Selasa, 10 April 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Minat Pengembang Pakai Jasa Properti Meningkat

Posted: 10 Apr 2018 10:25 PM PDT

Prospek penjualan properti melalui property agent atau broker pada 2018 diprediksi makin membaik. Hal itu tercermin dari tingginya minat pengembang untuk menggandeng broker properti dalam memasarkan produk yang dibangun. 

"Namun perusahaan property agent dituntut untuk terus meningkatkan kualitas dan jaringan pemasaran termasuk aktif melalukan promosi melalui berbagai event termasuk pameran," ungkap Ketua DPD Asosiasi Realestat Broker Indonesia (Arebi) DKI Jakarta, Clement Francis yang ditulis Liputan6.com, Rabu (11/4/2018).

Dia menuturkan, hampir semua developer di Jakarta dan sekitarnya saat ini menggunakan jasa broker properti karena banyak benefit yang dapat dirasakan seperti adanya database pembeli dan investor yang tidak dimikii developer, serta promosi yang lebih luas.

Clement menambahkan setiap broker berjuang untuk mendapatkan insentif terbaik, sehingga mereka aktif melakukan penyebaran info proyek sehingga developer tidak perlu repot.

"Jadi kalau ada acara pameran seperti ini, semua property agent itu akan berlomba-lomba membawa konsumen datang. Karena mereka sudah punya database pembeli dan investor potensial,"papar dia.

Terkait kondisi bisnis broker di tengah tahun politik, Clement mengatakan kondisi politik tidak banyak memengaruhi selagi situasi keamanan stabil.

Dia meyakini masyarakat Indonesia sudah cukup dewasa dalam menghadapi sengitnya situasi politik baik Pilkada, Pileg maupun Pilpres nanti. Saat ini hampir 60 persen transaksi broker properti di DKI Jakarta didominasi penjualan properti baru (primary) dan sisanya properti bekas pakai (secondary).

Clement menuturkan, masyarakat cenderung membeli properti primary khususnya residensial karena cara bayarnya lebih panjang.Sedangkan pembeli properti secondary biasanya tunai (cash) atau kalau mencicil melalui bank dikenakan uang muka (down payment) tinggi sekitar 30 persen.

"Secara umum properti khususnya rumah seken saat agak slow down, tetapi tergantung lokasi juga, beberapa lokasi justru banyak diincar pembeli," ungkap dia.

 

Strategi Gairahkan Pasar Properti

Ilustrasi Foto Property Rumah (iStockphoto)

Untuk mengairahkan pasar properti, Arebi DKI Jakarta menggelar pameran properti bertajuk Jakarta Property Expo (JPEX) 2018 dari 10 – 15 April 2018 di Main Atrium Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan. 

Kegiatan JPEX 2018 yang merupakan pameran atau expo perdana yang digelar AREBI DKI Jakarta ini menampilkan sejumlah properti pilihan dari 20 developer yang sudah menjalin kerjasama dengan para anggota AREBI. 

Produk yang dipamerkan didominasi oleh residensial terutama landed house dan apartemen dengan harga mulai dari Rp 500 juta hingga Rp 5 miliar. Menurut Clement, pihaknya menargetkan sekitar 5.000 pengunjung setiap harinya akan mengunjungi JPEX 2018 dan transaksi sekitar Rp 500 miliar.

"Diharapkan pameran ini dapat mendorong para pelaku properti, bergerak dan meningkatkan confidence level dari para investor maupun end useruntuk lebih aktif lagi melakukan transaksi properti," ungkap dia.

Ketua Panitia JPEX 2018, Hengky Husada menambahkan saat ini adalah momen yang paling tepat untuk membeli dan berinvestasi di properti. Selain harganya yang masih belum bergerak naik bahkan cenderung stagnan, banyak developer menawarkan promo menarik ditambah bunga bank yang cukup rendah sekitar 7-8 persen, sehingga membuat harga properti lebih terjangkau.

"Di acara ini kami sudah berkoordinasi dengan developer untuk memberikan penawaran menarik kepada konsumen. Selain hadiah-hadiah menarik lainnya, serta berbagai skim pembayaran yang meringankan pembeli," papar dia.

Pameran yang baru pertama kali digelar Arebi DKI Jakarta itu diharapkan dapat digelar rutin setiap tahunnya sebagai sarana ikut mendorong pertumbuhan industri properti.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertamina Diminta Audit Kondisi Semua Pipa Minyak Bawah Laut

Posted: 10 Apr 2018 10:25 PM PDT

Terkait bocornya pipa minyak bawah laut milik PT Pertamina (Persero) di Teluk Balikpapan, Komisi VII DPR RI minta Pertamina untuk melakukan audit terhadap kondisi pipa-pipa minyak miliknya, terutama yang berada di bawah laut. Hal itu dimaksudkan untuk mengetahui mana pipa-pipa yang masih layak dan mana yang tidak. 

Demikian dikatakan Anggota Komisi VII DPR RI Tifatul Sembiring saat meninjau lokasi kejadian bocornya pipa minyak bawah laut Pertamina di Teluk Balikpapan, Kalimantan Timur.

"Karena pipa-pipa minyak milik Pertamina itu jumlahnya cukup banyak. Oleh karena itu Pertamina perlu melakukan semacam audit, mana pipa-pipa yang layak dan mana pipa-pipa yang tidak layak, terutama yang ada dibawah laut," ucap Tifatul di Balikpapan, Kaltim, Senin (09/4/2018).

Menurutnya, untuk mengantisipasi terjadianya peristiwa serupa, Pertamina sebagai perusahaan yang cukup besar perlu memasang peralatan deteksi  yang dapat mendeteksi secara dini apabila terjadi kebocoran-kebocoran. 

Terkait peristiwa bocornya pipa bawah laut Pertamina di Teluk balikpapan, Tifatul mengatakan  harus dilakukan investigasi terlebih dahulu, apa yang menjadi penyebab daripada patahnya pipa bawah laut Pertamina. Kemudian barulah ditangani secara hukum dan secara teknisnya.  

"Secara teknis sudah cepat diatasi, kita sudah tidak menemukan tumpahan minyak. Tumpahan minyak ini memang harus segera diatasi, karena sedikit banyak tumpahan minyak itu akan berdampak pada lingkungan. Ke depannya perlu dilakukan langkah antisipasi agar jangan sampai kejadian ini terulang kembali," pungkasnya.

 

(*)

 

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sinopsis Cinta Kedua: Oma Sarlita Terus Mem-bully Mutiara

Posted: 10 Apr 2018 10:20 PM PDT

Sarlita marah begitu tahu Mutiara makan sup sapi buatannya untuk Evita. Perlakuan tak elok nenek Ilham ini memang membuat pemirsa sinetron Cinta Kedua sebal. Dan, Debby Cynthia Dewi aktris kawakan membawakan peran ini di Cinta Kedua dengan pas.

Oma Sarlita kembali mengungkit Mutiara yang belum juga hamil. Mutiara sedih, Ilham merayu Mutiara dengan mengajaknya makan di sebuah cafe. Tapi Mutiara tolak, dia lebih memilih mengajak Ilham berbagi makanan dengan anak anak jalanan. Ilham senang.

Sarlita yang bete membuat Evita akhirnya punya ide untuk makan di luar juga serta mengundang Sania. Sarlita pun langsung setuju dan minta Sania juga menginap di rumahnya.

Bagaimana selanjutnya di Cinta Kedua?

Sania Ambil Hati Ilham

Adegan sinetron Cinta Kedua (Sinemart)

Ilham kaget saat tahu Sania menginap di rumahnya. Apalagi Sania terus berusaha mengambil hatinya..

Sementara itu Reno yang penasaran, akhirnya minta Mutiara menemuinya di taman sambil membawa surat yang dimaksud Mutiara. Awalnya, Mutiara tak mau tapi Reno terus mendesak.

Reno Shock

Adegan sinetron Cinta Kedua (Sinemart)

Reno shock membaca isi surat itu. Pantas kalau Mutiara jadi membenci dia... Di sisi lain Sania yang curiga melihat Mutiara keluar rumah, kaget ketika tahu Mutiara menemui laki-laki, tapi dia tak sempat melihat Reno...

Sania pun mencecar Mutiara dan mengancam akan memberitahukan semua ini ke Ilham. Mutiara pun panik...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMW X3 Terbaru Resmi Meluncur di Indonesia, Berapa Harganya?

Posted: 10 Apr 2018 10:20 PM PDT

BMW Grup Indonesia secara resmi meluncurkan all new BMW X3 di Jakarta, Rabu (11/4/2018). Masuk dalam segmen Sport Activity Vehicle (SAV), all new BMW X3 diklaim memiliki desain, teknologi terbaru dengan karakteristik mampu melibas jalanan onroad maupun offroad.

Menurut Vice President Corporate Communications BMW Group Indonesia, Jodie O'tania, kehadiran all new X3 merupakan bukti nyata dari komitmen BMW untuk terus berinovasi dan menghadirkan kendaraan terbaik di segmennya.

"BMW secara konsisten selalu menghadirkan teknologi dan inovasi terbaru. Mobil ini menjadi BMW seri X paling pertama diperkenalkan pada year of the X ini," ungkap Jodie saat peluncurannya.

Kata Jodie, all new X3 ini dilengkapi dengan fitur-fitur unggulan yang telah diperkenalkan pada BMW seri 7 atau seri 5 seperti Efficient Lightweight, BMW Gesture Control, BMW Display Key.

Secara total tampilan all new BMW X3 ini memang mengalami berbagai perubahan, tak hanya eksterior atau interior, tetapi mesin serta suspensi. Bahkan dimensi mobil ini disebut lebih besar dari generasi sebelumnya seperti panjang bertambah 51 mm, lebar 10 mm, dan tinggi 15 mm, serta wheelbase 55 mm.

 

Selanjutnya

Untuk jantung pacunya sendiri all new X3 ini dibenamkan mesin bensin empat silinder berkapasitas 2,0 liter TwinPower Turbo yang mampu menghasilkan daya hingga 180 Tk dan torsi 290 Nm.

Dengan mesin tersebut, mobil ini diklaim dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 8,3 detik dan kecepatan maksimal tembus 215 km/jam

Soal harga mobil ini dijual dengan banderol sebesar Rp 1,009 miliar dengan status off the road. Adapun all new X3 mulai tersedia di dealer resmi BMW mulai 19 April 2018.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Jalani Mediasi, Opick Pulang Dikawal Murid-muridnya

Posted: 10 Apr 2018 10:20 PM PDT

Sidang cerai Opick dan Dian Rositaningrum kembali dibuka Pengadilan Agama Jakarta Timur. Dalam sidang beragendakan mediasi itu, Opick dan Dian kompak hadir.

Keduanya langsung menuju ruang mediasi untuk didamaikan. Selepas sidang, Opick pun menjadi buruan media terkait kabar pernikahannya dengan Yulia Mochamad. Bahkan yang terbaru, Opick dan Yulia Mochamad kedapatan melakukan videocall yang direspons oleh anaknya.

Sayang, seolah sadar jika dirinya menjadi buruan awak media, Opick memilih bungkam sesaat setelah sidang mediasinya dengan Dian Rositaningrum selesai. Dikawal dengan beberapa muridnya, Opick hanya mengucapkan rasa syukur meski awak media melontarkan berbagai pertanyaan.

"Alhamdulillah." Hanya itu kata yang keluar dari mulut Opick saat dicecar berbagai pertanyaan di Pengadilan Agama Jakarta Timur, Rabu (11/4/2018).

Pulang

Opick dan Dian (dok. Pribadi)

Setelah itu, tak ada kata lain yang keluar dari mulut pelantun "Tombo Ati" tersebut. Meski terus dicecar oleh berbagai pertanyaan, Opick memilih melenggang menuju mobil hitamnya dan bergegas pergi meninggalkan Pengadilan Agama Jakarta Timur.

Sepakat Cerai

Opick dan Dian (Instagram/dian_opick)

Persidangan Opick dan Dian Rositaningrum hari ini beragendakan mediasi. Berlangsung cukup lama di ruang mediasi, baik Opick dan Dian Rositaningrum menyatakan sepakat untuk bercerai.

Maka dari itu, sidang gugatan cerai Dian Rositaningrum pun akan kembali bergulir pada Selasa (17/4/2018) mendatang. (Rivan/Bintang.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ikan Patin Bakal Jadi Menu Utama Jamaah Haji RI di Tanah Suci

Posted: 10 Apr 2018 10:18 PM PDT

Kementerian Agama (Kemenag) dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berencana untuk menambahkan menu makan ikan bagi para jemaah Haji Indonesia 2018. Namun rencana ini masih terkendala salah satunya keterbatasan bahan baku dari Tanah Air.

Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Sri Ilham Lubis menjelaskan, minimnya sumber pangan Indonesia di Tanah Suci kini jadi pusat perhatian Kementerian Agama.

"Kami heran, kenapa ya potensi besar ini tidak dimanfaatkan. Padahal jemaah haji kita terbesar di dunia, dengan jumlah sekitar 221 ribu orang (data 2017)," kata dia di Gedung Mina Bahari III Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Rabu (11/4/2018).

"Umrahnya juga besar sekali, bisa empat kali lipatnya jumlah jemaah ibadah haji. Bisa mencapai 900 ribu jemaah dalam satu tahun," tambah dia.

Dia menyatakan, dengan sulitnya menemukan bahan pangan Indonesia di Tanah Suci membuat Kemenag kesulitan untuk menetapkan menu makanan khas Indonesia kepada para jemaah Haji.

Ia meneruskan, tidak mungkin juga mendapatkan bahan baku pangan Indonesia dalam jumlah besar pada saat musim Haji.

"Memang, produk-produk seperti sayur mayur ada di sana. Tapi kebanyakan berasal dari Thailand. Produk asli dalam negeri malah tidak ada di sana," ungkap dia.

 

Undang Importir

Jemaah haji yang berangkat dari Sumsel (Liputan6.com / Nefri Inge)

Oleh karena itu, Kementerian Agama tahun ini akan coba mengundang importir Arab Saudi untuk mendatangkan bahan baku makanan dari Indonesia, seperti bumbu masak, minuman, hingga kopi asli Nusantara.

Produk ikan sebagai salah satu menu favorit jemaah juga tak luput dari perhatian. Sri memikirkan cara agar komoditas ikan, khususnya ikan patin, bisa lebih mudah masuk ke pasaran Arab Saudi.

"Patin sendiri kata KKP telah diekspor ke berbagai negara. Kita berharap, patin juga bisa masuk ke pasar Arab Saudi. Kita harapkan, penyedia katering di sana agar mengutamakan membeli patin dari Indonesia," tukas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pevita Pearce Bergaya Feminin dan Boyish, Mana Favorit Anda?

Posted: 10 Apr 2018 10:17 PM PDT

Pevita Pearce merupakan salah satu selebritas yang selalu terlihat modis. Salah satu kelebihan dari adik Keenan Pearce ini juga adalah gayanya yang tidak monoton karena bisa tomboy 

Punya wajah yang cantik, tubuh yang tinggi dan langsing membuat gaya Pevita makin terlihat total. Selain itu, penampilannya selalu terlihat modis dengan padu padan yang pas pada atasan dan bawahannya. Malah tas atau sepatu yang dikenakannya bikin tampilannya makin maksimal.

Menurut Pevita Pearce dalam berbusana setiap orang harus mempunyai refrensi sehingga bisa tampil menarik setiap saat. Dan perempuan kelahiran tahun 1992 ini mengungkapkan role model-nya.

Gigi Hadid menjadi panutan Pevita dalam berbusana, karena bagi dia Gigi Hadid selalu bergaya dengan menjadi diri sendiri saat berpenampilan.

Pevita Pearce pun juga mengatakan bahwa dirinya seperti bunglon yang suka berubah-ubah gayanya. Tetapi ia lebih memilih gaya tomboy yang membuatnya merasa nyaman.

Pevita Pearce Bergaya Feminin dan Boyish, Mana Favorit Anda?

Blouse lengan panjang putih, jeans, topi baret pearl dan sneakers. (Instagram/pevpearce)

Sering mengeksplor gaya membuat tampilan Pevita Pearce jadi terlihat tidak monoton. Gayanya yang keren bisa menarik perhatian.

Misalnya pada foto ini, Pevita mengenakan blouse lengan panjang warna putih, lalu ia mix bersama celana jeans, sneakers dan penampilannya makin maksimal dengan sentuhan topi baret dengan detail pearl.

Terlihat effortlessly chic gaya Pevita Pearce yang terkesan tomboy, setuju nggak? 

Pevita Pearce Pakai Short Pants

Kaos hitam, short pants jeans dan sneakers. (Instagram/pevpearce)Sweater kuning, short pants dan sneakers. (Instagram/pevpearce)

Gaya adik Keenan Pearce ini memang selalu terlihat maksimal di berbagai aktivitasnya. Kadang terlihat girly, edgy, rebel sporty dan sebagainya.

Makanya Pevita mengaku kalau style-nya seperti bunglon yang selalu berubah-ubah, tapi malah membuat penampilan Pevita Pearce jadi maksimal.

Mengenakan short pants misalnya, bisa dieksplor Pevita Pearce dengan atasan dan alas kaki yang bikin gayanya makin keren. Mau tampil total seperti Pevita? Sontek saja gayanya ya. 

Penulis: Yuni Haumahu

Sumber: Bintang.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Salip Changi, Soetta Peringkat ke-17 Bandara Tersibuk di Dunia

Posted: 10 Apr 2018 10:16 PM PDT

Airports Council International (ACI) menyebutkan Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten kembali ungguli Bandara Changi, Singapura. Ini seiring jumlah penumpang global Bandara Soetta telah meningkat, bahkan melebihi jumlah penumpang di Bandara Changi, Singapura.

Hal itu disampaikan ACI dalam rilis pada Senin 9 April 2018. ACI  menjelaskan secara global, ada peningkatan signifikan dalam jumlah penumpang, kargo, angkutan internasional, dan total pergerakan pesawat, yang semuanya termasuk karena service dalam melayani pengguna jasa. 

"Salah satu catatan yang menarik yang dirilis ACI, Bandara Soekarno-Hatta telah menarik perhatian dunia dengan menempatkan posisi bandara ini sebagai bandara tersibuk menggungguli Bandara Changi dan Incheon di Korea Selatan," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin, Rabu (11/4/2018). 

Analisis ini dapat memperlihatkan pasar dalam dunia penerbangan memiliki kekuatan pertumbuhan yang menarik , khususnya di Indonesia. Pertumbuhan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta atau Bandara Soetta di sisi jumlah pengguna jasa atau penumpang menarik bagi siapapun pelaku bisnis yang pandai dalam memanfaatkannya. 

"Tentu lonjakan penumpang ini menunjukkan bahwa perusahaan PT Angkasa Pura II (Persero) tidak hanya sibuk mengejar pertumbuhan  tetapi juga megimbanginya dengan  service yang efisen serta pelayanan execellent yang tersistem," tutur Muhammad Awaluddin. 

ACI adalah adalah satu-satunya perwakilan global dari otoritas bandara dunia yang mengembangkan standar, kebijakan dan pelatihan untuk meningkatkan standar bandara di seluruh dunia. 

 

20 Bandara Tersibuk di Dunia

Pemandangan pesawat Garuda Indonesia yang bisa dilihat dari bourding lounge Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (24/04). Terminal ini mampu 25 juta calon penumpang per tahun. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Berikut peringkat bandara tersibuk di dunia: 

1. Hartsfield-Jackson Atlanta International Airport (Georgia) dengan 104 juta penumpang.

2. Beijing Capital International Airport (China) — 96 million

3. Dubai International Airport (United Arab Emirates) — 88 juta penumpang.

4. Tokyo Haneda International Airport (Japan) — 85 juta penumpang.

5. Los Angeles International Airport (California) — 84.6 juta penumpang

6. Chicago's O'Hare International Airport (Illinois) — 80 juta penumpang

7. London Heathrow Airport (United Kingdom) — 78 juta penumpang.

8. Hong Kong International Airport (China) — 73 juta penumpang.

9. Shanghai Pudong International Airport (China) — 70 juta penumpang.

10. Aéroport de Paris-Charles de Gaulle (France) — 69 juta penumpang

11. Amsterdam Airport Schiphol (Netherlands) — 68.5 juta penumpang.

12. Dallas/Fort Worth International Airport (Texas) — 67 juta penumpang.

13. Guangzhou Bai Yun International Airport (China) — 66 juta penumpang.

14. Frankfurt Am Main Airport (Germany) — 64.5 juta penumpang.

15. Atatürk International Airport (Turkey) — 64 juta penumpang.

16. Indira Gandhi International Airport (India) — 63.5 million

17. Soekarno-Hatta International Airport (Indonesia) — 63 juta penumpang.

18. Singapore Changi Airport (Singapore) — 62.22 juta penumpang.

19. Incheon International Airport (South Korea) — 62.16 juta penumpang.

20. Denver International Airport (Colorado) — 61 juta penumpang.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen AFC Cup Grup H: Persija Masih Berkuasa

Posted: 10 Apr 2018 10:15 PM PDT

Persija Jakarta terus melanjutkan catatan positifnya di Grup H AFC Cup 2018. Kemenangan ketiga didapat saat melawan Johor Darul Ta'zim pada matchday kelima Grup H di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (11/4/2018).

Di laga itu, Persija tampil begitu dominan. Mereka pun tak kesulitan mengamankan tiga poin lewat kemenangan empat gol tanpa balas atas JDT. Bahkan, Macan Kemayoran sudah unggul 3-0 atas tim Malaysia tersebut di babak pertama.

Pemain yang jadi bintang kemenangan tim Macan Kemayoran adalah Marko Simic. Penyerang asal Kroasia itu memborong empat gol Persija di menit kedelapan, ke-12, ke-19, dan penalti ke-87.

Berkat kemenangan itu, posisi Persija di puncak klasemen Grup H pun semakin kokoh. Tim Ibu Kota mengoleksi 10 poin dari lima laga berkat tiga kemenangan, satu hasil imbang, dan satu kali kalah. Tim asuhan Stefano 'Teco' Cugurra itu unggul head to head dan selisih gol atas Song Lam Nghe An (SLNA).

SLNA juga meraih tiga poin pada matchday kelima Grup H. Korban kemenangan mereka adalah Tampines Rovers. Di San van dong Vinh, SLNA menghajar Tampines 2-1 lewat gol Michael Olaha di menit ke-16 dan Ho Tuan Tai ke-75 yang hanya dibalas Irfan Najeeb ke-38.

 

Klasemen Grup H AFC Cup 2018

Pemain Persija, Marko Simic (kanan) mencoba melewati hadangan pemain Johor Darul Takzim pada lanjutan penyisihan Grup H Piala Asia 2018 di Stadion GBK, Jakarta, Selasa (10/4). Persija menang telak 4-0. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Tim/Main/Menang/Seri/Kalah/Gol/Kebobolan/Selisih Gol/Poin

1. Persija: 5 / 3 / 1 / 1 / 9 / 4 / +5 / 10

2. SLNA: 5 / 3 / 1 / 1 / 6 / 2 / +4 / 10

3. JDT: 5 / 2 / 1 / 2 / 5 / 7 / -2 / 7

4. Tampines: 5 / 0 / 1 / 4 / 3 / 10 / -7 / 1

 

Jadwal Pamungkas Grup H AFC Cup 2018

24/04/2018: Tampines Rovers vs Persija Jakarta

24/04/2018: Johor Darul Ta'zim vs Song Lam Nghe An

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertamina Harus Jamin Masa Depan Keluarga Korban Kebocoran Pipa Minyak

Posted: 10 Apr 2018 10:15 PM PDT

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Herman Khaeron menyatakan, Pertamina harus menjamin masa depan keluarga korban meninggal dunia akibat bocornya pipa minyak Pertamina di Teluk Balikpapan. 

"Keluarga korban tentu harus dijamin masa depannya. Pertamina adalah BUMN, dan negara menugaskan Pertamina untuk menjalankan tugas di bidang perminyakan dan energy. Jadi kalau ada terjadi sesuatu, maka perhatian khusus kepada korban harus diprioritaskan dan diselesaikan," tandas Herman di sela-sela sidak Komisi VII DPR ke lokasi kejadian di Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Senin (09/4/2018).

Herman mengatakan, bentuk perhatian Pertamina bukan hanya terhadap yang lima orang korban meninggal saja, tetapi kepada masyarakat lain yang juga ikut dirugikan. Karena disekitar area yang terdampak terdapat  juga jaring dan kapal. 

"Maka hal itu jangan dibiarkan, dan menghitungnya jangan terlalu lama. Seolah-olah ini mengulur-ulur waktu. Selesaikan segera dan jangan ditawar. Ini adalah persoalan rakyat, ini adalah hak pemilik negeri ini yang harus diperhatikan," ujarnya.

Herman mengatakan, minyak yang tumpah adalah milik Pertamina. Oleh karenanya urusan yang terkait dengan korban itu menjadi urusan Pertamina. Terhadap persoalan kapal lain yang melego jangkar hingga menyebabkan terjadinya peristiwa dibalik itu.

"Di dunia perminyakan ada yang namanya 'Emergency Response Plane', minimal yang bisa dilakukan adalah sosialisasi pencegahan. Sementara dalam kejadian ini, baru diumumkan bahwa kebocoran itu berasal dari pipa Pertamina setelah tiga hari, berarti ada unsur kelalaian. Lantas dimana unsur yang harus diperkuat oleh Pertamina, safety security emergency respons plane harus betul-betul dikuasai," tuturnya.

Menurut Herman, dalam waktu 6 jam, seharusnya sudah selesai. Area yang tercemar sudah diproteksi dan tidak bisa dilalui oleh siapapun. Caranya bisa berkoordinasi dengan pihak Kepolisian, Angkatan Laut, dan pihak-pihak terkait untuk bisa memberikan informasi bahwa ada pencemaran yang berbahaya.

"Saya menemukan beberapa kasus yang selalu dianggap enteng, dianggap lebih penting ke dalam yakni pada pegawai atau karyawan, sementara kepada masyarakat luar terabaikan. Hal inilah yang harus diperbaiki ke depan. Sebagai bukti keseriusan Komisi VII atas kejadian ini, Komisi VII akan memanggil Direksi Pertamina beserta para Dirut, untuk memutuskan tidak ada lagi diskusi dan harus segera diberikan tunjangan yang memadai bagi masyarakat yang terkena dampak," ucap politisi Partai Demokrat itu.

Senada dengan Herman, Anggota Komisi VII DPR RI Adian Yunus Yusak Napitupulu mengatakan bahwa ada waktu 6 sampai 7 jam untuk aliran minyak itu mengalir, kalau saja Pertamina segera bertindak memperingatkan rakyat untuk tidak melaut maka tidak akan ada korban jiwa.

"Korban jiwa itu karena pembiaran dan kelalaian Pertamina yang tidak memperingatkan rakyat untuk tidak melaut ke tempat itu," kata Adian.

 

(*)

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dorong Masyarakat Bike to Work, Menpora Canangkan Rabu Bersepeda

Posted: 10 Apr 2018 10:14 PM PDT

Dalam rangka mengajak masyarakat memiliki pola hidup sehat yakni bike to work serta menyambut gelaran akbar Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelar kegiatan "Gowes Bersama Jajaran Keluarga Besar Kemenpora".

Kegiatan gowes atau bersepeda ini dipimpin langsung oleh Menpora Imam Nahrawi dengan rute dari halaman depan  Kemenpora menuju kawasan heritage Gelora Bung Karno.

"Kami memilih olahraga yang paling ringan yang bisa diadaptasi oleh semua kelompok usia dengan bersepeda," kata Menpora Imam Nahrawi usai Gowes di kawasan Gelora Bung Karno, Rabu (11/4) pagi.

Dijelaskan oleh Menpora, kegiatan bersepeda hari Rabu ini juga bagian dari semangat Kemenpora untuk mendorong Program "Gowes Nusantara 2018".

"Kita ingin menjadikan sepeda sebagai alat transportasi baru, alat komunikasi dan olahraga. Ujungnya melahirkan generasi yang sehat dan lebih baik," tutur Menpora.

Untuk mengajak masyarakat bersepeda dan olahraga, Kemenpora menjadikan hari Rabu sebagai hari bersepeda, Bike to Work.

 

Gowes bersama jajaran pejabat dan pegawai lingkungan Kemenpora.

"Saya ajak seluruh keluarga besar Kemenpora untuk menjadikan hari Rabu sebagai hari bersepeda. Hari ini baru uji coba karena baru semalam saya minta. Kami juga akan melakukan uji coba lagi pada hari Jumat lusa. Sebisa mungkin lebih banyak lagi staf yang ikut," ujar Menpora.

Peran aktif jajaran keluarga besar Kemenpora, menurut Imam Nahrawi dapat menjadi pendorong bagi Kementerian lain dan masyarakat secara umum untuk menjadikan sepeda sebagai alat transportasi alternatif.

Menpora juga berharap jalur khusus bersepeda semakin ditingkatkan untuk mendukung kegiatan masyarakat bersepeda yang memiliki manfaat besar bagi kehidupan dan sosial masyarakat.

"Seandainya di jalanan masyarakat itu bersepeda, maka tentu tingkat polusi semakin rendah. Kita bisa bertegur sapa satu sama lain, melempar senyum dan meningkatkan rasa kegembiraan di antara masyarakat kita yang padat dengan segala aktivitas kesehariannya," ucap Menpora.

Menpora Imam Nahrawi bersama Jajaran Pejabat dan Pegawai Kemenpora berlari mengelilingi Stadion Gelora Bung Karno.

Rencananya kegiatan gowes atau bersepeda oleh Kemenpora dilakukan sebulan sekali setiap hari Rabu. Khusus bulan April ini dilakukan 2 kali pada hari Rabu dan Jumat.

"Yang akan datang kalau sudah wajib akan semuanya, kecuali yang disabilitas, yang uzur, sakit itu tidak harus. Tapi yang muda - muda, yang masih sehat harus keluar dari rumah ke kantor bersepeda," jelasnya.

Menpora pun berharap Kementerian dan Lembaga lain dapat memikirkan hal serupa untuk mewujudkan masyarakat yang lebih sehat.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: PKPI Jadi Peserta Pemilu 2019, Hendropriyono Sujud Syukur

Posted: 10 Apr 2018 10:12 PM PDT

Ketua Umum PKPI Hendropriyono saat mendengarkan pembacaan putusan di PTUN Jakarta, Rabu (11/4). PTUN mengabulkan gugatan PKPI untuk menjadi peserta Pemilu 2019. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Ketua Umum PKPI Hendropriyono saat mendengarkan pembacaan putusan di PTUN Jakarta, Rabu (11/4). PTUN mengabulkan gugatan PKPI untuk menjadi peserta Pemilu 2019. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Ketua Umum PKPI Hendropriyono (baju putih) bersiap melakukan sujud syukur seusai mendengarkan pembacaan putusan di PTUN Jakarta, Rabu (11/4). Majelis hakim PTUN DKI Jakarta mengabulkan permohonan gugatan PKPI. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Ketua Umum PKPI Hendropriyono (baju putih) bersiap melakukan sujud syukur seusai mendengarkan pembacaan putusan di PTUN Jakarta, Rabu (11/4). Majelis hakim PTUN DKI Jakarta mengabulkan permohonan gugatan PKPI. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Ketua Majelis Hakim Nasrifal mengetuk palu saat memberikan putusan di PTUN Jakarta, Rabu (11/4). Selain itu, sidang juga memutuskan KPU menerbitkan surat ketetapan baru yang menjadikan PKPI sebagai peserta pemilu 2019. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Ketua Majelis Hakim Nasrifal mengetuk palu saat memberikan putusan di PTUN Jakarta, Rabu (11/4). Selain itu, sidang juga memutuskan KPU menerbitkan surat ketetapan baru yang menjadikan PKPI sebagai peserta pemilu 2019. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Hendropriyono (baju putih) bersama kadernya melakukan sujud syukur seusai mendengarkan pembacaan putusan di PTUN Jakarta, Rabu (11/4). (Liputan6.com/Arya Manggala)

Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Hendropriyono (baju putih) bersama kadernya melakukan sujud syukur seusai mendengarkan pembacaan putusan di PTUN Jakarta, Rabu (11/4). (Liputan6.com/Arya Manggala)

Ekspresi Ketua Umum PKPI Hendropriyono usai mendengarkan pembacaan putusan di PTUN Jakarta, Rabu (11/4). PTUN mengabulkan gugatan PKPI untuk menjadi peserta Pemilu 2019. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Ekspresi Ketua Umum PKPI Hendropriyono usai mendengarkan pembacaan putusan di PTUN Jakarta, Rabu (11/4). PTUN mengabulkan gugatan PKPI untuk menjadi peserta Pemilu 2019. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Luapan kegembiraan Ketua Umum Partai PKPI Hendropriyono bersama kadernya usai mendengarkan pembacaan putusan di PTUN Jakarta, Rabu (11/4). (Liputan6.com/Arya Manggala)

Luapan kegembiraan Ketua Umum Partai PKPI Hendropriyono bersama kadernya usai mendengarkan pembacaan putusan di PTUN Jakarta, Rabu (11/4). (Liputan6.com/Arya Manggala)

Ekspresi Ketua Umum Partai PKPI Hendropriyono usai mendengarkan pembacaan putusan di PTUN Jakarta, Rabu (11/4). Majelis hakim PTUN DKI Jakarta mengabulkan permohonan gugatan PKPI.  (Liputan6.com/Arya Manggala)

Ekspresi Ketua Umum Partai PKPI Hendropriyono usai mendengarkan pembacaan putusan di PTUN Jakarta, Rabu (11/4). Majelis hakim PTUN DKI Jakarta mengabulkan permohonan gugatan PKPI. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Ketua Umum PKPI Hendropriyono usai mendengarkan pembacaan putusan di PTUN Jakarta, Rabu (11/4). PTUN mengabulkan gugatan PKPI untuk menjadi peserta Pemilu 2019. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Ketua Umum PKPI Hendropriyono usai mendengarkan pembacaan putusan di PTUN Jakarta, Rabu (11/4). PTUN mengabulkan gugatan PKPI untuk menjadi peserta Pemilu 2019. (Liputan6.com/Arya Manggala)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Reaksi Memilukan Khloe Kardashian Begitu Tahu Pernah Diselingkuhi

Posted: 10 Apr 2018 10:10 PM PDT

Kabar mengejutkan baru saja menerpa Khloe Kardashian. Tristan Thompson, ayah dari bayi yang ia kandung, tepergok berselingkuh lebih dengan satu wanita.

Sebuah video CCTV yang tersebar di dunia maya, memperlihatkan Tristan Thompson sedang bermesraan dengan dua dari tiga wanita yang sedang bersamanya. Kemunculan video tersebut ternyata membuat Khloe Kardashian meradang.

Seperti disampaikan Hollywoodlife.com, Selasa (10/4/2018), Khloe Kardashian dikabarkan panik. Bintang 33 tahun itu merasa tersakiti begitu mengetahui kekasihnya sempat berselingkuh saat ia masih hamil tiga bulan pada Oktober tahun lalu.

"Khloe hancur dan meneteskan air mata setelah melihat gambar-gambar Tristan dengan wanita lain," kata sumber terdekat Khloe Kardashian kepada HollywoodLife.

Menghancurkan Hatinya

Tristan Thompson dan Khloe Kardashian. (instagram/khloekardashian)

"Kehamilannya seharusnya menjadi momen paling istimewa dalam hidupnya, dan sebaliknya hal itu dirusak oleh Tristan dan menjadi yang paling menyakitkan. Sangat menghancurkan hatinya dengan melihat pria yang dicintainya bersama wanita lain," ucap sang sumber.

"Sakit dan sekarang ia merasa benar-benar emosi terutama karena ia benar-benar hamil, sehingga segala yang dirasakannya lebih kuat. Semua situasinya mengerikan dan Khloe tidak tahu apa yang akan ia lakukan sekarang. Ia tidak bisa berhenti menangis," tambahnya.

Tidak Menganggap Enteng

Tristan Thompson dan Khloe Kardashian. (instagram/khloekardashian)

Sumber terdekat lainnya juga sempat mengatakan bahwa Khloe tidak menanggapi permasalahan ini dengan enteng.

"Dia (Tristan) harus segera mengakui apa yang dia lakukan atau tidak lakukan karena jika ia (Khloe) menemukan kebenaran apa pun, dia akan merasa berada di dunia penuh kebohongan," sumber tersebut mengutarakan.

Khloe juga dikabarkan telah kehilangan semua kepercayaan yang dimilikinya kepada Tristan sejak video tersebut mencuat. Ia saat ini sedang mempertimbangkan untuk memutuskan hubungan asmara dengan sang kekasih secepatnya.

"Dia tidak ingin anaknya tahu bahwa ibunya diperlakukan dengan perilaku mengerikan bahkan meski itu adalah ayah dari anaknya. Dia berurusan dengan Lamar (mantan suami Khloe, Lamar Odom) serta apa yang dia (Lamar) lakukan, dan berjanji pada dirinya sendiri bahwa dia tidak akan pernah berurusan dengan hal seperti itu lagi," sumber yang sama menambahkan.

Bersama Tiga Wanita

Khloe Kardashian dan Tristan Thompson. (Instagram/@khloekardashian)

Seperti diwartakan TMZ, Selasa, sebuah video rekaman Tristan Thompson pada 7 Oktober 2017 lalu terungkap ke publik. Dalam video tersebut, sang pebasket kedapatan sedang bersama tiga wanita di kala Khloe Kardashian masih hamil tiga bulan.

Tristan Thompson terlihat sedang bermesraan dengan dua dari tiga wanita itu. Salah satunya terlihat dikecup bibirnya oleh Tristan dengan cukup lama. Sementara itu wanita yang satu lagi mendekapkan kepala Tristan ke bagian dadanya serta meraih bagian sensitif sang atlet.

Diketahui, rekaman calon ayah dari bayi Khloe Kardashian ini bertempat di New York. Kejadiannya juga tepat pada malam sebelum Tristan Thompson tampil bersama tim basketnya, Cleveland Cavaliers untuk melawan Washington Wizards.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Macet di Jalan Tol Jasa Marga? Tekan Saja Panic Button

Posted: 10 Apr 2018 10:10 PM PDT

PT Jasa Marga (Persero) Tbk terus meningkatkan pelayanan bagi pengguna jalan tol. Kali ini, Jasa Marga mengenalkan layanan pengaduan dengan sistem Panic Button yang bisa dilakukan melalui aplikasi JMCARe.

Layanan ini bisa dimanfaatkan para pengguna jalan tol jika saat melalui jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga mengalami masalah, seperti kendaraan mogok, atau kondisi macet, dan lain sebagainya.

Dengan adanya Panic Button, diharapkan penanganan masalah di jalan tol bisa cepat teratasi, terutama pada saat arus mudik Lebaran 2018.

"Sistem kerjanya nanti pengguna jalan tol tinggal tekan tombol itu nanti petugas kita yang akan menghubungi untuk menanyakan apa masalahnya, dan langsung akan dikirimkan petugas ke lokasi," kata manajer Jasa Marga Traffic Information Center (JMTIC) Hervian di kantor JMTIC, Rabu (11/4/2018).

Untuk menggunakan layanan tersebut, pengguna jalan tol harus mengunduh aplikasi JMCARe di ponsel dan kemudian melakukan aktivasi. Dalam aktivasi pelanggan Jasa Marga harus mengisi data diri seperti nama, nomor telepon dan alamat email sebagai verifikasi.

 

Informasi Kecepatan

Arus kendaraan di pintu tol Cibubur Utama, Jakarta, Rabu (6/9). PT Jasa Marga akan melakukan perubahan sistem transaksi jalan tol Jagorawi dan meniadakan transaksi di Cibubur Utama dan Cimanggis Utama. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Layanan lain yang juga tengah dikembangkan oleh Jasa Marga guna memanjakan pengguna jalan tol adalah informasi kecepatan. Dalam layanan ini, Jasa Marga memberikan informasi kecepatan melalui media sosial atau sistem informasi yang dimiliki perusahaan.

Saat kondisi normal, update informasi mengenai jalan tol dilakukan setiap 30 menit sekali. Namun saat mudik Lebaran atau kondisi jalan tol padat, informasi ini akan diperbaharui setiap 10 menit sekali.

Hervian menambahkan, saat ini JMTIC memiliki 564 CCTV yang tersebar di seluruh ruas tol yang dikelola Jasa Marga. Jumlah terbanyak di jalan tol Jabodetabek dimana terpasang setiap 1 kilometer (km).

"Sistem kerjanya, kalau kita pantau di cctv ada kepadatan, petugas kami akan menghubungi yang berwenang di lokasi dan akan petugas kami yang melakukan observasi, baru kita putuskan kebijakan penanganannya, misal dengan membuka contraflow atau lainnya," terang dia.

Sistem informasi Jasa Marga sendiri saat ini sudah terintegrasi dengan berbagai instansi seperti Polda Metro Jaya dan Kementerian Perhubungan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hanya Bawa 1 Tipe Mesin, Kapan Toyota Hadirkan C-HR Versi Hybrid?

Posted: 10 Apr 2018 10:10 PM PDT

PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan crossover terbarunya, C-HR. Model yang menjadi penantang Mazda CX-3 dan Honda HR-V ini hadir hanya dengan satu pilihan mesin, yaitu 1,8 liter.

Padahal, untuk pasar Jepang, mobil yang dibanderol mulai Rp 488,5 juta di Indonesia ini memiliki berbagai pilihan mesin, yaitu 1.2 liter turbo dan hybrid dengan pilihan mesin konvensional 1.8 liter dan motor listrik.

Lalu, kapan raksasa asal Jepang ini membawa varian hybrid dari Toyota C-HR ini ke Indonesia?

"Saat ini, kami fokus ke model yang diluncurkan hari ini. Tapi, bersamaan dengan hal tersebut, kami juga mendengarkan masukan-masukan dan terus mempelajari untuk membawa kendaraan yang lebih lagi," jelas Henry Tanoto, Vice President Director PT TAM di sela-sela peluncuran Toyota C-HR di Empirica, SCBD, Jakarta Pusat, Selasa (11/4/2018).

Lanjut Henry, seperti masukan saat ini, yang bertanya-tanya terkait Toyota C-HR hybrid. "Saat ini, kita masih fokus ke yang sudah diluncurkan. Tapi, jika ada informasi soal versi hybrid pasti kita beri tahu," pungkasnya.

Selanjutnya

Mobil all new Toyota C-HR dipamerkan saat peluncurannya di Jakarta, Selasa (10/4). Eksterior bagian samping, garis desainnya membentuk cutting berlian sehingga memberikan tampilan yang modern. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Untuk diketahui, versi Toyota C-HR hybrid mendapatkan mesin konvensional berkapasitas 1,8 liter, dan juga motor listrik.

Dengan unit tersebut, Toyota C-HR mampu menghembuskan daya hingga 98 Tk, dan torsi mencapai 142 Nm. Jika ditambah motor listrik, Toyota C-HR menghasilkan tenaga kombinasi 134 Tk dengan torsi 207 Nm.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bunuh 10 Warga Rohingya, 7 Tentara Myanmar Dipenjara 10 Tahun

Posted: 10 Apr 2018 10:07 PM PDT

Tujuh tentara Myanmar divonis 10 tahun penjara dengan kerja paksa di daerah terpencil karena berpartisipasi dalam pembantaian 10 pria muslim Rohingya di sebuah desa di barat laut Rakhine pada September 2017. Pengumuman tersebut dirilis oleh militer Myanmar pada Selasa, 10 April 2018.

Militer Myanmar menyebutkan bahwa ketujuh tentara tersebut telah "melakukan tindakan yang melawan mereka" karena "berkontribusi dan berpartisipasi dalam pembunuhan".

"Empat perwira diberhentikan secara permanen dari militer dan dijatuhi hukuman 10 tahun dengan kerja paksa di sebuah penjara di daerah terpencil. Tiga tentara dicopot dan dihukum 10 tahun penjara dengan kerja paksa di penjara kriminal," tulis militer Myanmar di Facebook seperti dikutip dari Theguardian.com, Rabu (11/4/2018).

Dalam pernyataan itu disebutkan pula bahwa proses hukum terhadap personil polisi dan warga sipil yang "terlibat dalam kejahatan" masih berlangsung.

Pembantaian tersebut tengah diselidiki oleh dua jurnalis Reuters, Wa Lone (31) dan Kyaw Soe Oo (28), sebelum akhirnya mereka ditangkap pada Desember 2017 atas tuduhan melanggar Undang-Undang Rahasia Resmi negara.

Pada Februari lalu, pihak berwenang mengatakan pada Reuters, militer telah membuka penyelidikan internal secara independen dan itu sama sekali tidak terkait dengan penangkapan wartawan Reuters, yang dituduh mendapatkan dokumen rahasia pemerintah yang tidak terkait.

Sepuluh warga Rohingya di Inn Din yang menjadi korban pembunuhan dimakamkan di sebuah kuburan massal pada awal September setelah mereka dianiaya hingga tewas. Peristiwa pembunuhan di Inn Din dilaporkan merupakan bagian dari penumpasan yang dilakukan militer terhadap warga Rohingya.

PBB dan Amerika Serikat menilai dugaan pembunuhan, pemerkosaan, pembakaran, dan penjarahan yang berlangsung selama ini terhadap warga Rohingya adalah tindak pembersihan etnis, sebuah tuduhan yang dibantah oleh Myanmar.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

Satu-satunya Kasus yang Diakui

Pasukan AL Malaysia menahan perahu yang membawa pengungsi Rohingya di Langkawi, Malaysia, Selasa (3/4). Badan Pelaksana Maritim Malaysia meningkatkan patroli mereka di Selat Malaka dan Laut Andaman, terutama di dekat Langkawi (Royal Malaysian Navy via AP)

Kekejaman di Desa Inn Din yang terjadi pada 2 September 2017 merupakan satu-satunya insiden pembantaian terhadap Rohingya yang diakui militer Myanmar selama penindasan di Rakhine, yang menyebabkan 700 ribu Rohingya mengungsi ke Bangladesh sejak Agustus 2017.

Amnesty International menyebut kekejaman di Inn Din sebagai fenomena puncak gunung es. Kelompok itu pun telah berulang kali mendesak dilakukannya penyelidikan yang luas terhadap kekejaman yang menimpa etnis Rohingya.

Organisasi Dokter Lintas Batas (MSF) memprediksikan terdapat 6.700 warga Rohingya yang terbunuh saat bulan pertama operasi militer.

Myanmar bersikeras bahwa operasi militer merupakan respons untuk memerangi teroris. Myanmar juga menyalahkan media internasional yang menyebarkan informasi salah dan cenderung memihak Rohingya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Badan Pengawas Senjata Kimia Internasional Kirim Tim Pencari Fakta ke Suriah

Posted: 10 Apr 2018 10:05 PM PDT

Badan pengawas senjata kimia internasional, Organisation for the Prohibition of Chemical Weapons (OPCW), akan mengirim tim pencari fakta ke Douma, Suriah, guna menyelidiki laporan serangan di negara konflik tersebut.

Langkah ini dilakukan setelah adanya permintaan dari Moskow dan Damaskus untuk meluncurkan penyelidikan internasional, demikian seperti dikutip dari Russia Today, Rabu (11/4/2018).

"Hari ini, OPCW Technical Secretariat telah meminta Suriah untuk membuat rencana yang diperlukan guna menyelidiki tuduhan penggunaan senjata kimia di Douma. Selain datang dari Suriah sendiri, permintaan ini juga datang dari Rusia. Tim sedang mempersiapkan diri untuk diberangkatkan ke Suriah dengan segera," tulis OPCW melalui keterangan resmi yang dikeluarkan pada hari Selasa, 10 April 2018.

Sejak 2014, OPCW memiliki hak untuk menyelidiki dugaan serangan senjata kimia di Suriah. Misi ini dirancang guna menemukan fakta seputar penggunaan bahan kimia beracun yang kabarnya kerap beredar sejak perang di Suriah terus memanas.

Meski demikian, ruang lingkup OPCW hanya sebatas untuk menentukan adanya zat terlarang yang digunakan di Suriah, bukan untuk menyalahkan sejumlah pihak yang terlibat perang.

Laporan dugaan penggunaan senjata kimia datang dari beberapa kelompok aktivis terkait dengan pemberontak, serta organisasi sukarelawan penyelamat dan medis White Helmets, yang menuduh pasukan Suriah menjatuhkan amunisi berisi kaporit di pinggiran Damaskus, Douma, pada hari Sabtu pekan lalu.

Akibat serangan mematikan tersebut, sedikitnya 70 orang warga sipil dilaporkan tewas, termasuk anak-anak.

Lewat Twitter, White Helmets mengunggah gambar dan video memprihatinkan yang menunjukkan beberapa jenazah dan korban luka tergeletak di ruang bawah tanah usai diselamatkan. Demikian seperti dikutip dari BBC, 8 April 2018. Mulut korban meninggal mengeluarkan busa.

OPCW menyatakan, keputusan ini ditetapkan sebelum Dewan Keamanan PBB mengadakan pertemuan darurat pasca serangan mematikan di Suriah. Sementara itu, Rusia dan Amerika Serikat diperkirakan akan meluncurkan rancangan resolusi yang menyerukan penyelidikan internasional.

Pada hari Senin, DK PBB mengatakan belum bisa memverifikasi tuduhan penggunaan senjata kimia itu secara independen.

"Kami tidak berada dalam posisi untuk memverifikasi tuduhan itu secara independen, tetapi tentu saja setiap adanya laporan mengenai serangan penggunaan senjata kimia, adalah hal yang sangat mengganggu," kata Stephane Dujarric, jurubicara Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres.

OPCW adalah organisasi antar pemerintah dan badan pelaksana Konvensi Senjata Kimia, yang mulai berlaku pada 29 April 1997. OPCW, dengan 192 negara anggotanya, bermarkas di Den Haag, Belanda, dan mengawasi upaya global untuk penghapusan senjata kimia secara permanen.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

Tim Medis Laporkan Serangan Senjata Kimia Hantam Suriah

Korban serangan senjata kimia di Kota Douma, dekat Damaskus, Suriah, Minggu (8/4). Pemerintah Suriah membantah telah menggunakan senjata kimia. (Syrian Civil Defense White Helmets via AP)

Organisasi sukarelawan penyelamat dan medis di Suriah White Helmets melaporkan, sedikitnya 40 - 70 orang tewas akibat dugaan serangan senjata kimia berupa gas di Douma, kota terakhir yang dikuasai pemberontak di Ghouta Timur.

Lewat Twitter, sukarelawan White Helmets mengunggah gambar dan video memprihatinkan yang menunjukkan beberapa jenazah dan korban luka serangan senjata kimia tergeletak di ruang bawah tanah usai diselamatkan. Demikian seperti dikutip dari BBC, 8 April 2018.

White Helmets juga menyebut, jumlah korban tewas kemungkinan akan meningkat.

Sementara itu, korban luka diperkirakan kurang-lebih mencapai 500 orang, laporan CNN yang mengutip sumber informasi dari Union of Medical Care and Relief Organizations (UOSSM).

Kendati demikian, belum ada verifikasi independen atas seluruh laporan tersebut, ujar BBC dan CNN.

Di sisi lain, pemerintah Suriah telah menyebut tuduhan serangan senjata kimia itu sebagai "fabrikasi" alias laporan yang dibuat-buat.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat mengatakan masih memantau laporan "yang sangat mengganggu" tersebut.

Kendati demikian Kemlu AS telah melontarkan tuduhan awal. Washington menyatakan bahwa Rusia, yang bertempur bersama dengan pemerintah Suriah, harus bertanggung jawab. Jika sekiranya bahan kimia mematikan telah terbukti digunakan dalam laporan White Helmets tersebut.

"Rezim Suriah (yang didukung Rusia) punya sejarah menggunakan senjata kimia terhadap rakyatnya sendiri dalam konflik," kata Kemlu AS.

Hingga berita ini turun, berbagai pihak pemerintah serta tim pemantau dan media independen masih berusaha mengonfirmasi laporan serangan senjata kimia di Douma, Ghouta, Suriah tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Facebook Mangkir Panggilan DPR Hari Ini

Posted: 10 Apr 2018 10:03 PM PDT

Perwakilan Facebook Indonesia tidak hadir dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan Komisi I DPR, Rabu hari ini (11/4/2018). Menurut Ketua Komisi I Abdul Kharis Almasyhari Facebook meminta rapat dijadwalkan ulang.

"Itu Facebook Indonesia memberitahukan pada kami mohon penjadwalan ulang," kata Abdul Kharis, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (11/4/2018).

Abdul Kharis menuturkan, Facebook Indonesia masih harus menghadiri kongres di Amerika. Sehingga rapat harus kembali dijadwalkan ulang pada 17 April 2018.

"Pada tanggal 17 karena akan dihadirkan juga pimpinan Facebook atau pejabat Facebook tertinggi se-Asia Tenggara," ucapnya.

Dalam rapat kali ini, kata Abdul Kharis, DPR ingin mengkonfirmasi tentang kejadian bocornya data satu juta pengguna Facebook di Indonesia. Kemudian akan ada pembahasan tindak lanjut dari kebocoran data tersebut.

"Kita ingin mengkonfirmasi bahwa ada informasi data pengguna Facebook bocor bahkan angkanya sampai satu juta, angka yang spektakuler buat kami. Sebagai wakil rakyat kita ingin mendengarkan penjelasan dan kemudian kita akan perdalam kenapa sampai bocor," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Belum Sanksi

Ilustrasi Facebook. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Sejauh ini, DPR belum bisa menilai apakah sanksi yang diberikan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) atas kebocoran data pengguna Facebook sudah tepat. Hal itu, bisa dinilai usai ada rapat bersama dengan pihak Facebook Indonesia.

"Kami belum bisa mengatakan cukup atau tidak sebelum menedegar langsung dari Facebook bisa jadi nanti kalau itu enggak cukup kita minta Kominfo untuk memberikan sanksi lebih," tandasnya.

Sebelumnya, Kepala Teknologi Facebook Mike Schroepfer mengungkapkan, sekitar 87 juta data pengguna Facebook dibocorkan ke Cambridge Analytica. Dari angka itu, ada sekitar sejuta data Facebooker Indonesia yang bocor ke lembaga riset asal Inggris itu.

 

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Polisi Tulungagung Jadi Tukang Angkut Sampah Warga

Posted: 10 Apr 2018 10:01 PM PDT

Trisih Setyono cepat mengambil keranjang sampah warga di Desa Ngrendeng, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung. Limbah rumah tangga itu diangkutnya ke sebuah truk yang sudah penuh dengan tumpukan sampah.

Mengenakan helm kuning, bersepatu bot, pria berusia 55 tahun ini tampak seperti petugas kebersihan biasa. Padahal, Trisih Setyono adalah polisi berpangkat Ajun Inspektur Satu, Kepala Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Mapolsek Gondang, Polres Tulungagung.

"Mengambil sampah ini biasanya saya lakukan tiga hari sekali selepas jam dinas," ujar Trisih di Tulungagung, Selasa, 10 April 2018.

Sejak 2016, ia melakoni aktivitas sebagai petugas kebersihan mandiri. Ia menggunakan waktu lepas dinasnya dengan mengambil sampah warga dan membuangnya ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Pagerwojo. Tak risih atau gengsi dengan pendapat orang lain.

Justru, ia risih lantaran banyak sampah berserakan di wilayahnya. Beberapa lokasi di Desa Gandang seperti di area Jembatan Sungai Gondang, Jembatan Kalitelu dan Jembatan Kedung Gudel sempat dijadikan warga tempat pembuangan sampah liar.

Prihatin dengan tumpukan sampah itulah yang mendorong bapak dua anak ini mau melakukan itu. Semula, keluarganya sempat protes dengan apa yang dilakukannya. Tapi, itu tak menyurutkan niatnya.

"Masak polisi kok ngangkut sampah," ucap Trisih menirukan protes keluarganya.

Trisih sempat mengusulkan ke pemerintah desa agar membeli kendaraan pengangkut sampah. Tapi tak mendapat respon positif. Tak patah arang, ia mengajak Kukuh, tetangganya untuk menjalankan ide petugas kebersihan itu. Berinisiatif dengan membeli mobil pikap.

Respons Positif

Trisih Setyono bersama rekannya mengangkut sampah ke truk yang dibelinya sendiri. (Liputan6.com/Zainul Arifin)

Lambat laun, tindakannya diapresiasi warga. Bahkan, tidak hanya warga desa di wilayah Tulungagung. Tetangga desa yang masuk wilayah Trenggalek pun ikut meminta jasa Trisih dan rekannya membuang sampah. Warga membayar iuran sebagai pengganti biaya operasional.

Kendaraan pengangkut sampah pun diganti, dari pikap menjadi truk agar bisa memuat lebih banyak. Sebab, sudah ada 200 pengguna jasa kebersihan Trisih. Mereka tersebar di lima desa Kecamatan Gondang Tulungagung dan dua desa di Kecamatan Durenan Trenggalek.

Pengguna iuran Rp 20 ribu per bulan untuk rumah tangga dan Rp 50 ribu untuk warung. Duit iuran juga dipakai membiayai truk yang dibeli dengan cara mengangsur. Bagi Trisih, kegiatan ini bisa jadi cara untuk mengisi masa pensiun yang tiga tahun mendatang.

"Saya berharap bisa jadi lapangan kerja. Nanti kalau sudah tak kuat, siapapun yang mau meneruskan silakan," ujar Trisih.

Suparti, seorang pemilik warung makan di Desa Ngrendeng mengatakan, sampah selama ini jadi salah satu persoalan lantaran per hari limbah yang dihasilkan usahanya bisa sebanyak empat keranjang besar.

"Apa yang dilakukan Pak Trisih ini tentu sangat membantu kami. Dulu kami kerepotan karena tak ada yang membuang sampah," ujar Suparti.

Diganjar Penghargaan

Kapolres Tulungagung AKBP Tofik Sukendar mengapresiasi kegiatan Aiptu Trisih Setyono. (Liputan6.com/Zainul Arifin)

Apa yang dilakukan Aiptu Trisih Setyono dengan jadi tukang angkut sampah dinilai tak mencoreng institusi kepolisian. Justru kegiatan selepas jam dinas itu dianggap memberi manfaat langsung pada masyarakat. Layak jadi contoh teladan bagi anggota kepolisian lainnya.

Kepala Polres Tulungagung, AKBP Tofik Sukendar mengapresiasi Trisih dengan memberinya penghargaan. "Penghargaan ini juga sebagai motivasi agar anggota yang lain berbuat lebih baik lagi ke masyarakat," ujar Tofik.

Menurutnya, polisi tak harus berbuat sesuatu bagi warga saat jam dinas saja. Tetapi, selepas masa tugas tetap harus memiliki kesibukan yang bernilai bagi orang banyak. Berdampak langsung sekaligus menjadi inspirasi bagi siapa saja.

Trisih sendiri merasa bangga diganjar penghargaan dari pimpinannya atas kegiatan jasa kebersihan yang dilakukannya. "Saya sangat senang sekali mendapat penghargaan itu," kata Trisih yang sudah 31 tahun mengabdi di kepolisian ini.

Penghargaan kepada Trisih diberikan dalam sebuah apel di Gelanggang Olahraga Lembupeteng. Selain kepada Trisih, juga ada penghargaan untuk enam anggota lainnya. Antara lain, lima orang anggota Satuan Reskrim karena berhasil mengungkap kasus dan seorang anggota Satuan Lalu Lintas yang dinilai bertugas dengan baik.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Menperin Airlangga Lindungi Produk Lokal dari Serbuan Barang Impor

Posted: 10 Apr 2018 10:00 PM PDT

Serbuan produk impor ke Tanah Air di era globalisasi dan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) akan semakin dirasakan. Oleh karena itu, peran pemerintah dalam memberikan regulasi sangat penting, agar produk-produk dalam negeri tidak kalah dengan barang impor.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto sudah memiliki cara untuk menghadapi serbuan produk impor ke Indonesia. Tentunya, kata dia, persaingan itu harus dengan barang sejenis, sehingga pemerintah bisa menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI). "Kalau SNI sama, bisa berkompetisi secara fair," kata Airlangga di Kantor Kementerian Perindustrian, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa 10 April 2018.

Airlangga menuturkan, saat ini di banyak negara, termasuk Amerika Serikat (AS), tengah mempromosikan fair trip untuk barang-barang impor, bukan free trip. "Dengan begitu persaingan bisa lebih sehat," ucap Airlangga.

Cara lainnya adalah, apabila terjadi persaingan tidak sehat, misalnya negara lain melakukan dumping, maka bisa dihadang dengan bea masuk anti dumping. "Dengan begitu bisa melindungi industri-industri atau lapangan pekerjaan yang banyak digeluti masyarakat Indonesia," kata Airlangga.

Sumber: Merdeka.com

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Pilu Penemuan Jasad Pendaki dengan Pesan Terakhir Buat Suaminya

Posted: 10 Apr 2018 10:00 PM PDT

Melakukan pendakian gunung, tidaklah semudah yang kita bayangkan. Tak hanya membawa perbekalan saja untuk mendaki, melainkan juga memerlukan ketahan fisik serta keterampilan khusus. 

Namun salah satu hal yang penting untuk diingat ketika mendaki, yakni jangan sampai tersesat. Jika sampai tersesat, ada risiko kematian yang akan menunggu kita. Seperti kasus tragis satu ini.

Pada lima tahun silam, hilangnya pendaki senior bernama Geraldine Largay pernah menggemparkan Amerika. Mantan perawat tersebut hilang di Appalachian Trail, jalur pendakian wilayah Timur Amerika Serikat yang terkenal panjang dan luas.

Wilayah pendakian itu mencakup Gunung Springer di Georgia hingga Gunung Katahdin di Maine. Meski begitu, jalur pendakian Appalachian membuat geger publik karena hilangnya wanita berusia 66 tahun tersebut. Para pejabat dan petugas berwenang lainnya turun tangan mencari Geraldine yang hilang sejak Juli 2013.

Menurut laporang Washington Times, Hilangnya Geraldine yang akrab dipanggil Gary itu diketahui ketika ia pergi ke kamar mandi dan kemudian tersesat di dalam hutan. Untuk mengirim pesan bantuan, Gary masuk ke hutan lebih jauh supaya mendapatkan sinyal.

Namun usaha wanita malang itu sia-sia, sinyal tak ia dapatkan dan malah berjalan semakin jauh dari jalur utama pendakian.

 

 

 

Meninggalkan catatan untuk orang yang menemukannya

Source: Aol

Sejak dua minggu setelah itu suami Gary yakni, George merasa bingung diliputi khawatir karena istrinya tak kunjung turun dari pendakian.

George kemudian tidak kenal diam dan pasrah dengan keadaan sang istri. Pria tersebut berusaha mencari Gary dengan memberitahu pihak berwenang. Di lain sisi pihak berwenang berlomba dengan waktu untuk menemukan istri George.

Pencarian mereka ternyata memakan waktu yang lama, hingga akhirnya membuat perbekalan Gary semakin menipis. Meihat kondisinya semakin tak memungkinkan, wanita itu paham bahwa nyawanya sudah tak lama lagi. Oleh karena itu, Gary menulis pesan terakhir di buku catatannya untuk siapapun orang yang akan menemukan jasadnya.

Benar saja, dua tahun kemudian penjaga hutan berhasil menemukan jasad Gary. Penemuan itu terjadi tanpa sengaja karena petugas hutan tersandung kerangka wanita malang tersebut. Jasadnya sendiri berlokasi dua mil dari jalan setapak pendakian.

Ia ditemukan bersama dengan barang-barang miliknya serta pesan terakhirnya.

"Ketika kamu menemukan jasadku, tolong hubungi suamiku George dan putriku, Kerry. Akan menjadi kebaikan besar untuk mereka yang mengetahui bahwa aku meninggal dan lokasi di mana kamu menemukanku - tak peduli berapa tahun menemukanku dari sekarang," tulis Gary pada buku catatannya, tertanggal 6 Agustus 2013.

 

 

Hanya bisa bertahan sampai 26 hari

(Foto: TV Teddy/ Twitter) Foto terakhir Gary sebelum dirinya menghilang

Setelah menghilang, Gary sendiri diperkirakan hidup selama 26 hari. Wanita itu bertahan hidup lebih lama dari yang diperkirakan. Kematiannya diduga kuat akibat karena paparan dan kekurangan makanan.

Saat dirinya tersesat, Gary menyempatkan menulis pesan kepada orang-orang yang ia cintai. Gary juga menuliskan bagaimana tersiksanya ia untuk menghubungi suaminya sampai merasa putus asa.

Wanita tua itu juga tahu bahwa tim penyelamat tengah mencarinya dalam beberapa kesempatan. Sayangnya kesempatan mereka untuk menemukannya itu selalu terlewatkan.

Meskipun dirundung duka atas kematian sang istri, George merasa bahwa istrinya punya semangat yang bebas dan didorong rasa untuk menjelajah, terlepas dari segala risikonya. Hingga akhirnya Gary meninggal saat melakukan hal yang ia sukai.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Bungkam Lakers, Rockets Terus Perbaiki Rekor

Posted: 10 Apr 2018 10:00 PM PDT

Houston Rockets terus memperbaiki rapor terbaik sepanjang sejarah franchise di NBA. Teranyar mereka mengalahkan LA Lakers 105-99 di Staples Center, Selasa (10/4/2018) Rabu (11/4/2018) WIB.

Rockets sebelumnya sudah memastikan 2017-2018 sebagai kampanye terbaik di NBA.

Pada musim penuh, kecuali 1998-1999 ketika kompetisi dipangkas karena sengketa upah, catatan terbaik Rockets adalah 58-24 (1993-1994). Patut diingat, mereka jadi juara NBA pada kampanye tersebut.

Hingga kini James Harden dan kawan-kawan memiliki 65-16. Rockets masih bisa memperbaiki rapor saat meladeni Sacramento Kings pada laga penutup besok. 

Di sisi lain, Lakers dipastikan menempati posisi 11 Wilayah Barat NBA. Mereka memiliki rapor 34-47.

Harden dan Paul

Harden dan Chris Paul tetap bersinar bagi Rockets meski keduanya diistirahatkan menyambut play-off. Harden membuat 21 poin dan 10 assist. Sedangkan Paul mencetak 22 angka.

Josh Hart menghasilkan 20 nilai bagi Lakers. Sementara Andre Ingram menyumbang 19 angka dari bangku cadangan.

Rapor Laga

Rockets

Chris Paul 22 poin 6 assist

James Harden 21 poin 10 assist

Gerald Green 16 poin 6 rebound

Clint Capela 10 poin 12 rebound

 

Lakers

Josh Hart 20 poin 7 rebound

Andre Ingram 19 poin

Julius Randle 17 poin 8 rebound

Brook Lopez 12 poin

 

Untuk berlangganan NBA League Pass, klik di sini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komisi VII Sesalkan Bocornya Pipa Minyak Pertamina di Teluk Balikpapan

Posted: 10 Apr 2018 10:00 PM PDT

Ketua Komisi VII DPR RI Gus Irawan Pasaribu menyesalkan terjadinya kebocoran pipa minyak Pertamina di Teluk Balikpapan, Kalimantan Timur pada 31 Maret 2018 lalu. 

Menurutnya, dampak atas kejadian itu bukan hanya kepada kehidupan biota laut ataupun flora fauna yang ada, tetapi telah menyebabkan jatuhnya korban manusia meninggal dunia.

"Oleh karena itulah, Komisi VII merasa penting untuk datang melihat langsung guna mengetahui permasalahannya, dan solusinya ke depan seperti apa," tegas Gus Irawan di Balikpapan, Kaltim, Senin (09/4/2018).

Gus Irawan mengatakan, seharusnya hari itu Komisi VII DPR melakukan rapat kerja dengan Menteri Ristekdikti, namun terpaksa harus ditunda, karena Komisi VII merasa peristiwa kebocoran pipa Pertamina di Teluk Balikpapan itu sangat penting untuk segera mendapatkan perhatian. 

"Kita bersepakat untuk mendalami persoalan ini. Kita ingin tahu apa solusi yang ingin diambil terkait dengan kejadian ini, supaya tidak terulang. Dan apa yang harus dilakukan untuk memperbaiki lingkungan yang rusak, serta bagaimana bantuan kepada korban yang jatuh baik meninggal maupun kepada para nelayan yang tidak bisa melaut untuk memenuhi kebutuhan hidupnya," ujarnya.

Hingga hari ketiga pasca kejadian belum ada yang merasa bertanggungjawab atas musibah itu, lanjutnya. Oleh karena itulah Komisi VII perlu meninjau langsung untuk mengetahui solusi apa yang telah dilakukan Pertamina, karena sebelumnya pihak Pertamina sendiri membantah dengan menyatakan bahwa kejadian tersebut bukan diakibatkan oleh bocornya pipa bawah laut milik Pertamina.

"Baru pada hari ke empat setelah kejadian, pengakuan itu ada. Saya membayangkan selama tiga hari sejak kejadian itu tidak melakukan apa-apa karena mereka tidak merasa bertanggungjawab. Kedatangan kita adalah untuk meninjau langsung  kondisi di lapangan, sekaligus untuk mendiskusikan solusi terbaik terkait dengan kejadian ini, dan tidak boleh kejadian serupa ini terulang kembali di masa depan," tandas politisi F-Gerindra itu.

Ia juga menegaskan, semua yang terkait hukum harus diproses. Meski Komisi VII tidak ingin mencampuri proses hukum itu, tetapi Komisi VII ingin memastikan bahwa proses hukum tetap berjalan, begitu pula dengan proses rehabilitasi yang terkait dengan kerusakan lingkungan yang ditimbulkan.

 

 

(*)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Operasi Lasik, Krisdayanti Keluarkan Kocek Rp 68 Juta

Posted: 10 Apr 2018 10:00 PM PDT

Krisdayanti merayakan ulang tahun ke-7 pernikahannya dengan Raul Lemos pada 20 Maret 2018 lalu. Sebagai hadiah dari sang suami, ia diperbolehkan untuk melakukan operasi Lasik untuk menormalkan lagi matanya yang mengalami rabun jauh.

Tapi untuk bisa melakukan hal tersebut, Krisdayanti harus merogoh kocek tak sedikit.

"Biasanya itu 6.500 dollar Singapura. Memang setengah harga dari yang di Jakarta," ujar Krisdayanti ditemui di Plataran Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (10/4/2018). Bila dirupiahkan, biaya operasi Lasik yang dikeluarkan Krisdayanti mencapai sekitar Rp 68 juta. 

Setelah melakukan operasi Lasik, kini Krisdayanti sudah tak lagi menggunakan kacamata atau lensa kontak untuk kesehariannya. Sebab minusnya yang lumayan besar, kini menghilang setelah menjalani operasi tersebut. 

Awalnya Minus 5,5

Krisdayanti (Nurwahyunan/bintang.com)

"Selama 32 tahun saya pakai kacamata dan lensa kontak. Kini minus saya dari 5,50 untuk mata kanan dan kiri akhirnya susah nol alias tiada," ucap Krisdayanti

 

Bersyukur

Krisdayanti. (Instagram - @krisdayantilemos)

Padahal menurut informasi yang ia dapat, perempuan yang sudah menginjak usia 40 tahun, minusnya sulit kembali menjadi nol. Tetapi berkat berkah dari Tuhan dan ketelatenan sang dokter, kini dirinya bisa melihat dengan jelas tanpa alat bantu.

"Pas habis operasi itu, saya jalan-jalan di Singapura berasa turis. Karena saya lihat jalanan, saya baca semua tulisan paling kecil, nomer di bis. Alhamdulillah bisa normal lagi," katanya.

 

Kedekatan dengan Anak

Krisdayanti. (Instagram - @krisdayantilemos)

Kini pelantun "Menghitung Hari" tersebut bisa mengajarkan anak-anaknya menggambar dengan benar. Karena selama ini dirinya tak bisa melihat dengan baik.

"Jadi lebih jelas di setiap momen saya bisa bantu anak-anak untuk gambar karena mereka suka gambar," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Contekan Mark Zuckerberg Ketika Bersaksi di Kongres AS

Posted: 10 Apr 2018 10:00 PM PDT

Mark Zuckerberg selesai memberikan keterangan selama lima jam di depan komite gabungan Senat Amerika Serikat (AS), di Capitol Hill, Washington, DC., pada Selasa (10/4/2018) waktu setempat.

Sebelumnya diberitakan pihak Facebook menggunakan jasa ahli kepribadian dan hukum untuk mengajari Mark Zuckerberg cara bersaksi di depan anggota Kongres dengan baik dan menarik simpati.

Namun, ada hal aneh yang terjadi setelah bos Facebook menyelesaikan kesaksiannya, yakni dia meninggalkan catatan yang ia siapkan di meja saksi. Isinya catatan Zuckerberg pun diabadikan oleh para fotografer yang memantau sesi itu, dan tersebar di Twitter.

Berikut beberapa hal penting yang ada di contekan Mark Zuckerberg:

1. Cambrige Analytica

CEO Cambridge Analytica, Alexander Nix (Dominic Lipinski/PA via AP PHOTO)

Dalam contekannya, Zuckerberg menyesal atas terjadinya hal itu. Sejak 2014, Facebook pun telah mengambil langkah untuk mencegah kasus serupa.

Informasi yang diambil aplikasi buatan Aleksandr Kogan adalah informasi publik, seperti halaman yang pengguna like, daftar teman serta ulang tahun. Tidak ada informasi penting seperti kartu kredit atau nomor KTP/identitas yang diambil.

Zuckerberg pun menyesalkan kabar menyebutkan data yang Kogan ambil belum terhapus, padahal Facebook sudah menuntut hal itu.

2. Tidak Akan Turun Takhta

CEO Facebook Mark Zuckerberg memberikan kesaksian di hadapan Kongres dan Senat Amerika Serikat di Capitol Hill, Washington, Senin (10/4). Zuckerberg saat sidang mengakui lalai menjaga keamanan di paltform tersebut. (AP /Andrew Harnik)

Pada contekannya, Zuckerberg menghindar untuk memberikan jawaban eksplisit terkait kemungkinannya untuk turun takhta sebagai CEO.

"Mundur?" Mendirikan Facebook. Keputusanku. Saya membuat kesalahan. Tantangan besar, tapi kami sudah menyelesaikan masalah sebelumnya, akan menyelesaikan yang ini. Sudah mengambil tindakan," demikian isi contekan.

3. Ingin Facebook Gratis Tanpa Menjual Data

Mark Zuckerberg di Depan Senat AS: Saya Minta Maaf  (BRENDAN SMIALOWSKI / AFP)

Zuckerberg ingin layanan FB agar terus gratis, dan satu-satunya jalan adalah menggunakan iklan.

"Kunci untukku adalah misi membantu orang menjalin hubungan dan terhubung satu sama lain dengan mudah. Model bisnis seperti itu (dengan iklan) mendukung misi tersebut," demikian tulisannya.

Selain itu, Zuckerberg juga menegaskan mereka tidak menjual data pengguna di dalam catatannya.

"Mari diperjelas, Facebook tidak menjual. Kau memiliki informasimu. Kami memberikanmu kendali."

4. Sisi Positif Facebook

Ilustrasi Facebook (AP Photo/Noah Berger, File)

Pada kesempatan ini, Zuckerberg menunjukkan hal-hal positif yang diciptakan Facebook. Tertulis, bagaimana Zuckerbeg harus bersikap dan lakukan bila dicecar.

"[Bila diserang: Dengan hormat, saya menyanggah itu. Itu bukanlah kami.]" tulis contekan itu.

Sikap tenang Zuckerberg selaras dengan kabar yang menyatakan bos Facebook sudah diajari agar bersikap baik saat memberikan kesaksian.

"Keluarga terjalin kembali, orang-orang bertemu dan menikah, pergerakan diorganisir, puluhan ribut bisnis kecil dan menengah memiliki perangkat untuk menumbuhkan dan menciptakan pekerjaan."

5. Sindiran Bos Apple

CEO Apple, Tim Coo, saat di WWDC 2015 di San Francisco, California, Amerika Serikat (Foto: Robert Galbraith/Reuters)

Sebelumnya, CEO Apple Tim Cook menyindir Facebook dengan tudingan menjadikan pengguna sebagai produk.

Zuckerberg pun membalas Apple hanya untuk orang-orang kaya, serta melindungi data pengguna karena menuntut bayaran mahal, sementara Facebook bekerja keras demi layanan gratis.

Pada contekannya, Zuckerberg mengutip ucapan CEO Amazon Jeff Bezos: "Ada perusahaan yang bekerja keras agar kamu membayar lebih, dan ada perusahaan yang bekerja keras agar kamu tidak perlu membayar lebih.

6. Melawan Konten Berbahaya

Tersangka penyebar berita bohong atau hoax yang tergabung MCA (Liputan6.com/ Nafiysul Qodar)

Tertuang dalam contekannya, Zuckerberg sadar adanya konten-konten buruk di Facebook. Ia menegaskan tidak ada tempat dalam platform buatannya untuk menyebar kebencian.

Facebook pun melakukan peningkatan besar-besaran untuk mencegah tersebarnya konten berita palsu maupun kebencian dengan cara menambah petugas yang memantau konten-konten yang beredar.

"[Usaha kami] tidak akan sempurna, tapi kami membuat investasi besar dalam hal ini," tulisnya.

7. Regulasi Uni Eropa

Uni Eropa diduga akan menjelma menjadi Eropa Serikat. (Sumber europa.eu)

Mungkin ini yang paling membingungkan. Setelah skandal Cambridge Analytica terkuak, Facebook mulai didorong untuk melakukan regulasi seperti yang dilakukan Uni Eropa dalam General Data Protection Regulation (Regulasi Perlindungan Data Umum, GDRP).

Regulasi yang akan diterapkan Uni Eropa pada pertengahan 2018 digadang sebagai regulasi perlindungan data paling ganas di dunia, dengan orientasi penuh terhadap melindungi pengguna.

Facebook mengaku siap mengikuti regulasi itu di Eropa, tapi belum memutuskan untuk menerapkannya di seluruh dunia.

Namun dalam contekannya, Zuckerberg menulis peringatan jangan memberi tahu jika Facebook telah mengikuti regulasi GDRP. Tidak jelas apa alasannya.

Selanjutnya, bos Facebook dijadwalkan memberi keterangan pada komite perdagangan DPR AS pada Rabu (11/4/2018).

(Tom/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meleburkan Gengsi Demi Kesehatan Ibu Pertiwi

Posted: 10 Apr 2018 10:00 PM PDT

Hellen Keller pernah mengatakan, "Alone we can do a little, together we can do so much." Lantas, apa kaitan dari pernyataan penulis Amerika itu dengan gambar di atas?

Mungkin sudah puluhan tahun kita mengenal beragam profesi kesehatan, dengan bidang keilmuan, ranah kerja dan gengsi profesi yang berbeda-beda. Lama pendidikan, kompetensi, waktu dan shift kerja juga sangat bervariasi di setiap profesi tersebut.

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa seringkali ditemukan "grey area" atau irisan kompetensi antar profesi yang jadi polemik menarik untuk membumbui dinamika pelayanan kesehatan di Indonesia. Tidak jarang pula dinamika tersebut berujung pada konflik interprofesi.

Fenomena lainnya yaitu efektivitas kehadiran tiap profesi dalam pelayanan berbasis tim. Selama ini, setiap profesi sudah berpartisipasi dalam tim. Akan tetapi, kecenderungan untuk bertindak seorang diri, buruknya komunikasi serta pemahaman dalam tim dapat berakibat pelayanan kurang optimal.

 

Sebuah Kolaborasi

Hari itu adalah hari Kamis pekan ketiga November di Poli Umum UPTD Puskesmas Poto Tano, pada waktu istirahat pelayanan. Saat itu, Pencerah Nusantara (PN) akan melakukan kunjungan ke rumah dua balita gizi kurang di Desa Tuananga.

Berbekal buku asuhan gizi di puskesmas, dokter dan perawat PN serta ahli gizi Puskesmas mendiskusikan intervensi yang akan diberikan pada dua kasus ini. Nuansa kolaborasi sangat terasa saat itu.

Kami mendiskusikan jenis, jumlah, cara pemberian PMT Pemulihan yang tepat untuk kedua balita tersebut, khususnya bagi salah satu balita yang mengalami Labio Palato Skizis. Dimulai dari mencari referensi yang tepat, menghitung jumlah dan kandungan gizi serta strategi agar sang ibu balita bersedia untuk melanjutkan pemberian makanan bergizi.

Keesokan harinya, kami datang ke rumah sasaran balita tersebut. Dimulai dengan dokter melakukan pemeriksaan fisik dan menegakkan diagnosis medis yang dilanjutkan dengan Ners dan nutrisionis melakukan kajian riwayat pemberian makan serta pengukuran antropometri. Secara bergantian, dr.dewi menjelaskan kondisi dan rencana tindakan pada sang ibu, pengaruhnya terhadap status gizi hingga pentingnya pemberian vitamin tambahan.

Dilanjutkan oleh Ners Tania yang menunjukan cara memberikan minum untuk mengurangi risiko aspirasi dengan memperhatikan refleks menelan bayi tersebut. Setelah itu, Mbak Laili sang nutrisionis melakukan konseling gizi dan menjelaskan pentingnya pemantauan status gizi dengan menimbang bayi ke posyandu setiap bulan.

Kunjungan ini diterima dengan sangat baik oleh ibu balita yang menyatakan bahwa beliau merasa sangat senang bisa dikunjungi oleh petugas kesehatan dan bisa melakukan praktik terkait pemberian MPASI.

 

Arina A. H/CISDI

Kemampuan bekerja sama dan saling menghargai menjadi modal dalam proses pembelajaran kolaborasi interprofesi tim Pencerah Nusantara. Sebuah pembagian peran dapat terwujud dengan mengurangi nilai otonomi pribadi dan meningkatkan pemahaman dan keahlian bersama (shared expertise).

Dengan menjadikan pasien sebagai fokus pemberian pelayanan (patient-centered care), hal ini dapat meningkatkan kualitas dan keamanan pelayanan (alberto & herth, 2009). Berbekal pemahaman ini, Pencerah Nusantara ingin menularkan ideologi positif ini kepada staf puskesmas, kader kesehatan bahkan pemerintah desa hingga pemerintah kabupaten.

Helen Keller benar. Jika kita hanya bertindak sendiri-sendiri, mungkin tidak banyak yang bisa kita capai. Namun jika kita bertindak bersama-sama, kita bisa menciptakan dampak yang lebih baik bagi Ibu pertiwi.

Penulis : Tania Khaerunnisa, Perawat Pencerah Nusantara V Sumbawa Barat

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Ekspresi Para Atlet Angkat Besi Wanita di Commonwealth Games 2018

Posted: 10 Apr 2018 10:00 PM PDT

Charisma Amoe-Tarrant dari Nauru mengangkat beban saat berkompetisi dalam clean and jerk angkat besi + 90kg selama Commonwealth Games 2018 di Carrara Sports Arena di Gold Coast, Australia (9/4). (AP Photo / Mark Schiefelbein)

Charisma Amoe-Tarrant dari Nauru mengangkat beban saat berkompetisi dalam clean and jerk angkat besi + 90kg selama Commonwealth Games 2018 di Carrara Sports Arena di Gold Coast, Australia (9/4). (AP Photo / Mark Schiefelbein)

Emily Campbell dari Inggris menangkat beban saat berkompetisi dalam clean and jerk angkat besi + 90kg selama Commonwealth Games 2018 di Carrara Sports Arena di Gold Coast, Australia (9/4). (AP Photo / Mark Schiefelbein)

Emily Campbell dari Inggris menangkat beban saat berkompetisi dalam clean and jerk angkat besi + 90kg selama Commonwealth Games 2018 di Carrara Sports Arena di Gold Coast, Australia (9/4). (AP Photo / Mark Schiefelbein)

Laurel Hubbard dari Selandia Baru yang merupakan atlet transgender beraksi saat final angkat besi + 90kg putri selama Commonwealth Games 2018 di Carrara Sports Arena di Gold Coast, Australia (9/4). (AFP Photo/William West)

Laurel Hubbard dari Selandia Baru yang merupakan atlet transgender beraksi saat final angkat besi + 90kg putri selama Commonwealth Games 2018 di Carrara Sports Arena di Gold Coast, Australia (9/4). (AFP Photo/William West)

Kaity Fassina dari Australia mengangkat beban saat berkompetisi dalam clean and jerk angkat besi 90kg selama Commonwealth Games 2018 di Carrara Sports Arena di Gold Coast, Australia (9/4). (AP Photo / Mark Schiefelbein)

Kaity Fassina dari Australia mengangkat beban saat berkompetisi dalam clean and jerk angkat besi 90kg selama Commonwealth Games 2018 di Carrara Sports Arena di Gold Coast, Australia (9/4). (AP Photo / Mark Schiefelbein)

Holly Knowles dari Wales bersiap mengangkat beban saat berkompetisi dalam angkat besi wanita 63 kg selama Commonwealth Games 2018 di Gold Coast, Australia (7/4). (AFP Photo/William West)

Holly Knowles dari Wales bersiap mengangkat beban saat berkompetisi dalam angkat besi wanita 63 kg selama Commonwealth Games 2018 di Gold Coast, Australia (7/4). (AFP Photo/William West)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hati-Hati, Ini 7 Tanda Anda Pacari Orang Narsis

Posted: 10 Apr 2018 10:00 PM PDT

Jika Anda memiliki pasangan yang suka pamer akan semua hal di media sosial dan lingkungan sosial, mungkin Anda memacari orang narsis. Dalam penelitian yang diterbitkan dalam The Journal Clinical Psychiatry menunjukkan bahwa sekitar enam persen dari populasi memiliki Narcissistic Personality Disorder (NPD). Di mana 7,7 persen di antaranya adalah wanita dan 4,8 persen adalah pria.

Dr. Gene Beresin yang merupakan seorang psikolog klinis mengidentifikasi beberapa tanda yang memungkinkan Anda berpacaran dengan orang yang narsis, seperti dikutip dari Independent pada Rabu (11/4/2018). Berpacaran dengan orang narsis mungkin nampak menyenangkan di awal hubungan. Namun seiring berjalannya waktu, sikap mereka yang narsis akan membuat Anda terjebak jika tidak hati-hati

1. Suka berbicara tentang diri sendiri

Ilustrasi Orang lagi selfie (iStockPhoto)

Jika Anda berpacaran dengan orang yang sangat narsis, kemungkinan besar percakapan bersamanya di malam kencan hanyalah seputar pencapaian, kesuksesan, dan minatnya. Menurut Dr. Gene, si Narsis seringkali tampak bosan ketika berbicara tentang Anda dan mereka suka mengubah fokus terhadap mereka.

2. Ingin dipuji terus menerus

Si Narsis selalu ingin menjadi pusat perhatian dan mengharapkan pasangan untuk mengakui prestasi, bakat, dan penampilan mereka. Menurut Dr. Gere, hubungan Anda akan berantakan jika tidak menyayanginya. Mereka juga cenderung tersinggung jika Anda menunjukkan tanda ketidaksetujuan terhadap apa yang mereka katakan.

3. Merendahkan orang lain

Ilustrasi pasangan bertengkar (iStockpohoto/GeorgeRudy)

Si Narsis sering berpikir bahwa mereka mampu melakukan pekerjaan yang lebih baik dari yang lain. Keyakinan ini semakin memperuat keyakinan bahwa mereka selalu benar.

4. Sensitif dan bereaksi berlebihan

Ketika kebutuhan emosionalnya tidak terpenuhi, si Narsis cenderung memberikan reaksi yang berlebihan. Banyak orang narsis yang bahkan tampak sangat marah dan menangis sampai orang lain meminta maaf pada mereka.

5. Kurang empati

Ketika Anda mengalami hari yang buruk, mungkin si Narsis akan datang. Namun motivasi mereka bukan untuk menghibur Anda, melainkan ingin Anda memenuhi kebutuhan emosional mereka.

Karena ketika seseorang sudah dipenuhi oleh dirinya maka akan tersisa sedikit ruang untuk memiliki empat yang tulus kepada orang lain.

6. Membuat Anda merasa bersalah tentang diri Anda

Ilustrasi Foto Pasangan Bertengkar (iStockphoto)

Jangan berharap Anda bisa bahagia dengan pasangan yang narsis. Justru mereka akan terlalu kritis atau berusaha mengecilkan pencapaian Anda. Pasalnya, keberhasilan Anda akan menjadi ancaman bagi mereka.

7. Bisa menjadi begitu menawan dan murah hati

Di awal hubungan, si Narsis akan menunjukkan sisinya yang menyenangkan. Ia bisa memesona dan begitu murah hati untuk menunjukkan betapa hebatnya mereka. Namun mereka bisa menjadi begitu ganas ketika orang lain tidak merespon sesuai yang ia harapkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

ADB Proyeksi Ekonomi RI Tumbuh 5,3 Persen di Tahun Ini

Posted: 10 Apr 2018 09:56 PM PDT

Asian Development Bank (ADB) memproyeksikan ekonomi Indonesia akan tumbuh 5,3 persen pada 2018 dan 2019. Proyeksi tersebut lebih rendah dibanding target pemerintah yang sebesar 5,4 persen dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018. 

Kepala Perwakilan ADB untuk Indonesia, Winfried Wicklein mengungkapkan, pertumbuhan ekonomi tersebut seiring naiknya laju investasi dan membaiknya konsumsi rumah tangga.

"Manajemen makroekonomi Indonesia yang kuat dan reformasi struktural telah mendorong momentum investasi," ungkapnya saat laporan Asian Development Outlook (ADO) di ADB Indonesia Office, The Plaza, Jakarta, Rabu (11/4/2018).

Jika mampu menjaga keberlanjutan upaya reformasi, maka menurut Wicklein, Indonesia dapat mencapai pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi dan lebih inklusif.

Lebih jauh katanya, hal yang mesti menjadi prioritas dari upaya tersebut di antaranya investasi infrastruktur, pengembangan pendidikan dan keterampilan, serta reformasi iklim investasi. ADO pun menggarisbawahi bahwa penguatan investasi telah meningkatkan mutu pertumbuhan, dengan pengeluaran modal yang lebih tinggi dari pemerintah membantu mengatasi kesenjangan infrastruktur.

Dari laporan ADO, laju investasi di Indonesia diperkirakan akan terus meningkat, didorong oleh sentimen bisnis yang positif dari reformasi struktural, bersama dengan percepatan sejumlah proyek strategis nasional. Inflasi tahun ini diperkirakan akan stabil. Sebelum sedikit naik ke 4,0 persen pada 2019.

"Hal ini akan mendukung kepercayaan konsumen dan membantu mempertahankan pengeluaran rumah tangga dan pendapatan riil pada tahun ini dan tahun depan," ujar Wicklein. 

Untuk 2018, pertumbuhan ekspor diperkirakan akan melambat, sedangkan impor masih tetap kuat, ditopang oleh permintaan barang modal. Oleh karenanya, defisit transaksi berjalan diperkirakan akan sedikit meningkat pada 2018 dan 2019.

"Secara eksternal, risiko terhadap proyeksi perekonomian lndonesia antara lain mencakup laju perkembangan kebijakan moneter di negara maju dan ketegangan perdagangan internasional," dia menerangkan. 

Dari sisi domestik, perekonomian lndonesia berpotensi menghadapi kekurangan pendapatan dan terlambatnya pengeluaran. 

Pada 2017, ekonomi Indonesia tumbuh 5,1 persen didorong oleh naiknya pertumbuhan ekspor, menguatnya investasi, dan konsumsi rumah tangga, yang didukung oleh inflasi yang rendah dan pertumbuhan lapangan kerja yang solid, termasuk kontribusi sekitar 1,5 juta pekerjaan baru dari sektor manufaktur. 

 

Reporter : Wilfridus Setu Embu

Sumber : Merdeka.com

Jokowi: Ekonomi RI Bisa Jadi Raksasa ke-5 Dunia, Asal Jangan Malas dan Manja

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (9/4). Sidang Kabinet Paripurna membahas dua hal. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut Indonesia akan masuk 10 besar negara dengan ekonomi terkuat di dunia pada 2030. Hal ini disampaikannya saat menerima kunjungan ratusan siswa Taruna Nusantara di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (9/4/2017).

"Hitung-hitungan Bank Dunia, Bappenas, 2030, kita masuk 10 terbesar ekonomi terkuat," ujarnya.

Selanjutnya di 2045, kata Jokowi, Indonesia bakal masuk lima besar negara dengan ekonomi raksasa sejagat. Jika pemerintah dan seluruh rakyat bekerja lebih keras lagi untuk memperbaiki ekonomi nasional, maka Indonesia bisa masuk posisi empat besar pada tahun tersebut. 

"Kita akan berkejar-kejaran dengan Amerika Serikat, China. Ini diperkirakan akan jadi ekonomi terkuat dunia," kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu. 

Jokowi mengatakan, untuk menuju negara dengan ekonomi terkuat di dunia, seluruh rakyat harus optimis dan bekerja keras. Jangan bermalas-malasan, apalagi bermanja-manjaan.

Mantan Wali Kota Solo ini juga mengingatkan, tak ada negara di dunia yang besar dengan sendirinya tanpa kerja keras. Sebuah negara akan besar, apabila berhasil melewati ujian dan tantangan.

"Negara itu akan kuat ekonominya kalau mampu mengatasi rintangan yang ada. Kalau mampu mengatasi hambatan, mengarungi ujian yang ada. Tidak ada yang instan, loncat, enggak mungkin, enggak ada rumusnya," tegas Jokowi.

Oleh karena itu, kepada siswa Taruna Nusantara yang hadir dalam acara ini, Jokowi berpesan agar jadi generasi penerus bangsa yang tahan banting dan pantang menyerah. Jangan cengeng dan bermalas-malasan.

"Jangan cengeng, manja apalagi malas. Lupakan itu! Kalau ingin jadi negara besar dan kuat ekonominya harus usaha keras, ikhtiar keras," pungkas Jokowi. 

 

Reporter : Titin Supriatin

Sumber : Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

YLKI: 41 Persen Konsumen Kecewa dengan Layanan Transportasi Online

Posted: 10 Apr 2018 09:55 PM PDT

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menyatakan 41 persen konsumen transportasi online merasa dikecewakan dengan layanan yang diberikan oleh jasa transportasi tersebut. Hal ini diharapkan menjadi perhatian dari pemerintah untuk lebih ketat mengatur transportasi ini.

Hal tersebut disampaikan Ketua Harian YLKI, Tulus Abadi, dalam Focus Group Discussion (FGD) Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) bertema Dampak Sharing Ekonomy terhadap Sektor Pariwisata, Properti, dan Perumahan.

Dia mengatakan, YLKI telah melakukan survei terhadap 4.600 konsumen transportasi online terhadap layanan yang diberikan penyedia transportasi tersebut. Hasilnya, 41 persen menyatakan pernah dikecewakan dengan layanan yang diberikan.‎

"Dari 4.600 responden, 41 persen merasa kecewa dengan transportasi online, meski kita sehari-hari pakai transportasi ini," ujar dia di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu (11/4/2018).

Menurut Tulus, selain soal layanan, yang menjadi persoalan selanjutnya adalah masalah penggunaan motor dan mobil pribadi sebagai transportasi umum. Sebagai contoh, dalam Undang-Undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), sepeda motor sebenarnya tidak memenuhi syarat untuk digunakan sebagai transportasi umum.

"Ini perdebatan apakah masuk transportasi umum atau tidak. Karena dalam UU dua kendaraan ini tidak masuk dalam angkutan umum," kata dia.

Kemudian, kata dia, belakangan muncul masalah penetapan tarif untuk ojek online oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Menurut Tulus, sepeda motor tidak masuk dalam transportasi umum, maka pemerintah tidak bisa mengintervensi soal tarif. ‎

"Jadi kalau mau intervensi pada tarif ini harus dibereskan dulu (aturannya). Jadi diserahkan saja pada pemainnya, yang penting tidak melanggar UU Persaingan Usaha. Tarif silakan tentukan sendiri," tandas dia.

Kontribusi Transportasi Online

Ribuan pengemudi ojek online melakukan aksi di seberang Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (27/3). Dalam aksinya mereka menuntut pemerintah melakukan penetapan tarif standar dengan nilai yang wajar. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Sebelumnya, Guru Besar Ekonomi Universitas Indonesia (UI) Rhenald Kasali menyatakan, kontribusi perusahaan transportasi online seperti Go-Jek terhadap ekonomi Indonesia sangat besar. 

Bahkan kontribusinya tersebut lebih besar dari hasil riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) yang sebesar Rp 9,9 triliun terhadap perekonomian Indonesia.

Rhenald Kasali mengatakan, ada inovasi seperti transportasi online memberikan efek berganda (multipler effect) yang besar, bukan hanya di sektor transportasi, tetapi juga bidang lain.

"Mendefinisikan start-up baru bukan semata-mata dari single product, karena ini menciptakan platform. Dan kalau platform itu dampaknya bukan cuma di dalam suatu industri tertentu," ujar dia pada 4 April 2018.

Selain itu, kata Rhenald, ada transportasi online juga mampu menciptakan efisiensi bagi masyarakat, baik dari sisi waktu, maupun biaya yang harus dikeluarkan.

"Jadi, pertama adalah platform, dan yang kedua adalah efisiensi. Platform ini adalah revolusi kehidupan, dampak pada kehidupan yang sangat besar. Dan yang kedua itu efisiensi yang diciptakan. Masyarakat bisa mengurangi biaya karena tidak harus menambah kendaraan," kata dia.

Namun demikian, Rhenald menyatakan masyarakat, khususnya para pengusaha, juga harus siap dengan perubahan-perubahan yang terjadi dengan penetrasi teknologi yang semakin gencar. Dengan demikian, pengusaha tetap bertahan di tengah perkembangan teknologi yang ada.

"Persoalannya adalah banyak orang Indonesia yang belum paham perbedaan bahwa dalam transformasi digital yang diciptakan pemain-pemain baru ini bukanlah produk, tapi platform. Kalau platform itu lintas produk dan lintas industri," ujar dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Piala AFC: 4 Pemain Yangon United yang Diwaspadai Bali United

Posted: 10 Apr 2018 09:50 PM PDT

Pelatih Bali United, Widodo Cahyono Putro, memprediksi laga melawan Yangon United pada matchday ketiga Piala AFC 2018 Grup G bakal sengit. Menurut dia, ada empat pemain tim tuan rumah yang patut diwaspadai.

Keempat pemain Yangon United yang mendapatkan perhatian lebih dari Bali United adalah Sekou Sylla, Emmanuel Uzochukwu, Kosuke Yamazaki, dan Maung Maung Lwin. Pelatih Widodo Putro menilai nama-nama tersebut berpeluang jadi pembeda pada laga yang berlangsung di Stadion Thuwunna, Rabu (11/4/2018).

Kekhawatiran Coach Widodo mengacu pada pertemuan pertama kontra Yangon United yang berlangsung di Gianyar pada Februari 2018. Ketika itu, Yangon United meraih kemenangan 3-1 melalui Emmanuel Uzochukwu dan dua gol dari Sekou Sylla.

"Melihat pertemuan pertama di Bali lalu, kami mewaspadai dua penyerang Yangon United dengan nomor punggung 15 ( Sekou Sylla) dan 88 (Uzochukwu Emmanuel). Mereka sangat berbahaya apabila diberikan keleluasaan di area pertahanan kami," kata Coach Widodo seperti dikutip situs resmi klub, Selasa (10/4/2018).

"Selain itu, ada juga Kosuke yang pernah bermain di Indonesia serta pemain bernomor punggung 11 (Maung Maung Lwin) yang merupakan pemain nasional Myanmar," ucap Widodo.

Bali United saat ini menghuni posisi kedua klasemen sementara Piala AFC 2018 Grup G dengan raihan lima poin. Kemenangan atas Yangon United tentu saja bakal semakin mengukuhkan posisi mereka sebagai runner-up grup.

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Grup 5 Tutup Konser Final Top 15 LIDA, Ini Hasil Sementara Ketiga Duta

Posted: 10 Apr 2018 09:50 PM PDT

Ajang pencarian bakat nyanyi dangdut terbesar persembahan Indosiar, Liga Dangdut Indonesia atau LIDA, masih menggelar babak 15 besar sejak 31 Maret 2018 lalu. Hingga Senin (9/4/2018) malam, sudah empat juara provinsi tereliminasi di Konser Final Top 15 LIDA ini.

Keempat juara provinsi yang langkahnya sudah terhenti tersebut adalah Mahania (Bali) dari Grup 1, Hariyanti (Sulawesi Tengah) dari Grup 2, Nando (Jawa Barat) dari Grup 3, dan terakhir ada Renaldi (Kalimantan Timur) dari Grup 4.

Sementara itu, delapan juara provinsi telah memastikan tempat mereka di Final Top 10 LIDA nanti. Dan mereka adalah Selfi (Sulawesi Selatan), Yendri (Kepulauan Bangka Belitung), Rara (Sumatera Selatan), Ayudia (Jambi), Nabila (Aceh), Randa (Bengkulu), Yuyun (Gorontalo), dan Arif (Sumatera Barat).

Selasa (10/4/2018) tadi malam, Grup 5 tampil menutup Konser Final Top 15. Tiga juara provinsi kembali bersaing memperebutkan dua tiket untuk melengkapi Top 10 LIDA. Ketiganya adalah Fahrin (Maluku Utara), Ridwan (Sumatera Utara), dan Khori (Jakarta). Seperti empat grup sebelumnya, ketiga juara provinsi di Grup 5 ini juga tampil dua kali, yaitu di malam konser show dan result show.

Persaingan Ketat

Konser Final Top 27 Grup 4 & 5 (Indosiar)

Di konser show, ketiganya diharuskan tampil duet dengan sahabat duta. Di sini, penerima SMS teratas sementara pada akhir acara berhak mendapatkan hadiah uang tunai sebesar lima juta rupiah. Perjuangan mereka berlanjut di result show, di mana ketiganya hanya akan tampil solo. Baru di sini, peraih SMS tertinggi di akhir acara akan dinyatakan masuk otomatis ke babak selanjutnya. Dewan Dangdut lantas mendapat tugas, menentukan siapa yang akan tersisih dari dua tersisa.

Hasil polling SMS sementara Grup 5 tadi malam sendiri menempatkan Fahrin di peringkat pertama dengan raihan SMS mencapai 41,55 persen. Ridwan menguntit dengan SMS sebanyak 35,64 persen dan Khori berada di posisi juru kunci dengan SMS sebesar 22,81 persen.

Standing Ovation

Konser LIDA

Fahrin, yang akhirnya mendapat hadiah uang lima juta, semalam tampil duet dengan Fildan, membawakan lagu berjudul "Mata Air Cinta". Kecuali Soimah, lima dewan dangdut lainnya memberikan standing ovation untuk duta dangdut yang selalu mengenakan seragam korps tentara saat tampil tersebut.

Hasil serupa juga diraih Khori yang tampil bersama Rani menyanyikan lagu "Sumpah Benang Emas". Soimah baru memberikan standing ovation untuk penampilan Ridwan yang beraksi duet dengan Reza lewat lagu Gulali. Ridwan pun sukses menyapu bersih standing ovation dari enam dewan dangdut.

Berebut Top 10 LIDA

Konser Final Top 27 Grup 4 & 5 (Indosiar)

Fahrin, Khori, dan Ridwan akan tampil kembali di result show Grup 5, Rabu (11/4/2018) nanti malam. Satu diantara mereka akan tereliminasi dan gagal menembus Top 10 LIDA. Siapakah juara provinsi yang akan tersisih? Saksikan aksi mereka di Indosiar malam ini mulai pukul 19.00 WIB.

Dan jangan lupa, dukung mereka dengan mengirim SMS dengan format LIDA (spasi) Nama Duta lalu kirim ke 97288. Selain itu, anda juga bisa mendukung mereka melalui voting di aplikasi Bukalapak.com.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

[Cek Fakta] Griezmann Akan Pindah ke Barcelona

Posted: 10 Apr 2018 09:46 PM PDT

Penyerang Atletico Madrid Antoine Griezmann kerap dikabarkan akan berpindah klub. Salah satu kabar terbaru adalah akan pindahnya pria berdarah Prancis itu ke Barcelona. 

Memang, Barcelona kerap dikaitkan dengan Griezmann pada musim ini. Bahkan, sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli Philippe Coutinho, Barca disebut telah menyiapkan nomor punggung 7 untuk Griezmann, Januari 2018 lalu.

Namun, Griezmann belum tergoda untuk pindah ke Barcelona. Pemain asal Prancis tetap bermain untuk Atletico.

"Saya tidak tahu dari mana informasi tersebut bersumber. Tapi, saya pastikan saya tidak mengetahui apapun tentang kabar tersebut. Jadi, saya tidak bisa berkomentar apapun," ucap Griezmann kepada Telefoor.

"Berita-berita tersebut hanya bohong," tandas Griezmann kepada media asal Prancis ini.

Griezmann sejatinya sudah dikabarkan akan pindah dari Atletico sejak awal musim 2017/18 ini. Bukan hanya Barcelona, mantan pemain Real Sociedad tersebut juga dikaitkan dengan klub asal Inggris, Manchester United dan Chelsea.

Sementara itu, dalam beberapa kali kesempatan, Griezmann mengatakan baru akan memutuskan masa depannya pada akhir musim ini. Dia akan membuat sebuah keputusan bertahan di Atletico atau pindah sebelum bermain di Piala Dunia 2018.

Fakta:

Griezmann masih membela Atletico Madrid. Dia baru akan memutuskan masa depan bersama klub itu atau pindah ke klub lain pada akhir musim 2017/2018.

Kesimpulan: Salah

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Bali United di AFC Cup 2018

Posted: 10 Apr 2018 09:45 PM PDT

Bali United mengusung misi balas dendam saat tandang ke markas Yangon United di ajang AFC Cup 2018 di Thuwunna Stadium, sore ini. Maklum, di laga pertama, di kandang sendiri, mereka ditekuk wakil Myanmar itu 1-3.

Ketika itu, gol kemenangan wakil Myanmar dicetak Emmanuel Ikechukwu (15') dan Sekou Sylla (18', 25'), sedangkan gol hiburan Bali United dibukukan oleh I Gede Sukadana (45+1').

Namun, laga tersebut tentu tak bisa dijadikan acuan kekuatan Bali United. Sebab, ketika itu Bali United menurunkan skuat lapis kedua karena sedang menaruh konsentrasi ke Piala Presiden 2018.

Namun, saat ini, Bali United dipastikan lebih siap. Berikut jadwal Bali United di AFC Cup.

Jadwal Bali United

Pelatih Bali United, Widodo Cahyono Putro, mewaspadai penampilan duo penyerang Yangon United, Sekou Sylla dan Uzochukwu Emmanuel, dalam matchday ketiga Piala AFC 2018. (Twitter/@YangonUnitedFC)

Rabu, 11 April

16.00 WIB, Yangon United vs Bali United (RCTI)

Perkiraan Susunan Pemain

Yangon United (4-2-3-1): Sann Satt Naing (kiper), Min Kyaw Khant, Pyae Phyo Zaw, Kekere Moukailou, David Htan (belakang), Yan Aung Kyaw, Kosuke Uchida, Maung Maung Lwin, Uzochukwu Emmanuel (tengah), Kyaw Zin Oo, Aee Soe (penyerang).

Pelatih: Myo Min Tun (Myanmar)

Bali United (4-2-3-1): I Made Wardana (kiper), Ricky Fajrin, Ahn Byung-keon, Demerson, Taufik Hidayat (belakang), Sutanto Tan, Fadil Sausu, Stefano Lilipaly, Kevin Brands, Irfan Bachdim (tengah), Ilija Spasojevic (depan)

Pelatih: Widodo Cahyono Putro (Indonesia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Penggerebekan Prostitusi Online di Hotel

Posted: 10 Apr 2018 09:45 PM PDT

Satreskrim Polrestabes Surabaya, Selasa sore, 10/04/2018 kembali melakukan penggerebekan prostitusi online yang memanfaatkan media sosial di salah satu hotel dikawasan Dipenogoro Surabaya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pintu Tol Kunciran dan Tangerang 2 Bakal Terapkan Ganjil Genap

Posted: 10 Apr 2018 09:45 PM PDT

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) telah menyelesaikan kajian dan analisis penanganan kemacetan Tol Jakarta-Tangerang (Janger). Hasil kajian mengerucut pada perlunya diterapkan tiga kebijakan pada satu waktu bersamaan. 

Paket kebijakan tersebut yaitu penerapan skema ganjil genap untuk kendaraan pribadi pada pintu tol Kunciran 2 dan Tangerang 2 arah Jakarta, pembatasan kendaraan berat angkutan barang (golongan III, IV, V) di ruas Cikupa-Tomang serta pemberlakuan Lajur Khusus Angkutan Umum (LKAU) mulai ruas Tangerang  Kebon Jeruk. Kebijakan berlaku setiap hari Senin hingga Jumat pukul 06.00-09.00 WIB kecuali hari libur nasional. 

"Skema ganjil genap tidak berlaku pada kendaraan pimpinan Lembaga Negara Republik Indonesia, mobil pimpinan dan pejabat negara asing serta Lembaga Internasional (korps diplomatik) , mobil angkutan umum (plat kuning), mobil dinas pemerintah, ambulance, dan mobil pemadam kebakaran," kata Kepala BPTJ Bambang Prihartono, Rabu (11/4/2018).

Bambang menuturkan, kebijakan yang diterapkan di Tol Jakarta-Tangerang ini mirip dengan yang telah  diberlakukan di Tol Jakarta -Cikampek ruas Bekasi Jakarta pada 12 Maret 2018.

Bambang mengatakan, hal ini tidak lepas dari miripnya karakteristik kondisi Tol Jakarta-Tangerang dengan Tol Jakarta  Cikampek, yaitu selain V/C ratio di beberapa ruas sudah mencapai 1 bahkan lebih.  Selain itu, banyak lalu lintas kendaraan berat angkutan barang golongan III, IV dan V. 

Untuk antisipasi penerapan kebijakan ini BPTJ bekerjasama dengan para operator angkutan bus juga akan menambah armada angkutan umum Bus Premium (Jakarta Residence Connection). Ini dengan harapan akan semakin banyak pemilik kendaraan pribadi beralih ke angkutan umum. 

Adapun titik yang menjadi lokasi angkutan umum Bus Premium yaitu Perumahan Citra Raya, Alam Sutera, Villa Melati, BSD City dan Perumahan Banjar Raya. 

Sesuai dengan informasi BPTJ sebelumnya penerapan paket kebijakan di Tol Jakarta-Tangerang ini tetap akan dilakukan bersamaan dengan paket kebijakan Tol Jagorawi, yaitu uji coba mulai 16 April 2018 dan diharapkan pada awal Mei 2018 kebijakan sudah terimplementasi secara penuh. (Yas)

 

 

Menhub Tegaskan Tak Ada Kebijakan Kendaraan Masuk Jakarta Harus Bayar

Kondisi arus lalu lintas di ruas Tol BSD JORR, Tangerang Selatan, Senin (16/5). Terjadi kemacetan parah menyusul robohnya jembatan penyeberangan orang (JPO) di ruas Tol BSD JORR karena dihajar truk trailer. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi membantah adanya rencana untuk menerapkan kebijakan pengenaan tarif kendaraan yang masuk ke wilayah DKI Jakarta.

Hal yang ada, kata Budi Karya, pihaknya tengah meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk memaksimalkan penggunaan sistem Electronic Road Pricing (ERP), yang memang sudah diwacanakan sejak lama.

"Berkaitan dengan pernyataan bahwa ada inisiatif untuk menjadikan policy semua masyarakat di luar Jakarta itu masuk Jakarta harus bayar. Kami nyatakan itu tidak dan belum dilaksanakan. Yang akan kita lakukan mendorong Pemda DKI laksanakan ERP," papar Menhub di kantornya, Senin 2 April 2018.

ERP yang akan diterapkan pada beberapa jalan di dalam kota DKI Jakarta, salah satunya Jalan Jendral Sudirman. Dengan keberadaan ERP ini, diharapkan masyarakat mulai beralih menggunakan angkutan umum daripada menggunakan kendaraan pribadi. Alhasil, tujuan dari kebijakan ini untuk mengurangi kemacetan di DKI Jakarta.

Sementara di kesempatan yang sama, Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono mengaku, jalanan di Jakarta yang akan diterapkan sistem ERP adalah yang selama ini diberlakukan kebijakan ganjil genap. "Jadi kalau ada ERP nanti sudah tidak ada lagi ganjil genap," tegas dia.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Seratus Potongan Karton Mark Zuckerberg Berjejer di Halaman Gedung Capitol AS

Posted: 10 Apr 2018 09:45 PM PDT

100 potongan karton CEO Facebook Mark Zuckerberg berjejer di halaman Capitol AS di Washington DC (10/4). Potongan karton Mark Zuckerberg ini dipajang di halaman Capitol AS oleh kelompok advokasi Avaaz. (Zach Gibson / Getty Images / AFP)

100 potongan karton CEO Facebook Mark Zuckerberg berjejer di halaman Capitol AS di Washington DC (10/4). Potongan karton Mark Zuckerberg ini dipajang di halaman Capitol AS oleh kelompok advokasi Avaaz. (Zach Gibson / Getty Images / AFP)

Sejumlah potongan karton CEO Facebook Mark Zuckerberg yang mengenakan kaos bertuliskan

Sejumlah potongan karton CEO Facebook Mark Zuckerberg yang mengenakan kaos bertuliskan

100 potongan karton CEO Facebook Mark Zuckerberg yang mengenakan kaos bertuliskan

100 potongan karton CEO Facebook Mark Zuckerberg yang mengenakan kaos bertuliskan

Awak media mengambil berita di 100 di dekat potongan karton CEO Facebook Mark Zuckerberg yang berjejer di halaman Capitol AS di Washington DC (10/4). (Zach Gibson / Getty Images / AFP)

Awak media mengambil berita di 100 di dekat potongan karton CEO Facebook Mark Zuckerberg yang berjejer di halaman Capitol AS di Washington DC (10/4). (Zach Gibson / Getty Images / AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Paripurna Setujui RUU SDA Menjadi Inisiatif DPR

Posted: 10 Apr 2018 09:45 PM PDT

Rapat Paripurna DPR RI menyetujui Rancangan Undang-Undang tentang Sumber Daya Air (RUU SDA) menjadi RUU usul inisiatif DPR. Dalam rapat yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon itu, seluruh fraksi menyampaikan pandangannya secara tertulis, dan disampaikan kepada pimpinan rapat.

Usai seluruh fraksi menyampaikan pandangannya, Fadli meminta kesepakatan untuk menyetujui RUU SDA sebagai usul inisiatif DPR.

"Apakah RUU usul inisatif Anggota DPR RI tentang Sumber Daya Air menjadi RUU usul DPR RI dapat disetujui?" tanya Fadli disambut persetujuan seluruh Anggota Dewan yang hadir di Ruang Rapat Paripurna, Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (10/4/2018).

Setelah ditetapkan menjadi RUU usul inisatif DPR, pembahasan akan dilanjutkan bersama perwakilan dari pemerintah, dimana Pimpinan DPR akan mengirimkan surat kepada Presiden Joko Widodo terkait keputusan Rapat Paripurna kali ini.

Seperti diketahui, sebelumnya MK membatalkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2004, karena dinilai bertentangan dengan Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945. Karena itu, RUU SDA yang baru mengamanatkan negara harus berkuasa penuh terhadap sumber daya air.

Disamping itu, diberikan kesempatan untuk swasta dan badan usaha yang lain untuk mengelola air dengan tetap mengedepankan hak-hak rakyat atas air. Turut mendampingi Fadli memimpin jalannya Rapat Paripurna, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo dan Wakil Ketua DPR RI Utut Adianto dan Taufik Kurniawan.

 

(*)

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Dari Bangku Penonton, Guardiola Saksikan Manchester City Tersingkir

Posted: 10 Apr 2018 09:40 PM PDT

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola menyaksikan dari bangku penonton saat timnya disingkirkan Liverpool pada leg kedua perempat final Liga Champions di Etihad, Rabu (11/4). Wasit mengirim Guardiola ke bangku penonton saat paruh babak. (Paul ELLIS/AFP)

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola menyaksikan dari bangku penonton saat timnya disingkirkan Liverpool pada leg kedua perempat final Liga Champions di Etihad, Rabu (11/4). Wasit mengirim Guardiola ke bangku penonton saat paruh babak. (Paul ELLIS/AFP)

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola menyaksikan timnya disingkirkan Liverpool dari bangku penonton pada leg kedua perempat final Liga Champions di Etihad, Rabu (11/4). Kejadian itu terjadi usai Guardiola memprotes wasit terlalu keras. (Paul ELLIS/AFP)

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola menyaksikan timnya disingkirkan Liverpool dari bangku penonton pada leg kedua perempat final Liga Champions di Etihad, Rabu (11/4). Kejadian itu terjadi usai Guardiola memprotes wasit terlalu keras. (Paul ELLIS/AFP)

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola melihat timnya dipecundangi Liverpool dari bangku penonton pada leg kedua perempat final Liga Champions di Etihad, Rabu (11/4). Wasit mengirim Guardiola ke bangku penonton saat paruh babak. (Tim Goode/PA via AP)

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola melihat timnya dipecundangi Liverpool dari bangku penonton pada leg kedua perempat final Liga Champions di Etihad, Rabu (11/4). Wasit mengirim Guardiola ke bangku penonton saat paruh babak. (Tim Goode/PA via AP)

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola melihat dari bangku penonton saat timnya dipecundangi Liverpool pada leg kedua perempat final Liga Champions di Etihad, Rabu (11/4). Wasit mengirim Guardiola ke bangku penonton saat paruh babak. (Tim Goode/PA via AP)

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola melihat dari bangku penonton saat timnya dipecundangi Liverpool pada leg kedua perempat final Liga Champions di Etihad, Rabu (11/4). Wasit mengirim Guardiola ke bangku penonton saat paruh babak. (Tim Goode/PA via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Perkirakan Jumlah Korban Miras Oplosan di Sukabumi Bertambah

Posted: 10 Apr 2018 09:40 PM PDT

Korban miras oplosan di Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat mencapai 24 orang dan tujuh 7 di antaranya tewas. Sementara, belasan korban miras oplosan yang dirawat di RSUD Cicalengka, Kabupaten Bandung kondisinya mulai membaik.

Pihak Polres Sukabumi memperkirakan jumlah korban masih akan terus bertambah, karena dari hasil penyelidikan ternyata ada 5 lokasi pesta miras.

Pihak kepolisian meminta warga yang mengkonsumsi miras pada sabtu malam lalu untuk memeriksa kondisi kesehatannya.

Saksikan berita selengkapnya di Liputan6 Siang SCTV, Rabu (11/4/2018), pukul 12.00 WIB di tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dinner Romantis Bareng Tunangan, Baju Raditya Dika Bikin Heran

Posted: 10 Apr 2018 09:40 PM PDT

Raditya Dika dikenal sebagai sosok komika, sekaligus penulis yang super kocak. Tak jarang ia membuat pengikutnya di Instagram terhibur dengan unggahannya yang menarik.

Walaupun Raditya Dika dikenal sebagai orang yang humoris, bukan berarti ia tidak memiliki sisi romantis sebagai seorang kekasih.

Itu dibuktikan baru-baru ini saat Raditya Dika merayakan ulang tahun sang kekasih, Anissa Aziza. Ia merayakan ulang tahun calon istrinya dengan makan malam romantis di sebuah hotel mewah.

Hal tersebut diketahui dari vlog terbaru Anissa Aziza yang diunggah Senin (9/4/2018). Di situ, Anissa memperlihatkan momen romantisnya saat makan malam dengan Raditya Dika.

Makan Malam Romantis

Raditya Dika (Galih W. Satria/Bintang.com)

Nuansa makam malam Raditya Dika dan Anissa Aziza semakin terlihat romantis dengan hiasan berupa lilin-lilin cantik di meja mereka. Sesekali Raditya Dika terlihat ngobrol soal makanan dengan sang kekasih di sela-sela makan malam romantis mereka. 

Heran

Raditya Dika & Anissa Aziza (Instagram/anissaaziza)

Setelah video tersebut diunggah, berbagai komentar pun diberikan oleh warganet soal video romantis Raditya Dika dan sang kekasih. Namun, tidak sedikit juga warganet justru mengaku heran usai melihat video tersebut.

Rupanya mereka heran lantaran penampilan Raditya Dika yang dianggap terlalu santai saat makan malam spesial.

Komentar Warganet

Raditya Dika (Deki Prayoga/bintang.com)

"Dinner romantis . Ka annisanya udah cantikk . Bang raditnya pake kaos oblong . Ckckxk .. horang kaya bebasss . BTw happy b'day ka annisah makon baik makin cantik . Panjang umur . Sehat amiin" tulis Rafa Alfariza.

"Anisanya pake baju formal lah si bang radit cuma pake kaos haha,ininih yg gw suka org kaya tapi sederhana ,i like simple" tulis Raden Kama

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seru, Tampilan Floral Ashley Graham di Runway Dolce & Gabbana

Posted: 10 Apr 2018 09:38 PM PDT

Ashley Graham semakin eksis sebagai model bertubuh curvy. Setelah debutnya sebagai brand ambassador Revlon, kini Ashley Graham kembali eksis di panggung runway Dolce & Gabbana di New York. Ia tampil begitu mewah di runway itu.

Ashley Graham sendiri tampil bersama beberapa model lainnya, seperti Naomi Campbell, Joan Smalls, Karen Elson, dan Taylor Hill.

Dolce & Gabbana sendiri mengadakan tiga hari runway berturut-turut untuk merayakan lini couture Alta Moda di New York. Dilansir dari Pop Sugar pada Rabu (11/4/2018), pertunjukkan paling mewah.

Tampilan floral Ashley Graham

 

"...in diversity there is beauty and there is strength." - Maya Angelou

A post shared by A S H L E Y G R A H A M (@theashleygraham) on

Ashley tampil menggunakan gaun off shoulder bernuansa floral. Ashley nampak begitu berbungan dengan aksesoris headpiece yang dikreasikan menyerupai bunga. Busananya ini ia kombinasikan dengan heels silver bertali satu dan clutch unik berwarna pink.

Sementara itu, Karen Elson tampil sempurna di runway dengan gaun merah berbulu. Gaun ini nampak serasi dengan topi yang di kenakan.

 

Tampilan mewah Naomi Campbell

Pertunjukkan pun ditutup dengan penampilan dari supermodel Naomi Campbell yang tampil menggunakan gaun besar yang terdiri dari bustier satin dan ball skirt dengan gambar Times Square. Penampilan Naomi Campbell nampak begitu mewah dengan headpiece yang mirip dengan mahkota patung Liberty.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Perkenalkan, Ini Pria Tertua Sejagat Asal Jepang

Posted: 10 Apr 2018 09:34 PM PDT

Masazo Nonaka dari Jepang menerima sertifikat sebagai pria tertua di dunia dari Guinness World Records di pulau Hokkaido, Selasa (10/4). Nonaka lahir pada 25 Juli 1905, beberapa bulan sebelum Albert Einstein menerbitkan teori relativitas. (JIJI PRESS/AFP)

Masazo Nonaka dari Jepang menerima sertifikat sebagai pria tertua di dunia dari Guinness World Records di pulau Hokkaido, Selasa (10/4). Nonaka lahir pada 25 Juli 1905, beberapa bulan sebelum Albert Einstein menerbitkan teori relativitas. (JIJI PRESS/AFP)

Senyum Masazo Nonaka dari Jepang setelah ditetapkan sebagai pria tertua di dunia oleh Guinness World Records, di pulau Hokkaido, Selasa (10/4). Masazo Nonaka tinggal bersama keluarganya yang mengelola penginapan mata air panas. (JIJI PRESS/AFP)

Senyum Masazo Nonaka dari Jepang setelah ditetapkan sebagai pria tertua di dunia oleh Guinness World Records, di pulau Hokkaido, Selasa (10/4). Masazo Nonaka tinggal bersama keluarganya yang mengelola penginapan mata air panas. (JIJI PRESS/AFP)

Masazo Nonaka dari Jepang menerima sertifikat pria tertua di dunia  dari Guinness World Records di pulau Hokkaido, Selasa (10/4). Pria berusia lebih dari seabad itu butuh kursi roda untuk gerak, tetapi kondisinya sehat. (Masanori Takei/Kyodo News via AP)

Masazo Nonaka dari Jepang menerima sertifikat pria tertua di dunia dari Guinness World Records di pulau Hokkaido, Selasa (10/4). Pria berusia lebih dari seabad itu butuh kursi roda untuk gerak, tetapi kondisinya sehat. (Masanori Takei/Kyodo News via AP)

Masazo Nonaka dari Jepang (kanan) menerima sertifikat Guinness World Records sebagai pria tertua di dunia, di pulau Hokkaido, Selasa (10/4). Masazo Nonaka menerima sertifikat dalam sebuah upacara di rumahnya sendiri. (Masanori Takei/Kyodo News via AP)

Masazo Nonaka dari Jepang (kanan) menerima sertifikat Guinness World Records sebagai pria tertua di dunia, di pulau Hokkaido, Selasa (10/4). Masazo Nonaka menerima sertifikat dalam sebuah upacara di rumahnya sendiri. (Masanori Takei/Kyodo News via AP)

Masazo Nonaka dari Jepang, memakan kue favoritnya ketika menerima sertifikat Guiness World Records yang menetapkannya sebagai pria tertua di dunia, dalam sebuah upacara di Ashoro, di pulau Hokkaido, Selasa (10/4). (Masanori Takei/Kyodo News via AP)

Masazo Nonaka dari Jepang, memakan kue favoritnya ketika menerima sertifikat Guiness World Records yang menetapkannya sebagai pria tertua di dunia, dalam sebuah upacara di Ashoro, di pulau Hokkaido, Selasa (10/4). (Masanori Takei/Kyodo News via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gerindra Beri Mandat Prabowo Capres 2019 di Rakornas Hari Ini

Posted: 10 Apr 2018 09:33 PM PDT

Partai Gerindra menggelar rapat koordinasi nasional (rakornas) di Padepokan Garuda Adiyaksa bukit Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Rabu (11/4/2018). Rakornas sudah berlangsung dan digelar sejak pukul 09.00 WIB.

"Hari ini rakornas diagendakan jam 9 pagi sampai 10 malam. Agendanya jelas kita hari ini akan memberikan mandat kepada Pak Prabowo Subianto, 34 DPD se-Indonesia akan memberikan mandat ke Pak Prabowo untuk dicalonkan sebagai capres di 2019," kata Wasekjen Gerindra Andre Rosiade di lokasi.

Andre melanjutkan, mitra mesra Gerindra yakni PKS turut diundang dalam rakornas ini. Dari pantauan awak media sekitar 09.40 WIB, terlihat Presiden PKS Sohibul Iman, Sekjen PKS Mustafa Kamal dan Ketua DPP PKS Al Muzamil Yusuf berjalan kaki menuju acara lokasi.

"Menurut informasi yang saya dapatkan dari ketua DPP PKS Mardani Ali Sera beliau insyallah akan datang bersama Presiden PKS," ucap Andre.

Kehadiran PKS sebagai tamu di rakorna Gerindra. Soal parpol lain Andre belum mengkonfirmasi. Namun, menurut pantauan awak media, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan juga terlihat hadir.

"Sebagai undangan lah (PKS), tamu. Kan PKS ikut kami. Saya nggak tahu. Yang konfirmasi yang jelas PKS," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

DPD DKI Jakarta Partai Gerindra mendukung Prabowo Subianto maju dalam Pilpres 2019. (Liputan6.com/Devira Prastiwi)

Pengamanan Ketat

Sementara, pantauan di lokasi, ruas jalan menuju kediaman mantan Danjen Kopassus itu dipadati sejumlah mobil tamu dan simpatisan partai. Awak media tak diperkenankan masuk disebabkan rakornas berlangsung tertutup.

Pengamanan sangat ketat, petugas keamanan dengan seragam militer Gerindra memeriksa para pengendara jika ingin menuju jalur ke arah kediaman Prabowo. Bahkan pengendara sepeda motor disuruh putar balik. Hal ini juga menyebabkan kemacetan.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PKPI Menang di PTUN, Hendroriyono: Inna Lillahi Wa Inna Ilaihi Rajiun

Posted: 10 Apr 2018 09:33 PM PDT

Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) memutuskan menerima gugatan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) terkait putusan KPU. Ketua Umum PKPI Hendropriyono bersyukur atas putusan tersebut.

"Inna Lillahi Wa Inna Ilayhi Raji'un, akhirnya dapat masuk pada partai peserta pemilu," kata Hendropriyono usai sidang di PTUN Jakarta, Rabu (11/4/2018). Ucapan serupa juga yang diikuti kader dan simpatisan PKPI lainnya di halaman PTUN.

Setelah persidangan, maka PKPI akan menyiapkan administrasi untuk selanjutnya didaftarkan ke Kemenkum HAM.

Hendro juga menyatakan sikap politik partai yang dimotorinya tetap mendukung pemerintahan saat ini.

"Tetap konsisten mendukung Jokowi untuk Presiden 2019," kata Hendro.

Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) memutuskan menerima gugatan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) terkait putusan Bawaslu yang menolak permohonan partai yang dipimpin Hendropriypno itu sebagai peserta Pemilu 2019.

"Pertama, mengabulkan gugatan penggugat untuk seluruhnya. Kedua, menyatakan membatalkan surat keputusan KPU Nomor 58/ PL.01.1-Kpt/03/KPU/II/2018 Tentang Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu 2019," ujar Ketua Majelis Hakim Nasrifal saat membacakan putusan, Rabu (11/4/2018).

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

KPU Terbitkan SK

Selain itu, sidang juga memutuskan KPU menerbitkan surat ketetapan baru yang menjadikan PKPI sebagai peserta Pemilu 2019.

"Empat, memerintahkan tergugat untuk menerbitkan surat keputusan, PKPI sebagai partai politik peserta pemilihan umum. Lima, menghukum tergugat untuk membayar seluruh biaya yang timbul sejumlah Rp 1.100.000," ucap Nasrifal.

Sekjen PKPI, Imam Anshori Saleh, sebelumnya menyatakan partainya tak diloloskan Bawaslu karena persyaratan kepengurusan dan keanggotaan di empat provinsi, yaitu Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Papua tak memenuhi syarat.

Menurut Imam, Bawaslu kurang teliti dalam memeriksa bukti yang disertakan pihaknya dalam gugatan.

"Kita yakin Bawaslu kurang teliti untuk memeriksa apa yang kita ajukan," ujar Imam pada Selasa, 6 Maret 2018.

Keterangan dari saksi yang diajukan ke Bawaslu maupun saksi ahli, menurut dia, tidak dijadikan bahan pertimbangan oleh Bawaslu.

"Kita prihatin yang menolak semua permohonan kami untuk meloloskan menjadi peserta Pemilu. Karena itu, kami sesuai dengan petunjuk Pak Ketua Umum akan melakukan gugatan ke PTUN dalam waktu dekat," ucap dia.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ledakan di Kantor Kejari Makassar, 2 Orang Terluka

Posted: 10 Apr 2018 09:32 PM PDT

Pemusnahan barang bukti hasil kejahatan yang telah berkekuatan hukum tetap alias inkrah yang dilangsungkan di halaman depan Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Makassar diwarnai dengan ledakan.

Dua orang warga terluka akibat ledakan yang diduga berasal dari barang bukti yang dimusnahkan melalui proses pembakaran. Keduanya adalah Safar (51) yang bertugas sebagai sekuriti di Kantor Kejari Makassar, dan Iksan (30) seorang warga yang sedang mengurus surat tilang.

"Saat barang bukti dibakar tiba-tiba terjadi ledakan sehingga semua yang hadir terhambur untuk menghindar. Hanya dua orang terluka dan sedang dilarikan ke rumah sakit terdekat," kata Kapolsek Ujung Pandang, Makassar, Kompol Wahyu via telepon, Rabu (11/4/2018).

Tak hanya korban jiwa, beberapa kaca depan Kantor Kejari Makassar juga pecah akibat kerasnya hantaman ledakan yang berasal dari barang bukti yang sedang dibakar.

"Diduga kuat berasal dari baterai handphone yang merupakan barang bukti hasil curas yang kemudian ikut terbakar bersama handphone-nya sehingga meledak," kata Wahyu.

Meski demikian, Wahyu belum merinci apakah dalam kejadian ini ada unsur kelalaian atau tidak. "Kami sementara dalami penyelidikan atas peristiwa ledakan itu," ujar Wahyu.

 

Pemusnahan Barang Bukti

Ledakan di Kantor Kejari Makassar (Liputan6.com/ Eka Hakim)

Pemusnahan barang bukti hasil tindak pidana yang telah berkekuatan hukum tetap dari Pengadilan sejak Desember 2017, berlangsung di halaman depan Kantor Kejari Makassar dan dipimpin langsung oleh kepala Kejari Makassar, Dicky Rahmat Rahardjo.

Turut hadir dalam pemusnahan barang bukti tersebut, yakni Plt Walikota Makassar, Syamsu Rizal serta beberapa pejabat tinggi Kejari Makassar lainnya.

Ledakan kemudian terjadi saat pemusnahan sedang berlangsung. Saat itu, para pejabat Kejari Makassar yang tengah bercengkrama dengan Plt Wali Kota Makassar turut kaget dan menghamburkan diri setelah mendengar suara ledakan yang keras dari tong besi yang menjadi wadah pemusnahan barang bukti.

Dua orang korban yang berada di lokasi mengalami luka di beberapa bagian tubuhnya, tepatnya di bagian paha dan lengannya. Tak hanya itu, kaca depan Kantor Kejari Makassar turut pecah akibat hantaman benda padat yang terhambur dari tong besi tempat pembakaran barang bukti.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mau Nonton Piala Dunia FIFA 2018 Gratis? Ikut Duta Cilik McDonald's Indonesia!

Posted: 10 Apr 2018 09:32 PM PDT

Pesta sepak bola dunia terbesar tahun ini, Piala Dunia FIFA 2018, sebentar lagi akan dimulai. Turnamen sepak bola internasional empat tahunan ini akan berlangsung pada 14 Juni - 15 Juli 2018. Para penggemar sepak bola dari seluruh dunia pun sudah tak sabar menanti untuk menyaksikan tim kesayangannya bertanding.

Banyak pecinta sepak bola yang ingin menonton pertandingan secara langsung di Stadion Luzhniki, Moskow. Sensasi menonton live di stadion dengan di televisi memang pasti jauh berbeda. Gemuruh sorakan penonton dan berada di satu tempat yang sama dengan idola dapat jadi pengalaman berkesan tersendiri.

Untuk dapat menonton Piala Dunia FIFA 2018 di Rusia memang membutuhkan dana cukup besar, tetapi bukan berarti mustahil. Bahkan, tak menutup kemungkinan Anda bisa pergi ke sana secara gratis bersama anak Anda.

Guna mewujudkan hal tersebut, hanya satu hal yang perlu Anda lakukan, yaitu ikut kompetisi Jadilah Duta Cilik FIFA World Cup 2018 yang diselenggarakan oleh McDonald's Indonesia. Restoran cepat saji ini membuka kesempatan bagi anak-anak Indonesia untuk menjadi player escort saat final Piala Dunia FIFA 2018.

Dua anak yang terpilih, satu laki-laki dan satu perempuan, akan mendampingi dan menggandeng tangan pemain bola dunia saat laga final Piala Dunia FIFA 2018 pada 15 Juli 2018. Anda sebagai orangtua yang mendampingi pun bisa menyaksikan kejadian langka tersebut secara langsung di Rusia.

Untuk bisa memenangkan kompetisi tersebut, pastikan dulu anak Anda telah memenuhi persyaratan yang ada. Kriterianya adalah anak Warga Negara Indonesia yang berusia 6 - 10 tahun (15 Juli 2008 - 15 Juli 2012), mampu berbahasa Inggris untuk memperkenalkan diri, mendapat izin dari orangtua atau wali, dan wajib mengikuti sesi di karantina apabila terpilih jadi finalis.

Apabila sudah yakin si kecil telah memenuhi persyaratan, segera beli paket Happy Meal di McDonald's dan foto struk pembeliannya. Setelah itu, unggah video berisi rekaman anak yang berisi perkenalan diri dan cerita mengapa ia harus terpilih jadi Duta Cilik FIFA World Cup 2018 untuk diaudisi oleh juri.

Video diunggah ke situs http://www.dutacilikmcd.id/ sebelum 15 April 2018. Setelah video selesai diunggah, upload foto struk pembelian Happy Meal di situs ini pula.

Selanjutnya, para juri akan memilih 11 anak laki-laki dan 11 anak perempuan sebagai finalis. Seluruh finalis terpilih bersama orangtua atau walinya akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti karantina selama dua hari (27 - 28 April 2018).

Selama karantina, finalis mengikuti workshop yang akan menjadi bahan wawancara di acara final. Final Duta Cilik FIFA World Cup 2018 akan diselenggarakan di Mall Kota Kasablanka pada 29 April 2018. Dua orang pemenang akan langsung diumumkan di acara final ini.

Kedua Duta Cilik akan memperoleh beragam hadiah menggiurkan. Mereka berhak membawa pulang tiket pesawat pergi pulang ke Rusia untuk dua orang, airport tax dan visa Rusia gratis, uang saku sebesar 500 dollar AS, McDonald's Gift Voucher @Rp 1.000.000, paket perayaan ulang tahun di McDonald's untuk 30 undangan, dan 2018 FIFA World Cup merchandise.

Duta Cilik Piala Dunia FIFA 2018 bersama satu orangtua atau pendampingnya akan tinggal di Rusia selama empat hari tiga malam. Sepulangnya dari sana, mereka akan mengikuti wawancara untuk menceritakan pengalamannya saat menjadi player escort.

Tak hanya kedua pemenang utama, 20 finalis Duta Cilik FIFA World Cup 2018 lainnya juga akan mendapat hadiah menarik. Mereka akan memperoleh McDonald's Gift Voucher Rp 1.000.000, paket perayaan ulang tahun di McDonald's untuk 30 undangan, dan 2018 FIFA World Cup merchandise.

Sudah siap menemani si kecil jadi Duta Cilik Piala Dunia FIFA 2018 dan menonton pertandingan live di Rusia? Jangan sampai ketinggalan kompetisinya ya!

 

 

 

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KEIN Ungkap Dampak Negatif Perang Dagang AS-China terhadap RI

Posted: 10 Apr 2018 09:30 PM PDT

Potensi perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dengan China terus bergulir. Perang dagang antara dua negara ini dinilai akan memberikan dampak terhadap banyak negara di dunia, termasuk Indonesia.

Anggota Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN), Johnny Darmawan, mengatakan, ada dua dampak negatif dari perang dagang ini terhadap Indonesia. Pertama, soal membanjirnya produk-produk China ke Indonesia.

Dia menjelaskan, hal ini bisa terjadi karena tarif bea masuk yang diterapkan AS akan membuat Tiongkok mencari negara lain sebagai pasar ekspor produk-produknya. Salah satu negara yang terkena dampak dari pengalihan negara tujuan ekspor China ini adalah Indonesia.

"Kita akan kebanjiran barang-barang mereka. Karena kita juga sudah ada free trade dengan China," ujar dia di Jakarta, Rabu (11/4/2018).

Johnny menyatakan, sebenarnya untuk mengantisipasi banjirnya produk Tiongkok ke Indonesia, pemerintah bisa memperketat kewajiban Standar Nasional Indonesia (SNI). Namun, hal tersebut tidak bisa berlaku untuk produk-produk pangan.‎

"Pemerintah harus membatasi, seperti dengan SNI. Tapi untuk barang-barang konsumsi sulit. Paling di kepabeanan seperti di Bea Cukai harus lebih ketat. Kalaupun dibatasi, juga bisa dia barangnya ke Thailand dulu baru masuk ke sini," kata dia.

Kemudian, dampak kedua yaitu menurunnya permintaan China terhadap bahan baku energi Indonesia, seperti batu bara. Hal ini bisa terjadi jika industri China mulai menurunkan kapasitas produksinya. ‎

"Kalau sampai China mengurangi produksi nasionalnya, mungkin kita juga terdampak karena mereka impor cukup banyak bahan baku dari Indonesia seperti batu bara dan lain-lain. Kalau china kurangi produksinya, impor batu bara dari sini akan menurun. ‎‎Jadi dampaknya banyak," ujar dia.

Trump Ancam Tambahan Impor Barang China Capai USD 100 Miliar

Presiden AS, Donald Trump berbincang saat melakukan perjalanan untuk melihat prototipe tembok perbatasan AS dan Meksiko di San Diego, Selasa (13/3). Tembok ini adalah perwujudan dari janji Trump pada kampanye presiden 2016 lalu. (AP/Evan Vucci)

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump meningkatkan ketegangan potensi perang dagang dengan China. Ia mempertimbangkan meningkatkan pengenaan tarif impor barang China mencapai USD 100 miliar atau sekitar Rp 1.377 triliun (asumsi kurs Rp 13.779 per dolar Amerika Serikat).

"Mengingat pembalasan batu bara yang tak adil, saya telah menginstruksikan perwakilan perdagangan AS untuk mempertimbangkan tambahan tarif hingga USD 100 miliar dan penyesuaian tarif," ujar Trump, seperti dikutip dari laman CNN Money, Jumat 6 April 2018.

Awal pekan ini, AS mengumumkan tarif baru senilai USD 50 miliar untuk impor barang China. AS juga mengklaim kalau China mencuri kekayaan intelektual AS. China langsung menanggapi dengan mengumumkan tarif USD 50 miliar untuk impor barang AS.

AS telah mengenakan tarif impor baja dan aluminium China. Hal tersebut dibalas China. Dengan pengumuman Trump baru tersebut yang menargetkan pengenaan tarif impor barang China USD 100 miliar mengguncang pasar. Hal itu membuat kritikan dari pelaku usaha dan anggota partai Republik.

Pemerintah China tidak segera menanggapi pernyataan Donald Trump. Namun, pada awal pekan, kalau China akan merespons terhadap setiap kebijakan perdagangan AS yang baru.

"Kami telah mengatakan China tidak akan memulai perang dagang. Tapi kami tidak takut, dan kami akan tegas berjuang hingga akhir jika seseorang bersikeras perang," ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri di Beijing.

Sementara itu, Perwakilan Perdagangan AS Robert Lighthizer menilai kalau permintaan itu "tepat". Ia mengatakan, China memilih untuk menanggapi sejauh ini dengan ancaman untuk berlakukan tarif yang tidak dapat dibenarkan dalam ekspor AS, termasuk produk pertanian.

"Langkah-langkah seperti itu pasti akan menyebabkan kerugian lebih lanjut bagi pekerja AS, petani, dan bisnis. Dalam keadaan seperti ini, Trump berhak untuk meminta tindakan tambahan yang sesuai untuk mendapatkan penghapusan tindakan, kebijakan dan praktik yang tidak adil," kata dia.

Trump juga mengatakan kalau pihaknya meminta Kementerian Pertanian untuk melindungi petani dan kepentingan pertanian AS. Ia juga membuka pintu untuk pembicaraan lebih lanjut dengan pemerintah China.

"Amerika Serikat masih siap untuk berdiskusi dalam dukungan lebih lanjut dari komitmen kami untuk mencapai perdagangan bebas, adil, dan timbal balik untuk melindungi teknologi dan kekayaan intelektual perusahaan dan rakyat AS," kata dia.

Para pejabat China juga mengatakan kalau pihaknya ingin bernegosiasi. Akan tetapi, tidak jelas apakah kedua pihak akan dapat capai kesepakatan yang dapat diterima bersama.

 

 

 Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lini Belakang Persib Terancam Krisis Jelang Lawan Arema

Posted: 10 Apr 2018 09:30 PM PDT

Badai cedera menghantam Persib Bandung jelang pertandingan menghadapi Arema FC dalam lanjutan kompetisi Go-Jek Liga 1 2018 bersama BukaLapak di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu (15/8/2018).

Lini pertahanan Persib menjadi perhatian lantaran tiga bek tengah yaitu Wildansyah, Bojan Malisic dan Victor Igbonefo mengalami cedera. Selain itu, Kim Jeffrey Kurniawan juga masih belum bisa tampil di lini tengah.

Wildansyah, Malisic, dan Igbonefo belum mendapat rekomendasi tim dokter untuk bermain. Tapi, menurut Pelatih Persib, Roberto Carlos Mario Gomez, ketiga bek itu mulai mengalami perkembangan baik.

"Belum tahu, karena saya masih harus berbicara dengannya. Pekan lalu kami sudah berbicara dan dia (Igbonefo) butuh 15-20 hari untuk pemulihan," ujar Mario Gomez.

"Untuk Bojan belum tahu, mungkin nanti kami baru bisa pastikan," kata pelatih berpaspor Argentina ini. Namun, secara keseluruhan pemulihan cedera para pemain berjalan baik. Bahkan, Igbonefo serta Kim telah berlatih bersama rekan-rekannya.

Permulaan Kim

Bek Persib Bandung, Victor Igbonefo (Kukuh Saokani/Liputan6.com)

"Mungkin Victor sudah dipastikan bisa bermain dalam waktu dekat, tapi saya belum bisa memastikan dan harus bicara lagi dengan dia," terangnya.

"Ini baru permulaan (untuk Kim), mungkin hari ini dia sudah bermain tapi dia masih butuh waktu," jelas Mario Gomez.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hamil Besar, Marissa Nasution Alih Profesi Jadi Ibu Rumah Tangga

Posted: 10 Apr 2018 09:30 PM PDT

Usia kehamilan Marissa Nasution kini telah memasuki trimester ketiga. Itu tandanya waktu persalinan sudah semakin dekat.

Lantaran usia kandungannya yang semakin besar, Marissa Nasution memutuskan untuk rehat sejenak dari pekerjaan. Wanita 32 tahun itu memilih untuk menjadi ibu rumah tangga biasa.

"Sekarang saatnya aku yang duduk manis dan menjadi "ibu rumah tangga yang nonton gossip"," ujar Marissa Nasution di Instagram pribadinya, Rabu (11/4/2018).

Selasa (10/4/2018) merupakan hari terakhir Marissa Nasution membawakan acara gosip di salah satu stasiun televisi swasta. "Kemaren aku siaran terakhir bersama @addrydanu," cerita Marissa.

 

Cuti Melahirkan

Marissa Nasution vakum dari dunia hiburan [foto: instagram]

Terhitung mulai hari ini, Rabu (11/4/2018), Marissa Nasution tak lagi menjadi host acara gosip tersebut. Istri Warren Conrad itu mulai menjalani cuti jelang melahirkan.

"Mulai hari ini aku "Maternity Cuti" terlebih dahulu dan semoga kita akan bertemu lagi beberapa bulan kedepan," paparnya.

 

Vakum Setelah 7 Tahun

Marissa Nasution (Nurwahyunan/Bintang-com)

Marissa Nasution tak lupa mengucapkan terima kasih kepada semua kru televisi yang sudah seperti keluarga baginya. Juga kepada pemirsa yang selalu setia menyaksikan dirinya di layar kaca selama kurang lebih tujuh tahun belakangan.

"The biggest thank you goes to the whole Insert Team yang setiap hari kerja keras buat pemirsa di rumah, sahabat-sahabat host yang sudah menjadi seperti keluarga bagiku (ketemuan wajib ya) dan keluarga besar Trans TV buat semua pemirsa setia Insert, thank you so much! Love, CEU-MAR," ungkapnya.

 

Gagal Punya Bayi Kembar

Marissa Nasution (Instagram/marissaln)

Sebelumnya, Marissa diketahui tengah mengandung bayi kembar. Sayangnya, salah satu bayinya meninggal dalam kandungan setelah Marissa menjalani operasi beberapa bulan lalu di Singapura.

"Pada tanggal 7 Februari 2018 jantung putri kami Moana berhenti berdetak setelah menjalani operasi janin. Sebagai orang tua kita berdua patah hati dan hancur berduka untuk anak perempuan kita tapi pada saat bersamaan kakaknya berjuang setiap hari untuk bertahan dan menjadi lebih kuat," tulis Marissa di Instagram pribadinya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: