"Semoga terkabul utk berhenti rokok buat suami nya ya kk@tya_ariestya,soalnya itu emg keinginan setiap istri menurut saya,karna kasian di kita yg menghirup asap rokok kan kurang bagus apalagi buat anak" tulis akun @siregarputrihandayani.

"Didoain suksesss ya berhenti merokoknya" tulis akun @bedak_legendaris_saripohatji.

"InsyaAllah bisa mba @tya_ariestya semangat" tulis akun @nurulhabib.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

China Resmi Kenakan Tarif Impor Baru Buat 128 Produk AS

Posted: 01 Apr 2018 08:45 PM PDT

China mengumumkan tarif impor barang hingga 25 persen dari Amerika Serikat (AS). China mengenakan tarif baru untuk 128 produk termasuk daging, buah, dan produk dari ritel Amerika Serikat (AS). Langkah ini sebagai respons atas AS mengenakan tarif impor baru untuk aluminium dan baja AS.

Adapun pengenaan tarif impor barang dari AS tersebut dapat mencapai USD 3 miliar. Hal itu meningkatkan kekhawatiran potensi perang dagang antara AS dan China.

Kementerian Perdagangan China menyatakan menangguhkan kewajibannya kepada Organisasi Perdagangan Dunia atau World Trade Organization (WTO) untuk mengurangi tarif atas 120 barang AS termasuk buah.

Tarif untuk produk AS akan bertambah 15 persen. Adapun delapan produk termasuk daging bagi, juga kena tarif hingga 25 persen. Pengenaan tarif baru itu mulai efektif 2 April.

"Penangguhan China atas konsesi tarifnya adalah tindakan sah yang diadopsi di bawah aturan WTO untuk melindungi kepentingan China," tulis Kementerian Keuangan China,seperti dikutip dari laman Reuters, Senin (2/4/2018).

China memberlakukan tarif tambahan di tengah meningkatnya ketegangan perdagangan antara Beijing dan Washington. Ini memicu ketegangan perdagangan antara China dan AS.

 

Hambat Ekonomi Global

China | Foto: The China Times

Presiden AS sedang mempersiapkan untuk mengenakan tarif lebih dari USD 50 miliar untuk impor barang China. Ini sebagai sanksi kepada pemerintahan China yang diduga menyalahgunakan kekayaan intelektual AS. Pemerintahan China pun menyangkalnya.

China telah berulang kali berjanji untuk membuka ekonomi lebih luas. Akan tetapi, banyak perusahaan asing terus mengeluhkan perlakuan tidak adil. China memperingatkan AS untuk tidak memicu kebingungan prakti proteksi di seluruh dunia.

Ekonom  Robert Shiller mengatakan ancaman pertama China terhadap pengenaan tarif buat 128 produk menimbulkan ketidakpastian yang dapat timbulkan krisis ekonomi.

"Ini hanya kekacauan. Ini akan perlambat pembangunan di masa depan," ujar dia kepada CNBC.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cuplikan Video Tottenham Permalukan Chelsea di Stamford Bridge

Posted: 01 Apr 2018 08:45 PM PDT

Tottenham Hotspur meraih hasil meyakinkan saat melawat ke markas Chelsea pada pekan ke-33 Liga Inggris 2017/2018 di Stamford Bridge, Minggu (1/4/2018). Spurs mengamankan hasil positif lewat kemenangan 3-1 atas The Blues.

Chelsea memimpin lebih dulu lewat Alvaro Morata pada menit ke-30. Namun, di pengujung babak pertama, gol indah Christian Eriksen menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Babak kedua jadi milik Tottenham, setelah Dele Alli menjebol gawang tuan rumah pada menit ke-62. Dele Alli kembali mencatatkan namanya di papan skor empat menit kemudian.

Tottenham pun membawa pulang tiga poin dari Stamford Bridge. Kekalahan ini membuat Chelsea tetap di posisi kelima dengan 56 poin, sedangkan The Lilywhites berada di peringkat keempat dengan 64 poin.

Berikut video cuplikan kemenangan Tottenham atas Chelsea.

Video Tottenham Kalahkan Chelsea

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Catat, Ini Jadwal UNBK 2017/2018

Posted: 01 Apr 2018 08:45 PM PDT

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2018 tak lama lagi digelar. Berikut ini jadwal UNBK Tahun Ajaran 2017/2018.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

RUU Perkelapasawitan Dinilai Penting, namun Butuh Pendalaman

Posted: 01 Apr 2018 08:40 PM PDT

Anggota Badan Legislasi DPR RI Ferdiansyah menilai Rancangan Undang-Undang tentang Perkelapasawitan tetap penting, namun para pelaku industri kelapa sawit masih harus menjelaskan urgensi RUU ini.

"Kami secara pribadi sepakat dengan RUU ini dan sangat penting, namun dalam paparan belum mengerucut, apa yang paling urgensi terhadap RUU ini," ujar Ferdi saat RDPU dengan para pelaku industri kelapa sawit, di Ruang Rapat Baleg, Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (28/3/2018).

Politisi Fraksi Partai Golkar ini mencontohkan, dari segi devisa saja menurut data yang dipakai Ferdi, sumbangan devisa kelapa sawit tersusul oleh devisa dari sektor pariwisata. Namun dia menyadari, dalam hal pemasukan negara kalau hanya mengandalkan pajak saja tidak cukup, maka sumbangan devisa negara dari sektor lain perlu ditingkatkan. 

Selain itu, juga masih ada pandangan negatif dari dampak penanaman kelapa sawit, dia mempertanyakan apa usaha para pelaku industri dalam menangkal pandangan negatif tersebut.

"Apa sih usaha kita, khususnya produsen kelapa sawit untuk menepis negative thinking tersebut?" tanya Ferdi.  

Di sisi lain, Anggota Baleg DPR RI Hamdhani juga beranggapan pentingnya RUU Perkelapasawitan. Sehingga menurutnya, persoalan tentang kelapa sawit perlu pengaturan secara lex specialis. Meskipun dalam Undang-Undang Perkebunan ada aturan tentang kelapa sawit, namun menurutnya masalah kelapa sawit sangat kompleks, sehingga perlu pengaturan secara khusus.

"RUU Perkelapasawitan menurut kami sangat penting. Dalam Undang-Undang Perkebunan ada yang membahas tentang kelapa sawit, tapi tidak lex specialis," papar politisi Fraksi Partai Nasdem ini.

Selain itu yang menjadi pertimbangan, tambah Hamdhani, bahwa RUU Perkelapasawitan penting karena telah banyak menyerap tenaga kerja.

"Di Kalimantan Tengah saja Perkebunan Kelapa Sawit (PKS) bisa mempekerjakan ribuan orang. Ini bahkan bisa membantu pemerintah dari sisi ekonomi, penyerapan tenaga kerja dan lain-lain," jelas Hamdhani.

Anggota Dewan dapil Kalimantan Tengah ini menambahkan, sektor industri kelapa sawit sangat berkaitan dengan masyarakat.

"Oleh karena itu dengan adanya RUU ini, meskipun pemerintah masih tarik ulur, dan masih ada NGO yang tidak menyetujui, tapi bagi kami di Baleg terutama Fraksi Nasdem, tentunya sangat perlu. Karena hampir dua juta masyarakat kita terbantukan," jelasnya. 

Dalam RDPU ini Baleg telah mendengarkan pendapat dari tiga pihak pelaku industri kelapa sawit, yakni Forum Pengembangan Perkebunan Strategis Berkelanjutan (FP2SB), Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO), dan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPI).

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Sidang First Travel, Syahrini Sempat Syuting Iklan

Posted: 01 Apr 2018 08:40 PM PDT

Syahrini saat ini tengah menjadi sorotan karena menjadi saksi dalam sidang First Travel di Pengadilan Negeri Depok hari ini, Senin (2/4/2018). Sehari sebelumnya, ternyata Syahrini sudah tiba di Indonesia, sepulang dari Eropa.

Mengintip video-video di Instagram Stories melalui akun @princessyahrini, terlihat bahwa Syahrini menyempatkan diri untuk menjalani sebuah syuting produk komersial.

Tak hanya pelantun "I Love You Allah" itu sendiri yang tampil di depan kamera. Syahrini juga turut ditemani oleh selebritas lainnya, Titi Kamal.

Dalam video Instagram Stories tersebut, Syahrini memamerkan suasana di lokasi syuting dengan beberapa kali menuliskan, "On Set Situation."

Titi Kamal

Titi Kamal. (Instagram/Titi_kamal)

Titi Kamal juga mengunggah video berisi suasana syuting produk komersial yang dijalaninya bersama Syahrini. Tampak di beberapa unggahan Titi Kamal turut membawa anak-anaknya ke lokasi.

Mengintip Instagram Stories, Titi Kamal juga mengunggah kebersamaannya dengan Syahrini lewat video boomerang sambil menuliskan, "Manjyahhhhhh bersama @princessyahrini."

Di Budapest

Syahrini di Budapest. (Instagram - @princessyahrini)

Syahrini terakhir kali mengunggah foto dirinya tengah berada di depan bangunan di Budapest, Hungaria, melalui Instagram. Foto tersebut diunggah pada Minggu (1/4/2018).

"Feeling Gloomy In Budapest ! #WhenInBudapest #PrincesSyahrini," tulisnya sebagai keterangan foto.

Mempromosikan

Syahrini / Credit: KapanLagi - Akrom Sukarya

Syahrini terseret dalam kasus First Travel setelah ia termasuk dalam salah satu artis yang diminta untuk mempromosikan agensi perjalanan ini. Ia juga diberangkatkan umrah menggunakan paket VIP.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Guardiola Anggap Liverpool Punya Permainan Rumit

Posted: 01 Apr 2018 08:35 PM PDT

Manchester City bakal menghadapi Liverpool pada leg pertama perempat final Liga Champions di Stadion Anfield, Kamis (5/4/2018) dini hari WIB nanti. Duel ini bakal berlangsung seru karena kedua tim sudah saling mengalahkan di dua pertemuan terakhir.

Sampai sejauh ini, Liverpool sukses menjadi satu-satunya tim yang pernah memberikan kekalahan bagi tim asuhan Pep Guardiola tersebut di Premier League. Karenanya, Pep mengakui bahwa permainan Liverpool merupakan yang paling rumit di antara semua lawan mereka musim ini.

"Cara Liverpool bermain sangat rumit bagi kami. Kami memahami itu. Mereka sangat cepat, mereka sangat tangguh," jelas Pep dikutip dari goal

"Tetapi ini perempat final Liga Champions jadi kami memang tidak mengharapkan laga ini akan berjalan mudah"

Lebih lanjut, Pep mengakui bahwa pertandingan tersebut agaknya seperti usaha Man City mengalahkan dirinya sendiri. Dia pun mengaku bahwa timnya sudah mempersiapkan diri untuk kemungkinan terburuk.

"Kami bertanding dengan diri kami sendiri dengan menyebut bahwa itu (lolos ke fase berikutnya di Liga Champions, Red) target kami dan kami harus melewatinya," sambung dia.

"Kami mungkin bisa melakukannya atau mungkin juga tidak. Jika kami mampu, kami akan menembus semifinal, jika kami tidak mampu maka kami siap mengucapkan selamat pada Liverpool dan musim depan kami berjanji untuk kembali lebih kuat untuk mengatasi masalah yang gagal kami selesaikan musim ini."

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terkuak, 2.000 Orang Terkena Dampak Larangan Masuk AS Ala Donald Trump

Posted: 01 Apr 2018 08:33 PM PDT

Sebuah dokumen publik baru-baru ini terkuak. Dalam dokumen itu, terungkaplah bahwa larangan masuk ke Amerika Serikat (Travel Ban), yang diterapkan Donald Trump pada awal 2017 memakan 'korban' sebanyak 1.903 orang.

Dokumen yang diperoleh BuzzFeed seperti dikutip Business Insider pada Senin (2/4/2018), itu memperlihatkan mayoritas yang terkena dampaknya, sekitar 1.457 orang adalah warga legal AS. Mereka adalah permanen residen AS pemegang Green Card.

Akibat hal tersebut, mereka dihentikan di pos-pos imigrasi dan ditanyai lebih lanjut. Sejumlah di antaranya juga ditahan.

Sekitar 134 orang non permanen residen AS ditolak permintaan masuk sehingga mereka harus meninggalkan negara itu. Lainnya, sekitar 446 orang dilaporkan mengalami pemeriksaan berkali-kali.

Donald Trump secara tiba-tiba memberlakukan larangan masuk AS itu melalui sebuah perintah eksekutif pada Januari 2017, segera setelah ia menjabat sebagai Presiden AS. Tak hanya itu, ia juga menangguhkan visa dari tujuh negara mayoritas Muslim di Timur Tengah dan Afrika.

Larangan masuk AS ala Donald Trump yang berlaku secara nasional itu kemudian dihentikan oleh seorang hakim pada awal Februari 2017.

Departemen Keamanan Dalam Negeri pada awalnya menyatakan bahwa penduduk tetap hukum (legal permanent residents) tidak dimasukkan sebagai bagian karangan itu. Namun, Gedung Putih mengatakan akan meninjau data mereka berdasarkan kasus per kasus.

Selain orang-orang dihentikan di bandara dan penyeberangan perbatasan, 10 orang dilaporkan ditahan di atas kapal di perairan Amerika Serikat, akibat larangan masuk AS Donald Trump itu.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

Selalu Digagalkan

Massa menggelar aksi protes di Bandara Internasional Portland, Sabtu (28/1). Massa berkumpul di bandara-bandara AS menolak kebijakan Donald Trump yang melarang warga dari 7 negara muslim masuk ke Amerika Serikat. (Mike Zacchino/The Oregonian/AP)

Donald Trump telah mencoba beberapa kali untuk mengubah aturan larangan tersebut, tetapi selalu digagalkan oleh hukum.

Menurut BuzzFeed, larangan perjalanan kedua, yang lebih sempit juga diblokir tahun lalu.

Lalu yang ketiga dan dikeluarkan pada bulan September, diizinkan untuk dimajukan oleh Mahkamah Agung. Kendati demikiann larangan perjalanan ini masih dalam pertimbangan hukum, dan Mahkamah Agung dijadwalkan untuk mendengarkan argumen perihal tersebut dalam versi terbaru pada April 2018 ini.

Beberapa pengadilan federal telah mengumumkan larangan perjalanan ketiga ini tidak konstitusional, dan pengadilan banding federal pun bergabung dengan oposisi pada bulan Februari terkait ketidaksepakatannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Cara Pelaku Jerat Korban Missed Call Pakai Nomor Luar Negeri

Posted: 01 Apr 2018 08:33 PM PDT

Missed call atau panggilan tak terjawab misterius dari nomor luar negeri ramai dikeluhkan oleh pengguna seluler di Indonesia.

Belakangan diketahui kalau panggilan tersebut adalah scam alias upaya penipuan yang berasal dari negara asing seperti Kongo dan Kenya.

Pakar Digital Forensik Ruby Alamsyah mengatakan, teknik panggilan dari luar negeri itu bernama Call-back Scam. Di mana, penipu akan terus-terusan menelepon ke nomor-nomor korban yang didapatkannya secara acak.

Bila korban terjebak dan melakukan panggilan balik, pulsa mereka pun bakal tersedot.

Kasus serupa sebelumnya pernah terjadi di Australia. Menurut Rubby, para penipu bisa saja mendapatkan nomor telepon korban dari internet, sebab ada saja orang yang ceroboh menuliskan nomornya di internet.

"Oknum ini melakukannya secara terorganisir dengan mengambil nomor lewat internet, ada software-nya juga, tapi ini bukan kebocoran dari pihak operator," tutur Rubby saat dihubungi Tekno Liputan6.com.

Dia mengungkap, bagaimana kurangnya kesadaran seseorang menuliskan informasi telepon di internet justru dapat membahayakan dirinya dan orang lain.

Dapat Nomor dari Internet

Ilustrasi nomor telepon. (Doc: WikiHow)

Misalnya, kata Ruby, seseorang menuliskan nomor teleponnya di situs jual beli atau platform lainnya di internet. Sang penipun pun akan mudah menganalisis nomor tersebut lalu mengubah-ubah sedikit nomornya.

Oleh karena itu, walaupun yang menuliskan nomor ponsel di internet hanya satu orang, jumlah korbannya pun akan berlipat ganda.

Ruby mengatakan, pelaku juga bisa menggunkaan berbagai perangkat lunak untuk melakukan panggilan scam. Kendati demikian, dia enggan menyebut nama software tersebut lantaran berpotensi untuk disalahgunakan.

Untuk itu, Ruby berpesan, sebaiknya siapapun tidak asal mencantumkan nomor teleponnya di internet karena bisa merugikan dirinya sendiri dan orang lain.

Warganet Keluhkan Missed Call dari Luar Negeri

Ilustrasi Menggunakan Telepon di Salon

Beberapa hari belakangan ini sejumlah warganet di Tanah Air dibuat bingung oleh nomor luar negeri yang tak dikenal, dan melakukan panggilan tak terjawab atau missed call.

Tak tanggung-tanggung, nomor misterius tersebut melakukan lebih dari satu kali missed call dan dari negara yang berbeda-beda.

Mencari solusi, warganet pun mengunggah kejadian tersebut ke media sosial, Twitter. Salah satu warganet yang mengaku mendapat panggilan dari nomor misterius tersebut adalah akun @ashfinzul.

Dalam akun Twitter-nya, ia mengaku mendapatkan panggilan dari nomor +242 801130490 dan +242 801130442 yang ternyata berasal dari Kongo.

Curiga, ia memutuskan untuk melaporkan panggilan tersebut kepada operator.

Tak hanya @ashfinzul, pengguna dengan akun Twitter @adidaen pun mengaku ia dan istrinya juga mendapatkan panggilan serupa.

"Ini apa ya? Saya juga dapat, istri yang pakai Telkomsel juga dapat, malah sempat diangkat dan suara disana menyebut halo dan nama istri," tulis akun @adidaen.

Pengguna akun Twitter @Abijaneeta pun melaporkan hal serupa terjadi terhadap dirinya.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dugong Terlihat di Perairan Pulau Kera dan Laut Sulamu Kupang

Posted: 01 Apr 2018 08:32 PM PDT

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Nusa Tenggara Timur (NTT) bersama World Wide Fund for Nature (WWF) akan memantau kembali keberadaan duyung atau dugong di wilayah perairan Laut Sulamu, Kabupaten Kupang, yang dilaporkan memiliki habitat di wilayah perairan tersebut.

"Tim DKP dan WWF akan melakukan penyelaman setelah Paskah untuk memastikan keberadaan ikan duyung di perairan laut Sulamu dan Pulau Kera," ucap Kepala Seksi Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan DKP Provinsi NTT, Muhammad Saleh Goro, di Kupang, Minggu, 1 April 2018, dilansir Antara.

Dia mengemukakan, hal itu berkaitan dengan tindak lanjut dari laporan nelayan yang menyebutkan bahwa ada duyung atau dugong (Dugong-dugon) di perairan laut Sulamu dan Pulau Kera.

Berdasarkan laporan nelayan, duyung atau dugong terlihat pada Januari-Februari 2018 di perairan selatan Sulamu dan perairan selatan Pulau Kera. Tepatnya, titik kordinat 10003.645 Lintang Selatan - 123035.384 Bujur Timur dan 10005.726 Lintang Selatan - 123033.333 Bujur Timur.

Pada kedua titik kordinat tersebut, khusus di perairan laut sekitar Pulau Kera, masyarakat melihat adanya dugong atau jenis mamalia laut tersebut yang terluka.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Jalur Makan Dugong

Ikan Duyung Terdampar di Pulau Pasu. (Foto: Istimewa/Ajang Nurdin)

Menurut Saleh Goro, tim DKP-WWF sudah pernah turun ke lokasi dan melakukan penyelaman. Namun, mereka tidak melihat secara fisik duyung di perairan itu. Hanya saja, setelah tim menyelam di dua lokasi tersebut, berkesimpulan bahwa positif terdapat duyung atau dugong yang mendiami wilayah perairan itu.

Kesimpulan ini karena adanya bekas jalur makan mamalia laut tersebut yang memakan jenis Lamun Halovila ovalis (Lamun sendok).

"Memang tidak terlihat jelas keberadaan ikan duyung, tetapi di dasar perairan selatan Sulamu pada dua titik koordinat itu dominan ditumbuhi jenis Lamun Halovila ovalis (Lamun sendok)," ia menjelaskan.

Jenis lamun ini merupakan jenis Lamun yang sangat disukai oleh ikan duyung atau dugong. Begitu pula pada dasar perairan selatan Pulau Kera pada titik koordinat 10005.726 LS - 123033.333 BT juga ditumbuhi jenis lamun Halovila Ovalis (lamun sendok). Namun, tidak dokuman atau bercampur dengan tumbuhan lainnya.

Saleh Goro mengatakan pula, untuk memastikan keberadaan duyung itu, tim DKP-WWF sudah sepekat untuk menyelam pada pekan pertama April ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Janji PLN Melistriki Seluruh Desa di Nusa Tenggara Timur

Posted: 01 Apr 2018 08:31 PM PDT

PT PLN (Persero) menargetkan bisa melistriki seluruh desa di seluruh Nusa Tenggara Timur (NTT). Berdasarkan data, masih ada 1.200 desa yang belum menikmati listrik di wilayah tersebut.

‎General Manager PLN Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) Christyono mengatakan, PLN NTT memiliki program 100 persen berlistrik. Upaya mewujudkan hal ini, perusahaan sudah melakkukan kontrak kerja dengan kontraktor terkait perluasan jaringan listrik di 600 desa.

"Kami sudah membuat kontrak pekerjaan perluasan jaringan listirk untuk menyambung sebanyak 600 desa," kata Christyono, di Jakarta, Senin (2/4/2018).

Christyono mengungkapkan, pada tahun ini PLN akan kembali melakukan kontrak kerja p‎erluasan jaringan listrik pada 598 desa yang belum menikmati listrik. Dengan begitu, diharapkan seluruh masyarakat NTT bisa dengan cepat menikmati listrik.

"Kami bekerja terus, dengan harapan semua rencana porgram kami melistriki 100 persen desa ‎berlistrik bisa berjalan sesuai rencana," harap dia.

Christyono‎ mengakui, untuk memperluas jaringan kelistrikan di NTT tidak semudah di Pulau Jawa. Banyak tantangan yang harus dihadapi, diantaranya letak pemukiman penduduk yang berjauhan dan kondisi medan yang berat, sehingga menyulitkan untuk membawa peralatan jaringan kelistrikan.

"Tantangan yang kami hadapi berat, medannya berat sekali. Harus menyeberang sungai, ada truk yang membawa barang terkena banjir bandang. Tapi kita lakukan segala cara biar saudara kita bisa nikmati listrik," dia menandaskan.

 

PLN Jamin Tarif Listrik Tak Naik Sampai 2019

Pemerintah melalui PT PLN (Persero)  menetapkan tarif listrik tidak naik sampai 2019. Hal itu dimaksudkan agar seluruh masyarakat tidak sulit lagi untuk menjangkau listrik.

PLN telah membangun jaringan listrik di 75.682 desa tersebar di seluruh Indonesia hingga Desember 2017. Desa-desa yang berhasil dilistriki PLN diantaranya merupakan desa yang berada di daerah 3T yakni terdepan, terluar dan tertinggal.

"Kita berupaya memberikan pelayanan yang optimal kepada pelanggan dan calon pelanggan. Peringkat kemudahan mendapatkan listrik lewat survey EoDB Indonesia tahun ini juga naik ke posisi 38," jelas Direktur Keuangan PLN Sarwono Sudarto dalam keterangan tertulis, Minggu (1/4/2018).

Lebih lanjut ia menyampaikan, kontribusi PLN dalam kemudahan Geting Electricity membuat posisi Indonesia dalam survei EoDB turut meningkat dari posisi 91 ke 72 diantara 190 negara.

Selain itu, PLN telah membangun infrastruktur ketenagalistrikan yakni Program 35.000 MW. Perkembangan konstruksi pembangkit listrik telah mencapai 16.994 Mega Watt (MW) dan yang telah beroperasi mencapai 1.504 MW.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini 8 Nama Bayi Paling Populer di Dunia, Cocok untuk Anak Anda

Posted: 01 Apr 2018 08:30 PM PDT

Bagi calon orangtua, menyiapkan nama untuk si jabanga bayi adalah keharusan. Namun, jika Anda masih bingung, mungkin delapan nama berikut bisa menjadi inspirasi.

Seperti dilansir dari mom.me, kedelapannya dianggap sebagai nama paling tenar di dunia. Nama-nama ini terdiri dari nama perempuan dan laki-laki. Silakan padu padankan sesuai dengan doa dan harapan Anda untuk si buah hati.

1. Emma

Arti: Lengkap, pengambil risiko. Nama ini tenar di Eropa, dan pernah digunakan oleh ibu dari dua Raja Inggris.

2. Noah

Arti: Nyaman, pendamai. Nama Noah masuk dalam sepuluh nama paling tenar di Kanada, Australia, Norwegia, Belgia, Jerman, dan Inggris.

3. Olivia

Arti: Lambang perdamaian, nama pohon. Masuk abad 20, nama Olivia dianggap nama yang modern. Hingga kini nama Olivia dianggap salah satu nama tercantik untuk perempuan.

Inspirasi nama bayi

Ilustrasi bayi lucu (Liputan6.com)

4. Liam

Arti: Pelindung yang berani. Liam memiliki akar kuat sebagai nama raja dan penakluk di dunia Barat

5. Sophia

Arti: Kebijakan. Sophia berasal dari nama Dewi Yunani Kuno yang melambangkan energi feminin.

6. Isabella

Arti: Bersumpah pada Tuhan. Isabella dianggap sebagai salah satu nama wanita terkuat dalam sejarah.

7. Ethan

Arti: Kuat, berdaya tahan. Meski terdengar kuno, nama ini dianggap indah karena arti yang dikandungnya. Ingat nama pemeran utama dalam film 'Mission Imposibble' yang diperankan Tom Cruise?

8. Ava

Arti: Lincah, mirip burung. Nama ini unik karena hanya terdiri dari tiga huruf, juga indah didengar. Nama pertama yang tenar dari kata ini adalah artis lawas, Ava Gardner.

Sumber: Feed.Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nyanyi untuk Soundtrack Film, Morgan Oey Kaget

Posted: 01 Apr 2018 08:30 PM PDT

Morgan Oey diketahui sudah cukup lama mundur dari dunia tarik suara setelah dirinya hengkang dari boyband yang membesarkan namanya SMASH. Kini, ia pun fokus dengan kariernya sebagai seorang aktor.

Beberapa judul film pun telah dibintangi Morgan Oey, termasuk yang terbaru Arini. Spesialnya kali ini, Morgan Oey juga berperan sebagai penyanyi untuk lagu yang menjadi soundtrack film tersebut.

Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Morgan Oey.

"Well, its quite a challenge sih, maksudnya enggak pernah kepikiran juga aku bakal balik ke dunia musik lewat soundtrack Arini," kata Morgan Oey di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

 

 

Soundtrack Film

(instagram/morganoey)

Morgan Oey juga mengaku tidak menyangka dirinya terpilih untuk mengisi soundtrack film tersebut. Sebelumnya, ia hanya ditawari sebagai pemeran utama film Arini bersama Aura Kasih.

"Enggak pernah kepikiran juga waktu kontrak buat filmnya bakal nyanyi soundtrack, karena memang aku di kontraknya as an actor," lanjut Morgan Oey.

 

Berharga

(instagram/morganoey)

Morgan Oey pun sadar, kalau dirinya memang besar karena suaranya. Untuk itu, baginya ini menjadi kesempatan berharga.

"Jadi, well pasti senanglah kembali lagi ke akar aku yang bisa istilahnya di kenal banyak orang yaitu as a singer," tuturnya.

 

Sinopsis

(Deki Prayoga/bintang.com)

Film ini menceritakan tentang seorang lelaki muda bernama Nick (Morgan Oey), yang mengejar wanita dewasa bernama Arini (Aura Kasih). Rencananya, film ini akan tayang serentak pada 5 April 2018 di seluruh bioskop Indonesia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: